Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Dua Tahun Dibangun, Sekolah Ambruk WONOSARI – Ironis. Belum dua tahun usia bangunannya, dua ruang kelas SMP Negeri 1 Wonosari, sudah ambruk. Kerangka atap dua ruangan kelas VII A dan VII B, yang terbuat dari galvalum itu, roboh menimpa bangku dan meja kelas. Dugaan sementara robohnya dua ruangan kelas tersebut, karena proses pembangunan yang buruk dan menyalahi bestek. Informasi yang diperoleh Malang Post, dua ruang bangunan kelas tersebut, ambruk pada Jumat (20/12) lalu. Secara bersamaan sekitar pukul 14.00. Beruntung ketika kejadian, ruangan sedang kosong. Tidak ada satupun siswa atau guru yang ada di dalam ruangan itu.

AGUNG PRIYO/MALANG POST

Baca Dua Tahun...Hal 7

HANCUR : Kondisi bangunan ruang kelas yang porak poranda, setelah atap bangunan yang terbuat dari galvalum ambruk. Padahal bangunan itu baru selesai dibangun pada 2011 lalu.

Arema

VS

CPNS KABUPATEN

Terengganu FA

Bukan Lagi Soal Hasil Akhir MALANG – Persiapan terus dilakukan Arema Cronus, untuk menyongsong Indonesia Super League (ISL), musim kompetisi 2013/2014. Setelah melakoni turnamen pra musim Piala Gubernur Jatim 2013 dan sukses menjadi juara, sore ini (26/12) tim berjuluk Singo Edan itu kembali menggelar uji coba. Bertanding di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Arema akan menjajal tamunya dari Liga Super Malaysia (LSM), Terengganu FA. Sebelumnya, Arema sebenarnya juga dijadwal-

kan melakoni uji coba dengan dua tim asal Malaysia, Sabah FA dan Sarawak FA. Namun pihak Arema membatalkan jadwal uji coba tersebut. Praktis, laga kontra Trengganu FA ini, menjadi pertandingan perdana Arema menghadapi tim asal Malaysia. Pelatih Arema, Suharno, mengungkapkan tujuan laga uji coba ini masih sama dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya, yang diikuti anak asuhnya.

Baca Bukan...Hal 7

GUSTAVO LOPEZ

SOUZA

Pengumuman Mundur MALANG – Pengumuman hasil tes CPNS untuk pegawai honorer kategori dua (K2) di Kabupaten Malang, berubah lagi. Sementara CPNS Kota Malang, sudah mulai proses pemberkasan, setelah diumumkan secara resmi, Selasa (24/12) kemarin. Sebelumnya, pengumuman hasil tes CNPS Kabupaten, dijadwalkan 4 Januari 2013. Sekarang diundur menjadi akhir Januari 2014. Kepastian perubahan jadwal itu, disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang, Suwandi, kemarin. ‘’Ada perubahan lagi untuk jadwal pengumuman CPNS honorer K2, yang baru kami terima dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN),’’ ujar Suwandi, kepada Malang Post, kemarin. Hanya saja, alasan penundaan pengumuman itu, Suwandi mengaku tidak tahu. Mantan Kadis Pendidikan ini hanya bisa memastikan, pengumuman dilakukan akhir Januari. ‘’Insya Allah sudah tidak ada perubahan lagi. Pengumuman pegawai yang lolos ujian akan diumumkan lewat media serta website BKD Kabupaten Malang,’’ tuturnya. Sementara itu, dari 2.850 peserta yang ikut ujian CPNS K2, November lalu, Pemerintah Kabupaten Malang menargetkan minimal 850 peserta yang lolos ujian. Atau 30 persen dari kuota untuk setiap daerah kota/Kabupaten.

Baca Pengumuman...Hal 7

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

Kabupaten Diserbu CUACA EKSTRIM Kota Kepanjen Banjir, Ombak Besar dan Tanah Longsor KEPANJEN– Beberapa hari terakhir, cuaca ekstrim menghadang sebagian besar wilayah di Kabupaten Malang. Kondisi ini membuat sejumlah wilayah diterjang bencana alam. Paling gres, siang kemarin, di Kota Kepanjen, terjadi banjir, menyusul aliran air Sungai Ardirejo, atau yang akrab disebut warga sebagai Sungai Seco ini meluap. Kejadian ini, pernah terjadi delapan tahun silam. Guyuran hujan deras yang berkepanjangan sejak Rabu (24/12) dini hari, membuat debet air Sungai Seco meninggi.

‘’Seorang pemimpin yang baik tidak sama dengan seorang bapak yang baik.’’

Baca Singone...Hal 7

LIBURAN NATAL

Walhasil, air sungai yang terletak di utara Pasar Kota Kepanjen, tepatnya di Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen tersebut, meluap deras dengan disertai sampah rumah tangga. Beruntung, tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Hanya beberapa rumah warga tergenang air. Luberan air hingga ke jalan raya jurusan Kepanjen-Blitar dan sekitar Pasar Kepanjen. Tumpukan sampah pasar di area komplek Pasar Kepanjen ini pun ikut terbawa air.

Tiga Hari Lalu Lintas Padat Merayap AGUNG PRIYO/MALANG POST

JADI SUNGAI : Inilah kondisi jalan raya di Kota Kepanjen yang tak ubahnya menjadi sungai, akibat banjir.

Baca Kabupaten...Hal 7

Ngalam

Ebes Uji Coba Terengganu

Perayaan Natal ala GKJW Panthan Ubalan Dampit

Gereja Direnovasi, Ibadah Natal di Rumah Jemaat

Baca Tiga...Hal 7

Perayaan Natal, biasanya ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Namun bila tanpa ada bencana melanda, Natal harus dirayakan dengan kondisi minimalis serta jauh dari kesan mewah, malahan harus numpang di rumah warga, pasti membuat jemaat tidak bisa melupakan saat tersebut. itulah yang dialami warga jemaat Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Panthan Ubalan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit. Mereka menggelar misa di rumah.

Kana : Mari juara Piala Gubernur, Arema uji coba lawan Terengganu Malaysia Ebes : Wah, jadwale cik kanyabe jes Kana : Oyi bes, soale kanggo persiapan kompetisi ISL Ebes : Tapi ati-ati lo, lek kanyab uji coba malah kadit kipa soale pemain osi kekeselen engko pas wayahe kompetisi malah kadit maksimal. (***)

MALANG - Kepadatan arus lalu lintas, pada liburan natal, tampaknya hanya terjadi selama tiga hari menjelang natal. Justru pada perayaan natal, kemarin, lalu lintas terpantau lancar dan menurun. Salah satu indikatornya, ekor kepadatan lalu lintas di Karanglo, tidak menyentuh Jalan Raden Intan Kota Malang. Hal tersebut dijelaskan oleh KBO Satlantas Polres Malang Kota, Iptu Edi Purwanto kepada Malang Post, kemarin. Menurut Edi, lalu lintas di Kota Malang padat merayap sejak 22 - 24 Desember. Puncak kepadatan, terjadi pada 24 Desember. ‘’Selama tiga hari, hampir semua titik di Kota Malang padat merayap, bukan macet melainkan padat arus,’’ terangnya. Kondisi itu, juga tetap terjadi, sekalipun hujan turun.

STENLY REHADSON/MALANG POST

BUKAN DI GEREJA : Suasana kebaktian Natal yang berlangsung di rumah salah satu jemaat.

‘’Tahun ini, kami terpaksa merayakan Natal di rumah warga. Tepatnya di rumah Ibu Suminto, yang rumahnya di samping gereja. Proses pembangunan gereja molor dari jadwal karena terkendala tingginya curah hujan dua bulan terakhir ini,’’ ujar Ketua

Majelis GKJW Ubalan, In Suhariyono. Proses renovasi gereja yang sudah berusia 42 tahun dan beralamat di Jalan Gereja No 9 Dusun Ubalan tersebut, terpaksa mengalah dengan kondisi alam.

Baca Gereja...Hal 7

RIZAL FANANY/MALANG POST

PUNCAK : Kepadatan arus lalu lintas di Kota Malang, sudah terjadi tiga hari menjelang natal.

Jawa Pos Group


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

2

INTERNASIONAL

Buronan Edy Tansil Terlacak di China

PASRAH: Hambit Bintih yang rencananya dilantik sebagai Bupati Gunung Mas oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

KPK Tak Izinkan Hambit Dilantik Jadi Bupati di Rutan JAKARTA-Tersangka kasus dugaan suap dalam sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi, Hambit Bintih, rencananya akan dilantik sebagai Bupati Gunung Mas oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Terkait pelantikannya itu, Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan surat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan pihaknya telah menerima surat tersebut. Saat ini surat itu masih dipelajari. KPK belum memberikan keputusan apakah akan disetujui atau tidak. “Mungkin Jumat nanti ada keputusan dari pimpinan,” ujar Johan, Rabu 25 Desember 2013. Pantaun di Gedung KPK, ter-

lihat keluarga besar Hambit Bintih mendatangi KPK untuk menjenguk Hambit. Sang istri memastikan akan hadir dalam pelantikan suaminya itu. “Saya akan datang ketika pelantikan, belum pasti di mana tapi pasti akan datang,” Rusiati. Hambit Bintih dan Anton Dohong ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Gunung Mas dalam pemilihan kepala daerah yang digelar 4 September 2013. Pasangan ini unggul dari Jaya dan Daldin yang merupakan rival terkuat mereka. Namun Hambit Bintih kini mendekam di Rutan KPK. Dia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap sengketa Pilkada Gunung Mas yang melibatkan Ketua MK nonaktif Akil Mochtar.

Hambit diduga sebagai pihak pemberi suap, sedangkan Akil diduga penerima suap. Keduanya ditangkap dalam operasi tangkap tangan KPK awal Oktober 2013 lalu. Selain Hambit dan Akil, dalam kasus suap sengketa Pilkada Gunung Mas itu KPK juga menetapkan anggota DPR Chairun Nisa dan pengusaha Cornelis Nalau sebagai tersangka. Sebelumnya, Hambit Bintih, tersangka kasus dugaan suap dalam penanganan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi, direncanakan akan tetap dilantik sebagai Bupati terpilih Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Kemendagri telah mengirim surat kepada KPK terkait hal tersebut. Na-

mun KPK belum memberikan respons terhadap surat tersebut. Menanggapi hal itu, Hambit Bintih mengaku pasrah dan menyerahkan semua kepada aturan yang berlaku. “Lihat nanti saja, Kita ikut aturan saja,” ujar Hambit di Gedung KPK, Rabu 25 Desember 2013. Sementara, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, mempertanyakan mengenai pelantikan Hambit yang merupakan tersangka korupsi menjadi seorang bupati. Bambang mempertanyakan, apakah memang pelantikan tersebut tidak bertentangan dengan moral hukum dalam upaya pemberantasan korupsi. Menurutnya, logika common sense, rakyat sudah muak dengan ulah para ko-

ruptor. “Apakah tersangka korupsi yang pasti tidak bisa bekerja efektif karena tidak hanya jadi tersangka tapi juga sedang ditahan, masih pantas untuk dilantik,” tutur Bambang. Dia menilai, jika seorang kepala daerah yang juga tersangka tetap dilantik maka tidak akan bisa bekerja secara efektif. Menurutnya hal tersebut akan malah merugikan keuangan negara. Karena bisa saja kepala daerah tersebut menyalahgunakan wewenangnya. “Ada kasus kepala daerah Tomohon yang dilantik di Rutan, ternyata kemudian dia ternyata menyalahgunakan kewenangannya dan menempatkan orangorangnya dalam jabatan birokrasi,” katanya. (jpnn/udi)

SBY Konsisten terhadap Perppu MK Jika Tak Banding JAKARTA-Pengamat hukum tata negara Refly Harun mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah konsisten terhadap Perppu No.1 Tahun 2013 tentang Mahkamah Konstitusi yang dibuatnya apabila menerima putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta dengan baik. “Jika presiden tidak banding, maka sudah sesuai dengan perubahan politik hukum presiden seperti yang dituangkan dalam Perppu MK itu yang kini telah disahkan menjadi undangundang,” jelas Refly, di Jakarta, Rabu (25/12/2013). Berdasarkan Perppu MK tersebut, lanjut dia, salah satu sya-

rat untuk menjadi hakim konstitusi yaitu lepas dari keterikatan dengan partai politik. “Bahwa hakim konstitusi bukan orang partai politik minimal tujuh tahun, yang direkrut secara terbuka dan akuntabel melalui mekanisme panel ahli,” ujarnya. Seperti diketahui, PTUN membatalkan Keppres No.87/P Tahun 2013 yang pengangkatan hakim konstitusi Patrialis Akbar. Pembatalan ini karena proses pengangkatan Patrialis tidak transparan. Patrialis mengajukan banding atas putusan PTUN Jakarta tersebut. Keppres pengangkatan Patrialis digugat oleh Koalisi Masyara-

Keluarga Legowo Ratu Atut Mundur Jadi Gubernur JAKARTA - Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah pasrah diminta mundur oleh DPRD Banten. Asalkan, sesuai dengan aturan yang berlaku. Adik Ratu Atut, Ratu Tatu mengaku pasrah kalau kakaknya tersebut harus lengser dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Banten. “Bu Atut silahkan saja, gimana DPRD, gimana aturannya, silahkan saja, menurut aturannya gimana. Bu Atut sih, kalau memang aturannya seperti itu bu Atut silahkan saja,” kata Ratu Tatu usai di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (25/ 12/2013). Wakil Bupati Serang itu mengaku ikut aturan yang berlaku. Apa Ratu Tatu yang diinginkan DPRD Banten, kata Tatu, pihak Atut akan ikuti asalkan sesuai aturan. “Kita ikut aturan aja, DPRD kalau tidak salah kemarin rapat pimpinan ada keputusan yang dirilis di media, setahu saya seperti itu. Mereka tetap ke aturan, aturannya seperti apa ya mereka ambil aturan itu. Karena kalau keluar dari aturan kan mungkin takut salah juga ya mereka. Kalau kita dari keluarga ikut DPRD aja,” paparnya. DPRD Banten sendiri meminta Atut mundur secara terhormat. Sehingga, roda pemerintahan provinsi paling barat pulau Jawa ini, bisa berjalan tanpa kendala administrasi dan birokrasi. “Kalau itu kan ada aturannya. Nanti kalau diundangundangnya ada harus non aktif itu kapan, kan sudah ada,” tandasnya. Selain itu, Wakil Bupati Serang Ratu Tatu juga akan mengikuti aturan Partai Golkar. Dia disebut-sebut akan menggantikan Hikmat Tomet sebagai ketua DPD Golkar Banten. “Saya ikut aturan yang di Golkar aja,” kata Ratu usai menjenguk adiknya, Tubagus Chaeri Wardana, di KPK, kemarin. Adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu menambahkan apabila dirinya diperbolehkan maju melalui musyawarah daerah luar biasa (musdalub), dia akan maju menjadi ketua DPD Golkar Banten. (jpnn/udi)

Refly Harun kat Sipil Selamatkan Mahkamah Konstitusi yang terdiri dari Yayasan Lembaga Bantuan

Hukum Indonesia (YLBHI), dan Indonesia Corruption Watch (ICW). Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Mahkamah Konstitusi meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melaksanakan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang membatalkan Keppres No.87/P Tahun 2013 pengangkatan hakim konstitusi Patrialis Akbar, dan Maria Farida Indrati tanpa mengajukan banding. “Kami meminta Presiden RI segera, dan tidak menunda-nunda melaksanakan putusan PTUN Jakarta dengan mencabut keppres,” kata Direktur Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan

Hukum Indonesia (YLBHI) Bahrain, salah satu penggugat, di Jakarta. Dia menambahkan sebaiknya pemerintah bersama Patrialis Akbar tidak mengajukan banding karena tidak sejalan dengan semangat MK. “Sebaiknya pemerintah (selaku tergugat) tidak melakukan banding, karena tindakan tersebut kontradiktif dan bertentangan dengan semangat membenahi MK,” ujarnya. Untuk diketahui, gugatan atas keppres tersebut diajukan YLB HI dan Indonesia Corruption Watch (ICW). Pada Senin (23/ 12/2013), PTUN mengabulkan gugatan tersebut. (jpnn/udi)

Peringati 9 Tahun Tsunami Aceh, Ziarahi Kuburan Massal KUNJUNGAN: Kuburan massal korban tsunami dibersihkan jelang sembilan tahun peringatan gempa dan tsunami Aceh.Ω

BANDA ACEH - Puluhan warga Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mempringati sembilan tahun gempa dan tsunami Aceh, Rabu (25/12/2013) siang kemarin. Mereka ber ziarah ke salah satu lokasi kuburan massal korban tsunami di Desa Suak Indrapuri, untuk mendoakan para kerabat mereka yang menjadi korban dalam tragedi itu. Berdasarkan pantauan, puluhan warga dari berbagai usia mendatangi lokasi makam dengan menenteng perlengkapan seperti tikar untuk alas tempat duduk, parang dan nasi bungkus bekal kenduri makan bersama. Setelah membersihkan lokasi makam, mereka kemudian membentangkan tikar sebagai alas tempat duduk. Setelah itu, mereka mulai berzikir dan doa

bersama. Setelah menjalankan ritual tersebut, mereka kemudian makan kenduri bersama. Lokasi kuburan massal yang didatangi warga itu terletak tidak jauh dengan bibir pantai laut kawasan Suak Indrapuri. Luas lokasi kuburan massal itu sekitar 50 meter persegi. Di lokasi ini dikebumikan ratusan korban gempa dan tsunami sembilan tahun lalu. Namun lokasi kuburan massal itu terlihat seperti tak terurus karena tidak dipugar seperti kuburan massal lainnya. Di tengah lokasi kuburan massal hanya ditandai dengan plang kayu kecil bertuliskan “Kuburan Massal” dengan huruf besar. Sementara di sekililingnya hanya dipagar dengan kawat duri dan kayu yang sudah rapuh. Menurut Edi Candra, koordinator gerakan pejuang korban

tsunami, setiap tahun mereka berziarah ke kuburan massal untuk mendoakan saudara mereka yang mininggal saat tsunami. “Kami melakukan doa bersama hari ini karena biar tidak bersamaan dengan peringatan sembilan tahun tsunami yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat. Kalau besok semua melakukan doa bersama, kami pilih lebih awal satu hari, biar tidak beradu,” ujar Edi saat dijumpai di lokasi kuburan massal. Kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Edi berharap lokasi ini segera dipugar seperti kuburan massal lainnya. “Sudah sembilan tahun tsunami, pemerintah terkesan mengabaikan lokasi ini, kalau tidak dipugar, lokasi kuburan massal ini dikhawatirkan akan hilang,” tambahnya. (jpnn/udi)

JAKARTA- Sejak melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, pada 1996 silam, buronan kasus pembobol Bank Bapindo senilai Rp1,3 triliun, Edy Tansil kini telah terlacak keberadaannya. Hal ini dikatakan oleh Jaksa Agung, Basrief Arief yang mengakui bahwa pihaknya melacak Edy Tansil tengah berada di China. “Kita pernah melacak Edy Tansil berada di China,” katanya, kemarin. Menurutnya, saat ini pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah meminta ekstradisi dari pemerintah China untuk upaya pengembangan terhadap buronan Edy Tansil. “Karena itu kita sedang minta ekstradisi pemerintah China,” tambahnya. Diketahui, Edy Tansil merupakan sosok yang dikenal sebagai koruptor atas kasus pembobolan Bank Bapindo senilai Rp1,3 triliun. Dirinya melarikan diri dari LP Cipinang dan hingga kini masih belum berhasil ditangkap. Kejaksaan Agung kini tengah memproses upaya ekstradisi buronan pembobol Bapindo, Eddy Tanzil, dari China. Kejagung berharap negeri tirai bambu mengabulkan permohonan ekstradisi tersebut. “Sekarang masih dalam proses, kami terus mengupayakan. Tunggu saja,” kata Jaksa Muda Pidana Khusus (Jampidus) Widyo Purnomo yang di hubungi terpisah, kemarin. Proses ekstradisi Eddy Tanzil itu dipimpin langsung oleh Wakil Jaksa Agung. Proses ekstradisi dilakukan sejak 8 September 2011 lalu. Sebelumnya Jaksa Agung Basrief Arief juga menyatakan, Kejagung terus membidik Eddy Tanzil yang melarikan dari penjara Cipinang 18 tahun silam. Dari pelacakan tim Kejaksaan Agung, Eddy Tanzil terdeteksi di China. “Setelah lama melarikan diri, Eddy Tanzil sekarang sudah terlacak. Kami menemukan dia sekarang berada di China,” ungkap Basrief. (jpnn/udi)

DPR Buka Lowongan Dua Calon Hakim MK JAKARTA - Komisi III DPR RI berupaya secepatnya mencari calon hakim konstitusi pengganti Akil Mochtar dan Sarjono. Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, mengakui pihaknya memang sudah mengagendakan pemilihan hakim MK pada minggu pertama sidang 2014 nanti. “Nama-namanya masih digodok,” kata Soesatyo, Rabu (25/12/2013). Saat ini Dewan tidak bersidang di gedung DPR sebab memasuki masa reses yang akan berakhir pada pertengahan Januari 2014 nanti. Besar kemungkinan pemilihan hakim MK di Dewan melalui fit and proper test diadakan Februari 2014. Sebelumnya, Ketua MahkaBambang Soesatyo mah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva meminta DPR RI segera mencari pengganti dua mantan hakim MK yakni Akil Mocthar yang terjerat kasus suap dan Harjono yang akan pensiun Maret 2014. “Kami berharap paling lambat Maret ini seluruh hakim konstitusi lengkap karena ada Pemilu dan perkaranya kan banyak dan harus memiliki kekuatan full (penuh),” kata Hamdan di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (24/12/2013). Menurut Hamdan, hakim konstitusi harus lengkap 9 orang agar bisa menyelesaikan perkara terkait sengketa hasil Pemilu yang jumlahnya pasti sangat banyak. “Kalau belum ada dua majelis itu, akan sulit menyelesaikan perkara-perkara,” ujarnya. Hakim MK nyaris tinggal 5 orang jika Akil dan Harjono tidak segera dicari penggantinya. Apalagi setelah pengangkatan Patrialis Akbar dan Maria Farida Indrati dibatalkan pengangkatannya oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Padahal Undang-Undang MK mengatur bahwa sidang pleno di MK harus diikuti sembilan hakim konstitusi. (jpnn/udi)

Perampok Bobol BRI, Uang Rp 570 Juta Raib TANGERANG- Kawanan perampok membobol Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Panongan, Kabupaten Tangerang, Selasa 24 Desember 2013 kemarin. Akibatnya uang senilai Rp 570 juta raib dibawa pelaku yang diduga berjumlah lebih dari satu orang tersebut. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 16.30 WIB. Setelah pelaku berhasil merampas uang, mereka juga merampas decoder CCTV yang tersimpan dekat dengan brangkas. “Berdasarkan keterangan empat orang saksi yang merupakan karyawan BRI, pelaku berjumlah lima orang. Mereka datang menggunakan senjata api jenis FN dan wajah tertutup dengan helm full face,” ujar Rikwanto, Rabu 25 Desember 2013. Petugas telah melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi di lokasi kejadian. Kejadian serupa juga nyaris terjadi di Bank Tabungan Pensiunan Negara yang berada di Jalan Hasan No. 66 B RT 02/03, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kejadian percobaan perampokan itu terjadi pukul 14.05 WIB. Pelaku yang berjumlah enam orang itu datang menggunakan sepeda motor. “Saat itu kondisi bank mau tutup tibatiba datang 4 orang pelaku mencoba masuk ke bank dengan mendorong satpam ke dalam sambil menodongkan senjata api,” ujar Rikwanto. (jpnn/udi)

Terkait Dugaan Suap Rp 2 M, Enam Anggota DPRD Ditahan SAMARINDA-Enam anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng), termasuk Ketua dan Wakil Ketua DPRD Seruyan, beserta 2 orang lainnya, resmi ditahan di Mapolda Kalteng. Kedelapan tersangka ditahan terkait dugaan suap Rp 2 miliar. “Tersangka ditahan terhitung mulai hari ini, setelah menjalani pemeriksaan penyidik sejak kemarin,” kata Kapolda Kalteng Brigjen Pol Bambang Hermanu, Rabu (25/12/2013). Dari pemeriksaan tersangka, belakangan diketahui Yusuf, anak Wakil Ketua DPRD Seruyan Baharuddin, adalah pihak yang memberikan uang senilai Rp 2,08 miliar yang dimasukan ke dalam 26 lembar amplop. Tujuannya diduga untuk memuluskan mendapatkan proyek di Kabupaten Seruyan di 2014 mendatang. Ditanya itu, Bambang membenarkan. “Yang memberi adalah Ys (Yusuf) dan uang Rp 2,08 miliar itu dibungkus ke dalam 26 amplop dengan nominal yang berbedabeda. Ya, Wakil Ketua DPRD diketahui juga memiliki usaha sebagai kontraktor,” ujar Bambang. Ditanya lebih jauh apakah selain menyita barang bukti uang Rp 2,08 miliar, telepon selular, slip penarikan bank hingga mobil Yusuf, kepolisian juga menyita sejumlah dokumen proyek di kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Seruyan, Bambang enggan memberikan penjelasan panjang lebar. “Ya. Soal itu lebih jauh silakan tanya ke Kapolres Seruyan saja ya,” sebut Bambang. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Optimus G Pro, Smartphone Flagship dari LG MALANG – Tahun 2013 juga menjadi tahun kejayaan LG. Itu seiring dengan banyaknya produk baru diciptakan perusahaan asal Korea Selatan ini mampu menarik perhatian para konsumen. Salah satu produk LG yang mulus dipasaran adalah seri Optimus G Pro. Ponsel seharga Rp 6.999.000, tidak hanya hadir dengan desain yang elegan, namun juga performa yang gahar. Seperti layarnya, LG membenamkan layar jenis IPS seluas 5.5 inci. Layar tersebut mampu menghasilkan resolusi 1080p Full HD 1920x1080 piksel, dengan kerapatan piksel mencapai 400ppi (pixels per inch). Ukuran yang cukup besar untuk kelas smartphone. Promotor LG Arima, mengatakan LG Optimus G Pro memiliki kinerja yang luar biasa. Itu karena ponsel ini dipersenjatai oleh prosesor jenis Qualcomm Snapdragon 600, quad core dengan kecepatan 1.7GHz. Didukung dengan memory RAM 2 GB membuat kinerja ponsel kian mantap, serta GPU Adreno 320 untuk tampilan grafisnya. Ponsel ini bekerja dengan operating sistem Android Jelly Bean, yang menawarkan banyak aplikasi gratis maupun berbayar. Sedangkan di sisi kameranya, ponsel ini dibekali dengan lensa berkekuatan 13 megapiksel. Kapasitas baterai 3,140mAh, membuat ponsel ini memiliki daya hidup cukup lama. Bukan hanya itu, secara fitur ponsel ini juga lain dari pada yang lain. Sehingga tidak salah jika LG menempatkan ponsel ini sebagai ponsel kelas flaghship. Beberapa fitur yang tertanam pada ponsel ini diantarannya adalah quick memo. Sebetulnya fitur quick memo ditanam LG di beberapa produknya, seperti Optimu 4X, Vu dan G. Fitur Quick Memo ini berbeda dengan memo atau note di produk Samsung. Karena pengguna bisa langsung mengedit layar hanya dengan membuka bar notifikasi. “Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menekan Quick Memo di quick toggle. Setelah itu layar siap untuk dicoret-coret, atau pengguna bisa langsung menekan tombol Qmemo di samping kiri, di atas tombol volume. Layar apapun yang ditampilkan sudah

IRA RAVIKA/MALANG POST

CEPAT: Memori RAM 2GB membantu LG Optimus G Pro memproses aplikasi dengan cepat.

siap untuk dicoret-coret,’’ kata Arima yang mengatakan, ada beberapa tipe alat coret yakni pen, spidol dan stabilo. Arima menjelaskan, aplikasi Quick Memo ini jauh lebih praktis, karena bisa digunakan secara overlay (coretan di-non aktifkan namun coretan tetap terlihat di antar muka). Contohnya saat pengguna diberitahu nomor rekening oleh teman, dengan cepat pengguna bisa mengetiknya lebih dulu di Quick Memo yang bisa langsung dicoret dengan jari, baru kemudian disalin atau ditulis di phonebook. Selain itu quick memo, fitur keren lain pada LG Optimus G Pro adalah Q Slide. Q Slide merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dalam satu layar.

Besarnya space untuk tiap aplikasi bisa diubah baik vertikal maupun horizontal. Seperti aplikasi yang diminimize di komputer. Sehingga, pengguna bisa multitasking hingga tiga aplikasi, misalnya melihat SMS (aplikasi di latar belakang) sambil browsing internet sembari menonton video. “Tidak hanya itu, Q Slide juga menghadirkan fungsi overlay, membuat sebuah aplikasi yang dijalankan menjadi transparan sehingga pengguna bisa melihat layar di latar belakang,” rinci dia. Ada bar untuk mengatur tingkat transparansi tiap aplikasi Qslide. Namun saat ini baru lima aplikasi bawaan yang sudah mendukung Qslide, yaitu Video, Internet, Memo, Calendar dan Calculator. Dan untuk menjalankannya sangat mulus seiring dengan dukungan RAM

2GB serta dan prosesor kelas atas pada Optimus G Pro. Ada juga fitur QRemote yang memanfaatkan koneksi infrared. Fitur ini adalah aplikasi yang menjadikan G Pro sebagai remote control alat elektronik seperti TV, set-top box, AC, Audio, DVD, proyektor dan BluRay Player. Menariknya, remote ini bisa dipakai lintas merek, alias tak harus produk LG. “Dengan LG Optimus G Pro ini pengguna bebas melakukan banyak hal. Termasuk merubah model huruf. Huruf standar pada LG adalah Roboto, bisa disetting menjadi LG SmartGothic, HYSerif, HYTravel atau dan 4 font lainnya. Selain itu pengguna juga bisa melakukan pengaturan tingkat kecerahan, time out layar, auto rotate, serta Smart Screen,’’ tandasnya.(vik/fia)

SAMSUNG NX1000

Kamera Pocket Berbekal WiFi dan GPS MALANG – Koneksifitas WiFi tidak hanya trend pada produk ponsel atau tablet. Seiring perkembangan zaman, WiFi juga ditanam pada produk kamera. Itu terbukti, saat ini banyak kamera yang disertai dengan WiFi di dalamnya. Salah satunya adalah Samasung Smart Camera NX1000. WiFi yang tertanam pada perangkat berukuran mungil ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagi file jepretan kepada siapa saja. Secara fisik, NX1000 ini memiliki bentuk yang bersahabat. Ukurannya yang mungil membuatnya mudah dibawa kemana saja. Namun begitu, di balik ukuran mungilnya itu, Samsung juga menyokong perangkat ini dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Desainya yang mungil dan stylish kian memberikan daya tarik perangkat ini. Ditambah dengan user interface yang sangat mudah digunakan, membuat perangkat ini banyak diminati. Marketing Ivan Cell, Dinoyo , Muhammad Taukhid mengatakan Samsung Smart Camera NX1000, merupakan kamera dengan lensa 20.3 megapiksel.

IRA RAVIKA/MALANG POST

PUNYA WIFI: Samsung NX1000 juga dilengkapi dengan WiFi sehingga memungkinkan pengguna berbagi foto dengan siapa saja. Sensor APS-C CMOS yang ditanam pada lensa mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Bahkan tidak hanya mampu mengambil delapan foto berturut-turut, tapi juga merekam video full HD. Menariknya lagi, pengguna juga bisa leluasa mengedit hasil jepretan gambar.

“Untuk mendapatkan hasil yang kreatif, pengguna bisa masuk ke fitur Add On, yang di dalamnya terdapat fungsi panorama 3D, magic frame, atau smart filter,’’ kata Taukhid. Sementara untuk memudahkan hasil jepretan, Samsung juga menanamkan layar LCD berukuran 3 inci di bagian be-

lakang perangkat. Menariknya, layar yang ditanam adalah jenis LCD, dengan teknologi AMOLED berukuran 3.0 inci. Layar tersebut mampu memancarkan resolusi hingga 921.000 dot. “Sistem pengoperasian NX1000 ini cukup mudah dipahami. Termasuk oleh orang yang awam sekalipun. Tombol-

tombol yang berada di atas dan belakang bodi kamera memudahkan pengguna. Selain itu juga ada tombol smart link untuk mengaktifkan Wi-Fi,’’ tambahnya. Layaknya kamera DSLR pengguna dapat mengambil gambar pada mode manual hingga full auto. Dari mode manual, pengaturan aperture, speed, ISO dilakukan oleh pengguna, sehingga exposure dapat diatur sesuai selera. Bagi yang tidak ingin repot, mode auto dengan segudang scene mode dan effect yang terangkum dalam smart filter bisa menjadi pilihan. Selain memiliki resolusi besar dan segudang mode pemotretan, NX1000 ini juga dibekali dengan perekam video beresolusi Full HD 1080p 30fps. Momen berharga pengguna dapat difilmkan dengan mudah. Dalam pemotretan, kamera ini juga memberikan feature burst (continuous shot) hingga 8 fps. “Selain WiFi, Samsung juga menanam GPS pada kamera ini, sehingga akan kian memudahkan pengguna untuk mengambil gambar,’’ terang Taukhid.(vik/fia)

3

XL Seriusi Pasar Pelajar MALANG - XL Axiata terus meningkatkan jumlah pelanggan diantaranya dengan menggarap pasar pelajar. Melalui layanan Internet Rp 5000 sebulan, XL memberikan kuota data 100 MB yang bisa diakses langsung dari ponsel. “Menanggapi kebutuhan layanan akses Internet stabil dan murah, XL menghadirkan layanan Internet Rp 5000 sebulan dengan sasaraan para pelajar,” ucap Corporate Communication (Public Relation) East Region di PT. XL Axiata Tbk Putro Pamungkas kepada Malang Post. Putro menjelaskan untuk dapat menikmati layanan XL Mobile Internet Rp 5000 per bulan tersebut, pelanggan cukup membeli kartu perdana prabayar dan melakukan aktivasi dengan mengetik *123*400# dari ponsel. “Pelanggan dapat bisa langsung mengakses Internet sampai puas hingga 100 MB per 30 hari,’’ urainya. Tidak hanya mengenalkan layanan internet. Layanan murah meriah juga dikenalkan XL, yaitu pelanggan gratis menelpon dan SMS setiap melakukan isi ulang Rp 10 ribu. “Selain ingin memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal komunikasi, SMS serta data, layanan tarif tarif pelajar ini juga diharapkan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Karena dengan tarif yang sangat murah ini, para pelanggan akan melakukan getok tular dengan pelanggan lainnya,’’ katanya. Seperti diketahui, pada kwartal terakhir ini PT XLAxiata mampu meningkatkan revenue berbasis data hingga 35 persen untuk wilayah Malang. Peningkatan itu dikatakan oleh Hazad Khan, Manager Management Service PT XL Axiata, East Java Region beberapa waktu lalu. Peningkatan revenue ini tak lain dampak dari adanya peralihan mode teknologi komunikasi, yang awalnya hanya voice dan SMS tapi sekarang telah beralih pada data. “Bisnis teknologi komunikasi saat ini mengalami peralihan yang cukup hebat, dimana saat ini paket data berada di urutan teratas. Termasuk di Malang ini, hampir setiap minggu terjadi peningkatan traffic, yang berimbas pada meningkatnya revenue,’’ kata Hazad saat itu. Namun begitu, pihaknya tidak terbuai. Kerja keras terus dilakukan. Terlebih masih ada beberapa event tahunan yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang kenaikan traffic. Yaitu Natal dan Tahun Baru 2014. “Harapan kami peningkatannya lebih dari 40 persen. Saat ini kami masih terus berupaya,’’ urainya sembari menjelaskan untuk mencapai target tersebut pihaknya juga membangun jaringan yang lebih baik. Infrastruktur yang telah diciptakan, mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal data. Salah satunya, dengan keseriusannya dalam membangun BTS 3G. Dikatakan oleh Hazad, tahun 2013 ini pihaknya memang sangat serius membangun jaringan 3G. (vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

LEBIH MURAH: XL tawarkan tarif pelajar dengan Rp 5000 dapat kuota data 100 MB.

GreenCloud Pelajar Indonesia Juarai BlackBerry STEM PERILAKU yang tidak ramah lingkungan membuat para siswa SMA ini gerah. Tim ini kemudian menciptakan sebuah aplikasi bernama GreenCloud. Bonusnya, aplikasi ini mengantarkan mereka ke Meksiko. Tim yang terdiri dari Shin Wonseob, Farenanda Satria, Karina Sarah, Muhammad Enrinal dan Radhityana Muhammad ini menyandang juara kedua dalam kompetisi Blackberry STEM (Science, Technology, Engineering and Maths) Global Innovation Challenge. Juara pertamanya sendiri adalah tim tuan rumah yakni para siswa dari Meksiko. Meski demikian, skor tim GreenCloud tidak terpaut jauh dari sang juara. Juri pun terkesan dengan ide aplikasi ‘hijau’ ini. Para juri menilai tim ini sangat antusias, memiliki konsep yang menarik, presentasi yang disajikan dengan baik dan melalui telah melalui penelitian yang menyeluruh sebelumnya. Adapun fungsi dari aplikasi ini yakni mengurangi rekam jejak ekologi (ecological footprints). Caranya, mendidik dan memotivasi pengguna aplikasi untuk mengubah gaya hidup mereka. GreenCloud menghitung rekam jejak karbon setiap individu. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mencari produk yang ramah lingkungan, dan memberikan beberapa ide serta saran untuk memperbaiki lingkungan. Serunya, aplikasi ini dibuat seperti social media. Pengguna bisa berlomba menjadi yang paling ramah lingkungan. Setiap perilaku kita akan mendapatka semacam reward yang akan terpampang di profil, akan ada juga bonus atau prize bagi pemenangnya. “BlackBerry tidak akan berhenti untuk terus menginspirasi generasi muda, terutama di bidang ilmu science, engineering, teknologi dan matematika. Para siswa telah melakukan yang terbaik dan meninggalkan kompetisi ini dengan rasa bangga. Kami berharap para siswa terus berinovasi dan mampu berkompetisi ditingkat dunia,” ungkap Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia. (dtc/fia)

Epson L210, Diklaim Paling Irit Sedunia MALANG – Epson cukup sukses dengan printer seri L nya. Salah satu seri paling laris adalah Epson L210. Printer yang dikenalkan sejak awal tahun 2013 ini banyak diminati, lantaran mampu mencetak dengan hasil yang tajam, dan kedua irit. Itu seiring dengan technology ink tank system yang ditanam. Marketing Print Sipp, Plasa Dieng Heni Setyowati mengatakan teknologi ink tank system kali pertama dikenalkan Epson tahun 2010 lalu. Teknologi tersebut terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar. “Kebutuhan masyarakat untuk mencetak document kian hari kian meningkat, itulah yang menjadi alasan Epson menciptakan printer dengan teknolo-

gi Ink Tank System,’’ katanya, sembari menjelaskan hadirnya teknologi ini, membuat biaya cetak akan lebih murah. Tidak sekedar mengatakan, Heni pun merinci biaya cetak untuk printer Epson L210. Yaitu satu botol tinta dijual harga Rp 69.000 per botol. Satu botol tinta hitam tersebut ukuran 70 ml, mampu mencetak 4000 halaman hitam putih. Se dangkan untuk halaman warna, pengguna bisa mencetak hingga 6500 lembar, hanya dengan tiga botol tinta warna ukuran 70 ml. “Dengan botol tinta ini, printer sistim tangki tinta Epson L series menawarkan biaya cetak per halaman terendah di dunia dibandngkan de-

ngan tinta orisinal bermerek lainnya hanya Rp 20 per halaman untuk hitam dan Rp 35 per halaman warna,’’ kata Heni sembari mengatakan printer Epson tipe L 210 didesain khusus untuk pengguna di rumah atau Small office. Sedangkan untuk kecepatannya L210 ini tidak perlu diragukan. Printer ini memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat, 6 ip (image per menit standar ISO) dengan kecepatan cetak dua kali dari model sebelumnya L 200. “Makanya dikatakan cocok untuk pengguna di rumah atau small office karena selain biaya cetaknya murah, juga kinerjanya sangat cepat,’’ tandas Heni yang membandrol printer ini dengan harga Rp 1.9 jutaan.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

IRIT: Ink tank system membuat L210 bisa menjadi printer yang irit tinta. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok RIZAL FANANY/ MALANG POST

KANDANG DOMBA: Tak hanya pohon Nantal, dekorasi mengisahkan tentang kelahiran Yesus selalu ada tiap tahunnya di gereja-gereja Katolik. Tampak diorama yang mengisahkan kelahiran Kristus dipasang di salah satu gereja katolik di Kota Malang. Selasa (25/12).

