Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SENIN, 31 MARET 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

TAHES KABEH, ORASI JOKOWI DI SUKUN Copet Ikut Kampanye, Sikat Harta Sejumlah Wartawan MALANG-Calon presiden yang diusung PDI Perjuangan, Joko Widodo jadi magnet besar saat kampanye nasional PDI Perjuangan di Malang Raya, kemarin. Puluhan ribu orang memadati lokasi kampanye di lapangan Mulyorejo, Sukun sembari mengelu-elukan Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa Jokowi itu. Disambut meriah warga PDI Perjuangan Malang Raya, Jokowi tampil memakai bahasa walikan ala Ngalam. “Salam satu jiwa,”

RIZAL FANANY/MALANG POST

MAGNET : Jokowi menjadi magnet dalam kampanye PDI Perjuangan di Mulyorejo bersama Wakil Sekjen Ahmad Basarah dan Eddy Rumpoko, kemarin.

Upacara Tawur Kesanga - Hari Raya Nyepi

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

Nikmati Nakam Maziya MALANG-Faktor non teknis bisa menjegal langkah Arema Cronus menghadapi Maziya Sports and Recreation, Selasa (1/4) besok. Manajemen tidak berharap skuad Arema Cronus main tegang lawan Maziya. Meskipun bakal berada dalam tekanan suporter sendiri yang haus kemenangan, manajemen ingin Singo Edan menikmati setiap detik permainannya di atas lapangan Stadion Kanjuruhan. General Manager Arema, Ruddy Widodo menyebut, faktor non teknis selalu jadi alasan utama dari buruknya permainan Arema. “Secara teknis, Arema itu sudah cukup ideal. Yang tidak ideal adalah non teknisnya, mental pemain kurang stabil. Jangan terbeban saat main tanggal 1 April nanti, harus enjoy,” terang Ruddy kepada Malang Post kemarin. Kekhawatiran manajemen memang cukup beralasan. Arema sedang ingin mengembalikan keangkeran Stadion Kanjuruhan. Dalam pertandingan, Ruddy menyebut bakal ada kekhawatiran hanya bisa meraih imbang atau bahkan dikalahkan Maziya karena mental yang jeblok. Tapi, Ruddy menegaskan agar Ahmad Bustomi dkk tanpa beban dalam pertandingan. “Anak-anak harus bisa enjoy dan menikmati permainan lawan Maziya.Tim lawan nothing to lose, tapi kita juga harus nothing to lose juga, harus main lepas di hadapan Aremania,” terang pengusaha travel tersebut.

Baca Nikmati ...Hal 7

MALANG-Ribuan umat Hindu seMalang Raya menggelar upacara Tawur Kesanga di Lapangan Rampal, Kota Malang, Minggu (30/3) siang kemarin. Upacara ini dengan cara membakar Ogoh-ogoh sebagai representasi kekuatan jahat di muka bumi. Seremonial dalam rangka Hari Raya Nyepi Sakawarsa 1936 tersebut bagian dari prosesi mensucikan bumi beserta isinya. Ogoh-ogoh raksasa sengaja diarak beramai-ramai oleh ribuan

umat Hindu se-Malang Raya. Berupa patung yang diidentikkan dengan sifat angkara murka ditampilkan dalam berbagai wujud, diantaranya Buto Ijo, Genderues dan Kalajengking. Dalam fungsi utamanya, Ogohogoh sebagai representasi Bhuta Kala, dibuat menjelang Hari Nyepi dan diarak beramai-ramai keliling desa pada senja hari Pangrupukan. “Upacara ini sebagai wujud membangun keseimbangan di muka bumi. Membawa simbol-simbol ko-

tor untuk dibakar dan dihilangkan,” terang Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Malang, Putu Moda Arsana. Sejak pagi, ribuan umat yang menempati lapangan sisi barat sudah melakukan persiapan dan nadarang (penataan) upacara, untuk kemudian menggelar prosesi Ida Pandita Memuja hingga Prayascita Upakara yang berlanjut sampai siang. Ritual ini dipimpin ida pandita, para pinandita dan para pemangku.

Baca Bakar ...Hal 7

Baca Tahes ...Hal 7

KURS TENGAH USD - IDR

Bakar Koruptor, Amankan Tahun Politik

“Network atau jaringan merupakan satu hal yang n sangat penting dan diperlukan untuk menghadapi era baru,’’’

serunya mengawali orasi. “Aremaaa!!!” balas massa PDI Perjuangan. “Apa kabar Kera Ngalam? Tahes kabeh….? Saya lihat tahes semua. Merdeka… merdeka… merdeka.. merdeka!!!” pekik Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu pun mulai membakar semangat massa PDI Perjuangan melalui orasi bernada datar. Ia mengingatkan tahun ini adalah tahun penentuan.

11.404 11.408 11.438

26/3

480.000

28/3

480.000

29/3

27/3

28/3

480.000

30/3

HARGA EMAS SUMBER: ANTONGOLD

100 TAHUN KOTA MALANG

Diawali Panjatan Doa MALANG – 1 April besok, Kota Malang genap berusia 100 tahun atau satu abad. Meski dalam suasana Pemilu, kemeriahan hari jadi ke-100 tahun Kota Malang tetap akan dapat disaksikan masyarakat. Mengawali peringatan satu abad Kota Malang, malam ini akan dimulai dengan panjatan doa yang akan diikuti semua agama dan aliran kepercayaan. Gelaran panjatan doa akan dilaksanakan di Balai Kota Malang. Acara ini sebagai wujud rasa syukur atas keberkahan di hari jadi ke-100 tahun Kota Malang di bawah kepemimpinan Wali Kota Malang, H. Moch Anton. “Panjatan doa akan diikuti semua unsur agama dan aliran kepercayaan. Acara akan dimulai sekitar jam 19.00 WIB di Balai Kota Malang,” kata Kabag Humas Pemkot Malang, Alie Mulyanto.

Baca Diawali ...Hal 7

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

JAHAT : Ogoh-ogoh sebagai simbol kekuatan jahat dibakat oleh umat Hindu di Lapangan Rampal, kemarin.

Ngalam

Ebes Nganem Maneh

Aries Mukadi, Seniman Ludruk Kreator Ketoprak Humor

Satu Malam, Cetak Pelakon Ludruk Rp 150 Juta Penikmat layar kaca di era awal milenium lalu tentu masih ingat dengan acara ‘Ketoprak Humor’. Mengadopsi seni budaya Jawa dengan dibalut nuansa komedi, pertunjukan kolosal yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta tertua di tanah air tersebut melejit jadi primadona di zamannya. Sukses tersebut tentu tak bisa dipisahkan dari Aries Mukadi, salah seorang kreatornya.

Kana : Bes,mene Arema niam musuh Maziya S & R.Iso nganem maneh tah ? Ebes : Kudu iso.Niam nduk Maladewa ae arek-arek nganem. Opo maneh niam nduk Kanjuruhan. Kana : Utujes bes.Ayo awake dewe tetap rame-rame nang Kanjuruhan ndukung Singo Edan. Ebes : Oyi.

MUHAMMAD FIRMAN//MALANG POST

EKSIS: Pementasan ludruk pengembangan dengan lakon ‘Warok Suromenggolo’ di UMM Dome, Sabtu (29/3) malam. Insert: Aries Mukadi

SIAPA bilang kesenian ludruk sudah punah? Pertanyaan itu langsung mengemuka begitu cahaya warna-warni menyorot panggung UMM Dome, Sabtu (29/3) malam. Didesain spektakuler, kemegahan panggung di tengah hall berkapasitas 6.000 orang tersebut langsung jadi pusat perhatian penonton.

Obor api yang sengaja dipasang berderet di pelataran stage makin menambah semarak pementasan yang berlangsung malam Minggu itu. Gambaran itu langsung merontokkan persepsi bahwa ludruk yang sempat jadi hiburan populer masyarakat Jawa Timur, tinggalah sejarah.

Baca Satu...Hal 7 Jawa Pos Group


SENIN, 31 MARET 2014

2

HARI RAYA NYEPI

IST/MALANG POST

SIBUK: Ribuan orang menyeberang ke Banyuwangi melalui pelabuhan Ketapang.

25 Ribu Orang Menyebrang

AHMAD KHUSAINI/RADAR SURABAYA

GALANG: Jaringan Masyarakat Jatim Peduli menggelar aksi galang dana di Kawasan CFD Taman Bungkul, kemarin untuk Satinah, TKI yang terancam hukuman mati karena melakukan pembunuhan.

GP Ansor Tolak Cafe Ponti SIDOARJO - Puluhan anggota GP Ansor, Banser dan warga Sepande Kecamatan Candi, menggeruduk Cafe N’ Resto Ponti di Jalan Lingkar Barat Sidoarjo, yang bakal buka kembali dalam waktu dekat ini. Kedatangan para pengurus GP Ansor Sidoarjo dan warga Sepande itu, meminta cafe yang mempunyai sejarah atau pemicu tewasnya anggota Ansor Candi, Riyadi Sholihin, untuk tidak dibuka. “Tidak bolehnya Cafe Ponti buka, adalah instruksi dari PCNU Sidoarjo, jangan dibuat main-main atau tidak diperhatikan,” ucap Agus Ubaidillah, koordinator aksi lapangan. PC GP Ansor juga mempersilahkan kepada anak-anak yatim dan para undangan pengajian umum di Cafe Ponti, mengerti akan sejarah pernah terjadinya penembakan oleh oknum polisi pada 28 Nopember 2011 yang telah menewaskan anggota Ansor Riyadi Sholihin yang setiap harinya sebagai guru mengaji. “Pemicunya, oknum itu habis minum-minuman keras di Cafe Ponti hingga tak kontrol dan menembak korban yang dituduh melarikan diri usai menabrak temannya di depan cafe,” ungkap mantan Ketua PC GP Ansor Sidoarjo itu.

BOY SLAMET/JAWA POS

PROTES: Anggota Banser memasang kain berisi protes di Resto Ponti saat akan menggelar penyerahan tali asih dari managemen Resto Ponti kepada anak anak panti asuhan Sidoarjo, kemarin. Agus menandaskan, PC GP Ansor Sidoarjo sudah beberapa kali mengirim surat dan teguran agar Cafe Ponti untuk tidak dibuka lagi. “NU sampai kapanpun tidak ikhlas Cafe Ponti buka. Cafe Ponti telah menciderai warga NU dan

selamanya akan diingat sejarah buruk yang diakibatkan cafe yang berdiri di aset Pemkab Sidoarjo,” imbuhnya. Sementara itu, Maisyaroh, isteri almarhum Riyadi Sholihin yang juga ikut aksi di depan Ponti, bebeberapa

kali jatuh pingsan yang diduga teringat suaminya yang meninggal secara tragis. Meski mendapatkan penolakan keras dari masyarakat, terutama dari PC GP Ansor, Cafe Ponti Jalan Lingkar Barat Sidoarjo bakal tetap dibuka. Demikian diungkapkan oleh pemiliknya, Hery Kuncoro. “Izin tempat usaha kami sudah ada dan nanti Cafe Ponti akan tetap buka. Jika tak puas, jangan tanya ke kami, tapi melapor ke Pemkab Sidoarjo yang memberi ijin,” ucapnya kemarin. Hanya, sesuai dengan komitmen kepada masyarakat, tempat hiburannya tidak menjual minuman keras atau beralkohol. Gedung masih dalam sewanya dan berizin. “Soal minuman keras, tidak dijual di Cafe Ponti,” jelas Hery. Soal adanya larangan keras, dia menyatakan keheranannya. “Kenapa di tempat hiburan lain dan menjual miras, tetap buka dan tidak dilarang. Sedangkan di Ponti akan buka tanpa adanya minuman beralkohol, malah dilarang. “Ini namanyai diskriminatif,” tegasnya. Sementara Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah menandaskan bahwa Cafe Ponti berizin. “Jangan sampai adanya penutupan yang justru tidak dibenarkan dalam hukum,” kata Saiful Ilah. (bj/mar)

BANYUWANGI: Menjelang Nyepi, hampir 25.000 orang dari Pulau Bali menyeberang ke Banyuwangi melalui Pelabuhan Ketapang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi yang tercatat sejak 3 hari terakhir. “Sejak 27 Maret tercatat arus peningkatan yang cukup tinggi. Pengguna motor ada 15.000 unit, pejalan kaki 6.000 orang dan mobil kurang lebih sekitar 3.600 unit,” ungkap Manajer Operasional Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Saharudin Kotto. Dia yang ditemui di Dermaga MB 1 Ketapang kemarin siang mengatakan, dibanding dengan libur Nyepi tahun lalu, gelombang arus mudik melalui Pelabuhan Ketapang mengalami peningkatan sebanyak 7 persen. Puncak gelombang peningkatan penumpang diprediksi akan terjadi siang ini hingga penutupan penyeberangan pukul 00.00 dini hari tadi. “Prediksi puncak arus mudik siang ini (kemarin) sekitar pukul 14.00 hingga malam sebelum penyeberangan ditutup,” imbuhnya. Diberitakan sebelumnya, untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Senin (31/3), Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, akan menghentikan aktivitas pelayaran selama 24 jam. Pelayanan Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk, Bali akan dihentikan mulai Minggu (30/3) pukul 23.00. Sedangkan dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Ketapang akan dihentikan mulai pukul 00.00 wita. “Aktivitas pelayaran di Selat Bali akan dibuka setelah perayaan Nyepi umat Hindu berlangsung selama 24 jam,” pungkasnya. (dk/mar)

TIKET KA

Pembelian Dapat Subsidi 50 Persen BOJONEGORO - Tiket Kereta Api (KA) di Stasiun Besar Kereta Api Kota Bojonegoro, ludes. Hal itu disebabkan adanya libur panjang sejak Sabtu hingga Senin besok. Tiket KA mulai habis sejak Jumat lalu. Terpaksa penumpang yang akan memesan untuk perjalanan menggunakan KA harus menunda hingga tanggal 1 April. Junior Supervisor Pelayanan dan Komersial, Daop 4, Siswanto, di Stasiun Kota Bojonegoro mengatakan, pada libur panjang ini memang pesanan tiket mengalami kenaikan. Sementara jumlah gerbang KA sendiri tidak ditambah. Bahkan untuk KA kelas ekonomi, Kertajaya, jurusan Surabaya-Jakarta sudah penuh hingga 5 April mendatang. “Kelas Ekonomi, Kertajaya, hingga 5 april sudah penuh. Sedangkan KA jarak jauh, kelas bisnis dan eksekutif, seperti Sembrani dan Gumarang normal,” ungkapnya kemarin. Meningkatnya jumlah penumpang itu lantaran pada hari Senin (31/03) besok tanggal merah karena Perayaan Nyepi atau Tahun Baru Saka 1936. Sementara pihak Stasiun kini memberikan subsidi kepada para penumpang sebanyak 50 persen. Subsidi itu diberlakukan sejak April 2014 hingga akhir tahun mendatang. “Per 1 April mendapat subsidi sampai akhir tahun. Kereta Api Kertajaya, Jurusan Surabaya-Jakarta hanya Rp 50.000, sebelumnya Rp 115.000,” tegas dia. Namun, jika sudah ada penumpang yang membeli dengan harga sebelumnya, maka saat tiba di Stasiun tujuan uang pembelian karcis tersebut akan dikembalikan. (dk/mar)

KRIMINAL

Guru PPKn Curi Pakaian Dalam

BOY SLAMET/JAWA POS

SESAK: Jalur Tol Porong KM 36 dan (foto kanan) pintu keluar tol Baranangsiang kota Bogor tampak sesak dengan kepadatan kendaraan.

Jalur Puncak Macet Hingga 15 Kilometer CIANJUR - Menjelang malam antrean panjang kendaraan hingga 15 kilometer menuju arah Bogor terlihat disepanjang Jalur Puncak-Cianjur, Jabar, kemarin. Pantauan, antrean panjang kendaraan sudah terlihat sejak sore menjelang, sehingga jarak tempuh dari Cianjur menuju Cipanas yang biasa ditempuh dalam waktu 15 menit, harus menghabis-

kan waktu hingga dua jam. Weni, 34 tahun, warga Jakarta Selatan, mengaku telah terjebak di Jalur Cipanas, selama hampir tiga jam. Bahkan menjelang sore laju kendaraan sempat terhenti selama beberapa menit karena padatnya arus kendaraan menuju arah Puncak, Bogor dan seterusnya. “Kami hendak pulang ke Jakarta, setelah

berlibur ke Taman Bunga, Cipanas. Sudah hampir tiga jam kami terjebak di Jalur Cipanas. Harapan kami segera dibuka satu jalur menuju Puncak,” katanya. Menjelang malam pihak berwajib baik Polres Cianjur dan Polres Cianjur, belum melakukan sistim buka tutup satu arah guna memutus rantai kemacetan yang selalu terjadi

setiap libur panjang akhir pecan karena arus kendaraan dari arah Bogor, masih cukup padat. “Nanti malam (semalam) kita akan melakukan sistim buka tutup satu arah,” ujar seorang anggota Lantas Polres Cianjur saat ditemui di Jalur Cipanas. Dia menuturkan, saat ini pihaknya telah mengarahkan pengendara dengan tujuan

Cianjur dari Cipanas, untuk mengambil jalur alternatif Hanjawar-Pacet karena menjelang volume kendaraan dari kedua arah terus bertambah. Pihaknya memperkirakan volume kendaraan akan terus bertambah hingga tengah malam karena arus kendaraan dari arah Bogor yang masuk ke wilayah Cipanas, masih terlihat cukup padat. (dk/mar)

SITUBONDO - Ulah seorang guru SDN di Bondowoso ini benarbenar nyeleneh. Erfan Septianto nekat mencuri 29 pakaian dalam wanita berupa celana dalam (CD) dan bra wanita di sebuah tempat kos, di jalan Anggrek Kelurahan Patokan Situbondo. Namun belum sempat membawa kabur hasil curiannya, aksi pria asal Kecamatan Prajekan Bondowoso itu keburu tepergok penghuni kos, Ni Putu Dian Utari, 20 tahun. Erfan tertangkap warga saat berusaha melarikan diri dengan motornya. Saat dibawa ke kantor polisi, oknum guru itu terus merengek minta dilepaskan. Bahkan, sambil menangis dia berkali-kali bersujud ke polisi, pemilik kos dan Ni Putu agar dipulangkan. Dari informasi yang dihimpun, aksi pencurian nyleneh yang dilakukan guru PPKn itu dilakukan di siang bolong. Irfan sepertinya paham dengan situasi kos karena penghuni kos yang rata-rata berprofesi perawat sedang masuk kerja. Pria 25 tahun itu dengan segera menuju ke tempat jemuran. Erfan langsung menggasak semua CD dan bra di jemuran, lalu dimasukkan ke dalam tas punggungnya. Namun, di saat bersamaan Ni Putu Dian Utari keluar kamar dan memergoki aksinya. Untuk menutupi aksinya, Erfan berpura-pura menanyakan penghuni kost bernama Sinta. “Padahal di kos ini tidak ada yang namanya Sinta. Saya curiga, karena saya lihat tidak ada pakaian dalam di jemuran,” ujar Ni Putu. “Makanya saya mau lihat isi tasnya, tapi tidak boleh. Terus saya tarik tasnya dan saya lihat banyak pakaian dalam di dalam tas. Sempat saya tarik tasnya tapi dia bisa lari dan saya teriak-teriak,” ujar Ni Putu lagi. Polisi sendiri belum bisa menyimpulkan motif perbuatan Erfan. “Sekarang pelaku masih diperiksa. Melihat sasaran pencuriannya yakni pakaian dalam bekas, kemungkinan memang tidak untuk dijual lagi. Tapi semuanya masih kami dalami,” ujar Kasatreskrim Polres Situbondo AKP H Sunarto. (dk/mar)

Menag Imbau Umat Islam Ramah YOGYAKARTA - Menteri Agama Suryadharma Ali mingimbau agar umat Muslim dapat terus menerus mengkampanyekan secara konsisten ajaran rahmatan lil alamin, Islam ahlussunah wal jamaah, modern, ramah dan tidak menjadi Islam yang pemarah. “Kepada para guru madrasah dan siswa ma-

drasah diharapkan juga menjadi teladan dan model yang baik di masyarakat dalam hal pemahaman, pemikiran dan akhlaq,” kata Suryadharma Ali. Dia memberi sambuan ini pada acara deklarasi madrasah tahfidz Al Quran di Gedung Amonraga Yogyakarta, kemarin. Ia juga mengingatkan agar kepada tokoh

agama dan ulama agar gerakan masyarakat mengaji yang sudah digulirkan dapat disukseskan ke depannya. Sebab, Al Quran tidak hanya perlu dibaca dan dihafal, tetapi lebih dari itu dikaji isi dan kandungannya agar dapat dijadikan landasan dan praktek dalam kehidupan masyarakat. Ia menambahkan pula bahwa

salah satu fenomena merosotnya moral dan karakter bangsa adalah karena masyarkat muslim terutama adalah anak-anak mulai enggan mengaji dan mengkaji Al Quran di masjid atau musala dan surau. “Akibatnya, Al Quran tidak dibaca lagi. Apalagi dikaji ajarannya yang mengusung nilai kedamaian dan antikekerasan. Al

Quran cenderung tidak lagi dijadikan pegangan hidup,” urainya. Menurut Suryadharma Ali, momentum deklarasi tahfidz tersebut memiliki makna dalam meneguhkan dan memperkuat komitmen dalam pemberantasan buta huruf Al Quran di kalangan umat Islam. Pengertian buta huruf Al Quran dalam konteks

kekinian tidak hanya terbatas pada buta baca tulis Al Quran, melainkan juga dalam pengertian buta isi atau kandungan Al Quran. Pada akhir sambutannya, Suryadharma Ali minta kepada jajaran Pendis agar dapat mengkaji dari sisi anggaran bagaimana ke depan para penghafal Al

Quran di seluruh Tanah Air dapat dibebaskan dari seluruh biaya pendidikan. Bukan hanya pada lapisan sekolah dasar, tetapi juga sampai perguruan tinggi. “Jika yang bersangkutan sudah mahasiswa, biaya pendidikannya pun diperhatikan hingga dapat menyelesaikan kuliahnya,” pungkasnya. (an/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: REEP


SENIN, 31 MARET 2014

3

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

MAIN: Dua perempuan sedang asyik dengan gadgetnya. Penggunaan ponsel secara terus menerus akan mempercepat kerusakan komponen di dalamnya.

Kebiasaan yang Bikin Ponsel Tak Sehat SAAT ini ponsel nsel menjadi perangkat yang wajib dimilikii setiap orang. Namun masih ada pengguna yang hanya ingin menggunakan ponsel mereka mau merawatnya. k tanpa t t Padahal, jika salah satu komponennya rusak, kinerja ponsel akan menurun. Jika ingin memanfaatkan kegunaan ponsel secara maksimal, sebaiknya perlakukan perangkat itu dengan baik. Jika ponsel rusak, Anda juga yang akan kerepotan. Berikut langkah umum untuk menjaga ponsel Anda: 1. Tak pernah dimatikan. Memang sepertinya jarang sekali seseorang mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal dengan mematikan ponsel secara teratur dapat menjaga ketahanan baterai. Sama

seperti manusia, ponsel pun membutuhkan waktu istirahat agar ketahanan komponen di dalamnya terjaga. 2. Membiarkan Wi-Fi dan Bluetooth menyala. Jika Wi-Fi dan Bluetooth dalam keadaan menyala, ponsel akan terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Hal ini akan menguras baterai lebih banyak. Jangan pernah lupa mematikan keduanya jika sudah tidak dipakai, terutama saat dalam perjalanan. Dengan begitu, baterai ponsel pun akan lebih awet. 3. Digunakan dalam suhu ekstrem. Normalnya, ponsel digunakan dalam suhu ruangan, 16 hingga 30 derajat Celsius.

4. Dibiarkan mengisi daya semalaman. Ini merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan. Alasannya: agar baterai tetap penuh ketika akan dipakai keesokan harinya. Padahal, jika dibiarkan semalaman terisi daya, baterai ponsel malah akan bocor dan rusak. 5. Menggunakan pengisi daya tidak resmi. Pengisi daya resmi memang mahal, tapi bukan Anda bisa aman-aman saja

menggunakan merek lainnya. Menggunakann pengisi daya yang tidak resmi dapat dapatt merusak ponsel. Meskipun ukuran port-nyaa sama, voltase yang dib dibutuhkan llt t hk setiap tii ponsell berbeda-beda. Jika terus digunakan akan memunculkan kerusakan dan mungkin saja baterai bisa terbakar. 6. Tidak dibersihkan. Ponsel adalah sarang kuman. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Bersihkan ponsel secara rutin dengan kain yang lembut. Bila perlu, gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel Anda.(tmp/fia)

Area Kantong TKI Jadi Sasaran Telkomsel

YouTube Ikuti Jejak Twitter di Turki SETELAH pekan lalu memblokir jejaring sosial Twitter, pemerintah Turki dilaporkan memblokir layanan berbagi video YouTube pada Kamis, 27 Maret 2013. Turki sebelumnya dilaporkan telah meminta Google, pemilik YouTube, untuk menurunkan video-video yang mengganggu mereka. Namun, Google enggan menuruti karena tak sesuai dengan prinsip kebebasan bersuara. Menurut Associated Press, pemblokiran ini terjadi hanya beberapa jam setelah satu akun anonim mengunggah rekaman pembicaraan Kepala Intelejen Turki dengan Menteri Luar Negeri yang membahas kemungkinan operasi militer di Suriah, tetangga Turki. Kepada Reuters, Google menyatakan sedang mencari laporan benarkah pengguna Turki tak bisa mengakses layanan YouTube. Turki kian kalap. Pekan lalu, setelah muncul bocoran rekaman pembicaraan yang mengkaitkan Perdana Menteri Recep Teyep Erdogan dengan kasus korupsi, negeri di gerbang Eropa itu menutup Twitter. Pengguna Twitter di Turki bersiasat mengakses Twitter lewat DNS Google. Namun, jalur DNS Google akhirnya juga diblokir. Sebagian pengguna masih bisa mengakali agar tetap bisa mengakses Twitter dan mengabarkan kondisi ini kepada dunia. Seorang pengguna di Turki, Zeynep Tufekci, Kamis malam lewat Twitter mengabarkan aksi memblokir YouTube ini lewat akun Twitternya @ Zeynep. Otoritas telekomunikasi di Turki, TIB, mengkonfirmasi pemblokiran ini lewat situs mereka www.tib.gov.tr. Ini bukan pemblokiran YouTube pertama kalinya oleh Turki. Pada 2007, Turki juga sempat memblokir YouTube.(epo/fia)

Jangan pernah menggunakan ponsel dengan suhu ruangan di bawah 0 derajat atau di atas 35 derajat Celsius. Juga jangan biarkan ponsell terpapar sinar matahari t i t h i secara langsung untuk menghindari peningkatan suhu pada mesin.

MALANG - Telkomsel menargetkan tambahan basic tranceiver service (BTS) mencapai 170 unit di tahun 2014 ini. Selain Kota Malang yang dianggap sangat membutuhkan tambahan demi kualitas jaringan, sasaran lainnya merupakan di kawasan Kabupaten Malang yang potensial dari keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Manager Network Operation Telkomsel Malang, Fredy Tandipura mengatakan, Kabupaten Malang sangat potensial. “Banyak masyarakat dari sana yang menjadi kantong utama pengirim TKI atau TKW. Sehingga lokasi tersebut juga menjadi sasaran Telkomsel,” katanya. Sebagian besar sasaran pengembangan ini berada di Malang Selatan. Menurut dia, beberapa daerah tersebut seperti Kalipare, Donomulyo, Sumberpucung, Sumbermanjing Wetan hingga Ampelgading. “Kurang lebih 20 persen untuk menguatkan jaringan di area ini,” tegas dia. Dari area tersebut, banyak tenaga kerja yang akhirnya bekerja di luar negeri seperti Hongkong, Malayasia, Taiwan hingga Arab Saudi untuk tenaga wanita, dan Korea serta Jepang untuk tenaga pria. Tidak heran, bila kekuatan jaringan demi kualitas pembicaraan dengan keluarga menjadi perhatian. Menurutnya, Hongkong menyumbangkan catatan terbesar. Dari 200 ribu TKI yang bekerja disana, 60 ribunya berasal dari Jawa Timur. Sebagian besar, Malang Selatan yang total mencapai separuhnya.

STENLY REHARDSON / MALANG POST

LAYANAN: Suasana pelayanan konsumen di GRApari Telkomsel. Operator anak perusahaan Telkom ini sedang serius menggarap pasar telekomunikasi di kantong-kantong TKI. “Telkomsel baru-baru ini melakukan kunjungan langsung ke Hongkong. Di sana kami mencoba melakukan interaksi langsung melalui paket AS 21 dan hasilnya cukup memuaskan,” paparnya, beberapa waktu lalu. Dari percobaan komunikasi dengan keluarga para TKI, sambungan dari Hongkong berjalan mulus. Selama ini para TKI menggunakan produk Telkomsel sebagai media

komunikasi. “Selain itu, harga yang kompetitif menjadi acuan disamping jaringan yang bagus,” tegas Ferdy. Sementara itu, hingga akhir 2014 mendatang Telkomsel membidik sedikitnya 215.000 pelanggan baru atau 15 persen dari total pelanggan yang kini jumlahnya mencapai 1,5 juta untuk wilayah Malang Raya. (ley/fia)

Oppo Percaya Diri dengan ColorOS MALANG – OPPO betul-betul sangat serius dalam menapaki bisnis telekomunikasi. Terbukti, selain menciptakan berbagai varian ponsel pintar berbasis Android, perusahaan ini juga mengembangkan Operating Sistem (OS) besutannya yang disebut dengan ColorOS. Saat ini sudah ada lima varian ponsel besutan OPPO yang menggunakan ColorOS, yaitu OPPO Find Mirror, OPPO Neo, OPPO Find 5 Mini, OPPO R1 dan OPPO N1. “ColorOS merupakan OS yang dikembangkan OPPO, dengan acuan OS Android 4.2 Jelly Bean,’’ terang Promotor, OPPO Yusuf Wibisono. Pria yang memiliki wilayah tugas di Erafone Mall Olympic Garden ini pun menjelaskan ColorOS berjalan beriringan dengan OS Android Jelly Bean. Pada ColorOS, OPPO menambahkan berbagai aplikasi, dan fitur yang tentunya tidak dimiliki ponsel lain. Aplikasi yang tertanam diantarannya adalah Glove Mode, Off Gesture, Guest Mode, Multi Finger, dan Security Sistem. “Glove Mode

IRA RAVIKA/MALANG POST

PUNYA OPPO: ColorOS membuat tampilan OPPO berbeda dengan ponsel pintar lain karena didalamnya terdapat fitur menarik seperti glove mode, off gesture, hingga guest mode merupakan aplikasi, dimana ponsel layar sentuh buatan OPPO tetap mampu digerakkan meskipun tangan penggunanya menggunakan sarung tangan,’’ kata Yusuf. Sedangkan untuk aplikasi Off

Gesture, dijelaskan pria berkacamata minus ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna membuka menu ponsel meskipun ponsel dalam kondisi terkunci. Bukan itu saja, pada aplikasi

Off Gesture ini, pengguna hanya perlu menggambar icon menu pada layar. Contohnya, pengguna hanya perlu menggambar lingkaran di layar ponsel OPPO mendukung ColorOS, dan seketika itu pengguna langsung dibawa masuk ke menu kamera. Sementara pada Guest Mode, pengguna bisa membuat dua pola pengamanan. Satu pola untuk umum, dan satu pola lagi untuk akses ponsel pada data-data yang lebih pribadi. “Contohnya, pengguna ingin pesan BBM atau Instagram miliknya tidak diketahui orang lain, dengan aplikasi Guest Mode ini, pengguna bisa melakukannya,’’ urainya Selain itu, yang membuat ColorOS berbeda adalah sistem pengamanan. OPPO menambahkan tiga fitur untuk sistem pengamanan perangkatnya. Yaitu Security Service, yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi dalam perangkatnya, selain itu juga ada sistem pengamanan Enkripsi, yang mewajibkan pengguna memasukkan dua password untuk verifikasi membuka aplikasi pilihan, dan terakhir sistem pengamanan

Latar Belakang. “Dengan sistem pengamanan latar belakang, pengguna tidak akan menemukan iklan pada saat membuka aplikasi, sehingga meminimalisir pemborosan paket data,’’ tambah Yusuf. Selain itu kelebihan ColorOS adalah masuknya aplikasi Find My Phone, dimana aplikasi tersebut mampu mencari keberadaan ponsel. “Pengguna OPPO Smartphone, bisa masuk ke aplikasi tersebut, dengan syarat melakukan registrasi lebih dului melalui portal Find.nearname. co.th. Begitu reguistrasi tersebut berhasil, data ponsel pun juga tercatat, keberadaannya pun terpantau,’’ katanya. Tidak hanya itu, OPPO juga mengembangkan ColorOS ini dengan sangat baik. Itu terbukti, pada OS ini OPPO juga memasukkan fitur easy answer, easy deal, dan nada keyboard OPPO diganti dengan suara gitar, piano ataupun drum. “Inilah kelebihan OPPO Smartphone, selain menjadi ponsel pintar dia juga dibekali dengan OS yang smart,’’ tandas Yusuf.(vik/fia)

* Sumber: Global Teleshop (update 30 Maret 2014) * Harga dapat berubah sewaktu-waktu REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


4

SENIN, 31 MARET 2013

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN DI BANDARA ABD SALEH MALANG NO OPERATOR

KEDATANGAN No PNBAN

MANA LEPASNYA BRO ???

