Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

RABU, 29 JANUARI 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Launching Arema, Kenalkan Sang Pemimpin Dewa

Sulfa t

RAMPAL

Suryo Jl PB Sudirma

MASJID SABILILLAH

n

Jl Gatsu

U

Rute Konvoi Aremania

PENDOPO KABUPATEN

Salim

ni

MALANG PLAZA

HARI INI, bakal menjadi babak awal, Arema Cronus Indonesia. Memang, bukan kali pertama, nama Arema muncul dalam konteks sepakbola nasional. Tapi membawa nama ‘Cronus’, skuad yang dikenal dengan julukan Singo Edan ini, untuk kali pertama, bersaing di Indonesia Super League. Dari sisi nama – mengambil istilah orang Jawa – ngedhap-edhapi, nggegirisi. Menakutkan. Julukannya sudah sangar. Singo Edan. Kini namanya menjadi Arema Sang Pemimpin Dewa. Baca Launching ...Hal 11

Agus

Jl Tumenggung

Jl KH

AS Jl L

Jl SP Sudarmo

Ciliw

. Ya

uci

so

GRAF IS MALA : TEM, RE NG P P OST /

Jl A

pto

ji Suro

ung

Jl Pan

GAJAHMADA

RSSA

Jl Le

tjen

Suto

yo Jl J.S

upra

pto

ALUN-ALUN

MAAF, PERJALANAN ANDA TERGANGGU JAMI’

Jl Supria

di

UNIKAN

RST

Jl Raya Ke

puh

Jala an n Kebon Sari A PENJARA WANITA

PG. KEBON AGUNG

Jalan Ke

Jl Panji bon Agun

Presiden Klub Arema H Rendra Kresna, CEO Arema Iwan Budianto, Pembina Arema Teddy Minahasa hingga Ketua Klub Arema, Ir R Agoes Soerjanto bakal mengarak tropi-tropi jawara demi mendapat tuah positif sebelum memasuki ISL 2014. Demikian disampaikan Media Officer Arema, Sudarmaji. ”Komunitas moge, Makota Riders hingga komunitas mobil mewah ingin publik melihat memori kejayaan Arema. Arak-arakan ini juga untuk memberi semangat kepada masyarakat, agar mendukung Arema menuju kejayaan demi kejayaan lainnya,” terang Sudarmaji kepada Malang Post.

Baca Maaf ...Hal 11

RUTE BARU

Besok, Kalstar Terbangi Malang

Baca Besok ...Hal 11

GUEST GESANG/MALANG POST

KAWAL PIALA: Makota Rider, komunitas Harley Davidson dan komunitas mobil mewah di Malang akan mengawal konvoi yang membawa tropi-tropi juara Arema.

Tujuh Tewas, Dua Selamat, Sisanya Masih Tertimbun

HARUS DICARI: Masih ada korban tertimbun yang belum ditemukan, hari ini tim SAR akan melanjutkan pencarian setelah kemarin dihentikan karena cuaca yang tidak mendukung.

JOMBANG- Hujan yang terus mengguyur dusun Kopen Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng, Jombang sejak Senin (27/1/14) hingga selasa dini hari (28/1/14) menyebabkan longsor hebat yang menerjang lima rumah di desa tersebut. Hingga berita ditulis tadi malam, ada 16 warga yang menjadi korban akibat bencana ini. Rozi, warga setempat mengungkapkan, hujan turun sejak pukul 18.00 dan baru reda sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu, warga mendengar gemuruh hebat yang ternyata berasal dari suara terjangan gumpalan tanah dan batu yang menimpa beberapa rumah hingga membuat belasan warga yang tertidur pulas tertimbun saat kejadian. Warga yang selamat, lanjutnya, karena mereka masih terjaga ketika musibah terjadi.

Baca Jombang ...Hal 11

Tersangka ITN Siap Diperiksa MALANG – Endarto Budhi Walujo, SH, kuasa hukum keempat tersangka kasus kematian mahasiswa ITN, Fikri Dolasmantya Surya, menilai penetapan tersangka untuk keempat kliennya tidak pas. Dia menganggap polisi tidak memiliki dasar dan bukti saat menetapkan mereka sebagai tersangka. “Kalau dijadikan tersangka, dasarnya apa? Bukti untuk jadi tersangka itu apa?. Memang dalam setiap organisasi, ketua selalu yang harus bertanggung jawab. Tapi jika ketua jadi tersangka, apa dasar dan buktinya,” tutur Endarto, kepada Malang Post, kemarin. Sekadar diketahui, setelah melalui penyidikan panjang dan gelar perkara di Polda Jatim Senin (20/1) lalu, Polres Malang menetapkan empat tersangka dalam kasus kematian mahasiswa baru ITN, Fikri Dolasmantya Surya. Mereka adalah Kepala Jurusan (Kajur) Planologi, Dr. Ir. Ibnu Sasongko (IS) dan tiga lainnya Fendem (mahasiswa senior), yaitu Ketua Panitia Kemah Bakti Desa (KBD) Putra Arif Budi Santoso (PB), seksi acara KBD Natalia Damayanti (ND) serta seksi keamanan acara Halim Nurohman (HN).

Baca Tersangka ...Hal 11

Ngalam

Ebes Kebangeten Lek Kadit Juara Kana : Ingeb iki Arema launching tim ndik Kanjuruhan bes Ebes : Mesti acarane kipa lop jes Kana : Tapi yo kudu didukung prestasi osi dadi juara ISL

Ebes : Mestine jes, soale sak iki tim wis kipa, pelatihe top, urusan ojir wis kadit masalah. Kurang opo maneh, lek kadit juara yo kebangeten

Klenteng Eng An Kiong Menyambut Imlek

Rp 182 Juta untuk Siapkan Lilin Raksasa Dua patung Say atau Kilin atau Singa berdiri dengan gagah di halaman Klenteng Eng An Kiong di Kota Malang. Matahari sore yang menerobos gapura klenteng, seperti menyorot dua singa itu. Sementara, bangunan klenteng yang didominasi warna merah dan kuning, berbaur dengan semburat jingga. Profil dua singa itu, terbaca melalui dua warna khas milik Klenteng Eng An Kiong. Warna merah mencerminkan keberanian serta kehidupan. Adapun warna kuning melambangkan keagungan dan kebesaran. Tepat pada sore itu, seluruh areal

PEREMPATAN KEPANJEN

MALANG – Kesabaran dari maskapai Kalstar Aviation untuk memiliki rute penerbangan baru, Malang-Balikpapan akhirnya berbuah manis. Mulai Kamis (30/1) besok, Kalstar sudah resmi membuka rute tersebut dari Bandara Abdulrahman Saleh Malang. Pjs Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Joko Sudarsono merasa lega dengan berakhirnya proses penantian itu. “Akhirnya, setelah beberapa kali mengalami penundaan, sudah pasti terbang Kamis lusa,” ujarnya kemarin. Menurut dia, masih sesuai rencana awal, Kalstar mendapatkan jadwal penerbangan dari Malang pukul 11.40 WIB. Sebelumnya, untuk penerbangan dari Balikpapan ke Malang pada pukul 09.35 WIB. Slot tersebut sesuai dengan space penerbangan antara kedua bandara, terutama dari Malang yang kapasitas ruang tunggu menj jadi salah satu acuan. menjadi

Jombang Longsor,16 Warga Jadi Korban

JPNN

g RS WAVA HUSADA

Siang Ini, Makota Rider Arak Piala Arema MALANG – Perjalanan Arema menuju juara tahun ini masih panjang. Tapi, demi mengawali langkah di musim 2014, Arema bakal sedikit bernostalgia dengan kejayaan masa lalu. Hari ini, Rabu 29 Januari 2013, Makota Rider, Komunitas Moge Harley Davidson serta komunitas mobil mewah Malang, bakal mengarak semua tropi yang pernah didapat oleh Singo Edan. Tropi-tropi tersebut adalah tropi juara Galatama 1992/1993, tropi juara Piala Indonesia 2005 dan 2006, tropi Juara ISL 2009-2010, lalu tropi Menpora 2013, tropi Trofeo Persija dan tropi Piala Gubernur 2013. Semua tropi juara yang pernah didapat Arema tersebut akan diarak langsung oleh para pejabat klub saat ini.

STADION KANJURUHAN PENDOPO AGUNG

Pertigaan Kacuk

ARAYA

Jl Raden Int an

DISHUB

ARJOSARI

di Klenteng Eng An Kiong semakin bersinar. Sebab, ritual pembersihan klenteng untuk menyambut Imlek sudah selesai. Ritual yang dimulai pada 24 Januari 2014 lalu, dimaksudkan agar klenteng semakin indah pada 31 Januari.

Baca Rp 182 Juta ...Hal 11

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KUNO : Bonsu Anton Triyono menunjukkan Kio (tandu) asal Dinasti Ming yang berusia ratusan tahun, kemarin.

Baca Bacca Ba a Tolak Tolla To ak ....Hal ....H Ha al 7

AKHIR PENANTIAN: Penerbangan perdana Kalstar besok aian disambut secara spesial di VIP Room Bandara Abd Saleh, mulai pukul 10.00 WIB.

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN “Merantau kunci pertama. Saya tidak akan keluar dari kemiskinan kalau saya tidak merantau.”

DINASTI BANTEN

Menikmati Hasil Korupsi, Airin Bisa Dipidana JAKARTA- Kasus korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Tubagus Chaery Wardhana bisa saja melebar ke orang lain. Istri Wawan, Airin Rachmi Diani, bisa saja terjerat jika terbukti ikut menikmati uang hasil korupsi Wawan. “Ada pasal 5 TPPU, kalau dia (Airin) pasif bisa kena,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2014).

Baca Menikmati...Hal 11

Airin Rachmi Diani

Jawa Pos Group


RABU, 29 JANUARI 2014

2

LINTAS NASIONAL

Februari, Tiga Logistik Pemilu Didistribusikan

SIAP DISTRIBUSI: KPU akan mendistribusikan logistik Pemilu pada Februari mendatang.

DITAHAN: Tersangka kasus pengadaan flame turbine M. Bahalwan masuk mobil tahanan untuk dijebloskan ke Rutan Kejagung, kemarin.

Ditahan, Tersangka Korupsi Acungkan Pistol Oknum Jaksa Dituding Peras Rp10 M JAKARTA-Tersangka kasus pengadaan flame turbine di Kejaksaan Agung (Kejagung) M. Bahalwan mengeluarkan sebuah pistol ke arah petugas saat hendak dijebloskan ke Rutan Kejagung. Tersangka kasus pengadaan flame turbine GT 2.1 dan 2.2 PLTGU Blok 2 Belawan hendak memberontak. Walau pistol dikeluarkan, untungnya tidak sampai menembak petugas. Pistol tersebut berhasil dirampas oleh petugas keamanan dalam (kamdal) serta pengacaranya yakni Chandra M. Hamzah yang juga mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahalwan mengaku tak terima dengan hasil tersebut dan menilai ada yang menjebaknya. Pasalnya, dalam proyek yang ditanganinya itu sudah sesuai prosedur.

Terkait hal ini, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Setia Untung Arimuladi membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya akan melakukan evaluasi keamanan bagi para saksi atau tersangka yang akan diperiksa.”Kita akan evaluasi sistem pengamanan di Kejagung pasca kejadian itu,” ujarnya, Selasa (28/1/2014). Dari hasil pemeriksaan itu, penyidik menemukan aliran dana mencurigakan dalam rekening tersangka yang berasal dari proyek Life Time Extention (LTE) Gas Turbine (GT) 2.1 dan 2.2 sebesar Rp90 miliar. Kasus itu, negara mengalami kerugian sebesar hingga Rp25.019.331.564 atau sekitar Rp25 miliar. Sebelumnya, Direktur Operasi PT Mapna Indonesia, Mohamad Bahalwan mengaku di-

peras oleh oknum jaksa penyidik Kejaksaan Agung sebesar Rp10 miliar sebelum ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi proyek gas turbin Belawan tahun 2012. Oknum jaksa yang diduga pemeras itu berinisial JIB. Bahalwan mengaku diminta JIB menyiapkan uang Rp10 miliar sebelum ditahan penyidik pada Senin, 27 Januari 2014. Menurutnya, oknum jaksa itu memintanya mentransfer uang Rp10 miliar ke nomor rekening atas nama orang lain. “Saya ada nomor rekeningnya, Bank Mandiri. Rekeningnya kalau tidak salah atas nama Janto De Armando,” kata Bahalwan sebelum digiring penyidik ke tahanan Kejaksaan Agung, kemarin. Menurutnya, tuduhan terhadapnya sebagai aktor utama dugaan korupsi pelaksanaan

pekerjaan Life Time Extention (LTE) Gas Turbine (GT) 2.1 dan 2.2 pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Blok 2 Belawan tahun 2012, adalah fitnah. “Saya tidak bersalah, saya hanya dituduh” ujarnya. Dia juga merasa ditipu oleh penyidik kejagung. Menurutnya, jika menyerahkan uang sebesar Rp10 miliar kepada penyidik Kejagung, ia tidak ditahan. “Saya sudah mentransfer uang Rp10 miliar kepada penyidik untuk dilakukan penangguhan penahanan, tapi hasilnya nihil,” ujarnya sambil berteriak di dalam mobil tahanan. Namun, Mohamad Bahalwan tidak mau menyebutkan siapa oknum penyidik yang menerima uang tersebut. Terkait dengan adanya transaksi uang antara tersangka dan penyidik, Kapuspenkum Kejagung, Untung Setia langsung memban-

tahnya. “Tidak ada itu transaksi uang antara tersangka dengan penyidik, semuanya sudah sesuai prosedur. Namun jika ada, maka kita langsung akan memprosesnya,” ujar Untung. Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Widyo Pramono saat dikonfirmasi soal tuduhan oknum jaksa memeras Bahalwan, Widyo mengaku belum mengetahui kejadian itu. “Saya tidak tahu. Anda jangan terprovokasi berita yang tidak pada tempatnya,” kata Widyo di Kejaksaan Agung. Widyo belum mau menanggapi tudingan tersangka kasus korupsi proyek gas turbin itu. Pejabat di Kejaksaan Agung itu langsung bergegas masuk ke dalam mobil dinasnya. “Saya bukan tidak mau melayani (wartawan), tetapi saya dipanggil untuk rapat dulu,” ujarnya. (jpnn/udi)

Tak Digaji Tiga Bulan, Pegawai Merpati Ancam Mogok JAKARTA- Forum Pegawai Merpati (FPM) ngeluruk ke DPR RI untuk mengadukan masalah gaji karyawan PT Merpati Nusantara Airlines yang tak kunjung dibayarkan selama tiga bulan. Ketua FPM, Sudiyanto, menjelaskan bahwa pihaknya diundang oleh oleh Komisi III DPR RI yang membidangi pengawasan hukum untuk dimintai penjelasan mengenai masalah perusahaan maskapai penerbangan perintis itu dalam rapat dengar pendapat. “Kami dipanggil oleh Komisi III terkait dengan gaji karyawan Merpati yang tidak dibayar tiga bulan sejak November, Desember, dan Januari,” ujar Sudiyanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 28 Januari 2014.

Ia melanjutkan, Merpati memiliki 1.651 orang pegawai. “Setiap bulan, Merpati mengeluarkan gaji pegawai sebesar Rp21 miliar,” kata dia. FPM telah melakukan aksi mogok kerja pada 25 Januari 2014, karena gaji tak dibayar. Namun, menurut Sudiyanto, manajemen Merpati ternyata sudah mengantisipasi dengan meniadakan penerbangan pada hari itu. “Cuma sehari itu saja,” tambahnya. Menurut Sudiyanto, FPM memberi waktu hingga akhir bulan ini kepada manajemen untuk membayar gaji karyawan. Jika tidak, FPM akan kembali melakukan mogok kerja. “Apabila sampai tanggal 30 Januari tuntutan gaji pegawai itu

tidak dipenuhi oleh manajemen, tanggal 1 Februari akan dilakukan mogok berikutnya,” ujar Sudiyanto. Aksi mogok itu akan dilakukan oleh kru dan awak kabin. “Jika air cew tidak mau terbang, Merpati tidak bisa terbang. Cukup dengan kami tidak mau terbang, penumpang tidak terlayani,” Tambah Sudiyanto. Menteri BUMN, Dahlan Iskan, dalam kesempatan terpisah menyatakan dukungannya terhadap rencana aksi mogok FPM. “Saya juga mogok jika tidak digaji begitu. Bagaimana?” kata Dahlan di Jakarta. PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) sudah beberapa kali menunda pembayaran gaji karyawannya. Alasannya, mereka

tengah mengalami kesulitan keuangan. Menurut surat edaran Merpati yang diperoleh wartawan pada Selasa, 28 Januari 2014, terjadi dua kali penundaan pembayaran gaji karyawan. Dalam surat edaran No. SE/ DF/55/XII/2013 tentang pembayaran uang makan trasportasi (UMTL), jam terbang bulan November 2013, dan sisa THR 2013, disebutkan bahwa Merpati belum bisa membayar UMTL, uang jam terbang, dan utang THR 2013. Sekadar informasi, surat edaran ini dikeluarkan pada 17 Desember 2013. “Tiga bulan belakangan ini beban kewajiban pembayaran, khususnya biaya mandatory yang sangat menentukan kelangsungan operasional perusa-

haan, bahkan sudah dalam kondisi kritis, sementara perolehan pendapatan perusahaan belum mampu mengimbangi seluruh kebutuhan biaya operasional yang sebagaimana diharapkan,” kata Direktur Administrasi dan Keuangan Merpati, Daulat Musa, dalam surat edaran tersebut. Lalu, Merpati berjanji akan membayar UMTL, jam terbang November 2013, dan sisa hutang THR 2013 selambatlambatnya 15 Januari 2014. Muncul surat edaran lainnya, yaitu SE/DF/57/XII/2013, yang terbit pada 27 Desember 2013. Isinya, perusahaan pelat merah ini meminta maaf kepada karyawan Merpati karena perusahaan masih mengalami kesulitan keuangan. (jpnn/udi)

JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum sudah menandatangani kontrak dengan sejumlah perusahaan yang memenangkan lelang tiga jenis logistik Pemilu 2014, yaitu surat suara, tinta, dan alat bantu tuna netra. Rencananya, setelah melakukan produksi mereka akan segera mendistribusikannya. “Mudahmudahan Februari sudah masuk, atau paling tidak Februari sudah terdistribusi,” kata anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantor KPU, Jakarta, Selasa 28 Januari 2014. Ferry mengatakan distribusi akan ditempuh melalui berbagai jalan, baik darat, laut, maupun udara. Dia menjelaskan, proses itu nantinya dilakukan secara langsung dari perusahaan ke KPU kabupaten/kota. “Jadi prangkonya sampai kabupaten/kota,” ujarnya. Ferry melanjutkan, apabila terjadi kondisi darurat, KPU akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak yang bisa dimintai bantuan. Misalnya, kendaraan taktis TNI/Polri atau operasional lainnya untuk mendukung kelancaran proses distribusi. “Sejauh ini laporan (permasalahan) terbanyak pada geografis. Kalau dari segi kriminalitas itu wilayahnya kepolisian,” katanya. Sementara itu secara terpisah, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menegaskan bahwa usulan dana saksi parpol dibiayai negara merupakan usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Saat itu, kata Gamawan, Bawaslu tengah memperjuangkan dana mitra pengawas kepada Komisi II Bidang Pemerintahan DPR. Menurut Gamawan, secara prinsip Komisi II setuju. Tapi dana mitra panitia pengawas lapangan (PPL) ternyata tidak ada dalam APBN. Sebab, UU Pemilu tidak menyebut panitia pengawas lapangan ini secara eksplisit. “Pengaturan pertama adalah pengaturan tentang mitra ini bagaimana tugasnya, bagaimana dia bekerja, pembayaran honornya dan sebagainya. Itu urusan Bawaslu,” kata Gamawan di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin. Karena tak masuk dalam APBN, anggaran untuk mitra di lapangan itu harus melalui peraturan presiden. “Ini yang dalam proses. Kesepakatan kami terakhir, silakan dimatangkan Bawaslu. Nanti Bawaslu ajukan ke Kemenkeu. Nanti Menkeu ajukan anggarannya ke presiden,” ujar dia. Dalam pembahasan itulah kemudian muncul ide mengenai saksi partai dibiayai negara. Pertimbangannya, karena masyarakat Indnesia sendiri yang bekerja menjadi saksi. Tujuannya, agar penyelenggaraan pemilu ini makin jujur, adil, bersih, dan terbuka. “Silakan tapi ajukan dulu oleh Bawaslu. Dalam rapat terakhir, akan dibahas di KPU karena kewenangan KPU. Tentu kami menunggu ini dulu,” katanya. (jpnn/udi)

Mahfud MD Vs Mantan Jubir Cagub Banten Saling Lapor JAKARTA- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD geli melihat sikap Jazuli Abdillah yang melaporkan dirinya ke Bareskrim Mabes Polri. “Kalau saya prinsipnya hanya tertawa saat Jazuli melaporkan balik ke polisi, karena saya bilang siapa pun yang mengatakan saya bertemu Atut dan bermain perkara itu kafir,” kata Mahfud melalui pesan singkat, Selasa (28/1/2014). Menurutnya, di dalam Islam, orang yang suka melanggar hukum adalah kafir. Banyak ayat Quran dan hadis terkait hal itu. “Kalau dia tak bisa membuktikan saya bermain dan membicarakan perkara dengan Atut, maka dia melanggar hukum dan menurut agama, termasuk kafir,” ungkapnya. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menunggu bukti-bukti yang akan disampaikan Jazuli Abdillah di pengadilan setelah dirinya melapor ke Bareksrim Mabes Polri. Jazuli Abdillah adalah mantan jubir pasangan CagubCawagub Banten Wahidin Halim-Irna Narulita. Mahfud telah melaporkan Jazuli. Tapi, Jazuli juga melaporkan balik Mahfud ke Bareskrim Mabes Polri, Senin (27/1/2014). Mahfud meminta Jazuli membuktikan keberpihakannya, dalam memenangkan Gubernur Banten terpilih Ratu Atut Chosiyah saat berpekara di MK. “Oleh sebab itu secara hukum, dia (Jazuli) harus membuktikan dulu di pengadilan bahwa saya bertemu Atut dan memainkan perkara,” kata Mahfud melalui pesan singkatnya, kemarin. Bagi Calon Presiden (Capres) 2014 itu, Jazuli harus membuktikan dulu tudingannya itu. Kalau memang tidak benar, layak disebut kafir. “Kalau tidak bisa membuktikan itu lebih dulu maka dia telah melanggar hukum, dan benar-benar kafir menurut agama,” lanjutnya. (jpnn/udi)

Takut Razia, Wanita Hamil Jatuh Dari Jembatan Layang

RAZIA: Polisi lalu lintas saat merazia para pengendara sepeda motor yang melintasi JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

JAKARTA- Windawati binti Hamiri (27) meninggal setelah motor yang dikendarai suaminya, M Faisal Bustamin, bertabrakan dengan mobil di Jembatan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Casablanca, Jakarta Selatan, Senin (27/1) malam. Wanita yang tengah mengandung delapan bulan itu tewas seketika setelah tubuhnya terjatuh dari ketinggian 15 meter. Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Hindarsono, mengatakan insiden itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, tepatnya di depan ITC Setiabudi. Saat itu motor Honda Beat B 3843 LA yang dikendarai Faisal melaju dari arah Tanah Abang menuju Tebet. Setelah melintas depan ITC, kata Hindarsono, Faisal

membelokkan setang motornya untuk memutar arah dengan melawan arus. “Setelah memutar berjalan melawan arah tepat di depan ITC, datang mobil Honda City hingga terjadilah tabrakan,” kata Hindarsono, Selasa, 28 Januari 2014. Motor tersebut tabrakan ‘adu banteng’ dengan mobil berpelat nomor B 8542 RS yang dikemudikan oleh Tomy Reymon (25). Winda yang duduk dibonceng belakang terlempar, jatuh ke bawah, dan meninggal di tempat. Sementara itu, Hindarsono membantah kabar bahwa saat itu korban memutar arah untuk menghindari razia polisi. “Tidak benar kalau semalam itu ada razia kendaraan di JLNT,” ujar dia. Kecelakaan tersebut masih diusut oleh Unit Kecelakaan Satuan Wilayah Jakarta Selatan.

Jasad Winda sudah dimakamkan siang kemarin. Sedangkan suaminya masih dirawat di Rumah Sakit TNI AL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat karena menderita patah tulang. Sebelumnya, petugas Subdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar razia di sepanjang Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa 28 Januari 2014. Ratusan pengendara sepeda motor ditilang dalam penertiban ini. Berdasarkan pantauan, operasi khusus ini ditujukan bagi kendaraan roda dua yang masuk jalan layang mulai dari Jalan Karet Bivak hingga keluar jalan layang di depan Puri Casablanca, tepatnya di Jalan Puri Casablanca, Menteng Pulo. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


TECHNOCELL

RABU, 29 JANUARI 2014

3

Harga BlackBerry Menyusut hingga Rp 1 Juta MALANG – Pelemahan rupiah terhadap dolar sama sekali tidak mempengaruhi harga jual ponsel. Sebaliknya, hampir semua produk cellular mengalami penurunan harga. Salah satunya adalah BlackBerry. Meskipun penurunan tersebut tidak terjadi pada semua seri, namun yang jelas penurunan harga diharapkan mendongkrak penjualan ponsel yang dulu sempat booming dengan aplikasi Black Berry Messenger (BBM) ini. “Penurunan harga terjadi pada hampir semua produk. Nilainya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1,1 juta,’’ kata Customer Service Ok Shop Jalan S Parman, Nofria Ganisa. Angka penurunan paling tinggi terjadi pada seri BlackBerry Q10, yaitu mencapai Rp 1.1 juta. Ponsel yang sedianya dibanderol dengan harga Rp 6.799.000 ini bisa dibawa pulang dengan harga Rp 5.699.000. Sedangkan BlackBerry Q5 dan Z10 sama-sama turun Rp 600.000. “Jika dulu harga Z10 Rp 4.999.000 kini harganya hanya Rp 3.999.000. Sedangkan Q5 bisa dibeli dengan harga Rp 3.399.000 dari harga standartnya dulu Rp 3.999.000,’’ tambah wanita berambut panjang itu. Bukan itu saja, dua tipe lain yaitu Curve 9220 (Davis) juga mengalami penurunan harga. Meskipun tidak signifikan, yang jelas penurunan harga ini sedikit memberikan angin segar, terutama kepada konsumen yang cinta dengan produk BlackBerry. “Ada lima tipe yang mengalami penurunan harga, yaitu

Nokia Asha 202 Susah Kirim SMS - T : Mau tanya bos, saya punya HP Nokia ASHA 202 dual SIM. Setiap saya isi dua kartu, buat SMS kok tidak bisa. Di layar selalu keluar tulisan tidak bisa mengirim pesan mohon periksa rincian. Bagaimana solusinya ya? Mala 08575573xxxx - J : Tidak bisa mengirim SMS saat menggunakan dua kartu, pertama memang harus diperiksa dulu rinciannya. Pertama rincian nomor pusat pesan. Masing-masing operator memiliki nomor pusat pesan yang berbeda. Kedua, mohon diperiksa kembali dengan teliti saat mengirimkan pesan menggunakan nomor yang mana. Karena meskipun dual SIM, dua nomor yang tertanam pada Asha 202 tidak bisa digunakan secara bersamaan. Pengguna harus melakukan swap untuk bisa menggunakan kartu secara bergantian, tentunya pengguna juga wajib memeriksa kembali rincian nomor pusat pesan.

Baterai iPad Mini Tak Terisi Penuh

IRA RAVIKA/MALANG POST

TURUN: Price list perangkat BlackBerry mengalami penurunan sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 1,1 juta. Q10, Q5, Z10, Curve 9220 (Davis) dan Torch 9810,’’ tambahnya, yang mengatakan untuk Davis harganya sekarang menjadi Rp 1.399.000 dari harga awalnya Rp 1.599.000. Sedangkan Torch 9810 yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 kini hanya dibanderol dengan harga Rp 2.699.000. “Semua yang turun harga ini adalah BlackBerry bergaransi resmi,” tegas Nofria kepada Malang Post.

Senada Supervisor Global Teleshop, Bobin Febriyawan memastikan harga BlackBerry mengalami banyak perubahan. “Penurunan harga ini bukan promo. Kalau sebabnya apa, ini yang tidak tahu. Yang jelas dari harga yang tercantum tersebut dibuat oleh pusat, dan berlaku untuk seluruh Indonesia,’’ kata pria berkepala plontos ini. Sementara di Erafone Mall Olympic Garden (MOG), pe-

rubahan harga juga terjadi untuk produk BlackBerry, bergaransi TAM. Sekalipun nilai penurunannya tidak sama dengan harga di Oke Shop atau Global Teleshop, tapi pihak Erafone yakin penjualan BlackBerry akan kembali naik daun. Secara rinci Team Leader Erafone, Ary Kurnianto pun menyebutkan satu persatu harga BlackBerry yang turun harga. YAitu Q10 dibanderol dengan

harga Rp 5.799.000, BlackBerry Z10 dibanderol dengan harga Rp 4.099.000, BlackBerry Q5 Rp 3.499.000, BlackBerry Curve 9220 Rp 1.499.000, dan BlackBerry Bold 9790 Rp 2.899.000. “Ada penurunan Rp 300 ribu untuk BlackBerry Bold 9790. Sebelumnya Bold 9790 ini dibanderol dengan harga Rp 3.199.000 kini hanya dibanderol dengan harga Rp 2.899.000,’’ tandasnya. (vik/fia)

- T : Saya punya iPad Mini 16GB. Ada masalah dengan baterainya, yang tidak bisa terisi penuh hingga 100 persen, meskipun sudah dicas berjam-jam. Bisa terisi penuh jika kondisi baterai betul-betul habis atau 0 persen. Mohon solusinya. Via 081334 85xxxx - J: Tidak bisa melakukan pengisian hingga 100 persen memang bisa terjadi, meskipun sudah di cas ber jam-jam. Tapi tidak perlu khawatir, pengguna hanya perlu melakukan reset ulang iPad, alias mengembalikan iPad pada fitur awal. Reset ini memang memungkinkan hilangnya data pada perangkat. Itu sebabnya, alangkah baiknya, sebelum dilakukan reset pengguna lebih dulu melakukan back up data. Sekarang ada penyimpanan di cloud, sehingga meskipun data pada perangkat hilang masih bisa di back up dengan mudah.

SAMSUNG LED F5500

Televisi Tipis Full Teknologi MALANG– Samsung tidak hanya jago menciptakan produk smartphone dan tablet yang dilengkapi dengan fitur serta spesifikasi yang mumpuni. Terbukti baru-baru ini perusahaan asal Korea Selatan ini menciptakan produk terbaru TV LED, dengan mengenalkan Samsung F5500. Pada produk terbarunya ini, Samsung pun menawarkan banyak kelebihan. Diantaranya, pengalaman baru menonton film atau hiburan dengan kualitas layar Full HD. “Ini merupakan perangkat LED Smart TV. Didalamnya telah dibenamkan teknologi Sports Mode, Smart Hub, Dual Core dan All share yang akan memberikan pengalaman hiburan pada tingkatan yang baru ketika menonton tayangan kesukaan pengguna,’’ kata PC Samsung, Plaza Elektronik, Faris Setyabudi. Secara desain, Samsung mengemas perangkat ini dengan bentuk minimalis. Fisik perangkat ini lebih ramping, sehingga modern dan elegan. Ditambah dengan desain bezel yang tipis memberikan kesan stylish pada TV ini, sehingga menambah cantik desain interior ruangan.

