Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

Minggu 220 APRIL 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

‘AREMA IPL’ NGAPLO Kalah 0-3, Arema Kembali ke Puncak KANJURUHAN – Dejan Antonic, pelatih Pelita Bandung Raya (BPR), boleh saja mengusung pola menyerang. Tetapi PBR yang banyak dihuni mantan pemain Arema IPL itu lupa, justru skema itu, yang paling disukai Arema. Selama ini, skuadra Singo Edan justru selalu kesulitan, jika menghadapi tim dengan pola defensive. Akibatnya, tiga gol bersarang ke gawang Denis Romanovs. Alberto Goncalves menjebol dua kali, menit 17 dan 79. Dilengkapi gol Gustavo Lopez menit 73. Jadi seharusnya, Arema berterimakasih kepada mantan pelatih Arema IPL itu, karena menginstruksikan pemain-

nya tampil menyerang. Jika tidak, bukan mustahil, agregat gol yang tercipta, tidak sebanyak itu. PBR sendiri, nyaris berhasil membuat Arema kedodoran. Menit 22, PBR mendapat penalti. Sayang, mantan pacar Julia Perez, Gaston Castano, yang juga kapten tim, gagal. Tendangannya melambung. Kondisi bisa saja berubah, jika Gaston sukses mencetak gol. Dan kedudukan imbang 1-1 di menit 22 tersebut. Tapi kegagalan itu, sekaligus mengakhiri serangan berbahaya ke gawang Kurnia Meiga. Bahkan striker sekelas Bambang Pamungkas, yang diturunkan menit 63, menggantikan Agus Indra, tercatat hanya lima kali pegang bola dan sekali duel heading. Perbedaan yang paling mencolok dari dua tim yang berlaga semalam, adalah pada sentuhan bola. PBR terakhir bertanding, saat kalah 0-1 dari Barito Putera pada 15 Maret lalu.

Tak heran, jika kesalahan mendasar, seperti salah passing, kontrol maupun umpan, menjadi pemandangan yang biasa pada skuad berjuluk The Boys are Back. Terlebih-lebih saat Arema memasukkan Gustavo Lopez, menit 58 menggantikan Arif ‘Kecenk’ Suyono. Lapangan tengah PBR, semakin tak berkutik. Masih ditambah menit 78, mereka harus bermain 10 orang. Boban Nikolic, mendapat kartu kuning kedua. Padahal, tim yang dulu bernama Bandung Raya ini, sudah melakukan tiga kali pergantian pemain. Mau tidak mau, Dejan Antonic, harus memaksimalkan pemain yang ada. Rizky Pellu, pemain jebolan SAD Uruguay, yang sempat magang di Arema ISL itu, harus menemani Hermawan, mantan pemain Arema IPL, memperkuat pertahanan.

Baca Arema....Hal 7

Beto Akhiri Paceklik Gol KEPANJEN - Alberto Goncalves, subur lagi. Bomber Arema Cronus yang sempat absen bikin gol selama tujuh pertandingan di semua kompetisi, akhirnya bisa berselebrasi lagi.

Malam kemarin, Beto memborong dua dari tiga gol kemenangan Singo Edan, atas tim Pelita Bandu n g

Raya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen. Gol menit 17 dan 79 menjadi pertanda kebangkitan striker Brazil itu dari kemandulan. Ya, Beto memang sudah terlalu lama tidak mencetak gol. Tujuh laga harus dilalui Beto tanpa sukacita selebrasi cetak gol. Ia mengakui ada rasa tidak nyaman saat gagal mencetak gol dari

pertandingan ke pertandingan. ‘’Senang rasanya bisa cetak gol lagi. Sebagai striker, saya merasa tidak enak saat kesulitan cetak gol. Saya senang saat ini karena bisa cetak dua gol langsung,’’ terang Beto kepada Malang Post malam kemarin, sesaat sebelum masuk ruang ganti. Sebelum dua gol yang menjadikannya man of the match malam kemarin, Beto kali terakhir selebrasi saat mengalahkan Sriwijaya FC di Palembang.

Baca Beto....Hal 7 ALBERTO GONCALVES

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

Bupati Instruksikan Razia Miras MALANG – Bupati Malang, Rendra Kresna, geram dengan peredaran minuman keras (keras). Apalagi 10 warganya, tewas, gara-gara miras oplosan di Kecamatan Lawang. Tanpa membuang waktu, Rendra langsung memerintahkan Satpol PP untuk menggelar razia miras. Terutama di toko-toko kecil yang tidak memiliki izin berjualan miras. ‘’Saya sangat prihatin dengan kejadian miras oplosan di Kecamatan Lawang. Itu menunjukkan, kita masih perlu sosialisasi tentang keagamaan dan kesehaRendra Kresna tan. Masyarakat harus mengerti, secara agama miras itu dilarang dan secara kesehatan, merugikan diri sendiri,’’ tutur Rendra Kresna Kepada Malang Post, usai pembukaan rekapitulasi perolehan suara Pileg di gedung DPRD Kabupaten Malang, kemarin.

Baca Bupati....Hal 7

Ngalam

Ebes

Halakno PBR Agit-Kosong Kana : Rasane lego bes, nganem agit - kosong lawan PBR Ebes : Wajar lek nganem kanyab jes, soale lak niam ndik hamur ewed Kana : Tapi mari ngene sik kudu niam maneh bes, jadwale Arema ancen padet Ebes : Sak iki sing penting kudu osi jogo stamina, ojok sampe anjlok mergo sik kanyab pertandingan ISL karo AFC Cup. Lek osi dadi juara ndik aud kompetisi lak tambah kipa jes.

‘’Indonesia tidak akan bisa mundur. Indonesia harus maju. Masalah berikutnya adalah ingin cepat atau lambat.’’

UN DI SURABAYA

FIRMAN MUHAMAD/MALANG POST

CALON PUTRI : Peserta pemilihan Putri Kartini berpose bersama setelah technical meeting. Mereka akan berebut siapa yang terbaik.

Putri Kartini Malang Post 2014

Hari Ini Mulai Unjuk Bakat MALANG - Perhelatan bergengsi Putri Kartini Malang Post 2014, memasuki tahap penjurian. Hari ini, seluruh peserta akan mengikuti sesi wawancara, unjuk bakat dan foto di Kantor Malang Post Jalan Sriwijaya 1-9 Malang.

Acara akan dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. ‘’Semua peserta sudah mengikuti technical meeting hari ini (kemarin, Red.) dan sudah mendapatkan nomor peserta dan selanjutnya mereka akan mengikuti sesi pen-

jurian awal,’’ ungkap Ketua Panitia Putri Kartini 2014, Shuvia Rahma. Sesi wawancara, unjuk bakat dan foto ini cukup penting sebagai start awal untuk menilai peserta. Karena ajang ini memang tidak sekadar meni-

lai performa peserta yang cantik fisiknya saja. Namun panitia akan jeli melihat attitude, rasa percaya dirinya dan juga public speakingnya. Terutama saat sesi perkenalan dan juga wawancara.

Baca Hari Ini....Hal 7

Iroel, Pelukis Pensil Warna dengan Karya Senilai Ratusan Juta

Minim Butuh 100 Pensil, Hasil Latihan Dihargai Rp 50 Juta Malang punya pelukis pensil warna kaliber nasional. Namanya, Chairul Sabarudin. Akrab disapa Iroel. Pria kelahiran Malang domisili Bantaran, mampu menghasilkan karya senilai hingga ratusan juta. Belum ada seniman asli Malang, yang mampu bersinar dan konsisten di tangga kesuksesan dunia seni lukis pensil warna, seperti yang dilakukan Iroel.

MASTERPIECE : Inilah lukisan harimau yang sebenarnya untuk latihan. Setelah jadi, harganya bisa mencapai Rp 50 juta.

Tatapan lukisan harimau ini, tajam. Bola mata bulat hitam si macan, menembus lembaran kanvas lukisan. Sorot pandangnya tenang namun awas. Lidah merahnya menjulur ke bawah, ISTIMEWA / MALANG POST

mencari pelepas gerah. Si macan sedang haus. Tapi, dahaganya tak mengurangi kewaspadaan. Sambil terus memandang keluar kanvas, si macan meneruskan minumnya.

Kumis putihnya hampir menyentuh air, melengkung seperti kumis anak kucing yang menikmati kesenangan. Tapi, telinganya terangkat.Layaknya parabola. Si macan seperti menyebar sinyal lewat kupingnya yang dikerumuni bulu-bulu putih. Kuping tajamnya seperti bicara. Satu saja bunyi aneh tertangkap telinganya, si macan akan menghentikan minum dan mencakar oknum penganggu dengan kuku runcing.

Baca minim....Hal 11

Terancam Dianulir JAKARTA - Terbongkarnya sindikat perdagangan kunci jawaban ujian nasional di Surabaya harus menjadi pelajaran. Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) menyatakan bisa menjatuhkan kebijakan tegas untuk penyelenggaraan UN di Surabaya. Sanksi paling berat adalah UN di kota pahlawan itu dianulir dan wajib digelar ulang. Anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria mengatakan kemarin mereka menggela rapat pleno terkait UN bersama dengan jajaran Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Dia membatah jika dalam rapat pleno ini, dibahas nasib pelaksanaan uans di Surabaya yang diwarnai penangkapan sejumlah peserta ujian oleh polisi. “Sampai saat ini kabar joki atau jual beli kunci jawaban UN di Surabaya itu belum berpengaruh ke penyelenggaran UN,� ujarnya. Dia menyebut posisinya masih sementara, karena menunggu hasil penyidikan oleh polisi di Surabaya. Dia mengatakan BSNP tidak ikut dalam pengusutan unsur pidana itu. Dia menuturkan bahwa BSNP nanti akan menerima laporan penanganan polisi dan tim dari Itjen Kemendikbud. “Keputusan sikap BSNP nanti setelah pengusutan ini tuntas,� katanya.

Baca Terancam....Hal 7

11.418  

15/4 480.000 479.500

17/4

18/4

16/4

17/4

479.500

19/4

Jawa Pos Group


MINGGU, 20 APRIL 2014

SBY Perintahkan Investigasi Kecelakaan Larantuka JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan investigasi atas kecelakaan kapal motor di Larantuka dan bila ditemukan kelalaian maka pihak yang bertanggungjawab harus dikenai sanksi. “Saya minta yang sakit dirawat dengan sebaikbaiknya. Sementara lakukan investigasi agar yang lalai mendapatkan sanksi. Jangan terjadi lagi,” kata Presiden dalam akun twitter @SBYudhoyono, Sabtu. Presiden menambahkan,”musibah yang menimpa umat Katolik yang sedang lakukan prosesi laut Jumat Agung itu sepertinya akibat faktor cuaca dan kesalahan manusia.” SBY mengucapkan duka cita mendalam kepada keluarga korban. “Kita berduka dengan musibah kecelakaan kapal motor di Larantuka yang menewaskan tujuh orang saudara kita. Sementara empat orang dalam pencarian,” kata Presiden. Tujuh orang dilaporkan meninggal dunia dalam musibah tenggelamnya Kapal Motor yang membawa rombongan peziarah prosesi laut di Selat Gonzalu, antara Flores Timur daratan dengan Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat siang. “Data sementara, jumlah korban yang meninggal dunia ada tujuh orang. Tiga anak, seorang suster dan dua wanita dewasa,” kata Wakil Bupati Flores Timur, Valen Tukan, Jumat. Kecelakaan laut merupakan yang pertama dalam sejarah prosesi laut yang merupakan bagian dari perayaan Jumad Agung di Kota Reinha Larantuka. “Kapal ikan milik Nelayan Bhakti itu sarat dengan peziarah yang mengikuti prosesi Jumat Agung melalui laut untuk menjemput Patung Tuan Meninu dari Pantai Rewindo menuju Kota Larantuka,” kata seorang peserta prosesi, Apriani Kerong. (jpnn/udi)

LINTAS NASIONAL

Gayus, Nazar, Dada Rosada Kaget Dirazia

CELAKA: Warga berupaya menolong korban peziarah prosesi Jumat Agung setelah kapal nelayan yang ditumpangi rombongan peziarah terbalik dan tenggelam di Selat Gonzalu, NTT.

Poros Tengah Jilid II Bukan untuk

DIRIKAN NEGARA ISLAM JAKARTA- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Slamet Effendy Yusuf meminta pandangan berbagai pihak yang menilai koalisi partai Islam akan membentuk negara Islam jika berhasil memegang pemerintahan. Menurutnya, koalisi partai Islam tidak akan membentuk negara Islam. “Tidak boleh lagi ada kelompok yang diam-diam mencurigai partai Islam yang nanti dianggap mendirikan negara Islam,” kata Slamet di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (19/4/2014). Slamet menuturkan, harus ada pemetaan ulang mengenai representasi umat Islam dalam politik. Menurutnya, jika saat ini umat Islam hanya dianggap sebagai pelengkap dalam politik itu tidak cukup. “Harus ada penghitungan ulang dari komposisi dan aspirasi umat Islam,” tuturnya. Lebih jauh, Slamet mengatakan, primordial bukan lah milih umat Islam. Ia menambahkan, orang sekuler pun bisa jadi primordial. Menurut Slamet Effendi Yusuf,

2

H Slamet Effendy Yusuf mengatakan perolehan suara partai berbasis Islam saat ini di luar prediksi. Dengan perolehan yang bila digabungkan lebih dari 30 persen, kata dia, partai Islam mempunyai tanggung jawab terhadap masyarakat. “Tapi, kenyataannya saya belum lihat inisiatif seperti itu muncul. Setiap saya tanya ke parpol. Saya dengar jawaban,” ujarnya. Menurutnya, momen saat ini adalah kesempatan menyatukan umat Islam.

Namun, dalam konstelasi seperti ini menyatukan semua partai berbasis Islam bukanlah hal mudah. Kondisi ini dikarenakan setiap partai sudah terlalu sibuk dengan kepentingan internal partai. Kata dia, saatnya ormas Islam menyatukan partai-partai berbasis Islam untuk kepentingan lebih besar. Sikap ini juga diamini Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin. Baginya, tugas NU, Muhammadiyah dan ormas Islam lain menjembatani

partai-partai islam untuk berkoalisi demi kepentingan umat. Din mengatakan dorongan ini sudah sangat kuat dari arus bawah. Bahkan, berbagai pertemuan sudah dilakukan beberapa waktu lalu di Cikini. Saat itu, Amien Rais bertemu dengan Presiden PKS, Anis Matta, dan petinggi partai lainnya dari PKB dan PPP. Dalam pertemuan ini masih belum ada kesepakatan mengenai koalisi partai berbasis Islam. “PP Muhammadiyah dan PBNU sudah sepakat menjembatani ini. Bahkan, saya sudah bertemu dengan Pak Said Akil di PBNU,” kata Din. “Ini untuk memastikan semua bisa berjalan. Kita tinggalkan primordialisme. Kita bicarakan koalisi atas kepentingan bangsa,” ujarnya. Sebagai realisasinya, ormas Islam akan melakukan pertemuan di Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Rencananya, Senin besok kita melakukan pertemuan di MUI. Ada sekitar 30 ormas akan berkumpul. Dari hasil pertemuan itu, kita akan bertemu dengan semua ketua partai,” tuturnya. (jpnn/udi)

BANDUNG- Sekitar 85 petugas gabungan Satgas Kamtib Bandung dibantu Polri dan TNI menggeledah sejumlah kamar koruptor di Lapas Sukamiskin Jalan AH Nasution Kota Bandung, Sabtu (19/4/2014). Namun petugas tidak menemukan target operasi berupa narkoba, uang, laptop, telepon genggam, dan senjata tajam. Pantauan di lokasi, petugas menyisir kamar mulai bangunan bagian utara, timur, barat, dan selatan. Sebelum masuk kamar, petugas mengetuk pintu karena para tahanan umumnya masih tidur. Mendapat kedatangan mendadak petugas, sejumlah penghuni terlihat kaget dengan wajah masih kusut karena baru bangun tidur. Seperti yang dialami Nazaruddin dan Gayus yang menempati blok timur atas. Nazaruddin yang mengenakan kaus polo warna putih sempat kaget saat didatangi dua petugas. Terpidana kasus korupsi Wisma Atlet ini menempati kamar nomor 41. Hampir tiga menit lamanya petugas melakukan pemeriksaan di kamar Nazaruddin. Semua sudut diperiksa, termasuk kasur yang ditempati Nazaruddin. Namun petugas tidak memperoleh barang sasaran. “Baru bangun,” ucap Nazaruddin sambil mengeluh sedang sakit. Begitu juga saat petugas mendatangi kamar nomor 19 yang ditempati Gayus Tambunan. Pria berbadan tambun ini keluar kamar mengenakan kaus abu-abu. “Saya lagi siap-siap mau olahraga. Tadi baca koran dulu, tapi terbitan kemarin,” ucap Gayus terkekeh. Kemudian petugas melakukan penggeledahan kamar. Di dalam hanya terpasang foto-foto Gayus bersama keluarga, istri dan anak, dipajang di tembok kamar tahanan. Seperti sebelumnya, petugas tidak menemukan barang sasaran. Di kamar nomor 10 yang dihuni mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada, petugas juga tidak menemukan apapun. “Saya baru bangun,” ujar Dada. Menurut Kadiv Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar Ibnu Chuldun, operasi kali ini merupakan razia rutin dengan target berupa narkoba, uang, laptop, telepon genggam, dan senjata tajam. “Selain kamar narapidana dan tahanan tindak pidana korupsi kami juga menggeledah kamar napi umum,” jelasnya. Kepala Lapas Sukamiskin Giri Purbadi menuturkan, dari 520 kamar yang ada di Lapas Sukamiskin, terdapat 323 kamar dihuni napi kasus korupsi. Sementara sisanya dihuni napi umum. “Memang kebanyakan dihuni napi korupsi,” tandas dia. (jpnn/udi)

Koalisi Indonesia Raya Versi Amien Rais JAKARTA- Para tokoh Islam dan partai Islam, termasuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menggelar rapat tentang koalisi partai Islam di Jakarta, beberapa hari yang lalu. Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi, yang dilengserkan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali, menyatakan tertarik dengan gagasan koalisi “Indonesia Raya” yang disampaikan Ketua Dewan Majelis Pertimbangan Partai Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. Hal ini, tentunya bertolak belakang dengan keputusan Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali, yang lebih memilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. “Saya sangat tertarik dengan yang Pak Amien sampaikan,” kata Emron, saat ditemui usai rapat di kantornya, Jakarta, Sabtu dini hari, 19 April 2014. Emron memuji konsep koalisi yang digagas oleh Amien tersebut. Dikatakan bahwa tidak ada kunci dikotomi partai nasional dengan partai Islam. Kesempatan menangnya pun sangat besar, kalau koalisi tersebut menyodorkan tokoh-tokoh yang bisa diterima masyarakat. Namun, belum bisa dipastikan siapa orang yang telah ditetapkan. “Orangnya belum sampai (ketemu),” kata dia. Sementara itu, Emron menjelaskan, kedatangannya dalam pertemuan yang dihadiri para tokoh dan partai Islam tersebut sebagai perwakilan dari partai. Dia memaparkan langkah tersebut merupakan upaya membangun komunikasi politik untuk koalisi dan tugas itu merupakan tugas para elite partai. Kemudian, dia meminta agar para kader partainya bisa menyerap aspirasi masyarakat. (jpnn/udi)

Caleg Gagal Berulah, Rumah Warga Dibongkar ACEH- Pembongkaran paksa rumah oleh calon angota legislatif (caleg) gagal kembali terjadi di Kota Subulussalam, Aceh. Enam rumah warga di Desa Sikelondang, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam dibongkar oleh tim sukses Ahmad Susanto. Ahmad adalah caleg partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) nomor urut 1 yang berasal dari daerah pemilihan 1 Kecamatan Simpang Kiri. Sebanyak 28 orang warga penghuni 6 unit rumah menjadi korban pembongkaran paksa. Pembongkaran dilakukan se te lah warga tidak mampu membayar Rp10 juta sebagai ganti rugi tapak tanah. Akhirnya, mereka terpaksa angkat kaki dan membongkar rumah yang ditempatinya. Mereka diusir pengurus Partai Gerindra yang mengusung Ahmad yang akhirnya gagal menjadi anggota dewan. Keenam rumah tersebut adalah milik Sahrul, Bentol, Hamdan, Rateni, Rusdi dan Mardiansyah. Isak tangis mewarnai pembongkaran rumah yang telah mereka huni selama 11 tahun terakhir. Mereka terpaksa

pindah setelah Ismail Aso, Penasihat Partai Gerindra Kota Subulussalam menyuruh mereka memilih untuk pergi atau membayar ganti rugi tapak tanah di lokasi berdirinya rumah warga yang diklaim adalah milik keluarganya secara turun temurun. Menurut Rateni, salah satu warga yang menjadi korban, rumah-rumah yang dibongkar adalah rumah bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh Singkil untuk keluarga kurang mampu yang dibangun tahun 2004 lalu. Menurut Rateni, salah seorang warga pembongkaran mereka lakukan karena ketakutan setelah malam sebelumya mendapat ancaman dari orang suruhan Ismail Aso. “Orang suruhan itu mengatakan pihak Ismail Aso akan membongkar paksa rumah-rumah mereka karena mereka tidak mencoblos Ahmad Susanto,” katanya. Sementara Ismail Aso me ngatakan meski telah meminta uang kepada warga, namun dia membantah alasan perbuatannya tersebut karena caleg yang diusungnya gagal BERULAH: Pembongkaran paksa rumah oleh calon angota legislatif (caleg) gagal kembali terjadi di Kota Subulussalam, Aceh.

merebut kursi sebagai anggota dewan. Ia mengaku motifnya meminta uang itu murni sebagai permintaan ganti rugi. “Tapak tanah tempat berdirinya rumah-rumah tersebut sudah terlalu lama dihuni warga tanpa membayar,” ujarnya.

Saat ini sebagian warga yang kehilangan tempat tinggal terpaksa menumpang di rumahrumah kerabat mereka. Mereka berharap dinas sosial dan pihak terkait lainnya memperhatikan nasib malang yang mereka alami. (jpnn/udi)

IMAN UNTUK MENYENANGKAN HATI TUHAN Matius 17 : 1 – 4 , 1. Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. 2. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. 3. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia. 4. Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” Peristiwa paskah yang sebentar lagi akan kita rayakan sesungguhnya telah memberikan kepada kita iman. Namun iman itu dipakai untuk siapa dan bagaimana ? Memang iman itu diberikan agar kita bisa mendapatkan hidup kekal,janji berkat dan lain – lain. Ketika Petrus melihat peristiwa di atas bukit yaitu Yesus bersinar kemilau dan juga ada Musa dan Elia maka ia sangat berbahagia sehingga ingin menyenangkan penglihatan, atau melalui mimpi sekalipun tentang peristiwa atau Yesus, namun berbahagialah sekalipun tidak melihat namun percaya. Semua kejadian di masa Yesus di dunia ini jika hendak ditulis maka dunia ini tidak cukup untuk menuliskannya. Namun kalau hanya dituliskan beberapa kejadian saja itu dimaksudkan agar kita hidup berdasarkan iman. Apalah artinya jika melihat setiap kejadian yang Yesus lakukan namun tidak percaya bahkan menjadikan iman sebagai dasar hidupnya. Petrus yang tahu bahwa ini adalah kejadian luarbiasa maka dia mengatakan “betapa bahagianya kami”. Sekalipun kita belum mendapatkan pertolongan atau mengalami mujizat namun kita harus tetap seperti sembilan murid Yesus yang lain yaitu tetap memaksimalkan iman kita, terlebih untuk menyenangkan hati Tuhan. Tidak hanya berkata berbahagia tetapi Petrus benar – benar menyatakan imannya benar – benar untuk menyenangkan hati Tuhan dengan menawarkan untuk mendirikan kemah untuk Yesus, Musa dan Elia. Dia tidak pedulikan dengan dirinya sendiri yang pasti membutuhkan juga. Banyak diantara kita hendak menyatakan perbuatan iman masih memikirkan kebutuhannya sendiri hingga mengurungkan perbuatan baik. Kita sudah diikat oleh janji Allah yang luarbiasa . Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke manapun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu.” (Kej 28 : 15). Adakah masih mengatakan bahwa kita tidak akan mendapat pertolongan Tuhan atau mengalami mujizat dengan segala pikiran kita sendiri. Jangan menyianyiakan belas kasihan Tuhan, percayalah akan setiap janji Tuhan. Kalau kita hanya menggunakan iman hanya

untuk sesuatu yang berkaitan dengan segala kebutuhan kita sendiri, maka itu bukan iman yg menyenangkan hati Tuhan.Bahkan ketika kita menyatakan iman dengan berpuasa. Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?” Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu. (Yesaya 58 : 3) kita tidak menyatakan iman itu untuk menyenangkan hati Tuhan, tetapi untuk segala sesuatu yang memenuhi hasrat dan kepentingan sendiri. Ketika berpuasa ternyata masih saja kita berlaku lalim, sewenang – wenang dan segala sesuatu yang masih membelenggu orang lain, tidak peduli orang lain. Tuhan tidak senang dengan puasa kita. Tetapi bila kita menyenangkan hati Tuhan dalam puasa kita, maka kebenaran menjadi barisan depan dan kemuliaan Tuhan dibelakang kita. Paulus memberi kesaksian bagaimana imannya benar – benar dinyatakan untuk menyenangkan hati Tuhan .Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah. Kamu sendiri tahu, bahwa dengan tanganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keperluanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku. . Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” (Kis 20 : 24, 34 – 35). Walau dengan banyak resiko penderitaan bahkan kematian namun Paulus tetap menyatakan imannya untuk memberi bagi Tuhan bahkan nyawa sekalipun. Harus seimbang antara iman untuk menyenangkan diri dengan menyenangkan orang lain bahkan menyenangkan hati Tuhan. Iman untuk memberi bukan hanya untuk menerima. Jangan biarkan Rumah Tuhan menjadi reruntuhan sementara rumah kita berdiri megah sebab Tuhan ingin menyatakan kemuliaanNya atas RumahNya. “Beginilah firman TUHAN semesta alam: Bangsa ini berkata: Sekarang belum tiba waktunya untuk membangun kembali rumah TUHAN!” (Hagai 1 : 2). Amin. PASKAH GBI DIASPORA SEJAHTERA MALANG Minggu ,20 April 2014 Pkl ,06.30 WIB dan 09.30 WIB di CPM Jl. Kesatrian 1, Malang Pkl,08.00 WIB Gelombang Samudra ; 10.00 Graha Samudra Jl. Yos Sudarso 1-4 Malang Pkl 17.00 WIB Perayaan Paskah di Graha Cakrawala, Jl. Veteran (depan matos) Universitas Negeri Malang

REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: DJ AMIEL


KAMIS, 17 APRIL 2014

3

HARGA PONSEL SAMSUNG Samsung Galaxy Grand Galaxy Fame Galaxy Young Galaxy Y Neo Galaxy Chat Galaxy Note 10.1 Galaxy Note 3 Galaxy Ace 3 Caramel E1272 Galaxy Camera GC 100 White Galaxy S4 Galaxy Note 8.0 Galaxy Mega (5.8) Galaxy Mega (6.3) Samsung REX 70 S3802 Galaxy Tab 3 (8.0) Galaxy Star Galaxy Tab 3 (10.1) Galaxy S4 mini Galaxy S4 Zoom Galaxy Core Galaxy Tab 3 (7.0) Galaxy Infinite

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

3.275.000 1.650.000 1.200.000 950.000 1.100.000 6.999.000 8.000.000 2.200.000 329.000 5.499.000 7.000.000 5.100.000 4.200.000 5.100.000 699.000 4.200.000 775.000 4.675.000 4.675.000 5.125.000 2.575.000 3.275.000 1.925.000

NOKIA Nokia 100 Nokia 101 Nokia 109 Nokia 110 Nokia 112 Nokia 208 Asha 205 Asha 206 Asha 305 Asha 310 Asha 311 Asha 210 Asha 501 Lumia 520 Lumia 620 Lumia 720 Lumia 820 Lumia 920 Lumia 625 Lumia 925 Lumia 1020 Nokia 108 Nokia 107 Lumia 1520

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

275.000 325.000 349.000 455.000 499.000 800.000 600.000 687.000 800.000 870.000 1.000.000 785.000 925.000 1.450.000 2.450.000 2.400.000 2.500.000 3.599.000 2.499.000 5.500.000 7.499.000 418.000 307.000 9.450.000

SONY Xperia ZR Xperia Z LTE Xperia E Single Xperia L Xperia Z Xperia TX Xperia C Xperia Z Ultra Xperia M Xperia E Dual Xperia M Dual Xperia Z1

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

5.749.000 5.999.000 1.499.000 2.999.000 6.299.000 3.999.000 3.499.000 6.699.000 2.499.000 1.599.000 2.599.000 8.499.000

LG LG G2 E985 LG Pro Lite LG Nexus 4 Optimus G LG Optimus L3 II dual LG Optimus L3 II Optimus L5 II Optimus L5II dual Optimus L7 II Optimus L7 II dual Optimus L9

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

6.299.000 6.999.000 3.199.000 3.499.000 4.299.000 1.175.000 1.080.000 1.785.00 1.880.000 2.190.000 2.599.00 3.199.000

BlackBerry BB Z10 BB Q10 BB Q5 BB Gemini 3G BB Dakota 9900 BB Tourch 2 BB Monza BB Belagio BB Samoa BB Davis BB Amstrong BB Z30 16 GB

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

3.799.000 5.699.000 3.599.000 1.299.000 4.499.000 2.799.000 1.999.000 3.199.000 2.499.000 1.350.000 1.599.000 1.775.000 1.999.000 7.999.000

LENOVO S890 A850 A516 P780 P780 (8GB) A690 S720 S920 (8 GB) S820 (8GB) A706 A1000 K900 (16GB) S920 (4GB) A369 S820 (4GB) A3000 S930 S960 K900 (32GB) A269i S650i B8000 B6000

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

2.499.000 2.299.000 1.599.000 2.999.000 3.199.000 800.000 2.049.000 2.699.000 3.199.000 1.999.000 1.399.000 3.499.000 2.499.000 999.000 2.899.000 2.349.000 3.499.000 4.499.000 4.999.000 799.000 2.999.000 4.699.000 3.699.000

HUAWEI Ascend G510 Ascend Mate Black Ascend Y210 Ascend Y300 S7 Vogue Tab 7 inci

Rp Rp Rp Rp Rp

1.899.000 3.999.000 899.000 1.499.000 2.599.000

iPhone 4 8 GB 5s 16 GB 5s 32 GB 5c 32GB 5c 16GB

Rp 4.199.000 Rp 10.499.000 Rp 11.999.000 Rp 9.999.000 Rp 8.699.000

Sumber Global Teleshop

minggu, 20 APRIL 2014

3

Mantap Dengarkan Musik Sony Xperia E1 MALANG– Walkman menjadi aplikasi andalan Sony pada perangkat barunya yaitu Sony Xperia E1. Menggunakan aplikasi ini pengguna dapat memutar, berbagi trek lagu favorit untuk dimainkan. Selain itu pengguna juga dapat membuat daftar putar lagu, dan menggabungkan musik online dan offline menjadi satu tampilan. Bukan itu saja, menggunakan aplikasi Walkman, penggunanya tidak perlu repot menyentuh tombol saat ingin merubah daftar lagu. Hanya perlu mengguncangkan ponsel untuk mengubah daftar lagu, atau membuat lagu tertata dengan acak. Promotor Sony Malang, Uut Permata Sari menjelaskan, aplikasi Walkman ini merupakan aplikasi pengembangan Sony. Aplikasi ini memberikan nilai lebih perangkat tersebut, terutama untuk ponsel seri musiknya. “Aplikasi Walkman yang ada pada Sony Xperia E1 ini lebih menarik karena Sony memberikan aplikasi pendukung lainnya, yaitu Xloud yang

mampu menciptakan suara atau lebih jernih dan lebih kencang,” paparnya. Sesuai dengan katagorinya yaitu ponsel musik, pengguna tidak perlu banyak menekan tombol, untuk masuk ke aplikasi walkman. Itu karena Sony memberikan tombol khusus pada Sony Xperia, sehingga sekali tekan dan tahan tombol walkman seketika itu juga ponsel meluncur ke aplikasi walkman. “Kondisi tersebut juga bisa dilakukan saat ponsel dalam mode sleep,” terang Uut, sapaannya. Selain aplikasi walkman, kelebihan lain yang dimiliki perangkat ini adalah daya tahan baterainya yang tahan lama. Sony memberikan dukungan pada perangkat ini dengan mode baterai stamina. Uut menjelaskan mode baterai itu menghemat tenaga baterai yang terbuang. Mode ini mengenali ketika pengguna tidak menggunakan layar dan secara otomatis mematikan fungsi yang tidak diperlukan, sementara tetap menyampaikan pemberitahuan yang inginkan, segera setelah pengguna menekan tombol daya untuk membangunkan layar.

“Semuanya akan kembali aktif dan berjalan kembali, saat kunci tombol layar dibuka,” tegas dia. Dengan mode baterai stamina, WiFi dan trafik data akan dinonaktifkan selama siaga, tetapi pengguna tetap dapat menerima panggilan masuk, pesan teks, dan alarm. “Kebutuhan masingmasing individu sangat berbeda. Kondisi tersebut cukup memudahkan. Masing-masing hanya perlu menyesuaikan notifikasi gegas untuk aplikasi yang diingkinkan. Contohnya notifikasi Facebook, bisa dinyalakan atau bisa juga dinonaktifkan,” urainya. Sedangkan untuk mendengarkan musik, perangkat ini mampu bertahan hingga 81 jam 30 menit. Sementara untuk memutar vido perangkat ini mampu bertahan hingga hingga 9 jam 36 menit. Secara spesifikasi, Sony Xperia E1 ini merupakan ponsel yang menyasar segmen menengah. Perangkat ini dibekali dengan layar WVGA 4 inci beresolusi 800 x 480 piksel. Ponsel ini bekerja dengan mesin Dual Core berkecepatan 1.2 GHz, dan memory RAM 512 MB. (vik/mar)

IRA RAVIKA/MALANG POST

ANDALAN: Sony Xperia E1 dengan aplikasi walkman mantap untuk dengarkan musik.

Samsung Galaxy Note 3 Neo

Klaim Garansi Charger Portable Visipro Lebih Lama

IRA RAVIKA/MALANG POST

NILAI JUAL: Samsung Galaxy Note 3 Neo dilengkapi dengan S Pen yang membuat nilai jualnya tinggi.