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

Film, Selamatkan Pemuda! Oleh:

Q PR

A ELWI

Penulis

si orangtua dicekoki wajib tonton film “Janur Kuning” (1979) dan “G30S” (1984) di sekolah-sekolah, atau bila mau dan suka menikmati tontonan eskapis semacam “Catatan Si Boy” (1987). Rupanya, seperti raksasa bangun dari tidur dengan kelahiran film “Petualangan Sherina” (2000) sebagai tonggak kebudayaan. Di sana nilai-nilai si anak lahir. Peradaban Indonesia mulai dibangun kembali. Ketika adegan tokoh gadis kecil mencium teman lakilakinya di sebuah gedung observatorium Bosscha. Bukan sekedar ucapan perpisahan di mana si anak perempuanlah yang akan menyelamatkan teman laki-lakinya yang sedang sakit. Dalam adegan penguda-

Waktu

1

Sriwijaya Air

SJ 250

08.10

SJ 251

08.40

2

Citilink

QG 9243

08.55

QG 9244

09.25

3

Garuda Indonesia

GA 290

10.20

GA 291

11.00

4

Kalstar Aviation

KD 682

11.05

KD 683

11.30

5

Sriwijaya Air

SJ 246

12.20

SJ 247

12.50

6

Garuda Indonesia

GA 292

12.30

GA 293

13.10

7

Wings Air

IW 1840

14.00

IW 1841

14.25

8

Sriwijaya Air

SJ 248

14.20

SJ 249

14.50

Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

Introspeksi Diri di Hari Nyepi

MAIN GOWES: Dua anak kecil sedang asyik bermain sepedanya sembari menghindari genangan air yang ada di area CFD Alun-Alun Kota Batu. Kurangnya area terbuka untuk bermain anak-anak membuat beberapa permainan tradisional saat ini kurang dikenal.

tahil berinteraksi. Sebab mustahil berinteraksi maka tidak ada konflik pula atas keduanya. Peta situasinya bisa diumpamakan, sang ibu dengan pandangan di atas, berkembang dalam jagat sosial-tradisi saja dan takut politik. Sementara si gadis berkembang melesat dalam budaya dan bebas dalam politik tanpa menggubris hakikat asal-usulnya. Apa kaitan film dengan persoalan di atas? Film sebagai produk budaya adalah bagian dari peradaban. Ia merangkul unsur-unsur budaya. Unsur-unsur tersebut antara lain meliputi sosial, politik, senibudaya, hukum, tradisi, agama dll. Semua itu berkorelasi di dalam diri individu-individu. Menjadi satu kesatuan dalam diri orangtua dan anak. Nah, perilaku kebudayaan dalam film bila kita teropong, kembali dalam kehidupan si anak remaja kita, yang lahir dan besar pada zaman pasca reformasi 1998. Ketika itu film Indonesia sedang mati suri setelah hampir tiga dekade dari tahun ke tahun

No PNBAN

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG

FOTO

DI sebuah media sosial seorang gadis berkicau, “Anak remaja yang suka mendengar ancaman atau teriakan dari orang tuanya memiliki lebih besar resiko depresi dan melanggar peraturan.” Sedang di dunia yang lain namun berdampingan, sang ibu bertutur, “kalau saya cenderung ke pokok persoalan. Anak sekarang kurang timbang-rasa. Orangtua dianggap sudah semestinya mencukupi kebutuhan dan sudah menjadi kewajiban orangtua. Jadi memang harus ditunjukkan di depan matanya, posisinya.” Apa yang anda tangkap? Bahwa dua generasi ini berada dalam dunianya masing-masing. Menjadi dua dunia yang sama sekali lain karena unsur-unsur peradaban dalam diri mereka tidak seimbang. Apakah berpotensi terjadi konflik? Tidak, dua dunia, sendirisendiri, tidak berada dalam satu dunia maka mus-

KEBERANGKATAN

Waktu

ran ini, terbit kebangkitan akalbudi bangsa di mana ilmu pengetahuan dan individu sebagai dua entitas merdeka menemukan pembebasannya pada masa penghabisan sebuah orde. Emansipasi wanita bukan hanya di bibir. Heroisme bukan dibangun dari mimbar-mimbar pejabat tinggi dan meja-meja teh sore para cukong. Kepahlawanan sederhana, ditilik dari sikap dua anak kecil yang mampu dan berani keluar dari kesulitan dan penculikan. Beriringan dengan apa yang ditanamkan orangtua mereka, di bawah sadar remaja-remaja kita menyimpan pesan film yang mereka nikmati di kala kecil sebagai bekal di dalam sanubari. Pada saatnya, ketika si anak mulai pandai berselancar sendiri di samudera perkembangan budaya bangsanya, manakala film-film Indonesia kian marak dan menjadi makanan sehari-hari si anak, perselancaran di ombak peradaban tak lagi orangtua mampu imbangi. Orangtua hanya memandangi mereka dari pantai dan menganggap perselancaran sebagaimana yang orangtua pandang dari kejauhan. Padahal sama sekali berbeda. Perdebatan yang sesungguhnya, hanya bisa dilakukan oleh para peselancar itu sendiri. Peran kawan berselancar meniti buih mulai terlihat mendominasi. Di sinilah peran orangtua bukan hanya sebagai orangtua, namun juga mau turun ke laut menjadi sahabat. Dan ini bukan hal mudah karena hierarki orangtua dan anak seringkali menghalangi dan menciptakan sekat yang tebal karena unsur peradaban yang tidak seimbang tadi. Film, sebagai media interaksi agaknya bisa menjadi perahu yang muat banyak orang. Menjembatani kesenjangan antar generasi, dunia yang bisa dimasuki bersamasama. Terbukti sebagai tong-

gak kebudayaan selanjutnya, dengan jumlah penonton tercatat 4,1 juta, film “Laskar Pelangi” (2008). Film ini menyajikan dunia kawula muda menemukan “aku dan dunia” dalam kumparan perjalanan peradaban global yang melesat. Berkumparkumpar bersama perjalanan bangsa kita yang tertatihtatih menjaga kedaulatan agar tak tercaplok kapitalisme yang menggila. Adapun termutahir di kota kita, lahir film “9 Summers 10 Autumns” (2013), menvisualisasikan kekayaan geososial masyarakat Indonesia dilatari carut-marut negara yang tidak hadir di tengah kawulanya. Sebagai putera daerah, tokoh utamanya tinggal jauh dari kebijakan negara di ibukota namun secara individual ia terus tumbuh dan membangun kesadaran. Artinya, kumparan perjalanan peradaban bangsa yang terus bergerak ini, hakikatnya menyuarakan dan membela hati-nurani pemuda Indonesia. Para pemuda yang bergelojotan di sepanjang kumparan peradaban di negeri yang semacam ini, terwakili oleh sejumlah film yang semakin meningkat secara kuantitas, baik indie maupun industri. Bahwa mereka terus-menerus dengan gigih berusaha menemukan format Indonesia Raya yang sejati. Indonesia yang berazaskan Bhineka Tunggal Ika. Memahami persoalannya bukan dari apa yang didiktekan penguasa atau mereka yang merasa menguasai persoalan bangsa. Mereka bekerja mewujudkan mimpi mengurai lapis demi lapis ragam warna-warni faham sehingga suatu hari niscaya tercipta atmosfer interaksi dan konflik yang sehat. Ada ruang-ruang aktualisasi diri yang terbuka, indah, dan kritis. Salah satunya lewat film. Dirgahayu Film Nasional Indonesia. (*)

PERAYAAN Nyepi tahun ini terasa lebih istimewa karena berada di tengah-tengah jadwal kampanye para caleg. Tak heran, selain menjadi momen bagi umat Hindu untuk melaksanakan Tapa Brata penyepian, peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 yang jatuh hari ini juga menjadi kesempatan para caleg untuk beristirahat setelah selama berhari-hari mereka kampanye demi menarik simpati masyarakat. Pemerintah sendiri sejak awal memang sudah menjadwalkan jika pada tanggal 31 Maret ini, segala aktivitas kampanye diliburkan demi menghormati umat Hindu yang sedang merayakan Nyepi. Jika secara nasional libur kampanye dijadwalkan satu hari, maka tidak dengan Bali. Di pulau dewata tersebut libur kampanye dalam rangka Nyepi berlangsung selama lima hari, yakni dimulai sejak 28 Maret lalu. Alasan pemberlakuan jadwal tersebut tak lain agar kesakralan Hari Raya Nyepi di Bali tidak ternoda dengan kegiatan politik. Seyogyanya, para caleg menghormati aturan main tersebut dan menjadikan hari libur kampanye ini untuk istirahat. Momen libur Nyepi ini ada baiknya juga digunakan para caleg untuk mereview kembali ‘gerakan’ yang telah mereka lakukan selama dua pekan terakhir. Review ini dilakukan untuk melihat apakah kampanye yang mereka lakukan sudah cukup menarik simpati dari masyarakat atau justru sebaliknya. Jika tidak, para caleg harus sesegera mungkin membuat strategi-strategi baru untuk mengatur kembali gerakan mereka ke depan yang menyisakan waktu sekitar lima hari saja. Lima hari sebenarnya bukan waktu yang panjang untuk mempromosikan diri kepada para konstituen. Namun jika lima hari ini berdekatan dengan pelaksanaan Pileg yang jatuh pada 9 April mendatang, tentunya cukup efektif jika dipergunakan dengan sebaik mungkin. Apalagi, manusia adalah makhluk yang memiliki ingatan lebih lekat pada hal-hal yang lebih dekat. Seumpama pada dua pekan sebelumnya kampanye kurang berhasil, jika kemudian si caleg memanfaatkan waktu lima hari terakhir, tentu hasil akhir bisa berubah cukup drastis. Tapi ingat, bukan berarti memanfaatkan detik-detik terakhir dengan menyusun strategi kotor seperti money politic. Ingat, banyak survei yang menyebutkan jika money politic saat ini sudah tidak efektif. Banyak kalangan yang justru enggan mencoblos caleg yang hobi ‘bagi-bagi uang’. Masyarakat sudah pintar. Mereka pasti berpikir jika di awal saja sudah melakukan money politic, pasti jika sudah jadi anggota dewan yang terhormat, bakal menjadi koruptor. Perayaan Hari Raya Nyepi ini juga menjadi momen yang tepat bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk intropeksi diri sekaligus berpikir lebih cerdas menentukan caloncalon terbaik yang akan menduduki kursi wakil rakyat. Selain membaca profil diri para calon, tak ada salahnya tepat di hari libur nasional ini masyarakat meluangkan waktu sejenak untuk menelusuri kredibilitas sang calon dari berbagai media, terutama internet. Cukup buka google, lalu ketik nama calon tersebut di mesin pencarian. Jika menemukan nama sang calon dengan berbagai kasus di masa lalu, terutama kasus korupsi dkk, pastikan diri Anda untuk tidak mencoblos caleg tersebut. (redaksi@ malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

SUMBER KARTUN STRIP: WWW.KOMIKDIKIT.BLOGSPOT.COM

  

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

  





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

     



Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Tim Artistik: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi









Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: REEP


KOMUNIKASI BISNIS

SENIN, 31 MARET 2014

5

BANDARA

Layanan Tetap, Airport Tax Dilarang Naik

RIZAL FANANY/ MALANG POST

KAMPANYE: Para simpatisan partai mengikuti kegiatan kampanye. Pesta politik membuat perbankan memilih lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit.

Pesta Politik Hambat Penyaluran Kredit MALANG — Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Malang Kawi berhasil menyalurkan kredit mencapai Rp 1,9 triliun selama 2013 lalu. Angka tersebut tumbuh 40 persen ketimbang tahun sebelumnya. Pemimpin Cabang BRI Malang Kawi, Sulaeman Tahe mengatakan, pertumbuhan kredit sebesar itu karena memang permintaan debitur besar. Meskipun secara umum pada tahun lalu kondisi ekonomi makro mengalami pengetatan. “Bila ada permintaan dan analisisnya layak didanai, tentu saja kami tidak bisa menolak,” katanya. Sekalipun total pinjaman sebesar itu, dia memastikan angka non performing

loan (NPL) masih terjaga. Sebab, NPL dicatatkan hanya 1,4 persen dan membuktikan bahwa analisis sebelum menyalurkan kredit juga bagus. Sementara untuk penyaluran, dia mengakui sebagian besar di sektor perdagangan yang jumlahnya mencapai 70 persen. Selanjutnya pada bidang pertanian sebesar 20 persen dan sisanya dari sektor properti serta jasa. “Perdagangan ini termasuk pula penyaluran kredit mikro yang paling dominan. Sebab di Malang ini banyak usaha kecil dan menengah,” beber dia kepada Malang Post. Ketika disinggung mengenai penyaluran kredit pertanian, pria asal Sulawesi

Selatan ini mengakui nasabahnya tidak terkena dampak erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Untuk wilayah Pujon, Ngantan dan Kasembon sudah berada di bawah naungan BRI Malang Sutoyo. “Ada satu atau dua debitur yang memiliki lahan di sana, tetapi tidak ada masalah mengenai kelangsungan pembayaran,” imbuhnya. Namun dia memastikan, penanganan kredit untuk wilayah terdampak erupsi Gunung Kelud bisa cepat teratasi. Pasalnya, BRI sudah pernah mengalami hal serupa ketika penanganan kredit korban erupsi Gunung Merapi. “Tinggal copy paste saja sistemnya untuk relaksasi kredit,” ujar dia.

Menurut Sulaiman, pertumbuhan penyaluran kredit di BRI Malang Kawi tahun ini diprediksi tidak terlalu besar, terutama bila dibandingkan penyaluran kredit 2014 yang tumbuh 40 persen. Dia menargetkan pertumbuhan hanya 17 persen. Alasan utamanya, akan terjadi perlambatan ekonomi dan penyaluran kredit di tahun ini karena faktor politik. Misalnya pemilu legislatif dan pemilihan presiden. Adanya momen tersebut, maka bank lebih berhati-hati dalam menyalurkan kredit agar dana yang dikucurkan ke nasabah tidak digunakan untuk kegiatan Pemilu sehingga berpotensi macet dan justru mendongkrak angka NPL. (ley/fia)

PLN Hemat Rp 1M Berkat Earth Hour JAKARTA - Kampanye hemat energi Earth Hour 2014 digelar di berbagai kota besar di Indonesia pada Sabtu malam, 29 Maret 2014. Lewat program ini, masyarakat diajak mematikan listrik pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat. Dengan kampanye ini, PT PLN menyatakan terjadi penurunan beban listrik secara signifikan. Menurut juru bicara PLN, Bambang Dwiyanto, beban listrik di Jawa, Madura, dan Bali turun 509 megawatt (MW) atau 2,56 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelumnya. “Penurunan beban listrik terutama terjadi pada jam 21.00 WIB,” katanya melalui keterangan tertulis, Minggu, 30 Maret 2014. Jika dirinci, sepekan sebelum Earth Hour 2014, pada pukul 21.00 WIB, beban listrik di Jawa, Madura, dan Bali mencapai 19.869 MW. Sedangkan pada 29 Maret lalu beban turun menjadi 19.360 MW. Penurunan beban terbesar terjadi di Jakarta dan Banten, yakni sebesar 386 MW. Bambang mengatakan jika penurunan beban ini dikalibrasikan ke nilai rupiah, PLN bisa menghemat biaya lebih dari Rp 1 miliar. Perhitungannya adalah penurunan daya sebesar 507 MW dalam satu jam dikalikan dengan biaya produksi listrik per kilowatt jam (kWh) yang mencapai Rp 2.000. Hasilnya adalah Rp 1.014.000.000. Earth Hour 2014 pun membukukan penghematan terbesar jika dibandingkan dengan program yang sama dalam dua tahun terakhir. Pada Earth Hour 2012, PLN mencatat penurunan beban puncak listrik secara nasional hingga 575 MW. Jika dinilai dengan rupiah, PLN saat itu menghemat biaya Rp 900 juta. Namun pada Earth Hour 2013, beban listrik nasional malah naik 1.236 MW karena ada pertandingan sepak bola.(tmp/fia)

RIZAL FANANY / MALANG POST

UNTUK BUMI: Suasana Earth Hour di Balai Kota Malang pada Sabtru (29/3) malam.

Earth Hour ala Atria Hotel and Conference

Ganti Lampu Listrik dengan Cempluk MALANG – Atria Hotel and Conference Malang turut serta dalam Earth Hour Campaign 2014. Berbagai macam kegiatan digelar, seperti pembagian lampu LED, teatrikal hingga promo buffet dengan nuansa tempo dulu. Bahkan kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari tamu hotel, dengan menikmati paket buffet di Canting Restaurant. General Manager Atria Hotel and Con-

ference Malang, Wahyono mengungkapkan, sambutan hangat dari tamu hotel ini bisa dilihat dari beberapa hal. “Untuk promo buffet, 100 tamu lebih yang menikmati sajian di Pasar Numplek, dan 75 persen berasal dari tamu hotel, melebihi target kami. Awalnya hanya siap 100 pax saja, sehingga pas acara banyak menu yang kehabisan,” ungkapnya. Dia menyebutkan, ketika tamu sedang check in ke hotel, diberikan

penawaran untuk mengikuti promo buffet all you can eat setiap Jumat dan Sabtu ini hanya dengan Rp 99 ribu nett per person. Hanya saja, khusus akhir pekan kemarin, restoran semakin bernuansa tempo dulu. Makanan tradisional tersebut diperkuat dengan pencahayaan yang berasal dari lampu cempluk “Semua lampu dimatikan, penerangan diganti dengan cempluk selama satu jam,

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

KOMPAK: Semua karyawan Atria Hotel and Conference bahu membahu menyukseskan Earh Hour Campaign 2014.

antara pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB. Masih ditambah dengan hiburan musik keroncong,” papar dia kepada Malang Post. Sementara itu dalam waktu yang bersamaan, tamu hotel disuguhi pula aksi teater dari Rumah Karakter. Mengangkat tema peduli lingkungan, pemain teater yang merupakan mahasiswa ini menyedot perhatian tamu di tengah suasana gelap hotel selama satu jam tersebut. Aksi manusia mutan yang diusung membuat kentalnya suasana Earth Hour dan tidak kalah dengan tempat lain. Tidak hanya di area lobby hotel, hampir semua kamar yang terisi ikut mematikan lampu. “Ada sekitar 80 persen tamu ikut mematikan lampu kamar ketika kami coba melihat dari depan dan area kolam renang. Mereka telah kami himbau sebelumnya, untuk turut menyukseskan program ini. Mulai dari drop off lobby, signage logo, restoran, Bateeq Shop dan area kolam renang semua mati,” papar dia panjang lebar. Beberapa waktu lalu, Atria Hotel juga telah membagikan lampu LED kepada sebagian masyarakat yang tidak jauh dari hotel. Maksud dari pembagian yang dilakukan dengan komunitas Earth Hour Malang ini juga mengajarkan mengenai hemat energi melalui lampu LED yang lebih rendah daya. (ley/fia)

JAKARTA - Juru bicara Kementerian Perhubungan, Bambang Ervan, mengatakan peningkatan pelayanan menjadi dasar untuk kenaikan pajak bandara atau airport tax. Pemerintah, kata dia, tidak akan mengizinkan pengelola bandara menaikkan airport tax jika tidak menambah layanan. “Apalagi jika tidak ada peningkatan investasi untuk pelayanan,” kata dia. Mulai 1 April 2014, PT Angkasa Pura I akan menaikkan airport tax di lima bandara sebesar 33 persen untuk penerbangan internasional dan 80 persen untuk penerbangan domestik. Kelima bandara itu adalah Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Ngurah Rai, Denpasar; Bandara Sepinggan, Balikpapan; Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar; dan Bandara Lombok, Mataram. Sedangkan PT Angkasa Pura II berencana menaikkan airport tax pada tiga bandara di Sumatera yakni Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), dan Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang). Bambang mengatakan pengelola bandara-bandara tersebut telah menunjukkan kenaikan standar pelayanan. Dia mencontohkan Bandara Ngurah Rai Bali yang memiliki terminal baru. Nilai investasi tersebut, kata Bambang, yang dijadikan patokan untuk proporsi kenaikan airport tax. “Itu ada perhitungannya, tetapi pemerintah juga tetap mempertimbangkan daya beli masyarakat,” ujarnya. Penetapan kenaikan tarif, kata Bambang, tidak hanya dibahas oleh operator pengelola dan Kementerian Perhubungan. Pemerintah juga meminta masukan dari berbagai kalangan, misalnya Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Indonesia National Air Carriers Association (INACA). (epo/fia)

Istimewa

NAIK: Bandara Juanda masuk dalam lima bandara yang mengalami kenaikan airport tax.

BPR dan BPRS Wajib Fit and Proper Test MALANG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menyosialisasikan tugas dan kewenangannya, serta memberikan regulasi terbaru yang sepatutnya diketahui. Seperti halnya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Syariah (BPRS) yang mulai tahun ini harus menjalani uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) di bawah OJK serta harus menetapkan proyeksi pendapatan. Kepala OJK Malang, Indra Krisna menuturkan, pengetatan harus dilakukan, agar kesehatan BPR dan BPRS juga terjamin. “Biar semua berjalan pada kelayakan, dan nasabah yang menjadi perhatian utama melalui kelayakan dari lembaga keuangan ini,” tuturnya. Menurut dia, sudah ada Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 14/9/PBI/2012 yang merupakan revisi dari PBI nomo 6/23/ PBI/2004 dan mengatur hal tersebut. Fit and Proper Test ini dibagi dalam dua bagian besar. Yaitu untuk kategori pelaku baru (new entry) dan kategori existing. Kategori new entry adalah orang-orang yang akan menjadi pengurus, direksi, komisaris, maupun pemegang saham di sebuah BPR/BPRS. Sebaliknya, existing merupakan orang-orang yang sudah ada di dalam struktur atau mantan pengurus yang melakukan perbuatan melanggar peraturan. Suatu misal adanya indikasi tindak pidana di dalam BPR/BPRS tersebut. ”Tahun lalu sudah dilakukan test ini. Tetapi kami mengingatkan kembali agar pelaksana industri keungan ini tetap on track,” kata Indra. Lebih lanjut Indra menjelaskan, new entry harus mengikuti fit and proper test itu. Sehingga untuk 2014 ini, OJK mencoba berfokus pada new entry. Sebab merekalah yang nantinya akan menjalankan roda manajerial BPR/BPRS di Malang Raya. ”Untuk new entry, fit and proper test ini sendiri untuk menggali kompetensi yang mereka miliki. Sejauh mana mengerti soal BPR. Kalau yang sudah existing jangan sampai lah ketemu saya untuk menjalani hal serupa, karena artinya kelayakan mereka dipertanyakan,” papar pria asal Padang ini. Bahkan, Indra membandingkan, kegiatan fit and proper test pada tingkatan existing hampir sama dengan tugas penyidikan oleh kepolisian. Sebab, saat diuji di tingkatan existing, Indra menyebutkan, BPR/BPRS tersebut sedang bermasalah. Di wilayah kerja OJK Malang sendiri, terdapat sedikitnya 88 BPR/S. Rinciannya, terdapat 77 BPR dan 11 BPRS. Ketika disinggung apa hasilnya bila tidak lulus test tersebut, dia menyebutkan tergantung dari variabel yang menyebabkan orang tersebut gagal. Paling parah, berdampak pada pelarangan berkecimpung di perbankan hingga 20 tahun atau seterusnya. “Pada saat itu pasti sudah ada bukti yang ditemukan OJK, dan hampir dipastikan temuan ini benar, sehingga menghasilkan skors bagi mereka yang tidak lulus,” tambahnya. Beberapa waktu lalu, OJK telah menyampaikan hal ini dalam sebuah pertemuan di Atria Hotel and Conference bertemakan Evaluasi Rencana Kerja BPR/S Se Wilayah Kerja Kantor OJK Malang Tahun 2014. “Materi Fit and Proper Test ini yang OJK tekankan pada mereka,” tukas dia. (ley/fia)

REDAKTUR : SHUVIA, LAYOUTER : MOKA


SENIN, 31 MARET 2014

Dorong Penyediaan Lapangan Kerja Partai Gerindra JAKARTA- Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri kembali terancam hukuman mati, Satinah diputuskan bersalah oleh pengadilan Arab Saudi karena membunuh dan mencuri uang sebesar 37 riyal. Sutinah akan dihukum pancung pada 3 April 2014 mendatang. Terkait hal tersebut, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Suhardi mengatakan bahwa pemerintah harus berusaha sekuat tenaga melakukan upaya penyelamatan terhadap Sutinah. Ke depan, pemerintah harus mampu menjamin kesejahteraan terutama lebih bisa membuka atau memperluas lapangan pekerjaan. “Jika dilihat dari devisa negara yang diterima pemerintah selama setahun dari tenagakerja di luar negeri yaitu sebesar US$ 7 miliar, atau sekitar Rp 80 triliun jauh lebih besar jika dibandingkan dengan uang pengampunan sebesar Rp 25 miliar. Seharusnya pemerintah bisa melakukan upaya penyelamatan terhadap Sutinah, karena kasus ini juga merupakan tanggung jawab pemerintah,” ungkapnya, kemarin. Menurutnya, masih banyak TKI yang kondisinya terancam akan hukuman di luar negeri. Untuk itulah pemerintah harus dengan cepat menyelesaikan permasalahan tersebut. “Perlu diingat juga bahwa masih ada ratusan TKI yang

6

Peringati Nyepi, Kampanye Caleg Diliburkan MALANG-Semua kegiatan kampanye pemilu legislatif (Pileg) diliburkan Senin (31/3) hari ini bersamaan dengan libur Nyepi. Namun demikian, Panwaslu tetap melakukan pengawasan terhadap aktifitas caleg dan parpol. “Kegiatan kampanye rapat terbuka libur pada Senin besok (hari ini) karena libur Hari Nyepi. Sejak awal kami tidak meniadakan jadwal kampanye pada hari Senin, 31 Maret,” jelas Ketua KPU Kota Malang, Hendry ST MT. Karena itu dia mengimbau seluruh parpol dan caleg untuk menghargai kebijakan KPU tersebut. Apalagi kebijakan itu merupakan kebijakan nasional dan sudah disosialisasikan sejak awal. Kampanye rapat terbuka baru kembali digelar pada Selasa (1/4) besok. Sesuai jadwal, PEMILU LEGISLATIF kampanye, besok giliran empat parpol yang menggelar kampanye HARI LAGI rapat terbuka di Kota Malang. Yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Kendari hari libur, lanjut dia, aktifitas KPU menyiapkan pelaksanaan pemilu legislatif tetap berlangsung. Petugas sekretariat KPU melakukan pemilahan berbagai formulir yang dibutuhkan untuk pelaksanaan coblosan dan penghitungan suara pada 9 April mendatang. Namun libur kampanye, Panwaslu justru meningkatkan pengawasan di seluruh kota Malang. Lembaga pengawas pemilu itu menyebar semua petugasnya, termasuk petugas lapangan dan sukarelawan melakukan pemantauan di semua dapil di Kota Malang. “Jangan sampai melakukan kampanye rapat terbuka di hari libur. Karena semua petugas tetap siaga melakukan pengawasan. Kami mengimbau agar semua parpol dan caleg menghargai hari libur,” kata Ketua Panwaslu, Ashari Husen. Masyarakat, katanya bisa ikut melakukan pengawasan. Jika menemukan adanya aktifitas kampanye terbuka dipersilahkan melapor ke Panwaslu. Laporan diminta disertai bukti dan saksi sehingga tidak terjadi fitnah. “Pemantauan dan pengawasan pada hari libur diperkatat. Sehingga tidak ada pelaksanaan kampanye terbuka. Jika menggelar kampanye terbuka di hari libur dikatagorikan sebagai pelanggaran,” tandasnya. (van/mar)

PILEG

9

IST/MALANG POST

PELATIHAN: Partai Gerindra mendorong pertumbuhan kerja untuk para TKI, seperti pelatihan kerja atau bisnis. terancam hukuman mati dan menunggu eksekusi, pemerintah harus ambil sikap tegas terhadap masalah ini. Jika perlu stop pengiriman TKI ke luar negeri untuk bidang pekerjaan tertentu seperti pembantu rumah tangga. Masih permasalahan di hulu yang belum selesai

dan harus dibenahi,” paparnya. Pria yang dijuluki ‘Profesor Telo’ ini mengingatkan bahwa akar permasalahan dari permasalahan TKI adalah karena kegagalan pemerintah dalam menjamin kehidupan rakyatnya dengan layak. “Akar permasalahan dari

permasalahan TKI adalah kemiskinan dan kurangnya lapangan kerja. Jika pemerintah dapat menjamin penghidupan mereka dengan lapangan pekerjaan tentu saja mereka tak perlu lagi mencari kerja di luar negeri,” jelasnya. Hukum yang berlaku di Arab Saudi

mengatur bahwa pengampunan yang paling menentukan adalah pengampunan dari pihak keluarga korban pembunuhan. Sejauh ini pihak keluarga majikan Satinah yaitu Nura Al Gharib meminta uang denda (Diyat) sebesar 7,5 juta riyal atau Rp 25 miliar. (dk/mar)

KAMPANYE

Kawal Abah Anton, Coblos PKB

ISTIMEWA/MALANG POST

SALAMI: SBY menyalami pendukungnya di Bandung.

SBY Kampanye Terbuka di Bandung BANDUNG- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan tujuh kabar di hadapan sekitar 27 ribu kader, simpatisan dan warga yang hadir di kampanye terbuka Partai Demokrat di Lapangan Tegalega Kota Bandung, kemarin. “Sekarang saya ingin menyampaikan tujuh berita baik,” kata SBY yang mengenakan baju serta baret berwarna hijau dihadapan massa. Berita baik pertama, kata SBY, ialah sejak tahun 2013 telah dikucurkan anggaran Rp1 triliun untuk pembangunan jalan di wilayah Jawa Barat bagian selatan. “Alhamduliah sejak 2013 dengan anggaran Rp1 triliun telah dibangun untuk jalan bagian Selatan Jabar,” lanjutnya. Berita baik kedua ialah, pembangunan rel ganda kereta api dari wilayah DKI Jakarta sudah sampai ke wilayah Jawa Barat. “Rel ganda kereta api Jakarta sudah tembus Jabar sampai Jateng dan Jatim. Naik kereta api makin aman dan cepat. Bahkan kereta api jurusan Bogor-Sukabumi dan Cianjur telah dibuka kembali,” paparnya. Kabar ketiga, lanjut SBY ialah Waduk Jatigede, di Kabupaten Sumedang, dengan biaya Rp 4 triliun pada bulan September ini sudah diairi. “Bulan September sudah diisikan (air, red), dan Insya Allah banjir di Indramayu bisa dicegah,” terang SBY. Berita keempat ialah di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mulai dibangun bandara besar bertaraf internasional yakni Bandara Kertajati. “Berita kelima di Tasikmalaya sudah punya universitas negeri yakni Universitas Siliwangi lalu di Subang ada Politeknik Subang,” ujarnya. Ia mengatakan, berita baik keenam ialah warga Indonesia terutama yang belum mampu yakni sekitar 86,4 juta orang sudah bisa mendapatkan jaminan kesehatan. “Mereka bisa berobat gratis. Saya tahu di sana sini masih ada kekurangan, tapi mari bersama-sama kita perbaiki. Dan berita ketujuh ialah Alhamdulilah desa telah memiliki Undang-undang Desa,” pungkasnya. (dk/mar)

MALANG – Ketua DPC PKB Kota Malang, H. Moch Anton mengajak para pendukungnya yang memilihnya saat Pilkada lalu, untuk kembali merapatkan barisan untuk memenangkan PKB. Perubahan yang telah terjadi di Kota Malang harus dituntaskan hingga ke legislatif. Saat ini, eksekutif sudah dalam genggaman ketua DPC PKB. Kekuatan di legislatif harus diimbangi pula untuk mendukung program-program pro rakyat Abah Anton, dengan cara memenangkan PKB dalam pemilu legislatif pada 9 April besok. “Perubahan sudah dilakukan di Kota Malang. Perubahan itu tetap harus dilakukan di legislative dengan memilih PKB pada Pileg, 9 April mendatang. Ini untuk mewujudkan

program-program wong cilik yang sejak awal kita lakukan,” kata Abah Anton, saat kampanye di Gandongan, Kecamatan Blimbing, kemarin. Karena itu, pria yang menjabat sebagai wali kota itu all out untuk memenangkan PKB dalam Pileg, 9 April. Tidak tanggung-tanggung, Abah menargetkan 15 kursi DPRD Kota Malang dari hasil Pileg mendatang. Abah juga menginstruksikan para kader dan caleg PKB untuk terus berada di tengah masyarakat, menarik simpati masyarakat. Dengan membangun kepercayaan di tengah masyarakat, masyarakat juga akan percaya kepada para caleg PKB yang ada di semua daerah pemilihan. “Tapi, kalau bingung-bingung. Saat membuka kartu su-

ara, cari saja partai nomer dua bergambar bola dunia dengan bintang sembilan bertuliskan PKB. Coblos saja gambar partainya PKB,” ungkap Abah Anton sambil memperagakan pencoblosan gambar PKB. Dalam kampanyenya, Abah Anton bersama para caleg, kader dan simpatisan memilih untuk blusukan ke masing-masing wilayah di Dapil Blimbing. Menyapa para konstituen, para pendukung dan masyarakat Kota Malang untuk menarik simpati masyarakat. “Karena itu, terus kawal pemerintahan Abah Anton untuk mensejahterakan wong cilik dengan cara mencoblos PKB pada pemilu legislatif mendatang, hanya PKB,” ingat bendahara PC NU Kota Malang itu. (aim/mar)

PARTAI NASDEM

Dukung Pemimpin Parpol Lain Terpilih SURABAYA- Puluhan ribu kader dan simpatisan Partai Nasional Demokrat memenuhi tribun Gelora 10 November Tambaksari Surabaya, kemarin. Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyatakan siap mendukung pemimpin dari parpol lain yang terpilih. “Siapapun yang memimpin bangsa akan kita dukung sepanjang pemimpin tersebut komitmen menjalan gerakan perubahan restorasi Indonesia,” katanya dalam orasi politiknya. Surya juga meminta kepada calon legislatif partai yang dipimpinnya agar lebih mementingkan kepentingan bangsa dibandingkan kepentingan partai. “Saudara harus mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan Partai NasDem dan di atas kepentingan diri sendiri.... Anda siap?” imbuh dia. Sebelum mendengarkan orasi Ketua Umum Partai NasDem, puluhan ribu simpatisan dan kader terlebih dulu menyaksikan pertandingan sepak bola yang akan diikuti oleh 40 pemain sepak bola legendaris nasional melawan tim NasDem United (NU). Dalam pertandingan eksibisi ini, tim NU tunduk 2-1 dari tim yang dihuni legendaris sepakbola Jatim. “Sepakbola menjadi bagian kampanye kita karena di dalam pertandingan prinsip utama adalah fair play dan sportifitas,” pungkasnya. Para pemain legendaris sepakbola Jatim yang ikut dalam pertandingan diantaranya, Purwono (penjaga gawang), Bejo Sugiantoro, Anang Ma’ruf, Suwandi HS, Uston Nawawi, Yusuf Ekodono, Mustakim, Mursyd Effendi, Putut Wijanarko, Joko Malis, serta pemain legendaris lainnya. Usai laga ujicoba, para pemain legendaris mendapat medali yang diberikan para caleg Partai NasDem. Selain disuguhi pertandingan sepakbola, para kader dan simpatidan dihibur oleh grup band Radja dan El Kiswah maupun kesenian tradisional perkusi Madura dengan cheerleader. (dk/mar)

CALEG PEREMPUAN

IST/MALANG POST

POTENSI: Tingginya pemilih perempuan, menempatkan caleg perempuan di parlemen.

Layak Diberi Porsi 40 Persen

MUHAIMIN/MALANG POST

ORASI : Ketua DPC PKB Kota Malang, H. Moch Anton orasi membakar semangat kader dan simpatisan PKB.

GORONTALO- Calon anggota legislatif (caleg) perempuan layak mendapat porsi 40 persen di parlemen, pada Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif. Hal itu diungkap caleg DPRD Kabupaten dari Partai Golkar, Fatrah Bobihu, pada diskusi terbatas para caleg perempuan dengan wartawan di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, kemarin. Menurutnya, tingginya pemilih perempuan di daerah itu sebanyak 40.697 dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 82.254, diyakini sebagai potensi besar untuk menempatkan caleg perempuan lebih banyak di parlemen. Kata Fatrah, ia gigih berkampanye menyuarakan hak-hak kaum perempuan khususnya peningkatan derajat kesehatan agar mampu menekan angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi di daerah itu. Dia konsisten tidak menjual janji pada setiap kampanye yang diikutinya, namun memilih lebih memperkuat program yang akan disuarakan di parlemen nanti. “Saya optimis perolehan kursi perempuan di parlemen akan meningkat 200 persen dibanding Pemilu legislatif 2009 lalu,” ujar dia. Sementara itu, Faini Basuungi, aktivis pemberdayaan perempuan dan fasilitator United Nations Development Programme (UNDP) di Gorontalo, mengatakan, diskusi yang melibatkan caleg perempuan dan wartawan sangat penting dan bagus. Ia mengaku sangat mengapresiasi partisipasi para caleg perempuan yang mampu memanfaatkan diskusi ini untuk saling bertukar pikiran untuk menaikkan keterwakilannya di parlemen. Sehingga diskusi ini bukan untuk berkampanye, namun berdiskusi tentang strategi perempuan dalam menaikkan angka partisipasi pemilih kepada mereka. (dk/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: SITI


SAMBUNGAN Pelunasan Lapindo Tinggal Rp 780 Miliar SENIN, 31 MARET 2014

Tahes Kabeh, Orasi Jokowi di Sukun Sambungan dari Hal 1 PDI Perjuangan harus menang besar di pemilu legislatif 9 April mendatang. Karena itu dia mengajak seluruh warga partai berlogo banteng moncong putih itu kerja keras. Jokowi sendiri juga ikut kerja keras untuk meraih kemenangan buat PDI Perjuangan. “Saya sudah tiga hari ini tidak tidur. Tadi pagi tidur jam 4, bangun jam 5 langsung ke Banjarmasin. Dari Banjarmasin, saya langsung ke Malang,” katanya sembari menyebut sejumlah kota tujuan kampanye pada hari berikutnya. “Karena tahun ini adalah tahun perubahan, jangan sampai jam 6 atau jam 8 sudah tidur. Karena yang lain (parpol lain, red) juga tidak tidur. Kita ini kuat-kuatan,” sambungnya. Ia meminta agar PDI Perjuangan menang mutlak di pemilu legislatif, termasuk di Malang Raya. Dalam sembilan hari ke depan, kata dia, menjadi hari yang sangat menentukan kemenangan PDI Perjuangan dengan kerja keras. “Semuanya diberitahu, coblos nomor 4. Kita harus menang total, menang tebal. Jangan menang tipis,” serunya. Sebab jika menang total, lanjut dia, maka PDI Perjuangan akan memiliki dewan yang kuat, pemerintahan dan presiden yang kuat. “Walau presidennya kurus, tapi kita tetap kuat. Berat badan saya 54 kilo, tapi saya masih tahes,” katanya bernada guyon. Ditengah riuh massa pendukung PDI Perjuangan, Jokowi berkalikali menanyakan kesiapan untuk menang di 9 April. “Malang Raya sanggup menang total? Malang Raya siap menang tebal?,” tanyanya. “Siaaap…!!!” balas massa kompak. Mendengar kesiapan massa pendukung partai, mantan Wali Kota Solo itu langsung memastikan akan check perolehan suara Malang Raya melalui penghitungan cepat. Jika PDI Perjuangan menang besar, ia pastikan akan kembali lagi ke Malang Raya. “Tapi saya yakin dan tenang. Disini ada Pak Eddy Rumpoko, ada Pak Basarah (Ahmad Basarah), ada Pak Sayed (Sayed Muhammad Muliady),” ucapnya sembari menengok ke tiga orang yang disebutkannya itu. Sebelum berorasi, puluhan ribu massa PDI Perjuangan menyambut

kedatangan Jokowi. Massa berjubel di sepanjang jalan dan memadati lapangan Mulyorejo. Mereka rebutan bersalaman dan foto bareng. Jokowi yang berjalan di tengah ribuan massa semakin mengundang antusias warga. Mereka berdesakdesakan. Sementara Jokowi tersenyum dan membalas sapaan warga. Sejumlah elit PDI Perjuangan ikut mendampingi Jokowi. Diantaranya Sekjen DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, Wakil Sekjen Ahmad Basarah, jurkamnas PDI Perjuangan, Sayed Muhammad Muliady dan mantan Kapolri, Jenderal (Pol) purnawirawan Dai Bachtiar . Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Sirmadji, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Eddy Rumpoko serta seluruh pengurus PDI Perjuangan di Malang Raya ikut mendampingi Jokowi. Ahmad Basarah menegaskan bahwa PDI Perjuangan harus menang dalam pemilu legislatif. Ia mengajak seluruh warga, kader dan caleg PDI Perjuangan kerja keras demi kemenangan dan perubahan yang lebih baik. Ia mengatakan, keputusan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menetapkan Jokowi sebagai capres merupakan sejarah bagi partai dan Bangsa Indonesia. Karena itu keputusan tersebut harus dikawal dan dimenangkan. Sekjen DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo mengajak seluruh kader dan warga mengawal jalannya pelaksanaan pemilu legislatif. Terutama mengawasi pencoblosan dan penghitungan suara. “Saya mohon kepada TNI dan Polri supaya harus netral seperti yang diinstruksikan Panglima TNI dan Kapolri. Jaga sampai selesai pemungutan suara di TPS,” serunya dari atas panggung. Sementara jurkamnas DPP PDI Perjuangan, Dai Bachtiar membacakan perintah harian Megawati Soekarnoputri. Diantaranya berisi dukungan untuk Jokowi, jaga dan amankan pemilu legislatif serta mengawal proses penghitungan suara di TPS. Ketua PDI Perjuangan Kota Malang, Eddy Rumpoko juga membakar semangat kader PDI Perjuangan. ER, sapaan akrab wali kota Batu itu mengatakan, warga Malang Raya harus bangga karena kampanye nasional PDI Perjuangan di Malang

Raya dihadiri oleh Jokowi. “Bangga nggak dihadiri Pak Jokowi?” tanya ER yang langsung dijawab bangga oleh puluhan ribu massa. Karena itu dia mengajak untuk yakin, komitmen dan kerja keras memenangkan PDI Perjuangan di pemilu legislatif, 9 April mendatang. Usai kampanye kemarin, Jokowi mampir di Matos. Tokoh nasional yang terkenal karena blusukannya itu tak kampanye, namun mengundang perhatian. Pengunjung mall pun ramai-ramai bersalaman dengan Jokowi. Setelah nge-mall dan melihat toko souvenir, ia langsung meninggalkan pusat perbelanjaan tersebut. Disisi lain, kampanye PDI Perjuangan kemarin juga diwarnai aksi copet. Sejumlah warga harus kehilangan dompet dan ponsel. Bahkan wartawan juga jadi korban kejahatan disaat sedang meliput. Jurnalis yang jadi korban copet diantaranya wartawan Kompas, Dahlia Irawati. Sebuah smartphone milik Dahlia yang disimpan dalam tas dicopet ditengah keramaian massa. Ponsel android dan sebuah ponsel milik jurnalis Trans TV, Abdul Malik juga dicopet. Selain itu sejumlah wartawan dari luar Malang yang meliput kampanye nasional tersebut juga jadi sasaran copet. Wakil Ketua PDI Perjuangan Kota Malang, Sri Untari berkalikali meminta untuk mengembalikan dompet milik peserta kampanye yang dihilang. Dari atas panggung, ia juga mengumumkan berbagai berita kehilangan. Mulai dari ponsel hingga dompet. Wakil Ketua PAC PDI Perjuangan Sukun, Hadi Susanto SH mengatakan, sebenarnya sudah menyusun strategi pengamanan untuk antisipasi tindak kriminal saat kampanye berlangsung. Diantaranya dengan membuat pengamanan berlapis. Namun karena banyaknya massa yang membanjiri lokasi kampanye, kata Hadi, maka pelaku kejahatan memanfaatkan situasi tersebut. Apalagi kata dia, massa tak bisa dideteksi satu persatu. “Kami mohon maaf dan prihatin. Kami juga mohon maaf kepada pengguna jalan dan warga yang merasa terganggu. Kejadian itu (aksi copet) menjadi evaluasi kami agar tidak terjadi lagi,” pungkas Hadi.(van/ary)