IRA RAVIKA/MALANG POST

MUDAH: Samsung LED F5500 dilengkapi berbagai teknologi canggih, diantaranya smart hub, all share, hingga sport mode. Seperti pada perangkat smart TV pada umumnya, Samsung juga memberikan Slot HDMI. Dengan transmisi yang sangat cepat, akan mampu membawa data digital dari berbagai perangkat elektronik langsung ke TV. Dengan begitu, pengguna

Semilyar Smartphone Tersebar di Seluruh Dunia INDUSTRI ponsel pintar yang sedang naik daun mencatat rekor baru dalam hal pengiriman. Lebih dari satu miliar ponsel pintar dikirimkan ke berbagai belahan negara di dunia sepanjang tahun 2013, menurut data International Data Corporation (IDC). Secara keseluruhan, vendor mengirimkan 1.004.000.000 unit ponsel pintar dalam 12 bulan, meningkat 38,4 persen dari 725,3 juta unit yang dikirimkan pada 2012. Samsung masih menjadi vendor ponsel pintar terbesar di dunia, dengan total pengiriman 313,9 juta unit pada 2013 dan meningkatkan pangsa pasarnya dari 30,3 persen menjadi 31,3 persen di seluruh dunia. Posisi kedua ditempati oleh Apple melalui lini produk iPhone dengan total pengiriman 153,4 juta unit. Menurut IDC, pangsa pasar Apple merosot antara 2012 dan 2013, turun dari 18,7 persen menjadi 15,3 persen. Vendor ponsel pintar dari Asia nampak begitu agresif dalam industri ini. Huawei, LG, dan Lenovo, meningkatkan pengiriman ponsel pintar mereka hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2012. Menurut IDC, Huawei tercatat mengirimkan 48,8 juta unit ponsel pintar sepanjang 2013, LG 47,7 juta, dan Lenovo 45,5 juta. Data IDC ini menunjukan untuk pertama kalinya ponsel pintar mendominasi pengiriman ponsel dalam setahun. Pada 2013, dari seluruh pengiriman ponsel, sebanyak 55,1 persen adalah ponsel pintar, naik dari 41,7 persen dibandingkan 2012. Pengiriman ponsel pintar nampak begitu pesat, tak mengherankan jika perusahaan teknologi fokus mengembangkan bisnis ini. Jika dibandingkan pada 2011 silam, pengiriman ponsel pintar sepanjang tahun hanyalah 494,4 juta unit. (kps/fia)

pun bisa menyulap ruang tamu menjadi ruang multimedia. Ditambah dengan kualitas suara. Melalui High Definition Multimedia Interface dengan akan memberikan pencahayaan letter - box untuk mendapatkan kualitas tontonan film layaknya

di teater. Dengan kualitas definisi tinggi dengan Samsung TV LED Full HD, tampilan gambar dari LED F5500 ini memang tidak mengecewakan. Resolusi 2x dari TV HD Samsung yaitu 1080 piksel, menghasilkan

gambar 2x lebih tajam dari HDTV konvensional. Samsung TV ini juga dilengkapi dengan fitur Wide Color Enhancer menggunakan algoritma kompleks untuk membuat warna menjadi lebih hidup. Tapi yang terpenting adalah, TV LED Samsung F5500 hadir dengan fitur smart hub yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari dan mengakses konten dengan cepat melalui 3 panel, yaitu Apps, Social, Photos, Video dan Music. Samsung F5500 juga hadir menggunakan prosesor dual core yang akan memberikan kemampuan multitasking sehingga dapat menonton TV sambil mengunduh atau mengaktifkan aplikasi tanpa memperlambat. Juga fitur Wireless LAN akan meningkatkan konektivitas TV tanpa memerlukan perangkat eksternal tambahan, sehingga koneksi ke internet pun menjadi lebih mudah dan nyaman. “Ada teknologi ConnectShare Movie dengan mudah membawa pengguna menyaksikan acara favorit langsung dari USB maupun external hard disk. Cukup sambungkan dan nikmati kemudahannya di ruang keluarga,’’ tandas Faris. (vik/fia)

iPhone 5s Kalahkan 5c MALANG – Warna-warna ceria memang membuat iPhone 5c terkesan unik dan gaul. Namun begitu, ponsel besutan Apple ini kurang mendapat respon dari konsumen. Di pasar Malang Raya, konsumen cenderung memilih iPhone 5s, dibandingkan dengan 5c meskipun harga keduanya selisih hampir Rp 2 juta. “Kalau 5s kan lebih premium, lebih tangguh dan prosesornya juga lebih cepat,’’ kata Tri Ananda Sari, salah satu pengguna ponsel iPhone 5s. Gadis yang memiliki nama lengkap Tri Ananda Sari ini mengatakan, meskipun warna yang diusung iPhone 5c unik dan lucu, material plastik membuat pesona ponsel dengan luas layar 4 inci ini. Bahkan, banyak orang mengatakan, dengan material plastic, iPhone 5c ibarat ponsel mainan anak-anak. “Selama ini Apple selalu menciptakan sesuatu yang elegan. Mulai dari produk pertamanya yaitu iPhone 2G, kemudian iPhone 3G, 3Gs, 4G, 4Gs, hingga 5 dan 5s, semuanya dibalut dengan bahan yang berkualitas dan desainnya elegan. Sedangkan iPhone 5c ini murni bahannya menggunakan plastik, sehingga kesannya pun sangat ke kanak-kanakan,’’ katanya. Bukan itu saja, yang membuat iPhone 5c tidak banyak dilirik karena ponsel ini cukup tebal. Menurut Anda, ketebalan iPhone 5c adalah 8,97 mm. Sedangkan 5s hanya memiliki ketebalan 7.6 mm. Termasuk soal kualitas layar, hingga

IRA RAVIKA/MALANG POST

BERWARNA-WARNI: iPhone 5C tampil berbeda dengan sapuan warna cerah. prosesor, masih jauh dibandingkan dengan 5s. “Jelas secara spesifikasi iPhone 5s memang lebih bagus. Karena memang iPhone 5s diproyeksikan untuk kalangan menengah ke atas. Sedangkan iPhone 5c difokuskan pada segmen menengah ke bawah. Jadi bedanya pun sangat terlihat,’’ tambah wanita yang memiliki usaha jual beli online ini. Sedangkan di Erafone, Mall Olympic Garden, penjualan iPhone 5s lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 5c. Sejak Minggu (26/1) lalu, baru dua unit saja, seri iPhone 5c yang laku, sedangkan iPhone 5s sudah lebih dari 8 unit. (vik/fia) REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : KURDI


RABU, 29 JANUARI 2014

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

RIZAL FANANY/ MALANG POST

MANDIKAN DEWA: Sejumlah umat tengah memandikan dewa-dewa yang ada di Klenteng Eng An Kiong, pada Selasa (28/01). Ritual padusan ini dilakukan tiap tahun menjelang datangnya imlek.

Bencana Melanda, Negeriku Merana TUN dan bertubi-tubinya BERUNTUN rententan n bencana hidrometeorologi ogi di sejumlah daerah, medan geologi nyusul erupsii terus-menerus Gunung G Sinabung di Sumatra Utara sejak 15 September 2013 sampai sekarang menimbulkan gelombang pengungsi ratusan ribu orang. Termasuk Sinabung, banjir Jakarta pada awal pekan tahun 2014 dan banjir bandang Manado suatu keniscayaan mengentakkan publik. Tidak hanya tempat tinggal hancur, fasilitas umum rusak, tetapi juga puluhan orang meninggal, kehilangan tempat tinggal, ribuan pengungsi baru, dan rasa tercekam berkepanjangan. Musibah-musibah yang belakangan ini terjadi memang tidak sedrastis dan sefenomenal tsunami di Aceh ataupun gempa bumi plus letusan Gunung Merapi di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, beberapa tahun lalu. Namun, sejumlah musibah, apalagi yang menelan korban jiwa manusia berikut sarana kehidupan lainnya, merupakan tragedi kemanusiaan. Potret Kedaruratan Bercana Melalui peta infografis tergambar betapa besarnya skala banjir yang terjadi di sejumlah tempat. Belum lagi Gunung Sinabung di Sumatera Utara yang tak kunjung reda telah melumpuhkan kawasan tersebut. Jalur transportasi di pantai utara Jawa terputus akibat banjir.

Melalui media, kita mendengar pengungsi mengeluhkan distribusi bantuan tak lancar. Pengungsi lain berteriak mengapa status ddaerah h mereka k tak k dij dijadikan dik sebagai bencana nasional, sementara daerah lain ditetapkan sebagai bencana nasional. Di Jakarta, terdengar perbedaan status bencana banjir antara Siaga Darurat dan Tanggap Darurat yang ikut menghambat penanganan korban bercana. Status bencana memang membawa konsekuensi berbeda, tetapi bagi korban mereka tak hirau dengan status. Semangat dari setiap bencana adalah bagaimana menyelematkan dan menolong korban serta menjamin agar korban tidak terlantar. Di sinilah sebenarnya peran negara, peran pemimpin, dibutuhkan. Kita menangkap ada kegagapan dalam menghadapi bencana. Kita apresiasi sukarelawan, TNI, Polri, dan siapa pun yang telah berjibaku membantu korban bencana. Jiwa kesukarelawan adalah modal sosial bangsa ini. Namun, semangat sukarela akan lebih optimal jika ada komandan di lapangan yang mengarahkan siapa harus berbuat apa, di mana dan kapan. Kesiapan penanganan bencana, khususnya dari faktor pencegahan (mitigasi) ataupun pengurangan risiko bencana banyak dipengaruhi peran pemimpin, selain persoalan dana. Padahal, kalau kita analisis kepemimpinan, termasuk di daerah, sangat penting

Oleh : Ani Sri Rahayu Dosen dan Trainer P2KK Universitas Muhammadiyah Malang

untuk menangani bencana. Di situlah manajemen penanggulangan bencana dibutuhkan. Kita menangkap belum ada komandan yang memberikan komando di lapangan. Belum ada yang mengarahkan dimana pengungsi harus ditempatkan secara terpusat untuk memudahkan penyaluran bantuan dan penanganan trauma psikologis korban. Belum terdengar perintah bagaimana menembus ketertutupan jalur pantura sebagai jalur distribusi pangan Jakarta. Lepaskan dulu pertimbangan kalkulasi politik penanganan bencana. Tinggalkan dulu saling kritik yang tidak produktif, sementara korban tetap telantar. Dalam situasi darurat kita menyarankan bagaimana segala kekuatan bangsa dimobilisasi untuk menolong sesama guna memperbaiki waduk yang jebol. Struktur komando harus jelas dan dana harus disiapkan meski sudah terlibat dalam penanganan bencana. TNI perlu lebih dilibatkan secara optimal mengatasi kondisi darurat. Pelibatan TNI dalam bencana adalah implementasi fungsi operasi militer selain perang. Setelah masa kedaruratan selesai, pekerjaan rumah pencegahan banjir tak boleh lagi dilupakan. Solusi Bencana dan Solidaritas Kini, masih ada kekhawatiran soal penanganan pengungsi dan dampak bencana dilapangan. Mengingat, bisa jadi bencana hidrometeorologi dan geologi masih akan terjadi. Bahkan, seiring kondisi cuaca yang sering ekstrem, intensitasnya berpotensi bertambah. Ada berbagai persoalan yang harus dihadapi di tengah kendala koordinasi dan kapasitas. Salah satunya adalah kendala kelembagaan. Pemerintah No. 41/2007 tentang Organisasi Perangkat daerah membatasi jumlah lembaga teknis yang boleh dimiliki kabupaten/kota, bervariasi 8, 10 dan 12 lembaga, sesuai jumlah penduduk, luas wilayah, dan besaran APBD. Ketentuan inilah yang membuat sejumlah daerah mengalami keterbatasan dan bahkan belum memiliki BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Di sisi lain pemerintah daerah memberikan porsi anggaran sangat kecil untuk kebencanaan, rata-rata 0,1 persen dari APBD, semestinya, jangan hanya dana untuk pembangunan yang digenjot. Tapi, risiko bencana juga perlu diperhatikan. Dari sisi anggaran nasional Nota Keuangan dan APBN 2014 menyebut anggaran belanja BNPB pada APBN-P 2013 sebesar Rp. 1,48 triliun. Adapun dana kedaruratan Rp. 4 triliun. Dana tersebut sudah digunakan sekitar Rp. 20 miliar

untuk modifikasi cuaca guna menekan banjir besar di Jakarta. Semua upaya dan anggaran struktural yang bbesar iinii pastii akan k mempunyaii efek fk cukup besar bagi pengurangan banjir. Namun, efek itu tidak akan terasa jika tidak dibarengi dengan upaya nonstruktural yang juga tidak kalah penting. Upaya nonstruktural itu, yakni koordinasi antarinstansi, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sungai, kesediaan warga untuk pindah dari bantaran kali, pengembalian daerah resapan air dan sebagainya. Jika upaya nonstruktural ini diabaikan, niscaya sebesar apapun upaya yang dilakukan tidak akan ada hasilnya. Rentetan musibah yang terjadi akhirakhir ini, setidaknya tidak hanya kita maknai karena keteledoran dan keserakahan manusia, sebaliknya musibah merupakan otoritas alam. Sebagai manusia, kita tidak berdaya menghadapi otoritas alam, yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin adalah mencegah dan menyikapi secara arif. Atas musibah-musibah itu, kurang layak kita menyebutnya hukuman Sang Pemilik Kehidupan. Konsep hukuman harus kita terapkan sebagai silih dalam konteks ketedoran dan keserakahan. Dari penggudulan hutan yang eksplosif, penyalahgunaan peruntukan lahan, hingga perilaku “jorok” membuang sampah sembarangan. Mencegah tragedi kemanusiaan terjadi tidak dengan saling menyalahkan, tetapi dengan sikap dan tindak peduli. Peduli kepada korban musibah, peduli terhadap memperkecil sebab bencana terjadi. Wilayah Indonesia ibarat dalam lingkaran cincin api dengan gubunggunung api yang setiap saat meletus, dengan daratam yang siap bergesekan, harus kita sikapi secara cerdas. Kontruksi bangunan tahan gempa, tempat tinggal jauh dari potensi terkena dampak letusan langsung sekedar dua contoh. Menyangkut potensi banjir karena penggundulan lahan, kita perlu saling mengingatkan perlunya konservasi dan daya dukung alam. Tidak kalah penting kebersamaan sebelum kejadian, solidaritas sosial setelah kejadian. Tidak lagi mencegah atau preventif, tetapi menangani atau kuratif. Solidaritas macam ini sangat kita butuhkan sekarang. Diwujudkan tidak hanya dengan seruan, kunjungan apalagi terkesankan wisata banjir atau wisata gungng, tetapi turun ke lapangan, berbagi keuntungan dan kelebihan atau kekurangan, sekadar meringankan beban penderitaan. Musibah Sinabung, banjir Jakarta, dan banjir bandang Manado mengentakkan naluri kemanusiaan kita. Semoga negeri ini segera terentaskan dari becana-becana yang ada dan tidak merana berkepanjangan karena bencana. Amin...................

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Tiket Online Arema MALAM ini Arema Arem Cronus melaunching klub yang akan terjun dalam ISL ta tahun ini. Sudah beberapa tahun ini Arema punya tradisi membuat memb acara khusus untuk menyambut musim kompetisi. Ini dila dilakukan setelah Arema sudah menjelma menjadi klub yang mapan dengan dukungan finansial yang kuat. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini Arema banyak diminati ole oleh sponsor yang ingin memasang logonya di jersey tim keban kebanggaan Aremania itu. Paling tidak, dala dalam beberapa tahun ini kita tidak mendengar adanya keluhan pe pemain yang belum dibayar gajinya. Kini Arema menjelma ddari klub yang serbakesulitan manjadi klub elit yang gemerlap dengan pemain bintang. Deretan pemain asing sudah bisa menjadi gambaran tentang lokal maupun asin kekuatan tim tim. Tidak mungkin Arema mengontrak pemain top seperti Cristian Gonzales, Gustavo Lopez, Alberto Gonzalves dan sederat pemain top nasional. Maka layak bila manajemen Arema menandai keikutsertaannya dalam ISL tahun dengan menggelar acara yang mewah di Stadion Kanjuruhan yang menjadi home basenya.Aremania sebagai pendukung setia akan datang untuk mendukung acar yang istimewa tersebut. Aremania adalah komponen yang sangat penting bagi Arema, karena tanpa Aremania tim ini tidak berarti apa-apa, begitu juga sebaliknya. Suporter ini dengan setia mendukung tim kesayangannya apa pun yang terjadi. Saat manajemen Arema menaikkan harga tiket, memang sempat menimbulkan gejolak di kalangan Aremania, karena dianggap memberatkan. Tapi protes itu hanya sesaat, karena Aremania cepat melupakan kesusahannya larut dalam eforia kemenangan demi kemenangan yang dibukukan tim kesayangannya. Meskipun terkesan menerima apa pun keputusan manajemen – soal harga tiket – bukan berarti bahwa Aremania bisa diabaikan. Tiket adalah problem serius yang dihadapi Aremania yang harus menjadi perhatian Arema. Soal harga mungkin tidak masalah, yang memberatkan adalah keberadaan calo yang memainkan harga tiket. Dalam pertandingan yang ramai misalnya, para calo bisa dengan seenaknya menaikkan tiket sampai dua kali lipat. Ironisnya, tiket di loket sudah habis tapi masih banyak di tangan calo. Inilah yang menjadi keprihatinan para Aremania. Terkesan – mudah-mudahan tidak benar – Arema memberi keistimewaan kepada para calo. Padahal sesungguhnya mereka itu merugikan Arema. Mereka bebas mengambil jatah tiket untuk dijual dan kalau tidak laku boleh dikembalikan. Sudah begitu, mereka dengan menaikkan harga tiket seenak mereka sendiri. Aremania yang benar-benar ingin menonton Arema diperlakukan tidak adil. Arema sudah memelopri membuat tiket dengan sistem gelang yang sulit dipalsu, sekarang harus mulai memikirkan sistem penjualan tiket yang lebih baik dan adil.Banyak Aremania yang mengusulkan penjualan tiket sistem online untuk menekan kegiatan para calo, seperti yang dilakukan PT KAI. Dilihat dari aspek mana saja, sistem ini sangat menguntungkan Arema dan Aremania karena bisa menekan kebocoran dan kerugian. (redaksi@malang-post.com)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SITI


KOMUNIKASI BISNIS

RABU, 29 JANUARI 2014

5

JEJARING

Rindukan Momen Imlek

IRA RAVIKA/MALANG POST

LINE UP: Nissan New March menjadi salah satu gacoan Nissan untuk megusai pasar otomotif di Malang.

Grand Livina Kuasai Penjualan Nissan MALANG – Angka rupiah boleh jadi menurun terhadap dolar. Namun begitu, penurunan tersebut sama sekali tidak mempengaruhi siklus penjualan mobil. Terbukti, angka penjualan mobil pertahun terus meningkat. Salah satunya dialami oleh Nissan. Sales Head PT Wahana Wiarawan Nissan Malang, Dani Widodo, tahun 2013 lalu pihaknya mampu menjual 1100 unit. Angka tersebut susai dengan target. Dari angka tersebut, penjualan paling tinggi terjadi pada Juni, Agustus dan Desember. Alasannya jelas, tiga bulan tersebut ada event tahunan, seperti Idul Fitri, liburan sekolah, dan pergantian tahun. “Ya di bulan Juni Agustus ada moment lebaran, dan Desember momentnya adalah pergantian tahun. Sekarang mobil bukan menjadi barang mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan pokok, yang wajib dibeli,’’ katanya.

Sementara bulan paling sepi dalam penjualan terjadi pada September dan Oktober. Pada dua bulan tersebut pihaknya hanya mampu menjual rata-rata 50 unit. Jumlah 1100 unit ini, donasi paling besar disuplai dari penjualan seri mobil Grand Livina. Mobil keluarga seharga di bawah Rp 200 jutaan ini, menyumbang penjualan sebesar 60 persen, disusul kemudian Nissan March yang berkontribusi sebesar 20 persen. Sedangkan Nissan Juke berada di peringkat ke tiga yaitu 10 persen. “Sisanya 10 persen other, alias jenis Nissan lainnya,’’ tambah Dani sambil tersenyum. Melihat perolehan selama 2013, Danimengatakan di tahun 2014, Nissan memasang target penjualan sebesar 1200 unit. Untuk mengejar target tersebut, Nissan telah menggelonot program penjualan. Seperti bulan Januari-Febuari saat ini, pihaknya menggelar promo angpao. Pro-

mo ini disesuaikan dengan even Tahun Baru Imlek. Dalam promo ini, PT Wahana Wiarawan Nissan Malang memberikan voucher tiket Garuda Indonesia, point emas, hingga memberikan Samsung Galaxy Note 8, untuk setiap pembelian kendaraan. “Setiap pembelian, pembeli akan mendapatkan kupon undian dengan hadiahnya seperti di atas,’’ katanya. Selain itu, pihaknya juga memberikan kemudahan untuk pembelian mobil Nissan dengan pilihan DP rendah atau angsuran gratis. Dan ketiga adalah mengikuti berbagai ajang pameran di mall-mall. “Kami yakin target 2014 ini akan tercapai bahkan bisa lebih. Karena tahun 2014 ini ada tiga jenis mobil baru, yaitu New March, New Evalia, dan New X-Trail,’’ tambah pria berkacamata ini sembari mengatakan untuk New March dan New Evalia sudah ada yang order delivery.

Terkait dengan maraknya mobil murah yang beredar, Dani pun menanggapinya dengan tersenyum. Menurutnya, kehadiran mobil murah memang menggiurkan. Di awal-awal kehadiran mobil murah ini memang mempengaruhi penjualan, namun itu hanya berlaku selama satu bulan saja. Karena di bulan kedua, kondisi penjualan mobil Nisan berlangsung normal. “Kami kan beda kelas. Disini kami berjualan kualitas, bukan sekadar mobil,’’ urainya. Termasuk terpuruknya angka rupiah, menurutnya tidak akan berpengaruh banyak. Kenaikan harga memang sudah pasti akibat dolar yang melejit. Tapi itu terjadi secara global, sehingga semuanya pun dikembalikan pada pasar. “Untuk bulan ini saja, kami sudah mampu menjual 110 unit, sampai akhir 2014 nanti, pasti target kami tercapai,’’ katanya yakin.(vik/fia)

Kantor Kas BRI di Krebet Bidik 500 Transaksi per Hari MALANG – BRI Malang Kawi mematok waktu dua bulan untuk segera merelokasi BRI Kantor Kas Krebet. Sehingga, bila dihitung dari peletakan batu pertama yang terjadi akhir pekan lalu, BRI menargetkan akhir Maret sudah memiliki kantor kas baru, yang bergeser sekitar 100 meter saja, sebagai bagian ekspansi selama 2014 ini. “Kami menargetkan pembangunan selama dua bulan saja. Sehingga, bila sesuai jadwal, akhir Maret sudah beroperasi untuk gedung baru BRI Kantor Kas Krebet,” ujar Pemimpin Cabang BRI Malang Kawi, Sulaeman Tahe. Menurut dia, ekspansi tersebut merupakan bagian dari upaya sinergi dengan Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) agar kegiatan operasional jadi lebih mudah. Selain itu, langkah tersebut juga untuk memaksimalkan

layanan terhadap nasabah potensial meliputi karyawan PG Krebet, petani tebu dan warga sekitar. “Sebelumnya karyawan Krebet mesti menyeberang jalan terlebih dulu untuk mengurusi simpanan atau pengambilan gaji, sehingga bila sudah berpindah, aksesnya menjadi satu dengan pintu masuk ke pabrik di sebelah selatan. Namun, ini memang sesuai dengan harapan BRI ketika hendak membuka kantor kas 6 tahun lalu,” papar dia panjang lebar. Pria asal Sulawesi Selatan ini menyebutkan, selama ini kantor kas ini cukup potensial. Bisa dibuktikan dengan rata-rata transaksi harian mencapai 400 transaksi per hari. Pada saat hari tertentu, bisa menembus 500 transaksi. “Semua transaksi di kisaran 400 per hari. Sebulannya, dikalikan saja dengan 22 hari,” jelas

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

RAMAI: Layanan di kantor kas BRI di PG Krebet rata-rata melayani 400 transaksi per hari.

dia kepada Malang Post. Perpindahan kantor kas tersebut, membuat target transaksi juga bertambah. Mulai April mendatang Kantor Kas Krebet dipatok minimal mencapai 500 transaksi dalam satu hari. “Ten-

tunya gedung yang lebih potensial, aksesnya mudah, harus meningkatkan target,” terangnya. Sementara itu, untuk dana simpanan yang masuk melalui area tersebut menyumbang angka 5-7 persen dalam sebulan.

Khususnya ketika musim giling telah tiba. Satu lokasi yang bisa menyumbang dana simpanan sebesar itu pasti memiliki potensi bagus. Simpanan tersebut bisa melalui pabrik, karyawan, hingga petani tebu. (ley/fia)

Konsumsi BBM 2013 Aman Terkendali MALANG – Penyaluran BBM bersubisidi di Malang Raya berhasil ditekan selama 2013 lalu. Hal tersebut berdasarkan hasil penyaluran masih di bawah patokan

dari kuota yang ditetapkan oleh BPH Migas, baik untuk premium maupun solar. Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region V PT. Per-

MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

PERTAMAX: Mobil-mobil dianjurkan memakai pertamax agar bebas subsidi BBM tidak membengkak.

tamina, Heppy Wulansari menyebutkan, kuota BBM bersubsidi mendekati kuota. “Sudah di atas 95 persen semua, namun masih bisa terjaga, ketimbang 2012 yang overload,” sebutnya. Tahun lalu, kuota untuk BBM bersubsidi jenis premium sebesar 439.433 kiloliter, yang tersalurkan sebanyak 425.800 kiloliter. Secara prosentase, konsumsi premium sebesar 97 persen saja. Sementara untuk solar kuota yang dipatok sebesar 152.354. Namun penyalurannya masih menyisakan 1113 kiloliter. “Penyaluran solar sebanyak 151.241 kiloliter. Hampir mendekati kuota untuk solar ini,” beber dia kepada Malang Post. Menurut Heppy, hasil tersebut membuktikan Pertamina berhasil menjaga penyaluran BBM bersubsidi di Malang Raya agar tidak overload. Sebab, sempat dikhawatirkan untuk 2013 lalu kembali mengalami kekurangan stok dan menimbulkan keresahan di masyarakat layaknya 2012. Sekalipun demikian, patokan kuota selama 2013 lalu sudah meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya. “Kuotanya dari BPH Migas dan Pertamina memang bertambah. Sebab patokannya juga berdasarkan pertumbuhan

kendaraan di Jawa Timur yang terhitung tinggi pula,” papar Heppy panjang lebar. Untuk tahun 2014 ini, Pertamina masih menunggu besaran volume yang ditetapkan. Menurutnya, kemungkinan di akhir Februari baru bisa diketahui. Sembari menunggu, BBM bersubsidi tetap disalurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sementara itu, untuk tahun ini Pertamina menghimbau masyarakat tetap melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor maupun mobil. Sebab, berdasarkan manual kendaraan bermotor, sebagian besar kendaraan bermesin produksi tahun 20-5 ke atas menyaratkan penggunanaa bahan bakar dengan oktan di atas 90. Spesifikasi tersebut terdapat pada bahan bakar Pertamax (oktan 92) dan Pertamax Plus (oktan 95). “Khususnya untuk mobil yang benarbenar memperhatikan itu. Sementara motor, keluaran 2011 ke atas rata-rata juga menganjurkan penggunaan Pertamax,” jelas dia. Hal tersebut juga berlaku pada kendaraan bermesin diesel keluaran terbaru, yang berteknologi common rail. “Spesifikasinya bisa ditemui di Pertamina Dex,” pungkasnya. (ley/fia)

MALANG – Sudah 10 tahun terakhir ini Martha Salim, Financial Controller Swiss Belinn Hotel Malang tidak lagi merayakan Tahun Baru Imlek. Pasalnya, selain orang tua dan Emak Engkongnya sudah tidak ada, keluarga besarnya juga sudah terpisah jarak, sehingga tidak memungkinkan untuk berkumpul bersama. “Selain faktor Emak Engkong yang biasa menjadi pemersatu saat Imlek, saat ini antar saudara sudah tinggal berjauhan. Jadi sudah 10 tahun ini melepas momen Imlek, kecuali bersama keluarga kecil, bersama anak dan suami,” ujarnya. Faktor lain yang membuat Martha tidak lagi merayakan Imlek yakni kepercayaan. Sebab, setelah berkeluarga dia mengakui merayakan Natal. Kalaupun kumpul bersama keluarga besarnya jelang Tahun Baru Cina tersebut, karena berdasarkan garis keturunan masih termasuk Chinese. Meskipun demikian dia tidak Martha Salim memungkiri bila terkadang merindukan saat tersebut. Saat dimana berkumpul bersama, menikmati makan malam, dan bisa menerima angpao. “Bisa juga sebaliknya, bila sudah menikah memberi angpao. Berkumpul bersama keluarga seperti itu sudah lama tidak terjadi,” bebernya kepada Malang Post. Perempuan yang baru dua bulan tinggal di Malang ini mengakui, kesempatan untuk bertemu dengan saudaranya menjadi kecil. “Chinese itu seperti mewajibkan Imlek berkumpul. Sekarang paling hanya berhubungan via telepon saja,” tandas dia. Sementara itu, untuk Imlek kali ini mendapatkan jatah cuti dari hotelnya. Menurut dia, hal tersebut menjadi kesempatan untuk pulang ke Surabaya bertemu dengan anak-anaknya. “Dapat cuti waktu Imlek, mungkin mereka mengira saya masih merayakan Imlek. Ya dimanfaatkan untuk pulang kampung saja,” pungkas dia. (ley/fia)

Komersialisasi Halim Belum Bisa 100 Persen RIAU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara ingin alokasi waktu penerbangan sipil di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dikurangi. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan TNI AU masih membahas hal itu. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S Gumay menuturkan, pihaknya mengusulkan pengalihan 126 penerbangan dari Bandara SoekarnoHatta ke Bandara Halim Perdanakusuma. Namun, TNI AU meminta penerbangan yang dipindahkan tidak sebanyak itu. ”Sekarang masih dibicarakan,” ujarnya. Belum dipastikan berapa alokasi (slot) yang akhirnya akan disepakati. Hal yang jelas, kebutuhan-kebutuhan TNI AU akan diprioritaskan. ”Kebutuhan TNI AU harus dipenuhi,” ujarnya. TNI AU memakai Bandara Halim Perdanakusuma sebagai pangkalan beberapa skuadron dan kesatuan lain. Bandara itu juga dipakai untuk penerbangan VVIP dan pribadi. Herry juga menyatakan masih akan dibahas lagi maskapai mana saja yang mendapat jatah di Halim. Saat ini sudah ada Citilink yang mengalihkan sebagian penerbangannya sejak 10 Januari 2014. Sementara Garuda dan AirAsia berencana beroperasi di Halim mulai bulan depan. Namun, mereka belum mendapatkan persetujuan karena mengusulkan rute baru. Akibatnya, belum ada kepastian kapan Garuda akan beroperasi di Halim. ”Penerbangan di Halim hanya untuk pengalihan dari Cengkareng, bukan untuk rute baru,” ujarnya. Pengalihan ke Halim diharapkan mengurangi 10 persen beban Soekarno-Hatta. Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta melayani 1.100 pergerakan pesawat setiap hari. Kapasitas di Bandara Soekarno-Hatta hanya 22 juta penerbangan per tahun. Sementara pada tahun 2013 sudah mencapai 60 juta penerbangan per tahun. Mengenai hal tersebut, Manajer Hubungan Masyarakat PT AirAsia Indonesia Audrey P Petriny mengatakan, pihaknya memang berencana ingin mengalihkan rute dan meminta rute baru. Namun, hal tersebut masih dalam pembahasan. ”Namun kami juga patuh atas segala keputusan pemerintah,” kata Audrey.Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan PT Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan, pihaknya memang telah mengajukan 10 tempat penerbangan di Halim yang merupakan pengalihan rute dari Bandara SoekarnoHatta. ”Kami telah mengajukan 10 alokasi, tetapi belum disetujui,” katanya. Direktur Utama Citilink Indonesia Arif Wibowo menambahkan, tingkat ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan pesawat Citilink di Halim Perdanakusuma mencapai di atas 85 persen sejak pindah dari Soekarno-Hatta pada 10 Januari lalu. Bahkan, untuk tingkat keterisian penumpang pesawat ke empat rute yang dilayani dari Halim mencapai 75-87 persen dengan 16 kali penerbangan per hari. Adapun keempat rute yang dilayani dari Halim adalah Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Palembang. ”Semua lancar, sudah empat rute yang dilayani dengan kinerja di atas 85 persen. Ini bagus meski baru dimulai,” katanya menandaskan. (kps/fia)

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


RABU, 29 JANUARI 2014

RONCE NGALAM

6

PPL Diintimidasi, Panwaslu Koordinasi dengan Polisi MALANG-Panwaslu Kota Malang pastikan berkoordinasi dengan Polisi untuk mengusut dugaan tindak intmidasi yang dialami oleh Petugas Pengawas Lapangan (PPL) Dinoyo, Didit Ananta saat menjalankan tugas, kemarin pagi. Sikap Panwaslu itu untuk melindungi petugas yang menjalankan tugas pengawasan pemilu legislatif. Hal itu diungkapkan Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran, Panwaslu Kota Malang, Fajar Santosa, SH saat menemui Didit Ananta di kantor Panwascam Lowokwaru. Selain Fajar tampak juga Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslu Kota Malang, Febry Chrisdanty. “Saya sudah tanyakan unsurunsur intimidasi yang dialami Pak Didit. Kami dalami bersama dan akan koordinasi dengan Polisi karena tindakan ini tidak

RIZAL FANANI/ MALANG POST

BARANG BUKTI : Bukti alat peraga kampanye caleg ditertibkan di Dinoyo yang berujung tindakan ancaman terhadap PPL Dinoyo.

bisa dibiarkan. Tidak boleh menghalanghalango penyelenggara pemilu yang sedang menjalankan tugas,” tandas Fajar. Ia mengingatkan, agar jangan mengacam petugas Panwaslu jika keberatan alat peraga kampanye caleg ditertibkan. Sebab petugas melakukan penertiban jika melanggar ketentuan. Untuk diketahui, Didit merasa terancam saat menertibkan alat peraga kampanye milik caleg di Jalan MT Haryono Gang 9, kemarin pagi. Saat itu tiba-tiba datang seseorang mempersoalkan tindakannya karena menurunkan alat perafa kampanye milik salah seorang caleg. Ia diancam dipukul oleh orang itu. Didit yang merasa terancam lalu melapor ke kantor Panwascam Lowokwaru. Saat berada di kantor Panwascam Lowokwaru, ia juga masih didatangi lagi oleh tiga orang.

