Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

hari lagi

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

SENIN, 28 APRIL 2014

GRAND FINAL MALANG POST EVENT

Siswi SMAN 5 Putri Kartini 2014 MALANG - Puncak acara pemilihan Putri Kartini persembahan Malang Post tadi malam (27/4) menjadi awal dari langkah panjang Arista Damelia Trisoewito. Siswi kelas XI SMAN 5 Malang ini menyabet gelar Putri Kartini 2014 dalam Grand Final Putri Kartini 2014 yang diselenggarakan di Plaza Araya. Arista tampil memukau dengan perkenalan yang lancar dan lugas yang mengantarkannya ke 20 besar. Demikian pula saat sesi tanya jawab, Arista menjawab pertanyaan dari peserta lain dengan tegas “Ini menunjukkan wawasannya yang luas dan kepribadiannya yang mencerminkan seorang Kartini masa kini,” ujar Juri I pemilihan Putri Kartini 2014, Dyah Mayangsari. Saat ditemui usai penobatan, Arista mengungkapkan keinginan terbesarnya dalam mengemban tugas sebagai Putri Kartini 2014. “Saya ingin mengajak teman-teman Putri Kartini lain untuk aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Misalnya di Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) yang saya terjuni saat ini,” ujar putri kebanggaan pasangan Rinekso Trisoewito (alm) dan Titik Pudji Dyah tersebut.

JAWARA: Arista Damelia Trisoewito (kanan) usai menerima mahkota Putri Kartini 2014 dari Zaimatul Ummah (kiri) yang merupakan juara tahun lalu.

Baca Siswi....Hal 7

MUHAMMAD FIRMAN UNGGUL PRABOWO/MALANG POST

BANGUNAN SMK PGRI 3 DISEGEL Harap Mediasi, Siswa Tetap Boleh Sekolah

MALANG - Perseteruan antara pendiri dan pemilik lahan SMK PGRI 3 Malang, dengan Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan (PPLP) Dasar Menengah (Dasmen) PGRI Jawa Timur (Jatim), akhirnya benar-benar meletus. Kemarin, 12 pendiri sekolah yang ada di Jalan Jalan Raya Tlogomas IX Nomor 29 Malang, datang dan langsung menyegel sekolah. Mereka mengelas pagar dan memasang besi di pintu masuk. Selain itu, aksi segel yang dimulai pukul 06.15 tersebut, juga memasang beberapa banner terkait permasalahan itu. Beberapa banner ini berisi tulisan: ‘’Sudah 26,5 tahun kita telah terbukti dan teruji mengelola SMK PGRI 3 secara profesional, berkualitas dan bertanggungjawab. Jangan mengkhianati masyarakat pengguna sekolah.’’ ‘’Kita sangat sadar, semua guru dan karyawan SMK PGRI 3 adalah teman sejawat. Mari kita kembalikan pengelolaan sekolah secara profesional seperti sediakala. Jangan mengkhianati masyarakat pengguna sekolah.’’ dan ‘’Ge-

dung ini dikuasai oleh pendiri SMK PGRI 3 Malang sebagai pemilik. Dilarang masuk tanpa izin pendiri.’’ ‘’Kami juga memasang tulisan : Jangan resah bagi seluruh orang tua atau wali siswa yang putra dan putrinya akan naik kelas XI dan XII.

Baca Bangunan....Hal 7

PPLP 1. Tahun 1986, didirikan oleh 16 dosen Polinema bekerjasama dengan PGRI Jatim. Dau. 2. Tahun 1987, terbit izin Kakanwil P & K Jatim bernama STM PGRI ional. 3. Tahun 1992, pendiri, guru dan karyawan himpun dana untuk operas operasional. 4. Tahun 1997, pendiri agunkan SK PNS ke bank untuk tambahan 5. Tahun 2005, dana terkumpul Rp 1,35 miliar. peralatan 6. Tahun 2006, dapat bantuan dari pemerintah untuk beasiswa dan praktik. dan bangu7. Januari 2001, sempat dibicarakan permasalahan biaya sewa lahan nan. 3 8. Januari 2014, PPLP PGRI Jatim ambil alih pengelolaan SMK PGRI Malang. sekolah 9. April 2014, pendiri atau pemilik lahan menyegel lahan dan gedung siswa. seluas 400 meter persegi yang menaungi 2.800

MARGA NURTANTYO/MALANG POST

TEGANG: Beskinur yang dikawal anggota Intelkam Polres Malang Kota sempat bersitegang dengan guru dan karyawan sekolah.

100 Ribu Warga Ikut Jalan Sehat Ditandai Launching Buku Buatan Malang Post MALANG - Peluncuran buku ‘Bangga Menjadi Arek Malang’, persembahan Malang Post Forum dan d’Kross Community, menjadi salah satu momen bersejarah dalam perayaan satu abad Kota Malang. Minggu (28/4) kemarin, buku setebal 106 halaman itu, dilaunching bersamaan dengan gelaran Jalan Sehat Sadar Pajak Seabad Kota Malang di panggung Jalan Tugu.

Baca 100 Ribu....Hal 7

Ngalam

Ebes Hamur Pinggir Kali

LONGSOR ROYAL SIGURA-GURA

Pemkot Ragukan Izin Perumahan MALANG - Korban longsor perumahan Royal Siguragura, mulai mencari lokasi terbaik untuk pindahan. Kawasan tak jauh dari tempat tinggal mereka yang ambrol ke Sungai Metro, Jumat (25/4) lalu, masih diprioritaskan. Minggu (27/4) kemarin, warga bersama perwakilan developer PT Ramsa Citra Pratama, mulai menjajaki tempat relokasi terbaik. Perumahan Sigura-gura Green Park, menjadi salah satu lokasi yang dibidik. Nugroho ‘’Sementara masih survei, mana yang terbaik. Kalau bisa dekat-dekat sini ya syukur. Kami masih akan rundingan lagi dengan keluarga yang lain, enaknya bagaimana.

Baca Pemkot....Hal 7

AREMA

Duel Tim Terbaik Dua Kompetisi

GUEST GESANK/MALANG POST

BERANGKAT : Abah Anton mengibarkan bendera start dalam jalan sehat kemarin. Even perayakan satu abad Kota Malang itu, juga ditandai dengan peluncuran buku karya Malang Post

Ketika Wapres Boediono Kunjungi Mantan Guru SMP

Jadwal Kedatangan Ditentukan Tuan Rumah Jarang sekali ada orang yang ingat dengan jasa gurunya. Apalagi ketika sudah sukses dan menjadi orang penting. Kebanyakan justru akan menghindar. Tak demikian dengan Wakil Presiden RI Boediono. Kemarin didampingi istrinya, Herawati Boediono, orang nomor dua di Indonesia ini mengunjungi rumah mantan guru SMP-nya, Suropati Priyanto di Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang.

Kana : Kanyab hamur sing dibangun ndik pinggir kali bes Ebes : Wis terbukti ayahab jes, omil hamur longsor diterjang banjir Kana : Lak wis onok aturane bes, kadit entuk bangun ndik pinggir kali Ebes : Makane sing gawe aturan kudu teges, lek dilanggar wis jelas buktine. Sak durunge onok korban liyane, makane sing ngelanggar kudu ditindak.

‘’Susah itu kan bagi orang yang tidak siap kerja keras, bagi orang yang siap kerja keras, tidak ada yang susah.’’

Polemik SMK PGRI 3 Malang

GRAFIS: REEP/MALANG POST

Secara simbolis, buku cetakan Bayu Media Publishing itu diserahkan Direktur Malang Post, H Sudarno kepada Wali Kota Malang, HM Anton didampingi Danpasmar 1 Brigjen (Mar) Siswoyo Hadi Santoso. Pujian dilontarkan secara langsung oleh Abah Anton, yang menilai buku tersebut, sebagai wujud loyalitas dan dedikasi para putra terbaik Bhumi Arema. ‘’Sungguh luar biasa. Buku ini merepresentasikan semangat juang, loyalitas dan dedikasi arekarek Malang terhadap tanah kelahirannya,’’ tutur pemilik kursi N1 itu.

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

AGUNG PRIYO/MALANG POST

PAHLAWAN : Wakil Presiden RI Boediono ketika foto bareng bersama keluarga Suropati Priyanto, diakhir kunjungan.

Sepanjang Jalan Raya Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan, kemarin, dijaga ketat puluhan personil. Mulai polisi, TNI AD, Brimob, Polisi Militer (PM) hingga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Penjaga ketat itu dilakukan sejak Sabtu (26/4) siang, setelah ada rencana kunjungan Wapres RI Boedio-

no, ke rumah Suropati Priyanto, usai kunjungan di Blitar. Pak Pri, sapaan akrab Suropati Priyanto, adalah mantan guru Bahasa Indonesia Boediono dan istrinya, di SMP Negeri 1 Blitar. Pak Pri, orang yang sangat berjasa dan dikagumi Wapres.

Baca Jadwal....Hal 7

PADANG – Perbedaan poin yang tipis, antara Arema Cronus dan PS Semen Padang, bakal membuat laga besok sore, di Stadion Haji Agus Salim, Padang, berlangsung seru. Keduanya, juga tim penghuni puncak klasemen di dua kompetisi berbeda, saat era ISL dan IPL. Semen Padang menjadi jawara IPL. Sedang tim tamu Arema, adalah runner up ISL, musim kemarin. Pelatih Arema, Suharno meyakini, laga lawan Kabau Sirah, merupakan pertandingan terpenting Singo Edan, di penghujung putaran pertama ISL 2014 wilayah barat. ‘’Bagi saya, laga lawan Semen Padang adalah laga seru di ujung putaran pertama ISL 2014 wilayah barat. Ini adalah laga tim elit papan atas ISL. Pertandingan tidak akan berlangsung biasa-biasa. Kedua tim ingin cari poin,’’ ungkap Suharno kepada Malang Post saat dikonfirmasi kemarin.

Baca Duel....Hal 7

KURS TENGAH USD - IDR 11.590 11.601 11.608

23/4 484.000

24/4

25/4

484.000

483.000

25/4

26/4

27/4

HARGA EMAS SUMBER: ANTONGOLD

Jawa Pos Group


SENIN, 28 APRIL 2014

2

RAZIA

Balapan Liar, 152 Unit Motor Tiarap

EVAN ZUMARLI/SUMATERA EKSPRES

PERIKSA: Polisi memeriksa Toko Emas Lemabang Jaya di Jalan RE Martadinata Palembang kemarin.

Perampok Bersenjata Gasak Emas di Palembang PALEMBANG- Toko Emas Lemabang Jaya yang terletak di Jalan RE Martadinata, tak jauh dari Pasar Lemabang Kelurahan 3 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, menjadi sasaran pelaku perampokan bersenjata api, Minggu (27/4) sekitar pukul

12.30. Akibat dari kejadian itu, kurang lebih 2 kg emas yang berada di dalam etalase toko emas tersebut habis dikuras pelaku. Pelaku berjumlah enam orang yang menggunakan tiga unit sepeda motor yakni dua motor Yamaha Vega dan satu motor Honda Supra.

“Yang masuk empat orang pakai pistol, sementara yang berjaga di depan ada dua orang yang dilengkapi senjata laras panjang,” jelas seorang pedagang yang berjualan tak jauh dari tempat kejadian. Terkait aksi perampokan bersenjata api di Toko Emas Lemabang

Jaya, Kapolres Palembang Kota, Kombes Pol Sabarudin Ginting langsung turun tangan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di toko emas milik Alay, 50 tahun terseebut. Toko emas yang terletak di tengah keramaian kawasan Lemabang itu dirampok oleh enam orang

pelaku dan berhasil menggasak kurang lebih 2 kg emas yang ada di etalase toko. “Yang masuk empat orang pakai pistol, sementara yang berjaga di depan ada dua orang yang dilengkapi senjata laras panjang,” jelas seorang pedagang yang berjualan tak jauh dari tempat kejadian. (dk/mar)

Tersangka Kasus Seksual Tewas di Toilet Polisi JAKARTA- Azwar, tersangka kasus seksual terhadap murid Taman Kanak-kanak Jakarta International School (JIS), tewas di toilet Polda Metro Jaya. “Saat ini jenazah tersangka Azwar sedang diotopsi untuk memastikan penyebab kematian,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, akhir pekan kemarin. Dia menjelaskan, awalnya penyidik membawa tersangka Azwar ke ruang pemeriksaan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Sabtu sekitar pukul 04.00. Selanjutnya, polisi memer-

iksa tersangka Azwar hingga pukul 05.00 WIB dan istirahat sampai pukul 10.00 WIB. Sekitar pukul 11.15 WIB, Azwar meminta izin kepada penyidik kepolisian untuk buang air besar di toilet ruang penyidik. Rikwanto menyebutkan, seorang anggota kepolisian Brigadir Ariston dan seorang PHL mendampingi tersangka menuju toilet. Petugas yang mengantar tersangka mulai curiga setelah lima menit berada di depan kamar mandi terdengar suara seperti orang “ngorok” (mendengkur). Karena curiga, Brigadir Ariston memanggil Bripka Hari untuk mendobrak pintu kamar mandi. “Setelah dio-

brak, ternyata tubuh tersangka Azwar sudah melintang di lantai toilet,” ungkap Rikwanto. Sebanyak tiga petugas kepolisian membawa tersangka ke Dokter Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya, guna mendapatkan pertolongan pertama. Sekitar 15 menit petugas Dokkes Polda Metro Jaya merujuk tersangka menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramatjati Jakarta Timur. Rikwanto menyatakan penyidik kepolisian mendapatkan informasi dari tim dokter RS Polri Kramatjati yang menyampaikan tersangka Azwar meninggal dunia sekitar pukul 18.00. Lebih lanjut Rikwanto

menuturkan penyidik menemukan botol pembersih lantai kamar mandi yang berada di samping tubuh tersangka. Tutup botol cairan biru itu dalam kondisi terbuka dan isinya berceceran di lantai kamar mandi. “Diduga korban meminum cairan itu untuk bunuh diri karena malu atas perbuatannya,” tegasnya. Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar meminta sanksi pidana kepada pelaku kekerasan seksual kepada anak diperberat agar menimbulkan efek jera. “Saya berharap hukuman bagi pelaku kekerasan seksual diperberat,”” kata

Linda usai acara Aksi Damai Anti Kekerasan Terhadap Anak di Jalan MH Thamrin Jakarta, kemarikn. Dia menilai hukuman bagi pelaku kekerasan selama ini terlalu ringan. “Hal tersebut tidak menimbulkan efek jera sehingga kasus serupa terus berulang,” katanya. Linda berharap amandemen KUHAP nanti bisa memperberat sanksi pidana kepada pelaku pelecehan seksual. “Khususnya kejahatan seksual pada anak yang dilakukan orang dewasa ditingkatkan menjadi sanksi pidana minimal 20 tahun dan maksimal pidana seumur hidup,” katanya. (dk/mar)

TUBAN - Petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban melakukan penggrebekan arena balap liar yang berada di jalan raya Mondokan, Kelurahan Mondokan, Kecamatan Kota Tuban yang dilakukan oleh para remaja, Minggu (27/04), kemarin. Dalam pengrebekan arena balap liar tersebut, petugas kepolisian berhasil mengamankan seratus lebih sepeda motor yang berada di lokasi kejadian. Selanjutnya motor milik para remaja yang berada di arena balap liar itu sudah diamankan di Polres Tuban. Dari informasi yang dihimpun, penertiban arena balap liar di jalan Mondokan itu dilakukan oleh jajaran Polres Tuban mengingat bahwa jalan tersebut sudah sering dijadikan tempat untuk balapan motor oleh para remaja dari berbagai daerah. Hal tersebut sudah sangat meresahkan bagi pengguna jalan maupun warga masyarakat. Puluhan anggota dari Satuan Lalu Lintas Polres Tuban yang mengetahui hal tersebut langsung terjun ke lokasi untuk melakukan penertiban. Sejumlah anggota yang menggunakan pakaian preman sudah terlebih dahulu berada dilokasi untuk memastikan jika akan ada balap liar. “Untuk anggota yang kita libatkan sebanyak 72 anggota. Memang jalan itu terindikasi akan dilaksanakan balap liar. Sehingga kita lakukan penertiban,” terang IPTU Rukimin, Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Tuban. Guna menghalau para pembalap liar serta sejumlah pemuda yang ada di lokasi kejadian supaya tidak kabur, petugas menutup akses jalan tersebut dari dua arah. Sehingga ratusan pemuda terjebak di tengah-tengah aparat kepolisian dan tidak bisa untuk kabur. Dalam pengrebekan arena balap liar tersebut petugas memeriksa ratusan sepeda motor yang berada di lokasi kejadian. Namun untuk jumlah kendaraan yang diamankan sedikitnya152 unit motor yang tidak ada kelengkapan suratnya dan tidak standar langsung diangkut ke Polres Tuban. “Dari 152 unit sepeda motor yang kita amankan rinciannya 93 unit pengendara tidak bisa menunjukkan TNKB. Sedangkan untuk 59 unit lainnya sudah tidak standart,” lanjutnya. Sementara itu, upaya pengrebekan dan penertiban balap liar di jalan Mondokan, Tuban tersebut sudah pernah dilakukan oleh petugas kepolisian. Namun mereka para pembalap jalanan itu tidak kapok dan masih sering melakukan balapan hingga meresahkan pengguna jalan. (bj/feb)

PEMBUNUHAN RENTENIR

Ponsel Isi Daftar Debitur Hilang JAKARTA- Sebuah ponsel milik Rohani, janda rentenir yang ditemukan tewas di rumah kontrakannya di Jalan Gongseng, RT01 RW10, Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, diketahui menghilang. Ponsel tersebut biasa dipakai korban untuk menagih utang kepada debiturnya “Padahal emas dan uangnya tidak ada yang hilang. Hanya satu ponselnya yang biasa buat menagih yang hilang. Di situ banyak nomor yang minjem,” ujar Kus, tetangga korban, kemarin. Dikatakan dia, saat Kula, salah satu anak buahnya mencari Rohani untuk membayar utang, Kus sempat menelepon ke nomor ponsel tersebut. Namun nomor tersebut tidak aktif. Menurut Kus, Rohani memiliki dua ponsel dengan merk Nokia. “Pas anak buahnya datang manggil-manggil tidak ada jawaban. Akhirnya saya coba telefon tapi tidak aktif. Dia kan punya dua ponsel. Nah polisi cuma nemuin satu ponsel saja,” papar Kus. Diketahui, Rohani diduga menjadi korban pembunuhan. Saat ditemukan pada Minggu pagi, jasad janda satu anak itu telah terbujur kaku di samping tempat tidurnya dengan kondisi tertelungkup bersimbah darah. Beberapa jejak kaki yang terkena darah juga ditemukan di dalam rumah korban. Kendati demikian berdasar pemeriksaan sementara, tidak ditemukan tanda kekerasan di tubuh korban. Sepasang suami istri yang tinggal dekat TKP mengatakan sempat dengar suara barang jatuh dan musik pukul 23.30,” lanjut dia. (dk/mar)

IST/MALANG POST

TERSANGKA: Lima tersangka pencabulan yang diamankan di Polda Metro Jaya.

REDAKTUR: MARGA N , LAYOUT: KURDI


LAPORAN KEUANGAN BPR

PD. BPR TUGU ARTHA

PT BPR BHASKARA PAKTO

LAPORAN NERACA PUBLIKASI PT BPR BHASKARA PAKTO Tanggal : 31 Desember 2013

3

SENIN, 28 APRIL 2014

LAPORAN LABA RUGI PUBLIKASI PT BPR BHASKARA PAKTO Tanggal : 31 Desember 2013

LAPORAN LABA-RUGI PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT TUGU ARTHA

LAPORAN NERACA PUBLIKASI PT BPR BHASKARA PAKTO Tanggal : 31 Desember 2013

LAPORAN LABA RUGI PUBLIKASI PT BPR BHASKARA PAKTO Tanggal : 31 Desember 2013 (Ribuan Rp)

(Ribuan Rp)

Pendapatan Bunga

5,002,402

Jumlah Ekuitas

(Ribuan Rp) a. Kepada BPR

4. Rasio-Rasio (%)

0

0

b. Kepada Bank Umum

a. NPL net

0

0

0

0

0

0 0

0

0

0

0

3,720,082

11,816,047 12,771,714 Posisi Desember 2013 Posisi Desember 2012

Total Kewajiban dan Ekuitas POS - POS

b. KPMM c. Kepada non bank - pihak terkait c. LDR

Aset

d. Kepada non bank - pihak tidak terkait

Kas

e. KAP

4. Rasio-Rasio (%)

Surat Berharga

0

Pendapatan Bunga yang Akan Diterima

117,636

3,352,268

c. LDR -16,761

18,535

d. ROA 3,511,914

3,688,361

Penyisihan Kerugian -/Jumlah

e. KAP

a. Kepada BPR

f.0 PPAP

0

0

0

0

0

d. Kepada non bank - pihak tidak terkait

8,415,484

8,894,969

Jumlah Kredit yang Diberikan

8,415,484

8,894,969

g. BOPO

c. Kepada non bank - pihak terkait

h. Cash Ratio

Penyisihan Kerugian -/-

-508,292

Jumlah

0

Aset Tetap dan Inventaris a. Tanah dan gedung

0

b. Akumulasi penyusutan dan penurunan nilai gedung -/-

0

c. Inventaris

510,668

d. Akumulasi penyusutan dan penurunan nilai inventaris -/-

-367,523

Jumlah aset tetap dan inventaris

143,145

Aset Tidak Berwujud

0

Akumulasi Amortisasi -/-

0

Aset Lain-lain

253,796

Jumlah Aset

0

0

0

0

70,748

96,019

70,748

96,019

0

0

LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJENSI PUBLIKASI 0 0

Deskripsi KOMITMEN

881,552 881,552

76,86

0

11,64

11,857,532

0

0

8,34

0

100,15

10,36 0

63.56

0 53,68

50.77

0

0

76,86

0

0

11,64

0

0

0

0

0 Posisi Desember 0 20130 0

0

0

0 (Ribuan Rp) 0

0

0

0

11,816,047

114,006 196,324 3,366,446

17,464

13,037 3,353,409

52,848 16,228,375 16,281,223 666,115 15,615,108 -

40,110 15,602,377 15,642,487 322,286 15,320,201 -

435,422 197,871 237,551 56,200 23,308 4,349

361,461 144,106 217,355 46,200 11,550 4,751

20,430,475

19,240,696

12.

13. 14. 15. 16.

PERIODE

31-Dec-13

31-Dec-12

PENDAPATAN DAN BEBAN OPERASIONAL

- Bunga Kontraktual

3,464,854

-Pendapatan Amortisasi Bunga Provisi

50,922 45,383 3,648

71,649 42,854 6,222

1,780,331 7,494,777 9,275,108 2,200,000 1,574,003 382,878 13,531,942

1,558,765 6,790,000 8,348,765 2,215,426 2,569,837 232,051 13,486,804

15,000,000 9,800,000

15,000,000 10,800,000

10,000 5,210,000 -

10,000 4,210,000 -

510,052 510,052 668,429 1,688,533 6,898,533

397,812 397,812 748,268 1,543,892 5,753,892

20,430,475

19,240,696

JA, SH NO

Jumlah Pendapatan Bunga

- Amortisasi Provisi

3,137,839

3,676,179

3,302,085

211,325

- Amortisasi Biaya Transaksi -/-

-

: SUPRIADI DAN REKAN

Informasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia

1,057,891

3,676,179 53,287

3,302,085 16,779

Jumlah Beban BungaBeban Bunga

1,185,386

1,074,670

Jumlah Pendapatan Bunga - Bersih - Bunga Kontraktual

2,490,793 1,132,099

2,227,415 1,057,891

116,873

112,585

2,607,666

2,340,000

53,287

JUMLAH PENDAPATAN OPERASIONAL

Jumlah Beban Bunga

- Beban Penyisihan Kerugian Aset Produktif

348,255

L

2,490,793 11,622

2,227,415 17,820

Pendapatan Operasional Lainnya -- Beban Penelitian dan Pengembangan

116,873-

112,585-

1,204,353 2,607,666

1,178,537 2,340,000

- Beban Administrasi dan Umum JUMLAH PENDAPATAN OPERASIONAL -- Beban Lainnya Aset Produktif Beban Operasional Penyisihan Kerugian JUMLAH BEBAN OPERASIONAL - Beban Pemasaran

274,125 348,255

269,033-

1,838,355 11,622

1,465,390 17,820

LABA (RUGI) OPERASIONAL

769,311

874,610

1,204,353

1,178,537

- Beban Penelitian dan Pengembangan

-

PENDAPATAN DAN BEBAN NON OPERASIONAL

- Beban Administrasi dan Umum

- Pendapatan Non Operasional

- Beban Operasional Lainnya Beban Non Operasional JUMLAH BEBANAset OPERASIONAL - Kerugian Penjualan

274,125

269,033-

1,838,355-

1,465,390-

18,862 769,311

17,220 874,610

- Lain-lain LABA (RUGI) OPERASIONAL PENDAPATAN NONNON OPERASIONAL PENDAPATAN (BEBAN) DAN BEBAN OPERASIONAL

(7,222)

LABA RUGI Non Operasional - Pendapatan

11,640

LABA (RUGI) SEBELUM PAJAK PENGHASILAN

Beban Non Operasional

857,390

93,660

109,122

668,429

748,268

Desember 2012

LABA (RUGI) BERSIH

POS - POS

100,737

50,110

0

0

0

0

186,776

126,301

Utang Bunga

Utang Pajak dapatan Bunga yang Akan Diterima

Posisi Desember 2013

POS - POS

empatan pada Bank Lain

yisihan Kerugian -/-

ah

it yang Diberikan

epada BPR

epada Bank Umum

KL

D

668,429 PERIODE

748,268 PERIODE

31-Dec-12 PERIODE

31-Dec-13

31-Dec-12 -

2,000,000

--

2,000,000 2,000,000-

-

2,000,000

44,502

44,502

44,502 198,977 198,977

44,502 110,311 110,311

Jumlah Komitmen KONTINJENSI 1. Aset produktif yang dihapus buku KONTINJENSI 2. Agunan dalam proses penyelesaian kredit 1. Aset produktif yang dihapus buku 3. Pendapatan bunga dalam penyelesaian 2. Agunan dalam proses penyelesaian kredit 4. Lain-lain 3. Pendapatan bunga dalam penyelesaian 4. Lain-lain Jumlah Kontinjensi

-

-

243,479

154,813

243,479

154,813

Jumlah Kontinjensi

PEMILIK BANK

PENGURUS BANK Dewan KomisarisPEMILIK BANK 1. 2. -

PEMERINTAH KOTA MALANG 100%

M

JUMLAH

Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM Malang,

52,848

52,848 624,313

259,182

16,228,375

624,313

259,182

20,532,441

Direksi PD. BPR TUGU ARTHA

a. NPL net

2.63

b. KPMM c. LDR d. ROA

Rudy Mulyoto Direktur

66.00

Direksi,

94.83

BPR BHASKARA PAKTO

e. KAP

3.95

f. PPAP

100.16

g. BOPO

79.72

h. Cash Ratio

32.48

LAPORAN NERACA PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA

Pinjaman Diterima

nan yang Diambil Alih

Dana Setoran Modal - Kewajiban

9,528,812

5,808,033

9,528,812

5,808,033

198,294

129,071

9,330,544

5,678,962

4,000

7,000

0

0

0

0

Kewajiban Imbalan Kerja Pinjaman Subordinasi

kumulasi penyusutan dan penurunan nilai inventaris -/-

ah aset tetap dan inventaris Tidak Berwujud

Modal Pinjaman

mulasi Amortisasi -/Lain-lain

lah Aset

Kewajiban Lain-lain Jumlah Kewajiban

945,252

567,295

515,809

471,405

429,443

95,890

23,000

0

9,834

0

220,628

426,367

13,446,208

11,431,337

Bunga Kontraktual

525,814

469,840

Jumlah Jumlah Pendapatan Bunga Beban - Bersih

Bunga

9,455,557

0

289,507

8

527,517

89,556

40,436

10

0

0

11

Akumulasi penyusutan dan penurunan nilai

12

Aset tidak berwujud

1,830,252

190,708

187,044

3

329,157

JUMLAH Beban Pemasaran

10,176

23,127

2,655,966

2,025,745

86,174

329,157

10,176

23,127

0

0

1,210,013

856,437

Beban PenelitianBeban dan Pengembangan Penyisihan

0

Beban Operasional Lainnya

0

LABA (RUGI) OPERASIONAL

0

0

0

1,210,013

856,437

300,665

289,507

Kerugian Aset Produktif

Beban Administrasi dan Umum

Beban Pemasaran

0 Beban Penelitian dan Pengembangan JUMLAH BEBAN OPERASIONAL

1,607,028 1,498,228 Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:41:00 PM

0

1,040,236

Beban Administrasi dan Umum

527,517

PENDAPATAN DAN BEBAN NON OPERASIONAL

Operasional Pendapatan NonBeban Operasional

0

0

Beban Non Operasional JUMLAH

63,812

Lainnya

89,556

40,436

0

0

22,320

21,642

1,114,035

530,056

BEBAN OPERASIONAL

251,056 Kerugian Penjualan Aset LABA (RUGI) OPERASIONAL Lain-lain

10,481,918

PENDAPATAN DAN BEBAN NON OPERASIONAL 9,729,083 67,236 PENDAPATAN (BEBAN) NON OPERASIONAL LABARUGI

Ekuitas

Beban Non Operasional

0

0

1,114,035

530,056

TAKSIRAN PAJAK PENGHASILAN

Modal

Kerugian LABA (RUGI) BERSIH

Penjualan Aset

Modal Dasar

5,000,000

5,000,000

Lain-lain

22,320

21,642

Modal yang Belum Disetor -/-

2,000,000

2,000,000

PENDAPATAN (BEBAN) NON OPERASIONAL

67,236

18,794

Tambahan Modal Disetor (Agio Saham)

0

0

Modal Sumbangan

0

0

3,000,000

3,000,000

0

0

Jumlah Dana Setoran Modal - Ekuitas Laba/Rugi yang Belum Direalisasi

0

0

Surplus Revaluasi Aset Tetap

0

0

LABARUGI 1,114,035

530,056

0 TAKSIRAN PAJAK PENGHASILAN LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJENSI PUBLIKASI 1,114,035 LABA (RUGI) BERSIH PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Tanggal : 31 Desember 2013

0

LABA (RUGI) SEBELUM PAJAK PENGHASILAN

0

Cadangan Tujuan

0

KOMITMEN

(35,710)

Belum ditentukan tujuannya

LAPORAN NERACA PUBLIKASI PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA (35,710) Tanggal : 31 Desember 2013

Total

2,964,290

Jumlah Ekuitas Total Kewajiban dan Ekuitas

KOMITMEN Deskripsi

1. Fasilitas pinjaman yang diterima yang belum ditarik

0

0

Simpanan Deposito

1,435,403

1,375,519

1,435,403

1,375,519

6

Simpanan11 dari bank Modallain Pinjaman

0

0

0

0

135,543

126,566

7

Pinjaman 12 Yang Diterima Kewajiban antar kantor

8

Dana Setoran 13 Modal-kewajiban Kewajiban Lain- Lain

9

Jumlah kewajiban Kewajiban Imbalan Kerja

5,243,732

17,513 3,160,940

5,217,525

135,543

126,566

1,570,946

1,502,085

LAPORAN INFORMASI LAIN 0 PT BPR KRIDADHANA 0 CITRANUSA 0 Tanggal 2013 1,570,946: 31 Desember 1,502,085

0

LAPORAN INFORMASI LAIN PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Tanggal : 31 Desember 2013

L

a. Kepada BPR

KL

3,176,045

2. Kredit yang diberikan

c. Kepada non bank - pihak terkait

a. Kepada BPR

d. Kepada non bank - pihak tidak 0terkait

b. Kepada Bank Umum

0

0 b. Kepada Bank Umum

c. Kepada non bank - pihak terkait

0

c. Kepada non bank 0 - pihak terkait

3. Jumlah aset produktif 4. Rasio-Rasio (%)

9,528,812

d. Kepada non bank - pihak tidak terkait

9,528,812

5,808,033 4. Rasio-Rasio (%)

b. KPMM

198,294

a. NPL net 129,071

c. LDR

a. NPL net

D (Ribuan 0 Rp)

M 0

Jumlah 0

3,176,045

0M

D 0

0

0

0

0

0

0

0

0 143,947

077,448

422,600

9,801,407

0

0

422,486

12,977,452

0 9,157,412

0

0 12,068,013

0

0

143,947

77,448

140,321

76,445

0

0

0

0

0

0

9,157,412

0

0

0

0 3,176,045

0

0

0

12,068,013

0 Jumlah 0

140,321

0

76,445

0

422,600

9,801,407

422,486

12,977,452

0

0

0

5.11

0

0

0

25.55

0 5.11 0 25.55

0

0

77.07

0

0

e. KAP 0 0 (42,50%) Pemegang Saham Pengendali 0 0 0 0 f. PPAP 0 0 8.96 NOTODIHARDJO (25%) 01. TRIJANTO 2. LUKASe. KAP 0 0 0 g. BOPO 0 0 4.26 (15%) 02. LUKAS 3. PPAP 0 0 0 118.87 0 LUGU f.PRAKASA 0 h. Cash Ratio 0 0 g. BOPO 0 0 0 67.1 (10%) 0 PUDIJOHARTONO 0 0 h. Cash Ratio 0 0 0 0 17.91 (7,50%) 4. FX. SOEGENG NOTODIHARDJO 945,252 567,295 5. SURYADIN ACHMAD PENGURUS BANK PEMILIK BANK

0

0

4.26

0

0

118.87

0

0

67.1

0

0

17.91

3. Jumlah aset produktif

0

b. KPMM

ROA 5,678,962 PEMILIK d.BANK

0

1. TRIJANTO NOTODIHARDJO 4,000 7,000 d. ROA

c. LDR

0

Dewan Direksi PEMILIK d. Akumulasi penyusutan danPENGURUS penurunan nilaiBANK inventaris -/515,809 BANK Dewan Komisaris 1. SUATI RAKHMAWATI 1. TRIJANTO NOTODIHARDJO Jumlah aset tetap dan inventaris 429,443 2. ANDREAS ROY 1. SURYADIN ACHMAD 2. DIRGANTARA LUKAS Aset Tidak Berwujud ABADI 2. SURJANINGRUM 3. LUGU PRAKASA23,000 PUDIJOHARTONO 9,834

* Nama Kantor Akuntan Publik4. FX. SOEGENG220,628 NOTODIHARDJO

Laporan Publikasi ini belum diaudit Kantor Akuntan Publik

471,405 Dewan Komisaris Saham Pengendali (42,50%) Pemegang 1. SURYADIN ACHMAD 95,890 Tanggal Cetak : 16-April - 2014 4:18:48 PM 2. SURJANINGRUM NOTODIHARDJO (25%) 1. TRIJANTO NOTODIHARDJO 0 2. LUKAS (15%) (10%) 0 Dewan Direksi :(7,50%) 1. SUATI RAKHMAWATI 426,367

: 11,431,337

0

0

0

0

0

0 0

0 0 0

1. TRIJANTO NOTODIHARDJO 2. LUKAS 3. LUGU PRAKASA PUDIJOHARTONO 4. FX. SOEGENG NOTODIHARDJO 5. SURYADIN ACHMAD

77.07

11

14 Modal Dasar Modal Pinjaman

0 2,000,000

12

Kewajiban antar kantor

13

Kewajiban Lain- Lain

::

15

Modal yang belum Disetor

16

Agio

17

Disagio

EKUITAS

18

Modal sumbangan

19

Dana Setoran Modal-ekuitas

Modal Dasar 20

15

Modal yang Disetor 21 belum Surplus Revaluasi Aktiva Tetap

16

Agio

17

Disagio

22

11,600 52,222 376,714

355,629

4,240,787

2,929,600

Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM

460,808

b. Cadangan Tujuan Modal sumbangan

19

Dana Setoran Modal-ekuitas

23

20

Laba/Rugi yang belum direalisasi

21

Surplus Revaluasi Aktiva Tetap

22

Saldo laba

0 523,393

(Ribuan Rp)

4. ketiga Penerusan Kredit (Chanelling) ii. Kepada pihak bukan bank 3. Fasilitas Kredit kepada nasabah yg blm ditarik 2,679,528 5. Aset Produktif yang Dihapusbukukan 4. Beban pemasaran 4. Penerusan Kredit (Chanelling)

0

a. Tahun Lalu

i. Gaji dan Upah b. Kontijensi 7,209,525 ii. Honorarium 19,259,780 iii. Lainnya

25,883,609

5,409,525

c. Beban (Ribuan Rp) sewa

0

EKUITAS

-

-

-

-

4. NPL net (%)

-16,949,602

3. Jumlah Aktiva Produktif 1. SUATI RAKHMAWATI b. Kepada pihak tidak terkait 16,949,602 2. ANDREAS ROY DIRGANTARA ABADI 4. NPL net (%) 3. Jumlah Aktiva Produktif 16,949,602

-

-

M -

141,144 141,144

-

16,949,602

-

8,666,028 141,144

--

192,076

7,209,525

17,937,925

533,196

17,816,018

19,259,780

533,196

17,937,925

533,196

17,816,018

2.92%

2.92%

45.52%

45.52%

25.90%

6. Loan to Deposit Ratio / LDR (%)

25.90%

7. Return On Asset / ROA (%)

139,214

1,014,868

1. A. A. Gde Sutedja, SH 2. Ivan Wahyudi Direksi : 1. Ir. Dwi Nana Fadriyana, MM Nama Kantor Akuntan Publik 2. Yani Ati, SE

:

3,895

3. AA. Gde Sutedja, SH 4. Vindy Lestari 5. Ratna Tedja Kusuma 6. Rahayu Indahwati 7. Tommy Suhendra 8. Bima Aprianto Siono 9. Ivan Wahyudi

65,351

128,030

55.50 12.00

88,009

10.00 18.72 1.50 0.93 0.75 0.30 0.30

76,104

Pemegang Saham Pengendali

-

533,196

192,076

6. Loan to Deposit Ratio / LDR (%) Tanggal Cetak : 16-April - 2014 4:20:59 PM

0

0

1,647,412

-

313,983

5. Rasio KPMM (%)

0

1. Eddy Muljono

313,983

25,883,609

0

PEMILIK BANK

JUMLAH

141,144

461,599

0 67408

461,599

1. Eddy Mulyono 2. Lidyawati

JUMLAH

2,729,997

5. Rasio KPMM (%)

7. Return On Asset / ROA (%)

851299

PENGURUS BANK Dewan Komisaris :

Akuntan Publik yang Menandatangani Laporan :

D

(Ribuan Rp)

1,456,503

0 159,950

851299 32,411 0

67408

2,679,528b. Beban pendidikan dan pelatihan

POSISI

261,509

261,509

0

0

a. Komitmen

0

258611 0 0 523,393

258611

6. Agunan Dalam proses penyelesaian kredit

372,084

0

372,084

0

6. Agunan Dalam proses penyelesaian kredit 6. Beban administrasi dan umum a. Komitmen 300,000 2,729,997 7. Lain-lain yang bersifat administratif a. Beban tenaga kerja b. Kontijensi

PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA Tanggal 31 Desember 2013

0

265476

265476

b. Bunga Lainnya

TOTAL PASIVA

a. Kepada pihak PASIVA terkait TOTAL

0

0 23,766

a. Bunga Kredit diberikan 2. Pendapatan Bunga dalamyang penyelesaian

i. Kepada bank3.lain Fasilitas Kredit kepada nasabah yg blm ditarik

KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN INFORMASI LAINNYA TOTAL KEWAJIBAN DAN EKUITAS 8,666,028

M

31-Des-12

31-Des-12 0

b. Penempatan pada bank lain

Posisi

31-Des-13 Posisi

Posisi

b. Bunga Lainnya a. Bunga Kredit yang diberikan

0

-

76,104

c. Kredit yang diberikan

300,000 1,456,503

D

65,351

25,697

Posisi (Ribuan Rp)

7. Lain-lain yang bersifat administratif

POSISI

88,009

Tanggal 31 Desember 2013

5. Aset Produktif yang Dihapusbukukan 5. Beban penelitian dan pengembangan

1. Penempatan Pada Bank Lain

128,030

3,895

b. Beban pendidikan dan pelatihan

2. Pendapatan penyelesaian 1. Fasilitas pinjaman ygBunga diterimadalam yg blm ditarik

0

Laba/Rugi

Rugi

1,014,868

139,214

POS - POS

b. Tahun berjalan

KL

1,647,412

21,772

ii. Honorarium

1. Fasilitas pinjaman yg diterima yg blm ditarik 31-Des-13 a. Surat Berharga 300,000

5,409,525

b. Tahun berjalan KETERANGAN

159,950

32,411

3. Beban penyisihan penghapusan aset produktif

0

PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA Tanggal 31 Desember 2013

95,003 812,023

Tanggal 31TRIKARYA Desember 2013 LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJENSI PT. BP. WARANUGRAHA

0

KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN INFORMASI LAINNYA

88,497 781,248 23,766

0 -500,0002. Beban Kerugian restrukturisasi kredit

0

a. Cadangan Umum Laba

2,929,600

c. Beban sewa LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJENSI PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA

0

a. Tahun Lalu

355,629 25,697

4,240,787

iii. Lainnya

0 2,000,000c. Koreksi atas pendapatan Bunga

-500,000

Laba/Rugi

b. Kepada pihak tidak terkait

2. ANDREAS ROY DIRGANTARA ABADI

52,222 376,714 21,772

i. Gaji dan Upah

vi. Lainnya

b. Biaya Transaksi i. Kepada Bank lain

0

Bank Lain BPR KRIDADHANA CITRANUSA 1. Penempatan Pada a. Kepada pihak DAN terkait TOTAL KEWAJIBAN 2. Kredit Yang Diberikan :

BPR KRIDADHANA CITRANUSA 1. SUATI RAKHMAWATI

0

11,600

6. Beban administrasi dan umum

ii. Kepada pihak ketiga bukan Bank

0 300,000

KL

BPR KRIDADHANA CITRANUSA

95,003 812,023

-500,000 a. Beban tenaga kerja v. Pinjaman Subordinasi

0

Saldo laba

2. Kredit Yang Diberikan L:

Direksi,

88,497 781,248

iii. Simpanan Dari Bank Lain penjualan valuta asing

KETERANGAN

1. SUATI RAKHMAWATI 2. ANDREAS ROY DIRGANTARA ABADI

703,061

f. Lainnya

0

a. Cadangan Umum

18

Laba

Direksi,

713,454

Dari Bank Lain 5. Beban penelitian dan pengembangan 2,000,000 Dari Pihak ketiga bukan Bank

12,050,255

2,000,000

Laba/Rugi yang belum direalisasi

L

Laporan Publikasi ini belum diaudit Kantor Akuntan Publik

Informasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Kondisi Keuangan Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Desember 2006 perihal Laporan tahunan dan laporan Keuangan Publikasi BPR

5,035,125

d. Penerimaan kredit yang dihapusbuku

POS - POS

Rugi 22 April 2014

0

17,217,581

14

Laba

Laporan Publikasi ini belum diaudit Kantor Akuntan Publik

Publikasi BPR "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Kondisi Keuangan Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Desember 2006 perihal Laporan tahunan dan laporan Keuangan Publikasi BPR

4,818,378

a. Pendapatan jasa transaksi ii. Deposito

0

b. Cadangan Tujuan Rugi

Catatan: : Catatan:Publik dan *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan nama Kantor Akuntan 22 April 2014 *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan nama Kantor Akuntan Publik dan nama Akuntan Publik yang bertanggung jawab terhadap audit (partner in-charge) nama Akuntan Publik yang bertanggung jawab terhadap audit (partner in-charge)

