Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

Indonesia Young Readers Awards

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

Ribuan Pengungsi Mulai Dipulangkan MALANG – Sebagian pengungsi, yang berada di wilayah Kota Batu dan Pujon, kemarin mulai pulang ke desanya masing-masing. Ada pengungsi yang dipulangkan secara resmi. Ada juga pengungsi yang memaksa untuk pulang sendiri dari lokasi pengungsian. Untuk wilayah Pujon, pemulangan pengungsi dipusatkan di Koperasi SAE. Totalnya 290 orang. Mereka selama ini mengungsi di Koperasi SAE. Sebagian mengungsi di Desa Ngroto Kecamatan Pujon. Pemulangan pengungsi dari Pujon ini, dilakukan Kapolres Batu, AKBP Windiyanto Pratomo. Pengungsi yang dipulangkan tersebut, diangkut dengan kendaraan TNI. Sebagian juga menggunakan kendaraan milik Koperasi SAE dan kendaraan para relawan. Rangkaian kendaraan membawa pengungsi, mendapatkan pengawalan ketat dari Patwal Polres Batu.

Baca Ribuan...Hal 11

ATAS NAMA PENASARAN LAGA IIC : Bustomi duel dengan Shaka Bangura saat pra musim kemarin. Keduanya bakal kembali bertemu saat Arema menjamu Barito, malam ini.

MALANG – Arema Cronus masih dilingkupi rasa penasaran terhadap sang lawan, Barito Putera. Paling tidak, selama satu musim belakangan. Bagaimana tidak. Dari tiga pertemuan terakhir, Singo Edan sama sekali tak bisa meraih poin penuh, lawan tim asal Banjarmasin ini. Dan nanti malam di Stadion Kanjuruhan, Arema siap menyudahi rasa penasarannya terhadap skuad asuhan Salahuddin. Arema mengusung misi rebut poin absolut dalam laga yang digelar live dengan kick off pukul 19.00 WIB.

Stan Kampus Diperlebar MALANG – Ke 13 Perguruan Tinggi (PT) terkemuka di Malang Raya, rupanya sudah tak sabar untuk memeriahkan Edu Fair M-Teens School Competition 2014 (MSC14) Malang Post. Hal ini terlihat dari antusiasme perwakilan masing-masing PT, saat mengikuti technical meeting (TM) di ruang rapat redaksi Malang Post, Jalan Sriwijaya 1-9, kemarin (20/2). TM yang dipimpin oleh Penanggung Jawab MSC14, Dewi Yuhana tersebut, dihadiri seluruh peserta Edu Fair. Hana, sapaan akrab wanita berjilbab tersebut menjelaskan secara detail, tentang teknis MSC14 yang akan diselenggarakan di Aula Skodam Brawijaya, 2527 Februari mendatang.

Suntik Mental dari Tak Pernah Kalah PULANG: Sebagian pengungsi pulang dari posko pengungsian di wilayah Batu dan Pujon, kemarin.

Kelud Siaga, Pemprov Siapkan Rp 100 M SURABAYA – Setelah sepekan meletus, Gunung Kelud statusnya resmi diturunkan menjadi siaga. Kendati begitu, jarak aman yang direkomendasi Badan Geologi bagi warga adalah 5 km dari semula 10 km. ‘’Warga di sekitar Gunung Kelud, kami minta tetap berada pada jarak aman yaitu 5 kilometer. Meski turun status, tidak berarti kondisi sekarang sudah aman benar,’’ kata Surono, Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM kepada Malang Post sebelum rapat koordinasi dengan Tim Kelud di Gedung Grahadi, kemarin siang. Dikatakan dia, masyarakat disarankan tetap tidak kembali ke rumahnya masing-masing, tanpa ada pengawasan tenaga ahli. Karena ancaman lahar dingin akibat tingginya curah hujan, beberapa hari ke depan, bisa mengancam keselamatan warga. ‘’Boleh kembali, tapi masih ada ancaman lahar dingin. Atau, jika atap rumah masih penuh debu, kemudian hujan deras turun, maka rumah juga bisa runtuh. Ini harus diwaspadai,’’ kata Surono, yang namanya melambung ketika Gunung Merapi meletus, beberapa tahun lalu.

Baca Kelud ...Hal 11

Baca Stan...Hal 11

MALANG – Selama pra musim untuk ISL 2014, hanya ada tiga tim yang mampu menahan imbang Arema Cronus, di Stadion Kanjuruhan. Dua diantaranya tim manca negara. Terengganu FA dan Hamburg SV. Satu-satunya tim lokal, adalah Barito Putera Banjarmasin, yang menahan imbang Singo Edan 2-2 di Inter Island Cup 2014. Dengan modal yang sangat baik ini, Salahuddin, pelatih Barito Putera, siap bangkit dari dua kali kekalahan di ISL 2014. ‘’Kita harus siap lawan Arema. Baik fisik, taktik dan mental. Harapan kita, yakni pakai modal tak pernah kalah di Malang, untuk beri motivasi pemain Barito,’’ terang Salahuddin, usai uji lapangan di Stadion Kanjuruhan, pagi kemarin.

Baca Suntik...

Abanda Herman

Gustavo Lopes

Hal 11

Pemain

Trequartista atau playmaker serang milik Kunci Arema. Flamboyan, stylish dan tenang. Dia pemain kunci Arema yang bertugas mengatur tempo, irama serangan Arema. Kelebihan: Passing akurat, dribbling, eksekusi bola mati, visi bermain, shooting. Kelemahan: Stamina belum maksimal

Arema

Kurnia Meiga

Peran Kurnia Meiga sangat krusial untuk malam ini. Konsistensi dan refleksnya menentukan keperawanan gawang wang Singo Edan. Edan Kelebihan : Refleks, jangkauan, positioning bola,pengalaman. Kelemahan : Lemah antisipasi bola heading.

BPJS KESEHATAN

Tumpuan Barito Putera di lini belakang. Abanda adalah sosok sentral pertahanan dan jadi harapan untuk menyapu bersih semua serangan Arema. Kelebihan: Marking, tackling, body charge Kelemahan: Lemah antisipasi

Pemain Kunci

Barito

Tanpa Online, Terancam Bangkrut

James Koko Lomell Inspirator serangan bersama Shaka Bangura. James dianugerahi fisik kuat, naluri gol dan kemampuan dribbling. Kelebihan : Shooting, dribbling Kelemahan: Eksekusi satu lawan satu

Ngalam

Ebes Optimis Halakno Barito

JAKARTA - Hingga kini, masih banyak puskesmas atau rumah sakit yang masih menggunakan sistem manual dalam pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Resiko klaim ganda dan double kepesertaan pun tak bisa dihindarkan. Hal ini kemudian yang membuat cemas Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Sebab, adanya klaim ganda dan double kepesertaan tersebut disinyalir akan mengekibatkan BPJS kesehatan bangkrut perlahan. Menurut Ketua DJSN Chazali Situmorang, resiko klaim ganda dan double data peserta hanya dapat dikontrol dengan sistem online di seluruh lapisan BPJS Kesehatan, baik di pelayanan kesehatan tingkat primer hingga tersier. Sehingga, data peserta memungkinkan untuk segera diakses jika yang bersangkutan sedang berobat.

Baca Tanpa...Hal 11

Mesin Pemotong Tebu Milik Agus Mulai Disempurnakan Malang Post, Pemkot Malang dan Arema Cronus menerima bantuan untuk korban bencana Gunung Kelud, Anda bisa menyalurkan bantuan ke kantor Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, atau Kantor Arema Cronus Jl. Kertanegara no. 7, atau transfer ke rekening

Ubah Bensin ke LPG, Rodanya Seperti Tank Banyak orang masih tidak tahu siapa Agus Zakarinda. Namun di lingkungan pabrik gula, yang tergabung dalam grup PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), namanya sudah cukup dikenal. Hasil karyanya berupa mesin pemotong tebu yang diberinama Azhensho KB 013 JL dan mendapat apresiasi khusus dari Menteri BUMN Dahlan Iskan, langsung membuatnya dikenal. Lalu seperti apa proses pembuatannya ?

Kana : Ingeb iki Arema ditantang Barito Putra ndik Kanjuruhan bes Ebes : Asaibe Arema kangelah halakno tim oket Banjarmasin iki jes Kana : Bener bes, tim iku ancen abot, tapi embuh le sak iki Ebes : Apais ae lawane, Arema kudu niam temenan cikno osi nganem. Arema sak iki bedo karo biyen, ayas kok optimis lek Arema osi halakno Barito.

‘’Kalau dulu boleh mati lampu asal siang hari, kini tidak mungkin lagi : sudah banyak ibu-ibu yang kecanduan sinetron.’’

GUEST GESANK/MALANG POST

10 Tahun Tak Bisa Kalahkan Barito

Baca Atasi...Hal 11

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

AGUNG PRIYO/MALANG POST

TEMUAN : Agus Zakarinda, ketika merakit mesin Azhensho KB 013 JL buatannya untuk pemotong tebu.

Siang itu, jarum jam di tangan baru menunjukkan pukul 10.00. Namun cuaca di wilayah Bululawang, sudah cukup panas. Malang Post yang berkunjung ke salah satu rumah dinas, di depan Pabrik Gula (PG) Krebet Baru Bululawang, sampai harus melepas jaket karena sangat gerah. Saat masuk ke rumah, lewat pintu

garasi, terlihat seorang pria sedang merakit mesin. Dia adalah Agus Zakarinda. Dengan memakai kacamata dan sarung tangan, pria kelahiran Pare Kediri, 16 Agustus 1963 lalu ini, sedang menyempurnakan mesin pemotong tebu Azhensho KB 013 JL.

Baca Ubah...Hal 11

BCA (400 310 3598) Konfirmasi transfer dan bantuan bisa menghubungi

082335230002 (Stenly)

Fresh Money

Adina Malinda, Malang Alumni Gontor Putri Kemarin Total hingga hari ini

Rp Rp Rp Rp

500.000 700.000 39.423.500 40.623.500

BANTUAN BARANG Pakaian layak pakai dari Hamba Allah, Malang. Pakaian layak pakai dari Rakhmad Yani, Malang Pakaian layak pakai dari keluarga Moko, Malang.

Jawa Pos Group


nasional

jumat, 21 februari 2014

2

lintas nasional

Akil – Karsa Sepakat Rp 10 Miliar

RIZAL FANANY/MALANG POST

TETAP WASPADA : Warga pengungsi yang sudah kembali ke rumahnya di Kecamatan Kasembon dan Pujon harus tetap waspada hingga tanggap dururat selesai.

Status Turun, Warga Harus Waspada Hingga 12 Maret JAKARTA-Menteri Koor­ dinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan, sejak gunung Kelud erupsi Kamis (13/2) lalu yang berstatus Awas (level IV), kemarin, sudah turun ke status Siaga (level III). Dengan status itu maka masyarakat sudah boleh pulang dan status kawasan radius 10 kilometer harus kosong berangsur ditu­ runkan menjadi 5 kilometer.

“Tapi belum ada ramalan pasti kapan gunung Kelud akan aman. Intinya keadaan tanggap darurat harus sampai tanggal 12 Maret 2014. Masyarakat harus tau juga ka­ lau meski sudah menurun dan sudah ada hujan, ada lahar hu­ jan yang mengancam ma­sya­ rakat yang tinggal di daerah aliran sungai,” kata Agung di kantor Kemenko Kesra, Ja­ karta, Kamis (20/2).

Menurut Agung, jumlah dae­rah yang berdampak erupsi gunung Kelud pada radius 10 km sebanyak 35 desa, 9 ke­ca­ matan, 3 kabupaten (Bilitar, Kediri, Malang). Sementara kor­ban meninggal dunia sam­ pai hari ini masih berjumlah 7 jiwa, rawat inap 31 jiwa, rawat jalan 1392 jiwa dan jumlah pengungsi sebanyak 68.627 jiwa. “Besaran kerugian semen­

tara sampai hari ini mencapai Rp 392,66 miliar rupiah,” ungkapnya. Agung menambahkan ber­ dasarkan perintah Presiden SBY hari ini, operasi tanggap darurat masih harus terus dilakukan sampai status gunung Kelud diturunkan. SBY juga menginstruksikan agar pemerintah daerah yang terkena dampak erupsi terus melakukan pendataan keru­

sakan dan kerugian yang be­k erjsama dengan BNPB, ke­m enterian atau lembaga terkait. Menteri asal Partai Golkar ini juga mengatakan cost sha­r ing  antara pemerintah pro­vinsi dan kabupaten harus dilakukan. Agung juga meng­ himbau Pemda juga harus sosialisasikan ancaman gunung kelud sejelas-jelasnya pada masyrakat. (jpnn/aim)

Pemda Harus Pastikan Honorernya Asli atau Bodong JAKARTA- Pascape­ngumu­ man kelulusan honorer kate­ gori dua (K2), pemerintah dae­ rah diminta segera melakukan verifikasi data. Verifikasi ini sangat penting untuk melihat apakah honorer yang lulus benar-besar K2 atau bodong. “Tidak mungkin pusat lagi yang memverifikasi datanya di daerah-daerah. Apalagi jumlah honorer yang lulus sangat ba­ nyak. Jadi daerah yang harus memeriksa apakah honorernya asli atau palsu,” kata Sekre­ taris Kementerian Penda­ya­ gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Ses­ menPANRB) Tasdik Kinanto di kantornya, Kamis (20/2). Kendati Pemda diberikan kewenangan untuk melakukan verifikasi, Tasdik kembali mewanti-wanti agar jangan coba main-main dengan data. Yang dinyatakan lolos veri­ fikasi harus benar-benar honorer K2 asli. Kalau sampai

ketahuan yang diajukan pemda itu honorer bodong, sanksinya adalah pidana. “Nantinya data hasil ver­ ifikasi pemda ini yang akan menjadi acuan untuk pengu­ rusan NIP di masing-masing Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN). KemenPANRB akan mengawal ini agar yang bodong tidak bisa lulus CPNS,” bebernya. Dia menambahkan, honorer K2 yang lulus belum tentu menjadi CPNS dan menda­patkan NIP. Jika BKN mene­m ukan ada data yang dipal­sukan (setelah verifikasi pemda), honorernya langsung dianulir. Sedangkan pejabat pembina kepegawaian dan pejabat terkait yang menandatangani hasil verifikasi data tersebut akan diseret ke polisi karena melakukan tindakan pe­ malsuan. (jpnn/aim)

Presiden Minta Risma Tidak Mundur

JAKARTA - Walikota Surabaya Tri Rismaharini banyak mendapatkan empati dari berbagai pihak. Kamis (20/2), Risma menemui Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Senayan untuk menceritakan berbagai masalah yang membuatnya tertekan dan ingin mengundurkan diri. Sebelumnya, Presiden SBY, juga sudah menelpon Risma agar tidak mundur. Kepada awak media, Risma mengakui keberatan dengan proses penunjukan wakilnya yang baru Wisnu Sakti Buana. Ia pun ingin mendengar masukan DPR mengenai hal tersebut. “Tujuannya kedatangan saya ke sini ingin menyampaikan, saya mohon bantuan dan klariTri Rismaharini fikasi di Komisi II untuk proses pemilihan itu,” kata Risma usai pertemuan. Menurut Risma, penunjukan Wisnu tidak melalui mekanisme yang sah. Hal inilah yang membuatnya resah dan merasa tertekan. Risma juga mengaku takut dianggap terlibat jika diam saja melihat penyimpangan tersebut. “Nanti DPR bilang, “Bu Risma bisa diajak main juga”,” ujarnya. Lebih lanjut, Risma mengaku optimis DPR dapat memberi solusi atas masalahnya. Ia berharap pertemuannya dengan pimpinan DPR bisa membuat masalahnya cepat selesai. Walikota Surabaya Tri Rismaharini kaget ketika diminta konfirmasi soal dirinya ditelepon oleh Presiden SBY. Risma terdiam sejenak. Setelah itu kalimat singkat terlontar dari mulutnya. (jpnn/aim)

Firman/Malang Post

PENGUMUMAN : Masyarakat dan honorer kategori dua (K2) melihat pengumuman hasil tes CPNS honorer K2 di depan BKD Kabupaten Malang.

Surabaya Banyak Penyimpangan Anggaran J A K A RTA – D i t e n g a h men­cu­atnya kinerja Tri Ris­ maharini sebagai Wali Kota Surabaya, kabar kurang sedap justru muncul. Kabar tak sedap itu adalah predikat yang disandang Surabaya sebagai daerah di Jawa Timur dengan tingkat penyimpangan angga­ran paling tinggi. Berdasarkan catatan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), penyim­ pangan anggaran terjadi di 38 kabupaten/kota di Jatim. “Ini bukan temuan FITRA, tapi hasil temuan dari pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keu­ ang­an, red),” kata Uchok Sky Khadafi, Direktur Investigasi dan Advokasi FITRA di Jakarta, Kamis (20/2). Lebih lanjut Uchok merinci berdasarkan hasil temuan BPK semester 1 tahun 2013, ter­dapat 194 kasus dugaan pe­nyimpangan di seluruh daerah di Jawa Timur. Dari catatan BPK, nilainya mencapai Rp 108 miliar. “Modus-modus penyim­pa­ ngan anggaran seperti ke­se­ ngajaanan untuk salah dalam

ad­ministrasi, tidak ada per­ tanggungjawaban anggaran seperti bantuan hibah dan bansos, ada proyek atau pro­ gram yang tidak tepat sasaran, hingga ditemukannya belanja perjalanan dinas fiktif dan adanya kekurangan volume pekerjaan,” papar Uchok. Menurutnya, aparat hukum perlu secepatnya menindak­ lanjuti temuan itu. Sebab, jika terjadi pembiaran dari aparat hukum maka dugaan penyim­ pangan anggaran akan tetap

marak untuk setiap tahunnya, terlebih menjelang Pemilu 2014 atau menjelang pemili­ haan kepala daerah. “Setelah Surabaya, urutan ke­d ua ditempati Kabupaten Bo­j onegoro dengan temuan pe­n yimpangan anggaran sebesar Rp 83,7 miliar de­ ngan 151 kasus. Kemudian Kabu­p a­t en Mojokerto dengan temuan penyim­pangan ang­g aran sebesar Rp 48,8 miliar dengan 165 kasus,” katanya. (jpnn/aim)

JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar pernah meminta uang sebesar Rp 10 miliar untuk pengurusan sengketa Pilkada Jawa Timur yang ditangani MK setahun lalu. Hal ini terungkap dalam berkas dakwaan Akil yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis, (20/2). Menurut jaksa penuntut umum (JPU) dari KPK, permintaan itu berawal dari komunikasi antara Akil dengan Ketua DPD I Golkar Jawa Timur Zainuddin Amali, yang juga ketua Tim Pemenangan untuk pasangan Soekarwo dan Syaifullah Yusuf (Karsa). Komunikasi antara ke­duanya terjadi pada tanggal 1 Oktober 2013 melalui BlackBerry Messenger (BBM). “Enggak jelas itu semua, saya batalin ajalah Jatim itu, pusing aja. Suruh mereka siapkan 10 M saja kalau mau selamat. Masak hanya ditawari uang kecil, gak mau saya,” tulis Akil kepada Zainuddin Amali dalam pesan BBM yang dibacakan Jaksa Pulung Rinandoro.  Zainuudi Amali kemudian menjawab pesan Akil tersebut. “Baik bang, besok akan saya komunikasikan dengan tim Jatim, tks,”. Komunikasi antara keduanya kembali berlanjut pada tanggal 2 Oktober 2013. Amali mengirimkan pesan singkat kepada mantan Politikus Partai Golkar itu “Ass bang, Alhamdulilah positif, kapan bisa komunikasi darat? Mohon arahan, tks,” tulis Amali masih dengan pesan BBM. Kemudian Akil merespon. “Kapan ada waktu? secepatnya.” Kemudian Amali membalasnya. “Nanti malam saya ke Wican (Widiya Candra, rumah Dinas Akil).” Lalu Akil menjawab; “Eksekusi langsung” dan “oke tunggu kontak dari saya.” Tak berselang lama, Akil kembali mengirim pesan singkat kepada Amali melalui BBM. “Bisa ketemu saya sekarang di rumah?” tulis Akil. Ia menyebut persoalan Jatim sudah darurat bahkan bisa-bisa pemilukadanya diulang. Lalu Zainuddin Amali pun membalas pesan Akil. “Baik Bang Segera saya kesana,”. Meski telah terjadi komunikasi panjang antara keduanya, penyerahan uang tersebut tidak jadi dilakukan. Saat itu 2 Oktober 2013 malam Akil ditangkap oleh penyidik KPK lantaran menerima suap terkait pengurusan sengketa Pilkada Gunung Mas. “Janji uang 10 miliar patut diduga bahwa Janji tersebut untuk mempengaruhi putusan perkara permohonan keberatan hasil pilkada Jawa Timur,” kata Jaksa. (jpnn/aim)

Rumah Dinas Jokowi Disadap JAKARTA - Keberadaan alat sadap bukanlah hanya sebatas rumor. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo sendiri mengakui keberandaan alat sadap itu. Pria yang karib disapa Jokowi itu mengatakan ada tiga alat sadap yang terpasang di rumah dinasnya di Men­ teng, Jakarta Pusat. Kader PDIP yang diga­ dang akan menjadi calon presiden ini menjelaskan ketiga alat sadap itu dite­ mukan di kamar tidur, ru­ ang tamu dan ruang makan. Menurutnya, kejadian ini sudah lama ia ketahui. Hanya sengaja didiamkan. “Sekitar Desember 2013,” kata Jokowi kepada wartawan di Hutan Kota Pe­sanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (20/2). Cerita penemuan alat sadap Jokowi itu kata Jokowi hanya diceritakan kepada orang ter­tentu saja. Alasannya, penyadapan itu tak pernah diper­masalahkan karena tak ada hal yang penting dari dirinya untuk disadap. Penyadapan ini menjadi ramai setelah Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo membeberkannya ke publik. Kata dia, ada alat penyadapan di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta. Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristianto curiga aksi penyadapan di rumah Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dilakukan oleh kaki tangan penguasa. Menurutnya, intelijen diduga kuat telah digunakan penguasa untuk memertahankan kekuasaan saat ini dengan menyadap pria yang tenar dengan panggilan Jokowi itu. “Bukan Demokrat, tapi yang ada di pemerintahan sekarang, yang berusaha mempertahankan rezim. Yang punya ke­wenangan operasi intelijen itu,” kata Hasto saat dihubungi wartawan, Kamis (20/2). Hasto menambahkan, kecurigaan PDIP bukannya tanpa alasan. Menurutnya, PDIP sudah punya banyak pengalaman menjadi korban aksi mata-mata. Hasto mencontohkan ketika ada orang tak jelas tiba-tiba menyusup rombongan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri saat Pilkada Bali lalu. Bahkan, katanya, rumah Megawati pun tak luput dari aksi intelijen. “Ada intel yang masuk ke rombongan mobil Bu Mega. Pada saat itu Ibu cuma didampingi sekretaris beliau yang kebetulan perempuan. Intel itu juga masuk ke rumah Bu Mega di Bali. Kita sudah mengalami itu,” ujar Hasto. (jpnn/aim)

redaktur: muhaimin, layout: kurdi


TECHNOCELL

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

3

KACAMATA 3D SAMSUNG

On Off dengan Sensor Wireless

IRA RAVIKA/MALANG POST

PIKAT FOTOGRAFER : Dengan sensor Exmor R dan kamera 8 megapiksel, hasil jepretan Sony Xperia C diklaim lebih keren ketimbang kompetitornya yang memiliki resolusi sama.

Satu Tombol untuk Akses Foto MALANG – Keberadaan kamera pada ponsel saat ini tidak kalah penting dengan fitur telepon dan SMS. Lantaran itulah banyak vendor yang menanamkan kamera yang dikombinasi dengan teknologi terbaik. Tujuannya jepretan kamera ponsel setara dengan hasil jepretan kamera DSLR. Sony, pada salah satu produknya yaitu Xperia C, betul-betul menanamkan banyak teknologi mumpuni, yang membuat hasil jepretan kamera ini lain dari pada yang lain. Promotor Sony Erlinda Tri Yulianti menyebutkan, Sony membekali Xperia C dengan kamera berresolusi 8 megapiksel. kamera tersebut sama seperti yang tertanam pada Samsung Galaxy Mega 5.8 ataupun LG G Pro Lite. Namun begitu, hasil, jepretan Sony Xperia C lebih

bagus. Warna yang tampak pada hasil jepretan Sony Xperia C lebih tajam, gambarnya juga lebih jernih. “Sensor Exmor R, salah satu tenologi yang berbeda, tertanam pada Sony Xperia C. Sensor Exmor R ini berfungsi untuk mendapatkan cahaya lebih banyak dari sensor standart,’’ katanya. Selain itu, Sony juga menyediakan tombol shutter. Sehingga sangat memudahkan pengoperasian kamera. Dengan memanfaatkan tombol shutter kamera dan fitur Quick Launch, pengguna bisa dengan mudah menggunakan kamera, dari menu apapun atau ketika sedang membuka apps lain. “Quick Launch ini memiliki beberapa pengaturan, seperti langsung jepret foto begitu menahan tombol kamera dari aplikasi lain,

langsung rekam video, ataupun hanya sekadar membuka aplikasi kamera saja,’’ kata wanita berambut panjang ini. Linda juga mengatakan, kamera Sony Xperia C ini hadir dengan beberapa mode, diantarannya Normal, Video Camera, Picture Effect, Sweep Panorama, Scene Selection, Frame Camera dan Frame Video. “Fitur yang ditanam pada kamera Sony Xperia C juga banyak. Diantarannya Portrait Retouch. Fitur ini seperti Beauty Mode. Hanya saja resolusinya diturunkan menjadi 2 megapiksel,’’ katanya lagi Sedangkan untuk flash, pengguna juga bebas memilih. Yaitu auto, fill, atau off. Pengguna juga dapat memilih resolusi atau self timer. Self-portrait voice guide, juga memudahkan pengguna untuk men-

MALANG – Sejak tahun 2012 lalu, Samsung sudah melanglang buana dengan produk Smart TV nya. TV LCD atau TV LED yang terkoneksi langsung dengan internet, memberikan nilai plus pada produk-produk Samsung. Namun begitu, perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini tidak puas. Berbagai inovasi dilakukan. Hingga akhirnya, Samsung mampu menciptakan smart TV 3D. Kehadirannya pun sangat memuaskan. Terutama para pecinta film. Hadirnya, TV LCD atau LED 3D tersebut betul-betul memukau. Lantaran gambar yang dihasilkan betul-betul hidup, dan penontonnya betul-betul menikmati sensasi gambar yang luar biasa. Namun begitu, TV saja tidak cukup. Karena untuk melihat gambar 3D juga dibutuhkan perangkat tambahan berupa kacamata 3D. “Karena menjadi satu kesatuan, maka untuk pembelian LED TV 3D dilengkapi dengan dua kacamatannya. Ini berlaku untuk semua jenis LED TV 3D,’’ kata PIC Samsung, Plaza Elektronik, Faris Setiawan. Faris mengatakan, kacamata 3D Samsung berbeda dengan kacamata 3D milik pabrikan lain. Itu karena perangkat ini disetel hidup. “Kacamata ini sangat flexible. Dia bekerja secara otomatis saat berhadapan dengan LED 3D Samsung. Artinya, sensor yang tertanam seketika hidup dan mati saat tidak digunakan. Untuk koneksinya, terhubung dengan teknologi wireless,’’ katanya. Seperti perangkat elektronik lain, yang bekerja dengan sambungan wireless, kacamata 3D Samsung ini tetap membutuhkan daya. “Untuk pengisian dayanya juga menggunakan wireless charging, yang disediakan saat pembelian,’’ tambahnya, sembari mengatakan baterai pada perangkat ini bertahan hingga 40 jam, dan saat dayanya habis, pengguna hanya perlu melakukan pengecasan 2 jam saja. Untuk ukurannya, perangkat ini juga tidak terlalu besar. Sehingga siapapun bisa menggunakan kacamata 3D ini dengan nyaman,’’ tandasnya.(vik/fia)

goperasikan kamera. Melalui suara yang keluar dari loud speaker, ponsel akan mendeteksi wajah dan menginstruksikan pengguna untuk memegang ponsel ke arah yang benar dan secara otomatis memotret wajah dengan menggunakan kamera belakang. “Fitur lainnya adalah Smile shutter, Focus Mode, exposure value, HDR, White balance, ISO, Metering, Geotagging dan preview, touch capture, shutter sound, data storage,’’ kata Linda, yang mengatakan berbagai mode dan fitur tersebut bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Kamera ponsel ini juga bisa merekam video dengan kualitas HD.(vik/fia)

BlackBerry Belagio Masih Populer MALANG – BlackBerry 9790 memang bukan barang baru, namun perangkat pintar yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2012 lalu tetap menyimpan pesona. Itu dibuktikan dengan masih banyaknya konsumen yang membeli produk yang dikenal dengan Onyx 3 tersebut. Di Erafone misalnya, ponsel seri Bold ini betul-betul menjadi dewa penolong saat BlackBerry mengalami keterpurukan penjualan di akhir 2013 lalu. “Yang masih dilirik BlackBerry Belagio. Masih ada konsumen yang datang dan membeli,’’ kata Customer Service Erafone, Ayu Wahyu. Marketing Cell-Cell Malang Plaza Neyla Agustina mengatakan, dibandingkan dengan Onyx 1 atau Onyx 2, BlackBerry 9790, memang lebih banyak diminati. Hal ini dikarenakan perangkat ini

hadir lebih elegan. Secara desain, perangkat ini lebih ramping. Desain yang khas dengan bentuk yang ringkas serta ringan sangat pas pada tangan ataupun kantong pengguna. BlackBerry juga memberikan sentuhan responsive pada layar ponsel, dengan penyajian yang lembut serta animasi yang lancar. Namun begitu, BlackBerry juga tetap memasangkan keyboard QWERTY. Sementara untuk dapur pacunya, perangkat ini jelas lebih cepat dibandingkan dua adiknya. Itu karena BlackBerry memasang mesin yang canggih, seperti Prosesor 1 GHz, 768 MB RAM, dan memori internal terpasang 8 GB. “Ponsel ini dilengkapi dengan sambungan WiFi. Sehingga pengguna pun bisa internetan dengan leluasa tanpa harus memusingkan biaya,’’ tambah Neyla.

Tapi yang menjadikan ponsel ini masuk di kelas smartphone adalah Operating Sistem (OS) yang digunakan. Menurut Neyla, BlackBerry telah menanamkan OS BlackBerry 7.1. Seperti diketahui BlackBerry 7.1 adalah generasi terbaru OS BlackBerry saat itu yang dilengkapi dengan serangkaian fitur baru dan aplikasi inovatif yang canggih. Teknologi Near Field Communication2 (NFC) internal membuat perangkat ini mampu tersambung dengan perangkat yang mengaktifkan NFC lainnya dan tag cerdas dengan sekali ketuk. “Ini yang membuat BlackBerry 9790 diminati. Banyak orang yang kesengsem dengan fiturnya, di samping fisiknya juga sangat elegan,’’ tandas Neyla yang mengatakan ponsel ini hadir dengan tiga pilihan warna yaitu hitam, putih dan pink.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

MASIH POPULER: BlackBerry Onyx 3 masih jadi primadona di kalangan pengguna smartphone.

IRA RAVIKA/MALANG POST

OTOMATIS: Kacamata 3D Samsung memiliki sensor yang otomatis hidup saat berhadapan dengan LED 3D Samsung.

Dicaplok Facebook, WhatsApp Bebas Iklan IRA RAVIKA/MALANG POST

Rp 1 JUTAAN: Sebagai pendatang baru, Efioo memilih untuk menyasar segmen menengah ke bawah dengan produk tablet seharga Rp 1 jutaan.

Efioo Ramaikan Pasar Tablet Malang MALANG – Pasar gadget Malang Raya betul-betul menjadi segmen empuk para vendor lokal. Terbukti, banyaknya produk lokal yang hadir meramaikan pasar. Salah satunya Efioo, yang baru-baru ini mengenalkan tablet barunya, yaitu Efioo e2G. Secara fisik, penampilannya memang tidak wah. Bahkan, cenderung biasa. Namun begitu, Efioo yakin, jika perangkat barunya ini mampu mengalahkan penjualan tablet lokal lainnya. Alasannya, tablet yang hadir dengan warna hitam dan putih ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Marketing Galaxy Solosindo Tlogomas, Abdul Nashor menjelaskan, Efioo e2G ini hadir sebagai tablet dengan ukuran layar 7 inci, dengan resolusi WSVGA 800 x 480 piksel. Sementara grafisnya, perangkat ini didukung dengan GPU Mali 400. “Layar yang tertanam memberikan efek warna tajam dengan gambar lebih bening, ditambah dengan GPU Mali, membuat game atau film yang ditonton sama sekali tidak tersendat, alias lancar,’’ kata pria yang kerap disapa dengan nama Anas ini. Sementara untuk dapur pacunya, perangkat ini dibekali

dengan prosesor dual core, 1.2 Ghz. Memory RAM 512 MB, dan ROM 4 GB yang tertanam siap menampung sekaligus menjalankan berbagai aplikasi, yang ada dalam tablet berbasis Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich ini. Sementara untuk urusan kamera, Efioo juga sudah membekali perangkatnya itu dengan dua kamera. Meskipun resolusi yang digunakan tidak terlalu besar, kamera tersebut siap menjepret setiap moment pengguna, dengan hasil lumayan. “Yang perlu diketahui, adalah perangkat ini sudah dilengkapi dengan port SIM Card, yang artinya perangkat ini bia digunakan untuk telepon maupun SMS,’’ urainya. Seperti tablet lokal pada umumnya, perangkat ini dilengkapi dengan TV Analog, serta FM Radio. Sehingga pengguna yang bosan bermain game bisa beralih dengan nonton TV atau mendengarkan radio. “Tablet ini mendukung hampir semua fitur Android ICS. Pengguna juga bisa bermedia sosial, atau melakukan browsing internet. Yang penting, harganya lebih terjangkau, yaitu hanya Rp 1 jutaan,’’ tandasnya.(vik/fia)

ADA satu kelebihan WhatsApp dibanding aplikasi berbagi pesan lainnya. Apalagi kalau tampilannya yang sederhana, mudah digunakan, dan yang terpenting steril dari iklan. Yup, yang disebut terakhir ini yang membuat pengguna kesengsem sama WhatsApp. Hal ini dapat dimaklumi mengingat iklan yang nyelonong di layar smartphone saat menggunakan aplikasi bikin gusar kenyamanan pengguna. Lantas, apakah prinsip ini akan berubah setelah WhatsApp dibeli Facebook? Syukurlah, kekhawatiran itu ditepis CEO WhatsApp Jan Koum. Dia menegaskan WhatsApp tetap steril dari iklan dan siapapun tetap dapat menikmati layanan itu secara cuma-cuma. WhatsApp juga bisa dibenamkan di berbagai smartphone dan lintas platform. Koum menekankan tak akan ada iklan yang nyelonong tiba-tiba saat aplikasi itu diaktifkan. “Itu telah menjadi yang prinsipil di produk WhatsApp,” tegasnya dalam postingan di blognya. Tak ketinggalan, dia memuji timnya yang mampu membesarkan WhatsApp dalam kurun lima tahun saja dan menjangkau lebih dari 450 juta pengguna di seantero dunia. Koum percaya kehadiran Facebook akan membuat WhatsApp makin maju dan berkembang ke depannya.(trb/fia)

REDAKTUR :SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


jumat, 21 februari 2014

4

Info Penting! Jadwal penerbangan Malang - Jakarta Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

Jadwal Kereta Api dari Stasiun Kota Baru Malang: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

Jadwal SIM KELILING KOTA Malang Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

Muhammad Firman / Malang Post

PEREMPUAN : Seniman jalanan melakukan kampanye tentang perempuan melalui poster huruf yang dirangkai menjadi sebuah kalimat di Jalan Veteran, Kota Malang. Kampanye tersebut mengajak untuk lebih menghargai perempuan sesuai kodratnya.

