Page 1

MOS (Masa Orientasi Siswa) Pengenalan sekolah pada anak sangat dibutuhkan, pengenalan ini dapat berupa pengenalan lingkungan sekitar sekolah, mulai dari dalam hingga luar sekolah. Kegiatan orientasi SD Mutiara Persada diadakan selama 3 hari di awal masuk sekolah pada tanggal 11-13 Juli 2011. Pada Masa orientasi Siswa, terutama kelas satu diajak untuk mengenal sekolah mulai dari lingkungan fisik, budaya sekolah, jajaran guru dan karyawan. Selain itu, dengan adanya student guide yang diberikan membantu anak untuk mengenal SD Mutiara Persada marsnya, visi dan misi, kegiatan – kegiatan siswa, serta tata tertib yang menjadi kewajiban siswa.


INLA Pengenalan Anak terhadap Lingkungan Sekitar INLA ( International Nature Loving Association) merupakan organisasi yang mengajak manusia untuk mencintai alam. INLA yang beranggotakan para mahasiswa terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan rasa dan sikap mencintai alam. Di hari Sabtu, kakak-kakak INLA mengajak anakanak mengerti dan memahami lingkungan sekitar mereka. “Air, udara, binatang, dan alam adalah ciptaan Tuhan yang harus kita cintai�, itulah slogan yang dikenalkan para kakak mahasiswa kepada anak-anak dari Grade 1 hingga grade 3. Alam memang harus di jaga dan di cintai konsep ini selaran dengan konsep MP yang nantinya akan membuat sekolah menjadi hijau . Kegiatan bernyanyi

cinta

INLA

meliputi

lingkungan,

mengajak

anak-anak

memberikan

pengenalan

lingkungan dengan media gambar dan video, serta mengajak anakanak untuk bersenam bersama di bawah sinar matahari pagi. Sebuah kegiatan yang simple tetapi cukup mengena bagi anak-anak SD Mutiara Persada dalam mengenal dan mencintai tumbuhtumbuhan dan binatang.karena itu, konsep kelas dibuat terbuka supaya udara segar bisa masuk sehingga SD Mutiara Persada tidak perlu menggunakan Air Condition (AC).


PERFORMANCES Student Performance Sekolah Mutiara Persada mempunyai keunggulan dalam kegiatan diluar sekolah. Kegiatan ini dapat berupa perfom dari anak - anak KB - TK SD Mutiara Persada. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri anak tampil di depan orang banyak.

at Gramedia Book Store Pada 12-13 November 2011, siswa-siswi dari KB-TK-SD Mutiara Persada mendapatkan undangan untuk tampil pada launching salah satu penerbit ternama di Indonesia. Anak-anak mendapat 2 jam kesempatan untuk mengenalkan sekolah Mutiara Persada di Gramedia Book Store. Pada tanggal 12 November 2011, penampilan anak-anak dilakukan di Counter Gramedia Malioboro Mall, dan tanggal 13 November 2011 penampilan dilakukan di Counter Gramedia Ambarrukmo Plaza. Dari kegiatan ini diharapkan banyak masyarakat umum mengenal eksistensi Sekolah Mutiara Persada.

at Ambarrukmo Plaza Pada 11 Desember 2011 anak-anak Mutiara Persada diundang untuk mengisi perayaan Natal di mall Ambarrukmo Plaza. Siwa-siswi SD menampilkan tari, choir, science performance, dan solo performance. Selain bertujuan untuk melatih kepercayaan diri anak, kegiatan ini juga bersifat promotif bagi sekolah SD Mutiara Persada. Kegiatan yang berlangsung 2 jam ini merupakan bentuk kerjasama sekolah dengan pihak Ambarrukmo Plaza yang memberi kepercayaan pada sekolah untuk mengisi performance


PERFORMANCES at SMKl Kegiatan di SMKI merupakan kegiatan annual bagi KB-TK Mutiara Persada. Kegiatan ini memberi kesempatan pada anakanak SD Mutiara Persada untuk menampilkan keahlian mereka dan kegiatan belajar yang telah dilakukan di SD Mutiara Persada. Bagi para siswa mereka akan senang dan bangga karena dapat mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah baik yang bersifat kerjasama atau berupa kegiatan annual.


school activities Misa syukur dan Tasyakur Sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berdirinya SD Mutiara Persada yang telah mendapatkan izin pendiriannya. Kepercayaan yang besar dari masyarakat terhadap lembaga Pendidikan Mutiara Persada dalam memberikan pelayanan pendidikan patut di syukuri dan menjadi urutan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik.

Parent Meeting Sebagai bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam mengembangkan pendidikan anak baik akademik maupun non akademik anak. Parent meeting adalah pertemuan antara pihak sekolah, yayasan, serta orang tua murid. Pembahasan tentang anak dan sekolah adalah fokus dari pertemuan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi kerjasama yang harmonis antara sekolah dan orang tua untuk mendampingi anak dalam mencapai pembelajaran yang optimal.


student’s activities Fun Learning Konsep belajar yang non conventional dilaksanakan di SD Mutiara Persada. Konsep belajar tidak selalu berada di dalam kelas, anak-anak dapat belajar di lingkungan terbuka tanpa terbatas kjursi dan meja, selain itu anak-anak juga belajar untuk berinteraksi satu sama lain di dalam kelompok. Berbagai metode dan variasai belajar diharapkan membuata anak senang dan nyaman dalam belajar di lingkungan sekolah.

Experiment and Observation Fun learning merupakan konsep dari sekolah Mutiara Persada. Kegiatan belajar mengajar tidak selalu konvensional di dalam kelas. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam bentuk eksperiment. Dengan bereksperiment anak akan lebih fun dalam belajar, disisi lain materi ajar juga akan lebih mudah diingat dan dipahami. Salah satu contoh pembelajaran sains dan math adalah percobaan rotasi bumi, observasi tumbuhan dan berhitung dari suatu benda, dan merasakan rasanya.

