Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

Besok, Saint Loco-SID Gebrak Malang PERTUNJUKKAN musik spektakuler bakal tersaji di Bhumi Arema dari Lapangan Rampal, Sabtu (26/10), besok malam. Dua band rock papan atas negeri ini, siap menggebrak dan mengajak pecinta musik Malang Raya, bernyanyi bersama. Mereka adalah Superman Is Dead (SID) dan Saintloco yang dikemas dalam suguhan Surya Pro Mild Tour 2013. Di tahun ini, Surya Pro Mild Tour 2013 kembali hadir di Malang yang merupakan kota ke 28, dari rangkaian even di tahun 2013. Surya Pro Mild, selaku penyelenggara mengambil venue di Lapangan Rampal, dengan menghadirkan dua band rock dan penyanyi nasional yang memiliki penggemar luar biasa di seluruh tanah air.

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

PROYEK JEBOL, Warga Tersandera Akses Masuk Tertutup, Rumah Tergenang Banjir MALANG - Proyek drainase di Jalan DI Panjaitan, Kota Malang, yang diharapkan bisa menyelesaikan masalah banjir, tapi justru membawa masalah baru bagi warga disekitarnya. Betapa tidak, sekitar 500 warga yang tinggal di gang 18 C Jalan DI Panjaitan, ‘terpenjara’ di rumah. Mereka kesulitan masuk keluar gang tempat tinggal mereka. Selain itu, rumah warga sempat tergenang air hingga akibat jebolnya proyek saluran drainase. Sampai kemarin siang, warga tak bisa masuk keluar melalui gang yang setiap hari dilewati. Warga terpaksa mencari jalan alternatif. Kini warga pun mengeluh. Ketua RT 07, RW 05, Kelurahan Penanggungan, Rahmad Sumadi mengakui, galian proyek drainase di Jalan Panjaitan yang menghadap mulut gang 18 C, berdampak pada warganya. ‘’Warga tidak bisa masuk

Baca Besok....11

GERAKAN MALANG BERSIH

keluar lewat gang. Disini juga ada anak kos. Motor mereka tidak bisa masuk,’’ kata Rahmad. Untuk diketahui, lokasi galian drainase berada di wilayah RT 07, RW 05, kelurahan Penanggungan. Galian drainase untuk pemasangan box culvert yang ambrol akibat guyuran hujan, Rabu (23/10) terletak di mulut gang 18 C. Kondisi ini praktis menutup jalan masuk gang. Tidak hanya itu saja, material proyek yang hanyut terbawa air juga menganggu aktifitas warga. Sebagian material proyek, menumpuk dan tersangkut di jalan gang yang sedang digali untuk proyek drainase. Ambrolnya galian untuk pemasangan box culvert, juga mengakibatkan banjir di gang tersebut. Air mengalir tak terkendali. Akibatnya pada Rabu sore sempat menggenangi empat rumah warga.

Baca Libatkan...11

Ngalam

KAKANG MBAKYU

Pagi Ini Berkunjung ke Malang Post MALANG - Jelang masuk karantina, di Guest House Kawi, pagi ini 20 finalis Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 bakal mampir ke Kantor Redaksi Malang Post. Rombongan peserta yang didampingi panitia dari Paguyuban Kakang dan Mbakyu (Pakandayu) Kota Malang, berharap bisa ‘mencuri’ ilmu dari Korane Arek Malang. Rencana kunjungan calon duta wisata Kota Malang ini, diapresiasi positif oleh Pemimpin Redaksi Malang Post, Sunavip Ra Indrata. Sebagai media partner, Malang Post mensupport penuh ajang duta wisata tahunan yang selalu berhasil memunculkan talenta-talenta berkualitas tersebut. ‘’Tentu saja kami bakal menyambut baik kedatangan teman-teman dari Kakang Mbakyu Kota Malang. Bagaimanapun, Malang Post dan Pakandayu punya visi sejalan, untuk terus memajukan Kota Malang,’’ serunya antusias.

Baca Pagi Ini ....11

Ada yang Baru

28

Oktober

RIZAL FANANI/MALANG POST

RUSAK PARAH : Inilah kondisi pintu masuk di Gang 18 C yang tidak bisa dilewati setelah proyek drainase rusak tergerus air ketika hujan turun.

AREMA INDONESIA

Shendy Ristandi, Siswa SMAN 10 Bernyanyi di Depan Presiden

Hilangkan Canggung, Anggap SBY Sebagai Senior

Ebes

Telah kupilih jalanku sendiri Dalam prinsip kehidupanku Meski tak selalu akan indah Ku yakin sampai di sana

Bonus Menpora Kadit Jelas Kana : Bonus hadiah Menpora Cup sampe sak iki durung dirayab bes Ebes : Nemen jes, ngisin-isini, mosok Menpora kadit duwe ojir Kana : Mestine duwe bes, kan wis onok anggarane Ebes : Menpora itrenge wis rebes kabeh, tapi mungkin sing ndik nisor sing kadit rebes. Ketoke wis asaib, panitia turnamen hadiahe bermasalah.

‘’Jika orang selalu diberi petunjuk, dia bisa seperti bebek. Jadi biar dia mencari jalan keluar dulu, ketika mendapat masalah.’’

Baca Proyek ....11

Libatkan Seluruh Warga Kota MALANG - Gerakan Malang Bersih, yang segera dilaunching dalam waktu dekat, dijamin bukan sekadar ajang seremonial ataupun even sekali jalan. Nantinya, program ini akan digeber secara kontinyu dan terus digalakkan di seluruh wilayah Kota Malang, tanpa terkecuali. Kegiatan Jumat dan Minggu Bersih, bakal diagendakan rutin setiap pekan dan bergiliran. Seluruh awak instansi, baik negeri maupun swasta, yang berada di wilayah administrasi Kota Malang, dipastikan ikut andil dalam program inovatif geberan Pemkot Malang, yang didukung sepenuhnya Malang Post ini.

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

SHENDY FOR MALANG POST

BANGGA: Shendy ketika berkesempatan bertemu langsung SBY, beberapa waktu lalu.

Menyanyikan lagu ciptaan Presiden SBY, langsung dihadapannya, adalah peristiwa yang tak bisa dihapus. Itulah yang dirasakan Shendy Ristandi, siswa SMAN 10 Sampoerna Academy Malang. Sebuah kejadian langka, yang sulit bisa diulang. Bagaimana itu bisa terjadi?

Giliran Jajaki Inter Milan

Ramah dan pandai berbicara. Itu kesan yang terlihat saat Malang Post menemui Shendy Ristandi, di ruang tamu aula Mercusuar SMAN 10 Malang Sampoerna Akademy. Hanya dengan sedikit pertanyaan, siswa kelas 12 IPS 4 tersebut, langsung menjawab panjang lebar sesuai kronologisnya. Siswa asal Nganjuk tersebut, menceritakan, prestasi yang ia sabet 16 Oktober lalu, sebagai juara III lomba menyanyikan lagu milik SBY, adalah pengalaman tak terlupakan. Dengan seleksi yang sangat ketat di tingkat provinsi, awalnya ia tidak menargetkan menjadi juara. Namun, ia juga ingin membawa nama baik Kota Malang.

MALANG – Ketika isu terus berseliweran menghantam Arema Indonesia, skuadra Singo Edan ini justru terus melebarkan sayap. Pendekatan dengan klub-klub luar negeri, juga terus dilakukan. Kali ini, Arema mulai menjalin komunikasi dengan Inter Milan, untuk menjalin program sister club. Rencana itu juga sudah disetujui PT Pelita Jaya Cronous. Kerjasama itu bisa terjalin, lataran Erick Thohir, pemilik Inter Milan sekaligus pemilik DC United, berafiliasi dengan Cronous. Bahkan pembicaraan awal untuk menjalin kerjasama, sudah mulai dilakukan. ‘’Erick Thohir adalah pemilik Inter Milan, sekaligus pemilik DC United. DC United sendiri adalah afiliasi Cronous, sehingga kemungkinan kerjasama sangat besar dengan Arema, hal ini sekaligus mempertegas kerjasama jangka panjang Arema dan Cronous,’’ ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo, kemarin.

Baca Hilangkan ....11

Baca Giliran....11

Jawa Pos Group


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

2

Polrestabes Bongkar Live Musik Tarian Telanjang

BARANG BUKTI: Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Setija Junianta menunjukkan barang bukti live musik tarian telanjang yang berhasil disita.

DISITA: Kendaraan mewah yang disita dari pembobol Bank Syariah Mandiri Bogor.

Tiga Tersangka Kredit Fiktif BSM Bogor Dipecat JAKARTA-Bank Syariah Mandiri (BSM) pusat memecat tiga pegawainya yang menjadi tersangka dugaan kasus korupsi dan pencucian uang dalam kredit macet BSM Bogor sebesar Rp102 miliar. Senior Vice President Human Capital BSM, Ahmad Fauzi, mengatakan ketiga pejabat BSM cabang Bogor itu adalah M Agustinus Masrie, Haerulli Hermawan, dan John Lopulisa. Mereka dipecat dalam waktu yang berbeda. “Untuk inisal JL di-PHK November 2012, HH 1 Desember 2012, dan MA pada 4 Oktober 2013 lalu,” kata Ahmad kepada wartawan, Ka-

mis 24 Oktober 2013. Sementara itu Corporate Secretary BSM, Taufik Machrus, membenarkan adanya dugaan tindak pidana perbankan yang dilakukan oleh ketiga bekas pegawai BSM cabang Bogor tersebut. “Setelah audit internal kemudian kami langsung melaporkan ke Bareskrim bulan lalu,” jelasnya. Mengenai pembiayaan nasabah yang sudah berjalan, lanjut Taufik, BSM berjanji akan menyelesaikannya, termasuk pertanggungjawaban pihak yang terlibat. “Sesuai dengan aturan perbankan,” ujarnya. Mabes Polri mengungkap

Putusan Paripurna DPR: RUU Pilpres Distop JAKARTA- DPR akhirnya bersepakat tidak melanjutkan pembahasan revisi Rancangan Undang-undang (RUU) Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden. Keputusan ini telah disepakati lewat Paripurna DPR pada Kamis (24/ 10/2013) kemarin. Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR, Nurul Arifin mengatakan, seluruh fraksi di DPR telah menyepakati jika RUU Pilpres tidak akan dilanjutkan pembahasannya. “Tapi tetap masih diprolegnas. Tapi tidak cukupnya kalau itu dibahas yang sisa waktunya sudah sempit. Makanya kita sepakat dalam lobi tadi di Paripurna tidak dicabut dan tidak divoting. KaNurul Arifin rena waktu pembahasannya sudah tidak cukup lagi,” ujar Nurul di Gedung DPR, Senayan, Kamis (24/10/2013). Meski diputuskan tidak akan dibahas lagi, namun RUU Pilpres ini akan tetap masuk di Prolegnas 2009-2014. Sehingga RUU itu masih bisa dibahas dalam periode berikutnya. Sebelumnya, Baleg DPR juga telah memutuskan tidak akan membahas RUU Pilpres lagi. Keputusan itu dikeluarkan setelah Baleg menerima masukan dari beberapa fraksi di DPR. Pasalnya Baleg menilai UU Pilpres yang ada saat ini masih bisa digunakan dalam Pilpres 2014 nanti. Pembahasan RUU Pilpres ini memang berjalan sangat alot di DPR karena pembahasannya sudah berjalan selama 1,5 tahun. Namun akhirnya dihentikan karena poin-poinnya tidak jauh berbeda dan hanya menitikberatkan soal perubahan Presidential Threshold atau persyaratan pencalonan capres sebesar 20 persen suara nasional. (jpnn/udi)

kredit fiktif di Bank Mandiri Syariah (BSM) Bogor. Para tersangka pembobol BSM Bogor itu diduga merupakan sindikat perbankan. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny Franky Sompie mengungkapkan, para tersangka diduga melakukan pencucian uang dari hasil kredit fiktif itu. Dugaan kerugian dalam kasus ini mencapai Rp59 miliar. Dalam kasus ini, penyidik telah menahan empat tersangka. Mereka adalah M Agustinus Masrie (MA) selaku Kepala Cabang Utama BSM Bogor, Haerulli Hermawan (HH) sebagai Kepala Cabang Pembantu

BSM Bogor, dan John Lopulisa (JL) selaku Accounting Officer BSM Bogor. Satu tersangka lagi adalah seorang debitur bernama Iyan Permana (IP). Menurutnya, kasus pidana perbankan dan pencucian uang ini terungkap setelah Bank Syariah Mandiri pusat melapor ke polisi, September lalu. “Saya kira ini prestasi penyidik karena dalam waktu kurang dari dua bulan bisa terungkap,” kata dia. Selain menahan sejumlah tersangka, Polri juga menyita belasan kendaraan mewah sebagai barang bukti. “Semua mobil milik keempat tersangka. Tapi berapa jumlah dari masing-

masing tersangka sekarang sedang dipilah. Karena penyidik tengah mempersiapkan surat izin penyitaan ke pengadilan setempat,” katanya. Mobil mewah tersebut di antaranya adalah Hummer H3 hitam bernomor polisi B 741 FKD, Fortuner putih F 1030 DO, Mercy SLK 300 kuning B 1 ADG, Toyota Alphard putih B 1650 RL, Mercy E 300 putih B 741 NDH, Honda Freed putih F 630 CW, CRV hitam F 1299 L, Honda Jazz Putih F 39 A, Toyota Altis hitam F 1649 DK dan motor gede Honda F6B hitam tanpa plat nomor polisi. (jpnn/udi)

Suami Ratu Atut Terkena Stroke

SAKIT: Ratu Atut Chosiyah bersama suami, Hikmat Tomet yang kini sakit terkena stroke. JAKARTA- Suami Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Hikmat Tomet terkena stroke. Akibatnya, anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Golkar ini tidak pernah lagi bisa mengikuti kegiatan kedewanan. Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Ade Komarudin mengakui jika tak aktifnya Hikmat dalam kegiatan di DPR dikarenakan dia sedang sakit stroke. “Sakitnya sebenarnya sudah lama. Sakit Stroke,” ujar Ade di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis

(24/10/2013). Meski sudah tak aktif lagi, namun Golkar belum berencana melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada Hikmat Tomet. Pasalnya Golkar masih yakin Tomet masih bisa beraktifitas kembali setelah mendapatkan perawatan dari medis. “Saya kira semua orang sudah tahu. Kalau orang sakit jangan kalian masalahkan,” tandasnya. Pasca kasus dugaan suap pemilukada Lebak Banten yang

menyeret adik dari Ratu Atut yakni Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan, beberapa pihak mulai menyoroti penerapan praktik dinasti politik di Provinsi Banten.nBahkan setelah KPK telah resmi melakukan pencegahan terhadap Ratu Atut, sang suami Hikmat Tomet yang tercatat sebagai anggota DPR tidak pernah tampak lagi. Bahkan ruangan Tomet di lantai 12 nusantara I sudah tidak ada aktivitas lagi dan terlihat kosong. (jpnn/udi)

SURABAYA- Ajang tarian erotis mulai menjamur di Surabaya. Polisipun mengamankan enam orang wanita yang melakukan tarian tlanjang di kawasan Surabaya Utara. Acara yang digelar di kawasan tempat hiburan kawasan Surabaya Utara tersebut bertajuk live DJ (Disc Jockey) dengan suguhan tarian telanjang (streptis). Dari hasil penangkapan itu petugas mengamankan barang bukti berupa alat DJ, bra, celana striptis, laptop dan CD lagu-lagu house music. “Semua tersangka berhasil kita amankan. Namun untuk si pemesan masih kita buru,” terang Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Setija Junianta, Kamis (24/10/2013). Sementara dari data kepolisian bahwa nama enam orang tersebut terdiri dari Danang (31), asal Dsn Ngujung Singosari, Kabupaten Malang, Sifa (18), asal Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kediri, dan empat penari telanjang asal Kediri, yaitu Dita (22), Veny (20), Putri (21) dan Saskia (20). “Tersangka Danang berperan sebagai pencari order (germo), sedang Dita sebagai DJ-nya. Untuk empat wanita lainnya lainnya bertindak penari striptise,” papar Setija. Dijelaskan mantan Kapolres Sidoarjo dan mantan Kasat Tipikor Polda Jawa Timur ini, penangkapan para tersangka ini bermula ketika anggotanya yang tengah menyamar, mendapat undangan acara di salah satu tempat hiburan malam di Surabaya. “Saat mendatangi acara tersebut, anggota mendapati empat penari dan DJ acara dalam keadaan telanjang tanpa busana. Sehingga, petugas yang langsung berkoordinasi dengan anggota lain langsung melakukan penggerebekan,” tandas Setija. Selanjutnya, para tersangka dijerat dengan Pasal 29 jo Pasal 4 ayat (1) dan atau Pasal 35 jo Pasal 9 dan atau Pasal 34 jo Pasal 8 Undang-Undang RI No 44 tahun 2008 tentang pornografi. Untuk menyaksikan tarian erotis live plus DJ harganya tidak begitu murah. Memanggil acara live Dj plus ini, bagi pemesan wajib mengeluarkan uang sebesar Rp 26 juta per paket. Dari harga itu, hanya bisa menikmati dalam waktu tiga jam dan honor Rp 26 juta itu dibagi enam yaitu Danang (31) asal Dusun Ngujung Singosari, Kabupaten Malang, Sifa (18), asal Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kediri, dan empat penari telanjang asal Kediri, yaitu Dita (22), Veny (20), Putri (21) dan Saskia (20). “Untuk Danang dapat Rp 2 juta, sedangkan Dita berperan sebagai DJ (Disc Jockey) dapat uang Rp 10 juta pasalnya selain Dj dirinya juga melakukan tarian telanjang,” terang penyidik. (jpnn/udi)

SBY: Saya Hadapi Anas Serius Setelah Pemilu JAKARTA-Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono masih diam menghadapi serangan Anas Urbaningrum. Namun, pasca pemilu 2014, SBY akan menghadapi Anas secara serius. Sikap SBY ini karena merasa kalau melawan serangan politik Anas sekarang, maka SBY dan Demokrat yang dirugikan. Begitu kutipan dari isi sms yang diduga dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat SBY tersebut. “Selama ini saya tidak menanggapi serangan-serangan Anas thdp saya. Mengapa? Saya malu jika harus meladeni. Yang jelek nama saya & PD sendiri. Lawan-lawan politik akan bertepuk tangan,” kata SBY dalam pesan singkatnya kepada sejumlah elit Partai Demokrat, Kamis (24/10/2013). Diamnya SBY, bukan berarti membiarkan Anas terus menyerang. SBY mengatakan, terbesit di pikirannya untuk melawan Anas secara serius. “Saya malah berpikir setelah tidak jadi Presiden akan saya hadapi secara serius. Atau biar lewat dulu Pileg 2014. Setelah itu akan saya hadapi benar-benar,” tulis SBY. SBY mengaku dia didzolimi oleh Anas. Sebagai Presiden, dia dizolimi oleh orang yang pernah memimpin Partai Demokrat tersebut. “Kalau Anas tidak korupsi mengapa takut? Mengapa tidak berani membantah Nazarudin? Mengapa malah saya yg di-serang? Apa bisa Presiden melarang atau menyuruh KPK? Tak seorangpun yg bisa,” tulis SBY melanjutkan. Dalam sms itu, SBY tak bisa meluapkan kemarahannya. Dia makin marah dengan tingkah Anas yang tidak pernah berhenti menyerang dia. “Ingat. Anas tidak diberhentikan oleh PD, dia berhenti sendiri. Itupun partai yg kita dirikan dengan penuh perjuangan & pengorbanan ditinggal begitu saja. Tidak ada tanggung jawabnya. Tadinya saya tidak mau bicara seperti ini. Biar saya simpan saja dlm hati saya. (jpnn/udi)

KPK Mulai Membidiknya, Airin Siap Diperiksa JAKARTA- Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diani mengaku siap diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait proyek alat kesehatan (Alkes) yang kini tengah dibidik KPK. Hal itu menyusul penyelidikan baru yang dilakukan KPK dalam pengadaan Alkes pada tahun anggaran 2010 sampai 2012 di Dinas Kesehatan Kota Tangsel. “Siap,” kata Airin usai menjenguk suaminya Tuibagus Chaery Wardana alias Wawan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK, di Jakarta Selatan, Kamis (22/10/2013). Sementara itu, ketika dimintai tanggapannya terkait dengan dokumen yang disita KPK dalam pemeriksaan di Dinkes Tangsel, Adik

Ipar Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini hanya menyerahkannya kepada KPK. “Kita serahkan proses hukum kepada KPK,” ujarnya sembari masuk kedalam mobil Kijang Innova berwarna krem. Sebelumnya, KPK melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak di Dinas Kesehatan Tangerang Selatan (Tangsel) terkait pengadaan alat kesehatan (Alkes) pada tahun anggaran 2010 sampai 2012. Airin Rachmi Diany menghormati langkah KPK yang membidik proyek alat kesehatan (Alkes) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). KPK sedang menelusuri proyek pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Tangsel tahun anggaran 2010 hingga 2012.

“Kita mengikuti proses hukum dan kita hormati proses hukum,” kata Airin di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Airin sendiri kembali datang ke KPK, buat menjenguk sang suami Tubagus Chaery Wardana alias Wawan. Ia enggan Komentari lebih jauh penyelidikan yang dilakukan Komisi Anti Rasuah ini. “Kalau mau tanya, silakan tanya ke KPK,” tuturnya. Perempuan yang mengenakan kemeja krem corak hitam dipadu jilbab hitam itu pun memilih pergi buat langsung menengok Wawan, suami sekaligus tersangka suap penanganan sengketa Pemilu Kada Lebak di Mahkamah Konstitusi. Wawan kini meringkuk di sel Rumah Tahanan KPK. (jpnn/udi)

KUNJUNGAN: Wagub Banten Rano Karno (kanan) bersama Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany beristirahat di saung milik warga usai menghadiri sebuah acara di Setu, Tangerang Selatan, Banten. REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

Tablet Samsung pun Bisa BBM-an MALANG - Pernyataan BlackBerry bahwa aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) hanya bisa diases me lalui ponsel berbasis android tidak sepenuhnya benar. itu terbukti, aplikasi sebesar 12.67 yang tersedia di google play store ini juga dapat di akses melalui tablet. Nurul Umayati salah satunya. gadis pengguna Lenovo A3000 ini berhasil mendownload dan mengakses aplikasi tersebut pada tablet androidnya. “awalnya nyoba saja, dan ternyata berhasil,” kata gadis berjilbab ini seraya menunjukkan aplikasi BBM pada tabletnya Wanita asal Tirtoyudo ini menyebutkan, sejak awal BlackBerry mengumuman secara resmi aplikasi BBM tersebut tersedia di platform android beberapa hari lalu, dia langsung mendownloadnya. Saat download, gadis berkulit putih ini mengaku tidak memliki kesulitan. Alias, aplikasi tersebut seketika dapat terpasang dengan baik pada perangkatnya. Namun begitu, layaknya menginstal aplikasi ini pada ponsel, Umay tidak bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut. “pertama hanya memasukkan email,” kata wanita ini. Namun begitu, seketika ada balasan dari pihak BlackBerry yang isinya email yang dikirimkan tersebut didaftarkan ke BBM.Com. “Beberapa kali saya mencoba, tapi tidak langsung masuk. Baru siang ini kemudian saya mencoba lagi, dan berhasil mengaktifkan aplikasi BBM yang kemarin saya download,” urainya.

IRA RAVIKA/MALANG POST

TAK HANYA DI SMARTPHONE: BBM Android juga bisa diakses melalui tablet besutan Samsung. Tampak tampilan BBM di tablet.

Seperti BBM yang terinstal di android dan iPhone, Pada tablet Android, BlackBerry juga menyediakan nomor PIN dengan anka awal 7. “Angka awalnya 7. Untuk mendapatkan PIN saya lebih dulu melakukan registrasi. langkahnya sama seperti pada smarthphone,” tambahnya wanita ini sembari mengatakan jika dirinya sudah bisa lagi berhubungan dengan teman-temannya sesama pengguna BlackBerry. Senada Anna Fitriyah juga mengatakan

dirinya berhasil menginstal aplikasi BBM pada tabletnya. Bahkan pengguna Galaxy Tab 3 7 inci ini juga bisa langsung meninvite teman-temannya dan membuat sebuah grup. “ Ta m p i l a n n y a s a m a d e n g a n BlackBerry, kita bisa mengirim pesan singkat, voice bbm, membuat grup, “ kata gadis asal Gondanglegi ini. Namun begitu, Fitri memastikan jika tidak secara aktif menggunakan aplikasi tersebut, itu karena dia mengaku sudah memiliki BlackBerry. “Kemarin

se kan penasaran, tapi sekarang sudah tidak lagi. karena saya sudah punya BlackBerry, jadi saya saya pakai yang asli saja,” tandasnya. Sementara di media sosial, apkikasi BBM ini masih banyak diperbincangkan. sepertidi Twitter dan Facebook, aplikasi ini cukup menjadi trending topic. Beberapa diantaranya mengatakan jika aplikasi ini masih belum maksimal, namun banyak juga pengguna aplikasi ini yang puas, lantaran berhasil menggunakan aplikasi tersebut.(vik/fia)

Nokia Kenalkan Si Bungsu dari Keluarga Lumia MALANG - Nokia melengkapi seri Lumianya dengan menciptakan Lumia 625. Ponsel yang dikenalkan beberapa waktu lalu ini diyakini mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Selain memiliki spesifikasi yang lengkap, ponsel ini juga hadir dengan berbagai fitur yang mumpuni. Namun sayang, ponsel ini belum beredar di pasar gadget Malang Raya. Secara produk, Lumia 625 ini sama dengan kakak-kakaknya, yaitu bekerja dengan operating sistem windows 8. Promotor Nokia, Wahyu Wibisono menyebutkan, ponsel ini hadir dengan bentang layar 4.7 inci. Layar tersebut seukuran dengan Lumia 920. Tidak hanya mampu menampilkan gambar dengan resolusi terbaik, layar ponsel ini juga dijamin tahan akan goresan. Hal itu dikarenakan Nokia menanam pelindung layar corning gorilla glas, yang dipastikan menjaga layar tetap cling. Bukan hanya itu, coloured shells yang dapat diganti-ganti membuat tampilan perangkat baru ini kian ciamik. Pengguna bisa mengganti coloured shells sesuai dengan keinginan. “Windows Phone 8 yang tertanam membuat pengalaman yang lebih dahsyat dan lebih personal. Pengguna dapat menempatkan kontak

ISTIMEWA

BELUM HADIR: Nokia Lumia 625 mulai diperbincangkan pasar gadget Malang Raya, kendati demikian, keluarga seri Lumia tersebut belum hadir di kota ini.

dan aplikasi favorit pada start screen. Pengguna juga dapat melihat update post dan Tweet terbaru pada fitur Live Tile,” kata Wahyu. Lebih menarik lagi, Wahyu menje laskan pengguna juga dapat menyelesaikan pekerjaan dimana saja, seiring dengan adanya fitur Microsoft Office serta Outlook. “Ini merupakan produk penyempurnaan dari seri Nokia Lumia 620. Dan tentu sebagai seri terbaru,

fiturnya jelas lebih lengkap,” urainya. Tidak hanya layarnya saja yang menarik. Ponsel yang didesain, setiap sudunya melengkung ini juga dilengkapi dengan Nokia Smart Camera. Namun sayang. Wahyu sendiri belum bisa memastikan, resolusi yang tertanam pada kamera Lumia 625. Tapi dari informasi yang didengarnya, ponsel ini dilengkapi dengan sensor kamera sangat tinggi. Sehingga, hasil jepretan ponsel ini tidak mengecewakan.

Seperti ponsel Nokia Lumia pada umumnya, ponsel ini juga dilengkapi dengan aplikasi Peta. Aplikasi tersebut adalah Here Maps. Dengan aplikasi ini, pengguna ponsel ini akan sangat cepat menemukan tempat tujuan. “Aplikasi Here Maps ini berjalan meskipun kondisi offline. Inilah kelebihan Lumia 625,” tambah pria yang memiliki wilayah tugas di Pertokoan Tiga Putra ini. Sementara untuk dapur pacunya, Nokia juga tidak main-main. Prosesor jenis Snapdragon, dual core dengan kecepatan hingga 1.5 GHz mampu berjalan dengan kecepat. Prosesor tersebut kian sempurna dengan dukungan RAM 512. Ponsel ini juga dilengkapi dengan memory internal seluas 8 GB. Memory internal tersebut dapat diekspansi hingga 64 GB menggunakan SD card. Demi memperlancar aktivitas pen ggunanya, Lumia 625 dibekali dengan baterai berkapasitas 2000 mAH. “Kapasitas baterai sangat memungkina pengguna untuk membawa ponsel seharian, tanpa ribet harus membawa perangkat charger kemana saja,” urainya. Namun begitu, Wahyu juga lantaran perangkat baru tersebut belum bersedia, dia pun belum tahu pasti harganya.(vik/fia)

3

TABLET

B-Tab 4 Dibekali Layar IPS MALANG - Sebagai pabrikan lokal, Beyond terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk yang handal. Salah satu produk tersebut adalah B-Tab 4. Tablet dengan luas layar 7 inci ini bisa dikatakan sebagai produk paling sempurna. Selain telah didukung dengan layar jenis IPS, ponsel ini juga telah menggunakan jaringan 3.5G. Tak pelak, pengguna perangkat ini akan menemukan sensasi kecepatan yang luar biasa saat melakukan browsing internet. Marketing Original Shop Dinoyo Yuni Umama mengatakan, sekilas B-Tab 4 memang sama dengan B-Tab ataupun B-Tab 1, karena ukuran layarnya sama-sama seluas 7 inci. Tapi begitu perbedaan akan seketika dapat dilihat, saat layar tablet dihidupkan. Pengguna akan mendapatkan tampilan yang cukup bagus, lantaran layar IPS yang ditanam ini memiliki resolusi HD 1024 X 600 piksel. Beyond menanamkan prosesor dual core pada produk terbarunya tersebut. Berkecepatan 1GZ dan memory RAM 512 MB membuat perangkat ini memiiki kinerja yang tak mengecewakan. “Kolaborasi antara prosesor dan RAM serta resolusi layar yang cukup, tablet ini tidak sekadar bisa mengerjakan tugas ringan, tapi juga tugas berat, atau bermain game berkualitas tinggi,” ucap Yuni. Sementara untuk memory internalnya, Beyond memberikan wadah seluas 4 GB. Memory internal bisa diperluas hingga 32 GB menggunakan micro SD card. Sedangkan untuk multi media, tablet ini dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel. Kamera tersebut tidak hanya bisa menjepret foto, tapi juga bisa berfungsi untuk merekam video. Pengguna juga bisa menggunakan tablet ini untuk menonton film, sedangkan untuk mendengarkan musik, Beyond juga menyediakan pemutar musik dengan file MP3 dan MP4. Tidak ketinggalan, tablet ini juga mendukung fungsi FM radio, sehingga pengguna pun bisa mendengarkan siaran radio dimana saja dan kapan saja. “Untuk baterainya, B-Tab 4 ini didukung dengan baterai berkapasitas 3500 mAH. Cukup kuat,” tambah wanita berjilbab ini. Dan yang tidak kalah menarik adalah, tablet ini dijual dengan harga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 1,35 juta. “Dengan spesifikasi yang mumpuni, dan fitur yang lengkap, tablet ini juga dijual murah,” tandas wanita asal Poncokusumo ini.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

MURAH: B-Tab 4 memiliki tampilan yang mirip dengan pendahulunya. Namun di seri ini, Beyond menanamkan layar IPS sehingga tampilan B-Tab 4 lebih jernih.

Plants vs Zombie ’Perang’ di Android DUA bulan setelah dirilis secara eksklusif untuk platform iOS, game populer Plants vs Zombies 2 akhirnya dilepas untuk Android. Game perang melawan mayat hidup tersebut sudah bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store mulai kemarin, Kamis (24/10). Namun, tidak semua perangkat Android dapat digunakan untuk menjalankan game ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat menikmatinya. Syarat-syaratnya, seperti dikutip dari Polygon, perangkat pengguna harus berjalan di Android versi 2.3 (Gingerbread) atau versi lebih baru, memiliki RAM minimal sebesar 1 GB, dan prosesor ARMv7 dengan kecepatan 1.0 GHz atau lebih baik. Plants vs Zombies 2 sebenarnya sudah dirilis di platform Android beberapa saat lalu. Namun, hanya beberapa negara tertentu saja yang bisa menikmatinya. Game ini untuk pertama kalinya dapat diunduh melalui Google Play China, kemudian menyusul ke Australia dan Selandia Baru, dan terakhir dilepas ke seluruh dunia kemarin. Pihak PopCap memutuskan untuk merilis game tersebut secara bertahap di beberapa negara karena ingin melakukan beberapa pengujian terlebih dahulu. Pengujian ini dilakukan untuk menguji kapasitas server, mencari cara monetisasi, dan penyimpanan file game berbasis cloud.