S Pen Dukung Fitur Air Command MALANG - S Pen menjadikan Samsung Galaxy Note 3 Neo memiliki nilai jual lebih tinggi. Itu karena S Pen bukan sebagai aksesori pendukung biasa, yang hanya memiliki fungsi creative dalam urusan menggambar. Namun kehadirannya benarbenar menjadi pendukung fitur utama, yaitu Air Commandnya. Customer Service Erafone Mall Olympic Garden (MOG), Ayu Wahyu menjelaskan, fitur Air Command dapat berfungsi secara otomatis hanya dengan menekan tombol S Pen secara dekat dengan layar Galaxy Note 3 Neo. “Ada lima fitur pada menu Air Command,” kata wanita bertubuh mungil ini. Yang pertama yakni Action Memo. Menu ini sebetulnya sudah ada pada Samsung Galaxy Note 3. Dan pada fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis tangan pada Note 3, dan secara otomatis mengeksekusi sebuah fungsi atau mengalihkan tulisan tangan tersebut menjadi format teks. “Menelpon contohnya, pengguna tinggal menuliskan nomor telepon

pada layar, selanjutnya ponsel secara berubah format panggilan,” kata wanita asal Pakis, Malang ini. Sedangkan menu kedua adalah Scrapbook. Pada menu ini, dijelaskan, memungkinkan pengguna menyusun dan menyusuri konten dan informasi dari berbagai sumber seperti web, YouTube, dan gallery dalam satu tempat selayaknya fungsi scrapbook sesungguhnya. Dengan scrapbook tentunya pengguna dapat menyimpan langsung sumber yang sekiranya dibutuhkan kemudian hari untuk pengerjaan project. “Ketiga adalah menu Screen Write yang dapat menambahkan catatan atau komentar pada gambar yang diambil baik itu langsung dari foto maupun gambar hasil capture,” terangnya. Selanjutnya adalah menu S Finder yang memungkinkan pengguna untuk mencari konten-konten yang terdapat dalam Note 3 Neo hanya dengan memasukkan kata kunci seperti tanggal, lokasi, dan jenis konten. Menu terakhir adalah Pen

Window memungkinkan pengguna menggunakan S Pen untuk membuka aplikasi windows untuk pengalaman multitasking yang sebenarnya. Cukup dengan menggambar jendela dalam berbagai ukuran pada layar, pengguna dapat dengan mudah dan cepat membuka berbagai aplikasi window seperti YouTube, kalkulator, atau browser tanpa harus menghentikan apa yang tampak di layar. Selain S Pen dengan menu Air Commandnya, Ayu juga mengatakan ponsel seharga Rp 6 jutaan ini juga memiliki fitur andalan lainnya. Diantaranya S Voice, Air Gesture, TV Out via MHL A/V dan berbagai fitur Android lainnya. “Perangkat ini lain daripada yang lain karena mendukung fungsi dual SIM. Ini merupakan ponsel pintar kelas premium pertama besutan Samsung yang dibekali dengan port dual SIM,” pungkasnya. Samsung Galaxy Note 3 Neo ini bekerja dengan Quad Core berkecepatan 2,3 GHz yang berkolaborasi dengan memory RAM 3 GB. (vik/mar)

MALANG– Sukses dengan produk memory card, Visipro mulai mengembangkan sayap dengan menciptakan produk charger portable. Perangkat yang dikenal dengan power bank tersebut dikenalkan sejak akhir 2013 lalu. Dan saat ini sedikitnya lebih dari lima seri power bank Visipro telah beredar di pasaran. Yaitu mulai dari kapasitas 2.000 mAh, 2.600 mAh, 5.000 mAh, 5.600 mAh, 6.000 mAh, 7.800 mAh, 10.000 mAh dan 12.000 mAh. Seperti pada produk memory cardnya, pada perangkat power bank ini Visipro juga memberikan jaminan garansi resmi dengan waktu yang cukup lama, yaitu 3 tahun. Dengan adanya jaminan tersebut sudah tentu, pengguna tidak perlu khawatir saat perangkat tersebut rusak. “Memory card original Visipro masa garansinya 1 tahun, power bank lebih lama yaitu 3 tahun. Penggunanya bisa melakukan klaim garansi saat perangkatnya rusak,” papar marketing Axioo Store, Mura Andreas. Dia menjelaskan, pemberian masa garansi yang lebih lama ini menjadi salah satu kelebihan Visipro. Masa garansi yang lebih lama tersebut juga sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada produk. “Masyarakat sangat pintar dalam memilih produk. Mereka akan membeli tidak sekadar melihat merek, tapi juga garansinya. Percuma membeli perangkat bermerek, tapi saat rusak tidak bisa diklaimkan,” terang Mura. Menurutnya, klaim garansi Visipro juga sangat cepat. Cukup membawa perangkat yang rusak, dan kwitansi pembeliannya saja, charger portable pun diganti. Bukan itu saja, Visipro juga memberikan waktu replace paling lama diantara produk power bank lainnya, yaitu 1 bulan. Pengguna akan mendapatkan perangkat bar, jika power banknya mati total atau tidak bisa digunakan. (vik/mar)

IRA RAVIKA/MALANG POST

PORTABLE: Visipro yang dikenal dengan memory card mulai kembangkan sayap ke charger portable.

Tahukah Anda ?

Tablet 8 Inci Jadi Primadona Pasar JAKARTA- Terjadi pergeseran di pasar tablet. Semula tablet 7 inci menjadi primadona pasar dan banyak diminati konsumen, kini digantikan dengan tablet yang ukurannya lebih ideal, yakni 8 inci. Menurut Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan, tablet 8 inci menjadi primadona baru di pasar karena ukuranya lebih pas dan lebih ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Untuk menjalankan berbagai aplikasi dan komputasi, ukuran 8 inci dinilai lebih nyaman bagi penggunanya. Apalagi setelah maraknya phone tablet (phablet), smartphone berukuran 5 hingga 6 inci, keberadaan tablet 7 inci dianggap kian redup popularitasnya. Tak heran jika fenomena ini ditangkap oleh hampir semua vendor untuk memproduksi tablet

8 inci, termasuk Advan. Vendor merek lokal ini melihat, untuk saat ini tablet ukuran 8 inci menjadi pilihan utama. “Sekarang ini tablet yang diminati konsumen adalah tablet berukuran 8 inci,” ungkapnya. Advan sendiri punya perangkat jagoan di segmen tablet 8 inci, yakni Vandroid T5C yang. Menurut Tjandra, sejauh ini penjualannya terbilang menggembirakan. Dari target yang dicanangkan yakni 60-90 ribu unit pada kuartal pertama 2014, sudah mendekati angka yang ditargetkan. “Penjualan Vandorid T5C sudah tembus sekitar 80 persen. Angka ini sekaligus mematahkan issue bahwa pasar tablet sedang stagnan. Serapan pasar masih positif dan bergairah,” tegasnya. Vandroid T5C sendiri dilengkapi dengan layar QHD (1024 x 768) In Place-Switching (IPS). Sistem operasinya adalah Android Jelly Bean, dan sudah dilengkapi prosesor Quad Core, memori internal 8 GB, RAM 1 GB, dan punya opsi external storage hingga 32 GB. Adapun kamera belakangnya dibekali 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. (dk/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: ABDEE


4

MINGGU, 20 APRIL 2014

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN DI BANDARA ABD SALEH MALANG NO OPERATOR

KEDATANGAN

KEBERANGKATAN

No PNBAN

Waktu

No PNBAN

Waktu

08.10

SJ 251

08.40

1

Sriwijaya Air

SJ 250

2

Citilink

QG 9243

08.55

QG 9244

09.25

3

Garuda Indonesia

GA 290

10.20

GA 291

11.00

4

Kalstar Aviation

KD 682

11.05

KD 683

11.30

5

Sriwijaya Air

SJ 246

12.20

SJ 247

12.50

6

Garuda Indonesia

GA 292

12.30

GA 293

13.10

7

Wings Air

IW 1840

14.00

IW 1841

14.25

8

Sriwijaya Air

SJ 248

14.20

SJ 249

14.50

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

RIZAL FANANY/ MALANG POST

CANGKRUKAN: Salah satu anak gawang laga Metro fc vs Ps. Sumbar sangat menikmati pertandingan dengan duduk diatas kursi empuk di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, kemarin.

MENCEGAH PEMBUSUKAN VOX POPULI PEMILU legislatif 2014 ini, dapat terbaca dengan gamblang ambisi banyak elite untuk merebut kursi. Ada kursi DPRD Kabupaten/Kota, kursi DPR Propinsi, kursi DPR RI, dan kursi DPD yang diperebutkan ratusan ribu politisi. Mereka menstigmatisasi dirinya merasa pantas memimpin negeri ini di lini legislatif. Meminjam pandangan Thomas Koten, pemilu seperti itu menggambarkan sebuah fenomena politik yang memotret Indonesia sebagai sebuah negara demokratik baru yang mempergelarkan pemilu paling kolosal, paling heboh, paling mahal, dan paling ruwet di dunia. Masalahnya, apakah dengan pemilu (pileg 2014) itu, demokrasi di negeri ini akan benar-benar sukses mencerahkan rakyat? Pertanyaan ini dapat dicarikan indikasinya melalui model strategi politik setiap elemen bangsa yang terseret menjadi “perebut kekuasaan�. Karl Lowenstein jauh hari mengingatkan, bahwa hakekat politik (pemilu) merupakan perjuangan untuk memperoleh kekuasaan, teknik menjalankan kekuasaan, dan mengontrol kekuasaan�. Jika berpijak pada pikiran Lowenstein itu, maka pemilu yang selama ini dipopulerkan sebagai pesta demokrasi, sejatinya merupakan perjuangan sakral di ranah politik yang mengandung makna dan strategi untuk memperoleh

kekuasaan secara legalistic, dan bukan ilegalistik. Pemilu menjadi langkah taktis bersubstansi demokasi yang memediai diperolehnya kekuasaan, yang kompetisi kekuasaan ini melibatkan kekuatan “suara� (kekuatan) sakral rakyat. Tanpa adanya kekuatan masyarakat, pemilu ini jelas tak bernilai, bahkan ketika tingkat partisipasi pemilih kecil. Begitu pun bila setiap pelanggaran pemilu dinegasikan dari akuntabilitas yuridis, maka pemilu yang terselenggara layak dikategorikan sebatas aksesoris pesta demokrasi. Kekuasaan di lini legisltif itu memang harus direbut dengan cara-cara yang benar, bukan dengan cara mengkriminalisasikan penghitungan suara misalnya atau menodai tatanan yang berlaku, atau benar-benar harus akuntabel sebagaimana diatur dalam tatanan hukum di Indonesia. Pemilu merupakan bagian dari strategi atau political action untuk merebut kekuasaan dengan cara legal atau model suksesi yang dilakukan secara konstitusional. Sayangnya, penyakit demoralisasi politik dan ilegalitas strategis merebut kursi masih terus bereksperimen �menodai� pileg 2014. Bayangbayang kriminalisasi birokrasi penyelenggaraan pileg 2014, yang tentu saja mengancam terjadinya nihilitas demokrasi lewat modus rekayasa suara di beberapa tempat berhasil

6,8331R6.0(13(16,8337DQJJDO-XOL 3HQHUELW370DODQJ3RV&HPHUODQJ 5HNHQLQJ%&$.&3*DWRW6XEURWRQR 5('$.6,6,5.8/$6,,./$1  -O6ULZLMD\D0DODQJ  7HOHSRQ    )D[   J

%,52%$78  -DODQ'LUDQ%  7HOS  %DWX J

3(5:$.,/$1-$.$57$  *HGXQJ*UDKD3HQD/W9,-O.HPD\RUDQ/DPD1R  7HOS)DNV   +HQGUD

ditemukan. Dalam pesta demokrasi ini, idealnya berbagai penyakit sosial-politik yang gampang merekahkan relasi kebangsaan dan kesakralan demokrasi, apalagi sampai menciptakan chaos dan menodai citra kejujuran dapat dicegah. Rakyat

Oleh: Fitrotul Maulidiyah Pengajar pada Universitas Muhammadiyah Malang, Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas negeri Malang, dan Penulis beberapa buku, yang menjadi pelaku utama dalam pesta demokrasi ini harus menunjukkan partisipasi moral-spiritualnya agar konstruksi kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan dapat terjaga dengan baik. Dalam UU Pemilu sudah disebutkan, bahwa pemilu dilaksanakan secara efektif dan eďŹ sien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Berdasarkan ketentuan ini menunjukkan bahwa pemilu mempunyai kedudukan strategis, khususnya dalam bingkai hukum. Sebagai jembatan mencari kader (dewan) terbaik bangsa, kegiatan atau penyelenggaraan pemilu menempati posisi yang sangat diidolakan masyarakat, pasalnya di ranah ini bergulat para â€?mujtahidâ€? untuk menremukan para pemimpin yang mengisi kursi legislatif. Secara umum, masyarakat menginginkan pemilu itu dapat berjalan dengan baik dan berintegritas moral tinggi. Ukuran yang bisa digunakan adalah tatkala penyelenggaraan pemilu itu tidak paradoksal dengan dengan ketentuan hukum yang berlaku. Eksistensi hukum menjadi rambu-rambu yang menggariskan tentang aturan main (rule of game) bagi setiap warga negara tanpa kecuali agar perilaku dan konstruksi sosial, politik, keagamaan, budaya, dan aspek-aspek kehidupan lainnya berjalan di jalur yang benar. Aturan

3(0%,1$'DKODQ,VNDQ .20,6$5,687$0$+=DLQDO0XWWDTLHQ J :$.,/.20,6$5,687$0$+,PDZDQ0DVKXUL J .20,6$5,6+M'HZDQWL5XPSRNR   ++XVQXQ1'MXUDLG J ',5(.78587$0$+-XQLDUQR'3XUZDQWR J ',5(.785+6XGDUQR6HPDQ J 3HPLPSLQ5HGDNVL6XQDYLS5D,QGUDWD J 0DQDMHU,NODQ+(GL,VZDQWR J 0DQDMHU3UDFHWDN<XGL$UPDGLRND J 0DQDMHU8PXPGDQ.HXDQJDQ/DLO\-XQDLGD

main yang berbasiskan â&#x20AC;&#x153;hukumâ&#x20AC;? harus ditegakkan supaya masing-masing pemain dalam kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan dapat menikmati kehidupan damai, aman, dan tertib, tidak saling mengganggu dan merugikan diantara satu dengan lainnya. Begitupun dalam relasinya dengan pemilu, fungsionalisasi hukum merupakan kebutuhan primer, sehingga setiap penyelenggaraan pemilu membutuhkan aturan main yang tegas, jelas, dan pasti supaya masing-masing pelaku yang terlibat atau berpartisipasi dalam pemilu mempunyai pedoman yang benar. Pemilu merupakan kegiatan ritual politik yang menghasilkan atau memproduk keputusan-keputusan penting sangat menentukan kelangsungan hidup bernegara dan bermasyarakat. Suksesnya pemilu ikut ditentukan oleh keberhasilan dalam mengimplmentasikan norma-norma hukum. Penegakan hukum terhadap setiap bentuk pelanggaran hukum menentukaan kualitas demokrasi. Suara Tuhan tak akan jadi kesejatian demokrasi, manakala suara uang yang menodai pemilu, tak pernah dijerat dalam peradilan pemilu. Dalam konstruksi yuridis sudah dirumuskan tentang peran-peran politisi, rakyat, dan birokrasi pemilu yang boleh, sah, dan harus diperbuatnya. Norma ini akan menjadi produk mahal yang kehilangan makna (meaningless), manakala dieliminasi oleh aparat, yang melibatkan diri dalam, dengan meminjam istilah dari J.E. Sahetapy â&#x20AC;?pembusukan hukumâ&#x20AC;? (legal decay). Hukum sebagai ramburambu pemilu ini jelas memberikan manfaat supaya para pelaku politik mematuhinya, dan tidak tergelincir dalam banyak perbuatan curang atau penyalahgunaan kewenangan. Satu kali saja perbuatan curang semacam â&#x20AC;?manipulasi atau rekayasa jumlah suara sah atau tidak sahâ&#x20AC;?, maka yang dipertaruhkan adalah citra demokrasi. Saat citra pesta demokrasi ternoda oleh sekumpulan pemain itu, maka citra knstruksi pemerintahan berbasis kemasyarakatan atau kerakya-

J

J

J

J J J J

J

J

tan ikut ternoda atau â&#x20AC;?cacat moralâ&#x20AC;?. Praktik demikian tidak boleh dibiarkan berjaya oleh aparat penegak hukum. Aparat berkewajiban mutlak untuk menjerat atau menangani siapa saja yang diduga terlibat dalam kecurangan pemilu. Aparat yang berkolaborasi dalam â&#x20AC;?pembusukanâ&#x20AC;? berarti merestui terjadinya pembusukan demokrasi (democratic decay). Tuntutan idealisme itu menunjukkan urgensinya hukum dalam kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan, khususnya dalam kegiatan pemilu, yang nota bene sebagai cermin penjagaan vox populi, vox dey. Pemilu membutuhkan kawalan wajib secara hukum, pasalnya di dalam hukum ini mengandung norma perintah untuk menjaga dan mengimplementasikan rule of game yang benar, jujur, akuntabel, dan menghormati martabat kemanusiaan (pemilih), yang jika dipatuhi, pencerahan demokrasi bukan menjadi mission imposible. Persaingan dalam memperebutkan kekuasaan di lini legislatif itu manusiawi dan hak konstitusional setiap warga negara, akan tetapi menjadi inkonstitusional dan ilegal jika diwarnai oleh â&#x20AC;&#x153;ketidaksehatanâ&#x20AC;? seperti kelicikan, penipuan, pembohongan, hingga pembodohan publik. Persaingan ilegal dan inkonstitusional sangat potensial menciptakan degradasi demokratisasi. Persaingan itu jelas tidak boleh dibiarkan lepas atau â&#x20AC;?liberalâ&#x20AC;? dari kawalan supremasi hukum, pasalnya hanya hukumlah satu-satunya yang diidealitasnya memberikan jaminan kepastian yang sehat, kecuali jika setiap aparatnya ikut terseret dalam keberpihakan mengkriminalisasikan pesta demokrasi. Dus, kualitas penyelenggaraan pemilu, meskipun sudah ada produk hukum yang mengaturnya akan diwarnai atau ditentukan oleh peran yang ditunjukkan oleh kalangan penegak hukum. Sikap tegas dan egaliter penegak hukum dalam mengimplementasikan norma-norma hukum untuk menyelesaikan pelanggaran dan kejahatan pemilu akan menentukan cacat tidaknya pemilu. (*)

0DQDMHU3HPDVDUDQ%XDUL .RRUGLQDWRU/LSXWDQ6UL1XJURKR 5HGDNWXU3HODNVDQD'HZL<XKDQD 6HNUHWDULV5HGDNVL1RHU$GLQGD=DHQL .RPSDUWHPHQ6XPDUJD1XUWDQW\R   $EGXO+DOLP 5HGDNWXU0DKPXGL0XFKLG6DPVXOLRQR -RQ6RHSDULMRQR6KXYLD5DKPD0XKDLPLQ )HEUL6HW\DZDQ%DJXV$U\:LFDNVRQR 6WDI5HGDNVL/DLODWXO5RVLGD+DU\6DQWRVR,UD

J J J

J

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun â&#x20AC;&#x201C; Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

Wajah Baru Anggota Dewan HASIL penghitungan sementara Pileg 2014 untuk wilayah Malang Raya sudah bisa dilihat, siapa saja yang bisa masuk menjadi anggota DPRD Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Banyak anggota lama yang terpental digantikan oleh muka baru. Dominasi partai pun berpindah dari Partai Demokrat ke PDIP. Partai yang didirikan SBY itu mengalami penurunan suara yang sangat besar, sebaliknya PDIP mengambil alih suara Partai Demokrat. Bahkan di kabupaten Malang, suara Partai Golkar mengalami peningkatan yang sangat besar. Bisa dipastikan, ketua DPRD di tiga wilayah tersebut tidak bisa lagi duduk di kursinya. Di kota Malang misalnya, ketua DPRD Arif Darmawan dari Partai Demokrat gagal kembali ke gedung dewan karena tidak mampu meraup suara di dapil Lowokwaru. Hal ini bisa dimaklumi, karena penurunan suara partai berkuasa ini terjadi secara nasional.Meskipun demikian, suara partai ini tidak habis sama sekali, tapi masih ada sisa yang bisa dipertahankan. Untuk periode 2014 â&#x20AC;&#x201C; 2019 wajah DPRD di Malang Raya akan diwarnai wajah baru dan semangat baru. Tentu kita berharap, wajah baru tersebut akan membawa perubahan lembaga legislative ini lebih aspiratif terhadap kepentingan rakyat. Harapan memang tidak hanya kepada para muka baru, tapi semua wakil rakyat, tapi dengan semangat dan idealism, para anggota baru bisa menjadikan lembaga dewan lebih berwibawa. Mereka harus bisa membawa lembaga perwakilan ini sesuai dengan fungsinya, perwakilan, legislasi dan pengawasan. Selama ini peran tersebut tenggelam oleh dominasi eksekutif yang terlalu besar. Tak heran bila banyak anggota dewan yang tidak berdaya menjalankan perannya, karena mereka takut pada eksekutif. Padahal, seharusnya kekuasaan eksekutif dan legislative itu sama, bahkan dalam banyak hak legislatif bisa memerintahkan kepada eksekutif. Sayangnya tidak banyak anggota dewan yang tidak paham peran ini, atau mungkin memang sengaja tidak mau memainkan peran tersebut karena takut pada eksekutif. Para muka baru tersebut datang dari berbagai kalangan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Umumnya mereka masih awam tentang hak dan kewajiban DPRD, baik sebagai lembaga maupun anggota. Inilah tugas partai, untuk memberikan bekal kepada anggotanya tentang tata cara kerja anggota legislatif. Perjuangan yang berat untuk menjadi anggota dewan ini harus diimbangi dengan kinerja maksimal untuk kepentingan rakyat, seperti yang selalu disampaikan dalam kampanye. Dengan menjalankan tugas sebagai anggota dewan dengan baik yang hasilnya untuk kepentingan rakyat, sesungguhnya mereka sudah mulai berkampanye untuk pemilu 2019 yang akan datang. Maka, kalau ingin terpilih lagi pada pemilu yang akan datang, mulai sekarang harus sudah melakukan kampanye dengan menjalankan tugas sebagai anggota dewan sebaikbaiknya. Kinerja anggota dewan akan membawa dampak yang hasilnya akan dinikmati oleh masyarakat. Masyarakat akan tahu, bahwa apa yang mereka rasakan itu adalah hasil perjuangan dari para wakilnya di legislatif. Itu sudah menjadi poin tersendiri untuk meraih simpati masyarakat pada pemilu yang akan datang. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

5DYLND9DQGUL%DWWX6LJLW5RNKPDG3R\+HUL3$JXQJ J 3UL\R7RPP\<XGD3<XGLVWLUD6DW\D::6WHQO\ 5HKDGVRQ%LQDU*XPLODQJ0LVNL%LQ-DPDOXGGLQ J /D\OL6DOLPDK0XKDPPDG&KRLUXO$QZDU 5HGDNWXU)RWR*XHVW*HVDQJ J )RWRJUDIHU0XKDPPDG)LUPDQ5L]DO)DQDQ\ ,QIRUPDWLRQ 7HFKQRORJL-O-XQDHGL NRRUGLQDWRU  J 1\RQR-XDUL 7LP$UWLVWLN6ODPHW3UD\LWQR NRRUGLQDWRU  .XUGL\DQWR6XVLOR$FKPDG0X]DPLO(NR$EGL +DV\LP$ULI6\DLIXUUDKPDQ6LWL1XUFKDVDQDK

,NODQ+,VZDQWR,VPDGL5HQGL\DQWRN6DSWR3 =DLQDO$ULILQ,PDP:DK\XGL 6LUNXODVL:L\RQR NRRUGLQDWRU 6LUKDQ6DKUL 5RQQ\+HQGUR0RFK6XDGL/XWIL<XQLQGUD 3HQJHPEDQJ8VDKD7DXILNXU5DKPDQ NRRUGLQDWRU  6LQ\R6XZLJQ\R 8PXPGDQ.HXDQJDQ6\DILXGLQ NRRUGLQDWRU  +XGD1XU7RZLOLU ,NODQ 5HQL63 VLUNXODVL  6LWL0X]D\DQDK6XMRQR%DPEDQJ7/

J

:DUWDZDQ0DODQJ3RVWGLOHQJNDSLWDQGDSHQJHQDOGDQWLGDNGLSHUNHQDQNDQPHQHULPDDWDXPHPLQWDXDQJGDQEDUDQJDSDSXQGDULQDUDVXPEHU5HGDNVLPHQHULPD$UWLNHOGDQ2SLQL 3DQMDQJQDVNDKDUWLNHOWLGDNOHELKGDULVDWX+DODPDQGDQWLGDNPHQJDQGXQJ6$5$.LULPEHUVDPD)ODVK'LVN&'NH0DODQJ3RVW-O6ULZLMD\D0DODQJ 7HOS  DWDXOHZDWHPDLOUHGDNVL#PDODQJSRVWFRP:HEVLWHZZZPDODQJSRVWFRP7XOLVDQDWDXIRWRGHQJDQNRGHVLUNXODVLDGYHUWRULDOGDQVRFLHW\DGDODKLNODQ REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: DJ AMIEL


MINGGU, 20 APRIL 2014

Rizkyku Moslem Shop

5

SKY ROOM CAFE

Jaga Sepatu Tetap Kering Kala Hujan MALANG – Kala musim penghujan, apakah sepatu Anda sudah aman dari guyuran air hujan? Bila belum, ada baiknya Anda memiliki jas sepatu hujan dari Cosh. Selain membuat aman sepatu Anda ketika berkendara maupun berjalan tatkala hujan, modelnya juga menarik layaknya sepatu boot. Jas sepatu hujan Cosh ini bisa Anda dapatkan di tenant Rizkyku Moslem Shop yang kini tengah mengikuti pameran di Atrium Hall Malang Town Square. Cosh sepatu hujan ini terdiri dari dua pilihan, yakni untuk anak-anak dan dewasa. “Untuk anak ukurannya antara S sampai L. Sementara untuk dewasa, antara M sampai dengan XXL. Paling besar bisa untuk sepatu berukuran 45,” ungkap Sales Rizkyku Moslem Shop, Rahmatul Hamdiah. Menurutnya, antara anak dan dewasa ukuran sepatunya berbeda, sekalipun sepatu hujan untuk dewasa pun terdapat yang berukuran L. “Standar ukurannya berbeda,” tegas perempuan yang akrab dipanggil Rahma ini. Dia menuturkan, ada lima pilihan warna yang bisa Anda pilih. Warna tersebut yakni merah, hitam, biru, kuning dan merah muda. Untuk sepatu hujan dewasa, kebanyakan berwarna hitam dan biru. Sebaliknya, sepatu hujan anak-anak dominan berwarna merah muda dan kuning. Sepatu yang diproduksi di Bandung ini dijamin keawetannya. Sekalipun badan sepatu tidak terbuat dari karet atau kulit. “Bahannya seperti jas hujan anak-anak yakni parasit. Di bagian bawah terdapat sol berupa spon,” tegas dia. Dia menuturkan, selama pameran yang telah berlangsung sejak 8 April

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BEST VIEW: Sky Room Café menawarkan tempat nongkrong dengan pemandangan city light di malam hari yang menakjubkan.

Menikmati Malam di Tempat Tertinggi Kota Malang

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BAHAN AWET: Sepatu waterproof ini mampu melindungi sepatu kala Anda berkendara saat hujan.

diburu llalu l iini, i sepatu hhujan j iitu dib oleh masyarakat dan dari berbagai usia. Memang, dia mengakui anakanak atau remaja yang paling menggemarinya. “Tetapi tidak jarang bapak-bapak

yang sudah d h ddewasa, kkarena ffungsinya i untuk mengamankan sepatu dari air hujan,” beber dia kepada Malang Post. Rata-rata dalam sehari, sepatu yang dijual dengan bandrol Rp 40 ribu ini bisa terjual sebanyak 10 pieces. Bahkan saat

akhir bisa mencapaii 15 pieces khi pekan, k bi i dalam sehari. “Ini saja sekarang stoknya menipis. Mungkin karena setiap sore hujan, jadi banyak pengunjung mall yang membeli juga. Selain itu, yang jual juga masih jarang,” pungkasnya. (ley/fia)

Precise

Diskon Semua Produk Hanya Hari Ini

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BERBEDA: Dua koleksi dari Nita Collection, yakni gamis untuk dewasa dan anak-anak yang memiliki model berbeda.

Nita Collection

Koleksi Gamis Harga Spesial MALANG – Bila Anda berkunjung ke MX Mall di akhir pekan ini, ada baiknya Anda untuk berhenti sejenak melihat pameran fashion yang berlangsung di Lantai 1. Berbagai koleksi dari peserta tenant dipastikan menggoda Anda, salah satunya Nita Collection yang memiliki berbagai macam koleksi untuk berbusana muslimah. Pameran yang berlangsung sejak Kamis (17/4) lalu ini akan berlangsung hingga Minggu (20/4) inu. “Hanya empat hari saja tetapi semua tenant pasti memberikan harga spesial untuk pameran kali ini,” tandas Sales Nita Collection, Nini Nuraini. Dia menyampaikan, untuk tenantnya menawarkan berbagai perlengkapan untuk berbusana syar’I. Namun, yang menjadi andalan merupakan koleksi gamis modern yang dipastikan membuat Anda tertarik untuk memiliki salah satu koleksinya. “Gamis kami pasti berbeda. Gamis berpadu blazer,” ujarnya. Dia mencontohkan untuk gamis yang berbahan kain spandek sebagai dalaman. Sementara bagian luarnya, dengan warna yang senada, misalnya saja merah, maka blazernya disiapkan dengan menggunakan glitter sehingga tampak mewah ketika diaplikasikan di badan Anda. “Untuk blazernya meng gunakan kain babat dengan kerlap-kerlip. Tetapi tidak terlalu mencolok, bila terkena lampu saja efeknya terlihat indah,” beber dia kepada Malang Post. Aini menyampaikan, koleksi ini satu setnya ditawarkan dengan harga mulai Rp 399 ribu sebelum diskon. Se lama pameran, diskonnya berbeda-beda, apalagi bila Anda membeli lebih dari satu pieces. Masih menurut dia, koleksi lain yang juga menjadi buruan yakni gamis anak. Cenderung berbeda dengan gamis dewasa, permainan warna dalam satu set gamis menjadi kelebihan yang ditawarkan. “Untuk anak-anak, pasti suka dengan tampilan yang cerah. Jadi berkebalikan dengan koleksi gamis dewasa. Harganya mulai Rp 140 ribu sebelum diskon,” tambahnya. Bila Anda mencari koleksi lain, kerudung dan rok Ramma merupakan produk lain yang tidak kalah menarik untuk Anda miliki. (ley/fia)

MALANG – Mendekati liburan sekolah, Store Precise di Mall Olympic Garden memberikan promo istimewa untuk koleksi sepatunya. Program beli satu gratis satu digelontorkan selama April ini, baik untuk sepatu casual, sport hingga sepatu sekolah. Head Store Precise MOG, Erlin Dina Kustamianti menuturkan, bila promo ini sudah berlangsung sejak akhir Maret lalu. “Nanti berakhirnya di minggu petama bulan Mei. Promo ini berlangsung sebulan lebih,” tuturnya. Menurut dia, promo ini untuk menunjang liburan sekolah yang semakin dekat. Sebab, selama April ini secara bergantian anak SD, SMP dan SMA

melaksanakan Ujian Nasional. “Jadi yang tidak ujian dan sedang berjalan-jalan ke MOG, kami goda dengan promo ini. Selain itu, sejak akhir Maret lalu kan ada beberapa kali long weekend,” terang dia kepada Malang Post. Untuk mendapatkan promo ini, tidaklah susah. Customer tinggal memilih sepatu yang sudah mendapatkan label promo. Penentuan harganya, yang dibandrol paling tinggi sebagai harga acua. Misalnya, customer membeli sepatu casual dengan harga Rp 150 ribu dan sepatu sport seharga Rp 180 ribu, maka harga yang harus dibayar sebesar Rp 180 ribu. Dia menyebutkan, untuk sepatu anak-anak dibandrol

mulai dari Rp 120 ribu. Paling mahal seharga Rp 190 ribu. “Itu untuk berbagai pilihan sepatu anak. Tetapi yang paling mahal biasanya sepatu sport,” imbuh Erlin. Perempuan berkacamata ini menyampaikan, untuk sepatu dewasa dibandrol mulai dari Rp 160 ribu. Paling mahal, di kisaran Rp 250 ribu untuk sepatu sport seperti sepatu sepakbola maupun futsal. Masih menurut dia, di akhir pekan ini, Precise memiliki penawaran tambahan. Yakni all product kena diskon, termasuk kategori ner arrival. “Sepatu baru pun diskon 20 persen. Tetapi khusus hingga Minggu (20/4) saja,” pungkasnya. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BANYAK: Berbagai sepatu olahraga didiskon 20 persen hanya di Minggu (20/4) ini.

MALANG – Menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu di Kota Malang dari ketinggian, cobalah percayakan keinginan tersebut pada Best Western OJ Hotel. Di kafenya yang bernama Sky Room Café, Anda bisa menikmati malam dengan pemandangan yang memukau. Berkelas namun dengan harga yang bersahabat. Sky Room Café ini berada di Roof Top hotel yang berdiri di Jalan Dr. Cipto tersebut. “Tepatnya di Lantai 12 hotel. Ini merupakan lokasi tertinggi diantara gedung lain di Kota Malang,” ujar Assistant Marketing Communication Manager Best Wesztern OJ Hotel, Ledya Shelfy. Menurutnya, sekalipun berada di hotel berbintang, tidak perlu kuatir mengenai harga. Pasalnya, untuk menu beverage ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 17 ribu, Sementara untuk snack bandrolnya mulai dari Rp 25 ribu. Makanan ringan juga masih sangat terjangkau. Untuk main course, mulai dari Rp 30 ribuan. “Tidak usah takut dan berpandangan di hotel itu mahal. Bisa dibuktikan disini. Contohnya Capuccino King harganya hanya Rp 20 ribu,” terangnya. Memang, di tempat yang berada di ketinggian sekitar 50 meter ini Anda akan menemukan harga menu yang cozy alias murah. Misalnya saja menu Ayam Mama yang merupakan salah satu menu favorit. Bandrolnya hanya Rp 50 ribu saja. Menu ini berupa ayam yang direbus dengan santan dan berasa agak pedas. “Selain itu, pilihan makanannya juga bersahabat. Mulai dari menu tradisional hingga western. Tetapi, menu di Sky Room ini tidak akan didapatkan di Dinaya Café dan Pandanwangi Restaurant,” tegas Shelfy. Di tempat ini, Anda bisa memilih dua lokasi yang dikonsep berbeda untuk kongkow atau menghabiskan malam bersama kekasih. Di sisi barat, lebih mengangkat konsep terbuka sebab berada di area luar dengan view Kota Malang bahkan sampai Kota Batu. Ditambah dengan live music yang setiap harinya berganti. Sementara di lokasi kedua, berada di sisi timur. Konsep tertutup, dan terkesan lebih privasi akan Anda dapatkan di bagian ini. Sebagai hiburan, berupa layar lebar yang menemani setiap tamu. Sky Room Café ini buka sejak pukul 16.00 WIB dan akan tutup pada pukul 00.00 WIB. “Terkadang bisa sampai pukul 01.00 WIB saat weekend. Tamunya betah sih,” tukasnya, lantas tertawa. (ley/fia)

Berbagai Jenis Madu, Asli Produksi Kota Batu MALANG – Bila Anda sedang mencari madu, cobalah untuk mengunjungi Pasar Grosir Matahari. Di tempat itu kini sedang berlangsung Roadshow Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya produk Madu Kota Batu yang menawarkan 16 macam jenis madu, dengan manfaat dan khasiat yang berbeda. Manajer Marketing Madu Kota Batu, Roni Fransiska menuturkan, bila dalam pameran ini semua macam madu tersebut dibawa. “Pilihannya beraneka ragam. Tergantung kebutuhan dari customer, untuk apa madu itu dikonsumsi,” tuturnya. Madu tersebut meliputi madu bunga randu, madu bunga karet, madu bunga kopi, madu bunga kelengkengt dan madu bunga rambutan. Lalu masih ada madu bunga mangga, madu bunga durian, madu bunga jambu dan madu bunga mahoni. Selain itu ada juga madu bunga kaliandra, madu bunga multiflora, madu bunga liar, madu royal jelly, madu pollen, madu super dan madu honey kids. Menurutnya, semua madu tersebut dikemas dalam tiga pilihan takaran, yakni 350 gram, 450 gram dan 850 gram. Harganya, untuk paling kecil dibandrol Rp 45 ribu. “Tergantung jenisnya. Untuk harga ukuran paling kecil paling mahal Rp 55 ribu,” terang Roni. Dia menyampaikan, untuk ukuran sedang, bandrolnya mulai dari Rp 55 ribu sampai dengan Rp 70 ribu. Sementara ukurannya seberat 450 gram. “Sedangkan yang paling besar ukurannya 850 gram dengan harga mulai Rp 100 ribu,” jelasnya kepada Malang Post. Roni menyebutkan, secara umum madu berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah nafsu makan. Selain itu, juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Pria ramah ini mencontohkan, untuk fungsi tambahan tergantung dari jenis madunya. Misalnya, untuk madu royal jelly baik dikonsumsi bagi yang berusia di atas 30 tahun. Kemudian, untuk madu bunga liar memiliki khasiat menghaluskan kulit wajah. (ley/fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


MINGGU, 20 APRIL 2014

Pemuda Kabah Serbu Kantor PPP Jatim Tuntut Musyafak Dipecat SURABAYA- Puluhan kader PPP dari Madura yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Peduli Kabah (APPK) menerobos masuk ke dalam kantor DPW PPP Jatim, Jalan Raya Kendangsari Surabaya, Sabtu (19/4/2014). Aparat kepolisian ikut mengawal kedatangan massa agar tidak berbuat anarkhis. Mereka rencananya akan mencari sosok Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer untuk diusir keluar dari kantor. Sayangnya, Musyafak sedang berada di Jakarta bersama Sekretaris Wilayah DPW Norman Zein Nahdi. Koorlap aksi APPK Mahmudi kepada wartawan mengaku kecewa Ketua DPW PPP tidak berada di kantor. Akhirnya, mereka hanya ditemui Wakil Ketua DPW PPP Jatim KH Mujahid Anshori, Koorwil DPP PPP untuk Indonesia Timur H Norman Fauzi Putra dan Sekretaris Majelis Pakar DPW PPP Jatim Taufik.”Kami mengutuk upaya personal atau kelompok yang ingin memecah belah PPP, kami mendorong DPP PPP untuk segera merealisasikan perintah pemecatan Musyafak dari Ketua PPP Jatim dan keanggotaan PPP,” teriak Mahmudi. Pihaknya juga meminta untuk mengisi kevakuman di DPW, pengurus PPP Jatim agar menunjuk pengganti Musyafak Noer. Selain itu, massa juga menuntut pengurus DPW menunjukkan surat pemecatan Musyafak Noer.