Satu Malam, Cetak Pelakon Ludruk Rp 150 Juta Sambungan dari Hal 1 Tak lama begitu para sinden melantunkan kidung-kidung pembuka, sejumlah pria berpakaian beskap berajut sutera warna keemasan keluar dari balik layar. Dengan logat penuh wibawa, mereka memperkenalkan diri sebagai pembesar kadipaten timur yang berafiliasi dengan pasukan Demak Bintara. Mulai dari Dipati Joyobedalem-Ngrowo, Dipati Sosrowisongko hingga Dipati Wirayuda. Namun, diantara awak rombongan, Rewang Ngampel yang pembawaannya paling luwes. Sesekali dia menuntun para ‘adipati’ di sampingnya untuk memperkenalkan diri, meski dengan tutur terbata-bata. “Jangan malu-malu kanjeng adipati, pembesar harus bersuara lantang dan jangan membelakangi rakyat,” seru Rewang Ngampel membesarkan hati rekan-rekannya, termasuk Ketua Ilunima, Bambang Asaf yang didapuk sebagai Dipati Joyobedalem. Yang disampaikan pria itu tentu bukan sekadar isi dialog yang memang harus dilafalkannya. Lebih dari itu, dia berusaha memberi isyarat kepada pemain lain untuk menaikkan volume suaranya supaya bisa terdengar jelas dan tidak membelakangi panggung. Sosok Rewang Ngampel sendiri diperankan oleh Aries Mukadi, yang tak lain adalah penulis naskah sekaligus sutradara pagelaran bertajuk ‘Warok Suromenggolo’ tersebut. Sudah menjadi kewajibannya untuk mengarahkan sejumlah pemain dalam pertunjukkan itu. Pasalnya, 26 dari sekitar 70 artis yang dilibatkan dalam pementasan tersebut belum pernah tampil di atas panggung betulan. Wajar saja, mereka hanyalah anggota Ikatan Alumni SMAN 5 Malang (Ilunima) yang sengaja menggagas pagelaran malam itu demi melestarikan seni ludruk di Kota Malang. Berangkat dari tekad itulah, Yayasan Adhi Budaya Jakarta yang dikomandani Aries Mukadi bersedia tampil dalam pagelaran yang menghabiskan dana sekitar Rp 150 juta tersebut. Tanpa banyak persiapan, hampir separo pelakon yang tampil di pementasan malam Minggu kemarin hanya berlatih satu hari sebelum perform. “Cuma dibriefing hari Jumat (28/3) saja. Diajari bagaimana menempatkan diri di atas panggung dan garis besar ceritanya. Selebihnya ya dituntun teman-teman dari Adhi

Budaya,” ungkap Sekjen Ilunima, M Fikri Syukur yang kebagian peran sebagai Dipati Mertojoyo. Kepiawaian Aries Mukadi dalam pementasan drama kolosal mulai dari ludruk, ketoprak hingga wayang orang memang tak perlu diragukan. Pria kelahiran Surabaya itu sudah aktif menggeluti seni peran, khususnya ludruk saat usianya baru 10 tahun, tahun 1957 silam. “Bahkan saat usia kandungan ibu saya sudah delapan bulan, beliau masih manggung bareng bapak saya. Jadi waktu masih di perut saja, saya sudah ikut manggung,” beber Aries menyiratkan bagaimana darah seni mengalir deras dalam tubuhnya. Besar di keluarga seniman, membuat dunia lakon tak bisa dipisahkan dari kakek 10 cucu ini. Bergabung dengan grup Darmo Carito sejak usianya masih belia, Aries muda menapaki segudang pengalaman pasca grupnya beberapa kali berganti pengelola. Mulai dari pengusaha Tionghoa, konglomerat blasteran Belanda-Jerman, hingga kembali dinakhodai tokoh asli Kota Pahlawan. “Waktu itu main ludruk seperti main sirkus. Kami show keliling ke berbagai daerah, walaupun basisnya di Surabaya,” kisahnya kepada Malang Post. Perjalanan suka duka bersama berbagai grup kesenian itulah yang akhirnya membawanya berkecimpung di layar kaca nasional, setelah program Ketoprak Humor yang diinisiasinya bersama sejumlah tokoh senior macam Timbul Srimulat booming di awal tahun 2000-an. Siapa sangka, acara bertema dagelan yang kerap mengundang pejabat dan artis ibukota sebagai bintang tamu itu selalu mendapat rating tinggi. Kala itu, Aries dkk tak punya misi muluk-muluk. “Saya cinta dunia seni, karena seni adalah hidup saya. Ketoprak humor lahir karena niatan kami untuk terus menghidupkan seni budaya Jawa di tengah arus modernisasi, namun dibalut konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Saya melihat konsep ini adalah peluang dan menemukan kesempatan, yang nyatanya disukai masyarakat,” papar suami Dien Binastuti ini. Sayang, perlahan pamor Ketoprak Humor meredup. Begitu pula pementasan wayang orang dan pagelaran ludruk semakin jarang dimainkan. Padahal, banyak diantara para

seniman yang begitu menggantungkan hidupnya dari job manggung even-even tersebut. “Ibaratnya kalau wayang kulit kan tidak butuh banyak orang. Wayangnya tidak perlu dibayar satu-satu. Beda lagi sama wayang orang, ketoprak dan ludruk. Semua pemainnya butuh makan,” tukasnya lirih. Untuk sekali pementasan ludruk dengan jumlah personil minim saja, sekitar 25-30 orang, menurut Aries butuh anggaran sedikitnya Rp 40 juta. Karena jarang sekali ada even rutin, tak heran jika banyak grup hanya perform saat ada ‘tanggapan’ alias hajatan panggilan. Karena penikmat seni tradisional sudah semakin menyusut, bisa tampil tiga bulan sekali kini dianggap luar biasa. Pria yang rambut gondrongnya sekarang sudah mulai memutih ini lantas menyembulkan sejumlah harapan agar seni budaya yang dicintainya itu tak semakin hilang arah dan lekang dimakan zaman. “Di Jepang, pertunjukan seni macam Kabuki dibuat menyatu antara pelaku seni dengan dukungan pemerintah. Di Indonesia masih kurang sekali,” selorohnya. Ayah dari Ardini Wahyu Reswari itu lantas mengilustrasikan sulitnya izin pementasan ditambah biaya sewa gedung yang mahal sebagai indikator kurangnya perhatian pemerintah dalam upaya pelestarian kesenian daerah. Hingga akhirnya muncul kesan bahwa kesenian tradisional mulai dikesampingkan karena dianggap tak lagi menguntungkan dari segi bisnis maupun popularitas. Maka dari pementasan ludruk pengembangan yang menghadirkan bintang tamu seperti Topan, Tessy, Agus Kuprit, Momon, Wa Whin Laura, didukung senimanseniman Adhi Budaya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur malam Minggu lalu, Aries berharap kecintaan masyarakat terhadap kesenian daerahnya kembali tumbuh. “Cerita ludruk itu memang mengacu legenda atau sejarah daerah. Tapi, alur dan konsep pementasannya bisa dikembangkan. Paling tidak, disesuaikan dengan kebutuhan hiburan masa kini. Tinggal pandai-pandainya mengangkat cerita saja, sehingga digandrungi anak muda,” pesan Aries lantas memberi contoh parodi Opera Van Java. (Tommy Yuda Pamungkas)

JAKARTA - Direktur Utama PT Minarak Lapindo Jaya (MLJ) Andi Darussalam Tabusala menyatakan bahwa putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal uji materi (judicial review) Pasal 9 Ayat 1 huruf (a) UU no 19 Tahun 2012 tentang APBNP 2013 bukanlah hal baru bagi perusahaan tersebut. Dia mengatakan bahwa tanpa adanya putusan itu pun, perusahaan milik Bakrie Group tersebut tetap berkomitmen untuk melunasi pembayaran ganti rugi terhadap korban yang berada di dalam Peta Area Terdampak (PAT) semburan lumpur di Sidoarjo. “Kami tetap berkomitmen untuk membayar ganti rugi kepada korban di dalam PAT. Jadi putusan MK itu tidak ada yang baru sebenarnya,” kata Andi kemarin (29/3). Andi menjelaskan bahwa hingga saat ini, pihaknya telah melunasi pembayaran ganti rugi kepada korban sebesar 83 persen atau Rp 3 triliun dari total tanggungan perusahaan tersebut, yaitu Rp 3,7 triliun. “Kami tetap melanjutkan upaya jual beli tanah warga. Kini tinggal 23 persen atau Rp 780 miliar,” ujar Andi. Kendati demikian, dia mengakui bahwa kondisi finansial di perusahaannya sedang seret di tengah proses pelunasan ganti rugi tersebut. Akibatnya berdampak pada tersendatnya proses pembayaran ganti rugi tersebut. Oleh karena itu, Andi meminta agar semua pihak untuk bersabar menunggu waktu pelunasannya. “Kita tidak pungkiri bahwa kondisi keuangan perusahaan dalam masa sulit. Tentu ini membuat masyarakat kecewa, tapi kami tetap melakukan dialog kepada kelompok masyarakat terkait hal ini,” terangnya. Namun dia enggan memberikan komentarnya lebih lanjut terkait putusan MK tersebut. “Mohon maaf kami belum punya pernyataan resmi karena amar putusan tersebut masih dikaji oleh tim hukum kami,” ucap Andi. Dikabarkan bahwa kini korban luapan lumpur telah mendiami Perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV), Sidoarjo tapi belum memegang sertifikat rumah. Diperkirakan masih terdapat 3 ribu sertifikat rumah yang harus ditanggung oleh PT MLJ. Di lain pihak,

Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) yang mewakili pemerintah dalam penanganan bencana yang berusia delapan tahun tersebut belum memberikan pernyataan resmi terkait putusan MK tersebut. Sementara itu, putusan MK tentang penggunaan APBNP untuk pembayaran semua korban Lumpur Lapindo juga disambut positif oleh warga dan panitia khusus (Pansus) Lumpur Lapindo di Sidoarjo.”Sudah seharusnya MK mengabulkan permohonan korban Lumpur,” ujar Ketua Pansus Lumpur Lapindo Emir Firdaus di Sidoarjo kemarin. Sedangkan terkait dengan jumlah ganti rugi yang harus dibayar Lapindo sesuai dengan perpres 14 tahun 2007 adalah sebesar Rp. 3.829.011.884.620 namun yang sudah dibayar baru 3.043.404.322.109 sehingga tanggungan yang masih harus dibayar oleh Lapindo sebesasr 785.607.565.711 dan jumlah tersebut berdasarkan keputusan MK kini menjadi tanggung jawab negara. “Namun itu baru total kerugian dari warga, sedangkan dari pihak pengusaha juga masih ada Rp 56 miliar, jadi total yang masih belum dibayar sekitar Rp 1,2 triliun,” lanjut Emir. Dengan adanya putusan tersebut, maka payung hukum terkait peralihan tanggung jawab ganti rugi ke pemerintah sudah jelas berlaku sehingga dalam waktu dekat ini tim pansus Lumpur beserta para korban akan berangkat ke Jakarta untuk menemui Dewan Pengarah BPLS. “Kemungkinan besar nanti usai Pilleg, kami akan bersama “ sama menemui menteri keuangan dan menteri PU yang juga ketua Dewan Pengarah,” tambah Emir. Kedatangannya nanti ditujukan untuk menyampaikan tuntutan kepada kedua menteri tersebut untuk segera membuat Perpres perubahan terkait dengan masalah pembayaran. Masih menurut Emil, bahwa masalah payung hukum inilah yang menjadi perdebatan antara pihaknya dengan dewan pengarah BPLS. “Sejak saya ketemu dulu, dewan pengarah selalu menuntut adanya payung hukum terkait pengalihan pembayaran, dengan adanya putusan MK kemarin yang juga merupakan payung hukum, semoga

7

ganti rugi dapat segera dibayarkan,” Sedangkan terkait masalah pembayaran ganti rugi yang seharusnya ditanggung oleh lapindo, Emir menegaskan bahwa hal tersebut harus tetap berlanjut. Hanya saja kali ini Lapindo membayar ganti rugi kepada pemerintah untuk mengganti APBN yang digunakan oleh pemerintah untuk membayar ganti rugi. Di lain pihak, BPLS masih belum mau memberikan komentar terkait dengan putusan MK tersebut. melalui Humasnya, Dwinanto Hesti Prasetyo mengatakan bahwa pihak BPLS tidak mendukung ataupun menolak putusan tersebut. “Namun kami siap melaksanakan segala putusan yang akan ditetapkan,” ujar Dwinanto. Saat ditanya berapa sebenarnya dana yang sudah dikucurkan Lapindo hingga saat ini.”Dwinanto mengungkapkan Lapindo diwajibkan mengucurkan total Rp 3,82 triliun untuk membeli tanah dan bangunan warga di wilayah terdampak. “Namun hingga 2012, yang sudah terbayar Rp 3,04 triliun,” ungkapnya. Rinciannya, hingga 2008 Minarak Lapindo Jaya telah membeli tanah dan bangunan warga senilai Rp 1,54 triliun. Pada 2009 jumlahnya Rp 360 miliar, dan 2010 sebesar Rp 750 miliar. Pada 2011, Minarak membayar Rp 240 miliar, sementara pada 2012 hanya Rp 150 miliar. Selanjutnya, pada 2013, perusahaan itu tak melaporkan adanya pembayaran sama sekali. Menurut Dwinanto, alasan yang tersirat dari Minarak adalah kesulitan finansial perusahaan tersebut. “Alasan itu tidak dikemukakan dengan tegas, tapi yang tersirat mengarah pada finansial perusahaan,” ucapnya. Jumlah yang dibayarkan Minarak lebih kecil dibanding yang sudah dikucurkan pemerintah. Hingga kini pemerintah telah menggelontorkan Rp 6,5 triliun untuk mengatasi bencana tersebut. Laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan biaya ekonomi yang timbul akibat bencana itu lebih besar lagi. Total biaya ekonomi sepanjang 2006-2015 -baik langsung maupun tak langsung - serta ongkos relokasi warga--diperkirakan mencapai Rp 32,9 triliun.(jpnn/ary)

Bakar Koruptor, Amankan Tahun Politik Sambungan dari Hal 1 Jelang tengah hari, ritual dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang diawali persembahan Tari Rejang. “Kirab Ogoh-ogoh di seputar Lapangan Rampal sore hari ini (kemarin, red) dimaknai sebagai upaya untuk menetralisir aura negatif yang ada di sekitar kita,” lanjut Arsana. Sebelumnya, umat Hindu juga melaksanakan upacara Melasti yang sering disebut Melis atau Mekiis bertempat di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, 28-29 Maret lalu. Upacara ini dilakukan pada pengelong 13 sasih kesanga, tepatnya traodasa kresnapaksa sasih IX dengan melakukan pensucian atau pembersihan segala alat-alat atau sarana dan prasarana persembahyangan, misalnya pratima dan pralingga. ‘’Sarana ini diusung ke tempat pembersihan seperti laut atau sumber mata air lain yang dianggap suci, sesuai dengan keadaan tempat pelaksanaan upacara. Kami pilih ke laut karena laut juga simbol tempat yang menampung segalangan. Tujuan dari upacara melasti ini adalah untuk memohon tirtha amerta sebagai air pembersih dari Hyang Widhi,” urai. Perayaan Nyepi tahun 2014 sekaligus dibarengi tema nasional, mengingat potensi gejolak yang bisa terjadi di penjuru tanah air. Ketua PHDI Jawa Timur, Ketut Sudiarta, mengingatkan pentingnya membangun harmonisasi nusantara di tahun politik ini. “2014 ini

tahun politik yang harus dijaga bersama. Dengan dharma negara, mari kita bangun harmonisasi nusantara,” bebernya. Ketut menambahkan, sudah saatnya bangsa Indonesia kembali disucikan, supaya rakyatnya tidak terjerumus dalam kenistaan. “Banyak hal yang bisa menjadi sumber malapetaka, mulai dari keinginan tak terukur, emosi tak terkendali dan keserakahan tiada habisnya,” tandasnya. Sebelum Tawur Kesanga, tiga atau dua hari sebelum Nyepi, umat Hindu lebih dulu melakukan penyucian dengan melakukan upacara Melasti. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) dalam diri manusia dan alam. Hari ini, sedianya umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian yang terdiri dari amati geni (tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga dan semedi. Sementara itu, 35 ogoh-ogoh dibakar dalam upacara Tawur Kesanga (Tawur Agung) yang diselenggarakan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji. Salah satunya berwujud koruptor. Ini dimak-

sudkan untuk menghapus semua bentuk korupsi yang terjadi di Indonesia. Ketua PHDI Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji, Suryanto mengatakan, upacara Tawur Kesanga ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang dilakukan setiap menjelang Hari Raya Nyepi. Upacara Tawur Kesanga kali ini, diikuti sekitar 1000 umat Hindu yang berdomisili di Desa Glanggang Pakisaji. “Upacara Tawur Kesanga ini untuk menetralisir dari kekuatan negatif ke kekuatan positif. Contohnya unsur kekuatan alam seperti api, air, angin dan tanah, diharapkan supaya positif. Karena kekuatan negatif api bisa menimbulkan kebakaran dan air bisa menimbulkan banjir,” ungkap Suryanto. Sedangkan ogoh-ogoh yang diarak kemudian dibakar, dikatakannya adalah sebagai lambang atau simbol keangkamurkaan yang harus dimusnahkan. “Termasuk ogoh-ogoh berwujud koruptor yang dibuat oleh pemuda. Ini dimaksudkan bahwa koruptor juga harus dibersihkan dari muka bumi,” tuturnya. Rangkaian upacara Taur Kesanga ini, diawali dengan sembahyangan di lapangan Desa Glanggang. Kemudian seluruh Ogoh-ogoh diarak keliling kampung, yang selanjutnya dibawa kembali ke lapangan untuk dibakar bersama-sama. Upacara ini perhatian ratusan warga sekitar Kecamatan Pakisaji yang datang untuk melihat langsung prosesi upacara Taur Kesanga.(tom/poy/agp/ary)

Diawali Panjatan Doa Sambungan dari Hal 1 Panjatan doa sudah menjadi acara rutin yang selalu digelar di Balaikota dengan melibatkan semua unsur agama dan aliran kepercayaan. Para kiai dan ulama akan doa bersama di masjid yang ada di Balaikota dengan menggelar istighotsah, berdoa untuk kemakmuran Kota Malang dan mendoakan pemimpinnya dan masyarakat Kota Malang. Agama yang lain pun akan berkumpul sendiri untuk memanjatkan doa sesuai dengan agamanya masing-masing.

“Kita berharap panjatan doa akan berjalan dengan khusuk, agar doa dan harapan yang kita inginkan bersama dapat terwujud untuk menjadikan Kota Malang Bermartabat,” ungkapnya. Pada tanggal 1 April besok, pagi hari akan dilakukan upacara peringatan hari jadi ke-100 Kota Malang yang diikuti Muspida, SKPD, kalangan perbankan, pelajar, mahasiswa dan lainnya di halaman Balai Kota Malang. Siang harinya, masyarakat Kota

Malang akan dihibur dengan gebyar semarak hari jadi ke-100 tahun Kota Malang dengan menggelar karnaval pembangunan. Para pelaku usaha, SKPD, perguruan tinggi dan lainnya akan menampilkan mobil hias yang akan mengikuti karnaval pembangunan satu abad Kota Malang. “Peserta karnaval akan dilepas dari Balai Kota Malang oleh walikota dan akan finish di lapangan Rampal,” tambahnya. (aim)

Nikmati Nakam Maziya Sambungan dari Hal 1 Manajemen pun tidak membiarkan Arema terpatok dengan berapa gol yang harus disarangkan ke gawang Maziya. Sebab, Ruddy ingin Gustavo Lopez dkk lebih fokus pada meningkatkan kualitas permainan serta atmosfer pertandingan keras yang ditunggutunggu oleh suporter. “Tidak penting kita bikin gol berapa. Kita juga tidak terlalu membebani pemain, dengan target cetak gol. Tapi yang paling penting adalah kenikmatan bertanding, kenikmatan atmosfer sepakbola khas Malangan yang jangan sampai hilang dari Bhumi Arema,” terang Ruddy. Setelah mencuri tiga poin di Malade-

wa, Aremania memang diprediksi memaksakan diri untuk datang ke Kanjuruhan, demi menyaksikan kiprah Cristian Gonzales dkk. Belasan ribu suporter tentu ingin menyaksikan “pembantaian” yang bakal dilakukan oleh Arema kepada Maziya. Namun, pria berkacamata ini menegaskan, Arema harus fokus pada kenikmatan bertanding, yakni kemenangan dan bonus. “Apa itu nikmatnya bertanding? Nikmatnya ya meraih kemenangan, dapat tiga poin dan terima bonus,” tandas pria yang sudah melaksanakan ibadah haji itu. Ia berharap, Victor Igbonefo dkk

tidak melepaskan kenikmatan sebuah pertandingan. Hanya dengan cara itu saja, Arema bisa bermain lepas dan tanpa beban meskipun dalam tekanan suporter tuan rumah yang menginginkan kemenangan lagi. Ruddy meminta Arema tidak meremehkan lawan sedikitpun, sehingga bisa main all out. “Harus senang dan enjoy dalam game tanggal 1 April. Kita sudah mulai kembali ke trek yang benar. Jangan biarkan emosi sesaat, canggung dan beban mental yang diberikan suporter, mempengaruhi performa tim, wajib santai tapi 100 persen serius,” tutup Ruddy.(fin/ary) REDAKTUR : BAGUS ARY WICAKSONO, LAYOUTER : MOKA


8

SENIN, 31 MARET 2014

ISNA BERLIBUR KE BATU ISNA FITRIANA, putri Dahlan Iskan (Menteri BUMN) memanfaatkan long weekend dengan berlibur ke Kota Batu. Selain menginap di Villa Gedong Agung, Jambuluwuk Resort, dia bersama teman dan kerabat mengunjungi Museum Angkut and Movie Star, Minggu (30/3) kemarin. Melihat mobil Tuxuci milik ayahnya serta koleksi-koleksi Museum Angkut adalah kegiatan selama berada di objek wisata terbaru Kota Batu itu. FOTO-FOTO: FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

ATMOKO/KUNCORO JUARAI ATMOKO CUP MINGGU (30/3) kemarin, berakhir sudah pertandingan tenis lapangan Atmoko Cup yang disponsori oleh Calon Legislatif Partai Bulan Bintang (PBB) dapil Kecamatan Blimbing nomor urut 1, Supardji Atmoko. Pertandingan yang digelar di Lapangan Tenis Indoor UB itu g menghasilkan juara, di antaranya : 1.. Ganda Putra di bawah 55 tahun: 1 Atmoko/Kuncoro 2 Ganda Putra di atas 55 tahun: 2. Ismu/Solikhan 3. Ganda Putri: Wiwid/Ny. Ismu 4. Ganda Campuran: Kuncoro/ Ny.Jurnalis FOTO-FOTO: RIZAL FANANY/MALANG POST TEKS: SINYO SUWIGNYO

SEMANGAT: Para peserta sebelum bertanding.

OPTIMISTIS: Bersama juara kedua ganda putra.

LEGA: Supardji Atmoko menutup Pertandingan Tenis Atmoko Cup.

MANTAP: Atmoko juga jadi juara ganda putra.

BANGGA: Atmoko memberi selamat kepada juara ganda putri Ny. Wiwid dan Ny. Ismu.

JEMPOL: Sebelum melakoni partai final, Atmoko (topi biru) menyempatkan kerja bakti bersama beberapa warga di Jalan Tuntang. SENANGNYA: Para finalis berfoto bersama usai pertandingan.

DOA RESTU: Supardji Atmoko (topi biru) di antara peserta pertandingan tenis. REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


RONCE NGALAM

SENIN, 31 MARET 2014

9

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

Putri Dahlan Iskan Kunjungi Tuxuci BATU – Wisatawan memenuhi obyek wisata Kota Batu seiring adanya long weekend, kemarin. Semua objek wisata penuh dengan pengunjung termasuk Museum Angkut and Movie Star, obyek wisata terbaru berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung Kota Batu. Baca Putri... Hal.10

TUXUCI: Isna Fitriana, putri Dahlan Iskan bersama rombongan di Museum Angkut and Movie Star, kemarin.

Lawan Rentenir, Rentenir, Luncurkan Kartu Lumbung Masyarakat 24 Kado HUT ke 100 Kota Malang dari Warga Tunggulwulung

Baca Lawan... Hal.10 Tukarkan bukti pembayaran pajak / bill / bon dengan kupon Jalan Sehat Sadar Pajak 2014.Dapatkan hadiahnya.

RIZAL FANANY/MALANG POST

MALANG-Sejumlah lem baga di Kelurahan Tung gulwulung memberikan ha diah istimewa untuk HUT ke 100 Kota Malang. Ha diah itu berupa program lumbung Masyarakat PAKAI KARTU : 24, me rupakan pro gram anti Warga bank titil (rentenir). Jika Tunggulwulung di Jokowi meluncurkan membeli sembako kar tu Jakarta Se hat, menggunakan kartu Lumbung Masyarakat 24, kemarin.

Senam di Rampal

Goyang Zumba Kian Hebohkan Peserta MALANG – Ribuan senamers Rampal memang ketagihan dengan gerakan-gerakan Zumba. Minggu kemarin (29/3), instruktur senam persembahan Malang Post dan Kodim 0833 bahkan sempat ‘’kewalahan’’ memenuhi request senamers untuk bergoyang Zumba seperti minggu lalu. Sejak sebelum senam mulai, beberapa senamers sudah menghampiri instruktur untuk ‘pesan’ gerakan Zumba. Akhirnya, Zumba pun mengalir memeriahkan keceriaan senam terbesar di Malang Raya. Apalagi, instruktur kesayangan senamers hari itu tidak hanya bertiga seperti biasanya yakni Sugeng Lonehab, Ellen Yuliana dan Farida Ariani.

RIZAL FANANI/ MALANG POST

SEMARAK : Senam diikuti ribuan peserta di Lapangan Rampal kemarin pagi.

Baca Goyang... Hal.10

Jadi Kado Terindah Sebelum Pensiun Iptu Edi Purwanto Terima Penghargaan dari Makota Rider POLISI bertubuh kecil ini tak dapat menahan rasa haru menerima penghargaan dari Makota Rider diserahkan Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Tatang Sulaiman,saat apel siaga Pemilu Sukses di Simpang Balapan,Sabtu lalu. Ia memang tidak menyangka bahwa mendapat penghargaan tersebut sebelum dirinya pensiun tahun depan. ‘’Saya sangat kaget. Apalagi sebelumnya sama sekali tidak mendapat pemberitahuan. Saat itu saya sebenarnya sedang bertugas di depan IBC.Dan tiba-tiba saja diberi tahu bahwa mendapat penghargaan,’’ ungkap Iptu Edi Purwanto kepada Malang Post. KBO Lantas Polres Malang Kota ini menambahkan penghargaan tersebut sangat membanggakan.Tidak saja bagi dirinya tetapi juga bagi keluarga besarnya. Mereka sangat bangga karena pengabdian selama 36 tahun sebagai Bhayangkara akhirnya berbuah manis. ‘’Karena itu, penghargaan tersebut juga kami jadikan sebagai kado yang

GUEST GESANG/MALANG POST

BANGGA: Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Tatang Sulaiman menyerahkan penghargaan kepada Iptu Edi Purwanto.

paling indah.Sebelum saya resmi purna tugas atau pensiun pada tahun depan. Saya sekarang ini sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP),’’ lanjut Edi Kancil,sapaan akrabnya. Ayah tiga anak ini mengakui sangat banyak romantika selama dirinya puluhan tahun mengabdikan diri sebagai anggota Polri. Baik ketika bertugas di jajaran

polsek maupun Polres Malang Kota seperti sekarang ini. ‘’Saya beberapa tahun lalu juga menjabat Kanit Sabhara di Polsek Klojen sebelum ditugaskan menjadi KBO Lantas Polres Malang Kota sejak dua tahun silam. Baca Jadi Kado... Hal.10

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

SENIN, 31 MARET 2014

10

Proyek Swadaya, Bukti Rock Tak Pernah Mati Ian Antono Promosikan Egon’s Project MUSISI senior asli kera Ngalam, Ian Antono mempromosikan album Egon’s Project dengan single hit-nya Kawanku. Bersamaan dengan itu, superstar dan legenda musik Indonesia ini juga mengenalkan Duo Reka Rela dalam satu project. Egon’s Project merupakan proyek musik dimotori produser, pencipta lagu, sekaligus penyanyi, Egon. Dalam album tersebut Egon berkolaborasi dengan sejumlah musisi senior Indonesia seperti Ian Antono, Achmad Albar, Oddie Agam, Addie MS, Deddy Dhu-

kun, Gugun Blues Shelter (GBS). Sejumlah musisi kawakan lainnya seperti Yaya Muktio, Eman, Bato`, Rama, dan Noldi juga turut bergabung. Menurut Egon, lagu dan musik yang disusung dalam album tersebut bergenre rock`n roll, rock, rhytem&blues, slow rock, yang dipadukan dengan sentuhan orchestra dan digarap Addie MS bersama Twilite Orchestra-nya. “Album ini merupakan proyek swadaya atau bersama yang kita garap dengan nuansa pertemanan yang erat. Harapannya bisa mengobati kerinduan pencinta musik di tanah air akan musik rock,” kata Egon saat promo album di Hotel Savana, Sabtu (29/3) malam. Dia mengakui, selama ini antara dirinya bersama Ian Antono dkk telah menjalin hubungan per temanan yang erat dan cukup la-

ma. Sehingga, sewaktu keinginan untuk membuat album bersama tercetus, tanpa menunggu waktu lama berhasil mengelarkan proyek tersebut. Album Kawanku berisi 11 lagu dimana sembilan lagu diantaranya merupakan ciptaan Egon, dua lainnya adalah lagu lama Aku Cinta Padamu ciptaan Oddie Agam dan Aku Harus Jadi Superstar ciptaan Ian Antono dan Taufik Ismail. “Dalam album ini saya menyanyikan lima lagu solo dan enam lagu berduet dengan Achmad Albar, Oddie Agam, dan Deddy Dhukun,” jelasnya. Dalam waktu bersamaan di ba wah bendera Air Production, Egon juga membuat album Duo Reka Rela yang merupakan cewek kembar dan mengusung genre rock`n roll, pop rock, dan pop country.

Duo Reka Rela mengusung title andalan Tanda Tanda Cinta dan berisi 10 lagu, delapan diantaranya merupakan ciptaan Egon, dua lagu lainnya karya Deddy Dhukun. “Semua lagu dalam album Duo Reka Rela diaransemen oleh Oddie Agam,” ujarnya. Sementara itu menurut Ian Antono, keterlibatan dalam penggarapan album tersebut karena sudah lama menjalin hubungan yang karib dengan Egon dan musisi lainnya. Kelahiran album tersebut juga merupakan sinyal jika rock never die. “Dalam beberapa waktu terakhir musik rock memang seolah tenggelam dalam industri rekaman. Namun secara off air musik rock banyak tampil dalam berbagai ruang dan panggung. Malang juga gudangnya,” tambah Ian, musisi gaek asal Ngalam ini. (stenley richardson /nug)

RIZAL FANANY/ MALANG POST

ASLI NGALAM : Ian Antono dkk mempromosikan album Egon’s Project, Sabtu malam.

Putri Dahlan Iskan Kunjungi Tuxuci Sambungan dari Halaman 9

MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

SIAGA : Mobil PMK Kota Malang selalu siap bertugas dengan cepat.

Perbanyak Latihan, Kian Percaya Diri PMK Punya Delapan Unit Damkar MALANG – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang percaya diri dalam bertugas untuk masyarakat selama 24 jam penuh. Itupun memaksimalkan keberadaan sarana dan prasarana, serta didukung penuh amunisi yang kini telah dimiliki. Mereka siap bertugas dengan secepatnya bertindak demi mengurangi ancaman resiko yang diakibatkan oleh musibah kebakaran.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, Suharto mengaku, pihaknya memiliki anggota sebanyak 30 orang di markas PMK, Jalan Bingkil Kota Malang. Dalam per harinya, dibagi dalam dua shift jadwal piket, yakni piket siang mulai 19.00 WIB hingga 07.00 WIB, dan 07.00 WIB sampai 19.00. Diakuinya, setiap regu piket diisi 7-8 orang, sisanya berada dalam jadwal libur serta di bagian perlengkapan dan adminitrasi. ’’Kami upayakan tidak lebih dari waktu 15 menit, petugas sudah sampai di lokasi terjadinya kebakaran. Kami

juga harus tetap menjaga barisan yang selalu kompak ketika menjalankan tugas,” terangnya kepada Malang Post. Ia menilai, peralatan dan perlengkapan yang dimiliki UPT PMK Kota Malang sudah memadai. Antara lain, mobil pemadam kebakaran (damkar) berjumlah delapan unit. Tak terkecuali, dua unit armada mobil damkar klasik keluaran tahun 1966-1969. Sedangkan, enam unit mobil damkar sisanya ratarata keluaran antara tahun 2005-2007. Selama ini, keberadaan damkar ini su dah cukup memenuhi kebutuhan penanganan kejadian kebakaran di wi-

layah kota Malang. ’’Dari jumlah itu, semuanya sudah mendukung kami saat bertugas, tidak sampai kekurangan, seluruh siap pakai dan terjun ke lokasi kebakaran,” aku Harto. Disisi lain, pihaknya akan terus ber usaha mengasah kembali dan menambah ketrampilan petugas PMK. Latihan dengan materi simulasi pemadaman api dan penanganan korban akan sesering mungkin digelar. ’’Setiap pekan, kami upayakan menggelar latihan, bisa sekali atau dua kali,” pungkasnya. (poy/nug)

Lawan Rentenir, Luncurkan Kartu Lumbung Masyarakat 24 Sambungan dari Halaman 9

maka di Tunggulwulung ada kartu lumbung masyarakat 24, kemarin. Program ini digeber di kawasan RT 6 RW 1, yang selama ini diserbu para rentenir. Dengan memiliki kartu tersebut, masyarakat bisa membeli sembako secara kredit bahkan gratis. Namun kartu tersebut hanya bisa digunakan di gerai lumbung masyarakat 24 saja. “Saya lihat sepintas, program ini bagus, harus dilanjutkan,” aku Wali Kota Malang Abah Anton dalam sebuah acara di Tunggulwulung, kemarin. Untuk tahap awal, di Tunggulwulung ada satu gerai yang melayani sekitar 70 kepala keluarga. Saat ini, lumbung masyarakat 24 yang sudah siap tersebar di 10 titik Termasuk Kedungkandang Mergosono gang 5, Sukun di Tanjung, Blim bing Jalan Sebuku, Klojen di Kiduldalem dan Jalan Taman Gayam

dan Lowokwaru, Tunggulwulung, Dino yo, Tata Surya dan Tlogomas, Jalan Manggar 37. “Tunggulwulung memberi hadiah HUT Kota Malang dengan mandiri dan memunculkan lumbung masyarakat 24 ini,” tegas Dicky Sulaiman Koordinator Lumbung Masyarakat 24. Menurut Dicky, melalui program itu, masyarakat Tunggulwulung bebas dari rentenir. Mereka tak perlu lagi gali lubang tutup lubang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan, dengan program itu, masyarakat bisa terasuransi melalui Bumiputera. “Inti program ini adalah masyarakat bisa membeli paket sembako, diantaranya berupa beras, gula, kopi, teh, bumbu dapur, minyak goreng, telur dan lainlain, nilai paket Rp 25 ribu,” urainya. Dari nilai tersebut, sudah termasuk

asuransi, upah packing dan upah kirim. Kartu lumbung akan dibagikan oleh Ketua RT kepada masyarakat yang berhak menerima. Mereka bisa membeli sembako secara kredit atau bahkan gratis sama sekali. “Ini agar tidak terjebak bank titil, sebab bank titil kejam sekali dalam menagih utang,” ujarnya. “Untuk percontohan di RT 6 RW 1, sembako awalnya disisi oleh lembagalembaga (KPM, forum bencana Indonesia, DPD APKLI, PWI dll) kemudian mengajak Bumi Putera dan BRI untuk memunculkan lumbung,” jelasnya lagi. Ke depan, lumbung ini bisa diambil alih dengan menggunakan dana block grant kelurahan Rp 1 miliar. Program ini sangat terukur dan bisa dipertanggungjawabkan untuk distribusi raskin juga.