SEMUT BISA KALAHKAN KELUD Al¬kisah, Nabi Sulaiman mengajak tentaranya untuk berkeliling negeri guna mengetahui realitas kehidupan rakyatnya. Nabi Sulaiman rutin melakukan “wisata kerakyatan” dan ekologis untuk melihat dan membaca, serta mempergauli secara konkrit problem yang dihadapi oleh rakat dan makhluk Tuhan lainnya. Suatu ketika, Raja Semut yang melihat Nabi Sulaiman dan tentaranya berkeliling itu, lantas memerintahkan rakyatnya (warga semut) untuk menyelamatkan dan memproteksi diri supaya tidak sampai terinjak-¬injak. “Kaumku, segera mencari perlindungan dari tentara Sulaiman”, demikian perintah Raja Semut. “Kenapa harus menghindar wahai raja?” tanya semut lagi. “Tentara Sulaiman itu tidak mengetahui kalau ada hewan sekecil kita yang berjalan kesana ¬kemari, sehingga harus dari kita sendiri yang berusaha mencari selamat”, jawab Raja Semut. Mendengar dialektika Raja semut dan rakyatnya itu, Nabi Sulaiman tersenyum dan kemudian memerintahkan kepada tentaranya untuk menjaga kelestarian alam, tidak melakukan perusakan, dan menabur kezaliman kepada makhluk hidup lainnya. Dalam tafsir hermeneutik yang

Oleh :

hewan-¬hewan lainnya yang lebih besar, apalagi dengan makhluk bernama manusia yang Oleh Direktur Program Pasca­ sarjana Universitas Islam Malang, dikaruniai kelebihan akal dan fisik. Dari segi kemampun akal saja misalnya, dikonstruksi Ahmad Subhi (2011), dialektika semut manusia bisa merekayasa itu sejatinya sebagai ajakan hewan (semut) untuk dibakar pada manusia untuk memberi atau dikorbankan, sementara ruang bernyawa dan berse- kalau semut terbatas hanya nyawa bagi makhluk hidup “menggigit”. Sebagai makhluk lain supaya anatomi kehidu- terkecil saja, semut butuh tempan dan keberlanjutan kosmis pat untuk hidup, melestarikan keturunan, dan menikmati ekologis tetap terjaga. Kegoncangan dahsyat dan karunia Tuhan. Semut menbersifat destruktif bisa terjadi gajak manusia supaya sepak ketika manusia melakukan terjangnya diorientasikan kriminalisasi dan dehuman- memproteksi hak hidup dan isasi “wilayah” sakralitas dan tumbu berkembang makhluk fundamentalitas ekologi. Da- lainnya. Semut mengajak mencegah lam ranah itu, Nabi Sulaiman juga memerintahkan supaya menyehatkan nalar dan pemanusia (pengikutnya) selalu rilakunya supaya gunung¬membaca dan berdialektika gunung di muka bumi, didengan sesama makhluk Tu- antaranya Gunung Kelud han, bahwa yang butuh agar tidak mengamuk. Para hidup, tumbuh,berkembang, makhluk di luar manusia ini dan keselamatan bukan hanya menjadi pemarah dan memanusia, tetapi juga aneka ledakkan emosinya diakibatragam sumber daya hutan dan kan oleh kesalahan manusia yang menyerah pada ambisi hewan. Salah satu hewan yang butuh dan keserakahannya untuk perlindungan adalah semut. menjadi “sang penginjak”, atau Jika dikaji dari sudut filo- “sang penumbal”, sofinya, semut merupakan penghancur konstruksi kosgambaran dari hewan terkecil, mis kehidupan makhluk hidup yang tentu saja secara alamiah lainnya. Semut telah menunjukkan berada dalam kerentanan kepada Nabi Sulaiman tentang tika harus berhadapan dengan keputusannya dalam menyelamatkan atau melindungi “hak asasinya” dari kemungkinan bahaya yang mengancam dan potensial membunuhnya. Selain itu, komunitas semut menilai, boleh jadi tentara Nabi Sulaiman (manusia) misalnya tidak melihat dan mengetahui kalau di balik goa, rimbunan pohon, semak belukar, dan kawasan hutan, terdapat makhluk hidup lain yang butuh tumbuh berkembang atau menunjukkan “eksistensinya”, sehingga mereka (semut) mengambil keputusan menghindari “terjangan” kaki¬-kaki perkasa manusia yang akan melewati kerumunannya. Kaki¬-kaki perkasa manusia dinilai oleh semut sering tidak mempertimbangkan keberadaan makhluk di sekiProf. Dr. M. Bashori Muchsin, MSi

Mau Makan

� �

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

� � � �

REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503

BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

� � �

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

tarnya, akibatnya memungkinkan makhluk hidup lainnya dapat menjadi korbannya. Disinilah Semut memberikan pelajaran berharga pada manusia supaya selalu mencerdaskan sepak terjangnya. Pilihan yang dijatuhkan Raja semut itu selayaknya dijadikan pelajaran berharga bagi setiap manusia, bahwa sekelas semut saja bisa mengevaluasi perilaku manusia yang potensial berbuat alpa dan menyebar kezaliman. Pilihan yang dijatuhkan “warga” semut ini sebagai kritik kepada manusia supaya setiap aktifitas yang dilakukannya selalu diikuti dengan prinsip kehati¬hatian, menggunakan nalar sehat, atau dengan pertimbangan obyektif. (Imam KH, 2009) Prinsip kehati-hatian semut itu diarahkan untuk menjaga keseimbangan kehidupan dirinya, sesamanya, maupun makhluk hidup lainnya di muka bumi. Semut sebagai cermin “warga terkecil” telah menuntut perlindungannya dari kemungkinan perilaku manusia liar, tak terkontrol, atau zalim. Kalau dari dimensi “terkecil” itu saja manusia atau elemen negara gagal menunjukkan keluhuran atau keagungan budinya, bagaimana mungkin manusia bisa menunaikan tugas yang lebih besar dalam hidupnya yang berelasi dengan amanat publik, diantaranya amanat melindungi hutan dan “selselnya”. Kehancuran sumberdaya alam dan semakin punahnya binatang-¬binatang yang seharusnya berada dalam perlindungan negara, adalah bukti kegagalan manusia dalam mengelola hubungannya dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam semesta. Kebakaran hutan di Propinsi Riau misalnya menyumbang emisi gas rumah kaca. Deforestasi tak terkendali di Indonesia mendudukkan Indonesia sebagai negara pencemar terbesar ketiga di dunia. Di Indonesia, hutan rawa gambut lenyap akibat pembalakan, pengeringan dan dibakar untuk perluasan kelapa sawit.

� � � � � �

Lahan gambut ini (kadang¬kadang hingga kedalaman 12 meter) menyimpan karbon yang sangat besar. Ketika mereka dikeringkan dan dibakar akan menjadi sebuah bom karbon, melepaskan hampir dua milliar ton karbondioksida berbahaya setiap tahun. (Rahman, 2010) Model manusia “predator” di negeri ini, khususnya yang jadi elemen fundamental negara lebih sering tidak mau belajar dari aspek terkecil yang menuntut perhatian atau perlindungannya, sehingga ketika manusia berhubungan dengan kepentingan besar yang menuntut tanggungjawabnya, manusia justru mencederainya. Manusia demikian bukannya menunjukkan peran-peran yang bersahabat dan “bermesraan” dengan alam, tetapi bercorak merusak, menodai, dan menghancurkannya. Sumberdaya alam sebagai penyangga besar masyarakat dan bangsa justru diperlakukan menjadi urusan sepele atau dikriminalisasikan dan dikapitalismekannya.. Jika itu dikaji dari sudut kepentingan semut yang memilih menyelamatkan diri dari bahaya yang mengancamnya, semestinya elite negara merasa ditantang untuk menyemaikan gerakan positif yang bercorak mewujudkan perlindungan terhadap makhluk hidup lainnya di muka bumi. Semut menantang elite negeri ini untuk berlaku waspada saat mengayunkan langkah¬ langkahnya supaya tidak menabur dan menyuburkan (memproduksi) bencana di bumi pertiwi ini. Kasus “berjuta” bencana di negeri ini adalah tidak lepas dari kegagalan manusia dalam menerjemahkan filosofi dialog semut dengan Nabi Sulaiman, sehingga apa yang diperbuatnya dicondongkan untuk merebut, menginjak, menguasai, dan mengorbankan, bukannya menyelamatkan, melestarikan, atau mempergaulinya secara memanusiakan. Kalau nilai-¬nilai pemanusiaaan atau protektif ini yang dikembangkan, maka berbagai bentuk bencana di muka bumi, dapat dicegah. (*)

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin

� � �

Kabupaten Malang Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Pengungsi Mulai Kembali SETELAH sepekan berada di penampungan, berangsurangsur para pengungsi korban Kelud mulai kembali ke rumahnya. Mereka tersebar dalam penampungan di Pujon dan Batu. Bupati Malang Rendra Kresna melepas para pengungsi dari penampungan untuk kembali ke kampung halamannya memulai hidup baru. Bagi mereka, berada di pengungsian merupakan penderitaan tersendiri karena semuanya serba terbatas, meskipun kalau mereka pulang ke rumah kondisinya belum tentu lebih baik. Tapi sejelek-jelek rumah sendiri masih lebih enak dibanding berada di penampungan pengungsi. Bagi para pengungsi, terutama petani, meninggalkan rumah merupakan beban tersendiri karena mereka harus meninggalkan lahan pertanian dan hewan ternak yang harus dipelihara. Bagi petani, hewan ternak memiliki nilai yang tinggi yang harus dipertahankan. Tak heran bila banyak korban Kelud yang enggan mengungsi karena merasa berat untuk meninggalkan hewan piaraannya, meskipun mereka berada dalam zona bahaya.Ketika diizinkan untuk kembali ke rumah, mereka merasa sangat gembira kembali ke rumahnya meskipun banyak diantara mereka yang rumahnya rusak, bahkan hancur rata dengan tanah. Bagi mereka, kondisi ini lebih baik dibanding harus berada di penampungan pengungsian yang jauh dari rumah. Bagi warga desa, rumah adalah segalanya, tempat mereka melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Lebih baik berada di rumah yang rusak, karena mereka punya kesempatan untuk memperbaiki. Saat mengunjungi para pengungsi, Presiden SBY memang berjanji akan memberikan bantuan pembangunan rumah kepada para korban tersebut. Tentu saja janji ini disambut gembira para pengungsi, karena perbaikan rumah yang hancur akibat bencana itu butuh biaya besar. Erupsi Kelud kali ini memang dahsyat, bukan hanya menyemburkan abu vulkanik tapi juga bebatuan dan kerikil. Selang beberapa hari setelah letusan, hujan deras turun, maka Kelud memuntahkan lahar dingin yang menerjang dan menghancurkan apa saja yang dilewati. Dalam banyak kasus bencana, masyarakat memiliki kekuatan sendiri untuk bangkit dari keterpurukan akibat bencana. Gotong royong merupakan kekuatan masyarakat desa. Ketika menghadapi masalah, mereka saling membantu menyelesaikan bersama-sama. Mereka memang mengharap bantuan pemerintah, tapi seandainya tanpa bantuan pun mereka tetap berusaha untuk menyelesaikan sendiri masalahnya. Bahkan ketika mereka harus pulang, yang tentu masih menanggung risiko - misalnya hujan deras turun lagi – mereka sudah siap menanggungnya. Itulah sebabnya, kebijakan memulangkan para pengungsi ke desanya harus disertai perhitungan yang matang. Jangan sampai mereka kembali ke rumah kemudian muncul bencana lagi. Bencana memang tidak bisa diprediksi, tapi paling tidak bisa mengantisipasi dengan persiapan dan kehati-hatian. Bencana telah menjadi pembelajar yang baik bagi masyarakat bagaimana mereka memperlakukan alam. Masyarakat desa sudah memiliki kearifan lokal untuk melihat, kapan alam sangat bersahabat dan kapan alam akan murka. Yang jelas, alam sudah banyak memberi manfaat kepada manusia. (redaksi@malang-post.com)

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Tim Artistik: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi

Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: ABDEE


SHOPPING

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

5

BATA

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

POTONGAN HARGA: Diskon Gede diberikan Bata untuk produkproduk sepatu andalannya.

Diskon Gede Sampai 70 Persen STENLY REHARDSON/ MALANG POST

FLORAL: Motif bunga jadi fashion item yang ditawarkan Expand. Hingga Sabtu, 21/2 besok, koleksi ini ditawarkan dengan diskon spesial.

Matahari Department Store

Diskon Merek Terkenal, Model Baru Tidak Ketinggalan MALANG – Matahari Department Store memberikan diskon hingga 50 persen untuk beberapa merek terkenal di pekan ini. Produk tersebut mulai dari sepatu hingga busana, baik untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Supervisor Matahari Pasar Besar Malang, Antonius Wahyu menuturkan, penawaran eksklusif ini untuk memanjakan pelanggan setianya. “Untuk promo merek terkenal ini berlaku hingga Sabtu (21/2) besok,” tuturnya.

Misalnya saja pada koleksi produk remaja dan wanita. Merek Expand, Sorella, Dual, Rodeo, Exit, Dust dan Belezza. Diskonnya mulai dari 20 persen, bahkan berlaku pula untuk new arrival. Kategori pendatang baru pada merek Expand sebagai contoh. Diskon untuk model terbaru fashion dewasa ini pada bagian dress, blouse, kemeja hingga celana. Menurut pria yang biasa disapa Anton ini, model baru cenderung berwarna tua dan soft. “Jenis fashionnya lengkap. Perpaduan

warna bunga mendominasi pada model baru Expand. Harganya setelah diskon 20 persen mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 450 ribu,” imbuh dia kepada Malang. Menurut dia, yang menjadi buruan pada brand ini merupakan model blouse. Sebab bisa dijadikan pakaian semi formal hingga casual. Rata-rata pemburunya merupakan anak-anak muda, yang sudah memperhatikan penampilan ketika hendak berkuliah ataupun bertemu dengan relasi. “Kemejanya juga terlihat sangat

formal,” tegas dia. Diskon 50 persen bisa ditemukan pada produk Levi’s dan Louis. Koleksi jeans denim seperti Wrangler dan Tirajeans diskonnya sebesar 25 persen. Sementara untuk sepatu dan sandal disiapkan potongan 30 persen. Bila masih merasa kurang, pelanggan Matahari juga bisa menikmati promo khusus akhir pekan ini berupa bonus instan Rp 50 ribu untuk produk bertanda khusus pada merek Details, Nevada, Quincy hingga Cole. (ley)

Carrefour Market

Food Vaganza hingga Selasa

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

MIRIP EMAS: Perhiasan swasa memiliki bentuk seperti emas namun ditawarkan dengan harga terjangkau.

Eka Silver and Gold Jewelry

Swasa, Pengganti Emas yang Cantik MALANG – Bila Anda ingin tampil memukau dengan perhiasan yang menempel di tubuh Anda, cobalah mengenakan produk dari PT Eka Silver and Gold Jewelry (Eka Swasa). Perhiasan Swasa yang ditawarkan di area Matahari Pasar Besar ini dipastikan membuat Anda tertarik, sebab selain harganya bersahabat, modelnya juga up to date. Sales Eka Swasa Matahari Pasar Besar, Siti Arofah mengungkapkan, perhiasan ini tampak seperti emas. “Bahannya dari logam dan tampilannya seperti emas 22 karat. Sehingga terlihat cantik ketika diaplikasikan,” ungkapnya. Menurut dia, kelebihan Eka Swasa tidak hanya pada bahannya. Sebab, penyepuhan perhiasan tidak hanya pada bagian luarnya saja. Bagian dalam pun berwarna kuning seperti emas. Mengenai harga dipastikan ramah dengan kantong. Patokan harganya mulai dari Rp 50 ribu, baik pada pilihan cincin maupun kalung. “Paling sederhana harganya Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu,” beber dia kepada Malang Post. Perempuan dengan nama akrab Rafa ini menyebutkan, untuk awal tahun ini terdapat

model baru pada pilihan cincin. Terbaru, cincin ini dipadukan dengan bebatuan untuk mempercantik tampilan, dan modelnya berbentuk bunga, kupukupu hingga parang. “Kebanyakan cincin untuk wanita, yang cantik untuk bergaya. Ukurannya juga cenderung lebih besar dengan harga mulai dari Rp 125 ribu. Bila perpaduan batu atau permatanya bagus, harganya bisa ratusan ribu dan batunya terdapat sertifikat,” imbuhnya. Menurut dia, model baru ini yang menjadi buruan. Pasalnya, bentuknya semakin menarik dan rata-rata pelanggannya mengoleksi perhiasan Eka Swasa lebih dari satu pieces. “Untuk pelanggan yang membeli biasanya langsung lebih dari satu pieces. Misalkan cincin dengan beberapa model. Begitu juga ketika membeli gelang, anting maupun kalung,” urai perempuan berkerudung ini. Bahkan, terdapat cincin pria yang berukuran besar, sebab dipadukan dengan batu akik yang besar pula. Harganya lebih mahal, mulai kisaran Rp 400 ribuan. “Yang membuat mahal merupakan batu akiknya,” pungkas dia.(ley/fia)

MALANG – Carrefour Market Malang Mitra memiliki promo Food Vaganza di pekan ini. Beberapa produk makanan ditawarkan dengan harga khusus, masih ditambah dengan penawaran hadiah langsung pada masing-masing produk. Store Manager Carrefour Malang Mitra, Nur Kholik menyampaikan, promo ini berlangsung hingga pertengahan pekan depan. “Food Vaganza ini berlangsung sejak Rabu (12/2) hingga Selasa (25/2) besok. Produk andalannya seperti mie instan dan kopi Good Day,” ujarnya. Produk mie instan seperti Supermi, Mi Sedap Cup dan Migelas. Pilihan mie instan ini merupakan andalan dalam promo yang diusung Carrefour. Sebagai bukti, Supermi, untuk pembelian lima pieces harganya kini menjadi Rp 7250. Padahal harga normalnya sebesar Rp 8250 atau Rp 1650 per pieces. “Bila dirata-rata, harganya tinggal Rp 1450 per pieces, ini untuk all variant Supermi, baik

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

MALANG – Bila Anda sedang berburu sandal maupun sepatu, cobalah menuju store Bata. Sebab selama Februari ini produknya diberi diskon hingga 70 persen, baik untuk anakanak, remaja hingga dewasa. Promo tersebut bertitel Diskon Gede, besaran potongan harga disiapkan mulai dari 20 persen hingga 70 persen. “Spesial selama Februari ini Bata memanjakan pelanggannya dengan diskon maksimal,” ujar Kepala Toko Store Bata Gajah Mada Plaza, Siska Setyoningsih. Menurutnya, produk sepatu remaja mendominasi diskon. Khususnya untuk anak-anak berusia 12 hingga 20 tahun. Bila dilihat secara ukuran, sepatunya yang mendapatkan diskon 70 persen maksimal berukuran 38. “Model dan warnanya cenderung meriah, sehingga digemari oleh remaja. Mereknya Bubble Gummers,” urai dia. Merek Bubble Gummers tersebut warnanya berani, seperti ungu, hijau, kuning hingga oranye. Sementara untuk coraknya, seperti bunga-bunga dan berbalut glitter. Maka dari itu, sepatu ini sangat digemari oleh remaja. Menurut Siska, untuk merek tersebut dalam sehari lebih dari lima pieces yang terjual. Harganya ditawarkan mulai dari Rp 40 ribu pasca diskon Meskipun demikian, perempuan ramah ini menegaskan, produk lain sekalipun diskonnya tidak 70 persen harganya sangat terjangkau. Contohnya pada sandal casual pria, bandrolnya setelah diskon menjadi Rp 19,9 ribu saja. “Diskon 50 persen untuk sandal dan sepatu pria,” imbuhnya kepada Malang Post. Masih menurut dia, bila Anda membutuhkan sepatu formal, diskonnya mulai dari 30 persen. Pasca diskon, untuk pantofel wanita bandrolnya mulai dari Rp 69 ribu, dan pantofel pria tersisa mulai Rp 79 ribu saja. “Selama sebulan penuh, semua jenis sepatu dan sandal dijamin harganya spesial. Makanya jangan lewatkan kesempatan ini,” godanya. (ley/fia)

HARGA KHUSUS: Pembelian Supermi atau Good Day bisa lebih murah sepanjang Anda membeli saat Food Vaganza berlangsung.

rasa ayam bawang, ayam spesial dan semur ayam. Masih ditambah dengan kesempatan mendapatkan hadiah langsung melalui lucky draw. Hadiahnya seperti mangkok, toples dan Supermi,” jelas Kholik kepada Malang Post. Pada bagian mie gelas bag, setiap pembelian empat bungkus all variant akan mendapatkan hadiah satu botol Q Guava 350 ml. Sementara untuk pembelian empat bungkus Super Bubur Cup disiapkan hadiah langsung berupa satu botol Teh Pucuk Harum 350 ml.

Bagi pecinta kopi, Carrefour menyiapkan Good Day White Frape dengan hadiah langsung berupa gelas setiap pembelian satu pack yang dibandrol sebesar Rp 9075. Untuk pilihan lain, Good Day juga menyiapkan harga jauh lebih spesial ketimbang biasanya. Bila membutuhkan variant lain, kecap, saus, bumbu dapur dan Energen Sereal tidak luput dari promo. “Banyak variannya, sangat menunjang pelanggan Carrefour untuk berbelanja di pekan ini,” pungkas dia. (ley/fia)

REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : MOKA


6

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

SABILILLAH GO GREEN

SDIT AHMAD YANI

SMPN 18 MALANG

Tumbuhkan Karakter Cinta Alam Semesta LAILI SALIMAH/MALANG POST

PERSAUDARAAN: Siswa SDIT Ahmad Yani bersama belasan boks bantuan logistik untuk korban bencana Gunung Kelud yang akan disalurkan melalui Malang Post.

Sisihkan Uang Jajan, Bantu Korban Kelud BANTUAN untuk korban bencana letusan Gunung Kelud yang disalurkan melalui Malang Post masih mengalir. Kamis (20/2) kemarin, giliran SD Islam Terpadu Ahmad Yani yang menyetorkan dana bantuan ke kantor Malang Post di Jalan Sriwijaya 1-9 Malang. Pagi itu, sebuah unit mobil dengan logo SDIT Ahmad Yani, parkir di halaman kantor Malang Post. Sopir mobil tersebut bersama Waka SDIT Ahmad Yani, Muhammad Syafii S Si, M Si, menurunkan belasan box berisi pakaian, selimut, perlengkapan ibadah, makanan siap saji, bahan makanan pokok, dan perlengkapan mandi-cuci-kakus (MCK). “Ini bantuan logistik saja. Untuk dana, kami sudah menyerahkannya. Semoga bermanfaat,” tutur Syafi’i kepada resepsionis yang menerima mereka di front office Malang Post. Syafi’i mengatakan, seluruh bantuan tersebut dikumpulkan oleh siswa, guru dan karyawan, dalam waktu tidak lebih dari satu hari. Surat edaran bakti sosial baru disebarkan oleh sekolah pada Selasa. Keesokan harinya, siswa sudah mengumpulkan dana sebesar jutaan rupiah dengan belasan boks logistik. “Kepedulian siswa sangat besar. Bahkan, ada beberapa siswa yang menyerahkan semua uang jajannya, selain juga menyerahkan uang titipan orangtua,” imbuh Syafi’i. Yang menjadi target penggalangan dana saat ini, lanjut Syafi’i, bukan hanya makanan, tapi juga selimut, jaket, dan perlengkapan ibadah. Sebab, sebagaimana yang diberitakan Malang Post sebelumnya, kebutuhan tersebut masih belum tercukupi sampai sekarang. Penggalangan dana kali itu bukan bakti social pertama kali yang diadakan oleh SDIT Ahmad Yani. Sebelumnya, beberapa waktu lalu sekolah tersebut menggalang dana untuk korban Sinabung dan bencana-bencana lain di Indonesia. “Kami juga punya program peduli pendidikan untuk sekolah-sekolah di pelosok yang rusak atau kurang fasilitas, agar mereka juga bisa mengenyam pendidikan yang cukup,” ujar pria ramah itu. Ia melanjutkan, penggalangan dana bukan semata-mata untuk mencukupi keperluan korban, tapi juga sebagai aplikasi pembelajaran tentang persaudaraan dan kepedulian yang selama ini mereka terima di kelas. (ily/han)

SMPN 7 MALANG

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BETAH: Enam unit booth di SMPN 7 Malang menjadi target renovasi.

Mulai Benahi Infrastruktur MALANG – Dengan jumlah siswa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan diprediksi akan kembali meningkat pada tahun ajaran mendatang, SMPN 7 Malang mulai membenahi dan menambah infrastruktur sekolah. Penyempurnaan fisik sekolah tidak hanya ditujukan untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan siswa. Namun yang lebih penting lagi, hal ini juga mendukung pembentukan kebijakan-kebijakan sekolah untuk dapat diikuti oleh siswa. “Saat ini kami memulai dari perluasan ruang tamu, merolling beberapa ruang, mengubah fungsi ruangan dan membenahi perabot. Selain itu, kami juga akan menambah ruang kelas, memperluas kantin dan membuat gazebo-gazebo,” tutur Sudarto S Pd, Waka SMPN 7 Malang, kepada Malang Post. Sudarto melanjutkan, dengan pembenahan tersebut, selain mendukung siswa untuk dapat belajar dengan nyaman, juga melahirkan sejumlah regulasi baru. Misalnya, yang paling serius digarap oleh sekolah tersebut, adalah kantin sekolah. Dengan perluasan kantin sekolah yang diisi dengan enam unit booth makanan dan minuman, siswa tidak akan lagi terlihat berjalan sambil membawa makanan di luar area kantin. “Kantin kami sudah dilengkapi dengan spot-spot makan yang nyaman. Selanjutnya akan ditambah pemasangan plafon dengan gaya modern khas remaja agar siswa semakin betah dan tidak melanggar peraturan sekolah yang melarang siswa makan di luar area kantin,” tutur Darto. Tak hanya itu, Darto menambahkan, agar seluruh warga sekolah turut berperan dalam menjalankan peraturan, sekolah juga melarang pengelola kantin untuk menyediakan pembungkus makanan. Hal ini sejalan dengan larangan menggunakan plastic untuk bungkus makanan di kantin. “Penjual minuman, misalnya, hanya menyediakan gelas dari booth minuman tersebut. Untuk air mineral pun kami tidak menjual, karena cenderung mempermudah siswa untuk minum sambil berjalan di luar area kantin. Demikian pula booth makanan seperti bakso, gado-gado dan sebagainya, harus dimakan di kantin dengan mangkuk,” tutur Darto menegaskan. Selain pertimbangan kebersihan di balik pemberlakuan kebijakan ini, Darto mengungkapkan bahwa pemandangan siswa makan dan minum sambil berjalan yang lumrah dilihat di banyak tempat, sama sekali tidak bisa dibiarkan. Sebab, hal itu tidak sesuai dengan pembinaan budi pekerti dalam pendidikan karakter yang digadang-gadang pemerintah. “Bagaimana bisa kita menerapkan pendidikan karakter dan mengharapkan siswa yang berbudi luhur, jika kita membiarkan meeka makan sambil berjalan,” tandasnya. (ily/han)

MALANG- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 11 SMP Islam Sabilillah (SMPIS) Malang ditandai dengan launching program Sabilillah Go Green. Tema ini diusung SMPIS untuk menumbuhkan karakter cinta alam semesta kepada siswa. Kepada Malang Post, Waka Manajemen SMPIS, Agus Budiono S.Pd menuturkan rangkaian kegiatan Sabilillah Go Green dimulai kemarin (20/2/14) dengan sejumlah program yaitu lomba mini garden, launching mini lab Agrobisnis Sabilillah (MALABIS), dan Open House & Learning Festival. “Lomba Mini Garden diselenggarakan antar kelas dimana setiap kelas berusaha untuk menghijaukan kelasnya masing-masing,” ungkapnya. Kegiatan menghias taman depan kelas ini membutuhkan kekompakan siswa, guru, dan orang tua siswa paguyuban kelas. Melalui kegiatan ini pula diharapkan memberikan pengalaman belajar siswa untuk kerja bakti-gotong royong. Kegiatan ini sebelumnya telah diawali dengan program satu siswa satu pohon. Di SMPIS, setiap siswa harus bertanggung jawab menanam satu pohon dan merawatnya dengan baik. Rangkaian kegiatan Sabilillah Go Green ini juga bertujuan mendidik siswa agar memiliki tanggungjawab terhadap lingkungannya. Dengan program 1 siswa 1 tanaman diharapkan

Gelar Donor Darah, Kumpulkan 20 Kantung MALANG- SMPN 18 Malang menggelar aksi sosial donor darah, Kamis (20/2/14). Kegiatan yang dimotori Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini disambut antusias oleh seluruh warga sekolah termasuk siswa Kader Palang Merah Remaja (PMR) SMPN 18. Ditemui Malang Post di sekolahnya kemarin, Ketua PMR SMPN 18 Malang Gusti Milenia Shafira menuturkan antusias dengan program tersebut. Hanya saja karena usia mereka belum cukup untuk mendonor, anggota PMR hanya mendapatkan tugas untuk membantu administrasi. “Kami tadi ikut membantu membagikan formulir dan membagi snack untuk pendonor,” ujarnya. Siswa kelas VIII E ini menuturkan kegiatan kemanusiaan sangat digemarinya, karena ia punya cita-cita menjadi dokter. Karena itulah ia bergabung dengan ekstra kurikuler PMR di sekolahnya. Dalam kegiatan donor darah kemarin ada

ISTIMEWA

TANGGUNG JAWAB: Satu siswa SMP Islam Sabilillah Malang bertanggung jawab untuk menanam pohon dan merawatnya dengan baik. yang saat ini jarang ditemui di masyarakat,” ucapnya. Program penghijauan lainnya yang ada di sekolah adalah pengelolaan Mini Lab Agrobisnis Sabilillah (MALABIS) yang bekerjasama dengan perum Jasa Tirta 1. Malabis ini meliputi pembibitan ikan lele dan ikan nila, budidaya tanaman hortikultura dan sumur resapan.

Agenda lainnya yang saat ini digelar di SMPIS adalah open house dan learning festival yang juga dimulai kemarin. Kegiatan ini menjadi wadah mengenalkan model pembelajaran di SMPIS yang kontekstual. Masyarakat umum yang ingin lebih mengenal SMPIS bisa datang dan mendapatkan penjelasan dari petugas yang

sudah disiagakan selama open house. Layanan open house dan learning festival bisa diikuti mulai pukul 07.00 WIB sampai 15.00 WIB. HUT ke 11 SMPIS mengangkat tema Let’s Go Green Save the Earth. Acara puncaknya akan digelar Minggu mendatang dengan agenda jalan sehat dan pentas seni. (oci/sir/han)

DREAM SCHOOL PROGRAM

Semangat Pamer Karya Negara Masing-masing MALANG - Cathy, gadis berkulit putih itu, tampak mengamati hasil kerajinan tangan siswa kelas X dan XI SMAN 8 Malang. Ia tak hentihentinya berdecak kagum dan bertanya tentang cara pembuatan tempat tisu dan vas bunga yang dipegangnya. Cathy adalah salah satu Exchange Participant (EP) AIESEC yang mengikuti program Dream School Program di SMAN 8 Malang. Selain Cathy, ada empat EP dari Cina dan Bahrain yang mengikuti program tersebut. Mereka membawa makanan dan penampilan tradisional negara masing-masing untuk dipamerkan kepada siswa SMAN 8 Malang. Tidak ingin kalah saing, SMAN 8 Malang juga menyiapkan ‘produk’ tandingan dengan memamerkan karya tangan mereka kepada EP dan anggota AIESEC yang hadir. “Dream School Festival (DSF) ini mengangkat tema Tempoe Doeloe yang ditampilkan dengan jajanan pasar dan kebaya yang kami pakai,” tutur Balqis Auliyah Rahmah, team leader SMAN 8 Malang, kepada Malang Post. Balqis menjelaskan, penyelengga-

yang disumbangkan juga bisa berarti bagi pengungsi yang membutuhkan. “Kami sebelumnya juga sudah menghimpun sumbangan untuk musibah Kelud, dan aksi donor darah ini diharapkan juga bermanfaat bagi korban erupsi Kelud,” kata dia. Yang lebih penting lagi, lanjutnya, aksi sosial ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi siswa agar memiliki jiwa sosial. Sehingga saat dewasa kelak mereka tanggap dengan permasalahan sosial di sekitar mereka. Sementara itu, Kepala SMPN 18 Malang, Drs Sulistyo Adji M.MPd menuturkan melalui kegiatan rutin donor darah yang digelar UKS ini diharapkan makin tumbuh dan berkembangnya rasa kepedulian sosial terhadap sesama manusia. Seluruh keluarga besar SMPN 18 semakin menyadari bahwa setetes darah yang disumbangkan sangat berarti untuk menyelamatkan nyawa orang lain. (oci/sir/han)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SOSIAL: Guru SMPN 18 ikut mendonorkan darahnya dalam aksi sosial yang digelar, kemarin.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

UNIK: Beberapa Exchange Participant (EP) AIESEC mengamati hasil kerajinan siswa SMAN 8 Malang yang dipamerkan dalam Dream School Festival kemarin. raan DSF adalah reward bagi 10 orang tim dari SMAN 8 Malang yang memenangkan lomba Dream School yang diadakan oleh AIESEC Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Atas

kemenangan tersebut, SMAN 8 berhak atas sertifikat internasional, sejumlah uang, dan program-program dalam DSF selama enam minggu. Sebelum bazaar hari itu, sebelumnya,

DSF sudah melaksanakan beberapa kegiatan di sejumlah tempat. Di antara rangkaian kegiatan tersebut adalah welcoming party dan one day with us yang dilaksanakan di sebuah panti asuhan. Di sana, para EP menghibur penghuni panti asuhan dan berlajar Bahasa Inggris bersama. “Kami juga melakukan kegiatan peduli alam dengan tanam pohon di SMPN 10 Malang dan SMPN 15 Malang. Selain itu, beberapa permainan tradisional seperti gobag sodor, makan kerupuk, dan makan kentang rebus, juga dimainkan bersama dengan kelima EP,” tutur siswa kelas XI IPA 5 tersebut. Salah satu EP, Lucia, mengungkapkan, ia senang dan tidak sabar menunggu rangkaian kegiatan selanjutnya. Setelah satu bulan tinggal di Indonesia, Lucia mengaku mencintai lingkungan, kultur, terutama sekolahsekolah di Kota Malang. Menurutnya, siswa dan guru di sekolah-sekolah yang ia kunjungi sangat bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan. “Kalau makanan, saya suka soto. Asal tidak pedas dan jangan terlalu kecut,” tutur gadis asal Cina tersebut. (ily/han)

MALANG- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 sudah dimulai sejak Senin (17/2/14) lalu. Semua sekolah termasuk beberapa sekolah yang masuk daftar hitam dipersilahkan mendaftar di jalur undangan ini hingga 31 Maret mendatang. Kepada Malang Post, Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Yogi Sugito mengaku menerima keputusan panitia pusat SNMPTN dengan mengikutsertakan sekolah yang masuk daftar hitam untuk mendaftar. “Karena itu sudah keputusan panitia pusat maka kami menerima saja, dan memang sudah ada pertimbangan mengapa sekolah tersebut bisa mendaftar,” ungkap Yogi kepada Malang Post. Seperti diketahui, sebanyak 62 dari 72 sekolah yang masuk daftar hitam SNMPTN tahun

PEDULI: Siswa SD BSS menggalang bantuan untuk korban bencana Gunung Kelud dengan banyak cara. Saat ini, mereka mengumpulkan Koran bekas untuk dijual dan disumbangkan. dijadikan bantuan siswa. Jangan berpikir bahwa mereka akan menyerahkan tumpukan koran bekas kepada pengungsi, tapi mereka akan menyerahkannya setelah koran tersebut dijual dan berbentuk uang. Hal ini adalah salah satu bentuk kreativitas siswa sekaligus kepedulian yang tinggi atas musibah yang dialami

penduduk Malang, Kediri, dan sekitarnya. “Siswa sangat antusias dan berjanji akan ‘menodong’ ayah mereka untuk mengambil koran bekas di rumah masing-masing. Untuk penyalurannya, kami bekerjasama dengan ITN Malang,” tutur Kepala SD BSS, Suwarno, SS, kepada Malang Post.