703,061

c. Keuntungan penjualan surat berharga

a. Beban Bunga Kontraktual 427,7912.Pendapatan lainnya 177,605

-500,000

189,231

Laba

* Akuntan Publik yang Menandatangani Laporan

Catatan: Informasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang22 Transparansi Kondisi Keuangan Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan nama Kantor Akuntan Publik dan April 2014 Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Desember 2006 perihal Laporan tahunan dan laporan Keuangan keuangan di terhadap atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia No.Bank 8/20/PBI/2006 Direksi, nama Akuntan Publik Informasi yang bertanggung jawab audit (partner in-charge)

713,454

4. Beban pemasaran

0

Jumlah kewajiban

23

* Nama Kantor Akuntan Publik

Pinjaman Subordinasi

Tanggal Cetak : 16-April - 2014 4:20:59 PM Rugi

2. ANDREAS ROY DIRGANTARA ABADI

* Akuntan Publik yang Menandatangani Laporan

Kewajiban Imbalan Kerja

0

8.96

(42,50%) Pemegang Saham Pengendali (25%) 1. TRIJANTO NOTODIHARDJO (15%) 2. LUKAS (10%) (7,50%)

36,513 5,035,125 58,229

4,818,378 86,616

Kepada pihak ketiga bukan bank 1. Beban Bunga

019,259,780b. Keuntungan

EKUITAS Pinjaman Subordinasi

Desember 2013 L

1. Penempatan pada bank b. lainKepada Bank Umum

KL

3,176,045

13,716

4,612

c. Keuntungan penjualan surat berharga 2,262,403 2,240,172 Dari Bank Indonesia Tanggal Cetak 17-April - 2014 PM Lain d. :Penerimaan kredit12:44:22 yangDari dihapusbuku Bank 9,171,670 127,64914,584,370 177,605 Dari Pihak ketiga bukan Bank e. pemulihan penyisihan Penghapusan aset produktif 0 v. Pinjaman Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PMSubordinasi 53,928 f. Lainnya vi. Lainnya 0 0 B Beban Operasional b. Biaya Transaksi 0 i. Kepada Bank lain 2,262,403 2,240,1721. Beban Bunga ii. Kepada pihak ketiga bukan Bank 0 c. Koreksi atas pendapatan Bunga 14,584,370 9,171,670a. Beban Bunga Kontraktual 0 2. Beban Kerugian restrukturisasi kredit i. Tabungan 0 3. Beban penyisihan penghapusan aset produktif 0 ii. Deposito a. Surat Berharga 0 0 b. Penempatan pada bank lain iii. Simpanan Dari Bank Lain 0 189,231 c. Kredit yang diberikan 460,808 iv. Pinjaman yang diterima i. Kepada bank lain 12,050,255 017,217,581 Dari Bank Indonesia ii. Kepada pihak ketiga bukan bank

10 Desember 2013

1. Penempatan pada bank lain

0

5,808,033

(Ribuan Rp)

KETERANGAN

a. Kepada BPR

0

9

10

KONTINJENSI

26,207 2. Kredit yang diberikan KETERANGAN

:-

Dana Setoran Modal-kewajiban

0

3,178,453

* Nama Kantor Akuntan Publik

8

Utang Pajak

0

126,301

5. SURYADIN ACHMAD Dewan Direksi Publik yang Menandatangani * Akuntan Laporan 13,446,208 1. SUATI RAKHMAWATI 2. ANDREAS ROY DIRGANTARA ABADI

Pinjaman Yang Diterima

Simpanan Tabungan

186,776

Jumlah Aset

Simpanan dari bank lain

7

5

0

Aset Lain-lain

3

6

4

0

Akumulasi Amortisasi -/NOTODIHARDJO

Utang Bunga

0

0

c. Inventaris

2

0

0

9,330,544

Simpanan Deposito Kewajiban 5segera

0

Surat Berharga

PENGURUS BANK Dewan Komisaris Agunan yang Diambil Alih 1. SURYADIN ACHMAD Aset Tetap dan Inventaris 2. SURJANINGRUM a. Tanah dan gedung NOTODIHARDJO b. Akumulasi penyusutan dan penurunan nilai gedung -/-

1

0

bunga dalam penyelesaian

58,229

14,872

19,259,780 Kepada bank lain B Beban Operasional

0

25,883,609

0

4. Lain-lain

25,883,609

0

53,928

Simpanan Tabungan KEWAJIBAN

0

proses penyelesaian kredit

0

36,513

iv. Pinjaman yang diterima

4

0

yang dihapus buku

0

Utang Bunga Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM

0

1. Aset produktif 1. Aset produktif yang dihapus buku

0

13,716

4,612 86,616

b. Keuntungan penjualan valuta asing

240,969 427,791 i. Surat berharga Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM

240,969 127,649

Kewajiban segera

4. Lain-lain

Kas dalam Valuta Asing

Jumlah

Aset lain-lain 1

3. Penerusan kredit (channeling) (1,142,425) 4. Lain-lain

50,110

Penyisihan Kerugian -/-

15

0 689,293c. Biaya Transaksi

14,872

0

e. pemulihan penyisihan Penghapusan aset produktif Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM ii. Kredit yang diberikan

KEWAJIBAN

0

11,431,337

0

718,992

Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:43:41 PM TOTAL ASET Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:43:41 PM

0

100,737

Jumlah Kredit yang Diberikan

Aset antar kantor

0

Aset

d. Kepada non bank - pihak tidak terkait

14

0

KONTINJENSI

Kredit yang Diberikan

Akumulasi amortisasi dan penurunan nilai

0

Jumlah kontinjensi

Jumlah

13

0

Jumlah komitmen

0

0

0

4. Lain-lain

Penyisihan Kerugian -/-

Aset lain-lain

3. Penerusan kredit (channeling)

3. Pendapatan bunga dalam penyelesaian 3. Pendapatan

Penempatan pada Bank Lain

15

2. Fasilitas kredit kepada nasabah yang belum ditarik0

Posisi Desember 2013 Posisi Desember 2012 Jumlah kontinjensi

Pendapatan Bunga yang Akan Diterima

Aset antar kantor

6,202,273 0

i. Tabungan

Posisi Desember 2013 Posisi Desember 2012

1. Fasilitas pinjaman yang diterima yang belum ditarik (1,142,425) 2. Fasilitas kredit kepada nasabah yang belum ditarik

(Ribuan Rp)

Kas

14

2

Posisi 2013 Posisi Desember 2012 (Ribuan Desember Rp)

0

2. Agunan dalam proses 2. penyelesaian kredit Agunan dalam

POS - POS

6

Kas Dalam Valuta asing ASET

TOTAL ASET 3 Utang Pajak

0

1,857,575 Jumlah komitmen

13,446,208

5

(Ribuan Rp)

Deskripsi

Cadangan Umum

530,056

LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJENSI PUBLIKASI PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Tanggal : 31 Desember 2013

Saldo Laba

4

9

18,794

Pendapatan Non Operasional

LABA (RUGI) SEBELUM PAJAK PENGHASILAN

6,078,468

1,498,228

2,465,258

187,044 2,025,745

86,174

Posisi

6,202,273 31-Des-2012

a. Bunga Kontraktual

159,882 31-Des-2012

1. Pendapatan Bunga i. Surat Berharga 122,581 Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM

300,665

2

190,708

0

1. Pendapatan Bunga

Pendapatan Operasional

1,040,236

0 469,840

Posisi

31-Des-2012

6,078,468 31-Des-13

Pendapatan Operasional

1,607,028

0 525,814

PENDAPATAN OPERASIONAL

Pos - Pos A

Posisi

31-Des-13

Posisi

Pos - Pos

7

469,840 1,830,252

2,655,966

0

1

525,814

Bunga - Bersih

Pendapatan Operasional Lainnya

Posisi A

31-Des-2013

Kas

2

2,465,258

Beban Penyisihan Kerugian Aset Produktif

0

(Ribuan Rp)Rp) (Ribuan No

ii. Penempatan dana pada bank lain a. Bunga 0 Kontraktual Giro i. Surat Berharga 3 Surat berharga 0 0 Tabungan Kas 159,882 122,581 Deposito ii. Penempatan dana pada bank lain 4 Pendapatan Bunga YAD 166,739 0 Sertifikat deposito Kas Dalam Valuta asing 0 0 Giro 5 Penempatan Pada Bank Lain 7,781,206 3,278,337 iii. Kredit yang diberikan Surat berharga 0 0 Tabungan Kepada bank lain 6 Penyisihan Penghapusan Aset Produktif 19,173 0 Kepada pihak ketiga bukan bank Deposito Pendapatan Bunga YAD 166,739 0 7 Kredit Yang Diberikan 17,650,620 15,583,996 b. Provisi Kredit Sertifikat deposito Tanggal Cetak : 17-April -7,781,206 2014 12:44:22 PM Penempatan Pada Bank Lain 3,278,337 i. Kepada Bank Lain 8 Penyisihan Penghapusan Aset Produktif 564,066 364,890 ii. Kepada Pihak ketiga bukan Bank iii. Kredit yang diberikan Penyisihan9Penghapusan Aset Produktif 19,173 0 Agunan Yang Diambil Alih 0 0 c. Biaya Transaksi Kepada bank lain i. Surat berharga Kredit Yang Diberikan 17,650,620 15,583,996 10 Aset Tetap dan Inventaris 1,186,424 901,258 Kepada pihak ketiga bukan bank ii. Kredit yang diberikan Akumulasi penyusutan dan penurunan nilai Penyisihan11Penghapusan Aset Produktif 564,066 718,992 364,890 689,293 Kepada bank lain b. Provisi Kredit Kepada pihak ketiga bukan bank 12 Aset tidak berwujud 0 0 Agunan Yang Diambil Alih 0 0 i. Kepada Bank Lain Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM 2.Pendapatan lainnya Akumulasi amortisasi dan penurunan nilai 0 901,258 ii. Kepada 0 a. Pendapatan jasa transaksi Pihak ketiga bukan Bank Aset Tetap13dan Inventaris 1,186,424

JUMLAH PENDAPATAN OPERASIONAL

Pendapatan Operasional JumlahLainnya Pendapatan

650,000

Posisi

ASET

Pos - Pos 1

Beban Bunga

Jumlah Beban Bunga

Tetap dan Inventaris

kumulasi penyusutan dan penurunan nilai gedung -/-

2,300,092

0

0

Simpanan dari Bank Lain

2,991,072

469,840

0

246,226 No. 0

525,814

4,062,657

LAPORAN LABA RUGI PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA

Tanggal 31 Desember 2013 2013 Tanggal 31 Desember

(Ribuan Rp)

Posisi Posisi Tanggal Pos - Pos Cetak : 17-April - 2014 12:43:04 PM (RibuanNoRp) 31-Des-2013 31-Des-2012

2,053,866

0

0 Amortisasi Provisi, Administrasi dan Biaya Transaksi 3,929,900 Amortisasi Provisi, Administrasi dan Biaya Transaksi

0

Jumlah Pendapatan Bunga

Jumlah Pendapatan Bunga

LAPORAN LABA RUGI PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA

Tanggal 31 Desember 2013

246,226 0

0

ah Kredit yang Diberikan

504,065

2,300,092

Beban Bunga 5,525,657 Bunga Kontraktual

9,638,457

R.Tomy Sarprijanto Direktur Utama

Rudy Mulyoto Direktur

Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:44:22 PM

PT BP. TRIKARYA WARANUGRAHA

504,065

2,053,866

0

5,575,800

epada non bank - pihak tidak terkait

2,487,007

2,991,072

26,207 5,217,525

0

R.Tom Dir

12.51

1. IKA AR SANTOSO 2. SIENY HANDAJANI

2,487,007

Provisi

Amortisasi Biaya Transaksi -/-

17,513

yisihan Kerugian -/-

ventaris

Amortisasi Bunga Kontraktual

3,178,453

0

Direksi PD. BPR TUGU ARTHA

April 2014

4. Rasio-Rasio (%)

No.

Pendapatan dan Beban Operasional

3,160,940

b. Deposito

April 2014

4,251,218

d. Kepada non bank-pihak tidak terkait 15,234,686 110,194 Tanggal Cetak : 17-April - 19,538,752 2014 12:43:04 PM 110,194

Tanggal Cetak : 17-April - 2014 12:41:00 PM

2013

7,061 Amortisasi Provisi Amortisasi Biaya Transaksi -/-

5,243,732

857,390 109,122

31-Dec-13 PERIODE

1. Fasilitas pinjaman yang diterima yang belum ditarik KOMITMEN 2. Fasilitas Kredit kepada Nasabah yang belum ditarik 1. Fasilitas pinjaman yang diterima yang belum ditarik 3. Penerusan kredit (channeling) 2. Fasilitas Kredit kepada Nasabah yang belum ditarik 4. Lain-lain 3. Penerusan kredit (channeling) Jumlah Komitmen 4. Lain-lain

2014

c. Kepada non bank - pihak terkait

Posisi Desember 2012

Bunga Kontraktual 15,409 Pendapatan Bunga

a. Tabungan Jumlah Simpanan

anah dan gedung

POS - POS

Pendapatan Bunga

Simpanan

epada non bank - pihak terkait

ah

0

3,680

(17,220)

Dewan Direksi 1. R. Tomy Sarprijanto 2. Rudy Mulyoto

4,251,218

3. Jumlah aset produktif

Posisi Desember 2012

(Ribuan Rp)

22,080

-

17,220

KOMITMEN

LAPORAN NERACA PT. BP. TRIKARYA WARANUGRAHA Tanggal Cetak :(Ribuan 17-April Rp) - 2014 12:41:00 PM

POS - POS Pendapatan dan Beban OperasionalPosisi Desember

103,889

t Berharga

-

18,862 LAPORAN KOMITMEN DAN KONTIJENSI PENDAPATAN (BEBAN) NON OPERASIONAL (7,222) PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT TUGU ARTHA LAPORAN KOMITMEN DAN KONTIJENSI LABA RUGI PERIODE 31 DESEMBER 2013 BANKPENGHASILAN PERKREDITAN RAKYAT TUGU ARTHA LABA (RUGI) SEBELUMPD. PAJAK 762,089 PERIODE 31 DESEMBER 2013 TAKSIRAN PAJAK PENGHASILAN 93,660

-

b. Kepada Bank 17Umum April

PAKTO BPR BHASKARA PAKTO

LAPORAN LABA RUGI PUBLIKASI PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Tanggal : 31 Desember 2013

(Ribuan Rp)

dalam Valuta Asing

-

762,089

- Lain-lain

a. Kepada BPR

1. IKA AR SANTOSO 2. SIENY HANDAJANI

Posisi Desember 2013 Posisi Desember 2012

Kewajiban Segera

(17,220)

-

LABA (RUGI) BERSIH

Tanggal 31 Desember 2013

t

-

PEMERINTAH KOTA MALANG 100%

2. Kredit yang diberikan

1. IKA AR SANTOSO LAPORAN LABA RUGI PUBLIKASI PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA 2. SIENY HANDAJANI Tanggal : 31 Desember 2013 1. IKA AR SANTOSO 2. SIENY HANDAJANI

(Ribuan Rp) Desember 2013

-

11,640

Malang, 1. Penempatan pada bank lain

PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Pos-Pos

-

Jumlah Pendapatan Bunga - Bersih - Beban Pemasaran

1. IKA AR SANTOSO 2. SIENY HANDAJANI

LAPORAN NERACA PUBLIKASI PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Tanggal : 31 Desember 2013

Kewajiban POS - POS

1,074,670

BPR BHASKARA PAKTO

Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Desember 2006 perihal Laporan tahunan dan laporan Keuangan Publikasi BPR

LAPORAN NERACA PUBLIKASI PT BPR KRIDADHANA CITRANUSA Tanggal : 31 Desember 2013

16,779

1,185,386

Dewan Direksi 1. R. Tomy Sarprijanto POSISI 31 DESEMBER 2013 2. Rudy Mulyoto

KETERANGAN

Direksi,

No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Kondisi Keuangan No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Kondisi Keuangan1. IKA AR SANTOSO BPR BHASKARA Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Bankmemenuhi Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 2. SIENY HANDAJANI ng Menandatangani Laporan BankPeraturan Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Informasi keuangan di: atas telah disusun untuk Bank Indonesia Direksi, Desember 2006 perihal Keuangan Laporan Desember 2006 perihal Laporan tahunan dantentang laporanTransparansi Keuangan Publikasi BPR tahunan dan laporan Keuangan Publikasi BPR No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 Kondisi

-

1,132,099

Jumlah Pendapatan Bunga dan Biaya Transaksi - Amortisasi Provisi, Administrasi

- Amortisasi Provisi, Administrasi dan Biaya Transaksi

PERIODE 31 DESEMBER 2013

Direksi, Informasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Kondisi Keuangan No. 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi KondisiBPR Keuangan BHASKARA PAKTO Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Perkreditan Rakyat danBPR Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12 Desember 2006 perihal Laporan tahunanBank dan laporan Keuangan Publikasi Desember 2006 perihal Laporan tahunan dan laporan Keuangan Publikasi BPR Informasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia Direksi,

tan Publik

164,246

- Bunga Kontraktual

- Pendapatan Operasional Lainnya

PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT TUGU ARTHA

17 April 2014

April 2014

-

3,464,854

Beban Bunga

PENGURUS BANK

Laporan Publikasi ini belum diaudit Kantor Akuntan Publik

*BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan nama Kantor 17 *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan Desember 2006 perihal Laporan tahunan dannama laporanKantor Keuangan Publikasi BPR * Akuntan Publik yang Menandatangani Laporan Akuntan: Publik dan nama Akuntan Publik yang bertanggung jawab terhadap audit Akuntan Publik dan nama Akuntan Publik yang bertanggung jawab terhadap Informasi keuanganaudit di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia

O ANI

164,246

-

- Bunga Kontraktual

Laporan Publikasi ini belum diaudit Kantor Akuntan Publik

S BANK

3,137,839

211,325

- Amortisasi Biaya Transaksi -/-

Dewan Komisaris 1. KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN INFORMASI 2. -LAINNYA

1. EDY MULYONO (50%) Pemegang Saham Pengendali ini1. belum Kantor Akuntan Publik 2. GUNADI YUWONO Laporan Publikasi (35%) EDYdiaudit MULYONO 3. AA GDE SUTEDJA, SH (5%) 4. MOK LINA (5%) Catatan: Laporan Publikasi Akuntan Publik 5.*BPR HANDOKO (5%)mencantumkan nama Kantor Dewan Direksiini belum diaudit Kantor 17 April 2014 dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib Akuntan Publik dan nama Akuntan Publik yang jawab terhadap audit Publik 1. IKA AR SANTOSO Laporan Publikasi inibertanggung belum diaudit Kantor Akuntan Catatan: PEMILIK BANK 2. SIENY HANDAJANI Catatan: *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan nama Kantor 1. EDY MULYONO (50%) Pemegang Saham Pengendali 17 April *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan Kantor Akuntan Publik dan namanama Akuntan Publik yang bertanggung jawab terhadap audit 2014 2. GUNADI YUWONO (35%) 1. EDY MULYONO Akuntan Publik dan nama Akuntan Publik yang bertanggung jawab terhadap audit Catatan: 3. AA GDE SUTEDJA, SH (5%) 17 April 2014 *BPR dengan total aset Rp10 miliar atau lebih wajib mencantumkan nama Kantor Direksi, 4. MOK LINA (5%)Informasi keuangan di atas telah disusun untuk memenuhi Peraturan Bank Indonesia No. yang 8/20/PBI/2006 "tanggal 5 Oktober 2006 tentang Transparansi Akuntan PublikKantor dan nama Akuntan bertanggung jawab terhadap Catatan: * Nama Akuntan Publik Publik : SUPRIADI DANaudit REKAN Kondisi Keuangan Catatan: 5. HANDOKO (5%)Bank Perkreditan Rakyat BPR BHASKARA PAKTO dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 8/30/DBPR tanggal 12

PERIODE 31-Dec-12

PERIODE

- Kerugian Penjualan Aset

JUMLAH KEWAJIBAN DAN EKUITAS

Dewan Komisaris 1. AA. GDE SUTEDJA, SH 2. GUNADI YUWONO

PERIODE 31-Dec-13

TAKSIRAN PAJAK PENGHASILAN

Kewajiban Segera Utang Bunga Utang Pajak Simpanan a. Tabungan b. Deposito Jumlah Simpanan Simpanan dari Bank Lain Pinjaman diterima Dana Setoran Modal - Kewajiban Kewajiban Imbalan Kerja Pinjaman Subordinasi Modal Pinjaman Kewajiban Lain-lain Jumlah Kewajiban EKUITAS Modal a. Modal Dasar b. Modal yang belum disetor -/c. Tambahan Modal Disetor -/d. Modal Sumbangan Jumlah Dana Setoran Modal - Ekuitas Laba/Rugi yang Belum Direalisasi Surplus Revaluasi Aset Tetap Saldo Laba a. Cadangan Umum b. Cadangan Tujuan c. Belum ditentukan tujuannya Total Jumlah Ekuitas

5. 6. 7. 8. 9. 10. 11.

100,15Desember Posisi 2012 63.56

0

Pendapatan Bunga

KEWAJIBAN 1. 2. 3. 4

50.77

Posisi Desember 2012

Jumlah aset tetap dan inventaris Aset Tidak Berwujud Akumulasi Amortisasi -/Aset Lain-lain JUMLAH ASET

11. 12. 13.

POS - POS

4,233,754

c. Inventaris d. Akumulasi penyusutan dan

(Ribuan Rp) 8,34

0

Jumlah Kredit yang Diberikan Penyisihan Kerugian -/Jumlah Agunan yang Diambil Alih Aset Tetap dan Inventaris a. Tanah dan gedung b. Akumulasi penyusutan dan

9. 10.

53,68

0

Kredit yang diberikan a. Kepada BPR b. Kepada Bank Umum c. Kepada non bank - pihak terkait d. Kepada non bank - pihak tidak

8.

10,36

8,505,264

0

0

1. Fasilitas pinjaman yang diterima yang belum ditarik Posisi Desember Deskripsi 2. Fasilitas kredit kepada nasabah yang belum ditarik 2013 3. Penerusan kredit (channeling)

Laporan PublikasiPEMILIK ini belum BANK diaudit Kantor Akuntan Publik

PENGURUS BANK

0

7,456,945

7.

649,109 0 0 KOMITMEN 8,245,860 0 0 PEMILIK BANK PENGURUS BANK 4. Lain-lain 0 0 1. Fasilitas pinjaman yang diterima yang belum ditarik 0 0 0 1. EDY MULYONO (50%) Pemegang Saham Pengendali Dewan Komisaris Jumlah komitmen 0 0 2. Fasilitas kredit kepada nasabah yang belum ditarik 2. GUNADI YUWONO (35%) 1. EDY MULYONO 1. AA. GDE SUTEDJA, SH KONTINJENSI 0 0 3. Penerusan kredit (channeling) 3. AA GDE SUTEDJA, SH (5%) 2. GUNADI YUWONO 0 1,077,095 936,335 1. Aset produktif yang dihapus buku 0 0 4. Lain-lain 4. MOK LINA (5%) 0 0 0 2. Agunan dalam proses penyelesaian kredit 5. HANDOKO (5%) Dewan Direksi 0 0 Jumlah komitmen 497,383 1. IKA AR SANTOSO 331,770 444,844 3. Pendapatan bunga dalam penyelesaian KONTINJENSI 323,485 2. SIENY HANDAJANI 0 0 4. Lain-lain 1,077,095 936,335 1. Aset produktif yang dihapus buku 173,898 1,408,865 1,381,179 Jumlah kontinjensi 0 0 2. Agunan dalam proses penyelesaian kredit 0 331,770 444,844 3. Pendapatan bunga dalam penyelesaian 0 0 0 4. Lain-lain * Nama Kantor Akuntan Publik : SUPRIADI DAN REKAN 496,618 1,408,865 1,381,179 Jumlah kontinjensi * Akuntan Publik yang Menandatangani Laporan : 12,771,714

7,907,192

Agunan yang Diambil Alih

0 0

0

PT BPR BHASKARA PAKTO Tanggal0: 31 Desember 0 2013

Kredit yang Diberikan b. Kepada Bank Umum

h. Cash Ratio

3,706,896

0

Penyisihan Kerugian -/Jumlah

0 0 0 0 3,500

0 0 0 LAPORAN KOMITMEN DAN KONTINJENSI PUBLIKASI 0 0 0 0 0 0 0 PT BPR BHASKARA PAKTO Tanggal : 31 Desember 2013 0 0 0 0 0 0 0

g. BOPO

124,180

b. KPMM

Penempatan pada Bank Lain

f. PPAP

0

a. NPL net

0

0

10,809,213

d. ROA

58,771 42,797 3. Jumlah aset produktif 0 0

Kas dalam Valuta Asing

0

58,945 247,876 4,251,218

Penempatan pada Bank Lain

6.

PERIODE 31-Dec-12

PENDAPATAN DAN BEBAN P O S OPERASIONAL - POS

ASET Kas Kas dalam Valuta Asing Surat Berharga Pendapatan Bunga yang Akan

1. 2. 3. 4. 5.

Desember 2013 Desember 27,232 2012 2,208 2,793,600 3,133,690 Bunga Kontraktual Posisi Desember 2013 Posisi Desember 2012 POS - POS 463,993 510,560 Amortisasi Provisi 17,857 19,917 Utang Bunga Kewajiban 0 0 Amortisasi Biaya Transaksi -/6,846 13,230 Utang Pajak Pendapatan dan Beban Operasional 27,232 2,208 3,257,593 3,644,250 Kewajiban Segera Jumlah Pendapatan Bunga Simpanan Pendapatan Bunga Beban Bunga 17,857 19,917 Utang Bunga 2,500,864 3,142,803 a. Tabungan 553,112 826,046 2,793,600 3,133,690 Bunga Kontraktual Bunga Kontraktual 6,846 13,230 Utang Pajak 712 0 Amortisasi Provisi, Administrasi dan Biaya Transaksi 4,193,000 5,534,000 b. Deposito 463,993 510,560 Amortisasi Provisi Simpanan 553,824 826,046 Jumlah Beban Bunga 6,693,864 8,676,803 Jumlah Simpanan 0 Amortisasi Biaya Transaksi -/2,500,864 3,142,803 2,703,769 2,818,204 0 a. Tabungan Jumlah Pendapatan Bunga - Bersih 0 0 Simpanan dari Bank Lain 3,257,593 3,644,250 519,302 762,831 Pendapatan Operasional Lainnya Jumlah Pendapatan Bunga 4,193,000 5,534,000 b. Deposito 0 0 Pinjaman Diterima 3,223,071 3,581,035 JUMLAH PENDAPATAN OPERASIONAL Beban Bunga 6,693,864 8,676,803 Jumlah Simpanan 251,438 173,596 Beban Penyisihan Kerugian Aset Produktif 0 0 Dana Setoran Modal - Kewajiban 553,112 826,046 Bunga 0 0 Kontraktual Beban Pemasaran Simpanan dari Bank Lain 368 1,640 0 0 Kewajiban Imbalan Kerja 712 0 Amortisasi Provisi, Administrasi dandan Biaya Transaksi 0 0 00 Pinjaman Diterima Beban Penelitian Pengembangan 0 0 Pinjaman Subordinasi 553,824 826,046 1,595,097 1,631,144 Jumlah 0 0 Beban BungaBeban Administrasi dan Umum Dana Setoran Modal - Kewajiban 0 0 Modal Pinjaman 1,775 Beban Operasional Lainnya 2,703,769 0 2,818,204 Jumlah 0 0 Pendapatan Bunga - Bersih Kewajiban Imbalan Kerja 1,846,903 1,808,155 JUMLAH BEBAN OPERASIONAL 67,846 339,474 Kewajiban Lain-lain 519,302 762,831 Pendapatan Operasional Lainnya 0 0 Pinjaman Subordinasi 1,376,168 1,772,880 LABA (RUGI) OPERASIONAL 6,813,645 9,051,632 Jumlah Kewajiban 3,223,071 3,581,035 JUMLAH PENDAPATAN OPERASIONAL 0 0 PENDAPATAN DAN BEBAN NON OPERASIONAL Modal Pinjaman Ekuitas 3,845 4,801 Pendapatan Non Operasional 251,438 173,596 Beban Penyisihan Kerugian Aset Produktif 67,846 339,474 Kewajiban Lain-lain Modal 3684,335 1,640 Beban Pemasaran Beban Non Operasional 6,813,645 9,051,632 Jumlah Kewajiban 0 0 Kerugian Penjualan Aset 2,000,000 2,000,000 Modal Dasar 0 0 Beban Penelitian dan Pengembangan Ekuitas 0 15,593 Lain-lain -1,000,000 1,000,000 Modal yang Belum Disetor -/1,595,097-490 1,631,144 Beban Administrasi dan Umum (BEBAN) NON OPERASIONAL (10,792) PENDAPATAN Modal 0 0 Tambahan Modal Disetor (Agio Saham) LABARUGI 0 1,775 Beban Operasional Lainnya 2,000,000 2,000,000 Modal Dasar 0 0 Modal Sumbangan 1,375,678 1,762,088 LABA (RUGI) SEBELUM PAJAK PENGHASILAN 1,846,903 1,808,155 JUMLAH BEBAN OPERASIONAL -1,000,000 1,000,000 Modal yang Belum Disetor -/115,052 220,261 TAKSIRAN PAJAK PENGHASILAN 1,000,000 1,000,000 Jumlah LAPORAN INFORMASI LAIN PT BPR BHASKARA PAKTO 1,376,168 1,772,880 LABA 0 0 (RUGI) OPERASIONAL Tambahan Modal Disetor (Agio Saham) 1,260,626 1,541,827 LABA (RUGI) BERSIH Tanggal : 31 Desember 2013 0 0 Dana Setoran Modal - Ekuitas PENDAPATAN DAN BEBAN NON OPERASIONAL 0 0 Modal Sumbangan 0 0 Laba/Rugi yang Belum Direalisasi 3,845 4,801 Pendapatan Non Operasional LAPORAN INFORMASI LAIN PT BPR BHASKARA PAKTO 1,000,000 1,000,000 Jumlah 0 0 Surplus Revaluasi Aset Tetap Tanggal : 31 Desember 2013 4,335 Beban Non Operasional 0 0 Dana Setoran Modal - Ekuitas (Ribuan Rp) Saldo Laba 0 0 Kerugian Penjualan Aset 0 0 Laba/Rugi yang Belum Direalisasi KETERANGAN Desember 2013 200,000 200,000 Cadangan Umum 15,593 Lain-lain 0 0 L KL D0 M Jumlah Surplus Revaluasi Aset Tetap 0 0 Cadangan Tujuan 1. Penempatan pada bank lain 3,352,268 0 -490 0 (Ribuan0Rp) 3,352,268 (10,792) PENDAPATAN (BEBAN) NON OPERASIONAL Saldo Laba 2. Kredit yang diberikan 3,802,402 2,520,082 Belum ditentukan tujuannya LABARUGI 200,000 200,000 Cadangan Umum a. Kepada BPR 0 0 0 0 KETERANGAN Desember 2013 0 LAPORAN NERACA PUBLIKASI PT BPR BHASKARA PAKTO 4,002,402 2,720,082 Total 1,375,678 1,762,088 LABA PAJAK PENGHASILAN b. Kepada Bank Umum 0 0 0 0 0 0 (RUGI) SEBELUM Cadangan Tujuan Tanggal : 31 Desember 2013 0 L KL D M Jumlah 5,002,402 3,720,082 Jumlah Ekuitas c. Kepada non bank - pihak terkait 0 0 0 0 3,500 115,052 220,261 TAKSIRAN PAJAK PENGHASILAN 3,802,402 2,520,082 1. Penempatan pada bank lain Belum ditentukan tujuannya 3,352,268 0 0 0 3,352,268 d. Kepada non bank - pihak tidak terkait 7,456,945 70,748 96,019 881,552 8,505,264 11,816,047 12,771,714 Total Kewajiban dan Ekuitas 1,260,626 1,541,827 2. Kredit yang(RUGI) diberikan LABA BERSIH 4,002,402 2,720,082 3. Jumlah aset produktif Total 10,809,213 70,748 96,019 881,552 11,857,532 KewajibanPos-Pos Segera

PERIODE 31 DESEMBER 2013

PERIODE 31-Dec-13

POS - POS

(Ribuan Rp)

Pendapatan dan Beban Operasional

Kewajiban

NO

Posisi Desember 2013 Posisi Desember 2012

POS - POS

Desember 2013 Desember 2012 (Ribuan Rp)

Pos-Pos

PERIODE 31 PERKREDITAN DESEMBER 2013 LAPORAN LABA-RUGI PD. BANK RAKYAT TUGU ARTHA

NERACA PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT TUGU ARTHA PERIODE 31 DESEMBER 2013

8.33%

8.33%

Nama Kantor Akuntan Publik

:

Akuntan Publik yang Menandatangani Laporan : -

Malang, 25 April 2014 Direksi PT. BP. Trikarya Waranugraha

JURI SUGIANTO, SE

YANI ATI, SE

Tanggal Cetak : 22-April - 2014 4:14:46 PM

Malang, 25 April 2014


4

SENIN, 28 APRIL 2014

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN DI BANDARA ABD SALEH MALANG NO OPERATOR

KEDATANGAN

KEBERANGKATAN

No PNBAN

Waktu

No PNBAN

Waktu

1

Sriwijaya Air

SJ 250

08.10

SJ 251

08.40

2

Citilink

QG 9243

08.55

QG 9244

09.25

3

Garuda Indonesia

GA 290

10.20

GA 291

11.00

4

Kalstar Aviation

KD 682

11.05

KD 683

11.30

5

Sriwijaya Air

SJ 246

12.20

SJ 247

12.50

6

Garuda Indonesia

GA 292

12.30

GA 293

13.10

7

Wings Air

IW 1840

14.00

IW 1841

14.25

8

Sriwijaya Air

SJ 248

14.20

SJ 249

14.50

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

POKOKNYA JOGET: Seorang anak kecil asyik berjoget ala penikmat musik Reggae di atas panggung bersama acara Malang Tatto Fest di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Malang. Aksi panggung spontanitas ini sempat menjadi perhatian para pengunjung acara.

Refleksi Kritis Tujuan Pendidikan Dari pesawat terbang yang saya cintai, saya melihat ilmu pengetahuan yang saya puja memusnahkan kebudayaan, padahal saya mengharapkan mereka dimanfaatkan untuk kebudayaan. (Charles A. Lindbergh, Jr.) Membincang masalah pendidikan bagai mereguk hamparan lautan samudera yang membentang luas, tak pernah kering meski direguk oleh ribuan musafir yang tengah dilanda dahaga. Selalu ada rasa yang menggoda, menggelitik di ruang dialektika, tawar dan asinnya realitas problematika pendidikan menjadi rasa penyedap dan menjadikan nikmat yang berputar diarena gelanggang inspirasi para pemerhati pendidikan, menjadi gincu indah yang senantiasa melekat dibibir. Pendidikan bangsa pada dasawarsa belakangan ini meninggalkan isak tangis mendalam bagi warga masyarakat, isak tangis yang mencekat rongga kemirisan kaum pinggiran. Mereka yang kaum papa seringkali menjadi korban atas kekejaman yang tak kunjung usai. Kekejaman memihak yang dibungkus dengan nama pendidikan menjadi sarana efektif bagi kaum kapitalis untuk mengamankan strata sosial mereka.

Realitas sosial yang kerap terjadi di Sehingga wajar, bumi pertiwi di era Masyarakat adalah banyaknya institusi- modern ini menjadi hunian manusiainstitusi pendidikan yang kini berubah manusia yang cerdas, terampil tapi arah menjadi tempat-tempat industri, lebih bertendensi pada kepribadian lembaga pendidikan seakan-akan cacat dan integritas lemah. Institusibermetamorfosa menjadi agent kapitalis institusi pendidikan lebih produktif baru. Jual beli nilai yang tertera pada memproduksi para cerdik kapitalis yang ijazah menjadi cacat moral. sesuatu yang Melihat fenotidak asing lagi mena ini, ma ka Oleh: diperdengarkan tidaklah mengoleh media, herankan apabila gratifikasi dalam praktik korupsi, beberapa lini kolusi, nepotisme, Mahasiswa Jurusan pendidikan mulai manipulasi, berTarbiyah/Fakultas Agama bermunculan, bagai tindak asusila Islam UMM, Ketua Umum orientasi pendan serangkaian LSO-FORSIFA UMM didikan kemudian peristiwa amoral kehilangan ruhlainnya selalu nya dan hanya menghiasi beberorientasi pada materi. Out-put yang ri ta diberbagai media yang ada di dihasilkan pendidikan negeri inipun Negeri ini. Sepertinya ada yang seakan menjadi mesin kapitalis baru hilang pada ruh pendidikan bangsa yang mematikan ekonomi rakyat. ini. Ruh-ruh yang berdimensi afeksi Sebagai contoh riil yang terjadi di dan psikomotorik sepertinya masih Masyarakat adalah pendirian super terlalu tinggi menggantung di langit market yang berdampingan dengan sehingga perlu usaha keras dan cerdas usaha rakyat miskin. untuk membumikannya. Ruh-ruh Tidak bisa dipungkiri, disadari atau tersebut belum bisa berintegrasi dengan tidak bahwa pendidikan bangsa yang intelektual, seakan-akan terdapat partisi sudah berjalan sekian puluh tahun tebal yang menyekat moral spiritual sejak kemerdekaan dideklarasikan lebih dengan moral intelektual. menekankan pada aspek kognitif saja. Plato salah seorang ďŹ lsuf yunani dalam Ahmad Tafsir (2010) pernah menelurkan suatu konsep penting menyatakan bahwa masyarakat yang rusak akan memproduksi individu -individu yang cacat dan individu-individu yang cacat itu akan menyumbangkan kesulitan sosial bagi masyarakat. Karena itu Stevenson dan Habermen (2001) menilai Plato sebagai orang pertama yang melihat pendidikan sebagai kunci utama dalam membangun masyarakat. Konsep penting yang dikemukakan oleh plato di atas seharusnya menjadi perhatian serius untuk mereeksikan tujuan ditengah karut-marutnya dunia pendidikan bangsa, karena sejatinya pendidikan itu bertujuan untuk menghasilkan manusia-manusia sempurna, manusia-manusia yang cakap dalam integritas dan bukan manusia-manusia yang gagap moral. Manusia yang cerdas secara logika dan luhur dalam budi pekerti sehingga produk yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan benar-benar menjadi agent of chage yang konstruktif bukan

TAQWIM

Angkoc

6,8331R6.0(13(16,8337DQJJDO-XOL 3HQHUELW370DODQJ3RV&HPHUODQJ 5HNHQLQJ%&$.&3*DWRW6XEURWRQR 5('$.6,6,5.8/$6,,./$1  -O6ULZLMD\D0DODQJ  7HOHSRQ    )D[   J

%,52%$78  -DODQ'LUDQ%  7HOS  %DWX J

3(5:$.,/$1-$.$57$  *HGXQJ*UDKD3HQD/W9,-O.HPD\RUDQ/DPD1R  7HOS)DNV   +HQGUD

3(0%,1$'DKODQ,VNDQ .20,6$5,687$0$+=DLQDO0XWWDTLHQ J :$.,/.20,6$5,687$0$+,PDZDQ0DVKXUL J .20,6$5,6+M'HZDQWL5XPSRNR   ++XVQXQ1'MXUDLG J ',5(.78587$0$+-XQLDUQR'3XUZDQWR J ',5(.785+6XGDUQR6HPDQ J 3HPLPSLQ5HGDNVL6XQDYLS5D,QGUDWD J 0DQDMHU,NODQ+(GL,VZDQWR J 0DQDMHU3UDFHWDN<XGL$UPDGLRND J 0DQDMHU8PXPGDQ.HXDQJDQ/DLO\-XQDLGD J

J

J

J J J J

J

J

destruktif. PereďŹ&#x201A;eksian dalam dunia pendidikan haruslah sejalan nilai moral yang memihak pada terciptanya konstruk masyarakat ideal yang berkarakter dan berpihak pada masyarakat yang tidak teruntungkan. Kaitannya dengan hal ini, terdapat teori modernisasi pendidikan yang dikemukakan oleh Weberian dan Al-Abrosyian dalam Muhaimin (2012), Weberian menyatakan bahwa pendidikan modern itu adalah pendidikan yang bisa membangun kesadaran peserta didik untuk berpihak pada kelompok yang tidak teruntungkan, kelompok tertindas atau kelompok mustadlâ&#x20AC;&#x2122;aďŹ n. Sedangkan Al-Abrosyian menyatakan bahwa pendidikan modern itu adalah pendidikan yang mampu membentuk peserta didik yang komitmen dan concern terhadap fadlilah al-akhlaq (keutamaan akhlak) dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan yang bersifat seumur hidup (long life education) itu haruslah berorientasi pada pembinaan karakter sehingga tujuan pendidikan akan menghasilkan manusia humanis yang berkepribadian paripurna, tidak hanya cerdas logika tapi juga cerdas rasa. Hal ini sebagaimana yang tertera dalam UU nomor 20 tahun 2003 disebutkan bahwa Pendidikan adalah usa ha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Jika difahami secara mendalam, UU di atas sudah mencakup pendidikan karakter dengan terinternalisasikannya kekuatan ruh spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dan dengan ini semua diharapkan pendidikan bangsa bisa mereďŹ&#x201A;eksikan tujuan pendidikan yang membangun karakter peserta didik, sehingga diharapkan akan terciptanya manusiamanusia humanis generasi rabbani yang mulya dalam moral dan cantik dalam intelektual.

