Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

JUMAT, 28 MARET 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Ahmad Basarah: PDIP Tak Mau Terpancing Serangan Politik

KONSULTASI: Koordinator Kampanye Nasional, Ahmad Basarah saat mendampingi Ketua BP Pemilu Pusat, Puan Maharani, kampanye di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

JAKARTA – Serangan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah, terhadap PDIP dalam twetternya dengan hashtag #MelawanLupa, terutama menyangkut kebijakan Megawati Soekarnoputri, ketika menjabat presiden, seharusnya tidak perlu dilakukan.

Baca Ahmad ....Hal 7

PDI PERJUANGAN FOR MALANG POST

MAKOTA RIDER

Jaga Bhumi Arema TETAP KONDUSIF MALANG – Komunitas penggemar motor gede Makota Rider, menggelar apel siaga di kawasan Jalan Simpang Balapan Kota Malang, Sabtu pagi besok, untuk menyukseskan pemilu legislatif, pada 9 April mendatang. Pembina Makota Rider,

Ir. R. Agoes Soerjanto menjelaskan, kegiatan ini akan dihadiri jajaran Muspida Jatim, Muspida Malang Raya, jajaran TNI dan Polri, komunitas klub otomotif serta keluarga besar Makota Rider.

Nonton Arema, Nirwan Dibonceng Iwan Soal Stadion, Tergantung Manajemen Mau Dana Berapa MALANG – Untuk kali pertama sepanjang sejarah, big boss Arema Cronus, Nirwan Dermawan Bakrie, akhirnya tampil di hadapan publik Malang Raya. Siang kemarin, Nirwan menyambangi Singo Edan, yang sudah didanai secara penuh selama tiga tahun terakhir. Dengan menggunakan pesawat pribadi, Nirwan sampai di Malang sekitar pukul 11.45 WIB melalui Bandara Abd Saleh, Pakis. Dia ditemani dua putranya, Andra Bakrie dan Aga Bakrie. Nirwan pun disambut oleh ratusan Aremania yang memenuhi halaman depan Bandara Abd Saleh. Begitu big boss datang, suporter yang sudah merindukan kedatangan bos besar langsung menyanyikan lagu Arema. ‘’Arema, Arema kita disini Arema,’’ pekik suporter. Aremania pun menyempatkan diri mengalungkan syal serta bunga kepada pengusaha besar Indonesia yang pernah jadi Waketum PSSI itu. Setelah itu, Nirwan diarak konvoi kendaraan menuju Taman Wisata Air Wendit. Rendra Kresna, Presiden Klub Arema, sudah menanti big boss dan langsung menggelar jamuan makan di WWP. Iwan Budianto, CEO Arema, Rendra Kresna dan Nirwan berbincang sekitar setengah jam sambil beramah-tamah. Tak lama, Nirwan pun meninggalkan Rendra Kresna. Tetapi Nirwan, benar-benar ingin dekat dengan Aremania.

Baca Nonton ....Hal 7

Baca Jaga ....Hal 7

AGOES SOERJANTO

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Ke depan Indonesia makin maju, karena ke depan semuanya kelihatan dan tidak ada yang disembunyikan lagi.’’

BHUMI AREMA BERSHOLAWAT

Muspida Malang Raya Bakal Ikut Bersholawat

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

DUET : Iwan Budianto dan Nirwan Bakrie, naik motor gedhe menuju stadion Gajayana, untuk menyaksikan Trofeo Arema. Ribuan Aremania, sudah menunggu pemilik Arema ini.

ARB Kuningkan Malang Raya

RIZAL FANANI/MALANG POST

DISAMBUT MERIAH : ARB dan Tatty Bakrie, naik kendaraan hias menuju lokasi kampanye di Simpang Balapan. Ribuan simpatisan Partai Golkar hadir memeriahkan.

MALANG - Kampanye nasional Partai Golkar, di wilayah Malang Raya, yang dipusatkan di Simpang Balapan, kemarin, jadi momen kebangkitan partai bernomor urut 5 itu. Ketua Umum DPP Partai Golkar Ir H Aburizal Bakrie yang hadir secara langsung, menjadi magnet di arena kampanye. Kedatangan Ical, sapaan akrab H Aburizal Bakrie, disambut hangat warga di sepanjang jalan yang dilewati. Warga dan massa Golkar, mengeluelukan ARB, sapaan populer lain Ical sembari memekik ke-

menangan Partai Golkar. ARB yang berdiri di atas sunroof mobil dengan mengenakan syal Arema balas menyapa warga dengan melambaikan tangannya. Sambutan lebih meriah lagi saat rombongan tiba di Jalan Ijen. Bersama sang istri, Tatty Murnitriati langsung diajak pendukungnya bergabung di atas musik patrol. Wakil Sekjen DPP Partai Golkar, Ir HM Ridwan Hisjam dan Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang, Ir Sofyan Edi Jarwoko ikut mendampingi di atas musik patrol.

MALANG– Acara Bhumi Arema Bersholawat yang menghadirkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Stadion Dalam Gajayana pada Sabtu (5/4) mendatang, bakal dihadiri Muspida Kordinator se Malang Raya. Selain sebagai wujud syukur dalam rangka Satu Abad Kota Malang, acara bersholawat tersebut juga dijadikan moment untuk Panjatan Doa agar pelaksanaan Pemilu Legislatif pada 9 April dan Pemilu Presiden pada 9 Juli 2014 berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. ’’Kami ingin di Malang Raya ini tetap damai, aman dan tertib, utama pada saat pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres pada bulan Juli mendatang. Karena itu, selain kami mengajak partisipasi aktif masyarakat, juga mengajak masyarakat bersholawat dan berdoa agar Pemilu berjalan lanAbah Anton car tidak sampai terjadi hal hal yang tidak kita inginkan,’’ kata H. Moch Anton, Wali Kota Malang, yang akrab dipanggil Abah Anton ini, kemarin. Karena itu, Abah Anton mengajak masyarakat Kota Malang untuk berbondong-bondong datang ke Stadion Gajayana bersholawat dengan para ulama, kiai, habaib serta para umaro se Malang raya, dan akan dipimpin Habib Syech. ’’Mari kita buktikan bahwa masyarakat Malang itu cinta damai, dan mampu menjaga ukhuwwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam, red.) dan cinta pada tanah airnya,’’ papar Abah Anton.

Baca Muspida ....Hal 7

Baca ARB ....Hal 7

Ngalam

Ebes Arema Duwe Stadion Ewed

Ketika Seniman Berjuang Menjadi Guru Bagi Anak Autis

Dibimbing dengan Metode Seperti Momong Bayi Mengajari anak-anak normal, belajar melukis, adalah hal wajar. Tapi bagaimana jika yang diajari adalah anak autis? Butuh perjuangan dan metode khusus. Itulah yang kini dilakukan pasangan suami istri pelukis, Hery PurwantoMazroatul Wachidiyah. Lantas bagaimana metodenya?

Kana : Wah, Arema te duwe stadion ewed bes, biayane sak triliun Ebes : Mesti stadion hebat iki jes, la wong biayane ae sak mono kanyabe Kana : Iki rencanane bos Nirwan Bakrie bos, wanyik lak sing duwe ojir Ebes : Lek duwe stadion ewed, Arema tambah hegus jes, soale ojir oket sponsor ublem nang kocek ewed. Wis kadit perlu nyewo stadion, malah osi disewakno osi oketno ojir. (***)

MISKI/MALANG POST

KOMPAK: Hery Purwanto dan Mazroatul Wachidiyah ketika mengajar seni rupa terhadap anak binaannya.

Kediaman Hery dan Mazroatul, tidaklah sulit dicari. Hanya berjarak 200 meter dari perempatan lampu merah Pendem (dari arah Batu). Ancer-ancernya, dua pohon kelapa gading menjulur tinggi, berada tepat di depan rumahnya. Termasuk ada papan nama bertuliskan, ‘Sanggar Kreatif’. Di sanggar itulah, Hery dan

Baca Jaga ....Hal 7

Mazroatul, menjadi guru untuk anak-anak, agar bisa menjadi pelukis. Seperti saat Malang Post tiba, keduanya juga tengah asyik mengamati murid-muridnya melukis. Yang menarik, dari puluhan muridnya itu, ada dua orang berkebutuhan khusus. Keduanya adalah Panji (6 tahun) dan Wildan (18).

Baca Dibimbing ....Hal 7

Jawa Pos Group


nasional

jumat, 28 maret 2014

2

stop mata rantai

Pertunjukkan Karya Seni Perayaan Hari TB Sedunia

MASIH MENCARI : Seorang petugas mencari petunjuk dari pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia.

Pesawat MH370 Hilang

Keluarga Masih Dapat Sinyal dari Firman JAKARTA-Pihak keluar­ ga Firman Candra Siregar, pe­num­pang pesawat MH370, hingga saat ini masih belum bisa mene­rima pernyataan dari Peme­ rintah Malaysia bahwa pesawat jatuh di Samudera Hindia. Mereka punya alasan. Sep­ erti diungkapkan kakak kand­ ung Fir­man, January Siregar, pas­cadinyatakan pesawat hi­ lang kontak 8 Maret 2014, pihak keluarga masih menda­ pat panggilan melalui saluran Skype dari iPad milik Firman. “Saya lihat ada missed call pada tanggal 11 dan tanggal 13 Ma­ret, dari iPad yang dipegang firman,” ujar January, kemarin. Hal inilah yang masih me­ yakinkan pihak keluarga bahwa Firman dan penump­ ang lainnya selamat. Apalagi, hingga saat ini tidak ditemu­ kan bukti-bukti berupa puing

dari pesawat. January yang juga Ketua Persatuan Marga Siregar Kota Medan mengatakan, infor­ masi ini sudah diberitahukan ke pihak Pemerintah Malaysia dan maskapai Malaysia Airlines. Untuk itu, kata January, pihak keluarga Firman dan ke­ luarga penumpang asal Indo­ nesia telah mengirimkan petisi agar Ma­laysia dan maskapai membe­rikan informasi yang akurat dan transparan. “Kami juga ber­harap agar pemerintah Ma­lay­ sia tidak menghentikan proses pen­carian hingga pesawat MH370 ditemukan,” kata January. Proses pencarian hari ini ma­sih dilanjutkan. Namun, upaya pen­ carian terkendala cuaca. Mereka harus berpacu dengan waktu, karena menurut prediksi Biro Meteorologi Australia, cuaca hari ini diprediksi akan memburuk.

Stasiun berita Channel News Asia, melansir pernyataan juru bicara Biro Meteorologi Aus­ tralia, Neil Bennet, cuaca ke­ marin berpotensi badai. “Selain itu, angin juga bertiup kencang. Kondisi ini bisa semakin mem­ buruk,” ungkap Bennett. Dalam proses pencarian yang digelar Kamis (27/3), akan melibatkan total 11 pe­ sawat dan lima kapal. Otoritas Kesela­matan Maritim Austra­ lia (AMSA), dalam sebuah per­nyataannya menyebut bah­ wa area pencarian dipecah menjadi dua area dengan jang­ kauan yang sama yakni 78 ribu ki­lometer persegi. Pesawat pertama yang telah meninggalkan Perth dalam proses pencarian, yakni pe­sawat Ilyushin IL-76 asal China yang terbang sekitar pukul 08:00 waktu setempat. Semen­tara dua

pesawat milik Australia RAAF AP-3C Orion akan berangkat sebelum siang kemarin. Selain pesawat militer, lima pesawat sipil juga dijadwalkan akan berangkat antara pukul 09:30 hingga 11:00. Pesawat militer jepang ultra rentang panjang akan berangkat sekitar pukul 14:00. Untuk pesawat jenis P3 Orion mereka, baru akan berangkat pukul 17:00. Kapal Angkatan Laut Aus­ tralia, HMAS Sucess juga masih dikerahkan di area sekitar 2.500 bagian barat daya Perth. Mereka akan bergabung de­ngan empat kapal laut China yang sudah leb­ ih dulu berada di area pencarian yakni Xue Long, Kunlunshan, Haikou dan Qiandaohu. Sementara Pelaksana Men­teri Transportasi Malaysia, Hisham­ muddin Hussein, pada Rabu malam (26/3) kembali mengge­

lar jumpa pers di Kuala Lumpur untuk menginfo­rmasikan soal temuan baru dari satelit Pran­ cis. Menurut pen­citraan satelit, ditemukan lebih dari 100 objek yang diduga kuat merupakan bagian dari puing pesawat Boe­ ing 777-200 ER. “Kami kini memiliki empat petunjuk dari satelit yang ber­ beda yakni Australia, China, dan Prancis. Penting bagi kami untuk menghubungkan semua petunjuk ini dengan puing-puing MH370,” ujar Hisham­muddin dan dilansir harian Straits Times. Pencitraan terakhir berhasil ditangkap oleh satelit Prancis, menunjukkan 122 objek po­ tensial di area samudera 400 kilometer persegi pada Senin kemarin. Ukuran objek terse­ but bervariasi antara 1 meter hingga 23 meter. (jpnn/udi)

Terima Suap Rp 75 juta, Chairun Nisa Divonis 4 Tahun Bui JAKARTA- Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan vonis empat tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider tiga bulan kurungan kepada Chairun Nisa, terdakwa kasus suap pe­ngurusan gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas di Mahkamah Konstitusi (MK). Hakim menyatakan, terdakwa selaku anggota DPR RI terbukti menerima suap Rp75 juta dari Bupati Gunung Mas Hambit Bintih. “Menyatakan terdakwa Chairun Nisa bersalah mela­ kukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan kedua,” kata Ketua Majelis Ha­ kim Suwidya saat mem­bacakan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 28 Maret 2014. Perbuatan terdakwa terbukti sebagaimana dalam dakwaan kedua, yakni melanggar Pasal 11 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembe­ rantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah de­ ngan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2001 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. Hakim tidak sependapat dengan penuntut umum yang menuntut terdakwa dengan Pasal 12 huruf c UU Tipikor. Karena, menurut majelis, ter­ dakwa bukanlah hakim yang dapat dapat memutuskan per­kara, melainkan seorang ang­gota DPR RI. Terdakwa juga dinyatakan tidak pernah me­n erima uang Rp3 miliar dari Hambit Bintih, melalui pe­n gusaha Cornelis Nalau Antun. Bahkan terdakwa tidak pernah melihat uang tersebut. Hakim menilai, uang terse­ but bukan ditujukan untuk ter­dakwa, tapi akan diserahkan kepada Akil Mochtar yang saat itu merupakan Ketua MK.

“Ter­d akwa adalah sebagai perantara antara Hambit Bintih dan Akil Mochtar,” ujar maje­ lis hakim. Menurut majelis, terdakwa Chairun Nisa terbukti mene­ rima suap dari Hambit Bin­ tih sebesar Rp75 juta, kar­ ena terdakwa telah membantu Hambit Bintih menghubungi dan mendekati Akil Mochtar untuk mempengaruhi putusan MK terkait gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas. “Hambit Bintih mengira bahwa terdakwa bisa mem­ban­ tu mengurus gugatan sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas karena terdakwa memiliki hubungan yang dengan Akil Mochtar,” terangnya. Hakim menganggap pembe­ laan terdakwa yang menya­takan bahwa uang Rp75 juta dari Hambit Bintih adalah untuk biaya naik haji adalah tidak rel­

BANDING: Politisi Golkar Chairun Nisa divonis 4 tahun dalam kasus penyuapan mantan Ketua MK Akil Mochtar. evan. Karena dinilai terbukti ada kaitannya dengan pengu­rusan Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dalam menjatuhi putusan, majelis lebih dulu memper­tim­ bangkan hal-hal yang membe­

ratkan dan meringankan bagi terdakwa. Yang member­ atkan, perbuatan terdakwa menye­b abkan kepercayaan masya­rakat terhadap lembaga pera­d ilan, khususnya MK menurun.

Perbuatan terdakwa meru­ sak nilai-nilai demokrasi da­ lam pemilihan umum kepala daerah, perbuatan terdakwa tidak mendukung program peme­r intah dalam melaku­ kan pem­berantasan korupsi, kolusi dan nepotisme. Sedan­ gkan yang meringankan ter­ dakwa terus terang mengakui per­buatannya, sopan, belum per­n ah dihukum, dan telah berjasa memajukan daerah yang diwakilinya se­b agai DPR RI, khususnya di bidang pen­didikan. Menang­gapi pu­ tusan tersebut, Chairun Nisa me­nyatakan banding. ”Setelah berkonsultasi de­ ngan penasehat hukum saya akan menyampaikan sikap. Mohon maaf yang mulia, saya me­nyatakan akan melakukan banding,” kata Nisa sembari menangis di persidangan, kemarin. (jpnn/udi)

JAKARTA- Banyak cara dalam menandai awal sebuah keg­ iatan. Seperti pemukulan gong, pengguntingan pita, memecah kendi, membunyikan sirene, dan sebagainya. Tapi apa yang dilakukan Hakuhodo Lotus bersama CEPAT-LKNU menjadi suguhan tersendiri. Untuk menandai dimulainya rangkaian kegiatan dalam rangka Hari TB Sedunia, sebuah karya seni dipertunjukkan pada khalayak ramai. Terdiri dari 5.000 keping blok persegi panjang, di atas area seluas 90 meter persegi, blok-blok tersebut disusun dalam 3 bentuk grafis yang memiliki makna. Pertama adalah “spiral” yang berarti penyebaran. Ini melambangkan proses penyeba­ ran bakteri TB yang dengan mudah dapat menjangkiti siapa pun. Proses ini akan berlangsung terus-menerus. Bentuk kedua adalah “paru-paru”.Cairan tubuh yang mem­ bawa bakteri hanyalah yang berasal dari paru-paru penderita. Air liur, air mata, nafas, tidak menyebabkan orang lain tertu­ lar. Bentuk ketiga adalah “batuk”. Batuk berkelanjutan adalah salah satu sindrom yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin saja mengidap TB. Batuk juga merupakan metode penyebaran yang paling umum terjadi. Dalam siaran pers yang dikirim ke Malang Post dis­ ebautkan, blok terkecil yang menjadi pemicu efek berantai hanya setinggi 2,5 cm. ‘’Sebuah simbolisasi bahwa sebuah penyebaran besar (blok terbesar berukuran tinggi 4m) bisa saja ditimbulkan oleh hal yang kecil atau sederhana. Tapi sayangnya hal sederhana tersebut sering dianggap sebelah mata oleh pengidap sampai akhirnya ketika sadar, seringkali semua sudah terlambat,’’ kata Hakuhodo Lotus. Penyusunan karya seniter sebut sendiri memakan waktu 20 jam, dikerjakan oleh 12 tenaga sukarela yang mayoritas terdiri dari mahasiswa. Dibagian akhir karya seni ini balok kayu mulai beres kalasi menjadi makin besar. Uniknya, balok terbesar tidak roboh layaknya balok-balok lainnya. Balok terakhir akan bertahan berdiri karena ditahan oleh “masyarakat”. ‘’Ini merupakan simbolisasi dari kehendak bersama dari setiap stakeholder kesehatan masyarakat untuk menghentikan penyebaran TB. Moment ini sekaligus menjadi puncak peringatan Hari Tuberkulosis yang diselenggarakan oleh CEPAT-LKNU,’’ katanya. (*/udi)

Merapi dan Slamet Semburkan Abu YOGYAKARTA- Gunung Merapi di Yogyakarta dan Gunung Slamet di Jawa Tengah menyemburkan abu tipis pada Kamis 27 Maret 2014. Pantauan Badan Penanggulangan Bencana Nasional pada pukul 13.03 - 13.27, telah terjadi peningkatan aktivitas seismisitas Gunung Merapi. “Pada pukul 13.14 terjadi hembusan mengeluarkan abu,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kemarin. Menurut Sutopo, hembusan terjadi karena adanya pelepasan gas. Saat terjadi hembusan kondisi puncak tertutup awan. Sebelumnya terjadi suara gemuruh. “Masyarakat merasakan guncangan,” ujarnya. Pukul 13.30 kondisi sudah kembali nor­ mal. Namun hujan abu masih terjadi di beberapa tempat seperti di Manisrenggo, Karangnongko (Klaten), Deles, Tegalmulyo, dan Tlogowatu. Status gunung Merapi tetap Normal Aktif (level I). “Kami imbau masyarakat tetap tenang,” katanya. Sementara itu untuk Gunung Slamet masih terjadi gempa hembusan dan letusan. Namun tidak menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Catatan BNPB terjadi 10 kali letusan dengan asap berwarna kelabu tebal dengan tinggi 300-800 meter ke arah timur. Gempa hembusan asap seban­ yak 75 kali. Status Waspada (level II). Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di radius 2 km. “Kami imbau tetap tenang,” ujar Sutopo. (jpnn/udi)

Jaksa KPK Siapkan 66 Saksi Kasus Century JAKARTA - Setelah majelis hakim menolak keberatan terdakwa kasus Century, Budi Mulya, sidang kasus korupsi korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) Bank Century dan proses penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi. Sidang yang dipimpin Hakim Aviantara itu telah menyiapkan jadwal persidangan ketat untuk terdakwa Budi Mulya. Menurut Aviantara, sidang kasus Century itu akan digelar tiga kali seminggu. Yakni setiap hari Senin, Kamis, dan Jumat. “Karena sidangnya banyak. Dan juga bulan April, Mei itu banyak hari liburnya,” kata Aviantara di persidangan, Kamis 27 Maret 2014. Hakim memberikan kesempatan kepada penuntut umum untuk menghadirkan saksi-saksi pada periode 4 April sampai 9 Mei 2014. Kemudian pada 12 Mei, hakim memberikan kesem­ patan kepada penasihat hukum untuk menghadirkan saksi me­ ringankan. Rencananya, Budi Mulya akan menghadapi sidang dengan agenda tuntutan penuntut umum pada 9 Juni 2014, dan sidang putusannya akan digelar pada 14 Juli 2014. Penuntut Umum KPK, KMS Roni menyambut baik jadwal sidang yang telah disampaikan majelis hakim. Dia mengaku telah menyiapkan saksi-saksi fakta untuk terdakwa mantan Deputi IV Gubernur Bank Indonesia itu. “Saksinya ada 66 orang dari semua saksi yang ada dalam berkas perkara. Boediono ada di dalam daftar,” ujar Jaksa KMS Roni. (jpnn/udi)

redaktur: mahmudi, layout: kurdi


JUMAT, 28 MARET 2014

Polytron Perkuat Jaringan After Sales Resmikan Showroom dan Service Centre Khusus Mobile Phone SURABAYA – Polytron mengambil langkah strategis untuk memperkuat segmentasi di pasar ponsel tanah air dengan memperbanyak jaringan purna jual. Rabu (26/3) lalu, pabrikan elektronik tersebut meresmikan showroom dan service centre Polytron Mobile di Plaza Marina, Surabaya. Public Relation dan Marketing Event Manager Polytron, Santo Kadarusman menjelaskan, outlet ke 63 tersebut merupakan senjata Polytron untuk meyakinkan konsumen bahwa produk ponsel besutannya layak merajai pasar. “Kepercayaan terhadap produk akan meningkat mana kala jaringan after sales kuat. Karena itulah, Polytron membuka showroom dan service centre khusus untuk perangkat mobile,” terang Santo. Penambahan jaringan after sales tersebut sejalan dengan makin meningkatnya produksi mobile phone Polytron. Saat ini, pabrik ponsel yang didirikan PT Hartono Istana Teknologi yang berlokasi di jalan KHR Asnawi Kudus, Jawa Tengah telah memiliki kapasitas produksi sebanyak 30 ribu unit per bulan. “Tidak menutup kemungkinan, kapasitas produksi bisa ditingkatkan menjadi 100 ribu per bulan,” imbuh pria ramah tersebut. Santo menegaskan, Polytron memang tak main-main saat memutuskan untuk terjun di dunia ponsel. Dalam beberapa tahun belakangan, angka pertumbuhan smartphone naik secara drastis. Kendati smart-

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

LINE UP: General Manager Polytron Mobile Phone, Usun Pringgodigdo ditemani para model sedang mendiskusikan produk line up di Showroom dan Service Centre Polytron Mobile phone di Plaza Marina, Surabaya. phone makin populer, namun ia menegaskan Polytron masih akan memproduksi feature phone. “Komposisi antara smartphone dan feature phone saat ini sekitar 70 persen dan 30 persen. smartphone memang laris manis, namun penggemar feature phone yang memiliki fungsi lebih sederhana juga masih banyak,” urai dia panjang lebar.

Mito 238

IRA RAVIKA/MALANG POST

DIBEKALI NEO: Mito 238 memiliki market aplikasi khusus bernama NEO.

Instagrammer Capai 200 Juta INSTAGRAM merayakan keberhasilannya dalam meraih jumlah anggota yang mencapai 200 juta. Pencapaian ini menjadi tonggak kesuksesan Instagram pasca diakuisisi Facebook. “Kami sangat antusias atas jumlah 200 juta instagrammer yang semakin banyak mengambil dan membaginya ke seluruh pengguna di seluruh dunia,” tulis pihak Instagram melalui blognya. Penetrasi Instagram memang sudah terlihat sejak mereka membuka diri untuk platform Android. Saat itu, jumlah pengunduh Instagram melesat hingga 10 juta download dalam kurun waktu beberapa hari saja sejak dilepas di Google Play Store. Performa Instagram dalam menggaet user memang melaju dengan cepat. Sekitar dua tahun lalu, saat Instagram mengumumkan pencapaian 30 juta user, 10 hari kemudian langsung melonjak seketika menjadi 40 juta pengguna. Sebagai perbandingan, Facebook membutuhkan waktu 4 tahun untuk merangkul 100 juta user. Dan hanya butuh 4 tahun bagi Instagram untuk melewati angka yang pernah dicapai oleh sang induk semangnya tersebut.(dtc/fia)

General Manager Polytron Mobile Phone, Usun Pringgodigdo menambahkan, untuk dapat menancapkan nama di pasar smartphone, Polytron telah memiliki beberapa strategi khusus. Selain memperkuat jaringan after sales, pabrikan juga rutin menambah line up produk. “Setidaknya ada dua atau tiga

produk yang akan diluncurkan tahun ini. salah satunya tablet. Jika tidak ada aral melintang, tablet Polytron akan diluncurkan sekitar bulan depan,” tutur dia. Saat ini, produk Polytron yang telah beredar di pasar antara lain, Wizard Quadra HD, Quadra V, Quadra Mini, Crystal II, Quadra Fast and Furious,

C301, C260, C281, PG101B, C200, hingga PG2200Q. “Harga murah dan spesifikasi yang lengkap juga menjadi cara Polytron untuk menarik konsumen. Kami memiliki ponsel Rp 200 ribuan yang sudah support dengan aplikasi WhatsApp. Serinya C283,” pungkas dia.(fia)

Ponsel Sederhana Tahan Lama MALANG – Sebagai pabrikan lokal, Mito tidak hanya fokus menciptakan ponsel berbasis Android dengan harga terjangkau. Tapi pabrikan yang berpusat di Cina ini juga menciptakan berbagai tipe feature phone, salah satunya dengan mengenalkan Mito 238. Ponsel satu ini memang tidak banyak memiliki fitur. Bahkan bisa dikatakan, kehadirannya mengingatkan pada ponselponsel jadul yang hanya mengandalkan fungsi telpon serta SMS saja. Namun disitulah sisi kelebihannya. Berbekal fungsi SMS dan telepon, ponsel ini mampu untuk bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan ponsel-ponsel lainnya. Promotor Mito, Fiko Cahyono memastikan, jika ponsel seharga 200 ribuan ini mampu bertahan lebih dari satu minggu dalam kondisi stand by. “Saat digunakan secara aktif telepon dan SMS, baterai pada

perangkat ini masih bisa bertahan hingga 2 hari,’’ katanya. Kondisi inilah yang membuat perangkat ini layak untuk dimiliki, terutama untuk masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi. “Baterai smartphone hanya mampu bertahan 8 jam untuk pemakaian aktif. Padahal komunikasi tetap harus jalan, solusinya adalah membawa ponsel standart dengan baterai tahan lama,’’ kata Fiko. Malang Post sendiri kemarin sempat mencoba perangkat tersebut. Yaitu dengan menghidupkan ponsel. Kali pertama setelah tombol on ditekan, tampil tulisan Mito. Seperti ponsel klasik, proses booting itu tidak lama. Selanjutnya, tampak pada layar pengaturan tanggal, kemudian pengaturan jam. Kedua menu itu bisa diabaikan, dan langsung masuk pada menu utama. Sekalipun ponsel ini mengusung layar seluas 2.4 inci, namun perangkat ini mampu menampilkan 12 menu. Diantaranya

kontak, perpesanan, riwayat panggilan, pengaturan, gallery, musik, file manager, browser dan note. Perangkat ini juga dibekali dengan menu pengembangan dari Mito bernama NEO. “NEO merupakan aplikasi market ciptaan Mito yang fungsinya untuk mendapatkan konten, seperti konten musik, gambar, atau game,’’ kata pria ini, sembari mengatakan menu tersebut menjadi andalan Mito untuk produk-produk ponsel standart. Fiko mengatakan perangkat ini tidak ubahnya ponsel Mito lainnya. Perangkat bergaya candy bar ini dibekali dengan Mode dual ON GSM-GSM. Ponsel ini juga dibekali dengan kamera di bagian belakang, yang tentunya memberikan peluang pengguna untuk bisa mengabadikan gambar. Selain itu perangkat ini juga dibekali dengan file multi media, seperti pemutar musik dengan format MP3, MP4, dan pemutar video dengan format 3GP.(vik/fia)

Mouse Telur Warna-warni Menarik Hati MALANG – Mouse menjadi perangkat wajib yang dimiliki pengguna Personal Computer (PC) ataupun Notebook. Itu karena perangkat ini sangat memudahkan, baik itu saat menjalankan program office, maupun program lainnya, tidak terkecuali bermain game. Dalam perkembangannya, mouse pun juga memiliki perubahan. Jika pertama mouse menggunakan colokan, kini menggunakan USB. Sebagai penggeraknya, mouse dulu dibekali dengan tracking ball, sedangkan mouse sekarang menggunakan LED optic. Tapi seiring zaman, perubahan tidak hanya itu saja, bentuk mouse pun berubah. Terlebih saat ini, salah satu pabrikan elektronik Cina menciptakan mouse lucu, dengan bentuk telur. Tentu saja, perangkat ini sangat menarik. Terlebih perangkat

ini hadir dengan warna-warna lucu, seperti pink, orange, putih, hitam, biru muda. Head Store Zona Tech, Rini Supriyatin menjelaskan, desain yang lucu membuat perangkat ini cukup laris manis. Rini mengatakan, perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan saja. Sementara untuk kinerjanya, Rini mengatakan Mouse egg fancy ini sama dengan mouse lainnya. Dia dibekali dengan kabel USB untuk menyambungkan ke komputer. Sementara sebagai motornya perangkat ini juga dibekali dengan sensor LED Optik. (vik/fia) IRA RAVIKA/MALANG POST

LUCU: Mouse berbentuk bulat menyerupai telur ini menawarkan warna yang beragam.

Tag Foto di Twitter, Tetap 140 Karakter FITUR foto di Twitter mobile kian dipercantik dan ditambah fungsinya. Pengguna kini bisa melakukan tag foto ke 10 orang tanpa khawatir mengurangi jatah karakter tweet. “Anda bisa menambahkan @ ke siapa saja yang diinginkan, dan Anda masih punya 140 karakter,” ujar Twitter seperti dilansir Tech Radar, Kamis (27/3/2014). Ketika Anda melakukan tag foto ke seseorang, Anda akan menerima notifikasi, sama seperti bagaimana Twitter mengirim alert saat orang yang Anda follow membicarakan topik yang mungkin diminati, atau telah mem-follow orang yang sama. Pengguna bisa mengatur jenis notifikasi yang

akan diterima dan mengatur siapa saja yang bisa di-tag di bagian Settings. Twitter menambahkan informasi mengenai fungsi baru ini di halaman support ‘Posting photos on Twitter’. Selain fungsi foto tagging, Twitter juga memungkinkan pengguna mobile membagi hingga empat foto dalam satu tweet. Menariknya, foto yang dibagi tidak lagi ditampilkan dalam layout side by side, melainkan secara otomatis membentuk kolase empat foto. Fungsi ini mulai dirilis untuk pengguna iPhone kemarin, menyusul kemudian untuk pengguna perangkat Android dan Twitter di desktop.(dtc/fia)

3

HARGA PONSEL

SAMSUNG Samsung Glx Grand Rp 3.275.000 Galaxy Fame Rp 1.650.000 Galaxy Young Rp 1.200.000 Galaxy Y Neo Rp 950.000 Galaxy Chat Rp 1.100.000 Glx Note 10.1, Rp 7.999.000 2014 edition Galaxy Note 3 Rp 8.100.000 Galaxy Ace 3 Rp 2.200.000 Caramel E1272 Rp 329.000 Galaxy Camera GC 100 White Rp 5.499.000 Galaxy S4 Rp 6.800.000 Galaxy Note 8.0 Rp 5.100.000 Galaxy Mega (5.8) Rp 4.200.000 Galaxy Mega (6.3) Rp 5.000.000 Samsung REX 70 S3802 Rp 699.000 Galaxy Tab 3 (8.0) Rp 4.200.000 Galaxy Star Rp 775.000 Galaxy Tab 3 (10.1) Rp 4.675.000 Galaxy S4 mini Rp 4.675.000 Galaxy S4 Zoom Rp 5.125.000 Galaxy Core Rp 2.575.000 Galaxy Tab 3 (7.0) Rp 3.275.000 Galaxy Infinite Rp 1.925.000 Galaxy Star Plus Rp 1.199.000 Note Pro 12.2 Rp 10.999.000 NOKIA Nokia 100 Nokia 101 Nokia 109 Nokia 110 Nokia 112 Nokia 208 Asha 205 (s) Asha 206 Asha 305 Asha 310 Asha 311 Asha 210 Asha 501 Lumia 520 Lumia 620 Lumia 720 Lumia 820 Lumia 920 Lumia 625 Lumia 925 Lumia 1020 Nokia 108 Nokia 107 Lumia 1520 Lumia 1320

Rp 275.000 Rp 325.000 Rp 399.000 Rp 455.000 Rp 499.000 Rp 800.000 Rp 625.000 Rp 687.000 Rp 800.000 Rp 870.000 Rp 950.000 Rp 785.000 Rp 925.000 Rp 1.450.000 Rp 2.450.000 Rp 2.100.000 Rp 3.500.000 Rp 3.599.000 Rp 2.499.000 Rp 6.200.000 Rp 7.499.000 Rp 418.000 Rp 307.000 Rp 9.450.000 Rp 4.750.000

SONY Xperia ZR Xperia Z LTE Xperia E Single Xperia L Xperia Z Xperia TX Xperia C Xperia Z Ultra Xperia M Xperia E Dual Xperia M Dual Xperia Z1

Rp 5.749.000 Rp 5.999.000 Rp 1.499.000 Rp 2.749.000 Rp 5.499.000 Rp 3.799.000 Rp 2.999.000 Rp 6.199.000 Rp 2.399.000 Rp 1.599.000 Rp 2.499.000 Rp 7.999.000

LG LG G2 E985 LG Pro Lite LG Nexus 4 Optimus G LG Optimus L3 II dual LG Optimus L3 II Optimus L5 II Optimus L5II dual Optimus L7 II Optimus L7 II dual Optimus L9

Rp 6.299.000 Rp 6.999.000 Rp 3.199.000 Rp 3.499.000 Rp 4.299.000 Rp 1.175.000 Rp 1.080.000 Rp 1.785.00 Rp 1.880.000 Rp 2.190.000 Rp 2.599.00 Rp 3.199.000

BlackBerry BB Z10 BB Q10 BB Q5 BB Gemini 3G BB Dakota 9900 BB Tourch 2 BB Monza BB Belagio BB Samoa BB Davis BB Amstrong BB Z30 16 GB

Rp 3.799.000 Rp 5.699.000 Rp 3.599.000 Rp 1.299.000 Rp 4.499.000 Rp 2.799.000 Rp 1.999.000 Rp 3.199.000 Rp 2.499.000 Rp 1.599.000 Rp 1.999.000 Rp 7.999.000

LENOVO S890 A850 A516 P780 P780 (8GB) A690 S720 S920 (8 GB) S820 (8GB) A706 A1000 K900 (16GB) S920 (4GB) A369 S820 (4GB) A3000 S930 S960 K900 (32GB) A269i S650i B8000 B6000

Rp 2.499.000 Rp 2.299.000 Rp 1.549.000 Rp 2.899.000 Rp 3.199.000 Rp 700.000 Rp 1.749.000 Rp 2.699.000 Rp 3.099.000 Rp 1.999.000 Rp 1.349.000 Rp 3.499.000 Rp 2.424.000 Rp 999.000 Rp 2.799.000 Rp 2.299.000 Rp 3.499.000 Rp 4.399.000 Rp 4.349.000 Rp 699.000 Rp 2.999.000 Rp 4.649.000 Rp 3.649.000

HUAWEI Asceng G510 Rp 1.899.000 Ascend Mate Black Rp 3.999.000 Ascend Y210 Rp 899.000 Ascend Y300 Rp 1.499.000 S7 Vogue Tab 7 inci Rp 2.599.000 iPhone 4 8GB 5s 16 GB 5s 32 GB 5s 64 GB 5c 32GB 5c 16GB

Rp 4.199.000 Rp 9.999.000 Rp 11.499.000 Rp 13.099.000 Rp 9.499.000 Rp 7.999.000

*Sumber: Global Teleshop (update 27 Maret 2014) *Harga dapat berubah sewaktu-waktu REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: ABDEE


4

JUMAT, 28 MARET 2014

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN DI BANDARA ABD SALEH MALANG NO OPERATOR

KEDATANGAN

KEBERANGKATAN

No PNBAN

Waktu

No PNBAN

Waktu

1

Sriwijaya Air

SJ 250

08.10

SJ 251

08.40

2

Citilink

QG 9243

08.55

QG 9244

09.25

3

Garuda Indonesia

GA 290

10.20

GA 291

11.00

4

Kalstar Aviation

KD 682

11.05

KD 683

11.30

5

Sriwijaya Air

SJ 246

12.20

SJ 247

12.50

6

Garuda Indonesia

GA 292

12.30

GA 293

13.10

7

Wings Air

IW 1840

14.00

IW 1841

14.25

8

Sriwijaya Air

SJ 248

14.20

SJ 249

14.50

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

KASIHAN : Seorang gelandangan tengah tertidur di trotoar Taman Trunojoyo, Malang. Seharusnya pemerintah Kota Malang wajib merawat para gelandangan dengan membuat panti jompo yang cukup, bukan menelantarkan seperti ini.