Perempuan Dalam Pusaran Korupsi HARI Ibu baru saja berlalu, tepatnya tiap tanggal 22 Desember menjadi hari yang sangat special kaum perempuan, khususnya yang sudah menyandang status sebagai ibu. Kado Spesial apa yang sudah kita berikan kepada perempuan dan ibu. Perempuan memang sosok yang unik dan mengherankan. Dalam dogma agama, misalnya disebutkan bahwa perempuan memiliki dua sisi kontradiktif. Satu sisi dikatakan surga di bawah telapak kaki ibu. Sementara di sisi lain, salah satu fitnah terbesar di dunia ini adalah kaum  perempuan. Ini artinya kaum perempuan berpotensi konstruktif atau bahkan destruktif. Namun agaknya perempuan saat ini lebih dilihat publik dengan stigma destruktif. Sorotan media  (baik itu media masa ataupun media cetak)  yang bertubi-tubi menyebutkan bahwa para kaum perempuan banyak tersandung kasus korupsi. Bukan main-main, korupsi tersebut masuk dalam skup skala nasional. Setelah nama Artalyta Suryani, Wa Ode Nurhayati, Nunun Nurbaeti, Miranda Swaray Goeltoem, Mindo Rosalina Manulang, dan Angelina Sondakh, kini publik dikejutkan dengan ditetapkannya Gubernur Banten Ratu Atut sebagai tersangka oleh KPK, yang kian meramaikan bursa deretan para pelaku korupsi di Indonesia. Perempuan yang lekat dengan aroma lembut, halus, santun dan kasih sayang seolaholah bermetamorfosis menjadi sosok yang beringas dan rakus. Ini di sadari ataupun tidak, ungkapan seperti  fenomena bad women  terus mengalir, bergulir dan memojokkan para kaum perempuan di zaman modern ini. Ternyata perempuan juga mampu untuk berbuat korupsi, yang biasanya kasus ini dilakukan oleh kebanyakan kaum laki-laki. Parahnya, stigma perempuan yang tidak kalah bejatnya dengan kaum laki-laki dalam aksi-aksi mengumpulkan pundi-pundi kekayaan materi, mulai muncul kepermukaan

dan menjadi sorotan publik. Fenomena ini sungguh amat disesalkan, perempuan seharusnya memiliki nilai-nilai berlawanan dengan laki-laki dalam melawan tindakan untuk melakukan korupsi. Perempuan seharusnya bisa menjadi pondasi yang kuat bagi laki-laki untuk mencounteer dan mengontrol tindakan yang negatif. Karakter kaum perempuan sebenarnya mempunyai andil yang sangat besar dalam membentuk konstruksi watak laki-laki. Sebagaimana pepatah mengatakan “d ibalik kesuksesan seorang laki-laki, ada seorang wanita hebat di belakangnya”. Nah, pertanyaan pun menyeruak ke permukaan. Ada apa dengan seorang perempuan kok bisa melakukan korupsi? Apakah tuntutan kesetaraan gender menuntut seorang perempuan turut bersikap seperti itu, nakal dan beringas untuk mengeruk dan mengumpulkan pundipundi uang kekayaan. Ataukah ada faktor lain sehingga seorang perempuan melakukan korupsi seperti para perempuan yang penulis sebutkan di atas. Perempuan mampu mandiri dan menunjukkan taring serta tajinya di hadapan publik ketika mereka diamanahi jabatan serta tahta. Saat itu juga perempuan tidak lagi melulu berlindung di bawah ketiak kaum laki-laki. Bahkan Megawati Soekarnoputri pernah menduduki tampuk kekuasaan tertinggi di negeri ini. Bahkan tidak sedikit sekarang kaum perempuan yang menduduki jabatan sebagai GubernurWagub, Bupati/walikota, bahkan ada yang jadi Anggota DPR, DPRD. Sayangnya persinggungan dengan kekuasaan adalah pemicu munculnya sikap, tindakan dan perbuatan untuk melakukan aksi korupsi. Memahami fenomena perempuan terlibat dalam kasus – kasus korupsi kurang tepat sekali jika dikaji lewat kacamata gender. Pastinya, lebih tepat ketika melihat fenomena tersebut melalui persepektif psikologis. Kajian psikologis di sini meliputi kekuasaan dan perilaku yang menyimpang. Karena korupsi,

Oleh:

ASEP SURIAMAN Entrepreneur Santri Muda “Al-Qonita Group” Alumni Pesantren Babussalam Malang khodim Pesantren Rakyat perilaku menyimpang dan kekuasaan merupakan satu kesatuan yang sangat tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Perempuan yang memegang tongkat tampuk kekuasaan, baik secara politis maupun finansial, memiliki kesempatan yang lebih besar dari kaum laki-laki untuk berbuat korupsi. Kekuasaan seolah menarik seseorang untuk berbuat korupsi. Buktinya tidak sedikit mantan aktifis organisasi pergerakan setelah dihadapkan dengan kekuasaan, mereka malah hanyut tenggelam dalam buaian manis kenikmatan kekuasaan yang diembannya. Padahal ketika masih menjadi aktifis, mereka kerap mengutuk tindakan korupsi. Apalagi kaum perempuan yang hampir mayoritas memiliki sisi materialistis. Benarkah Idealisme hanya slogan kosong. Bahkan masa kini muncul istilah kaum sosialita yang semakin meneguhkan perempuan sebagai kaum matrealistis. Awal mulanya mereka kaum sosialita memang berasal dari keluarga yang kaya, atau seorang yang berpengaruh dan mempunyai kemampuan. Tapi dengan berjalannya waktu, sosialita mengalami pergeseran makna. Kini sosialita diartikan sebagai komunitas orang-orang tajir yang menghambur-hamburkan uangnya untuk mendapatkan pengakuan atas kekayaanya. Perempuan menjadi subjek utama sosialita. Karena mereka sering menonjolkan status sosialnya lewat penampilan. Kebanyakan para perempuan menghabiskan dana ratusan juta hingga miliyaran sekadar untuk membeli aksesoris, perawatan tubuh dan kecantikan. Hal ini ditandai dengan kepemilikan barang-

barang mewah dan berkelas. Artalyta Suryani, Malinda Dee, Wa Ode Nurhayati, Nunun Nurbaeti, Miranda Swaray Goeltoem, Mindo Rosalina Manulang, dan Angelina Sondakh, dan Ratu Atut adalah beberapa contoh sosialita perempuan Indonesia. Gaya hidup mereka diliputi kemewahan dan keglamoran. Aksesoris yang mereka gunakanpun termasuk dalam aksesoris kelas wahid. Parahnya lagi di antara para sosialita ini saling berlombalomba untuk memperoleh pengakuan tertinggi. Nah, mungkin inilah yang menuntut para perempuan nekat untuk melakukan tindakan korupsi atau bahkan rela menjual diri (maaf, melacur). Orientasinya tak lain hanya untuk mempertahankan pengakuan strata social di hadapan koleganya. Sanksi hukum, masih belum mampu

menyurutkan aksi mereka. Apalagi kualitas hukum di Indonesia mampu dimanipulasi ketika pundi-pundi rupiah dan dolar mereka yang berbicara. Tindakan korupsi hingga gratifikasi seksual oleh kaum perempuan tersebut justru telah menciderai perjuangan ibu kita R.A Kartini. Emansipasi perempuan yang diperjuangkan Kartini mengharapkan perempuan memiliki kelas sosial yang sama dengan laki-laki. Jika di dalam wilayah politik, tentu bermaksud agar para perempuan mampu turut berjuang mensejahterakan rakyat. Bukan malah brutal merampok uang rakyat. Perempuan sejati bukan perempuan kaya dengan segala kemewahannya, melainkan perempuan yang mampu berkontribusi bagi negaranya. Layaknya ibu Kartini, meskipun telah lama pergi, namun jasanya masih terus di ingat dan di kenang.

SURAT PEMBACA Dari Pembaca

Jatah Resep Askes Membingungkan Istri saya sakit stroke dan diabetes. Untuk mengobatinya setiap bulannya harus kontrol di dua poli berbeda, yakni saraf dan diabetes. Setiap kontrol, istri mendapat obat, insulin dan jarum yang sudah ditanggung oleh Askes. Pada bulan November lalu, karena saya ada keperluan ke luar kota, istri hanya bisa kontrol di satu poli, yakni saraf. Istri baru bisa kontrol ke poli diabetes di awal bulan Desember, untuk mengganti pemeriksaan di bulan November. Dan seperti biasa, resep dari dokter sudah ditanggung oleh Askes. Sekitar tanggal 23-24 Desember, saya kembali mengantar istri untuk kontrol di poli saraf dan diabetes. Di poli saraf tidak ada masalah. Namun begitu dapat resep untuk diabetes, ternyata resep istri tidak ditanggung Askes dengan alasan jatah Desember sudah diambil di awal bulan. Padahal, jatah awal Desember yang saya ambil tersebut mengganti jatah bulan November yang belum sempat diambil. Mohon tanggapan sebagaimana mestinya. Kalau jatah November hilang, terus larinya ke mana? Satu hal lagi yang ingin saya pertanyakan, dalam resep yang diberikan oleh dokter, biasanya jarum untuk insulin diberikan 30-60 buah. Tetapi oleh rumah sakit hanya diberi 15 saja. Apakah memang kondisinya seperti itu? Atau jangan-jangan jatah saya dikurangi sendiri demi keuntungan pihak terkait? Mohon tanggapan. Pengirim: Imam Wahyuanta Sukun Pondok Indah Blok O No 17 Malang

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Integrasi Wilayah Malang Raya SETIAP liburan, wilayah Malang Raya selalu menjadi jujukan masyarakat untuk berlibur. Kota Wisata Batu (KWB) dikenal dengan banyak objek wisata alam pegunungan dan wisata buatan, wilayah Kabupaten dikenal dengan wisata pantai dan Kota Malang menyediakan banyak mal sehingga lebih tepat sebagai lokasi wisata belanja. Tak heran bila saat liburan tiga wilayah ini dipadati oleh pengunjung sehingga membuat kemacetan di beberapa lokasi. Jalan menuju KWB dari segala arah selalu macet karena volume kendaraan yang meningkat. Hal yang sama juga terjadi di wilayah Kota Malang yang sangat padat lalu lintasnya karena banyaknya pendatang. Sebenarnya tiga wilayah ini memiliki kelebihan masingmasing dalam menarik masyarakat untuk mengunjunginya. Tapi sayang belum ada kerja sama yang terintegrasi antara ketiga Pemda untuk memecahkan masalah kemacetan yang akut. Masing-masing Pemda berjalan dengan kemauannya sendiri. Kemacetan yang semakin berat di kota Malang, KWB dan sebagian Kabupaten Malang sebenarnya bisa dicarikan solusi kalau tiga kepala daerah ini mau duduk satu meja untuk membahasnya. Masing-masing wilayah tidak bisa dipisahkan. Untuk masuk ke KWB, tidak bisa dihindarkan harus melewati wilayah Kabupaten Malang, begitu juga untuk masuk Kota Malang harus lewat wilayah yang sama. Setiap akhir pekan terjadi kemacetan dua arah di pintu masuk dan keluar di sekitar Singosari dan Lawang. Masalah ini tidak bisa diselesaikan Pemkab Malang sendirian, tapi harus diselesaikan secara terintegrasi dengan para tetangganya. Sebagai tetangga, Pemkot Malang dan KWB tidak bisa tinggal diam menghadapi masalah ini, karena lambat laun akan terkena dampaknya. Kalau mau masuk ke Kota Malang dan KWB selalu macet, lama kelamaan masyarakat akan enggan dan mencari lokasi lain. Kasus serupa pernah terjadi saat Bandara Abd Saleh akan digunakan untuk penerbangan komersial. Para kepala daerah tetap ngotot dengan idenya sendiri, sehingga pengelolaannya kurang maksimal. Akhirnya Pemkab Malang berinisiatif untuk mengelola bandara tersebut. Di era otonomi daerah seperti sekarang ini, kepala daerah merasa memiliki kekuasaan yang sangat besar. Seolah-olah wilayah itu miliknya. Padahal, dalam kondisi apa pun, manusia tidak bisa hidup sendiri dan harus bekerja sama dengan orang lain. Begitu juga dalam pemerintahan, tidak mungkin satu wilayah bisa hidup dengan mengandalkan kemampuan sendiri, pasti tergantung orang lain. Untuk mengurai masalah lalu lintas di wilayah KWB dan Kota Malang misalnya, tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri, harus ada kebijakan terintegrasi agar menghasilkan keputusan yang bermanfaat. Kemacetan sudah membuat masyarakat cemas dan stres, karena waktunya banyak dihabiskan di jalan. Untuk menempuh suatu tempat yang dekat dulunya hanya butuh waktu lima belas menit, tapi sekarang harus ditempuh dua kali lipat. Tiga kepala daerah di Malang Raya harus segera bicara, sebelum kemacetan semakin parah. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: SLATEM


KOMUNIKASI BISNIS

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

5

RITEL SHUVIA RAHMA / MALANG POST

EMPAT KALI: Mulai 20 Desember 2013 hingga 5 Januari 2014, Sriwijaya terbang empat kali dari Malang.

Sriwijaya Tambah Extra Flight,

Garuda Fully Booked MALANG – Tingginya animo penerbangan Malang – Jakarta terbukti masih tinggi, terutama di akhir tahun. Hal ini bisa dilihat dari load factor (tingkat isian) penerbangan di Malang yang tetap terjaga di atas 90 persen kendati ada penambahan slot time. District Manager Sriwijaya Air Malang, Muhammad Yusri Hansyah menjelaskan, sejak 20 Desember lalu, Sriwijaya telah memberlakukan extra flight rute Malang – Jakarta pada pukul 13.20 WIB setiap hari. “Momen penambahan ini bagus. Load factor extra flight saat ini 95 persen. Di jam reguler sudah 100 persen. Kalau dirata-rata mulai saat ini hingga 5 Januari mendatang. Load factor mencapai 98

persen,” jelas Yusri kepada Malang Post. Extra flight Malang – Jakarta tersebut merupakan yang pertama sejak Sriwijaya beroperasi di Malang. Tingginya permintaan yang terlihat dari stabilnya angka load factor di atas 90 pesen menjadi salah satu pertimbangan penambahan jam terbang. “Kursi selalu terisi penuh. Karena itulah, diperlukan adanya extra flight. Saat ini harganya di kisaran Rp 900 ribu,” imbuhnya. Keberadaan extra flight tersebut membuat Sriwijaya saat ini setiap hari memberangkatkan penumpang dari Malang ke Jakarta sebanyak empat kali, yaitu pada pukul 08.30 WIB, 12.40 WIB, 13.20 WIB, dan 14.50 WIB.

Bersamaan dengan pengajuan extra flight tersebut, saat ini Sriwijaya Air juga tengah mengajukan penambahan slot penerbangan untuk rute Malang – Balikpapan. Yusri mengungkapkan, rute tersebut cukup prospektif mengingat sekitar 20 persen penerbangan Surabaya – Balikpapan dari bandara Juanda merupakan penumpang dari Malang. “Trafik penumpang ke Balikpapan cukup bagus. Banyak pekerja dari Malang yang ke Balikpapan. Sebaliknya, banyak mahasiswa-mahasiswa dari sana yang kuliah di Malang,” terang dia. Dikonfirmasi di tempat terpisah, Sales Manager Garuda Indonesia, Dina Karyawati Wahyuni mengatakan, pada akhir tahun ini, load factor Garuda Indonesia

tidak mengalami pertumbuhan, masih di kisaran 90 hingga 95 persen. Namun, kondisi tersebut bukan karena penumpang Garuda menurun. “Justru secara volume penumpang naik, namun karena pesawat kita lebih besar dari yang sebelumnya, maka load factor tak berubah,” rinci dia. Dina menuturkan, di periode liburan akhir tahun kali ini, isian pesawat Boeing 707-800 NG sudah mencapai 100 persen hingga 2 Januari mendatang. Hanya di 26 dan 27 Desember saja yang masih ada seat tersisa. “Isian sangat bagus. Kebanyakan memang penumpang wisatawan yang datang ke Malang untuk berlibur,” pungkas dia. (fia)

Matahari Kejar Pendapatan Rp 14 M MALANG – Matahari Department Store Matos dipastikan akan bekerja ekstra keras untuk mengatrol penjualan. Pasalnya, bulan ini, jaringan retail milik Lippo Group tesebut menargetkan penjualan bisa mencapai Rp 14 miliar. “Bulan ini target Rp 14 miliar. Tahun ini, targetnya Rp 97 miliar. Untuk target bulan ini kurang 4 persen, sedangkan target tahunan sudah tercapai 104 persen,” rinci Supervisor Area Matahari Department Store Matos, Taat Setiawan. Taat mengatakan, untuk menggenjot penjualan, Matahari Matos menggelar berbagai cara. Mulai dari rutin mengadakan midnight sale, yaitu memperpanjang jam operasional di malam hari, hingga membuka garage sale, yaitu penjualan ekstra di pagi hari mulai pukul 06.30 hingga 09.30 di halaman Matos. “Garage sale baru digelar pada Natal kali ini. Di Desember, sudah digelar empat kali. Rencananya Sabtu dan Minggu besok akan kembali dilaksanakan,” urai Taat. Ia menuturkan, program garage sale memberikan kontribusi yang tak sedikit. Kendati melalui acara tersebut, Matahari harus rela memangkas margin. Taat mengilustrasikan, jika di garage sale mampu menjual Rp 100 juta, maka revenue yang didapat hanya Rp 25 juta. Padahal, pada kondisi normal, revenue bisa lebih dari 50 persen. “Dari empat garage sale yang digelar, hasilnya Rp 200 jutaan sekali pelaksanaan. Cukup bagus untuk mengurangi produk aging (lama) yang ada. Sebab diskon yang diberikan memang besar, hingga 75 persen,’ imbuhnya. Taat melanjutkan, garage sale tersebut untuk saat ini hanya digelar untuk produk-produk reguler, sedangkan fashion item tematik Natal hingga saat ini masih dipasarkan dengan harga dan diskon normal. “Jika berkaca dari tahun lalu, harusnya ada promo diskon ekstra sejak H-2. Namun tahun ini, sampai sekarang belum ada tanda-tanda promo tambahan produk Natal. Mungkin setelah tanggal 26 Desember,” paparnya. Produk Natal sendiri, lanjut Taat telah didatangkan sejak November lalu. Komposisinya mencapai 10 persen dari produk reguler. Kendati demikian, hingga saat ini, dari 10 persen tersebut, yang terdistriusikan ke konsumen baru 50 persen. “Stok produk Natal masih banyak. Entah kenapa penjualan tahun ini untuk produk tematik tak terlalu moncer, padahal Matahari Matos sejatinya adalah toko Natal,” paparnya. Selain perpanjangan jam operasional, Matahari Matos juga memberikanbanyak program, salahs atunya adalah belanja Rp 500 ribu berhadiah langsung voucher belanja Rp 50 ribu. “Voucher berfuingsi sama dengan uang. Bisa dipakai untuk membeli tanpa minimal pembelian dan all item,” pungkasnya. (fia)

Harga Mobil Baru Direvisi Tahun Depan MALANG – Semester kedua menjadi periode yang cukup berat bagi pelaku bisnis otomotif. Pelemahan rupiah membuat harga kendaraan mengalami perubahan, belum lagi keberadaan Low Cost Green Car (LCGC) yang membuat pelaku otomotif level dua harus membuat kebijakan strategis agar segmen tidak terambil oleh mobil-mobil murah tersebut. Salah satu brand otomotif yang kinerjanya menurun di semester kedua adalah Hyundai. Pabrikan mobil yang berbasis di Korea Selatan ini mencatatkan angka penjualan hanya 50 persen jika dibandingkan dengan semester pertama 2013. “Penurunan penjualan ini disebabkan oleh adanya mobilmobil LCGC yang jauh lebih murah, sehingga banyak konsumen yang lari ke sana,” terang Operation Manager PT Gatra Perdanaputra, Reza Prabawa Wijaya. Kendati semester kedua di tahun ini tak terlalu bagus, Reza mengatakan, tahun depan kemungkinan penjualan akan membaik. Pasalnya, dealer akan melakukan penyesuaian harga dengan dolar yang saat ini Rp 12 ribu, sehingga Hyundai bisa ber-

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

PAMERAN: Suasana pameran mobil di salah satu mall di Malang. Dealer berlomba menjual mobil dengan ragam diskon dan cash back kepada konsumen.

saing kembali di pasar otomotif. “Tahun depan setidaknya ada tiga produk yang akan dirilis Hyundai, di sisi lain, konsumen juga tahu kualitas dari produk LCGC, jadi tahun depan sepert-

nya penjualan Hyundai minimal akan bisa menyamai semester pertama tahun ini,” urai dia panjang lebar. Dikonfirmasi di tempat terpisah, Sales Counter Lady PT

Mayangsari Berlian Motor, Dewi Sri menjelaskan akhir tahun menjadi momen bagi bisnis kendaraan bermotor untuk mengejar target penjualan. Mitsubishi sendiri berusaha

mengejar penjualan melalui produk city car, Mirage. Mobil berkapasitas mesin 1500 CC ini dijual dengan harga mulai Rp 156 juta hingga Rp 177 juta. Untuk mendongkrak penjualan, dealer memberikan cash back dan hadiah langsung. “Jika bertransaksi selama pameran, ada hadiah langsung berupa smartphone Samsung Galaxy Fame. Ada juga cash back Rp 15 juta. Itu adalah potongan reguler, jika memang berniat beli, bisa ada tambahan potongan sekitar Rp 5 jutaan. Jadi total cash back bisa Rp 20 juta,” urai dia panjang lebar. Mirage sendiri merupakan produk Mitsubishi yang menyasar pengguna perkotaan. Bentuk yang tak terlalu besar membuat mobil ini banyak disuka oleh pengguna usia muda baik mahasiswa maupun keluarga muda. Ia menambahkan, untuk menyesuaikan dengan kurs Rupiah terhadap Dolar. Maka pabrikan ini berencana untuk menaikkan harga Mirage sekitar Rp 5 juta di tahun depan.”Untuk saat ini, masih pakai harga lama. Tahun depan rencananya naik sekita Rp 5 juta,” pungkas Dewi. (fia)

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

ATRAKTIF: Dekorasi kereta Santa Claus berhias sepatu dan sandal menjadi ornament tematik di Matahari Department Store Matos.

PROPERTI

121 Ribu Rumah Bersubsidi Telah Dibangun di 2013 JAKARTA - Rumah Sehat Sederhana Bersubsidi pada tahun 2013 telah dibangun sebanyak 121.000 unit. Ini merupakan sebagai pelaksanaan rumah layak huni yang melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Pembangunan Rumah sehat sederhana diarahkan untuk mendukung pengurangan backlog (kekurangan) penyediaan rumah, khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Sebab kebutuhan rumah di Indonesia mencapai 15 juta rumah. Pembangunan lainnya adalah rumah khusus untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi pegawai yang tinggal di daerah perbatasan mencapai 3.631 unit rumah khusus. Perumahan baru swadaya 26.689 unit dan peningkatan kualitas perumahan swadaya 190.315 unit Sedangkan untuk hunian sehat di perkotaan, telah dibangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) sejumlah 170 twin blok di 33 Propinsi. Khususnya untuk pekerja informal, buruh serta pengawai negeri, dan permukiman nelayan.(dtc/fia)

Tahun Depan, Dolar Berpeluang Rp 13 Ribu JAKARTA – Dolar AS terus menguat terhadap rupiah akhir tahun 2013 ini. Akankah dolar menembus level Rp 13.000 di tahun 2014 nanti? “Sepertinya level Rp 13.000/ US$ akan terlihat di awal tahun depan. Apalagi jika benar AS akan menghentikan stimulus. Saat ini stimulus masih berjalan meski berkurang menjadi U$ 75 miliar per bulan,” kata Senior Analyst dan Corporate Trainer PT Millennium Penata Futures, Suluh Adil Wicaksono. Dijelaskan Suluh, faktor eksternal lebih dominan mempengaruhi nilai tukar rupiah.

Apalagi ditambah faktor internal seperti current account dan neraca perdagangan yang kurang baik. Ia menceritakan, rupiah melemah untuk pertama kalinya di bulan Agustus-September 2013 kemarin yang menembus level Rp 9.500-10.000/US$. “BI masih adem ayem dan menggunakan cadangan devisa kita untuk melakukan intervensi rupiah. Kemudian menaikkan tingkat suku bunga untuk mengerem pelepasan rupiah. Tetapi nampaknya belum efektif,” kata Dia. Kemudian pada November-

Desember 2013 rupiah terus melemah membentuk equilibrium baru dari Rp 10.000/US$ menjadi Rp 11.000/US$. Dan saat ini di Rp 12.200/US$. “Inflasi yang tinggi hingga 8,3 persen membuat BI dan pemerintah lebih waspada dalam mengeluarkan kebijakan. Defisit neraca perdagangan beberapa bulan terakhir membuat pertumbuhan ekonomi kita hanya dikisaran 5 persen. Rupiah terlihat tertekan terhadap dolar. Permintaan dolar di akhir tahun meningkat membuat rupiah semakin terpuruk,” tuturnya.(dtc/fia) REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


kamis, 26 DESEMBER 2013

Rayakan Natal, Seorang Kakek Tewas Tertembak

ILUSTRASI: Kapal Ferry menabrak dermaga di pelabu­ han penyeberangan Ketapang Banyu­ wangi. Akibatnya, selama empat jam 200 penumpang ferry tidak bisa dievakuasi.

Ferry Tabrak Dermaga,

Penumpang Sulit Dievakuasi Dijelaskan Kepala Cabang PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang, Waspada Heruwanto, bahwa tabrakan itu lantaran faktor cuaca. Angin yang kencang dan arus yang deras, membuat ferry terbawa arus saat hendak keluar. Akibatnya, ferry itu menabrak dermaga pronto. “Ini murni akibat cuaca buruk sehingga

BANYUWANGI- Sebuah kapal Ferry menabrak dermaga di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi. Akibatnya, selama empat jam 200 penumpang ferry tidak bisa dievakuasi. Ferry itu menabrak dermaga pronto pada Rabu (25/12/2013). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

kapal terdampar di dermaga Proton,” ujar Waspada Heruwanto. Ferry dari Ketapang menuju ke Selat Bali itu mengangkut 200 orang. Terdiri dari 15 orang pejalan kaki, 25 unit kendaraan roda 4, dan 40 unit kendaraan roda dua. Sebelumnya memang BMKG sudah memberi imbauan kepada ASDP dan pengusaha

pelayaran agar hati-hati terhadap cuaca buruk. Setiap 2 jam sekali selama cuaca tidak bersahabat, BMKG selalu mengimbau. Pelabuhan pronton yang ditabrak itu terlihat rusah. Ujung besi rusak dan bekas cor juga terlihat tidak utuh lagi. Pembangunan ini menggunakan APBN hingga miliaran Rupiah. (jpnn/bj/udi)

Banjir, Penganten Terpaksa Naik Perahu Karet BLITAR - Banjir yang terjadi selama sepekan di Dusun Gondanglegi, Kelurahan/ Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, tak menyurutkan semangat kedua mempelai ini untuk menyelenggarakan acara akad nikahnya. Dengan acara sederhana mungkin, karena rumahnya kebanjiran, Diah Retno Astrini (23), warga dusun setempat, dengan calon suaminya, Falthur Rahman (23), warga Desa Jerbong Lor, Kecamatan Kedopok, Probolinggo, melaksanakan acara akad nikah, Selasa (24/12/2013) siang. Meski acaranya cukup sederhana namun tak mengurangi kehidmatan acara tersebut. Semua keluarga dan para tetangganya datang, ikut menyaksikannya. Acara akad nikah itu dilaksanakan di teras rumah Astrini karena rumahnya masih basah akibat bekas banjir yang sempat masuk ke dalam rumahnya. “Hari ini (kemarin) baru acara akad nikahnya. Nanti, sehabis banjir ini surut kami baru

Hari ini (kemarin) baru acara akad nikahnya. Nanti, sehabis banjir ini surut kami baru akan menggelar acara resepsinya”

Astrini akan menggelar acara resepsinya,” ujar Astrini. Acara akad nikah itu tak bisa ditunda karena sudah diagendakan sebulan lalu. itu sudah disesuaikan dengan hitungan hari yang baik. Namun kalau soal resepsi, bisa dilakukan kapan saja sambil menunggu banjir surut. Untuk menunjang kelancaran kegiatan tersebut, kedua mempelai itu memanfaatkan perahu karet milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Blitar, yang disiagakan di dusun tersebut. Sebab,

jalan rayanya masih tergenang air selutut. Makanya itu, seperti saat pulang dari tempat riasnya, kedua mempelai itu dinaikkan perahu karet. Praktis, pemandangan itu jadi tontonan warga. Di sepanjang jalan yang dilalui, mereka yang berada di atas perahu karet itu selalu melambaikan tangannya, untuk membalas sapaan warga. “Senang meski tadi dilihat banyak orang. Sebab, jarang ada pengantin yang dinaikkan perahu karet. Kebetulan saja, saat ini lagi banjir sehingga terkesan kami seperti diarak perahu karet,” ungkap Astrini senang. Perlu diketahui, banjir di Dusun Gondanglegi itu sudah berlangsung sejak Rabu (18/12/2013) lalu. Itu terjadi selang dua hari sebelum tanggul Sungai Bok Ngunut, yang ada di dusun tersebut, jebol pada Jumat (20/12/2013) kemarin. Jebolnya tanggul selebar 15 meter itu membuat 2.500 rumah di tiga desa,

terendam air. Yakni, Desa Bacem, Kelurahan Kalipang, dan Kelurahan Sutojayan, ketiganya Kecamatan Sutojayan. Namun, dari tiga desa itu, yang parah ada di Dusun Gondanglegi. Sebab, desa lainnya sudah surut airnya sekarang namun di dusun itu airnya sampai kini masih setinggu lutut. Padahal, tanggulnya sudah diperbaiki oleh anggota Kodim 0808 Blitar bersama warga setempat, Senin (23/12) kemarin. Untuk sementara tanggul yang jebol itu diberi penahan dari batu yang dimasukkan saks dan ditumpuk. Samsudin, Ketua RT 01 RW 06 Dusun Gondanglegi menuturkan, sampai Rabu siang ini air belum surut karena ketinggiannya masih sekitar 80 cm atau di atas lutut. Itu terjadi baik di jalan desa maupun di dalam rumah. Untuk itu, warga hanya bertahan dalam rumahnya masing-masing karena enggan mengungsi ke balai desa atau kantor kecamatan.(jpnn/udi)

Diduga Korupsi Bimtek, 8 Anggota DPRD Dipanggil KEDIRI- Polres Kediri Kota memanggil ulang delapan anggota DPRD Kota Kediri untuk dimintai keterangan terkait dugaan korupsi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD tahun 2013. Polresta terpaksa merescedule pemeriksaan, karena kalangan dewan mangkir dari pemanggilan pertama. “Saya sudah menerima alasan, kenapa para anggota DPRD Kota Kediri tidak menghadiri undangan dari kami. Mereka beralasan, belum ada ijin dari Gubernur Jawa Timur. Sedangkan pedoman mereka adalah ketentuan Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah (Pemda),” ungkap Kapolres Kediri Kota, AKBP Budhi Herdi Susianto, Rabu (25/12/2013). Menurut Kapolres, alasan tersebut sangat tidak mendasar. Sebab, kasus ini baru dalam

6

tahap penyelidikan. Sehingga, penyidik tidak perlu meminta ijin dari kepala daerah tingkat I (Gubernur) untuk meminta kehadiran anggota DPRD tingkat II (kota/ kabupaten). “Saya sudah jelaskan agar kita harus membaca Undang-undang No. 32 Tahun 2004. Di dalam pasal 53 ayat 1 dijelaskan, tindakan penyidikan terhadap anggota DPRD dilaksanakan setelah adanya persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden bagi anggota DPRD provinsi dan dari Gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri bagi anggota DPRD kabupaten/ kota, bukan pada penyelidikan,” tegas mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan, apabila UU RI No. 32 Tahun 2004 tidak mengatur ketentuan pemeriksaan anggota DPRD melalui ijin Gu-

bernur pada tahap penyelidikan ini, maka penyidik berpedoman pada KUHAP. “Mereka (para anggota DPRD) sepertinya mengerti,” ujar Kapolres. Masih kata Kapolres, pihaknya merescedule pemanggilan dan pemeriksaan terhadap delapan orang wakil rakyat itu, pada awal tahun 2014. Penyidik terpaksa menunda dalam waktu lama, karena tengah fokus dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Tetapi, Kapolres berjanji, apabila tugas pengamanan selesai, akan segera mengundang kembali wakil rakyat dan meminta penjelasan ihwal kegiatan Bimtek 2013 yang syarat dengan korupsi. Akan tetapi, Kapolres juga enggan untuk memberkan nama-nama kedelapan anggota dewan itu. Kapolres beralasan tidak hafal dan bagian dari teknik penyelidikan yang di-

JOMBANG- Seorang warga Desa Mojowangi Kecamatan Mojowarno, Jombang, Hardjo Santoso (72), tewas saat merayakan Natal di cafe 88 setempat, Rabu (25/12/2013). Korban meninggal dengan luka tertembus peluru di dadanya. Informasi yang dihimpun menyebutkan, kejadian itu berawal ketika korban dijemput dua orang tetangganya. Mereka kemudian merayakan pesta natal di cafe tersebut. Entah bagimana awalnya, salah satu teman korban yang merupakan anggota polisi mengeluarkan pistol dan ditaruh meja. Sejurus kemudian, pistol jenis revolver itu menyalak. Hardjo pun roboh dengan peluru menembus dada. “Kejadiannya sekitar jam 02.00 dini hari tadi,” kata salah satu warga. Kapolres Jombang AKBP Tri Bisono Soemiharso membenarkan adanya kejadian tersebut. Hanya saja, ia menegaskan bahwa kejadian itu tidak ada kaitannya dengan perayaan natal. Oknum polisi yang berada di cafe tersebut, “Kami masih melakukan penyelidikan. Termasuk memeriksa pelaku dan saksi,” kata Tri Bisono. Sementara itu, suasana duka menyelimuti rumah R Suharjo Santoso (72), di Desa Mojowangi Kecamatan Mojowarno Jombang. Tenda berukuran besar juga sudah terpasang di depan rumah. Rencananya, jenasah korban akan dimakamkan Kamis (26/12/2013). Menyikapi meninggalnya Harjo karena tertembak, keluarga menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum.”Pihak keluarga menerima kejadian ini sebagai musibah. Karena antara korban dengan Briptu S dan TJ sudah seperti bapak dengan anak. Kami mnyerahkan sepenuhnya pada proses hukum,” kata Kepala Desa Mojowangi, Pramono Adi, mewakili keluarga, Rabu (25/12/2013). Pramono mengungkapkan, selama ini antara korban, Briptu S, dan TS sangatlah akrab. Bahkan mereka sudah seperti keluarga. Makanya, lanjut Pramono, kelaurga korban sangat kaget ketika mendengar kabar bahwa Harjo tewas tertembus peluru milik oknum polisi. “Ketiga orang tersebut juga tidak ada masalah. Mereka rukun-rukun saja,” katanya. Petaka berdarah itu sendiri terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari. Awalnya, korban Hardjo Santoso dijemput oleh Briptu S dan TJ. Tiga orang yang sudah kenal dekat ini kemudian menuju cafe 88 untuk merayakan natal. Beberapa jam kemudian senjata milik Briptu S jatuh ke lantai Kafe dan diiambil oleh TJ untuk diamankan di atas meja. Namun secara tiba-tiba senjata api itu meletus mengenai korban Harjo santoso. Timah panas itu menembus bahu sebelah kanan tembus leher. Korban kemudian dilarikan ke RSK Mojowarno untuk untuk mendapatkan pertolongan medis. Hanya saja, dia mengembuskan nafas terakhir karena kehabisan darah. Dari RSK Mojowarno, korban kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Kediri guna otopsi. Terpisah, Kapolres Jombang, AKBP Tri Bisono Soemiharso membenarkan bahwa tewasnya Hardjo Santoso (72) saat merayakan Natal di Cafe 88 Mojowarno akibat tertembus peluru milik oknum polisi. Namun ia menggaris bawahi, menyalaknya pistol jenis revolver itu karena unsur kelalaian. “Oknum polisi berinisial Briptu S. Saat ini yang bersangkutan sudah kita amankan. Selain itu, kami juga mengamankan seorang saksi berinisil TJ,” kata Kapolres Jombang dihadapan wartawan, kemarin. (jpnn/udi)

TEWAS TERTEMBAK: Hardjo Santoso (tengah) sewaktu bersama keluarganya.

Kotak Mencurigakan Gegerkan Jemaat Gereja

AKBP Budhi Herdi Susianto lakukan oleh anggotanya. Seperti diberitakan, Polres Kediri Kota menyelidiki dugaan korupsi kegiatan Bimtek DPRD setempat tahun 2013. Polisi membidik kasus itu, berdasarkan pemuatan berita salah satu media

massa. Tetapi Kapolres, enggan untuk menjelaskan bentuk dugaan penyimpangan agenda DPRD yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kediri itu. (jpnn/udi)

GRESIK- Sebuah bungkusan kotak mencurigakan ditemukan di Gereja Injil tepatnya di Jalan Harun Thohir Gresik, Jawa Timur, Selasa (24/12/2013) malam. Bungkusan kotak persegi panjang itu terletak di samping gereja, atau kurang lebih berjarak enam meter dari gereja. Bungkusan itu pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang sedang melintas di dekat lokasi. Setelah itu, saksi langsung melaporkan peristiwa ini ke polisi. Puluhan aparat Polres Gresik dan Tim Jihandak Gegana Brimob Polda Jatim mendatangi lokasi kejadian, dan melakukan sterilisasi. Namun ternyata, begitu diamankan kotak tersebut berisi gabus yang dililit lakban. Bahkan, saat diledakan hanya low eksplosif berisi lidi. Kasatreskrim Polres Gresik Ajun Komisaris Ayub Azhar Diponegoro membenarkan adanya temuan kotak yang diduga bom itu. “Kotaknya sudah kami amankan dan diledakkan oleh anggota Gegana Jihandak Brimob,” katanya. Pasca penemuan benda mencurigakan itu, puluhan polisi dibantu TNI masih melakukan pengamanan di sekitar area gereja tersebut. (jpnn/udi)

Dituduh Ngemplang Lahan PT KAI, PT Gajah Mada Menggugat SURABAYA- PT Gajah Mada Isiana (GMI) rencana akan menggugat PT Kereta Api Indonesia (KAI) karena dituding telah mengemplang lahan milik PT KAI yang ada di jalan Tidar yang berbuntut disidiknya perkara ini oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Kuasa hukum PT GMI R Trisno Hardani SH menyatakan jika dalam kasus ini PT KAI dinilai sangat arogan. Sebab, selama ini sudah dibuat perjanjian sewa antar PT GMI dan PT KAI. Hardani menambahkan, kedua belah pihak sudah menjalin perjanjian sewa sejak 1975 sesuai dengan perjanjian kontrak sewa bernomor 02373/BB/75/Tr. Dan pada tahun yang sama, PT GMI diperintahkan oleh PT KAI agar lahan tersebut segera dikosongkan dan dibangun. Sejak awal PT KAI mendukung upaya PT GMI membangun pergu-

Prof DR Suhandi Cahaya, SH, MH, MBA,

dangan di lahan sewa. Dukungan itu, dibuktikan PT KAI dengan membantu mencari order calon penyewa lahan. Bahkan sempat menempatkan PT Pusri sebagai penyewa di lahan yang dibangun PT GMI. Pada tahun 2008 PT KAI mengundang PT GMI untuk membahas mengenai revisi uang sewa lahan. Namun manajemen PT GMI tidak bisa hadir saat itu, dan hadir keseokan harinya. Disaat hadir, PT KAI menjelaskan bahwa pertemuan tersebut diundur dan pihak PT GMI akan diundang kembali nantinya. Namun, hingga 2009, tidak ada undangan lagi, dan PT KAI secara sepihak menaikan harga sewa terhadap lahan yang saat ini didirikan pergudangan tersebut. “Kenaikan harga sewa tersebut hingga hampir 1500 persen dari harga sewa semula.

Karena perjanjian tersebut sudah berjalan lama, hal itu sudah menjadi undang-undang antara kedua belah pihak. Apabila ada revisi soal perjanjian sewa, semestinya dibahas dan disetujui oleh kedua belah pihak pula. Jangan PT KAI memutuskan secara sepihak seperti itu,” terang advokat berambut putih ini. Dengan menentukan secara sepihak revisi uang sewa, berarti PT KAI mengkriminalisasi PT GMI. Bahkan pada tahun 2013 ini, pihak PT GMI mengklaim sudah membayar uang sewa kepada PT KAI secara lunas. Sedangkan, menurut legal opinion pakar pidana Prof DR Andi Hamsyah SH, Dosen ilmu hukum pidana Universitas Indonesia (UI), mengatakan dalam perkara ini tidak ada unsur tindak pidana.