Padahal Didit sebenarnya sedang bertugas. Apalagi dalam pengawasannya, ter dapat alat peraga kampanye yang dipasang melebihi jumlah di zona Dinoyo. Seharusnya satu caleg hanya memasang satu satu alat peraga di zatu zona.“Kemarin, Panwascam juga memberitahu supaya melakukan penertiban karena masih ada alat peraga kampanye yang belum ditertibkan. Akhirnya saya inisiatif untuk tertibkan sebisa saya,” katanya. Fajar mengatakan saat ini pihaknya memang sedang menertibkan alat peraga kampanye milik para caleg. Sebelumnya sudah mengirim rekomendasi tentang pelanggaran alat peraga kampanye ke KPU dan Satpol PP. Panwaslu dan Satpol PP pun sudah melakukan operasi ditingkat kota kemudian melanjutkan ke tingkat kelurahan. (van/nug)

LEASING

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SOSIALISASI : Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta SIK saat sosialisasi bersama jajarannya kemarin.

Dilarang Sita Paksa Kendaraan Kredit RIZAL FANANY//MALANG POST

DIKELUHKAN WARGA: Keberadaan Pasar Tugu di sepanjang Jalan Semeru nyatanya menuai keluhan dari warga setempat. Area luar Stadion Gajayana pun disangsikan cukup menampung ratusan pedagang.

PEDAGANG SUSAH, ABAH PASRAH Luar Stadion Diragukan Cukup Menampung Ratusan Pedagang MALANG- Sempat mengusulkan Lapangan Rampal sebagai lokasi baru Pasar Tugu, Walikota Malang, HM Anton akhirnya merevisi inisiatifnya tersebut. Abah Anton, sapaan akrabnya, akhirnya luluh dengan permintaan para pedagang agar tempat berjualan mereka dikembalikan ke lokasi semula, area luar Stadion Gajayana. Artinya, Pemkot mengakomodir SK Walikota Malang Nomor 193/2003 dan SK Nomor 556/18/420.308/2005, sekalipun kebijakan tersebut sebelumnya telah dianggap kadaluwarsa. Karena adanya pembangunan Mall Olympic Garden (MOG), para pedagang Pasar Tugu terpaksa direlokasi. Namun, hingga 18 bulan masa pengerjaan tuntas, mereka tetap ‘mengungsi’ ke berbagai spot relokasi. Kepada Malang Post, Abah membeberkan alasannya, mengapa

akhir nya menyetujui permohonan pedagang. “Mereka bilang di Rampal infrastrukturnya kurang memadai. Ada banyak alasan yang mereka kemukakan, sehingga menolak kalau dipindah ke sana. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya kita penuhi permintaan untuk kembali ke luar stadion (Gajayana),” terangnya. Masih teringat jelas, bulan Oktober 2013, orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu memaparkan alasan kuat mengapa relokasi harus segera direalisasikan. “Bukan kami tidak memikirkan nasib para pedagang. Justru kami ingin memberikan yang terbaik. Kita semua hidup bermasyarakat, jadi harus memperhatikan kenyamanan masyarakat yang lain. Baik itu yang tinggal di Jalan Semeru maupun yang lewat kawasan tersebut,” ujarnya kala itu. Seperti diberitakan Malang Post, Selasa (28/1) kemarin, warga RW 07 Kauman, yang tinggal di sekitar Jalan Semeru, mengaku keberatan jika kawasan tempat tinggalnya masih dijadikan venue Pasar Tugu. Pemilihan kawasan Rampal juga

bukan tanpa sebab. Menurut Abah kala itu, lokasi setempat sangat representatif. “Kalau di Rampal, justru pasar ini akan sesuai namanya, Tugu yang artinya Sabtu-Minggu. Tidak perlu sampai menutup jalan, area lebih luas dan bisa buka dua hari non stop,” seru walikota yang masih menjabat Bendahara PCNU Kota Malang ini. Lapangan Rampal yang dikelola Kodim 0833 Kota Malang ini memang cukup representatif. Selain memiliki area yang luas dan memungkinkan menampung ribuan orang, juga sudah ditunjang sarana dan pra sarana memadahi. Antara lain keberadaan jogging track hingga penambahan lampu taman yang menerangi kawasan Rampal saat hari mulai gelap. Apalagi Rampal sangat prospektif jika menilik letaknya yang strategis dan tidak memakan jalan protokol kota. Kekhawatiran lain pun muncul. Yakni apakah area luar Stadion Gajayana yang sebagian menjadi lahan parkir MOG cukup untuk menampung 459 pedagang yang menggelar lapaknya

di akhir pekan. Seperti diketahui, area tersebut juga dipadati fasilitas olahraga seperti lapangan tenis, lapangan basket, lapangan sepakbola dan lapangan bola voli. Ditambah lagi, setiap hari Minggu, parkiran pusat perbelanjaan di sana selalu penuh. Meski begitu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Tugu, Dimyati Suheru, optimis jika area seluas itu bisa menampung seluruh pedagang. “In syallah cukup. Akan kami atur sedemikian rupa supaya cukup. Jadi, akan benar-benar kami maksimalkan area yang ada, jika perlu sampai ke bagian paling belakang,” tuturnya kepada Malang Post. Rencananya, sore ini Dimyati akan mengumpulkan seluruh pedagang Pasar Tugu untuk mensosialisasikan siteplan beserta penataannya di lokasi baru nanti. Harapannya, pedagang tinggal menyesuaikan saat Pasar Tugu digeber di area luar Stadion Gajayana, 9 Februari nanti. “Sekarang diatur biar cukup dulu. Kalau nanti masih kurang kan bisa dikomunikasikan lagi dengan Pemkot,” imbuhnya. (tom/nug)

SINGOSARI- Perusahaan pembiayaan (leasing) dilarang serta merta menyita paksa kendaraan konsumen, jika tidak memiliki sertifikat jaminan fidusia. Hal itu disampaikan Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta SIK, saat memberikan sosialisasi penegakan hukum dan pelanggaran jaminan fudisia di Mako 2 Polres Malang kemarin. “Untuk mendapatkan sertifikat jaminan fidusia, suatu perusahaan leasing harus mendaftar terlebih dahulu ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM,“ ujar Adi Deriyan kepada Malang Post kemarin. Menurutnya, hal itu diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya di alihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda. Se dangkan pendaftaran fidusia dan biayanya, sebelumnya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 86 Tahun 2000. “Memang ada perusahaan leasing yang melakukan penarikan secara paksa, padahal tindakan itu melanggar peraturan dan bisa dikenakan pidana. Penarikan barang jaminan karena tunggakan pembayaran oleh konsumen harus melalui prosedur. Diantaranya leasing wajib menunjukkan kepada konsumen sertifikat jaminan atau fidusia,” bebernya. Dijelaskannya, masih ada

perusahaan leasing yang tidak mengurus sertifikat fidusia. Hal tersebut berakibat pada kelemahan hukum saat melakukan sita kendaraan, yang dilakukan oleh perushaan leasing tersebut. Bukannya mendapatkan barangnya kembali, perusahaan leasing malah dikenakan pasal perlindungan konsumen. “Jika mereka tidak mempunyai sertifikat fidusia, tentunya perusahaan leasing itu malah bisa menjadi tersangka,” kata mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. Terkait pengambilan kembali kendaraan konsumen karena kredit macet, ditegaskannya tidak boleh dilakukan oleh debt colector atau pihak ketiga. Sesuai peraturan yang berlaku pengamanan barang jaminan fidusia hanya boleh dilakukan oleh kepolisian. “Perusahaan leasing yang mempunyai sertifikat fidusia, bisa melaporkan kredit macet konsumen kepada kami. Bila dokumennya sesuai, maka kendaraan tersebut kami amankan,” terang mantan Kapolres Madiun Kota ini. Ditambahkannya, sosialisasi penegakan hukum dan pelang garan jaminan fidusia, diharapkan jajarannya mampu dan tidak salah penanganan terkait kasus tersebut. “Dengan penanganan yang benar terkait kasus fidu sia, masyarakat menjadi terlindungi. Kami juga tekankan kepada jajaran, untuk mengu tamakan pelayanan kepada masyarakat,“ tutupnya. (big/aim)

20 Menit, Polres Siap Terbitkan STTP Kampanye MALANG-Pengurus semua parpol dan caleg diminta menyampaikan pemberitahuan kampanye saat akan kampanye. Polres Malang Kota pastikan siapkan layanan maksimal untuk menerbitkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP) asalkan pemberitahuan yang disampaikan lengkap dan jelas. Hal ini disampaikan Kasat Intelkam Polres Malang Kota, AKP Imam Solikhin saat rakor bersama stakeholder dalam rang ka kesiapan pemilu legislatif di aula mahkota, Polres Malang Kota. Kegiatan ini diikuti semua ketua PPS, PPK, Panwascam, KPU, Panwaslu dan perwakilan 12 parpol peserta pemilu. “Jika formulir yang diajukan untuk mendapat STTP lengkap maka kami langsung proses. 15 sampai 30 menit STTP sudah selesai,” jelasnya Imam. Untuk memudahkan para caleg dan

pengurus parpol, dalam rakor kemarin dijelaskan secara detail tentang pengisian formulir untuk mendapat STTP. Diantaranya yakni menulis nama caleg secara lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, penanggungjawab kegiatan kampanye, tempat kampanye, waktu kampanye, identitas jurukam, jumlah massa, titik kumpul dan alat peraga berupa apa saja. Selain itu juga harus menyertakan susunan acara saat kampanye dan surat izin pemilik tempat atau lokasi kampanye. Surat pemberitahuan diajukan kepada Kapolres Malang Kota. Setelah menerima surat tersebut, petugas langsung memproses. “Jika tidak disertai surat izin dari pemilik tempat atau bangunan maka tidak bisa menerbitkan STTP. Karena kami bisa diprotes pemilik tempat atau bangunan,” paparnya.

Perwira polisi dengan tiga balok di pundak ini mengatakan, STTP sangat penting bagi parpol dan caleg. Sebab dengan adanya STTP maka memudahkan penempatan personil Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama kampanye berlangsung. Ia menambahkan, 622 personil Polres Malang Kota disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan kampanye dan tahapan pemilu legislatif. Mereka akan ditempatkan diberbagai wilayah. Karena telah mensiagakan petugasnya, kini Polres Malang Kota membutuhkan informasi kepastian lokasi penempatan TPS. Jika mengetahui sejak dini maka memudahkan polisi memetakan kondisi lapangan. Untuk diketahui, terdapat 1.512 TPS yang disiapkan saat pelaksanaan coblosan dalam pemilu legislatif, 9 April mendatang. (van/nug)

JELANG PEMILU : Rakor di Polres Malang Kota bersama parpol, Panwaslu dan KPU jelang pemilu legislative.

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


RABU, 29 JANUARI 2014

Karaoke Bandel Kena Semprit Dispenda Sidak Kepatuhan Pajak dan Kesiapan e-Tax, Empat Tempat Disorot MALANG- Menapaki tahun 2014, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) langsung tancap gas dalam upaya mengatrol pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang. Salah satunya dengan menggelar inspeksi mendadak (sidak) kepatuhan pajak dan kesiapan pemasangan e-Tax ke sejumlah resto dan tempat karaoke yang tersebar di wilayah administratif Pemkot Malang. Dipimpin langsung oleh Kepala Dispenda Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT, Selasa (28/1) kemarin, tim sidak mereka menyisir beberapa tempat karaoke merangkap resto. Mulai dari Karaoke Ministry di kawasan Dieng, Karaoke SUN di kawasan Tidar, Karaoke VIP di ruko Candi Trowulan kawasan Soekarno Hatta dan Karaoke Grand Pesona di kawasan Klojen. Dari sidak tersebut, Dispenda mendapati sejumlah karaoke plus resto yang masih bandel karena tidak memenuhi kewajiban pajaknya. Bahkan, tak satupun yang sudah memasang e-Tax. “Selanjutnya masih dilaksanakan pemeriksaan pajak oleh tim pemeriksa pajak dan penagihan pajak oleh tim penagihan. Wajib Pajak (WP) bandel akan dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku,” seru Ade lugas.

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

LUGAS: Kepala Dispenda Kota Malang, H Ade Herawanto memimpin sidak ke Karaoke Grand Pesona, kawasan Klojen, Selasa (28/1) siang.

Sanksi yang dikenakan mengacu aturan penagihan paksa pajak daerah yang tertuang dalam Perda Nomor 15 Tahun 2005 serta ditunjang Perwal 37, 38 dan 39 Tahun 2007. Sanksinya mulai dari pencabutan izin sampai dengan penyegelan serta penyitaan, jika WP bersangkutan tetap nakal. Dispenda bahkan tak segan membawa kasus pelanggaran ini ke meja hijau. “Bahkan tidak menutup kemungkinan, akan kami laporkan bersama WP nakal lain ke aparat penegak hukum, seperti kejaksaan. Karena tidak membayar pajak adalah suatu kejahatan dan perbuatan

melawan hukum dan bertentangan dengan undang-undang,” urai Ade kepada Malang Post. Pria yang juga frontman d’Kross Community itu juga cukup menyayangkan ketidaksiapan para WP resto dan tem pat hiburan dalam menerapkan e-Tax. Pihaknya berharap para pelaku usaha segera mengakomodir seruan Pemkot. Jangan coba main-main, karena Dispenda akan menggeber operasi gabungan sadar pajak dan percepatan e-Tax mulai Kamis (30/1) besok. Selain mendatangi empat tempat kemarin, sebelumnya tim sidak Dispenda

sudah melakukan inspeksi ke beberapa su tempat hiburan, seperti Karaoke Tralala, te SUN SU Karaoke, Anang Family Karaoke, Karaoke Warna, Karaoke Doremi dan K Studio One. Hasilnya, ada empat tempat St yang ya menjadi sorotan. Yang pertama adalah Karaoke Ministry, karena sejak berdiri bulan Noni vember 2013 lalu, sampai sekarang ve mereka belum punya Nomor Pokok Wam jib Pajak (NPWP) dan belum terdaftar sebagai WP sehingga sama sekali belum se pernah membayar pajak. Karaoke SUN pe malah lebih parah. Mereka belum punya m NPWP dan belum pernah membayar paN jak ja sejak beroperasi dua tahun silam. Begitu pula VIP Karaoke yang mulai berdiri tahun lalu dan Karaoke Warna, be sama-sama belum pernah memenuhi sa kewajiban pajaknya. Label WP ‘bandel’ ke pun langsung melekat pada karaokekaraoke tersebut. Sementara Karaoke Grand Pesona yang beroperasi sejak Agustus 2013, dianggap jauh lebih baik dari usaha sejenis lainnya. Pasalnya, mereka sudah mulai membayar pajak sebulan setelah beroperasi. Ketika dicek akun pembukuan lewat komputernya, juga tidak bermasalah dan termasuk taat membayar pajak resto dan pajak hiburan. Yang menjadi catatan barangkali pemungutan pajak terhadap konsumen terlalu rendah. Selama ini mereka menarik pajak konsumen sebesar 10 persen. (tom/nug)

7

DINAS PENDIDIKAN

Siapkan Insentif Guru PAUD MALANG – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang tidak tutup mata atas keberadaan guru Pendidikan Usia Dini (Paud) dan Kelompok Bermain (KB). Dindik berupaya mengucurkan dana insentif sebagai tunjangan bagi mereka. Bupati Malang H Rendra Kresna pun sangat memberikan perhatian kepada mereka. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Budi Iswoyo. Ia menjelaskan, pihaknya tiap tahun memberikan dana insentif itu kepada para guru Paud dan KB. Dalam perkembangannya, jumlahnya terus mengalami peningkatan. Jika di tahun 2013 lalu, besaran tunjangan insentif yang diterima masing-masing guru sebesar Rp 500 ribu. ’’Pak Bupati sudah tahu persis tentang keberadaan guru Paud dan TK. Tunjangan PAUD dan TK sudah ada. Di tahun ini, kami mengusulkan sebesar Rp 500 ribu per tahun. Jumlah guru-guru ini banyak, diatas 1000 orang,” ucapnya kepada Malang Post, kemarin. Insentif tersebut sengaja diberikan sebagai bentuk tanda jasa bagi guru Paud dan KB. Jika tahun lalu, pencairannya dilakukan sebelum datangnya Lebaran. Hanya saja, kata Budi, cair dan tidaknya dana insentif di tahun 2014 ini tergantung dari persetujuan tim panitia anggaran (panggar) dan tergantung kesediaan dana Pemkab Malang. Selama ini, hanya sebagian dari guru yang sudah mendapatkan gaji, dan sebagian besar digaji oleh masing-masing lembaga Paud dan KB. ’’Seperti yang disampaikan Pak Bupati, kami juga berterimakasih atas loyalitas para guru Paud dan KB. Disisi lain, kami akan perjuangkan, dana insentif itu bisa juga turun di tahun ini,” pungkas Budi. (poy/aim)

Penilaian Tahap II Mulai 10 Februari Lomba Kampung Bersinar MALANG-Penilaian Lomba Kampung Bersinar yang digelar Pemkot Malang akan kembali digelar. Menurut jadwal, penilaian tahap kedua digelar selama satu bulan yang dimulai Senin (10/2) hingga 10 Maret mendatang.‘’Penilaian tahap kedua akan dimulai 10 Februari mendatang hingga 10 Maret. Dua tim juri akan sekaligus melakukan penilaian,’’ kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto saat memimpin rapat tim juri di Kantor DKP , kemarin siang. Di hari pertama, penilaian akan dilakukan di wilayah Kecamatan Lowokwaru. Tim

pertama akan melakukan penilaian di Kelurahan Dinoyo RW01, 03, 06 dan Kelurahan Jatimulyo RW 04 dan RW 08. Sedangkan tim juri kedua akan melakukan penilaian di Kelurahan Jatimulyo RW 09, Kelurahan Tlogomas RW 01, 02 dan RW 03. ‘’Penilaian dilakukan mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai,’’ tambah Wasto. Seperti penilaian tahap pertama, penilaian tahap kedua ini dilakukan setiap hari, kecuali hari Jumat dan Minggu libur. Selain itu jika ada hari besar nasional, penilaian juga diliburkan. Dipenilaian tahap pertama ini prosentase yang digunakan dalam penilaian sebesar

25 persen. Sedangkan penilaian tahap kedua sebesar 35 persen dan penilaian tahap ketiga sebesar 40 persen.‘’Nanti dipenilaian tahap ketiga atau tahap terakhir prosentase penilaian akan ditampilkan seluruhnya mulai tahap pertama hingga tahap ketiga,’’ tambahnya. Sementara itu di penilaian tahap pertama, nilai tertinggi diraih RW 09 Kelurahan Pisangcandi, posisi kedua ditempati RW 01 Kelurahan Rampal Claket. Posisi ketiga ditempati RW 02 Kelurahan Sukoharjo. Sedangkan posisi RW 07 dan RW 08 Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang masing-masing menempati posisi empat dan kelima. Sedangkan RW 09

Kelurahan Kotalama menempati posisi terakhir, yakni posisi ke 174. Diperkirakan, penilaian tahap kedua nanti akan berlangsung lebih seru lagi. Persaingan antar RW di lomba yang digelar Pemkot Malang ini semakin ketat. Apalagi, beberapa RW telah mempersiapkan diri lebih bagus lagi. Sementara itu selain menggelar Lomba Kampung Bersinar, DKP juga akan menggelar Lomba Zero Waste. Lomba ini diikuti para pemenang Lomba Kampung Bersinar. Diantaranya RW 03 Sukun, RW 04 Wonokoyo, RW 06 Tlogomas, dan RW 13 Bunulrejo. Menurut rencana, lomba ini akan digelar awal Februari mendatang.(jon)

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

PENILAIAN TAHAP KEDUA: Tim juri Lomba Kampung Bersinar kembali akan melakukan penilaian mulai 10 Februari mendatang.

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


RABU, 29 JANUARI 2014

8

MARDI WIYATA CUP VIII

SDK St. Fransiskus Sukses Pertahankan Gelar Juara Scrabble MALANG - Selasa (28/1) kemarin, English Scrabble Competition Mardi Wiyata Cup VIII usai digelar. Tim dari SDK St. Fransiskus sukses menjadi juara juara 1 setelah bertanding dengan delapan tim lain dalam babak semifinal. Kemenangan dengan poin 260 ini menjadikan tim SDK St. Fransiskus sukses mempertahankan gelar yang pada tahun juga keluar sebagai juara. Selain itu, tim yang juga berjaya dalam kompetisi ini yaitu SDK Mardi Wiyata 2 sebagai juara 2 dengan poin 204, SDN Kesatrian 1 dengan poin 180 dan SD Plus Al-Kautsar dengan poin 122. Sebelumnya ada 16 tim yang berlaga untuk masuk babak semifinal yang juga digelar kemarin siang. Dari jumlah tersebut hanyak 8 tim yang berhak masuk semifinal dan 4 tim ke babak final. Selanjutnya persaingan ketat dalam sebuah kompetisi final berlangsung hingga memperoleh tim empat besar seba-

gai juara 1, 2, 3, dan harapan. Menurut Koordinator Pelaksana Scrabble, Olivia Maidy Fransisca,S. Pd, selama dua hari English Scrabble Competition dilangsungkan, tak ada kendala berarti baik secara teknis maupun saat pelaksanaannya. Para peserta pun telah menunjukkan kemampuan mereka dalam bahasa Inggris sebagai pelajar yang memiliki kompetensi unggul dan kreatif. Oliv sapaannya, menjelaskan permainan scrabble sangat bermanfaat bagi perkembangan otak siswa. Selain memupuk pengetahuan dalam Bahasa Inggris, anak juga dilatih untuk bersikap tangkas dan tepat dalam memutuskan sesuatu. “Secara langsung dalam scrabble menuntuk mereka untuk kreatif dan menentukan keputusan yang terbaik dalam sebuah pilihan,” jelasnya. Sementara itu turnamen futsal di lapangan SMPK Mardi Wiyata terus berlangsung dengan lancar. Sejumlah tim dari dua pool bertanding untuk

merebut posisi tertinggi dalam babak penyisihan. Diantaranya SDN Karangbesuki 1 A vs SDN Bunulrejo 6 dengan skor (0-13), SDN Bunulrejo 2 vs MIN Malang 1 dengan skor (6-1), SDN Kalijogo vs SDK Santa Maria 2 dengan skor (11-0) dan SDN Bunulrejo 5 vs SDK Mardi Wiyata 2 dengan skor (1-4). Suasana MW Cup setiap harinya selalu dengan nuansa yang menarik. Perlombaan ajang kreatifitas, olahraga dan akademik selalu mewarnai ajang tahunan ini. Hingga usianya yang mencapai Sewindu, kegiatan SMPK Mardi Wiyata ini selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat. Terbukti dalam berbagai lomba yang terselenggara selama ini, peserta yang antusias selalu bertambah. Humas SMPK Mardi Wiyata Yoseph Banggo, S.Pd mengatakan MW Cup tak hanya dijadikan media pertandingan, akan tetapi juga menjadi wadah pengembangan

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

BINTANG SEKOLAH: Para finalis English Scrabble Competition foto bersama dengan Koordinato Acara, Olivia Maidy Fransisca, S.Pd dan Lilis Triasasi, SS. kreatifitas serta jalinan komonikasi antar SD/MI di Malang Raya. “Untuk itu kita selalu gelar kegiatan ini

dengan serius, salah satunya dengan pelaksana yang profesional, konsep yang matang dan penghargaan yang

layak bagi peserta” ujar Yoseph, yang juga ketua pelaksana MW Cup VIII ini. (imm/sir/nda)

Hari Pertama, Pendaftaran Calon Rektor UB Sepi MALANG - Peserta pemilihan calon rektor (Pilrek) Universitas Brawijaya (UB) memiliki waktu efektif dua hari saja untuk mendaftar di bursa calon rektor. Sesuai jadwal yang dibuat panitia, pendaftaran calon rektor sudah dimulai 27 Januari hingga 3 Februari mendatang. ”Sampai hari ini (kemarin,red) belum ada yang mendaftar karena memang batas waktu pendaftaran masih dibuka sampai 3 Februari pukul 14.00 WIB,” ungkap Ketua Panitia Pilrek 2014-2018, Prof. Ir. Simon B. Widjanarko, M.App.Sc, PhD ketika

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

GAYENG: Silaturahmi pimpinan UM bersama pimpinan media di Malang yang digelar kemarin siang dalam suasana santai. Tampak Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana yang memberikan apresiasi terhadap gagasan UM menggelar acara bersama media.

Ngopi Bersama Rektor UM

Dosen Jangan Takut Bertemu Wartawan MALANG - Ngopi siang bersama Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. Suparno di Gedung Rektorat kemarin berlangsung hangat dan akrab. Agenda silaturahmi pimpinan media yang digagas rektor UM tersebut menjadi ajang membangun keakraban dan saling mengenal antara media dan kampus. ”Peran media sangat penting untuk ikut membangun citra UM, ada banyak hal positif yang bisa disuarakan dan disampaikan kepada masyarakat,” ungkap Suparno di hadapan undangan yang memenuhi hall rektorat UM kemarin. Karena itu dalam acara kemarin para pimpinan fakultas dan lembaga yang ada di UM sengaja dihadirkan. Menurut Suparno pencitraan sangat diperlukan supaya di kalangan

publik eksistensi UM mendapatkan perhatian. Sehingga kedepan banyak berita positif yang bisa ditampilkan dan lebih intens. Untuk semakin menambah keakraban, masing-masing perwakilan pimpinan media yang hadir pun diberikan kesempatan untuk mengenalkan medianya. Tak kenal maka tak sayang, diharapkan dengan perkenalan itu maka hubungan UM dan media massa bisa semakin bagus. Sejumlah media yang hadir dalam acara tersebut diantaranya media cetak dan radio. Dari Malang Post diwakili Redaktur Pelaksana, Dewi Yuhana. Hana begitu ia biasa disapa mengemukakan apresiasinya terhadap gagasan Rektor UM dengan menggelar acara Kopi Siang dengan agenda

silaturahmi dengan media. ”Setahu saya baru UM yang punya gagasan menarik ini, mengundang media ke kampus untuk bisa saling kenal satu sama lain dan bisa mencitrakan hal positif mengenai dunia kampus,” kata dia. Alumni Pondok Gontor Putri ini juga berharap agar dosen tidak takut jika bertemu wartawan. Namun sebaliknya ia berharap ada komunikasi yang baik diantara wartawan dan perguruan tinggi. Bahkan jika perlu masing-masing fakultas dan unit bisa rutin mempublikasikan temuan atau ide-ide menariknya sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas. Acara silaturahmi tersebut ditutup dengan agenda makan siang bersama media dan rektor serta pimpinan UM lainnya. (oci/nda)

SMK MUHAMMADIYAH 1

Jelang UN, Siswa Wajib ’Dikaldu’ MALANG – “Menjelang Ujian Nasional (UN), jam belajar siswa kelas akhir harus ‘dikaldu’. Tancapkan target setinggi mungkin, dan tetap terencana,” ujar motivator Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I), Drs HM Budi Santoso M Pd, di hadapan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Malang. Spontan, siswa yang mengikuti motivation class Selasa (28/1) kemarin tampak penasaran dan bertanya maksud kata ‘dikaldu’ yang dilontarkan Budi. Budi menjelaskan, ‘dikaldu’ adalah dikali dua.

Maksudnya, siswa yang biasa belajar satu jam perhari, saat ini sebisa mungkin belajar minimal dua jam. Memahami kondisi siswa yang kadang mengalami kebosanan, Budi juga memberi beberapa tips belajar yang menyenangkan. Menurutnya, belajar tidak harus di depan meja belajar kamar dengan suasana hening, tapi juga bisa dilakukan di kafe, kantin sekolah, atau tempat lain yang membuat siswa merasa nyaman dan kondusif menurut mereka masingmasing. Tak hanya itu, trik-trik sukses mengerjakan soal UN pun ‘dibocorkan’ oleh direktur pro-

gram BSI Indonesia Malang ini. “Selain belajar, siswa juga perlu mengurangi kegiatan kegiatan yang tidak perlu seperti chatting, bermain game, dan sejenisnya. Sekali-sekali untuk refreshing boleh saja, asal dikurangi sedikit demi sedikit. Sekolah sudah banyak membebaskan siswa kelas XII dalam berbagai kegiatan eksktra agar waktu belajar jadi lebih banyak. Pergunakan waktu itu sebaik mungkin,” tutur Budi. Tak hanya itu, siswa juga diimbau untuk merencanakan pencapaiannya serinci mungkin. Budi membeberkan bahwa

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SIAP SUKSES: Menjelang Ujian Nasional (UN), siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 ditantang untuk ‘mengkaldu’ jam belajar.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

JELANG PILREK: Baliho Pilrek UB telah dipasang di dalam kampus untuk menandai bergulirnya pemilihan yang ditunggu-tunggu seluruh kalangan.

dihubungi Malang Post kemarin. Rangkaian Pilrek UB meliputi tiga tahapan yakni penjaringan, penyaringan dan pemilihan. Proses penjaringan dilakukan di 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Fakultas dan Kantor Pusat. Sebanyak 2022 orang yang dinyatakan memiliki hak suara meliputi dosen (PNS dan non PNS), Kepala Biro, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di fakultas dan kantor pusat serta wakil mahasiswa yakni Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di tingkat universitas dan fakultas. Selanjutnya, tahap penyaringan dilakukan oleh 157 senat universitas yang juga memiliki hak suara pada tahap pemilihan. Komposisi suara senat pada tahap ini adalah 65 persen dan selebihnya 35 persen adalah suara Menteri atau yang mewakili. Dalam rilis UB disebutkan paling tidak ada tiga hal yang membedakan dari proses pilrek tahun sebelumnya. Yakni adanya tahap penjaringan, suara menteri dan ada pakta integritas. ”Pakta integritas ini bagian penting dalam penilaian karakter individu maupun proses pemilihan kandidat sebagai Rektor UB,” kata Simon. Jika di kemudian hari diketahui terjadi pelanggaran, maka menurutnya bisa diturunkan dari jabatan Rektor. Pakta integritas ini penting sebagai upaya awal agar empat tahun kedepan UB memiliki pemimpin yang amanah dan jujur. Apalagi, Simon menambahkan, pada masa mendatang Rektor tidak otomatis menjabat sebagai Ketua Senat. Ketua Senat akan dilakukan secara terpisah pemilihannya. Sesuai dengan motto ”UB Memilih Yang Amanah dan Berkualitas”, maka Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian ini memiliki himbauan khusus kepada sivitas akademika. ”Suara Anda menentukan masa depan UB empat tahun ke depan. Mari berpartisipasi sesuai dengan motto yakni memilih yang amanah dan berkualitas,” ucapnya. Kepada kandidat, Simon juga berpesan agar melakukan cara-cara pencitraan diri dengan sopan santun dan tidak melakukan black campaign. (oci/nda)

LIGA MAHASISWA

Ajang Pamer Kekuatan Kampus MALANG – Turnamen basket Liga Mahasiswa kembali digelar di GOR Pertamina Universitas Brawijaya (UB). Even yang mempertandingkan tim bola basket antar perguruan tinggi itu digelar selama empat hari dimulai kemarin (28/1). Sebanyak empat pertandingan digelar di tiap hari hingga 2 Februari 2014 mendatang. Pada pertandingan perdana kemarin, Tim Basket Putri Brawijaya sukses menundukkan Tim Basket Putri Ciputra dengan skor 62-43. Brawijaya sukses menyudahi kuarter pertama dengan skor 15-5, kloter kedua dengan skor 32-13, kloter

ketiga dengan skor 47-27, dan kloter akhir dengan skor 62-43. Menanggapi hasil itu, Pelatih Brawijaya, Iwan menyatakan bahwa masih banyak yang perlu dibenahi, terutama transisi offense-defense. “Untuk kekuatan Ciputra saya rasa dia bukan kekuatan terbaik Surabaya. Mungkin lawan berat nanti ada Ubaya, Unair, dan Petra. Saya rasa mereka yang mewakili basket dari Surabaya,” tandasnya. Untuk pertandingan selanjutnya, Iwan mengungkapkan tidak ada persiapan spesial. “Untuk laga selanjutnya, kami hanya tekankan untuk membenahi transisi,” pungkasnya. (rul/nda)

berdasarkan penelitian yang ia lakukan di lingkungan sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Malang, dari seratus persen mahasiswa yang memprogram Strata 1, hanya 56 persen dari mereka yang lulus tepat waktu. Sedangkan sisa 44 persen nya terkendala. Kendalanya, selain masalah dana, juga penundaan dengan alasan yang beragam seperti menikah, pindah ke luar kota atau terlalu sibuk bekerja. Bagi siswa yang ingin cepat bekerja tanpa mengesampingkan kuliah, Budi menyarankan untuk mengambil program kuliah dua tahun atau program vokasi. “Belum lama ini sebuah perusahaan besar di Mojokerto membutuhkan tenaga, dan tidak mensyaratkan S1, hanya harus punya soft skill yang mumpuni. Kami melakukan perekrutan di SMK Muhammadiyah ini,” tutur Budi. Sementara itu, Waka Humas SMK Muhammadiyah 1 Malang, Drs Yaminto M Pd, memaparkan, menjelang ujian siswa memang memerlukan bekal yang cukup. Baik berupa motivasi belajar maupun penggemblengan mentalnya. “Untuk itu kami bekerjasama dengan LP3I untuk menampung, membina dan menyalurkan siswa ke lahan yang tepat sesuai keahlian yang mereka miliki,” tutur Yaminto menutup pembicaraan. (ily/nda) REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI


9

RABU, 29 JANUARI 2014

SARA TRADITIONAL COOKIES

Beri Angpao Dalam Parcel

IRA RAVIKA/MALANG POST

LAMPION: Nuansa Tahun Baru Imlek sudah terasa di Harris Hotel and Conventions Malang

Olahan Sirip Hiu ala Ah Yat Abalone LANG – Ah Yat Abalone Forum MALANG Restaurant aurant Malang menggelar acara akuler saat malam pergantian tahun spektakuler Baru Imlek (30/1) mendatang. Dengan tema “The Chariots of Fire”, pihak Ah k memberikan b ik menu kh Yat akan khusus. Ada tujuh menu khusus yang disajikan untuk para tamu, yaitu Yu Sheng Vegetables, Prawn with Fruit Salad, Braised Shark’s Fin with Vegetables, Braised Yoshihama Abalone, Roasted Duck, Steamed God Garoupa With Soya Sauce dan Seefood Fried Rice. “Menu khusus ini disajikan pada hari Kamis (30/1), di Unique Ballroom HARRIS Hotel and Conventions Malang,’’ terang Marcomm Manager, Nicky Olivia.