“Program ini sesuai motto Bumiputera milik masyarakat, bahwa masyarakat bawah dan atas bisa memiliki asuransi, per sonal accident,” ujar Rahmad Aminuddin kepala kantor cabang Bumiputera Malang Celaket. Idawati (43 tahun) koordinator lumbung RT 6 RW 1 mengaku senang dengan program itu. Ibu tiga anak ini, merupakan salah satu warga yang terjebak rentenir. Saat harus membayar utang, selalu ada rentenir lain yang datang menawarkan pinjaman. Hidupnya gali lubang tutup lubang dan terjebak kepada 15 rentenir. “Bersedia ditempati sebagai lumbung karena di wilayah ini banyak kena bank titil, makan jadi susah, uang saku untuk sekolah juga tidak ada, warga bahkan sering sembunyi dari kejaran bank titil,” akunya.(ary)

Dari ribuan pengunjung ke Museum Angkut terdapat Isna Fitriana, putri Dahlan Iskan (menteri BUMN). Dia datang bersama rombongan dari Surabaya untuk berlibur di Kota Batu selama dua hari. Anak kedua DI (sebutan akrab Dahlan Iskan) tentu menyempatkan melihat mobil Tuxuci milik ayahnya yang sekarang menjadi salah satu koleksi Museum Angkut. Mobil yang mengalami kecelakaan di Magetan itu berada di lantai dua bangunan utama Museum Angkut. Mobil tersebut masih nampak bekas-bekas kecelakaan karena sengaja dibiarkan dalam bentuk aslinya. Mobil tersebut disumbangkan Dahlan Iskan ke Museum Angkut sebagai sarana pendidikan atau sejarah mobil energi. Itu karena Tuxuci bisa menjadi pioneer mobil listrik sebelum tercipta generasi-generasi terbaru. Isna yang datang bersama kerabat dan teman-teman dekat tidak lupa berfoto-foto di depan mobil warna merah itu. ‘’Rasanya ikut bangga mobil Tuxuci ini menjadi koleksi Museum Angkut ini. Mobil ini menjadi pioneer bagi mobil listrik setelahnya sehingga menjadi bahan pendidikan atau bagian dari sejarah,’’ ungkap Isna Fitriana sebelum meninggalkan mobil Tuxuci. ningga Mobil itu kini juga menjadi salah satu pusat perhatian Mob pengunjung Museum Angkut lainya. Rata-rata pengunjung pengun langsung tahu jika kendaraan itu merupakan mobil milik langsu Dahlan Iskan yang mengalami kecelakaan di Magetan karena proses uji coba dari Jakarta. Apalagi keberadaan foto Dahlan bersama mobil yang masih utuh sebelum kecelakaan, membuat pengunjung tidak bertanya-tanya lagi mengenai b pemilik mobil listrik itu. Sementara itu Manajer Museum Angkut and Movie Star, Titik S Ariyanto membenarkan jika pengunjung membeludak, Minggu (30/3) kemarin. Semua wahana selalu padat dengan pengunjung. Malahan, parkir yang ada juga tidak mampu menampung banyaknya kendaraan wisatawan masuk obyek wisata terbaru di Kota Batu ini. ‘’Hari ini pengunjung luar biasa. Wisatawan benar-benar memanfaatkan long weekend untuk berkunjung ke Kota Batu, termasuk Museum Angkut,’’ pungkas dia. (feb/nug)

Jadi Kado Terindah Sebelum Pensiun Sambungan dari Halaman 9

Saya bersyukur semua penugasan selama puluhan tahun tersebut selalu dapat dilaksanakan dengan baik,’’ tandasnya. Bagi Edi Kancil, ditugaskan di bagian manapun dirinya harus selalu siap dan melaksanakan semua penugasan secara maksimal. Dilandasi semangat tinggi itulah,ia tiap hari menempuh perjalanan dari Desa Sumberpucung Kabupaten Malang untuk menuju tempatnya bertugas di Kota Malang. ‘’Saya sangat berharap untuk dapat menyelesaikan seluruh pengabdian saya dengan baik.Hingga setahun lagi saya purna tugas dan benar-benar dapat menikmati hari tua bersama keluarga,’’ seru polisi asli Ngalam ini. Sebagaimana diketahui, bertepatan dengan HUT ke-3, Makota Rider memberikan penghargaan kepada sejumlah anggota TNI dan Polri serta petugas KPU di Malang Raya yang dinilai telah berprestasi. Penghargaan berturut-turut diserahkan oleh Kasdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Tatang Sulaiman dan jajaran Muspida Malang Raya,menandai apel siaga di Simpang Balapan. (nugroho)

Goyang Zumba Kian Hebohkan Peserta Sambungan dari Halaman 9

Tapi mereka juga ditemani oleh Anang Tri, instruktur tamu yang betah beberapa kali menemani senamers Rampal. Di main stage, Ellen dan Farida ditemani Anang. Sedangkan Sugeng dan Elly, salah satu senamer, memandu senamers di sisi kanan dan kiri stage. Usai 15 menit pemanasan dengan lagu ‘direject’ yang familiar di telinga, senamers melanjutkan dengan gerakan low mix yang rancak.Selain menyegarkan otak dan badan dengan senam, senamers juga berkesempatan untuk mendapat hadiah dari sejumlah caleg serta Lia Collection. “Karena momentumnya menjelang Pileg 9 April mendatang,maka pertanyaannya juga berhubungan dengan itu. Tentu bukan untuk kampanye, tapi sebagai edukasi kepada masyarakat agar mereka tidak golput,” ujar pembina Senam Rampal, H Sudarno. Saat Abah Darno, sapaan akrab Sudarno, mengajukan pertanyaan, senamers pun menjawab dengan lancar. Selain merchandise dari Lia Collection diserahkan langsung hari itu, Lia Indrawati selaku owner Lia Collection juga menjanjikan diskon khusus bagi senamers Rampal. “Tinggal bilang kalau Anda senamers Rampal, akan saya beri diskon khusus yang tidak berlaku untuk selain senamers Rampal,” janjinya, disambut berondongan pertanyaan dari senamers yang sebagian besar adalah wanita, tentang lokasi Lia Collection. Senam Rampal hari itu berakhir lebih cepat dari biasanya. Pasalnya, area lapangan akan disiapkan untuk upacara Nyepi. Pada akhir acara, mewakili senamers dan Malang Post, Sudarno mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi umat beragama Hindu. “Sebagai wujud toleransi antar umat beragama, kami doakan semoga perayaan Hari Raya Nyepi berjalan dengan lancar dan damai,” pungkas pria ramah ini. (ily/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

SENIN, 31 MARET 2014

11

Pajero Sport V6 Hadir di Malang MALANG-Terobati sudah kerinduan mereka yang menantikan kehadiran Pajero Sport V6 3.000cc. Kemarin, kendaraan tangguh keluaran pabrikan Mitsubishi ini dilaunching di Malang Town Square (Matos). Bersamaan dengan acara launching tim Sun Star Motor Malang juga mendisplay Mitsubishi Strada Triton Exceed Hi Power. Pengunjung Matos pun menyambut acara launching yang juga berabur doorpize cantik itu. Sales Manager Sun Star Motor Malang, Gariyo Slamet men-

gatakan, pihaknya memberikan diskon sangat khusus untuk Pajero Sport v6 3.000cc. “Yang membedakan Pahero varian baru ini, terutama dengan tupe Dakar, terutama adalah bahan bakar menggunakan gasoline. Bagi mereka yang fanatik dengan bahan bakar gasoline bisa mencoba Pajero v6. Selain itu, tentu kapasitas mesin Pajero v6 lebih besar,” kata Gariyo. Sekadar diketahui, Mitsubishi Pajero Sport V6 3.000cc menjadi mobil termahal di line-up SUV Pajero. Tidak hanya mengandalkan

ketangguhan kaki-kaki dan kenyamanan di kabin penumpang, mobil keluarga ini juga mengandalkan performa mesin. Pecinta SUV bertenaga bisa jadi akan melirik Pajero Sport V6 3.000cc ini. Meski spesifikasi pada umunya sama dengan tipe Dakar, ada satu yang beda yakni sistem MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control). Sistem ini menghasilkan tenaga 220 Ps pada 6.250 rpm dan torsi 28,7 kgm pada 4.000 rpm. Sementara itu, untuk kendaraan Strada Triton, Mitsubishi mem-

berikan tujuh opsi tawaran. Di antaranya, DC Exceed Hi Power A/T, DC Exceed Hi Power M/T, DC GLS M/T, DC GLS AB M/T, DC HDX M/T, Single Cab HDX M/T dan Single Cab GLX M/T. Untuk Mitsubishi Strada Triton Exceed Hi Power dilengkapi mesin DI-D 2.5 L DOHC 16 Valve dengan teknologi VGT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 178 PS pada 4.000 rpm dengan torsi maksimum 35.7 Kgm / 1800-3500 rpm untuk varian matik (M/T), dan 40.8 Kgm / 2000-2850 rpm untuk varian manual (M/T). (sin/sir/nug)

SINYO/MALANG POST

GAGAH: Pajero Sport V6 3.000CC saat dilaunching di Matos, kemarin.

TARIF KA EKONOMI

MUHAMMAD FIRMAN// MALANG POST

JALAN TERUS: Pembangunan food court Taman Trunojoyo kian dimatangkan oleh kontraktor.

Abah Optimis Lahan Food Court

TAK BERMASALAH

Tepis Indikasi Sengketa Lahan Jalan Sriwijaya Dengan PT KAI

MALANG- Walikota Malang, HM Anton, optimis proyek pembangunan food court Taman Trunojoyo di Jalan Sriwijaya, tetap akan berjalan sesuai rencana. Abah, sapaan akrabnya, yakin bahwa Dinas Pasar sudah melakukan tugasnya dengan benar tanpa menerjang batas kepemilikan lahan yang disinyalir milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Menurut orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu, pihaknya tak mungkin melampaui patokan tanah yang bukan wewenang pemerintah daerah. “Kan ada patok-patoknya. Itu tidak mungkin kita lewati. Pembangunan hanya di sepanjang lahan milik Pemkot Malang,” serunya menepis keraguan

legalitas proyek senilai hampir Rp 200 juta tersebut. Pemkot memang pantas cemas. Karena jika terbukti lahan tersebut merupakan aset milik PT KAI, maka proyek yang penggarapannya dipasrahkan pada CV Ken Arok itu terancam tak bisa dilanjutkan. Apalagi sejauh ini Pemkot sudah mengucurkan dana sampai Rp 194 juta yang sudah berupa pemugaran jalan dan pemasangan tiang beserta atap gavalum. “Kalau memang masih ada yang ganjil dengan statusnya, nanti kita luruskan bersama,” jawab Abah menanggapi kemungkinan meradangnya PT KAI. Sebelumnya, pemilik kursi N1 itu sudah menandatangani langsung surat edaran Nomor 444/2092/35.73.404/ 2013 tertanggal 13 November 2013 tentang revitalisasi Taman Trunojoyo. Termasuk di dalamnya relokasi PKL Trunojoyo ke area pujasera di sepa-

njang Jalan Sriwijaya. Harapannya, para pengunjung Taman Trunojoyo bisa langsung menikmati sajian kuliner di food court tersebut tanpa bingung memikirkan tempat makan dan minum yang representatif. Dengan dana APBD yang dipadukan kucuran dana CSR Bentoel untuk perbaikan taman, food court ini bakal digarap maksimal sehingga tak kalah dari pujasera terkenal di sejumlah kawasan Kota Malang. Sentra kuliner tersebut sedianya memanjang sampai 90 meter di sepanjang Jalan Sriwijaya yang selama ini malah lebih sering menjadi lokasi mangkal mikrolet dan tempat PKL menaruh gerobak. Dengan area selebar 6 meter, rencananya venue food court akan dibagi menjadi tiga. Yakni tempat penyajian memakan area 2 meter, 3 meter untuk tempat pengunjung dan 1 meter tempat untuk pedagang berjualan. Sebagai pelengkap,

nantinya pedagang juga disediakan saluran khusus untuk tempat cucian. Sejauh ini, tiap hari ada minimal lima tukang yang dipekerjakan di lokasi mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Selain pengerjaan langsung di tempatnya, CV Ken Arok selaku pengembang juga menerapkan sistem knock down untuk proyek food court ini. Hal ini membuktikan optimisme Pemkot Malang bahwa proyek ini sama sekali tak bermasalah. Hal ini seolah mementahkan kabar yang mencuat, bahwa sebetulnya PT KAI punya rencana khusus untuk mengembangkan lahan tersebut. Sayangnya, langkah mereka keduluan Pemkot Malang yang langsung merevitalisasi kawasan Taman Trunojoyo, termasuk mempermak Jalan Sriwijaya menjadi area kuliner bagi para pengunjung taman yang siap dilaunching bulan Mei nanti. (tom/nug)

Sambut Earth Hour

ibis Styles Malang Padamkan Lampu Satu Jam MALANG-Hotel ibis Styles Malang tak mau ketinggalan menyambut momen Earth Hour. Sabtu (29/3) malam lalu, ibis Styles Malang mematikan 80 persen lampu hotel selama satu jam penuh mulai 19.30 hingga 20.30. Bahkan pelayanan di reception pun harus menggunakan lilin. GM ibis Styles Malang, Eksi Ayuningtyas mengatakan, peringatan Earth Hour adalah salah satu partisipasi untuk menjaga kelestarian alam. “Sepertinya di Kota Malang baru kali ini terasa banget peringatan Earth Hour-nya,” ujarnya. Sebelum pemadaman daya, beberapa acara digelar di halaman hotel. Di antaranya pembacaan puisi diringi alunan music oleh Fachrina Salma Dini, band performance oleh Black Coffee Band, pameran karya daur ulang oleh SMKN 2 Malang, service bola lampu bersama Sahrul, dan tak ketinggalan penjualan makanan khas hasil bumi hasil karya chef ibis Styles Malang. “Untuk makanannya dijual

SINYO SUWIGNYO/MALANG POST

LESTARIKAN ALAM: Tamu dan kru hotel ibis Styles Malang menyalakan lilin di halaman hotel menyambut Earth Hour, Jumat (29/3) malam lalu. hanya Rp 35 ribu. 60 persen dari penjualan didonasikan untuk ATFAC yang merupakan bagian dari Program Planet 21 Accor,” kata Asst. Director of Sales ibis Styles Malang, Intan Alice. Intan menambahkan, beberapa acara lainnya dalam me-

nyambut Earth Hour adalah, 5 April mendatang menggelar penanaman 1000 pohon Maesopsis di Pacet bersama Perhutani. “Kami juga berkolaborasi dengan beberapa pihak dalam menggelar acara menyambut Earth Hour ini. Di antaranya, Komunitas Earth Hour Malang, Lanange

Jagad Fotography, Asta Karya Panca Wiguna (handycraft),” ujarnya. Sementara itu, saat pemadaman, banyak tamu ibis Styles keluar menuju halaman untuk ikut menyambut momen Earth Hour. Berbaur dengan kru hotel mereka pun menyalakan lilin

dan obor. Mereka membentuk formasi angka 60+ yang berarti satu jam penuh lampu dipadamkan. Pembentukan formasi itu diiringi pembacaan puisi berjudul Syukur oleh Fachrina Salma Dini. Suasana pun penuh khidmad apalagi pembacaan puisi diringi alunan keyboard yang terdengar sayup-sayup. Sebelum pemadaman, tamu, kru hotel dan masyarakat yang berkumpul dihibur penampilan Black Coffee Band. Uniknya dari band tersebut, suara sang vokalis nyaris seperti musisi Iwan Fals. Semua lagu yang dibawakan pun adalah milik Iwan Fals yang bercerita tentang sosial dan pesanpesan pelestarian alam. Mereka tampil selama kurang lebih satu jam sebelum sekitar 80 persen lampu hotel dipadamkan. “Kami juga ada kegiatan mengumpulkana baterei yang sudah tidak terpakai. Tamutamu juga boleh menservis bola lampu yang rusak di stand,” pungkas Intan.(sin/nug)

Mulai Besok Lebih Murah MALANG- Terhitung mulai Selasa (1/4) besok, tarif tiket kereta api (KA) ekonomi sejumlah jurusan mengalami penyesuaian. Dua diantaranya adalah KA dengan pemberangkatan dari Malang, yakni Matarmaja yang melayani jurusan Malang-Jakarta Pasar Senen dan Tawangalun untuk Malang-Banyuwangi. Untuk tiket KA Matarmaja yang dulunya sebelum bersubsidi dibanderol Rp 130 ribu, mulai besok harganya dipangkas separo sehingga tinggal menjadi Rp 65 ribu. Sedangkan KA Tawangalun kini bertarif Rp 30 ribu saja, setelah sebelumnya tiket dipatok Rp 65 ribu per lembar. “Untuk yang lewat Malang, memang dua KA ini yang harga tiketnya turun,” terang Kepala Stasiun Besar Malang, M Sofyan. Penyesuaian tarif ini dilakukan setelah kontrak Public Service Obligation (PSO) antara pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) tahun anggaran 2014 di tanda tangani 3 Maret lalu di Jakarta. Pemberlakuan tarif KA PSO (subsidi) ini berlaku untuk keberangkatan KA mulai tanggal 1 April 2014. Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sri Winarto, menambahkan, tarif KA subsidi yang berlaku mulai besok khusus untuk KA jarak jauh. Sedangkan KA lokal sudah dimulai sejak 1 Januari 2014. “Berlaku single tarif alias tarif mengacu tarif terjauh untuk semua KA yang mendapat penugasan subsidi,” bebernya kepada Malang Post. Bagi masyarakat yang sudah memesan tiket KA ekonomi jarak jauh untuk keberangkatan 1 april dan dikenai tarif non subsidi, Winarto memastikan selisih bea tarif akan dikembalikan sesudah penumpang tersebut melakukan perjalanan. “Bisa juga uang selisih diberikan di stasiun tujuan dan tiket tersebut telah mendapat verifikasi atau dicap stempel basah tarif baru oleh petugas boarding di stasiun keberangkatan,” paparnya. PSO sendiri merupakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat atas selisih tarif KA yang ditetapkan oleh PT KAI dan tarif yang ditentukan oleh pemerintah. Subsidi diberikan dengan harapan agar masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah mendapatkan layanan transportasi KA yang nyaman dengan tarif terjangkau. (tom/nug)

RIZAL FANANY//MALANG POST

TERJANGKAU: Calon penumpang KA Matarmaja dan Tawangalun di Stasiun Besar Malang bakal mendapat tiket dengan harga lebih terjangkau.

MATOS

Ingatkan Masyarakat Lebih Cintai Bumi MALANG – Malang Town Square (Matos) tidak mau kalah dan ketinggalan dalam ikut mensukseskan gerakan kampanye Earth Hours. Mall yang terletak di Jalan Veteran Kota Malang ini menandai rangkaian kegiatan bertajuk ‘Methamorphosa Ngeruwat Bumi’ dengan pemadaman lampu pada Sabtu (29/3) malam. Matos mengajak dan mengingatkan masyarakat Malang untuk lebih mencintai bumi. Manajer Marketing Comunication Malang Town Square, L Rahayu Sasmita mengaku, rangkaian kampanye ini meliputi work shop dan melukis massal dari SD Lab UM dan SD Charis Kota Malang, pertunjukkan Bina Bangsa Orchestra, Teaterikal, Akustik dan Vokal dan Magic Show Methamophorsa dan Stand Up Comedy. Sebagai pungkas kegiatan, ditandai dengan pemadaman lampu selama kurang lebih 30 menit. ’’Kami menggelarnya, karena mall sebagai salah satu ruang publik masyarakat, dengan harapan mampu memberikan edukasi pada masyarakat atau pengunjung,” terangnya. Dibalik kegiatan ini, Matos berusaha mengurangi kebutuhan listrik. Manajer Operasional Matos, Suwanto, mengatakan, Matos setiap bulannya membutuhkan tenaga mencapai 800-900 KVA, atau dengan nilai mencapai Rp 1,2 Miliar setiap bulannya. Dari total pemakaian energi listrik, 60 persennya berasal dari penggunaan mesin pendingin atau chiller. Pihaknya pun mematikan salah satu dari dua chiller, dan lampu display taman. ’’Acara terbilang sukses, animo masyarakat cukup tinggi, walaupun di waktu yang sama juga banyak kegiatan lain yang digelar. Kami lakukan pemadaman selama 30 menit, tidak sampai satu jam, karena pertimbangan juga untuk tetap memberikan kenyamanan bagi para pengunjung,” akunya, terpisah. Dikatakan Wanto, pihaknya ke depan berusaha melakukan penghematan energi. Matos akan menggunakan lampu hemat energi, dan secara berkala mengganti alat elektronik, seperti mesin pendingin atau chiller, escalator, dan lift. Hanya saja, langkah itu membutuhkan biaya yang sangat mahal, sehingga dilakukan secara bertahap. (poy/nug) REDAKTUR: SRI NUGROHO, LAYOUTER: DJ AMIEL


12

SENIN, 31 MARET 2014

SENIN, 31 MARET 2014

Kemdikbud Segera Bayar Kekurangan Jalan Sehat, Mantapkan Tunjangan Guru 2010-2013 Green and Clean Campus Milad ke-50 UMM

Smanda Cup

Penyisihan Kedua, SMP Charis di Atas Angin MALANG – Penyisihan kedua Invitasi Bola Basket SMP/MTS se-Malang Raya Smanda Cup Season 8 yang diselenggarakan oleh SMAN 2 Malang, berjalan lebih alot dari sebelumnya. Kali ini, tujuh tiket ke 8 besar diperebutkan oleh 14 tim yang bersaing sengit dalam tujuh pertandingan. Yang menarik, dua pertandingan pertama dikuasai oleh SMP Charis, baik kategori putra maupun putri. Pada pertandingan pertama, yaitu tim putri SMP Charis melawan SMPN 17 Malang, Charis unggul dengan skor 28. Jauh meninggalkan SMPN 17 Malang yang mentok di angka 6. Rupanya, poin pertama dan kedua yang disumbang oleh Laide, kapten tim SMP Charis dengan nomor punggung 15 di first quarter, menyulut semangat pemain lainnya. Berturut-turut, Marry (7) dan Naomi (6) menyusul Laide hingga tim ini meraih enam poin di first quarter. Sementara tim SMPN 17 Malang baru mencetak poin pada third dan fourth quarter, oleh Yuni (90) dan Ivana (6), kapten tim tersebut. “Dengan kemenangan ini, tim putri SMP Charis berhak atas tiket ke 8 besar yang akan dilaksanakan pada Senin, 31 Maret (hari ini),” ujar Koordinator kegiatan, Sunsya Putri, kepada Malang Post. Tak hanya tim putri, tim putra SMP Charis juga mengantongi tiket 8 besar melalui pertandingan sengit melawan SMPN 21 Malang. 12 pemain yang diteejunkan oleh SMPN 21 Malang tak sanggup menahan gempuran-gempuran Satria dan kawan-kawannya. Pada first quarter, skor SMP Charis sudah mencapai 11 poin, sementara SMPN 21 Malang mengawalinya dengan 2 poin. Meski begitu, tak dapat dipungkiri, di first quarter tersebut pertahanan SMPN 21 Malang sulit dibobol. Berkali-kali, kapten tim SMPN 21 Malang, Bagas Try, mengecoh lawannya dengan sempurna. Namun pertahanan ini semakin tipis dengan stamina Bagas yang tampak berkurang di third quarter. Akibatnya, pada third quarter SMPN 21 Malang tak memasukkan sebiji bola pun ke ring. “Meski begitu, semua mengakui teknik pertahanan SMPN 21 sangat cantik. Hanya perlu lebih kompak dan lebih kuat mental,” komentar Sunsya. (ily/nda)

RIZAL FANANI/MALANG POST

ALOT: Penyisihan kedua Invitasi Bola Basket Smanda Cup Season 8 yang memperebutkan tiket 8 Besar, berjalan panas.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan pencairan tunjangan guru untuk guru swasta sudah memasuki proses pembayaran. Pencairan itu akan disusul pencairan tunjangan untuk guru negeri, termasuk tunggakan tunjangan pada tahun 20102013. Mendikbud mengatakan, pencairan untuk guru negeri sedang menunggu landasan hukum berupa peraturan menteri keuangan (PMK). “Untuk PNS hari ini sedang dibahas PMK-nya. Semoga segera selesai,” ujar Mendikbud saat berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya, di Jakarta, pekan lalu. Dengan adanya PMK itu, katanya, dana

tunjangan guru yang sudah mengendap di pemerintah kabupaten dan kota sejak 2010 hingga 2013 bisa dicairkan kembali. Mendikbud menjelaskan, berdasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dana tunjangan guru yang mengendap di kabupaten atau kota sekitar Rp 6 triliun. Sedangkan kekurangan pembayaran tunjangan pada tahun 2010-2013 sekitar Rp 4 triliun. Dengan kondisi itu, pemerintah tidak perlu menyiapkan dana besar untuk melunasi tunggakan tunjangan guru tadi. “Ternyata pemerintah pusat tidak perlu membayar kekurangan tunjangan guru yang awalnya diperkirakan minus Rp 8 triliun.

KEMDIKBUD FOR MALANG POST

PROSES: Kemdikbud Mohammad Nuh saat menemui wartawan memastikan kekurangan tunjangan guru akan segera dibayarkan. Setelah BPKP masuk, ternyata hanya Rp 4 triliun kekurangannya, tahun 2010-2013. Dari Rp 4 triliun tadi itu, ternyata yang ngendon di kabupaten/kota ada Rp 6 triliun.

Selamatkan Anak, Ortu Wajib Proaktif Tayangan TV MALANG – Dalam satu minggu, anak usia SD menghabiskan 30 – 35 jam untuk menonton TV. Angka ini sangat fantastis jika dibandingkan dengan durasi waktu belajar mereka yang tidak sampai 1000 jam per tahun. Hal tersebut disampaikan oleh dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Drs. Nasrullah, M.Pd, dalam kegiatan seminar parenting di SDIT Ahmad Yani. Kegiatan bertema ‘Media, Tontonan atau Tuntunan?’ tersebut dilaksanakan di Masjid Ahmad Yani Sabtu (29/3) lalu. Di hadapan puluhan wali murid kelas I-V, Nasrullah membagi resep menjadi orangtua yang peduli terhadap aktivitas anak. “Orangtua harus kritis, melihat berapa lama anak di depan TV, apa saja yang mereka konsumsi dari TV, dan bagaimana efeknya setelah itu. Jangan pasrah pada pendidikan di sekolah. Pendidikan di sekolah dan rumah harus sinergis,” tutur Nasrullah. Selain itu, lanjut Nasrullah, orangtua juga harus proaktif dalam memberi umpan balik terhadap media yang dikonsumsi anak. Misalnya, menyikapi tontonan TV yang tidak layak, orangtua dapat melaporkannya kepada Lembaga Sensor Film (LSF) agar ditindak lanjuti. Selain menyelamatkan anak, sikap proaktif orangtua juga membuat produser film lain kapok untuk membuat film serupa. LAILI SALIMAH/MALANG POST “Jika kita bersikap apatis atas kon- PROAKTIF: Dalam Seminar Parenting di SDIT Ahmad Yani, orangtua diimbau untuk proaktif dalam mesumsi anak terhadap media, tidak perlu nyikapi konsumsi anak terhadap media. kaget dengan berita tentang hasil survei Komisi Perlindungan Anak pada 4500 dipengaruhi oleh media, terutama TV. orangtua siswa kelas VI juga mengikuti keg- intensif, persiapan mental dan spiritual remaja di 12 kota. Hasilnya, 97 respon- Untuk itu, pihak sekolah bekerja sama iatan sendiri, yaitu motivasi untuk mengh- mereka juga terus kami lakukan. Bulan den mengaku pernah menonton video dengan paguyuban orangtua menyeleng- adapi Ujian Sekolah (US). Dalam kegiatan lalu kami mengadakan motivasi US garakan seminar parenting tersebut, untuk itu, orangtua beserta siswa berkesempatan dengan mendatangkan tim motivator mesum,” lanjut Nasrullah. Terpisah, Waka Kesiswaan SDIT memperluas wawasan orantua tentang untuk ‘curhat’ kepada psikolog pendidikan dari YDSF dan bulan depan kami akan Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Umi mengundang Kak Rokhmat,S.Sos,” Ahmad Yani, Muhammad Syafii, S.Si, pengawasan anak. tandas Syafii seraya mengakhiri pemBersamaan dengan kegiatan yang dii- Dayati, M.Pd. M.Si, mengungkapkan, banyak keluhan “Selain jam belajar yang semakin bicaraan. (ily/sir/nda) orangtua terkait perilaku anak yang kuti oleh orangtua siswa kelas I-V tersebut,

Kwarran Pramuka Kedungkandang

Bekali 65 Pembina dan Staf Kesiswaan dalam Karang Pamitran MALANG – Geliat Gerakan Pramuka di Kota Malang semakin terangkat ke permukaan. Kali ini, giliran Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kedungkandang yang menyelenggarakan Karang Pamitran untuk sekitar 65 Pembina Pramuka dan Staf Kesiswaan. Ketua Kwarran Kedungkandang, Sapto Nurbuwono, SE, mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengoptimalkan penerapan kurikulum kepramukaan sekaligus pengenalan kurikulum kepramukaan berbasis kurikulum kepramukaan melalui ekskul pramuka. “Dalam kegiatan ini, anggota dewasa Gerakan Pramuka mendapat wawasan yang lebih luas tentang penerapan kurikulum kepramukaan. Diharapkan nantinya mereka dapat mengimbaskan pengetahuan yang didapat, kepada guru-guru lain di sekolah masing-masing,” ujar Sapto. Materi pertama pada kegiatan tersebut, adalah kajian tentang kebijakan pemerintah yang menetapkan Pramuka sebagai ekskul wajib kenegaraan di tingkat satuan pendidikan. Materi ini disampaikan oleh Sekretaris Kwarran Kedungkandang, Ari Sugiarto, SH. Dilanjutkan dengan materi kedua oleh Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Kabid Litbang) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang, Winarto, M.Pd, yang juga merupakan pelatih Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim. Saat itu, Winarto menyampaikan materi tentang pendidikan karakter bangsa melalui Pramuka. Selanjutnya materi ketiga, tentang

Artinya masih ada itu dananya,” jelasnya. Menteri Nuh mengatakan, berdasarkan hasil audit BPK itu, pemerintah kemudian

menganggarkan sekitar Rp 600 miliar untuk menutup kekurangan pembayaran tunjangan guru di 122 kabupaten dan kota. “Dan itu sudah kita alokasikan,” katanya. Ia mengatakan, keterlambatan pembayaran tunjangan guru yang kerap terjadi pada tahun 2010-2013 menyebabkan BPKP melakukan audit terhadap penyaluran dana tunjangan guru. Kemdikbud kemudian melakukan evaluasi dan perbaikan mekanisme penyaluran tunjangan guru sehingga tahun 2014 ini tunjangan guru untuk triwulan pertama sudah bisa dicairkan pada Maret 2014. ‘”Kita bongkar mekanismenya, kita betulin. Akhirnya alhamdulillah sekarang sudah lancar,” katanya. (net/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SOLID: Ketua Andalan Cabang urusan Binawasa, Abdul Halim, S.Ag, M.Ag, Kepala Pusdiklat Kwarcab Kota Malang, Dr. H.M.Shodiq Abdul Wahid, M.Pd, dan Ketua Kwarran Kedungkandang, Sapto Nurbuwono, SE. pendidikan Pramuka berbasis satuan pendidikan dan implementasi pada raport, disampaikan oleh Dra Farida Yustina, Pelatih Kwarda Jatim yang menyusun kurikulum Pramuka Nasional. Sedangkan Sapto sendiri menyampaikan materi tentang pembinaan karakter dan belanegara. “Semua materi ini diberikan agar seluruh pembina dapat mengaplikasikan kurikulum Pramuka secara komprehensif,” imbuh Sapto. Selain Karang Pamitran di Gedung Pusdik Pramuka Wisnuwardhana, kegiatan juga diiringi dengan pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD) di sisi gedung tersebut. Ketua Pusdik Gerakan Pramuka,

Kepala Pusdiklat Kwarcab Kota Malang, Dr. H.M.Shodiq Abdul Wahid, M.Pd, menjelaskan, KMD kali ini diikuti oleh 37 mahasiswa calon guru Universitas Negeri Malang (UM) dari berbagai provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama lima hari penuh, sejak 26 Maret lalu hingga Minggu (29/3) kemarin. “Materinya ialah kurikulum dari Kwartir Nasional (Kwarnas) selama 92 jam yang kami kemas dengan 90 persen praktik. Dari sini, peserta akan memperoleh ijazah dan transkrip nilai dan dapat melanjutkan di Kursus Mahir Lanjutan (KML) nantinya,” tandas Shodiq. (ily/sir/nda)

HUT ke-49 MI Al-Fattah

Banjir Prestasi, Wadahi Potensi Siswa TK MALANG – Minggu (30/3) kemarin, MI Al-Fattah genap berusia 49 tahun. Berawal dari sebuah lembaga pendidikan kecil di bawah naungan yayasan, dalam kurun waktu 49 tahun ini MI Al-Fattah telah mampu berkembang dengan demikian pesat menjadi salah satu sekolah yang mendapat kepercayaan dari masyarakat Kota Malang. Sebagai ungkapan terimakasih atas kepercayaan masyarakat, MI Al-Fattah memberi wadah bagi siswa TK se-Malang Raya untuk merayakan HUT ke-49 ini bersamasama melalui kegiatan Bahana Anak Muslim bertema Wujudkan Anak Cerdas, Kuat dan Shalih Shalihah. Sedangkan secara keseluruhan, tema HUT kali ini adalah Kedepan Menjadi yang Terbaik. “Ada lima jenis lomba dalam kegiatan Bahana Anak Muslim ini, yaitu hafalan surat-surat pendek, hafalan doa sehari-hari, membaca puisi, mewarnai, dan outbond pramuka, yang seluruhnya akan diikuti ratusan peserta dari Malang Raya,” ujar Kepala MI Al-Fattah, Abdul Halim, S.Ag, M.Ag. Halim melanjutkan, kegiatan tersebut akan dihadiri dan dibuka oleh Ibu Wali Kota Malang, Hj. Farida Suryani dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang, H. Imron, M.Ag. Yang istimewa, peserta tidak hanya memperebutkan tropi juara I, II dan III, tapi juga Piala Bergilir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang dan Piala Ketua Yayasan Pembinaan Pendidikan Islam AlFatah, khusus lomba mewarnai. Selain HUT ke-49, hari itu MI Al-

MALANG - Perayaan Milad ke-50 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dimulai. Menandai kegiatan sepanjang tahun ini, UMM memulai dengan menggelar Jalan Sehat, Minggu (30/3/14). Istimewanya lagi dalam agenda tersebut peserta diajak masuk ke Taman Rekreasi Sengkaling yang kini menjadi salah satu unit bisnis milik UMM. “Khusus dalam acara jalan sehat ini kami mengajak warga sekitar dan keluarga besar UMM masuk Sengkaling gratis, tujuannya untuk mengenalkan bahwa wahana wisata ini sudah menjadi milik kampus,” ungkap Ketua Panitia Milad, Ilyas Mashudin PhD kepada Malang Post. Taman Rekreasi Sengkaling kemarin menjadi salah satu rute jalan sehat yang wajib dilalui peserta. Ada sekitar 5000 orang yang mengikuti kegiatan dengan start finish dari Helipad UMM. Acara jalan sehat diberangkatkan langsung oleh Rektor UMM Dr Muhadjir Effendy M.AP. Jalan sehat ini terbuka untuk mahasiswa, dosen, karyawan dan keluarga, serta masyarakat umum. Ratusan doorprize menarik disediakan dengan hadiah utamanya kulkas dari sponsor. Selain itu juga diberikan beasiswa bagi mahasiswa UMM. Start dari helipad kampus III Jl Raya Tlogomas, menuju Tirto Utomo, Jetis hingga singgah di Pos I Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Setelah itu dilanjutkan ke kampus III lagi untuk menikmati musik dan konsumsi dari panitia. Dipilihnya jalan sehat sebagai pembuka acara karena UMM telah mencanangkan diri sebagai kampus bersih dan sehat dalam gerakan green and clean campus. Kegiatan ini sekaligus menandai diberlakukannya larangan merokok di kawasan kampus. Program ini menyusul gerakan bersepeda atau jalan kaki di lingkungan kampus. Jalan sehat semakin meriah dengan hiburan Reog Ponorogo. Serangkaian acara yang sudah

IST/MALANG POST

UNIK: Peserta jalan sehat UMM tampil dengan kreasi unik untuk memeriahkan Milad ke-50. disiapkan dalam perayaan Milad 50 UMM ini diantaranya adalah simposium internasional yang akan menghadirkan tokoh Mahathir Mohamad, Perdana Menteri ke-4 Malaysia dan juga Mantan Presiden BJ Habibie. Rencananya acara tersebut akan dibuka oleh Wakil Presiden Boediono.

Selain itu akan digelar pula sarasehan tokoh budaya nasional yang diharapkan bisa melahirkan pemikiran yang akan direkomendasikan untuk presiden Indonesia yang baru nanti. “Kami juga sedang menggodok nama sejumlah tokoh yang akan diberikan gelar Honoris Causa, saat ini proses izin

Dikti juga sedang diurus,” bebernya. Pemberian gelar Honoris Causa itu akan menjadi acara puncak perayaan Milad ke-50 UMM. Selain juga akan diberikan penghargaan kepada tokoh Muhammadiyah yang telah membesarkan kampus dari kecil hingga menjadi besar dan kini meraih akreditasi A. (oci/nda)

Olimpiade Ekonomi, Akuntansi dan Business English FEB Unmer

MAN 3 Malang dan SMAK Kosayu Tampil Gemilang MALANG - Sekolah-sekolah di Malang Raya menunjukkan taringnya dalam ajang Olimpiade Ekonomi, Akuntansi dan Business English yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmer Malang, Minggu (30/3/14). Dari sekitar 24 sekolah dari berbagai kota/ kabupaten, sekolah-sekolah di Malang mampu meraih juara untuk beberapa kategori lomba. Seperti di lomba Ekonomi Kategori A yang juaranya diborong MAN 3 Malang, Akuntansi Kategori A juara 1 dan 2 diborong SMAK Kolese St Yusup. “Total peserta sejumlah 102 orang berasal dari 24 sekolah. Dan dari Malang sekitar tujuh sekolah sisanya dari Pamekasan, Gresik, Surabaya, dan lainnya,” kata Ketua Panitia, Dr Syarif Hidayatullah kepada Malang Post. Lomba yang digelar dalam rangka memperingati 50 tahun Fakultas Ekonomi Unmer Malang ini memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah.