Plants vs Zombies 2 untuk pertama kalinya dirilis untuk iOS pada Agustus 2013 lalu. Game ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para pemain, terlihat dari besarnya jumlah unduhan game yang

mencapai 25 juta kali hingga 2 September lalu. Ia juga mendapatkan nilai 4.5 dari 5 bintang di iTunes. Plants vs Zombies 2 adalah game kasual yang menampilkan serangan zombie ke sebuah

rumah. Pemain berperan ru seb sebagai pemilik rumah yang menempatkan me tanaman antizombi zo di halaman rumah. D seri kedua ini, PopCap Di menambah me beberapa senjata tanaman tan baru, tentunya dengan ber berbagai fungsi baru. Tidak hanya di halaman rumah, para pemain akan ak diajak berpetualang ke ma lalu, dengan mengunjungi masa piramida pir dan kapal bajak laut. Berbeda B dari seri pertama, Pv 2 hadir secara gratis. PvZ Untuk Un monetize, PopCap menyediakan beberapa item “in-app purchase”. Pemain memang tidak harus membeli, tetapi dengan adanya item tersebut para pemain dapat lebih mudah menyelesaikan game ini.(kps/fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: OLIS


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

RIZAL FANANY/ MALANG POST

SAMBUT KOMPETISI: Seorang petugas mengecat ulang tembok Stadion Gajayana yang sudah mulai pudar. Renovasi dan perbaikan fasilitas stadion akan terus dilakukan untuk menyambut kompetisi musim depan. Rabu (23/10).

Meningkatkan Kualitas KARAKTER BANGSA PANCASILA IBARAT angka satu sampai dengan sepuluh, mulailah dari yang tengah yaitu angka lima, karena dari yang tengah itu kita bisa jatuh menjadi nomor sepuluh, dan kita juga bisa naik menjadi nomor satu. Tengahnya adalah hati. Karakter bangsa merupakan suatu hal yang sangat fundamental dalam membentuk suatu Negara yang kokoh. Hal tersebut dapat dirasakan   oleh banyak pihak bahwa di negeri ini antara lain terjadinya distorsi dan degradasi moral. Hal ini sangat memprihatinkan karena pasalnya bangsa Indonesia dikenal oleh  dunia  internasional sebagai bangsa yang ramah, baik hati, menjunjung tinggi sopan santun dan hidup bergotong royong, namun kini telah berubah jati dirinya. Perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat dalam tayangan televisi dan media massa, seperti berbagai peristiwa tindak  kekerasan, kejahatan, pelecehan seksual, terorisme, korupsi, dan lain sebagainya. Insiden-insiden tersebut bisa dikatakan keluar dari normatif pancasila yang mana pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Di samping itu, dalam berdemokrasi dan berpolitik kini telah kehilangan jiwa demokrasinya. Di mana demokrasi yang dijalankan sekarang ini lebih banyak mengarah kepada demokrasi

prosedural. Demokrasi yang melegitimasi kekuasaan karena telah menjalankan proses demokrasi sesuai prosedur yang ditentukan. Demokrasi yang haqiqi belum berjalan baik dengan belenggu politik uang dan munculnya para pemimpin instan dengan modal uang dan popularitas semata. Partai politik sebagai ujung tombak pendidikan politik rakyat tidak bisa menghindar dari praktik politik uang untuk meningkatkan pengaruh dan elektabilas partai dan politisinya. Tidak ada partai politik yang mau bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter bangsa. Semestinya, partai politik memiliki kerangka kerja dalam hal pembangunan nilai-nilai dan karakter bangsa. Bangsa Indonesia kini tengah berada di persimpangan jalan di mana hal tersebut harus memilih ke salah satu jalan yang memiliki tujuan pasti dan jalan tersebut merupakan penentu bagi bangsa ini. Di tengah-tengah gelombang pengaruh kebudayaan dan peradaban yang demikian deras datangnya dari luar kehidupan kita sebagai akibat cepatnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyebabkan terjadinya globalisasi dalam semua

 

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

   





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

loyalitas, kerjasama, integritas, patriotisme, dan nasionalisme. Kemudian M. RAMADHANA menurunnya kinerja di kalangan politisi, seperti ALFARIS perannnya, etika, moral, Staf dan Asisten Dosen dan fungsinya sebagai wakil Laboratorium Bahasa rakyat. Arab, Universitas Melihat perubahan situasi Muhammadiyah Malang Indonesia sekarang ini, di­ butuhkan sebuah ge­rakan yang mendasar dalam segala aspek ke­h idupan, yaitu aspek kehidupan. Di tengah suasana yang berupa gerakan mendasar yang memiliki demikian, bangsa kita melakukan upaya- efek besar yang meliputi karakter dan upaya reformasi sistem dan revitalisasi di kebudayaan secara substansial. Krisis yang melanda negara ini sangat kompleks segala aspek kehidupan bernegara. M e n g i n g a t k e r a n g k a k e r j a dan masuk ke dalam setiap sendipembangunan yang lebih mengutamakan sendi kehidupan, sehingga dibutuhkan aspek material semata, dan kecilnya pemimpin berjiwa patriotik yang dapat penanaman karakter yang dilakukan orde menggerakkan perubahan karakter bangsa baru telah mengesampingkan keragaman yang bernafaskan Pancasila. Hal yang perlu dalam kesatuan yang menjadi salah satu dilakukan adalah perbaikan kepribadian modal dasar pembangunan. Minimnya kebangsaan yang berpegang pada idealisme perhatian terhadap aspek karakter bangsa kebangsaan dan menghindari perilaku terjadi kembali pada masa reformasi munafik dan dangkal. Karakter yang harus sekarang ini. Perilaku pragmatis telah dibangun adalah karakter berdasar pada merambah segenap aspek kehidupan, falsafah dan pandangan bangsa Indonesia, tidak hanya politik dan ekonomi bahkan yaitu Pancasila. Sebagaimana sifat jiwa yang dalam dunia pendidikan pula. B a n y a k k a s u s y a n g m e n j a d i dimilki bangsa yang membedakan gambaran seperti, para elite dan partai dengan bangsa-bangsa lain di dunia politik telah tersesat dan terjebak dalam adalah karakter yang merupakan situasi pragmatisme menjadi yang sebagai sebagai modal utama, di melanggar dasar negara Pancasila. mana sebuah bangsa bisa berdiri Fungsi-fungsi sebagai wakil rakyat tegak sejajar dengan bangsa-bangsa telah disalahgunakan, sehingga terjadi lain di dunia. Pendidikan sebagai penyelewengan yang kita lihat saat garda terdepan pembangunan karakter ini, baik itu penyalahgunaan anggaran, bangsa merupakan langkah paling gratifikasi, proyek yang telah diijonkan, sistematik dan berjangka panjang untuk menjadi media utama membangun korupsi dan lain sebagainya. Kemudian, Penegakan hukum saat ini karakter bangsa, yang dilakukan secara dinilai oleh masyarakat kurang obyektif bersamaan. Kemudian, pendidikan juga atau kurang adil penanganannya. Kemudian merupakan harapan terbesar untuk sering tidak jelas dan tidak tuntas sehingga membangun karakter bangsa. Oleh karenanya, Pancasila sebagai masyarakat menjadi kurang percaya terhadap penegakan hukum di Indonesia. kepribadian bangsa harus ditanamkan Implikasinya masyarakat berani melakukan dalam setiap insan manusia di Indonesia, perlawanan, tindak kekerasan terhadap serta menjadikannya benih-benih yang aparat, dan tindakan kekerasan lainnya menguatkan rasa kebangsaan dan guna melampiaskan amarah masyarakat kebanggaan sebagai anak bangsa yang bermartabat, berdaulat, dan berkepribadian akan ketidakadilan. Dengan  adanya dampak dan perubahan mulia. Benih-benih falsafah Pancasila pada tatanan pemerintahan   tersebut, ditanam dalam segenap sistem tingkah menimbulkan bergesernya  pola aksi, pola laku sosial masyarakat, baik secara formal pikir, dan perubahan tingkah laku dalam maupun informal. Kemudian, pendidikan masyarakat. Sebagai dampak dari semua agama, akhlak atau budi pekerti, dan ini, muncul berbagai perubahan dalam pendidikan kewargaan dirancang secara tatanan kehidupan di masyarakat, aparat, lebih sistematik dan komprehensif. birokrat, politisi, penegak hukum dll. Pancasila harus masuk dalam setiap sendiDi lingkungan masyarakat,   fenomena sendi kehidupan di masyarakat mulai yang terlihat adalah menurunnya rasa dari keluarga, masyarakat sosial, sampai kebersamaan, gotong royong, dan ke tingkat negara sehingga menjadikan kepedulian. Sedangkan di lingkungan Pancasila sebagai kepribadian asli bangsa birokrat, menurunnya dedikasi, Indonesia

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

Oleh:

    

 

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Polisi – Jaksa, Bertindaklah KEKHAWATIRAN itu akhirnya terbukti. Proyek pembangunan yang dikebut menjelang akhir tahun anggaran terbukti berkualitas buruk. Belum selesai proyek dikerjakan, drainase di Jalan DI Panjaitan sudah jebol diterjang hujan. Kalau ada yang bertanya, mengapa sampai jebol ? Alasannya hujannya terlalu deras sehingga drainase tidak mampu menampung air. Itu adalah jawaban akal-akalan yang kerap kali diterima untuk pembenaran agar pihak-pihak yang terkait dengan proyek tersebut tidak bermasalah. Bukankah sebelum proyek dikerjakan sudah dilakukan berbagai studi, soal debit air, kapasitas saluran dan aspek teknis lainnya. Kalau aspek-aspek tersebut sudah dipenuhi, tidak ada lagi alasan bangunan ambrol diterjang banjir. Tapi itulah yang terjadi, Rabu malam lalu ketika kota Malang dilanda hujan yang sampai menimbulkan banjir. Kalau mau ditelisik, datangnya banjir itu saja sudah menunjukkan kesalahan pada proyek tersebut, karena drainase itu dibangun untuk mengatasi banjir di sekitarnya. Ternyata, meskipun drainase sudah dibangun, banjir tetap datang. Artinya, ada kesalahan dalam pembangunan drainase tersebut. Yang lebih mengejutkan lagi, bangunan yang digunakan sebagai pengendali banjir itu justru rusak diterjang banjir. Seharusnya sudah dibuat perhitungan matang, sebesar apa volume aliran air yang melewati saluran tersebut sehingga dipersiapkan bangunan yang secara teknis mampu menahan banjir. Dari dua fakta itu saja sebenarnya sudah menunjukkan adanya kesalahan prosedur dalam pengerjaan proyek dan kesalahan itu bukan sembarangan, bisa mengarah pada tindak korupsi. Tinggal sekarang bagaimana aparat penegak hukum mau sedikit bersusah payah meneliti kasus ini. Setidaknya mereka sudah punya entry poin untuk meneliti adanya tindak pidana di balik musibah tersebut. Memang tidak ada korban jiwa, tapi akibat kerusakan itu masyarakat mengalami kerugian yang tidak sedikit. Tapi, bukti yang nyata adalah dua fakta yang disebutkan di atas, bangunan untuk mengendali banjir tapi tetap banjir dan bangunan yang rusak diterjang banjir justru sebelum proyek selesai. Inilah kondisi di daerah, ketika para petinggi, mulai dari bupati/wali kota, Polres, Kejaksaan, Pengadilan dan Kodim bersatu dalam sebuah wadah koordinasi. Bukan hanya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di wilayahnya, tapi juga bagaimana berkoordinasi agar tidak ada yang terjerat hukum. Dalam konteks preventif hal ini baik, tapi kalau sudah ada yang melakukan pelanggaran, kemudian dikoordinasikan untuk dihentikan, ini yang tidak benar. Koordinasi boleh saja, tapi masalah hukum tetap harus jalan, siapa yang salah harus diproses sesuai hukum yang berlaku, tidak ada pengecualian. Bukan masalah like and dislike, tapi kasus proyek di kota Malang dalam akhir tahun anggaran ini memang banyak yang bermasalah. Diantara masalah itu sesungguhnya sudah memenuhi unsure untuk disidik menjadi tindak pidana korupsi. Awalnya memang kesalahan teknis, tapi kalau mau merunut dengan seksama, akan ditemukan titik korupsinya. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: HANNA, LAYOUTER: SLATEM


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

5

Mitsubishi Kenalkan Colt Diesel FE 71 Long Chasis PANDAAN - Sukses menggelar gathering dengan keluarga calon user dan user Mitsubishi di wilayah Malang, kini PT. Sun Star Motor Malang terus mengepakkan sayap­ nya ke wilayah lain. Rabu (23/10) malam lalu, dengan konsep yang sama, PT. Sun Star Motor Malang menggelar Commercial Vehicle (CV) Gathering bertajuk Terpercaya dan Selalu Terdepan di Kelasnya di Gedung Candrawilwatikta, ka­ wasan Tretes, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Sales Supervisor PT. Sun Star Motor Malang, Hj. Nunik Condro Kartiko di sela-sela acara me­ ngatakan, dalam acara silaturahim dan kebersamaan tersebut pihaknya mendisplay varian Colt Diesel ke­

luaran terbaru, yaitu FE 71 Long Chasis. “Sekalian dalam acara ini kami ingin lebih mengenalkan varian baru dari Colt Diesel. Sudah dilaunching memang. Cuma, supaya para user dan calon user lebih dekat lagi dengan FE 71 Long Chasis dan tahu lebih detil spek kendaraan tersebut,” ujarnya. Perempuan berkerudung tersebut menambahkan, dibandingkan de­ ngan varian sebelumnya, dengan chasis yang lebih panjang, kenda­ raan berkapasitas mesin hampir 4 ribu cc tersebut mampu memuat barang lebih banyak lagi. “Tentu saja volume muatannya lebih banyak dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Colt Diesel FE 71 Long Chasis ini juga sudah power

SINYO SUWIGNYO/MALANG POST.

AKRAB: Acara CV Gathering Mitsubishi di gedung Candrawilwatikta, Tretes, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (23/10) malam lalu. steering, sehingga sangat mudah un­ terang dia. tuk dikendalikan dan bermanuver,” Nunik, sapaan akrabnya menam­

bahkan, jika calon user melakukan transaksi di saat acara gathering, maka user berhak mendapatkan satu unit LCD TV 24 inchi merk Sharp. “Hadiah langsung berlaku kelipatan. Jadi, misalnya user membeli dua unit, ya dia berhak mendapatkan dua unit TV. Jika user melakukan pembelian lebih dari 3 unit, akan diberi opsi. Pilih 4 LCD TV 24 in­ chi, atau satu unit LCD TV 30 inchi plus satu unit TV LCD 24 inchi. Hadiah langsung yang kami berikan hanya berlaku untuk transaksi yang dilakukan saat acara gathering,” kata Nunik. Untuk diketahui, PT. Sun Star Motor Malang masih memberikan beberapa fasilitas yang menguntung­ kan untuk pengguna kendaraan tipe

Zoya Fashion

tertentu. Misalnya, ada tambahan diskon sebesar 10 persen untuk biaya jasa servis pada bulan-bulan tertentu untuk kendaraan yang khusus diker­ jakan di Bengkel Mitsubishi. Tidak itu saja, juga ada fasilitas diskon utuk pembelian spare part tertentu. Acara gathering yang bertujuan untuk semakin kerekatkan tali silaturahim antara Mitsubishi dengan keluarga user dan calon user kendaraan Mitsubishi malam itu seperti biasanya berlangsung segar dan meriah. Dipandu oleh tim entertainer Harmony, asal Kota Bandung beberapa undangan diajak bermain game dan berjoget. Me­ reka yang beruntung, mendapatkan doorprize menarik dari PT. Sun Star Motor. (sin/sir/fia)

Royal ATK

Hijab Makin Modis

Rayakan Ultah dengan Lomba Mewarna

FASHION

MALANG - Anda termasuk perempuan yang selalu tampil modis meskipun berbusana muslimah? Cobalah Anda mengunjungi tenant Zoya Fashion yang berada di Mall Olympic Garden (MOG) Malang, dan temukan fashion terbaik untuk keperluan busana muslim Anda. Kepala Toko Zoya Fashion MOG Malang, Johan Hidayat menyampaikan, Zoya bisa menjadi jujukan terbaik untuk kebutuhan busana muslimah. “Kami telah dikenal di Bandung dan Jakarta. Di Kota Malang ini, Zoya juga ingin memberikan itu semua agar perempuan tetap tampil modis meskipun berbusana muslimah,” ujarnya. Anda bisa menemukan perpaduan busana menarik dengan berbagai corak sesuai dengan selera. Misalkan Anda kerap tampil percaya diri dengan perpaduan warna yang cerah, baik antara hijab, atasan hingga bawahan, warna seperti kuning, merah muda, hijau, ungu atau merah bisa menjadi pilihan. Selain itu, Anda juga bisa memadukan dengan pilihan kerudung berbagai corak, seperti polkadot atau bunga-bunga. Harga untuk kerudung atau pasmina mulai dari Rp 30 ribu, tergantung model dan juga kain yang Anda pilih. “Paling mahal untuk hijab sebesar Rp 90 ribu, dan kami pastikan berbeda dari produk lain,” urai dia. Untuk pilihan dress, mulai dari long dress, gamis atau tunik bisa Anda pilih sesuai selera. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 239 ribu hingga Rp 450 ribu. Misalnya saja Dress Cas Jennifer, yang mengesankan tampilan dewasa seorang perempuan, harganya dipatok Rp 429 ribu. Ada juga Knitting dress dengan harga Rp 259 ribu. “Kami juga memiliki atasan dengan berbahan kaos, tetapi tetap cantik ketika dikenakan. Bisa dikenakan untuk acara semi formal atau hang out karena kain­ nya dingin dan nyaman di badan,” papar pria asli Bandung ini. Sementara itu untuk pilihan rok atau bawahan, pato­ kan harganya mulai dari Rp 249 ribu. Di Zoya Fashion yang baru beroperasi selama dua bulan di Kota Malang ini juga menyediakan beberapa pilihan tas dan juga aksesoris seperti kalung, gelang dan bross. (ley/fia)

RIZAL FANANY/ MALANG POST

PILIH: Salah satu hijabers tengah memilih busana di Zoya Fashion.

MURAH: Program Everyday Low Price di Hypermart membuat belanja jadi lebih hemat. STENLY REHARDSON/ MALANG POST

Hypermart Malang

Belanja Murah di EDLP MALANG – Hypermart Malang patut menjadi jujukan bagi pelang­ gannya. Pasalnya, hingga akhir Ok­ tober ini, melalui program Everyday Low Price (EDLP) beberapa barang kebutuhan dapur ditawarkan dengan harga murah. “Untuk bulan Oktober ini, EDLP setelah pertengahan bulan sebagian besar pada barang kebutuhan rumah tangga. Pelanggan kami bisa mem­ bedakannya pada barang bertanda biru,” ungkap Manager Departemen Produce Hypermart Malang, Budi Efrianto. Barang kebutuhan dapur tersebut misalnya bawang merah dengan harga Rp 4095 per ons, bawang putih seharga Rp 950 per ons dan

bawang Bombay harganya hanya Rp 2795 per ons. Dia mengungkapkan, komoditas tersebut paling murah di­ antara kompetitor, makanya menjadi bagian promo EDLP, dan akan be­ rakhir pada 31 Oktober 2013 nanti. “Keuntungannya, bila sewaktuwaktu harga naik di pasaran, pe­ luang untuk naik di Hypermart sangat kecil. Selain itu kami pas­ tikan harganya lebih murah dan kualitasnya tidak perlu diragukan,” papar dia panjang lebar. Sementara itu, beberapa sayuran seperti kentang dibandrol sebesar Rp 1250 per ons, tomat Rp 650 per ons dan jagung manis seharga Rp 1075 per ons. Dengan harga yang demikian, pria yang akrab dipanggil

Didik ini menuturkan, pelanggan dapat mempercayakan belanjaan pada Hypermart yang berada di pusat perbelanjaan Matos ini . Masih menurut dia, peningkatan penjualan produk terjadi saat EDLP digelar, khususnya pada bagian sayu­ran. Peningkatannya bahkan mencapai dua kali lipat. Sedangkan pada produk lain seperti minyak goreng, bisa 4 kali lipat. Hingga akhir bulan ini pula, Bimoli Klasik ditawarkan dengan bandrol Rp 20.900 dari harga normal Rp 24.775. “Terkadang minyak goreng bisa lebih rendah dari harga saat ini bila masuk dalam kategori barang utama promosi EDLP,” pungkas Budi. (ley/fia)

MALANG – Bila Anda memiliki anak yang masih duduk di bangku TK dan SD, ada baiknya Anda mengikutsertakan Lomba Mewarnai yang diseleng­ garakan oleh Toko Buku Royal ATK Malang. Hari ini merupakan kesempatan terakhir untuk pendaftaran lomba yang akan berlangsung Sabtu-Minggu (26-27) Oktober besok. Manager Operasional Royal ATK Malang, Hendra Kristiawan menjelaskan, lomba mewarnai ini meru­ pakan rangkaian kegiatan ulang tahun toko buku yang berada di Jalan Ciliwung tersebut. “Lomba mewarnai ini hampir menjadi puncak ulang tahun Royal ATK Malang yang ke 5. Ada 2 kategori lomba, yakni untuk anak TK dan untuk anak SD kelas 1-3,” jelasnya. Dia mengungkapkan, dalam lomba tersebut menye­ diakan hadiah total sebesar Rp 12 juta. Anda cukup membayar Rp 35 ribu untuk mengikuti lomba yang akan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB. Pada hari Sabtu (26/10) besok, berlangsung lomba bagi kelom­ pok A yang merupakan anak TK. Hadiah pemenang 1,2 dan 3 berturut-turut sebesar Rp 750 ribu, Rp 500 ribu serta Rp 250 ribu. Sementara untuk hari Minggu, kelompok B menyediakan hadiah untuk juara 1,2, dan 3 sebesar Rp 1 juta, Rp 750 ribu serta Rp 500 ribu. “Masih ditambah dengan sertifikat, trophy dan hadiah hiburan lainnya. Serta beberapa doorprize yang akan kami bagikan selama lomba,” papar dia kepada Malang Post. Hendra berujar, pada gelaran lomba kali ini menar­ getkan 500 peserta untuk kedua kategori. Jumlahnya ditargetkan meningkat dari tahun lalu yang mencapai 400 peserta. Sementara itu, Royal ATK juga menyiapkan diskon mencapai 25 persen untuk produk-produk tertentu, sehingga siap memanjakan Anda. Baik itu untuk alat tulis, alat kantor hingga aksesoris yang berlaku hingga 31 Oktober mendatang. “Puncaknya kami berulang tahun 30 Oktober, untuk diskon kami maksimalkan sepekan terakhir, sekaligus menunjang orang tua peserta lomba bila ingin berbe­ lanja,” pungkasnya. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BELANJA: Para pelanggan setia berbelanja di Royal ATK. Memperingati ulang tahun ke-5, Royal ATK menggelar lomba mewarna untuk anak.

Beli Tiket Lion Air Group Bisa di Alfamart, Alfamidi, Lawson dan DAN+DAN JAKARTA – Jaringan ritel terke­ muka Alfamart, Alfamidi,Lawson dan DAN+DAN mengumumkan kerja sama dengan perusahaan penerbangan swasta terbesar di Indonesia, PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) Group dalam memper­ mudah pembayaran tiket pada Rabu (23/10) di Jakarta. Dengan terjalinnya kerja sama

tersebut, calon penumpang pe­ sawat Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air, yang selama ini membayar lewat mesin an­ jungan tunai mandiri (ATM) sudah dapat membayar kode booking tersebut di seluruh jaringan toko Alfamart,Alfamidi, Lawson dan DAN+DAN yang ada di seluruh Indonesia.

“Sebagai toko komunitas, kami ingin terus memberikan value added services sehingga dapat memberi­ kan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan ,” jelas Velina Yu­ lianti, Managing Director PT Midi Utama Indonesia Tbk. Senada dengan Velina, General Manager Service Lion Air Group Ari Azhari mengatakan dengan

adanya layanan tersebut diharapkan semakin memudahkan para calon penumpang pesawat Lion Air dalam pembayaran kode pemesanan tiket pesawat. “Jika selama ini mereka mem­ bayar harus mencari mesin ATM, maka mulai sekarang mereka cukup datang ke toko Alfamart, Alfamidi, Lawson atau DAN+DAN terdekat

untuk melakukan pembayaran,” katanya. Melalui sistem pembayaran tersebut, Alfamart dapat me­l a­ kukan proses pengolahan data dan verifikasi instan melalui kode pemesanan (booking) yang sudah dilakukan lewat internet untuk mengeluarkan konfirmasi pembayaran pada saat itu juga

(real time). “Melalui fasilitas pembayaran ini, jaringan toko kami membantu Lion Air dalam proses pengelola­ lan dan penerimaan dana masuk dilengkapi dengan laporan yang terinci. Harapan kami layanan ini dapat mempermudah masyarakat dalam membayar tiket pesawat Lion Air,” ujar Velina. (fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMAN, LAYOUTER: REP


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

6

CANTIK dengan Make Up Telanjang ISTIMEWA

AWAS PUCAT: Pengaplikasian nude make up harus tepat, sebab jika salah aplikasi akan menyebabkan wajah terlihat pucat.

WAJAH terlihat polos tapi bersinar tentu menjadi idaman setiap perempuan. Betapa tidak, karena orang yang melihat pasti mengira si pemilik wajah tidak perlu banyak usaha untuk merias wajahnya. Nah, teknik merias polos yang dikenal dengan nama riasan telanjang atau nude make-up ini bisa menjadi alternatif yang cerdas. “Riasan telanjang hanya menonjolkan bagian tulang atau bagian kulit alami,” kata ahli tata rias Anggra Septa, yang ditemui di pusat perbelanjaan Gandaria City, Jakarta Selatan, pertengahan Oktober lalu. Pengajar dan pemilik Anggra Septa Training Center ini menuturkan bahwa peng-

Kulit Sehat , Syarat Riasan Minimalis MERIAS wajah dan menata rambut, butuh beberapa trik khusus agar hasilnya maksimal. Menurut Gusnaldi, make up stylist yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah kulit wajah yang sehat. Kondisi kulit yang sehat bisa menggunakan make up minimalis dan hasilnya akan terlihat natural.

Perfect base Untuk meratakan foundation sebaiknya diaplikasikan pelembap wajah terlebih dahulu, bagi foundation liquid gunakan spon untuk meratakan dengan cara ditekantekan, sedangkan foundation krim Anda bisa mengaplikasikan dengan beberapa cara, yaitu dengan jari, spon dan juga kuas, tetapi yang perlu diperhatikan, untuk pengaplikasian dengan jemari, pastikan tangan anda bersih sebelum menyentuh foundation, dan untuk media kuas, aplikasikan tipis-tipis dan perlahan. Berbeda halnya dengan foundation bentuk matte, untuk yang satu ini dibutuhkan kecepatan dalam pengaplikasian, karena foundation matte cenderung cepat kering dan mudah menggumpal.

Bedak Pengaplikasian bedak tergantung pada ketebalan yang diinginkan, untuk hasil yang tebal gunakan spon bedak secara merata dengan ditepuk atau ditekan, hasil akan terlihat lebih tebal, untuk hasil akhir yang maksimal, penting sekali melakukan finishing dengan kuas, karena bulu u kuas dapat menjangkau sudut wajah dan pori-pori yang belum um tertutupi. Sedangkan untuk k hasil yang tipis dan natural lebih baik menggunakan kuas dengan cara disapukan dan lebih baik menggunakan bedak tabur.

terang atau warna yang diinginkan, ulaskan tipis-tipis agar hasil terlihat lebih natural. Sedangkan untuk memberi volume pada bibir tipis gunakan lipliner untuk memberi bingkai pada bibir, pilih lipliner berwarna senada dengan lipstick yang diinginkan, lalu isi dengan lipstick dengan shimmer, atau gunakan lipstick, lalu ulaskan lipgloss.

Pipi merona Blush on merupakan finishing touch pada bagian pipi yang tricky dan harus pintar dalam menggunakannya, bila sembarangan bisa menghasilkan tampilan yang terlihat tidak bagus atau bahkan terlihat sepe seperti bbadut. du . Trik untuk penggunaan unaan blush on juga tergantung tung pada teksturnya, blush on bertekstur krim lebih baik aik diaplikasikan n pada wajah yang benarbenar bersih, karena penggunaan blush on krim sebaiknya t i d a k menggunakan alas bedak, sehingga wajahh

Cover it all Kemampuan ajaib dari concealer juga perlu disiasati, agar hasilnyaa tidak belang dengan warna bedak, concealer cair cenderung lebih gampang pang n krim digunakan dibandingkan engan kuas atau stik, hanya ratakan dengan sehingga mudah membaur. Sedangkan untuk concealer stik haruss lebih hati hatihati, berikan dahulu diujung jari baru secara perlahan diaplikasikan ke wajah, karena bila secara langsung, hasil yang didapat akan menjadi terlalu tebal, concealer bisa digunakan sebelum,dan juga pada saat finishing make up, tergantung seberapa tebal bagian yang ingin ditutupi.

Bibir Cantik Untuk pengaplikasian lipstick, mempunyai trik-trik tersendiri, seperti untuk bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya sebelum menggunakan lipstick, bibir kering lebih baik diaplikasikan lip balm terlebih dahulu, namun ada baiknya setelah menggunakan lipbalm, ditunggu beberapa saat agar kelembapan menyerap dahulu ke bibir, lalu baru diaplikasikan lipstik. Berbeda hal dengan bibir berwarna gelap, tips dari Gusnaldi untuk jenis bibir ini, jangan mengaplikasikan lipstick secara langsung, gunakan lipstick warna gelap dahulu pada bibir, setelah itu, timpa dengan alas bedak, lalu baru ulaskan warna

benarharus benar benar bersih dan juga sehat. Berbeda dengan blush on padat, penggunaan jenis ini lebih mudah karena hanya dengan menggunakan kuas halus, tips nya, gunakan dua warna blush on, yang berwarna lebih gelap dan yang berwarna sesuai dengan warna kulit, karena warna yang lebih gelap dapat membuat shading pada pipi dan memberi warna gradasi yang indah. Aplikasikan dengan membuat senyum pada wajah, ulaskan terlebih dahulu yang berwarna gelah dari arah telinga, lalu ulaskan yang berwarna terang di tulang pipi yang menonjol pada saat tersenyum, hindari mengulas dibawah tulang pipi, karena efek yang dihasilkan akan terlihat berbeda dan kurang cantik.

Binar bulu mata Maskara merupakan elemen penting dalam memperindah bagian mata, dibutuhkan pengertian khusus dalam mengaplikasikan maskara agar terlihat bagus. Sebelum menggunakan maskara, lentikkan dahulu bulu mata dengan penjepit bulu mata, baru

setelah itu, aplikasikan maskara dari pangkal bulu mata, dan dilanjutkan ke bagian ujung bulu mata. Dalam mengaplikasikan, dibutuhkan kecepatan yang harus dijaga, karena maskara mudah mengering saat terkena udara sehingga menggumpal saat diaplikasikan ke bulu mata. Bagi anda yang menyukai tampilan natural, penggunaan maskara berbulu kecil dan tipis lebih cocok, karena lentik yang dihasilkan tidak terlalu mencolok dan lebih natural.

Garis mata sempurna Eyeliner mempunyai trik tersendiri tergantung dari bentuknya, eyeliner liquid lebih baik diaplikasikan dari luar garis mata ke dalam, sehingga ujung garis

bertemu ditengah dan garis yang dihasilkan tidak menipis diha di uujung mata, berbeda dengan eyeliner padat, agar den menempel dengan rata, m ccelupkan terlebih dahulu kkuas ke air baru ke eeyeliner padat, pastikan kkelopak anda besar dan llipatan kelopak tidak menyentuh eyeliner, m kkarena eyeliner padat tidak tahan lama dan bisa tid menempel pada lipatan me kelopak mata. kelo Untuk memaksimalkan Unt dekorasi mata, gunakan pensil dekoras alis yang bbenar, pilih yang runcing secara perlahan, dan aplikasikan aplikas mengambang dan tidak dengan cara menekan, kar karena efek yang dihasilkan menekan akan terlalu tebal. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pemilihan warna eyeshadow, bagi anda yang ingin terlihat segar dan bersinar, pilih warna yang cerah, alasi dengan menggunakan base eyeshadow sebagai dasar, baru aplikasikan eyeshadow aagr warnanya keluar.

Blow sempurna Agar tatanan pada rambut tahan lama, ada beberapa hal yang harus dilakukan, keringkan rambut sehabis dicuci, ketika rambut dalam keaadaan setengah basah, berikan foam dan bentuk sesuai tatanan yang diinginkan, bila bentuk rambut yang diinginkan lurus, pada saat blow rambut harus dengan cara ditarik, sedangkan bila hasil yang diinginkan bergelombang, jangan ditarik. Setelah blow, catok ujung-ujung rambut agar tidak terlihat kering, dan terakhir, rol rambut dan tunggu beberapa saat untuk bentuk yang sempurna. Untuk memberi volume, sasak pada bagian pangkal ram but dan semprotkan hairspray.(fma/fia)

gunaan riasan telanjang ini awalnya biasa diterapkan perias wajah dalam acara peragaan busana. Alasannya, para perancang tak ingin model yang membawakan hasil karyanya memakai riasan yang lebih menonjol ketimbang busana yang harus dipamerkan. “Kalau makeup-nya tebal, nanti bajunya kebanting. Akibatnya, fokus orang jadi bergeser,” kata pria 30 tahun itu. Namun kini, lantaran hasilnya bagus, riasan telanjang banyak pula dipakai untuk kegiatan harian. Pekerja, pelajar, hingga tamu yang harus datang ke pesta pada siang atau sore hari sangat cocok dengan sentuhan riasan ini. Apalagi untuk orang Indonesia yang memang tidak terlalu berani mengeksplorasi make-up.