SEBAR KUNCI UNAS

Polisi Tangkap Siswa SMAN 12 Surabaya SURABAYA- Terbongkarnya kasus peredaran kunci jawaban Ujian Nasional (Unas), dan usai memeriksan 15 siswa, Polrestabes Surabaya akhirnya berhasil mengamankan penyebarnya yang berinisial R. Pelaku berstatus pelajar SMA Negeri 12 Surabaya. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta menjelaskan, setelah melakukan pemeriksaan dari 15 saksi, petugas mengarahkan pada 1 siswa yang secara meyakinkan menjadi otak dari tersebarnya kunci jawaban Unas di kalangan peserta Ujian. “Kini penyidik di fokuskan ke R, dan bisa kemungkinan statusnya sendiri ditingkatkan menjadi tersangka,” ujar Setija. “Petugas mengamankan dua orang siswa di kawasan Benowo Rabu (16/4) dini hari, meskipun sudah saya amankan, kita masih memberi kesempatan keduanya untuk mengikuti Unas. Sayangnya, 2 dari siswa ada 1 siswa melarikan diri dan tidak ikut ujian, dari sini petugas semakin curiga terhadapnya. Setelah melakukan pendekatan dengan orang tuanya, kami dapat melakukan pengamanan lagi,” tambahnya, Sabtu (19/4/2014). Usai terungkapnya beredarnya kunci jawaban tersebut, Kapolrestabes langsung berkoordinasi dengan dengan dinas pendidikan Provinsi dan Kota surabaya, serta menghubungi Menteri Pendidikan M Nuh. “Kami juga sudah melakukan kontak (telphon) dengan bapak menteri (Menteri pendidikan) bahwa jawaban Unas sendiri baik Diknas maupun siapa saja belum ada yang tahu, sebab jawaban tersebut akan dikirim satu minggu usai Unas,” lanjut setija menirukan ucapan M Nuh. Seperti diberitakan sebelumnya, petugas mengamankan dua siswa penyebar kunci Ujian Nasional (Unas), yang didapat dari temannya saat chating, lembar jawaban tersebut dijual seharga Rp 150 ribu petugas mengamankan 200 lembar kunci jawaban sebanyak 200 lembar. (jpnn/udi)

DISERBU: Jajaran pengurus PPP memberikan penjelasan tentang belum diterimanya salinan surat pemecatan Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer dari DPP PPP Sedangkan Wakil Ketua DPW PPP Jatim KH Mujahid Anshori menegaskan, hingga Sabtu (19/4/2014) siang ini belum menerima salinan surat pemecatan Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer dari DPP PPP. Hal ini terkait tuntutan dari massa Aliansi Pemuda Peduli Kabah (APPK) yang berunjukrasa di kantor DPW PPP Jatim, agar pengurus DPW menunjukkan surat pemecatan Musyafak Noer. “Kami belum terima salinan surat pemecatan dari DPP. Tapi

surat pemecatan Wakil Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa dan empat ketua DPW termasuk Jatim sudah terpublikasi di media,” tuturnya. Menurut dia, saat ini masih terjadi polemik dan tarik menarik antara dua kubu DPP PPP di Jakarta. “Kami tidak ingin terjebak dalam situasi itu. Kami minta agar elit partai menahan diri dan cooling down, jangan sampai PPP jadi korban. Kami akan menyelamatkan partai ini,” tegasnya.

Dia menyerukan DPC PPP seJatim untuk menjaga keutuhan PPP karena akan mengganggu proses rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2014 yang masih dilakukan di tingkat KPU kab/ kota. “Situasi ini adalah ujian sangat berat bagi PPP usai Pileg. Sayang kalau sampai terjadi perpecahan, padahal suara PPP secara nasional diprediksi meningkat dari 5,3 persen menjadi 7 persen pada Pileg 2014. Kursi DPRD Jatim diperkirakan dapat 6 kursi,” imbuhnya.

Menjawab jawaban dari pengurus DPW PPP Jatim, massa APPK mengaku tidak puas dan kecewa. Mereka meninggalkan kantor PPP Jatim dengan tertib dan mengeluarkan kalimat bernada ancaman. “Kalau salinan surat pemecatan Musyafak Noer tidak ada pada hari ini 1x24 jam, kami ancam besok atau lusa akan membawa massa lebih besar lagi dan memblokade kantor PPP Jatim,” ancam Mahmudi, koorlap APPK dengan berteriak. (jpnn/udi)

Pemilu Ulang di Sampang Gagal Digelar SAMPANG- Pelaksanaan pemilu ulang di 19 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sampang, Madura, Sabtu (19/4), gagal digelar karena tidak ada warga yang bersedia menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).”Petugas PPS sejak kemarin hingga tadi malam dan dilanjutkan tadi pagi sudah melakukan rekrutmen anggota KPPS, tapi tidak ada yang bersedia. Akhirnya pencoblosan tidak terlaksana,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Robatal Abdul Hamid. Di Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, ada dua TPS yang dijadwalkan menggelar pemilu ulang atas rekomendasi Panwaslu Sampang dan Bawaslu Jatim, yakni TPS 12 dan TPS 13 di Desa Pandiyangan. Namun, tidak ada warga setempat yang bersedia menjadi ang-

6

GAGAL DILAKSANAKAN: Pelaksanaan pemilu ulang di 19 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sampang, gagal digelar karena tidak ada warga yang bersedia menjadi anggota KPPS. gota KPPS, maka pelaksanaan pencoblosan ulang di 2 TPS itu gagal dilakukan.

Sejak pagi, petugas gabungan dari Polres Sampang, dan Brimob Polda Jatim, serta

dari unsur TNI telah berada di Desa Pandiyangan, Kecamatan Robatal, Sampang. Para

petugas keamanan ini tiba ke Desa Pandiyangan bersamaan dengan pengiriman logistik pemilu dari KPU Sampang. Sebagaimana di 2 TPS di Desa Pandiyangan, pemilu ulang di 17 TPS di Desa Bira Barat, Kecamatan Ketapang, Sampang yang rencananya digelar Sabtu juga batal dilaksanakan. Penyebab gagalnya pelaksanaan pemilu ulang di 17 TPS itu karena sebagian petugas KPPS secara tiba-tiba mengundurkan diri dengan alasan tidak mau menanggung risiko yang bisa mengancam keselamatan jiwa mereka. Anggota KPU Sampang Hernandi Kusuma Hadi menjelaskan, jumlah pemilih yang akan mengikuti pemilu ulang di 19 TPS kali ini sebanyak 5.056 orang, terdiri dari 4.251 orang di 17 TPS di Desa Bira Barat dan 805 orang di 2 TPS di Desa Pandiyangan. (jpnn/udi)

Polisi Jaga Ketat Proses Rekapitulasi Suara

DIPERIKSA: Jajaran Polres Tuban melakukan penjagaan dan memeriksa tamu yang akan masuk ke kantor KPUD Tuban dengan menggunakan metal detektor.

TUBAN- Puluhan petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban diterjunkan di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tuban untuk melakukan pengamanan proses rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 ini, Sabtu (19/04/2014). Petugas melakukan pengamanan secara ketat kantor KPUD Tuban yang berada di jalan Pramuka, Kota Tuban tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu proses rekapitulasi suara yang berlangsung mulai hari ini. Sebanyak 70 personil dari jajaran Polres Tuban dan melakukan penjagaan di sekitar kantor KPUD Tuban. Selain itu petugas juga memeriksa sejumlah tamu yang akan masuk ke kantor KPUD Tuban itu dengan menggunakan metal detektor. “Untuk para undangan mulai dari tim sukses masing-masing parpol atau siapapun yang akan masuk kita

lakukan pemeriksaan dengan ketat,” terang AKP Yani Susilo, Kasat Sabhara Polres Tuban yang berada di kantor KPUD Tuban. Petugas memeriksa tas dan juga barang bawaan dari tim sukses maupun pengurus Parpol yang akan menyaksikan rekapitulasi suara di tingkat KPUD Tuban itu. Hal untuk untuk menghindari gangguan keamanan dalam proses rekapitulasi. “Pengamanan seperti ini akan kita lakukan sampai dengan selesainya proses rekapitulasi. Kami berharap supaya berjalan aman dan lancar,” lanjut mantan Kapolsek Kota Tuban itu. Sementara itu, dalam pengamanan proses rekapitulasi suara di kantor KPUD Tuban itu petugas kepolisian juga menutup jalan sepanjang jalan Pramuka, Kota Tuban. Jalan tersebut ditutup untuk kendaraan roda empat, sedangkan untuk roda dua tetap diperbolehkan untuk melintas. (jpnn/bj/udi)

Kantor PLN Madiun Hangus Terbakar MADIUN- Kantor PLN di Jalan S Parman Kota Madiun, Sabtu (19/4/2014) hangus terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30 WIB, setelah terjadi ledakan beberapa kali dari ruang server. Akibat kejadian ini hampir seluruh bangunan di lantai satu dan dua hangus. Menurut Aep Syaifuddin, petugas Asmin jaringan PLN Area Madiun, kobaran api merembet begitu cepat sebab hampir sebagian besar ruangan terbuat dari kayu. Selain menghanguskan semua ruangan, puluhan komputer dan dokumen penting juga hangus. “Api begitu cepat merambat ke semua ruangan. Ini disebabkan sebagian besar penyekatnya berupa kayu,” kata Aep Syaifuddin kepada wartawan. Kebakaran diketahui pertama kali oleh tiga orang satpam yang malam itu sedang piket. Namun ketiga satpam ini tak bisa memadamkan kobaran api yang terus melalap semua bangunan. Selain membakar bangunan dan seluruh isinya, kebakaran juga menghanguskan tiga mobil operasional dan mobil pribadi milik karyawan yang di parkir di lantai bawah. Sementara hingga saat ini belum ada laporan korban. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB, setelah petugas mendatangkan sejumlah mobil pemadam kebakaran milik TNI-AU. Belum diketahui berapa total kerugian yang diderita PLN Madiun. Peristiwa kebakaran sempat membuat arus lalu lintas di jalan S Parman Kota Madiun macet. Pasalnya para pengguna jalan banyak yang berhenti hingga memakan bahu jalan untuk melihat peristiwa kebakaran tersebut. Satpam Kantor PLN area Madiun, Anib mengatakan, pagi tadi sekitar pukul 04.00 WIB ia dan kedua rekannya melihat ada kepulan asap berwarna hitam pekat yang berasal dari bagian belakang kantor. “Asapnya dari bagian belakang tepat server. Tapi pas kami cari tiba-tiba ada suara ledakan beberapa kali,” ujarnya saat di lokasi, Sabtu (19/4/2014). Setelah adanya ledakan tersebut, api dengan cepat menyebar ke seluruh ruang kantor. Hingga pukul 07.00 WIB tadi lima unit mobil PMK yang berada di lokasi masih tampak hilir mudik memadamkan sejumlah titik api. Kebakaran juga membuat arus lalu lintas di jalan MT Harijono tampak macet total. Sejumlah warga tampak bergerombol di depan kantor sehingga membuat arus lalu lintas tersendat. (jpnn/udi)

TERBAKAR: Kantor PLN di Jalan S Parman Kota Madiun, hangus terbakar sekitar pukul 04.30 WIB, kemarin.

Tersangkut Jaring Ikan, Nelayan Tewas SITUBONDO- Seorang nelayan Situbondo ditemukan tewas tersangkut jaring ikan. Mayat Hariyanto (20) ditemukan 11 rekannya sesama nelayan yang sedang menjaring ikan di perairan laut Jangkar, Situbondo. Nelayan asal Desa Sumberanyar

Kecamatan Banyuputih itu terjatuh dan tenggelam di laut saat ikut menebar jaring ikan dari atas kapal motor. “Korban ditemukan tersangkut jaring ikan, tapi saat itu kondisinya sudah meninggal. Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 19.30

wib,” kata Kasubbag Humas Polres Situbondo AKP Wahyudi, Sabtu (19/4/2014). Keterangan yang dihimpun detikcom menyebutkan, nasib nahas yang dialami Hariyanto (20) terjadi saat sedang mencari ikan ke tengah laut bersama 11 nelayan

lainnya. Menggunakan perahu motor bernama ‘Kantor’, mereka bertolak ke tengah perairan Jangkar. Setibanya di lokasi kejadian, Hariyanto dan rekan-rekannya bergegas menebar jaring ikan. Ketika menebar jaring itulah Hariyanto tiba-tiba terjatuh

ke laut. Rekan-rekannya yang melihat sempat berusaha menolong, namun tubuh korban l a n g s u n g t e n g g e l a m . Tu b u h Hariyanto akhirnya ditemukan tersangkut jaring dalam keadaan tewas. Rekan-rekannya pun langsung mengevakuasinya

ke pinggir pantai. “Sudah dilakukan visum di Puskesmas, tidak ada tanda penganiayaan. Menurut rekan-rekannya korban diduga terjatuh dan tenggelam karena penyakit epilepsinya mendadak kambuh,” pungkas AKP Wahyudi. (jpnn/udi) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: SITI


SAMBUNGAN Libur, Sejuta Buruh Tetap Demo JAKARTA - Keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional tidak membuat kaum buruh berhenti melakukan demo di berbagai daerah. Aksi demo besar-besaran sudah disiapkan untuk merayakan Hari Buruh Sedunia (May Day). “Hampir satu juta buruh di seluruh Indonesia akan merayakan May Day pada 1 Mei 2014 dengan aksi besarbesaran. Khusus di Jakarta aksi May Day akan dilaksanakan dengan melakukan long march dari Bundaran HI menuju Istana Negara. Kemudian siangnya akan diselenggarakan May Day Fiesta di Stadion Gelora Bung Karno (Senayan) diikuti oleh 120 ribu buruh,” ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal kemarin (19/4). Selai di Jakarta, aksi May Day ini juga akan dilakukan secara serempak di 20 Provinsi terutama difokuskan di kantor-kantor pemerintahan seperti di Bandung, Semarang,Surabaya, Batam,Aceh,Medan,Lampung, Makasar,Gorontalo,Manado, Samarinda,Pontianak dan Papua. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan perwakilan KSPI di daerah-daerah itu untuk merealisasikannya.”Fokusnya di kantor Gubernur,” sebutnya. Seperti diketahui, pada 29 Juli 2013, Presiden SBY menuliskan dalam twitter-nya bahwa tanggal 1 Mei sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional yang dituangkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). “Walaupun 1 Mei telah ditetapkan

sebagai hari libur nasional tapi itu tidak menyurutkan semangat para buruh untuk terus berjuang menyuarakan tuntutan - tuntutannya,” kata dia. Dia menilai tahun ini adalah tahun penting bagi bangsa Indonesia untuk mendapatkan Presiden baru yang akan membawa Indonesia lebih baik lagi dalam lima tahun kedepan. Oleh karena itu, dalam memperingati Hari Buruh Sedunia tanggal 1 Mei nanti KSPI sudah memilih tema yang tepat.”Tema besar dalam May Day tahun ini adalah menata ulang Indonesia, mewujudkan negara sejahtera (Wellfare State),” ungkapnya. Dalam demo besar-besaran nanti, terdapat 10 isu yang akan disuarakan kaum buruh. Pertama, naikkan upah minimum 2015 sebesar 30 persen dan revisi KHL (kebutuhan hidup layak) menjadi 84 item. Kedua, menolak penangguhan upah minimum. Ketiga, jalankan jaminan pensiun wajib bagi buruh pada Juli 2015. Keempat, jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat dengan mencabut Permenkes 69/2013. Tuntutan kelima, hapus sistem kerja outsourcing. Keenam, sahkan rancangan undang-undang (RUU) Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan revisi Undang-Undang Perlindungan TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Ketujuh, cabut Undang-Undang Organisasi Masyarakat (Ormas) dan ganti dengan RUU Perkumpulan. Kedelapan, angkat pegawai dan guru honorer menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).”Kita minta guru honorer disubsidi APBN Rp 1 juta per

bulan,” tambahnya. Tuntutan kesembilan, pemerintah diminta menyediakan transportasi publik dan perumahan murah yang layak untuk kaum buruh. Pasalnya, harga perumahan di kota-kota besar sudah tidak terjangkau oleh penghasilan kaum buruh yang paspasan.”Tuntutan kesepuluh, kita minta jalankan wajib belajar 12 tahun dan pemberian bea siswa untuk anak buruh hingga Perguruan Tinggi,” rincinya. Mengenai hal itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyarankan ketimbang para buruh turun kejalan, lebih baik perusahaan dan buruh melakukan sesuatu yang positif dan berguna untuk kemajuan perusahaan. “Nggak usahlah demo-demoan. Mendingan kumpul bareng antara manajemen perusahaan dengan para buruh. Nanti bisa dibuat acara tumpengan atau apalah. Isi dengan berdoa demi kehidupan yang lebih baik,” sarannya. Sofyan mengaku kalangan swasta mulai tidak nyaman dengan ketidakpastian usaha di Indonesia kalau aksi demo terus terjadi. Apalagi tuntutan para buruh sudah tidsak rasional ditengah himpitan yang tengah dirasakan pengusaha pada tahun ini.”Sekarang bukan zamannya saling menekan. Jangan sampai pengupahan didasarkan atas demo-demo. Iklim investasi dunia sedang tidak baik. Jangan kita merusak lagi,” jelasnya. (wir/jpnn)

‘Arema IPL’ Ngaplo Sambungan dari Hal 1 Padahal, Arema tidak turun dengan kekuatan terbaik saat pertandingan malam kemarin. Gustavo Lopez diistirahatkan dan digantikan Hendro Siswanto. Samsul Arif Munip si striker cepat nan tajam, juga masuk bench. Joko ‘Gethuk’ Susilo, ahli strategi Arema, memainkan Arif Suyono. Begitu juga, tim pelatih lebih memilih Gilang Ginarsa daripada Benny Wahyudi. Joko Susilo menyebut bahwa rotasi lawan PBR berjalan sukses. ‘’Arif Suyono dan Gilang Ginarsa bermain bagus. Mereka bisa menggantikan posisi pemain inti. Kita bertaruh malam ini (semalam, Red.) dan dapat hasil yang sangat memuaskan,’’ terang Gethuk kepada Malang Post sesaat usai pertandingan. Pelatih berlisensi A Nasional tersebut menjelaskan, pertaruhan yang dilakukan tim pelatih tak lepas dari jadwal neraka yang dihadapi

oleh Arema. Sebelum menghadapi PBR, tim berlogo singa itu harus melawan Selangor FA, tiga hari sebelumnya. Kondisi tim kelelahan sehingga harus masuk hotel Tidar demi jacuzzi. ‘’Kita sudah tidak mungkin lagi menjaga starting line up seperti biasa. Harus ada rotasi. Kita sukses rotasi, tanpa mengorbankan kualitas permainan serta misi kemenangan,’’ tegas Gethuk. Senada, Suharno, pelatih Arema juga menyebut bahwa Arema mampu mengakali jadwal padat dengan rotasi. ‘’Arema main disiplin di belakang dan tidak kebobolan, juga bisa cetak gol untuk dapatkan tiga poin,’’ terang Suharno. CEO Arema, Iwan Budianto memuji keberanian tim pelatih yang bertaruh dengan penuh resiko dicaci maki bila gagal. ‘’Saya puji tim pelatih. Mereka berani ambil

resiko melakukan rotasi. Mereka tahu, kalau rotasi gagal, akan jadi bahan caci maki manajemen dan publik. Tapi mereka berhasil,’’ tutur IB, dalam pressconference. Sementara itu, Dejan Antonic, masih bisa senyum-senyum dan bercanda dengan awak media saat pressconference usai pertandingan. Pelatih kepala PBR, menyebut, kualitas pertandingan bagus. ‘’Kita kalah dan harus mengubah permainan, begitu Boban (defender) dikartu kuning kedua oleh wasit. Kita harus main dengan 10 orang dan itu mempengaruhi permainan kita. Tapi saya puji permainan anak-anak,’’ tegas Dejan. Sukses Arema mengalahkan skuad dengan mayoritas alumni IPL itu, membuat Singo Edan kembali ke puncak. Singgasana sempat direbut Semen Padang dan Persib Bandung. (fin/avi)

Minim Butuh 100 Pensil, Hasil Latihan Dihargai Rp 50 Juta Sambungan dari Hal 1 Bulu-bulunya begitu rapi. Garisgaris cokelat yang berjajar, seperti padang rumput savana yang menguning. Loreng hitam menyembul di sana-sini, bergelombang seperti awan hitam. Bulu loreng si macan, membungkus kekuatan otot-ototnya. Punggungnya terlihat keras. Siku kaki si macan pun tegas dan kuat. Si macan seperti bicara, siapa mendekat, langsung disikat. Seperti itulah pengambaran Malang Post saat melihat karya seni lukisan pensil warna dari Chairul Sabarudin. Sekilas, hasil karya Iroel, sapaan akrabnya ini, seperti foto. Namun, begitu didekati, gambar macan ini adalah lukisan. Dengan media pensil warna, Iroel yang asli Malang, begitu detail dalam melukis hewan predator ini. Iroel menggambarkan si macan dengan begitu halus. Garis bulunya lembut namun tegas. Lalu, kekuatan warna untuk menggambarkan macan secara nyata, juga jadi keistimewaan gambar ini. Tiap goresan pensil warna di atas kanvas, makin menghidupkan sosok macan yang digambar oleh Iroel. Karya ini hanyalah satu dari puluhan lukisan Iroel yang menggunakan pensil warna. Ya, pelukis yang tinggal di daerah Bantaran, Blimbing itu, merupakan pelukis pensil warna paling top yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Belum ada karya lukis dengan media pensil warna di Indonesia, yang bisa menyamai level karya Iroel. Dengan mengandalkan detail, pelukis kelahiran 1968 itu, memberi soul atau nyawa bagi lukisan pensil warnanya. Iroel menjelaskan, lukisan macan yang dibuatnya awal tahun 2014, adalah lukisan latihan. ‘’Ini adalah lukisan latihan. Saya belajar teknik baru dalam melukis pakai alat pensil warna yang saya modifikasi. Makanya lukisan macan minum air ini, gak ada judulnya, alias untitled,’’ terangnya kepada Malang Post. Hasil gambar yang begitu detail dan berkelas ini, ternyata cuma gambar latihan yang mempergunakan pensil warna pendek yang sudah tidak terpakai. Alumnus Seni Rupa Universitas Negeri Malang ini menjelaskan, 95

persen hasil lukisan macan minum air ini, tidak menggunakan pensil baru. Iroel memanfaatkan pensilpensil bekas. Ia mengelupas batang kayu pensil, menyisakan bagian batang warna. Setelah dikelupas, batang warna yang pendek-pendek itu dimasukkan dalam alat khusus. Alat tersebut adalah penghapus elektronik, yang dimodifikasi agar bisa jadi pensil elektrik. Batang berwarna itu dibebat kertas tipis, dan diselipkan di pucuk penghapus elektrik. Setelah itu, alat elektrik tersebut dipakai menggambar macan minum air yang tanpa judul tersebut. Iroel hanya menggunakan pensil warna untuk melakukan finishing lukisan si macan. Seniman yang juga anggota galeri seni nasional Zola Zolu di Bandung tersebut mengungkapkan, ia menghemat banyak biaya dengan menggunakan pensil bekas yang tak terpakai. Biasanya, ia menghabiskan sekitar 100 pensil warna baru, untuk lukisan dengan lebar 1 x 2 meter seperti si macan. Jika ditotal, maka biaya yang dihabiskan untuk 100 pensil warna adalah Rp 3 juta. Satu lukisan seperti si macan, juga harusnya menghabiskan minimal 100 pensil warna baru. Tapi, karena hanya memakai pensil bekas, Iroel mampu meminimalkan biaya, dengan hasil yang sangat berkelas. ‘’Saya menghabiskan banyak sekali pensil bekas. Mungkin pensil bekas bisa mencapai 400 buah, atau setara 100 pensil warna baru. Kalau diuangkan, harusnya habis Rp 3 juta untuk satu karya. Tapi karena bekas jadi pensil barunya hanya untuk finishing saja,’’ tegas adik kandung Indra Aswan, pencari keadilan yang biasa berjalan kaki ke Jakarta, tersebut. Untuk menggarap lukisan si macan tanpa nama, Iroel menghabiskan waktu sekitar 3 minggu. Meskipun Iroel sudah belasan tahun jadi seniman, tepatnya sejak tahun 1990, ia selalu menghadapi kesulitan yang sama dalam setiap karya pensil warna. Menurut maniak film ini, melukis pensil warna beda dengan cat air atau cat minyak. ‘’Kesulitan utamanya adalah, menutup bidang lebar dengan ujung runcing. Lukisan

saya selalu memakai kanvas besar, sedangkan ujung pensil tak lebih lebar dari setengah millimeter. Tentu saja itu punya tingkat kesulitan sendiri. Harus ekstra sabar,’’ tutur Iroel. ‘’Tangan saya juga jadi dempal sebelah. Tangan kanan saya lebih besar dari tangan kiri saya. Belasan tahun saya mengarsir dengan pensil, jelas saja otot tangan kanan saya mrengkel sebelah, hahaha,’’ kata Iroel sambil tertawa. Namun, perjuangan serta tingkat kesulitan pensil warna yang mendetail seperti karya Iroel, juga tidak murahan. Dengan gaya realis beraliran simbolis, Iroel sudah membangun reputasi sebagai pelukis pensil warna tersohor di Indonesia. Satu karyanya, dihargai dengan nilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Lukisan si macan yang tanpa nama dan hanya jadi lukisan latihan, harganya diatas Rp 50 juta. ‘’Ya kurang etis menyebut harga. Tapi memang lukisan saya untuk saat ini tak pernah dijual di bawah harga Rp 50 juta. Meskipun lukisan macan adalah lukisan latihan, tetap saja saya buat karya yang laku dijual. Hehe. Beberapa karya juga ada yang di atas Rp 100 juta,’’ tegas Iroel. Saat ini, Iroel sedang mengerjakan proyek untuk pameran di Art Bazaar Jakarta, bulan Juli 2014. Art Bazaar adalah ajang pameran seniman top nasional dan internasional. Dalam Art Bazaar, tidak ada karya seni yang nilainya murah. Semua karya yang dijual di Art Bazaar mahal. Iroel sendiri sudah dua kali ikut Art Bazaar dan laris manis. Tahun ini adalah tahun ketiganya di Art Bazaar. Pelukis yang sudah 7 tahun bergabung dengan galeri seni Zola Zolu Bandung itu bakal memamerkan lima karya terbaiknya untuk dipertontonkan kepada para borjuis dan kolektor yang tak pikir harga dalam berburu karya seni. Hasil lukisan Iroel di Art Bazaar dihargai mulai Rp 50 juta hingga di atas Rp 100 juta. ‘’Insya Allah karya saya bakal ikut di Art Bazaar bulan Juli. Salah satu karya saya berjudul Splash, digambar di atas kanvas ukuran 1,9 x 2,5 meter. Sudah 85 persen,’’ tutup pelukis yang sudah jadi langganan majalah seni internasional itu. (fino yudistira)

MINGGU, 20 APRIL 2014

7

Pelindo Ingin Operasikan Terminal Kelas Dunia JAKARTA - PT Pelindo II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) menandatangani shareholder agreement (SHA) untuk proyek container terminal 1 (CT1) NewPriok, Pelabuhan Tanjung Priok, di Grand Hyatt kemarin (19/4). IPC menunjuk Mitsui & Co Ltd (Mitsui) sebagai mitra operator untuk mengoperasikan CT1 NewPriok. Perusahaan Jepang itu dipilih melalui mekanisme penunjukan langsung. Penandatanganan SHA ini sebagai kelanjutan dari Memorandum of Agreement (MoA) antara Pelindo II dan Mitsui yang telah ditandatangani pada 25 Februari 2014 di Tokyo, Jepang. Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan ikut menyaksikan proses tersebut. Direktur Utama PT Pelindo II R.J. Lino mengatakan, nantinya kedua perusahaan ini akan membentuk sebuah anak perusahaan untuk mengoperasikan CT1 NewPriok. Namun, ditunjuknya Mitsui bukan untuk mengoperasikan terminal secara penuh.

“Shareholder-nya 51 persen IPC dan 49 persen Mitsui. Jadi masih kami yang mayoritas,” jelas Lino kepada wartawan setelah penandatanganan SHA. Lino menuturkan, Mitsui diharapkan memberi nilai tambah bagi dunia kepelabuhanan Indonesia. Mereka siap memberi kontribusi untuk membangun fasilitas pelabuhan seperti di negara-negara maju,” ujarnya. Kendati dinilai sudah bisa mengoperasikan pelabuhan, Lino menyebut IPC belum sanggup mengoperasikan terminal kelas dunia. IPC masih butuh waktu untuk menyiapkan diri.”Untuk yang sekarang ini kami sekalian belajar. Dengan begitu, terminal 2 nanti bisa dioperasikan sendiri,” ungkap dia. IPC ngotot melakukan pembangunan pelabuhan karena menyadari peran penting pelabuhan selaku penopang kegiatan ekonomi negara. Pembangunan pelabuhan ini merupakan upaya IPC untuk memecahkan masalah lalu lintas kargo Indonesia yang identik lama dan mahal.

Nantinya, lalu lintas kargo Indonesia diharapkan bisa lebih cepat dengan tarif logistik yang lebih murah. Ada tiga komponen yang mempengaruhi kondisi lalu lintas kargo Indonesia. Yakni tarif, keandalan, dan produktivitas. “Dengan pelabuhan berkelas dunia tersebut, semua komponen itu bisa terpenuhi,” terang Lino. Proyek pembangunan konstruksi infrastruktur NewPriok CT1 tersebut telah dimulai pada akhir 2012. Menurut Lino, sekarang ini progress pembangunan fisiknya sudah mencapai 50 persen. “Akan bisa dioperasikan pada akhir tahun ini,” ucap dia. Terminal NewPriok tahap 1 akan terdiri atas tiga container terminal berkapasitas 1,5 juta twenty foot equivalent units (TEUs) dan dua terminal produk. Pembangunan tahap 1 ini diperkirakan akan rampung pada 2018 dengan tambahan kapasitas 4,5 juta TEUs. Setelah proyek rampung, kapal terbesar di dunia berisi kontainer ukuran 18.000 TEUs bisa bersandar ke tanah air. (and/hen/kim/jpnn)

Beto Akhiri Paceklik Gol Sambungan dari Hal 1 Setelah itu, Beto seperti kehilangan sentuhan. Titik terendahnya, adalah saat gagal berangkat ke Bandung karena keracunan makanan. Tanpa Beto, Arema kalah 3-2 di Stadion Si Jalak Harupat, oleh Persib. Kekalahan itu akhirnya dibayar lunas. Malam kemarin, Beto bersinar di atas lapangan dan mencatatkan namanya di papan skor sebagai pencetak gol. Tapi, Beto sadar dua gol sekaligus tiga poin untuk Arema, bukanlah hasil santaisantai selama latihan. Beto mengaku

sangat keras menempa dirinya selama latihan bersama Suharno-Joko “Gethuk” Susilo, agar bisa bikin gol lagi. “Bagi saya ini adalah buah dari kerja keras selama latihan. Tidak bisa bikin gol? Latihan lebih keras lagi. Latihan ini juga akhirnya yang beri saya kesempatan dan peluang untuk mencetak gol,” tegas Beto. Mantan bomber Persijap juga memuji kerja keras seluruh awak penggawa Arema malam kemarin. Tanpa Ahmad Bustomi dkk, Beto

tidak akan bisa menampilkan kemampuan terbaiknya dalam membobol gawang PBR. Apalagi, Beto menyebut permainan Arema malam kemarin sangat istimewa. Terutama, kedisiplinan melaksanakan taktik, baik dalam bertahan dan menyerang. “Saya terimakasih kepada temanteman. Tanpa mereka, saya tak bisa apa-apa. Menurut saya hari ini Arema main bagus, taktik berjalan baik, saat menyerang kita bagus, saat bertahan kita bagus,” tutup Beto. (fin/avi)

menyerahkan salinan kunci jawaban dari para joki itu ke tim Itjen Kemendikbud. Kemudian oleh tim Itjen Kemendikbud kunci jawaban itu dicocokkan dengan master yang ada di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud. Nah hasil pencocokan ini nanti akan diserahkan juga ke kepolisian. Sampai saat ini Ramli masih berkeyakinan bahwa kunci jawaban yang dijual

para joki itu palsu. “Sama dengan kasus peredaran kunci jawaban di Bandung, juga palsu,” tandasnya. Meskipun sampai saat ini Kemendikbud belum melaporkan jika ada kegiatan pencocokan kunci jawaban itu, mereka telah berkesimpulan bahwa kunci yang dijual di Surabaya ini palsu. Pertimbangannya gampang, bahwa tidak ada laporan bahwa lembar jawaban bocor. (wan/avi)

Terancam Dianulir Sambungan dari Hal 1 Ramli mengatakan BSNP nanti akan menggelar pleno khusus terkait kasus di Surabaya itu. “Apakah nanti harus digelar ujian ulangan di Surabaya atau tidak, menunggu pengusutan secara menyeluruh,” papar dia. Ramli juga mengatakan polisi bisa mendapatkan akses untuk mencocokkan data kunci jawaban dari para joki dengan yang ada di Kemendikbud. Caranya adalah polisi diminta untuk

Bupati Instruksikan Razia Miras Sambungan dari Hal 1 Bung Rendra, sapaan akrabnya menyebut, di Kabupaten Malang Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang minuman keras, sudah ada. Namun ketika masyarakat membeli sendiri dan kemudian mencampur etanol dengan soda, itu sama saja dengan racun. “Mereka (para korban, red) bukan ahli kesehatan. Tidak seharusnya mereka mencampur minuman keras apalagi meminumnya. Itu sama saja dengan bunuh diri,’’ ujarnya. Disinggung soal produksi minuman keras yang ada di Kabupaten Malang, Rendra menyebut, pabrik miras yang ada di Kecamatan Wagir, sudah mengantongi izin. Apalagi peredarannya di luar Jawa. ‘’Di Kabupaten Malang ini, sudah ada peraturan menjual miras. Tidak semua toko boleh menjual miras. Aturannya pun, toko yang mendapat izin menjual miras, tidak boleh memajangnya. Karena itu, Satpol PP saya minta melakukan razia. Kepala desa juga harus ikut memantau,’’ terang Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Malang ini. Terpisah, Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta, menyambut positif rencana Bupati Malang yang akan melakukan razia dengan menerjunkan petugas Satpol P.P Polres Malang menyatakan siap mengaman-

kan sekaligus memback up jika memang akan melakukan razia terhadap peradaran miras. ‘’Intinya kami siap mengamankan dan memback up kalau memang melakukan razia miras. Tetapi kita harus melihat sisi prioritas mana dulu agenda yang harus dikedepankan,’’ ujar Adi Deriyan. Untuk menindaklanjuti kejadian tewasnya 10 orang akibat miras oplosan, mantan Kapolres Madiun Kota ini, telah meminta kepada seluruh Kapolsek di jajaran Polres Malang, untuk melakukan operasi tipiring (tindak pidana ringan). Baik di tempat hiburan, toko ataupun tempat-tempat lainnya. ‘’Akan ada operasi bersama secara berkesinambungan terus menerus dengan sasaran miras. Itu supaya tidak ada lagi korban miras oplosan di wilayah Kabupaten Malang,’’ tegas mantan penyidik KPK ini. Terpisah, Jumairah, istri Suparno Said, salah satu korban miras oplosan, meminta razia miras itu harus segera dilakukan. Menurutnya, suaminya kemungkinan tidak tahu, minuman yang diminumnya di warung kopi saat itu adalah miras oplosan. ‘’Suami saya tidak pernah minum miras. Apalagi yang dioplos. Mungkin saat di warung kopi itu, diberi minuman oleh temannya, yang sebenarnya itu adalah miras oplosan,’’ terangnya

kepada Malang Post kemarin. Karena itulah, dia berharap pemasok atau yang mengedarkan miras itu, segera ditangkap. Hal senada disampaikan Sukemi, ibu Rai Saputra, korban lainnya. Apalagi, Sukemi tidak tahu, kapan akanya minum miras oplosan. Karena dikeseharian, Rai diakui sangat baik di rumah. ‘’Kalau tidak pengaruh lingkungan dan teman-temannya, anak saya tidak mungkin minum miras oplosan,’’ yakinnya. Ibu dua anak ini juga berharap kepolisian segera menangkap pelaku yang mencekoki anaknya miras oplosan. Menanggapi keinginan keluarga korban tersebut, Kapolsek Lawang, Kompol Gatot Setiawan berjanji akan mengungkap pemasok miras oplosan yang dicampur ripen (sejenis ethanol) ini. Termasuk keterkaitan saksi kunci bernama Tika yang saat ini menghilang. Tika sendiri terkait dengan kasus pesta miras oplosan di Sumberwaras Kelurahan Kalirejo. Tika diduga mengetahui asal muasal miras alkohol berjenis ripen ini. Termasuk tempat mendapatkannya. ‘’Saat ini masih terus kami selidiki terkait kasus miras oplosan ini. Kami saat ini tengah mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi dan mendalami tempat duntuk mendapatkan ripen ini,’’ urai Gatot. (agp/big/avi)