Melainkan masuk kedalam unsur hukum perdata, yang terletak pada wanprestasi yang dilakukan oleh PT GMI. Setali tiga uang, Prof DR Suhandi Cahaya, SH, MH, MBA, Dosen Pasca Sarjana (S2) ilmu hukum pidana, Universitas Jayabaya pun menerangkan senada dengan Prof DR Andi Hamsyah. Dengan tegas ia mengatakan bahwa perkara tersebut merupakan suatu hubungan hukum yang bersifat keperdataan. Dan unsur korupsi yang didalilkan oleh PT KAI tidak terpenuhi. Atas apa yang dilakukan PT KAI tersebut, berdasarkan surat gugatan bernomor 945/pdt.2013/pn.Sby akhirnya PT GMI mengugat PT KAI ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. PT KAI digugat karena perbuatan melawan hukum. Saat ini, gugatan tersebut sedang dalam

proses mediasi di PN. Ketua hakim mediasi, Ainur Rofiq memerintahkan kepada kuasa hukum tergugat (PT KAI) agar melakukan pemangilan kembali kepada penggugat (PT GMI), untuk menindak lanjuti surat tergugat dengan acara membahas revisi tarif sewa lahan PT KAI jalan Tidar 171 Surabaya. Hardani kembali menegaskan bahwa bangunan yang ada di atas lahan sewa tersebut murni milik PT GMI. “Logikanya, apabila tidak ada bangunan diatas lahan tersebut, apakah harga sewa mencapai Rp 1,1 hingga Rp 1,2 miliar per tahun, harga sesuai versi PT KAI. Lalu apakah salah bila PT GMI minta untuk mendatangkan tenaga penilai harga independent, untuk menentukan revisi uang sewa antar kedua belah pihak,” terang Hardani. (jpnn/sr/udi) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: ABDEE


SAMBUNGAN Bukan Lagi Soal Hasil Akhir kerja keras menghadapi Terengganu FA. ‘’Keseriusan dan kerja keras tidak hanya untuk meraih kemenangan,’’ imbuhnya. Ditanya mengenai pemain yang akan diturunkan, Suharno belum dapat menentukan komposisi tim yang akan terjun dalam laga uji coba nanti. ‘’Uji coba ini, kita tidak membatasi pergantian pemain. Semua pemain akan mendapat jatah menjajal kekuatan Terengganu FA. Kemungkinan pemain inti tidak akan diterjunkan dalam babak pertama,’’ tutup Suharno. Senada dengan Suharno, Pelatih Terengganu FA, Abdurahman Ibrahim juga memaparkan, dalam uji coba kali ini, pihaknya tidak mematok target kemenangan. Kedatangan tim besutannya ke Malang, lebih terfokus untuk persiapan awal tim

7

Natal Aman, Tren Kejahatan Menurun

Sambungan dari Hal 1 Tim pelatih ingin meningkatkan kualitas kordinasi Ahmad Bustomi dkk. Meski soal kualitas kordinasi dalam permainan memang sudah sesuai harapan tim pelatih, namun Suharno menilai hal tersebut masih perlu ditingkatkan lagi. Apalagi, Arema juga harus persiapan menghadapi AFC Cup. ‘’Kami yakin kondisi saat ini masih berpotensi untuk ditingkatkan,’’ kata Suharno. Termasuk soal Gustavo Lopez yang terakhir bergabung di tim pun, Suharno menyatakan bahwa Gustavo sudah bisa menyatu dengan Arema Cronus. Duet pelatih Suharno-Joko Susilo ini sama sekali tidak mempermasalahkan hasil akhir ujicoba. Termasuk berapa skor yang harus dibuat. Kendati demikian, Suharno berharap anak asuhnya tetap serius dan

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

jelang bergulirnya LSM 17 Januari 2014 mendatang. ‘’Kita tahu Arema tim besar. Kita harap bisa ambil banyak pelajaran dari sini,’’ tutur mantan Pelatih Deltras Sidoarjo itu kepada Malang Post ketika ditemui di Hotel Savana tempat Terengganu FA menginap. Meski meyakini bahwa Arema adalah tim bagus, Abdurahman Ibrahim mengaku buta akan kekuatan para pemain Arema secara detail. ‘’Kita tidak tahu pasti kekuatan. Tapi kita sudah tahu nama Arema besar di Indonesia. Sebuah kehormatan bagi kami untuk melawan Arema nanti,’’ imbuhnya. Buta akan kekuatan lawan juga diungkapkan Kapten Arema Ahmad Bustomi. ‘’Mendengar nama Terengganu saja baru kali ini. kita tidak tahu kekuatan lawan,’’ ucap Bustomi singkat. (mg11/avi)

Pengumuman Mundur

JAKARTA - Perayaan hari Natal yang berlangsung sejak Selasa (24/12) malam hingga kemarin (25/12) berlangsung relatif aman. Tidak banyak kejadian menonjol yang dilaporkan terjadi sejak awal dimulainya operasi Lilin 2013 Senin (23/12) lalu. Mabes Polri mengklaim justru ada penurunan eskalasi kejahatan sejak operasi tersebut digulirkan. Salah satu gangguan keamanan menonjol yang sempat mencuat tiga hari belakangan adalah perampokan Bank BRI Cabang Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa lalu. kawanan perampok bermodalkan senjata api mengeruk uang tunai Rp 570 juta usai melumpuhkan para pegawai bank. Peristiwa itu sempat dikait-kaitkan dengan aktivitas fai’ yang dilakukan oleh kelompok-kelompok teroris untuk menyuplai kebutuhan dana. Dua kelompok paling terkenal dalam urusan tersebut adalah kelompok Fadli Sadama dan Abu Roban. Dua kelompok tersebut merupakan spesialis perampo-

kan bank dan toko emas di pulau Jawa dan Sumatera. Fadli cs merupakan pelaku perampokan fenomenal di Bank CIMB Niaga Medan pada Agustus 2010. Sedangkan, kelompok Abu Roban merampok sejumlah bank di Jateng, Jabar, dan Lampung. Polisi menuding hasil rampokan tersebut untuk menyuplai logistik teror. Hanya saja, hingga semalam belum ada pernyataan resmi dari Mabes Polri mengenai dugaan tersebut. Selebihnya, kasus gangguan keamanan yang dilaporkan cenderung normal. Kabagpenum Divhumas Polri Kombes agus Rianto saat dikonfirmasi kemarin menyebut, tingkat kejahatan menjelang Natal cenderung turun. ‘’Tanggal 23 ada 213 kasus gangguan kamtibmas, sedangkan tanggal 24 terjadi 189 kasus,’’ terangnya. Untuk tingkat kejahatan pada hari Natal kemarin, Agus mengatakan belum memiliki data, karena rekap laporan baru dilakukan setelah pukul 24.00. Pantauan Jawa Pos, hingga pukul

20.00, kasus menonjol paling dikhawatirkan saat Natal, yakni aksi terorisme, tidak terjadi. Pelaksanaan Natal di berbagai daerah berlangsung relatif lancar tanpa gangguan. Sementara itu, tren penurunan juga tampak pada kasus kecelakaan lalu lintas. Agus menjelaskan, pada hari Selasa terjadi 248 kejadian kecelakaan disusul 222 kejadian pada hari berikutnya. Jumlah korban meninggal dalam dua hari tersebut mencapai 62 dan 56 jiwa. Untuk korban luka berat, masing-masing 91 dan 78 orang. Penderita luka ringan akibat kecelakaan 267 dan 214 orang. Agus mengatakan, pihaknya yakin kondisi aman tersebut akan terus berlangsung hingga pelaksanaan operasi lilin berakhir 1 Januari mendatang. Bahkan, bisa berlanjut ke hari-hari berikutnya. Dengan catatan, masyarakat juga ikut waspada dengan kondisi di sekitarnya. ‘’Upaya Polri akan siasia tanpa bantuan masyarakat, karena merekalah yang paling tahu kondisi lingkungannya,’’ tutupnya. (byu/jpnn)

Sambungan dari Hal 1 ‘’Sebetulnya kebutuhan CPNS di Kabupaten Malang sangat banyak. Untuk guru, setidaknya masih butuh 4 ribu PNS. Tenaga teknis seperti kesehatan atau administrasi, sekitar seribu PNSm’’ jelasnya. Suwandi menambahkan, 2013 ini Kabupaten Malang memang tidak membuka CPNS lewat jalur umum. Itu karena jumlah pegawai honorer K2 di Kabupaten Malang masih sangat banyak. Baru pada 2014 nanti, Pemkab Malang akan membuka CPNS jalur umum. ‘’Nanti setelah pengumuman CPNS K2, kami akan langsung menyusun kebutuhan formasi PNS di Kabupaten Malang. Sebab dasar penyusunan formasi umum CPNS berdasarkan perencanaan kebutuhan. Paling tidak kebutuhan PNS dari formasi umum ini sekitar dua ribu. Karena kebutuhan guru, tenaga kesehatan dan teknis masih kurang banyak,’’ tambahnya. Sementara itu terpisah, peserta ujian CPNS Kota Malang 2013 yang lulus seleksi, diminta melakukan

pemberkasan ulang. Syarat pemberkasan, sesuai dengan pengumuman yang telah dipasang di Malang Post, Rabu (24/12) kemarin. Kepala BKD Kota Malang Supriyadi mengatakan, pemberkasan ulang itu amat penting bagi para peserta. Sebagai persyaratan pengangkatan CPNS Kota Malang tahun anggaran 2013. ‘’Syarat administrasi dimulai dari menulis surat lamaran kepada Wali Kota Malang Jalan Tugu no. 1 Malang,’’ ujar Supriyadi kepada Malang Post, kemarin. Surat itu ditulis dengan menggunakan huruf balok atau huruf besar dengan tinta warna hitam di atas kertas double folio bergaris. Tidak boleh ada coretan maupun bekas tipex. Surat dibuat rangkap dua, pada rangkap pertama diberi materai Rp 6000. “Setiap pelamar harus menyebutkan dalam lamarannya jabatan pekerjaan yang dilamarkan,’’ katanya soal syarat administrasi. Bagi tenaga pendidikan harus

ada transkrip serta akta mengajar dilegalisir pejabat berwenang. Kemudian seluruh pelamar harus melampirkan fotocopy ijazah yang dilegalisir pejabat berwenang. Masing-masig dibuat rangkap dua, dan nanti juga harus menunjukkan transkrip, akta mengajar serta ijazah yang asli. Supriyadi mengingatkan, CPNS yang lulus akan mendapat pengarahan pada 10 Januari 2014. Pengarahan berlangsung di ruang sidang majapahit Balai Kota pada pukul 13.00. “Pelamar yang sudah lulus seleksi dapat dianggap gugur,” tegas Supriyadi. Mereka gugur, jika dalam pemberkasan memberikan data palsu atau tidak dapat memenuhi berkas asli/otentik. Kemudian bisa gagal jika melakukan pemberkasan di luar jadwal yang telah ditentukan dalam pengumuman. ‘’Syarat lengkap lihat saja di www.malangkota.go.id, jangan sampai tertinggal persyaratannya,’’ tandas Supriyadi. (ary/avi)

Kabupaten Diserbu Cuaca Ekstrim Sambungan dari Hal 1 Arus lalu lintas di Jalan Raya Ahmad Yani Kepanjen, juga sempat terganggu. Polantas Polres Malang, turun untuk mengatur kendaraan dari dua arah yang melintas. Pasalnya, air meluap ke jalan raya hingga ketinggian 30 cm. BPBD Kabupaten Malang serta gabungan dari tim gabungan penanganan bencana Kabupaten Malang, seperti dari PMI Kabupaten Malang, juga langsung turun ke lapangan. Mereka melakukan pendataan musibah banjir diakibat meluapnya arus air Sungai Seco. ‘’Tim penanganan bencana langsung turun ke lokasi banjir, untuk asesmen bencana,’’ terang Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Malang, Aprilijanto kepada Malang Post. Sementara, cuaca ektrim juga menghadang kawasan Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Ombak besar disertai angin kencang membuat para nelayan ketakutan melaut.

Hal ini dibenarkan Kepala Desa Tambakrejo, Sudarsono. Kondisi itu membuat hasil tangkapan ikan para nelayan yang dipasarkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sendangbiru jauh menurun. Dijelaskan Sudarsono, nelayan memprediksi cuaca ektrim ini bertahan hingga Februari tahun 2014 mendatang. Saat ini, sebagian besar meliburkan diri alias berhenti melaut sementara. Peredaran ikan di TPI Sendangbiru tetap berjalan namun harga ikan cenderung meninggi lantaran ikan disuplai dari tempat penampungan ikan di Banyuwangi. Itupun untuk mencukupi kebutuhan pasar TPI per harinya. ‘’Ada yang berganti jadi petani, atau berdagang, ada juga yang diam di rumah. Kalaupun ada yang melaut, itu tidak berani sampai laut lepas, karena cuaca ekstrim ini. Ombak cukup tinggi dan angin kencang, khawatir kemudian ada tsunami,’’ terang Sudarsono. Tak hanya banjir dan ombak be-

sar, bencana tanah longsor juga terus mengancam wilayah Kabupaten Malang. Baru-baru ini, dua titik tanah longsor menerjang dua desa di Kecamatan Poncokusumo, meliputi Desa Poncokusumo dan Desa Pandansari. Reruntuhan tanah dari tebing setinggi 16 meter menerjang jalan desa hingga akses jalan tertutup dan membuat warga sekitar terisolir. Diantaranya, jalan penghubung antara Dusun Terigu ke Dusun Kunci di Desa Poncokusumo sempat terputus. Bencana tanah longsor ini terjadi pada Senin (23/12) pagi, sekitar pukul 08.30 WIB. Sedangkan, longsor di Desa Pandansari terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Nyaris sama dengan lokasi titik tanah longsor di Desa Poncokusumo, longsoran tersebut terjadi akibat tebing ambruk. ‘’Tidak sampai terjadi korban jiwa dari bencana tanah longsor di dua desa di Poncokusumo,’’ terang Anggota Tim Tagana Kabupaten Malang, Ali Usman. (poy/avi)

Gereja Direnovasi, Ibadah Natal di Rumah Jemaat Sambungan dari Hal 1 Sejak pertama kali dibongkar awal November lalu, sudah harus berpacu dengan hujan. Menurut In, renovasi terpaksa dilakukan di bulan tersebut, karena begitu terkena hujan, gedung gereja tersebut pasti banjir. ’’Saat terkena hujan, pasti di dalam gereja ini seperti kolam ikan. Airnya menggenang memenuhi lantai gereja. Jadi penatua gereja, terpaksa mempercepat pembangunan yang seharusnya berlangsung sekitar Maret tahun depan. Sebab dananya juga belum terpenuhi sebenarnya bila direnovasi tahun ini,’’ ujarnya kepada Malang Post. Menurut pensiunan guru ini, pemugaran atap yang mulai lapuk pun dilakukan. Hasilnya, renovasi terhambat dan hampir dua bulan belum selesai juga. Lamanya renovasi ini, memaksa Majelis Gereja (pengurus) harus memberikan pengertian kepada jemaat, jika tahun ini harus merayakan Natal dengan sederhana. Selain harus menumpang untuk misa Natal, beribadah dengan model lesehan harus di alami di tahun 2013 ini. ‘’Untuk pertama kalinya kami merayakan Natal menumpang, duduk di atas lantai dan tanpa ada sajian yang diberikan kepada jemaat,’’ imbuhnya. Lebih lanjut bapak empat anak ini menyampaikan, tahun ini pula perayaan Natal di gerejanya tidak mengundang dari jemaat gereja lain di

Kecamatan Dampit. Tidak tampak hiasan Natal, kecuali pohon terang yang memang milik keluarga di rumah Ibu Suminto, yang konon juga baru berduka cita karena ditinggalkan oleh kepala keluarga sekitar sebulan yang lalu. Tidak ada juga sound system serta alat musik yang biasa dikenakan untuk mengiringi ibadah. ’’Pemilik rumah juga baru saja berdukacita. Tetapi tetap rela meminjamkan tempatnya. Namun untuk perayaan Natal walaupun sederhana, hanya rumah warga ini yang terhitung layak menampung sekitar 300 jemaat GKJW Ubalan. Jadi kami juga tidak siap apapun, kecuali badan ini untuk menyelenggarakan ibadah,’’ tambah dia. Rumah Suminto, memang tergolong besar. Area ruang tamu yang digunakan untuk beribadah berukuran 12x12 meter. Cukup untuk menampung 200 jemaat jika posisinya lesehan. Perhitungan dari majelis gereja, jika semua warganya datang lengkap, sisanya berada di area emperan rumah. Benar saja, hampir semua warga jemaat datang, sisanya harus di bagian luar ditemani dengan hujan deras yang mengguyur sejak malam hari sebelumnya. Meskipun aneh dan sederhana, warga antusias untuk mengikut ibadah. Sekitar 250 jemaat, baik tua, muda, dan anak-anak mengikuti ibadah

yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut. Namun tidak sedikit pula wajah sedih terpancar karena mengalami kondisi ini dan terlihat menitikkan air mata begitu memasuki renungan Natal. ’’Minggu lalu sudah diumumkan, tidak ada perayaan mewah sebab gereja sedang butuh dana lebih untuk pembangunan. Daripada biaya sekitar Rp 4-5 juta untuk perayaan, banyak yang sepakat mendahulukan biaya pembangunan karena memerlukan biaya puluhan juta. Jadi, kami buat ibadah sederhana saja, yang penting ada perbedaan ketika menyambut kelahiran Tuhan Yesus Kristus, dan ini cara kami tahun ini,’’ papar pria yang pandai bermain keyboard ini. Salah satu jemaat, Juni Antoko mengakui, baru pertama kali merayakan Natal dalam kondisi minimalis dan diguyur hujan. ‘’Biasanya, sekalipun tidak ada pesta mewah merayakannya di dalam gedung gereja sendiri. Malah selama 10 tahun ini selalu ada perayaan dan gedung gereja yang bisa menampung 300 orang ini selalu tidak cukup, karena yang datang hampir semua warga gereja. Tetapi ya tidak apa-apa, tahun depan pasti bisa merayakan Natal di gereja yang lebih layak,’’ ungkap pemuda berusia 29 tahun tersebut. (Stenly Rehardson)

BKN Segera Tetapkan NIP CPNS 2013 JAKARTA-Badan Kepegawaian Negara (BKN) siap memproses pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) CPNS 2013. Makanya, Kepala BKN Eko Sutrisno meminta kepada daerah untuk segera mengajukan berkas administrasi CPNS 2013 yang dinyatakan lulus. “Kita siap memproses pemberkasan NIP. Yang kita prioritaskan adalah daerah yang mengajukan usulan pemberkasan lebih dulu,” tegas Eko Sutrisno kepada JPNN, Rabu (25/12). Eko menambahkan, makin lama daerah mengajukan usulan pemberkasan, penetapan NIP juga jadi molor.

BKN agan segera menetapkan NIP CPNS bagi daerah yang sudah menetapkan kelulusan dan melakukan pemberkasan. Eko Sutrisno yang juga Ketua Panselnas ini ikut menyesalkan sikap pemda yang menolak menetapkan kelulusan peserta CPNS. Sebab dengan tidak menetapkan kelulusan dan tidak melakukan pemberkasan, rakyat (peserta) yang akan dirugikan. “Tapi kami mengimbau agar seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) di daerah memikirkan masalah ini juga. Saya yakin para PPK ini akan bertin-

dak bijaksana,” ucapnya. Ditambahkan Eko Sutrisno, sebagai pimpinan daerah adalah tidak mungkin melakukan tindakan yang merugikan kepentingan rakyat. Panselnas menyampaikan terima kasih kepada setiap pimpinan instansi pusat maupun daerah dalam menyukseskan tes CPNS 2013. “Tinggal satu langkah lagi penetapan kelulusan dan pemberkasan. Marilah kita tuntaskan tugas bersama ini untuk kepentingan masyarakat banyak, negara dan bangsa,” imbau petinggi BKN yang terkenal low profile ini. (esy/jpnn)

10 Polisi Terluka Ditabrak Geng Motor JAKARTA - Sepuluh polisi mengalami luka-luka akibat ulah geng motor sepanjang 2013. Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mengatakan kebanyakan polisi yang luka karena ditabrak geng motor. Neta mengungkapkan, pada 28 Januari 2013ada seorang polisi luka ketika merazia balapan liar di Pekanbaru, Riau. “Sebanyak 33 remaja yang melakukan balapan liar menabrak petugas Polresta Pekanbaru yang melakukan razia di kawasan Bandara SSK II Pekanbaru. Seorang polisi luka dan 27 sepeda motor ditangkap,” ujarnya, Rabu (25/12). Pada 24 Maret 2013, Briptu Jodik Santiago anggota Sabhara Polresta Banjarmasin luka-luka ditabrak sepeda motor karena aksi balapan liar, di Jalan Sudirman di depan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dibubarkan polisi. Berikutnya, pada 20 Juli 2013 Tim Gabungan Polres Rembang, Jateng mengamankan 20 sepeda motor, dalam razia balapan liar. “Namun massa yang

kocar kacir sempat menabrak seorang polisi hingga luka,” kata dia. Tak hanya itu, 31 Juli 2013, seorang polisi luka karena terpental setelah ditabrak anggota geng motor yang menerobos kepungan polisi saat melakukan razia balapan liar di Probolinggo, Jatim. “Belasan sepeda motor diamankan polisi,” ujarnya. Pada 9 Juni 2013, Briptu Eriyadi Saputra (25) anggota Polresta Samarinda, Kaltim harus mendapat dua jahitan di wajahnya akibat ditabrak pebalap liar yang ditertibkan di simpang empat Mal Lembuswana. Berikutnya, 28 Juli 2013 Polresta Padang, Sumbar menurunkan puluhan personel bersenjata lengkap untuk menangkap pebalap liar di Jalan Khatib Sulaiman. Sekurangnya 30 sepeda motor disita. “Dalam operasi itu, Briptu Romi terpaksa dirawat karena ditabrak seorang pembalap liar,” paparnya. Pada 26 November 2013, Briptu Dadang anggota Satlantas Polresta Ci-

rebon, Jabar dilarikan ke RS Gunung Jati gara-gara ditabrak anggota geng motor. “Akibat peristiwa itu, Briptu Dadang sempat terkapar di jalanan hingga ditolong warga,” jelasnya. Kemudian 27 November 2013 ketika berniat menghentikan aksi balapan liar, Wakapolsek Biringkanaya AKP Abd Muin justru jadi korban. “Peristiwa ini terjadi dalam penertiban balapan liar di Jl Perintis Kemerdekaan Km 21, tepatnya di depan Perumahan Bumi Sudiang Raya,” ungkapnya. Terakhir, 30 November 2013 Briptu Dede Pratama anggota Polres Bontang, Kaltim luka-luka setelah diseruduk anggota geng motor yang takut ditilang dalam razia besar-besaran di Jalan Kapten Piere Tendean. “Korban sempat terpelanting ke jalanan,” tegasnya. Menurut Neta, ini menandakan bahwa sepanjang tahun 2013 Polri ternyata belum mampu memberantas aksi-aksi geng motor maupun balapan liar di seluruh wilayah Indonesia. (boy/jpnn)

Dua Tahun Dibangun, Sekolah Ambruk Sambungan dari Hal 1 ‘’Saat kejadian, semua siswa sudah pulang semuanya. Tidak yang ada di dalam kelas. Siswa saat itu pulang lebih awal, karena besoknya (Sabtu, 21/12, Red.) ada penerimaan rapor,’’ ungkap Suwoto, penjaga sekolah yang rumahnya berada di depan sekolah. Pria kelahiran 1943 ini mengatakan, ketika atap dua ruang kelas tersebut ambruk, kondisi cuaca memang sedang hujan, yang turun sejak Kamis (19/12) malam hingga Jumat siang. Entah apa karena pembangunannya yang jelek atau karena tidak bisa menahan air hujan, atap dua ruang kelas itu langsung ambruk. ‘’Padahal hujan tidak terlalu deras. Hanya gerimis saja. Mungkin proses pembangunannya yang jelek,’’ ujar pria yang sudah bekerja sebagai penjaga di sekolah itu sejak 1993 lalu. Celakanya, meski sudah ambruk se-

jak Jumat lalu, sampai kemarin dua ruangan tersebut dibiarkan porak poranda. Puing-puing bangunan yang roboh, tetap dibiarkan berserakan di dalam ruang kelas. ‘’Memang tidak dibersihkan dulu. Katanya mau ada petugas yang mau melihat bangunan yang ambruk itu,’’ katanya. Sementara itu, sampai malam kemarin, pihak sekolah masih belum dimintai keterangan karena sedang libur. Tak ada satupun guru atau pegawai yang berada di sekolah. Hanya beberapa pekerja bangunan, yang terlihat sibuk membangun bangunan gedung baru di depan dua kelas yang roboh. Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Budi Iswoyo, ketika dikonfirmasi mengaku, pihaknya sudah mendapat laporan terkait dua bangunan ruang kelas yang ambruk itu. Menurut dia, bangunan ruang kelas itu

dibangun pada 2011, dari bantuan dana alokasi khusus (DAK). ‘’Untuk jumlah bantuan DAK berapa, saya masih belum mengetahui. Tetapi soal bangunan yang ambruk itu sudah mendapat laporan dari pihak sekolah. Pak Pudianto (Kabid Sekmen), sudah mengecek ke lokasi begitu mendapat laporan,’’ ujar Budi Iswoyo. Bahkan, kata Budi, kontraktor yang membangun dua ruang kelas tersebut juga sudah dipanggil. Pihak kontraktor mau bertanggungjawab untuk membetulkan bangunan yang ambruk itu. ‘’Ambruknya dua bangunan ruang kelas itu, mungkin karena kualitas pembangunannya yang jelek. Nanti hari Jumat (besok, Red) saya akan mengecek dengan datang langsung ke sekolah untuk mengetahui seperti apa kondisinya,’’ paparnya. (agp/avi)

Tiga Hari Lalu Lintas Padat Merayap Sambungan dari Hal 1 Karenanya, seluruh personil Satlantas yang turun di jalanan, tetap siaga meskipun dalam situasi hujan. Mayoritas kendaraan melaju ke arah Kota Batu, ‘’Untuk hari ini (kemarin, Red.), dari laporan yang ada, semua titik sudah mulai lancar. Ekor kepadatan di Karanglo tak sampai ke Raden Intan, menandakan arus sudah lancar,’’ imbuhnya. Sehingga saat ini, personil Satlantas tinggal fokus untuk pengamanan arus pada tahun baru. Diperkirakan, kepadatan kendaraan bakal terjadi beberapa hari sebelum tahun baru. Apalagi, saat ini berbarengan dengan liburan sekolah, sehingga banyak keluarga yang berlibur. ‘’Kepadatan ini terjadi karena berbarengan dengan liburan sekolah,’’ imbuhnya. Terpisah, Kabag Humas Polres

Malang Kota AKP Dwiko Gunawan menyebut, personil yang diturunkan, sudah termasuk dalam personil operasi Lilin Semeru 2013. Khusus tahun baru, ada peningkatan personil dari 823 ketika natal, menjadi 890 orang saat tahun baru. ‘’Pengamanan dilakukan mulai 23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014,’’ terang Dwiko kepada Malang Post. Menurut Dwiko, unsur yang dilibatkan dalam operasi ini juga dari Brimob, TNI, instansi seperti Dinas Perhubungan, Satpol PMK bahkan potensi masyarakat (potmas). Potensi masyarakat yang turun juga dari sentra komunikasi (senkom) mitra Polri, kamling udara, pramuka dan sebagainya. Untuk pengamanan (pam) tahun baru, jumlah personil mencapai 890

personil. Terdiri dari Polres Malang Kota 563 personil, TNI 110 personil. Sedangkan Brimob on call sebanyak 100 personil, Dishub 30 personil. Serta Satpol PP 30 personil dan potensi masyarakat mencapai 57 personil. Para personil tersebut ditempatkan pada titik rawan macet, titik kegiatan masyarakat serta rawan laka dan kriminal. Terkait kepadatan sendiri, di Karanglo tiga hari menjelang natal sudah naik sekitar 30 persen. ‘’Untuk kepadatan diperkirakan mencapai 25 kendaraan hingga 30 kendaraan permenit. Jumlah itu, naik sekitar 30 persen dari hari normal,’’ kata Kanit Atur, Jaga, Kawal dan Patroli (Turjawali) Polres Malang, Ipda H Edi Purnama beberapa waktu lalu. (ary/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


POL TIKA

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

CALEG NARKOBA

HIASI GEREJA: Spanduk para Caleg menghiasi suasana Natal 2013, dan tampak terlihat di gerbang Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2013).

Dilepas, BNN Sulselbar Diduga Disuap

Spanduk Caleg Hiasi Gerbang Gereja Katedral JAKARTA- Spanduk para calon anggota legislatif (caleg) menghiasi suasana Natal 2013. Hal itu terlihat di gerbang Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2013). Disana ada beberapa spanduk dari para caleg yang bertarung dalam pemilihan legislatif 2014 nanti. Tak hanya caleg DPR RI yang terpa-

sang, spanduk dari caleg DPRD pun menghiasi gerbang gereja tertua di Jakarta itu. Spanduk tersebut umumnya berisi ucapan Selamat Hari Raya Natal dan Selamat Tahun Baru 2014. Berikut bunyi pesan yang ada di spanduk tersebut: ”Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2014,” tulis Adrianus Batubara, Caleg DPR Dapil Jakarta

Pusat dari Partai Gerindra dalam spanduknya. “Selamat Natal 2013 dan Tahun Baru 2014,” tulis Eriko Sotarduga BPS, Caleg DPR RI Dapil 2 DKI Jakarta dari PDI Perjuangan. “Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2014,” tulis Budi Santoso, Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil Jakarta Pusat dari

Partai Nasdem. Gereja Katedral akan menyelenggarakan lima kali misa dalam hari Natal. Misa pertama dimulai pada pukul 06.00 WIB, misa kedua pada pukul 07.30 WIB, misa ketiga atau Misa Pontifikal pukul 09.00 WIB, misa keempat pukul 11.00 WIB dan misa terakhir akan digelar pukul 18.00 WIB. (jpnn/udi)

UMAT KRISTIANI DIMINTA AMBIL BAGIAN DALAM PEMILU BOGOR- Pastur Paroki Gereja Katedral Bogor, Jabar, Romo Benjamin Sudarto, mengajak umat Kristiani Kota Bogor untuk menyambut tahun politik 2014 dengan ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan pemilihan umum. “Sebagai umat Katholik yang baik, supaya ambil bagian dari tahun politik ini dengan mengikuti Pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Romo Sudarto dalam pesan Misa Natalnya di Gereja Katedral Bogor, Rabu (25/12). Romo mengatakan dengan keikutsertaan umat Kristiani dalam pemilu di tahun 2014 menunjukkan dirinya sebagai warga negara yang baik. “Pesan untuk bersiap menghadapi tahun politik ini akan terus kita sampaikan, terutama pada saat misa di malam pergantian tahun,” ujar Romo. Perayaan Natal di Kota Bogor berlangsung khidmat. Suasana kondusif terjadi mulai dari misa malam Natal hingga di hari Natal tanggal 25 Desember. Ribuan umat kristiani memadati 63 gereja di Kota

NATAL: Seorang umat Kristen Katolik berdoa di dalam Gereja Katedral, Jakarta, kemarin.

Bogor yang tersebar di sejumlah wilayah. Gereja Katedral Bogor memilik jemaat lebih dari 16.000 orang. Untuk bisa menampung seluruh umat, pihak gereja menyelenggarakan misa terbagi dalam beberapa jadwal dimulai dari pukul 06.30 WIB hingga 20.00 WIB. Untuk sekali misa, gereja mampu me nampung 1.000 umat ditambah kursi tambahan di luar parkir gereja sebanyak 2.500 sehingga, misa diikuti sekitar 3.500 umat. Pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Bogor juga mendapatkan pengamanan ketat dari aparat keamanan Polisi, dan TNI juga dari pihak internal gereja. Setiap umat yang datang diperiksa barang bawaannya dengan metal detektor yang telah disiapkan oleh pengamanan internal gereja. Pihak gereja juga sudah mengimbau seluruh umat untuk tidak membawa tas atau barang bawaan dengan ukuran besar, karena ba rang bawaan tersebut tidak akan diizinkan masuk gereja. (jpnn/udi)

Anak Buah Prabowo Adukan KPU ke DKPP JAKARTA - Lembaga Advokasi Hukum Indonesia Raya mengajukan bukti berupa surat keterangan dari Rumah Sakit Fatmawati kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memperkuat bahwa Lalu Ahmad Ismail memenuhi syarat kesehatan untuk maju sebagai calon legislatif atau caleg DPR RI mendatang. “Buktinya sudah kami sampaikan kepada DKPP hari ini (Selasa, 24/12/2013),” kata Kuasa Hukum Lalu Ahmad, Revi Sandi Negoro dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (25/12/2013). Lalu Ahmad merupakan caleg dari Partai Gerindra asal pemilihan NTB. Lalu memprotes Komisi Pemilihan

8

Umum (KPU) karena dirinya dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan akibat mengidap psikopatologis sebagaimana keterangan Dr Amelia dalam suratnya bernomor 879/SKM/PSI/RSF. Revi menyatakan surat yang diajukannya kepada DKPP merupakan surat klarifikasi atas surat keterangan sehat bernomor 879/SKM/PSI/RSF yang dijadikan rujukan oleh KPU. Surat bernomor: HK0501/II.1/1743/2013, ter tanggal 23 Desember 2013 itu ditandatangani Direktur Utama RSUP Fatmawati, Dr Andi Wahyuningsih Attas. “KPU tidak pernah menunjukkan surat dari RS Fatmawati yang menyatakan Lalu Ahmad tidak sehat, tapi hanya mengungkapkanya

secara lisan. Dalam surat keterangan No 879 yang kami pegang tidak tertulis bahwa Lalu tidak sehat, tapi kami dianggap merekayasa alat bukti,” tuturnya. Bukti lainnya, kata Revi, di dalam Surat Keterangan yang dikeluarkan RSUP Fatmawati bernomor: 69/IRJ/ ESKD/X/9 Oktober 2013 menjelaskan psikopatologis diartikan bukan sebagai Anti sosial, melainkan hanya tingkat kecurigaan yang tinggi, dan masih bisa melaksanakan rutinitas serta fungsi psikologisnya dalam tingkat sedang. Begitu juga dengan surat No.70/IRJ/ SKD/X/2013 tertanggal 10 Oktober 2013, yang tidak menuliskan tentang kondisi Caleg yang tidak sehat.

Karena RS Fatmawati telah menyatakan bahwa surat keterangan sehat bernomor 879/SKM/PSI/RSF tidak dapat dipertanggungjawabkan, maka Revi meminta Majelis DKPP mengembalikan hak politik dan hak konstitusional Lalu Ahmad sebagai Caleg DPR RI nomor urut 2 dari dapil NTB. “Tidak ada alasan lagi bagi KPU untuk tidak meloloskan Lalu karena bukti surat keterangan dari Dirut RSUP Fatmawati merupakan bukti final. Apa yang dituduhkan dalam jawaban maupun fakta persidangan yang menganggap bahwa pihak Gerindra merekayasa tidak dapat dibuktikan karena sikap RS Fatmawati sudah final,” tuturnya. (jpnn/udi)

MAKASSAR - Caleg DPR-RI dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Zachbidin Jis Habie lolos dari jeratan hukum terkait dengan penggunaan narkoba. Kecaman pun mengalir dari berbagai kalangan. Sekretaris Umum Gerakan Anti Narkoba (Granat) Sulsel, Andri Hidayat Rabu (25/12/2013) menuturkan, lepasnya caleg itu dari jeratan hukum diduga kuat ada penyuapan terhadap polisi dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan. ”Saya yakin sekali itu ada unsur penyuapannya. Kenapa hanya caleg DPR RI yang tertangkap narkoba saja yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dititipkan ke panti rehabilitasi Sulsel. Kenapa tidak semua saja tersangka yang ditangani Polda Sulselbar yang dititipkan kesana,” ujarnya. Adanya perlakuan khusus terhadap caleg narkoba, lanjut Andri, bukti tidak seriusnya polisi memberantas narkoba. Ia juga menilai penitipan tersangka narkoba ke panti rehabilitasi Sulsel menyalahi aturan. “Tindakan penyidik Polda Sulselbar menitipkan tersangka menyalahi aturan. Begitu juga BNN Provinsi Sulsel salah yang menerima tersangka narkoba tanpa adanya rekomentasi putusan dari pengadilan. Yang bisa dititipkan di Panti Rehabilitasi BNNP Sulsel yakni pengguna narkoba atas kemauan sendiri dan adanya putusan pengadilan,” ungkapnya. Hal senada juga diungkapkan Direktur LP Sibuk, Djusman AR. Menurutnya, diskriminasi terhadap tersangka narkoba yang ditangani penyidik Polda Sulselbar ada unsur suap menyuap. Dimana, penyidik hanya menitipkan orang-orang tertentu ke Panti Rehabilitasi BNNP Sulsel. “Di sini saya lihat juga penyidik mandul, hanya awalnya saja gembar-gembor. Kemudian belakangan, kasus itu mulai diredupkan. Ini ada unsur suap menyuap antara tersangka dan penyidik untuk perlakuan khusus yang menyalahi aturan yang ada,” tambahnya. Sebelumnya diberitakan, Zachbidin Jis Habie ditangkap Direktorat Narkoba Polda Sulselbar sedang mengisap sabu di rumahnya di Jalan DR Sam Ratulangi, Selasa (8/10/2013) lalu. Dalam penangkapan itu, polisi menyita satu paket sabu dan perlengkapan isap seperti bong, korek api, pirex dan lainnya. Saat menjalani proses penyidikan di Direktorat Narkoba Polda Sulselbar, tersangka sempat dibantar alias berobat jalan atas persetujuan penyidik. Usai beberapa lama bebas berkeliaran, tersangka Zachbidin kemudian dititipkan ke Panti Rehabilitasi BNNP Sulsel. Zachbidin kembali dilepas dengan alasan berobat jalan. Bahkan, Zachbidin pernah terlihat di bandara internasional Sultan Hasanuddin hendak menuju Jakarta. (jpnn/udi)

SUARA PKB

Tegaskan Warga NU Tak Mudah Dibeli TEMANGGUNG - Suara warga Nahdlatul Ulama dalam pemilihan umum tidak mudah dibeli, kata Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. “Teori ataupun pernyataan bahwa warga NU mudah dibeli itu salah,” katanya usai acara “Safari Nusantara” di Temanggung, Jateng, Rabu. Ia menyampaikan hal tersebut menanggapi pernyataan pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Burhanuddin Mu Muhtadi bahwa warga Nahdlatul Ulama Ul merupakan pemilih yang mu mudah dibeli. Menurut dia, pernyataan tersebut te sebagai ungkapan ya tendensius dan tidak perlu yang dip dipercayai.”Saya tidak percaya ap yang disampaikan oleh apa Bu Burhannudin Muhtadi bahwa wa warga NU mudah dipolitik ua uang. Pernyataan burhanudin mu muhtadi itu tendensius, karena pe pemilih PKB itu loyal, bahkan san mengakar. sangat Ia mencontohkan saat Pemilu Muhaimin Iskandar tah 2009, waktu itu posisi tahun PKB dalam keadaan sulit. Namun, hasil pemilu membuktikan bahwa pemilih PKB solid. Atas dasar itu, dia berkeyakinan apa yang diucapkan Burhannudin itu salah. Dalam orasi politiknya, dia mengatakan, akan berusaha membentengi kadernya agar tidak mudah tergiur politik uang. Menurut dia, tantangan ke depan PKB adalah merebut kembali suara NU hingga 40 persen. “Jadi tantangan NU ada dua, pertama umat yang sangat besar itu bergerak hanya di wilayah agama. Warga NU yang terkelola secara organisatoris hanya 40 jutaan. Dikerucutkan lagi secara politik ada 10 jutaan. PKB harus merebut kembali suara NU paling tidak sampai 40 persen,” ujarnya. (jpnn/udi)

Rano Karno Diberi Mandat Lantik Dua Kepala Daerah TANGERANG- Wakil Gubernur Banten, Rano Karno, diberikan mandat untuk melantik dua kepala daerah oleh Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Dua kepala daerah tersebut yakni Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang dan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebak. Rano Karno di Tangerang, Selasa, mengatakan, dirinya diberikan mandat oleh Presiden melalui Mendagri untuk melantik dua kepala daerah. Tugas tersebut diberikan setelah Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, menyerahkan kembali mandat yang diembannya kepada Presiden karena mendekam di tahanan Rutan Pondok Bambu terkait kasus suap Pilkada Lebak.