Untuk diketahui, selain melalui Malang Post, sebelumnya SD BSS juga menyerahkan bantuan secara langsung di tiga titik pengungsian. Kegiatan tersebut dilakukan bersama perwakilan keluarga besar BSS (CC, SMP, SMA BSS) beserta beberapa mahasiswa UB Rabu (19/2) kemarin. Tiga titik pengungsian tersebut

lalu, bisa kembali mengikutsertakan siswanya untuk mendaftar tahun ini. Sebab 62 sekolah tersebut telah melakukan klarifikasi ke perguruan tinggi yang bersangkutan dan dibuka kembali Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)-nya. UB adalah salah satu perguruan tinggi yang cukup banyak mencatat sekolah dalam daftar blacklistnya. Jumlahnya sekitar 40 sekolah yang sebelumnya tidak boleh mendaftar ke UB di jalur SNMPTN. Menurut Yogi, sebagian dari sekolah tersebut sudah bertemu dengannya dan melakukan klarifikasi. “Rata-rata memang yang curang siswanya tapi sekolah tetap harus bertanggung jawab, karena itu tahun lalu kami sepakat mem-black list yang curang,” tegasnya. Dari klarifikasi yang dilakukan sekolah, diketahui bahwa sekolah yang curang

sudah mendapatkan sanksi dari Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten setempat. Sanksi yang diberikan yaitu dengan memutasi kepala sekolah yang menjabat kala itu. Terpisah, Rektor UM Prof Dr Suparno menegaskan pada intinya panitia pusat bukan menghapus sanksi. Tetapi mengabulkan permohonan pihak yang sudah memenuhi persyaratan atas pelanggarannya, yakni sudah ada sanksi bagi kepala sekolahnya dalam bentuk mutasi dan lainnya. “Bahkan juga sudah ada sanksi bagi siswa yang curang, misalnya dikeluarkan dari statusnya sebagai mahasiswa,” ujarnya. Selain itu, bagi mahasiswa yang diterima di jalur bidikmisi dan terbukti berbuat curang, perguruan tinggi juga sudah mencabut haknya sebagai penerima beasiswa tersebut. Suparno menambahkan tidak

semua sekolah di daftar hitam yang bisa mendaftar karena masih ada yang tidak memberikan klarifikasi. Sebab sebenarnya, pembebasan mendaftar kembali itu bukanlah perlakuan gratis namun ada proses pembelajaran bagi dinas dan sekolah yang melakukan pelanggaran. “Semua itu sejalan dengan upaya menegakkan keadilan, yakni siswa yang akan masuk perguruan tinggi tidak perlu menanggung nasib buruk akibat pelaku kecurangan di sekolahnya,” pungkasnya. Seperti diketahui sebelumnya panitia SNMPTN telah melayangkan surat kepada 72 sekolah yang masuk daftar hitam SNMPTN tahun lalu untuk melakukan klarifikasi. Namun, hingga masa pendaftaran SNMPTN dibuka kembali tahun ini, masih ada 10 sekolah yang belum melakukan klarifikasi. (oci/han)

MALANG- Sebanyak 394 guru di Kota Malang memeroleh sertifikat pendidik yang dibagikan pada Kamis (20/2/14) di Aula SMAN 9 Malang. Sertifikat ini diperoleh setelah para guru tersebut menyelesaikan serangkaian tes sertifikasi guru. Kepala Dikbud Kota Malang Dra Zubaidah MM di hadapan guru penerima sertifikat pendidik mengingatkan kewajiban menyisihkan tunjangan prestasi yang akan diterima guru untuk peningkatan kompetensinya. “Kalau sudah menerima tunjangan sertifikasi semuanya wajib punya laptop dan harus aktif mengikuti kegiatan untuk meningkatkan kinerjanya masing-masing,” ungkap Zubaidah. Ida, panggilan akrab Zubaidah. juga mengimbau agar para guru tidak malas terus belajar. Peningkatan kompetensi melalui pelatihan harus terus diikuti walau pun dilaksanakan hari Minggu. “Ilmunya harus terus ditambah dan selalu berinovasi dalam pembelajaran di kelas,” tegasnya. Tunjangan satu kali gaji yang diberikan pemerintah, lanjutnya, seharusnya dimanfaatkan untuk peningkatan kompetensi. Para guru, khususnya, di Kota Malang memiliki kewajiban mencetak anak-anak bermartabat, ceria, cerdas dan cemerlang. Menurut Ida, para guru harus

terus diingatkan karena faktanya belum ada peningkatan kualitas yang signifikan sejak adanya sertifikasi guru. Karena itulah Kemendikbud saat ini tengah merancang evaluasi bagi guru yang telah memperoleh sertifikat. Selain kinerja guru, salah satu poin yang bakal menjadi bahan evaluasi merupakan beban mengajar guru yang harus memenuhi 24 jam dalam seminggu. Kalau tidak memenuhi 24 jam, otomatis tunjangannya diberhentikan. Guru yang telah memperoleh sertifikat berhak untuk memperoleh tunjangan sertifikasi, tapi apabila kinerja mereka tidak bagus, apalagi bermalas-malasan sehingga tidak memenuhi 24 jam mengajar, maka tunjangan sertifikasinya bisa dihentikan. “Peningkatan kinerja itu wajib bagi guru sertifikasi, kalau tidak maka yang diterima tidak akan barokah,” ujarnya menegaskan. Sementara itu, persiapan menuju tes sertifikasi guru 2014 akan siap dilaksanakan. Rencananya pada awal Maret mendatang akan dilaksanakan tes Uji Kompetensi Guru (UKG) secara nasional. di Kota Malang sedikitnya 461 guru dari semua jenjang siap mengikuti seleksi para pendidikan latihan profesi guru (PLPG) 2014. Uji coba tempat uji kompetensi (TUK) akan mulai dilaksanakan Sabtu mendatang. (oci/han)

AILATUL ROSIDA/MALANG POST

SERTIFIKAT : Para guru penerima sertifikat pendidik mendapatkan arahan dari Kepala Dikbud Kota Malang Zubaidah, MM

UNIVERSITAS NEGERI MALANG - KANWIL PAJAK JATIM 3

Perpanjang Kerjasama Layanan Tax Centre

Kumpulkan Koran Bekas untuk Sumbangan

LAILI SALIMAH/MALANG POST

394 Guru Terima Sertifikat Pendidik

Sekolah yang DI-BLACK LIST Bisa Mendaftar

SD BRAWIJAYA SMART SCHOOL

MALANG – SD Brawijaya Smart School (SD BSS) tidak kehabisan cara untuk membantu korban bencana letusan Gunung Kelud. Setelah menyalurkan bantuan berupa uang tunai melalui Malang Post, sekolah binaan Universitas Brawijaya (UB) tersebut kembali menyingsingkan lengan. Kali ini, giliran koran bekas yang

lima anggota PMR yang terlibat yaitu 2 Kader Kesehatan Remaja dan 3 PMR. “Kegiatan ini bagi kami merupakan pembelajaran untuk selalu peduli dengan sesama dan membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya. Donor darah di SMPN 18 Malang dilaksanakan bekerjasama dengan PMI Kota Malang. Sekitar tiga jam pelaksanaan donor darah di sekolah, terkumpul sebanyak 20 kantung darah. Para pendonornya adalah guru dan karyawan di SMPN 18. “Kami berencana melaksanakan kegiatan ini setiap semester sekali, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan di samping tentunya bisa membantu mereka yang membutuhkan,” kata Pembina UKS SMPN 18, Asih Witayati. Aksi sosial kemarin sekaligus menjadi bentuk kepedulian warga sekolah atas musibah Kelud. Selain memberikan bantuan dalam bentuk material, diharapkan setetes darah

SNMPTN

setiap siswa punya tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara minimal satu tanaman. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengalaman langsung terkait kesadaran siswa terhadap pentingnya tumbuhan sebagai paru-paru dunia. “Kegiatan ini sekaligus memupuk kesadaran siswa untuk terbiasa kerja bakti dan gotong royong

7

adalah desa Tulungrejo, Banjarejo, dan Kaumrejo Kecamatan Ngantang. Pada kegiatan itu, SD BSS membelanjakan sekitar Rp 15 juta untuk keperluan pengungsi. “Besok, pada pembukaan Piala Rektor, kami akan memperlihatkan kegiatan kami di tempat pengungsian kepada siswa yang tidak ikut agar mereka semakin bersemangat untuk mengumpulkan koran yang akan kami gunakan untuk sumbangan selanjutnya,” terang Suwarno. Terlebih lagi, lanjut Suwarno, beberapa anggota keluarga siswa dan guru di sekolah tersebut juga menjadi korban. Sehingga, kepedulian yang ditunjukkan siswa lebih besar. Kepada keluarga BSS yang terkena musibah tersebut, sekolah memberikan bantuan berupa logistik dan uang tunai. “Kepedulian SD BSS terhadap korban musibah ini tidak akan ada habisnya. Setelah menyalurkan melalui Malang Post, menyerahkan sendiri, lalu menyalurkan melalui ITN, bukan berarti sudah cukup. Semampu kami, kami akan terus membantu korban, meski dengan cara-cara lain,” tutur Suwarno. (ily/han)

M.FIRMAN/MALANG POST

MEMPERMUDAH: Keberadaan Tax Centre di UM mempermudah 2200 wajib pajak untuk mengisi SPT mereka, sekaligus sebagai wadah untuk menyosialisasikan kesadaran membayar pajak. MALANG- Universitas Negeri Malang (UM) kembali mendapatkan mandat untuk menyosialisasi-

REDAKTUR : DEWI YUHANA, LAYOUTER : SITI

kan kesadaran membayar pajak di masyarakat. Perpanjangan kerjasama antara UM dan Kanwil Pajak

Jatim 3 digelar Kamis (20/2/14) di Ruang Sidang Rektor UM. Kepada Malang Post Kepala

Kanwil Pajak Jatim 3 Budi Susanto menuturkan UM diharapkan memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui layanan Tax Centre yang sudah dibuka di UM sejak 2008 lalu. “Kalau sosialisasi kesadaran membayar pajak dilakukan kampus maka harapan kami masyarakat semakin welcome dan kian meningkat kesadarannya dalam membayar pajak,” ucap Budi kepada Malang Post ditemui di sela kunjungannya di UM kemarin. Dia menegaskan, tax centre di perguruan tinggi tidak dipasang target rupiah, namun tugasnya adalah memberikan sosialisasi dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Yang juga lebih penting adalah menanamkan kesadaran mengenai pajak sejak dini kepada mahasiswa. Di perguruan tinggi pula bisa dilakukan sharing ilmu mengenai perpajakan kepada semua kalangan masyarakat. Selama ini program sosialisasi tersebut sudah berjalan dengan baik. Namun ke depan

pihaknya akan merumuskan satu program baru yang diharapkan semakin mengefektifkan keberadaan tax centre tersebut. “Awal Maret ini akan kami rumuskan formula program kerja sampai Desember mendatang, salah satunya dengan Tax Centre UM,” bebernya. Di Kanwil Jatim 3, lanjutnya, yang akan terus didorong adalah kesadaran wajib pajak pada usaha kecil menengah (UKM) dan orang pribadi (OP). Besaran target pada UKM dan OP masih akan digodok di kantor pusat Jakarta. Hanya saja, pada 2013 lalu target wajib pajak baru di wilayah Malang dan sekitarnya sudah meningkat dan melampaui target. Pencapaiannya senilai Rp 300 miliar khusus wajib pajak baru. Karena peningkatan luar biasa itulah pada tahun ini target pencapaian penerimaan pajak naik menjadi Rp 10,8 triliun dari tahun lalu yang hanya Rp 8,4 triliun. “Kerjasama dengan perguruan tinggi ini diharapkan memudahkan

kami dalam pencapaian target, karena itu perguruan tinggi mendapatkan tugas untuk memasyarakatkan informasi saja, sementara target rupiah tetap di Kantor Pelayanan Pajak (KPP),” tandasnya. Wakil Rektor Bidang Kerjasama UM, I Wayan Dasna menuturkan kedatangan Kanwil Pajak Jatim 3 di UM kemarin dilakukan dalam rangka perpanjangan MoU UM dan Tax Centre yang saat ini berada di Fakultas Ekonomi (FE) UM dan dibuka sejak 2008 lalu. “UM berharap dengan kerjasama ini kami bisa mengedukasi masyarakat. Di samping itu, wajib pajak (WP) di UM juga lebih mudah membayar pajak,” bebernya. Hal senada diungkapkan Dekan FE UM Prof Dr Budi Eko Soecipto Med MSi. Menurutnya keberadaan Tax Centre tersebut memberikan manfaat bagi civitas UM. Karena para WP di UM yang jumlahnya 2200 orang kini bisa lebih mudah dalam mengisi SPT tahunan karena bisa dilakukan di Tax Centre. (oci/adv/han)


religi

jumat, 21 februari 2014

8

Tujuh Larangan dalam Buang Air dan Etikanya Buang air dalam terminoligi fiqih sering disebut dengan Qadhil Hajat. Yaitu perasaan mendesak untuk buang hajat. Baik hajat air kecil maupun hajat air besar. Pada dasarnya ada beberapa tata krama yang harus ditaati bagi mereka yang hendak buang air. Pertama, dianjurkan menda­ hulukan kaki kiri ketika me­ masuki tempat buang air. Hal ini berlawanan dengan adab me­masuki ruangan yang dimu­ liakan seperti rumah, mushalla, masjid dan lain sebagainya yang mengharuskan melang­kahkan

kaki kanan terlebih dahulu. Kedua, ketika memasuki ru­ ang buang air sunah membaca : Bismillahi allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khabaits. Artinya: Dengan na­ ma Allah, Ya Allah aku ber­lindung kepada Mu dari go­daan syaitan laki-laki dan pe­rempuan. Doa ini sangat penting meng­ ingat tempat buang air yang iden­ tik dengan ruang kotor sebagai ruang berdiamnya para syetan. Ketiga, hendaklah berdo’a se­telah membuang air sebagai­ mana doa yang diajakan oleh rasulullah saw: Ghufranaka

alhamdulillahilladzi adzhaba anil adza wa ‘afani. Artinya : Ya Allah aku mohon ampunanMu segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan rasa sakit dariku dan yang telah mem­berikan kesehatan. Keempat, hendaklah ketika memasuki tempat buang air memakai alas kaki dan tutup kepala. Demikian anjuran fiqih mengenai tatakrama buang air. Adapun larangan yang harus benar-benar dihindarkan da­ lam buang air ada enam hal. Pertama, janganlah membe­ lakangi atau menghadap ke

arah kiblat. Kecuali terdapat ta­bir pemisah seperti tembok atau memang ada ruangan khusus untuk buang air. Maka bebas saja membuat toilet, WC dan kamar mandi ke arah yang disukai, asalkan tertutup. Kedua, jangan melaku­ kannya di air yang diam atau berhenti dan tidak mengalir. Ketiga, jangan kencing atau buang air besar di bawah po­ hon yang berbuah. Baik ketika musim berbuah atau sedang ti­dak berbuah. Keempat, jangan melaku­ kan­n ya di jalan yang biasa

di­l alui manusia, di tempat ber­teduh dan juga di dalam lubang bumi yang bundar. Kelima, jangan berbicara ataupun bercakap ketika se­ dang buang air. Kecuali dalam keadaan darurat. Keenam, jangan menghadap atau membelakangi matahari dan bulan ketika terbit atau ter­b e­nam dan terakhir, Jan­ gan mem­bawa sesuatu yang dimuliakan yaitu sesuatu yang ber­tuliska nama Allah swt. De­ mikian keterangan dalam Fa­ thul Qarib al-Mujib dan Mura­ qil Ubudiyah. (nu_online)

Memaknai Nama : Panggilan Adalah Do’a Yang Indah MEMBERI NAMA: Nama adalah do’a dan harapan agar anak-anak dapat mengenal makna dirinya serta makin dekat dengan Robbnya.

ETIKA: Ada tata krama dan etika yang harus ditaati bagi mereka yang hendak masuk dan keluar dari kamar mandi.

kajian fikih

Antara Salat Berjamaah di Mushalla dan di Masjid TANYA: Bila kita melaksanakan salat fardu di mushalla atau di langgar, apakah kita sudah dikatakan salat di masjid. Karena kami masih ragu-ragu apakah harus di masjid yang di pakai Jum’atan, atau boleh berjamaah di mushalla. JAWAB: Pertama-tama perlu diketahui bahwa yang disyari­ atkan dalam agama adalah menunaikan salat fardhu secara berjamaah. Inilah yang dilakukan oleh Rasul saw dan para sahabat serta salafunas salih. Lalu apakah salat berjamaah itu harus dilakukan di masjid? Jawabannya adalah tidak harus. Salat berjamaah boleh dilaku­ kan di tempat selain masjid. Sebab sebagaimana bunyi hadits Nabi saw, “Dijadikan seluruh tanah untukku sebagai masjid (tempat sujud) dan suci.” (HR Muttafaq alayh). Masjid bukan syarat sah melakukan salat berjamaah. Ia boleh dilakukan di mushalla, langgar, atau tempat ruangan salat di kantor dan mall yang disediakan untuk salat. Namun demikian melakukan salat berjamaah di masjid jauh lebih afdhal dan lebih utama berdasarkan sejumlah riwayat yang menyebutkan keutamaan mendatangi masjid untuk salat. Kesimpulannya, di syariatkan bagi setiap muslim untuk menunaikan salat fardhu secara berjamaah. Salat berjamaah tersebut bisa dilakukan seluruh bumi Allah. Mushalla atau langgar berbeda dengan masjid. Salat berjamaah di mushalla hukumnya boleh dan sah. Namun demikian, salat berjamaah di masjid adalah lebih lebih baik dan lebih utama. Wallahu a’lam. (syariah_online)

Antara Jilbab dan Akhlak “Hmmm… Saya suka nama Yu­suf, deh bi…. Pasti ganteng dan sholeh ntar anak kita kayak Nabi Yusuf alaihis­ salaam…”, usulku pada sua­mi, saat mengetahui bahwa ca­lon bayi yang akan kulahirkan nanti adalah laki-laki. “Ogaaaaah… gak mau, mi…”, eh tiba-tiba suamiku lang­­sung complain, “Dulu ada teman abi namanya Yusuf, tapi dipanggil Ocop atau Ucup… Jangan deh mi, yang lain saja yah…”, sambungnya. Memang hati ini merasa tid­ak ridho dengan panggilanpanggilan yang sembarangan mengubah nama orang, apa­la­ gi jika maknanya kurang baik. Begitu di saat kami berdiskusi sederhana tentang nama anakanak. Sejujurnya kami punya bahasa favourite yang sama, yaitu bahasa Arab, walaupun hanya bisa pasif, otomatis na­ ma anak-anak harus “arabic”, dan selama ini memang namanama indah yang merupakan sifat-sifat Sang Pencipta, nama para nabi, atau pun nama to­koh Islam sering menjadi pilihan untuk nama anak bagi para orang tua masa kini, ter­ masuk kami. Tak lain hal itu adalah do’a dan harapan agar anak-anak dapat mengenal mak­n a dirinya serta makin dekat dengan Robbnya. Memilih nama yang baik adalah kebutuhan diri kita, selaku makhluk pribadi dan makhluk yang bersosialisasi. Nama-nama yang baik, yang Insya Allah dimiliki seseorang berakhlaq mulia, tentunya mencerminkan kepercayaan diri dan komitment yang tinggi dalam adab-adab pergaulan, secara habluminallah dan habluminannaas. Dalam Islam, anjuran memi­ lih nama yang baik telah di­ contohkan oleh baginda Ra­ sulullah SAW, dalam suatu kisah para sahabat membawa anaknya yang baru lahir ke hadapan Rasulullah saw, be­ liau memberikan nama pada hari itu juga. Kita lihat contoh dalam kisah kelahiran ‘Abdullah bin Az Zubair, ketika Rasulullah SAW mentahniknya “Kemu­ dian beliau mengusapnya dan mendoakan kebaikan baginya, serta memberinya nama : ‘Abdullah.” (HR.Muslim), juga b­eliau bahkan pernah me­ ngubah nama Al-’ashi (yang artinya pembangkang) men­ jadi Abdullah (Hamba Allah) saat orang tersebut masuk Islam. Nama memiliki hikmah

yang besar, Ibnul Qoyyim me­ngatakan bahwa nama harus “bermakna yang indah” sesuai petunjuk-NYA, Hendaklah pula seseorang menamai anak­nya dengan kesesuaian karakter. Bila anak lelaki, maknai na­ manya dengan karakter gagah, jantan, penuh keberanian, tekad, dan kemuliaan sebagai pemimpin ummat. Sedangkan bila anak wanita, pilihlah nama “keputrian” yang mak­nanya sikap ‘iffah (menjaga diri), kesetiaan, ikhlas, dan penuh kesyukuran serta sabar. Sayangnya, dengan pema­ haman yang berbeda-beda serta latar belakang pun tak sama, kebanyakan orang meng­a nggap sepele prihal nama ini. Teringat akan masa sekolah dulu, hampir semua teman sekolahku sejak di bangku sekolah dasar hingga masa kuliah, ada saja yang pu­nya “label” atau nama pang­ gilan istimewa yang digelari oleh teman-teman sendiri. Dan kebanyakan nama-na­ma itu memiliki arti yang kurang baik, mungkin yang dipanggil memang tak me­nyadari akan hal itu, atau merasa bahwa sekedar can­d aan sehingga tak memper­masalahkannya. Bahkan di salah satu kelas di sekolahku, ada kelas senior yang dijuluki “kebun bina­ tang”, semua siswa-siswi di dalamnya pu­n ya panggilan masing-masing : kambing, onta, kucing, tikus, bebek, macan, ular, dsb sesuai dengan karakter atau julukan dari si teman-temannya, bahkan anak yang “jalannya pelan-pelan” dipanggil “si­put”. Astaghfir­ rullah… Temanku yang lainnya ber­ nama “omen”, mirip nama tikus kepunyaan Dono, itu lho yang merupakan tokoh dalam salah satu film komedi Indo­n esia. Ada pula yang dipanggil “item” karena ku­ litnya paling gelap di antara teman lain. Ada pula yang dipanggil “bunte­lan” karena tubuhnya yang gemuk, “cac­ ing” gara-gara ku­rus, “kiting” gara-gara ram­butnya keriting, “boxy” karena botak dan sexy, “sagu” gara-gara pakai bedak sering tebal, “o’on” gara-gara sering dimarahi guru kalau hasil ulangannya jelek, dsb. Yang miris sekali, nama “Arif” be­r ubah jadi yipyip, nama Abdulloh dipanggil Bedol (yang dalam bahasa daerah artinya bolong), nama Ahmad dipanggil Mamat (artinya Mati), ada juga panggilannya “burn”, “gosong”, yang arti­

nya bakar. Mungkin karena saya adalah orang yang perasa dan sen­ sitive terhadap makna kata, sehingga Saya tak pernah mengikuti gelar-gelar dan panggilan tersebut. Orang tu­ aku pun pernah menginga­tkan, “Jangan mengejek orang lain kalau tak mau diejek…Jangan membalas hinaan kalau me­ mang kita tak sama dengan si penghina, ingatlah…”. Oke, dalam hatiku. Sebab dulunya saya pernah juga ber­sedih gara-gara diusili te­ man dengan menghina nama bapakku yang diplesetkan dengan nama merk rokok. Dan juga kebetulan saya dan kakak-kakak yang cewek se­m uanya kurus langsing, nah, dulu ada tetangga yang se­muanya anak laki-laki. Si kakak tetangga itu adalah kawan sekelas kakakku, si ka­kak sulungnya juga kawan sekelas kakak sulungku, adiknya adalah kawan seke­ lasku. Mereka kakak-beradik secara turun temurun meng­ ejek kami kakak-beradik, dengan panggilan “tengkorak hidup”, dan “tiang listrik”, gubraks! Kata mereka, kalau ada angin kencang, tubuh kami tinggal terbang saja, tulang semua. Namun kami tidak mem­ pedu­likan ejekan itu, yah sadar diri juga bahwa saat itu me­ mang toh badan kami kurus, namun yang penting sehat. Nyatanya saat sudah mensperiode sebagai tanda baligh bagi anak wanita, maka tubuh kami berubah, “me­ngembang” dengan teratur, Alhamdulil­ lah, semua ada masanya. Dan kalau diselidiki lebih lanjut, ternyata “yang ngejek-ngejek” begitu, karena mereka naksir, euy…itu istilah anak muda. Semoga teman-teman terse­ but telah memperoleh hidayah Allah SWT dan menghargai makna nama-nama mereka dengan lebih baik. Dan buat generasi remaja sekarang, co­ balah merajut kenangan yang lebih indah, jangan sampai menyakiti hati teman-teman atau saudara kita sendiri dengan panggilan yang bu­ ruk, ada kalanya panggilan tersebut malah sangat tidak pantas disebut, bahkan pang­ gilan dengan sebutan “setan atau iblis”, naudzubillahi minzaliik. Alhamdulillah, melalui ma­ sa-masa remaja, saya tetap me­ manggil nama teman-teman dengan “nama asli” mereka, walaupun mungkin mereka

sendiri bingung dan merasa lucu atau asing dengan nama itu. Contoh saat si “Omen” Saya panggil Ahmad (sesuai namanya), dia malah tak me­ noleh. Namun selanjutnya dia jadi ingat bahwa yang memanggil Ahmad berarti saya, dan kar­ ena itulah dia jadi ingat pas­ti di hari itu mau tukar-pinjam koleksi novel detektif den­ ganku. Ada yang namanya Za­ hid, tetaplah kupanggil Zahid, bukan jait (jahit) seperti cara teman lain memang­g ilnya. Juga ada yang nama­nya Ria (tentulah dimaksud­kan ber­ makna gembira), banyak yang “terpeleset” me­m anggilnya Riya’, astagh­firrulloh… Kalian yang sudah jadi ibu, tentu kesal kalau nama anak yang sudah bagus-bagus maknanya, eh, dipanggil anehaneh oleh orang lain. Mungkin saat itu, begitulah perasaan bu Fafa, lantas dia mengulang de­n gan sabar dan suaranya lembut sekali, “Arif…Arif, ada temanmu, nak…”, pang­ gilan itu khan do’a, apalagi keku­atan do’a ibunda sholi­ hah, insya Allah kelak si Arif benar-benar menjadi sosok yang arif. Agar kenangan kita indah di bumi Allah SWT ini, se­baiknya kita saling memang­gil dengan nama yang baik. Penggunaan nick-name tentu boleh, namun tetap dilihat maknanya, jangan menggu­nakan nama yang ber­ makna buruk. Panggilan-panggilan de­ngan penuh kasih sayang di antara suami-istri, saudara, saha­ bat, tentu akan memp­ererat ukhuwah serta menam­b ah kemesraan, Rasulullah SAW dan para sahabat pun mencon­ tohkan hal itu, ayah ibuku juga memiliki panggilan special di antara keduanya, hati ini ikut senang mendengar saat mer­ eka saling memanggil. Ciri kekurangan fisik sese­ orang jangan sampai diumbar melalui nama, belum tentu teman kita tidak sakit hatinya walaupun dia tak menam­ pakkan kemarahan. Masih lebih baik menggunakan ju­ lukan ciri asal daerah, sep­ erti “Al-Jawi, Al-Bantani, Al-Palembani, Al-Indonesia, dll”. Janganlah sungkan bertanya pada teman kita, “Panggilan yang kamu sukai, pakai nama apa…?”, atau, “Kamu senang tidak kalau Saya panggil den­ gan namamu yang ujungnya begini…?”, dsb. Jangan pula kita malu untuk menanyakan

makna dari suatu nama yang mungkin kita punya ide-ide unik untuk nama anak, tapi malah arti atau maknanya kurang baik. Kadang-kadang memang perbedaan bahasa pula yang menyebabkan arti berbeda, misalnya ada orang yang tidak tahu bahwa “stone” artinya batu. Nama anaknya “stone”, sifatnya keras kepala seperti batu karena dipanggil “batu” tiap saat. Adapun arti “Nada” yang berhubungan dengan musik dalam bahasa Indo­ nesia, namun jika jalan-jalan ke Spanyol, mungkin akan ada yang menertawakan anak anda, sebab “Nada” is No­ thing, dalam bahasa Spanyol sering diartikan bodoh. Juga nama “Rocky” atau Kroky yang biasanya keren, namun di Poland, Roky, Kroky atau krok artinya step atau move, dimaknai terlalu aktif, seperti suara kodok, melompat-lompat terus tak henti-henti. Berhati-hati pula memberi nama, jangan den­ gan nama-nama berhala atau serupa dengan nama para pem­besar yang kafir. Artinya kita sebagai orang tua memang harus lebih ban­ yak lagi menggali infor­masi tentang makna-makna nama ini, ingin sekali di suatu hari anak-anak merasa percaya diri dan selalu optimis saat mema­ hami dengan baik akan makna di balik nama-nama mereka, ataupun di balik panggilan singkat mereka. Secuil kata berupa nama, Muhammad, junjungan dan idola kita, Rasulullah SAW, manusia yang paling ter­ puji, ternyata paling banyak nama serupa ini, bahkan stasiun televisi dunia per­ nah me­ngupas habis makna nama jun­jungan kita tersebut. Subha­n alloh… Ayat-Nya, “Dan tiadalah Kami mengu­ tus engkau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya’:107). Duhai Azzam, jadilah eng­ kau anak yang bertekad kokoh dan teguh dalam mem­pelajari ilmu-ilmuNYA, nak… begitu­ lah salah satu harapan kami saat “menemukan” nama yang indah buat si sulung. Semoga Allah SWT merid­ hoi dan selalu membe­rikan bimbingan-NYA atas usahausaha kita dalam mendidik anak, termasuk saat mengawa­ li do’a “pemberian nama” mereka ini. Wallahu ‘alam bisshowab. (ermus)

TANYA: Saat ini maraknya orang yang berpendapat le­ wat sosial media tentang perbedaan jilbab dengan akhlaq, apakah benar jilbab dan akhlaq adalah dua hal yang berbeda. Jilbab adalah perintah Allah, sedangkan akhlaq adalah budi pekerti masing-masing pribadi seseorang, bagaimana jika orang yang berjilbab tetapi berperilaku buruk, bukankan jika dia sudah mengerti jilbab itu wajib, maka dia pun harus mengerti bahwa akhlaq itu satu kesatuan dengan penampilan, mohon pencerahannya. JAWAB: Benar bahwa jilbab dan akhlak adalah dua hal yang berbeda. Namun demikian keduanya tidak bisa dipisahkan. Sebab keduanya adalah perintah agama yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Di satu sisi Allah memerintahkan setiap muslimah untuk berjilbab (QS al-Ahzab: 59), juga disisi lain Allah menegaskan bahwa setiap mukmin sejatinya memiliki akhlak yang baik (di antaranya dalam QS al-mukminun). Pasalnya, Nabi saw diutus untuk menyempurnakan akhlak; berbagai ibadah harus membuahkan akhlak yang baik; kes­ empurnaan iman ditandai dengan kesempurnaan akhlak; serta masuk tidaknya seseorang ke dalam sorga sangat ditentukan oleh akhlak selain ibadahnya. Karena itu, orang yang dengan kesadarannya mau mem­ pergunakan jilbab sebagai pakaian yang disyariatkan, hen­ daknya juga terus memperbaiki akhlak. Dengan demikian keislamannya tidak hanya tampak dari sisi tampilan lahir; tetapi juga dari sisi perilaku dan perbuatan. Dengan begitu, kecantikan lahir dan batin terkumpul pada dirinya. Wallahu a’lam. (syariah_online)

Talak Yang Diucapkan Berulang-ulang TANYA: Saya ingin bertanya tentang prahara rumah tangga saya. Saya seorang istri, menikah sekitar tahun 2010, pada tahun 2012 kami bertengar dan suami mengucap talak kepada saya. Pada 2012 tersebut saya dan suami rujuk, di akhir tahun 2013 kami bertengkar lagi dan suami mengucap kata talak berulang kali, hingga sekarang suami belu m berkata rujuk. Apakah talak yang jatuh ke saya sudah termasuk talak 3 atau masih talak 2? Sebenarnya saya ingin sekali rumah tangga kami bersatu kembali. Apakah masih ada harapan untuk melakukan rujuk, karena suami beranggapan kalau kami sudah pada taraf talak 3, suami masih bingung apakah masih bisa dilakukan rujuk atau tidak? JAWAB: Kami turut prihatin dengan kondisi yang menimpa rumah tangga Anda. Semoga Allah memberikan petunjuk dan keberkahan. Perlu diketahui bahwa ketika suami Anda di tahun 2012 menceraikan Anda lalu rujuk lagi, maka hal itu sudah merupakan talak satu. Namun ketika di akhir tahun 2013 suami mengucapkan kata talak berulang kali, maka dalam hal ini para ulama berbeda pendapat apakah talak yang diucapkan oleh suami itu dihitung sebagai satu talak sehingga menjadi talak dua atau telah dianggap sebagai talak tiga yang berarti Anda berdua tidak berkesempatan untuk rujuk kembali kecuali Anda menikah dulu dengan lelaki lain dengan nikah yang benar; bukan rekayasa. Perbedaan pendapat di antara ulama terkait dengan talak yang diucapkan berkali-kali dalam satu waktu atau dalam satu kali masa suci adalah sebagai berikut: 1. Menurut Ibnu Qudamah ketika seorang suami mengucap­ kan talak berulang kali harus dilihat dulu niatnya. Kalau niatnya hanya untuk menguatkan, maka jatuh satu talak. Namun kalau niatnya talak tiga, maka jatuhlah talak tiga. 2. Menurut Ibnu Taymiyyah dan yang lain bahwa talak yang diucapkan berulang kali dalam satu waktu tetap dianggap sebagai satu talak; bukan talak tiga. Dengan demikian kalau merujuk pada pendapat ini, suami Anda telah menjatuhkan talak dua kepada Anda. 3. Menurut Jumhur ulama talak yang diucapkan berulang kali, misalnya “Engkau kuceraikan, kuceraikan, kuceraikan,” atau “Kuceraikan engkau dengan talak tiga,” maka talak yang semacam ini dianggap sebagai talak tiga. (syariah_online) redaktur: mahmudi, layout: kurdi


Anggota KPU Jatim Ditetapkan, Seluruh Incumbent Gagal

PINDAH TPS: KPU membuat prosedur seorang pemilih bisa pindah ke TPS lain.