0DQDMHU3HPDVDUDQ%XDUL .RRUGLQDWRU/LSXWDQ6UL1XJURKR 5HGDNWXU3HODNVDQD'HZL<XKDQD 6HNUHWDULV5HGDNVL1RHU$GLQGD=DHQL .RPSDUWHPHQ6XPDUJD1XUWDQW\R   $EGXO+DOLP 5HGDNWXU0DKPXGL0XFKLG6DPVXOLRQR -RQ6RHSDULMRQR6KXYLD5DKPD0XKDLPLQ )HEUL6HW\DZDQ%DJXV$U\:LFDNVRQR 6WDI5HGDNVL/DLODWXO5RVLGD+DU\6DQWRVR,UD

J J J

J

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun â&#x20AC;&#x201C; Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

Integritas, Syarat Komisioner KPU SETELAH pemilu legislatif (pileg) usai, komisioner KPU di Malang Raya segera mengakhiri masa tugasnya pada bulan Juni mendatang. Penyelenggaraan pileg 2014 adalah tugas terakhir mereka, sednagkan Pilpres bulan Juli mendatang akan dilaksanakan oleh anggota KPU baru. Pergantian komisioner KPU itu berlaku untuk seluruh wilayah Jatim, kecuali tiga kabupaten, Tulungagung, Nganjuk dan Probolinggo, yang lebih dulu memilih komisioner baru karena masa tugasnya sudah habis bulan lalu. Pendaftaran calon komisioner KPU itu ditutup Jumat lalu yang dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan tes yang dilaksanakan oleh tim seleksi. Sistem rekrutmen komisioner KPU tingkat kabupaten/kota mengalami beberapa perubahan, diantaranya kelengkapan administrasi dan tes. Peserta harus menjalani semua tes sekaligus, diantaranya tes kesehatan jasmani /rohani, psikotes dan tes tertulis. Setelah tes tersebut, peserta harus menjalani tes wawancara untuk menjaring 10 peserta yang akan dikirim ke KPU Jatim. Dari jumlah tersebut, akan dipilih lima orang yang akan menjadi komisioner KPU periode 2014 â&#x20AC;&#x201C; 2019. Perubahan lain adalah, tim seleksi tidak berkantor di KPU, seperti sebelumnya, untuk menghindari konďŹ&#x201A;ik kepentingan, karena ada anggota incumbent yang ikut tes lagi. Sistem baru tersebut diharapkan mampu menjaring komosioner KPU yang lebih berkualitas. Untuk wilayah Malang Raya, kinerja KPU, baik kelembagaan maupun para komisionernya, relatif lebih baik meskipun ada beberapa kasus yang menimbulkan penilaian negative masyarakat. Misalnya, kasus Pilkada Batu yang berbuntut panjang dengan gugatan ke PTUN oleh salah satu calon terhadap keputusan KPU yang menganulir calon tersebut. Masalah tersebut bisa menimbulkan persepsi yang tidak baik terhadap KPU, seolah-olah lembaga ini â&#x20AC;&#x201C; dengan para komisionernya â&#x20AC;&#x201C; telah melakukan tindakan untuk merugikan salah satu calon dan memenangkan calon lain. Padahal, apa yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Kita bersyukur, pihak-pihak yang terlibat kemudian menempuh jalur hukum, bukan cara lain, kekerasan misalnya, yang kerap muncul dalam Pilkada. Di samping kasus tersebut, KPU Kota dan Kabupaten Malang bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Selama periode keanggotaannya, para komisioner ini menjalankan tugas menyelenggarakan pilpres, pilkada, pilgub dan pileg. Dalam perkembangannya, kinerja KPU sudah menunjukkan peningkatan, setidaknya kalau dilihat dari berkurangnya kasus yang menimpa para komisioner. Saat awal terbentuknya lembaga penyelenggara pemilu tersebut, banyak komisionernya yang terlibat korupsi dan harus mendekam di penjara. Kasus ini merata, mulai KPU pusat, provinsi sampai kabupaten/kota. Peluang korupsi di KPU memang terbuka, karena ada aktivitas yang berhubungan dengan pengadaan logistik pemilu. Belum lagi godaan peserta pilkada dan pilgub yang memberi iming-iming tertentu agar memenangkan calon tertentu. Dalam pileg misalnya, banyak caleg yang merayu agar suaranya ditambah agar bisa lolos menjadi anggota legislative. Untuk menangkal godaan tersebut, diperlukan komisioner KPU dengan integritas tinggi, tidak mudah tergoda dan taat pada aturan. Kita berharap, bila seleksinya sudah baik, maka akan menghasilkan komisioner yang baik dan pada akhirnya menghasilkan pemilu yang berkualitas. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

5DYLND9DQGUL%DWWX6LJLW5RNKPDG3R\+HUL3$JXQJ J 3UL\R7RPP\<XGD3<XGLVWLUD6DW\D::6WHQO\ 5HKDGVRQ%LQDU*XPLODQJ0LVNL%LQ-DPDOXGGLQ J /D\OL6DOLPDK0XKDPPDG&KRLUXO$QZDU 5HGDNWXU)RWR*XHVW*HVDQJ J )RWRJUDIHU0XKDPPDG)LUPDQ5L]DO)DQDQ\ ,QIRUPDWLRQ 7HFKQRORJL-O-XQDHGL NRRUGLQDWRU  J 1\RQR-XDUL 7LP$UWLVWLN6ODPHW3UD\LWQR NRRUGLQDWRU  .XUGL\DQWR6XVLOR$FKPDG0X]DPLO(NR$EGL +DV\LP$ULI6\DLIXUUDKPDQ6LWL1XUFKDVDQDK

,NODQ+,VZDQWR,VPDGL5HQGL\DQWRN6DSWR3 =DLQDO$ULILQ,PDP:DK\XGL 6LUNXODVL:L\RQR NRRUGLQDWRU 6LUKDQ6DKUL 5RQQ\+HQGUR0RFK6XDGL/XWIL<XQLQGUD 3HQJHPEDQJ8VDKD7DXILNXU5DKPDQ NRRUGLQDWRU  6LQ\R6XZLJQ\R 8PXPGDQ.HXDQJDQ6\DILXGLQ NRRUGLQDWRU  +XGD1XU7RZLOLU ,NODQ 5HQL63 VLUNXODVL  6LWL0X]D\DQDK6XMRQR%DPEDQJ7/

J

:DUWDZDQ0DODQJ3RVWGLOHQJNDSLWDQGDSHQJHQDOGDQWLGDNGLSHUNHQDQNDQPHQHULPDDWDXPHPLQWDXDQJGDQEDUDQJDSDSXQGDULQDUDVXPEHU5HGDNVLPHQHULPD$UWLNHOGDQ2SLQL 3DQMDQJQDVNDKDUWLNHOWLGDNOHELKGDULVDWX+DODPDQGDQWLGDNPHQJDQGXQJ6$5$.LULPEHUVDPD)ODVK'LVN&'NH0DODQJ3RVW-O6ULZLMD\D0DODQJ 7HOS  DWDXOHZDWHPDLOUHGDNVL#PDODQJSRVWFRP:HEVLWHZZZPDODQJSRVWFRP7XOLVDQDWDXIRWRGHQJDQNRGHVLUNXODVLDGYHUWRULDOGDQVRFLHW\DGDODKLNODQ REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: DJ AMIEL


KOMBIS-TECHNO

SENIN, 28 APRIL 2014

5

Repeater Guest Jaga Stabilitas Okupansi Hotel

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

PRAKTEK: Product Specialist Formula, Rio Chandra saat mengajak siswa dan siswi kelas IV SDN Pandansari 4 menggosok gigi bersama.

Formula Kuasai Market Share Sikat Gigi MALANG – Formula menguasai 60 persen market share sikat gigi di Indonesia. Tahun ini, produk perawatan gigi dan mulut milik Orang Tua Group tersebut fokus untuk menjaga dominasi market share tersebut. Head Corporate and Marketing Communication OT Group, Yuna Eka Kristina menjelaskan, mempertahankan dominasi market share menjadi tantangan tersendiri mengingat persaingan pasar produk perawatan gigi dan mulut di Indonesia yang cukup ketat. “Pasar sangat dinamis. Kompetitor bergerak dengan segmentasi yang hampir sama. Karena itulah, kami harus pintar-pintar melakukan inovasi,” urai Yuna saat berbincang dengan wartawan diselasela kegiatan corporate social responsibility (CSR) berupa penyerahan paket sikat gigi kepada masyarakat di Ngantang, Ka-

bupaten Malang.Yuna mengungkapkan, selain sikat gigi, pasta gigi Formula juga memberikan kontribusi penjualan yang tidak sedikit. Produk pasta gigi Formula saat ini masuk dalam tiga besar produk terlaris di Indonesia dengan market share sekitar 11 hingga 15 persen. Perempuan berambut cepak itu menambahkan, kebutuhan pasta gigi di Indonesia memang terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan penduduk. Formula sendiri memiliki beberapa varian produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. “”Berdasarkan survey kebutuhan konsumen. Ada empat hal yang diperlukan dari sebuah pasta gigi, yaitu memperkuat, menyegarkan nafas, memutihkan, dan mengurangi gigi sensitif,” urai dia. Hasil survey tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk produk pasta gigi diantaranya Formula Protection yang

diformulasikan untuk memperkuat gigi dan Formula Sparkling White untuk memutihkan gigi. “Diantara empat produk tersebut, Formula Protection untuk memperkuat gigi yang paling banyak dicari oleh konsumen,” papar dia. Sementara itu, Sabtu (26/4) lalu, Formula menggelar kegiatan CSR berupa penyerahan 4000 paket Formula untuk masyarakat di Ngantang, Kabupaten Malang. Acara tersebut merupakan satu rangkaian dengan kegiatan pengobatan gigi gratis, penyuluhan kesehatan gigi, dan pemeriksaan gigi gratis. “Kegiatan CSR ini tidak dipatok untuk kebutuhan dana, karena memang sangat disesuaikan dengan masing-masing wilayah,” ucap Yuna. Ia mencontohkan, berdasarkan hasil survey, di wilayah Ngantang, ada kecen-

derungan untuk satu sikat gigi dipakai bersama. Karena itulah, pembagian 4000 paket Formula yang terdiri dari sikat dan pasta gigi dianggap kegiatan yang paling tepat. “Untuk tahun ini sendiri, dari program CSR diharapkan mampu menyalurkan 2 juta paket Formula kepada masyarakat,” imbuh dia. Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Malang, Bambang Pujaswendo menambahkan, rangkaian kegiatan pengobatan gratis tersebut bisa menjadi ajang untuk sosialisasi pentingnya perawatan gigi. “Banyak yang tidak tahu bahwa sikat gigi harus ganti setiap tiga bulan. Hal-hal seperti inilah yang harus disosialisasikan kepada masyarakat agar permasalahan berkaitan dengan gigi bisa diminimalisir,” pungkas Bambang.(fia)

Gempita 10 Tahun Xenia

Konsumen Probolinggo Boyong Hadiah Terios TX MALANG – Pabrikan otomotif Daihatsu memiliki berbagai macam strategi untuk menjaga kestabilan penjualan di tengah lesunya pasar di semester pertama ini. Salah satunya, sejak awal April ini, mengadakan Weekend Sale dan mengundang customer hadir ke show room untuk mendapatkan penawaran spesial di akhir pekan. Kepala Cabang Daihatsu Ahmad Yani Malang, Agus Mulyadi menuturkan, jika Weekend Sale ini merupakan strategi baru untuk menggenjot penjualan. “Baru berlangsung tiga kali hingga akhir pekan ini,” ujarnya. Menurut dia, promo tersebut juga untuk melengkapi program Gempita 10 Tahun Xenia yang sudah berlangsung sejak awal tahun. “Tetapi untuk Weekend Sale ini akan berlangsung hingga akhir Juni nanti, dan berlanjut dengan promo yang tak kalah menarik lagi,” beber dia kepada Malang Post. Pria yang akrab disapa Babe ini menyampaikan, promo ini terbukti efektif membantu penjualan. Sebab, dalam sekali even minimal ada 10 pengajuan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Padahal, acara hanya berlangsung dalam tempo tiga jam saja.

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BERUNTUNG: Kepala Cabang Daihatsu Ahmad Yani Malang, Agus Mulyadi (kanan) menyerahkan hadiah kepada Dwi Retno Utari, konsumen Daihatsu yang beruntung mendapatkan hadiah dalam program Gempita 10 tahun Xenia.

“Selama April ini, setiap akhir pekan minimal terdapat 15 SPK. Cukup bagus sekalipun target kami di angka 20 SPK khusus akhir pekan,” papar Agus ditemui di sela-sela Weekend Sale, Sabtu (26/4) lalu. Tingginya SPK ini dikarenakan penawaran spesial ketika promo. Misalnya saja special price, uang muka dan angsuran lebih ringan, bunga 0 persen

untuk setahun pertama hingga cash back. Masih ditambah lagi dengan pemberian hadiah langsung. Khusus hingga April ini, kesempatan terakhir untuk mengikuti undian berhadiah 50 unit mobil Daihatsu. Masih menurut dia, dengan adanya program ini ditargetkan bisa menaikkan penjualan hingga 30 persen. Padahal, secara keseluruhan untuk market otomotif

di Malang selama triwulan pertama sedang sepi. “Tetapi market Daihatsu terbukti secara keseluruhan naik sekitar 17 persen hingga akhir Maret lalu,” urai Babe. Sementara itu, program Gempita 10 Tahun Xenia kembali menghadirkan pelanggan setia dari wilayah Malang DSK yang beruntung. Kesempatan ini, customer Daihatsu Malang Ahmad Yani menjadi pemenang dan Sabtu (26/4) lalu menerima hadiah. “Kali ini, customer asal Probolinggo bernama Dwi Retno Utari berhasil mendapatkan Daihatsu Terios TX. Dia membeli mobil di Sales Point Daihatsu yang di Probolinggo,” terangnya. Customer ini membeli unit Terios juga di bulan Februari. Menurut Retno, dia merasa beruntung. “Beli 1 Gratis 1. Tidak menduga sebelumnya jika nomor undian dari daerah bisa menang juga,” ujar perempuan yang ketika menerima hadiah ini tampil cerah dengan kerudung merah. Suami Retno, Djono Paringadi yang mendampinginya pun tidak kalah sumringah. Dia merasa bersyukur dengan hadiah tersebut, dan akan dijadikan sebagai penunjang dalam bekerja. (ley/adv/fia)

Smartfren Berikan Paket Senang Semua Menang MALANG – Smartfren menggelar promo Paket Senang Semua Menang. Promo tersebut digelar selama 45 hari sejak 16 April dan akan berakhir 31 Mei 2014 mendatang. Pada event tersebut, Smartfren memberikan voucher pulsa, power bank dan micro SDcard secara gratis untuk setiap pembelian produk Andromax. Gallery Manager Ejel 2 Smartfren, Arie Wibowo menjelaskan promo Paket Senang Semua Menang ini digelar secara nasional. Promo ini cukup menarik, lantaran pihak Smartfren memberikan tiga pilihan paket. Yakni Paket Senang Single, Paket Senang Double 1 dan Paket Senang Double 2. “Dalam Paket Senang Single,

pembeli mendapatkan Micro SDcard, voucher fisik Smartfren Rp 50 ribu dan voucher fisik Rp 20 ribu secara gratis,’’ kata Arie. Sedangkan Paket Senang Double 1, Arie menjelaskan di dalamnya berisi Power Bank, voucher Rp 150 ribu. Dan Paket Senang Double 2, Smartfren memberikan gratis power bank, voucher Rp 150 ribu, SD Card dan voucher Rp 50 ribu. “Masing-masing kategori, mendapatkan gratis yang sama,’’ kata Arie. Untuk produk yang masuk dalam promo tersebut, Arie pun menyebutkan satu persatu. Pertama adalah Andromax V. Dalam Paket Senang Single, setetiap pembelian perangkat ini pembeli cukup mem-

IRA RAVIKA/MALANG POST

SENANG : Smartfren mengenalkan promo Paket Senang Semua Menang yang menawarkan banyak keuntungan bagi pelanggan.

bayar 1.999.000. Sedangkan untuk Paket Senang Double 1, Smartfren mematok harga Rp 2.218.000. Dengan harga tersebut pembeli mendapatkan satu unit Andromax V, Super Dongle Rev A, dan berbagai merchandise gratis. Sedangkan di Paket Senang Double 2, Smartfren mematok harga Rp 3.998.000. Dengan harga tersebut pembeli mendapatkan dua unit Andromax V, power bank, voucher Rp 150 ribu, SD Card dan voucher Rp 50 ribu.

Smarfren menawarkan dengan harga Rp 3.740.000 untuk dua unit Andromax U2 dengan hadiah sesuai paket. “Untuk produk Andromax U3 kami menawarkan Rp 2.099.000 untuk Paket Senang Single, sedangkan Paket Senang Double 1 kami menawarkan harga Rp 2.318. 000 dan Paket Senang Single 2 kami menawarkan Rp 4.198. 000,’’ tambah Arie. Selain

empat produk tersebut, promo juga diberikan untuk produk Andromax Z, dan Andromax Tab 8, dan Huawei Windows Phone. “Dengan promo Paket Senang ini, pembeli akan lebih berhemat. Tentunya, mereka juga mendapatkan produk yang keren,’’ kata Arie, yang mengatakan Smartfren merupakan operator CDMA berbasis EVDO Rev B, dengan kecepatan 14.2 mbps. (vik/fia)

MALANG – Di tengah persaingan bisnis perhotelan yang semakin ketat, beberapa hotel terbantu dengan adanya loyal customer atau repeater guest untuk menjaga okupansi. Di tahun ini, kehadiran repeater itu menjadi salah satu penyumbang kestabilan bisnis hotel. Sales Manager Santika Premier Hotel Malang, Panji Teguh mengakui, jika loyal customer ini sangat berarti bagi hotelnya. “Tidak dipungkiri, tingkat repeater di Santika tergolong tinggi,” ujarnya. Menurut dia, average dalam sebulan repeater di salah satu hotel favorit di Kota Malang ini antara 20-25 persen. Sehingga, hotel sangat terbantu ketika masa low season. “Memang cukup besar. Dalam sehari, bisa lebih dari 10 guest yang masuk dalam kategori repeater,” beber dia kepada Malang Post. Panji mengungkapkan, adanya repeater tersebut menjadi salah satu kesuksesan hotel menjaga tamunya. Hal ini berarti pula, tamu hotel menyukai pelayanan ketika mereka sedang menginap. Baik melalui personal touch hingga keramahan ketika memberikan pelayanan. “Itu artinya perlu pula record bagi setiap tamu yang masuk. Di Santika ini, diberikan record mengenai karakter setiap tamu. Misal si A, kebiasaan menggunakan handuk bagaimana, makanan yang dihindari apa, hingga ketika masuk di kamar petugas hotel harus melepas sepatu,” papar dia panjang lebar. Sehingga, record itu memudahkan ketika sang guest kembali menginap di hotel yang memiliki Teracota Restaurant ini. Apalagi, ada repeater yang lebih dari 40 kali datang kembali di Santika. “Kami harus menjaga mereka di tengah bermunculannya hotel setahun terakhir ,” tegas Panji. Terpisah, Marketing Manager Savana Hotel and Convention, Dewi Melani mengakui hal yang serupa. Ketika low season dua bulan terakhir, tertolong dengan kehadiran repeater guest. “Lumayan, ada 10 hingga 15 persen customer yang loyal,” terangnya. Dia mengakui, memang tamu pasti tergoda dengan kemunculan hotel baru. Namun, bila hotel yang sudah lebih dulu berdiri pandai berstrategi, maka hal ini akan sedikit mengurangi permasalahan kekurangan tamu. “Berkurang memang iya karena sekarang harus dibagi dengan hotel lain. Tetapi ketika ada customer yang loyal kan tertolong. Belum lagi, ketika hotel menawarkan fasilitas baru,” tegas Melani. Melani menambahkan, untuk menjaga tamu agar suatu saat kembali lagi ketika sedang mengunjungi Kota Malang, hotel harus menawarkan kenyamanan kepada sang tamu. Nuansa homy, yang diberikan di dalam lingkungan hotel, baik oleh karyawan maupun fasilitas itu sangat diperlukan. (ley/fia)

iWARE 8801

Navigator Berbekal Satelit MALANG – Belakangan GPS menjadi perangkat yang banyak dibutuhkan. Terbukti, hampir seluruh perangkat celluler dilengkapi dengan GPS, ada yang mendukung A-GPS maupun GLONNAS. Namun begitu, GPS pada perangkat telepon pintar, bisa berfungsi atau bekerja dengan layanan data. Sementara pengguna ponsel yang tidak memiliki paket layanan data atau paket layanan datanya habis, praktis GPS pada ponsel tidak bisa menggunakan. Namun begitu, pengguna yang suka melakukan kegiatan traveling tidak perlu khawatir. iWare salah satu perusahaan GPS menciptakan perangkat navigasi yang tidak memakan biaya. Kinerja perangkat ini mengandalkan satelit, sehingga pengguna tetap bisa melacak, mencari alamat, bahkan sebagai penunjuk jalan saat bepergian. “Ini merupakan seri terbaru iWare yang dipasarkan di Indonesia, yakni iWare 8801. Tidak mengandalkan layanan data, tapi mengandalkan signal satelit, praktis tetap bisa digunakan meskipun di dalam hutan rimba sekalipun,’’ kata Supervisor PrintSip Plaza Dieng, Djunaidi. Djunaidi menjelaskan iWare hadir dengan desain yang ringkas dan menarik. Layaknya telepon seluler, perangkat ini dilengkapi dengan user interface yang mudah dimengerti. Teknologi layar sentuh, processor dan chipset GPS yang handal, membuat pengguna saangat mudah menggunakannya. “Ada tiga pilihan warna untuk iWare seri 8801 yaitu kuning (seri Diablo), merah (seri Blaze) dan biru (seri Glow),’’ kata pria asal Lamongan ini sembari mengatakan selain mengemas perangkat dengan desain yang stylish, iWare 8801 ini juga memiliki finishing box berwarna kombinasi hitam dan biru doff dengan UV spot yang terasa mahal. Ditambah dengan aksesoris yang lengkap di dalamnya. Yaitu mulai dari unit, holdernya yang bisa berputar 360 derajat, car charger, wall charger, kabel USB data, stereo headphone hingga pouch kain untuk melindungi unit ini saat dibawa keluar dari mobil. Djunaidi juga menjelaskan, iWare 8801 memiliki dimensi 13.5 x 8.5 x 1.5 cm. GPS ini juga dilengkapi dengan stylus pen, yang fungsinya memudahkan pengguna menekan layar. Terutama saat meletakkan perangkat di kaca mobil, pengguna cukup mengambil stylush pen, dan menekan layar sesuai yang diinginkan dengan mudah. Perangkat ini memiliki port yang sangat lengkap. Diantaranya slot USB, Micro SD Card, Stereo dan AV in. Dengan port tersebut dipastikan perangkat ini sangat universal, artinya tidak hanya sebagai alat navigasi, namun pengguna juga bisa menonton video, mendengarkan musik, ataupun bermain game dengan perangkat tersebut. Djunaidi juga mengatakan dalam iWare 8801 telah dibekali 6 peta GPS yang terpasang yaitu PapagoX5, IGO Amigo, GarminXT, iGO8, Sygic dan iGO Primo. “GarminXT adalah GPS yang paling flexible, selain paling mudah, membukanya juga lebih cepat,’’ kata Djunaidi yang mengatakan untuk cold-start, pencarian sinyal GPS rata-rata memakan waktu 30-40 detik.(vik/fia)

Produk New Andromax V. Pada Paket Senang Single, Smarfren mematok harga Rp 2.199.000. Di Paket Senang Double 1, Smartfren menawarkan dengan harga Rp 2.418.000. Dengan harga tersebut pembeli mendapatkan satu unit New Andromax V dan Super Dongle Rev A, serta hadiah sesuai paket. Sementara pada Paker Senang Double 2, pembeli hanya perlu membayar Rp 4.398.000 untuk dua unit New Andromax V dan hadiah sesuai paket. Promo ini juga diberikan untuk pembelian produk Andromax U2. Dalam Paket Senang Single, Smartfren menawarkan dengan harga Rp 1.870.000. Sedangkan Paket Senang Double 1, Smartfren menawarkan dengan harga Rp 2.089.000, dan Paket Senang Double 2 REDAKTUR : MARGA, LAYOUTER : MOKA


SENIN, 28 APRIL 2014

6

PENUTUPAN DOLLY

Warga Hadang Mobil Linmas

ISTIMEWA

PROTES: Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan menilai pemberitaan Radar Bromo menyudutkan penyelenggara pemilu.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SURABAYA - Rencana penutupan lokalisasi Dolly oleh Pemerintah Kota Surabaya, menjadi momok. Tak hanya bagi PSK dan Germo, warga dan pedagang kaki lima yang mengais rezeki dari ramainya prostitusi ikut merasakan ketakutan rencana penutupan yang dijadwalkan pada tahun 2014 ini. Warga dan pedagang di sekitar lokalisasi terus bersiaga akan datangnya petugas, terutama dari Pemerintah Kota Surabaya. Kericuhan hampir terjadi antara warga, pedagang dengan petugas Linmas pada Sabtu (26/4/2014) dini hari. Awal peristiwa itu dipicu dari operasi gabungan yang digelar TNI yang hendak memeriksa keberadaan anggota TNI di wilayah prostitusi diikuti pasukan Linmas. Melihat munculnya pasukan Linmas, sontak warga serta PKL menghadang. Tak hanya itu saja, sirine yang dipasang di seluruh lokalisasi sebagai penanda adanya bahaya dibunyikan serentak. Kerumunan warga langsung merangsek menuju mobil Linmas dan berusaha untuk menghadang. “Petugas Pemkot jangan ada yang masuk. Kita cari hidup dari sini,” teriak salah satu massa. Tak hanya itu, massa berusaha untuk menghadang dengan menggoyang - goyangkan mobil patroli Linmas. Beruntung beberapa orang berupaya menenangkan massa. Suasana menjadi kondusif saat petugas gabungan yang terdiri dari Garnisun, PM dan Pomal datang dan menerangkan bahwa kedatangannya untuk memeriksa anggota TNI yang ada di kawasan teraebut. “Kalau operasi anggota kami iZinkan pak, tapi kalau dari pemkot kami akan hadang,” ujar salah satu warga. Jarwo, salah satu pedagang warung kopi di kawasan Dolly mengatakan, masyarakat lokalisasi saat ini sangat sensitif dengan informasi penutupan Dolly. Menurut Jarwo, hal itu sangat wajar lantaran banyak yang menggantungakan hidupnya dari geliat prostitusi Dolly. “Wajar mas kalau masyarakat sensitif, soalnya banyak yang mengais rezeki dari sini termasuk saya,” pungkas Jarwo. (bj/feb)

UJIAN: Siswa di Malang saat melaksanakan ujian nasional, beberapa waktu lalu. Mereka sempat tergoda adanya informasi beredarnya jawaban

Lima Joki Unas Ditangkap

PERISTIWA

Mobil Box Surabaya Nyungsep

Pelaku Mahasiswa Surabaya, Rogoh Rp 207 Juta SURABAYA - Terbentuknya tim khusus (timsus) untuk memburu para pelaku joki unas akhirnya membuah hasil. Unit Jatanum Polrestabes, Surabaya, Sabtu (26/4) malam telah berhasil mengamankan 5 orang yang diduga jaringan joki unas di Jogyakarta. “Benar telah ada lima orang yang diamankan jaringan joki unas di Yogyakarta,” kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Setija Junianta, Minggu (27/4). Dari data penyidikan, bahwa lima orang ini merupakan

mahasiswa Surabaya Swasta. Namun kini masih dalam pemeriksaan. Lima orang yang diduga sebagai jaringan joki gosok di Alun-alun Utara Jogyakarta oleh Unit Jatanum Polrestabes, Surabaya, Sabtu (26/4) malam masih menjalani  pemeriksaan petugas penyidik. Kanit Kejatahatan Umum (Jatanum) Polrestabes Surabaya, AKP M.S Fery menjelaskan lima orang yang diamankan itu adalah mahasiswa dari Surabaya dan mereka ber-

PEMILU

Caleg DPD dan Parpol Minta PSU

tugas sebagai koordinator atau pencari siswa pelajar SMA yang menginkan kunci jawaban Ujian Nasional (Unas). “Jadi lima mahasiswa ini hanya mencari pelajar SMA, sebab mereka masih punya atasanya (Joki Ganas) yang kini masih dalam pencarian,” kata Kanit Jatanum Polrestabes AKP M.S Fery, saat dikonfirmasi, Minggu (27/4) Dengan mendapatkan pelajar mereka melaporkan ke Joki Ganas. Ternyata ada keterangan yang salah dari berita

sebelumnya bahwa lima mahasiswa ini hanya mengkoordinir 8 pelajar dan bukan 10 pelajar atau sepuluh sekolah. “Jadi mereka hanya mengkoodinir 8 sekolah bukan 10 sekolah yang mengikuti kunci jawaban,” terangnya. Polrestabes Surabaya terus mengembangkan penangkapan terhadap lima orang Joki Unas yang ditangkap di alunalun Yogyakarta. Dari pengakuan sementara lima mahasiswa  mendapatkan uang total Rp 207 juta, dan

kemudian di setorkan ke Joki Ganas Rp 100 juta. Mereka mendapat uang dari sejumlah murid yang membutuhkan kunci jawaban Unas. Kanit Jatanum Polrestabes IAKP MS Ferry menjelaskan setelah diketahui polisi lima mahasiswa tersebut kabur dan berpindah-pindah tempat “Mereka berpindah-pindah lokasi mulai dari Malang, Bandung hingga akhirnya tertangkap di Jogyakarta dan membawa uang Rp 107 juta,” paparnya. (bj/feb)

Tiket KA Lebaran Mulai Diserbu

IST

NYUNGSEP: Sebuah kendaraan saat nyungsep di sungai, kemarin. BANGKALAN - Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) terjadi lagi di Jalan Raya Desa Lomaer Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan. Sebuah mobil Boks Mitsubishi L300 Nomor Polisi (Nopol) L 8060 XM nyungsep ke sungai sedalam tiga Meter setelah terjadi selip ban. Suharno (45) Kenek mobil Boks menuturkan, kejadian itu bermula saat mobil Box yang mengangkut roti dari Kabupaten Sidoarjo menuju Kabupaten Sumenep menyalip sebuah Truk yang tidak diketahui Nopol nya, setelah berhasil mendahului, tiba-tiba Boks yang ditungganginya oleng ke arah kiri hingga terjerumus kedalam parit. “Sama-sama dari arah barat menuju ke timur mas, tapi tibatiba, setelah mendahului, tanpa diketahui supir banting stir ke kanan. Mungkin karena roda selip,” katanya saat ditemui di lokasi kejadian. Minggu (27/4) Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena bodi bagian depan dan sebelah kiri Boks mengalami kerusakan yang cukup parah. (bj/feb)

KRIMINAL IST

Siswa SD Digagahi Tiga ABG

HITUNG: Petugas saat melakukan penghitungan suara pileg beberapa waktu lalu SURABAYA – Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 amburadul, bukan hanya basa-basi. Gambaran ini terlihat jelas saat beberapa caleg DPD RI mendesak dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) saat proses penghitungan manual di Oval Hotel Surabaya, akhir pekan ini. ‘’Ada intervensi massif, sistematis dan terstruktur dari birokrasi pemerintahan setempat. Akibatnya pemilu menguntungkan parpol dan caleh tertentu,’’ tandas Thoriqul Haq, Sekretaris DPW PKB Jatim di Hotel Oval Jalan Diponegoro Surabaya,  Sabtu dini hari.  Sebagai bukti, Thoriq mengambil contoh, turunnya prosestase perolehan suara PKB di Kabupaten Probolinggo. Seharusnya, suara sah PKB rata-rata bisa mencapai 70 persen tetapi saat penghitungan hanya tersisa kisaran 60 persen saja. ‘’Pileg di Probolinggo tidak normal. Suara sah DPR RI 70 persen,  DPRD Provinsi 68,5 persen dan DPRD Kabupaten Probolinggo 71,62 persen. Ini tidak wajar dan kami mendesak dilakukan PSU,’’ katanya. Selain Kabupaten Probolinggo, Thoriq mendesak  PSU juga digelar di Kabupaten Bangkalan dan Sampang. Alasannya, pelanggaran pelaksanaan pemilunya hampir sama bahkan mengarah ke pidana pemilu. ‘’Kecurangan yang melibatkan penyelenggara pemilu akan kami laporkan ke Bawaslu dan DKPP,’’ ancam politisi asal Lumajang. Sementara itu di tempat yang sama, keinginan yang sama juga diajukan Dwi Astutik, Caleg DPD RI nomor urut 17. Dwi menilai ada ketidakwajaran perolehan suara caleg DPD RI nomor urut 18, Ahmad Nawardi di Kabupaten Sampang. Ahmad Nawardi, yang juga anggota DPRD Jatim dari FKB 2009-2014 ini, suaranya di Sampang mencapai 347.544 suara sah.  Padahal, 39 caleg DPD RI lainnya di seluruh Jatim perolehan suaranya wajar karena selisihnya tidak terlalu mencolok. ‘’ Tidak mungkin 1 calon dalam 1 kabupaten bisa mendapat suara sah sebegitu banyak. Bagaimana caranya. Padahal ada kompetitor lainnya, yang juga notabene tokoh  masyarakat dengan pendukung riil suaranya tidak sebanyak itu,’’ ungkap caleg peluangnya masuk empat besar terancam kandas. Diw menyebutkan, dugaan penggelembungan suara caleg Ahmad Nawardi sebenarnya bukan tidak ada buktinya. Karena Bawaslu Jatim telah mendapat laporan dan bukti kuat pelanggaran pemilu yang tidak sesuai dengan tata cara kawasan ini. (has/febb

RIZAL/MALANG POST

SERBU: Pemudik mulai memadati sejumlah stasiun untuk membeli tiket KA Lebaran SURABAYA - Pembelian tiket kereta api untuk masa Lebaran mulai diserbu calon penumpang. Hal ini terlihat antrean calon penumpang di stasiun Gubeng dan Pasar Turi, kemarin. Dari data online, tercatat untuk keberangkatan tanggal 26 Juli 2014, beberapa tiket KA dari stasiun Gambir Jakarta menuju stasiun Gubeng Surabaya, seperti KA Bima dan KA Bangunkarta, tertulis sudah habis. Dengan harga tiket mulai Rp 440.000 hingga Rp 590.000 untuk KA Bima. Dan harga Rp 425.000 hingga Rp 575.000 untuk KA Bangunkarta. Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya, Sri Winarto, mengungkapkan, pihaknya belum bisa menyatakan apakah tiket KA langsung habis di hari pertama H-90 untuk masa angkutan Lebaran. “Kami belum mendapatkan laporan reservasi tiket secara keseluruhan, karena pemesanan tiket secara online dan masih tersebar. Sehingga belum terdata lengkap,” ungkapnya. Bila di online habis, Sri Winarto mengaku belum mengetahui karena reservasi tiket

bisa saja terjadi melalui loket pembelian, outlet-outlet yang sudah digandeng PT KAI dan juga masih adanya pembatalan atau apapun. “Akan saya infokan lebih lanjut bila sudah mendapatkan informasi dari data kantor pusat,” lanjutnya. Soal harga tiket, memang terjadi ketidakseragaman harga karena adanya aturan batas bawah dan batas atas. Bila di online, misalnya KA Gumarang untuk rute stasiun Pasar Senin Jakarta ke stasiun Pasar Turi, Surabaya, yang merupakan rangkaian KA jarak jauh komersil, yang terdiri atas kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif, tercatat harga tiket mulai Rp 300.000 hingga Rp 320.000 (ekonomi). Kemudian Rp 330.000 hingga Rp 450.000 (bisnis) dan Rp 400.000 hingga Rp 550.000 (eksekutif). Untuk harga tiket KA eksekutifi, tercatat batas atasnya mencapai Rp 750.000. “Kemungkinan bisa mencapai Rp 750.000 karena itu memang batas atas harga tiket KA eksekutif,” kata Sri Winarto. Sedangkan angkutan Lebaran selama 18 hari, PT KAI memulainya dengan pra leba-

ran selama H-7 pada 21 hingga 27 Juli dan masa lebaran pada 28 dan 29 Juli, serta purna Lebaran selama 9 hari mulai 30 Juli sampai 7 Agustus. Dipastikan pada H-7, mulai 21 Juli, Sri Winarto menyebutkan bila untuk wilayah Daop 8 sudah disiapkan 5 KA tambahan atau KA Lebaran. Yaitu KA Gumarang Eksekutif, KA Gajayana Lebaran, KA Pasundan Lebaran, KA Matarmaja Lebaran dan KA Kertajaya Lebaran. “KA-KA tambahan yang kami siapkan ini berupa satu rangkaian dengan jumlah gerbong antara 8 hingga 10. Kapasitas tempat duduk mulai 350 hingga 896 per KA,” lanjut Sri Winarto. Manajer Angkutan PT KAI Daop 8, Sujarwo, menambahkan, masa angkutan lebaran 2014 mendatang, pihaknya memperkirakan ada peningkatan jumlah penumpang hingga 11 persen. “Saat ini, rata-rata jumlah penumpang KA mencapai 27.000 per hari. Masa lebaran tahun 2013 lalu, rata-rata 30.000 per hari. Kami perkirakan masa lebaran tahun 2014 ini mencapai 33.000 per hari,” jelas Sujarwo. (bj/feb)

SUMENEP - Sungguh malang nasib melati (nama. samaran), warga Desa Sambakati, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep.  Siswi kelas VI SD itu dipaksa melayani nafsu bejat 3 ABG di tengah hutan. Akibatnya, korban pun pingsan dan dirawat di Puskesmas Arjasa. Bahkan informasinya, pelaku pemerkosaan itu bukan hanya 3 orang, melainkan 6 orang. Namun baru 3 orang yang medapat giliran, korban sudah pingsan. Ketiga ABG yang lain itu hanya sempat meraba-raba tubuh korban. Ada juga yang merekam perbuatan biadab itu dengan kamera HP. Tiga dari enam ABG yang sempat menikmati tubuh korban, adalah  DW (15), KS (16), dan DF (15). Sedangkan 3 pelaku lainnya, yakni AN, RF, dan AR, belum sempat menggagahi korban. Peristiwa memilukan itu berawal ketika korban diajak pergi ke hutan oleh Fiza (14) teman sebayanya untuk mengambil kelapa muda (degan). Namun sampai di pinggir hutan, datang gerombolan pemuda ABG yang tiba-tiba menyergap korban dan membawanya ke tengah hutan. Beruntung Fiza, teman korban, berhasi lolos dari sergapan pemuda berandal itu, dan melaporkan kejadian tersebut pada Jamil (30), kakak korban. Mendapat laporan itu, Jamil dibantu masyarakat sekitar langsung berangkat ke hutan, mencari korban. “Ternyata saya menemukan adik saya sudah dalam kondisi pingsan di tengah hutan, ditinggalkan pemuda-pemuda bejat itu. Saya langsung membawa adik saya ke Puskesmas Arjasa,” katanya, Minggu (27/04/14). Kapolsek Arjasa, AKP Jaiman, membenarkan kejadian pemerkosaan di tengah hutan tersebut. Bahkan tiga tersangka pelakunya telah ditangkap. Namun karena mereka masih di bawah umur, maka Polsek Arjasa menyerahkan 3 tersangka tersebut ke Mapolres Sumenep. “Sekarang kami masih dalam proses mengirim tiga tersangka pelaku pemerkosaan yang masih di bawah umur itu ke Polres Sumenep, untuk menjalani proses hukum selanjutnya. Sedangkan tiga tersangka lainnya, masih dalam pengejaran,” terangnya. Sementara korban sampai saat ini masih dirawat di Puskesmas Arjasa, karena kondisinya masih belum pulih. Korban terlihat masih shock dan trauma atas kejadian tersebut, sehingga belum bisa diajak bicara. (bj/feb) REDAKTUR: FEBRY, LAYOUT: KURDI


SAMBUNGAN Siswi SMAN 5 Putri Kartini 2014 Sambungan dari Hal 1 Setelah musyawarah, baru kami ambil keputusan,’’ terang Satyo, pemilik rumah R17 yang ludes tak tersisa pasca ambrol. Sebelumnya, pihak pengembang menawarkan tiga opsi bagi para korban longsor. Yakni rehabilitasi rumah, relokasi ke hunian baru dan ganti rugi materi. Sampai kemarin, warga masih mempertimbangkan opsi terbaik bersama-sama. Jika warga yang menjadi korban longsor masih pikir-pikir, warga Royal Sigura-gura lain, yang rumahnya selamat, mulai menunjukkan langkah berbeda. Ada yang memilih bertahan di sana, ada pula yang sudah bersiap angkat kaki alias pindahan. ‘’Kami memilih pindah saja. Daripada nanti kejadian (longsor) lagi,’’ ujar Anggit Hernowo, penghuni rumah R2. Menyaksikan langsung insiden mencekam yang terjadi, Jumat petang tersebut, mahasiswa UB asal Jakarta itu mengaku sang pemilik rumah, Gusma Dwi Ariyanto, yang tak lain adalah sahabatnya, tak pikir panjang untuk mencari hunian baru. ‘’Kami sudah menempati rumah ini sejak dua tahun terakhir. Sekarang mau cari rumah baru, karena kalau memilih opsi relokasi terlalu lama,’’ bebernya kepada Malang Post. Sebaliknya, penghuni rumah di R9, Eki Tahapari, mengaku tak masalah bertahan di kediaman keluarganya saat ini. Menurutnya, rumahnya berdiri di bagian yang aman karena

tidak berbatasan langsung dengan sempadan sungai. ‘’Kalau kami masih mau bertahan. Developer sudah menunjukkan reaksi cepat dan tanggap. Apalagi, kondisi rumah kami baik-baik saja,’’ jawabnya kemarin. Hanya saja, pria bertubuh besar ini berharap pihak pengembang berkenan memenuhi permintaan warga, meliputi pembenahan infrastruktur jalan, revitalisasi struktur bangunan perumahan dan tidak menambah unit rumah lagi di kawasan tersebut. ‘’Jika semua itu dipenuhi, kami rasa tidak ada masalah,’’ tandasnya. Sementara itu, Pemkot Malang berencana memeriksa advise planning (AP) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) PT Ramsa Citra Pratama yang meragukan. Kepala Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu (BP2T), Suharyono, menyangsikan izin developer bersangkutan. ‘’Nanti Senin (hari ini) kami cek lagi. Memang kalau dilihat dari lokasinya saja, sudah tidak memenuhi unsur kelayakan. Jaraknya dengan sempadan sungai terlalu mepet,’’ ungkapnya kepada Malang Post. Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB) menilai bangunan perumahan yang longsor dibangun di atas tanah urukan dengan pemadatan yang tidak sempurna. ‘’Kami sedang menyiapkan tim untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut akan kondisi tanah di lokasi. Tentu harus diantisipasi adanya

longsor susulan dan potensi adanya korban,’’ tambah Kabid Perumahan dan Tata Ruang DPU PPB Kota Malang, Tedy Soemarna. Disinggung mengenai hal itu, pihak pengembang mengaku sudah mengantongi baik AP maupun IMB sejak tahun 2009 silam. ‘’Sejak 2009 sudah punya izin lengkap dan sudah ada tiga unit rumah yang berdiri. Total sebelum terjadi longsor sudah ada 18 unit rumah di Royal Siguragura,’’ urai komisaris PT Ramsa Citra Pratama, Nugroho. Nugroho justru mensinyalir penyebab ambrolnya lima rumah di perumahannya adalah longsornya pondasi gudang di lokasi kejadian. Hal itu dipicu keberadaan bangunan empat lantai di samping gudang, yang membuat beban ke arah sungai jadi berlebih. ‘’Pemicu longsor kan dari gudang itu. Gudang itu tidak kuat menahan beban dari bangunan empat lantai yang ada di sebelahnya. Dorongan beban berlebih membuat bangunan itu semakin rapuh,’’ katanya menuding bangunan yang kabarnya akan dijadikan kos-kosan tersebut. Sembari menunggu keputusan warga yang menjadi korban longsor, pihak pengembang juga akan menunggu upaya lanjutan dari Tim SAR yang akan merobohkan puingpuing bangunan yang tersisa untuk mengikis potensi longsor susulan. Mereka juga bersiap menunggu hasil pemeriksaan tim DPU PPB maupun BP2T Kota Malang. (tom/avi)

100 Ribu Warga Ikut Jalan Sehat nya tak mau melewatkan kesempatan membawa pulang hadiah menarik, mulai dari piranti elektronik hingga sepeda motor dan mobil niaga. Kebetulan, dua hadiah utama sama-sama diboyong peserta wanita. Mobil niaga jenis pick up warna hitam menjadi milik Sriyani Yuliati, warga Jalan LA Sucipto Blimbing. Sedangkan satu unit lainnya berhak dimiliki warga Jalan S Supriyadi, Ngaglik Sukun atas nama Ulfatun Hidayati. ‘’Tidak ada feeling bakal dapat hadiah utama. Tentu saja saya terkejut dan bahagia,’’ ujar Ulfa yang sehari-harinya hanya seorang ibu rumah tangga. Gelaran jalan sehat dengan rute start-finish kawasan Bundaran Tugu tersebut semakin meriah berkat kehadiran 1.235 personil marinir di bawah komando Brigjen Siswoyo. Selain ikut jalan sehat, para anggota TNI tersebut juga tampil bermusik di atas panggung dan turut kerja bakti di lokasi. ‘’Sebagai arek asli Malang, saya mengajak seluruh