Hari Ini Mulai Unjuk Bakat Sambungan dari Hal 1 Sesi wawancara, unjuk bakat dan foto ini akan dilaksanakan maksimal lima menit untuk setiap peserta. Materi wawancara seputar pengetahuan umum yang tidak jauh dari kehidupan remaja. Dan peserta wajib datang 60 menit sebelum wawancara. ‘’Dandanannya simpel saja, dan sesuaikan dengan umur kalian yang masih remaja,’’ ucap Tutor Putri Kartini, Nanang Inoransyah. Ada tiga orang juri yang akan mewawancarai peserta hari ini. Masing-masing berasal dari latar belakang yang berbeda. Yaitu penulis, desainer dan fotografer senior. Dalam sesi unjuk bakat, peserta diperbolehkan memakai baju yang sesuai dengan tampilannya. Misalnya yang dance

memakai kostum sesuai, atau yang mau tampil nyanyi dan juga puisi. ‘’Unjuk bakat ini sifatnya bebas tapi bukan bakat catwalk, karena ini bukan kontes modeling. Catwalk hanya penunjang saja,’’ tuturnya. Setelah sesi hari ini, rencananya pada 25 April mendatang para Putri Kartini ini akan diajak berkunjung ke Kampus Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Agenda kunjungan dilaksanakan pukul 13.00 WIB start dari kantor Malang Post. Usai kunjungan ke Unikama juga akan dilaksanakan gladi kotor di Plaza Araya. Selanjutnya Grand Final Putri Kartini 2014 akan dilaksanakan di Plaza Araya pada (27/4/14) jam 17.00 WIB. Polling putri favorit akan dimuat di

Malang Post mulai Senin 21 April besok. Pengumpulan polling favorit di Malang Post mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Satu peserta boleh mengirim sebanyak-banyaknya kupon poling ini. Sementara itu agenda technical meeting Putri Kartini 2014 kemarin berlangsung hangat di Ria Djenaka Coffe House and Resto Jalan Bandung nomor 5. Selain para finalis Putri Kartini, hadir pula Putri Kartini tahun sebelumnya. Ada Gita, Ragilda, Khadijah Azzahra dan Ima. Mereka membagikan pengalaman saat mengikuti kompetensi Putri Kartini Malang Post. Peserta 2014 pun antusias mendengarkan kisah inspiratif dari para seniornya yang kini sudah sukses memupuk bakatnya masingmasing. (oci/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


PEMILU

2014

Partisipasi Pemilih Pileg Capai 67,5 Persen MALANG- Kadar partisipasi pemilih di pemilu legislatif 2014 di Kota Malang diprediksi mencapai 67,5 persen. Angka ini dikategorikan sudah tinggi untuk ukuran partisipasi pemilih. Kepastian partisipasi pemilih di Kota Malang dipastikan diketahui secara detail hari ini dalam rapat pleno KPU dengan agenda penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara. Komisioner KPU Kota Malang, Zaenudin ST mengakui tingginya angka partisipasi pemilih dalam pemilu legislatif. Ia memprediksi, angka partisipasi pemiliu sangat bagus setelah mengamati hasil rekapitulasi perolehan suara di lima PPK yang sudah selesai digelar. “Kepastiannya akan diketahui besok (hari ini). Namun prediksi kami, partisipasi pemilih berkisar sekitar 67,5 persen. Angka partisipasi pemilih diatas 60 persen itu sudah tinggi,” kata komisioner KPU yang membidangi Divisi SDM, Organisasi, dan Hubungan Partisipasi Masyarakat ini. Komisioner KPU lainnya, Rusmifahrizal Rustam SH yang ditemui se cara terpisah memastikan sudah siap menggelar rekapitulasi perolehan suara tingkat KPU Kota Malang, Minggu ((20/4) hari ini. “Rapat pleno dijadwalkan dimulai jam 09.00 WIB sampai selesai. Kalau lancar, bisa selesai dalam sehari. Jika belum selesai dalam sehari maka akan dilanjutkan lagi keesokan harinya,” jelas Rusmi. Rapat pleno tersebut dihadiri oleh semua komisioner KPU dan saksi dari 12 parpol

8

POLITIK

Rapimnas PPP Bahas Rekonsiliasi dan Kursi

RIZAL FANANI/MALANG POST

PERSIAPAN: KPU Kota Malang bersiap melakukan rekapitulasi penghitungan suara hasil Pileg dari PPK.

peserta pemilu. Masing-masing parpol mengutus dua saksi. Mereka itulah yang akan mengikuti jalannya rapat pleno. Sedangkan caleg dan pengurus parpol yang bisa mengikuti jalannya

rapat pleno dalam ruangan rapat bisa menyaksikan perolehan suara. KPU te lah memasang layar lebar diluar ruangan untuk menayangkan perolehan suara. “Jadi yang tak bisa masuk dalam

ruangan rapat pleno tetap bisa menyaksikan dari luar melalui layar lebar ini,” kata Rusmi disela-sela memasang layar lebar di halaman depan kantor KPU, kemarin sore. (van/udi)

PKS Optimis Raih 1 Kursi DPR RI Malang Raya PKS dan Tim Relawan Budiyanto Kawal Rekapitulasi Suara MALANG- PKS optimis meraih satu kursi DPR RI dari dapil Malang Raya disaat KPU Kabupaten Malang sedang menggelar rapat pleno penetapan pe rolehan suara pemilu legislatif, Sabtu (19/4) kemarin. Karena itu, PKS menyatakan terimakasih kepada para ulama, tokoh masyarakat, kader dan seluruh warga Malang Raya. Caleg PKS untuk DPR RI dari dapil Malang Raya, Ir Budiyanto M.Eng yakin bakal mendapat satu kursi karena suara yang diraihnya saat coblosan sangat signifikan. Berdasarkan perolehan suara sementara yang dicatat struktural (pengurus) PKS di Malang Raya dan tim relawan Budiyanto, PKS meraih suara sebanyak 89 ribu. Dengan catatan, 25 persen C1 eror. Sedangkan suara pribadi atau pemilih yang mencoblos Budiyanto berkisar antara 65 ribu sampai 70 ribu. Mengetahui banyaknya perolehan suara tersebut, Budiyanto yang juga anggota Komisi I DPR RI ini berharap rekapitulasi suara di tingkat KPU Kabupaten Malang dihitung berdasarkan perolehan suara ril di TPS. Untuk itu,

MINGGU, 20 APRIL 2014

Anggota Komisi I DPR RI, Ir Budiyanto, M.Eng

PKS dan relawan Budiyanto mengawal proses rekapitulasi perolehan suara. “Selama kita memiliki alat bukti dan tak sesuai dengan perolehan suara ril di TPS, maka kita akan menempuh prosedur yang ada. Yakni mengajukan gugatan hasil penghitungan suara. Apalagi memang disediakan jalur ini (gugatan),” katanya. Budiyanto yang juga Ketua DPP PKS Bidang Pengembangan Kepemimpinan ini mengungkapkan data perolehan suara yang harus dikawal. Dia lantas mencontohkan perbedaan rekapitulasi suara di sejumlah PPK yang tak sesuai dengan data yang dimiliki relawan

PKS Budiyanto dan PKS. Contohnya perolehan suara di Lawang. Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara di PPK Lawang, Budiyanto mendapat 140-an suara. Padahal berdasarkan data internal yang dimiliki, suara yang didapat Budiyanto di Lawang sebanyak 13.700 . Di Singosari juga mengalami hal yang sama. Yakni hasil rekapitulasi suara di PPK Singosari mendapat 200 suara. Tapi berdasarkan data internal yang dimiliki PKS dan Tim Relawan Budiyanto, mendapat 11 ribu suara. Contoh lainnya hasil rekapitulasi di Bululawang. Berdasarkan rekapitulasi

PPK Bululawang, Budiyanto hanya P mendapat delapan suara. Padahal berm da PKS dan d sarkan k data d d Tim Ti Re R llawan Budiyanto, suara yang diraih lebih dari B 5.000. Untuk diketahui, Bululawang 5 merupakan salah satu basis Budiyanto. m Soal perbedaan perolehan suara tersebut, Budiyanto menyadari disebabkan s sejumlah hal. Diantaranya karena faktot s kelehahan saksi, keterbatasan saksi k hingga adanya salah ketik. Apalagi di h wilayah Kabupaten Malang terdapat w sekitar 4.500 TPS. Ia menduga sekitar s 1.000 TPS mengalami eror dikalangan 1 saksi karena adanya kekeliruan. s Kini PKS dan Tim Relawan Budiyanto mengawal rekapitulasi suara di KPU m Kabupaten Malang. Untuk mengawal K re r kapitulasi perolehan suara agar sesuai perolehan suara yang diraih secara nyata di TPS, PKS dan Tim Relawan Budiyanto mengumpulkan formulir C1 dan D1. Tujuannya untuk dijadikan sebagai data pembanding perolehan suara ril. Budiyanto juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Malang Raya yang telah memberi dukungan kepadanya. “Saya sampaikan terimakasih kepada para ulama, tokoh masyarakat, relawan, kader dan simpa tisan di Malang Raya yang telah memberikan dukungan dan suarannya,” pungkasnya. (adv/van)

JAKARTA- Kalangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mewacanakan Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY sebagai calon wakil presiden. ”Tidak tertutup kemungkinan, dan PPP pertimbangkan untuk mengusulkan SBY sebagai bakal calon wakil presiden. Itu tergantung pada hasil Rapimnas PPP nanti malam,” kata Sekjen PPP, Romahurmuziy atau Romi dalam keterangan pers di Gedung DPP PPP, Jakarta, Sabtu. Romi menyebutkan, SBY masih memiliki popu laritas dan elektabilitas yang tinggi dibandingkan Jokowi, Prabowo Subianto, dan Aburizal Bakrie. ”Jika SBY jadi cawapres maka SBY mampu meningkatkan popularitas dan elektabilitas pasangannya,” kata Ketua Komisi IV DPR RI itu. Dia mengemukakan bahwa di negara demokrasi, perpindahan jabatan dari preRomahurmuziy siden menjadi wakil presiden merupakan hal biasa. M Romahurmuziy mengatakan rapat pimpinan nasional yang digelar Sabtu malam membahas soal rekonsiliasi di tubuh partai dan proyeksi perolehan kursi hasil pemilu legislatif. ”Melakukan evaluasi kondisi PPP akhir-akhir ini yang memang ada perbedaan tajam, antara pengurus pusat dan daerah. Rapimnas akan membahas rekonsiliasi. Merangkai islah, menuju berkah,” kata Romi, di Gedung DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta, kemarin. Ia mengatakan rapimnas akan menjadi forum klarifikasi terhadap p langkah g ppolitik Ketua Umum PPP Suryadharma Ali sesuai dengan Mukernas II PPP. ”Jiwa besar yang dinilai tidak sesu Ali) dibutuhkan. Jika klarifikasi diterima, SDA (Suryadharma A Namun DPP PPP menyerahkan kepada selesai persoalan... N DPW-DPW PPP,” ujarnya. (jpnn/udi) peserta, kepada DPW

Caleg Gagal, Tim Sukses Disiksa BINJAI- Setelah disekap dan disiksa oleh kelompok ormas pemuda di Binjai, Sumatera Utara, dua orang lagi tim sukses celeg dari Partai Nasdem akhirnya diselamatkan dari rumah kosong dalam kondisi tangan diborgol di Jalan Gunung Sibayak, Kota Binjai, Sabtu 19 April 2014. Kondisi kedua tim sukses caleg gagal itu dipenuhi luka bekas api rokok, setruman listrik dan pukulan benda tumpul. Kondisi korban trauma berat. Keduanya adalah Sunardi dan Khairul Amin, warga Kelurahan Nangka, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. Di kaki kedua korban juga ditemukan bekas tembakan senapan angin. Saat diperiksa ke rumah sakit, peluru dari senapan angin itu masih bersarang. Kepada petugas kepolisian, korban mengaku telah mengalami penyiksaan yang diduga telah dilakukan oleh salah satu ormas di rumah kosong, yang berada di sebelah kantor ormas. Kedua korban diketahui merupakan tim sukses salah satu caleg dari Partai Nasdem, Restu Kuara Ningrum, nomor urut 3, daerah pemilihan Binjai dua. Sang caleg gagal memperoleh suara dalam pemilu legislatif, 9 April lalu. Penyiksaan diduga berhubungan dengan imbas minimnya perolehan suara si caleg. Sedangkan mereka sudah menerima uang sebanyak Rp86 juta untuk dibagikan kepada pemilih. Sayangnya, setelah uang dibagikan, caleg yang mereka perjuangkan tidak mendapatkan suara dan gagal menjadi anggota DPRD Kota Binjai. Kedua korban lantas diminta mengembalikan uang yang telah mereka terima dan diancam akan terus disekap jika uang tersebut belum dikembalikan. Kasat Reskrim Polres Binjai, Ajun Komisaris Polisi Repi Nurvilani, menyatakan penyekapan tim sukses oleh kelompok ormas pemuda ini telah mereka ketahui dan baru malam ini berhasil dibebaskan. (jpnn/udi)

Usai Paskah, PDIP Umumkan Cawapres Jokowi JAKARTA- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum menentukan pilihan siapa calon wakil presiden pendamping Joko Widodo alias Jokowi. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menuturkan jika partainya hingga kini belum menentukan cawapres Jokowi. “Hingga saat ini, PDIP belum menentukan cawapres yang akan diusung

pada pilpres mendatang,” ujar Puan saat mendampingi Megawati Soekarnoputri menghadiri pernikahan salah seorang kerabat dari Puri Santrian Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu 19 April 2014. Menurut dia, PDIP menghentikan sejenak hiruk pikuk politik untuk menghargai umat Kristiani yang tengah merayakan Paskah. Namun, putri

Megawati itu memastikan dalam tempo secepatnya cawapres pendamping Jokowi akan diumumkan. “Belum ada penentuan cawapres. Kita masih menghargai umat yang sedang merayakan Paskah. Cawapres pendamping Jokowi akan diumumkan setelah Hari Raya Paskah nanti,” kata dia. Puan menjelaskan, kehadirannya

di Bali murni merupakan agenda keluarga, bukan agenda politik. Itu sebabnya, ia berkelit saat ditanya apakah kehadirannya di Bali berkaitan dengan rencana koalisi bersama Partai Golkar. Mengingat pada saat yang sama, capres dari Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) juga tengah berada di Bali. (jpnn/udi)

Bertemu ARB di Bali, Mahfud MD Bahas Pilpres BALI- Mantan ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, bertemu dengan Ketua Umum sekaligus Calon Presiden dari Partai Golkar, Aburizal Bakrie, di Denpasar, Bali, Sabtu 19 April 2014. Pertemuan dua tokoh itu berlangsung selama satu jam, dari pukul 13.00 hingga pukul 14.00 WIB. “Saya diundang lunch sambil berdiskusi,” kata Mahfud MD. Mahfud mengaku diundang politikus yang akrab disapa ARB itu untuk berdiskusi tentang kenegaraan, politik dan hukum. Termasuk di dalamnya juga membahas tentang pemilu presiden yang akan digelar 9 Juli mendatang. “Ini saya lakukan bagian dari kesepakatan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar bahwa kita akan terus melakukan komunikasi politik dengan parpol dan tokoh-tokoh politik yang akan nyapres,” ujar salah satu kandidat capres PKB ini. Menurut Mahfud, saat pertemuan

BERTEMU: ARB saat bertemu dengan Mahfud MD di Bali.

dengan Muhaimin Iskandar Iskandar, pekan lalu, dia diminta untuk terus membuka komunikasi politik, baik dengan PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra maupun pihak-pihak lainnya. Begitu juga dengan Muhaimin, kata Mahfud, Ketum PKB itu juga aktif melakukan komunikasi politik

dengan pihak lain lain. “Keputus “Keputusannya tentu di tangan DPP PKB, akan berkoalisi dengan siapa dan mengajukan siapa semua ada di DPP PKB,” tegasnya. Sebelumnya, Ketua DPP PKB, Helmy Faishal Zaini mengatakan, partai yang akan berkoalisi dengan PKB harus memenuhi

dua kesepakatan. Pertama, platform yang dibawa oleh calon presiden tersebut berisi beberapa poin kesepakatan yang terkait dengan blue print Indonesia. Kedua, apa portofolio yang menjadi kesepakatan dalam koalisi. Misalnya, PKB mengajukan code of conduct dari koalisi karena pemerintahan ke depan harus berjalan efektif dan efisien. “Sehingga tidak ada anggota koalisi genit di jalan yang dipertahankan, harus ada punishment-nya karena pemerintahan ini harus kuat,” kata Helmi. Sejauh ini, partainya masih terus berkomunikasi secara intensif dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). “Ada tren di keduanya sudah masuk tahap finalisasi. Jadi kita masih menunggu perkembangan komunikasi intensif selama 1 hingga 3 hari ke depan,” ujar Helmy. (jpnn/udi) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: OLIS


RONCE NGALAM

MINGGU, 20 APRIL 2014

9

Dihebohkan Atraksi Flying Fox dari Satgas Perkim DPU PPB Jalan Sehat Se-Abad Kota Malang MALANG- Bukan sekadar hiburan musik yang sudah lazim dibuat untuk menyemarakkan even prestisius, gelaran Jalan Sehat Sadar Pajak bertema SeAbad Kota Malang, 27 April mendatang dipastikan semakin heboh karena adanya banyak atraksi mengagumkan. Salah satu atraksi yang disiapkan untuk mengejutkan seluruh peserta adalah permainan selancar tali gantung alias flying fox yang akan dipergakan oleh

para personil Satgas Permukiman DPU PPB. Atraksi ini diyakini bakal membuat atmosfer acara jalan sehat di akhir pekan tersebut semakin riuh dan meriah. Menurut koordinator Satgas Permukiman DPUPPB Kota Malang, Josef â&#x20AC;&#x2DC;El Kepetâ&#x20AC;&#x2122; Ananda, atraksi flying fox dihadirkan untuk kian menyemarakkan rangkaian acara jalan sehat. â&#x20AC;&#x153;Ini yang bisa kami berikan sebagai kado ultah Kota Malang, sekaligus menjadi sarana informasi dan komunikasi kepada publik bahwa kami dari Satgas Permukiman selalu siap serta tanggap mengatasi berbagai permasalahan lingkungan,â&#x20AC;? terangnya.

Menariknya, atraksi ini nantinya tak sekadar menampilkan personil yang meluncur dari tali yang menghubungkan Gedung DPRD ke panggung even jalan sehat, namun bakal semakin menarik kala setiap personil Satgas Perkim turun sambil menenteng bendera. Nantinya, Lagu Padamu Negeri akan dikumandangkan untuk mengiringi momen atraksi mendebarkan ini. Semua itu semakin membuktikan besarnya rasa nasionalisme arek-arek Malang serta kecintaannya pada Bhumi Arema. â&#x20AC;&#x153;Nanti juga kami siapkan permainan bunga api,

TOMMY YUDA PAMUNGKAS// MALANG POST

SERU: Atraksi para personil Satgas Permukiman akan ditampilkan pada even Jalan Sehat Sadar Pajak, 27 April mendatang.

Baca Dihebohkan... Hal.10

KABUPATEN

PATUHI KEBIJAKAN, SATPOL PP JANJI TEGAS

Sidik Jari Online Lindungi TKI MALANG- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang memperketat aturan untuk Petugas Rekrut Calon Tenaga Kerja Indonesia (PRCTKI). Yakni menerapkan pengamanan berupa verifikasi sidik jari secara online bagi PRCTKI. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi petugas rekrut gadungan dan melindungi calon TKI. Kepala Disnakertrans Kabupaten Malang Drs Razali Msi mengatakan, sistem pengamanan ini selama beberapa waktu terakhir sudah dite rapkan oleh pihaknya. â&#x20AC;&#x153;Semua petugas PRCTKI wajib memindai sidik jarinya ke mesin. Dalam sidik jari secara Razali online PRCTKI yang terdaftar bisa mendaftarkan calon TKI,â&#x20AC;? ujarnya kepada Malang Post kemarin. Baca Sidik Jari... Hal.10

NG A T A AT D GU M A L SE ASAR TU di P RIZAL FANANY//MALANG POST

SUDAH NYAMAN: Meskipun sudah representatif, pedagang Pasar Tugu mengeluh perekonomiannya makin terpuruk jika tetap berjualan di area luar Stadion Gajayana.

Merugi, Pedagang Pasar Tugu â&#x20AC;&#x2122;Balik Kucingâ&#x20AC;&#x2122; ke Semeru MALANG- Merasa terus merugi selama delapan pekan berjualan di area luar Stadion Gajayana, ratusan pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pasar Wisata Belanja Tugu ancangancang keluar dari â&#x20AC;&#x2DC;zona amanâ&#x20AC;&#x2122; mereka. Ketua paguyuban setempat, Dimyati Suheru, mengaku tak mampu lagi menahan keinginan anggotanya untuk memilih lokasi berjualan

baru yang tentunya masih tak jauh dari sekitaran Stadion Gajayana. â&#x20AC;&#x153;Sedikitnya 152 pedagang sudah mengaku tidak betah kepada saya. Mereka ingin keluar supaya tidak bangkrut. Kalau kondisinya sudah begini, saya tidak bisa menahan lagi,â&#x20AC;? ungkapnya kepada Malang Post, Sabtu (19/4) siang. Menilik gelagat tersebut, besar kemungkinan ratusan pedagang ini akan hengkang ke ruas Jalan Semeru alias â&#x20AC;&#x2DC;balik kucingâ&#x20AC;&#x2122;. Seperti diketahui, sebelum direlokasi ke area luar stadion,

*21-$1**$1-,1*3$6$578*8 -DQXDUL5HQFDQDUHORNDVL3DVDU7XJXGDUL-DODQ6HPHUXNHDUHD  OXDU6WDGLRQ*DMD\DQDNHPEDOLGLKHPEXVNDQ 3HGDJDQJPHUDVDJHPELUDELVDNHPEDOLGLWHPSDWNDQNHORNDVLDZDO  3DVDU7XJX )HEUXDUL5HORNDVLGLODNXNDQ:DOLNRWD0DODQJ+0$QWRQGDWDQJ  ODQJVXQJPHUHVPLNDQ 0DUHW3HGDJDQJPHUDVDUHVDKNDUHQDNHEHUDGDDQ3./GLNDZDVDQ  6HPHUXGDQ-DODQ7HQHV $SULO5DWXVDQSHGDJDQJPHQJDNXWHUXVPHUXJLGDQEHUVLDSÂľEDOLN  NXFLQJÂśNHNDZDVDQ6HPHUX

Baca Patuhi... Hal.10

GRAFIS: REEP/MP

KRIMINALITAS

Perampok Bersenpi Satroni Sulfat MALANG- Pelaku kejahatan benar-benar mengincar calon korbannya di saat polisi kelelahan usai menjaga Pemilihan Legislatif (Caleg). Menjelang dini hari kemarin, empat perampok menggunakan senjata api (senpi) menyatroni perumahan Jalan Taman Sulfat IV Malang. Seorang warganya, Rudi Hamajaya, 37 tahun, ditodong dan uang Rp 50 juta yang dibawanya dirampas. Hingga semalam, kasus yang terjadi pukul 23.30 ini masih menjadi penyelidikan intensif anggota Satreskrim Polres Malang Kota. Informasi yang dihimpun Malang Post, malam itu, Rudi baru saja mengambil uang Rp 50 juta bersama salah seorang temannya.

Baca Perampok... Hal.10

Semarakkan Se-Abad Kota Malang, Apkrindo Angkat Kesenian Tradisional

Kerawitan dan Wayang Orang Pukau Pengguna Jalan Kertanegara SEMAKIN berkembangnya budaya populer membuat eksistensi kesenian tradisional lambat laun, kian memprihatinkan. Tak hanya semakin ditinggalkan generasi muda, kesenian lokal juga tak lagi diminati oleh warga pribumi. Padahal, seni tradisional masyarakat Jawa cukup menyita perhatian internasional. Salah satunya seni kerawitan. Berangkat dari rasa keprihatinan itulah, Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indo nesia (Apkrindo) Kota Malang, sengaja mengangkat seni kerawitan untuk mengapresiasi perayaan satu abad Kota Malang. Selama dua hari, mulai Jumat (18/4) hingga Sabtu (19/4) dari pukul 19.00-22.00 WIB, sajian seni tradisional Jawa itu ditampilkan di panggung depan Rumah Makan (RM) Kertanegara, Klojen. Ketua Apkrindo Kota Malang, Indra Setyadi, mengaku even ini sengaja digagas untuk membangkitkan kembali animo masyrakat terhadap kesenian tradisional. â&#x20AC;&#x153;Dalam rangka perayaan satu abad Kota Malang, kami dari Apkrindo ingin berpartisipasi menyemarakkannya dengan mengusung kesenian daerah berupa kerawitan dan wayang orang,â&#x20AC;? bebernya kepada Malang Post. Seni kerawitan yang kental kaitannya dengan gamelan se-

TOMMY YUDA PAMUNGKAS// MALANG POST

LESTARI: Seni kerawitan ditampilkan dalam perayaan satu abad Kota Malang yang diinisiasi Apkrindo Kota Malang, Jumat (18/4) malam.

jatinya sudah begitu mendunia. Ironisnya, kesenian ini justru makin terpuruk di negeri sendiri. â&#x20AC;&#x153;Kami berharap kesenian daerah pamornya kembali terangkat. Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi. Sekarang generasi muda sudah mulai meninggalkan seni tradisional,â&#x20AC;? imbuh Indra. Padahal di luar negeri, gamelan selalu menjadi bahan kajian menarik dan terus dipelajari. Buktinya, ada American Gamelan Institute yang berdiri di Berkeley, California sejak tahun 1981 silam. Amerika Se rikat sengaja mendirikan perguruan tinggi itu bagi siapa saja yang ingin mendalami kesenian tradisional asli Indonesia tersebut. Kondisi itulah yang mendorong para pengurus dan anggota Apkrindo Kota Malang berupaya menggeliatkan kembali seni kerawitan. â&#x20AC;&#x153;Di luar negeri, anak mudanya malah belajar kebudayaan Indonesia. Baca Kerawitan... Hal.10 REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG Taman Rekreasi Kota Malang

Suguhkan Konsep Nostalgia, Pertahankan Dokar Wisata Keberadaan dokar atau delman di wilayah Kota Malang kini sudah mulai langka. Transportasi jaman dahulu ini sudah mulai dilekang waktu seiring munculnya jenis kendaraan modern bermesin. Namun, Taman Rekreasi Kota Malang (Tarekot) berusaha mempertahankannya sebagai kendaraan wisata bagi pengunjung. Pagi kemarin, langit di kota Malang tampak begitu cerah. Cuaca tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah masyarakat kota Malang untuk bersantai di Taman Rekreasi Kota, yang terletak di belakang komplek Balai Kota Malang. Kebetulan, mereka memanfaatkan datangnya hari libur perayaan Paskah. Taman ini pun tampak lebih bergeliat layaknya saat masuk akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu. Tarekot sedang mencari jati diri yang baru setelah Kementrian Kehutanan mencabut izin konservasi yang sudah diberikan Pemkot Malang sebagai dasar hukum pengelolaan binatang. Puluhan hewan yang dulunya dirawat UPT Taman Rekreasi Kota Malang sebagian besar ditarik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Pemerintah pun bertekad melahirkan konsep baru untuk

menggiatkan kembali keberadaan dan potensi yang dimiliki Tarekot. ’’Saat ini, hewan yang tersisa di Tarekot tinggal belasan burung, diantaranya lima ekor jenis burung Kakak Tua dan lima ekor burung Merak. Kolam renang juga masih terus beroperasi,” terang Kabag TU UPT Tarekot Malang, Sitam. Lelaki setengah bayah dan timnya tetap menunjukkan perjuangan yang gigih dalam pengelolaan Tarekot dari pemerintah dibawa kendali Walikota Malang, HM Anton. Saat trade mark unggulan tempat wisata edukasi dunia binatang mulai memudar, dia mempertahankan dokar atau delman wisata sebagai sarana hiburan bagi pengunjung. Meski jika melihat dari jumlah, tentu unitnya sangatlah minim, yakni hanya dua unit. ’’Pemkot masih menjamin untuk biaya perawatan hewan yang masih tersisa disini. Selain itu, kami coba pertahankan dokar sebagai bagian permainan bagi pengunjung yang dikelola bersama Disbudpar. Tarekot ada dua delman, dan satu ekor kuda tunggang. Pengunjung bisa menikmatinya di hari libur, dan cuma hari Sabtu dan Minggu,” aku Sitam. Dua dokar ini siap mengantarkan pengunjung keliling sekitar Tarekot dan Bundaran Tugu Kota Malang, dan melintas

MINGGU, 20 APRIL 2014

10

Dihebohkan Atraksi Flying Fox dari Satgas Perkim DPU PPB Sambungan dari Halaman 9

smoke flare dan confety agar semakin semarak,” tandas El Kepet. Sementara itu, Koordinator Seksi Acara Jalan Sehat, Dwi Cahyo TY, menegaskan bahwa Jalan Sehat Se-Abad Kota Malang memang sengaja dikemas ‘full entertainment’. Mulai dari gelaran sportainment pertandingan tinju, atraksi tari bendera, atraksi perkusi, gelaran seni tradisional hingga musik dengan beragam genre. “Tajuk Pesta Rakyat memang menjadi sampul utama kegiatan ini, sekaligus menjadi pembuka atas gelar musik pesta rakyat di malam harinya,” paparnya. Karenanya, panitia sejak awal berkomitmen untuk memberikan sebuah pesta yang dimeriahkan, diikuti dan dinikmati rakyat. “Melalui even ini juga mengangkat salah satu pesan bahwa pajak yang dibayar oleh masyarakat juga dikembalikan kepada masyarakat, sejalan dengan semangat pesta rakyat, dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” pungkasnya. (tom/nug)

Kerawitan dan Wayang Orang Pukau Pengguna Jalan Kertanegara

RIZAL/MALANG POST

LANGKA: Dokar tetap dipertahankan sebagai kendaraan wisata pengunjung di Tarekot. di depan Balai Kota Malang, Jalan Tugu. Konsep wisata dengan naik kendaraan jaman dulu ini nyaris sama dengan dokar wisata yang dimiliki diterapkan Pemkot Jakarta di kawasan Monumen Nasional (Monas). Pemkot Malang sepertinya juga ingin mengajak masyarakat Malang bernostalgia naik dokar. ‘’Ya, pengunjung bisa menikmati

suasana di sekitar Bundaran Tugu dan Balai Kota dengan naik dokar. Kami akan berusaha kembali kembangkan wisata di Tarekot. Rencana kami, taman ini sebagai sentranya pertunjukkan kesenian tradisional yang butuh ruang tampil outdoor. Seperti pertunjukkan kuda lumping,” ungkap Sitam. (poy heri pristianto)

Sambungan dari Halaman 9

Bahkan soal gamelan dipelajari khusus dan peminatnya banyak,” ujar pria yang juga pemilik RM Kertanegara tersebut. Selain menampilkan iring-iringan gamelan di salah satu sudut jalan tak jauh dari Stasiun Kotabaru tersebut, makin malam kawasan itu kian riuh karena performance Tari Bambangan Cakil ikut ditampilkan. Sepasang pelakon dengan sangat luwes membawakan tari tradisional Jawa yang diadopsi dari salah satu adegan Perang Kembang. Secara umum, tari ini menceritakan perang antara ksatria melawan raksasa. Dalam pementasan wayang kulit, adegan Perang Kembang biasanya keluar di tengah-tengah cerita. “Hanya saja untuk pementasan kali ini, kami tampilkan Bambangan Cakil versi plesetan. Jadi tetap menghibur,” ungkap Eko alias Obor, seniman asal Wagir yang kebagian peran sebagai sang ksatria. Hiburan seni tradisional tersebut nyatanya mampu mengundang animo para pengguna Jalan Kertanegara yang sedang melintas. Mereka sengaja menghentikan laju kendaraannya untuk sekadar menikmati pertunjukan yang saat ini sudah semakin langka. “Jarang-jarang ada kerawitan dan wayang orang ditampilkan di pusat kota, rasanya seru saja ikut menonton,” tutur Lindri Sinatria, pengendara motor yang ikut menyaksikan di pinggir jalan. (tommy yuda pamungkas)

Sidik Jari Online Lindungi TKI Sambungan dari Halaman 9

RIZAL FANANY/MALANG POST

TAMAN KELUARGA: KELUARGA DKP Kota K t Malang M l akan k membuat b t 300 lubang l b Biopori Bi i di Taman T Malabar M l b untuk t k memaksimalkan k i lk kemampuan k resapan air hujan.

Jadi Pendukung Program Biopori Taman Malabar Bergeliat 24 Jam MALANG – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang menargetkan pembangunan Taman Malabar yang kini masih berlanjut tuntas pada Juni mendatang. Sejumlah fasilitas disiapkan DKP untuk mendukung fungsi taman ini sebagai family park alias taman keluarga yang bergeliat selama 24 jam. Diantaranya mulai dari sarana bermain, tempat duduk hingga mini lapangan futsal. Disisi lain, DKP ternyata mempunyai misi ganda yakni menjadikan taman Malabar ini sebagai pendukung program

Biopori di kota Malang. Dijelaskan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang, Wasto, lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Pihaknya sedianya membuat sebanyak 300 lubang biopori dengan memaksimalkan space yang ada di taman ini. ’’300 lubang Biopori akan kami buat di taman Malabar. Dengan begitu, taman tersebut juga tetap pada fungsinya, salah satunya sebagai taman resapan air hujan,” akunya kepada Malang Post. Wasto menyebut, lubang Biopori merupakan suatu lubang dengan diameter kurang lebih tiga meter dengan berkedalaman antara 80-100 centimeter

yang berguna untuk lubang resapan air hujan, biopori juga bisa difungsikan sebagai lubang kompos dari bahan sampah daun kering, maupun sampah basah. Pasalnya, lubang ini menjadi tempat berbagai aktifitas organisme yang ada di dalamnya seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. ’’Biaya pembuatannya sangat murah dan beberapa daerah di perkotaan sudah menerapkan sistem resapan menggunakan biopori. Dengan menggunakan alat yang sederhana kita bisa membuat lubang biopori di sekitar rumah kita, idealnya jarak antar lubang adalah sekitar tiga meter namun hal tersebut tergantung kebutuhan dan juga lokasinya,” yakinnya.