Anggaran Pendidikan: Antara Harapan dan Kenyataan

DEWASA ini terdapat kecenderungan masalah anggaran pendidikan telah menjadi wacana publik dalam arti hampir semua lapisan telah menyadari bahwa kondisi terpuruknya pendidikan di Indonesia bersumber pada rendahnya anggaran pendidikan. Banyak pihak menginginkan agar anggaran pendidikan dinaikkan dalam upaya membantu masyarakat miskin dalam perwujudan haknya memperoleh pendidikan. Anggaran pendidikan merupakan salah satu elemen penting untuk menunjang jalannya pelaksanaan pendidikan. Oleh karena itu hal-hal yang berkaitan dengan anggaran dan sarana ini harus dijamin dalam undangundang sistem pendidikan. Bila kita mempelajari perkembangan n eg ar a- n e g ar a y an g mas a k in i menikmati kemakmurannya meskipun tidak memiliki sumber daya alam yang besar bila dibandingkan dengan Indonesia, tetapi mereka memulai pembangunannya melalui pendidikan, seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Vietnam. Negara-negara tersebut menganggarkan proporsi anggaran pendidikannya dalam jumlah yang signifikan sehingga pendidikan dapat berlangsung dengan baik. Namun demikian, pencanangan kenaikan anggaran pendidikan dalam APBN merupakan pertanda yang baik terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. J.R.Hough dalam bukunya Educational Policy. An International Survey (1984) mengemukakan bahwa hubungan antara kenaikan anggaran pendidikan dengan peningkatan mutu pendidikan, sifatnya sangat relatif tergantung pada berbagai variabel antara lain motivasi kenaikan anggaran, signifikansi kenaikan, alokasi, kebijakan yang mendukung, manajemen dalam prosedur penggunaan dan pengawasan, kualitas manusia yang terlibat dalam

memadai, maka tidak dapat diharapkan pengelolaan. Bila kenaikan tersebut hanya terwujudnya aktivitas pendidikan yang m e r u p a k a n k o n s u m s i p o l i t i k , efektif sehingga pada gilirannya akan maka jangan terlalu berharap akan berpengaruh pada kualitas proses dan berpengaruh pada peningkatan mutu hasil pendidikan. Terdapat sejumlah hal yang paling pendidikan yang sebenarnya, sebab yang menjadi sasarannya ialah kepentingan diharapkan dengan kenaikan anggaran pendidikan dalam politik dan bukan APBN. Pertama, kepentingan Oleh hendaknya kenaikan pendidikan. Kenaikan anggaran tersebut anggaran yang hanya VIENGDAVONG berlandaskan motivasi s e k a d a r b e rg e s e r intrinsik dengan satu atau dua persen, LUANGSITHYDETH berbasis paradigma jelas tidak akan mahasiswa asal Laos peserta pendidikan dan bukan memberikan pengaruh Program Doktoral Program Studi dengan paradigma yang signifikan, Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang yang bermuatan sebab apa yang dapat politik. Dengan diharapkan dari paradigma pendidikan, penambahan yang hanya ala kadarnya tersebut. Proporsi maka segala wujud prosesnya akan lebih alokasi anggaran merupakan variabel diarahkan pada pencapaian visi dan yang harus diperhitungkan yaitu pos- misi pendidikan sebagai infrastruktur pengembangan sumber daya manusia. pos penggunaan anggaran tersebut. Kedua, realisasi anggaran hendaknya Salah satu unsur yang paling strategis dan menentukan dalam pendidikan tidak berhenti sampai pada wacana saja, secara keseluruhan adalah guru dan akan tetapi perlu ditindak-lanjuti dengan tenaga kependidikan lainnya. Bila langkah nyata untuk mewujudkannya. kenaikan anggaran tidak menyentuh Ketiga, kenaikan tersebut harus dalam unsur guru dan tenaga kependidikan proporsi dan besaran yang signifikan lainnya, maka pengaruhnya akan sangat dengan kejelasan penggunaannya serta kebijakan manajemen yang kecil atau tidak ada. Tilaar dalam bukunya Kekuasaan memadahi, menjamin sampainya d a n P e n d i d i k a n . M a n a j e m e n anggaran tersebut ke sasaran di lini Pendidikan Nasional dalam Pusaran terdepan yaitu tingkat institusional Kekuasaan (2009) menegaskan bahwa dan instruksional. Keempat, anggaran kebijakan dalam manajemen juga pendidikan harus memberikan prioritas ikut menentukan, karena apabila dana agar guru dan tenaga kependidikan tersebut dikelola dengan pola-pola lainnya memperoleh peningkatan birokratis dan melalui prosedur yang kesejahteraan dan profesi secara efektif. panjang, maka kucurannya tidak Kelima, satuan pendidikan harus diberi mencapai sasaran terdepan yaitu di peluang untuk memberdayakan diri tingkat institusional dan instruksional. dalam mengelola anggaran pendidikan Lebih parah lagi apabila terdapat baik yang bersumber dari APBN/ muatan KKN yang terlalu besar dalam APBD maupun yang bersumber dari perencanaan dan pengelolaan anggaran. sumber lain. Manajemen berbasis Dalam kondisi aktivitas pendidikan di paradigma birokratis harus digeser institusional dan instruksional yang dengan manajemen yang berbasis pada kurang terdukung dengan dana yang paradigma pemberdayaan institusional

 

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

   





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

     



dan personal dalam wujud model manajemen berbasis sekolah, dan pendidikan berbasis masyarakat. Sonhadji dalam bukunya yang berjudul Manusia, Teknologi, dan Pendidikan. Menuju Peradaban Baru (2012) menegaskan bahwa hal yang paling mendasar adalah kemauan dan kepedulian dari bangsa ini untuk menggeser paradigma pembangunan bangsa dengan pendidikan sebagai prioritas dan landasan utama. Sudah saatnya demi masa depan bangsa, para elit politik baik di legeslatif maupun eksekutif untuk menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan dan bukan sekadar sebagai kewajiban atau beban. Memang disadari bahwa investasi pendidikan tidaklah instan dalam arti hasilnya baru akan terlihat dalam jangka panjang, tetapi janganlah lupa pula, bahwa tugas kita ialah mewariskan sesuatu yang lebih langgeng kepada generasi penerus bangsa. Dengan menempatkan pendidikan sebagai kebutuhan, maka akan lahir berbagai upaya nyata untuk mencapainya dengan mengoptimalkan semua sumber-sumber daya pendukung dan pengelolaan yang baik. Pengelolaan pendidikan termasuk anggarannya hendaknya benar-benar mempertimbangkan paradigma pendidikan. Diharapkan pula agar kepedulian terhadap pendidikan dijadikan sebagai kriteria dalam menyeleksi dan menilai keberhasilan para elit politik dalam mewujudkan amanat rakyat. Misalnya menilai keberhasilan seseorang kepala daerah dengan melihat sampai sejauh mana kualitas wawasan, program, dan kinerjanya dalam meningkatkan pendidikan di daerahnya. Demikian pula menilai keberhasilan para wakil rakyat baik di pusat maupun di daerah, dengan melihat proses dan hasil perjuangannya dalam memperhatikan pendidikan untuk rakyat khususnya kegigihan memperjuangkan anggaran pendidikan. Rakyat pun hendaknya dapat mencermati pilihannya pada wakil-wakilnya yang benar-benar peduli dan berbuat nyata untuk pendidikan. Dengan demikian pendidikan politik bagi seluruh rakyat diarahkan pada kepedulian terhadap pendidikan yang tercermin dalam partisipasi nyata untuk mewujudkan pendidikan. Bila pendidikan harus mampu eksis dalam perspektif global, maka pemerintah pusat dan daerah harus benar-benar ada kemauan politik dan keberanian mengusahakan tersedianya anggaran pendidikan yang memadahi. Kewajiban pemerintah dalam hal penyelenggaraan satu sistem pendidikan sudah seharusnya secara implisit dengan kewajiban mengusahakan dan menyediakan anggaran dan sarana pendidikan yang memadai.(*)

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Obsesi Stadion Milik Arema KALAU tidak ada aral melintang, Arema akan memiliki stadion sendiri dengan standar internasional. Rencana pembangun stadion tersebut menjadi topik bahasan saat bos Arema Cronus Nirwan Bakrie berkunjung ke Malang kemarin. Wacana pembangunan stadion baru ini juga mengemuka saat perayaan HUT ke-26 Arema beberapa waktu lalu. Secara prinsip, pihak Bakrie tidak keberatan untuk membangun arena yang akan menjadi home base Arema, meskipun untuk detilnya masih harus dibicarakan lebih lanjut. Sebenarnya bagi Arema tidak ada masalah dengan stadion, karena ada beberapa stadion di Malang Raya yang bisa dimanfaatkan, Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Stadion Gajayana yang tidak bisa lepas dari legenda kelahiran Arema di kota Malang dan Stadion Brantas Kota Wisata Batu. Ketiga stadion tersebut pernah digunakan oleh Arema sejak zaman kelahiran, pada masa-masa sulit sampai saat ini. Melihat perkembangan sepak bola yang sudah menjadi industri, harus mulai dipikirkan unsur bisnis yang sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar. Mengacu pada klub-klub besar di Eropa dan Amerika Latin, stadion yang representative dengan standar internasional, sudah menjadi kebutuhan. Apalagi dengan prestasinya, Arema bukan saja berlaga di tingkat lokal, tapi juga harus bertanding dalam level internasional, meskipun baru tingkat Asia. Kalau prestasinya terus melesat, tidak menutup kemungkinan Arema akan menjadi tim Asia yang diperhitungkan di level internasional. Ketika itulah keberadaan stadion dengan standar internasional sangat dibutuhkan. Beberapa negara Asia seperti Jepang, Korea, China, Iran sudah memiliki stadion dengan standar internasional. Ada yang dimiliki oleh klub, tapi ada juga yang menjadi milik pemerintah. Tapi kalau melihat trend di Eropa dan Amerika Latin, klub-klub elite di sana sudah memiliki home base sendiri. Klub-klub besar seperti Barcelona, Real Madrid, Bayern Munchen, Liverpool, Arsenal, Manchester United, Manchester City, Chelsea, Ajax Amsterdam dan beberapa klub elit lainnya, mereka sudah punya stadion milik sendiri. Stadion berkapasitas besar tersebut mampu menampung penonton dalam jumlah besar, mendekati 100 ribu tempat duduk sehingga bisa memberikan pemasukan yang besar kepada klub. Dibanding klub lain di Indonesia, Arema merupakan tim dengan jumlah penonton yang cukup besar. Dalam kompetisi lokal, saat menjamu tim papan atas, hampir seluruh kursi Stadion Kanjuruhan penuh dengan penonton, bahkan sampai tidak muat. Harga tiket yang relatif lebih mahal tidak menjadi halangan bagi para penggemar Arema untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Bisa jadi harga tiket pertandingan Arema lebih mahal dibanding klub lain. Inilah potensi bisnis besar yang harus dikelola dengan profesional. Sejalan dengan perkembangan waktu, manajemen Arema semakin profesional dalam mengelola klub. Pemasukan bukan hanya datang dari penjualan tiket, tapi dari sumber lain seperti sponsor dan sumber lain. Pemasukan besar itu masih harus dipotong biaya sewa stadion yang cukup besar. Kalau Arema punya stadion sendiri, setidaknya biaya tersebut bisa ditekan dan pemasukan Arema semakin besar. Stadion baru Arema, semoga bukan sekadar mimpi. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Tim Artistik: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi









Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: SLATEM


SHOPPING

JUMAT, 28 MARET 2014

5

WW MUSIC ANEKA IGA: Berbagai olahan berbahan dasar iga yang menggiurkan bisa Anda nikmati di Taman Indie Resto.

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

Taman Indie Resto

ANEKA OLAHAN IGA NAN ISTIMEWA MALANG – Nikmati varian hidangan berbahan dasar iga nan lezat hanya di Taman Indie Resto. Tempat kuliner yang berada di kawasan Kota Araya tersebut hari ini merilis menu baru bertema iga. Ada 12 jenis menu iga yang bisa Anda cicipi, yaitu Gulai Iga Bakar, Iga Sapi Kuah Asam Pedas, Iga Panggang Oriental, Iga Bakar Saus Madu Lada Hitam, Iga Bumbu Kelapa Sangrai, Iga Ungkep Bumbu Manis, Iga Bakar Penyet Tabur Bawang Goreng, Rawon Iga bakar, Nasi Iga Bakar Lokal, Sup Iga Bening, Iga Ba-

kar Cobek, dan Iga Sambal Mata. “Olahan iga menjadi menu yang selalu masuk dalam 10 menu favorit bulanan di Taman Indie. Karena itulah, kali ini kami menghadirkan olahan iga untuk para pecinta kuliner,” terang Manager Taman Indie Resto, Nanang Wintoro. Dari menu-menu tersebut, sebagian diantaranya adalah kreasi resep terbaru. Gulai Iga Bakar misalnya, iga sapi yang dibakar kemudian diolah dengan bumbu gulai yang gurih. Ada pula iga yang di-

tumis dengan bawang bombay, bawang putih, kecap inggris kemudian dipanggang dan disajikan di atas hot plate dengan nama Iga Panggang Oriental. “Ada juga menu iga yang sebelumnya sudah masuk dalam menu reguler, diantaranya Iga Sambal Mata dan Iga bakar Cobek,” rinci nanang. Untuk menikmati menu-menu istimewa tersebut, Anda cukup menyiapkan budget mulai dari Rp 67.500 hingga Rp 70.500 per porsi. Nikmati sedapnya santapan iga sembari ditemani suasana pede-

All Product Diskon Selama Pameran MALANG – Bila Anda berkunjung ke Mall Olympic Garden di akhir pekan ini, cobalah untuk sejenak melihat pameran yang telah berlangsung di Atrium MOG, Salah satu stand yang bisa Anda temui, yakni WW Music Malang. penyedia perlengkapan musik dan sound system ini sedang menawarkan beberapa alat musik dengan harga terjangkau. Owner WW Music, Viva Permadi mengungkapkan, selama pameran, alat musik seperti gitar, bass, keyboard dan piano dibandrol dengan harga spesial. “Hanya berlaku selama pameran dan transaksi di lokasi. Semua produk di sini pasti kena diskon,” ungkapnya. Menurut pria yang akrab disapa Wiwi ini, salah satu yang menjadi andalan dalam pameran adalah piano klasik. Dari harga awal Rp 127 juta kini harganya di bawah Rp 100 juta. Diskon paling besar yang siap menggoda setiap pengunjung, terutama pecinta alat musik piano. “Pecinta piano atau bahkan kolektor pasti menunggu promo ini,” tegas dia. Bila menginginkan piano dengan harga terjangkau, Anda bisa memilih digital piano Kawai CL 26 yang turun sekitar Rp 3,4 juta. Padahal, harga aslinya sebesar Rp 10,5 juta dan tersisa menjadi Rp 7,1 juta saja. Untuk melengkapinya, Anda bisa menambah amplifier ALS Pro KC 55 dengan harga Rp 2,1 juta setelah diskon. Bagi yang tertarik dengan alat musik keyboard, penawaran Korg Pa 900 menjadi solusi terbaik. Selama pameran ini, cukup membayar Rp 22,5 juta. “Jika normal harganya Rp 30 juta. Keyboard ini sudah sangat istimewa. Bisa juga memilih Pa 600 dengan harga Rp 13,5 juta,” bebernya kepada Malang Post. Bila Anda ingin membuat mini studio, dia meyakinkan saat ini merupakan waktunya. Harga drumset Tama dipatok Rp 7,25 juta. Sementara bila tertarik dengan Symbal set Sabian, dari harga Rp 2,7 juta tersisa menjadi Rp 1,9 juta. Sedangkan untuk barang lainnya seperti gitar Sterling, menjadi pilihan item diskon untuk gitar dengan bandrol Rp 2 jutaan. Sementara bass dibandrol dengan harga Rp 3 jutaan. Sebagai pelengkap, berbagai pilihan amplifier dan sound control harganya ditawarkan mulai Rp 1 juta.(ley/fia)

saan ala Taman Indie Resto. Sebagai minuman pendamping, Taman Indie Resto memiliki segudang pilihan, mulai dari es teler, es mahameru, bandrek dan masih banyak lagi. Nanang mengungkapkan, menu baru tersebut sengaja dirilis bersamaan dengan datangnya long weekend di penghujung Maret. “Harapannya, para pelancong dari luar Malang bisa menikmati sajian khas istimewa ini saat bertandang ke Malang,” pungkas dia. (fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

LEBIH MURAH: Peralatan musik bisa didapatkan lebih murah jika Anda membeli di pameran WW Music yang saat ini digelar di MOG.

CLUE SHOP

Sepatu Handmade Lebih Menarik

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

SHOW OFF: Varian kendaraan penumpang dari Mitsubishi tengah dipamerkan di Matos. Hari Minggu, Mitsubshi akan mengenalkan New Pajero.

Mitsubishi

Kenalkan New Pajero di Penghujung Pameran MALANG – PT Sun Star Motor Malang tengah menggelar pameran di Entrance Front Hall Malang Town Square hingga Minggu (30/3) nanti. Pameran ini bisa menjadi kesempatan bagi penggemar Mitsubishi, terutama yang sedang menunggu kehadiran unit terbaru dari pabrikan tersebut. Sales Executive Sun Star Motor Malang, Ratna Herawati menuturkan, bila pameran ini sudah berlangsung sejak Selasa (25/3) lalu. “Pameran ini selama

enam hari, sebagai perayaan momen spesial Sun Star Motor, dan juga pengenalan produk terbaru,” tuturnya. Menurutnya, momen spesial ini merupakan ulang tahun ke 40, sehingga promo spesial harus digelontorkan kepada customer. Caranya, menggelar pameran tunggal di pusat perbelanjaan. Selain itu, penawaran hadiah menarik bisa menjadi penggoda customer, untuk mengunjungi pameran. “Special gift, harga, diskon, bonus dan

pengenalan produk baru di hari terakhir Minggu (30/3) lusa. Sayang sekali bila customer tidak menengok pameran ini,” kata dia kepada Malang Post. Masih menurut dia, New Pajero ini untuk lima hari pertama masih dirahasiakan bentuk dan tampilannya. Baru, setelah launching penutupnya dibuka, sekaligus puncak acara pameran. New Pajero 3.0 ini merupakan keluaran terbaru yang menawarkan mobil berkualitas rally, dengan berbahan utama bensin.

“Saat ini baru mengenalkan spesifikasi produknya saja. Untuk tampilannya, ditunggu Minggu lusa. Sementara harganya Rp 500 jutaan,” urai dia, penuh rahasia. Selama pameran, selain New Pajero yang menjadi sasaran konsultasi customer, Outlander Sport juga kerap jadi pilihan. Ada pula Mitsubishi Mirage. Pilihan hatchback dengan harga terjangkau mulai Rp 160 juta hingga Rp 188 juta. (ley/fia)

Duet Snail Bear vs Meme Panda di Isbon MALANG – Bagi Anda pecinta boneka, cobalah untuk menuju Istana Boneka (Isbon). Sebab, bulan ini Isbon memiliki koleksi Snail Bear dan Meme Panda yang menjadi buruan anak-anak muda selama Maret ini. “Meme Panda dan Snail Bear ini koleksi terbaru Isbon di bulan Maret. Langsung menjadi favorit,” ujar Supervisor Isbon Malang, Lusia Irawati. Dia menyampaikan, kedatangannya hampir bersamaan, selisih beberapa hari saja. Yang pertama Meme Panda yang terdiri dari dua pilihan, warna krem dan dush pink. Ukurannya terdiri dari tiga macam, dengan harga yang berbeda pula. “Koleksi Meme Panda harganya mulai dari Rp 129 ribu sampai Rp 259 ribu. Pilihan warnanya ada dua, namun dominasinya berwarna merah pada bagian kaki, tangan, mata dan telinga. Sehingga, untuk matanya terlihat menyala,” papar dia panjang lebar. Menurutnya, koleksi ini selama tiga minggu terjual rata-rata lima pieces per hari, dan anak sekolah yang paling sering

IRA RAVIKA/ MALANG POST

LUCU: Dua boneka di Istana Boneka ini jadi buruan para konsumen muda, khususnya pelajar dan mahasiswa.

membelinya. “Baik beli untuk pribadi maupun dijadikan hadiah,” imbuh dia kepada Malang Post.

Sementara itu, best sellernya merupakan Snail Bear. Terdiri dari dua pilihan warna pula, coklat dan krem. Sedangkan

MALANG – Clue Shop di Malang Town Square bisa menjadi solusi bagi Anda yang bosan mengenakan sepatu bermerek dan produksi pabrik. Sebab, di tempat ini menawarkan berbagai pilihan sepatu handmade nan casual, bisa memesan model sesuai dengan selera Anda. Sales Clue Shop Matos, Susilawati mengungkapkan bila salah satu kelebihan dari koleksi yang ditawarkan adalah handmade. “Karya handmade ini bisa menimbulkan rasa puas tersendiri ketika memakainya. Apalagi bila buatan asli Malang,” ungkapnya. Susi, sapaan akrabnya menyebutkan, untuk koleksi selain up to date juga limited. Dalam setiap model, hanya terdiri dari beberapa pieces saja. Kecuali ada permintaan dari customer yang menginginkan sepatu seperti didisplay, namun ukurannya tidak cocok. “Secara otomatis, Clue akan membuatkan request tersebut. Bisa juga dimodifikasi sesuai dengan selera customer, bahkan model baru yang diciptakan oleh customer itu sendiri,” papar dia kepada Malang Post. Lebih lanjut dia menyampaikan, untuk tahun 2014 ini model terbarunya Fera Shoes. Harganya dipatok Rp 230 ribu, dengan sol karet tebal yang menjadi jaminan kekuatan bagian bawah sepatu. Pilihan warnanya untuk saat ini, merah, biru dan merah muda untuk badan sepatu yang terbuat dari bahan sintetis. Masalah keawetan, Anda tidak perlu kuatir. Pasalnya, Clue Shop memberikan garansi all time, untuk bagian jahitan dan lem atau perekat sepatu. “Selama sepatu masih dipakai, dan jahitannya bermasalah, bisa digaransikan,” tegasnya. Pilihan sepatu casual ini masih banyak lagi. Ada pula yang berbahan kain kanvas, sehingga menunjukkan kesan seninya. Bila Anda mencari yang lebih girly, wedges handmade pun bisa Anda temukan. Harganya, masih di bawah Rp 300 ribu. “Kebanyakan model casual, sehingga cocok dipakai hang out bersama teman,” pungkas dia.(ley/fia)

modelnya lebih bervariasi, ada yang memakai topi di sebelah kiri dan ada yang di sebelah kanan. Untuk pilihan Snail Bear berwarna coklat, mengenakan topi berwarna oranye. Sebaliknya, Snail Bear krem mengenakan topi berwarna merah marun. Yang menarik dari tampilan Snail Bear ini yakni bulunya terkesan tampil dua warna. Perpaduan warna dasar dengan tambahan serabut berwarna keputihan. Menurut Lusi, anak-anak muda menyukai ini. Selain kalangan pelajar, mahasiswa juga kerap memburunya. “Untuk koleksi yang ini juga cocok dimiliki oleh orang dewasa. Sehingga jualannya lebih laris juga. Harganya mulai dari Rp 139 ribu sampai Rp 329 ribu,” imbuh Lusi. Namun dia memastikan, dua model terbaru ini merupakan andalan Isbon di bulan ini. Selain koleksi lain yang tidak kalah menarik pula. “Bisa dibilang sedang head to head dua pilihan ini. Khususnya di Isbon Wilis ya,” pungkas dia. (ley/fia) REDAKTUR : SHUVIA, LAYOUTER : MOKA


JATIM Pabrik Cukrik Digerebek Polisi MOJOKERTO-Sebuah gu­ dang memproduksi arak Jawa atau cukrik di Jalan Raya/Desa Jasem, Kecamatan Ngoro, Ka­ bupaten Mojokerto, digerebek polisi, Kamis (27/3/2014). Da­l am sehari, pabrik yang sudah beroperasi sejak 3 bulan mampu memproduksi 450 liter cukrik siap jual. Dari pantauan di lokasi, gu­ dang yang digunakan untuk memproduksi arak ini tampak dari luar sangat tertutup. Se­kilas, pabrik ini seperti gudang biasa pada umumnya. Ba­rangkali tidak ada yang mengira bahwa di tempat ini diproduksi ratusan liter cukrik. Bau alkohol baru tercium saat memasuki pintu gerbang gudang tersebut. “Jadi kita lakukan pengge­re­bekan ini tadi, kita dapatkan se­pe­ rangkat alat untuk mem­roduksi arak,” kata Kapolres Mo­jokerto, AKBP Muji Edi­yanto di lokasi pabrik cukrik. Dalam sehari, kata Muji, dua pekerja pabrik mampu memro­ duksi hingga 450 liter cukrik. Ratusan liter cukrik ini dipro­ duksi dengan mencampurkan gula pasir, pengembang kue, ragi tape dan air. Kemudian bahan-bahan tersebut diaduk jadi satu dalam sebuah tanki kapasitas 6.000 liter. “Dima­

sukkan ke tungku untuk di­ panasi, sesuai informasi dari pekerja sampai 900 derajat celcius. Setelah mengahasilkan uap, kemudian ada proses penyulingan masuk ke dalam tanki pendinginan dan keluarlah yang namanya arak ini tadi,” jelas Muji. Muji menambahkan, dari penggerebekan ini, pihaknya menyita seperangkat alat pro­ duksi cukrik, 450 liter cukrik hasil produksi yang sudah siap jual, serta bahan bakunya. Selain itu, polisi juga me­nang­kap dua orang pekerja dengan inisial DRM (22) dan SNK (30), warga Tuban. Sedangkan pemilik pabrik yang berinisial TM (33), warga Lamongan masih dilakukan pengejaran. “Cukrik ini diedarkan di wi­layah Mojokerto dan sekitar­nya. Tadi kita amankan peker­ja­nya dua orang, nanti kita kembangkan ke pemiliknya,” tambahnya. Penggerebekan ini bermula dari informasi warga sekitar yang resah dengan keberadaan pabrik cukrik ini. Sementara barang bukti berupa arak siap jual yang telah disita akan di­l akukan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan minu­m an keras tersebut. (jpnn/udi)

DIGEREBEK: Polisi melakukan penggerebekan sebuah gudang yang memproduksi arak Jawa atau cukrik di Jalan Raya/Desa Jasem, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

SURABAYA- Gubernur Jawa Timur menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang penghentian pencairan dana jalin aspirasi masyarakat (jasmas) hingga pasca Pemilu legislatif (pileg) dan pe­milu presiden (pilpres) 2014. SE tersebut juga menindaklanjuti surat dari KPK dan Mendagri. “Sudah saya tidaklanjuti. Hari ini saya tanda tangani surat edaran gubernur. Bahwa untuk pencairan jasmas itu akan kita hentikan sampail Pilpres,” kata Gu­bernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan usai rapat paripurna pe­n gambilan keputusan terhadap RPJMD Pemprov Jawa Timur di gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura

Orasi, Jurkam Gerindra Dihentikan Panwaslu SURABAYA- Divisi Pengawasan Panwaslu Surabaya, Sardi­yoko menghentikan orasi dari jurkam Partai Gerindra bernama Zaenal, karena bernada menghasut dan menjelekjelekkan Presiden SBY, Gubernur Jatim Soekarwo dan Partai Demokrat. “Ada semacam hasutan dengan menyebut dan menjelekjelekkan parpol lain. Selain itu, pemerintahan SBY dan Gubernur Jatim Soekarwo dianggap menghabiskan uang rakyat saja dengan cara membayar utang luar negeri,” tegasnya kepada wartawan seusai kampanye Gerindra di Lapangan Flores Surabaya, Kamis (27/3/2014). Sardiyoko menjelaskan bahwa kalimat seperti itu yang menjelek-jelekkan, kemudian menghasut itu tidak boleh dilakukan karena sudah ada ketentuan dalam kampanye. Meski sudah terjadi dugaan hasutan dan menjelekkan caleg dari partai lain, panwas tidak menghentikan kampanye yang sedang berlangsung. Namun, hanya menghentikan jurkam untuk tidak melakukan orasi menjelek-jelekan caleg atau parpol lain. Kendati demikian, panwaslu akan melakukan evaluasi terkait hal tersebut. Jika dugaan benar-benar terbukti, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi pidana. Diberitakan sebelumnya, tiba-tiba beberapa petugas Pan­ waslu Kota Surabaya yang diketuai Wahyu Hariyadi menaiki panggung kampanye terbuka Partai Gerindra di Lapangan Jalan Flores Surabaya. Mereka menegur salah seorang juru kampanye Gerindra bernama Zaenal saat berorasi di atas panggung. Ini karena isi orasi Zaenal yang merupakan penasehat Gerindra Kabupaten Sidoarjo, memaki-maki pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum Partai Demokrat (PD) ini. Selain itu, dia juga memaki nama Gubernur Jatim Soekarwo sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini. “Prabowo Presiden, rakyat makmur merata, pemerintah harus kembalikan uang rakyat kepada rakyat. Pemerintah utang ke luar negeri, yang bayar itu utang adalah rakyat bukan SBYatau Soekarwo, mereka hanya teken saja,” ujar Zaenal saat berorasi. (jpnn/udi)

Bank Jatim Bangun 43 Kantor Cabang SURABAYA- PT Bank Pembangunan Daerah (Bank Jatim) Tbk akan mendirikan 43 kantor cabang dan meningkatkan perhimpunan dana pihak ketiga. Total aset hingga penyaluran kredit selama tahun buku 2014. “Pada Tahun 2014 ini, Bank Jatim berencana memperluas jaringan kantor dan pelayanan,” kata Direktur Utama Bank Jatim Hadi Sukrianto usai rapat umum pemegang saham (RUPS) tahun buku 2013 di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (27/3/2014). Sebanyak 3 cabang syariah akan dibangun. 5 Cabang pembantu syariah dan 35 cabang pembantu konvensional. Juga akan mendirikan 20 kantor kas, 16 payment point, 125 ATM, 2 CDM, 1 counter dan 3 cash mobile. Selain itu, Bank Jatim akan mengembangkan produk dan aktivitas baru seperti internet banking (i-banking), pengembangan fitur EDC, pengembangan tabungan siklus, layanan priority banking, implementasi virtual account, implementasi e-Money dengan Telco, persiapan migrasi kartu chip dan fire BCA dan pengembangan produk lainnya. (jpnn/udi)

6

Rusak Alat Peraga Kampanye, Ustad Dihajar

DIAMANKAN: Seorang ustad Ponpes di Lamongan, yang tertangkap warga diduga melakukan pengrusakan alat peraga kampanye sejumlah caleg.

Gubernur Hentikan Pencairan Dana Jasmas

Soekarwo

JUMAT, 28 MARET 2014

Surabaya, Kamis (27/3/2014). Ia menerangkan, SE Gubernur Jatim tersebut menindaklanjuti surat edaran dari KPK dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait penghentian pen­cairan dana jasmas. “Ada surat dari Mendagri, ada surat dari KPK langsung kita tindaklanjuti. Dan hari ini saya ceking semuanya dan sudah berhenti,” tuturnya. Selain diserahkan ke setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD), SE tersebut juga disebar ke kepala daerah bu­pati/walikota. Setiap bupati dan walikota juga diminta untuk menghen­tikan dana jasmas anggota DPRD kabupaten/ kota. Sedangkan jasmas untuk anggota

DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur, pihaknya tidak bisa berbuat lebih jauh. “Semua­nya sudah, saya juga membuat surat edaran ke bupati/ walikota. Kalau DPR RI saya nggak bisa mengatur,” tuturnya. Dengan adanya penghentian penca­ iran dana jasmas yang berjalan sejak Senin kemarin, dinilai sangat bagus untuk kepastian keadilan dari perilaku menyimpang yang bisa dilakukan anggota dewan incumben, terutama kampanye dengan menggunakan dana negara. “Ini (penghentian pencairan jasmas) bagus. Baik fungsi kepastian keadilan dan fungsi moral hazard,” tandasnya. (jpnn/udi)

Vonis MK Terkait Lapindo

Gubernur Belum Bisa Lunasi Tahun Ini

BELUM DIBAYAR: Warga bersujud pasca vonis MK tentang ganti rugi warga korban lumpur Lapindo harus dibayar. SURABAYA-Pasca vonis Mah­kamah Konstitusi (MK) tentang ganti rugi warga korban lumpur Lapindo, Gubernur Jawa Timur menegaskan, Badan Penanggulangan Lum­ pur Sidoarjo (BPLS) akan membayarnya. Sedangkan Pemprov Jatim akan mengawal sampai warga seluruhnya mendapatkan ganti rugi. “Ya BPLS. Kami mengawalnya karena itu masyarakat Jawa Timur,” ujar Soekarwo kepada wartawan usai rapat paripurna pengambilan keputusan ter­ hadap RPJMD Provinsi Jawa Timur di Gedung DPRD Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, Kamis (27/3/2014). Ia menerangkan, Pemprov juga menghadiri sidang pu­ tusan MK tentang gugatan warga korban lumpur Lapindo yang masuk peta area ter­ dampak (PAT). Katanya, setelah men­dapatkan kepastian keputusan tersebut, pemerintah pusat, menteri keuangan dan DPR akan menggelar rapat. “Optimis ya optimis karena sudah didok, cuma duwete gorong onok (uangnya belum

ada),” ujarnya. Gubernur Jatim yang biasa disapa Pakde Karwo ini me­ negaskan, pembayaran tidak bisa dilakukan tahun ini, kar-

ena dana tersebut diambil dari APBN. “Ya nggak bisa, kan di APBN belum masuk ya nggak bisa,” tandasnya. Seperti diberitakan, gugatan ke MK ini diajukan oleh enam warga Sidoarjo, yakni Siti Askabul Maimanah, Rini Arti, Sungkono, Dwi Cahyani, Tan Lanny Setyawati dan Marcus Johny Ranny. Putusan MK ini digedok Rabu (26/3) kemarin yang dibacakan secara bergantian yang dipimpin oleh Ketua MK Hamdan Zoelva. Dalam pu­tusannya, MK menyatakan pasal 9 ayat 1 itu harus di­m aknai ‘Negara dengan ke­kuasaan yang ada padanya harus dapat menjamin dan me­mastikan pelunasan ganti ke­rugian sebagaimana mestinya terhadap masyarakat di dalam wilayah Peta Area Terdampak oleh perusahaan yang bertang­gung jawab untuk itu’. (jpnn/udi)

LAMONGAN- Seorang ustad pondok pesantren (Ponpes) di Lamongan, dihajar dan tertangkap warga diduga melakukan peng rusakan alat peraga kampanye sejumlah caleg, Kamis (27/3/2014) dini hari. Kini, sang ustad terpaksa diamankan di Mapolres Lamongan. Informasi yang dihimpun menyebutkan, ustad yang babak belur dihajar warga adalah Umar, warga Medan. Dia sempat menjadi bulan-bulanan warga karena aksinya merusak alat peraga sejumlah caleg tersebut. Warga beralasan geram dengan aksi ustad tersebut. Salah seorang anggota Panwaslu Lamongan, Mustakim Khoiron mengatakan, peristiwa ini terjadi saat pelaku bernama Umar bersama sekitar 40 santrinya sedang melakukan perjalanan napak tilas ke salah satu ponpes di Tuban untuk mengisi waktu usai mengikuti ujian sekolah. Sesampainya di Kelurahan/Kecamatan Brondong, diketahui rombongan napak tilas berberjalan kaki ini melakukan pengrusakan sejumlah alat peraga kampanye yang terpasang di pinggir jalan. “Mereka melakukan pengrusakan di jalan yang mereka lalui,” kata Mustakim kepada wartawan. Di Brondong, kata Mustakim, setidaknya beberapa alat peraga milik caleg dari sejumlah parpol rusak. Beberapa alat peraga yang rusak tersebut diantaranya gambar dari caleg DPRD provinsi dari PPP, 2 gambar caleg PAN untuk DPRD kabupaten dan caleg DPRD provinsi dari partai yang sama. “Pengrusakan ini berupa pencopotan paksa APK dan pengrusakan dengan cara merobek gambar caleg,” tambahnya. Mustakim menjelaskan, mengetahui pengrusakan alat peraga kampanye ini, warga langsung mengejar dan berhasil menangkap Umar yang kemudian menjadi bulan-bulanan warga yang kesal oleh ulah pelaku. Petugas kepolisian yang datang di lokasi langsung mengamankan pelaku dan membawanya ke Mapolres Lamongan. “Kami akan memeriksa kembali di kantor Panwaslu Lamongan sebelum dilakukan gelar perkara bersama dengan Gakumdu,” jelasnya. Mustakim mengungkapkan, bila dalam pemeriksaan atau klarifikasi yang dilakukan oleh Panwaslu Lamongan ditemukan adanya unsur pidana pemilu maka pelaku dapat dikenakan pasal 275 UU nomor 8/ 2012 tentang pemilu. “Kami akan mengkaji apakah ada unsur tindak pidana pemilu dalam perkara ini,” pungkasnya. Sementara Kasubag Humas Polres Lamongan AKP Umar Dami membenarkan sudah mengamankan pelaku tersebut. Dan kini masih dilakukan penyelidikan. (jpnn/udi)

Harga Melambung, Pedagang Jual Cabai Oplosan JOMBANG- Harga cabai terus mengalami kenaikan sejak beberapa hari terakhir ini hingga tembus Rp 80 per kilogram. Untuk mensiasati kenaikan itu, penjual mengoplos cabai merah dan hijau. Dengan begitu, harga cabai bisa ditekan hingga Rp 65 ribu per kilogram. “Sejak lima hari ini terakhir ini harga cabai memang mengalami kenaikan. Sekarang harganya sudah mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Penyebabnya, kemungkinan dibeberapa sentra cabai terjadi gagal panen,” kata Hariyanto (43), salah satu pedagang di Pasar Pon Jombang, Kamis (27/3/2014). Hariyanto mengatakan, sebelumnya harga cabai normal di pasaran berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram. Dari harga tersebut melonjak hingga 300 persen atau Rp 80 ribu per kilogram. Kenaikan drastis itu tak urung membuat pedagang sepi pembeli. Nah, untuk menyiasati daya beli konsumen yang menurun, pedagang terpaksa mengoplos cabai rawit asli dengan cabai rawit yang masih hijau. Cabai alternatif itu dipatok dengan harga Rp 65 ribu per kilogram. “Alhamdulillah, cabai oplosan lebih laku,” kata Hariyanto. Sejumlah konsumen dari kalangan ibu-ibu rumah tangga mengeluhkan kenaikan harga cabai rawit tersebut. Mereka terpaksa mengurangi jumlah pembelian si merah pedas itu. “Kalau tidak dikurangi, tentu saja uang belanja akan membengkak,” ujar Dita, seorang pembeli. (jpnn/bj/udi)

REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUT: KURDI


SAMBUNGAN

JUMAT, 28 MARET 2014

7

Ahmad Basarah: PDIP Tak Mau Terpancing Serangan Politik Sambungan dari Hal 1 Menurut Wasekjen DPP PDIP, Ahmad Basarah, apa yang disampaikan Fahri Hamzah dan Indra dari PKS, terhadap PDIP, Megawati dan Jokowi, adalah serangan politik. Karena selama ini, PDIP tidak pernah melakukan tindakan-tindakan yang sifatnya merugikan kepentingan PKS. Karena memang konstituen PKS dan PDIP, berbeda segmen. Oleh karena itu, pada saat Ketua Umum PKS, Luthfi Hasan Ishak, ditangkap KPK, karena dugaan kasus suap daging impor, DPP PDIP telah menahan diri untuk tidak ikut menyerang PKS. ‘’Bahkan dengan bahasa santun, kami menjawab pertanyaan wartawan soal LHI tersebut dengan jawaban, PDIP bukanlah parpol yang biasa menari-nari di atas penderitaan orang lain dan mendoakan semoga PKS dapat segera mengatasi musibah yang dialaminya, sebagai akibat perilaku Ketua Umumnya sendiri,’’ kata Ahmad Basarah yang

juga caleg DPR RI dari Dapil V Malang Raya ini. Selain itu, lanjut caleg dengan nomor urut satu ini, sekarang masih dalam momentum kampanye pileg. Sehingga kurang relevan kalau isuisu yang dikembangkan, adalah isu tentang kekuasaan eksekutif. ‘’Yang harus diajak berdebat saat sekarang ini adalah para caleg bukannya capres seperti Jokowi. Apalagi, Jokowi ditetapkan sebagai capres, atas penugasan partai. Sehingga segala ucapan, sikap dan tindakannya, memang harus menunggu instruksi dan berkoordinasi dengan PDIP,’’ papar orang kepercayaan Megawati ini. Sejauh ini, kata anggota Komisi III DPR RI ini, PDIP belum memberikan izin kepada Jokowi untuk bicara masalah-masalah politik dan pemerintahan ke depan. Karena DPP PDIP meminta semua kader partai, termasuk Jokowi sendiri, hanya fokus pada pemenangan pileg lebih dahulu.