7

Wabah MERS Intai Jamaah Umroh JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mendapatkan alarm dari WHO (World Health Organization) terkait peningkatan penyebaran penyakit MERS (sindrom pernafasan Timur Tengah) di Arab Saudi. Invasi penyakit yang disebabkan virus Corona itu, kini merembet dari Jeddah menuju Makkah dan Madinah. Kementerian Kesehatan Arab Saudi akhir pekan lalu melaporkan ada lima pasien MERS meninggal dunia. Dengan perkembangan ini, maka MERS sudah terdeteksi menyebar mulai dari Riyadh, Jeddah, hingga Makkah dan Madinah. Sejak September 2012 lalu, 92 orang telah meninggal akibat MERS di Arab Saudi. Selain itu ada 313 orang yang dirawat. Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, warning dari WHO itu sampai keluar karena ada lima faktor penting. Pertama adalah, MERS yang awalnya dilaporkan hanya di Jeddah (kota transit haji dan umrah), kini juga dilaporkan ada kasus di Makkah dan Madinah. Dua kota ini merupakan titik utama pelaksanaan ibadah umrah dan haji. “Untuk Indonesia, peringatan dari WHO itu menjadi amat penting. Karena semua adalah kota yang dikunjungi jamaah umrah,” jelas dia kemarin. Faktor kedua adalah kasus

penularan MERS pada petugas kesehatan rumah sakit terus terjadi dari pasien yang sedang dirawat. Dari kecenderungan ini, sekarang perlu dilakukan pengamatan penting tentang pola penularan antarmanusia. Faktor ketiga adalah dilaporkannya kasus jamaah umrah warga negara Turki yang baru datang dari Arab Saudi. Kasus ini menjadi perhatian, karena sebelumnya penyakit MERS hanya diderita masyarakat umum atau pengunjung yang bukan jamaah umrah. Faktor keempat adalah, laporan untuk penularan di kawasan Asia Tenggara bertambah. Sebelumnya dilaporkan ada warga negara Malaysia yang terjangkit virus itu. Tjandra mendapatkan informasi saat ini juga ada warga Filipina yang suspect MERS. “Ini artinya kasus di Asia Tenggara bertambah,” kata Tjandra. Negara lain yang baru-baru ini melaporkan kasus MERS antara lain Jordania, Yunani, serta Prancis. Dengan semakin banyaknya negara yang mendapati kasus MERS itu, maka kewaspadaan terjadinya pandemic MERS di dunia menjadi perhatian WHO. Faktor kelima adalah, peningkatan signifikan kasus MERS di kawasan Uni Emirat Arab (UEA). Tjandra mengatakan pemerintah waspada karena di kawasan UEA dan Arab Saudi banyak WNI yang bekerja. Tidak menutup peluang para WNI itu

bisa membawa penyakit MERS ke Indonesia. Terkait peningkatan status penyebaran penyakit MERS ini, Ditjen P2PL Kemenkes telah menerbitkan edaran dan penyuluhan agar jamaah umrah selalu menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu mereka juga dihimbau segera berobat jika ada keluhan demam dan gangguan pernafasan. “Baik ketika masih ada di Arab Saudi maupun dalam kurun waktu 2 minggu setelah kembali ke tanah air,” terang Tjandra. Tindakan berikutnya adalah telah dilayangkan edaran kewaspadaan kepada seluruh Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kesehatan Pelabuhan di seluruh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di penjuru Indonesia. Kemenkes juga terus berkoordinasi dengan dinkes provinsi, rumah sakit rujukan, dan asosiasi perjalanan umrah. Selain itu Tjandra mengatakan ia telah berkoordinasi dengan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemanag) dan Ditjen kawasan Timur Tengah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk mencari tindakan tepat. Meskipun begitu belum ada travel warning untuk bepergian ke Arab Saudi. Saat ini Kemenlu sebatas menyebarkan himbauan kepada WNI terkait merebaknya MERS di kawasan Arab Saudi. (wan/kim/jpnn)

Bangunan SMK PGRI 3 Disegel

Sambungan dari Hal 1 Abah Anton kemudian menyerahkan buku yang didedikasikan sebagai kado HUT satu abad Kota Malang ini kepada Brigjen (Mar) Siswoyo Hadi Santoso. ‘’Bagus sekali. Semoga buku ini sekaligus bisa membangkitkan inspirasi kepada masyarakat luas.Bahwa arek-arek Malang sejak dulu punya sumbangsih besar kepada bangsa ini,’’ tegas perwira tinggi TNI AL asli Bunul ini. Siswoyo juga menegaskan, kontribusi arek-arek Malang kepada bangsa tersebut, sekaligus memberikan bukti bahwa dari bumi Arema telah lahir begitu banyak anak-anak muda yang cerdas dan prestasi. ‘’Hal tersebut harus terus dipertahankan bahkan makin ditingkatkan lagi, dalam semua segi,’’ pinta Arema Marinir ini, disambut aplaus Abah Anton. Giat jalan sehat sendiri sukses menyedot animo warga Kota Malang. Tercatat lebih dari 100 ribu peserta ambil bagian dalam acara bernuansa hiburan, pagi kemarin. Seluruh peserta yang notabene para wajib pajak yang taat, tampak-

SENIN, 28 APRIL 2014

warga kota ini untuk terus mengobarkan spirit of the winner. Kita semua harus bermental sebagai pemenang!’’ seru komandan pasukan marinir asal Bunul itu. Dimulai sekitar pukul 06.30 WIB, acara jalan sehat pagi kemarin disemarakkan berbagai ragam hiburan mulai dari pra pemberangkatan hingga pengundian hadiah. Diawali dengan lomba goyang Caesar dan goyang oplosan, penampilan band d’Kross hingga atraksi tarian bendera Arema yang melibatkan ratusan personil dari Aremania dan para pelajar Kota Pendidikan. Semakin menambah kemeriahan, pra pemberangkatan juga dihebohkan atraksi flying fox dari Tim URC Satgas Perkim, diiringi lagu Padamu Negeri serta permainan bunga, smoke flare dan confety. Tak ketinggalan, perjalanan peserta lepas start diiringi performance atraksi gamelan Arema Ker asal Rampal Celaket, yang beraksi di atas trailer. (tom/avi)

Jadwal Kedatangan Ditentukan Tuan Rumah

Sambungan dari Hal 1 Dipersilahkan tetap menempati dan menggunakan tanah dan bangunan ini sampai selesai,’’ tutur Beskinur kepada Malang Post. Dosen Teknik Polinema Malang ini menerangkan, penyegelan ini dilakukan berdasarkan surat pemberitahuan yang dikirimkannya kepada sekolah, tiga bulan lalu. ‘’Tiga bulan lalu kan sudah kami kirimkan surat pemberitahuan untuk mengambil aset kami, karena PLLP PGRI Dasmen Jatim mengambil alih pengelolaan tanpa prosedural. Kami merasa penyegelan ini juga tidak melanggar hukum karena kita memiliki sertifikat lahan dan gedung ini,’’ ungkapnya. Dia menegaskan, penyegelan tersebut, bukan berarti menutup SMK PGRI 3 Malang. ‘’Tapi kita hanya mengambil hak kita. Mereka sudah kami ingatkan untuk mari menyelesaikan dengan baik, namun mereka tidak mau menyelesaikan,’’ terangnya. Ditambahkan pendiri lainnya, Epi Wardi, pihaknya tidak ingin mencederai kerjasama yang dilakukan dengan PPLP PGRI Dasmen Jatim. ‘’Namun mereka tidak menanggapi sama sekali.

Bahkan, ketika kita ke Diknas Kota Malang, malah kita yang disuruh mengalah,’’ ungkap Epi. Ditegaskannya, sejak sekolah didirikan, tidak ada uang sekolah sepeserpun yang digunakan oleh para pendiri. ‘’Secara formal, boleh mereka mengatakan SMK PGRI 3 adalah miliknya. Tapi secara materil, gedung dan lahan ini milik para pendiri,’’ tegas dia. Sementara itu, Kepala SMK PGRI 3 Malang, M. Lukman Hakim mengaku pihaknya hanya tergantung kepada PPLP PGRI Dasmen Jatim untuk menyelesaikan perkara ini. ‘’Saya sudah diminta untuk melapor ke PPLP PGRI Dasmen Jatim bila terjadi sesuatu. Namun demikian, saya juga menyesalkan tindakan penyegelan ini. Apalagi membawa preman atau bodyguard. Kita merasa tidak nyaman meskipun ini negara hukum,’’ urainya. Lukman, panggilannya mengakui bila sebulan lalu, pihak Diknas Kota Malang sudah berusaha memediasi. ‘’Yang saya dengar, para pendiri tetap ngotot untuk menguasai dan mengelola sekolah. Bu Zubaedah (Kadiknas Kota Malang) juga sudah ber-

pesan agar sekolah tetap melanjutkan proses belajar mengajar meskipun ada permasalahan,’’ papar dia. Sayangnya, dikonfirmasi penyegelan sekolah tersebut, Zubaedah mengaku masih berada di luar kota. ‘’Maaf, saya ada tugas di luar kota,’’ ujarnya. Sedangkan pengacara PPLP PGRI Dasmen Jatim, Ir Wahyudi SH mengaku tidak tahu penyegelan tersebut. ‘’Apanya yang disegel? Kata siapa?’’ tutupnya. Sempat terjadi ketegangan ketika Beskinur dan beberapa pendiri hendak pergi dari dalam sekolah, karena diminta melakukan mediasi di Polres Malang Kota, kemarin siang. Beberapa karyawan sekolah memancing emosinya karena mencabut satu banner yang berada di atas pagar samping sekolah. ‘’Katanya tidak mau tahu, kok kelakuannya seperti itu,’’ ujarnya sambil marah kepada beberapa karyawan sekolah. Melihat Beskinur marah, beberapa karyawan sekolah ikut berteriak emosi. Untungnya, keributan ini dilerai oleh Kasatintel Polres Malang Kota, AKP Imam Solikin dan anggota Polsekta Lowokwaru. (mar)

Sambungan dari Hal 1 Karena saat masih sekolah, Priyantolah yang selalu memberi semangat Boediono dan istrinya, supaya menjadi orang sukses. ‘’Saya menjadi guru di SMP Negeri 1 Blitar mulai tahun 1957. Saat itu Boediono sudah kelas II SMP. Meski tidak pernah mengajar di kelasnya, tetapi saya sangat dekat dengannya. Sedangkan istrinya (Herawati, red) yang merupakan adik kelas Boediono. Sampai lulus sekolah, Herawati saya yang mengajar,’’ terang Suropati Priyanto, kepada Malang Post seraya mengingat masa lalu saat mengajar. Priyanto, pria kelahiran 20 Juni 1931 ini, mengajar cukup lama di SMP tersebut. Dia pensiun pada tahun 1986. Setelah pensiun dari guru, Priyanto dan keluarga, yang sebelumnya tinggal di Jalan Sumba Desa Karangtengah Kecamatan Sanan Wetan Blitar, pindah ke daerah Kepanjen pada 1987. Kemudian pada 1995, beli rumah di Jalan Raya Desa Jatikerto Kecamatan Kromengan, yang kemarin dikunjungi Wapres RI Boediono. Kedatangan Boediono bersama dengan rombongan ini, sudah ditunggu-tunggu warga sekitar. Mereka rela berdiri di pinggir jalan untuk melihat secara langsung wajah Boediono dan istrinya. Meskipun orang yang ditunggu-tunggu, dijadwalkan baru tiba sekitar satu jam kemudian. ‘’Saya sangat salut dengan Pak Boediono. Beliau orang penting dan besar di Indonesia ini, tetapi masih ingat dengan guru SMP-nya. Jarang sekali ada orang seperti itu,’’ tutur seorang pria berkumis kepada warga lain dalam sebuah obrolan kecil. ‘’Betul saya juga heran dan kagum,’’ sahut pria lain yang diajak ngobrol, sembari menenteng sebuah kamera merek Canon, yang ingin mengabadikan gambar kedatangan Boediono. Tepat pukul 15.20 dari jarak kejauhan, terlihat lampu kerlap-kerlip warna biru melaju kencang dengan iringan suara sirine. Mobil yang ditumpangi Pangdam V Brawijaya ini, berhenti sebentar di depan rumah Suropati Priyanto, untuk menyapa Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang dan Batu Letkol Inf A Solihin dan Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta, yang berdiri

pinggir jalan menyambut kedatangan Boediono. Tetapi tidak sampai lama mobil warna hijau itu melaju lagi. Lima menit kemudian (pukul 15.25) iring-iringan rombongan Boediono dengan kawalan motor Patwal, terlihat dan berhenti persis di depan rumah Priyanto. Boediono dan istrinya berada satu mobil sedan warna hitam dengan nopol RI 2. Bersamaan dengan kedatangannya, hujan pun turun meskipun tidak lebat. Boediono melambaikan tangan pada masyarakat yang melihat, setelah itu masuk rumah dan menemui Priyanto serta keluarga besarnya (empat anak Priyanto : Menis, Ndandik, Cicik dan Yanik) yang sudah menunggu lama. Tidak tahu apa yang dibicarakan Boediono dengan keluarga Priyanto di dalam rumah. Karena saat Malang Post mencoba masuk pada ring satu, terhalang Paspampres. Sekitar 20 menit ngobrol (pukul 15.45) Boediono dan rombongan berpamitan pulang. Namun sebelumnya, dia sempat foto bersama dengan keluarga besar Priyanto di depan rumah. Usai foto bareng, Boediono sempat menyapa dan menyalami warga termasuk Malang Post, yang berada di luar pagar samping rumah Priyanto. Tidak banyak kata yang diucapkan, selain menyapa : ‘’Selamat sore semuanya,’’ kata Boediono dengan tersenyum dan melambaikan tangan. ‘’Kalau Pak Boediono, baru sekali ini berkunjung ke rumah sini. Tetapi kalau ibu Herawati, sudah dua kali ini. Pertama sekitar tahun 2011 lalu. Namun kalau pertemuan dengan Pak Boediono dan istrinya, sudah tiga kali. Karena pada 2012, kami diundang beliaunya datang ke Blitar saat reuni di SMP Negeri 1 Blitar,’’ jelas Yanik, anak bungsu dari empat bersaudara, Priyanto. Kunjungan Boediono dan istrinya Herawati ke kediaman Priyanto sebetulnya karena satu alasan. Keduanya ingin mengucapkan selamat kepada Yanik, yang baru menikah pada 13 April lalu. Boediono dan istrinya yang diundang hadir dalam resepsi pernikahan, saat itu tidak bisa datang. Kebetulan Sabtu (26/4) lalu, keduanya ada agenda kunjungan di Blitar. Saat berada di Bandara Juan-

da, Herawati menghubungi Yanik mengatakan untuk mampir. ‘’Saya ditelpon oleh Ibu Herawati sekitar pukul 13.00. Tetapi saat itu kami sekeluarga sedang berada di Surabaya ada acara kumpul keluarga, pembubaran panitia acara manten,’’ papar Yanik. Mendengar keluarga Priyanto tidak ada di rumah, Herawati dan Boediono sempat kecewa karena tidak bisa bertemu. Namun, setelah Priyanto kembali menelpon supaya ditunda hari Minggu, akhirnya langsung diagendakan kunjungan mendadak itu. ‘’Saya katakan kalau bisa ditunda hari Minggu, maka kami sekeluarga akan langsung pulang,’’ tutur Priyanto, kakek dua cucu ini. Begitu ada kepastian kunjungan, Sabtu siang, rumah Priyanto langsung disterilkan dan dijaga ketat puluhan personil pengamanan sampai kedatangan Boediono. ‘’Saat datang, dia (Boediono, Red.) saya ajak canda dan ngobrol ringan. Saya bilang kepadanya sebelum Pak Boediono datang, sebetulnya Pak Boediono sudah ada di sini. Dianya langsung bingung, dan saya menunjuk fotonya saat bersalaman dengan saya. Saya juga katakan, kalau kangen dengan Pak Boediono, melihat foto dan TV,’’ terangnya. Boediono juga terkagum dengan beberapa lukisan buatan Priyanto. Salah satu karya yang diapresiasi dan dikagumi adalah karya lukisan ukuran besar yang terpasang pada dinding. Lukisan itu tidak menggunakan cat air, melainkan dari kain perca yang ditempelkan pada kain kanvas. ‘’Karya lukisan itu saya selesaikan selama tiga bulan,’’ katanya sembari mengatakan bahwa bebarapa lukisan karyanya sudah ada yang dibawa Herawati. Kakek dua cucu ini menuturkan, dirinya merasa sangat senang dengan kunjungan Wapres RI Boediono. Karena dia merasa telah menjadi seorang guru yang berhasil mendidik anak-anaknya. ‘’Mereka ingat dengan saya, karena saya sering ngomel kepada mereka. Saya katakan kalau nanti jadi orang besar, pasti akan lupa dengan saya. Naik motor saja, mungkin tidak akan menyapa. Tetapi mereka tidak, justru omelan saya dijadikan cambuk semangatnya,’’ paparnya. (agung priyo)

Siswi SMAN 5 Putri Kartini 2014 Sambungan dari Hal 1 Selanjutnya, Arista akan menggantikan tugas Zaimatul Ummah, sebagai Putri Kartini 2014. Ia akan menjadi Duta Malang Post dalam even-even besar terutama yang melibatkan remaja. Pada even tahunan paling bergengsi untuk pelajar putri tersebut, penonton tidak hanya berdebar menunggu keputusan dewan juri tentang pemenang Putri Kartini 2014 saja. Sebab, selain acara inti tersebut, berbagai lomba lain juga menambah kemeriahan event malam itu. Sejak pukul 15.00 WIB, acara dibuka dengan penampilan dancer-dancer muda dan energik dalam dance competition yang dilanjutkan dengan lomba Putri Kartini Cilik. Sementara itu, saat lomba Kartini Cilik tengah berlangsung, di sisi kanan stage peserta Lomba Make Up Fantasy juga mulai ‘menggarap’ model mereka. “Tema make up fantasy memungkinkan peserta untuk berekspresi sesuai dengan fantasi mereka. Sehingga berbagai konsep make up mulai dari arabian night, tin-

ker bell, hingga zombie dapat mereka tampilkan pada lomba yang dalam lima kali ajang Putri Kartini , baru pertama kali dilaksanakan ini,” urai Ketua Pelaksana Putri Kartini 2014, Shuvia Rahma. Tak hanya itu, puluhan peserta Photographer In Action juga beraksi mengabadikan acara dengan ‘senjata’ mereka. Usai break, acara dilanjutkan degan parade peserta lomba make up dan acara inti, yaitu pemilihan Putri Kartini, mulai dari parade sampai penyisihan 20 besar dan 10 besar. Hingga mengerucut menjadi 10 besar, tantangan bagi finalis semakin besar dan pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri pun semakin beragam. Jika pada tahap 20 besar pertanyaan masih spesifik seputar kepribadian dan diajukan oleh sesama finalis, maka pertanyaan juri pada tahap 10 besar lebih berbobot. Ketiga juri menanyakan seputar Ujian Nasional (UN), sekolah gratis, hingga pendapat finalis tentang foto selfie. “Kami

juga sengaja memberi kesempatan kepada lima nominator untuk unjuk bakat. Meski tidak semua peserta bisa tampil, tapi beberapa penampilan seperti karawitan, tari tradisional, permainan gitar sudah mewakili peserta lain,” jelas Shuvia. Selain itu, acara yang menyedot perhatian ratusan pengunjung Plaza Araya tersebut juga diramaikan dengan perform dari alumni Putri Kartini yang tampil dalam balutan busana dari d’Luuk Boutique dan Manna Exclusive Batik Design. Pimpinan Redaksi Malang Post, Sunavip Ra Indrata, menuturkan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberi wadah bagi remaja untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. “Banyak potensi-potensi besar yang belum terangkat. Sebagai media yang lahir dan besar di Malang, Malang Post memberi media bagi mereka untuk tampil dan berkembang,” ungkap pria yang akrab disapa Indra tersebut. (Ily/nda)

Duel Tim Terbaik Dua Kompetisi Sambungan dari Hal 1 Pelatih asal Klaten ini menyebut, Semen Padang ngotot karena punya harga diri sebagai jebolan terbaik dari kompetisi IPL. Ya, tim yang jadi pujaan SPFC Mania itu merupakan tim terbaik IPL saat masa kekelaman sepakbola Indonesia. Bahkan, Semen Padang tembus hingga perempat final AFC Cup tahun lalu. Langkah skuad asuhan Jafri Sastra itu mandeg saat dibantai East Bengal, tim India. Tapi, Semen Padang sudah sempat merasakan atmosfer pertandingan seberat AFC Cup. Hal inilah yang dianggap jadi kekuatan utama Semen Padang. Suharno menyebut, kualitas pemainnya, hampir setara dengan Arema. ‘’Mereka punya pemain berkualitas. Tidak ada banyak perubahan dalam skuad ini. Beberapa pemain memang pergi. Tapi, gaya permainan serta taktiknya masih sama. Mereka tim yang stabil dan merupakan jebolan terbaik dari kompetisi IPL. Kekompakan mereka juga bagus,’’ sambung pelatih domisili Sengkaling itu.

PS Semen Padang sudah tak diperkuat Edward Wilson Junior dan trio Papua Vendri Mofu, Titus Bonai dan Elie Aiboy. Tapi, Suharno menyebut pengganti empat pemain ini tak kalah berkualitas. Ada Hendra Bayauw pemain kualitas timnas. Lalu, Ezequiel Lavezzi, pemain baru dari tanah Argentina yang sukses bersama Persepam Madura United, juga mampu menggantikan sosok Edward Wilson. Suharno juga menyebut beberapa pemain, seperti Esteban Viscara, Jandria Eka Putra (kiper), Eka Ramdani, Nur Iskandar hingga Airlangga Sucipto merupakan senjata Jafri Sastra yang wajib diwaspadai Arema. ‘’Sudah dipastikan Semen Padang lawan terberat kita selain Persib di wilayah barat. Mereka pun membuktikannya dengan jadi peringkat tiga klasemen. Pemain mereka lengkap,’’ tutur pelatih berusia 54 tahun ini. Semen Padang sendiri punya rekor yang tidak terlalu mentereng di kan-

dang. Dari tiga kali home, Esteban Viscara dkk pernah kalah sekali. Laga lawan Arema adalah laga keempatnya di kandang sendiri. Namun, pelatih berlisensi A AFC tersebut menolak untuk lengah dengan rekor ini. Meskipun Semen Padang pernah takluk dari tim medioker Persita Tangerang di Stadion Haji Agus Salim, Suharno cukup yakin Semen Padang tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Apalagi, Semen Padang baru saja mengeruk poin sempurna dari dua tur tandang terakhirnya di ISL, yakni mencuri poin penuh dari kandang Persijap Jepara dan Persik Kediri. ‘’Kita tak mau lengah. Semen Padang tim kuat. Mereka juga baru saja menang dua laga tandang. Semangat mereka sedang tinggi. Mereka pasti tidak mau malu di hadapan pendukungnya sendiri. Arema wajib mengantisipasi permainan terbaik yang mungkin dimunculkan oleh Semen Padang,’’ tutup Suharno. (fin/avi) REDAKTUR : RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


PEMILU

2014

SENIN, 28 APRIL 2014

8

Pertanian Fokus Sejumlah Capres Demokrat

IST/MALANG POST

PRIORITAS: Banyak masalah pertanian yang menjadi fokus para capres Demokrat

JAKARTA- Sejumlah peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat menyatakan visi dan misinya mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dengan menggenjot sektor pertanian nasional. “Di masa mendatang kaum muda harus mau bekerja pada sektor pertanian. Sektor pertanian harus terus didorong untuk menciptakan lapangan kerja,” kata peserta konvensi capres Partai Demokrat, Hayono Isman. Dia mengatakan hal ini dalam debat konvensi capres Partai Demokrat di Jakarta, kemarin. Hayono mengatakan Menteri Tenaga Kerja dan Trans-

migrasi juga harus memperbanyak pelatihan sehingga kaum muda memiliki keterampilan dan kapasitas sesuai bidang pekerjaannya. Sedangkan peserta konvensi capres Partai Demokrat lainnya, Ali Masykur Musa, pemimpin ke depan harus mendorong meningkatnya kesejahteraan rakyat melalui mekanisme pengelolaan sektor pertanian. “Sebanyak 35 hingga 40 juta penduduk Indonesia hidup pada sektor pertanian, sehingga tidak cukup jika subsidi pertanian Rp 16 triliun hingga Rp 17 triliun seperti sekarang ini. Subsidi itu harus dinaikkan

secara signifikan,” kata Ali. Dia mengatakan peningkatan subsidi pertanian dapat dilakukan dengan mengalihkan subsidi bahan bakar minyak. “Subsidi BBM itu diminum mobil-mobil mewah. Lebih baik dialihkan untuk sektor pertanian,” kata dia. Senada dengan dua rekannya, peserta bakal capres Demokrat Irman Gusman dan Dahlan Iskan setuju sektor pertanian bisa menuntaskan masalah pengangguran. Sementara itu peserta konvensi capres Demokrat Dino Patti Djalal berpendapat pengentasan kemiskinan dan pengangguran bisa dilakukan

dengan mempermudah kegiatan bisnis di Indonesia karena dengan tumbuhnya kegiatan bisnis, maka pengangguran teratasi dan kemiskinan terentaskan. Kesebelas peserta konvensi yaitu Ali Masykur Musa, Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Hayono Isman, Irman Gusman, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, dan Sinyo Harry Sarundajang, diberikan pertanyaan perihal upaya meningkatkan perekonomian, menghilangkan pengangguran dan mewujudkan ketahanan pangan. (dk/mar)

PEROLEHAN SUARA

KPU Tunda Pengesahan Rekapitulasi JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda pengesahan rekapitulasi dari 130 kantor perwakilan panitia pemungutan luar negeri karena Formulir D1 asli dari 10 PPLN belum sampai ke Indonesia. Komisioner Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, sebanyak 130 PPLN sudah selesai semua dilakukan rekapitulasi. Namun ada catatan di 10 PPLN, di mana dokumen asli (formulir) D1nya belum tiba di KPU Pusat,” kata Ferry di sela-sela Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Nasional di Gedung KPU Pusat. Meskipun ada dokumen asli yang belum tiba di Tanah Air, KPU dan PPLN sudah menyelesaikan proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara parpol dan caleg di Daerah Pemilihan DKI Jakarta II di salah satu hotel di Jakarta, Sabtu. “Kemarin (Sabtu) waktu pleno (rekapitulasi) PPLN dibacakan hasil yang diperoleh Pokja PPLN di Kementerian Luar Negeri melalui kawat diplomatik mereka. Sekarang ini kami masih menunggu dokumen asli tersebut untuk dicocokkan,” tambahnya. Sementara itu, Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan tenggat kedatangan dokumen Formulir D1 Luar Negeri tersebut diperkirakan Senin (28/4) untuk kemudian dilakukan rekapitulasi nasional untuk Provinsi DKI Jakarta. “Untuk DKI Jakarta, proses rekapitulasi secara nasionalnya dilakukan penundaan penetapan sampai Senin. Dijadwalkan pada hari itu semua dokumen sudah diterima oleh pembina Pokja PPLN di Kemlu,” kata Husni. Sebelumnya, pada hari pertama Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Nasional, Sabtu (26/4), rencananya akan dilakukan penghitungan perolehan untuk Provinsi DKI Jakarta. Namun proses rekapitulasi dari PPLN belum final sejak Rabu (23/4). Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional digelar sejak Sabtu dan ditargetkan selesai selama sembilan hari ke depan hingga Minggu (4/5). Rencananya, penghitungan perolehan suara tingkat nasional tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing ditargetkan selesai tiga hari. Penghitungan di wilayah Indonesia bagian barat diharapkan selesai Senin (28/4), kemudian bagian tengah pada Selasa (29/4) hingga Kamis (1/5), dan terakhir bagian timur pada Jumat (2/5) sampai Minggu (4/5). (dk/mar)

SURVEI CAPRES

Posisi Ical Paling Sulit JAKARTA- Ketua DPP Partai Golkar, Yoris Raweyai menyadari rendahnya elektabilitas Aburizal Bakrie (Ical) sebagai capres pasca pemilu legislatif. Yoris mengatakan, partai harus bijak memilih cawapres Ical untuk memastikan diri menang dalam pemilu 2014. “Golkar partai paling tua, dan memasuki reformasi 3 kali pemilu 1999, 2004 dan 2009 Golkar mengalami kekalahan. Dengan berbagai pengalaman dan kedewasan dalam berpolitik sehingga harus lebih hati-hati dan tak terburuburu ekspos sesuatu yang berimpliksi pada potensi seperti sekarang (cawapresred),” kata Yoris Raweyai. Hal itu disampaikan dalam diskusi Hotel Grand Alia Cikini Menteng Jakarta Pusat, kemarin. Pada pilpres 2004 Golkar sempat mensiasati dengan menggelar konvensi, namun suara Golkar berhasil naik tapi capresnya stagnan. Pemilu 2009 tak pakai konvensi tapi Golkar kalah juga. Dari dua pengalaman itu Golkar pada pemilu Aburizal Bakrie 2014 mendorong ketua umum Aburizal Bakrie untuk menjadi capres. Berbagai cara sosliasasi pencitraan untuk angkat popularitas Ical dilakukan Golkar. “Dia bukan orang Jawa, umur juga relatif sudah tua 65-66 tahun. Bagaimana ada perubahan untuk bangsa, karena Golkar punya blueprint 2045? Antara mengangkat Aburizal dengan elektabilitas parpol,” ujarnya. Tapi menurut Yoris, sampai 2013 terjadi anomali, elektabilitas Ical tak mampu terangkat justru cenderung statis dan menurun dibanding capres lain seperti Jokowi dan Prbowo. “Dari berbagai survei disandingkan (dengan siapapun) sama juga. Aburizal yang paling sulit dan Golkar sadar itu,” imbuh Yoris. Atas evaluasi itulah maka pada Rapimnas 3 Mei mendatang, Golkar selain akan menentukan cawapres Ical yang tepat, juga evaluasi kerja-kerja pemenangan. “Perubahan akan terjadi melalui mekanisme partai bukan media atau tekanan. Kita akan Rapimnas membicarakan evaluasi BKPP tentang hasil pileg dan menentukan cawapres,” ucap politisi asal Papua itu. (dk/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: SITI


SENIN, 28 APRIL 2014

9

DOK / MALANG POST

INDAH : Keindahan air terjun Coban Pelangi akan terus dikembangkan Bupati Malang, H. Rendra Kresna menjadi wisata unggulan di Kabupaten Malang.

PESO PE SONA NA PE PELA LANGI NGI di Coban Pelangi

Perbaiki Infrastruktur Jalan LIBUR segera tiba, rencana rekreasi keluarga sudah disiapkan untuk memberikan pencerahan dari segala kepenatan rutinitas. Wi s a t a k e t e m p a t t e r b u k a bernuansa alam akan menjadi hal yang menarik di sela-sela kesibukan. Selain pantai dan kebun binatang, air terjun adalah destinasi yang tepat dijadikan daftar tujuan wisata bersama keluarga. Kabupaten Malang dikenal memiliki banyak potensi rekreasi alam yang masih alami, termasuk obyek wisata air terjun. Salah satunya adalah air terjun Coban Pelangi. Air terjun Coban Pelangi berada di kawasan Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo. Tepatnya berjarak sekitar 2 kilometer dari

Desa Gubugklakah dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Cocok untuk i l j k Gunung G B wisata lanjutan ke Bromo. Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi yang sangat indah. Obyek wisata yang terletak di jalur utama menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru tersebut mempunyai keistimewaan tersendiri. Terutama setiap bulan September, Oktober dan November, di depan air terjun tersebut terdapat pelangi sempurna. Pelangi itu terbentuk hasil pembiasan dari pancaran sinar matahari yang dipantulkan air. “Coban Pelangi wajib dikunjungi oleh wisatawan. Karena mempunyai keindahan yang masih alami dan terdapat pelangi di air terjunnya,” ujar Bupati Malang H Rendra Kresna kepada Malang Post kemarin.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Malang itu, untuk menuju ke air terjun tersebut h bi berjalan b j l kkaki, ki dengan d hanya bisa jalan yang berkelok serta naik turun. Kondisi tersebut, semakin memuaskan wistawan yang mempunyai jiwa petualang. Karena menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Selama perjalanan menuju air terjun, wisatawan disuguhi keindahan alam berupa pegunungan, hutan dan lingkungan yang masih asri. Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 – 23 derajat Celcius. “Selama ini wistawan yang datang ke Desa Wisata Gubugklakah, selalu ke Coban Pelangi. Coban Pelangi termasuk dalam paket wisata sejumlah agen perjalanan wisata,” terangnya.

Pemkab Malang berkomitmen mengembangkan Coban Pelangi. Salah satu bentuk nyatanya yakni untuk tahun ini sudah memperbaiki akses jalan menuju Coban Pelangi hingga ke Desa Ngadas. Kondisi jalan yang baik akan membuat nyaman wisatawan berkunjung ke Coban Pelangi. “Pemkab Malang juga

bersinergi dengan Perhutani untuk mengembangkan Coban Pelangi menjadi lebih baik lagi. Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang intens berkomunikasi dengan Perhutani. Pemkab Malang selama ini juga telah mempromosikan Coban Pelangi bersama tempat wisata lainnya,” bebernya.

Pengembangan di Coban Pelangi kata Bung Rendra, sangat berpotensi dilakukan. Karena areal sekitar Coban Pelangi masih bisa dieksplorasi. “Tentunya pengembangan yang dilakukan dengan berbagai catatan. Diantaranya tidak merusak lingkungan dan tidak menghilangkan keaslian alamnya,” tuturnya. (big/aim)

Uji Adrenalin dengan Motor Trail

BINAR GUMILANG / MALANG POST

JALAN KAKI : Wisatawan antusias menuju Coban Pelangi, meski harus melalui jalan berkelelok serta naik turun dengan berjalan kaki.

Segera Launching Wahana Tubing BELUM lengkap rasanya bila mengunjungi Coban Pelangi tidak mencoba beberapa wahana petualang yang telah disediakan, seperti flying fox dan arung jeram. Selain itu, di kawasan Coban Pelangi juga terdapat area berkemah dan kuda wisata. Hadirnya beberapa wahana tersebut, semakin memanjakan para pengunjung maupun wistawan. “Potensi wisata berupa petualangan air sungai, ada di Coban Pelangi yang airnya mengaliri sepanjang Sungai Amprong. Wahana ini, disukai bagi wistawan penyuka tantangan untuk menguji andrenalin,” ujar Sekretaris Lembaga Desa Wisata (Ladesta) Gubugklakah Heri Siswoyo, kepada Malang Post. Pengembangan potensi wisatanya terus dilakukan, khususnya wahana petualang air lainnya. Saat ini pihaknya sudah merancang sebuah wahana baru yakni tubing. “Insya Allah pada Bulan Agustus mendatang secara resmi wahana ini akan dioperasiakan,” ujarnya. Dijelaskannya, wahana Tubing yakni sejenis arung jeram, namun menggunakan ban dalam milik kendaraan truk. Wisatawan dapat menaiki di atas ban tersebut dengan menggunakan alat pelindung berupa jaket apung, helm, pelindung kaki dan tangan.

“Tubing ini semacam wahana yang berada di Gua Pindul Yogyakarta. Bedanya, Tubing ini lebih menantang, karena arus sungainya agak deras. Selain itu, pemadangan yang disuguhkan asri dan sejuk,” terangnya. Untuk campur tangan Pemkab Malang, pengembangan Coban Pelangi dan Desa Wisata Gubugklakah, dikatakannya sudah sangat baik. Pemkab Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) telah memberikan perhatian dan batuan untuk pengemasan desa wisata. “Perhatian Bupati Malang H Rendra Kresna kepada desa ini sungguh luar biasa. Begitu kami mengajukan permintaan bantuan, langsung ditanggapi dengan mengirimkan orang kepercayaanya untuk memberi bantuan yang kami ajukan,” bebernya. Sehingga masih kata dia, Coban Pelangi dan Desa Wisata Gubugklakah bisa maju seperti sekarang. Perhatian yang diberikan Pemkab Malang, membuat Coban Pelangi dan Desa Wisata Gubungklakah lebih dikenal oleh wistawan. “Tiap bulan desa kami mendapat kunjungan 500 wisatawan lokal dan 20 wisatawan asing. Mayoritas wisatawan itu, juga mengunjungi Coban Pelangi. Kami berharap jumlah wistawan akan semakin meningkat,” tuturnya. (big/aim)

PENGEMBANGAN wana wisata Coban Pelangi dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Kabupaten Malang. Dalam waktu dekat akan menambah fasilitas pendukung berupa persewaan sepeda gunung dan motor trail untuk memuaskan hasrat para petualang yang menguji adrenalin di Coban Pelangi. Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan, penambahan persewaan sepeda gunung dan motor trail, atas permintaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) maupun Lembaga Desa Wisata (Ladesta) Gubugklakah. “Dalam waktu dekat, kami akan menyediakan fasilitas persewaan sepeda gunung dan motor trail yang dapat digunakan menuju Coban Pelangi,” ujarnya. Pengadaan fasilitas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan, untuk mempermudah wisatwan menuju ke Coban Pelangi. Mengingat kondisi jalan yang sempit menuju ke tempat tersebut hanya dapat dilalui sepeda motor. “Bila hanya ke Coba Pelangi, wisatawan yang menginap di Desa Wisata Gubugklakah bisa menyewa

sepeda gunung maupun motor trail. Selain itu, motor trail bisa disewa menuju ke Gunung Bromo,” urainya. Menurutnya, dengan adanya fasilitas tersebut juga akan semakin memberdayakan masyarakat Desa Gubugklakah. Yakni dengan menjadi operator jasa penyewa sepeda gunung dan motor trail. Selain itu, fasilitas ini nantinya juga akan mendongkrak pendapatan assli daerah (PAD) Kabupaten Malang. “Setelah kami sediakan sepeda gunung dan motor trail, nantinya juga masuk ke PAD Kabupaten Malang melalui retribusi,” kata mantan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang ini. Pihknya mengapresiasi masyarakat Desa Gubugklakah yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan wisata Coban Pelangi. Kedua hal itu menjadi modal penting untuk mengembangkan desa wisata. “Kami harap desa wiata lainnya dapat melakukan hal yang sama. Sehingga mempermudahkan kami untuk melakukan pengembangan wisata. Karena yang tahu potensi daerah, ya masyarakat sekitar itu sendiri,” tandasya. (big/aim)

BINAR GUMILANG / MALANG POST

ASRI : Area Coban Pelangi yang tampak asri, cocok dibuat untuk berkemah dan wisata petualangan lainnya.

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 28 APRIL 2014

10

Warga Tagih Perbaikan Jalan Longsor

ist / Malang Post

MULAI DITARIK : Tim SAR gabungan yang berusaha maksimal mencari tubuh korban yang tertimbun tanah longsor, mulai ditarik. Basarnas telah memutuskan menghentikan pencarian korban Yajit yang tertimbun tanah longsor di Wajak

Pencarian Korban Longsor Wajak Dihentikan Jasad Yajit Belum Ditemukan WAJAK- Pencarian korban terakhir yang tertimbun tanah longsor di Dusun Pandanrejo, Desa Bambang, Kecamatan Wajak, secara resmi dihentikan kemarin. Setelah tujuh hari mencari korban tertimbun, tim SAR gabungan hanya menemukan satu korban, dari dua korban yang tertimbun material longsor. Meski sudah mengerahkan anjing pelacak, jasad Yajit, 47 tahun, warga Dusun Pandanrejo, Desa Bambang, Kecamatan Wajak yang tertimbun longsor, belum juga dapat ditemukan. Kepala Operasional Basarnas

Surabaya Hari Adi Prasetyo mengatakan, sesuai standart operasoinal (SOP) pencarian korban berlangsung tujuh hari “Penghentian pencarian ini tentunya dengan berbagai pertimbangan. Faktor lainnya yang menjadi pertimbangan adalah kondisi alam yang tidak memungkinkan,” ujar Hari kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, tim SAR gabungan hanya bisa menggunakan alat tradisional berupa cangkul dan skop menggali tanah untuk mencari tubuh korban. Medan yang sangat berat,

mustahil untuk menggunakan alat berat. Kondisi cuaca yang buruk, juga semakin menyulitkan pencarian. “Semakin banyak tanah yang longsor di lokasi kejadian. Sehingga percuma melakukan penggalian, namun longsor terjadi lagi,” tegasnya. Sejak kemarin, peralatan di lokasi kejadian juga sudah ditarik ke pos utama. Sedangkan anggota Basarnas dijadwalkan pagi ini akan kembali ke Surabaya. Kendati pencarian dihentikan, pihaknya memperbolehkan masyarakat sekitar dibantu

pihak desa untuk melakukan pencarian. “Tentunya pencarian yang dilakukan oleh warga harus tetap didampingi BPBD Kabupaten Malang. Namun, kami menghimbau kepada masyarakat supaya tidak memaksakan diri,” urainya. Himbauan itu perlu disampaikan. Pasalnya dengan kondisi alam seperti itu, mustahil untuk ditemukannya tubuh korban. “Sepanjang pencarian hari ini (kemarin, red), kami tidak membuahkan hasil. Sabtu (28/4) kemarin, kami hanya menemukan sebilah celurit, yang

kemungkinan digunakan korban mencari rumput,” urainya. Basarnas dibantu pihak kecamatan dan desa sudah memberikan pengertian terhadap keluarga korban. Tujuannya, supaya keluarga korban mengerti bahwa pencarian yang dilakukan sudah maksimal. “Tentunya kami akan melakukan evaluasi terhadap pencarian ini. Kami juga sudah menyampaikan kepada keluarga korban bahwa pencarian telah dihentikan. Semoga keluarga korban mengerti tentang keadaan ini,” tandasnya. (big/aim)

Pelajar Harus Berani Katakan Tidak Pada Narkoba MALANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang, mengajak pelajar untuk ikut serta memerangi peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Malang. Salah satu bentuk ajakan dengan mengadakan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) yang ditempatkan di Aula SMK Widya Dharma Desa Talon Kecamatan Turen, beberapa waktu lalu. Kasi Pencegahan BNN Kabupaten Malang, Maryoto S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut sebagai bentuk tanggungjawab BNN Kabupaten Malang, untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali di kalangan pelajar. Karena sangat penting bagi pelajar, agar mereka tahu bahaya narkoba sehingga mampu membentengi diri sendiri dan tidak tergoda untuk terjerumus ke dalamnya. Ini sekaligus agar mereka tidak gampang dibujuk rayu oleh pengedar narkoba. Karena biasanya pengedar mendekati pelajar dan menjanjikan jalan pintas, bagi mer-

MALANG – Janji Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Bina Marga untuk segera memperbaiki jalan di Desa Lumbangsari Kecamatan Bululawang, yang longsor hampir separo jalan ternyata hanya isapan jempol. Faktanya, sampai kemarin siang kondisinya sama, masih tetap dibiarkan mangkrak. Padahal pada akhir Maret lalu saat dikonfirmasi Malang Post, Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, M Anwar mengatakan bahwa plengsengan jalan yang ambrol itu, sudah masuk dalam agenda perbaikan pada awal April. Karena jika tetap dibiarkan dan tidak kunjung diperbaiki dikhawatirkan lebar longsor akan melebar. Tetapi kenyataannya, sampai akhir April malah sama sekali tidak ada sentuhan perbaikan. Di sekitar jalan yang longsor, hanya diberi pembatas kayu. “Katanya mau segera diperbaiki, tetapi kenyataannya sampai sekarang masih dibiarkan saja. Jangankan mau diperbaiki, material untuk memperbaiki saja masih belum ada,” tutur Aji, warga sekitar yang dibenarkan oleh beberapa warga lainnya. Warga berharap pada Pemerintah Kabupaten Malang, untuk segera memperbaiki jalan tersebut. Pasalnya, jika terus dibiarkan dikhawatirkan akan semakin lebar dan meluas. Selain itu juga sangat membahayakan pengendara yang melintas, terutama pada malam hari. Tidak hanya itu, warga juga berharap ada perbaikan pada jalan alternative yang menghubungkan Desa Lumbangsari dan Desa Sukonolo (Kecamatan Bululawang dan Kecamatan Kepanjen) yang kondisinya rusak. “Kami harap Pemerintah Kabupaten Malang bisa segera tanggap dengan kondisi jalan yang longsor itu,” kata warga lainnya. Sekadar diketahui sampai akhir April, kondisi jalan di Desa Lumbangsari Kecamatan Bululawang, yang longsor hampir separo jalan masih tetap dibiarkan. Belum ada upaya dari Pemerintah Desa ataupun Pemerintah Kabupaten untuk segera memperbaikinya. Padahal jalan itu, merupakan jalur alternative dari Bululawang menuju Kota Kepanjen. (agp/aim)

Rendra-Slamet Pimpin Asosiasi PSSI MALANG - Musyawarah Cabang (Muscab) Pengcab (Pengurus Cabang) PSSI Kabupaten Malang berlangsung cepat, Sabtu kemarin. Rendra Kresna yang dari awal dipastikan akan kembali memimpin PSSI Kabupaten Malang periode 2014-2018, terpilih secara aklamasi. Tidak hanya ketua Pengcab saja yang terpilih secara aklamasi, peserta Muscab pun memilih secara aklamasi wakil ketua Pengcab, Slamet Suyono. Untuk posisi eksekutif komite (Ekko), lima nama pengurus kecamatan menjadi eksekutif komite (Ekko) PSSI Kabupaten Malang yang juga ditetapkan dalam Muscab. “Dalam Muscab tahun ini, seluruh Pengcab memang diharuskan melakukan perubahan. Selain pertanggungjawaban pengurus lama, juga melakukan pemilihan langsung ketua, wakil ketua dan lima Ekko. Perubahan lain, juga pada nama lama Pengcab yang kini menjadi Asosiasi,” kata Wakil Ketua PSSI Kabupaten Malang terpilih, Slamet Suyono kepada Malang Post, usai Muscab kemarin. Sejak ditetapkan dalam Muscab, sudah bergaanti menjadi Asosiasi PSSI Kabupaten Malang. Sementara untuk posisi enam wakil ketua yang biasa mendampingi ketua di kepengurusan lama pun juga sudah tidak ada. “Sekarang hanya ada ketua dan wakil ketua. Untuk mendampingi pelaksanaan kerja keduanya, ada lima Ekko. Dalam Muscab, lima Ekko tersebut dipilih Khoiru Dai dari Dampit, Muali dari Pujon, Imam Susanto dari Kepanjen, Sofyan Ardi dari Gondanglegi dan Miskat dari Wajak,” urainya. (sit/aim)

BNN Kabupaten Malang for Malang Post

SOSIALISASI: Kasi Pencegahan BNN Kabupaten Malang, Maryoto S.Pd, M.Pd ketika memberikan materi soal bahaya peredaran narkoba kepada pelajar. eka yang sedang mengalami masalah pribadi. “Pendekatannya karena menganggap bahwa narkoba adalah solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah. Padahyal narkoba justru akan menambah masalah. Karena orang yang sudah terpengaruh narkoba, tidak bisa disembuhkan,” terang Maryoto. Ditambahkannya, berdasarkan UU Nomor 35 Tahun 2009

tentang Narkotika dan Peraturan Presiden Nomor 23 tahun 2010 tentang Badan Narkotika Nasional serta Peraturan Kepala BNN Nomor : Per/04/V/2010/ BNN mengamanatkan bahwa Badan Narkotika Nasional adalah lembaga pemerintah non kementerian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Undang-Undang tersebut me-

nyatakan bahwa BNN Kabupaten Malang merupakan instansi vertikal yang berada pada wilayah Kabupaten Malang secara hirarki bertanggung jawab kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur. “Yang mana dari kegiatan program P4GN ini, adalah untuk mewujudkan Indonesia bebasa dari narkoba pada 2015,” tuturnya. Dalam sosialisasi program

P4GN, Maryoto juga mengajak pelajar bercanda untuk membangun suasana keakraban. Yaitu dengan menyelipkan aksi entertain disela-sela bersosialisasi. Caranya dengan mengajak peserta senam otak, dengan memperagakan gerakan tangan kanan dan kiri bersama-sama. Meski terlihat mudah dan sederhana, tetapi banyak peserta yang gagal. (agp/aim)

redaktur: muhaimin, layout: kurdi


KOTA WISATA

biro batu Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

senin, 28 APRIL 2014

11

BNN kota batu

Calon Bhikhu Bicara Pencegahan Narkoba

Febri Setyawan/Malang Post

HIBURAN: Pemenang Kangmas Nimas berbaur dengan peserta Car Free Day, kemarin.