“Tetap ya, harus ada sentuhan yang agak nonjol,” kata Anggra. Misalnya dengan warna lipstik yang lebih terang dan warna perona pipi yang lebih jelas. Sebab, kalau mengikuti pakem riasan telanjang, hasil akhirnya akan tampak pucat. Tipe karakter muka seperti ini memang cocok untuk peragaan busana atau pemotretan fashion. “Kalau orang kantoran terlalu pucat, nanti dikira sakit,” kata Anggra tertawa. Pada dasarnya yang ingin ditonjolkan dari riasan ini adalah kesehatan kulit alami. Sehingga cara ini cocok untuk wajah yang tidak memiliki jerawat, komedo, atau flek hitam.(tmp/fia)

Sehat dengan Pelembab SYARAT aplikasi riasan natural adalah wajah yang sehat. Oleh karena itu, Anda harus melakukan perawatan agar wajah bebas kusam, jerawat, maupun flek hitam.Penyebab utama kulit menjadi kusam adalah debu/kotoran, pigmentasi kulit (perubahan pigmen akibat paparan matahari), dan tumpukan kulit mati. Agar membuat wajah menjadi cerah, maka ada 3 hal utama yang harus dilakukan. Pertama, eksfoliasi. Kedua, menormalkan proses regenerasi kulit. Ketiga, langkah perlindungan. Debu dan kotoran bisa dibuang dengan mudah saat kita mandi, cuci muka, atau menggunakan cleansing milk. Tapi cara ini hanya membuang kulit mati pada lapisan teratas saja. Cara mencerahkan ini disebut juga sebagai eksfoliasi ringan. Eksfoliasi pada dasarnya adalah peluruhan atau pengelupasan kulit mati. Banyak yang enggan dan takut mengelupas. Padahal setiap kita mandi, sangat mungkin kulit kita mengelupas. Walaupun tidak terasa. Jangan dulu berpikir bahwa mengelupas berarti kulit menjadi merah seperti terbakar. Anda dapat mengelupaskan kulit secara wajar tanpa terasa. Memang benar, banyak teknik mengelupas yang dilakukan oleh para medis (dokter specialis kulit atau ahli skincare). Ada teknik cepat, yaitu membuat kulit dipaksa menjadi sangat sensitif yang mengakibatkan terkelupas hebat. Ada juga teknik normal, yaitu mengelupas secara bertahap. Bila dalam pengawasan dokter, dan kita berharap bisa cepat cerah dalam waktu singkat, maka cara pertama bisa dipilih. Supaya wajah menjadi cerah maka kulit kita harus mengalami regenerasi atau melakukan pergantian dalam selang waktu tertentu. Saat remaja, sangatlah mudah dan cepat kulit berganti. Yaitu sekitar 2 minggu. Tapi saat menginjak dewasa, proses regenerasi menjadi lebih lambat. Lambatnya proses regenerasi akan membuat terhalangnya kemunculan kulit baru yang lebih segar dan terang. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan nutrisi penting bagi kulit. Biasanya, nutrisi penting tersebut terkandung di dalam krim malam. Memang sengaja didesain demikian. Karena saat kita tidur, sel-sel kulit akan secara maksimal menyerap nutrisi yang terkandung di dalam krim malam yang dipakai. Ketiga proses di atas harus dilakukan secara rutin setiap hari. Namun begitu, langkah tersebut belumlah cukup. Pada siang hari, anda harus melindungi diri anda dari sinar matahari, dan eksposur lingkungan yang ekstrim (udara dingin dan panas). Perlindungan tersebut dilakukan dengan cara memberikan sunblok dan pelembab. Tanpa 2 komponen tersebut, apapun langkah perawatan untuk membuat wajah lebih putih akan sia-sia, bahkan mengakibatkan backfire. Misalnya, sesaat setelah anda melakukan chemical peeling kemudian keluar menantang matahari di siang hari tanpa sunblok dan pelembab. BAM!!.. Kulit akan terbakar, dan menjadi gosong.

Berikut beberapa tips mencerahkan wajah agar tidak kusam melalui aktifias harian: D Lindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari, gunakan payung, topi ketika beraktifitas di ruangan terbuka. Atau dapat menggunakan sunblock, jika memang aktifitas mengharuskan kulit untuk terkena sinar matahari secara langsung. Namun perlu diingat juga bahwa sunscreen dan sunblock memiliki keterbatasan waktu dalam melindungi kulit. Jangan sampai terlena berpanas-panas sehingga melewati batas waktu perlindungan dari SPF yang terkandung di dalam sunblock sehingga kulit menjadi terbakar. Hindarilah aktifitas ketika intensitas cahaya matahari sedang terik. D Bersihkan wajah begitu anda selesai dari aktifitas dengan menggunakan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit. Dengan shower atau mandi setiap hari minimal 2x, maka akan melepaskan dari kotoran, debu yang menempel pada keringat. D Minum air putih dengan cukup, karena kecukupan air akan menjaga kelembaban dan kesegaran kulit dari dalam tubuh. D Membiasakan diri setelah mandi dengan menggunakan pelembab agar kulit terpelihara kelembabannya. Apalagi jika sabun mengandung deterjen yang cukup banyak, yang bisa membuat kulit menjadi kering. Hindari gosokan yang terlalu keras, atau lebih baik menggunakan tangan. Jangan menggunakan spon yang terlalu kasar. D Banyak makan buah-buahan setiap hari, akan membantu menjaga kesegaran kulit. D Sebaiknya melakukan facial setidaknya sebulan sekali. Akan lebih baik lagi bila dilakukan 2 minggu sekali.(ctp/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

7

WTA TOUR CHAMPIONSHIPS

Serena Ditantang Kvitova

Jorge Lorenzo

Jelang MotoGP Jepang

Lorenzo Siap Ambil Risiko MOTEGI-Jorge Lorenzo mengaku tak punya beban di MotoGP Jepang akhir ini. Maka pebalap Yamaha itu pun siap mengambil risiko lebih besar untuk meredam Marc Marquez. Balapan di Motegi, Minggu (27/20), merupakan seri kedua menjelang balapan pamungkas di Valencia mendatang. Dalam seri sebelumnya di Phillip Island, Lorenzo tampil jadi pemenang sedangkan Marquez (Honda) didiskualifikasi. Hasil itu pun sudah

membuat selisih keduanya kini tinggal 18 poin. “Kemenangan bagus di Australia memberikan sebuah angin segar, tapi dengan dua balapan tersisa masih sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi,” ujar Lorenzo seperti dikutip Crash. “Sekarang kami berkonsentrasi ke Jepang, balapan terakhir dari tiga seri grand prix berturut-turut yang menarik dan sulit. Kami telah sedikit memangkas jarak

dengan rival utama jadi saya tidak sabar menunggu balapan berikutnya di Motegi.” “Saya selalu menantikan balapan di Twin Ring (Motegi). Jepang adalah negara indah di mana saya merasa nyaman dan bisa merasakan dukungan besar dari suporter. Motegi juga lintasan spesial buat saya. Di sana saya menang pada 2009, kemenangan kedua saya di kelas MotoGP. Saya punya banyak kenangan indah di sirkuit ini dan saya harap kami bisa lebih kom-

petitif daripada sebelumnya,” ungkap Lorenzo memaparkan. Secara teknis, Lorenzo menilai bahwa akselerasi dan pengereman bakal jadi aspek krusial di Motegi. Terkait kondisinya saat ini, ia cukup yakin bisa tampil lebih baik dari musim lalu saat finis kedua. Demi bisa meraih hasil lebih sip, ia pun tampak tak segan mengambil risiko. “Motegi adalah trek yang berbeda dalam konteks berkendara. Ini adalah satu dari sedikit

sirkuit yang berkarakter ‘stop and go’, sehingga penting untuk memiliki pengereman dan akselerasi bagus.” “Dalam hal ini, kami telah banyak meningkat dibandingkan musim lalu dan bahkan lebih baik lagi dengan transmisi seamless, jadi semoga saja kami bisa lebih baik daripada 2012 lalu. Kami tidak punya beban sehingga bisa mengambil risiko lebih banyak daripada tahun lalu,” tegas juara dunia MotoGP dua kali itu. (jpnn/lim)

Skenario Marquez Jadi Juara Dunia JAKARTA-Meski tak menambah poin di MotoGP Australia, Marc Marquez masih punya peluang mengunci gelar juara dunia MotoGP 2013. Ada beberapa skenario yang bisa mengantarnya meraih sukses besar tersebut di akhir pekan ini. Marquez masih bertengger di puncak klasemen dengan 298 poin yang dipunya. Penunggang Honda asal Spanyol itu memimpin 18 angka atas Jorge Lorenzo, yang membayangi di posisi kedua. Setelah gagal mengunci titel

juara dunia di Phillip Island karena dia justru terkena diskualifikasi, akhir pekan ini di Sirkuit Motegi Marquez bisa melanjutkan upaya tersebut. Marquez malah tak harus menjejak podium teratas untuk merebut gelar juara dunia dari tangan Lorenzo, tapi itu tergantung hasil yang diraih sang kompetitor - dan juga Dani Pedrosa. Berikut skenario-skenario yang akan mengantar Marquez mengukir sejarah menjadi juara dunia di musim debut, seperti dikutip dari Crash. (jpnn/lim)

Serena Williams ISTANBUL - Juara bertahan Serena Williams mempertahankan rekor bagusnya melawan Agnieszka Radwanska. Petenis rangking satu dunia ini kembali mengalahkan Radwanska dalam laga penyisihan Grup Merah dengan skor 6-2, 6-4. Melawan petenis Polandia rangking empat dunia itu, Serena mengawali dengan kemenangan mudah, Namun di set kedua, Radwanska bisa mengimbangi hingga 4-4 sebelum Serena menuntaskannya dengan cepat. Kemenangan ini praktis membuat Serena kini memiliki rekor 8-0 atas Radwanska. Dalam tujuh pertemuan mereka sebelumnya, Serena cuma kehilangan satu set saja. “Pertandingan tadi tidaklah mudah - ini adalah akhir tahun dan aku sedikit lelah, jadi aku benar-benar harus bertarung di set kedua untuk tetap menjaga mentalku,” komentar pemilik 17 titel grand slam itu seusai laga seperti dikutip situs resmi WTA. Dengan hasil ini, Serena memuncaki Grup Merah dengan dua kemenangan tanpa kehilangan set, diikuti Petra Kvitova, Angelique Kerber dan Radwanska. Sementara itu Grup Putih sementara dipimpin Li Na dengan sekali kemenangan, diikuti Jelena Jankovic, Victoria Azarenka dan Sara Errani. Pada pertandingan terakhir, Serena akan menghadapi Kvitova. Melawan petenis Republik Ceko ini, Serena juga punya rekor bagus yakni memenangi empat perjumpaan sebelumnya dengan tiga duel pertama berakhir dengan tiga set. (jpnn/lim)

Hamilton: Target Mercedes Finis Kedua

-

Marquez finis pertama, Lorenzo finis di luar dua besar. Marquez finis kedua, Lorenzo finis di luar empat besar. Marquez finis ketiga, Lorenzo finis di luar tujuh besar Marquez finis keempat, Lorenzo finis di luar 10 besar, Pedrosa tidak juara. Marquez finis kelima, Lorenzo finis di luar 12 besar, Pedrosa tidak juara. Marquez finis keenam, Lorenzo finis di luar 13 besar, Pedroda finis di luar dua besar - Marquez finis ketujuh, Lorenzo finis di luar 14 besar, Pedrosa finis di luar dua besar - Marquez finis kedelapan, Lorenzo gagal dapat poin, Pedrosa finis di luar dua besar.

Marc Marquez

PEDROSA BIDIK REKOR CAPIROSSI

Dani Pedrosa

JAKARTA - Peluang Dani Pedrosa jadi juara dunia tahun ini sudah sangat kecil. Tapi di dua seri tersisa dia masih punya target untuk diraih, mematahkan rekor Loris Capirossi di daftar pengumpul poin terbanyak. Pedrosa saat ini duduk di posisi tiga daftar pembalap dengan total poin terbanyak di balapan Grand Prix. Sejak terjun di kelas 125 cc, 250 cc dan kemudian MotoGP, rider asal Spanyol itu sudah mengumpulkan 3192 poin. Cuma Valentino Rossi dan Loris Capirossi yang kini berdiri di atas Pedrosa. The Doctor total sudah mengoleksi 4775 poin, sementara Capirossi punya 3215 poin. Aktif di seri grand prix selama 21 tahun, Capirossi sudah pensiun di 2011 lalu. Dengan komposisi seperti itu, Pedrosa cuma tertinggal 23 poin dari apa yang sudah didapat Capirossi. Itu artinya, jika Pedrosa bisa jadi juara di MotoGP Jepang akhir pekan ini maka dia akan menggeser Capirossi sebagai pemilik poin terbanyak kedua di sepanjang sejarah balapan Grand Prix. Tapi kalaupun gagal, Pedrosa masih punya kesempatan melakukannya di balapan pamungkas di Valencia. Di klasemen pembalap musim ini, Pedrosa bertengger di posisi tiga dengan 264 poin diraih. Dia tertinggal 34 angka dari Marc Marquez yang masih bertengger di posisi teratas. (jpnn/lim)

Lewis Hamilton WOKING – Lewis Hamilton sadar sulit untuk menjadi juara di klasemen pembalap dan konstruktor. Mantan pembalap McLaren ini ingin membawa Mercedes finis di urutan kedua klasemen akhir. Dengan sisa balapan Formula One (F1) hanya tersisa empat, Sebastian Vettel kian dekat untuk mendapatkan gelar juara keempat pembalap secara beruntun. Secara hitung-hitungan, Hamilton masih bisa mendapatkan penghargaan dengan finis kedua. Saat ini, Hamilton hanya tertinggal 46 poin dari Fernando Alonso dan masih bisa mengumpulkan 100 poin dari empat balapan itu. Namun, Hamilton menyadari membawa Mercedes finis kedua di klasemen pembalap merupakan sebuah target yang realistis. Pasalnya, Tim Silver Arrows hanya tertinggal 10 poin dari Ferrari. “Pengalaman dengan Mercedes sangat fantastis. Kami sangat menikmatinya. Ini merupakan langkah yang lebih baik ketimbang tahun lalu,” ujar Hamilton mengenai performa Mercedes. “Ini memberikan kesempatan kepada saya untuk memperlihatkan kemampuan dan saya menambah pengetahuan dengan tim baru ini,” lanjut pembalap asal Inggris itu, sebagaimana diberitakan Planet-F1, Kamis (24/10). “Target kami adalah finis kedua di klasemen konstruktor dan kami sedang bekerja keras untuk mendapatkannya,” ujar dia. (jpnn/lim)

Musim Baru, NBA Ubah Format Final NEW YORK - NBA musim baru tak lama lagi akan bergulir. Ada format “baru tapi lama” di laga final musim depan yang akan diberlakukan oleh NBA. Selama 28 tahun terakhir sejak tahun 1985, format final NBA adalah 2-3-2 dengan tim seeding terbaik mendapat jatah game kandang lebih banyak yakni empat kali. Di mana tim yang lebih baik peringkatnya di musim reguler akan bermain dua partai kandang, lalu tiga kali tandang, dan dua terakhir melakoni laga kandang.

Namun, mulai musim 2014 NBA akan kembali ke format lama yakni 2-2-1-1-1, yang sempat digunkan kompetisi basket top dunia dari tahun 1957 hingga 1984. Bentuk final nantinya adalah tim dengan rekor lebih baik akan memainkan game 1, 2, 5, dan 7 sementara lawannya yang rekornya lebih rendah mendapat kesempatan di game 3, 4, dan 6. Format baru ini sudah disetujui oleh seluruh owner klub dan nantinya akan ada waktu istirahat tambahan di antara

game ke-6 dan ke-7. Perubahan format final ini akan berlaku juga di laga play-off. Apa yang dilakukan NBA ini juga bisa dibilang sebagai persembahan terakhir David Stern sebelum ia meletakkan jabatan Komisioner NBA yang sudah dipegang selam 30 tahun pada 1 Februari 2014. “Memang pastinya akan ada persepsi bahwa tidaklah adil bagi tim yang punya rekor lebih baik, lalu akan memainkan game penting kelima di kandang lawan. Jadi jelas mengem-

balikan format ini adalah memberikan keuntungan kandang untuk tim yang punya rekor lebih baik jika skor final 2-2,” ujar deputi komisioner, Adam Silver, s e p e r t i d i k u t i p Ya h o o sports. (jpnn/lim)

BARU TAPI LAMA: Pertandingan NBA akan ubah format di musim baru nanti REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : KURDI


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

Pernikahan Siwi dan Bayu

Siwi Nugraheni putri Suprihana dan Dalismi bakal dipersunting Bayu Satriyawan putra Henri Wiyatmoko dan Roes Ekoharti. Akad nikah dilangsungkan Kamis 24 Oktober 2013 pukul 08. 00 WIB. Tempat Baba’n RT 04/RW 08 Ngenep Karangploso. Resepsi hari Minggu, 27 Oktober 2013. Pukul 10.30 WIB- 13.00 WIB. Bertempat di Gedung WIYAGRAHA Univ. Widyagama , Jln Borobudur no 35 Malang.

Hari Bahagia Febri dan Ainy

Febrinanta Dwi Kurniawan, SH putra DR. Suwandi, MM, M.Sc. dan Dra Siti Cholifah, M.Si akan menikahi Ainy Lutfiah Rani Putri. SE putri Drs. Rahmatullah Yulizar dan Nina Sri Redjeki, SE. Akad nikah Rabu 23 Oktober 2013 di Hotel Gajahmada Graha, Jl Dr Cipto 17 Malang. Resepsi Jumat 1 November Pkl 18.30-21.30 WIB. Tempat Gedung Taman Krida Budaya Jatim. Jalan Soekarno Hatta Malang.

Putra Ketiga Zenny-Agus

Selamat atas kelahiran putra ketiga dari Zenny Rahmawati dan Agus yang bernama Ahmad Afthon Abqory Alfakaromi. Dilahirkan dengan selamat dan sehat wal afiat pada Selasa, 22 Oktober 2013. Semoga menjadi anak yang soleh dan berbakti kepada orang tua.

HUT SDI Sabilillah

SD Islam Sabilillah Malang akan menggelar perayaan HUT pada Sabtu (26/10/13). Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, di antaranya Sabilillah Talent Show, pemilihan guru dan karyawan favorit, school party, lomba mading, pameran komik, jalan santai dan pembagian doorprize.

Reuni Alumni FAI Unisma

Acara Temu Alumni Nasional Fakultas Agama Islam (FAI) UNISMA, bertempat di Aula Oesman Mansur Unisma, mulai dari angkatan awal hingga terakhir. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Agama Islam, Minggu (27 Oktober 2013)

Lomba Mewarnai Royal ATK TK

Lomba Mewarnai ‘Semangat 5 Tahun hun Royal ATK’ berlangsung di lantai 3 Royal oyal ATK Jalan Ciliwung No. 2 Malang akan kan berlangsung Sabtu-Minggu (26-27) 27) Oktober mulai pukul 07.00 WIB. Lomba mba Mewarnai terdiri dari 2 kategori, yakni anak nak TK dan anak SD kelas 1-3. Pendaftaran ran terakhir hari Jumat (25/10) ini dengan biaya aya Rp 35 ribu di Store Royal ATK.

Jalan Sehat Kelurahan Sukun un

Warga RW4 Kelurahan Sukun Kecamatan atan Sukun Kota Malang menggelar jalan sehat, hat, bazar, lomba-lomba pada hari Minggu ggu (27/10) mendatang, pukul 06.00 hingga gga selesai. Kegiatan ini digelar dalam rangka gka menyambut Hari Sumpah Pemuda. Mereka eka mengusung tema ‘Dengan jiwa muda, kita satukan semangat untuk membangun gun negara kita tercinta ini’. Kegiatan dipusatkan kan di depan Kantor Pengairan, Jalan Simpang ang Sukun Malang.

Pameran Produk Bayi

Pameran Produk Bayi Seba Med di Hall Malang Town Square. Produk uk berkualitas dari Jerman yang cocok untuk tuk bayi berlangsung hingga Minggu (27/10) 10) dengan menawarkan diskon sebesar 10 persen.

Kebaktian The Power of Unity tyy

Ikuti Kebaktian Penyegaran Rohani ani ity’. (KPR) dengan tema ‘The Power of Unity’. btu Acara berlangsung pada hari Sabtu (26/10) besok mulai pukul 17.00 WIB B di GPdI Anugerah Dampit, depan Kantor ntor Kecamatan Dampit.

Seminar dan Training GKI KI

GKI Kota Batu menggelar Seminar dan Training di gedung serbaguna Rumah mah Sakit Baptis, Kamis –Sabtu (24-26 -26 Oktober 2013). Acara diikuti sekitar tar 40 guru pendidik baik yang mingguan uan ataupun guru harian.

Selamatan HIPPAM Tulungrejo

Selamatan masyarakat Himpunan Pengguna una Air Minum (HIPPAM) di Dusun Gondang ang Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Kamis mis 7 November 2013. Acara diikuti seluruh ruh masyarakat pengguna HIPPAM dan akan kan dimulai pukul 09.00 WIB.

Blitarian Photo Club

Dinformasikan bagi pecinta dan penggemar fotografi, akan digelar ‘Hunting ting Together’ Blitarian Photo Club #3. Kegiatan atan dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu ggu (10/11) mendatang, dengan spot di Markas kas Badak Hitam, 511 Kota Blitar, mulai pukul ukul 07.30 WIB hingga selesai.

Jumat Sholawat Berkah h

Keluarga Ahmad Djalalludin menggelar Jumat mat Sholawat Barokah di kediamannya Perum rum Green Savira Regency, Blok II No 3, Dusun sun Gunungjati Desa Genengan Kecamatan tan Pakisasji, pada Jumat 25 Oktober 2013 013 pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Bintang Tamu Dewi Sandra

Nutrition Exhibition and Seminar 2013 dengan bintang tamu Dewi Sandra. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 10 November 2013 di UB Malang.

ICCCF di Kampung Celaket

Seniman di Kampung Celaket Malang kembali menggelar festival persilangan budaya atau International Celaket Cross Cultural Festival (ICCCF). Acara digelar pada 26 Oktober-1 November 2013 di Kampung Celaket Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang

Psychocamp UB 2013

Event yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi) UB ini untuk seluruh mahasiswa Psikologi angkatan 2012 atau 2011. Bertempat di Arboretum Sumber Brantas Batu pada 2-3 November mendatang.

Lomba Logo City Branding

FISIP UB bekerja sama dengan Kabupaten Sumenep mengadakan lomba branding logo city Kabupaten Sumenep. Dengan tema “Sumenep:The Soul of Madura”. Karya dikumpulkan melalui email fisip@ub.ac. id mulai 24 Oktober dan paling lambat 31 Oktober. Berhadiah laptop dan sertifikat.

Diklatsar LPM Didaktik

Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) Didaktik FKIP UMM menggelar Diklatsar pada hari Jumat, 25 Oktober 2013 di ruang sidang SC lantai 4. Kegiatan ini diikuti sekitar 40 mahasiswa baru di lingkungan FKIP UMM.

Pekan FISIP 2013

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UB menggelar kegiatan ‘Pekan FISIP 2013‘ dengan tema Untukmu Satu FISIPku. Acara dilaksanakan pada 11-16 November 2013 pukul 09.00 WIB- selesai. Kegiatan diikuti seluruh LKM FISIP UB.

Ramayana Oktober Fest

Ramayana Oktober Fest berlangsung hingga 29 Oktober 2013. Dapatkan diskon untuk produk-produk peralatan rumah tangga dengan brand seperti Quantum dan Maspion.

Kantor Kecamatan Karangploso mengadakan apel pagi dan sekaligus Jumat bersih di Kantor Kecamatan, Jumat 25 Oktober pukul 07.00 - 09.00 WIB.

Haul Kel H. Subandi

Majelis Riyadhul Jannah berpartisipasi Haul Kel. H. Subandi, Desa Tangkil Sari Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, 26 Oktober 2013 pukul 19.00 WIB

Great Parent for Great Children GREAT Parents for Great Children, sebuah acara yang melibatkan para orang tua akan dihelat di SDN Kauman 1 Kota Malang. Kegiatan bekerjasama dengan perusahaan minuman kesehatan ini akan dihelat pada Sabtu, 26 Oktober 2013 pukul 07.30 WIB di sekolah.

Pagelaran Musik Keroncong

HUT Telkom menggelar pagelaran music keroncong pada Minggu (27/10) di Lapangan Telkom, Jalan A Yani, Blimbing, pukul 07.00 WIB. Kelompok musik keroncong Marlubu Generasi I-II akan memeriahkan acara tersebut

Pengajian Ibu PKK

Pengajian ibu-ibu PKK di Perumahan Griya Telaga Permai Kedungkandang, Minggu, 29 Oktober pukul 18.30 (ba’da maghrib) bertempat di kediaman Ibu Rusita Tri Wahyuni (Blok H-7).

Turnamen Sepakbola U-10 Rektor ITN Cup 2

Dalam rangka dies natalis ITN Malang ke 45, SSB PAS ITN mengadakan turnamen sepakbola u-10 tahun (kelahiran 2003) se-Jatim yang digelar tanggal 3,4,5 November 2013 di lapangan kampus 2 ITN Tasikmadu. Cp. Arif 081555871788

Karang Taruna Blimbing Peringati Sumpah Pemuda

Karang Taruna Kelurahan Blimbing bekerjasama dengan LPMK Kelurahan Blimbing mengadakan lomba mewarna dalam rangka peringatan ke 85 Sumpah Pemuda. Kegiatan diadakan pada 27 Oktober 2013, jam 08.00 WIB sampai selesai. Tempat di lantas atas kelurahan Blimbing, Jalan LA Sucipto. Kegiatan lain yang digelar yakni drama musical, tari daerah dan musik acoustic dari Karang Taruna.

Jambore Kader PKK

TIM Pengerak PKK Kota Batu menggelar jambore kader PKK di Hotel Kusuma Agrowisata, Rabu (30/10). Jambore PKK ini akan dibuka oleh Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko pukul 19.00

Resepsi Pernikahan Fitria dan Friesky

Maftakhatul Fitria Risma, putri pasangan Drs Mansur MT dan Sri Agustina bakal melangsungkan pernikahan dengan Muhammad Friesky Holy Kumbara, putra pasagan Rawiyanto, M.PDi dan Lilis Kustiani. Resepsi dilangsungkan di kediaman mempelai wanita, Jalan Sudimoro 14 RT 05 RW 06 Kelurahan Mojolangu, Lowokwaru , Kota Malang, pada Sabtu 26 Oktober 2013.

Ulang Tahun Emas SMKN 1

Ulang tahun emas SMKN 1 Malang mengikutsertakan alumni, mantan guru,dan warga sekitar sekolah dalam acara Sunnat Massal dan Donor darah pada Sabtu, 26 Oktober 2013 di halaman sekolah.

Standup Night 3

Enjoy Brawijaya

Enjoy Brawijaya: Even yang diselenggarakan Eksekutif Mahasiswa UB. Kegiatan terdiri dari senam bersama, pembagian susu gratis, work shop advokasi, donor darah, car free day kampus, dan pasar minggu UB. 27 Oktober 2013 @Lapangan Rektorat UB.

Bon Courage 6 Himpunan Mahasiswa Prodi Perancis FIB UB bakal menggelar Bon Courage 6 dengan bintang tamu Gugun Blues Shelter. Acara dihelat di Gazebo Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 10 November 2013. Ticket box didapat di Houtenhand. Harga VIP Rp 100 ribu, presale Rp 30 ribu, on the spot Rp 45 ribu.

Kidz Glowing 2013

Seminar Emergency Neurology

Honda Deteksi Band Competition 2K13 dimulai. 24-27 Oktober 2013, di Malang Olympic Garden (MOG)

Pelangi Bangsaku ke 5

Seminar Internasional Emergency Neurology di Gedung FKUB tanggal 27 Oktober 2013, menghadirkan lima pemateri, dua dari dalam negeri dan tiga dari luar negeri, more info click hastag #EmerNeuro di twitter. Dipersembahkan medical fiesta 2013.

Komunitas orhacles (@orhacles) bakal menggelar diskusi santai di Tjangkir13, Jln Cengger Ayam no 1, tanggal 3 Nop‘13 pk 18.00. Temanya „Seputar Tarot”. Komunitas Orhacles adalah sekumpulan peramal muda yang tidak membatasi diri dengan media ramalan apapun.

Pentas Kentrung

UKM Blero UM akan menggelar Pentas Kentrung dan Operet (PKO) pada 31 Oktober 2013. Acara akan digelar di Graha Cakrawala start pukul 19.00 WIB. Menghadirkan tampilan kentrung kreasi, operet dan musik kontemporer.

Dialog Kebangsaan

Dialog Kebangsaan 2013 bakal digelar 6 November 2013. Tempat pelaksanaan di GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang.

Diskusi Komunitas Orhacles

SMAN 8 Present KSSH 26, Smarihasta Sparkling Night pada Sabtu, 26 Oktober mulai 15.00 WIB di Dome UMM. Guest Star RAN.

Dalam rangka Dies Natalis FIA UB ke 53 pada tanggal 13-14 November 2013 akan dilangsungkan acara Kidz Glowing 2013. Acara ini akan menjadi saksi sejarah siapa yang akan menjadi pemenang dari National English Olympic 2013 kidz glowing 2013.

Pada 26 Oktober 2013 akan digelar standup night 3 dengan menampilkan tujuh comic ngalam yang dimulai pukul 7pm. Kegiatan diselenggarakan di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang, tiket presale Rp 20rb, hubungi panitia di 08968040038.

Pelangi Bangsaku ke-5 digelar SabtuMinggu, 2-3 November 2013 di Gedung Serba Guna SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Acara ini sebagai rangkaian dari Acara Perayaan 60 tahun SMAK Kolese Santo Yusup Malang, didahului Lomba antar SMP se-Jawa Timur, Seminar Pendidikan, Bakti Sosial, Jalan sehat dan Bazar, pembangunan dan penerbitan Buku Kenangan 60 tahun SMAK Kosayu.

Smarihasta Sparkling Night

Deteksi Band Competition

Brawijaya International Agriculture 2013 The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan serangkaian kegiatan meliputi: International conference, Expo, dan Fieldtrip. Kegiatan ini menggabungkan 4 aspek pembelajaran Agrokompleks di UB yaitu Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Peternakan, serta Teknologi pangan. 30 Nov Seminar’s by keynote speaker, 1 Des International Conference and Expo), 2 Des Fieldtrip

Karnaval Sastra

Coming Soon! Karnaval Sastra 2013 “Festival Perkusi”, Nov,10 @ Taman D7D8 Fakultas Sastra UM

Pasukan Berdansa

Pasukan Berdanska, Godang Café, 27 Oktober, pukul 10.00-20.00 WIB. Featuring Skame Brother’s, Trusty Crusty, BadBad Monkey dll.

Gathering Komunitas Luwak

Komunitas Luwak Malang menggelar pertemuan atau gathering di Balaikota Malang, Sabtu (26/10) dan Minggu (27/10) nanti.

Oktober Fiesta Joe Laptop Oktober Fiesta Joe Laptop MX M Mall pembelian Malang. Sampai 31 Oktober, pem gadget berhadiah aksesoris.

Pasukan Berani Murah Mur

7 Latihan Ringankan Sakit Otot dan Sendi Sering terbangun dengan otot kaku dan persendian yang nyeri? Bisa jadi itu akibat Anda kurang banyak bergerak. Latihan ringan dapat membantu menangani sakit dan memulihkan otot lebih cepat. Caranya dengan melakukan salah satu dari beberapa jenis olahraga berikut, seperti yang dikutip dari Health Me Up: 1. Yoga Yoga merupakan cara efektif untuk melawan rasa nyeri pada tubuh. Pernapasan dalam yang dikombinasikan dengan gerakan asana ter tentu membantu menangani nyeri otot. Namun beberapa dokter melarang melakukan beberapa gerakan asana yoga yang melibatkan gerakan fisik yang kuat karena dapat memperparah rasa sakit. Untuk itu mintalah bantuan instruktur yoga yang berpengalaman. 2. Jalan Sehat Jalan kaki merupakan bentuk paling sederhana dari latihan yang dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja.

3rd International p Seminar Scholarships

IAAS Local Committe UB menggelar 3rd International Scholarships Seminar IAAS LCUB dengan tema kegiatan ‘Get Scholarships, Reach Your Dream and Explore The World’, Selasa 12 November 2013 di Widyaloka UB, Jalan Veteran Malang.

Berjalan dapat dilakukan di segala kondisi dan hanya ada beberapa kondisi kesehatan yang melarang Anda untuk berjalan.

Band pop J-Rock menggelar konser satu decade di Malang pada 16 November 2013. Tempat penyelenggaraan di Hall Hotel Malang. Open gate dimulai Kartika Graha Malang pukul 20.00 WIB. Harga tiket adalah Rp 100 ribu (festival), Rp 500 ribu (gold) dan platinum (Rp 750 ribu). Konser dimeriahkan Vicky Shu dan Anji eks Drive.

Let’s Rock Guys

Guitar Clinic oleh John Pul Ivan dan Robby Frankenstein di Parkiran Stadion Gajayana, dipersembahkan Artrock pada 25 Oktober 2013, pukul 18.00 sampai selesai. Let’s rock guys.

Turnamen Goes Plano Yuk ikut futsal turnamen Goes Plano 2013 untuk SMA dan sederajat. Pendaftaran maksimal 12 Novermber 2013. pelaksanaan 15 – 18 November 2013. Contact saja 085745632612 Suprayogi. Persembahan Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik UB.

peregangan terbaik apabila dilakukan di bawah pengawasan ahli. 4. Berenang Berenang direkomendasikan se sebagai latihan yang tepat bagi ppenderita osteoarthritis, yaitu or orang yang memiliki masalah m musculoskeletal atau penyakit sendi la lainnya. Berenang atau kegiatan air la lainnya merupakan aktifitas tahan gr gravitasi dan membantu mengobati se sendi dengan lebih baik.