IST/MALANG POST

JUARA: Para juara Olimpiade Ekonomi, Akuntansi dan Business English FEB Unmer saat menerima piala juara, kemarin. Hadiah tidak hanya berupa uang tunai, tetapi juga voucher jutaan rupiah untuk masuk program kelas internasional di FEB Unmer Malang. Pemenang juara 1

mendapatkan voucher Rp 7,5 juta, juara 2 Rp 5 juta, juara 3 Rp 2,5 juta. Hadiah bagi pemenang lomba diserahkan langsung Dekan FEB Unmer

Malang, Dr Moh Burhan M.M. “Acara ini direspon baik oleh peserta karena itu akan kami selenggarakan secara periodik, tahun depan akan digelar lagi,” ungkapnya. Terpisah Dr Moh Burhan M.M menuturkan kegiatan olimpiade ini sekaligus merupakan upaya pengenalan nama baru FEB Unmer Malang. Seperti diketahui baru-baru ini nama FEB resmi dipakai menggantikan nama Fakultas Ekonomi. Launching nama FEB telah dilakukan pada tanggal 23 Maret 2014 bersamaan dengan kegiatan stadium general oleh CEO MNC Group Hari Tanoesoedibjo. “Pada kesempatan itu kami melakukan MoU dengan pak Hari Tanoe, dan beliau sangat baik sekali karena memberikan beasiswa kepada mahasiswa FEB Unmer,” bebernya. Tak hanya itu, raja multimedia itu juga melakukan MoU dengan Unmer Malang dan bersedia menjadi warga kehormatan Unmer Malang. (oci/nda)

SMPN 15 Malang

Langganan Juara, Ekskul Futsal Dihadiahi Stadion Mini

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BANGGA: Kepala MI Al-Fattah, Abdul Halim, S.Ag M.Ag bangga dengan pencapaian sekolah yang dipimpinnya. Fattah juga melaunching gedung ruang belajar yang diresmikan oleh Kemenag Kota Malang. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Kemenag Kota Malang, dan masyarakat atas apresiasinya kepada MI Al-Fattah yang terwujud dengan meningkatnya peserta didik, dan dipercayakannya bantuan Block Grant kepada kami,” urai alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut. Kepercayaan tersebut, lanjut Halim, tidak didapatkan dengan cuma-cuma, tapi mengiringi berbagai prestasi yang diraih oleh guru dan siswa MI Al-Fattah. Di antaranya ialah nilai A dalam dua

kali akreditasi pada jangka waktu enam tahun, pada 2008 dengan nilai 88 dan 2012 dengan nilai 94. Dari segi akademik siswa, nilai Ujian Nasional (UN) siswa MI Al-Fattah pada 2011 lalu juga menjadi nilai tertinggi di Jawa Timur, yang dilengkapi dengan prestasi-prestasi non akademik seperti piala gubernur kreasi daur ulang. Tak kalah dengan siswa, guru MI Al-Fattah juga dinobatkan sebagai guru berprestasi tingkat Jawa Timur. “Tiga guru mendapat penghargaan Satya Lencana Pancawarsa dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yaitu Siti Sulikah, Kholisoh dan saya sendiri,” tandas Halim. (ily/sir/nda)

MALANG - Meski telah lama memberikan layanan pendidikan gratis di sekolah, SMPN 15 Malang justru terus meningkatkan fasilitasnya. Baru-baru ini sekolah yang berada di kawasan Bukit Dieng ini meresmikan penggunaan stadion mini yang diberi nama Widya Mandala. Peresmiannya dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM. Kepada Malang Post Kepala SMPN 15, Drs Dasuki MM menuturkan stadion mini tersebut dibangun dengan partisipasi orang siswa dan didukung dana bantuan operasional sekolah daerah (Bosda). “Ada bantuan material dari wali murid secara sukarela dan untuk pembangunan berupa rehab kecil diambilkan dari Bosda,” ungkap Dasuki. Mantan kepala SDN Kauman 1 ini menuturkan stadion mini tersebut dibangun di atas lahan yang awalnya merupakan lahan tidur di bagian belakang sekolah. “Kami berinisiatif mengubah lahan tidur itu menjadi lapangan futsal agar bisa dimanfaatkan oleh para siswa. Apalagi ekstrakurikuler futsal di sini merupakan ekstrakukrikuler primadona para siswa,” ucapnya. Kepala sekolah yang dikenal bertangan dingin ini berhasil membuktikan bahwa sekolah pinggiran pun memiliki ikon kebanggaan. Karena perjuangan-

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

nya yang didukung guru-guru di sekolah kini semakin banyak yang berminat sekolah di salah satu SMP pinggiran di Kota Malang itu. Padahal sebelumnya warga di sekitar sekolah yang merupakan perumahan elit enggan mendaftar disana. Pria asal Madura ini menjelaskan pembangunan Stadion Mini Widya Mandala tersebut sekaligus menjadi kado bagi ekstrakurikuler futsal. Ekskul tersebut selama ini sudah mencetak banyak prestasi. Bila dikalkulasi, prestasi yang telah diraih oleh tim futsal SMPN 15 mencapai 21 yang semuanya merupakan juara I dari ajang di tingkat kota maupun provinsi. Dalam agenda peresmian Stadion Mini Widya Mandala beberapa waktu lalu juga ditandai dengan perlombaan FIFTeen Cup Champion Ship 2014 yang diikuti oleh 18 tim dari SD/MI se Malang Raya. Sementara itu, Pembina Futsal SMPN 15, Adi Hari Setiawan mengatakan bahwa prestasi yang selama ini diraih para siswa tidak terlepas dari konsistensi pembinaan. Pembinaannya yaitu meliputi dua kali latihan dalam seminggu. Selain itu juga ada regenerasi tim futsal sehingga prestasi tetap bisa dipertahankan. Sedangkan tentang kejuaraan FIFTeen Cup Champion Ship 2014 Adi

IST/MALANG POST

PEMBINAAN: SMPN 15 rajin menggelar kompetisi demi pembinaan dan regenerasi. mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan kejuaraan yang pertama digelar dan diharapkan bisa menjadi acara tahunan. “Kami berharap dengan adanya kejuaraan futsal ini bisa tumbuh bibit pemain futsal sejak usia dini di Malang Raya,” ucap Adi. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah menyatakan rasa bangganya dengan kemajuan-kemajuan

yang ditunjukkan oleh SMPN 15 Kota Malang. “Belum lama ini SMPN 15 terpilih menjadi sekolah adiwiyata, dan sekarang melaunching stadion mini. Ini jelas perkembangan yang sangat pesat, dengan ini semua meskipun berada di pinggiran mampu menunjukkan kualitas yang tidak kalah dengan sekolah di tengah kota bahkan bisa melebihi,” ucap Zubaidah. (oci/nda)

13

UJIAN NASIONAL

Pengawasan Khusus di Daerah Hitam JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai saat ini masih belum membeber daerah-daerah yang masuk kategori daerah hitam dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Tetapi mereka menyebutkan ada pengawasan khusus di daerah hitam itu. Dalam penyelenggaraan UN, daerah hitam diidentikkan untuk menyebut daerah dengan kecurangan yang besar. untuk daerah yang tingkat kecurangan UNnya tidak terlalu besar, disebut daerah abu-abu. Kemudian daerah yang kecil kasus kecurangan UNnya, disebut daerah putih. Kemendikbud memiliki cara tersendiri untuk memetakan daerah hitam itu. Caranya adalah dengan menganalisa jabawan yang salah. Dengan cara ini bisa diketahui potensi adanya contekan di ruang ujian. Semakin banyak jawaban salah yang seragam, misalnya sama-sama A, B, atau C, maka potensi adanya kecurangan kian besar. Terakhir kali Kemendikbud melansir data sekolah hitam pada UN periode 2011 lalu. Saat itu disebutkan sekitar 20 derah di Indonesia masuk kategori hitam. Diantaranya tersebar di wilayah provinsi Jawa Barat, Bali, Sulawesi Tenggara, dan Papua. Setelah masa itu, Kemendikbud benar-benar merahasiakan data daerah hitam dalam pelaksanaan UN. Mereka hanya menyampaikan itu ke jajaran petinggi pemda untuk perbaikan internal. Bagaimana dengan UN 2014 ini? Sampai saat ini Kemendikbud belum melansir daerah-daerah hitam hasil pemetaan UN 2013 lalu. Meskipun begitu Kemendikbud mengatakan menerapkan pengawasan khusus bagi daerahdaerah yang ditetapkan kategori hitam itu. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, pihaknya akan terus menelusuri daerah-daerah yang masuk kategori hitam itu. Tujuannya adalah untuk memetakan jenis pengawasan UN 2014. “Sekarang masih terus kami telusuri. Intinya akan dilakukan pengawasan secara menyeluruh,” katanya, Sabtu (29/3). “Kita akan beri perhatian lebih kepada pelaksanaan UN di daerah-daerah yang disebut hitam itu,” paparnya. Haryono mengatakan setiap tahun Kemendikbud selalu melakukan evaluasi pelaksanaan UN. Baik itu terkait teknis penyelenggaraan hingga evaluasi jawaban siswa. Haryono berharap seluruh siswa yang akan menghadapi UN untuk konsentrasi belajar. Mereka tidak boleh diintimidasi oleh kepentingan-kepentingan penguasa daerah setempat. Misalnya ditarget untuk lulus, supaya mendongkrak popularitas kepala daerah. Intimidasi ini biasanya dilakukan berjenjang. Yaitu dari kepala daerah ke kepala dinas pendidikan. Kemudian ke kepala sekolah lalu ke guru, baru kemudian ke siswa. Menurutnya instruksi menyontek dalam UN, merupakan bentuk intimidasi kepada siswa. (wan/jpnn/nda)

ITN MALANG

Tetap Optimis Hadapi Pimnas 2014 MALANG - Meski proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Dikti jumlahnya turun, ITN Malang optimis bisa meloloskan lebih banyak tim di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2014. Tahun ini hanya 33 tim yang lolos pendanaan Dikti, turun dari 2013 lalu sebanyak 47 tim. Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ITN Malang, I Wayan Mundra pihaknya akan mempersiapkan tim yang lolos pendanaan proposal lebih intensif. Sehingga target peningkatan delegasi Pimnas bisa tercapai. “Tahun lalu dari 47 tim hanya lolos dua tim ke Pimnas, tahun ini kami berharap bisa lolos 10 tim,” ungkapnya. Wayan panggilan akrab I Wayan Mundra mengakui pada tahun sebelumnya sempat ada kendala pada I Wayan Mundra mahasiswa karena dana PKM yang terlambat pencairannya. Karena mahasiswa tidak bisa segera melaksanakan program yang sudah diproyekkan sehingga saat tim monitoring dan evaluasi (monev) datang banyak yang belum siap. Untuk itu pada tahun ini ITN sudah menyiapkan dana talangan yang dipergunakan mahasiswa sebelum dana DIkti turun. Besaran dana tiap proposal yang diterima mahasiswa ITN tahun ini berkisar antara Rp 10 juta- Rp 12 juta per proposal. “Karena sudah ada dana talangan dari kampus maka mahasiswa tidak perlu bingung menunggu, kapan pun dana dari Dikti cair tidak masalah,” ungkapnya. Wayan mengakui Pimnas adalah ajang bergengsi bagi kampus-kampus di Indonesia baik negeri maupun swasta. Perguruan tinggi yang bisa meloloskan tim di Pimnas sudah bisa dikatakan menjadi PT yang bergengsi karena gradenya sama dengan perguruan tinggi lainnya. Tak heran kalau semua kampus menyiapkan diri secara maksimal dalam kompetisi tahunan itu. Target membawa pulang medali emas pun disematkan kepada tim PKM tahun ini. sehingga ITN bisa mendulang sukses seperti pada 2012 lalu. Pembinaan maksimal oleh para dosen pembimbing juga sudah dibekalkan sejak awal kepada tim mahasiswa. Selain itu untuk lebih mendekatkan antar tim dan sebagai wujud apresiasi kampus, beberapa waktu lalu ITN memberikan hadiah kepada tim PKM ini berupa jalan-jalan ke Jakarta. Mereka diajak mengunjungi dan menjadi penonton di acara Bukan 4 Mata dan Hitam Putih. “Ini adalah reward dari lembaga dan supaya mereka semakin solid, karena target kami tahun ini semua bisa berjuang maksimal sehingga ITN bisa kembali mendapatkan medali emas,” tegasnya. Beberapa karya PKM andalan ITN tahun ini diantaranya PKM Karsa Cipta berjudul Jantung Manusia Pengirim SMS Otomatis untuk Mengurangi Angka Kematian berbasis Android. Ada pula Tas Pekol atau tas penunjuk koordinat lokasi sebagai implementasi sistem pemantauan para pendaki. PKM Kewirausahaan yang jadi andalan adalah Tape Singkong Bakar Rasa Coklat dan Baju Batik Struktur Mikro sebagai Standar Material untuk Melestarikan Budaya Batik di Kalangan Mahasiswa dan beberapa judul menarik lainnya. (oci/nda)


senin, 31 Maret 2014

14

Contekan Make Up Seru untuk Anak MENGENALKAN make up untuk anak perempuan anda bukan sebuah dosa besar, make up bisa diberikan kepada anak untuk acara penting seperti acara pernikahan, ulang tahun temannya, atau untuk mengikuti lomba kontes foto. Make Up Natural Biasanya anak suka memiliki luka seperti luka bentol bekas nyamuk di wajah bisa disamarkan menggunakan bedak tabur. Tambahkan pensil alis untuk menegaskan alis mereka, dan tambahkan lip balm untuk menutrisi kulit bibir mereka. Anda bisa mengoleskan lipstik warna natural supaya terlihat lebih cantik dan fresh.

Istimewa

PANDAI: Anak perempuan jaman sekarang lebih pintar memoleskan kosmetik demi tampil lebih dewasa dari usianya.

Merias Diri Kini Bukan Sekadar Permainan MASIH ingat memori memperhatikan ibu saat ia sedang merias wajahnya? Kemudian, karena penasaran Anda pun melakukan eksperimen kecil-kecilan mencoba make-up ibu saat beliau sedang lengah? Mengasyikkan bukan? Dahulu, memulaskan perona pipi ke wajah hanya sebatas permainan bagi anak-anak perempuan meniru kebiasaan ibu saat di depan meja rias. Namun, bagi anakanak perempuan zaman sekarang, merias wajah sudah menjadi ritual wajib yang mereka lakukan setiap hari sebelum berangkat sekolah. Kenyataan yang mengerikan dan memprihatinkan ini bukan cuma isapan jempol belaka. Sebuah penelitian yang digagas oleh Escentual.com menunjukkan

bahwa sekarang kebiasaan merias wajah dengan make-up yang tebal bak perempuan dewasa sudah dimulai oleh anak perempuan semenjak usia 11 tahun! Anak-anak perempuan zaman sekarang mengikuti tren mode dan kecantikan dengan cara yang sangat impulsif. Mereka ingin berburu-buru tumbuh dan dianggap dewasa oleh lingkungan sosial. Menurut penelitian, sebanyak 38 persen responden perempuan mengatakan alasan anak perempuan merias wajah karena ingin terlihat lebih matang dari usia mereka yang sebenarnya. Melihat fenomena yang berkembang di tengah lingkungan sosial anak-anak perempuan ini, sebanyak 89 persen responden perempuan yang terlibat dalam

penelitian menyarankan agar para orangtua lebih memperhatikan pergaulan anak-anak perempuan mereka. Apabila mereka ingin coba-coba merias wajah, maka dampingilah sembari berbagi pengertian mengenai bahaya make-up pada kulit mereka yang masih dalam usia pertumbuhan. Menurut para responden perempuan, usia anak yang dirasa pantas untuk dikenalkan dengan alas bedak adalah saat mereka menginjak 14 tahun. Pada saat mereka 13,5 tahun, ibu boleh mulai mengajarkan cara mengenakan riasan mata dengan gaya natural. Kemudian, sewaktu anak mencapai usia 12 tahun, mereka dinilai sudah memerlukan lipgloss untuk menjaga kelembaban kulit bibir.

“Sejumlah ibu dan para perempuan berusia matang lainnya merasa khawatir akan perkembangan anak-anak perempuan zaman sekarang yang pesat, mereka begitu terobsesi pada tampilan fisik,” ujar Emma Leslie dari Escentual. “Bahkan lebih dari 62,6 persen responden perempuan merasa mengenalkan rias wajah pada anak di usia dini memiliki risiko yang tinggi.” Memperkenalkan anak perempuan akan perawatan tubuh dan cara merias wajah memang penting dan bisa menjadi momen ibu dan anak yang menyenangkan. Namun, bukan berarti Anda jadi memotivasi mereka untuk berkonsentrasi menjaga penampilan dibandingkan mengejar nilai yang baik di sekolah.(kps/fia)

13 Tahun, Saat Tepat Mengenal Riasan TAYANGAN televisi tentang anak putri pra-remaja yang cantik bergantian memenuhi layar kaca. Misal, tayangan Hannah Montana atau High School Musical, yang dibintangi oleh remaja-remaja remaja yang tampil cantik dengan dandanan. Tak heran, anak-anak putri penonton setia akan terpengaruh dan ingin terlihat mirip idolanya yang mengenakan makeup itu. Penata rias kenamaan, Bobbi Brown mengatakan, bahwa saat ini tekanan para remaja untuk mengenakan riasan sangat tinggi. Menurutnya, dulu, yang ingin mengenakan riasan mata smoky eyes biasanya anak-anak usia 18 tahun ke atas. Saat ini, remaja usia 15-16 tahun sudah ingin berdandan seperti itu. Brown tidak menentang anak remaja untuk menggunakan riasan, namun, seharusnya setiap perempuan sadar, bahwa dirinya cantik. Yang dibutuhkan adalah waktu untuk berlatih menemukan sisi cantik dalam diri dan menonjolkan aset kecantikan pada wajah, bukan menambal wajah dengan riasan. Menurut Brown, usia 13 tahun adalah usia yang cukup untuk remaja mau mencoba menggunakan riasan, tetapi tipis-tipis saja. Sekitar usia SMP adalah waktu yang tepat, bukan usia kelas 5 SD, menurutnya. Berikut peraturan mengenai berdandan untuk anak remaja dari Bobbi Brown: - Untuk riasan sehari-hari, jauhi foundation. Anak remaja belum butuh foundation yang menutup

seluruh kulit wajahnya. Jika diperlukan, gunakan concealer di bagian bawah mata untuk menutupi kehitaman di sekitar mata. - Jika mau kulit terlihat lebih mulus, gunakan moisturizer yang dilengkapi dengan pewarna (tinted moisturizer) yang mengandung SPF. - Untuk menutupi noda kemerahan dan noda kecokelatan pada wajah, gunakan cover stick, cari yang warnanya senada dengan kulit wajah, cukup gunakan sedikit, lalu sapukan bedak bubuk pada wajah. - Lipstik dan pipi bisa gunakan pewarna yang berbahan dasar krim. Anda bisa mencari produk semacam ini di L’Occitane. Jika terlalu tebal, cukup gunakan jari Anda untuk membuat warnanya menipis. - Maskara, jika si remaja putri sudah siap dan untuk acara spesial saja. Eyeshadow shimmer bisa digunakan untuk acara-acara spesial. - Lipgloss merah muda bisa menyempurnakan penampilan. Sebaiknya, tata rias untuk remaja untuk menghighlight kecantikannya, bukan menutupi. Bagi yang suka warna-warna terang, Bobbi menyarankan untuk bereksperimen dengan pewarna kuku saja, jangan pada makeup. Jangan lupa untuk mengajarkan anak Anda untuk selalu merawat kebersihan wajahnya agar kotoran dan makeup tidak menumpuk dan menyebabkan jerawat.(kps/fia)

Circus Princess Ulaskan bb cream/ foundation terlebih dahulu, buat pola hati di salah satu mata anak dengan menggunakan pensil alis. Setelah pola tersebut sudah jadi, isilah pola tersebut menggunakan eye gel liner berwarna hitam. Jangan lupa menambahkan pensil alis mata dan pelembab bibir supaya selalu ternutrisi. Anak anda sudah menjadi putri circus yang cantik! Water Fairy Jika anak anda memiliki warna kulit gelap eksotis seperti Rihanna, anda bisa mencoba ide make up satu ini. Ulaskan bb cream sesuai warna kulit, tambahkan eye shadow terang berwarna cyan atau sky blue di kelopak mata anak. Tambahkan blush on berwarna orange dan pakaikan dress tutu berwarna biru langit untuk melengkapi looks satu ini. Jangan lupa tongkat peri dan bando antenanya yah. Little Indian Girl Langkah makeup ini sangatlah mudah, langkah awal sama seperti tips makeup natural anak. Tambahkan coretan ala suku indian di pipi menggunakan eye shadow berwarna merah atau biru. Lengkapi looks ini dengan ikat kepala bulu burung dan gelang bohemian kepada anak anda. Korean Girl Looks ini sangat familiar dan sangat ngtrend di Indonesia sekarang ini. Pertama ulaskan bb cream,gunakan blush on berwarna peach yang manis, tambahkan lip tint agar bibir anak terlihat merah merona alami. Tambahkan pensil alis untuk mengisi alis mereka, usahakan membuat alis mereka lurus karena alis orang korea rata-rata itu lurus dan berisi. Jangan lupa kenakan baju anak ala korea yang memiliki warna ceria, bisa juga menambahkan boneka sebagai pelengkap looks anak yang fun. Pakaian anak warna permen yang ada bonekanya akan dirilis Gotcini April mendatang. Lucu ya? European Girl Anak eropa tekenal dengan bintik-bintik coklat di kulitnya, itu terlihat manis. Anda bisa merubah anak anda memiliki looks seperti mereka. Gunakan bb cream berwarna 2 tingkat lebih terang dari warna kulit anak, gunakan pensil alis atau eyeshadow untuk menggambar titik-titik coklat pada daerah pipi dan hidung anak. Jangan lupa ulaskan pelembab bibir juga. Walaupun warna rambut tidak bisa dirubah, anda bisa memberikan looks kepada anak untuk seru-seruan aja kok. (mmr/fia)

Jangan Tuntut Anak Tampil Cantik KEKHAWATIRAN terhadap fenomena anak perempuan zaman sekarang yang terlalu memperhatikan penampilan dan kecantikan membuat seorang penulis, Lisa Bloom, merilis buku yang bertajuk Think: Straight Talk for Women to Stay Smart in a Dumbed-Down World. Menurut Lisa, motivasi anak perempuan zaman sekarang untuk selalu terlihat cantik dan sempurna dikarenakan kemajuan teknologi yang memberikan akses informasi hiburan tanpa batas, baik pada media televisi, cetak, maupun online. Dalam bukunya, Lisa merilis informasi bahwa 15-18 persen anak perempuan di bawah 12 tahun telah mulai berdandan mengenakan rias wajah, seperti lipstik, eyeliner, bedak, dan maskara. Parahnya, anak-anak perempuan cepat merasa tidak percaya diri apabila tampilan

fisiknya dijadikan bahan olokan oleh keluarga dan teman. Selain itu, Lisa juga menuliskan bahwa sebanyak 25 persen anak perempuan merasa lebih bangga bila berhasil memenangi kompetisi modeling, seperti America’s Next Top Model dan kontes kecantikan lainnya. Bahkan mereka sama sekali tidak mengenal penghargaan Nobel (penghargaan yang setiap tahun diberikan kepada mereka yang telah melakukan penelitian dan berkontribusi untuk masyarakat). Melihat kondisi yang menurut Lisa meresahkan ini, ia pun menyarankan agar sebaiknya para orangtua jangan terlalu menuntut anak untuk selalu tampil cantik. Sebab, hal tersebut dapat membuat anak merasa betapa pentingnya memiliki tubuh yang langsing, wajah yang cantik, dan rambut yang indah, dibandingkan memiliki wawasan yang luas dan

otak nan cerdas. Anda tentu tidak ingin bila si kecil beranjak remaja dan menginginkan perawatan botoks, diet berlebihan, dan melakukan operasi payudara. Biarkan anak Anda berkembang sesuai usianya, ajak mereka untuk bermain di taman, membaca buku, membuat proyek seni bersama, dan hal-hal lain yang dapat membuat pengetahuannya berkembang. Lain waktu Anda sedang bersama anak atau bertemu dengan anak perempuan saudara Anda, janganlah buru-buru memuji penampilan dan kecantikan parasnya yang menggemaskan. Tanyakan kepada mereka, apa subyek pelajaran favorit di sekolah, apa buku yang sedang ia baca, dan sebagainya. Dengan begitu, pembicaraan akan berkembang sekaligus mengembangkan pola pikir dan inteligensia anak, terutama anak perempuan.(fml/fia)

Istimewa

TAK NATURAL: Pujian cantik yang terlalu sering dilontarkan orang tua dan lingkungan sekitar akan membuat anak perempuan merasa tampil cantik secara fisik menjadi tujuan utama dalam hidup. REDAKTUR: shuvia rahma, LAYOUTER: siti


KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

SENIN, 31 MARET 2014

15

LINTAS KOTA WISATA

Jalibar Tak Berfungsi,

BATU MACET TOTAL

BATU ATU - Pemkot Batu harus segera membuka embuka Jalur Lingkar Barat (Jalibar) ar) karena kemacetan lalu lintas saat liburan buran atau long weekend tetap menjadi ancaman. Sebut saja kemacetan panjang terjadi pada Minggu (30/3) kemarin. Kemacetan diprediksi masih akan berlanjut hingga Senin (31/3) hari ini karena masih suasana liburan. Pantauan Malang Post, kemacetan panjang terjadi dibeberapa ruas jalan utama antara lain, Jalan Ir Soekarno, Dewi Sartika, Patimura, Imam Bonjol, Oro-Oro Ombo, Diponegoro dan Sultan Agung. Kemacetan paling parah terlihat di Jalan Raya Oro-Oro Ombo atau sekitar Jatim Park 2. Banyaknya kendaraan yang hendak masuk objek wisata tersebut masih diperparah dengan ruas jalan kanan-kiri untuk tempat parkir. Kemacetan juga semakin parah selepas pukul 16.00 pada beberapa ruas jalan menuju Malang dan Surabaya. Kendaraan menumpuk karena pengangkut wisatawan yang baru keluar dari objek wisata itu menumpuk melalui Jalan Diponegoro, Imam Bonjol dan Soekarno. Data dari pihak kepolisian, jumlah kendaraan masuk Batu mulai Jumat (28/3) malam hingga Minggu (30/3) sekitar 3000 bus, mobil dan belasan ribu roda dua. Kendaraan tersebut didominasi bus pariwisata dan mobil pribadi,

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

MACET TOTAL: Kemacetan terjadi simpang empat Jalan Diponegoro dan Imam Bonjol, sore kemarin. serta roda dua pengangkut wisatawan. Pihak Polres Batu memberlakukan one way untuk Jalan Dewi Sartika-Imam Bonjol - dan Pattimura). ”Kami harus memberlakukan satu arah ini untuk mengurai kemacetan karena liburan panjang. Kalau tidak, kemacetan panjang tidak terurai akan terjadi di pusat kota,” ungkap Kabag Humas Polres Batu, AKP M Yantofan, kemarin. Menurutnya, pihaknya menerjunkan

petugas di setiap titik kemacetan selain memberlakukan satu arah. ”Petugas sudah diterjunkan dilapangan untuk setiap titik rawan kemacetan. Kami sudah memprediksi jika kemacetan akan terjadi long weekend sejak jauh hari. Kondisi ternyata benar seperti perkiraan,” ujarnya kepada Malang Post. Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Batu, Arif Setiawan mengungkapkan, ramainya kendaraan terjadi karena libur Sabtu-Minggu

bersamaan dengan Hari Raya Nyepi. Wisatawan memanfaatkan long weekend untuk berlibur ke Kota Batu. Arif mengaku mengaku, banyaknya kendaraan parkir kanan kiri jalan menjadi penyumbang kemacetan, seperti halnya di Orooro Ombo. Pihaknya tidak bisa berbuat banyak, karena kondisinya darurat akibat jumlah pengunjung meningkat tajam. ”Jukir tidak punya pilihan untuk tempat parkir kendaraan, sebab parkir yang tersedia tidak mampu menampung semua kendaraan yang masuk,” kata Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) ini. Dia menerangkan, jika Jalibar dapat difungsikan, kemacetan jalan protokol tidak akan terjadi lagi, atau tidak separah menjelang liburan panjang. ”Kami berharap Jalibar cepat berfungsi dan menjadi alternatif mengurai kemacetan ini. Jika kemacetan terus terjadi, hal itu akan berpengaruh terhadap wisatawan enggan datang ke Batu,’’ tegas dia. Sementara itu jalibar yang dibangun dengan anggaran Rp 12 Miliar tampak lenggang dan sepi, kemarin. Hanya beberapa petani, dan masyarakat sekitar yang melintas, serta anak-anak sekitar yang digunakan untuk berlatih berkendara. Dari pantauan Malang Post, tidak ada kendaraan wisata atau bus yang melintas. (mik/feb)

MISKI/MALANG POST

CALEG BONEKA: Peserta aksi mengajak masyarakat tidak memilih caleg boneka di Alun-alun Kota Batu, kemarin.

Jangan Pilih Caleg Boneka orruption Watch BATU - Malang Corruption u masyarakat tidak (MCW) menghimbau a. Pasalnya, calegmemilih caleg boneka. m Pileg 9 April ini caleg yang maju dalam ini, mayoritas dari mereka hanya orang pesuruh dan tangan kanan elit politic penuh kepentingan, baik golongan pengusaha, birokrat sampai masyarakat tertentu. Selain itu, caleg boneka ketika berada di depan masyarakat tampil berlagak baik, tetapi setelah jadi anggota DPRD mereka justru lupa dengan janjinya.”Janji yang disampaikan mereka hanyalah omong belaka. Mereka sebelum maju sudah memiliki agenda tertentu, yakni seperti mengamankan kebijakan serta proyek besar,” kata Kordinator aksi MCW, Fiqih Tri Hidayatullah disela-sla aksi, Minggu (30/3) kemarin. Aksi dilakukan di Alun-alun Kota

Batu ini, mereka mengajak masyarakat Batu menolak adanya money politic. Sebab, money politic merupakan pelajaran tidak etis yang ditunjukkan oleh para caleg, dan tidak mendidik terhadap masyarakat. Modusnya, setiap caleg ada yang bagi-bagi beras atau sembako, kerudung, sarung dan fresh money. Fresh money yang dilakukan caleg di Kota Batu bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp100 ribu. Namun, kata dia, fresh money ini tidak diberikan sebelum pencoblosan, melainkan setelah pencoblosan.”Saat ini yang lagi trend pemberian fresh money dilakukan pasca pencoblosan oleh tim sukses, selain itu bagi-bagi sembako dan bentuk barang lainnya mayoritas dilakukan caleg di Batu,”terangnya kepada Malang Post.

Aksi yang diikuti sekitar 20 orang ini, kata dia peserta keliling Alun-alun dan membagi-bagikan brosur himbauan tolak money politic dan melakukan demokrasi bersih. Ada juga teatrikal sekitar lima menit. Meski sinar matahari menyengat, peserta aksi tetap bersemangat melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Fiqih juga mengaku kecewa dengan penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Panwaslu. Pasalnya, banyaknya transaksi money politic di Batu seakan dibiarkan saja. Hanya saja, banyak masyarakat yang tidak berani melaporkan adanya money politic ini, karena tidak ada perlindungan saksi bagi masyarakat.”Masyarakat takut melapor ke KPU maupun Panwaslu, karena dalam Pemilu tidak ada jaminan perlindungan saksi,’’ akunya dengan nada tegas.

Menurutnya di Batu belum ditemukan adanya caleg yang memberangkatkan masyarakat ziarah wali. Sementara di Malang sudah ada beberapa caleg yang terindikasi melakukan pengerahan massa dengan ziarah. Lebih lanjut Fiqih menjelaskan, bahwa aksi yang digelar oleh MCW ini untuk memberikan pendidikan demokrasi yang cerdas dan baik kepada msyarakat. Selain itu, masyarakat diajak untuk mengenal lebih para caleg dan berani melaporkan jika ada pelanggaran. ”Kami buka posko pengaduan dalam Pemilu kali ini, silahkan masyarakat melapor kepada kami. Nantinya kami akan dampingi untuk melaporkan pelanggaran tersebut kepada penyelenggara, baik dari dukungan hukum maupun sosial kami support,” jelasnya. (mik/feb)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

MERIAH: Kegiatan Car Free Day selalu meriah setiap Minggu pagi di Alun-alun Kota Batu

Lomba Senam KWB Segera Digelar BATU - Kegiatan Car Free Day semakin semarak di AlunAlun Kota Batu, Minggu (30/3) kemarin. Kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu bersama Malang Post ini mulai mempersiapkan lomba senam KWB yang akan dilaksanakan pertengahan April nanti. Senam KWB merupakan yang diproyeksikan menjadi ciri khas Kota Batu. Senam tersebut memiliki durasi sekitar 30 menit, terdiri dari pemanasan inti dan pendinginan. Irama lagulagu kas Kota Batu hingga beberapa daerah lain mengiringi gerakan senam yang menjadikan senam tersebut lebih bernuansa Batu. ‘’Nanti senam KWB tersebut akan dilombakan. Peserta bisa mengikuti lomba secara beregu, sehingga mereka harus mahir melakukan gerakan mulai saat ini,’’ ungkap Mistin, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Seperti biasa, senam itu diawali dengan trio instruktur yang mengajak ribuan warga Kota Batu dan wisatawan melakukan senam aerobic selama hampir dua jam, kemarin. Iringan musik dengan lagu-lagu dangdut terbaru, seperti Goyang Titik Joss, Kereta Malam, Pokoke Joget dan Oplosan menjadikan gerakan senam semakin asyik. Usai aerobic itulah senam KWB terus diperkenalkan sehingga semakin familier. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan membaca koran Malang Post bersama. Itu karena ada sekitar 500 eksemplar koran yang beredar di arena kegiatan start pukul 06.00 tersebut. Menurut Mistin, pihaknya getol memperkenalkan gerakan senam KWB karena akan dibawa ke dalam peringatan HUT RI, 17 Agustus nanti. Perkenalan dialkukan setiap hari minggu atau lomba. Lomba itu untuk melihat seberapa jauh kemampuan peserta. Lomba akan memperebutkan hadiah dari Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko. Dia berharap ribuan penggemar senam itu bisa mahir senam KWB. Dengan begitu, mereka akan mahir dalam mengikuti lomba maupun senam dalam perayaan HUT 17 Agustus nanti.(feb)

Tewas di Sungai Usai Kunjungi Calon Istri PUJON - Mayat laki-laki yang diketahui bernama Jarot Iswanto, 22 tahun warga Dusun Torong Desa Ngabab Kecamatan Pujon ditemukan tewas mengapung di sungai Konto, Minggu (30/3) pagi kemarin. Penemuan mayat itu tentu langsung menggemparkan warga di sungai. Keterangan yang dihimpun menyebutkan, Jarot ditemukan tidak jauh dari lokasi jalan longsor Desa Kedungrejo, sekitar pukul 05.45 oleh warga. Warga mengabarkan penemuan itu kepada Polsek Pujon. Petugas Polsek Pujonpun langsung melakukan olah TKP di lokasi penemuan mayat. Kapolsek Pujon, AKP Pujiono membenarkan adanya kejadian itu. Menurutnya, pihaknya pih langsung membawa jenazah korban ke RS Hasta Brata Kota Ko Batu dan dilanjutkan ke kamar mayat RSSA Malang. ”Awalnya belum diketahui identitasnya, namun ada salah satu warga mengak mengaku mengenal tubuh laki-laki tersebut, identitas diketahui. Dia bernama Jarot Iswanto,” kata Puji. kemudian diketahu Dia menuturkan, menuturka korban bertandang ke rumah calon istrinya Sabtu (29/3) (29 malam sekitar pukul 21.00. Sewaktu pulang dari rumah Nindi, 19 tahun (calon istri) di Desa Kedungrejo Kecamatan Pujon, dia bersama enam orang teman mengendarai sepeda motor. Selang 30 menit perjalanan pulang ke rumah untuk menghadiri acara bantengan. Apakah ada indikasi pembunuhan dilatarbelakangi asmara, pria yang dilantik tujuh bulan sebagai Kapolsek Pujon ini menepisnya. Dalam pemeriksaan saksi-saksi, tidak ada indikasi mengarah ke sana, Saat ini pihaknya sedang menunggu hasil otopsi dari RSSA Malang. ”Kami belum mengetahui secara pasti penyebab kematian. Ada tanda-tanda muka lebam, perut agak memar,”jelasnya. Dia menjelaskan, motor yang dikendarai korban berhasil ditemukan oleh tim SAR dan petugas kepolisian, kemari. Petugas kepolisian dan SAR saat itu langsung menyiri Sungai Konto.”Kendaraan sudah ditemukan siang tadi (Minggu,Red). Kini kendaraan diamankan di Mapolsek,” pungkas Puji kepada Malang Post.(mik/feb)

Ma’arif Siap Berikan Pendidikan Berkualitas BATU – Pengurus LP Ma’arif NU dan perwakilan sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang merapatkan barisan di Hotel Aster Kota Batu, Minggu (30/3) kemarin. Mereka berkumpul demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas terutama bagi sekolah di bawah LP Ma’arif Kabupaten Malang. “LP Ma’arif tidak hanya mengatur tentang ujian, tetapi juga ikut merancang manajemen pembinaan siswa dan membangun jaringan kerjasama dengan pihak ketiga dalam memajukan kualitas pendidikan skala nasional. Kami membahas semua itu dalam rapat kerja (raker) kali ini,” ungkap Ketua Panitia Raker Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Malang, Noor Shodiq Askandar di Hotel Aster, Kota Batu, kemarin. Menurutnya, mereka membahas program jangka pendek, yakni menyelenggarakan Pekan Prestasi Ma’arif (PPM). Rencananya, PPM akan digelar Mei mendatang. Sebelum raker itu sudah ada pra raker yang dikemas dengan Seminar Pendidikan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, raker seperti itu sudah lama tidak dilakukan. Raker kali ini mengambil tema Memajukan Pendidikan dari NU Untuk Umat, berlangsung selama dua hari, Sabtu (29/3) hingga Minggu (30/3). ”Raker ini harus menjadi awal kebangkitan LP Ma’arif Kabupaten Malang. Impian semua pihak adalah berangkat dari kekuatan Ma’arif, akan memajukan pendidikan Indonesia,” terang Dekan Fakultas Ekonomi UNISMA ini. Selain itu, raker bertujuan mengevaluasi kerja yang telah dijalankan serta membuat penguatan-penguatan kerja ke depan. Saat ini, ada sekitar 649 lembaga pendidikan mulai MI/SD hingga MA/SMA di bawah naungan LP Ma’arif Kabupaten Malang. Setiap perwakilan sekolah dikumpulkan untuk melakukan gerakan Ma’arif bersatu. Ma’arif memiliki potensi besar dalam memajukan pendidikan di Indonesia. ‘’Jika tidak bersatu, sekalipun lembaganya banyak, kualitas akan dipandang sebelah mata. Apalagi jika konsep pendidikannya tidak sama dengan lainya,”kata Ketua PC LP Ma’arif Kabupaten Malang, Mohammad

Hanif disela-sela acara penutupan Raker. Dia menyebut, ada tiga hal yang menjadi pembahasan penting dalam Raker ini. Pertama, tentang kelembagaan, yakni melancarkan materi Aswaja di setiap sekolah. Setiap siswa harus mengikuti ujian Ma’arif NU, serta kegiatan yang dilaksanakan Ma’arif harus diikuti oleh semua lembaga di bawah naungan LP Ma’arif. Kedua, dari aspek materi Aswaja, nantinya akan lebih ditajamkan dan evaluasi tentang materi. Misalnya ada buku pedoman ajar bagi lembaga MI/SD hingga MA/SMA. “Ketiga, peningkatan pembinaan Madrasah dan sekolah, terutama dalam peningkatan delapan standar pendidikan Nasional,” sebut pria yang juga Dosen FAI UNISMA ini. Jika tiga hal ini dilakukan secara baik oleh komponen lembaga, pasti lembaga di bawah naungan LP Ma’arif bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sebab LP Ma’arif adalah ujung organisasi, sehingga wajib hukumnya ikut campur tangan dalam melakukan perbaikan kualitas pendidikan Acara yang dihadiri oleh perwakilan setiap

MISKI/MALANG POST

BERSAMA: Pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang bersama perwakilan sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU. sekolah, pengurus Ma’arif tingkat Kecamatan ini resmi ditutup sekitar pukul 10.00 oleh Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang,

Mohammad Hanif. Penutupan juga dilakukan proses serta pemberian sertifikat Ketua LP PC Ma’arif kepada peserta. (mik/feb) REDAKTUR: FEBRI SETIAWAN, LAYOUTER: DJ AMIEL


16

SENIN, 31 MARET 2014

Perangi Bank Titil, Tunggulwulung Luncurkan Kartu Pintar

Lumbung Masyarakat 24, Dapat Sembako dan Asuransi TUNGGULWULUNG meluncurkan kartu lumbung masyarakat 24, yang juga didukung Wali Kota Malang Abah Anton, kemarin. Saat ini, lumbung masyarakat 24 yang sudah siap tersebar di 10 titik. Termasuk Kedungkandang 



FOTO : RIZAL FANANY/MALANG POST

Mergosono gang 5, Sukun di Tanjung, Blimbing Jalan Sebuku, Klojen di Kiduldalem dan Jalan Taman Gayam dan Lowokwaru, Tunggulwulung, Dinoyo, Tata Surya dan Tlogomas, Jalan Manggar 37. TEKS : BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST

PERCONTOHAN: Kawasan RT 6 RW 1 Tunggulwulung menjadi percontohan lumbung masyarakat 24.