Car Free Day Kota Batu

Dihadiri Duta Anti Narkoba, Kangmas Nimas Goyang Oplosan BATU - Peserta Car Free Day (CFD) dihibur dengan para pemenang Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu di Alun-alun Kota Wisata Batu, Minggu (27/4) kemarin. Selain itu ribuan orang juga mendapatkan penyuluhan dari BNN dan Duta Anti Narkoba. Kangmas Nimas hadir sejak pagi dan langsung berbaur dengan ribuan massa untuk senam aerobic. Selain itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Mistin serta Kepala Bidang Pengembangan SDM

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Susilo Trimulyanto juga ikut ke arena Car Free Day. Begitu juga beberapa petugas dari Seksi Pemberdayaan BNN Kota Batu ikut hadir. Hiburan oleh Kangmas Nimas, termasuk Duta Anti Narkoba masih berlanjut di atas panggung. Mereka mengajak peserta untuk goyang oplosan serta pokoke joget. Mereka juga memberikan aneka doorprize melalui pertanyaan serta game-game kepada peserta yang masih bertahan di arena CFD.

Duta Anti Narkoba yang memberikan penyuluhan kepada peserta CFD untuk samasama menghindari penyalahgunaan narkoba. ‘’Selain itu mereka yang sudah terlanjur menjadi pengguna narkoba tidak perlu dijauhi. Mereka perlu direhabilitasi sehingga bisa sembuh dari kecanduan. Untuk itu masyarakat bisa bekerja sama dengan BNN untuk masalah rehabilitasi ini,’’ ungkap Chesya Mahardika, Duta Anti Narkoba saat memberikan penyuluhan, kemarin.

Duta Anti Narkoba merupakan bagian dari pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, beberapa waktu lalu. Selain itu pemilihan Duta Wisata memilih pemenang Kangmas Nimas, Wakil 1, Wakil 2, Busana Terbaik, Favorit, dan Persahabatan. Hampir semua para pemenang hadir dalam CFD yang berlangsung mulai pukul 06.00 hingga 09.00, kemarin. Sementara itu Susilo Trimulyanto, Kabid Pengembangan

SDM Dinas Pariwisata Kota Batu menyebutkan, kegiatan para pemenang Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas tersebut sebagai persiapan penobatan. Penobatan dilakukan dengan penyerahan dari panitia kepada Pemerintah Kota Batu melalui Wali Kota, pertengahan Mei nanti. ‘’Kegiatan juga untuk mengakrabkan Kangmas Nimas dengan masyarakat sehingga tidak ada kesan, kegiatan langsung berhenti setelah grand final, beberapa waktu lalu,’’ tegas Ayik, sapaan akrabnya. (feb)

Longsor, Satu Rumah Tertimbun BPBD Himbau Warga Waspada Susulan BATU - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kota Batu selama dua hari terakhir mengakibatkan longsor. Akibat longsor tersebut rumah milik Matkasan, warga RT04/RW11 Dusun Junggo Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, tertimbun bongkahan tebing setinggi tujuh meter. Beruntung dalam kejadian tersebut, tidak sampai memakan korban jiwa. Saat kejadian, ibu-ibu membungkus dan memasak kue untuk acara tahlilan di rumah Matkasan. Mereka langsung berlarian begitu ada suara longsoran di dekat rumah korban. Pantauan Malang Post, tebing setinggi tujuh meter ini menimbun bagian gudang rumah milik Matkasan. Padahal, tebing tersebut sudah diplengseng setebal 40 cm, menggunakan batu bata. Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, pemilik dan masyarakat sekitar menu-

tupi bagian longsor ini dengan terpal, dengan harapan air hujan tidak masuk rumah. Tidak hanya itu, di sekitar kejadian longsor, tampak petugas TNI, dan masyarakat gotong royong, mencegah plengsengan yang berada di sekitar longsoran. Pemilik rumah, Matkasan mengatakan, jika sebelum terjadi longsor, ada bunyi klak…klak…klak….”Kami amengira kompor di dapur meledak, ternyata bagian atap rumah sudah ambruk karena tebingnya yang longsor,” katanya membersihkan longsoran, kemarin. Menurutnya, pihaknya belum berani membangun kembali plengsengan tebing, meski rawan terjadi longsor susulan. Pihaknya menunggu musim kemarau untuk memperbaiki bagian rumah dan plengsengan yang rusak. Terpisah, saat dikonfirmasi Kepala BPBD Kota Batu,

Sasmito membenarkan jika telah terjadi longsor di Dusun Junggo. Namun tidak sampai memakan korban jiwa.”Ya kami sudah mengirim petugas ke lokasi, dan relawan bencana juga sudah standby di sana,” terangnya. Sas, panggilan akrabnya, menghimbau masyarakat daerah rawan longsor supaya tetap waspada dan langsung memberikan kabar kepada petugas, jika ada bencana. Karena, perkiraan dari petugas BMKG bahwa musim penghujan dipastikan masih berlangsung hingga akhir bulan April awat awal Mei nanti. (mik/feb)

Porkot Digelar Oktober BATU - Ketua Harian Komite Ola raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu, Didik Machmud men takan jika Pekan Olahraga Kota (Porkot) ke-4 tahun ini disepakati akan digelar Bulan Oktober 2014. Pihaknya meminta masing-masing cabor segera mempersiapkan diri untuk even olah raga dua tahunan ini. “Pengcab dan cabor sepakat PORKOT berlangsung Oktober. Kegiatan itu sekaligus untuk menyambut ultah Kota Batu ke-13,” kata Didik Machmud. Menurut dia, sedikitnya ada 20 cabor yang akan dipertan­ dingkan. Tahun ini meng lami tambahan dua cabor, sebelumnya pada Porkot ke-3 hanya 18 cabor, yaitu tinju dan panjat tebing. Meski KONI menaungi 27 cabor, namun tidak semua bisa dipertandingkan. Cabor yang tidak dipertandingkan misalnya tarung drajat. Atlet perorangan harus ada 6 orang dari dua Kecamatan. Sementara jika beregu harus ada 4 regu dari dua kecamatan untuk bisa diikutkan cabor yang dipertandingkan. Dia menyebut, batasan usia setiap atlet sekitar 19 tahun atau per 1 Januari 2005.”Yang jelas ajang ini untuk mencari bibit yang disiapkan dalam Porprov mendatang,”sebutnya kepada Malang Post. Untuk persiapan, pihaknya sudah menyerahkan sepenuhnya ke masing-masing Kecamatan. Apakah akan melakukan seleksi atlet kembali atau menggunakan atlet yang sudah tersedia. ”Perkara mengadakan seleksi itu hak Kecamatan, KONI tinggal mempersiapkan segala keperluan dalam Porkot,” tuturnya Ketua DPD Partai Golkar Kota Batu ini. Berikut cabor yang akan dipertandingkan dalam Porkot ke-4 ini adalah renang, selam, atletik, tenis meja, tenis lapangan, catur, bridge, wushu, bulutangkis, karate, pencak silat, taekwondo, basket, voli, sepak bola, sepak takraw, balap sepeda, panahan, panjat tebing dan tinju. (mik/feb)

Butuh Mobil Bertangga

Miski/Malang Post

RUSAK: Matkasan pemilik rumah, saat menunjukkan rumahnya yang tertimbun longsoran.

Miski/Malang Post

BERPRESTASI: Tiga siswa MAN 2 Malang Kota Batu berhasil menjuarai LKTI.

prioritas dalam setiap kegiatan siswa. Sehingga, tidak aneh jika siswa-siswa mampu bersaing dengan siswa dari sekolah lain.”Kami ingin mereka tidak hanya belajar saja di sekolah, tapi juga mengasah bakatnya.

agenda koni

UPT pmk

Tiga Siswa MAN Berjaya di LKTI BATU - Pembinaan skill dan bakat siswa ditunjukkan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Malang Kota Batu. Tiga siswa yang bergelut dibidang tulis menulis ini mampu mengukir prestasi. Tiga siswa Taj Abdul Aziz kelas X, Nur Muhammad Mufidin Kelas XI dan M Arfian Pratama Kelas XI adalah siswa yang biasa memiliki prestasi karya tulis tingkat Provinsi hingga Nasional. Kali terakhir, mereka merajai lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) di Unisma, beberapa waktu lalu. ‘’Mereka berhasil menyabet juara satu di Unisma. Sedangkan sebelumnya, prestasi tingkat Provinsi hingga nasional sudah diraih,’’ ungkap Dwi Tjahjaningrum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 2 Malang Kota Batu Menurutnya, pembinaan ekstrakulikuler ini menjadi

BATU - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu melakukan dialog untuk sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Kota Batu, Sabtu (26/4) lalu. Berbagai ungkapan dan pertanyaan dilontarkan para calon Bhiku. Salah seorang Samanera, calon bikhu yang juga Mahasiswa STAB mengatakan, undang-undang untuk mencegah peredaran narkoba, saat ini cukup banyak. Tapi undang-undang yang banyak akan percuma percuma kalau masyarakat tidak sadar. ”Belum lagi jika penegak Undang-undang ikut terlibat dalam narkoba. Semestinya mereka justru menjadi teladan,” ungkapnya. Petugas BNN Kota Batu, Arif Hariyanto, menjelaskan masyarakat tidak hanya butuh kesadaran untuk mencegah peredaran gelap narkoba. Melainkan juga dibutuhkan sebuh komitmen bersama untuk mencegah peredaran narkoba tersebut. Komitmen tersebut berasal dari masyarakat, tokoh, hingga para penegak hukum. ”Kalau sudah berkomitmen memerangi narkoba, semua akan berjalan efektif. Sampai sekarang usaha Pemerintah untuk mencegah peredaran narkoba sudah maksimal,” terang pria yang juga penyuluh BNN Kota Batu ini. Dia mencontohkan, seperti merokok, tiap dos atau pack rokok ada tulisan merokok dapat menyebabkan kanker dan sebagainya. Namun, peringatan tersebut tidak mempan, hingga terpaksa diganti dengan merokok itu membunuhmu, ini pun sampai saat ini belum bisa mengurangi jumlah perokok, malahan semakin bertambah. Sehingga dibutuhkan formula yang jitu dan tepat untuk menanggulanginya. ‘’Itu namanya Pemerintah sudah melakukan upaya pencegahan merokok, namun masyarakat yang belum berkomitmen. Hal seperti itu juga terjadi pada sisi narkoba,’’ katanya. Pembantu Ketua 1 (Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) STAB, Ariyanto Firnadi menyambut baik langkah BNN Kota Batu terus melakukan sosialisasi. ”Di sekolah sudah ada kader BNN, jadi kami juga telah rutin memberikan sosialisasi bahaya narkoba dan pencegahannya,”paparnya kepada Malang Post. Dalam kegiatan yang berlansung di Aula sekolah itu, sekitar 100 mahasiswa STAB mengikuti acara sosialisasi ini. Selain mahasiswa, Samanera calon Bikhu yang menerapkan 10 latihan kemoralan, dan Attahsilani, mahasiswi yang menjalani delapan latihan kemoralan ikut serta. (mik/feb)

Ada yang menulis, seni, dan olahraga serta kegiatan ekstra lainnya,”katanya. Dwi panggilan akrabnya mengaku, jika dalam LKTI di Unisma beberapa waktu lalu anak didiknya mengambil

penulisan bertema batik. Sebab batik merupakan warisan nenek moyang. Di sekolah juga pelajaran seni budaya membatik. Dia menjelaskan, anak didiknya rutin melangsung-

kan pagelaran seni budaya di sekolah setiap tahun. Maka, saat ada LKTI tentang pelestarian budaya, anak-anak mengangkat membatik di sekolah.”Ketiga siswa ini juga aktif mengisi mading sekolah, dan mereka aktif sebagai anggota OSIS,”jelasnya kepada Malang Post. Sementara itu, Arfian Pratama mengaku bangga bisa mempersembahkan hal terbaik bagi sekolah. Bakat menulisnya ini sudah sedari SMP mulai diasah, sama halnya dengan dua temannya yang berbeda sekolah. Akan tetapi, tahu potensi mereka, akhirnya sekolah menyatukan mereka dalam komunitas sains dan seni. ”Saya dan kedua teman ini memang sering mengikuti LKTI. Alhamdulillah biasa juara,” akunya dengan rendah hati.(mik/feb)

BATU – UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Batu ternyata hanya memiliki dua mobil pemadam kebakaran. Padahal intensitas kebakaran cukup tinggi, ditambah jangkauan lokasi terlalu jauh jika ditempuh dengan dua mobil. Data yang dihimpun Malang Post, 2011 ada sekitar 14 peristiwa kebakaran, 2012 ada 22 kebakaran, 2013 ada 22 peristiwa kebakaran, dan tahun 2014 sudah ada delapan peristiwa. ‘’Itu artinya intensitas kejadian kebakaran terus meningkat. Jika di Kota Batu masih ada dua mobil pemadam kebakaran, hal itu masih kurang,’’ ujar Santoso Wardoyo, Kepala UPT PMK Kota Batu. Menurutnya, mobil pemadam kebakaran yang ada saat ini adalah pengadaan 2003 dan 2008. Dilihat dari kondisi, mobil pemadam kebakaran tersebut sudah lumayan tua. Saat ini sudah sangat mendesak adanya pengadaan mobil PMK baru. Santoso Wardoyo ”Kami sudah lama mengajukan pengadaan mobil pemadam baru. Syukur, tahun ini pengajuan tersebut sudah direstui,” tegas alumnus STPDN ini. Bapak dua anak ini mengaku, tahun ini Pemerintah Kota Batu melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan membeli satu unit mobil damkar. Harga mobil tersebut mencapai Rp 1 Miliar. Menurut dia, anggaran pembelian tersebut sudah tercantum dalam APBD 2014. SKPD tinggal melakukan lelang dan nantinya rekanan membelikan mobil damkar untuk PMK Kota Batu. Mobil damkar kali ini beda dengan sebelumnya. Mobil yang akan dibeli ini memiliki keistimewaan, yakni dobel kabin dan dobel garden. Dengan begitu mobil ini dapat mengakses ke jalan-jalan perbukitan sesuai karakteristik daerah Kota Batu dengan kapasitas air tiga ribu liter. (mik/feb) redaktur: febry, layout: kurdi


12

SENIN, 28 APRIL 2014

SENIN, 28 APRIL 2014

MI ISLAMIYAH

Unisma Jadi Kebanggaan Warga NU

AKSI 2014, Barometer Prestasi Siswa TK dan SD/MI MALANG – Ratusan siswa tingkat SD dan TK se-Malang Raya tumpah ruah di halaman MI Islamiyah Sabtu (26/4) lalu. Mereka serius menyimak kisah Kaslan Si Pemalas oleh Dwi Puji Wulan. Tak hanya siswa, puluhan wali murid yang mendampingi siswanya pun tampak larut menyimak dongeng yang dibawakan dengan atraktif tersebut. “Dongeng ini kami tampilkan sebagai pengisi acara sembari menunggu hasil penilaian juri. Ternyata malah tak kalah meriah dari lombanya sendiri,” ujar Kepala MI Islamiyah, Widiarno, S.Pd. Hari itu, MI Islamiyah menggelar Ajang Kreativitas Siswa MI Islamiyah (AKSI) 2014 dengan tema ‘Mari Wujudkan Sportivitas dan Kreativitas Siswa Guna LAILI SALIMAH/MALANG POST

SERU: Ratusan peserta AKSI 2014 MI Islamiyah menunggu hasil penilaian juri sembari menyimak dongeng yang disampaikan oleh Dwi Puji Wulan.

Menggapai Insan yang Cerdas, Terampil dan Berakhlaqul Karimah’. Menurut Widi, sapaan akrab Widiarno, kegiatan hari itu adalah puncak dari beberapa lomba yang dilaksanakan sejak Kamis (24/4) lalu. Berbagai kompetisi yang diperlombakan, antara lain ialah lomba Adzan, Qiroah, Kaligrafi, dan Fashion. Dilanjutkan keesokan harinya dengan lomba Dongeng, Puisi,Mewarnai dan Kaligrafi. “Puncaknya hari ini (Sabtu, red), yaitu lomba Drumband dan Mewarnai. Lomba Drumband, Mewarnai dan Puisi diikuti oleh siswa TK, sedangkan lomba lainnya untuk SD/MI. Total peserta keseluruhan sekitar 900 peserta dari Malang Raya,” jelas Widi. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, menurut Widi, adalah sebagai ajang silaturrahmi antar SD dan TK se-Malang Raya. Terutama TK-TK yang mengantarkan siswanya untuk menjadi siswa MI Islamiyah. Selain itu, lanjut Widi, kegiatan ini adalah ajang tahunan

MI Islamiyah untuk menyaring potensipotensi baru. Untuk itu, Widi menjanjikan, bagi peserta yang menjadi Juara I, II dan III pada lomba-lomba di tingkat TK, akan mendapat keringanan jika menjadi siswa MI Islamiyah. “Saat ini di MI Islamiyah kami sudah memiliki siswa dengan potensi-potensi yang matang. Tapi tentu kami harus terus melakukan pengkaderan agar tumbuh bibit-bibit baru,” urai pria ramah ini. Di samping itu, Widi menilai bahwa dari tahun ke tahun, ajang AKSI ini semakin meriah dan diapresiasi masyarakat. Sehingga, persaingan pun semakin kuat dan kompetitif. Apalagi, juri yang menilai adalah juri-juri profesional dalam jenis lomba masing-masing. Widi berharap, AKSI 2014 dapat menjadi barometer bagi potensi siswa terutama di bidang non akademik, sekaligus menjadi motivasi tersendiri agar siswa semakin bersemangat dalam mengejar prestasi. (ily/sir/nda)

FORDI MAPELAR UB

PERAYAAN HARI KARTINI SMA NASIONAL

Rayakan HUT dengan Bedah Buku

Seluruh Wanita adalah Pahlawan

MALANG – Di tahun yang ke-33 ini, Dies Natalis Forum Studi Mahasiswa Pengembang Penalaran (Fordi Mapelar) Universitas Brawijaya (UB) dikemas berbeda. Jika tahuntahun sebelumnya Dies Natalis selalu diisi dengan seminar, maka kali ini diisi dengan bedah dan launching buku. Adapun buku yang dipilih untuk diulas Sabtu (26/4) lalu di UB Sport Center adalah karya penyair wanita Rose Widianingsih. Selain menghadirkan penulis, buku berjudul Suara Sunyi tersebut dikupas oleh kurator sendiri, yaitu Malkan Junaidi. “Dibanding penyair wanita lain seperti Dorothea, nama Rose Widianingsih mungkin masih belum dikenal oleh pecinta sastra. Namun kami yakin, dengan launching sekaligus bedah buku ini, karya beliau akan melejit,” ujar panitia pelaksana, Silvia Valeta Kasih, kepada Malang Post. Dalam paparannya, Malkan mengungkapkan bahwa ‘Suara Sunyi’ adalah kumpulan 126 sajak Dian, sapaan akrab Rose Widianingsih, yang ia pilih dari sekitar 600 sajak lain karya Dian. Dari sekian banyak sajak, Dian cenderung kepada sajak bentuk prosa yang di kalangan penyair perempuan, bentuk ini jarang dipakai. Sajak-sajak Rose, digadang-gadang merupakan kombinasi apik dari kerumitan Afrizal Malna, kemesraan Sapardi Djoko Damono, kegarangan Rendra dan Wiji Thukul. Tak hanya mengulas isi buku, penyair asal Blitar tersebut juga berbagi wawasan tentang teknik penulisan sajak kepada kurang lebih 100 peserta. Salah satunya ialah pendiri Fordi Mapelar UB periode pertama, Sundjoyo, yang pada kesempatan itu turut ambil bagian membacakan deklamasi berjudul Fordi Mapelar. “Dari tahun ke tahun kami terus berupaya memperluas lingkup studi. Kami berharap, antologi tunggal Rose Widianingsih ini menjadi media untuk memperkaya wawasan,” ujar Ketua Fordi Mapelar UB, Dian Dwi Saputri, saat ditemui secara terpisah. Selain bedah dan launching buku, lomba essai dan puisi juga termasuk dalam rangkaian Dies Natalis ke-33 Fordi Mapelar. Kegiatan yang diikuti oleh BEM semua fakultas di UB, UKM Penalaran se-Malang Raya, dan lembaga riset UB tersebut diakhiri dengan sharing akbar Fordi Mapelar Nasional. (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

ANTUSIAS: Kurator Suara Sunyi, Malkan Junaidi beserta penulis, Rose Widianingsih, mengupas isi buku yang dilaunching hari itu.

MALANG – Wanita, baik yang memiliki profesi di sektor publik maupun yang konsisten berkarya di sektor domestik, adalah wanita-wanita mulia yang berjuang di jalannya masingmasing. Lebih dari itu, mereka pantas mendapat apresiasi atas kegigihannya, seperti yang dilakukan oleh siswa SMA Nasional Sabtu (26/4) lalu dalam rangka memperingati Hari Kartini. Sekitar pukul 09.00 WIB, ratusan siswa sekolah tersebut menyebar ke berbagai titik untuk menyampaikan apresiasi kepada kaum wanita. “Meski tidak pernah cukup untuk mengungkapkan penghargaan kami kepada wanita, tapi mereka senang saat menerima mawar yang kami berikan. Apalagi kami juga memberi kalimat motivasi dan ucapan terima kasih,” ujar Dewinta, salah satu siswa SMA Nasional. Terpisah, Kepala SMA Nasional, Drs. Rusydi, M.Si, menuturkan, sesuai dengan tema kegiatan, yaitu ‘Kartinikan Kami’, hari itu siswanya terjun untuk memberi semangat kepada kaum wanita untuk tampil dan tidak gentar tampil di masyarakat. Sebab, seluruh wanita adalah pahlawan, terutama bagi anakanak dan keluarganya. “Dengan momentum Hari Kartini, mari kita buang segala bentuk diskriminasi yang masih ada. Terutama diskriminasi yang membuat mental wanita merasa bahwa dirinya adalah mahluk kedua,” ujar Rusdi. Tantangan yang saat ini dihadapi oleh wanita, menurut Rusdi, adalah bagaimana meyiapkan dan membekali diri dengan kemampuan yang cukup di bidang yang ia terjuni. Selain itu, pembenahan mental bahwa seorang ibu rumah tangga adalah figur yang mulia, menurut Rusdi, masih sangat kurang. Banyak ibu yang minder atas label ibu rumah tangga yang ia sandang. “Padahal, baik profesi publik maupun domestik, sama-sama harus memiliki

KEMENDIKBUD

Evaluasi Semua Sekolah Internasional JAKARTA - Untuk menyelesaikan kasus tindak asusila di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Jakarta International School (JIS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertekad melakukan kerja sama dan koordinasi dengan Kepolisian RI. Selain itu, Mendikbud Mohammad Nuh juga telah membentuk tim khusus yang terdiri dari perwakilan Inspektorat Jenderal dan direktorat-direktorat di lingkungan Kemendikbud untuk melakukan audit dan evaluasi terhadap semua sekolah internasional di Indonesia. “Saya sudah melakukan komunikasi dengan Kapolri untuk memastikan ini (kasus TK JIS) harus dituntaskan betul,” tegasnya saat jumpa pers di Gedung A Kemendikbud, Jakarta. Ia juga menyatakan ketidaksetujuannya terhadap penggunaan kata “pelecehan seksual” dalam memaknai kasus TK JIS. Menurutnya, kasus JIS menyangkut nilai-nilai kemanusiaan yang sangat fatal. “Saya tidak setuju ada istilah pelecehan seksual, tapi pelecehan kemanusiaan,” ujar Mendikbud. Karena itu, selama masa transisi penutupan TK JIS, yaitu sambil menunggu tahun ajaran baru mulai lagi dalam 1-2 bulan ke depan, Kemendikbud akan terus melakukan pengawasan untuk memastikan tidak ada penyimpangan lagi. Pengawasan dan evaluasi juga akan dilakukan terhadap seluruh sekolah internasional di Indonesia. Berdasarkan data di Kemendikbud, terdapat 111 sekolah internasional di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di 14 provinsi. Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi yang paling banyak memiliki sekolah internasional, yaitu sebanyak 41 sekolah. Mendikbud mengatakan, sekolah internasional di Indonesia ada yang berupa sekolah diplomatik, yaitu sekolah yang hanya menerima peserta didik berkewarganegaraan asing yang orang tuanya merupakan diplomat yang bertugas di Indonesia. Sekolah diplomatik ini tidak menerima siswa Indonesia. “Beda dengan JIS. Mereka menerima anak-anak Indonesia. Ini yang harus kita audit. Sehingga tim audit kita nanti akan mengecek kembali semua status sekolah internasional,” katanya. (net/nda)

13

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

ICIP-ICIP: Orang tua siswa yang didaulat menjadi juri lomba memasak mencicipi sate tempe olahan siswa SMPIS.

SMP ISLAM SABILILLAH MALANG

Otak Kreatif Berkat Tempe MALANG - Dapur SMP Islam Sabilillah (SMPIS) Malang Sabtu pagi (26/4/14) lalu terlihat ramai dengan siswa yang sedang asyik memasak. Siswa laki-laki yang memakai baju tradisional terlihat serius menyiapkan bahannya, ada yang sedang mencacah tempe, mengiris cabai, bawang merah dan bawang putih. Ada pula yang asyik mengocok telur dan menggorengnya di peralatan masak yang mereka bawa dari rumah. “Kami tadi malam belajar di rumah salah satu teman, kebetulan ibunya pengusaha katering. Kami belajar membuat menu istimewa dari bahan tempe,” ungkap Ryadha, siswa kelas 9C SMPIS. Kelas 9 C menampilkan menu olahan tempe dengan nama Spicy Space Rolls, semacam lumpia dengan isi tempe. Tempe yang dicincang halus dimasak dengan bumbu dan dibungkus dengan telur yang didadar tipis. Setelah itu dikukus dan disajikan hangat. “Yang paling susah waktu membungkus dengan kulit telurnya, karena tidak hati-hati ada yang robek dan tidak bisa dipakai,” kata dia. Kreasi olahan tempe juga disajikan kelas 7A dengan Rollade Tempe. Siswa laki-laki yang dipilih menjadi tim koki sebelumnya sudah kursus singkat dengan ibu salah satu teman

mereka. “Saya biasa masak kalau ibu sedang tidak dirumah, jadi tidak kesulitan waktu tadi memasak untuk lomba ini,” ungkap Fanani. Lomba memasak yang diikuti siswa lakilaki ini adalah salah satu rangkaian dari kegiatan lomba Hari Kartini yang digelar di SMPIS. Siswa ditantang untuk bisa memasak tempe menjadi aneka produk kreatif yang bergizi dan lezat. Tidak hanya memasak, mereka juga wajib mempresentasikan hasil olahannya dihadapan dewan juri yang merupakan perwakilan orang tua. “Saya tidak menyangka ternyata mereka sangat kreatif, banyak menu menarik yang diolah dan rasanya lumayan enak,” ucap salah satu juri, Ismawan. Menurut Ketua Panitia Hari Kartini SMPIS, Ida Latifatus Zahro lomba ini sengaja mengusung tempe sebagai bahan utama lomba masak. Dengan harapan siswa gemar mengkonsumsi jenis makanan yang banyak gizinya itu. “Ternyata dari bahan tempe, anak-anak bisa membuat beragam menu kreatif,” kata dia. Sedikitnya ada 14 kelompok yang mengikuti lomba masak tersebut. acara lainnya yang digelar adalah lomba merangkai kalimat Bahasa Inggris, story telling, cipta puisi,

dan lomba estafet membawa tempeh. Acara ini sekaligus digabung dengan program Assembly Bahasa Inggris SMPIS yang rutin dilaksanakan. Sehingga momen peringatan Kartini juga dikemas bernuansa bilingual. “Perayaan Kartini yang mengglobal kami hadirkan dengan mengemas acara ini sekaligus sebagai praktik kegiatan Assembly Bahasa Inggris,” ujar Kepala SMPIS, Ali Afandy S.Pd M.Pd. Assembly Bahasa Inggris lanjutnya merupakan kegiatan unjuk kinerja pembelajaran Bahasa Inggris. Setiap siswa harus bisa menampilkan kemampuannya dalam program ini. Sebelumnya pada Hari Jumat, juga digelar serangkaian acara diantaranya story telling, cipta cerpen dan cipta baca puisi. Peringatan Hari Kartini ini dilaksanakan untuk membentuk karakter dan semangat Kartini yang mendunia melalui karyanya. Sekaligus dalam rangka mengaplikasikan pendidikan karakter di Sabilillah yang dalam hal ini karakter cinta pahlawan, bangsa dan negara serta cinta keunggulan. “Dulu dengan berbagai keterbatasan Kartini bisa berkarya, anak-anak sekarang semua fasilitas ada jadi harus bisa lebih baik,” pesannya. (oci/adv/nda)

MALANG - Universitas Islam (Unisma) Malang telah berhasil mematahkan opini bahwa kalangan NU tidak bisa mempunyai perguruan tinggi yang baik dan maju. Unisma terus eksis dan berkembang dan menjadi perguruan tinggi yang terbaik di kalangan NU. ”Saya pun sebagai ketua Yayasan optimis masa depan Unisma semakin cerah,” ungkap Ketua Umum Yayasan Unisma Malang, Prof Dr H Achmad Shodiki SH saat memberikan sambutan di hadapan wisudawan Unisma Malang saat prosesi wisuda, Sabtu (26/4/14) lalu. Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) ini menegaskan banyak kemajuan yang kini telah dicapai Unisma. Baik sumberdaya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana. Kepercayaan masyarakat pun mengalami kenaikan di tengah tantangan dan banyak perguruan tinggi swasta yang berguguran. Berbagai prestasi yang diraih di tahun 2014 ini diantaranya dari 3587 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia hanya 74 yang telah terakreditasi institusi termasuk Unisma. Sehingga ijazah yang diterbitkan Unisma diakui legalitasnya. Pada 2014 ini mahasiswa Unisma berhasil memenangkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa dari Ditjen Dikti Kemendikbud sebanyak 29 tim dengan nilai Rp 237 juta. Rektor Unisma Prof Dr Drs Surahmat Msi dalam pidatonya menuturkan sebagai perguruan tinggi Islam di bawah naungan LPAl Ma’arif NU, Unisma bertujuan untuk menghasilkan intelektual muslim yang memiliki integritas keilmuan yang

handal, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlakul karimah dan bermartabat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut setiap jurusan memadukan dua dimensi pembinaan yaitu pembinaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembinaan ke Islaman yang berhaluan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdliyah. Kedua dimensi ini dijabarkan dalam kurikulum dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat, kebutuhan industri dan kebutuhan profesi sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing. ”Unisma akan terus berupaya meningkatkan kualitas agar mampu mengemban amanat umat untuk mencetak calon pemimpin masa depan,” ujarnya. Lulusan terbaik tingkat universitas untuk Program Pascasarjana diraih Prilia Lukis Wediyantoro MPd, Program Profesi diraih dr Malisa Lukman. Program Sarjana lulusan terbaik pertama diraih Miftahur Rohmah, terbaik kedua Bustanu Salatin, dan terbaik ketiga Nur Samsun Ardy. Ketua Panitia Wisuda, Prof Dr H Masykuri Bakri M.Si menuturkan wisuda kali ini dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Diesnatalis ke 33 Unisma Malang. Ia berharap lulusan Unisma ikut mengambil bagian dalam mensosialisasikan Unisma sebagai perguruan tinggi Islam yang sangat perlu diperhitungkan bagi masyarakat serta ikut mengembangkan Unisma dimana saja. ”Gelar yang disandang merupakan starting point untuk menuju keberhasilan di masa yang akan datang,” pungkasnya. (oci/nda)

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

OPTIMIS: Wisudawan Unisma Malang optimis menatap masa depan karena telah dibekali dengan kemampuan daya saing tinggi.

WISUDA KE 51 UNISMA MALANG

344 Mahasiswa Sandang Gelar Sarjana UNIVERSITAS Islam (Unisma) Malang menggelar wisuda Sarjana, Profesi dan Pascasarjana periode ke 51 Tahun Akademik 2013/3014 pada Sabtu (26/4/14). Wisuda kali ini berlangsung dalam perayaan Diesnatalis ke 33 Unisma Malang. Rapat Terbuka Senat Unisma mewisuda 344 orang terdiri dari lulusan program sarjana dari 10 fakultas dan 19 program studi, program profesi dokter, dan program magister dari enam program studi.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

TERIMAKASIH, BU: Siswa SMA Nasional memberikan bunga mawar dan ucapan-ucapan apresiatif kepada anggota wanita di Polsek Sukun, pegawai Kelurahan Sukun, warung-warung dan jalan raya. pengetahuan yang luas dan terampil. Di balik kesuksesan seorang siswa, ada figur ibu yang hebat. Di balik kesuksesan seorang pria, ada istri yang hebat,” tegas pria berkaca mata ini. Kasi UM Polsek Sukun, Ninik Dian Herawati dan anggota Polsek

Sukun, Rurik Nur Hayati, mengungkapkan keharuannya atas apresiasi yang diberikan oleh siswa. Menurut keduanya, hal ini adalah wujud penghargaan yang membanggakan dari siswa, yang membuat mereka semakin bersemangat dalam menjalankan tugas

di kepolisian. Selain turun ke jalan untuk membagikan bunga mawar, Peringatan Hari Kartini di SMA Nasional juga dimeriahkan dengan lomba-lomba dan pentas seni yang dilakukan di Aula SMA Nasional. (ily/sir/nda)

TEKS DAN FOTO: LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

PERINGATAN HARI KARTINI TK ISLAM SABILILLAH

Wajib Berbahasa Jawa, Horog-horog Laris Manis “Bu, ‘tumbas’ itu artinya apa ya?” tanya seorang siswa TK Islam Sabilillah, kepada ibunya, saat ditanya tentang apa yang ingin dia beli, oleh penjaga stan makanan tradisional. Tentu saja siswa tersebut bingung, sebab di rumah, keluarganya yang berasal dari Jakarta lebih terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dibanding Bahasa Jawa. Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Reni Yulis Aprilawati, S.Pd, peringatan hari Kartini Sabtu (26/4) lalu itu memang digunakan sebagai media pembelajaran budaya Jawa. Tak hanya untuk siswa, wali murid pun turut andil dalam kegiatan tersebut. Misalnya, mereka ikut menjelaskan tata cara permainan pada kegiatan bermain tradisional. “Orang tua yang bertugas menjual jajanan tradisional pun tidak boleh menggunakan Bahasa Indonesia khusus hari ini. Hal ini adalah pembelajaran bagi wali murid agar turut belajar kembali berbahasa jawa,” ujar Reni. Berbagai jajanan yang dijual oleh wali murid, antara lain

LAILI SALIMAH/MALANG POST

UNIK: Setelah mendapat penjelasan tata cara permainan dari guru, siswa TK Islam Sabilillah ketagihan bermain dakon bersama-sama. adalah cenil, horog-horog, gatot dan telo laris manis. Selain itu, beberapa jenis permainan tradisional yang dimainkan oleh siswa adalah gasing, dakon,

bola bekel, sempyuran, engklek dan suruan. Untuk mendukung suasana permainan yang khas tempo dulu, baik siswa maupun wali murid mengenakan pakaian

tradisional. Masing-masing jenis permainan tampak riuh, menambah keseruan hari istimewa itu. Selain itu, pada peringatan Hari Kartini tersebut, TK Islam

Sabilillah juga mengadakan lomba nyanyi dan fashion ibu dan anak yang memperagakan pakaian tempo dulu. “Baju yang saya pakai ini warisan nenek saya. Saat ini baju semacam ini sudah nyaris tidak dipakai oleh wanita. Dengan momentum Hari Kartini, kita diingatkan kembali terhadap tradisi, baik pakaian, makanan maupun keseharian seperti dolanan tradisional,” ujar Tarastanti, wali murid dari Mohammad Geovano Farel Al-Faruq Maualana, seraya menunjukkan kebaya yang ia pakai. Sementara itu, Waka Humas TK Islam Sabilillah, Anna Masliha, S.Pd, menuturkan, semua rangkaian kegiatan hari itu bertujuan untuk memberi wawasan kebangsaan kepada siswa. Tidak hanya sekadar permainan, pakaian dan makanan, namun untuk target jangka panjangnya, ketiganya dapat berimbas pada semakin besarnya cinta siswa kepada kekayaan bangsa. “Dengan acara ini, siswa akan memahami bahwa kita memiliki kekayaan yang sangat berharga dan tentunya pahlawan yang hebat,yaitu RA Kartini,” tandas Anna. (ily/sir/nda)

PROSESI: Rektor Unisma Prof Dr Drs Surahmat M.Si memimpin prosesi wisuda.

KOMITMEN: Ketua Umum Pengurus Yayasan Unisma Malang Prof Dr H Achmad Sodiki SH membacakan sambutan.

SOLID: (ki-ka) Wakil Rektor Bidang publikasi dan Kerjasama Prof Dr Masykuri Bakri, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Badat Muwakhid, dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Prof Dr Agus Sugianto.

SELAMAT BERKARYA: Rektor Unisma Malang melepas salah TERBAIK: Para wisudawan terbaik dan dosen berprestasi satu wisudawan pria. Unisma Malang.

SELAMAT YA: Dekan Fakultas Teknik Ir H Warsito MT melepas SUKSES: Dekan Fakultas Ekonomi Noor Shodiq Askandar SE mahasiswanya. MM menyalami mahasiswanya.

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : SITI

SEMANGAT: Para wisudawan Program Pascasarjana Unisma Malang.


KOTA MALANG

SENIN, 28 APRIL 2014

14

Diganggu Hujan, Peserta Terpaksa Mundur Malang Flower Carnival MALANG – Guyuran hujan deras mewarnai pelaksanaan Malang Flower Carnival (MFC) V dengan start di Simpang Balapan Kota Malang, siang kemarin. Cuaca tak bersahabat itu cukup mengganggu para peserta menampilkan kreasi secara maksimal. Bahkan, sebagian besar para fotografer baik yang berasal dari dalam dan luar kota Malang yang sejak awal hendak mengabadikan even itu pun lebih memilih berteduh demi mengamankan perangkat fotografinya.

