Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

RABU, 31 JULI 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

SBY Salat Dhuhur di Dampit MALANG – Safari Ramadan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono ke Lumajang, membawa berkah bagi sebagian warga di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Pasalnya, RI 1 tersebut sempat singgah di Kantor Kecamatan Dampit, untuk melaksanakan salat dhuhur dan mendapatkan sambutan hangat dari warga yang setia menunggu.

Baca SBY..hal.11

UMRAH BERSAMA ABAH ANTON

ABAH ANTON FOR MALANG POST

SAI : Abah Anton bersama istri, Hj. Dewi Farida Suryani usai melaksanakan Sai yang menjadi bagian ibadah umrah, Senin malam kemarin.

Nikmatnya Umrah Ramadan RAMADAN merupakan bulan spesial bagi umat muslim, tamu agung yang telah disiapkan oleh Allah SWT setiap tahunnya ini, menjadikan bulan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Begitu juga dengan Ketua PITI Malang raya, H. Moch Anton bersama istrinya Hj. Dewi Farida Suryani yang berkesempatan melaksanakan umrah pada pertengahan Ramadan. Keduanya berangkat sejak 25 Juli lalu. Senin (29/6) kemarin, setelah menempuh perjalanan selama hampir enam jam dari Madinah Al Munawwarah, calon wali Kota Malang terpilih bersama rombongannya tiba di Mekkah Al Mukaromah sekitar jam 16.15 waktu Arab Saudi.

Baca Nikmatnya..hal.14

Jadwal Imsakiyah

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

DI DAMPIT : Presiden SBY disambut ibu-ibu yang sudah menunggu sejak pagi. Dibagian lain, Ibu Ani Yudhoyono disambut pejabat di Kabupaten Malang dan Ny Jajuk Rendra.

Asyik, Mudik Pakai Mobdin! Kalau Hilang Wajib Ganti Mobil Baru KEPANJEN - Bupati Malang, Rendra Kresna, memberikan lampu hijau untuk pemanfaatan kendaraan dinas, selama lebaran nanti. Pertimbangan itu diberikan, agar perawatan kendaraan lebih terjamin selama masa libur kerja. ‘’Silahkan saja kendaraan dinas

dipakai untuk lebaran atau selama libur nanti. Dengan catatan, tentu tetap dijaga dan dipelihara,’’ kata Rendra, kemarin. Jika selama digunakan mengalami kerusakan atau hilang, tambah politisi dari Partai Golkar itu, yang bersangkutan diharuskan untuk bertanggung-jawab penuh. Artinya, jika rusak harus diperbaiki dan jika hilang harus diganti dengan kendaraan baru. ‘’Kendaraan apa pun itu, jika diketahui hilang atau selama

SYARAT PAKAI MOBDIN UNTUK MUDIK Perawatan sepenuhnya ditanggung pemakai Jika hilang harus diganti mobil keluaran 2013 Jika rusak, harus diperbaiki penuh Tidak boleh mencopot stiker BBM non subsidi Tidak boleh mengganti dengan plat hitam

digunakan hilang, yang bersangkutan harus mengganti dengan kendaraan baru. Jadi, kendaraan

itu harus diganti dengan mobil keluaran Tahun 2013,’’ tambah Rendra. Meski memberikan kebe-

ILMU KESOS FISIP UMM

Baca Cermat..hal.11

Baca Asyik..hal.11

NGAJI BARENG CAK NUN

Cermat Memilih Kampus dan Jurusan MALANG - Selepas diumumkannya SBMPTN banyak orang tua siswa yang tidak lolos kebingungan mencari Perguruan Tinggi Swasta yang berkualitas. Bagi orang tua yang mampu dan anaknya punya prestasi di atas rata-rata, masih ada Dr. Asep Nurjaman, M.Si kesempatan di jalur mandiri atau perguruan tinggi swasta (PTS) yang ternama walau kadang dengan biaya yang tinggi. Sebagian lagi orang tua menyekolahkan

basan kepada setiap pemegang fasilitas mobil dinas, Rendra juga membuka lebarlebar halaman pendopo Kabupaten Malang, untuk lokasi parkir kendaraan dinas. Dengan kata lain, kendaraan dinas yang tidak ingin digunakan selama lebaran dan ingin diparkir atau dititipkan, bisa memanfaatkan halaman pendopo.

TOTALITAS : Meski Arema kalah, namun Aremania yang memadati Stadion Aji Imbut, terus memberikan dukungan.

merebut poin penuh di Tenggarong, menyisakan kritik dan kecaman terhadap metode latihan yang diterapkan oleh Rahmad Darmawan.

MALANG - Panggung yang representatif akan disiapkan Malang Post pada Ngaji Bareng bersama Cak Nun, 4 Agustus mendatang. Kegiatan akbar ini juga mendapat dukungan dari Jamaah Maiyah Malang Raya, sehingga dibutuhkan panggung yang cukup besar untuk menampung rombongan Cak Nun dan Jamaah Maiyah. Hal itu dijelaskan Koordinator Ngaji Bareng, Mahmudi Muchit, kemarin. Menurut dia, diperkirakan panggung akan dibangun dalam skala cukup besar. Minimal ukuran panggung nanti dipatok memiliki dimensi 8 x 8 meter.

Baca Terlalu...hal.11

Baca Bakal...hal.11

GUEST GESANK/MALANG POST

Terlalu Remehkan Latihan Malam SAMARINDA – Arema Indonesia, gagal main bagus dan harus terjungkal kalah 1-2 dari Mitra Kukar, Senin malam lalu. Kegagalan Singo Edan

Bakal Dibanjiri Jamaah Maiyah Malang Raya

Ngalam

Ebes Ngedukno Target

Maestro Macapat yang Berperang Melawan Sakit Jantung

Jadi Guru Bagi Orang Bule, Berharap Bisa Nembang Lagi

Tausiyah Ustadz H. Yusuf Mansur

Ada yang Lebih Penting BANYAK yang mau berubah, tapi tidak diiringi dengan perubahan. n. Banyak yang mau maju, tapi malah memilih jalan mundur. Sementara ementara itu, banyak di antaraa kita yang mengeluh tentang g keadaan dunia. Tapi dia tiada ada berpikir tentang maksiatnya ya kepada Allah. Dia tiada berpikir betapa malasnya diaa beribadah, sementara rizki Allah mengalir terus. Salat wajib dilakukan di akhir, ir, tanpa hati gelisah.

Baca Ada..hal.11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Saya sering menertawakan masa lalu saya yang saat itu sudah saya anggap sebagai orang yang banyak tahu tentang banyak hal : ternyata alangkah sedikitnya yyangg diketahui oleh wartawan itu.’’

KABAR IBU KOTA

Terlihat Bodoh, Sembako Meroket, Sibuk Pencapresan JAKARTA - Ratusan orang dari Gerakan Sembako Mahal, terdiri ibu-ibu rumah tangga dan aktivis Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma), tidak bosan-bosan mendatangi kantor Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Kalau Kamis pekan lalu secara simbolis massa melempari pekarangan Kementerian Perdagangan dengan panci dan menghadiahi Gita dengan boneka babi besar. Kemarin (30/7), massa melemparkan telor busuk dan bawang putih.

Sosok Supatman, sudah tak asing lagi bagi warga Kabupaten Malang yang menyukai tembang Jawa. Sepanjang hidupnya, dia habiskan untuk melantunkan Macapat dengan manggung ke beberapa daerah. Bahkan dia juga menciptakan beberapa karya Macapat sendiri, hingga dijuluki Maestro Macapat.

Kana : Arema dihalakno Mitra Kukar aud – utas bes Ebes : Tur Kalimantan sak iki ancen abot jes, kabeh tim kepengin bales dendam Kana : Wah, target osi meleset maneh bes Ebes: Lek halak terus yo mesti a jes, tapi mosok mari ngedukno target juara dadi runnur up terus sak iki didukno maneh. Kebangeten iku jes. (***)

Ramadan 1434 H - 2013 M Wilayah Malang dan Sekitarnya Tgl Imsak Subuh Zhuhur Ashar Magrib IsyaÊ 31 04.12 04.22 11.37 14.59 17.32 18.44 01 04.12 04.22 11.37 14.59 17.32 18.44

BINAR GUMILANG / MALANG POST

BANGGA : Meski tergolek lemah, Ki Supatman masih bisa menunjukan piala saat menjuarai festival vokal tradisional bernafaskan P-4.

Namun, tak banyak yang tahu, sang Maestro Macapat itu, sekarang tergolek lemah di rumahnya, lantaran sakit jantung. Tubuh pria berusia 68 tahun ini, tampak kurus kering. Ketika Malang Post mengunjungi kediamannya di Jl. Kartini 2, Dusun Gadungan RT 04 RW 16 Desa Karanganyar, Kecamatan Poncokusumo, terlihat sekali dia tengah berjuang keras melawan sakitnya.

Selain badannya yang kurus kering, rambutnya habis karena rontok. Bahkan Ki Supatman, begitu dia akrab disapa, sudah mulai diserang pikun. ‘’Sudah dua tahun bapak sakit jantung. Kondisinya ya seperti ini, kurus kering. Padahal dulu gemuk,’’ ujar Sunarah, istri Ki Supatman kepada Malang Post.

Baca Jadi Guru..hal.11

Gita Wirjawan

Baca Terlihat..hal.11

Jawa Pos Group


RABU, 31 JULI 2013

2

Hatta Disebut Si Uban, PAN Merasa Dilecehkan JAKARTA- Partai Amanat Nasional (PAN) merasa dilecehkan oleh Dirut PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman, tersangka kasus impor daging sapi. Sebutan Maria bahwa Hatta sebagai ‘The White Hair Man’ telah melecehkan PAN. Apalagi mencatut nama Hatta dalam kasus suap impor daging sapi. Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajad H Wibowo menegaskan klaim keterlibatan Hatta tidak benar. Apalagi sampai memberikan julukan yang melecehkan. “Klaim-klaim tersebut memang merugikan bang Hatta dan PAN. Bahasa yang dipakai juga melecehkan,” kata Drajad, Selasa (30/7/2013). Untuk langkah ke depan, PAN belum mengambil keputusan. Drajad H Wibowo Apakah menempuh jalur hukum atau tidak. Julukan ‘The White Hair Man’ diungkap oleh saksi Elizabeth saat bersaksi untuk terdakwa Luthfi Hasan Ishaaq di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (29/7/2013). Elizabeth mengutip pernyataan Ketua Asosiasi Perbenihan Indonesia Elda Devianne Adiningrat. “Saya bingung waktu Elda bilang si uban. Saya bilang who is Uban? Kemudian kata Elda itu menteri. Lalu saya bilang oh The White Hair Man,” ujar Elizabeth. (jpnn/udi) MENGUNGSI: Bupati Lumajang DR.H Sjahrazad Masdar, MA dalam acara kunjungan, dan kemarin mendapat kunjungan acara Presiden SBY, yang menginap di Pendopo.

Bupati Lumajang Mengungsi

Korban Tewas Banjir Ambon Capai 15 Orang

Rumah Dinas Dipakai SBY Menginap LUMAJANG-Lantaran akan digunakan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menginap selama di Lumajang, Bupati Sjahrazad Masdar terpaksa mengungsi dari rumah dinasnya sementara waktu dan pindah ke bekas rumah dinas Ketua DPRD Lumajang di Jl. Cokrosujono. Rumah dinas yang menghadap ke arah utara yang berada di Timur Alun-alun Lumajang kosong dan lama tidak lagi ditempati Ketua DPRD Lumajang, kini sejak kedatangan SBY kembali digunakan. “Bener, Pak Bupati sementara tinggal disini. Pendopo digunakan

SBY,” kata petugas keamanan, Selasa (30/7/2013) siang. Pengamatan, pintu masuk di timur ke rumah di Jl. Cokrosujodono ada tenda BPBD dan tenda pos penjagaan. Sejumlah mobil berparkir rapi baik di halaman dan farasi belakang rumah dinas Ketua DPRD yang lama tidak digunakan. “Bapak bupati sudah berangkat tadi pagi, sambut pak SBY,” ujar petugas pengamanan. Sekedar diketahui, SBY tiba di pendopo usai mengunjung kebun Salak di Kecamatan Pronojiwo dan Kebun Pisang di Senduro. SBY akan melakukan bukan bersama besama tokoh masya-

rakat dan agama di Lumajang. SBY juga dikabarkan menggunakan pendopo sebagai tempat kerja dan rapat bersama menteri Indonesia bersatu yang ikut rombongan. “Ya, pendopo jadi Istana Negara sementara,” ujar Wisu Wasono Adi, Asisten Ekbang Pemkab Lumajang. Bahkan, untuk menjaga kenyamanan Presiden SBY menginap di Pendopo Kabupaten, jalan Alun-alun Selatan diseterilkan dari aktivitas kendaraan bermotor saat presiden tiba hingga meninggalkan Lumajang. Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Akyari mengatakan, sesuai prosedur pengamanan di

kawasan Alun-alun Selatan disterilkan bersama jalan kecil sekitar Pendopo. “Jadi pengamanan ini agar kegiatan pak Presiden di Pendopo lancar dan aman,” ungkapnya. Sementara untuk, kawasan jl. Alun-alun Utara depan Mapolres, Kodim dan kantor bupati bisa dilalui kendaraan. Sedangkan, kawasan timur alunalun hingga Jl. Imam Sudja’I tetap bisa dilalui berbagai kendaraan. “Jadi steril alun-alun hanya sebagian,” terangnya. Sementara itu, meski datang terlambat dalam pertemuan dengan dengan tokoh masyarakat dan agama di Lumajang di Pendopo

usai Maghrib, Selasa(30/7/2013). Presiden SBY bersama rombongan menteri, gubernur dan muspida Lumajang tetap menyantap menu nasi kotakan bersama undangan. Presiden tampak lahap menyantap menu makanan tradisional Indonesia bersama ibu negara Ani Yudhoyono. Sejumlah menteri-pun sangat menikmati menu masakan orang Lumajang. “Mari kita buka puasa,” ujar SBY pada tamu dan undangan di pendopo Kabupaten Lumajang. Sejumlah tamu undangan yang ingin bersama menyantap makanan buka puasa tampak antusias. (jpnn/udi)

Desersi, Briptu Rani Resmi Dipecat SURABAYA- Terhitung, sejak 31 Juli 2013, anggota polisi wanita, Briptu Rani Indah Yuni Nugraini tidak lagi menjadi anggota polisi. Kariernya berakhir setelah enam tahun mengabdi jadi polisi, sejak tahun 2007. Rani diberhentikan dari anggota polisi dengan tidak menerima hak apa-pun sebagai kompensasi pemecatannya. “Yang bersangkutan Briptu Rani, resmi dipecat tidak dengan tidak hormat. Untuk itu, dia tidak mendapatkan hak apapun atas pemecatan itu, baik uang pensiun maupun pesangon,” terang Kasubdit Penmas Bidang Humas Polda Jawa Timur, AKBP Suhartoyo, Selasa 30 Juli 2013. Suhartoyo mengatakan, setelah sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) di ruang Bidang Propam Polda Jawa Timur 28 Juni lalu, Briptu Rani direkomendasi pemecatan tidak dengan hormat (PTDH). Namun, karena statusnya waktu itu, masih sebagai anggota Polri, perempuan kelahiran Bogor 1988 silam itu, wajib menjalani

vonis hukuman khusus 21 hari karena desersi. “Per 31 Juli besok, yang bersangkutan resmi sebagai masyarakat sipil,” tegas Suhartoyo. Keputusan pemecatan Briptu Rani tertuang berdasarkan SKEP No: KEP 989/VII/2013, tentang PTDH tertanggal sejak 21 Juli 2013. Keputusan ini dikeluarkan karena yang bersangkutan telah melanggar ketentuan sebagai anggota Polri. “Yaitu melakukan tindak desersi selama lebih dari tiga kali,” tegasnya. Untuk diketahui, Briptu Rani terbukti lima kali menerima Surat Keputusan Hukuman Disiplin (SKHD). Dan yang paling berat adalah SKHD yang terakhir, yaitu vonis hukuman 21 hari karena desersi saat sidang KKEP yang digelar di Polres Mojokerto, Jawa Timur pada 16 Januari lalu. Terlebih lagi, pascavonis itu, Briptu Rani menghilang selama lebih dari tiga bulan. Sementara, hasil keputusan sidang KKEP yang digelar di ruang Bidang Propam lantai 3 Gedung Reskrimsus Polda Jawa

Briptu Rani Indah Timur pada 28 Juni, Briptu Rani direkomendasikan PTDH ke Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Unggung Cahyono. Selain itu, sidang KKEP itu juga memutuskan, Briptu Rani dijerat Pasal 14 ayat (1) huruf (a) PP RI No 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri jungto Pasal 21 ayat (3) huruf (e) Perkap 14 tahun 2011 tentang KKEP dan atau Pasal 13 PPRI No 2 tahun 2003 tentang peraturan disiplin anggota Polri jungto Pasal 21 ayat (3) huruf (i) Perkap No 14 tahun 2011 tentang KKEP.

Keputusan itu berdasarkan, sejak kali pertama berdinas di kepolisian, tepatnya di Polres Bojonegoro tahun 2007, Briptu Rani sempat menerima SKHD karena desersi, kemudian dimutasi ke Polres Mojokerto pada tahun 2008. Dan sejak bertugas di Mojokerto, terhitung ada empat SKHD yang diterima Briptu Rani, termasuk yang diterimanya pada tanggal 16 Januari lalu, dengan kasus yang sama. Sehingga keputusan PTDH terhadap Briptu Rani layak disematkan kepada yang bersangkutan. Ditanya soal kasus pembajakan foto-foto syur Briptu Rani yang diunggah di internet, Suhartoyo menegaskan, meski sudah dipecat dari kepolisian, yang bersangkutan masih bisa melaporkan kasusnya itu ke pihak kepolisian, namun statusnya tetap sebagai warga sipil. “Dalam sidang kemarin, tidak menyidangkan masalah itu (foto syur Rani) dan tidak ada kaitannya, karena itu beda kasus. Namun yang bersangkutan masih diperkenankan membuat

laporannya ke Polda Jawa Timur,” paparnya. Sebelumnya, Kapolres Mojokerto, AKBP Eko Puji Nugroho, atasan Briptu Rani, Senin kemarin resmi dicopot dari jabatannya dan ditempatkan sebagai Pamen SDM di Polda Jawa Timur, setelah ditetapkan melakukan tindakan tidak patut kepada bawahannya, Briptu Rani. Briptu Rani dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang setelah hampir tiga bulan tidak masuk kantor. Namun, pihak keluarga mengatakan, Briptu Rani bukannya sengaja mangkir dari dinas. Rani yang foto-foto tak senonohnya beredar di dunia maya itu disebut mengalami depresi karena dilecehkan oleh sang atasan. “Kaki Briptu Rani digelitik dengan kaki oknum atasannya. Lalu saat pengukuran baju dinas Polres, oknum atasan itu langsung mengukur Briptu Rani layaknya tukang jahit, sambil memegang-megang dia,” kata Ibunda Briptu Rani, Raya Boru Situmeang, di kediamannya di Ujung Berung, Bandung, Jumat 24 Mei 2013. (jpnn/udi)

Jasa Pijat Plus Posko Mudik di Bandung BANDUNG- Para pemudik yang melintasi beberapa daerah di Kota Bandung akan mendapat pelayanan ekstra apabila beristirahat di pos pelayanan milik Polrestabes Bandung, Jawa Barat. Tidak hanya dalam perjalanan arus mudik, pelayanan ini akan tetap dibuka hingga arus balik. Pelayanan untuk pemudik ini ada di Polrestabes Bandung yang berada di Bundaran Cibeureum, Terminal Leuwipanjang dan Bundaran Cibiru. Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Komisaris Polisi Rosdiana mengatakan, saat beristirahat, para pemudik selain akan mendapat pelayanan kesehatan juga akan mendapat jasa pemijatan dan service motor. “Nanti di pos akan mendapat pelayanan kesehatan dari Dinkes, ada jasa pemijat juga dan bengkel sepeda motor. Pokoknya ini pos plus-plus, selain sebagai rest area,” katanya di Mapolrestabes Bandung, Selasa,

30 Juli 2013. Selain tiga posko, Polrestabes Bandung juga membuka 34 pos pengamanan yang tersebar di seluruh objek vital yang berada di Kota Bandung. “Pos tersebut

akan beroperasi mulai H-5 hingga H+3 lebaran Idul Fitri 2013,” katanya. Terpisah, Mabes Polri mengimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor

untuk mementingkan keselamatan di perjalanan, salah satunya dengan istirahat maksimal tiga jam. Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol

POSKO: Para pemudik yang melintasi beberapa daerah di Kota Bandung akan mendapat pelayanan ekstra apabila beristirahat di pos pelayanan milik Polrestabes Bandung.

Agus Rianto mengatakan, meski telah diimbau kepada calon pemudik agar tidak menggunakan sepeda motor, polisi tidak dapat memaksakan kepada masyarakat untuk mudik menggunakan transportasi apa. Apalagi jika ada keterbatasan ekonomi dari pemudik. Jika tetap menggunakan sepeda motor, Agus kembali mengingatkan bahwa sepeda motor tidak dirancang untuk jarak jauh. “Sepeda motor maksimal tiga jam harus istirahat,” ujarnya, kemarin. Sebelumnya kepolisian mengimbau agar tidak menggunakan sepeda motor. Ini mengingat dengan tingginya angka kecelakaan sepeda motor sebesar 71 persen pada 2012. “Jika tetap menggunakan sepeda motor tentunya harus disiapkan kondisi pengemudi dan kendaraannya untuk menempuh perjalanan jauh,” tambahnya. (jpnn/udi)

BANJIR BANDANG: Kondisi pemukiman warga Negeri Lima, Pulau Ambon, Maluku, yang tersapu banjir bandang akibat jebolnya waduk alamiah Way Ela, Kamis (25/7/2013). AMBON- Korban tewas akibat banjir bandang di Kota Ambon hingga hari ini, Selasa, 30 Juli 2013, mencapai 15 orang. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Ambon, Broery Cokro mengatakan jasad delapan korban tewas telah ditemukan. Sementara sisanya masih dalam proses pencarian. “Korban hilang diduga terseret derasnya arus banjir,” kata Cokro saat ditemui di Ambon, Selasa sore, 30 Juli 2013. Cokro menambahkan, korban tewas ditemukan di lokasi terpisah, yakni Kelurahan Batu Merah, Kelurahan Batu Gajah, Desa Eri, dan Kelurahan Karang Panjang. Ia juga mengatakan, pihak TNI, Kepolisian serta Tim SAR masih melakukan pencarian dan evakuasi korban banjir. Tim tersebut juga membantu warga membersihkan sisa-sisa material banjir. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsoran yang menutupi badan jalan. “Akibat banjir, 800 kepala keluarga atau sekitar 4.000 jiwa lebih terkena dampak tersebut,” ujarnya. (jpnn/udi)

Manfaatkan e-KTP, Kemendagri Gandeng PPATK-Polri JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan penandatanganan nota kesepahaman pemanfaatan e-KTP atau KTP elektronik dengan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Bareskrim Polri serta BUMN. Dalam sambutannya, Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan data kependudukan yang dimiliki dengan proses KTP elektronik, merupakan data kependudukan yang sangat akurat. Sehingga dirinya memastikan tidak dapat digandakan atau dipalsukan oleh siapapun untuk mewaspadai tindak kejahatan. “Sebenarnya ini sudah dirancang sejak tahun 2003 tapi undang-undangnya baru terbit. Begitu terbit harus ujicoba dulu terakhir 2009 dan baru 2010 disepakati dan dikerjakan,” ujarnya di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2013). Menurutnya ini adalah tindak lanjut dari kerja sama dengan Polri yang pernah dilakukan dan kini di ‘upgrade’ kembali dengan menggandeng PPATK. “Kita memiliki program besar yakni pemutakhiran data penduduk, berapa sebenarnya penduduk Indonesia. Dan penerbitan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dengan perekaman sidik jari,” tandasnya. (jpnn/udi)

Pipa Pertamina Meledak, Satu Anggota Polisi Jadi Korban TASIKMALAYA- Sebanyak 10 orang petugas pertamina Cilacap termasuk satu anggota Polisi menjadi korban kebakaran Pipa Pertamina. Para korban telah dilarikan ke RSUD Tasikmalaya dan RS Banjar. Seluruh korban mengalami luka baker saat semburan api terjadi, sekitar pukul 18.05 WIB. Selasa (30/7/2013). Para korban yakni salah satu anggota Polsek Manonjaya, Aiptu Ida Bagus Tubawa, yang tengah berada di lokasi kejadian. Sedangkan 9 orang lainnya belum diketahui namanya. Aiptu Ida Bagus Tubawa mengatakan kejadian itu terjadi saat truk tangki melakukan penyedotan pipa yang mengalami kebocoran. “Saat melakukan penyedotan, secara tiba-tiba mesin mobil mengeluarkan api dari bawah dan menjalar ke premium yang sedang dilakukan penyedotan. Kami lari ke Timur dan petugas pertamina lari ke Barat, ada 6 orang yang terbakar api,” ucapnya. Polisi masih menyelidiki kasus pencurian pipa milik Pertamina yang bocor karena dicuri di Kampung Ancol, Desa Maribaya, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Polisi pun bergegas memburu pelaku. “Pelaku pencurian masih diselidiki,” kata Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, kemarin. Sementara itu, Askes jalan alternatif Tasikmalaya, Cimaragas, Ciamis dan Banjar terputus total. Akibat truk konpesor alat penyedot pipa pertamina alami Konseleting, hingga mengkibatkan titik pipa pertamina terbakar pada pukul 18.05 WIB. Adapun 4 orang korban luka-luka langsung dilarikan ke RSUD Tasikmalaya. (jpnn/dtc/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


RABU, 31 JULI 2013

XL PreOrder BlackBerry Q5 SURABAYA- Menambah semaraknya BlackBerry smartphone di Indonesia, BlackBerry mengeluarkan varian baru untuk BlackBerry 10. Kali ini, PT. XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan bundling XL BlackBerry Q5 dengan menawarkan manfaat yang lebih besar, yang sudah mencakup paket data, voice dan SMS. Masyarakat sudah bisa preorder paket bundling XL BlackBerry Q5 secara online d i w w w. x l . c o . i d . D a l a m rilisnya kepada Malang Post, VP XL East Region, Titus Dondi menjelaskan, penjualan bundling BlackBerry Q5 dimulai kemarin. XL BlackBerry Q5 sendiri, diluncurkan di XL XPLOR Senayan City, Jakarta, hari ini. “Jumlah pengguna BlackBerry di Indonesia masih menjadi yang tertinggi saat ini. Tidak heran jika seri BlackBerry terbaru ini menarik perhatian masyarakat. Karenanya kami berusaha mengakomodir kebutuhan

IST/MALANG POST

PREORDER: Operator XL membuka preorder untuk pembelian BlackBerry Q5 bundling kartu XL. pelanggan dengan memberikan para pelanggan yang loyal,” pelanggan dalam menyelesaikan yang terbaik. Kenyamanan terangnya. tugas dan aktifitasnya dengan dan kemudahan dalam Dia memaparkan, BlackBerry cepat dan mudah. membeli produk bundling XL Q5 merupakan smartphone “Didesain dengan berbagai merupakan salah satu bentuk terbaru dari BlackBerry yang fitur seperti BlackBerry Hub penghargaan kami terhadap dirancang untuk mempermudah yang dapat membantu pelanggan

m melihat pesan dan percakapan B BBM saat membuka aplikasi, kkeyboard QWERTY yang lebih ccepat dan akurat, BBM Video ddengan screen share (berbagi llayar), dan kamera dengan m modus pergeseran waktu (time sshift mode),” papar Titus. Masih m menurutnya, masyarakat dan ppelanggan dapat membeli XL B BlackBerry Q5 tanpa uang m muka, dan menikmati benefit bbulanan berupa quota data 6GB ddan gratis BBM-an. “Syaratnya hanya dengan m membayar biaya cicilan Rp 3333.250 per bulan selama 12 bbulan. Penawaran ini berllaku untuk 150 pendaftar bunddling pascabayar pertama, menggunakan kartu kredit m B Bank BNI, Bank Mandiri ddan Bank Mega,” tegas dia. Seperti diketahui, hingga saat iini, pengguna BlackBerry di jaringan milik XL berjumlah sekitar 3,2 juta pelanggan dan diperkirakan akan terus naik. Saat ini layanan XL BlackBerry juga didukung oleh 39,452 BTS XL (2G dan 3G) di seluruh Indonesia. (mar)

Dual SIM, Galaxy Mega

Dicari

3

TAHUKAH ANDA ?

Treasure Tag, Temukan Barang Hilang JAKARTA- Nokia tak lama lagi merilis aksesori untuk deretan ponsel Lumia. Aksesori yang disebut sebagai Treasure Tag ini, mengkombinasikan Bluetooth 4.0 dan Near Field Communication (NFC) untuk membantu menemukan barang hilang. Treasure Tag akan berbentuk seperti gantungan kunci, dengan tali strap untuk menggantungkan barang-barang kecil yang sering terlupakan. Aksesoris ini nantinya akan di-pairing dengan ponsel Lumia melalui NFC. Lantas, bagaimana cara kerja Treasure Tag? Seperti dikutip dari The Verge, pada dasarnya, aksesoris ini memungkinkan penggguna Lumia melacak keberadaan barang yang digantungkan di tali Treasure Tag, dalam rentang jarak tertentu. Misalnya saja, ketika lupa menaruh kunci mobil. Dengan bantuan aplikasi khusus, ponsel akan menampilkan letak kunci mobil yang tergantung di Treasure Tag. Aplikasi di ponsel juga akan menampilkan LiveSight dengan teknologi augmented reality sehingga lebih mudah mengetahui letak kunci mobil Anda. Sebaliknya, jika pengguna lupa menaruh ponsel, mereka juga bisa mencarinya dari gantungan Treasure Tag. Sensor akan menyalakan bunyi notifikasi di ponsel jika jaraknya semakin mendekat. Sebelumnya, sudah pernah ada aksesoris semacam ini dengan fungsi serupa. Treasure Tag mirip dengan Tile, aksesoris buatan Kickstarter Project ini bekerja dengan iPhone besutan Apple. Treasure Tag dirancang untuk selalu on dan di dalamnya dibenamkan baterai yang bisa bertahan hingga enam bulan. Nokia sendiri memang mengupdate seri Lumia-nya dengan dukungan Bluetooth 4.0 dan Treasure Tag akan menjadi salah satu aksesoris yang diklaim mendukung low energy. (dk/mar)

TABULET

Beat DS Lengkapi Seri Tabulet Beat

MALANG– Samsung Galaxy Mega 5.8 inci, mampu tampil ciamik dalam pasar gadget Malang Raya. Terbukti, produk yang tidak masuk toko modern ini banyak dicari. Bahkan, untuk mendapatkan ponsel dengan layar 5.8 inci ini, user harus rela blusukan ke toko-toko tradisional. Badri, pemilik Karna Jaya Cell menyebutkan jika ada peningkatan permintaan ponsel, terutama menjelang hari raya Idul Fitri. “Dibandingkan yang layarnya 6,3 inci, Samsung Galaxy Mega 5,8 inci lebih banyak dicari. Salah satu alasannya adalah ponsel dengan katagori phablet ini mendukung fitur dual SIM,” ucapnya. Lantaran dapat digunakan dua kartu, maka pengguna pun tidak perlu bingung ataupun repot saat mereka memiliki lebih dari satu kartu. Dan kartu tersebut dapat dipasang ke ponsel tanpa mereka harus cabut atau pasang baterai saat hendak menelepon. Sementara untuk ukuran layarnya, ponsel ini menggunakan layar jenis TFT seluas 5,8 beresolusi 540 x 960 piksel. Meskipun resolusinya belum HD, tapi yang jelas tampilan layar ponsel ini cukup menarik. Apalagi ponsel ini juga mendukung kepadatang pixelnya sebesar 190 ppi. Sementara untuk dapur pacunya, phablet ini akan disokong oleh prosesor dual core berkecepatan 1.4 GHz. Prosesor tersebut berjalan sempurna dengan dukungan memori RAM sebesar 1.5 GB. “Dengan prosesor serta RAM yang besar itu menjalankan semua aplikasi akan terasa ringan,’’ ungkap Badri. Dia menjelaskan, ponsel seharga Rp 4,5 jutaan ini mengusung platform Android 4.2.2 (Jelly Bean). Operating system tersebut juga sama yang ditanamkan pada Samsung Galaxy Mega 6,3 inci. Sementara untuk kameranya, ponsel ini dilengkapi dua kamera. Yaitu untuk kamera utama menggunakan lensa beresolusi 8 megapiksel lengkap dengan LED flash, sedangkan untuk kamera depannya ponsel ini ditanami lensa 1,9 megapiksel. Kemampuan merekam videonya juga sudah mendukung resolusi full HD 1080p. (vik/mar)

MALANG- Meskipun bukan produk baru di pasar tablet namun Tabulet Beat DS menjadi produk yang diperhitungkan. Itu karena tablet dengan ukuran layar 7 inci ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan tablet lokal pada umumnya. Terlebih, tablet ini juga mendukung operating system Jelly Bean, yang tentu membuat tampilan tablet ini lebih menarik. Marketing Juragan Tablet Plaza Dieng, Arif Effendi menyebutkan, secara spesifikasi produk ini tidak kalah dengan produk dari vendor global. Sebut saja, layar, tabulet membenamkan layar jenis capacitive touch screen dengan luas 7 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel. “Layarnya mendukung 5 point multi-touch, seperti yang ditanam pada tablet dari merek-merek global,” katanya. Lantaran itulah, tablet yang dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan ini cukup layak digunakan untuk para eksekutif muda maupun kaum profesional. Arif sendiri mengatakan, jika produk ini merupakan pelengkap seri Beat yang diluncurkan Tabulet. Sebelumnya Tabulet juga mengenalkan seri Beat, Beat2, Beat2S dan Beat Duos. Masing-masing seri tersebut memiliki keunggulan masing-masing. “Seperti pada operating sistem yang ditanam, Tabulet juga serius soal jeroan Beat DS. Itu karena tablet ini didukung dengan prosesor Scorpio MX Dual-core dengan clock speed hingga 1.5GHz,’’ lanjut dia. Yang menarik, prosesor Beat DS ini memiliki disain transistor berukuran 40nm, yang diklaim memiliki tingkat konsumsi daya yang rendah dengan pengaturan dingin yang baik. “Tabulet DS ini menggunakan chipset garapan produsen asal Amerika ini. Sehingga sudah pasti, kinerja tablet ini sangat lancar,” tambah Arif yang mengatakan kelancaran tersebut tak lepas dari dukungan RAM 1GB ROM 1GB DDR3 serta grafis Mali 400 yang ditanamkan ke tablet ini. (vik/mar)

IRA RAVIKA/MALANG POST

DUOS: Samsung Mega 5,8 inci duos lebih banyak diminati dalam pasar gadget.