‘’Oleh karena itu, memang sudah seharusnya Jokowi tidak terpancing mengomentari isu-isu politik lain, termasuk tentang kasus Bank Century. Dengan demikina, saya menganggap sikap sahabat saya, Fahri Hamzah dan Indra dari PKS, yang menyerang kami, dengan cara-cara yang konfrontatif seperti itu, adalah bukan sikap yang seharusnya dilakukan tokoh-tokoh partai Islam yang seharusnya sejuk dan damai,’’ sebut Sekjen PP Alumni GMNI ini. Apalagi, imbuh Ahmad Basarah, sikap dzolim seperti itu, bukanlah sikap yang Islami. Pada saatnya nanti, kita akan berdiskusi dan berdebat tentang konsep membangun bangsa ke depan. Saat ini kita fokus saja pada agenda pileg kita masingmasing. Kalau tahun 2019 nanti dimana pileg dan pilpres sudah digabung pelaksanaannya, baru kita bisa gabungkan perdebatan antara pileg dan pilpres sekaligus,’’ tutup Ahmad Basarah. (red/avi)

Muspida Malang Raya Bakal Ikut Bersholawat Sambungan dari Hal 1 Sementara Pengasuh Ahbabul Musthofa Solo, Habib Syech akan hadir bersama sekitar 30 santrinya mengiringi bacaan salawat dengan seni hadrah, yang khas. Bacaan salawat yang akan dilantunkan habib Syech tentunya juga yang sudah tidak asing didengar masyarakat Malang, utamanya para Syechermania (pecinta Habib Syech, red.), yang sudah sangat menantikan kehadirannya di Kota Malang. Menurut Abah Anton, lokasi yang digunakan untuk gelaran Bhumi Arema Bersalawat pun istimewa, yakni Stadion Gajayana akan menjadi tempat puluhan ribu umat Islam bermunajat dan bersalawat ber-

sama untuk keberkahan Kota Malang. ”Kami gelar di Stadion Gajayana agar tempatnya agak luas, dan dapat menampung banyak jamaah. Sebab setiap kali Habib Syech menggelar pengajian, jamaah yang hadir mencapai puluhan ribu jamaah,” tuturnya. Dengan menggelar di dalam stadion, harapannya akan lebih hikmat dan lebih khusuk dalam bersalawat dan berdoa. Karena momen 100 tahun Kota Malang menjadi momen spesial bagi Pemkot Malang. Jamaah dapat menempati tempat duduk ditribun atau di lapangan rumput yang ada di tengah stadion. Panggung rencananya akan ditempatkan di depan tribun VIP dengan

ukuran luas mencapai 12 meter x 8 meter. Karena para habaib dan ulama akan hadir bersama. Tidak hanya dari Malang raya saja, ulama dari Timur Tengah juga akan hadir untuk bersalawat bersama. ”Insya Allah para ulama, habaib se Malang raya akan hadir. Santri-santri dari pondok pesantren dan umat Islam akan memadati stadion. Dengan ditempatkan di stadion, Insya Allah akan memudahkan pada jamaah,” terangnya. Meski panitia menyediakan alas duduk, tapi jumlahnya sangat terbatas. Jamaah bisa membawa sendiri alas duduk untuk membuat nyaman jamaah saat mengikuti pengajian dan salawat bersama. (aim)

ARB Kuningkan Malang Raya Sambungan dari Hal 1 Saat berada di atas panggung kampanye, massa partai berlogo pohon Beringin itu, semakin antusias memekik yel-yel kemenangan untuk Partai Golkar dan ARB. Sejumlah elit Partai Golkar pun ikut mendampingi. Selain Ridwan Hisjam, tampak sejumlah anggota dewan pertimbangan DPP Partai Golkar ikut mendampingi. Diantaranya MS Hidayat yang juga Menteri Perindustrian, Luhut Panjaitan dan mantan Jaksa Agung Marzuki Darusman. Di tengah riuh gemuruh pekikan massa Golkar, ARB langsung menyapa massa pendukungnya. ’’Salam satu jiwa!!!’’ pekiknya dari atas panggung. ’’Aremaaa...!!!’’ balas massa yang mengitari panggung. ’’Terimakasih. Saya kemari bersama istri dan putra saya, Anindya,’’ katanya sembari mengajak istrinya, Tatty Murnitriati dan Anindya berdiri di depan panggung. ‘’Saya dulu sekolah di Malang, di (Universitas) Brawijaya,’’ kata Tatty yang juga ikut memperkenalkan diri. Menjadi orator tunggal di arena kampanye, ARB berkali-kali membakar semangat massa Golkar. Walau disiram teriknya matahari, massa tetap berjubel. Sesekali, Rizal Malaranggeng ikut menyemangati massa. Salah satu contohnya dia mengganti singkatan ARB dengan ‘Arema Rajane Balbalan’. Melihat aksi panggung Rizal, ARB tersenyum. Massa pendukung Golkar pun semakin bersemangat. ‘’Pada 9 April nanti datang ke TPS dan coblos nomor 5. Pilih caleg Partai Golkar agar Partai Golkar menang,’’ ajaknya. Alasan harus memenangkan Partai Golkar karena komitmen mensejahterahkan rakyat

Indonesia sangat nyata. ‘’Golkar menang maka Indonesia akan lebih maju, sejahtera dan mandiri. Golkar sudah punya pengalaman 32 tahun memimpin Indonesia,’’ katanya. Namun demikian, lanjut ARB, Golkar tetap mengambil kebaikan dan nilai positif semua mantan presiden RI. Dari persiden pertama RI, Soekarno contohnya, Golkar mengambil keteguhan Soekarno mempertahankan NKRI. ‘’Dari Pak Harto (Soeharto), memimpin Indonesia selama 32 tahun, Indonesia menjadi sangat bagus. Ekonomi Indonesia bangkit, Indonesia aman, stabil,’’ urainya. ‘’Di jaman Pak Habibie, membuat dasar-dasar demokrasi. Sekarang kita hidup dalam demokrasi, karena itu beda pendapat pun tak mengapa,’’ sambungnya. Dari era kepemimpinan Gus Dur, lanjut dia, Golkar mengambil hikmah pentingnya kesetaraan dan prinsip-prinsip kesetaraan yang diperjuangkan Gus Dur. ‘’Di jaman Bu Mega (Megawati Soekarnoputri), prinsip-prinsip desentralisasi dijalankan. Kita lihat saat itu, pembangunan tidak hanya direncanakan dari Jakarta tetapi dari daerah,’’ papar ARB. Dan sekarang, kata dia, Indonesia dibawah kepemimpinan SBY memberantas korupsi. ‘’Kita ambil semua hal yang baik,’’ tandasnya. Di depan massa Golkar, ia juga menegaskan bahwa partai pimpinannya itu memperjuangkan disahkannya UU Desa. Bahkan saat terpilih menjadi presiden, maka yang pertama kali ditandatangani Ical yakni peraturan pemerintah tentang UU Desa. ARB juga menegaskan tentang

upaya Partai Golkar memperjuangkan kenaikan uang lauk pauk TNI. Dan sekarang, uang lauk pauk prajurit TNI sudah dinaikan. Diakhir kampanyenya, ia meminta maaf kepada masyarakat Malang Raya karena jalan macet lantaran adanya kampanye Golkar. ‘’Saya mohon maaf. Sekali lagi saya mohon maaf,’’ pintanya. Sebelumnya, ARB menghadiri langsung deklarasi Sahabat ARB di Jalan Ijen. Kemudian ia disambut oleh ikatan Family Sumenep Madura di Malang Raya di Jalan Ijen 75 Malang. Sambutan itu tak lain lain karena istri Ir HM Ridwan Hisjam merupakan keturunan Sultan Abdurrahman, dari Keraton Sumenep. Kampanye Golkar kemarin juga dihibur artis papan atas. Band Gigi yang dihadirkan ikut menghipnotis massa. Vocalis Gigi, Arman Maulana mendendang sederet hitsnya, begitu juga Denada menggoyang panggung. Sementara itu Wakil Sekjen DPP Partai Golkar, Ir HM Ridwan Hisjam mengawali kampanye dengan memperkenalkan semua caleg DPR RI asal dapil Malang Raya yang diusung Partai Golkar. Hal ini menunjukan sinergitas para caleg Partai Golkar. ‘’Di Golkar kami saling sinergi. Karena itulah saya mengenalkan semua caleg Partai Golkar asal dapil Malang Raya untuk DPR RI lengkap dengan profesinya masing-masing sehingga dikenal,’’ kata Ketua Apalagi ARB meminta Ridwan Hisjam sebagai leader untuk memenangkan caleg Partai Golkar di Malang Raya. Ridwan Hisjam pun terus berjuang untuk kemenangan Partai Golkar. (van/avi)

Dibimbing dengan Metode Seperti Momong Bayi Sambungan dari Hal 1 Panji masih terus mendapatkan perhatian khusus dalam melukis. Karena Panji, masih harus belajar konsentrasi. Sedangkan, Wildan sudah mulai bisa membuat bentuk. Itu pun dibutuhkan waktu sekitar 6 tahun. Sanggar Kreatif sendiri, menerima anak autis, sejak tahun 2007 lalu. Itu pun, terkadang Wildan masih sering mengamuk, tanpa sebab. Namun, hal tersebut sudah dianggap biasa. Mengajar anak autis, kata Hery, seperti layaknya momong bayi. Dari fisik, tampak sudah dewasa. Tapi dari perilakunya, masih seperti anak-anak. ‘’Wildan sudah lama disini dan sudah sering saya ajak pameran. Makanya perlahan kami lepas supaya bisa belajar sendiri. Kalau Panji, lebih suka warna, meskipun seharusnya masih dalam tahap belajar konsentrasi,’’ kata Hery saat ditemui di sanggarnya jalan Caru Nomor 2 Desa Pendem Kecamatan Junrejo, Kota batu. Tidak mudah mengajari anak autis, untuk berkonsentrasi. Meski terlihat seperti mendengarkan dan memperhatikan materi yang diajarkan, tetapi pandangannya kosong. Dibutuhkan ketelatenan, kesabaran dan ikhlas.

‘’Tahu semangat belajarnya tidak ada, biasanya dirangsang dengan permainan kesenangan mereka. Kadang main karet, kadang pula diajak jalan-jalan,’’ ungkap pria yang pernah pameran di Museum Bank Indonesia, Jakarta, tahun 2005 bersama CP Biennale kolaborasi Pondok Seni Batu ini. Jadi wajar, jika anak normal belajar seni rupa, 6 bulan sudah fasih dan lancer. Untuk anak autis, butuh waktu 3 sampai 5 tahun agar mendapatkan hasil bagus. Tekadnya untuk mengajar anak berkebutuhan khusus ini, karena imajinasi anak autis, ternyata lebih liar. ‘’Motorik mereka lebih cepat bergerak melebihi pikiran batasan anak normal. Hanya perlu dilakukan rangsangan dan bimbingan yang pas dan tepat,’’ sebut alumnus FISIP UMM ini.Dengan belajar seni rupa, nantinya anak-anak autis, bias menyeimbangkan otak kanan-kirinya. Sehingga nantinya, mereka tampak seperti anak normal. Belum lagi, anak-anak autis, sebenarnya diberi kelebihan. Kepekaan dan memori mereka sangat kuat. Misalnya, mereka diminta untuk melukiskan perjalanan dari rumah ke sekolah, jika anak tersebut

memorinya kuat, pasti hasilnya sangat bagus. ‘’Kami hanya berusaha merangsang agar otak kanan-kirinya dapat seimbang. Selebihnya adalah tanggung jawab orang tua,’’ terang ayah dari Labiqoh Az-Zahra dan Bahril Gibran Alqois itu. Hery sendiri, berkecimpung di dunia seni rupa, ketika usianya sudah memasuki 30 tahun. Itu pun setelah dia membantu istrinya, yang pelukis, untuk mencari tantangan. Yakni mengajari anak-anak autis melukis. Karena itulah, keduanya berbagi tugas. Hery lebih fokus pada teknis atau artistiknya. Sementara istrinya, condong pada metode pembelajaran. Sementara itu, Mazroatul menyebut, memberikan pelajaran untuk anak-anak autis, justru bisa menjadi pembelajaran bagi dirinya. Yakni menyusun sebuah standar pembelajaran, untuk anak-anak autis. ‘’Kami juga sedang mencari metode yang pas dalam pembelajaran bagi anak autis. Apalagi, dua anak ini memiliki karakter yang berbeda. Satu lebih suka warna dan satunya lebih suka pada bentuk,’’ kata perempuan yang mengajar di River Kids, Kota Malang ini. (Miskin Al Madurain)

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

POSE BERSAMA : Peserta workshop bersama Dirut Malang Post, usai diskusi bersama di ruang redaksi Malang Post

PERHUMAS MUDA BELAJAR DI MALANG POST MALANG – Puluhan peserta workshop yang digelar SPS Pusat, semalam berkunjung ke Malang Post. Mereka didampingi pengurus teras SPS, Asmono Wikan, Direktur Eksekutif SPS Pusat dan Sururi Al Faruq, Ketua Bidang Humas SPS Pusat. Dalam workshop yang mengambil tema, ‘how to handle press well’ itu, mereka sengaja diajak berkunjung ke Malang Post, untuk diskusi seputar mengelola media. Terlebih-lebih dari 55 peserta yang ikut workshop, mereka berasal dari lingkungan yang berbeda. Ada wakil dari beberapa kementerian, seperti Kemendag, Kemenakertrans dan Kementerian Pertanian. Termasuk

diantaranya juga dari kehumasan DPR dan Sekjen DPD RI. ‘’Pokoknya lengkap. Termasuk ada yang dari Pajak, SKK Migas, Bea Cukai, BPJS, PTPN, Pelni dan lainnya. Jadi, workshop ini, benar-benar komplek,’’ ujar Asmono, kepada Malang Post, kemarin. Disebutkan juga perwakilan dari dunia perbankan yang menjadi peserta. Seperti wakil dari Bank Muamalat, Bank BTPN dan Bukopin. Juga dari BUMN, seperti wakil PTPN, Semen Indonesia, Askrindo dan Pupuk Indonesia. ‘’Kita ingin sharing seputar bagaimana mengelola media, termasuk menghadapi teman-teman media. Karena

itu, mereka kami ajak ke Malang Post, untuk bertemu secara langsung dengan teman-teman media plus pengelolanya,’’ imbuh Asmono. Sementara itu, Direktur Utama Malang Post, H Djoko Purwanto, mengapresiasi keinginan peserta, untuk mengetahui pengelolaan media, terutama media lokal, agar bisa lebih mengenal media. ‘’Karena dengan mengenal media, secara langsung akan mudah untuk menghadapi teman-teman wartawan di lapangan. Apalagi dalam nuansa keterbukaan dewasa ini,’’ sebut Purwanto, yang didampingi Pemimpin Redaksi Malang Post, Sunavip Ra Indrata.(fin/avi)

Indeks Daya Saing Indonesia Naik JAKARTA - Kabar baik berhembus jelang pemberlakuan AFTA (ASEAN Free Trade Agreement) 2015 nanti. World Economic Forum (WEF) telah mengeluarkan pemeringkatan The Global Competitiveness Index/GCI (indeks daya saing dunia) periode 2013-2014. Hasilnya posisi Indonesia naik 12 peringkat. Pada pemeringkatan GCI periode 2012-2013 posisi Indonesia berada di urutan ke-50 dari 144 negara dengan skor/indeks 4,4 (skala 1-7). Posisi ini menunjukkan penurunan dibandingkan hasil pemeringkatan GCI periode 2011-2012 yang mendudukkan Indonesia di-ranking 46. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kemarin membeber hasil pemeringkatan GCI periode 2013-2014. Pada periode ini posisi Indonesia terkerek ke posisi

38 dari 148 negara, dengan skor/indeks 4,53 (skala 1-7). “Naik sebanyak 12 tingkatan ini, menambah kepercayaan diri Indonesia menyambut penerapan AFTA 2015,” katanya. Menteri asal Surabaya itu mengatakan banyak sekali komponen yang dinilai untuk menetapkan indeks daya saing tadi. Dalam paparannya indeks daya saing Indonesia ini menjadi yang tertinggi diantara negara-negara kategori efficiency-driven economy. Atau negara-negara dengan catatan gross domestic product (GDP) USD 3.000 “ USD 8.999 per kapita. Nuh mengatakan dunia pendidikan ikut mendorong peningkatan indeks daya saing Indonesia tadi. Diantaranya adalah menyumbang skor penilaian untuk komponen kesehatan dan pendidikan dasar (health and primary education). Untuk komponen ini menyum-

bangkan skor 5,7. Sedangkan untuk pendidikan tinggi dan pelatihan (higher education and training) menyumbang skor 4,3. Terakhir urusan inovasi turut andil memberikan skor 3,8. “Skor yang dicatatkan pendidikan dasar itu tidak lepas dari peningkatan APK (angka partisipasi kasar, red) di pendidikan dasar,” jelasnya. Nuh mengatakan APK jenjang SD sudah tuntas 100 persen. Begitu juga untuk APK jenjang SMP juga terus meningkat. Sedangkan APK pendidikan tinggi saat ini tercatat 29,87 persen. Itu artinya dari seluruh populasi masyarakat usia 19-23 tahun, persentase yang kuliah sebesar 29,87 persen. APK ini meningkat dibandingkan data awal 2009 sebesar 21,60 persen. “Peningkatan APK di pendidikan tinggi akan terus kita dorong,” ujarnya.(wan/jpnn)

Jaga Bhumi Arema Tetap Kondusif Sambungan dari Hal 1 ‘’Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf dijadwalkan turut hadir. Melalui apel siaga ini, kami bersama seluruh elemen masyarakat siap terus menjaga Bumi Arema tetap kondusif menjelang Pesta Demokrasi 9 April mendatang,’’ ujarnya kepada Malang Post kemarin. Lebih lanjut, Agoes Soerjanto mengungkapkan, apel siaga ini dilaksanakan bertepatan HUT ke-3. Juga ditandai beberapa kegiatan diantaranya pemberian penghargaan kepada anggota TNI dan Polri yang berprestasi serta beragam kegiatan lain yang dikemas semarak. ‘’Kegiatan ini bentuk dukungan kami selama ini ikut menjaga Malang Raya tetap kondusif. Walau berasal dari berbagai latar belakang, tetapi di Makota Rider, kami semua menanggalkan semua predikat tersebut. Kami melebur menjadi kesatuan untuk semata-mata mengembangkan hobi dan silaturahmi yang baik dengan siapapun, dimanapun dan sampai kapanpun,’’ tegas tokoh pemuda asli Ngalam ini.

Agoes Soerjanto berharap melalui apel siaga ini seluruh elemen dan komponen masyarakat di Malang Raya juga terus merapatkan barisan dan secara bersama-sama terus menjaga suasana kondusif yang selama ini terbina di Bumi Arema. ‘’Pilihan dalam Pemilu 9 April mendatang sudah pasti memang berbeda-beda. Tetapi yang paling penting adalah pelaksanaan Pesta Demokrasi tersebut harus berlangsung aman sehingga Malang Raya tetap selalu kondusif,’’ serunya. Makota Rider berdiri tiga tahun atas prakarsa sejumlah penggemar berat moge. Mereka diantaranya adalah Kombes Pol Teddy Minahasa Putra yang saat itu menjabat Kapolres Malang Kota, Ir. R. Agoes Soerjanto, CEO Ijen Nirwana Residence, Iwan Budianto, Iwan May Mulyono yang akrab disapa Iwan Ndlewer, Mamad dan beberapa orang lainnya. Dalam waktu singkat,komunitas yang aktif menggelar berbagai kegiatan ini terus berkembang pesat dan sekarang meng-

himpun puluhan anggota dari berbagai profesi dan kalangan masyarakat ‘’Kami sengaja tidak memberlakukan aturan-aturan baku maupun AD/ART yang terlalu formal. Dengan demikian, kami yang dalam keseharian sudah sibuk dengan pekerjaan masing-masing, malah merasa nyaman,’’ cetusnya. Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim ini mencontohkan dengan tanpa banyak formalitas seperti itu, terbukti juga semakin banyak agenda mereka yang dilakukan atas dasar spontanitas. ‘’Bahkan hal tersebut akhirnya dijadikan kunci soliditas yang membuat semua anggota Makota Rider terangkum dan terbingkai dalam semangat silaturahmi yang tak pernah terputus,’’ urainya. ‘’Makota Rider hanyalah sebuah kumpulan para rider biasa.Tanpa organisasi, tanpa aturan dan tanpa aturanaturan formal.Tetapi kami mempunyai arah dan tujuan yang pasti.Yaitu kami punya komitmen untuk selalu mengembangkan hobi dan silaturahmi yang baik dengan siapapun,dimanapun dan sampai kapanpun,’’ pungkasnya. (nug)

Nonton Arema, Nirwan Dibonceng Iwan Sambungan dari Hal 1 Dia pun memilih naik motor gede, dibonceng oleh Iwan Budianto. Sepanjang jalan, Nirwan berpegangan sementara IB menggenjot stang gas motor sport bersama rombongan Arema. ‘’Ini kali pertama saya menaiki motor sport dibonceng Iwan. Hahaha,’’ seloroh Nirwan kepada Malang Post. Nirwan pun sempat istirahat sejenak di Hotel Tugu, sebelum akhirnya nonton Trofeo Arema di Stadion Gajayana. Arema menghadapi Persikoba Kota Batu dan Persekam Metro FC. Nirwan pun sempat menikmati satu pertandingan sebelum akhirnya pergi ke Bandara untuk mengejar jadwal pesawat ke Jakarta. Nirwan sendiri mengaku senang dengan perkembangan Arema. Tak terkecuali, rencana Arema untuk membangun stadion baru khusus untuk Arema di daerah Singosari. Saat diwawancarai langsung Malang Post, Nirwan pun mengaku ‘dipaksa’ oleh manajemen agar membuat stadion khusus untuk Arema. ‘’Manajemen sudah paksa saya. Jadi

ya terpaksa segera saya realisasikan, haha,’’ kelakar Nirwan. Namun, Nirwan buru-buru menyebut, PT Pelita Jaya Cronus sendiri memang menyambut baik usulan dari manajemen Arema untuk membuat stadion baru. ‘’Ya, kita memang sangat ingin buat stadion,’’ tandas pemilik SAD Uruguay, CS Vise dan Brisbane Roar itu. Nirwan sendiri memang berkeinginan bangun stadion buat Arema, agar tim pujaan Aremania jadi nomor satu di Indonesia. Baik dari segi finansial, manajemen klub maupun pembinaan usia dini. Dengan stadion sendiri, Arema bisa mengembangkan pendapatan tiket dari klub. Lalu, manajemen sepakbola untuk usia dini juga lebih tertata, karena Akademi Arema bisa berlatih di lapangan yang berkualitas. Menurut Nirwan, stadion sendiri bakal mengubah Arema secara keseluruhan. ‘’Punya stadion sendiri, akan membuat kita jadi nomor satu dan jadi contoh. Kita ingin punya stadion seperti di Eropa dan Brazil, yang jadi pusat bis-

nis, perkantoran dan cafe, tak sekadar tempat olahraga. Sasaran kita ke sana,’’ tandas pengusaha berusia 62 tahun tersebut. Soal dana, yang kabarnya membutuhkan sekitar Rp 1 triliun, Nirwan tampaknya belum mau bicara soal pendanaan. Alasannya, saat ini tanah untuk pembangunan stadion, belum dibebaskan secara total. Bila manajemen sudah membebaskan tanah untuk stadion, barulah Nirwan mau bicara soal pembangunan stadion. ‘’Ya secepatnya kita bangun. Tapi kita tunggu pembebasan tanahnya dulu. Soal berapa dana yang dibutuhkan, itu tergantung seberapa banyak yang diajukan oleh manajemen kepada PT Pelita Jaya Cronus,’’ tutup Nirwan. Sementara itu, CEO Arema, Iwan Budianto menegaskan, manajemen secepat mungkin sedang membebaskan tanah untuk pembangunan stadion di Singosari. ‘’Kita sedang usahakan. Kita bebaskan tanah secepatnya agar segera bisa bangun secepatnya juga,’’ imbuh IB. (fin/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


5

JUMAT, 28 MARET 2014

PARTAI GOLKAR GO

ARB & RIDWAN HISJAM

8

PEMIMPIN: Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ir. H. Aburizal Bakrie, Ny. Tatty Murnitriati (istri Ir. H. Aburizal Bakrie) dan caleg Partai Golkar DPR RI nomor urut 1 dari dapil Malang Raya, Ir. H. M. Ridwan Hisjam menyapa masyarakat saat diarak naik musik patrol.

Saya nanti tidak mau dengar lagi anak Indonesia usia sekolah tidak bisa sekolah karena biaya. Anak-anak petani, nelayan dan semua anak Indonesia harus mendapat pendidikan gratis sampai SMA. Partai Golkar dan anggota legislatif asal Partai Golkar yang akan memperjuangkan semuanya. Agar Indonesia lebih sejahtera, mandiri dan ekonomi meningkat. Karena itu 9 April nanti pilih Partai Golkar Nomor 5.”

ARB

Kampanye Paling Ramai Se-Indonesia

PENDUKUNG: Kader Partai Golkar membawa alat peraga bergambar Ir. H. Aburizal Bakrie dan Ir H. M. Ridwan Hisjam.

KARIB: Ir. H. M. Ridwan Hisjam mendampingi Ir. H. Aburizal Bakrie saat menuju lokasi kampanye.

PENYAMBUTAN: Ir. H. Aburizal Bakrie yang didampingi Ir. H. M. Ridwan Hisjam disambut kader Partai Golkar.

KETUA Umum DPP Partai Golkar, Ir. H. Aburizal Bakrie puas menghadiri kampanye nasional di Malang Raya. Ical, sapaan akrab orang nomor satu di partai berlogo Beringin itu mengungkapkan rasa puas, gembira dan antusiasnya kepada Wakil Sekjen DPP Partai Golkar, Ir. H. M. Ridwan Hisjam yang mengkoordinir kampanye nasional Golkar di Malang Raya di Simpang Balapan, kemarin. “Pak Ical gembira dan antusias. Beliau salut atas suksesnya kampanye nasional Golkar di Malang Raya. Karena itu, Pak Ical minta target tiga kursi Partai Golkar di DPR RI dari Malang Raya ditingkatkan,” kata Ridwan Hisjam sesaat mengantar Ical di Bandara Abd Saleh, kemarin sore. Berdasarkan catatan Ridwan yang juga caleg Partai Golkar untuk DPR RI nomor urut 1 dari dapil Malang Raya, jumlah massa yang hadir kemarin mencapai 25 ribu orang. Hal ini menjadi sejarah tersendiri selama masa kampanye. “Kampanye nasional Partai Golkar di Malang Raya hari ini (kemarin, red) menjadi kampanye nasional Partai Golkar terbesar sampai saat ini,” katanya. Mobilisasi massa tidak terlepas dari pengaruh Ridwan Hisjam. Ia memiliki basis massa konkret melalui berbagai komunitas pendukungnya. Ridwan memang memiliki rekam jejak yang baik di Malang. Bahkan sudah terjalin lama, saat ia menjadi cawagub berpasangan dengan Ir. Sutjipto yang diusung PDI Perjuangan pada 2008 lalu. Saat itu, khusus di Malang Raya saja, Ridwan memiliki 450 ribu pendukung. Komunikasi Ridwan dengan pendukungnya pun terus terjalin hingga saat ini.(van/ary)

ANTUSIAS: Massa Partai Golkar membeludak di Simpang Balapan mendengar orasi politik Ir. H. Aburizal Bakrie. TOKOH: Ir. H. Aburizal Bakrie memegang syal Arema berdiri diatas sunroof mobil untuk menyapa masyarakat Malang Raya.

KEMENANGAN: Ir. H. M. Ridwan Hisjam mendampingi Ir. H. Aburizal Bakrie siap memenangkan Partai Golkar.

1 Ir. H. M. RIDWAN HISJAM COBLOS NO.1

CALEG DPR RI DAPIL JATIM V

HIBURAN: Denada menghibur massa pendukung Partai Golkar saat kampanye.

FOTO-FOTO: RIZAL FANANY, TEKS: VANDRI VAN BATTU/MALANG POST REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: SLATEM


JUMAT, 28 MARET 2014

9

FOTO HUMAS PEMKAB MALANG FOR MALANG POST

PRODUK UNGGULAN : Bupati Malang H Rendra Kresna, saat menijau produk koperasi yang semakin mandiri berkat revitalisasi.

MINUM SUSU : Program minum susu gratis dari Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, saat dikunjungi Bupati Malang H Rendra Kresna.

Inovasi Dana Abadi Risiko Usaha DINAS Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang selalu memberikan terobosan baru dalam dunia perkoperasian. Yakni Dana Abadi Risiko Usaha. Program ini, bertujuan untuk melindungi seluruh anggota koperasi karena fungsinya mirip dengan asuransi. Program ini bahkan sudah dijalankan di seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Malang. Bagaimana program ini dijalankan, simak beberapa hal ini :

PERKEMBANGAN koperasi di Kabupaten Malang, kian tahun kian baik. Hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya jumlah koperasi. Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tetap mendorong untuk dilakukan revitalisasi koperasi. Hal itu bertujuan untuk mempertahankan keberadaan koperasi sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan. Revitalisasi koperasi diutamakan terhadap koperasi yang masuk katagori tidak sehat. Data Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop dan UMKM) Kabupaten Malang, saat ini tercatat 106 koperasi

yang mendesak ‘direhabilitasi’ agar tidak gulung tikar. “Tahun 2013 lalu, di Kabupaten Malang tercatat berdiri 1.095 koperasi. Namun 9,7 persen atau tepatnya 106 koperasi masuk dalam katagori koperasi yang harus masuk rehabilitasi,” ujar Kepala Dinkop dan UMKM Kabupaten Malang, Sukowiyono SH, MM. Sedangkan untuk koperasi katagori konsultasi sebanyak 607 unit dan koperasi katagori stabil sekitar 352 unit. Menurut dia, ada tiga jenis koperasi yang harus dilakukan revitalisasi. Yakni tidak pernah melakukan rapat anggota tahunan (RAT),

pengurusnya sulit ditemui dan tidak ada aktivitas perkoperasian kurun waktu enam bulan. Dijelaskannya, koperasi yang masuk dalam katagori tidak sehat atau rehabilitasi, tidak serta merta mendapat bantuan permodalan. “Kalau langsung diberi bantuan permodalan, itu namanya tidak mendidik. Kami mengarahkan mereka supaya dapat memulai kembali aktivitas koperasinya,” kata Sukowiyono. Selain itu, Dinkop dan UMKM juga melakukan pendekatan secara persuasif. Bentuknya yakni menanyakan apa kendala dalam koperasi tersebut lalu mengumpulkan para anggota

koperasi yang masuk katagori rehabilitasi itu. Yang terakhir, harus dilakukan reformasi kepengurusan koperasi. “Organisasi koperasi, harus diisi oleh orang-orang yang profesional dan mengerti dunia koperasi. Bila mayoritas anggota koperasi meminta ada pergantian pengurus, maka pengurus lama harus legowo,” beber mantan Kepala Badan KB Kabupaten Malang ini. Setelah berbagai langkah tersebut, barulah Dinkop dan UMKM akan memfasilitasi koperasi tersebut mendapatkan bantuan permodalan namun tergantung pengajuan proposal yang diajukan. (big/mar)

Dorong Koperasi Perkuat Modal Sendiri KOPERASI sebagai motor utama penggerak ekonomi kerakyatan, dituntut agar lebih mandiri. Untuk itu Pemkab Malang mendorong setiap pengelola koperasi harus mampu memperkuat modal sendiri agar bisa berkembang. Hal itu bertujuan supaya koperasi tidak hanya menggantungkan bantuan dari pemerintah, untuk mengembangkan usahanya. Kepala Dinkop dan UMKM Kabupaten Malang, Sukowiyono SH, MM mengatakan, kemandirian koperasi merupakan hasil nyata dari revitalisasi koperasi. “Pemerintah mempunyai dana terbatas untuk memperkuat permodalan koperasi. Untuk itu, koperasi juga dituntut bisa memperkuat permodalannya sendiri,” ujarnya. Salah satu bentuk penguatan modal koperasi sendiri adalah dengan meningkatkan nominal simpanan wajib atau simpanan pokok bagi para anggotanya. “Kalau simpanan pokok anggota koperasi stagnan, maka modal usahanya tidak akan berkembang dan berdampak buruk pada perkembangan ko-

1.Faktor Anggota Koperasi Meninggal Program Dana Abadi Risiko Usaha diperuntukkan khusus untuk anggota koperasi yang menggunakan layanan berjenis simpan pinjam. Setiap koperasi melakukan transaksi keuangan yang sangat beresiko. Ada banyak faktor yang berpotensi merugikan koperasi dari transaksi keuangan, salah satunya adalah pinjaman macet karena anggota meninggal. Program ini akan bekerja sesuai dengan fungsi dan tujuannya agar tidak membebani keluarga yang ditinggal. 2.Membayar Uang Asuransi Semasa hidup setiap anggota yang meminjam di koperasi, otomatis harus membayar uang asuransi saat melakukan pembayaran angsuran tiap bulan. Minimal nominalnya Rp 1 juta tiap bulan atau disesuaikan dengan jumlah pinjaman. 3.Diambil Utuh Program Dana Abadi Risiko Usaha dipergunakan hanya saat anggota mengalami musibah berupa kematian. Bila anggota tidak mengalami hal itu, maka saat pelunasan pinjaman di koperasi, uang tersebut bisa diambil utuh tanpa dipotong pajak maupun biaya lainnya. 4. Tumbuhkan Sadar Koperasi Program ini juga mendorong koperasi yang masuk dalam katagori sakit maupun direhabilitasi, untuk mau dilakukan revitalisasi. Sebab, yang menerapkan program ini adalah koperasi yang masuk dalam katagori konsultasi dan stabil. Harapannya, akan semakin banyak lagi masyarakat Kabupaten Malang yang mau berkoperasi karena banyak kemudahan dan manfaat dalam berkoperasi. (big/mar)

ANEKA RAGAM: Produk unggulan dari koperasi yang beraneka ragam, semakin memperkuat ekonomi kerakyatan dibawah pimpinan Bupati Malang H Rendra Kresna. perasi kedepannya,” tegas pria berkacamata ini. Dia menyontohkan, salah satunya adalah Koperas SAE Pujon yang selama berdiri hingga tahun 2009. Tiap anggotanya memberikan simpanan pokok hanya Rp 1.000 per bulan. Namun, berkat imbauan yang dilakukan Dinkop dan UMKM Kabupaten Malang, mulai tahun 2010 lalu hingga sekarang, simpanan pokok anggotanya naik jadi Rp 5.000 per bulan.

“Bila simpanan pokok naik, dana itu bisa digunakan sebagai cadangan perkuatan modal, andaikata koperasi tersebut mengalami kerugian atau sakit,” tegas mantan Kepala Badan KB Kabupaten Malang ini. Menurutnya, koperasi yang sukses melakukan perkuatan modal sendiri saat ini adalah KUD Ngajum. Saat ini, pengelola KUD Ngajum sudah mewajibkan seluruh anggotanya melakukan simpanan pokok

sebesar Rp 20.000 per bulan. Semakin banyak simpanan pokok yang diserahkan kata Sukowiyono, maka akan memperkuat permodalan koperasi. Kendati demikian, banyaknya nominal simpanan pokok yang diserahkan, harus disepakati antara pengurus dengan anggotanya, seperti yang diatur dalam UU No 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian. “Salah satu prinsip koperasi adalah terbuka dan sukarela.