Even yang dihadiri Dirjen Promosi Dalam dan Luar Negeri Kementrian Pariwisata ini dibuka langsung Walikota Malang, HM Anton didampingi istri, Umi Farida dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Sri Wahyuningtyas. Usai dibuka, Disbudpar memamerkan 20 kostum yang akan mewakili kota Malang dan Indonesia di Flower Carnival di Berlin Jerman, bulan Juni nanti. Kostum ini diperagakan mahasiswa Himpunan Teknik Industri Universitas Negeri Malang. ’’Even ini digelar dengan penuh nuansa kebersamaan, menyadari MFC

ini sudah menjadi nilai kontruktif di bidang pariwisata. Saya nilai bukan memberikan hiburan alternatif, namun akan tercipta even wisata. Saya harap ditanamkan kepada masyarakat untuk mencintai lingkungan, gemar menanam dan merawat untuk mempercantik estetika kota,” terang Abah saat sambutan sebelum pembukaan MFC. Sayang, hujan kemudian turun. Kondisi ini membuat sejumlah peserta terpaksa mundur dan memilih tidak ikut menampilkan kostumnya. Sebaliknya, mereka yang tetap turun ke stage pun terpaksa basah kuyup

saat tampil di depan tiga juri yang bertugas. Sontak, guyuran hujan itu cukup mengurangi performance peserta. Bahkan, tak jarang dari peserta juga memutuskan tidak sampai berlanjut hingga garis finish di Museum Brawijaya Kota Malang. ’’Kostum bunga yang ditampilkan oleh para peserta ini seluruhnya mengusung unsur budaya Indonesia. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan kota Malang, menuju pentas dunia. Karena MFC ini dikirim ke Word Carnival, bulan Juni nanti,” terang Ketua Pelaksana, Elok Rosida, dalam sambutannya. (poy/nug)

Rizal/Malang Post

KAGUM : Walikota HM Anton dan Hj. Dewi Farida Suryani meninjau stand ‘’Waroeng Satoes Taoen’’ di Jalan Gajahmada kemarin.

Diapresiasi Abah, Dipadati Warga ‘’Waroeng Satoes Taoen’’ Berlangsung Sukses MALANG – Serangkaian kegiatan dalam tajuk ‘Malang Kembali 2014’ untuk menandai peringatan HUT ke 100 Kota Malang berlanjut hingga kemarin. Adalah, Pemkot Malang didukung Yayasan Inggil dan lintas komunitas sukses menggelar even ‘Waroeng Satoes Taoen’ di sepanjang Jalan Gajahmada, Kota Malang. Sebanyak 40 stand berdiri menampilkan aneka jajanan dan kuliner khas Kota Malang. Masyarakat dan pengunjung kota Malang yang memadati even tersebut bak berada dalam masa 100 tahun lalu. Panitia Malang Kembali 2014 menggelar ’Waroeng Satoes Taoen’ dengan konsep jaman dulu (jadul). Tidak hanya jajanan kuno dan aneka kuliner khas

Malang, melainkan setting dan background stand dilengkapi foto aktifitas kuliner dari masyarakat kota Malang di 100 tahun lalu. ’’Masyarakat bisa mengetahui dan belajar bagaimana suasana kuliner jaman dulu. Selain mereka juga bisa menikmati aneka jajanan jaman dahulu dan kuliner khas Malang,” terang Dwi Cahyono, Konseptor Malang Kembali kepada Malang Post, kemarin. Pada even ’Waroeng Satoes Taoen’, Pemkot melalui Kantor Ketahanan Pangan Kota Malang menggelar lomba kreativitas olahan masakan berbahan non beras. Even ini yang diikuti anggota PKK dari perwakilan 57 kelurahan, dari lima kecamatan se Kota Malang ini mendapat

apreasi khusus Walikota Malang HM Anton dengan meninjau langsung stand. Syarat penilaian lomba ini adalah membuat olahan makanan untuk konsumsi makan siang bagi anggota keluarga, antara lain bapak : usia 48 tahun, ibu: 43 tahun, anak: 18 tahun dan 13 tahun. ‘’Jelas luar biasa banyak kreativitas masyarakat yang jelas sebagai bentuk menanggapi ancaman terjadinya masalah ketahanan pangan. Salah satunya, produk pengganti beras seperti nasi tiwul yang berbahan singkong. Mudah-mudahan semakin tercipta produk yang beraneka macam dengan pengelolaan baik. Pemenang dari hasil lomba ini akan kami kirim ke lomba tingkat provinsi,” ucap Abah Anton, usai mengunjungi stand lomba, terpisah.

Enduro Go to School Hadir di SMAN 3 Malang

Apa yang disampaikan orang nomor satu di Kota Malang ini tak salah. Misal kontingen Kecamatan Sukun, dengan menghadirkan menu makanan antara lain nasi tewul, puding susu pepaya, tahu tempe bacem, botok teri nasi dan sambel pajak. Salah satu anggota kontingen Kecamatan Sukun, Ida Yusnita selaku Ketua TPPKK Kelurahan Kebonsari menyebut, pihaknya memasak aneka macam menu makanan tersebut tanpa menggunakan MSG atau bahan penyedap bahkan pakai gula garam. ’’Aneka menu makanan ini sehat dan higienis yang bisa dikonsumsi anggota keluarga sehari-hari. Misalnya, si bapak tidak perlu khawatir tekanan darahnya kemudian naik,” terang wanita yang juga istri Lurah Kebonsari ini, didampingi Lailatul Mubarokah dan Lailatul Hamidah, anggota PKK Kelurahan Kebonsari. (poy/nug)

Berbagi Ilmu Plus Pengetahuan Praktis PT Pertamina Lubricants for Malang Post

BERI EDUKASI : Program Enduro Go to School di SMAN 3 Malang.

MALANG – Melanjutkan program ‘Enduro Go to School’, PT Pertamina Lubricants hadir di Kota Malang. Tak sekedar untuk ajang promosi, kegiatan mendatangi sekolah dan kampuskampus ini untuk transformasi ilmu tentang pelumas dan pelumasan, sekaligus mengedukasi para siwa dengan ilmu pengetahuan praktis yang langsung bisa dipraktekkan. Harapannya ilmu tersebut bisa sebagai bekal mereka menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Seperti yang dilakukan PT Pertamina Lubricants saat hadir di SMA Negeri 3 Malang, Sabtu (26/4) kemarin. Kebetulan SMA favorit di Kota Malang ini tengah mengadakan kegiatan Gelar Karya Bhawikarsu. “Jadi kalau PT Pertamina Lubricants yang dimotori oleh ILMA (Integrated Lubrication Management Academy, Red) terus mendatangi sekolah-sekolah dan kampus-kampus untuk

berbagi ilmu tentang pelumas dan pelumasan, kita di masingmasing region juga demikian. Kami juga mengedukasi mereka dengan pengetahuan praktis sebagai bekal mereka menghadapi kehidupan, seperti pengetahuan tentang wira penjualan, yang langsung bisa dilihat dan diaplikasikan,“ tutur Ahmad Nizar, SE General Sales Region V PT. Pertamina Lubricants Malang. “Dalam event Gelar Karya Bhawikarsu yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 3 Malang ini Pertamina membuka stand Ganti Oli bagi siswa SMA 3. Untuk motor, kami menyediakan pelumas Enduro dan untuk roda empat, kami siapkan Fastron. Dua merek pelumas masingmasing untuk motor dan mobil ini memang merupakan pelumas yang bisa dikatakan, tidak punya pesaing di kelasnya, “ lanjutnya. Tentu saja dalam kesempatan ini Pertamina Lubricants tidak

hanya membuka stand penjualan dengan diskon khusus serta mengganti pelumas tanpa dipungut ongkos saja, namun juga memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh para siswa. Baik tentang pelumas dan pelumasan, selain itu juga tentang wira usaha, khususnya yang berhubungan dengan bisnis pelumas. Sehingga menurut Nizar, mereka tidak hanya mendapatkan teorinya saja, namun bisa melihat atau berpraktek langsung. “Selain itu tentu saja kami juga memberikan bantuan pendidikan kepada pihak sekolahan, “ ujarnya. Kegiatan ini pun mendapat sambutan sangat positif dari semua pihak, baik para staf pengajar maupun para siswa. Karena ternyata PT Pertamina Lubricants benar-benar memiliki kepedulian hingga ke daerah-daerah. Targer 200 sepeda motor dan 50 Mobil terpenuhi di SMAN 3 Malang.

Rizal Fanany/Malang Post

APIK : Penam­pilan salah satu peserta sebelum hujan turun kemarin siang.

HAUL PENDIRI DARUL HADIST

Gus Ipul: Umat Perlu Teladani Imamaini MALANG – Haul pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Darul Hadist Kota Malang selalu menjadi magnet bagi umat Islam. Minggu (27/4) kemarin, puluhan ribu umat Islam dari berbagai penjuru kota di seluruh Indonesia dan ulama dari luar negeri memadati jalan Aries Munandar dan sekitarnya yang menjadi tempat digelarnya haul. Para jamaah dari luar kota sudah hadir sejak Sabtu kemarin. Mereka terlebih dahulu berziarah ke makam di Kasin, mengikuti khotmil quran dan pembacaan manaqib. Minggu paginya, dalam haul Al-Imam Alhabr Al Qutb Al Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih Ke-53 dan Al-Ustadzul Imam Al Muhaddist Al Qutb Al-Habib Abdullah Bin Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih Ke-23, serta Harlah Lembaga Darul Hadits Ke-69, hadir pula mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), serta para ulama dan habib. Dalam sambutannya Gus Ipul sangat kagum dengan perjuangan dua imam pendiri dan pengasuh PP Darul Hadis Kota Malang. Keduanya memberikan kesejukan dalam berdakwah.”Jika Indonesia terus ada sosok seperti imamain (Al-Imam Alhabr Al Qutb Al Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih dan AlUstadzul Imam Al Muhaddist Al Qutb Al-Habib Abdullah Bin Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih), hati rakyat Indonesia akan damai. Beliau berdua adalah kekasih Allah,” kata Gus Ipul di hadapan ribuan umat Islam yang hadir kemarin. Menurutnya, jika orang cinta dan dicintai oleh Allah, walaupun sudah wafat akan tetap diburu dan dikenang, dimulyakan oleh umat. Indonesia akan damai dan sejuk, jika rakyatnya selalu dekat kepada Allah. Cinta pada wali Allah dan kekasih Allah. “Jamaah harus mencontoh dua sosok kekasih Allah yang alim, keduanya hanya ingat pada Allah dan memikirkan murid-muridnya,” ungkapnya. (aim/nug)

Rizal /Malang Post

PENUH : Jalan Aries Munandar dipenuhi jamaah yang menghadiri haul pendiri dan pengasuh PP. Darul Hadist Kota Malang kemarin.

Nizar mengaku akan mengadakan acara serupa di sekolahansekolahan lain yang berada dalam cakupan wilayah tugasnya. “Yang utama adalah kami ingin mengedukasi para siswa dengan informasi yang baik dan benar, agar mereka punya bekal lebih dan tidak salah langkah dalam menghadapi masa depan. Selain itu, dengan mengetahui bahwa pelumas Pertamina selain menguasai lebih dari 60 persen pasar pelumas dalam negeri, juga sudah diekspor ke berbagai belahan dunia, maka rasa bangga dan cinta negeri itu akan terus bertumbuh, “ jelasnya. Mengenai kualitas pelumas motor ataupun mobil produksi Pertamina, menurut salah satu siswa SMAN 3 Malang, Nur Rahmah (16) memang paling bisa diandalkan dibanding pelumas-pelumas serupa yang diproduksi pabrik lain. “Soalnya saya sudah membuktikannya sendiri pada sepedamotor saya. Tarikannya lebih enteng, bahan bakar jadi lebih irit, dan suhu mesinnya stabil. Mungkin karena pelumas Pertamina dibikin oleh orang kita yang sudah paham betul dengan kondisi jalanan, iklim serta cara berkendara orang Indonesia, “ jelasnya. Hal senada dikatakan oleh para staf pengajar yang sudah mengganti oli kendaraan roda empatnya dengan pelumas Fastron. “Dari suara mesinnya saja sudah kelihatan sekali bedanya. Setelah diganti dengan pelumas Fastron, suara mesinnya jadi lebih lembut, tidak terlalu berisik. Temperaturnya juga lebih dingin dari sebelumnya, “ tutur Basuki (46), salah satu pengajar di SMA 3.(sir/ian/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: ABDEE


KOTA MALANG

SENIN, 28 APRIL 2014

15

Indosat IM 3 Bagi Hadiah, Honda Buka Stand Senam Rampal MALANG-Antusias tinggi ditunjukkan peserta Senam Sehat Demi Indonesia yang digagas Malang Post kerjasama Kodim 0833 Kota Malang, di Lapangan Rampal, kemarin pagi. Menggunakan dresscode kuning, ratusan senamers yang menunggu dimulainya acara, nampak bersemangat mengikuti pelaksanaan yang rutin digelar setiap Minggu itu. Seperti biasa, mengawali senam bersama, sapaan-sapaan ringan disampaikan sang pembina yakni H.Sudarno Tidak terkecuali, bagi-bagi hadiah dari Malang Post dan Indosat IM3, pun turut diberikan kepada peserta.

Caranya, mulai main tebaktebakan sampai pemberian kaos langsung kepada peserta. “Di laga 16 besar nanti, Arema akan bertemu tim atau klub mana. Ayo, yang bisa langsung maju. Ada hadiah dari Indosat IM3,” tanya H Sudarno kepada peserta. Tak berhenti sampai di situ, sebagai Direktur Harian Malang Post yang setiap hari menyajikan berita-berita tentang tim Arema jauh lebih mendalam, peserta pun juga ditanya mengenai nama-nama pemain dan posisi pemain. Peserta yang bisa menjawab, juga diberikan hadiah khusus. “Sebutkan nama pemain sayap kanan dan sayap kiri dari Arema?,” tanya pria ramah ini.

Usai menyapa senamers berikut menjelaskan agenda senam pada Minggu (4/5) depan, acara inti senam bersama pun langsung digelar. Bersama tiga instruktur reguler, yakni Farida Ariyani, Sugeng Bahenol dan Ellen Yuliana, iringan lagu dengan tempo lambat mulai diputar untuk mengiringi gerakan senamers. Mengawali gerakan pembuka yakni pemanasan, iringan lagu berjudul ‘Nyidam Penthol’ sebagai pembuka untuk melemaskan otot-otot di tubuh. Baru setelah sekitar 10 sampai 12 menit lagu pertama selesai, mulailah lagu-lagu dengan ritme sedikit cepat untuk membakar lemak dalam tubuh, diberikan kepada peserta.

Tidak kurang dari 110 menit, senamers diajak mengikuti setiap gerakan pemanasan hingga sampai pada inti. Setelah itu, peserta pun diberi rehat sebentar untuk kemudian disusul dengan gerakan penutup yakni pendinginan.“Gerakan yang diberikan, relatif sama. Untuk membakar lemak tubuh mulai dari betis, perut dan pinggul,” kata instruktur Sugeng Bahenol. Dalam Senam Sehat Demi Indonesia kemarin, pemandangan sedikit beda terlihat di areal senam. Yakni, stand Honda Kartika Sari di Jalan Pasar Besar dan Jaksa Agung Suprapto Malang, turut meramaikan pelaksanaan. Termasuk, empat unit motor yang satu dian-

taranya khusus untuk tes drive, pun turut disediakan untuk dicoba senamers.“Minggu ini memang hari pertama kami bergabung bersama senamers Malang Post. Dari langkah jemput bola kami dalam memasarkan produk Honda, yang salah satunya memperkenalkan motor baru New Vario FI, direspon sangat bagus oleh peserta senam. Bahkan, ada sekitar 20 peserta yang masuk mendaftar untuk melakukan pembelian,” kata Koordinator Marketing Honda Kartika Sari, Arif Susanto. Pada target awal ini, terangnya, marketing untuk sementara ditarget mampu merespon permintaan pembeli. Karenanya, dari nama-nama yang sudah

RIZAL FANANY/MALANG POST

BERUNTUNG : Pembina Senam Rampal H Sudarno menyerahkan hadiah dari Indosat IM 3 kemarin pagi.

masuk, akan ditindak-lanjuti dengan mendatangi rumah dari peminat yang sudah masuk.

“Targetnya, 10 motor bisa deal terjual kepada senamers,” tambahnya. (sit/nug)

TAMAN TRUNOJOYO

Jadi Taman Edukasi Peduli Kebersihan Rizal/Malang Post

LANGGANAN : Banjir di kawasan Jalan Dieng selalu terjadi setiap kali hujan.

Warga Kota Malang WAJIB Waspada Daerah Rawan Banjir dan Longsor Alami Pergeseran MALANG- Hujan deras kembali mengakrabi Kota Malang dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa pekan terakhir, langit Kota Pendidikan bahkan nyaris tak pernah absen dihiasi awan kelabu. Yang dikhawatirkan, guyuran hujan deras selalu menimbulkan masalah yang memusingkan. Di penghujung tahun 2013 saja, sudah terjadi lebih dari lima kasus longsor di wilayah administratif Pemkot Malang. Mulai dari ambrolnya plengsengan di Kiduldalem dan Bunul, longsor di Bandungrejosari hingga rumah ambrol di Jalan Musi dan Perumahan Griyasan-

tha. Semuanya gara-gara hujan deras. Secara umum, kawasan rawan longsor untuk wilayah Kota Malang berada di daerah sepanjang aliran sungai (DAS) Brantas, DAS Metro, DAS Amprong, DAS Bangau dan DAS Sukun. “Kawasan tersebut merupakan kawasan permukiman yang padat, begitu juga penduduknya serta memiliki struktur tanah yang mudah longsor,” ungkap Kepala Satgas Permukiman DPU PPB Kota Malang, Tedy Soemarna. Parahnya, daerah-daerah yang dulunya jarang terkena musibah banjir maupun longsor, sekarang menjadi rentan bencana. Sebut saja kawasan Sigura-gura yang Jumat (25/4) lalu berubah menjadi ‘tanah neraka’ pasca ambrolnya lima rumah dan sejumlah kendaraan di komplek perumahan Royal Sigura-Gura.

Sedangkan banjir umumnya masih mengakrabi ruas daerah yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dari pantauan Satgas Perkim, jalan-jalan yang rawan genangan air dikarenakan intensitas hujan deras dan luapan debit air hujan yang tidak tertampung drainase ada di sekitar Jalan Ijen, Jalan Surabaya, Jalan Bondowoso, Sumbersari, Galunggung, Lokon, Raya Langsep, Letjend Sutoyo, Letjen S Parman, Ciliwung, Kedawung, Kaliurang, Bunulrejo, Pulosari, Bunga Nusa Indah dan Soekarno-Hatta. Kawasan rawan banjir juga dapat terjadi di daerah Kelurahan Ciptomultyo, Merjosari, Samaan, Polehan, Madyopuro, Lesanpuro, Kedungkandang, Mergosono dan Kotalama. Sejumlah kawasan tersebut perlu mendapat perhatian akan potensi terjadinya genangan

yang bisa menyebabkan kemacetan. Menurut Tedy, perilaku masyarakat yang tidak mencerminkan sadar lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab banjir. “Karena masih banyak yang membuang sampah sembarangan, banyak bangunan melanggar peraturan tata ruang seperti menutup saluran-saluran, sungai dan mendirikan permukiman di daerah aliran sungai,” bebernya kepada Malang Post. Tidak berfungsinya drainase secara maksimal akibat tersumbat sampah serta berkurangnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) turut andil menyebabkan bencana ini. Insinyur lulusan Australia ini menambahkan perlunya pemeliharaan lubang-lubang avore di jalanjalan, supaya air yang menggenang di jalan menuju ke saluran pembuangan dengan lancar. (tom/nug)

MALANG – Pemkot Malang akan menjadikan Taman Trunojoyo sebagai taman edukasi peduli kebersihan dan lingkungan. Kini, pemerintah bergerak cepat menuntaskan proses pembangunan taman tersebut karena dijadwalkan dapat dilaunching pada 1 Juni mendatang. Taman yang berdiri di sepanjang Jalan Trunojoyo dan Sriwijaya tersebut difungsikan sebagai taman baca dan pusat kuliner (food court). Sinyal ini disampaikan Walikota Malang, HM Anton. Orang nomor satu di kota Malang ini kelak ingin mengajak pengunjung taman Trunojoyo untuk peduli kebersihan. Mereka diharapkan bisa bersama-sama menjaga kebersihan di seluruh kawasan yang ada di taman ini. Mulai dari mereka yang berkunjung ke taman baca maupun yang datang untuk menikmati aneka macam kuliner kota Malang dari food court. ’’Di taman Trunojoyo nantinya harus menjadi kawasan yang sejuk, asri dan bersih atau bebas dari sampah, sehingga pengunjung benar-benar merasakan kenyamanan. Tetapi, pemerintah mengajak seluruh masyarakat yang datang ke taman tersebut juga ikut peduli kebersihan dan lingkungan sekitar,” aku Abah kepada Malang Post. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan bersih, diisyaratkan Abah Anton, pemkot berencana menyediakan tong sampah dengan jumlah yang banyak. Tongtong itu akan ditempatkan saling berdekatan sehingga upaya pemerintah untuk membekali edukasi peduli kebersihan dan lingkungan sekitar tercapai. Sehingga tidak ada alasan bagi pengunjung kemudian membuang sampah sembarangan. Dengan begitu, Taman Trunojoyo juga bisa menjadi kawasan edukasi dan percontohan bagi masyarakat Kota Malang, untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan sejuk. Taman ini akan menjadi pusat berkumpulnya masyarakat kota Malang, dan pengunjung kota ini. Belum lagi, rencana pengadaan wahana Kereta Gantung sampai benar terealisasi. Pasalnya, taman ini dibuat pemerintah juga sebagai upaya memaksimalkan keberadaan ruang terbuka hijau kota Malang. ’’Konsep itu (banyak tong sampah, Red) seperti yang sudah berjalan di negara-negara tetangga kita, misalnya di Singapura. Ketika kami sediakan tong sampah berjumlah banyak di sepanjang akses jalan kaki atau pengunjung melintas di taman, masak pengunjung ini masih juga membuang sampah sembarangan,” ucap Abah. (poy/nug)

Ujian Sekolah SD

Soal Dibuat Oleh Tim Guru Terbaik MALANG- Mulai Senin (28/4/14) besok, siswa SD di Kota Malang akan mengikuti Ujian Sekolah (US) lima mata pelajaran. Ujian ini dilaksanakan untuk tingkat kota dengan soal-soal yang dibuat sendiri oleh tim guru terbaik Kota Malang. Menurut Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Malang, Sri Atika Widowati sejauh ini siswa Kota Malang sudah sangat siap mengikuti ujian sekolah. Targetnya bukan lulus atau tidak lulus melainkan mencapai nilai yang tinggi untuk bekal masuk jenjang berikutnya, ”Ujian ini akan menjadi bahan untuk pembobotan nilai rapor

siswa. Karena untuk mendaftar ke SMP yang diperlukan adalah nilai ujian sekolah (US) provinsi dan nilai rapor,” ungkap Atika kepada Malang Post. Setelah US kota, sesuai jadwal dari pusat, pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Madrasah (US/ UM) provinsi akan dilaksanakan 19, 20, dan 21 Mei. Dengan mata pelajaran yang diujikan berturutturut adalah bahasa Indonesia, matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jadwal ujian susulan US SD/MI semula dilaksanakan selama tiga yakni pada 26, 27, dan 28 Mei. Jadwal US SD/MI susulan itu lantas direvisi dan dilaksanakan pada 2, 3, dan 4 Juni.

Perubahan ini hanya untuk penetapan tanggalnya saja, sedangkan jam pelaksanaan ujian tetap yakni 08.00 - 10.00 waktu setempat. Pelaksanaan US SD/MI ini baru dijalankan pertama di tahun ini. Ujian ini menggantikan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) SD/MI. Pelaksanaan US SD/MI ini dipasrahkan ke pemerintah daerah. Kemendikbud hanya mengeluarkan rambu-rambu ujian. Selain itu juga kisikisi ujian dan sejumlah butir soal berstandar nasional. Meski UN SD dihapus, Atika menghimbau siswa tetap menyiapkan diri dengan baik. Jika berkaca pada hasil try out, ia

optimis siswa di Kota Malang bisa melaksanakan ujian tersebut dengan baik. “Kalau melihat hasil try out SD trendnya meningkat, semoga hasilnya juga akan lebih baik saat US/UM,” ungkap Atika. Nantinya, lanjut wanita ramah ini, hasil US/M tersebut akan digunakan sebagai tolok ukur untuk dapat menempuh ke jenjang berikutnya. Soal US/M terdiri dari 25 persen soal dari pusat dan sisanya dibuat oleh daerah. Sehingga ujian ini tetap penting meski di jenjang SD tidak ada istilah lulus atau tidak lulus. Karena kelulusan diserahkan sepenuhnya kepada tingkat

satuan pendidikan, dalam hal ini adalah oleh pihak sekolah. Sementara untuk mendaftar ke jenjang SMP, selain nilai US/M juga akan mempertimbangkan nilai rapor siswa semester 4,5 dan 6.“SD sudah punya standar masingmasing, jadi tidak ada istilah lulus atau tidak lulus dalam US/M ini,” kata dia. Ia menegaskan kebijakan pemerintah menghapus UN 2014 terkait dengan pendidikan dasar 9 tahun. Pendidikan dasar dan menengah, dalam hal ini SD dan SMP, dianggap merupakan kesatuan pendidikan yang berkesinambungan sehingga semua siswa SD harus lulus dan tidak boleh tinggal kelas. (oci/nug)

Muhammad Firman/Malang Post

BERSIH : Walikota Malang HM Anton me­ ninjau proses pembangunan kawasan Taman Trunojoyo.

RW 07 Lesanpuro Penuhi Indikator Penilaian

MALANG-RW 07 Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang telah memenuhi semua indikator penilaian Lomba Kampung Bersinar yang digelar Pemkot Malang. Tak heran pula, RW 07 ini selalu masuk posisi sepuluh besar di penilaian tahap pertama hingga tahap kedua lomba yang digelar rutin setiap tahun ini. Mereka mampu bersaing dengan 174 peserta

Jon Soeparijono/malang post

ASRI: Suasana di RW 07 Kelurahan Lesanpuro asri oleh tanaman hias maupun tanaman keras.

di seluruh Kota Malang. ‘’Kami selalu memenuhi semua indikator penilaian lomba yang digelar Pemkot Malang. Kami tidak mengalami kesulitan karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Semuanya langsung jalan begitu saja,’’ kata Ketua RW 07 Lesanpuro Hariyadi saat memberikan sambutan kepada tim juri Lomba Kampung Bersinar. Di wilayah RW 07 Lesanpuro ini, segi penghijauannya sudah tidak diragukan lagi. Wilayah ini juga masuk KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Sehingga selain tanaman bunga, tanaman sayur-sayuran juga banyak ditemukan. Mulai sawi, lombok, terong, tomat dan lainnya. Wilayah ini juga memiliki green

house yang digunakan untuk pembibitan. Jika tanamannya sudah agak besar dan waktunya dipindah, langsung disebarkan ke RT-RT yang ada.Tanaman keras di wilayah ini juga cukup banyak sehingga suasananya makin rindang. Begitupula tanaman pergola juga hampir ditemui di semua RT. Yang menarik, wilayah ini sangat bersih. Gang-gang kecil terlihat sangat rapi dan bersih. Hal ini menunjukkan prilaku masyarakat yang hidup bersih.Budidaya cacing pun banyak ditemukan di beberapa tempat meski masih dalam skala kecil. Namun, jumlah budidaya cacing ini ada di beberapa tempat. Sementara itu, semangat warga

juga tidak diragukan lagi. Mulai dari lomba tahun lalu hingga sekarang, warga tidak pernah kendur. Mereka tetap bergotong-royong menjadikan wilayahnya hijau dan bersih. Tim juri juga melakukan penilaian di wilayah RW Madyopuro RW 04 dan RW 07. Di Madyopuro RW 04, juga ada peningkatan cukup bagus. Jika di penilaian tahap pertama dan kedua kondisinya masih jauh dari harapan, kini mulai tampak bersemangat. Sementara hari ini Senin (28/4) dua tim juri akan melakukan penilaian di wilayah Kelurahan Buring di RW 03, 08 dan 09. Serta di Kelurahan Bumiayu RW 01, 02 dan 06. Di kelurahan Tlogowaru RW 01, 03 dan 04. (jon/nug) REDAKTUR: NUGROHO , LAYOUTER: ABDEE


16

SENIN, 28 APRIL 2014

GEBYAR JALAN SEHAT SE-ABAD KOTA MALANG

DILAUNCHING : Direktur Malang Post H.Sudarno menyerahkan buku Bangga Menjadi Arek Malang diterbitkan Malang Post dan d’Kross Community kepada Wali Kota HM.Anton. Disaksikan Danpasmar I Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hadi Santoso (kiri).

MENGHIBUR : Goyang Caesar menghibur peserta sebelum mengikuti jalan sehat.

SUKSES : Yoseph El Kephet sukses memandu seluruh rangkaian acara.

DIELU-ELUKAN : Abah Anton dielu-elukan peserta jalan sehat.

TAK MENYANGKA : Ulfatun Hidayati warga Ngaglik memenangkan hadiah utama mobil.

BERBAUR : Kadispenda yang juga penanggungjawab kegiatan Ade Herawanto berbaur bersama pemain band Marinir.

LUAR biasa semarak. Begitulah suasana jalan sehat se-abad Kota Malang diikuti puluhan ribu peserta, Minggu pagi kemarin. Berbagai atraksi dan hiburan dikemas dalam Pesta Rakyat benar-benar memuaskan seluruh peserta.

KEBANGGAAN AREK NGALAM: Penampilan band d’Kross disambut antusias.

MENDEBARKAN : Atraksi anggota Satgas Perkim DPU PPB.

KOMPAK: Ade Herawanto yang juga frontband front band d’Kross band bersama marinir.

Pengumuman Nomor Undian Jalan Sehat Sadar Pajak “Se Abad Kota Malang” 2 (dua) Hadiah Mobil 120260 073429 5 (lima) Hadiah Umroh 084881 013520 104103 120571 117195 4 (empat) Hadiah Sepeda Motor 142516 060210 023890 071444 7 (tujuh) Hadiah Lemari Es 150445 093411 169229 134076 166525 024934 165189 4 (empat) Hadiah TV 152853 119167 036993 044750 4 (empat) Hadiah Mesin Cuci 028014 143982 142066 002032 1 (satu) Hadiah Electric Oven 024459 1 (satu) Electrolux Neo 106021 1 (satu) Electrolux Mogome 040922 7 (tujuh) Hadiah Sepeda Gunung 159340 000772 080146 031206 139158 088441 131477 2 (dua) Hadiah Kompor Gas 158261 073159 PAJAK DAERAH UNTUK KEMAKMURAN BHUMI AREMA

ISTIMEWA : Sajian istimewa dari Band Marinir.

SIMPATIK : Anggota marinir membersihkan sampah usai kegiatan.

Dihibur Marinir, Dipungkasi Operasi Simpatik Bersih Lingkungan MALANG - Dibawah komando langsung dari Danpasmar (Komandan Pasukan Marinir) I Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hadi Santoso, pasukan marinir benar-benar menghibur warga kota dalam acara jalan sehat se Abad Kota Malang. Aksi musik persembahan band Marinir, membawa warga kota bergoyang bersama. Mengiringi dendang dari Brigjen (Mar) Siswoyo HS dan juga suara Wali Kota Abah Anton, musik yang tersaji mampu memukau publik kota Malang yang memenuhi kawasan alun alun Tugu balaikota. Puluhan ribu massa menyemut dan bergembira bersama dalam even jalan sehat sadar pajak 2014 bertajuk “Se Abad Kota Malang”. Dan senyum bahagia juga merona dari wajah wajah warga kota Malang yang mendapatkan hadiah dari mobil, sepeda motor, sepeda gunung dan puluhan hadiah elektronik menarik lainnya. Tak hanya, mereka yang mendapatkan hadiah yang tersenyum, namun hampir semua warga

menikmati kebersamaan yang tergelar karena hujan door price serta kejutan kejutan berupa sebar uang gratis hingga hadiah umroh spontan dari Walikota Abah Anton. Kebersamaan Marinir dengan rakyat semakin terjalin erat bisa dipotret dari aksi simpatik berupa operasi bersih lingkungan dari pasukan marinir pasca acara. Dalam sekejap tumpukan sampah yang akrab hadir pada setiap kegiatan dan penumpukan massa, langsung hilang dan bersih.Ditegaskan Siswoyo Hadi, aksi simpatik ini wujud rasa cinta Marinir kepada kota Malang, sekaligus budaya bersih yang selalu hadir dalam korps marinir. Sementara itu, Kadispenda Kota Malang Ade Herawanto menambahkan, ada pesan tersirat yang hendak disampaikan dalam aksi dimaksud, yakni semangat membangun masyarakat yang bersih, tak semata bersih secara fisik namun juga bersih secara fikir dan tindak. Termasuk upaya membangun masyarakat yang sadar pajak.(*)

FOTO-FOTO: GUEST GESANG/IST/MALANG POST

DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA MALANG PANITIA JALAN SEHAT SE ABAD KOTA MALANG DISPENDA

Mengucapkan

Alhamdulillah puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahman dan rahimNya serta atas bimbinganNya Menghaturkan terima kasih & Penghargaan kepada : 1. 2.

3. 4. 5. 6. 7. 8.

9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18.

Walikota Malang, H. Moch. Anton Danpasmar 1, Brigjend (Mar) Siswoyo Hadi Santoso dan pasukan Brigif Marinir Surabaya Kapolres Malang Kota Dandim 0833 Baladhika Jaya Bapak Wakil Walikota Malang, Drs. Sutiaji, MSi Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten dan Jajaran SKPD Pemerintah Kota Malang Ketua, Wakil Ketua dan segenap anggota DPRD Kota Malang Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hj. Umi Farida dan segenap anggota Tim Penggerak PKK Kota Malang Pimpinan Bank Jatim Cabang Malang Pimpinan Cabang BRI Kawi Pimpinan BTN Malang PT. Ijen Nirwana Residence PT. Roda Sakti Surya Raya (Yamaha) PT. Gudang Garam TBk. PT. Bulan Terang Utama Pengembang Perumahan Villa Bukit Tidar Pengembang Perumahan Puskopad PT. Cipta Aneka Solusi

19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35. 36.

PT. Citra Gading Utama PT.Patra Berkah Itqoni Project PT. Umbul Mas Abadi d’Kross Community FKPPI Kota Malang PPMR Kota Malang RJT Kota Malang TRC Kota Malang SMK PGRI 7 Lurah Rampal Celaket dan Gamelan Arema Ker Enak Eco CV. Kresna JNE PT. Indomaret Notaris Eko Handoko Aremania/Aremanita Kota Malang Pimpinan Media Cetak, Media Elektronik beserta rekan-rekan wartawan Para sponsorship, pendukung acara baik kelembagaan maupun perorangan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu serta segenap warga bhumi Arema yang kami banggakan

Kami bisa karena anda, dan Bhumi Arema akan selalu jaya karena kebersamaan warganya. Salam satu jiwa, mari wujudkan kota Malang sebagai kota sadar pajak Menuju Kota Malang yang Bermartabat

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CR NU S The POWER IS OURS

SENIN, 28 APRIL 2014

17

Disambut Aremania di Minangkabau 11 Jam ke Padang, Hari Ini Uji Lapangan PADANG – Skuad Singo Edan langsung disambut Aremania,

saat tiba di Bandara Internasional Minangkabau, kemarin. Ini merupakan perjalanan Arema Cronus yang terbilang cukup mudah. Tidak banyak waktu Singo Edan yang terbuang untuk mencapai tanah Minangkabau. Irsyad Maulana dkk, ladub dari Malang sekitar pukul 07.00 WIB, dan tiba di Padang Sumatra Barat pada pukul 17.30 WIB. Berbeda dengan jadwal gila

selama sekitar 20 jam, ketika terbang ke Vietnam. Meski demikian, Bustomi Cs, harus bisa memaksimalkan waktu tersisa dengan istirahat. “Kita menghabiskan waktu sekitar 11 jam untuk sampai di Padang. Saya rasa itu sudah cukup lama, tapi tidak begitu melelahkan karena kita masih sempat istirahat. Baca Disambut... Hal.18

MELEK MEDIA: Benny Wahyudi Cs, surfing internet, salah satu fasilitas touchscreen di Bandara Internasional Minangkabau.

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

DISAMBUT: Aremania menyambut kedatangan Coach Suharno dan tim Arema di Bandara Internasional Minangkabau, kemarin.

Vario Sangat Diminati Konsumen RAMPAL: Setiap hari Minggu pagi di Lapangan Rampal selalu ada yang baru. Sepeda motor No.1 dunia, Honda kemarin tertarik untuk mengunjungi lapangan Rampal. Karyawan MPM Honda Cabang Malang dengan semangat memberi edukasi kepada ribuan senamer lapangan Rampal tentang keunggulan serta kecanggihan teknologi Honda. Tipe Vario benar-benar sangat diminati konsumen. Vario merupakan salah satu unggulan tipe matik

dii Indonesia. d ndones ndo e a

REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REEP


AREMA CRONUS

SENIN, 28 APRIL 2014

18

Geram Isu Liar, Penambahan Pemain Baru PADANG – Tim pelatih Arema Cronus, bersikap protektif terhadap skuad asuhannya soal rumor penambahan pemain baru di putaran kedua. Tim pelatih Singo Edan tak ingin isu tersebut membuat pemain gelisah. Pelatih Arema, Joko “Gethuk” Susilo berharap publik tidak berbicara soal tambah pemain dulu untuk saat ini. Semua rencana tambah pemain atau tidak, akan disampaikan tim pelatih kepada manajemen setelah putaran pertama berakhir, tepatnya usai tanggal 8 Mei 2014, setelah lawan Gresik United. Jangan membuat gelisah pemain dengan kabar-kabar yang belum pasti terjadi,” terang Gethuk kepada Malang Post. Pelatih asal Cepu itu memang geram dengan isu yang semakin liar di ranah publik Arema. Sebab, putaran pertama belum selesai, tapi pembicaraan serta gosip soal penambahan bek sayap sudah beredar luas. Gethuk berharap agar isu-

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

USIR JENUH : Sunarto Cs bermain kartu di bandara sambil menunggu penjemputan.

Kabau Sirah Tebar Psywar Tak Ingin Rekor Era Galatama Tercoreng PA D A N G – P S S e m e n Padang tak mau kompromi dengan tim tamu yang mendatangi Stadion Haji Agus Salim. Bahkan, meskipun tamunya adalah Arema Cronus, Kabau Sirah tidak gentar. Bahkan, tim pujaan SPFC Mania itu siap menumbangkan Singo Edan di tanah Minangkabau, Sumatra Barat. Media Officer PS Semen Padang, Ronny J Suhatril meyakini tim asuhan Jafri Sastra berpeluang mengambil poin penuh saat melawan

Arema, besok sore, 29 April 2014. “Target Semen Padang adalah meraih poin maksimal. Dua laga di kandang adalah kesempatan baik untuk mencari poin sebanyak-banyaknya,” tutur Ronny, kemarin. Semen Padang sudah menebar psywar sesaat setelah kedatangan Arema di Padang. Sebab, ungkapan Ronny sekaligus meyakinkan bahwa Arema bakal tumbang di hadapan suporter tuan rumah. Apalagi, Semen Padang juga sedang ingin mempertahankan rekor kemenangannya. Saat ini, tim

asuhan Jafri Sastra itu sudah mencetak tiga kemenangan beruntun. Dua di antaranya bahkan didapat Semen Padang di kandang lawan. Jelas, Semen Padang tidak mau Arema merontokkan rekor tersebut. Semen Padang ingin memastikan enam poin di dua laga kandangnya sebelum mengakhiri putaran pertama kompetisi ISL wilayah barat. Setelah menjamu Arema, Semen Padang wajib menghadapi Gresik United. Namun, tim sisa kejayaan Galatama ini tidak mau muluk-muluk soal target jadi juara wilayah barat, begitu putaran pertama selesai awal

isu tersebut bisa diredam untuk sementara ini. Setidaknya, hingga putaran pertama berakhir. “Kalau masuk jeda kompetisi, baru kita bicara soal semua posisi. Setelah evaluasi, akan ditentukan tambah pemain atau tidak. Sampai saat itu, sebaiknya fokus saja untuk pertandingan. Arema saat ini sedang butuh dukungan penuh, karena jadwal yang berat dan melelahkan,” tegas pelatih domisili Sawojajar 2 itu. Sebelumnya, sempat diberitakan bahwa Arema berburu pemain baru, khususnya pada posisi bek sayap yang tak punya pelapis. Alfarizi dan Benny Wahyudi hanya punya sosok Gilang Ginarsa sebagai cadangan. Menyusul, Muhammad, bek muda yang harusnya jadi pelapis sayap, ternyata mengalami cedera parah di ligamennya dan sedang dalam masa pengobatan. Berbagai nama pun diajukan oleh publik untuk Arema. Nama-nama pemain lokal

Disambut Aremania di Minangkabau

Mei nanti. Sebab, Semen Padang sedang fokus untuk mengalahkan Arema saja. Bila mampu memenangkan pertandingan besok, barulah Semen Padang cukup yakin untuk merebut posisi juara klasemen wilayah barat putaran pertama. Lagipula, target yang dibebankan manajemen kepada tim Semen Padang adalah lolos ke babak delapan besar. “Bagi kami itu bukanlah beban utama kami. Sebab, yang penting adalah lolos jadi ke babak delapan besar. Tapi kalau bisa jadi juara grup, itu tentu sangat baik. Bagi kami, jadi juara grup adalah bonus,” tutupnya.(fin/ary)



Sambungan dari Halaman 17

Tur kali ini berbeda dengan tur Vietnam yang menghabiskan energi pemain di perjalanan,” terang pelatih Arema, Joko “Gethuk” Susilo kepada Malang Post. Ya, tur Arema kali ini cukup ringan dari sisi rentang waktu perjalanan. Berangkat dari mess Arema sekitar pukul 7 pagi, Ahmad Bustomi dkk terbang dari Bandara Abd Saleh, Pakis menuju Jakarta pukul 09.00 WIB. Satu jam kemudian, tim tiba di Bandara Soekarno Hatta untuk berganti pesawat ke Padang. Dari jadwal, seharusnya

Arema sudah naik ke pesawat sekitar pukul 12.40 dan tiba di Padang pukul 15.00 WIB. Namun, pesawat Lion Air yang ditumpangi oleh tim mengalami keterlambatan. Demi membunuh waktu, Hendro Siswanto sempat mengajak beberapa pemain seperti Benny Wahyudi, Sunarto, I Gede Sukadana hingga Munhar untuk main kartu di ruang tunggu bandara. “Anak-anak sudah terbiasa main kartu saat menunggu di ruang tunggu bandara. Itu jadi kebiasaan yang membuat kekompakan mereka terjaga,”

Aremania Formosa Ladub Hongkong PADANG – Kampanye Arema untuk Asia semakin bergelora di hati Aremania. Setelah sukses merebut tiket lolos 16 besar AFC Cup 2014, Singo Edan bakal bertanding ke markas Kitchee SC, pada 14 Mei 2014 di Hongkong. Kabar ini membuat Aremania luar negeri,

khususnya Aremania di sekitar Hongkong, bersukacita. Arek-arek Malang yang mengais rezeki di negara-negara Asia, bakal ladub tret tet tet ke Hongkong untuk nonton Arema. Salah satunya adalah Aremania Formosa, yang merupakan kumpulan Arek Malang berdomisili

di Taiwan. Shanti, salah satu Aremania Formosa, sudah siap ladub tret tet tet ke Hongkong demi mendukung Singo Edan. “Kita siap menyeberang lautan untuk tiba di Hongkong. Semua demi satu nama Arema,” tuturnya. Dukungan dari Aremania Formosa Taiwan bakal

Bustomi dan Arif Keceng turun dari pesawat di Bandara Internasional Minangkabau.