3. Pilates Pilates merupakan latihan yang sangat baik dilakukan bagi Anda yang menderita nyeri punggung bagian bawah karena dapat membantu melatih kekuatan tubuh. Menurut Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, Pilates adalah salah satu bentuk latihan

5. Stretching Latihan peregangan sederhana ddapat dilakukan dimana saja. S Stretching membantu mengggerakkan bagian-bagian tubuh A Anda dan melawan rasa sakit dalam tu tubuh. Anda dapat menyembuhkan sa sakit otot dengan latihan peregangan se sederhana selama 15 menit. 6. Tai Chi Latihan Tai Chi dapat dilakukan baik oleh anak-anak dan dewasa. Berasal dari China, Tai Chi mirip dengan Yoga karena mendorong integrasi pikiran,

Parade Band

Panitia HUT ke-12 Kota Batu me nggelar acara parade band di Gedung Kesenian Mbahtu Aji Art Center, Sabtu (26/10). Parade band dilaku kan untuk ikut memeriahkan HUT HUT ke-12 Kota Batu.

Pesta Buku Murah

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kabupaten Malang, menggelar kegiatan Pesta Buku Murah di Stadion Kanjuruhan. Berbagai macam buku dijual di acara yang diselenggarakan mulai 17 – 26 Oktober.

Assault Tour 4

Konser musik cadas Assault Tour 4 bakal dihelat hari ini 24 Oktober 2013. Konser musik yang menghadirkan banyak musisi cadas, dimulai pukul 16.00 WIB di Paradiso Cafe Soekarno Hatta. Tiket pre sale adalah Rp 16 ribu, sementara tiket On The Spot adalah Rp 20 ribu.

J-Rock di Kartika

Jumat Bersih o Kecamatan Karangploso

Festival Perkusi

Ikuti Festival Perkusi dalam karnaval sastra 2013 pada 10 November 2013, di Taman D7-D8 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Daftar paling lambat 6 November 2013, biaya Rp 125 ribu. Info Omen 085733039558.

8

Lomba Penggalang ggg g Terampil p

UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan Lawang menggelar lomba penggalang terampil yang diikuti oleh seluruh SD dan MI dan dipusatkan di Gedung Pramuka Lawang, pada Sabtu (26/10)

Ulangg Tahun Karangg Taruna

Karang Taruna Karanganyar Kecamatan Poncokusumo, menggelar parade band dalam rangka memperingati Ultah Karang Taruna Karanganyar, Karanganyar Sabtu (26/10)

Upacara Sumpah Pemuda

Karang Taruna Karanganyar Kecamatan Poncokusumo, menggelar upacara bendera sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di Lapangan Desa Karanganyar s ekitar pukul 07.00 WIB, pada Senin (28/10)

Selamat Menempuh Hidup Baru

Turut berbahagia atas bersatunya dua insan manusia untuk menjadi sebuah ikatan pernikahan, atas nama Rully Prasetyo (putra Bpk H Slamet Syamsul Karim dan Ibu Hj Nur Sofiyah) dan Siti Muffarochah (putri Bpk Miftahul Huda (alm) dan Ibu Muhimmah), akad nikah : Sabtu (26/10) , pukul 10.00 WIB, di Jalan Bauksit I/7 Pandean Malang, resepsi pernikahan : Minggu (27/10) jam 12.00-15.00 WIB di Jalan Ade Irma Suryani (ex Tongan) III no 367 Malang.

Brawijaya j y Jazz Festival

Unit Aktivitas Band UB menggelar Kharisma 18 dengan tajuk Brawijaya Jazz Festival. Acara tidak dipungut biaya. Festival digelar pada 2 November 2013 di Gazebo Fakultas Kedokteran UB. Bintang tamu adalah Shadu Rasjidi Band, Koko Harsoe Quartet, Bertha dan Harry Toledo.

Kompetisi p Kucingg

CAT IN THE ACT! Fun & Funny Time, kategori Kitten : 3-8 bulan, Kategori Adult : 8 bulan ke atas. Acara digelar pada Minggu, 27 Oktober 2013 pukul 09.00 WIB di Mall Olimpic Garden (MOG).

Ludruk Dika Indra Mandiri

Pagelaran teater periodik yang dilaksanakan di Taman Krida Budaya Jl. Soekarno-Hatta Malang pada tanggal 26 Oktober 2013. Acara dimulai pukul 19.00 WIB dengan memainkan lakon Tumurune Wahyu Purbo Sejati.

tubuh dan jiwa. Menurut New England Journal of Medicine Study, Tai Chi sebaiknya dilakukan dua kali dalam seminggu untuk membantu menyingkirkan nyeri tubuh, kelelahan, dan otot kaku. 7. Angkat Beban Ringan Latihan beban ringan pada umumnya membantu mencegah cedera seperti keseleo dan otot tegang. Latihan beban ringan membantu proses penyembuhan dengan memperkuat otot-otot sendi di sekitar area cedera dengan cara mengambil beban daro sendi yang terluka. Hanya dengan melakukan push up sederhana atau sit up di rumah Anda bisa mengucapkan se lamat tinggal pada rasa sakit. (jpnn/lim)

KOMET XIII 2013 UIN Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan acara Kompetisi Matematika (KOMET) XIII 2013 Tingkat SMA dan Sederajat Se- Jawa dan Bali. Kegiatan Kompetisi Matematika 2013 Tingkat SMA dan yang Sederajat Se Jawa dan Bali digelar pada 3 November 2013 untuk babak I (penyisihan I dan penyisihan II) di distrik masing-masing. Semifinal dan final 17 November 2013.

Pameran Gadget dan Laptop dengan d tema Pasukan Berani Murah di Hall Plaza Dieng Malang dari On Pro Production akan berlangsung sampai tanggal tang 27 Oktober. Juga terdapat Lomba F Fotografi Berhadiah Total Rp 2,5 juta denga dengan biaya pendaftaran Rp 30 ribu.

Turnamen Basket se-Malangg Ra Raya

Pertandingan bola basket 3 on 3 antar SMP se-Malang Raya @SMA Taman Harapan Malang. Sudah berlangsung berlan sampai 26 sejak 21 Oktober, berakhir sam Oktober mendatang.

Speedy p y NBL Seri I

Speedy NBL Seri I Malang bakal digelar 16-24 November 2013 di GOR Bimasakti Bim Malang.

Kompetisi p Futsal

Kompetisi Futsal antar Mahasis Mahasiswa seMalang Raya, pendaftaran 5 – 25 Oktober O 2013, Technical Meeting 1 Nov November 2013, pertandingan 4 – 6 November Nov 2013. Info kontak 081258846188 08125884618 Rifai. By Himpunan Mahasiswa Baha Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humanio Humaniora UIN Maliki Malang.

Kejurnas j Malang g Ope Open p 5

FORKI Kota Malang menggela menggelar even tahunan Kota Malang yang diikuti oleh atlet-atlet karate yang berasal beras dari berbagai daerah di Indonesia. Kejurnas K November akan dilaksanakan pada 15-17 No 2013 di GOR Ken Arok Malang.

Upacara p Karo Ngada Ngadas g

Upacara Karo (Hindu) yang dil dilakukan oleh masyarakat di Suku Te Tengger dilangsungkan di Desa Ngadas Kecamatan Kec Poncokusumo, Minggu 27 Oktobe Oktober

Gerak Jalan Bersama Bersam

Bulan Bahasa UM

HMJ Sastra Indonesia UM menggelar kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra pada 30 Oktober - 1 November 2013. Kegiatan Nasional dan Regional Jatim ini digelar dengan beberapa format, yakni Seminar Nasional Pendidikan dan Bahasa Indonesia, Lomba Pidato Bahasa Jawa Tingkat SMP se- Jawa Timur, Lomba Video Dokumenter: Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia, Lomba Adu Cinta Bahasa Indonesia Tingkat SMA se- Jawa Timur, Festival Teater, Festival Adu Sastra (FESDUSA).

SAINT LOCO VS SID

ProMildTour w/ Saint Loco dan SID, 26 Oktober, di Lapangan Rampal pukul 19.00 WIB

Bupati Malang Rendra Kresna rencananya renc menghadiri gerak jalan bersama bersa di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kanju Kepanjen, Minggu 27 Oktober

Pameran Tunggal gg

Pameran tunggal di Galeri Raos, Ko Kota Batu, pada Sabtu-Jumat (19-25/10) 2013

Halloween Fun and Scaryy Costume

Jatim Park 1 mempersembahkan acara Halloween Fun and Scary Costume Co Competition 2013. Kompetisi memperebutkan memper hadiah total sebesar Rp 5 juta. Acara digelar Minggu, 3 November 2013

Batu Night g Racingg

Pameran Elektronik di Araya

Pameran produk elektronik rumah tangga dari Jerman dengan brand Kuche, di Hall Plaza Araya Malang. Misalnya Air Fryer untuk alat penggorengan, kompor induksi, dan microwave. Produk Kuche juga mengutamakan kesehatan. Berlangsung setiap hari hingga 31 Oktober 2013.

Grand Final Kakang Mbakyu Minggu, 27 oktober 2013 Grand Final Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 di Graha Cakrawala UM. Menjadi babak puncak ajang duta pariwisata Kota Malang yang setiap tahun diagendakan. Juara akan mengemban misi sebagai duta wisata Kota Malang hingga setahun ke depan dan tampil di event Raka Raki Jawa Timur.

Pagelaran Hukum Indonesia

Pagelaran Hukum Indonesia “Revitalisasi Gerakan Mahasiswa Menuju Bangsa Madani dan Berjiwa Nasionalisme”. 25 Oktober @Gazebo UB. Menghadirkan Sudjiwo Tejo, Arswendo Atmowiloto, Permadi SH, Rudolf Puspa, Sammy Stand Up Comedy Indonesia, Teater Ronggowarsito

Karnaval Kostum Dunia

Festival Kampung Celaket akan menampilkan Kesenian Bali dan World Costume Carnival 26 Oktober 2013, lokasi di Kampung Celaket Kota Malang.

Panitia HUT Kota Batu menggelar kkegiatan berupa Batu Night Racing (BNR) di d Sirkuit Jalan Sultan Kota Batu pukul 19.00 - selesai. BNR bakal diikuti pembalappembalap berbakat lokal Malang Raya, Jatim hingga Nasional, pada Sabtu, 26 Oktober 2013

Dzikir Akbar

Majelis Dzikir Maulidurrosul Muhammad SAW bersama Jamaah Al Hikmah melakukan kegiatan dzikir akbar di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Kegiatan dilakukan mulai pukul 06.00 diikuti puluhan ribu jamaah dari Malang Raya, pada Sabtu, 26 Oktober 2013

Bersih Desa Mojorejo Family Fun Day

Araya Family Fun Day 2013 di gelar di Plaza Araya Malang pada 8-10 November 2013. Beragam lomba digelar, mulai foto keluarga, foto anak dan adu bakat keluarga.

Acara pembukaan Bersih desa atau selamatan desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota batu, di Balai desa Mojorejo, Jumat, 1 November 2013. Agendanya: karnaval, wayan orang, pengajian. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


9

JUMAT, 25 OKTOBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

KULINER

PIJAT

MOBIL - MOTOR

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

KURSUS piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-30/ 10

BL-25/10

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda proforsional khusus oanggilan ke hotel Hub.085774410568

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

RMH DIJUAL 6x16m2 lt 2 KT 5 KM2 SHM PLN PDAM hrg 120jt HUb. Bp. Yusuf Tlp. 085259056313 Kebonagung

ASHAFA Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

WARUNG KARTINI : mnrm pesanan : nasi kotak, tumpeng, prasmanan juga melayani rias pengantin Jl.Galimbar Kepanjen Tlp : 0341-7305477

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit = Reo 2009, Mio Sporty 2010, Astrea Legenda 2010, Crry 1.5 Pv Box 2006, Carry 1.5 Pv Box 2008(3 unit), Carry Futura 6X 1.5 MT.2008(2 unit), Xenia XL Deluxe +VVTI 1.3 MT.2011, Daihatsu Neo Zebra 1.3 Toyota Vios G 1.5 MT.2005, Espass 1.6 MT.1999, Daihatsu Taruna Csx RFI 1.5 2000 BG-16/10

DIJUAL KIA VISTO N’2001 hitam, mesin, bagus,mulus,harga NEGO. Hub.081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/9

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/10

DAIHATSU

BL-30/10

GRATIS Konsultasi kredit /tunai, Mobil baru Suzuki HUb. Hai 2374008/ 085239073708 BG-30/10

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877 BG-29/10

READY Stock Ertiga GA GL 8 GX Manual 8 Matik DP. 52 jt -an Bisa Tenor 5th 082141959999/9568253 BG-28/10

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916 BL-27/10

•HONDA• DIJUAL HNDA Accord VTil exlusive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego)biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti(bkl hnda) Jok Kulit hnda, 087853231009, 0341 3725275 BL-27/10

JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.03419187273 BG-23/11

BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/12

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/11

MITSUBISHI PROMO Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788 BG-01/11

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/10

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872

DIJUAL H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/11

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/10

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/9

TANAH JUAL cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/11

J.TNH Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435/081233081622 BG-18/11

BG-30/10

NISSAN DIJUAL OPER KREDIT GRAND LIVINA Thn 2012 Warna Putih sdh 18x angsuran sisa 30x Minta 50 Juta. Hub Jl. Bondowoso 1B 081334614154 BG-30/10

TOYOTA DIJUAL:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/11

JUAL :ELF 2005 wrn:oranye hrg 210 nego, 2007 wrn:putih hrg:245 nego body Edi Putro AC,audio,tv, hub.081945555402,0341-7720803 BG-12/11

DIJUAL cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555 BG-11/11

KIJANG NUSA’94 , AC, TAPE, RC BAGUS. Hub. 081 233 086 801, 0341-7346127 Jl.Mondoroko I/42 Singosari mlg.

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 BL-7/10

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/10

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/10

RUMAH DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516 BG-23/10

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569

PURI CEMPAKA PUTIH kwasan pemkot,pnddkn,Dpn terminal Hamid Rusdi,Tipe baru UM 9JT (Jamsostek) 754055/7025005/081945155552

BG-30/10

BG-11/11

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013

DIKONTAKKAN Rumah Type 54 di Perum sumber wuni indah Blok A no 41 Lawang 8jt pertahun , Bisa pertiga bulan Hub.081219908512

BG-5/11

BG-21/10

TOYOTA

BG-21/11

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/10

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/9

DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/081281070950 BG-22/10

DIJUAL TP Rumah T300/B 145 SHM PLN PDAM Jl. D. Maninjau 35 HP. 0818 0501 3399 Azhar Saleh BG-27/ 11

DIJUAL rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/11

DJL rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub:0341 9089500 / 085235170784

BG-18/10

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

JUAL RUMAH Jl.angrek blok A11 kepanjen 1km dr pasar kepanjen 1km dr pasar sumedang luas 85 hub.0881-9922112 NEGO BG-30/10

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/10

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/10

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/10

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/10

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963

BG-19/11

BG-13/11

PP PRIMA PERMATA melayani pemasangan & jual bhn plafon gypsum + atap baja ringan &dinding peredam Jl.Raya Genengan 272 Tlp 0341-806234 Pakisaji Malang. BG-11/11

PLANET SERVICE.Service panggilan pendingin dan elektronik, AC, kulkas, m.cuci, dll. Hub.085334227002, 0341-7833840

BG-10/11

MAHMUD CELL SERVICE HP. LAPTOP ASSESORIS,PULSA ELEKTRIK,PLN JL.KEBON AGUNG DPN DEPOT SONETA TLP. 08560938886-08238080900 MALANG

BG-9/11

BG-7/10

BMC (Becam Medicine Center)pengobatan modern cara Nabi, menyediakan terapi: becam, hirudo, lintah, gurah dll.Jl.pepen dpn pom bensin Kepanjen Tlp: 0341-7060111, 085755181862, 085785062601

BUTUH biaya sekolah Reno rumah/mudal usaha kami solusinya jaminan BPKB MTR/MBL dan SHM bisa to.hub.9157776

BG-10/11

JASA pembuatan rombong franchise, both, stan pameran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-2801809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/11

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563.

STNK

BG-4/11

DICARI ,Laptop,LED,LCD,BB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin. BB 314CF4A4 BG-4/11

STNK spd mtr honda beat N-2572 -LQ noka:MH1J FD218CK104660 nosin:JF2E-1114334 a/n BOIRAN d/a Jl.Dewi Sartika Batu. BL-26/10

BG-26/10

Terima OKS cetak offset CS Brosur, buku, kards mkanan, etiket wrn dll. Hub. PERC. Merpati Mas Jl. S. Supriadi 57B telp. 362978

DANA TUNAI

BG-6/11

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448 BG-3/11

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978 BG-31/10

PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

KULINER

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

WARUNG ENGON menyediakan spesialis SATE ,GULE MADURA juga menerima AQIQOH Jl.LA. Sucipto 36 malang hub.HUDA (081945729566)

BL-29/10

BG-12/11

BG-1/11

BG-16/12

RUPA-RUPA NIA Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/11

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit = Reo 2009, Mio Sporty 2010, Astrea Legenda 2010, Crry 1.5 Pv Box 2006, Carry 1.5 Pv Box 2008(3 unit), Carry Futura 6X 1.5 MT.2008(2 unit), Xenia XL Deluxe +VVTI 1.3 MT.2011, Daihatsu Neo Zebra 1.3 Toyota Vios G 1.5 MT.2005, Espass 1.6 MT.1999, Daihatsu Taruna Csx RFI 1.5 2000 BL-16/10

TOKO “JUARA SPORT” jual alatalat olahraga harga bersaing, mutu berkualitas. Hub Jl. Diponegoro 62 TLP. 0341-7723930 BL-19/10

MEBEL Nusantara menerima cash & kredit kursi, sofa, almari, sping bed dan segala peralatan rumah tangga. Hub Jl. Agus Salim No. 18-20 Batu. Tlp. 0341-592444 BL-19/11

SURYA MANDIRI GORDYN.Sedia sgl mcm Gordyn,Vitrage,Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910

BG-25/10

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696 BG-30/10

JUAL garam,per 1 ton rp.1.200. 000,- diantar hub.081554324458 BG-25/9

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/10

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/10

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-20/10

BG-23/11

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333

BG-31/9

BG-26/10

,PAM & Smr ,Lok TAMAN PERMATA ASRI Wagir .hrg 230 jt nego .03419719453/081333644775

MP-jual : madu herbal sambung nyowo, madu herbal sambung asmoro, minyak retak tulang, tersedia di TOKO MINI jl. Bukit Tanggul S-50 Tidar 08175402017.

MP cari : staff posting iklan line internet gaji 200rb-1jt/minggu hub : 08883396259

MP cari : staff posting iklan line internet gaji 200rb-1jt/minggu hub : 08883396259

MP-Cari: Wanita menarik dan energik yg bth income tak terbatas. utk di didik menjadi konsultan keuangan. Usia max 45th. di didik sampai bisa dapat income. hub: 087859748090

Mp-cari : bbrp Sopir sim b-1& karyawan-wati toko grosir umurijasa bebas bs tdr dlm bs plg sore jl sersan harun 62 tlp 7791616 dkt matahari psr bsr mlg.

Mp-jual : bekas minimarket luas tanah 120 m2. Pada 3 pintu harmonika dan pagar depan sampai atas. Ful bangunan. Lokasi tunggulwulung. Harga 550 jt. Hub9410912 Mp-Jual : indukan siap kawin dan anakan landak mini ras brown, harga murmer, lucu, menggemaskan, contact pin bb 33072006/257258E0 MP-JUAL : rmh 2 Lt, uk 7x12 m full bangunan,4 Kt ,1 Km , 900 w

MP-JUAL : beras “giling sendiri”tanpa bahan pengawet 5kg=46ribu,25=225ribu. Siap antar di malang raya +6285259492623 MP-Jual: Emas Antam Sertifikat 10gram cukup dg cicilan Rp 10.000an/hari. Bebas biaya admin dan denda. Hubungi Ariy SOLTUN 085641795679

BG-29/10

ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/10

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/10

HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677 BG-2/10

BG-26/10

BG-19/11

MP-Jual : Toyota Kjg ‘87 akhir, Cat dan Jok ori, 6 speed, plat N, merah, radial ring 14, tape ac, mesin halus, 43 jt nego, hub : 081 9383 63710, 2880 409 (jl. Mergan Kelurahan Sukun)

BG-30/10

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com.

BL-6/10

BL-18/10

MP-Jual : Jasa terapis utk membantu penyembuhan & pencegahan segala macam penyakit. hub : 08383-4290-888

TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit: MioCW cakram,2009.ega ZR,2010.Mio cakram,2004.New Fit S,2007.New Supra fit,2006.New supra fit S,2007. Beat,2010.Beat,2012.Colt diesel L300 2.5 PU,2010.Colt diesel L300 2.5PU.Carry box 1.5PU,2009

BL-22/ 10

Mp jual: Frezeer box 600 lt. Rp.2.750 jt ,hub 0341 8407477

BG-31/11

BG-17/11

BPK/Ibu/Sar yang ingin penghasilan nyata Hub.Kris Dewi 081944825463

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

MP JUAL

BG-12/11

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BG-23/11

JUAL Suzuki Baleno matic 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 81 jt nego 08164291898

• SUZUKI •

MERY’S BAKERY & CAFÉ menerima Pesanan Roti, Donut, tart, Spiccu, DLL Jl.LA.Sucipto No.339 Depan SDN Pandanwangi 1 telp.03419552483/087852501110

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022

LOWONGAN

UD.AZIZ KUSUMA jual mcm2 pot bunga, air mancur, mainan les, gypsun, pilar dan pembuatan taman hub: Jl.Ry Pakisaji(sebl kantor kec pakisaji) Mlg 085649554292

BG-17/11

BG-12/11

BAKSO CAK TOHA Menerima Pesanan Campur dan Istimewa 100% Halal. Jl.LA Sucipto Timur SD Pandanwangi 1 Malang telp.087859996347

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000

DCR Karyawan/wati counter+ security: SMA,jujur,pkrjkrs lam: Jl. S.Parman 23 Mlg 0341-418788

MP-JUAL : JASA ALTERNATIF SEGA LA MACAM PENYA KIT melakui REFLEKSI DAN URUT BISA DI PA NGGIL Dan keluhan nya apa... Sering pusing .diabet . Jantung.Kembung. Emah. Sesak napas.asam urat dll HB: ARIF R A 085855064677 ,

MP-CARI

MP-Jual : anakan kucing persia hub bu tatik jl. Ciliwung 1 no 56 malang telp 0341-480622

MP-CARI: burung cendet/ burung ocehan apa aja yg sudah gk terawat& hrga murah hub: 03413167167

MP-JUAL: Obral Yamaha dp 1jt. Dtang dan bktikan Hny di yamaha dinoyo 7712177

MP-CARI: anakan burung kenari segala warna, hrga bs nego sesuai hrga pasar. HUB:03413167167

MP-Cari : banyak tenaga muda smk grafika, hubungi 083842210571 www.bungbungshop.com MP-cari : sopir pengalaman max35thn slta lamaran kerja kirim datang ke pt trio indah sukses jlperunggu utara q5 purwantoro0341 482407 up pak kamim MP-CARI: freelance utk jual water heater(pemanas air utk mandi) Harga cash 1,7jt,harga krdit 1,8jt diangsur 3x.Komisi 150rb/unit,Kalau dlm 1 bln terjual 8 unit dapat bonus 1 water heater(Bisa di uangkan) Hub:081805131258.

Mp-cari : cpt sls cv office boy tenaga kirim pengalaman pr atau wnt niat kerja blm nikah max 38 thn lamaran lengkap bawa langsung PT trio indah sukses jl perunggu utara q 5 perumahan purwantoro jam kerja 0900sd !6 00senin sd jumat 034! 482407 pak kamim 0857 557 849 57 pak gogik spv MP-Cari : sales u/ order minuman kemasan diutmkan py kndraan sdri Hub.MGM jln.kedawung 25 0341-7039599 MP-CARI:rmh dikntrakkan sekitar KAMPUS UNMUH2 hrg 4jt/th hub 085608766656

BG-22/11

BG-10/11

KING’S BAKSO&JUICE menerima pesanan Kuah Segar Anti Lemak & Dijamin 100% halal Jl.Raya La.Sucipto 214 Malang hub.(0341-2828955)

BG-12/11

SERVIS

D’LUUK Boutique pusat grosir dan eceran tas pria dan wanita berkualitas, juga menyediakan aksesoris wanita lainnya dgn harga bersaing dapatkan potongan 10 % datang langsung ke ruko Cipto Jl.Cipto kav 17 Malang

BG-10/11

TOKO TANI Sejahtera Jl.Brakmojo Merjosari Kepanjen Tlp.0341392965, 0811366615.Menyediakan : Benih, pupuk, obat2an dll.

BL-22/10

KEHILANGAN

BG-26/10

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/10

BG-26/10

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

KOMPUTER WAROENG COMPUTER BANG IWAN.Mnrm Serv. panggilan,jual beli comp rusak,TV. Jl.Ry. Pakis/Komplek Toko Psr.Pakis. Dpn Alfamart 0341-9396778/085706236235 BG-23/11

CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 5765939037898 BG-31/10

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRIN TER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-23/10


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

BTN TAK PANGGIL BATU – Bukan rahasia lagi bila Cristian Gonzales masih diperhitungkan sebagai salah satu penyerang lokal tertajam di dunia sepakbola Indonesia. Torehan 19 gol selama menjalani ISL 2012/2013 adalah bukti betapa El Loco bukan striker sembarangan. Hingga sekarang, tim lawan masih gemetar dengan aura Gonzales saat berada di area kotak penalti. Namun, sudah terlalu lama striker naturalisasi dari Uruguay ini tak terlihat memakai kostum merah putih alias memperkuat timnas. Tak heran, publik pun mulai bertanya-tanya, mengapa pelatih

kepala timnas senior Jacksen F Thiago tidak memanggil Gonzales. Saat dikonfirmasi tentang tidak dipanggilnya Gonzales, Jacksen enggan memberi komentar. “Saya gak mau bahas masalah pemain yang tidak dipanggil, saya cuma mau bicara pemain yang dipanggil saja,” ungkap Jacksen ketika diwawancarai Malang Post sore kemarin, usai latihan TC timnas senior. Ia menganggap, striker yang ada dalam pelatnas saat ini sudah lebih dari cukup. Pelatih kepala Persipura Jayapura ini menyebut nama Boaz Sollosa, Titus Bonai, M Nur Iskan-

Adios Kayamba! J

Sambungan dari Halaman 12

Satu tahun yang cukup manis bagi Kayamba akhirnya harus berakhir juga. Di penghujung usia pensiun pesepakbola, Kayamba sudah merasakan fanatisme luar biasa yang tak pernah dia tahu sebelumnya. Hanya di Arema, pemain berkepala plontos itu merasakan fanatisme Aremania. Sehingga, tidak ada kata yang bisa diucapkan oleh suporter selain “sampai jumpa

papa.” Kayamba saat dikonfirmasi soal kabar ini, mengaku sedang berada di Australia bersama keluarganya. “Saya masih ada di Australia. Saya baru dengar kabar ini. Manajemen belum hubungi saya, kalau memang saya tak diinginkan lagi, saya ikhlas,” tutur pemain yang memiliki tiga lisensi kepelatihan itu. Selain Kayamba, Thierry Gathuessi dikabarkan juga tak lagi diperpanjang oleh

Panitia Menpora Siap Cairkan... J

Sambungan dari Halaman 12

“Kami konsisten soal hadiah, dan menghargai keringat semua tim, termasuk juara Arema Indonesia,” tutur M Zein. Ia mengakui, banyak kekurangan yang terjadi selama penyelenggaraan Menpora Cup 2013. Tapi, panpel siap memperbaikinya. “Kami siap melakukan perbaikan atas segala kekurangan yang ada, karena turnamen Menpora Cup tahun depan akan lebih baik lagi,” tandas M Zein. Sementara itu, pihak manajemen yang dikonfirmasi terkait tenggat waktu pembayaran mengaku senang dengan sikap dari panitia Menpora Cup 2013. “Ya kita setuju dan senang, karena panitia konsisten untuk mencairkan hadiah sesuai batas jatuh tempo satu bulan,” tutur Direktur Bisnis dan Marketing Arema, Fuad Ardiansyah.(fin/jon)

10

GONZALES

dar, Greg Nwokolo, Zulham Zamrun dan Tantan sudah memenuhi kuota kebutuhan striker timnas. “Saya punya perhitungan kenapa memanggil pemain, para pemain yang saya panggil pas dengan skema yang saya terapkan, semuanya menyatu dengan strategi yang saya berikan,” tegas Jacksen. Namun, bukan rahasia lagi bila ada aroma politis dalam tidak dipanggilnya bomber Arema Cristian Gonzales ke timnas senior. Badan Tim Nasional (BTN) disebut-sebut sebagai pihak yang menghalangi niatan Gonzales untuk memperkuat tim-

nas senior. Namun, Jacksen membantah adanya isu ini. Pelatih kelahiran Brazil ini berkilah bahwa pemanggilan pemain sesuai dengan kriteria yang disodorkan pada BTN. “Tidak ada politik BTN dalam pemanggilan pemain. Sebab saya memanggil mereka karena sesuai dengan kriteria yang saya berikan. Gonzales tidak terpanggil bukan karena BTN. Sejauh ini, saya memanggil pemain tanpa ada sisipan politik atau konfl ik apapun,” tutur Jacksen. Menurutnya, pemilihan striker yang ada di timnas lebih didasari pada kemam-

manajemen. Namun, berbeda dengan Kayamba, Thierry masih memiliki kontrak dengan Arema hingga November 2013. Sehingga, ia masih memiliki hak untuk menerima gaji hingga kontraknya habis. “Soal Thierry masih fifty-

fifty, karena kontraknya baru habis bulan November,” tambah Ruddy. Sementara itu, pemain asing yang dikontrak lagi adalah Alberto Goncalves yang sudah dipastikan memperkuat kiprah Arema musim depan.(fin/jon)

puan teknis. Jacksen menyebut, enam striker yang dipilih karena memiliki mobilitas, agresivitas, naluri gol serta

memiliki kelincahan. Ia pun berharap tim yang sudah dibentuknya ini tak banyak perombakan lagi.

“Saya berharap tim ini tidak ada perombakan, kecuali ada yang cedera sehingga tak bisa main,” tutup Jacksen.(fin/jon)

Visa Selesai, Pablo Ke Malang... J

Sambungan dari Halaman 12

Jika benar bahwa Pablo memiliki kualitas yang dipamerkan sang agen, maka bukan tak mungkin manajemen akan dengan cepat mengkontraknya. Tapi, tampaknya manajemen tidak terburu-buru dalam membuat keputusan. Sebab, manajemen menyerahkan rekomendasi kontrak Pablo kepada tim pelatih. “Soal kontrak nanti dulu, kita serahkan sepenuhnya kepada tim pelatih yang tahu kebutuhan teknis tim ini,” terang Fuad. Karir pemain kelahiran 30 April 1986 itu cukup berliku. Ia memulai debut seniornya di klub lokal Argentina, Racing De Cordoba pada tahun 2004. Ia memperkuat tim ini selama dua tahun. Lalu, Pablo melanglangbuana di klub-klub Argentina hingga tahun 2012. Setelah itu, ia pindah ke Deportivo Pererira yang berkompetisi di liga Kolombia. Satu tahun memperkuat tim Kolombia, agen dari Indonesia menemukannya dan menawarkan Pablo pada Arema. General Manager Arema, Ruddy Widodo berharap, kehadiran Pablo bisa menutupi kebutuhan seorang playmaker top di lini tengah Arema. “Kita cuma perlu satu saja seorang playmaker top di lini tengah, kalau itu tercukupi, skuad kita sudah terhitung lengkap,” tutupnya.(fin/jon)

Dekranasda Sukses Gelar Lomba Melukis di Tembikar dan Dinding MEMPERINGATI HUT KE 1253 KABUPATEN MALANG Memperingati HUT ke 1253 Kabupaten Malang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Malang meggelar Lomba Melukis di Tembikar dan Dinding (Mural). Lomba yang diikuti 200 pelajar SMA se- Kabupaten Malang itu berlangsung di Pusat Kerajinan Kendedes (PKR) Singosari, Kamis (24/10) kemarin. FOTO-FOTO DAN TEKS: BINAR GUMILANG/ADV/MALANG POST

PRESTASI: Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Malang Ir Herlijanti Koentari, menyerahkan trofi kepada salah seorang pemenang lomba.

CHAMPION: Para jawara Lomba Lukis di Tembikar dan Dinding (Mural) berfoto bersama dengan Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Malang Ir Herlijanti Koentari. BERSAING: Seluruh peserta lomba lukis di tembikar bersaing menunjukan kreativitasnya.

KARYA: Hasil karya lukisan di tembikar yang hampir jadi, dari salah seorang peserta.

MENINJAU: Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna saat meninjau para peserta lomba lukis di tembikar.

PEMBUKAAN: Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Malang Ir Herlijanti Koentari, memberikan arahan kepada para peserta sekaligus membuka lomba.