Jadi, anggota tidak terbebanii dengan adanya koperasi,” kataa h dia. Sementara itu bila seluruh g koperasi di Kabupaten Malang n bisa memperkuat modal dengan sendirinya, maka akan men-dongkrak ekonomi kerakyatan.. “Melalui koperasi, kita tentunyaa berharap terciptanya masyarakatt n yang mandiri, produktif dan berdaya saing, sesuai visi misii Bupati Malang H Rendra Kresna yakni Madep Manteb,” pungkas dia. (big/mar)

TINJAU : Ketua TP PKK Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna, saat memnijau keberadaan Kopwan di Kecamatan Singosari

REDAKTUR: SUMARGA NURTANTYO, LAYOUTER: DJ AMIEL


JUMAT, 28 MARET 2014

Musrenbang Terima 2.837 Usulan Pembangunan MALANG- Sebanyak 2.837 usulan pembangunan, diajukan dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2015 di Pringgitan Kabupaten Malang kemarin. Bupati Malang, H Rendra Kresna yang membuka acara tersebut, berharap pembangunan itu sesuai dengan visi misi Kabupaten Malang yang Madep Manteb. Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Drs Edy Suhartono SH Mpd, usulan yang diajukan oleh 33 kecamatan, mayoritas merupakan pengadaan maupun peningkatan infrastruktur. “Diantaranya berupa pengadaan serta perbaikan jalan ataupun pengadaan jalan tani. Selain itu, beberapa usulan lain diantaranya pengadaan penerangan jalan umum (JPU), pembangunan balai desa dan renovasi beberapa kantor desa,” urainya. Namun, tidak semua pengajuan tersebut akan dibawa ke tingkat provinsi. Dalam hal ini, Pemkab Malang mengklasifikasikannya dalam skala prioritas. “Skala proiritas yang dimaksud adalah mendesak untuk direalisasikan dan menjadi kepentingan umum maupun bersama,” papar Edy. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini menjelaskan, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dibagi menjadi empat kelompok sesuai tugas pokok dan fungsinya. Yakni kelomposk sarana prasarana, sosial kebudayaan, pemerintahan dan perekonomian. “Dari 2.837 usulan itu, kemudian kami pilah sesuai kelompoknya. Kemudian, pada hari ini (kemarin) juga seluruh kelompok tersebut membahas apa yang menjadi skala prioritas untuk diajukan ke provinsi,” tegasnya. (big/mar)

MALANG- Dugaan korupsi program Gerakan Produksi Peningkatan Pertanian Berbasis Korporasi (GP3K) pada Komunitas Petani Peternak Nelayan Indonesia (KOPPINDO) Kabupaten Malang tidak hanya berhenti dengan menahan Pupuh Swastomo, Sekjen KOPPINDO. Dalam gelar perkara yang dilakukan Satreskrim Polres Malang, disimpulkan muncul tiga tersangka baru lagi yang akan diperiksa dalam waktu dekat. Namun, siapa yang akan menyusul warga Bumi Mondoroko Raya, Singosari ini masuk dalam bui, penyidik belum mau membuka identitas ketiganya. “Dalam minggu ini, ketiganya akan

Zaenal Diyakini Masih Hidup

BINAR GUMILANG/MALANG POST

MUSYAWARAH : Salah satu kelompok melakukan musyawarah usulan pembangunan yang menjadi skala prioritas.

dimintai keterangan dengan status Aldy, sudah dilimpahkan ke Kejari tersangka,” ungkap Kasatreskrim Kabupaten Malang di Kepanjen. “Kami Polres Malang, AKP Muhammad Aldy hanya menunggu penetapan P21,” Sulaeman SIK. tegas dia. Dugaan korupsi, Menurut dia, ketiga bermula dari Kementerian tersangka baru itu BUMN memberikan tugas dianggap menerima kepada PT. Pertani untuk uang pembagian dari melaksanakan program tersangka Pupuh. ketahanan pangan berbentuk Seperti diketahui, program GP3K pada 2011 Jumat (3/1) lalu, lalu. Dari program itu, PT. penyidik Satreskrim Pertani Malang bekerjasama Polres Malang dengan KOPPINDO selaku menahan Pupuh mitra koordinator petani. karena terbukti KOPPINDO mengkoordinir melakukan korupsi kelompok tani untuk program GP3K. Dia menanam padi di wilayah dianggap paling Kabupaten Malang. bertanggungjawab Pascapanen, KOPPINDO Aldy Sulaeman atas raibnya uang wajib menagih pengembalian negara sekitar Rp 1,27 miliar. pinjaman dari petani atau kelompok tani. Khusus berkas Pupuh, menurut Menurut Kanit Tipikor Polres Malang

Iptu Sutiyo SH Mhum, total pinjaman yang diberikan oleh PT. Pertani Malang kepada KOPPINDO melalui Pupuh Swastomo senilai lebih kurang Rp 2,3 miliar. “Uang pinjaman ini diminta untuk segera didistribusikan kepada 11 kelompok tani di Pakisaji,” ungkapnya. Ketika kelompok tani binaan KOPPINDO panen, maka wajib mengembalikan pinjaman ke KOPPINDO untuk diberikan kepada PT. Pertani Malang, Juni 2012. Namun kenyataannya, ketika habis jangka waktunya, KOPPINDO hanya mengembalikan pinjaman dalam bentuk barang yang tidak terpakai dan uang tunai yang nilainya tidak sesuai dengan pinjaman awal, yaitu hanya Rp 494 juta. “Dari sinilah mulai terkuak dugaan korupsi. Berdasarkan audit BPKP, yang dikeluarkan 30 Desember 2013, jumlah kerugian negara sebesar Rp 1,27 miliar,” tegas Sutiyo. (agp/mar)

Caleg Partai Hanura Jalani Sidang Perdana PELANGGARAN PEMILU MALANG– Ir M Syamsul Arifin menjadi calon legislatif (Caleg) pertama yang menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen, kemarin. Caleg Partai Hanura DPRD Provinsi Jatim Dapil V Nomor Urut 1 Malang Raya ini diadili terkait dugaan pelanggaran pidana pemilu, yang dilakukan pada 28 Februari 2014 di Dusun Pasar Pon, Desa Banjarejo, Donomulyo. Syamsul mulai menjalani persidangan pukul 09.45 di ruang sidang Cakra. Dia didampingi dua orang pengacara, yaitu Bambang Suherwono SH serta Ilham SH. Selama menjalani persidangan, Syamsul yang masih tercatat sebagai anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim ini, terlihat tegang. Pandangannya terlihat fokus ke depan. Sidang perdana dimulai dengan agenda pembacaan dakwaan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Tutik Budi Utami SH. Sementara saksi yang dihadirkan JPU, ada delapan orang dari semula sembilan saksi. Delapan saksi yang dimintai keterangan yaitu, Kepala Divisi Penanganan Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Malang, George da Silva,

Kapal Korea Terbakar

Zaenal Arifin

Polisi Bidik Tersangka Baru Korupsi Program GP3K KOPPINDO Kabupaten Malang

10

anggota Panwascam Donomulyo, Andik Suciono, Irwanto serta Widiantoro. Termasuk pula dua petugas pengawas lapangan (PPL) Desa Banjarejo, Dwi Susilo serta Siswanto, Siti Makiyah, salah satu warga yang menerima sembako dan Samsul Arifin, sekretaris karang taruna Desa Banjarejo, yang rumahnya ditempati kegiatan kampanye. Keterangan tujuh saksi menyudutkan Syamsul. Mereka mengatakan bahwa kegiatan pembagian sembako kepada 250 warga dan santunan kepada 20 anak yatim, merupakan pelanggaran kampanye. “Meski dalihnya datang sebagai anggota DPRD Provinsi, tetapi dia sekarang ini adalah Caleg, maka kegiatan membagikan sembako dan memberi santunan masuk dalam katagori kampanye. Dan itu dilarang, karena Caleg tidak diperbolehkan memberikan janji-janji apalagi sampai membagi-bagikan sembako,” terang George da Silva. Sedangkan satu saksi yaitu Samsul Arifin, sekretaris karang taruna selaku panitia acara dan yang mengundang Ir Syamsul Arifin,

MALANG– Satu dari lima anak buah kapal (ABK) milik Korea Selatan yang meninggal, setelah kapal untuk pencari ikan terbakar pada Senin (24/3) lalu, ternyata diketahui warga Dusun Pangganglele RT01 RW03, Desa Arjowilangun, Kalipare. Korban diketahui bernama Zaenal Arifin, 36 tahun. Dia diduga meninggal bersama empat ABK lain asal Indonesia. Meski sudah ada pernyataan bahwa seluruh ABK dan nahkoda kapal yang terbakar itu meninggal dunia, namun keluarga korban meyakini bahwa Zaenal Arifin masih hidup. Terutama Enik Nurhayati, istrinya. Ibu dua anak ini yakin bahwa suaminya masih hidup. “Kabar bahwa ada kapal meledak, memang kami sudah tahu. Tetapi kami berharap suami saya selamat dan sehat. Karena ponselnya masih bisa dihubungi meski tidak diangkat,” tutur Enik, sembari meneteskan air mata. Hal yang sama juga dikatakan Heri Purwantoko, paman Zaenal Arifin, bahwa keluarga masih yakin kalau keponakannya masih hidup. Namun keluarga juga sudah siap menerima jika memang, Zaenal sudah meninggal. “Untuk informasi ini kan masih simpang siur. Karena belum ada pernyataan resmi apakah ABK yang meninggal dalam kecalakaan kapal itu Zaenal. Karena sampai saat ini, polisi Korea masih mengidentifikasi. Namun kami sudah menyiapkan persiapan yang terburuk, yaitu mengurus pemulangan jenazah dan asuransi. Tetapi harapan keluarga, semoga Zaenal masih selamat,” tutur Heri. Menurutnya, keluarga mendapat kabar bahwa kapal nelayan tempat korban bekerja terbakar di Kepulauan Jeju Semenanjung Korea Selatan, dari PT Nur Wira Cahaya Jakarta, perusahaan tempat korban berangkat ke Korea. “Pihak perusahaan mengatakan supaya keluarga bersiap untuk mengurus dengan menyiapkan surat kuasa serta santunan ahli waris, karena Zaenal mengalami kecelakaan. Selain itu pihak perusahaan juga menyatakan siap bertanggungjawab dengan menanggung biaya semuanya,” terangnya. Heri melanjutkan, bahwa korban berangkat bekerja ke Korea sebagai TKI, sejak sekitar 11 bulan lalu. Dia bekerja sebagai penarik jarring ikan di kapal nelayan milik warga Korea. Seperti diberitakan, Senin (24/3) dini hari, kapal nelayan milik warga Korea terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Di dalam kapal itu, ada 5 ABK yang semuanya dari Indonesia. Mereka meninggal dunia bukan karena kebakaran, tetapi mengalami hypothermia karena kedinginan air laut, setelah melompat ke laut. (agp/mar)

AGUNG PRIYO/MALANG POST

PELANGGARAN: Sidang perdana kasus pelanggaran pidana pemilu dengan terdakwa Ir Syamsul Arifin, Caleg DPRD Provinsi Jatim. terlihat menutup-nutupi kesalahan terdakwa. Bahkan karena keterangan yang berbelit, dia menjadi bulan-bulanan pertanyaan para hakim. Samsul mengatakan bahwa kegiatan di rumahnya pada 28 Februari bukan kampanye, tetapi santu-

nan anak yatim. “Fakta kenyataan bahwa klien saya (Syamsul Arifin) memang tidak kampanye. Kedatangannya karena diundang sebagai anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim, sehingga tidak ada pelanggarannya,” kata Bambang Suherwono. (agp/mar)

REDAKTUR: SUMARGA NURTANTYO, LAYOUTER: DJ AMIEL


jumat, 28 MARET 2014

11

Keselarasan Iman, Ilmu dan Amal Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak.’’

(HR. Bukhari) Ini adalah sebuah hadits yang sudah sangat familiar di telinga umat Muslim. Hadits tersebut menunjukkan bahwa misi utama risalah kenabian Muhammad SAW adalah untuk menyempurnakan akhlak dan sebagai pembenah akhlak jahiliyah. Semua buku sirah Nabawiyah baik yang ditulis oleh orang Islam maupun non-Islam, menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW mempunyai hak yang terbantahkan dalam urusan penegakan akhlak. Bahkan di usia yang masih muda belia Muhammad sudah dijuluki al-Amin sebagai bentuk ketakdziman suku Quraisy yang mengakui keindahan akhlak beliau yang telah berhasil mendamaikan tokoh-tokoh gaek suku Quraisy yang saling berebut hak meletakkan Hajar Aswad (batu hitam) tatkala Ka’bah direnovasi. Namun sebuah keadaan yang kontradiktif nampak di negara kita. Saat ini negeri Muslim terbesar di dunia ini dapat dikatakan sedang dilanda krisis moral Islam. Ritual agama yang sangat marak di masyarakat tidak berimbas pada perilaku masyarakat. Ribuan maje-

Oleh : Akhmad Fakhrur Rouzi, guru SMP ‘Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang

lis dzikir dan majelis taklim yang banyak ditayangkan di televisi seakan tidak mampu mengimbangi laju angka aborsi yang dilakukan oleh pelajar putri. Apalagi mampu mengurangi laju angka korupsi para pejabat negeri. Melihat kondisi seperti ini seakan Islam di Indonesia telah kehilangan keteladanan dalam berakhlak mulia. Penyebab utama hilangnya keteladanan dalam berakhlak mulia itu dikarenakan adanya ketidakselarasan keber-Islaman kita. Muncul pertanyaan bagi kita, keber-Islaman mana yang tidak selaras? Jawaban-

nya adalah akar keber-Islaman kita yang tidak selaras, yaitu iman, ilmu dan amal kita yang tidak selaras. Bila ketiganya benar-benar bisa bersinergis dalam diri kita dan bisa membangun relasi yang selaras serta tidak saling membohongi maka keber-Islaman kita otomatis akan selaras dengan sendirinya. Bila itu terjadi maka akan muncul pribadi-pribadi Muslim yang berakhlak mulia yang bisa memberikan teladan bagi masyarakat. Kondisi umum yang sering muncul di dalam diri kita adalah kita seringkali merasa beriman, padahal sebenarnya kita belum beriman. Kita jangan sampai seperti orang Arab Badui yang merasa dirinya telah beriman padahal mereka belum beriman. Seperti yang Allah gambarkan dalam surat al-Hujurat ayat 14, Orang-orang Arab Badui itu berkata: “Kami telah beriman”. Katakanlah: “Kamu belum beriman, tapi katakanlah ´kami telah tunduk´, karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu; dan jika kamu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia tidak akan mengurangi sedikitpun pahala amalanmu; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. Ayat ini layak menjadi cambuk bagi kita untuk selalu melakukan koreksi dan intropeksi keimanan kita kepada Allah. Sekarang ini banyak orang Islam

yang ragu atau tidak yakin dengan Allah SWT. Tidak yakin bahwa Allah itu Esa, laa ilaha illa huwa, nampak dari banyak sesembahannya selain Allah, baik itu berupa harta, kekuasaan, ideology, partai, organisasi atau nafsunya sendiri. Tidak yakin bahwa Allah itu Maha pemberi rezeki, maka dia korupsi. Tidak yakin adanya pengawasan yang superketat dan tanpa cela dari Allah dan malaikat-Nya, maka dia merasa tenang kalau kejahatannya tidak diketahui oleh polisi, jaksa atau KPK. Tidak yakin bahwa azab jahanam itu haq, maka dengan gamblang dan beraninya dia menerobos sesuatu yang jelas-jelas keharamannya. Contoh riil yang bisa kita jadikan sebagai sebuah pelajaran adalah perilaku syirik yang dilakukan oleh caleg dari salah satu partai peserta pemilu, yaitu ngalap berkah dengan melakukan semedi di sebuah sungai yang diyakini oleh banyak politisi membawa berkah. Harapan si caleg tersebut dia bisa meraup suara banyak dan memenangkan pemilu akhirnya dia menjadi anggota legislatif. Parahnya si caleg tersebut bersemedi di tengah sungai ditemani oleh seorang dukun dan memakai jilbab. Sebuah perilaku syirik yang di publikasikan dan tanpa dia sadari perilakunya itu telah benar-benar menampar wajah Islam Indonesia. Perilaku ganjil di era modern. Contoh lain yang bisa kita jadi-

Murtad Tanpa Sadar Ada sebuah buku berjudul asli Al-Iman wa Nawaqidhuhu & At-Tibyan Syarhu Nawaqidhil Iman. Buku ini ditulis oleh duet Dr Safar Hawali & Syaikh Sulaiman Nashir Ulwan. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Etoz Publishing. Yang menarik, penerbit menerjemahkan judul buku tersebut dengan atraktif sekaligus menghentak sanubari. Judul bahasa Indonesianya ialah Murtad Tanpa Sadar, Kok Bisa? Benar saudaraku. Ternyata di dalam hidup ini ada perkaraperkara yang jika dilakukan, bahkan sekedar diucapkan, dapat menjerumuskan seorang muslim ke dalam sebuah keadaan murtad tanpa sadar. Artinya, ia tidak sekedar terlibat dalam sembarang dosa. Tapi ia terlibat ke dalam urusan yang dapat menyebabkan batalnya keimanan serta keislamannya. Hal ini menjadi lebih serius jika kita kaitkan dengan kondisi zaman modern yang sangat sarat dengan fitnah (ujian) terhadap iman seorang muslim. Kita jadi teringat sebuah hadits di mana Rasulullah Muhammad saw bersabda : “Bersegeralah beramal sebelum datangnya rangkaian fitnah seperti sepenggalan malam yang gelap gulita, seorang laki-laki di waktu pagi mukmin dan di waktu sore telah kafir, dan di waktu sore beriman dan paginya menjadi kafir, ia menjual agamanya dengan kesenangan dunia.” (HR. Ahmad, No. 8493) Sungguh penulis khawatir bahwa kondisi dunia dewasa ini persis sebagaimana Nabi gambarkan di dalam hadits tersebut. Laksana malam yang gelap gulita. Fitnah (ujian) telah meliputi segenap aspek kehidupan modern. Dan derajat fitnah tersebut sedemikian rupa sehingga potensial menyebabkan seorang muslim sulit memelihara ke istiqomahannya. Pagi masih dinilai Allah SWT beriman, namun sore harinya telah menjadi kafir. Bayangkan…! Nabi saw di dalam hadits itu tidak menggambarkan kondisi gelap gulita tersebut berakibat sekedar “di waktu pagi berbuat kebaikan dan di waktu sore berbuat kejahatan”. Sebab jika demikian penggambarannya, masih lebih ringan. Sebab betapapun seseorang melakukan kejahatan, ia masih mungkin dipandang tetap memiliki iman. Sedangkan Nabi saw jelasjelas menggambarkan bahwa kegelapan akibat rangkaian fitnah tersebut berakibat “seorang laki-laki di waktu pagi mukmin dan di waktu sore telah kafir, dan di waktu sore beriman dan paginya menjadi kafir”. Wa na’udzu billahi min dzaalika…! Mari kita lihat contohnya. Sebut saja Pembatal Keislaman nomor empat dan nomor sembilan. Pembatal Keislaman nomor empat di dalam buku MTS (Murtad Tanpa Sadar) ialah “Meyakini Bahwa Selain Petunjuk Nabi Muhammad saw Lebih Sempurna Daripada Petunjuknya”.

Oleh : Ustadz Ihsan Tandjung Sedangkan Pembatal Keislaman nomor sembilan ialah “Meyakini Bahwa Manusia Boleh Keluar Dan Tidak Mengikuti Syariat Allah SWT dan RasulNya saw”. Sungguh, tidak sedikit muslim di era modern ini yang terjatuh kepada dua perkara di atas. Mereka masih menaruh harapan kepada petunjuk, panduan, isme, ideologi, bimbingan hidup, sistem hidup atau falsafah hidup selain yang bersumber dari Allah SWT dan RasulNya. Lalu mereka memperlakukan berbagai petunjuk tersebut seolah setara bahkan lebih baik dan lebih sempurna daripada ajaran Al-Islam. Mereka meragukan Al-Islam sebagai pemersatu keanekaragaman ummat manusia lalu meyakini ada selain Al-Islam yang dapat memainkan peranan pemersatu tersebut. Seolah mereka mengabaikan kesempurnaan ajaran atau syariat Allah SWT. Lalu menaruh kepercayaan akan kesempurnaan ajaran atau isme lainnya. Padahal di dalam AlQur’an dia membaca ayat Allah SWT yang berbunyi: “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah [5] : 3) Salah satu faham modern yang dewasa ini secara gencar dikampanyekan oleh masyarakat Barat (baca: kaum Yahudi dan Nasrani) ialah Pluralisme. Sebagian besar penghuni bumi dewasa ini telah terpengaruh dan percaya kepada faham tersebut. Mereka memandangnya sebagai sebuah faham yang baik dan positif. Bahkan faham ini telah dipandang sebagai indikator kemajuan atau kemodernan seseorang atau bahkan suatu bangsa. Memang, pada tahap awal,

Pluralisme mengajarkan suatu hal yang baik yaitu keharusan setiap orang agar menghormati orang lain apapun latar belakang agama dan keyakinannya. Sampai di sini kita tidak punya masalah dengan ajaran ini. Bahkan Islam-pun menganjurkan kita untuk berlaku demikian. Tetapi persoalannya, Pluralisme tidak menerima jika seseorang hanya sebatas memiliki sikap seperti itu. Ia menuntut setiap orang agar mengembangkan “sikap modern” sedemikian rupa sehingga tanpa ragu dan bimbang rela berkata: “Semua agama baik. Semua agama sama. Semua agama benar.” Nah, jika seorang muslim sampai rela mengeluarkan katakata seperti itu, barulah ia benarbenar diakui sebagai seorang penganut Pluralisme. Barulah ia akan diberi label “muslim modern” dan “muslim moderat” oleh masyarakat dunia, khususnya masyarakat barat. Apa masalahnya bila seorang muslim berkata: “Semua agama baik. Semua agama sama. Semua agama benar”? Saudaraku, ungkapan seperti itu menunjukkan bahwa yang mengucapkannya tidak setuju dengan beberapa ayat di dalam Kitabullah Al-Qur’anul Karim. Padahal ketidaksetujuan seseorang akan isi Al-Qur’an menunjukkan bahwa dirinya meragukan kebenaran fihak yang telah mewahyukannya, yaitu Allah SWT. Maka seorang muslim yang termakan oleh faham Pluralisme sehingga melontarkan kalimatkalimat batil seperti di atas sungguh potensial terjangkiti virus MTS. Sebab ia sekurangkurangnya telah menolak tiga ayat Al-Qur’an. Ia telah memandang dirinya lebih cerdas daripada Allah Yang Maha Tahu dan Maha Benar pengetahuannya. Ketiga ayat tersebut ialah: “Sesungguhnya agama (yang

diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran [3] : 19) “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekalikali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran [3] : 85) Bagaimana mungkin seorang muslim yang pernah membaca ketiga ayat di atas, sambil mengaku beriman akan Al-Qur’an sebagai kumpulan firman Allah SWT Yang Maha Tahu dan Maha Benar pengetahuannya, lalu akan dengan ringannya tega melontarkan kata-kata: “Semua agama baik. Semua agama sama. Semua agama benar”? Coba perhatikan cuplikan diskusi yang sering terjadi di sekitar kita. Ada beberapa orang sedang mendiskusikan soal perselisihan antar dua kelompok berbeda agama yang terjadi di tengah masyarakat. Yang satu kelompok kaum muslimin, sedangkan yang satu lagi kelompok kaum nonmuslim. Lalu masing-masing fihak mempertahankan argumennya masing-masing. Akhirnya suasana diskusi menjadi panas dan hampir tidak terkendali. Tiba-tiba salah seorang di antara mereka melontarkan sebuah upaya menenteramkan situasi dengan melontarkan kata-kata: “Sudahlah teman-teman. Marilah kita ingat selalu bahwa kita ini kan satu bangsa. Agama boleh berbeda. Tapi kita kan tetap satu bangsa. Toh, setiap agama kan maksudnya baik. Tujuannya mulia. Dan semuanya kan menuju tujuan yang sama yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Kenapa sih kita tidak bisa saling memahami dan bersikap toleran?” Bukankah contoh kasus di atas merupakan suasana yang sangat sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari kita? Dan diskusi hangat dengan akhir seperti itu kian hari kian mudah kita temui belakangan ini. Kasus dan pelaku perselisihan boleh berbeda, tapi ujung akhir penyelesaiannya kurang lebih sama. Yaitu mengakui bahwa setiap agama punya maksud yang sama dan baik. Benarkah demikian? Kalaulah semua agama punya maksud dan tujuan yang sama dan baik, lalu mengapa kita harus memilih Al-Islam? Mengapa kita tidak pilih yang lainnya saja? Bukankah Islam secara praktek lebih rumit dan menuntut pengorbanan dibandingkan yang lainnya? Islam mewajibkan setiap muslim sholat beribadah kepada Allah SWT sekurangnya lima kali sehari-semalam. Islam mewajibkan setiap satu tahun sekali selama sebulan penuh muslim menahan rasa lapar, dahaga dan berhubungan suami-istri di siang hari. Mengapa tidak kita pilih agama lainnya yang lebih sederhana dan ringan? Artinya, pandangan yang mengatakan bahwa semua agama bermaksud “sama dan baik” mengingkari statement Allah SWT yang berfirman: “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran [3] : 19). (*/ermus)

kan pelajaran juga adalah perilaku lepas jilbab yang dilakukan oleh istri salah satu terdakwa kasus suap impor sapi. Saat sang suami berjuang di meja pengadilan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, sang istri yang sebelumnya berjilbab kemudian di depan media massa mengumumkan bahwa jilbab yang selama ini menutup auratnya secara resmi dia tanggalkan. Alasan utamanya adalah dia ingin kembali menekuni dunia kerartisan dan menurutnya setelah menanggalkan jilbab tawaran untuk menyanyi menjadi lebih banyak. Sang istri lupa bahwa Allah itu Maha luas rezeki-Nya, tanpa harus melepaskan jilbabnya Allah pasti akan memberikan rezekinya. Dua contoh di atas merupakan gambaran umum perilaku ber-Islam masyarakat kita yang secara legal formal menyatakan dirinya Muslim, Allah Rabbnya, Muhammad Rasulnya, Al-Qur’an kitabnya tapi dalam ranah amaliyah atau ranah perilaku, jauh api dari panggang. Amal itu inheren dalam iman, artinya iman yang benar pasti melahirkan amal yang baik, benar dan indah. Bahkan amal itu sendiri adalah iman. Di tambah lagi masih ada saja orang Islam yang berilmu di negeri ini tapi berperilaku menyimpang, yaitu melakukan korupsi. Semakin menunjukkan bahwa semakin tidak selarasnya antara iman, amal dan ilmu.

Oleh karena itu Islam jangan hanya diartikan ritual ibadah saja, tapi Islam itu juga butuh realisasi dari ritual ibadah kita yang kita sebut dengan akhlakul karimah. Jadikan Islam itu sebagai tindakan bukan sekedar lisan saja. Yang harus kita tanamkan dalam jiwa kita adalah Islam itu adalah kebutuhan hidup kita. Islam bukan pengetahuan saja melainkan juga amalan yang konsisten dan istiqomah yang ditunjukkan dengan tindakan dan perilaku sehari-hari. Akhirnya mari kita resapi firman Allah dalam al-Hujurat ayat 15 ; Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. Bila kita sudah menyatakan iman kepada Allah Swt maka kita diwajibkan untuk berjihad dijalan Allah dalam bentuk mengaplikasikan iman kita itu dengan selalu beramal shalih dalam wujud sholeh sosial, dan selalu menuntut ilmu untuk lebih memantapkan iman kita kepada Allah Swt. Dan tugas berikutnya adalah bagaimana kita bisa menyelarasakan antara iman, amal dan ilmu itu dalam kehidupan sehari-hari dan itulah yang disebut dengan jihad fi sabilillah. Wallahu a’lam bish-shawab. (*)

KAJIAN FIKIH

Menjawab Salam Non-Muslim TANYA: Apakah haram hukumnya bila salam non muslim dijawab? Karena saya bingung, ada yang mengatakan haram hukumnya dan ada yang mengatakan tidak, mohon penjelasannya. JAWAB: Pertama-tama perlu diketahui bahwa muslim tidak boleh memulai mengucap salam kepada non-muslim berdasarkan hadits Nabi saw; “Jangan memulai memberi salam kepada Yahudi dan Nasrani...” Inilah pendapat jumhur ulama. Sebagian kalangan (misalnya madzhab Ibnu Abbas) membolehkan memulai memberi salam jika memang ada kepentingan mendesak atau untuk menangkal bahaya. Yaitu dengan ucapan “Assalamu alaika” untuk satu orang dan “Assalamu alaikum” untuk banyak orang. Hanya saja, menurut yang lain jika memang terpaksa harus memulai mengucap salam kepada non-muslim, sebaiknya

ucapan salam yang diberikan adalah redaksi yang bersifat umum seperti selamat pagi dst. Lalu bagaimana dengan menjawab salam mereka seperti pertanyaan Anda tersebut? Rasulullah saw bersabda; “Jika ahlul kitab memberi salam kepadamu, jawablah, “Wa alaikum.” Lalu apakah boleh menjawab dengan ucapan “wa alaikumussalam”? Syeikh Ibn Utsaymin membolehkan dengan alasan menyesuaikan dengan salam mereka. Yaitu ketika mereka mengucap “Assalamu alaikum.” Beliau mendasarkan pendapatnya pada ayat 86 dari surat an-Nisa secara umum. Hanya saja menurut pendapat jumhur, jawaban atas salam mereka cukup dengan redaksi pertama yaitu waalaika atau wa alaikum. Jadi kesimpulannya, boleh menjawab salam mereka. Namun sebaiknya dengan redaksi wa alaika atau wa alaikum. Wallahu a’lam. (syariah_online)

Menggunakan Pil Krim Pemutih TANYA: Mengenai hukum penggunaan kapsul, pil, cream pemutih. Jika seandainya mengkonsumsinya bertujuan untuk mencerahkan atau memutihkan kulit anggota tubuh yang gelap akibat terkena matahari, dan kalau yang digunakan berupa kapsul/ pil pasti efeknya ke seluruh tubuh, karena diminum, lantas bagaimana hukumnya? JAWAB: Secara umum hukum jika produk pemutih wajah tersebut berfungsi merubah warna kulit asli secara permanen, maka hukumnya tidak boleh. Sebab hal itu sama dengan tato atau merubah ciptaan Allah yang jelas dilarang oleh agama. Namun jika fungsinya adalah mengembalikan warna kulit yang mengalami perubahan karena sebab-sebab tertentu kepada warna aslinya seperti yang Anda katakan, di mana ia tidak dari bahan yang

diharamkan dan tidak membahayakan, maka hukumnya boleh. Misalnya jika warna asli kulitnya adalah putih, lalu karena penyakit, debu, terkena cairan, atau terkena sinar matahari warnanya berubah menjadi agak gelap, maka penggunaan produk yang bisa mengembalikan warna asli kulit dalam hal ini diperbolehkan selama dari bahan yang halal dan tidak membahayakan. Sebab, termasuk dalam konteks menghilangkan cacat atau aib yang ada di tubuh; bukan dalam konteks merubah ciptaan. Hanya saja perhatian terhadap hal tersebut jangan sampai menyita waktu, dana, atau tenaga yang sangat besar sehingga mengakibatkan banyak kewajiban terabaikan. Juga jangan sampai kesibukan tehadap kondisi fisik mengabaikan perhatian terhadap kondisi hati dan jiwa. Wallahu a’lam. (syariah_online)

Niat Tahiyyatul Masjid dan Qabliyyah TANYA: Bolehkah menggabungkan niat salat sunnah Tahiyatul Masjid dengan niat salat sunat Qobliyah ketika waktu iqomat sudah dekat? JAWAB: Sebenarnya salat Tahiyyatul Masjid adalah salat yang dikerjakan ketika masuk ke dalam masjid sebelum duduk sebagaimana sabda Nabi saw. Demikian pula salat Sunnah Wudhu adalah salat yang dikerjakan sesudah wudhu. Karena itu, kalau kita melakukan salat Sunnah Qabliyyah sesudah wudhu, maka otomatis Salat Qabliyyah yang kita lakukan sekaligus juga terhitung sebagai salat Sunnah Wudhu. Jika salat Sunnah Qabliyyah tersebut dilakukan ketika baru masuk mesjid sebelum duduk, maka ia juga terhitung sebagai salat Tahiyyatul Masjid.

Namun demikian, jika waktu pelaksanaan salat fardhu masih lama, memang sebaiknya dikerjakan terpisah. Misalnya salat Tahiyyatul Masjid dulu baru Qabliyyyah atau salat sunnah wudhu baru Qabliyyah. Hanya saja jika waktu pelaksanaan salat fardhu sudah dekat maka sebaiknya langsung melakukan qabliyyah disertai niat tahiyyatul masjid. Syeikh Syarwani berkata, “Jika seseorang berwudhu lalu masuk mesjid, maka yang lebih dekat adalah jika ia melakukan salat dua rakaat dengan niat keduanya (sunnah wudhu dan tahiyyatul masjid) atau dengan niat salah satunya, maka itu sudah cukup. Memang yang lebih baik adalah melaksanakan 4 rakaat dengan mendahulukan tahiyyatul mesjid lalu sunnah wudhu.” (syariah_online) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: ABDEE


12

JUMAT, 28 MARET 2014

JUMAT, 28 MARET 2014

PPDB SEKOLAH FAVORIT MAKIN KETAT MALANG – Tanpa iming-iming biaya gratis, sekolah-sekolah swasta tak kalah peminat. Malah, beberapa sekolah swasta yang terdata oleh Malang Post, harus menolak sebagian calon siswa lantaran terbatasnya lokal kelas yang tersedia. Sebagian lagi, harus mempersempit waktu pendaftaran dalam (Penerimaan Peserta Didik Baru). Lagi-lagi, alasannya karena jumlah kelas yang terbatas. Seperti SD Islam Sabilillah (SDIS), yang membatasi waktu pendaftaran hanya tiga hari saja. Dalam rentang waktu tersebut, salah satu SD favorit di Kota Malang ini sudah menerima kurang lebih 280 calon siswa. “Jumlah tersebut termasuk sekitar 60 calon siswa dari TK Islam Sabilillah, yang sudah pasti akan diterima. Sedangkan kuota yang kami sediakan tahun ajaran ini adalah 120 siswa,” terang Waka Humas SDIS, M. Isnin Hasanah, S.Pd kepada Malang Post.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

KUALITAS: Tampak suasana belajar di SMPK Frateran Celaket 21 yang menyenangkan. Meski tanpa iming-iming biaya gratis dengan kualitas yang bertahan, sekolah-sekolah swasta tetap laris manis. Artinya, saat ini kuota yang tersisa dari angka 120 tersebut adalah

60 siswa, yang akan diperebutkan oleh sekitar 220 pendaftar jalur

reguler (TK umum). Wawancara seleksi masuk yang akan menentukan diterima atau tidaknya calon siswa akan dilaksanakan pada Sabtu (29/3) besok. Di tingkat SMP, SMP Brawijaya Smart School (BSS) dan SMPK Frateran Celaket 21 juga kebanjiran calon siswa. Ketua PPDB SMP BSS, Dwi Utami, M.Pd, menuturkan, dari tiga jalur pendaftaran yang dibuka, SMP BSS masih melalui jalur pertama, yaitu jalur rapor. Dari 60 calon siswa yang mendaftar dengan jalur tersebut, hanya 19 di antaranya yang tersaring melalui hasil wawancara terhadap calon siswa dan orang tua. Sedangkan kuota yang disediakan oleh SMP BSS adalah 120 siswa. “Selanjutnya, pendaftaran gelombang I akan dibuka pada 10 Maret – 30 April dan wawancara pada 3 Mei 2014. Dilanjutkan dengan gelombang II pada 1 Mei – 14 Juni yang

wawancaranya akan dilangsungkan pada 16 Juni,” ujar Dwi. Sementara 51 pendaftar lain, menurut Dwi, terpaksa harus disisihkan karena gagal pada tes wawancara. Materi tes, lanjut Dwi, adalah seputar kedekatan siswa dengan orang tua, dan kemampuan non akademik yang dibuktikan secara langsung, tidak hanya melalui sertifikat. Praktik kompetensi non akademik tersebut membedakan PPDB tahun ini dan tahun lalu, di mana kompetensi non akademik tidak dipertimbangkan, melainkan hanya dengan nilai try out. Selain pertimbangan sertifikat non akademik, Dwi menjelaskan bahwa untuk tes gelombang I dan II mendatang, nilai standar yang ditentukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) BSS juga semakin meningkat. “Tahun lalu, standar nilai minimalnya 70 sedangkan tahun ini 75. Ini untuk semakin

meningkatkan persaingan pendidikan di sekolah kami, sehingga mutu pendidikan juga akan meningkat,” ujar wanita berparas ayu tersebut. Sementara itu, menyikapi pendaftar yang membeludak, SMPK Frateran Celaket 21 mempunyai strategi tersendiri. Bagi pendaftar di jalur ekonomi untuk siswa tidak mampu, selain harus melengkapi berkas dengan surat keterangan tidak mampu dari RT, RW, Pastor atau Paroki, Panitia PPDB juga menyediakan tim verifikasi khusus untuk menyurvey keadaan ekonomi siswa secara langsung. “Persyaratannya juga tidak sembarangan, harus memiliki prestasi akademik yang bagus. Demikian pula dengan jalur prestasi, meski sudah dibuktikan dengan sertifikat, juga harus lolos seleksi tim verifikasi,” tutur Koordinator PPDB SMPK Frateran Celaket 21, Yustinus Joko S. Widianto, S.Pd. (ily/lim)

TK NEGERI PEMBINA 1

SISWA DIAJAK Belanja Ke Pasar MALANG – Apa jadinya kalau 160 anak usia 5 tahun menyerbu pasar? Tentu saja ini bukan pemandangan yang biasa. Lucu, lugu dan menggemaskan pastinya. Seperti yang terjadi di Pasar Merjosari kemarin saat diserbu siswa TK Negeri Pembina 1 Malang yang tengah mengikuti kegiatan outing class dengan tema profesi. Untunglah, pedagang di pasar tradisional itu tidak jengah dengan kerumunan siswa yang tumpek blek membeli aneka macam bahan makanan. Malah, beberapa pedagang tidak keberatan memberi ‘harga persahabatan’ kepada mereka. “Seperti yang kami tentukan, setiap siswa membawa uang sebesar Rp10.000 berbentuk pecahan Rp 2.000 an untuk memudahkan transaksi. Ternyata, banyak pedagang yang menjual barang dagangannya seharga Rp 2.000 meski harga sebenarnya lebih mahal dari itu,” tutur Koordinator Bidang Kurikulum TK Negeri Pembina 1 Malang, Ikhwan Kurniawan, S.Pd. Ikhwan mengungkapkan, guru memilih untuk mengajak siswa ke pasar tradisional lantaran selama ini sebagian besar siswa hanya mengenal mall dan supermarket. Padahal, banyak hal yang dapat dipelajari siswa di pasar tradisional, yang tidak didapatkan di mall. Seperti mengenal jajanan tradisional, jenis komoditi yang lebih beragam, serta keramah tamahan antara penjual dan pembeli yang tidak ditemukan di mall, di mana pembeli dapat mengambil barang sendiri. Selain itu, lanjut Ikhwan, siswa juga dapat belajar memanfaatkan uang dan berinteraksi dengan orang asing di tempat yang juga masih baru bagi mereka. “Yang tak kalah penting, kami ingin mengajarkan mereka untuk mandiri dan bertanggungjawab. Untuk itu, sebelumnya kami meminta siswa untuk mendiskusikan bahan makanan yang akan dibeli,” ungkapnya. Nah, bahan makanan itu lantas akan dimasak oleh orang tua siswa dan dibawa ke sekolah sebagai bekal mereka. Menurut penuturan Ikhwan, TK Negeri Pembina 1 Malang memang rutin mengadakan kegiatan outing class semacam itu. Sebelumnya, siswa sudah mengunjungi kantor pos, BPTP Karangploso, Secret Zoo dan Malang Post. “Selain dibantu alat peraga di kelas, kegiatan outing class memang kami nilai sebagai metode terbaik bagi siswa. Dengan melihat objek secara langsung, bayangan mereka tentang sesuatu dapat lebih mereka pahami,” pungkas Ikhwan seraya menutup pembicaraan.(ily/lim)