Tak Minder, HTC One Gandeng Indosat MALANG– Hadir belakangan dibandingkan Samsung S4 dan Sony Xperia Z, bukan berarti HTC One minder. Sebaliknya, ponsel yang dikenalkan sejak awal bulan lalu ini tampil lebih garang. Alasannya ponsel dengan layar super amoled ini dibundling khusus oleh Indosat yang menjanjkan layanan dengan kuota data lebih besar. Dedi Setiawan, marketing Oke Shop Malang Town Square (Matos) mengatakan, dengan adanya bundling dari Indosat membuat ponsel HTC ini kian banyak dilirik dari masyarakat. “Indosat menawarkan banyak kemudahan dalam layanan data, lantaran itulah user pun memilih HTC One sebagai ponsel yang menemani aktifitasnya sehari-hari,” kata Dedi. Sementara secara teknologi, memang antara HTC One dengan Sony Xperia Z dan Samsung S4 tidak jauh berbeda., Ketiganya merupakan ponsel dengan model flagship yang didalamnya berisi berbagai

IRA RAVIKA/MALANG POST

INTERNET: HTC One menjelajah internet lebih puas dengan fitur HTC BlinkFeed. teknologi handal. Selain itu sebuah fitur menarik pun dengan dukungan operator, tercipta di HTC One.

Yaitu fitur BlinkFeed, merupakan tampilan kompilasi update terkini dari akun sosial media dan situs-situs berita. Semua informasi itu dapat diakses melalui tampilan homescreen. Konsepnya hampir sama dengan aplikasi Flipboard di iOS dan Android. Pengguna dapat melihat artikel keseluruhan dengan membuka image maupun jjudul (headline) yang terdapat pada BlinkFeed. Sebut saja layarnya, HTC membenamkan layar berukuran 4,7 inci yang mendukung resolusi Full HD 1080p yang membuat layarnya tidak terlihat berubah atau buram saat dilihat dari sudut manapun.. Kepadatan piksel yang dimiliki HTC One ini adalah 486ppi yang berarti lebih rapat dibandingkan dengan iPhone 5. Ponsel ini dipersenjatai dengan prosesor dengan 4 inti atau QuadCore Qualcomm Snapdragon sama seperti LG Optimus G Pro dan berjalan pada kecepatan 1.7 GHz dan memori RAM 2GB dan kapasitas memori 32GB. Dengan

kemampuan mesin seperti ini sistem operasi Android Jelly Bean yang tersemat pada HTC One akan berjalan pada kinerja optimalnya, seperti melakukan browsing, multitasking, video game 2D dan 3D, GPS kemampuan multiTouch dan banyak lagi. Selain itu HTC juga melengkapi perangkat ini dengan menonjolkan kelebihannya pada segi audio. HTC One menggandeng teknologi dari BEATS Audio untuk speaker yang dipakainya. Kali ini HTC One terbaru menyebut teknologi audionya sebagai HTC BoomSound yang tetap di integrasi dengan Beats Audio. HTC mengklaim Audio HTC One M7 adalah yang terbaik dikelasnya. “Untuk koneksifitasnya ponsel ini mendukungan jaringan data 4G LTE. Selain itu HTC One juga memiliki koneksi NFC, Bluetooth 4.0, dan 802.11ac WiFi. HTC One dilengkapi pula dengan IR emitter yang artinya hp android ini dapat berfungsi layaknya remote TV,” tandasnya. (vik/mar)

IRA RAVIKA/MALANG POST

DIPERHITUNGKAN: Tabulet Beat DS dengan operating sistem Jelly Bean.

GAME

Konsol Sodorkan Sensasi Dingdong JAKARTA- Ingat Dingdong? Mesin permainan yang dulunya ngetren tersebut kini sudah sulit ditemukan. Di Jakarta sendiri, mesin permainan jenis ini telah banyak berganti menjadi konsol game yang disewakan berdasarkan tarif per jam. Meski banyak gamer akhirnya beralih menggunakan konsol atau PC untuk memainkan game kesayangannya, tentu saja sensasi yang ditawarkan dingdong masih belum dapat tergantikan lewat kontroler terintegrasi yang dimilikinya. Setelah sebelumnya Razer melirik peluang tersebut dengan menawarkan Atrox Arcade Stick, produsen aksesoris game lainnya pun mengikuti langkah serupa. Adalah X-Arcade, produsen aksesoris game ini meluncurkan kontroler sejenis namun dengan tawaran harga yang jauh lebih terjangkau. Mengusung sebutan X-Arcade Solo Joystick, kontroler bernuansa dingdong dengan bobot seberat 5,5 kg ini hanya dibanderol oleh pembesutnya sebesar USD 99 atau sekitar Rp 1 jutaan. Bandingkan dengan Razer Atrox Arcade Stick yang dibanderol sebesar USD 199 dan baru mendukung penggunaan pada Xbox 360. (dk/mar) REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: SLATEM


RABU, 31 JULI 2013

4

Jelang Lebaran, Waspada Mamin Tanpa Label MALANG-Produsen makanan dan minuman (mamin) tanpa label di Kota Malang diminta segera mengurus izin. Yakni perizinan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Pengurusannya bisa dilakukan melalui Dinas Kesehatan Kota Malang. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Supranoto kepada Malang Post, kemarin. Kata dia, sejumlah produk mamin di Kota Malang disinyalir tak dilengkapi izin PIRT. Padahal, sertifikasi tersebut penting agar olahan dari produsen sesuai prosedur.”Masyarakat kita harap

membeli produk yang ada PIRT-nya,” tegas Supranoto. Sebab, produk bernomor PIRT bisa dipertanggungjawabkan kemasan maupun isinya. Ketika mengurus PIRT, produsen juga dibekali cara mengolah produk yang benar. Hal itu sebagai bagian dari fungsi edukasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan. “Masyarakat harus tahu ini bahwa produk yang aman tentu telah memiliki izin,” imbuh dia. Mengurus izin PIRT itu, kata Supranoto tidak sulit dan begitu mudah. Malahan, produsen bisa mengurus izin itu

tanpa dikenai biaya sepeserpun. Produk mereka berlabel dan keamanannya terjamin.”Tinggal daftar kemudian akan diberi sosialisasi terkait keamanan pangan oleh petugas, tanpa membayar,” jelasnya. Izin edar untuk makanan minuman (mamin) sebagian memang melakui Dinas Kesehatan. Namun ada juga produsen yang masih harus melalui izin dari BPOM. Namun jenis produk yang wajib mengantongi izin BPOM juga ada klasifikasinya.”Kalau untuk PIRT, saat ini kita sudah punya sekitar 2000 nomor izin edar makanan dan minuman,” katanya. Sedangkan untuk produk dari BPOM,

misalnya adalah produk susu serta makanan kemasan bayi. Untuk itu masyarakat harus jeli memeriksa produk yang hendak mereka beli. Jika tak memiliki izin, buat apa dibeli.”Yang belum punya izin edar silahkan ke Dinkes, bawa KTP dan bawa permohonan nanti diberitahu cara buat makanan yang baik,” tandas dia.Imbauan ini dikeluarkan Dinkes mendekati hari raya Idul Fitri. Sebab, biasanya pembelian produk mamin mengalami lonjakan yang drastis. Realita di lapangan, masih ditemui produk yang tak memiliki izin edar.(ary/nug)

WASPADA : Sidak makanan dan minuman (mamin) di sejumlah toko. Kota Malang beberapa waktu lalu, banyak ditemui produk mamin tanpa label.

TIM ZIZ

Bantu Pegawai Tidak Mampu

FIRMAN/MALANG POST

JELANG LEBARAN LEBARAN:: Penumpang bus di Terminal Arjosari menjelang Lebaran.

TINGGAL 10 PERSEN, Tak Ada Penambahan 12 Bus untuk Mudik Gratis MALANG-Pendaftar mudik gratis sudah mencapai 90 persen dari total kuota tempat duduk yang disediakan. Sampai kemarin siang tinggal enam tempat duduk untuk bus jurusan Bojonegoro dan 20 tempat duduk untuk bus jurusan Banyuwangi. Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Malang, Hariadi mengatakan, bus yang disediakan dalam program mudik gratis untuk beberapa jurusan bahkan sudah penuh sejak beberapa hari sebelumnya. “Bus yang sudah penuh yakni jurusan Pacitan, jurusan Ngawi, jurusan Trenggalek dan jurusan Madura.

Jurusan Madura terbanyak peminatnya karena empat bus yang disediakan sudah penuh semuanya,” jelasnya kepada Malang Post kemarin. Sedangkan bus yang masih tersedia kursi kosong yakni jurusan Bojonegoro. Dari dua bus yang disediakan untuk jurusan Bojonegoro masih terdapat enam tempat duduk kosong. Sedangkan dua bus jurusan Banyuwangi yang disediakan masih terdapat 20 tempat duduk yang belum terisi. Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, tahun ini disediakan 12 bus dengan total 556 tempat duduk yang disediakan untuk mudik gratis. Peserta mudik gratis diberangkatkan pada 5 Agustus, pekan depan. Daerah tujuan mudik gratis yakni Malang-

Banyuwangi tersedia dua bus besar dengan kapasitas masing-masing 55 tempat duduk. Dua bus yang disediakan itu menempuh dua jalur berbeda. Yakni jalur selatan melewati Probolinggo-Wonorejo-Tanggul-JemberMrawan-Genteng-Banyuwangi. Sedangkan jalur utara melewati Probolinggo-Kraksaan-Besuki-Panarukan-Situbondo-AsembagusBanyuwangi. Tujuan Malang-Sumenep disediakan empat bus. Jalur yang dilewati yakni, Bangkalan-Tanah Merah-Blega-Sampang-PamekasanLalang-Sumenep. Mudik gratis Malang-Bojonegoro tersedia dua bus dengan jalur PandaanGresik-Lamongan-Babat-Bojonegoro. Tujuan Malang-Trenggalek tersedia dua

bus kecil dengan melewati MalangBlitar-Ngunut-TulungagungTrenggalek. Sedangkan Malang tujuan Ponorogo/ Pacitan tersedia satu unit bus dengan jalur Batu-Pare-Kertosono-NganjukMadiun-Ponorogo-Pacitan. Untuk mudik gratis tujuan Malang-Ngawi melewati Batu-Jombang-NganjukCaruban-Ngawi. Lebih lanjut Hariadi memastikan pendaftaran mudik gratis akan ditutup jika semua bus sudah penuh. Tahun ini tidak ada tambahan bus untuk mudik gratis walau animo masyarakat sangat tinggi. “Akan diusulkan penambahan bus pada program mudik gratis tahun depan,” pungkasnya.(van/nug)

MALANG- Jelang lebaran, para pegawai di lingkungan SKPD Kota Malang mulai bisa tersenyum. Utamanya karyawan dan karyawati yang dari segi ekonomi belum seberuntung rekan kerja berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), nyatanya tetap bisa menikmati sedikit tambahan rezeki di bulan Ramadan ini Bertempat di Masjid Baiturrohim komplek Balaikota, pagi kemarin 550 pegawai tidak mampu resmi menerima santunan dari Laziz Amsos Paramita. Bantuan senilai Rp 300 ribu per orang diserahkan secara simbolis oleh Walikota Malang, Peni Suparto didampingi Wakil Walikota, Bambang Priyo dan Sekda HM Shofwan. Dibandingkan tahun lalu, jumlah penerima bantuan tahun ini mengalami peningkatan. Dari sebelumnya hanya 308 orang, kini bertambah 242 pegawai. “Niatannya membantu pegawai yang secara ekonomi belum beruntung. Semoga yang diterima hari ini (kemarin) bermanfaat,” tutur Peni dalam kegiatan bertajuk Pendistribusian Dana Zakat, Infaq, Shadaqah, Amal Sosial oleh Tim Ziz Amsos Paramita itu. Sementara itu, rencananya dalam waktu dekat para guru bantu atau guru honorer juga bakal menerima bantuan dana serupa. Sedikitnya ada 200 nama guru yang masuk dalam daftar yang sudah diajukan. Tahun-tahun sebelumnya, bantuan untuk guru tidak tetap masih belum masuk agenda Tim Ziz. Dalam hal ini, Tim Ziz berkoordinasi langsung dengan Dinas Pendidikan. “Pada 1 Agustus nanti giliran kami serahkan kepada para guru di masjid Dinas Pendidikan,” imbuh pengurus Laziz Amsos Paramita, Sudjoko Santosa. Pemberian santuan kepada pegawai dan guru tidak mampu merupakan agenda keempat Tim Pengelola Laziz Amsos Paramita sepanjang tahun 2013. Sebelumnya, lembaga sosial ini telah mendistribusikan daza Ziz di dua kecamatan. Yang pertama berupa bantuan kepada 900 fakir miskin, pengobatan, renovasi rumah dan bantuan pembangunan tempat ibadah senilai Rp 154 juta di wilayah Lowokwaru. Dilanjutkan agenda kedua yaitu bantuan pembangunan serupa senilai Rp 75 juta plus santuan kepada 285 fakir miskin di Kecamatan Sukun. Pada peringatan HUT ke-99 Kota Malang bulan April lalu, tim Ziz juga memberikan santunan kepada 1500 anak yatim piatu non panti asuhan. Anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 170 juta. Sejatinya, destinasi keempat adalah wilayah Blimbing. Namun, agenda tersebut sengaja ditunda karena berbenturan dengan rencana penyerahan santunan lebaran untuk pegawai dan guru. Rupanya, bukan hanya Tim Ziz saja yang mendistribusikan dana bantuan kepada para pegawai tidak mampu. Hal senada juga dilakukan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Malang. Dari hasil zakat infaq dan shadaqah di lingkungan Kemenag, dana yang terkumpul senilai Rp 360 juta didistribusikan kepada para guru ngaji, guru Madrasah Diniyah, guru Raudatul Anfal (RA) serta penjaga masjid. “Juga kami bagikan kepada masyarakat miskin yang tidak menerima BLSM,” terang Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Rohmad. (tom/nug)

Imbau Pemudik Budal Awal MALANG- Mengantisipasi kemacetan dalam arus mudik nanti, Satlantas Polres Malang Kota mengimbau kepada para pemudik untuk budal (mudik) lebih awal. Program yang sudah dijalankan selama tiga tahun oleh Kapolda Jatim itu, terbukti efektif untuk mengurangi kemacetan H-2 dan H-1 Lebaran. Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Erwin Aras Genda SH, SIK menjelaskan, imbauan itu merupakan ajakan untuk masyarakat yang mudik ke kampung halamannya, untuk budal lebih awal sebelum H-2 Leba-

ran. “Hasil kampanye lalu lintas ini memang signifikan. Sudah tiga tahun, hasilnya cukup mengurangi kemacetan di jalan-jalan yang digunakan pemudik,” katanya. Dia mengharapkan, dengan budal lebih awal ini, masyarakat yang mudik juga akan kembali ke Malang lebih awal dibandingkan pemudik lainnya. Paling tidak, menurutnya, H+2 Lebaran, masyarakat sudah kembali ke Malang tanpa diganggu dengan kemacetan yang luar biasa. Khusus untuk kota Malang, lanjut lulusan Akpol 2003

Erwin Aras Genda

itu, pihaknya akan lakukan imbauan untuk para wisatawan yang datang. “Kota Malang memang bukan jalur utama untuk mudik, tetapi imbauan kepada wisatawan yang datang untuk tertib berlalu lintas, kami sampaikan melalui pos-pos lalu lintas yang sudah disiagakan,” terang dia mewakili Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto SIK, M.Hum. Dijelaskan lulusan PTIK 2010 itu, imbauan mudik awal ini direspons sekitar 95 persen para pengusaha di kota Malang untuk meliburkan karyawan menjelang

Lebaran. “Pemkot Malang juga mendukung selama ini,” tegas Erwin, sapaannya. Di sisi lain, penggemar olahraga jogging ini juga meminta kepada masyarakat yang mudik dengan menggunakan roda dua (motor) untuk tidak mengangkut beban terlalu banyak. “Diusahakan tidak berpenumpang lebih dari dua orang. Termasuk jangan terlalu membawa banyak barang. Hasil evaluasi selama ini, kecelakaan di saat Lebaran memang masih didominasi oleh kendaraan roda dua,” pungkas mantan Kasatlantas Polres Malang tersebut. (mar)

TOMMY YUDA PAMUNGKAS/MALANG POST

BERMANFAAT: Walikota Malang, Peni Suparto saat menyerahkan secara simbolis pendistribusian dana bantuan Tim Ziz kepada pegawai tidak mampu.

Molornya Pembangungan Gedung Dewan

Banyak Kegiatan Massa, Ganti Hari Kerja yang Hilang

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

MONITORING: Kepala DPU PPB Kota Malang, Jarot Edi saat memantau balkon ruang sidang di gedung dewan, siang kemarin.

MALANG- Adanya perubahan desain balkon di ruang sidang paripurna disinyalir bukan satu-satunya penyebab molornya penyelesaian Gedung DPRD Kota Malang. Sejumlah faktor eksternal disebut-sebut juga menjadi biang keterlambatan gedung dewan senilai Rp 35 milyar tersebut. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB) Kota Malang, Jarot Edi Sulistyono menyiratkan sejumlah alasan di balik molornya tahap penyelesaian gedung garapan PT Sumber Kencana Perkasa itu. “Selain karena perubahan desain balkon, adanya kegiatan massa di sekitaran Bundaran Tugu juga mempengaruhi,” tuturnya kepada Malang Post.

Diantara kegiatan yang dimaksud termasuk rangkaian acara Pemkot, gebyar HUT Kota Malang ke-99 sampai aktivitas kampanye dan beberapa kali demonstrasi di area Bundaran Tugu. “Karena adanya aktivitas tersebut jadi para pekerja tidak bisa maksimal. Mereka kehilangan beberapa hari kerja efektif,” lanjutnya saat memonitor gedung dewan, siang kemarin. Untuk mengganti banyaknya hari kerja yang hilang, pihak DPU PPB dan kontraktor telah menyepakati perpanjangan waktu hingga 21 hari tambahan, terhitung mulai 23 Juli lalu. Artinya, paling cepat bangunan fisik Gedung DPRD betul-betul rampung dua pekan mendatang. “Itu mencakup jumlah hari

yang dibutuhkan untuk menyelesaikan termasuk mengganti hari kerja yang hilang,” tukas Kabid Perumahan dan Pengawasan Bangunan DPU PPB Kota Malang, M Thoriq. Meskipun kontrak kerja sejatinya sudah habis per 22 Juli 2013, namun adanya ‘over time’ ini bisa dimaklumi oleh seluruh pihak. Hal itu mengacu kebijakan yang tertuang dalam Perda No 70 Tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa serta ketentuan dalam kontrak. “Jadi tidak masalah. Tidak ada tambahan anggaran juga,” serunya kepada Malang Post. Dari pantauan Malang Post, sebetulnya juga masih ada beberapa bagian yang masih perlu dibenahi. Antara lain

Ruang Tunggu di Lantai III dan penambahan pintu di lantai yang sama. Beberapa ruangan tampak belum berpintu. Hal itu diakui Jarot dan Thoriq dan menjanjikan kekurangan tersebut segera diberesi. Selebihnya, secara kasat mata bangunan sudah sangat siap ditempati. Mungkin hanya pengadaan meubeler saja yang akan dilengkapi dalam waktu dekat. Pengadaan meubeler menjadi kewenangan Sekretariat Dewan dan kabarnya digarap oleh PT Archicon Eka Rekadaya selaku pemenang tender. Gedung Dewan sedianya menjadi tempat pelantikan pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, H. Moch Anton-Sutiaji, 23 September mendatang. (tom/nug) REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : DJ AMIEL


RABU, 31 JULI 2013

Innova Bayangi Avanza Penjualan Toyota MALANG - Memasuki semester II tahun 2013 ini, authorized dealer Toyota Auto 2000 Sukun membawa modal berharga. Penjualan mobil meningkat 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dan tetap menempatkan Avanza sebagai mobil Toyota dengan penjualan tertinggi yang diikuti dengan Kijang Innova. Suprayogi, Sales Supervisor Toyota Auto 2000 Sukun menerangkan, bahwa peningkatan sebanyak 25 persen telah tercapai di pertengahan tahun ini. “Angka 25 persen tersebut secara average (rata-rata) per bulan hingga satu semester, dibandingkan tahun lalu tentunya,” terangnya. Tahun lalu, menurut dia, Auto 2000 Sukun berhasil menjual 175 unit mobil per bulan. Dan tahun ini, angkanya telah mencapai 220 unit setiap bulan, dengan catatan Avanza memimpin penjualan, diikuti oleh jenis Kijang Innova kemudian Toyota Rush. “Secara prosentase, Avanza memimpin sebesar 40 persen, kemudian Avanza sebesar 25 persen, dan Toyota Rush 15 persen. Sisanya diikuti produk lain seperti Vios, Yaris dan Camry,” beber pria yang sering dipanggil Yogi tersebut. Menurutnya, Avanza sebagai mobil berjenis MPV diburu oleh masyarakat karena cocok dipakai sebagai mobil keluarga. Selain itu, dengan harga yang lebih terjangkau, namun secara kualitas bisa dibuktikan. Selanjutnya, Kijang Innova hampir sama, hanya saja kelas penggunanya sedikit di atas Avanza.

STENLY REHARDSON/MALANG POST

KEDUA: Innova menempati posisi penjualan mobil Toyota di semester II tahun ini.

“Avanza dengan harga mulai Rp 160 jutaan pas untuk di kantong. Bahkan bila membutuhkan All New Avanza saat ini harus inden, barangnya masih menunggu kiriman dari Jakarta. Jika menginginkan sedikit di atasnya, masyarakat pasti berburu Innova di kisaran Rp 200 juta. Makanya dua

mobil ini menjadi penguasa penjualan kami,” urai dia panjang lebar. Yogi memaparkan penjualan Avanza pada kisaran 100 unit per bulan, Innova 60 unit dan Rush sekitar 25 unit. Dia optimis penjualan di Auto 2000 Sukun akan terus meningkat hingga akhir tahun lalu.

“Target pertumbuhan 30 persen secara total bisa tercapai, atau kami bisa menjual 2.400 unit mobil selama tahun 2013,” tegasnya. Angka tersebut optimis dicapai bila melihat kondisi terkini, Toyota Agya yang siap diluncurkan. Masih menurutnya, paling tidak bulan Oktober sudah bisa mulai

dipasarkan di Malang untuk mobil low cost green car (LCGC) yang semakin meningkatkan pertumbuhan Toyota secara keseluruhan di Malang. “Targetnya untuk Toyota di Malang kan market share 40 persen, untuk tengah semester ini masih 38 persen,” tutup dia. (ley/mar)

Suku Bunga Kredit BRI Tetap JAKARTA- Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sepakat untuk tidak menaikkan suku bunga kreditnya, meskipun Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuannya (BI Rate) sebesar 0,75 bps menjadi 6,5 persen. Direktur Keuangan BRI, Achmad Baiquni mengatakan, meskipun bank lain berencana menaikkan suku bunga kredit, namun pihaknya memilih untuk tidak menaikkan suku bunga kreditnya. “Kita berhati-hati menaikkan suku bunga kredit, karena bunga dinaikkan belum tentu juga bisa meningkatkan net interest margin (NIM),” kata Baiquni saat konferensi persnya, di Gedung BRI 1, Jakarta, kemarin. Dia menjelaskan, keputusan untuk tidak menaikkan suku bunga kredit karena perusahaan berusaha untuk tetap menjaga tingkat risiko kredit macet (NPL) seminimal mungkin. Saat ini, NPL perseroan terjaga di angka 0,41 persen di semester I-2012 atau lebih kecil dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 0,55 persen. “Tidak menaikkan bunga karena pertimbangan NPL juga,” ungkap

DOK/MALANG POST

TETAP: Manajemen BRI sepakat tidak menaikkan suku bunga kredit. dia. Selain itu, Baiquni menyebutkan, alasan lain dikarenakan pihaknya lebih

fokus untuk meningkatkan volume kredit dan laba perseroan di tahun ini.

“Kita juga fokus menaikkan bottom line ya karena volume kredit naik pesat maka akan meningkatkan margin,” ujarnya. Baiquni menyebutkan, BRI optimistis bisa meraih peningkatan laba bersih perseroan sepanjang tahun ini sebesar 10 persen hingga 15 persen dari perolehan laba bersih tahun sebelumnya. Hingga semester I-2013 saja, laba bersih perseroan sudah mencapai Rp 10,012 triliun. “Target laba 10 persen paling aman karena kalau dilihat semester dua ini, beda dengan semester satu karena inflasi tinggi mendorong cost of fund karena kredit juga kebanyakan rate-nya floating,” papar Baiquni. Perseroan juga menargetkan pertumbuhan kredit sepanjang tahun ini bisa meningkat 22 persen sampai 24 persen. Per semester I-2013, pertumbuhan kredit perseroan tercatat naik 28,5 persen menjadi Rp 391,77 triliun. “Untuk kredit akan terjadi perlambatan dibanding semester satu, tapi pertumbuhan ini masih di atas industri yang 20 persen hingga 22 persen,” pungkasnya. (dk/mar)

5

JEJARING

Cerewetnya Dikangeni MALANG - Perempuan yang satu ini mengakui bahwa dia sebenarnya sosok yang jutek. Atik Jechy, perempuan asal Kendari yang kini meniti karier menjadi sales counter di Kota Malang ini pun berusaha menutupinya dengan merubah jutek tersebut lebih bersahabat.–”Aslinya saya ini jutek atau judes kali ya. Apalagi wajah ini mendukung untuk peran antagonis juga. Tapi saya berusaha menutupinya dengan menjadi cerewet. Beda tipis, Atik Jechy namun cerewetnya untuk kebaikan orang lain,” ungkapnya lantas tertawa. Perempuan yang bekerja menjadi Sales Counter Chevrolet Malang ini menjelaskan, dengan cerewet orang lain yang baru mengenalnya tidak mengetahui kejutekannya. Apalagi pekerjaannya yang setiap hari harus menemui pelanggan Chevrolet serta menerima telepon, membuat dia belajar tersenyum. “First impression kan juga harus baik. Tutupi dengan senyum manis, kemudian kenalkan ke orang lain dengan banyak bertanya atau banyak menawarkan. Itu sih yang terkesan cerewet bagi saya,” jelasnya kepada Malang Post. Kemudian perempuan yang sudah bekerja di Malang selama 6 tahun ini juga membeberkan bahwa cerewetnya dikangeni oleh customer dan karyawan customer. Malahan, banyak yang bertanya jika dia dalam suatu hari menjadi pendiam. “Pas bad mood begitu, malah ditanyain kenapa tidak cerewet. Kadang jadi senyum sendiri bila menyadari kecerewetan ini bermanfaat bagi orang lain. Yang penting walau cerewet dan aslinya jutek, kesuksesan memprospek calon customer membeli mobil kan harus diperhitungkan,” urainya panjang lebar. (ley/mar)

Rupiah Melemah,

Salahkan Impor BBM Chatib Basri JAKARTA- Pelemahan nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat (AS) masih terus berlangsung. Salah satu penyebabnya karena tingginya nilai impor minyak dan gas bumi (migas) khususnya bahan bakar minyak (BBM) Indonesia. “Domestik, tekanan rupiah adalah berasal dari defisit transaksi berjalan. Ini karena migas, impornya masih besar, terutama untuk BBM,” kata Menteri Keuangan, Chatib Basri di kantornya, Jakarta, kemarin. Dia mengakui sebelumnya sempat memprediksi rupiah akan menguat setelah kenaikan harga BBM Juni 2013 lalu. Alasannya konsumsi BBM diprediksi akan menurun dan berdampak baik terhadap impor migas. “Konsumsi minyak menurun, impor juga akan menurun, permintaan valas Pertamina akan menurun, ini relatif akan membuat rupiah lebih stabil,” ujarnya. Sejatinya dampak dari kenaikan BBM terhadap rupiah baru akan terasa bulan September sebagai faktor internal terhadap sentimen rupiah. “BBM itu kan baru naik 22 Juni, nah dalam perdagangan. Karena itu efek dari kenaikan BBM akan terpengaruh. BBM efeknya baru akan kelihatan itu pada setelah bulan Agustus,” sebutnya. Namun kenyataanya ada faktor eksternal yang tak bisa dicegah oleh pemerintah. Chatib berharap dari pergantian pimpinan The Fed di AS beberapa waktu kedepan akan mempengaruhi kebijakan AS nantinya. “Ya masih ditunggu penggantian pimpinan The Fed, yang tentunya punya dampak berbeda,” cetusnya. (dk/mar)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

NAIK: Sejak awal Ramadan, penjualan busana muslim meningkat.

STENLY REHARDSON/MALANG POST

MENINGKAT: Berbelanja untuk Lebaran menambah jumlah pengunjung ke Sarinah.

Penjualan Busana Muslim Meningkat MALANG - Awal Ramadan hingga mendekati Lebaran, penjualan busana muslim meningkat. Setidaknya, itulah yang dialami oleh tenant, butik atau store yang menyediakan aneka kebutuhan busana muslim mulai dari gamis, kerudung, hingga baju taqwa di Malang menjelang lebaran tahun 2013 ini. Aida Fitri, Owner Rumah Kerudung Boutique Mall Olympic Garden (MOG) Malang menyampaikan, peningkatan telah terjadi sejak awal puasa. “Kalau meningkat sejak pertengahan Juni malahan. Bisa mencapai 30 pieces per hari untuk kerudung baik itu pasmina, paris maupun ciput,” terang Aida, panggilannya. Bahkan, setelah puasa berlangsung separuh jalan, butiknya semakin ramai. Untuk gamis atau busana muslim, per harinya antara 10 hingga 20 pieces. Aida mengungkapkan, peningkatan terjadi mencapai 100 persen dibandingkan hari biasa.Apalagi produk handmade, masyaraat semakin berburu. Angka tersebut masih diluar pameran yang juga

diikuti Rumah Kerudung di Atrium MOG Malang. Sementara itu menurut Vita Andriani, Karyawan Tie-Tie Galeri Busana Muslim di Plaza Araya, butik yang dia jaga juga mengalami peningkatan volume penjualan di bulan Juli ini. Dia mengungkapkan, biasanya butik hanya mengeluarkan maksimal 5 hingga 10 pieces per hari, baik itu busana, acesoris maupun kerudung. Sejak bulan puasa ini, sedikit meningkat. Rata-rata bisa mencapai 8 pieces hingga 12 pieces. “Lumayan ada peningkatan penjualannya. Tetapi memang kondisi di tempat ini berbeda dengan mall lain yang selalu banjir kunjungan, apalagi bila mendekati lebaran,” jelas Vita. Ramainya tingkat kebutuhan busana muslim juga sampai ke wilayah Kabupaten Malang. Di Pasar Dampit misalnya, Toko Busana Riang mengalami peningkatan yang signifikan. Sri Wahyuningsih, Pemilik Toko mengungkapkan, sudah menjadi trend bahwa penjualan busana muslim dan acesorisnya akan meningkat menjelang lebaran. (ley/mar)

Midnight Sale, Pengunjung Sarinah Membeludak Jelang Lebaran MALANG - Sarinah, The Indonesian Emporium Plaza Malang mencatatkan kenaikan kunjungan menjelang Lebaran tahun 2013 ini. Tercatat rata-rata 4.000 pengunjung tiap hari di bulan puasa ini, dan angka tertinggi masih didapatkan pada periode Sabtu dan Minggu. “Sudah menjadi trend, bila pusat perbelanjaan akan mengalami kenaikan kunjungan dan omzet menjelang hari raya, baik Lebaran maupun Natal,” ungka Lies Sukarningsih, Store Manager Sarinah The Indonesian Emporium Malang. Dia menjelaskan, angka tertinggi diperoleh pada momen Midnight Sale, Jumat (26/ 7) dan Sabtu (27/7) lalu. “Sabtu lalu mencapai 8.300 pengunjung, dari pantauan empat pintu masuk ke store,” jelasnya. Menurutnya, angka kunjungan tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan average pada bulan normal pada kisaran 1.500 pengunjung. Sedangkan pada akhir pekan bisa

mencapai 4.000, dan sebagian besar merupakan pelanggan Sarinah. “Sarinah ini terkenal dengan pelanggan yang loyal, karena pandangan banyak orang untuk kalangan menengah ke atas. Makanya, di musim Lebaran seperti ini, pengunjung tetap kami merupakan loyalis, dan ditambah beberapa yang memanfaatkan momen liburan,” urainya. Lies juga menambahkan secara omzet di bulan ini telah mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara, momen lebaran masih menunggu sekitar seminggu ke depan. Masih ada beberapa hari yang menjadi peak customer dalam berbelanja. “Store menjadi ramai pada seminggu terakhir sebelum lebaran, kami masih menunggu momen tersebut,” imbuh Lies. Selain itu, Sarinah kini tengah mempersiapkan lantai 3 store sebagai bioskop, dan ekspansi ke di MX Mall lantai 2 yang rencananya akan soft opening setelah Lebaran. (ley/mar) REDAKTUR : SUMARGA, LAYOUTER : ABDEE


ALBUM AGNES DIJUAL DI INDOMARET SETELAH sempat dirilis secara digital, album baru Agnes Monica yang bertajuk AGNES MO bakal dirilis secara fisik melalui salah satu jaringan mini market terbesar di Indonesia. Info yang beredar dari salah satu fans base menyebut bahwa album tersebut bakal rilis di Jabodetabek pada tanggal 1 Agustus. Selanjutnya album AGNES MO bakal dirilis di seluruh Indonesia. “[FYI]

Album “AGNEZ MO” 1 Agustus akan keluar di INDOMARET JABODETABEK. Dan akan menyusul ke seluruh INDOMARET Indonesia,” tulis @AgnezmoFever. Selain itu fans pun memberikan bocoran cover album Agnes. Berisi lagu-lagu seperti Hide and Seek, Week, Bad Girl, Flying High dan beberapa hits lain, lagu ini dibanderol cukup terjangkau yaitu Rp 35.000.(*)

There’s three ways to do things, the right way, the wrong way and the way that I do it.”

-ROBERT DE NIRO/CASINO MOVIE-

Did

You Know?

RABU, 31 JULI 2013

6

7

TEKS: RAUDHA SALSABILA/UNIV. BRAWIJAYA

Awas, DIET Berujung

Speak Up

Nggak Piket Kelas

MOS Tetep Semangat

Nggak Bisa Jajan

Shella Mona Rizkyta, SMKN 3 Malang

Sully Nur Aisyah, SMAN 5 Malang

Vregal Yundhan, SMAN 1O Malang

ANOREKSIA! Wanita dikenal sebagai sosok yang sangat memperhatikan penampilan, termasuk masalah berat badan. Berbagai macam cara dilakukan untuk menjaga agar berat badan tetap ideal. Namun kadang ada yang memilih jalan pintas dengan menjalani pola diet tidak sehat. Bahkan tidak jarang, diet tersebut berujung dengan datangnya penyakit lain seperti anoreksia dan bulimia.