Wasto menambahkan, pembangunan taman Malabar ini menghabiskan biaya pembangunan lebih dari Rp 600 juta. Seperti yang pernah ditegaskan Wali Kota Malang, HM Anton, biaya pembangunan ini tidak menggunakan dana APBD melainkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang mendukung program Pemkot Malang. ’’Saat ini, sedang pengerjaan pembangunan dengan dana CSR salah satu perusahaan, seperti halnya pengerjaan pembangunan taman Trunojoyo yang dilengkapi taman baca dan pusat kuliner. Dijadwalkan taman Malabar ini juga selesai bulan Juni mendatang,” pungkasnya. (poy/nug)

Patuhi Kebijakan, Satpol PP Janji Tegas Sambungan dari Halaman 9

sekitar 498 pedagang Pasar Tugu menjajakan dagangannya di sepanjang jalan ini. Alasannya, mereka jengah melihat keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang masih bisa berkeliaran bebas di kawasan Semeru dan Jalan Tenes. Mereka menganggap keberadaan PKL yang membeber dagangannya di sepanjang Jalan Semeru dan Tenes sungguh mematikan sendi perekonomian pedagang resmi yang ditempatkan di area luar stadion. Pedagang Pasar Tugu berharap ada tindakan tegas dari Pemkot kepada PKL yang meresahkan ini. “Rekan-rekan mengeluh, kenapa PKL masih bisa berjualan di sana. Kalau kami tetap di dalam, lama-lama kami

tamat juga,” imbuh Dimyati. Selama hampir dua bulan belakangan, disinyalir pengunjung lebih memilih membeli dagangan PKL, karena tak perlu masuk ke area Pasar Tugu yang aksesnya lebih sulit. “Daripada repotrepot masuk, pengunjung jadi berhenti di luar. Kami akui memang akses masuk pasar lebih sulit. Padahal kami selalu mengeluarkan ongkos angkut barang keluar masuk area pasar yang jumlahnya tidak kecil. Akhirnya tidak imbang juga antara pemasukan dengan pengeluaran,” selorohnya. Meski begitu, keinginan ratusan pedagang tampaknya akan mendapat perlawanan sengit dari pihak Pemkot

Malang. Jika memang pedagang ngotot balik kucing berjualan di sepanjang Jalan Semeru, Satuan Polisi Pamong Prajaa (Satpol PP) tak akan segan melakukan tindakan represif. Sesuai instruksi Walikota Malang, HM Anton, kawasan Semeru maupun Tenes harus steril dari aktivitas perdagangan apapun. Bahkan pedagang Pasar Tugu sudah diwanti-wanti untuk tak melebihi batas berjualan di area luar Stadion Gajayana. “Kalau memang mau menerjang aturan itu, tentu kami akan bertindak tegas. Aturannya sudah jelas,” seru Kepala Satpol PP Kota Malang, Subkhan. Dia membantah jika selama ini masih banyak PKL yang menerobos

kawasan steril. Pasalnya, personil Satpol PP selalu disiagakan sejak pagi hingga aktivitas Pasar Tugu bubaran. Mencegah masuknya para PKL yang rata-rata mengendarai sepeda motor, petugas melakukan penjagaan ketat di titik-titik yang umumnya menjadi akses menuju Jalan Semeru dan Jalan Tenes. Mulai dari Jalan Tangkuban Perahu, Jalan Ijen, Jalan Kawi, Jalan Welirang hingga Jalan Lawu dan sekitarnya dikawal ketat. “Setiap minggu kami lakukan secara rutin. Buktinya selama ini juga sudah nyaman. Kami akan selalu siap di lokasi, mengantisipasi ada yang melanggar,” ujarnya kepada Malang Post, sore kemarin. (tom/nug)

Diungkapkan, usai PRCTKI dilakukan pemindaian jari, kemudian dilakukan verivikasi lanjutan, yakni berupa pengecekan kartu identitas yang juga via online. Dia menegaskan pihaknya memang memperketat pengiriman calon TKI untuk sektor informal atau berjenis pembantu rumah tangga (PRT). Tujuannya meminimalisir hal-hal buruk yang menimpa TKI yang bekerja di sektor informal. “Kita belajar dari pengalaman. Banyak TKI kita yang menimpa hal yang buruk saat bekerja di negeri orang. Pemerintahpun tidak menginginkan hal itu terjadi lagi, salah satunya dengan memperketat peraturan saat pendaftaran,” terangnya. Dia mencontohkan, bila TKI terdaftar secara resmi maka akan mendapatkan perlindungan penuh dari pemerintah. Hal tersebut tentunya berbeda dengan TKI yang berangkat secara tidak resmi dan melalui PRCTKI gadungan. Bila hal itu terjadi, maka pemerintah sulit memberikan perlindungan kepada TKI yang mempunyai masalah. “Selain PCRTKI yang dipindai sidik jarinya, calon TKIpun juga dipindai sidik jarinya. Kalo dalam sidik jari PCRTKI dan TKI masuk dalam black list atau tidak terdaftar, maka akan kami tolak pendaftarannya,” terang mantan Kepala BP3T Kabupaten Malang ini. Selain harus dipindai sidik jarinya, para calon TKI juga wajib menyerahkan dua surat rekomendasi saat mendaftar. Yakni surat diizinkan oleh pihak desa atau kelurahan dan surat izin dari keluarga yang ditandatangani di atas materai. Bila tidak ada dua surat perizinan tersbut, maka pihaknya tidak akan memberikan izin bekerja ke luar negeri.“Setelah mendapat kedua surat izin tersebut, maka kami akan lakukan verifikasi di lapangan benar apa tidak yang bersangkutan diizinkan bekerja di luar negeri,” tegasnya. Sementara itu, disinggung mengenai TKI asal Kabupaten Malang yang bermasalah di tempat kerjanya, Razali mengaku belum ada. “Ya itu berkat aturan ketat yang kami terapkan. Aturan ketat itu semata-mata untuk melindungi TKI itu sendiri,” tutupnya (big/nug)

Perampok Bersenpi Satroni Sulfat Sambungan dari Halaman 9

“Informasi yang kami terima, korban bersama temannya baru saja mengambil uang tagihan. Namun demi kerahasiaan penyelidikan, tidak bisa kami sebut mereka mengambil uangnya darimana,” ungkap sumber Malang Post di lingkungan Polres Malang Kota. Setelah itu, keduanya pulang ke rumahnya. Diduga kuat, mereka tidak menyadari empat orang laki-laki membuntuti dengan naik dua motor. Begitu sampai di depan rumahnya, dua orang membawa senpi langsung memepet mobil yang dikendarai Rudi dan menodongkan senjatanya. “Korban sama sekali tidak bisa bergerak karena diancam akan ditembak bila berontak,” lanjut sumber ini. Kepada korbannya, dua pelaku ini meminta uang Rp 50 juta yang dibawa Rudi. Usai mendapatkan uang itu, keempat perampok kabur. Namun, versi beberapa petugas, pelaku perampokan hanyalah dua orang. Mereka bergerak cukup cepat. Tidak sampai lima menit, uang tersebut sudah berpindah tangan. Rudi sendiri enggan memberikan keterangan kepada wartawan saat didatangi ke rumahnya kemarin siang. Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Arief Kristanto SH, SIK mengaku, anggotanya masih berada di lapangan untuk memburu para pelaku. “Iya betul. Saat ini masih dalam proses penyidikan oleh penyidik Satreskrim Polres Malang Kota untuk mencari pelakunya,” tegasnya. (mar)

REDAKTUR: SRI NUGROHO, LAYOUTER: DJ AMIEL


PUTRI KARTINI 2014

MINGGU, 20 APRIL 2014

11

FOTO-FOTO: MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

BARENG: Para peserta Putri Kartini 2014 berfoto bersama dengan kru M-Teens Malang Post usai technical meeting di Ria Djenaka.

Kita Semua adalah Putri Kartini

HIGH HEELS BUKAN WEDGES: Tangting menunjukkan beberapa contoh sepatu hak tinggi. Stiletto dengan tinggi minimal 9 cm adalah high heels wajib para peserta Putri Kartini 2014.

SERIUS: Peserta Putri Kartini 2014 membaca degan seksama poin-poin penting yang harus dipatuhi selama kompetisi berlangsung.

MALANG- Menang atau kalah semuanya adalah Putri Kartini. Generasi yang memiliki tanggung jawab untuk membawa bangsa menjadi bangsa yang disegani. Setidaknya semangat itulah yang kemarin diteriakkan oleh Putri Kartini Malang Post saat acara Technical Meeting yang dilaksanakan di Ria Djenaka Coffee House and Resto Jalan Bandung nomor 5 Malang, (19/4/14). Para putri Kartini terpilih empat tahun sebelumnya mengajak peserta ajang Pemilihan Putri Kartini 2014 untuk tidak sekadar eksis namun memberikan karya terbaiknya untuk lingkungan. Gita Nur Cholifah (Putri Kartini 2010), Ragilda Rachma (Putri Kartini 2011), Khadijah Azzahra (Putri Kartini 2012) dan Zaimatul Ummah (Putri Kartini 2013) kemarin hadir saat Technical Meeting. Selepas meraih gelar Putri Kartini mereka sukses mengembangkan minat dan bakatnya serta menjadi kebanggaan Kota Malang. “Yang terpenting bukan hanya jadi ikon dan tiap hari masuk koran, tapi bisa menjadi manfaat bagi orang lain,” pesan Khadijah Azzahra. Ajang Putri Kartini yang dipersembahkan Malang Post memperingati hari Kartini ini diakui mereka berbeda dengan kontes berbakat lain karena tidak hanya paras cantik saja, tetapi kecerdasan juga menjadi pertimbangan para juri. Wadah ini menjadi ajang memupuk dan menggali kreativitas anak muda sehingga bisa diarahkan menjadi hal yang positif. “Saya memberikan apresiasi untuk Malang Post karena memberikan kesempatan kepada saya yang tidak punya background model menjadi Putri Kartini. Saya kaget dan bangga, dan bertekad untuk terus melakukan yang

terbaik untuk orang lain,” ujar Zaimatul Ummah yang saat ini tercatat sebagai siswi SMAN 4 Malang. Sementara Gita saat memberikan testimoni banyak memberi semangat kepada peserta. Menurutnya yang terpenting peserta harus percaya diri menjadi diri sendiri dan tampil natural. Ragilda juga memberikan semangat kepada peserta untuk tampil maksimal dan menunjukkan kemampuan diri yang terbaik. Para peserta Putri Kartini 2014 terlihat puas dengan sesi testimony ini. Mereka pun semakin percaya diri dan siap tampil dengan bakat dan potensi masing-masing. “Kalau ada yang mau tampil puisi silahkan, atau nyanyi dan dance. Persiapkan penampilan dengan baik untuk bisa memukau juri,” ujar Ketua Panitia Putri Kartini 2014, Shuvia Rahma. Acara technical meeting kemarin dipandu langsung oleh Tutor Putri Kartini, Nanang Inoransyah atau akrab disapa “Tanting”. Ia memberikan penjelasan detil mengenai apa saja yang harus dipersiapkan peserta. Mulai dari make up, tatanan rambut dan high heels. Menurut Tanting peserta diharapkan tidak berdandan berlebihan namun menyesuaikan dengan usia mereka. “Tahun lalu ada yang tampil dengan sanggul dan hiasan seperti pengantin, itu tidak pas karena ini adalah kontes untuk remaja,” kata dia. Peserta tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bertanya mengenai tips agar tidak nervous ketika wawancara. Menurut Tanting sikap tenang, menarik nafas panjang dan sabar mendengar pertanyaan juri adalah tips agar peserta bisa tampil maksimal dan tidak nervous. (oci/fia)

BERTANYA: Salah satu peserta bertanya mengenai materi yang akan ditanyakan para juri saat sesi wawancara.

AKRAB: Keakraban terjalin diantara para peserta Putri Kartini 2014.

CEPOL SEDERHANA: Tangting mencontohkan hair do untuk malam final Putri Kartini. Peserta tidak boleh mengaplikasikan hair do yang berlebihan.

REGISTRASI: Para Peserta Putri Kartini 2014 melakukan daftar ulang sebelum mengikuti technical meeting dan pembekalan.

BERKACA-KACA: Putri Kartini 2014, Zaimatul Umah menceritakan pengalaman saat mengikuti kompetisi yang sama tahun lalu.

TANYA JAWAB: Beberapa pertanyaan diajukan para Putri Kartini 2014 selama technical meeting berlangsung.

UNDIAN: Nomor urut tampil ditentukan dengan sistem undian agar lebih adil. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


MINGGU, 20 APRIL 2014

LOBI-LOBI Oleh: Ira Kiswanto* PILEG itu telah berlalu. Dalam masa penantian untuk mencari tahu siapa yang menang ini, lobi-lobi politik dari beberapa partai yang berhasil meraup suara terbesar tetapi kurang memenuhi kuota minimal untuk mencalonkan presidennya secara mandiri sedang gencargencarnya terjadi. Kesibukan ada dimanamana; kesibukan untuk melakukan pendekatan tertentu, dengan cara tertentu, dan kepada orang tertentu. Kesibukan yang terjadi pada mereka, terjadi juga pada diriku sekarang ini. Kesibukan yang membuatku super sibuk dari biasanya. Betapa tidak, aku harus kesana dan kemari untuk melobi, mengajak orang-orang untuk mendukungku, atau, paling tidak ikut bersamaku. Kesibukanku juga dalam rangka melakukan lobi poli..., bukan politik, juga bukan poliklinik, bukan pula poligigi. Bukan. Bukan itu semua. Tapi yang jelas, aku tetap harus menjalani poli-poli ini agar maksud hatiku tercapai, tanpa harus melukai hati semua orang yang aku cintai. Orang pertama yang aku datangi adalah seorang wanita cantik pujaanku yang selama ini menjadi bahan pembicaraan semua lelaki. Dia cantik, sederhana, anggun, dan semerbak aromanya. Hampir semua pemuda desa, entah itu yang tinggal di desa untuk mengurusi ladang ataupun yang tinggal di kota untuk mencari ilmu dan pekerjaan yang lebih modern, pastilah sudah paham dengan gadis pujaanku yang satu ini. Orang-orang biasa memanggilnya Romlah. Nama lengkapnya, sayang aku belum tahu. Namun, seperti kata seorang penyair kawakan dari Inggris, apalah arti sebuah nama? Nama itu tidaklah penting bagiku, yang penting bagaimanakah caranya aku dapat menyuntingnya sebagai istri. Karena itu, disinilah aku sekarang. Duduk berhadap-hadapan di depan serambi rumahnya yang asri, menanyakan apa keinginannya kelak jika dia sudah menjadi istri sahku. Jawabannya cukup memuasakanku. Dia hanya menginginkan hidup yang sederhana. Tidak perlu menor-menor dalam menjalani kehidupan. Hidup bahagia serba kecukupan, sandang, pangan, dan papan tersedia. Untuk mencerdaskan anak-anak kita nanti, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, tentu saja cukup dengan apapun yang murah dan terjangkau. Ketika tertimpa musibah sakit, tidak perlu ribet urusannya, yang penting cepat ditangani, tentu dengan harga yang murah pula. Permintaan yang sederhana, tetapi aku harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan mendasar manusia yang sudah berkeluarga. Karena itu, di depan Romlah, aku tidak berjanji untuk bisa memenuhi keinginannya, tetapi aku hanya berkata jika aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kriteria yang ia berikan. Romlah memperhatikan ucapanku yang ceplas-ceplos. Dengan senyum simpulnya yang manis, dia merespons, menssuport, bahkan mendoakan diriku agar aku berhasil memenuhi semua keinginan itu. Namun, bagiku hal yang

ILUSTRASI: MAGRIT PRIGGE

ddemikian iki it d l h pekerjaan k j h itu adalah yang harus aku perjuangkan secara total. Bahkan aku harus kerja keras selama tiga puluh jam dalam sehari semalam. Ya, aku harus banting tulang, menguras keringat, kalau perlu menguras darah untuk meraih keinginan yang bagiku mustahil ini. Pikiran iseng muncul secara tibatiba. Kalau orang-orang partai sedang sibuk dengan lobi politik mereka untuk menyunting gadis cantik yang bernama presiden, sampai-sampai harus melanggar norma dan hukum, bahkan berselingkuh dengan teman sejawatnya sendiri, maka pikirankupun merambah. Kenapa aku tidak berpoliandri saja? Ya, betul. Poliandri saja! Tapi bagaimana caranya? Apakah Romlah mau melakukannya, dan siapakah teman lelakiku yang bersedia dengan iklas mau menikah dengan Romlah yang juga calon istriku? Wow. “Edan!” bentak Romlah ketika niat itu aku sampaikan padanya di satu malam. Aku nyengir saja, tapi tetap aku lanjutkan keinginan gila itu. Meskipun Romlah mendengarkan niatku dengan serius dan benar-benar mendukungku untuk menikahi dia dengan

d t anakk juragan j di di menggandeng serta padi desa, tetapi akhirnya Romlah menolak mentah-mentah semua itu. Walaupun begitu, meski Romlah menolaknya, aku tidak putus asa. Aku masih ngotot berangkat menemui si jejaka kasep. Status sosialnya tidak perlu diragukan lagi. Dia adalah seorang pegawai negeri sipil yang tugas sehari-harinya mengabdikan diri menjadi pahlawan yang katanya tanpa tanda jasa. Pekerjaan sampingannya adalah bakul gabah. Hebat kan? Yang lebih hebat lagi adalah, ketika tawaran itu kusampaikan kepada si Teguh dia langsung menerimanya. Bahkan dia mengatakan kepadaku, bahwa dia sesungguhnya sudah lama jatuh hati kepada si Romlah. Dia sering bercerita kepada teman-temannya jika dia akan menyunting si Romlah. Walaupun pada kenyataannya, si Romlah mungkin akan bersedia disunting Teguh dengan syarat Teguh harus bersedia berbagi hati denganku. Dengan kata lain, perempuan bersuami dua lelaki sekaligus. Jika Romlah mampu bersikap adil, mengapa tidak? Memang, di kehidupan dunia ini segala sesuatu bisa saja terjadi diluar nalar manusia-manusiannya. Pendekatan-pendekatan dengan nuansa

r rayuan mukio gombal yang getol aku l lakukan pun terungkap dengan sendirinya, m meskipun tidak secara vulgar, tapi dengan m maksud yang sudah terbaca; yaitu melakukan p poliandri. Romlah, gadis yang berwajah ayu dan menggemaskan setiap lelaki y yang melihat itu hanya senyam-senyum saja melihat perilakuku yang tak surut sejengkal pun untuk mencapai keinginan h yang kuat ini. Mungkin aku sendiri hati y yang kege-eran karena sikap manis yang R Romlah tujukan kepadaku. Maka, dengan l lompatan keberanian yang luar biasa, aku m menghadap pada kedua orangtua Romlah d menyampaikan maksud serta tujuanku dan m menghadap kepada beliau. Melamar dan akan menikahi Romlah, gadis kesayangan i akhirnya berhasil dipersunting olehku. itu Saat aku memandang lekat kedua manik h hitam Romlah, aku tahu bahwa dia benarb benar mengharapkanku untuk menjadi suaminya. Sebelum pernikahan itu terlaksana, aku masih gencar melakukan pendekatan p pendekatan kepada Romlah dan Teguh, h hanya saja kali ini pendekatan yang k kulakukan lebih efektif. Teguh, dia harus m menunggu proses pernikahanku dengan R Romlah selesai dilaksanakan terlebih d dahulu. Setelah kegiatan suci dan sakral i selesai, barulah episode selanjutnya, itu R Romlah, aku dan Teguh, untuk membuat k kesepakatan baru dimulai. Kesepakatan t tentang menjalankan kehidupan berumah t tangga dengan satu perempuan dan dua l lelaki. Kesepakatan tentang pembagian w waktu selama seminggu, dan kesepakatan t tentang kewajiban masing-masing orang d dalam rumah tangga tersebut kelak. di Lobi-lobi pembagian tugas dan tanggung j jawab dalam menjalankan kehidupan berumah t tangga segitiga emas itu kenyataannya agak r ribet, agak angel, agak eyel-eyelan, tetapi t tidak terjadi gontok-gontokan seperti yang d diberitakan di televisi. Ya, namanya juga m musyawarah mufakat. Harus ada yang dirugikan kepentingan pribadinya dan harus legowo untuk menerima kerugian itu secara pribadi. Namun, begitulah harga untuk mencapai suatu masa depan yang tidak mungkin bisa mungkin terjadi. Mengapa tidak kita lakukan kesepakatan-kesepakatan di depan sebelum peristiwa yang manis dan pahit terjadi di belakang nanti? Hari-hari sibuk akan segera berlalu. Romlah, Teguh, dan aku telah sepakat untuk menempuh hidup baru bersama. Mengarungi kehidupan berumah tangga dengan kesepakatan selalu bersama dalam menghadapi aral rintangan yang pasti akan dialami oleh kami bertiga. Juga menikmati manisnya madu berumah tangga selalu bersama, dan hari yang ditentukan pun akan segera datang menjemput kita bersama. Ketika hari indah itu tiba, tebaran pelangi akan terlukis di mana-mana. Di dunia ini, yang terlihat hanya pantulan sempurna bulan purnama. Wajak, delapan belas april dua ribu empat belas *) Penulis adalah pegawai PT POS Indonesia.

ZIARAH MANDAR: Sebuah Pembacaan Awal Di sebuah jazirah, suatu hari: Kenanganku yang ramping memanjat tebing karang Yang bergelayut ke tengah, bergelayut Pada jenggot pohonan dan sayap elang Meluncur dan memecahkan diri di udara Seperti hamburan belerang (Paesaggio, Acep Zamzam Noor) Kritikus sastra Indonesia, H.B, Jassin pernah menyampaikan kerinduannya pada karya sastra Indnesia: “Bagi para pengarang sungguh masih banyak daerah yang belum dijelajah. Untuk menyebutkan beberapa contoh: kehidupan penyelam mutiara di sebelah timur kepulauan kita, kehidupan di tambangtambang minyak tanah dan batubara, kehidupan suku bangsa yang terpencil jauh di pedalaman seperti pegunungan Kalimantan, kehidupan para nelayan mencari nafkah di tengah laut, alam dunia juru terbang yang kini mengarungi udara kita. Kita tidak kehabisan bahan dan persoalan.” Demikian seperti dikutip A.A Navis dalam majalah sastra dan budaya Horison Edisi Januari 1994, halaman 9. Barangkali secara tak langsung, terbitnya buku kumpulan cerpen Ziarah Mandar karya Bustan Basir Maras menjawab kerinduan almarhum H.B.Jassin. Memuat 16 cerpen, lima di antaranya mengambil Mandar sebagai latar belakang cerita, masing-masing: Paqlao, Perahu-perahu Berlayar ke Barat, Ziarah Mandar, Damarcinna, dan Tammalanre. Bertempat di Omah Pring, Dusun Mojokuripan RT 1 RW 03 Desa Jogoloyo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, buku kumpulan cerpen tersebut didiskusikan, Rabu, 14 Juli 2010 pukul 1 siang. Komunitas Lembah Pring dan Goeboek Indonesia bekerjasama menghadirkan narasumber Cak Nasrul Ilahi, Abdul Malik dan Gita Pratama. Berbeda dengan bahasa di brosur wisata yang seringkali membosankan ataupun promosi Lonely Planet yang singkat dan padat, Ziarah Mandar merupakan pengalaman pengembaraan, pergulatan

menghadap kerasnya kehidupan dan bagaimana mereka mempertaruhkan catatan-catatan kritis Bustan Basir Maras hidupnya untuk menulis, mencatat ingatan terhadap kekayaan alam Mandar yang masa silam pada kampung halamannya. Octavio Paz, peraih Nobel Sastra 1990, makin tergerus kapitalisme asing—ditulis mengudar kenangan masa kanak-kanak di dengan bahasa dan alur sederhana. Dalam cerpen Paqlao sang tokoh kampung halamannya pada bukunya The mengakui bahwa ia tak sepenuhnya berhasil Privelege of Sight: Mixoac kini lebih merupakan daerah menghadapi kerasnya kehidupan: “Itulah sebabnya, setelah ribuan kilo pinggiran kota yang agak kumuh di Mexico City, tetapi ketika saya masih jarak perantauan kecil Mixoac adalah sebuah desa kecil. yang ia tempuh, Sebuah desa yang sangat tua dari zaman kini ia memilih pra-Kolumbia. Nama Mixoac berasal pulang ke kampung dari dewa Mixoati, nama Nahuatl untuk halamannya. Ia Bima Sakti (Milky Way). Ia juga berarti memilih pulang ke “Ular Awan” (Claud Serpent), seakaanpangkuan ibunya. akan Bima Sakti itu adalah seekor Pulang ke tanah yang terdiri dari awan-awan. Kami tumpah darahnya, mempunyai sebuah piramida kecil, t a n a h M a n d a r, sebuah piramida tiruan, tetapi berkumpul dengan bagaimanapun tetap sebuah sanak saudaranya, piramida—walau kecil dan agar ia tak dianggap tiruan. Kami juga mempunyai telah mati. Dengan sebuah biara (convent) abad harapan semoga ke-17. Tetangga-tetangga saya disana esok bisa Oleh: menyebutnya sebagai San dianyam dengan Abdul Malik Juan, dan gereja di daerah wajah tengadah! Harap-pinta dan @kurakurabiru tersebut berasal dari abad enam belas, salah satu dari doanya dalam hati. gereja-gereja tertua. Juga di (hal. 12) Joseph Brodsky (1940-1996), penyair sana terdapat rumah yang dibuat pada dan esais Rusia peraih Nobel Sastra 1987, abad delapan belas dan sembilan belas, mencatat dalam bukunya To Urania: beberapa diantaranya mempunyai kebunSelected Poems 1965-1985 bahwa kebun yang luas, karena di akhir abad kesunyian mengkotakkan seorang lelaki, sembilan belas itu Mixoac merupakan daerah peristirahatan untuk musim siapapun dia. Kerinduan pada kampung halaman panas. Jadi ketika revolusi pecah, kami merupakan salah satu “sumur inspirasi” diwajibkan, dengan segala kebahagiaan, yang tak pernah kering untuk menulis. saya kira untuk pindah ke sana. Kami Jason Weiss pernah melakukan wawancara dikelilingi oleh kenangan-kenangan kecil pada sejumlah penulis dunia yang pernah dari dua masa lalu yang masih tetap hidup, singgah dan menetap di kota Paris. Mereka masa pra-Kolumbia dan masa penjajahan. antara lain: Julio Cortazar, Gunter Grass, (hal. 207-208) Kenangan masa kecil pada kampung E.M.Cioran, Eugene Ionesco, Carlos Fuentes, Milan Kundera, Octavio Paz. halaman juga menjadi latar belakang Dalam buku yang telah terbit terjemahan Cinema Paradiso, sebuah film besutan bahasa Indonesia dengan judul Taruhan sutradara Italia, Giuseppe Tornatore Mewujudkan Tulisan; Wawancara dengan (1988). Seorang sutradara film, Salvatore Para Penulis Terkemuka di Paris (Jalasutra, “Toto” Di Vita pulang ke kampung Jogja, 2006), para penulis mengurai kelahirannya di kepulauan Sicilia setelah

30 tahun. Dalam film sepanjang 155 menit tersebut sang sutradara mengingat kembali persahabatannya dengan Alfredo sang pemutar proyektor dan pada Elena, gadis yang dicintainya. Mandar sebagai judul merupakan salah satu upaya membetot perhatian pembaca. Sederetan penulis memakai nama tempat sebagai judul bukunya: Cerita Dari Blora (Pramoedya Ananta Toer), Madura, Akulah Lautmu, Madura Akulah Darahmu (D Zawawi Imron), Kremil (Suparto Brata), Orang-orang Bloomington (Budi Darma), Pecinan di Malang (Ratna Indraswari Ibrahim), Diatas Umbria (Acep Zamzam Noor), To Urania: Selected Poems 19651985 ( Joseph Brodsky), Elegi untuk Kosovo (Ismail Kadare), Modjokerto in de motregen ( Willem Walraven), Mojokerto Dalam Puisi (Dewan Kesenian Kota Mojokerto) dll. Dalam Ziarah Mandar, Bustan Basir Maras menulis dengan cukup detil geografis Mandar bagi “pembaca awam” yang belum mengenal Mandar. Pada lembaran itu Ari masih bisa membaca dengan baik beberapa daerah di TelukMandar yang akan segera dieksplorasi. Dari Sendana hingga Pasangkayu. Salah satunya adalah potensi minyak yang telah disurvey tim ahli dari negara paling modern di planet bumi ini, beberapa bulan sebelumnya, saat kapal induk Negara Adi Daya itu datang berkedok mencari bangkai pesawat yang konon jatuh di telukMandar beberapa bulan silam. (hal. 75) Dalam hal ini Bustan Basir Maras dan Ziarah Mandar telah menorehkan Kesaksian-nya WS. Rendra: Aku mendengar suara Jerit hewan yang terluka Ada orang memanah rembulan Ada anak burung terjatuh dari sarangnya Orang-orang harus dibangunkan Kesaksian harus diberikan Agar kehidupan bisa terjaga (*)

12

Judul Buku: Everlasting Love Penulis: Alit Tisna Palupi dkk Penerbit: Gagas Media Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2013 Jumlah Halaman: viii + 232 halaman ISBN: 978-979-780-680-4 Peresensi: Khairul Amin*

Menyelami Cinta Abadi Sosok Ibu TIDAK ada untaian kalimat yang pantas untuk bisa mewakili kegigihan perjuangan seorang ibu, sakitnya melahirkan, perihnya menyusui, serta terkurasnya energi dan emosi dalam mengasuh anak, tidak membuat mereka jera dan enggan menjadi seorang ibu. Sederet perjuangan seorang ibu akan terbayar ketika dia mampu melihat buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan kebahagiaan dan untaian senyum disetiap langkah sang anak. Kehidupan seorang anak tanpa sosok seorang ibu tentu gelap, tanpa tujuan. Tanpa menafikan peran ayah, peran seorang ibu sangat penting dalam proses tumbuh dan berkembangnya anak. Ikatan emosional ibu dengan sang buah hati yang terjalin sejak dalam buaian terjalin hingga dewasa. Pesan terisirat inilah yang termuat dalam buku Everlasting Love. Buku yang memuat antologi sebelas cerita cinta sosok ibu terhadap buah hatinya, yang diangkat berdasarkan kisah nyata dari kesebelas penulis tersebut. Para penulis dengan latar belakang yang berbeda mampu mengemas kisah sederhana mereka dengan diksi dan narasi yang menggugah, mampu menyergap emosi pembaca. Seperti kisah Lucy Wiryono, “We Do It Owr Way”, menceritakan tentang perjuangan seorang ibu bagi putrinya yang pada umur 16 bulan di diagnosis mengidap panyakit autisme oleh dokter, berbagai terapi dia lakukan untuk sang buah hati, mulai dari terapi perilaku, terapi okupasi, sensori intrasi, sampai terapi wicara (halaman 25). Selain itu, dia juga menerapkan terapi diet nongluten (menghindari makanan-makanan yang mengandung tepung terigu dan turunannya), dan diet non-casein (menghindari makanan dan minuman yang mengandung susu sapi dan turunannya) pada buah hatinya, dalam upaya penyembuhan (halaman 26). Diumur sang buah hati yang masih belia, pilihan serangkaian terapis tentu bukan pilihan baik, namun demi kesembuhan sang buah hati semua dia jalani walau dengan deraian airmata. Ada juga kisah Asmara Letizia, “Bekerja Lagi? Gak Semudah Itu”, dia mengisahkan kepada kita tentang memaknai peran penting ibu dan ikatan batin yang mendalam di saat awal kelahiran sang buah hati. Ikatan batin mendalam, bukan lantas menjadikan seorang ibu terkekang untuk tidak melakukan aktivitas dan kreasi lainnya, namun yang terpenting adalah tetap terpenuhinya hak anak dan kewajiban seorang ibu, karena bagaimanapun juga semua yang dilakukan sang ibu demi kebaikan dan masa depan anak (halaman 55). Cerita menggugah juga datang dari Windry Ramadhina, “Saya, dan Hanya Saya, untuk Sehari”. Kejenuhan akan sikap sang buah hati dan monotonnya aktivitas yang dia jalani, dimana sangat jauh dari aktivitas dia pada saat sebelum melahirkan buah hatinya, menjadikan dia tidak menampilkan sosok ibu sejati di depan sang buah hati. Melepas sejenak dari aktivitas bersama sang buah hati, menjadi jawaban untuk menghilangkan penat dan mengurai beban yang ada di dalam pikiranya. Namun, tak lama—bahkan hanya hitungan jam—dia menjalani aktivitas tanpa sang buah hati, ada perasaan pilu di dalam hati, rasa rindu yang menggebu-gebu. Rindu seorang ibu akan sosok buah hati yang mampu menghapus semua ego di dalam diri seorang ibu (halaman 122). Cerita lain dari Meira Anastasia, “Surat untuk Sky Tierra Solana”, manyiratkan tentang memaknai rasa sayang yang sebenarnya pada sang buah hati, banyak seorang ibu memilih home-schooling, karena akibat kekawatiran dengan berbagai hal, menjadikan anak tidak mandiri dan kurang bersosialisai dengan dunia luar (halaman 132). Secara keseluruhan antologi cerpen cerita cinta ini, mampu membawa perasaan pembaca untuk merepresentasikan sosok seorang ibu, dan menyiratkan pesan bahwa pola asuh dan lingkungan keluarga akan sangat menentukan pembentukan karakter anak. Namun, banyak— walaupun tidak semuanya—seorang ibu yang mempercayakan penuh pola asuh anak pada baby sitter, yang menjadikan karakter anak lebih mirip baby sitter dari pada sosok ibu. Kerakterisasi sosok ibu yang diangkat dari kisah nyata, serta pengalaman menyambut buah hati yang pertama dalam buku ini relatif memiliki berbagai kekawatiran yang sama; pengetahuan tentang makanan yang tepat saat bayi masih dalam kandungan, ketakutan untuk melahirkan, dan minimnya pengetahuan pola asuh anak, menjadikan buku ini sangat menarik untuk dinikmati dan dijadikan referensi bagi calon seorang ibu yang ideal serta menjadi bekal untuk aktualisasi cinta abadi bagi sang buah hati secara sempurna. *) Mahasiswa Jurusan Agroteknologi, Universitas Muhammadiyah Malang. REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: DJ AMIEL


MINGGU, 20 APRIL 2014

13

Liburan Istimewa di Kapal Pesiar Mewah Menikmati liburan tidak hanya bisa dilakukan di pantai, gunung atau perkotaan. Jika sudah pernah melewati berbagai spot liburan tersebut, maka sudah saatnya Anda melengkapi pengalaman wisata di tempat yang baru, yakni kapal pesiar. Seperti yang baru saja dinikmati oleh Tetty Hariyati, Owner Transwisata Travelindo Indonesia. BULAN Maret 2014, saya mendapatkan sebuah pengalaman liburan yang sangat istimewa. Jika biasanya saya berwisata ke luar kota atau ke luar negeri, maka kali ini, saya berkesempatan menikmati pelesir di atas kapal pesiar super mewah milik Royal Caribbean yang berlabel Mariner of The Seas. Dengan kapal pesiar yang mampu mengangkut ribuan orang ini, saya berlabuh dari Singapura menuju Thailand selama enam hari. Karena sebelumnya tidak pernah menjejakkan kaki di atas kapal pesiar yang super mewah ini, saya mencoba untuk mencari tahu dari internet. Suguhan informasi yang saya dapatkan dari Google sudah membuat terpana. Kapal pesiar ini tidak hanya besar tapi super besar. Setidaknya tercatat ada 15 lantai yang terdapat di dalam kapal ini. Lantailantai ini terbagi dalam ratusan kamar, ratusan toko-toko,

PESIAR: Tetty berpose di spot ikonik kapal Mariner of The Seas, salah satu kapal pesiar mewah milik Royal Caribbean yang mampu mengangkut ribuan penumpang. puluhan bar dan restoran, dan beragam jenis hiburan lainnya. Bahkan di lantai paling atas terdapat kapel untuk menggelar acara pernikahan. Mengawali perjalanan mendebarkan ini, saya terbang dari tanah air menuju Singapura. Sekitar pukul 12.00 saya tiba di Changi Airport dan langsung menuju pelabuhan. Untuk

FOTO-FOTO: TETTY HARIYATI FOR MALANG POST

menuju kapal pesiar Royal Caribbean ini, penumpang harus masuk melalui pintu khusus, yakni Marina Bay Cruise Center. Di dalamnya, hampir mirip dengan bandara. Seluruh penumpang harus melalui pemeriksaan imigrasi, seperti paspor dan bagasi. Saat saya tiba di sana, antrean ribuan orang sudah mengular panjang. Untung saja

saya tidak datang mepet-mepet. Bisa-bisa kalau datang mepet, saya akan ketinggalan naik kapal pesiar ini. Saat itu, karena nama saya tercatat di kamar yang ada di lantai 7, maka saya pun mengantre di loket/dek 7. Lantai 7 ini termasuk kelas yang cukup bagus di pelayaran Mariner of The Seas. Terbukti saya mendapatkan

kamar sekelas bintang empat dan jendela menghadap depan. Itu artinya, saat membuka kain selambu, saya langsung melihat lautan luas. Bagi mereka yang memiliki dana minimalis, biasanya ditempatkan di lantai satu atau dua dan tidur berbagi dengan penumpang lain dengan tempat tidur susun. Setelah menyelesaikan semua

urusan keimigrasian dan mengumpulkan paspor kepada petugas, saya segera masuk ke dalam kapal pesiar. Saya masuk melalui pintu yang menghantarkan ke lantai empat. Dan betapa terkejutnya saya, saat memasuki kapal pesiar ini, saya bagaikan masuk ke dalam sebuah pusat perbelanjaan super mewah. Sebuah lobi dengan anak tangga

melingkar menyambut kedatangan saya. Kebetulan saat itu tidak membawa banyak barang, begitu masuk, saya pun langsung menjelajah kapal pesiar. Satu spot yang membuat saya tertarik adalah Casino Royal. Di sini, ada sebuah spot foto yang saya ikonik dan wajib diabadikan oleh semua pengunjung, yakni lantai yang merupakan perwajahan sebuah meja permainan kasino. Saat itu suasana tidak terlalu ramai sehingga saya bebas berfoto ria. Puas di Casino Royal, saya beranjak ke lantai lainnya. Di sana saya menemukan beragam toko souvenir, perhiasan mewah, kafe dan klub hiburan lainnya. Naik ke lantai yang lebih atas, saya menemukan kolam renang out door, jacuzi, tempat berjemur hingga area sport lainnya seperti jogging track dan lapangan basket, semua lengkap tersedia. Selain itu, ada juga hiburan lain seperti bioskop yang dapat dinikmati gratis oleh seluruh penumpang. Kalau sewaktuwaktu bosan berkeliling, Anda bisa mendatangi bioskop dan menonton film-film terbaru. Atau jika ingin hiburan lain, Anda bisa juga menyaksikan pertunjukan ice skating yang memukau dan tentu saja gratis. Untuk anak-anak, jangan khawatir, di sini terdapat wahana permainan lengkap yang dapat dinikmati cuma-cuma. Enam hari berlayar dengan kapal pesiar ini, dijamin Anda tidak akan merasa bosan sama sekali. (nda)