Rebut Hadiah Ratusan Juta Rupiah

HUMAS UNISMA FOR MP

LIHAT FASILITAS: Rektor Unisma Prof Dr Drs Surahmat MSi bersama Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso melihat langsung ke Rusunawa yang baru diresmikan

Unisma Target Semua Maba Tinggal di Rusunawa

Ajari Mandiri,

MALANG - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) meresmikan Rumah Susun sewa (Rusunawa) senilai Rp 12,7 Miliar di Universitas Islam (Unisma) Malang, Kamis (27/3/14). Peresmian ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso yang hadir mewakili Menteri PU Djoko Kirmanto. Rusunawa dari Kementerian PU ini melengkapi keberadaan Rusunawa Unisma yang dibangun oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sebelumnya. Rektor Unisma Prof Dr Drs Surahmat MSi menuturkan, Pemerintah Pusat sudah dua kali membantu pembangunan Rusunawa di Unisma. Sebelumnya, Unisma juga pernah

mendapat bangunan Rusunawa oleh Kemenpera dengan ukuran bangunan yang serupa dengan bantuan dari Kementerian PU. “Ke depan target kami semua mahasiswa baru Unisma bisa tinggal satu tahun di Rusunawa, karena itu kami juga sudah mendapatkan lampu hijau untuk membangun Rusunawa tahap 3,” ungkap Surahmat. Setiap tahun mahasiswa baru (maba) Unisma Malang sebanyak 3.000 orang. Dengan berdirinya tiga rusunawa nantinya diharapkan bisa menampung semua mahasiswa baru untuk dibina di tahun pertama kuliah. Sementara ini karena keterbatasan daya tampung, Rusunawa 1 hanya ditempati mahasiswa Fakultas

Kedokteran (FK). Rusunawa 2 yang sudah diresmikan kemarin akan diperuntukkan bagi mahasiswi putri dari berbagai fakultas tidak hanya FK. Sementara rusunawa 1 khusus untuk mahasiswa putra. Masingmasing memiliki kapasitas 92 kamar dengan jumlah penghuni sekitar 4 orang per kamar. Sementara itu Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Imam Santoso mengatakan ,pembangunan Rusunawa di lingkungan kampus merupakan salah satu upaya pemerintah mengurangi jumlah pemukiman kumuh di Indonesia. “Ini untuk membantu Pemerintah Kota Malang untuk mengurangi pemukiman kumuh yang ter-

LAILI SALIMAH/MALANG POST

Rangsang Prestasi Siswa dengan Seni merupakan pusat kegiatan belajar,” ujar pria yang piawai memainkan banyak alat musik tersebut. Wujud konkrit dari konsep tersebut, lanjut Guntur, adalah pentas seni mingguan setiap Sabtu pukul 10.00 – 12.00 WIB di halaman sekolah. Secara bergantian, masing-masing kelas mementaskan seni andalan mereka untuk diapresiasi. Penampilan tersebut bisa berupa drama, band, puisi, stand-up comedy dan sebagainya. Menariknya, untuk konsep seni tersebut, Guntur tidak hanya melibatkan siswa, tapi seluruh guru termasuk karyawan dan komite sekolah, juga dilibatkan. Ia menilai, seluruh keluarga besar sekolah harus mencintai seni di

kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh sekolah, tak perlu heran jika orang tua siswa juga turut andil dalam penampilan-penampilan di dalamnya. Misalnya, dalam peringatan hari pahlawan, kegiatan talenta gebyar seni, serta konser kemerdekaan di bulan Agustus. “Dengan seni, guru dapat menyatu dengan siswa, karena seni tidak terbatas usia. Seni juga menjadi senjata saya untuk merangkul siswa yang ‘berbeda’. Misalnya siswa tersebut tidak mampu dalam hal akademik atau kenakalannya sulit dikendalikan,” ujar pria berkulit putih ini. Terhadap siswa ‘berbeda’ tersebut,

jadi sebagai dampak bertambahnya jumlah pendatang,” kata dia. Selain itu, lanjutnya, pembangunan rumah susun ini juga diharapkan bisa menjadi langkah strategis Unisma dalam mempersiapkan peserta didiknya. Selain meresmikan Rusunawa empat lantai, Unisma juga menggelar prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung YayasanUnisma Malang. Prosesi tersebut berlangsung di halaman rektorat Unisma yang diikuti oleh sejumlah petinggi di perguruan tinggi tersebut. Kantor baru yayasan ini menjadi bukti hubungan mesra antara Yayasan dan Rektorat dengan harapan bisa terus bersinergi untuk pengembangan kampus ke depan. (oci/lim)

MALANG - Peserta lomba antar SMA/SMK/MA se Jawa Timur yang akan digelar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmer Malang akan memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah. Kompetisi bergengsi Olimpiade Ekonomi, Akuntansi dan Business English ini akan digelar Minggu (30/3/14). “Peserta dari SMA di luar Kota Malang sudah banyak tapi yang dari dalam kota masih belum banyak, karena itu kami menghimbau untuk segera mendaftar paling lambat Sabtu (29/3/14) besok,” ungkap Penanggungjawab Lomba Dr Syarif Hidayatullah. Apalagi lanjutnya, ada hadiah lebih dari Rp 100 juta yang bisa diperebutkan oleh peserta. Pemenang lomba ini juga akan mendapatkan trofi dari Dinas Pendidikan, uang tunai dan voucher biaya pendidikan dari FEB Unmer Malang serta hadiah hiburan dari sponsor. Pendaftaran dapat dilakukan per orang atau kelompok. Untuk Informasi lengkap serta mekanisme pelaksanaan olimpiade dapat dilihat di www.feunmermalang. blogspot.com. Olimpiade kali ini digelar untuk memeriahkan peringatan Ulang Tahun Emas (50 tahun) dan telah dibukanya International Classs Program (ICP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmer Malang. Kegiatan Olimpiade ini bertujuan meningkatkan motivasi dan semangat siswa untuk berkompetisi secara sportif sekaligus meningkatkan

kompetensi akademik siswa SMA/SMK/MA. “Kegiatan Olimpiade ini telah mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Malang dan Kota Batu,” ungkapnya. Dekan FEB Unmer Dr Moh Burhan M.M menuturkan, menginjak usia 50 tahun, Fakultas FEB Unmer Malang semakin menunjukkan eksistensinya dengan melakukan berbagai kegiatan peningkatan kualitas. Sebagai tahapan awal, untuk lebih melebarkan sayapnya di bidang ekonomi bisnis, barubaru ini nama FEB resmi dipakai menggantikan nama Fakultas Ekonomi yang telah dipakai sebelumnya. Launching nama FEB telah dilakukan pada tanggal 23 Maret 2014 bersamaan dengan kegiatan stadium general oleh CEO MNC Group Hari Tanoesoedibjo. “Pada kesempatan itu kami melakukan MoU dengan pak Hari Tanoe, dan beliau sangat baik sekali karena memberikan beasiswa kepada mahasiswa FEB Unmer,” bebernya. Tak hanya itu raja multimedia itu juga melakukan MoU dengan Unmer Malang dan bersedia menjadi warga kehormatan.(oci/adv/lim)

Kementrian PU Resmikan Rusunawa Tahap II Unisma

CINTA SENI: Salah satu kegiatan pentas seni SMPN 7 Malang yang melibatkan seluruh keluarga besar sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, karyawan dan komite sekolah.

MALANG – Sejak diserahi amanah untuk memimpin SMPN 7 Malang, Drs Hendro Guntur, M.Pd sudah menargetkan seni sebagai poin terpenting yang akan ia jadikan konsep pengembangan sekolah. Guntur meyakini, seni adalah satu-satunya jalan untuk menyelamatkan sekolahnya dari stigma negatif. Dalam bidang seni, sejak awal memimpin sekolah, Guntur sudah melihat bibit-bibit unggul siswa yang memiliki potensi tinggi yang siap untuk dikembangkan. “Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat siswa betah di sekolah. Tidak mungkin kita meminta mereka berprestasi jika mereka tidak betah di sekolah yang

13

RUMAH Susun Sewa (Rusunawa) Tahap II Universitas Islam (Unisma) Malang diresmikan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso, Kamis (27/3/14). Rusunawa dari Kementerian PU ini melengkapi keberadaan Rusunawa tahap 1 yang dibangun oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sebelumnya. Selain itu Imam Santoso kemarin juga didapuk untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Yayasan Unisma Malang.

Guntur memberi peran yang besar di berbagai kegiatan. Sehingga, siswa tersebut akan betah berlama-lama latihan di sekolah dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya, meski bukan termasuk bidang akademik. Untuk memfasilitasi siswa, guru dan komite, tak tanggung-tanggung Guntur menyediakan satu set peralatan musik lengkap. “Kami merasakan, seni dapat memperhalus karakter, meredam emosi dan mempererat kekeluargaan antar siswa, guru, karyawan dan komite sekolah. Sehingga perlahan-lahan nilai akademik siswa pun terangka, dan sekolah kami mulai dikenal sebagai sekolah yang unggul,” pungkasnya.(ily/lim)

FOTO-FOTO: HUMAS UNISMA FOR MALANG POST - TEKS: LAILATUL ROSIDA/ADV

PERESMIAN: Direktur Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso menggunting pita meresmikan penggunaan Rusunawa Tahap II di Unisma Malang

Kejuaraan Karate Trisila Jawa Timur

Tujuh Siswa SD BSS Siap Bertarung

LAILI SALIMAH/MALANG POST

EMPIRIS: Salah satu siswa TK Negeri Pembina 1 Malang bertransaksi dengan penjual bahan makanan di pasar Merjosari.

MALANG – Kamis (27/3) kemarin, SD Brawijaya Smart School (BSS) dengan bangga melepas siswanya untuk ‘bertarung’ dalam Kejuaraan Karate Trisila antar Pelajar se-Jawa Timur 2014. Tujuh siswa dari SD BSS tersebut diberangkatkan bersama belasan siswa dari SMP BSS, SMA BSS dan MIN Malang 1. Selama mengikuti kejuaraan, mereka akan didampingi oleh Senpei (Pelatih) Karate Special Squad dari Institut Karate-Do Indonesia (INKAI), Rizal Bastyan. Kepada Malang Post, Kepala SD BSS Suwarno, SS, menuturkan, tujuh siswa tersebut akan mengikuti pertandingan selama tiga hari di GOR Hayam Wuruk, KODAM Brawijaya Surabaya. “Ini adalah event Kejuaraan Daerah (Kejurda) kesekian yang kami ikuti. Sebelumnya siswa kami juga aktif mengikuti kejuaraan serupa di beberapa tempat seperti di Kediri tempo hari,” ujar Suwarno. Meski tidak menargetkan kemenangan, Suwarno mengatakan siwanya tidak pernah pulang dengan tangan

hampa. Selalu ada saja piala yang disumbangkan dari pertandingan-pertandingan yang mereka ikuti. Misalnya pada event Kejuaraan Karate Nasional Pelajar Malang pada akhir tahun 2013 lalu. Pada kejuaraan yang dilaksanakan di GOR Ken Arok tersebut, karateka SD BSS meraih juara II dan III, mengalahkan puluhan pesaing mereka dari sekolah se-Malang. Pria berkulit putih ini menegaskan, di SD BSS, siswa tidak hanya ditantang untuk berprestasi di bidang akademik, tapi juga non akademik. Namun, di atas itu semua, pendidikan karakter adalah hal utama yang harus didapatkan oleh siswanya. “Untuk itu, berbagai prestasi yang diraih hingga saat ini, goal utamanya adalah karakter. Misalnya bagaimana siswa harus sportif. Dalam kompetisi, siswa harus berusaha maksimal untuk menang, namun tidak besar kepala saat menang dan tidak kecil hati saat kalah,” tandasnya. Salah satu karateka, Rizal Ramadhani mengaku siap untuk bertanding sebaik mungkin untuk memenangkan pertand-

TINJAU: Direktur Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso didampingi jajaran pimpinan Unisma meninjau kamar-kamar di Rusunawa Tahap II

PRASASTI; Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian PekerMODERN: Desain Rusunawa Tahap II sudah berciri khas modern, tampak rombongan menin- jaan Umum (PU), Imam Santoso menandatangani prasasti didampingi Rektor Unisma Prof Dr Drs Surahmat M.Si dan jau secara detil bangunan tersebut Ketua Umum Yayasan Unisma Malang Prof Dr Ahmad Shodiki

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SIAP: Tujuh karateka SD BSS siap berangkat ke Surabaya untuk merebut Piala Trisila 2014 se-Jawa Timur di GOR Hayam Wuruk Surabaya. ingan. Karateka pemilik sabuk jingga ini ingin mempersembahkan piala Trisila Jatim untuk sekolahnya. “Kami sudah

berlatih dengan tekun. Kami tidak ingin lengah agar dapat bertanding dengan baik,” tekadnya.(ily/lim)

BATU PERTAMA: Peletakan batu pertama Gedung Kantor Yayasan Unisma Malang oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso

REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : DJ AMIEL

CENDERAMATA: Rektor Unisma Prof Dr Drs Surahmat M.Si menyerahkan cenderamata kepada Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso

SAMBUTAN: Direktur Jenderal Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Imam Santoso memberikan sambutannya

TOKOH: Dewan Pendiri Yayasan Unisma Malang Prof Dr KH Tholhah Hasan (dua dari kanan) saat menghadiri peletakan batu pertama kantor yayasan Unisma Malang


KOTA MALANG

JUMAT, 28 MARET 2014

14

Asah Ketrampilan Melalui Simulasi Kebakaran Petugas PMK MALANG – Ancaman bahaya kebakaran rentan dan bisa saja terjadi di wilayah pemukiman yang ada di Kota Malang. Amukan si jago merah dengan sekejap mampu meluluhlantakkan puluhan rumah warga. Demi mengantisipasi hal tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang menggelar latihan ketangkasan memadamkan api, pagi kemarin. Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, Suharto mengatakan, kegiatan yang bertempat di lapangan komplek markas PMK Kota Malang, Jalan Bingkil tersebut diikuti 30 petugas. Pihaknya berusaha terus mengasah kembali dan menambah ketrampilan petugas PMK dalam menangani peristiwa kebakaran. Dalam

latihan tersebut disiapkan materi simulasi pemadaman api dan penanganan korban. ’’Kemampuan setiap individu anggota memang perlu terus diasah, karena sangat berpengaruh terhadap kecepatan memadamkan api pada saat terjadi kebakaran. Memang kita tidak bisa mencegah terjadinya bencana, tapi sebisa mungkin harus secepatnya dan tepat melakukan penanganan, demi me minimalisasi kerugian akibat amukan api,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin. PMK menyuguhkan serangkaian materi latihan, antara lain pemadaman kebakaran media air dari mobil PMK, evakuasi korban, simulasi pemadaman menggunakan media karung goni basah. Selain itu, petugas juga tampak terlatih saat menangani korban yang terjebak dari ketinggian dengan disimulasikan lewat penyelamatan memakai

media tandung yang diluncurkan pada kawat baja bak permainan flying fox. Ditambahkan Harto, latihan ini diagendakan untuk menyambut peringatan HUT PMK, tahun ini. Pihaknya bertekad mempunyai barisan yang kompak dengan didukung peralatan dan perlengkapan yang dinilainya sudah memadai. Antara lain, mobil pemadam kebakaran berjumlah delapan unit, yang seluruhnya siap diterjunkan saat menjalankan tugas pemadaman kebakaran. ’’Kami memiliki anggota sebanyak 30 orang, yang dibagi dalam piket dua shift, yakni piket siang mulai 7 malam sampai 7 pagi, dan 7 pagi hingga 7 malam. Satu regu berjaga diperkuat 7-8 orang, sedangkan sisanya berada dalam jadwal off dan ada di bagian perlengkapan dan administrasi,” terang Harto. (poy/nug)

MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

MATIKAN API : Petugas dari UPT PMK Kota Malang menggelar latihan pemadaman kebakaran, pagi kemarin.

MUHAIMIN//MALANG POST

PEMKOT

HADIAH: Walikota Malang, Abah Anton dan wakilnya Sutiaji memberikan hadiah ulang tahun Satpol PP dan Satlinmas dengan berduet menyanyikan lagu hiburan.

Minta 32 PT Maksimalkan KKN di Kota Malang

Diusulkan Penambahan Personil Outsourcing Satpol PP Kota Malang Masih Kekurangan Personil MALANG- Walikota Malang, HM Anton, rupanya jengah juga melihat seringkali upaya pe nertiban yang dila kukan Pemkot acapkali diwarnai ade gan ‘kucing-kucingan’. Misalnya saja penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang belakangan ini cukup menyita perhatian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), mulai dari kawasan Pasar Kebalen hingga PKL di Jalan Semeru dan Tenes

tiap Minggu pagi. Tak ingin hal itu terus terulang gara-gara petugas kewalahan, orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu bertekad menambah personil Satpol PP. Abah, sapaan akrabnya, tak menampik jika tugas Satpol PP dalam upaya penegakan Perda cukup banyak. Karena itulah, walikota 48 tahun ini merasa penambahan personil ada lah kebutuhan men desak yang tak boleh dinafikkan. “Peningkatan kinerja harusnya dibarengi sumber daya manusia yang cukup. Melihat pem bangunan Kota Malang yang cukup pesat, kami mulai berpikir soal adanya penambahan personil Satpol PP,” cetusnya usai menghadiri

kegiatan HUT ke-66 Satpol PP dan HUT ke-52 Satlinmas di Balaikota, Kamis (27/3) pagi. Tak tanggung-tanggung, pria yang juga Ketua DPC PKB Kota Malang itu mengusulkan penambahan personil sampai 200 orang. Sistemnya, dengan merekrut tenaga outsourcing. “Sedikitnya butuh tambahan 200 personil. Yang memungkinkan kita pakai outsorcing, karena kalau dari PNS jum lah nya terbatas,” imbuh Abah Anton. Saat ini, armada Satpol PP Kota Malang berawakkan 140 personil. Ideal nya, untuk mengcover segala program terkait kebijakan penertiban dan penegakkan Perda dibutuhkan sedikitnya 250 hingga 300 personil.

“Se karang memang kita gencar penertiban. Kalau tenaga kita perkuat, tentu semakin bagus lagi. Jadi, tidak ada lagi kucing-kucingan dengan PKL begitu petugas meninggalkan tempat karena harus meluncur menertibkan tempat lain dengan pasukan terbatas,” tandasnya. Usulan ini lantas diamini oleh Kepala Satpol PP Kota Malang, Subkhan. Dia tak menyangkal bahwa salah satu masalah yang cukup menyita perhatian Satpol PP adalah penertiban PKL. Itupun hanya salah satu dari sekian banyak tugas Satpol PP yang kompleks. Menurutnya, penambahan personil adalah opsi yang me mungkinkan, karena memang Sat pol PP diperkenankan menambah jum-

lah personil jika kebutuhan sudah mendesak. Saat ini, pihaknya masih akan mengkaji kebutuhan riil jumlah tambahan personil di lingkungan SKPD-nya. “Ke depan, kapabilitas dan kapasitas personil Satpol PP memang harus ditingkatkan. Untuk usulan Abah, akan terus kami matangkan. Termasuk jumlah tambahan tenaga outsourcing yang dibutuhkan,” pungkas Subkhan. (tom/nug)

MALANG – Pemkot Malang meminta sebanyak 32 Perguruan Tinggi (PT) untuk segera menerjunkan mahasiswanya dalam program KKN (kuliah kerja nyata) ke kelurahankeluarahan di Kota Malang. Hal ini sebagai g bentuk tindak lanjut instruksi Wali Kota Malang, HM Anton dalam komitmen ikut mendukung visi misi pembangunan Kota Malang. Kabag Perekonomian dan Usaha Daerah Pemkot Malang, Moch Kharis mengatakan, PT dan Pemkot sudah tercapai kesepakatan yang ditandai penandatangan MOU, Februari lalu. Pemkot menggandeng PT dalam Program Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Dari kerjasama ini, diharapkan PT akan melakukan pembinaan dan pendampingan ke maM.Kharis syarakat. ’’Jalur KKN tematik ini baik Posdaya berbasis RT/RW maupun berbasis masjid di seluruh wilayah Kota Malang. Seluruh PT secepatnya untuk menerjunkan mahasiswanya ke kelurahan-kelurahan. Kerjasama ini sudah ada surat dari walikota kepada SKPD termasuk ke kelurahan ditembuskan ke PT, dan perbankan,” terangnya kepada Malang Post, kemarin. Ia menyebut, salah satu PT yang sudah menunjukkan komitmennya dengan menurunkan mahasiswanya ke kelurahankelurahan yakni Universitas Brawijaya (UB) sejak 22 Maret lalu. Kampus yang terletak di Jalan Veteran ini melepas sebanyak 50 mahasiswa untuk KKN di tujuh kelurahan. Mereka tersebar diantaranya di Kecamatan Klojen dan Lowokwaru. Mereka mengusung Posdaya tematik berbasis RW dan masjid. ’’Contoh Posdaya berbasis masjid, jadi serambi masjid digunakan untuk mendiskusikan salah satunya masalah pemberdayaan ekonomi. Pada Posdaya ada tiga hal yang ditekankan yakni peningkatan kemiskinan, peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat, baik umum dan khusus. Ke depan jumlah peserta KKN akan terus ditingkatkan, termasuk jumlah penyebaran kelurahan,” tambah Kharis. (poy/nug)

Galeri Malang Bernyanyi

Pelihara Karya Musisi Lawas, Cuci 1000 Piringan Hitam KEPEDULIAN tinggi dimiliki Galeri Malang Bernyanyi (GMB) dalam rangka melestarikan dan memelihara rekaman karya cipta musisi-musisi di Indonesia. Hal ini coba dibuktikan GMB dengan siap menggelar acara cuci seribu buah piringan hitam (PH) di depan halaman Perpustakaan Umum Kota Malang, hari Minggu (30/3) mendatang. Hengki Herwanto, Ketua Galeri Malang Bernyanyi (GMB) mengatakan, seribu PH itu hasil sumbangan masyarakat yang juga memiliki kepedulian tinggi atas musik Indonesia. Pihaknya menilai, piringan ini dari koleksi radio siaran yang kini sudah tutup, dan sebagian sample dari label rekaman yang dibagikan gratis kepada radio-radio Indonesia. ‘’Piringan keluaran tahun 1970-1980 an ini pada umumnya layak putar, namun kondisi fisiknya kotor, berdebu, jamur, lembab, tanpa cover atau covernya sudah robek, mengelupas dan penuh coretan,” terangnya kepada wartawan di Monopoli Suhat, siang kemarin. Dari ribuan keping PH itu, terbagi dalam lima genre musik dari 98 label antara lain Pop (626 keping), Dangdut/Melayu (205 keping), Keroncong (62 keping), Tradisional (57 keping) dan Anak-anak (51 keping). Serta, terdapat 10 penyanyi terbanyak meliputi Elvy Sukaesih, Titiek Sandhora, Hetty Koes Endang, Adi Bing

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

CINTA MUSIK : Gerakan Malang Bernyanyi menunjukkan 1000 keping PH yang akan dicuci bersama-sama pada Minggu (30/3) nanti.

Slamet, Waldjinah, Chicha Koeswoyo, Eddy Silitonga, Latif M, Arie Koesmiran dan Emilia Contessa. ‘’Diantara seribu keping ini terdapat PH yang dulunya sangat dicari orang di jamannya, yakni karya dari Ebiet G Ade Camelia II tahun 80-an, dan musisi asal Malang yakni Donny dan Prass, yang juga tercatat sebagai pendiri GMB,” ucap Hengki. Ia menambahkan, even ini akan diikuti sejumlah komunitas di Malang Raya mulai dari motor dan musik. Diantaranya, komunitas Motor Scot, Musik, Opus 275, Eclaire, Kass Plus dari Gresik (pecinta lagu

Koes Plus), Malang Rock Forum, Seneng Ono Rejeki, Slank Fans Club Malang. Sebelum pada kegiatan, para peserta ini seluruhnya akan lebih dahulu diberikan edukasi oleh GMB. ’’Cara membersihkan kepingan PH ini bisa dilakukan dengan menggunakan me dia kanebo yang sudah dibasahi sabun cair, dengan diusap sesuai arah jarum jam. Kemudian dibilas dengan air bersih. Setelah itu ditiriskan namun jangan sam pai kena sinar matahari langsung agar kepingan PH tidak sampai memuai,” tutup Hengki berbagi pengalaman. (poy/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

JUMAT, 28 MARET 2014

15

50 Persen Siap, Optimis Sesuai Deadline Revitalisasi Taman Trunojoyo Tunjukkan Progress Positif MALANG- Revitalisasi Taman Trunojoyo terus menunjukkan progress signifikan. Ditargetkan rampung bulan Mei mendatang, saat ini proyek senilai Rp 2,5 milyar itu diklaim sudah mencapai tahap 50 persen pemugaran. Jika tidak ada hambatan berarti, diyakini taman di seberang Stasiun Besar Malang itu bisa rampung tanpa melewati deadline pengerjaan. Dari pantauan Malang Post, gambaran dalam rancangan desain sudah diwujudkan lewat struktur-struktur bangunan di lokasi. Misalkan saja jalan taman yang dibuat menanjak-menurun mirip arena seluncur, di bawahnya terdapat salah satu bangunan utama yang bakal digunakan sebagai area ruang baca dan ruang khusus ibu dan anak. Sedangkan di sisi selatan, pondasi bundaran air mancur juga sudah jadi. “Sebagian memang sudah siap, terutama yang bangunan utama. Tinggal melengkapi sarana dan prasarana pe-

MUHAMMAD FIRMAN//MALANG POST

HAMPIR JADI: Pemugaran Taman Trunojoyo menunjukkan progress signifikan.

nunjang. Seperti tanaman-tanaman untuk memenuhi taman di samping kiri dan samping kanan serta pagar-pagar pembatas,” terang Udin, salah satu koordinator proyek dari pengembang Nava Group. Dengan start pengerjaan mulai bulan Februari, revitalisasi Taman Trunojoyo ditargetkan rampung bulan Mei mendatang dan membutuhkan ge-

lontoran dana lumayan besar dari PT Bentoel. Relokasi PKL sendiri masuk dalam konsepnya. Nanti, akan ada food court dan sentra kerajinan serta souvenir khas Bhumi Arema yang ditempatkan di taman sisi selatan. Taman ini dilengkapi area playground, open teater, permainan air mancur serta perpustakaan mini. Bukan hanya memikirkan wahana bermain, sedianya

di taman ramah anak juga disiapkan sa sarana dan pra sarana penunjang seperti to toilet khusus anak, ruang IT anak dan ru ruang khusus ibu menyusui. Pengunjung ba bakal makin betah karena adanya Wi-Fi A Area dan tempat duduk dengan fasilitas ch charger listrik. “Di masing-masing po pohon juga dipasangi lampu. Sehingga m membuat pengunjung semakin nyaman,” la lanjut Udin kepada Malang Post. Pemkot Malang memang punya m misi khusus di balik renovasi Taman Tr Trunojyo di sisi utara maupun selatan. A Ada beberapa faktor kenapa taman yang ta tak jauh dari kawasan Bundaran Tugu ini di digarap sebaik mungkin. Diantaranya, un untuk mengaktifkan kembali taman ini ka karena sebelumnya terkesan pasif dan ku kurang menarik perhatian. Selain itu, pihak Pemkot berharap bisa memecah pusat keramaian kota sehingga masyarakat tidak tertuju di spot-spot tertentu, seperti Bundaran Tugu, Alun-Alun Merdeka atau kawasan Jalan Ijen saja. Diharapkan Ta man Trunojoyo menjadi ikon kota yang menarik. Karena lokasinya tepat di depan stasiun, orang yang datang ke Malang langsung terkesima dengan taman ini begitu keluar dari stasiun. (tom/nug)

Jelang AFTA 2015, Pabrik Rokok Harus Survive Tingkatkan Kualitas Produksi, Perhatikan Kesejahteraan Buruh MALANG- Tingginya tarif cukai dan pajak masih menjadi kekhawatiran utama pengusaha rokok di daerah. Mereka cemas jika kebijakan pemerintah malah membuat pabrik rokok kecil gulung tikar. Umumnya, pabrik rokok kecil yang berafiliasi dengan pabrik raksasa bakal mundur teratur gara-gara harus membayar cukai rokok dengan tarif yang sama besarnya dengan pabrik induk. Pemungutan pajak rokok dilakukan oleh Kantor Bea dan Cukai bersamaan dengan pemungutan cukai rokok. Pajak rokok ini dipungut oleh pemerintah pusat, tapi alokasi penggunaannya diberikan kepada pemerintah daerah. Basis penghitungan pajak rokok ini dengan tarif 10 persen dari nilai cukai yang dibayar oleh pabrik rokok tiap tahun. Selain itu, sesuai UU No 28/2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, jika pajak rokok naik maka sudah dimasukkan dalam kenaikan tarif cukai rokok tahun tersebut. “Regulasi pemerintah itulah yang terasa begitu menghimpit pabrik rokok (PR) kecil seperti kami. Kami hanya berharap ada kebijaksanaan terkait hal ini,” ujar kepala produksi PR AA Malang, Abdul Wahid. Beban sekaligus tantangan pabrik rokok di daerah semakin berat, lantaran

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

TANGGAP: Walikota Malang, HM Anton saat melihat aktivitas buruh linting di PR AA, Kedungkandang, Kamis (27/3) siang.

mulai tahun depan, siap tidak siap mereka sudah harus menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA), yangmana memungkinkan perusahaanperusahaan asing dari luar negeri bebas memasarkan produknya, bersaing dengan produk lokal tanpa ada regulasi ketat yang membedakan. Tak ingin satu persatu pabrik rokok lokal gulung tikar karena gagal bersaing, Pemkot Malang kini semakin gencar memonitor kesiapan masing-masing PR

yang masih eksis. “Kita jangan sampai kehilangan momentum di AFTA 2015. Kami (Pemkot) akan datangi semua pabrik rokok di wilayah kota untuk memonitor perkembangan pabrik serta kesejahteraan tenaga kerjanya,” seru Walikota Malang, HM Anton saat berkunjung ke PR AA di kawasan Kedungkandang, Kamis (27/3) siang. Pemilik kursi N1 yang akrab dipanggil Abah itu menganggap kualitas produksi dengan kesejahteraan buruh

sangat erat kaitannya. Menurutnya, sa jika jik kesejahteraan pekerja terjamin, maka apa yang mereka kerjakan bakal m maksimal dan hasilnya baik. “Jangan m sampai para buruh sampai merasa tidak sa diperhatikan. Kualitas itu modal penting di untuk un bersaing. Kami terus menghimbau para pa pengusaha untuk memperhatikan kesejahteraan buruhnya,” lanjut ke walikota 48 tahun itu. w Meski tak memungkiri masih banyak buruh di Kota Malang yang ba menerima bayaran belum sesuai upah m minimum regional (UMR), namun m Abah Anton berjanji pihaknya akan A terus mengupayakan yang terbaik bagi te kesejahteraan buruh. “Memang kalau ke dilihat, banyak (UMR) yang belum di sesuai. Tapi, terus kami upayakan. se Sejauh ini Pemkot memberi perhatian Se aspek kesehatan kepada para pekerja as pabrik,” paparnya kepada Malang Post. pa Nantinya, program sosialisasi akan terus digalakkan Pemkot Malang, supaya pabrik-pabrik rokok yang ada bisa bertahan menghadapi ketatnya persaingan AFTA mulai tahun 2015 mendatang. “Sebetulnya di Malang pertumbuhan pabrik rokok stabil. Malah ada tren semakin berkembang. Karena itulah, mereka harus bisa terus bertahan. Akan terus kami lakukan sosialisasi secara rutin,” timpal Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Malang, Kusnadi. (tom/nug)

KODIM 0833

Gelar Pembinaan Komponen Masyarakat MALANG – Komandan Kodim 0833/ Kota Malang Letkol Inf Gunawan Wijaya menggelar pembinaan kepada kom ponen masyarakat di wilayah Kota Malang di Aula Makodim 0833/Kota Malang, jalan Kahuripan no 6, Kota Malang, siang kemarin. Kegiatan ini diikuti sejumlah elemen organisasi masyarakat, lintas agama, pemuda dan mahasiswa/pelajar yang ada di Kota Malang. Kegiatan bertajuk Komunikasi Sosial dengan Komponen Masyarakat di Wilayah Kota Malang ini juga kelanjutan dari kegiatan yang digelar sehari sebelumnya, yakni pembinaan serupa yang disampaikan kepada Keluarga Besar TNI (KBT) di wilayah kota Malang. Pe sertanya yang PEPABRI, PPAD, PPAU, PPAL, LVRI, PIVERI, PERIP, PPM, Ormas FKPPI, GM FKPPI dan Persit Cab. XL Dim 0833. Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Gunawan Wijaya mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sesuai program Kodim, dan sesuai tugas pokoknya sebagai pemandu dan pembina

RIZAL FANANY/MALANG POST

PEMBUKAAN : Dandim 0833 Letkol Inf Gunawan Wijaya memberikan sambutan kemarin.

teotorial. Kodim sendiri juga punya tugas dan bergerak di tiga hal yakni Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial. Ia menyebut, pembinaan bagi masyarakat ini masuk pada demografi. ’’Kami awali dari KBT, kemudian ke

masyarakat, sebab sebagai warga negara yang baik tentunya harus memiliki wawasan kebangsaan dan berbudi pekerti yang luhur. Di masyarakat, dari sisi sosial, belum tentu semuanya sudah memahami, karena bangsa Indonesia bangsa yang

m majemuk,” ucapnya kepada Malang Post, di ruang kerjanya, kemarin. Ia meyakini, tahapan awal untuk m menciptakan kondisi yang aman d dan terkendali, bisa diawali dari pe pembinaan. Pasalnya, jika tidak ada pe pembinaan, akan muncul tanda-tanda ke kegiatan yang bisa memecah keutuhan N NKRI, dan kemudian ada rencana m melakukan pemecahan. Jika dibiarkan, b bisa terjadi sesuatu peristiwa dan en endingnya harus mencari siapa yang be bertanggung jawab. Tak ketinggalan, G Gunawan berharap Kota Malang juga te tetap dalam situasi kondusif seiring di digelarnya Pemilu pada 9 April nanti. ’’ ’’Kodim bertugas mendukung kebijakan P Pemda, mendukung pemerintah secara um umum, sehingga kebijakan pemerintah di diamankan. Karena ini pestanya rakyat, suksesnya akan berdampak suksesnya keberlangsungan negara, sehingga masyarakat wajib menyalurkan suaranya sesuai apa yang ada di dadanya. Untuk mendapatkan wakil dan pemimpin sesuai pilihan yang cerdas,” pungkas Gunawan. (poy/nug)

PT KAI Minta Klarifikasi Pemkot Sambungan dari Halaman 16

“Kami akan koordinasi dan klarifikasi ke Pemkot Malang,” jawab Manajer Humas PT KAI Daop 8, Sri Winarto ketika dihubungi Malang Post, siang kemarin. Seiring pemugaran akses masuk Stasiun Besar Malang, muncul slentingan Jalan Sriwijaya akan dijadikan lahan parkir bagi para pengunjung stasiun. Sekaligus upaya mengurai kemacetan yang kerap terjadi di depan pintu masuk stasiun, Jalan Trunojoyo yang penuh dengan kendaraan parkir maupun

angkutan yang memuat dan menurunkan penumpang. Dengan melakukan perubahan pintu utama stasiun dari yang sebelumnya di Jalan Trunojoyo ke Jalan Panglima Sudirman, tentu saja tak seirama dengan salah satu visi Pemkot Malang merevitaliasi Taman Trunojoyo. Yakni agar setiap penumpang dari luar daerah yang turun di stasiun peninggalan era kolonial tersebut langsung terkesima melihat Taman Trunojoyo di seberangnya yang fantastis.

Pihak PT KAI bahkan mulai melakukan sosialisasi penarikan aset mereka yang disewakan di kawasan Panglima Sudirman. Lahan di sebelah timur stasiun yang ditempati 18 rumah tersebut menjadi bagian dari penataan stasiun, yang akan dijadikan akses pintu masuk baru. “Kalau untuk mekanisme lalu lintas kereta api yang melintas dan berhenti di stasiun, tak akan berubah dan tidak terpengaruh,” imbuh Kepala Stasiun Besar Malang, Sofyan.