TAK BAGUS: Diet berlebih bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan makan seperti anoreksia.

Bulimia Karena Tuntutan Sebagai Penyanyi BULIMIA dan anoreksia kerap terjadi pada remaja atau dewasa muda. Kelainan ini lebih banyak diidap oleh wanita dibandingkan pria. Berbagai teori psikologi mengatakan, gangguan pola makan seperti ini merupakan perilaku yang muncul sebagai respons dari situasi stres. Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa ada hubungan antara gangguan pola makan dengan tekanan psikis (depresi dan kegelisahan) yang dialami oleh seseorang, serta rasa percay a diri yang rendah. Teori lainnya mengatakan bulimia d a n anoreksia muncul akibat tekanan dari lingkungan sekitar agar seorang wanita menjadi langsing. Pengidap anoreksia biasanya memiliki tubuh yang kurus. Walaupun demikian, pasien akan tetap merasa bahwa ia masih perlu menurunkan berat badan. Sebaliknya, penderita bulimia lebih sulit dikenali karena biasanya mereka memiliki tubuh yang ideal. Rina Mayasari, mahasiswi jurusan akuntansi Universitas Muhammadyah Malang ini mengaku pernah mengalami gangguan pola makan bulimia yang menyebabkan dirinya harus dirawat di na rumah sakit beberapa waktu lalu. Rina ah bercerita, sebagai penyanyi di salah ai satu kafe di Malang, ia mempunyai at keinginan besar untuk menjaga berat badan tetap ideal. “Aku orangnya suka gak percaya dirii kalau lagi tampil. Jadi penunjangnyaa ya penampilanku harus maksimal. Termasuk untuk urusan berat badan,” ujar gadis berlesung pipit ini. Rina menjelaskan bahwa awal ia menderita bulimia adalah pada akhir tahun 2012, ketika berat badannya tiba-tiba naik 3 kg. Setelah itu, ia pun mulai memiliki kebiasaan memuntahkan kembali apa yang telah ia makan. “Waktu itu berat badanku naik, dan itu bikin aku stress banget. Buat menyanyi pun aku gak berani. Dan aku vakum sampai berat badanku

Show Selebriti

&

turun. Akhirnya ya gitu, muntahin apa yang udah aku makan. Biasanya kalau abis makan yang manis-manis seperti cake,” tutur Rina. Bulimia yang diderita Rina mengakibatkan ia harus menjalani rawat inap di rumah sakit karena kondisi tubuhnya yang

mulai drop. Setelah mendapat perawatan medis dan kondisinya berangsur-angsur membaik, Rina mengaku menyesal telah menjalani pola makan seperti itu. “ Bulimiaku untungnya bisa dibilang belum terlalu parah, karena cepat ditangani dokter. Aku kapok masuk rumah sakit dan sekarang gak pernah lagi muntahin makanan. Kalau mau diet mending olahraga teratur dan makanannya dijaga aja,” ujar penyuka bunga kaktus ini. Anoreksia dan bulimia memang banyak diderita oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan dimana ia harus bisa menjaga bentuk tubuhnya. Seperti halnya penyanyi asal Inggris Amy Winehouse yang meninggal pada tahun 2011 akibat bulimia. Tuntutan pekerjaan ataupun lingkungan sosial bisa menjadi fakotr seseorang melakukan hal-hal yang bisa membahayakan tubuh mereka sendiri. “Yang penting harus sayang sama tubuh sendiri dan lebih banyak bersyukur aja. Gak usah diet kalau akhirnya malah jadi penyakit. Sehat itu mahal lho,” tambahnya.(mg4/han)

menurut Dr Selma, penderitanya akan makan sebanyakbanyaknya dalam waktu singkat, namun setelah itu berusaha mengeluarkan kembali makanan yang telah dimakan dengan cara memuntahkannya, atau menggunakan obat pecahar. Anoreksia dan bulimia adalah penyakit yang jika tidak ditangani secepatnya, bisa merenggut nyawa penderita. Kedua penyakit ini sama-sama membuat penderita lebih mudah terserang penyakit karena membuat daya tahan tubuh menjadi lemah. “Untuk bulimia, masalah kesehatan yang paling sering muncul biasanya adalah gigi busuk dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh akibat seringnya muntah dan penggunaan obat pencahar berlebihan. Selain itu, juga da-

TEKANAN sosial atau karena terlalu sering membandingkan diri bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan makan (eating disorder). Masalah gangguan makan bisa berakibat fatal bagi seseorang. Tidak secara langsung, namun dampaknya baru bisa terlihat setelah penyakit tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Eating disorder sangat mungkin terjadi di kotakota besar, mengingat begitu tingginya himpitan dan keinginan untuk tampil menarik dan mengikuti para selebriti dunia yang memiliki tubuh sangat kurus. 1. Sangat fokus pada berat tubuh Mereka yang mengalami masalah bulimia dan anoreksia memiliki masalah mempersepsikan bentuk tubuh dan berat badannya. Pada penderita anoreksia, meski mereka tahu bahwa dirinya kurus, jarang sekali mereka menyadari bahwa berat tubuhnya berada pada level berbahaya. Penderita bulimia biasanya memiliki berat badan yang stabil atau ideal. Setiap kali makan, mereka akan merasa bersalah dan tertekan, sehingga dengan berbagai cara berusaha mengeluarkan kembali semua yang telah dimakan.

3. Tidak mau punya berat tubuh normal Setiap saat, seseorang yang memiliki masalah eating disorder ingin menurunkan berat badannya. Salah satu karakteristik anoreksia adalah menolak mempertahankan

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

ADIPATI DOLKEN

Suka Eva Celia KEDEKATAN aktor Adipati Dolken dengan Eva Celia sepertinya makin terbuka saja. Kini Adipati mengakui dirinya memang sudah sangat dekat dengan putri Sophia Mueller itu. Meski selalu tak tegas saat ditanya istimewa tidaknya hubungannya dengan Eva, Adipati mengakui jika dirinya memang menyukai Eva. “Ya suka, dia pinter, multi talenta bisa nyanyi bisa nulis,” akunya sembari memuji saat ditemui di Headline Manajemen, Ballroom Grand Hotel Kemang, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2013) malam. Saat ditemui acara tersebut, Adipati terlihat bersama Eva. Namun lagi-lagi bintang film ‘Sang Martir’ itu enggan secara gamblang seperti apa hubungan ia dengan Eva. Adipati dekat dengan Eva semenjak terlibat satu produksi di film ‘Adriana’. Adi bilang, kedekatannya itu sudah berjalan selama enam bulan ini. Jadi pacaran atau tidak?. “Nilai aja sendiri hehehe,” tukasnya. Eva sendiri saat ini sedang dekat dengan salah satu bintang Hollywood. (dtc/han)

pat terjadi kerusakan usus dan dehidrasi yang bisa berakibat fatal,” paparnya. Dalam dunia kedokteran, anoreksia dan bulimia hanyalah dua contoh penyakit gangguan pola makan (eating disorder) yang terjadi karena seseorang melakukan penurunan berat badan dengan cara yang salah. Selain dua penyakit tersebut, masih ada compulsive overating (makan berlebihan), emotional eating (makanan jadi pelarian saat stres), night eating syndrome (bangun dari tidur di malam hari untuk makan), hingga binge eating (makan banyak tetapi selalu merasa bersalah). Selma menjelaskan, bahwa gangguan pola makan tidak bisa diatasi hanya dengan konseling gizi saja. Namun diperlukan terapi kognitif dengan psikoterapi, bahkan obatobatan, tergantung kondisi mental pasien. “Untuk menanggulangi bulimia dan anoreksia, tidak cukup dengan bantuan ahli gizi. Namun diperlukan juga psikoterapi, karena penyakit ini juga berhubungan dengan mind set yang dibangun seseorang tentang tubuhnya sendiri,” tandasnya.(mg4/han)

“WAKTU MOS masuk SMA itu pas udah masuk bulan puasa, tapi rasanya malah seru. Biarpun puasa tapi enggak ngerasa lemes sama sekali. Tapi aku sedih juga, soalnya banyak dari temen-temen SMP yang nggak masuk SMAN 5, sedikit ngerasa kesepian sih soalnya nggak banyak temen yang kukenal, tapi tetep asik kok MOS saat puasa gini.”(*/han)

Sekolah, Sering Terlambat

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

berat tubuh setidaknya 85 persen dari ukuran seharusnya tergantung tinggi badan dan usia. 4. Ritual makan yang aneh Orang yang memiliki masalah gangguan makan bisa menunjukkan tanda-tanda bervariasi untuk menutupi masalah mereka dari orang lain. Contohnya, mendorong-dorong makanan yang ada di piringnya untuk memberi kesan ia sedang makan, atau menyembunyikan makanan di serbet, atau setiap kali habis makan, ia selalu pergi ke toilet, atau menghindari pertemuan sosial yang berkait dengan makanan. 5. Diet keras Menghindari asupan makanan dengan membatasi atau mengenyahkan makananmakanan tertentu dari menu makanannya bisa jadi pula gangguan makan, khususnya jika ia sebenarnya tidak bermasalah overweight dan motivasi utamanya hanya untuk menurunkan berat badannya lagi, lagi, lagi, dan lagi. 6. Olahraga berlebihan Salah satu tanda seseorang mengalami masalah anoreksia dan bulimia adalah berolahraga secara berlebihan. Khususnya latihan fisik yang keras. Mereka yang mengalami anoreksia bisa jadi akan berolahraga berlebihan untuk menurunkan berat badan. Aktivitas fisik dihitung berlebihan ketika hal ini mengganggu aktivitasnya yang lain dan tetap dilakukan meski sedang cidera. 7. Ketergantungan dan terlalu banyak konsumsi laksatif Mereka yang memiliki masalah bulimia seringkali menggunakan obat-obatan laksatif, baik dalam bentuk pil atau pil diet di luar saran dokter dan dalam jumlah banyak. (*/han)

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

INDAH DEWI PERTIWI

Raih Double Platinum, Garap Album Usai Lebaran PENYANYI Indah Dewi Pertiwi atau yang biasa disapa IDP baru saja meraih penghargaan atas penjualan CD album keduanya yang bertajuk ‘Teman Terindah’. Bermaksud untuk berbagi, IDP pun acara syukuran di sebuah panti jompo. “Kemarin aku baru saja mendapat double platinum, jadi aku datang ke sini mau berbagi rezeki dan kebetulan momennya pas banget sama Ramadan,” tutur IDP di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2013). Tidak hanya berbagi, IDP juga menghibur para penghuni panti dengan kebolehannya bernyanyi. “Aku senang melihat para penghuni panti senang. Kan hitung-hitung kita ngabuburit bareng,” ucap Indah. Pelantun lagu ‘Hipnotis’ itu juga mengucapkan, saat mendatangi panti, dirinya teringat dengan sosok sang nenek yang telah tiada. “Aku itu dari kecil dekat sama

almarhum nenek aku. Pas di sini jadi inget sama beliau. Dulu mama aku belum terlalu bisa urus aku, karena aku anak pertama. Jadi aku lebih sering diajak main sama nenek aku itu,” kisahnya. Dalam kesempatan tersebut, IDP juga mengungkapkan rencananya untuk mulai menggarap album ketiganya usai Lebaran. “Tadinya mau pas Ramadan, cuma kan jadwal aku sekarang padat di malam harinya, padahal rekaman enakan pas malam kan. Nah, makanya insya Allah mulainya setelah Lebaran saja,” akunya. Pada album terbarunya nanti, IDP akan memberikan warna yang berbeda pada musiknya. Beberapa kisah hidupnya juga siap untuk dituangkan ke dalam lirik lagu. “Yang jelas lebih nge-beat. Aku kan sekarang suka banget nyanyi sambil dance. Nanti juga bakal ada beberapa lagu mungkin yang dari kisah aku,” ucapnya.(kpn/dtc/han)

BERBAGI: IDP merayakan prestasinya dengan berbagi dip anti jompo.

“NGGAK ada hal yang istimewa saat puasa gini. Semuanya sama seperti hari biasa. Cuma kalau di sekolah aku nggak bisa jajan di kantin sih kayak biasanya, hehe. Soalnya kadang aku beli makanan di kantin sekolah kalau pas laper. Kadang-kadang juga bawa bekal dari rumah buat makan siang di sekolah.”(*/han)

Tak Semangat

Tanda-tanda Seseorang Mengalami Gangguan Makan

2. Mondar-mandir ke toilet Mereka yang mengalami masalah anoreksia atau bulimia seringkali memuntahkan isi perutnya. Hal ini terjadi pada sekitar 80-90 persen penderitanya. Pipi yang membengkak karena pembesaran kelenjar ludah dan bekas luka pada jarinya karena berkontak dengan giginya adalah indikasi gangguan makan.

SHOW & SELEBRITI

DEKAT: Adipati Dolken dekat dengan Eva setelah produksi film Adriana yang dibintangi keduanya.

Menurut ahli gizi Dr. Selma Anadya Sp.G., pada prinsipnya anoreksia dan bulimia dapat digolongkan sebagai penyakit yang sama, yaitu weight-phobia alias orang yang mengalami ketakutan berlebihan akan bertambahnya berat badan. Anoreksia berarti kehilangan selera makan, sedangkan bulimia merupakan kelainan mental atau psikis yang ditandai kelainan perilaku makan. “Sebenarnya untuk anoreksia, tidak semua penderitanya kehilangan selera makan. Tapi perasaan takut gemuklah yang menyebabkan mereka menahan nafsu makan secara tidak wajar. Hingga banyak yang akhirnya kehilangan selera makan sama sekali,” jelasnya. Sedangkan untuk bulimia,

“KALAU puasa gini sekolah tetep seperti biasa, cuma aku mengurangi aja kegiatan yang berat-berat, seperti piket kelas gitu. Tapi aku lebih semangat ke sekolah, soalnya ada temen-temen yang bisa diajak bercanda, ngobrol-ngobrol gitu. Jadi nggak ngerasa lemes sama sekali. Cuma pas puasa gini kan jam pelajaran dikurangi, yang biasanya satu jam cuma jadi setengah jam aja deh.”(*/han)

Godaan Puasa Datang? AH, KECIL . . . SAAT menjalankan ibadah puasa, seringkali godaan datang hingga membuat iman goyah. Meski ada yang tak kuat menahan godaan, cukup banyak sobat M-Teens yang berhasil melaluinya. Salah satunya, Satria Bintoro Cahyanto, siswa SMP Wahid Hasim, yang dengan tegas mengatakan berpuasa sembari menjalani hari-hari di sekolah bukanlah hal yang berat. Setiap hari dirinya harus pulang pergi ke sekolah dengan berjalan kaki, karena memang jarak antara sekolah dan rumahnya tidak begitu jauh. Bintoro mengakui, cukup banyak godaan saat menjalani puasa di sekolah, sebab teman-teman sepermainannya sering mengajak hang out sesaat setelah pulang sekolah. “Sering diajak jalan sama anak-anak , tapi aku jarang ikut sih, soalnya males aja puasapuasa gini,” ungkap cowok berbintang Leo ini. “Bukan karena takut lemes atau apa, tapi mending waktu yang ada untuk istirahat dan beribadah, kan bulan puasa banyak pahalanya,” tambahnya tersenyum. Cowok yang duduk di kelas IX ini mengungkapkan dirinya sering berpuasa pada hari-hari biasa. Jadi ia merasa tidak ada beban saat harus berpuasa

REDAKTUR : DEWI YUHANA, LAYOUTER : SITI

Ramadan dan tetap disibukkan dengan aktivitas sekolah. “Aku biasa puasa senin kamis, dua kali seminggu. Jadi ya pas sekolah gini biasa aja. Paling sekarang kan puasa setiap hari, itu aja yang membedakan, tapi emang lebih banyak godaannya,” tutur cowok penyuka warna hitam ini. Sedikit berbeda dengan yang dialami oleh Chintya Permata Putri, yang juga bersekolah di SMP Wahid Hasyim. Menurut Chintya, tidak ada hal yang berbeda saat harus menjalani puasa di sekolah, semuanya sama seperti hari-hari biasa. “Biasa aja. Nggak ada bedanya, lemes sih iya tapi ya dijalani,” ungkap penyuka bakso ini. Kepada M-Teens, Chintya mengungkapkan banyak godaan yang datang menghampiri. Misalnya saja, teman-temannya sering mengajak main dan membatalkan puasa. “Kalau ada yang ajak-ajak gitu, aku tetap hang out bareng temen-temen, tapi nggak mau sampai batalin puasa,” tandas cewek yang mengikuti ekstrakulikuler drumband ini. Lain lagi pengalaman siswa SMAN 10 Malang , Muhammad Azhar Tito Afifudin. Co-

wok yang akrab disapa Suneo oleh teman-temannya ini mengaku dirinya merasa berat menjalankan puasa di sekolah saat masih SMP. “Kalau aku sih puasa gini dah biasa, soale aku dulu anak MTs jadi nggak kaget. Tapi pas masih awalawal MTs dulu merasa sedikit berat, masih kecil mungkin ya,” ungkap cowok berbadan tinggi ini.

Penyuka olah raga ini juga menambahkan, godaan yang paling berat saat berpuasa adalah perempuan. “Kan ada tuh cewek yang nggak pake kerudung di sekolah, cantik-cantik pula. Mesti mengundang pikiran yang aneh-aneh, jadi ngurangi pahala puasa deh, apalagi kalo punya pacar, waduh bawaannya pengen pacaran aja, hehehe,” urainya panjang lebar.

Sembari menunggu saat berbuka puasa, Suneo dan teman-temannya biasa bermain sepak bola atau basket di sekolah. “Aku lebih mengurangi main, tapi biasanya sambil nunggu buka puasa aku main sepak bola sama teman-temen di sekolah, kalau nggak gitu ke rampal buat main basket,” ungkap anggota ekskul musik ini. (Laili Ulfia Puspitasari/Universitas Negeri Malang/han)

KEHADIRAN Ramadan disambut gembira oleh banyak umat muslim, namun kewajiban berpuasa terkadang juga berimbas pada aktivitas lain. Ada yang menjadi malas ke sekolah karena lemas seharian berpuasa. Indah Gita Kartikasari, siswi SMA Islam Terpadu Unisma ini mengatakan, berpuasa saat sekolah adalah sumber godaan. Menurutnya, masuk sekolah saat bulan puasa cukup banyak mengurangi pahala puasa. “Kurang semangat masuk sekolah dech. Banyak godaan untuk batalin puasa, pengennya ke kantin aja, hehehe. Kadang juga kepepet harus bohong ke guru atau teman, kan bohong itu dosa bisa ngilangin pahala puasa, ya berarti percuma aja kita puasa,” tutur cewek berkulit putih ini. Cewek berbintang cancer ini juga menuturkan, saat jam pelajaran ia bisa mengantuk lantaran badan lemas. “Pas hari biasa aja bisa ngantuk, apalagi saat puasa gini, dobel ngantuknya, hehehe. Jadi nggak bisa konsentrasi sama pelajaran,” ungkap cewek yang suka menyanyi ini. Gita juga menambahkan, dirinya pernah dihukum guru lantaran ketiduran di kelas saat jam pelajaran. ”Sumpah ngantuk banget. Padahal aku tidurnya cuma bentar aja, tapi sudah ditegur,” ucapnya. Hal yang hampir sama juga dialami oleh siswi SMK Bina Mandiri, Dewi Hamidah. Cewek berambut ikal ini merasa tidak nyaman ke sekolah saat berpuasa. “Bawaannya males aja, was-was gitu, takut lupa kalau lagi puasa. Kan hari-hari biasa istirahat di kantin, ngemil-ngemil gitu, pas puasa takut kelupaan, hehe. Apalagi saat awal puasa dulu,” ungkap siswi yang duduk di kelas X ini. Cewek hitam manis ini merasa tidak bersemangat berangkat ke sekolah, hampir setiap hari ia terlambat. “Suka telat aku, soalnya kan abis sahur tidur lagi, jadi kadang suka kesiangan bangun sampek sekolah juga telat, hampir setiap hari malah, padahal jam masuknya udah diundur sampai jam setengah delapan,” ungkapnya. Selain itu, karena jarak rumah ke sekolahnya cukup jauh cewek, yang kerap disapa Dewi ini tak jarang meminta bantuan kepada ayahnya untuk mengantarnya ke sekolah, padahal sebelumnya ia terbiasa naik angkot bersama teman-temannya. Ditemui di tempat yang sama, Retno Wulandari, siswi SMK Bina Mandiri ini merasa tidak begitu terbebani dengan datangnya bulan puasa. Siswi jurusan keperawatan ini mengaku ia menjalani rutinitas di sekolahnya seperti biasa. “Sama kayak hari-hari biasa aja sih, nggak merasa lemes atau apa di sekolah,” ungkap cewek berjilbab ini. Namun, penyuka drama Korea ini memang tidak terlalu melakukan aktivitas yang menguras tenaga saat bulan puasa. “Paling di sekolah kalau jam istirahat ya buat belajar aja, baca-baca buku gitu, mau ngapain lagi, kalau kumpulkumpul trus jadinya ngerumpi nanti malah ngomongin orang, mending buat belajar aja,” tandas cewek bershio kambing itu tegas. Ketika di rumah, sang ibu juga tidak pernah menyuruh Dewi untuk melakukan pekerjaan berat. Hal yang biasa ia lakukan saat bulan puasa hanyalah menyapu lantai. “Ibuku takut kalau aku lemes pas di sekolah,” pungkasnya. (Laili Ulfia Puspitasari/Universitas Negeri Malang /han)

Kata Guru

Harus Menarik Supaya Siswa Tak Ngantuk Samuri, S.Pd. - Kepala Tata Usaha SMA Islam Terpadu Unisma

TEKS : LAILI ULFIA PUSPITASARI (UNIVERSITAS NEGERI MALANG)

“GURU harus menggunakan retorika dan metode tersendiri saat mengajar di bulan puasa seperti ini, caranya mungkin bisa dengan menyajikan materi yang menarik dengan tetap fokus pada pokok bahasan mata pelajaran yang diajarkan saat itu. Misalnya dengan media visual yang membuat anak-anak semakin semangat saat di kelas. Karena memang pada bulan puasa, banyak siswa yang merasa lesu, lemas dan kurang semangat dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Padahal jam pelajaran juga sudah dikurangi. Anakanak pengen cepat-cepat istirahat dan pulang. Maka dari itu memberikan metode ajar yang berbeda saat bulan puasa menjadi alternatif bagi guru, supaya anak-anak tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, motivasi dan dorongan belajar juga tidak kalah penting dan harus terus diberikan kepada anak-anak.”(*/han)


RABU, 31 JULI 2013

8

Raih Medali Emas Berkat Dukungan Sekolah MESKI badannya terlihat kecil, namun jangan main-main dengan Ariska Dyan. Gadis manis ini adalah salah satu atlet muda putri yang meraih medali emas dalam Porprov IV Madiun beberapa waktu lalu. Cabang olahraga (cabor) yang digiati Ariska juga membikin nyali pria ciut, yakni cabor karate. Gadis yang masih duduk di kelas X SMAN 8 Malang ini, memang jagoan karate. Pada dua kali perhelatan Porprov Jawa Timur, Ariska selalu menyumbangkan medali emas. Dia mulai ikut ajang bergengsi tingkat provinsi ini, tahun lalu, ketika umurnya masih 14 tahun. Namun sampai detik ini, Ariska masih saja rendah hati. Gadis itu mengungkapkan, dia

masih belum bisa percaya mampu meraih medali emas. Hal itu diungkapkan kepada Malang Post dalam sesi latihan di Stadion Gajayana Malang, kemarin. Hal tersebut tak lepas dari kiprahnya yang baru dua kali memperkuat cabor karate. Ariska mengaku kaget sekaligus bangga dengan pencapaiannya. Dia tidak menyangka bisa meraih medali emas untuk kedua kalinya. Sebab, konsentrasinya terpecah menjadi dua, karena bertepatan dengan ujian nasional. “Karena waktu itu saya masih duduk di kelas tiga SMP jadi sedikit agak takut kalau sampai tidak lulus ujian,” ujar Ariska pada Malang Post. Gadis itu harus belajar keras untuk

menempuh ujian nasional, disisi lain juga harus berjuang keras berlatih untuk mempersiapkan diri di Porprov. Namun Ariska bersyukur, karena pihak sekolah memberi dukungan penuh kepada dirinya. Sebab dia adalah atlet karate yang membela nama baik Kota Malang di Porprov IV. Tidak hanya dukungan dari pihak sekolah saja, dukungan juga datang dari pihak orang tuanya. Orangtua Ariska memberikan kebebasan kepadanya, selama itu bermanfaat positif bagi Ariska. “Saya berlatih khusus satu tahun, persaingan di Porprov IV sangat ketat, karena karateka yang ada di Jatim sangat hebat, baik dari segi prestasi maupun teknik,” akunya.

Ariska sendiri menambahkan, dia bangga bisa mewakili Kota Malang di Porprov dua tahun berturut-turut. Selain bisa mengasah kemampuannya, dia juga senang karena bisa bertemu dan berkenalan dengan karatekakarateka lain, yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur. “Saya bisa tahu bagaimana teknik mereka, itu merupakan keuntungan buat saya supaya saya bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi,”papar Ariska Meski telah meraih medali emas Ariska terus berlatih mengasah kemampuan bersama teman-teman atlet karate lainnya. Masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki karateka Kota Malang, agar bisa

meraih prestasi yang lebih bagus lagi ke depan. Masih ada waktu dua tahun untuk mempersiapkan karateka Kota Malang pada Porprov V. Selain medali emas melalui Ariska, Kota Malang juga meraih satu medali perak dan tiga medali perunggu. Medali perak diraih Fikri Imawan, sedangkan tiga medali perunggu masing-masing diraih Amirullah Afifi, Hengky Prayoga dan Nur Karisma Wardani. Saat ini, Ariska dan kawan-kawan sedang berlatih mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan daerah. Kejuaraan itu akan diadakan di Surabaya tanggal 16-18 Agustus mendatang. Mereka menargetkan bisa memperoleh medali emas sebanyak-banyaknya.(mg14/ary)

VERLON MALANGUNA/MALANG POST

Ariska Dyan

KONI Jatim Verifikasi Calon Pelatih VERLON MALANGUNA//MALANG POST

BERPRESTASI : Atlet dan Pelatih berprestasi berbaris di Balaikota untuk menerima bonus dari Peni Suparto, kemarin.

KONI Kota Malang Guyur Bonus Porprov Jatim IV Diserahkan Inep, Emas Capai Rp 20 Juta MALANG - KONI Kota Malang mengguyur bonus kepada atlet dan pelatih yang meraih prestasi dalam Porprov Jatim IV. Nilai bonus yang diberikan kepada kontingen Porprov berprestasi itu mencapai Rp 1,6 miliar. Bonus diserahkan langsung oleh Walikota Malang Peni Suparto di Balaikota, kemarin (30/7) sore. Besaran bonus untuk medali emas Rp 20 juta, perak 9 juta dan medali perunggu Rp 6 juta. Acara pembagian bonus dilakukan sekaligus dalam acara buka puasa bersama para atlet dan pelatih. Acara itu berlangsung meriah, rona bahagia terpancar dari wajah

setiap atlet dan pelatih yang hadir. Dalam sambutannya, Ketua KONI Kota Malang, Peni Suparto mengatakan perolehan medali emas yang didapatkan oleh para atlet ini, merupakan hasil yang sangat baik dan sangat memuaskan. Peni juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada para atlet yang telah membawa nama harum kota Malang itu. “Semua atlet sudah berusaha dengan keras tidak hanya stamina, tapi pada semua sektor, para atlet ini telah menunjukan ketajamnya,” ungkap Peni. Selain bangga karena Kota Malang berhasil meraih juara ke dua, Peni juga membanggakan kiprah atlet Kota Malang. Sebab, menurut dia, Kota Malang termasuk kota paling berprestasi di Indonesia. Apalagi, disebutkan Peni, bahwa kontingen Kota Malang yang berangkat ke Madiun

beberapa waktu lalu merupakan atlet orisinil. Peni menegaskan, tidak ada atlet yang “dibeli” seperti yang dilakukan oleh kota-kota lain. Kemenangan yang diraih oleh Kota Malang ini merupakan kemenangan yang murni. “Semua atlet berasal dari kota Malang ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya, “ kata Peni penuh haru. Dia berharap, pada tahun berikutnya prestasi yang sudah diraih oleh para atlet makin ditingkatkan. Peni juga meminta, agar para atlet ini tidak terlena. Mereka harus segera menyiapkan diri untuk kejuaraan Porprov berikutnya. Salah satu atlet aletik yang meraih medali emas, Abriella .I. Jayanti Yuyu mengaku sangat bangga. Dirinya mendapat undangan dari pengurus Koni untuk pembubaran kontingen Porprov.

“Jujur saja saya senang dan semangat saya makin bertambah, mudah-mudahan tahun berikutnya saya bisa diberi kesempatan lagi untuk mewakili Kota Malang pada cabang olahraga atletik,” urai gadis yang biasa disapa Ella itu kepada Malang Post. Hal serupa juga dirasakan atlet tinju Fidel, yang mengaku mendapat kehormatan khusus hadir pada acara itu. Fidel meraih satu medali emas pada nomor tinju kelas 60 kg putra. Merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi atlet yang baru saja lulus SMA ini. Perolehan medali emas Porprov Jatim IV Kontingen Kota Malang cukup banyak. Terdiri dari 37 medali emas, 21 medali perak dan 36 perunggu. Cabang olahraga (cabor) angkat besi berhasil meraih medali emas terbanyak sejumlah 10 medali.(mg14/ary)

MALANG-Walaupun gagal mencapai target medali emas di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Madiun, cabor atletik kota Malang tidak patah semangat untuk terus bangkit. Buktinya, para atlet ini saat ini tengah serius mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke XII. Pekan olahraga bergengsi itu akan digelar di Jakarta 14 -20 September mendatang. Hal itu ditegaskan Pelatih Atletik Kota Malang, Adam M.P. Welerubbun ditemui Malang Post,

VERLON MALANGUNA/MALANG POST

Tak Patah Arang, Atletik Tatap POPNAS

Adam M.P. Welerubbun

kemarin (30/7) pagi. Adam demikian biasa disapa, sedang melatih dan mempersiapkan atlet-atletnya di stadion Gajayana. Dia mengatakan akan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada Porprov beberapa waktu lalu. “Kami terus melatih fisik saja, kalau untuk tekniknya, atlet atletik kota Malang ini sudah sangat bisa untuk diandalkan,” ujarnya usai melatih para atlet. Meski teknik sudah bagus, namun hal itu tidak lantas membuat pelatih ini bersikap santai. Dia telah memberi jadwal khusus kepada

atlet. Agar mereka mengikuti latihan rutin setiap hari, kecuali hari Sabtu. Hal ini untuk mempersiapkan para atlet agar merebut medali emas sebanyak-banyaknya di POPNAS XII Jakarta. Atlet yang saat ini dipersiapkan untuk POPNAS antara lain, Abriella Jayanti Yuju, Bintang Nawa Sakti dan Rosalina. Mereka dilatih secara khusus, walaupun sudah memiliki kemampuan yang sangat baik. Adam terus mendorong para atlet untuk giat berlatih dan tidak memandang enteng lawannya di POPNAS.