Rano menjelaskan, pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang sudah beberapa kali tertunda karena urusan administrasi dan ketidakhadiran Gubernur Banten ketika itu. Diakuinya jika masyarakat Kota Tangerang merasa kecewa dengan gagalnya pelantikan karena berdampak secara luas. Maka itu, dirinya mengaku bersyukur karena telah melantik wali kota dan wakil wali kota Tangerang yang telah berjalan lancar. “Saya sampai menangis saat melantik karena amanah ini,” ujarnya. Untuk pelantikan Bupati Lebak, Rano menjelaskan, saat ini masih dalam proses kelengkapan administrasi dan akan segera

dilaksanakan. “Jadi, tugas yang diamanatkan kepada saya yakni melantik dua kepala daerah. Setelah itu, roda pemerintahan berjalan seperti biasa dengan Ratu Atut sebagai Gubernur,” katanya. Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah mengaku lega setelah proses pelantikan yang berjalan lama dan sangat dinanti seluruh masyarakat. Diharapkan, dengan selesai pelantikan maka kedepannya sejumlah program yang telah disusun dapat dijalankan dan berkoordinasi dengan pejabat Pemda. “Ini adalah hadiah bagi warga kota tangerang setelah sekian lama menantinya,” ujarnya. (jpnn/udi)

MELANTIK: Wagub Banten Rano Karno (kanan) menyematkan emblem kepada wali kota terpilih Arief R Wismansyah (dua kiri) dan wakil walikota Syachrudin (kiri) dalam acara Pelantikan di Gedung DPRD Kota Tangerang, Tangerang, Banten. REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: OLIS


RONCE NGALAM

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

9

Dimediatori Lurah dan Camat, Warga Belum Tentukan Sikap Petrolux Optimis SPBU Shell Soehat Dibangun MALANG- Meski awalnya sempat ditentang oleh sejumlah warga RT 01 RW 14 Kelurahan Mojolangu, rencana PT Petrolux Arya Mandala untuk membangun Shell Petrol Station Soekarno Hatta mulai ada titik terang. Akhir pekan lalu, pihak Petrolux diwakili konsultan Andromeda Galactica telah memaparkan konsep pembangunan stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) kepada warga setempat, dengan dimediatori pihak Kelurahan Mojolangu dan Kecamatan Lowokwaru. “Kami sudah bertemu warga. Sudah kami jelaskan soal segala sesuatu menyangkut rencana pembangunan SPBU

Shell di lokasi tersebut,” terang Hatta Edison, konsultan Andromeda. Dari pertemuan tersebut, Hatta optimis selanjutnya proses pengurusan perizinan SPBU yang menjual produk bahan bakar kualitas dunia itu bakal mulus. “Warga akhirnya sudah mengerti bagaimana keinginan kami. Begitupula sebaliknya. Kami akan tetap memperhatikan hakhak warga. Apalagi, kami juga sudah mengantongi rekomendasi amdal lalin dan analisa lingkungan. Semoga semuanya lancar,” jawabnya ketika dihubungi Malang Post. Yang dimaksud konsultan asal Surabaya itu, tak lain adalah amdal lalin dari Laboratorium Transportasi dan Ja lan Raya Teknik Sipil Universitas Brawijaya (UB) serta surat rekomendasi

UKL dan UPL pembangunan SPBU dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang. Adapula surat dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang perihal persetujuan amdal lalin nomor 55.121/723/35.73.310/2013. Sayangnya, Hatta enggan menjelaskan lebih gamblang soal janji yang dilontarkannya kepada warga, sehingga kemudian pihaknya bisa begitu optimis proyeknya bakal gol. Dikonfirmasi terpisah, Camat Lowokwaru, Rustamaji membenarkan jika pihak Petrolux mengumbar sejumlah janji supaya warga setuju. “Ada pernyataan dari pihak SPBU Shell bahwa mereka akan memperhatikan dan membantu kepentingan lingkungan sekitar,” tuturnya.

RIZAL FANANY//MALANG POST

BERHIMPITAN: Gang masuk Jalan Soekarno Hatta Dalam menjadi pemisah antara SPBU Pertamina Soehat dengan lahan kosong yang akan dijadikan SPBU Shell.

Baca Dimediatori... Hal.10

KODEW MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

NAIK : Volume penumpang di Terminal Arjosari naik sekitar 10 persen pada liburan Natal kali ini.

Terkesan Ibu-Ibu di Ngalam

PENUMPANG MENINGKAT, MENINGKAT, BUS SERING TERLAMBAT PO Terpaksa Tambah Armada MALANG-Liburan Natal dan tahun baru ini dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke daerah asal. Hal itu nampak dari kenaikan volume kedatangan penumpang di Terminal Arjosari, kemarin. Dibanding hari biasa, UPT Terminal Arjosari mencatat ada kenaikan volume penumpang hingga 10 persen. Kasubag Tata Usaha UPT Terminal Arjosari Agus Ruskandi mengatakan

peningkatan volume itu untuk keda tangan penumpang. Tercatat ada tambahan penumpang sekitar 10 persen, dari biasanya 15 orang, kini naik menjadi 30 sampai 35 orang per bus. Mereka adalah warga asli Malang yang pulang untuk mudik memanfaatkan liburan natal.“Kebanyakan turun Malang, ada juga yang transit kemudian lanjut ke Blitar dan Tulungagung,” ujar Agus sapaan akrabnya kepada Malang Post. Untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), sejumlah PO menambah armadanya. Dari jumlah awal 22 bus, kini bertambah dua sampai tiga bus

untuk armada dekat seperti Yogyakarta dan Denpasar. Adapun bus untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), jumlahnya masih tetap 60 bus. “Untuk bus AKDP, banyak yang semula tidak operasi, kemudian turun karena ada lonjakan penumpang,” imbuhnya. Hanya saja, terlihat masih ada penumpukan penumpang di terminal Arjosari. Kata Agus, bukan karena terjadi lonjakan yang luar biasa. Melainkan lantaran banyak bus yang datang terlambat ke terminal. “Situasi di jalan sangat ramai dan

macet, menyebabkan bus sering terlambat datang,” terangnya. Puncak arus kedatangan penumpang ke Malang diprediksi bakal terjadi hari ini. UPT Terminal sendiri sudah mendirikan posko angkutan natal dan tahun baru. Para staff terminal juga sudah dijadwal piket 24 jam untuk sambut liburan akhir tahun ini. Hal itu, diluar jadwal piket yang sudah ada.

RUANG Sidang Balaikota Malang, Senin (23/12) lalu mendadak riuh dipadati kerumuman ibu-ibu. Semuanya berebut duduk paling dekat dengan pemateri ceramah populer bertajuk Pengembangan Kepribadian Perempuan Indonesia, dalam rangka peringatan Hari Ibu 2013. Ibu-ibu yang mayoritas berpakaian warna hijau, seragam khas PKK itu pantas histeris. Pasalnya, sang pengisi materi bukan tamu biasa. Adalah peragawati kenamaan tanah air, Arzetti Bilbina yang kemarin didapuk menularkan ‘ilmu’nya kepada para pengurus Tim Penggerak PKK dan perwakilan sejumlah SKPD lingkungan Pemkot Malang. Selama hampir dua jam, selebritis yang mengawali kariernya sebagai model itu memaparkan banyak hal tentang cara menyulap penampilan kaum hawa jadi menarik. Mulai dari tata cara berpakaian, mengenakan aksesoris, memilih padu padan busana hingga etika berhadapan dengan lawan bicara juga dijelaskan secara gamblang. Tak sekadar menjelaskannya dengan gaya bertutur, artis 39 tahun itu juga mempraktekan langsung apa yang disampaikannya kepada audience. Suasana pun menjadi gayeng. “Ayo saya minta ibu-ibu jadi model saya. Maju ke depan, biar semua bisa tahu langsung yang saya maksud,” ujarnya lantas mengajak lima peserta menjadi model dadakan. Menurut wanita berdarah Minangkabau keturunan Lampung ini, kaum perempuan harus menyadari pentingnya mem perhatikan penampilan dan etika bergaul agar luwes dalam kehidupan sosial. “Ibu-ibu harus confident. Jika sudah percaya diri dengan penampilannya, maka bisa luwes dalam bergaul. Dari situ, komunikasinya bakal luas sehingga bisa mengembangkan potensi diri,” urainya kepada Malang Post. Meski hanya sehari menghabiskan waktunya bersama ibu-ibu di Kota Malang, istri Aditya Setiawan itu mengaku terkesan dengan kaum hawa asli Kota Pendidikan.

Arzetti Bilbina

Baca Terkesan... Hal.10

Baca Penumpang... Hal.10 TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

Gandeng Kecamatan, Optimalkan Pemetaan

Dispenda Target Pajak Kost Tembus Rp 1 M MALANG- Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang menargetkan pemasukan dari sektor pajak kost tahun 2014 mendatang bisa tembus sampai Rp 1 milyar. Semakin banyaknya jumlah pendatang yang menetap di wilayah administratif Pemkot Malang, memang mendorong menjamurnya bisnis kost-kost’an. Karenanya, Dispenda optimis potensi usaha kost bisa dioptimalkan. “Setiap tahunnya, selalu ada tambahan warga pendatang yang jumlahnya cukup signifikan. Paling banyak dari kalangan mahasiswa. Bia tembus ribuan setiap tahun ajaran baru. Jadi, target 1 M cukup realistis,” ungkap Kepala Dispenda Kota Malang, H Ade Herawanto. Sebagai langkah optimalisasi, pihak Dispenda kini terus berkoordinasi dengan tiap-tiap kecamatan untuk melakukan inventarisir potensi usaha kost di wilayah masing-masing. “Kami meminta dari tiap kecamatan melaporkan data usaha kost yang ada di daerahnya. Dari situ, kami bisa melakukan pemetaan dan penarikan pajak dengan baik,” terangnya kepada Malang Post. Dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang, wilayah Klojen dan Lowokwaru adalah yang paling banyak menjadi sentra bisnis sewa kost. Maklum saja, Klojen sebagai kawasan pusat kota menjadi jujugan para pendatang yang ingin

RIZAL FANANY// MALANG POST

TERUS TUMBUH: Usaha kost tumbuh makin subur di wilayah Kota Malang.

menetap. Sama halnya dengan wilayah menetap Lowokwaru yang memiliki banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta. Saat ini, pihak kecamatan masih melakukan pendataan riil supaya mendapatkan jumlah akurat usaha kost yang ada di wilayahnya. Sehingga, diharapkan mulai awal tahun depan penarikan pajak kost bisa dilakukan Dispenda secara tepat sasaran. “Sinergi antara Dispenda dan kecamatan dalam hal ini sangat penting untuk peningkatan

pendapatan daerah untuk membangun Kota Malang,” ujar Camat Klojen, Priyadi. Hal senada juga diutarakan Camat Lowokwaru, Rustamaji. “Untuk jumlah pastinya berapa, masih kami data. Karena memang banyak sekali usaha kost-kost’an di wilayah Lowokwaru. Utamanya mulai daerah Ketawang Gede, Sumbersari, Dinoyo dan Mojolangu. Nanti, kami akan terus berkoordinasi dengan Dispenda serta siap mensupport

penuh,”” tandasnya tandasnya. penuh Sekalipun sudah diatur dalam Perwal sejak tahun 2006 silam, selama ini usaha kost nyaris tak tersentuh pajak. Menyadari adanya peraturan daerah yang mandul dan menilik potensi usaha kost yang kian prospektif di Kota Pendidikan ini, Dispenda akhirnya membuat gebrakan dengan menerapkan pungutan pajak kost per awal Desember 2013. Baca Dispenda... Hal.10 REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

10

Bakal Gencar Sosialisasi, Optimalkan Pemanfaatan Air Tanah BLH Revisi Perda Air Bawah Tanah MALANG- Guna menjaga keseimbangan air tanah, lantaran selama ini pemanfaatannya oleh masyarakat belum terkontrol dengan baik, Pemkot Malang akan mulai membatasi penggunaan air bawah tanah (ABT). Rencananya, Pemkot ba kal merevisi peraturan daerah (Perda) pengelolaan ABT di Kota Malang, yang sebelumnya diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2006. Pasalnya, Perda lama selama ini dianggap kurang efektif dijalankan. Nantinya di Perda baru diha rapkan dapat mem perketat penggunaan ABT di

wilayah administratif Pemkot Malang. Hal itu dibenarkan Kabid Konservasi dan Pengembangan Kapasitas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang, Iwan Rizali. Revisi Perda bahkan sudah diajukan ke DPRD Kota Malang. “Sudah kami ajukan, sekarang masih dibahas. Untuk naskah akademiknya, kami juga sudah bekerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB),” paparnya kepada Malang Post. BLH sendiri optimis kualitas air tanah di Kota Malang masih baik. Jika dibandingkan dengan kualitas air Perusahaan Daerah

Air Minum (PDAM), sejatinya juga tidak kalah. “Jika dilihat kasat mata, kualitasnya masih baik. Tapi kalau mau dikonsumsi, ya lebih baik tetap dimasak dulu,” tuturnya. Tak sekadar memperketat p e n g g u n a a n A B T, B L H Kota Malang juga aktig me nggalakkan sosialisasi mengenai pembuatan sumur resapan. Hal ini mengacu Perda nomor 17 tahun 2001 tentang konservasi air. Dalam Perda tersebut menyebutkan bahwa setiap kegiatan pembangunan harus disertai dengan pembuatan sumur resapan. Mulai dari pembangunan

rumah tempat tinggal, rumah untuk usaha maupun bangunan untuk kepentingan publik harus dilengkapi sumur resapan. “Setiap bangunan baru wajib memiliki sumur resapan. Saat mengajukan IMB, memang harus disertakan desain sumur resapan,” beber Iwan. Sedianya, sosialisasi akan mulai gencar dilakukan tahun 2014. Harapannya, kesadaran masyarakat bakal berimbas positif bagi kehidupan warga Kota Malang. Selain itu, juga untuk menambah kuantitas air tanah yang selama ini pemanfaatannya banyak untuk kepentingan pembangunan. (tom/nug)

RIZAL FANANY//MALANG POST

TANDON: Banyaknya ruang terbuka hijau berdampak positif terhadap penyimpanan air tanah di Kota Malang.

MCW SOAL KORUPSI MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

BELUM KELAR : Proyek drainase jacking di Jalan Tidar belum selesai hingga 25 Desember 2013, kemarin.

HARUS BERHENTI DAN JALANI AUDIT Proyek Fisik Wajib Selesai 31 Desember MALANG-Sejumlah proyek fisik milik Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) diwarning DPRD Kota Malang. Jika tak selesai hingga 31 Desember 2013 mendatang, dipastikan rekanannya akan mendapat penilaian buruk. Rekanan masih memiliki waktu seminggu untuk menyelesaikan proyeknya. Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arief Wahyudi mengatakan sejumlah proyek belum selesai. Pihaknya tak segan-segan memberikan nilai E alias

gagal, untuk proyek yang tak kelar. Salah satunya adalah proyek drainase jacking yang sampai saat ini masih digarap di Jalan Tidar. “Nilai D atas pembangunan proyek tersebut yang pernah saya berikan beberapa waktu yang lalu akhirnya turun menjadi E,” tegasnya kepada Malang Post, kemarin. Menurut Arief, proyek seperti jacking tak bisa serta merta dilakukan perpanjangan atas pengerjaan proyek. Meskipun pengerjaannya belum rampung hingga tahun anggaran berakhir. Sebab, proyek seperti jacking itu, bukanlah proyek yang memakai system anggaran multiyear.

Dispenda Target Pajak Kost Tembus Rp 1 M

warning. Bahwa, rekanan harus menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Sanksi sesuai kontrak akan diberlakukan secara tegas jika proyeknya tidak selesai.“Deadlinenya akhir Desember, kami harap bisa selesai semua proyek yang sudah dalam tahap pengerjaan,” ujar Syaiful sapaan akrabnya. Waktu itu, Syaiful juga meminta agar rekanan tetap bekerja professional. Artinya pekerjaan mereka harus tetap bagus dan berkualitas. Jangan sampai, karena terburu-buru, kualitas dikesampingkan oleh para rekanan.“Semoga bisa selesai dengan baik, terutama yang fisik,” tandas dia. (ary/nug)

MALANG-Malang Corruption Watch (MCW) menganggap Kota Malang masih darurat korupsi. Hal itu sesuai laporan tahunan yang digelar lembaga anti rasuah beberapa waktu lalu. Ada tren peningkatan pengaduan ma syarakat serta peningkatan jumlah dugaan kerugian negara akibat korupsi. MCW mencatat indeks pengaduan masyarakat ke Malang Corruption Watch meningkat dari tahun 2012 ke 2013. Pada tahun 2012 MCW menerima 1091 pengaduan dari masyarakat. Kemudian naik menjadi 1257 pengaduan masyarakat pada tahun 2013 terkait berbagai hal. “Indeks kerugian akibat korupsi juga meningkat, pada tahun 2011 kerugian sekitar Rp 20 miliar, kemudian pada 2012 naik Rp 52 miliar dan pada tahun 2013 ini meningkat Rp 59 miliar,” terang Koordinator Badan Pekerja MCW Umarul Faruk. Lebih lanjut, ia juga memaparkan adanya dugaan korupsi lahan RSUD yang kini ditangani kejaksaan dengan potensi kerugian Rp 4,3 miliar. Selain itu, MCW menduga ada pelanggaran peraturan pada proyek drainase jacking dengan anggaran Rp 40 miliar. Saat ini MCW masih melengkapi alat bukti untuk memperkuat temuan pelanggaran peraturan. Ketika alat bukti sudah lengkap, maka pihaknya akan melaporkan ke kejaksaan.“Termasuk proyek bermasalah jembatan Kedungkandang Rp 9,7 miliar,”jelasnya. Menurut MCW, proyek jembatan ini bermasalah karena ada pembiaran yang dilakukan Pemkot atas pengerjaan konstruksi. Pemenang PT Anugrah Indah Taruna mempekerjakan pritek itu kepada PT SGS. Persoalan ini sudah ditangani polisi namun hasilnya, dinilai MCW kurang menggembirakan.Kasus lainnya adalah dugaan korupsi paku jalan Rp 1 miliar, dugaan korupsi pembebasan lahan UIN Rp 8 miliar (versi kejaksaan Rp 4 miliar). Selain itu, MCW juga mencatat adanya dugaan anggaran yang diboroskan oleh pejabat. Di Kota Malang terjadi pada Dinas Pendidikan Rp 12 miliar. Dana yang diduga boros itu adalah dana yang tidak transparan penggunaannya. “Anggaran double PNS, perjalanan dinas dan pemotongan dana BOSDA SD/SMP, pelanggaran PP no. 58 tentangan pengelolaan keuangan negara, kami merekomendasikan BPK untuk melakukan audit investigative,” terangnya. Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus MCW Luthfi J. Kurniawan mengatakan bahwa agenda pemberantasan korupsi harus didukung masyarakat. Rangkaian perlawanan terhadap korupsi ini tak bisa hanya dalam dimensi teks hukum. Namun diperlukan system yang terintegrasi yang menadi sebuah pola kebiasaan yang resisten terhadap perilaku korup. “Tradisi MCW mmberikan laporan tahunan ini meski terbatas merupakan bagian dari membangun praktik keterbukaan dan membangun dialog bersama bahwa persoalan korupsi bukan persoalan kelompok melainkan persoalan bersama yang harus diselesaikan bersama,” urainya.(ary/nug)

Penumpang Meningkat, Bus Sering Terlambat Sambungan dari Halaman 9

Sambungan dari Halaman 9

Kenaikan ini berlaku untuk setiap kamar yang disewakan, tidak mengacu apakah kamar tersebut terisi atau tidak. Sebagai ilustrasi, misalkan dalam satu kost terdapat 15 kamar dan hanya lima diantaranya yang terisi, maka yang ditarik pajak adalah jumlah kamar yang

“APBD itu adalah program tahunan yaitu terhitung mulai 1 Januari sampai tanggal 31 Desember tahun berjalan,” imbuhnya. Sehingga, jika ada program yang tidak selesai pada tanggal 31 Desember maka harus ada pola lain. Menurut Arief, proyek itu harus berhenti untuk dilakukan perhitungan melalui audit. Sebab, sesuai kontrak memang harus selesai pada tahun anggaran berakhir, karena bukan multiyear.“Harus berhenti untuk menjalani audit baik oleh inspektorat maupun BPKP,” katanya. Sebelumnya, anggota Syaiful Rusdi Wakil Ketua Komisi C bidang pembangunan juga telah memberikan

Bukan Persoalan Kelompok, Harus Diselesaikan Bersama

terisi. Dengan asumsi per kamar tarifnya Rp 300 ribu, maka perhitungan pajaknya yaitu 5 persen dari Rp 300 ribu dikalikan lima kamar. Upaya Dispenda mengoptimalkan pajak kost nyatanya mulai berbuah manis. Sejak pemberlakuan penarikan

pajak sebesar 5 persen bagi usaha kost dengan jumlah kamar hunian lebih dari 10, para wajib pajak mengapresiasinya positif. Awal bulan lalu, tercatat sudah ada 35 pengelola bisnis kost kelas premium yang memenuhi kewajibannya. (tom/nug)

“Arus balik sendiri diperkirakan terjadi setelah tahun baru, banyak warga memanfaatkan libur,” imbuhnya. Sementara itu agen PO Kramat Jati Yosi, mengatakan bahwa lonjakan penumpang tak begitu besar. Diakui memang ada peningkatan 10 persen, namun jumlah itu tergolong kecil. Kata dia, masyarakat saat ini banyak yang malas bermacet ria di jalanan.“Ada yang memilih kereta dan pesawat,

karena rutin selalu ada kemacetan pada akhir tahun,” ujarnya. PO Kramat Jati sendiri melatani perjalanan dari Jakarta dan Bandung menuju Malang. Sehari ada dua armada Kramat Jati yang datang dan berangkat. Jika dihitung, jumlah penumpangnya masih kalah dengan jurusan ke Bali dan Yogyakarta.“Peningkatan penumpang tidak terlalu tinggi seperti tahun lalu,” tandasnya.(ary/nug)

Dimediatori Lurah dan Camat, Warga Belum Tentukan Sikap Sambungan dari Halaman 9

Diantaranya melakukan pelebaran jalan gang masuk Soekarno Hatta Dalam, dari yang semulai 3,9 meter menjadi sekitar 5,9 meter serta melakukan pemindahan tiang listrik yang ada di bahu jalan keluar masuk gang. “Dari pihak pengembang sudah menyanggupi. Mereka juga siap bertanggungjawab bila sampai apa yang dikhawatirkan warga terjadi,” lanjut Rustamaji.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

Sebelumnya, mayoritas warga bersikukuh pembangunan Shell Petrol Station di lingkungan tempat tinggal mereka beresiko tinggi. Mereka mem permasalahkan potensi resiko keselamatan dan kesehatan pembangunan SPBU baru yang berdampingan dengan SPBU Pertamina 54.651.06 yang sudah lebih dulu ada. Adanya SPBU baru dianggap bakal memperparah dampak pencemaran

lingkungan dan polusi udara. Belum lagi bau menyengat dari bunker dan kebisingan kendaraan pengisi bahan bakar. Anjloknya nilai jual tanah warga juga menjadi perhatian serius. Sementara itu, Ketua RT setempat, Sa’i Safii mengaku tidak semua warga menghadiri pertemuan yang berlangsung hari Minggu (22/12) malam. Karenanya, warga belum memutuskan

bakal menyetujui atau tetap menolak permohonan Petrolux. “Dari warga yang datang cuma delapan orang. Tidak bisa semua, karena undangannya dadakan. Kami harus menunggu petunjuk dari sesepuh warga, baru bisa mengambil sikap,” paparnya sembari berujar bahwa warga akan kembali menggelar pertemuan internal untuk menentukan langkah selanjutnya. (tom/nug)

DISKUSI : MCW ketika menggelar diskusi akhir tahun di RM Ringin Asri Kota Malang.

Terkesan Ibu-Ibu di Ngalam Sambungan dari Halaman 9

“Ibu-ibu di Kota Malang itu menyenangkan ya. Orangnya ramah-ramah dan respek kepada siapapun. Rasanya tenang sekali tiap bertemu orang Malang,” pujinya dengan rona sumringah. (tom/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Blak-blakan Demi Kebaikan MENJADI teman yang baik bukan perkara yang mudah lho sobat M-Teens. Yups, teman itu nggak cuma ada saat kita berada pada waktu senang saja. Mereka bisa menjadi penghibur yang baik saat sedih melanda. Serta menjadi penasihat yang baik saat diri kita ada yang kurang. Baik secara penampilan maupun sikap. Nah, kali ini ada beberapa teman kita yang mau berbagi pengalaman mereka saat mengingatkan teman-teman mereka. Yuk, kita simak cerita mereka! Ignasia Alvarreti siswi SMAK St. Albertus Malang ini mengaku bisa setiap hari mengomentari temannya lho. Ia mengatakan hal tersebut dilakukannya supaya perasaannya dapat lega. Dengan kata lain, temannya tersebut bisa segera memperbaiki hal tidak sesuai yang ada pada diri anak tersebut. “Ngomong blak-blakan itu lebih lega. Walaupun terkadang aku pernah ngomongin sama teman-teman sih. Tujuannya ya, minimal anak tersebut bisa sadar gitu setelah aku kasih tahu,” ucapnya.

Mulai dari gaya berpenampilan sampai sikap saat berada di tempat umum yang kurang pantas menjadi bahan kritikan untuk teman-temannya. Cewek berkacamata ini mengungkapkan kalau dirinya meminta maaf terlebih dahulu sebelum memberi masukan. “Ya, namanya juga manusia. Pastinya nggak ada yang sempurna. Aku sih orangnya terbuka ya. Jadi kalau ada yang salah dalam diriku ya monggo diberi masukan. Begitu pun aku, harus terus terang sama siapa pun. Misalnya saja seperti kemarin, temanku memakai baju yang matching sama sekali. Kalau sudah begitu, langsung saja aku kasi’ tahu dia,” paparnya. Selain itu kalau bicara masalah perasaan, cewek yang hobi browsing ini memiliki cara tersendiri agar anak yang diberi masukan tersebut tidak s a kit hati. Selain menegur

kalau hal tersebut kurang pantas, ia juga memberi solusi guna membantu temannya. “Kalau mengomentari saja nggak adil rasanya. Kan selain memberi komentar, kita juga harus bisa ngasih apa yang lebih baik hehehe...” jelasnya. Dengan begitu, Fia begitu sapaan akrabnya tidak akan menyakiti hati temannya ketika dikritik dengan terus terang. Sementara itu, cara menegur orang lain secara terus terang juga dilakoni oleh Dyah Ayu Dwi Lestari siswi MAN 1 Malang. Menurutnya hal demikian adalah cara yang lebih baik daripada berbicara di belakang orang tersebut. “Buat apa ngomong di belakang orangnya. Lebih baik kalau aku peduli sama dia ya langsung saja aku tegur kalau itu salah dan aku puji kalau itu benar atau bagus,” katanya. Menegur teman kelas yang jahil di depan kelas

pernah dialaminya lho. Baginya, dengan demikian hal tersebut dapat menjadi cambuk bagi temannya agar dapat berubah lebih baik dan sopan. “Waktu itu aku sedikit marah sih. Saking pegelnya karena saat itu aku mengerjakan tugas tapi diganggu sama temanku. Ya sudah aku tegur dia supaya jagan seperti anak kecil yang jahil. Eh, nggak tahunya setelah itu dia langsung diam,” bebernya. Kalau Fia meminta maaf sebelum memberi kritikan untuk temannya, kali ini Ayu memilih untuk mengemas kritikan tersebut dalam candaan. Menurut cewek narsis ini, tidak terlalu menyakitkan kalau dibawa dalam guyonan. “Aku pun suka menempatkan diri sendiri dulu. Bagaimana rasanya kalau aku berada diposisi temanku yang dandanannya salah misalnya. Dan menurutku dengan dibawa guyonan bisa lebih menyadarkan serta keduanya malah lebih nyaman,” tutupnya. (*/nda)

TEKS: AYU ESTERLITA/ UNIVERSITAS BRAWIJAYA MODEL CINDY CLARISSA-SMAK CORJESU FOTOGRAFER: TRIA ADHA

11

Ambil Sisi Positifnya GURU Bimbingan Konseling SMAK Kolose Santo Yusuf Malang Dra. Maria Margareta A.S.P mengatakan bahwa pada umumnya hal mengomentari sesuatu yang dilakukan oleh remaja sekarang ini adalah wajar. Apalagi dengan adanya pengaruh dari faktor lingkungan yang mendukung mereka untuk berani berbicara secara terus terang terhadap orang lain. ”Namanya juga anak remaja. Masalah kritik mengkritik sudah menjadi keseharian mereka. Dan kalau sudah seperti itu, diambil positifnya saja. Rasa peduli yang kuat antar teman, jadi kalau ada yang salah dalam bersikap wajar saja ada teman yang menegur atau diberi masukan,” jelasnya. Bagi guru yang sudah mengajar selama 20 tahun ini, memang remaja-remaja pada umumnya memiliki sifat yang majemuk. ”Kan tidak semua siswa bisa diberi masukan secara blak-blakan. Ada siswa yang sangat sensitif sekali, sehingga kalau diberi masukan anak tersebut langsung terbawa dalam perasaannya,” paparnya. Oleh karena itu, Rita begitu sapaan akrabnya mengungkapkan kalau memiliki sifat terbuka itu baik. Hanya saja siswa harus cermat dalam mengemas kata-kata yang baik sehingga dapat diterima kepada yang bersangkutan. ”Jadi harus disesuaikan dengan situasinya. Agar dapat tercipta interaksi yang saling membantu dan bukan menimbulkan perpecahan baru,” tutupnya. (*/nda)

Bentuk Kepedulian pada Teman Joshua Stenly Keynes LumintangSMAKr. Kalam Kudus Malang

Berani Mengkritik, Berani Juga Dikritik KALAU sebelumnya ada beberapa teman kita yang bercerita seputar pengalamannya sering mengomentari teman mereka, kali ini ada beberapa teman kita yang bercerita seputar pengalaman mereka dikritik oleh orang lain. Yuk kita lihat kisah selengkapnya! Grace Lintang siswa SMAK St. Albertus Malang ini mengaku pernah ditegur teman-teman kelasnya lho. Berawal dari saltum alias salah kostum yang dikenakannya saat pergi ke sekolah. “Waktu itu memang karena sudah kepepet baju yang biasanya aku pakai masih basah. Jadi, aku memakai baju batik dengan bawahan celana panjang yang warnanya nggak matching banget sama atasannya,” katanya. Maka dari itu, saat ia tiba di sekolah ada beberapa temannya datang menghampirinya lalu mengatakan dengan terus terang mengenai pakaian yang ia pakai saat itu. “Ya, itulah yang bikin shock paling pedes dikatain kayak nggak ada model baju lain saja,” lanjut cewek yang akrab disapa Lintang. Mendengar pernyataan demikian, ia mengaku sempat tidak sadar kalau matanya sudah berkaca-kaca. Sakit hati yang ia rasakan

membuatnya dapat berintrospeksi diri. “Sempat juga sih ngaca gitu. Memang benar kalau pakaian yang aku pakai nggak pas. Tapi cara mereka buat menegur itu yang salah menurutku. Seharusnya bisa lebih halus dan sopan supaya bisa lebih menjaga perasaan,” jelasnya. Kendati demikian, ia mengaku teguran semacam itu dijadikannya sebagai bentuk dari perhatian temanteman kelas terhadapnya. Berbeda dengan Lintang, Almira Sabrina Safira siswi MAN 1 Malang ini paling sebel setelah memotong rambut. Menurutnya, hal tersebut sering menjadi bahan bicaraan teman-teman sekolah dan kakaknya. “Aduh kalau sudah potong rambut, ehmmm ramenya bukan main. Ada yang berkomentar baik dan yang lebih banyak lagi kritikan pedes yang harus aku terima,” ujarnya. Bagi anak ketiga dari tiga bersaudara ini, cara menanggapi kritikankritikan pedas yang ia terima adalah diam. Karena dengan melakukan hal tersebut, Almira begitu sapaan akrabnya beberapa orang yang sebelumnya memberi komentar buruk tidak melanjutkannya lagi. “Aku sih cuek saja. Nggak peduli orang mau

berpendapat apa. Toh, yang punya rambut ya aku. Kenapa orang lain yang repot hehehe...,” terangnya. Lebih dari itu, cewek yang berulang tahun 12 Oktober ini memaklumi sikap orang yang suka berbicara blak-

blakan. Mengingat sifat orang yang berbeda-beda dan cara pandang orang pun juga tidak selalu ada yang yang sama membuatnya selalu cuek dengan omongan orang lain. “Ya aku maklumilah. Aku jadikan sebagai pengalaman saja. Soalnya aku juga sering b e rada

pada posisi mereka. Suka gatel kalau nggak langsung ngomong to the point hehehe...” tutupnya. (*/nda)

“MENGINGATKAN teman sih aku pernah. Karena dengan berbuat demikian, aku bisa menunjukkan salah satu bentuk kepedulianku. Memang sih, sifat orang itu kan berbedabeda. Ada yang bisa menerima dan yang nggak bisa menerima. Hal yang paling berkesan adalah waktu aku menegur teman ga ra-gara sifat egoisnya dia. Banyak teman-teman lainnya yang setuju dengan apa yang aku lakukan. Toh, itu juga demi kebaikannya dia hehehe...” (*/nda)

Nggak Sekadar Berkomentar Devi Clara Audina- MAN 1 Malang ”KALAU melihat ada teman yang gaya berpakaiannya aneh atau nggak pas rasanya gimana gitu. Jadi, aku langsung saja bertindak. Ya misalnya ada temanku yang jilbabnya berantakan, lang sung deh aku bantuin buat benerin. Ya, awalnya sih aku kasihtahudulu.Ya mungkin karena sudah menjadi kebiasaan, jadinya teman-teman nggak kaget juga. Nah bagusnya nih, tanggapan teman-teman itu positif. Karena nggak sekedar komentar saja, tapi langsung aku benerin.” (*/nda)

Saling Mengingatkan itu Menyenangkan Kevin Refdiola Putra- SMPK St. Maria II

Anti Mengkritik Penampilan KETUA Pramuka SMAK Kolose Santo Yusuf Malang Clara Dwi Ignastia mengungkapkan kalau dirinya tidak suka mengkritik halhal yang berhubungan dengan penampilan secara fisik. “Berhubung aku itu tipe anak yang cuek, jadi kalau masalah penampilan terserah pada diri masing-masing. Karena menurutku, kita semua punya ciri atau gaya khas yang berbeda-beda. Dan selera setiap orang kan juga nggak sama,” paparnya. Selain itu, ia mengatakan kalau mengingatkan teman yang berbuat salah itu sangat

berguna dan membangun. Penghuni kelas XII IPS 1 ini pernah menegur temannya secara blak-blakan lho. Melihat sikap temannya yang suka meng-kambing hitamkan orang lain, membuatnya memiliki keberanian untuk berbicara terus terang kepada temannya. ”Nggak peduli itu cowok atau cewek, pokoknya kalau menurutku itu salah dan sudah keterlaluan harus aku tegur. Apalagi dalam organisasi pramuka, sikap terbuka itu diperlukan banget. Di sisi lain kan juga bisa melatih mental kita juga, siap nggak sih kita diberi masukan yang

seperti itu,” cakapnya. Lebih dari itu, ia mengaku memberi kritikan yang membangun itu penting. Sementara itu, anak kedua dari tiga bersaudara ini mengatakan kalau dirinya selalu mencerna kritikan yang dilontarkan oleh temannya. ”Memang sudah kebiasaan sejak kecil, kalau ada yang ngasi’ komentar apapun itu sebelum aku terima, selalu aku pikirkan dulu sejenak. Dan aku cari tahu dulu apa memang saya pantas dikritik seperti itu. Soalnya aku takut kalau terjadi salah paham. Mungkin maksudku itu yang

begini tapi teman-teman menganggapnya berbeda,” ujarnya. Berbicara mengenai cara menyampaikan kritikan, dara kelahiaran Sampit 15 Juli ini mengaku lebih suka mengutarakan secara empat mata. karena dengan demikian, ia merasa lebih tersampaikan dan lebih dimengerti daripada berbicara di depan orang banyak. ”Jujur saja, aku lebih baik diberi masukan oleh teman sendiri daripada dengan guru. Karena teman sendiri itu lebih mengerti aku secara keseluruhan. Sedangkan guru kan hanya sebatas umunya saja,” tutupnya. (*/nda)

”NAMANYA juga dalam berteman pasti ada saja masalah. Maklumlah masih SMP jadi kalau dalam berbicara, biasanya kita agak nggak sopan hehehe... apalagi kalau terbawa emosi, wah makin nggak terkendali kalau marah. Tapi sebagai teman yang peduli, aku sih biasa menegur teman yang sudah kelewatan kalau bicara. Begitu juga sebaliknya, kalau aku yang nggak sadar sudah keterlaluan, teman-temanlah yang mengingatkan aku. Rasanya itu menyenangkan kalau sudah begitu. Kita juga bisa lebih akrab satu sama lain.”(*/nda) REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI


12

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

TK TUNAS RIMBA

Belajar Angklung dengan Notasi Warna MALANG – Musik memiliki peran yang sangat besar untuk perkembangan kecerdasan anak. Baik memainkan atau sekadar mendengarkannya, akan berpengaruh pada kecepatan daya serapnya terhadap pelajaran maupun hal-hal sekitar. Akan tetapi, mendidik siswa yang usianya tak lebh dari lima tahun untuk bermain musik, bukan perkara yang mudah. Meski begitu, tidak mustahil pula hal itu untuk diwujudkan. Misalnya TK Tunas Rimba yang mewadahi minat dan potensi bermusik siswanya dengan ekskul angklung. Di sekolah tersebut, kesulitan dalam menjelaskan not-not balok musik kepada siswa disiasati dengan cara yang unik dan kreatif. Eny Dwi Renata “Setidaknya satu kali dalam seminggu, siswa belajar angklung. Dengan teknik kami yaitu menggunakan notasi warna, frekuensi itu cukup untuk untuk siswa,” tutur Kepala TK Tunas Rimba, Eny Dwi Renata S Pd. Lebih lanjut, Eny menjelaskan, tujuh notasi musik, dore-mi-fa-sol-la-si, diberi warna-warna yang berbeda pada masing-masing notasi. Sehingga, siswa tidak harus belajar layaknya orang dewasa. Mereka hanya perlu mengingat warna-warna yang diintruksikan oleh pelatih. “Apa lagi, siswa TK belum bisa membaca dengan cepat. Sedangkan untuk mengingat warna, sensorik mereka sudah bisa bekerja cepat,” terang wanita berhijab tersebut seraya tersenyum. Rupanya, upaya tersebut tidak sia-sia. Dalam waktu yang relatif lebih singkat dibanding metode klasik, siswa TK Tunas Rimba mulai dapat memainkan beberapa lagu sederhana. Dengan peralatan angklung lengkap yang dimiliki sekolah, siswa tak jarang meminta tambahan jam latihan. Eny memaparkan, metode yang menyenangkan merangsang minat siswa terhadap musik menjadi semakin meningkat. Tidak mustahil jika selanjutnya ekskul musik akan ditambah dan merambah jenis-jenil alat musik lain. “Meski pelatih kita dari guru TK Tunas Rimba sendiri, dengan metode yang kreatif dan latihan yang rutin, siswa dapat bermain dengan baik,” tutur wanita berkulit putih tersebut. (ily/nda)

LINTAS PENDIDIKAN

UM Genjot Program Wirausaha Mahasiswa

LAILI SALIMAH/MALANG POST

KOMPREHENSIF: Dengan mengaitkan sebuah kejadian dengan banyak materi pelajaran, pemahaman siswa SMPN 1 Malang lebih komprehensif.