KPU Beri Kesempatan Pindah Memilih ke TPS Lain

JAKARTA-Pada waktu pe­ mungutan suara 9 April 2014 nanti, pasti ada pemilih yang tak bisa menunaikan haknya di tempat pemungutan suara (TPS) berdasarkan tempat tinggalnya. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat prosedur seorang pemilih bisa pindah ke TPS lain. Mereka tetap dapat meng­ gu­nakan hak pilihnya di TPS lain dengan cara mengurus for­m ulir model A-5 (surat kete­r angan pindah memilih) dari Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Mobilitas penduduk kita sangat tinggi baik karena dinas luar, tugas belajar, pin­dah domisili, sakit, bencana dan persoalan hukum yang men­g­akibatkan seseorang menj­adi tahanan. Kejadian-ke­jadian itu tidak boleh meng­hambat seseorang untuk meng­gunakan hak pilihnya. Karena itu, di manapun,

me­reka dapat menggunakan hak pilih dengan catatan mengurus formulir A-5 dari PPS asal,” kata Komisioner KPU RI Fer­ry Kurnia Rizkiyansyah, Kamis, 20 Februari 2014. Untuk mendapatkan for­ mulir model A-5, lanjut Ferry, pemilih wajib menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas lain kepada petugas PPS di desa/ kelu­ ra­han. Hal ini penting untuk me­mastikan bahwa orang yang mengurus formulir model A-5 itu, benar-benar orang yang akan pindah memilih dan terdaftar sebagai pemilih di dae­rah tersebut. “Petugas PPS harus benar-benar teliti sebe­lum mengeluarkan formulir itu. Bisa jadi ada orang yang meminta formulir model A-5 atas nama orang lain dengan tujuan mengeluarkan nama seseorang dari daftar pemilih tetap (DPT), padahal orang yang bersangkutan

tidak be­rencana untuk pindah memi­lih,” ujarnya dalam siaran pers kemarin. Ferry menerangkan jika pe­m ilih yang akan pindah memilih itu sudah jelas iden­ titasnya dan dipastikan orang yang mengurus formulir mo­ del A-5 itu adalah orang yang akan pindah memilih, petugas PPS kemudian mengecek nama yang bersangkutan di DPT. Jika nama pemilih itu ter­cantum dalam DPT, PPS me­nanda­ta­ ngani dan mem­berikan formulir A-5 KPU serta mencoret nama yang bersangkutan dari DPT pada TPS asal. “Harus dilakukan pengece­ kan dulu dalam DPT. Jangan langsung memberikan surat keterangan pindah memilih. Ja­ngan-jangan yang bersang­ kutan memang tidak terdaftar dalam DPT di daerah itu atau bahkan orang itu adalah orang dari daerah lain yang ingin

mendapatkan formulir model A-5 untuk kepentingan ter­ tentu,” paparnya. Setelah mendapatkan for­ mu­l ir model A-5, pemilih wajib melapor ke PPS tempat pemilih akan menggunakan hak pilihnya paling lambat tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Pada saat pemilih melaporkan diri, PPS harus teliti membaca dokumen pemilih tersebut. “Harus be­ nar-benar dicek identitasnya dan dibandingkan dengan formulir A-5 yang telah di­ tandatangani oleh Ketua PPS asal,” tambahnya. Dalam situasi tertentu, di mana pemilih tersebut tidak sempat melapor ke PPS tempat pemilih akan menggunakan hak pilih, pemilih yang ber­ sangkutan tetap dapat meng­ gunakan hak pilihnya pada hari dan tanggal pemungutan suara. Dengan catatan, pemilih

yang bersangkutan telah memiliki formulir model A-5 dari PPS asal dan menun­juk­kannya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS, tempat pemilih itu akan menggunakan hak pilih. Pemilih yang masuk ka­ tegori pindah memilih dima­ suk­kan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Pemilih itu diberikan kesempatan untuk memberikan hak pilih yang sama dengan pemilih yang ter­ daftar dalam DPT. Pemberian suara dimulai dari pukul 07.00 sampai pukul 13.00. PPS, kata Ferry, penting un­ tuk mengatur keseimbangan pemilih yang tercatat sebagai DPTb, daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih khu­sus tambahan (DPKTb) untuk memberikan suara di wilayah kerjanya dengan memper­tim­bang­kan ketersediaan surat suara di masingmasing TPS. (jpnn/udi)

Mendagri: Dana Saksi Pemilu Mungkin Tak Cair JAKARTA- Menteri Dalam Negeri sampai saat ini masih menunggu kesepakatan partai politik mengenai dana saksi Pemilu. Sebab, soal dana itu, masih ada polemik di antara partai politik. “Saya tetap pada pendirian, kalau partai tidak sepakat saya tidak akan rekomendasikan untuk dana parpol itu,” kata Gamawan di kantor Wakil Presiden, Ja­kar­ ta, Kamis 20 Februari 2014. Sebab, sampai saat ini, tidak ada lembaga yang mau mempertanggungjawabkan dana itu jika dicairkan, ter­masuk badan pengawas Pe­milu.”Kalau tidak ada lem­baga yang bertanggung jawab, mempertanggungjawabkan uang yang akan dibantu itu, saya tidak akan mereko­men­dasi. Kalau dinyatakan Ba­waslu: saya tidak sanggup untuk mempertang­ gungja­wabkan,” ujar dia menirukan ucapan Bawaslu. Jika tak ada yang mere­ko­ mendasikan permintaan dana itu, kata Gamawan, maka uang

DANA SAKSI: Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi masih menunggu kesepakatan partai politik mengenai dana saksi Pemilu.

itu tak akan dicairkan. Tapi, kemungkinan besar dana itu tidak akan dicairkan. “Ke­ cenderungannya begitu (dana tidak cair),” tambah dia. Menteri Dalam Negeri ju­ ga mengisyaratkan tak akan mem­b erikan dana reko­m en­ dasi untuk mitra Pengawas

Pemilu Lapangan (PPL). Sebab, mitra PPL itu tak ada dalam Undang-Undang. “Saya khawatir untuk memberikan dana rekomendasi itu, terus terang saja. Karena namanya belum ada di UU nanti saya dipersoalkan lagi. Ini Men­d agri mereko-

mendasikan sesuatu yang tidak ada dalam UU, saya ikut bertanggung jawab,” kata Gamawan. Gamawan berharap, badan pengawas Pemilu itu, mem­ perkuat PPL saja, sehingga tak perlu lagi ada istilah mitra PPL. Dia mengusulkan agar

jumlah PPL saja yang di­ tambah. “Karena hanya itu (PPL) yang ada di Undangundang,” ujar dia. Selain itu, ada perlindungan masyarakat juga sudah ada dalam Undang-Undang, na­mun justru dananya yang be­lum ada. “Itu juga selesaikan dengan Menkeu,” kata dia. Secara terpisah, Partai De­ mokrasi Indonesia (PDI) Per­ ju­angan secara resmi menolak usulan dana saksi Pemilu dibiayai negara. Penolakan itu sudah disampaikan secara resmi ke Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Politisi senior PDI Perju­ angan, Pramono Anung, me­ ngatakan bahwa partainya sudah punya anggaran khusus untuk membiayai saksi Pemilu. “PDI Perjuangan akan go­t ong royong. Partai kami bu­kan kaya raya. Yang ber­tanggung jawab itu (dana saksi) ya partai,” tegas Pra­m ono di Gedung DPR, ke­marin. (jpnn/udi)

Wali Kota Risma Bantah Ditawari Jadi Cawapres JAKARTA- Wali Kota Su­ra­ baya, Tri Rismaharini, mene­ gaskan bahwa hingga Kamis, 20 Februari 2014, belum ada par­t ai yang meminangnya se­bagai calon wakil presiden pa­d a Pemilu 2014. Risma mem­bantah dikatakan ingin mun­dur dari jabatannya karena ada tawaran untuk menjadi Ca­ wapres. “Aku ndak ada yang nawarin kok. Demi Allah ndak ada yang nawarin. Wong saya ndak ngerti cawapres,” kata Ris­ma di Gedung DPR, Ja­karta. Risma juga membantah Pre­ si­den Susilo Bambang Yudho­ yono telah menawarkan posisi cawapres kepadanya. Presiden SBY, kata dia, hanya meminta agar dirinya tidak mundur se­ bagai wali kota. “Ndak, ndak. Ka­lau yang tahu saya tidak

Tri Rismaharini akan nawarin. Dan Pak Pre­si­ den tahu siapa saya,” ujarnya. Sebelumnya luas dibe­ ritakan, bahwa niat Tri Risma­ harini mundur dari jabatan

Wali Kota Surabaya ditentang keras. Beberapa tokoh dan masyarakat mendukung agar Risma terus menjadi wali kota hingga tuntas masa ja­ba­tannya.

PDIP sebelumnya telah me­nya­takan bahwa Tri Ris­ maharini (Risma) tidak akan mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya. PDIP juga mendukung penuh Risma untuk menyelesaikan tugasnya hingga akhir periode pemerintahannya. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri mulai mencer­ mati skenario hitam dari partai politik tertentu yang ingin merebut Risma dari tangan PDIP. Sebagai salah satu kader terbaik, Risma mulai diga­ dang-gadang jadi pemimpin nasional di masa depan. Tjahjo membantah rumor ke­t idakharmonisan Risma dan Wisnu adalah karena Wisnu pernah menjabat sebagai Wakil DPRD Surabaya.

Se­mentara DPRD Surabaya pernah melayangkan mosi tidak percaya kepada Risma. “Bukan karena itu, tapi karena sudah clear. Sekarang tidak ada masalah, sudah damai, selesai,” ujar Tjahjo. Ia menyatakan, PDIP se­ sung­guhnya pernah menawari Risma untuk maju sebagai calon wakil gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2013. “Tapi Risma res­mi menolak. Dia bilang, ‘Saya mau konsentrasi di Sura­baya’,” kata Tjahjo menirukan ucapan Risma. Tjahjo menilai isu mun­durnya Risma saat ini sebagai manuver politik jelang Pemilu 2014. “Ini semua muaranya 2014. Sah-sah saja orang ber­manuver,” kata dia. (jpnn/udi)

JAKARTA- Setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), KPU RI akhirnya menetapkan lima orang anggota KPU Provinsi Jatim terpilih serta lima orang calon pengganti antar waktu (PAW) atau cadangan. Penetapan lima komisioner KPU Jatim 2014-2019 itu diteken oleh Ketua KPU RI Husni Kamil Malik pada Rabu (19/2/2014) kemarin. Tapi, KPU RI baru mengumumkan ke publik pada Kamis (20/2/2014) kemarin. Masa jabatan KPU Provinsi Jawa Timur memang habis masa jabatannya pada 21 Februari 2014 hari ini. Karena itu, KPU pusat sudah memplenokan siapa calon komisioner KPU Jawa Timur selanjutnya untuk periode 2014 sampai 2019. “Tadi malam kita sudah plenokan, dan dituntaskan sore ini (kemarin, red.). Insya Allah besok rencananya akan kita lantik (hari ini, red.),” kata Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (20/2/2014). Berdasar pengumuman melalui website www.kpu.go.id. berdasarkan peringkat, yang lolos menjadi lima komisioner KPU Jatim adalah Eko Sasmito (mantan Ketua KPU Kota Surabaya), Muhammad Arbayanto, Dewita Hayu Sinta, Choirul Anam (mantan anggota KPU Kota Surabaya), Gogot Cahyo Baskoro. Sedangkan, lima komisioner KPU Jatim cadangan adalah Hendry, Bagyo Prasasti Prasetyo, Agus Mahfudz Fauzi, Agung Nugroho dan Deden Faturohman. Dengan pengumuman ini, seluruh komisioner KPU Jatim incumbent periode 2009-2014 tidak ada yang lolos. Mereka adalah Andry Dewanto Ahmad, Nadjib Hamid, Sayekti Suindyah, Agus Mahfudz Fauzi dan Agung Nugroho. Dari kelima itu, hanya Sayekti yang mencalonkan menjadi komisioner Komisi Informasi (KI) Jatim. (jpnn/udi) ANGGOTA KPU JATIM PERIODE 2014-2019 1. Eko Sasmito, mantan Ketua KPU Kota Surabaya 2. Muhammad Arbayanto 3. Dewita Hayu Sinta 4. Choirul Anam, mantan anggota KPU Kota `Surabaya 5. Gogot Cahyo Baskoro 6. Hendry, ST, MT, (cadangan) 7. Bagyo Prasasti Prasetyo (cadangan) 8. Agus Mahfudz Fauzi (cadangan) 9. Agung Nugroho (cadangan) 10. Deden Faturohman (cadangan)

KSAD Jamin TNI AD Netral pada Pemilu JAKARTA- Kepala Staf TNI Ang­katan Darat (KSAD) Jen­ deral TNI Budiman, menjamin personil TNI AD dari pucuk pim­ pinan hingga personil terdepan akan bersikap netral pada Pemi­ lihan Umum (Pemilu) 2014 men­ datang. Apalagi, kata Jenderal bintang empat ini, para senior TNI AD pun juga menghendaki jajaran AD untuk netral. Budiman menegaskan, netra­ litas TNI AD akan dijalankan oleh seluruh personil TNI AD, mu­lai dari tataran Pemimpin (KSAD) Jenderal TNI Budiman sampai ke prajurit terendah. Menurut dia, wajib hukumnya bersikap netral berucap dan bertindak saat perhelatan Pesta Demokrasi Lima Tahunan tersebut. Pengawasan terhadap seluruh personil di lapangan untuk bersikap netral dalam pemilu pun sudah dilakukan. Yakni dengan mengawasi seluruh personil hingga garda terdepan (Babinsa). “Kita sudah semakin mantap. Dan kami akan berusaha untuk menjalankan dengan sebaik-baiknya. Kami menyadari pengawasan kebawah harus sangat diperlukan, terutama personil-personil di luar formasi perlu pengawasan yang lebih ketat,” ucap Jenderal Budiman, di acara silaturahmi KSAD dengan Purnawirawan TNI AD di Aula A.H. Nasution, Markas Besar AD, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2014). Budiman pun berjanji akan menjaga kehormatan TNI AD dan kepercayaan para senior serta rakyat agar bersikap netral. “Dengan netralitaslah TNI akan semakin dipercaya rakyat. Kita semakin yakin betul-betul percaya untuk harus melaksanakan netralitas. Tinggal pelaksanaannya adalah pengawasan kami kepada seluruh satuan-satuan di bawah kami,” katanya. (jpnn/udi)

Roy Suryo: Kampanye Tak Pakai Dana Kementerian JAKARTA- Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, jadi satu di antara 10 menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang kembali mencalonkan sebagai anggota DPR RI dalam Pemilu 2014. “Soal pencalegan saya di daerah pemilihan Yogyakarta jelas sekali tidak ada satu pun dana Kementerian Pemuda dan Olahraga yang saya pakai,” ujar Roy saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (20/2/2014). Roy mengklaim, bahwa warga Yogyakarta sudah sangat mengetahui soal bagaimana dirinya bersikap selama ini. Masih kata Roy, sejak lima tahun yang lalu mereka juga sudah sangat cerdas memilih siapa yang memperoleh suara terbanyak saat itu. Bahkan, kata Roy, semua alat peraga kampanyenya selama ini diambil dari biayai sendiri. Dana kampanyenya sudah dilaporkan secara detail ke Komisi Pemilihan Umum melalui DPP Partai Demokrat. “Itu semua ada rinciannya,” ujar Roy. Kemenpora salah satu kementerian yang dikonfirmasi Bawaslu terkait program Bansosnya. Memang, Kemenpora sudah melaporkan ke Bawaslu, namun dalam rapat klarifikasi soal program bansos kemarin di Bawaslu, utusan Kemenpora absen. Roy menjelaskan pihaknya sudah sesuai prosedur menyalurkan program dana bansosnya. Dana basos Kemenpora tak seperti bantuan langsung ke pihak sosial layaknya kementerian lainnya. “Kalau pun ada nomenklatur bansos, itu adalah dana operasional negara yang langsung diserahkan ke KONI-KOI atau SatLak Prima,” terang Roy. (jpnn/udi) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUT: KURDI


JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

Polling M-Teens Model Favorit 2014 1

2

3

5 Tria Arta Violina SMAN 01 Batu

10

5 Dyah Alfiani R. SMA BSS Malang

11

20

Daniyatul Farhiya SMAN 10 MALANG

5

29

30

7

Anggie Maulidya SMKN 7 Malang

Anniesa O.P SMAN 10 Malang

39

40

Sari Nugrahaning G. SMAN 1 Malang

48

Cindy Clarissa SMAN 9 Malang

Birahma Titis A.M SMA BSS Malang

:

Model Favorit

:

6

Salsabila SMAN 9 Malang

Helda Hemas S. SMKN 3 Malang

22

23

24

Debora Marchelina SMK Negeri 4 Malang

Rifana Sekar L. SMPN 1 Kepanjen

32

Navira Adhilah G. SMPN 25 Malang

Ashley Kusuma N. SMPN 6 Malang

4

Lussyana Maria SMA Santa Maria

Charlita Aprillia SMP BSS Malang

Eka Trika S. SMKN 7 Malang

49

50

51

58

2

Nesya Arinda N. SMK PIM

Rizki Sandra M. SMKN 4 Malang

44

Amanda Virna A. SMAN 6 Malang

53

60

3 Safitri Retno Dewi SMKN 7 Malang

61

3 Nabillah Nanda A. SMP BSS Malang

62

5 Saskia Amalia P.D SMPN 01 Turen

Nabilla Islamyah R S SMPN 15 Malang

Yusita Fajar K. SMAN 1 Batu

61 Sheila Maulidia SMAN 10 Malang

47

3

33

Samsya Viska A. SMKN 7 Malang

Oktania Er Amurita SMPN 25 Malang

56

7 Ailsha Meinadyazarri S. SMPN 7 Malang

63

4

Tamara Priviantisa SMAN 3 Malang

11

34 Arya Raihana S. SMKN 8 Malang

4

38

55

4 Fiona Puspa D.A.P SMAN 4 Malang

Lianda Fatma K. SMA Laboratorium

3 Fina Qurrota A. SMPI Karangploso

Nindya Sofani Sma Taman Harapan

3

46

54

4 Lois Atin Hancock SMP Islam Ngebruk

Astrid Yusidiah A. SMPN 6 Malang

5

28

26

4 Widhi Mega Katrina SMKN 7 Malang

Sherly Yolanda D.A SMP Darul Ulum Agung

37

45

4

13

59

10

43

52

23

A Aprillia Kartika Sari Fanni Rahmatika S. SMPN 6 Malang SMAN 1 Malang

Finna Annisawati SMAN 2 Malang

Sindy Amami F. SMAN 10 Malang

6

5 Elmi Rizqi Amalia MAN 3 Malang

6

19

27

6

Rizkania Ken A. SMA BSS Malang

Putri Wulandari SMAN 1 kepanjen

Dinda Savira D. SMPN 14 Malang

36

7

Meidina Sri Cendani SMAN 8 Malang

45

5 Dewi Purwita Sari SMAN 5 Malang

7

18

26

34

11

42

28

Dea Aprilia SMK Negeri 4 Malang

Kusumawicitra P. SMAK Frateran Malang

6 Aisyah Uswatun H. SMPN 25 MALANG

9

8

17

5

33

6

Febri Atika Pratiwi SMAN 10 Malang

25

4

8

5

16

Rinanti Hasari W. SMAN 3 Malang

6

7

7

Tasya Farah N. SMP BSS Malang

9

57

No Telpon

15

11

10

:

5

41

4

Alamat

9

31

4

Nama Pengirim :

3

4 Winda Shella S. SMKN 7 Malang

ISI KUPON

7

14

4

21

Iftita Chunni’mah Q MAN 3 Malang

Sherly Anggun I. SMAK Kolose Santo Yusuf

Dukung model favoritmu di ajang M-Teens Model Competition 2014. Kirim guntingan kupon ini ke kantor Malang Post, jl Sriwijaya 1-9 Malang pada hari kerja mulai jam 09.00 – 18.00 WIB. Lima pengirim beruntung, akan mendapatkan goody bag menarik dari Malang Post. Pengundian polling dilakukan pada 27 Februari 2014 di aula Skodam V Brawijaya.

5

2

12

3 Larasati Pramartika D. SMA BSS Malang

4

10

4 Bella Aji Natasha SMPN 11 Malang

64

5

4

Risma Okky O. SMKN 7 Malang

Rizky Warohma SMKN 7 Malang REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SAMBUNGAN Atas Nama Penasaran bisa mengalahkan Arema musim ini. ‘’Jangan pandang remeh. Pemain harus beri yang terbaik. Lalu, klasemen jangan dijadikan patokan kita. Dia baru main dua kali. Kita harus waspada, bisa-bisa dia curi poin dari kita. Barito ISL 2013 beda dengan Barito IIC 2014. Juga berbeda dengan Barito di ISL 2014,’’ tegas mantan pelatih Persipura Jayapura itu. Di atas kertas, ada beberapa penggawa Barito Putera yang jadi perhatian Arema. Suharno mewaspadai tiga pemain asing yang diboyong ke Malang. Abanda Herman, James Koko Lomell dan Shaka Bangura. Lalu, ada juga sosok mantan pemain Persija Jakarta, Syahroni yang cetak gol ke gawang Arema di IIC 2014 lalu. ‘’Mereka punya Abanda, James Koko dan Shaka Bangura. Ada juga Syahroni. Dia gelandang yang bagus, punya visi dan naluri bikin gol. Satu dari dua gol Barito ke Arema di IIC 2014 dicetak oleh Syahroni. Kita siap waspadai dia,’’ terang mantan asisten pelatih timnas era Nil Maizar itu. Abanda sudah tak diragukan lagi kegarangannya sebagai defender sapu bersih. Pemain mualaf ini, jadi sosok kunci di lini pertahanan Barito. Tanpa Ha Dae Won yang tak dibawa ke Malang, tentu mantan pemain Persib ini jadi tumpuan Salahuddin dalam menahan gempuran

tim pujaan Aremania. Di lini tengah, ada sosok Syahroni. Mantan pemain Persija itu pernah punya memori manis di Malang, saat mencetak gol penyeimbang lawan Arema saat IIC 2014. Syahroni selalu jadi pilihan utama Salahuddin di lini tengah. Meskipun belum mencetak gol di ISL 2014, Suharno tak mau beri kesempatan gerak untuk Syahroni. Lalu, lini tengah sekaligus pendobrak pertahanan dari second line diserahkan sepenuhnya pada sosok James Koko Lomell. Mantan pemain Persiram Raja Ampat musim lalu itu, dikenal punya dribbling dan penempatan yang baik saat berada di area pertahanan lawan. Dua kali main ISL 2014, James sudah cetak satu gol untuk Barito. Di atas kertas, rekor permainan Barito di Malang membuat Arema harus kerja ekstra keras untuk mengamankan poin absolut. Kesempatan menang Arema lawan Barito tergantung pada konsistensi permainan Ahmad Bustomi dkk. Kali terakhir bertemu di IIC 2014, Arema gagal menang karena tidak konsisten sepanjang pertandingan. Unggul 2-1 di babak pertama, Arema kemasukan gol Syahroni di menit akhir laga, dan membuyarkan tiga poin Arema yang sudah di depan mata. (fin/avi)

Stan Kampus Diperlebar Sambungan dari Hal 1 ‘’Semua stan akan mendapatkan satu kali kesempatan presentasi setiap harinya. Artinya, masing-masing mendapat tiga kali presentasi selama tiga hari kegiatan,’’ tutur wanita yang juga menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Malang Post tersebut. Penjelasan Hana yang mengawali pertemuan itu disambut dengan anggukan puas dari semua tim. Jhed Aremania Frezzy Geometrik, Penanggung Jawab Tim dari Akademi Kebidanan Wira Husada Malang (Akbid WHM), mengatakan, awalnya ia was-was akan mendapat jadwal dimana pengunjung tidak sebanyak hari lainnya. Penjelasan Hana, membuatnya puas dan

berjanji untuk mempersiapkan presentasi yang variatif. Kepuasan mereka tidak sampai di situ saja, Hana juga mengubah rencana awal desain stan yang semula hanya 3 x 2 meter menjadi 3 x 3 meter. Ditambah karpet dan empat kursi untuk masing-masing stan serta lighting yang cukup. Jika kurang puas, tim juga boleh mengcostumize stan agar tampak lebih heboh dan menarik. ‘’Menampilkan video, produk unik karya mahasiswa, serta lighting tambahan tidak dilarang. Namun yang terpenting adalah profil PT, program unggulan serta kemudahankemudahan yang diberikan kepada mahasiswa,’’ terang Hana. Tidak salah jika 13 tim berse-

mangat untuk turut serta dalam kemeriahan MSC 14 Malang Post. Pasalnya, kegiatan tersebut akan diikuti ratusan peserta dengan total ribuan pengunjung yang menikmati sekaligus menyupport partisipan lomba dari sekolah masing-masing. Selain lomba dance, model, band, mading, jurnalistik dan fotografi yang tercantum di time table, MSC 14 juga akan diramaikan dengan Ranking 1 yang setiap sesi bisa diikuti oleh 50 peserta. ‘’Kampus bisa berpartisipasi memberikan pertanyaan untuk kompetisi Ranking 1. Ajukan daftar pertanyaan, nanti akan kami masukkan dalam daftar kuis ranking 1,’’ ujar Hana. (ily/avi)

Nggak ada cara lain,’’ tandasnya. Menurutnya, berbagai resiko yang dapat menimbulkan permasalahan mengenai aliran dana tersebut juga telah diingatkan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pihak BPJS kesehatan. Kendati demikian, pihaknya sadar jika memang masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan karena sistem ini masih baru. Namun, sebagai regulator dan pengawas BPJS kesehatan, DJSN meminta agar perbaikan itu segera dibenahi agar tidak menyulitkan di kemudian hari. Pasalnya, tak hanya mengacaukan data, pelayanan manual juga banyak dikeluhakan telah memperlambat pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat. (mia/jpnn)

Ubah Bensin ke LPG, Rodanya Seperti Tank Sambungan dari Hal 1 ‘’Sebelumnya mesin pemotong ini sudah jadi. Namun karena diminta oleh pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN) menyempurnakan, akhirnya saya bongkar lagi untuk disempurnakan,’’ jelas Agus Zakarinda, mengawali pembicaraan dengan Malang Post. Beberapa hal yang disempurnakan adalah bahan bakar yang semula menggunakan bensin, dirubah menjadi LPG. Rodanya yang semula roda biasa, dibuat seperti roda kendaraan tank, sehingga bisa digunakan saat kondisi tanah becek. Dengan wajah dan tangan belepotan oli, bapak dua anak ini lalu mempersilahkan duduk. Dia kemudian menceritakan mulai dari awal pembuatan mesin pemotong tebu. Mesin Azhensho KB 013 JL itu, dibuatnya pada Oktober 2013 lalu. Idenya berawal dari perusahaan tempatnya bekerja kesulitan mencari tenaga tebang tebu. Beberapa penebang tebu yang sebelumnya bekerja, sudah tidak mau lagi. Kalaupun ada, hanya beberapa orang dengan kondisi tenaga yang sudah tua. Bahkan seorang wanita tua, masih bekerja sebagai penebang tebu. Melihat keadaan itu, Agus lalu mulai berangan-angan untuk menciptakan alat mesin penebang tebu. Idenya itu mulai dilakukan setelah dia melihat pimpinan perusahaan di PG Krebet Baru Bululawang, Jolly Lapian menangis karena kekurangan tenaga kerja. ‘’Karena tidak tega melihat ke-

adaan itulah, akhirnya tanpa memberitahu siapapun, saya mulai membuat mesin pemotong tebu. Setelah jadi mesin itu, saya buat kejutan. Sekaligus untuk menghapus air mata Pak Jolly yang selama ini sangat mendukung,’’ paparnya. Pekerjaan pun dilakukan. Dimulai dari membeli mesin traktor mini. Mesin traktor ini, awalnya untuk usaha sampingan sendiri dengan direntalkan untuk pemeliharaan tebu. Akhirnya dirubah dan dirakit untuk menjadi mesin pemotong tebu yang berdayaguna tinggi dan efisien. Pengerjaannya dilakukan digarasi rumah, yang disulap menjadi bengkel dadakan. Utuk membentuk sebuah mesin pemotong tebu, semua onderdil atau keperluannya, diambil dari barang-barang pribadi atau membeli barang bekas di loakan. Bahkan mobil cirit miliknya sampai dikorbankan. Kokel mobil diambil untuk keperluan mesin pemotong tebu, hingga membuat mobilnya mangkrak sampai sekarang. ‘’Pokoknya semuanya saya korbankan saat itu. Karena saya ingin membuktikan bahwa saya bisa. Bahkan sobo loak pun saya lakoni tidak perlu malu. Malam-malam mengetuk pintu rumah orang untuk membeli besi bekas pun saya lakukan. Termasuk hutang ke koperasi untuk membiayai mesin ini,’’ terang Kepala Rayon Wilayah Utara PG Krebet Baru Bululawang ini. Termasuk waktu pengerjaannya, Agus yang juga pernah sebagai kary-

menghentikan penuntutan perkara, tersangka atau terdakwa dapat mengajukan penangguhan penahanan, “penyitaan harus seizin hakim pemeriksa, penyadapan dalam hal mendesak dapat dibatalkan, tidak ada kasasi bagi putusan bebas, tidak ada ketentuan tentang pembuktian terbalik dan penyelidikan. Kemudian, tidak ada perpanjangan masa penahanan. “Masa penahanan tersangka lebih singkat,”katanya. Meski begitu, Albert menuturkan tidak perlu ada penundaan pembahasan kedua RUU. Pembahasan tetap berjalan, namun tetap dilakukan sejumlah revisi dalam proses pembahasan tersebut. “Ya nggak usah (ditunda atau ditarik). Pembahasan dilanjutkan tapi dengan koreksi pasalpasal,”imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut, Albert juga menekankan bahwa hal ini merupakan pendapat Wantimpres, bukan Presiden SBY. Sebab, belum ada respon resmi dari yang bersangkutan. “Sebagai wantimpres ini pendapat saya,”kata dia. Sementara itu, Menkum dan HAM Amir Syamsuddin menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa asal menarik kedua RUU yang tengah dibahas di DPR saat ini. Sebab, pihaknya merasa tidak menyalahi semua kewajiban proses prosedur pembentukan undang-undang (UU). Di samping itu penarikan kembali suatu UU yang tengah dibahas adalah suatu hal yang tidak lazim. “Ti-

dak bisa, tidak pernah terjadi hal seperti itu, dan kami sendiri harus belajar, tidak lazim, kalau itu jd preseden yang tidak ada padanannya di waktu-waktu lalu,”ujar Amir ditemui di Kantor Wapres, kemarin. Meski begitu, Amir menegaskan pihaknya akan memperhatikan masukan-masukan dari KPK. Pihaknya pun membantah jika pemerintah dan DPR berusaha melemahkan KPK. Dia menuturkan, pembahasan kedua RUU tersebut telah dilakukan sejak lama. “Inikan suatu RUU yg usianya belasan tahun, di era saya baru terwujud dan diserahkan ke DPR. Memang bukan KPK yang sekarang, KPK yang dulu itu aktif di dalam pembahasan RUU ini,”tegasnya. Karena itu, Amir menyesalkan pihak KPK yang baru sekarang mengajukan permohonan penarikan RUU KUHP dan KUHAP tersebut. “Kenapa baru sekarang, kenapa isunya menghangat di saat akhir-akhir seperti ini (masa jabatan anggota DPR),”kata Amir. Terkait masalah ini, Amir pun berniat mengundang pihak KPK secara khusus untuk ikut dalam proses pembahasan kedua RUU tersebut. “Mari kita bicarakan dan tentu kita lakukan, tentunya sangat terbuka untuk disampaikan ke DPR juga. Walaupun waktunya sempit, teman-teman KPK mau datang ya, Insya Allah besok kita undang secara khusus,”imbuhnya. (ken/agm/jpnn)

Suntik Mental dari Tak Pernah Kalah Sambungan dari Hal 1 Salahuddin mengakui, dua kekalahan di ISL 2014, akibat kelengahan skuad asuhannya. Yongki Ariwibowo dkk terlalu puas dengan pencapaian tahun lalu dan hasil di Inter Island Cup 2014, sehingga lupa fokus untuk ISL 2014. Musim lalu Barito memang tim penuh kejutan. Didapuk sebagai kuda hitam terbaik ISL 2013, Laskar Antasari finish di peringkat kelima. Sayangnya, Barito tidak menunjukkan konsistensi di awal ISL 2014. Dua kali kalah tentu bukan start yang baik bagi Barito. Tak heran, Salahuddin ingin segera mengakhiri hasil buruk.