Selain tujuh menu tersebut, Ah Yat Abalone juga memberikan pudding mangga sebagai makanan penutup. Hidangan special Imlek ini diharapkan menjadi hidangan paling istimewa, dan bi ik ti warga yang sedang d bisa di dinikmati merayakan pergantian tahun baru Imlek. “Tujuh menu serta hidangan penutup tersebut merupakan satu paket yang disuguhkan pada satu meja. Kami menawarkan dengan harga istimewa, yaitu Rp 5. 888.000 per meja,’’ kata wanita asal Manado ini. Tapi begitu, bukan hanya menu special itu saja yang menjadi sajian khusus malam pergantian tahun baru Imlek. Untuk memeriahkan suasana, pihak Ah Yat Abalone juga mendatangkan dua arti

ibukota. Yaitu Fang fang dan Rouben Onshu. Keduanya tidak hanya hadir sebagai pembawa acara, tapi sekaligus akan menyanyikan beberapa lagu mandarin. Band lokal pun akan menyemarakkan ti ttahun h nanti ti hib suasana pergantian hiburan seni barongsai. “Acara digelar mulai pukul 18.00 – 21.00,’’ tambah Nicky. Yang membuat acara ini berbeda dengan lainnya adalah, para tamu berkesempatan mendapatkan doorprize menarik berupa voucher menginap di HARRIS Hotel and Conventions, iPad Air, iPhone 5S dan grand prize berupa satu unit sepeda motor. Tamu juga dapat berfoto secara gratis di photo booth yang telah disediakan dan dapat langsung membawa pulang

RIZAL FANANY/ MALANG POST

MUDA : Agha Yonanta dan sang kakak Abby Yonanta, generasi ketiga penerus Kopi Sido Mukti.

Kisah Pewaris Bisnis Kopi Tradisional Tionghoa (habis)

Sido Mukti Setia dengan Kopi Dampit KOPI Sido Mukti merupakan salah satu brand kopi tradisional tertua di Kota Malang. Usaha yang terletak di Jalan Sutan Syahrir no. 5 tersebut sudah berdiri sejak tahun 1950. Saat ini, Kopi Sido Mukti sudah dikelola oleh generasi ketiga dari pendirinya. Dibanding Kopi Sido Mulia, usaha di Jalan Sutan Syahrir ini tak terlalu variatif. Mereka masih menjual kopi bubuk tanpa disertai cap nama. Sedangkan, Kopi Sido Mulia sudah mengembangkan diri hingga ke brand premium. Usaha kopi yang kerap didatangi turis Belanda itu, dikembangkan oleh almarhum Oei Ho Song. Dia juga mengambil biji kopi dari Dampit sebagai bahan baku. Ketika Oei Ho Song mangkat, usahanya diteruskan sang anak bernama Oei Hong Lien. Namun kemudian, tampuk bisnis terpaksa harus segera berpindah. Sebab, Oei Hong Lien wafat. Mau tak

mau, anak Oei Hong Lien yang baru lulus kuliah, harus meneruskan bisnis itu. Mereka adalah Abby Yonanta dan adiknya bernama Agha Yonanta. “Tak hanya bisnis yang kami teruskan, namun juga falsafah dagang kakek dan papa kami, sengaja mengambil Dampit agar sama-sama memajukan daerah Malang,” ujar Abby kepada Malang Post. Yang wajib dijaga dalam bisnis kopi itu, menurut Abby pertama adalah soal mutu. Ketika berbicara mutu, maka mereka tidak boleh menipu konsumen. Contohnya bicara soal kopi murni dan kopi campuran, diwajibkan berterus terang kepada konsumen. “Pesan kakek ke papa dan diteruskan kepada kami, kopi murni ya harus murni tidak boleh dicampur agar lebih untung,” terangnya. Agha menambahkan, lantaran falsafah itu, Sido Mukti membagi klasifikasi

kopi. Yakni kopi murni serta campuran, dengan harga berbeda. Mulai grade istimewa hingga paling murah Rp 8000 seperempat kilogram. “Pasaran kita lokal, terutama warung-warung, untuk grade istimewa dikemas seperempat Rp 12 ribu, setengah kilogram Rp 24 ribu dan satu kilo Rp 48 ribu,” katanya. Kendala dalam pengembangan bisnis adalah banyaknya kopi instan. Sehingga banyak orang meninggalkan kopi tradisional. Selain itu juga ada faktor cuaca, misalnya ketika Dampit terkena hujan dengan angin sehingga panen terlambat. “Tapi prospek ke depan bagus, sebab kopi diminum orang setiap hari, usaha ini akan tetap kami teruskan untuk menghargai perjuangan kakek dan papa, ke depan cari pangsa pasar baru, kepenginnya bisa masuk kafe dan hotel,” tandasnya.(Bagus Ary Wicaksono)

print outnya. “Meskipun baru pertama ini digelar, kami yakin kegiatan ini sukses,’’ urai wanita yang pernah bekerja di Solo Paragon ini. Keyakinannya itu memang terbukti. D j saatt iinii 25 meja j Darii ttagett 30 meja, telah dipesan. “Terakhir tadi pagi sudah ada 25 meja yang sudah direservasi. Ini menjadi sajian yang menarik dan unik,’’ urainya. Dia juga mengatakan jika pemesanan dan pembayaran uang muka dilakukan sebelum 30 Januari 2014 akan mendapatkan gratis 1 kamar HARRIS Room atau diskon sebesar 15 persen. Untuk pemesanan di atas 2 meja akan mendapatkan cash back sebesar Rp 1.000.000 per meja.(vik/fia)

MALANG - Menjelang Tahun Baru Imlek 2565 ini, Toko Sara Traditional Cookies kebanjiran pemesanan kue. Pemesanan tersebut berupa kue kering maupun kue basah, yang sebagian besar minta dihantarkan menjelang perayaan Tahun Baru Cina tersebut. Owner Sara Traditional Cookies, Landriawati Hadi Widjaja mengakui, permintaan melonjak drastis. “Dua kali lipat lebih pesanan. Baik berupa parsel maupun kue yang hendak dikonsumsi sendiri seperti kue basah,” ujarnya. Menurut dia, Sara menawarkan parsel kue kering dengan harga mulai dari Rp 235 ribu. Bila ada permintaan, parsel dengan bandrol Rp 1 juta pun diterimanya. “Ada beberapa yang hampir menembus Rp 1 juta, di kisaran Rp 800 ribu,” beber dia. Parsel kue kering tersebut antara lain isinya nastar, castangel, otelo kue almond, chocochip hingga semprit keju. Normalnya, harga per toples sebesar Rp 47 ribu untuk ukuran paling kecil. Paling besar bisa mencapai Rp 90 ribu. Dia tidak memungkiri, banyak pula pemesanan kue basah. Rata-rata untuk teman sajian makan malam pada tanggal 30 Januari mendatang. Contohnya spiku roll, cum-cum, panekuk, sus buah hingga bika ambon. Harganya di kisaran Rp 4000 per pieces. “Pemesanan satu paket di kisaran Rp 200 ribu,” jelas perempuan yang akrab dipanggil Sara ini. Masih menurut dia, untuk menyambut Imlek, toko Sara dilengkapi dengan aksesoris oriental. Mulai dari depan pintu masuk, hingga di satu sudut terdapat rangkaian parsel, dan pohon cemara sebagai pengganti poho meihua. Di cemara berwarna putih tersebut, bergelantungan amplop merah. dalam parsel yang dipesan juga kami “Bila beruntung, da Jumlahnya tidak besar, hanya untuk masukkan angpao. Ju memeriahkan momen saja,” tukasnya. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

ORIENTAL: Sara Traditional Cookies dihiasi dengan ornament Imlek demi menyambut tahun kuda kayu.

Ciamsi, Komunikasi dengan Para Suci yang Makin Dilupakan MALANG-Perkembangan jaman turut menyumbang menurunnya tren penggunaan ciamsi di Klenteng Eng An Kiong Kota Malang. Teknologi dan peradaban yang kian maju, membuat sejumlah orang tak lagi berminat menjalankan tradisi tersebut. Hal itu dijelaskan oleh Bonsu Anton Triyono kepada Malang Post, kemarin sore. Memang warga Tionghoa yang melestarikan ciamsi masih ada. Akan tetapi didominasi kaum tua saja, untuk menanyakan perihal nasib, peruntungan dan obat. “Peminat ciamsi berkurang karena kemajuan jaman, orang lebih suka yang praktis dan instan,” imbuhnya. Ciamsi itu sebenarnya ada dua jenis. Yakni ciamsi penerangan untuk nasib, jodoh dan perun-

tungan lainnya. Serta ciamsi kesehatan atau ciamsi obat yang bisa ditukar dengan resep Tionghoa kuno ke shinse tertentu. “Contohnya soal obat, jarang lagi yang memakai ciamsi obat, ya itu karena kepengen instan,” katanya. Di klenteng Eng An Kiong sendiri, ada beberapa altar Dewa yang kerap untuk membaca ciamsi. Yakni altar utama Dewa Bumi, altar Dewi Kwan Im, altar Dewa Rejeki serta altar Dewa Obat. “Favorit umat adalah membaca ciamsi di altar Dewa Bumi dan Dewi Kwan Im,” imbuhnya. Ciamsi di klenteng dilakukan dengan sejumlah tahapan. Yang pertama adalah melemparkan dua bilah kayu lambang yin yang. Dua kayu itu harus dilempar hingga posisinya berlawanan,

yakni satu bilah terbuka dan lainnya tertutup. “Setelah itu baru membaca ciamsi penerangan atau ciamsi obat,” terangnya. Membaca ciamsi dengan mengocok lajur nomor ciamsi di tabung bambu. Dari kocokan itu yang harus jatuh hanya satu bilah saja. Dari bilah itulah bisa dilihat nomor yang muncul. “Nomornya kemudian ditukar dengan kertas di selatan altar, ada ramalannya dengan bahasa Indonesia dan Cina, kalau ciamsi obat ya berupa resep cina yang bisa dibaca Shinse saja,” katanya. Yang penting, untuk membaca ciamsi, umat harus niat dari rumah. Sebab, dalam dimensi tertentu, ciamsi ini merupakan bentuk komunikasi dengan para Suci.(ary/fia)

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

PERUNTUNGAN : Umat tengah melihat peruntungan di Altar Dewi Kwan Im Klenteng Eng An Kiong lewat ciamsi penerangan, kemarin.

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


Didik Siswa Berkebutuhan Khusus, SMP Diponegoro Minim Sarana

Operasional Meningkat, Gaji Guru Hanya Rp 250 Ribu PROGRAM sekolah gratis untuk tingkat SD hingga jenjang SMA, justru jadi bumerang bagi sekolah swasta yang minim anggaran. Salah satunya SMP Diponegoro, Kecamatan Junrejo, yang sejak tahun 1980 sampai sekarang masih tertatihtatih untuk berkembang, apalagi SMP ini ditunjuk sebagai sekolah berkebutuhan khusus. “ Kami senang dengan program sekolah gratis itu, namun pikirkan juga apa sudah sesuai dengan kebutuhan sekolah swasta seperti kami mulai dari biaya operasional, gaji guru, dan kebutuhan lain di sekolah. Apalagi di sini bukan hanya menampung siswa normal, melainkan juga siswa berkebutuhan khusus,” ujar Kasek SMP Diponegoro, Mulyadi Mustopo, Selasa kemarin.

Sekarang ini, dari 80 siswa yang mengenyam pendidikan di SMP tersebut 22 diantaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus. Sedangkan dari 20 tenaga pengajar, 16 diantaranya bukan PNS.”Apakah cukup bantuan dari pemerintah, kalau memang mencukupi kami sangat sepakat,”sebutnya. Dia mencontohkan, siswa-siswa berkebutuhan khusus, kebutuhannya juga sama dengan 6 siswa biasa atau 1 banding 6. Sehingga setiap hari siswa-siswa ini haruslah mendapatkan pelajaran ekstra plus bimbingan, ditambah pula SDM guruguru sebagai pendukungnya. Di daerah lain saja, kata dia, ada yang menarik biaya sebesar Rp450 ribu per siswa/bulan. Karena itulah, lanjut Mulyadi, SMP Diponegoro tidak bisa berkembang

MISKI/MALANG POST

BELAJAR: Siswa-siswa SMP Diponegoro, Kecamatan Junrejo mengikuti kegiatan belajar-mengajar. dan bersaing dengan sekolah-sekolah lain baik itu negeri maupun swasta,

yang memang memiliki banyak siswa, meski dari status sekolah

sudah Akreditasi A. “Dindik menunjuk sekolah ini sebagai sekolah Inklusi, karena di Junrejo banyak SD inklusi. Sehingga kami satu-satunya sekolah, yang menerima siswa berkebutuhan khusus di Kota Batu,”paparnya. Apalagi menyangkut sarana dan prasarana yang memang sejauh ini belum maksimal, termasuk ruang kelas bagi siswa berkebutuhan khusus harus dibagi menjadi tiga kelas dengan ukurang ruangan tidak lebih dari 3 X 3 m2. Karena itu, adanya program gratis tersebut belum berpengaruh besar bagi perkembangan SMP Diponegoro. Sehingga pihak sekolah tetap melakukan tarikan kepada walimurid khususnya bagi siswa berkebutuhan khusus. “Insidentil saja, kalau ada kebu-

tuhan ya kami rembukkan dengan walimurid,”sebut pria yang juga pendiri sekolah tersebut. Menurutnya, masih banyak sekolah-sekolah di Kota Batu yang bernasib sama seperti SMP Diponegoro. ”Perhatian pemerintah saat ini sangat dinanti oleh sekolah swasta, lebih utama menyangkut honor tenaga pendidik di SMP ini (non PNS) yang selama ini hanya menerima Rp250 ribu per bulannya,”ungkapnya. Lantas, dia pun berharap agar Dinas Pendidikan turun langsung dan melihat kondisi di sekolah sekolah swasta. “Karena SMP ini ditunjuk sebagai sekolah Inklusi, ya perhatian lebih seharusnya kami terima, baik kesejahteraan guru maupun siswanya,” pungkasnya. (mik/lyo)

Penyaluran Raskin Butuh Rp 520 Juta

MISKI/MALANG POST

TAK TERATUR: Pasar Sayur Kota Batu siap dibangun terlebih dahulu dibanding pasar induknya.

Tunggu Perombakan Tim TKKSD Pembangunan Pasar Sayur Masih Ada Kendala BATU- Rencana Pemkot mendahulukan pembangunan Unit Pasar Sayur Batu, nampaknya masih harus melalui jalan panjang. Pasalnya, selain Tim Kordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) tidak bisa menjalankan tugasnya, pedagang setempat pun belum sepakat keseluruhannya. Kepala Disperidagkop Kota Batu, M.Chori mengatakan, pasca perubahan Organisasi Tata Kerja (OTK), tim tersebut tidak lagi bisa menjalankan tugasnya. “ OTK yang lama sekretarisnya adalah TKKSD, yakni Kabag Ekbang. Sedangkan OTK baru

adalah kepala Badan Penanaman Modal,” terangnya kepada Malang Post, Selasa kemarin. Dengan begitu, kata dia, masih diperlukan perombakan TKKSD dan disesuaikan dengan OTK yang baru.” Pak Wawali minta tim dirombak kembali agar pembangunan pasar lekas dikerjakan,”jelas Chori, panggilan akrabnya. Mantan Plt Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ini menambahkan, tugas tim dalam pembangunan pasar sayur itu sangatlah besar. Termasuk didalamnya menentukan pihak ketiga, yang akan membangun pasar.

Sementara data dari Disperindagkop, tercatat keseluruhan areal Pasar Besar Batu sekitar 4,2 hektare yang diisi sekitar 2.090 pedagang ditambah 1.500 pedagang kaki lima (PKL).” Nah, 40 persen bedak pedagang justru tidak dipakai, sehingga diperlukan pembangunan dan penataan baru. Sebab, pasar ini lokasinya berada di jalan utama yang potensi perputaran ekonominya sangat besar,”terangnya. Diakui, memang selama ini pihaknya sudah berulang kali melakukan komunikasi dengan pedagang untuk mensosiali-

sasikan pembangunan pasar itu. Namun demikian, masih ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti kedepannya. Menurutnya, secara prinsip pedagang menyetujui dengan pembangunan pasar tersebut.” Dengan syarat harga harus terjangkau dan secara penataannya tidak pilih kasih, kami yakin pembangunannya tidak bakal molor dari waktu yang ditentukan,”jelasnya. Sebagaimana diberitakan serbelumnya, Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengungkapkan, bahwa pembangunan unit pasar

sayur bakal didahulukan lantaran sudah ada persetujuan dari pedagang. Rencanannya, bangunan bakal didesain empat lantai. Lantai pertama bisa difungsikan untuk rest area kendaraan pengunjung baik itu masyakat umum maupun wisatawan. Sedangkan pedagang sayur menempati lantai dua, lantai tiga dipergunakan untuk pedagang buah, sementara lantai empat untuk dagangan oleh-oleh. Namun, bila pembangunan dianggap cukup tiga laintai, maka tidak diperlukan lagi sampai lantai empat. (mik/lyo)

BATU- Untuk penyaluran beras kepada rakyat miskin (Raskin) tahun ini, Pemkot Batu mengalokasikan anggaran Rp520 juta. Dana tersebut diperkirakan untuk mendukung kelancaran pendistribusian ke setiap desa/ kelurahan. Selama setahun kedepan, sebanyak 1.129.860 Kg beras akan disalurkan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ada di kota ini. Terhitung ada 24 kantor desa/ kelurahan yang nantinya menjadi pos pendistribusian bantuan tersebut. “ Pemberian bantuan Raskin itu, akan disalurkan Badrud Tamam melalui RT masing-masing dan warga penerima juga sudah tercatat namanya,”jelas Wakil Kepala Bulog Sub Divre Malang, Gatot Hadiantoro. Oleh karenanya sebelum dilakukan pendistribusian, kemarin pihaknya mengundang semua kades dan lurah untuk membicarakan masalah teknis penyaluran bantuan. Gatot panggilan akrabnya mengakui, dari data yang ada di Bulog Sub Divre Malang, di Kota Batu sendiri terdapat 6.277 keluarga miskin yang menjadi RTS dari Raskin. Sementara tahun ini, mereka akan mendapatkan beras sebanyak 15 Kg setiap keluarga per bulannya. Dia menjelaskan, per kilogramnya beras dengan kualitas medium itu dibandrol Rp1.600. “Semoga dengan bantuan ini masyarakat miskin mampu terbantu, meski tidak sesuai dengan kebutuhan per bulannya bahkan kurang,”jelasnya. Dukungan Pemkot untuk memperlancar pendistribusian Raskin, diharapkan tidak terjadi lagi kemacetan penyaluran di tengah jalan.”Pemkot bertekad membiayai semua operasional pendistribusian selama setahun, dan kami harap tidak ada lagi yang penyalurannya terlambat,”terang Kasubag Kemasyarakatan Bagian Kesra Pemkot Batu, Badrud Tamam. Jika dikalkulasi setiap per Kg nya, biaya transportasi sebesar Rp220.”Sejatinya memang ini sebagai antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga beras, ditambah adanya tarikan biaya tinggi dari petugas,”tambahnya. Dia menyebut, langkah ini ditempuh untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan beras, lantaran cuaca buruk yang mengakibatkan petani gagal panen. (mik/lyo)

Mahasiswa Singapura Ikut Poles Kungkuk BATU–Turis asal Singapura, ternyata sangat tertarik ikut mengambangkan Desa Wisata Kungkuk, Punten, Kecamatan Bumiaji. Ketertarikan tersebut setelah beberapa orang dari negeri pemilik ikon Merlion atau ikan berkepala singa itu, mengunjungi desa wisata tersebut, Minggu lalu. ‘’Warga Singapura melihat ada potensi besar di Desa Wisata Kungkuk. Mereka juga tertarik ikut mengembangkan desa wisata itu, menjadi tujuan wisata internasional,’’ ungkap Hj Mistin, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu kepada Malang Post. Menurutnya, potensi tersebut antara lain view yang luar biasa

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

SINGAPURA: Warga Singapura saat berkunjung ke Kota Batu, beberapa waktu lalu. bagus karena berada di dataran tinggi, yang dikelilingi aneka potensi pertanian seperti apel, jeruk dan bunga. Masyarakat

setempat, juga dianggap cukup ramah menyambut kedatangan wisatawan, sekaligus memanfaatkan rumah mereka sebagai

homestay. Hal yang perlu dikembangkan lagi, berdasarkan pantauan tamu dari Singapura tersebut tak lain kegiatan UKM. Mayoritas warga, masih membuat aneka kerajinan atau usaha lain menggunakan cara tradisional. Jika ada peralatan lebih modern, tentu hal itu akan sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Tamu yang datang ke Kungkuk itu berasal dari dosen Poltek Singapura, didampingi dosen UMM. ‘’’Maret nanti, dosen dari Singapura itu akan mengirimkan mahasiswanya datang ke Kungkuk,’’ kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu ini. Selama di Kungkuk, mereka

juga tidak bermalam di hotel melainkan membaur bersama masyarakat setempat dengan waktu cukup lama. Tugas yang diemban, mencari ide untuk membantu menciptakan alat-alat bagi pengusaha home industri lokal. Tentu alat-alat tersebut, harus sangat terjangkau bagi pengusaha lokal, khususnya pelaku UKM. ‘’Karena memiliki tugas mencari ide dan pemecahan masalah, mereka harus tinggal di Kungkuk. Mereka juga diharapkan ikut membantu promosi Desa Wisata Kungkuk hingga ke negara tetangga. Dengan begitu tamu yang datang akan semakin banyak,’’pungkas Mistin. (feb/lyo)

REDAKTUR : MARGA N, LAYOUTER : KURDI


SAMBUNGAN Maaf, Perjalanan Anda Terganggu Begitu mendekati flyover, rombongan konvoi piala langsung menuju arah selatan, melewati Jalan Ahmad Yani. Jalan Letjen S Parman, Letjen Sutoyo dan Jaksa Agung Suprapto akan dilewati oleh rombongan konvoi hingga di perempatan Kayutangan. Barisan konvoi tropi juara kembali melewati alun-alun Kota Malang, namun tidak kembali ke Pendopo Kabupaten Malang, melainkan berbelok ke arah barat lalu ke selatan, melewati daerah Sukun, Kacuk dan masuk ke Kebonagung. ”Konvoi bergerak terus ke selatan, melewati Pakisaji, sebelum sampai di daerah Kepanjen. Setelah melewati perempatan besar Kepanjen, rombongan tropi juara berhenti tepat di depan Pendopo Kabupaten Malang yang ada di Kepanjen,” tegas mantan wartawan tersebut. Setelah rehat sejenak di Pendopo

Kepanjen, konvoi membawa tropitropi juara untuk diarak ke Stadion Kanjuruhan. Dengan rute yang sangat panjang, manajemen Arema lebih dulu meminta maaf kepada masyarakat dan pengguna jalan yang mungkin terganggu oleh aktivitas konvoi tropi juara. ”Mohon maaf untuk pengguna jalan, khusus untuk hari Rabu, Arema mohon izin memakai jalanan, untuk merayakan launching tim,” tandasnya. Terkait Aremania yang mungkin ingin mengikuti barisan konvoi tropi juara, manajemen tidak memberi larangan atau imbauan apapun. ”Tapi jika memang ada Aremania yang makmuman ingin ikut barisan di belakang konvoi tropi, tidak ada larangan. Yang penting pakai helm, bawa surat-surat lengkap, tetap tertib dan mematuhi aturan lalu lintas,” tutup Sudarmaji.(fin/han)

Besok, Kalstar Terbangi Malang Sambungan dari Hal 1 “Acuan untuk Abd. Saleh dengan kapasitas ruang tunggu maksimal 250 orang membuat otoritas pengelola bandara memberikan jam tersebut. Ternyata sesuai dengan target Kalstar, maka sudah bisa terbang,” jelas Joko. Dia mengungkapkan, pengelola bandara Abd. Saleh sudah mengeluarkan keputusan atau izin Rabu (22/1) lalu dan memberitahukan tentang penerimaan permohonan terbang perdana Kalstar mulai 30 Januari ini. Hal tersebut membuat manajemen Kalstar sudah berani memastikan untuk jadwal terbang. “Izin tersebut yang selama ini Kalstar tunggu. Bisa jadi sekarang sudah merasa lega dengan pemberitahuan

itu. Begitu pula calon penumpang yang sempat dibingungkan mengenai kepastian rute potensial ini. Seperti beberapa penumpang yang batal terbang perdana 17 Januari lalu, serta agen tiket juga,” paparnya kepada Malang Post. Sebab, Kalstar sendiri sebelumnya sudah menggelar agent gathering 8 Januari lalu. Mulai saat itu pula agen telah menawarkan rute MalangBalikpapan dan sebaliknya, dengan harga tiket Rp 599 ribu. Harga tersebut, disampaikan Joko, sebagai harga perkenalan, dan setidaknya akan bertahan untuk sebulan hingga tiga bulan ke depan. Pada rute baru ini Kalstar akan

mengusung pesawat seri Boeing 737-500 berkapasitas 130 penumpang. Sedangkan pada penerbangan perdana besok, akan diawali dengan penyambutan pendaratan pesawat di Abd Saleh. Rencananya, prosesi akan berlangsung di VIP Room Bandara Abd. Saleh mulai pukul 10.00 WIB. Terpisah, Direktur Shekinah Family Travel, Ira Rumampuk mengakui senang dengan adanya rute baru ini. Terlebih beberapa penumpang sebelumnya sudah intens bertanya mengenai adanya jalur ke Balikpapan. “Rata-rata mahasiswa yang bertanya. Bila dari Malang ada, mereka tidak perlu lagi ke Surabaya,” jelas Ira. (ley/han)

Rp 182 Juta untuk Siapkan Lilin Raksasa Sambungan dari Hal 1 Perjalanan panjang telah dilewati Eng An Kiong hingga Imlek tahun 2665 ini. Barangkali Liutenant Kwee Sam Hway generasi ketujuh Dinasti Ming, tak memperkirakan hal ini. Sebab ketika datang di Malang tahun 1825 dulu, misinya adalah mencari daerah baru. Karena Malang daerah agraris, maka Dewa Bumi menjadi dewa utama Eng An Kiong. Dan sekarang ini, 189 tahun sesudah kedatangan Kwee Sam Hway, klenteng masih berdiri dengan kokoh. Perjalanan Liutenant kala itu ditandai dengan empat Dewa di bagian teras Klenteng. “Empat Dewa ini menandai empat penjuru lautan, bahwa di empat lautan kita semua bersaudara,” ungkap Bonsu Anton Triyono Humas Klenteng Eng An Kiong. Empat dewa itu antara lain Dewa Zeng Zhang Tian Wang, Dewa Chi Guo Tian Wang, Dewa GUang Mu Tiang Wang serta Dewa Duo Wen Tian Wang. Keempatnya mewakili kekuatan yang harus dimiliki manusia saat ini, ketika hendak menjelajah dunia. “Lihat saja penanda di empat dewa itu, stempel, pundi-pundi uang, mata tiga dan pendengaran yang tajam, keempatnya harus dimiliki manusia sekarang ketika hendak bepergian,” jelasnya. Dewa Zeng Zhang Tian Wang membawa stempel, simbol dari paspor dan identitas. Dewa Chi Guo Tian Wang memikul pundi-pundi uang, kemudian Guang Mu Tiang Wang bermata tiga dan Dewa Duo Wen Tian Wang dengan simbol pendengaran. “Mata tiga adalah simbol kejelian, dan pendengaran adalah simbol wawasan, untuk menjelajah samudera kita harus punya paspor, uang, kejelian dan wawasan yang luas,” urainya. Struktur bangunan klenteng juga sarat makna filosofis. Di bangu-

nan utama, tidak ada struktur kayu maupun tembok model diagonal. Semuanya berupa garis vertikal dan horizontal, itu menjadi simbol hubungan manusia dan Tuhan serta sesama manusia. “Seperti konsep Islam yakni hablu minallah wa hablum minannas, kalau di kita ada cung I thien suk I ren artinya setia dengan firman Tuhan dan tepo seliro terhadap sesama,” imbuh sang rohaniawan ini. Jangan lupa pula, bahwa di klenteng itu, selama ratusan tahun, tiga agama hidup rukun. Yakni keyakinan Budha Mahayana, Konghucu dan Tao. Di tempat itu juga ada bedug dan lonceng yang umurnya setua klenteng. Kelak, bedug dipakai umat Islam di masjid-masjid dan lonceng digunakan umat Kristiani. “Klenteng sudah beberapa kali rehab, mengacu prasasti bertuliskan hurif Cina di depan kantor pengurus, rehab dan pengumpulan dana dilakukan tahun 1895, 1912 dan 1934,” bebernya. Rehab klenteng mengubah atap dari genteng pegon (Jawa) memakai karangpilang. Lantai terakota (persegi tanah liat buatan dari Cina) sempat diganti tekel era Belanda. Namun yang saat ini dilihat adalah lantai marmer buatan Tulungagung. “Kami sadar bahwa leluhur kami dari Tiongkok ingin kami hidup lebih baik di bumi sini (Indonesia), makanya klenteng warisan leluhur juga tetap kami jaga,” tegas dia. Pengurus tak hanya melestarikan dan merawat bangunan klenteng, berikut 24 altar Dewa. Namun juga masih menjaga dengan baik, tiga buah kio (tandu) dari Dinasti Ming. Tandu itu bahkan umurnya lebih tua dari usia klenteng Eng An Kiong. “Kami punya tiga kio tua, kemudian 10 tahun lalu membuat kio replika dari kayu jati yang dibuat Kabul perajin dari Tumpang, biayanya Rp 60 juta per kio,” imbuhnya. Tiga kio asli, oleh pengurus di-

simpan pada tiga altar berbeda. Kio pertama di altar dewa bumi, lainnya di altar Thay Sue The (dewa simbol pemerintahan) dan altar Guang Ze Zun Wan (dewa obat). Adapun dua replika berada di altar Guang Sheng Di Jun ( Dewa kejujuran dan kesetiaan) serta altar Chai Sen Ye (dewa keberuntungan). “Kalau Kio asli ini buatan dari kayu kelengkeng, kita pakai ketika kirab ulang tahun klenteng saja,” lanjut Anton. Kio asli sungguh menakjubkan, ornamen berwarna emas, benarbenar berbahan emas murni. Emas itu dibuat menjadi serbuk (kiempo) baru dioleskan ke kayu. Setiap kio memiliki 49 dewa yang diukir sangat detail. “Ada juga ornamen perjuangan, sebuah ukiran yang mengingatkan umat, bahwa dalam hidup kita harus senantiasa berjuang,” Bonsu menambahkan. Mengenai perayaan Imlek sendiri, pihak klenteng sudah mempersiapkan dengan matang. Saat ini berjajar berbagai jenis lilin mulai dari yang kecil sampai raksasa. Lilin raksasa seberat 300 kati sudah disiapkan 14 pasang, satu pasang harganya Rp 7,5 juta. Kemudian ada juga lilin 200 kati sebanyak delapan pasang yang dibeli dengan harga Rp 5 juta per pasang, lantas lilin 100 kati seharga Rp 2,5 juta serta lilin 50 kati Rp 1,250 juta. Untuk lilin 100 kati dan 50 kati masing-masing lebih dari 10 pasang. Jika ditotal, semua lilin tersebut minimal senilai Rp 182,500 juta. “Pada Jumat 31 Januari kita gelar ibadah Imlek 2665 Cia Gwee menyambut tahun baru Khong Cu Lik dan sembahyang kelahiran Yang Mulia Bie Lik Hud, dilanjutkan 3 Februari ritual Ciap Sien, 7 Februari upaca King Thi Kong dan pamungkasnya Cap Gomeh 14 Februari,” tandas Bonsu Anton.(Bagus Ary Wicaksono/han)

Menikmati Hasil Korupsi, Airin Bisa Dipidana Sambungan dari Hal 1 Ancaman pidana yang membayangi Airin jika terbukti menikmati uang Wawan, mengacu Pasal 5 Undang Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU. Pasal tersebut menyebutkan, setiap orang yang menerima atau menggunakan harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana, dipidana dengan hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar. Namun, menurut Bambang, saat ini penyidik masih fokus menelusuri aset Wawan. Ia belum bisa membeberkan soal aset sitaan yang berpotensi menjerat Airin dalam kasus TPPU terkait korupsi pengadaan alat kesehatan di Banten dan Tangsel ini. “Yang bisa dirilis hari ini adalah KPK sudah menyita barang-barang sitaan,” tegasnya. Seperti diketahui KPK telah menyita sedikitnya 17 mobil milik Wawan dari berbagai tipe. Mobil yang disita mulai dari mobil kelas menengah hingga kelas premium dengan harga miliaran rupiah. Salah satu mobil yang disita adalah Lexus hitam dengan Nopol B 888 ARD. Mobil ini diduga atas nama Airin Rachmi Diani, meskipun hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari KPK.