PROF. DR. SUPARNO

MALANG - Walaupun tidak mengukuhkan sebagai entrepreneurial university, Universitas Negeri Malang (UM) cukup getol menggenjot program kewirausahaan bagi mahasiswanya. Rektor UM, Prof. Dr. Suparno menegaskan mental wirausaha perlu terus dibangun supaya alumni tidak hanya menjadi pencari kerja tapi harus menjadi pencipta lapangan kerja. “Walaupun tidak menjadi entrepreneurial university tapi wawasan tentang itu harus dibangun,” ungkap Suparno kepada Malang Post. Penguatan karakter wirausaha menjadi program penting di UM, baik melalui kegiatan pelatihan maupun program nyata seperti job fair. Dalam kegiatan job fair biasanya hadir berbagai perusahaan besar yang bergarak diberbagai

bidang usaha. Tidak hanya sekadar menyediakan peluang kerja saja, tapi mahasiswa bisa belajar karakteristik perusahaan dan potensi bisnisnya. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa, lanjutnya juga menjadi bagian penting dari pembelajaran wirausaha. Berbagai program pelatihan diberikan untuk memberi bekal kepada mahasiswa yang memiliki potensi kewirausahaan. Selain itu kehadiran sejumlah unit bisnis seperti Gedung Graha Cakrawala juga menjadi ikon yang diharapkan bisa membentuk karakter mahasiswa. “Tidak harus semua mahasiswa berjiwa wirausaha, tapi yang potensial sudah dapat perhatian melalui program-program kampus,” ujarnya. Yang jauh lebih penting lagi menurutnya mengubah kultur mahasiswa

dari kebiasaan konsumtif menjadi orang yang produktif. ”Di Indonesia ini banyak orang kaya tetapi sedikit menjadi pelaku usaha, mereka lebih suka menyimpan uang di deposito karena tidak berani berspekulasi,” tukasnya. Jumlah wirausaha di Indonesia disebutnya baru 2 persen, sementara di Malaysia mencapai 8 persen dan Singapura 15 persen. Dampaknya di Indonesia jumlah pengangguran tinggi. Lebih jauh Suparno menegaskan program kewirausahaan merupakan skema nasional dan merupakan kebijakan kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). Kewirausahaan diharapkan dapat menjadi salah satu program pembekalan terhadap alumni, dan UM memiliki kapasitas yang cukup untuk melaksanakan program tersebut. (oci/nda)

Petik Banyak Pelajaran

DARI SEBUTIR PADI MALANG - Untuk memunculkan satu butir beras yang menjadi kebutuhan primer manusia, ada banyak tahap perjuangan yang harus dilalui oleh petani. Dari perjuangan tersebut, banyak pula pelajaran berharga yang dapat dipetik. Demikian yang selalu menjadi landasan setiap kegiatan yang dilaksanakan di SMPN 1 Malang. Seperti yang diungkapkan Kepala SMPN 1 Malang, Drs Bambang Widarsono M Pd kepada Malang Post, bahwa di sekolah yang tergolong favorit di Kota Malang ini, pelajaran berharga dapat dipetik dari mana pun. Menurut Bambang, dalam setiap out-

ing class di sekolah tersebut, tidak jarang ia meminta siswa untuk berhenti sejenak, lalu mentafakuri hal-hal sederhana yang ada di sekeliling. “Seperi nasi yang kita makan, jika ditelaah ke belakang, nasi itu pernah menjadi sebutir beras, lalu tumbuh di lahan yang sebelumnya sudah digemburkan dengan menghabiskan tenaga. Dengan perawatan, disiangi, dipupuk dan diairi, sebutir beras menghasilkan beberapa tangkai padi untuk ditanak dan dimakan manusia,” terang Bambang panjang lebar. Dari proses tersebut, Bambang membiaskan penjelasan tentang ekonomi, pendidikan karakter, biologi, dan

geografi. Dengan begitu, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran akan lebih komprehensif. Siswa dapat mengaitkan sebuah kejadian dengan kejadian lainnya secara runtut dan mengambil pelajaran berharga dari proses tersebut. “Bagaimana petani menjual hasil panennya, bagaimana petani menyesuaikan kecocokan tanah lahan dengan tanaman yang akan dibibit, serta bagaimana proses pertumbuhan tanaman, yang merupakan materi mapel ekonomi, geografi, dan biologi dapat dijelaskan sekaligus,” tutur Bambang. Di samping itu, untuk menaati pendidi-

kan karakter yang menjadi amanat utama Kurikulum 2013, penjelasan tentang pribadi mulia tidak pernah dilewatkan. Hal itu lah yang selalu diimbaukan oleh bambang kepada guru-guru SMPN 1 Malang. Pendidikan karakter, menurut Bambang, diberikan dalam porsi yang lebih besar pada siswa SMP dibanding siswa SMA atau mahasiswa. “Idealnya, perbandingan materi akademik dan materi karakter adalah 10 persen banding 90 persen untuk siswa SD, 30 persen banding 70 persen untuk siswa SMP, dan 50 persen banding 50 persen untuk siswa SMA,” tandas pria ramah ini seraya mengakhiri perbincangan. (ily/nda)

IST/MALANG POST

Jamin Keberlangsungan Layanan Pendidikan JAKARTA - Sejak tahun 2011, pemerintah mulai menyisihkan sebagian dari 20 persen dana APBN yang dialokasikan untuk sektor pendidikan. Dana yang disisihkan dari APBN untuk pendidikan tersebut dikelola dalam bentuk Dana Pengembangan Pendidikan Nasional. Dana ini digunakan untuk menjamin keberlangsungan pembangunan dan layanan pendidikan. Demikian dijelaskan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Ainun Na’im, saat memberikan sambutan pada penandatanganan Perjanjian Pendanaan Riset Pembangunan Indonesia dan Pendanaan Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta. “Skema pengelolaan dana dikelola dalam bentuk pengelolaan BLU (Badan Layanan Umum),” ujar Ainun Naim. BLU yang dimaksud adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Secara administratif, BLU LPDP berada di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Akan tetapi manajemennya (direksi, dewan pengawas, dan dewan penyantun) merupakan perpaduan antara pejabat Kemenkeu, Kemdikbud, dan Kementerian Agama. Ainun Na’im yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas LPDP mengatakan, Dana Pengembangan Pendidikan Nasional yang dikelola LPDP digunakan untuk programprogram yang sifatnya fleksibel, misalnya yang memerlukan reaksi cepat untuk diselesaikan, seperti rehabilitasi fasilitas pendidikan akibat bencana alam. Sedangkan untuk program penelitian, difokuskan pada penelitian di bidang energi dan ketahanan pangan. Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo mengatakan, hingga saat ini LPDP telah menerima 595 proposal penelitian. “Yang lolos seleksi administrasi sebanyak 325, yang lolos secara substansi ada 40, yang sudah dan akan ditandatangani ada tujuh,” jelasnya di kesempatan yang sama. Tujuh proposal penelitian atau riset yang telah disetujui tersebut berasal dari empat perguruan tinggi negeri. Dua proposal riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga proposal riset dari Institut Pertanian Bogor (IPB), satu proposal riset dari Universitas Sebelas Maret, dan satu proposal riset dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Sesjen Kemdikbud Ainun Na’im menjadi saksi penandatanganan Perjanjian Pendanaan Riset Pembangunan Indonesia dan Pendanaan Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan yang dilakukan Dirut LPDP dengan ITB dan Bupati Aceh Tengah serta Bupati Bener Meriah. Penandatanganganan berlangsung di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta. ITB mendapat dana penelitian sebesar Rp 1,2 miliar untuk penelitian Pengembangan Purwarupa Sistem Penggerak dan Motor Listrik untuk Mobil Listrik Nasional dan Rp 1,2 miliar untuk penelitian Pengembangan Purwarupa Sistem Penyedia Energi Listrik pada Mobil Listrik Nasional. Sedangkan untuk bantuan dana rehabilitasi fasilitas pendidikan akibat bencana alam, Pemkab Aceh Tengah mendapat bantuan dana sebesar Rp 4,4 miliar, dan Pemkab Bener Meriah sebesar Rp 2 miliar. (net/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

GIAT: Siswa SMK Bina Cendika YPK dalam sebuah event kewirausahaan. MALANG – Satu lagi gebrakan dapat menikmati bubur sumsum aneka yang dilakukan SMK Bina Cendika rasa hasil produksi siswa di sekolah YPK untuk membangun kemandirian yang berlokasi di Jalan Semeru tersesiswanya. Tak lama lagi, masyarakat but. Hal ini diungkapkan oleh Kepala

SMK Bina Cendika YPK, Dra Maria Erin Ernawati, kepada Malang Post. Menurut wanita ramah bermata sipit tersebut, produksi bubur sumsum tersebut akan dimulai dalam waktu dekat. Siswa dan guru pembina untuk mendampingi produksi hingga pemasarannya pun sudah ditunjuk oleh Erin. “Untuk resepnya, kami tidak mau sembarangan. Meskipun hanya bubur sumsum, kami meracik bumbu yang khas agar sejak awal penjualan sudah mempunyai trademark yang paten di lidah pembeli. Sehingga nantinya, bubur sumsum produksi siswa SMK Bina Cendika YPK tidak sama dengan yang dijual di pasaran,” terang wanita berkulit putih tersebut. Apa lagi, Erin menambahkan, SMK Bina Cendika YPK adalah sekolah perhotelan yang sudah dikenal matang di bidang pariwisata termasuk tata boga. Sebagai siswa sekolah berbasis kewirausahaan, siswa sekolah tersebut tidak mau memasarkan produk sebatas dengan cara konvensional saja. Untuk menguasai mangsa pasar yang lebih luas, siswa sudah

mendesain website khusus untuk lapak hasil produksi mereka di dunia maya. “Dengan pemasaran di dunia maya, siswa dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas sekaligus dapat mempraktikkan materi yang mereka peroleh dari guru di sekolah tentang dunia IT. Namun di samping itu kami juga memasarkan secara offline untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat sekitar,” tutur Erin. Prospek ke depannya, Erin memproyeksikan kesuksesan pemasaran produk sebagai tambahan dana belajar siswa SMK Bina Cendika YPK, baik untuk pembelian alat tulis maupun uang jajan mereka. “Semua program wirausaha di SMK Bina Cendika YPK ditujukan untuk kemandirian siswa dan membekali mereka untuk terjun ke masyarakat. Tidak semua orang berpendidikan dapat diterima di dunia kerja, tapi kami percaya bahwa semua orang dapat membuat lapangan kerja. Tentunya dengan keahlian dan kesungguhan dalam usahanya,” tandas Erin lantas tersenyum. (ily/nda)

Siapkan Sertifikat Profesi Pariwisata dan Perhotelan MALANG - Universitas Merdeka (Unmer) Malang menyiapkan sertifikasi profesi untuk program studi (Prodi) Pariwisata dan Perhotelan. Menyusul suksesnya LSP Manajemen Wirausaha dan Produktivitas Indonesia Unmer Malang meraih lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diberikan tepat pada perayaan Diesnatalis ke-50 Unmer Malang beberapa waktu lalu. Rektor Unmer Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi kepada Malang Post menuturkan setelah mendapatkan lisensi dari BNSP, Prodi Pariwisata dan Perhotelan akan memiliki kewenangan memberikan sertifikat profesi untuk tiap-tiap keahlian yang dikuasai mahasiswa. ”Sertifikat tersebut tidak harus diperoleh di akhir studi, tapi pada tiap semester sangat dimungkinkan bisa diperoleh mahasiswa,” ungkap Anwar. Karena peluang memperoleh sertifikat yang cukup besar itulah maka lulusan prodi ini akan mengantongi banyak sertifikat saat lulus. Sehingga bekal mereka untuk mencari kerja tak hanya mengandalkan ijazah saja, tapi berbagai kompetensi yang diajarkan selama studi bisa dipakai juga. Karena lisensi dari BNSP, maka otomatis pengakuan sertifikat tersebut pun tak hanya di level nasional tapi juga internasional. ”Sertifikat profesi ini penting sekali apalagi di bidang pariwisata peluangnya tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri,” tegasnya. Pria asal Situbondo ini mencontohkan kebutuhan tenaga chef di luar negeri saat ini mencapai 16 ribu orang. Sertifikat profesi yang berlisensi menjadi poin unggulan bagi Unmer Malang untuk bersaing di era global. Rektor Unmer menargetkan dalam jangka tiga bulan ke depan bisa menyiapkan proses lisensi bagi Prodi Pariwisata dan Perhotelan. Ke depan semua prodi harus memiliki lisensi sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing. Sementara itu beberapa waktu lalu BNSP memutuskan untuk memberikan izin operasional kepada LSP Manajemen Wirausaha dan Produktivitas Indonesia. Surat Keputusan BNSP tertanggal 19 Desember 2013 ini diserahkan langsung oleh Kepala BNSP Dr. Adjat Darajat, M.Si kepada rektor Unmer Malang Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE, M.Si yang juga merupakan Dewan Pendiri LSP MWPI. Upacara penyerahan SK yang berlangsung Sabtu, 21 Desember 2013 di ruang rapat kantor pusat Unmer Malang ini disaksikan oleh para pejabat struktural Unmer Malang, pengurus LSP MWPI dan tamu undangan dari Disnakertransuk Propinsi Jawa Timur. Keberadaan lembaga independen yang berkantor di Unmer Malang ini, lanjut rektor, menunjukkan komitmen lembaga terhadap pengembangan kewirausahaan yang telah dijadikan sebagai Pola Ilmiah Pokok Unmer Malang semenjak tahun 1991. (oci/nda)

Beasiswa StuNed ke Belanda Dibuka!

Bangun Kemandirian Siswa, Produksi Bubur Sumsum

MOU: Ainun Na’im, saat penandatanganan Perjanjian Pendanaan Riset Pembangunan Indonesia dan Pendanaan Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan di Graha Utama Kemdikbud Jakarta.

UNMER

LINTAS PENDIDIKAN

SMK Bina Cendika YPK IST/MALANG POST

13

LAYANAN: Kegiatan layanan papsmear gratis yang digelar untuk warga sekitar beberapa waktu lalu.

Waego: Bidan yang Berhasil, Pandai Berkomunikasi dengan Masyarakat MALANG - Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara (WHN) mengagendakan kegiatan bagi mahasiswa yang bersifat memasyarakat. Salah satunya adalah kegiatan layanan papsmear gratis untuk warga sekitar yang dilaksanakan akhir pekan lalu. Selain itu WHN juga sedang menyiapkan program khusus untuk orang lanjut usia (lansia). Presiden Komisaris WHN, Prof. Dr. Waego Hadi Nugroho kepada Malang Post mengungkapkan kegiatan yang berdampak pada masyarakat perlu diperbesar sehingga bidan terbiasa melayani dengan baik. ”Kegiatan yang membawa dampak besar

bagi masyarakat perlu dibangun dan melibatkan mahasiswa agar mengasah komunikasi dan empati kepada orang lain,” ungkap Waego. Guru Besar Universitas Brawijaya (UB) ini menegaskan keberhasilan seorang bidan dalam pendidikannya tidak hanya melulu pada bidang akademik. Tetapi justru bidan yang berhasil adalah yang pandai berkomunikasi dengan masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat perlu dilakukan dengan melibatkan mahasiswa secara aktif. Saat kegiatan papsmear misalnya, mereka terlibat mulai dari mencari calon pasien hingga membantu memeriksa kesehatan ibu. kegiatan yang

dilaksanakan bertepatan pada perayaan hari ibu ini melibatkan lima orang bidan praktik baik dari alumni maupun dosen WHN. Dalam kegiatan tersebut sebanyak 78 perempuan dari sekitar kampus menikmati layanan pemeriksaan gratis itu. ”Biasanya perempuan enggan melakukan pemeriksaan papsmear karena biaya dan yang lainnya, karena itu kami sosialisasikan dan berikan layanan gratis ini,” bebernya. Program baru yang disiapkan kedepan adalah pendampingan lansia. Konsepnya mahasiswa kebidanan WHN akan turun ke masyarakat untuk mencari lansia terlantar. Kedatangan mereka diharapkan

memberikan semangat baru terutama pada orang tua yang terlantar atau punya keluarga tapi minim perhatian. ”Mahasiswa akan datang sekadar memberikan senyuman dan sedikit hadiah untuk para lansia, dan ini akan menjadi hal membahagiakan bagi mereka,” ujarnya. Kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya lansia ini rencananya akan dilaksanakan di Kota Batu. WHN dan Pemkot Batu sudah memiliki kerjasama yang bagus sehingga tidak akan sulit mencari lokasi kegiatan tersebut. Yang terpenting lanjut Waego, mahasiswa perlu dibiasakan melakukan hal positif di luar kegiatan kuliahnya, sehingga yang dipikirkan tidak sekadar mengejar nilai saja. (oci/nda)

JAKARTA - Nuffic Neso Indonesia secara resmi membuka aplikasi program beasiswa StuNed (Studeren in Nederland) untuk tahun akademik 2014. StuNed merupakan program beasiswa bilateral dari Pemerintah Belanda kepada masyarakat Indonesia, khususnya bagi para profesional tingkat madya. Beasiswa StuNed menawarkan tiga jenis program beasiswa, meliputi program Master (deadline 15 Maret), Short Course (deadline 1 Maret, 1 September, dan 1 Oktober), dan Tailor-Made Training (deadline 1 Maret). Ada 5 bidang yang diprioritaskan untuk beasiswa ini, yaitu manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economy sector), sektor yudisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights). Beasiswa ini sudah ada sejak tahun 2000. “Setiap tahun StuNed rata-rata memberikan beasiswa penuh untuk 250 pelamar beasiswa. Program beasiswa ini bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia,” kata Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia. Mervin mengatakan, banyak hal ditawarkan oleh Belanda untuk mahasiswa Indonesia. Saat ini, ada lebih dari 1.800 program studi berbahasa Inggris di Belanda. “Masyarakat Belanda juga sangat terbuka terhadap kebudayaan dan bahasa asing,” ujarnya. Sayuta Senobua, salah satu alumnus beasiswa StuNed, menyatakan bahwa beasiswa yang ia terima pada 2011 lalu membawa manfaat besar bagi dirinya dan institusi tempatnya bekerja di Kementerian Perhubungan. Senobua adalah salah satu peraih beasiswa studi di Delft University of Technology untuk program studi Engineering and Policy Analysis. “Beasiswa ini memberikan nilai tambah untuk saya dalam banyak hal, terutama menambah pengetahuan akademik dan profesional. Saya juga dapat mengembangkan diri melalui pengalaman yang saya terima di Belanda,” ujar Senobua. (kom/nda)

Seminar Hasil Lesson Study Tahun III-JPMIPA FKIP UMM Siswa SMPN 4 Malang, Almyra Gazka Fiorenza, Piawai Mainkan Bonang

Raih Nominasi Terbaik FLSSN, Kalahkan Dominasi Pria Tidak banyak musisi wanita yang mampu memainkan alat musik tradisional bonang. Di Kota Malang, alat musik pukul ini umumnya dikuasai oleh lelaki dewasa yang sudah matang di dunia musik tradisional. Namun Almyra Gazka Fiorenza termasuk pengecualian. Dengan keahliannya memainkan bonang, gadis berkulit putih ini mampu membanggakan Kota Malang di ajang seni bergengsi skala Jawa Timur, Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) di Surabaya beberapa waktu lalu. Di Kota Malang pun, namanya banyak dikenal bahkan tidak hanya sebagai pemain bonang, tapi juga sebagai penyanyi tradisional. SMPN 4 Malang layak bangga terhadap prestasi salah satu siswanya di bidang seni musik tradisional. Almyra Gazka Fiorenza, siswa kelas IX di sekolah tersebut meraih nominasi pemain musik terbaik pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN). Gadis manis berambut panjang ini berhasil membius penonton dan juri di event seni terbesar tersebut dengan

permainan alat musik tradisional bonang yang mendominasi di antara bunyi musik lainnya. Rupanya, bakat seni yang dimiliki Fio, sapaan akrab Almyra Gazka Fiorenza, mengalir dari ayahnya, Agung Rusliyono dan ibu tercinta, Fitri Sahara. Ayah dan ibunya adalah penyanyi dan penari berbakat yang mewariskan darah seninya kepada sang putri. “Kali pertama bermain bonang saat kelas VII SMPN 4 Malang dan dikembangkan di Paguyuban Peminat Seni dan Tradisi (PPST),” ungkap Fio saat ditemui Malang Post di sekolahnya. Dengan kemampuannya tersebut, tidak heran jika Fio menjadi andalan sekolah pada event-event penting yang diadakan sekolah. Menurut Fio, hal itu adalah wujud kebanggaan dan apresiasi sekolah atas potensi yang ia miliki. “Piala yang saya peroleh dari lomba-lomba memang dipersembahkan kepada sekolah sebagai rasa terimakasih karena sudah mewadahi bakat yang saya miliki,” ujar dara berusia 15 tahun ini. Dalam event FLSSN tersebut pun, Fio awalnya tidak menargetkan kemenangan. Ia melihat kemampuan pemain musik lainnya sangat bagus dan layak

menang. Namun rupanya, keunikan permainanya dan tingkat kesulitan alat musik bonang yang ia kuasai dengan nyaris sempurna mengantarkan Fio menjadi pemain musik terbaik pada ajang tahunan tersebut. “Memang saat ini sulit sekali pemain bonang perempuan. Biasanya cewek lebih dominan di seni tari atau nyanyi,” ungkapnya. Lebih lanjut Fio menuturkan bahwa dalam memainkan alat musik tradisional tersebut, Fio mengaku tidak banyak mengalami banyak kesulitan. Apalagi, dengan pelatih yang sabar di sanggar PPST, ia mengatakan bahwa kemampuannya dapat diasah dengan optimal dan mengalami kemajuan signifikan setiap waktu. “Kesulitan kecil, biasanya hanya dalam penguasaan melodi atau tempo yang cepat. Tapi itu pun masih dapat dilatih,” jelasnya. Selanjutnya Fio memaparkan depannya ia ingin terus mengasah kemampuan seninya dengan melanjutkan pendidikan di sekolah yang searah dengan bisang seni dan tradisi. “Seni tradisi Indonesia yang begitu kaya dan beragam jangan sampai musnah. Di sinilah tugas kita sebagai pemuda untuk menjaganya tetap lestari,” pungkasnya. (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

PRESTASI: Almyra Gazka Fiorenza mengaku bakat seninya mengalir deras dari kedua orang tuanya.

Jadi Barometer Kualitas di Kampus dan Sekolah MALANG - Jurusan Pendidikan MIPA (Prodi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang melalui program Lesson Study sukses membawa perubahan di sejumlah sekolah. Implementasi program lesson study tahun ke 3 telah berhasil mendorong sekolah mitra di Malang Raya melaksanakan leson study berbasis sekolah serta melahirkan komunitas belajar. Hal tersebut terkuak dalam gelaran seminar hasil lesson study yang digelar JPMIPA FKIP UMM, (25/12/13). “Lesson Study di JPMIPA FKIP telah memasuki masa ekspansi, setelah sukses memperluas implementasi ke jurusan Non MIPA di lingkungan FKIP kini merambah ke sekolah mitra di Malang Raya,” ungkap Dekan FKIP UMM, Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes kepada Malang Post. Seminar hasil lesson study ini menjadi barometer kualitas pembelajaran di kampus dan di sekolah dengan mewujudkan proses belajar mengajar yang bertanggung jawab. Pengendalian mutu pembelajaran yang sebenar benarnya adalah dilakukan dengan mengimplementasikan Lesson Study di kampus maupun berbasis sekolah. Lesson study adalah bagian integral dari penjaminan mutu sebab didalamnya dibangun komunitas belajar yang sangat mengedepankan iklim keterbukaan dan pen-

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

guatan inovasi pembelajaran. Komitmen yang kuat untuk membangun komunitas belajar dengan memperluas implementasi Lesson Study kini diarahkan ke sekolah mitra. Perluasan ini dilakukan kepada jurusan Non MIPA dan sekolah mitra. JPMIPA juga mempelopori terbentuknya komunitas belajar untuk perguruan tinggi dan sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur. Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi dan workshop yang telah melibatkan Universitas Muhammadiyah se Jawa Timur dan sekolah mitra se Malang Raya pada awal tahun 2013 yang lalu, pada akhir tahun 2013 ini melaksanakan seminar hasil. Seminar hasil implementasi lesson study ini menghadirkan Pembina LS Nasional, DR. Ibrohim, MSi. dari Direktorat BELMAWA Dikti. Pada seminar hasil lesson study ini, panitia memberikan kesempatan kepada 15 presenter yang mewakili 95 tim dosen JPMIPA dan 35 guru dari sekolah mitra yang teribat dalam implementasi lesson study selama tahun 2013. Salah satu hasil iplementasi lesson study di JPMIPA adalah pada matakuliah embriologi dan perkembangan hewan yang diampu oleh DR. Rr. Eko Susetyorini, M.Si, dan team mata kuliahnya. Hasil implementasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa meningkat tajam dibandingkan dengan sebelum diimplementasikan lesson

IST/MALANG POST

SERIUS: Seminar Hasil Lesson Study Tahun III-JPMIPA FKIP UMM yang berlangsung kemarin. study. Pada matakuliah sumber belajar dan tasi lesson study yang dilakukan pada mata media pembelajaran yang diampu oleh DR. pelajaran biologi yang dibina oleh Dra. Sri Yuni Pantiwati, M.Pd., kemampuan berpikir Subekti, M.Pd. dari SMA Negeri 2 Batu kritis menjadi fokus yang diamati dan diikuti berhasil meningkatkan ketrampilan sains perkembangannya selama implementasi les- peserta didiknya. Ketrampilan sains yang son study. Tim matakuliah ini melaporkan menjadi focus dalam pelajaran biologi ini bahwa kemampuan berfikir kritis pada maha- sesuai dengan misi kurikulum 2013 yang siswa menunjukkan terjadinya peningkatan menekankan pada pembelajaran dengan yang menggembirakan. pendekatan saintific approach. Ketrampilan Di salah satu sekolah mitra, implemen- dasar sains meliputi melakukan observasi,

mengumpulkan data, mengorganisasikan data maupun ketrampilan lanjut meliputi menganalisis, mensintesis dan menyimpulkan pada peserta didik menunjukkan peningkatan. Pionerisasi UMM dalam lesson study telah diakui di tingkat nasional. Kini saatnya FKIP UMM berpartisipasi aktif untuk menciptakan komunitas belajar dikalangan PTM dan sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur. Ketua pelaksana Lesson Study FKIP UMM Dra. Sri Wahyuni, M.Kes. menyatakan bahwa Lesson Study diyakini sebagai pembinaan profesi yang dilakukan secara kolegial dan berkesinambungan. Pembinaan profesi ini utamanya terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan melalui kegiatan Plan, Do dan See secara terbuka. Ketua tim Pembina LS FKIP UMM Drs. Nurwidodo, M.Kes menegaskan Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui peng¬kajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study menegakkan Iklim keterbukaan dalam pembelajaran. Iklim keterbukaan ini memungkinkan terimplementasikannya tanggung jawab profesi yang harus selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar yang efektif dan menyenangkan. (oci/sir/nda)


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Sehat Praktis dengan

Infused Water

JIKA Anda pengguna Instagram, istilah infused water ini tidak akan asing di telinga. Banyak Instagrammer yang menshare infused water mereka hari ini. Dari penampilannya, infused water ini sangat menggiurkan. Dengan isian berbagai macam buah yang dikreasikan dalam satu botol atau gelas, nampaknya hidup sehat adalah tren yang akan semakin berkembang. Adalah infused water atau spa water, air putih yang dicampurkan dengan berbagai macam kombinasi buah. Ini bukan es buah seperti yang Anda bayangkan, ini adalah satu minuman menyegarkan yang bisa jadi alternatif pelengkap air putih di hari-hari Anda. Yang unik adalah infused water tidak memiliki resep paten, Anda bisa memasukkan buah apapun kesukaan Anda. Namun, memang ada beberapa resep yang sudah pasti oke untuk dicoba.

14

Serba Jeruk Segarkan Kulit INFUSED water sudah cukup populer sejak beberapa waktu yang lalu. Tren hidup sehat ini mengombinasikan berbagai macam buah yang dicampur dengan air putih dan disimpan selama beberapa waktu sehingga sari buahnya bisa memberikan efek segar pada tubuh. Infused water ini juga berguna sebagai detoks yang akan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Aneka buah jeruk sendiri fungsinya dapat membersihkan tubuh dan mengusir bakteri jahat dari dalam tubuh. Hasilnya bisa terlihat di wajah Anda yang lebih segar. Membuatnya tidak susah kok, Anda hanya perlu mengumpulkan lemon, jeruk manis dan jeruk nipis. Ikuti saja langkah-langkah berikut: • Cuci bersih satu buah jeruk nipis, jeruk manis dan jeruk lemon. • Potong-potong tipis, dan tidak perlu dikupas kulitnya. • Masukkan ke dalam toples kaca, kemudian dengan menggunakan sendok kayu sedikit ditekan-tekan sehingga air sarinya keluar. • Masukkan es batu ke dalam toples, kemudian tutup rapat. Simpan di lemari es dan biarkan sarinya bercampur dengan es batu tersebut. • Setelah esnya mencair dan bersatu dengan sari jeruk, Anda bisa meminumnya. • Biasanya ramuan ini tahan untuk 24 jam ke depan. Lebih baik jangan disimpan terlalu lama agar efek kesegarannya tidak hilang. Ramuan indused water tersebut bisa Anda nikmati setidaknya seminggu sekali untuk mendetoks tubuhAnda. Rasakan kesegarannya terutama di kulit Anda. Selamat mencoba. (vem/nda)

SEGAR: Gaya hidup minum infused water sudah banyak diterapkan masyarakat di kota besar karena sudah terbukti menyehatkan dan menyegarkan tubuh.

Apa sih manfaat Infused water? Karena mencampurkan air putih dengan buah-buah, ini dipercaya sari-sari dari buah akan keluar dan memberikan efek segar karena infused water harus melalui proses ‘pendiaman’ selama beberapa jam. Untuk infused water dengan bahan buah lemon bisa berguna untuk detoksifikasi. Bagaimana cara dasar infused water? Membuat infused water ini terbilang cukup mudah. Anda cukup memilih buah atau herb yang akan dimix, kemudian memotongnya. Perbandingannya adalah 5 hingga 10 buah untuk 100 ml air. Jika rasa dasar dari buah adalah masam, Anda bisa menambahkan dengan sedikit gula. Gula untuk diet bagus untuk Anda yang sedang diet. Kemudian, setelah semua sudah dimasukkan ke dalam tumblr atau botol,Anda harus menutup wadah tersebut dan memasukkannya ke dalam lemari es selama kurang lebih 2 jam. Yang harus diingat adalah, setelah dipakai, buah sebaiknya langsung dibuang apalagi jika kondisi buah tidak lagi segar.

Buah apa saja yang bisa dipakai? Banyak jenis buah bisa saja dipakai walaupun tidak semua bisa diracik menjadi infused water. Beberapa jenis buah yang sering dipakai adalah stroberi, kiwi, lemon, jeruk, mangga, nanas, apel dan belimbing. Namun, yang pasti a adalah buah yang d dipakai untuk infused

water bukanlah buah manis melainkan buah dengan kategori acid. Apakah infused water tahan lama ? Ini tergantung dengan jenis buah apa yang dipakai. Biasanya, infused water akan dimasukkan ke dalam kulkas selama minimal 5 atau 6 jam dan beberapa buah bisa diisi ulang hingga pemakaian 24 jam.

Infused water bisa tahan dari 3 hingga 5 hari dan semua kembali tergantung pada buah yang dipakai. Beberapa campuran buah akan menghasilkan minuman yang tidak hanya menyegarkan tapi juga sehat. Cara membuatnya mudah, cocok diminum setiap hari untuk mengganti air putih biasa. Berminat untuk mencobanya? (vem/nda)

Sandra Dewi

Green Green Te Tea, Mint, Lime: Fat Burning, Digestion, Headaches, Congestion and Breath Freshener.

(2)

Strawberry, Kiwi: Cardiovascular Health, Immune System Protection, Blood Sugar Regulation, Digestion.

(3)

Cucumber, Lime, Lemon: Water Weight Management, Bloating, Appetite Control, Hydration, Digestion.

(4)

Lemon, Lime, Orange: Digestion Vitamin C, Immune Defense, Heartburn.

Putus Cinta, Karir Meroket ARTIS cantik Bella Sophie mengaku mengambil hikmah dari kandasnya hubungan spesialnya dengan Adjie Pangestu. Karirnya yang meroket di tahun 2013 ini menurutnya tak lepas dari kisah cintanya dengan mantan suami Annisa Trihapsari itu. “Bella puas dengan yang dicapai sekarang. Bella nggakmenghilangkan kebaikan mas Adjie yang sudah melambungkan nama Bella juga ketika pacaran sama dia,” ujar Bella. Menyandang status single selepas hubungannya dengan Adjie Pangestu, nama Bella pun mencuat. Ia langsung dikontrak sejumlah film layar lebar bergenre horor, yakni “Misteri Rel Bintaro” dan “Sarang Hantu Jakarta”. “Ini kan juga profesionalisme saya di dunia akting. Meski Mas Adjie suka memberi motivasi Bella untuk terus berkarya,” ujarnya. Selain main film, Bella juga dikontrak sebuah label untuk merampungkan sejumlah single dan mini album. Katanya, prestasi tersebut adalah batu loncatannya di tahun 2014 mendatang. SebelumnyaBellaSophiedanAdjie menjadi sorotan karena terlibat konflik. Adjie menuding Bella memanfaatkannya untuk melambungkan namanya. B e l l a pun membantahnya. Bella menuturkan Adjie mengada-ngada dan tak gentleman. (one/ nda)

Buah-buah dasar yang digunakan untuk infused water serta kegunaanya: (1)) (1

Bella Sophie

Brad Pitt - Angelina Jolie

Liburan Natal di Australia

Pacaran dengan Pengusaha Kaya DI tengah keberangkatannya ke Amerika, Sandra Dewi mengaku jika dirinya sudah memiliki kekasih yang masih dirahasiakannya. Diakui Sandra, hubungan asmaranya jarang terungkap karena dirinya selalu berpacaran dengan pria dari kalangan biasa. “Belum lama, belum ada enam bulan. Bukan artis, aku enggak pernah berhubungan dengan sesama artis,” kata Sandra di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (25/12/2013). Untuk kali ini, dirinya merasa lebih nyaman menjalani hubungan. Selain seagama, mereka pun sudah merasa saling cocok. Belakangan ini, Sandra Dewi santer digosipkan berpacaran dengan Edgard Schwannedgard, pengusaha yang juga masuk daftar orang terkaya Indonesia nomor 125. “Aku kan kalau dikenalin sama orang, biasanya enam atau tujuh bulan baru suka. Tapi ini kok klik saja rasanya. Prinsip hidup dan agama sama. Pas ketemu juga klik,” ungkapnya bahagia. (oke/nda)

DI tengah kesibukannya membuat film baru, Angelina Jolie tetap meluangkan waktu berlibur bersama enam anaknya. Natal tahun ini, Jolie dan Brad Pitt beserta anakanaknya berlibur ke Australia. Jolie dan Pitt mengajak Maddox, Pax, Zahara, Shiloh, dan si kembar, Knox dan Vivienne berlibur dengan naik kapal boat di Queensland, Australia. Dalam foto yang beredar, keluarga itu sedang menikmati matahari saat berlayar dengan kapal. Dilansir dari USMagazine, Jolie dan Pitt tampak bersantai dengan anak-anak mereka, dan menikmati makanan ringan. Setelah itu, Pitt dan keluarga menghabiskan waktu di sebuah pantai. Tampak dalam foto Pitt bertelanjang dada sambil menikmati indahnya pemandangan. Kemudian Jolie terlihat mengenakan topi dan anak-anak mereka. Tahun ini, Pitt dan Jolie tak ingin menghabiskan waktu liburan

di rumah. “Mereka merayakan liburan di manapun mereka bekerja,” ungkap sumber. Seperti diketahui, beberapa bulan belakangan ini, Pitt dan Jolie tinggal terpisah. Pitt sedang syuting film di Inggris, sedang-

kan Jolie sedang menyutradarai film “Unbroken” di Australia. “Mereka bertemu sesering yang mereka inginkan,” ujar sumber. “Mereka tak ingin berlama-lama menghabiskan waktu terpisah,” ungkap sumber lagi. (one/nda)

Julia Perez //

Pilih Tahun Baru Bareng Gaston MOMEN tahun baru biasanya dimanfaatkan selebritis Indonesia untuk mengambil tawaran pekerjaan karena biasanya honor mereka berbeda dari hari biasanya. Namun untuk aktris seksi Julia Perez atau Jupe, ia lebih memilih menolak tawaran dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. “Ada tawaran banyak, tapi aku pingin kita bersama dengan keluarga, itu yang penting. Aku nggak ambil job, aku sama keluarga,” ujarnya saat dijumpai di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan. Menurutnya, soal rezeki masih bisa di-

cari. Jupe mengatakan jika ada tawaran, ia harus ke luar kota. Akhirnya ia lebih memilih di Jakarta bersama keluarga dan tunangannya, Gaston Castano. “Rezeki bisa dicari, tapi kebersamaan itu yang penting. Kalau aku ambil job harus ke luar kota, takut susah buat ketemu Gaston. Aku mengalah, aku yakin rezeki itu kalau kita mau cari pasti dapet,” lanjut Jupe. Ia pun tak tergiur dengan jumlah honor yang lebih besar dari biasanya. Pemain film ‘Gending Sriwijaya’ itu mengaku ikhlas dengan pilihannya. “Meski berlipat-lipat (bayarannya),

tapi ikhlasin saja. Saya lebih butuhkan kasih sayang, kebersamaan, sama yang saya cintai. Duit setelah itu baru nanti akan datang sendiri,” katanya. Jupe juga senang karena bisa bersama tunangannya saat pergantian tahun nanti. Menurutnya, momen kebersamaan dengan Gaston lebih berarti untuknya. “Spesial karena Gaston sama aku. Buat aku nggak diitung berapa lama kita berhubungan, kegantengannya dia, atau duit siapa yang lebih banyak. Buat aku dalam berhubungan itu seberapa besar dia pertahankan cinta ini,” tuturnya. (one/nda) REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

15

LINTAS KOTA WISATA BATU

M FIRMAN/MALANG POST

KONI: Didik Machmud (kanan) saat acara di Batu

KONI Percantik Lapangan Basket dan Voli

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

KEMASAN: Makanan dalam kemasan produksi SMK 1 Batu saat dipamerkan di Pusat Oleh-oleh Brawijaya, beberapa waktu lalu

SMK 1 Produksi Makanan Beku Bahan Baku Sayur dan Daging Baik untuk Bayi BATU – Siswa-siswa SMK di Kota Batu, semakin aktif mengembangan aneka produk. Setelah SMK 2 yang memproduksi minuman sari apel disusul SMK 3 memproduksi film, siswa SMK 1 pun tak mau kalah berkarya. Bahkan, siswa sekolah berlokasi di Jalan Bromo ini pilih memproduksi makanan beku dari aneka sayur. Makanan beku itu diberi nama Fozen, yang diambil dari Bahasa Inggris, frozen (membeku). Dengan begitu, produk makanan yang sedang dikembangkan

itu pun berbentuk makanan sudah dibekukan yang bahannya lebih banyak didominasi sayuran walaupun ada campuran daging. Makanan itu antara lain jenis fozen sayur, fozen wortel, fozen bakso, ikan hingga nugget. Untuk sementara masih dipasarkan tingkat intern sekolah itu. ‘’Makanan ini dikemas secara higienis tanpa pengawet. Makanya umur kemasan sangat terbatas, sehingga harus cepat-cepat dikonsumsi,’’ tegas Suprayitno, Kepala SMK 1 Kota Batu. Mantan Kepala SMA 2 Batu ini menambahkan, bahwa memproduksi makanan jenis itu merupakan kreatifitas siswa. Itu karena mereka juga diajari

berwirawasta, sehingga bisa membantu ketika mereka lulus di jenjang pendidikan tersebut. Bahkan, SMK 2 sudah bekerja sama dengan pihak luar, seperti perhotelan atau chef untuk memberikan pelajaran secara khusus. Produksi siswa SMK berupa fozen, juga sempat menarik perhatian Dewanti Rumpoko, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu. Dewanti mengetahui adanya produk itu, ketika siswa SMK 1 membuka pameran produk di Pusat Oleh-Oleh Brawijaya Batu, beberapa waktu lalu. Menurutnya, makanan dengan bahan dasar sayur dan daging sangat cocok untuk dikonsumsi bayi. Itu

karena, sayur dan daging merupakan makanan bergizi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi. ‘’Variasi olahan itu yang penting. Ba yi bisa saja tidak mau makan sa yur, tetapi dengan kemasan dan rasa yang lain, bayi bisa mau mengon sumsinya. Itu karena sayuran dan daging, merupakan komponen penting untuk untuk pertumbuhan bayi,’’ tegas Dewanti. Pihaknya bisa melihat seberapa banyak, produksi makanan dari siswa SMK 1 Batu itu. Jika produksi mencukupi, PKK bisa merekomendasikan kepada para ibu untuk menggunakan produk itu bagi makanan bayi.(feb/lyo)

120 Banser Bentengi Keamanan Natal

MISKI/MALANG POST

JAGA: Salah satu petugas Banser ikut mengamankan jalannya perayaan Natal di Gereja Immanuel kemarin. BATU - Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Batu ikut dikerahkan mengamankan gereja dalam

perayaan Natal tahun 2013 di kota sejuk ini. Jumlah yang dikerahkan, sebanyak 120 personel. “ Ada 120 personel

Banser, yang sudah disiagakan untuk pengamanan Natal tahun ini,” ujar Satkorcab Banser Kota Batu, Muchammad Suwito, Rabu (25/12). Pengamanan Natal itu, sudah sesuai instruksi GP Ansor Pusat. Sehingga Banser kota ini pun ikut terlibat dalam pengamanan di setiap gereja mendampingi petugas dari kepolisian maupun TNI. Rincinya, sebuah gereja disiagakan 6 personel Banser, dan untuk penagamanan Rabu kemarin ada 10 gereja yang melangsungkan perayaan Misa. Seperti terlihat di Gereja Katolik Gembala Baik dan Gereja Immanuel. Suwito menambahkan, tujuan Banser turun tak lain membantu aparat kepolisian, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat yang merayakan Natal. Selain itu, tidak ada niatan lain dalam pengamanan tersebut kecuali untuk meningkatkan toleransi antar umat agama. ”Murni ini demi kerukunan antar umat beragama, dan toleransi antar sesama,’’ ujar Suwito. Sedangkan pada perayaan tahun baru nanti, jumlah personel Banser yang

diterjunkan ditambah lagi menjadi 200 personel. Kesemuanya disebar sesuai hasil koordinasi dengan pihak kepolisian, antara lain menempati titik keramaian Alun-alun, jalan kembar (Sultan Agung) maupun Jalan Panderman. Dan sebagian lagi keliling memantau situasi setiap wilayah. Dewan Pengurus Harian Gereja Katolik Gembala Baik, Dirk Hermanto mengaku sangat terbantu sekaligus bersyukur karena dalam setiap perayaan Natal, ada ormas ikut terlibat pengamanan bersama apara kepolisian. ” Banser juga ikut serta dalam memberikan keamanan bagi kami, dan kami menyambut baik rasa toleransi yang ditunjukkan mereka,” kata Dirk, sapaan akrabnya. Miryam Trisnowati, Pendeta Gereja Abdi-el, juga bersyukur banyaknya personel pengamanan dalam Natal kali ini. ‘’Kami menyambut baik keterlibatan Banser dalam mengamankan jalannya perayaan Natal, dan ini ini sudah berlangsung beberapa tahun lalu,” aku Miryam.(mik/lyo)

Seni Budaya Marakkan Pergantian Tahun BATU - Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata, memastikan tetap menggelar seni tradisional di Alun-alun Kota Batu. Pasalnya, sempat ada wacana pada waktu bersamaan bakal dilangsungkan Dzikir Akbar Riyadhul Jannah, di halaman Masjid Agung Annur. “Saat tahun baru, banyak para wisatawan datang ke Kota Batu untuk merayakan pergantian tahun. Sehingga, kami tetap akan menggelar acara ini agar mereka tidak kecewa,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Hj Mistin. Ia mengakui, pagelaran tersebut tak lain untuk menyemarakkan tahun baru. Di sisi lain, juga mengenalkan kesenian itu kepada para pengunjung dan wisatawan dari luar kota. Menurutnya, mulai Kamis hari ini bakal digelar Tari Saman Gayuh dari mahasiswa Aceh. Dilanjutkan Wali Kota Eddy Rumpoko memberikan bantuan perlaratan seni. Kegiatan lain, orkes keroncong, Sanggar Karawitan Indonesia, dan seni beladiri Pencak Silat. Acara bukan hanya digelar di Alunalun saja, tetapi bakal dihelat di halaman

Dinas Perumahan berupa musik (band). Sedangkan di Gedung Kesenian mulai 29 hingga 31 Desember nanti, ada gebyar Reog dilanjutkan pagelaran wayang kulit pada malam harinya. Untuk seni tradisional di Alun-alun berlokasi di sebelah barat stroberi, yang menampilkan reog, jaran kepang, dan pencak silat SKI Keroncong. ”Untuk seni tradisional, digelar di sebelah barat Gedung Stroberi Alun-Alun. Dengan konsep membagi pertunjukan itu, tak lain untuk memecah pusat keramaian masyarakat sekaligus mengurangi kepadatan arus lalu lintas di malam tahun baru,’’papar Mistin. Sementara Dzikir Akbar, diselenggarakan pada 1 Januari. ”Riyadhul Jannah bersholawat, sedangkan wisatawan ingin merayakan pergantian tahun baru. Makanya agar keduanya bisa berjalan, maka hari pelaksanaannya dipisahkan,’’ tambahnya. Kasubag Humas Pemkot Batu, Sinal Abidin membenarkan dua pelaksanaan kegiatan di hari berbeda itu. ’’Dzikir Akbar bakal diikuti sekitar 15 ribu jamaah,’’papar Sinal Abidin.(mik/lyo)

BATU – Pengcab KONI Kota Batu berancang-ancang memperbaiki Lapangan Basket maupun bola voli di areal Stadion Brantas. Kondisi dua lapangan tersebut, memang belum banyak menunjang atlet-atlet dari dua Cabor itu. ‘’Penyediaan fasilitas atau perbaikan, memang harus dilakukan secara bertahap karena menyesuaikan anggaran. Lampu Stadion Brantas sudah digarap, termasuk pembangunan lapangan desa/kelurahan di tiga wilayah kecamatan. Tahun depan, giliran lapangan bola basket dan voli yang diperbaiki,’’ ungkap Ketua Harian KONI Kota Batu, Didik Machmud. Mantan anggota DPRD Kota Batu itu belum mengetahui persis berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan fasilitas dua lapangan itu. Karena teknis pembangunan sampai anggaran, masuk ranah Pemkot melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. KONI sendiri hanya mengusulkan, sketsa pembangunan lapangan basket dan voli itu. Lapangan tersebut, nantinya dilengkapi jaring basket semi permanen, sehingga juga bisa digunakan untuk lapangan voli. ‘’Lahanya sangat sempit, sehingga tidak memungkinkan jika kedua lapangan itu harus dibangun terpisah. Kami hanya bisa menyiasati pembangunan yang semi permanen, agar lapangan bisa digunakan untuk voli dan basket secara bergantian,’’ tambahnya. Sesuai usulan yang diajukan KONI, kondisi lapangan nantinya juga ditutup dengan atap, dilengkapi tribun penonton meski kapasitasnya tidak terlalu banyak lantaran keterbatasan ketersediaan lahan. ‘’Sekali lagi, KONI hanya mengusulkan dan Pemkot yang melaksanakan,’’pungkasnya.(feb/lyo)

MISKI/MALANG POST

KHIDMAT: Jemaat khidmat mengikuti Misa Natal sore kemarin.