‘’Kita harus instrospeksi diri dan bangkit. Kita harus kerja keras, bermodal mental dan tekad baja. Mudah-mudahan, kita bisa mempertahankan rekor kita di Malang. Kita sudah dua kali menahan imbang Arema di Malang,’’ tandasnya. Salahuddin sendiri menyebut, untuk bisa mengatasi Arema di kandang, banyak hal yang harus dibenahi. Disiplin dan kerapatan tiap lini, jadi kunci sukses merebut poin di dua laga terakhir. Salahuddin ingin James Koko Lomell dkk, disiplin dan rapat dalam mengkoordinasi tiap lini permainan. Selain itu, Salahuddin menginstruk-

sikan tim pujaan Bartman untuk mewaspadai pemain yang mendekati gawang Arema. ‘’Semua pemain Arema bagus. Susah dijaga dan harus diwaspadai. Tapi, kita lebih fokus untuk pemain yang mendekati gawang kita. Cristian Gonzales, Beto Goncalves dan Samsul Arif jelas berbahaya, materi Arema tahun ini sangat pas dan lengkap,’’ tutur Salahuddin. ‘’Selain itu, tanpa Gustavo Lopes pun, Arema bisa menang 2-0 di kandang Sriwijaya. Ini bukti bahwa permainan mereka tetap bagus,’’ tutupnya. (fin/avi)

Sambungan dari Hal 1

Sambungan dari Hal 1 lain. Resiko ini, kata Chazali, sangat banyak terjadi dalam Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang diterapkan sebelumnya. Banyak terjadi pinjam meminjam dalam penggunaan kartu jaminan kesehatan tersebut. ‘’Cukup dengan usia yang mirimirip, gender sama, sudah bisa digunakan. Tidak jarang rumah sakit yang juga tutup mata,’’ ungkapnya. Keharusan untuk menerapkan sistem online, menurutnya, secara tidak langsung telah diatur dalam undang-undang. Dalam peraturan, disyaratkan adanya single Id atau identitas tunggal bagi peserta BPJS Kesehatan. ‘’Sistem online itu alat kontrol, mekanisme paling efektif untuk registrasi peserta. Jadi bisa tahu peserta itu benar atau double.

JAKARTA - Polemik terkait pembahasan rancangan undang-undang (RUU) KUHP dan KUHAP, terus berlangsung. Pihak Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pun ikut angkat bicara. Menurut anggota Wantimpres Albert Hasibuan, pihaknya mendukung upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pembahasan kedua RUU tersebut. Ada satu statement dari KPK yang merisaukan RUU yang sedang dibicarakan di DPR. Ada pasal-pasal yang bersifat melemahkan KPK. Nah, KPK telah mengirim surat ke berbagai pihak termasuk Presiden. Oleh karena itu saya pikir kerisauan KPK ini harus disikapi dengan serius dan tegas,”papar Albert di Kantor Wantimpres, kemarin (20/2). Albert mengakui, ada sejumlah pasal dalam kedua RUU itu yang dianggap dapat melemahkan posisi KPK. Pihaknya mengaku sepakat dengan KPK. Dia bahkan telah mengirim surat kepada Presiden SBY beberapa waktu lalu. Dalam surat tersebut, dia menyebutkan bahwa Wantimpres sepakat jika terdapat sejumlah pasal dalam kedua RUU yang memiliki kelemahankelemahan. “Saya daftar ada 10 atau 12 itu dikoreksi agar masyarakat bisa terdorong untuk selalu memberantas korupsi,”paparnya. Albert pun merinci sejumlah pasal yang dianggap melemahkan kewenangan KPK. Antara lain, hakim dapat

Ribuan Pengungsi Mulai Dipulangkan

Tanpa Online, Terancam Bangkrut Hal itu kemudian dapat mencegah adanya double kepesertaan. Namun diakuinya, hingga kini pengguna sistem online dalam jaringan BPJS kesehatan masih sangat minim. Dari sekitar 9600 puskesmas yang tersebar di Indonesia misalnya, baru puskesmas-puskesmas di DKI Jakarta yang telah menggunakan sistem onlline yang baik. ‘’Ada komputer itu belum tentu sudah online lho. Paling di Jakarta saja yang sudah semuanya online. Kalau seperti ini terus, bisa bangkrut BPJS kesehatan,’’ ujar Chazali ditemui di Jakarta, kemarin. Tak hanya dua resiko itu yang bakal dihadapi oleh BPJS kesehatan jika tak kunjung menerapkan sistem online. Resiko lainnya adalah penyalahgunaan kartu anggota oleh orang

11

Sejumlah Pasal Lemahkan KPK

Sambungan dari Hal 1 Poin absolut harus diraih demi menghapus rasa penasaran kepada tim berjuluk Laskar Antasari itu, karena tak pernah menang selama 10 tahun terakhir. Arema terakhir menang atas Barito Putera pada tahun 2004 era Bentoel, zaman degradasi ke Divisi I. Suharno, pelatih Arema mengakui, rasa penasaran sedang menghinggapi pikiran Cristian Gonzales dkk. “Arema belum bisa menang lawan Barito, tapi kita juga belum kalah di pertemuan terakhir di IIC 2014. Memang ada mitos sulit kalahkan Barito, tapi itu malah membuat anak-anak semakin termotivasi untuk mengalahkan tim Banjarmasin,” terang Suharno kepada Malang Post kemarin. Menurut pelatih asal Klaten itu, rasa penasaran terhadap Barito bakal jadi energi tambahan buat Gustavo Lopes dkk malam ini. Dengan pencapaian sempurna dalam empat pertandingan awal ISL 2014, tentu Arema tidak mau malu dapat hasil imbang. Apalagi kalah dari Barito Putera. Kurnia Meiga dkk tetap ingin menjaga winning streak atau kemenangan beruntunnya. Demi kemenangan, Suharno mewanti-wanti pemainnya agar tak jumawa. Sebab, hanya faktor non teknis seperti kelengahan dan kesombongan yang

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

awan PG Jati Tujuh Cirebon, sampai harus mengorbankan keluarganya. Sepulang bekerja di PG Krebet Baru Bululawang, dia langsung mengerjakan mesin pemotong tebu. Kadang sampai tengah malam. Tak jarang sampai subuh. Hasilnya memang luar biasa. Agus mampu menyelesaikan dalam waktu tiga bulan. Bahkan hasil karyanya sempat dipamerkan saat acara RNI Award yang dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan beberapa waktu lalu. Meski masih belum sempurna, karyanya mendapat apresiasi khusus. Dahlan bahkan memerintahkan Agus dan anak perusahaan untuk memproduksi mesin itu secara massal. Syaratnya harus disempurnakan lagi. ‘’Insya Allah, awal Maret ini mesin pemotong tebu sudah sempurna dan siap dipakai. Setelah mesin pemotong tebu ini selesai, saya akan langsung membuat mesin tanam padi yang sederhana, cepat dan bagus. Itu sesuai pekerjaan rumah (PR) dari pak Dahlan Iskan,’’ tuturnya. Mesin Azhensho KB 013 JL, memiliki kepanjangan yang cukup bermakna. Azhensho KB 013 JL itu diambil dari namanya Agus Zakarinda. Shenso merupakan pisau pemotong besar. KB 013 adalah singkatan Krebet Baru yang dibuat tahun 2013. Dan JL adalah singkatan General Manager PG Krebet Baru, Jolly Lapian yang sangat mendukung pembuatan mesin itu. (agung priyo)

‘’Pengungsi yang ada di sini (Koperasi SAE) ada sebanyak 110 orang yang dipulangkan. Sedangkan dari Desa Ngroto, 180 orang sehingga total pengungsi wilayah Pujon yang dipulangkan sebanyak 290 orang,’’ tegas Windiyanto. Menurutnya, mereka yang dipulangkan lebih prioritas pengungsi yang menempati sekolah-sekolah. Masalahnya, sekolah tentu akan segera digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Selain itu anak-anak sekolah dan para ibu juga mendapatkan prioritas untuk kembali agar anak-anak bisa sekolah. Pihaknya mengakui, banyak rumah milik pengungsi yang masih dalam keadaan rusak. Artinya, mereka tetap tidak bisa menempati rumah meski sudah pulang dari pengungsian di Pujon. ‘’Pengungsi yang rumahnya masih rusak, tidak langsung menempati rumah. Mereka nanti masih disediakan tempat di Kantor Desa atau lokasi lain yang aman di desanya masing-masing di wilayah Ngantang,’’ tambah dia sembari menyatakan pemulangan pengungsi dilakukan secara berhtahap. Sementara itu di wilayah Kota Batu, pengungsian juga mulai dipulangkan.

Data yang masuk ke Pemkot Batu, pengungsi yang pulang dari Kota Batu sekitar 2.000 orang hingga kemarin. Meski sudah pulang, masing banyak pengungsi yang masih bertahan di Kota Batu. ‘’Sudah 23 truk TNI dan kendaraan kecil milik relawan hingga keluarga pengungsi. Jadi sekitar 2.000 orang pengungsi pulang dari Kota Batu pada hari ini (kemarin, Red.),’’ tegas Eddy Rumpoko, Wali Kota Batu. Pengungsi yang pulang dari Kota Batu, antara lain dari posko di Gedung Kesenian, Songgokerto, Pesanggrahan, dan Balai Materia Medika (Tapak Liman). Sedangkan sebagian kecil dari GOR Ganesha juga sudah ada yang pulang. Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Hafi Lutfi menjelaskan, pengungsi yang belum bisa pulang, karena kondisi rumahnya rusak berat. Lokasi yang parah tersebut antara lain berada di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang. ‘’Pengungsi ada yang pindahkan ke pengungsian baru lokasinya di Bendungan Selorejo. Tujuannya, lokasi pengungsian untuk mendekati rumah mereka,’’ tegas Hafi Lutfi.

Menurutnya, rumah-rumah yang rusak masih membutuhkan perbaikan. Pihaknya memperkirakan material bangunan bisa masuk lokasi mulai Senin (24/2) nanti. Sedangkan para pengungsi yang belum bisa pulang diperkirakan berada di lokasi pengungsian sekitar satu minggu lagi. ‘’Mereka yang rumahnya dekat aliran sungai juga jangan pulang dulu karena ada potensi lahar dingin,’’ kata dia. Sementara itu beberapa pengungsi memiliki tanggapan beragam setelah mendapat izin pulang. Ada pengungsi yang ingin pulang karena rindu rumah serta kampung halaman. Ada juga pengungsi ingin cepat pulang, karena mereka tidak enak dengan relawan atau pemerintah karena selalu menggantungkan kebutuhan. Ada juga pengungsi yang bingung untuk pulang karena rumah yang mengalami rusak parah. ‘’Rumah saya rusak parah. Saya tidak memiliki uang sepeserpun untuk sekedar membeli terpal pengganti atap. Barang dagangan milik suami juga sudah ludes sehingga tidak ada pekerjaan,’’ ungkap Anik, pengungsi di Gedung Kesenian Kota Batu. (feb/avi)

Kelud Siaga, Pemprov Siapkan Rp 100 M Sambungan dari Hal 1 Khusus soal kondisi Gunung Kelud, Surono menyebutkan, hasil pemantauan sejak meletus 13 Pebruari hingga pukul 11.00 WIB, 21 Pebruari kemarin, maka statusnya turun dari awas menjadi siaga. ‘’Tetapi sekali lagi, ancaman tingginya curah hujan tetap harus diwaspadai. Lahar dingin yang mulai menerjang sejak Rabu kemarin, masih akan terus terjadi,’’ kata mantan Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) ini. Seperti diberitakan diharian ini sebelumnya (MP, 20/02) Gubernur Jatim mengumpulkan seluruh pihak terkait untuk membahas status Gunung Kelud, pasca erupsi seminggu lalu. Hadir dalam rapat itu, selain gubernur dan wagub, ada juga Surono, Samsul Maarif Kepala BNPB, Kapolda Jatim dan Wakil Kodam Brawijaya. Usai pertemuan, Soekarwo menyebutkan, turunnya status Gunung Kelud dari awas menjadi siaga sangat dinantikan warga yang selama ini tinggal di sekitar Gunung Kelud. Terlebih lagi bagi 87 ribu lebih pengungsi yang sekarang masih memadati ratusan lokasi pengungsian di Kediri, Blitar, Batu dan Malang. ‘’Para pengungsi sudah dapat di

kembalikan ke rumah masing-masing. Tapi, syaratnya tidak boleh melebihi batas minimal yaitu 5 kilometer dari kawah,’’ kata Pakde Karwo dengan menyebut meski turun status, masyarakat diminta tetap waspada. Terlepas kondisi di atas, Pakde menyebutkan, upaya pemulihan pasca erupsi Gunung Kelud akan dilakukan dalam tiga kluster. Pertama, kluster pengungsi ditangani Pemprov Jatim di bawah pimpinan Wagub Jatim. Kedua, kluster fisik (perbaikan sarana dan prasarana) di bawah komando Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal Ediwan Prabowo, SIP. Dan kluster ketertiban dan keamanan di bawah komando Kapolda Jatim Irjen Pol. Unggung Cahyono. ‘’Saat ini dilakukan pendataan kerusakan rumah. Dibagi rusak berat, sedang dan ringan. Kita harapkan Sabtu besok pendataan sudah selesai. Sehingga progam pemulihan bisa dimulai sesegera mungkin,’’ ujar mantan Kadispenda Jatim ini. Disebutkan dia, Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk perbaikan fisik akibat bencana Gunung Kelud. Anggaran yang diambil dari APBD itu Rp 65 milliar untuk perbaikan rumah tidak layak huni. Si-

sanya, Rp 35 miliar diambilkan dari anggaran tak terduga bencana. ‘’Belajar dari bencana Merapi, anggaran Rp 100 miliar tidak kita berikan dalam bentuk fresh money per KK (kepala Keluarga). Sebab, setelah uang didapat, bisa saja tidak digunakan untuk memperbaiki rumah,’’ ungkapnya. Jika anggaran dirasa belum cukup, lanjut Pakde Karwo, Pemprov Jatim akan melakukan pengalihan beberapa pos anggaran. Misalnya, bantuan senilai Rp 60 juta per desa dialihkan ke lokasi bencana. Masih ada juga bantuan dari pos Koperasi Wanita yang nilainya masih dihitung. Anggaran ABPD Jatim itu jauh lebih besar dibanding bantuan Pemerintah Pusat. Karena bantun pusat untuk bencana Gunung Kelud hanya Rp 4 miliar saja. Dana yang diambilkan dari APBN itu sekarang ada di rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim. ‘’Khusus dana APBN akan kita gunakan untuk evakuasi pengungsi Kelud. Sedang pembangunan tempat ibadah yang rusak kita bebankan ke masing-masing kabupaten,’’ pungkasnya dengan menyebut penyaluran anggaran APBD akan melibatkan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). (has) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


M-TEENS SCHOOL

COMPETITION 2014 JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

12

M-Teens Dance Competition Chimera - SMKN 4 Malang

Absen Latihan, Siapkan Hukuman

SIAP TAWARKAN PROGRAM: Perwakilan dari seluruh perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam Malang Post Edu Fair 2014. Mereka siap menawarkan aneka program unggulan dan beasiswa pada calon mahasiswa baru.

Mading 3D Competition

Animade-SMAK St. Maria

Usung Iron Man, Tampilkan Permainan Cahaya

TIM Animade dari SMAK St. Maria memilih kompetisi Mading 3D karena tertarik untuk dapat menyalurkan kreativitasnya. Lima siswa dari kelas XIA2, Christian Putra Setiawan, Catherine, Kevin Prabowo Kasaputra, Raynald Ohtavian, dan Lauventius Ivan ini memilih Iron Man sebagai inspirasi film untuk karya mading mereka. “Kami memilih Iron Man karena film tersebut menggunakan teknologi canggih yang bisa diaplikasikan pada masa depan, selain itu kostumnya sangat menarik,” ungkap Christian pada M-Teens saat ditemui di sekolahnya. Animade sendiri mulai mempersiapkan karya mereka sejak beberapa hari lalu. Hingga kemarin mereka sudah menyelesaikan 40 persen dari total konsep, dengan target pengerjaan selesai pada Senin (24/2/14) depan. Menurut Christian, mereka menggunakan stereofoam serta barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan.

DANCE competition MTeens School Competition 2014 (MSC14) akan diramaikan peserta dari SMKN 4 Malang, Chimera. Dance grup yang beranggotakan Adinda Dennis I., Clarisa Herdiana, Natasya Sadhana L., Ayunda Rahma Septinandri, Dea Nanda Qolfira, Putri Rahma Sari, Ivan Renica L., Dista O.P belum pernah ikut kompetisi sebelumnya, namun masing-masing anggota sudah banyak mempunyai PENGALAMAN PERTAMA: MSC14 menjadi pengalaman berkompetisi. Salah satunya Adinda Den- pengalaman pertama Chimera sebagai grup dance. nis, ia dan kelompok dancenya pernah menjadi juara sekolah untuk memperoleh mereka dapat membawa nama harapan 1 M-Teens Dance hasil yang terbaik. baik sekolah sekaligus menCompetition waktu SMP. Siswi kelas X ini men- ingkatkan keberanian untuk Dennis mengungkapkan mer- egaskan, tidak ada kata lelah tampil di depan umum, serta eka memilih konsep modern dalam melakukan persiapan menambah eksistensi mereka. dan sexy dance untuk MSC14 menuju MSC14. Kedisiplinan “Kalau bisa nanti sampai bisa dan sudah mempersiapkan se- menjadi kunci dalam mem- go international seperti Agnes jak jauh hari. “Kita udah siap bentuk kekompakan dan ke- Monica,” katanya sih, inspirasi geraknya dari berhasilan. Bahkan, semua MSC14 diakui Dennis sekita semua,” ujarnya. anggota sepakat memberikan bagai sebuah kompetisi yang Dennis mengakui tidak hukuman jika ada member bagus dan menjadi sarana ada hambatan berarti sampai yang tidak ikut latihan. “Bisa bagi mereka untuk menamsekarang, mereka berlatih nggak bisa, semua anggota bah pengalaman dan meraih rutin tiga sampai empat kali harus latihan, jadi yaaa sebe- sebuah prestasi. “Anggota seminggu. “Capek sih iya narnya nggak perlu ada huku- lain kan ada yang belum tapi itu udah jadi hobi, jadi man, hehehe,” kata penyuka pernah ikut kompetisi, biar ya biasa aja dan seneng,” goyang oplosan ini. nambah pengalaman mereka jelasnya. Apalagi, mereka Chimera mematok target juga,” tutupnya sambil tersedidukung sepenuhnya oleh juara dalam MSC14, sehingga nyum.(mg10/han)

Edu Fair 2014

TECHNICAL MEETING: Penanggung jawab MSC14 Dewi Yuhana menerangkan tentang pelaksanaan Edu Fair pada peserta dari perguruan tinggi.

SIAPKAN KARYA: Anggota Animade mengerjakan karya mereka di sela-sela istirahat sekolah. “Buat pengerjaannya kami lakukan di sekolah, kadangkadang pada jam istirahat. Tetapi karena akhir-kahir ini banyak ulangan harian, kami kerjakan setelah pulang sekolah. Karena waktu pengumpulan sudah dekat kami ngebut lho, biasanya nger-

jain dari pulang sekolah sampai jam 8 malam,” aku Christian Saat eksibisi nanti, Animade akan menunjukan keunikan dari kostum Iron Man. Mereka mengaku menyiapkan kiat-kiat khusus untuk mendapatkan juara, dengan cara me-

nampilkan permainan cahaya dan media gerak. “Walaupun kedengarannya sulit tapi banyak manfaat yang kami dapat dari persiapan lomba ini, terutama kerjasama kami menjadi lebih solid,” tambah Christian. (mg3/han)

Pembuktian pada Teman OKTANIA Er Amuritta, siswi SMPN 25 Malang berharap dapat membahagiakan orang tuanya melalui keikutsertaan dalam M-Teens Model Competition. Walaupun belum memiliki prestasi dan pengalaman di dunia modeling, cewek kelahiran 4 Oktober 1999 ini ingin menunjukkan kemampuan dirinya kepada teman-temannya yang sering melakukan bullying. “Banyak yang meragukan kemampuanku, tapi melalui ajang ini aku pengin menunjukkan kalau aku bisa menjadi model seperti yang aku impikan,” tandasnya. Okta berharap MSC14 dapat membuka jalan untuk mencapai cita-citanya sebagai model profesional. Tentu saja diiringi dengan perjuangan dan usaha yang tak kenal lelah. “Secara pribadi aku senang dengan adanya MSC 2014, karena even ini bisa memberi kesempatan orang-orang yang gak pernah ikut seperti aku,” ungkapnya.(mg14/han) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

13

FOTO-FOTO: GUEST/MALANG POST

PEDULI : Presiden SBY bersama gubernur dan Bupati Malang, H. Rendra Kresna mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Kelud di Kop Sae Pujon, beberapa waktu lalu.

Pemkab Malang All Out Tanggap Darurat Erupsi Kelud

SIAPKAN PERBAIKAN INFRASTRUKTUR KURANG LEBIH delapan hari paska erupsi letusan Gunung Kelud, Pemerintah Kabupaten Malang, menginvetarisasi total kerugian yang ditaksir mencapai Rp 392,6 miliar. Jumlah kerugian tersebut merupakan taksiran untuk kerusakan yang ada di tiga kecamatan di Kabupaten Ma lang. Ketiga kecamatan itu adalah Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Kasembon. Jumlah itu termasuk kerusakan kantor, sarana umum, lahan pertanian, peternakan, dan kerusakan lainnya. Analisis kerugian itu merupakan hasil pendataan Pemkab Malang yang dibantu tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan pemerintah pusat. Terdata, sebanyak 20 unit kantor pemerintahan, baik desa, dan kecamatan di tiga kecamatan mengalami kerusakan dengan kerugian mencapai Rp 1,4 miliar. Untuk sarana pendidikan, kerusakan mencapai 25 unit, dengan kondisi rusak parah. Taksiran kerugian mencapai Rp 1,4 miliar lebih. Sembilan unit sarana kesehatan yang rusak parah, dengan taksiran kerugian mencapai Rp 449 juta lebih. Untuk tempat ibadah, ada 36 unit yang rusak. Rumah tingga warga mencapai 3.782 unit rusak parah. Kerusakan sarana air bersih mencapai 8.095 M3, lahan persawahan mencapai 5.146 hektar rusak, kebun milik warga sebanyak

1.792 hektar rusak dan tanaman buahbuahan mencapai 260 ribu pohon. “Kabupaten, Provinsi dan pemerintah pusat, siap mengganti seluruh kerusakan struktur dan infrastruktur akibat erupsi Kelud,” kata Bupati Malang, H. Rendra Kresna, usai kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke posko pengungsian Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (18/2) lalu. Sejak terjadi letusan malam Kamis (13/2) sekitar pukul 22.50 WIB. Bupati Malang, H. Rendra Kresna beserta jajarannya langsung menuju ketiga wilayah kecamatan tersebut untuk melihat langsung kondisi warganya. Posko bencanapun di bentuk di beberapa lokasi. Di Kantor pemkab sendiri, Posko Bencana juga langsung bergerak cepat.

DISKUSI : Bupati Malang, H. Rendra Kresna berdiskusi dengan Dandim 0818 Letkol A. Solihin dalam penanganan korban erupsi Kelud.

Bantuan yang dikerahkan dari semua SKPD dihimpun dan segera disalurkan ke lokasi pengungsian. Selama tanggap darurat penanganan korban erupsi Gunung Kelud, Pemkab Malang all out menanganinya. Semua kekuatan yang dimilikinya, semua SKPD diturunkan untuk membantu warganya yang tengah ditimpa bencana. Semuanya fokus untuk memberikan bantuan kepada pengungsi korban erupsi Gunung Kelud yang ada di tiga kecamatan itu. Dijelaskan, Pemkab Malang bekerja sama dengan pihak-pihak lain seperti TNI dan Polri terus berupaya melakukan pantauan keamanan di tiga kecamatan tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Harapannya warga lebih tenang berada di pengungsian dan

tid tidak mencemaskan harta benda yang di ditinggalkan, sekarang pengungsi dari du dua kecamatan, Pujon dan Kasembon su sudah dibolehkan untuk kembali ke ru rumahnya masing-masing. “Intinya, 50 persen staf atau tenaga di masing-masing dinas atau SKPD te tetap melayani di kantor. Sementara si sisanya, diarahkan ke lokasi bencana un untuk membantu warga. Dengan cara in ini, roda pemerintahan tetap jalan dan pe perhatian kepada warga tetap bisa di dilakukan dengan baik,” kata Rendra sa saat di temui di lokasi pengungsian. Seiring telah menurunnya status Kelud dari awas ke siaga, gelombang pengungsian pun mulai dilakukan pemulangan ke rumah mereka masing-masing. Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tetap dilakukan pengawasan dan ekstra waspada jika hal yang tidak diingkan itu terulang kembali. Sementara itu, Kamis kemarin, Bung Rendra menerima sumbangan sebesar Rp. 300 juta dari PG. Kebon Agung. Bantuan itu diserahkan Didit Taurisiyanto, Pemimpin Pabrik gula Kebon Agung kepada Bupati Malang H. Rendra Kresna di Posko Pengungsian Kop Sae Pujon (20/2). Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk membantu pemulihan rumah pen duduk yang mengalami kerusakan berat. (sit/aim)

BANTUAN : Manajemen PG Kebonagung memberikan bantuan Rp 300 juta kepada Bupati Malang, H. Rendra Kresna untuk penanganan paska erupsi Kelud.

Pulang, Pengungsi Dibekali Sembako PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Malang sangat peduli terhadap para pengungsi erupsi Gunung Kelud. Buktinya, melalui Dinas Sosial (Dinsos) memberikan bantuan berupa bekal bahan pokok kepada para pengungsi dari Kecamatan Pujon dan Kecamatan Kasembon yang telah kembali ke desanya masing-masing. Kepala Dinsos Kabupaten Malang Sri Wahjuni Pudji Lestari mengatakan, usai bencana tersebut, mereka secara otomatis tidak bisa kembali beraktivitas seperti semula. Para pengungsi mengalami kerugian atas bencana itu. Karena mereka harus menanggung beban untuk memperbaiki rumah, lahan, dan

kandang ternak yang rusak.“Untuk meringankan beban pen de ritaan mereka, kami memberi bekal berupa bahan pokok, saat di per bolahkan pulang ke masing-masing desanya tadi (kemarin),” ujar Sri Wahjuni Pudji Lestari kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, bahan pokok tersebut seperti beras, gula, minyak, mie instant, alat-alat kesehatan dan kebu tuhan lainnya. Selain itu, saat pa ra pengungsi pulang, pihaknya juga mendampinginya dengan tim kesehatan. “Tim kesehatan terdiri dari dokter dan perawat yang stay di tiap-tiap desa. Serta tak ketinggalan, peralatan medis dan obat-obatnya. Se-

lain itu, kami tetap menyuplai bahan pokok ke desa-desa hingga lima hari kedepan,” ucapnya. Wanita yang akrab disapa Yayuk ini menjelaskan, hingga saat ini, bantuan dari para donatur terus mengalir ke posko yang berada di Kantor Kecamatan Pujon. Seluruh bantuan tersebut, ditegaskannya akan disalurkan kepada yang membutuhkan. Termasuk nantinya Dinsos akan menyalurkan ke daerah-daerah yang masih terisolir. “Terutama di Desa Pandansari, ada beberapa dusun yang masyarakatnya tetap bertahan di tempat tersebut dan memperoleh bantuan. Apalagi di tempat tersebut, tidak ada aliran listrik.

Bila situasi memungkinkan, kami bersama pihak lainnya, akan mencoba menembus beberapa daerah yang masih terisolir tersebut,” bebernya. Meski sebagian pengungsi sudah diperbolehkan pulang, pihaknya akan tetap membuka posko di Kecamatan Pujon, hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Terutama masa pemulihan, Pemkab Malang melalui Dinsos akan tetap mendampingi. “Tidak mudah bagi mereka untuk kembali lagi, dalam situasi bencana alam seperti ini. Hal itu merupakan kewajiban pemerintah untuk membantu dan mendampingi, hingga kondisi benar-benar bisa kembali seperti sediakala,” tutupnya. (big/aim)

FOKUS : Bupati Malang, H. Rendra Kresna terjun langsung untuk fokus pada penyelamatan pengungsi dari Pujon, Ngantang dan Kasembon.

Tetap Waspada dan Dampingi Pengungsi BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, mulai Kamis (20/2) kemarin sudah membolehkan sebagian pengungsi erupsi Gunung Kelud, untuk pulang ke rumah mereka masing-masing. Para pengungsi yang dipulangkan tersebut, berasal dari dua kecamatan yakni Kasembon dan Pujon. Pengungsi dari Kecamantan Ngantang masih dilarang untuk kembali ke daerahnya. “Pengungsi yang berdomisli di lima kilometer dari Gunung Kelud masih belum diperbolehkan kembali. Karena wilayah tersebut, belum benar-benar aman,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Malang Hafi Lutfi kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, pengungsi dari Kecamatan Ngantang mayoritas berasal dari enam desa, yakni Pagersari, Ngantru, Pandansari, Banurejo, Banturejo, dan Sidodadi. Kondisi keenam desa tersebut, menurutnya masih sangat rawan. Karena Gunung Kelud masih menunjukkan aktivitasnya, bahkan memuntahkan banjir lahar dari dalam perutnya. Faktor itu yang membuatnya melarang keras warga berasal dari enam desa tersebut, kembali ke daerahnya. “Meski status Gunung Kelud sudah turun menjadi siaga, kondisi enam desa tersebut masih berbahaya untuk ditinggali Untuk itu, kami himbau kepada pengungsi lebih bersabar dan menunggu kondisi benar-benar aman,” bebernya. Sedangkan untuk proses pemulangan para pengungsi yang berdomisili dua daerah tersebut, pihaknya telah dibantu TNI dan Kepolisian yang akan membantu pengungsi memperbaiki dan membersihkan rumah mereka. “Bila rumah mereka mengalami kerusakan cukup parah, sementara waktu akan ditempatkan di tempat penampungan,” kata Hafi Lutfi. Tempat penampungan yang disediakan adalah di balai dusun, rumah Ketua RT/RW masing-masing wilayah, rumah tokoh masyarakat dan beberapa tempat lainnya. Mereka akan tinggal di tempat tersebut, hingga rumah mereka telah selesai diperbaiki. “Tempat penampungan sementara, berbeda dengan tempat pengungsian. Di tempat penampungan tersebut, mereka bisa mengawasi pertanian dan hewan ternak. Karena tempatnya lebih dekat,” urainya. Kendati status Gunung Kelud sudah diturunkan menjadi waspada, pihaknya menghimbau kepada para pengungsi yang telah pulang ke desanya, agar tetap waspada. Selain itu, mereka juga harus menjaga kesehatannya masing-masing. “BPBD Kabupaten Malang akan terus mendampingi para pengungsi di tiap-tiap desa selama masa pemulihan. Anggota kami, akan bertugas mengecek kesehatan mereka, menyuplai kebutuhan pokok dan membantu memperbaiki bangunan yang rusak,” tutupnya. (big/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: OLIS


kabar kanjuruhan

jumat, 21 februari 2014

Warga Desak Pemdes Tutup Penimbunan Pasir Besi KEPANJEN – Warga Desa Sengguruh, Kecamatan Ke­ panjen kembali bergolak. Ke­ marin, ratusan warga men­ datangi Balai Desa Sengguruh untuk mendesak pemerintah menutup tempat penimbunan pasir besi milik Koperasi Tam­ bang Indonesia III, atau pindah ke tempat lain. Padahal sebelumnya sudah ada pertemuan perwakilan warga dengan manajemen Koperasi Tambang Indonesia (KTI) III, meski hanya dihadiri dua perwakilan warga. “Kami tidak meminta kom­p ensasi apapun. Kami hanya meminta usaha pen­ imbunan pasir besi itu tutup atau pindah ke tempat lain. Sepeserpun kami tidak me­ minta kompen­sasi,” ungkap Muhlisin Ala­hudin sesepuh warga Seng­guruh. Warga memberikan dead­ line selama 10 hari kepada pe­rusahaan supaya ada kepu­ tusan. Jika tidak, warga akan menggalang massa lebih ban­ yak dan melaporkan ke pimpi­ nan yang lebih tinggi. “Tuntutan kami hanya minta usaha penimbunan itu pin­ dah. Karena sudah membuat kebisingan, polusi debunya mengakibatkan pencemaran dan banyak dinding rumah warga yang retak. Kami tidak

Agung Priyo/Malang Post

DEMO : Warga Desa Sengguruh saat melakukan aksi damai di Balai Desa Sengguruh Kepanjen mengharapkan kompensasi apapun dari pihak perusahaan itu,” sambung Dino warga lain, yang dibetulkan oleh Ustadi. Supriawan, warga lainnya yang mengaku rumahnya retak, tetap meminta usaha penim­bunan pasir besi pindah dari Desa Sengguruh. “Kalau tidak mau, kami akan me­ lapor ke pimpinan yang lebih tinggi. Ada wakil rakyat yang bisa menolong warga. Apa gunanya jadi wakil rakyat kalau tidak bisa mengayomi rakyatnya,” tuturnya.