Karena kali ini, mereka tidak akan hanya bertanding dengan atlet-atlet dari Jawa Timur saja, melainkan harus berjuang melawan atlet yang berasal dari seluruh Indonesia. Meskipun pada PORPROV hanya meraih tiga medali emas, empat perak dan satu perunggu. Kali ini para atlet yang dipersiapkan untuk mengikuti ajang POPNAS XII ini berjanji akan mempersembahkan lebih banyak lagi medali emas untuk Kota Malang. “Apa yang kami dapat di Poprov kemarin, akan menjadi batu loncatan bagi kami untuk terus maju,” tegas Abriella. (mg14/ary)

Marquez Idola Rider Muda LONDON – Performa hebat yang ditunjukkan Marc Marquez di balapan MotoGP musim ini membuat banyak pihak berdecak kagum. Bukan hanya pembalap kawakan, Marquez juga menjadi idola para rider muda. Stefan Bradl adalah salah satu pembalap yang mengaku kagum dengan performa jagoan Repsol Honda tersebut. Sebagai sesama pembalap muda, prestasi keduanya bak bumi dan langit. Marquez sudah memenangi tiga seri sepanjang musim ini. Sementara, Bradl belum sekalipun mengecap kemenangan. Prestasi terbaiknya hanyalah bisa duduk di posisi runner up di seri Laguna Seca lalu. Ketika itu, pembalap LCR Honda tersebut juga bisa merasakan pole position untuk

kali pertama. “Untuk saya, saya memang lebih sulit untuk mempelajari MotoGP dibandingkan Marquez. Anda tidak akan bisa menemukan talenta hebat seperti Marquez setiap lima menit,” terang Bradl seperti dilansir laman Crash, Selasa (30/7). Pujian tersebut tak lepas dari kegemilangan Marquez. Meski berstatus rookie, pembalap asal Spanyol tersebut mampu mengalahkan para rider yang memiliki pengalaman lebih banyak. Marquez bahkan kini nangkring di pucuk klasemen. “Ketika Anda sudah memutuskan bertanding di MotoGP, Anda harus paham bagaimana cara mengendarai motor dan semua hal yang berkaitan dengan elektronik,” saran Marquez. (jos/jpnn/ary)

Marc Marquez

SURABAYA-KONI Jawa Timur melakukan verifikasi terhadap calon pelatih yang akan menangani program pemusatan latihan daerah jangka panjang menghadapi Pekan Olahraga Nasional XIX tahun 2016 di Jawa Barat. Hal itu dijelaskan Direktur Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim Dhimam Abror Djuraid, kemarin. Dia mengatakan bahwa untuk tahap awal, verifikasi pelatih diprioritaskan pada cabang olahraga nomor perorangan yang sebelumnya sudah diputuskan masuk Puslatda. “Jadwalnya pekan depan proses verifikasi pelatih sudah selesai dan selanjutnya diterbitkan SK (surat keputusan) penugasan. Program Puslatda Jatim rencananya mulai berjalan efektif pada 1 Agustus,” kata Abror. Menurut Ketua Harian KONI Jatim itu, proses verifikasi pelatih untuk cabang olahraga beregu dilakukan pada tahap berikutnya, karena saat ini sebagian besar cabang olahraga tersebut belum siap dan sibuk berkompetisi. Program Puslatda jangka panjang menuju PON 2016 telah diluncurkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo di GOR Sudirman Surabaya pada akhir Juni lalu. Abror menjelaskan verifikasi merupakan cara baru yang dilakukan KONI Jatim untuk mendapatkan calon-calon pelatih yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan cabang olahraga. “Tidak semua nama pelatih yang diusulkan akan disetujui, tergantung hasil verifikasi dengan melihat data diri dan prestasinya,” tambah Abror. Ia menambahkan pelatih yang lolos verifikasi diwajibkan membuat program latihan untuk diserahkan kepada tim monitoring dan evaluasi (monev) dan selanjutnya dijalankan. “Tim monev berasal dari jajaran pengurus KONI Jatim dan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang kebetulan telah lama menjalin kerja sama dengan KONI Jatim,” ujar Dhimam Abror. (kon/ary)

Hemat Rp 5 Miliar JAKARTA-Program Indonesia Emas (Prima) terus berusaha melakukan efisiensi dana menjelang SEA Games 2013. Selain memangkas jumlah atlet, Prima juga mengurangi pelatih asing. Beberapa cabor yang menggunakan banyak pelatih asing pun harus rela melakukan pengurangan. Cabor-cabor itu adalah catur yang kini hanya menggunakan satu pelatih asing (awalnya 2), wushu 2 (3) serta angkat besi, layar dan tenis meja yang harus memulangkan masing-masing satu pelatih asingnya. Dengan pengurangan tersebut, Prima bisa melakukan efisiensi yang cukup signifikan. Kasatlak Prima, Surya Dharma mengatakan, setidaknya sudah Rp 5 miliar penghematan yang berhasil dilakukan oleh jajarannya. “Semula anggaran untuk pelatih asing adalah Rp 10 miliar. Dengan pengurangan ini, setidaknya ada Rp 5 miliar yang berhasil dihemat. Semua cabor setuju dengan pengurangan tersebut,” terang Surya di Jakarta, Selasa (30/7) kemarin. Namun, Prima hanya akan menerapkan aturan tersebut untuk pelatih yang dibiayai mereka. Surya mengatakan, pihaknya tak akan menghalanghalangi penggunaan pelatih asing oleh suatu cabor. Syaratnya, cabor tersebut harus membayar sendiri.(jos/jpnn/ary) REDAKTUR : BAGUS ARY, LAYOUTER : ABDEE


RABU, 31 JULI 2013

MALANG MOBIL - MOTOR HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/8 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 75571810811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12 DIJUAL spd motor Honda revo th.2010 siap pakai harga 8jt hub. Jl. Mondokoro I/42 Singosari Mlg tlp.0341-7346127 BL-31/7 DAIHATSU EXTRA PROMO NEW XENIA DP 20jt Terios DP 20jt, Grand Max. DP 15jt, Pick up. DP 11jt Proses cpt. Cash Kredit Hub. 082131930990/ 9572750. Pin BB 21DDF347 BG-6/8 MITSUBISHI GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/8 BULAN puasa tlah tiba saat tepat beli L300 dan Truck Mitsubishi hrga special proses cepat & mudah Hub sony : 081233007709/8630256 BG-6/8 DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/8 NISSAN MOBIL NISSAN ORDER BARU INDEN ALL New Grand Livina, Promo Lebaran. DP & Angs pling murah Ready Stock bisa TT Miky 081333319914 BG-30/8 TOYOTA JUAL avanza ‘06 hitam ist,n kab full variasi (nego tipis) hub. 081334039489/081334659047 no sms BG-6/8 DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/8 DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Santo BL-30/8 AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/8

• SUZUKI • READY STOCK!! ERTIGA Disc Besar DP Bebas Splash, Apv, Swift, PU. HUB Hadi 2374008/ 085239073708 BG-30/8 “PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/8 JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/8 “PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877 BG-5/8 GEBYAR Discon bombastis SZK, PU, APV, SX4 open indent Ertiga double blower & new Swift 9568253/081141959999 BG-28/8 SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916 BL-27/8 READY stock ertiga,disc besar,dp bebas,AP, pick up hub. Hadi 237 4008/085239073708 BG-27/8 •HONDA• DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/ 081281070950 BG-22/8 DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/8 VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/ 7750675 BG-21/8 TANAH JUAL cpt tnh+bgnan cocok utk kos lt.165 lb.40,5 dkt kmpus kanjuruhan d/a jl.simpang kepuh rt.10 rw.05 no.13 hub. 085235085068 di gang BG-19/8 RUMAH DIJUAL rmh tingkat hrg Rp.200Jt. Nego Hub(081333017782) (081217134505) flx(0341-9427467) BG-31/8 JUAL rumah bagus ALBA CELL shm, luas 7x20 M belakang tingkat Jl. Suropati 29 singosari (depan smp 1 singosari) hub.0341-5451000/087859017657 BL-31/8

NOW...

BISNIS J A PROPER SA, TI, MOBIL, FINANCE MOTOR, S IKLANKAN

TOKO ANAMPAI DA

RUMAH DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/8 JUAL cpt rmh+tnh lb:42,5m 2 lt:165m2Jl.Simpang Kepuh Hub:085791527206 BG-16/8 DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/8 DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/8 RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/8 JUAL rmh Jl. D. Paniai H4B28 Lt.72 tkt,4 kmr tdr,2km Hub: 081230905590/7799810 BG-27/6 DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/8 KREDIT BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub.Amin 936.36.96 BG-16/8 LOWONGAN DIBUTUHKAN karyawan laki-laki admin D3 kutansi ipk 2,75 mengoperasikan computer max.22 th blm nikah lamaran dbw langsung ke kantor PT.GIEB BL-28/8 KEHILANGAN STNK STNK spd mtr Honda ’08 AB-2077NY noka:MH1JB1188K005930 nosin: JBB1E1006480 a/n IG.ANTONO PUJI PAMUNGKAS d/a Juwangen rt-01 rw.01 purwomartani kalasan sleman BL-01/8 STNK spd mtr vespa ’76 N-3134-C noka: BC1-372528 nosin: BC1M374586 a/n GONDO WAHYUDI d/ a jl. Kol sugiono IIB/20 Mlg BL-01/8 STNK spd mtr Honda c100 ’91 N2967-CA noka: NB30243144 nosin: NBE1241196 a/n RUDY GUNAWAN d/a jl. I.R rais XI/ no.465 rt.10 rw 04 kel. Tanjungrejo sukun Mlg BL-31/7 STNK STNK spd mtr Yamaha ’01 N2643-LI noka: MH35LM0011KO41859 nosin: SLM041859 a/n SIYONO d/a Jl. Kawi rt.01 rw.05 ds. Punten kec. Bumiaji kota batu BL-31/7 STNK mbl cherolet ’03 N-820-AY noka: KLA4MBE4C950825 nosin: F8C099849KA1 a/n FARIDA d/a LA SUCIPTO 377 rt.01 rw.03 kel. Pandanwangi kec. Blimbing Mlg dan SIM C a/n CAHYANI YONONGSIH BL-31/7 STNK spd mtr Honda ’13 N-6857AAA noka: MH1JFD214DK734032 nosin: JFD2E730895 a/n HANDRI CHOSIDAH d/a jl. Raya bandulan 8B/442 rt.03 rw.01 kel. Bandulan kec. Sukun Mlg BL-31/7 STNK spd mtr Honda supra X ’02 N-5767-FN noka: MH1KEVA193K305594 nosin: KEVAE1304301 a/n JOKO SISWO GUNAWAN d/a Jl. Sidorejo 1 rt.36 rw.11 ds. Wandanpuro MLG BL-31/7 KEUR 1 BUKU keur Truck Hino ‘08 N9115 CF NOKA: MJEFL8JWK8JG10194 NOSIN: J08EUGJI2062 a/n SERASI AUTO RAYA PT. d/a: KARYA TIMUR 8 Rw.02/Rt.12 Malang BL-1/8

MP-JUAL MP-Jual : MP-Jual : Coklat kemasan toples 250gram & 500gram murah, pasa untuk hari raya hubungi 081945765527 / 085790809194 MP-jual : Barang-barang antic radio tabung, telefunken, Philips, Siegfried, charmen, erres, jg tersedia gramahon jenis corong asli made in England, hub 081945949394/081233122223 MP-Jual : Happy shell (cairan penghemat bbm) solusi tepat kantong pun hemat. Harga/botol 45rb +gratis pulsa 5eb!!. Harga bbm naik kami punya solusinya!! CP: Saiful 085815888432

MP-jual : Jual anakan kucing persia hub bu tatik 0341-480622 jl ciliwung 1/56 malang.

MP-Jual : tnh kavling lt 200 (10x20) lokasi araya graha golf VI kav 9, hrg 1,850 jt/meter hub. 081555621537

MP-Jual : Jalak putih sepasang siapan 7640030

MP-Jual : tanah kavling lt 299 (21x14) shm, lokasi poros jl kalisari dekat smp 24 pandanwangi hrg 950rb/ meter. Hub. 081555621537

MP-Jual : Kacamata rayban wayverer, murah meriah, trendy, keren, hub 081334099748/pin 33072006 MP-Jual : Rumah baru, shm, lok strategis tgh kota, lt 140, lb 54 harga 275 (nego) bisa kpr, hub 08179661273 MP-Jual : tanah lok strategis lt 140 (6x23) shm, harga 175 (nego) hub 08179661273

MP-Jual: Zebra 94 N kota ac/tp/vr model troper, hitam h. 26 jt nego hub. 085646539222

MP-Jual : HP E63 warna hitam kondisi bagus, harga bisa nego (hnya bg yg serius) hub 081217582557/ pin 2A01E5E9

MP-Jual : Kebun sawit 4ha SHM siap panen lokasi Banjarmasin hub 081232783909

MP-Jual : Tanah luas + 45m2, lokasi strategis blk dealer yamaha kpj, hub 087759849517

MP-Jual: Jasa supir panggilan segala mobil konvensional/manual dan Metik melayani pribadi,perkantoran/ perbankan dan perusahaan/ industri.hub:087888115025 atau 5042284.Terimakasih

MP-Jual : Jasa kursus pel mat utk smp/sma hub p edi no 0857089618980

MP-Jual: mitsubishi kuda bensin th99 spr exceed,merah-silver,full var,velg rcg r16, ori cat, ban baru... pajak baru, siappp pake.. hub:9470903

MP Jual : Sarung Tenun halus utk parcel lebaran Merk “GIFT” dikemas kotak eksklusif,produksi sendiri,bisa reseller.harga Rp.80rb. MP-Jual : Etalase dg harga 400rb bagi yg bminat hub 083848706681

MP-Jual : Avanza G 2007 kuning metalik plat B ori, terawat, pemakai harga 121 jt, hub 085790829677 atau 03417785442 MP-Jual : Aqua gallon dan semua produk Aqua danone, 100% asli dan halal, dilvery order call 7721942, sms 0816559299 MP-Jual : Tanah L:9496m, lokasi strategis pst pemkab, kepanjen (depan stadion kanjuruhan) Rp 500rb/ m, lingkungan perkantoran. Hub: 081333498944 MP-Jual : Jasa ojek motor, antar jemput sekolah/karyawan, jasa kurir. Hub 081937717678 MP-Jual : Happy shell (cairan penghemat bbm) solusi tepat kantong pun hemat. Harga bbm naik kami punya solusinya!! CP: Saiful 085815888432 MP-Jual : Honda accord th 83 N kota, biru mtlk, mulus L/D, msn sht, 15 nego..srius. 081232774339/ 085855967428

KEUR 1 BUKU keur pick up ’06 N-8125CA noka: MHCTBR546KI30357 nosin: E130357 a/n SUTOPO JUNAEDI IR d/a bukit cemara tidar f2/20 rt.09 rw.04 mlg BL-31/7 1 BUKU keur pick up ’91 N-9281CH noka: 9890531 nosin: 9053166 a/n IMRON ROSYADI d/a Tutut GG.V rt.01 rw.04 mlg BL-31/7 RUPA-RUPA JUAL garam,per 1 ton rp.1.200.000,diantar hub.081554324458 BG-25/8

RUPA-RUPA (PRATAMA AHLI SEDOT WC) melayani sedot wc got buntu dll jl. Dirgantara VI B II no. 23 sawojajar mlng telp. 03417647878/ 7630312 hr libur tetap buka

PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882

BG-26/8

BG-24/12

SERVIS BERKAH JAYAAC, service AC mobil/ split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898

BG-26/8

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

TOUR & TRAVEL YES TRANS Lbrn Tour Bali: 750rb, Yogyan 650rb, Elf/ Bus Mini AC, Bromo, Air Softgun 150rb, Paint ball 150rb, Rafting 150rb, Hub. 0341-4440885 BG-14/9 ME TRANS Tour Travel & Rent Car. Armada : New Avanza, New Xenia, Innova, Swift, Splash, Siroin dll. Wedding Car: Alphard, Mercy. Melayani: Bandara shuttle ( Malang - Juanda PP), Tour Wisata, Study Tour, Paket Wisuda, Tiket online, Dll. Jl. Veteran No.2 Malang Tlp. 0341 – 583958 / 081233666664 BG-12/8 DYNASTY Noer Tour And Travel. Paket wisata Jawa-Bali-Jakarta, carter-drop segala tujuan. MalangJuanda PP. penjualan tiket Pesawat dan KL. Jl. Raya Sengkaling Jetis 82. Telp. 0821328 58466/0341468471 BG-28/8 ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 03417324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/8 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341322777. website: www. stasiun tiket .com

BG-30/8

BG-29/8

JUAL-BELI+TUKAR TAMBAH b a r a n g e l e k t r o n i k T V, L C D , DVD, kulkas dll Jl. S. Supriadi gang 6 No. 32 tlp: 7021089/ 085649861563

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 03412194639/081334614154 Tiket P e s a w a t / L a u t , To u r Wi s a t a , Rent Car

INGIN turun/naik berat badan 3-5 kg/minggu. Hub.: 085607207190, 081233207080 BL-31/7 BUTUH DANA CPT +trm gadai titipkan LAPTOP/HP/KENDARAAN+BPKB JL.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp.0341-7359448 BG-4/8 JUAl burung jalak bali, sdh pnh bertelur umur 2th brsrtfkat resmi (harga nego) hub.081136833/ 081334029489 BG-6/8 TERAPI autism, lambat bicara, down syndrome, hiperaktif, gangguan konsentrasi. Hub.0341-477599 BG-23/8 “HAMNA FACIAL” menggabungkan bahan2 alami&pijat ±30menit. Wajah cerah alami, peredaran darah lancar & bebas kerutan. Hanya 50rb. Terapist datang ke rumah. Hub:085755211006 BG-28/8 CV ABADI mlyni kuras WC & salrn buntu. tangki plng bsr 5000 Ltr buka 24 jam Hub. Jl. lombok/yulius usman Gg 3/ 216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-30/8

BG-31/8

BG-30/8

BUTUH Ayam Ketawa, Pelung, Philipin. Telp.0341 9325632 Hub. Pak Sugeng 08179661385 di Tumpang

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JURUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Website: www. surya travel. com.

BG-31/8 DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/8 PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/8 AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/8 ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

BG-29/8 PUSAT penjualan tiket Chandra transport Jl. Ade irma Suryani (tongan) No 19 telp.0341 322580366863 malang BG-28/8 WWW.AIRLANGGARENTCAR.COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/8 “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/8 HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677

BG-26/8

BG-2/8

MP-Jual : kue khonggwan marjan siplah kue marie-wafer-astor halusmurah isi penuh, diskon khusus, hb sersan harun 62 tlp 7791616/ 08123397711

MP-Cari : Beberapa sopir sim B-1 & karyawan-wati toko grosir umurijasah bebas bs tdr dlm bs plg sore jl sersan harun 62 tlp 7791616dkt matahari psr bsr mlg

MP-Jual : Beberapa keris Majapahit dijual murah, segera hubungi HP: 082140514246

MP-Cari : Kerja sebagai tukang kebun apa aja terima, kalau anda berminat bisa hub. 083848706681

MP-JUAL: Jasa salon mobil, bs krjakan di tmpat, pmbersihan in/ exterior, msin, ples body, cpt bersih murah mlai 150rb.* KONSULTASI GRATIS Hub. SUGA 7565939

MP-Cari : colt dsl 120ps engkel box 91-99 ato cabinnya bs t.t colt dsl 91 engkel box msh bgs. Hub 03417791616-08123397711 jl. Sersan harun 62 malang daerah matahari malang

MP-Jual : Seling full baja ukuran 10A panjang 150m kondisi 95%, hub 03417732632

MP-Cari : percetakan mencari banyak tenaga muda sma, smk grafika, hubungi 083842210571

MP-Jual : Motor yamaha Mio, thun 2010 wrna merah maron, brng msh bagus, hrg 9,5 bza nego, yg minat hub 085646318821/03418936392

MP-Cari : kerja jaga rumah/mengurus villa di kota batu, sy wnt 48th kristn jujur tgjwb, sms 081333229425

MP-CARI

MP-Cari : SPG u/ Spmarker Mlg, single, punya motor, gaji umr +incentive, hub: 081944811375

MP-Cari : Kereta dorong bayi (baby stroler) kondisi bekas paki, hub 087701476626 MP-Cari : Pria/wanita u/ staf kantor :ADM, RCP, KEU, GUDANG, HRD, SPV. Inc 2-5jt/bln+harian. Min Pddkn SMP, SMU/K-S1/pensiunan (tanpa test, Lsg keputusan kerja). Sms biodata ke 085781227267 MP-Cari: HP Nokia 1200/1208,Kondisi Bagus.Hub:081 805 131 258.

MP-Cari : Rumah di kodya mlg, mobil bs masuk, sdh shm, budget 200jtan, hub. 081945166744 MP-Cari : Tenaga kerja, krm lamaran anda ke kantor baitul watamil maal, jl keben A2 15, sukun. Up Prof Dr KH Suprianto MP-Cari : stand/counter utk jual mamin dng sewa bulanan. Sms: 081945166744

BG-31/8 KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jtan, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-23/8 O&J’S COMPUTER,rumah multimedia, melayani segala merk laptop,PC,CCTV,streaming,presentasi.Melayani service laptop,computer&assesoris cepat,memuaskan & murah Hub. 0341558615 www.Odanje.com Jl. Galunggung 50 F BG-23/8

9

www.malang-post.com KULINER GUDEG YANG TI Jl. bantaran brt II/35 & mbl kijang jl Sukarno hatta bln puasa buka jam 13.00 s/d 19.00 tlp. 081555814567 BG-30/8 DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12 PIJAT MBK EVI mnerima khusus panggilan pijat capek”body spa, traphy vitalitas...s4 tunggu call anda: 081252749612 BG-10/8


RABU, 31 JULI 2013

Media Asing Beritakan Kematian Camara

10

PERSEGRES

BERITA kematian Sekou Camara tersebar luas di media-media asing. Kali ini, media luar negeri tidak melakukan kritik keras seperti kematian pemain Persis Solo PT LI Diego Mendieta tahun lalu atau saat pemain Persewangi Banyuwangi Moukwelle Ebanga Sylvain tak kuat membayar biaya rumah sakit. Afrikansoccer.com

TRAGEDI: Striker Mali Camara, meninggal di lapangan di Indonesia Situs ini menulis bahwa kematian mantan pemain Santos dan Jomo Cosmos di usia 27 tahun tersebut adalah tragedi. Afrikansoccer.com menulis bahwa pihak keluarga tidak ingin melakukan visum. Ghana Soccernet

Camara Meninggal di Indonesia Media ini menggambarkan bahwa tim dokter sudah berusaha untuk membawa Camara ke rumah sakit terdekat. Namun dokter akhirnya tak bisa menyelamatkan nyawa Camara. Kick Off

Mantan Pemain Cosmos Meninggal Koran Afrika Selatan ini menaruh perhatian kepada kematian Camara. Sebab pemain PBR Bandung Raya ini adalah mantan pemain Liga Afsel yakni Jomo Cosmos dan Engen Santos.(nur/jpnn/nda)

Sekou Camara

Widodo C Putro

Besok Jenazah Camara Diberangkatkan ke Mali JAKARTA - Jenazah pemain Pelita Bandung Raya (PBR), Sekou Camara sudah tiba di Jakarta dan disamayamkan Rumah Duka RS Harapan Kita, kemarin sore. Rencananya, almarhum baru akan diberangkatkan hari ini. Sebelumnya diberitakan bahwa jenazah Camara akan langsung diterbangkan kemarin dari Bandara Soekarno Hatta. Namun perkembangan terbaru dari CEO PBR, Marco Paulo, menyatakan bahwa jenazah baru bisa diberangkatkan besok. Itu pun janazah Camara akan diterbangkan ke Kualu Lumpur, Malaysia lebih dulu. Baru sehari kemudian, Kamis pagi, 1 Agustus 2013, jenazah pemain 27 tahun itu baru benar-benar akan dipulangkan ke negara asalnya, Mali.“Di Kuala Lumpur jenazah masih menunggu hingga pukul 01.00 dini hari untuk diterbangkan ke Mali dengan

maskapai Ethiopian Air,” ujar Marco saat ditemui di Rumah Duka RS Harapan Kita. “Mencari waktu penerbangan itu tidak mudah. Itu yang menjadi kesulitan kami, terlebih, sulit mencari kargo untuk menempatkan jenazah Camara.” sambungnya. Dalam kesempatan itu Marco juga mengatakan bahwa biaya pemulangan Camara sepenuhnya ditanggung oleh pihak PBR. “Biaya memang tidak murah. Tapi pihak keluarga sudah sangat mengapresiasi usaha PBR untuk memulangkan Camara kembali ke Mali.” Saat disemayamkan di Rumah Duka RS Harapan Kita, dua rekan senegara Camara yang sekarang bermain untuk Barito Putra, Coulibaly Djibril dan Konate Makan terlihat datang melayat. (vvn/nda)

IST

RUMAH DUKA: Pemain Pelita Bandung Raya mengangkat jenazah Sekou Camara.

Persipura Siap Kunci Gelar ISL JA JAKARTA - Persipura Jayapura sudah di ambang juara Liga Super Indonesia (ISL) 2012/13. Mutiara Hitam kini kokoh di pun20 cak klasemen dengan koleksi 70 poin dari 29 ca pertandingan. Meski masih menyisakan lima pe pertandingan lagi, Boaz Solossa dan kawanpe kawan berpeluang mengunci gelar juara lebih ka cepat. Jalan Persipura meraih gelar juara sece makin mudah mengingat dua pesaing utama m mereka, Arema Indonesia dan Sriwijaya FC m mengalami kekalahan di laga masing-masing. m Arema keok 1-2 dari tuan rumah Mitra Kukar. A Sedangkan SFC kalah 0-1 sata bertandang ke S markas Persija Jakarta. m Peluang Persipura mengunci gelar juara musim ini bisa saja terwujud bila berhasil m memenangkan duel melawan Persiwa Wamena m di Stadion Pendidikan, Rabu, 31 Juli 2013.

Jacksen

Namun dengan catatan, Persib Bandung yang telah mengantongi 55 poin dari 28 pertandingan gagal merebut poin penuh saat bertandang ke markas Persiba Balikpapan, tadi malam. Meski selangkah lebih dekat dengan gelar juara, Jacksen meminta tim tetap konsentrasi berlatih. “Kami hanya fokus dan tetap bekerja keras. Selebihnya, kami tinggal menunggu waktu,” kata Jacksen. Jacksen sendiri berharap timnya segera mengunci gelar juara ISL musim ini. Namun pelatih asal Brasil itu tidak ingin bergantung para hasil tim lain. Sebaliknya, Jacksen berharap gelar tersebut direbut atas upaya Persipura. “Karena yang menentukan hasil akhir adalah diri sendiri, bukan orang lain,” sambung pelatih timnas senior itu. (vvn/nda)

Bendol Anggap Pacho Messi-nya Persija JAKARTA - Striker asal Belgia, Emmanuel “Pacho” Kenmogne, menjadi pahlawan kemenangan Persija Jakarta atas Sriwijaya FC, Sabtu lalu. Gol semata wayang Pacho membawa Macan Kemayoran unggul tipis 1-0. Ini merupakan gol ke-9 Pacho bersama Persija pada musim ini. Pemain berusia 32 tahun itu telah berubah menjadi mesin gol bagi Persija sejak didatangkan pada bursa transfer jelang putaran 2 ISL 2012-13 lalu. Pelatih Persija, Benny Dolo, tidak menyangkal bila timnya kian bergantung kepada Pacho. Namun, bagi Bendol hal itu wajar terjadi. “Pemain yang paling konsisten dan bisa memberikan yang terbaik akan terus mendapat kepercayaan seperti halnya Lionel Messi di Barcelona,” ujar

Benny. Meski mengandalkan Kenmogne, Benny menyatakan akan terus memaksimalkan potensi pemain yang menghuni skuad Persija. “Kenmogne untuk saat ini memang kami andalkan. Itu wajar seperti terjadi di klub belahan dunia mana pun,” katanya. Meski demikian, Bendol berjanji tidak akan menyia-nyiakan penyerang-penyerang Persija lainnya. Mantan pelatih Persita Tangerang dan Arema itu tetap menyiapkan sejumlah pemain muda yang kompetitif. (vvn/nda)

(Pelatih Persegres)

Tak Merasa Super SAMARINDA - Persegres Gresik United berupaya mempertahankan sikap ‘rendah hati’ setelah meraup angka sempurna di kandang Persisam Samarinda. Tim asal Kota Pudak tidak merasa menjadi tim super setelah meraih empat kemenangan beruntun di Indonesia Super League (ISL). Ya, kemenangan di Stadion Segiri, Samarinda, menjadikan Pelatih Persegres Widodo C Putro melakoni episode terbaiknya selama mengawal Shohei Matsunaga dkk. Empat kemenangan tentu menjadi modal mengkilap sebelum berkunjung ke kandang Mitra Kukar akhir pekan ini. Dibanding laga di Segiri, pertarungan di Tenggarong dianggap lebih berat karena Mitra Kukar kualitasnya di atas Persisam Samarinda. Wajar jika Widodo mengingatkan timnya agar tidak kelewat percaya diri di Stadion Madya Aji Imbut, sarang klub berjuluk Naga Mekes. “Saya sangat yakin pertandingan di Tenggarong nanti lebih berat dan kami harus tetap bermain tanpa beban. Melihat permainan Mitra saat mengalahkan Arema, mereka mempunyai kualitas bagus. Saya berharap mereka tidak bermain sebagus itu saat lawan Persegres nanti,” tutur Widodo Cahyono Putro, Selasa (30/7). Permainan lepas menjadi kunci bagi Laskar Joko Samudro menekuk Persisam Samarinda dengan skor 1-2. Padahal sebelumnya Persegres diprediksi maksimal hanya mampu mencuil satu angka di Samarinda. Widodo pun senang timnya bisa melanjutkan tren kemenangan yang sudah bertahan di empat pertandingan. “Tidak merasa menjadi tim super adalah kunci utama bisa terus mempertahankan kemenangan. Syukurlah pemain bisa stabil di akhir kompetisi dan terus membaik. Tentu saya akan mempersiapkan pertandingan lawan Mitra sebaik-baiknya,” urai mantan pelatih Persela Lamongan ini. Mitra Kukar memang tengah dalam performa terbaik dan mental bagus setelah merontokkan Arema Cronous dengan skor tipis 2-1, Senin (29/7). Tim arahan Stefan Hansson dipastikan juga memburu hasil yang sama kala menyambut Laskar Joko Samudro akhir pekan nanti. Sementara, pemain senior Persegres Erol Iba mengatakan timnya harus benar-benar menjaga fokus di tiap pertandingan pekan-pekan terakhir ISL. Menurutnya Persegres telah melewati episode yang sangat bagus dan tim mempunyai tanggung jawab mempertahankan itu di pertandingan sisa. “Kami akhirnya bisa mengalahkan tim yang posisinya berada di atas Persegres kalau dilihat di papan klasemen. Itu tentu memberikan kepercayaan diri untuk menghadapi pertandingan lebih berat di kandang Mitra Kukar,” sebut Erol Iba, pernah bermain di Arema Malang, Persipura Semen Padang dan Persebaya Surabaya. Erol masih sangat yakin bisa meneruskan tren positif di Tenggarong terlepas dari penampilan impresif Mitra saat menumbangkan Arema. “Pastinya akan terjadi pertandingan seru karena kedua tim sama-sama dalam kondisi terbaik. Saya sangat optimistis Persegres bisa meraih angka di Tenggarong,” tegas Erol Iba. (oke/nda)

Bingung Arema Pakai Formasi Baru Sambungan dari Halaman 12

Emmanuel “Pacho” Kenmogne

Totalitas Aremania, Jelajahi Bukit Demi Malang Post

Menurut Sukadana, dirinya sama sekali tidak kesulitan ketika harus bermain dengan para penggawa timnas tanpa latihan. ”Kita bukan tim baru, saya tidak kesulitan bermain dengan para pemain timnas. Yang bikin saya kesulitan adalah formasi baru 4-3-1-2 yang diterapkan,” tandas pemain berdarah Bali itu. Ia berharap, RD bisa mengakomodasi seluruh penggawa terhadap perubahan formasi 4-3-1-2. Sebab, pertandingan lawan Persisam sudah sangat dekat. Jika tak ada perubahan atau perbaikan permainan, maka tiga poin bakal dikorbankan lagi oleh RD. Bukan hanya I Gede Sukadana saja yang kesulitan. Sosok bomber Arema, Christian Gonzales juga dibikin pusing oleh formasi yang tidak bisa diterapkan selama kompetisi itu. Biasanya, sosok Gonzales selalu menjadi target man dan ujung tombak tim ketika bertanding. Namun, dalam laga lawan Mitra Kukar, ia diplot menjadi seorang second striker dan terbukti tidak efektif.(fin/nug)

Lini Belakang Sama Pincang

Sambungan dari Halaman 12

menunjukkan totalitasnya dalam menyokong Arema. Yang perlu dipahami, Aremania yang datang di Stadion Aji Imbut tak hanya dari Tenggarong atau Samarinda saja. Aremania Banjarmasin, Aremania Palangkaraya, Aremania Sampit, bahkan Aremania dari Malang pun ada yang berangkat ke Tenggarong. Seorang Aremania Tenggarong, Rudi bercerita, bahwa beberapa dulur Aremania bahkan harus naik kapal ferry untuk mencapai Tenggarong, tempat berlangsungnya pertandingan. Begitu juga, ada Aremania yang harus naik motor berjam-jam, dengan kondisi jalanan menuju Tenggarong yang naik turun serta berkelok-kelok. “Ya gaweArema tok, nawak-nawak ladub rene, masio solob idrek ayas belani ladub,”

Saya sangat yakin pertandingan di Tenggarong nanti lebih berat dan kami harus tetap bermain tanpa beban. Melihat permainan Mitra saat mengalahkan Arema, mereka mempunyai kualitas bagus. Saya berharap mereka tidak bermain sebagus itu saat lawan Persegres nanti”

ungkapnya. Fitra, Aremania Tenggarong menyebut, jam kerja dari sebagian besar Aremania di Kalimantan Timur, termasuk Tenggarong adalah malam hari. Sebab, banyak Aremania yang mengais rezeki dengan bekerja di pertambangan. “Nawak-nawak kene idrek e roto-roto ingeb. Lha wong idrek e nang tambang,” ungkap Fitra. Ucapan kedua Aremania ini tentu membuat darah suporter yang mengalir dalam diri saya membuncah. Ada kebanggaan sebagai Arek Malang yang begitu kuat, melihat pengorbanan dan totalitas Aremania di luar pulau. Sloga Aremania “Tidak Kemanamana tapi ada dimana-mana” sudah terbukti benar lewat pengorbanan nawak-nawak di Kalimantan. Dedikasi mereka terhadap dulur-dulur sesama Arek Malang juga diterima oleh Malang

Post. Tengah malam usai pertandingan, saya sangat kesulitan mengirim berita dan foto akibat sinyal yang buruk di Stadion Aji Imbut. Ketika saya bertanya-tanya soal warnet sebagai alternatif kirim berita, harus menyeberangi sungai dulu, menggunakan kapal ferry. Dengan deadline yang sudah tipis, tentu hal itu tak mungkin saya lakukan. Saya hampir putus asa. Beberapa kali usaha saya untuk mengakses internet di Stadion, gagal. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.15 WITA. Saya yang sudah putus asa pun lalu didekati oleh Aremania Tenggarong, Fitra. Begitu saya ucapkan keluhan saya, ia pun mengantarkan saya mencari lokasi untuk mencari sinyal.“Ayo ayas antar adapesan munggah bukit golek sinyal,”

ungkap Fitra. Lalu, saya berboncengan dengan Fitra menuju puncak bukit di tengah kegelapan malam. Fitra pun menuju daerah dekat tower pemancar sinyal dan memudahkan saya mendapat jaringan internet untuk mengirim berita dan foto ke Malang. Selesai menunaikan tanggung jawab jurnalistik, saya pun bisa bernapas lega dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Fitra. Namun, jawaban Fitra atas ucapan terimakasih itu membuat saya terharu dan hampir menangis.”Nyantai saja, koyok karo sopo ae umak iki. Kene podo seduluran Arek Malang. Iki berita yo gawe Aremania Ngalam sing gak iso ladub kene kan? Yo ayas siap ngewangi cek nawak-nawak Malang iso entuk informasi soal Arema. Iki Salam Satu Jiwa, seduluran gak ono batese.” (guest gesang)

Sambungan dari Halaman 12

Victor harus menderita cedera otot punggung dan terpaksa absen lawan Persisam. Tentu saja, hal ini bakal mengurangi kekuatan Arema ketika menghadapi Pesut Mahakam, julukan Persisam. Tapi, bukan hanya Arema saja yang kehilangan pemain kuncinya. Defender kunci Persisam, M Roby juga dibelit cedera. Sama seperti Victor, Roby juga kelelahan akibat membela timnas. Setidaknya, ada dua pertandingan berat yang harus dihadapinya, yakni Liverpool dan Chelsea. Kepala fisioterapis Persisam, Friday Surya menyebut, kapten timnas itu mengalami cedera engkel saat menghadapi Gresik United hari Minggu lalu. “Dia cedera engkel saat lawan GU. Tidak parah, tapi kami harus mengawasi kondisi engkelnya, karena itu cedera baru, bukan cedera akibat kambuh,” ungkap Friday. Setidaknya, Roby harus istirahat selama beberapa hari agar kondisi kakinya pulih total. Praktis, kemungkinan besar ia tidak bisa membela Persisam ketika menjamu Arema di Stadion Segiri.(fin/gue/nug) REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: OLIS


SAMBUNGAN SBY Salat Dhuhur di Dampit

Sambungan dari Hal 1 warga telah menunggu. Di kanan kiri jalan, khususnya di depan area Kecamatan, mulai dari anak-anak hingga orang tua menunggu kedatangan presiden karena mendengar desas-desus yang ada sebelumnya. Begitu rombongan SBY datang bersama istrinya, dan juga beberapa menteri antara lain Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, tepuk tangan dan juga lambaian dari warga pun terjadi. Jarak warga pun mendekati ring satu pengamanan, tetapi SBY terlihat tidak terganggu dan sempat menyalami beberapa warga, sembari menanyakan kabar. ‘’Apa kabar bu, baik?’’ tanya SBY kepada beberapa warga Dampit. Setelah menyalami warga, SBY langsung memasuki kantor kecamatan untuk salat dhuhur. Kurang lebih 30 menit berada di dalam, SBY bersama rombongan kembali keluar. Kali ini SBY kembali ke area jalan raya untuk menyapa warga.