Jemaat Gereja Immanuel Meluber BATU - Sekitar 1200 orang menghadiri Misa Natal di Gereja Immanuel, Jalan Wukir Kota Batu kemarin. Kegiatan keagamaan itu dipimpin Ketua Jemaat Gereja Immanuel Pendeta Budi Wawono. Selama satu setengah jam, mereka mengikuti berbagai prosesi Misa secara khidmat dengan tema khotba Beautiful of Who You Are. Menurut Arlan, salah seorang panitia menyebut, bahwa Jemaat Misa kemarin itu jumlahnya lebih banyak dibanding tahun lalu. Kali ini yang hadir sekitar 1200 orang. Sehingga panitia memilih merayakan Misa Natal di Aula SMP Immanuel daripada di Gereja Immanuel. ”Kapasitasnya tidak mencukupi, makanya dipindah ke aula agar jemaat lebih nyaman dalam merayakan Misa Natal ini,” jelas Arlan. Arlan juga mengakui, bahwa jemaat yang menghadiri Misa Natal di Gereja Immanuel setiap tahunnya tidak pernah berkurang. Selain itu, yang hadir bukan hanya asli warga Kota Batu, melainkan ada sebagian dari luar kota yang sedang liburan ke kota ini.(mik/lyo)

Tutup Buku, PAD Lebihi Target Sambungan dari Halaman 16

Selain itu, kata dia, Dispenda juga mulai menjajagi system perhitungan pendapatan menggunakan peralatan. Peralatan tersebut akan dipasang di lokasi wajib pajak misalnya hotel, restoran, objek swasta atau wajib pajak potensial lainnya di kota ini. Tujuan pemasangan itu, untuk mengetahui tingkat kunjungan secara riil, sehingga Dispenda bisa mendapatkan PAD lebih tinggi. Menurutnya, potensi pajak yang ada di Kota Batu semakin besar seiring perkembangan kota. Investasi, penambahan objek wisata sampai peningkatan kunjungan yang jelas-jelas bisa menjadikan PAD meningkat. ‘’Sistem atau alat penarikan pajak itu, sudah diterapkan pada beberapa kota di Indonesia. Kami juga ingin mengadopsi peralatan itu, untuk penarikan PAD di Kota Batu. Harapanya, PAD akan terus meningkat dalam tahun 2014 nanti,’’ kata Zadiem. Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi atau pendekatan terhadap objek pajak. Pajak yang mereka bayarkan bakal digunakan untuk pembangunan, atau perbaikan fasilitas. ‘’Wisatawan mau datang, bila akses menuju kota ini mudah dan jalan bagus. Untuk pembangunan jalan, sudah pasti butuh biaya yang diambilkan dari pembayaran pajak,’’ pungkasnya. (feb/lyo)

Seribu Lukisan Gus Dur Dipamerkan Sambungan dari Halaman 16

SIAP TAMPIL: Dalam pergantian tahun baru nanti, salah satu kesenian seperti Karawitan ini bakal turut serta menyemarakkan.

”Ini yang pertama kami selenggarakan, sasarannya para pelajar supaya paham dan mengerti pemikiran-pemikiran dan peran Gus Dur dalam membangun negara ini,” kata Rudiyanto, Sekda Gusdurian Kota Batu, Rabu (25/12). Pasalnya, banyak pelajar yang tidak paham akan presidennya, salah satunya seperti Gus Dur. Bukan hanya itu, apa yang dilakukan dan diperbuat oleh cucu pendiri NU itu. ”Mungkin Gus Dur lebih dikenal sebagai Bapak Bangsa, ataupun yang mencetuskan rasa pluralisme dan humanisme. Sehingga karena sepak terjangnya itulah kerukunan umat beragama tercipta,” tambah Rudi. Untuk memacu semangat siswa, maka hasil karya mereka dilombakan. Jurinya dari Dewan Kesenian maupun dari Lesbumi NU, sehingga siswa-siswa bukan hanya menggambar semata, melainkan memahami makna dan tokoh yang mereka lukis. Senin pekan depan, juga akan digelar kirab budaya berupa foto-foto Gus Gur, dimarakkan penampilan kesenian dari Perkusi dan Master (Masyarakat Teater) Kota Batu. ”Kami juga akan menggalang tandatangan sebagai dukungan gelar pahlawan nasional untuk Gus Dur. Targetnya sebanyak 10 ribu tanda tangan, kemudian dikirim ke pemerintah pusat,” pungkasnya(mik/lyo) REDAKTUR: SAMSULIYONO - ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

16

LINTAS KOTA WISATA BATU

Guru Dilarang Ikut Lelang Lurah Sisir

BENCANA SUSULAN MENGANCAM Jalur Payung Macet Tertutup Longsor BATU - Didera hujan sekitar dua bulan, jalur lalu lintas utama Batu-Kediri, Rabu kemarin sudah diawali tertutup longsoran tebing di kawasan Payung Dua. Diperkirakan, longsor tersebut disebabkan kondisi material, tekstur dan struktur tanah yang mengalami titik jenuh akibat guyuran hujan. Diprediksi, ancaman longsor masih rentan terjadi di daerah itu hingga Kasembon Kabupaten Malang. Beruntung, sejak awal Badan Penang gulangan Bencana Daearah (BPBD) Kota Batu sudah memasang slope monitoring sebuah alat untuk mendeteksi gerakan tekstur tanah. Sehingga begitu terjadi longsoran, semua gabungan petugas mulai dari BPBD, Kepolisian, Koramil, PMK maupun relawan dari warga langsung bergerak membersihkan tumpukan tanah dan batu yang menutup ruas jalan, termasuk mendatangkan alat berat beckhoe loader milik PU.

MISKI/MALANG POST

GERAK CEPAT: Gabungan petugas bersama warga membersihkan longsoran yang menutup jalur lalu lintas Payung Dua, Songgokerto kemarin. Arus lalu lintas dari dua arah pun normal, sekitar pukul 16.00 WIB. yang antre sepanjang sekitar 2 Km, Kasi Kedaruratan dan Logistik terpaksa harus melintas bergantian. B P B D K o t a B a t u , A . C R o h i m Kondisi arus lalu lintas bisa melintas mengatakan, sepanjang tahun ini

sudah sekitar 25 kejadian longsor yang melanda wilayah kota sejuk ini. ”Longsor diperkirakan terjadi 12.00 WIB dan minimnya perlengkapan evakuasi material menyebabkan penanganan terhambat,’’ ungkap Rochim. Dia pun mengakui, peralatan dan logistik yang dimiliki BPBD juga masih minim. Dalam kejadiankejadian bencana alam seperti itu, semestinya instansi yang dia pimpim punya papan nama peringatan bahaya, peralatan instalasi listrik (kabel, lampu sorot) untuk antisipasi bencana di malam hari. Kebutuhan lainnya, alat komunikasi HT, peralatan dapur umum, sepatu bot, jas hujan, sarung tangan, cangkul dan sekop benarbenar sangat dibutuhkan. Lantas, dia berharap ada peran dari para pengusaha dalam membantu baik itu logistik bagi korban bencana, maupun perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana. ” Anggaran dari Pemkot tidak seberapa, makanya kami harap dari pihak pengusaha melalui CSR,’’ pungkasnya. (mik/lyo)

Tahun Depan Banpol Cair Bertahap BATU – Partai politik (Parpol) dalam tahun anggaran 2014 nanti tidak bisa menerima bantuan politik (banpol) secara utuh seperti halnya tahun-tahun sebelumnya. Bantuan itu harus terbagi dua, karena bertepatan dengan Pemilu Legislatif yang menjadikan komposisi anggota DPRD juga ikut berubah. ‘’Tahun depan Banpol tidak bisa diberikan utuh, karena harus menunggu komposisi legislatif baru dalam Pileg. Jika diberikan secara utuh di awal tahun, maka partai yang mendapatkan kursi di dewan terancam tidak bisa mendapatkan Banpol,’’ ungkap Arsan Abdullah Lumbu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batu. Menurutnya, hanya parpol yang jelas-jelas mendapatkan kursi di DPRD Kota Batu yang mendapatkan Banpol. Jika Parpol ingin mendapatkan bantuan itu, mereka harus bisa meraih suara banyak hingga menempatkan wakilnya di gedung dewan. Tahun 2012, PDIP mendapatkan Banpol terbanyak sebesar Rp 91,1 juta karena memiliki 5 wakil di dewan. Golkar memperoleh Rp 71,9 juta, Hanura Rp 53,6 juta, PAN Rp 43 juta. Partai Demokrat Rp 42,3 juta, PPIB dapat Rp 38,2 juta, PKNU Rp 29,2 juta, PKPB menerima Rp 18,4 juta. Sedangkan PNIM Rp 14,7 juta, Partai Patriot Rp 16,3 juta. Dan PKS mendapatkan Rp 20,6 juta termasuk Barnas juga Rp 15,7 juta. ‘’Klasifikasi Parpol mendapatkan bantuan tetap, yakni berdasarkan kursi dan jumlah suara. Bisa saja parpol samasama mendapatkan kursi sama, namun nilai banpol tidak sama karena jumlah suara berbeda,’’ tambah Arsan. Menurutnya, Kesbangpol sudah menganggarkan Rp 500 juta untuk Banpol dalam tahun 2014 nanti. Tahap pertama, Bakesbangpol bisa mencairkan sekitar separo dengan melihat komposisi suara dan kursi di dewan nanti. Sedangkan sisanya, akan dicairkan dengan melihat komposisi anggota dewan dan perolehan suara masingmasing parpol berdasarkan hasil Pileg tahun depan. ‘’Pencairan banpol tersebut, sesuai PP No 5 tahun 2009 serta Permendagri No 24 tahun 2009 tentang Banpol. Berapa besaran Banpol tersebut, sudah diatur atau dirumuskan dalam peraturan itu,’’ pungkas mantan Kabid Perencanaan di Bappeda Kota Batu ini. (feb/lyo)

BATU – Guru dan petugas kesehatan tidak boleh mengikuti seleksi lelang jabatan Lurah Sisir yang dibuka Pemkot Batu mulai 27 – 31 Desember. Lelang hanya diperuntukkan bagi pejabat struktural, yang memenuhi syarat dengan pangkat paling rendah golongan III/C. Hal itu terlihat dari pengumuman seleksi jabatan Lurah Sisir, yang dike luarkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu. BKD merupakan salah satu anggota Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), sekaligus menjadi panitia lelang jabatan. Dalam pengumuman tersebut tertera, bahwa mereka yang mendaftar Achmad Suparto bukan pejabat fungsional yang berasal dari rumpun pendidikan dan kesehatan. Sedangkan guru dan petugas kesehatan, merupakan pejabat fungsional yang berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kesehatan. ‘’Persyaratan sudah kami tetapkan, dan peserta bisa melakukan pendaftaran mulai 27 Desember nanti,’’ tegas Achmad Suparto, Kepala BKD Kota Batu. Menurutnya, Baperjakat akan melakukan ujian psikotest dan wawancara untuk peserta yang memenuhi syarat administrasi. Psikotest maupun wawancara, akan dilakukan secara tertutup dan hasilnyapun diberikan terutup melalui surat kepada SKPD masing-masing. Mereka yang mendaftar adalah PNS disiplin, yang tidak boleh sedang menghadapi hukuman disiplin atau permasalahan hukum. Makanya, persyaratan untuk mendaftar harus dilengkapi surat keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit pemerintah serta pernyataan tidak menjalani hukuman disiplin atau hukum dari Kepala SKPD. Bagaimana jika tidak ada pendaftar lelang jabatan itu ? Baperjakat bisa membuka pendaftaran lagi, supaya ada peserta yang mendaftar. Peserta tidak mau mendaftar, bisa jadi karena masih pikir-pikir atau butuh waktu lama melengkapi berkas-berkas sehingga baru mendaftar pada pembukaan tahap kedua. Sisir merupakan kelurahan terpadat di Kota Batu, sehingga permasalahan sangat komplek dibanding kelurahan-kelurahan lain. Tujuan lelang, mendapatkan pejabat yang benar-benar menguasai wilayah hingga memiliki kemampuan tepat untuk memimpin kelurahan terpadat tersebut.(feb/lyo)

DOK/MALANG POST

OBJEK PAJAK: Salah satu restoran di Kota Batu menjadi objek pajak potensial untuk meningkatkan PAD

Tutup Buku, PAD Lebihi Target BATU – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu selama setahun ini, telah melebihi target yang ditetapkan dari Rp 40 miliar, terpenuhi Rp 50 miliar atau melebihi target Rp10 miliar. Sementara target untuk tahun anggaran 2014, dinaikan menjadi Rp 57 miliar dan telah disahkan melalui APBD. Kenaikan target itu pun, tak membuat ketakutan pihak Dispenda sebagai pengawal PAD. ‘’Karena sudah disahkan, kami harus memenuhi target

itu. Kami harus bekerja lebih keras lagi, sekaligus membuat terobosan-terobosan untuk memenuhi target itu,’’ ungkap Zadiem Effisiensi, Kepala Dispenda Kota Batu kepada Malang Post, kemarin. Pihaknya pun, sudah mampu mencapai target Rp 50 miliar dalam akhir tahun 2013 ini. Itu artinya, PAD sudah melebihi target sekitar Rp 10 mi liar. Dispenda bertekad mempertahankan pendapatan itu, plus menambah pendapatan

lagi minimal Rp 7 miliar lagi agar target tahun depan terpenuhi. Mantan Kepala Bagian Umum ini menambahkan, persiapan intern lebih utama untuk bisa memenuhi target. Itu karena, intern menjadi ujung tombak peningkatan PAD melalui Dispenda. ‘’Kalau ukuran kami tahun anggaran 2013, berarti tinggal menambah Rp 7 miliar lagi untuk PAD tahun depan,’’ tambah Zadiem.

MISKI/MALANG POST

PAMERKAN: Sekda Gusdurian Kota Batu Rudiyanto menunjukkan foto-foto Gus Dur yang diwarnai oleh siswa RA se Kota Batu.

Seribu Lukisan Gus Dur Dipamerkan BATU - Seribu foto Bapak Bangsa, Abdurrahman Wahid dipamerkan di Kantor PCNU Kota Batu Jalan Agus Salim, sejak Selasa (24/12) hingga Sabtu nanti. Uniknya, di ruangan lantai dua gedung tersebut juga dipajang replika makam Gusdur, panggilan akrab mantan Presiden RI ketiga itu. Foto-foto itu, merupakan hasil karya siswa RA dan MTs maupun SMA di lingkungan Lembaga Pendidikan Maarif yang sebelumnya dilombakan. Bagi siswa RA kebagian lomba mewarna, sedangkan siswa MTs dan SMA menggambar dan membuat karikatur. Untuk foto, ada gambar Gus Dur yang memakai songkok dan sebaliknya. Pameran itu, tidak lain adalah untuk merayakan Haul ke-4 almarhum Gus Dur. Sedangkan kegiatan lain, ziarah ke makam Gusdur, tahlil, kirab budaya dan penggalangan tanda tangan, ditutup acara gelar seni budaya nusantara. Baca Seribu... Hal.15

Baca Tutup... Hal.15

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

DUA KALI: Para pengurus parpol bisa mendapatkan banpol dua tahap selama 2014. REDAKTUR: SAMSULIYONO - ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


AREMA CR NU S

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

The PO W IS OU ER RS

17

Buah Manis Kebersamaan, Dipersembahkan Kepada Aremania MALANG – Keberhasilan untuk kali pertama menjadi juara Piala Gubernur Jatim baru lalu,dijadikan momen berharga Arema Cronus untuk terus mengukir prestasi terbaik. Tidak saja dalam kancah ISL yang segera bergulir tahun 2014 depan,tetapi juga dalam level internasional yakni AFC Cup. Demikian ditegaskan Ketua dewan pembina Arema Cronus,Ir.R.Agoes Soerjanto kepada Malang Post ke-

Ir.R.Agoes Soerjanto

marin.Ditambahkan,kunci sukses merebut Piala Gubernur Jatim baru adalah kebersamaan dari semua komponen dalam tim kebanggaan arek-arek Ngalam ini. ‘’Kebersamaan dalam arti seluasluasnya.Walau didholimi bahkan harus bertanding di Surabaya tapi Arema membuktikan bahwa bukan tim pengecut.Persebaya wajib belajar soal permainan laki-laki dari Arema,’’ cetusnya.

Dicontohkan,bahwa pihaknya tidak henti-hentinya menyatukan tekad dan semangat kepada para pemain baik ketika masih di Klub Bunga Batu maupun setelah setiba di hotel di Surabaya jelang laga krusial lawan Persebaya dalam final. Diantaranya melalui pemberian berbagai breafing yang akhirnya berhasil melipatgandakan semangat juang Cristian Gonzales dan kawan-kawan. ‘’Hasilnya benar-benar sangat

maksimal.Seluruh pemain bertanding dengan semangat juang sangat tinggi dan akhirnya mempersembahkan gelar juara Piala Gubernur Jatim sebagai buah manis kebersamaan dari seluruh pihak,’’ seru CEO perumahan Ijen Nirwana Residence ini. Ia menyatakan sangat terharu dengan begitu besarnya sambutan Aremania bahkan mereka langsung berpesta begitu tim berlogo kepala singa ini memastikan diri berhasil

mengalahkan Persebaya dengan skor 1-0 (1-0). Mereka melakukan konvoi secara tertib memenuhi jalan-jalan protocol untuk merayakan kemenangan yang sangat membanggakan mereka ini.‘’Luar biasa sambutan Aremania dan masyarakat di Malang Raya.Saya sampai merinding menyaksikannya. Karena itu, gelar juara Piala Gubernur Jatim ini kami persembahkan kepada mereka,’’ cetus ayah satu putra ini. Baca Buah... Hal.18

BANJIR BONUS TAMBAHAN RIZAL FANANNY/MALANG POST

REUNI: Mantan pemain Arema Marcio Souza dan mantan pemain Persebaya 1927 Mario Karlovic akan menghadapi Arema Cronus sore ini.

Ajang Reuni MARCIO SOUZA MALANG–Partai uji coba antara Arema Cronus menghadapi tim asal Liga Super Malaysia (LSM), Terengganu FA sore nanti sekaligus menjadi ajang reuni mantan pemain Arema, Marcio Souza. Pasalnya, Marcio Sauza yang kini membela Trengganu FA dipastikan akan turun untuk menghadapi mantan timnya. Ditemui di Hotel Savana tempat Terengganu FA menginap, Marcio Souza menyatakan senang bisa menginjakkan kaki di Bhumi Arema. Ia akan kembali bertemu dengan mantan rekan yang pernah satu tim dengannya seperti Cristian Gonzales dkk.

MALANG–Suksesnya Arema Cronus menjadi jawara Piala Gubernur 2013 setelah mengalahkan Persebaya Surabaya 1-0 (1-0) di Lapangan Bumimoro, Selasa (25/12) kemarin membuat para pemain mendapat kucuran dana tambahan di luar gajinya. Kapten Arema, Ahmad Bustomi kepada Malang Post menyatakan bahwa ia telah menerima bonus dari CEO dan Pembina Arema Cronus. “Dari CEO Pak Iwan dapat bonus, ada juga dari pembina, Pak Agus juga memberi bonus,” kata Ahmad Bustomi. Ia menjabarkan, bonus tersebut diberikan bukan untuk pemain secara personal. Melainkan dikucurkan kepada tim secara utuh. “Bonusnya jadi satu, sekaligus untuk tim pelatih dan official,” kata Bustomi. Ditanya mengenai nominal bonus yang didapat, Bustomi enggan berkomentar. Ia juga tidak mengetahui bonus tersebut diambil dari uang pribadi Iwan Budianto atau dari pigak manajemen. Pasalnya, Iwan Budianto mengaku pihak manajemen tidak memberi bonus tambahan di luar gaji dan hadiah uang juara. Sedangkan Bustomi mengatakan bonus yang didapat itu bukan diambil dari hadiah juara. Pasalnya hadiah

juara sepenuhnya diberikan untuk para pemain yang telah berjuang memenangkan peperangan di dalam dan di luar lapangan. Hal itu dibenarkan oleh CEO Arema Cronus, Iwan Budianto. Ia mengungkapkan, manajemen memberikan sepenuhnya hadiah juara Piala Gubernur 2013 kepada para pemain. Hadiah itu berupa uang tunai sebesar Rp 150 juta. Iwan berharap, meski telah mendapat bonus, bukan bonus yang membuat anak asuh Suharno-Joko Susilo termotivasi menjadi juara. Raihan jawara ini membuktikan bahwa pemain serius mempersembahkan tropi kepada Aremania. Bukan hanya tropi yang dibawa Arema Cronus ke Malang. Ahmad Busthomi dan kawan-kawan juga berhak membawa pulang uang sebesar Rp 150 juta karena menjadi nomor satu di Piala Gubernur. Bagi Iwan Budianto, Arema mendapat pelajaran berharga selama pelaksanaan Piala Gubernur 2013. Ketidaktegasan pihak penyelenggara mengenai venue dan waktu pertandingan, mulai dari saat pembagian grup di awal penyelenggaraan lalu, membuat mental pemain sempat drop. Namun manajemen bisa menyiasati dengan memberi banyak motivasi kepada pemain.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SANTAI: CEO Arema Cronus Iwan Budianto bersama ofisial dan pemain santai di Klub Bunga setelah pulang dari Surabaya. ‘’Manajemen hanya bisa memotivasi para pemain. Bayangkan saja mereka harus berangkat ke Surabaya pukul 22.00 WIB,”pungkasnya. Sementara itu Aremania terus melakukan konvoi seusai tim kesayangnnya tampil se-

bagai juara. Hingga Rabu (15/12) beberapa Aremania konvoi di jalan-jalan di Kota Malang. Dipastikan, ajang lawan Trengganu FA sore ini menjadi puncak pesta Aremania yang menjuarai Piala Gubernur 2013. (mg11/jon)

Baca Ajang... Hal.18

Mobil Dendi Santoso

Dilempar Batu

RIZAL FANANNY/MALANG POST

PESTA: Aremania terus berpesta merayakan kemenangan atas Persebaya di final Piala Gubenur. Puncak pesta kemenangan akan dirayakan hari ini di Stadion Kanjuruhan di partai uji coba melawan Trengganu FA.

MALANG-Kasus perusakan mobil menimpa pemain Arema Dendi Santoso, Rabu (25/12) dini hari kemarin. Perusakan itu dilakukan oleh oknum Aremania yang sedang melakukan konvoi kemenangan tim Arema Cronus yang meraih juara Piala Gubernur 2013. Kejadian yang dilakukan oknum supporter memantik tanggapan dari Media Officer Arema, Sudarmaji. Ia berharap hal ini bisa dijadikan pelajaran bersama agar tidak ada lagi tindakan anarki. Sebab kejadian itu malah merusak image Aremania yang sudah bagus. Sudarmaji menyatakan, kendati persoalan bisa diselesaikan secara damai, ia memohon agar kejadian serupa tidak terulang lagi. “Berani bukan ditunjukkan dengan merusak, tapi degan menunjukkan

Berani bukan ditunjukkan dengan merusak, tapi degan menunjukkan sikap yang tertib, care dan kreatif”

Sudarmaji Media Officer Arema sikap yang tertib, care dan kreatif,” Sudarmaji kepada Malang Post. Seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial, pemain Arema, Dendi Santoso mendapat sial ketika mobilnya menjadi korban oknum suporter. Baca Mobil... Hal.18

SORE INI PESTA JUARA DI KANJURUHAN MALANG - Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Arema Cronus yakin bahwa pendukung Arema, Aremania akan memenuhi Stadion Kanjuruhan dalam laga uji coba

antara Arema menghadapi tamunya, Terengganu FA sore nanti (26/12). Hal ini sebagai pengobat tidak jadi digelarnya partai final Piala Gubernur 2013, (24/12) lalu.

“Kami optimis Aremania memenuhi Kanjuruhan karena kita semua akan merayakan juara Piala Gubernur yang baru pertama kali diraih,” ungkap Ketua Panpel Arema, Abdul Haris ketika

dikonfirmasi Malang Post, kemarin. Abdul Haris menambahkan, pertandingan nanti sekaligus sebagai pengganti kekecewaan Aremania akibat laga final Piala Gubernur Jatim 2013 Baca Sore... Hal.18

AREMA HEBAT. SELAMAT buat AREMA dan makasih buat SAM SAMSUL sudah membawa AREMA juara piaala gubernur, Aarema hebat!!! By Riko tepi batas (085704159330)

Baca SMS... Hal.18 REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CRONUS

Di Stadion Bumimoro pun

BANYAK PENONTON

STADION Bumimoro memang sudah jadi venue pelaksanaan semifinal dan final Piala Gubernur 2013. Namun, kinerja panitia dari PSSI Jatim membuat kesan acak-acakan terlihat dalam pelaksanaan final antara Arema Cronus lawan Persebaya. Mulai dari siaran televisi yang molor setengah jam, hingga laga final yang harusnya steril, masih saja diisi oleh penonton. Stadion Bumimoro Kobangdikal Surabaya tampak lengang sore sebelum partai big macth digelar. Tidak tampak ada atribut hijau yang berkerumun di area Stadion Bumimoro. Hanya beberapa tentara yang menjaga pintu gerbang menuju area stadion. Lalu, sesampainya di dalam stadion, jumlah tentara yang berjaga di depan juga tak seberapa. Saat rombongan tim Arema tiba sekitar pukul 13.00 WIB, suasana masih sepi. Tribun pun kosong. Pada keempat sisi lapangan, terlihat ada kesibukan kru

televise RCTI/MNC yang begitu sibuk dan berlari sana-sini. Para kru masih bingung mendirikan tempat untuk memasang kamera televisi. Pukul 13.00 WIB, televisi sama sekali belum siap siaran. Tim televisi siaran langsung final Piala Gubernur baru siap siaran pukul 15.00 WIB. Tak heran, laga yang harusnya digelar pukul 14.30 WIB, mundur setengah jam karena menunggu persiapan live televisi dadakan di Stadion Bumimoro. Ada tujuh kamera yang disiapkan untuk produksi siaran live final Piala Gubernur 2013. “Ya televisi kan memang sebenarnya tidak siap untuk siaran di Bumimoro, semua peralatan ada di Kanjuruhan loh, tim televisi harus usung-usung lagi menuju Bumimoro,” ungkap salah satu panitia, Anjar. Namun, karena dipaksakan main di Surabaya, jadilah tim televisi kepontalpontal, mengangkat peralatan siaran dari

Malang ke Surabaya Senin malam lalu. Ada lagi yang kurang tepat di Stadion Bumimoro. Setelah dijanjikan tidak ada penonton alias netral dan steril, pertandingan masih didatangi penonton. Panitia dari Final Piala Gubernur 2013 awalnya hanya menyebut tribun diisi oleh 25 ofisial dari masing-masing tim. Tapi, lama kelamaan, penonton pun berdatangan. Tribun pun terisi oleh penonton yang menyaksikan duel klasik Singo Edan lawan Bajul Ijo. Panitia Final Piala Gubernur tidak konsisten dengan janji untuk membuat laga Arema lawan Persebaya steril tanpa penonton. “Ya saya tidak tahu kenapa stadion yang harusnya steril dan netral, ternyata ada penonton,” tutur General Manager Arema, Ruddy Widodo. Apalagi, yang hadir ternyata supporter dari kedua kubu. Walaupun tanpa atribut, terlihat jelas ada supporter

Persebaya dan supporter Arema. Kedua belah pihak saling berteriak mendukung tim pujaannya. Saling ejek pun terjadi di dalam stadion. Meskipun demikian, tidak sampai ada gesekan langsung. Kualitas rumput stadion pun jadi hal yang tak banyak diketahui penonton, baik di televisi atau di tribun. Para pemain kedua tim kesulitan bergerak di lapangan yang tanahnya jelek. Bahkan, Samsul Arif, pencetak gol tunggal kemenangan Arema di Surabaya, mengeluhkan betapa beratnya main di rumput Bumimoro. “Lapangannya berat sekali, tanahnya lengket dan bikin permainan terganggu,” ungkap Samsul usai pertandingan. Ia pun menyebut Bumimoro masih belum layak kalau digunakan untuk final Piala Gubernur 2013. Pertandingan pamungkas yang harusnya prestisius dan berkelas pun akhirnya member kesan asal-asalan pada publik.(fino yudistira)

Guest gesang/malang post

SUPORTER: Partai Arema Cronus melawan Persebaya Surabaya di Stadion Bumimoro disaksikan banyak orang.

Kipuw Masih Cinta Arema SURABAYA - Hasim Kipuw tampaknya masih belum bisa melupakan rasa cintanya kepada Arema Cronus. Meskipun sudah berkostum Persebaya Surabaya, Kipuw tidak mau bermain lawan mantan timnya. Bahkan, saat laga final Piala Gubernur yang mempertemukan Arema Cronus melawan Persebaya, dia sama sekali tidak tampak di bench ataupun memperkuat starter Bajul Ijo. Saat dikonfirmasi, Kipuw mengaku sedang sakit. “Ya sedang sakit aja, jadi ga bisa main,” ujar Kipuw kepada Malang Post.

Pemain yang musim lalu mengenakan nomor 13 di Arema itu dalam kondisi yang tidak bagus setelah digelontor laga penyisihan. Kipuw sendiri sedang berada di bench saat Arema melawan Persebaya di Stadion Bumimoro. Bagi Kipuw, harusnya pertandingan lawan Arema di Piala Gubernur adalah kesempatan untuk reuni dengan mantan timnya. Bagaimanapun, pesepakbola berdarah Maluku ini adalah penghuni starting line up Arema musim lalu. Ia hampir selalu main di setiap laga Arema kala dipimpin Rahmad Darmawan.

Namun, Kipuw sakit diare tepat semalam sebelum pertandingan. Pelatih Persebaya, Tony Ho membenarkan hal ini. “Hasim Kipuw mengalami diare semalam sebelum main. Dia siap, tapi fisiknya tidak. Karena itu saya larang dia main lawan Arema,” terang Tony Ho usai pertandingan, kepada Malang Post. Tanpa Kipuw, lini pertahanan samping Persebaya kocar-kacir. Kehilangan pemain berusia 24 tahun tersebut menjadi kartu mati dalam pertahanan

Hak Komersial Bakal Dikoreksi JAKARTA-Rapat umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia (LI) akhirnya diputuskan digelar pada 8 Januari 2014 mendatang di Jakarta. Ada tiga hal yang menjadi agenda dalam rapat tahunan pemilik saham kompetisi tertinggi di Indonesia tersebut. “Karena ada FIFA, dan pengumuman peserta juga mundur, karena itu dari rencana digealr akhir Januari, RUPS akhirnya dipastikan di 8 Januari,” kata CEO PT LI Joko Driyono, kemarin (25/12). Agenda pertama dalam RUPS nanti adalah laporan pertanggungjawaban dari PT LI. Mereka akan memberikan penjelasan rinci kepada klub dan juga PSSI sebagai otoritas sepak bola nasional. Selanjutnya, pemaparan program dan anggaran dari PT LI untuk musim depan. Dalam agenda kedua ini, revitalisasi manajemen PT LI akan dibicarakan secara khusus sebagai bentuk pemaksimalan manajemen PT yang mengelola kompetisi Indonesia Super League (ISL) tersebut. Terakhir, agenda dalam RUPS adalah restrukturisasi pemegang saham PT LI. Restrukturisasi lumrah dilakukan setiap tahunnya, seiring adanya proses promosi dan degradasi yang dijalani oleh peserta ISL. “Pemegang saham yang sebelumnya 18 klub, serah terimanya saat ini bertambah jadi 22 klub,” ucap lelaki asal Ngawi tersebut. Nah, dengan jumlah peserta kompetisi yang mencapai 22 klub, konsekuensinya pun menurut Joko bakal berimbas

kepada hak komersial yang diterima oleh klub. Dana itu selama ini dikenal dengan sebutan subsidi oleh klub. Besarannya jika mengacu kompetisi ISL musim lalu, PT LI mengucurkan Rp 3 miliar. Dengan pertambahan peserta ISL dan format yang berbeda, Joko menyebut kemungkinan bukan Rp 3 milar lagi yang diterima klub. “Pasti ada koreksi, tidak Rp tiga milar lagi. Bisa bertambah, bisa berkurang. Itu nanti juga diperhitungkan dengan hak siar,” tutur lelaki berkumis tersebut. Sementara itu, meskipun besaran hak komersial atau subsidi untuk klub ISL musim depan belum diputuskan, klub-klub yang sedang buruk kondisi finansialnya sudah menjagakan anggaran tersebut. Bahkan, klub seperti Persijap Jepara dan Persiba Bantul, sudah memasukkan Rp 3 miliar sebagai tambahan anggaran yang disiapkan untuk musim depan. Anggaran itu memang selama ini menjadi salah satu yang dijagakan klub untuk mengarungi kompetisi ISL. “Kami sekarang siap sekitar Rp 8-9 Miliar. Selain proyeksi pendapatan kami, itu termasuk tambahan subsidi Rp 3 Miliar dari Liga,” ujar CEO Persijap Said Basalamah. Lain dengan Persijap, Persela Lamongan sudah terbantu dengan adanya dana subsidi itu. Sebab, tunggakan hutang mereka yang sebelumnya mencapai Rp 2 milar lebih, sudah terbantu dibayar Rp 1,5 Miliar dengan adanya subsidi itu. (aam/jpnn/jon)

Persebaya. Belum lagi, defender senior Persebaya Leo Saputra tidak bermain maksimal. Praktis, Persebaya kesulitan mengimbangi agresivitas Alberto Goncalves dan Samsul Arif yang bermain agresifi di sisi sayap. Keduanya jadi aktor kemenangan. Beto beri assist, Samsul yang mengeksekusi. Tony Ho sendiri tak bisa memaksa Kipuw untuk bermain bila kondisinya memang tak memungkinkan. “Ya ini akan jadi evaluasi kita, sebelum main, pemain diharapkan jaga kondisi,” tutupnya.(fin/jon)

Hendro Kartiko Jadi Konsultan Nutrisi Atlet SURABAYA-Lama berkecimpung sebagai penjaga gawang dalam pentas sepak bola nasional tidak membuat Hendro Kartiko minim pengalaman di bidang lain. Buktinya, di sela-sela menjadi pelatih kiper di Persebaya Surabaya yang berkompetisi di Indonesia Super League (ISL), Hendro juga berprofesi sebagai konsultan nutrisi bagi sejumlah atlet nasional. “Memang, profesi itu sudah saya jalani sejak lima tahun yang lalu. Dan, saya merasa cukup nyaman dengan profesi itu, apalagi bisa membantu banyak atlet untuk bisa menjaga kebugaran mereka saat meniti karir di gelanggang olahraga,” ujar pria berusia 40 tahun itu. Menurut pria yang pernah 11 tahun berkostum timnas Indonesia ini, ilmu untuk menjadi seorang ahli nutrisi itu dia dapatkan dari berbagai sumber. Bahkan, saat ini dia memadukan beberapa teori yang didapatkan di jalur formal dengan pengala-

mannya menjaga kebugaran saat masih aktiv menjadi pemain professional. Alhamdulillah, lanjut Hendro, beberapa saran dan pendapat yang selama ini dia berikan ke klien selalu manjur. Itu yang membuat Hendro punya klien tetap yang setiap waktu meminta pendapatnya. “Tapi saya tidak melihat itu sebagai sebuah prestasi, asalkan sudah mendapat kepercayaan saja, bagi saya sudah sangat cukup,”jelasnya Saat ini, klien yang berada di bawah pengawasan Hendro mayoritas masih berasal dari cabang sepak bola. Mereka datang mulai dari level amatir sampai ke pemain professional. Tak hanya itu, beberapa Sekolah Sepak Bola (SSB) juga aktif meminta pendapatnya terkait nutrisi yang ideal bagi pertumbuhan anak agar cocok menjadi pemain bola hebat. (dik/jpnn/jon)

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

18

Ajang Reuni Marcio Souza Sambungan dari Halaman 17

Meski, kali ini ia menggunakan seragam yang berbeda, dengan tim barunya pemain temperamental ini ingin menunjukkan kepada rekan satu timnya tentang atmosfir sepak bola Indonesia. Oleh karenanya, Sauza berharap Aremania bisa memenuhi Stadion Kanjuruhan agar para pemain Terengganu FA bisa terkagum dengan aksi Aremania. “Saya akan tunjukkan ke teman-teman dari Malaysia bahwa Aremania luar biasa dan Arema juga salah satu tim terbaik di Indonesia. Saya rasa Aremania masih sama seperti dulu. Fanatisme dan kreativitasnya luar biasa,” ujar mantan pemain Persela Lamongan itu. Sementara itu, selain Marcio Souza, pemain Terengganu lainnya yang pernah merumput di Indonesia adalah Mario Karlovic. Mario, sapaan akrabnya, pada musim lalu membela Persebaya 1927 dalam mengarungi Indonesia Priemere League (IPL). Tentu saja ia sudah mengerti tentang genggap gempita Aremania di dalam Stadion. “Saya senang, Arema tim bagus yang punya supporter luar biasa,” kata Mario kepada Malang Post kemarin (25/12). Ia menambahkan, meski pada tahun sebelumnya datang ke Malang pernah menjadi korban hujatan Aremania, ia mengaku bisa memaklumi hal tersebut karena kali ini ia datang bukan lagi bersama Persebaya. “Saya suka main bola, saya suka suporter, tidak ada masalah,” pungkasnya. (mg11/jon)

Mobil Dendi Santoso Dilempar Batu Sambungan dari Halaman 17

Saat itu, Dendi bersama istrinya, Vivi Santoso sedang berada dalam mobil, tiba-tiba mobil yang dikendarainya mendapatkan lemparan dari supporter yang sedang berkonvoi merayakan gelar juara Piala Gubernur Jatim 2013. Bermula ketika Dendi dan Vivi hendak makan malam di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, sekitar pukul 00.15 WIB dini hari kemarin (25/12). Saat melintasi jembatan dari arah Betek, mobil Dendi yang menggunakan plat nomot D 317 DY langsung dilempar batu besar dari jarak dekat oleh seorang oknum Aremania yang belakangan diketahui bernama Adi warga Muharto. “Waktu itu Aremania lagi konvoi, tiba-tiba saja mobil saya dilempar pelaku dengan batu besar hingga kaca belakang pecah,” kata Vivi dalam twitternya. Ia menambahkan, setelah kejadian itu Dendi yang mengemudikan mobil langsung berhenti lalu bergegas mengejar pelaku dalam rombongan konvoi. “Pelaku kami bawa ke Polsek Lowokwaru, tapi dia minta jalan damai. Saat ditanya KTP, nomor telepon orang tuanya dia sempat tidak mau jujur, meski akhirnya dia kasih tahu rumahnya,” tambahnya. Setelah melihat ada itikad baik dari orang tua sang pelaku, akhirnya Dendi dan Vivi menyetujui masalah berakhir dengan damai. Dendi dan istrinya sangat menyesalkan hal ini dilakukan oleh kelompok suporter yang biasa mendukungnya sebagai pemain Arema di atas tribun. “Saya juga Arema, Mas Dendi juga pemain yang berjuang di lapangan untuk Arema, apa pantas mendapat perlakuan begini,” ungkapnya. (mg11/jon)

Buah Manis Kebersamaan, Dipersembahkan Kepada Aremania Sambungan dari Halaman 17

Lebih lanjut, Agoes Soerjanto juga menegaskan Arema Cronus tidak larut dalam euforia setelah sukses merebut Piala Gubernur Jatim.Sebaliknya,tim besutan pelatih Suharno ini tetap memaksimalkan seluruh persiapan.Apalagi serangkaian laga sudah menunggu mereka,termasuk uji coba lawan tim Trengganu dari Malaysia,Kamis sore ini di Stadion Kanjuruhan Kepanjen.Kemudian berlaga dalam Trofeo Cup di Jakarta dan sederet laga lain sebelum resmi berlaga dalam ISL tahun 2014 depan. ‘’Sukses menjadi juara Piala Gubernur Jatim kami jadikan modal sangat berharga,untuk terus menorehkan prestasi terbaik dalam serangkaian pertandingan setelah ini.Untuk itu,kami juga mohon dukungan dan doa restu seluruh masyarakat Malang serta rekan-rekan Arema.Agar Arema dapat terus memberikan prestasi terbaik untuk Aremania,’’ demikian Agoes Soerjanto yang juga merupakan Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim. (nug)

SMS Sambungan dari Halaman 17 Selamat Selamat buat AREMA yg tlah meraih piala Gubernur, (AREMANIA dau smanding ) (081944986557) Bonek Gak Juara Selamat untuk Bonek saifullah yg tdk mampu jd juara meski ngotot,tp jk mau beli pialanya sj gpp 20 M tunai (082131499455) GREEN BANCI & Panpel PILGUB terindaksi dibeli ABROR dgn harga murah,dasar MURAHAN prestasi nol kok rekayasa (085815523388) Juara Alhamdulillah arema juara (085707529711)

Sore ini Pesta Juara di Kanjuruhan Sambungan dari Halaman 17

dialihkan ke Lapangan Bumimoro Surabaya. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih atas doa dan supportnya Aremania yang luar biasa. “Sekaligus kami ujarkan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna jalan karena waktu penjemputan Tim Arema tadi malam dari Surabaya ke tempat TC di Batu diwarnai konvoi sehingga tergganggu arus lalu lintasnya,” imbuhnya. Ia juga menghimbau agar Aremania tetap menjaga ketertiban di jalan. “Tolong beri kesempatan jalan orang lain karena Aremania supporter cinta damai dan selalu menjaga ketertiban,” imbaunya.