Sementara dalam aksinya kemarin, warga yang terdiri dari laki-laki dan perempuan membawa beberapa poster yang bertuliskan kecaman. Diantaranya, stop kegiatan penimbunan pasir besi kec­ uali pindah. Kembalikan Desa Sengguruh seperti semula. Kepala Desa Sengguruh, Herry Purnomo mengatakan, kedatangan warga ke Balai Desa Sengguruh sebetulnya bukan untuk melakukan aksi demo. Warga datang karena sesuai kesepakatan awal akan bertemu dengan pihak usaha

penimbunan pasir. Tetapi kar­ ena pihak Koperasi Tam­bang Indonesia III, justru datang sehari sebelumnya akhirnya warga merasa kecewa. Namun begitu, Herry menga­takan tetap akan me­ nampung semua aspirasi dari masyarakat. Aspirasi tersebut dicatat dan dibuatkan berita acara untuk disampaikan ke pihak KTI III, dengan tembu­ san Camat, DPRD Kabupaten serta Bupati Malang. “Semua aspirasi ini, akan segera kami sampaikan secara tertulis. Dan terkait kedatangan

pihak KTI III ke Balai Desa Sengguruh hari Rabu kemarin, itu yang mengagendakan ada­ lah pihak mereka bukan saya. Sebab kesepakatan awal untuk pertemuan dengan warga hari ini (kemarin, red),” papar Herry Purnomo. Camat Kepanjen Suwadji yang juga hadir dib alai desa, menampung aspirasi ma­ syarakat untuk kemudian akan disampaikan kepada pihak perusahaan dan pimpinan daerah. Terkait keputusannya, diakui bukan wewenangnya. Soal tuntutan warga, Direk­ tur Utama KTI III, Najib Salim Atamimi sebelumnya sudah mengakui belum me­lakukan sosialisasi kepada warga dan akan segera dila­k ukannya. Soal keluhan warga terkait kebisingan Najib siap merubah waktu dengan tidak lagi ada aktivitas sampai te­n gah malam. Aktivitas ken­d araan akan dibatasi sampai pukul 22.00, sehingga tidak lagi mengganggu masyarakat. Soal bangunan rumahnya retak, pihak KTI III sebe­ narnya sudah mengirimkan orang dan tukang untuk mendatangi rumah warga yang rusak untuk diperbaiki. Tetapi warga tidak mau, dan menyatakan akan diperbaiki sendiri. (agp/aim)

Wanita Muda Jadi Korban Mutilasi SUMBERPUCUNG– Seso­ sok mayat wanita tanpa iden­ titas alias Mrs X ditemukan di bendungan Dusun Ngrancah, Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung. Mayat wanita yang diperkirakan berusia sekitar 20 tahun itu, diduga menjadi korban pembunuhan mutilasi. Saat ditemukan tubuh mayat wanita itu dimasukkan ke da­lam karung goni. Kon­ disinya sangat mengenaskan sekali. Selain sudah bau anyir dan mengeluarkan belatung, ke­palanya tidak ada. Kedua tangan serta kakinya juga tidak ada. Ada luka sayat mulai leher sampai pusar. Dan terdapat empat luka tusuk di dada dan perutnya. Dugaannya, setelah dihabisi den­gan ditusuk menggunakan pisau, tubuh mayat perempuan itu kemudian dimutilasi. Ba­ gian kepala, kedua tangan ser­ ta kaki masih dilakukan pen­ carian. Potongan tubuh yang ditemukan, usai dievakuasi langsung dibawa ke kamar

Agung Priyo/Malang Post

EVAKUASI : Petugas ketika mengevakuasi jenazah korban dalam karung, dengan memasang garis police line. mayat RSSA Malang. “Untuk kasusnya masih kami selidiki. Termasuk men­ ca­r i identitas korban. Yang jelas, mayat ini adalah korban pembunuhan yang kemudian

dimutilasi,” ungkap Kasatres­ krim Polres Malang, AKP Mu­ hammad Aldy Sulaeman SIK, yang kemarin turun ke lokasi memimpin olah TKP. Aldy mengatakan, untuk

bisa mengungkap siapa iden­ titas mayat wanita tersebut, polisi mengharapkan warga yang merasa kehilangan anak perempuan sekitar 10 – 15 hari lalu untuk melapor ke Polres

Malang. Kemudian polisi akan mengecek DNA keluarga dan korban untuk melihat keco­ cokkan. “Kenapa 10 – 15 hari, ka­ rena melihat kondisi mayatnya sudah membusuk dan diper­ kirakan meninggal sekitar 10 hari yang lalu,” ujar mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim ini. Sementara itu, kali pertama yang mengetahui keberadaan mayat korban mutilasi itu ada­ lah Edi, nelayan warga sekitar. Siang itu sekitar pukul 09.30, Edi yang sedang me­lihat seka­ tan ikannya, men­c ium bau busuk yang menye­ngat. Ke­ mudian saksi mencari asalusul bau itu. Begitu dike­tahui bau itu dari dalam karung yang berisi mayat, saksi lalu memberitahukan ke perangkat desa yang kemudian melapor­ kan ke polisi. Sementara tadi malam in­ formasinya polisi mene­mukan bagian potongan tubuh lain, seperti kepala, tangan dan kaki. (agp/aim)

14

Warga Tuntut Ganti Rugi Pencemaran Limbah Pabrik Kertas

Agung Priyo/Malang Post

MEDIASI : Warga ketika bermediasi dengan perwakilan perusahaan kertas PT Gaya Baru Paperindo. KEPANJEN – Puluhan warga perwakilan dari tiga desa di Kepanjen menuntut PT Gaya Baru Paperindo bertang­ gung jawab terhadap limbah cair yang merusak sawah dan mencemari sumber mata air yang digunakan warga. Warga melakukan aksi unjuk rasa di lokasi pabrik. Deni Satuli, koordinator warga mengatakan bahwa tuntutan warga, meminta supaya pihak perusahaan memperhatikan dan mengganti kerugian yang dialami oleh warga sekitar. Khususnya petani yang lahan sawahnya rusak akibat limbah cair yang melebihi ambang baku mutu. “Kami minta perusahan mengganti rugi, kerugian yang dialami oleh para petani. Karena sawah mereka rusak akibat limbah cair dari pabrik. Selain itu, perusahaan juga harus ber­ tanggungjawab rusaknya sumber mata air akibat pencemaran limbah itu,” tutur Deni Satuli. Warga juga menuntut supaya perusahaan memperhatikan warga sekitar dengan memperioritaskan sebagai tenaga kerja. “Itu kalau perusahaan memang ingin aman, karena dengan mempekerjakan warga sekitar maka warga adalah mitra dari perusahaan. Jika pihak perusahaan bersedia dengan tuntutan kami minta harus ada hitam di atas putih seperti MoU, karena warga tidak mau hanya janji lalu di­ bohongi,” tegas Satuli. Ditambahkannya, terkait pencemaran limbah cair yang dikatakan dari kebocoran bak penampungan air limbah, meminta supaya harus segera dilakukan perbaikan. Kar­ ena jika tidak maka limbah cair akan tetap mencemari lingkungan. Sementara itu, menanggapi tuntutan warga, perwakilan pihak perusahaan yang diwakili Sebastianus Subuh Sudarmo, selaku humas perusahaan mengatakan akan menampung aspirasi dari masyarakat. Soal tuntutan supaya warga sekitar dimasukkan sebagai tenaga kerja, pihak perusahaan pasti akan memprioritaskan. “Tetapi harus sesuai koridor. Yaitu mempunyai skill, kemampuan, mau bekerja, niat serta tidak mengacau di perusahaan. Namun kapan bisa terlaksana, saya tidak bisa menjanjikan. Karena selain perusahaan kami masih baru yaitu enam bulan, saya juga masih harus masuk dulu ke masyarakat untuk mendekatkan diri antara perusahaan dengan warga,” jelas Subur. Tentang ganti rugi yang diminta warga, Subur mengatakan akan melihat atau menilik dulu ke lapangan. Apakah memang benar kerusakan sawah warga karena limbah cair dari PT Gaya Baru Paperindo atau tidak. “Kalau memang dari pabrik kami, maka kami siap untuk memberikan ganti rugi,” katanya. Subur yang juga seorang pengacara ini, menambahkan bahwa sebenarnya limbah di PT Gaya Baru Paperindo sama sekali tidak ada masalah. Karena perusahaan memiliki mesin pengolahan yang bagus, canggih dan modern dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 20 miliar. Limbah yang mencemari, menurutnya adalah limbah dari pabrik lain yang berdampingan dengan perusahaannya. “Kalau diuji sepihak oleh warga itu namanya tidak objektif. Kalau mau objektif ya ambil air bareng-bareng lalu di tes baru di BLH,” tandasnya sembari mengatakan bahwa izin perusahaan semuanya sudah lengkap.(agp/aim)

Lima Penadah Asal Dampit Dibekuk DAMPIT–Usai menangkap gem­ bong curanmor, Rofii, warga Dusun Crabaan Desa Sumbersuko Ke­ camatan Dampit, kemarin tim Buser Polres Malang berhasil menga­ mankan lima orang penadah sepeda motor curian. Kelimanya yang ber­asal dari Kecamatan Dampit ini, di­be­kuk di rumahnya masing-masing. Mereka adalah, Teguh Wahyudi, 24 tahun, dan Samsul, 27 tahun, warga Dusun Prangas Desa Majang Tengah. Lalu Solikin 23 tahun, warga Dusun Lambang Kuning, Desa Majang Tengah. Yulianto, 34 tahunn warga Desa Sukodono, serta Edi Rupian, 35 tahun, warga Dusun Panggungrejo, Desa Baturetno. “Kelima penadah sepeda motor curian ini, amankan berdasarkan

pe­n gembangan dari tersangka curanmor atas nama Rofii, yang sebelumnya sudah lebih dulu kami tangkap,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK. Dalam pemeriksaan penyidik, Teguh Wahyudi mengaku membeli

sepeda motor Yamaha Jupiter, dari tersangka Rofii sebesar Rp 2 juta. Kemudian oleh Teguh dijual lagi kepada Solikin lewat perantara Samsul seharga Rp 2,5 juta. Lalu ditukar (barter) motor Yamaha Vega serta uang Rp 500 ribu, sebelum Teguh tertangkap. (agp/aim)

Agung Priyo/\ Malang Post

GELAR : Para penadah sepeda motor curian yang diamankan di Mapolres Malang bersama dengan barang buktinya.

redaktur: muhaimin, layout: kurdi


KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

15

RDI Serahkan Bantuan Awal Tiga Kontainer Logistik Pengagum Dahlan Iskan Turun ke Lokasi Bencana

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

HIBUR PENGUNGSI: Semifinalis Kangmas Nimas Kota Batu, malam ini menghibur pengungsi di Gedung Kesenian.

Semifinalis Diuji Depan Pengungsi BATU – Peserta pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas 2014 Kota Batu, mengagendakan menghibur sisa pengungsi letusan Gunung Kelud di Gedung Kesenian, Jumat (21/2) malam. Meski sebagian sudah dipulangkan, namun banyak pengungsi yang tetap bertahan di sejumlah kota ini, karena rumah mereka yang rusak parah masih belum bisa ditempati. Hiburan dari gadis gadis cantik dan cowok ganteng itu, dikemas dengan kegiatan uji talenta semifinalis Kangmas Nimas KWB 2014 Peduli Gunung Kelud. Uji talenta dilakukan pada ampiteater (bagian belakang) Gedung Kesenian, sehingga

bisa jadi hiburan tersendiri bagi pengungsi yang masih bertahan. ‘’ Warga Kota Batu, juga boleh menyaksikan uji talenta yang dilakukan oleh semifinalis Kangmas Nimas,’’ tegas Susilo Trimulyanto, Ketua Panitia Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas kepada Malang Post. Dalam uji talenta tersebut, semifinalis berjumlah 50 orang harus menunjukkan kepampuanya. Mereka bisa bernyanyi, MC, beladiri karate, menari nusantara, stand up komedi, bermain gitar, speech in English, mendongeng, karawitan, atau presentasi sebuah acara.

‘’Mereka harus menampilkan kepiawaian dalam segala hal di depan pengungsi atau warga kota ini. Sebagian uji taletnta tersebut, juga masuk penilaian dewan juri secara langsung,’’ tegas mantan Kasi Amdal Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Batu ini. Dewan juri terdiri dari berbagai unsure, yakni dari unsur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, Kantor Lingkungan Hidup (KLH), BNN, PHRI, serta desainer. Dari jumlah finalis itu, panitia akan mengeliminasi 20 peserta, dan sisanya dinyatakan lolos mengikuti seleksi berikutnya untuk menjadi finalis. (feb/lyo)

Doa Hafidz Antarkan Kepulangan Korban Erupsi

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

DOA HAFIDZ: Para Hafidz dan penggagas kegiatan, sedang khataman Al Quran, kemarin. BATU – Para hafids (penghafal Al Qur’an) Kecamatan Batu, ikut mendoakan pengungsi letusan Gunung Kelud di Ruko

Sidomulyo, Kamis kemarin sekaligus memohon agar tidak ada bencana lagi dan semua pengungsi bisa melakukan ak-

tivitas seperti biasanya. Mereka juga berdoa keselamatan Kota Batu, agar terhindar dari segala bencana. Dengan begitu semua warga kota ini tetap selamat dan bisa menjalankan semua aktivitas perekonomian. Apalagi saat ini perekonomian di kota sejuk ini berkembang pesat, terutama pada sektor pariwisata. ‘’ Kita berdoa agar tidak ada lagi bencana, pengungsi juga diberikan kekuatan dan bisa membangun kembali kehidupannya,’’ ungkap Solichin, penggagas kegiatan. Tidak banyak para hafidz di

wilayah kota ini, namun juga ada lima penghafal Al qur’an daerah lain yang menyempatkan mengikuti doa dengan cara khataman itu. Mereka yang hadir antara lain, Ustad Fanani, Ustad Fauzi dan dua ustad lainya. ‘’Kami juga menggagas pengajian keliling setiap Minggu, dari masjid ke masjid dan perkampungan. Para hafidz ini bisa melakukan khataman Al Qur’an di sebuah masjid mulai subuh hingga siang. Begitu seterusnya khataman dilakukan secara keliling,’’ tambah pria yang akrab disapa si Kancil ini. (feb/lyo)

BATU-Meski korban erupsi Gunung Kelud, telah dipulangkan dari penampungan menuju kapungnya masing-masing, namun bantuan logistik maupun kebutuhan hidup lainnya tetap terus mengalir. Salah satunya, Kamis (20/2) relawan-relawan Dahlan Iskan yang menyatu dalam Rumah Dahlan Iskan (RDI) Jawa Timur, menyerahkan bantuan langsung ke lokasi bencana. Bantuan yang diangkut tiga unit truk peti kemas atau kontainer itu, selain di kirim ke Dusun Pulumbang Desa Pandansari Kecamatan Ngantang-Kabupaten Malang, juga dikirim ke Kediri maupun korban bencana Kelud yang ada di Blitar. Begitu tiba di lokasi, rombongan yang dipimpin oleh Sugianto S Hartawan, selaku Kordinator Daerah Pemilihan Malang raya, itu langsung diserbu warga RT 06 dan 07 Dusun Plumbang, Desa Pandansari. Sebelum diserahkan, lebih dulu pengurus RDI menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan hasil sumbangan dari masyarakat Surabaya maupun luar daerah, yang khusus untuk membantu korban erupsi Gunung Kelud. ”Ada mie instant, beras, biskuit, susu, selimut, masker dan obat-obatan semoga bisa sedikit membantu korban bencana Kelud,”ujar Sugianto. Dipilihnya warga Desa Pandansari, untuk penerima bantuan tersebut, karena perkampungan tersebut yang terparah mengalami kerusakan akibat amarah Kelud, Kamis malam pekan lalu. Dia juga membenarkan, setelah dari Ngantang perjalanan pe-

MISKI/MALANG POST

LOKASI BENCANA: Sugianto S Hartawan, Kordapil Malang raya Rumah Dahlan Iskan (RDI) Jatim, saat menyerahkan bantuan warga Desa Pandansari Kecamatan Ngantang , korban erupsi Gunung Kelud, kemarin. ngagum Menteri BUMN Dahlan Iskan yang digadang-gadang menjadi presiden itu, melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kediri dan Blitar, untuk menyerahkan bantuan serupa. ’’ Kebetulan saya adalah kordapil Malang raya, hari ini RDI secara bertahab mengirimkan bantuan ke tiga daerah itu,”ujar pria berusaia 50 tahun ini kepada Malang Post. RDI Jatim, juga membuka posko sampai 28 Februari mendatang di Surabaya, untuk menampung dan menyalurkan bantuan warga Kota pahlawan itu. Sehingga dipastikan tiga atau empat hari ke depan, bantuan susulan bakal dikirim ke lokasi bencana Kelud walaupun beda desa. Eko Wiyono, Ketua RT06 Dusun Plumbang menyampaikan banyak terimakasih bantu90 an tersebut dan langsung disalurkan kepada masyarakat. Dia juga mengatakan selain harta benda ikut lenyap, rumah mereka pun rusak parah ditambah lagi kondisi kesehatan dan psikologi korban. Dia menyebut

dari 250 KK (Kepala Keluarga) di RT06 dan RT07 itu, sekitar 175 rumah milik warga, mengalami kerusakan parah. ”Dengan bantuan dari pendukung Pak Dahlan melalui RDI ini, sedikit banyak bisa meringankan beban kami. Terima kasih RDI telah peduli kepada kami meski jauh-jauh datang dari Surabaya,”ungkapnya dikerubuti warganya. Ngatemo, warga RT07 Dusun Blumbang mengatakan, meski sudah dipulangkan dari penampungan, namun warga masih belum bisa bekerja lantaran lahan pertanian mereka juga ikut hancur, belum lagi ternak-ternak mereka yang kesehatannya ikutan memburuk, bahkan banyak yang mati. ‘’ Kami tadi (kemarin) dipulangkan dari penampungan. Kondisi kami semakin shock setelah melihat kondisi rumah kami tak bisa ditempati, apalagi tak ada makanan. Beruntung ada bantuan dari RDI, yang bisa kami jadikan simpanan makanan selama belum bisa bekerja,’’pungkasnya.(mik/lyo)

Sekali Coba Bakal Ketagihan Narkoba BATU- Seksi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu, kembali melakukan tes urine di kalangan siswa. Kamis kemarin, tes dilakukan terhadap 40 siswa SMAN 1 Kota Batu, menyusul kegiatan sama di SMP Muhammadiyah 8, Selasa lalu. Namun demikian, tak satupun ada siswa yang dinyatakan positif menggunakn narkoba. Kondisisi ini dinilai BNN, karena tingkat pengetahuan dan kesadaran tantang bahaya narkoba pada siswa-siswa, sudah sangat tinggi. Apalagi sejauh ini pembelajaran P4GN di sekolah, juga dinilai efektif. Ditambah peran serta kader penyuluh berjalan baik di SMAN 1 maupun SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Kasie Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Rose Triwulandari mengatakan, di SMA Negeri kota ini sudah kerap dilakukan sosialiasi. Sehingga banyak siswa yang sudah mengerti, bahkan banyak yang secara

tegas menolak narkoba. ” Dalam benak mereka, sudah tertanam bahwa tidak akan mau mencoba barang haram tersebut. Karena mereka sangat paham bahwa obat terlarang itu, sangat berbahaya,”kata Rose, panggilan akrabnya. Saat ini, tutur perempuan berjilbab itu, di SMAN 1 juga sudah ada 5 kader penyuluh BNN. Meski secara kuantitas masih kurang, tetapi karena keaktifan untuk menyuarakan bahaya narkoba, tetap mampu membawa dampak positif bagi siswa-siswa lainnya. Ciri dan penampilan pengguna narkoba, sebenarnya mudah dikenali. Antara lain tubuh kurus karena malas makan dan jarang mandi.” Bagi penggguna pasti masih bisa diselamatkan dengan cara di rehabilitasi,”urainya kepada Malang Post. Dalam tes urine kemarin itu, beberapa siswa sempat disuruh maju menyampaikan pertanyaan kepada petugas medis

dari BNN. Salah satu siswa pun menyampaikan pengalamannya, bahwa beberapa waktu lalu dia menjadi relawan, dan untuk meningkatkan stamina agar tidak mudah lelah, dia diberi doping dan obat-obatan oleh temannya. Abdul Rochman, dokter BNN lantas menerangkan bahwa doping dan obat yang dimaksud kemungkinan besar adalah suplemen atau vitamin (memacu stamina dan tidak mudah sakit). Semua obat sebenarnya kalau penggunaannya tidak benar, bisa mempengaruhi psikis dan kesehatan pengguna. Dia menghimbau, sebelum terlanjur menggunakan obatobatan tersebut, siapapun diminta jangan sekali-kali mencoba. Masalahnya, sekali coba bakal ketagihan. ’’ Sudah banyak kasus pemuda yang terjerembab dalam narkoba, masa depannya p u n h a n c u r, ” h i m b a u n y a . (mik/sir/lyo)

MISKI/MALANG POST

GENCAR: Petugas BNN Kota Batu, menggelar tes urine di SMAN 1 Kota Batu, Kamis kemarin. REDAKTUR: SAMSULIONO, LAYOUTER: SITI


all sport

jumat, 21 februari 2014

16

Kunci Lolosnya SMK Telkom

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

LOLOS: SMKN 5 Malang foto bersama usai lolos ke babak delapan besar yang dimulai hari ini.

Hari Ini Big Eight Semakin Seru MALANG - Setelah libur satu hari kemarin, STIKI Basket League (SBL) 2014 akan kem­ bali menggelar pertandingan di Sporthall STIKI Malang. Hari ini (21/2), event yang terselenggara hasil kerjasama dengan Malang Post ini memasuki babak delapan be­sar (big eight) dan semakin seru. Sebanyak delapan tim putri dan putra terkuat akan ber­ tarung untuk lolos ke semifinal yang akan dilaksanakan pada 24-25 Februari 2014. Laga big eight akan digelar selama dua hari, hari ini (21/2) dan besok (22/2). Dalam satu hari dihelat empat pertandingan yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. Untuk hari ini, pertandingan

pertama akan memper­te­mukan dua tim bola basket putri, SMAN 1 Batu vs SMAN 1 Kejayan. Kemudian dilan­jutkan dengan pertandinga tim bola basket putra SMAK Kolese St.Yusuf Malang vs SMAN 2 Pasuruan. Pertan­dingan ketiga kembali ber­temu dua tim bola basket putri SMA Brawijaya Smart School Malang vs SMAN 1 Malang lalu ditutup dengan per­tandingan tim bola basket putra SMAN 2 Malang vs SMAN 8 Malang. Sementara itu, salah satu tim yang memastikan lolos di hari terakhir babak penyisihan Rabu (19/2) ialah tim bola basket putra SMKN 5 Malang. Dalam laga tersebut, kepastian

lolos diperoleh setelah tim asu­han Yusworo ini menjung­ kalkan perlawanan SMAN 6 Malang. Pada quarter pertama, SMKN 5 Malang sudah unggul jauh 15-1. M. Aldino dkk tak mampu berkutik meng­­ hadapi gempuran SMKN 5 Malang sehingga di 3 quarter berikutnya tim asu­han Dedi A. ini semakin ter­tinggal jauh. Skor 66-12 untuk kemenangan SMKN 5 cukup untuk mengantarkan tim ter­sebut menuju big eight. Di big eight, SMKN 5 Ma­ lang akan berjumpa dengan SMAN 3 Malang besok (22/2). Pelatih SMKN 5 Malang, Yusworo mengatakan bahwa

akan membenahi beberapa aspek untuk menyongsong pertandingan itu. “Banyak yang harus dibenahi. Anakanak selalu tergesa-gesa dan

tidak bisa meredam emosi. Ini bisa menjadi boomerang,” ujar Yus, sapaan akrabnya kepada Malang Post. (rul/lim)

JADWAL BABAK 8 BESAR JUMAT, 21 FEBRUARI 2014 SMAN 1 Batu vs SMAN 1 Kejayan (putri) SMAK Kosayu vs SMAN 2 Pasuruan SMA BSS Malang vs SMAN 1 Malang (putri) SMAN 2 Malang vs SMAN 8 Malang

SABTU, 22 FEBRUARI 2014 SMK Telkom vs SMAN 2 Pasuruan (putri) SMAK St Albertus vs SMAN 1 Malang SMAN 3 Malang vs SMAK Kosayu (putri) SMKN 5 Malang vs SMAN 3 Malang

Aji Beri Semangat Perenang MALANG-Perenang nasio­nal peraih medali emas seka­ligus pemecah rekor SEA Ga­mes Myanmar di nomor 100 meter gaya bebas putra, Triadi Fauzi Sidiq secara menge­j utkan datang di Kolam Re­nang Universitas Negeri Ma­lang (UM), Kamis (20/2) kemarin sore. Perenang asal Cimahi Jawa Barat itu mem­beri semangat kepada pere­n ang-perenang klub Tirta Nirwana yang sedang berlatih. Tak heran, kehadiran pere­ nang yang sekarang ini men­ jadi bintang karena presta­sinya yang luar biasa di SEA Games itu, benar-benar men­jadi perhatian. Apalagi, hampir seluruh perenang-perenang berbakat yang hadir sudah mengetahui prestasi yang diraih Triadi. Sebelumnya, Triadi datang ke kolam renang tanpa mem­ be­ritahu terlebih dahulu. Ia tiba di Bandara Juanda siang kemarin dan langsung menuju ke Malang. Setelah istirahat sebentar, perenang yang per­ nah berguru ke Australia ini langsung menuju ke kolam renang UM. Selain untuk

Rizal fananny/malang post

JADI BINTANG: Triadi Fauzi Sidiq (bertopi) saat hadir di Kolam Renang Universitas Negeri Malang (UM) kemarin sore. berlatih sendiri, juga memberi semangat kepada perenangperenang Tirta Nirwana. Saat melakukan pemanasan hingga berenang, Aji sapaan akrabnya

selalu jadi perhatian anakanak. ‘’Untuk meraih prestasi per­lu perjuangan. Kalian harus benar-benar serius dalam

berlatih dan dari diri sendiri. Semua dilakukan secara sim­ ple dari hal-hal yang kecil,’’ kata Tradi Fauzi Sidiq yang didampingi orang tuanya Hasan

di hadapan para pere­nang. Aji datang ke Malang akan berbagi pengalaman di acara coaching clinic di Hotel Regents 22 dan 23 Februari, besok. Coaching clinic ini akan dihadiri perenang, pelatih maupun orang tua perenang baik dari Jawa Timur maupun kota-kota lain di Indonesia. Coaching clinic ini juga mengundang pengurus PRSI Jatim serta Ketua PRSI Kota Surabaya H Juniarno D Purwanto yang juga Direktur Malang Post. Coaching clinic yang dige­ lar dalam rangka HUT klub renang Tirta Nirwana selain men­datangkan Aji juga menda­tangkan pelatih renang timnas Indonesia. Di antara­ nya Albert C. Sutanto, Felix C. Sutanto, Priyo Purwoko dan Nizarudin. Para pelatih ini juga akan berbagi pengalaman serta menularkan ilmunya. Materi yang akan diberikan nanti diantaranya Fisiology, Energy System/Metabolism, Training Zone, Long Term Athlete Development, Stroke Clinic. (jon)

Kecelakaan, Marquez Patah Tulang Barcelona - Akhir bulan ini tes pramusim MotoGP 2014 rencananya akan kem­ bali dilangsungkan di Sepang. Juara bertahan Marc Marquez dipastikan tak bisa mengi­ku­ tinya karena cedera. Marquez, yang dalam tes pramusim per­tama di Sepang pada 4-6 Feb­ruari lalu berhasil menyapu ber­sih waktu terbaik dan me­ ngukir rekor baru tak resmi, me­ngalami cedera patah tulang kering akibat kecela­kaan saat berlatih di arena dirt-track di Lleida, Barcelona bagian se-

latan, Rabu (19/2/2014). Usai kecelakaan tersebut, pembalap Repsol Honda ber­ usia 21 tahun itu langsung di­l arikan ke Rumah Sakit Universitario Quiron Dexeus. Di sana ia dirawat oleh Dr. Xavier Mir. “Itu benar-benar kecelakaan yang sial dan dapat terjadi pada siapapun kapan saja. Aku dilarikan ke rumah sakit dan Dr. Mir merawatku. Un­tungnya tidak ada cedera pada ligamen dan kelihat­annya patah dengan ‘bersih’,” ujar Marquez di Crash.

“Hasilnya memperlihatkan tidak ada cedera pada ligamen atau dislokasi, tidak perlu ada operasi. Saya memprediksi ia akan membutuhkan waktu 3-4 pekan untuk pulih,” sahut Dr. Mir menjelaskan. Dalam pernyataan resmi­nya, tim Repsol Honda me­ngon­ firmasi bahwa Marquez bakal absen dalam tes di Se­pang pada 26-28 Februari mendatang. Pemuda Spanyol itu belum bisa dipastikan ikut serta dalam Tyre Safety Test di Phillip Island pada 3-5 Maret. (jpnn/lim)

Marc Marquez

MALANG-Salah satu kun­ ci lolosnya SMK Telkom ke babak delapan besar (big eight) STIKI Basket League (SBL) 2014 ialah per­mainan apik yang dipe­ ragakan Novi Kusumaning Ayu. Kapten tim bola bas­ket putri SMK Telkom ini pandai mengkoordinir te­m an-temannya dalam me­l akukan penyerangan mau­pun ketika bertahan. Dara kelahiran Blitar, 11 No­vember 1995 ini men­jadi pemain kunci SMK Tel­kom ketika bertanding. Terbukti, ketika mengalami ce­dera dan harus menga­la­mi perawatan beberapa me­nit saat SMK Telkom meng­­hadapi SMAK Frate­ran, serangan SMK Telkom seakan kehilangan tajinya. Setelah Novi Kusumaning Ayu dimainkan lagi, SMAK Frateran kembali ke­te­teran menghadapi per­ mainan SMK Telkom yang Novi Kusumaning Ayu dimotori siswi kelas 11 SMK Telkom ini. Cedera ini sebenarnya merupakan luka lama yang me­nu­rutnya masih sering kambuh. “Cedera yang saya alami sudah hampir setahun. Pas ikut seleksi Porprov Kabupaten Blitar saya mengalami kecelakaan di lapangan,” jelas dara berparas cantik ini. Permainan apik Ayu, sapaan akrabnya, tak didapat dalam latihan singkat. Ia sudah berkecimpung dengan bola basket sejak masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). “Karena sudah dikenalkan basket oleh ayah saya sejak kecil,” ujarnya kepada Malang Post. Selain itu, berbagai kejuaraan telah diikuti untuk mengasah kemampuannya. Bersama SMP 1 Srengat Blitar, anak pertama dari pasangan Herjiono dan Da’iyah ini pernah turun dalam ajang Smaga Cup di Blitar dan sukses menyabet juara 2. Dalam Smanta Cup di Blitar, masih bersama SMP 1 Srengat Blitar ia mengantarkan sekolahnya menjadi juara 2 selama dua tahun berturut-turut. Memasuki jenjang SMA/SMK, ia juga aktif bersama tim bola basket putri SMK Telkom Malang. Bersama sekolahnya, pemilik nomor punggung 22 ini pernah mengikuti turnamen Civil Fiesta di UB. Kali ini Ayu mencoba peruntungan di SBL 2014. Untuk itu, di big eight nanti saat menghadapi SMAN 2 Pasuruan, ia menuturkan bahwa akan berjuang keras untuk meraih hasil terbaik. “Harapan saya tidak muluk-muluk. Yang yang penting kita main baik, kompak, dan sportif. Saya akan tampil all out, kalau bisa masuk final Alhamdulillah,” tambah Ayu. Sebagai kapten, ia berharap kepada teman-temannya untuk selalu menjaga kekompakan. “Harus selalu yakin dengan tim, yakin kita bisa menang. Caranya harus selalu menjaga kekompakan, kekeluargaan, dan kerjasama. Selain itu, yang paling penting adalah memperkuat mental sebelum bermain dan tidak meremehkan lawan,” pungkas Ayu. (rul/lim)

Vettel Tak Suka Poin Dobel Sakhir - Sebagaimana sosok-sosok lain di kubu Red Bull, Sebastian Vettel menegaskan ketidaksenangannya dengan regulasi poin dobel. Vettel bahkan tetap tidak akan suka dengan peraturan baru itu seandainya ia berada dalam posisi yang bisa diuntungkan. Musim ini balapan terakhir di Abu Dhabi akan memberi iming-iming poin dua kali lebih banyak dari biasanya dalam usaha menjaga per­ sa­ingan tetap hidup sampai dengan ba­ lapan terakhir. Peraturan itu sen­ diri menuai pro dan kontra, dengan Red Bull termasuk ke yang disebut ter­ akhir-saat ini se­ tidaknya sudah ada respons negatif dari Prinsipal Tim Red Sebastian Vettel Bull Christian Hor­ ner dan Adrian Ne­ wey, pimpinan urusan teknik di Red Bull. Sebagai juara empat musim terakhir, di sektor konstruktor dan pembalap, regulasi poin dobel tersebut memang diduga sudah diberlakukan demi membuat agar Red Bull dan Vettel tidak lagi terlalu mendominasi seperti musim-musim sebelumnya. Nah, tes pramusim saat ini ternyata justru memperlihatkan performa tak menjanjikan dari Red Bull. Menilik fakta yang ada, bukan tidak mungkin ‘Banteng Merah’ nantinya malah akan memulai musim 2014 dengan buruk dan pada akhirnya diuntungkan oleh regulasi poin dobel di balapan terakhir. Kendatipun begitu, Vettel menegaskan bahwa regulasi poin dobel sama sekali tidak ia sambut dengan baik, terlepas dari kemungkinan itu justru akan menguntungkannya. “Biar bagaimanapun, saya tak menyukai poin dobel karena saya tak memahami alasan diberlakukannya aturan itu,” katanya di ESPN F1. “Saya harap sampai dengan saat itu kami sudah menjalani banyak balapan-balapan bagus,” lanjut Vettel berharap. Sehubungan dengan itu pembalap Jerman tersebut pun menegaskan bahwa masih terlalu dini untuk memvonis bahwa Red Bull akan kesulitan untuk unjuk gigi di balapan-balapan awal. “Ini baru Februari. Ya, musim memang dimulai empat pekan lagi, tapi tidak adil dan terlalu keras (menilai Red Bull akan mengawali musim dengan buruk). Tentu saja ini bukan awal yang kami mau, tapi masih ada waktu. Saya tak melihat alasan untuk panik,” ucapnya. “Di satu sisi ini memang mengejutkan, tapi di sisi lain tidak. Kami tahu merupakan tantangan besar dengan banyaknya pekerjaan yang mesti kami lakukan, tapi kami tak mengira akan mendapat masalah sebanyak itu di awal. Begitulah, dan saya tahu kami semua 100 persen bekerja keras untuk mencari solusi sesegera mungkin,” tegas Vettel.(jpnn/lim) redaktur: abdul halim, layout: kurdi


jumat, 21 februari 2014

17

Gagal Penalti Bikin Ozil Melempem LONDON-Arsenal sebenarnya memiliki peluang besar menekuk Bayern Muenchen pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Emirates Stadium, Kamis (20/2) dini hari WIB. Itu terjadi setelah Arsenal diberi penalti ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Saat itu, Mesut Ozil maju sebagai algojo. Sayangnya, sepakan Ozil berhasil digagalkan Manuel Neuer. Kegagalan itu ternyata membuat performa Ozil sepanjang laga langsung turun drastis. Playmaker asal Jerman itu terlihat kehilangan kepercayaan diri. Arsenal pun semakin sulit berkembang. “Dia benar-benar terpengaruh dengan kegagalan itu. Anda bisa melihat dia terus menggelengkan kepala sepuluh menit setelah kegagalan itu. Hal itu benar-benar memberi dampak besar pada penampilannya,” terang pelatih Arsenal, Arsene Wenger di laman Sport Mole, Kamis (20/2). Wenger juga terlihat tak senang dengan gaya mengeksekusi penalti Ozil. Menurut Wenger, gaya Ozil dianggap mudah ditebak kiper lawan. Saat itu, Ozil memang terlihat tidak berlari. “Saya lebih senang melihat pemain yang berlari sebelum menendang bola. Namun, itu adalah gayanya. Apa yang bisa saya katakan? Kami membutuhkan gol dari penalti itu,” tegas Wenger. Sementara itu Manuel Neuer menjadi salah satu pemain yang paling dielu-elukan ketika Bayern Muenchen menekuk Arsenal dua gol tanpa balas. Itu tak lepas dari kecemerlangan Neuer menggagalkan eksekusi penalti Mesut Ozil ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Neuer dengan gemilang mementahkan sepakan Ozil yang mengarah ke tengah gawang. Neuer pun membeberkan rahasia kesuksesannya menggagalkan usaha kompatriotnya di timnas Jerman itu. Menurut Neuer, waktu adalah hal yang menjadi kunci keberhasilannya. “Dia merupakan pemain sangat lambat memutuskan kemana akan mengarahkan bola. Jadi, saya memutuskan menunggu cukup lama,” terang Neuer sebagaimana dilansir laman Bild, Kamis (20/2). Kiper timnas Jerman itu juga membantah kebersamaannya dengan Ozil ketika di Schalke 04 sebagai salah satu kunci. Bagi Neuer, hal itu tak ada hubungannya dengan kesuksesannya mementahkan usaha Ozil. “Kebersamaan saya dengan Ozil di Schalke tidak berarti membuat saya tahu kemana dia akan menendang bola. Hal paling penting adalah bagaimana dia berlari ke bola,” tegas Neuer. (jos/jpnn/jon)

Mesut Ozil

Mertesacker Yakin Arsenal Bisa Ulangi Sejarah Luiz Felipe Scolari

Timnas Brasil Percaya Mistis

LONDON - Arsenal memang tertinggal dari Bayern Muenchen dengan agregat dua gol pada babak 16 besar Liga Champions. Itu membuat Arsenal mesti menang tiga gol pada leg kedua di Allianz Arena, 11 Maret mendatang. Di atas kertas, misi untuk membalikkan keadaan itu sangat sulit. Pasalnya, Muenchen kini memiliki rekor yang sangat baik. Tim racikan Pep Guardiola itu belum sekalipun tersentuh kekalahan di Bundesliga. Namun, hal itu tak membuat Arsenal patah arang. Bek Arsenal, Per Mertesacker optimistis bisa menyingkirkan The Bavaria, julukan Muenchen dari kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu. Mertesacker mengacu pada kemenangan dua gol tanpa balas Arsenal musim lalu.