BERJUANG: Salah satu tim peserta lomba melukis di dinding, mereka tampak berjuang menyelesaikan lukisannya sebelum memasuki tenggat waktu. KREATIF: Salah satu tim peserta bekerjasama untuk menghasilkan karya lukisan yang kreatif dan inovatif. REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP-DEE


SAMBUNGAN Proyek Jebol, Warga Tersandera Sambungan dari Hal 1 ‘’Ketinggian air yang menggenangi rumah warga mencapai 1 meter. Akhirnya tembok di rumah warga dijebol supaya air bisa mengalir,’’ katanya. Rahmad kini berharap Pemkot Malang segera mempercepat proses pembangunan drainase. Sehingga aktifitas warga kembali normal. ‘’Proyek belum selesai tapi banjir sudah datang. Ya harapan kami segera dipercepat, apalagi jalan di gang ini sempat dibongkar,’’ harapnya. Rahmad menambahkan, ambrolnya lokasi pemasangan box culvert merepotkan warga. Bayangkan saja, warga harus berjibaku dengan air hingga menjelang subuh kemarin. Warga lainnya yang ditemui terpisah juga mengeluhkan proyek drainase. Proyek tersebut dinilai dikerjakan tanpa perencanaan yang jelas. ‘’Kalau ada perencanaan, pasti sudah selesai. Masa sudah masuk musim hujan tapi proyek drainase belum selesai. Ini proyek apa? Kan kelihatan tidak profesional,’’ sindir

Wawan, salah seorang warga. Warga sebenarnya mulai meragukan pengerjaan proyek itu sejak beberapa waktu lalu. Saat baru dimulai saja sudah menyebabkan macet panjang di Jalan DI Panjaitan. Kendati terjadi macet namun terkesan dibiarkan saja. ‘’Warga mengerti proyek drainase, untuk kepentingan atasi banjir. Tapi kenyataannya, kok malah merugikan masyarakat. Baru sekali hujan sudah banjir,’’ protes Ar diansyah, warga lainnya. Pantauan Malang Post kemarin, sejumlah pekerja dikerahkan untuk memperbaiki bekas galian box culvert yang sebelumnya tergerus hujan. Namun galian di jalan dalam gang 18 C belum ditangani. Material proyek juga masih menumpuk. Sementara itu Kepala Dinas PU, Perumahan dan Pengawasan Bangunan, JE Sulistiyono belum berhasil dikonfirmasi. Ponselnya tetap tak aktif saat dihubungi untuk konfirmasi kemarin sore. Sementara itu akibat hujan, Rabu

(23/10) menyebabkan tembok pembatas sebuah rumah di Jalan Panjaitan No 249 jebol. Setelah tembok setinggi 2,5 meter sepanjang 20 meter roboh, rumah yang satu lokasi dengan studio foto, Let’s Photo langsung terendam air dan merusak sejumlah perabot. Tembok yang dijadikan pagar halaman belakangan rumah itu jebol akibat diterjang air dari sebuah sungai kecil yang berhimpitan dengan tembok tersebut. Lettisa Diah Sukmawardhani yang menempati rumah dan studio itu sempat tertindih sekat ruangan yang dihantam banjir. ‘’Air yang masuk ke studio tinggi dan seperti air bah,’’ kata Lettisa. Akibat kejadian itu kerugian yang dialami mencapai lebih dari Rp 50 juta. Rinciannya, puluhan ayam dan kelinci yang diternak di halaman belakang rumah hanyut, perabotan rumah rusak, sejumlah perabotan kerja di studio foto juga rusak. ‘’Lima lighting rusak terkena air,’’ katanya. Dua kamera juga terkena air. (van/avi)

Hilangkan Canggung, Anggap SBY Sebagai Senior Sambungan dari Hal 1 Dengan prestasinya sebagai pemenang pertama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kota Malang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, menugaskan Shendy mengembankan amanat yang lebih berat. Memperlihatkan salah satu potensi Kota Malang kepada Bapak Negara. ‘’Tahap penyisihan dilaksanakan pada 19 Agustus dengan ratusan peserta, mewakili kota dan kabupaten masing-masing. Lalu dari ratusan peserta tersebut, disaring 30 orang. Terdiri dari 10 orang peserta di tiga jenjang. SMP, SMA, dan umum,’’ terang anggota ekskul Forum Pelajar Peduli Indonesia tersebut. Karena yang dinyanyikan bukan lagu sembarangan, Shendy mengaku berusaha keras untuk tampill maksimal. Meski rentang waktu antara seleksi di provinsi dan putaran final, 16 Oktober, sangat lama, namun setiap hari, ia memutar otak dan mempelajari teknik vokal yang pas untuk memperkuat karakter lagu yang akan dibawakannya nanti. Hal ini bukan hal yang mudah. Dari sekitar 20 lagu yang diciptakan SBY, ada beberapa komposer yang mengaransemen musiknya. Sehingga mau tak mau, Shendy harus mempelajari puluhan lagu tersebut dengan versi yang berbeda-beda. Misalnya keroncong, jazz, pop, klasik, dan lain-lain. Untung saja, perkenalannya dengan lagu-lagu SBY sudah dimulai sejak kelas VII SMP. Saat itu, ia juga mengikuti perjalanan SBY di panggung politik, sehingga lagu-lagu yang digubahnya, bisa dihubungkan dengan kondisi perpolitikan sang presiden maupun kondisi bangsa se-

cara umum. Jadi, meski lagu-lagu tersebut tidak bisa didownload dengan mudah dan tidak dikomersilkan, setidaknya, ia dapat mempersiapkan karakter suara yang dibutuhkan untuk lagu-lagu tersebut. Penggemar grup band Avanged Sevenfold tersebut juga mengaku yakin bahwa ratusan peserta lain juga mengalami kendala yang sama. Inilah yang menyemagati putra kedua dari tiga bersaudara pasangan Rustamadji dan Suhartini tersebut untuk berusaha lebih kuat lagi. Keinginannya untuk unjuk vokal di hadapan Presiden SBY tinggal selangkah lagi. ‘’Siang malam saya bernyanyi sampai teman seasrama heran. Apalagi lagu yang saya bawakan, asing bagi mereka. Versinya juga mulai jazz hingga klasik. Jadi lagu ini terkesan unik,’’ ujar pecinta warna biru dan hitam tersebut seraya tersenyum simpul. Saat pelaksanaan babak final, Shendy ditunjuk untuk membawakan lagu ‘Ku Yakin Sampai di Sana’. Padahal, ia mengaku lebih matang pada lagu ‘Majulah Negeriku’ yang sudah ia kuasai sejak SMP. Meski demikian, siswa andalan SMAN 10 Malang dalam dunia musik tersebut, mengaku tidak degdegan. Untuk sementara, ia melihat SBY sebagai seorang bapak yang ingin melihat potensi putranya. Apalagi ia tahu, saat masih berstatus sebagai siswa, SBY pernah memiliki sebuah band. Tentu tidak salah jika ia memposisikan diri sebagai junior yang ingin menimba ilmu kepada seniornya. Di akhir acara, saat pemenang

untuk setiap jenjang diumumkan, Shendy mengaku kaget sekaligus bangga tak terkira. Pasalnya, SBY tak hanya memberinya hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan sertifikat, tapi juga sebuah buku ratusan halaman berisi lagu-lagu lengkap beliau dengan berbagai versi lengkap dan biografi beberapa tokoh bangsa. Dengan buku itu, Shendy mengaku lebih mengenal sosok SBY. ‘’Dengan menulis lagu, bukan berarti presiden kita lebay atau membuang-buang waktu. Tapi itu artinya beliau berjiwa seni dan apresiatif terhadap musik. Bukankah kurikulum 2013 menitikberatkan seni untuk membantu penanaman karakter?’’ ujar penikmat kuliner jajanan tradisional tersebut retoris. Selain itu, ada hal mengharukan yang membuat Shendy tersentuh. Yaitu hadiah dari Ibu Ani Yudhoyono berupa buku tulis. Buku tulis yang dimaksud Shendy, bukan buku tulis berbentuk agenda tebal yang lumrah dibawa siswa SMA, melainkan buku tulis tipis yang biasa digunakan siswa SD. Buku tulis tersebut dikatakan oleh SBY sebagai hadiah simbolik. Artinya, ilmu dan karakter positif yang ditenamkan sejak pendidikan dasar tidak boleh dilepaskan begitu beranjak dewasa. ‘’Di usia ‘setua’ ini, saya mendapat buku tulis sederhana bertuliskan pepatah-pepatah luhur seperti ‘rajin pangkal pandai’ dari orang nomor satu di Indonesia. Dari lomba ini, saya menangkap pesan bahwa sampai kapan pun, ‘rajin pangkal pandai’ tidak boleh dianggap nasihat usang,’’ tandas pecinta film klasik ‘Wiro Sableng’ ini. (Laili Salimah)

Pagi Ini Berkunjung ke Malang Post Sambungan dari Hal 1 Sedianya, para finalis bakal dikarantina mulai hari ini hingga Senin (28/10) depan. Meski begitu, mereka akan adu kebolehan di panggung Graha Cakrawala UM, pada malam grand final Minggu (27/10) lusa. Melalui serangkaian penilaian yang sudah digeber sejak tahap seleksi lalu, satu finalis putra dan satu finalis putri terbaik akan dipilih untuk menggantikan Kakang Bimanda Yuswandono dan Mbakyu Retno Ambar Arum yang resmi ‘purna tugas’ akhir pekan ini. Kepada calon suksesornya, Bimanda berpesan agar Kakang Kota Malang 2013 harus bisa melanjutkan kiprahnya selama setahun terakhir.

‘’Yang pasti, harus membawa nama baik Kota Malang. Tidak cuma di kancah pariwisata saja, namun juga dikembangkan lintas sektoral. Keep improve your self for the best,’’ pesannya. Pria kelahiran 12 Januari 1990 ini berharap penggantinya bisa menyadari penuh konsekuensi sebagai seorang duta wisata Kota Malang. ‘’Harus pandai mengatur prioritas. Karena dalam perjalanannya, akan banyak kesibukan yang saling berbenturan. Jadi, harus cerdik mengkondisikan,’’ lanjut cowok yang punya motto enjoy every moment ini. Pentingnya fokus pada komit-

men sebagai duta wisata juga kembali ditekankan oleh Mbakyu Arum. ‘’Mungkin perlu adaptasi dan merasakan sulit mengatur waktu. Tapi, karena sudah komitmen jadi harus fokus dan menerima segala konsekuensi,’’ imbuh dara kelahiran 15 Agustus 1993 itu. Mahasiswi jurusan Sastra Inggris FIB UB ini lantas berpesan kepada Mbakyu 2013 terpilih untuk terus mengasah bakat dan potensinya. ‘’Siapapun yang memang, mereka harus tetap belajar. Jangan pernah cepat puas. Tingkatkan prestasi setinggi mungkin dan di ajang dengan jenjang lebih tinggi lagi,’’ timpalnya. (tom/avi)

Giliran Jajaki Inter Milan

11

2014, Seluruh BUMN Terapkan Remunerasi JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menargetkan tahun 2014 semua perusahaan pelat merah sudah harus melakukan remunerasi. Itu berarti tahun depan sistem gaji karyawan perusahaan BUMN akan dihitung berdasarkan kinerja. “Tahun depan seluruh BUMN sistem gaji dan pendapatan tidak lagi sama rata walaupun levelnya rata. Jadi meski jabatannya sama tidak sama gajinya, sehingga gaji akan dihitung berdasarkan performance kinerja. Misalnya setingkat manager belum tentu nanti gajinya akan sama,” ucap Dahlan usai mengelar rapat pimpinan (Rapim) di Kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (24/10). Menurut Dahlan, pelaksanaan re-

munerasi sangat penting diterapkan untuk mendorong kinerja dan kebersihan perusahaan pelat merah itu sendiri. Saat ini kata Dahlan, sudah ada beberapa BUMN yang melakukan remunerasi yaitu Mandiri, Telkom, PGN serta KAI yang sedang dalam proses. “Yang paling penting itu pelaksanaannya mendorong BUMN menerapkan remunerasi berdasarkan performance based. Kenyataannya BUMN yang sudah menerapkan remunerasi lebih bersih dan maju dibanding yang tidak menerapkan remunerasi,” beber Dahlan. Dalam waktu dekat, bekas Dirut PLN itu akan meminta laporan dari semua BUMN, mana yang telah menerapkan remunerasi dan mana yang belum.

“Saya minta dilaporkan berapa BUMN yang sudah menerapkan berapa dan yang belum berapa banyak. Jadi bagi yang belum melaksanakan segera melaksanakan, tinggal mencontoh caranya yang sudah diterapkan BUMN lainnya,” paparnya. Sementara untuk karyawan yang masih berstatus outsourcing, Dahlan menyerahkan hal itu pada direksi yang bersangkutan. “Outsourcing biar diurus masing masing direksi,” imbuh pria asal Magetan ini. Rencana remunerasi ini juga akan berlaku pada BUMN yang masih merugi. Dahlan berkeyakinan dengan skema remunerasi ini akan mendorong semua karyawaan BUMN untuk bekerja lebih keras lagi demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi. (chi/jpnn)

DPT Ditunda, Gamawan Enggan Disalahkan JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak ingin turut disalahkan menyangkut kisruh penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014. Keterlambatan penetapan dianggap sebagai tanggungjawab Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan, tanggungjawab kementeriannya sebatas menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4). Data tersebut merupakan basis untuk menyusun DPT. “Dan itu sudah kami penuhi, bahkan sebelum tenggat waktu 14 bulan itu, atau lebih cepat dua hari, dan akurasi kami jamin,” ujar Gamawan di kantor Wakil Presiden di Medan Merdeka Utara Jakarta kemarin (24/10). Karena sudah diserahkan, lanjut dia, maka proses selanjutnya merupakan ranah KPU. “Kami kan sudah sempat membantu, itu KPU lah yang menjawab, karena di UU Pemilu pasal 32, kita kewajibannya hanya pada penyerahan DP4,” imbuh mantan gubernur Sumbar itu. Gamawan menegaskan, kisruh DPT tidak berhubungan dengan penyusunan e-KTP. Dia menjelaskan, dalam pengumpulan data DP4 tidak sepenuhnya berdasar KTP elektronik tersebut. Terlebih, program itu juga memang masih belum selesai secara keseluruhan. “Kalaupun e-KTP selesai, kan baru tahun ini, sedangkan kami menyerahkannya Februari. Undang-undang kan juga tidak menyebut sama sekali tentang eKTP, UU hanya menyebut DP4,” tegas Gamawan. Terpisah, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan kalau pemerintah tidak bisa lepas tang-

gungjawab begitu saja. Sebab, menurut dia, bagaimanapun penyelenggaraan pemilu tetap menjadi tanggungjawab pemerintah. “Kalau sudah begini tidak boleh saling lempar tanggungjawab,” kata Surya di kantor DPP Partai Nasdem Jakarta kemarin. Dia juga mengingatkan, kalau kisruh DPT hingga saat ini jika tidak ditangani dengan baik bisa memunculkan ketidakstabilan sosial dan politik yang serius. KPU dan pemerintah, lanjut dia, tidak boleh pula menganggap enteng persoalan DPT tersebut. “ Ada potensi chaos, saya tidak bisa menyatakan tidak, lebih baik saya menyatakan sesuatu yang sedikit pahit dan agak keras, tapi itu semua semangat menjaga bangsa ini,” katanya. Dia melanjutkan, kalau kondisi masyarakat Indonesia relatif sedang dalam kondisi sakit dan rentan konflik. Publik dalam kondisi tersebut, menurut dia, amat mudah terprovokasi. Masyarakat akan sangat mudah sekali tersulut amarahnya jika kemudian menemui ketidakadilan dan kecurangan. “Karena itu kami mengingatkan, jangan juga coba main-main, kalau berani main-main akan dikejarkejar rakyat terus sampai tidak bisa tidur,” tandasnya. Dalam rapat pleno terbuka pada 23 Oktober 2013 lalu, atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), KPU akhirnya memutuskan menunda penetapan DPT secara nasional selama selambat-lambatnya dua pekan. Penundaan itu terpaksa harus diambil karena dalam penyisiran data oleh Bawaslu ternyata masih ditemukan sekitar 20,3 juta pemilih yang bermasalah.

“Ini masalah besar bagi kita semua, kalau (Pemilu) 2014 tidak transparan dan tidak memberikan kenyamanan, maka kita semua tidak akan bisa menjamin apa yang akan terjadi nanti,” tegas Surya kembali. Di bagian lain, Ketua Fraksi PKS di DPR Hidayat Nurwahid meminta KPU memanfaatkan waktu dua pekan untuk perbaikan DPT dengan maksimal. Dia tidak ingin ada penundaan lagi dalam penetapan DPT karena bisa memengaruhi tahapan pemilu berikutnya. Sebab jika kembali ditunda, justru akan menimbulkan ketidakpercayaan publik. “Kacaunya data pemilih seperti tahun 2009 jangan sampai terjadi lagi. Semakin lama ada KPU, seharusnya makin berpengalaman dan profesional,” kata Hidayat di kompleks parlemen, kemarin. dia berharap, KPU dan Bawaslu bisa melakukan koordinasi terkait DPT, termasuk bekerjasama dengan Kemendagri. Menurut Hidayat, penundaan penetapan DPT memang menjadi solusi ketimbang memaksakan data pemilih yang bermasalah dalam penyelenggaran pemilu. Dia mencontohkan masih adanya masyarakat yang sudah berhak mencoblos dalam pemilu namun belum masuk dalam daftar pemilih. “Katakanlah ada 11 juta masyarakat yang belum masuk DPT, itu hampir setara 10 persen. Padahal untuk syarat Parliamentary Threshold hanya diperlukan 3,5 persen,” terang mantan Cagub DKI Jakarta itu. Dengan pertimbangan itu, Hidayat memandang penundaan penetapan DPT sebagai keputusan yang tepat. (dyn/fal/agm/jpnn)

Jamaah Haji Surabaya Diduga Terpapar Virus Corona JAKARTA - Seorang jamaah haji asal Surabaya yang kemarin tiba di embarkasi Surabaya diduga terpapar virus corona. Dugaan itu muncul setelah sang jamaah diketahui sedang demam hingga diatas 38 derajat celcius. Kendati demikian, pihak Kementerian Kesehatan menolak membenarkan bahwa hal tersebut merupakan suspect corona. “Jadi yang pasti sang pasien tersebut demam, kemudian pneumoni, gangguan pada saluran pernapasannya,” ujar Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron saat dihubungi kemarin malam. Wamenkes menegaskan, bahwa situasi tersebut masih belum pasti merupakan akibat paparan dari virus corona. Saat ini, lanjutnya, sang pasien juga masih terus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kloter juga akan dimintai keterangan mengenai

catatan medis sang pasien. Ia juga akan dikenakan wajib lapor ke petugas kantor kesehatan pelabuhan. “Seluruh jamaah yang tiba tidak akan kita karantina. Hanya akan dilakukan pemerikasaan thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuh mereka,” ungkapnya. Lanjutnya, jika memang para jamaah yang memiliki suhu tubuh tinggi maka akan langsung dilakukan pemerikasaan lanjutan. Seluruhnya akan dibawa ke rumah sakit Soetomo untuk mendapatkan pemeriksaan. Sedangkan untuk yang tidak memiliki suhu tubuh tinggi maka akan diperbolehkan langsung kembali ke rumah. Menanggapi adanya kemungkinan terburuk, Wamenkes hanya mengatakan bahwa sang pasien akan terus dilakukan perawatan di rumah sakit. Seluruh pengobatan akan dimaksimalkan.

“Jika memang kemungkinan terburuk sang pasien terpapar, maka akan kita lakukan perawatan disana,” tegasnya. Masih belum adanya vaksin untuk virus yang sedang mewabah di Arab Saudi ini diakuinya menjadi salah satu kemungkinan adanya penularan. Namun, ia menegaskan jika sudah terlanjur maka akan dilakukan pengobatan yang terbaik. “Kita sudah antisipasi dan berhatihati,” ungkapnya. Sebelumnya, sepulangnya ia dari Arab Saudi, Wamenkes dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada jamaah haji Indonesia yang terpapar virus yang telah menewaskan beberapa orang tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pada tahun ini, jumlah jamaah yang meninggal jauh lebih kecil dibandingkan dengan tahun haji sebelumnya. (mia/jpnn)

Besok, Saint Loco-SID Gebrak Malang Sambungan dari Hal 1 Even ini, juga didukung full entertainment dengan kehebatan permainan lighting dan multimedia yang bisa dinikmati oleh para penonton. Harapannya, even Pro Mild Tour 2013 ini dapat memberikan suatu pengalaman dan cerita yang menarik bagi pecinta musik tanah air. ‘Pump Up

Your Music Taste!’. Even Surya Pro Mild Tour 2013 ini merupakan festival musik terbesar yang sudah diselenggarakan selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2010. Surya Pro Mild Tour selalu menampilkan artis-artis nasional dan

band-band lokal ternama dalam satu kali pertunjukkan. Acara musik terbesar ini akan diselenggarakan setiap minggu di hari Sabtu dan menyuguhkan nama-nama band nasional terkemuka. Meliputi Ungu, VMinutes, The Changcuters, SID, Geisha, Andra n The Backbone. (poy/avi)

Libatkan Seluruh Warga Kota

Sambungan dari Hal 1 Menurut Ruddy, banyaknya program pengembangan klub jangka panjang yang sudah disetujui oleh Cronous, juga menjadi alasan tak akan berpisah dengan Arema dalam beberapa waktu ke depan. ‘’Kalau Arema tak bahas program jangka panjang, mungkin bisa dipakai isu Cronous lepas Arema. Tapi, sekarang Arema sudah membahas program jangka panjang dengan Cronous, dan banyak disetujui,’’ tegasnya. Itulah sebabnya, ketika muncul isu-isu yang menyebut Cronous bakal meninggalkan Arema, dianggap angina lalu. Termasuk adanya oknum-oknum yang ingin menggembosi Arema, dengan memakai isu basi, agar pemain tidak mau bergabung dengan Arema, bukan sebuah hal yang perlu dipikirkan terlalu dalam. Diantaranya isu

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

Cronous akan pindah ke Persebaya. Ruddy menyebut, isu yang dijual oleh sang oknum siluman sebagai isu murahan dan basi. ‘’Jadi semua itu cuma gossip. Digosok makin sip. Cuma isu basi yang dilempar orangorang yang sama. Orang yang tidak suka dengan Arema,’’ tutur Ruddy. Sebab, menurut Ruddy, hampir tidak ada celah maupun alasan bagi PT Pelita Jaya Cronous untuk berpindah dari Arema ke Persebaya. Pengusaha travel ini menjelaskan, reputasi dan nilai jual Arema yang tinggi membuat Cronous kerasan. Jumlah suporter yang begitu masif membuat Cronous tak berpikir tinggalkan Arema. ‘’Sama sekali gak ada celah bagi Cronous untuk tinggalkan Arema. Puluhan tahun Cronous membina Pelita Jaya, tapi gak dapat yang diinginkan, yakni suporter masif.

Hanya satu tahun di Arema, Cronous bisa rasakan dampak puluhan ribu suporter,’’ terang pria berkacamata ini. Selain itu, nama Arema juga jauh lebih menjual di mata sponsor dan rekan bisnis. Bahkan, Ruddy menyebut bahwa owner PT Pelita Jaya Cronous, Nirwan Bakrie, sangat bangga dengan Arema. Sebab, Aremania menjadi suporter yang bisa dibanggakan dalam sejarah pendanaan olahraga dari PT Pelita Jaya Cronous. Apalagi, kabarnya owner Cronous jauh lebih membanggakan Arema ketimbang klub Cronous lain, seperti CS Vise, SAD Uruguay hingga Brisbane Roar. ‘’Jujur saja, dibandingkan CS Vise dan Brisbane Roar, owner lebih menyukai Arema, yang sangat moncer dan menjanjikan,’’ tegas Ruddy. (fin/avi)

Sambungan dari Hal 1 Kepastian itu dilontarkan langsung oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto. Rencananya, kegiatan bersih-bersih setiap pekan akan dibuat bergiliran. ‘’Sebut saja untuk minggu pertama, giliran Kecamatan Blimbing. Semua instansi yang ada di wilayah tersebut, harus ikut serta. Berikutnya minggu depan giliran wilayah Lowokwaru, Klojen dan seterusnya. Begitu terus bergiliran,’’ bebernya. Sedangkan kerja bakti di kampong, akan difokuskan pada hari Minggu. Konsepnya juga tak jauh beda. Hanya saja bila Minggu bukan secara institusional, namun lebih ke daerah tempat tinggal masing-masing warga Kota Malang. ‘’Kalau konsep ini sudah berjalan, maka semua masyarakat akan menjadi kebiasaan masyara-

kat,’’ timpal Wasto. Karena terbiasa, otomatis warga Kota Malang merasa ikut memiliki kotanya secara penuh. ‘’Imbasnya juga menumbuhkan kebiasaan gotong royong antar warga Kota Malang. Perlahan tapi pasti, gerakan ini akan menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk mewujudkan Kota Malang yang bersih, indah, hijau dan nyaman,’’ urainya kepada Malang Post. Sesuai instruksi Wali Kota Malang, H Moch Anton, Gerakan Malang Bersih yang teknisnya bersifat intensif, kolosal, terus menerus, sistematis dan sukarela ini, ditujukan untuk menjadikan Kota Malang bersih, indah, hijau dan nyaman. Karena, tugas memelihara kota ini adalah tanggungjawab bersama. Menurut wali kota yang akrab di-

panggil Abah ini, konsep umum dan aksi nyata yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggalakkan kegiatan Kerja Bakti Kota dan Kampung tiap Jumat dan Minggu pagi. Setiap hari Jumat, bersih-bersih dilakukan di lingkungan instansi. Mulai dari lingkungan Pemda, instansi vertikal, TNI-Polri, BUMN-BUMD, satuan pendidikan dan sektor swasta. Sedangkan Minggu paginya, kerja bakti digeber di lingkungan kampung oleh masyarakat setempat. Pemilik kursi N1 itu optimis, gagasannya ini bakal didukung penuh seluruh warga Kota Malang. ‘’Siapapun pasti ingin melihat kotanya menjadi hunian yang nyaman. Rasa seperti itu harus dimiliki dan diwujudkan bersama lewat langkah konkrit,’’ serunya. (tom/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


AREMA INDONESIA The Power is Ours

PILIH PELATIH DAN PEMAIN AREMA

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

RD PERGI, ROBERT BALIK Biar RD pergi,sy se7 kl Robert RA balek jd Pelatih n Arema hny butuh Playmaker n CB ambil Erick week/ Roman Chmlo n Dutra/Roman Golian 082142616627

JUMAT, 25 AGUSTUS 2013

JANGAN MULUK-MULUK Satu djiwa tuk AREMA INDONESIA…bnyk keinginan& harapan agar AREMA juara ISL musim denap dgn merekrut pemain bintang. tpi yo ojo muluk” ker.!usulan dri aremania itu perlu&harus! Pti ..yo sing masuk akal po’o rek nek kasih usulan.. by: dev aremanoize 085645017087

12

PERTAHANKAN KAYAMBA Pertahankan kayamba Tua tua keladi,itulah keith Kayamba gumbs,pertahankan kayamba,meski tua pti mkin menjadi SAVE KAYAMBA ONE AREMA ONE TEAM AREMANIA MENTARAMAN 085755311237

Visa Selesai, Pablo Ke Malang Minggu Ini MALANG – Pemain yang berposisi sebagai playmaker adalah kebutuhan utama Are­ ma Indonesia untuk musim depan. Calon playmaker Sin­ go Edan dikabarkan merapat ke Malang, Pablo Dante Azcurra yang sebelumnya sempat terkendala visa, su­ dah siap datang ke Bhumi Arema minggu ini. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Bisnis dan Marketing Arema, Fuad Ardiansyah. Saat ditemui Malang Post kemarin, Fuad menunjukkan e-mail dari agen yang mengkonfirmasi bahwa Pablo sudah mendapat­

Pablo Dante Azcurra kan visa dan secepat mungkin terbang dari Kolombia ke

Indonesia. “Lihat, ini email dari agen Pablo, bahwa visa kerja ke Indonesia sudah keluar. Dia akan segera tiba di Malang, paling lambat minggu depan. Tapi, kalau tidak ada kendala, minggu ini calon pemain asing sudah bisa datang ke latihan Arema di Stadion Gajayana,” tutur Fuad. Pablo digadang-gadang oleh agennya sebagai pemain yang istimewa. Masih berusia 27 ta­ hun, pemain berdarah Argenti­ na itu adalah sosok gelandang yang cocok untuk Arema. Baca Visa... Hal.10

Panitia Menpora Siap Cairkan Hadiah Juara

Adios

MALANG – Pihak penyeleng­ gara Menpora Cup 2013 akan segera mengabulkan tuntutan Arema Indonesia atas hadiah juara sebesar Rp 750 juta. Setelah manajemen Singo Edan meluncurkan statemen penagi­ han, panitia Menpora Cup 2013 mengakui bahwa hadiah me­ mang belum diberikan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua panitia Menpora Cup 2013, Muhammad Zein ketika dikonfirmasi Malang Post ke­

marin (24/10). Menurut M Zein, hadiah baru diberikan satu bulan setelah fi­ nal Menpora Cup 2013 selesai. Jatuh tempo pemberian hadiah adalah 30 Oktober 2013. Tuntu­ tan dari Arema soal hadiah Rp 750 juta mungkin hanya sebatas kesalahpahaman dan miskomu­ nikasi semata. “Mungkin cuma miskomuni­ kasi saja soal penagihan Arema. Panitia berkomitmen secara jelas soal hadiah. Itu sudah jadi

tanggung jawab penyelenggara, akan dibayar sesuai waktunya,” tutur M Zein. Menurutnya, panitia Menpora Cup 2013 sangat menghargai perjuangan tim yang berjuang di turnamen terbagi dua wilayah, yakni di Bandung dan Malang. Meskipun banyak kekurangan selama pelaksanaan, namun M Zein menyebut tim yang berjuang selama Menpora Cup 2013 tetap diapresiasi, termasuk Arema. Baca Panitia... Hal.10

Kayamba! Kayamba!

MALANG – Adios (Se­ lamat Tinggal.Red) Kayam­ ba. Selesai sudah karir pe­ main gaek Keith Kayamba Gumbs di Arema Indonesia. Setelah sempat digantung selama beberapa minggu usai penyelenggaraan Men­ pora Cup 2013, manajemen klub berjuluk Singo Edan akhirnya memberi statemen resmi terkait masa depan Kayamba. General Manager Arema, Ruddy Widodo memasti­ kan bahwa manajemen tidak memperpanjang kontrak pe­ main asal St Kitts and Nevits tersebut. “Kita tidak lagi memper­ panjang masa kontrak dari Kayamba di Arema,” ungkap Ruddy kepada Malang Post sore kemarin. Terungkapnya nasib Ka­ yamba di Arema akhirnya membuka teka-teki soal siapa saja pemain asing yang diper­ tahankan dan dicoret. Pemain yang sudah berusia 41 ta­ hun ini akhirnya tak bisa lagi merasakan panggilan sayang “Papa” dari Aremania, supor­ ter fanatik Arema. Padahal, salah satu pemain yang paling mendapat pu­ jian dan dicintai oleh suporter adalah Kayamba. Pemain yang pernah membela Hull City ini sendiri juga disebut-sebut oleh suporter untuk memperkuat Arema dalam tim pelatih. Namun, rupanya manajemen memiliki pandangan lain. Menurut Ruddy, Kayamba sebenarnya sudah habis kon­ traknya pada pertengahan bulan Oktober lalu. “Kayamba sudah habis kontrak sejak bulan Oktober tanggal 17 lalu, akhirnya kita putuskan, dia tidak lagi masuk dalam rancangan komposisi tim musim depan,” tegas pria yang baru saja menunaikan ibadah haji itu. Baca Adios... Hal.10 REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


13

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

Perangi Bank Titil, Kembangkan Koperasi Wanita

RAMAH : Bupati Malang, H Rendra Kresna saat mengunjungi stand pameran hasil produksi usaha kecil dan (foto atas) pembuatan batang dupa ibu-ibu warga Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir.

DUKUNGAN besar diberikan Pemerintah Kabupaten Malang dalam usaha mendampingi keberadaan koperasi wanita di wilayah Kabupaten Malang. Perhatian itupula yang membawa banyak prestasi koperasi, termasuk Bupati Malang, H Rendra Kresna yang banyak mendapatkan prestasi atas perhatiannya yang besar terhadap koperasi, khususnya koperasi wanita (Kopwan) Rendra mengatakan, pengembangan dari sisi penguatan permodalan, memang tidak mungkin seluruhnya mengandalkan dana APBD. Namun dari APBD itu, melalui Dinas Koperasi dan UMKM telah menyediakan dana bergulir. Itupun diwujudkan dalam bentuk pinjaman lunak, baik itu jangka waktunya maupun besaran pinjaman. Menurutnya, saat ini ada 1.090 koperasi, 398 di antaranya adalah Koperasi Wanita. Di setiap desa sudah ada Kopwan yang berdiri. ’’Pengembangan terhadap koperasi wanita terus kami lakukan. Pengemban-

gan itu juga melalui pemberian bantuan modal demi menguatkan permodalan,” terang orang nomor satu di Kabupaten Malang ini. Jika bantuan dana bergulir itu belum mampu mencukupi upaya penguatan permodalan, dikatakan pria yang juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang, pemerintah juga siap memberikan rekomendasi untuk mendapatkan modal tambahan dari bank. Syaratnya, keberadaan koperasi wanita itu memiliki catatan perjalanan yang baik. Misalnya, tertib admintrasi dalam pengembalian pinjaman. Rendra menyebut, pinjaman modal bergulir dengan jumlah lebih besar bisa didapatkan dari sejumlah bank yang menjalin kerjasama dengan pemerintah, diantaranya Bank Jatim dan Bank UMKM. Pemkab Malang siap membantu lantaran keberadaan Koperasi Wanita di Kabupaten Malang dinilai punya perkembangan bagus dan pesat. Baik, dari segi penguatan permodalan dan manajemen.