Memang ada yang berbeda di halaman parkir gedung KPK, kemarin. Lima mobil mewah berjajar rapi, membuat parkiran Gedung KPK seperti showroom mobil. Lima buah supercar yang menghiasai parkiran KPK itu adalah Lamborghini Gallardo B 888 WAN, Ferrari B 888 GIF, Nissan GTR B 888 GAW, Rolls-Royce, dan Bentley yang tak berpelat nomor. Itu hanya 5 dari 17 mobil milik Tubagus Chaery Wardana alias Wawan, adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang terjerat 3 kasus – suap sengketa Pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi, korupsi alat kesehatan di Dinas Kesehatan Tangerang Selatan dan Banten, dan pencucian uang. Mobil-mobil mewah itu disita KPK semalam dari 7 lokasi penggeledahan di Jakarta dan Tangerang. Penggeledahan berlangsung hingga pukul 02.30 WIB dini hari. Mobilmobil sitaan tersebut diduga terkait tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Wawan. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, total ada 17 kendaraan yang disita KPK dari Wawan. “Di dalamnya termasuk beberapa mobil mewah seperti Lamborghini, Ferrari, Bentley, dan RollsRoyce,” ujar Bambang.

11

Impor Beras Vietnam

Sambungan dari Hal 1 Rute arak-arakan tropi-tropi jawara terhitung cukup panjang. Mulai siang ini sekitar pukul 13.00 WIB, semua komunitas tersebut akan standby di Pendopo Kabupaten Malang Jalan H Agus Salim Kota Malang, area Alun-Alun. Sekitar pukul 14.00 WIB, arak-arakan langsung bergerak menuju utara, ke arah Arjosari. Rombongan konvoi akan melewati Jalan Gatot Subroto sampai ke Jalan Panglima Sudirman bundaran SMPN 5 Malang. Dari sini, mereka mengarah ke Jalan Raden Tumenggung Suryo area sekolah Taman Dewasa, dan berlanjut ke Jalan SP Sudarmo. Arak-arakan meneruskan konvoi lagi ke utara, memasuki daerah Plaosan. Setelah itu, rombongan konvoi langsung mengarah ke pertigaan Arjosari, dan berbelok ke arah fly over.

RABU, 29 JANUARI 2014

KPK masih akan terus menelusuri aset-aset Wawan lainnya. Dari pelacakan yang dilakukan KPK, aset Wawan diduga berjumlah lebih dari 100 dan tersebar di beberapa provinsi. Sedangkan Juru Bicara KPK, Johan Budi, mengungkapkan, empat buah supercar milik Tubagus Chaery Wardana disita dari sebuah showroom di daerah Jakarta. Mobil tersebut antara lain Lamborghini Aventador B 888 WAN, Ferrari B 888 GIF, Rolls Royce serta Bentley yang tak disertai pelat nomor. “Empat mobil ini disita dari showroom di kawasan Tanah Abang,” ujar Johan, kemarin. Menurut Johan, diperoleh informasi bahwa mobil-mobil tersebut masih terkait proses kredit dan masih belum lunas. Supercar itu berada di showroom sebagai jaminan. “Ada yang dikembalikan ke showroom sebagai jaminan, setelah asset tracking dilakukan penyitaan,” katanya. Total mobil milik Wawan yang disita oleh KPK ada 17 unit mobil termasuk mobil mewah serta satu buah motor Harley Davidson. Mobil-mobil itu disita KPK dari sejumlah tempat yang digeledah oleh penyidik. Kini mobil-mobil itu terparkir rapi di halaman parkir Gedung KPK. (jpnn/udi)

Bulog Tak Tahu, Mendag Akui Keluarkan Izin JAKARTA- Akhir-akhir ini beras Vietnam impor ramai dibicarakan. Kasus beras Vietnam impor ini pun juga turut menyisakan tanda tanya. Pada Selasa, 28 Januari 2014, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengaku tidak tahu tentang masalah ini. Dahlan juga menyebut telah bertanya kepada Perum Bulog. “Bulog tidak tahu apa-apa. Mereka merasa tidak impor. Mereka juga merasa aneh,” kata Dahlan di Hotel Borobudur, Jakarta. Tapi, Dahlan tidak menjelaskan secara detail keanehan yang dimaksud. ”Ya, tidak tahu. Dia juga merasa aneh kenapa bisa begitu. Kata pedagang, itu beras umum,” kata dia. Seperti diketahui, beras Vietnam umum (kadang disebut beras medium) ditemukan beredar di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta. Pedagang beras mengadukannya kepada pemerintah. Masalahnya, beras yang seharusnya diimpor adalah beras premium, bukan

beras medium. Pedagang pun menyebut ada dokumen resmi importasi beras medium ini. Pernyataan ini dibantah pemerintah. Mereka menganggap beras medium merupakan beras ilegal. Alasannya sama, beras impor ini dilakukan oleh swasta dan berasnya berjenis premium, sementara yang medium hanya bisa dilakukan oleh Bulog. Kementerian Perdagangan pun mengklaim telah membentuk tim untuk menyelidiki kasus ini, bahkan mereka tidak segan-segan menyeret pihak ”nakal” ke ranah hukum. Tapi, pernyataan pemerintah seolah dimentahkan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC). DJCB menyebut importasi beras tersebut disertai dengan dokumen resmi dari Kementerian Perdagangan. “Beras Vietnam yang membanjiri Pasar Induk Cipinang tersebut bukan berasal dari penyelundupan, namun benar-benar diimpor melalui Tanjung Priok dan Belawan, dan me-

mang ada perizinannya dari Kemendag (Kementerian Perdagangan),” seperti yang dikutip dari keterangan tertulis DJBC pada Senin, 27 Januari 2014. Selama 2013, DJBC mencatat adanya 83 kali importasi beras yang berkode 1006.30.99.00 ini. Selain itu, importasi beras ini dilengkapi dengan Surat Persetujuan Impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan kepada 58 importir selain Perum Bulog. Total kuota yang diberikan sebanyak 16.900 ton dan importasi ini melalui Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Belawan. ”Impor beras tersebut telah dilengkapi dengan perizinan yang diperlukan (SPI dari Kemendag), walaupun semestinya perizinan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 06/M-DAG/ PER/2/2012 (namun perizinan tersebut sah dan dikeluarkan secara resmi oleh Kemendag),” seperti dikutip dalam keterangan tersebut.(jpnn/udi)

Launching Arema, Kenalkan Sang Pemimpin Dewa Sambungan dari Hal 1 Boleh jadi, nama itu memang membawa keberuntungan. Paling tidak, jika ditinjau dari hasil pramusim. Tiga gelar sudah diraih. Diawali juara Menpora Cup, Piala Trofeo Persija dan Piala Gubernur. Satu slot lain, Inter Island Cup, masih harus tertunda. Wajar, ekspektasi tinggi, mulai menjalar. Terutama melihat kedigdayaan Arema, selama turun dalam belasan kali laga, di pramusim. Tak satu pun klub, baik dalam maupun luar negeri, mampu mengalahkan. Tetapi, apalah artinya laga pramusim. Karena itu hanya sasaran antara. Bidikan utama tetap tak berubah. Juara Indonesia Super League musim 2014. Dan bidikan itu, mulai dijalankan hari ini. Ditandai dengan launching tim dan kostum yang akan dipakai.

Terlihat sepele. Toh, semua orang, mayoritas sudah kenal dengan pemain Arema. Tetapi bukan itu esensi dari sebuah even, yang dinamakan launching. Hakekatnya adalah mengetuk pintu, memperkenalkan diri dan meminta doa. Agar tidak salah kira, kostum yang akan menjadi pembeda. Kalaupun ada hiburan, atraksi, makanan gratis, plus sedikit kemacetan saat konvoi mengarak piala, itu sekadar pernik-pernik. Layaknya seorang yang akan bertamu, terkadang dibutuhkan aksesori. Minimal agar terlihat sedap dipandang. Meski, jika berlebihan, justru bisa terlihat norak. Tinggal sekarang yang dibutuhkan, adalah pembuktian. Puluhan miliar, sudah digelontorkan. Jatuh bangun, bahkan berdarah-darah

ketika berlatih dan berlaga di pramusim, sudah berlalu. Yang kini bisa dilakukan warga Malang Raya, hanya mendampingi, melihat dan mendukung. Karena apalah artinya sebuah tim besar, jika tanpa penonton dan pemberi support. Mulai hari ini, Arema Cronus Indonesia, harus bisa membuktikan, bahwa nama itu, memang pantas untuk Singo Edan. Bukan sekadar pajangan, agar membuat orang takut. Tetapi harus menjadi kebanggaan diantara tanggung jawab, untuk memberi yang terbaik. Selamat bertanding. Selamat mengarungi kompetisi dengan penuh keyakinan diri. (***) Sunavip Ra Indrata Pemimpin Redaksi

Jombang Longsor,16 Warga Jadi Korban Sambungan dari Hal 1 “Kami mendengar dua kali suara gemuruh saat longsor menerjang. Gemuruh itu berasal dari gumpalan tanah dan batu longsor,” katanya. Ia menambahkan, saat itu ia tidak bisa melihat sumber suara gemuruh karena lokasi gelap. Namun, warga lain juga mendengar suara yang sama. Belakangan ia baru menyadari bahwa sumber suara gemuruh berasal dari perbukitan. “Begitu tahu terjadi longsor kami langsung melapor ke Polsek Bareng,” ungkapnya. Kediaman Rozi sendiri berada di pinggir sungai yang bersebrangan dengan lokasi kejadian. Rumah yang tertimbun longsor tepat berada di lereng perbukitan hutan milik KPH Jombang. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang memastikan korban longsor di Dusun Kopen, Jombang sebanyak 16 orang. Dari Jumlah tersebut, tujuh korban ditemukan meninggal, dua orang selamat dan sisanya masih hilang. Kepala BPBD Kabupaten Jombang Nur Huda menyatakan, ada delapan orang yang masih tertimbun dan dilakukan pencarian. “Kami masih mencari korban hilang dari empat rumah yang tertimpa terjangan longsor,” kata Nur Huda. Kata Huda, dua korban yang selamat adalah Kusairi (60) dan Istiati (50), saat ini keduanya masih menjalani perawatan ringan karena memang tidak menderita luka cukup serius. Sementara, enam korban tewas masih berada di masjid setempat dan akan dimakamkan sembari menunggu proses dari pihak kepolisian. Huda mengatakan, untuk mencari korban pihaknya mendatangkan alat berat sebab petugas masih kesulitan mengevakuasi korban karena lokasi terjadinya longsor berada di lereng hutan dan di pinggir sungai. “Tapi insya Allah semua bisa dilalui,” kata Huda. Namun pencarian korban yang tertimbun material longsor sempat dihentikan sementara menyusul hujan yang mengguyur wilayah itu. Dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan yang dapat membahayakan keselamatan tim pencari. “Ada protap dari Basarnas, jika

cuaca tidak mendukung maka akan dihentikan. Untuk lokasi longsor ini memang medannya berada di lereng, khawatir terjadi longsor susulan,” kata Komandan Basarnas Juanda, Sumpeno Juwono. Dia menjelaskan, sesuai prosedur pencarian korban akan terus berlanjut hingga hari ketujuh. Jika pada tenggat waktu yang ditentukan korban belum seluruhnya ditemukan, tim Basarnas akan ditarik dari lokasi. Untuk mencari korban longsor di Dusun Kopen ini, Tim Basarnas Juanda, menerjunkan dua tim yang berjumlah 18 personel. “Besok (hari ini, red) kami lanjutkan pencarian. Nanti kalau personelnya kurang akan kita tambah,” tukasnya. Sementara itu, Khotimah yang lolos dari maut tak henti-hentinya mengucap syukur. Sebelum kejadian, perempuan berusia 20 tahun itu tidak bisa tidur karena didera penyakit batuk sejak beberapa hari terakhir. Ia pun langsung membangunkan suaminya, Misbahul Anam (26) dan ibunya Sri Bati (65) begitu mendengar suara gemuruh dari tebing sekitar pukul 01.00 WIB. Ketiganya langsung ke luar rumah menyelamatkan diri dari longsoran. Beruntung material longsoran tidak menjangkau rumahnya, hanya ada sebuah tiang listrik yang tumbang menimpa. “Saya langsung keluar rumah dan sempet mendengar suara orang minta tolong, tapi tidak berani menolong karena ada tiang listrik yang roboh menimpa rumah saya,” terang perempuan yang akrab disapa Khotim itu, Selasa (28/1/2014). Meski mereka bertiga selamat, Khotim mengaku kehilangan sang kakak, yakni Muhammad Shodiq. Saat kejadian, Shodiq yang biasa tidur di masjid, sedang menginap di rumah Sariaji yang terkena timbunan material tanah dan batu. Ia menuturkan, Shodiq biasa tidur di Masjid Al Huda karena tiap subuh bertugas mengumandangkan azan. Rumah Shodiq sendiri berada di lokasi yang tidak terkena dampak longsor. “Hampir setiap hari dia tidur di masjid karena sebagai muadzin subuh. Rumahnya tidak ikut terkena longsoran tanah, tapi saat

itu dia sedang menginap di rumah Pak Sariaji yang kebetulan putranya adalah teman dekat kakak saya,”akunya. Sehari-hari, Shodiq bekerja sebagai petani penggarap lahan milik Perhutani KPH Jombang dan memang warga asli Dusun Kopen. Siti Nasyiatin, warga setempat mengatakan, korban lain yang hingga kini belum ditemukan adalah keluarga Sunar. Keluarga tersebut tinggal di rumah yang saat ini tertimbun tanah. “Pak Sunar dan istri, anak serta cucunya sepertinya belum ditemukan,” kata Nasyiatin. Sementara itu, tim SAR gabungan dari SAR, BPBD, Kepolisian, dan TNI berjibaku mencari korban yang masih tertimbun. Agar lokasi pencarian tetap terang, petugas PLN memindahkan tiang-tiang listrik ke lokasi. Gubernur Jawa Timur Soekarwo kemarin juga mengunjungi lokasi longsor. “Ketika terjadi bencana, seluruh belanja kebutuhan para korban harus diprioritaskan,” ujar Pakde Karwo -sapaan Soekarwo- di lokasi. Ia juga mengatakan, untuk rencana relokasi pemukiman di sekitar perbukitan, pihaknya menunggu keputusan ahli geologi dan Pemkab Jombang. Menurutnya, relokasi tidak mudah dilakukan karena menyangkut kultur masyarakat setempat. “Kita tanya dulu masyarakat, termasuk juga pertimbangan ahli geologi,” ujarnya. Pakde Karwo menambahkan, ada enam wilayah di Jawa Timur yang rawan longsor, yakni di wilayah pegunungan yang memiliki struktur tanah dengan kadar air tinggi namun minim resapan. “Saya nggak hapal secara rinci wilayahnya, tapi yang jelas berada di kawasan Trenggalek masuk ke Kabupaten Pacitan dan kawasan Malang. Topografinya berada di kawasan pegunungan,” ujarnya. Sebagai langkah antisipasi, pihaknya mengimbau warga agar siaga saat hujan turun. Selain itu, warga juga diajak menaman pohon, khususnya pohonpohon yang memiliki akar tunjang. “Tanahnya itu ketika terkena hujan deras gampang tergerus,” tandasnya. (ok/jpnn/han)

Tersangka ITN Siap Diperiksa Sambungan dari Hal 1 Tetapi pasca penetapan tersangka, keempatnya mulai menunjukkan sikap tidak kooperatif. Senin (27/1) lalu, mereka mangkir dari panggilan pertama penyidik Reskrim Polres Malang. Endarto mengatakan, sebelum menetapkan tersangka seharusnya polisi mengecek ulang kematian Fikri. “Penyebab kematiannya kenapa, serta apa ada unsur penyakitnya. Apakah memiliki riwayat sakit atau lainnya, ini harus diperiksa menyeluruh. Karena saat kegiatan KBD (kemah bakti desa) ada siswa lain yang sama gendut, tetapi tidak mengalami apa-apa,” ujar Endarto. Meski demikian, lanjut Endarto, keempat kliennya siap mengikuti alur proses penyidikan polisi. Dia bersama keempat tersangka, siap membuktikan bahwa mereka tidak bersalah dalam kasus ini. “Ada banyak celah hukun untuk meringankan keempat tersangka dalam perkara ini. Di antaranya, sebelum meninggal Fikri mendapat per-

lakuan khusus. Mendapatkan minum dan istirahat paling banyak dari temanteman lainnya,” lanjutnya. Disinggung ketidakhadiran empat kliennya dalam pemanggilan pertama Senin (27/1) lalu, Endarto menjelaskan mereka tak datang bukan karena mangkir atau tak kooperatif. Melainkan sedang mempersiapkan bahan-bahan untuk menjawab pertanyaan penyidik. “Sehingga ketika nanti ditanya, biar tidak sampai salah menjawab. Mereka bisa menceritakan kejadian sesungguhnya secara lengkap, tidak sepotongpotong,” paparnya. Hal ini juga dibenarkan oleh Rektor ITN Soeparno Djiwo, MT. Ia menjelaskan ketidakhadiran dosen dan mahasiswa yang menjadi tersangka dikarenakan mereka masih menyiapkan materi bersama pengacara. Sehingga akan lebih siap dalam proses pemeriksaan yang akan dilaksanakan besok (hari ini,red). “Informasinya, penasehat hukum

mereka juga sudah meminta penundaan untuk diperiksa, karena mereka ingin lebih siap saat berhadapan dengan aparat nantinya,” ungkap Soeparno Djiwo. Ia menambahkan, bantuan hukum dengan menyiapkan pengacara ini difasilitasi oleh ITN Malang. Hal ini dikarenakan orang tua tersangka yang meminta dan mengajukan permohonan agar diberi bantuan hukum. Menurutnya, sekitar satu bulan yang lalu, orang tua panitia Kemah Bakti Desa (KBD) sudah diberitahu kemungkinan adanya penetapan tersangka atas kematian Fikri. Di samping itu, kabarnya ITN juga sudah melakukan skorsing terhadap ketiga tersangka yang merupakan mahasiswa dan juga memberhentikan Kepala Jurusan Planologi. Pemberian skorsing ini merupakan respon dari pihaknya terhadap penetapan tersangka oleh Polda Jatim dan Polres Malang. (oci/han) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


12

RABU, 29 JANUARI 2014

AGUNG PRIYO/ MALANG POST

CEK KEASLIAN: Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten Malang, ketika melakukan pengecekan pupuk yang diduga palsu.

KP3 Sinyalir Pupuk Ngajum Palsu NGAJUM – Beredarnya dugaan pupuk palsu di wilayah Kecamatan Ngajum, mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Malang. Kemarin, melalui Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Malang, mengecek keaslian pupuk yang sudah diamankan di Mapolsek Ngajum. KP3 yang diwakili wakil ketua satu, Helijanti Kuntari dengan didampingi petugas dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) serta petugas dari pertanian dan camat Ngajum, mendatangi Polsek Ngajum untuk minta penjelasan soal pupuk yang diduga palsu. Termasuk mendatangi salah satu petani yang sudah menjadi korban, di Dusun Petungroto, Desa Babadan. “Kami masih menunggu dan melihat dulu unsur hara yang dalam kandungan pupuk tersebut. Karena saat ini, oleh pihak kepolisian sedang diuji di laboratorium. Apakah unsur haranya, sesuai dengan yang ada pada izin atau kemasannya,” ungkap Helijanti Kuntari. Helijanti yang juga Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Malang, mengatakan jika melihat kemasan serta simbol-simbol pada kemasan, memang disinyalir palsu. Sebab kemasannya, mirip dan menyerupai dengan pupuk bersubsidi pemerintah buatan PT Petrokimia Gresik. “Kalau petani disuruh membedakan tidak akan bisa, karena kemasan dan merek pupuk sama. Seperti Phonska diubah menjadi Phosnka. Namun jika diteliti, sebetulnya banyak perbedaan. Pupuk bersubsidi selalu ada kandungan nitrogen (N) yang selalu dibutuhkan tanaman. Komposisinya campurannya selalu pas. Tetapi yang palsu ini tidak pas, karena ada plus minus dan hanya 1,5 persen,” jelasnya. Terkait izin, memang dalihnya mengatakan

bukan pupuk. Tetapi adalah pembenah tanah. Padahal petani yang dibutuhkan adalah pupuk. Dan ketika membeli pasti mengatakan pupuk, bukan pembenah tanah. “Namun kalau saya melihat dokumennya, izinya tidak ada pembuatan pupuk, tetapi mebeler. Dan izin itu yang mengeluarkan Kabupaten Gresik,” katanya. Untuk mengantisipasi supaya tidak ada lagi petani yang dirugikan, setelah sidak ini secepatnya Tim Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten Malang, akan berkoordinasi dengan BKP3 dan pertanian untuk melakukan sosialiasi ke petani-petani di Kabupaten Malang. Sosialiasi akan menjelaskan bahwa tentang ciri-ciri pupuk yang asli dan palsu. “Kalau saya melihat, petani yang menjadi korban adalah yang tidak tergabung dalam kelompok tani. Karena yang tergabung dalam kelompok tani, pembeliannya selalu menggunakan RDKK. Dan di Kabupaten Malang ini, masih banyak petani yang belum tergabung dalam kelompok, sehingga perlu mendapatkan sosialisasi,” paparnya. Saikoni, petugas dari BKP3 Kabupaten Malang dikonfirmasi terpisah, mengatakan bahwa pupuk yang diamankan itu adalah palsu. “Kalau mengatakan itu adalah pembenah tanah, lihat dulu hasil laboratium nanti. Kalau memang tidak sesuai, jelas bahwa itu adalah pupuk palsu,” katanya. Ngatemin, salah satu petani asal Dusun Petungroto, Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, yang menjadi korban mengatakan dia membeli pupuk palsu itu dari RT, warga Dusun Ubalan, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum. Dia membeli pupuk jenis Phosnka 1,5 ton dan ZA sebanyak 6,5 ton seharga Rp 13,2 juta dan baru dibayar Rp 11,5 juta. (agp/aim)

Pengumuman CPNS K2 Molor MALANG – Pemkab Malang tidak mau berjanji kapan pengumuman hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ho norer kategori dua (K2) untuk wilayah Kabupaten Malang resmi diumumkan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum memberikan jadwal resmi terkait hal ini ke pemkab melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Hal ini dibenarkan Kepala Badan Kepagawaian Daerah Kabupaten Malang, Suwandi. Ia menyebut, terkait pengumuman hasil tes CPNS K2 memang langsung dilakukan pemerintah pusat. Diakuinya, pemerintah sebelumnya mengagendakan pengumuman itu, tak terkecuali

juga hasil tes CPNS K2 untuk wilayah di Kabupaten Malang sedianya disampaikan pada tanggal 23 Januari lalu. Hanya saja, sampai saat ini belum juga ada pemberitahuan dari pemerintah pusat. ‘’Saya dengar secara tidak resmi pengumuman hasil tes CPNS K2 tidak pada tanggal itu (23 Januari, Red). Bisa juga diundur. Daerah lain juga belum ada. Saat, saya ikut rapat BKD se Jawa Timur, pekan lalu, juga belum ada informasi,” terangnya kepada Malang Post, kemarin. Suwandi mengaku, pihaknya belum mengetahui penyebabnya. Namun, pe me rintah pusat mengisyaratkan pengumuman baru dilakukan 4 Februari 2014.

Alasannya, mundurnya pengumuman hasil tes CPNS disebabkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) harus melakukan pengecekan lebih detail terhadap hasil seleksi. Selain harus fairness, juga harus ada afirmasi menyangkut lamanya masa kerja yang bersangkutan. Lokasi

kerja juga menjadi variable pertimbangan. Jumlah pelamar yang mengikuti CPNS tenaga honorer K2 meliputi tenaga teknis/ administratif, tenaga pendidik dan tenaga penyuluh atau kesehatan sebanyak 1.213.649 orang. (poy/aim)

Sayed Muhammad Muliady SH

SAYED: GOTONG ROYONG UNTUK INDONESIA HEBAT ANGGOTA Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari dapil Malang Raya, Sayed Muhammad Muliady SH ikut serta bersama warga dalam berbagai kegiatan gotong royong. Sayed yang juga anggota Komisi III DPR RI sadar betul bahwa gotong royong merupakan bentuk nyata sikap kebersamaan warga Malang Raya. Sayed kini ditugaskan lagi oleh DPP PDI Perjuangan menjadi caleg DPR RI dari dapil Malang Raya. FOTO/TEKS : ISTIMEWA/VANDRI BATTU

MENYAPA: Sayed Muhammad Muliady SH menyapa warga saat berada di Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. KEBERSAMAAN: Sayed Muhammad Muliady SH bersama Ketua PAC PDI Perjuangan Bumiaji, Kota Batu Bapak Sareh.

HADIR BERSAMA WARGA: Sayed Muhammad Muliady SH selalu mendengar aspirasi warga, termasuk di Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

RAMAH: Warga berdialog dengan Sayed Muhammad Muliady SH sesaat akan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

GOTONG ROYONG: Sayed Muhammad Muliady SH ikut bersama warga gotong royong di kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

KADER: Sayed Muhammad Muliady SH, kader tulen PDI Perjuangan jadi jembatan aspirasi. REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: OLIS


FOTO-FOTO: GUEST GESANK/MALANG POST

REDAKTUR: GUEST GESANK, LAYOUTER: SLATEM


THE POWER

IS OURS

Daftar Skuad Arema Cronus 2014

Suharno Joko “Gethuk” Susilo

(all activities)

Asisten pelatih

Launching Team AREMA CRONUS 29 Januari 2014 Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang

I Made Pasek Wijaya Alan Haviludin Kuncoro

Pemain Kiper Kurnia Meiga Ahmad Kurniawan I Made Wardana Utam Rusdiana Victor Igbonefo Purwaka Yudhi Pratomo Thierry Gathuessi Munhar Benny Wahyudi Johan Ahmad Farizi Gilang Ginarsa

Gelandang Gustavo Lopes Ahmad Bustomi Hendro Siswanto I Gede Sukadana Arif Suyono Juan Revi Auriqto Dendi Santoso

Penyerang Cristian Gonzales Alberto Goncalves Sunarto Samsul Arif Munip Irsyad Maulana

Jadwal Arema CronuS di ISL 2014 Senin, 3 Februari 2014 Arema-Persijap 19.00 WIB Kamis, 6 Februari 2014 Arema-Persik 19.00 WIB Minggu, 9 Februari 2014 Sriwijaya-Arema 19.00 WIB Kamis, 13 Februari 2014 Persita-Arema 15.30 WIB Minggu, 16 Februari 2014

14

Rundown Event

Pelatih

Pemain Belakang

rabu, 29 januari 2014

Jadi Agen

Perdamaian Sepakbola Arema agama kedua. Begitulah Arema Cronus saat ini dipandang oleh para suporter, Aremania. Fanatisme yang mendarah daging, kecintaan yang begitu menggebu-gebu untuk Singo Edan, membuat nama Arema dikultuskan oleh publik Malang Raya. Andai bisa, darah yang dikucurkan oleh suporter harus berwarna biru, warna kebanggaan Arema. Agama kedua, tentu bukanlah sebutan yang salah, bila sudah berhubungan dengan fanatisme sepakbola suporter kepada Arema. PSSI menyebut keedanan Aremania, sebagai bukti cinta yang mendalam kepada klub. Wakil Ketua PSSI, La Nyalla Matalitti pun sangat setuju bila suporter punya kecintaan mendalam kepada klub. “Agama kedua mungkin bisa diasosiasikan dengan kecintaan terhadap klub. Kalau suporter sangat mencintai klub, saya sangat setuju dan mendukung. Fanatisme Aremania terhadap Arema itu sudah sangat bagus di Indonesia,” terang La Nyalla kepada Malang Post kemarin. Namun demikian, PSSI tetap berharap fanatisme

tersebut tidak diarahkan pada hal berbau negatif. Pelanggaran regulasi, bentrok suporter serta aksi menjurus anarkis tentu bukanlah hal yang patut untuk dilakukan oleh Aremania. Ia menyebut Aremania, harus menjunjung tinggi fairplay dan sportivitas. “Cinta Arema itu bagus, tapi harus tetap menjunjung fairplay dan sportivitas. Kalau Arema menang, tentu semua senang. Tapi, ada kalanya tim juga kalah. Disinilah suporter membuktikan sportivitasnya. Yaitu kebesaran hatinya, menerima kekalahan,” tandas pria berusia 54 tahun tersebut. La Nyalla memberi harapan khusus untuk kemajuan suporter Arema. Ia meminta agar suporter Singo Edan bisa menjadi agen pembawa perdamaian di Indonesia dan Jawa Timur pada khususnya. Sebab, seperti Arema, Aremania sudah dikenal di seluruh penjuru nusantara. “Saya harap Aremania bisa menjadi agen pembawa kedamaian sepakbola dan kedamaian suporter di Jawa Timur,” tutup La Nyalla.(fin/jon)

Peserta Kontestan ISL 2014 : 22 klub Semen Padang Sriwijaya FC Persita Tangerang Persija Jakarta Persib Bandung Pelita Bandung Raya

Persiba Bantul Persijap Jepara Persik Kediri Persela Lamongan Arema Indonesia Gresik United

Jadwal Kick Off Kompetisi ISL 2014 akan mulai digelar pada tanggal 1 Februari 2014. Format Kompetisi Menggunakan format kompetisi 2 Wilayah, masing-masing wilayah terdiri dari 11 klub. Gruping akan ditetapkan satu minggu dari sekarang (Senin, 23 Desembar 2013). Sistem kompetisi Kompetisi ISL 2014 akan berlangsung dalam 4 fase, yakni :

Persebaya Surabaya Persepam Madura United Persisam Putra Samarinda Persiba Balikpapan

Mitra Kukar Barito Putera PSM Makassar Persipura Jayapura Persiram Raja Ampat Perseru Serui

Fase Sistem Group Stage Home & Away Babak 8 besar Home & Away Semifinal Home & Away Final Home & Away Pemain Asing Setiap klub diperbolehkan menggunakan pemain asing dengan kuota maksimal 4 pemain (3 Non Asia + 1 Asia). Namun, hanya tiga pemain yang diperbolehkan dimainkan dalam setiap pertandingan.

NO ACTIVITY TIME VENUE NOTE 1 Peserta convoy kumpul 12.00 Kantor Ijen Nirwana Residence 2 Peserta menuju Pendopo Kabupaten untuk persiapan keberangkatan 12.45 - 13.00 3 Peserta makan siang 13.00 - 14.00 Pendopo Kabupaten (Malang) 4 Peserta convoy start 14.00 5 Peserta finish di Pndpo Kabupaten 16.30 Pendopo Kabupaten (Kepanjen) 6 Peserta istirahat 16.30 - 17.15 Pendopo Kabupaten (Kepanjen) 7 Peserta menuju St. Kanjuruhan 17.15 - 17.30 Rundown Activity at Stadion (outside) NO ACTIVITY TIME VENUE NOTE 1 Lomba untuk anak2 12.00 - 13.00 Parkir luar stadion Kanjuruhan 2 Aneka kesenian daerah 13.00 - 15.00 Parkir luar stadion Kanjuruhan NO ACTIVITY TALENT TIME FX NOTE 1 Make some noise DJ Sisca 18.00 - 18.10 2 Colossal dance UPTD DikNas Kab. rombongan konvoy bersiap untuk parade 3 Defile parade Makota Rider 18.10 - 18.40 Drumband menuju lapangan Paskibraka Match Stewards Sponsor Arema Police Yon ZiPur Brigif Linud 18 FKPPI Marines 4 MC welcoming & Announces Both MC 18.40 - 18.45 5 Nation Anthem “ Indonesia Raya” Yohanna Febrianti H. 18.45 - 18.50 6 Hyme “Padamu Negeri” 18.50 - 18.55 7 Praying FKUB 18.55 - 19.00 8 Skill-show DJ Sisca 19.00 - 19.15 Akademi Arema 9 Insert Amanda G. 19.15 - 19.30 10 Insert Utami Monata 19.30 - 19.45 11 Gues-star Band GodBless 19.45 - 20.30 big pyro on last song 12 Jersey Show-up Models + DJ Sisca 20.30 - 20.40 13 Team Introduction Ovan Tobing 20.40 - 21.20 CO2 host voice-over 14 Pataka Flag handover 21.20 - 21.30 15 Speech President Club 21.30 - 21.35 16 Speech Ovan Tobing 21.35 - 21.45 17 Gues-star Band Power Metal 21.45 - 22.45 Doorprize President Club before last song Bpk. Agus S. pyro+firework on last song

Arema-Barito P. 9.00 WIB Selasa, 25 Februari 2014 Selangor FA-Arema AFC Kamis, 6 Maret 2014 Arema-Gresik U 19.00 WIB Selasa, 11 Maret 2014 Arema-Klub Vietnam AFC Rabu, 19 Maret 2014 Maziya SR-Arema AFC Selasa, 1 April 2014 Arema-Maziya SR AFC Rabu, 9 April 2014 Arema-Selangor FA AFC Minggu, 13 April 2014 Persib-Arema 15.30 WIB Kamis, 17 April 2014 Arema-Pelita BR 19.00 WIB Rabu, 23 April 2014 Klub Vietnam-Arema AFC Selasa, 29 April 2014 Padang-Arema 15.30 WIB Minggu, 4 Mei 2014 Persija-Arema 19.00 WIB

5-16 Mei 2014 Jeda Kompetisi Minggu, 18 Mei 2014 Arema-Persija 19.00 WIB

Menpora : Tantangan Pembinaan Usia Muda

PRESTASI

AREMA

MALANG – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menaruh perhatian kepada Arema Cronus yang bakal menggelar launching hari ini, Rabu 29 Januari 2014. Menurut Menpora Roy Suryo, Singo Edan, yang kini masuk dalam jajaran klub elit sepakbola Indonesia, akan menghadapi tantangan baru yang lebih berat di tahun 2014. Roy menegaskan, sistem kompetisi yang dihadapi Arema sekarang jauh lebih ketat. “Sistem kompetisi sepakbola profesional sangat ketat di Indonesia. Kekuatan tim di sepakbola profesional, khususnya ISL, sangat merata. Arema tentu akan menghadapi tantangan baru untuk mempertahankan posisi sebagai tim papan atas,” tandas Roy yang dihubungi Malang Post, sore kemarin. Menpora mengatakan bahwa Arema sekarang sudah memiliki nama besar dan prestasi. Sehingga, membuat atmosfer sepakbola semakin menarik dan ketat. Tim manapun yang bertemu dengan Arema, pasti terpacu untuk bermain lebih baik dan mengalahkan skuad pujaan Aremania itu. Tidak heran, Menpora menyebut bahwa Arema harus konsisten menjaga permainan serta semangatnya untuk menjadi tim elit sepakbola Indonesia. Selain itu, Menpora juga menegaskan bahwa tantangan Arema bukan sekadar berburu prestasi di level nasional atau internasional.