“Kami memulai pertandingan dengan sangat baik. Kami juga layak mendapatkan minimal satu gol. Kini kami akan bertanding di Muenchen. Kenapa kami tidak bisa mengulangi hasil musim lalu?” ujar Mertesacker di laman Sky Sport, Kamis (20/2). Arsenal juga bisa berkaca pada pengalaman Manchester City ketika menekuk Muenchen dengan skor 3-2 di Allianz Arena pada fase grup lalu. Artinya, Muenchen sebenarnya juga memiliki celah untuk dikalahkan. “Kami harus menerima kekalahan ini. Namun, secara umum kami lebih kuat dibanding musim lalu. Kami melakukan semua cara dan seharusnya berhak mencetak gol pembuka,” tegas Mertesacker. (jos/jpnn/jon)

SAO PAULO-Timnas Brasil bakal melakukan segala cara untuk bisa memenangkan Piala Dunia 2014 di depan publiknya sendiri. Tak terkecuali melakukan cara yang berbau takhayul atau mistis seperti urusan pesawat terbang. Ya, seperti dilansir CBF (Konfederasi Sepak Bola Brasil) kemarin, Selecao -sebutan timnas Brasil - akan menggunakan pesawat yang sama seperti yang ditumpangi pemainnya di Piala Konfederasi tahun lalu. Harapannya, tentu saja, agar sukses Selecao menjuarai Piala Konfederasi bisa menular di Piala Dunia nanti. “Ini bukan hanya karena kerjasama kami dengan sponsor (maskapai penerbangan Gol, Red), melainkan karena kami percaya kesuksesan bisa terulang dengan cara-cara yang sama,” kata Presiden CBF Jose Maria Marin seperti dilansir di situs resmi. Pesawat yang akan digunakan Thiago Silva dkk memang didesain secara spesial oleh Gol. Pesawat generasi baru dari Boeing 738-800 itu memiliki livery berwarna bendera Brasil, kuning-hijau, yang membentang dari tengah bodi pesawat sampai ke belakang. Juga ada logo CBF serta, yang paling penting, lima bintang sebagai tanda jumlah gelar Piala Dunia milik Selecao. Sedangkan di bagian dalam juga ditemui beberapa pernik CBF maupun Selecao seperti kain sandaran kursi. Sementara itu, pelatih Selecao Luiz Felipe Scolari menyatakan bahwa delapan tim layak difavoritkan sebagai juara Piala Dunia nanti. “Itu karena tim seperti Belgia, Prancis, dan Kolombia juga patut diwaspadai karena memiliki beberapa pemain bertalenta,” kata Scolari di sela workshop para pelatih Piala Dunia 2014 di Florianopolis kemarin. (dns/jpnn/jon)

Per Mertesacker

bagus. Namun harus dicederai dengan kepemimpinan wasit yang ngaco. Wasit tidak menerapkan peraturan,” kata Jaya Hartono, usai pertandingan. Di menit 87, wasit harusnya memberi hukuman kartu merah kepada Fakdawer karena terlihat memukul Fernando Soler. Namun nyatanya, wasit hanya memberi kartu kuning. Persiba kembali dirugikan keputusan wasit di masa injury time. Wasit menganggap, pemain nomor 7 Persiba, Arifki Eka Putra, handsball di kotak terlarang. Tapi dalam

Sambungan dari Halaman 18-19

Hanya Han Dae Won saja yang tidak masuk dalam daftar 18 pemain yang diboyong Salahuddin ke Malang. Ia pun berharap, banyaknya pilihan di tiap lini, bisa membuat permainan lebih berkembang dan tidak monoton. Apalagi, lawannya kali ini adalah Arema yang punya barisan gelandang kreatif. Ia berharap kekalahan dua kali di awal ISL 2014, menjadi cambuk buat Shaka Bangura dkk. “Mudah-mudahan kita bisa bangkit setelah melakukan introspeksi dari dua laga terakhir. Kita ingin mempertahankan rekor tak pernah kalah di Malang,” tutup pelatih berusia 41 tahun tersebut.(fin/jon)

Bartman Ngalam Siap Dukung Barito Sambungan dari Halaman 18-19

Aremania diterima dengan ramah di Banjarmasin, begitu pula sebaliknya. “Kita tidak ada masalah dengan Bartman, hubungan kita juga baik. Mereka dipersilakan datang ke Kanjuruhan untuk dukung timnya, kita respek kepada mereka,” terang Awang. Basis suporter Bartman yang bakal datang ke Kepanjen sudah siap mendukung Laskar Antasari, julukan Barito. Dipantau di akun Twitter @bartman_ngalam, para mahasiswa asal Banjarmasin siap mendatangi Kanjuruhan. “Mana suaranya yang merapat buat di Kanjuruhan? Doa warga Banua akan sangat dibutuhkan Barito Putera. Insyaallah nganem,” kicau akun Twitter tersebut.(fin/jon)

Ujian Pemain Belakang Sambungan dari Halaman 18-19

Sebagai pemain andalan di lini belakang, Abanda tampaknya cukup kesulitan tanpa duetnya Ha Dae Won. Ia hampir sendirian ditunjuk sebagai penghalau agresivitas Cristian Gonzales dkk. Tentu saja, peran Abanda bakal menentukan apakah gawang Barito Putera bisa kebobolan atau tidak. “Kita akan kerja keras untuk jaga pertahanan. Kita juga akan kerja keras untuk memenangkan pertandingan lawan Arema,” tegas pemain asal Kamerun ini. Meski demikian, Abanda mengaku tak ada persiapan yang terlalu khusus jelang pertandingan lawan Arema. Di bawah asuhan Salahuddin, ia tetap berlatih normal, seperti pertandingan-pertandingan lainnya. Namun, pemain berusia 29 tahun ini mengakui, pertandingan lawan Arema selalu memberinya motivasi dan semangat tambahan. Ia berharap bisa minimal mencuri poin di Malang. “Arema punya semua pemain bagus, tapi, kita tidak persiapan khusus, kita latihan biasa seperti pertandingan lain. Yang penting, kita harus bertarung dan berjuang habishabisan,” tutupnya.(rul/fin/jon)

Jaya Hartono Kecewa Wasit JAYAPURA -- Pelatih Persiba Balikpapan, Jaya Hartono, sangat kesal dengan keputusan wasit Ahmad Suparman saat timnya berhadapan dengan Persipura Jayapura di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (20/2). Jaya Hartono menilai, jalannya pertandingan sangat bagus. Timnya harusnya bisa memetik satu poin tapi kemudian harus sirna karena kalah 0-1 lewat penalti kontroversial di masa injury time babak kedua. “Jalannya pertandingan sebenarnya

Tak Ada Alasan Pemain Cedera

tayangan ulang, bola jelas hanya mengenai pinggul pemain. “Sangat memalukan sepak bola kita. Bagaimana mau maju kalau wasit seperti ini, mau jadi apa coba sepakbola kita. Ini sangat keterlaluan dan harus ditindaklanjuti,” tegasnya. Sementara nada kecewa juga meluncur dari pelatih Persipura, Jacksen F Tiago. Namun, kekecewaan itu bukan dari segi hasil, melainkan permainan anak asuhnya nyang tidak terlalu baik. “Saya kecewa dengan penampilan

anak-anak hari ini. Pertandingan kali ini adalah pertandingan yang sangat buruk. Persipura tidak bermain sebagai sebuah tim yang utuh. Saya tidak bangga dengan kemenangan ini,” tegas Jacksen. “Saya akui bahwa coach Jaya kecewa dengan pinalti yang diberikan kepada kami. Saya juga tidak tahu apakah itu pelanggaran atau tidak, namun saya akan melihat hasil rekamannya nanti. Untuk itu, sebelumnya saya minta maaf kepada seluruh manajemen Persiba dan Tim Persiba atas hasil sore ini,” imbuh Jacksen.(jpnn/jon)

Aremania Malaysia Siap Sambut Tur AFC Sambungan dari Halaman 18-19

Harie menegaskan, sudah ada konfirmasi bahwa ada Aremania dari Brunei Darussalam, Aremania Spanyol, Aremania Jepang dan Aremania Korea yang mendatangi laga Arema di AFC Cup grup F. “Dari Indonesia sudah konfirmasi Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Lalu, dari luar negeri ada Spanyol, Brunei, Jepang dan Korea. Kami harap Aremania Singapura dan Hongkong bisa merapat juga ke Malaysia untuk satu suara dukung Arema,” tandas pria yang bekerja di perusahaan emas Kanada itu. Khusus untuk Aremania Malang Raya, Harie berharap dulur di Malang bisa membawa bendera raksasa Aremania dari Curva Sud untuk diboyong ke Malaysia. Tujuannya, agar bendera bisa dikibarkan di Selangor.(fin/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


AREMA

Tak Ada Alasan Pemain Cedera MALANG - Barito Putera Banjarmasin mengalami kekalahan pahit dalam dua laga pertama di ISL 2014. Kalah dari Persija Jakarta di Banjarmasin dan dilibas PS Semen Padang di Sumatera. Tapi, Salahuddin, pelatih Barito Putera punya alasan mengapa timnya tak maksimal di dua laga awal. “Awal musim, kita didera masalah pemain cedera, pergantian pemain tidak maksimal. Opsi menurunkan pemain alternatif juga jadi terganggu,” terang Salahuddin usai latihan di Stadion Kanjuruhan, pagi kemarin. Pelatih kelahiran Palembang ini kehilangan setidaknya tiga pemain di awal kompetisi, yakni pemain asing Han Dae Won, gelandang Lucky Wahyu dan bek lokal Supriyadi. Kehilangan tiga pemain ini membuat Salahuddin kesulitan rotasi. Dengan skuad yang hanya 24 pemain, tentu cedera tiga pemain cukup mempengaruhi kondisi tim. Untungnya, jelang pertandingan lawan Arema, tiga pemain tersebut sudah bisa kembali pulih.

CRONUS

THE POWER IS OURS

UJIAN PEMAIN BELAKANG

Baca Tak.. Hal.17

MALANG - Arema Cronus menjadi salah tim yang memiliki pertahanan cukup kokoh dalam Indonesia Super League (ISL) 2014 ini. Bagaimana tidak, dalam empat laga awal yang dijalani, tim berjuluk Singo Edan ini hanya kebobolan satu gol. Kiper Arema, Kurnia Meiga yang selalu dipasang selama 90 menit dalam empat laga terakhir hanya sekali memungut bola dari jala gawangnya. Satu-satunya gol yang masuk ke gawang Arema itu terjadi saat menjamu Persijap Jepara pada laga perdana ISL 2014 pada awal Februari lalu. Kala itu, Ahmad Noviandani yang melihat bola liar langsung menyerobot bola dan melesakkannya ke dalam gawang Arema di menit 54. Selain gol itu, tak ada lagi bola yang dipungut Kurnia Mega dari jala gawangnya. Entong sapaan akrabnya sukses mencatatkan tiga kali clean sheet di ISL 2014. Namun, kesuksesan Entong tak lepas dari sosok penting yang mengawal barisan bertahan Arema. Pemain tersebut tak lain adalah defender naturalisasi Victor Igbonefo. Selalu main di empat laga ISL 2014, Victor hanya satu kali kecolongan gol. Di luar itu, pemain asal Nigeria tampil bersih. Namun demikian, Victor menolak jika kokohnya pertahanan Arema merupakan kerja tersendiri dari benteng pertahanan Arema. Pemain timnas senior ini menilai, para pemain belakang tim asuhan duet pelatih Suharno - Joko 'Gethuk' Susilo ini tidak mungkin bisa mengawal gawang Arema sebaik ini tanpa sokongan dari lini tengah dan depan. “Saya rasa pertahanan Arema yang bagus merupakan hasil kerja keras satu tim. Lini depan dan tengah juga berperan dalam hal ini," ujarnya kepada Malang Post.

GUEST GESANG/ MALANG POST

PENUH: Aremania akan kembali memadati Stadion Kanjuruhan, apalagi supporter Barito Putera juga akan hadir.

Bartman Ngalam Siap Dukung Barito njarm rmasin tidak akan MALANG – Barito Putera Banjarmasin on Kanjuruhan. K main tanpa dukungan di Stadion 014, bakal Seperti saat Inter Island Cup 2014, ada Bartman, suporter Barito, yangg m bertandang ke Kepanjen malam ini demi mendukung tim pujaannya. Namun, tidak ada informasi soal tur dari Banjarmasin ke Malang. Dari keterangan yang dihimpun, Bartman yang hadir di orKepanjen malam ini adalah supo suporg. ter yang berkuliah di Malang. gan teman-teman t “Saya sudah konfirmasi dengan ial Barito, B tidak ada tur dari Banjarmasin maupun ofisial ng ada a suporter Barito yang Bartman dari Banjarmasin, yang an datang ke Kanjuruhan,” kuliah di Malang, mereka yang aka akan epanjen. ujar Awang, Aremania Korwill Ke Kepanjen. angaan mahasiswa, jumlah Karena berasal dari kalangan uruhan pun tidak akan terBartman yang hadir di Kanjuruhan n, re eputasi hubungan kedua lalu banyak. Meski demikian, reputasi suporter, Aremania dan Bartman mann sangat baik.

KI

CK

OF

Thierry

F:

19

.00

Meiga Igbonefo

WI

B

Bustomi Alberto

Purwaka Revi

Rizky Pora

Gustavo

Shaka

IO

N

NJ

UR

UH

AN

Laras Carrisa Devinta

Pembuktian

Cima Abanda

Dedi H.

KA

MALANG – Suporter Arema Cronus berharap tim pujaannya tetap mempertahankan rekor kemenangan beruntun di ISL 2014. Tak terkecuali, Laras Carrisa Devinta, siswa SMAN 3 Malang. Vina, sapaan akrabnya bahkan memprediksi Singo Edan bakal berkuasa lagi di Stadion Kanjuruhan atas Barito Putera. Menurut Vina, yang juga putri kedua CEO Arema, Iwan Budianto, Arema bisa menang dengan minimal satu bola. “Arema bisa menang lawan Barito. Saya prediksi minimal menang satu bola, 1-0 atau 2-1. Tapi tergantung juga, kalau mainnya sedang bagus, bisa-bisa menang 3-1,” tutur Vina kepada Malang Post. Prediksi adik Laksmi Arista Vyanda itu bukan sekadar prediksi liar. liar Sebab, Arema sedang mengalami tren positif. Kehadiran Gustavo Lopes, Ahmad Bustomi Kehadi membuat para sstriker lebih nyaman menyerang. Cristian Gonzales pun bbisa dapat bola umpan yang lebih bagus untuk dikonversi dikonver jadi gol. Sebagai anggota angg keluarga pecinta sepakbola, remaja cantik ini mew mewarisi darah sang ayah, Iwan Budianto. Selain itu, Vina Vin juga memahami Arema tidak akan mau kalah di M Malang. Istilah imbang di Malang sama dengan kalah itu it juga sudah dipahami oleh Vina. Tak heran, kemenangan jadi satu-satunya hal yang dikejar kemenan oleh Arema ma malam ini. “Karena “K iinii main di kandang, tentu para pemain bakal ngotot cari gol dan kemenangan. Di Malang kan sudah jadi rahasia umum, imbang itu sama dengan kalah,” tandas remaja berambut panjang itu.(fin/jon)

James Syahroni

AD

Menang 3-1

Fathulrahman

Tonny Dendi

Bisa

Baca Ujian.. Hal.17

Gonzales

Alfarizi

ST

Menurutnya, lini belakang pasti akan kedodoran jika lini depan tidak gencar melancarkan serangan. Begitu juga jika Arema mendapat serbuan dari lawan, lini belakang tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan lini tengah. Lini belakang tim kebanggaan Aremania ini akan mendapat ujian lagi saat menjamu Barito Putera (21/2) malam ini. Barisan striker klub asal Banjarmasin bakal membikin Victor kerja ekstra. “Penyerang mereka bagus. Kita harus mewaspadai para pemain depan mereka,” pungkasnya. Sementara itu kubu barisan belakang Barito m e m i liki Abanda Herman. Menghadapi tim seagresif Arema Cronus, mantan pemain Persib Bandung itu harus bekerja ekstra keras agar gawang timnya tidak kebobolan. Pengalaman serta skill sebagai defender bakal diandalkan oleh Abanda malam ini. Usai uji lapangan di Stadion Kanjuruhan pagi kemarin, Abanda mengakui bahwa Arema adalah tim yang sulit dikalahkan, apalagi di Stadion Kanjuruhan. “Arema adalah tim bagus. Sudah bisa dipastikan, pertandingan akan berjalan alot dan berat buat kami,” terang Abanda kemarin.

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

Aditya

Pemain

Guntur

Naturalisasi ISTIMEWA

Baca Bartman.. Hal.17

GUEST GESANG/MALANG POST

AWAS: Victor Igbonevo dkk kembali akan menjalani ujian saat menghadapi Barito Putera di Stadion Kanjuruhan, malam ini.

HASIL PERTANDINGAN RABU (19/2) 4-0 2-2

PSM v Persiba Bantul Persisam v Persepam

JADWAL PERTANDINGAN KAMIS (20/2) Mitra Kukar v Persela Persipura v Persiba Balikpapan

GRUP BARAT AREMA CRONUS 4 PERSIB 5 PELITA BANDUNG 5 PERSIJA 3 SRIWIJAYA FC 5 SEMEN PADANG 3 GRESIK UNITED 1 PERSITA 4 PERSIJAP 5 PERSIK 4 BARITO PUTERA 2

4 3 3 2 2 2 2 1 0 0 0

0 1 1 1 1 0 1 0 1 1 0

0 12-1 1 8-4 1 8-5 0 6-3 2 3-4 1 4-3 6-6 3 4-7 4 5-12 3 2-11 2 1-4

12 10 10 7 7 6 5 3 1 1 0

0 1 1 0 1 2 1 2 2 1 2

9 10 6 5 5 4 4 4 4 2 1

GRUP TIMUR PERSIPURA MITRA KUKAR PERSISAM PERSIRAM PERSEPAM PSM MAKASSAR PERSEBAYA* PERSERU PERSELA PERSIBA BLKPPN PERSIBA BANTUL

5 5 5 3 4 4 4 4 4 3 3

2 3 1 1 1 1 2 1 1 0 0

3 1 3 2 2 1 1 1 1 2 1

8-4 9-3 10-6 2-1 6-8 5-4 4-5 4-7 4-8 1-2 1-6

MALANG - Tonnie Cusell tampaknya punya misi tersendiri jelang laga Arema Cronus-Barito Putera Banjarmasin di Stadion Kanjuruhan, malam ini. Pemain naturalisasi yang pernah memperkuat timnas itu ingin membuktikan dirinya masih layak berkostum merah putih. Tonnie punya kans besar jadi starter saat menghadapi Singo Edan malam ini. Sebab, beberapa pemain gelandang baru saja sembuh dari cedera, seperti Lucky Wahyu. Kehadiran Tonnie di lini tengah Barito, tentu saja jadi kekuatan tersendiri. Label timnas yang melekat pada dirinya tidak akan bisa dianggap remeh. “Para pemain misinya satu, yakni mempertahankan rekor tak pernah kalah di Malang, semua pemain bersemangat dan termotivasi, saya yakin ini juga jadi pembuktian pemain seperti Tonnie Cusell,” tegas pelatih Barito Salahuddin pagi kemarin. Tonnie memang sudah selayaknya membuktikan diri. Label pemain naturalisasi yang melekat pada dirinya, harus diimbangi dengan performa menawan. Sebab, pemain berusia 31 tahun kelahiran Belanda itu masih belum dapat banyak kesempatan main. Ia baru main satu kali untuk Barito Putera. Itupun, sebagai pemain pengganti Syahroni. Mantan pemain Twente itu diharapkan membuka mata tim pelatih timnas senior pimpinan Alfred Riedl. Sekaligus, memberi bukti bahwa timnas senior salah, tidak memanggilnya ke dalam skuad pimpinan Alfred. Kali terakhir bela timnas, saudara sepupu Stefano Lilipaly itu dibesut Nil Maizar.(fin/jon)

*PERSEBAYA DIKURANGI FIFA 3 POIN M FIRMAN/MALANG POST

TAMPIL: Pemain Barito Putera Tonnie Cusell akan tampil menghadapi Arema Cronus malam ini.

MENUNGGU: Salah satu Aremania Malaysia sudah menunggu kehadiran Ahmad Bustomi dkk di Malaysia.

Aremania Malaysia Siap Sambut Tur AFC MALANG - Aremania Malaysia rupanya sudah mempersiapkan diri untuk menyambut nawak-nawak Aremania dari Malang Raya yang berangkat ke Selangor demi tur AFC Cup. Demi menonton pertandingan Selangor FA lawan Arema Cronus, 25 Februari 2014 mendatang, Aremania Malaysia telah berkoordinasi dengan Duta Besar Aremania, Harie Pandiono Paimin. Harie mengaku telah menghubungi Aremania Malaysia untuk menjemput tim Arema di Bandara Kuala Lumpur tanggal 22 Februari 2014 nanti. “Dulur Tommy dan Erick yang akan jemput tim Arema pada tanggal 22 sejak sore hari,” terang Harie kepada Malang Post kemarin. Aremania bakal mengawal tim pujaannya ke Selangor yang berjarak sekitar dua jam perjalanan. Selain itu, Harie juga sudah menghubungi Ultras Selangor, suporter Selangor FA. Harie meminta izin dan kulonuwun kepada tuan rumah agar Aremania bisa datang ke Stadion Malaysia Selayang. Ia siap berkoordinasi dengan dulur-dulur Aremania dari Malang Raya yang ladub ke Malaysia. “Aremania Malaysia sudah menyiapkan penginapan untuk sekitar 150 orang untuk Aremania yang ladub ke Selangor. Sampai sekarang, sudah sekitar 130 Aremania yang mengkonfirmasi bakal ladub ke Malaysia,” tutur pria asli Kelayatan itu. Usut punya usut, ternyata bukan hanya Aremania Indonesia saja yang berangkat ke Malaysia. Baca Aremania.. Hal.17

Dari Indonesia sudah konfirmasi Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Lalu, dari luar negeri ada Spanyol, Brunei, Jepang dan Korea. Kami harap Aremania Singapura dan Hongkong bisa merapat juga ke Malaysia untuk satu suara dukung Arema”

Harie Pandiono Paimin REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

EVENT

SEMINAR

EVENT

Konferensi International Halal -Toyyib In

Pesta Pencuri Le Bal des Voleurs

IN INTERNATIONAL Conference on Halal-Thoyyib Industry Research akan lal di he h lat di Widyaloka Convention Hall Uni versitas Brawijaya, 18-21 Feb Un 2014. Konferensi ini akan dilaksanakan 20 dengan sejumlah agenda di antaranya de presentasi poster, kuliah tamu, workshop sertifikasi halal dan pameran wo industri Halal-Thoyyib. ind

Datang ke Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM) untuk meyaksikan Teater yang berjudul “Pesta Pencuri Le Bal des Voleurs” persembahan dari Teater Pelangi untuk pentas produksi yang ke-20. “Pesta Pencuri Le Bal des Voleurs” merupakan Karya dari Jean Anoulih yang akan disutradarai oleh Alfanul Ulum F. S. dan penerjemah Asrul Sani. Acara akan berlangsung selama 2 hari mulai Kamis, 20 Februari 2014 – Jumat, 21 Februari 2014 bertempat di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang mulai pukul 19.00 WIB.Harga tiket Ma masuk : Rp 13.000,- (pembelian sebelum ma 20 Februari 2014) dan Rp 15.000,- (on the spot). Info lebih lanjut dapat nawak lihat di spo : Tw Twitter : @TeaterPelangiUM/ Facebook : Teater Pelangi Malang-Indonesia/Contact Tea person : 085645715744 (Lusi) per

LOMBA

UB Career Expo 2014

Romance Valentine: Dance 2014

Ay Ayoo gabung di UB Career Expo 2014 yang diselenggarakan oleh JPC 201 FEB UB & Jobstreet.com. Kegiatan ini FE dibuka untuk UMUM dari semua disiplin dib ilmu dan jurusan. UB Career Expo 2014 ilm dilaksanakan selama 2 hari mulai Jumat, dila 21 Februari – Sabtu, 22 Februari 2014 berlangsung mulai pukul 09.00 – 201 17.00 di Aula Gedung E Fak. Ekonomi 17. Universitas Brawijaya Malang. Un

Anda suka dance atau ada yang punya grup dance tidak? Jika ada, mari ikut dan segera daftarkan grup anda untuk mengikuti acara ini. Hari/Tgl: 23 Februari 2014, Pukul: 09.00 s/d 16.00 WIB Lokasi: Jawa Timur Park 1. Syaratnya: BIAYA PENDAFTARAN: Rp 200.000,(Per-tim max. 8 orang, sudah termasuk tiket masuk untuk bermain di Jatim Park). Kompetisi dance ini terbuka untuk umum dan batas minimal umur adalah 10 – 25 tahun. HADIAH untuk pemenang ada lah: Uang tunai, Trophy, Sertifikat dan Merchandise. Peserta terbatas! Informasi dan pendaftaran hub: Jawa timur Park 1 Jl. Kar tika no.2 Kota Batu Telepon: (0341) 597777(Ext. 725, 706, 707) Fax: (0341) 598888

Bazar Kuliner di Aula B Skodam STIKI Basketball League 2014 STIKI Basketball League 2014 digelar pada 8 Februari – 1 Maret 2014 di Sporthall STIKI. Kegiatan yang didukung Malang Post ini terbagi dalam kelompok putra, putri dan dance.

Iku Bazar Kuliner M-Teens School Ikuti Competition 2014 di Aula Skodam Brawijaya pada 25-27 Februari 2014, mulai 10.00-21.00 WIB. Dibuka pendaftaran peserta bazaar untuk makanan unik. Info pendaftaran hubungi: 0856.49.555.630. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 12 Februari 2014.

20

EVENT

EVENT

EVENT

Kejurda Lomba Tembak Senapan Angin dan Airsoftgun Piala Dan Lanal Malang Cup 2014

Lomba Foto “My Lovely Gadget”

Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014

Kompetisi Kejurda Lomba Tembak Senapan Angin dan Airsoftgun Piala Dan Lanal Malang Cup 2014 yang akan digelar pada: Sabtu, 22 Februari – Minggu, 23 Februari 2014 mulai pukul 08.00 17.00 WIB bertempat di Lapangan TNI AL Malang. Biaya Registrasi: AA-IPSC Rp 150.000/kelas (termasuk 1x makan siang) AA-IPSC Rp 250.000/2 kelas (GBB dan rifle). Untuk pendaftaran nawak dapat menghubungi Agung Hariyanto 081217217990.

We Love Hugo’s Valentine’s Day Celebration Untuk merayakan hari kasih sayang atau yang lebih dikenal dengan Valentine Day, Hugo’s Malang akan menggelar acara seru yang bertajuk We Love Hugo’s Valentine’s Day Celebration. Bersama dengan Dewi Rockmention dan DJ Alfi Da Lovely – 1945MF. Akan ada juga penampilan dari : DJ Hobby, DJ Dhinart, DJ Yeffie, Red Ocean Band dan Andrasta Dancer

Grand Wedding Exhibition Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Kamis – Minggu, tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Grand Prize: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Februari adalah bulannya cinta. Nah, dalam rangka menyambut hari kasih sayang http://www.melon.co.id/ akan mengadakan lomba yang bertajuk Lomba Foto “My Lovely Gadget”. Ekspresikanlah sekreatif mungkin seberapa cinta kalian dengan gadget nawak. Uups .. jangan lupa, karena acara ini merupakan acara dari MelOn untuk para MelOners. Jadi, di setiap foto nawak harus ada hal yang berhubungan dengan MelOnnya. Contohnya : Foto nawak saat asyik mendengarkan lagu pake MelOn For Android atau Blackberry. Info lebih lanjut bisa lihat di http://www.melon.co.id/event/ ongoing/detail.do?eventId=861

Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Ikuti Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2014 “Bring Our City As Shining Batu” Dengan persyaratan : - Pria/wanita - Usia 16-24 tahun - Berdomisili Malang Raya - Biaya pendaftaran Rp 50.000 - Pendaftaran dibuka mulai 15 Januari – 15 Februari 2014 bertempat di : Pusat Informasi Pariwisata (Gedung Strawberry) Alun-alun Kota Batu Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Batu Jl. Sultan Agung 7B Batu Semifinal dilakukan pada Sabtu, 22 Februari 2014 mulai pukul 16.00 WIB di Main Hall Lippo Plaza Batu. Grandfinal dilakukan pada Sabtu, 15 Maret 2014.Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: Dhea 085954304666, Rachma 081333107067, kangnibatu.blogspot.com, shining-batu. com dan @kangnibatu.

Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Ma Chung menggelar Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014. Acara digelar pada 3-4 April 2014 dan diikuti 100 mahasiswa (50 tim) dari Universitas se Jawa Timur. Acara diawali dengan workshop yang menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya.

Magnetic Public Speaking Training Magnetic Public Speaking Trai nning persembahan dari ReCosta Institute. Dalam acara ini peserta akan men dapatkan 5 rahasia berbicara yang akan membuat nilai pembicara menjadi jauh lebih mahal dan membuat banyak orang terkesan setiap kali berbicara. Mau tahu rahasianya?? Ayoo gabung dalam acara ini yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2014. Berlokasi di BigBurger Soekarno Hatta lantai 3, Malang. Biaya masuk : Rp 250.000,- (sebelum 15 Januari 2014) dan Rp 350.000,- (setelah 15 Januari 2014). Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi : Telepon ~ 0341-7071099, HP ~ 081805108666, Pin BB ~ 2A4F72F2 dan Twitter ~ @ReCosta_inst

Pekan Amal Psikologi Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014.

PAMERAN Malang OOTD 2014 @MX Mall menggelar Malang OOTD 2014 untuk beri kesempatan pengusaha online lokal Malang di bidang fashion, memamerkan produknya. Acara digelar mulai tanggal 28 Februari 2014 hingga 1 Maret 2014. Harga stand per hari adalah Rp 200 ribu. Info lanjutan hubungi Dyandra 085730394468..