SAKTI: Dicky Sulaiman Koordinator Lumbung Masyarakat 24 bersama Rachmad Aminudin Kepala Cabang Bumiputera Malang Celaket menunjukkan “kartu sakti” yang diberikan kepada warga yang kurang mampu.

PENGGUNAAN: Dicky sulaiman memberikan tata cara penggunaan kartu lumbung masyarakat kepada warga.

MENDUKUNG : Wali Kota Malang Abah Anton bersama Koordinator dan pengurus Lumbung Masyarakat 24.

SIMBOLIS : Rachmad Aminudin Kepala Cabang Bumiputera Malang Celaket memberikan secara simbolis kartu lumbung masyarakat kepada warga.

PAKET : Ketua DPD APKLI Kota Malang, Didien menunjukkan paket sembako yang akan diterima warga yang memiliki kartu lumbung.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

KARTU: Salah satu warga Tunggulwulung menunjukkan kartu lumbung masyarakat.

TERDAFTAR: Dicky sulaiman koordinator lumbung masyarakat 24 memberikan secara langsung kartu lumbung kepada warga yang sudah terdaftar.

Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Malang siap memajukan pendidikan Indonesia. Kini, ada sekitar 649 lembaga semua jenjang pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Selain itu, dalam waktu dekat, LP Ma’arif NU bakal menggelar Pekan Prestasi Ma’arif (PPM).

Ikut Andil Majukan Pendidikan Indonesia



AKRAB: Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Mohammad Hanif, bersama Ketua Panitia Rapat Kerja, Noor Shodiq Askandar disela-sela acara penutupan.



SOLID: Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Mohammad Hanif, Ketua Panitia Raker, Noor Shodiq Askandar (tengah), tampak solid bersama perwakilan setiap sekolah.

RAPAT PLENO: Pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang memimpin jalannya Rapat Pleno, sebelum acara penutupan berlangsung.

ANTUSIAS: Para peserta perwakilan dari setiap sekolah di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang antusias mengikuti serangkaian acara Rapat Kerja di Hotel Aster, sejak Sabtu (29/3) hingga Minggu (30/3) kemarin.

SAMBUTAN: Ketua Panitia Noor Shodiq Askandar menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Rapat Kerja (Raker) PC. LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

NAHKODA: Di bawah kepemimpinannya PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Mohammad Hanif, diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan pendidikan Indonesia, melalui Lembaga Pendidikan Ma’arif NU.

ISHOMA: Para peserta menikmati hidangan makanan di sela-sela istirahat dalam acara Rapat Kerja PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

TUTUP DENGAN DOA: Salah satu pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang saat memimpin doa bersama dalam acara penutupan Rapat Kerja di Hotel Aster Kota Batu.

SIMBOLIS: Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Mohammad Hanif bersalaman usai memberikan buku panduan secara simbolis.


16

SENIN, 31 MARET 2014

Perangi Bank Titil, Tunggulwulung Luncurkan Kartu Pintar

Lumbung Masyarakat 24, Dapat Sembako dan Asuransi TUNGGULWULUNG meluncurkan kartu lumbung masyarakat 24, yang juga didukung Wali Kota Malang Abah Anton, kemarin. Saat ini, lumbung masyarakat 24 yang sudah siap tersebar di 10 titik. Termasuk Kedungkandang 



FOTO : RIZAL FANANY/MALANG POST

Mergosono gang 5, Sukun di Tanjung, Blimbing Jalan Sebuku, Klojen di Kiduldalem dan Jalan Taman Gayam dan Lowokwaru, Tunggulwulung, Dinoyo, Tata Surya dan Tlogomas, Jalan Manggar 37. TEKS : BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST

PERCONTOHAN: Kawasan RT 6 RW 1 Tunggulwulung menjadi percontohan lumbung masyarakat 24.

SAKTI: Dicky Sulaiman Koordinator Lumbung Masyarakat 24 bersama Rachmad Aminudin Kepala Cabang Bumiputera Malang Celaket menunjukkan “kartu sakti” yang diberikan kepada warga yang kurang mampu.

PENGGUNAAN: Dicky sulaiman memberikan tata cara penggunaan kartu lumbung masyarakat kepada warga.

MENDUKUNG : Wali Kota Malang Abah Anton bersama Koordinator dan pengurus Lumbung Masyarakat 24.

SIMBOLIS : Rachmad Aminudin Kepala Cabang Bumiputera Malang Celaket memberikan secara simbolis kartu lumbung masyarakat kepada warga.

PAKET : Ketua DPD APKLI Kota Malang, Didien menunjukkan paket sembako yang akan diterima warga yang memiliki kartu lumbung.

LP Ma’arif NU Kabupaten Malang

KARTU: Salah satu warga Tunggulwulung menunjukkan kartu lumbung masyarakat.

TERDAFTAR: Dicky sulaiman koordinator lumbung masyarakat 24 memberikan secara langsung kartu lumbung kepada warga yang sudah terdaftar.

Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Malang siap memajukan pendidikan Indonesia. Kini, ada sekitar 649 lembaga semua jenjang pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Malang. Selain itu, dalam waktu dekat, LP Ma’arif NU bakal menggelar Pekan Prestasi Ma’arif (PPM).

Ikut Andil Majukan Pendidikan Indonesia

FOTO-FOTO DAN TEKS: MISKI/ADV/MALANG POST



AKRAB: Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Mohammad Hanif, bersama Ketua Panitia Rapat Kerja, Noor Shodiq Askandar disela-sela acara penutupan.



SOLID: Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Mohammad Hanif, Ketua Panitia Raker, Noor Shodiq Askandar (tengah), tampak solid bersama perwakilan setiap sekolah.

RAPAT PLENO: Pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang memimpin jalannya Rapat Pleno, sebelum acara penutupan berlangsung.

ANTUSIAS: Para peserta perwakilan dari setiap sekolah di bawah naungan PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang antusias mengikuti serangkaian acara Rapat Kerja di Hotel Aster, sejak Sabtu (29/3) hingga Minggu (30/3) kemarin.

SAMBUTAN: Ketua Panitia Noor Shodiq Askandar menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Rapat Kerja (Raker) PC. LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

NAHKODA: Di bawah kepemimpinannya PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang, Mohammad Hanif, diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan pendidikan Indonesia, melalui Lembaga Pendidikan Ma’arif NU.

ISHOMA: Para peserta menikmati hidangan makanan di sela-sela istirahat dalam acara Rapat Kerja PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang.

TUTUP DENGAN DOA: Salah satu pengurus PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang saat memimpin doa bersama dalam acara penutupan Rapat Kerja di Hotel Aster Kota Batu.

SIMBOLIS: Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Malang Mohammad Hanif bersalaman usai memberikan buku panduan secara simbolis.


SENIN, 31 MARET 2014

17

HUMAS PEMKAB MALANG FOR MALANG POST

EKSOTIS : Pantai Balekambang yang eksotis dipamerkan dalam ajang Internasional Tourism Bourse (ITB) di Berlin, awal bulan Maret lalu.

PRESTASI membanggakan datang dari dunia pariwisata di Kabupaten Malang. Melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), ditunjuk mewakili Indonesia dalam pameran pariwisata bertajuk Internasional Tourism Bourse (ITB) di Berlin, Jerman, pada 8-9 Maret lalu. Dalam ajang bergengsi tersebut, DKP memamerkan eksotisme pantai selatan. Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menunjuk delapan daerah masing-masing mewakili satu pulau untuk mengikuti ajang tersebut. “Kabupaten Malang ditunjuk untuk mewakili pulau Jawa melalui keindahan wisata pantainya,” ujar Kepala DKP Kabupaten Malang Ir Wahyu Hidayat MM kepada Malang Post. Pada pameran internasional tersebut, DKP bersinergi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibudpar). Menurut Wahyu, kesempatan serta pengalamaan itu sangat

HUMAS PEMKAB MALANG FOR MALANG POST

PETIK LAUT : Bupati Malang H Rendra Kresna saat meninjau Pantai Sendang Biru dalam kesempatan petik laut beberapa waktu lalu.

Jaga Pantai, Pulihkan Ekosistem ILMU yang didapat Pemkab Malang melalui pameran Internasional Tourism Bourse (ITB) di Berlin, Jerman bakal diimplementasikan untuk memajukan wisata pantai Malang Selatan. Diantaranya memoles sejumlah pantai di Kabupaten Malang dan pemulihan ekosistem kelautan. Untuk mempertahankan pantai selatan yang dikenal eksotis. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang, juga berkomitmen serta konsisten melakukanya. Terjaganya keindahan maupun ekosisitem laut, maka diyakini akan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Lantaran wisatawan datang, ingin menikmati keelok-

an pantai selatan Kabupaten Malang. Kepala DKP Kabupaten Malang Ir Wahyu Hidayat mengatakan, pengembangan obyek wisata pantai dan kelautan juga menjadi tugas dinasnya. “Tentunya kami juga bersinergi dengan instansi lain, dalam hal ini Disbudpar dan PD Jasa Yasa. Termasuk instansi swasta maupun kelompok masyarakat,” ujarnya kepada Malang Post. Dijelaskan bukti nyata pemulihan ekosistem yang dilakukan pihaknya yakni pelepasan tukik dan penanaman 1000 coral bersama Malang Post. Menurutnya, pemulihan ekosistem konsisten akan terus dilakukan oleh pihaknya. Selain itu, him-

DKP KABUPATEN MALANG FOR MALANG POST

FOTO BERSAMA : Kepala DKP Kabupaten Malang Ir Wahyu Hidayat, berfoto bersama Konsultan Airways Travel Yanthi Sjoekoer dalam pameran ITB Berlin Jerman dan Kadisbudpar Kabupaten Malang.

bauan untuk menjaga ekosistem laut juga terus didengungkan DKP. “Kami tentunya melarang keras mencari ikan dengan cara terlarang, seperti menggunakan bom ikan dan racun potas. Hal itu nantinya akan merusak ekosistem laut. Bila ekosistem laut rusak, juga tidak akan menarik wistawanan untunk berkunjung,” terang mantan camat Tajinan itu. Selain pemulihan ekosistem, pihaknya juga menyulap lingkungan sekitar pantai lebih bagus. Diantaranya melengkapi dengan pelabuhan ikan dan menambah fasilitas wisata. Namun, DKP lebih mengutamakan pemulihan ekosistem. Pemulihan ekosistem maupun pemolesan tempat wisata dilakukan dalam kunjungannya ke Jerman untuk mengikuti pameran ITB tersebut. “Yang membedakan hanya sistem kepengelolaan tempat pariwisata yang lebih profesional,” terangnya. Manajemen profesional lanjut dia, tidak lepas dari SDM yang berkualitas. Untuk itu, pihaknya juga memberikan bimbingan teknik kepada kelompok masyarakat maupun nelayan, agar kualitasnya semakin meningkat. “Sehingga mereka menjadi berkompeten dalam bidangnya. Mereka juga nantinya diharapkan bisa mengelola tempat wisata dan laut dengan baik,” tuturnya. Sehingga dengan begitu diharapkan, akan banyak wisatawan yang mengunjugi pantai selatan Kabupaten Malang. Kemudian berimbas dengan kemandirian pariwisata serta kelautan dan perikanan, yang sesusai dengan visi misi Bupati Malang H Rendra KResna yakni Madep Manteb. (big/aim)

penting bagi perkembangan industri pariwisata khusunya wisata pantai. Selain itu, menjadi pengalaman berharga dalam mengelola parwisata secara profesional. “Dalam ajang tersebut, kami tidak hanya melakukan pameran. Melainkan juga cara belajar dari negara lain, bagaimana mengelola pariwisata secara profesional,” terangnya. Selain itu, pihaknya berkesempatan melakukan studi banding salah satu obyek wisata terkenal di Jerman, yakni Sungai Main di Kota Frankfrut. Sungai Main adalah sungai terpanjang kedua di Jerman. Sungai tersebut selain dijadikan obyek wisata, juga biasanya dilalui kapal-kapal besar pengangkut barang dari pedalaman Jerman hingga pelabuhan di Rotterdam. “Tentunya, kami belajar dari sisi pengelolaan wisata di sungai tersebut,” imbuhnya. Pengelolaan pariwisata yang dapat diambil yakni, keprofesionalan Pemerintah

Kota Frankfrut. “Pemerintah Kota Frankfrut memaksimalkan potensi yang dimiliki. Selain itu, pemerintah setempat juga bersinergi dengan instansi swasta lainnya dalam hal pengelolaanya,” terang mantan kepala Kantor Perumahan Kabupaten Malang ini. Menurutnya, kepengelolaan tersebut bisa diimplementasikan di Kabupaten Malang. Terutama mengenai pengelolaan wisata pantai dan kelautan yang sesuai dengan bidang maupun tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) dari DKP. DKP bisa melakukan pengembangangan dan mengelola obyek wisata pantai maupun kelautan. Pihaknya juga harus bersinergi dengan instansi terkait, dalam hal ini Disbudpar. “Bila dikelola secara profesional, seperti mengacu standart internasional, kami yakin jumlah wisatwan yang mengunjugi di Kabupaten Malang lambat laun akan semakin bertambah,” tuturnya. (big/aim)

Wisata Pantai Jadi Daya Tarik Turis Asing ANGIN segar berhembus ke duniaa pariwisata Kabupaten Malang, usaii mengikuti pameran Internasional Tour-ism Bourse (ITB) di Berlin, Jerman. Sepanjang tahun ini, diprediksi kunjun-gan wisatawan mancanegara ke pantai selatan, bakal mengalami peningkatan. Hal itu sesuai data yang diberikan oleh beberapa travel agent. Salah satu travel agent yang melayani jasa wisata ke Kabupaten Malang adalah Airways Travel. Salah satu konsultan agen travel ternama di Jerman itu adalah Yanthi Sjoekoer, yang asli warga Kabupaten Malang. “Dari data yang disampaikan, terjadi lonjakan jumlah wisatawan DKP KABUPATEN MALANG FOR MALANG POST asing yang mengunjungi Indonesia, MEGAH : Stand Indonesia dalam pa utamanya ke Kabupaten Malang,” tampak megah dan dipadati pengunmeran ITB jung. ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang Ir lam ajang terseWahyu Hidayar kepada Malang Post. Di- but . Bahkan ada yang bilang, setelah beribur jelaskannya, lonjakan terjadi terlihat dari dari Bali nanti, akan mencoba mengunjungi jumlah pemesanan tiket di agen travel itu. Pantai Balekambang,:” terang mantan kepala Dari sekian turis yang memesan tiket, dian- Kantor Perumahan Kabupaten Malang ini. taranya berminat untuk mengunjungi wisata Kejutan tidak cukup sampai di situ saja, pantai selatan di Kabupaten Malang. Imbas saat pameran berlangsung, stand Kabupaten positif itu berkat pihaknya mengikuti ajang pam- Malang dikunjungi langsung oleh Dubes eran internasional bergengsi yang rutin diadakan Indonesia untuk Jerman, yakni Fauzi Bowo. tiap tahun tersebut. Saat pameran, banyak yang Mantan Gubernur DKI Jakarata itu, juga mengunjungi stand Kabupaten Malang. takjub akan keindahan serta potensi pantai “Banyak yang bilang Amazing atau mer- selatan yang dimiliki Kabupaten Malang. eka takjub setlah melihat potensi pantai di Baca Wisata... Hal.18 Kabupaten Malang yang kami pamerkan daREDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SITI


SENIN, 31 MARET 2014

SIGIT/MALANG POST

MENUNGGU FINISHING: Kondisi Pasar Modern Tumpang pasca pembangunan dua dari tiga blok yang akan dikerjakan.

Tahap Akhir, Pasar Tumpang Digerojok Rp 6 Miliar TUMPANG – Penyelesaian pembangunan modern Pasar Tumpang akan segera dilanjutkan. Pemkab Malang akan mengucurkan dana lebih besar dari pembangunan tahap sebelumnya. Tahun ini, pembangunan lanjutan Pasar Tumpang dianggarkan Rp 6 miliar dari dana APBD Kabupaten Malang. “Dengan telah selesainya dua blok pembangunan di Pasar Tumpang, maka

WWP Jadi Tempat Transaksi Narkoba MALANG - Bendera perang terhadap pelaku narkoba di wilayah Kabupaten Malang terus dikibarkan Satuan Reskoba Polres Malang. Sabtu (29/3) lalu, seorang budak narkotika jenis sabu-sabu (SS) berhasil diamankan. Pelaku diketahui berinisial W I K , w a rg a K e l u r a h a n Tu l u s rejo Kecamatan Lowokwaru. Pria berusia 34 tahun tersebut, ditangkap di sekitar tempat wisata Wendit Kecamatan Pakis. Dari tangan dia polisi mengamankan sepoket SS yang disembunyikan di dalam bungkus rokok Dji Sam Soe, satu buah HP Blackberry dan mobil Kijang. “Tersangka saat ini masih dalam pemeriksaan anggota. Kami masih mengembangkan perkaranya karena ada jaringannya yang masih belum tertangkap,” ujar Kasatreskoba Polres Malang AKP Syamsul Hidayat. Menurut mantan Kasatreskrim Polsek Singosari ini, penangkapan tersangka WIK ini berdasarkan informasi bahwa di sekitar tempat wisata Wendit kerap dilakukan transaksi narkoba. Berangkat dari informasi itu polisi kemudian melakukan penyelidikan. Begitu tersangka terlihat, polisi lalu menangkapnya. “Awalnya ketika kami amankan, dia mengelak tuduhan membawa sabusabu. Namun begitu kami geledah dan ditemukan sepoket SS, tersangka tidak bisa lagi mengelak,” tutur Syamsul.(agp/aim)

hanya sisa satu blok yakni Blok A yang akan dirampungkan di tahun ini. Saat ini, masih menunggu proses tender,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Malang, Romdhoni kepada Malang Post, kemarin. Anggaran Rp 6 miliar yang disiapkan untuk pembangunan akhir Pasar Tumpang Sebanyak 500 kios untuk pedagang. “Bangunan terakhir ini nanti akan

bertingkat. Sementara untuk posisinya, ada di sebelah Selatan pasar (masih satu kawasan),” tambahnya. Seiring dengan rencana pelaksanaan pembangunan, panitia pembangunan pun mulai awal bulan lalu, sudah melakukan pendataan penempatan pedagang dari lokasi relokasi ke lokasi baru. Tujuannya, untuk memudahkan pedagang di Blok A, saat akan memanfaatkan lahan relokasi

untuk berjualan sementara, selama nantinya dilakukan pembangunan pasar. “Karena pembangunan Blok A akan dilakukan di tahun ini, panitia sudah melakukan pendataan. Jadi, saat pelaksanaan nanti berlangsung, pedagang sudah siap menempati lahan relokasi yang digunakan selama proses pembangunan sebelumnya,” kata Camat Tumpang, Eru Suprijambodo. (sit/aim)

Selesaikan Masalah Sekolah, Kakak Adik Dibacok WAGIR - Niatnya mau menyelesaikan masalah secara kekeluargaan, tetapi kakak-adik warga Dusun Lemahduwur Desa Sitirejo Kecamatan Wagir ini justru bernasib tragis, Sabtu (29/3) malam lalu. Keduanya mengalami luka robek di kepala, akibat dibacok dengan senjata tajam oleh Ryan Cs, warga Kecamatan Pakisaji. Beruntung luka yang dialami kakakadik Rohmat Rozaqi, 24 tahun dan Miftahul Ulum, 19 tahun ini tidak begitu serius sehingga tidak sampai mengancam jiwanya. Namum demikian, lukanya tetap harus mendapat beberapa jahitan. Kasus penganiayaan tersebut, langsung ditangani petugas Mapolsek Wagir. Polisi masih menyelidiki dan memburu pelaku penganiayaan Ryan Cs.

“Laporan sudah kami terima, saat ini kami masih menyelidiki kasusnya. Permasalahan sendiri, karena selisih paham,” ungkap Kapolsek Wagir, AKP Nuryono. Menurut korban Miftahul Ulum, kejadian penganiayaan tersebut berawal dari permasalahan di sekolah. Ulum adalah pelajar kelas XII salah satu SMA di Kota Malang. Begitu juga dengan pelaku Ryan yang merupakan adik kelasnya di kelas X. Permasalahan datang dari Riko teman satu kelas Ulum. Jumat siang saat berada di kantin sekolah, Riko tanpa sengaja menjatuhkan dan menginjak kue seharga Rp 500 milik Alfan. Alfan adalah teman satu kelas Ryan. “Saat menjatuhkan itu tidak sengaja. Ketika mau diganti, Alfan tidak mau. Malah Ryan temannya ikut-ikutan,” ujar Ulum.

AGUNG PRIYO/MALANG POST

LAPORKAN : Rohmat Rozaqi dan Miftahul Ulum, kakak-adik yang menjadi korban penganiayaan saat lapor ke Polsek Wagir.

Karena permasalan tidak selesai, Alfan lalu meminta tolong Ulum untuk mendamaikan. Sabtu (29/3) pagi, Ulum kemudian mendatangi Ryan bermaksud untuk menyelesaikan masalah. Ulum dan Alfan tidak mau masalah menjadi panjang, mengingat waktu ujian nasional sudah dekat. Tetapi Ryan yang sok jagoan, tidak mau. Dia malah menantang Ulum untuk menyelesaikan masalahan secara lelaki. Sabtu malam Ryan lalu mengajak Ulum bertemu di lapangan Desa Mendalanwangi Wagir untuk menyelesaikan masalah. Karena ditantang Ryan lalu mengajak kakaknya Rohmad Rozaqi untuk mendamaikan secara kekeluargaan. “Saya dan adik saya bersama tiga teman datang ke lapangan Desa Mendalanwangi untuk menyelesaikan masalah. Kami tidak membawa apa-apa, karena hanya menyelesaikan masalah tidak berpikir sampai terjadi perkelahian,” tutur Rohmad. Namun begitu sampai di lokasi, Ryan bersama tiga orang temannya langsung menyerang dengan membawa senjata tajam. Karena tidak siap kakak-adik ini mengalami luka bacok di kepala. “Saat mengetahui mereka membawa senjata, kami langsung lari meminta pertolongan, tetapi warga tidak ada yang berani karena melihat kepala saya berdarah,” terang Rohmat. Karena tidak terima dengan kejadian yang dialaminya itu, keduanya lalu melaporkan ke polisi. “Keluarga saya yang tidak terima dengan kejadian ini. Terutama paman saya yang meminta kasus ini dilaporkan polisi,” katanya, sembari mengaku kalau keduanya merupakan keponakan dari Kepala Desa Sitirejo Wagir.(agp/aim)

18

Muspika Swadaya Perbaiki Rumah PONCOKUSUMO-Itensitas hujan yang masih tinggi di wilayah Kecamatan Poncokusumo, memunculkan kekhawatiran terhadap terjadinya putting beliung. Karenanya mensikapi kondisi itu, warga diminta untuk ekstra waspada dalam menghadapi curah hujan yang biasa disertai angin kencang. “Sampai hari ini, untuk curah hujan di Poncokusumo relative tinggi. Makanya, kepada warga tetap dihimbau untuk terus waspada,” kata Camat Poncokusumo, Sukarlin. Himbauan yang disampaikan itu, ungkap Sukarlin, tidak hanya berlaku untuk warga di Dusun Robyong, Desa Wo n o m u l y o , Kecamatan Sukarlin Poncokusumo. Namun, terhadap seluruh kawasan yang areal pemukimannya terdapat hamparan kosong seperti areal persawahan dengan tanpa didukung pepohonan. “Akibat kejadian yang berlangsung seminggu lalu (23/3) di Dusun Robyong, memang kawasan itu menjadi perhatian utama. Namun, bukan berarti desa atau dusun lain aman dari ancaman putting beliung. Sebaliknya, semua kawasan pemukiman diminta selalu waspada agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya. Terkait kejadian yang berlangsung di Robyong, Sukarlin menjelaskan, sebenarnya kawasan tersebut selama ini tidak pernah diserang putting beliung. Kondisi serupa, juga berlaku untuk seluruh desa di wilayah Kecamatan Poncokusumo. “Yang membuat kami heran, selama ini untuk putting beliung di sini (Poncokusumo) hampir tidak pernah. Justru, kalau tanah longsor memang sering terjadi. Makanya, terkait kejadian terakhir itu, kami minta agar selalu hati-hati,” ungkapnya. Disinggung mengenai kondisi rumah warga yang terkena putting beliung, Sukarlin menjelaskan, dari total 18 rumah yang rusak dan lima diantaranya rusak berat, sudah dibenahi oleh warga dengan dibantu Muspika Poncokusumo. Rumah yang mengalami rusak berat, lebih karena kondisi bangunannya yang memang jauh dari bagus. “Untuk rumah yang rusak, sudah dilakukan gotong royong bersama warga dan Muspika. Mudahmudahan, kejadian sama tidak sampai terjadi kembali di wilayah Poncokusumo,” harapnya. (sit/aim)

Wisata Pantai Jadi Daya Tarik..... Sambungan dari Halaman 17

Kendati mendapat respon positif, tidak membuat sektor perawisata lengah maupun besar kepala. Melalui DKP juga akan terus membenahi sektor pariwisata terutama pantai maupun kelautan. “Pembenahan obyek wisata pantai dan kelautan, juga menjadi tugas maupun kewajiban kami,” imbuhnya. Dalam implementasinya di lapangan kata Wahyu, selain pembenahan obyek wisata pantai maupun kelautan, akan mengintensifkan kerjasama dengan travel agent. Selain itu, pihaknya juga akan terus memporomosikan eksotisme pantai maupun laut di Kabupaten Malang ke dunia internasional. (big/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SITI


senin, 31 MARET 2014

19

Mercedes Sempurna

di Sepang Sepang - Mercedes mampu tampil sempurna saat melakoni GP Malaysia di Sirkuit Sepang. Tak cuma keluar sebagai pemenang, pabrikan asal Jerman itu juga tampil dominan sejak latihan bebas pertama. Pertanda baik bagi Mercedes tampak saat dua driver mereka bergantian menguasai latihan bebas. Lewis Hamilton di latihan bebas pertama, sementara Nico Rosberg di dua latihan bebas sisa. Hamilton lantas menegaskan bahwa Mercedes memang layak dijagokan usai merebut pole position. Dia yang tak menemui kesulitan berarti saat balapan, lantas sukses menebus kegagalan finis di seri sebelumnya dengan menjadi juara usai mencatatkan waktu satu jam 40 menit 25, 974 detik. Rosberg mampu melengkapi kegembiraan Mercedes dengan mengamankan posisi runner-up usai finis 17,3 detik lebih lambat. Dengan hasil ini, dua pembalap Mercedes saat ini menguasai klasemen sementara pembalap. Rosberg ada di posisi pertama dengan raihan 43 poin, disusul Hamilton yang berjarak 18 angka. Tak cuma itu, Mercedes kini juga ada di posisi pertama klasemen konstruktor dengan raihan 68 poin. Mereka dikuntit oleh McLaren yang mengumpulkan 43 angka. Sementara itu, juara dunia dunia empat kali berturut, Sebastian Vettel, mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan performa. Setelah gagal finis di GP Australia, driver asal Jerman itu meraih podium pertama dengan menempati posisi tiga balapan di Malaysia Start bagus langsung dilakukan oleh dua driver Mercedes. Hamilton yang start dari pole position mampu mempertahankan posisinya. Sementara itu, Rosberg mampu menyalip Vettel hingga mampu menduduki posisi dua. Baru di lap kedua, Kevin Magnusen dan

Kimi Raikkonen sudah masuk ke pit. Posisi lima besar di lap ini dihuni oleh Hamilton, Rosberg, Ricciardo, Vettel and Alonso. Balapan berjalan delapan lap, Hamilton sudah mulai melesat sendirian di depan. Dia sudah unggul lima detik dari Rosberg. Di lap 14, Vettel masuk pit untuk kali pertama. Hamilton menyusul satu lap kemudian, driver asal Inggris itu lantas menempati posisi kedua di belakang Nico Hulkenberg saat kembali ke lintasan. Dua lap berselang, Hamilton kembali menjadi yang terdepan. Hulkenberg masuk ke pit untuk melakukan pergantian ban. Di lap 34, Vettel mencatatkan fastest lap. Dia melahap satu putaran dalam catatan waktu satu menit 44,7 detik. Hingga lap 38, sebanyak tiga pembalap sudah ada empat pembalap yang gagal menyelesaikan balapan. Pastor Maldonando, Esteban Gutierrez, Adrian Sutil, dan juga Sergio Perez. Ricciardo mengalami masalah saat masuk ke pit pada lap 41. Kru Red Bull kurang sempurna saat memasang ban, dia pun sampai harus didorong kembali ke pit lagi untuk membenahi masalah ban. Dia pun harus menempati posisi 14 saat kembali masuk ke trek. Hingga lap ke-41, Hamilton kini sudah makin jauh di depan. Dia sudah berjarak 10, 6 detik dari Rosberg yang menempati posisi kedua. Ricciardo kembali mengalami masalah pada mobilnya di lap 44. Dia pun harus kembali ke pit lagi untuk mengganti sayap depan mobilnya. Ricciardo akhirnya gagal menyelesaikan balapan setelah lima kali melakukan pit. Dia menyerah saat balapan tinggal menyisakan empat lap. Hamilton akhirnya berhasil menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis di Sepang. Dia lantas diikuti oleh Rosberg dan juga Vettel.(jpnn/lim)

Daniel Ricciardo

Lagi, Ricciardo Kena Penalti Sepang - Daniel Ricciardo menjalani dua seri pertama F1 2014 dengan selalu dapat penalti. Setelah dicoret dari posisi dua di Australia, dia hari ini kena hukuman mundur grid pada balapan berikutnya. Di GP Malaysia, Minggu (30/3/2014) siang WIB, Ricciardo dan tim Red Bull dianggap bersalah karena mengeluarkan mobil ke lintasan dari pit dengan tidak aman. Akibatnya pembalap asal Autralia itu kena penalti mundur 10 grid pada kualifikasi balapan berikutnya di Bahrain. Ricciardo sebenarnya sudah dapat penalti ‘stop/go’ selama 10 detik di tengah balapan, namun berdasarkan aturan baru F1 penurunan posisi pada balapan berikutnya juga masih bisa didapat pembalap. Demikian dikutip Autosport. Ricciardo tengah berada di posisi empat saat dia harus masuk pit, yang merupakan pit terakhirnya. Namun saat akan kembali ke lintasan, ban depan sebelah kiri mobilnya ternyata tidak

terpasang dengan sempurna. Menyadari ada yang tak beres pada mobilnya, Ricciardo langsung menepi di pitlane. Dia kemudian dibawa kembali ke pit untuk menjalani perbaikan dan bisa kembali turun ke lintasan. Tapi Ricciardo akhirnya tidak bisa menuntaskan balapan karena dia mengalami kerusakan pada sayap mobilnya. “Saya pikir semua orang berpikir bannya sudah terpasang. Setelah meninggalkan pit saya bisa merasakan ada yang tidak benar dan ternyata bagian depan sebelah kiri lepas,” sahut Ricciardo usai balapan. Ini merupakan kali kedua di musim 2014 Ricciardo dapat hukuman penalti. Di GP Australia lalu dia dicoret setelah finis di posisi kedua setelah dituding memiliki saluran bensin ilegal pada mobilnya. Kubu Red Bull sudah mengajukan banding atas hukuman tersebut, dan baru akan diputuskan pada 14 April mendatang.(jpnn/lim)

MULAI PANAS : Lewis Hamilton memegang trofi usai menjadi juara GP Malaysia kemarin

Tetap Kerja Keras Sepang - Mercedes mampu meraih satu sukses besar saat berlaga di GP Malaysia. Mampu menempati podium satu-dua, pabrikan asal Jerman itu berujar bakal terus bekerja keras. Saat membalap di Sepang, Minggu (30/3/2014) sore WIB, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg sukses menempati dua podium teratas. Kemenangan keduanya menegaskan dominasi Mercedes yang sudah tampil dominan sejak sesi latihan bebas. Kesuksesan Mercedes itu merupakan yang pertama sejak GP Italia tahun 1955. Bos Mercedes Toto Wolff pun

lantas mengucapkan bahwa timnya bakal sejenak menikmati kesuksesan ini. Tapi, Wolff juga menegaskan bahwa Mercedes tak akan segera berpuas diri. “Kami sudah menunggu terlalu lama untuk meraih posisi satu-dua, tapi kami jarus terus bekerja keras, seperti yang kita semua saksikan hari ini,” kata Wolff di BBC. Kami akan akan berpesta di sini sekitar satu setengah jam, lalu kami akan bertolak ke Bahrain. Saat ini, Lewis jelas sangat senang,” imbuhnya. (jpnn/lim)

TAK CEPAT PUAS: Tim Mercedes akan tetap bekerja keras usai menjalani balapan sempurna

Serena Koleksi Tujuh Gelar

Sony Open Key Biscayne - Serena Williams berhasil mempertahankan gelarnya di turnamen Sony Open. Petenis putri nomor satu dunia itu jadi juara setelah mengalahkan Li Na di partai puncak. Pada pertandingan final di Crandon Park Tennis Center, Key Biscayne, Minggu (30/3/2014) dinihari WIB, Serena butuh waktu 1 jam 59 menit untuk menghabisi Li. Dia menang dua set langsung 7-5, 6-1. Li sebenarnya mengawali permainan dengan lebih baik. Dia memimpin 2-0, 5-2, bahkan sempat mendapatkan set point pada kedudukan 5-4. Tapi, dia gagal memanfaatkannya. Serena mampu bertahan dan bahkan berbalik menang 7-5. Memasuki set kedua, Serena mutlak memegang kendali. Dia cuma memberi Li satu game dan menang telak 6-1. Bagi Serena, ini adalah kali ketujuh dia memenangi turnamen yang juga dikenal dengan Miami Masters ini. Sebelumnya, petenis Amerika Serikat itu jadi kampiun pada tahun 2002, 2003, 2004,

Serena Williams (kanan) dan Li Na

2007, 2008, dan 2013. Keberhasilan Serena jadi juara tujuh kali di Miami Masters adalah sebuah rekor baru. Dia melewati catatan Andre Agassi yang enam kali jadi juara. Ini adalah gelar kedua Serena pada tahun ini setelah

Brisbane International yang dia menangi pada bulan Januari lalu dan gelar ke-59 dalam karier profesionalnya. “Ini adalah kemenangan yang sangat penting, khususnya menghadapi Li Na, yang bermain begitu baik,” ujar Serena seusai pertandingan.