Gelar Juara Arema Piala Galatama • Runner up (1): 1992 • Juara (1): 1992/93 Divisi Satu • Juara (1): 2004 • Piala Indonesia • Juara (2): 2005, 2006 • Runner up (1): 2010 Liga Super Indonesia • Juara (1): 2009-10 • Runner up (2): 2010-11 & 2012-2013|2012-2013 Piala Gubernur • Runner up (1): 2008 • Juara (1): 2013 Piala Soeratin U-18 • Juara (1): 2007 Trofeo Persija • Juara (1): 2013 Piala Menpora • Juara (1): 2013 Rekor Kemenangan-Kekalahan Terbesar Menang • (Kandang) 19-06-2011 Bontang FC (8-0)[5] • (Tandang) 02-10-2010 Bontang FC (5-0)[6] Kalah • (Kandang) 28-02-2009 Persipura (0-5) • (Tandang) 26-01-2003 Persipura (0-6) • (Tandang) 07-03-2011 Persipura (1-6)

Rabu, 21 Mei 2014 Arema-Padang 19.00 WIB Minggu, 25 Mei 2014 Arema-Persib 19.00 WIB Sabtu, 31 Mei 2014 Pelita BR-Arema 19.00 WIB Kamis, 5 Juni 2014 Gresik U - Arema15.30 WIB Sabtu, 9 Agustus 2014 Barito P -Arema 19.00 WIB Senin, 18 Agustus 2014 Arema-Persita 19.00 WIB

Sejak dulu, ujar Roy, Arema bukanlah tim yang mencari pemain bintang, tetapi pencetak bintang. “Arema punya tantangan yang dihadapi sampai sekarang, yakni mencetak pemain bintang. Arema sudah lama dikenal sebagai pencetak bintang. Karena itu, tantangan Arema bukan cari juara atau prestasi, tapi pembinaan pemain muda,” tegas menteri yang juga pakar telematika tersebut. Menurutnya, tantangan klub Indonesia saat ini adalah menciptakan pemain yang berkualitas untuk kelanjutan sepakbola nasional. Arema, sebagai klub tradisi, didorong untuk mengurangi belanja pemain asing maupun pemain senior berharga mahal, sesuai dengan regulasi yang berlaku dari PT Liga Indonesia. Generasi emas pemain binaan Arema memang sudah berlalu. Sekarang, para pemain generasi emas itu sudah menjadi bintang di Arema, yakni Dendi Santoso, Sunarto hingga Johan Ahmad Farizi. Menpora berharap, Arema bisa memunculkan lagi pemuda-pemuda yang berpotensi dari Malang untuk mewarnai perjalanan sepakbola Indonesia. “Arema tentu harus bisa fokus juga pada pembinaan usia muda, mencari bibit bintang di masa depan, untuk Arema, dan juga untuk sepakbola Indonesia,” tutup Roy.(fin/jon)

Indonesia Super League Title Liga Seri Tahun ISL Djarum Super I 2008/09 ISL Djarum Super II 2009/10 ISL Djarum Super III 2010/11 up ISL IV 2011/2012 ISL V 2013 ISL (Unifikasi) VI 2014

Pelatih Bambang N/ Gusnul Yakin Robert Rene A. Miroslav Janu

Peringkat 10 1 Juara 2 Runner

Wolfgang Pikal/ Joko Susilo/Suharno 12 Rahmad Darmawan 2 Runner up Suharno

Roy Suryo

Sabtu, 23 Agustus 2014 Arema-Sriwijaya 19.00 WIB Selasa, 26 Agustus 2014 Persik-Arema 15.30 WIB Minggu, 31 Agustus 2014 Persijap-Arema

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


THE POWER

IS OURS

rabu, 29 januari 2014

15

MILIK MASYARAKAT MALANG RAYA KESEMARAKAN launching tim dan jersey Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan Kepanjen hari Rabu 29 Januari 2014 ini membuktikan bahwa Singo Edan benar-benar merupakan tim milik seluruh masyarakat di Malang Raya. ‘’Karena itu,kami sengaja mengemas launching tim dan jersey tersebut sebagai pestanya Aremania dan pestanya masyarakat Malang Raya,’’ tegas Ketua Klub Arema Cronus Ir.R.Agoes Soerjanto kepada Malang Post kemarin. Ditambahkan, panitia sudah menyiapkan berbagai acara istimewa yang bertujuan memberikan hiburan bagi masyarakat.Termasuk adanya pesta makan secara gratis,serta sederet acara yang dikemas semarak lainnya. ‘’Itu semua membuktikan Arema Cronus ini bukan hanya milik pengelolanya saja. Tetapi sudah jadi milik seluruh masyarakat di Malang Raya, termasuk rekan-rekan Aremania’’ seru CEO Ijen Nirwana Residence ini.

Lebih lanjut,Agoes Soerjanto menyatakan berbesar hati karena selama beberapa waktu terakhir tim asuhan Suharno ini telah mengukir berbagai prestasi.Diantaranya dengan menjuarai berbagai even yang digelar menjelang bergulirnya ISL tanggal 1 Februari mendatang, Tokoh yang juga Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim ini berharap agar prestasi gemilang tersebut dapat terus ditingkatkan dalam kancah ISL yang merupakan even paling bergengsi di tanah air. Secara khusus,Agoes Soerjanto juga mengingatkan bahwa bagi seluruh pemain Singo Edan ada kata kunci guna mewujudkan prestasi maksimal dalam ISL mendatang.’’Yaitu harus selalu bermain dengan memakai hati dan jiwa Arema,’’ ingatnya. Agoes Soerjanto yakin jika seluruh pemain selalu bermain dengan memakai hati dan jiwa Arema,maka harapan besar Aremania agar Singo Edan dapat menjuarai ISL mendatang pasti dapat ter-

wujudkan. ‘’Kami yakin Arema Cronus tidak saja dapat berprestasi di tingkat nasional tetapi internasional termasuk dalam AFC Cup mendatang,’’ cetus ayah satu putra ini. Disisi lain,Agoes Soerjanto juga menilai bahwa Arema Cronus sekarang juga telah menjadi asset yang sangat b e r harga bagi pemerintah daerah

di Malang Raya yang meliputi Kota Malang,Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu. ‘’Malang Raya berhasil selalu kondusif dan damai karena adanya simpul pemersatu yaitu rekan-rekan Aremania.Karena itu,ketiga pemda di Malang Raya juga perlu terus mensuport dan memberikan dukungan kepada tim kebanggaan arek-arek Malang ini untuk dapat selalu mengukir prestasi terbaik bagi masyarakat di Malang Raya,’’ demikian Agoes Soerjanto. (nug)

Berikan yang Terbaik

SELALU memberikan yang terbaik untuk tim kebanggaan arek-arek Ngalam.Hal ini dikedepankan Ketua klub Arema Cronus Ir.R.Agoes Soerjanto yang tak pernah merasa lelah meningkatkan prestasi tim berlogo kepala singa ini. ‘’Saya memang tidak pernah mau setengah-setengah dalam berkiprah.Termasuk saat mengemban amanah membina Arema Cronus ini,’’ papar pria asli Jalan Serayu Kota Malang ini. Agoes Soerjanto yang juga Ketua Makota Rider juga menyatakan harapan besar agar seluruh pihak di Malang Raya setelah ini

terus memberikan support dan dukungan kepada Arema Cronus, agar dapat semakin berprestasi. Tidak saja dalam kancah nasional tetapi juga dalam percaturan internasional. Ia yakin,berkat kekompakan berbagai pihak maka hal tersebut pasti dapat terwujudkan. ‘’Kami juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan Aremania yang selalu menjadi pengobar semangat bagi Arema untuk meraih prestasi terbaik sesuai harapan masyarakat di Malang Raya,’’ tandas Agoes yang juga merupakan tokoh otomotif di Jatim. (nug)

Ayo Birukan Kanjuruhan PRESIDEN Klub Arema Cronous H Rendra Kresna beserta jajaran Direksi dan Official tim Arema Cronous siap mendampingi perjalanan skuad Arema Cronous musim ini. Tim berjuluk Singo Edan ini siap berkiprah musim ini pada dua ajang resmi yakni Indonesia Super League dan AFC Cup. Malam ini, skuad kebanggaan Arek Malang dan Aremania ini bakal secara resmi dilaunching ke publik. Segudang harapan diapungkan Rendra atas timnya. Pria yang juga Bupati Malang ini berharap Arema Cronous mampu menampilkan permainan bagus dan indah di setiap melalui pertandingan. Tentunya, kemenangan menjadi hasil akhir yang harus teraih demi mewujudkan ambisinya menambah koleksi title juara. Harapan itu diakui Rendra tentunya juga diapungkan oleh seluruh Aremania dan Arek Malang, serta masyarakat Malang. ’’Saya yang ada di jajaran pembina dan direksi maupun official punya harapan agar Arema Cronous bisa mewujudkannya. Persiapan sudah disusun selama ini untuk mengarungi dua ajang resmi tersebut, baik yang dilakukan di pra musim,” harapnya kepada Malang Post, kemarin. Diakui Rendra, di kompetisi ISL, Arema akan bersaing dengan klub-klub papan atas negeri ini. Catatan sebagai runner up musim lalu tentunya menjadi modal bagi Singo Edan untuk menjadi pemenang musim ini. Sementara, Arema akan mengawali AFC Cup di Grup F bersaing dengan Selangor FA Malaysia, Maziya Sports N Recreation Maladewa dan T&T Hanoi atau SHB Da Na Vietnam. ’’Secara komposisi tim terbentuk sudah matang. Pada ujicoba pra

Guest Gesang/Malang Post

KOMPAK : Ketua Klub Arema Cronus Ir.R.Agoes Soerjanto bersama Presiden Klub Arema Cronus H.Rendra Kresna.

Jadi H Rendra Kresna

musim, atau sebelum musim resmi dimulai, dilalui tim dengan memuaskan, baik bersifat pertandingan internasional hingga turnamen tingkat lokal. Hal ini menjadi modal penting karena Arema tahun ini akan menjadi wakil Indonesia dan kebanggaan bangsa ini di level AFC Cup. Jadi, seluruh pihak harus mensuport karena membawa nama Indonesia,“ puji Rendra. Tak lupa, dia juga berpesan kepada Aremania agar selalu tetap menjaga trade mark suporter yang suportif dan menunjukkan kepada seluruh pihak jika sepakbola itu bukanlah hal yang menakutkan, melainkan hiburan bagi siapa saja. Serta, tetap menjunjung tinggi nilai supportif dan kebersamaan. Hal itu seperti yang ditunjukkan Aremania selama ini, dengan suportif, menjaga keamanan, dan memberikan kenyamanan. ’’Selain itu, dalam mengarungi musim ini, tim Arema sangat membutuhkan dukungan penuh Aremania maupun penggemar Arema, baik itu melalui doa, maupun bagaimana bisa hadir langsung ke stadion di setiap pertandingan home dengan membirukan kandang singa, yakni Stadion Kanjuruhan Kepanjen,’’ pesan Rendra. (poy/nug)

Kebanggaan Bangsa WALI Kota Batu Eddy Rumpoko menilai Arema menjadi tim yang sangat solid. Dia juga berharap Arema akan menjadi tim yang menjadi kebanggaan bangsa dan mampu mengharumkan Indonesia di pentas sepak bola Asia dan dunia. “Saya berharap, Arema menjadi tim yang lebih solid. Tim ini juga harus disegani dalam setiap pertandingan. Dan yang lebih penting harus profesional,” ungkap Eddy Rumpoko kepada Malang Post. Arema selalu menjadi tim yang disegani jika memiliki karakter khas Malang. Karakter itu antara lain permainan yang cepat, keras dan tidak kenal menyerah dalam pertandingan dimanapun. Jika karekter itu yang ada, hasil maksimal pasti akan didapat siapapun pemain yang akan turun dalam setiap pertandingan. Sebagai tim profesional, Arema sudah memiliki berbagai potensi. Aremania yang berjumlah puluhan ribu sudah sangat solid. Kesetiaan tidak perlu diragukan lagi dalam mendukung tim kesayangan berlaga dimanapun tempatnya. Dukungan berbagai tokoh dan sponsor adalah modal lain untuk lebih profesional. Kedepan, Arema harus menjadi Champions. Hanya dengan Champions, nama Arema semakin berkibar dalam jagad sepak bola tanah air. Dengan menjadi Champions, hal itu menjadi langkah Arema mewakili Indonesia dalam pentas sepak bola internasional. Dan pentas sepak bola itu tidak boleh sekedar main-main karena saatnya menunjukkan kepada dunia bahwa di Indonesia terdapat klub bernama Arema yang harus disegani. ER, sapaan akrabnya menjelaskan, untuk membentuk tim solid dan disegani di tanah air maupun internasional tidak gampang. Semuanya butuh pemikiran, sikap dan kerja keras dari berbagai pihak. Sarana, pemikiran hingga pendanaan selalu dibutuhkan untuk membuat tim yang disegani. Demi mewujudkan tim seperti itu, pihaknya juga tidak akan tinggal diam. Dia siap support Arema demi semakin meraih kejayaan dan selalu menjadi kebanggaan. “Ya, KWB siap support,” tegas Ketua DPC PDIP Kota Malang ini. (feb/nug)

Eddy Rumpoko

Semoga Juara ISL AREMA sudah menjadi ikon yang tidak terpisahkan dengan Malang raya. Dimanapun Arema berlaga, Aremania pasti ada mendampinginya untuk memberikan support. Formasi baru klub Arema yang akan berlaga di kompetisi ISL tahun ini diharapkan lebih baik. Tidak hanya saja pemainnya, tapi juga prestasinya. Prestasi di pra musim kompetisi sudah sangat membanggakan Aremania, baik piala gubernur dan juga Trofeo Persija. Bahkan, di Inter Island Cup (IIC) juga punya kans untuk merebut gelar juara, meski sampai saat ini partai final IIC belum juga jelas kapan akan digelar. Prestasi membanggakan itu menjadi aura positif bagi olahraga berprestasi di Kota Malang. Semuanya berpacu untuk mempersembahkan prestasi terbaiknya. “Kalau semua ajang pra kompetisi bisa berprestasi, dengan formasi jajaran manajemen, pemain, pelatih, dan Aremania yang sangat luar biasa, target juara ISL tahun ini bakal tercapai. Kami sangat mendukung Arema juara ISL,” kata Wali Kota Malang, H. Moch Anton. Dengan dilaunchingnya tim Arema Cronus hari ini, diharapkan akan menambah semangat baru bagi Arema dan juga Aremania untuk selalu mempersembahkan prestasi terbaiknya. Aremania sebagai supporter terbaik di Indonesia akan selalu mendukung Arema untuk menjadi juara ISL, termasuk orang nomer satu di Pemkot Malang itu. Ketua PITI Malang raya ini sempat menonton langsung di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, saat Arema bertanding di laga uji coba saat laga Hamburgh FC . Semangat Arema dan Aremania menjadi inspirasinya untuk selalu memajukan olahraga di Kota Malang, khususnya sepak bola. Agar selalu tumbuh generasi baru Arema yang akan melanjutkan tradisi prestasi terbaik Arema.“Selamat untuk Arema yang besok (hari ini, red) dilaunching. Semoga semangat untuk terus berprestasi selalu bergelora di setiap jiwa Arema dan Aremania,” ungkapnya. (aim/nug)

Abah Anton

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: ABDEE


THE POWER BISA LEBIH EDAN LEBIH punya visi. Itulah yang dilihat Daniel Roekito dari permainan Arema jelang bergulirnya ISL musim ini. Menurut tactician yang sempat membesut skuadra Singo Edan pada era Liga Bank Mandiri ke-7 dan 8, tim asuhan duet pelatih Suharno-Joko ‘Gethuk’ Susilo dianggap lebih baik dibanding semusim sebelumnya, kala ditukangi Rahmad Darmawan. Daniel sendiri sudah merasakan kehebatan Singo Edan saat tim asuhannya, Persepam Madura United bentrok kontra klub berlogo kepala singa. Tim pujaan Taretan Mania itu dibuat antiklimaks saat jumpa Ahmad Bustomi dkk. Dari situlah, entrenador berkumis lebat ini bisa mengamati langsung permainan Arema yang dianggapnya semakin garang. “Saya melihat tim Arema sekarang semakin bagus. Gaya bermainnya berbeda. Permainan mereka lebih punya visi dan misi. Jadi tidak asal bermain bola,” beber pelatih 62 tahun itu. Menurut der trainer asal Rembang ini, permainan Arema bisa makin edan, seperti dibuktikan selama pra musim, karena masing-masing pemainnya menampilkan karakter yang memikat. “Semua pemain punya teknik yang bagus. Mereka selalu bermain penuh determinasi sehingga karakternya keluar. Jadi, tidak bergantung pada satu atau dua pemain, karena semua punya kelebihan,” paparnya kepada Malang Post. Keberadaan Gethuk juga dianggap sebagai nilai plus skuadra Singo Edan saat ini. Daniel berpendapat, di bawah gemblengan pelatih kelahiran Cepu itu, pasukan muda Arema menunjukkan banyak kemajuan. “Gethuk sukses membangun karakter permainan khas Singo Edan. Sebagai legenda hidup Arema, jelas dia punya kemampuan tersebut,” pujinya. Di samping itu, klub berlogo kepala singa bisa sangat menjanjikan karena persiapannya tidak main-main. Begitu musim 2012-2013 berakhir, manajemen langsung bergerak cepat membentuk kerangka tim. Tanpa banyak cuci gudang, sebagian bintang dipertahankan. Putra daerah yang bersinar juga didatangkan kembali ke kandang singa. Mulai dari Ahamd Bustomi, Arif Suyono hingga Juan Revi. Ditunjang darah muda lokal yang kian matang seperti Dendi Santoso, Johan Ahmad Farisi dan Sunarto, Arema benar-benar menjadi kekuatan menakutkan di pentas ISL 2013-2014 yang akan segera digulirkan. “Dari dulu, Arema selalu berhasil mengorbitkan pemain lokal hebat. Sekarang, generasi emas itu muncul lagi,” pungkas Daniel. (tom/jon)

IS OURS

rabu, 29 januari 2014

16

Arema Tim Paling Siap Songsong ISL TANPA memandang statusnya sebagai mantan penggawa Arema dan dibesarkan oleh klub berlogo kepala singa, I Putu Gede menyebut Singo Edan punya kans paling besar untuk merebut tropy kampiun ISL musim ini. Alasannya pun cukup masuk akal. Arema dianggapnya sebagai tim yang paling siap menghadapi kompetisi kasta tertinggi pentas sepakbola tanah air tersebut. “Bisa dilihat sendiri, bagaimana persiapan Arema. Di saat tim lain masih vakum, Arema sudah bergerilya pemain. Mereka sudah sangat siap ketika tim lain baru belanja penggawa,” beber pesepakbola yang kini menukangi PSAU ini. Eks el capitano Singo Edan yang dulu dikenal sebagai gelandang tangguh itu juga me-

nyanjung bagaimana manajemen dan tim pelatih sukses membentuk skuad yang bisa dibagi dua sama kuat. Artinya, tidak ada ketimpangan antara pemain inti dan pemain cadangan. “Siapapun yang dimainkan, sepertinya tidak akan mempengaruhi soliditas permainan,” timpalnya. Indikator keberhasilan itu juga sangat terlihat. Purwaka Yudi dkk tak terkalahkan saat menghadapi delapan tim luar negeri. Klub berlogo kepala singa juga sukses menyabet tiga gelar kampiun dari tiap even pra musim yang diikuti. Mulai dari Piala Menpora, Piala Gubernur Jatim hingga Trofeo Cup di Jakarta. Karena itulah, Putu menilai tim yang kini dinakhodai CEO Iwan Budianto punya kans besar untuk merebut titel juara

liga, seperti direngkuh tahun 2010 lalu. “Pengalaman Mas Iwan akan sangat dibutuhkan Arema. Karena dulu dia ada di Persik Kediri saat mereka juara liga dengan format kompetisi dua wilayah seperti ISL musim ini. Ini momen Arema untuk kembali jadi juara,” lanjut mantan pemain yang dulu akrab dengan jersey nomor 14 ini. Hanya saja, pria kelahiran 1 Desember 1973 ini mengingatkan skuadra Singo Edan agar lebih cermat menyiasati format kompetisi dua wilayah. Pasalnya, padatnya agenda pertandingan akan sangat menguras tenaga Benny Wahyudi dkk. Ditambah lagi, sebagian penggawa juga tergabung dalam Tim Nasional Indonesia. Soal permainan, Putu menilai come back nya Bustomi

I Putu Gede, (kapten Arema 2004-2006) dan kehadiran Gustavo Fabian Lopes benar-benar mewarnai permainan skuad besutan Suharno dan Joko Susilo. “Permainan yang sekarang jauh lebih bagus dan lebih menghibur daripada musim lalu. Kehadiran Bustomi dan Gustavo mengubah warna permainan Arema,” pujinya. (tom/jon)

Kembalinya Sosok Rodrigo Araya MASIH ingat Rodrigo Araya? Pesepakbola asal Cile bernama lengkap Fabian Rodrigo Araya Moreno itu benar-benar menyita perhatian publik saat membela Singo Edan di era Liga Kansas, lebih dari satu dekade silam. Namun, aura kebintangannya tak pudar hingga saat ini. Nama Araya masih harum dan terus dielu-elukan oleh Aremania dan pemuja setia klub berlogo kepala singa. Ekspektasi pecinta Singo Edan kembali membumbung saat Arema di bawah kepemimpinan pelatih Benny Dollo memiliki playmaker sekelas Joao Carlos. Dan harapan tinggi itu kembali muncul saat Gustavo Fabian Lopes merapat ke kandang singa. Legiun asal Argentina itu bahkan dianggap sebagai The Next Rodrigo Araya. Tak tanggung-tanggung, hal itu dilontarkan langsung

Charis Yulianto (kapten Arema 2011-2012) oleh mantan bek tangguh jebolan Arema, Charis Yulianto. Menurut mantan kapten Timnas Senior kelahiran Blitar ini, dia seperti melihat Araya hadir kembali pada diri Gustavo Lopes. “Saya jadi teringat Rodrigo Araya. Dia (Gustavo) benarbenar bisa menjadi jendral

lapangan bagi Arema saat ini,” ujarnya kepada Malang Post. Skill mumpuni ala pesepakbola berdarah Amerika Latin, kemampuan eksekusi bolabola mati yang mengagumkan, visi bermain cemerlang dan mampu mengatur ritme permainan tim, menjadi indikator kemiripan Gustavo dengan Araya. Sama-sama berposisi sebagai gelandang, keduanya dianggap sebagai roh permainan tim. Tentu saja, Arema tak harus bergantung pada sosok Gustavo Lopes. Pasalnya, pemain lain juga tak kalah berkualitas. “Arema yang sekatang sangat berbeda. Semua pemainnya berkualitas. Dari sektor penjaga gawang, pemain belakang, tengah sampai depan semuanya menjanjikan. Permainannya punya ciri khas,” papar Charis.

Bek yang dikenal anti kompromi ini juga memperhatikan perkembangan pemain muda Arema yang semakin hari semakin menunjukkan aura kebintangan. “Banyak jebolan Akademi Arema yang sukses menunjukkan potensinya. Sekarang, beberapa diantara mereka bahkan jadi pilar utama dalam skuad,” tutur pesepakbola kelahiran 11 Juli 1978 ini. Bermodal skuad yang mentereng dan merata seperti sekarang, Charis optimis tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan ini bisa bicara banyak di pentas ISL 2014. Generasi emas Singo Edan kini mulai bangkit. “Antara pemain muda dengan pemain senior nyaris tak ada kesenjangan. Ini jadi nilai plus bagi Arema dibandingkan tim lain,” tandas defender jebolan PSSI Baretti ini. (tom/jon)

Bangga Membela Arema

Daniel Roekito (Mantan Pelatih Arema)

Performa hampir sempurna Arema Cronus selama pra musim di satu sisi sangat manis bagi publik Malang Raya. Namun, di sisi lain, Singo Edan juga dihadapkan pada ancaman pahit dari hasil sempurna tersebut. Tidak selamanya tim akan terus meraih kemenangan. Akan tiba masa dimana Arema bakal mengecap kalah. Hal ini sangat diwantiwanti oleh Founding Father Arema, Ovan Tobing (OT). Menurut Ovan, sudah jadi hukum alam bahwa di setiap kemenangan pasti terselip kekalahan, tak terkecuali tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan itu. “Sudah jadi hukum alam, kalau ada yang pahit, pasti ada yang manis, begitu juga sebaliknya. Arema sangat siap menerima kemenangan, kita senang. Tapi harus disadari, tidak selamanya kita bisa menang, akan tiba masa kita kalah,” terang Ovan kepada Malang Post kemarin. Karena itu, demi menghindari euforia berlebihan yang tidak baik bagi tim, Ovan berharap Aremania dan masyarakat pecinta Arema mempersiapkan diri bila datang masanya tim pujaannya kalah.

Arema Cronous, ini sudah menjadi salah satu trade mark sepakbola di Indonesia. Mengapa sudah seperti itu? Karena Arema ini memiliki serangkaian prestasi yang sudah lumayan bagus sepanjang kiprahnya. Mulai dari title kompetisi profesional Galatama, Piala Indonesia hingga Indonesia Super League (ISL) sudah tercatat mencatatkan diri sebagai tim juara. ’’Belum lagi, saya juga melihat, tim asuhan coach Suharno ini mencatatkan prestasi bagus di pra musim. Diantaranya menjadi Juara Piala Gubernur Jawa Timur, Trofeo Persija Jakarta, hingga yang paling baru adalah berpeluang menjadi juara Inter Island Cup 2014 dengan menghadapi Persib Bandung di final. Tentu saja, sebagai orang Malang, prestasi itu sangat membanggakan, begitu juga bagi seluruh masyarakat Malang,’’ kata Aji Santoso. Aji berharap, prestasi yang sudah bagus

Sejak sekarang, pria berambut gondrong itu meminta publik dan Aremania untuk tidak larut dan mabuk dalam euforia kemenangan. “Yang dibutuhkan tim ini adalah mawas diri dan kewaspadaan. Suporter juga tak boleh jemawa dan mabuk kemenangan. Jangan sekali-kali kita mabuk oleh euforia ini,” ujar Ovan mengingatkan. Memang, rekor tak pernah kalah selama pra musim sangat mengangkat moral tim dan publik. Namun, Ovan meminta publik dan suporter sadar dari mimpi manis pra musim. Menurut mantan manager Arema ini, beban pertandingan di turnamen dan kompetisi liga sangat jauh berbeda. Kompetisi liga tidak akan mudah dilalui oleh Arema. Bahkan, bisa saja Arema menelan kekalahan di kompetisi. ”Aremania harus siap untuk itu. Siap menerima dengan sportif bila tiba waktunya Arema kalah. Sebab, suasana kompetisi liga itu jauh berbeda dengan suasana turnamen. Liga itu jauh lebih berat, beban mental dan tekanan yang dialami juga lebih tinggi,” tandas penyiar radio ini.(fin/jon)

di awal musim, bisa menjadi modal penting bagi Arema saat turun di even resmi, baik di ajang lokal ISL dan AFC Cup 2014 sebagai wakil bangsa Indonesia bersama Persipura Jayapura. ’’Selamat atas launching Arema dan semoga bisa meraih prestasi maksimal, baik di ISL dan AFC Cup. Menurut saya, Arema punya peluang besar untuk itu. Para pemain harus bangga membela Arema dan tetaplah semangat,’’ katanya. Arema musim ini dihuni pemain dan permainan berkualitas, baik sejak masuk pra musim. Tim ini punya pesiapan dan cara bermain yang baik, dan didukung kualitas pemain. Arema mampu menunjukkan kolektifitas permainan secara tim dan sangat dinamis. Singo Edan berperluang untuk berprestasi lebih musim ini. Bahkan, kalau saya boleh menyusun rate, Arema berada di rate paling tinggi dibanding tim pesaingnya. (poy/jon)

Aji Santoso (Mantan Pemain Arema)

Jangan Mabuk Kemenangan Ovan Tobing (Salah Satu Pendiri Arema)

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


THE POWER

IS OURS

Bawa Kemajuan Sepakbola Indonesia MALANG–‘’Apa kata dunia, Indonesia tanpa Arema.” Penggalan syair lagu Yuli Sumpil yang dinyanyikan di tribun Stadion Kanjuruhan, mewakili betapa Arema Cronus telah menjelma jadi klub tradisi Indonesia. Perhatian publik sepakbola Indonesia bakal mengarah pada Singo Edan selama kompetisi ISL 2014. Entah sebagai kawan atau lawan, semua mata akan mengamati setiap gerak-gerik Arema selama kompetisi. Itu tidak lepas dari nama Arema yang sudah terpatri sebagai salah satu klub prestisius di nusantara. Dalam kesempatan launching kali ini, PSSI berharap tim pujaan Aremania bisa menjaga konsistensi. Wakil Ketua PSSI La Nyalla Matalitti menyebut, konsistensi Arema bakal membawa kontribusi nyata yang berkelanjutan, untuk menghangatkan atmosfer sepakbola Indonesia. “Arema adalah tim potensial di level Asia yang punya kontribusi besar untuk Indonesia. Sebagai PSSI, saya tentu menganggap tim ISL, salah satunya Arema, sebagai tim yang membuat sepakbola Indonesia menarik dan ditunggu-tunggu publik,” terang La Nyalla kepada Malang Post kemarin. Menurutnya, Arema selalu jadi klub yang dinantinantikan oleh klub-klub ISL kala kompetisi bergulir. Sebab, nama besar yang sudah dibangun selama belasan tahun membuat La Nyalla percaya bahwa kontribusi Arema untuk mengangkat persepakbolaan Indonesia, bakal semakin besar. Alumnus Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang tersebut menandaskan, PSSI akan terus mendorong Arema untuk terus maju dalam memasuki era sepakbola industri. “Arema yang sekarang bagus. Masuk dalam jajaran klub yang bisa membawa Indonesia semakin mendekati sepakbola modern berbasis industri,” terang La Nyalla. Ia berharap, Arema bisa semakin berprestasi, dalam semua bidang. Tak hanya dari segi skuad, La Nyalla juga berharap Arema bisa semakin berprestasi di dalam manajemen sepakbola serta pengembangan bisnis sepakbola Indonesia. “Kita harapkan prestasinya terus meningkat. Sekarang Arema sudah bagus, tapi harus terus meningkat lagi,” tutupnya.(fin/jon)