Pagi-Siang All You Can Eat, Malam Dinning Set KALAU menginap di hotel, Anda hanya akan mendapatkan â&#x20AC;&#x2DC;jatahâ&#x20AC;&#x2122; makan satu kali dalam sehari, yakni pada saatt sarapan. Namun tidak jikaa Anda berlibur di atas kapal pesiar Mariner of The Seas. Di sini, Anda bisa menikmati m hidangan berkali-kali dalam sehari secara cuma-cumaa alias gratis. n Untuk makan pagi dan siang, pihak kapal menyiapkan makanan gratis di resto bernama Windjammer. Resto ini berukuran cukup besarr dan mampu menampung semua penumpang yang ada di kapal. Beragam menu juga dihidangkan untuk penumpang yang berasal dari berbagai negara. Mulai masakan oriental, seperti nasi goreng, hingga aneka buah-buah segar tersedia gratis untuk untuk penumpang. Saya dan penumpang lain benarbenar memanfaatkan momen makan pagi dan siang ini dengan memilih menu-menu kesukaan. Selain menikmati makanan, di area Windjammer, saya juga bisa melihat lautan luas. Dengan catatan, saya mendapatkan tempat di samping jendela. Karena spot ini menjadi favorit penumpang, maka jika ingin

menu makan pagi TERBAIK: Tetty menikmati riner of The Seas, Ma k bai di salah satu sudut ter ke laut. yakni menghadap langsung mendapatkannya, saya pun harus pasang strategi datang lebih awal dari penumpang lainnya. Lain halnya dengan makan pagi dan siang, khusus untuk makan malam, kapal pesiar menyiapkannya dengan cara dinning set. Itu artinya, saya harus mengenakan baju terbaik untuk menikmati makanan berkelas ala resto bintang lima. Untuk kaum pria, wajib mengenakan jas dan tuxedo. Sementara untuk perempuan menggunakan dress atau baju formal lainnya. Di hari pertama menje-

jakkan kaki di Mariner of The Seas saya melewatkan kesempatan makan malam yang berharga karena kelelahan pasca keliling kapal. Namun di hari kedua dan selanjutnya, saya tak ingin melewatkan kesempatan tersebut begitu saja. Begitu malam tiba, saya langsung berhias diri dan langsung melesat menuju Rahpsody in Blue. Seperti dinning set pada umumnya, acara makan malam diawali dengan menu pembuka seperti salad sayuran. Setelah itu dihidangkan menu utama

berupa daging iris yang cukup tebal. Terakhir, ditutup dengan dessert. Saat penghidangan dessert, saya ditawari untuk memilih Chocolate Cake atau Cheese Cake. Saya memilih pilihan pertama sebagai penutup. Setelah pilihan saya datang, tiba-tiba si waiters yang juga berasal dari Indonesia memberi saya bonus Cheese Cake. Alasannya karena dia tahu saya tidak makan malam di hari pertama berlayar. Ah, beruntungnya sayaâ&#x20AC;Ś. Oh iya, selain mendapatkan jatah makan gratis pagi, siang dan malam, di Mariner of The Seas juga terdapat beberapa resto dan kedai makan yang dapat didatangi sewaktu-waktu. Salah satunya adalah CafĂŠ Promenade. Di sini semua jenis makanan bisa kita pesan sesuka hati tanpa dikenai biaya. Makanan yang disajikan pun rasanya luar biasa. Untuk burger, daging yang disajikan bukan daging campur seperti yang ada di Indonesia, melainkan daging asli yang diiris seperti steak. Jika berlayar bersama kapal pesiar ini, pastikan Anda menghapus kata diet dalam kamus. (nda)

Tak Ada Sinyal Ponsel, WiFi 25 USD per Jam DI HARI ketiga pelayaran, Mariner of The Seas tiba di Thailand, tepatnya di Pelabuhan Laemchabang. Lokasi pelabuhan ini sekitar dua jam dari Pattaya atau tiga jam dari Bangkok. Pihak Mariner of The Seas menawarkan Discover Bangkok jika Anda ingin menjelajahi negeri gajah putih ini. Namun ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan. Kalau saya,

karena sudah cukup sering wisata ke Thailand, pilihan pun jatuh pada bertahan di kapal pesiar. Meski memilih bertahan di dalam kapal, tetapi lagi-lagi saya tidak bosan. Sebab masih banyak hiburan lain yang tak kalah serunya untuk di jelajahi. Salah satunya adalah bermain dengan boneka-boneka tokoh kartun Dreamwork, seperti penguin, singa dan si kudanil

seksi Gloria. Pada kesempatan itu, saya juga memanfaatkannya untuk menjelajah satu toko ke toko lainnya. Tidak harus membeli, cukup melihat-lihat sudah membuat mata terhibur. Kalau capek, pilihan destinasi lagi-lagi jatuh pada resto atau kafe yang menawarkan hidangan gratis. Di kapal pesiar ini, penumpang sengaja dibuat un-

tuk benar-benar menikmati liburan mereka. Itu sebabnya, begitu masuk ke dalamnya, koneksi Anda dengan dunia luar akan terputus. Tidak ada sinyal ponsel apapun di dalamnya. Jika membutuhkan WiFi, maka Anda harus membayarnya dengan harga yang sangat mahal, yakni 25 USD per jam. Kalau dihitung dalam rupiah, angka tersebut bisa untuk membayar lang-

ganan internet di rumah 2-3 bulan. Kebanyakan, yang berwisata di kapal pesiar ini adalah pasangan yang tengah honeymoon dan orang tua. Masih jarang terlihat penumpang yang datang sekeluarga dengan anak-anaknya. Namun bukan berarti wisata ini tidak bersahabat dengan anak-anak. Buktinya, banyak fasilitas permainan yang diperuntukkan

bagi mereka. Soal harga, sebenarnya wisata dengan Mariner of The Seas tidak terlalu mahal. Untuk bisa menikmati perjalanan wisata selama enam hari lima malam dengan fasilitas super mewah ini, Anda cukup merogoh kocek senilai Rp 7 jutaan. Atau jika dana Anda minimalis, bisa memilih kelas di bawahnya yang dibanderol dengan harga Rp 4 jutaan.

Perjalanan Mariner of The Seas sendiri terbagi dalam dua jalur. Untuk tujuan Thailand biasanya dilakukan pada bulan November-Maret. Sedangkan April hingga Oktober, kapal pesiar super mewah ini berlayar menuju Hongkong. Khusus perjalanan menuju Hongkong, harga yang dibanderol lebih tinggi karena pelayarannya memakan waktu yang lebih lama. (nda) REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: REEP


MINGGU, 20 APRIL 2014

Rahasia Busana

Show & Selebriti

‘Main Tabrak’ TAK dimungkiri, bahwa kesalahan berbusana bisa mengakibatkan “aib” sosial yang memalukan. Namun, sebenarnya mode bukanlah sesuatu yang kaku, karena pada dasarnya mode adalah bagian lain dari seni yang membutuhkan kebebasan kreativitas. Seiring waktu, perkembangan tren telah berevolusi dan tak lagi dikendalikan oleh industri. Tengok saja, banyak sekali tren yang berkembang dari gaya berbusana anak muda yang hidup di jalanan, ada pula yang berasal dari modifikasi tradisi dengan sentuhan modern, dan yang sekarang tengah digemari adalah busana tabrak motif dan warna! Uraian berikut ini merupakan panduan untuk mengaplikasikan konsep busana “main tabrak” yang meskipun melanggar aturan, tetapi tidak membuat Anda terlihat aneh dan memalukan.

Uut Permatasari

Uut Segera Lepas Masa Ajang KABAR bahagia datang dari pedangdut Uut Permatasari. Ia mengaku telah bertunangan dengan kekasihnya, dan akan segera melangsungkan pernikahan tahun ini. Kata Uut, tinggal beberapa langkah lagi dirinya akan menikah dengan sang kekasih. Cewek bernama asli Utami Suryaningsih Permatasari itu mengaku sangat bahagia. “Tinggal selangkah. Eh, empat langkah deh mudahmudahan. Mohon doa. Inginnya nggak banyak cakap, tapi langsung aja (menikah),” katanya antusias. Namun Uut enggan menjelaskan siapa calon suaminya itu. “Entar pasti tau,” ucap cewek yang terkenal lewat goyang ngecornya itu. Uut memang enggan membuka identitas sang calon suami. Namun pedangdut yang dikenal lewat goyang ngecornya itu mengaku sudah lama didekati. “Dia bukan pengusaha, bukan dari kalangan entertainment. Ada deh. Dia itu ngincernya sudah lama. Tiga tahun,” ungkap Uut. Dijelaskan Uut, calon suaminya pemalu. Ia menilai pujaan hatinya itu sebagai orang yang mampu menyinari hatinya dan selalu membuatnya bahagia. “Dia laki-laki luar biasa buat saya, hadir menyinari hidup saya, support saya,” kata Uut yang terlihat simpel memakai kemeja warna putih, dan celana motif bunga. “Saya bangga. Dia itu pribadi yang bertanggung jawab, santun, soleh. Luar biasa. Mengingatkan saya salat, puasa,” tandas Uut sambil tersenyum. Uut menjelaskan, resepsi pernikahannya nanti digelar di Jakarta dan Surabaya. Ia mengaku hari bahagianya tersebut akan dibuat sederhana. “Kalau nikahnya, putih. Ingin warnanya kalem banget. Mudah-mudahan lancar. Masih rancang-rancang prewed, minta yang simpel, sederhana. Nikah dengan sederhana,” tandas Uut.(dtc/fia)

4. Sempurnakan penampilan dengan warna solid Busana, yang dipadukan dengan varian motif dan warna, akan semakin bergaya dengan kehadiran aksesori sebagai “suplemen” penampilan. Namun, pastikan warna aksesoris menonjolkan rona solid yang senada dengan salah satu busana. (kps/fia)

1. Sesuaikan warna dan bukan motifnya Agar tidak terlihat seperti salah kostum, kunci utama menerapkan tren tabrak warna adalah menyesuaikan warna busana, bukan motif! Pasalnya, warna yang senada meski menonjolkan motif yang berbeda, masih menghasilkan padu padan yang selaras di mata. Apabila pilihan busana yang akan Anda kenakan terdiri dari beberapa varian warna, maka sesuaikan dengan rona yang paling dominan. Sebenarnya, warna yang paling menghasilkan estetika berbusana terbaik tidak harus selalu sama. Sebab, tipe warna berlainan pun bisa menjadi paduan yang memikat, seperti misalnya hijau tua dan kuning, merah muda dan biru, atau merah muda dan ungu. Jika ingin bermain aman, hitam dan putih adalah paduan yang paling sempurna untuk semua pasangan warna.

Tetap Glamour dengan Rambut Pendek KEBANYAKAN wanita memilih rambut pendek karena lebih praktis ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Namun rambut pendek bisa jadi membuat wanita mati gaya saat harus menghadiri acara formal atau pesta. Harus dandan seperti apa agar rambut pendek bisa terlihat cantik dan anggun? Anda bisa mencoba tiga cara yang disarankan Daily Makeover berikut ini. 1. Gaya kelimis belah samping Sudah melihat Anne Hathaway dalam gala premier film terbarunya, Les Miserables? Bagaimana dengan rambut gaya pixienya, terlihat anggun bukan? Anda juga bisa menggunakan gaya rambut simpel namun menawan itu. Caranya mudah, Anda hanya membutuhkan gel rambut untuk membuat rambut terlihat basah dan berkilau. Tipsnya, cobalah belah rambut pada bagian ujung alis mata, lalu tarik ke belakang. 2. Gunakan aksesoris rambut Topi, bandana, pita rambut, atau pernak-pernik kecil lain adalah teman baik untuk wanita yang memiliki rambut pendek. Anda bisa menggunakan bandana dengan aksesoris yang unik, seperti bando atau penjepit rambut yang lucu. 3. Gelombang Rambut bergelombang yang biasa disebut finger waves seperti yang dilakukan Evan Rachel Wood di bawah ini juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk menata rambut. Mulailah dengan rambut yang masih bawah, kemudian belah rambut ke samping. Gunakan gel rambut dan gunakan jari Anda untuk membuat pola ‘S’ pada rambut bagian depan.(mrd/fia)

2. Semakin sederhana motif maka semakin mudah dipadukan Salah satu motif yang paling sederhana dan paling mudah dipadukan dengan beragam gaya adalah motif garis-garis hitam dan putih. Apabila ingin tampilan yang lebih sempurna, pilihlah busana dengan motif yang sederhana. Apabila Anda ingin sedikit tantangan dan bereksperimen, Anda bisa mencoba menabrakkan motif bunga dan hewan yang memang tergolong sulit untuk dipadukan. Caranya, cocokan warna antara busana atasan dan rok atau celana, selama perpaduan warna selaras, jangan khawatir penampilan Anda akan tampil maksimal.

Jangan Jilat Bibir Anda VIVAlife - Merasa warna bibir terlalu gelap dibandingkan dengan warna wajah? Tak percaya diri tampil polos tanpa menggunakan pemulas bibir? Anda tak sendiri. Jutaan wanita mengalaminya. Berikut cara kiat membuat bibir lebih merah merona seperti dilansir laman Times of India.

3. Sebarkan motif ke seluruh pakaian Memadukan gaya tabrak warna dan motif akan tetap proporsional, asalkan coraknya merata ke seluruh bagian busana. Intinya jangan menumpuk banyak motif di satu sisi saja, sebab bisa membuat penampilan tidak seimbang. Namun, ketika Anda ingin mengenakan tiga jenis busana dalam satu tampilan, pastikan salah satunya tidak bermotif alias polos, misalnya tanktop bermotif dipadukan dengan celana bermotif, maka jaket atau blazer tidak perlu menonjolkan motif.

GUEST GESANG / MALANG POST

SAMA WARNA: Pemilihan warna senada akan membuat motif yang tak senada bisa terlihat tetap menawan.

Jangan jilati bibir Kebiasaan ini menyebabkan iritasi pada bibir yang menyebabkan warna hitam di bibir dan sekitarnya. Biasanya, mereka yang memiliki kebiasaan ini memiliki bibir kering. Namun semakin sering menjilat bibir justru semakin banyak air menguap dan bahkan membuatnya makin kering. Jadi hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai sekarang. Eksfoliasi Banyak orang dengan bibir kehitaman karena kulit mereka kering dan kasar. Ada cara alami untuk mengatasinya, yaitu menggunakan scrub alami menggunakan campuran gula, madu, dan minyak zaitun untuk membersihkan kulit mati. Lakukan beberapa kali seminggu untuk mendapat hasilnya. Jaga kelembapan Bibir kering terlihat menghitam karena kurangnya kelembapan. Oleh karena itu tak ada salahnya menggunakan lip balm hingga 5-6 kali sehari. Pastikan memilih lip balm dengan kandungan shea butter karena efektif melembapkan bibir.

Show & Selebriti Raline Shah

Idamkan Pria Atletis CANTIK, muda dan berbakat. Itulah sosok Raline Shah. Tak hanya itu, pemain film ‘99 Cahaya di Langit Eropa’ itu juga menjadi idaman banyak pria. Ia pun memiliki beberapa kriteria untuk pria apa yang cocok dengannya. Mau tahu? Saat melakukan wawancara, Raline bukabukaan tentang tipe cowok idamannya. Finalis ajang Putri Indonesia 2008 itu mengaku mencari sosok pria yang nyaman akan dirinya sendiri. “I like man yang secure dengan dirinya sendiri. Yang nyaman, mau gendut mau kurus pokoknya nyaman aja deh sama dirinya sendiri,” aku Raline yang kala itu tampil cantik

14

menggunakan dress putih. Wanita yang juga bermain dalam film ‘5 CM’ ini juga ingin memiliki sosok pendamping yang lucu namun juga pintar beropini. Untuk soal tampang, Raline mengidamkan sosok atletis. “Beropini dan funny, that’s it. Tampang kalo bisa atletis kalo ga ya ga papa, it’s ok,” jawabnya. Raline Shah saat ini sedang disibukkan dengan syuting untuk film terbarunya ‘Supernova’ yang dijadwalkan tayang bulan Desember 2014 mendatang. Dalam film tersebut, ia berperan sebagai Rana, tokoh utama yang bekerja sebagai seorang jurnalis.(dtc/fia)

Pakai tabir surya Bibir bisa terlihat gelap karena sinar matahari merusak kulit dan membuatnya kasar. Pakailan lip balm dengan SPF 30 dan gunakan 5-6 kali sehari untuk melindungi kelembapan bibir. (vvn/fia)

Gaya Gaun Pengantin yang Everlasting MENGUSUNG tema “Classy, Fabulous and Youthful”, perancang gaun pengantin, Mety Choa, berharap agar seluruh koleksinya tak lekang oleh waktu. Pada pergelaran gaun pengantin yang dihelat di JW Marriot Wedding Fair, beberapa waktu yang lalu, Mety merangkum koleksinya paling anyar dalam tiga bagian. Gaun cocktail, gaun malam, dan gaun pengantin tampil perdana. Menurut Mety, seri gaun cocktail-nya bisa dikenakan calon pengantin perempuan untuk pemotretan pre-wedding. Sebab, warna-warna cerah pada gaun menghadirkan nuansa girlie yang klasik dan glamor. Dengan demikian, sangat fleksibel untuk diterapkan pada berbagai konsep

foto pre-wedding. “Gaun ini juga bisa dikenakan untuk after party,” ujarnya. Lanjut pada bagian kedua pergelaran, siluet mermaid menjadi “benang merah” yang menyatukan seluruh koleksi dalam nuansa senada. Untuk menambah kesan kekinian, warna-warna terang hadir mendominasi, seperti merah, merah muda, biru, hitam, dan putih “Sebuah pernikahan itu akan dikenang dalam waktu lama dan pasti diabadikan dalam foto. Jadi, saya tidak ingin pengantin yang memakai gaun saya jadi terlihat ketinggalan jaman, setelah bertahun-tahun menikah. Ini sebabnya, saya lebih memilih gaya busana yang klasik namun tetap everlasting,” jelasnya.

ISTIMEWA

SEPANJANG MASA: Gaun pengantin rancangan Mety Choa didesain dengan tema klasik namun tak lekang oleh waktu. Pada bagian paling akhir, giliran konsep adibusana pengantin yang ditampilkan. Koleksi ini merupakan

persembahan Mety untuk para calon pengantin perempuan yang menginginkan rancangan dengan

diversifikasi personal sesuai impian mereka. Khusus untuk seri adibusana, Mety mengaku menerapkan teknik merancang langsung di manekin. Agar nuansa klasik tercipta sempurna, keindahan motif kain yang paling ditonjolkan, dan meminimalisasi penggunaan aksesoris bebatuan yang berkilauan. “Saya lebih senang menggunakan teknik lipit kain, memainkan tekstur dan menerapkan teknik potong untuk menciptakan konstruksi yang pas sehingga bisa menegaskan lekuk tubuh indah perempuan. Saya juga suka rancangan yang feminin, maka saya memilih siluet mermaid, semi ballgown, hingga ballgown,” ujarnya. (kps/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

MINGGU, 20 APRIL 2014

15

Beasiswa Rp125 Juta Per Tahun BATU – Keseriusan Pemkot Batu menyediakan beasiswa bagi lulusan SMA yang berprestasi, dikuatkan dengan alokasi anggaran sekitar Rp 125 juta/tahun untuk beasiswa kuliah di Universitas Brawijaya, mulai tahun ini. Beasiswa itu, diberikan untuk siswa SMA dan sederajat yang lolos masuk Fakultas Pertanian dan Pariwisata. “Anggaranya sudah ada. Siapa nanti warga kota ini yang ingin mendapat beasiswa, harus melalui seleksi dulu,”

jelas Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu. Menurutnya, Pemkot sudah melakukan penandatanganan MoU soal pendidikan tersebut, dan sengaja memilih beasiswa untuk jurusan Pertanian dan Pariwisata karena menyesuaikan dengan visi misi Pemkot, yakni sentra pertanian organik berbasis pariwisata internasional. Dengan begitu, peraih beasiswa setelah menuntaskan kuliha nanti, bisa mengembangkan ilmunya untuk memajukan pertanian dan pariwisata

kota sejuk ini. Apakah mereka nanti juga diikat dengan ikatan dinas, sehingga harus kembali ke Kota Batu setelah lulus ? “Pemkot tidak akan melakukan ikatan dinas dengan mereka setelah lulus nanti, namun diharapkan bisa menerapkan ilmunya untuk pengembangan bidang pertanian dan pariwisata. Tetapi jika mereka ingin berkarir di tempat lain, juga tidak ada larangan khusus,” tegas Lunjup, sapaan akrabnya. Beasiswa itu bisa digunakan

untuk biaya kuliah secara lengkap, yang meliputi uang gedung hingga SPP. Ditambah lagi mendapatkan uang saku sekitar Rp600 ribu per bulan untuk kebutuhan hidup selama kuliah.” Tambahan uang saku ini sangat penting, agar mereka benar-benar konsentrasi selama kuliah, sekalipun beasiswa itu dimenangkan oleh anak-anak dari keluarga kurang mampu,’’tambahnya. Dia menambahkan, beasiswa untuk pelajar yang melanjutkan ke UB itu merupakan

pilot project tahun ini. Jika langkah tersebut sangat efektif untuk dunia pendidikan di kota wisata ini, maka Pemkot akan terus mengembangkan pada tahun-tahun berikutnya. Dengan begitu penerima beasiswa tidak hanya sebatas empat orang, melainkan tetapi bisa bertambah banyak. (feb/lyo) FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

AKRAB: Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso terlihat akrab bersama siswa-siswa peserta UN.

Bonus untuk Atlet Peraih Medali BATU - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Batu, mengirimkan 19 atlet dalam Kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), yang berlangsung di Surabaya mulai Senin (21/4) hingga Kamis (24/4). Kasi Kelembagaan dan Peningkatan Mutu SD Dikdas, Siti Chotipah mengatakan, bahwa atlet-atlet yang dikirim itu akan mengikuti 8 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Diantaranya, atletik, bola voly mini, bulu tangkis, tenis meja, renang, senam, karate dan catur. ”Senin pagi nanti (besok), kami berangkat ke Surabaya dan siap pulang sebagai juara,”kata Siti, panggilan akrabnya. Untuk memacu semangat atlet, tak tanggung-tanggung Disdikpora juga memberikan bonus besar. Bagi atlet yang meraih medali emas, akan mendapatkan bonus Rp1 juta, perak Rp750 ribu dan medali erunggu Rp500 ribu.”Saat pembekalan kemarin, Pak Budi Santoso telah menyampaikan adanya pemberian bonus itu bagi yang berprestasi,”ujarnya. Semua atlet itu dikawal 15 pelatih dan satu official, dia mengakui jika 19 atlet itu sebelumnya telah menjalani TC tingkat kota.”Kami yakin dengan atlet yang dimiliki saat ini, sekalipun masih SD namun semangat dan motivasi mereka, benar-benar tinggi. Apalagi diiming imingi bonus, pasti lebih semangat bertanding,”paparnya. Ketua Harian KONI Kota Batu, Didik Machmud menerangkan atlet-atlet yang akan bertanding dalam O2SN itu dinilai telah matang. Dibawah pembinaan langsung Bapopsi, mereka berangkat dengan kepercayaan tinggi. (mik/lyo) MISKI/MALANG POST

REKAPITULASI: Petugas penyelenggara saat melakukan rekapitulasi surat suara di tingkat PPK.

Hari Ini KPU Rekap Hasil Suara BATU–Pleno rekapitulasi perhitungan hasil perolehan suara Pileg 2014 di Kota Batu, Minggu (20/4) dihelat KPU setempat. Berapa perolehan suara secara resmi baik untuk parpol maupun caleg DPRD Kota Batu, baru bisa diketahui melalui pleno tersebut. Ketua KPU Kota Batu, Bagyo Prasasti Prasetyo mengatakan, pleno akan diikuti oleh semua komisioner KPU. “Jadwalnya seperti itu. Kami akan melakukan pleno reka-

pitulasi perhitungan suara Minggu besok (hari ini),” ungkap Bagyo, sapaan akrabnya. Namun demikian, hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara itu, tidak langsung diteruskan dengan penetapan calegcaleg yang dinyatakan jadi anggota dewan. Sebaliknya, sesuai tahapan penetapan caleg jadi baru dilakukan 20 Mei mendatang.” Plenonya harus dipisah antara rekapitulasi perhitungan perolehan suara, dan penetapan. Apalagi satu

pleno membutuhkan waktu yang panjang,” tambah mantan wartawan ini. Disisi lain, undangan untuk menghadiri pleno tersebut juga sangat terbatas lantaran terbatasnya ruangan. Mereka yang diundang antara lain saksi-saksi dari parpol, panwas dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Simpatisan parpol maupun pendukung caleg, tidak boleh masuk ke ruangan tempat pleno rekapit-

ulasi. Namun demikian mereka boleh datang ke kantor KPU, tetapi lokasinya di bagian luar gedung. “Lokasi rekap berada di aula, dengan areal yang tidak terlalu luas. Jika ada massa atau simpatisan, ruangan pasti tidak cukup sehingga undangan harus dibatasi,” tambah alumnus FIA Universitas Brawijaya Malang ini. Pleno tersebut untuk mengetahui perolehan suara tingkat Kota Batu, yang meliputi

suara parpol, suara caleg dan DPD tingkat DPR RI, DPRD 1 Provinsi dan DPRD II. Dalam pleno, KPU cukup merekap hasil suara dari PPK-PPK yang ada alias tidak akan ada perhitungan suara ulang. “Perhitungan suara ulang hanya bisa dilakukan di tingkat TPS, PPS hingga PPK. Kalau sudah tingkat kota (di KPU) tidak ada perhitungan suara ulang, karena hanya rekap hasil suara tingkat di bawahnya,” tegas Bagyo. (feb/lyo)

Penderita Stroke Antre Pengobatan Gratis

MISKI/MALANG POST

CEK KESEHATAN: Salah satu warga yang terlihat mengikuti pengobatan gratis yang digelar Umat Hidu di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, kemarin.

BATU-Wanita Hindu, Sabtu (19/4) menggelar pengobatan gratis di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Kegiatan sosial yang dimanfaatkan sebaik baiknya oleh masyarakat itu, merupakan rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi 1936. Ketua Umum Wanita Hindu Dharma Indonesia, Rataya B Kentjana W Suwisma mengatakan, pengobatan gratis yang digelar rutin tahunan itu memang merupakan rangkaian peringatan hari nyepi, untuk membantu sesama.”Yang ikut bukan hanya orang hindu, antar umat beragama juga ban-

yak yang datang memeriksakan kesehatannya,”jelas Rataya. Dia menambahkan, dalam pengobatan gratis tersebut targetnya diikuti 500 orang utamanya warga Dusun Junggo. Sedangkan pihak penyelenggara, juga menyiapkan Dengan tenaga medis dan apoteker sebanyak 30 orang. Rombongan Umat Hindu Jakarta, ini memilih Kota Batu untuk pengobatan gratis, karena sifatnya bergiliran. Apalagi parisada pusat memprioritaskan, agar mengadakan bakti sosial dilakukan di kantong-kantong umat Hindu di Indonesia, salah satunya di Dusun Junggo. Menariknya, yang datang

MISKI/MALANG POST

NILAI: Dewan juri melihat hasil karya peserta lomba mewarna dan melukis telur di Lippo Plaza, kemarin.

berobat tidak hanya penderita penyakit ringan. Namun banyak pula yang sudah lama sakit stroke berat maupun ringan, penderita penurunan fungsi panca indra (mata dan pendenganaran menurun), dan asam urat. Selain bakti sosial itu, juga untuk menunjukkan rasa kepedulian antar sesama masyarakat Indonesia. Dan mengajak semua elemen untuk turut serta menggelar acara yang sama, sehingga dapat membantu kinerja pemerintah dalam hal kesehatan warga.”Bakti sosial ini dilaksanakan secara serentak, dan di Kota Batu antusiasme masyarakat justru luarbiasa,”pungkasnya.(mik/lyo)

Lomba Melukis Telur BATU - Lippo Plaza, Sabtu kemarin mengelar lomba mewarna untuk anak-anak sekolah dan melukis telur dengan lebel Jumat Agung. Khusus bagi orangtua juga disiapkan lomba mencari telur, yang sengaja disebar di sejumlah lokasi. Even itu diselenggarakan bekerjasama dengan Poin Eleven Project. Sekitar 100 peserta mengikuti lomba itu, yang dimarakan orkestra cilik dari Surabaya, Coach Look Banda dan Marsha jebolan Idola Cilik. Staff Marketing Communication Lippo Plaza, Yoshua Kristanto mengatakan, acara Easter Celebration itu memang memperingati Paskah 2014.” Ini merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk berkreasi, sekaligus ikut serta dalam hari-hari besar,”jelas Kris, panggilan akrabnya. (mik/lyo)

Memburu Mitos Keajaiban Tiga Sumber Air Candi Songgoriti

Tak Hanya Bertuah, Pingin Jabatan pun Rela Tirakatan

MISKI/MALANG POST

SUMBER AIR: Haryoto saat menunjukkan lokasi sumbre air panas, dan yang di sebelahnya terdapat sumber air dingin. TAK mengherankan bila ilmuwan Universitas Brawijaya, mulai meneliti kand-

ungan tiga sumber mata air di bawah Candi Songgoriti. Apalagi tempo dulu ketiga

jenis air berbeda rasa itu, sudah diyakini memiliki khasiat pengobatan. Kolonial Belanda pun, pernah membangun rumah sakit di dekat candi karya Empu Supo itu. Empu Supo, sebelum membuat keris pusaka atas perintah Raja Sendok sebelum memasuki abad 10, sudah barang tentu diawali perenungan batin. Dia pun akhirnya tertarik dengan kawasan yang dikelilingi pegunungan (Songgoriti). Dan setelah membuahkan karya keris pesanan sang raja, diapun membangun candi yang dikenal dengan sebutan Candi Supo ataupun Candi Songgoriti. Memang tidak ada sebuah prasasti peninggalan Supo, yang secara khusus mengabarkan keunikan dan khasiat

tiga sumber air yang lokasinya berhimpitan namun jenis airnya tetap terpisah itu. ‘’ Tetapi secara turun temurun, kami mendapat ceritera bahwa ketiga sumber itu memiliki khasiat berbeda,’’terang Juru Kunci Candi Songgoriti, Haryoto, Sabtu kemarin. Salah satu keunikan tiga sumber mata air itu, adalah panas, dingin dan sumber air berwarna biru yang lokasinya sangat berdekatan itu. Ketiga sumber itu berada di bawah candi, yang di atasnya sengaja dilengkapi penutup sehingga siapapun bisa mengambil air tersebut. Keajaiban dan kabar khasiat ketiga jenis air itulah yang mendorong pakar Unibraw, Jumat lalu mengawali penelitihan. Sebelum para pakar itu

mengungkap keunikan air tersebut, ribuhan tahun lalu sudah ada kepercayaan bahwa munculnya sumber air panas lantaran digunakan Empu Supo untuk mencelupkan besi panas dalam proses membuat keris pusaka. Menurut Haryoto, khasiat air panas di sumber itu bisa menyembuhkan penyakit asam urat, gejala struk dan penyakit kulit. Air panas di candi itu, panasnya mencapai 47,5 derajat celcius dan pada musim penghujan kadang panasnya meningkat serta mengandung zat baja, besi dan belerang. Sementara air dingin yang berwarna putih bening, rasanya juga berbeda, ada asin dan tawar yang diyakini sebagai air penghidupan dalam artian khasiatnya membuat awet

muda. Sementara untuk air berwarna biru yang berada persis di bawah tengah candi (dibagian atas dingin, dibagian bawah panas), bisa dijadikan petunjuk situasi negara ini. Bila warnanya berubah semusemu merah, diyakini kondisi negara sedang guncang. Sebaliknya bila kondisi aman dan damai, warna airnya tetap biru-biru keputihan. ”Beruntung dalam Pemilu kemarin, walaupun calegcaleg berebut mencari dukungan, namun kondisi kemanan tetap kondusif. Sehingga warna air di bawah candi itu tetap biru,”urai Haryoto, yang menambahkan ketiga jenis air Candi Songgoriti itu sebagai gambaran sifat manusia yang memiliki hawa nafsu panas dan dingin alias

angkara murka, suka dan duka. Diapun menyebut, begitu bertuahnya mata air Candi Songgoriti, itu yang datang tidak hanya ingin berobat saja. Sebaliknya, bagi yang punya keinginan mendapat jabatan juga kerap datang melakukan ritual atau nyepi di candi mungil itu.’’ Setiap pemilu dan Pilkada, candi ini pasti ramai digunakan bersemedi,’’tambahnya. Sedangkan menyangkut khasiat air tersebut, Haryoto sempat menunjukan foto sebuah rumah sakit yang dulu sengaja didirikan oleh tentara Belanda, persis di sebelah utara candi. Keberadaan rumah sakit itu, tak lain untuk menghalangi warga pribumi yang berkeinginan mengambil tuah air tersebut.(mik/lyo) REDAKTUR: SAMSUL, LAYOUTER: REEP


SENAM

MINGGU, 20 APRIL 2014

16

FOTO-FOTO: GUEST GESANG/MALANG POST

SETELAH SENAM DONOR: Senamer Rampal ikut antre donor darah demi kemanusiaan di lapangan Rampal Minggu lalu.

HARI INI INDOSAT LEMPAR-LEMPAR HADIAH Sambut Hari Kartini

RAMPAL: Senam aerobik di lapangan Rampal Minggu lalu bersama Alfamart bener-benar heboh. Heboh senamnya, heboh hadiahnya, heboh dancernya. Pagi ini di lapangan Rampal, Indosat sebuah operator nasional akan melakukan lempar-lempar hadiah t-shirt dan kartu perdana. Pasti juga heboh.

BINTANG TAMU: Anang sang bintang tamu, instruktur di lapangan Rampal Minggu lalu tampil memukau.

LUAR BIASA HEBOH KOSTUMNYA: Ainul senamer dari Kebonagung (kiri), Eli dari Buring dan Yuli dari Polehan tampil beda dengan kostumnya.

Dr Edi D (Ke (Ketua Senandung Rindu) dari Bunga Cengkeh senam dengan semangat se

REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: OLIS


AREMA CR NU S

MINGGU, MING MI NGGU GU,, 20 APRIL

17

GOL: Gustavo Lopes merayakan gol yang diciptakan ke gawang Pelita Bandung Raya (PBR) bersama Irsyad Maulana, tadi malam.

GRUP BARAT

FOTO-FOTO: GUEST GESANG/MALANG POST

AREMA CRONUS 7 SEMEN PADANG 8 PERSIB 7 PERSIJA 5 PELITA BANDUNG 8 SRIWIJAYA FC 7 GRESIK UNITED 5 BARITO PUTERA 6 PERSIJAP 8 PERSIK 7

PUAS KEPANJEN-Arema Cronus sukses kembali ke puncak klasemen sementara Indonesia Super League (ISL) 2014 setelah mengalahkan Pelita Bandung Raya (PBR). Bertanding si Stadion Kanjuruhan kemarin (19/4) Ahmad Bustomi dkk menang dengan skor 3-0 (1-0). Kedua tim bermain sama-sama terbuka. Saling jual beli serangan diperagakan kedua kesebelasan hingga 10 menit babak pertama berjalan. Namun, beberapa peluang yang tercipta tidak berhasil merubah kedudukan.