SUMPAH PEMUDA CEREMONY Upacara dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda adalah wujud dari pembelajaran cinta tanah air dari bangsa


student’s activities

MID AND FINAL TEST SEMESTER Tes pencapaian belajar anak-anak dibuktikan dengan pencapaian nilai pada tes di sekolah. Tes bukanlah momok yang mengerikan karena ini merupakan bentuk evaluasi yang dihadapi oleh anak. Tes dilaksanakan 2 kali pada pertengahan semester dan akhir semester. Tes ini bersifat evaluatif yaitu untuk mengukur tingkat pemahaman anak pada materi yang diajarkan guru.

CLASS MEETING Class meeting adalah kegiatan yang dilakukan setelah evaluasi belajar dan sebelum penerimaan rapor semester. Kegiatan ini bersifat life skills. Dimulai dari menalikan sepatu, memakai baju, membuat baju, serta memasak. Dalam hal ini anak diajak untuk mampu terampil dalam mengerjakan berbagai hal yang mereka hadapi.


student’s profile V. WINSTON LIM Awal tahun baru Imlek 2011 dibuka dengan adanya lomba Mandarin yang diikuti oleh beberapa sekolah yang menggunakan bahasa Mandarin di dalam kurikulum sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasifik Resto, Mutiara Persada di wakili oleh Vincentius Winston Lim, Natasha Azaria Satria, dan Christina Tabita Erlin W. Sebuah prestasi yang sangat menggembirakan dimana untuk penampilan yang pertama SD Mutiara Persada dalam kontes puisi Mandarin mendapatkan juara harapan 3 yang diwakili oleh Winston Lim. Siswa dari kelas I Earth ini memang dikenal cerdas dan mudah menangkap setiap pelajaran tidak hanya mandarin. Tahun pelajaran ini Winston berada di kelas II Colombus dan masih tetap mempertahankan prestasinya di bidang akademik. Bahkan di kelas 2 ini Wiston yang mengikuti extra science contest sudah beberapa kali mengikuti science performance di acara luar sekolah.

MUTIARA PERSADA CHOIR Mutiara Persada Choir terdiri atas kumpulan siswa kelas 1 dan 2 yang memiliki kemampuan dalam menyanyikan lagu. Pada kontes menyanyi di Ambarrukmo Plaza 28 Mei 2011, anak - anak mengikuti lomba menyanyi yang diselenggarakan oleh Morinaga. Prestasi yang pertama diterima oleh Mutiara Persada Choir. Mutiara Persada Choir terdiri atas beberapa siswa yaitu Tyas, Aza, Noel, Ryssa, Karin, Kyla, Sania, Oca, Merrysa, Nauli, dan Tanti mendapatkan penghargaan sebagai Juara II. Inilah langkah awal bagi Mutiara Persada Choir untuk lebih mampu m e n g e m b a n g k a n b a k a t a n a k - a n a k .

HIP - HOP DANCE Tujuh orang murid Mutiara Persada ini mengikuti hip-hop dance. Berawal dari kecintaannya mereka akan seni gerak mereka memilih untuk mengikuti hip-hop dance. Mereka terdiri dari Valencia Hiu atau lebih dikenal dengan nama Ching-Ching, Jolin (I Earth), Imel ( I Earth), Sarah ( I Mars), Merllyn (I Mars), dan Angie ( I Mars). Mereka mengasah kemampuan mereka di luar Mutiara Persada, dan tetap di pantau perkembangannya oleh Ms Sisil selaku guru seni dan ketrampilan SD Mutiara Persada.


English corner English day is a flagship activity of Mutiara Persada Primary school. This activity is conducted on saturday, in which we learn to use English fully in one day. In English day activity every month there is an activity that invites children to learn outside the school environment called English day outdoor.

SuperIndo n Giant The students' of Mutiara persada's outdoor activity in Giant and Superindo Supermarket is a form of outdoor learning which is related to the buying and selling process and an introduction of real things which were sold in the modern market. The orientation of the activity for the 2nd Grade students is to introduce them to some healthy food and unhealthy food. Whereas, for the 3rd grade, the orientation of the activity is the process of buying snd seling products which ia happened in the supermarket.

Bakpia Djava: Grade 1 and 2 Related to the theme of the subjects in class, that is the about the introduction of food. The English outdoor activity which was held on Saturday, October 29th 2011 at Bakpia Djava. The activity was focused on introduction of traditional food in Yogyakarta, the process of making Bakpia, and to taste Bakpia. The student, practiced on how to make Bakpia and what are the contents of the Bakpia. The students are expected to increasingly recognize the traditional food of Yogyakarta in terms of good taste and healthy.


English corner Gembiraloka Zoo Animals are living creatures that coexist with humans. Learning from a variety of forms and characters of animals, children can recognize those kinds of animal. In addition, children also know that, our fellow creatures should look after each other and learn to not destroy nature because nature is a habitat for animals.

Trip to Solo Travel by train to Solo is a kind of mass transportation and automotive introduction to students. The students recognize many kinds of mass transportation from train and bus that they try. Besides , the students learn to be responsible when they use public facilities.

Movie Box : Grade 3 The activity which was held in movie box had a orientation to introduce students to kinds of entertainment, one of those is movie. Film is a one of favorite entertainment for children.Children need entertainment in their development, in addition to the emotional development also to the development of their knowledge. Introducing children to the movie box make them learn from a film, which may also be done easily in their home.

Activities Report  

Mutiara Persada Activities Report

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you