’’Silahkan jika teman-teman koperasi kalau mau ambil pinjaman. Selama ini, koperasi wanita ini dipegang ibu-ibu, dan ibu-ibu itu biasanya telaten dan jujur. Jadi, jika mereka punya pinjaman, mereka tertib membayar setiap bulannya,” tambah Rendra. Keberadaan Kopwan akan dapat meningkatkan kesejahteraan wanita. Harapannya, keberadaan Kopwan dapat dimanfaatkan para wanita untuk mengembangkan usahanya. Karena kemudahan pelayanan di Kopwan, sehingga dapat menghindari mereka dari jeratan bank titil yang biasanya dengan bunga yang sangat tinggi. (poy/aim)

FOTO-FOTO: RIZAL FANANY, POY HP/MALANG POST

Koppas Citra Kartini, Kopwan Berprestasi PROGRAM pembinaan secara berkelanjutan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang terhadap keberadaan koperasi wanita (Kopwan). Salah satu koperasi binaan yang menunjukkan perkembangan yang membanggakan adalah Koperasi Wanita Citra Kartini Desa Sengreng, Kecamatan Sumberpucung. Kopwan Citra Kartini dirintis dari arisan ibu-ibu pada tahun 1978 lalu. Koperasi ini memperoleh Badan Hukum Koperasi pada 1 Juni 1992, dengan No 7308/BH/II/92 dengan nama Koppas Citra Kartini. Moment itu sekaligus didaulat para anggota sebagai hari kelahiran koperasi

Citra Kartini. Koperasi ini menggalang kerjasama untuk memajukan kepentingan ekonomi anggota dan masyarakat dengan sistem kelompok tanggung renteng sebagai wujud semangat gotong royong. Dari hasil pembinaan pemerintah, Citra Kartini menjelma sebagai koperasi yang sehat dan maju. Berdasarkan rilis profilnya, anggaran dasar Koppas Citra Kartini wilayah keanggotaan meliputi Kabupaten Malang dan Kotamadya Malang. Kini, keanggotaan malah berkembang pesat menjadi di seluruh wilayah Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

’’Kita harus telaten untuk pengembangan koperasi, baik di kelurahan hingga desa pinggiran. Diantaranya, terkait SDM (sumber daya manusia, Red) yang butuh dibina dan pembelajaran manajemen perkoperasian, demi membentuk karakter pengurus pengawas mengarah untuk kemajuan koperasi yang mandiri,” terang Bambang Sumantri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang. Bagi koperasi wanita yang baru berkembang, kiprah Citra Kartini setidaknya juga bisa menjadi bahan percontohan.

Aset Kopwan Capai Rp 25 Miliar PERKEMBANGAN koperasi di Kabupaten Malang terus menunjukkan trend positif dan menggembirakan. Kendala umum lemahnya sumber daya manusia (SDM) sudah mulai mengikis hingga manajemen sudah mulai menjalankan fungsinya secara optimal. Di samping itu, pasar koperasi juga mulai meluas sehingga begitu kuat dalam mengakses pasar dan permodalan. Catatan positif itu diisyaratkan Bupati Malang, H Rendra Kresna juga dibuktikan 398 unit koperasi wanita, dari sekitar seribu lebih unit koperasi yang berkembang di Kabupaten Malang. Jumlah

anggota koperasi wanita saat ini sebanyak 27.355 orang, dengan aset Rp 25.691.446.000. Sebanyak 398 Koperasi Wanita ini membukukan sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp 2.293.710.000. ’’Pemerintah berupaya membantu mengatasi permasalahan yang ada di tubuh koperasi dengan memberikan pendampingan dan pembinaan, seperti bantuan permodalan, baik dana bergulir maupun program lain,” terang Rendra. Baca Aset... Hal.14

Baca Koppas... Hal.14

MAJU : Perkembangan pesat koperasi wanita Citra Kartini menasbihkan diri sebagai salah satu koperasi percontohan di Kabupaten Malang.

TEKUN : Jajuk Rendra Kresna, Istri Bupati Malang ketika ikut mendampingi anggota kopwan mengerjakan industri olahan. REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

14

Pemerintah Pusat Sering Salahkan Daerah Penyebab Proyek Menumpuk di Akhir Tahun MALANG - Pemerintah pusat sering menyalahkan da­ erah dalam pelaksanaan anggaran, padahal yang terjadi adalah, banyak pejabat pusat yang tidak paham mengenai APBD. Akibatnya, Pemda sering menghadapi kesulitan melaksanakan proyek yang dibiayai pemerintah pusat, karena prosedurnya yang lambat. Tahun anggaran memang dimulai pada bulan Januari, tapi biasanya direalisir pada pertengahan tahun, misalnya bulan Juli atau Agustus. ‘’Seharusnya tidak boleh begitu, dimulainya pada tahun anggaran, agar tidak terlalu mepet,’’ kata Rendra dalam seminar Membaca APBD yang diadakan oleh JPIP dan AIDP di hotel Savana kemarin. Akibatnya, banyak proyek yang menumpuk dan harus diselesaikan pada akhir tahun. Hal itu disampaikan oleh bupati Malang Rendra Kresna dalam seminar Membaca APBD yang diadakan oleh JPIP dan AIDP di hotel Savana Malang kemarin. Pernyataan Rendra itu men-

POY HP/MALANG POST

PAPARAN : Bupati Malang, H. Rendra Kresna memberikan pemaparan dalam seminar Membaca APBD yang diadakan oleh JPIP dan AIDP di hotel Savana kemarin. jawab apa yang disampaikan oleh Husnun N Djuraid, redak­tur senior Malang Post yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut. Menurut Husnun, muncul pertanyaan di masyarakat soal waktu pelaksanaan proyek

yang dilaksanakan secara beramai-ramai pada akhir tahun anggaran. Karena waktunya yang mepet, terkesan proyek itu dikerjakan asalasalan dengan kualitas yang tidak baik. Selain waktu yang lambat, dia juga menilai ban-

yak SKPD yang tidak mampu menghabiskan anggaran yang sudah dibuat, akibatnya pada akhir tahun anggaran muncul sisa anggaran yang mubazir. ‘’Menghabiskan uang saja tidak mampu, bagaimana bisa mencari,’’ ucapnya.

Menurut Rendra, hal itu biasanya terjadi pada proyek yang dibiayai oleh pemerintah pusat. Banyak prosedur yang harus dilewati untuk bisa mendapatkan bantuan proyek tersebut dan itu butuh waktu yang lama. Proyek

Buruh Tagih Janji Dewan KEPANJEN – Buruh PR Pakis Mas kemarin pagi kembali mendatangi gedung DPRD Kabupaten Malang. Kedatangan mereka kali kedua ini, untuk menagih janji anggota dewan yang sebelumnya menyatakan sanggup menyelesaikan permasalahan para buruh. Namun janji yang disampaikan pada 26 September saat aksi unjuk rasa kali pertama lalu, belum juga ada hasilnya. “Dulu ketika kedatangan pertama kami di DPRD, pak Imam Syafii (anggota Komisi C) yang menemui menjanjikan akan mamfasilitasi dengan mengagendakan mempertemukan para buruh dengan pihak perusahaan dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang pada bulan Oktober. Tetapi sampai hampir sebulan, janji itu tidak ada realisasinya. Makanya kami kembali datang untuk menagih

janji,” ungkap koordinator aksi, Muhammad Yusik As’adi. Jika memang Disnaker dan anggota DPRD Kabupaten Malang tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang dialami para buruh, kata Yusik, buruh akan melangkah lebih jauh. Yaitu akan membawa permasalahan ini ke pihak kepolisian dengan melaporkan manajemen perusahaan karena tidak mengadakan program Jamsostek untuk tenaga kerjanya. “Kasus ini sudah sangat lama sekali. Kalau memang Disnaker dan anggota dewan tidak bisa, ya terpaksa kami akan lapor ke polisi,” ujarnya. Sekedar diketahui, tuntutan para buruh hanya ingin mendapatkan hak-hak normative dari perusahaan. Pertama meminta upah sesuai UMK Kabupaten Malang. Sebab selama ini, buruh hanya mendapat gaji setiap harinya sebesar Rp

Koppas Citra Kartini, Kopwan... g

AGUNG PRIYO/MALANG POST

TURUN JALAN: Para buruh PR Pakis Mas melakukan aksi unjukrasa di depan gedung DPRD Kabupaten Malang, kemarin untuk menuntut janji. 12.500. Kedua meminta supaya perusahaan membuatkan Jamsostek. Sekaligus ada cuti bagi buruh ketika melahirkan atau haid (datang bulan). Sekitar 15 menit melakukan orasi, sebelas orang perwakila buruh kemudian diundang untuk musyawarah dengan anggota dewan. Ada lima anggota DPRD yang membidangi yang menemui perwakilan para buruh. Dari Komisi A ada Miskari,

Indahwati, Gatot Surojo serta Syuhadak dan dari Komisi B diwakili Sutoko Bisri. Sedangkan dari Disnaker, diwakili Rahmad Yuniman dan Tri Wibowo. Dalam pertemuan itu, Gatot Surojo, mengatakan bahwa dewan telah menerima aspirasi yang disampaikan oleh para buruh. Kemudian secepatnya akan segera mengagendakan rapat koordnasi antara Komisi A dan B yang membidangi

masalah ini. “Permasalahan ini, nantinya pada bulan November juga akan kami masukkan dalam pembahasan kerja kami. Selain mengagendakan untuk melakukan kunjungan ke perusahaan, kami juga akan memanggil manajement perusahaan untuk klarifikasi bersama dengan Disnaker Kabupaten Malang,” papar Gatot Surojo.(agp/aim)

SMKN 1 Lawang Jawara Lukis Tembikar SINGOSARI - 200 lebih pelajar SMA se Kabupaten Malang beradu kreatifitas melukis di tembikar dan di dinding. Lomba itu digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Malang di Pusat Kerajinan Kendedes (PKR) Singosari kemarin, dalam rangka memperingati HUT Ke 1253 Kabupaten Malang. Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Malang, Hj Jajuk

Rendra Kresna menjelaskan, lomba itu diadakan untuk mengasah kreativitas para pelajar dalam bidang melukis. “Lomba ini sekaligus memaksimalkan potensi tembikar yang ada di Kabupaten Malang. Perlu diketahui, seluruh tembikar yang digunakan untuk melukis ini, didatangkan langsung dari pengrajin yang ada di Desa/ Kecamatan Pagelaran,“ ujar istri Bupati Malang H Rendra Kresna

yang seharusnya bisa dimulai pada awal tahun, tapi karena prosedurnya yang lama, baru bisa dimulai pada perte­ ngahan tahun. ‘’Kami serba repot, kalau tidak mengikuti prosedur bisa-bisa masuk penjara,’’ jelasnya.

Akibat prosedur yang lambat itu diakui menyebabkan banyak proyek yang terlambat, bukan hanya pada akhir tahun, bahkan sampai tiga tahun. Itu terjadi karena prosedurnya melewati banyak kementrian. Ada proyek di Dinas Pendidikan yang dibiyai pusat. Pemkab Malang mengikuti prosedur di Kemendagri, tapi ternyata prosedur itu tidak sama dengan Kementrian Pendidikan, akibatnya harus dibuat persiapan lagi. ‘’Bukan hanya mundur dalam hitungan bulan, tapi sampai tiga tahun, karena kami harus taat pada aturan.’’ Lantaran mengikuti prosedur itulah yang menyebabkan banyak proyek yang dikerjakan terburu-buru, tentu saja dengan kualitas yang sulit dipertanggung jawabkan. Kalau mengacu pada prosedur, maka hasil akhir tidak jadi masalah yang pen­ ting prosedurnya benar. Tak heran bila banyak proyek yang belum lama diresmikan tapi sudah rusak. Kondisi ini berbeda dengan masa Orba. Dia menyontohkan, masalah prosedur ini bisa dikesam­ pingkan yang penting hasilnya baik dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Tapi sekarang justru sebaliknya, yang penting prosedurnya benar. (poy/aim)

ini kepada Malang Post, kemarin. Hasil karya lukisan tembikar dari seluruh peserta, dikatakan Hj Jajuk Rendra Kresna, akan dipajang dalam gedung Dekranasda Kabupaten Malang yang masih satu komplek dengan PKR Singosari Kabupaten Malang. Sedangkan bagi peserta yang menjadi juara, berkesempatan mengikuti berbagai lomba untuk mewakili Kabupaten Malang. Sementara itu Ketua Harian

Dekranasda Kabupaten Malang Ir Herlijanti Koentari menambahkan, selain hasil karya para peserta akan dipajang, mereka juga akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan telah mengikuti lomba ini. “Juaranya mendapatkan trophi dan uang pembinaan,“ terangnya di tempat yang sama. Dalam pelombaan itu diambil juara harapan tiga hingga juara satu. Dalam kesempatan itu

juga, wanita berkacamata ini mengapresiasi seluruh karya peserta yang dinilainya sangat bagus dan kreatif. “Seluruh karya lukis tembikar pada lomba kali ini, tidak akan kami jual. Namun, menjadi pajangan di gedung Dekranasda Kabupaten Malang sebagai penegasan inilah karya anak Kabupaten Malang yang ternyata kreatif dan inovatif,“ tegasnya.(big/aim)

Sambungan dari Halaman 13

Koperasi ini mengusung filosofi keanggotaan seperti yang tertuang di dalam lambang lembaga yang memiliki motto Maju Bersama Anggota. Sebagai koperasi primer yang mayoritas anggotanya pedagang pasar, koperasi ini berafiliasi dengan Pusat Koperasi Pedagang Pasar Jawa Timur. Sedangkan sebagai koperasi primer yang beranggotakan sebagian besar perempuan, koperasi ini berafiliasi dengan Pusat Koperasi Wanita Jawa Timur (Puskowanjati). Kini, Citra Kartini juga memiliki program pendidikan bagi PPL Koppas Citra Kartini yang bertujuan mencetak tenaga lapangan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan lembaga. Setiap bulan, diadakan dua macam pendidikan bagi mereka. Yaitu, pertama, pendidikan berupa pengarahan rutin dari pengutrus dalam forum pertemuan antara penguru, pengawas, manajer dan PP. Kedua, pendidikan khusus PPL dengan setiap bulan PPL menerima dari petugas Litbang Citra Kartini. ’’Ada banyak sekali materi yang dikembangkan dalam forum khusus PPL ini, antara lain, manajemen dasar, manajemen kelompok, sistem tanggung renteng, kepemimpinan, motivasi, psikologi anggota dan raport kelompok,” ujar Hartatik, Ketua Umum Koppas Citra Kartini dalam rilis seperti yang tercantum dalam website resmi Koppas Citra Kartini. (poy/aim)

Aset Kopwan Capai Rp 25 Miliar g

Sambungan dari Halaman 13

Politisi Partai Golkar ini menilai, trend positif tersebut buah dari perubahan budaya dari pelaku koperasi wanita. Jika dulu, kata Rendra, pinjaman modal dari pemerintah itu lebih banyak dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif. Misalnya, untuk membeli peralatan rumah tangga. Namun, hal itu tidak terjadi saat ini, dana pinjaman bukan lagi untuk pemenuhan kebutuhan konsumtif, melainkan untuk produktif. Sebut saja, untuk konsumtif beli motor dan televisi. Sebagian besar anggota koperasi wanita ini menjalankan kegiatan industri olahan berbasis rumah tangga. Mereka pinjam untuk hutang produktif, misalnya dipakai modal produksi pe­ ngolahan hasil olahan sendiri di rumah. Seperti membuat keripik singkong. Bupati menegaskan, ibu-ibu ini sudah dilakukan pemberdayaan tertentu, seperti mendapatkan pendidikan tata cara pengolahan dan pemasaran. ’’Untuk pemasaran, hasil olahan produksi mereka sudah mampu dipasarkan di Malang saja,” pungkasnya. (poy/aim)

Pertegas Peran Komando Kewilayahan Kodim MALANG - Kodim 0818 Wilayah Kota Batu-Kabupaten Malang mengelar sosialisasi peran komanda kewilayahan, kemarin. Sosialisasi itu disampaikan langsung oleh Komandan Kodim 0818 Letkol Infanteri A Solihin di Aula Makodim 0818. Hadir dalam sosialisasi Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Ardiansyah Triono. Kegiatan tersebut mengundang tokoh masyarakat, agama, tokoh

adat, aparat pemerintah. Serta perwakilan organisasi seperti, FKPPI, Panca Marga, Pemuda Pancasila. Tak terkecuali para Danramil dan anggota Kodim 0818. “Kegiatan ini kita gelar agar masyarakat memahami peran komando kewilayahan,” ujar Komandan Kodim Letkol Inf. A. Solihin. Selama ini, peran komando kewilayahan masih banyak masyarakat

yang belum mengerti dan memahami. Masyarakat hanya tahu bahwa TNI dalam hal ini termasuk jajaran Kodim 0818 hanya bertugas melakukan pemahaman. “Bisa jadi masyarakat memahami peran Kodim Koramil pada era orde baru,” imbuh Letkol Kelahiran Sampang itu. “TNI AD itu memiliki Kopassus, Kodam dan Kostrad., di Jawa Timur

terdapat Kodam V Brawijaya yang punya 4 korem, Kodam juga punya Brigif 16/wirayudha di Kediri,” urai Solihin kepada peserta sosialisasi. Di Malang sendiri terdapat Korem 083/BDJ yang membawahi sembilan Kodim dan juga memiliki Yonif 512/ QY. Dari sembilan itu, termasuk Kodim 0818 yang membawahi 33 koramil dan 3 pos perwakilan. Kabupaten Malang terdapat 31 koramil

dan dua pos perwakilan, sedangkan Batu dua koramil serta satu pos perwakilan. “Tugas pokok TNI antara lain menegakkan kedaulatan NKRI, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” terang letkol yang pernah berdinas di Batalyon 125 Bukit Barisan ini.. Yang belum banyak diketahui

masyarakat, Kodim juga mendukung program bina teretorial, pembinaan komunikasi sosial serta bina pertahanan wilayah. Selama ini tentara juga berperan aktif dalam membedah rumah masyarakat miskin. “Kodim 0818 hingga tahun 2013 ini membangun 3000 rumah dalam bedah rumah, semua itu kita lakukan demi rakyat tanpa dipungut bayaran,” tandas bapak dua putri itu.(ary/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: REP


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

15

Sumpah Pemuda dan Ketaatan Ismail BEBERAPA waktu yang lalu kaum muslimin telah merayakan Hari Raya Idul Adha, yang dalam sejarahnya ada sekelumit cerita yang (seharusnya) menginspirasi kaum muda era sekarang, yaitu kisah pemuda yang sangat taat kepada Allah dan orang tuanya, dan karena ketaatannya itu Allah memberikan berkah baginya. Sebentar lagi kita akan memperingati hari Sumpah Pemuda yang dalam sejarahnya digambarkan bagaimana semangat kaum muda yang rela membuang egoisme kesukuan demi persatuan dan kemerdekaan bangsa. Dengan niat dibarengi semangat yang luar biasa itu akhirnya Allah mengabulkan dengan memberikan kemerdekaan untuk negara kita tercinta ini. Dari dua catatan sejarah dari era yang berbeda, nampak jelas bagaimana seharusnya peran pemuda. Pemuda memiliki peran yang sangat fundamental dalam membangun karakter bangsa, baik buruknya suatu bangsa diantaranya dipengaruhi oleh kualitas iman dan akhlak kaum pemudanya. Jika kualitas iman dan akhlak pemuda

sebuah bangsa buruk maka akan buruk pula kondisi bangsa itu. Mengapa demikian? Jawabnya adalah karena pemuda merupakan kader penerus bangsa. Karena itu tugas pemimpin bangsa ini adalah bagaimana menyiapkan kader-kader yang mumpuni baik dari segi intelektualitasnya terlebih lagi dari segi moralitasnya – termasuk spiritualitasnya. Berbicara tentang kader ini, Alqur·n telang menyinggung dengan dua konsep dasar kader. Pertama, konsep tentang “waliyyun”. Kata “waliyyun” berarti pelindung atau yang memiliki kekuasaan dalam rangka untuk melindungi. Waliyyun yang paling pertama dan utama adalah Allah swt. Karena, hanya Allah swt yang pada hakikatnya mampu memberikan perlindungan dan pertolongan melalui sifat Rahman (Maha Pengasih) dan Rahim (Maha Pemurah)Nya. Selanjutnya konsep “Waliyyun” ini dapat diperlakukan untuk urusan manusia. Sebagaimana doa Nabi Zakariya, yang memohon kepada Allah agar berkenan memberikan pada beliau seorang anak

yang layak menjadi “waliyyun”, seperti yang terdapat dalam surat Maryam ayat 5 “dan Sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, Maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera”. Dan beliau juga berharap agar keturunannya – baca waliyyun – nya nanti menjadi sosok penerus perjuangan dan selalu diridloi Allah, seperti yang digambarkan dalam surat Maryam ayat 6 “yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan Jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai”. Kedua, konsep tentang “maamun”. Kata “imaamun” dapat diterjemahkan dengan kata pemimpin, atau orang yang layak di depan untuk menjadi contoh dan diikuti apa yang diaturnya. Menurut Alqur·n, salah satu tanda sifat hamba Allah – baca manusia – yang mulia adalah mereka selalu berdoa kepada Allah agar diberi pasangan hidup dan keturunan yang mampu menyejukkan mata (qurratu a˝unin)

Oleh : Akhmad Fakhrur Rouzi *)

serta dirinya, pasangan hidupnya dan seluruh keturunannya mampu menjadi “imam” –baca pemimpin – ditengah-tengah orang yang taqwa, seperti yang termaktub dalam surat alFurqan ayat 74 “dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan Kami, anugrahkanlah kepada Kami isteri-isteri Kami dan keturunan Kami sebagai penyenang hati (Kami), dan Jadikanlah Kami imam bagi orangorang yang bertakwa.”

Dalam ayat ini jelas menunjukkan kriteria maamu” itu minimal dua hal. Pertama, kepribadiannya selalu menunjukkan perilaku yang menyejukkan mata. Kedua, berhasil diakui diantara kalangan orangorang yang bertaqwa sebagai pemimpin mereka. Konsep “waliyyun” dan ‘’maamun” adalah gambaran kader yang ideal. Lantas bagaimana usaha kita untuk dapat mewujudkannya dalam praktik kehidupan nyata ? Allah swt telah memberikan jalan keluarnya. Pertama, umat Islam harus memiliki ketakutan yang amat besar. Yaitu ketakutan yang mencekam, manakala sampai meninggalkan generasi penerus yang lemah (dzuriyyatan dli·fan). Dalam arti, generasi tersebut tidak mampu hidup sejahtera seirama dengan perkembangan zaman, “dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah

dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar.” Al-Qur·n surat an-Nisa’ayat 9. Nampak jelas disini bahwa Allah memerintahkan kita agar menyiapkan kader-kader yang kuat dimasa yang akan datang. Kedua, sebaik-baik ciptaan Allah adalah makhluk yang sungguh-sungguh beriman kepada Allah swt. Mengapa demikian? Sebab dengan iman, manusia akan senantiasa dicerahkan hatinya oleh Yang Maha Ghaib. Yang akan senantiasa mengiringi dari kemungkinan jatuh dari kegelapan hati menuju kearah kecerahan hati. Dengan kecerahan hati itulah memungkinkan timbulnya amal shaleh dalam kehidupannya. Dalam Alqur·n disebutkan, iman seseorang dikatakan benar-benar “iman” manakala telah melewati berbagai macam ujian dan cobaan. Jika seseorang itu lolos dari berbagai macam ujian dan cobaan, maka dia akan menjadi manusia yang kuat. Jika pemuda Indonesia sudah seperti konsep kader menurut Alqur·n maka bisa dipastikan di masa yang akan datang bangsa Indonesia akan menjadi bangsa

yang besar, bangsa yang disegani oleh bangsa lain. Untuk mewujudkan mimpi itu, maka pemimpin harus berpikir lebih keras lagi, karena pemuda Indonesia pada era sekarang ini sudah mulai teracuni dengan sikap hedonisme dan egoisme. Nilai-nilai luhur dari sosok Nabi Ismail as dan para pencetus Sumpah Pemuda, sudah mulai hilang. Ini terbukti dari semakin banyaknya pemuda yang terjerat pergaulan bebas, narkoba, kekerasan dan tindakan anarkhis lainnya. Karena itu, wahai bapakbapak pemimpin negeri ini jadikanlah momentum Idul Adha dan Sumpah Pemuda untuk mulai menyiapkan kader yang militan, bukan hanya militan terhadap agamanya, tapi juga militan terhadap bangsanya. Wallahu a’lam bishshawab. *) Penulis adalah Guru SMP ‘Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang, dan Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blimbing. anaskamiil2817@gmail.com / www.al-rhazes.blogspot.com

Antara Zuhud dan Tawakkal BILA kita amati kehidupan di sekitar kita, akan dapat kita lihat bahwa di antara mereka ada yang kaya dan ada yang miskin. Di dalam diri kita sendiri, suatu saat kita akan mengalami kesuksesan, karena mampu menyelesaikan sesuatu, dan terkadang kita juga mengalami kegagalan. Di dalam ajaran Islam, diajarkan bagaimana membawa diri saat hidup di dunia dengan berbagai kesenangan harta. Kita juga diajarkan bagaimana cara yang tepat dalam menyikapi kondisi sukses maupun saat gagal. Kaya, miskin, sukses, dan gagal itu semuanya dapat menjadi bermakna apabila dapat menerapkan zuhud dan dan tawakal. Sebaliknya orang menjadi kaya, miskin, sukses maupun gagal tersebut bisa berakibat negatif jika seseorang salah dalam menyikapinya.

kekurangan. 3. Tidak merasa sombong karena harta yang dimiliki semata-mata pemberian Allah SWT yang tidak layak untuk dijadikan alasan sombong. 1. Tetap menjadi sabar karena meyakini bahwa walaupun hartanya sedikit, itulah karunia Allah SWT yang harus disyukuri. 2. Tidak ingin menjadi peminta-minta dan tetap berusaha mencari rizki yang halal. 3. Tidak merasa rendah diri, karena dengan usaha yang sungguh-sungguh maka bisa jadi Allah SWT akan merubah nasibnya di hari esok menjadi lebih baik. Sebaliknya, orang yang matrealistis akan selalu berdampak negatif (buruk) baik dalam keadaan kaya maupun miskin.

Pengertian Zuhud Sikap zuhud merupakan salah satu akhlak mulia yang diajarkan oleh Islam. Zuhud mengandung arti melepaskan diri dari keterikatan kepada dunia atau melepaskan diri dari diperbudak oleh dunia. Dengan demikian zuhud bukan berarti melepaskan diri terhadap kebutuhan dunia, karena hidup tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan. Tidak ada orang yang hidup tanpa membutuhkan sesuatu. Namun janganlah menganggap bahwa dunia adalah segala-galanya, sehingga lupa akhirat. Kebalikan dari sifat zuhud adalah sifat matrealistis. Orang yang mempunyai sifat ini menganggap bahwa dunia dan harta adalah segala-galanya. Kalau kecintaannya terhadap dunia semakin menjadi-jadi dan tidak terkendali, maka dia dapat melupakan Allah SWT dan melupakan kehidupan akhirat. Orang yang zuhud disebut zahid. Sikap zuhud menjadi penting untuk dimiliki oleh setiap orang muslim karena syaitan selalu membisikkan agar semakin banyak yang didapat manusia, maka semakin banyak pula keinginannya terhadap yang lain. Syaitan menghendaki agar manusia menjadi makhluk yang matrealistis, serakah atau tamak, sudah memiliki satu ingin dua, setelah punya dua ingin empat, setelah punya empat ingin delapan dan seterusnya. Kebanyakan orang karena terdorong nafsu syaitan maka kehidupannya hanya disibukkan untuk mencari kepuasan dunia. Dari hari kehari, bulan ke bulan dan seterusnya dari tahun ke tahun, sehingga hampir tidak ada lagi waktu mengingat Allah SWT dalam dirinya. Bahkan terkadang banyak orang menjadi lupa terhadap dirinya sendiri karena mengejar dan mencari kebutuhan hidup dan mendewakan harta atau materi. Orang seperti ini sudah terjebak dengan pola kehidupan yang matrealistis. Hadis Rasulullah Artinya : Diriwayatkan dari

Pengertian Tawakal Tawakal artinya berserah diri kepada Allah SWT atas hasil usaha kita setelah berusaha dengan sungguh-sungguh dan berdoa. Misalnya, setelah seseorang bekerja mencari nafkah dengan sungguhsungguh, maka berapapun hasilnya nanti diserahkan kepada Allah SWT Yang Maha Pemberi Rizki, Maha Pemurah, dan Maha Kaya. Jadi, tawakal hasus disertai dengan usaha yang serius. Dikisahkan bahwa ada seorang sahabat yang hendak pergi meninggalkan untanya begitu saja tanpa diikat. Ketika ditanya oleh Rasulullah saw. mengapa dia membiarkannya untanya tanpa ikatan? Apakah tidak khawatir kalau unta itu pergi begitu saja? Maka sahabat itu menjawab bahwa dia bertawakal kepada Allah SWT. Penerapan tawakal oleh salah seorang sahabat tersebut tidak dibenarkan oleh Rasul. Kemudian Rasul mengajarkan agar dia berusaha mengikat unta itu terlebih dahulu, baru kemudian berserah diri kepada Allah SWT. Kalau sudah diikat sedemikian rupa unta tersebut masih lepas atau hilang, maka memang hal itu sudah menjadi kehendak Allah SWT. Kepribadian tawakal ini merupakan salah satu akhlaq yang terpuji, karena dengan sikap tawakal merupakan awal yang baik. Seandainya hasil yang diperoleh itu tidak memuaskan maka dapat diterima dengan lapang dada dan penuh kesabaran. Sebaliknya jika hasil yang diterima sangat memuaskan maka kita tidak merasa sombong dang angkuh, karena hal itu semata-mata karunia dari Allah SWT . Ingat ! manusia hanya berkewajiban untuk berusaha, sedangkan keputusan sepenuhnya di tangan Allah SWT yang memiliki sifat wajib Maha Berkehendak (qudrah) dan Maha Kuasa (qudrah). Perhatikan firman Allah SWT berikut ini : “Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan ni`mat Allah (yang

BERDOA: Selain berdoa dalam ajaran agama, kita juga dianjurkan untuk bertawakkal kepada Allah swt terhadap apa yang telah kita upayakan. Anas r.a katanya: ’’Rasulullah saw bersabda: Anak Adam menjadi semakin tua, tetapi ada dua perkara dari padanya yang akan menjadikannya semakin muda yaitu: Tamak (rakus) kepada harta dan tamak kepada umur. (HR Bukhari dan Muslim) Artinya : “Orang beriman makan dengan satut usus, sedang orang kafir makan dalam tujuh usus”. (H.R. Bukhari dan Muslim). Maksudnya, orang kafir itu mempunyai tujuh usus (perut) sebagai kinayah/sindiran, bahwa mereka adalah orang-orang yang rakus. Dengan demikian zuhud bukan berarti tidak butuh dunia, tetapi lebih menekan kepada hasrat menjauhkan diri dari kesenangan dunia untuk mencapai kesenangan akhirat. Kalaupun mendapat karunia rizki yang berlimpah, semuanya dijadikan sarana atau bekal untuk beribadah, berderma, bersedekah, zakat, membahagiakan keluarga, berbagi dengan orang lain, dan tujuan-tujuan mulia yang lain. Zuhud bukan berarti harus hidup miskin, orang yang berkecukupan bahkan orang yang kaya sekalipun tetap bisa menerapkan zuhud. Orang kaya dapat menerapkan zuhud dengan meyakini bahwa harta yang dimiliki merupakan karunia dari Allah SWT, sehingga dipergunakan untuk mencapai ridha Allah SWT, tidak untuk berfoya-foya. Demikian pula orang yang hidup kekurangan juga dapat menerapkan zuhud

dengan meyakini bahwa seberapapun rizki yang didapat semua itu merupakan karunia Allah SWT yang harus disyukuri dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk lebih dekat kepada Allah SWT. Orang yang zuhud meyakini bahwa kebahagiaan di akhirat jauh lebih berarti dan abadi bila dibandingkan dengan gemerlap dunia yang hanya sementara. Jadi, menjadi keliru jika zuhud dipahami sebagai sikap hidup dengan membenci dunia, menyingkirkan harta, mengasingkan diri dari keramaian, dan tinggal di daerah terpencil atau di mihrab-mihrab masjid sambil bertasbih dan bertahlil, sementara kewajiban menafkahi keluarga terabaikan. Ajaran Islam sebagai satu agama yang nilai-nilai ajarannya adalah akhlak atau moral, tidak membenarkan kehidupan seseorang yang hanya terpaku kepada materi dunia dan mengabaikan kehidupan akhirat. Oleh karena itu kita diajarkan untuk mencari harta di dunia ini dengan cara-cara yang halal agar mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kita diajarkan untuk selamat dan bahagia di dunia dan sekaligus selamat dan bahagia di akhirat. Ajaran Islam sangat menekankan terhadap pentingnya kehidupan akhirat, sehingga materi atau harta yang dimiliki merupakan rizki dan karunia dari Allah SWT yang dipergunakan untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Allah dan RasulNya mengajarkan kita untuk membuat

keseimbangan antara kedua kehidupan, dunia-akhirat. Allah menegaskan hal tersebut dalam firmanNya Artinya :”Dan carilah apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu sebahagiaan negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) kehidupan duniawi. Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, serta janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Allah benarbenar tidak suka kepada orang yang membuat kerusakan.” (QS Al Qashash : 77) Manfaat Zuhud Dalam hal harta dan materi, maka terdapat orang yang tergolong kaya dan ada pula yang miskin. Sikap zuhud tidak hanya dapat diterapkan seseorang yang miskin saja atau diterapkan oleh orang yang kaya saja. Namun sikap zuhud dapat diterapkan oleh setiap muslim baik dalam keadaan kaya maupun miskin. Orang yang zuhud akan selalu berdampak positif dalam dirinya dalam keadaan bagaimanapun. Perhatikan tabel manfaat zuhud berikut ini! Orang yang Zuhud Dalam keadaan kaya Dalam keadaan miskin 1. Tetap ingat kepada Allah SWT dan selalu bersyukur karena dia meyakini bahwa karunia kekayaan itu semata pemberian Allah SWT 2. Menjadi orang yang dermawan dan rajin berbagi kepada orang lain yang

diberikan-Nya) kepadamu, di waktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, dan hanya kepada Allah sajalah orang-orang mu’min itu harus bertawakkal.” (QS. Al Maidah : 11) Manfaat Tawakal Orang yang menyertakan tawakal dalam setiap tindakan dan usahanya, maka akan selalu berakibat positif. Dampak positif ini tidak hanya ketika usahanya berhasil, walaupun tidak berhasil orang yang tawakal tetap menanggapinya dengan positif.