Teriakan dari warga dan anak-anak pun terdengar sangat keras, dan beberapa anak masih berseragam tampak mengibarkan bendera Indonesia berukuran kecil sembari memanggil presiden. Hanya sejenak, presiden kembali menaiki mobil Land Cruiser RI 1 untuk melanjutkan perjalanan ke Lumajang. Melintasi Tirtoyudo dan Ampelgading, selanjutnya SBY dijadwalkan untuk mengunjungi Industri Kecil Menengah (IKM) Keripik Pisang dan berbuka puasa di Pendopo Kabupaten Lumajang. Selain itu selama empat hari berkunjung ke wilayah Jawa Timur, SBY dijadwalkan mengunjungi Lumajang, Jember, Pasuruan dan Surabaya. Salah satu warga dari desa di Dampit mengungkapkan, telah menunggu sejak pukul 11.00 siang begitu mendengar adanya kabar. ‘’Jarang ada kesempatan seperti ini, melihat wajahnya secara langsung. Walaupun panas, yang penting sudah melihat wajahnya secara langsung dan bersalaman,’’ ujar Suyarti, yang datang bersama dua cucunya. (ley/avi)

Ada yang Lebih Penting Sambungan dari Hal 1 Salat sunna? Wah, entah sudah berapa waktu salat-salat sunnah tiada tertegak sempurna. Kadang salat Sunnah, kadang tidak. Dan barangkali lebih banyak tidak tertegaknya dibanding tertegaknya. Wahai diri yang mengaku memiliki Allah sebagai Tuhannya. Engkau dituntut untuk beribadah, karena engkau diciptakan untuk beribadah. Tapi lihatlah, engkau selalu khawatir soal-soal dunia. Tidak khawatir soal-soal akhirat. Saatnya kini engkau membuka mata. Ada yang lebih penting ketimbang soal hutang, jodoh, karirs, kerjaan, rumah tangga, anak keturunan, rumah tempat tinggal, perniagaan, kekayaan. Ada yang lebih penting dari itu semua, yaitu bagaimana kita kembali kepada Allah dalam keadaan amal banyak, diterima dan meninggal dalam keadaan hati yang bersih, diri yang diampuni dan khusnul khotimah. Jadilan orang yang bermanfaat buat Allah, Rasul-Nya, Islam dan alam ini, baik saat kayanya, juga saat miskinnya. Berikanlah Allah yang terbaik, bergerak, bergegas menuju Allah dengan kemampuan terbaik yang

kita miliki, Sehingga Allah akan memberikan kita, bukan sekedar mimpi lagi, bukan sekedar anganangan lagi, tetapi juga kehidupan nyata, kehidupan dunia, serta kehidupan akhirat yang terbaik. Tidak ada kesadaran yang sia-sia kecuali kesadaran yang terbangun tatkala alam sudah berganti wujud. “...Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka berkata ‘Ya Tuhanku, kembalikanlah aku ke dunia agar aku dapat berbuat amal saleh terhadap yang telah aku tinggalkan...” (Q.S.Al-Mu’minûn [23] : 99-100). Setiap manusia perlu tidur, sehingga Allah sediakan satu tidur yang tidak perlu bangun sebelum dibangunkan. Itulah tidur kematian. Marilah kita berbenah, bermuhasabah mendekatkan diri kepada Allah. Bertaubat, bener-bener taubatan nasuha. Sehingga ketika Allah menidurkan yang entah kapan kita bisa bangun kembali, kita tidak lagi merengek untuk dikembalikan lagi ke dunia. Allah itu dekat, selalu hadir dalam kehidupan kita. Allah, Yang Maha Perkasa, selalu mendatangkan kita. Disambut tidak

disambut, dilayani tidak dilayani, dengan kasih sayang-Nya, Dia selalu di kehidupan kita. Lantaran tidak mengenal-Nya, kita lalu menjadi manusia-manusia yang kehilangan momen berharga bertemu dengan pemilik dunia ini. Subhanallah .... Makin bergegas kita menuju Allah, menyambut Allah, doa-doa kita pun akan semakin cepat dikabul, masalah-masalah kalau datang cepat selesainya, hajat kalau ada bisa Allah segerakan pencapaiannya. Dan beruntunglah mereka, bagi orang-orang yang tahu bahwa Allah selalu datang. Datang dengan segala karunia-Nya, datang dengan segala pertolongan-Nya. “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka, jawablah, bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabilan ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memnuhi (segala perintah-Ku, dan segala larangan-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku (Yakin bahwa Aku selalu hadir dikehidupannya), agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah : 186). (*)

Terlihat Bodoh, Sembako Meroket, Sibuk Pencapresan Sambungan dari Hal 1 Dalam rilisnya, Lisuma menyatakan, aksi mereka lagi-lagi sebagai simbol bahwa Gita Wirjawan gagal menjalankan tugas Menteri Perdagangan dengan makin banyaknya permasalahan tak kunjung tuntas di kementerian yang ia pimpin. Misalnya, harga daging bersama sembilan bahan pokok (sembako) yang serentak meroket. Gita cuma bisa menawarkan kebijakan impor yang dinilai sangat instan dan nyatanya menuai masalah karena tidak ada jaminan halal atau tidaknya daging yang diimpor. ’’Sampai hari ini, dia pun terindikasi terlibat kartel bawang putih. Di sinilah terlihat kegagalan Gita Wirjawan,’’ ucap koordinator massa, Diky Hadiwijaya, lewat pernyataan tertulis. Dicky menilai, Gita sangat mungkin jadi bagian dari kartel karena Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Bachrul Chairi, yang memberikan perpanjangan Surat Persetujuan Impor (SPI) kepada 14 importir terdaftar (IT) untuk melakukan importasi bawang putih pada periode Januari-Maret 2013. Diky menambahkan, demonstrasi mereka sama sekali tidak menyinggung ranah politik, apalagi bermaksud menjatuhkan nama Gita Wirjawan yang bertekad maju ke

Konvensi Capres Partai Demokrat. ’’Walau memang sangat terlihat bodoh bahwa seorang menteri yang sedang melakukan banyak kesalahan, terkait kebutuhan bahan pokok rakyat, malah sibuk membahas permasalahan lain (konvensi capres),’’ tambah dia. Sementara itu, anggota Komisi III dari Fraksi Golkar, Bambang Soesatyo, menyebut, harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi, merupakan akibat dari kepentingan oknum elit penguasa. Sementara kecaman SBY kepada para menteri ekonomi, serta operasi pasar oleh pemerintah yang tidak juga mampu mengoreksi atau menurunkan harga, membuktikan bahwa posisi tawar pemerintahan ini sangat lemah di pasar kebutuhan pokok. ’’Ekstrimnya, pemerintah tak mampu mengubah sentimen pasar. Dan kalau pemerintahan ini memiliki posisi tawar yg kuat, kecaman Presiden mestinya bisa mengoreksi harga. Namun, gema kecaman itu bahkan nyaris tak didengar pasar,’’ katanya. Bambang menduga pemerintah lemah di pasar kebutuhan pokok karena ada oknum-oknum pemerintah yang menjadi pemain utama atau faktor penentu besaran stok dan tingkat harga. Oknum itu mencari dana di pasar Sembako untuk membiayai aktivitas politik ma-

sing-masing pada 2014 mendatang. ’’Mereka tidak peduli lagi kalau aksi mereka memanipulasi stok dan harga itu menyengsarakan rakyat. Segala sesuatu nyaris dibuat langka agar ada alasan untuk impor. Dari disparitas harga itulah oknum-oknum pemerintah bisa menangguk untung besar,’’ jelas Bambang. Bambang pun yakin kekacauan yang terjadi dalam tata kelola penawaran dan formula harga daging sapi karena diduga oknum penguasa meminta margin laba yang tinggi. Dan ada indikasi bahwa gambaran persoalan daging sapi tidak sesederhana kasus yang diungkap KPK, sebab kalau diteliti lebih cermat, kasus ini akan melebar dan menyentuh area yang sensitif. Bambang memperkuat dugaan ini dengan penjelasan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Pekan lalu, KPPU akhirnya memberi indikator tentang interest oknum pemerintah dalam mengelola kebutuhan pokok rakyat. KPPU juga menduga seorang menteri terlibat kartel bawang putih. ’’Dalam praktiknya, hampir semua komoditi kebutuhan pokok rakyat dikendalikan kartel. Dan, oknum penguasalah yang mengendalikan kartel-kartel itu,’’ demikian Bambang. (Rakyat Merdeka)

Jadi Guru Bagi Orang Bule, Berharap Bisa Nembang Lagi Sambungan dari Hal 1 Dengan kondisinya yang seperti itu, kini, aktivitas Ki Supatman menjadi sangat terbatas. Seharian, ia hanya tiduran di kamarnya. Jika mau berjalan, ia harus menggunakan tongkat sebagai alat bantu. ‘’Untuk jalan bisa. Tapi kalau dipaksakan sakit. Jalannya juga pakai tongkat. Enaknya ya tiduran atau duduk begini,’’ ucap Ki Supatman lirih, sambil mencoba mencari posisi yang enak untuk duduk di kursi panjang. Supatman lahir di Malang 17 Oktober 1945 silam. Pria yang mempunyai tiga anak dan tiga cucu ini, begitu cinta kepada kebudayaan Jawa. Khusunya Macapat. Tidak hanya nembang, dia juga menciptakan Macapat sendiri. Bahkan dia sempat mencapai puncaknya, saat menjuarai festival vokal tradisional bernafaskan P-4. ‘’Saat itu, tahun 1991. Bapak mendapatkan penghargaan tersebut langsung dari Bapak Bupati saat itu,’’ kata Sunarah. Lanjutnya, Ki Supatman sering nembang Macapat di Kabupaten Malang. Seperti Jabung, Tumpang, Pakis, Poncoku-

11

Asyik, Mudik Pakai Mobdin!

Sambungan dari Hal 1 Kunjungan kerja di area Jawa Timur, berawal dari pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-800 milik Garuda yang mendarat di Bandara Abdurachman Saleh Malang sekitar pukul 11.10 WIB. Kemudian rombongan SBY melanjutkan perjalanan melintasi Kabupaten Malang, tiba di depan Kantor Kecamatan Dampit yang berdampingan dengan Koramil 0818/15 dan Polsek Dampit sekitar pukul 12.30 WIB. ‘’Singgahnya Presiden sebelumnya masih tidak bisa dipastikan. Tetapi, di Kecamatan Dampit sebagai area alternatif Presiden untuk singgah harus siap apabila rombongan ternyata berhenti, dan persiapan di Muspika Dampit telah berlangsung selama tiga hari,’’ ungkap Dandim 0833 Kabupaten Malang dan Batu Letkol Inf Achmad Solihin. Dandim menambahkan, begitu memasuki wilayah Dampit, pengamanan diperketat untuk mengamankan kedatangan presiden. Meskipun begitu, di sepanjang jalan utama Kecamatan Dampit,

RABU, 31 JULI 2013

sumo, Pakisaji, Kepanjen, Tirtoyudo hingga Ampelgading. Sedangkan di luar daerah, dia kerap nembang Macapat di Mojokerto, Sidoarjo dan Gresik. Hanya sja, Sunarah menyesalkan tak banyak pemuda-pemudi yang mengikuti jejak suaminya. Padahal, kata dia, kalau bukan anak-anak muda, lantas siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan tradisional Jawa terutama Macapat ini. ‘’Kalau pemuda atau remaja, hanya sedikit yang belajar Macapat ke Bapak. Kalau bule, banyak yang belajar. Terakhir, ada bule bernama Caroline asal Amerika yang belajar Macapat di sini,’’ ucap Sunarah. Ki Suratman, sebelumnya berusaha agar anak-anaknya tetap melestarikan budaya Jawa dan itu mulai membuahkan hasil. Anak sulungnya, Witanto, saat ini tengah aktif mengajar tari topeng khas Malangan. ‘’Witanto saat ini berada di Dampit. Disana dia mempunyai sanggar dengan mengajarkan taritarian kepada anak-anak. Bahkan beberapa waktu lalu pernah

mendapatkan penghargaan dari Dinas Pendidikan,’’ bebernya. Meski saat ini tergolek lemas karena sakit yang dideritanya, bukan membuatnya patah arang maupun patah semangat. Malahan Ki Supatman mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk cepat sembuh. Karena dia menginginkan untuk dapat nembang Jawa lagi. ‘’Sejak saya sakit, tidak bisa lagi bergabung dengan Grup Macapat Condromulyo. Jujur, saya kangen nembang Macapat lagi. Namun bagaimana lagi, kondisi yang membuat saya tidak bisa nembang,’’ ucapnya dengan tatapan menerawang dan suara yang lirih. Ditengah kondisi suami kesayangannya yang sedang sakit itu, Sunarah berharap bantuan dari berbagai pihak. Pasalnya, kondisi ekonomi saat ini, tidak memungkinkan untuk melakukan pengobatan terutama operasi. ‘’Sebelumnya sudah ada sekelompok pemuda dari Kota Malang, yang membantu pengobatan Bapak. Semoga Bapak juga cepat sembuh,’’ harapnya. (binar gumilang)

‘’Kalau ada yang tidak mau memakai, silahkan diparkir di halaman pendopo. Dengan begitu, ada yang menjaga dan merawat kendaraan, selama tidak digunakan,’’ paparnya. Hal senada juga berlaku di Pemkot Batu. Hanya saja, kendaraan dinas yang dibawa mudik tersebut tidak boleh diganti dengan plat hitam. Mereka tetap harus memperhatikan ketentuan pemerintah, yakni menggunakan BBM non subsidi. Kabag Perlengkapan Pemkot Batu, Achmad Suparto menjelaskan, kendaraan dinas milik Pemkot Batu cukup banyak. Jumlah mobil atau roda empat sebanyak 190 dan motor sebanyak 561. Kendaraan tersebut digunakan oleh pejabat mulai Kepala SKPD, Kasubag hingga staf. Selain itu, kendaraan milik Pemkot Batu juga digunakan oleh Pemkot Batu dan organisasi kemasyarakatan. MUI, Karang Taruna hingga beberapa organisasi juga mendapatkan pinjaman kendaraan dinas. Mereka boleh menggunakan kendaraan untuk mudik, tetapi plat tetap harus berwarna merah. ’’Aturan resmi mengenai kendaraan boleh digunakan mudik memang belum turun karena kami masih

mengajukan. Tapi sinyal sudah ada, mengingat tahun-tahun sebelumnya, kendaraan dinas boleh digunakan mudik,’’ tegas Achmad Suparto kepada Malang Post. Menurutnya, selama ini kendaraan dinas dibawa ke rumah pemakai. Jika kendaraan tidak boleh digunakan mudik, artinya kendaraan tersebut harus dikumpulkan di Pemkot Batu. Sementara lahan parkir Pemkot sempit sehingga tidak bisa digunakan menampung semua kendaraan. Jika kendaraan tetap diletakkan di rumah pemakai, kondisi keamanan sangat rawan. Untuk membawa kendaraan dinas, pejabat harus mengajukan izin terlebih dahulu. Kepala SKPD harus mendapatkan izin dari Walikota untuk membawanya. Sedangkan Kasubag harus mendapatkan izin dari Sekda, sedangkan staf mendapatkan izin dari Kepala SKPD masing-masing. Sementara itu Pemkot Malang tidak mengeluarkan imbauan khusus kepada pejabat pengguna kendaraan dinas, agar mudik tak menggunakan kendaraan dinas. Alasannya, pejabat di lingkungan pemkot sudah terbiasa menggunakan kendaraan pribadi saat mudik. ‘’Ini hal yang biasa dan seperti tahun-tahun sebelumnya. Para pejabat

di Pemkot Malang sudah sangat memahami,’’ kata Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Malang, Drs Subkhan saat dihubungi kemarin sore. Subkhan menjelaskan, umumnya pejabat di lingkungan Pemkot Malang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi saat mudik. Bahkan selama ini pejabat pemkot lebih cendrung menggunakan kendaraan pribadi diluar jam dinas. Kendati tak digunakan untuk mudik, mantan Kabag Perlengkapan Pemkot Malang ini memastikan pejabat pemkot yang mendapat fasilitas mobil dinas tetap memiliki kewajiban menjaga dan merawat mobil dinas yang digunakan. ‘’Para pimpinan SKPD sudah sangat paham tentang hak dan kewajibannya menggunakan mobil dinas,’’ katanya. Untuk diketahui saat ini terdapat sedikitnya 42 unit mobil dinas yang di gunakan para kepala SKPD selain lurah. Mereka terdiri dari kepala dinas hingga camat. Jumlah tersebut tidak termasuk dengan jumlah kenda raan operasional dinas. (sit/van/feb/avi)

Bakal Dibanjiri Jamaah Maiyah Malang Raya Sambungan dari Hal 1 ‘’Betul, kegiatan ini selain mendapat dukungan jamaah maiyah Kota Malang juga dari jamaah maiyah Malang Raya,’’ jelas pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris PCNU Kota Malang tersebut. Konsep panggung, kata Udi sapaan akrabnya, akan ditata oleh Kiai Kanjeng. Desain maupun tata artistik diserahkan sepenuhnya sesuai dengan pemintaan dari Kiai Kanjeng. Namun seperti tahun sebelumnya, panggung direncanakan bakal dibangun menghadap ke arah timur. ‘’Karena menghadap ke timur lebih luas daya tampungnya, masyarakat juga bisa melihat ke panggung dengan jelas,’’ ujar Redaktur Malang Post itu. Adapun dresscode bagi para jamaah yang hendak turut serta, adalah putih-putih. Namun hal itu belum

dipatok saklek alias masih bisa terjadi perubahan. Untuk itu, masyarakat bisa mengakses informasi mengenai kegiatan dengan membaca Malang Post korane arek Malang. ‘’Pengumuman penting lainnya akan dimuat di Malang Post setiap hari hingga kegiatan berlangsung,” jelas Takmir Masjid Jamik Kota Malang itu. Adapun bagi anggota jamaah maiyah, bisa langsung koordinasi dengan pengurus di wilayahnya. Baik itu koordinasi terkait kedatangan ke areal ”Ngaji Bareng”, maupun terkait perlengkapan. Panitia memang menyiapkan alas duduk, tapi itupun diperkirakan jumlahnya terbatas. ‘’Lebih aman membawa sendiri atau dikoordinasikan dengan pengurus jamaah maiyah di wilayahnya,’’ saran Udi. Dengan membawa alas duduk

sendiri, maka para jamaah makin nyaman mengikuti ngaji bareng. Pelaksanaanya pada tanggal 4 Agustus 2013 mendatang, dimulai sekitar pukul 20.30. Sehingga usai melaksanakan tarawih, masyarakat bisa langsung berbondong-bondong ke depan Stasiun Kota Malang. Dalam kegiatan yang didukung MPM Honda, masyarakat bisa bertemu langsung dengan Cak Nun. Mereka akan mendapatkan siraman rohani yang mencerahkan ala pemilik julukan ”Kiai Mbeling” itu. Dari pengalaman sebelumnya, pengajian Cak Nun juga diselingi humor-humor khas pria kelahiran Jombang tersebut. ‘’Simak terus perkembangan ngaji bareng, karena akan ada informasi terbaru,’’ tandas Udi.(ary)

Terlalu Remehkan Latihan Malam Sambungan dari Hal 1 Apalagi di dunia sepakbola, ada sebuah pameo : pertandingan itu adalah pengejawantahan dari hasil latihan. Hasil sebuah laga, bisa dilihat bagaimana pola latihan. Kritik tersebut, terkait persiapan panjang selama tiga minggu yang dimiliki Arema jelang lawan Naga Mekes, julukan Mitra Kukar. Dengan jeda kompetisi panjang, klub berlogo singa itu tidak mampu memanfaatkannya untuk tampil dalam kondisi terbaik. Bahkan, ada satu hal yang disinyalir jadi biang keladi kekalahan Arema. Saat RD sibuk mengurus timnas, ia tak pernah satu kalipun menginstruksikan anak-anak asuhnya yang ada di Malang, untuk latihan malam. Padahal, jeda tiga minggu tentunya lebih dari cukup untuk mencoba beberapa kali latihan di atas pukul 21.00. Tapi ketika disinggung soal minimnya pengalaman latihan malam, RD buru-buru mementahkannya. ‘’Kita tak terlalu memerlukan adaptasi latihan malam. Sebagian besar pemain kita sudah pernah main malam, (timnas) senior ada, (timnas) U-23 ada,’’ ungkap RD dalam preskonferens usai

pertandingan Senin malam lalu. Namun, perlu diketahui, mayoritas pemain kunci yang dimainkan lawan Mitra Kukar, tidak pernah merasakan atmosfer timnas. Baik U-23 maupun senior. Mereka juga tak pernah merasakan latihan malam di atas pukul 21.00. Klaim RD bahwa Arema tak butuh adaptasi main malam, tak berlaku untuk para pemain vital Arema yang tidak membela timnas. Sepanjang kompetisi, Sosok Alberto Goncalves, Keith Kayamba Gumbs hingga Christian Gonzales tak pernah bertanding ataupun merasakan latihan malam di atas pukul 21.00. Begitu juga I Gede Sukadana, Thierry Gathuessi dan Benny Wahyudi yang dimainkan sebagai starter lawan Ahmad Bustomi dkk, Senin malam lalu. Dari komposisi pemain yang diturunkan RD lawan Mitra Kukar, praktis hanya Greg Nwokolo, Purwaka Yudhi, Egi Melgiansyah dan Victor Igbonefo saja yang pernah mencicipi atmosfer pertandingan di atas pukul 21.00 WIB. Sunarto, Dendi Santoso hingga Hendro Siswanto yang sempat

main malam di Singapura, tidak dimainkan secara maksimal. Hanya dua penggawa yang dimainkan oleh RD, yakni Hendro dan Dendi. Mereka pun diturunkan pada babak kedua. Sunarto malah sama sekali tidak dimainkan. Ironis, akhirnya Arema mendapatkan pengalaman bermain malam hari dengan harga yang sangat mahal, yakni melayangnya tiga poin usai dihajar Mitra Kukar. Sebaliknya, Stefan Hansson pelatih Mitra Kukar sangat memandang penting sesi latihan di atas pukul 21.00. Sebagai pelatih kawakan, Stefan mampu melihat ke depan, bahwa anak-anak asuhnya membutuhkan sesi latihan malam. Jelang lawan Arema, tubuh pemain butuh beradaptasi dengan udara malam di atas pukul 21.00. ‘’Kita tiga kali latihan malam hari sebelum lawan Arema. Semua latihan dilakukan di atas pukul 21.00 WIB. Hasilnya bisa dilihat sendiri. Kita bisa beradaptasi baik meski harus main malam hari. Performa kita menggebrak, itu hasil latihan keras,’’ ungkap asisten pelatih Mitra Kukar, Sukardi Kardok. (fin/avi)

Cermat Memilih Kampus dan Jurusan Sambungan dari Hal 1 anaknya pada PTS yang kurang terkenal, yang penting kuliah. Langkah orang tua tersebut bisa dipahami karena banyak pandangan keliru bahwa menyekolahkan anak di perguruan tinggi ternama mesti mahal. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk menguliahkan anaknya di peguruan tinggi yang tidak terkenal. Namun pada akhirnya mereka harus menerima kenyataan bahwa cita-cita untuk mempunyai anak seorang sarjana pupus akibat kuliah anaknya terhenti di tengah jalan. Kondisi ini sering terjadi karena fasilitas dan proses belajar mengajarnya tidak nyaman yang mengakibatkan kebosanan pada anak didik, disamping tidak ada kebanggaan pada lembaga pendidikan tersebut. Atau pun kalau mereka bisa meraih sarjana, kesarjanaannya tidak berguna karena susah bekerja. Hal ini jangan sampai terjadi pada orang tua yang ingin mewarisi anak-anak mereka dengan pendidikan terbaik dan masa depan yang cerah. “Apakah perguruan tinggi itu berkualitas atau tidak, ternama atau tidak, bukan diukur dari seberapa banyak spanduk yang ada di jalan-jalan, seberapa banyak brosur yang tersebar,” ujar Pembantu Dekan I FISIP Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Asep Nurjaman, M.Si. Dijelaskannya, untuk melihat apa-

kah perguruan tingi itu berkualitas atau tidak bisa dlihat dari hasil karya-karya perguruan tinggi tersebut dan diakuli oleh lembaga-lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri yang terkait pendidikan. Untuk PTS di Malang yang sudah mendapatkan pengakuan unggul salah satunya Universitas Muhammadiyah Malang. “Universitas Muhammadiyah Malang Selain sudah mendapat Akreditasi Institusi “A”, juga mendapat Anugerah Kampus Unggul (AKU) dari Kopertis VII Jawa Timur sebanyak kali keenam,” terangnya. Untuk memilih jurusan, jurusan yang mempunyai prospek baik tidak selamanya mahal. Oleh karena itu orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di PTS ternama harus jeli memilih jurusan mana saja yang ada sesuai dengan minat dan bakat anak. Untuk mengukur apakah jurusan ini punya prospek baik atau tidak minimum bisa dilihat dari empat hal, pertama lama berdirinya, fasilitas belajar mengajarnya, SDM pendidiknya atau dosen pengampu mata kuliah apakah banyak yang sudah bergelar doktor dan professor, bagaimana para alumninya, apakah para alumninya banyak terserap di lapangan kerja. Jurusan yang punya prospek baik itu memang umumnya mahal, namun tidak semuanya. Oleh karena itu para orang tua harus jeli

melihat jurusan mana saja yang punya prospek baik dan sesuai dengan kemampuan pembiayaan. Jurusan eksak biasanya relatif lebih mahal karena ada banyak pratikum yang membutuhkan bahan dan alat seperti kedokteran. Jurusan yang prospek namun biaya pendidikannya terjangkau biasanya banyak pada jurusan sosial. “Di UMM sebagai PTS ternama yang sudah diakui kualitasnya, salah satu jurusan yang punya prospek baik dengan biaya pendidikan terjangkau adalah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Jurusan ini merupakan jurusan tertua di UMM yang dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang memadai termasuk laboratorium. Staf pengajar Jurusan Kesejahteraan Sosial umumnya sudah bergelar Doktor dan Profesor,” jelasnya. Hal yang paling penting para alumni jurusan Kesejahteraan Sosial ini sudah banyak terserap dalam dunia kerja baik itu di lembaga pemerintahan seperti Pemda baik pusat maupun daerah, lembaga swasta atau perusahaan perusahan baik nasional maupun asing. Oleh karena itu kuliah jangan tergiur dengan brosur, jangan terpikat dengan iklan, pastikan pilihan kuliah di jurusan yang punya prospek baik yang ada di perguruan tinggi ternama dengan biaya pendidikan yang terjangkau. (aim/adv/sir) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


RABU, 31 JULI 2013

12

Bustomi

’PULANG KAMPUNG’

GUEST GESANG/MALANG POST

POSISI ANYAR : Christian Gonzales jadi salah satu korban formasi baru 4-3-1-2 yang diterapkan RD.

Musim Depan? SAMARINDA – Pertandingan antara Arema Indonesia lawan Mitra Kukar Kutai Kartanegara memberi kesan mendalam bagi sosok Ahmad Bustomi. Pernah menjadi kecintaan Aremania, Bustomi hengkang dari Singo Edan menuju Mitra Kukar untuk menghindari konflik dualisme yang sempat melanda Arema. Kini, setelah dua tahun berbaju Naga Mekes, Bustomi mengisyaratkan untuk ’pulang kampung’ musim depan. Lho? Isyarat kepulangan Bustomi ke Bhumi Arema terlihat ketika skuad berlogo singa itu selesai bertanding lawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Senin lalu. Selesai bertanding, Bustomi langsung menghampiri sahabatnya Purwaka Yudhi Pratomo dan bertukar jersey. Dengan semangat, pesepakbola kelahiran Batu itu memakai jersey Arema milik Purwaka. Lalu, sang playmaker flamboyan itu mendekati General Manager Arema, Ruddy Widodo sambil nyeletuk.

”Waduh pak, yok opo iki pak. Kaos e Arema wes tak gawe lho iki. Gak tak coplokcoplok maneh lho (Waduh pak, gimana ini. Kaosnya Arema sudah saya pakai. Tak akan saya lepas-lepas lagi lho),” ungkap Bustomi setengah bercanda, sembari tersenyum penuh arti kepada Ruddy. Membalas celetukan usil Bustomi, pengusaha travel pun membalasnya dengan manis, tapi penuh teka-teki. “Yok opo terusan yo? yo didelok ae musim ngarep, (Terus bagaimana ya? Ya ditunggu saja musim depan),” ungkap Ruddy terkekeh, membalas senyuman Bustomi, tanda saling mengerti. Percakapan ini memang hanya pembicaraan ringan usai pertandingan. Namun, Bustomi sudah pernah mengungkapkan bakal kembali ke Malang begitu kontraknya dengan Mitra Kukar habis. Musim ini adalah musim terakhir Bustomi bersama skuad asuhan Stefan Hansson. Lalu, apakah Bustomi bakal benar-benar pulang ke Malang musim depan? Mungkin ungkapan Bustomi saat diwawancara Malang Post bisa memberi sedikit jawaban. ”Ya, yang pasti ditunggu saja musim depan, insyaallah ada waktunya. Secepat mungkin saya pulang,” tutupnya.(gue/fin/nug)

GUEST GESANG/MALANG POST

RUMOR : Ahmad Bustomi saat mengenakan kostum Arema Indonesia usai pertandingan.

BINGUNG Arema Pakai Formasi Baru SAMARINDA – Arema Indonesia bermain di bawah form saat dijamu Mitra Kukar Kutai Kartanegara, Senin malam lalu. Performa buruk Singo Edan tepatnya terjadi saat babak pertama, ketika Rahmad Darmawan mencoba menerapkan formasi 4-3-1-2 yang diklaim sudah dipraktekkan dalam pertandingan. Babak kedua, permainan lebih baik karena RD mengubah strategi dan skema main. Pemain Arema, I Gede Sukadana

mengakui bahwa babak pertama Arema bermain jelek. Hal itu tak lepas dari kebingungan para penggawa yang kesulitan menyerap instruksi RD dalam formasi 4-3-1-2. ”Jujur saja, gara-gara formasi 4-3-1-2 yang dicoba saat lawan Mitra Kukar, kita kebingungan. Kita kesulitan untuk main dengan tiga gelandang, karena pembagian pos di lapangannya kurang jelas. Kita biasa main dengan dua gelandang,” ungkap

Sukadana kepada Malang Post. Kesulitan Sukadana mengadaptasi formasi 4-3-1-2 menjadi bukti bahwa RD belum bisa menerapkan formasi tersebut secara maksimal. Perlu diketahui, pelatih asal Metro Lampung itu tidak mensupervisi dan mengawasi secara langsung latihan 4-3-1-2 yang dilakukan Arema di Malang. Saat itu, RD sibuk mengurus timnas. Baca BIngung... Hal. 10

Lini Belakang Sama Pincang SAMARINDA – Ketatnya jadwal pertandingan timnas selama jeda kompetisi akhirnya memakan korban. Lini belakang dua tim yang bakal bertemu besok, Arema Indonesia dan Persisam Putera Samarinda, sama-sama pincang, kehilangan penggawanya akibat belitan cedera. Victor Igbonefo dari Arema dan M Roby dari Persisam kemungkinan tak bisa turun saat bertemu di Stadion Segiri Samarinda, Kamis (1/8).

Dari informasi yang dihimpun Malang Post, otot punggung Victor tertarik. Bahkan, sore kemarin dia harus absen latihan. “Otot punggun Victor tertarik setelah pertandingan lawan Mitra Kukar. Dia harus istirahat dan absen latihan. Kemungkinan dia juga tak bisa main lawan Persisam,” ungkap dokter tim Arema, Dr Nanang Tri Wahyudi SpKO kepada Malang Post. Cederanya Victor sangat bisa dipahami.

Dia hampir tak pernah istirahat saat jeda kompetisi. Kala skuad Arema lainnya menikmati jeda kompetisi selama tiga minggu, Pemain naturalisasi asal Nigeria itu harus jungkir balik membela timnas. Ia harus bertanding lawan tiga klub Eropa, yakni Arsenal, Liverpool dan Chelsea. Praktis, akumulasi kecapekan usai pulang dari timnas terjadi saat lawan Mitra Kukar. Baca Lini Belakang... Hal. 10

Mengikuti Tour Arema Indonesia ke Kalimantan Timur (4)

Totalitas Aremania, Jelajahi Bukit Demi Malang Post PERJALANAN hari keempat bersama Arema Indonesia dalam tur Borneo memang cukup menegangkan. Khususnya, setelah Singo Edan ditekuk habis oleh Mitra Kukar Kutai Kartanegara, Senin malam (29/7) di Stadion Aji Imbut. Sekitar 2000 Aremania yang memadati stadion ini pun dibuat kecewa, oleh permainan yang buruk dari skuad besutan Rahmad Darmawan (RD). Darah biru Aremania yang mengalir dalam diri saya pun membuat bulu kuduk merinding melihat bagaimana dedikasi para suporter fanatik Arema dibuat kecewa. Saya semakin merinding dan tak bisa menahan kebanggaan, ketika banner bertuliskan “What We Lack RD?” dibentangkan di Stadion Aji Imbut. Kira-kira, arti dari tulisan itu adalah

PERJUANGAN: Wartawan Malang Post Guest Gesang di Stadion Aji Imbut Tenggarong.