“Dia memulai dengan sangat baik. Itu semacam ‘Oh Tuhan, apakah saya bisa bertahan di sini dan menikmati permainan saya’. Jujur penonton sangat membantu saya. Saya mendengar beberapa fans berseru, ‘Go Serena’,” katanya.(jpnn/lim)

Kabar Terbaru, Schumi Segera Pulang GRENOBLE – Kabar mengenai kondisi terkini legenda Formula One (F1), Michael Schumacher kembali terdengar. Pembalap asal Jerman itu dilaporkan akan segera kembali ke rumah untuk melanjutkan perawatannya. Namun, sejauh ini pembalap yang akrab disapa Schumi itu belum juga terbangun dari komanya. Hal tersebut dilontarkan oleh seorang kerabat dekat Schumi. Sebuah laporan dari media Inggris, Daily Mail, Minggu (30/3/2014), menuliskan bahwa istri dari juara dunia tujuh kali itu, Corinna telah membuat perjanjian sebesar 17juta USD dengan pihak medis untuk membawa pulang Schumi dan melanjutkan masa komanya selama tiga bulan ke depan di rumahnya, di Geneva. Seperti yang diberitakan, pembalap yang meraih masa kejayaannya ber-

sama tim Ferrari ini terjatuh ketika bermain ski dan kepalanya terbentur, 29 Desember 2013. Kecelakaan tersebut membuat dirinya terbaring koma dan hingga kini belum tersadarkan diri, meski beberapa waktu lalu pihak keluarga telah mengumumkan Schumi telah memasuki masa penyadaran dari koma. Namun, hal tersebut tak jua terealisasikan. Tim dokter bahkan kabarnya telah memberitahu istri Schumi bahwa kondisi suaminya itu sudah tak lagi memungkinkan untuk kembali membuka mata. “Seluruh uang yang ada di dunia ini tidak akan mampu membantu untuk memperbaiki apa yang telah terjadi pada dirinya (Schumacher), pihak keluarga telah membuat kesepakatan untuk membawa Schumi pulang,” tulis seorang koresponden.(jpnn/lim)

Simon Santoso

Simon Juara Malaysia GP Gold Johor - Tim Indonesia berhasil menyabet satu gelar juara di ajang Malaysia GP Gold. Gelar itu didapat lewat nomor tunggal putra yang diraih oleh Simon Santoso. Dalam pertandingan Stadium Perbandaran Pasir Gudang, Minggu (30/3/2014) sore WIB, Simon berhadapan dengan tunggal putra India, Sourabh Varma. Menghadapi unggulan kedelapan itu, Simon dipaksa main

selama tiga set. Di set pertama, Simon kalah 15-21. Di dua set berikutnya, pebulutangkis 28 tahun itu berhasil menang dengan skor 21-16 dan 21-19. Simon pun menyudahi perlawanan Varma dalam durasi satu jam sembilan menit. “Ini adalah awal yang baik buat saya. Target saya memang ingin jadi juara. Kemenangan ini menjadi modal untuk meningkatkan rasa percaya diri saya dan untuk

mendongkrak rangking saya,” ucap Simon alam rilisnya. “Tidak mudah mencapai gelar juara ini, masih banyak yang perlu saya perbaiki. Mudah-mudahan secepatnya saya bisa menjadi top player lagi,” tambahnya. Di babak puncak Malaysia GP Gold, Indonesia sebenarnya juga meloloskan dua wakil lainnya di babak puncak. Tapi, Adriyanti Firdasari gagal menjadi juara di nomor tunggal putri usai

kalah dari pemain asal China Yao Xue. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 34 menit itu, Firdasari kalah dua set langsung dengan skor 21-14 dan 21-13. Sementara itu, di nomor ganda campuran pasangan Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto juga kalah dari wakil China. Mereka kalah dari Lu Kai/Huang Yaqiong dua et langsung 21-14 dan 21-13.(jpnn/lim) REDAKTUR: hALIM, LAYOUTER: ABDEE


senin, 31 MARET 2014

19

Mercedes Sempurna

di Sepang Sepang - Mercedes mampu tampil sempurna saat melakoni GP Malaysia di Sirkuit Sepang. Tak cuma keluar sebagai pemenang, pabrikan asal Jerman itu juga tampil dominan sejak latihan bebas pertama. Pertanda baik bagi Mercedes tampak saat dua driver mereka bergantian menguasai latihan bebas. Lewis Hamilton di latihan bebas pertama, sementara Nico Rosberg di dua latihan bebas sisa. Hamilton lantas menegaskan bahwa Mercedes memang layak dijagokan usai merebut pole position. Dia yang tak menemui kesulitan berarti saat balapan, lantas sukses menebus kegagalan finis di seri sebelumnya dengan menjadi juara usai mencatatkan waktu satu jam 40 menit 25, 974 detik. Rosberg mampu melengkapi kegembiraan Mercedes dengan mengamankan posisi runner-up usai finis 17,3 detik lebih lambat. Dengan hasil ini, dua pembalap Mercedes saat ini menguasai klasemen sementara pembalap. Rosberg ada di posisi pertama dengan raihan 43 poin, disusul Hamilton yang berjarak 18 angka. Tak cuma itu, Mercedes kini juga ada di posisi pertama klasemen konstruktor dengan raihan 68 poin. Mereka dikuntit oleh McLaren yang mengumpulkan 43 angka. Sementara itu, juara dunia dunia empat kali berturut, Sebastian Vettel, mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan performa. Setelah gagal finis di GP Australia, driver asal Jerman itu meraih podium pertama dengan menempati posisi tiga balapan di Malaysia Start bagus langsung dilakukan oleh dua driver Mercedes. Hamilton yang start dari pole position mampu mempertahankan posisinya. Sementara itu, Rosberg mampu menyalip Vettel hingga mampu menduduki posisi dua. Baru di lap kedua, Kevin Magnusen dan

Kimi Raikkonen sudah masuk ke pit. Posisi lima besar di lap ini dihuni oleh Hamilton, Rosberg, Ricciardo, Vettel and Alonso. Balapan berjalan delapan lap, Hamilton sudah mulai melesat sendirian di depan. Dia sudah unggul lima detik dari Rosberg. Di lap 14, Vettel masuk pit untuk kali pertama. Hamilton menyusul satu lap kemudian, driver asal Inggris itu lantas menempati posisi kedua di belakang Nico Hulkenberg saat kembali ke lintasan. Dua lap berselang, Hamilton kembali menjadi yang terdepan. Hulkenberg masuk ke pit untuk melakukan pergantian ban. Di lap 34, Vettel mencatatkan fastest lap. Dia melahap satu putaran dalam catatan waktu satu menit 44,7 detik. Hingga lap 38, sebanyak tiga pembalap sudah ada empat pembalap yang gagal menyelesaikan balapan. Pastor Maldonando, Esteban Gutierrez, Adrian Sutil, dan juga Sergio Perez. Ricciardo mengalami masalah saat masuk ke pit pada lap 41. Kru Red Bull kurang sempurna saat memasang ban, dia pun sampai harus didorong kembali ke pit lagi untuk membenahi masalah ban. Dia pun harus menempati posisi 14 saat kembali masuk ke trek. Hingga lap ke-41, Hamilton kini sudah makin jauh di depan. Dia sudah berjarak 10, 6 detik dari Rosberg yang menempati posisi kedua. Ricciardo kembali mengalami masalah pada mobilnya di lap 44. Dia pun harus kembali ke pit lagi untuk mengganti sayap depan mobilnya. Ricciardo akhirnya gagal menyelesaikan balapan setelah lima kali melakukan pit. Dia menyerah saat balapan tinggal menyisakan empat lap. Hamilton akhirnya berhasil menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis di Sepang. Dia lantas diikuti oleh Rosberg dan juga Vettel.(jpnn/lim)

Daniel Ricciardo

Lagi, Ricciardo Kena Penalt Sepang - Daniel Ricciardo menjalani dua seri pertama F1 2014 dengan selalu dapat penalti. Setelah dicoret dari posisi dua di Australia, dia hari ini kena hukuman mundur grid pada balapan berikutnya. Di GP Malaysia, Minggu (30/3/2014) siang WIB, Ricciardo dan tim Red Bull dianggap bersalah karena mengeluarkan mobil ke lintasan dari pit dengan tidak aman. Akibatnya pembalap asal Autralia itu kena penalti mundur 10 grid pada kualifikasi balapan berikutnya di Bahrain. Ricciardo sebenarnya sudah dapat penalti ‘stop/go’ selama 10 detik di tengah balapan, namun berdasarkan aturan baru F1 penurunan posisi pada balapan berikutnya juga masih bisa didapat pembalap. Demikian dikutip Autosport. Ricciardo tengah berada di posisi empat saat dia harus masuk pit, yang merupakan pit terakhirnya. Namun saat akan kembali ke lintasan, ban depan sebelah kiri mobilnya ternyata tidak

terpasang dengan sempurna. Menyadari ada yang tak beres pada mobilnya, Ricciardo langsung menepi di pitlane. Dia kemudian dibawa kembali ke pit untuk menjalani perbaikan dan bisa kembali turun ke lintasan. Tapi Ricciardo akhirnya tidak bisa menuntaskan balapan karena dia mengalami kerusakan pada sayap mobilnya. “Saya pikir semua orang berpikir bannya sudah terpasang. Setelah meninggalkan pit saya bisa merasakan ada yang tidak benar dan ternyata bagian depan sebelah kiri lepas,” sahut Ricciardo usai balapan. Ini merupakan kali kedua di musim 2014 Ricciardo dapat hukuman penalti. Di GP Australia lalu dia dicoret setelah finis di posisi kedua setelah dituding memiliki saluran bensin ilegal pada mobilnya. Kubu Red Bull sudah mengajukan banding atas hukuman tersebut, dan baru akan diputuskan pada 14 April mendatang.(jpnn/lim)

MULAI PANAS : Lewis Hamilton memegang trofi usai menjadi juara GP Malaysia kemarin

Tetap Kerja Keras Sepang - Mercedes mampu meraih satu sukses besar saat berlaga di GP Malaysia. Mampu menempati podium satu-dua, pabrikan asal Jerman itu berujar bakal terus bekerja keras. Saat membalap di Sepang, Minggu (30/3/2014) sore WIB, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg sukses menempati dua podium teratas. Kemenangan keduanya menegaskan dominasi Mercedes yang sudah tampil dominan sejak sesi latihan bebas. Kesuksesan Mercedes itu merupakan yang pertama sejak GP Italia tahun 1955. Bos Mercedes Toto Wolff pun

lantas mengucapkan bahwa timnya bakal sejenak menikmati kesuksesan ini. Tapi, Wolff juga menegaskan bahwa Mercedes tak akan segera berpuas diri. “Kami sudah menunggu terlalu lama untuk meraih posisi satu-dua, tapi kami jarus terus bekerja keras, seperti yang kita semua saksikan hari ini,” kata Wolff di BBC. Kami akan akan berpesta di sini sekitar satu setengah jam, lalu kami akan bertolak ke Bahrain. Saat ini, Lewis jelas sangat senang,” imbuhnya. (jpnn/lim)

TAK CEPAT PUAS: Tim Mercedes akan tetap bekerja keras usai menjalani balapan sempurna

Serena Koleksi Tujuh Gelar

Sony Open Key Biscayne - Serena Williams berhasil mempertahankan gelarnya di turnamen Sony Open. Petenis putri nomor satu dunia itu jadi juara setelah mengalahkan Li Na di partai puncak. Pada pertandingan final di Crandon Park Tennis Center, Key Biscayne, Minggu (30/3/2014) dinihari WIB, Serena butuh waktu 1 jam 59 menit untuk menghabisi Li. Dia menang dua set langsung 7-5, 6-1. Li sebenarnya mengawali permainan dengan lebih baik. Dia memimpin 2-0, 5-2, bahkan sempat mendapatkan set point pada kedudukan 5-4. Tapi, dia gagal memanfaatkannya. Serena mampu bertahan dan bahkan berbalik menang 7-5. Memasuki set kedua, Serena mutlak memegang kendali. Dia cuma memberi Li satu game dan menang telak 6-1. Bagi Serena, ini adalah kali ketujuh dia memenangi turnamen yang juga dikenal dengan Miami Masters ini. Sebelumnya, petenis Amerika Serikat itu jadi kampiun pada tahun 2002, 2003, 2004,

Serena Williams (kanan) dan Li Na

2007, 2008, dan 2013. Keberhasilan Serena jadi juara tujuh kali di Miami Masters adalah sebuah rekor baru. Dia melewati catatan Andre Agassi yang enam kali jadi juara. Ini adalah gelar kedua Serena pada tahun ini setelah

Brisbane International yang dia menangi pada bulan Januari lalu dan gelar ke-59 dalam karier profesionalnya. “Ini adalah kemenangan yang sangat penting, khususnya menghadapi Li Na, yang bermain begitu baik,” ujar Serena seusai pertandingan.

“Dia memulai dengan sangat baik. Itu semacam ‘Oh Tuhan, apakah saya bisa bertahan di sini dan menikmati permainan saya’. Jujur penonton sangat membantu saya. Saya mendengar beberapa fans berseru, ‘Go Serena’,” katanya.(jpnn/lim)

Kabar Terbaru, Schumi Segera Pulang GRENOBLE – Kabar mengenai kondisi terkini legenda Formula One (F1), Michael Schumacher kembali terdengar. Pembalap asal Jerman itu dilaporkan akan segera kembali ke rumah untuk melanjutkan perawatannya. Namun, sejauh ini pembalap yang akrab disapa Schumi itu belum juga terbangun dari komanya. Hal tersebut dilontarkan oleh seorang kerabat dekat Schumi. Sebuah laporan dari media Inggris, Daily Mail, Minggu (30/3/2014), menuliskan bahwa istri dari juara dunia tujuh kali itu, Corinna telah membuat perjanjian sebesar 17juta USD dengan pihak medis untuk membawa pulang Schumi dan melanjutkan masa komanya selama tiga bulan ke depan di rumahnya, di Geneva. Seperti yang diberitakan, pembalap yang meraih masa kejayaannya ber-

sama tim Ferrari ini terjatuh ketika bermain ski dan kepalanya terbentur, 29 Desember 2013. Kecelakaan tersebut membuat dirinya terbaring koma dan hingga kini belum tersadarkan diri, meski beberapa waktu lalu pihak keluarga telah mengumumkan Schumi telah memasuki masa penyadaran dari koma. Namun, hal tersebut tak jua terealisasikan. Tim dokter bahkan kabarnya telah memberitahu istri Schumi bahwa kondisi suaminya itu sudah tak lagi memungkinkan untuk kembali membuka mata. “Seluruh uang yang ada di dunia ini tidak akan mampu membantu untuk memperbaiki apa yang telah terjadi pada dirinya (Schumacher), pihak keluarga telah membuat kesepakatan untuk membawa Schumi pulang,” tulis seorang koresponden.(jpnn/lim)

Simon Santoso

Simon Juara Malaysia GP Gold Johor - Tim Indonesia berhasil menyabet satu gelar juara di ajang Malaysia GP Gold. Gelar itu didapat lewat nomor tunggal putra yang diraih oleh Simon Santoso. Dalam pertandingan Stadium Perbandaran Pasir Gudang, Minggu (30/3/2014) sore WIB, Simon berhadapan dengan tunggal putra India, Sourabh Varma. Menghadapi unggulan kedelapan itu, Simon dipaksa main

selama tiga set. Di set pertama, Simon kalah 15-21. Di dua set berikutnya, pebulutangkis 28 tahun itu berhasil menang dengan skor 21-16 dan 21-19. Simon pun menyudahi perlawanan Varma dalam durasi satu jam sembilan menit. “Ini adalah awal yang baik buat saya. Target saya memang ingin jadi juara. Kemenangan ini menjadi modal untuk meningkatkan rasa percaya diri saya dan untuk

mendongkrak rangking saya,” ucap Simon alam rilisnya. “Tidak mudah mencapai gelar juara ini, masih banyak yang perlu saya perbaiki. Mudah-mudahan secepatnya saya bisa menjadi top player lagi,” tambahnya. Di babak puncak Malaysia GP Gold, Indonesia sebenarnya juga meloloskan dua wakil lainnya di babak puncak. Tapi, Adriyanti Firdasari gagal menjadi juara di nomor tunggal putri usai

kalah dari pemain asal China Yao Xue. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 34 menit itu, Firdasari kalah dua set langsung dengan skor 21-14 dan 21-13. Sementara itu, di nomor ganda campuran pasangan Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto juga kalah dari wakil China. Mereka kalah dari Lu Kai/Huang Yaqiong dua et langsung 21-14 dan 21-13.(jpnn/lim) REDAKTUR: hALIM, LAYOUTER: ABDEE


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

SENIN, 31 MARET 2014

LOMBA

SEMINAR

EVENT

Bukan Seminar Nasional

Hunting Bareng ~ Pesona Wanita

Bukan Seminar Nasional “Crative Marketing Think Out Of The Box, Why Not?” bersama : @peter_says : Owner of Peter Says Denim @axltwentynine : Owner of Maicih Acara akan digelar pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang.

Open House SD Plus Al-Kautsar Open House SD Plus Al-Kautsar menggelar lomba-lomba untuk siswasiswi TK se-Malang Raya. DRUMBAND COMPETITION, pada 6 April 2014.

DENGAN HARGA TIKET MASUK : Reguler : Rp 100.000,Silver : Rp 125.000,Gold : Rp 150.000,Presale Reguler : Rp 85.000,FASILITAS : Sertifikat, Goodiebag, Photobooth, Lunch, Snack dan Foto bersama tamu undangan

INFO HUBUNGI :

DAN LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA, SENAM IRAMA CERIA, PUISI ISLAMI DAN PILDACIL PADA 13 APRIL 2014.

CP Dimas : 081944928877 CP Adit : 085643473395 Twitter ~ @bukansemnas

BURUAN GABUNG! TIKET TERBATAS.

DI NEGERIKU Ikutilah “Hunting Bareng ~ Pesona Wanita Di Negeriku” persembahan Kompeni & Survival Photowork. Acara berlangsung pada Minggu, 6 April 2014 di Hotel Ubud. Jl. Bendungan Sigura-gura Barat no. 6 Malang mulai pukul 08.00 WIB.

Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang

Check-In Berhadiah di Lenong Rumpi Resto

KATEGORI LOMBA : - Wisata Kuliner Kota Malang - Cagar Budaya Kota Malang

CHECK-IN, berikan foto dan tips terbaik untuk Lenong Rumpi Kopitiam & Resto (Official) via foursquare dan dapatkan h hadiah handphone serta hadiah menarik lainnya.

Pameran akan berlangsung pada Kamis, 24 April 2014 pukul 10.00 WIB di Kantor Pusat Unmer Malang, Jl. Terusan Raya Dieng, Malang.

Ketentuan: - Check-in Ch di Lenong Rumpi Kopitiam & Resto R (Official), kemudian berikan foto fo dan tips terbaik kamu tentang Lenong Len Rumpi Pemilihan pemenang dilakukan dengan cara diundi dengan kriteria: - paling sering check-in dan memberikan m foto dan tips terbaik

SYARAT PESERTA : - Peserta umum dan pelajar - Peserta harus mengisi formulir pendaftaran - Peserta diperbolehkan mengirim 2 foto 50 karya foto terbaik pilihan juri dipamerkan.

Hypnosis dan Hypnotherapy NORYANTO A DHIPURO kembali hadir di Malang dengan training mastering hypnosis dan hypnotherapy. Tidak hanya untuk diri anda tapi bisa dipraktikkan membantu orang lain.

Ba Batas akhir lomba 31 Maret 2014 U Untuk informasi lebih lanjut hubungi : Lenong Rumpi Kopitiam & Resto Jl. Kalpataru no. 110 Malang

Jadi pastikan anda datang pada: Sabtu-Minggu, 5-6 April di Restoran Amazy Jalan Bendungan Sigura-gura 46 Malang. Peserta terbatas 20 orang. INFO dan pendaftaran 08563157584 atau 081330315743.

Phone: 088 17000 800 Pin BB: 316 CFA B4 Twitter: @lenongrumpiRI

Kine Klub UMM akan menggelar Malang Film Festival bertema

Malang Film Festival 2014

‘Pesona‘ pada tanggal 2,3,4 dam 5 April di Basement Dome UMM.

Akan ada kompetisi film, pemutaran film, kelas film, dan banyak program lainnya. TAHUN 2013 LALU, Malang Film Festival yang berlangsung 5-7 Maret dikunjungi 896 pengunjung. Adapun film-film pemenangnya antara lain: Teladan Totum Pro Parte, Gendeng Beleq, Lawuh Boled, Ayah atau Ibu, Kong Asong dan Smandaku.

Photo Contest

INFORMASI : Lizya 085646510574 dan Afidz 081945506505 dan www. malangfilmfestival.com

Bagi yang suka berhijab ikutan dateng yuk bersama Hijabi Sister Community pada: Minggu 13 April 2014 pukul 08.30 WIB di Ngopienet Cafe, Jl. Bendungan Sutami no. 1 Malang (pojok perempatan lampu merah ITN lt. 2)

swa

TIKET MASUK: Rp 25.000 INCLUDE: Hijab tutorial, Snack, Lunchbox, Pin, Sticker, Charity Doorprize dan Bazar PHOTO CONTEST

“CASUAL LOOK” Registrasi: Rp 10.000 INFO HUBUNGI : 085655899996 > Sisil (photo contest) 085855100021 > Ninis 082244410491 > Putri

Yuk, ikutan Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang yang digelar dalam rangka 100 tahun Kota Malang ini.

Registrasi Rp 50.000 include cetak foto, bingkai, dan merchandise bagi karya terbaik pameran. Paling lambat Minggu, 20 April 2014 Sekretariat pendaftaran Gedung JITC, Jl. Raya Galunggung 8 Malang telpon 0341-9735000 / 0856 4849 7870

Point Blank National Championship 2014 Ikutilah Point Blank National Championship 2014 Regional Malang persembahan Flux Capital Of Entertainment. ACARA AKAN BERLANGSUNG pada Sabtu-Minggu, 26-27 April 2014 di Flux Capital Of Entertainment, Jl. Letjen S. Parman 104 Malang. BIAYA REGISTRASI: Rp 50.000/team Free t-shirt untuk 20 pendaftar pertama PENDAFTARAN TERAKHIR: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 16.00 TECHNICAL MEETING: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 17.00 le Info lebih lanjut, hubungi : 08 4666 4706 / 236D7AED Chandra 0856

Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014

“Casual Look”

asi h a M an tansi n u p n Himdi Aku s lar e g Pro ersita meng lenge v l Uni Chungg Cha ition’ t Ma ountin ompe Acc ding C ’Tra14 20 Acara digelar pada 3-4 April 2014 dan diikuti 100 mahasiswa (50 tim) dari Universitas se Jawa Timur.

Malang Tattoo Expo 2 Malan AYOO HADIRILAH A Malang Tattoo Ta Expo 2 persembahan dari Ma Malang Tattoo Community. YANG AKAN BERLANGSUNG: Sabtu, 26 April M Minggu, 27 April 2014 T di Taman Krida Budaya, Soek Jl. Soekarno Hatta no. 7 Malang. RANGKA RANGKAIAN ACARANYA : w - Tattoo war c - Tattoo colaboracy e - Tattoo extreme s - Tattoo show - Games - Graffiti - Drawing - Tattoo flash on canvas

|NFO lebih hubungi |N follow @MalangMtc di twitter.

NB: Dresscode no legging no jeans!

EVENT VENT POTRET Photography Competition and Exhibition

”Water in Frame” Ayo ikutilah POTRET Photography Competition and Exhibition “Water in Frame” persembahan dari Pekan DAS Brantas X. Terutama buat yang suka photography wajib ikut nih, ayo tunjukkan bakatmu disini.

POTRET kali ini bertemakan : “Water In Frame” – Pentingnya air bagi kehidupan PENDAFTARAN DIBUKA : 3 Maret – 8 April 2014 Dengan biaya pendaftaran: Rp 35.000 Pameran fotografi dilaksanakan pada Minggu, 13 April 2014 pukul 05.00 – 19.00 WIB pada saat Car Free Day di Jl. Ijen Malang.

INFO dapat dilihat di : http://pdb.ub.ac.id/ form pendaftaran dapat didownload di http://hmp.ub.ac.id/wp-content/ uploads/2014/03/LEMBAR-KENDALI-DAN-FORM-PENDAFTARAN.pdf atau di http://pdb.ub.ac.id/assets/formpoto.pdf CONTACT PERSON: - Rinta 085646729079, - Chikal 085776374054 @PDB_X

M MALANG POST – KDS akan a menggelar Lomba Parade P Drum Band 100 Tahun Kota Malang. Peserta mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA dan d Umum. Acara akan digelar d pada 11-12 April 2014, 2 start dari Kantor KONI Kota Malang di Jalan Tangkuban Perahu dan Finish di Balaikota Malang. Technical Meeting kedua akan dilakukan pada Selasa, 8 April 2014 2 pukul 14.00 WIB di d Kantor Malang Post, Jalan Sriwijaya 1-9 Malang.

Info lebih lanjut, dapat hubungi : Andyka 081333188505 / 2A375066 Aviev 085755451555 / 27621974 Adit 081945337906

PENDAFTARAN: Bapak Rifan: 08563547067

Training Mastering

TM 2 Parade Drum Band 100 Tahun Kota Malang

BIAYA REGISTRASI : 1 – 8 Maret 2014 IDR 125.000 9 – 23 Maret 2014 IDR 150.000 24 – 30 Maret 2014 IDR 200.000

HANYA ADA 100 BUAH TIKET.

EVENT

EVENT

FASILITAS UNTUK PESERTA : Venue, Fee models, Snack, Makeup artist, Wardrobe dan Fresh water

SERTA DIRAMAIKAN Workshop Matematika Gasing, Pentas Seni, Pameran Siswa, Bazar dan bursa buku.

UKM WAPPIM STIE Malangkucecwara menggelar seminar ‘‘Open Your Soul to Cretae Your Business Business‘‘ kiat sukses menciptakan usaha.

Kiat Sukses Menciptakan Usaha NARASUMBER: Hamzah Izzulhaq dan Wahyu Lis Adaideaja. Acara digelar pada Sabtu, 5 April 2014 di kampus STIE Malangkucecwara. HTM: mahasiswa dan umum Rp 40 ribu dan VIP Rp 50 ribu.

20

Jalan Sehat Seabad Kota Malang

Kelas Masak Bersama Diana Cahya

YUK IKUTAN Jalan Sehat Seabad Kota Malang, yang digelar dalam rangka ulang tahun Kota Malang yang ke -100. Dengan semangat baru satu abad Kota Malang, mari wujudkan masyarakat ceria, cerdas dan cemerlang untuk menuju kota yang bermanfaat. Acara ini akan diadakan pada Minggu, 27 April 2014 mulai pukul 06.00-11.30 WIB. Start & finish bertempat di Balaikota Malang.

INGIN BELAJAR MEMASAK? Ayo segera daftarkan diri anda di HandsOn Class (Kelas Praktek) bersama dengan Diana Cahya dengan materi Char Pao (Character Pao) ini. Yang akan berlangsung pada Minggu, 13 April 2014 mulai pukul 10.00 WIB di Jl. Kendalsari Barat Kav. 8 no. 15 Malang Biaya: Rp 500.000/orang. Sudah termasuk bahan, lunch, hasil praktek dibawa pulang)

Etos Expo 2014 Etos Expo 2014 serentak diselenggarakan di 13 Kota di seluruh Indonesia, untuk para pelajar SMA/ Sederajat. DENGAN RANGKAIAN ACARA : - Sosialisasi SBMPTN dan UM PTAIN - Student motivation training by Gamal Albinsaid - Art performance by Akar Tuli, Arif IMB, Faul feat Despro - Expo beasiswa Etos Expo 2014 diselenggarakan serentak pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Graha Medika FK-UB.

FREE DOORPRIZE: - 4 unit motor bebek - 2 unit mobil niaga dan masih banyak lagi INFORMASI HUBUNGI: Perkantoran Terpadu Gedung B First Floor, JL. May jend Sungkono, Malang, Indonesia, Dinas Pendapatan daerah Kota Malang atau bisa menghubungi ke nomor : Telepon : 0341 751532.

Tiket masuk : Rp 10.000 (buy 10 get 1 free)

INFO HUBUNGI: 08990384124

YOTClass #2 Komunitas Young Malang akan mempersembahkan sebuah acara yang bertajuk “YOTClass #2”.

Yuk datang rame-rame pada Sabtu, 6 April 2014 mulai pukul 08.00 WIB di Kafe Kopi Sosial, Jl. Tlogomas No. 25 Malang.

INFORMASI HUBUNGI : Ratna 082157040468 / 25DBC24A Charisma 082146667779 / 08885830000 / 23B2E406 AYOO .. BURUAN DAFTAR! Tempat terbatas! Hanya tersedia bagi 20 peserta. Dapatkan diskon khusus bagi 5 pendaftar pertama

BERSAMA PEMATERI : Rossyta Martha, Sandie Putera INFORMASI HUBUNGI: @YOTMalang Winda 085646582126 Ferry 085222204158

POJOK CEMOT C e r i t a

M o t i v a s i

1.000 BURUNG KERTAS REO DAN JULY adalah sepasang kekasih yang serasi walaupun keduanya berasal dari keluarga yang jauh berbeda latar belakangnya. Keluarga July berasal dari keluarga kaya raya dan serba berkecukupan, sedangkan keluarga Reo hanyalah keluarga seorang petani miskin yang menggantungkan kehidupannya pada tanah sewaan. Dalam kehidupan mereka berdua, Reo sangat mencintai July. Reo telah melipat 1.000 buah burung kertas untuk July dan July kemudian menggantungkan burung-burung kertas tersebut pada kamarnya. Dalam tiap burung kertas tersebut Reo telah menuliskan harapannya kepada July. Banyak sekali harapan yang telah Reo ungkapkan kepada July. “Semoga kita selalu saling mengasihi satu sama lain”, ”Semoga Tuhan melindungi July dari bahaya”, ”Semoga kita mendapatkan kehidupan yang bahagia”, dsb. Semua harapan itu telah disimbolkan dalam burung kertas yang diberikan kepada July. Suatu hari Reo melipat burung kertasnya yang ke 1001. Burung itu dilipat dengan kertas transparan sehingga kelihatan sangat berbeda dengan burung-burung kertas yang lain. Ketika memberikan burung kertas ini, Reo berkata kepada July: “July, ini burung kertasku yang ke 1001. Dalam burung kertas ini aku mengharapkan adanya kejujuran dan keterbukaan antara aku dan kamu. Aku akan segera melamarmu dan kita akan segera menikah. Semoga kita dapat mencintai sampai kita menjadi kakek nenek dan sampai Tuhan memanggil kita berdua ! “ Saat mendengar Reo berkata demikian, menangislah July. Ia berkata kepada Reo : “Reo, senang sekali aku mendengar semua itu, tetapi aku sekarang telah memutuskan untuk tidak menikah denganmu karena aku butuh uang dan kekayaan seperti kata orang tuaku!” Saat mendengar itu Reo pun bak disambar geledek. Ia kemudian mulai marah kepada July. Ia mengatai July matre, orang tak berperasaan, kejam, dan sebagainya. Akhirnya Reo meninggalkan July menangis seorang diri. Reo mulai terbakar semangatnya. Ia pun bertekad dalam dirinya bahwa ia harus sukses dan hidup berhasil. Sikap July dijadikannya cambuk untuk maju dan maju. Dalam Sebulan usaha Reo menunjukkan hasilnya. Ia diangkat menjadi kepala cabang di mana ia bekerja dan dalam setahun ia telah diangkat menjadi manajer sebuah perusahaan yang bonafide dan tak lama kemudian ia mempunyai 50 persen saham dari perusahaan itu. Sekarang tak seorang pun tak kenal Reo, ia adalah bintang

kesuksesan. Suatu hari Reo pun berkeliling kota dengan mobil barunya. Tiba-tiba dilihatnya sepasang suami-istri tua tengah berjalan di dalam derasnya hujan. Suami istri itu kelihatan lusuh dan tidak terawat. Reo pun penasaran dan mendekati suami istri itu dengan mobilnya dan ia mendapati bahwa suami istri itu adalah orang tua July. Reo mulai berpikir untuk memberi pelajaran kepada kedua orang itu, tetapi hati nuraninya melarangnya sangat kuat. Reo membatalkan niatnya dan ia membuntuti kemana perginya orang tua July. Reo sangat terkejut ketika didapati orang tua July memasuki sebuah makam yang dipenuhi dengan burung kertas. Ia pun semakin terkejut ketika ia mendapati foto July dalam makam itu. Reo pun bergegas turun dari mobilnya dan berlari ke arah makam July untuk menemui orang tua July. Orang tua July pun berkata kepada Reo : ”Reo, sekarang kami jatuh miskin. Harta kami habis untuk biaya pengobatan July yang terkena kanker rahim ganas. July menitipkan sebuah surat kepada kami untuk diberikan kepadamu jika kami bertemu denganmu. ”Orang tua July menyerahkan sepucuk surat kumal kepada Reo. Reo membaca surat itu. “Reo, maafkan aku. Aku terpaksa membohongimu. Aku terkena kanker rahim ganas yang tak mungkin disembuhkan. Aku tak mungkin mengatakan hal ini saat itu, karena jika itu aku lakukan, aku akan membuatmu jatuh dalam kehidupan sentimentil yang penuh keputusasaan yang akan membawa hidupmu pada kehancuran. Aku tahu semua tabiatmu Reo, karena itu aku lakukan ini. Aku mencintaimu Reo…. July. Setelah membaca surat itu, menangislah Reo. Ia telah berprasangka terhadap July begitu kejamnya. Ia pun mulai merasakan betapa hati July teriris-iris ketika ia mencemoohnya, mengatainya matre, kejam dan tak berperasaan. Ia merasakan betapa July kesepian seorang diri dalam kesakitannya hingga maut menjemputnya, betapa July mengharapkan kehadirannya di saat-saat penuh penderitaan itu. Tetapi ia lebih memilih untuk menganggap July sebagai orang matre tak berperasan. July telah berkorban untuknya agar ia tidak jatuh dalam keputusasaan dan kehancuran. Cinta bukanlah sebuah pelukan atau ciuman tetapi cinta adalah pengorbanan untuk orang yang sangat berarti bagi kita. sumber: emotivasi.com

CP. 087794107296 pin bb 316b3c9c REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


IKLAN BARIS MALANG POST

21

senin, 31 MARET 2014

PASANG IKLAN TEPAT

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

LOWONGAN

RUPA-RUPA

KULINER

MOBIL - MOTOR

Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999

JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078

Dcr 1 krywn toko, SMA sederajat, 2 sopir pribadi, lamaran lengkap kirim ke Toko Lolipop, Jl. Raya Dieng 22 Mlg

Distributor F&B mencari “Mitra Usaha” dengan konsep saling menguntungkan. Hub: Jony/Satrio 0341-795451 (SMS) 08170484969

Depot Ayu Bu Gayit menyediakan masakan khas Jawa mnrm:psnan Nasi Kotak dan Nasi Tumpeng dll Hub:Jl.Raya Genengan Pakisaji Tlp:0838480154475

Jual Mobil Toyota Avanza G’10 Hitam N/Batu Metalik Hub.08125294556 d/a ArengAreng Batu BL-1/4

Golongan Toyota. Cari investor mobil untuk travel dan sewa mobil Innova, Avanza, APV. Aman dan setoran tinggi Hub: 082335585758/ 087701455758 BL-6/4

MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/4

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/4

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/4

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/4

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/4

isuzu B.U. Dijual cepat Panther higrade Th 95 , warna biru Plat N Kota .Hub 085791530963 . 081253743162 BL-29/4

Daihatsu BIG SALE,Xenia 17jt, Terios 23jt, Luxio 29jt,Ayla 17jt, Pick up 13jt. Hub:Dona 082132668687/0341 5332992 BG-26/4

Promo Xenia DP 17jt-an atau angsuran 2jt-an DP Bisa Diatur untuk Terios PU Luxio Sirion Ayla Hub: Hendri (0343) 2384414 BG-20/4

D I J U AL M i t s u b i s h i G a l ant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221 BG-12/4

DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414 BG-8/3

DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/4

Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/4

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/4

MITSUBISHI GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/4

DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221 BL-12/4

gEBYAR Diskon Mitshubisi, Pajero, Outlander, Mirage, Cash Back s/d 25jt Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/4

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/3

BG-24/4

BL-16/3

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784

JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963

BG-16/4

DIJUAL rmh lt 60 m² jln.ikan gurame perum little Kyoto B-6 mlg. Hub 08155097508 & 081330015318

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/4

Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/3

•HONDA• di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000 BG-6/3

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-31/3

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/3

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/3

TANAH Dijual Tanah Luas 594 m (AJB) Dusun Krajaan Desa Pakis­ jajar Kecamatan Pakis Hub. 081352978588 BG-27/4

Tanah Kavling shm luas 690 m².Jl Poros arah bandara Abd.Saleh Asrikaton 600 ribu/m². boleh beli separuh.081233222547/5473547 BG-15/4

Dijual tanah kav dekat bandara samping Perum Graha Bandara Residence LT220m².800rb/m Hub081333848384 BG-27/3

BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman) BG-3/ 3

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/3

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/3

KONTRAKAN Dikontrakan Rumah Baru Letjen Sutoyo town House C1 3 kmr tdr 2 kmr mandi.Hub 081358358331 BG-27/4

DIKONTRAKAN VILLA Kasih Fas. 3kmr, grnsi Lt.17x11m. Hub 596918, 081252624970, dekat Jtm Park 2. Jl. Sriti 39 Oro-oro Ombo Batu BL-28/3

Dikontrakkan Ruko cocok buat warung/counter. LT 200m² LB 150m². Jl Alumunium No.6 Malang. Hub Bu Yayuk: 7065500/ 08123300188 BG-11/3

RUMAH

Dicari titipan. Mobil utk travel dan rent car inova,avanza,apv,aman dan setoran tinggi 082335585758/ 087701455758 BG-12/4 Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1

• SUZUKI • Ertiga & Pick Up rendy stock & diskon besar haya di bulan ini 082142619474/bb22cc4e12

BG-2/3

J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/4

JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi. BL-1/4

Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/4

Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736 BG-17/2

Rumah Dijual daerah Kedawung.LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM. Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899 BG-18/3

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341 BG-31/4

DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008 BG-31/4

Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/3

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/2

PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866 BG-25/2

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/3

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-24/2

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/3

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/3

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/3

DIJUAL rumah tempat strategis untuk hunian dan invest mulai harga 260-550 jt,tipe 45-118. Jl. Kanjuruhan Tlogomas. Hub:085649792950 / (0341)9157889. BG-26/4

DJL cpt rmh Jl. Simp Borobudur Utara 33(Blimbing) lt 240m lb 200:6 kt, garasi. Hrg 600 jt ng (AJB). Hub: 081334413677/ 085334181789 BG-21/4

TOYOTA

BG-15/3

Djl rmh Griya Buring Permai L1 60m2 x 5 x 12 IGPC32 DP 26jt bs diangsur 10x Hunian tgh kta dgn hrg mrh Hub: Intan (0341) 9272391, 081333476800 Pin 2A6A581F BG-20/ 4

***Bisa cicil 12x*** rmh+toko CANTIK,T.150/679,hrg 650jt,Bs byr 50%,sisa th ke 2Bs Kpr,ada pgsh siap sw 30jt/th,Ada jaminan kenaikan HRG,MDH CAIR.081333211662 BG-8/ 4

DI JUAL rumah di Jl. Danau sidengreng blok C3 B-31 SHM luas 105 full bangunan 325 jt nego HUB : 081945398899 tanpa perantara

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/3

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/3

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/3

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­ 746571600 BG-11/3

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

LOWONGAN Dbthkn sgr guru TK min SMA/lbh, blm menikah, bsn muslimah, serius. Hub.081805090450 Blimbing

BG-22/ 3

BG-31/3

Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505

RUMAH KOS dijual 2Lt,20kmr,Lt: 180 m²,Lb:300 m²+ruko 2 Lt,Ls 48 m². Dae­r ah kampus Unisma,Unitri,Uin,Uniga.hub: 081945577755

DICARI krywn/ti min SMA u/ ditempatkan di Starlet Acc HP Mall Olympic Garden, Gaji memuaskan. Lamaran ke MOG ( Lt 1, FF74B ) / hrd.starletacc@yahoo.com

BG-19/3

BG-21/3

BL-30/3

BG-22/4

MP JUAL MP-JUAL : Tanah 6 X 5mt lok pinggir jl Mayjen Sungkono /Raya Tutut Arjowingun kec. Kd Kandang kota Malang.hrg nego,cck utk usaha strgis. hub 085235928108. MP JUAL: Perum manissa royal residence tipe 40, 2 kt, teras dpn blkg shm, imb,pdam, pln 1300 bs kpr lok strategis kodya malang dkt perkantoran, pendidikan, sarana olah raga, terminal cocok buat inves dan kontrakan hub: 082232377877 atau 08170521971

MP-JUAL: BIBIT/BENIH IKAN LELE DENGAN HARGA MURAH LANGSUNG DARI PETANI.HUB: 082245573977 Mp-jual: Ayam Jkt, Sgl acara. bonus 1 dus aqua. Hub Segera:081233680102/ 9539275. Mp-Jual: ES CINCAU GREEN bs buat OBAT sglh penyakit( darah tinggi,bs membunuh sel kanker dll...) terbuat dr bhn alami, jln BONDOWOSO(dkt UM) mlng TERIMA PESANAN call 085790833379

MP-Cari MP-cari : bbrp sopir colt diesel sim b1&karyawan/ti ntuk jaga toko bisa tdr dlm atau plg sore.hub jl.sersan harun 62 telp 7791616/08123397711 MP-Cari : tenaga wanita untuk jadi operator komputer.gaji pokok+uang makan. hub.nmr 081944922510 MP-cari kywti Admin min smu usia20-30 hub 081803813638 MP~CARI : rumah di bawah harga 100jt. Lokasi ngijo ato karangploso. Hub no ini +6282300040011

BL-28/3

Capster berpengalaman. Bisa kerja mandiri, Lamaran bawa sendiri ke Salon Masita, Jl.Watumujur I/21 Malang, telp. 582150 BL-30/4

Dbthkn kryw/i utk Kedai Es D&D PELANGI Jl. Trsn Bondowoso 44 Hub.085755877347 (SEGERA) BL-26/4

BUTUH Pembantu RT utk di Jogja serabutan, bisa masak , umur 35 th Hub : 08123578052/ 087882045000 BL-26/4

BG-28/4

jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563 BG-5/3

Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2

Ju a l m c m - m c m p r l n g k p a n rmh tang,bntl/glig,spring bed furniture,dll.Jl. Mayjen Sungkono Gg.8/7 hub.(0341)9598434 BG-27/4