1. Kalau usaha seseorang sukses, maka orang yang tawakal meyakini bahwa kesuksesan itu merupakan karunia Allah SWT yang harus disyukuri dan tidak perlu menjadi tinggi hati. 2. Kalau usahanya tidak sukses, orang yang tawakal tidak berputus asa dan tetap berusaha. Bahkan dia melakukan introspeksi diri mengapa usahanya tersebut belum berhasil. Apakah ada sesuatu yang kurang. Orang yang tawakal tetap meyakini bahwa kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda. (*/dari berbagai sumber)

Kajian Fikih Menyambut Bayi yang Baru Lahir TANYA: Apakah Adzan atau Iqamah yang dilakukan oleh kebanyakan umat Islam pada saat setelah anak di lahirkan sesuai dengan sunnah, dan hadits yang mendukungnya? JAWAB: Para ulama berbeda pendapat terkait dengan disyariatkannya Adzan dan Iqamat pada bayi yang baru lahir. Perbedaan tersebut merujuk pada bagaimana menyikapi hadits atau riwayat tentangnya. Sebagian ulama, seperti Syeikh Nasiruddin alAlbani, menyatakan bahwa hadits-hadits tentang Adzan dan Iqamat pada bayi dhoif atau lemah, bahkan ada yang sangat lemah, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai dalil. Sementara kalangan lain, seperti Ibnul Qayyim al-Jauziyyah, mengakui disyariatkannya Adzan dan Iqamah pada bayi di mana pendapat ini juga diikuti oleh banyak ulama hingga saat ini seperti Allamah Abdul Aziz ibn Abdullah ar-Rajihi. Adapula pendapat lain yang diutarakan oleh Syeikh Utsaymin bahwa riwayat iqamat di telinga kiri bayi memang lemah, namun adzan di telinga kanan boleh dilakukan meski memang ada catatan dalam riwayatnya. Terlepas dari perbedaan pendapat mengenai Adzan dan Iqamat pada bayi tersebut, terdapat beberapa hal lain yang disunnahkan saat menyambut bayi yang baru lahir. Di antaranya: 1. Mentahnik dan mendoakan kebaikan untuknya. Mentahnik adalah memberikan sesuatu yang manis, seperti kurma yang telah dilumat dan dihancurkan atau madu ke mulut bayi. 2. Memberikan nama yang baik, entah di hari pertama atau hari ketujuh. 3. Melakukan aqikah dan khitan 4. Mencukur rambutnya lalu bersedekah seberat rambut tadi dengan berupa emas atau perak, atau dengan uang senilai itu. Semua ini kemudian disertai dengan perawatan dan pemeliharaan yang penuh kasih sayang dalam nuansa Islam. Wallahu a’lam. (syariah_online)

Pisah Lebih dari 7 Tahun, Belum Bercerai di Pengadilan TANYA: Saya sudah pisah dengan suami lebih dari 7 tahun, tapi belum bercerai di Pengadilan Agama, sementara suami sudah mengucapkan talak satu kali, saya harus bagaimana? Sedangkan suami sudah punya wanita lain dan sudah punya anak lagi. JAWAB: Karena suami Anda sudah mengucapkan talak satu kepada Anda, dan belum mengajukan rujuk hingga habis masa iddah, maka secara status, Anda bukan lagi isterinya.Dalam kondisi demikian, Anda bisa kembali dinikahi oleh mantan suami Anda jika Anda mau dengan syarat harus nikah ulang. Atau, jika tidak Anda bisa menikah dengan pria lain. Hanya saja, proses pernikahan dengan pria lain menjadi tidak mudah jika proses di pengadilan tidak dituntaskan. Sebab status Anda secara legal formal masih sebagai isterinya. Sebab itu, yang harus dilakukan pertama-tama adalah mempercepat proses di pengadilan agar status Anda secara kenegaraan menjadi jelas. Jika mantan suami tidak juga mau memprosesnya, Anda harus proaktif mengurusnya. Anda juga bisa menggugat cerai (khulu’) jika suami tetap enggan menyelesaikan proses perceraian Anda. Lengkapnya bisa meminta penjelasan dari Pengadilan Agama. (syariah_online) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


16

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

115 Siswa MA Al Maarif Antusias Ikuti Workshop Jurnalistik MALANG- Salah satu kunci menjadi wartawan sukses adalah rasa percaya diri dan keberanian dalam mewawancarai narasumber. Demikian disampaikan Redaktur Pelaksana Malang Post Dewi Yuhana saat menyampaikan materi Dasar-dasar Jurnalistik dalam workshop yang diikuti 115 siswa-siswi MA Al Maarif Singosari, kemarin (24/1/13). Hana, panggilan akrabnya, menyampaikan hal tersebut setelah mendapati beberapa siswi masih tampak malu-malu menjawab pertanyaan yang dilontarkannya. “Wartawan harus berani bertanya, percaya dengan dirinya, sehingga bisa diterima narasumber dengan baik. Kalau malu bertanya dan menjawab pertanyaan, bagaimana bisa mewawancarai orang?,” kata perempuan berjilbab ini. Mendapat motivasi tersebut, para siswa yang berasal

Pemerintah Naikkan Bobot Sulit Soal UN MALANG- Pemerintah akan menaikkan tingkat kesukaran soal ujian nasional (UN) 2014 mendatang. Jika tahun lalu bobot untuk soal UN adalah 80 soal sedang, 10 soal mudah dan 10 soal sulit, maka tahun ini komposisinya 10 soal mudah, 70 soal sedang dan 20 soal sulit. ”Standar kelulusan tetap 5,5, hanya saja bobot soal sulitnya akan ditambah,” ungkap Staf Ahli Staf Khusus Mendikbud bidang Komunikasi dan Media, Sukemi kepada Malang Post saat menghadiri dialog pendidikan yang dihelat di Hotel Santika Malang, kemarin. Kebijakan baru ini, lanjutnya, merupakan upaya Kemdikbud untuk meningkatkan kualitas lulusan. Untuk itu, peranan perguruan tinggi pun semakin ditingkatkan dalam pelaksanaan UN mendatang. Mulai dari pengawasan hingga pembuatan soal yang melibatkan perguruan tinggi. Sebelumnya soal UN dibuat oleh

dari kelas X hingga kelas XII itu pun langsung antusias menjawab dan menanyakan beberapa hal yang dirasa kurang mereka pahami. Selama hampir dua jam, Hana mengupas tuntas tentang jurnalistik, sejarahnya sampai dengan produk jurnalistik yang berupa berita sembari memberikan beberapa contoh terkait dengan teori yang disampaikan. Berita, lanjut Hana, adalah informasi yang dimuat di media massa, bisa di media cetak seperti Malang Post, media elektronik, internet maupun TV. “Jadi, kalau ada informasi yang disampaikan secara pribadi, dari mulut ke mulut dan tidak dipublikasikan di media massa, itu namanya bukan berita. Atau, kalaupun ada informasi tapi dipublikasikan di social media atau blog, ya bukan berita,” urainya panjang lebar.(*/han) MA AL MAARIF FOR MALANG POST

WORKSHOP: Dewi Yuhana saat menjadi pemateri dalam workshop jurnalistik di MA Al Maarif, kemarin.

MALANG – Selain Gangnam Style dan drama dengan aktor dan aktris yang menawan, tak banyak yang diketahui masyarakat tentang Korea. Hanya segelintir orang yang mengenal kemajuan sistem pendidikan usia dini di Negeri Ginseng tersebut. Di antara yang sedikit itu, siswa KB-TK Ekklesia, termasuk yang beruntung. Pasalnya, sebagian dari kurikulum yang dipakai di sekolah ini diadopsi dari Korea dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi siswa KB-TK Ekklesia. Kepala KB-TK Ekklesia, Sumarlin, memaparkan, sebagian besar buku panduan keterampilan yang ia pakai didatangkan langsung dari Korea. Lina, demikian sapaan akrab wanita murah senyum itu memaparkan, di Korea keterampilan menjadi hal yang sangat ditekankan dalam kurikulum PAUD. Karena itu materi awal yang diberikan di KB-TK Ekklesia adalah meremas koran. Menurut Lina, materi yang hanya terdapat di sekolahnya tersebut adalah metode melatih motorik halus anak. Hal ini belum ditemukan di sekolah lain sebab memang merupakan adopsi dari Korea. “Dengan motorik halus yang baik, siswa dapat terlatih untuk berkonsentrasi pada satu hal,” ujar Lina. Dengan penguasaan keterampilan yang lebih tinggi, tak heran Lina sering mendapat undangan dari sekolah-sekolah lain untuk membagi ilmu yang ia dapat dari buku-buku asal Korea milik sekolah. Tak hanya itu, bahasa yang tengah populer di lngkungan remaja itu juga diajarkan setiap minggunya dengan pengajar yang juga berasal dari Korea. Meski tidak menjadi bahasa pengantar utama, siswa sudah menguasai lagu-lagu dan tari khas Korea. Bahkan, tari tersebut sudah beberapa kali dipentaskan di even-even sekolah. “Tuntutan masyarakat terhadap kami semakin tinggi. Selain Bahasa Inggris yang sudah jamak ditemukan, ada juga masyarakat yang ingin putranya belajar Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, dan Bahasa Jepang,” ujar Lina, Keputusan Lina untuk hanya menyertakan Bahasa Inggris dan Korea dan tidak mengikutkan bahasa lain, bukannya tanpa alasan. Menurutnya, untuk sementara ia tidak melihat adanya kebutuhan yang sangat tinggi atas siswa KB-TK Ekklesia untuk belajar bahasa lain. Sedangkan Bahasa Korea, menurut keterangan Lina, sering dipakai dalam kegiatan-kegiatan besar sekolah. Misalnya, saat kegiatan bersama yayasan beberapa waktu lalu, pembawa acara diharuskan menggunakan bahasa Inggris dan Bahasa Korea karena beberapa tamu yang datang berasal dari Korea. “Yang terpenting, bahasa apapun yang diajarkan di KB-TK Ekklesia, bahasa Indonesia tidak pernah tercerabut dan tetap menjadi bahasa kesatuan kami,” pungkas wanita yang gemar berkreasi tersebut. (ily/han)

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

DIALOG: (ki-ka) Staf Ahli Staf Khusus Mendikbud bidang Komunikasi dan Media, Sukemi, Rektor UB, Prof Dr Ir Yogi Sugito dan Kepala SMAN 4 Tri Suharno dalam sesi dialog pendidikan guru pilihan dari berbagai sekolah di Indonesia.

Lebih jauh Sukemi menjelaskan, beberapa waktu lalu Kem-

SDN PURWODADI 1

KB-TK EKKLESIA

Latih Motorik Halus Anak Lewat ‘Meremas Koran’

SMAN 8 MALANG

Smarihasta Sparkling Night, Hadirkan RAN MALANG – Kekompakan, solidaritas, dan tersebut. Meski dari 36 ekskul hanya ada tujuh kebersamaan adalah kunci dari suksesnya yang tergabung dalam ekskul seni, namun 29 puluhan even yang diselenggarakan oleh ekskul lain juga ambil bagian sesuai dengan OSIS, MPK, dan siswa SMAN 8 Malang porsi masing-masing. Misalnya ekskul vid(Smarihasta). Hal itu pula yang terlihat dalam eografi dan jurnalistik yang sibuk meliput dan persiapan Kiprah Seni Smarihasta (KSSH) memublikasikan kegiatan tersebut. Dengan ke-26 yang akan dilaksanakan begitu, dapat dikatakan seluruh pada Sabtu, 26 Oktober besok. elemen sekolah turut urun remMeski kegiatan tahunan untuk bug dalam kegiatan. mengakhiri masa jabatan OSIS Sementara itu terkait pertersebut benar-benar menguras siapan yang dilakukan, menutenaga, kinerja panitia dinilai rut Yuni hingga saat ini sudah mengundang decak kagum. mencapai 90 persen. Setting Waka Kesiswaan sekolah tempat di Universitas Mutersebut, Dra. Hj. Yuni Widihammadiyah Malang (UMM) haryanti M Si, mengungkapDome juga sudah rampung. kan kebanggaannya kepada Loading barang sudah disiswanya. Ia mengatakan, di laksanakan Kamis kemarin usia yang masih belia, panitia kecuali penempatan pensudah menunjukkan kematantas yang dijadwalkan untuk gan dalam berfikir. Padahal, dilakukan besok (hari ini) kegiatan bertema Smarihasta bersamaan dengan galadi Sparkling Night yang disupbersih penampilan non band. Dra. Hj. Yuni port Malang Post tersebut Sedangkan gladi bersih untuk Widiharyanti M Si, bukan gawe main-main. Ada penampilan band akan dilakubanyak bintang tamu mulai dari level kota kan Sabtu pagi di sekolah yang dilanjutkan hingga nasional yang memeriahkan perhela- dengan gladi bersih guest star. Berdasarkan tan itu. Sebut saja grup musik RAN, Toxic- rundown, kegiatan akan dilaksanakan pukul toast, Veskaria, Timeline, dan belasan lainnya 16.00 WIB dengan agenda seremonial, yang memiliki jam terbang tinggi. break saat maghrib dan kembali dilanjutkan “Setiap panitia bekerja sesuai job desk-nya dengan penampilan indie. Sebagai gongmasing-masing untuk kesuksesan tim. Mulai nya, guest star akan ditampilkan pada pukul dari koordinasi kegiatan, pendanaan, peralatan, 20.00 WIB dan berakhir pada 23.00 WIB. hingga teknis pelaksanaan dilakukan oleh pani- “Selain penampilan di UMM Dome, salah tia, sedangkan peran pembina hanya mengarah- satu guest star mereka, grup musik RAN, kan saja,” terang Yuni dengan nada bangga. juga akan memuaskan penggemar dalam Ia menambahkan, yang juga layak dia- Meet and Greet di STMJ Mas Jupri, MOG cungi jempol adalah komitmen panitia untuk lantai 2,” beber wanita ayu tersebut seraya melibatkan seluruh ekskul dalam kegiatan mengakhiri pembicaraan. (ily/han)

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

MENANG: Drs. Didit Hardianto bersama dua siswanya Naura Zayyani Mahesal Adiba dan Fahmi Fikri Asyrafi. di perlombaan ini masingmasing kelas 2 dan kelas 3. Saat ditemui Malang Post Naura dan Rafi mengatakan mereka tak sedikitpun merasa canggung dalam berlomba. Bagi mereka, perlombaan itu merupakan sesuatu yang

menyenangkan sebagai ajang mencari teman dan berlatih. Tak heran jika dua siswa ini seringkali berlomba dan memborong banyak piala. “Sepertinya peserta yang kelas 2 hanya Naura saja pada saat itu. Lainnya banyak yang lebih besar

dari kita,” ujar Rafi polos. Sementara itu, Didit Hardianto mengatakan dirinya merasa bangga akan keberhasilan kedua anak didinya itu. Upaya pendidikan dan pembinaan yang selama ini terus dilakukan sekolah

ternyata mebuahkan hasil yang menggembirakan. “Perlombaan ini merupakan bagian dari memberikan pengalaman dan kesempatan berprestasi bagi anak-anak,” kata dia. Oleh karena itu, setiap ada ajang perlombaan baik tingkat kecamatan maupun perlombaan, pihaknya selalu berpartisipasi untuk mengikutsertakan siswa dalam berlomba. Namun Didit menegaskan, setiap lomba yang diikuti merupakan momentum untuk menanamkan pengalaman sebanyakbanyaknya kepada siswa. dari pengalaman itu diharapkan lahir generasi yang bermental tangguh dan bermutu dari sisi keilmuan. “Yang penting adalah pengalaman bagi siswa, sedangkan menjadi pemenang merupakan tujuan yang sekian kali,” jelasnya. Ia berharap program sekolah dalam bidang akademik maupun ekstra sekolah memberikan manfaat pada siswanya, terutama dalam pembinaan sisi karakter menjadi pelajar yang dibanggakan. Ektrakurikuler yang dikembangkan sejak lama merupakan wujud dari dukungan sekolah terhadap pendidikan karakter yang diprogramkan kementerian pendidikan. “Termasuk program keagamaan yang di dalamnya memuat pembelajaranAlquran dan da’i cilik,” tutur pria asal Blitar ini. (imm/sir/han)

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

PENULIS: Noor Shodiq Askandar dan buku ke 16 yang ditulisnya. MALANG- Masyarakat Indonesia mayoritas belum memiliki keberanian untuk menjadi wirausaha. Karena itulah saat ini baru ada 0,24 persen penduduk Indonesia yang menjadi wirausaha, sementara negara

tetangga seperti Malaysia sudah mencapai 3 persen. Atas dasar itulah, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam (Unisma) Malang, Noor Shodiq Askandar meluncurkan buku berjudul 99 Great Ways Menjadi Pengusaha Muslim. Buku setebal 147 halaman itu dilaunching kemarin oleh Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dan Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Surahmat M.Si dalam agenda Kuliah Umum ”From Campus To Be An Entrepreneur” di Hall Oesman Mansur Unisma Malang. ”Melalui buku ini saya berharap bisa menginspirasi orang lain untuk menjadi wirausaha,” ungkapnya. Shodiq mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi penghambat lahirnya wirausaha di Indonesia, yaitu keberanian,

Kuliah Umum From Campus To Be An Entrepreneur yang dihelat Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam (Unisma) Malang kemarin (24/10/13) berlangsung istimewa. Acara yang dihelat di Hall Oesman Mansyur Unisma itu juga diwarnai dengan launching buku “99 Great Ways Menjadi Pengusaha Muslim Sukses” yang ditulis oleh Dekan FE Unisma, Noor Shodiq Askandar. Launching buku dan kuliah umum ini dihadiri Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dan Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat M.Si yang membubuhkan tanda tangan sebagai simbol launching buku tersebut. FOTO DAN TEKS: LAILATUL ROSIDA

profesionalisme, dan konsistensi. Tidak sedikit orang yang takut dan ragu-ragu menjadi wirausaha, dengan alasan tidak memiliki bakat. Selain itu, orang yang memutuskan menekuni wirausaha, rata-rata belum profesional. Misalnya saja mereka masih belum bisa memisahkan antara kekayaan pribadi dengan uang hasil usaha. Wirausaha bagi sebagian besar orang juga hanya dimaknai sebagai pekerjaan yang tidak resmi alias sampingan. Masyarakat menganggap wirausaha bukanlah suatu pekerjaan, sebab bagi mereka kerja adalah berada di kantor menjadi pegawai. Buku 99 Great Ways ini diharapkan menjadi pemicu semangat kepada bangsa In-

LAILI SALIMAH/MALANG POST

KREATIF: Tampak seorang siswa tengah mengamati salah satu stan pada Bulan Bahasa dan Pameran Produk di SMK Kr Elim.

salah satu stan yang paling ramai dikunjungi di samping stan fotografi. Sedangkan di halaman, belasan breakdancer tak mau kalah berunjuk bakat untuk memeriahkan suasana. Aksi mereka di halaman gereja memukau puluhan pengunjung hingga tidak mempedulikan terik matahari. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah rangkaian dari ajang pameran produk yang juga dikemas bersamaan dengan Bulan Bahasa yang dihadiri oleh native speaker asal Australia, Steffani. Putri mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat siswa dalam menyempurnakan portofolio masing-masing. “Sebagai tuan rumah, kegiatan ini juga melibatkan keluarga besar kami di lembaga lain di bawah naungan yayasan yang sama, yaitu SMP Kr Elim dan KB-TK Ekklesia serta mahasiswa seminari,” terang Putri. Ia mengungkapkan, pameran produk siswa yang dipamerkan di antaranya adalah redesign kemasan makanan, fotografi, film animasi pendek, dan lukisan dengan berbagai aliran membuat ratusan pengunjung berdecak kagum. “Dari portofolio hingga hobi-hobi siswa seperti breakdance kami tampung hari ini. Yang pasti, kegiatan ini membuat siswa fun dan fresh namun tidak berdampak negatif dan menginspirasi siswa lain,” ujarnya. Selain keluarga besar di yayasan, SMK Kr Elim juga mengundang delapan SMP sekitar untuk menikmati karya siswa. Mereka juga diberi kesempatan untuk mengikuti game-game seru dan berinteraksi dengan native speaker Australia yang menghadiri kegiatan tersebut. (ily/han)

donesia khususnya anak muda untuk menghidupkan jiwa kewirausahaan. Buku ini mencoba mengenalkan banyak hal dan mengusulkan beberapa tips sederhana tentang bagaimana mendapatkan inspirasi usaha, memulai usaha, menjalankan usaha secara benar, melakukan pemasaran dan sebagainya. Ciri paling khas dari buku ini adalah digunakannya pendekatan nilai-nilai Islam sebagai landasan bisnis dan praktik di lapangan. ”Buku ini diharapkan akan menunjang literatur di bidang kepengusahaan, karena buku kepengusahaan yang praktis dan aplikatif selama ini sangat sulit didapatkan,” ungkap Ketua Badan Wakaf Indonesia, Prof. Dr. KH. M. Tholchah Hasan.

Sementara itu Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji yang melaunching buku 99 Great Ways kemarin menuturkan, mahasiswa seharusnya tidak lagi hanya berharap menjadi pegawai negeri. Sebab porsi penerimaan PNS terutama guru tidak sebanding dengan peminatnya. Di Kota Malang saja ada 5000 pendaftar CPNS guru sementara kuota penerimaannya hanya 40 orang saja. Hal senada diungkapkan Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat M.Si. Menurutnya langkah FE Unisma dengan membumikan entrepreneur layak mendapatkan dukungan, karena itulah ia siap menyediakan fasilitas untuk kegiatan praktik kewirausahaan mahasiswa. (oci/han)

KULIAH UMUM FE UNISMA

Diisi Launching Buku Menjadi Pengusaha Muslim Sukses GREAT WAYS: (Ki-ka) Penerbit, Rektor Unisma Prof Dr. Surahmat M.Si, Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji dan Dekan FE Unisma, Noor Shodiq Askandar

Ubah Kelas Jadi Galeri Seni dan Bioskop Mini hasil jepretan fotografer sekolah juga menjadi pusat perhatian. Beberapa fotografer menjelaskan kepada pengunjung bagaimana dan kapan foto tersebut diambil. Sementara di sudut gedung sekolah, salah satu kelas juga ‘beralih fungsi’ menjadi bioskop mini. Puluhan siswa tampak menikmati sebuah film animasi karya siswa SMK Kr Elim. Menurut keterangan Ketua Panitia Minarti Putri, S.Sn, bioskop tersebut adalah

Menurut Yogi, perguruan tinggi sepakat untuk menjadikan hasil UN sebagai tiket masuk perguruan tinggi. Salah satunya sebagai bahan pertimbangan dalam penerimaan jalur undangan. Hanya saja diharapkan pengumuman UN bisa lebih cepat dari pengumuman jalur undangan. ”Kalau nilai UN menjadi pertimbangan masuk jalur undangan maka pengumumannya harus dilakukan sebelum pengumuman jalur undangan,” harap Yogi. Selama ini, lanjutnya, pertimbangan jalur undangan hanya berdasarkan nilai rapor saja. Sementara pada kenyataannya banyak yang mengeluhkan maraknya nilai rapor yang tidak sesuai dengan kondisi siswa. ”Nilai rapor di sekolah yang bagus justru banyak yang kalah dengan nilai rapor siswa sekolah biasa, dan bahkan kabarnya ada sekolah yang sengaja membuat rapor ganda demi lolos jalur undangan,” urai Yogi. (oci/han)

Wirausaha Masih Jadi Pekerjaan Sampingan

SMK KR ELIM

MALANG – Selama sehari penuh, Kamis (24/10) kemarin, ruang-ruang kelas SMK Kr Elim berubah menjadi galeri seni. Kelas-kelas dengan bangku-bangku yang biasanya tertata rapi, didesain dengan dekorasi berbeda. Puluhan pengunjung tampak antusias menikmati satu persatu lukisan berbagai aliran seperti abstrak dan realis yang dipajang di ‘galeri’ tersebut. Di kelas yang berbeda, foto-foto

dikbud baru saja menyelesaikan konvensi UN. Dengan beberapa

keputusan di antaranya UN tetap akan dilaksanakan pada 2014 mendatang, sebab hasil UN akan menjadi bahan penilaian terhadap sekolah, pemetaan dan upaya perbaikan mutu sekolah dan intervensi kebijakan pemerintah di bidang pendidikan. UN dilaksanakan dengan bobot kelulusan 60 persen hasil nilai UN dan 40 persen nilai ujian sekolah. Terkait penggandaan soal, lanjutnya, telah disepakati akan diserahkan ke daerah. Namun, masih akan dibahas apakah berbasis region atau provinsi. “Kalau harus dicetak di masing-masing daerah belum tentu ada percetakan yang mampu mencetak soal di daerah itu, sehingga akan kita pikirkan bersama-sama mengenai mekanisme percetakan soal ini,” ujarnya. Selain Sukemi, hadir dalam dialog pendidikan tersebut adalah Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito.

NOOR SHODIQ ASKANDAR

Juarai Lomba Pildacil Kota Malang MALANG - Kualitas pendidikan dalam lembaga kadang harus diukur dengan sejauh mana tingkat keberhasilannya dalam berkompetisi. Baik akademik maupun non akademik merupakan bagian dari lahan pendidikan yang harus digarap maksimal oleh satuan pendidikan. Inilah yang dilakukan SDN Purwodadi 1 selama ini, dengan menjalankan program pengembangan diri siswa secara konsisten dalam bidang minat dan bakat siswa, salah satunya dalam bidang keagamaan. Meskipun sekolah umum negeri, SDN Purwodadi 1 terus memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang keagamaan. Tak heran jika beberapa waktu lalu, dua siswa Naura Zayyani Mahesal Adiba dan Fahmi Fikri Asyrafi berhasil menjadi juara 1 dalam lomba Pildacil tingkat kota Malang kategori Putra dan Putri. Kepala SDN Purwodadi 1 Drs. Didit Hardianto mengatakan keberhasilan siswanya dalam meraih juara terbilang tidak mudah. Sebab perlombaan ini bermula dari tingkat gugus, kecamatan hingga akhirnya tingkat Kota Malang. Yang mengagumkan, kedua siswanya yang berhelat

17

LAUNCHING: Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat membubuhkan tanda tangan sebagai tanda launching buku 99 Great Ways Menjadi Pengusaha Muslim Sukses

APRESIASI: Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji melaunching buku karya Dekan FE Unisma, Noor Shodiq Askandar KULIAH UMUM: Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji berbagi inspirasi sukses kepada mahasiswa FE Unisma

ANTUSIAS: Para dosen, undangan dan mahasiswa yang menghadiri kuliah umum dan peluncuran buku

SERIUS: Peserta kuliah umum menyimak materi dengan serius

KERJASAMA: Salah satu kerjasama yang dibangun FE Unisma

REDAKTUR : DEWI YUHANA, LAYOUTER : SITI

DUKUNGAN: Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat M.Si memberikan sambutan dalam acara kuliah umum dan launching buku


KOTA WISATA

JUMAT, 25 OKTOBER 2013

Pengganti Tak Layak, Minta Tambahan Honor Pamong BATU – Pembinaan terhadap Kades dan sekretaris desa, ikut menjadi ajang curhat bagi perangkat desa itu di Kantor Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kamis (24/10) kemarin. Keluhan yang mengemuka di acara yang dipandegani Bagian Pemerintahan Pemkot Batu, ini tak lain berkurangnya tanah kas desa, yang sudah tidak dikuasai perangkat desa maupun penghasilan Kades beserta perangkat lainnya. Kades Junrejo, Andi Faizal, misalnya, mengeluhkan alias sambat kurangnya penghasilan aparat desa karena tanah bengkok di desanya susut banyak. Dia mengatakan, sejumlah tanah bengkok milik desa itu sudah berubah menjadi bangunan Kantor DPRD, Mapolres Batu, Gedung SMAN 2 Batu maupun lapangan sepakbola. ‘’Tanah bengkok sudah berubah fungsi, dan sampai saat ini belum ada pengganti secara keseluruhan. Secara otomatis, penghasilan aparat desa kurang mengingat luasan tanah bengkok juga me-

nyusut banyak,’’ ungkap Andi Faizal dalam kegiatan itu. Dia menambahkan, sebenarnya tanah kas desa di wilayahnya itu sudah ada pengganti berlokasi di Desa Pendem Kecamatan Junrejo. Namun ironisnya, luasannya justru tak sebanding dengan tanah bengkok yang sebelumnya sudah beralih fungsi. Begitu juga lokasinya dianggap kurang strategis, yang tentu berbeda dengan tanah bengkok sebelumnya. Andi menginginkan, Pemkot bisa memberikan respon positif. Misalnya memberi tamba­han honor atau dana insentif khusus bagi aparat desa lantaran berkurangnya tanah bengkok itu. Kabag Pemerintahan Imam Suryono, menanggapi bahwa masalah tersebut sebenarnya juga sedang dalam penanganan, artinya Pemkot juga terus mengkaji persoalan pengganti tanah kas desa yang sudah alih fungsi tersebut. Pihaknya pun menyebut, tidak menutup kemungkinan akan ada honor atau insentif bagi aparat desa itu. ‘’Ini adalah

masukan yang sangat bagus, dan akan kami bahas lebih lanjut. Soal tanah pengganti sendiri, kami juga terus mengkaji,’’ tegas Imam Suryono. Camat Junrejo, Sulianah menambahkan, sebenarnya sudah ada tanah pengganti untuk Desa Junrejo. Tanah itu memang berada di Desa Pendem, dan justru sudah dipergunakan untuk kepentingan aparat desa tersebut. ‘’Penggantinya kan sudah ada di Desa Pendem tersebut,’’ tegasnya. Pembinaan tersebut, diikuti seluruh Kades, Sekdes, Lurah dan sekretaris kelurahan yang ada di Kota Batu. Materinya meliputi tata cara pengelolaan keuangan, pengelolaan aset desa mauun administrasi desa. Selain untuk tertib administrasi, Kota Batu juga sudah menjadi jujugan studi banding pemerintahan seluruh Indonesia. Jika pengelolaan pemerintahan desa di kota ini lebih bagus dari tamu, tentu membuat citra Kota Batu ikut baik.(feb/lyo)

Muhammad Firman/Malang Post

PAMERAN: Tim dari Kantor Ketahanan Pangan Kota Batu, bakal memamerkan produk unggulan kota ini di even Hari Pangan se-dunia di Padang, pekan depan.

karya wisudawan dan meminta seluruh hasil karya dipraktekan langsung. ‘’Bagus, saya sangat senang dan puas hasil kalian. Teruskan berkarya,’’ kata Brigjen TNI Gede Kusuma memuji hasil karya wisudawan. Lemjiantek/STTAD telah mendidik Bintara Siswa Diploma 3 untuk menjadi Tenaga Teknisi setingkat Ahli Madya pada bidang Teknik Elektronika Sistem Senjata,Teknik Balistik dan Teknik Otomotif Kendaraan Tempur yang sangat dibutuhkan oleh organisasi TNI AD. Menurut Kalemjiantek Kolonel CZI Gunawan Pakki S.IP.,S.T misi yang akan diterapkan pertama adalah pertama pendidikan dan pengajaran. Yakni mewujudkan prajurit TNI AD yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi militer matra darat yang unggul, integritas kepribadian yang baik dan didukung dengan jasmani yang prima melalui pendidikan vokasi pada tingkat diploma tiga dengan macam jurusan/program studi yang ditetapkan. Kedua adalah Penelitian. Yakni mewujudkan prajurit TNI AD yang memiliki kapasitas dan keahlian dalam melakukan penelitian dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi militer matra darat secara profesional, sehingga mampu memelihara, mempertahankan dan meningkatkan kinerja alat utama sistem senjata (alutsista) atau materiil

Telp. 0341 - 592 967

18

Muhammad Firman/Malang Post

PEMBINAAN: Para Kades dan Sekdes, ketika mengikuti kegiatan di Balai Desa Punten, kemarin.