“Apa yang kurang dari kami (Aremania) RD?”. Melihat banner itu terpampang usai Arema kalah, saya langsung paham apa

yang dimaksud oleh Aremania. Aremania sejatinya tidak kurang-kurang Baca Totalitas... Hal. 10 REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: SLATEM


KOTA WISATA

RABU, 31 JULI 2013

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

13

Singhasari Resort Mulai Diminati Tamu KOTA BATU – Hotel-hotel baru mulai merasakan kue wisatawan yang datang ke Kota Batu. Salah satunya, The Singhasari Resort yang masih berumur setahun beroperasi di Jalan Soekarno Beji Kecamatan Junrejo. Rata-rata hotel tersebut, mendapatkan okupansi antara 45 hingga 65 persen dari sekitar 100 kamar yang sudah beroperasi. ‘’Kami baru berusia satu tahun. Ibarat bayi, umur setahun baru mulai belajar jalan. Namun kami bersyukur dalam usianya belia ini, ternyata juga sudah jalan. Kami tidak hanya ingin bisa berjalan, melainkan harus berlari,’’ ungkap General Manajer The Singhasari Resort, Kuswadi Rawit, Senin (29/7) malam. Hotel dengan konsep bintang lima tersebut, menjual kamar dengan harga mulai Rp 1,2 juta pada weekday. Sedangkan weekend, harganya mulai

Rp 1,331 juta. ‘’Kalau weekend, tamu lumayan banyak. Sedangkan pada hari biasa lebih sedikit. Jadi rata-rata okupansi antara Rp 45 hingga 65 persen,’’ terang mantan Manajer Hotel Ubud Malang ini. Ditambahkan, tamu-tamu sebagian besar dari Surabaya. Sisanya dari kota-kota di Kalimantan dan Sulawesi. Begitu juga tamu-tamu yang datang dari Jakarta, baik keluarga maupun rombongan juga sudah hadir untuk menikmati liburan lebaran. Sedangkan hari ulang tahun pertama, kemarin dirayakan mengunakan konsep buka bersama dan santunan anak panti asuhan. Manajemen hotel mengundang sekitar 75 anak dari Panti Asuhan Darus Sa’adah Kota Batu dan diberikan santunan. Acara itu juga dihadiri warga Desa Beji dan Muspika Junrejo.(feb/sir/lyo)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SEDERHANA: Suasana buka bersama dan santunan yatim yang diberikan manajemen The Singhasari Resort.

KODEW

Dicerca, Dijawab dengan Kesuksesan FEBRI SETYAWAN/ MALANG POST

IKUT PELAJARAN: Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Budi Santoso saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di Kelas X SMAN 1, kemarin.

Tossi, Satu Jam Jadi Murid SMAN 1 Pantau Kurikulum 2013 Secara Langsung KOTA BATU –Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Budi Santoso alias Tossi mendadak duduk di bangku siswa dan mengikuti pelajaran sejarah di Kelas X SMAN 1. Pria berpostur ceking ini pun, menyimak Bu guru yang sedang mengantarkan mata pelajaran tersebut, Selasa kemarin. Bahkan, tanpa kikuk Tossi pun memperhatikan secara seksama keaktifan masing-masing siswa Kelas X itu. Sebaliknya, para siswa justru kelihatan salah tingkah atas kehadiran ’siswa’

dadakan setengah baya di kelas mereka. Itulah gaya Kepala Dinas Pendidikan ini, dalam usahanya memantau pelaksanaan kurikulum 2013. Selama satu jam, Tossi mampu bertahan berbaur bersama siswa-siswi. Tujuannya tak lain, untuk melihat langsung cara guru mengajar dan keaktifan siswa dalam kelas. Dari kegiatan belajar itu, guru membentuk beberapa kelompok para siswanya. Kemudian, mereka terlibat diskusi bersama tentang sebuah topik dalam pelajaran sejarah. Posisi sang guru, lebih banyak menjadi pemrakarsa diskusi. Sedangkan pertanyaan dan jawaban, langsung dilempar oleh para siswa dalam kelompok.

‘’Guru sudah diberikan sosialisasi mengenai kurikulum 2013. Jadi kami ingin menyaksikan langsung proses belajar mengajar mereka, menggunakan kurikulum baru tersebut langsung di kelas,’’ ungkap Tossi. Diskusi dalam kelas itu, mengacu sebuah buku sejarah yang sudah dikirim Kementerian Pendidikan termasuk buku matematika dan Bahasa Indonesia. Dari buku tersebut, siswa-siswa mendapatkan pengetahuan yang akhirnya digunakan untuk diskusi. Mantan Kepala Dinas Pengairan dan Bina Marga, itu meminta para guru menambah kegiatan belajar mengajar dengan audio visual. Kebetulan di kelas

sudah ada layar LCD, dan guru tinggal melengkapi dengan film atau audio visual pelajaran sejarah. ‘’Kebetulan di kelas kami, sudah banyak terpasang LCD. Kami harus melengkapi dengan film-film sesuai pelajaran. Kalau pelajaran sejarah, film bisa berisi kegiatan pra sejarah dan lain-lain. Jadi siswa akan lebih punya gambaran, dan dia benar-benar masuk pada zaman pra sejarah. Hal itu akan menjadikan siswa tidak mudah bosan dan pelajaran lebih mengena. Begitu juga untuk pelajaran lain, kami akan lebih banyak melengkapi dengan audio visual,’’ tegas Suprantyo, Kepala SMAN 1 Batu kepada Malang Post.(feb/lyo)

DEMAM panggung bukanlah masalah ya yang perlu ditakuti, meski kebanyak kebanyakan orang memandang panggun panggung sebagai tempat yang paling ‘m ‘menyeramkan’. Tak ayal jika leb lebih banyak orang memilih di bbelakang layar daripada tampi tampil di depan umum. Na Namun tidak bagi kodew satu ini. Meski awalnya co bba-coba, tapi akhirnya ia terbiasa. Sejak kelas 2 SM SMP ia pun sudah membe beranikan diri ikut lomba Dewi Purwita Sari model. ”Aku awalnya gr grogi tampil dipanggung, tapi aku beranikan diri iku ikut lomba model. Namun saat kelas tiga SMP saya vakum karena menghadapi ujian, tapi aktif lagi saat M.Teens model competition,” ungkap Dewi Purwita Sari yang saat ini masih duduk di kelas tiga SMAN 5 Malang itu. Kodew yang hobinya berenang, menyanyi dan eksperimen ini, rupanya sudah mempunyai jam terbang manggung sampai keluar Malang. ”Ya saya dulu ikut lomba Putri Batik Solo 2012. Meski kali pertamanya ikut lomba di luar Malang, alhamdulillah bisa meraih juara dua. Itu pengalaman yang paling berkesan dan tak terlupakan,” paparnya kepada Malang Post. Kini, prestasi yang diraih oleh Dewi sapaan akrabnya mulai dari juara harapan 1 model kartini 2013, juara 2 putri batik di Solo, 30 besar finalis M-Teens Model Competition, dan masuk 5 besar Malang Fashion Tempo dulu. ”Saya mau menggali bakat saya di luar model. Seperti desain baju dan make up artist, dan bisa buka usaha rental kostum dan make up artist. Semoga bisa tercapai,” harap perempuan kelahiran Malang 15 Mei 1996 tersebut. Dewi mengakui, saat bertahan di dunia modeling, berkalikali ia terjatuh dan mendapat cercaan dari orang-orang. Tapi, dari kejadian itu ia belajar bangkit dan menunjukkan ke orang-orang yang mencerca saya. Baca Dicerca... Hal.14

Lebaran, Disiapkan 29 Jalur Alternatif KOTA BATU – Menjelang perayaan Idul Fitri, Polres Batu menyiapkan Operasi Ketupat Semeru. Agenda tersebut kemarin dibahas di Rupatama Mapolres dipimpin Kapolres AKBP Windiyanto Pratomo dan Wakapolres Batu Kompol Sitanggang, yang turut dihadiri wakil dari Pemkot. Windiyanto mengatakan, rakor tersebut juga sekaligus mempersiapkan pengamanan lebaran. ‘’Keramaian di Kota Batu, diprediksi akan meningkat saat lebaran nanti. Kita semua harus mempersiapkannya, untuk mendukung Operasi Ketupat menyambut Lebaran. Di antaranya, fokus menyangkut rekayasa lalu lintas mengatasi kemacetan, dan mencegah tindakan kriminalitas,” terangnya. Dalam pertemuan ini, juga hadir dari Dinas Perhubungan Kota Batu, Dinas Kesehatan Kota Batu, Danramil termasuk Danramil Pujon-Ngantang dan Kasembon, Pejabat Pemkot, Camat dan UPT PMK Kota Batu. Baca Lebaran... Hal.14

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KOORDINASI : Polres Batu terus mempersiapkan diri mengamankan lebaran. Termasuk antisipasi kemacetan.

Perangi Bank Titil, BPR Berbunga Rendah

MISKI/MALANG POST

MENINGKAT: Menjelang lebaran, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Batu pun diantre pengajuan kredit.

KOTA BATU - Tak hanya pegadaian saja yang kebanjiran K n nasabah yang membutuhkan uang tunai untuk kebutuhan lebaran, ra namun warga yang butuh pinjaman dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) pun, mengalami kenaikan pesat. Di antaranya R melalui m BPR Armindo Kencana dan BPR Pancadana berlokasi di d Jalan Diponegoro Kota Batu. Kepala Kantor PT BPR Armindo Kencana, A.A Gde Wahyu Anggara A mengatakan, nasabah yang mengajukan kredit mengalami kenaikan signifikan dari hari-hari biasa. Dalam m kondisi normal, kredit nasabah rata-rata berkisar 10 persen. k Tetapi saat tertentu seperti menjelang lebaran kali ini, jumlah T nasabah yang datang mencapai 40 persen. n ‘’Jumlah nasabah yang mengajukan kredit, sangat banyak. Tetapi realisasi pencairan hanya untuk beberapa nasabah saja. T Hal H itu terkait ketersediaan dana yang dimiliki BPR Armindo Kencana,’’ terang Gde, panggilan akrabnya, Selasa (30/7). K Dijelaskan pria yang sebentar lagi jadi ayah ini, di BPR Armindo Kencana lebih banyak melayani pinjaman atau A kredit. k Baca Perangi... Hal.14 REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


RABU, 31 JULI 2013

Pilkades Diusulkan Mundur KOTA BATU – KPU Kota Batu segera mengajukan permintaan pengunduran pelaksanaan Pilkades Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. Masalahnya, Pilkades yang rencananya digelar pada 27 Agustus itu bersamaan dengan masa tenang Pilgub Jatim. ‘’Ya, pada masa tenang Pilgub selayaknya tidak boleh dilakukan kegiatan yang mengundang massa seperti Pilka-

des. Jadi kami akan memberikan surat kepada Bagian Pemerintahan Kota Batu, untuk pengunduran Pilkades Tulungrejo,’’ ungkap Supriyanto, anggota KPU Kota Batu. Menurutnya, Pilgub Jatim dilaksanakan 29 Agustus mendatang. Sebelum masa pemungutan suara, ada masa tenang tiga hari. Masa tenang tersebut, dilakukan untuk memberikan

kesempatan kepada warga atau pemilih berfikir tentang pilihan. Harapannya, me reka bisa memilih secara jernih sesuai hati nurani saat pemungutan suara. Bila ada Pilkades, dia yakin bahwa pemilih Pilkades juga pemilik hak suara Pilgub. Dengan begitu, mereka tidak akan bisa berfikir secara jernih selama masa tenang sebelum menentukan

14

PERISTIWA

pilihanya. Selain itu, pengajuan pengunduran Pilkades juga demi pertimbangan keamanan. Pehak Keamanan kemungkinan tidak akan memberikan izin pelaksanaan sebuah kegiatan, yang bisa mengundang massa selama masa tenang Pilgub. ‘’Bisa jadi, polisi tidak mengizinkan jika ada kegiatan Pilkades yang bisa memecah kosentrasi pengamanan,’’tambahnya. (feb/lyo)

MIKI/MALANG POST

BIAR JERA: Enam tersangka narkoba, diringkus petugas Polres Batu.

TUGAS SENI: Para siswa dari sejumlah sekolah, terlihat sedang mengamati karya seni rupa suguhan tiga seniman di Galeri Raos.

Cewek Sabu Pendem Tak Berkutik

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

Seniman Ajak Tak Bergantung pada Nasi KOTA BATU – Pameran seni rupa bertajuk 1st Meeting berlangsung di Galeri Raos Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Pameran itu disuguhkan oleh tiga seniman, Decky Yulian dengan karya ‘Nutrisi’, Hery Poer (abstraksi) dan Sylvie Deparis (Residensi Kota Batu). Decky menampilkan sejumlah karya fotografi, sementara Hery dan Sylvie me nyajikan karya lukisan. Sylvie, pe lukis berkebangsaan Perancis ini

menampilkan karya hasil pendekatan artistik, yang mengacu pada dunia tumbuh-tumbuhan. Salah satunya, mengangkat vegetasi subur pohon mindi besar. Pohon ini membuatnya meninggalkan konsepsi tentang gambar, menuju ruang. ‘’Saya mewujudkannya melalui instalasi dari tirai-tirai yang tersusun secara horizontal dan vertical. Saya merasakan, gerakan tanaman dan

Lebaran, Disiapkan 29 Jalur Alternatif

perkembangannya, sungguh melimpah,” terang Sylvie. Decky Yulian yang berprofesi se bagai fotografer, menilai bahwa negeri ini sedang mengalami krisis pangan. Dia coba membuktikan melalui jepretan foto penduduk negeri ini masih bergantung pada nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Padahal, sumber karbohidrat tidak hanya terkandung pada padi, melainkan juga berasal dari

umbi-umbian maupun buah-buahan. ‘’Masyarakat Indonesia, kini sudah meninggalkan sumber pangan alternatif seperti genjret, sintrong, pokak, cemun dilan dan kemuningan yang bisa diolah untuk makanan. Beberapa karya foto tentang tanaman lokal, saya sajikan dengan harapan masyarakat bisa kembali mengenal tanaman dan mau mengkonsumsinya kembali,” ucapnya. (poy/lyo)

KOTA BATU - Seorang gadis yang bekerja di sebuah property, Adinda Hening Novianti, 28 tahun ditangkap petugas Reskoba Polres Batu, kemarin dalam perkara dugaan pengedarkan sabu-sabu. Cewek cantik yang tingal di Jalan Raya Hatta RW 05 Desa pendem Kecamatan Junrejo, itu justru diringkus di kampungnya ketika sedang berhadapan dengan pembelinya. Menurut keterangan pihak kepolisian, Adinda merupakan rekan tersangka Aris, yang lebih dulu meringkuk di Rutan Polres setempat, Kamis (18/7). Selain gadis itu, polisi juga menciduk lima orang tersangka lainnya. Yakni, Alvian Dini Putra Bayu, 20 tahun, Achmad Choirun, 34, Slamet Hariono 47 tahun, M Efendi, 25 tahun, dan Darianto, 31 tahun. Kelimanya ditangkap serempak di depan SPBU Beji Kecamatan Junrejo. ”Untuk menggulung keenam tersangka ini, kami butuh empat hari penyelidikan,’’jelas Kepala Sub Bagian Humas Polresta Batu, AKP M Yantofan. Menurut Yantofan, barang buki dari tersangka Adinda, disita dua poket sabu (SS) seberat 0.5 gram, dan sebuah Hp BlackBerry. ” Adinda kami tangkap, ketika akan transaksi di daerah Pendem. Dia selain pengedar, juga positif sebagai pemakai,” tambahnya. Sementara barang bukti dari tersangka Alvian, Efendi, dan Darianto berupa empat poket ganja terbungkus kertas koran, satu linting ganja siap hisap. Dan Hp Blackberry hitam. Tersangka Achmad Choirun, dan Slamet Hariono, tertangkap dengan barang bukti dua poket sabu besar dan kecil serta ganja 3.95 gram. ‘’Keduanya kami tangkap atas kerjasama dengan BNN,’’ tandasnya.(mg12/lyo)

LEBARAN

Dicerca Dijawab dengan Kesuksesan Sambungan dari Halaman 13

Sambungan dari Halaman 13

Khusus untuk antisipasi kemacetan, Polres fokus ditujukan pada ruas jalan utama mulai Pendem. Jalan Dewi Sartika tetap diberlakukan one way traffic pada 7 sampai 17 Agustus mendatang. Polres memprediksi peningkatan kendaraan sebanyak 75 persen. ‘’Kami siapkan 29 titik jalur alternatif, untuk memperlancar kendaraan yang masuk Kota Batu. Bus yang mau ke arah Alun-alun, dim asukkan ke kantong-kantong parkir. Kerjasama dengan Dishub, kami siapkan rambu alih arus portable,” terang Kasatlantas Polres Batu, AKP I Gusti Made Merta, terpisah. (poy/lyo)

”Saya mampu keluar dari segelintir masalah, dan saya bisa membuktikan kalau aku bisa sukses dengan hobiku,” ingatnya. Dia menambahkan, sejatinya setiap orang bisa dan mempunyai bakat yang berbeda. Dengan kerja keras dan usaha pasti keinginan tercapai. ”Setiap orang bisa kok berprestasi tergantung kemauan dan keinginannya saja,” yakin Dewi yang ingin kuliah di FIA UB ini. (mg12/lim)

Perangi Bank Titil, BPR Berbunga Rendah Sambungan dari Halaman 13

Sedangkan nasabah yang menabung atau menarik uangnya, masih stabil seperti bulan-bulan sebelumnya. ”Yang lebih banyak nasabah yang mengajukan kredit, sedangkan jumlah penarikan masih seperti sebelumnya,” ujar Gde yang baru dua bulan menjabat Kepala BPR Armindo Kencana ini. Kondisi tersebut, justru berbanding terbalik dengan BPR Pancadana. Irawati Kepala Kantor BPR tersebut mengungkapkan, kredit atau pinjaman tidak mengalami kenaikan yang signifikan walaupun menjelang lebaran. Justru yang naik hingga 30 persen, adalah nasabah yang menarik

MUHAMMAD FIRMAN/MALANGPOST

uangnya. ‘’Di tempat kami, jumlah yang mengajukan kredit tak beda dengan bulan sebelumnya. Malah penarikan uang tunai mengalami kenaikan tajam baik untuk biaya sekolah maupun persiapan lebaran,’’ungkap ibu tiga orang anak itu. Setiap bulan, tambahnya, ada target yang disesuaikan dengan likuiditas. Meski target tidak tercapai, tetapi setiap bulannya selalu ada peningkatan seperti triwulan satu sampai dua bulan mengalami peningkatan hingga 20 persen. ”Kita memberikan kredit kepada investor, sedangkan pedagang dan

perajin sementara ini kami kurangi,” jelasnya kepada Malang Post. Nasabah BPR (Armindo dan Pancadana) mayoritas pedagang, perajin dan investor di lingkungan kota ini. Nasabah pedagang jumlahnya 40 persen dari seluruh nasabah BPR itu. Meski demikian, pengajuan kredit tak bisa dilayani jika persyaratan kurang atau tidak memenuhi syarat mendapatkan pinjaman. Dia mengakui, berkurangnya transaksi kredit nasabah mungkin masyarakat melihat kondisi ekonomi imbas kenaikan BBM, serta bertepatan dengan tahun ajaran baru bagi anak-anak mereka.

Disinggung masalah bunga, kedua BPR itu mempunyai kesamaan yakni bunga pinjaman sesuai ketentuan Bank Indonesia, sekitar 1,25 hingga 3 persen per bulannya. Namun pimpinan BPR itu, sangat optimis bila bank yang dipimpinnya akan terus berkembang pesat. Apalagi pelayanan yang dilakukan tetap mengedepankan pola jemput bola. ‘’Meski menggunakan cara jemput bola, kami berbeda dengan bank titil. Malahan BPR ini, bertujuan untuk memerangi bank titil yang memasang bunga terlalu tinggi,’’ punkasnya. (mg12/lyo)

Nikmatnya Umrah Ramadan Sambungan dari Halaman 1

Tiba di Mekkah, kami tidak langsung melaksanakan umrah, setelah mengambil miqat di Bir Ali di Dzul Hulaifah di Madinah. Masih dengan mengenakan pakaian ihram, kami langsung menuju hotel untuk memasukan barang bawaan sambil beristirahat sejenak sambil menunggu waktu berbuka puasa. Usai berbuka puasa, kami langsung memulai bersama rombongan melaksanakan umrah. Dari hotel, kami langsung menuju Baitullah di Masjidil Haram. Semakin dekat dengan pintu masuk Masjidil Haram, hati ini semakin bergetar. Usai berdoa memasuki masjid, kami langsung menuruni anak tangga di pintu masuk masjid. Subhanallah, kami bisa langsung melihat Kakbah, Baitullah yang menjadi magnet pusaran jutaan umat Islam yang selalu mengelilinginya. Baitullah yang menjadi kiblat umat Islam se dunia. Tidak terasa, kerinduan terhadap

Baitullah sudah dapat terpenuhi. Saya bersama istri sudah ada di hadapan Baitullah. Tidak henti-hentinya, kami memanjatkan doa, ketika kami menapakan kaki di pelataran Kakbah yang menjadi tempat tawaf. Sampai di lampu hijau yang lurus dengan hajar aswad. Kami langsung memasang niat tawaf dengan ucapan Bismillah Allahuakbar. Meski ada kendala perluasan masjid dan pembangunan area tawaf, tidak menjadi halangan yang berarti bagi kami untuk melaksanakan tawaf, mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali putaran. Putaran demi putaran kami lakukan dengan khusuk, meski kondisi di Kakbah sangat padat dengan ribuan jamaah dari seluruh dunia. Doa demi doa kami panjatkan untuk kami, keluarga, teman, dan juga untuk masyarakat Kota Malang. Kami berpasrah diri kepada Allah saat melaksanakan tawaf. Tidak terasa sudah sampai putaran

ke tujuh. Kami langsung menuju area belakang maqom Ibrahim untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat. Curahan doa terus kami panjatkan tidak henti-hentinya. Sebelum melaksanakan Sai, kami terlebih dahulu minum air zam-zam yang sudah tersedia di sekitaran masjid. Ibadah Sai dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah pun dilakukan tanpa hambatan. Meski harus dengan stamina yang prima, tapi dengan keikhlasan hati, saya bersama istri dapat melaksanakan Sai sampai tujuh putaran dari Shafa ke Marwah, mengingat perjuangan Siti Hajar berlari-lari antara bukit Shafa dan Marwa sebanyak tujuh kali, dengan tujuan mencari air untuk sang buah hati yakni Ismail As. Kala itu mereka berdua berada di padang pasir yang tandus tanpa oase maupun pepohonan. Demi bertahan hidup sang buah hati, sang ibu bersusah payah mencari air, karna airlah merupakan sumber kehidupan.

Alhamdulillah, Sai pun dilalui dengan lancar, hingga melakukan tahalul, mencukur sebagian rambut. Tidak terasa jam sudah menunjukan jam 22.00 waktu Saudi. Kendati cukup menguras energi, kesempatan berburu lalilatul qodar tidak disia-siakan saya bersama istri untuk tetap berada di Masjidil Haram. Dilanjutkan dengan salat tarawih dan itikaf dengan memperbanyak amalan ibadah hingga dilanjut dengan waktu sahur tiba. Usai Sahur kembali lagi ke Masjid untuk melaksanakan salat subuh berjamaah. Nikmat rasanya beribadah di Masjidil Haram saat Ramadan. Keutamaan umrah saat bulan Ramadan pun sangat besar. Kata Nabi dalam sabdanya, , “ba rang siapa yang melakukan umrah dibulan Ramadan nilainya sama dengan pergi Haji bersamaku..”. Sungguh keutamaan yang sangat luar biasa. Semoga menjadi umrah yang makbul dan mabrur. Amin Ya Rabbal Alamin. (*)

TOTAL: Tim medis RS Baptis saat menggelar pemeriksaan terhadap pasien. Menyambut Lebaran ini IGD RS Baptis siap on call melayani pasien.

IGD RS Baptis Siap On Call KOTA BATU – Lebaran sudah tinggal beberapa tiga hari lagi. RS Baptis Kota Batu pun siap menyambut datangnya hari besar bagi umat Islam. Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Tlekung no 1 ini menerapkan program on call pada IGD (Instalasi Gawat Darurat) dalam penanganan kesehatan dan melayani pasien darurat. Belum lagi, hal ini menyusul prediksi Kota Wisata sebagai tempat jujugan ribuan pengunjung wisata. Diba Yusanto, Skep, NS, Manajer IGD Out Care mengatakan, pihaknya sudah persiapan P3K seiring menjelang Lebaran tiba. Persiapan ini meliputi dari segi tenaga dan logistik yang lebih pada pengadaan obat dan peralatan medis. Diakuinya, pengadaan dua hal itu sudah dipersiapkan sebulan sejak sebelum datangnya lebaran, atau tepatnya per awal Juli lalu. ‘’Kami sudah prediksikan, rencanakan dan siapkan, dalam P3K pada IGD RS Baptis saat Lebaran nanti. Kami juga lengkapi beberapa alat kesehatan untuk melayani korban. Penyusunan jauh-jauh hari ini juga kami terapkan saat menyambut momen Natal dan Tahun Baru. Jadi kami sudah atur sejak awal November nanti,” terang Diba kepada Malang Post, kemarin. Diba menjelaskan, untuk pengadaan tenaga, akan diposisikan dengan sistem on call. Sedangkan, IGD akan diperkuat 11 personel, yang dibagi dalam tiga shift yakni pagi, siang dan malam. Semuanya diterapkan sebagai antisipasi terjadi load pada jumlah kunjungan atau pasien. Pihaknya juga berkoordinasi dan bekerjasama dengan unit keperawatan untuk memaksimalkan program on call IGD. ‘’Jika dari IGD belum mengatasi saat penananganan korban, kami langsug kerjasamakan dan koordinasikan kepada manajer keperawatan. Pengalaman memang tidak diprediksi, tetapi kami siap siaga dalam hal tenaga dan obat,” pungkas Diba. (poy/lim) REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


RABU, 31 JULI 2013

15

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I

TAK PUNYA TANAH LAPANG: Sejumlah bocah bermain bola di lapangan serbaguna “New camp” sukun untuk mengisi kegiatan di sore hari. Kian sempitnya lahan di Kota Malang yang banyak ditumbuhi ruko-ruko membuat mereka tak leluasa untuk mengembangkan bakatnya. Senin (30/7).

Mendorong Akuntabilitas Sekolah TAHUN ajaran baru identik dengan maraknya pungutan liar (pungli). Ini tantangan untuk memujudkan akuntabilitas pendidikan. Sekolah didorong untuk menerapkan prinsipprinsip akuntabilitas. Persoalan pungutan memang tak ada habisnya. Terkait pungli, kemarin (25/7/2013), Ombudsman Republik Indonesia (ORI) merilis pengaduan selama proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2013, dari 387 aduan yang diterima di 23 provinsi, tercatat pungli tidak hanya di jenjang SMA sederajat (42,9%), tapi juga dilakukan di jenjang SD (38%) dan SMP (35,1%). Dengan kisaran uang pungli kurang dari Rp 100 ribu, Rp 100-500 ribu, Rp 5001.000.000, sampai pada pungli di atas Rp 2.000.000 (http://m. jpnn.com/news.php?id=183646, 25/7/2013). Memang atas nama pendidikan, sekolah mudah sekali melakukan pungutan ke orang tua siswa. Yang dikemas dengan beragam modus. Mulai dari sumbangan pembangunan, pembelian seragam, sampai pembelian buku. Pungutan yang katanya legal (sudah melalui persetujuan orang tua) itu akan sangat rawan terjadi penyelewengan bila tak dikelola secara akuntabel dan transparan. Dan disinilah akuntabilitas pendidikan itu wajib hadir. Sekolah sebagai institusi yang menyediakan layanan pendidikan, menjadi tempat bagi masyarakat untuk menyerahkan mandat putra putrinya. Melalui sekolah, masyarakat berharap putra putri mereka akan menjadi sosok yang unggul, baik dari

segi kognitif, afektif, dan psikomotorik, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Karena adanya mandat (amanah) itulah akuntabilitas timbul. Untuk itu, sekolah berkewajiban melaporkan seluruh proses pendidikan kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Proses inilah yang disebut sebagai akuntabilitas pendidikan sekolah. Suatu bentuk pertanggungjawaban tentang kinerja sekolah, prestasi peserta didik (akademik), serta pengelolaan keuangan dalam memujudkan visi misi sekolah. Akuntabilitas sekolah berupa manajemen yang transparan, terbuka, akuntabel, dan demokratis. Program terencana dan terevaluasi dengan jelas. Kesemuanya tersosialisasi dalam visi/misi sekolah melalui spanduk, liflet, brosur, papan pajangan, dan sebagainya, yang mudah diakses oleh masyarakat. Pun laporan keuangan sekolah tersedia dalam bentuk laporan cetak mudah diakses, dipajang di sekolah atau website sekolah jika punya. Serta setiap pengambilan kebijakan sekolah mengikutsertakan orang tua peserta didik, komite sekolah, tokoh masyarakat, atau pun pemerintah daerah. Yang terpenting muara akhir akuntabilitas itu ditujukan untuk menilai kinerja sekolah dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan. Mengikutsertakan masyarakat dalam pengawasan pelayanan pendidikan. Dan untuk mempertanggungjawabkan komitmen sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Oleh:

KURNIAWAN ADI SANTOSO Guru SDN Bumiayu 4 Malang alumnus FIP Universitas Negeri Malang

Mutu Sekolah Melalui pelaksanaan akuntabilitas sejatinya sekolah bisa mengetahui kekurangan, kelebihan, kekuatan, dan kelemahan. Siklus akuntabilitas yang dimulai dari penyusunan perencanaan stratejik (visi, misi, tujuan, dan sasaran) di ikuti pelaksanaan, dilanjutkan pengukuran kinerja (menganalisis dan mereview) selama suatu periode tertentu. Kemudian hasil pengukuran itu dibuat dalam bentuk laporan akuntabilitas kinerja sekolah (LAKS). Yang akhirnya, informasi tersebut dimanfaatkan untuk perbaikan kinerja sekolah secara berkesinambungan. Dengan demikian, dari LAKS bisa diketahui secara detail mengenai capaian-capaian, kesesuaian antara visi, misi, sasaran, dan program-program yang telah dilakukan sekolah. Sehingga menjadi panduan sekolah untuk meningkatkan capaian sembari memperbaiki kekurangan-kekurangannya. Proses perbaikan kekurangan itu pada gilirannya akan meningkatkan mutu sekolah. Di samping itu, dengan LAKS, masyarakat, pemerintah, dan stakeholders sebagai pemakai jasa pelayanan pendidikan akan memperoleh kepuasan.

Sebab, sekolah memberikan transparansi terkait apa saja yang akan dilakukan, sudah dilakukan, maupun segala hal yang berkaitan dengan sekolah. Ketika sekolah sudah melakukan akuntabilitas pendidikan dengan baik, akan timbul kepercayaan dari masyarakat. Paparan laporan dari akuntabilitas pendidikan, akan menjadi “kabar baik” yang diketahui masyarakat. Keterbukaan sekolah menjadikan sekolah lebih dikenal. Sehingga akan banyak orang tua yang berminat menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut. Selain itu, masyarakat akan selalu menyambut positif ketika sekolah meminta bantuan dana bagi pengembangan mutu dan kualitas pendidikan. Masyarakat tak hanya memberikan sumbangsih dana. Tetapi juga tenaga dan pikiran bagi kemajuan sekolah tersebut. Sebaliknya, jika ada kekurangtransparansian mengenai proses pendidikan di sekolah akan memicu kecurigaan diantara wali murid atau masyarakat. Kredibilitas sekolah dipertanyakan. Bisa saja muncul pandangan negatif terhadap sekolah tersebut. Jika itu terjadi, sekolah tersebut akan makin dijauhi oleh masyarakat. Mereka enggan menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut. Tentu saja ini merugikan sekolah karena berkurangnya jumlah peminat pengguna layanan pendidikannya. Akibat terburuk, sekolah gulung tikar. Sinergitas Sesungguhnya sekolahsekolah sudah melakukan akuntabilitas. Tapi hanya vertikal, pertanggungjawaban

ke dinas pendidikan setempat sampai tingkat kementerian. Sedangkan horizontal atau ke masyarakat, sekolah melakukan akuntabilitas semu. Sekolah belum sepenuhnya transparan mengenai proses pengelolaan pendidikan di sekolah. Laporan pengelolaan keuangan, misalnya hanya berupa laporan uang masuk dan keluar saja. Belum menggambarkan penggunaan uang yang sebenarnya dan siapa saja yang bertanggungjawab dalam pengelolaan tersebut. Padahal melalui akuntabilitas yang sesungguhnya, orang tua bisa mengetahui dana yang mereka setorkan ke sekolah telah digunakan sesuai sasaran atau belum. Bila terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana, masyarakat kan bisa cepat mengambil tindakan strategis demi kebaikan sekolah. Di samping itu, akuntabilitas sekolah menjadi jembatan orang tua untuk memonitor perkembangan dan hasil belajar putra putri mereka. Melalui laporan akuntabilitas, rapor misalnya, akan diketahui perkembangan belajar peserta didik secara jelas. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kendala belajar, para orang tua bisa melakukan langkah tindak lanjut, agar anak mereka terhindar dari kegagalan belajar. Di sisi lain, orang tua siswa juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan akuntabilitas. Itu karena tanggung jawab pendidikan tak hanya terletak pada personalia pendidikan di sekolah, melainkan juga orang tua. Wujud akuntabilitasnya berupa menjalin kerjasama dalam rangka membina peserta didik. Agar terjadi saling keterkaitan dan sinkronisasi diantara elemen tri pusat pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sekolah memberikan laporan kemajuan belajar tertulis maupun dalam bentuk verbal. Sehingga si orang tua bisa mengetahui kemajuan si anak. Misalnya, kemajuan anak dalam kedisiplinan, partisipasi terhadap diskusi, pergaulan, minat, kepatuhan, kreativitas, hubungan sosial si anak, sikap-sikap sosial, dan sebagainya. Laporan itu harus ditanggapi orang tua dalam bentuk desain kurikulum pembelajaran si anak untuk di rumah. Dengan demikian, akan mendorong terciptanya pola belajar sepanjang waktu (long life education). Akhirnya, akuntabilitas sekolah bisa meningkatkan mutu dan layanan pendidikan serta mendorong kualitas pendidikan kita. Semoga!

KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ipok

Ngalam

Penerimaan CPNS Baru PARA pemburu status pegawai negeri sipil (PNS) di kota Malang bisa bernafas lega, karena tahun ini Pemkot Malang kebagian jatah untuk merekrut 450 CPNS. Jumlah ini menurut kepala BKD Kota Malang Supriyadi masih kurang dibanding kebutuhan pegawai di Pemkot Malang yang cukup besar. Tidak dijelaskan berapa kebutuhan tersebut, tapi dia menyebut di atas angka seribu. Jatah pegawai yang terbatas itu akan dimanfaatkan untuk mengisi kebutuhan SKPD yang sangat mendesak. Sampai saat ini masih belum jelas kapan tes CPNS itu akan dilakukan, tapi menurut perkiraan akan dilaksanakan pada pertengahan September mendatang. Meskipun jumlahnya relative sedikit, paling tidak bisa menjadi harapan bagi para calon pencari kerja, terutama yang ingin menjadi PNS. Maklum, peluang untuk menjadi PNS semakin kecil karena keterbatasan anggaran pemerintah dan jumlah pegawai yang dianggap sudah memenuhi kebutuhan. Dalam beberapa tahun ini formasi PNS tidak dibuka oleh pemerintah pusat karena pertimbangan tersebut. Tahun ini mulai dibuka, tapi jumlahnya terbatas dan tidak semua Pemda mendapat jatah penerimaan pegawai baru. Di wilayah Malang Raya, hanya kota Malang yang diizinkan untuk membuka lowongan PNS, sementara kota Batu dan Kabupaten Malang tahun ini tidak membuka lowongan pegawai baru. Sebenarnya kalau melihat kebutuhan, semua Pemda merasa butuh pegawai baru, meskipun tidak terlalu mendesak. Artinya, kalau kebutuhan itu tidak dipenuhi saat ini tidak menjadi masalah, roda pemerintahan masih tetap jalan, tidak ada pekerjaan yang terbengkalai. Beberapa Pemda dianggap sudah kelebihan pegawai sehingga menyedot anggaran sangat besar untuk membayar gaji mereka. Itulah sebabnya, pemerintah pusat tidak memberi jatah penerimaan pegawai baru. Bagi para kepala daerah, kebijakan ini harus disikapi dengan cerdas, tidak perlu mengeluh karena jumlah pegawainya tidak bertambah. Sesungguhnya jumlah pegawai masih mencukupi untuk mengerjakan tugas pemerintahan asal diatur dengan manajemen yang baik. Kekurangan pegawai itu terjadi karena distribusi pekerjaan yang tidak merata. Ada pegawai yang pekerjaannya menumpuk sampai harus dikerjakan di rumah, tapi tak sedikit pegawai yang santai di kantor karena tidak ada yang dikerjakan. Datang ke kantor untuk absen, kalau ada apel ikut apel, mengerjakan pekerjaan ala kadarnya, setelah itu nongkrong sambil merokok dan minum kopi di kantin. Rasanya memang tidak adil, karena ada yang bekerja matimatian, tapi ada bekerja seenaknya sendiri, tapi dengan gaji yang sama. Banyak pegawai yang pekerjaannya tidak jelas itu justru pangkatnya sudah tinggi dan tentu gajinya sangat besar. Sama saja pemerintah memberi gaji buta kepada mereka. Para kepala daerah harus mengambil hikmah di balik keputusan meniadakan rekrutmen CPNS ini dengan memanfaatkan potensi yang ada. Kalau penugasan dilakukan secara merata, maka tidak akan menimbulkan kecemburuan dan penghamburan anggaran negara. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

PEMBINA : Dahlan Iskan, KOMISARIS UTAMA : Indra Slamet Santoso, KOMISARIS : Hj Dewanti Rumpoko, DIREKTUR UTAMA : H Imawan Mashuri, DIREKTUR : H Juniarno D Purwanto

SIUPP No : 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit : PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98 ALAMAT REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telepon (0341) 340081-2, Fax (0341-369503). BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp : (0341) 592967 Batu. PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kebayoran Lama No. 12, Telp/Faks 021-53699683 (Hendra)

General Manajer : H Sudarno Seman, Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata, Senior Editor: H Husnun N Djuraid, Manajer Iklan: H Edi Iswanto, Manajer Pracetak: Yudi Armadioka, Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida, Manajer Pemasaran : Buari Koordinator Liputan : Sri Nugroho,Sekretaris Sekretaris Redaksi : Noer Adinda Zaeni, Kompartemen : Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim, Redaktur Pelaksana : Dewi Yuhana, Redaktur : Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin Staf Redaksi : Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto : Guest Gesang Fotografer : Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi : JI Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Rahmawati Fatimah, Eko Abdi Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan : H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi : Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra, Pengembangan Usaha : Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo Umum dan Keuangan : Syafiudin (koordinator), Huda,, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (Sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL. Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi Menerima Artikel atau Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website : www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: HANNA, LAYOUTER: SLATEM


16

RABU, 31 JULI 2013

RABU, 31 JULI 2013

Polinema Umumkan Hasil Jalur Mandiri

SMKN 7

Terapkan Regulasi Baru MALANG – Di SMK Negeri 7 Malang, Bulan Ramadan tak hanya disambut dengan kegiatan-kegiatan baru bernuansa keagamaan, tapi juga dengan sejumlah regulasi baru untuk segenap civitas akademika. Regulasi-regulasi tersebut adalah inisiatif dari sang kepala sekolah yang baru beberapa bulan menjabat di sekolah tersebut, Dra. Lilik Sulistiyowati, M. Si. Saat dikonfirmasi di kantornya kemarin (30/7), Lilik membenarkan perihal tersebut. “Kami melakukan pembenahan di beberapa hal. Seperti pelaksanaan Sabtu Bersih, senam berLilik Sulistiyowati sama, bersalaman dengan guru setiap akan masuk gerbang sekolah, serta finger print bagi guru dan karyawan,” beber Lilik. Kegiatan Sabtu Bersih, dikatakan Lilik adalah kegiatan yang ia bawa sejak masih menjabat sebagai Kepala SD Model Tlogowaru. “Setiap Sabtu ganjil, kami akan mengadakan Sabtu Bersih. Lalu pada Sabtu genapnya akan dilaksanakan senam bersama,” terangnya. Di samping itu, Lilik juga melarang siswanya untuk menaiki motornya memasuki gerbang. Siswa diwajibkan untuk turun dan mencium tangan guru yang berjaga di pintu masuk. “Hari pertama peraturan ini diberlakukan, saya sendiri yang berjaga di depan gerbang. Anak-anak pun sungkan untuk terlambat,” ujar Lilik. Awalnya, tak mudah untuk membiasakan siswa dangan peraturan itu. Siswa menilai hal tersebut serupa dengan peraturan di TK. Namun dengan pemahaman yang diberikan Lilik dan guru-guru lain, siswa pun menaati peraturan tersebut. Guru dan karyawan juga tak luput dari regulasi baru sekolah. Untuk mendisiplinkan pengajar, Lilik menggunakan finger print sebagai attendance list guru dan karyawan. “Kedisiplinan harus dimulai dari guru. Oleh karena itu, untuk mengkomunikasikan kebijakan tersebut, kami para guru memberi contoh melalui diri sendiri. Jika tingkah laku kita mencerminkan pribadi luhur, maka siswa tak akan berat untuk mengikuti,” tuturnya. (ily/nda)

TK DIAN AGUNG

Tambah Tiga Ekskul MALANG - TK Dian Agung akan menyelenggarakan tiga ekstrakurikuler baru di tahun ajaran 2013/2014. Tiga ekskul ini adalah mewarna, menggambar dan menari. Hal tersebut dilakukan sekolah dalam rangka untuk lebih memperbanyak aktivitas siswa, sehingga mereka dapat lebih giat dan aktif. Kepala Sekolah TK Dian Agung A Wiwik H, S.Pd mengatakan selama ini sekolah hanya mengadakan ekskul Bahasa Inggris. Sedangkan untuk mewarna, menggambar dan menari masih belum maksimal. “Kami ingin pembinaan di A Wiwik H bidang itu dapat maksimal, sehingga kami mengadakan pembinaan intensif melalui ekskul tersebut,” kata Wiwik pada Malang Post. Dia mengatakan bahwa sekolah akan mengundang guru dari luar untuk mengajar ekskul menari. Sedangkan ekskul mewarna dan menggambar dibina guru dari dalam. Kegiatan akan dilaksanakan di hari Sabtu. Wiwik menambahkan, kegiatan mewarna dan menggambar dilakukan untuk pengembangan motorik siswa. Siswa terlatih dalam memadukan warna dan mampu menuangkan kreasi dan ide-ide mereka. Sementara itu, menari merupakan upaya persiapan sekolah dalam menghadapi beragam kegiatan seperti pentas seni, undangan lomba dan lainnya. Dia berharap dengan adanya beragam kegiatan, sekolah akan semakin maju dan dapat menarik masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di lembaga ini. (ham/nda)

KURIKULUM 2013

LBH dan Guru Somasi Mendikbud JAKARTA - LBH Jakarta bersama Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), FGII, akademisi dan beberapa tokok pendidikan melayangkan somasi agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan segera membatalkan penerapan kurikulum 2013. Mereka menilai penerapan kurikulum terebut merupakan kebijakan yang tergesa-gesa dan dipaksakan sebagaimana tergambar dalam penamabahan jam pelajaran, konsep kompetensi, serta dokumen kurikulum yang tidak pernah diujipublikkan. “Dalam kurikulum ini juga ada penyamaan mata pelajaran SMA dengan SMK apdahal tujuan dan karakteristiknya berbeda,” kata Sekjen FSGI, Retno Listyarti di LBH Jakarta, Selasa (30/7). Ditegaskannya, yang dibutuhkan dunia pendidikan Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional bukanlah semata-mata perubahan kurikulum belajar mengajar, tapi peningkatan kualitas serta kompetensi para pendidik. “Kami juga melihat penerapan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 menimbulkan ketidakpastian karena tidak adanya parameter penilaian yang jelas, dan tidak ada teori yang dijadikan dasar,” jelas Retno. Contoh gamblang yang dikatakan Retno adalah buku bahasa Indonesia untuk guru dan siswa SMA memiliki langkah yang sama. Misalkan di buku guru diperintahkan membaca puisi, nah di buku siswa terdapat puisi yang akan dibaca. “Baca puisi, baca. Ya baca saja. Tapi tidak terjadi proses menganalisa. Kemudian yang penting lagi soal refleksi, tapi dalam buku Bahasan Indonesia ini tidak ada refleksi. Jadi buku yang diharapkan tidak sesuai jargon Mendikbudn” tegasnya. Parahnya lagi, ujar Retno, buku untuk siswa SD yang katanya tematik integratif, tapi kenyataannya tidak interatif karena isinya bersifat hafalan. Sehingga kurikulum ini sudah keluar dari konteks. Sementara Ahmad Biky dari LBH Jakarta menyatakan kurikulum 2013 cacat hukum karena bertentangan dengan tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea4. Karena itu koalisi mensomasi Mendikbud dalam jangka waktu 14 hari ke depan untuk membatalkan penerapan kurikulum 2013. Mencabut Peraturan Pemerintah (PP) No. 32 tahun 2003, serta mencabut Permendikbud No. 54, 64, 65, 66, 67, 68, 69, 70, 71 tahun 2003. “Kemdikbud harus meningkatkan kompetensi guru secara berkesinambungan dan merata, tidak diskriminatif,” tegas Ahmad Biky. (fat/jpnn/nda)

17

MALANG - Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengumumkan hasil seleksi jalur tes tulis kemarin. Di jalur terakhir ini mahasiswa yang diterima sebanyak 600 orang dengan jumlah peminat sebanyak 2005 pendaftar. “Tahun ini jumlah peminat Polinema mencapai 18 ribu pendaftar meningkat dari tahun lalu yang hanya 8000 pendaftar,” ungkap Pembantu Direktur 1 Polinema, Ludfi Djajanto kepada Malang Post. Jalur mandiri adalah penyaringan

terakhir masuk Polinema. Sebelumnya jalur masuk yang telah selesai dibuka adalah jalur prestasi, jalur ujian masuk politeknik negeri (UMPN), pendaftaran PSB PLN dan UMPN Alfamart. Kenaikan jumlah peminat ini menurutnya karena banyak faktor. Diantaranya bahwa masyarakat semakin percaya dengan pendidikan vokasi. Apalagi Polinema memiliki program D4 vokasi yang setara dengan sarjana. Polinema juga telah memiliki banyak partner industri sehingga lulusannya mudah

terserap di dunia kerja. “Masyarakat semakin paham bahwa industri membutuhkan kehadiran lulusan D4 yang levelnya setara dengan sarjana,” ujarnya. Lulusan program D4 lanjutnya justru banyak diminati oleh industri saat ini. Apalagi sesuai dengan edaran Dirjen Pendidikan Tinggi yang menyebutkan bahwa D4 sama dengan S1 di perguruan tinggi yang lain. Hanya lulusan D4 memiliki kompetensi keterampilan yang lebih. Meski banyak peminat, program

D4 tidak akan menggeser program D3 yang sudah dibuka terlebih dulu. Selain itu Polinema tahun ini juga menurunkan biaya studinya karena sudah menerapkan uang kuliah tunggal (UKT). Penurunan biaya Polinema mencapai Rp 3 juta dari awalnya Rp 10 juta menjadi Rp 7 juta. Sementara Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) Polinema mencapai Rp 7,6 milyar. “Kalau BOPTN semakin besar maka biaya studi di Polinema akan semakin turun,” bebernya. (oci/nda)

Kode teka-teki Edisi Selasa : 5743-8125 ≈Dari bilangan berikut : 94, 38, 26, 102, 74, 30, 54, 42, dan 356, yang dapat habis dibagi 4 adalah?∆

MEMBANGGAKAN: Tim paduan suara SMPK Cor Jesu yang berhasil menyabet dua penghargaan

UNISMA

sekaligus.

Paduan Suara SMPK Cor Jesu

MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

Sabet Dua Penghargaan Internasional MALANG – Tim Paduan Suara–SMPK Cor Jesu berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus pada Bali International Choir Festival. Penghargaan pertama berupa medali emas yang didapatkan di babak awal, sedangkan penghargaan kedua medali emas di babak champion. Ajang bergengsi ini merupakan festival Internasional paduan suara tingkat Internasional yang diselenggarakan di Art Center Denpasar, 22-26 Juli lalu.

Pelatih paduan suara SMPK Cor Jesu, Lusy Ayu Widyowati, S. Pd mengatakan prestasi yang diraih anak didiknya ini sangat membanggaka. Hal ini membuktikan jika mereka tak hanya bisa bersaing di kompetisi nasional, tetapi juga internasional.”Melalui paduan suara ini juga, kami ingin nama Cor Jesu semakin dikenal di seluruh penjuru dunia,” ungkap Lusy pada Malang Post. Acara yang diikuti oleh berbagai

Guru MIN Malang 1

DIGEMBLENG Kurikulum 2013 MALANG – Meski Kementerian baru dengan lebih baik,” ujar Mughni Agama belum mengintruksikan untuk pada Malang Post. menerapkan kurikulum 2013 di Bimbingan untuk para guru terkait madrasah, namun MIN Malang 1 dengan penerapan kurikulum 2013 ini konsisten melakukan persiapan guna dilakukan setiap Sabtu dengan durasi menghadapi kurikulum 2013 tersebut. waktu minimal dua jam. Agar hasilnya Kepala MIN Malang 1, maksimal, setiap naAbdul Mughni M.Pd merasumber membimngatakan dalam mebing delapan guru. nyongsong implementasi Narasumber dan guru kurikulum baru itu, semembahas setiap kolah melakukannya detema yang ada dalam ngan sangat serius. Untuk buku, kemudian menunjukkan keseriumelakukan diskusi sannya, sekolah sengaja untuk memperkaya mengundang para ahli model pembelajaran dari luar untuk membimsesuai dengan model bing guru agar siap dalam yang diterapkan secamenerapkan kurikulum ra nasional. baru tersebut. MenurutKe depan, sekolah nya hal tersebut meruakan mengadakan kerpakan cara paling praktis jasama dengan Lemyang harus dilakukan baga Penjamin Mutu Abdul Mughni oleh MIN Malang 1. Pendidikan (LPMP) “Para guru sebelumnya dilatih Jatim dan Pusat Pengembangan dan Pemdengan baik, sehingga ketika mereka berdayaan Pendidik dan Tenaga Kepenmelaksanakan kurikulum tersebut didikan (P4TK) UM dalam rangka untuk sudah benar-benar siap. Siswa pun akan memperkaya variasi dan wawasan dalam menerima materi pelajaran kurikulum pengembangan pembelajaran. (ham/nda)

daerah dari seluruh penjuru nusantara dan berbagai negara ini merupakan sebuah agenda tahunan. Tim paduan suara SMPK Cor Jesu sudah mempersiapkan diri sejak awal tahun ajaran. Sebelum dikirim mengikuti lomba, seluruh anggota paduan suara yang berjumlah 57 siswa ini diseleksi terlebih dahulu oleh panitia pemberangkatan lomba. Selanjutnya hanya 41 siswa yang lolos guna mengikuti International Choir

Festival mewakili sekolah, yakni terdiri dari lima putra dan 36 putri. Pada tahun sebelumnya paduan suara merupakan pelajaran seni budaya pilihan di SMPK Cor Jesu. Untuk tahun ini, paduan suara merupakan ekstrakurikuler pilihan. Untuk pengajaran dan latihannya tetap sama dengan tahun kemarin yaitu pada hari Jumat, untuk kelas VII pada jam ke-3 dan ke-4, sedangkan untuk kelas VIII pada jam ke-5 dan ke-6. (ghe/nda)

KB-TK Aisiyah 33 Cita Insani

Trial Class Sempurnakan Adaptasi Siswa kesan menyenangkan,” lanjutnya. MALANG – Trial class (kelas Pada trial class tersebut, calon siswa percobaan) yang dilaksanakan KB-TK disentuhkan langsung dengan Aisiyah 33 Cita Insani pada akhir Mei lingkungan baru, teman baru, dan alat hingga awal Juni lalu berbuah manis. peraga edukasi (APE) yang nantinya Calon siswa yang saat itu dibina seakan menjadi media belajarnya. lama empat kali pertemuan tersebut “Dari keaktifan saat ini sudah mulai siswa di trial class menjalani proses betersebut kita bisa lajar dengan baik. menilai kesiapan “Alhamdulillah, anak dalam menjadi 52 calon siswa TK siswa KB atau TK. dan 27 calon siswa Jika dirasa tidak KB yang kami di trial siap, mau tidak mau class, kini sudah harus kami bicararesmi menjadi siswa kan dengan orangKB-TK Aisiyah 33 tua, sebab anak tidak Cita Insani ini,” ungbisa dipaksakan,” kap Ari Sofie Handatutur wanita berkulit yani, S.Psi., Kepala putih tersebut. KB-TK Aisiyah 33 Ari Sofie Handayani Namun, sejauh ini Cita Insani yang menurut keterangan Sofie, siswa ditemui Malang Post di kantornya. Siswa yang sebelumnya sudah yang malalui trial class selalu lolos menjalani trial class selama 4x1 jam untuk melanjutkan ke pendidikan tersebut, diungkapkan Sofie, lebih dini-nya di KB dan TK tersebut. mudah menerima lingkungan barunya “Kami belum menemukan siswa di sekolah dibanding dengan anak yang belum siap. Orangtua rupanya yang langsung bersekolah tanpa sudah faham betul mengenai batas percobaan. “Di trial class, anak diajak usia yang menjadi faktor terpenting menikmati sekolahnya, bukan malah kesiapan anak,” ujarnya. merasa diplonco dengan kegiatanUntuk menindaklanjuti hal tersebut, kegiatan rutinnya,” ujar Sofie. Sofie juga mengadakan sosialisasi Menurut Sofi, jika pada kegiatan terkait cara menghadapi masalahpertama di sekolah anak sudah menmasalah seputar sekolah anak. “Pada 22 Juli kemarin kami mengadakan dapatkan kesan yang menyenangkan, pertemuan dengan orangtua siswa, hampir tak mungkin ia akan menolak sekaligus sosialisasi tentang untuk kembali ke sekolah tersebut.– peraturan-peraturan yang berlaku di ”Maka dari itu, kami mengadakan KB-TK Aisiyah 33 Cita Insani untuk trial class, yang mana selama satu jam lebih mendekatkan suru dengan anak-anak dihibur dengan banyak orangtua,” pungkasnya. (ily/nda) mainan dan prakarya sederhana untuk

Pesantren Ramadan ala SMKN 10 Malang

Datangkan Trainer Muda agar Lebih Termotivasi Selasa (30/7) kemarin, kesibukan yang berbeda dengan hari-hari efektif lainnya, terlihat di SMKN 10 Malang. Siswa yang sedang melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadan rupanya diiringi dengan Workshop Implementasi Kurikulum 2013 yang diikuti oleh seluruh jajaran guru di sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Tlogowaru tersebut. Pesantren Ramadan yang digelar sejak Senin (29/7) ini diikuti oleh siswa gelombang pertama. Setiap gelombang mengikuti dua hari kegiatan. “Gelombang kedua dan ketiga akan dilaksanakan mulai besok hingga 3 Agustus mendatang. Masing-masing selama dua hari,” terang Drs. Bunyamin, Ketua Panitia Pesantren Ramadan. Kegiatan yang berlangsung khidmad dibawah binaan Akmal Nur Dwiyandari CV KIASS People Development Center ini diawali dengan salat duha bersama dan diakhiri dengan muhasabah. “Setiap tahun kami memilih KIASS sebagai trainer siswa karena pemudapemudanya mampu memotivasi siswa

dengan cara yang tidak menggurui,” tutur Bunyamin. Selain siraman motivasi dari KIASS, Bunyamin mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut juga bersamaan dengan pembagian zakat fitrah. “Dalam hal ini kami juga bekerjasama dengan panitia penyaluran zakat di kelurahan,” ujarnya. Sementara itu, di ruang 8, puluhan guru juga tengah berkonsentrasi dengan pemaparan narasumber tentang implementasi kurikulum 2013. Materi berupa gambaran umum kurikulum 2013 disampaikan oleh Drs. Rodjikin, M.M selaku Pengawas SMKN 10 Malang. Tim kerja yang terdiri dari Ida Ponawati, S.Pd., Dyah Yudha Trisanti, S.Pd., dan Ika Wahyu Fitri, S.Pd. menyampaikan materi rambu-rambu, analisis SKL-KI-KD, penyusunan, telaah analisis, serta revisi RPP. Sedangkan Haryanto selaku kepala sekolah menyampaikan pengantar dan harapan di awal dan akhir acara. Beberapa temuan Auditor ISO juga dibeberkan dalam kegiatan tersebut. “Auditor ISO menemukan kekurangan seperti kelas yang kurang kondusif, guru tidak

MENINGKAT: Jumlah pendaftar yang ingin masuk Polinem tahun ini meningkat drastis.

Masuk UIN Malang Hanya Rp 400 Ribu MALANG - Mahasiswa yang diterima di UIN Maliki Malang tahun ini bisa menikmati biaya pendidikan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan model ini maka menyelesaikan studi di UIN Maliki bisa hanya dengan biaya Rp 400 ribu per semester atau sekitar Rp 3,2 juta sampai lulus. “Informasi penerapan UKT baru kami terima Minggu kemarin, karena ini amanah UU maka UIN harus menerapkannya tahun ini juga,” ungkap Rektor UIN Malang, Prof Dr H Mudjia Rahardjo kepada Malang Post. Sesuai aturan UKT yang ditetapkan pemerintah, biaya studi di UIN Malang dibagi dalam tiga kategori. Kategori satu sebesar Rp 400 ribu, kategori dua Rp 1,5 juta dan kategori tiga Rp 2,25 juta. Patokan biaya yang ditetapkan pemerintah ini menempatkan UIN Malang sebagai kampus termahal kedua di lingkungan perguruan tinggi Islam negeri setelah UIN Jakarta. Meski termahal kedua, namun standar biaya yang dipatok benar-benar murah. “Bahkan biayanya lebih murah dari SD favorit,” kelakarnya. Pada kategori satu yang paling rendah, UIN Malang menargetkan jumlah yang masuk kategori itu sebesar 15 persen dari total mahasiswa baru. Kategori ini diprioritaskan bagi mahasiswa baru yang berasal dari keluarga tidak mampu selain penerima beasiswa bidikmisi. Sementara kategori dua disiapkan untuk mahasiswa penghafal Al Quran. “Para penghafal Al Quran baik kaya atau miskin akan dijaring pada kategori dua ini, Para penghafal Al Quran ini memiliki persyaratan hafal minimal lima juz,” jelasnya. Karena kebijakan UKT baru turun setelah proses penerimaan mahasiswa baru, maka UIN Malang rencananya akan melakukan pertemuan dengan wali mahasiswa. Sebab sebelumnya sudah ditetapkan besaran biaya masuk yang sekitar Rp 7 juta. “Karena orang tua sudah terlanjur membayar maka harus ada pertemuan dengan orang tua untuk menentukan apakah mau mengambil uang yang terlanjur dibayarkan atau dikalkulasikan pada semester berikutnya,” kata dia. Diakuinya biaya UKT ini lebih rendah dari biaya yang sudah ditetapkan sebelumnya. Meski demikian UIN Malang tidak akan khawatir sebab tahun ini mendapatkan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) sebesar Rp 25 milyar. Besaran BOPTN ini meningkat dari tahun sebelumnya sekitar Rp 18 milyar. Dengan dana tersebut perguruan tinggi tidak perlu khawatir terkendala pendanaan meski sumbangan dari masyarakat rendah. BOPTN merupakan bantuan biaya dari pemerintah kepada perguruan tinggi negeri untuk membiayai keberlangsungan biaya operasionalnya. Artinya, masyarakat dapat mengenyam pendidikan tinggi tanpa harus dibebankan biaya perkuliahan yang tinggi, yang mencakup biaya operasional PTN di dalamnya. “Sebagai kompensasi penerimaan BOPTN ini maka perguruan tinggi harus memberikan layanan pendidikan yang pro rakyat. Tidak ada alasan lagi orang tidak kuliah,” tegasnya. (oci/nda)

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

Sertifikasi Guru di UM

Selipkan Muatan Kurikulum 2013 MALANG -Universitas Negeri Malang (UM) menyiapkan pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2013. Rencananya diklat wajib bagi calon guru sertifikasi ini akan mengakomodir kurikulum 2013 yang diterapkan tahun ini di sekolah. “Secara umum pelaksanaan PLPG tidak ada perubahan. Hanya, ada muatan kurikulum 2013 yang harus diakomodir dalam pelatihan,” ungkap Rektor UM, Prof Dr Suparno kepada Malang Post. Seperti diketahui, kurikulum 2013 mulai diterapkan di sejumlah sekolah tahun ini. Mulai dari jenjang SD hingga SMA. Bahkan di Kota Malang seluruh sekolah sudah melaksanakan

kurikulum 2013 secara mandiri. Karena itulah para guru profesional perlu dilatih agar bisa melaksanakan dengan baik kurikulum tersebut. Persiapan teknis PLPG kemarin digodok bersama para panitia sertifikasi guru di UM. Rencananya diklat akan mulai digelar pada akhir Agustus mendatang. UM yang telah berpengalaman mengelola sertifikasi guru pun mulai menyiapkan matang pelaksanaan diklat tersebut. Sementara itu Dikbud Kota Malang juga sudah menyiapkan para gurunya yang akan mengikuti sertifikasi. Jumlahnya sebanyak 451 orang. “Sebenarnya kuota Kota Malang 458 tapi ada yang mundur tujuh orang,” bebernya.

Guru yang mundur ini di antaranya dua dari Kementerian Agama, dua orang wafat dan satu guru sudah mengikuti sertifikasi di kementrian agama. Selain itu peserta PLPG tahun ini juga berisi guru yang belum lulus diklat tahun lalu. Pemberkasan calon peserta sertifikasi ini sudah mulai dilakukan Dikbud Kota Malang. Hari ini data peserta akan dikirimkan ke UM. Sementara itu Kepala Dikbud Kota Malang, Dra Sri Wahyuningtyas M.Si mengingatkan para guru sertifikasi agar menyisihkan 10 persen tunjangannya untuk peningkatan mutu. Sehingga tunjangan yang diterimanya bisa berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. (oci/nda)

SEMANGAT BELAJAR: Dari tahun ke tahun Mahasiswa Unisma mendapatkan peningkatan fasilitas tanpa membayar biaya mahal.

Tahun ini Tak Naikkan SPP MALANG - Meski sedang gencar membangun sarana prasarananya, namun Universitas Islam (Unisma) Malang tidak akan menaikkan SPP mahasiswa baru tahun ini. “Biaya studi di Unisma ini murah tapi tidak murahan, karena kualitas Unisma saat ini sudah sama dengan perguruan tinggi besar lainnya,” ungkap Rektor Unisma, Prof Dr Surahmat M.Si pada Malang Post. Unisma, lanjutnya sudah meraih akreditasi institusi B tahun ini. Akreditasi institusi yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa Unisma memiliki jaminan dan perlindungan secara yuridis akademik yang sangat kuat. Dengan akreditasi ini Unisma juga memiliki peluang untuk merebut dana bantuan alokasi pemerintah untuk beasiswa BPPS baik S1 atau S2. Sebab dengan akreditasi B maka PTS juga mendapat kesempatan yang sama dengan PTN. Nilai akreditasi institusi B ini juga meningkatkan grade Unisma di hadapan instansi pemerintah atau institusi yang lain ketika alumni memasuki dunia kerja. Seperti diketahui saat ini Unisma sedang melakukan sejumlah pembangunan fisik. Diantaranya gedung tujuh lantai yang akan menjadi pusat kegiatan kampus. Pembangunannya dilakukan dengan swadaya kampus. Meski pembangunan tersebut menelan dana milyaran namun ia memastikan tidak akan berdampak pada biaya mahasiswa baru tahun ini. “Kalau memang tidak perlu naik maka kami tidak akan menaikkan SPP mahasiswa, termasuk tahun ini SPP Unisma tetap tidak naik,” ungkap Surahmat. Surahmat menuturkan pembangunan gedung tujuh lantai yang menelan dana Rp 45 milyar itu diawali dengan modal Rp 800 juta. Pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada awal 2014 mendatang. “Anggaran pembangunan gedung baru ini semuanya swadaya, dan dengan modal kecil akhirnya bisa rampung,” ujarnya bangga. Rektor Unisma mencanangkan sejumlah tahapan untuk pengembangan kampus. Rektor Yaitu pada 2011 merupakan tahap image building, tahun 2012 capacity building, dan tahun 2013 academic building. (oci/nda)

IST

PENINGKATAN MUTU: Guru-guru Kota Malang sedang melakukan pemberkasan untuk sertifikasi

Program Doktor UB

CSR Wajib Dilakukan dengan Hati

LAILI SALIMAH/MALANG POST

KHIDMAD: Siswa SMKN 10 Malang mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan dibina oleh motivator muda dari CV KIASS People Development Center. segera masuk kelas, dan guru yang tidak membawa RPP. Semoga itu tidak terjadi

di sekolah kita,” ujarnya di hadapan puluhan peserta workshop. (ily/nda)

MALANG - Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) menggelar ujian disertasi ke 437, Senin sore lalu. Mahasiswa yang diuji kali ini cukup istimewa, yakni Frans Bambang Siswanto yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pengawas Organisasi HKTI dan juga Dewan Penasehat KADIN RI bidang hubungan dagang dengan Cina. Frans lulus desertasi dengan nilai A. Namun, untuk status kelulusan baru akan disampaikan dalam yudisium, sebab masih akan dimasukkan dalam jurnal internasional yang dikirim ke Emerald. Desertasi Frans Bambang Siswanto mengambil judul “Corporate Social Responsibility: Strategi Mencapai Market Leader” (Studi Kasus pada PT Bali di Denpasar, Bali). Corporate Social Responsibility yang dilakukan perusahaan yang dipimpinnya itu telah mengantarkan Frans meraih gelar

doktornya di bidang Ilmu Manajemen. Promotor yang mengantarkan Frans Bambang Siswanto meraih gelar doktor dengan nilai A, Prof Dr Djumilah Hadiwidjoyo mengakui desertasi yang ditulis mahasiswanya itu tergolong berat dan luar biasa, karena tidak banyak desertasi yang mengupas masalah corporate Social Responsibility (CSR) tersebut. “Saya berharap CSR yang telah dilakukan PT Bali yang dinakhodai Pak Frans ini menjadi pioner dan mampu menggugah perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama, namun CSR itu juga diberikan dengan hati, bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban sesuai kebijakan pemerintah,” tegas Djumilah. Ia mengakui selama ini banyak perusahaan yang menganggap pemberian CSR bagi kegiatan sosial itu akan merugikan perusahaan, karena sebagai biaya yang mengurangi profit sebuah

perusahaan. Kalau pun ada perusahaan yang memberikan CSR-nya untuk kegiatan sosial, lanjutnya, itu diberikan dengan setengah hati, bukan dengan ketulusan seperti yang dilakukan oleh PT Bali. Sementara itu Frans yang dicecar berbagai pertanyaan oleh lima orang tim penguji, baik dari kalangan UB maupun penguji dari luar kampus itu menjawab dengan tegas dan lugas, apalagi yang berkaitan dengan CSR yang telah dilakukannya sejak 42 tahun silam. Ketika salah seorang penguji dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Prof Christantius Dwiatmadja menanyakan soal CSR yang telah dilaksanakan PT Bali tersebut janggal, Frans dengan tegas mengakui mungkin memang irasional, namun CSR yang diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan justru melipatgandakan keuntungan usahanya. “Sepertinya memang tidak masuk

akal, tapi di situlah ada kekuatan doa yang dipanjatkan oleh setiap penerima manfaat CSR yang diberikannya, apalagi setelah terjadinya bom Bali pertama (2003), CSR yang kami berikan pada masyarakat juga lebih banyak dan ternyata itu telah memberikan keuntungan luar biasa bagi perusahaan,” tegasnya. Dan, lanjutnya, dengan modal CSR tersebut, kini perusahaan yang dipimpinnya justru menguasai pasar di Bali. “Saya yakin kekuatan doa dari para penerima CSR inilah yang mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan,” ujarnya, menambahkan. Selain Prof Christantius Dwiatmadja dari Satya Wacana, Frans juga diuji oleh Prof Drs Budiman Schistiananta, Dr Djumahir, Dr Mintarti Rahayu serta Prof Dr Fatchan. Sedangkan komisi promotor, selain Prof Djumilah Hadiwidjoyo sebagai promotor, ko-promotor 1 adalah Prof Armanu Thoyob dan Ko-promotor 2 Dr Solimun. (oci/nda) REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL


RABU, 31 JULI 2013

18

Kisah Ulama Indonesia yang Berpengaruh di Tanah Suci (21)

Syekh Abdullah Dardum Mempunyai Keahlian Bidang Linguistik SETELAH dirasa cukup, Syekh Abdullah Dardum Al-Fadani melanjutkan belajarnya di sekolah al-Shaulatiyah. Madrasah al-Shaulatiyah sebagai Formal Educatian swasta, mampu membentuk karakter santrisantrinya, termasuk Syekh Abdullah Dardum Al-Fadani. Madrasah ini juga menjadi tempat belajar santrisantri Indonesia, sebelum berdirinya Madrasah Darul Ulum al-Diniyah yang didirikan oleh Syekh Muhammad Yasin al-Fadani. Seperti biasanya, setelah salat Ashar, Maghrib, dan Fajar, santrisantri berangkat berduyun-duyun menuju Masjidilharam untuk menambah pengetahuan ilmu agama pada Masyasih Alharam. Guru-guru beliau antara lain, Syekh Ibrahim al-Halwani, Sayyid Muhammd Amin Qutbi al-Hasani alHanafi, Sayyid Abu Bakar al-Habasi, Syekh Ahmad bin Hamid al-Abutiji,