Bukan tanpa alasan bila PT KAI getol melakukan modernisasi yang sedianya dimulai bulan ini. Diharapkan lalu lintas kereta api di stasiun yang juga akrab disebut Stasiun Kotabaru itu bakal meningkat setelah revitalisasi tuntas. Bertambahnya akses keluar masuk stasiun di sebelah timur, juga untuk mengurangi kepadatan parkir di Jalan Trunojoyo. Sebab parkir penumpang dan pengantar penumpang sudah sangat padat. (tom/nug)

Hidupkan Kembali Masa Renaissance Sambungan dari Halaman 16

Kata Renaissance berasal dari bahasa Perancis yang memiliki makna lahir kembali. Renaissance merupakan era kebangkitan budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dimana kebebasan intelektual dalam berkarya dan bereksperimen telah melahirkan begitu banyak pemikiran-pemikiran filsafat baru berupa sumber pengetahuan yang selalu dijadikan model atau dasar bagi perkembangan peradaban manusia. Di sini, sosok Rudy Hadusuwarno ini membuat karya seni menarik dengan rambut sebagai medianya. Tiga kreasi avant garde yang dipersembahkan oleh Rudy Hadisuwarno adalah ‘The Artisan’, yakni sebuah seni ‘pahatan’ rambut yang terinspirasi dari karya-karya seni lukis di era Renaissance, seperti Monalisa oleh Michael Angelo. Kreasi avant garde yang kedua adalah ‘The Braids’, sebuah obsesi seni jalinan kepang yang dibentuk seperti sebuah ornamen dekorasi seni yang terinspirasi dari pahatan patung perunggu karya Donatello. Kreasi terakhir untuk kategori avant garde ini adalah ‘Your Majesty’, terinspirasi dari keanggunan A Virgin Queen, Ratu Elizabeth I dengan gradasi warna merah dan tembaga yang melambangkan kemuliaan serta kekuasaan yang anggun. “Koleksi terbaru ini diharapkan dapat melahirkan sosok wanita baru yang cantik, dinamis, dan percaya diri,” jelas pria kelahiran Pekalongan ini. Selain mengeluarkan trend artistic, pada tatanan rambut, pria yang biasa disapa Rudy ini juga memperkenalkan model potongan yang dapat dipakai dan dikreasikan untuk seharihari, seperti potongan pendek dan bob. “Melalui kreasi ready to wear kami ingin menciptakan sebuah suasana melalui bentuk, warna dan penataan” tambahnya. Untuk rambut ready to wear, Rudy menekankan pada teknik layering inovatif yang berkesan sederhana, tetapi spesial. Sedangkan untuk pewarnaan diperuntukan sebagai pelengkap, bukan memperumit. Seperti warna coklat nuansa tembaga, perunggu, dan emas. “Warna dasar coklat adalah warna yang akan selalu ada, dan karena memang warna yang paling cocok untuk kulit orang Indonesia” imbuh pria 64 tahun ini. (mg8/fia)

PMK Terlambat Karena Jarak Tempuh Satu Jam Sambungan dari Halaman16

Tak berselang lama, api sudah membumbung tinggi dan melalap semua isi dapur,” ungkap Santoso Wardoyo sembari menyebut kerugian berkisar Rp 5 juta. Pagi harinya, kebakaran melanda rumah Tiari, warga RT 04/RW 01 Dusun Lemah Putih, Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji. Hasil investigasi PMK, kebakaran akibat korsleting listrik di stop kontak yang berada di ruang tengah. Korban mengalami kerugian sekitar Rp15 juta. ‘’Petugas PMK tidak bisa datang tepat waktu karena jarak yang jauh dan memakan waktu sekitar satu jam. Masyarakat berusaha mematikan kobaran api itu dengan alat seadanya. Saat kebakaran, rumah terdapat tiga sepeda motor dan tabung LPG,” terangnya. Pria dua anak ini menyebut, tidak adanya pos pemadam kebakaran di Kecamatan Bumiaji, membuat petugas PMK terlambat sampai dilokasi. Pihaknya juga berharap, tahun depan mendapat tambahan mobil kebakaran dan ditempatkan di Pos Kecamatan Bumiaji. (mik/feb)

Jalan Longsor Tak Kunjung Diperbaiki Sambungan dari Halaman 16

Padahal kalau terus dibiarkan, kondisi longsor akan terus melebar. Kami sebagai warga berharap segera ada perbaikan jalan itu,” ungkap Ahmad, salah satu warga yang dibenarkan warga lainnya,kepada Malang Post. Menurut beberapa warga, jalan tersebut longsor sekitar dua pekan lalu. Saat longsor kondisi cuaca hujan cukup deras. Kemungkinan karena tidak kuat menahan derasnya air hujan itulah, jalan tersebut ambrol. “Ini baru pertama kalinya dan untungnya tidak ada korban jiwa. Dulu sebelum dibangun plengsengan tidak pernah longsor. Ini setelah dibangun plengsengan sekitar dua tahun lalu itu, lalu terjadi longsor. Saat hujan deras, di sekitar lokasi ini memang air selalu meluber. Gorong-gorong untuk saluran air tidak muat, dan air meluber ke jalan,” jelas mereka. Pantauan Malang Post kondisi jalan yang ambrol tersebut, hanya dipagari dengan bambu, dan sebagai aba-aba bahaya terdapat tiga bendera parpol. Panjang jalan longsor itu mencapai 7 meter dengan lebar 1 meter. Ketika siang hari, masyarakat yang melintas masih bisa hati-hati. Kalaupun bersimpangan dengan kendaraan dari arah berlawanan, salah satu harus mengalah. Namun jika kondisi malam sangat bahaya. Karena di lokasi sangat minim dengan penerangan. Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, M Anwar ketika mau dikonfirmasi soal jalan milik Pemerintah Kabupaten Malang yang longsor tersebut masih belum bisa. Beberapa kali dihubungi nomor telponnya tidak diangkat meski terdengar nada sambung.(agp/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


RONCE NGALAM

JUMAT, 28 MARET 2014

16

Tren Rambut 2014

Malang – Tatanan rambut era Renaissance pada abad ke-14 menjadi inspirasi Rudy Hadisuwarno untuk menciptakan tren rambut di 2014. Rabu (26/3) lalu, tren terbaru dari penata rambut kenamaan ini diperkenalkan di Hotel Savana, Malang. Baca Hidupkan... Hal.15

TRIA ADHA / MALANG POST

Hidupkan Kembali Masa Renaissance DEMO: Model sedang memperagakan hasil karya Rudy Hadisuwarno bertema Renaissance.

MUHAMMAD FIRMAN//MALANG POST

BULULAWANG DIPERTANYAKAN: Jalan Sriwijaya sudah mulai dipugar untuk dijadikan area pujasera Taman Trunojoyo.

Jalan Longsor Tak Kunjung Diperbaiki BULULAWANG – Ironis, sudah dua minggu ini, kondisi jalan di Desa Lumbangsari Kecamatan Bululawang, yang longsor hampir separo jalan masih tetap dibiarkan. Belum ada upaya dari Pemerintah Desa ataupun Pemerintah Kabupaten untuk segera memperbaikinya. Padahal jalan itu, merupakan jalur alternatif dari Bululawang menuju Kota Kepanjen. “Sama sekali belum ada perbaikan mas. Katanya mau diperbaiki setelah pemilu. Baca Jalan... Hal.15

AGUNG PRIYO/MALANG POST

PT KAI MINTA KLARIFIKASI PEMKOT Food Court Taman Trunojoyo Gunakan Lahan PT KAI MALANG- Proyek pembangunan food court alias area pujasera Taman Trunojoyo yang diinisiasi Pemkot Malang di sepanjang Jalan Sriwijaya, terancam bermasalah. Pasalnya, lahan yang kini sedang mereka garap tersebut kabarnya adalah aset milik PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Beredar kabar, jika sebetulnya PT KAI punya rencana khusus untuk mengembangkan lahan itu. Namun, langkah mereka keduluan Pemkot Malang yang langsung merevitalisasi kawasan Taman Trunojoyo, termasuk mempermak Jalan Sriwijaya menjadi area kuliner bagi para pengunjung taman yang dilaunching bulan Mei nanti. Sayangnya, pihak PT KAI belum mau berkomentar banyak menyikapi hal ini. Namun, dari isyarat rencana mereka berkomunikasi dengan pihak Pemkot Malang, menyiratkan ada hal ganjil yang perlu diluruskan.

LONGSOR : Kondisi jalan yang longsor di Desa Lumbangsari, belum mendapat perhatian dari pemerintah.

Kami akan koordinasi dan klarifikasi ke Pemkot Malang” Sri Winarto (Manajer Humas PT KAI Daop 8)

Baca PT KAI... Hal.15

Dua Rumah di Batu Ludes Terbakar

PMK Terlambat Karena Jarak Tempuh Satu Jam PMK/MISKI/ MALANG POST PM

TI TINJAU: Petugas PMK saat melakukan PM investigasi kebakaran in rumah di Desa ru Sumberbrantas, Su kemarin. ke (Foto kanan) (F Separuh rumah ludes Se di Sumberejo.

KEBAKARAN melanda dua rumah di Jalan Indragiri Desa Sumberejo Kecamatan Batu dan Dusun Lemah Putih Desa Sumberbrantas, Rabu (26/3) malam dan Kamis (27/3) kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun mengakibatkan kerugian material berjumlah jutaan rupiah. Di Sumberejo, api membakar rumah milik Nuryatim. Rumah yang bersebelahan dengan Ponpes Al-Hidayatullah itu ludes terbakar sekitar pukul 22.00. Diduga, sumber api berasal dari sisa pembakaran kayu bakar di tungku dapur. Kerabat Nuryatim yang mengetahui kebakaran langsung menghubungi petugas

PMK serta meminta bantuan terhadap warga sekitar. Saat itu warga setempat sudah banyak terlelap karena malam hari. ”Kami tahu apisudah mem besar. Warga berusaha memadamkan api, tetapi tidak berhasil. Beruntung PMK segera datang,” kata Supriadi, salah satu warga Sumberejo, kemarin. Kepala UPT PMK Kota Batu, Santoso Wardoyo membenarkan kalau kebakaran ini akibat tungku yang masih menyala. Api yang ada kemudian menyambar isi dapur yang barang-barangnya mudah terbakar. Saat itu Nuryatim baru memasak lontong untuk dijual di Ponpes Hidayatullah. ‘’Dari pengakuannya, tungku sudah terlihat mati dan pemilik langsung tidur. Baca PMK... Hal.15 REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


AFC CUP 2014

KE MALANG: Nirwan Dermawan Bakrie saat berkunjung ke Malang didampingi CEO Arema Iwan Budianto, kemarin sore. FINO YUDISTIRA/MALANG POST

Nirwan Dermawan Bakrie:

JUMAT, 28 MARET 2014

17

Ditahan Imbang Persikoba dan Metro FC MALANG - Arema Cronus sepertinya harus lebih berbenah lagi untuk menghadapi Maziya Sports and Recreation, 1 April mendatang di Stadion Kanjuruhan. Trofeo Arema yang sejatinya digelar untuk pemanasan Singo Edan, ternyata tak memberi output bagus. Meskipun lawannya satu kasta lebih rendah, Arema tak bisa menang mutlak.

Jangankan merebut kemenangan dengan selisih gol banyak, Arema sama sekali tak bisa membobol gawang Persikoba Kota Batu dan Metro FC Persekam yang jadi lawan tanding. Dalam laga Trofeo Arema di Stadion Gajayana sore kemarin, Arema ditahan imbang oleh Metro FC dan Persikoba dengan skor masingmasing 0-0. Baca Ditahan... Hal. 18

Arema Dicontoh Klub-klub

di Indonesia MALANG – Bos besar Arema Cronus, Nirwan Dermawan Bakrie akrie memuji perkembangan Arema rema Cronus selama dua tahun un terakhir terakhir. Pendanaan dari PT Pelita Jaya Cronus yang dicairkan untuk Singo Edan pun tidak terbuang percuma. Arema punya basis suporter luar biasa, pemain berkualitas dan prestasi. Musim 2013 lalu, Arema jadi runner up, setelah bangkit dari dualisme. Musim 2014 ini, Arema masih nomor satu di pemuncak klasemen barat ISL, dan se-

Waspadai Motivasi Maziya MALANG – Maziya Sports and Recreation tampaknya tidak akan datang dengan kekuatan penuh jelang laga lanjutan AFC Cup 2014 lawan Arema Cronus. Tim yang bermarkas di Rasmee Dhandu Stadium, Male itu kembali kehilangan salah satu penggawa vitalnya. Zhivko Todorov Dinev, defender utama Maziya Sports, terkena akumulasi kartu kuning dan tidak bisa tampil dalam laga lawan Arema, 1 April 2014 di Stadion Kanjuruhan. Hal ini dibenarkan oleh Joko “Gethuk” Susilo, pelatih Arema. “Saat di Maziya, saya bersalaman dengan Zhivko dan bilang sampai ketemu di Malang. Tapi dia bilang tak bisa ikut karena terkena akumulasi,” terang Gethuk kepada Malang Post. Zhivko terkena kartu kuning setelah melanggar pemain Arema pada pertengahan babak kedua. Sebelumnya, pemain asal Bulgaria itu sudah terkena kartu kuning pada pertandingan lawan Selangor FA yang berakhir dengan skor 1-1. Hal ini tentu saja membuat pertahanan Maziya pincang. Zhivko adalah defender yang berusia 26 tahun yang jadi tulang punggung pertahanan Maziya Sports. Pemain asal Liga B Bulgaria tersebut menjadi salah satu pemain paling berpengalaman di lini belakang Maziya. Tanpa Zhivko, Maziya hanya bisa mengandalkan satu asingnya, Abu Desmond Mansarray, pemain asal Sierra Leone. “Begitu saya tahu dia tak bisa datang, saya bilang ke dia, Alhamdulilah kamu tak bisa ke Malang, haha,” kelakar Gethuk.

dang membuka peluang masuk ke 16 besar AFC Cup. Nirwan pun berharap Arema bisa terus jadi yang nomor satu dan jadi teladan. Berikut adalah petikan wawancara dengan Nirwan Dermawan Bakrie, bos PT Pelita Jaya Cronus, pemilik 100 persen saham Arema. Bagaimana tanggapan anda tentang Arema dan perkembangannya ke depan? Ya mudah-mudahan Arebisa ma tetap

jadi contoh sampai kapanpun. Ke depannya, saya ingin Arema bisa dicontoh oleh klub-klub Indonesia yang lain, dalam upaya menuju klub mandiri bisa cari duit sendiri. sendiri yang mandiri, Menurut anda, sekarang level Arema di mata dunia seperti apa? Kalau internasional harus dibedakan dulu. Untuk level Asean, Arema masih mampu bersaing. Tapi, agar masuk level top Asia, tidak bisa sekarang. Kita harus melakukan pembinaan usia muda, dari usia 14-15 tahun secara optimal. Kalau pembinaan ber-

jalan, lima-sepuluh tahun lagi kita bisa masuk klub top Asia. Lalu, bagaimana dengan pertumbuhan Arema di bidang pengembangan pemain? Apakah tak ada keinginan mengirim pemain Arema ke klub Cronus yang lain, seperti SAD Uruguay, CS Vise atau Brisbane Roar? Saya pun ingin seperti itu. Pemain muda yang bag bagus akan kita kirim ke kompetisi luar nnegeri, sebab luar negeri masih punya ku kualitas kompetisi yang lebih baik. Baca Arema... Hal. 18

M FIRMAN/MALANG POST

TANPA GOL: Arema Cronus saat menghadapi Persikoba Kota Batu dan Metro FC Persekam di Trofeo yang digelar di Stadion Gajayana, kemarin.

M FIRMAN/ MALANG POST

TAK MEREMEHKAN: Pemain Arema tidak boleh meremehkan Maziya yang akan tanding di Malang.

Baca Waspadai... Hal. 18 REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CRONUS

JUMAT, 28 MARET 2014

18

Aremania Gelar Tur Akbar Batavia

LADUB: Aremania sudah mempersiapkan diri berangkat ke Jakarta guna mendukung timnya menghadapi Persija 4 Mei mendatang.

MALANG – Bagi Aremania, satu grup wilayah dengan Persija Jakarta di ISL 2014 adalah sebuah anugerah. Dengan reputasi kedua suporter yang saling mendukung serta bersaudara, Aremania selalu datang ke Jakarta tiap Arema away menuju markas Persija Jakarta, Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. Tak terkecuali, saat Persija Jakarta menjamu Arema di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, 4 Mei 2014 nanti. Aremania pun sudah gatal untuk berangkat ke Jakarta dan mendukung Arema. Karena itu, korwil-korwil mulai berkonsolidasi serta merapatkan barisan, untuk ladub tret-tet-tet ke ibukota. Salah satunya, Aremania Korwil Praoto. Hendri Sapolete, Aremania Korwil Praoto mengungkapkan, dia sudah mengumpulkan nawaknawak sejak akhir bulan Maret, untuk persiapan tur ke Jakarta. “Kita tahu waktunya masih panjang. Tapi sebisa mungkin segera dipublikasikan, agar Aremania bisa nyelengi uang untuk tur ke ibukota

Mei nanti,” terang Hendri kepada Malang Post kemarin. Aremania sudah bergerak untuk mengabarkan rencana tur Batavia. Bahkan, Korwil Praoto sudah mengumpulkan nawak-nawak sekitar satu bis. Menurut Hendri, jumlah Aremania bisa bertambah lebih banyak lagi begitu panitia pusat tur Batavia sudah dibentuk. “Saya sudah dapat konfirmasi, sudah ada satu bus Aremania yang mengaku siap ladub Atrakaj. Itu bisa bertambah lagi, dengan pemberitahuan di koran sejak bulan Maret,” terang Hendri. Tak hanya Korwil Praoto saja yang siap ladub. Kabarnya, Korwil flyover Arjosari, Kepanjen, Kelayatan, Dinoyo hingga Gadang juga sedang konsolidasi untuk ladub tret tet tet ke Jakarta. Dari keterangan awal yang dihimpun, Aremania diminta mengumpulkan biaya sekitar Rp 300 ribu untuk ikut tur akbar Aremania ke Batavia. Informasinya, akomodasi yang didapat adalah bus dan tiket masuk stadion.(fin/jon)

M Firman/malang post

Aji Sudah Ada Gambaran Pemain SOLO-Timnas U-23 terus membenahi diri menjelang laga uji coba internasional melawan Timnas Srilanka pada 30 Maret mendatang di Solo. Saat ini, tim pelatih sedang mematangkan pemain yang dinilai layak untuk diberi kesempatan lebih dalam uji coba melawan negara Asia Selatan tersebut. Pelatih Timnas U-23 Aji Santoso menuturkan laga melawan Persis Solo 25 Maret lalu menjadi salah satu penilaian siapa pemain yang akan dipilih dalam uji coba berikutnya. ‘’Saya sudah punya gamba-

ran pemain. Nanti kita ingin lebih baik di laga lawan Srilanka,’’ katanya saat dihubungi, kemarin (27/3). Dalam sisa dua hari ini, Aji akan memaksimalkan pemainpemainnya untuk mencapai level permainan sesuai dengan skema yang diinginkan. Dengan formasi dasar 4-2-3-1, Aji mencoba memaksimalkan performa timnya. Mulai dari mengasah lini belakang, sampai membangun lini depan yang lebih mumpuni lagi. Agar kondisi pemain maksimal, Aji baru kembali memulai

latihan kemarin sore, setelah diliburkan pada Rabu (26/3) lalu. Materi dalam latihan, langsung mengarah kepada pematangan cara bermain yang diinginkan oleh tim pelatih. Jika pada laga lawan Persis platform permainan skuad Garuda Muda sudah terbentuk, kini tim pelatih akan mencoba mematangkan dan memaksimalkan setiap peluang yang didapat menjadi sebuah gol. ‘’Kalau main sudah sesuai paltform, sudah bagus. Tapi kan baru beberapa hari latihan. Sekarang bagaimana ini lebih di-

matangkan, agar lebih kuat lagi, lebih baik lagi,’’ ucapnya. Melawan Srilanka, Aji menyebut ada kemungkinan bakal ada rotasi pemain, terutama juga untuk mencoba mereka yang belum lama dicoba dalam laga sebelumnya. Meskipun, sejatinya semua pemain mendapatkan menit turun yang lumayan lama. Rata-rata di atas 15 menit. Dalam laga kemarin, Aji mengakui setiap pemain menunjukkan progress, teritama di lini depan yang semakin baik dalam membangun serangan. Koordinasi, antar lini juga

sudah terjalin, meskipun untuk transisi masih perlu disempurnakan kembali. ‘’Lawan Srilanka pasti semangatnya beda. Saya ingin melihat, sejauh mana mereka menjalankan apa yang sudah saya berikan dari hari ke hari ini,’’ tandasnya. Dalam sesi pemusatan latihan kedua ini, skuad Garuda Muda yang diproyeksikan menuju Asian games Korsel 2014, menyisakan dua uji cpba lagi. 30 Maret melawan Srilanka dan tandang ke Singapura pada 2 April memdatang. (aam/jpnn/jon)

Arema U-21 Cari Pemain Tengah MALANG-Arema U-21 masih mencari beberapa pemain untuk mengisi kekosongan. Diutamakan, para pemain yang dicari akan mengisi lini tengah yang dinilai masih membutuhkan tambahan. Kekurangan pemain di lini tengah tersebut diungkapkan oleh Pelatih Arema U-21, Singgih Pitono. “Di lini tengah, kita hanya ada pemain empat pemain,” ungkap Singgih Pitono kepada Malang Post. Menurutnya, jumlah tersebut masih dirasa kurang untuk turun dalam ajang sekelas Indonesia Super League (ISL) U-21. “Jika tidak ditambah, riskan untuk kompetisi sekelas ISL U-21,” tambah mantan bintang Arema di era Galatama ini. Untuk proses penamba-

han pemain ini, Singgih, sapaan akrabnya mengaku telah melakukan koordinasi dengan manajemen. Ia sudah menyampaikan kepada manajemen Arema U-21 bahwa tim berjuluk Singo Edan Muda ini masih perlu tambahan pemain di lini tengah. “Saya sudah sampaikan ke manajemen butuh pemain di lini tengah,” terang pelatih berambut gondrong itu. Sementara itu, Manager Arema U-21, Fuad Ardiansyah membenarkan pihaknya telah mendapat laporan dari tim pelatih. Fuad, sapaan akrabnya memaparkan bahwa setelah mendapat laporan itu, ia langsung melakukan proses penambahan pemain. “Benar, saat ini lagi proses penambahan lini tengah,” kata Fuad ketika dihubungi kemarin (27/3).

Sambungan dari Halaman 17

Bagaimana dengan pesepakbola usia dini? Seberapa peduli anda dengan bibit-bibit muda yang berprestasi? Pendidikan sepakbola muda itu wajib. Tapi, Arema harus menggarap usia dini dengan sport science, manajemen Brisbane Roar di bidang pembinaan usia dini sangat bagus. Termasuk SAD Uruguay. Mereka dibina untuk jadi pemain berlevel tinggi. Memang berat membangun akademi untuk memelihara bibit-bibit pesepakbola level tinggi, dan dia pun tak bisa beri pendapatan maksimal untuk klub. Menabur di sepakbola usia dini tak bisa dinikmati sekarang, harus menunggu.(fin/jon)

RIZAL FANANY / MALANG POST

KURANG PEMAIN: Pemain Arema U-21 terus melakukan persiapan jelang hadapi ISL U-21.

Ia menjelaskan telah memiliki gambaran tentang pemain yang akan direkrut. Hanya saja, pria berkacamata itu enggan membeberkan ketika ditanya nama-nama pemain yang diincar. “Yang pasti ada beberapa nama yang sedang dalam

final. Tapi, performanya justru menurun di awal musim kompetisi ISL. Klub yang dimanajeri Hasnuryadi Sulaiman itu masih harus berjuang untuk beranjak dari papan bawah klasemen. ‘’Kami akan fokus melawan Sriwijaya nanti,’’ kata Salahudin. Itulah yang menjadi alasan utama keberangkatan Barito Putera ke Jakarta guna menjalani TC. Itu dilakukan demi memantapkan taktik dan strategi sebelum duel 13 April mendatang. ‘’Yang pasti di Jakarta nanti kami akan menjalani beberapa uji coba untuk memantapkan taktik dan strategi. Kemungkinan satu sampai dua kali uji coba,’’ sebut Salahudin. Barito Putera sendiri dijadwalkan akan berangkat ke Jakarta, pagi (28/3) ini. Rencananya mereka akan kembali ke Banjarmasin, Selasa (8/4) depan.(mr-134/mf/dye/jpnn/jon)

Pusam Jajal Kandang Baru SAMARINDA–Sejak pertama kali memutuskan pindah home base, belum sekalipun Putra Samarinda (Pusam) merumput di Stadion Utama Kaltim, kandang barunya. Jangankan bertanding, latihan pun Pusam tak menggunakan stadion yang terletak di Palaran, Samarinda itu. Selama ini, Pesut Mahakam berlatih di Stadion Madya Sempaja. Tak heran jika Pusam menjadikan kesempatan laga uji coba sebagai ajang untuk lebih mengenal stadion termegah di Kaltim itu. “Sebenarnya ada saja kesempatan ke sana (Stadion Utama Kaltim). Namun, karena masih dalam masa perawatan rumput lapangan, makanya kami tidak bisa menggunakannya,” kata pelatih Pusam, Mundari Karya.

Arema Dicontoh Klub-klub di Indonesia Dengan kirim ke klub luar negeri, mereka bisa dapat batu loncatan untuk naik ke klub elit Eropa. Saya sih berharap Arema bisa jadi klub yang bisa beri makan pemain dari bola.

proses,” lanjut Fuad. Lebih lanjut, Fuad mengungkapkan nama-nama yang akan direkrut ialah para pemain asal grup internal Pelita Jaya Cronus. “Kemungkinan kita ambil dari grup internal Pelita Jaya Cronus,” cetusnya.

Waspadai Motivasi Maziya Ia menjanjikan, akan segera menginformasikan kepada publik ketika para pemain yang dipanggil telah tiba di Kota Malang. “Kalau sudah sampai Malang akan saya kabari. Kita upayakan secepatnya,” pungkasnya. (rul/jon)

Salahudin Tak Jamin Menang Lagi BANJARMASIN-Laga tandang Barito Putera versus Sriwijaya FC tinggal dua pekan lagi. Salahudin tak yakin timnya bisa mengulang kemenangan seperti yang diraih Januari lalu. James Koko Lomel dkk memang sempat menang telak 4-1. Tapi, itu terjadi pada babak delapan besar turnamen pra musim Inter Island Cup (IIC) 2014 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kompetisinya sekarang berbeda, kali ini bentroknya di Indonesia Super League (ISL). Apalagi Wong Kito julukan Sriwijaya FC akan tampil di depan ribuan fansnya. ‘’Kemenangan waktu IIC tidak bisa menjadi jaminan untuk kembali meraih kesuksesan. Karena kita tahu Sriwijaya termasuk tim kuat di ISL musim ini,’’ ucap Salahudin, kemarin (27/3). Barito Putera hanya sempat tampil ciamik di IIC karena bisa menembus babak semi-

JABAT TANGAN: Kapten Arema Cronus Bustomi menyalami Nirwan Dermawan Bakrie.

Tim Oranye dijadwalkan melakukan latih tanding melawan Pusam U-21, besok (29/3) pagi. Selain itu, masih ada dua uji coba lainnya yang tengah disusun manajemen. Sebelumnya, Mundari menyebut Pusam minimal menjalani dua uji coba sebelum bersua Persiba Balikpapan 17 April nanti. “Sudah pasti tiga kali, tetapi untuk siapa yang menjadi lawannya, baru Pusam U-21 yang dikonfirmasi bisa,” jelasnya. Terkait lawan yang dihadapi setelah menjajal Pesut Muda, Mundari mengaku belum bisa memastikan. “Memang sulit mendapatkan tim lokal yang bisa dijadikan lawan uji coba. Kalau tidak dapat juga, game juga tidak masalah,” pungkasnya. (*/ndy/edw/k13/jpnn/jon)

Sambungan dari Halaman 17

Meski demikian, Gethuk sama sekali tak menganggap bahwa absennya Zhivko bakal mengendurkan semangat tempur Maziya. Sebagai tim yang datang jauh dari seberang samudra Hindia, Gethuk meyakini Maziya Sports malah lebih termotivasi ketimbang main di kandang. “Saya tahu tim tamu itu selalu punya motivasi untuk mengalahkan tuan rumah, apalagi tuan rumahnya Arema. Kita tak bisa mengendurkan konsentrasi sedikit saja. Karena itu bisa berdampak fatal buat kita. Arema harus fokus 100 persen untuk laga Maziya,” terang legenda sepakbola Arema tersebut.(fin/jon)

Ditahan Imbang Persikoba dan Metro FC Sambungan dari Halaman 17

Arif subekti/ radar banjar

MAKIN BERAT: Pemain Barito Putera James Koko Lomel dkk diprediksi akan kesulitan menghadapi Sriwijaya FC di Palembang.

Babak pertama melawan Persikoba Kota Batu, Arema mengandalkan para pemain senior lokal, seperti Purwaka Yudhi, Alfarizi, Benny Wahyudi, Juan Revi Auriqto, Dendi Santoso, hingga Samsul Arif. Namun, tanpa sosok Gustavo Lopez dan Bustomi, lini tengah Arema rontok. Suplai bola untuk striker tidak lancar, sehingga tidak ada gol yang tercipta. Hal yang sama terulang lagi saat melawan Metro FC Persekam. Kali ini, tim pelatih Arema memainkan Ahmad Bustomi sebagai gelandang, dengan dukungan Irsyad Maulana, Sunarto, dan Arif Suyono. Namun, Arema tetap tanpa gol hingga pertandingan selesai. Hasil imbang ini tentu saja membuat publik begidik. Kalau menghadapi Metro FC dan Persikoba saja imbang, bagaimana mungkin Arema bisa bermain prima lawan Maziya Sports and Recreation? Walaupun hanya main dengan para pelapis, tetap saja gol yang tercipta, bisa jadi alat ukur kesiapan Arema untuk laga kandang 1 April 2014 nanti. Pelatih Arema, Suharno menampik Arema bermain tidak prima. Menurutnya, hasil pertandingan uji coba tidak ada hubungannya dengan laga sebenarnya lawan Maziya Sports 1 April 2014 nanti. “Ini laga uji coba, tentu untuk mencoba strategi dan taktik. Saya tidak setuju dengan sebutan Trofeo, seakan-akan ini turnamen dimana kita harus menang. Ini cuma uji coba biasa, kalau ini trofeo harusnya ada pialanya dong,” tegas Suharno kepada Malang Post usai pertandingan kemarin. Namun, laga uji coba kemarin bakal jadi bahan evaluasi tim pelatih untuk menghadapi Maziya Sports. Sebab, tim asal Maladewa itu bisa-bisa main tanpa beban. Biasanya, tim tanpa beban itu selalu merepotkan tim tuan rumah yang dapat tekanan suporter untuk menang, kata Suharno. Kendati demikian, Suharno tetap percaya Arema bisa mengendalikan pertandingan 1 April nanti. “Arema sendiri juga tanpa beban. Kita baru saja menang dan dapat tiga poin di Maladewa. Pemain bisa bertanding tanpa beban mental, kita juga disokong Aremania yang bisa bikin lebih semangat,” tutup Suharno.(fin/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


JUMAT, 28 MARET 2014

Lebih Seru Tanpa Team Order SEPANG- Ketika kalender balapan Formula 1 kembali ke Sepang akhir pekan ini, kenangan yang belum lekang dari musim lalu adalah dominasi Red Bull, team order, dan kontroversi. Pola itu bisa jadi berulang akhir pekan ini. Meski aktor utamanya kemungkinan besar akan berganti, Mercedes. Melihat kehebatan performa mesin Mercedes di seri pembuka Australia, tak pelak peluang juara masih ada di pihak pabrikan Jerman itu. Di Melbourne tiga mesin Mercedes mendominasi podium, satu Mercedes, dua McLaren. Itu setelah Daniel Ricciardo, Red Bull-Renault didiskualifikasi sebagai runner up. Sepang 2013 menjadi gambaran persaingan internal antara Sebastian Vettel dan Mark Webber. Instruksi tim yang meminta juara dunia tiga kali saat itu, Vettel untuk memuluskan jalan Webber menjada jawara tak digubris. Pembalap Happenheim, Jerman itu tetap melewati Webber dan merebut seri Sepang. Pertarungan duo Red Bull itu terjadi di depan mata Lewis Hamilton, Mercedes, yang tahun ini bisa jadi ada di posisi Vettel saat itu. Apalagi rekan setimnya, Nico Rosberg tampil dominan di Albert Park. Sebagai juara, catatan waktunya 26 detik lebih cepat dari Daniel Ricciardo, yang dianggap curang karena memakai sensor bahan

Lewis Hamilton

bakar ilegal. Atau kalau yang dianggap sah adalah Jenson Button, McLaren, waktunya terpaut lebih jauh, 30 detik. Apa yang terjadi jika peristiwa Sepang ada versi keduanya tahun ini? Lewis Hamilton pernah mengatakan bahwa kondisi di timnya tidak sama dengan Red Bull. Tidak ada pembalap utama atau kedua. “Tidak ada pembalap pertama dan kedua di Mercedes. Aku selalu katakan, sejak saat itu (Sepang 2013) kepada tim bahwa aku ingin sejajar dengan Nico

(Rosberg),” katanya saat menanggapi kontroversi team order Red Bull. “Mereka (tim Mercedes) tidak menawarkan kepadaku untuk difavoritkan. Tapi aku hanya ingin menekankan bahwa aku bukanlah pembalap yang meminta diistimewakan seperti kebanyakan pembalap lain,” tandasnya. Pernyataan Hamilton itu diperkuat dengan kebijakan Mercedes menjelang balapan di Australia. Setelah melalui pembahasan panjang, tim menyatakan memberikan lampu hijau kepada

Hamilton dan Rosberg untuk membalap secara terbuka di seri pembuka itu. “Sungguh aku katakan bahwa akan terjadi pertarungan antara Lewis dan aku (di Australia)- dan itu bagus untuk TV dan semua pihak, termasuk kami sebagai tim, tentu dalam batas-batas tertentu,” kata Rosberg yang sudah berteman dekat dengan Hamilton sejak di ajang gokar. Sayang pertarungan gagal terjadi, karena terjadi kerusakan silinder mesin pada mobil Hamilton dan gagal melanjutkan balapan di lap ketiga. Keputusan Mercedes itu diambil setelah tahun lalu Rosberg, mengaku frustasi dengan team order yang memintanya tidak menyalip Hamilton di Sepang. Direktur Eksekutif Mercedes Toto Wolff mengatakan, pembahasan dilakukan di balik layar dan semuanya sudah sepakat dengan keputusan itu. “Saya pikiri sangat sulit untuk menentukan parameter, seperti siapa yang harus ada di depan saat di tikungan pertama. Kami tidak melakukan itu,” ungkapnya. “Kami ingin memastikan bahwa sebagai tim kami kuat. Jadi kami putuskan untuk melakukannya kasusper-kasus dengan pertimbangan kondisi terakhir dari mobil. Bisa jadi di satu balapan kami akan bergerak ke satu arah dan di balapan lainnya kita berganti kebijakan,” paparnya. (cak/jpnn/jon)

RIZAL FANANY/MALANG POST

GIAT LATIHAN: Atlet PASI Kota Malang terus menggelar latihan di Stadion Gajayana.

19

Li Na

Li Na Ditantang Cibulkova MIAMI - Dominika Cibulkova bakal menjadi penantang Li Na pada babak semifinal Sony Open 2014. Itu terjadi setelah Cibulkova sukses menekuk Agnieszka Radwanska dengan skor 3-6, 7-6 (5) pada perempat final di Crandon Tennis Center, Kamis (27/3) WIB. Kemenangan itu termasuk sangat sensasional. Pasalnya, kemampuan keduanya sebenarnya terpaut cukup jauh. Cibulkova adalah unggulan kesepuluh, sementara Radwanska menempati seeded ketiga. Hasil positif itu akan mendongkrak posisi Cibulkova ke sepuluh besar WTA. Itu adalah rangking tertinggi petenis asal Slovakia tersebut selama berkarir di dunia tenis profesional. “Saya tahu sebelum pertandingan bahwa pertandingan ini harus saya menangkan untuk masuk sepuluh besar. Tentu saja hal itu menghadirkan tekanan. Saya sangat senang bisa menang,” terang Cibulkova di laman CNA. Lolos ke semifinal juga bakal membuat Cibulkova memiliki kesempatan emas membalaskan dendam pada Li Na. Sebelumnya, Cibulkova ditekuk Li Na pada final Australia Open 2014 lalu. “Kemenangan ini memiliki banyak arti untuk saya. Selalu sangat sulit ketika bermain melawan Radwanska. Saya harus tetap agresif. Saya hanya ingin terus melaju,” tegas Cibulkova. (jos/jpnn)

Federer Ditekuk Petenis Unggulan Ke-20

PASI Tunggu Regulasi MALANG-Cabang olahraga (cabor) atletik menjadi cabor yang mempertandingkan nomor terbanyak di Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 2014. Dalam ajang yang baru akan digelar untuk pertama kalinya ini, sebanyak 40 nomor dilombakan di cabor atletik. Meski begitu, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang belum bisa memastikan atletnya untuk turun. Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Ketua 2 PASI Kota Ma-

lang, Adam Marcianus Prasetio Welirubun. Menurutnya, kepastian mengirim atlet masih menunggu regulasi dari KONI Jatim mengenai ketentuan atlet. Adam, sapaan akrabnya, mengungkapkan Kota Malang sebenarnya memiliki banyak stok atlet untuk PON Remaja. “Tapi kami masih pikir-pikir dulu, dikirim atau tidak,” tambahnya. Pria yang juga aktif sebagai komisi pelatih Pengprov PASI Jatim ini menyebut, sebanyak

lima hingga tujuh atlet punya kans besar menyabet medali jika turun dalam even yang digelar pada Desember 2014 di Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo ini. Ia khawatir, jika atlet andalan Kota Malang turun dalam PON Remaja, nantinya atlet tersebut tidak diperbolehkan mengikuti Porprov 2015. “Kita tunggu regulasi dari KONI Jatim. Apakah atlet yang ikut PON Remaja diperbolehkan ikut Porprov 2015 atau tidak. Jika boleh kami akan

Pelatnas Asian Games Degradasi Dua Atlet JAKARTA- Satlak Prima memperbarui jumlah skuad Indonesia menuju Asian Games XVII Korsel September mendatang. Jika dalam Surat Keputusan (SK) Satlak Prima per 1 Februari atlet berjumlah 154 orang, maka untuk SK 1 April dikurangi menjadi 152 orang. Pengurangan atlet tersebut didasari kelayakan performance. Padahal secara syarat prestasi yang ditetapkan di awal, yakni emas di SEA Games XXVII/Myanmar atau masuk tiga besar kejuaraan Asia, terpenuhi. Masukan dari pelatih induk organisasi cabang olahraga (cabor) juga menjadi pertimbangan. Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik kemarin (27/3) di PPITKON mengatakan dua nama yang turun kasta statusnya menjadi atlet SEA Games 2015 adalah Hendro (jalan cepat 20 km putra/atletik) dan Ivana Hie (boling). Djoko menambahkan meski keduanya degradasi saat ini pintu Asian Games masih terbuka. Syaratnya jika sampai proses entry by name atlet Asian Games Juli-Agustus mendatang ada kenaikan prestasi, keduanya akan kembali masuk. “Setelah dikaji lagi, untuk kasus Hendro dia memang emas di Asia Tenggara. Tapi kalau level Asia catatan waktu bisa di luar sepuluh besar. Sedang untuk Ivana prestasinya dilewati juniornya,” papar pria asal Jogja itu.