RABU, 29 JANUARI 2014

17

Arema Mendunia, Indonesia Ikut Mendunia MALANG – Sederet klub-klub luar negeri terus berdatangan ke Indonesia dengan harapan mempromosikan sepakbola negara masing-masing. Namun, hampir semua klub asing yang mampir ke nusantara dibikin pulang terkaget-kaget. Sebab, harapan mereka untuk memamerkan superioritas atas Indonesia punah, ketika tidak ada klub luar negeri yang bisa menang melawan klub asal Malang, Arema Cronus. Delapan klub dari enam negara berbeda, yakni Filipina, Australia, Jerman, Amerika Serikat, Malaysia hingga Thailand harus gigit jari saat bertemu Arema. Jangankan menang. Tim luar negeri yang bertemu Arema harus menguras keringat untuk bisa mencuri satu poin. Loyola Meralco Sparks, Central Coast Mariners, Eintracht Frankfurt U-23, DC United, Thai Army United hingga PDRM Malaysia, harus bertekuk lutut di hadapan Singo Edan. Klub-klub tersebut harus pulang ke negaranya masing-masing, dengan memori kekalahan menyakitkan yang dibuat oleh Sunarto dkk. Wakil Ketua PSSI, La Nyalla Matalitti menyebut bahwa PSSI sangat mendukung Arema untuk terus menggaungkan namanya di telinga masyarakat sepakbola dunia. “Arema punya potensi untuk terus bawa nama baik Indonesia di sepakbola internasional, kita sangat mendorong itu,” terang La Nyalla kepada Malang Post. Loyola Meralco Sparks adalah representasi timnas Filipina. Sekitar 90 persen penghuni skuadnya adalah penggawa senior timnas Filipina. Namun, oleh legenda Arema yang saat itu masih asisten pelatih, Joko “Gethuk” Susilo, James Younghusband dkk dibuat memble di Kanjuruhan. Begitu juga, juara Australia Central Coast Mariners yang datang dengan optimisme tinggi setelah mempermalukan Persib di penyisihan Menpora Cup. Bertandang ke Stadion Kanjuruhan di final, CCM pulang dengan geram, karena menderita kekalahan dari Dendi Santoso dkk. Belum lagi, Eintracht Frankfurt U-23 dan DC United. Dua tim ini harusnya punya level permainan yang jauh lebih tinggi ketimbang klub Indonesia kebanyakan. Tapi, di hadapan Johan Ahmad Farizi dkk, klub dua negara barat tersebut pulang dengan menahan malu karena kekalahan. Tidak heran, PSSI menaruh harapan besar untuk Arema ke depan. Khususnya, dalam mempromosikan sepakbola Indonesia di mata dunia, dalam laga-laga internasional. “Kalau posisi Arema di mata dunia semakin tinggi, itu berarti Indonesia juga semakin dikenal. Semakin banyak ujicoba internasional, semakin bagus,” tutup La Nyalla.(fin/jon)

La Nyalla Matalitti

Kata Mereka Samsul Hidayat (Masseur) M )

Modalnya Cuma Solid dan kerjasama SAMSUL HIDAYAT, Masseur Arema, menyebut, bahwa Arema musim ini sangat solid. Soliditas yang dipamerkan oleh Arema bukan hanya terjadi di dalam lapangan. ”Tim juga kompak di luar lapangan. Sehingga, jajaran ofisial enak dalam bahu membahu di Arema,” tegasnya. Menurutnya, solid adalah senjata utama tim untuk meraih prestasi. Dalam pra musim, Samsul mengaku menyaksikan sendiri bagaimana Arema menjaga kekompakan dalam pertandingan-pertandingan ujicoba. Karena solid, Arema sama sekali tidak pernah kalah selama ujicoba. ”Kalau solid, Arema bahkan bisa mengimbangi Hamburg SV, bisa mengalahkan banyak tim luar negeri, bisa memenangkan tiga trofi. Modalnya cuma solid dan kerjasama. Urusan teknik dan materi pemain itu relatif. Tim materi bagus belum tentu kompak,” tuturnya.(fin/jon)

Ahmad Saliq (Masseur)

duet maut MASSEUR atau tukang pijat tim Arema punya pandangan khusus soal tim pelatih yang kini menukangi skuad Singo Edan. Menurut Ahmad Saliq, Masseur Arema, duet Suharno-Joko “Gethuk” Susilo adalah duet maut yang tak dimiliki klub lain. “Gethuk-Suharno itu duet maut. Dengan dua pelatih tersebut, Arema bisa jadi juara, Insyaallah kalau tetap kompak, gelar juara bisa diraih,” terang Saliq. Ucapan Saliq bukan abang-abange lambe semata. Menurutnya, Arema tahun ini jauh matang dan punya materi bagus. Materi pemain bagus yang dimaksud Saliq adalah, pemain yang bisa menjaga kekompakan, tidak sombong dan punya semangat juang tinggi di lapangan. ”Kalau materi pemain sekarang ini, bagus secara teknik, dan bagus secara kekompakan. Insyaallah, gelar juara itu bisa diraih dengan tim yang kompak dan mau bekerja sama,” tuturnya.(fin/jon)

Mustakim (Ball Boy Senior)

Nur Khasanah (Tukang Masak Mess)

IKUT JADI JUARA SATU-SATUNYA wanita a di mess Arema Jalan Buring, Nur Khasanah alias Mb ak Nur, yang biasa menjadi Mbak tukang masak untuk Sunarto dkk, tampaknya punya semangat terpendam. Ia ingin, para pemain yang setiap hari diopeni dan diberi makan masakannya, jadi juara. ”Ya kalau saya sama dengan semua orang yang suka sama Arema. Inginnya Arema jadi juara. Ingin yang terbaik untuk Arema. Ingin agar Arema makin dikenal. Apalagi kalau Arema juara, berarti tukang masaknya kan juga ikut juara, sukses beri makan yang pas,” tandas Mbak Nur. Tentu Mbak Nur ikut merasa bangga bila tim yang diopeni olehnya mampu meraih prestasi. Ia berdoa agar Arema bisa juara di ISL 2014, sekaligus dapat prestasi mentereng di laga AFC Cup 2014.(fin/jon)

Persaudaraan Tim Sangat Kuat

USIA A Ball Boy Arema, Mustakim akim im sudah sud sangat senior. Tidak hera n, ia juga sudah m erasakan jatuh atuh uh bangun bangu ban Singo Edan heran, merasakan seca ra langsung, dari m asa ke masa. Tahun ini, ni, ha hati Mustakim secara masa dipenuhi euforia. Tim yang dibelanya dengan darah dan keringat, dipe menunjukkan perubahan yang begitu signifikan dibandingkan men musim lalu.“Arema tahun ini bagus. Rasa persaudaraan tim ini sangat kuat,” ungkap Mustakim. Rasa persaudaraan serta kebersamaan tim Arema saat ini memang jauh berbeda. Menurutnya, tidak ada satu pun pemain yang merasa dirinya istimewa atau merasa bintang. Sebab, pemain diminta untuk menanggalkan semua ego demi tim. ”Tidak ada pemain yang merasa istimewa. Semua pemain sama, tidak ada jarak juga antara tim pelatih, pemain maupun ofisial. Sehingga, kita bekerja dengan nyaman dan enak, sudah lama Arema tidak merasakan atmosfer tim yang seperti ini,” tandas Mustakim. Ia berharap, kondisi tim yang sangat kondusif dan kompak ini, bisa membawa Arema meraih prestasi di kasta tertinggi Indonesia. ”Sudah tak ada waktu lagi. Dengan tim yang seperti ini, dengan kekompakan yang seperti ini, sudah saatnya Arema juara,” tegas Mustakim.(fin/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: OLIS REDAKTUR: FEBRI, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CRONUS THE POWES IS OURS

Suharno Pelatih

Victor Igbonefo

Joko “Gethuk” Susilo Pelatih

Gustavo Lopes

RD RD

DER DE ER

ER ER

EPER EPE EP PER PE ER

Purwaka Yudhi Pratomo

Cristian Gonzales

Ahmad Bustomi

Kurnia Meiga Alberto Goncalves Thierry Gathuessi

Hendro Siswanto

Ahmad Kurniawan

I Gede Sukadana

Munhar

Sunarto

I Made Wardana Benny Wahyudi

Arif Suyono

Samsul Arif Munip

Utam Rusdiana Johan Ahmad Farizi

Juan Revi Auriqto Irsyad Maulana

Gilang Ginarsa

MALANG POST ☺ FOTO-FOTO: GUEST GESANG/MALANG POST

☺ LAYOUTER: REEP/MALANG POST

Dendi Santoso

I Made Pasek Wijaya

Alan Haviludin

Kuncoro

Asisten Pelatih elatih h

Asisten Pelatih

Asisten Pelatih


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

RABU, 29 JANUARI 2014

20

SEMINAR

SEMINAR

SEMINAR

LOMBA

EVENT

PAMERAN

Seminar Nasional dan Workshop

Ikuti Kelas Pajak

Brigde Academic Kupas Tuntas Au Pair

STIKI Basketball League 2014

Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014

Malang OOTD 2014

Bridge Academic Expert menggelar seminar ‘’Kupas Tuntas Au Pair ke Jerman’’, pada Minggu, 2 Februari 2014 di Dimsum Soe Café & Resto Jalan Ijen 79 Malang. Peserta dibatasi hanya 50 orang.

STIKI Basketball League 2014 digelar pada 8 Februari – 1 Maret 2014 di Sporthall STIKI. Kegiatan yang didukung Malang Post ini terbagi dalam kelompok putra, putrid dan dance. TM akan dilakukan pada 1 Maret 2014 di STIKI. Info hubungi Sekretariat UKM BYTE STIKI 0341-564006.

Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Ma Chung menggelar Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014. Acara digelar pada 3-4 April 2014 dan diikuti 100 mahasiswa (50 tim) dari Universitas se Jawa Timur. Acara diawali dengan workshop yang menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya.

Ikuti Seminar Nasional bertajuk “Biologi untuk Kesejahteraan Manusia dan Lingkungan”. Pembicara Dr. Bambang Triono, MM. (Founder Inspiring Moslem Enterpreneur) dan Workshop Green preneur pemateri Rina Novani, MM. (dosen STIKES Malang) oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi “Semut merah” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2014 pukul 08.30 – 13.00 WIB bertempat di Auditorium Fakultas Sains dan Teknologi lantai 4 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta adalah guruguru, dosen, mahasiswa dan khalayak umum (akademisi maupun aktivis). Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Contact Person: 085730435342 (Fitria N. Mutmainah) atau 082383598379 (Tri Angga Deni I.) atau bisa buka website: http://hmjbio-semutmerah.com/

National Leadership Summit 2014 National Leadership Summit 2014 tingkat nasional digelar pada 6-9 Februari 2014 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Peserta 250 Mahasiswa Fakultas Kedokteran anggota CIMSA (Center for Indonesia Medical Students Activities) se Indonesia. Tema tahun ini ‘Community Development Implementation: Medical Student Role in Improving Meternal and Child Health’.

Cara mudah dan cepat menyampaikan SPT Tahunan PPh OP! Bebas antrian dan hemat waktu ! Ikuti Kelas Pajak: Ayo Ngisi Bareng SPT Tahunan PPh OP dan Penyampaian SPT Tahuna PPh OP secara e-Filling pada tanggal 5, 6, 11 dan 13 Februari 2014 di KPP Pratama Malang Selatan, Jalan Merdeka Utara No.3 Malang. Pendaftaran dan informasi hubungi Sdri. Elly / Dinik no telp. 0341-361971, 356234. Pendaftraran tidak dipungut biaya apapun.

National Cat Show 2014 National Cat Show 2014 digelar oleh Malang Cat Lovers di Plaza Araya, Hari/ Tgl: Minggu, 9 Feb. 2014 Pukul: 09.00 s/d 17.00 WIB. Kategori: 1. Persian. Kitten (3-8 bulan) dan Adult (8 bulan keatas). 2. Mix Breed Longhair. Kitten (3-8 bulan) dan Adult (8 bulan keatas). 3. Shorthair. Kitten (3-8 bulan) dan Adult (8 bulan keatas). 4. Other Breed. (Maine Coon, Bengai, dll). Persayaratannya: Kucing sehat, Sudah tervaksin (membawa buku vaksin) dan Kucing tidak dalam kondisi hamil, birahi dan menyusui. Biaya Pendaftaran: Rp 75.000,- untuk info lebih lanjut Nawak bisa hubungi: Twitter – @MalangCatLover. CP Steve – 0858 1534 3235 dan CP Putri – 0852 5777 4343

Romance Valentine: Dance 2014 Anda suka dance atau ada yang punya grup dance tidak? Jika ada, mari ikut dan segera daftarkan grup anda untuk mengikuti acara ini. Hari/Tgl: 23 Februari 2014, Pukul: 09.00 s/d 16.00 WIB Lokasi: Jawa Timur Park 1. Syaratnya: biaya pendaftaran: Rp 200.000,(Per-tim max. 8 orang, sudah termasuk tiket masuk untuk bermain di Jatim Park). Kompetisi dance ini terbuka untuk umum dan batas minimal umur adalah 10 – 25 tahun. Hadiah untuk pemenang ada lah: Uang tunai, Trophy, Sertifikat dan Merchandise. Peserta terbatas! Informasi dan pendaftaran bisa hubungi: Jawa timur Park 1 Jl. Kartika no.2 Kota Batu Telepon: (0341) 597777(Ext. 725, 706, 707) Fax: (0341) 598888

Konferensi International Halal-Toyyib INTERNATIONAL Conference on Halal-Thoyyib Industry Research akan di he lat di Widyaloka Convention Hall Uni versitas Brawijaya, 18-21 Feb 2014. Konferensi ini akan dilaksanakan dengan sejumlah agenda di antaranya presentasi poster, kuliah tamu, workshop sertifikasi halal dan pameran industri Halal-Thoyyib.

LOMBA

SAAT MAKAN di restoran, tidak jarang orang memesan teh manis atau teh botol sebagai teman makan siang. Padahal makan dibarengi dengan minum teh bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Apa saja? Berbagai teh telah dikenal khasiatnya dapat menyehatkan tubuh karena kandungan antioksidan yang baik untuk pembuluh darah. Namun minum sebaiknya jangan dekat-dekat waktu aktu makan, apalagi bila dibarengi ngi dengan makan. “Orang Indonesia banyak k makan makanan yang g sifatnya inhibitor, seperti teh,” jelas dr Widjaja Lukito, SpGK, PhD, staff pengajar di Program Pascaa Sarjana Program Studi Ilmu mu Gizi Fakultas Ke dok teran ran Universitas Indonesia, dalam alam acara Nutritalk ‘Ke sehatan tan Ibu Hamil: Membangun Landasan dasan Bagi Kesehatan Masa Depan’, dii Kembang Goela, Goela Plaza Sentral, Jl Jend. Sudirman, Jakarta, Selasa (28/1/2014). Menurut dr Widjaja, makanan inhibitor maksudnya makanan tersebut dapat menghambat penyerapan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Teh disebut inhibitor karena sifatnya yang dapat menghambat penyerapan zat besi. “Teh menghambat penyerapan zat besi. Jadi, jangan makan dengan menggunakan teh. Teh itu harus diminum antara jam makan, misal 2 jam setelah makan, bukan pas makan,” ujar Dr dr Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), dari Departemen Obstetri Ginekologi FKUI/RSCM. dr Ovi menjelaskan kekurangan zat besi

Malang Wedding Expo EVENT

Olimpiade Biologi Tingkat SMA/MA Segera daftar Olimpiade Biologi Tingkat SMA/MA sederajat SeJawa dan Bali yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi “Semut merah” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 2 Februari 2014 di 25 Distrik. Info selengkapnya bisa buka website: http://hmjbio-semutmerah.com/ atau kontak: 085645959842 (Hassan) dan 082383598379 (Angga)

Pekan Amal Psikologi

Sosialisasi Kesehatan Ibu Hamil Rumah Zakat Kota Malang menggelar sosialisasi kesehatan kepada ibu hamil dan menyusui di wilayah RW4 Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun kemarin. Peserta mendapat suplay susu dan makan sehat bayi. Kegiatan ini digelar sebulan sekali menyusul respon tinggi dari warga posyandu setempat.

Grand Wedding Exhibition STIKI Basketball League 2014 Saksikan STIKI Basketball League 2014 yang akan digelar pada Sabtu, 8 Februari – 1 Maret 2014 di Sporthall STIKI. Kegiatan yang didukung Malang Post ini terbagi dalam kelompok putra, putri dan dance. TM akan dilakukan pa pada 1 Maret 2014 di STIKI. Pendaftaran su sudah ditutup, bagi peserta yang belum me melengkapi berkas ditunggu sampai Ka Kamis, 30 Januari 2014. Info hubungi Se Sekretariat UKM BYTE STIKI 034156 564006 atau Rahmad Adi Putranto (08 (081912888853)

SMK Putra Indonesia Gelar Barito Vaganza 7 SMK Putra Indonesia Malang menggelar Barito Vaganza 7 dengan tema ‘Inspiring Seventastic for Golden Generation‘ untuk siswa SMP/MTs se Malang Raya pada 1215 Februari 2014. Adapun kegiatan meliputi, Lomba Karya Inoasi Remaja, Lomba Profesor Junior, English Speech Contest, English Olimpiade, Lomba Jurnalis Fotografi, Contemporer Traditional Dance Competition, Etnic Futuristic Fashion Festival, bazaar dan pentas seni.

JANGAN MINUM TEH SAAT MAKAN bisa membuat seseorang menderita anemia (kekurangan darah). Hal ini akan sangat berbahaya bila sampai terjadi pada ibu hamil, karena risikonya kesehatan jelas menghantui si bayi. Anemia selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan pada bayi maupun ibunya. Risiko pada bayi misalnya perp salinan pprematur atau berat lahir bayi yang ya rendah, dan bayi lahir cacat pada tulang belakang atau otaknya (neural tube defects). Sedangkan untuk defe sang san bunda, anemia dapat mengakibatkan postpartum men depression alias depresi dep pasca pasc persalinan Selain makanan, penyakit Sel infeksi infeks seperti tuberkulosis (TB) jug juga dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dalam tubuh. nu Sebab, kuman TB akan menggerogoti tubuh, saat penderitanya tubuh sehingga ketika ke makan, infeksi di dalam tubuhnya malah bersaing mengambil zat gizi.(jpnn/lim)

@MX Mall menggelar Malang OOTD 2014 untuk beri kesempatan pengusaha online lokal Malang di bidang fashion, memamerkan produknya. Acara digelar mulai tanggal 28 Februari 2014 hingga 1 Maret 2014. Harga stand per hari adalah Rp 200 ribu. Info lanjutan hubungi Dyandra 085730394468.

Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Kamis – Minggu, tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Grand Prize: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014.

Fortune in The Horse Year Karnaval Barongsai & Chinese Cultural juga dimeriahkan lomba foto. Hari/Tgl: Jum’at 31 Januari 2014, Pukul: 08.30 s/d 19.00 WIB Lokasi: Veteran Depan Universitas Brawijaya. Jadwal acaranya: 1. Karnaval Barongsai & Chinese Cultural. 2. Barongsai & Chinese Cultural On Stage. 3. Top Medel Oriental Look 4. Lomba Foto. Untuk pendaftaran dan info lebih lanjut Nawak bisa hubungi: Costumer Service Matos: (0341) 575761 / 081 25209900. Pendaftaran ditutup 30 Januari 2014.

Tari Ki Jopo Sumarah Purbo Magnetic Public Speaking Training Magnetic Public Speaking Trai nning persembahan dari ReCosta Institute. Dalam acara ini peserta akan mendapatkan 5 rahasia berbicara yang akan membuat nilai pembicara menjadi jauh lebih mahal dan membuat banyak orang terkesan setiap kali berbicara. Mau tahu rahasianya?? Ayoo gabung dalam acara ini yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2014. Berlokasi di BigBurger Soekarno Hatta lantai 3, Malang. Biaya masuk : Rp 250.000,- (sebelum 15 Januari 2014) dan Rp 350.000,- (setelah 15 Januari 2014). Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi : Telepon ~ 0341-7071099, HP ~ 081805108666, Pin BB ~ 2A4F72F2 dan Twitter ~ @ReCosta_inst

Tari oleh Ki Jopo dari sanggar Sumarah Purbo Batu, fragmen topeng seribu wajah, tanggal 25 Januari di kantor Koramil Singosari jam 10.00 WIB, Monoplay sintren topeng Jawa Timur. cp: Ki Jopo 081334702682,+6281555982736.

PAMERAN Pameran Lukisan di DKM Pameran lukisan dari 13 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya di gedung Dewan Kesenian Malang Jalan Mojopahit 3 Malang. Info: Anthony Wibowo sekjen dewan kesenian malang 0817388709.

VIP Group menggelar Malang Wedding Expo 2014 di Atria Hotel & Conference Malang, 14-16 Maret 2014. Selama aca ra berlangsung aka nada acara pen dukung, seperti fashion show, make up show, model hunt of the year, accoustic live, wedding talk show dengan bintang tamu pasangan se lebritis yang baru menikah.

KOMPETISI Pekan Prestasi Mardi Wiyata Tanggal 26 Januari – 2 Februari 2014. Pertandingan Futsal, scrabble, Kompetisi MIPA, Pramuka Kreatif dan Lomba Paduan Suara SD/MI se Kota Malang, raih hadiah total 12 Juta, info Hub SMPK Mardi Wiyata Jl.Semeru (0341) 366178, Pak Yos (081333277722)

KEAGAMAAN Sosialisasi Al Quran Digital Ikuti sosialisasi Al Quran Digital dan rekruting konsultan Al Quran digital, Minggu 26 Januari di Jalan Kembang Kertas 15C Malang. SMS Totok 081805131258 (gratis)

Gerak Jalan Bersholawat Karang Taruna Kelurahan Blimbing menggelar Festival Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H, gerak Jalan bersholawat, bazar, donor darah dan santunan dhuafa, di halaman Masjid Sabilillah, pada Minggu, 26 Januari 2014 jam 06.00 – selesai.

Bustanul Qiro’ah Kegiatan Bustanul Qiro’ah di Masjid Ahmad Yani, setiap Rabu pukul 15.30-17.00 WIB. Jadwal hari Senin dan Kamis.

POJOK CEMOT C e r i t a

M o t i v a s i

MARK ZUCKERBERG,

MILIARDER TERMUDA PERNAH mendengar situs jaringan pertemanan Friendster? Konon, melalui situs tersebut, banyak orang-orang yang lama tak bersua, bisa kembali bbersatu, t reunian, i ddan bbahkan hk bberjodoh. j d h K Karena it itulah, l h situs pertemanan itu beberapa waktu lalu sempat sangat popular. Karena itu, tak heran jika setelah era suksesnya Friendster, berbagai situs jaringan pertemanan bermunculan. Salah satunya adalah Facebook. Facebook ini sebenarnya dibuat sebagai situs jaringan pertemanan terbatas pada kalangan kampus pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mahasiswa Harvard University tersebut-kala itu-mencoba membuat satu program yang bisa menghubungkan teman-teman satu kampusnya. Karena itulah, nama situs yang digagas oleh Mark adalah Facebook. Nama ini ia ambil dari buku Facebook, yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam satu kampus. Pada sejumlah college dan sekolah preparatory di Amerika Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang baru agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan. Pada sekitar tahun 2004, Mark yang memang hobi mengotak-atik program pembuatan website dan berhasil menulis kode orisinal Facebook dari kamar asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya butuh waktu sekitar dua mingguan. Pria kelahiran Mei 1984 itu lantas mengumumkan situsnya dan menarik rekan-rekannya untuk bergabung. Hanya dalam jangka waktu relatif singkat-sekitar dua minggu-Facebook telah mampu menjaring dua per tiga lebih mahasiswa Harvard sebagai anggota tetap. Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang kuat untuk menarik banyak orang bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak seniornya-Bill Gatesmemilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya-Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes-Mark kemudian membuka keanggotaan Facebook untuk umum. Mark ternyata tak sekadar nekad. Ia punya banyak alasan untuk lebih memilih menyeriusi Facebook. Mark dan rekannya berhasil membuat Facebook jadi situs jaringan pertemanan yang segera melambung namanya, mengikuti tren Friendster yang juga berkembang kala itu. Namun, agar punya nilai lebih, Mark pun mengolah Facebook dengan berbagai fitur tambahan. Dan, sepertinya kelebihan fitur inilah yang membuat Facebook makin digemari. Bayangkan, Ada 9.373 aplikasi yang terbagi dalam 22 kategori yang bisa dipakai untuk menyemarakkan halaman Facebook, mulai chat,

game, pesan instan, sampai urusan politik dan berbagai hal lainnya. Hebatnya lagi, sifat keanggotaan situs ini sangat terbuka. Jadi, data yang dibuat tiap orang lebih jelas dibandingkan situs pertemanan lainnya. Hal ini yang membuat orang makin nyaman dengan Facebook untuk mencari teman, baik yang sudah dikenal ataupun mencari kenalan baru di berbagai belahan dunia. Sejak kemunculan Facebook tahun 2004 lalu, anggota terus berkembang pesat. Prosentase kenaikannya melebihi seniornya, Friendster. Situs itu tercatat sudah dikunjungi 60 juta orang dan bahkan Mark Zuckerberg berani menargetkan pada tahun 2008 lalu, angka tersebut mencapai 200 juta anggota. Dengan berbagai keunggulan dan jumlah peminat yang luar biasa, Facebook menjadi ‘barang dagangan’ yang sangat laku. Tak heran, raksasa software Microsoft pun tertarik meminangnya. Dan, konon, untuk memiliki saham hanya 1,6 persen saja, Microsoft harus mengeluarkan dana tak kurang dari US$ 240 juta. Ini berarti nilai kapitalisasi saham Facebook bisa mencapai US$15 miliar! Tak heran, Mark kemudian dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri. Niat Mark Zuckerberg untuk sekadar ‘menyatukan’ komunitas kampusnya dalam sebuah jaringan ternyata berdampak besar. Hal ini telah mengantar pria yang baru berusia 23 tahun ini menjadi miliarder termuda dalam sejarah. Sungguh, kejelian melihat peluang dan niatan baiknya ternyata mampu digabungkan menjadi sebuah nilai tambah yang luar biasa. Ini menjadi contoh bagi kita, bahwa niat baik ditambah perjuangan dan ketekunan dalam menggarap peluang akan melahirkan kesempatan yang dapat mengubah hidup makin bermakna. Sumber : andriewongso.com

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


21

MALANG POST

RABU, 29 JANUARI 2014 MALANG

•HONDA•

RUMAH

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

PIJAT

MOBIL - MOTOR

HONDA Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313

AREMA TRANSPORT Sewa mobil + sopir murah di Malang,Tujuan wisata Surabaya , bromo , injen dll. Armada : Xenia,Avanza,Innova,Elf dll.082140434845/081252330175

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

APA anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih

MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/2

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/2

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/2

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/2

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/1

DAIHATSU DI JUAL cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/2

JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.03419187273 BG-23/1

BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/1

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/1

BL-24/1

PERUMAHANMURAHbersubsididan umum harga dan angsuran terjangkau hub robby 8439252/085755178932/ bb :75BAF866

DIJUAL H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli.

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad)

BG-20/1

BG-22/1

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/1

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca lm 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/1

BL-22/1

JUAL cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/1

J.TNH Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/1

BG-12/2

DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/1

BG-23/1

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/1

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-21/1

RUMAH

• SUZUKI •

BG-19/2

PROMO wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999 BG-24/1

KARIMUN wagon r super um 20 jtan angs 1 jt-an full ac, irit, aman, nyaman buktikan 0341-3199515 BG-24/12

PESTA ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/1

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/ 1

GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai.Mobil baru Suzuki Hub: Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/1

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/1

•HONDA• DIJUAL HNDA Accord VTiL exlusive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/1

MP JUAL

MP-Jual : Jasa design gra s. Setting dan edit. Pembuatan banner. Spanduk. Stiker. Kaos. Label baju. Dll. Hubungi : 0838 4858 3511

BG-3/ 2

DJUAL cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/2

DIJUAL rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736 DIJUAL RUMAH SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 03417390008 BG-31/ 1

GRIYA LANDUNGSARI dekat terminal & kampus T36/72, 200jt 082232787980/ 085785950550/ 7082972

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/1

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/1

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/1

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego

KEHILANGAN STNK STNK spd mtr Suzuki mrh’07 N-3306 -AJ noka:MH8BF44WA7J121149 nosin:F4811D121286 a/n Yuwono d/a Jl J A Suprapto II-B No. 320 Kota Malang Hub:083848123625 BL-29/1

STNK spd mtr Honda/Blade’09 N-5488 -BL noka: MH1JBB1149K056679 nosin: JBB1E1059082 a/n Galuh Suryakusumah d/a Jl. Terusan Sulfat 1 Rt.002/005 Kel. Pandanwangi Kec. Blimbing Kota Malang BL-29/1

STNK spd mtr Kawasaki’07 N-2013 -CH noka:MH4AN112B7KP11141 nosin:AN112BEPC8832 a/n Alimin d/a Jl. Budi Utomo 30 Rt.03 Rw.05 Kel. Mulyorejo Kec. Sukun Malang BL-30/1

DBTH Sales,Motoris u/ P.Rokok min SMU kode ATK BG-26/2

DCR ibu rumah tangga pensiunan/PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BG-31/ 1

DIJUAL cpt rmh pondok mutiara asri D3/2 SHM, LT.77, full bangunan, LT2(14M), rehaban bru dcat, 115 jt, ngo, hub 08179607880

DIBUTUHKAN karyawan l/p max 25 th. Komunikasi oke, penempatan Jatim, ada jenjang karir, gaji+komisi oke. Kirim ke:HRD Atlantic Jl.Bukit Barisan 16 Mlg

BG-9/2

BG-7/2

J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/2

RUKO 2lt Rp. 500jt 4x15m Depan SD Tasikmadu. Rumah neighborhod NI-10. Sawojajar Lt.140m 3 kmr 2 garasi. BG-5/1

JUAL RMH lb 5,5x17 m2 lt 700 m2 shm jambon pakis kembar pakis hub: 0341-7014426 BL-15/1

J RMH BRU MINIMALIS tipe 36 lt96 karangduren Gg6 hrg 155jt hub 081805134967/081333711860

BG-19/2

DANA TUNAI BUTUH DANA CEPAT+trm gadai titipkan laptop/hp/kendaraan +BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448 BG-4/2

TUTUP Kartu kredit/ KTA hanya bayar 30% lunas 100%. Hub. Tinah 081291312529 BL-3/2

BIMBEL BIMBEL online fokus A = fokus nilai 100 pasti meraih juara di kelasnya. Dibuka juga peluang distributor. (0341) 8854848

BL-26/1

BG-8/2

Mp-Jual: JASA ” PIJAT TRADISIONAL” KHUSUS PANGGILAN Hub; Bpk. Pujianto. HP 085791441703. ’Hari - RABU - libur’

MP-CARI : chasing hp full set/ tulangnya saja samsung SGH U 800 hub/sms : 081944998746

MP-jual: toko d psar gadang lama ukuran 3x5mtr hub.03412959744. 085859344480 nego.

MP-JUAL:rmh 2 lantai lt210m2, lb290m2,6kmr tdr 4kmr mandi(water keather),r.tamu,r. klrg,r.tngah,dapur,garasi HRG 1,2M nego hub 085608766656

MP-CARI

MP-Cari : Mitra kerja Income s/d 350 ribu per hari nyata dan pasti buktikan! dikerjakan di rumah barang dari kantor hub/sms 082143593393 Mp-Cari : tenaga bisa sablon stiker. Kertas.Kaos .Hub.0341_9611493 MP-CARI: Rmh yg hrgnya max 100 jt ,mobil bs masuk. Hub : 081 333 644 775

MP-cari : ruko disewa 500/ bln sekitar jln pulau mlg hub 083834769706 MP-Cari : PRT Wanita umur 25 Max 40.Th di utamakan mau Tdr dalam. Gaji 700.Rb per/Bln Hub:0341-9573338 MP-CARI: MUSLIM/MUSLIMAT YANG BERMINAT JADI KONSULTAN ALQUR’AN DIGITAL,KOMISI BANYAK.(TOTOK-SMS085646558182) MP-cari : karyawan laki2 max 20 thn,bisa sepeda motoran ,menarik untuk kerja di toko minat hub.03416358666-081334704478. Segera MP-CARI : 10 orang tenaga penjualan kayu jabon. Butuh cepat, bisa part time/full time. Hub. 085336547073 atau 0341-2544333.

BG-07/12

BG-22/2

RENTAL komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS”

JUAL AYAM PRESTO siap goreng + ati + ampela. Harga Rp 40 ribu, beli 5 ekor disc. 10% .Hub.Mister penyet resto Jln. Terusan Dieng 49B Malang. 0341-575402 BG-20/2

WARUNG ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091

BG-9/2

BG-5/2

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910

KURNIA CATERING melayani rantang harian nasi kotak, tumpeng, aqiqah, paket pernikahan jl. simpang sulfat utr VII kav.9 mlg.7044407,085790951701 bb27C8C458

BG-5/2

SUPER GAME MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2

FM SALON SPA promo 2014 hair cut p/w 25rb, colouring mlai 50rb, smoothing mlaii 150rb, buka jm 9 pg- 9 mlm JL.sarangan 1c/ JL.mayjen panjaitan 9if malang . 08123384948 BG-29/1

BELLE NATURAL SOAP sabun organik tanpa bhn kimia , detergent untuk mencerahkan & menyehatkan kulit (0341)566313/www. facebook.com/ BelleNaturalSoap/ 081555626161 BG-27/1

JAPANNESE STYLE DJ Salon & Spa Jl.Danau Kerinci F9C Kav.27 (Rko Pasar Sawojajar) Telp. 0341-710605/ 085855159139. Menerima pembayaran debit/visa/ master card. Cab. Jl.Kertoraharjo no.86. Dinoyo Malang

BG-23/12

ASHAFA Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/12

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

BG-25/1

BG-30/12

REDLINE understeel menerima perbaikan & rekondisi shock breaker, ceper tnp ptg per, tie road, ball joint dll. Jl Danau Jonge H4 e/30 Sawojajar. 083890284888/ 9510798

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

BG-8/2

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

KURSUS piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292 KURSUS sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub: 081381516060

BG-19/12

BG-31/12

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333

BG-6/1

BG-26/12

JUAL Program toko & akutansi Rp 300.000,-. Telp 0341-9000144. www.jualprogramtoko.com. Jl Tondano Dalam 11 A2-B6 Sawojajar Malang

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-18/2

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/2

NIA Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/12

LOWONGAN

KULINER AYAM GORENG ROKER Special Krutung Gurih & Sedap Manis. Mulai Rp.8500 s/d Rp.12500. Jl. Danau Bratan & Jl. Simp. Sulfat Utara Malang. Telp.710812-413511

BG-17/12

BG-19/12

BG-3/ 2

MP-Jual : beras sehat kemasan 5 kg @ Rp 8500/kg siap antar, hub sms -Endik Malang+6282231724255

MP-Jual: Parfum import kualitas mulai KW,ORI SINGAPORE,ORI NONBOX,ORI dgn Kualitas BPOM. Hub: 081944816820, 081944816850. BERGARANSI.