ISL U-21 2014

Tahu Kekuatan Lawan

MUHAMMAD CHOIRUL / MALANG POST

JAKARTA - Arema Cronus U-21 memiliki empat pemain yang sudah pernah bertanding menghadapi Persija Jakarta U-21. Empat pemain

ini ialah Utam Rusdiana, Oky Derry Andryan, Iman Budi Hernandi, dan Richard Abimanyu. Mereka musim lalu turut dalam lawatan Arema

tambahnya. Alfarizi dkk baru bisa boarding pesawat Lion Air menuju Padang, sekitar pukul 14.00 WIB dan mendarat sekitar pukul 16.00 WIB. Ditambah dengan waktu loading bagasi dari pesawat, Arema baru sampai di hotel Basko Premier Padang, sekitar pukul 17.30 WIB. Pemain tidak ada latihan sore kemarin. Sebab, tim pelatih ingin Thierry Gathuessi mendapat istirahat yang cukup sebelum pertandingan. Rencananya, latihan akan dipadu dengan uji lapangan Stadion Haji Agus Salim, pagi ini.(fin/ary)

FINO YUDISTIRA /MALANG POST

dirasakan oleh Ahmad Bustomi dkk di Hongkong 14 Mei nanti. Apalagi, ini adalah kali pertama Arema bertandang ke Hongkong. Belum tentu tahun depan atau tahun-tahun berikutnya, Arema bisa datang lagi ke negara bekas jajahan Inggris itu. (fin/ary)

ISL U-21 2014

SANTAI: Iman Budi Hernandi Hernandi, Richard Abimayu Abimayu, dan Oky Derry Andryan sedang bersantai di ruang lobby Hotel Raja, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

dan asing pun disodorkan. Tapi, tidak ada satupun yang diiyakan oleh manajemen dan tim pelatih. Terbaru, kabarnya bek sayap baru yang diburu merupakan pemain berlabel asing dari tanah Afrika. Sayangnya, pembatasan kuota asing ISL 3+1 membuat kabar ini disebut-sebut hanya kabar burung belaka. Selain itu, ada juga nama pemain muda lokal yang disebut bakal merapat ke Arema. Yakni, bek sayap timnas U-19 I Putu Gede Juni Antara. Namun, manajemen secara tegas menampik isu ini. General Manager Arema, Ruddy Widodo menyebut bahwa Gede Juni Antara hanya bisa dijadikan pemain angkat asuh, tapi tak bisa berlaga di ISL. “Khusus untuk U-19, tidak akan bisa dimainkan di kompetisi ISL, hanya bisa dijadikan pemain angkat asuh, seperti Muchlis dan Maldini Pali yang dikontrak oleh PSM, tapi tak main di ISL,” tutup Ruddy.(fin/ary)

U-21 kala bertandang ke U markas Persija U-21. m Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri k b bagi Arema U-21. Terl lebih, Pelatih Arema U-21, S Singgih Pitono musim lalu m masih belum bersama Arema U U-21. “Ada empat pemain k yang sudah pernah lakita w Persija U-21. Mereka wan b bisa dimanfaatkan karena l lebih siap dalam hal mental,” k kata Singgih Pitono kepada M Malang Post. Selain itu, sedikit banyak p pemain ini bisa menjadi para u ujung tombak bagi Arema U-21 U saat menghadapi Pers sija U-21 besok (29/4) di S Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Keempat pemain itu mengerti benar komposisi pemain Persija U-21 yang masih didominasi oleh muka-muka lama. “Dulu mereka bagus. Permainannya solid, seperti para pemain yang sudah lama

Arema

U-21

kumpul. Karena kebanyakan pemain jebolan Villa 2000 Jakarta,” ujar Richard Abimayu. Pemilik nomor punggung 78 di Arema U-21 ini, masih ingat benar kelebihan-kelebihan para pemain Persija U-21. “Ada nama-nama bagus seperti gelandang Nur Illahi, dan pemain sayap kanan Abdu Lestaluhu, dia punya kecepatan luar biasa,” terang Richard. Dalam laga besok, para pemain ini diprediksi bakal merepotkan Singo Edan Muda. “Beberapa pemain Persija U-21 juga ada yang terdaftar dalam tim senior. Tentu saja mereka pemain bagus,” pungkasnya.(rul/ary)

Singo Muda Dilarang Makan Pedas JAKARTA - Skuad Arema U-21 tiba di Jakarta kemarin (27/4) siang setelah menempuh perjalanan panjang. Kurang lebih, 25 jam waktu yang diperlukan dari Malang hingga sampai Jakarta menggunakan bus. Berangkat pada Jumat (26/4) jam 11 siang, Iman Budi Hernandi dkk baru tiba di Hotel Raja, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.00 WIB siang kemarin. Perjalanan panjang ini membuat kondisi para pemain menjadi lelah. Oleh karenanya, Pelatih Arema U-21, Singgih Pitono tidak mengadakan jadwal latihan kemarin sore. Para pemain langsung diintruksikan untuk istirahat total. Singo Edan Muda baru akan menjajal lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno pagi ini (28/4). “Anak-anak agendanya

free hari ini (kemarin, Red). Mereka butuh istirahat total. Besok pagi (hari ini, Red) baru coba lapangan langsung di GBK,” kata Singgih Pitono kepada Malang Post ketika ditemui di Hotel Raja, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kemarin. Ia berharap, permasalahan teknis ini tidak mengganggu pertandingan kontra Persija Jakarta U-21 besok (29/4). “Dengan perjalanan yang melelahkan, mental kita harus siap. Mudahmudahan sisa satu hari istirahatnya cukup,” ungkap mantan bintang Arema di era Galatama ini. Ia yakin, kondisi anak asuhnya bisa pulih. Untuk itu, Singgih mengintruksikan kepada tim besutannya agar makan dan istirahat dengan benar. Ia mengawasi dengan ketat porsi istirahat dan pola makan para pe-

mainnya. Malang Post bersama para pemain Arema U-21 setibanya di hotel langsung menikmati sajian makan siang yang telah disiapkan pihak hotel. Tentu saja, menu yang disajikan tersebut telah dikoordinasikan dengan tim pelatih agar sesuai dengan asupan yang dibutuhkan para pemain. Begitu pula dengan menu makanan saat perjalanan menuju Jakarta. Para pemain tidak diizinkan untuk mengkonsumsi makanan pedas. Untuk minuman, Singgih menghimbau anak asuhnya agar tidak meminum minuman dingin, selain es cream. “Saya juga sudah intruksikan kepada anak-anak untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen,” tutup pelatih berambut gondrong itu.(rul/ary)

Mengikuti Tur Arema U-21 ke Jakarta

Usir Jenuh, Kapten Tim Nyanyi Sepanjang Jalan Arema U-21 harus berjuang untuk melakoni Indonesia Super League (ISL) U-21 2014. berbeda dengan tim senior yang naik pesawat, mereka harus rela melakoni jalan darat. Perjalanan panjang yang ditempuh Arema U-21 membuat para pemain merasa suntuk saat berada di dalam bus. Untuk mengurangi kepenatan, para pemain mempunyai cara tersendiri. Salah satu caranya, yakni dengan berkaraoke di dalam bus. KAPTEN Arema U-21, Iman Budi Hernandi yang berinisiatif mencairkan suasana dengan berkaraoke. Hal itu diikuti oleh beberapa pemain lainnya, termasuk Pelatih

Arema U-21, Singgih Pitono. Suara Iman yang cukup merdu membuat para pemain lainnya terhibur. Tak pelak, Iman mendapat apresiasi dari beberapa pe-

main lain. “Lanjut Man, nyanyi terus sampai albumnya habis,” teriak salah seorang pemain yang berada di kursi belakang. Adapun lagu favorit bagi Iman antara lain lagu-lagu ciptaan ‘Raja Dangdut’, Rhoma Irama yang diaransemen oleh grup music Sagita. Dengan music dangdut yang rancak, para pemain tak sedikit yang sampai bergoyang menikmati alunan lagu. Sementara itu, cara lain yang digunakan untuk

memecah penat ialah saling melakukan candaan antar pemain. Striker Arema U-21, Cristian Yudi Antono, menjadi ‘bulan-bulanan’ para pemain lainnya. Cristian, sapaan akrabnya, mendapat ledekan dari para pemain lainnya lantaran kisah cinta Cristian dengan kekasihnya sedang dirundung masalah. Meski begitu, pada akhirnya Cristian mendapat motivasi dari teman-temannya. Cristian yang menjadi ba-

han ledekan juga tak tersinggung atas perlakuan temantemannya. Tawa pun semakin pecah setiap dia mengganti status di smartphone yang ia miliki. “Hitung-hitung menjadi penghibur temantemanlah,” kata Cristian. (rul/ary) NYANYI: Kapten Arema U-21, Iman Budi Hernandi, sedang bernyanyi untuk menghibur temantemannya di dalam bus. REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REEP


SENIN, 28 APRIL 2014

19

Giggs Perbaiki Mood ‘Setan Merah’ MU Tumbangkan Norwich City

rapi. Dia kemudian duduk di kursi manajer didampingi dua orang rekan yang sudah dia kenal sejak masih jadi pemain junior, Nicky Butt dan Paul Scholes. Tak tampak luapan emosi darinya. Dia hanya turun ke pinggir lapangan sesekali untuk memberikan instruksi ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan arahannya. Selebihnya, dia duduk sembari berdiskusi dengan Butt dan Scholes. Salah satu hal yang diingatkannya ketika jeda adalah tempo permainan. Giggs menyebut, United bermain terlalu lambat di babak pertama. Hal tersebut kemudian dibenahi di babak kedua. Ditambah masuknya Mata, jadilah United mencetak tiga gol tambahan ke gawang Norwich. Bagaimana Giggs menurunkan formasi 4-4-2 sejajar ala United sebenarnya bukan hal istimewa. Yang menarik, dia menurunkan pemain-pemain yang acap tampil tidak oke ketika ditangani Moyes. Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic dimainkan sebagai duet bek tengah, sementara Tom Cleverley didapuk sebagai gelandang menemani Michael Carrick. Ferdinand dan Vidic tampil relatif bagus kalau melihat gawang United tidak kebobolan

MANCHESTER - Wayne Rooney dan Juan Mata sudah angkat bicara betapa menyenangkannya bermain di bawah arahan Ryan Giggs. Kendati permainan Manchester United tidak sepenuhnya “wah”, Giggs setidaknya sudah memberikan mood bagus. “Keputusan siapa manajer berikutnya bukan terserah kepada kami para pemain, tapi kami menikmati bermain di bawah arahannya,” ucap Mata. Rooney kemudian menambahkan bahwa dirinya lega United bisa mengakhiri pekan berat dengan kemenangan 4-0 atas Norwich City. Sederet hasil buruk dan pemecatan David Moyes membuat United dirundung suasana tidak enak. Namun, Rooney menyebut bahwa Giggs menangani keadaan dengan baik begitu ditunjuk jadi manajer interim. Giggs, yang merupakan legenda hidup ‘Setan Merah’, disambut dengan riuhnya Old Trafford ketika masuk ke dalam lapangan. Berbeda dari seperti yang selama ini terlihat, Giggs tampil dengan setelan

sama sekali. Sementara Cleverley, dicatat oleh Squawka, melepaskan 50 operan sukses dari 53 operan sebelum akhirnya digantikan oleh Javier Hernandez. Menariknya lagi, meski bermain dengan formasi standar, United mampu menerapkan sepakbola menyerang dengan sangat halus. Sesuatu yang sebelumnya sempat hilang. Perubahan lain terlihat dalam jumlah shots on target. Dalam catatan BBC, United punya 25 tembakan dengan 11 di antaranya tepat sasaran ke gawang Norwich. Jumlah tembakan tepat ke gawang tersebut merupakan yang tertinggi buat United sepanjang musim ini. Dengan segala tanda positif di pertandingan pertamanya, Giggs pun ditunggu ujian berikutnya di tiga laga tersisa. Pria berusia 40 tahun tersebut enggan memikirkan apakah dirinya akan dikontrak jadi manajer permanen atau tidak. Dia mengaku hanya fokus pada laga berikutnya melawan Sunderland. “Saya tidak memikirkan hal selain empat laga yang ditugaskan kepada saya. Pekerjaan saya berikutnya adalah menyiapkan para pemain untuk menghadapi Sunderland,” kata Giggs.(jpnn/lim)

Rooney: Cocok Jadi Manajer MA MANCHESTER - Wayne Rooney mendukung jika akhirnya Ryan me Giggs benar-benar jadi manajer, G meski dia mengaku tidak tahu m apakah Giggs akan benar-benar ap jadi manajer Manchester United ja atau tidak. Rooney mengaku aneh at bermain di bawah arahan Giggs, be mengingat Giggs adalah rekan me setimnya selama 10 tahun terakhir seti ini. N Namun, dia senang dan puas bisa ditangani Giggs dalam sepekan ini. ditang “Aneh rasanya. Kami tahu bahwa dia adalah pemain berpengalaman dan

dia memang ditakdirkan jadi manajer,” ujar Rooney di BBC. “Kita bisa lihat itu dari bagaimana dia menangani keadaan sejak ditunjuk.” “Giggsy punya semua persyaratan untuk jadi manajer berikutnya, tapi itu semua tergantung para petinggi,” kata Rooney. United dikabarkan menginginkan manajer yang lebih memiliki pengalaman. Sejauh ini, mereka dikabarkan sudah mendekati beberapa orang, termasuk Louis van Gaal. Kendati demikian, United membantah bahwa mereka sudah mencapai kata sepakat dengan Van Gaal.(jpnn/lim)

MAINKAN TEMPO: Ryan Giggs memberi arahan Patrice Evra.

POY HERI P/MALANG POST PO

A ANGKAT TROFI: M. Giri Prabowo, Staf M Instalasi PG Krebet In Baru menyerahkan B piala tim juara Krebet p Baru U-10 2014, B SSB AMS Garuda S Kepanjen. Sementara K SSB Kharisma Elang S Muda memboyong M trofi juara II. tr

AMS Garuda Kepanjen Juara

Perebutan Gelar Premier League Makin Sengit

Chelsea Tumbangkan Liverpool LIVERPOOL - Chelsea keluar sebagai pemenang dalam bigmatch menghadapi Chelsea. Di Anfield, Minggu (27/4/2014) malam WIB, The Blues menundukkan The Reds dengan skor 2-0, yang membuat perebutan gelar Premier League makin sengit. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Liverpool sebenarnya tampil lebih dominan. Steven Gerrard dkk. menguasai ball possession dan menciptakan banyak peluang, meski tak satupun yang bisa dikonversikan menjadi gol. Kondisi sebaliknya terjadi di kubu Chelsea. Harus tampil dengan banyak pemain pelapis karena ditunggu pertandingan Liga Champions, anak didik Jose Mourinho lebih banyak bertahan dan menunggu di wilayah pertahanannya sendiri sambil mengandalkan serangan balik. Gol pertama dalam laga ini datang di periode injury time babak pertama. Dari kesalahan Steven Gerrard yang terpeleset di tengah lapangan, Demba Ba berhasil mencuri bola dan menjebol gawang Simon Mignolet. Sementara gol kedua datang di injury time babak kedua atas nama Willian. Hasil laga ini membuat persaingan menjadi juara Premier League makin panas. Liverpool masih berdiri di puncak klasemen dengan poin 80, diikuti Chelsea di posisi kedua dengan nilai 78. Kemenangan Chelsea atas Liverpool juga melebarkan jalan Manchester City jadi juara. Jika bisa memenangi seluruh pertandingan sisa yang dipunya, City akan punya poin sama dengan Liverpool. Namun The Citizens punya selisih gol yang lebih baik dibanding Liverpool saat ini.(jpnn/lim) Demba Ba

MALANG – Tuntas sudah pelaksanaan turnamen sepakbola Krebet Baru U-10 2014 di Lapangan PG Krebet Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang, Minggu (27/4) kemarin. Adalah SSB AMS Garuda Kepanjen menasbihkan diri sebagai pemenang dan berhak membawa pulang trofi juara. Predikat jawara tersebut dipastikan AMS Garuda usai mampu menundukkan perlawanan sengit SSB Kharisma Elang Muda melalui drama adu penalti dengan skor akhir 4-2 (0-0). Pada pertandingan di waktu normal, kedua tim sama kuat hingga skor akhir tetap berakhir kacamata. Kharisma Elang Muda pun

harus puas sebagai juara II. Sedangkan, untuk predikat juara III ditempati oleh SSB Puma Malang dan juara IV diraih SSB Sinar Mas Turen. Even yang diprakarsai manajemen PG Krebet Baru dan bekerjasama dengan SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia) Korwil Jawa Timur ini diikuti oleh 32 tim yang digeber selama tiga hari, sejak hari Jumat (25/4) kemarin. Manajemen PG Krebet Baru yang diwakili M. Giri Prabowo, selaku Staf Instalasi PG Krebet Baru mengatakan, selain untuk memeriahkan kegiatan selamatan giling PG Krebet Baru tahun 2014, turnamen ini digelar sebagai bentuk wujud kepedulian

terhadap pembinaan sepak bola usia dini di wilayah Malang Raya. ’’Melalui turnamen ini, kami mempunyai tekad ikut serta memajukan perkembangan sepakbola usia dini di wilayah Malang Raya. Sehingga even turnamen ini dijadwalkan menjadi agenda tahunan dari PG Krebet Baru,” ujar Giri yang juga sebagai Ketua Panitia Seksi Sepak Bola Selamatan Giling PG Krebet Baru 2014 kepada Malang Post, siang kemarin. Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Sepakbola Krebet Baru U-10 tahun 2014, Sukaryono mengatakan, turnamen ini menggunakan kombinasi

sistem antara setengah kompetisi dan gugur. Hari pertama dan kedua digeber untuk menentukan delapan tim terbaik yang lolos ke babak delapan besar. Di hari ketiga, dari pembangian dua grup di babak delapan besar, dilanjut untuk mendapat empat tim terbaik, yakni juara grup dan runner up di tiap grup. Hasil pertemuan silang antara juara grup dan runner up, kemudian tim yang menang saling berhadapan untuk menentukan predikat sebagai juara. ’’Alhamdullilah, pelaksanaan dan pertandingan berjalan lancar sejak hari pertama hingga puncak final,” ucap Sukaryono yang menjabat sebagai Ketua SBAI Korwil Jawa Timur. (poy/lim)

Kado Ultah Kota Malang, Wakili Indonesia ke Thailand

Banteng Muda Juara MUPC JAKARTA - Prestasi tingkat internasional kembali diraih Pengcab PSSI Kota Malang. Salah satu tim binaannya, SSB Banteng Muda U-15 akan mewakili Indonesia di ajang bergengsi Manchester United Premier Cup (MUPC) tingkat Asia Tenggara dan Asia Selatan di Thailand 16 Juni mendatang. ‘’Alhamdulillah Banteng Muda meraih juara MUPC tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta selama dua hari mulai Sabtu hingga Minggu, kemarin. Di partai final kita menang lawan tim kuat ASSIOP dari Jakarta melalui adu penalti dengan skor 7-6,’’ kata Manajer tim Banteng Muda Haris Thofly kepada Malang Post, kemarin. Di laga yang digelar di Kampus UPH, Karawaci, Tangerang itu tim Banteng Muda

berada di Grup A bersama MUBA Palembang, ASSIOP Jakarta, Persema 1953 dan Semen Padang. Di babak penyisihan ini, Banteng Muda menempati posisi runner up dan bertanding melawan tim kuat asal Bandung SWASCO. Berkat perjuangan pemainpemain asal Kota Malang, SWASCO dibantai dengan skor 4-1 dan melaju ke final. Dipartai puncak, pertandingan melawan ASSIOP berlangsung seru. Hingga pertandingan usai, skor tetap kuat 0-0. Untuk menentukan juara, ditentukan melalui adu penalti dan Banteng Muda menang 7-6. Bagi Pengcab PSSI Kota Malang, ajang MUPC ini bukan hal yang baru. Beberapa tahun lalu, tim binaannya, SSB Ken Arok U-15 juga tampil di tingkat Asia Tenggara

dan Asia Selatan yang berlangsung di Jakarta. Saat itu Andhika Agraprana dkk mewakili Indonesia setelah juara nasional. Hanya saja, mereka masih kalah bersaing dengan tim asal India, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Satu tahun kemudian, tim binaan Pengcab PSSI Kota Malang melaju ke tingkat nasional. Kali ini, Pengcab PSSI yang mengirimkan dua tim yakni Banteng Muda dan Ken Arok. Hanya saja timnya hanya puas juara ketiga dan keempat sehingga tidak bisa melaju ke tingkat Asia Tenggara dan Asia Selatan. ‘’Nanti anak-anak akan bertanding di Thailand melawan tim-tim dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ini prestasi yang sangat luar biasa, Pengcab PSSI Kota Malang kembali

mewakili Indonesia di ajang internasional,’’ kata pria yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini. Jika menjadi juara di ajang MUPC tingkat Asia Tenggara dan Asia Selatan, Banteng Muda akan tampil tingkat dunia di Kota Manchester, Inggris dan bersaing melawan tim-tim dari seluruh dunia. Menurut Haris Thofly, juara MUPC tingkat nasional dan akan mewakili Indonesia ke Thailand ini, merupakan kado ulang tahun Kota Malang yang ke 100. Saat tim yang ditangani pelatih Yuli Budiarso berlaga habis-habisan di Jakarta, bersamaan Kota Malang menggelar pesta ulang tahun di Alunalun Balai Kota Malang, kemarin. ‘’Kemenangan ini kami persembahkan

untuk ulang tahun ke seratus Kota Malang. Saat Malang Pesta Rakyat, anak-anak berjuang membawa Kota Malang dan Alhamdulillah bisa juara. Ini sungguh sangat luar biasa,’’ tambah Haris Thofly. Pengcab PSSI Kota Malang sudah beberapa kali mewakili Indonesia ke tingkat internasional. Salah satunya, Banteng Muda tampil di Danone Nations Cup 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan. Selain itu juga dua kali tampil di Grassroot Go to Ghotia Cup yang berlangsung di Swedia, Eropa. Beberapa pemainnya juga memperkuat timnas di beberapa kelompok usia seperti tampil di Vietnam, Jepang, Malaysia, Thailand. Bahkan pemain Banteng Muda juga pernah tampil di Italia mewakili Indonesia.(jon) REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


Anda punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

senin, 28 april 2014

even

even

Brawijaya Fashion Week 2014

Indie Clothing Carnival 2014

Datang di acara Brawijya Fashion Week 2014! Acara ini mengusung konsep “Metamorfashion” dan tagline “World is changing but fashion is everlasting”. Acara ini akan diadakan hari Jumat-Sabtu, 2-3 Mei 2014 pukul 10.00 di GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang. Rangkaian acara: • Fashion Bazar • Fashion show • Talk show • Beauty class • Live music • Exhibition Info lebih lanjut hubungi: • 081233580950 > Wicak • 081555942229 > Am

Photo Hunt Glamour & Mood Concept Yuk buat kamu yang suka foto ikutan “Photo Hunt Glamour & Mood Concept” acaranya Minggu, 11 Mei 2014 di On process (Malang/Batu). Registrasi pembayaran: • OTS Rp. 350.000 (jika masih ada slot) • Reguler Rp. 300.000 • Early bird Rp. 250.000 Biaya dapat ditransfer melalui rekening berikut: • BRI an. Yayan Ari S 1247 01 004946 508 • BCA an. Rudy Moerdany 385 0294 011 Untuk info lebih lanjut dapat hubungi: • Riyan A. Saputra 081 2153 394 64 / 76AEEEA7 • Yugie Potret 081 2327 733 28 / 73E948FD

HORE Futsal Competition 2014 HORE Futsal menggelar HORE Futsal Competition 2014. Bagi yang ingin ikutan, acara ini akan diadakan mulai 1-3 Mei 2014 di Champion Futsal, Tidar-Malang. Tanggal pendaftaran: 10 Maret-20 April 2014. Biaya: Rp 350.000. Tempat pendaftaran Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang Dapatkan total hadiah 11 juta. Info lebh lanjut nawak bisa hubungi: 081213633041 > Firman

Operet, Kentrung dan Musik Kontemporer Seni Operet, Kentrung dan Musik Kontemporer akan dipersembahkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Negeri Malang yang bergerak dibidang seni. Ayo yang pingin ikutan acara akan berlangsung pada Sabtu, 10 Mei 2014 mulai pukul 19.00 WIB di Aula Gedung E3 Universitas Negeri Malang. Untuk info lebih lanjut hubungi: @ukmbleroum

even

Ayo ikutan “Indie Clothing Carnival 2014” yang dipersembahkan oleh Showcase Event . Acara ini akan berlangsung pada Jumat-Minggu, 9-10 Mei 2014 mulai pukul 10.00-22.00 di Lapangan Rampal Malang. Info hubungi: @showcaseevent

Menjadi Milyarder Melalui Binis Haji dan Umroh Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang menggelar seminar gratis “Menjadi Milyarder Melalui Bisnis Haji & Umroh”.

MALANG POST – KDS Display n Playpass Competition 2014 Malang Post – KDS akan menggelar Lomba Drum Band tingkat Jawa Timur bertitel

Acara akan digelar Kamis (1/5/14) di Aula lantai 1 Masjid Sabilillah Jalan Ahmad Yani 15.

’MALANG POST – KDS Display n Playpass Competition 2014’

Pendaftaran via sms ke 085745598550 terbatas hanya untuk 50 orang.

ESP Open Debate Competition Ayo ikutan ESP Kompetisi Debat Terbuka, turnamen debat bahasa inggris dari FTP Universitas Brawijaya. Acara ini akan diadakan pada Jumat-Minggu, 23-25 Mei 2014 di FTP Universitas Brawijaya Malang. Pemesanan tiket dibuka mulai 24 Maret-19 April 2014. Hanya tersedia 30 tiket saja! Info hubungi: egp.ftp.ub.ac.id @egp2014 Maya 085738475375

Isshoni Tanoshimimashou 9 Ayo ikutan lomba Japan Total Festival yang bertemakan “Isshoni Tanoshimimashou 9”. Acara ini akan diadakan pada Sabtu-Minggu, 10-11 Mei 2014 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang. Macam-macam lomba : • Band • Benron • Cerdas cermat • Cosplay (CP: Sonia 085359003188) • Doujinshi (CP: Choriq 085646881288) • Fan art • Karaoke (CP: Irul 085733809799) • Kikikakitori • Manga • Shodou Event yang ada: • Bazaar • Foto yukata • Games • Ice cream party • Komunitas Jepang • Maid café • Obake yashiki (rumah hantu) • Pameran Jepang Info lebih lanjut nawak dapat hubungi: • CP Firda 085791270179 • Web itfibub.weebly.com • Twitter @IsshoniTanoshi

MP JUAL Mp-jual : jasa ojek panggilan 083848891172 MP - JUAL : Rmh baru siap huni Lt 120/60, Shm, Kmr tdr 2, kmr mnd 1, Carpot, Nyaman aman. Lokasi Sulfat perum Bumi sulfat Residence Hrg 545 jt Hub 081555621537 MP-JUAL: pelarisan tko depot, jual bli tnh, mbil/ mtor tdk laku2, pengashan cinta ditolak suami/ istri/minggat cengkok. Infaq seiklasx Gus Asep 087756644466 MP-Jual: Satu paket hp fleksi zte original + nomer cantik, 0341-...9000 hub 08170516608 MP-Jual : rmh dpn SPBU Tlogo mas lt 127 full bgn, shm,blkg lt 2, lt 3 jemuran,2200W, air sanyo lancar, 11kt,3km,dpr,cck utk rmh tnggl, kost,sewa,usaha. 1,3 M Nego. 087859698902/ 085748097093 MP-JUAL : MODEM GSM MERK PROLINK DARI TELKOM FLASH.200RB HUB”087759777774

Acara akan digelar pada 30 -31 Mei dan 1 Juni.

Ada dua mata lomba, playpass (kirab) di Jalan Protokol Kota Malang dan Display di GOR Ken Arok.

Klasemen lomba TK, SD, SMP, SAM/Umum dan Marching Band.

Technical Meeting akan dilakukan pada Minggu, 18 Mei 2014 di Waroeng 9 Jalan Raya Langsep 9 pukul 09.00 WIB.

Info lebih jelas hubungi Damanhuri, 085649555123.

Hijab Festival 2014 Hijab Cantique Community akan mempersembahkan “Hijab Festival 2014”. Acara digelar pada Minggu, 11 Mei 2014 mulai pukul 14.00 di Baiduri Cafe & Resto, Jl. Raya Tlogomas no 1 Malang. Lomba Fashion Show: Tema : Casual Colorful Batik - Kategori Pre-A (3-6th) Rp. 40.000,- Kategori A (7-9th) Rp.40.000,- Kategori B (10-13th) Rp. 50.000,- Kategori C (14-27th) Rp. 60.000,(Pendaftaran On the Spot Rp.75.000,- semua kategori) Fasilitas : Voucher makan di Baiduri & Sertifikat Hadiah Pemenang : trophy, sertifikat, fresh money, goddie bag

Lomba Fotogenic: Tema : My Batik style - Kategori pre-A (3-6th) Rp. 15.000,- Kategori A (7-9th). Rp. 15.000,- Kategori B (10-13th) Rp.20.000,- Kategori C (14-27th) Rp.20.000,(Pendaftaran On the Spot Rp.35.000,- semua kategori) Hadiah : trophy, sertifikat, goddie bag Petunjuk pelaksanaan lomba bisa dilihat di fanpage via FB “Hijab Cantique Community” Penjualan Tiket: 1.Ria Djenaka (Jl. Bandung, UMM, Batu) 2.Monopoli (Jl. Merbabu, Suhat) 3.Mayo (depan SMA 9) 4.Baiduri Resto (Jl. Raya Tlogomas no.1 Malang) 5.Toast Story, Jl.Bondowoso Info hubungi: 0838.1112.1243

20

even

even

News Reading Contest 2014

Lomba Mewarnai

Persembahan dari UKM Ikatan Pecinta Retorika Indonesia Universitas Negeri Malang. Acara ini akan diadakan hari Minggu 27 April 2014 di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Ketentuan: Pendaftaran dimulai tanggal 1 Maret-20 April 2014 Biaya pendaftaran Rp 85.000 Keterangan bisa membuka website festka2014.tumblr.com Fasilitas: Seminar kit, Sertifikat, Lunch,Snack Info hubungi: 08974867653 > Nurul 082143764194 > Farida Facebook Festival Retorika 2014 Twitter @festka2014

Ayo adik-adik ikuti Lomba Mewarnai Persembahan Bumi Langit Organize & Promo yang akan di adakan hari Minggu 25 Mei 2014 pukul 10.0012.00 di MX Mall Lt.3 Jl. Veteran no.8 Malang. Pendaftaran: Tanggal: 22 April 2014-10 Mei 2014 Pukul: 11.00-16.00 WIB (hari Minggu tutup) Tempat: Bumi Langit Organize & Promo, Perum Zona Neighbourhood Blok ND 14, Sawojajar 2 Malang. Biaya: Rp 30.000 + voucher jajanan di area expo Kategori: Taman Kanak-Kanak Informasi lebih lanjut bisa hubungi: 0341-714758

Water Amplifier 2014 With Sheila On 7 Yuk datang ikutan hadir memeriahkan “Water Amplifier 2014 With Sheila On 7” yang dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Pengairan Universitas Brawijaya. Acara ini akan diadakan pada Rabu, 14 Mei 2014 mulai pukul 18.00 di UMM Dome. Tiket Masuk: VIP Rp. 150.000 On the spot Rp. 45.000 Pre sale 2 Rp. 40.000 Pre sale 1 Rp. 35.000 Special performances: Endah N Rhesa, Sheila On 7 Info hubungi: Ryan 0856 5591 7047 Marel 0857 5559 5995 Tiket dapat didapatkan di Himpunan Mahasiswa Pengairan FT-UB Malang

Summer Fest with Billfold Burn This State Ayo jangan lupa datang untuk meramaikan acara ini! Acara akan diadakan hari Kamis, 22 Mei 2014 di Gedung Korpi Kepanjen Malang. With special perform: Billfold Featuring: Sweet Sunday, Streetstar, Party Beans, Bal Eleven, Justkidd, Struggle To Fight, Sandwich Attack, Boomboclat Fighting Duck vs Monster Info hubungi: 089695117611 > Debby 081945978644 > Awang (Band Registration) 085785057457 | 74E55FE4 > Lingga (Sponsorship)

Ecstatic Night On Top FK UMM Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dengan bangga mempersembahkan “Ecstatic Night On Top” bersama Tompi. Yuk datang pada Sabtu, 24 Mei 2014 di UMM Dome. Tiket masuk: Festival Rp. 35.000 | Tribun Rp. 75.000. Bersama bintang Tamu: Tompi Juga menampilkan: Medical students performances Indie band info hubungi: Twitter @DN_FKUMM SMS 081336032032 BBM 2A4850BD / 27F48ED0

Berani Beda Jadi Pengusaha Muda Seminar ini akan diadakan hari Minggu, 1 Juni 2014 pukul 08.08-15.15 WIB di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang. Pembicara: 1. Wahyu Aditya (CreativePreneur) Rahasia Sukses Bisnis “Kreatif Sampai Mati” 2. Gamal Albinsaid (SocioPreneur) The Power of Youth in Social Business 3. Ridwan Abadi (FoodPreneur) Jurus Sadis, Buat Bisnis Yang Langsung Laris 4. Ria Miranda (WomenPreneur) Sukses Wanita Di Dunia Usaha Tiket masuk: Festival: April Rp 100.000 | Mei Rp 125.000 VIP: April Rp 150.000 | Mei Rp 200.000 Exclusive (only 50 seat): April Rp 250.000 | Mei Rp 300.000 Info hubungi: 087859661760 > Alzi Pin BB 328a639d

Seminar Ol-Shop 2014 Datang di acara Seminar Ol-Shop 2014 di Big Burger Lantai 2, Jl.Soekarno Hatta 501 Malang. Acara akan berlangsung pada Sabtu, 3 Mei 2014 mulai pukul 09.00-selesai. Pembicara: Praktisi Online Shop Beromzet RATUSAN JUTA Materi isi: Cara membangun toko online dari nol Teknik riset keyword google Riset kompetitor apapun bisnismu Teknik mencari supplier termurah Fasilitas yang ada: Snack & Drink Seminar Kit Sertifikat Hand Out Materi Investasi hanya Rp 75.000 (Peserta terbatas HANYA 50 orang): Harga Super Promo @Rp 60.000 untuk 6 tiket sekaligus Harga Promo @Rp 70.000 untuk 3 tiket sekaligus Dapatkan free e-book “Cara Nomor 1 di Google” senilai Rp 300.000 Khusus untuk 30 pendaftar pertama Garansi: Gagal Membuat Toko Online Uang Kembali 2x Lipat Info pendaftaran hubungi: REG_NAMA LENGKAP 085646362541 (Rahmad) 081805000506 (Ella)

Turnamen PES 2013 & FIFA 2014 Bagi yang suka main game ikutan yuk Turnamen PES 2013 & FIFA 2014 yang akan diselenggarakan pada: tanggal 20-28 April 2014 di Classic Coffee, Jl. Soekarno Hatta, Malang (seberang Taman Krida). Tiket

: Rp 30.000 untuk 40 peserta pertama Rp 35.000 untuk peserta berikutnya

Dapatkan: Total hadiah Rp 2.500.000, Merchandise dan Piala

Pendaftaran hubungi: 0821 2528 2815 > Kid 0821 1425 4643 > Drew

MP-Jual : Kia carnival 00 AT, bsn,coklt mtlc, ac dingin,tr,cd,sun roof,remot,elektrik jln semua,msn bgs. 65 JT Nego. 087859698902 – 085748097093

MP-Jual: Tanah tegal/sawah di jeding Junrejo Kota Wisata Batu,1250m2,AJB prospek bagus dkt sumber air,95jtnegohub 08884816476

MP-Jual:Jasa loket pembayaran PLN,Telkom, Pulsa all operator dll. GRATIS HP SMARTFREN dan Voucher pulsa Rp 100ribu. Info & pendaftaran hub. Ariy 085641795679 MP-JUAL : JASA DESAIN & PEMBUATAN INTERIOR KITCHEN SET, RUANG TAMU, RUANG TIDUR, ROMBONG FRANCHISE, GEROBAK, BOOTH, STAND PAMERAN, PAGAR, CANOPY DLL HUB. 081555992213 MP-JUAL : modem smartfreen type 174-2 hrg 90rb pas 085746141415 MP - Jual : trail klx 2012 fuel modif 21-18 23jt nego 085746141415 MP-JUAL : cepat rumah di gang 15 gadang malang fasilitas lengkap hak milik 2 lantai ukuran 5 x 10m. harga 130jt nego. hanya yang serius hub +6285236836299

Ma Chung Futsal League UKM futsal Ma Chung bekerjasama dengan Malang Post akan menggelar New Ma Chung Futsal League (MCFL) yang akan diadakan di Champion Futsal Tidar pada 5-10 Mei 2014 mendatang.

Event ini bakal diikuti 30 tim putra dan putri. TM akan dilakukan pada 1 Mei di Ma Chung jam 13.00 WIB. Info hubungi: Jessica Maria 083834964902

MP-CARI : PRIA USIA MAX 25TH PENAMPILAN MENARIK, SMA, PX SPD MOTOR, UNTK KRJA DI TOKO/KAFE +6285708056665

MP-CARI : Tenaga laki2 serabutan, punya motor, sim C, hafal malang raya, lulusan SMA/SMP, max 22th, gaji 750rb/bln, BBM 15rb/hari. Telp/ sms ke 0816554143.

MP-JUAL:Hijet 1000 th 84 stw istmw vr/ tape N kt putih 19jt bs diangsur/TT mbl,cpt dpt(tdk sms)

MP-CARI : KARYAWAN BISA MENGERJAKAN : ALMUNIUM KUSEN PINTU ETALASE KACA DLL FASILITAS : GAJI+BONUS, UANG MAKAN, UANG TRANSPORT HUB. 081555992213

MP-Cari : Pembantu wanita.Umur 30.Max 45.Th Tdr Dlm Lok. Mlng Kota. Hub: 085646289549

MP -Jual : 0ven pengupas plastik ukrn 3m X 80cm X 1m & ukrn 1m X 80cm X 1m trs mesin pmbuat biting pke dynamo-hrg nego bs hubgi No. 081 805 062 285

MP-Cari : penjahit kopyah jilbab.krudung. busana. bs d ba wa plg.info lbh lanjut hub mas ud pringu bulu lwg. +623415300844

MP-Cari MP-CARI :BENGKEL LAS N INTERIOR CV. LINTANG ABADI MEMBUTUHKAN TENAGA YG PENGALAMAN DI BIDANGNYA, SERABUTAN, NGECAT DUCO DLL FASILITAS : GAJI+BONUS, UANG MAKAN, UANG TRANSPORT HUB. 081555992213 MP-Cari : operator foto copy laki laki pengalaman Hub 085649881818

MP-CARI : tim pemasaran sebagai agen & marketing (sales) produk TIRE GUARD gel anti bocor ban dalam & tubeles. SIL REGULATOR sil anti bocor tabung gas lpg. BIENIRIT cairan penghemat bbm hingga 30% sgr hub +6285236836299 MP-CARI : peminat pelarisan warung toko depot sales agen asuransi mediator jual/beli tanah/ rumah/mobil g laku2. pengasihan cinta ditolak suami/istri cecok/minggat. infaq seikhlasnya gus pur 087712960933

MP-Cari : tenaga krj laki2 pnglmn tdk d utmkn, prsyrtn ringn dn d bthkn cpt yg brminat hbgi no Tlp.08123571844 MP-CARI : TK. CAT MOBIL MOTOR DUCOAN,DLL FASILITAS : GAJI+BONUS, UANG MAKAN, UANG TRANSPORT HUB. 081555992213 MP-cari : sales lk/pr punya spd mtr hub : 081803813638 MP-CARI : KARYAWAN SERABUTAN FASILITAS : GAJI+BONUS, UANG MAKAN, UANG TRANSPORT HUB. 081555992213 MP-Cari : pgwai laundry laki/wnita jam krja pagi jam stngah 8 - 19.00 wib.hub 085755181227. MP_CARI : ASTREA PRIMA DIBELI 700RB HUB 088805510003 REDAKTUR: halim, LAYOUTER: DJ AMIEL


IKLAN BARIS MALANG POST

21

SENIN, 28 APRIL 2014

MALANG MOBIL - MOTOR PT. BFI Finance (0341475400). Penawaran atas unit: TOYOTA ALLNEWVIOS,2007,NEWMEG APRO,2009,MIOSOUL,2010,J UPITERMX,2008,MITSUBISHI L200,2005,SUPRAX125R,2009 BL-21/4 Jual Mobil Toyota Avanza G’10 Hitam N/Batu Metalik Hub.08125294556 d/a Areng-Areng Batu BL-1/4 Golongan Toyota. Cari investor mobil untuk travel dan sewa mobil Innova, Avanza, APV. Aman dan setoran tinggi Hub: 082335585758/ 087701455758 BL-6/4 MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/4 H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/4 Honda revo absolute u m800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/4 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/4 VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/4 Daihatsu ZEBRA Bodytech 1,3 warna delpin metalik1993, istimewa. HP08563521105/ 081232762139 BL-7/5 Paket Hemat Xenia DP 16 JT, Terios 23jt, Pick Up 11jt, Ayla 20jt, Sirion 25jt, Proses cpt & mudah 9572750/082131930990 BG-6/5 BIG SALE,Xenia 17jt, Terios 23jt, Luxio 29jt,Ayla 17jt, Pick up 13jt. Hub:Dona 082132668687/0341 5332992 BG-26/4 Promo Xenia DP 17jt-an atau angsuran 2jt-an DP Bisa Diatur untuk Terios PU Luxio Sirion Ayla Hub: Hendri (0343) 2384414 BG-20/4 DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221 BG-12/4 DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414 BG-8/3 DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/4 Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/4 MITSUBISHI Gebyar Aiverseri Sun 40th, Pajero, Outlander, Mirage, Cashback s/d 25jt Free KF, Sidevisior dll. 5186696/081235146235 BG-6/5 GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/4 DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221 BL-12/4 DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/3 TOYOTA Di Jual Sedan Toyota Vios th.2008 plat.B warna:hitam metallic,pwr.Window Sent.Loc. Hub:0341-7329237 BG-26/5 Dijual LGX Diesel’00 Siap Pakai Gadang Mandiri 110jt Nego Hub: Eko 081233400578 BL-12/4 Dicari titipan. Mobil utk travel dan rent car inova,avanza,apv,aman dan setoran tinggi 082335585758/ 087701455758 BG-12/4 Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3 Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1 • SUZUKI • Dijual Carry’87 pajak MAT 4th N.KB hrg 19 jt pas+putura 94 IST N kota hrg 45jt Nego. Hub:081333452872 BG-9/5 Ertiga & Pick Up rendy stock & diskon besar haya di bulan ini 082142619474/bb22cc4e12 BG-22/4 Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505 BG-19/3 Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999 BG-24/4 Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/4 Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/3