Syekh Muhammad Zaki bin Ahmad al-Barzanzi al-Madani al-Syafii, Syekh Abdullah bin Muhammad Niyaz al-Namnaqoni, Sayyid Umar bin Abi Bakar Bajunaid, dan seorang Muhaddis Muhammad Abdul al-Baqi al-Ayyubi al-Lakenow, Syekh Muhammad Rowas, Syekh Muhammad Husain al-Hasani, Syekh Muhammad al-Ghozi al-Hindi, Sayyid Abdullah bin Dhohir alHaddad, Sayyid Idrus bin Salim alBari, dan Syekh Umar bin Hamdan al-Mahrusi, Syekh Al-Faqih alMusnid Abdul Qodir Sabi al-Madani, Syekh Muhammad Khoir Ibn Muhammad Husain al-Madani, Syekh Muhammad Amin Suwaid alDimasqi, Syekh Sayyid Muhammad Abudl Hasyy al-Kitani, Muhammad Al-Arabi al-Azzuzi, SyekhYahya Aman al-Kutbi al-Hanafi, Sayyid Abdul Kadir Idrus al-Bari, Sayyid Alawi Maliki, Syekh Muhammad

Oleh Ustadz H. Abdul Adzim Irsyad, Lc Alumni Ummul Qura Makkah Amin Mirdad, Syekh Hasan bin Saiid Yamani, Syekh Hasan Muhammad

bin Muhammad al-Massyat, Syekh Nuruddin Arsad (istri saudara perempuaya). Di antara sekian banyak ulama berdarah Indonesia, Syekh Dardum termasuk di dalamnya, tetapi beliau tidak meninggalkan karya ilmiah, sebagaimana Syekh Yasin al-Fadani, Syekh Mahfud al-Turmusi, Syekh Abdul Kadir, Syekh Abdullah Uhid al-Bukhuri. Kendati demikian, beliua mendapatkan julukan ‘’Sibawaih’’ di zamannya, karena kemampuan beliau di dalam ilmu nahwu. Beliau hanya memberi catatancatatan penting pada kitab yang dibuat ngaji. Ini terlihat ketika pada kitab-kitab beliau yang dihadiahkan kepada Al-Muahaddis al-Haramain Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasni. Kendati hanya menulis catatan-catatan penting, kemampuan beliau tidak diragukan lagi, khususnya di bidang ilmu nahwu dan

shorf, balaghoh. Karena kemampuan di bidang bahasa Linguistik itu, beliau mendapat julukan ‘’Sibawaih’’. Karena kemampaunnya itulah, banyak sekali santri-santri yang belajar kepada beliau, khususnya santrisantri yang berasal dari nusantara (Indonesia). Di antara kegiatan ngajar beliau ialah, beliau diberi kesempatan mengajar di Masjidilharam, tepatnya di Gate Al-Ziyadah, Gate Shofa, Gate Nabi (di Masjid Nabawi) ketika beliau berada di Madinah al-Munawarah. Tidak cukup hanya mengajar di Masjid al-Haramaian, beliau juga membuka pengajian di ‘’Ajyad-Jarwal- Dahlah Harb (AlAziziyah). Di antara pekerjaang mengajar yang beliau lakukan selain Masjidil Haram ialah (1) Mengajar di Madrasah Al-Shoulatiyah (2) Madrasah di Al-Aziziyah (3) Mengajar di Sekolah Keguruan (4)

Mengajar di Madrasah Umm al-Qura al-Mutawassitoh. Santri-santri Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki sering menceritakan kehebatan Syekh Abdullah Dardum. Sebab, beliau termasuk salah satu dari pengajar di Ma’had Al-Rusaifah. Beliau juga pakar nahwu, yang memberikan ilmu dengan ihlas kepada santri-santri Indonesia yang mendalami ilmu agama di Al-Rusaifah. Begitu besar khidmah beliau terhadap ilmu agama. Betahun-tahun beliau mengajar santri-santrinya dengan telaten penuh ke-ihalasan. Tepat pada hari Jum’at (27-08-1407 H) beliau menghebuskan nafas terahir di kediaman beliau di Dahlah. Setelah di salati di Masjidil Haram setelah salat subuh, jenazah beliau di antarkan ratusan orang dari santrisantrinya menuju pemakaman umum Ma’la. (*)

Fikih Puasa Diasuh oleh: Ustadz Drs. H. Atok»illah Wijayanto

Menghirup Vicks Inhaler pada Saat Puasa TANYA: Akhir-akhir ini kita merasakan udara kota Malang sangat dingin sekali. Sehingga tidak jarang bagi seseorang yang dalam kondisi tubuh kurang fit akan mengalami beberapa macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit pilek. Seiring dengan bulan suci Ramadan, untuk sedikit melegakan saat bernapas ada sebagian orang yang menghirup Vicks Inhaler. Bagaimana hukum puasa orang yang menghirup Vicks Inhaler pada waktu puasa? JAWAB : Hukum puasa bagi orang yang menghirup Vicks Inhaler untuk melegakan saat bernapas karena sakit pilek adalah tidak batal. Karena Vicks Inhaler dikategorikan seperti udara bukan benda. Tetapi jika tidak ada kebutuhan menggunakan Vicks Inhaler (tidak sakit) kemudian seseorang menghirupnya, maka hukumnya makruh. Hal ini dapat kita lihat keterangannya dalam kitab Bughyatul Mustarsidin hal 111 : “Tidak apa-apa masuknya udara ke dalam hidung atau ke dalam mulut seperti baunya kemenyan atau yang semisal dengannya sekalipun dilakukan dengan sengaja. Sebab hal tersebut tidak dikategorikan ‘ain (benda)”.‘(*) MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

PASAR MURAH: Warga antusias membeli sembako murah yang digelar di Kelurahan Klojen atas kerjasama lintas agama.

Pasar Murah Klojen Diserbu Warga MALANG–Menjelang Lebaran, warga di Kelurahan Klojen, Kecamatan Klojen mendapat gelontoran sembako murah. Bertempat di Kantor Kelurahan Klojen, sekitar 500 paket sembako murah dijual dengan harga lebih terjangkau bagi warganya. Drs. Heri Sunarko, Lurah Klojen menyebutkan, paket sembako tersebut berisi 3 kilo beras, 1 kilo minyak curah, 1 kilo gula pasir dan 3 bungkus mie

instan. “Seharusnya seharga Rp 60 ribu, kali ini hanya Rp 30 ribu saja. Awalnya, setiap Ketua RW yang ada mendata warga yang layak untuk menebus paket sembako murah ini,” ujarnya. Pasar murah ini dibuka oleh Ketua Penggerak PKK Kota Malang Hj. Heri Pudji Utami, M.AP, dan dihadiri Camat Kecamatan Klojen Drs. Priadi, MM. serta seluruh Ketua RW di Kelurahan Klojen. Selain paket

sembako, terdapat pula bazaar barang bekas yang masih layak pakai. “Kami menyebutnya barbeque alias barang bekas berkualitas. Ternyata, walau bekas, dengan harga mulai dari Rp 3000 juga sangat diburu. Seperti kaos, boneka, hingga tas,” beber mantan Lurah Lesanpuro tersebut. Sementara Heri menjelaskan, bahwa sembako berasal dari kerjasama lintas agama. Yayasan Diaspora Sejahtera yang

turut menyediakan paket sembako tersebut, dan sejatinya telah bekerjasama dengan Heri sejak lama. Sejak menjadi Lurah di Lesanpuro kerjasama ini berlangsung. Dia juga menekankan, kegiatan bagi warga Kelurahan Klojen yang kurang mampu dan belum menerima BLSM pula, menunjukkan tentang kerukunan antar umat beragama. “Kegiatan lintas agama ini sudah sepatutnya ditiru oleh

tempat lain. Apalagi, membantu meringankan sesama dengan program demikian menunjukkan cita-cita Pancasila mengenai Persatuan Indonesia,” tegas Heri. Dari suasana pasar murah, terlihat warga antusias, bahkan belum genap 1 jam dibuka, gerombolan sudah memenuhi area kelurahan. Selain sembako, beberapa dari mereka menyerbu stand barbeque yang tersedia. (ley/udi)

Rahasia Ilmiah di Balik Adzan dan Salat Shubuh “Ash shalaatu khairun minan naum.” Artinya: “Salat itu lebih baik daripada tidur”. Tetapi mengapa kalimat itu hanya dikumandangkan saat Adzan Subuh saja? Dalam kalimat itu Allah SWT ternyata sedang memberikan isyarat kasih sayangnya pada kaum muslimin, sebuah isyarat yang sering kita abaikan maknanya. Lalu mengapa isyarat itu justru dikumandangkan hanya pada Adzan shalat Subuh, tatkala kita semua sedang terlelap, dan bukan pada adzan untuk shalat lain? Pada berbagai studi di luar negeri, yang dipercaya sebagai suatu penelitian yang meyakinkan mendapati sebuah kesimpulan jika puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar dimulai pada pukul 06.00 hingga pukul 12.00. Mengapa demikian? Karena pada saat itu sudah terjadi perubahan pada sistem tubuh dimana terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis (istilah Cina: Yang) dan penurunan tegangan saraf parasimpatis (YIN). Tegangan simpatis yang meningkat akan menyebabkan kita siap tempur, tekanan darah akan meningkat, denyutan jantung lebih kuat dan sebagainya. Pada tegangan saraf parasim-

patis yang meningkat maka terjadi penurunan tekanan da-

rah, denyut jantung kurang kuat dan ritmenya melambat. Terjadi peningkatan aliran darah ke perut untuk menggiling makanan dan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga kita merasa mengantuk, pokoknya yang cenderung kepada keadaan istirahat. Pada pergantian waktu pagi buta (mulai pukul 3 dini hari) sampai siang itulah secara diamdiam tekanan darah berangsur

naik, terjadi peningkatan adrenalin yang berefek mening-

katkan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah (efek vasokontriksi) dan meningkatkan sifat agregasi trombosit (sifat saling menempel satu sama lain pada sel trombosit agar darah membeku) walaupun kita tertidur. Aneh bukan? Hal ini terjadi pada semua manusia. Hal seperti ini disebut sebagai ritme Circardian atau ritme seharihari, yang secara kodrati di-

berikan Allah SWT kepada manusia. Allah maha tahu atas segala ciptaannya. Furchgott dan Zawadsky pada tahun 1980 dalam penelitiannya mengeluarkan sekelompok sel dinding arteri sebelah dalam pada pembuluh darah yang sedang diselidikinya (dikerok). Pembuluh darah yang normal yang tidak dibuang sel-sel yang melapisi dinding bagian dalamnya akan melebar bila ditetesi suatu zat kimia yaitu Asetilkolin. Pada penelitian ini terjadi keanehan, dengan dikeluarkannya sel-sel dari dinding sebelah dalam pembuluh darah itu, maka pembuluh tadi tidak melebar kalau ditetesi asetilkolin. Penemuan ini tentu saja menimbulkan kegemparan dalam dunia kedokteran. “Jadi inilah yang menentukan melebar atau menyempitnya pembuluh darah, suatu penemuan baru yang sudah sekian lama, sekian puluh tahun diteliti tapi belum ketemu”. Penelitian itu segera diikuti penelitian yang lain di seluruh dunia untuk mengetahui zat apa yang ada di dalam sel bagian

dalam pembuluh darah yang mampu mengembangkan / melebarkan pembuluh itu. Dari sekian ribu penelitian maka zat tadi ditemukan oleh Ignarro serta Murad dan disebut NO/Nitrik Oksida. Ketiga peneliti itu Furchgott dan Ignarro serta Murad mendapat hadiah Nobel tahun 1998. Zat NO selalu diproduksi, dalam keadaan istirahat tidur pun selalu diproduksi, namun produksi dapat ditingkatkan oleh obat golongan Nifedipin dan nitrat dan lain-lain tetapi juga dapat ditingkatkan dengan bergerak dan olahraga. Efek Nitrik Oksida yang lain adalah mencegah kecenderungan membekunya darah dengan cara mengurangi sifat agregasi atau sifat menempel satu sama lain dari trombosit pada darah kita. Jadi, sejatinya kalau kita bangun tidur pada pagi buta dan bergerak, maka hal itu akan memberikan pengaruh baik pada pencegahan gangguan kardiovaskular. Naiknya kadar NO dalam darah karena exercise, yaitu wudhu dan salat sunnah dan wajib, apalagi bila disertai berjalan ke masjid merupakan proteksi bagi pencegahan kejadian kardiovaskular, tanpa manusia menyadarinya. (*)

Obat Tetes Mata TANYA: Mau tanya mata kiri saya terkena radang, oleh dokter diberi resep obat tetes mata setiap satu jam sekali satu tetes. Apakah obat tetes membatalkan puasa saya? JAWAB : Perlu diketahui bahwa mata bukanlah lubang atau manfadzun maftuh (lubang yang terbuka) yang apabila kemasukan sesuatu bisa berketerusan ke jauf / perut yang dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu, penggunaan obat tetes mata tidak membatalkan puasa dan puasa anda tetap sah. Sekalipun ada sebagian kecil obat tetes mata yang meresap ke dalam mata dan terasa dalam tenggorokan kita, sekali lagi hal ini tidak jadi masalah. Sebab, disamakan dengan orang yang menggunakan celak. Disebutkan dalam kitab Minhaj buah karya Imam Syanusi yang menyatakan : “Dan tidaklah apa-apa (seseorang) bercelak pada matanya sekalipun terdapat rasa pada kerongkongannya. Padahal dia lakukan tersebut dengan sengaja”. (*)

Mutiara Hikmah Puasa Yang Tidak Diterima Dengan Sempurna DARI Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta, mengamalkannya dan bersikap bodoh, maka Allah tidak butuh terhadap sikapnya meninggalkan makan dan minumnya (puasanya)” Diriwayatkan al-Bukhari dan Abu Daud dan lafazh hadits ini milik Abu Daud. PENJELASAN HADITS Man lam yada’ qaula al-zur, Maksudnya: Barangsiapa yang tidak bisa meninggalkan ucapan yang diharamkan saat berpuasanya seperti; berdusta, bersumpah palsu, mengghibah orang, mengadu domba, kazhaf (menuduh zina), serta mencaci atau mencela. Wal ‘amal bihi, Maksunya; tidak meninggalkan perbuatan yang diharamkan seperti; berbuat dzalim, menipu, berkhianat (melanggar janji), dan makan harta riba dst. Falaisa lillahi hajatun fi an yada’a tha’amahu wa syarabahu, maksudnya bahwa saumnya orang tadi tidak diridhai Allah Subhanahu wa Ta’ala, tidak diterima dengan sempurna di sisinya, tidak juga mendapatkan pahala sebesar yang pernah Allah janjikan untuknya yaitu; pahala tanpa hisab (hitungan). Walaupun dia telah terlepas dari beban kewajiban melaksanakan ibadah puasa dan puasanya juga sah (benar). (*)

Humor Santri Menjawab Apa Adanya HARI itu adalah hari Kamis. Seorang santri yang bernama Bejo tidak masuk Madrasah. Dia bangun kesiangan, karena malamnya habis nonton sepak bola. Dia begadang semalaman demi nonton tim favoritnya, MU melawan Real Madrid pada perempat final Liga Champion. Karena tidak ada surat keterangan dari Bejo, Pak Ustad pun menanyakannya esok hari... Ustad : “Kenapa kemarin kamu tidak masuk Jo?” Bejo : “Sakit Tad” Ustad : “Kalau sakit, kenapa kamu tidak mengirim surat?” Bejo : “Percuma Pak Ustad” Ustad : “Lho, kenapa kamu bilang seperti itu?” Bejo : “Karena setiap saya mengirim surat, saya tak pernah mendapatkan surat balasannya”. (Jawab Bejo dengan lugunya) Ustad : “Capek deeeh.. (*) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


RABU, 31 JULI 2013

19

Disnaker Anggap THR Aman

THR Bakal Dipotong, Buruh Mogok Kerja MUHAIMIN/MALANG POST

CEK KESIAPAN : Petugas Dishubkominfo bersama petugas Polisi mengecek kelaikan angkutan dan bus di Terminal Talangagung Kepanjen beberapa waktu lalu.

DISHUB SIAPKAN 2.084 Angkutan Lebaran MALANG- Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat lebaran kali ini, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Malang telah mempersiapkan sejumlah angkutan umum. Tak tanggung-tanggung total terdapat 2.048 armada angkuan umum dipersiapkan Dishubkominfo Kabupaten Malang. Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishubkominfo Kabupaten Malang Untung Sudarto mengatakan, armada yang paling banyak disiapkan yakni

angkutan pedesaan (Angkudes). “Sedikitnya 1.070 unit angkudes sudah kami persiapkan untuk melayani penumpang pada mudik lebaran kali ini,” ujarnya saat dihubungi Malang Post kemarin. Sedangkan sisanya terdiri dari 176 unit bus dan 838 unit mobil penumpang umum (MPU). Diharapkan dengan total armada yang telah dipersiapkan itu, diharapkan bisa memenuhi kenutuhan pemudik, pada lebaran kali ini. Selain itu Dishubkominfo juga menaruh

perhatian utama terhadap kendaraan yang harus laik jalan terutama yang beroperasi di jalur rawan kecelakaan lalu lintas, rawan macet, dan rawan bencana alam “Hal ini harus dilakukan karena kendaraan yang tidak laik jalan kerap menyusahkan pengguna jalan lain. Seperti rawan mogok di tengah jalan, yang menimbulkan kemacetan,” jelasnya. Untuk itu, Untung begitu ia akrab disapa menegaskan wajib hukumnya bagi pengelola armada terutama bus, untuk mengecek kelaikan

armadanya. Menurutnya, jalur yang paling rawan kemacetan akibat mogoknya sejumlah armada yakni jalur Lawang-Singosari, Karangploso-Batu, dan Pakisaji-Kepanjen. Termasuk pada sejumlah jalur yang masuk kategori rawan longsor seperti di wilayah Ampilgading, Dampit, Pujon, Ngantang, dan Kasembon. Mengingat kondisi geografisnya sejumlah wilayah tersebut yang berada di jalur perbukitan yang berkelok. “Juga kami himbau kepada para

sopir terutama bus, agar berhatihati ketika lewat medan yang berat. Seperti Dampit, Ampelgading, Tirtoyudo, Karangkates, Ngantang, Pujon dan Kasembon,” urainya. Dia juga memfokuskan pada kendaraan jenis truk yang dinilai menyalahi aturan dimensi kendaraan. Karena sesuai ketentuan bahwa bak truk harus setinggi satu meter. “Temuan di lapangan banyak truk yang melanggar ketentuan tersebut, termasuk bus dan mobil penumpang umum, maka kami tilang,” pungkasnya. (big/aim)

KEPANJEN-Menjelang batas akhir pemberian THR karyawan perusahaan di Kabupaten Malang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang masih menganggap belum ada permasalahan yang berarti. Kalaupun ada beberapa perusahaan yang bergolak, hal itu bukan karena terkait THR yang belum dibayarkan. Dari total sekitar 870 perusahaan yang mempekerjakan buruh atau karyawan di wilayah kabupaten, belum satu pun buruh yang mengadukan haknya ditahan atau tidak diberikan oleh perusahaan melalui Posko pengaduan THR. “Menyangkut posko pengaduan THR, hingga hari ini (kemarin) masih terbilang aman. Dengan kata lain, belum satu pun pengaduan yang masuk dari buruh atau karyawan, mengenai hak-haknya menjelang lebaran nanti,” kata Kepala Dinas Tenaga Djaka Ritamtama Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malang, Djaka Ritamtama. Meski hingga H-3 atau tanggal 2 Agustus batas akhir pemberian THR belum ada laporan, tambah Djaka, namun untuk lima posko yang beroperasi tetap akan buka. Bahkan, rencananya pada Jumat (2/8) atau batas akhir pemberian THR, akan melakukan koordinasi terhadap sejumlah posko mensikapi kondisi di lapangan. “Untuk layanan, masih akan tetap buka. Bahkan, pada batas akhir pemberian THR nanti, Disnakertrans akan melakukan koordinasi dengan posko-posko yang ada. Mengingat, hingga batas akhir nantinya, pada masing-masing posko melakukan pemantauan pula di masing-masing wilayah atau perusahaan,” imbuhnya. Disinggung mengenai beberapa aksi unjuk rasa, Djaka mengurai, hampir kesemuanya tidak menyangkut THR. Seperti yang terjadi di wilayah Pakis, itu masalah gaji cuti. Sedangkan untuk THR sudah diberikan. “Mengenai THR satu bulan gaji atau sebesar Rp 1,343 juta, kesemuanya tidak ada masalah. Kalau pun muncul, itu seperti masalah gaji cuti, atau bonus yang hitungannya adalah masalah produksi per-masing-masing perusahaan,” ungkapnya. (sit/aim)

Senggol Bus, Rosi Tewas Terlindas

Pembuat Ribuan Petasan Dibekuk SINGOSARI-Meskipun sudah banyak pembuat petasan yang meringkuk di sel tahanan, nyatanya tidak membuat kapok para pelaku lainnya. Buktinya, Polsek Singosari kembali meringkus dua orang pembuat petasan, Selasa kemarin. Selain menangkap kedua pelaku, polisi juga menyita ribuan petasan siap edar beserta bahan-bahan pembuatnya. “Kedua tersangka bersama barang buktinya, saat ini sudah diamankan di Mapolsek Singosari untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Singosari, AKP Samsul Hidayat kepada Malang Post kemarin. Informasi yang berhasil dihimpun, kedua pelaku ditangkap di dua lokasi yang berbeda. Pelaku pertama yakni Kasim warga Dusun Plosokerep RT 02

BINAR GUMILANG / MALANG POST

DISITA : Ribuan petasan yang berhasil disita Unitreskrim Polsek Singosari dari dua tersangka. RW 07 Desa Dengkol, Singosari. Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita 1.5 ki-

logram obat pembuat petasan, 500 biji petasan kosongan, 25 meter sumbu mercon dan 300

petasan berbagai macam ukuran serta jenis yang siap diedarkan. Menurut Samsul sapaan akrabnya, petugas menangkap tersangka Kasim, berkat informasi awal dari warga sekitar rumahnya yang menyebutkan kerap membuat petasan. “Berdasarkan informasi dari masyarakat itulah kami melakukan penyelidikan. Kemudian pada pukul 2.30 dini hari tadi, jajaran kami dapat meringkusnya,” ucapnya. Sedangakan pelaku kedua pembuat petasan, yakni M Sa’i, warga Dusun Pakel, Desa Baturetno, Singosari. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan 10 renteng petasan, yang tiap rentengnya berisi 120 petasan, petasan besar diameter eman centimeter sejumlah 10 biji, 500 biji petasan ukuran ibu jari, setengah kilogram obat

petasan. Sama seperti pelaku pertama, M Sa’i ditangkap oleh petugas berkat informasi awal dari warga sekitar rumahnya yang menyebutkan kerap memproduksi petasan. “Sedangkan untuk pelaku kedua, kami tangkap pagi tadi (pagi kemarin). Saat digledah, dia tidak bisa mengelak lagi karena terdapat petasan di dalam rumahnya,” kata Samsul. Menurutnya, penangkapan kedua tersangka itu sesuai instruksi dari Mapolres Malang dengan sandi operasi “Pekat”. “Nantinya semua barang bukti petasan-petasan itu, akan kami data kemudian kami musnahkan,” ucapnya. Akibat perbuatannya, dalam persidangan nanti hukuman 10 tahun penjara sudah menanti kedua tersangka. (big/aim)

Daging Impor Belum Masuk, Daging Lokal Masih Mahal SINGOSARI- Meski sejak awal tahun 2013 harga daging sapi terus beranjak naik, namun tingkat konsumsi dan permintaan masyarakat tetap tinggi. Hal seperti itu terlihat disejumlah kios penjual daging sapi di Pasar Singosari, kemarin. Itu terjadi, karena tingkat kebutuhan di masyarakat sangat tinggi jelang Lebaran tahun ini. “Meski ketersediaan daging sapi masih banyak, harganya masih diatara Rp 95 ribu hingga Rp 100 ribu per kilonya,” ucap Suwoto, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Singosari, kepada Malang Post kemarin. Menurutnya, semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri tahun ini, permintaan akan kebutuhan daging sapi semakin banyak. Lanjutnya, kondisi seperti itu lumrah terjadi pada tiap tahunnya. Karena merupakan kebiasaan dari masyrakat khususnya saat perayaan hari besar keagamaan. “Masyarakat pasti akan membeli daging, berapapun itu harganya dijual. Karena sudah menjadi tradisi masyarakat, yang tidak mau melewatkan momen hari raya setahun sekali,” bebernya. Kondisi tersebut, mayoritas pedagang daging sapi diuntungkan. Lantaran semakin banyak permintaan di tengah harga

yang mahal, merekapun otomatisi meraup keuntunga. Disiggung mengenai hal tersebut, Suwoto mengakuinya. Hanya saja pria paruh baya tersebut enggan mengungkapkan berapa keuntungannya kali ini. “Kalau paling banyak, ya saat tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri dan pas momen Idul Adha. Kalau sekarang, untungnya tidak seberapa,” terang pria berusia 51 tahun ini. Sedangkan harga jual beberapa kebutuhan pokok lainnya juga terpantau masih mahal. Sama halnya dengan daging sapi, beberapa komiditi itu juga peminatnya tinggi. Seperti beras harga per kilonya masih dikasaran harga jual Rp 8.500-Rp 9.000 per kilo, telor Rp 17.000 per kilo, gula Rp 11.000 per kilo. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa komoditi lainnya seperti minyak, tepung rerigu daging ayam, ,rempah-rempah, hingga sayur mayur. Kondisi seperti itu, membuat pembeli tidak bisa berbuat-apa dengan terpaksa membe-

linya. “Ya mau gimana lagi mas, meski mahal ya tetap saya beli. Hanya saja, jumlah belinya tidak banyak Masa saat Lebaran nanti di rumah tidak ada makanan untuk disuguhkan kepada tamu,” ucap Sulastri, salah seorang pembeli di tempat yang sama. Hal itu dikuatkan pernyataan dari Kepala UPTD Pasar Singosari, Sigit Sugiarto saat ditemui terpisah. (big/aim)

MUHAIMIN/ MALANG POST

MAHAL : Daging sapi lokal masih mahal hingga menembus Rp 100 ribu perkilogramnya. Daging sapi impor masih belum masuk ke Malang.

SIGIT ROHMAT/MALANG POST

SELAMAT: Farid Fahroni, korban selamat saat sepeda yang dikendarai bersenggolan dengan bus Tentrem KEPANJEN-Nasib apes dialami wanita asal Kepanjen yakni Rosi Anggraeni, 29 tahun warga Desa Sumedang, Selasa siang, di Jalan Raya Kepanjen atau persisnya pertigaan Jalan Panglima Sudirman. Korban yang dibonceng sepeda motor Suzuki Smash N 2325 FH oleh Farid Fahroni, 18 tahun warga Desa Druju Tlogorejo, Kecamatan Pagak, dilindas bus Tentrem N 7499 UG yang disopiri Robby Darmawan, 29 tahun warga Desa Bendosari, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Akibat kejadian itu, Rosi meninggal di lokasi kejadian karena luka serius di bagian kepala. Sementara Farid, menjadi luka ringan. Petugas yang mendatangi lokasi, langsung mengevakuasi tubuh korban dan mengamankan kendaraan korban. Diperoleh keterangan, sebelum tabrakan berlangsung, kedua kendaraan sama-sama melaju ke arah utara atau Pakisaji. Bus sendiri, sebelumnya sempat menaikkan penumpang dari kantor Samsat lama Polres Malang. Begitu sampai di lokasi, bus mencoba mendahului motor korban. Diduga, saat itulah Farid yang mengendarai motor, kehilangan keseimbangan sehingga mengakibatkan motornya terjatuh. Rosi yang diposisi dibonceng, jatuh ke sisi kanan dan langsung mengena sisi kiri bus. Selanjutnya, korban pun langsung dilindas. Sementara Farid yang jatuh ke sisi kiri jalan, hanya mengalami luka ringan. “Sebelum korban dilindas, diduga sempat terjadi serempetan. Akibatnya, korban kehilangan keseimbangan,” kata seorang petugas. Sopir bus, Robby Darmawan, mengaku kalau dirinya saat itu melaju pelan. Motor sendiri, saat dirinya menyalip, diduga kehilangan keseimbangan. Akibatnya, terjatuh dan langsung terlindas oleh busnya. “Tidak mungkin kalau bus saya menyerempet motor tersebut. Masalahnya, saya berjalan sangat pelan. Apalagi, di sisi kiri bus juga tidak ada bekas serempetan. Kalau pun ada, cuma bekas helm korban,” ujar Robby. (sit/aim)

REDAKTUR : MUHAIMIN, LAYOUTER : KURDI


20

RABU, 31 JULI 2013

Tempatkan Anggota di Pospam Lebaran MALANG – Jelang lebaran, Satpol PP dan Linmas Kabupaten Malang berupaya membantu petugas keamanan untuk ikut menciptakan kondisi yang aman dan kondusif. Untuk mendukung kegiatan itu, Satpol PP akan ikut bergabung dengan petugas TNI-Polri dalam pos pengamanan (Pospam) lebaran di tujuh Pospam strategis wilayah Kabupaten Malang. Di setiap Pospam akan ada dua petugas Satpol PP yang ikut bergabung bersama petugas gabungan lainnya. Pospam akan digelar selama 15 hari, mulai H-7 sampai dengan H+7. Tujuh Pospam strategis yang akan ditempatkan personil Satpol antara lain, Lawang, Singosari, Pakis, Karanglo, Kepanjen, Kebonagung dan Karangkates. “Kami sudah menyiapkan setiap harinya ada 14 anggota Satpol yang akan ikut bergabung bersama petugas gabungan di Pospam lebaran,” kata Kepala Satpol PP dan Linmas Kabupaten Malang, Edy Muljono kepada Malang Post. Selain Polri-TNI dan Satpol, di Pospam juga

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

AKSI : Para buruh rokok melakukan aksi mogok kerja dihalaman pabrik rokok yang gerbangnya di tutup.

Tuntut THR,

akan bergabung dari Ormas, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran dan juga Dinas Perhubungan. Keberadaan Pospam sebagai pos pengamanan lalu lintas dan pos pengamanan tim gabungan dari berbagai instansi. “Kami juga akan ikut bergabung dengan tim Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri yang membangun pos di Pakiasji. Karena kami sudah menandatangani kesepakatan mitra untuk saling mendukung, khususunya dalam percepatan komunikasi,” ungkap mantan camat Kepanjen itu. Untuk mendukung upaya ketertiban masyarakat jelang lebaran, Satpol juga mengumpulkan semua Kasi Trantib yang ada di masing-masing kecamatan untuk melakukan koordinasi potensi rawan ketertiban masyarakat jelang lebaran. Agar masingmasing potensi kerawanan dapat diantisipasi sejak dini. “Sekaligus untuk melakukan evaluasi terhadap peraturan bupati (Perbup) tentang kegiatan di bulan suci Ramadan, apakah ada pelanggaran atau tidak,” terangnya.(aim)

Dua Buruh PR Mogok Kerja KEPANJEN - Sekitar 2 ribu buruh pabrik rokok (PR), PR Tresno 2 di Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji dan PR Bola Dunia di Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, melakukan aksi mogok kerja. Mereka yang termasuk dalam buruh borongan dan berada di bawah anak perusahaan dari PT Bentoel itu, menuntut THR dari pabrik. Guna menghindari sorotan, pintu gerbang dari masing-masing pabrik dilakukan penutupan. Bahkan, petugas pun sempat berada di luar areal pabrik, tatkala mengamankan aksi. Menurut seorang buruh, aksi itu dilakukannya karena belum menerima tambahan THR dari sebesar Rp 1,3 juta. Sementara buruh harian, sudah mendapatkan haknya bahkan sebesar Rp 2,3 juta.

“Kami menuntut kesetaraan THR. Karena kami masih belum menerima,” kata seorang buruh, Sriati kepada Malang Post, kemarin. Sementara itu perusahaan saat dikonfirmasi, membantah belum memberikan THR kepada buruh. Sebaliknya, THR buruh borongan maupun harian itu, sudah diberikan serentak pada 26 Juli lalu. “Tidak benar kalau dikatakan perusahaan belum memberikan THR kepada buruh,” kata Regulatory Affairs Manager Eko Soendjojo. Ditambahkannya, mengenai adanya perbedaan THR, Eko mengungkapkan bahwa THR buruh harian ditambah dengan gaji tiga hari. Sementara untuk borongan, tidak ada karena ada yang melakukan cuti.

“Perbedaan itu karena untuk buruh harian mendapatkan penambahan gaji dari tiga hari kerja,” tambahnya. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Djaka Ritamtama, dikonfirmasi terpisah menjelaskan bahwa dua perusahaan itu sebenarnya sudah memberikan THR kepada buruhnya. Hanya saja, usai THR diberikan, ada info-info yang menyebutkan bahwa THR yang diberikan seharusnya ada tambahan seperti pabrikpabrik lain. Dari info itulah, kemudian buruh menggelar aksi. “Aksi itu sebenarnya menuntut penambahan THR. Alasannya, karena ada informasi buruh-buruh di pabrik serupa ada, makanya mereka menuntut. Setelah diberikan penjelasan, mereka pun menerima,” kata Djaka. (sit/aim)

BANGGA PRESTASI Atlet dan Pelatih, Peni Gelontor Bonus

ANTUSIAS: Peni Suparto mengaku bangga kepada para atlet Kota Malang yang dianggap »orisinil».

KONTINGEN atlet Kota Malang kembali menunjukkan tajinya di pentas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur. Pada penyelenggaraan edisi keempat pesta olahraga dwi tahunan tersebut, Kontingen Kota Malang sukses bertengger di podium runner-up. Atas raihan membanggakan tersebut, kemarin Ketua Umum KONI Kota Malang, Peni Suparto memenuhi janjinya untuk menggelontorkan bonus kepada para atlet dan pelatih. Bersamaan momen Ramadan, pembagian bonus sore kemarin dibarengkan acara buka puasa bersama di Balaikota. APRESIATIF: Ketua Umum KONI Kota Malang yang juga Walikota, Peni Suparto memberikan bonus kepada para atlet dan pelatih.

GENERASI MUDA: Atlet-atlet andalan Kota Malang di Porprov Jatim IV tampak sumringah.

SOLID: Para pimpinan KONI Kota Malang hadir dalam acara yang berlangsung di Ruang Sidang Balaikota, sore kemarin.

FOTO-FOTO: VERLON MALANGUNA//MALANG POST TEKS: TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

SUMRINGAH: Prestasi Kota Malang mempertahankan gelar runner-up Porprov layak diapresiasi semua penggiat cabang olahraga.

SENANG: Para atlet dan pelatih yang mengharumkan nama Kota Malang mengikuti seluruh rangkaian acara.

MEMBANGGAKAN: Perwakilan atlet dan pelatih Kota Malang yang menerima secara simbolis bonus Porprov.

SUKSES: Sekretaris KONI Kota Malang, Sumartoyo memberi ucapan selamat kepada para atlet dan pelatih. REDAKTUR : MUHAIMIN, LAYOUTER : ABDEE

Mp3107  

Halaman Mp3107

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you