Baru pada menit ke-17 serangan balik Arema mengejutkan PBR. Berawal dari umpan terobosan Dendi Santoso, Alberto Goncalves peka menerima untuk melepaskan tendangan keras yang merobek jala PBR yang dijaga Dennis Romanovs. Menit ke 21 PBR mendapat peluang emas setelah mendapat hadiah tendangan pinalti. Penalti diberikan setelah Gaston Castano dilanggar oleh Victor Igbonefo di dalam kotak penalti. Hal itu membuat wasit tak segan-segan menunjuk titik putih. Baca Puas... Hal. 18

6 5 5 4 3 2 1 1 1 0

0 1 1 2 2 2 3 1 1 2

1 2 1 0 3 3 1 4 6 6

19-4 11-8 12-7 10-4 9-10 5-7 8-8 4-10 8-16 4-15

18 16 16 14 11 8 6 4 4 2

2 2 0 1 2 4 2 3 2 3 5

14-1016 11-6 13 10-5 12 7-4 12 13-9 11 8-9 8 11-8 7 7-10 7 4-5 6 7-15 5 4-15 2

GRUP TIMUR PERSELA MITRA KUKAR PERSIPURA PERSIRAM PERSEBAYA* PSM MAKASSAR PERSISAM PERSERU PERSIBA BLKPPN PERSEPAM PERSIBA BANTUL

8 7 6 7 8 8 7 6 6 6 7

5 4 3 3 4 2 1 2 1 1 0

1 1 3 3 2 2 4 1 3 2 2

*Persebaya Dikurangi FIFA 3 poin

CETAK DUA GOL: Alberto Beto Goncalves menyumbang dua gol ke gawang Pelita bandung Raya, tadi malam.

Boyong 19 Pemain NG-Arema Cronus membawa arMALANG-Arema mada tersehat yang dimilikinya jelang laga terakhir babak penyisihan grup F, AFC Cup 2014. Rabu, 23 April 2014 nanti, Singo Edan, julukan Arema, bakal menghadapi Hanoi T&T di negeri komunis, Vietnam. Skuad asuhan Suharno-Joko “Gethuk” Susilo, dipastikan memboyong 19 pemain untuk menghadapi pemuncak klasemen sementara grup F AFC Cup 2014 itu. Untuk kiper, Arema memboyong Kurnia

Meiga Hermansyah dan I Made “Kadek” Wardana. Meiga dinilai tak tergantikan di skuad pujaan Aremania. Sedangkan, I Made Wardana jauh lebih fit dan lebih muda ketimbang kiper senior nan gaek, Ahmad Kurniawan (AK), kakak kandung Meiga. Untuk posisi defender, Arema mengandalkan duet kaliber asing, yakni Thierry Gathuessi dan Victor Igbonefo. Sampai saat ini, posisi inilah yang sedang rawan di kubu Arema. Baca Boyong... Hal. 18

Kecelakaan, Munhar Batal ke Vietnam ALANG - Makin lama pertahanan MALANG Arema Cronus makin rentan saja. Setelah Purwaka Yudhi Pratomo yang didera cedera, giliran bek garang Munhar yang kena petaka. Pemain belakang bernomor punggung 53 itu mengalami kecelakaan sepeda motor. Jumat lalu, Munhar hendak berangkat latihan Arema. Di tengah jalan, ban motor pemain asal Sidoarjo itu selip karena oli yang tercecer di aspal. Sontak, kendali motor Munhar oleng dan kehilangan kontrol.

Pemain yang pernah berkostum Persema Malang itu njungkel. “Saya jatuh disleding oli, haha,” seloroh Munhar saat dikontak Malang Post kemarin. Terjatuh dari sepeda tentu melukai fisik Munhar. Pemain yang pernah sukses bersama tim PON Jatim tersebut mengalami babras alias luka ringan di sekujur tubuhnya. Dokter tim, dr Indrawan Dwantoro menyebut bahwa luka yang dialami Munhar tergolong ringan. Baca Kecelakaan... Hal. 18

MENANG LAGI: Arema Cronus sukses merebut puncak klasemen sementara setelah mengalahkan Pelita Bandung Raya di Stadion Kanjuruhan, tadi malam. Kemenangan ini tak lepas dari dukungan Aremania yang memenuhi stadion.

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CRONUS

MINGGU, 20 APRIL 2014

18

Boyong 19 Pemain Guest gesang/malang post

Sambungan dari Halaman 17

PELUANG: Dendi Santoso memiliki peluang di depan gawang PBR. Tadi bagi, Dendi dkk berangkat ke Vietnam.

Sebab, Purwaka cedera, sementara Munhar baru saja mengalami kecelakaan. Dua pemain bertahan ini absen dalam tur Vietnam. “Kita memang kekurangan pemain di posisi stopper. Tapi, saya yakin tim pelatih punya alternatif, misalnya memakai gelandang bertahan seperti Juan Revi sebagai defender,” tegasnya. Untuk bek sayap, duet Malang Benny Wahyudi dan Johan Ahmad Farizi masih dipercaya. Meskipun demikian, tim pelatih juga tetap mempertimbangkan pelapis untuk posisi bek sayap. Tanpa Munhar, Thierry yang bisa jadi bek sayap, tidak bisa ndobel. Dia harus tetap jadi stopper saat lawan Vietnam. Gilang Ginarsa, yang bakal dibawa untuk melapisi lini pertahanan Arema di bagian sayap. Lalu, posisi gelandang bakal diisi oleh Ahmad Bustomi, Hendro Siswanto, I Gede Sukadana, Juan Revi Auriqto dan Gustavo Lopes. Sedangkan, Arif Suyono, Irsyad Maulana, Alberto Goncalves, Samsul Arif, Sunarto, Dendi Santoso dan Cristian Gonzales menempati slot penyerang. “Kita maksimalkan pemain yang ada, misi kita tidak cuma untuk plesir. Kita ingin cari poin di Hanoi,” tutupnya.(fin/jon)

Kecelakaan, Munhar Batal ke Vietnam Sambungan dari Halaman 17

Transit di Ho Chi Minh City MALANG - Arema Cronus bakal langsung menggelar tur Vietnam usai menghadapi Pelita Bandung Raya di Stadion Kanjuruhan, malam kemarin (19/4). Karena jadwal pertandingan yang mepet, Singo Edan harus langsung berangkat ke negeri komunis begitu selesai menjamu tim asuhan Dejan Antonic tersebut. Rencananya, tim asuhan SuharnoJoko Susilo subuh dini hari ini, pukul 03.00 WIB.

General Manager Arema, Ruddy Widodo mengungkapkan, perjalanan ke Vietnam tidak akan cepat. “Kita harus perhitungkan jarak dan penerbangan ke Vietnam. Kalau ingin sampai dalam waktu satu hari, ya harus berangkat subuh,” terang Ruddy kepada Malang Post, dikonfirmasi kemarin. Perjalanan Arema bakal dimulai dari mess Arema Jalan Buring. Dengan kendaraan bus, rombongan menuju Bandara Juanda dan diperkirakan sampai sekitar

pukul 05.00 WIB. Dengan rute standar menuju Vietnam, tim terbang ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Setelah transit, rombongan Arema langsung terbang lagi. Tidak ada transit di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) Malaysia. Ahmad Bustomi dkk langsung terbang menuju Vietnam, tepatnya Tan Son Nhat International Airport. “Kita tidak transit di Malaysia. Dari Jakarta, Arema langsung terbang ke Vietnam, tapi tidak ke Hanoi dulu. Kita

mampir di Tan Son Nhat International Airport, Ho Chi Minh,” tegasnya. Setelah transit di Ho Chi Minh, Thierry Gathuessi dkk langsung terbang ke Noi Bai Airport Hanoi. Dengan pengalaman yang dibagikan oleh tim Hanoi T&T tentang jarak yang jauh antara Vietnam-Indonesia, Arema diperkirakan tiba di Hanoi sekitar pukul 22.30 waktu Hanoi. Tidak ada perbedaan waktu antara Hanoi dan Waktu Indonesia Barat.(fin/jon)

“Dia cerita kalau mau berangkat latihan sore, tapi jatuh ditengah jalan. Lukanya ringan, cuma babras,” tandas dokter asli Singosari tersebut. Meskipun dokter bilang hanya luka ringan, dampak kecelakaan ini besar pengaruhnya untuk Arema. Pemain yang dikenal keras dan tanpa kompromi di atas lapangan itu dikabarkan terancam batal berangkat ke Vietnam. Padahal, seharusnya Munhar sudah masuk dalam daftar pemain yang diboyong ke Hanoi, untuk menghadapi Hanoi T&T, 23 April 2014, alias Rabu nanti. Padahal saat ini Arema membutuhkan seluruh defendernya untuk merebut poin di negeri komunis tersebut. Krisis defender yang sedang melanda klub pujaan Aremania ini, semakin berat dengan absennya Munhar. Karena pemain berjuluk Pohon Asem ini absen, duet Thierry Gathuessi dan Victor Igbonefo tidak punya pelapis. Kemungkinan, ada pemain gelandang yang dipaksakan untuk menjadi defender tengah. Bisa jadi, Juan Revi Auriqto yang biasa menempati posisi gelandang jangkar, akan dimundurkan ke belakang, demi melapisi Thierry-Victor.(fin/jon)

PUAS Sambungan dari Halaman 17

Arema U-21 Menang Tipis KEPANJEN - Arema Cronus U-21 berhasil menjungkalkan tamunya, Persita U-21 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) U-21 2014, Sabtu (19/4) kemarin sore. Bertanding di kandangnya sendiri, Stadion Kanjuruhan, Iman Budi Hernandi dkk unggul tipis 1-0 (0-0). Tim asuhan Singgih Pitono itu belum terlalu memperlihatkan ketajamannya pada babak pertama. Beberapa kali berusaha menguasai bola, Arema U-21 justru kesulitan menciptakan peluang. Tak banyak bola melaju hingga depan mulut gawang Persita U-21. Sementara tim lawan malah menguasai kalangan. Serangan demi serangan diperagakan oleh para pemain Persita U-21 secara bergantian. Menit 29, gawang Arema U-21 yang dijaga Utam Rusdiana nyaris kebobolan. Berawal dari serangan yang dimotori gelandang Persita U-21, Nazarul Fahmi di menit 29 yang melakukan penetrasi, tendangannya melaju keras ke arah gawang Arema U-21. Beruntung Utam Rusdiana masih mampu mengamankan gawang yang dijaganya. Tim berjuluk Singo Edan Muda ini kembali terancam di menit 36. Kali giliran Heryansyah yang merepotkan barisan bertahan Arema U-21. Ia melakukan tendangan keras namun sayang belum membuahkan hasil positif. Hingga turun minum, skor imbang tanpa gol bertahan untuk kedua kesebelasan. Di babak kedua, tampaknya Sing-

Namun, Gaston yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal memanfaatkan peluang itu. Tendangannya melambung jauh di atas gawang Kurnia Meiga. Skor tetap 1-0 untuk Arema. Hasil ini bertahan hingga turun minum. Di babak kedua Arema tampak lebih menguasai kalangan. Menit ke-55 umpan dari Dendi ke kotak pinalti PBR, tepat di kaki Hendro Siswanto. Namun tendangan Hendro tepat dipelukan Dennis Romanovs dan gagal menambah keunggulan. Usaha Arema untuk memperbesar keunggulan akhirnya terlaksana di menit 73. Memanfaatkan umpan sundulan Cristian Gonzales, Gustavo Lopez sempat mengelabui satu pemain PBR sebelum akhirnya melepaskan bola dengan tendangan keras ke gawang PBR. Skor menjadi 2-0 untuk Arema. Tak puas dengan hasil itu, tim asuhan Suharno - Joko ‘Gethuk’ Susilo terus menyerang. Alhasil, Arema kembali menambah gol. Pada menit ke-79, Alberto Goncalves sukses mencetak gol keduanya dalam laga itu. Lagi-lagi diawali umpan cantik Cristian Gonzales. Beto yang menusuk ke kotak pinalti PBR, sempat melakukan solo run sebelum akhirnya mencongkel bola hingga masuk ke gawang PBR. Skor berubah menjadi 3-0. Hasil ini bertahan hingga wasit meniup peluit akhir tanda pertandingan usai. “ Kita bertaruh malam kemarin, dan dapat hasil yang sangat memuaskan,” terang pelatih Joko ‘Gethuk’ Susilo kepada Malang Post sesaat usai pertandingan. (rul/jon)

gih Pitono banyak melakukan evaluasi. Terbukti, permainan Arema U-21 lebih menunjukkan tajinya. Pada menit 53, tendangan spekulasi bek Arema U-21, Dwi Azhari dari jarak 25 meter langsung mengarah ke gawang Persita U-21. Namun usaha tersebut belum berhasil. Bola lesakkan Dwi Azhari berada tepat pada pelukan kiper Persita U-21, Ridha Dzikrillah. Selang beberapa waktu, Arema U-21 kembali menyerang. Kini giliran striker yang baru saja sembuh dari cedera, Rio ‘Gaston’ Andriawan yang melakukan aksi cantik dan sukses menerobos barisan pertahanan Persita U-21 di sisi kanan. Ia melepaskan umpan kepada Saifudin Shokib yang berdiri didepan gawang. Namun sayang, tendangan Shokib masih berhasil diamankan kiper Persita U-21. Kebuntuan baru terpecah di menit 83. Adalah Okky Derry yang mengawali serangan ini. Ia memberi umpan pada Iman Budi Hernandi dan diterima dengan baik. Pemain yang pernah membela tim pra PON Jatim kala menghadapi Timnas U-19 ini sukses menjebol gawang Persita U-21 sekaligus merubah skor menjadi 1-0. Hasil ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. (rul/jon)

PSM Makassar Curi Satu Poin di Kandang Persipura

UNGGUL: Arema Cronus U-21 kembali sukses meraih poin sempurna dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) U-21 2014. guest gesang/malang post

Persebaya Berburu Tiga Angka SURABAYA -Laga tak kalah berat akan kembali dihadapi Persebaya Surabaya dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL). Kali ini Greg Nwokolo dkk akan menjamu Perseru Serui di Stadion Gelora Bung Tomo sore nanti (siaran langsung Kompas TV pukul 15.30). Laga tersebut tentu dijadikan ajang meraih angka penuh setelah sebelumnya Persebaya ditundukkan Persipura 1-2 di Jayapura, Papua (15/4). Sama juga dengan Perseru. Mereka kalah 0-1 di laga kandang saat menjamu PSM Makassar (14/4). Kekalahan ini membuat tim asuhan Robby Maruanaya itu mengusung misi mencuri poin dari tuan rumah. Misi itu tampaknya akan berjalan sesuai rencana, pasalnya striker andalan Kuda Laut Orange--sebutan Perseru--Sunday Oboh bakal tampil maksimal usai mengalami cedera. Kendati demikian, Robby dalam jumpa pers kemarin (19/4) menyebutkan

bahwa misi yang diusung timnya bakal menghadapi tembok besar. Alasannya, perbedaan materi pemain yang dimiliki timnya dengan Persebaya cukup mencolok. “Sebenarnya kami cukup realistis dengan kondisi tersebut. Tetapi kami yakin, besok (hari ini, Red) pemain sanggup menampilkan perlawanan yang berat bagi tuan rumah,” ujarnya. Sempat menjadi buah bibir saat tampil hebat di turnamen pra musim, Inter Island Cup lalu. Kini Perseru mulai mengalami kesulitan meraih kemenangan di laga-laga yang dilaluinya. Raihan tujuh poin dari enam laga menjadi kondisi nyata tim yang ber-homeground di Stadion Mandala, Jayapura itu. Lebih lanjut, Robby menyatakan bahwa kehadiran kembali Sunday Oboh akan menambah daya gedor Perseru. “Oboh sudah kembali on-fire, kami siap merepotkan Persebaya. Yang penting, pemain harus lebih fight menjalani laga

besok,” tegasnya. Di sisi lain, tuan rumah tampaknya lebih percaya diri dalam menyambut Perseru. Namun, catatan tiga kali pertemuan di musim lalu kala berkompetisi di Divisi Utama Perseru tampil mendominasi. Dua laga di babak grup sukses dikunci Perseru dengan kemenangan. Sedangkan Persebaya sukses meraih kemenagan di laga final kompetisi kasta kedua di Liga Indonesia itu. Keduanya juga menjadi newcomers di ISL musim ini. “Kami pantang meremehkan tim manapun. Ini penting untuk membuat pemain tetap waspada dalam menjaga lawan selama pertandingan berlangsung,” ujar Rahmad Darmawan, pelatih Persebaya. Beda dengan musim lalu, Persebaya kini dihuni pemain kelas satu di ISL. Sedangkan Perseru masih mengandalkan sebagian besar pemain yang sebelum-

nya mengantarkan Kuda Laut Orange ke ISL musim ini. Namun, kekuatan diatas kertas tentu harus dibuktikan diatas lapangan. Raihan tiga angka akan menjaga Persebaya tetap berada di papan atas Wilayah Timur ISL 2014. OK Jhon, bek asing Persebaya yang sebelumnya absen kala meladeni Persipura pun sudah bisa diturunkan kembali. Sayang, Ricardo Salampessy, partner OK Jhon di jantung pertahanan Persebaya harus absen lantaran akumulasi kartu. Nah, konsistensi Ambrizal di lini belakang menjadi harapan segenap tim pelatih Persebaya sore nanti. Mengingat, pemain ini melakukan blunder yang mengakibatkan Persebaya gagal mencuri poin di kandang Persipura. “Semua pemain saya kira sudah bisa menyesuaikan kondisi psikisnya. Kami siap menang hari ini,” timpal Toni Ho, asisten pelatih Persebaya. (nap/ko/jpnn/jon)

JAYAPURA -- PSM Makassar memenuhi ambisinya untuk mencuri satu poin di kandang Persipura dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (19/4). PSM sempat unggul lebih dulu melalui gol M Rahmat di menit 6, namun berhasil disamakan Bio Paulin pada menit 47. Tampil di kandang juara bertahan membuat PSM mematok target realistis. Pelatih PSM Rudi William Keltjes memainkan strategi bertahan dengan sesekali melancarkan serangan balik. Strategi itu membuat hasil di menit 6. Dari sebuah serangan balik cepat, M Rahmat berhasil memperdaya kiper Persipura asal Korea Selatan Yoo Jae Hoon. Gol PSM segera direspon Persipura. Namun kuatnya pertahanan PSM yang digalang Boman Aime, Agung Prasetyo, Hendra W dam Rasul membuat serangan tuan rumah tumpul. Boaz sempat mendapat peluang di menit 40, namun tembakannya lemah. Usai turun minum, Persipura tampil mengejutkan. Baru dua menit laga babak kedua berjalan, tim berjuluk Mutiara Hitam itu berhasil mencetak gol melalui Bio Paulin. Skor imbang 1-1 membuat pertandingan kian menarik. M Rahmat nyaris membawa PSM kembali unggul di menit 63. Sayang upaya Rahmad satu one on one dengan Yoo Jaeh Hoon masih bisa diblok. Menit 77 giliran kiper PSM, Markus Horison yang membuat penyelamatan gemilang. Dari sebuah crossing, Boaz melakukan sundulan yang masih bisa ditepis Markus. Kedua kesebelasan mencari gol tambahan di sisa waktu yang ada. Namun hingga wasit membunyikan peluit panjang skor tetap imbang 1-1. Hasil ini mengangkat posisi Persipura ke peringkat kedua klasemen sementara ISL wilayah Timur dengan poin 13. Sedangkan PSM berada di posisi 6 dengan poin 9. (abu/jpnn) Susunan Pemain: Persipura Jayapura: Yoo Jae Hoon, Fakdawer, Bio Paulin, Tinus, Ruben, Manu Wanggai, Alom, Pahabol, Lukas, Boakay, Boaz PSM Makassar: Markus (GK), Boman Aime, Agung Prasetyo,Hendra W, Rasul, Ponaryo (C), Syamsul H, Robertino, Rasyid, M Rahmat, Abd.Rahman Abanda REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


MINGGU, 20 APRIL 2014

UASB UB Gelar BFL MALANG- Unit Aktivitas Sepakbola Universitas Brawijaya (UASB UB) kembali menggelar Brawijaya Futsal League (BFL) 2014. Even yang sudah memasuki tahun kedua ini memulai laga perdana di tahun 2014 kemarin (19/4) di GOR Pertamina UB. Jika di tahun sebelumnya BFL hanya mempertandingkan laga putra, pada tahun ini tim futsal putri juga turun serta dalam even ini. “Ini merupakan BFL kedua. Tahun kemarin tidak ada tim futsal putri, karena tahun kemarin ada turnamen yang khusus putri. Tahun ini kita gabung,” kata Ketua Pelaksana BFL 2014, Deydeandy Lucky. Dia mengatakan hal ini ditemui di sela-sela pertandingan kemarin. Selain itu, ada lagi yang berbeda dalam BFL kali

ini. Tahun lalu, BFL hanya mempertandingkan satu kasta. Sedangkan tahun ini, BFL terbagi atas dua kasta untuk tim futsal putra, yakni divisi satu dan divisi utama. Untuk pertandingan putri, pertandingan digelar dengan sistem knock out. Sebanyak 12 tim futsal putri dari semua fakultas yang ada di UB turut serta. Semua tim putri terbagi menjadi empat grup. Di fase penyisihan, masingmasing tim beradu dengan sistem setengah kompetisi. Dua tim terbaik akan lolos menuju babak delapan besar yang digelar dengan sistem gugur. Sedangkan untuk putra, sebanyak delapan tim ikut serta di divisi utama. Sementara pada divisi satu, diikuti oleh tujuh tim. “Penentuan pembagian divisinya kami tentukan

MUHAMMAD CHOIRUL/MALANG POST

SENGIT: Salah satu laga dalam BFL hari pertama yang diselenggarakan di GOR Pertamina UB kemarin. berdasarkan hasil tahun kemarin. Yang lolos delapan besar tahun lalu berhak masuk divisi utama tahun ini,” jelas Dey, sapaan akrabnya. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa ada sistem promosi degradasi dalam even ini. Dua

tim teratas dari divisi satu akan promosi ke divisi utama tahun depan. Sedangkan dua tim papan bawah divisi utama secara otomatis akan mengalami degradasi ke divisi satu musim depan. Mahasiswa Ilmu Komuni-

kasi UB ini berharap, dengan adanya BFL 2014 ini, para pemain-pemain berbakat mampu berkancah ke kasta yang lebih tinggi. “Harapanku ini jadi start awal buat teman-teman fakultas berkancah ke kasta yang lebih tinggi lagi untuk masuk tim UB,” papar Dey. Fans AC Milan ini mengungkapkan, beberapa kendala UASB UB ialah minimnya minat mahasiswa untuk masuk UKM tingkat universitas. “Karena kendalanya saat ini pemain-pemain berpotensi jarang yang mau masuk UASB UB. Rata-rata memilih fakultas,” ungkapnya. Ditanya mengenai kendala pelaksanaan, sejauh ini pihaknya mengeluhkan soal venue penyelenggaraan pertandingan. (rul/mar)

IST/MALANG POST

ISI TENAGA: Menjelang lawan Chelsea, pemain Atletico madrid diminta beristirahat.

19

TIMNAS U-19

Indra Sjafri: Kualitas Meningkat JAKARTA- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan anak asuhnya yang dipersiapkan untuk Piala AFC 2014 di Myanmar mengalami peningkatan kualitas selama menjalani Tur Timur Tengah. Selama menjalani Tur Timur Tengah, Evan Dimas dan kawan-kawan menjalani lima pertandingan yakni dua pertandingan melawan Timnas Oman U-19, dua pertandingan dengan Timnas Uni Emirat Arab U-19 dan satu pertandingan melawan klub Al-Shabab . “Timnas dapat pelajaran yang berbeda Tur Timur Tengah. Kami melawan tim dengan kualitas dan karakter yang berbeda. Tentu dalam konteks uji coba, ini sangat bagus untuk pembelajaran pemain,” kata Indra Sjafri, kemarin. Menurut dia, selain secara tim, beberapa pemain juga menunjukkan perkembangan kualitas yang signifikan. Hal ini menunjukkan terjadi persaingan positif antarpemain dan selalu ingin tampil maksimal setiap diberikan kesempatan turun pada sebuah pertandingan.Dari lima pertandingan uji coba internasional yang dijalani oleh Tim Garuda Jaya, kualitas permainan Paulo Sitanggang, penjaga gawang Awang Setho Raharjo dan pemain belakang Ryugi Utomo Prabowo terlihat lebih baik. Bahkan Paulo Sitanggang diberi kepercayaan di tiga laga terakhir sebagai pemain inti. Meski demikian, pelatih asal Sumatera Barat itu juga mencatat beberapa kelemahan yang harus segera diperbaiki oleh tim yang diharapkan mampu membawa Indonesia ke Piala Dunia U-20 2015 mendatang itu. “Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus tim pelatih. Salah satunya antisipasi bola crossing dan efektivitas bermain. Insya Allah di akhir tahap specific preparation (persiapan khusus) Agustus nanti, semua kelemahan sudah bisa kami minimalisir,” kata Indra. Muhammad Hargianto dan kawan-kawan pada Tur Timur Tengah mampu meraih tiga kemenangan yaitu saat menghadapi Timnas Oman di pertandingan kedua dengan skor 2-1 dan menang dua kali atas Timnas Uni Emirat Arab dengan skor 4-1 dan 2-1. Satu kekalahan didapat dipertandingan pertama melawan Timnas Oman dengan skor 1-2. Pada pertandingan ujicoba terakhir, Timnas Garuda Jaya harus bermain imbang dengan salah satu klub asal Uni Emirat Arab yaitu Al-Shabab dengan skor 2-2. Hasil ini didapat setelah Indra Sjafri menurunkan pemain lapis kedua. Sedangkan empat pertandingan sebelumnya selalu menurunkan tim inti dan sedikit modifikasi. Setelah menyelesaikan Tur Timur Tengah yang didahului dengan ibadah umroh, seluruh punggawa Timnas Indonesia U-19 akan langsung kembali ke Tanah Air. (an/mar)

IST/MALANG POST

Atletico Mulai Isi Tenaga Lawan Chelsea MADRID- Akhir pekan ini Atletico Madrid sudah sukses menuntaskan misinya meraih tiga angka. Sekarang mereka langsung beristirahat mengisi tenaga untuk menghadapi Chelsea. Atletico meraih kemenangan 2-0 saat menjamu Elche dalam laga jornada 34 La

Liga, dinihari kemarin. Hasil itu membuat Los Colchoneros masih dalam posisi terdepan dalam perebutan gelar juara La Liga. Kini Atletico langsung mengarahkan fokus ke laga leg pertama semifinal Liga Champions lawan Chelsea,

Rabu (23/4) dinihari di Vicente Calderon. “Para pemain memperlihatkan usaha bagus dan sekarang mereka harus mengisi baterai mereka sebisa mungkin agar mereka bisa pulih untuk pertandingan hari Selasa yang mana amat penting buat

sejarah Atletico Madrid,” tegas Entrenador Atletico Diego Simeone di AS. Sementara Chelsea, yang juga masih memburu gelar Premier League, akan memiliki waktu istirahat lebih singkat daripada Atletico karena baru menjamu Sunderland

semalam. Atletico sendiri sebelumnya sudah pernah satu kali sampai ke final ajang Piala/Liga Champions, yakni pada musim 1973–74 lampau. Saat itu mereka cuma jadi runner-up akibat kalah dari Bayern Munich. (dk/mar)

David Moyes

Moyes Bersiap ke Goodison Park Lagi MANCHESTER- Akhir pekan ini David Moyes akan kembali memijakkan kaki di Goodison Park, bekas “rumahnya” yang sudah nyaris satu tahun belum ia sambangi lagi. Moyes akan menemani timnya, Manchester United (MU), bertandang ke Goodison Park markas Everton dalam partai Premier League, hari ini. Musim panas lalu Moyes meninggalkan tempat itu, untuk menuju MU, dengan diiringi puja-puji setelah dinilai sukses dalam kiprahnya menangani The Toffees selama 11 tahun. Akan tetapi, hubungan Moyes dengan Everton, khususnya suporter, memburuk setelah ia mengajukan tawaran sebesar 28 juta poundsterling untuk Leighton Baines dan Marouane Fellaini. Tawaran itu dinilai kubu Everton sebagai sesuatu yang merendahkan dan mengolok-olok. Pada prosesnya cuma Fellaini yang mengikuti jejak Moyes dari Everton ke MU dengan nilai transfer 27,5 juta poundsterling di hari terakhir bursa transfer musim panas. Sejak saat itu suporter Everton pun tak lagi respek dengan Moyes. Dalam lawatan Everton ke Old Trafford pada bulan Desember, Moyes pun mendapat celaan dari suporter bekas klubnya tersebut. Rupanya terkait hal itu pula Moyes belum lagi menginjakkan kaki di Goodison Park: ia tak mau membuat suporter di sana kian kesal karena merasa Moyes sedang memantau pemain Everton lain. (dk/mar)

KUALITAS: Indra Sjafri selalu meminta pemainnya di Timnas U-19 untuk tampil maksimal dan berkualitas.

MONTE CARLO MASTERS

Hadapi Federer di Babak Semifinal MONTE CARLO- Novak Djokovic melaju ke babak semifinal Monte Carlo Masters setelah mengalahkan Guillermo Garcia-Lopez. Di babak semifinal, Djokovic akan berhadapan dengan Roger Federer. Pada pertandingan yang berlangsung di Monte Carlo Country Club, dini hari kemarin, Djokovic melaju setelah menundukkan Garcia-Lopez dengan skor 4-6, 6-3, dan 6-1. Djokovic sempat kesulitan meladeni perlawanan GarciaLopez di set pertama dan sempat beberapa kali membuat kesalahan. Kendati demikian, Garcia-Lopez tidak mampu menghalangi Djokovic yang bangkit di dua set berikutnya. Petenis asal Serbia itu pun menggenggam tiket ke semifinal dan akan berhadapan dengan Federer. Sama seperti Djokovic, Federer juga harus bertarung ketat sebelum melaju ke semifinal. Fed Ex harus berjuang ekstra sebelum akhirnya menundukkan Jo-Wilfred Tsonga yang diakuinya bermain amat baik. Pertemuan di semifinal nanti akan jadi pertemuan ke-34 antara Djokovic dan Federer. Untuk saat ini, Federer masih unggul atas Djokovic. Petenis asal Swiss itu unggul tipis dengan mengoleksi 17 kemenangan, sementara Djokovic mengoleksi 16 kemenangan. (dk/mar)

GP CHINA

Manuel Neuer

Neuer Diistirahatkan untuk Hadapi Madrid MUNICH- Kiper Bayern Munich, Manuel Neuer, diharapkan bisa fit tengah pekan depan kala timnya menghadapi Real Madrid. Oleh karenanya, ada kemungkinan Neuer tidak akan dimainkan akhir pekan ini. Neuer mengalami cedera betis kala Bayern menghadapi Borussia Dormund akhir pekan lalu. Imbasnya, dia tidak bermain ketika Die Roten menghadapi Kaiserslautern di babak semifinal DFB Pokal. Mengingat kiper kedua Bayern, Tom Starke, juga tengah cedera, posisi penjaga gawang pada laga melawan Kaiserslautern diserahkan kepada kiper ketiga, Lukas Raeder. Bayern

sendiri akhirnya menang 5-1 pada laga tersebut. Neuer mengaku bahwa kondisinya kini baik-baik saja, tetapi fokusnya bukanlah pada laga melawan Eintracht Braunschweig akhir pekan ini, melainkan pada laga melawan Madrid. “Saya baik-baik saja dan saya merasa bisa tampil pada hari Rabu mendatang,” ujar Neuer di situs resmi klub. Manajer Bayern, Pep Guardiola, juga dikabarkan media Spanyol, AS, bakal mengistirahatkan Neuer akhir pekan ini. Artinya, ada kemungkinan Raeder akan kembali mengawal gawang Bayern. (dk/mar)

Vettel Siap Sulitkan Mercedes SHANGHAI- Sebastian Vettel menyebut hasil kualifikasi GP China sudah memungkinkan timnya, Red Bull, untuk mengganggu dominasi Mercedes. Vettel menyudahi sesi kualifikasi di Shanghai, kemarin siang dengan mencatat waktu terbaik ketiga. Ia kalah cepat dari rekan setimnya sendiri, Daniel Ricciardo, dan peraih pole Lewis Hamilton dari Mercedes. Namun demikian, hasil itu cukup membuat puas Vettel karena ia dan Ricciardo sudah memisahkan Mercedes-dengan Nico Rosberg akan menempati posisi start keempat. Selain itu, ia juga berharap hujan akan turun lagi dalam balapan Minggu (20/4) besok karena dalam kualifikasi hal itu sudah terbukti cukup menguntungkan Red Bull untuk memangkas selisih dari Mercedes. “Dalam kondisi basah, aku pikir kami punya peluang lebih besar. Dalam kondisi kering, mereka sedikit terlalu cepat dan terlalu jauh untuk dikejar, tapi kita lihat saja apa yang akan terjadi besok,” kata Vettel di Crash. Dia memprediksi akan cerah, tapi sudah pasti kami akan tetap berusaha. “Aku pikir kami ada dalam posisi terbaik untuk berusaha dan menyulitkan mereka,” serunya. (dk/mar) REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: SLATEM


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

MINGGU, 20 APRIL 2014

EVEN

EVEN

Pesta Malang

Merusak Otak #4 –

Malang Race

The Final Explode

se-Abad Kota Malang

Ayo datang di acara Pesta Malang Sejuta Buku 2014 untuk menyambut 1 abad Kota Malang & dalam rangka hari lahir ke-88 NU yang akan diadakan hari Senin-Minggu 14-20 April 2014 di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Malang, Jl. Besar Ijen No. 30A Malang.

HMJ Seni dan Desain Universitas Negeri Malang akan mempersembahkan “Merusak Otak #4 – The Final Explode” di Gedung E6, E7, E8 Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

YUK IKUTAN Jalan Sehat se-Abad Kota Malang, yang digelar dalam rangka ulang tahun Kota Malang yang ke -100. Dengan semangat baru satu abad Kota Malang, mari wujudkan masyarakat ceria, cerdas dan cemerlang untuk menuju kota yang bermanfaat.

EVENT: Sarasehan budaya, Talkshow Bedah buku, Malam apresiasi seni Bincang sastra dll

BERAGAM ACARA: Sedesa Ganti Baju: Menggambar bersama Gedung E8 Fak. Sastra Seni Pertunjukkan Tari, Musik, Video, dan Animasi Pameran 3 Dimensi Pameran 2 Dimensi

Sejuta Buku 2014

BINTANG TAMU: Alvin Adam (Pembawa acara Just Alvin) Nurel Javissyarqi (Budayawan) Moeammar Emka (Penulis Jakarta Undercover) LOMBA: Tartil Al-Quran, Pildacil Musik akustik, Menyanyi Mewarnai, Menggambar Baca puisi, Fashion show busana muslim INFO lebih lanjut hubungi: 085736038383 085785288714 085649009822 089650765777 FB: Pameran Buku Twitter: @PameranBuku

Selaras Semangat Berkarya Kartini Muda Brawijaya Mahasiswa Universitas Brawijaya mempersembahkan “Selaras Semangat Berkarya Kartini Muda Brawijaya” . AYO ikutan pada Rabu, 23 April 2014 mulai pukul 08.30-12.30 di Samantha Krida UB. TIKET GRATIS! (tiket diambil di stand di Perpustakaan Pusat). PEMATERI: 1. Dr. dr. Retty Ratnawati, M.Sc (Ahli kesehatan dan Dosen Fakultas Kedokteran UB) 2. Tri Rismaharini (Walikota Surabaya)* 3. Siti Nur Latifah (Model dan Mahasiswa FIB UB) INFO lebih lanjut hubungi: @EM_UBOfficial Riza 085780549739

Point Blank National Championship 2014 Ikutilah Point Blank National Championship 2014 Regional Malang persembahan Flux Capital Of Entertainment. ACARA AKAN BERLANGSUNG pada Sabtu-Minggu, 26-27 April 2014 di Flux Capital Of Entertainment, Jl. Letjen S. Parman 104 Malang. BIAYA REGISTRASI: Rp 50.000/team. Free t-shirt untuk 20 pendaftar pertama PENDAFTARAN TERAKHIR: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 16.00

Acara akan berlangsung pada Senin-Kamis, 21-24 April 2014.

INFO lebih lanjut hubungi: @MerusakOtak Ayung 0899 049 7422

Moslem Intellectual Challenge 2014 Acara ini akan diadakan hari Sabtu, 26 April 2014 pukul 07.00-13.00 di Aula Gedung A3 Universitas Negeri Malang.