POJOK CEMOT C e r i t a

M o t i v a s i

Saatnya Sesekali

MATIKAN PONSEL GADGET dan smartphone diciptakan untuk memudahkan komunikasi dan pekerjaan. Namun jika penggunaannya sudah kadung berlebihan, maka ini akan berdampak negatif terhadap kesehatan, pekerjaan dan hubungan dengan orang lain. Untuk itu ponsel sesekali perlu dimatikan. Ini dia beberapa alasan yang dapat memotivasiAnda untuk mengurangi penggunaan ponsel dan gadget misal dengan mematikannya sesekali, seperti halnya dilansir Men’s Health, Kamis (20/2/2014). 1. Email tengah malam bunuh produktivitas Kendati kerja lembur tampaknya membantu pekerjaan Anda keesokan hari, sebuah studi menemukan orang yang menggunakan smartphone-nya di atas jam 9 malam untuk bekerja memiliki kualitas tidur yang buruk dan penurunan tenaga secara drastis keesokan harinya. Hal ini karena cahaya biru yang dipancarkan ponsel dapat mengganggu produksi melatonin, atau hormon yang bertugas membuat menyebabkan kantuk. 2. Terlalu lengket dengan ponsel bikin ‘gila’ Banyak pengguna smartphone yang merasa ponselnya seperti bergetar atau berdering padahal tidak. Masalahnya kondisi yang disebut dengan ‘ringxiety’ itu ini sudah tergolong ke dalam sindrom yang sebenarnya. Sebuah studi di tahun 2012 mencatat 89 persen mahasiswa mengalaminya, begitu juga dengan staf rumah sakit yang jumlahnya mencapai 87 persen. 3. Gaya hidup bermalas-malasan dan tak bugar Sebuah studi yang dilakukan Kent State University di tahun 2013 menemukan aktivitas seperti bermain games, menonton film atau browsing di internet menyebabkan gaya hidup sedenter.Mahasiswa yang menghabiskan banyak waktu dengan ponsel mereka, yaitu 14 jam sehari juga dilaporkan memiliki tingkat kebugaran yang paling rendah. Hebatnya, partisipan yang membatasi penggunaan ponsel mereka hanya selama 90 menit saja dalam sehari terbukti memiliki bentuk tubuh yang lebih baik. 4. Mencederai diri sendiri SMS-an sambil berkendara memang berbahaya namun dampak serupa juga dirasakan bila SMS dilakukan sambil berjalan kaki. Tim peneliti dari Ohio State University menemukan jumlah pasien yang mengalami cedera akibat SMS-an di jalan bertambah dua kali lipat sejak tahun 2005. “Bahkan jika tren ini berlanjut, bisa jadi angkanya akan bertambah dua kali lipat lipat di tahun 2015,” tandas peneliti Jack Nasar, Ph.D. Dari data yang dikumpulkan di tahun 2010,

cedera yang berkaitan dengan penggunaan ponsel antara lain jatuh dari trotoar atau jembatan hingga berjalan memasuki lalu lintas yang sedang berjalan. 5. Panik berlebihan saat lupa menaruh ponsel Menurut sebuah studi, 73 persen responden mereka mengaku panik jika kehilangan ponsel karena beberapa alasan, seperti biaya penggantian dan data pribadi yang bisa saja tersebar atau riwayat sexting. Bahkan fobia kehilangan ponsel sampai memiliki istilah tersendiri yaitu nomophobia, dan kondisi ini tercatat dialami 66 persen partisipan yang digelar studi lain di Inggris. 6. Menurunkan daya ingat Memotret berbagai kejadian penting lalu membaginya di jejaring sosial menjadi tren yang tak terelakkan lagi. Namun tim peneliti dari Fairfield University menemukan penggunaan kamera ponsel secara berlebihan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat sebuah momen.“Dengan ‘bergantung’ pada kamera, maka Anda seperti mengatakan kepada otak bahwa kamera telah memperoleh momen itu sehingga Anda tak perlu memperhatikannya lagi,” terang peneliti Linda Hinkel, Ph.D. 7. Mengganggu aktivitas intim Meski Anda dan istri sedang asyik-asyiknya ber cinta, terkadang sebuah panggilan atau SMS yang masuk ke ponselnya otomatis akan membuat Anda tidak bergairah lagi. Bahkan se buah survei di Inggris mengungkap 62 persen wanita di negara tersebut kerap mengecek ponsel mereka kendati tengah berhubungan intim de ngan suaminya. (jpnn/lim)

MENYELESAIKAN

MASALAH

KETIKA TIKA kita ditimpa musibah, bencana, atau keadaan an yang sulit, banyak dari kita yang meratapi nasib dan menyalahkan Tuhan. Kenapa harus saya yang mengalami ini? Kenapa bukan orang lain saja? Apa salah saya hingga Tuhan membiarkan saya mengalami musibah ini? Bagaimana bisa melanjutkan hidup dalam keadaan seperti ini? Mengapa hidup orang lain tampak begitu mulus dan mudah? Ah, Tuhan tidak adil! Depresi, kecewa, dan putus asa menghantui diri kita. Namun, jika mau berpikir kembali, bijak sanakah kita kalau selalu menyalahkan keadaan? Apakah masalah akan selesai jika hanya menyalahkan keadaan? Tidak ada suatu apapun yang kebetulan di dunia ini. Segalanya telah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Sekecil apapun kejadian itu, tentu merupakan kehendak-Nya. Tuhan selalu punya alasan mengapa Dia memberikan keadaan demikian kepada kita. Cermati, sesungguhnya Tuhan ingin Anda mempelajari hikmah dari kejadian tersebut. Tuhan tidak akan memberi cobaan yang tidak bisa dilewati oleh hamba-Nya. Karena itu, percayalah. Mengapa Tuhan memilih Anda untuk menjalani keadaan sulit yang Anda rasakan, adalah karena Tuhan tahu bahwa Anda mampu melewatinya. Jika orang lain yang mengalami apa yang Anda alami, belum tentu mereka bisa sekuat Anda saat ini. Setiap kesukaran yang kita alami adalah sematamata kesempatan untuk mengasah kita menjadi pribadi yang lebih kuat. Seorang sarjana bekerja sebagai pegawai kantoran dengan gaji tiga juta

per bulan. Di lain pihak, seorang berijazah SMP mampu menghidupi keluarga lewat usaha tambak ikan dengan penghasilan berkali lipat. Ya, kesulitan memperoleh pekerjaan sering kali membuat kita berpikir lebih keras, bagaimana cara memperoleh uang. Jika setiap masalah kita hadapi dengan uang pikiran positif, tentu hasil yang positif juga akan kita dapatkan. Hidup adalah untuk menyelesaikan masalah. Meski tampak bahagia di luar, setiap orang pasti memiliki masalah sendiri. Ada seorang gadis berparas cantik dari keluarga berkecukupan. Apapun yang ia inginkan hampir selalu didapatkannya. Ia memiliki kekasih yang tampan dan perhatian, di samping masih banyak pria lain yang juga memujanya. Bahagiakah hidupnya? Tidak! Kedua orang tuanya telah lama bercerai, jika bertemu pun sikapnya seperti kucing dan anjing. Masing-masing telah menikah lagi. Tak ingin memilih salah satu pihak, akhirnya si gadis dan adiknya yang masih SMA, memilih untuk tinggal berdua saja. Coba Anda tengok orang-orang yang tampak bahagia. Pasti akan Anda temukan satu sisi yang membuat orang itu merasa hidupnya tidak sempurna. Begitu pun dengan diri Anda sendiri. Jika saat ini Anda merasa punya masalah, selesaikanlah dengan tawakal tanpa pernah mengeluh. Itulah ujian yang Tuhan berikan sesuai dengan porsi kemampuan Anda. Sumber: ipinchow.com

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


IKLAN BARIS MALANG POST

21

jumat, 21 februari 2014

PASANG IKLAN TEPAT

MALANG

•HONDA•

RUMAH

DANA TUNAI

MOBIL - MOTOR

di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000

Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500

Kredit tanpa jaminan dan asuransi dibawah 10jt 1hari cair. Hub: 081231617358/ 034i-9163798

BG-28/2

Dana TUNAI Bunga 0,82% Bln jaminan BPKB mobil PT BPF Jl. Kahuripan 5 Tlp. 7066110

Jl cpt V, EXELL th 2002 hijau lengkap siap pakai hub. 0813341972/ 0341712613 BG-19/3

MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/2

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/2

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/2

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/2

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/3

Daihatsu

BG-6/3

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­ sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/1

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-24/3

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/3

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­ 37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/3

TANAH DIJUAL tanah belakang block office Kota Batu, view bagus luas tanah 320m harga 150jt nego. Hub: 081233221617 BL-22/2

D IJU A L M i t s u b i s h i G a l ant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221

BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman)

BG-12/3

Dijual Cpt, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174

DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414

BG-3/ 2

BG-8/3

BL-22/1

DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068

BG-2/3

Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/2

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/3

MITSUBISHI DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221 BL-12/2

gEBYAR Diskon Mitshubisi, Pajero, Outlander, Mirage, Cash Back s/d 25jt Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/3

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/2

TOYOTA Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1

BG-18/1

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/1

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

BG-24/2

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/2

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/2

Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708

BG-31/ 1

DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008 BG-31/ 1

J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/2

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/2

PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866 BG-25/2

Djl Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008 BG-26/2

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/1

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-17/1

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/1

Jual rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego

BG-11/3

RUMAH Jual rmh mini 4x6m Gadang 7A token 900WT,PDAM,AJB,55JT nego Hub: 0341-2959744/ 085859344480 BG-21/ 3

RUMAH KOS dijual 2Lt,20kmr,Lt: 180 m²,Lb:300 m²+ruko 2 Lt,Ls 48 m².Daerah kampus Unisma,Unitri,Uin,Uniga. hub:081945577755 BG-21/ 3

Rumah Dijual daerah Kedawung. LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM. Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899 BL-18/ 3

BL-17/ 3

BG-19/3

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341

KONTRAKAN

BG-30/1

Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999

BG-18/3

Dikontrakkan Ruko cocok buat warung/counter. LT 200m² LB 150m². Jl Alumunium No.6 Malang. Hub Bu Yayuk: 7065500/ 08123300188

BG-18/1

Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676

Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505

BG-17/2

Rumah Dijual daerah Kedawung.LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM.Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

Jual Kijang,94,bi­r u,Ac,Tp,­ Pa­jak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569

• SUZUKI •

Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736

JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078 BL-16/ 2

JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963 BG-15/ 3

Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/ 3

DIJUAL rmh lt 60 m² jln.ikan gurame perum little Kyoto B-6 mlg. Hub 08155097508 & 081330015318 BG-2/ 3

JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi.

BL-25/1

BL-16/112

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BG-31/1

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/1

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/1

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­746571600 BG-11/1

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

LOWONGAN Dbthkn tng adminitrasi pnddkn min D3 mmpyai kndrn sndr bwh lamaran lgsg ke jl.Candi Penataran no.2 mlg up b.Dian 417463

MP-Jual: Jual Liontin dgn Batu Diamond brllitkan emas buka dgn Harga Rp 1M bsa nego Hub: 081938381193 , 0341 5187762 MP-Jual : Beat FI Um 800rb-550x36 hub 0341-9456457/0856463161 MP-Jual : paket CCTV 4ch dome infra + DVR + HDD 500 gb + kabel 100 mtr + pasang DP 2 jt sisa diangsur 45rb 60x tanpa bunga hub MAC 7807018 / 08125254672 MP-Jual : tanah ukuran 9x14 dan 18x14 wlayah kota malang klayatan

MP-Jual: Jual Rambut Asli ada 2 buah panjang2 untk pnyambungan. Harga Rp 10Jt bsa nego Hub: 081938381193 , 0341 5187762 Mp-jual : rumah lantai 2 luas 149mtr shm pinggir jl raya bokor tumpang hrg 850jt nego. +623419484130 mp-jual: oven gas barang masih bagus hub 087859694011 MP-Jual : Supra X 125 th 2005 akhir N kt 6,7 jt nego hub Gito 9101651

BG-18/2

JUAL AYAM PRESTO siap goreng + ati + ampela. Harga Rp 40 ribu, beli 5 ekor disc. 10% .Hub.Mister penyet resto Jln. Terusan Dieng 49B Malang. 0341-575402

Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

BG-20/2

Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091

BG-26/12

stnk Stnk spd mtr Honda supra fit’05 N-2107-AI noka : MH1HB31165K050543 nosin : HB31E1036816 d/a : S.Qomariyah d/a :jl. KH Malik Dalam rt.03 rw.04 kel. kecungkandang kec.kedungkandang kota malang BL21/2

BIMBEL Bimbel online fokus A = fokus nilai 100 pasti meraih juara di kelasnya. Dibuka juga peluang distributor. (0341) 8854848 BG-8/2

RUPA-RUPA Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111 BG-16/3

B i ro j odoh m a l a n g j a y a #jejaka,32Th,Krywan toko cari calon istri,gadis/janda ,manis & sederhana,umur -35Th,Telp: 087859953881 BG-16/3

AREMA TRANSPORT Sewa mobil + sopir murah di Malang,Tujuan wisata Surabaya , bromo , injen dll. Armada : Xenia, Avanza, Innova, Elf dll.082140434845/ 081252330175 BG-24/2

Naik/turun berat badan sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260 BG-23/2

jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563 BG-5/2

Super game MOG GF 6769 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

Rental komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal,dll) Jl. Bela Negara ruko taman niaga rampal K.V1 Tlp: (0341) 9374077 (0341)7474006, 081233130971 BG-5/2

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910

BG-18/2

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2

Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg BG-20/2

BL-29/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

ATOM clinic handphone service se­­ mua jenis HP, hardware dan soft­­­ware Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kam­pus ­UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

BG-19/12

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/12

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/12

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/12

PIJAT Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202 BG-14/2

PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/ cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965 . Dijamin fresh. BG-13/2

BL-21/2

BG-17/2

BG-07/2

Dbthkan sales pupuk organik (bintang MJ) gaji pkok+bonus perum pus kopad FF-4 Arjowinangun 08817041508,085855849995 BL-20/2

BG-26/2

BG-19/2

MP-Cari MP-CARI; RMH KONTRAKAN AREA MALANG KOTA YG BISA DIBAYAR PER BULAN 400 RBUAN,KONTRAK MIN 2THN. HBUNGI;0341-9070799. MP-Cari : distributor es drop cari penjual keliling dng box melody,min smp,pny spd mtr,komisi 100%+uang bensin+bpjs kesehatan keluarga,hub:082330697789 MP-Cari : mtr grobak rd 3 gardan N kt tukar dg Supra X 125 th 2005 akhir N kt hub Gito 9101651 MP-CARI:Karyawan laki laki min smp max 25 th py motor lsg krj hub ksp SBN / 085234163111 MP-CARI : Pembantu rumah tangga di perum. karanglo Malang, wanita umur 22-40 thn, jujur, bersih, bisa nginap, gaji 750 rb/bulan. Hub. P. Sony 08125264426

BG-7/2

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12

BG-30/12

BG-6/2

BG-5/3

“Milenium Massage” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel Hub 085774410568 no sms

TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 03412194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

JUAL Program toko & akutansi Rp 300.000,-. Telp 0341-9000144. www. jualprogramtoko.com. Jl Tondano Dalam 11 A2-B6 Sawojajar Malang

pengobatan

PENGOBATAN HERBAL Tanpa Operasi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8

BG-23/12

BL-4/2

BG-8/2

BG-8/2

Depot Maninjau sedia ma­sa­kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ning, tum­ peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

JAPANNESE STYLE DJ Salon & Spa Jl. Danau Kerinci F9C Kav.27 (Rko Pasar Sawojajar) Telp. 0341710605/ 085855159139. Menerima pembayaran debit/visa/master card. Cab. Jl. Kertoraharjo no. 86. Dinoyo Malang

Kursus sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub: 081381516060

BG-22/2

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­ tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

GRATIS!!! Konsultasi kredit/ tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043

BL-21/2

BG-3/ 2

MP-JUAL : JASA , ANTAR JEMPUT ANAK SEKOLAH PAKAI SPD MOTOR . HUB : 081233176972.

Kehilangan

AYAM GORENG ROKER Special Krutung Gurih & Sedap Manis. Mulai Rp.8500 s/d Rp.12500. Jl. Danau Bratan & Jl. Simp. Sulfat Utara Malang. Telp.710812-413511

Dibutuhkan sgr u/kary bordir compt lk/pr single llsn SMP/SMA lmrn ke jl Tenaga Baru II/10 mlg tlp : 495441

BL-30/1

MP-Jual : rumah strategis dekat UMM di perumahan graha sejahtera landungsari, harga nego. Hub 085755681125

BL-5/2

KULINER

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298

Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

MP-Jual : Paket kayu jabon, mulai 1 hektar (700 pohon), ½ hektar (350 pohon), paket 200 pohon, 100 pohon, 50 pohon atau 28 pohon. Informasi lebih lanjut hubungi 085336547073

Tutup Kartu kredit/ KTA hanya bayar 30% lunas 100%. Hub. Tinah 081291312529

BG-25/1

DCR ibu rumah tangga pensiunan/PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

MP-Jual :Arabian Cream Herbal ’Khusus Pria beristri.!!SMS 08155508899

BG-5/3

Redline understeel menerima perbaikan & rekondisi shock breaker, ceper tnp ptg per, tie road, ball joint dll. Jl Danau Jonge H4 e/30 Sawojajar. 083890284888/ 9510798

BL-1/ 2

sukun, akses jalan aspal brsan selesai proyek pemkot, rencana pengalihan lingkar barat menuju batu. Status AJB atas nama saya sendiri 650rb hub 7807018

BG-6/3

Butuh dana cepat+trm gadai titipkan laptop/HP/kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Subersari Tlp 0341-7359448

BG-2/1

JUAL RUMAH daerah Kedawung. LT 187 m2 , LB 220m2, tingkat, SHM. Jl lebar ada garasi. Hub. Bu Jemmy Jl.Alumunium 11A . 081 945 399 899

MP JUAL

BG-13/3

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040

Dbth Sales,Motoris u/ P.Rokok min SMU kode ATK

BG-5/3

RUPA-RUPA

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

BG-30/12

SESA RENT CAR melayani sewa mobil+sopir, armada avansa all new G. JI. Rangkok Utara no.28 sukun hub: 081233055322/085855334740 BG-21/3

JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. Carter-Tour Wisata -Rent Car Tdriver 753236/082333711779/0 81333322779 BG-28/2

TOUR & TRAVEL BMS RENT CARS karimun estilo/xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 0341-7748248/ 2149988/081333373338 BG-30/12

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­RUSAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web­s ite: www. su­r ya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 www.airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ju­a n­d a(PP), dgn driver peng­alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/2 KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/2 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/2


KOTA MALANG

FKDM Kota Malang Dikukuhkan MALANG- Memasuki tahun politik yang rawan konflik, Kota Malang di anggap perlu menyiasati segala potensi ancaman sehingga tak sampai mengganggu stabilitas dan kondusifitas wilayah dan masyarakatnya. Berangkat dari pemikiran itu, dibentuklah Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), yang kemarin resmi disosialisasikan di Hotel Savana. Momen tersebut sekaligus menandai pe ngu kuhan 16 pengurus FKDM Kota Malang. Wali Kota Malang, HM Anton berharap kehadiran FKDM dapat mewujudkan situasi yang kondusif di kota ini, sekaligus meningkatkan kerukunan antar umat beragama dan turut membantu melaksanakan peraturan daerah. “Intinya, jangan sampai Kota Malang kecolongan. Kita semua harus meningkatkan kewaspadaan, apalagi di tahun politik seperti sekarang,” ungkap Abah, sapaan akrabnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam menuangkan pemikiran-pemikiran positif berdasarkan pengalaman dan kekayaan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para peserta sosialisasi untuk membuat strategi pengayoman yang tepat. “Terutama sebagai organisasi kepanjangtanganan pemerintah untuk menekan permasalahanpermasalahan yang timbul ditengah-

TOMMY YUDA PAMUNGKAS/ MALANG POST

SOLID: Pengurus FKDM Kota Malang dikukuhkan di Hotel Savana, kemarin.

tengah masyarakat,” bebernya. FKDM sendiri bertugas menjaring, menampung, mengkoordinasikan serta mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana. Acara yang dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forpinda) serta camat dan lurah se Kota Malang tersebut menghadirkan narasumber Letkol (Inf) Yoyok Wardoyo dari Badan

Intelijen Nasional (BIN) dan Ketua FKDM Jatim, Prof dr H Soenyono SH MSi. Yoyok yang juga mantan Kasdim 0833 Kota Malang, menyebut soal benang merah warisan kolonial terhadap perkembangan tanah air sampai soal pentingnya mewaspadai potensi konflik di nusantara. “Solusi menghadapi ancaman ini adalah dengan menjaga persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan wasbang

seruny dan nasionalisme,” serunya. Sementara Prof Soenyono banyak mengupas soal peran FKDM dalam menangani konflik. “Keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya dengan jumlah penduduk di atas 245 juta bisa jadi potensi kekayaan bila dikelola dengan baik. Transisi demokrasi dalam tatanan dunia yang ma kin terbuka menempatkan Indonesia sebagai negara rawan konflik,” urainya. (tom/mar)

Keberadaan Toko Modern Kembali Diatur MALANG- DPRD Kota Malang selesai membahas peraturan daerah (perda) soal toko modern. Yakni perda berjudul pengelolaan pasar tra disional dan penataan pembinaan pusat perbelanjaan dan toko modern. Jika benar dikawal Dewan, maka semangat perda adalah demi melindungi pe dagang kecil. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Arief Wahyudi kemarin. Menurut dia, perda

itu dimaksudkan untuk membatasi berdirinya toko modern. “Selain itu untuk menekankan kewajiban pemerintah daerah untuk memberi pembinaan lebih terhadap pasar dan pedagang sektor informal. Perda sudah disahkan hari Selasa (18/2) lalu dan tinggal diundangkan dalam lembaran daerah,” jelas dia. Kemudian menjadi tugas wali kota Malang untuk mengatur lebih lanjut.

Melalui peraturan wali kota t untuk mengatur hal-hal yang sangat teknis. Salah satunya adalah jarak antara toko modern (baca swalayan) dengan pasar tradisional. “Jarak resminya akan ditentukan dengan perwalkot karena masih harus dihitung berapa butuhnya toko modern di masing-masing kecamatan,” urai politisi PKB ini. Menurut Arief, pembatasan bisa diberlakukan berda-

sarkan jarak. Serta juga bisa bisa berdasarkan jumlah atau bisa juga berdasarkan zona. Misalnya boleh tapi di tepi jalan protokol dan tidak berdekatan dengan perkampungan atau pasar tradisional. “Karena kalau dekat kampung maka pedagang kecil dalam kampung akan mati,” tegasnya. Perda ini termasuk dari lima perda yang menjadi tanggungan DPRD Kota Malang. (ary/mar)

Kodim 0833 Kirim Bantuan ke Pujon SAR Mahameru Lanjutkan Bagi Sumbangan Pembaca Malang Post MALANG- Bantuan kepada korban erupsi Gunung Kelud terus saja mengalir. Tak terkecuali anggota Kodim 0833 Kota Malang. Kemarin, dipimpin Dandim 0833 Kota Malang, Letkol (Inf) Gunawan Wijaya, rombongan berangkat langsung ke Pujon untuk m e nyalurkan beragam jenis paket bantuan di sana. Gunawan berharap bantuan yang diberikan ini bisa benarbenar bermanfaat bagi para pengungsi. Menurutnya, sudah sepatutnya warga Kota Malang yang tidak terdampak langsung erupsi Gunung Kelud mengulurkan tangannya kepada sesama. “Semua ini wujud kepedulian kami kepada sesama. Mereka adalah saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah dan sangat membutuhkan bantuan,” tuturnya. Kodim 0833 juga berharap kegiatan kemanusiaan ini turut menginspirasi elemen masyarakat

KODIM 0833 DAN SAR MAHAMERU FOR MALANG POST

PEDULI: Dandim 0833 Kota Malang, Letkol (Inf) Gunawan Wijaya simbolis menyerahkan bantuan dan (foto kanan) SAR Mahameru memberikan bantuan pembaca Malang Post di Dusun Ngramban, Desa Banturejo, Ngantang.

yang lainnya untuk ikut serta menyalurkan bantuan ke lokasi bencana dan kamp pengungsian. “Semakin banyak pihak yang ikut ambil bagian, maka semakin baik. Ini akan meringankan penderitaan saudara-saudara kita di sana,” imbuh Gunawan Wijaya. Di hari yang sama, tim SAR Mahameru berhasil menembus wilayah Dusun Ngramban, Desa Banturejo, Ngantang. Dua mobil offroad jenis tobular berjalan

sejauh lima kilometer, melanjutkan mengirim bantuan pembaca Malang Post di daerah terisolir dan tidak terjamah bantuan tersebut. “Bantuan dikirimkan dua kali atau dua rit dan secara merata ke warga. Per rumah, diberikan satu paket berisi makanan, susu, baju dan berbagai perlengkapan mandi. Totalnya sekitar 250 paket atau KK,” terang senior tim SAR Mahameru, Heru Sukarno. Dia menjelaskan, hampir 50 persen

rumah rusak dan 90 persen kandang ternak rusak berat karena abu Gunung Kelud. Menurutnya, warga mengaku cukup senang dengan bantuan yang datang dari pembaca Malang Post ini karena nyaris tidak menjadi perhatian dari relawan untuk distribusi bantuan. “Kami memang harus bisa menembus jalan licin dan berbahaya karena sebelah kiri dan kanan jurang untuk menyampaikan bantuan ini,” tegasnya. (tom/ary/mar)

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

22

Berhadiah Suvenir Cantik Sambungan dari Halaman 24

pertama kegiatan yang dilangsungkan Sabtu (22/2) dan Minggu (23/2) nanti, mulai pukul 09.00-14.00 WIB. “Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi pendaftar yang beruntung membawa pulang souvenir cantik,” seru Ketua Panitia kegiatan, Buari. Pendaftaran sendiri sudah dibuka di Kantor Redaksi Malang Post, Jalan Sriwijaya dan bisa langsung di Best Western OJ Hotel. Semuanya gratis, tanpa dipungut biaya dan terbuka untuk umum. “Kami menargetkan minimal 300 pendonor berpartisipasi dalam kegiatan ini. Karena itulah, donor darah dilakukan selama dua hari penyelenggaraan,” lanjut pria yang juga Manajer Pemasaran Malang Post ini. Meski bukan even bertema sosial yang pertama bagi Malang Post, namun aksi donor darah ini masih baru kali ini diselenggarakan Korane Arek Malang. Menurut Buari, inti dari kegiatan ini semata sebagai misi sosial untuk membantu sesama. Selain itu, juga membantu PMI Kota Malang dalam memenuhi persediaan kantong darah. Aksi sosial donor darah persembahan Malang Post dan Best Western OJ Hotel ini juga melibatkan sejumlah pihak yang turut mensupport. Mulai dari Pemkot Malang, manajemen Arema Cronus, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang serta PMI Kota Malang dan tak ketinggalan Aremania.(tom/lim)

RW 09 Pisang Candi Jadi Kampung Herbal Sambungan dari Halaman 24

Apalagi, di penilaian tahap kedua ini persaingan antar peserta lomba sangat ketat. Bahkan RW-RW lain juga sudah melakukan kunjungan ke RW 09 untuk mengetahui kelebihannya. Di RW yang dimotori oleh para manusia lanjut usia (Manula) ini, di penilaian tahap kedua menunjukkan hasil dari tanaman. Di antaranya teh daun sirsat dan teh daun murbei. Minuman ini bermanfaat untuk mencegah kanker. Selain itu masih banyak lagi yang dipamerkan kepada tim juri yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. ‘’Kami melihat di RW-RW lain masih sebatas jamu seperti beras kencur, kunir dan lainnya. Tetapi di RW ini lebih dari itu. Kami sebut sebagai kampung herbal,’’ kata Joko Triwanto, salah satu tim juri Lomba Kampung Bersinar dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Joko berharap, herbal yang ada di wilayah ini terus ditingkatkan dan benar-benar menjadi kampung herbal. Bahkan Joko juga berharap herbal yang ada segera didaftarkan ke Dinas Kesehatan. ‘’Potensi herbal di sini cukup besar,’’ tambahnya. Yang menarik lagi, warga RW 09 ini mengonsumsi tanaman organik. Sayur-sayuran yang mereka makan merupakan hasil dari kebun yang ditanam organik di kampungnya. Bahkan beras pun juga yang organik meski harus beli. Seperti yang ditunjukkan Ketua RW 09 Iskandar beras yang dimakan merupakan beras organik. Di wilayah RW 09 Pisangcandi ini, dari segi penghijauan tidak perlu diragukan lagi. Tanaman hias selalu ditemukan di tepi jalan. Selain itu, warga juga memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun maupun taman toga. Padahal, sebelumnya tanah kosong ini digunakan tempat pembuangan bahan bagunan maupun tempat pembuagan sampah. Namun kini, tanah kosong itu menjadi hijau dan bermanfaat. Bank Sampah maupun Kader Lingkungannya pun juga sudah baik. Begitupula dengan keberadaan tong sampah basah dan kering, sudah ada sejak penilaian tahap pertama lomba yang digelar Pemkot Malang ini. Tim juri juga sangat salut dengan Kader Lingkungannya yang hampir semuanya manula. Meski usianya sudah di atas 50 tahun, namun mereka tetap semangat menjadikan wilayahnya hijau dan bersih. Tim juri juga menyarankan pemanfaatan biopori. Meski sudah ada beberapa, namun masih perlu ditambah lagi. Apalagi, mereka sudah memiliki alat untuk membuat biopori. Sementara itu di RW 06 Pisangcandi yang juga peserta lomba, kondisinya masih jauh diharapkan. Kader Lingkungan, BSM nya masih belum tampak. Begitupula peran masyarakat dari penilaian pertama hingga kedua, juga tidak tampak sama sekali.(jon)

Jembatan Desa Toyomarto Terancam Putus Sambungan dari Halaman 24

Sehingga, jembatan hanya bisa digunakan satu arah dan mobil tidak bisa melintasi jalur vital tersebut. “Yang kami khawatirkan saat badan jembatan ambrol semuanya, pasti rumah sekitar sini akan kebanjiran saat hujan. Karena arus air di bawah jembatan sangat deras, ketika hujan berlangsung,” ujar Suprapto, 56 tahun, warga Dusun Ngujung Desa Toyomarto Kecamatan Singosari yang rumahnya berdekatan dengan jembatan tersebut. Menurutnya, kondisi jembatan diketahui mulai rusak sejak dua pekan lalu Mulanya plengsengan atau dinding tepian sungai ambrol ketika hujan deras terjadi. Kemu dian diikuti dengan longsornya tanah. “Pada Kamis (19/2) sore lalu, sisi jembatan ambrol saat hujan deras. Karena tidak mampu menahan debit air yang banyak,” tuturnya. Sedangkan salah seorang warga sekitar Ari Bowo, 36 tahun, mengatakan, penyebab rusaknya jembatan tersebut sebenarnya bukan tidak mampu menahan debit air ketika hujan. Melainkan, jembatan tersebut sering dilewati truk yang curang, karena menghindari jembatan timbang di Kecamatan Singosari. “Untuk menghindari petugas Dishub yang ada di jembatan timbang, para sopir truk sering lewat jembatan ini. Karena berulang kali dilewati oleh kendaraan dengan beban yang sangat berat, makanya jembatan ini cepat rusak.” ucapnya.

BINAR GUMILANG /MALANG POST

RUSAK PARAH: Kondisi jembatan penghubung dua dusun rusak parah dan terancam putus.

Menurutnya, warga setempat sudah berinisiatif memasang larangan truk atau kendaraan bemuatan lainnya untuk lewat di jalan maupun jembatan tersebut. Hanya saja, tanda larangan itu tidak dihiraukan oleh para sopir truk. Padahal, dikatakan dia, fungsi jembatan tersebut sangat vital. Sebagai penghubung kedua dusun tersebut. Warga pun sudah melaporkan kondisi jembatan tersebut ke UPT Dinas Bina Mar-

ga Singosari. “Harapannya, jembatan tersebut sesegera mungkin diperbaiki. Karena bila jembatan itu putus maka masyarakat akan memutar lebih jauh lagi,” keluhnya. Sedangkan pantauan Malang Post di lapangan, warga berinisiatif memasang tanda pengaman batu, di sisi jembatan yang ambrol. Tujuannya, agar pengendara sepeda motor lebih berhati-hati saat melewati jembatan tersebut.(big/lim)

Luar Biasa, 501 Honorer K2 Lulus Sambungan dari Halaman 24

Jika dilihat dari website BKN peserta pertama yang lulus 657311000018 atas nama Supii. Adapun di halaman 51, peserta terakhir yang lulus tercatat dengan nomor test 657343011814 atas nama Luluk Rustiani. Jika dihitung, jumlah peserta

yang lulus di website BKN mencapai 501 orang. Dengan asumsi, setiap halaman berisi 10 nomor test peserta. Hanya halaman 51 yang berisi satu nama peserta saja, atas nama Luluk. Untuk lebih cepat melihat

pengumuman, terutama para peserta seleksi, bisa langsung memasukkan nomor test. Pengumuman yang menyeluruh sebanyak 51 halaman, bisa dipilih dengan nomor urut. Bahkan juga disesuai by nama serta by nomor test.(ary/lim) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

23

REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


RONCE NGALAM

JUMAT, 21 FEBRUARI 2014

24

DONOR DARAH

Berhadiah Suvenir Cantik MALANG - Ada yang spesial dari kegiatan aksi sosial donor darah di Best Western OJ Hotel, Jalan dr Cipto 11, akhir pekan ini. Sebagai wujud apresiasi terhadap mereka yang berpartisipasi di kegiatan kemanusiaan yang digagas Malang Post tersebut, para peserta berkesempatan mendapatkan suvenir cantik usai mendonorkan darahnya. Seperti pepatah, siapa cepat dia dapat. Suvenir cantik tersebut hanya boleh dibawa pulang oleh 150 pendaftar

LOMBA KAMPUNG BERSINAR

RW 09 Pisang Candi Jadi Kampung Herbal

Baca Berhadiah... Hal.22

MALANG - RW 09 Kelurahan Pisang Candi Kecamatan Sukun yang menempati posisi teratas di penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersinar terus melakukan perbaikan-perbaikan. Baca RW 09... Hal.22 RIZAL FANANY/MALANG POST

HARAP-HARAP CEMAS: Hari ini BKD Kota Malang mengumumkan honorer Kategori 2 yang lulus seleksi CPNS.

LUAR BIASA,

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

MANULA: Para penggerak di RW 09 sebagian besar manula berjoget bersama menyambut tim juri Lomba Kampung Bersinar kemarin siang.

INFRASTRUKTUR

Jembatan Desa Toyomarto Terancam Putus SINGOSARI - Warga dua dusun yakni Dusun Bodean dan Dusun Ngujung Desa Toyomarto Kecamatan Singosari kini was-was. Betapa tidak, kondisi jembatan penghubung kedua dusun tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan sisi jembatan tersebut ambrol dan nyaris putus. Baca Jembatan... Hal.22

501 HONORER K2 LULUS

MALANG - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang mengumumkan hasil seleksi CPNS K2 hari ini. Pihak BKD meminta pengamanan dari Satpol PP di areal Balai Kota Malang. Hal ini sebagai langkah antisipasi amuk dari honorer yang tak lolos seleksi. Sebab, amuk honorer daerah yang tak lolos seleksi juga terjadi di daerah lainnya. Kendati demikian Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, Drs. Sugiharto yakin bahwa honorer di Kota Malang amat bijaksana. “Kota Malang termasuk luar biasa, karena yang lulus seleksi mencapai 43 persen, daerah lain hanya mencapai belasan yang lolos,” ujar Pak Gi sapaan akrabnya. Menurut Sugiharto, K2 yang ikut seleksi CPNS mencapai 1.181 orang. Adapun yang diketahui lulus sekitar 501 orang. Sehingga indeks kelulusan

mencapai 43 persen, karena yang tidak lulus 680 orang. “Pengumuman akan kita tempel di papan pengumuman Pemkot Malang dan BKD,” imbuhnya. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Satpol PP. untuk meminta pengamanan juga dari jajaran samping pada saat pengumuman kelulusan CPNS kategori 2. Meskipun pengumuman itu tak jauh beda dengan pengumuman di website BKN. “Kebanyakan peserta sudah melek IT, sehingga sudah tahu pengumuman di website BKN,” akunya. Adapun di website BKN, pengumuman bisa dilihat dari hasil pengolahan seleksi tenaga honorer kategori 2. Pengunjung bisa mengklik nama instansi kerja dan provinsi. Nanti akan muncul sebanyak 51 halaman pengumuman kelulusan untuk CPNS dari Kota Malang. Baca Luar Biasa... Hal.22

Sayed Muhammad Muliady SH

Bersatu dan Kompak Untuk Indonesia Hebat ANGGOTA Fraksi PDI Perjuangan DPR RI asal dapil Malang Raya, Sayed Muhammad Muliady SH jaring aspirasi sekaligus membawa pesan tentang pentingnya persatuan dan kekompakan. Anggota Komisi III DPR RI ini tak hanya sekadar memberi pesan moral, tapi menunjukkan tentang arti persatuan dan kekompakan bersama masyarakat di Malang Raya. FOTO/TEKS : VANDRI VAN BATTU

TOKOH: Sayed Muhammad Muliady SH bersama Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Puan Maharani, Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan Ari Batubara dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang yang juga Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

PEDULI: Sayed Muhammad Muliady SH memberi semangat kepada Tim Kesehatan di Posko Pengungsian Letusan Gunung Kelud di GOR Ganesha Kota Batu.

PEDULI OLAH RAGA: Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Drs Hary Sasongko didampingi Sayed Muhammad Muliady SH menyerahkan alat olah raga kepada warga Pakisaji Kabupaten Malang.

SILATURRAHMI: Sayed Muhammad Muliady SH dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Sugeng Pujianto di sela-sela pengajian bersama warga Desa Jambangan Kecamatan Dampit.

KADER: Sayed Muhammad Muliady SH.

KEBERSAMAAN: Sayed Muhammad Muliady SH bersama tokoh masyarakat Kabupaten Malang HM Geng Wahyudi SH, MHum saat sosialisasi pemilu di Bululawang. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS

Mp2102  

Halaman Mp2102

Advertisement