gan yang aman dikonsumsi. Lebih penting lagi, memperkenalkan produk pertanian khas dari kota sejuk ini. Antara lain produk dari usaha kecil dan menengah, maupun hasil pertanian buah serta sayuran baik yang organik maupun anorganik, lantaran masyarakat luar kota lebih mengenal Kota Batu hanya dengan buah apelnya saja. Kasi Konsumsi dan Kea­ manan Pangan dari Kantor Ketahanan Pangan Kota Batu, Sri Nurcahyani Rahayu mengakui keikutsertaan intansinya dalam peringatan Hari Pangan se Dunia itu. Kesempatan itupun dipergunakan mempromosikan produk unggulan kota apel ini sekaligus memperluas jaringan pasar. ”Kami merasa dengan keikutsertaan setiap tahun, dapat men-

ingkatkan pertumbuhan penjualan, bahkan hasil pertanian kota kita ini kian dikenal daerah lain utamanya luar Jawa,’’jelas Sri, sapaan akrabnya. Manfaat lainnya dari kesertaan pameran di ajang itu, tak lain bisa meningkatkan ekonomi masyarakat kota ini lantaran setiap pasca pameran pasti banyak pedagang besar luar kota yang berdatangan ke kota pemilik Candi Empu Supo ini. Produk yang bakal ikut dipamerkan, antara lain keripik apel, keripik kentang, camilan keripik rambutan, buah strawberry, sari buah strawberry, sari terong Belanda, sayuran dan buah segar organik. Di acara tingkat nasional itu, Kota Batu juga sudah menyiapkan diri mengikuti pengabdian masyarakat, gelar teknologi. (mik/lyo)

Brigjen TNI Gede Kusuma Arta Bangga Karya Wisudawan MALANG-Direktur Pendidikan Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Gede Kusuma Arta bangga dengan wisudawan Bintara dengan gelar Ahli Madya yang dilantik di aula Lemjiantek Kodiklat TNI AD, Kamis, (24/10) kemarin pagi. Brigjen TNI Gede Kusuma Arta yang bertindak sebagai inspektur upacara wisuda, bahkan keliling satu per satu hasil karya siswa 57 orang wisudawan. Keliling melihat hasil karya wisu­da­ wan ini dilakukan setelah pelantikan pendidikan yang berada di area Kesatrian Pusdik Arhanud Pussenarhanud Kodiklat TNI AD di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Pria dengan satu bintang dipundaknya itu pun memuji satu persatu hasil karya wisudawan yang dipamerkan. Bersama Kalemjiantek Kolonel CZI Gunawan Pakki S.IP.,S.T dan para undangan, mereka keliling melihat hasil karya wisudawan. Karya wisudawan yang dikunjungi pertama milik Sersan Satu Dwi K Saputra dengan hasil karyanya Rancang Bangun Modul Kirim dan Terima Berita Sandi Elektronik Pada Satuan Jajaran TNI AD. Bahkan Brigjen TNI Gede Kusuma juga meminta Sertu Dwi K Saputra untuk mempraktekkan hasil karyanya. Setelah itu Brigjen TNI AD Gede Kusuma keliling satu persatu hasil

Jalan Diran 1 B, Batu

Kades Sambat Alih Fungsi Bengkok

Unggulkan Hasil Pertanian Organik BATU- Bertekad mengenalkan produk hortikultura unggulan daerah, melalui Kantor Ketahanan Pangan, Pemkot Batu bakal memamerkan aneka produknya di ajang Hari Pangan se Dunia (HPS). Acara yang diagendakan dihadiri Presiden SBY itu, berlangsung di Kota Padang mulai Kamis (31/10) hingga Minggu (3/11) nanti. Berbagai persiapan dilakukan oleh seluruh awak Kantor Ketahanan Pangan itu. Antara lain mulai dari kordinasi dengan para petani dan pelaku usaha pertanian, hingga pihak Pemkot Batu maupun Pemprov Jatim. Itu karena, peserta pameran di ajang itu bukan hanya dari Jatim, melainkan dari kota/ kabupaten se tanah air. Nantinya, duta dari Kota Batu juga bakal membagikan brosur tentang keamanan pan-

biro batu

HUT 12 KOTA BATU

32 Band Audisi Pembuka Tampilan NOAH BATU – Puluhan band indie di Kota Batu, berebut menjadi band pembuka penampilan NOAH di Amarta Hill, 23 November mendatang. Imbas banyaknya peminat, Panitia HUT ke-12 Kota Batu pun harus membuat audisi untuk menentukan siapa yang berhak menjadi band pembuka pagelaran di kaki Gunung Panderman itu. Kamis kemarin, ada 32 band indie mengikuti technical meeting di Batu Corner Café. Mereka akan tampil dalam parade band indie di Gedung Kesenian Mbahtu Aji Art Center, Jumat hari ini hingga Sabtu (26/10). ‘’Semua band indie itu ingin menjadi band pembuka saat pagelaran NOAH. Silakan tunjukan kehebatan bermusik dalam parade ini, sehingga bisa terpilih sebagai band yang tampil,’’ ungkap Yudi Bastian, penanggung jawab Parade Band Indie kepada Malang Post, kemarin. Dia sendiri tidak menyangka, jika animo pemilik band indie sangat antusias ingin tampil sebagai band pembuka saat pagelaran NOAH nanti. Setiap hari band-band indie itu terus mendaftar mengikuti parade sekaligus ajang audisi. ‘’Pendaftaran sudah kami tutup hari ini (kemarin), dengan peserta 32 band indie dari Kota Batu. Hanya tiga band indie yang dipilih panitia untuk menjadi band pembuka NOAH nanti,” tegas pegawai di Bagian Protokoler dan Rumah Tangga Pemkot Batu ini. (feb/lyo)

PENGCAB PSSI KOTA BATU

Sumberejo Melaju ke 8 Besar

Jon soeparijono/malang post

KUNJUNGI: Brigjen TNI Gede Kusuma Arta saat melihat seluruh hasil karya wisudawan, kemarin. berteknologi yang merupakan aset TNI AD. ‘’Yang ketiga pengabdian kepada masyarakat. Yakni mewujudkan prajurit TNI AD yang mampu memberikan kemanfaatan kepada masyarakat pada umumnya serta satuan-satuan di lingkungan TNI AD pada khususnya dalam bentuk implementasi pengabdian dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi militer matra darat yang dimilikinya,’’

katanya dalam siaran persnya. Dan yang terakhir adalah pembinaan fungsi organik. Yakni mewujudkan personel STTAD Kodiklat TNI AD yang mampu mengemban tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan dan mendukung fungsi utama yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat secara kuantitas dan kualitas melalui pembinaan fungsi organik. (jon)

BATU- Dua gol yang diciptakan Faras, membawa kemenangan kesebelasan Desa Sumberejo atas Desa Beji. Tim Desa Wisata Agrobis ini menang dengan skor 3-0 dalam lanjutan Kompetisi U-16 Kapolres Cup Pengcab PSSI Kota Batu. Satu gol tambahan disumbangkan pemain Agus W. Faras berhasil melesakkan gol pada menit 30, lewat tendangan kerasnya. Kemenangan ini semakin mengokohkan tim asal desa penghasil sayuran ini memimpin klasemen grup B, yang secara otomatis lolos ke babak 8 besar. Awal menit babak pertama, Sumberejo terus mengancam pertahanan Desa Beji, dan dari 7 tendangan yang Kapolres Cup mengarah kegawang dua diantaranya membuahkan gol. Hingga turun minum, Sumberejo masih unggul 3-0 atas Desa Beji. Di babak kedua, tim Beji berkaos orange ini mulai menemukan permainan terbaiknya. Lantas, pada menit 40 mereka hampir menjebol gawang Alfian, tapi peluang emas itu masih melebar disamping gawang. Menit 65, Wasit Gatot S menghadiahi pinalti setelah pemain belakang Beji melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Faras sebagai eksukutor, mampu melesakkan bola kesamping kanan gawang. Pelatih Sumberejo, Muhammad Rofiq mengatakan, hasil kali ini belum memuaskan karena pemainnya masih banyak melakukan kesalahan utamanya pasing maupun lebih condong individual.” Kami menang bukan berarti puas, karena pemain belum bermain maksimal. Kalau permainannya seperti ini, diyakini bakal kandas di babak 8 besar,”kata Rofiq. (mik/lyo)

Mandiri Edukasi Rangsang Siswa-Mahasiswa Menata Masa Depan

Sudah Mengajar Masih Beri Bantuan Perpustakaan BATU –Suasana kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Kota Batu, Kamis kemarin benar-benar berbeda dari hari biasanya. Itu karena rombongan Manajemen PT Bank Mandiri Tbk Malang dan Kota Batu, rela meluangkan waktu untuk mengajar di sekolah berlokasi di Jalan Agus Salim itu, tentang pengetahuan perbankan maupun kepemimpinan. Selain SMPN 1 Kota Batu, SD Cor Jesu dan SMKN 3 Kota Malang, juga mendapat kesempatan sama melalui program Mandiri Edukasi serangkai HUT bank pelat merah tersebut. Di SMPN 1 Kota Batu, hadir Suharjanto Senior

Manager Branch Batu Bank Mandiri, Nia Tatyana Kepala Cabang Bank Mandiri Sutoyo Malang, dan beberapa pegawai lain. Mereka langsung disambut oleh Kasek Barokah Santoso yang mendampingi ratusan siswa. Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, pihak Bank Mandiri menyerahkan bantuan untuk perpustakaan SMP itu senilai Rp 4 juta. Secara simbolis, penyerahan bantuan dilakukan oleh Suharjanto kepada Barokah Santoso Kepala SMPN 1 Kota Batu. ‘’Kegiatan mengajar di sekolah ini, merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-15 Bank Mandiri, 2 Oktober lalu. Men-

gajar di sekolah juga dilakukan secara serentak mulai hari ini (kamis) di seluruh Indonesia,’’ ungkap Suharjanto. Melalui kegiatan mengajar itu, pihak Bank Mandiri ingin semakin menanamkan pentingnya menabung untuk masa depan. Keuntungan menabung di bank, juga disosialisasikan kepada ratusan siswa. Tak hanya digelar di Batu, program Mandiri Edukasi juga digelar di dua sekolah di Malang yaitu SMKN 3 Malang dan SMAK Cor Jesu. Di SMKN 3, bank BUMN tersebut menyerahkan bantuan untuk perpustakaan sebesar Rp 4 juta. Berdasarkan rilis resmi dari PT Bank Mandiri Tbk, bank

Muhammad Firman/Malang Post

PERPUSTAKAAN: Suharjanto, Senior Manager Branch Batu PT Bank Mandiri Tbk secara simbolis menyerahkan bantuan perpustakaan kepada Barokah Santoso Kepala SMPN 1 Kota Batu,

BUMN ini menggelar program edukasi di 210 sekolah serta 12 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. Program itu melibatkan 31.500 siswa SD, SMP dan SMA serta 6.000 mahasiswa. Di Jatim, pelaksanaan Mandiri Edukasi diikuti oleh 2.700 siswa SD, SMP, SMA, dan 1000 mahasiswa. Bank Mandiri juga memberikan bantuan buku perpustakaan di SD dan SMP senilai Rp 112 juta. Hari ini, direksi Bank Mandiri juga dijadwalkan mengajar di UMM. Fransisca Nolwan Mok, Direktur Bank Mandiri menjelaskan, Mandiri Edukasi bertujuan memperkaya penge-

tahuan siswa dan mahasiswa tentang perbankan, pendidikan dan kepemimpinan. Pada program tersebut, seluruh jajaran direksi dan lebih dari seribu pegawai seluruh Indonesia, turun langsung untuk mengajar di sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi. ’’Selain mengajar, Bank Mandiri juga menggelar program-program untuk merangsang generasi muda berwirausaha. Program itu antara lain, penghargaan Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur, WMM Goes to Pesantren, National Lecturer dan Workshop WMM,’’ungkap Fransisca dalam rilisnya. (feb/lyo) REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: ABDEE


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

19

1000 Coral untuk Masa Depan

200 Orang Jadi Adopter Terumbu Karang MALANG – Banyaknya pendaftar susulan kemarin membuat tim penyelenggara 1000 Coral untuk Masa Depan memberikan toleransi perpanjangan masa pendaftaran selama satu hari. hingga kemarin, sebanyak 212 orang resmi menjadi adopter (orang yang mengadopsi) terumbu karang yang akan ditanam diKondang Merak. “Pemdaftar yang tercatat hari ini (kemarin) sebenarnya sudah memesan tempat jauh-jauh hari, namun kekurangan data membuat mereka baru resmi terdaftar pada Kamis (24/10),” jelas Ketua Pelaksana 1000 Coral untuk Masa Depan, Shuvia Rahma. Ia menjelaskan, hari ini, tim penyelenggara akan menyebar SMS Broadcast kepada

seluruh peserta terkait persiapan di hari H. mulai dari jam berkumpul di meeting point hingga perlengkapan yang dasarankan untuk dibawa oleh peserta. “Peserta diharapkan membawa obatobatan pribadi dan pakaian ganti,” terang perempuan berjilbab ini. Shuvia menjelaskan, para peserta dan undangan akan mendapatkan satu terumbu karang

yang telah ditandai (tagging) dengan nama masing-masing peserta maupun undangan. Selanjutnya, mereka disebut sebagai adopter karena terumbu karang yang ditanam di laut akan dirawat secara berkala oleh tim dari Sahabat Alam (Salam). “Nama adopter akan tercatat di karang. Jadi setiap orang yang tergabung dalam acara ini akan memiliki bukti tertulis bahwa mereka telah berperan aktif dalam rehabilitasi terumbu karang,” urai dia panjang lebar. Adapun terumbu karang yang akan ditransplantasi adalah jenis acropora. Karang jenis ini banyak dijumpai di perairan yang memiliki kedalaman 3 hingga 15 meter. Memiliki ciri-ciri

koloni bercabang. “Bagian ujungnya lancip. Warnanya ada dua, biru muda atau cokelat. Namun yang ditanam tadi berwarna cokelat,” tegas dia. Ia menambahkan, karang jenis ini nudah ditransplantasi ketimbang jenis lain. Selain di Indonesia juga bisa dijumpai di Solomon, Australia, Papua Nugini, dan Philipina. Bagyo, salah satu nelayan Kondang Merak mengatakan, Acropora Acuminata merupakan salah satu karang endemik di pantai tersebut. Selain itu, ada pula karang otak, dan karang berbentuk mawar. “Kebanyakan berwarna cokelat. Tapi ada pula karang berwarna ungu. Di salah satu titik, ada pula polip matahari yang mekar di malam hari,” imbuh dia. (fia/mar)

LOMBA DESAIN PATUNG AREMA

Animo Tinggi, Pendaftaran Diperpanjang

RIZAL FANANY/ MALANG POST

KEBUT: Kelengkapan gedung DPRD Kota Malang, mulai dikebut pengadaannya.

KEBUT PENGADAAN MEBELER GEDUNG DEWAN MALANG- Pasca resmi ditempati awal Oktober ini, kelengkapan gedung DPRD Kota Malang terus dikebut. Selain perabot mebeler, gedung dewan juga akan dilengkapi fasilitas mewah audio video dan mic conference. Tak tanggung-tanggung, anggaran pengadaannya mencapai Rp 2,71 miliar. Hal itu tidak ditampik Sekretaris DPRD Kota Malang, Abdul Malik. Menurutnya, perangkat dan kelengkapan audio video dan mic conference tersebut akan ditempatkan di ruang utama rapat paripurna serta untuk dua ruang rapat internal. “Di ruang utama rapat paripurna yang besar itu mampu menampung ratusan peserta rapat. Audio video itu

salah satunya kita tempatkan di sana,” terangnya. Hanya saja, Malik belum bersedia membeberkan lebih detail soal pengadaan alat yang masih akan memasuki tahap lelang tender ini. Dia juga belum bersedia menjelaskan kelayakan perangkat audio video dan mic conference di Bakorwil Jatim atau gedung lama yang ditempati selama gedung DPRD di Bundaran Tugu dipugar. Sedangkan Wakil Ketua DPRD DPRD Kota Malang, Ahmadi, justru mengaku tak tahu menahu tentang anggaran pengadaan perangkat dan kelengkapan audio video dan mic conference tersebut. “Itu domain dari sekretariat dewan, saya tak tahu menahu soal anggaran itu,”

jawabnya polos. Dia tak memungkiri, saat proses pembahasan anggaran dewan menyetujui usulan dari Sekwan tersebut. Namun sebelumnya terlebih dahulu mempertanyakan efektivitas dan efisiensi dari pengadaan baru itu. “Unsur pimpinan mengedepankan efektifitas dan efisiensi, jangan sampai terlalu boros. Tapi sekwan sudah memaparkan pertimbangannya, ya silakan saja kalau memang mau pengadaan baru,” ujarnya diplomatis. Dia lantas mencontohkan seperti saat pengadaan meubeler senilai Rp 1,2 miliar. Unsur pimpinan sudah bertanya ke sekwan bagaimana dengan mebeler yang lama. Kala itu barang lama dianggap sudah tak layak dan harus diganti. Lalu

untuk kelengkapan audio video dan mic conference yang lama pun dinilai Ahmadi sebenarnya masih bagus. “Nasib alat lama ini akan serupa dengan mebeler yang lama. Masuk gudang dan jika memang mau dijual pemkot maka akan dilelang terbuka dan uang hasil penjualannya masuk kas daerah,’ tegasnya. Aktivis Malang Corruption Watch (MCW), Hayyik Ali menilai fungsi budgeting dewan cukup lemah. “Kalau dewan menilai anggaran untuk peralatan audio video dan mic conference itu boros, kenapa tetap disetujui,” selorohnya. Menurutnya, anggaran sebesar itu lebih baik dipakai untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga Kota Malang. (tom/mar)

Besok, Pembukaan Festival Kampung Celaket 2013 MALANG- Untuk kali kedua, sejak kali pertama diselenggarakan tahun 2012 lalu, Festival Kampung Celaket bakal kembali ‘memanaskan’ gairah pariwisata Bhumi Arema. Sabtu (26/10) besok, event buah kerjasama warga Celaket dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang akan resmi dibuka oleh Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso. Ajang tahunan bertitel International Celaket Cross Cultural Festival (ICCCF) ini akan diikuti ribuan seniman dari berbagi penjuru dunia. Sedikitnya 35 negara bakal ambil bagian selama perhelatan festival yang berlangsung mulai 26 Oktober hingga 1 November mendatang. “Bila pada penyelenggaraan pertama hanya berlangsung tiga hari, kali ini akan kami gelar seminggu penuh. Mulai pukul 13.00 hingga 23.00,” terang Ketua Pelaksana ICCCF, Hanan Djalil. Sejumlah kesenian yang akan ditampilkan selama seminggu penuh di Celaket Gang 2 nanti antara lain Tari Kecak, , Legong dan Barong, Jaranan, Topeng Malang, Tari Gandrung, Tari Seblang, Tari Jentreng, Jaipong, Tari Beskalan Ludruk, Campursari hingga Bantengan. “Kita tampilkan kesenian-kesenian yang sudah hampir punah, sebut saja Ludruk asli Malang,” imbuhnya kepada Malang Post. Selama sepekan nonstop, sedikitnya 1800 seniman dari dalam dan

TOMMY YUDA PAMUNGKAS/MALANG POST

SEMARAK: Karnaval kostum dunia bakal memeriahkan pembukaan ICCCF 2, Sabtu (26/10) besok.

luar negeri akan unjuk kebolehan. Dari Indonesia, akan datang seniman seJawa Bali. Delegasi luar negeri seperti dari Cina, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Belanda, Slovakia hingga Ukraina bahkan sudah memastikan diri bakal datang. Para perwakilan negara-negara par-

tisipan bakal melenggang di catwalk jalanan sepanjang kawasan JA Suprapto dalam World Costume Carnival Contest, pada waktu pembukaan besok. Masingmasing akan tampil dengan dandanan eksentrik nan kreatif, namun tetap mengacu budaya daerahnya. Kawasan Celaket bakal diubah menjadi arena

karnaval dunia. Setiap negara kontestan ka jelas je tak mau kalah menampilkan kreasi terbaiknya dalam balutan kostum unik. te Termasuk tuan rumah, Indonesia, yang Te memang terkenal kaya budaya. m “Tema kali ini adalah Unity in Diversity. Ibaratnya Bhinneka Tunggal Ika, tapi kita Ib buat bu skalanya lebih besar, mencakup seluruh budaya dunia,” ujar koordinator se World Costume Carnival Contest, Agus W Sunandar. Festival ini diharapkan bisa Su menjadi pionir yang menginspirasi m kampung-kampung lain di Kota Malang ka untuk menggelar event serupa, yang un tentunya tak kalah spektakuler. “Kami te usung konsep ini dari Celaket, supaya bisa us menginspirasi kampung-kampung lainnya m di Kota Malang. Sehingga, magnet kota ini in sebagai kota wisata budaya semakin besar,” timpal Hanan. be Hal itu diapresiasi positif oleh Ketua DPRD Kota Malang, Arif Darmawan. D Menurutnya, ajang seperti ICCCF meM miliki manfaat besar bagi Kota Malang dan seluruh warganya. “Tentunya event ini bisa menjadi daya magnet pa riwisata Kota Malang. Jika Kota Malang semakin sering dikunjungi, tentu ikut mengatrol perekonomian warganya, utamanya wong cilik. Sudah semestinya, kampung-kampung lainnya ikut mengagendakan festival seperti ini,” pujinya. (tom/mar)

Antusiasme Masyarakat Tinggi Sambungan dari Halaman 20

Yang paling rumit adalah membuat miniatur kapal di dalam botol. Pembuatannya butuh waktu dua hari dengan tingkat kerumitan yang tinggi. “Sebenarnya saya punya lagi ukuran 2 meter, tidak saya bawa dengan harga sekitar Rp 2,5 juta,” imbuhnya. Miniatur kapal ini, dulu diminati luar negeri, seperti Australia hingga ke

Korea. Saat ini pangsa eksport sedang lesu, sehingga Yuli hanya mengirim ke Kalimantan, Bali dan Yogyakarta. “Kalau pameran dengan pemerintah ini, kita kasih harga subsidi, kalau di Jakarta bisa dua kali lipat harganya,” tandasnya. Rasa puas juga ditegaskan oleh M. Yazid, pengusaha tape di stan Pemkab Jombang. Baru buka beberapa

menit, dia sudah diserbu pembeli. Mereka memborong 25 renteng tape, satu renteng seharga Rp 10.000. Selain itu juga membeli kecap cap bader, bahkan ada yang memborong hingga 10 botol. “Kemarin Wali Kota Batu Eddy Rumpoko juga memborong tape, banyak sekali,” ujar Yazid sembari terkekeh.

Ulul warga Klampok Kasri mengaku senang dengan adanya pameran seperti ini. Pihaknya berharap, tiga bulan sekali bisa digelar di Kota Malang. Dalam pameran, Ulul memborong kecap bader seharga Rp 15.000 perbotol. “Saya memang sengaja cari kecap bader, itu sangat enak, untuk warung saya,” aku perempuan berjilbab ini. (ary/mar)

MALANG- Pendaftaran peserta Lomba Desain Patung Arema dan Sayembara Penataan Alun-Alun Kota Malang yang digelar Pemkot Malang dan didukung PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang, akhirnya dibarengkan. Pendaftaran peserta Lomba Desain Patung Arema dimulai 10 Oktober hingga 17 November mendatang. Waktu selama satu bulan lebih itu digunakan peserta untuk pendaftaran dan mengembalikan hasil karya. Sehingga peserta lainnya masih banyak memiliki kesempatan untuk mendaftarkan diri. “Pendaftaran kita perpanjang agar berbarengan dengan pendaftaran Sayem bara Penataan Alun-Alun,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto. Sebelumnya pendaftaran desain patung dimulai 10 hingga 19 Oktober saja. Meski dalam waktu hanya sembilan hari itu, peserta sudah banyak yang mendaftarkan diri. “Peserta sudah banyak yang mendaftarkan diri baik dari dalam kota maupun luar kota. Animo masyarakat akan lomba ini sangat tinggi,” terangnya. Sedangkan penjurian akan dilakukan selama lima hari mulai tanggal 18 November hingga 22 November. Penjurian ini masih tahap penjurian awal karena masih ada lagi penjurian akhir yang dilakukan tanggal 25 November hingga 17 November. “Sebelum dilakukan penjurian akhir akan dilakukan pameran hasil karya. Pameran dilakukan tanggal 23 dan 24 November,” tambahnya. Dalam pameran itu, masyarakat diberi kesempatan untuk melakukan penilaian hasil karya peserta. Sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan 28 November. Pandaftaran peserta dengan mengisi dan menyerahkan formulir yang dapat diperoleh di Sekretariat Panitia. Sekretariat dengan alamat Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota (DKP) Malang, Jalan Bingkil Nomor 1 Malang, telp. 0341-369 377 atau mengunggah di www.malangkota.go.id atau www.mediacenterkendedes. malangkota.go.id. Peserta dapat atas nama perorangan atau kelompok dengan anggota maksimal tiga orang. Setiap peserta hanya boleh mengikutkan satu karya desain. Konsep dan gambar desain diwujudkan dalam tulisan dan gambar manual atau tangan pada kertas linen ukuran A3, maksimal tiga lembar. Karya desain belum pernah diikutkan pada lomba serupa atau dipublikasikan atau bersifat orisinil, mengacu pada referensi gambar yang wajib dilampirkan berikut Surat Pernyataan Orisinalitas pada saat pengumpulan desain. (jon/mar)

ASA WARGA KOTA WARGA Kota Malang sampaikan harapan anda kepada duet Abah Anton dan Sutiaji yang menjadi pemimpin baru Bumi Arema hingga lima tahun ke depan. Kirimkan suara anda lewat sms ke nomor

0857 9119 1887

Sidak Sekolah Swasta

Pak wali kota, tolong diperhatikan dan disidak langsung guru-guru di sekolah swasta. Jangan yang negeri saja karena beban kita sama dengan yang negeri, mencerdaskan dan meluluskan anak-anak yang sekolah. Saya guru MTS swasta di daerah Tlogowaru pinggiran, cuma digaji Rp 1500/jam. Seminggu 18 jam dan sebulan 72 x 1500 = Rp 108.000. Itupun kalau masuk terus. Kadang ada liburnya. Untung tiap harinya saya jualan koran. Jadi masih bisa mencupuki kebutuhan hidup. 085755748xxx

Miliki P Produk d k Gi Gitar B Berkelas k l Sambungan dari Halaman 20

“Saya juga membuat desain untuk ukiran dan membuat bodi gitar,” imbuh Ferry. Gitar ini harganya melambung karena memakai kayu solid. Bahkan untuk produk gitar Panji Asmorobangun memmakai katu maple yang didatangkan dari Australia. Termasuk untuk produk ukir juga menggunakan neck dan finger board dari Amerika. “Berbeda dengan produk pabrik yang memakai plywood, kita pakai kayu solid, dengan tingkat kesulitan yang berbeda,” terangnya. Sementara itu, di Kampung Malangan juga disajikan berbagai pertunjukan musik hingga pukul 22.00. pengunjung diajak merasakan langsung permainan egrang jaman dulu yang dibawa dari kampung celaket. Juga mengapreasi penampilan band, komunitas sastra dan aksi permainan perkusi. “Setiap hari, hiburan di Kampung Malangan sama seperti ini, mengalir biar bisa dinikmati masyarakat,” ujar Deny Mishar, Stage Manager Kampung Malangan. (ary/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


JUMAT, 25 OKTOBER 2013

ANTUSIASME MASYARAKAT TINGGI M MALANGPemilik stan pameran Pesta Rakyat dan Pentas Seni Jatim 2013 diserbu pembeli. Mereka puas P melihat antusiasme masyarakat Malang yang cukup m kkonsumtif di dalam pameran. Meski pesta rakyat baru bberjalan dua hari, sejumlah stan sudah mendapatkan kkeuntungan. Yuli Astoni pemilik sanggar seni Adhesi mengaku ssangat takjub dengan antusias masyarakat Kota Malang. Pengusaha seni miniatur kapal tradisional ini mengisi stan P Kota Surabaya. Dia membawa sekitar 40 miniatur kapal K Phinisi mulai harga Rp 75.000 sampai dengan Phinisi P rraksasa seharga Rp 900.000. “Sudah terjual 10 biji. Antusiasmenya bagus untuk di JJawa Timur. Pameran di Malang tergolong cepat laku,” uujar pria yang berdomisili di Gresik ini. Makanya ketika ppameran di Malang, pihaknya membawa stok barang yyang lebih banyak. Selain di Kota Malang, pihaknya tidak membawa bbarang dalam jumlah yang banyak. Kali ini, sambutan ddari masyarakat ternyata benar-benar memuaskan ddirinya. “Masyarakat sini sangat menghargai karya sseni, saya bawa banyak phinisi, sebagian saya kirim ke Sarinah,” akunya. S Pria ini membuat sendiri karya miniatur kapal-kapal. D Diantaranya kapal Dewaruci, Phinisi serta Cutty Sark. RIZAL FANANY/MALANG POST

LARIS : Kerajinan perahu Phinisi dari sanggar seni Adhesi bisa didapatkan di stand Kota Surabaya.

Baca Antusiasme... Hal.19

Miliki Produk Gitar Berkelas MALANG- Kota Malang memiliki pro duk gitar yang berkelas. Yakni gitar merek Lusiana yang dibuat oleh Ronald E, pengrajin asal Jalan Pisang Candi Kota Malang. Gitar karya Ronald itu telah dikirim ke Australia hingga Kroasia dengan harga Rp 4 juta hingga Rp 15 juta. Karya anak negeri itu, bisa dilihat dan dijajal dalam Pesta Rakyat dan Pentas Seni Jatim 2013 di halaman Stadion Gajayana. Tepatnya di zona Kampung Malangan, di dekat stan harian pagi Malang Post Korane Arek Malang. Di tempat itu, pengunjung bisa mendengar dan menjajal langsung gitar

berkelas. “Kami membawa sejumlah gitar masterpiece gaya Malangan,” aku Ferry Hasaid salah satu pengrajin gitar. Karya berkelas itu, diantaranya Gitar motif Panji Asmorobangun seharga Rp 10 juta. Juga ada gitar ukir seharga Rp 15 juta. Dan gitar silence seharga Rp 4 juta. Pengunjung juga bisa menjajal gitar still yang pernah dipakai Leo Kristi seharga Rp 6 juta. Baca Miliki... Hal.19 RIZAL FANANY/MALANG POST

BERKELAS : Gitar khas produk Ronald E warga Pisang Candi Kota Malang harganya jutaan rupiah.

20

PERHIASAN

RIZAL FANANY/MALANG POST

KOLEKSI: Pemilik Griya99permata menunjukkan koleksi permata zamrud seharga Rp 12 juta.

Produk Permata Sidoarjo MALANG- Pesta Rakyat dan Pentas Seni Jatim 2013 juga diikuti pengusaha permata dari Sidoarjo. Permata nan indah itu bisa dilihat dan dibeli di stan Griya99permata. Di stan itu terdapat permata zamrud seharga Rp 12 juta. Adik, pemilik stan tersebut, sebenarnya juga memilii zamrud seharga Rp 150 juta. Akan tetapi, khusus untuk pameran kali ini, pihaknya hanya membawa permata yang harganya terjangkau. “Selain batu permata, pirus, akik, koleksi yang bagus saya bawa ke sini,” ujar Adik. Pria ramah ini mengatakan harga perhiasan yang dia bawa sangat terjangkau. Sebab, karyanya bisa didapatkan mulai dari Rp 100.000 sampai dengan Rp 12 juta untuk permata Zamrud. “Pecinta akik juga bisa mendapatkan perhiasan sesuai dengan keinginannya disini,”katanya. Salah satu karya yang indah adalah akik mata Sulaiman. Sepintas, jika dilihat, akik itu memiliki bentuk mirip mata. Kemilau terpancar dari pendar warna yang berasal dari pantulan akik tersebut. “Akik Mata Sulaiman ini harganya Rp 4,5 juta,” imbuh dia. Selain menjual perhiasan, Adik rupanya juga memiliki pengrajin pengikat permata. Masyarakat pemilik permata bisa memesan pengikat perhiasannya. Mengenai motif bisa disesuaikan keinginan para pemilik perhiasan. “Pameran di Malang memang antusiasme pengunjung selalu bagus, saya sudah beberapa kali ikut pameran di Malang,” akunya. (ary/mar)

MANDIRI GELAR EDUKASI PELAJAR BANK Mandiri secara serentak menggelar program edukasi kepada siswa SD, SMP dan SMA di seluruh Indonesia. Di wilayah Malang Raya, Edukasi dilakukan di SMPN 1 Batu, SD Cor Jesu Malang dan SMKN 3 Malang, Kamis (24/10) kemarin. FOTO-FOTO: MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST, TEKS: FEBRI SETYAWAN/ADV

POSE: Suharjanto (kiri), Barokah Santoso (kanan) dan salah satu siswa berpose bersama usai penyerahan bantuan.

FOTO-FOTO: FIRMAN MALANG POST

SIMBOLIS: Suharjanto, Senior Manager Branch Batu PT Bank Mandiri Tbk (kanan) menyerahkan bantuan perpustakaan kepada Barokah Santoso, Kepala SMPN 1 Batu.

SAMBUTAN: Kepala SMPN 1 Batu, Barokah Santoso (kiri) memberikan ucapan selamat datang kepada manajemen Bank Mandiri.

EDUKASI: Ani Tatyana, Kacab Bank Mandiri Sutoyo Malang saat mengajar.

MENGAJAR: Perwakilan Bank Mandiri Wahid Hasyim Malang ikut mengajar

SIMAK: Ratusan siswa SMPN 1 Batu menyimak pelajaran dari pimpinan Bank Mandiri.

YEL-YEL: Siswa SMPN 1 Batu memberikan yel-yel sebelum menerima pelajaran dari manajemen Bank Mandiri. REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


Mp2510