Catatan Hendro saat meraih medali emas di Myanmar akhir tahun lalu 1 jam 29 menit 41 detik. Itu lebih buruk saat Hendro mendapat emas di PON XVIII/2012 Riau yang membukukan 1 jam 29 menit 35 detik. Di level Asian Games 2010 lalu di Guangzhou Tiongkok, nomor Hendro, jalan cepat 20 kilometer putra dimenangi oleh Wang Hao (Tiongkok). Catatan waktunya 1 jam 20 menit 50 detik. Berdasar limit Hendro di SEA Games lalu, Hendro hanya bisa duduk di posisi delapan di kategori tersebut. “Yang kita kirim yang berkompetensi dan punya prospek medali. Bukan sekedar ikut atau partisipasi saja,” kata Djoko. Ketua tim seleksi Satlak Prima Ria Lumintuarso menambahkan dari 154 nama atlet Asian Games 2014, yang sudah memenuhi menjalani tes kesehatan sebanyak 84 orang. Sebanyak 70 atlet belum melakukan tes kesehatan. Mereka yang belum menjalani dibatasi sampai 15 April. “Kalau kelewatan tes fisik, setelah lewat tanggal toleransi maka akan dicoret statusnya sebagai atlet Asian Games,” kata Ria. Sebab untuk finalisasi SK Asian Games akan dilakukan 1 Mei mendatang. Mengenai hasil tes kesehatan, angka VO2max para atlet Asian Games lebih dari 50 miligram/kilometer/menit. Hal itu masih bisa ditingkatkan menjelang Asian Games menurut Ria. (dra/jpnn/jon)

kirim, jika tidak boleh kami akan pertimbangkan karena kita fokus juga ke Porprov Porprov,”” tandasnya. Kekhawatiran ini muncul setelah pihaknya melihat aturan KONI Jatim yang tidak memperbolehkan atlet PON turun dalam ajang Porprov. “Saya mengacu pada PON dan Puslatda yang tidak memperbolehkan atlet ikut Porprov,” urai Adam. Ia berharap, regulasi dari KONI Jatim mengenai PON Remaja ini memperbolehkan

atlet untuk turun di ajang Porprov. Adam menilai, sudah semestinya atlet yang turun da dalam PON Remaja masih tetap diperbolehkan di Porprov. “Karena usia atlet yang ikut PON Remaja masih jauh di bawah batasan usia Porprov. Jadi masih banyak atlet berusia diatasnya remaja yang berpotensi mengalahkan mereka. Kalau tidak boleh, cari atlet juga tidak mudah. Bisa-bisa kita kelabakan di Porprov nanti,” pungkasnya. (rul/jon)

MIAMI - Roger Federer belum juga lepas dari lilitan hasil negatif. Kali ini terjadi di Sony Open 2014. Federer di luar dugaan dikandaskan Kei Nishikori dengan skor 6-3, 5-7, 4-6 pada perempat final di Crandon Tennis Center, Kamis (27/3) WIB. Kekalahan itu jelas di luar prediksi. Pasalnya, di atas kertas, Federer sangat diunggulkan bisa menumbangkan Nishikri yang hanya menempati seeded ke-20 dalam turnamen tersebut. Kekalahan itu juga menggagalkan ambisi Federer mengakhiri hasil buruk dalam dua turnamen terakhir yang diikutinya. Sebelumnya, petenis asal Swiss itu juga gagal melaju ke podium juara Indian Wells. “Saya tak bisa menemukan ritmen pada service di pertandingan ini. Ini benar-benar sebuah hal yang sangat mengejutkan,” sesal Federer setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman Vancouver Sun, Kamis (27/3). Federer juga dengan jantan mengakui kehebatan Nishikori. Bagi pria dengan koleksi 17 gelar juara Grand Slam itu, performa Nishikori sepanjang pertandingan benar-benar memukau. “Kekalahan ini menimbulkan rasa frustasi. Namun, lawan memang bermain baik ketika meladeni saya. Dia lebih konsisten pada set kedua dan ketiga. Pada akhirnya, dia harus mendapat kredit atas performanya,” tegas Federer. (jos/jpnn)

LeBron James Cetak 38 Poin, Heat Dihajar Pacers INDIANAPOLIS - LeBron James tampil hebat ketika Miami Heat bertandang ke markas Indiana Pacers. Dalam laga yang dilangsungkan di Bankers Life Fieldhouse, Kamis (27/3) WIB, LeBron sukses mencetak 38 poin, delapan rebound dan lima assist. Sayangnya, kehebatan pemain dengan empat gelar Most Valuable Player itu ternyata tak bisa membantu Heat keluar lapangan dengan kepala tegak. Heat dipaksa mengakui ketangguhan Pacers dengan skor tipis 83-84. Masalahnya, selain mencetak 38 angka, LeBron juga membuat enam turnover. Kekalahan itu merupakan yang ke-16 bagi Heat dalam 36 pertandingan tandang musim ini. Heat kini memiliki rekor 48-22. Di kubu Pacers, Paul George menjadi pemain tersubur setelah berhasil menciptakan 23 angka. Namun, pujian juga layak diberikan pada Roy Hibbert yang sukses menjaringkan 21 poin. Kemenangan itu mengakhiri dua kekalahan beruntun yang

LeBron James

sempat dialami Pacers sebelumnya. Itu merupakan kemenangan ke-33 Pacers dalam 37 pertandingan kandang. Hasil itu sekaligus menegaskan status

Pacers sebagai tim kandang terbaik musim ini. “Mereka adalah juara. Mereka pergi untuk menguji kami mengeluarkan kemampuan

terbaik. Mereka memiliki pemain terbaik. Saya rasa kami benar-benar bertarung,” tegas penggawa Pacers, David West pada ESPN. (jos/jpnn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SITI


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

JUMAT, 28 MARET 2014

SEMINAR

LOMBA

DI NEGERIKU

Bukan Seminar Nasional “Crative Marketing Think Out Of The Box, Why Not?” bersama : @peter_says : Owner of Peter Says Denim @axltwentynine : Owner of Maicih

Ikutilah “Hunting Bareng ~ Pesona Wanita Di Negeriku” persembahan Kompeni & Survival Photowork. Acara berlangsung pada Minggu, 6 April 2014 di Hotel Ubud. Jl. Bendungan Sigura-gura Barat no. 6 Malang mulai pukul 08.00 WIB.

Acara akan digelar pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang. DENGAN HARGA TIKET MASUK : Reguler : Rp 100.000,Silver : Rp 125.000,Gold : Rp 150.000,Presale Reguler : Rp 85.000,FASILITAS YANG DIDAPATKAN : Sertifikat, Goodiebag, Photobooth, Lunch, Snack dan Foto bersama tamu undangan

INFO HUBUNGI : CP Dimas : 081944928877 CP Adit : 085643473395 Twitter ~ @bukansemnas BURUAN GABUNG! TIKET TERBATAS. HANYA ADA 100 BUAH TIKET.

EVENT A Tribute To Punk Rock #1 Ayo datang dan saksikanlah acara A Tribute To Punk Rock #1 “New Found Glory” bersama dengan : - Write The Future - Derry (Banana Steady Beat) - Piratez - Ozzy Crazy Diary ACARA AKAN BERLANGSUNG: Jumat, 28 Maret 2014 mulai pukul 19.00 WIB di Gulokopi, Jl. Nusa Indah 2 Malang.

Brawijaya Education Fair Ikutilah Brawijaya Education Fair yang akan dilaksanakan pada : Hari : Minggu, 30 Maret 2014 Pukul : 06.30 WIB Tempat : GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang TIKET MASUK : IPA/IPS Rp 25.000 IPC Rp 30.000 RANGKAIAN ACARA: Try out SBMPTN Talkshow Inspiratif Menaklukkan SBMPTN Bedah Kampus UB Stand Pameran Fakultas Hiburan Informasi lebih lanjut, hubungi : Web: em.ub.ac.id/bef-2014 Twitter: @maba_official Twitter: @em_ubofficial Line: BEF UB 2014 CONTACT PERSON: Sukur 085743311859 Hasto 08561828299 Laily 082332771373

POTRET Photography Competition and Exhibition ”Water in Frame” Ayo ikutilah POTRET Photography Competition and Exhibition “Water in Frame” persembahan dari Pekan DAS Brantas X. Terutama buat nawak yang suka photography wajib ikut nih, ayo tunjukkan bakatmu disini. POTRET kali ini bertemakan : “Water In Frame” – Pentingnya air bagi kehidupan PENDAFTARAN DIBUKA MULAI : 3 Maret – 8 April 2014 Dengan biaya pendaftaran: Rp 35.000 Pameran fotografi dilaksanakan pada Minggu, 13 April 2014 mulai pukul 05.00 – 19.00 WIB pada saat Car Free Day di Jl. Ijen Malang.

INFO dapat dilihat di : http://pdb.ub.ac.id/ form pendaftaran dapat didownload di http://hmp.ub.ac.id/wp-content/ uploads/2014/03/LEMBAR-KENDALIDAN-FORM-PENDAFTARAN.pdf atau di http://pdb.ub.ac.id/assets/ formpoto.pdf CONTACT PERSON: Rinta 085646729079 Chikal 085776374054 @PDB_X

Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014 a isw s a ah n M nsi a n pu nta Himdi Aku s elare g a g o t r i P vers men leng l Uni hung g Cha ition’ C t n Ma ounti ompe Acc ding C ’Tra14 20 Acara digelar pada 3-4 April 2014 dan diikuti 100 mahasiswa (50 tim) dari Universitas se Jawa Timur.

EVENT

EVENT Hunting Bareng ~ Pesona Wanita

Bukan Seminar Nasional

Open House SD Plus Al-Kautsar Open House SD Plus Al-Kautsar menggelar lomba-lomba untuk siswasiswi TK se-Malang Raya. DRUMBAND COMPETITION, pada 6 April 2014. DAN LOMBA OLIMPIADE MATEMATIKA, SENAM IRAMA CERIA, PUISI ISLAMI DAN PILDACIL PADA 13 APRIL 2014. SERTA DIRAMAIKAN Workshop Matematika Gasing, Pentas Seni, Pameran Siswa, Bazar dan bursa buku. PENDAFTARAN: Bapak Rifan: 08563547067

EVENT 30 Hari Menjadi Pengusaha Ikuti workshop Kewirausahaan dengan tema ‘’30 Hari Menjadi Pengusaha’’. Pembicara Danang Kurnia (Daka Group Owner dan President Indonesian Entrepreneur Community/IEC) kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Manajemen Universitas Brawijaya Malang. Acara ini akan dilaksanakan Sabtu, 29 Maret 2014 pukul 08.30 – 12.00 WIB, bertempat di Aula gedung D FEB Universitas Brawijaya Malang. Peserta mahasiswa dan umum. Info Hubungi: 085785166825 (Desi) atau 082244409383 (Kirana)

Smanti Education

FESTIVAL Buat siswa SMP se-Malang Raya, buruan gabung dalam acara Smanti Education Festival 2014 “Generasi Muda Sinergi Bangsa”. Akan ada banyak lomba menarik yang bisa ikuti dalam event ini, seperti: - Olimpiade MIPA (Rp 100.000,-/team), - Olimpiade IPS (Rp 100.000,-/team), - English Olympiad (Rp 75.000,per individu), - Hadrah (Rp 75.000,-/team), - Mading 3D (Rp 50.000,-/team), - LPAF [Lomba PBB dan Adu Formasi] (Rp 175.000,-/team), - Qiraah (Rp 25.000,-/individu), - Cipta Karya Puisi (Rp 25.000,-/individu) dan Band Competition (Rp 100.000,-/team). Minggu, 30 Maret 2014: Final Olimpiade MIPA, Final Olimpiade IPS, Final BEV, LPAF dan Awarding.

FASILITAS UNTUK PESERTA : Venue, Fee models, Snack, Makeup artist, Wardrobe dan Fresh water BIAYA REGISTRASI : 1 – 8 Maret 2014 IDR 125.000 9 – 23 Maret 2014 IDR 150.000 24 – 30 Maret 2014 IDR 200.000 Info lebih lanjut, dapat hubungi : Andyka 081333188505 / 2A375066 Aviev 085755451555 / 27621974 Adit 081945337906

Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang Yuk, ikutan Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang yang digelar dalam rangka 100 tahun Kota Malang ini. KATEGORI LOMBA : Wisata Kuliner Kota Malang Cagar Budaya Kota Malang Pameran akan berlangsung pada Kamis, 24 April 2014 pukul 10.00 WIB di Kantor Pusat Unmer Malang, Jl. Terusan Raya Dieng, Malang. SYARAT PESERTA : - Peserta umum dan pelajar - Peserta harus mengisi formulir pendaftaran - Peserta diperbolehkan mengirim 2 foto 50 karya foto terbaik pilihan juri dipamerkan R Registrasi Rp 50.000 include cetak fo foto, bingkai, dan merchandise bagi karya terbaik pameran. P Paling lambat Minggu, 20 April 2014 Sekretariat pendaftaran Gedung J JITC, Jl. Raya Galunggung 8 Malang te telpon 0341-9735000 / 0856 4849 7870

Muslim Intellectual Dialogue 2014 Hadirilah Muslim Intellectual Dialogue 2014 “Revitalisasi Peran Strategis M Mahasiswa Mengawal Perpolitikan Bangsa dalam Tinjauan Islam” bersama : - Dr. Ichsanuddin Noorsy, BSc.,SH.,MSi. (Pengamat Politik Nasional) - Setya Nugraha (Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya) - Agung Wisnu Wardhana (Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam dan Reformasi) - Fajar Lazuardi (Presiden Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus) Berlangsung Sabtu, 29 Maret 2014 mulai pukul 07.00 – 13.00 WIB di Gedung Widyaloka UB Malang. Tiket masuk Presale Rp. 15.000 | OTS Rp. 20.000 Fasilitas yang akan di dapatkan: Sertifikat, Blocknote, Snack dan Makan siang Hubungi : - Putra – Zainal 085 853 327 413 - Putri – Emilia 085 736 890 089

INFO, dapatkan di: Twitter : @smantiedufest14, Blog : smantiedufest2014.wordpress. com atau CP Dean : 08579112340

Grand Wedding

Exhibition Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Kamis – Minggu tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. GRAND PRIZE: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Check-In Berhadiah di Lenong Rumpi Resto CHECK-IN, berikan foto dan tips terbaik untuk Lenong Rumpi Kopitiam & Resto (Official) via foursquare dan dapatkan hadiah handphone serta hadiah menarik lainnya. Ketentuan: - Check-in di Lenong Rumpi Kopitiam & Resto (Official), kemudian berikan foto dan tips terbaik kamu tentang Lenong Rumpi Pemilihan pemenang dilakukan dengan cara diundi dengan kriteria: - paling sering check-in dan memberikan foto dan tips terbaik Batas akhir lomba 31 Maret 2014 Untuk informasi lebih lanjut hubungi : Lenong Rumpi Kopitiam & Resto Jl. Kalpataru no. 110 Malang Phone: 088 17000 800 Pin BB: 316 CFA B4 Twitter: @lenongrumpiRI

Point Blank National Championship 2014 Ikutilah Point Blank National Championship 2014 Regional Malang persembahan Flux Capital Of Entertainment. ACARA AKAN BERLANGSUNG pada Sabtu-Minggu, 26-27 April 2014 di Flux Capital Of Entertainment, Jl. Letjen S. Parman 104 Malang. BIAYA REGISTRASI: Rp 50.000/team Free t-shirt untuk 20 pendaftar pertama PENDAFTARAN TERAKHIR: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 16.00 TECHNICAL MEETING: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 17.00 Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi : Chandra 0856 4666 4706 / 236D7AED

Malang Tattoo Expo 2 AYOO HADIRILAH Malang Tattoo Expo 2 persembahan dari Malang Tattoo Community. YANG AKAN BERLANGSUNG: Sabtu, 26 April Minggu, 27 April 2014 di Taman Krida Budaya, Jl. Soekarno Hatta no. 7 Malang. RANGKAIAN ACARANYA : - Tattoo war - Tattoo colaboracy - Tattoo extreme - Tattoo show - Games - Graffiti - Drawing - Tattoo flash on canvas

|NFO lebih hubungi follow @MalangMtc di twitter.

20

Jalan Sehat Seabad Kota Malang

UKM WAPPIM STIE Malangkucecwara

YUK IKUTAN Jalan Sehat Seabad Kota Malang, yang digelar dalam rangka ulang tahun Kota Malang yang ke -100. Dengan semangat baru satu abad Kota Malang, mari wujudkan masyarakat ceria, cerdas dan cemerlang untuk menuju kota yang bermanfaat. Acara ini akan diadakan pada Minggu, 27 April 2014 mulai pukul 06.00-11.30 WIB. Start & finish bertempat di Balaikota Malang.

menggelar seminar ‘‘Open Your Soul to Cretae Your Business‘‘ Business kiat sukses menciptakan usaha.

Kiat Sukses Menciptakan Usaha

FREE DOORPRIZE: - 4 unit motor bebek - 2 unit mobil niaga dan masih banyak lagi

NARASUMBER: Hamzah Izzulhaq dan Wahyu Lis Adaideaja.

INFORMASI HUBUNGI: Perkantoran Terpadu Gedung B First Floor, JL. May jend Sungkono, Malang, Indonesia, Dinas Pendapatan daerah Kota Malang atau bisa menghubungi ke nomor : Telepon : 0341 751532.

Acara digelar pada Sabtu, 5 April 2014 di kampus STIE Malangkucecwara.

Gelar Aksi Diklat

HTM: mahasiswa dan umum Rp 40 ribu dan VIP Rp 50 ribu.

13 Pesta DemoKreasi

CP. 087794107296 pin bb 316b3c9c

UKM Blero Universitas Negeri Malang akan mempersembahkan Pentas Perdana Galaktig (Gelar Aksi Diklat 13)

Etos Expo 2014 Etos Expo 2014 serentak diselenggarakan di 13 Kota di seluruh Indonesia, untuk para pelajar SMA/ Sederajat. DENGAN RANGKAIAN ACARA : - Sosialisasi SBMPTN dan UM PTAIN - Student motivation training by Gamal Albinsaid - Art performance by Akar Tuli, Arif IMB, Faul feat Despro - Expo beasiswa Etos Expo 2014 diselenggarakan serentak pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Graha Medika FKUB. Tiket masuk : Rp 10.000 (buy 10 get 1 free) INFO lebih lanjut, hubungi : 08990384124

Hari Teater Sedunia Komunitas Teater Malang akan memperingati Hari Teater Sedunia. Acara akan berlangsung pada Kamis 27 Maret 2014 mulai pukul 19.00 WIB di Dewan Kesenian Malang, Jalan Majapahit No. 3 Malang. Tiket masuk: cukup datang dan bawa konsumsi.

Come and Celebrate Earth Hour with Us! Free Acara ini akan diadakan hari Sabtu 29 Maret 2014 pukul 16.00 di Meeting Point Atria Hotel, Jl. Letjend S Parman no. 87-89, Malang. Rute gowes : Jl. Borobudur – Jl. Soekarno Hatta – Jl. DI Panjaitan – Jl. Bogor – Jl. Jakarta – Jl. Ijen – Jl. Semeru – Jl. KH Yusuf Sofyan – Balaikota Malang. Info lebih lanjaut dapat hubungi : 081935070700 - Hanis

Lomba Fotografi On The Spot With Aziz Gagap Ikuti Lomba Fotografi On The Spot With Aziz Gagap yang akan berlangsung di @ MX Mall Malang. Acara ini akan diadakan pada Minggu, 30 Maret 2014 di @MX Mall Malang, mulai pukul 11.00-17.00 WIB. Registrasi dibuka mulai 23 Februari29 Maret 2014. Biaya pendaftaran: Rp 30.000 (get 1 kripik Ais Gagap) BINTANG TAMU : - DJ Ell Nabila - Aziz Gagap - Stopan Rasta (Reggae)

Yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Maret 2014 mulai pukul 19.00 WIB di Depan Gedung A2 Universitas Negeri Malang.

Dapatkan hadiah jutaan rupiah dan Setifikat

Datang dan saksikanlah “Sang Rajapatni” Bagian Pertama Trilogi Opera Brawijaya Persembahan spesial dalam rangka HUT UB ke-51 & Kutub ke-12. Acara akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Maret 2014 mulai pukul 18.00 WIB di Gedung Samanta Krida UB, Universitas Brawijaya Malang. Tiket Rp 5.000 TIKET, hubungi : 081216620742 atau datang langsung ke Sanggar Kutub, Gedung UKM UB Lt. 4

FUTSAL YOUTH TOURNAMENT Buat yang punya team futsal ayo gabung di Futsal Youth Tournament untuk memperebutkan Juara 1, 2, 3, 4 dan TOP Score.

Kategori lomba : SMA/SMK Sederajat dan Mahasiswa/Umum. Pendaftaran dibuka mulai: 1 – 25 Maret 2014 Biaya pendaftaran: Rp 300.000/team PELAKSANAAN Tournament berlangsung pada 28 – 30 Maret 2014. di Champions Futsal Araya.

INFO HUBUNGI: - Riski 085791812950 / 33242E74 - Asyari 089681041097 / 326CB9DD

Launching Brigade 07 New Album Release Party Yuk lihat Launching Brigade 07 New Album Release Party. Pada Minggu, 30 maret 2014 mulai pukul 16.00 WIB di Levels Brewhouse , Jalan Terusan Borobudur 26 Malang. TIKET MASUK : Presale Ticket Rp 15.000 – OTS Ticket Rp 25.000 (free CD)

INFO: Jono 085 790 855 869

AYO DATANG DAN SAKSIKANLAH - Love and Share – Kita Mutiara Indonesia persembahan dari Save Street Child Malang. Acara akan berlangsung pada Sabtu, 29 Maret 2014 mulai pukul 18.00 WIB di Graha Masera Jl. Soekarno Hatta no. 18 Malang (samping Aquanos). RANGKAIAN KEGIATAN : - Gelar seni tari, Art of pop up, Gerakan 1001 susu, Donasi 1000 buku, Donasi baju bekas. Info lebih lanjut, hubungi: Accoustic SSCM 08563210037 performance Twitter @sschildmalang by anak bangsa Ice Web sschildmalang.org cream party.

pada tanggal 2,3,4 dam 5 April di Basement Dome UMM.

“Sang Rajapatni” Bagian Pertama Trilogi Opera Brawijaya

Musik kontemporer, Kentrung kreasi, Operet INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI : Facebook: ukm blero um Twitter: @ukmbleroum

LOVE AND SHARE – KITA MUTIARA INDONESIA

‘Pesona‘

Kegiatan ini akan berlangsung pada Sabtu, 29 Maret 2014 di Alunalun kota Malang (depan Masjid Agung Jami Kota Malang).

RANGKAIAN ACARA :

NORYANTO A Dhipuro kembali hadir di Malang dengan training mastering hypnosis dan hypnotherapy. Tidak hanya untuk diri anda tapi bisa dipraktikkan membantu orang lain. Jadi pastikan anda datang pada: Sabtu-Minggu, 5-6 April di Restoran Amazy Jalan Bendungan Siguragura 46 Malang. Peserta terbatas 20 orang. Info dan pendaftaran 08563157584 atau 081330315743.

Kine Klub UMM akan menggelar Malang Film Festival bertema

Khitanan Masal dan Pembagian Kaca Mata Gratis untuk Anak Yatim Dhuafa merupakan Program Khitanan Massal untuk 20 anak yatim dhuafa di kota Malang dan pembagian kacamata gratis untuk 40 anak yatim dhuafa. Untuk sumbangan bantuan dana demi mensukseskan acara tersebut, bisa di transfer ke Rekening berikut : - BCA : 1500 54 54 25 - BRI Syariah : 100 75 165 99 - Panitia Acara: Agus Wahyudi 0341 973 2921081 33 34 34 289

Tiket masuk Gratiiis!

BERSAMA DENGAN : Nose Grind, Cream In All, Fallen To Pieces, Not As Bad, Good Boy Jimmy, Sharkbite, Analog Kid, Hurreah, Gang Holiday. TICKET BOX : Distortion, Melvant Store, Vintage Shop, The Waspish Store

INFORMASI HUBUNGI: - Sasa : 085790900902 - Opie : 08563515313 Pin BB 25D66D46

Training Mastering Hypnosis dan Hypnotherapy

“PESTA DEMOKREASI”

Khitanan Masal dan Pembagian Kaca Mata Gratis untuk Anak Yatim Dhuafa

Malang Film Festival 2014

Dance Nation, The Future Sound of Dance Unity Ayo gabung di Dance Nation, The Future Sound of Dance Unity at Hugo’s Cafe Malang Featuring: Chantal Dewi 1945MF (uprising DJ of the year Paranoia 2013). Juga akan ada penampilan dari : - DJ Hobby - DJ Dhinart - DJ Yeffie - Hugo’s Band - Andrasta Dancer Dance Nation, The Future Sound of Dance Unity at Hugo’s Cafe Malang akan berlangsung pada Sabtu, 29 Maret 2014 mulai pukul 22.00 WIB di Hugo’s Cafe Malang, Jl. Raya Langsep 2A. INFO, hubungi : Hugo’s PIN 2369F9A2 Hugo’s 081233888585 Twitter @HugosMalang Web www.HugosMalang.com

Kelas Masak Bersama Diana Cahya INGIN BELAJAR MEMASAK? Ayo segera daftarkan diri anda di Hands-On Class (Kelas Praktek) bersama dengan Diana Cahya dengan materi Char Pao (Character Pao) ini. Yang akan berlangsung pada Minggu, 13 April 2014 mulai pukul 10.00 WIB di Jl. Kendalsari Barat Kav. 08 no. 15 Malang Biaya: Rp 500.000/orang. Sudah termasuk bahan, lunch, hasil praktek dibawa pulang) INFORMASI HUBUNGI : Ratna 082157040468 / 25DBC24A Charisma 082146667779 / 0 08885830000 / 23B2E406 Ayoo .. buruan daftar! Tempat terbatas! Hanya tersedia bagi 20 p peserta. Dapatkan diskon khusus bagi 5 pendaftar pertama

Welcome Rockabilly Day W S Saksikanlah “Welcome Rockabilly Day” oleh Pecinta Rockabilly Malang. D Bersama dengan host: Eneng Ladyrose B d dan John Grandong YANG AKAN MENAMPILKAN : - Naughty Pet Dream (Malang) - Social of SOciety (Malang) - Devilvegas (Malang) - Burning Idea (Surabaya) - Jerola (Jetis) - The Suka-suka (Batu) - Hanky Panky Ska Acara pada Minggu, 30 Maret 2014 mulai pukul 15.00 – 21.00 WIB di Bhaswara Cafe, Jl. Suropati No. 1 Malang. Tiket masuk: Free. Info hubungi :Risx 083848418215

Akan ada kompetisi film, pemutaran film, kelas film, dan banyak program lainnya. Tahun 2013 lalu, Malang Film Festival yang berlangsung 5-7 Maret dikunjungi 896 pengunjung. Adapun film-film pemenangnya antara lain: Teladan Totum Pro Parte, Gendeng Beleq, Lawuh Boled, Ayah atau Ibu, Kong Asong dan Smandaku. Informasi lebih lanjut: Lizya 085646510574 dan Afidz 081945506505 dan www.malangfilmfestival.com REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


IKLAN BARIS MALANG POST

21

jumat, 28 MARET 2014

MALANG

• SUZUKI •

MOBIL - MOTOR

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784

DI JUAL rumah di Jl. Danau sidengreng blok C3 B-31 SHM luas 105 full bangunan 325 jt nego HUB : 081945398899 tanpa perantara

Dcr 1 krywn toko, SMA sederajat, 2 sopir pribadi, lamaran lengkap kirim ke Toko Lolipop, Jl. Raya Dieng 22 Mlg

BG-16/2

BG-22/ 3

BL-28/3

jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

RUMAH KOS dijual 2Lt,20kmr,Lt: 180 m²,Lb:300 m²+ruko 2 Lt,Ls 48 m². Dae­ rah kampus Unisma,Unitri,Uin,Uniga. hub: 081945577755

Capster berpengalaman. Bisa kerja mandiri, Lamaran bawa sendiri ke Salon Masita, Jl.Watumujur I/21 Malang, telp. 582150

Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112

Golongan Toyota. Cari investor mobil untuk travel dan sewa mobil Innova, Avanza, APV. Aman dan setoran tinggi Hub: 082335585758/ 087701455758 BL-6/3

MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/2

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/2

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/2

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/2

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/3

isuzu B.U. Dijual cepat Panther higrade Th 95 , warna biru Plat N Kota .Hub 085791530963 . 081253743162 BL-29/3

Daihatsu BIG SALE,Xenia 17jt, Terios 23jt, Luxio 29jt,Ayla 17jt, Pick up 13jt. Hub:Dona 082132668687/0341 5332992 BG-26/4

Promo Xenia DP 17jt-an atau angsuran 2jt-an DP Bisa Diatur untuk Terios PU Luxio Sirion Ayla Hub: Hendri (0343) 2384414 BG-20/4

D I J U AL M i t s u b i s h i G a l ant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221 BG-12/3

DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414 BG-8/3

DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/3

Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/2

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/3

MITSUBISHI GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/2

DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221 BL-12/2

gEBYAR Diskon Mitshubisi, Pajero, Outlander, Mirage, Cash Back s/d 25jt Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/3

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/2

TOYOTA Dicari titipan. Mobil utk travel dan rent car inova,avanza,apv,aman dan setoran tinggi 082335585758/ 087701455758 BG-12/4 Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1

• SUZUKI •

RUMAH

PASANG IKLAN TEPAT

BG-31/2

Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/3

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/1

•HONDA• di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000 BG-6/3

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­ sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/1

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-24/3

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli.

BG-22/4

Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505

BL-16/3

JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963 BG-15/3

DIJUAL rmh lt 60 m² jln.ikan gurame perum little Kyoto B-6 mlg. Hub 08155097508 & 081330015318 BG-2/3

J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/2

JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi. BL-1/3

Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/2

BG-20/3

Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E.

Rumah Dijual daerah Kedawung.LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM. Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899

BG-30/3

BG-18/3

TANAH Dijual Tanah Luas 594 m (AJB) Dusun Krajaan Desa Pakis­ jajar Kecamatan Pakis Hub. 081352978588 BG-27/4

Tanah Kavling shm luas 690 m².Jl Poros arah bandara Abd.Saleh Asrikaton 600 ribu/m². boleh beli separuh.081233222547/5473547

BG-17/2

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341 BG-31/ 1

DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008

BG-15/4

BG-31/ 1

Dijual tanah kav dekat bandara samping Perum Graha Bandara Residence LT220m².800rb/m Hub081333848384

Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700

BG-27/3

BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman) BG-3/ 3

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/3

BG-3/3

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/2

PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866 BG-25/2

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

BG-18/3

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/1

KONTRAKAN Dikontrakan Rumah Baru Letjen Sutoyo town House C1 3 kmr tdr 2 kmr mandi.Hub 081358358331 BG-27/4

DIKONTRAKAN VILLA Kasih Fas. 3kmr, grnsi Lt.17x11m. Hub 596918, 081252624970, dekat Jtm Park 2. Jl. Sriti 39 Oro-oro Ombo Batu BL-28/3

Dikontrakkan Ruko cocok buat warung/counter. LT 200m² LB 150m². Jl Alumunium No.6 Malang. Hub Bu Yayuk: 7065500/ 08123300188 BG-11/3

RUMAH DIJUAL rumah tempat strategis untuk hunian dan invest mulai harga 260-550 jt,tipe 45-118. Jl. Kanjuruhan Tlogomas. Hub:085649792950 / (0341)9157889. BG-26/4

DJL cpt rmh Jl. Simp Borobudur Utara 33(Blimbing) lt 240m lb 200:6 kt, garasi. Hrg 600 jt ng (AJB). Hub: 081334413677/ 085334181789 BG-21/4

Ertiga & Pick Up rendy stock & diskon besar haya di bulan ini 082142619474/bb22cc4e12

BG-21/3

JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078

Djl rmh Griya Buring Permai L1 60m2 x 5 x 12 IGPC32 DP 26jt bs diangsur 10x Hunian tgh kta dgn hrg mrh Hub: Intan (0341) 9272391, 081333476800 Pin 2A6A581F BG-20/ 4

BG-19/3

BG-24/2

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/3

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/3

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/3

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/3

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/3

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/3

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­ 746571600 BG-11/3

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

LOWONGAN

LOWONGAN

RUPA-RUPA

BL-30/3

Dbthkn kryw/i utk Kedai Es D&D PELANGI Jl. Trsn Bondowoso 44 Hub.085755877347 (SEGERA) BL-26/3

BUTUH Pembantu RT utk di Jogja serabutan, bisa masak , umur 35 th Hub : 08123578052/ 087882045000 BL-26/3

DANA TUNAI

P inj a m D a n a T a n p a J a minan proses cepat. Hubungi 082244650171 BG-22/4

Gadai Laptop Kamera Tab TV PSP BB HP. Jl MT Haryono No 177 Telp (0341) 571731 0838 3496 7500. (Depan Mall Dinoyo City Malang) BG-11/4

Butuh biaya sekolah, renov rumah ;modal usaha? Kami solusinya, jaminan BPKB Motor/Mobil dan SHM.Bisa TO Hub.5441379/085746960294. BG-1/4

“DANA TUNAI” butuh dana? Jaminan BPKB, Pinjaman Tinggi, proses cpt hub:9363696 telp/sms. BUKTIKAN!! Bg-14/4

Butuh dana cepat + trm gadai titipkan laptop / hp / kendaraan + BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp (0341) 7359448 BG-5/4

“ANDA BUTUH UANG“ jaminan BPKB/cepat,mudah,tanpa Survey,LSG cair/KSP citra abadi.Jl.Raya Tlogomas 51MLG/ (0341)9751645 BG-9/5

CARI JODOH

BIRO JODOH ganteng, S1, mapan. Cari jodoh gadis cantik peg. swasta min SMA TB 162 cm max 30 th HUB: 081217585921 BG-25/3

BIROJODOH malang jaya #jejaka, 32th, krywan toko cari calon istri, gadis/janda, manis & sederhana telp: 087859953881 BG-2/4

Guest house

OMAHKOE GUEST HOUSE jalan bendungan sigura-gura 4 no 1 malang. Telp (0341)556244 BG-7/ 4

KAWI GUEST HOUSE Jalan kawi atas No.40 Malang. Telp. (0341)551351 BG-4/ 5

Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676 BL-26/ 3

futsal

FUTSAL BUANA hadir de­ngan lapangan rumput sintetis baru. Harga Terjangkau.JL Tlogosari 38 A Tlogomas malang. (0341)7744778 BG-1/4

Kehilangan Stnk spd mtr Honda/NC11B1C A/T ’09 N-6785-BQ noka: MH1JF211X9K271245 nosin: JF21E1269302 a/n Sri Haryani d/a Jl. D. Matana IV / F2 J8 Rt.04 Rw.12 Sawojajar Kec. Kedungkandang Kota Malang BL-29/3

Stnk mbl Isuzu/TLD 24 C/Pick Up’91 N-8170-AP noka:15914550 nosin:917702 a/n DPU Dati II Malang d/a Jl.Bingkil 1 Malang BL-29/3

Stnk spd mtr Yamaha/54P (CAST WHEEL)A/T ’12 N-5169-BX noka: MH354P00BCJ063180 nosin: 54P063496 a/n Nur Indayani SE d/a: Jl Taman Sulfat XI / 21 RT006 RW021 KEL.BUNULREJO KEC LOWOKWARU KOTA MALANG BL-28/3

RUPA-RUPA

Leadership House Pelatihan kepemimpinan,soft-life skills & character Building u/ SD SMP SMA . Buka kelas baru Hub : Banten 30 Malang/562580 BG-27/4

Panggilan service didik gang mayang genengan pak isaji telp 0341-7378891 mnrm service kulkas,mesin cuci,instalasi listrik,pompa listrik dll BG-15/4

Sewa motor murah untuk mahasiswa & umum Mulai ; 45rb/har: 087701577000/082301577000. Jl Joyo raharjo 201 (belakang sardo swalayan). BG-15/4

Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111

Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999

DICARI krywn/ti min SMA u/ ditempatkan di Starlet Acc HP Mall Olympic Garden, Gaji memuaskan. Lamaran ke MOG ( Lt 1, FF74B ) / hrd.starletacc@yahoo.com

BG-24/2

BG-8/ 4

BL-30/3

BG-23/3

MP JUAL MP-Jual : mobil toyota corolla SE SALOON 85.AC dgn.VR.ban tebal. pjk pnjg. msin hlus. betul2 bgus. 32. 5jt hub.8123753/081333458853 cpt dpt MP JUAL: POMPA AIR JETPUMP MASIH BAGUS. MERK PEDROLLO (ITALY) 500RB. TELP.087859444129 MP- jual : tnh shm uk 10x19 lokasi batu kota dkt pasar batu +6285755293603

MP-Jual : jasaLES private Bhs Ing/ MAT/ FIS siap UAS UNAS utk SMP SMA SMKgeneral Eng utk Mhsswa, kary dan Umum. juga Terima MC utk berbagai acara. telp/sms: pakRico BRITISH-USA English 081 334 505154 MP-JUAL : JASA DESAIN & PEMBUATAN INTERIOR KITCHEN SET, RUANG TAMU, RUANG TIDUR, ROMBONG FRANCHISE, GEROBAK, BOOTH, STAND PAMERAN, PAGAR, CANOPY DLL HUB. 081555992213

MP-Cari MP_CARI : laptop/komputer bekas mrh max 500rb. Hub 085954506492 MP-Cari : distributor es drop cari tenaga antar/ambil es ke sekolah/warung/ kantin,min smp,pny spd mtr,data sdh ada,tinggal jalan aja.dpt bpjs kesehatan keluarga hub:082330697789 MP-CARI : Tenaga laki2 serabutan, punya motor, sim C, hafal malang raya, lulusan SMA/SMP, max 22th, gaji 750rb/bln, BBM 15rb/hari. Telp/ sms ke 0816554143.