• SUZUKI • “PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/4 •HONDA• di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000 BG-6/3 Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-31/3 Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/3 Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­ 37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/3 isuzu B.U. Dijual cepat Panther higrade Th 95 , warna biru Plat N Kota .Hub 085791530963 . 081253743162 BL-29/4 Nissan Promo All New G.Livina, March, Evalia, Disk Puluhan Juta. DP 40Jtan, Dptkan Bonus Tambahan 081235660009/ 7073009 BG-6/5 hyundai Grand Avega Triptonik 2011 abu” metalik, a/n sndri N-Kota. Istimewa 149 jt nego. Hub:08123367833 BL-11/4 TANAH Dijual 1 tanah 2 sertifikat. 1. L.Tanah 119m². 2.L.Tanah 228m² di daerah kedungrejo-Pakis-Malang. Hub:081216317087 BG-19/5 Dijual tnh Merjosari 296m² (AJB) blakang UIN cocok utk koskosan & Material Rp2Jt/m². Hub: 083834394829 BG-8/5 Dijual Tanah 186 m² HGB Jl. Terusan Wisnu Wardana Dalam Sawojajar TP. Hub:081334126288/08123359039 BG-4/5 Dijual Tanah Luas 594 m (AJB) Dusun Krajaan Desa Pakis­ jajar Kecamatan Pakis Hub. 081352978588 BG-27/4 Dijual tanah kav dekat bandara samping Perum Graha Bandara Residence LT220m².800rb/m Hub081333848384 BG-27/3 BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman) BG-3/ 3 jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/3 J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/3 KONTRAKAN Dijual/dikontrakan rumah di Jl. Danau Sidengreng blok C3 B-31 SHM luas 105 full bangunan. HUB:081945398899 tanpa perantara. BG-23/5 Dikontrakan Rumah Baru Letjen Sutoyo town House C1 3 kmr tdr 2 kmr mandi.Hub 081358358331 BG-27/4 DIKONTRAKAN VILLA Kasih Fas. 3kmr, grnsi Lt.17x11m. Hub 596918, 081252624970, dekat Jtm Park 2. Jl. Sriti 39 Oro-oro Ombo Batu BL-28/3 RUMAH DIJUAL RUMAH JL.CEMPAKA NO: 11 PESANGGRAHAN KOTA BATU LUAS TANAH: 96 LUAS BANGUNAN 150 LANTAI DUA,SHM HARGA RP.370 JT HUB: 082244544455 BL-17/4 D Jual cpt rmh baru murah 2 lantai LT 84m² Jl. Kapi Sraba 10 H No.17 Sawojajar 2 Carport. Hub:085313989404 BG-11/5 Jl: 3 rmh baru minimalis T45,2kt,1km,pagar carpot, shm + rmh baru T70,2kt,1km,carpot pagar Plaosan Permai Blok A&D Tlp.5350109/081945372122 BG-11/5 Dijual Rmh SHM Griya Shanta K-202 LT127m² LB290m² Dekat UB/Polinema Hrg: Rp1,8 M Hub:081945565615 BG-8/5 DIJUAL CEPAT Rumah di Jalan Brigjen Katamso Gang 2A No 1418. SHM. LT 41 m². Hub.081945186222 BG-5/5 DIJUAL RUMAH STRATEGIS dekat pasar & polsek pakis, LT. 223 LB. 150 siap huni, SHM Hrga 400jt NEGO. Hub. 0341-5473547, 081233222547 BG-15/4 DIJUAL rumah tempat strategis untuk hunian dan invest mulai harga 260-550 jt,tipe 45-118. Jl. Kanjuruhan Tlogomas. Hub:085649792950 / (0341)9157889. BG-26/4 Djl rmh Griya Buring Permai L1 60m2 x 5 x 12 IGPC32 DP 26jt bs diangsur 10x Hunian tgh kta dgn hrg mrh Hub: Intan (0341) 9272391, 081333476800 Pin 2A6A581F BG-20/ 4 JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078 BL-16/3 ***Bisa cicil 12x*** rmh+toko CANTIK,T.150/679,hrg 650jt,Bs byr 50%,sisa th ke 2Bs Kpr,ada pgsh siap sw 30jt/th,Ada jaminan kenaikan HRG,MDH CAIR.081333211662 BG-8/ 4

RUMAH DI JUAL rumah di Jl. Danau sidengreng blok C3 B-31 SHM luas 105 full bangunan 325 jt nego HUB : 081945398899 tanpa perantara BG-22/ 3 RUMAH KOS dijual 2Lt,20kmr,Lt: 180 m²,Lb:300 m²+ruko 2 Lt,Ls 48 m². Dae­rah kampus Unisma,Unitri, Uin,Uniga.hub: 081945577755 BG-21/3 JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963 BG-15/3 J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/4 Dijual Rmh perum Pandan Wangi utama Kav 2 ,3Kt, 2Km ,Lt 126m,Lb 50m. Hub 081252680199 (Daerah Sulfat).Harga Nego Rp550jt BG-2/5 JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi. BL-1/4 Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/4 Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736 BG-17/2 Rumah Dijual daerah Kedawung.LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM. Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899 BG-18/3 DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341 BG-31/4 DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 03417390008 BG-31/4 Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/3 DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/2 PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866 BG-25/2 Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/3 Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-24/2 DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/3 Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/3 Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/3 DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/3 Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/3 Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­ 746571600 BG-11/3 Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12 LOWONGAN DCR ibu rumah tangga pensiunan/PNS/Pendidikan min SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMA Rini 085755135500/03417716371 BG-26/5 Cr cpt Guru TK syrt:SMA/ lbh,single,bsn mslimah. Hub:083834024975 Blimbing,Mlg BL-27/4 Toko Mas segera butuh karyawati SMP/A 16-25 th,jujur,aktif minggu tutup 8.00-17.00 ke PO BOX 129 Mlg BL-28/4 Inteview lgs krj .Sales Motoris gj 1.750.000/bln+insentive. Hub:Yunus 081331800045,Acep 08121784089.PT Indo Abadi Sarimakmur BL-27/4 Toko Mas cr Kryawti 16-25 Th Nasrani chinese bs Bhs Jawa jujur aktif. 8-17.00H.libur buka H.Minggu tutup ke po box 129 Malang copy Ktp,KK,S.Baptis BL-26/4 Dibutuhkan SPG utk showroom batik “bateeq” di hotel Atria Malang. Jl S.Parman. Pnampilan menarik, min SLTA usia maks 25 th, lampiran bs dibawa lgs ke toko 0341407999 atau 085647502229 – Fajar Nugroho (HRD) BL-24/4

LOWONGAN BUTUH Pembantu RT utk di Jogja serabutan, bisa masak , umur 35 th Hub : 08123578052/ 087882045000 BL-26/4 Dicari Krywti toko, Lam lengkap krm ke MOM’s & Me, Jl. Raya Langsep no 5 Malang BL-26/4 Dbthkn kryw/i utk Kedai Es D&D PELANGI Jl. Trsn Bondowoso 44 Hub.085755877347 (SEGERA) BL-26/4 Kehilangan stnk Stnk spd mtr Yamaha 28D Mio’11 AG-3189-XC noka: MH328D30CBJ934710 nosin:28D2934382 a/n IR. Andi Setiawan d/a Dsn. Ploso Rt.2 Rw.3 Ploso Nganjuk BL-28/4 Stnk mbl Suzuki/Forza’89 N-673 -BI noka:SA410014595 nosin: F10BID110596 a/n Khusnul Amin d/a Jl. Kebonsari IV/30 Kota Malang BL-28/4 Stnk spd mtr Honda/Beat’08 N-4711 -BI noka: MH1JF21108K132868 nosin: JF21E1132653 a/n Kresna Kartika C d/a Jl Beringin 12 Sukun Kota Malang BL-28/4 S tnk s p d m t r Y a m a h a / Vega’04 N-3525-BG noka: MH34ST1074K359617 nosin: AST697363 d/a Jl. Kol.Sugiono I/36 Kota Malang BL-28/4 CARI JODOH BIRO JODOH ganteng, S1, mapan. Cari jodoh gadis cantik peg. swasta min SMA TB 162 cm max 30 th HUB: 081217585921 BG-25/4 DANA TUNAI dana tunai bunga 0.82% /bulan, jaminanBPKB mobil, PT. BPF Jl. Kahuripan 5 Malang.Hub: 7066110 BG-9/5 Dana tunai/gadai/kerjasama proyek/usaha min 1 m, Profit share, NOBICHECK,JAMINAN PROYEK TSB, TERIMA AGEN. HUB: 081319201225 / 081380461514 BL-8/4 Butuh Dana Cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp. 0341-7359448 BG-5/5 P in j am D a n a T a n p a J a minan proses cepat. Hubungi 082244650171 BG-22/4 Gadai Laptop Kamera Tab TV PSP BB HP. Jl MT Haryono No 177 Telp (0341) 571731 0838 3496 7500. (Depan Mall Dinoyo City Malang) BG-11/4 Butuh biaya sekolah, renov rumah ;modal usaha? Kami solusinya, jaminan BPKB Motor/Mobil dan SHM.Bisa TO Hub.5441379/085746960294. BG-1/4 “DANA TUNAI” butuh dana? Jaminan BPKB, Pinjaman Tinggi, proses cpt hub:9363696 telp/sms. BUKTIKAN!! Bg-14/4 Butuh dana cepat + trm gadai titipkan laptop / hp / kendaraan + BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp (0341) 7359448 BG-5/4 “ANDA BUTUH UANG“ jaminan BPKB/cepat,mudah,tanpa Survey,LSG cair/KSP citra abadi.Jl.Raya Tlogomas 51MLG/ (0341)9751645 BG-9/5 Guest house Bandoeng guest House Jl. Bandung No.20 Malang/ www. bandoengguesthouse.net/ bandoengguesthouse2012@gmail. com/ (0341)551824 BG-30/4 OMAHKOE GUEST HOUSE jalan bendungan sigura-gura 4 no 1 malang. Telp (0341)556244 BG-7/ 4 KAWI GUEST HOUSE Jalan kawi atas No.40 Malang. Telp. (0341)551351 BG-4/5 Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676 BL-26/ 3 WORKSHOP Bisnis baru dari Ust. Yusuf Mansur. Wrshop tgl. 13/4/14 di Malang. Terbatas. Minat_(nama lengkap) ke.081908120708 BL-11/4 RUPA-RUPA DIJUAL genset,mesin isuzu 20 KVA,kondisi hidup. Hubungi 0811366797 BL-24/4 M e l a y ani j a s a a n t r j e m p t anak sekolah daerah Blimbing & sktrnya. Menggunakan mobil Avanza terbaru. Hub: 03417010019/9660288 BG-11/5 Leadership House Pelatihan kepemimpinan,soft-life skills & character Building u/ SD SMP SMA .Buka kelas baru Hub : Banten 30 Malang/562580 BG-27/4 Potong Rambut (Pria+Wanita) Terima: rebonding, smoothing, warna rambut, pijat reflexi, dll. Jl. Klayatan Gg 3 Prapatan Gg3. Hub:(0341)5436238. BG-12/5 Panggilan service didik gang mayang genengan pak isaji telp 0341-7378891 mnrm service kulkas,mesin cuci,instalasi listrik,pompa listrik dll BG-15/4 Sewa motor murah untuk mahasiswa & umum Mulai ; 45rb/har: 087701577000/082301577000. Jl Joyo raharjo 201 (belakang sardo swalayan). BG-15/4Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111 BG-16/3 N aik / turun b e r a t b a d a n sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260 BG-23/3

PASANG IKLAN TEPAT RUPA-RUPA Potong Rambut Gaul Family Jl. Raya Genengan Bunder Pakisaji Tlp 085855893989 BG-18/5 AGS CLEAN Sabun Cuci Matic utk mesin cuci Top&Front Loading. Cocok untik Loundry&Rumah tangga. Hub.085649321919. FREE DELEERY BG-5/5 Distributor F&B mencari “Mitra Usaha” dengan konsep saling menguntungkan. Hub: Jony/Satrio 0341795451 (SMS) 08170484969 BG-28/4 jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563 BG-5/3 Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2 Jua l m c m - m c m p r l n g k p a n rmh tang,bntl/glig,spring bed furniture,dll.Jl. Mayjen Sungkono Gg.8/7 hub.(0341)9598434 BG-27/4 Hancabarasih Laundry & Dryclean Jl.Mertojoyo F1C Dinoyo. Antar Ambil SMS 085731243111. Laundry on Kilo’s terbaik di Malang BG-28/4 Indonesia School Of Photography setara D1,kelas mlai 15/04/14. Jl.Simpang Gajayana Blok K (blkg Sardo). CP:081233673663 BG-28/4 SEKAR CAMILAN sedia aneka cemilan timbangan/packing/los. Siap lyn antr Jl.Mayjen Sungkono no.2 mlg. Hub 085649592346 / 03415042887 BG-27/4 Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg BG-20/2 JUAL PENINGGI BADAN ALAMI 1-10 HR Naik 2-4cm. www. OBATTINGGITIENS. com 087877575880 BL-6/3 AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/12 Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka, Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur, felfoa, isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No. 2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/2 Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12 Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­duk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12 CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12 Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/12 SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910 BG-23/12 WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12 PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12 (PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/3 KULINER Pak Syafiudin Special Kopi Luwak & Mie Rebus Tempat Kumpul ABG Jl.Raya Taman Ayu Kepanjen Hp.08649871337 BG-24/5 Soto ayam Ceker cak Kosim menerima pesanan Jl.Panglima Sudirman tlp 081335809573 kepanjen BG-17/5 CAFE ROBIN ahlinya kopi jowo asli seleranya rasanya Jl. A.Yani 35 Kepanjen Tlp:081217635552 BG-14/4

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

KULINER WARUNG NDORO STEN Jl. Selat Karimata E-6/1 Sawojajar. Menu Special bebek biyen,lomie & bakmie. Hrg special,tmpt nymn,strategis bs psn antr. Hub 081945784333 BG-3/5 Cafe Gaul Barokah menikmati segelas kopi.Specialis kopi lanang dan macam2 gorengan dan mie rebus datang Jl.Raya Taman Ayu Kepanjen BG-13/4 Depot Ayu Bu Gayit menyediakan masakan khas Jawa mnrm:psnan Nasi Kotak dan Nasi Tumpeng dll Hub:Jl.Raya Genengan Pakisaji Tlp:0838480154475 BG-13/4 Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091 BG-8/2 Depot Maninjau sedia ma­sa­kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ning, tum­ peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12 pengobatan PENGOBATAN HERBAL Tanpa Ope­ rasi.Lemah sahwat,wasir-kanker/tumormyom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k. usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8 BG-5/3 PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12 elektronik Progress Pusat Service Kamera Digital,DSLR,LCD,Pro jector,Sound System,dll. Jl Sunan Kalijaga Kav 3 No.6 (0341) 9005905/089667711882 BG-11/4 Sumber Teknik Service Kamera Digital/DSLR, Lensa, LCD, Projector, dll. Jl Raya Tlogomas No 11. (0341)2112945 BG-11/4 TOUR & TRAVEL “Gudel Rental” Sewa mobil terbaik semalang Raya. Ready : Avanza, Xenia , All New Avanza All New, Xenia,APV,Elf,dll. Jl.Sumbersari gg IA No 67.Malang .085735560747/085645199598 BG-24/5 El Nusa Rent Car sewa mobil terbaru & termurah. All new Avanza/Xenia, Innova & Luxio. Taman Landungsari Indah D-28. Hub: 081233428484 / 085859848460 / (0341)7357475 BG-18/4 AZRI TIKET melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel,Tour,Rent Car, Pembayaran Rek Listrik, PDAM, Telepon, Pulsa All Operator. Jl Tirta Rahayu 30. 532837/9885553 BG-13/4 Venus T our & T ra v e l Harian, Mingguan, Bulanan. Pembayaran cash dan kredit/ visa master. Jl Galunggung 86 B/7747474/081555888385 BG-11/4 Multi Trans Tour & Travel Malang Kediri PP,Shuttle,MlgJuanda PP,Paket Wisata,Rent cart driver,tiket pesawat. Jl MT Hariono 167 Kav 27.5023911/0823382457 77/30C3FE38 BG-11/4 SORA TOUR N TRAVEL Jl. Jmbtn Gadang Bumiayu. Airport shuttle,Mlg-Sby Mlg-Perak PP,Carter Tour Wisata. Rent Car Driver. 081222517111/08579121 2111/2809111 BG-25/3 SESA RENT CAR melayani sewa mobil+sopir, armada avansa all new G. JI. Rangkok Utara no.28 sukun hub: 081233055322/ 085855334740 BG-21/3 JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. CarterTour Wisata -Rent Car Tdriver 75323 6/082333711779/081333322779 BG-28/2

TOUR & TRAVEL “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12 SRIWIJAYA ABADI sewa mobil+supir drop carter, inova, avanza,x enia, luxio tiket pesawat/tour domestik...0341913 9555/081249660666 BG-15/4 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­R USAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web­s ite: www. su­r ya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 www. airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/ju­an­da(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/2 “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP 346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 PIJAT Eman Pijat Refleksi 3 paket bayar satu refleksi + full body + totok aura 50 rb 1,5 jam 087859256377/081554983243 BG-26/5 “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke Hotel. HUB:085774410568. NO SMS BG-15/5 Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2 Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2 Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202 BG-14/2 PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/ cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965. Dijamin fresh. BG-13/2 KOMPUTER Kredit Laptop/ Komputer, Hub:085853874151/082140703 452/8174510/564537.Infomedia Komputama+Adira. Jl Galunggung Ruko Blok 58m BG-27/4 CENTRA COMPUTER –TOS­HIBALENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­ NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/4 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/3


SENIN, 28 APRIL 2014

22

MOTOGP

Marquez: Pilihan Ban Jadi Kunci

GUEST GESANG//MALANG POST

DRAW: Bentrok Hero Tito kontra Roy Muklis berakhir imbang. imbang Pendukung Hero Tito pun kecewa kecewa.

Sabuk Emas Walikota Malang Tak Bertuan

Draw, Hero Tito Siap Rematch MALANG - Hero Tito memenuhi janjinya untuk menghentikan perlawanan Roy Muklis sebelum ronde kelima berakhir. Baru dua ronde berlangsung, petinju d’Kross BC itu sudah membuat sang rival bersimbah darah berkat pukulan telak yang didaratkannya tepat di pelipis sebelah kiri. Melihat kondisi Roy, wasit memutuskan pemegang sabuk juara dunia WBO Asia Pasifik itu tak bisa melanjutkan pertarungan. Sayang, kemenangan Hero yang sudah di depan mata digagalkan keputusan dewan juri yang memvonis partai kelas ringan perebutan sabuk emas Walikota Malang itu berakhir imbang.

Alasannya, Roy terluka sebelum ronde ketiga dimulai dan karena pertimbangan medis, dia disarankan turun ring. Keputusan tersebut sontak membuat kubu Hero berang bukan kepalang. Manajer d’Kross BC, Eko Nurcahyo, bersiap mengajukan rematch kepada manajemen Rokatenda BC. “Kami minta tanding ulang. Seharusnya Hero menang karena luka yang dialami Roy bukan karena benturan, melainkan kena straight telak,” gerutunya usai laga. Belum diputuskan kapan rematch partai bergengsi tersebut bakal digelar. Karena laga berujung draw, dipastikan sabuk emas Walikota Malang dari ajang Malang FITMA Big Fight 2014

tak bertuan. Padahal, jika partai kelas 62,1 kg itu berhasil dimenangkan Hero dengan kemenangan KO, dipastikan gelar mentereng Roy bakal copot. Owner d’Kross BC, H Ade Herawanto cukup menyayangkan hasil tersebut. Menurutnya, Hero layak menang karena sukses membuat sang lawan tak bisa melanjutkan duel. Berbekal latihan intensif selama empat pekan di Perth, Australia, pantas jika Hero mendominasi laga Sabtu (26/4) malam tersebut. “Semestinya Hero menang. Saya juga heran kenapa keputusannya begitu. Yang jelas kami siap rematch,” seru Ade d’Kross, sapaan akrabnya.

Sementara itu, sabuk emas FITMA dipastikan menjadi milik petinju Cakti Bali BC, Daudi Bahari. Ini berkat kemenangan adik legenda tinju tanah air, Pino Bahari itu saat menghadapi petinju Thailand, Yod Mongkol. Daudi diputuskan menang angka mutlak dalam duel kelas welter bertajuk partai internasional tersebut. Mendominasi laga sejak ronde pertama digulirkan, tiga wasit memberi skor leading sempurna bagi Daudi, yakni 97-93, 98-92 dan 97-93. Meski Yod memberi perlawanan sengit, Daudi terhitung lebih banyak menghunjamkan pukulan telak kepada lawan asal Negeri Gajah Putih. (tom/lim)

MotoGP Argentina

Tak Boleh Salah Lagi TERMAS DE RIO HONDO Dua balapan awal berakhir kurang menyenangkan untuk Jorge Lorenzo. Menjelang balapan dinihari tadi, pembalap Movistar Yamaha itu berharap peruntungannya berubah di seri ketiga yang dihelat di Argentina. Lorenzo pun menatap seri Argentina dengan optimisme setelah menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi kedua, di belakang Marc Marquez dan di depan Dani Pedrosa. Meski tahu bahwa balapan tak akan mudah mengingat Marquez dan Honda begitu cepat, Lorenzo akan berusaha semaksimal mungkin demi minimal meraih podium kedua atau kalau bisa memenangi balapan. Lorenzo mengawali musim dengan terjatuh di lap awal MotoGP Qatar yang membuatnya tak bisa menuntaskan balapan. Lalu di seri Austin, Lorenzo mendapat hadiah penalti karena jump start meski akhirnya ia finis ke-10. Dua nasib sial yang dialami Lorenzo

berbanding terbalik dengan apa yang dicapai rivalnya Marc Marquez yang justru mereguk kemenangan serta tampaknya sulit ditandingi saat menunggangi Repsol Honda. “Kami sudah mencoba mencari solusi sebanyak yang kami bisa. Hari ini (Sabtu, red) kami membuat sedikit modifi kasi sebelum sesi kualifi kasi yang terbukti bagus,” ujar Lorenzo seperti dikutip Crash. “Lebih baik memang saat menikung dan juga memberi kami traksi lebih, jadi saya bisa sedikit lebih cepat dan saya mendapat hasil maksimal dengan ban soft untuk mencatat waktu lebih cepat,” lanjutnya. “Saya pikir sulit untuk terus berada di posisi kedua - itu yang akan membantu kami selama balapan. Kini saya berharap tak lagi membuat kesalahan di lap pertama lagi! Dan fokus pada kecepatan motor saya.” “Ada sedikit peluang turun hujan besok (dinihari tadi). Jika lintasan

Jorge Lorenzo kering, maka kami punya sedikit setup yang bagus tapi setelah beberapa lap kecepatan akan menurun dan saya pikir tim-tim lain tak akan ada yang

memakai ban soft. Mungkin, podium di hari Minggu akan menjadi cara terbaik untuk ‘memulai’ musim,” demikian dia. (jpnn/lim)

Sembuhkan Cedera, Tommy Bertarung dengan Waktu SOLO - Piala Thomas tinggal hitungan hari. Tommy Sugiarto sebagai pemain tunggal putra terbaik tanah air justru masih harus menjalani pemulihan cedera. Piala Thomas Uber bergulir 1825 Mei tahun ini di New Delhi, India. Dengan ranking yang dimiliki, Tommy menjadi pilihan utama sebagai tunggal pertama pada kejuaraan beregu putra putri dua tahunan itu. Namun, sejak dua bulan lalu hasil MRI menunjukkan pemain ranking kesembilan dunia itu dipastikan mendapatkan cedera tulang sesamoid telapak kaki kanan. Tommy memaksa tampil di All England. Hasilnya Tommy mundur karena cedera dan cederanya kian tak bisa diajak kompromi. Tommy harus menjalani terapi untuk penyembuhan. Dia pun absen dari karantina tim bayangan Thomas Uber di Kudus, Jawa Tengah mulai 15-25 April tapi bergabung pada simulasi Sabtu (26/4/2014) di Solo. Berikut wawancara dengan pebulutangkis berusia 25 tahun tersebut. Tanya (T): Tommy, hasil di game pertama kurang oke. Apakah itu terkait cedera yang masih dalam tahap pemulihan? Jawab (J): Game pertama masih butuh adaptasi. Cedera itu membuat saya masih takut di awal-awal, sedikit trauma. Ini kali pertamanya saya tampil lagi setelah dua bulan absen

juga dibantu papa (Icuk Sugiarto).

TERMAS DE RIO HONDO - Marc Marquez senang bisa merebut pole position di sesi kualifikasi MotoGP Argentina. Di sesi balapan, Marquez menyebut faktor ban akan memegang peran kunci. Dalam sesi kualifikasi yang digelar di sirkuit Termas de Rio Hondo, Sabtu (26/4) malam WIB, Marquez menjadi yang tercepat. Pembalap Honda itu mencatat waktu satu menit 37,683 detik. Catatan waktu itu terbilang cukup impresif untuk Marquez. Dia unggul hingga 0,742 detik dari Jorge Lorenzo yang ada di posisi kedua. Di sesi kualifikasi itu, Marquez menggunakan kombinasi ban depan yang keras dan ban medium di belakang. Namun untuk sesi balapan, dia belum mengambil keputusan. Soal plihan ban disebutnya akan menjadi kunci di sesi balapan, Senin (28/4/2014) dinihari WIB. “Saya membuat catatan waktu yang sangat bagus dan saya pikir besok akan menarik untuk melihat ban mana yang akan dibutuhkan untuk balapan, karena ada beberapa pilihan baik untuk ban depan maupun belakang. Ini akan jadi pilihan yang sangat sulit,” ujar Marquez seperti dikutip Crash. “Salah satu kunci untuk balapan adalah manajemen ban, agar sampai akhir dengan cengkeraman yang optimal, yang mana akan memberi kami kesempatan untuk membuat perbedaan.” “Anyway, saya pikir 1 menit 37 detik itu cukup cepat, tapi besok adalah yang paling penting. Kami masih harus membuat keputusan untuk ban depan dan belakang, yang mana akan penting. Kami juga akan mencoba sesuatu saat pemanasan untuk meningkatkan cara kami masuk ke tikungan,” “Balapan akan panjang karena saya pikir setiap orang sedikit kesulitan dengan ban dan kami akan mencoba mengaturnya dengan baik,” lugas pembalap asal Spanyol itu.(jpnn/lim)

Marc Marquez

NBA

Kalahkan Grizzlies, Thunder Samakan Kedudukan MEMPHIS - Oklahoma City Thunder harus melewati babak overtime untuk mengalahkan Memphis Grizzlies. Kemenangan ini sekaligus membuat kedudukan kedua tim jadi berimbang 2-2 di babak pertama playoff Wilayah Barat. Dalam pertandingan di FedEx Forum, Memphis, Minggu (27/4/2014) siang WIB, Thunder membuang keunggulan 14 poin di kedudukan 64-50 di kuarter ketiga. Grizzlies bisa menyamakan kedudukan jadi 80-80 di akhir kuarter keempat dan memaksakan babak overtime. Di masa overtime, Thunder mampu mencetak 12 poin dibandingkan dengan Grizzlies yang hanya bikin sembilan poin. Thunder pun menang 92-89 atas Grizzlies. Kevin Durant dan Russell Westbrook yang biasanya jadi motor Thunder tidak tampil maksimal. Masing-masing dari keduanya hanya menyumbang 15 poin. Reggie Jackson tampil sebagai bintang kemenangan Thunder. Point guard berusia 24 tahun itu menyumbang 32 poin, sembilan rebound, dan satu assist. Dengan kemenangan ini, Thunder membuat kedudukan jadi berimbang 2-2 dengan Grizzlies. Game kelima akan dimainkan di Oklahoma pada 29 April mendatang. Dari pertandingan lainnya, San Antonio Spurs harus mengakui keunggulan Dallas Mavericks. Kekalahan ini membuat Spurs balik tertinggal 1-2 dari Mavs di babak pertama playoff Wilayah Barat. Bertanding di American Airlines Center, Dallas, Minggu (27/4/2014) siang WIB, Spurs memimpin 34-27 di kuarter pertama. Namun Mavs mampu berbalik unggul dengan unggul 59-54 di kuarter kedua. Pertandingan kemudian berjalan ketat di kuarter keempat. Perolehan angka kedua tim tak berbeda terlalu jauh. Mavs kemudian memastikan kemenangan 109-108 lewat tembakan tiga angka Vince Carter saat pertandingan tinggal menyisakan 1,7 detik. Dengan hasil ini, Spurs yang sempat merebut game pertama akhirnya balik tertinggal 1-2. Game keempat masih akan dimainkan di Dallas pada 28 April mendatang.(jpnn/lim)

T: Dengan durasi penyembuhan empat sampai enam pekan seperti yang diperkirakan dokter, kamu yakin bisa lolos tim inti Thomas? J: Sekarang saya lebih rileks. Cukup kecewa tak bisa ikut karantina, tapi saya tetap jalani latihan setara dengan yang dilakoni teman-teman di Kudus. Di sini (simulasi) saya tampil maksimal untuk mendapatkan kepercayaan lagi dari pengurus dan pelatih. Soal optimisme, saya yakin bisa masuk tim Thomas. T: Tommy kalau merunut ke belakang, cedera itu dimulai kapan? Tommy Sugiarto T: Apakah sekarang masih terasa sakit atau menyisakan trauma saja? J: Saat pertama terapi, dengan laser dan RSWT (terapi gelombang kejut bertekanan tinggi) telapak kaki saya bengkak. Saat latihan harus memakai sepatu dengan ukuran 1,5 nomor di atas yang biasa saya pakai, biasanya 44 jadi 45,5. Sekarang sudah kempes, tapi kadang masih ada kontraksi. Saya selalu konsultasi dengan dokter segala perkembangan ini. T: Berapa lama untuk sembuh total dengan metode terapi yang

kamu pilih? J: Awalnya saya pesimistis bisa pulih lagi. Tapi dokter yang merawat saya yakin kalau saya bisa sembuh kembali. Faktanya saya baru jalani terapi dua pekan sudah enakan. T: Apakah selama proses penyembuhan itu juga sudah berlatih game? J: Saya mulai latihan endurance lagi, meski cuma di tempat. Seperti sepeda statis dan berenang. Terakhir-terakhir saya main game anak-anak junior di klub, ya anakanak kecil gitu. Terakhir-terakhir, latihan

J: Dari hasil pemeriksaan, cedera ini sudah ada sejak setahun lalu. Tapi, kebiasaan saya, kalau cedera ringan tak terlalu saya rasakan. Dua bulan lalu mulai benar-benar sakit. Ada tulang yang retak. T: Kata dokter kenapa cedera itu? J: Saya sering berlatih di atas lantai yang keras. Dan itu berulang-berulang. Kalau operasi biasa katanya harus istirahat sampai enam bulan. Dokter KONI DKI yang merekomendasikan saya menjalani terapi ini. Dokter yang merawat saya yakin maka saya juga yakin segera pulih dan masuk tim Thomas. (jpnn/lim)

Kevin Durant REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


23

SENIN, 28 APRIL 2014

Pemain Timnas dan Perempuan Cantik

Gaet Penyanyi Hingga Supermodel ATLET sepak bola di era modern saat sekarang ini memang berlimpah dengan uang. Itu semua berasal dari gaji sebagai pemain bola, model iklan dan gaji sebagai model. Dari uang itupula yang membuat gaya hidup para atlet sepak bola menjadi glamour dan dikelilingi banyak cewek cantik. Cristiano Ronaldo. Pemain timnas Portugal ini ini termasuk salah satu atlet terkaya. Ronaldo sapaan akrab Cristiano Ronaldo sering gonta ganti cewek namun saat ini Ronaldo mulai belajar setia itu dibuktikan saat hubungannya dengan Irina saat ini langgeng dan mampu bertahan sampai sekarang. Hubungan mereka berdua sudah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun. Irina adalah sosok seorang model cantik dan seksi. Seringkali Irina tampil vulgar dengan pakaiannya yang seksi-seksi. Kemudian Kevin Prince Boateng. Boateng adalah sosok pemain dari Timnas Ghana, Boateng terkenal setelah aksi dan mainnya di piala dunia 2010 lalu. Berkat Permainannya yang bagus dia dilirik oleh berbagai team besar dengan bayaran yang sangat menggiurkan. Setelah Piala dunia Boateng pun memutuskan untuk bergabung dengan AC Milan,

Melissa

Shakira

Irina Shayk disinilah awal mula dia berkenalan dengan Melisa seorang gadis cantik dan seksi. Hubungannya sangat erat, mereka berdua telah diisukan berpisah namun tetap saja mereka sering jalan berdua. Dan yang tenar adalah Gerard Pique Timnas Spanyol, melambung setelah hengkang dari Manchester United ke Barcelona. Di klub yang bermarkas

Jese Rodriguez Bikin Video Klip PEMAIN muda Spanyol, Jese Rodriguez mendapat kesempatan unjuk kemampuan di depan kamera. Bersama penyanyi musik rap asal Spanyol bernama Henry Mendez, Jese mencoba be-

di Nou Camp ini nama Pique sapaan akrab Gerard Pique jadi terkenal. Nama Pique tercatat sebagai salah satu pemain bola bergaji tinggi. Pemain ini sekarang didampingi oleh salah satu penyanyi kelas dunia asal Lebanon yakni Shakira. Mereka bertemu saat piala dunia 2010 lalu. Sekarang hubungan mereka makin erat seiring dengan dikaruniainya seorang anak laki-laki yang diberi nama Milan Pique Mubaraq.

Pria berumur 21 tahun itu sama sekali tak terlihat kaku saat dikelilingi wanita cantik. Buktinya, ia nampak menikmati alunan lagu sambil berjoget bersama wanita-wanita tersebut. Karier Jese di lapangan hijau sedang merangkak naik. Bersama Madrid, ia mampu memperlihatkan bakat terbaiknya hingga beberapa kali dipercaya menghuni skuat

rakting di salah satu video klip. Pada kesempatan tersebut, Jese juga melantunkan suaranya. Ia bernyanyi sambil dikelilingi beberapa wanita cantik yang sangat seksi.

Gerard Pique sungguh beruntung didampingi oleh cewek secantik dan seseksi Shakira. Selain seksi Shakira juga adalah sosok perempuan yang setia. Meskipun umur

utama. Sejauh musim ini berlangsung, Jese sudah mencatatkan 29 penampilan. Dari kesempatannya tersebut, pemain didikan akademi Madrid ini mampu menorehkan delapan gol. Namun usai melawan Schalke, Jese dilaporkan menderita cedera. Bahkan

dikhawatirkan tak bisa tampil dalam piala dunia. Namun, Jese tak perlu khawatir, selama tak bermain bola, dia bisa mendapatkan uang dengan “ngamen” dari kafe ke kafe.(lip/ary)

Shakira lebih tua dibandingkan Gerard Pique. Tak lupa dengan Mario Balotelli, pemain Timnas Italia, salah satu pemain yang memiliki gaji yang tinggi. Dengan gajinya Balo seringkali berpesta di diskotik. Pemain ini sangat bandel dan sering dipanggil si gila dikalangan pers, suporter maupun insan bola dunia. Balo dikelilingi banyak perempuan cantik. Seringkali pemain ini gonta ganti cewek. Balo yang sekarang bermain di AC Milan merupakan pemain asal Italia keturunan Afrika. Dia adalah salah satu pemain muda terkaya dan pemain bola yang gaya hidupnya glamour.(net/ary)

CANTIK: Melissa pacar Kevin Boateng, Irina Shayk kekasih Cristiano Ronaldo, serta Shakira penyanyi dan pasangan Gerard Pique.

NET

Cristiano Ronaldo

CANTIK: Jese menyanyi dan dikeliling para wanita cantik dalam video klip.

Minta Sabun, Hingga Enam Bodyguard PIALA Dunia 2014 akan berlangsung di Brasil kurang dari 2 bulan lagi. Sejumlah federasi sepakbola negara peserta juga sudah mempersiapkan semua kebutuhan timnya selama di Negeri Samba tersebut. Bahkan, sejumlah tim sudah mengutarakan permintaan-permintaan aneh selama di Brasil. Salah satu media Brasil, Lance, mengungkapkan sejumlah tim peserta Piala Dunia 2014 sudah mengungkapkan permintaan-permintaan yang harus dipenuhi pihak penyelenggara. Berikut ini adalah sejumlah permintaan aneh tersebut: 1. Timnas Chile Mengharuskan tempat tidur di setiap kamar yang akan digunakan Arturo Vidal dan kawan-kawan adalah baru. Manajemen timnas Chile juga mengharuskan setiap kamar menggunakan televisi layar datar.

Higuain Cedera Serius ITALIA - Striker Napoli, Gonzalo Higuain, terancam tidak bisa memperkuat Timnas Argentina di Piala Dunia 2014, Brasil. Dia mengalami cedera cukup serius usai membela Napoli pada laga kontra Inter Milan, di Giuseppe Meazza, Minggu 27 April 2014 dini hari tadi WIB. Dari diagnosa awal, engkel kanan Higuain mengalami masalah yang cukup serius. Pada masa injury

NET

Gonzalo Higuain

time, Higuain berusaha untuk melepaskan sepakan ke arah gawang. Namun, salah satu pemain Inter, Marco Andreolli, melakukan blok yang cukup keras terhadap Pipita --julukan Higuain--. Kaki kanan Higuain akhirnya menghantam pelindung betis milik Andreolli. Higuain pun langsung terkapar di tengah lapangan. Dia tidak kunjung bangkit dan harus ditandu keluar

lapangan. Dari diagnosa awal, tim medis Napoli sebenarnya menyatakan cedera Higuain tidak terlalu serius. Mantan striker Real Madrid itu, dilansir Football Italia, hanya mengalami memar pada engkelnya dan tidak perlu dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa lewat sinar X. “Higuain mengalami trauma. Kondisi engkel kanannya akan segera diketahui dalam beberapa hari ke depan,” tulis

pernyataan resmi klub. Meski begitu, tim medis Partenopei tetap akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap kondisi Higuain. Dia diprediksi akan absen di final Coppa Italia melawan Fiorentina akhir pekan depan. Terkait nasibnya tampil di Piala Dunia bersama Timnas Argentina, Higuain masih harus menunggu hasil pemeriksaan secara menyeluruh.(viv/ary)

Thiago Silva Cedera, Brasil Was-was JERMAN - Bek sekaligus kapten Paris Saint Germain (PSG), Thiago Silva, musim ini sering dibekap cedera. Kondisi ini, diklaim pelatih PSG, Laurent Blanc, membuat Timnas Brasil was-was. Dalam beberapa pekan, kondisi Silva semakin membaik. Mantan bek AC Milan ini mulai jarang mengalami masalah pada kondisi fisiknya. Seperti diketahui, Silva sebenarnya memiliki cedera betis kambuhan. “Cedera Silva belakangan

memang sering kambuh, tapi dia punya cara untuk memulihkan kondisinya. Silva khawatir akan melewatkan Piala Dunia karena cedera,” kata Blanc seperti dilansir ESPN. “Tidak hanya Silva, saya rasa Brasil juga takut kehilangan dia. Silva sering bilang: ‘Ayo selesaikan liga dengan cepat. Saya ingin bersiap untuk Piala Dunia’. Saya rasa semua pemain saat ini pasti sangat hati-hati ketika bermain di liga karena ingin tampil di Piala Dunia,”

sambung dia. “Kondisi ini mungkin membuat fokusnya terpecah. Dia bermain tidak terlalu ngotot. Kami sempat bertanya-tanya apa yang terjadi padanya,” jelas mantan bek Timnas Perancis era 1990an ini. Pelatih Luis Felipe Scolari mengaku sudah memiliki daftar pemain yang akan diandalkannya di Piala Dunia. Dan nama Thiago Silva hampir dipastikan masuk ke dalam skuad Timnas Brasil.(viv/ary)

2. Ekuador Manajemen tim berjuluk La Tri itu mewajibkan pihak hotel tempat mereka menginap menyediakan satu keranjang pisang dari Ekuador di setiap kamar pemain. 3. Kolombia Meminta kepada klub sepakbola Brasil, Sao Paulo, menyediakan 15 pemain junior dari klub tersebut untuk mengikuti setiap sesi latihan yang akan dijalani Radamel Falcao dan kawan-kawan. 4. Uruguay Tim berjuluk La Celeste itu meminta pendingin ruangan (AC) yang kedap suara di setiap kamar pemain. 5. Prancis Juara Piala Dunia 1998 itu hanya ingin menggunakan sabun cair untuk mandi. Karim Benzema dan kawan-kawan tidak diizinkan menggunakan sabun mandi batangan. 6. Honduras Mereka meminta 6 saluran televisi asal Spanyol ditambahkan ke channel televisi di kamar setiap pemain. 7. Jepang Tim Samurai Biru mengharuskan adanya jacuzzi di setiap kamar Shinji Kagawa dan kawan-kawan.

NET

Thiago Silva

8. Australia Meminta sejumlah surat kabar tertentu dari penjuru dunia tersedia di kamar pemain. 9. Swiss Ada dua permintaan pokok, yakni jaringan internet yang cepat dan channel stasiun televisi asal Swiss di setiap kamar pemain. 10. Portugal Tim besutan Paulo Bento ini meminta 6 bodyguard, dengan 4 di antaranya secara khusus menjaga Cristiano Ronaldo ke mana pun bintang Real Madrid itu pergi. REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REEP


PUTRI KARTINI 2014

SENIN, 28 APRIL 2014

24

FOTO-FOTO: GUEST GESANG DAN MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

SERU: Sembari menunggu sampai di tempat tujuan, kami selfie dulu ya..

AKRAB: Para peserta Putri Kartini 2014 berbincang akrab di lobi Malang Post sebelum tur pendidikan.

SEMANGAT: Wawasan tentang dunia perguruan tinggi makin bertambah membuat para peserta Putri Kartini 2014 makin bersemangat untuk menjadi duta remaja yang terbaik.

SERIUS: Finalis Putri Kartini 2014 mendengarkan pengarahan dari Nanang Inoransyah agar bisa tampil maksimal saat grand final.

APRESIASI: Rektor Unikama, Dr. Pieter IKONIK: Kepala Humas Unikama, Mirza Sahertian M.Si menyerahkan kenangSuharto menjelaskan tentang Ganesha yang kenangan kepada Ketua Panitia Putri Kartini 2014, Shuvia Rahma. menjadi ikon kebanggaan Unikama.

INSPIRASI: Putri Kartini 2012, Khadijah Azzahra memberikan ‘contekan’ agar para peserta Putri Kartini 2014 sukses menjadi Putri Kartini seperti dirinya.

BERSAMA: Perwakilan Garuda Indonesia Malang, Nanang (kiri), Putri Kartini 2013, Zaimatul Ummah, dan Direktur Malang Post, Sudarno Seman berfoto bersama pemenang Kartini Cilik 2014.

LEOPARD: Motif leopard diangkat salah satu peserta lomba Make Up Fantasy.

Rangkaian kegiatan Putri Kartini 2014 memasuki acara puncak pada Minggu, 27 April di Plaza Araya. Sebanyak lebih dari 30 finalis Putri Kartini beradu kemampuan untuk menjadi yang terbaik di depan juri. Sebelumnya, para Putri Kartini telah melalui serangkaian kegiatan untuk menilai kemampuan public speaking, bersosialisasi, hingga wawasan. Mereka mengikuti tes administrasi, wawancara hingga kunjungan ke salah satu kampus swasta terbesar nomor dua di Malang, yaitu Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Grand Final Putri Kartini persembahan M -Teens Malang Post yang memasuki tahun kelima ini juga dimeriahkan oleh berbagai lomba, diantaranya Kartini Cilik, Dance, Lomba Make Up Fantasy, hingga Photographer in Action.(fia)

TERKINI: d’Luuk Boutique menghadirkan koleksi tas model-model terbaru.

RAMAI: Stand Gizi Supercream ramai diserbu pengunjung.

SEKSAMA: Juri Putri Kartini Cilik (ki-ka) Diah JUARA: Perwakilan Garuda Indonesia, Nanang Mayangsari, Shuvia Rahma dan Stella menyimak menyerahkan hadiah kepada juara Kartini Cilik ENERGIK: Vogirls salah satu peserta dance 2014, Alyssa Salsabila. tampil energik di atas panggung. penampilan para peserta Putri Kartini Cilik.

SERIUS: Para juri dance (ki-ka) Dede, Intan, Andhang serius memperhatikan penampilan peserta dance.

INTERAKSI: MC Putri Kartini 2014, Aura Kamilah TAK MAU KALAH: Peserta Kartini Cilik tampil DETIL: Peserta lomba Make Up sedang merias berinteraksi dengan Dewi Soraya Rachma, CANTIK: Aksi Gabriele Adeline, Peserta Putri memukau di hadapan para juri. model dengan tema fantasi. salah satu peserta Kartini Cilik 2014. Kartini 2014 tampil dengan gaun berekor. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


Mp2804