DANA TUNAI P in j a m D a n a T a n p a J a minan proses cepat. Hubungi 082244650171 BG-22/4

Gadai Laptop Kamera Tab TV PSP BB HP. Jl MT Haryono No 177 Telp (0341) 571731 0838 3496 7500. (Depan Mall Dinoyo City Malang) BG-11/4

Butuh biaya sekolah, renov rumah ;modal usaha? Kami solusinya, jaminan BPKB Motor/Mobil dan SHM.Bisa TO Hub.5441379/085746960294. BG-1/4

“DANA TUNAI” butuh dana? Jaminan BPKB, Pinjaman Tinggi, proses cpt hub:9363696 telp/sms. BUKTIKAN!! Bg-14/4

Butuh dana cepat + trm gadai titipkan laptop / hp / kendaraan + BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp (0341) 7359448 BG-5/4

“ANDA BUTUH UANG“ jaminan BPKB/cepat,mudah,tanpa Survey,LSG cair/KSP citra abadi.Jl.Raya Tlogomas 51MLG/ (0341)9751645 BG-9/5

CARI JODOH

BIRO JODOH ganteng, S1, mapan. Cari jodoh gadis cantik peg. swasta min SMA TB 162 cm max 30 th HUB: 081217585921 BG-25/4

BIROJODOH malang jaya #jejaka, 32th, krywan toko cari calon istri, gadis/janda, manis & sederhana telp: 087859953881 BG-2/4

Guest house Bandoeng guest House Jl. Bandung No.20 Malang/ www. nandoengguesthouse.net/ bandoengguesthouse2012@gmail. com/ (0341)551824 BG-30/4

OMAHKOE GUEST HOUSE jalan bendungan sigura-gura 4 no 1 malang. Telp (0341)556244 BG-7/ 4

KAWI GUEST HOUSE Jalan kawi atas No.40 Malang. Telp. (0341)551351 BG-4/5

Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676 BL-26/ 3

futsal F U T S AL B U A N A h a d i r d e ­ ngan lapangan rumput sintetis baru. Harga Terjangkau.JL Tlogosari 38 A Tlogomas malang. (0341)7744778 BG-1/4

Kehilangan stnk

Hancabarasih Laundry & Dryclean Jl.Mertojoyo F1C Dinoyo. Antar Ambil SMS 085731243111. Laundry on Kilo’s terbaik di Malang BG-28/4

Indonesia School Of Photography setara D1,kelas mlai 15/04/14. Jl.Simpang Gajayana Blok K (blkg Sardo). CP:081233673663 BG-28/4

SEKAR CAMILAN sedia aneka cemilan timbangan/packing/los. Siap lyn antr Jl.Mayjen Sungkono no.2 mlg. Hub 085649592346 / 03415042887 BG-27/4

Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg

BL-31/3

RUPA-RUPA Leadership House Pelatihan kepemimpinan,soft-life skills & character Building u/ SD SMP SMA .Buka kelas baru Hub : Banten 30 Malang/562580 BG-27/4

Panggilan service didik gang mayang genengan pak isaji telp 0341-7378891 mnrm service kulkas,mesin cuci,instalasi listrik,pompa listrik dll BG-15/4

Sewa motor murah untuk mahasiswa & umum Mulai ; 45rb/har: 087701577000/082301577000. Jl Joyo raharjo 201 (belakang sardo swalayan). BG-15/4-

Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111

BL-6/3

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/12

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/2

Ash a f a B o d y m i s t A r o m a t erapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­ tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 03418696529,085855989910 BG-23/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/3

KULINER CAFE ROBIN ahlinya kopi jowo asli seleranya rasanya Jl. A.Yani 35 Kepanjen Tlp:081217635552 BG-14/4

BG-13/4

MP-CARI : peminat pelarisan warung toko depot sales agen asuransi mediator jual/beli tanah/rumah/mobil g laku2. pengasihan cinta ditolak suami/ istri cecok/minggat. infaq seikhlasnya gus pur 08155525573 MP-cari : bbrp sopir colt diesel sim b1&karyawan/ti ntuk jaga toko bisa tdr dlm atau plg sore.hub jl.sersan harun 62 telp 08123397711

BG-24/12

elektronik

Progress Pusat Service Kamera Digital,DSLR,LCD,Pro jector,Sound System,dll. Jl Sunan Kalijaga Kav 3 No.6 (0341) 9005905/089667711882 BG-11/4

Sumber Teknik Service Kamera Digital/DSLR, Lensa, LCD, Projector, dll. Jl Raya Tlogomas No 11. (0341)2112945

TOUR & TRAVEL El Nusa Rent Car sewa mobil terbaru & termurah. All new Avanza/Xenia, Innova & Luxio. Taman Landungsari Indah D-28. Hub: 081233428484 / 085859848460 / (0341)7357475

BG-23/3

MP-cari : kywti Admin min smu usia20-30 hub 081803813638

BG-5/3

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882

JUAL PENINGGI BADAN ALAMI 1-10 HR Naik 2-4cm. www. OBATTINGGITIENS. com 087877575880

N a ik / t urun b e r a t b a d a n sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260

rumah/mobil g laku2. pengasihan cinta ditolak suami/istri cecok/ minggat. infaq seikhlasnya gus pur 08155525573

pengobatan

PENGOBATAN HERBAL Tanpa Operasi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8

BG-11/4

Cafe Gaul Barokah menikmati segelas kopi.Specialis kopi lanang dan macam2 gorengan dan mie rebus datang Jl.Raya Taman Ayu Kepanjen

BG-16/3

BG-8/2

Depot Maninjau sedia ma­sa­ kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12

BG-20/2

BG-26/12

S t nk s p d m t r H o n d a 2 8 D (Mio/AL 115S)’11 N-4870-DW noka:MH328D305BK577042 nosin:28D2574259 a/n Suparman d/a Dkh. Krajan Rt.02 Rw.02 Desa Semberejo Kecamatan Gadangan Kabupaten Malang

BG-13/4

Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091

BG-18/4

AZRI TIKET melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel,Tour,Rent Car,Pembayaran Rek Listrik,PDAM,Telepon,Pulsa All Operator. Jl Tirta Rahayu 30. 532837/9885553 BG-13/4 V e nus Tour & Tr a v e l Harian ,Mingguan, Bulanan. Pembayaran cash dan kredit/ visa master. Jl Galunggung 86 B/7747474/081555888385 BG-11/4 Multi Trans Tour & Travel Malang Kediri PP,Shuttle,MlgJuanda PP,Paket Wisata,Rent cart driver,tiket pesawat. Jl MT Hariono 167 Kav 27.5023911/0823382457 77/30C3FE38 BG-11/4 SORA TOUR N TRAVEL Jl. Jmbtn Gadang Bumiayu. Airport shuttle,MlgSby Mlg-Perak PP,Carter Tour Wisata. Rent Car Driver. 081222517111/0 85791212111/2809111 BG-25/3 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/2 SESA RENT CAR melayani sewa mobil+sopir, armada avansa all new G. JI. Rangkok Utara no.28 sukun hub: 081233055322/ 085855334740 BG-21/3

BMS RENT CARS karimun estilo/xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 0341-7748248/ 2149988/081333373338 BG-30/12

JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. CarterTour Wisata -Rent Car Tdriver 7532 36/082333711779/081333322779 BG-28/2

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

TOUR & TRAVEL S R I W I JAYA A B A D I s e w a mobil+supir drop carter, inova, avanza,x enia, luxio tiket pesawat/ tour domestik...03419139555/081 249660666 BG-15/4 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­R USAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web­s ite: www. su­r ya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 www. airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ju­a n­d a(PP), dgn driver peng­alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP 346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 ANGKASA RENT CAR me­la­ yani sewa mbl: APV Arena, Xe­ nia, Avan­za, Kijang LGX, Mercy pe­n gan­t in, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 PIJAT “Iman” pijat terapi/refleksi,full body + totok aura wajah. Dll. Trm panggilan Rmh/Hotel 087859256377 dijamin fresh BG-27/4

Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel HUB: 085774410568 No SMS. BG-1/4 Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202 BG-14/2 PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/ cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965. Dijamin fresh. BG-13/2 Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2 KOMPUTER Kredit Laptop/ Komputer, Tablet Hub:085853874151/08 2140703452/8174510/564537. Infomedia Komputama+Adira. Jl Galunggung Ruko Blok 58m BG-11/4

CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/4 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/3


22

SENIN, 31 MARET 2014

NET

ANDALAN : Arturo Vidal pemain andalan dari Chile dalam piala dunia 2014 mendatang.

Silvestre Yakin Perancis Lolos

Awas Red

t H Chile

TIMNAS Chile telah sukses memastikan satu tempat untuk ikut serta dalam piala dunia 2014 di Brazil setelah melalui perjalanan yang panjang dan juga berat dalam babak penyisihan kualifikasi zona Amerika Latin yang juga di ikuti oleh tim-tim yang sangat tangguh didalam nya dan Timnas Chile berhasil menunjukan kualitas mereka dengan berhasil lolos. Dengan lolosnya Timnas Chile ke piala dunia merupakan sebuah hadiah yang sangat menggembirakan bagi seluruh masyarakat Chile yang akan mendukung tim mereka yang akan tampil di Piala Dunia. Banyak tim saat ini juga telah mewaspadai kekuata dari Timnas Chile yang teah berkembang sangat pesat dari waktu ke waktu dengan daftar pemain yang mereka miliki saat ini yang sangat banyak bermain di liga eropa sehingga menjadikan tim ini sangat tangguh. Pemain yang berkarir di eropa tentu bisa memberikan pengalaman mereka kepada rekan setim mereka untuk bekerja sama meloloskan Timnas Chile ke

babak yang lebih tinggi lagi. Pada pertandingan piala dunia 2014 nanti Timnas Chile berada dalam grup B yang termasuk cukup berat karena lawan yang akan mereka hadapi adalah tim-tim kuat dan juga juara dunia pada piala dunia lalu. Mereka adalah Spanyol, belanda dan juga Australia yang semua nya memiliki tim yang sangat tangguh dan lawan terbesar yang harus dihadapi oleh Timnas Chile adalah tim spanyol dan juga Belanda yang sangat berhasrat untuk menjadi juara dunia. Timnas Chile pun tidak akan menyerah begitu saja dan mereka akan mengandalkan beberapa pemain mereka yang bermain dieropa seperti pemain tengah Mauricio Isla dan Arturo Vidal yang bermain bersama klub Serie A Juventus dimana mereka merupakan pemain inti saat ini. Selanjutnya ada penyerang terbaik mereka Alexis Sanchez yang bermain

bersama Barcelona ini akan tampil maksimal membela Timnas Chile dan memberikan hasil yang terbaik. Sang pelatih pun tidak akan melewatkan kesempatan yang bagus ini begitu saja dan mereka akan tampil dengan sekuat tenaga dan juga dengan seluruh kemampuan yang ada. Pelatih timnas Chile Jorge Sampaoli memantau khusus Arturo Vidal. Vidal yang menjadi pemain andalan di skuat asuhan pelatih Antonio Conte, disebut sebagai Messi. “Hanya ada satu Messi. Dia pemain unik, tetapi kami hanya dapat mengatakan Vidal merupakan Messi yang bermain di posisi gelandang,” ujar Sampaoli di situs Tutto Sport. Menurut Sampaoli, Vidal termasuk pemain yang langka. “Pemain seperti dia langka, dia fleksibel, mematikan dalam menghalau lawan dan unggul dalam penguasaan bola. Meraih Ballon d’Or sulit, gelar itu umumnya diraih oleh pemain berposisi penyerang, yang mencetak banyak gol,” urai Sampaoli.(*/ary)

dilanjutkan dengan menghadapi Ekuador di Estádio do Maracanã, Rio de Janeiro (25 Juni). Silvestre membela timnas Prancis pada 2001 hingga 2006. Dia sukses mencetak 2 gol dalam 40 pertandingan. Silvestre sempat merebut gelar Piala Konfederasi 2001 dan 2003

J A K A R TA - Mantan bek Inter Milan dan Manchester United, Mikael Silvestre, memberikan prediksi soal peluang timnas Prancis di Piala Dunia 2014. Di Piala Dunia nanti, Les Bleus bersaing dengan Swiss, Ekuador, dan Honduras di penyisihan grup E. Silvestre rupanya enggan berandaiandai terlalu jauh. Pria 36 tahun ini menilai Les Bleus perlu berjuang keras untuk lolos dari penyisihan grup. “Prancis akan lolos dari penyisihan grup. Setelah itu, kami akan lihat siapa lawan kami dan lihat apa yang akan terjadi,” kata Silvestre dalam sesi tanya jawab di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Sabtu 29 Maret 2014. Prancis akan memulai perjuangan di Piala Dunia dengan menghadapi Honduras di Estádio Beira-Rio, Porto Alegre pada 15 Juni 2014. Setelah itu, tim besutan Didier Deschamps akan menghadapi Swiss di Arena Fonte Nova, Salvador (20 Juni) dan

Silvestre

Capello: Timnas Inggris Kelelahan

Empat Tim Favorit Juara Versi Ronaldo MADRID - Kapten Portugal dan juga bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mengatakan ada empat tim yang difavoritkan menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil. Salah satunya adalah calon lawan mereka di penyisihan grup, Jerman. Pemain yang biasa disapa CR7 itu mengaku tidak tertekan meski timnya bukan unggulan. Pemain berusia 29 tahun itu yakin timnya bisa menjadi kuda hitam dan memberikan kejutan di turnamen bergengsi empat tahunan ini. “Saya berharap kami bisa menjalani Piala Dunia yang luar biasa pada musim panas nanti. Kami tidak di bawah

NET

Cristiano Ronaldo tekanan dari para favorit seperti Brasil, Spanyol, Argentina dan Jerman,” kata Ronaldo seperti dilansir Tribal Football.

“Dan pertandingan pertama di babak penyisihan sangat penting, karena kami akan melawan tim besar, Jerman,” ujarnya. Portugal lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 melalui perjuangan keras melawan Swedia di babak playoff. Ronaldo jadi aktor kunci sukses Portugal meraih tiket Piala Dunia dengan tiga golnya di leg kedua playoff. Ronaldo saat ini tercatat sebagai bomber tersubur Seleccao. Dua golnya ke gawang Kamerun saat Portugal menang 5-1 di laga persahabatan Maret lalu menghantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak Portugal sepanjang masa dengan 59 gol dari 110 laga.(viv/ary)

bersama Prancis. Silvestre memulai karier profesional di Rennes pada musim 1995-96. Setelah itu, dia sempat membela Inter Milan pada musim 1998-99. Sebagian besar kariernya dilalui bersama Manchester United pada 1999 hingga 2008.(viv/ary)

NET

LELAH : Timnas Inggris dalam sebuah sesi latihan, diprediksi akan cepat lelah di piala dunia. ITALIA - Pelatih Timnas Rusia, Fabio Capello, mengatakan, kelelahan akan menimpa skuad Timnas Inggris saat tampil di Piala Dunia 2014. Banyaknya pertandingan yang harus dilakoni pemain-pemain Inggris bersama klub mereka menjadi penyebabnya. Capello, yang pernah menangani Inggris di Piala Dunia 2010, melihat mantan tim asuhannya itu juga me-

miliki lawan-lawan yang tangguh di babak penyisihan Piala Dunia 2-14 di Brasil. The Three Lions tergabung di Grup D bersama Uruguay, Italia, dan Kosta Rika. “Ini menjadi benar-benar penting bagaimana kondisi fisik tim saat tiba di Piala Dunia. Inggris selalu kelelahan karena mereka terlalu banyak memainkan pertandingan,” kata Capello, seperti

dilansir Soccerway. Pelatih asal Italia ini juga membantah anggapan bahwa ketidakharmonisan di skuadt Inggris menjadi penyebab kegagalan Frank Lampard dan kawan-kawan di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Menurut Capello, salah satu penyebab terbesar Inggris tersingkir di Piala Dunia 2010 adalah karena kesalahan wasit yang memimpin pertandingan 16 besar kontra Jerman. Seperti diketahui, dalam laga kontra Jerman, tendangan Lampard yang melewati garis gawang dianggap tidak gol oleh wasit, saat itu Inggris tertinggal 1-2. Jika tendangan Lampard dianggap gol, Inggris seharusnya bisa menyamakan kedudukan. Keputusan kontroversial tampaknya meruntuhkan moral pemain The Three Lions, sehingga kalah 1-4 dari Jerman dalam laga tersebut. “Kamp pelatihan sempurna. Ketika Anda menang, segalanya baik-baik saya, ketika Anda kalah, semuanya salah. Inilah kisah sepakbola. Tapi, semua orang mengatakan, Afrika Selatan adalah kamp pelatihan terbaik,” ujarnya. “Kami tidak benar-benar bermain baik, juga wasit yang membuat kesalahan besar. Tapi, kamp pelatihan kami berjalan sempurna,” ujar mantan pelatih AS Roma dan Juventus ini.(viv/ary)

Persiapan Buruk, Tiket Ludes RIO DE JANEIRO - Piala Dunia 2014 memang kerap dicap sebagai gelaran yang terburuk sepanjang sejarah. Itu tak lepas dari persiapan Brasil selaku tuan rumah yang sangat amburadul. Namun, hal itu ternyata tak mengurangi antusiasme fans untuk menyaksikan pertandingan pada pesta sepakbola empat tahunan

tersebut. Buktinya, hampir semua tiket pada laga Piala Dunia ludes. Situs resmi FIFA, Sabtu (29/3) menulis, tiket hanya tersedia untuk tujuh pertandingan. Yakni, Yunani vs Pantai Gading, Nigeria vs Bosnia, Korsel vs Rusia, Uruguay vs Kosta Rika, Korsel vs Aljazair, Honduras vs Swiss dan Bosnia vs Iran.

Artinya, tiket untuk 57 pertandingan Piala Dunia sudah ada pemiliknya. Pasalnya, Piala Dunia 2014 nanti akan mempertandingkan 64 laga. Dari tujuh laga itu, pertandingan Yunani kontra Pantai Gading paling sepi peminat. FIFA memang tak merilis jumlah detail tiket yang tersedia untuk laga yang akan di-

langsungkan pada 24 Juni itu. Namun, FIFA memastikan, tiket hanya tersedia untuk tiga kategori. Hingga kini, FIFA mengklaim sudah berhasil menjual 2,5 juta tiket Piala Dunia. FIFA bahkan berani mengklaim Piala Dunia 2014 menjadi even paling sukses dalam penjualan tiket. (jos/jpnn/ary)

Pojok Klasik NET

DIBANGUN : Arena di Sao Paolo masih dalam proses pembangunan, kembali memakan korban jiwa.

Pembangunan Stadion Makan Korban BRASIL - Kematian kembali terjadi pada saat pembangunan stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2014. Seorang pekerja tewas saat sedang menyusun kursi di Arena de Sao Paolo, stadion yang akan digunakan untuk laga pembuka Piala Dunia. Menurut laporan The Guardian, korban tewas adalah Fabio Hamilton da Cruz. Pria yang usianya tidak diungkapkan ini terjatuh dari ketinggian 8 meter saat sedang menyusun kursi di stadion. Sementara itu, menurut petugas pemadam kebakaran, sang pekerja jatuh dari ketinggian 15 meter.

Rumah Sakit Santa Marcelina di Sao Paolo memastikan kematian sang pekerja. Cruz tidak bertahan lama setelah mengalami cedera kepala cukup serius. Dia dinyatakan meninggal dunia sebelum menjalani operasi. Kecelakaan ini terjadi hanya berselang 4 bulan setelah 2 pekerja tewas saat derek yang mengangkat atap seberat 500 ton, rubuh. FIFA dan panitia lokal Piala Dunia setempat saat ini sedang menunggu pernyataan resmi mengenai kematian tersebut. “Bagi FIFA, LOC, dan pihak berwenang Brasil, keselamatan adalah hal yang

utama,” demikian bunyi pernyataan resmi FIFA. Ini merupakan kematian ke-8 yang menimpa pekerja saat sedang menjalankan tugasnya, 7 di antaranya terjadi karena kecelakaan. Tiga pekerja tewas saat sedang membangun Arena Amazonia di Manaus, termasuk pria Portugal yang meninggal saat membetulkan atap, awal tahun ini. Satu pekerja dinyatakan tewas karena mengalami serangan jantung. Sedangkan setahun sebelumnya, seorang pekerja juga tewas saat mengerjakan stadion di pusat kota Brasilia.(viv/ary)

KANGURU: Piala Dunia FIFA 1974 menandai penampilan pertama wakil dari OFC (Oceania Football Confederation), dengan Australia sebagai pelopor dari konfederasi itu.

REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REEP


AREMA CRONUS

SENIn 31 MARET 2014

23

Timnas U-19

Maksimalkan Penjaga Gawang TANGERANG -Tidak selamanya penjaga gawang hanya berdiri di belakang mistar. Lebih dari itu, penjaga gawang dituntut untuk bisa lebih aktif membantu pertahanan. Itulah yang sekarang ini terus coba dibentuk tim pelatih penjaga gawang di timnas Indonesia U-19 dalam persiapan untuk Piala AFC U-19, Oktober mendatang. Selama ini, mungkin perhatian publik lebih banyak terfokus pada permainan menyerang cepat dari bola bawah ala skuad Garuda Jaya. Padahal, selain menyerang, peran penjaga gawang juga tidak bisa dilepaskan dari permainan tidak terkalahkan Evan Dimas Darmono dkk. Entah itu dari Ravi Murdianto, Awan Setho Raharjo, atau Mochammad Dicky Indrayana. Ketiga penjaga gawang timnas asuhan Indra Sjafri tersebut tetap mendapatkan porsi latihannya tersendiri. Termasuk ketika timnas U-19 kembali melakoni sesi latihannya di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, kemarin (30/3). Latihan tersebut sebagai salah satu bagian persiapan sebelum Tur Timur Tengah, 5 April mendatang. Pelatih penjaga gawang timnas U-29, Jarot Supriadi menginginkan pemainnya bisa berperan lebih besar. Tidak hanya menjaga di bawah mistar gawang saja. “Melainkan juga bisa bermain layaknya pemain belakang, dan juga mampu menciptakan peluang bagi rekannya yang lain ketika serangan balik,” ujarnya saat ditemui di hotel Yasmin, Karawaci, Tangerang. Kemampuan multi fungsi seperti ini cukup dibutuhkan dengan melihat pada karakter permainan yang dimiki timnas U-19 saat ini. Dengan mengandalkan gaya permainan yang mirip tiki-taka ala Spanyol, peran pemain bertahan paling belakang pun masih bisa maju sampai di depan garis pertahanan lawan. (ren/jpnn/jon)

Persegres Perbaiki Non Teknis Tim

Guest gesang/malang post

PENUHI KANJURUHAN: Aremania harus datang ke Stadion Kanjuruhan saat laga lawan Maziya karena tidak disiarkan langsung oleh televisi nasional.

Lawan Maziya Tak Live

MALANG-Laga lanjutan AFC Cup 2014 antara Arema Cronus kontra Maziya S&R Selasa (1/4) besok dipastikan tidak disiarkan stasiun televisi nasional. Pertandingan yang digelar di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, itu hanya akan disiarkan dua stasiun televisi berlangganan, yakni FOX Sport dan MNC Sport 2. Dengan kepastian itu, suporter setia Arema, Aremania dipastikan akan kesulitan untuk menyaksikan tim kebanggaannya berlaga. Aremania

harus datang langsung ke stadion jika ingin menjadi saksi hasil pertandingan tersebut. Tanpa adanya siaran langsung dari stasiun televisi nasional, manajemen Arema memandang ada sisi positifnya. ‘’Dari pihak manajemen juga tidak menyarankan Aremania yang di Malang untuk nonton di televisi,’’ ujar Media Officer Arema, Sudarmaji kepada Malang Post. Sudarmaji menilai, sisi positifnya ialah akan ada pemasukan lebih meng-

ingat Aremania harus hadir ke stadion. ‘’Kalau datang langsung ke stadion otomatis harus membeli tiket. Itu penting, karena tiket bisa bantu pendapatan klub,’’ terang pria yang pernah berprofesi sebagai wartawan ini. Sementara itu, untuk mempermudah Aremania yang berstatus sebagai pekerja, sebenarnya manajemen telah berusaha untuk mengubah jadwal pertandingan menjadi malam hari. Manajemen telah mengirimkan surat ke AFC untuk perubahan jadwal tersebut,

akan tetapi gagal. ‘’Pertandingan tetap kick off sesuai jadwal semula. Dimulai tepat pukul 16.00,” tutur pria asal Banyuwangi ini. Selain dari sisi pendapatan, tentu saja kehadiran langsung Aremania di Stadion Kanjuruhan diharapkan para punggawa tim berjuluk Singo Edan. Penuhnya tribun penonton bisa berdampak pada naiknya semangat juang Ahmad Bustomi dkk dalam pertandingan. (rul/jon)

Arema U-21

Hari Ini Pastikan Kontrak Pemain MALANG-Arema U-21 segera memulangkan sebagian pemain seleksi hari ini (31/3). Kabar tersebut dibenarkan oleh Manager Arema U-21, Fuad Ardiansyah. “Senin (hari ini. Red) adalah hari terakhir seleksi. Setelah itu kita tentukan kepada pemain. Mereka tetap bergabung bersama Arema U-21 atau keluar,” kata Fuad Ardiansyah kepada Malang Post. Hal senada diungkapkan pelatih Arema U-21, Singgih Pitono. Pelatih asal Ngunut, Tulungagung ini mengaku dilema dengan situasi ini. Di satu lain, ia tidak tega memulangkan pemain, di sisi lain pencoretan pemain diperlukan untuk pemantaban sebuah tim sepakbola. “Saya tahu bagaimana rasanya dicoret. Saya pernah menjadi pemain. Tapi saya rasa ini hal biasa dalam sepakbola yang tak bisa lepas dari unsur kompetisi,” tandasnya. Lebih lanjut, pelatih berambut gondrong ini mengemukakan bahwa pada sore hari ini semua pemain yang tersisa masih diharuskan mengikuti latihan. Setelah itu, tim pelatih akan melakukan penilaian akhir terhadap para pemain. Mantan bintang Arema di era Galatama ini me-

nyebut, sebanyak 20 pemain akan dikontrak. “Sore hari setelah latihan ada keputusan. Teknisnya bagaimana nanti dilihat saja lah,” kata Singgih, sapaan akrabnya. Ke depan, Singgih memaparkan Arema U-21 masih memiliki dua kali agenda uji coba sebelum dimulainya Indonesia Super League (ISL) U-21. “Sekarang (kemarin, Red) libur dulu. Senin kita latihan lagi sore. Persiapan kita sudah terlalu mepet,” unhkapnya. Sementara itu, Fuad Ardiansyah memastikan Arema U-21 tidak akan menggunakan jasa pemain asing dalam kompetisi U-21 ISL. “Saya sudah dengar kabar mengenai wacana penggunaan pemain asing di ISL U-21. Akan tetapi, kami tidak tertarik,” cetus Fuad, sapaan akrabnya. Pria berkaca-mata itu lebih memilih pemain binaannya sendiri dari Akademi Arema ketimbang menggunakan jasa pemain asing. “Kita punya akademi, kemarin ada keputusan, intinya semaksimal mungkin dari usia muda kita dimaksimalkan. Jadi kita pastikan tidak akan pakai pemain asing. Saya rasa tidak terlalu perlu pemain asing,” pungkasnya. (rul/jon)

Bentuk Tim Siluman, Waspadai Tiket Palsu Sambungan dari Halaman 24

tidak sebagaimana saat menggelar laga di Indonesia Super League (ISL) 2014 yang menggunakan tiket gelang. Lebih lanjut, Haris memastikan akan membentuk tim siluman untuk menanggulangi beredarnya tiket palsu. Selain itu, Haris juga meminta pada Aremania untuk teliti dan bisa membedakan mana tiket yang asli dan mana yang palsu. “Penonton bisa membedakan antara tiket asli dengan tiket aspal. Kertas tiket asli lebih tebal dibandingkan tiket palsu. Panpel juga memasang logo khusus di tiket asli,” terangnya. Adapun rincian jumlah tiketnya, Haris membeberkan bahwa sejumlah 33.000 lembar merupakan tiket ekonomi. Sisanya, 2500 lembar tiket VIP dan 500 lembar tiket VVIP. Sementara itu, mengenai pengamanan dalam pertandingan yang juga mempertaruhkan nama negara ini Haris menyebut bahwa sebanyak 500 pengamanan telah dipersiapkan. “Kita kerahkan 500 pengamanan,” pungkasnya. (rul/jon)

Tiga Poin Harga Mati Sambungan dari Halaman 24

PENENTUAN: Pemain Arema U-21 akan ditentukan hari ini. Ada yang bertahan dan ada yang dicoret. M Firman/malang post

Cosmic Juara Piala Ketua TP PKK MALANG-Cosmic Yogya sukses menjadi yang terbaik dalam kejuaraan futsal putri bertajuk Piala Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida. Sukses tersebut dihasilkan setelah tim asuhan Faiza Nasution ini menjungkalkan Putri Surabaya dengan skor 2-1 di Lapangan Kick Off Futsal Minggu (30/4), kemarin. Dua gol yang mengantarkan Cosmic Yogya menjadi juara masing-masing dilesakkan oleh Dytha W. dan Dwi A. F. Sedangkan gol sematawayang Putri Surabaya yang menjadi gol penghibur dalam laga tersebut dicetak oleh Rani Mulyasari. Dengan hasil ini, Cosmic Yogya berhak membawa pulang piala bergilir, sedangkan Putri Surabaya harus puas di posisi runner up. Sebelumnya, di semifinal Cosmic Yogya unggul dengan skor 2-1 atas Putri Kusuma. Sementara Putri Surabaya berhasil lolos ke partai puncak setelah membantai Charis den-

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

ULET: Pertandingan perebutan juara 3 antara Putri Kusuma menghadapi Charis berlangsung ketat kemarin

gan skor telak, 6-1. Charis dan Putri Kusuma harus berhadapan di pertandingan perebutan juara tiga. Pertandingan perebutan juara tiga antara Putri Kusuma dan Charis berlangsung ketat. Meski

begitu, Putri Kusuma berhasil menjadi juara tiga setelah menang dengan skor 6-4. Suciana dan Febriana masing-masing mencetak dua gol bagi Putri Kusuma dalam laga itu. Sisanya dilesakkan oleh

GRESIK-Persegres Gresik terus meningkatkan performa skuadnya dalam mengisi jeda kompetisi menjelang pemilihan umum legislatif kali ini. Menilik track record klub asuhan Agus Yuwono, pelatih Persegres tersebut, hasil kurang maksimal tercipta selama lima laga awal ISL 2014. Raihan enam poin dari sekali menang, tiga kali draw dan sekali kalah memaksa Persegres nangkring di posisi delapan group Barat. Cukup buruk di tengah ekspektasi cukup tinggi yang ditunjukkan manajemen Persegres di awal musim. CEO Persegres, Asroin Widiana di awal ISL 2014 menjelaskan bahwa dirinya berharap timnya masuk empat besar grup dan bisa melaju ke babak delapan besar di akhir putaran kedua. Namun dengan kenyataan yang terjadi di hingga saat ini, Persegres belum menunjukkan performa yang diharapkan. Apalagi setelah libur sekitar sepuluh hari di awal bulan Maret lalu. Porsi latihan dan penerapan strategi permainan mulai diberlakukan Agus. Rotasi yang berjalan juga memperlihatkan progress yang cukup bagus. Yang menjadi catatan yakni, supplay bola kepada Ndiyaye Pape Latyr kurang terlihat. Tak jarang, Pape yang menjadi ujung tombak di skema permainan 4-3-2-1 Persegres itu turun hingga lini tengah untuk mencari bola. Bahkan, mantan striker Persidafon Dafonsoro itu membuka ruang bagi second line Laskar Joko Samudro-julukan Persegres yang diisi Reza Mustofa dan Jemmy Suparno. (nap/jpnn/jon)

Wulan di menit empat dan Indiyana di menit 10. Sedangkan Erma dan Hydra masing-masing mencetak dua gol untuk Charis. Dalam kejuaraan tersebut, gelar pemain terbaik diraih

oleh Rani Mulyasari dari Putri Surabaya. Sedangkan gelar Top Score disabet oleh pemain nomor 12 Putri Kusuma, Febriana (12) dengan raihan 10 gol. Sukses mengantarkan anak asuhnya menjadi juara, Pelatih Cosmic Yogya, Faiza Nasution mengaku para pemainnya mampu menjalankan intruksi pelatih. “Memang anak-anak saya kondisikan untuk lebih relax, dan mereka bisa menjalankan,” ujarnya kepada Malang Post. Ditanya mengenai permainan lawan, Faiza Nasution mengemukakan Putri Surabaya melancarkan permainan yang ketat dengan komposisi pemain yang bagus. “Mereka diperkuat dua pemain Timnas Futsal Putri,” lanjutnya. Meski begitu, ia bersyukur timnya bisa menjadi juara. Hasil ini membuatnya merasa puas. “Saya berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan terlibat dengan hasil ini,” pungkasnya. (rul/jon)

Singo Edan sudah kehilangan tiga poin setelah dikalahkan Hanoi T&T. “Kita sangat butuh tiga poin untuk melangkah ke pertandingan selanjutnya. Jika kita bisa amankan tiga poin, maka peluang kita untuk lolos akan lebih besar,” tandas Suharno. Guna mencapai target tersebut, ia mengaku telah meramu strategi khusus. Tim pelatih telah maksimal melakukan persiapan jelang menghadapi tim asal Maladewa ini. Dalam latihan di Stadion Gajayana itu, Suharno memaksimalkan penerapan teknik dan strategi yang akan digunakan menghadapi Maziya S&R. “Terutama finishing, taktik dan strategi sudah kita berikan semua dalam latihan,” papar mantan pelatih Persegres Gresik ini. Lebih lanjut, Suharno mengungkapkan strategi yang diberikan itu mencakup semua lini, baik pertahanan maupun penyerangan. Hari ini (31/3) Ahmad Bustomi dkk masih akan kembali menggelar latihan pagi di Stadion Gajayana. “Komposisi semua sudah siap tinggal bagaimana praktik di lapangan kita akan pakai formasi apapun, semoga siap,” tegas Suharno. Sayangnya, saat ini masalah cedera masih berkutat sebagai masalah bagi Arema. Dua pemain kemungkinan besar absen dalam laga besok. Purwaka Yudhi mendapat cedera engkel ketika Arema menggelar trofeo bersama Persikoba Batu dan Metro FC. Sedangkan cedera Mohamad yang didapat saat trofeo bersama Arema U-21 dan Akademi Arema U-17 juga tak junjung sembuh. “Kita berharap mereka cepat sembuh agar ketika menyusun formasi kita tidak bingung. Tapi ketika mereka belum sembuh, kita sudah siapkan pengganti,” ucap Suharno. Dalam kesempatan itu, Suharno juga mengomentari kekuatan Maziya S&R. Ia menilai, Maziya S&R merupakan tim bagus dan tidak boleh disepelekan. “Dari segi teknis mereka tim bagus. Pemain depan nomor 29 harus kita antisipasi,” pungkasnya. (rul/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


AFC CUP 2014

SENIN, 31 MARET 2014

24

TIGA POIN HARGA MATI MALANG–Arema Cronus akan tampil habis-habisan di pertandingan kandang menghadapi Maziya S&R dalam lanjutan babak penyisihan AFC Cup 2014 Grup F, Selasa (1/4) besok. Pada laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, target poin penuh dipatok oleh Pelatih Arema, Suharno. “Target kita tentu saja menang. Karena kita main di

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

SIAP TEMPUR: Pemain Arema Cronus menjalani latihan di Stadion Gajayana, kemarin guna mempersiapkan diri menghadapi Maziya.

kandang,” kata Suharno kepada Malang Post ketika di temui di Stadion Gajayana Malang usai memimpin latihan Arema kemarin (30/3). Menurut pelatih asal Klaten ini, tiga poin sangat dibutuhkan oleh tim berjuluk Singo Edan itu dalam melakoni laga berikutnya di AFC Cup 2014. Apalagi di laga kandang sebelumnya, Baca Tiga... Hal. 23

Bentuk Tim Siluman, Waspadai Tiket Palsu GUEST GESANG/ MALANG POST

AWAS TIKET PALSU: Aremania antre masuk Stadion Kanjuruhan guna menyaksikan laga Arema.

MALANG L MALANG–Laga AFC C Cup 2014 antara t A Arema Cronus menghadapi Maziya S&R Selasa (1/4) besok, Panpel Arema akan memperhatikan peredaran tiket. Pihaknya mewaspadai adanya peredaran tiket palsu seperti pada saat Arema berjumpa Hanoi T&T beberapa waktu lalu. Kala itu, jumlah penonton yang memenuhi Stadion Kanjuruhan berjumlah sekitar 40.000 orang. Jumlah tersebut melebihi kuota tiket yang dicetak panpel, yakni sebanyak 29.000 lembar. Ketua Panpel Arema Cronus, Abdul Haris mengungkapkan saat itu banyak penonton

yang membawa b tik tikett palsu. l Ol Oleh h kkarenanya, ia akan bertindak tegas menghadapi permasalahan yang sama jika muncul lagi dalam pertandingan besok. “Untuk laga nanti, pembawa tiket palsu tidak boleh masuk. Kami harus tegas terhadap pembawa tiket palsu,” kata Haris kepada Malang Post. Tiket maksimal yang dicetak dalam pertandingan tersebut, sebanyak 36.000 lembar. Kali ini, panpel mencetak lembaran tiket seperti layaknya tiket beberapa tahun lalu, Baca Bentuk... Hal. 23

Atria Hotel and Conference Malang turut berpartisipasi pula dalam Earth Hour Campaign yang berlangsung di 154 negara. Atria melakukan kampanye peduli lingkungan ini dengan membagikan LED, mematikan hampir semua lampu hotel demi mewujudkan hemat energi dan memadukannya dengan penawaran paket dinner Pasar Numplek. Paket buffet tersebut menggunakan cempluk sehingga temanya menjadi Cempluk Light Dinner yang membuat hotel bernuansa tradisional. FOTO-FOTO DAN TEKS: STENLY REHARDSON/ADV/MALANG POST

ROMANTIS: Makan malam di Pasar Numplek yang menggunakan cempluk tak kalah menarik dan membuat malam semakin romantis. BAGIKAN LED: Manajemen Atria Hotel and Conference membagikan lampu LED kepada warga kurang mampu di sekitar hotel.

DUKUNGAN TAMU: Tampak hampir semua kamar di Hotel Atria mematikan lampunya antara pukul 20.30 WIB- 21.30 WIB.

TEATER: Penampilan dari kelompok teater Rumah Karakter yang mengawali malam dengan mematikan lampu sebagai bentuk Earth Hour Champaign 2014.

RUMAH KARAKTER: Pendukung acara dengan ikon bumi yang dipenuhi dengan sampah plastik.

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE

Mp3103  

Halaman Mp3103

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you