BL-4/2

Jual mcm-mcm prlngkpan rmh tang,bntl/glig,spring bed furniture,dll.Jl. Mayjen Sungkono Gg.8/7 hub.(0341)9598434 BG-27/4

Hancabarasih Laundry & Dryclean Jl.Mertojoyo F1C Dinoyo. Antar Ambil SMS 085731243111. Laundry on Kilo’s terbaik di Malang BG-28/4

Indonesia School Of Photography setara D1,kelas mlai 15/04/14. Jl.Simpang Gajayana Blok K (blkg Sardo). CP:081233673663 BG-28/4

Sedia aneka cemilan timbnagan/ packing , trm order grosir/ecern. siap lyn antr Jl.Mayjen Sungkono no.1 mlg. Hub 085649592346 / 03415042887 www.tokocamilan. web.id BG-27/4

Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg BG-20/2

JUAL PENINGGI BADAN ALAMI 1-10 HR Naik 2-4cm. www. OBATTINGGITIENS. com 087877575880 BL-6/3

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/12

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/2

Ash a f a B o d y m i s t A r o m a t erapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­ tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

stnk

***Bisa cicil 12x*** rmh+toko CANTIK,T.150/679,hrg 650jt,Bs byr 50%,sisa th ke 2Bs Kpr,ada pgsh siap sw 30jt/th,Ada jaminan kenaikan HRG,MDH CAIR.081333211662

BG-19/3

BG-5/3

BG-16/3

Naik/turun berat badan sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/12

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 03418696529,085855989910 BG-23/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/3

KULINER CAFE ROBIN ahlinya kopi jowo asli seleranya rasanya Jl. A.Yani 35 Kepanjen Tlp:081217635552 BG-14/4

Cafe Gaul Barokah menikmati segelas kopi.Specialis kopi lanang dan macam2 gorengan dan mie rebus datang Jl.Raya Taman Ayu Kepanjen BG-13/4

Depot Ayu Bu Gayit menyediakan masakan khas Jawa mnrm:psnan Nasi Kotak dan Nasi Tumpeng dll Hub:Jl.Raya Genengan Pakisaji Tlp:0838480154475 BG-13/4

utk minuman kemasan diutmkan pny kndraan sndiri hub. MGM jl.kedawung no.25 03417039599 MP CARI: lovebird paskun betina yg sdh siapan. Klo ada bisa lgsg sms ke nmr ini 0858 550 333 15 MP_CARI : laptop/komputer bekas mrh max 500rb. Hub 085954506492

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

KULINER

Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091 BG-8/2

Depot Maninjau sedia ma­sa­ kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12

pengobatan

PENGOBATAN HERBAL Tanpa Operasi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8 BG-5/3

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12

elektronik

Progress Pusat Service Kamera Digital,DSLR,LCD,Pro jector,Sound System,dll. Jl Sunan Kalijaga Kav 3 No.6 (0341) 9005905/089667711882 BG-11/4

TOUR & TRAVEL Sumber Teknik Service Kamera Digital/DSLR, Lensa, LCD, Projector, dll. Jl Raya Tlogomas No 11. (0341)2112945 BG-11/4

AREMA TRANSPORT Sewa mobil + sopir murah di Malang,Tujuan wisata Surabaya , bromo , injen dll. Armada : Xenia, Avanza, Innova, Elf dll.082140434845/ 081252330175 BG-24/3

El Nusa Rent Car sewa mobil terbaru & termurah. All new Avanza/Xenia, Innova & Luxio. Taman Landungsari Indah D-28. Hub: 081233428484 / 085859848460 / (0341)7357475 BG-18/4

AZRI TIKET melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel,Tour,Rent Car,Pembayaran Rek Listrik,PDAM,Telepon,Pulsa All Operator. Jl Tirta Rahayu 30. 532837/9885553 BG-13/4 V e nus Tour & Tr a v e l Harian ,Mingguan, Bulanan. Pembayaran cash dan kredit/ visa master. Jl Galunggung 86 B/7747474/081555888385 BG-11/4 Multi Trans Tour & Travel Malang Kediri PP,Shuttle,MlgJuanda PP,Paket Wisata,Rent cart driver,tiket pesawat. Jl MT Hariono 167 Kav 27.5023911/0823382457 77/30C3FE38 BG-11/4 SORA TOUR N TRAVEL Jl. Jmbtn Gadang Bumiayu. Airport shuttle,MlgSby Mlg-Perak PP,Carter Tour Wisata. Rent Car Driver. 081222517111/0 85791212111/2809111 BG-25/3 MADESTA TRAVEL (Ex WBU) Travel, carter pribadi / angkutan barang segala jurusan Jl. Alumunium IIA 485833, 087859044033. BG-3/3 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/2 SESA RENT CAR melayani sewa mobil+sopir, armada avansa all new G. JI. Rangkok Utara no.28 sukun hub: 081233055322/ 085855334740 BG-21/3

BMS RENT CARS karimun estilo/xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 0341-7748248/ 2149988/081333373338 BG-30/12

JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. CarterTour Wisata -Rent Car Tdriver 7532 36/082333711779/081333322779 BG-28/2

TOUR & TRAVEL “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12 SRIWIJAYA ABADI sewa mobil+supir drop carter, inova, avanza,x enia, luxio tiket pesawat/tour domestik...0341913 9555/081249660666 BG-15/4 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­R USAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Web­site: www. su­rya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 www. airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/ju­an­da(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP 346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 PIJAT “Iman” pijat terapi/refleksi,full body + totok aura wajah. Dll. Trm panggilan Rmh/Hotel 087859256377 dijamin fresh BG-27/4

Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel HUB: 085774410568 No SMS. BG-1/4 Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202 BG-14/2 PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/ cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965. Dijamin fresh. BG-13/2 Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2 KOMPUTER Kredit Laptop/ Komputer, Tablet Hub:085853874151/08 2140703452/8174510/564537. Infomedia Komputama+Adira. Jl Galunggung Ruko Blok 58m BG-11/4

CENTRA COMPUTER –TOS­HIBALENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­ NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/4 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/3


KOTA WISATA

biro batu Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

jumat, 28 MARET 2014

22

Warga Pendem Minta SMP, ER pun Menyetujui BATU – Pertemuan semua ketua RT dan RW dengan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Kamis kemarin dijadikan ajang curhat. Salah satu­ nya persoalan yang mereka angkat, sistem pelayanan BPJS hingga permintaan sekolah baru. ‘’ Kami punya warga yang sakit parah, dan kondisi ekonominya pun tidak mampu. Dia harus cuci darah, sehingga biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Persoalan itupun telah kami laporkan ke Kades, namun belum ada tindakan nyata. Kalau sudah demikian, lalu kami harus lapor kemana dan bagaimana prosedurnya untuk orang-orang yang menderita penyakit khusus seperti itu?,’’ ujar Mahmud, salah satu ketua RT di Dusun Kapru, Desa

Gu­nungsari Kecamatan Bumiaji. Untuk mengurai persoalan itu, Eddy Rumpoko langsung memang­ gil petugas Dinas Kesehatan karena memang Kepala Dinas Endang Triningsih kebetulan tidak ada di lokasi pertemuan yang berlangsung di balai kota itu. ‘’ Bagi warga tak mampu, cuci da­rah seperti itu seharusnya gratis. Namun cuci darah bisa dilayani secara gratis hanya di RSSA Malang. Sedan­ gkan menyangkut pelaporan, ketua RT bisa melapor ke bagian Yankesus (Pelayanan Kesehatan Khusus) Din­ kes Kota Batu yang kantornya berada di belakang Pus­kesmas Batu,’’papar pegawai Dinas Ke­sehatan itu. Sementara seorang ketua RT dari Desa Pendem, Kecamatan Junrejo

Febri Setyawan/Malang Post

DIALOG: Seorang ketua RW menyampaikan persoalan di kampungnya kepada Wali Kota Batu dalam dialog, kemarin. menginginkan Pemkot membangun SMPN baru di desanya. Alasan

yang dikemukakan, warga di desa itu selama ini banyak yang harus

se­kolah di Karangploso, Dau Ka­ bupaten Malang. Bila sekolah di Kecamatan Batu, harus naik angkot oper dua kali. ‘’ Misalnya, bila melanjutkan SMPN 3 di Beji, SMPN 1, 2 di Ke­ camatan Batu atau SMP 6 di Desa Giripurno, Kecamaatn Bumiaji, siswa minimal dua kali naik angkot. Jika di Pendem ada SMPN, pasti war­ga tidak perlu mengeluarkan ongkos tinggi,’’ ungkapnya. Keluhan itu direspon Eddy Rum­ poko, yang siap membangun SMPN di Desa Pendem. Namun demikian, dia juga menanyakan bagaimana dengan jumlah siswa jika SMPN be­nar-benar dibangun di desa penghasil padi itu. ‘’Kalau Pemkot bangun SMPN di sana (Pendem), kira-kira ada siswanya

ataukah malah sepi ? tanya ER. Menurut wali kota, SMP bisa di­ bangun di tanah kas desa ataupun de­ngan pengadaan lahan baru. Lan­ tas, ER sapaan akrab Eddy Rum­ poko ini minta Dinas Pendidikan melakukan kajian terkait pemban­ gunan SMPN di Desa Pendem. Jika pembangunan bisa memungkinkan, anggaran pe­nga­daan lahan dapat diusulkan me­lalui Perubahan Ang­ garan Keuangan (PAK), sehingga tahun depan pem­b angunan bisa mulai direalisasikan. Permasalahan rental-rental play­station yang merebak, juga diangkat peserta pertemuan itu termasuk be­lum meratanya pembagian motor gerobak sampah, hing­ ga keinginan sosialisasi atau pemberian regulator elpiji. (feb/lyo)

lintas kota wisata

Siswa PAUD Ikut Simulasi PMK BATU- Sekitar 23 murid PAUD Hajjah Mariyam Kota Batu, kemarin mendatangi Kantor PMK di Jalan Kartini. Kedatan­ gan mereka itu, tak lain untuk mendapatkan penjelasan tugastugas PMK. Kehadiran anak-anak yang menggemaskan itu, diterima langsung oleh Kepala UPT PMK DCKTR, Santoso Wardoyo yang dengan bahasa sederhana mengurai peran dan fungsi petugas PMK termasuk langkah-langkah ketika ada peristiwa kebakaran. Kemudian, anak-anak yang didampingi guru PAUD terse­ but mendadak bersorak kegirangan lantaran Santoso Wardoyo megijinkan mereka naik mobil PMK jalan jalan sampai halaman block office. Di halaman perkantoran terpadu yang masih mangkrak itu, anak-anak tidak langsung diangkut kem­ bali, melainkan masih diajak praktek memadamkan kobaran api yang bersumber dari gubuk terbakar. ‘’ Jangan panik ya kalau ada kebakaran, apalagi kalian sudah tahu cara memadamkan api,”ujar Santoso di hadapan anak-anak yang benar-benar riang itu. (mik/lyo)

Muhammad Firman/Malang Post

SERU: Pegelaran Bantengan kolosal di Stadion Brantas Kota Batu, mampu memecahkan rekor MURI, Rabu malam lalu.

Bantengan Kolosal Masuk MURI Jadi Ikon Budaya Tradisi Kota Batu BATU–Sebuah pertunjukan budaya tradisi Seni Banten­ gan, Rabu (26/3) malam mam­ pu disajikan secara kolosal di Sta­dion Brantas. Pagelaran ke­ senian khas Kota Batu, inipun mampu masuk rekor MURI yang ke 6413 kategori peserta terbanyak. Ribuan pengunjung pun menjadi saksi, bahwa ma­ lam itu Bantengan telah men­jadi ikon terbaru kota wisata ini. Bantengan, selama ini di­kenal sebagai seni budaya yang hidup di tengah masyarakat pe­desaan, merupakan gabungan dari sen­ dra tari, musik, olah ka­nuragan, bahkan syair atau mantra yang kental dengan nuansa magis

mampu tubuh subur di semua sudut wilayah kota apel ini. Manajer MURI, Sri Widaya­ ti sengaja datang langsung ke Stadion Brantas untuk mela­ kukan penghitungan. Dia men­ catat peserta Bantengan ko­ losal itu sebanyak 1689 orang, atau sudah jauh melampaui target panitia sebanyak 1000 peserta, kendati penyelenggara sendiri semula berharap bisa diikuti oleh 4000 peserta. ‘’Kami melakukan penghi­ tungan langsung menggunakan handchecker, sehingga akurasi bisa dipertaggungjawabkan. Jadi Kesenian Bantengan ko­losal den­ gan jumlah terbanyak ini, secara

resmi tercatat pada Museum Re­ kor Indonesia (MURI),’’ ungkap Sri Widayati. Tiga piagam sekaligus di­ berikan MURI kepada tiga to­koh Kota Batu, yang berjasa atas pagelaran pemecahan re­ kor tersebut. Yakni, piagam itu dise­rahkan Sri Widayati kepa­ da Wa­li Kota Batu, Eddy Rum­ poko, Hj Mistin Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta dedengkot pelaku Ban­ te­ngan, Agus Riyanto. MURI sendiri sengaja hanya mencatat pelaku Bantengan de­ wasa, sedangkan atraksi Ban­tengan Agung Joyo Nus­wantoro lebih banyak dime­riahkan anak-anak dan

pelaku cemeti kolosal. Jika ditotal, pe­laku Bantengan dan cemeti bisa berjumlah 3000 orang lebih. Eddy Rumpoko mengaku sangat bangga sajian Ban­ tengan kolosal bisa masuk MURI. Hal ini juga semakin menguatkan bahwa Bantengan yang semula hanya kesenian kampung, mampu menjadi kesenian khas Kota Batu dan bisa dibang­gakan untuk tingkat nasional dan internasional. Hal itu membuktikan bila Kesenian Bantengan dikemas secara apik, bisa menghasil­ kan pertunjukan luar biasa yang disukai warga maupun wisa­tawan, apalagi malam itu

tamu-tamu dari Amerika juga ikut menyaksikan. ‘’Banten­ gan ini diangkat dari kesenian kam­pung, menjadi kesenian khas Kota Batu. Jadi tidak ada sa­lahnya, pagelaran ini di­ lakukan dua kali dalam kurun waktu yang relatif singkat,’’ tegas ER, sapaan akrabnya. Sebelum pemecahan rekor MURI itu, berbagai atraksi juga di­peragakan para pendekar dan pelaku Bantengan. Antara lain atraksi kalap (magis) bareng, sembur api, me­mecahkan batu bata di atas kepala, bergulingan dengan alas batang pohon salak berduri, serta pertun­juk­an me­ narik lainnya. (feb/lyo)

Sekolah Pendidikan Inklusi Ditambah BATU- Kabid pendidikan Dasar Disdikpora Kota Batu, Esti Dwi Astuti mengatakan tahun ini ada 11 sekolah yang siap melak­ sanakan pendidikan bagi anak inklusi menyusul sebelumnya sudah ada 7 sekolah. “ Ini sesuai amanah UU mem­­berikan layanan pen­di­ dikan terhadap masyarakat In­donesia, baik yang normal mau­pun berkebutuhan khu­sus,” katanya seusai acara Workshop Pendidik Inklusi di Hotel Putri Bulan, Kamis (27/3). Untuk mencapai layanan pendidikan inklusi, pihaknya terlebih dahulu mempersiap­ kan tenaga pendidik. Meski demi­kian, jumlah tenaga pen­ didik inklusi di Kota Batu masih kurang dari cukup. Selain itu, tenaga pendidik dibekali wawasan yang praktis untuk penyelengaraan pen­ didikan tersebut. Karena itu, kara dia, nara sum­b ernya langsung dari Provinsi Jawa Timur, sehingga tenaga pendidik mendapatkan wawasan yang lebih dan bisa mengelola layanan inklusi kedepannya. “Yang jelas sambil ber­ jalan minum air, sebab tenaga pendidik paling penting, dan syarat tenaga pendidik har­ uslah ikhlas hati nuraninya. Se­dang­kan sarana prasarana lainnya menyesuaikan, kan belum tahu berapa jumlah anak berke­b utuhan khusus di kota ini, karena masih di

identi­fi­kasi,”jelasnya. Dia menerangkan, 11 seko­ lah itu dipastikan sudah bisa beroperasi di tahun ajaran 2014 nanti. Satu contoh, anakanak yang berasal dari Keca­ matan Bumiaji, Kecamatan Batu tidak perlu repot lagi harus sekolah jauh-jauh ke Kecamatan Jun­rejo. Karena sudah tersedia sekolah yang

sekaligus lebih dekat dan dijangkau. Di Jatim sendiri, juga sudah ada 1000 se­kolah penyelenggara pen­di­didikan khusus tersebut. Khusus untuk daerah Ke­ lurahan Ngaglik, memang be­lum ada SD inklusi, karena berdekatan dengan SDLB Eka mandiri.”Makanya 18 sekolah ini, diutamakan menyebar di

segala daerah,”tambahnya. Sementara dalam work­ shop kemarin itu, nara sumber mem­b erikan berbagai hal tentang cara mendidik anak inklusi, ditambah jarak rumah anak ke sekolah.”Kalau seko­ lahnya dekat, biaya dan waktu anak yang bersangkutan tidak bakalan terlalu banyak,”papar Puji Astuti, Kasi Pendidikan

Awali Kampanye, Jokowi Blusukan ke Batu BATU – Dalam masa kampanye Pileg kali ini, wilayah Malang raya benar-benar jadi perhatian khusus tokoh-tokoh nasional untuk mendulang suara bagi masing-masing partai politik yang mereka usung. SBY plus Dahlan Iskan berserta petinggi Demokrat, rela datang kampanye di Kepanjan. Demikian pula kampanye PAN di Bima Sakti Kota Malang, juga dihadiri Ketua Umum Hatta Rajasa, yang waktunya ham­ pir bersamaan dengan kampanye Golkar yang menghadirkan tokoh gaek partai ini, Akbar Tanjung. Disusul Kamis siang kemarin, sebagai pamungkas ketua umum partai berlambang pohon beringin itu, Aburizal Bakrie menggebyar kekuatan di Simpang Balapan Ijen. Nah, bagaimana dengan PDIP sendiri ? Minggu lusa Joko Widodo giliran berkampanye di Lapangan Mulyorejo, Keca­ matan Sukun, Kota Malang. Namun sebelum menyampaikan orasi politiknya, calon presiden dari PDIP yang akrab disapa Jokowi ini, mengawali blusukan di wilayah Kota Batu. Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko membenarkan agenda Jokowi itu. Mantan Wali Kota Solo yang sekarang menjabat Gubernur DKI Jakarta itu, dijawalkan berada di kota wisata ini pada Minggu pagi nanti.‘’Pak Jokowi senangnya blusukan. Dan Beliu menjanjikan blusukan ke Kota Batu,’’ ungkap Eddy Rumpoko, kemarin. Hanya saja pihaknya belum menentukan lokasi-lokasi yang bakal disinggahi Jokowi, namun bisa masuk pasar, ke areal pertanian bunga, kampung-kampung padat atau lokasi lain.‘’Kalau lokasinya, kami belum tahu karena menyesuai­ kan dengan keinginan Beliu (Jokowi). Jadi Beliau meng­ inginkan daerah seperti apa yang mau dikunjungi, kami masih menunggu kabar,’’ tegas ER, sapaan akrabnya. (feb/lyo)

Khususu Dinas Pendidikan Propinsi Jatim. Sekolah yang bakal mene­ rapkan pendidikan inklusi, diantaranya SDN Punten 1, SDN 4 Tulungrejo, SD Mu­h am­m adiyah 4, SDN 2 Bu­lukerto. Sedangkan sebe­ lumnya, SDN Junrejo 1 dan 2, SDN Tlekung 1 dan 2, dan SDN Dadaprejo.(mik/lyo)

Miski/Malang Post

BEKALI: Puji Astuti ketika menyampaikan materi pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. redaktur: febri, layout: kurdi


JUMAT, 28 MARET 2014

23

PERJALANAN PELATIH LIGA INGGRIS

Wenger Lampaui Rekor Ferguson INGGRIS-Surat kabar Inggris menyambutnya dengan judul “Arsene Siapa?” namun pelatih Arsenal asal Prancis ini berhasil bertahan di Liga Primer selama 18 tahun dan menyaksikan banyak pergantian manajer. Sejak ia diangkat jadi pelatih Arsenal pada 30 September 1996, sebanyak 153 manajer dan tim manajemen berganti di Liga Primer. Rata-rata manajer yang bertahan di klub papan atas Liga Primer adalah 1,86 musim. Mundurnya Sir Alex Ferguson-yang menyinggung Wenger di bukunya- menjadikan Wenger sebagai manajer paling lama dalam sepak bola Inggris. Dari 19 manajer di Liga Primer yang ada

sejak ia tiba tahun 1996, hanya Harry Redknapp yang masih bertahan sebagai manajer saat ini di Queens Park Rangers, yang tahun lalu direlegasi dari Liga Primer. Saat Manchester United mengakhiri rekor, Arsenal tidak terkalahkan selama 49 kali, mantan manajer Sir Alex Ferguson mengatakan kekalahan itu “mengganggu otak Arsene.” Persaingan ketat keduanya berubah menjadi rasa saling menghargai. Ferguson mengatakan, “Kecintaannya pada sepak bola selalu terlihat dan energi besarnya dan keingiannya selama bertahun-tahun menjadikannya bertahan dalam profesi yang sangat intense ini.” “Tentu saja, kemampuan dia sebagai pelatih, manajer dan guru membawa sukses

besar untuk Arsenal.” Wenger menang 572 pertandingan sementara Ferguson 564. “Namun keyakinannya, dan filosofi yang selalu mengingatkan saya bahwa ia adalah orang yang khusus. Seseorang yang menentukan cara di klub sepak bola besar dan memunculkan sejumlah pemain dan tim bagus,” tambah Ferguson. Saat Alex Ferguson mencapai pertandingan ke-1.000 dan Wenger ke-999 hingga saat ini, presentasi kemenangan Ferguson adalah 56,4 persen sementara Wenger adalah 57,3 persen. Rekor kemenangan Wenger mencapai 572 pertandingan sementara Alex Ferguson 564 laga sedangkan Wenger kalah dalam 192 pertandingan dan Ferguson 188.(bbc/ary)

NET

PALING LAMA : Wenger dan Ferguson, kini dia menjadi satu-satunya pelatih paling lama di Liga Inggris setelah Sir Alex Ferguson pensiun.

LIGA ITALIA NET

SALING JEGAL : Kompany dikepung pemain Arsenal, akhir pekan ini Arsenal bakal bertemu Manchester City.

Papan Atas Liga Inggris Semakin Panas The Reds dan The Citizens Jangan Terbuai Kemenangan INGGRIS-Persaingan di Liga Inggris semakin panas, setelah Liverpool berhasil merebut runner up klasemen, dinihari kemarin. Hal itu setelah tim asuhan Brendan Rodgers menang melawan Sunderland. Liverpool hanya selisih satu poin dengan sang pemuncak Chelsea yang poinnya 69. Adapun Manchester City, kini berada di peringkat ketiga dengan skor 66. Dibawahnya Arsenal dengan skor 63, serta Everton yang sudah mengantongi poin 57. Dan pada posisi enam, masih bercokol Tottenham Hotspurs dengan poin 56. Kejar-kejaran poin di papan atas akan terjadi pada akhir pekan ini. Jika semua tim masih mampu tampil apik, Manchester City yang paling beruntung. Sebab, dari peringkat 1 – peringkat 6,

rata-rata sudah 30 dan 31 kali main. Sedangkan City baru 29 kali main, terakhir kali menumbangkan United dengan skor 3 : 0. Adapun sang pemuncak klasemen, Chelsea berpeluang memperjauh selisih poin. Sebab pada Sabtu (29/3) nanti, Chelsea akan bertarung menghadapi Crystal Palace. Tim papan atas lainnya, yakni Manchester City, Arsenal, Liverpool, Everton dan Tottenham baru bertanding pada Minggu (30/3) mendatang. Pertandingan Minggu nanti merupakan pertarungan berkelas. Posisi 3 dan 4 yakni Manchester City dan Arsenal akan bertarung pada pukul 00.30. Sedangkan Everton akan bertanding melawan Everton. Serta Liverpool berebut poin dengan posisi enam, Tottenham Hotspurs. Gelandang Arsenal, Mathieu Flamini, memperingatkan rekan-rekan setimnya agar dapat mengembalikan status sebagai salah satu tim besar di Premier League.

Dan untuk membuktikannya, Arsenal harus mampu mengalahkan Manchester City, Sabtu 29 Maret 2014. Setelah kekalahan memalukan dari Chelsea pada pekan lalu, Arsenal sebenarnya punya peluang mengembalikan pamor saat bersua Swansea City, Selasa lalu. Sayangnya, gol bunuh diri Flamini menggagalkan kemenangan Meriam London. Kini, harapan untuk mengembalikan pamor klub London Utara itu kembali terbuka. Sayangnya, tim yang harus mereka hadapi adalah Manchester City, salah satu kandidat kuat juara saat ini. “Ini akan menjadi salah satu pertandingan besar. Kami ingin melakukan yang terbaik, khususnya setelah kekalahan besar dari Chelsea. Kami ingin membuktikan sebagai salah satu tim besar di Premier League,” kata Flamini dilansir Soccerway. “Kami ingin kembali memberikan yang terbaik kepada fans, khususnya karena mereka selalu mendukung kami sejak awal musim. Dan juga saat kami

kalah 0-6 dari Chelsea. Kami ingin bereaksi dengan memberikan mereka sebuah hasil bagus,” lanjut Flamini. Sayangnya, ambisi Flamini harus dihadapkan dengan catatan kurang apik Arsenal saat bersua tim tiga besar di klasemen sementara. Dalam lima pertandingan melawan Liverpool, Manchester City dan Chelsea, tim besutan Arsene Wenger hanya menang sekali dan harus kebobolan 17 gol. Sementara skuat City sendiri masih berbunga-bunga dengan kemenangan melawan United beberapa waktu lalu. ‘’Secara psikologis (kemenangan) ini sangat penting karena ini adalah satu dari tiga laga besar yang harus kami mainkan, dan ini melawan sebuah tim hebat seperti Manchester United,’’ ujar Pellegrini usai pertandingan seperti dilansir Sky Sports.’’Kami kembali memperbaiki poin atas Chelsea, Liverpool dan Arsenal jadi ini sangat penting untuk terus menambah poin,’’ sambungnya.(jpnn/ary)

LIGA INGGRIS

Gerrard Masih Jagoan Set Piece LIVERPOOL-Hasil penting diraih Liverpool kala menghadapi Sunderland di Anfield, Rabu, 26 Maret 2014, atau Kamis dini hari waktu Indonesia. The Reds menang 2-1 dan membuat mereka tetap setia menempel pemuncak klasemen Chelsea dengan cuma terpaut satu poin. Salah satu gol Liverpool dicetak oleh Steven Gerrard. Gelandang kawakan asal Inggris itu mengoyak jala gawang The Black Cats pada menit 39 lewat tendangan bebas dari depan kotak penalti. Gerrard gembira bisa kembali mencetak melalui set piece setelah sekian lama. Diketahui dalam beberapa waktu terakhir, pemain 33 tahun itu jarang mendapat kesempatan mengeksekusi bola mati. Dia mengalah kepada bomber asal Uruguay, Luis Suarez, yang memang tak kalah piawai mengambil tendangan bebas. Meluapkan suka cita usai membobol gawang Sunderland, Gerrard lalu mencandai Suarez. Dia mengatakan tak akan memberikan

kesempatan lagi kepada pemain berjuluk El Pistolero itu mengambil free kick. “Tidak ada lagi tendangan bebas buatmu Suarez,” kata Gerrard sembari tertawa dikutip Daily Mail. Soal “persaingan” menjadi eksekutor bola mati dengan Suarez, Gerrard tak mau terlalu memikirkannya. Bagi punggawa Timnas Inggris tersebut, yang terpenting adalah hasil terbaik bagi tim. “Saya jarang mengambil free kick. Suarez selalu melakukannya dengan luar biasa. Hari ini dia membiarkan saya mengambil kesempatan, tapi dia tidak memberikannya saat melawan Cardiff City kemarin. Buat saya tidak penting siapa yang mencetak gol,” ungkapnya.(viv/ary) NET

AKURAT : Tendangan bebas Steven Gerrard masih akurat menandakan kapten Inggris ini memang mumpuni.

Thohir Buru Bintang Mahal MILAN-Presiden Inter Milan, Erick Thohir, berjanji akan mendatangkan pemain bintang di bursa transfer musim panas nanti. Namun pengusaha muda Indonesia ini membantah beberapa pemain yang selama ini dikabarkan tengah diincar Inter. Selama ini Inter dikabarkan tengah memantau beberapa pemain bintang macam Edin Dzeko, Alvaro Morata, Fernando Torres, Patrice Evra hingga Bacary Sagna. Namun nama dalam daftar itu ternyata tak Erick Thohir sepenuhnya benar. “Kami memang butuh seorang pemain top,” kata Erick Thohir saat mendarat di Kota Milan, kemarin, seperti dilansir tribalfootball. “Dzeko, Morata atau Torres? Itu hanya media yang telah melaporkan nama-nama tersebut. Namun saya tegaskan bahwa kami memang butuh seorang pemain di level atas untuk membawa kami ke level atas,” ujar bos media ini. Erick Thohir juga mengakui bahwa bek sayap menjadi salah satu prioritas yang ingin dibenahi Inter Milan. “Evra? tidak ada kontak dengan dia,” kata Thohir. “Sagna? Dia memutuskan untuk tetap tinggal di Premier League. Tapi memang benar bahwa kami butuh seorang bek sayap,” kata sang taipan.(viv/ary)

LA LIGA

NET

SUKSES : Diego Costa sukses mengantar timnya ke pemuncak klasemen.

Atletico Madrid Rebut Tahta La Liga MADRID-Entrenador Atletico Madrid, Diego Simeone, memilih merendah meski tim besutannya kini sukses mengangkangi rival sekotanya Real Madrid di puncak klasemen La Liga. Pelatih asal Argentina ini tetap menilai tim kaya Madrid dan Barcelona sebagai favorit juara. Saat Madrid terguling di kandang Sevilla dengan skor 1-2, para pemain Atletico bersorak gembira setelah sukses menang tipis 1-0 saat menjamu Granada di Vicente Calderon. Dengan kemenangan ini, Atletico kini nangkring di posisi teratas, unggul tiga poin dari Madrid dan satu poin dari Barcelona. Meski kini tengah berada di atas angin, namun Simeone lebih memilih untuk merendah. “Setiap pertandingan terasa lama, keras dan sulit. Pemain telah melakukan hal yang luar biasa,” puji Simeone setelah Atletico meraup tiga poin. “Ini sebuah musim yang luar biasa tapi semua akan ditentukan bagaimana kami menyelesaikannya. Dengan sisa delapan pertandingan, keuntungan tentu dimiliki tim yang punya sumber daya lebih. Jika kami dapat mencapai empat atau lima pertandingan dengan posisi seperti ini, tentu peluang semakin besar,” lanjutnya. Simeone sendiri mengaku akan tetap bangga meski di garis finis nanti timnya harus gagal menjadi kampiun. Pasalnya, mematahkan duopoli Madrid dan Barca dalam 30 pertandingan tetap menjadi sebuah kebanggaan baginya. Atletico Madrid berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Granada dalam lanjutan Primera Division atau La Liga Spanyol di Vicente Calderon, Kamis (27/3) dini hari WIB. Striker Timnas Spanyol Diego Costa kembali menjadi pahlawan Atletico setelah berhasil mencetak satu-satunya gol di pertandingan ini. Meski lebih diunggulkan untuk meraih tiga poin, namun tak mudah bagi Atletico untuk meraih gol. Gol yang dinanti baru hadir di menit 63. Sebuah umpan Jose Sosa berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Diego Costa. Berkat kemenangan ini, Atletico Madrid tetap kukuh di puncak klasemen La Liga dengan poin 73. Anak asuhan Diego Simeone itu hanya unggul satu poin atas Barca dan tiga poin dari Real Madrid. Atletico sedikit diuntungkan dengan hasil minor yang diperoleh Real Madrid yang takluk di tangan Sevilla 1-0 di Estadio Ramón Sanchez Pizjuan, di waktu bersamaan.(jpnn/ary) REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: SITI


24

JUMAT, 28 MARET 2014

Yunani, Pejuang dari Negeri Para Dewa

GRUP NERAKA PIALA DUNIA

Ibarat Berperang Tanpa Pasukan NET

ANDALAN : Striker Yunani Georgios Samaras menjadi andalan bagi tim berjuluk The Pirate Ship ini.

Para pecinta sepakbola berharap Yunani kembali beri kejutan di pentas Piala Dunia 2014 Brasil. Seperti halnya kejutan yang diberikan tim berjuluk The Pirate Ship ini ketika menjuarai EUFA EURO 2004. dan kemudian pada 2012 mampu tampil hingga perempat final. Dalam kualifikasi Piala Dunia 2014, Yunani lolos ke Brasil dengan tiket runner up grup G,

dibawah Bosnia and Herzegovina. Saingannya adalah Slovakia, Bosnia and Herzegovina, Lithuania, Latvia dan Listenstaina. Yunani bisa menekuk Latvia dengan skor 2 – 1 pada laga perdana kualifikasi. Kemudian menang 2 – 0 menghadapi Lithuania, salah satu gol diciptakan andalan Greek yakni Satoris Ninis. Totalnya, Yunani membawa poin sejumlah 25 sebagai tiket ke Negeri Samba. Tim ini bermain apik dengan

jenderal lapangan tengah Giorgos Karagounis. Dimitrios Salpingidis merupakan pemain yang menyumbang tiga gol pada kualifikasi. Sedangkan dua gol diberikan Theofanis Gekas dan Konstantinos Mitroglou. Satu gol dilesakkan Karagounis, Lazaros Christodoupoulos, Sotiris Ninis dan Nikos Spyropoulos. Sebenarnya Fernando Santos Pelatih Yunani memiliki nama lain untuk diandalkan. Yakni Georgios Samaras.

Hanya saja, dalam kualifikasi Piala Dunia, pemain Celtic ini malah menyumbang dua kartu kuning. Santos masih memiliki waktu untuk memoles emosi Samaras dalam laga sesungguhnya nanti. Datang ke Brasil, Yunani bisa disebut sebagai pejuang dari negeri para Dewa. Mereka berperang menghadapi tim-tim besar di Samba. Persaingan di Grup C nanti, Yunani akan beradu dengan Kolombia, Pantai Gading dan Jepang. Berada di peringkat 13 FIFA sudah menjadi bekal yang bagus bagi Yunani. Masalahnya, Timnas Yunani tak memiliki suporter yang fanatik dalam jumlah banyak. Ketika tim bertanding di Yunani saja, dari 32 ribu kursi, yang kosong mencapai 25 ribu. Bahkan ketika pelatih asal Jerman Otto Rehhagel membawa Yunani juara Piala Eropa 2004, tiket di stadion juga tak habis. “ Stadion harus penuh setiap kali tim nasional bermain , terlepas dari apakah itu adalah persahabatan atau kompetisi sebenarnya . Hal ini sangat penting bagi pemain untuk memiliki penggemar di pihak mereka ,” kata bek Sokratis Papastathopoulos. Pemain veteran Yunani, Giorgos Karagounis mengungkapkan bahwa faktor suporter amat penting. “Bagi saya , hal yang paling menyakitkan adalah stadion tidak penuh . Umumnya tim nasional tidak menjual di Yunani . Semua pemain setuju bahwa permainan harus dilakukan di luar wilayah Athena. Tim nasional Yunani tidak pernah memiliki pendukung riil. Orang-orang dipaksa untuk bereaksi terhadap kemenangan Euro 2004 kami . kita semua tahu bahwa , dengan kekalahan pertama kami , hal-hal akan sama sekali lagi, “ tegasnya.(*/ary)

Rumput Der Panzer Pecahkan Mitos Samba JERMAN - Ketika Piala Dunia digelar di wilayah Amerika Latin, ada mitos yang berkembang, tim-tim Eropa tidak akan mampu menjadi juara. Namun, Jerman merasa percaya diri bisa memecahkan mitos tersebut karena punya keuntungan secara non teknis. “Rumput stadion di Brasil dibuat oleh produsen asal Jerman, Bermuda Celebration. Ini adalah lembaga dan universitas khusus riset dalam pengembangan stadion dan rumput untuk lapangan olahraga,” jelas pelatih Jerman, Joachim Loew seperti dilansir Bild. Tim Panser saat ini, dijelaskan oleh Loew, hanya tinggal beradaptasi dengan cuaca tropis Brasil. Jika sudah mulai cocok dengan kondisi itu, Loew sangat yakin timnya bisa berbicara jauh di Piala Dunia nanti. Jerman tergabung di Grup G yang disebut-sebut sebagai “Grup Neraka”. Phillip Lahm cs akan bersaing dengan Portugal, Ghana, dan Amerika Serikat untuk mendapatkan dua tiket lolos ke fase gugur. Dan, ujian pertama bagi Jerman akan dimulai pada 16 Juni 2014. Mereka akan menghadapi Portugal di pertandingan itu. “Kami akan memilih Campo Bahia sebagai markas latihan. Di sana, kami akan melakukan proses adaptasi dengan cuaca sekitar. Urusan rumput, saya rasa bukan lagi menjadi masalah,” ucap pelatih 54 tahun tersebut. “Lawan pertama kami adalah Portugal. Kami akan berhadapan dengan mereka pada 16 Juni nanti. Jika sudah beradaptasi dengan cuaca, kami yakin bisa bermain maksimal dan menorehkan prestasi yang tertinggi di Brasil,” sambungnya.(viv/ary)

PojoK

KLASiK

MENANG BESAR : Ferenc Puskas Timnas Hungaria menendang bola ke arah pemain Korea, dalam laga di Piala Dunia Swiss 1954 ini, Hungaria menang besar atas Korea dengan skor 9 – 0.

BANTENGAN KOLOSAL Wisatawan t o d Se Amerika

MERIAH: Wali Kota Batu Eddy Rumpoko bersama tamu dari Amerika melakukan prosesi pembukaan kegiatan bantengan kolosal.

Bantengan kolosal yang digelar Pemkot Batu sangat meriah di Stadion Brantas, Rabu (26/3) malam. Bantengan tersebut berhasil masuk MURI untuk kategori peserta terbanyak. Selain itu, bantengan ikut menyedot perhatian warga Kota Batu serta wisatawan, termasuk tamu dari Amerika. FOTO-FOTO: MUHAMMAD FIRMAN DAN TEKS: FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

SAMBUTAN: Wali Kota Eddy Rumpoko bersama para tokoh dan pendekar bantengan melakukan prosesi pembukaan. MURI: Manajer MURI Sri Widayati menyerahkan Piagam MURI kepada Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko.

ATRAKSI: Kelompok bantengan melakukan sebuah atraksi saat pagelaran.

SIMBOLIS: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Batu Mistin menyerahkan piagam MURI kepada pelaku bantengan Agus Riyanto.

KEMBANG: Salah satu pemain bantengan meminta makanan berupa kembang.

RAMAI: Pelaku-pelaku bantengan terus melakukan pertunjukan di depan ribuan penonton.

API: Pendekar bantengan melakukan atraksi sembur api sesaat setelah pembukaan. REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: SLATEM

Mp2803  

Halaman Mp2803

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you