Dalam pertandingan nanti, selain Aremania yang akan berpesta, para pemain juga akan merayakannya. Menurut Media Officer Arema, Sudarmaji, trofi juara Piala Gubernur Jatim 2013 akan dibawa ke stadion. “Nanti piala akan kita arak keliling lapangan,” pungkasnya. Sementara itu, untuk pertandingan sore nanti, Panpel telah mencetak tiket sebanyak 35.000 untuk ekonomi, 2500 lembar tiket VIP, dan VVIP sejumlah 500 tiket. Sedangkan untuk personil pengamanan sudah dikondisikan sebanyak 500 personil. Jumlah tersebut terdiri dari 300 TNI –Polri, dan 200 Pam swakarsa. (mg11/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


SOCCER

Toure Sebut Barca Takut Hadapi City MANCHESTER - Barcelona menjadi tim yang paling dihindari di Liga Champions beberapa musim terakhir. Kehebatan Blaugrana -julukan Barcelona- memainkan tiki taka membuat banyak tim bertekuk lutut. Namun, hal itu tak membuat Manchester City keder. Gelandang City, Yaya Toure bahkan memiliki penilaian berbeda. Menurutnya, Barcelona takut menghadapi City ketika kedua tim bentrok di babak 16 besar Liga Champions nanti. Salah satu alasan Yaya ialah penampilan impresif yang ditunjukkan City sepanjang musim ini. The Citizens, julukan City meramaikan persaingan merebut gelar juara Premier League. City juga dianggap memiliki mental yang lebih baik di Liga Champions. Dalam dua musim sebelumnya, City selalu terhenti di fase grup. “Barcelona ketakutan melawan kami. Untuk membuat sejarah memang membutuhkan waktu. Saya yakin City akan menjadi tim terbesar di dunia. Semuanya kini berada dalam kondisi yang bagus,” terang Yaya di laman Sky Sport, Rabu (25/12). Yaya menambahkan, Barcelona akan semakin keder jika bermain di kandang City. Selama ini, City memang masih menjadi tim yang selalu memetik kemenangan ketika bermain di kandang dalam Premier League. “Dengan apa yang kami tunjukkan di kandang benar-benar membuat Barcelona ketakutan. Kami memainkan sepakbola yang fantastis dan mencetak banyak gol. Pertandingan akan berjalan sengit,” tegas Yaya. (jos/jpnn/jon)

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

19

Jens Keller Tetap Pelatih Schalke SCHALKE- Jens Keller bisa bernafas lega. Pelatih berusia 43 tahun tersebut tetap dipercaya menjadi nahkoda Schalke. Namun, setelah melalui berbagai pertimbangan, Schalke tetap mempercayakan tim pada Keller. “Semua diskusi dilakukan secara terbuka dan dengan analisis yang jelas mengenai apa yang mesti dilakukan untuk meningkatkan tim. Jens Keller dan tim kepelatihan akan tetap melatih tim,” demikian bunyi pernyataan Schalke di laman resmi klub. Sebelumnya, masa depan Keller memang berada di ujung tanduk. Serentetan hasil buruk yang diterima Schalke di Bundesliga membuat manajamen gerah. Puncaknya ialah ketika Schalke hanya bermain imbang tanpa gol kontra Nurnberg akhir pekan lalu. Gara-gara hasil imbang itu, Schalke kini terdampar di urutan ketujuh klasemen sementara dengan koleksi 28 poin. Namun, Keller memberi sukses bagi Schalke di Liga Champions. Dia berhasil mengantarkan Schalke ke babak 16 besar. “Tim kepelatihan akan tetap melanjutkan tugasnya untuk mempersiapkan tium ketika paruh kedua musim dimulai pada 3 Januari mendatang,” tambah bunyi pernyataan resmi Die Knappen, julukan Schalke. Keller mulai menangani Schalke pada Desember 2012 lalu. Sebelumnya, Keller merupakan nahkoda tim U-17. Keller juga sudah memperpanjang dua tahun kontrak pada Mei silam. (jos/jpnn)

Pelatih Tottenham Ternyata Fans Arsenal

Yaya Toure

Bek Barca Dincar Napoli di Bursa Januari NAPLES - Performa yang mulai anginanginan di Serie A membuat Napoli langsung menyiapkan rencana besar menyambut bursa transfer Januari. Napoli tengah membidik beberapa nama yang akan diboyong ke San Paolo. Bek Barcelona, Javier Mascherano dan gelandang Tottenham Hotspurs, Erik Lamela menghuni posisi teratas pemain yang akan dibajak Napoli. Footbal Italia, Rabu (25/12) menulis, Napoli akan mengerahkan upaya untuk memboyong pemain incarannya itu. Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis dikabarkan siap menggelontorkan dana besar guna mendatangkan dua pemain tersebut. De Laurentiis dikabarkan sudah menyiapkan dana hingga nyaris Rp 800 miliar untuk mendatangkan pemain anyar.

Javier Mascherano

Cukup” Belum. De Laurentiis juga sangat bernafsu mendatangkan pemain bintang lain. Gelandang Barcelona, Alex Song disebut-sebut juga bakal dibajak. Namun, Napoli hanya ingin mendatangkan Song dengan status pinjaman. Peluang Napoli meminjam Song juga dianggap sangat besar. Napoli dan Barcelona dikabarkan sudah menjalin kesepakatan informal. Apalagi Song juga tengah gerah karena terus-terusan menjadi cadangan di Barcelona. Selain itu, skuad racikan Rafael Benitez tersebut juga disebut-sebut bakal mendatangkan bek kiri Genoa, Luca Antonelli serta striker Marco Boriello yang saat ini berbaju AS Roma. Boriello bakal diplot sebagai pelapis Gonzalo Higuain. (jos/jpnn/jon)

INILAH PILIHAN DEL BOSQUE PADA BALLON D’OR MADRID-Pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque membeberkan pilihannya dalam voting Ballon d’Or 2013. Sebagai nahkoda timnas, Del Bosque ternyata memilih para pemain Spanyol di dua besar pilihannya. Pilihan pertama jatuh pada Xavi Hernandez. Sementara, pilihan kedua diberikan pada Andres Iniesta. Menurut mantan pelatih Real Madrid tersebut, memilih para pemain asal Spanyol merupakan sebuah kewajiban. Nah, pilihan ketiga diberikan pada gelandang Bayern Muenchen, Franck Ribery. Alasan yang dikemukakan Del Bosque dengan memilih Ribery juga masuk akal. Performa Ribery ketika mengantarkan Muenchen merengkuh treble winners adalah bukti tak terbantahkan. “Saya memilih Xavi dan Iniesta karena

mereka ada dalam kandidat. Saya tak bisa memilih pemain yang bukan berasal dari Spanyol. Saya memilih Ribery karena memiliki alasan bagus. Dia adalah salah satu pemain yang memenangkan banyak gelar di Eropa,” terang Del Bosque di laman Inside La Liga, Rabu (25/12). Pelatih berusia 62 tahun tersebut mengaku sangat terkesan dengan torehan yang dibukukan Ribery sepanjang 2013. Namun, Del Bosque menganggap voting Ballon d’Or bukanlah sebuah hal yang penting. “Saya sadar dengan apa yang dipikirkan orang-orang mengenai pilihan saya. Saya tak ingin terlibat dalam perseteruan. Voting Ballon d’Or merupakan hal kecil untuk saya,” tegas pria yang mengantarkan Spanyol merengkuh tropi Piala Dunia 2010 tersebut. (jos/jpnn/jon)

Kejar Juara, Liverpool Harapkan Tuah Natal LIVERPOOL-Sukses memuncaki klasemen Premier League saat Natal membuat konfidensi para pemain Liverpool untuk mengakhiri prestasi buruk membuncah. Tiap kali menjadi pemuncak klasemen saat Natal, Liverpool memang selalu mengakhiri musim dengan baik. Ini adalah kali pertama Liverpool melakukannya sejak lima musim terakhir. Kali terakhir Liverpool menjadi pemuncak klasemen saat Natal ialah pada musim 2008 silam. Ketika itu, Liverpool mengakhiri musim sebagai runner up. Jauh sebelumnya, tepatnya pada 1987/1988, Liverpool memiliki kenangan lebih manis. Ketika itu, Liverpool yang menjadi pemuncak klasemen saat Natal mengakhiri musim dengan status kampiun. “Semua pemain menunjukkan sikap professional di dalam ruang ganti untuk menghadapi

situasi seperti ini. Apa yang saya harapkan dari Natal” Saya hanya ingin memenangkan laga Boxing Day,” terang kipper Liverpool, Simon Mignolet di laman Liverpool Echo, Rabu (25/12). Ya, Liverpool akan menjalani laga berat di Boxing Day. Tim berjuluk The Reds tersebut harus bertandang ke markas Manchester City di Etihad Stadium,

Jumat (27/12) dini hari. Kemenangan akan tetap membuat Liverpool di pucuk klasemen. “Jadwal pertandingan sangat padat. Kami hanya ingin focus pada pertandingan yang akan kami hadapi. Semuanya kini berjalan baik dan kami harus tetap melakukan apa yang semestinya kami lakukan,” tegas kipper asal Belgia tersebut. (jos/jpnn/jon )

Simon Mignolet

Tim Sherwood LONDON - Tim Sherwood sempat mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Pelatih anyar Tottenham Hotspurs tersebut ternyata merupakan fans Arsenal. Saat kanak-kanak, Sherwood sangat mencintai The Gunners, julukan Arsenal. Padahal, Tottenham merupakan rival Arsenal di kawasan London. Sherwood mengatakan, kecintaannya pada Arsenal tak lepas dari pengaruh sang ayah. Saat masih kecil, Sherwood sering diajak menyaksikan pertandingan Arsenal. “Saya merupakan fans Arsenal ketika masih kecil. Ayah saya selalu pergi ke stadion untuk menyaksikan Arsenal setiap pecan. Saya juga sangat senang menyaksikan permainan mereka,” terang Sherwood di laman Mirror. Namun, setelah ditunjuk sebagai pelatih Tottenham, Sherwood bakal menjalankan tugasnya dengan professional. Apalagi ini adalah kali pertama pria berusia 44 tahun tersebut menjabat sebagai pelatih kepala. Sherwood siap mengangkat prestasi The Lily Whites, julukan Tottenham. Bukan hanya di Premier League, tetapi juga di Liga Europa. Saat ini Tottenham masih terdampar di urutan ketujuh klasemen sementara Premier League. Sementara, di Liga Europa, Tottenham sudah menjejakkan kaki di babak 32 besar. “Sebuah kehormatan bisa menjadi pelatih di klub ini. Saya tahu jabatan ini datang dari level yang paling rendah. Saya bekerja di setiap level dan akhirnya bisa bermain di tim ini. Ini merupakan momen yang hebat,” tegas Sherwood. (jos/jpnn/jon)

CSKA Moskow Merasa Dipermainkan Milan

Xavi Hernandez

Cadangan di Everton, Heitinga Ingin ke Roma LIVERPOOL- Kesabaran John Heitinga akhirnya habis. Bek berusia 30 tahun tersebut ingin segera angkat kaki dari Everton. Alasannya, Heitinga tak pernah masuk skuad utama The Toffees, julukan Everton. Heitinga memang tengah menjalani momen terburuk sepanjang karirnya. Hingga kini, bek asal Belanda tersebut belum pernah diturunkan Everton di Premier League. Heitinga baru bermain dua kali di ajang Capital One Cup. Nah, bursa transfer musim dingin Januari mendatang dianggap sebagai momen yang paling tepat untuk angkat kopper. Kebetulan, Heitinga juga dikabarkan tengah menjadi incaran kontestan Serie A, AS Roma. “Roma” Saya mendengar ketertarikan mereka. Saya sudah bermain di Spanyol dan Inggris. Saya juga ingin merasakan pengalaman di Italia. Ada banyak kesempatan bagi saya untuk meninggalkan Everton,” terang Heitinga di laman Gazzetta Dello Sport, Rabu (25/12).Kontrak Heitinga akan habis pada akhir musim nanti. Namun, mantan penggawa Atletico Madrid tersebut tak mau menunggu hingga kontraknya selesai. Heitinga ingin secepatnya meninggalkan skuad racikan Roberto Martinez tersebut. “Ada beberapa tim Serie A yang tertarik dengan saya. Saya menunggu kabar resmi dari agen saya. Roma merupakan salah satu tim terbaik di Serie A. Jika memang serius, kamin harus berkomunikasi pecan depan,” tegas Heitinga. (jos/jpnn/jon)

Evgeni Giner MOSKOW - Keputusan Keisuke Honda bergabung dengan AC Milan pada Januari 2014 mendatang membuat CSKA Moskow kecewa. Sebagai pemilik Honda, CSKA merasa dipermainkan Milan. Presiden CSKA, Evgeni Giner mengatakan, Honda sebenarnya bersedia memperpanjang kontrak. Namun, bujukan demi bujukan yang dilontarkan Milan membuat gelandang asal Jepang tersebut berubah pikiran. CSKA semakin meradang karena Milan dianggap berbohong. Awalnya, perwakilan Milan mengaku tak menjalin kontak dengan Honda. Nyatanya, perwakilan Milan sudah melakukan komunikasi dengan Honda sejak jauh-jauh hari. “Saya merasa dipermainkan. Pada Juni, perwakilan Milan mengatakan pada saya bahwa mereka tak melakuan kontak dengan Honda. Nyatanya, mereka sudah berkomunikasi dengan Honda sejak Februari,” terang Giner di laman Football Italia, Rabu (25/12). CSKA semakin kecewa karena tak mendapatkan sepeserpun uang dari transfer tersebut. Sebab, kontrak Honda bersama raksasa Rusia tersebut sudah habis. Padahal, sebenarnya CSKA bisa menjual Honda ke tim lain. “Honda dan agennya berjanji pada saya untuk memperpanjang kontrak. Kami bisa menjual Honda ke Everton atau tim lain. Namun, dia memang ingin ke Milan. Saya tak yakin dia akan bermain dalam banyak pertandingan di Milan,” tegas Giner. (jos/jpnn) REDAKTUR : JON SOEPARIJONO, LAYOUTER : KURDI


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

SEMINAR Seminar Sewindu Prodi Farmasi UMM Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang dalam 1 windu pendidikan Farmasi di UMM mengadakan Seminar Internasional dengan tema “New Development of Pharmaceutical Care in Pharmacogenetic and Pharmacogenomic Approach ”. Seminar ini akan dilaksanakan pada Hari / Tanggal Sabtu, 19 April 2014. Tempat di Theater Dome Universitas Muhammadiah Malang. Pendaftaran via registration form dikirim ke email icpcumm@gmail.com.com dan ditutup pada tanggal 24 Maret 2014. (Panitia tidak menerima pendaftaran on the spot).

LOMBA SMK Putra Indonesia Gelar Barito Vaganza 7 SMK Putra Indonesia Malang menggelar Barito Vaganza 7 dengan tema ‘Inspiring Seventastic for Golden Generation‘ untuk siswa SMP/MTs se Malang Raya pada 1215 Februari 2014.Adapun kegiatan meliputi, Lomba Karya Inoasi Remaja, Lomba Profesor Junior, English Speech Contest, English Olimpiade, Lomba Jurnalis Fotografi, Contemporer Traditional Dance Competition, Etnic Futuristic Fashion Festival, bazaar dan pentas seni.

EVENT Error Screen Effect

Bridge Academic Expert Kupas Tuntas Au Pair Bridge Academic Expert menggelar se minar ‘’Kupas Tuntas Au Pair ke Jer man’’, pada Minggu, 2 Februari 2014 di Dim sum Soe Café & Resto Jalan Ijen 79 Malang. Peserta dibatasi hanya 50 orang.

Hadir dan saksikanlah acara Dies Natalies ke-21 XXXI Sinden Cinema “Error Screen Effect”. Dalam acara ini akan menampilkan : A.Y.O.! karya Puntung CM Pudjadi, Sutradara Ilham R Madrawi dan Maling karya Auf Sahid, Sutradara Pipin Kunjari. Jumat, 27 Desember 2013, mulai pukul 06.30 WIB di Basement Dome UMM. Harga tiket masuk : Rp 2.100,- info: 0878 5947 4228

EVENT SBSQUAD Cover Dance Concert

EVENT ITN Gelar Motocross

SBSquad Entertainment proudly presents: SBSQUAD COVER DANCE CONCERT “Show your love, passion, and hardwork”. Minggu, 09 Maret 2014 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang. CP TIKET: Tiffani – 085735563282.

Himpunan Mahasiswa Mesin ITN Malang menggelar Motocross 2013. Kegiatan bertema‚‘Spirit of Fire‘ ini digelar pada 24-26 Januari 2014 di Sirkuit Djagung. Peserta kejuaraan terbuka ini seluruh pembalap dari wilayah se Indonesia.

Hari Amal Bhakti Kemenag RI

“Negeri Garuda vs Sakura”

Kantor Kementrian Agama Kab.Malang menggelar peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama RI ke 68 dengan agenda kegiatan meliputi: Bakti Sosial santunan Anak Yatim di Kantor Kemenag Kabupaten Malang 3 Januari 2014, dan upacara bendera Peringatan HAB Kemenag RI ke 68 3 di Kantor Kemenag Kabupaten Malang 3 Januari 2014

UKM Karya Bhakti UKM Karya Mahasiswa Politeknik Negeri Malang menggelar Program Karya Bhakti Mahasiswa 2013 pada 25-31 Desember di Desa Jombok Kecamata Ngantang Kabupaten Malang. Adapun kegiatan meliputi perbaikan fasilitas pendidikan dan khitanan masal.

HRD Comic Cafe mempersembahkan event grand openingnya dengan tajuk “Negeri Garuda vs Negeri Sakura.” Acara digelar Desember 2013 di Comic Cafe Jl. Cokelat. Informasi hubungi 03417284567

Desain Komunikasi UNM Gelar Posko Visual Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang menggelar Posko Visual. Kegiatan pameran karya seni desain bertema ‘We Dare, We Care, We Share‘ ini meliputi acara pameran karya, seminar dan workshop serta lomba dan musik.

HIBURAN Nidji on Stetsa Specta Stetsa Specta Show 2014 mempersembahkan Heroes of Our Fight with NIDJI, 4 Januari 2014 di Graha Cakrawala UM. Tiket pre-sale Rp 20 ribu25 ribu, dapatkan di SMAN 4 Malang.

Have Fun Party di Kedai Prestasi Kepanjen We Get Friend present HAVE FUN PARTY, 28 Desember jam 14.00-20.00 di Kedai Prestasi Kepanjen. Membuka pendaftaran untuk band. CP Awang: 0819 459 786 44

BEM FE UNM Gelar Last Child on GKM 2013

20

KEAGAMAAN Menyambut Tahun Baru Riyadlul Jannah Gelar Pengajian Umum Malam pergantian tahun di Kota Batu akan semakin religius bersama Majlis Maulid Wat Ta’lim Riyadlul Jannah yang akan menggelar pengajian umum di Masjid Agung An Nur, Alun alun Kota Batu, pada 31 Desember 2013.

Pengajian Tahun Baru Remas Al Ikhlas Remas Al-Ikhlas mengadakan pengajian tahun baru. Tanggal 31 Desember 2013 pukul 19.00 WIB - selesai. Tempat Masjid Al-Iklash Dusun Gunungjati Desa Genengan Pakisaji.

BEM Fakultas Ekonomi Universitass Negeri Malang mempersembahkan Gebyar Kreativitas Mahasiswa menampilkan Last Child pada Desemberr di Graha Cakrawala UM. Pre sale 25K, on the spot 40K.

7 Cara Menyenangkan Mengusir Batuk dan Pilek Di musim hujan seperti sekarang ini, penyakit yang sering menyerang masyarakat yaitu batuk dan pilek. Untuk mengatasi dua gangguan kesehatan itu, selain minum obat ada pula beberapa cara menyenangkan yang bisa dilakukan. Inilah tujuh cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengusir batuk dan pilek seperti dikutip dari MSN, Rabu (25/12/2013). 1. Pijat Dipijat oleh orang lain atau hanya memanfaatkan kepalan otot Anda bisa membantu mengurangi hormon stres alias kortisol serta meningkatkan respons imun. Studi Cedars-Sinai tahun 2012 menunjukkan orang dewasa sehat yang rutin dipijat ala Swedia selama lima minggu memiliki peningkatan limfosit yang berguna untuk melawan penyakit. 2. Menonton film lucu Tertawa bisa memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh, terutama sel-sel darah putih yang disebut sel T dan berasal dari thymus serta sistem kekebalan tubuh. Tertawa dikenal bisa menurunkan tingkat stres sehingga sistem kekebalan tubuh pun terpengaruh. Meskipun review di Complementary Medicine mengatakan bahwa hubungan kegembiraan dengan

kekebalan terkadang masih bersifat tentatif. 3. Berfikir positif Dengan tetap bersyukur dan berusaha mengambil hikmah dari apa yang Anda alami, bisa memicu koneksi antara kekebalan dan kesenangan. “Terutama dalam situasi stres jangka pendek, menjaga tubuh tetap optimis dan positif sangatlah membantu,” kata psikolog Carl Charnetski. 4. Bercinta Studi dari Wilkes Univeristy, Pennsylvania melaporkan bahwa peserta penelitian yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki imunoglobulin A (antibodi yang menangkal virus flu) lebih banyak dalam air liurnya ketimbang peserta yang jarang berhubungan intim. Beberapa peneliti mengatakan seks di pagi hari bisa mendorong produksi bahan kimia pengurang stres yang dapat bertahan sepanjang hari. 5. Konsumsi ‘pelangi’ Pelangi dalam hal ini adalah makanan yang kaya antioksidan. Menurut ahli gizi dari Duke

LOMBA

EVENT

EVENT

EVENT

Grand Wedding Exhibition 2014

Grand Wedding Exhibition 2014

Spensa Gathering 2013

Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Enterprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Acara ini akan digelar pada Kamis – Minggu, tanggal 16 – 19 Januari 2014 yang berlokasi di Malang Town Square (MATOS) mulai pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB. Grand Prize ! Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info lebih lanjut dapat hubungi: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Kamis – Minggu, tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Grand Prize: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Forsa SPENSA mempersembahkan: “Forza Spensa Gathering 2013 Sabtu 28 Desember 2013. Pukul 06.00 WIB di SMP Negeri 1 Kota Malang. Gratis! NB:Acara ini terbuka untuk seluruh alumni SMP Negeri 1 Malang. Dress code: Tempo Doeloe

Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM

Public Speaking Class #5

New Year’s Eve Gala Dinner Party di Klub Bunga Butik Resort Kota Batu, akan menghadirkan Noaq Ployde Chen dan Kartika Wang. Malam pergantian tahun ini akan dimeriahkan dengan fire dance, circus clown, percussion show, royal gala dinner, royal party dan banyak doorprize. Bisa langsung reservasi ke 0341-594777.

HUT ke 33 Satpam Memperingati HUT ke 33 Satpam wilayah Kota Malang, panitia menggelar upacara 30 Desember 2013.

Turnamen Sepak Bola U-13 Turnamen Sepak Bola U-13 (KEL.2000) REKTOR ITN CUP II SE-JAWA BALI dalam rangka dies natalis ITN Malang ke 45, SSB PAS ITN menggelar turnamen sepak bola U-13 (kelahiran 2000) pada tanggal 29-31 desember 2013 dilapangan ITN kampus 2 tasikmadu. Info pendaftaran; arif 081555871788 (081555871788)

Public Speaking Class #5. Yang akan melatih Nawak adalah: Maliki (Public Speaking Coach). Setiap Hari Sabtu selama bulan Nov. dan Des. 2013 pukul 15.30 s/d 17.00 WIB. Di Jl. Bendungan Bening no.-32. Info: 085235451453; Pin BB: 332170F9

Royal Gala Dinner Party Klub Bunga Butik Resort

University, Beth Reardon, beberapa asupan yang bisa diandalkan adalah blueberry, cranberry, stroberi, kangkung, wortel, bit, dan kol ungu. 6. Pergi tidur lebih awal Banyak data menunjukkan orang yang jam tidurnya setiap hari kurang dari tujuh jam tiga kali lebih rentan terkena batuk dan flu. Sebab, pada dasarnya tidur justru bisa membakar bahan bakar untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu seseorang merasa stres. 7. Hang out dengan teman Hang out bisa sekaligus Anda jadikan ajang berolahraga. Selain tubuh bugar, kondisi psikis Anda pun akan berpengaruh karena orang yang kesepian cenderung mempunyai kekebalan tubuh yang rendah. Studi dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial luas, akan lebih sebentar terkena flu. Jadi, tak ada salahnya Anda mengunjungi teman atau berjalan keliling komplek bersamanya, asal pastikan virus flu tidak menular, misalnya dengan menggunakan masker.(jpnn/lim)

Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014. Menerima bantuan soal berupa buku, uang, pakaian dll.

HIBURAN Konser Harmonica Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB menggelar konser Harmonica demi Dies Natalis ke-52. Acara digelar pada Desember 2013. Raisa Adriana dan Sheila On 7 bakal jadi bintang tamu. Untuk informasi lanjutan hubungi 081230909175 (dewi) reservation ticket : 083834818933 (fiska)

KEAGAMAAN

KEAGAMAAN

Majelis Ar-Ridwan Gelar Pengajian Rutinan

Dauroh Liburan Keluarga

Majelis Ar-Ridwan kembali akan menggelar pengajian rutin pada Sabtu, 28 Desember 2013 di Dusun Cokro, Sukoanyar, Pakis, Kabupaten Malang yang dihadiri para habaib dan ulama se Malang raya.

Matahari Children Choir

Perayaan Natal Gelar Drama Natal Setia

Festival Seni Tradisional

Bustanul Qiro’ah di Masjid Ahmad Yani

Matahari Lippo Plaza Batu mempersembahkan Matahari Children Choir. Desember 2013 di Matahari Lippo Plaza Batu. Info: 081334330387, 081249080018

Ibadah natal di YHS Chruch Jalan Tenaga Baru IV/6 Kota Malang akan digelar pada 25 Desember 2013, pada jam 09.00 dan 17.00 WIB. Drama Natal Setia.

Festival Seni Tradisional di Taman Rekreasi Sengkaling 25 Desember 2013 - 1 Januari 2014. Meliputi reog, kentrung, campursari, pencak silat, barongsai.

Kegiatan Bustanul Qiro’ah di Masjid Ahmad Yani, setiap Rabu pukul 15.30-17.00 WIB. Jadwal setiap hari Senin dan Kamis.

Majelis Taklim dan Dakwah Husnul Khotimah bekerjasama dengan Takmir Masjid An-Nur Jagalan Malang dan Radio Dakwah Islamiyah 100.5 FM akan menyelenggarakan dauroh liburan keluarga dengan tema: “Ulasan Tuntas Siapa Rabbmu, Apa Agamamu, Siapa Nabimu” dari kitab yang berjudul: Syarhu Tsalatsatil Ushul karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah. Bersama Ust. Abdullah Sholeh Al Hadromi hafizhohulloh. Rabu, 25 Desember 2013 dan Rabu, 1 Januari 2013 pukul 08.00 – 17.00 WIB, bertempat di MASJID AN-NUR JAGALAN, Jl. Kapten Piere Tendean 1 C/1 Malang.

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


21

MALANG POST

kamis, 26 DESEMBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

KONTRAKAN

stnk

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

TOUR & TRAVEL

MOBIL - MOTOR

Dijual ESCUDO 2004 plat N rp 100 jt hub 0341 4444002 jl.Candi Brahu 18 mlg

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341-320358 / 082139500516

Stnk spd mtr Ymaha Vega R Th. 2009 Wrn Merah Marun N-3490-BU CF Noka: MH34D72039J268085, NOSIN. 4D71268062 a/n: Ella Yuanita, d/a: Jl. Kol. Sugiono IX-B/29 RT.06 RW.01 Kel. Mergosono Kec. Kedungkandang Kota Malang

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron. JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

“BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP346966/ 359155/ 7751155

Motor murah berkualitas. DP mulai Rp 500rb. Angsuran Rp 200rb (mocin) Rp 300rb (jepang). Jl. Ki Ageng Gribig L-15 Sawojajar. Hub (0341) 7627432 BG-14/12

karya jaya motor jual beli dan tukar tambah speda motor bekas berkualitas ki ageng gribig 3B/Dpn makam sekarpuro (0341)7756919, 081 333888919 BG-13/12

Pro mobil proses cepat dp + bunga rgn : odysseys ’01, wish ‘04, future gx’06, Hyundai, arya ’02, kijang sgx ’97, kijang g’94, carry ’93, innova ’05 Jl.Tumenggung Suryo 120 03415435431 BG-12/12

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/12

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/12

BG-23/12

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/12

Carry’01 Adi Putro hitam met,ori harga 60 jt hub 9176717-322791 BL-8/ 12

Dijual Suzuki futura station drv 2001 original inpomobil Rp. 50jt (0341)4422551 (L) perum bumiasri blok Q no.8 sengkaling BL-17/ 12

Daihatsu

BG-23/12

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750

jual rmh lb 5,5x17 m2 lt 700 m2 shm jambon pakis kembar pakis hub: 0341-7014426

BG-30/ 12

BL-30/12

•HONDA•

BG-1/1

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-24/12

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­ sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu)

BG-6/12

BL-27/12

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/12

MITSUBISHI gEBYAR Diskon akhir thn: Mitsubishi Pajero, outlander, mirage, cash back s/d 25Jt. Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/1

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/12

TOYOTA Dijual toyota Grand Extra 95 Biru audio Tv 78 jt nego Hub.03417375040 BG-24/12

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/12

Jual Kijang,94,bi­r u,Ac,Tp,­ Pa­jak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/11

dijual terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-21/12

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/12

AVANZA G 2009 HITAM n Mlg Ko ta Perum Graha Kencana Sel­ tan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/12

• SUZUKI • Gratis!!! Konsultasi kredit/tunai.Mobil baru Suzuki Hub: Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/1

Promo wagon r dp.22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub:9568253/082141959999

BL-13/12

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/12

BU Villa Batu ,baru mnls 190 m2 Hg.550 jt Nego 081916571873

BG-22/1

Abs revo’10 dp 500rb Ang 357x36, Satria FU,07 dp 2jt Angsuran 487x36 Telp.(0341)7567854, 7366556, 7392710

JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.0341-9187273

BG-7/12

VILLA

BL-22/ 12

BG-29/12

BL-21/12

DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad)

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

Dijual mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162

KOST

dijual Suzuki Futura Station DRV 2001 Original Indomobil Rp 50 Jt (0341) 4422551 (L) Perum Bumi Asri Blok Q No.8 Sengkaling.

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com

isuzu

BG-23/12

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E.

RUMAH

BL-15/12

Puri cempaka putih kawasan pemkot pnddkn dpn terminal hamid rusdi tipe baru UM 9jt (jamsostek) hub. 754055, 7025005, 081945155552 BG-6/1

Djl Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008

BG-19/12

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-17/12

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok. Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

BL-16/112

BG-2/12

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/12

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/12

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 BL-7/12

BG-24/12

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami so­lusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696 BG-07/12

BG-31/12

BG-11/12

BG-18/12

BG-4/1

Dana tunai bunga 0,77 %/bln jaminan bpkb mobil PT BPF Jl.Kahuripan 5 tlp 0341-7066110

BL-25/12

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­746571600

TANAH

DANA TUNAI Kredit tanpa jaminan dan asuransi dibawah 10jt, 1 hari cair hub : 08785970816 / 085231698907

Bth dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, prop erty, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978

BL-18/12

BL-22/12

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435 /081233081622

BL-26/ 12

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

BG-21/12

BG-18/12

STNK spd mtr Honda NF125 TRF ’10 N-2136-BG Noka MH1JB0117AK130041 Nosin JB01E1128590 a/n AINUR RAKHMAN YASIN a/d Perum Griya shanta Blok A No.41 RT 001 RW 012 Kel.Mojolangu Kec.Lowokwaru Kota Malang.

BG-21/1

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

Dijual Cpt, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174

BL-26/ 12

BUTUH Dana cepat + trm Gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+ BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp. 0341-7359448

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.03417020502/7750675

BG-25/12

BL-26/ 12

STNK spd mtr Yamaha /Vega R ’06 N-6726-AI Noka MH34ST1105K987018 Nosin 4ST1353989 a/n PENI TRI HANDAJANI a/d JL.Sukun Gempol No.27 RT.03/09 Kota Malang

BG-26/12

BG-30/12

TANAH

STNK spd mtr Honda Supra 125 ’08 Htm N-6755-BE Noka MH1JB91188K430847 Nosin JB91E1429616 a/n AGUSTINUS TANTO IRAWAN a/d JL.Sulfat Agung IX No.35 RT08 RW21 Kel Purwantoro Kec Blimbing malang kota

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

Jual rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego

Dijual RUKO 3lt. Rp. 1300jt 4x16m Dekat Sardo Jl. Gajayana. Ruko 2lt. Rp. 550jt 4x23m. Dekat Alfamart Teluk Grajakan. (0341) 8447272

BL-26/ 12

BG-11/12

Dikontrakkan Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963 BL-22/12

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

Kehilangan stnk

BIMBEL BIMBEL OTAK KANAN dijamin sukses sehat, kaya bahagia jl. Keben 2A 15 sukun 03419427474 bonus langganan BG-3/12

RUPA-RUPA

BG-18/01

Tiara Gordyn terima pemesanan/ pemasangan segala gordyn, partisi gypsum, list gypung, diskon 1015%. d/a Jl. Hamid rusdi Ruko kompi ongmor kuv.9 bunul. (0341)5477900/087859490782 BG-11/01

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­d ing, wall paper, ver­t ikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk) H u b : G A L E R Y G O R ­D E N J l . Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

BG-25/1

Public speaking workshop 25/01/14: utk komunikasi yg efektif & percaya diri: Reg sbelum 15 Jan: 250rb, 081805108666 pin. 2AAF72F2, recostainstitute.com @recosta_inst BG-23/1

Al-qur’an digital : cara praktis belajar membaca alqur’an, dapat digunakan kapanpun dan dimanapun jl.kembang kertas 15c Rt6 Rw4 jatimulyo lowokwaru . 081805131258/ bapak totok BG-20/1

Queen aesthetic promo faciail + cream pagi + cream malam hanya 100rb, faciai acne + cream acne + sunblock hanya 135 rb, paket whitening 6x Rp 595rb (0341) 557688 jl.bukit barisan 1 kav 7 malang BG-20/1

S o f a / sp r ingb e d a n d a kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg

BG-6/1

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/12

Rental komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal, bersepeda,dll) Jl. Bela Negara tuko taman niaga rampal k.V1 no hp: 081233130971 (0341)9374077 (0341)7474006 BL-17/12

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 03418696529,085855989910 BG-23/12

K u r sus p i a n o p r i v a t g u r u sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292 Ash a f a B o d y m i s t A r o m a t erapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

J a s a p e m b u a t a n r o m b o ­n g fran­­chise, both, stan pa­­me­r an, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.03412 8 0 ­1 8 0 9 / 0 8 1 2 1 6 5 5 0 5 0 9 ( C r marketing)

BL-29/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

ATOM clinic handphone service se­­mua jenis HP, hardware dan soft­­­ware Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kam­ pus ­UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

BG-18/12

BL-26/ 12

BG-20/1

BG-19/12

MP-JUAL : sovenir dr kain handuk (towel cake) cocok utk prnikahan, hrga 3.500/buah. Hub de flanel 085234120244

MP JUAL: cross A27,5.8”,putih, tgn pertama,99%,lengkap,screen guard,sedikit ada goretan di bekakang, Rp 1,1jt,ng, lok Mlg kabupaten, Infoke: 08170475057

MP-jual : Pusat aplikasi kartu kredit BCA TANPA BI CHEK IN ( gratis ) hub 085649727720, 083834997510,03413178691

MP-JUAL : Pegangan khusus pelarisan, pengasihan orang yg ditaksir lgsg tunduk, atasan, nasabah asuransi dll. enteng jodoh, buka pagar ghaib suami istri minggat cecok, segera mahar seikhlasnya

MP-Cari

MP CARI Dibutuhkan TKW ke singapore, HK, TAIWAN. proses mdh, resmi, pot gaji, cpt brkt, gj besar. Tdk perlu ragu krn kami sendiri yg proses bukan lwt calo. Juga cr Petugas lap/PL fee mantap. hub Sapta 081334433502.