BG-2/1

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341

MP-JUAL : ayam goreng Nuke terima pesanan untuk ulangtahun,arisan dll hanya dengan 8000/kotak..hbngi 081805004366

MP- jual: sepeda lawas,roda 2,brng msih bgus,bermint hub pk kurdi:081945188467

BL-16/112

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BG-8/12

JUAL RUMAH daerah Kedawung. LT 182 m2 , LB 220m2, tingkat, SHM. Jl lebar ada garasi. Hub. Bu Jemmy Jl.Alumunium 11A . 081 945 399 899

BG-17/2

SUZUKI KATANA 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505

BL-25/1

JUAL rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego

BG-11/1

BG-23/1

BG-24/1

BL-18/1

BG-26/12

CV. ABADI mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka

BG-07/2

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal,dll) Jl. Bela Negara ruko taman niaga rampal K.V1 Tlp: (0341) 9374077 (0341)7474006, 081233130971

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

BG-28/1

DIJUAL:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188

INSTALASI CC TV ONLINE rekam & pantau 24 jam via hp/laptop. Garansi 3 thn! rechnoMax Enginering. (0341)7071099/081805108666 ruko soekarno hatta indah E5

BG-3/ 2

DIJUAL CPT, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174

JUAL KIJANG SSX 1.8 bensin 03 Perum Bumi Asri THP.2 L22 Hub. 087852429547 DIJUAL toyota Grand Extra 95 Biru audio Tv 78 jt nego Hub.03417375040

BG-10/2

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516

BG-28/1

GUDANG PETA ADVENTURE melayani rent. trail, jeep, car, land rover, paket sunrice bromo, jelajah hutan, gunung, pantai, udara. Jl.Urip Sumoharjo 55 Rampal. 8690171.

BU JUAL Pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman)

KONTRAKAN

JUAL KIJANG Krista diesel 01 Perum Bumi Asri THP.2 L22 Hub: 0818303347

BG-23/2

BG-9/2

DIJUAL 2 bedak (gandeng). Nego ukuran 3x5 m di pasar Gadang lama. Hub. 0341 2959744/ 085 859 344 480

TOYOTA

BG-19/1

DJL rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784

NAIK/TURUN berat badan sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260

MUNYUMUNYU terima pesanan T-shirt, polo T-shirt, houdy, jumper, kemeja, jaket. Jl sumbersari Gg 3 No.226C. 082132630151 (munyumunyu_dsg@yahoo.com)

GEBYAR Diskon akhir thn: Mitsubishi Pajero, outlander, mirage, cash back s/d 25Jt. Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235

BG-30/1

BG-26/1

DIJUAL rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

BG-24/2

BG-17/1

TOKO

BG-5/1

DJL Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008

TANAH

MITSUBISHI

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872

BL-26/1

SOFA/SPRINGBED anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg

BG-26/12

BG-26/12

PIJAT PIJAT TUNA NETRA numani melayani p/w. Rp25 Rb / 1,5 jam , fasilitas mandi air hangat . terima panggilan JL.Ki ageng gribig no2 (dpan pgsd kampus 2/ex s60) 03417442111 BG-29/1

BG-20/1

TRIMA PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202

TOKO IYAN TOYS Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298

PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/ cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965 . Dijamin fresh.

BG-18/01

BG-13/2

BG-14/2

BG-8/2

BG-3/2

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12

PENGOBATAN “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel Hub 085774410568 no sms BG-7/2

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

TOUR & TRAVEL JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. CarterTour Wisata -Rent Car Tdriver 7532 36/082333711779/081333322779 BG-28/2

BMS RENT CARS karimun estilo/ xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/ luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 03417748248/2149988/081333373338 BG-30/12

PATTAYA Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp.4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01

TOUR & TRAVEL “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

MADESTA (ex WBU) melayani travel & carteran mbl pribadi/agktn barang,pindahan. Sgl jurusan. Jl.Alumunium 11A Mlg. 0341485833,5412993,087859044033. Trm kos harian/bulanan BG-7/2 “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/12 ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/12 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web site: www. su rya travel. com. BG-29/11 WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Vel re, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/12 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/12 KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/1 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/2


AREMA AREMA CRONUS CRONUS

RABU, 29 JANUARI 2014

22

UJI COBA: Arema saat melawan PS Malang Post di Stadion Gajayana kemarin sore. Uji coba ini sebagai upaya menambah jam bermain bagi Samsul Arif dkk menjelang Kick off ISL awal Februari.

Arema

Makin Oke MALANG - Arema Cronus kembali menggelar laga uji coba menjelang laga perdana di Indonesia Super League (ISL) 2014 yang akan kick off lima hari lagi. Kemarin (28/1) di Stadion Gajayana Malang, tim anggota internal Pengcab PSSI Kota Malang, PS Malang Post menjadi lawan tanding tim berjuluk Singo Edan itu. Laga ini berakhir dengan kemenangan bagi Arema Cronus dengan

skor 7-0 (3-0). Bermain di kandang lama mereka, Arema langsung melancarkan serangan sejak menit-menit awal pertandingan. Akan tetapi, Malang Post memberi perlawanan serius. Terbukti, beberapa serangan Arema yang dimotori Samsul Arif berhasil dipatahkan barisan bertahan Malang Post. Tim yang menggunakan kostum oranye-oranye ini bahkan sempat

RIZAL FANANY / MALANG POST

sesekali merepotkan benteng pertahanan Arema. Beruntung, Munhar dan Juan Revi sukses mengamankan serangan yang dilancarkan para pemain depan Malang Post. Kebuntuan baru terpecah di menit 30 ketika Arema mendapat hadiah penalti. Arif Suyono yang dipercaya sebagai eksekutor sukses melesakkan bola ke dalam gawang Malang Post. Gol Keceng, julukan Arif Suyono, melalui titik putih ini membuka skor menjadi 1-0. Gol ini membuat mental para pemain Malang Post menurun. Hasilnya, lima menit berselang Arema menambah gol melalui sepakan Sunarto. Kedudukan kembali berubah menjadi 2-0 untuk Arema. Menit 39 giliran I Gede Sukadana yang menyumbangkan angka. Tendangan jarak jauh Sukadana gagal diantisipasi kiper Malang Post sehingga merubah skor menjadi 3-0. Kedudukan 3-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Arema semakin gencar melancarkan serangan. Pertandingan babak kedua baru berjalan 3 menit, Arema kembali

memperbesar keunggulan. Pemain yang baru saja direkrut dari Arema U-21, Iman Budi sukses menjebol gawang Malang Post untuk merubah skor menjadi 4-0. Tak puas dengan kemenangan empat angka, Arema menambah tiga gol lagi. Satu gol tercipta melalui Sundulan Munhar menit 65 setelah mendapat umpan dari Arif Suyono dari sisi kanan lapangan. Dua gol sisanya dilesakkan oleh Sunarto dan Hendro Siswanto. Skor menjadi 7-0 dan bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Menanggapi hasil ini, pelatih Arema, Suharno mengaku tidak terlalu mengacu pada hasil pertandingan. “Kami hanya memberi jam tambahan kepada pemain yang kurang mendapat kesempatan selama pra musim,” kata pelatih asal Klaten itu ketika ditemui usai pertan-

dingan. Sementara itu, Pelatih Malang Post, Andri Basuki menyatakan bahwa timnya memang kalah kelas

dengan Arema. “Secara tim memang kita kalah kelas. Sebenarnya kita juga belum siap uji coba karena kompetisi masih lumayan lama,” ujarnya. Andri, sapaan akrabnya, menilai bahwa anak asuhnya melakukan kesalahan disebabkan turunnya mental. “Kesalahan tadi terletak di mental. Secara skill individu anak-anak berani menghadapi. Tadi kita juga sempat ciptakan beberapa peluang. Kita mainkan hampir semua pemain agar semua merasakan main lawan idola mereka tim besar ini,” pungkasnya.(rul/lim)

Hendro Optimis Juara MALANG - Kekompakan yang ada di tubuh skuad Arema Cronus membuat banyak pihak yakin bahwa tim kebanggaan Aremania ini akan kembali meraih gelar juara di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Salah satu pemain yang optimis ialah Hendro Siswanto. Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia U-23 ini menyatakan bahwa Arema saat ini telah menemukan kekompakannya. “Soal juara,

lebih baik kita usaha keras dulu tiap pertandingan, kalau menang terus di semua pertandingan kan otomatis bisa juara,” kata Hendro, sapaan akrabnya. Optimisme itu muncul lantaran Hendro melihat Arema musim ini berbeda dengan Arema di musim lalu. “Bisa dibilang permasalahan Arema musim lalu hanya masalah kekompakan,” jelas Hendro. Musim lalu memang se-

cara materi pemain Arema layak menjadi juara. Ditambah lagi dengan polesan pelatih sekelas Rahmad Darmawan yang telah melalang buana di dunia sepakbola. Anehnya tim ini hanya finish di urutan kedua. Disinyalir tidak adanya kekompakan musim lalu lantaran kapten kesebelasan, Greg Ngwokolo tidak mampu membuat nuansa kebersamaan di dalam tim. Saat ini, Arema telah mem-

boyong para pemain asli Kera Ngalam kembali membela Singo Edan. Ditambah besutan duet pelatih SuharnoJoko ‘Getuk’ Susilo yang tampak mesra membuat tim ini semakin kompak. “Saya optimis tim ini bisa berprestasi karena jauh lebih kompak dari pada musim lalu,” tambah Hendro. “Musim lalu Arema sudah runner up, berarti sekarang sudah saatnya,” pungkasnya. (rul/lim)

Dimeriahkan 400 Siswa Akademi Arema MALANG - Launching Arema Cronus hari ini (29/1) tidak hanya menghadirkan musisi papan atas Indonesia, God Bless dan Power Metal saja. Namun acara akan dimeriahkan oleh ratusan siswa Akademi Arema. Hal itu diungkapkan oleh Manager Operasional Akademi Arema, Sudarmaji. “Besok (hari ini, Red) siswa Akademi Arema akan kontes di depan Aremania. Mereka akan turut andil menyemarakkan launching seniornya,” ujar Sudarmaji. Mengenai jumlah siswa Akademi Arema yang hadir, pria yang juga menjabat sebagai Media Officer Arema ini menyebut, 400 siswa akan datang di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Ia menambahkan, jumlah tersebut diambil dari siswa Akademi Arema di semua rayon. “Kita ambil dari semua rayon. Agar rata jadi tidak ada pilih kasih, semuanya terlibat,” tandas Sudarmaji. Nantinya, lanjut Sudarmaji, para siswa ini akan menunjukkan skill sepakbola secara masal. “Seperti jugling ataupun free style,” imbuh pria yang pernah berprofesi sebagai wartawan ini. Seperti diberitakan, rangkaian kegiatan launching tim and jersey Arema cronus hari ini akan mengarak sejumlah piala yang telah diraih Arema selama beberapa tahun terakhir. Road to Champion itu akan digelar pada pagi hari, diikuti beberapa komunitas seperti komunitas pemilik moge Harley Davidson, Makota Riders, komunitas mobil mewah, dan Porsche Merah Putih. Sedangkan launching Arema di yang gelar secara kolosal di Stadion Kanjuruhan, akan dimeriahkan puluhan seni tradisional oleh Aremania, berbagai lomba. Pada malam hari, akan ada prosesi perkenalan tim dan jersey Arema untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014.(rul/lim) REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: REEP


AREMA CRONUS

RABU, 29 JANUARI 2014

23

Kebesaran Singosari, Ilhami Stadion Rp 1 Triliun Sambungan dari Halaman 24

AREMA FOR MALANG POST

MUSIK CADAS: Personel Godbless bersama piala yang diraih Arema. Hari ini, grup rock terkenal itu akan tampil diacara lauching tim.

Godbless Siap Hentak Aremania MALANG–Cadas dan keras. Begitulah musik yang dijanjikan oleh Godbless dalam launching Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, hari ini, Rabu 29 Januari 2014. Dengan semangat kebanggaan dan harga diri musisi gaek, band rock era 80-an tersebut siap menghentak Stadion Kanjuruhan dalam acara launching Arema.

Ahmad Albar, vokalis Godbless, menyebut bahwa dirinya sangat bangga bisa kembali menjadi band yang tampil dihadapan puluhan ribu Aremania. “Bagaimanapun, main musik di Arema itu adalah kebanggaan Godbless. Apalagi kita juga punya gitaris dan keyboardis Arek Malang. Jempol deh pokoknya buat

Arema - Pelita, Punya Jalan Sejarah Sambungan dari Halaman 24

Tapi setelah saya jelaskan, kalau Pak Nirwan ngurusi Arema, itu sama saja dengan memenuhi pesan almarhum Pak Ahmad Bakrie. Meski begitu, Pak Nirwan butuh waktu untuk memutuskan. Seminggu berselang, baru keputusan itu ada. Keputusannya? Arema dan Pelita tidak dilebur. Biarkan keduanya berjalan dengan sejarahnya. Cuma, salah satunya harus dijual. Dan sekarang, Pak Nirwan sangat puas. Pelita tetap hidup, walau bukan miliknya lagi. Ibaratnya, Pak Nirwan menceraikan istri (Pelita) dan menikah dengan Arema. Pak Nirwan suka melihat mantan istrinya hidup bahagia. Kalau dia susah, Pak Nirwan akan ikut berdosa. Kemudian melihat Arema yang sekarang ini, sangat membanggakan Pak Nirwan. Kemana-mana, dia selalu membanggakan Arema. Berbicara soal Bakrie, bagaimana agar tidak dikaitkan dengan politik! Semua tergantung sudut pandang orang. Jika orang sudah melihat dari sudut pandang negatif dan antipati,

ya susah. Apalagi orang, punya warnanya masing-masing. Misal, seorang Bakrie punya klub dan sekarang dia mau maju presiden, pasti orang akan seperti itu. Tapi kalau kita mau mengaca pada sejarah, Bakrie belum jadi capres, atau jadi menteri, sudah ngurusi sepakbola. Ingat, 20 tahun lalu, keluarga Bakrie sudah punya klub di Italia, namanya Torino. Jadi sekarang, kita harus melepaskan dari kondisi seperti itu. Ini benar-benar murni mengurus bola. Kebetulan saja, Kakaknya Nirwan Bakrie, sedang mau maju jadi presiden. Itu kebetulan saja. Soal warna kuning dalam kostum? Hahahahaha. (Iwan tertawa l e b a r, s e m b a r i s e s e k a l i mengisap rokoknya). Ada orang yang tanya seperti itu. Saya bilang, kamu lihat kostum Joma (sponsor Arema, Red.) yang diluar negeri, pasti ada kuningnya. Apalagi, salah satu sponsor kita, IM3, juga warna dasarnya kuning. Jadi tidak ada kaitannya dengan politik. Kita hanya pengen punya kostum, yang enak dilihat, ketika dipasang logo sponsor. Toh, kostum utama kita tetap didominasi warna Biru. (avi)

Arema,” terang Iyek sapaan akrabnya Dalam pressconference di Kantor Arema Jalan Kertanegara 7, sore kemarin, vokalis gaek berambut kribo itu siap membawakan sembilan lagu untuk menghibur Aremania. Sembilan lagu itu bakal menghentak penonton yang diperkirakan mencapai 40 ribuan suporter. Godbless bakal mendapatkan tantangan dalam perjalanan karirnya yang sudah sangat matang. Tapi, Ahmad

Albar tidak gentar dengan puluhan ribu penonton yang menyaksikan Godbless. Malahan, Iyek mengaku sangat antusias. “Tahun lalu luar biasa, kita main di hadapan Aremania yang antusias, tahun ini akan lebih luar biasa lagi, karena kita main outdoor,” tegasnya. Sementara itu, keyboardist Godbless, yang juga Arek Malang, Abadi Soesman mengakui bahwa Arema masih menjadi ikon Malang. “Arema sik pancet. Masih jadi ikon Malang, masih jadi ikon

sepakbola nasional. Sekarang Arema semakin maju, bukan cuma reputasi Arek Malang, tapi prestasinya juga patut dibanggakan,” tutur Abadi. Godbless sejatinya memiliki keinginan untuk membuat album khusus tentang Arema dan sepakbola. Namun, sampai sekarang belum kesampaian. “Kayaknya dari dulu kita kepingin. Tapi belum kesampaian. Semoga saja dalam waktu dekat bisa kolaborasi, semoga bisa bikin album temanya bola,” tutupnya.(fin/jon)

GUEST/MALANG POST

TUMPLEK: Aremania akan memadati Stadion Kanjuruhan menyaksikan launching tim.

Power Metal Bawakan Lagu Satu Jiwa MALANG – Power Metal, band yang disebut sebagai band rock klasik terbaik Indonesia itu, bakal membawakan lagu yang penuh arti untuk Aremania. Seperti Salam Satu Jiwa yang jadi jargon utama Arema, Power Metal juga memiliki lagu berjudul hampir sama, yakni Satu Jiwa. Power Metal pun sudah memberi isyarat bakal membawakan lagu tersebut dalam launching Arema hari ini, Rabu 29 Januari 2014. “Yang pasti ada nilai plusnya bagi Power Metal bila membawakan lagu Satu Jiwa. Seperti Arema yang punya salam satu jiwa, kita juga punya musik yang menyatukan, yakni Satu Jiwa,” tegas vokalis Power Metal, Arul Efansyah dalam pressconference di Kantor Arema Jalan Kertanegara 7, kemarin. Arul pun berharap, kehadiran Power Metal di Stadion Kanjuruhan bisa diterima dengan baik oleh Aremania. Sebab, band yang dikenal

lewat beberapa tembang seperti Angkara itu, belum pernah manggung di Stadion Kanjuruhan. Menurut Arul, launching hari ini adalah pengalaman pertama Power Metal manggung di hadapan Aremania. “Mudah-mudahan kita dapat sambutan bagus dari Aremania. Kita sangat bergairah, karena penonton dipastikan banyak seisi Stadion Kanjuruhan. Kita juga berharap lagu-lagu kita bisa diterima Aremania, termasuk lagu Satu Jiwa,” tegas vokalis berambut gondrong tersebut. Arul menyebut, Power Metal bakal membawakan 9 lagu dari berbagai albumnya dari hasil perjalanan karir musik rock di Indonesia. Semua lagu tersebut, dipersembahkan secara khusus untuk Aremania dan launching Arema.” Kita tetap bertahan di jalur musik rock, kita ingin meningkatkan selera dan membangkitkan kembali gairah masyarakat Malang kepada musik rock,” tutup Arul.(fin/jon)

Manajemen, juga sudah berbicara dengan pihak ketiga, untuk membantu pembiayaan. Salah satunya, dengan ‘menjual’ nama stadion itu selama 10 tahun. ‘’Nantinya stadion ini akan kita namakan perusahaan dari luar. Agar kita punya uang. Tapi itupun perusahaan yang punya hubungan dengan Bakrie Grup. Ada Petrolium, Plantation. Mereka sudah tertarik. Jangka waktunya 10 tahun,’’ papar Iwan Budianto, CEO Arema Cronus Indonesia. Tidak hanya sekadar stadion, Iwan juga bertutur jika kawasan itu akan menjadi one stop football. Artinya, selain stadion tempat pertandingan, juga ada kafe, museum Arema, termasuk tempat menjual merchandise. ‘’Jadi orang bisa kesitu beli kaos, beli pernik, duduk-duduk santai di kafe sama pemain atau lihat sejarah Arema dari awal bagaimana. Pokoknya semua ada di stadion tersebut,’’ sebut Iwan. Ternyata, alasan pemilihan kawasan Singosari untuk membangun stadion, tidak bisa dilepaskan dari sejarah. Iwan meyakini tentang kebesaran Kerajaan Singosari, di masa lalu. Termasuk sejarah Malang Raya, tidak bisa dilepaskan dari megahnya kerajaan yang pernah dipimpin oleh Ken Arok itu. ‘’Kita ingin membangun kembali kejayaan Singosari, lewat stadion Arema. Kita ingin sejarah itu tidak terlupakan. Jika dulu, di kawasan tu ada kerajaan besar. Nantinya, kami berharap di kawasan itu, akan lahir sebuah kerajaan dalam bentuk lain. Stadion Arema,’’ paparnya. Selain itu, tambah Iawan, lokasinya bagus, hawanya dingin dan sangat sejuk. Sangat bagus untuk kawasan olahraga. Termasuk dari sisi ketinggian di atas permukaan laut, juga tidak kalah dengan Batu. ‘’Yang tidak kalah lagi adalah dekat dengan airport, yang tidak terlalu lama lagi, Bandara Abd Saleh, menjadi bandara internasional. Itulah, kenapa kami pilih Singosari,’’ ujar mantan anggota exco PSSI ini. Dengan adanya stadion berkapasitas 65 ribu penonton itu, Arema berharap industri sepakbola, bisa terlaksana. Karena, penonton akan dibuat nyaman dan aman. Mereka tidak lagi kesulitan mendapatkan tiket, karena kapasitas stadion besar. Bahkan, manajemen sudah menyiapkan konsep pembelian tiket, dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi. Tentunya bekerjasama dengan Indosat, lewat IM3. Nantinya, harap Iwan, Aremania jika membeli tiket, cukup lewat sms dengan pemotongan pulsa. Setelah mendapatkan sms balasan, yang berisi nomor kursi dan harga tiket, penonton cukup menunjukkan tiket itu ke pintu masuk, sebagai ganti tiket. Atau menukarkan tiket ke tempat-tempat yang dipilih. ‘’Dengan begitu, penonton pasti dapat tempat duduk. Mau datang jam 5 sore, meski pertandingan main jam 3 sore, mereka tetap ada kursi. Jadi, suporter yang akan dimanjakan,’’ katanya sembari tertawa. Iwan juga optimis kondisi itu bisa dilaksanakan, karena warga Malang Raya, sangat memungkinkan untuk mendukung sepakbola industri. Apalagi, negara yang sepakbolanya maju, pasti negaranya juga maju. Karena mengelola bola itu, cerminan mengelola sebuah negara. Dengan segala macam kesulitannya. Indikasi kearah tersebut sudah ada. Contohnya adalah hak siar televisi. Arema sekarang, kata Iwan, benar-benar menjadi incaran televisi. ‘’Bayangkan, Indosiar mau membeli Rp 2 miliar untuk Inter Island Cup. MNC TV, mau membayar Rp 2,5 miliar untuk Piala Gubernur. Dengan catatan, Arema jadi peserta, Arema jadi tuan rumah dari semua partai. Mulai babak penyisihan sampai final. Mangkanya, ketika final Piala Gubernur dipindah ke Bumimoro, panitia Piala Gubernur didenda. Uangnya tidak keluar semua, hampir 60 persen tidak cair. Mangkanya sampai sekarang hadiah kita tidak dibayar-bayar,’’ kata dia kembali sambil tertawa. (avi)

Arema Sang Pemimpin Dewa Sambungan dari Halaman 24

Saat diakuisisi PT Pelita Jaya Cronus, ada tambahan nama,’’ kata CEO Arema Cronus, Iwan Budianto. Awalnya, tambah dia, nama-nama yang disodorkan direksi selain Arema Cronus adalah Arema Pelita, Arema Pelita Indonesia, Arema Pelita Jaya dan Pelita Arema Indonesia. Artinya, pelita yang menerangi Arema Indonesia. ‘’Bahkan sempat muncul Arema Bakrie. Tapi buru-buru kami tolak. Itu nuansanya sudah seperti politik. Kami akhirnya sepakat memilih Arema Cronus, dengan harapan Arema benar-benar bisa menjadi pemimpin, yang bisa mensejahterakan rakyat. Indonesia tetap kami pakai, karena itu lambang kebesaran,’’ imbuh pria yang baru saja merayakan ulang tahun ke 40 ini. Dia mengakui, tidak mudah untuk sekadar menambah nama Arema. Butuh waktu. Termasuk harus melalui sikap pro dan kontra. Meski satu hal yang tidak akan berubah, adalah ‘Arema’. ‘’Di negara manapun, investor yang mengeluarkan biaya cukup besar, ingin mendapatkan sesuatu. Termasuk PT Pelita Jaya Cronus. Dari berbagai pertimbangan, kompensasi itu lewat nama. Dengan begitu, manajemen Arema Cronus, masih bisa menjual space yang ada di kostum. Bayangkan kalau PT Pelita Jaya Cronus, minta space di dada. Kita bisa jual apa?’’ papar ayah dua putri ini. Sebagai pemilik, Iwan menyadari, PT Pelita Jaya Cronus, berhak nama itu dipasang di posisi paling depan di kostum pemain. Tetapi bagi perkembangan industri sepakbola, sikap itu memunculkan kesan ketidakdewasaan. ‘’Okelah, perusahaan (PT Pelita Jaya Cronus, Red.), menanggung 50 persen dari biaya operasional selama kompetisi. Sisanya, manajemen Arema yang nanggung. Tapi kalau space yang bisa kita jual, sudah ada isinya, bagaimana kita bisa bergerak,’’ tegasnya. Karena itulah, meskipun proses akuisisi itu terjadi pada 2012 lalu, tetapi baru pada musim kompetisi 2014 inilah, nama Arema Indonesia, mendapat tambahan Arema Cronus Indonesia. Alasan penundaan itu, kata Iwan, karena ketika masuk di musim ISL 2012, mereka merasa belum berbuat maksimal Arema. Selain itu, mereka juga ingin melihat respon masyarakat, dari proses akuisisi tersebut. Termasuk ketika masuk musim 2013. ‘’Akhirnya setelah satu tahun lewat, dalam rapat direksi kita sampaikan prestasi Arema. Memang belum juara, tapi kami bisa runner up. Walau waktu itu (ISL 2013, Red.) targetnya adalah juara,’’ tegas suami Ni Putu Evy Shinta ini. Tetapi kenapa tidak juara, juga disampaikan Iwan. Diantaranya, Arema kalah bersaing dengan Persipura. Baik dari sisi teknis, maupun kesiapan tim. Persipura, dengan komposisi pemain tidak berubah, sementara Arema, memulai dengan tim baru. Pemilihan nama Arema Cronus itu, dengan tidak mencantumkan ‘Pelita’ di nama Arema, juga agar membedakan dengan klub sekasta, Pelita Bandung Raya. Karena, memang antara keduanya, tidak ada lagi hubungan. Apalagi ketika awal-awal PT Pelita Jaya Cronus mengakuisisi Arema, yang ditandai dengan penjualan klub Pelita Jaya ke manajemen Bandung Raya, orang masih sempat menganggap, kedua tim itu, pemiliknya sama. Padahal dalam regulasi PT Liga Indonesia, satu pemilik, tidak boleh memiliki lebih dari satu klub, yang bermain dalam satu kasta yang sama. Karena itulah, ketika PT Pelita Jaya Cronus ingin konsentrasi ke Arema, mereka rela menjual Pelita Jaya. ‘’Tapi yang dijual itu hanya slot di ISL. Sementara fasilitas lainnya, tetap milik Arema. Misal pusat latihan di Sawangan dan fasilitas lainnya. Jadi, kami benar-benar menjalankan regulasi itu,’’ papar laki-laki yang pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Kediri ini. (avi) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


AREMA

Sang Pemimpin

DEWA

DALAM Mitologi Yunani, ada salah satu Titan, atau penguasa bumi, sebelum para Dewa Olimpus. Pemimpin mereka, bernama Cronus atau Kronos. Dia adalah putra dari Uranus, yang Dewa Langit dengan Gaia, Dewi Bumi. Cronus, memimpin dunia pada zaman emas. Dia adalah pemimpin termuda diantara para Titan di generasi pertama. Selama kepemimpinannya, manusia hidup dengan teratur dan mentaati hukum yang berlaku.

Orang-orang melakukan perbuatan yang baik dan tidak ada kejahatan. Bisa jadi, mitologi itulah yang membuat Cronus, dipilih mendampingi nama Arema, setelah klub yang berdiri pada 1987 itu, secara resmi diakuisisi oleh PT Pelita Jaya Cronus. ‘’Sebelumnya ada banyak nama untuk Arema. Seperti ketika Arema dibeli Bentoel, namanya menjadi Arema Bentoel. Baca Arema... Hal.23

Kebesaran Singosari,

Ilhami Stadion Rp 1 Triliun

JIKA tidak ada aral melintang, pada 2018 mendatang, Arema Cronus Indonesia, bakal memiliki stadion sendiri. Tidak tanggung-tanggung, stadion itu berkapasitas 65 ribu tempat duduk. Disiapkan dana hampir Rp 1 triliun, untuk membangun stadion tersebut. Saat ini, proses pembangunan stadion itu, sudah pada tahap pembebasan lahan. Jika prose situ berjalan lancar, akhir 2014 atau awal 2015, proses pembangunannya akan dimulai. Baca Kebesaran... Hal.23

IWAN BUDIANTO

Arema - Pelita, Punya Jalan Sejarah Bagaimana sebenarnya, proses akuisisi hingga akhirnya Arema menjadi bagian dari PT Pelita Jaya Cronus? Berikut petikan wawancara dengan CEO Arema Cronus Indonesia, Iwan Budianto. Bisa cerita proses akuisisi itu. Awalnya, sebenarnya ingin dipadukan. Arema digabung dengan Pelita Jaya. Alasannya, Pelita adalah klub yang punya kelebihan dari sisi financial dan infrastruktur. Sedang Arema, punya suporter. Selain itu, industri bola, bisa dilakukan di Malang. Sedang di Karawang (homebase Pelita Jaya, Red.) tidak bisa. Jadi apa yang dimiliki Arema, tidak dimiliki Pelita. Demikian juga sebaliknya. Kalau digabungkan, pasti akan menjadi kekuatan yang besar.

Kenapa tidak jadi? Belakangan dalam proses akuisisi, kami sadar, dua tim itu punya sejarahnya masingmasing. Sangat disayang kalau dilebur. Akhirnya diputuskan, karena memiliki dua tim tidak mungkin, Pelita yang kita jual. Lho, bukankah ada sejarah di Pelita untuk PT Pelita Jaya Cronus? Karena itu, kami harus yakin, orang yang membeli Pelita, bisa menghidupi Pelita dan menjaga Pelita agar marwah sejarah itu tidak sampai hilang. Tapi ingat, yang dijual itu hanya klubnya. Jadi biar Pelita yang sekarang (Pelita Bandung Raya, Red.) memulai dari nol. Sementara lainnya, mengikuti Arema. Posisi anda waktu itu? Jujur, waktu saya diminta untuk mengakuisisi Arema (tahun 2012, Red.), posisi saya waktu itu sangat sulit. Dalam proses itu, Arema dipegang Ruddy (Ruddy Widodo, GM Arema) dan Indra (Sunavip Ra Indrata, Manajer Arema), saya masih di Pelita Jaya. Kemudian saya bilang ke Pak Nirwan Bakrie, sebaiknya saya mundur dari Pelita, agar bisa konsentrasi ke Arema. Kenapa harus mundur? Manajemen di Pelita waktu itu sudah gemuk. Semua seperti matahari. Padahal, mengelola klub itu, mataharinya harus satu. Tidak bisa dan tidak boleh lebih. Tapi saya masuk ke Pelita dan dan dimunculkan sebagai matahari baru. Kan loro kabeh awakku. Karena itu saya izin mundur. Tapi Pak Nirwan menolak. Akhirnya saya bilang, bagaimana kalau dilebur saja. Pak Nirwan Bakrie setuju! Awalnya menolak. Apalagi Pelita itu adalah amanah dari Pak Ahmad Bakrie, ayahnya Pak Nirwan. Beliau menyebut, usaha boleh naik turun, tapi mengelola olahraga jangan berhenti. Basket, voli, sepakbola, jangan sampai berhenti. Sesusah apapun hidupmu, perusahaan kamu, olahraga harus dihidupkan. Kalau perlu, uang pribadimu keluar. Baca Arema-Pelita... Hal.23 PERDANA : Iwan Budianto dan Agus Suryanto, mengangkat tropi Piala Gubernur disaksikan Rendra Kresna.

FOTO-FOTO: GUEST GESANK/MALANG POST REDAKTUR: SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER: SLATEM

Mp2901  

Halaman Mp2901