MP-JUAL: Tablet/Android advan T1-E bisa Buat sms, telfon +TV barang masih 4Bulan, mulus, ori, lengkap, segel. harga 1Jt pas.. minat hub 08983981975 MP-Jual : Cpt Kmpor sntuh,AC prtble,Sndok brlpis emas,Alt msak sprti Magic Jar tpi untk msak syur Hub: 081938381193/083856827649atau 0341 5187762 Mp-Jual: ES CINCAU GREEN bs buat OBAT sglh penyakit( darah tinggi,bs membunuh sel kanker dll...) terbuat dr bhn alami, jln BONDOWOSO(dkt UM) mlng TERIMA PESANAN call 085790833379 MP-JUAL: BENIH IKAN LELE KAMI MENYEDIAKANNYA.PENGAMBILAN BESAR SIAP KIRIM. HUB:03419020612

MP- jual : frezeer box, 600 lt,kondisi normal(msh dipakai). Rp.2.700 jt. Hubungi : 081 75407710\ MP-jual: jasa pembuatan taman relief kolam hias patung dll. HUB cipta taman asri design no 081233292777atau 03419644466. BATU. MP-jual: jual hp nokia cdma tp 2116 hp+chas aja, brang lmayan bgus&nrmal skli. Hrga rp150rb bs nego dkt/ bs tukar sm burung. Minat hub 0341 3167167 MP-JUAL: hp cina merk SPC qwerti fitur: ada: kmra.Vid.Mp3.Radio. Blueotot.Java.Tv. Slotmmry. Brang nrmal cuma ngecas pkai desktop hrga rp100rb hub:3167167 MP-JUAL : jasa service AC,mesin cuci,water heater,kulkas dll hubungi 03417077376 sms 085646604841 MP-JUAL:resep bakso super di jamin lezat &halal +praktek=di utmkn luar kota mlg +6285608087172

gus pur +6285950096089 Mp-jual : jasa body spa pijat capek2 terapi vitalitas 083848891172 MP-Jual:rumah siap huni. luas bgnan 75 mt.perum bandulan asri D5.harga 230 jt. +6281252352257 MP-JUAL:gudang bks pnggilingan padi lokasi sidoharjo warujayeng,luas 5700m2 HRG 2M nego hub 085608766656 MP-JUAL : JASA PENUTUPAN KARTU KREDIT / KTA ,MACET ,TELAT BAYAR ,TIDAK BAYAR SAMA SEKALI ,DISCOUNT 30 - 70 % ( legal ) hub vhia 085649727720, 083834997510

MP-Cari : Marketing Tetap utk provider loket bayar & pulsa. Berpengalaman di bdg marketing, punya motor. Gaji Tetap, transport, insentif, bonus, karir... Utk aplikasi lamaran kerja, konfirmasi dulu ke Bp Arief, SMS di : 085.755.265.680 MP-Cari : sgr sopir/sales u/ order minuman kemasan diutmkan py kndraan sdri Hub.MGM jln.kedawung 25 03417039599 MP-Cari : pengasuh untuk anak daerah dinoyo, gaji tetap, wanita usia maks 25 th, pulang sore hari, penampilan rapi & bersih, sms: 087859402772 MP-Cari : Banyak Tenaga Kerja. dicari org yg mau jd agen pulsa setengah harga. Bisa dijalankan dirmh/diluar rmh. Minat hub 085646334272

BG-31/12

Aqiqah (Darul Aqiqah) mulai Rp 800rb+masak. Sate 225 tsk+gulai 65 prs. Nasi box mulai Rp 7000. (0341) 2383862/081333910016. Alam buring inside2 A4. Belakang gor ken arok BG-19/01

PIJAT Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/12

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel hub: 085774410568 no sms BG-29/12

pengobatan PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12

TOUR & TRAVEL “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp.4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01

Maju mapan trans MalangJuanda PP, Armada Tytinnova. trm pemesanan tiket pesawat, bisa pesan online, 24 jam Jl. Mayjend Wiyono no.1H. 081233 565758/087859995758/0855495 05758/(0341)575758 BG-11/01

BG-24/12

MP-JUAL: SEPATU KULIT “OXBRIDGE TOWN” coklat gelap no.43, 100% baru msh dlm dos. beli di HONGKONG awal Des, Universities series. 400rbu. hub msLukman : 081 334 505154

KULINER Depot Maninjau sedia ma­ sa­k an Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­ tak, ku­n ing, tum­p eng. Buka se­ tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­n in­­jau No. 91/ 711842

Wisataasia.com melayanai tour murah ke Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, cina, bromo, semeru, kawah ijen. (0341)403800 / 081233272929

DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

MP JUAL

BG-26/12

BG-4/12

Karimun wagon r super um 20 jtan angs 1 jt-an full ac, irit, aman, nyaman buktikan 0341-3199515

TOKO

BG-26/12

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

STNK Spd mtr Honda Beat ’12 N-6007 -CT Noka MH1JF5120CK701530 Nosin JF51E2687442 a/n BAIQ OCTAVIANA DWI A a/d Perum Joyo Grand K 117 RT 01 / 08 Kel Merjosari Kec Lowokwaru Kota Malang.

BG-24/12

BG-26/12

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-26/12

Kursus sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub:081381516060

BG-19/12

JAPANNESE STYLE DJ Salon & Spa Jl.Danau Kerinci F9C Kav.27 (Rko Pasar Sawojajar) Telp. 0341710605/085855159139. Menerima pembayaran debit/visa/master card. Cab. Jl.Kertoraharjo no.86. Dinoyo Malang

BG-31/12

Pasang parabola gratis indo­ vision/topytv/okvision di scppa­ rabola rukokaranglomega kav.3 0341­4 56222­/ 456333

BG-30/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

MP-Cari : tenaga antar/ambil es ke sekolah/warung,min smp,pny spd mtr,hub:082330697789 MP-CARI: MUSLIM/MUSLIMAT UNTUK JADI EDUCATIONAL PRODUCT CONSULTAN ALQUR’AN DIGITAL.(TOTOK-SMS085646558182) MP-Cari : kontrakan bedak atau toko kecil utk usaha foto copy, Lokasi sekitar brawijaya, jalan tirto tiro sekitar unmuh 3 hub 085649881818 MP-Cari karyawati lulusan sma/ smea untuk pembukuan lamaran dibawa ke jln Sumber wuni 10 Lawang. +6281944944402 MP-CARI:cari hp bekas kondisi bagus. layar sentuh yang mendukung java.klo ada NOKIA C 5 +6285608087172 MP-CARI : TUKANG LAS FASILITAS : GAJI+BORONGAN, UANG MAKAN, UANG TRANSPORT HUB. 0341-9183779

BG-21/1

BG-30/12

ANGKASA RENT CAR me­l a­ yani sewa mbl: APV Arena, Xe­ nia, Avan­z a, Kijang LGX, Mercy pe­n gan­t in, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9 318 71298 BG-31/12

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­RUSAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web­s ite: www. su­r ya travel. com. BG-29/11

www . a i r l a ngg a r e n t c a r . com ( 0 3 4 1 716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ ju­a n­d a(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/12

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­m urah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­s ite: www. stasiun tiket .com BG-29/12

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­ sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­N ER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 5765939037898 BG-31/11

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRIN­ TER Printer : ip2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini se m u a p l g M U RA H da n plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085­7 35 607111-0821 31475761 BG-23/11


ALL SPORT

Ketat, Semifinal Hari Ini

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

22

Ricciardo Bakal Kejutkan Red Bull

Kejurnas Tenis Lapangan Junior Yogi Sugito

MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

LIHAT LANGSUNG: Rektor UB Yogi Sugito melihat langsung pertandingan Kejurnas Tenis Lapangan junior Yogi Sugito Malang Open 2013 di UB Sport Center. Foto bawah: Tampak salah seorang pemain berusaha untuk lolos

MALANG-Kejuaraan nasional tenis lapangan junior bertajuk Yogi Sugito-Malang Open 2013 telah memasuki babak semifinal hari ini (26/12). Even yang didukung Malang Post ini memunculkan 4 pemain terbaik di masing-masing nomor yang dilombakan untuk merebut 2 tiket final yang digelar Jumat (27/12). Diprediksi pertandingan akan berlangsung sangat ketat. Bertanding di 3 lapangan, yakni Lapangan Tenis UB Sport Center, Lapangan Tenis Cakrawala UM, dan Lapangan PELTI Kota Malang, masing-masing peserta tampak serius melakoni babak quarterfinal kemarin (24/12). Jika sebelumnya unggulan pertama di nomor 10 Tahun Tunggal Putra, M.Hildan tumbang. Kali ini kejutan kembali terjadi. Atlet non unggulan, Taura dari Blitar, mengalahkan unggulan pertama di nomor 10

Tahun Tunggal Putri, Annisa Nur dari Malang. Taura sukses menumbangkan Annisa Nur dengan skor 8-4. Hasil tersebut cukup untuk memuluskan langkah Taura menuju semifinal. Di semifinal Taura bertemu atlet asal Jember, Risna Thalita Sal. Di babak quarterfinal, Risna sukses menekuk Bintang Maharani dari Surabaya dengan skor 8-2. Sedangkan untuk semifinalis lainnya di nomor ini, ada nama Zesinta dari Trenggalek yang lolos setelah mengalahkan Alisa Davina dari Malang dengan skor 8-0. Di semifinal Zesinta akan berhadapan dengan Rifdah Hanifah dari Jember. Rifdah lolos setelah menaklukkan Indra Radhita dari Blitar dengan skor 8-2. Sementara di nomor 10 Tahun Tunggal Putra, 4 nama yang lolos semifinal diantaranya M. Revikasa vs Onyx Ra-

madhana, dan Rafli Zurkarnain vs Aditya Panca. Di nomor 12 Tahun Tunggal Putra, unggulan pertama Angga Saputra melenggang mulus ke semifinal setelah mengalahkan Krisna Predy dari Blitar. Atlet asal Malang itu menekuk Krisna dengan skor 8-3. Angga Saputra akan bertemu Joey Wiryawan dari Surabaya yang lolos setelah mengalahkan unggulan 4 Ahmad Zulfikar dari Kudus dengan skor 8-4. Semifinalis lainnya di nomor ini yakni unggulan 3 Lucky Candra menghadapi unggulan 5 Muh Rafi Abdillah dari Jember yang sukses mengalahkan masing-masing lawannya di partai quarterfinal kemarin. Unggulan pertama di nomor 12 Tahun Tunggal Putra, Zoelfanny juga melaju dengan mudah ke semifinal setalah mengalahkan Raihanisa dengan ke-

Daniel Ricciardo

dudukan 8-4. Atlet asal Malang itu akan bertemu Alesandra yang juga lolos pasca melibas Dian Septi dengan skor 9-7. Partai semifinal hari ini dipastikan berlangsung seru. Hal itu diungkapkan ketua wasit Yogi

Sugito –Malang Open 2013, Dedy Nugroho. “Semua atlet yang lolos ini sudah melalui tahap sebelumnya dengan kerja keras. Pasti semifinal akan berlangsung ketat,” kata Dedy, sapaan akrabnya kepada Malang Post.(mg11/sir/lim)

Ferrari Pertahankan Alonso sampai 2016

Fernando Alonso

Comeback, Murray Pasang Target LONDON - Petenis Britania Andy Murray tak yakin bisa menambah koleksi titel grand slamnya. Namun demikian, Murray bertekad akan mencoba semaksimal mungkin untuk memenangi turnamen-turnamen besar tersebut. Murray berhasil meraih titel grand slam pertamanya di AS Terbuka setahun lalu, setelah mengalami kekecewaan di empat final grand slam sebelumnya. Setelah itu, petenis berusia 27 tahun ini memenangi grand slam keduanya di Wimbledon sebelum memutuskan untuk absen cukup panjang untuk menyembuhkan cedera punggung yang sudah dideritanya dalam setahun belakangan. Murray akan melakoni comebacknya di Mubadala World Tennis Championship di Andy Murray Abu Dhabi (26/12/ 2013). Murray mengakui bahwa memenangi grand slam akan sangat sulit. “Aku ingin mencoba menang sebanyak mungkin, aku sudah banyak kalah di laga-laga besar dan tidak ingin hal itu terjadi lagi,” sahut Murray yang dilansir Daily Mail. “Aku tidak ingin kalah di empat final beruntun lagi, itu momen yang mengerikan. Tapi aku juga tahu bahwa untuk memenangi turnamen-turnamen itu sangat sulit.” “Mungkin itu (juara grand slam) tidak akan terjadi lagi, aku mungkin tidak bisa memenangi grand slam lagi tapi aku ingin mencoba sebaik mungkin dan itulah yang kami sedang lakukan di sini dan mempersiapkan diri sebaik mungkin,” sambung pria asal Skotlandia itu. “Mudah-mudahan aku bisa menciptakan peluang besar untuk memenangi grand slam lagi,” harap Murray. (jpnn/lim)

MARANELLO-Beredar rumor bahwa Fernando Alonso akan cabut dari Ferrari sebelum kontraknya habis 2016. Tapi ‘Tim Kuda Jingkrak’ menyanggahnya dan menyebut Alonso akan menghabiskan kariernya di tim itu. Rumor itu beredar pasca komentar pedas Alonso musim lalu yang menyebut Ferrari setengah hati memberinya mobil yang bagus demi bersaing dengan Sebastian Vettel, yang akhirnya menjadi juara dunia F1. Komentar itu ditanggapi dingin oleh bos Ferrari, Luca Di Montezemolo, dengan dingin dan meminta Alonso fokus saja pada penampilannya di atas sirkuit. Hal ini kemudian membuat Alonso dinilai sedang tak harmonis hubungannya dengan Ferrari dan membuka peluang dirinya

bergabung ke tim rival seperti McLaren Mercedes atau Red Bull Racing. Bahkan McLaren sudah siap membawa kembali Alonso pada musim 2015. Tapi Di Montezemolo membantah semua rumor itu dan mengklaim bahwa hubungannya dengan Alonso baik-baik saja. “Spekulasi soal masa depan Alonso adalah berita bagus untuk media, terkadang bagus juga untuk publik,” ujar Di Montezemolo seperti dilansir Autosport. “Saya sangat puas dengan Fernando. Dia punya kontrak dengan kami hingga akhir musim 2016. Fokus saya adalah memberinya mobil yang lebih baik,” sambungnya “Saya punya banyak masalah tapi pembalap nomor satu bukanlah masalah. Kami akan membicarakannya dua

tahun lagi.” Sejak gabung ke Ferrari tahun 2010, Alonso memang selalu memberikan penampilan terbaiknya namun kerap gagal bersaing dengan Vettel dalam perebutan gelar juara. Sudah tiga kali ia hanya jadi runnerup yakni 2010, 2012, dan 2013. “Saya memahami, saya berbagi, dan saya bilang pada Fernando bahwa keberhasilannya menduduki posisi kedua musim ini adalah berkat kemampuannya dibanding mobil,” paparnya. “Di satu sisi, saya ingin para pembalap tetap sedekat mungkin dengan tim di masa-masa sulit, memberikan yang terbaik di dalam dan luar balapan. Inilah yang saya minta kepadanya di pertengahan musim lalu. Tapi saya sangat senang memilikinya dalam tim,” tutupnya. (jpnn/lim)

MILTON KEYNES - Daniel Ricciardo bakal memulai debutnya di tim juara bertahan Red Bull Racing, pada kompetisi Formula One musim depan. Pembalap muda Australia ini pun diyakini akan mampu menunjukkan potensinya. Adalah bos Red Bull, Christian Horner yang meyakini pembalap muda Australia itu akan mampu mengejutkan seluruh awak tim Red Bull dengan penampilannya, meski tetap saja dia akan berada di bawah bayang-bayang rekan setimnya, Sebastian Vettel yang dalam empat musim terakhir kokoh sebagai juara dunia. “Saya pikir, dia akan sedikit mengejutkan kami, karena dia sangat cepat. Dia memang harus belajar lagi, tapi saya pikir dia akan mengejutkan beberapa orang dengan kecepatan yang dimilikinya,” tutur Horner sebagaimana dikutip Eurosport, Rabu (25/12/2013). Komentar Horner bukan sembarangan. Dia berkata sesuai fakta yang ditunjukkan Ricciardo selama membela Toro Rosso, di mana dirinya selalu mampu tampil ciamik di babak kualifikasi, meski saat balapan kerap gagal mewujudkan ekspektasi timya. Ya, di musim lalu, Ricciardo tampil cukup baik di mana dirinya hampir selalu mampu menembus 10 besar pada babak kualifikasi. Pada saat balapan, dia juga mencatatkan 7 kali mampu menembus 10 besar. Pencapaian yang cukup bagus bagi Horner untuk sekelas pembalap muda dengan mobil yang bisa dibilang tidak cukup kompetitif. “Dia tampil luar biasa di babak kualifikasi saat bersama Toro Rosso, dan ia terus membuat kami terkesan dengan performanya saat balapan. Dia juga menunjukkan mampu mengatasi tekanan. Dia juga tidak cepat panik,” lanjut Horner. “Terkadang, dia menjalani sesi yang buruk di hari Jumat (latihan), atau bahkan pada Sabtu pagi (pemanasan), tapi ketika kualifikasi dimulai, dia mampu melakukannya dengan baik pada sembilan kesempatan dari 10 kesempatan yang didapatnya,” tandasnya. Ricciardo bergabung dengan Red Bull dari Toro Rosso pada akhir musim ini sebagai pengganti Mark Webber yang memutuskan banting stir ke ajang balap ketahanan mobil, 24 Hour Le Mans, bersama Porsche. (jpnn/lim)

Regulasi Baru, Kesempatan Tim Kecil Unjuk Gigi

Mercedes Bantah Kerja Sama dengan Renault

Adrian Sutil BANTAH KERJASAMA KERJASAMA:: Ross Brawn saat mengecek mobil Mercedes musim lalu BRACKLEY–Mercedes membantah pihaknya akan bekerja sama dengan Renault untuk membangun mesin mobilnya di pentas Formula One musim depan. Spekulasi ini berkembang menyusul sejumlah regulasi baru yang diterapkan FIA di musim depan. Regulasi baru yang diterapkan FIA untuk kompetisi musim depan di antaranya adalah penggunaan mesin turbo V6, yang disebut banyak pihak akan membuat biaya operasional tim semakin melambung. Untuk menekan biasa operasional, kubu Mercedes dikabarkan bakal bekerja sama dengan Renault untuk membangun mesin untuk mobil mereka di F1 musim depan. Kerja sama antara Mercedes dan Renault sebelumnya sudah

terjalin di ajang road-car, di mana Mercedes tak hanya bekerja sama dengan Renault, tapi juga Nissan. Hal inilah yang kemudian memicu spekulasi kedua pabrikan mobil ini akan bekerja sama di pentas F1. Namun, spekulasi tersebut langsung mendapat bantahan dari kubu Mercedes, Melalui chairman-nya, Dieter Zetsche, kubu Mercedes menegaskan pihaknya mampu membuat mesin sendiri. “Ketika kami melakukan kerja sama, itu tidak akan terjadi di F1. Kerja sama itu hanyalah bagian dari strategi marketing,” tutur Dieter Zetsche sebagaimana dikutip Speed, Rabu (25/12/2013). “Kami juga menegaskan, jika ‘mesin umum’ diperkenalkan di Formula One, maka itu meru-

pakan sinyal kami untuk hengkang. Mesin adalah kompetensi inti bagi kami dan kami ingin menunjukkan bahwa kami dapat membangun satu yang terbaik,” tandasnya. Sebagai persiapan menyambut musim depan, kubu Mercedes memang telah melakukan serangkaian pengembangan, teknis mobil maupun orangorang di sekitarnya. Baru-baru ini, Mercedes menunjuk Toto Wolff sebagai CEO, menggantikan Ross Brawn. Untuk line up pembalap, Mercedes tetap mempertahankan duet Nico Rosberg dan Lewis Hamilton yang musim lalu terbukti mampu membawa Mercedes mengakhiri musim di posisi dua klasemen konstruktor, mengungguli Ferrari. (jpnn/lim)

HINWIL - Sejumlah regulasi baru yang diterapkan FIA untuk kompetisi Formula One 2014 tidak melulu mendapat kritikan. Sambutan hangat justru dilontarkan pembalap anyar Sauber, Adrian Sutil. Mantan pembalap Force India ini menilai, sejumlah aturan baru yang diterapkan FIA akan memberikan warna tersendiri dalam balapan musim depan. Balapan diyakininya tidak akan lagi berjalan monoton, di mana tim-tim mapan selalu menjadi yang terdepan. “2014 akan jadi musim yang berbeda dari biasanya”–mesin baru, ban yang sangat berbeda, dan mobil secara umum akan berbeda,” tutur Sutil dalam rekaman video yang dirilis pihak Sauber sebagaimana dikutip Autosport, Rabu (25/12/2013). “Ini era baru Formula One. Bagi kami pembalap, sangat menarik untuk menjajal hal yang baru, perubahan yang membuat olahraga ini tidak membosankan,” sambungnya. Menurutnya, regulasi baru seperti perubahan mesin yang akan menggunakan mesin turbo V6, pembatasan bahan bakar serta aturan poin ganda di seri pamungkas, membuka peluang bagi tim-tim kecil untuk unjuk gigi. “Ada kemungkinan beberapa seri awal berjalan sesuai harapan, tapi juga justru berantakan. Tapi, saya melihat regulasi baru ini memberikan kesempatan bagi tim-tim kecil untuk mencapai hasil di luar dugaan sejak awal. Mungkin, podium bisa kami raih, Anda tidak akan pernah tahu,” tandas pembalap 30 tahun asal Jerman ini. (jpnn/lim) REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : KURDI


KAMIS, 26 DESEMBER 2013

Kades Terpilih Bunut Wetan Ditahan PAKIS - Kades terpilih Bunut Wetan pada 15 Desember lalu, Buchori terancam tidak dapat dilantik untuk kali kedua memimpin desanya. Dia ditahan di LP Lowokwaru oleh Kejaksaan Negeri Kepanjen sejak Kamis (19/12) lalu, karena tersandung kasus pembuatan Akte Jual Beli(AJB) tanah palsu milik warganya, Sudjono. Sudjono melalui kuasa hukumnya, Bambang Utomo SH, mengadukan Buchori ke Mapolres Malang, pada Tahun 2008. Tahun 2009 perkara itu pun digelar di Pengadilan Negeri Kepanjen dan memutuskan terdakwa dengan kurungan hukuman enam bulan. “Buchori saat itu sudah diputus dengan hukuman kurungan enam bulan penjara. Namun, terdakwa melakukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya dan ditolak. Selanjutnya, melakukan kasasi ke MA dan permohonan kasasi ditolak. Dengan kata lain, dia

Buchori tetap harus menjalani masa tahanan enam bulan penjara,” kata Bambang Utomo. Terkait dengan putusan MA, Bambang mengurangi, sebenarnya pada Mei itu sudah turun. Hanya saja, baru Sepetember diterima di PN Kepanjen. “Saya malah baru menerima November (18/11) kemarin. Makanya, kemudian saya minta dilakukan eksekusi untuk penahanan,” terangnya

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

PUTUSAN MA: Putusan salinan permohonan kasasi terdakwa yang ditolak MA seraya menambahkan terhitung sekitar sejak Kamis (19/12) sudah berada di tahanan. Kasi Pidum Pengadilan Negeri Kepanjen, Usman, dikonfirmasi terpisah membenarkan

penahanan itu. Hanya saja, yang bersangkutan enggan merinci dengan jelas. Alasannya, agar bisa dikomunikasi di jam dinas. “Iya, sudah (ditahan),” ka-

tanya singkat. Dalam putusan PN Kepanjen atau pun MA, ditegaskan kalau terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melanggar Pasal 263 ayat (1). Beberapa poin yang dijadikan alasan, salah satunya menjelaskan jika terdakwa selaku Kades dalam membuat AJB memasukkan keterangan atau data yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Terdakwa menuliskan bahwa Mashudianto membeli dari Warsi. Padahal dalam surat keterangan resmi atau sah, yang diajukan oleh Mashudianto kepada terdakwa secara jelas disebutkan Msshudianto membeli dari Sudjono. Dengan nomor persil no 30, sedangkan terdakwa menulsikan dalam AJB persil no 31. Dengan kata lain terdakwa menuliskan keterangan tidak sesuai fakta yang sesungguhnya sebagaimana dalam buku leter C desa. (sit/aim)

Danlanud Santuni Anak Yatim PAKIS – Dipenghujung akhir tahun, Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma TNI Gutomo berbagi kasih dengan anak yatim piatu. Memanfaatkan Hanggar Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh, orang nomor satu di Lanud tersebut, memberikan santunan kepada keluarga anak yatim-piatu dari keluarga anggota Lanud. Dana atau santunan yang diberikan itu, merupakan sumbangan sukarela anggota dan petinggi Lanud. Dari uang yang sudah terkumpul, kemudian diberikan kepada anak yang dianggap layak menerima santunan. Dalam sambutannya, Danlanud mengatakan, bahwa santunan yang diberikan itu diharapkan bisa sedikit mambantu meringankan beban biaya anak-anak. Utamanya, anak yatim yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. “Apa yang dilakukan ini merupakan sikap peduli dari satuan. Tujuannya, untuk meringankan beban dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim-piatu. Sehingga, anak yang masih butuh banyak perhatian itu, tidak merasa sendirian dan masih diperhatikan oleh Lanud Abd Saleh,” kata Gutomo. Ditambahkannya, santunan yang dilakukan itu, tidak terlepas dari program Yayasan “Al-Khaabiir” Abdulrachman Saleh. Dimana, pembentukannya masih dalam proses penetapan dari Menteri

SOSIALISASI UU DESA

IST/MALANG POST

SEGAR : Buah salak segar yang banyak ditanam di Desa Tirtoyudo menjadi perhatian Anggota DPR RI, Totok Daryanto.

Totok Daryanto Sambangi Desa Tirtoyudo MALANG -Anggota DPR RI, Totok Daryanto melakukan sambaing desa. Kemarin, Totok mengunjungi Desa Tirtoyudo. Kehadirannya untuk mensosialisasikan UU Desa yang telah ditetapkan DPR RI. “Indonesia ini ditakdirkan kaya oleh Allah. Mana ada negara dengan kondisi seindah ini yang hijau layaknya batuan Jamrud,” Ujar Anggota DPR RI, Totok Daryanto lirih sesaat setelah memasuki gerbang Desa Tirtoyudo dalam agenda Sambang Desanya untuk mensosialisasikan UU Desa, (25/12) kemarin. Hujan deras masih mengguyur Malang Raya. Jalanan licin menjadi teman perjalanan sambang desa yang diinisasi oleh Totok Daryanto, Anggota DPR RI dari Fraksi PAN. “Awannya gelap tapi kenapa saya bersemangat untuk ketemu rakyat ya?,” imbuhnya. Tak lama setelah membelah badai hujan, tibalah rombongan di Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Disambut hangat di rumah warga yang ternyata sudah menunggu kehadiran Ketua Pansus Amandemen UU Tentang Daerah tersebut. “Oalah onok anggota DPR nang,” teriak salah satu ibu yang langsung menyalami Totok. Santap siang dengan masakan khas desa menjadi jamuan pertama Totok di desa ini. Perjamuan sederhana namun hangat terasa bagi siapa pun yang turut serta dalam kunjungan itu. “Saya dengar disini petani salaknya besar ya pak? Saya boleh diantar ke kebun untuk melihat tanamannnya? tanya Totok pada salah satu warga. Tirtoyudo merupakan daerah yang terkenal dengan produksi salak dan kopinya. Produksi salak yang ada di desa ini rata-rata menggunakan pupuk organik sehingga hasil yang didapat dari produksi salaknya cenderung lebih segar dan manis. “Kebanyakan disini salaknya dijadikan kripik pak Totok, monggo dicoba rasanya. Permintaan pasar untuk kripik salak cukup tinggi dan harga jualnya disini bagus pak”, ungkap Amin perwakilan kelompok Salak di Desa Tirtoyudo. Dalam Sambang Desa kali ini, Totok membawa misi untuk mensosialisasikan Undang-Undang Desa yang telah diketuk palu pada 20 Desember 2013. “Pendanaan minimal Rp 1 Miliar akan diberikan untuk masing-masing desa di seluruh Indonesia. Desa bisa makmur bapak ibu sekalian, ora perlu bingung untuk bisa sejahtera dan nyekolahin anak.” ujar Totok ketika melakukan panen salak beserta warga masyarakat. (sin/aim)

Andreas Serap Aspirasi dan Bangkitkan... Sambungan dari Halaman 24

IST/MALANG POST

PERHATIAN: Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI Gutomo, memberikan santunan kepada anak yatim di lingkungan keluarga anggota Lanud Abd Saleh. Hukum dan Ham. “Bantuan yang diberikan itu agar tidak dinilai dari angkanya. Melainkan, ketulusan dan keiklasan serta perhatian yang diberikan. Sehingga, bisa berman-

faat untuk semua,” terangnya. “Al-Khaabiir” dalam kiprahnya, akan terus menampung dana dari para dermawan yakni anggota Lanud Abd Saleh. Salah satu caranya, menyebarkan

formulir kesediaan donasi ke Baitul Maal Al-Khaabiir Abdulrachman Saleh. Kemudian, dana yang tertampung akan diberikan kepada yang berhak menerima. (sit/aim)

Ngutil Pakan Ternak, Lima Karyawan Disel

AGUNG PRIYO/MALANG POST

DITANGKAP : Kelima karyawan pakan ternak PT Wonokoyo, yang diamankan di Polres Malang karena menggelapkan puluhan sak pakan ternak. MALANG – Pagar makan tanaman. Ungkapan itu setidaknya pas untuk kelima karyawan pakan ternak PT Wonokoyo di Kecamatan Jabung. Bagaimana tidak, sudah diberi pekerjaan enak, mereka justru membalasnya dengan menggelapkan pulu-

23

han sak pakan ternak. Imbasnya begitu perbuatannya terbongkar, kelimanya sejak Selasa lalu harus meringkuk di balik rutan Mapolres Malang. Mereka berlima ditangkap petugas secara bersamaan di tempat kerjanya ketika bongkar

muatan pakan ternak. Ketika diamankan, mereka mengakui semua perbuatannya. “Mereka kami tangkap setelah mendapat laporan dari pihak PT Wonokoyo. Begitu bukti kejahatan yang dilakukan kelimanya sudah lengkap, mereka langsung kami ringkus,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman. Kelima karyawan tersebut diantaranya, Ulam Winarko alias Eko, 33 tahun, warga Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, yang bekerja sebagai sopir truk. Darso, 43 tahun warga Desa Boro, Kecamatan Jabung, karyawan bongkar pakan. Supriyadi alias Jamil, 32 tahun, warga Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit yang juga sopir truk. Kemudian Budiono, 49 tahun, warga Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, sopir truk serta Samad, 40 tahun, warga Desa Boro, Kecamatan Jabung,

karyawan bongkar muatan. “Saya menggelapkan sak pakan ternak itu sudah 12 kali. Setiap kali menggelapkan sekitar 6 – 15 sak. Satu sak pakan ternak type P3ESA 18 itu saya jual seharga Rp 100 ribu kepada Arif. Uang hasil penjualan lalu saya bagi rata dengan teman-teman,” tutur tersangka Ulam Winarko alias Eko. Sementara itu, penggelapan pakan ternak yang dilakukan kelima karyawan ini, dilakukan mulai pertengahan September sampai awal Desember 2013. Mereka mengaku melakukan penggelapan itu atas suruhan Vince, karyawan bagian pengecekan barang di gudang. “Kami disuruh Vince, namun kemana dia kami tidak tahu,” ujar kelima tersangka. Modus penggelapan pakan ternak yang dilakukan mereka ini, ketika mengangkut ratusan sak pakan ternak dari PT Wonokoyo di Gempol – Pasuruan,

untuk dibawa ke gudang pakan ternak di Kecamatan Jabung. Ketika perjalanan menuju ke Jabung, di tengah perjalanan wilayah Pasuruan, mereka menurunkan beberapa sak yang kemudian menjualnya kepada Arif, seorang penadah yang kini masih buron. Setelah beberapa sak diturunkan dan sudah dibayar, mereka melanjutkan perjalanan menuju ke gudang pakan ternak di Jabung untuk bongkar muatan. Sementara terbongkarnya penggelapan barang yang dilakukan lima karyawan ini, bermula dari pihak perusahaan yang melakukan audit. Hasil audit diketahui ada banyak sak pakan ternak yang hilang. Setelah diselidiki dan diketahui bahwa sak yang hilang digelapkan oleh kelima karyawan, pihak perusahaan lalu melaporkan ke petugas Polres Malang, hingga mereka diamankan.(agp/aim)

Saya gembira karena tekad tersebut juga sangat didukung sepenuhnya oleh seluruh keluarga, rekan dan kolega saya di Malang Raya. Saya ini Arek Malang (Arema) yang selalu siap mengabdi untuk Indonesia,’’ tegasnya. Penasehat senior perbankan dan lembaga keuangan dari tahun 2006 sampai sekarang ini menaruh keyakinan besar bahwa Malang Raya dapat terus mencapai kemajuan pesat dalam berbagai segi.Karena daerah ini menyimpan begitu banyak potensi yang tidak dimiliki oleh daerah manapun di tanah air. Baik dalam bidang perekonomian, pariwisata, pertanian, peternakan dan sederet potensi besar lainnya. ‘’Ibarat permata, Malang Raya harus terus dipoles agar sinarnya dapat semakin bersinar.Karena itu,saya juga terus menyapa dan membangkitkan optimisme warga di Malang Raya guna menyambut tahun baru 2014 dan masa depan yang lebih baik dari hari ini,’’serunya. Kepada berbagai lapisan dan kalangan masyarakat tersebut, Andreas juga kerap memberikan berbagai pelatihan dan sebagainya.Tujuannya adalah agar masyarakat kian berdaya dan sejahtera.Dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Malang Raya secara keseluruhan. ‘’Pengalaman selama puluhan tahun dalam bidang perbankan saya dedikasikan sepenuhnya dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan sebagainya.Tujuannya hanya satu yaitu agar masyarakat di Malang Raya semakin makmur dan sejahtera,’’ demikian Andreas Eddy Susetyo. (nug)

UU Desa Pertajam Peran APBD 2014 Sambungan dari Halaman 24

Sedang untuk realisasi penggunaanya dibantu LPMD dan LSM dengan diawasi pihak kecamatan setempat. ‘’Tidak ada masalah. Mereka (keala desa) saya kira sudah siap semuanya. Asal transparan maka tidak aka nada persoalan. Sebaliknya, kalau mereka berusaha untuk tidak transparan jangan kaget kalau berurusan dengan hukum,’’ katanya. Sebelumnya, para Kades juga sudah mendapatka sosialisasi terkait ADD di Kantor Balai Besar Pemerintahan Desa Malang, Jalan Raya Langsep Kota Malang, awal pekan ini. Kegiatan yang diselenggarakan Kementrian Dalam Negeri melalui Balai Besar Pemerintahan dihadiri oleh 181 kepala desa dari wilayah Kabupaten Malang, dan 19 kepala desa dari Kota Batu. ‘’Hitungannya, rata-rata Rp 600 juta dari ADD, dan ada juga dana on top itu sekitar 800 juta, dalam setiap tahun. Hampir dipastikan dapat Rp 1 Miliar lebih, ini semua lewat APBN ke APBD, ada ketentuan untuk dana desa. Jika tidak dikeluarkan, maka dana itu akan diblokir, karena tidak bisa digunakan untuk kebutuhan atau keperluan lain,” terang Totok Sudaryanto, anggota Komisi VII DPR RI dalam sosialisasi itu. (has/poy/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SITI


24

KAMIS, 26 DESEMBER 2013

ADD Satu Desa Minimal Rp 1 Miliar

UU Desa Pertajam Peran APBD 2014 MALANG – Bupati Malang, H. Rendra Kresna memastikan Undang Undang (UU) Desa akan membantu percepatan pembangunan di wilayahnya. Kucuran anggaran desa dikisaran Rp 600 juta hingga Rp 1 miliar praktis mempertajam peran APBD 2014 Kabupaten Malang yang dipatok Rp 2,4 triliun. ‘’Sangat membantu sekali. Meski tidak bisa signfikan kehadiran UU Desa ikut meringankan beban pemerintah daerah mempercepat pemerataan pembangunan,’’ ujar Rendra kepada Malang Post di kantornya, akhir pekan lalu. Seperti diketahui MPR RI, Rabu pekan lalu, mensahkan Rancangan UU Desa menjadi UU Desa 2013. UU Desa memberi peluang pemerintahan desa mendapat alokasi bantuan dana sebesar Rp 1 miliar lebih dari dana APBN. Menurut Rendra, kekuatan APBD 2014 sebesar 2,6 triliun sebagian besar masih digunakan untuk belanja rutin, yaitu sekitar Rp 1 triliun. Sisanya sekitar Rp 1,6 triliun baru dialoksikan untuk pembangunan. ‘’Sisa dana itu tidak banyak. Bayangkan kami harus merawat jalan sepanjang 16 ribu kilometer. Harus mengurus kurang lebih 3 ribu saluran

CALEG AREK MALANG : Ir.Andreas Eddy Susetyo MM selalu membangkitkan optimisme masyarakat di Malang Raya.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SOSIALISASI : Sebanyak 181 kepala desa di Kabupaten Malang mengikuti sosialisasi terkait ADD (alokasi dana desa) yang baru sesuai dengan UU Desa yang baru. irigasi. Belum lagi sektor irigasi lainnya. Momen lahirnya UU Desa sangat positif sekali bagi pemerintahan desa,’’ ungkapnya. Dikatakan Rendra, sekarang ini, angka kemiskinan di Kabupaten Malang masih dikisaran 8,3 persen dari jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 3 juta jiwa. Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBN bisa dimaksimalkan untuk menyelesaikan persoalan di desa-desa.

Misalnya, dia, desa Misalnya lanjut dia bisa membiayai pembangunan kantor desa, membuka posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) atau ikut memelihara jalan di desanya masing-masing. ‘’Pembangunan dan perawatan jalan di desa sebenarnya bukan tanggung jawab kabupaten. Tetapi, karena lokasinya di wilayah kita maka jalan desa pun ikut menjadi tanggung jawab kabupaten. Dengan bantuan ADD dari APBN tentu beban kita lebih

ringan,’’ Parringan ’’ ujar Ketua DPD Par tai Golkar Kabupaten Malang ini. Menurut Rendra, peluang dari UU Desa memang tidak langsung membantu berkurangnya jumlah warga miskin. Tetapi, jika alokasi pemanfaatan ADD itu dimaksimalkan untuk peningkatan sektor terkait ekonomi, tentu kemiskinan segera bisa dikurangi. ‘’Itu tadi, misalnya, jalan desa sebagai akses perekono-

Andreas Bangkitkan Optimisme Masyarakat di Malang Raya

mian dibenahi dibenahi. Sebab Sebab, dengan akses jalan yang mulus tentu hasil pertanian atau pergerakan ekonomi di desa ongkosnya lebih murah. Kalau cost-nya murah tentu kesejahteraan cepat berubah,’’ paparnya. Ditanya kesiapan aparat desa mengelola ADD dari APBN, Rendra memastikan, sudah siap. Karena, kepala desa sudah terbiasa membuat Laporan Pertanggungjawaban Dana ADD. Baca UU Desa... Hal.23

Andreas Serap Aspirasi dan Bangkitkan Optimisme MALANG – Terus membangkitkan optimisme warga di Malang Raya.Terlebih menjelang tahun baru 2014 yang menyimpan berbagai harapan dan kemajuan baru bagi seluruh masyarakat di daerah ini. Hal ini selalu dikedepankan Ir. Andreas Eddy Susetyo MM caleg DPR RI nomor urut 4 Dapil V Malang Raya dari PDI Perjuangan yang selama ini aktif blusukan ke berbagai wilayah di Malang Raya. Tujuannya, untuk menyerap berbagai aspirasi dan harapan mereka,sekaligus membangkitkan optimisme berbagai lapisan dan kalangan masyarakat. ‘’Banyak harapan yang telah mereka sampaikan kepada saya. Semuanya turut saya carikan solusi dan jalan keluar sebaik-baiknya. Agar masyarakat di Malang Raya bisa menatap kedatangan tahun baru 2014 dengan semangat baru dan harapan baru,’’ papar Andreas kepada Malang Post kemarin. Warga dan wilayah Malang Raya hingga pelosok sekalipun memang tidak asing bagi professional bidang perbankan dengan reputasi tingkat internasional ini. Pasalnya,dia memang merupakan arek asli Ngalam yang dibesarkan di Jalan Pattimura Kota Malang dan menamatkan pendidikan di SMPN 3 dan SMAN 3 Kota Malang sebelum berkuliah di ITS pada tahun 1979 silam. Jadi, ayah satu putra ini memang sangat paham kondisi maupun karakteristik masyarakat di daerah kelahirannya. ‘’Sebagai arek asli Ngalam saya berkewajiban memajukan masyarakat dan daerah kelahiran saya. Baca Andreas... Hal.23

IST/MALANG POST

CALEG ASLI NGALAM : Andreas Eddy Susetyo bersama warga di desa Peniwen Kecamatan Kromengan.

PENUH KEAKRABAN : Bersama masyarakat di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

CALEG DPR RI nomor urut 4 Dapil V Malang Raya dari PDI Perjuangan, Ir. Andreas Eddy Susetyo MM terus menyapa dan membangkitkan optimisme masyarakat di Malang Raya guna menyambut tahun baru 2014. Arek asli Malang ini siap mendedikasikan diri sepenuhnya untuk kemajuan daerah dan masyarakat di daerah kelahirannya.’’Saya berangkat dari Arek Malang (Arema) untuk kesejahteraan Malang Raya dan Indonesia secara keseluruhan,’’ tandas pria asal Jalan Pattimura Kota Malang ini. FOTO-FOTO: ANDREAS FOR MALANG POST

Dari Arema untuk Indonesia BLUSUKAN : Menyapa dan menyerap harapan masyarakat di Donomulyo dan Desa Peniwen Kecamatan Kromengan.

DEMI KEMAJUAN MASYARAKAT : Menyebarkan ‘’virus positif’’ untuk kemajuan masyarakat di Donomulyo dan Desa Sitiarjo.

SATU JIWA : Andreas bersama Totok Kacong (Aremania Klayatan) mendukung Arema saat laga lawan Persegres dalam Piala Gubernur Jatim di Stadion Kanjuruhan. REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM

Mp2612  

Halaman Mp2612

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you