DENGAN MODERATOR: Panji Agnyoto, S.Pd Aktivis dakwah Islam dan mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Malang CARA PENDAFTARAN: 1. Sekretariat BDM Al Hikmah 2. Sekretariat muslimah BDM Al Hikmah 3. Daftar via sms dengan format MIC_ NAMA_FAK_JUR_ANGKATAN kirim ke contact person INFO lebih lanjut hubungi: 085 746 330 711 > Putra 085 791 995 647 > Putri

Gowes 100 Tahun Kota Malang Yuk ikutan Gowes 100 tahun Kota Malang yang diselenggarakan pada Minggu, 20 April 2014 mulai pukul 06.00 WIB. Start dari Grapari Telkomsel, Jl. S. Parman 47 Malang dan finish di Matos, Jl. Veteran No. 2 Malang. BIAYA PENDAFTARAN: Rp 25.000. Dapat kaos gratis untuk 2.000 pendaftar pertama + produk dari Fatigon C-Plus

TEMPAT PENDAFTARAN : Matos, MOG, Araya, Indomaret Grapari Telkomsel, Jl. S. Parman 47 Malang

TECHNICAL MEETING: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 17.00 Info lebih lanjut, hubungi : Chandra 0856 4666 4706 / 236D7AED

INFO bisa hubungi: Priyo 0813 5747 9000 Customer service Matos 0341-575751

Malang Post – KDS akan menggelar Lomba Drum Band tingkat Jawa Timur bertitel

‘MALANG POST – KDS Display n Playpass Competition 2014’. ACARA AKAN DIGELAR PADA 30 -31 Mei dan 1 Juni.

ADA DUA MATA LOMBA, playpass (kirab) di Jalan Protokol Kota Malang dan Display di GOR Ken Arok.

KLASEMEN lomba TK, SD, SMP, SAM/Umum dan Marching Band.

Etos Expo 2014 Etos Expo 2014 serentak diselenggarakan di 13 Kota di seluruh Indonesia, untuk para pelajar SMA/Sederajat. Dengan rangkaian acara : - Sosialisasi SBMPTN dan UM PTAIN - Student motivation training by Gamal Albinsaid - Art performance by Akar Tuli, Arif IMB, Faul feat Despro - Expo beasiswa Etos Expo 2014 diselenggarakan serentak pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Graha Medika FK-UB. Tiket masuk : Rp 10.000 (buy 10 get 1 free) INFO hubungi: 08990384124

Bukan Seminar Nasional Bukan Seminar Nasional “Crative Marketing Think Out Of The Box, Why Not?” bersama : @peter_says : Owner of Peter Says Denim @axltwentynine : Owner of Maicih Acara akan digelar pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang. DENGAN HARGA TIKET MASUK : Reguler : Rp 100.000,Silver : Rp 125.000,Gold : Rp 150.000,Presale Reguler : Rp 85.000,FASILITAS : Sertifikat, Goodiebag, Photobooth, Lunch, Snack dan Foto bersama tamu undangan

INFO HUBUNGI : CP Dimas : 081944928877 CP Adit : 085643473395 Twitter ~ @bukansemnas BURUAN GABUNG! TIKET TERBATAS.

Mp-Jual : jasa therapy buat pasutri 083848891172

MP-Jual : rumah strategis di pusat kota malang, harga 300 jt nego. Hub 085755731772

MP-JUAL: Seminar HYPNOTIS tgl 4 mei’ 14, di Batu. HTM Rp199rb. H: 085785278900 MP_Jual: Jasa loket pembayaran PLN,Telkom,Pulsa all operator dll. GRATIS HP SMARTFREN dan Voucher pulsa Rp 100ribu. Info & pendaftaran hub. Ariy 085641795679 MP-JUAL:BURUNG KENARI 9 BURUNG ,BABON 2,1 MBAWA ANAK,3 JAGO ANAK AN 2 BLN 2 DENGAN HARGA 3 JUTA HUB 087859896940 tdk menerima sms

FASILITAS YANG ADA : Makan + snack Transport Sleeveless hoodie + nametag keren INFO lebih lanjut hubungi: @MalangRunners Udin 089680800842 Risky 089699260230 malangrunners@gmail.com

MALANG POST – KDS Display n Playpass Competition 2014

MP-Jual: Jasa Pnjamn Dana BPKB R2/4 Cair 100%Tnp Ptgn+Asrns Hub. Hudy 03414338227

MP Jual : KIA Carnival bsn AT 00,coklat metlc, N Kota, sun roof, pw, ps,cl,remot, ac dingin,elektrik jln semua, msn siiip. siap luar kota. 67 jt Nego. 085748097093

BIAYA: Rp. 150.000. Pembayaran 15 Maret – 2 April 2014.

INFORMASI HUBUNGI: Perkantoran Terpadu Gedung B First Floor, JL. Mayjend Sungkono, Malang, Indonesia, Dinas Pendapatan daerah Kota Malang atau bisa menghubungi ke nomor : 0341 751532.

MP JUAL MP-Jual : rumah strategis di pusat kota malang, harga 300 jt nego. Hub 085755731772

Malang Runners dengan bangga mempersembahkan “Malang Race By Malang Runners”. Yuk datang pada Minggu, 27 April 2014. PENDAFTARAN dimulai tanggal 15-31 Maret 2014.

FREE DOORPRIZE: - 4 unit motor bebek - 2 unit mobil niaga dan masih banyak lagi

FASILITAS: Ilmu yang bermanfaat Sertifikat, Blocknote, Stiker Snack, Lunch, fresh drink

2. Agung Wisnuwardana Aktivis Kepemudaan (Organisasi Kemahasiswaan, Kerohanian Islam) Direktur Lembaga Muamalah Syariah ProShar Ketua Forum Intelektual Jakarta

By Malang Runners

Acara ini akan diadakan pada Minggu, 27 April 2014 mulai pukul 06.00-11.30 WIB. Start & finish bertempat di Balaikota Malang.

KONTRIBUSI: Mahasiswa Rp. 30.000 Setelah 19 April Rp. 50.000

BERSAMA PEMATERI: 1. Dr. Adhyaksa Dault, M.Si Menteri Pemuda dan Olahraga (2004-2009) Ketua Kwartir Nasional Pramuka Indonesia Tokoh Pemuda Terpopuler 2007 oleh polling Reform Institute

EVEN

EVEN

Nakama Day – Tribute To Hatsune Miku

Summer fest with Billfold Burn This State

Ayo datang HD’R Comic Café mempersembahkan “Nakama Day – Tribute To Hatsune Miku & All J-Community Gathering”. Acara akan berlangsung pada Sabtu-Minggu, 19-20 April 2014 di HD’R Comic Cafe, Jl. Coklat no. 11 kav. 1 dan 5 Malang. HARI PERTAMA: A Tribute To Hatsune Miku Miku games rythem challenge Miku performance by Aurel n Elvin Akira Miku figure & merchandise 3D hologram Hatsune Miku show Cos-street Workshop vocaloid & MMD software Screening PV Hatsune Miku & vocaloid HARI KEDUA: All J-Community Gathering Fighting n Ju-On game challenge Tofu party happy hour Community perform J-Community Gathering Games Cos-street HDR’s quest INFO lebih lanjut hubungi: Pin BB 226513DD Coco 08563300579 facebook.com/HdrComicCafe

Ayo jangan lupa datang untuk meramaikan acara ini! Acara akan diadakan hari Kamis, 22 Mei 2014 di Gedung Korpi Kepanjen Malang. With special perform: Billfold FEATURING: Sweet Sunday, Streetstar, Party Beans, Bal Eleven, Justkidd, Struggle To Fight, Sandwich Attack, Boomboclat Fighting Duck vs Monster INFO lebih lanjut hubungi: 089695117611 > Debby 081945978644 > Awang (Band Registration) 085785057457 | 74E55FE4 > Lingga (Sponsorship)

EVEN

Jalan Sehat

MP-JUAL: rmh pojok 2 lantai,lt210m2 lb290m2,6kmr tdr 4kmr mandi(water heather), r.tamu,r.klrg,r. tengah,dapur,garasi HRG 1,3M nego,SHM, hub 085608766656 MP JUAL : 10 Keris Majapahit, dijamin sangat murah hub Hp 082140514246 MP-Jual : Toyota Kjg ‘87 akhir, Cat dan Jok ori, 6 speed, plat N, merah, radial ring 14, tape ac, mesin halus, 39 jt , hub : 081 9383 63710, 2880 409 (jl. Mergan Kelurahan Sukun)

Malang Tattoo Expo 2 Ayoo hadirilah Malang Tattoo Expo 2 persembahan dari Malang Tattoo Community yang akan berlangsung pada Sabtu, 26 April – Minggu, 27 April 2014 di Taman Krida Budaya, Jl. Soekarno Hatta no. 7 Malang. RANGKAIAN ACARANYA : Tattoo war, Tattoo colaboracy Tattoo extreme, Tattoo show Games, Graffiti Drawing, Tattoo flash on canvas INFO lebih lanjut follow @MalangMtc di twitter.

TECHNICAL MEETING

News Reading Contest 2014 N

akan dilakukan pada Minggu, 18 Mei 2014 di Waroeng 9 Jalan Raya Langsep 9 pukul 09.00 WIB.

Persembahan dari UKM Ikatan Pecinta Retorika Indonesia Universitas Negeri Malang Acara ini akan diadakan hari Minggu 27 April 2014 di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Ketentuan: Pendaftaran dimulai tanggal 1 Maret-20 April 2014 Biaya pendaftaran Rp 85.000 Keterangan bisa membuka website festka2014.tumblr.com

INFO LEBIH JELAS HUBUNGI Damanhuri, 085649555123.

Begundal Lowokwaru– Nada Sumbang Pinggiran

20

FASILITAS: Seminar kit, Sertifikat, Lunch,Snack

Ecstatic Night On Top FK UMM Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dengan bangga mempersembahkan “Ecstatic Night On Top” bersama Tompi. Yuk datang pada Sabtu, 24 Mei 2014 di UMM Dome. TIKET MASUK: Festival Rp. 35.000 | Tribun Rp. 75.000. Bersama bintang Tamu: Tompi Juga menampilkan: Medical students performances Indie band INFO hubungi: Twitter @DN_FKUMM SMS 081336032032 BBM 2A4850BD / 27F48ED0

Berani Beda Jadi Pengusaha Muda Seminar ini akan diadakan hari Minggu, 1 Juni 2014 pukul 08.08-15.15 WIB di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang. PEMBICARA: 1. Wahyu Aditya (CreativePreneur) Rahasia Sukses Bisnis “Kreatif Sampai Mati” 2. Gamal Albinsaid (SocioPreneur) The Power of Youth in Social Business 3. Ridwan Abadi (FoodPreneur) Jurus Sadis, Buat Bisnis Yang Langsung Laris 4. Ria Miranda (WomenPreneur) Sukses Wanita Di Dunia Usaha TIKET MASUK: Festival: April Rp 100.000 | Mei Rp 125.000 VIP: April Rp 150.000 | Mei Rp 200.000 Exclusive (only 50 seat): April Rp 250.000 | Mei Rp 300.000 INFO lebih lanjut hubungi: 087859661760 > Alzi Pin BB 328a639d

Ayo hadirilah Launcing Album “Begundal Lowokwaru–Nada Sumbang Pinggiran” DIPERSEMBAHKAN OLEH ROCKER SAYAP KIRI.

INFO lebih lanjut hubungi: 08974867653 > Nurul 082143764194 > Farida Facebook Festival Retorika 2014 Twitter @festka2014

Acara diselenggarakan pada Minggu, 20 April 2014 di Aula Universitas Kanjuruhan Malang mulai pukul 14.00-20.00.

Water Amplifier 2014 With Sheila On 7

TIKET MASUK : Presale Rp 25.000 | On the spot Rp 30.000 (free CD) SPECIAL FRIENDS PERFORM : Tikus Berdasi, Anniverscary Skarbite, Richcracker Vulgar Thinking, Alergi Kentes INFO di twitter @BL_rock

Inter Campus Futsal Cup 2014 Yuk ikuti acara

Yuk datang ikutan hadir memeriahkan “Water Amplifier 2014 With Sheila On 7” yang dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Pengairan Universitas Brawijaya. Acara ini akan diadakan pada Rabu, 14 Mei 2014 mulai pukul 18.00 di UMM Dome. Tiket Masuk: VIP Rp. 150.000 On the spot Rp. 45.000 Pre sale 2 Rp. 40.000 Pre sale 1 Rp. 35.000 Special performances: Endah N Rhesa Sheila On 7 INFO lebih lanjut hubungi: Ryan 0856 5591 7047 Marel 0857 5559 5995 Tiket dapat didapatkan di Himpunan Mahasiswa Pengairan FT-UB Malang

Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang Yuk, ikutan Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang yang digelar dalam rangka 100 tahun Kota Malang ini. KATEGORI LOMBA : - Wisata Kuliner Kota Malang - Cagar Budaya Kota Malang Pameran akan berlangsung pada Kamis, 24 April 2014 pukul 10.00 WIB di Kantor Pusat Unmer Malang, Jl. Terusan Raya Dieng, Malang. SYARAT PESERTA : - Peserta umum dan pelajar - Peserta mengisi formulir pendaftaran - Peserta diperbolehkan mengirim 2 foto - 50 karya foto terbaik pilihan juri dipamerkan. REGISTRASI Rp 50.000 INCLUDE CETAK FOTO, BINGKAI, DAN MERCHANDISE BAGI KARYA TERBAIK PAMERAN. Paling lambat Minggu, 20 April 2014 Sekretariat pendaftaran Gedung JITC, Jl. Raya Galunggung 8 Malang 03419735000 / 0856 4849 7870

“Inter Campus Futsal Cup 2014” oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Umum Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang akan menggelar turnamen futsal antar mahasiswa se-Malang Raya. Acara akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 19-20 April 2014 di Lapangan Zona SM Futsal Sport

Turnamen PES 2013 & FIFA 2014 Bagi yang suka main game ikutan yuk Turnamen PES 2013 & FIFA 2014 yang akan diselenggarakan pada: tanggal 20-28 April 2014 di Classic Coffee, Jl. Soekarno Hatta, Malang (seberang Taman Krida).

Tanggal pendaftaran: 18 Maret 2014 – 17 April 2014 Biaya registrasi: Rp. 200.000/tim INFO HUBUNGI: Hilmy 085755106955 Alif 087859318419

MP Jual : rmh dpn SPBU tlogo mas lt 127 full bgnan, SHM, blk lantai2, lantai 3 jemuran. 2200 W,air sanyo sumur lancar. Cck buat rmh tinggal, kost, usaha. 1,3 M Nego. 087859698902/ 085748097093 MP jual: cepat,murah mobil taft rocky th 87 hrg 55jt.minat hub.0341 9021817 MP-Jual: Jasa pengiriman/Pesan layan antar AQUA ASLI Rp 15rb/Galon,hub/Sms ke 03416588795 U,mlgraya. MP-Jual : mesin offset ryobi 500NNP, hub telp. 083842210571, cari mesin hamada c252 SF

MP-Jual: Bekas baglog jamur, sangat bagus untuk media budidaya cacing. Hub. 08994242610

MP-JUAL : BU Dijual cepat Rumah Tinggl ukuran 5 x 10 m, lantai 2 hm an nama sendiri di gadang gang 15 malang minat hub. segera +6285236836299

MP JUAL: Dijual lovebird Pasjo vs ijo pala hitam - 1 psg sdh produksi 3x dan skrg posisi angrem telor 5 btr. Minta 1500 hub : 0858 550 333 15

MP JUAL: POMPA AIR JETPUMP MASIH BAGUS. MERK PEDROLLO (ITALY) 500RB. TELP.087859444129

TIKET

: Rp 30.000 untuk 40 peserta pertama Rp 35.000 untuk peserta berikutnya

DAPATKAN: Total hadiah Rp 2.500.000, Merchandise dan Piala

MP-CARI MP-CARI : tukang pecah patron untuk konveksi baju anak, tukang potong, kain meja panjang, harian bersih benang, tukang jahit celana borongan hub: 081 805018811 MP-cari : sales lk/pr punya spd mtr hub : 081803813638 MP-Cari : marketing perumahan gaji 4 jt, p/w min smu, punya motor, hub febri 0341.5434476/08563534990 MP-Cari : operator foto copy laki laki pengalaman Hub 085649881818 MP-CARI : Tenaga laki2 serabutan, punya motor, sim C, hafal malang raya, lulusan SMA/SMP, max 22th, gaji 750rb/bln, BBM 15rb/hari. Telp/ sms ke 0816554143. Mp-Cari :Computer bekas.Buku2 pelajaran bekas. Koran /majalah bekas hub.0341_9611493

PENDAFTARAN HUBUNGI: 0821 2528 2815 > Kid 0821 1425 4643 > Drew

MP-CARI : peminat pelarisan warung toko depot sales agen asuransi mediator jual/beli tanah/ rumah/mobil g laku2. pengasihan cinta ditolak suami/istri cecok/minggat. infaq seikhlasnya gus pur +6285236836299 MP-Cari : Pembantu wanita.Umur 30.Max 45.Th Tdr Dlm Lok. Mlng Kota. Hub: 085646289549 MP-Cari : karyawati jaga outlet D’jagoeng utk daerah dinoyo, rajin, penddkn tdk utama, serius: 089676998105 MP-CARI : tim pemasaran sebagai agen & marketing (sales) produk TIRE GUARD gel anti bocor ban dalam & tubeles. SIL REGULATOR sil anti bocor tabung gas lpg. BIENIRIT cairan penghemat bbm hingga 30% sgr hub 087712960933 MP-cari : sales lk/pr punya spd mtr hub : 081803813638 MP-Cari : marketing perumahan gaji 4 jt, p/w min smu, punya motor, hub febri telp. 0341.5434476/08563534990 REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


IKLAN BARIS MALANG POST

21

minggu, 20 APRIL 2014

MALANG MOBIL - MOTOR PT. BFI Finance (0341475400). Penawaran atas unit: TOYOTA ALLNEWVIOS,2007,NEWMEG APRO,2009,MIOSOUL,2010,J UPITERMX,2008,MITSUBISHI L200,2005,SUPRAX125R,2009 BL-21/4 Jual Mobil Toyota Avanza G’10 Hitam N/Batu Metalik Hub.08125294556 d/a Areng-Areng Batu BL-1/4 Golongan Toyota. Cari investor mobil untuk travel dan sewa mobil Innova, Avanza, APV. Aman dan setoran tinggi Hub: 082335585758/ 087701455758 BL-6/4 MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/4 H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/4 Honda revo absolute u m800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/4 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/4 VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/4 Daihatsu ZEBRA Bodytech 1,3 warna delpin metalik1993, istimewa. HP08563521105/ 081232762139 BL-7/5 Paket Hemat Xenia DP 16 JT, Terios 23jt, Pick Up 11jt, Ayla 20jt, Sirion 25jt, Proses cpt & mudah 9572750/082131930990 BG-6/5 BIG SALE,Xenia 17jt, Terios 23jt, Luxio 29jt,Ayla 17jt, Pick up 13jt. Hub:Dona 082132668687/0341 5332992 BG-26/4 Promo Xenia DP 17jt-an atau angsuran 2jt-an DP Bisa Diatur untuk Terios PU Luxio Sirion Ayla Hub: Hendri (0343) 2384414 BG-20/4 DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221 BG-12/4 DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414 BG-8/3 DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/4 Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/4 MITSUBISHI Gebyar Aiverseri Sun 40th, Pajero, Outlander, Mirage, Cashback s/d 25jt Free KF, Sidevisior dll. 5186696/081235146235 BG-6/5 GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/4 DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221 BL-12/4 DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/3 TOYOTA Dijual LGX Diesel’00 Siap Pakai Gadang Mandiri 110jt Nego Hub: Eko 081233400578 BL-12/4 Dicari titipan. Mobil utk travel dan rent car inova,avanza,apv,aman dan setoran tinggi 082335585758/ 087701455758 BG-12/4 Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3 Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1 • SUZUKI • Dijual Carry’87 pajak MAT 4th N.KB hrg 19 jt pas+putura 94 IST N kota hrg 45jt Nego. Hub:081333452872 BG-9/5 Ertiga & Pick Up rendy stock & diskon besar haya di bulan ini 082142619474/bb22cc4e12 BG-22/4 Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505 BG-19/3 Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999 BG-24/4 Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/4 Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/3 “PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/4

•HONDA• di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000 BG-6/3 Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-31/3 Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/3 Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­ 37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/3 isuzu B.U. Dijual cepat Panther higrade Th 95 , warna biru Plat N Kota .Hub 085791530963 . 081253743162 BL-29/4 Nissan Promo All New G.Livina, March, Evalia, Disk Puluhan Juta. DP 40Jtan, Dptkan Bonus Tambahan 081235660009/ 7073009 BG-6/5 hyundai Grand Avega Triptonik 2011 abu” metalik, a/n sndri N-Kota. Istimewa 149 jt nego. Hub:08123367833 BL-11/4 TANAH Dijual 1 tanah 2 sertifikat. 1. L.Tanah 119m². 2.L.Tanah 228m² di daerah kedungrejo-Pakis-Malang. Hub:081216317087 BG-19/5 Dijual tnh Merjosari 296m² (AJB) blakang UIN cocok utk koskosan & Material Rp2Jt/m². Hub: 083834394829 BG-8/5 Dijual Tanah 186 m² HGB Jl. Terusan Wisnu Wardana Dalam Sawojajar TP. Hub:081334126288/08123359039 BG-4/5 Dijual Tanah Luas 594 m (AJB) Dusun Krajaan Desa Pakis­ jajar Kecamatan Pakis Hub. 081352978588 BG-27/4 Dijual tanah kav dekat bandara samping Perum Graha Bandara Residence LT220m².800rb/m Hub081333848384 BG-27/3 BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman) BG-3/ 3 jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/3 J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/3 KONTRAKAN Dikontrakan Rumah Baru Letjen Sutoyo town House C1 3 kmr tdr 2 kmr mandi.Hub 081358358331 BG-27/4 DIKONTRAKAN VILLA Kasih Fas. 3kmr, grnsi Lt.17x11m. Hub 596918, 081252624970, dekat Jtm Park 2. Jl. Sriti 39 Oro-oro Ombo Batu BL-28/3 Dikontrakkan Ruko cocok buat warung/counter. LT 200m² LB 150m². Jl Alumunium No.6 Malang. Hub Bu Yayuk: 7065500/ 08123300188 BG-11/3 RUMAH DIJUAL RUMAH JL.CEMPAKA NO: 11 PESANGGRAHAN KOTA BATU LUAS TANAH: 96 LUAS BANGUNAN 150 LANTAI DUA,SHM HARGA RP.370 JT HUB: 082244544455 BL-17/4 D Jual cpt rmh baru murah 2 lantai LT 84m² Jl. Kapi Sraba 10 H No.17 Sawojajar 2 Carport. Hub:085313989404 BG-11/5 Jl: 3 rmh baru minimalis T45,2kt,1km,pagar carpot, shm + rmh baru T70,2kt,1km,carpot pagar Plaosan Permai Blok A&D Tlp.5350109/081945372122 BG-11/5 Dijual Rmh SHM Griya Shanta K-202 LT127m² LB290m² Dekat UB/Polinema Hrg: Rp1,8 M Hub:081945565615 BG-8/5 DIJUAL CEPAT Rumah di Jalan Brigjen Katamso Gang 2A No 1418. SHM. LT 41 m². Hub.081945186222 BG-5/5 DIJUAL RUMAH STRATEGIS dekat pasar & polsek pakis, LT. 223 LB. 150 siap huni, SHM Hrga 400jt NEGO. Hub. 0341-5473547, 081233222547 BG-15/4 DIJUAL rumah tempat strategis untuk hunian dan invest mulai harga 260-550 jt,tipe 45-118. Jl. Kanjuruhan Tlogomas. Hub:085649792950 / (0341)9157889. BG-26/4 DJL cpt rmh Jl. Simp Borobudur Utara 33(Blimbing) lt 240m lb 200:6 kt, garasi. Hrg 600 jt ng (AJB). Hub: 081334413677/ 085334181789 BG-21/4 Djl rmh Griya Buring Permai L1 60m2 x 5 x 12 IGPC32 DP 26jt bs diangsur 10x Hunian tgh kta dgn hrg mrh Hub: Intan (0341) 9272391, 081333476800 Pin 2A6A581F BG-20/ 4 JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078 BL-16/3 ***Bisa cicil 12x*** rmh+toko CANTIK,T.150/679,hrg 650jt,Bs byr 50%,sisa th ke 2Bs Kpr,ada pgsh siap sw 30jt/th,Ada jaminan kenaikan HRG,MDH CAIR.081333211662 BG-8/ 4

RUMAH DI JUAL rumah di Jl. Danau sidengreng blok C3 B-31 SHM luas 105 full bangunan 325 jt nego HUB : 081945398899 tanpa perantara BG-22/ 3 RUMAH KOS dijual 2Lt,20kmr,Lt: 180 m²,Lb:300 m²+ruko 2 Lt,Ls 48 m². Dae­rah kampus Unisma,Unitri, Uin,Uniga.hub: 081945577755 BG-21/3 JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963 BG-15/3 J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/4 Dijual Rmh perum Pandan Wangi utama Kav 2 ,3Kt, 2Km ,Lt 126m,Lb 50m. Hub 081252680199 (Daerah Sulfat).Harga Nego Rp550jt BG-2/5 JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi. BL-1/4 Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/4 Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736 BG-17/2 Rumah Dijual daerah Kedawung.LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM. Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899 BG-18/3 DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341 BG-31/4 DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008 BG-31/4 Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/3 DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/2 PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866 BG-25/2 Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/3 Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-24/2 DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/3 DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/3 Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/3 Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/3 DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/3 Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/3 Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­746571600 BG-11/3 Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12 LOWONGAN PR.Bth Spu/sales/Driver krm ke PR Putra Mandiri Jl. Raya Karangpandan no 368 Pakisaji BL-20/4 Butuh krywn laki” utk krj di laut (Budidaya Ikan). Tidur di darat free kamar,beras. Tlp/ sms:082145226653 BG-19/4 BUTUH Pembantu RT utk di Jogja serabutan, bisa masak , umur 35 th Hub : 08123578052/ 087882045000 BL-26/4 Dibutuhkan waitres cafe,wanita min SMA/SMK 25 th,gaji+bonus menarik hub:085608655590 BL-14/4 Dicari Krywti toko, Lam lengkap krm ke MOM’s & Me, Jl. Raya Langsep no 5 Malang BL-26/4 Dbthkn kryw/i utk Kedai Es D&D PELANGI Jl. Trsn Bondowoso 44 Hub.085755877347 (SEGERA) BL-26/4 Kehilangan stnk Stnk spd mtr Yamaha Vega ZR’11 N-3121-AU noka: MH35D9203BJ116025 nosin:5D91115998 a/n Rochadi d/a Jl Ali Nasrudin 42 Rt:07 Rw:02 Kel/Kec Kedungkandang Kota Malang BL-20/4

Kehilangan stnk Stnk mbl Toyota/Avanza’08 N-1564-CF noka: MHFM1BA2J8K011297 nosin: DC95019 a/n Suhardji d/a Jl Ksatrian Dalam K 13 Rt 04 Rw 01 Kel Ksatrian Kec Blimbing Malang Kota BL-20/4 Stnk s p d m t r H o n da’13 N-2173-AAE noka: MH1JFD227EK97EK978624 nosin: JFD2E296986 a/n Subari d/a H.Nasrudin Rt 07/02 Kel Kd.Kandang Kec Kd.Kandang Kota Malang BL-20/4 Stnk s p d m t r H o n d a / Beat’11 N-3288-CU noka: MH1JF5127BK568750 nosin: JF51E2574089 a/n Anni Machfoediah,S Psi d/a Jl. Dr. Sutomo No.12 Rt.02 Rw.05 Klojen Kota Malang BL-21/4 CARI JODOH BIRO JODOH ganteng, S1, mapan. Cari jodoh gadis cantik peg. swasta min SMA TB 162 cm max 30 th HUB: 081217585921 BG-25/4 BIROJODOH malang jaya #jejaka, 32th, krywan toko cari calon istri, gadis/janda, manis & sederhana telp: 087859953881 BG-2/4 futsal FUTSAL BUANA hadir de­ ngan lapangan rumput sintetis baru. Harga Terjangkau.JL Tlogosari 38 A Tlogomas malang. (0341)7744778 BG-1/4 DANA TUNAI dana tunai bunga 0.82% /bulan, jaminanBPKB mobil, PT. BPF Jl. Kahuripan 5 Malang.Hub: 7066110 BG-9/5 Dana tunai/gadai/kerjasama proyek/usaha min 1 m, Profit share, NOBICHECK,JAMINAN PROYEK TSB, TERIMA AGEN. HUB: 081319201225 / 081380461514 BL-8/4 Butuh Dana Cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp. 0341-7359448 BG-5/5 Pinjam Dana Tanpa Jaminan proses cepat. Hubungi 082244650171 BG-22/4 Gadai Laptop Kamera Tab TV PSP BB HP. Jl MT Haryono No 177 Telp (0341) 571731 0838 3496 7500. (Depan Mall Dinoyo City Malang) BG-11/4 Butuh biaya sekolah, renov rumah ;modal usaha? Kami solusinya, jaminan BPKB Motor/Mobil dan SHM.Bisa TO Hub.5441379/085746960294. BG-1/4 “DANA TUNAI” butuh dana? Jaminan BPKB, Pinjaman Tinggi, proses cpt hub:9363696 telp/sms. BUKTIKAN!! Bg-14/4 Butuh dana cepat + trm gadai titipkan laptop / hp / kendaraan + BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp (0341) 7359448 BG-5/4 “ANDA BUTUH UANG“ jaminan BPKB/cepat,mudah,tanpa Survey,LSG cair/KSP citra abadi.Jl.Raya Tlogomas 51MLG/(0341)9751645 BG-9/5 Guest house Bandoeng guest House Jl. Bandung No.20 Malang/ www. bandoengguesthouse.net/ bandoengguesthouse2012@gmail. com/ (0341)551824 BG-30/4 OMAHKOE GUEST HOUSE jalan bendungan sigura-gura 4 no 1 malang. Telp (0341)556244 BG-7/ 4 KAWI GUEST HOUSE Jalan kawi atas No.40 Malang. Telp. (0341)551351 BG-4/5 Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676 BL-26/ 3 WORKSHOP Bisnis baru dari Ust. Yusuf Mansur. Wrshop tgl. 13/4/14 di Malang. Terbatas. Minat_(nama lengkap) ke.081908120708 BL-11/4 RUPA-RUPA Melayani jasa antr jempt anak sekolah daerah Blimbing & sktrnya. Menggunakan mobil Avanza terbaru. Hub: 0341-7010019/9660288 BG-11/5 Leadership House Pelatihan kepemimpinan,soft-life skills & character Building u/ SD SMP SMA .Buka kelas baru Hub : Banten 30 Malang/562580 BG-27/4 Potong Rambut (Pria+Wanita) Terima: rebonding, smoothing, warna rambut, pijat reflexi, dll. Jl. Klayatan Gg 3 Prapatan Gg3. Hub:(0341)5436238. BG-12/5 Panggilan service didik gang mayang genengan pak isaji telp 0341-7378891 mnrm service kulkas,mesin cuci,instalasi listrik,pompa listrik dll BG-15/4 Sewa motor murah untuk mahasiswa & umum Mulai ; 45rb/har: 087701577000/082301577000. Jl Joyo raharjo 201 (belakang sardo swalayan). BG-15/4Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111 BG-16/3 Naik/turun berat badan sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260 BG-23/3 Potong Rambut Gaul Family Jl. Raya Genengan Bunder Pakisaji Tlp 085855893989 BG-18/5

PASANG IKLAN TEPAT RUPA-RUPA AGS CLEAN Sabun Cuci Matic utk mesin cuci Top&Front Loading. Cocok untik Loundry&Rumah tangga. Hub.085649321919. FREE DELEERY BG-5/5 Distributor F&B mencari “Mitra Usaha” dengan konsep saling menguntungkan. Hub: Jony/Satrio 0341795451 (SMS) 08170484969 BG-28/4 jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563 BG-5/3 Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2 Jual mcm-mcm prlngkpan rmh tang,bntl/glig,spring bed furniture,dll.Jl. Mayjen Sungkono Gg.8/7 hub.(0341)9598434 BG-27/4 Hancabarasih Laundry & Dryclean Jl.Mertojoyo F1C Dinoyo. Antar Ambil SMS 085731243111. Laundry on Kilo’s terbaik di Malang BG-28/4 Indonesia School Of Photography setara D1,kelas mlai 15/04/14. Jl.Simpang Gajayana Blok K (blkg Sardo). CP:081233673663 BG-28/4 SEKAR CAMILAN sedia aneka cemilan timbangan/packing/los. Siap lyn antr Jl.Mayjen Sungkono no.2 mlg. Hub 085649592346 / 03415042887 BG-27/4 Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg BG-20/2 JUAL PENINGGI BADAN ALAMI 1-10 HR Naik 2-4cm. www. OBATTINGGITIENS. com 087877575880 BL-6/3 AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/12 Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka, Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur, felfoa, isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No. 2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/2 Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12 Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­duk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12 CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12 Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/12 SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910 BG-23/12 WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12 PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12 (PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/3 KULINER Soto ayam Ceker cak Kosim menerima pesanan Jl.Panglima Sudirman tlp 081335809573 kepanjen BG-17/5 CAFE ROBIN ahlinya kopi jowo asli seleranya rasanya Jl. A.Yani 35 Kepanjen Tlp:081217635552 BG-14/4 WARUNG NDORO STEN Jl. Selat Karimata E-6/1 Sawojajar. Menu Special bebek biyen,lomie & bakmie. Hrg special,tmpt nymn,strategis bs psn antr. Hub 081945784333 BG-3/5

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

KULINER Cafe Gaul Barokah menikmati segelas kopi.Specialis kopi lanang dan macam2 gorengan dan mie rebus datang Jl.Raya Taman Ayu Kepanjen BG-13/4 Depot Ayu Bu Gayit menyediakan masakan khas Jawa mnrm:psnan Nasi Kotak dan Nasi Tumpeng dll Hub:Jl.Raya Genengan Pakisaji Tlp:0838480154475 BG-13/4 Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091 BG-8/2 Depot Maninjau sedia ma­sa­ kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­t ak, ku­ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12 pengobatan PENGOBATAN HERBAL Tanpa Ope­r asi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8 BG-5/3 PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12 elektronik Progress Pusat Service Kamera Digital,DSLR,LCD,Pro jector,Sound System,dll. Jl Sunan Kalijaga Kav 3 No.6 (0341) 9005905/089667711882 BG-11/4 Sumber Teknik Service Kamera Digital/DSLR, Lensa, LCD, Projector, dll. Jl Raya Tlogomas No 11. (0341)2112945 BG-11/4 TOUR & TRAVEL El Nusa Rent Car sewa mobil terbaru & termurah. All new Avanza/Xenia, Innova & Luxio. Taman Landungsari Indah D-28. Hub: 081233428484 / 085859848460 / (0341)7357475 BG-18/4 AZRI TIKET melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel,Tour,Rent Car, Pembayaran Rek Listrik, PDAM, Telepon, Pulsa All Operator. Jl Tirta Rahayu 30. 532837/9885553 BG-13/4 Venus Tour & Travel Harian, Mingguan, Bulanan. Pembayaran cash dan kredit/ visa master. Jl Galunggung 86 B/7747474/081555888385 BG-11/4 Multi Trans Tour & Travel Malang Kediri PP,Shuttle,MlgJuanda PP,Paket Wisata,Rent cart driver,tiket pesawat. Jl MT Hariono 167 Kav 27.5023911/0823382457 77/30C3FE38 BG-11/4 SORA TOUR N TRAVEL Jl. Jmbtn Gadang Bumiayu. Airport shuttle,Mlg-Sby Mlg-Perak PP,Carter Tour Wisata. Rent Car Driver. 08122 2517111/085791212111/2809111 BG-25/3 SESA RENT CAR melayani sewa mobil+sopir, armada avansa all new G. JI. Rangkok Utara no.28 sukun hub: 081233055322/ 085855334740 BG-21/3 JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. Carter-Tour Wisata -Rent Car Tdriver 753236/082333711779/08 1333322779 BG-28/2 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

TOUR & TRAVEL SRI W IJ A Y A A B A D I s e w a mobil+supir drop carter, inova, avanza,x enia, luxio tiket pesawat/ tour domestik...03419139555/081 249660666 BG-15/4 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­RUSAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Web­site: www. su­rya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 www. airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/ju­an­da(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/2 “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­ jor” = mlg-dps PP “Bu­a na”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP 346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke Hotel. HUB:085774410568. NO SMS BG-15/5 “Iman” pijat terapi/refleksi,full body + totok aura wajah. Dll. Trm panggilan Rmh/Hotel 087859256377 dijamin fresh BG-27/4 Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2 Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2 Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202 BG-14/2 PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965. Dijamin fresh. BG-13/2 KOMPUTER Kredit Laptop/ Komputer, Tablet Hub:085853874151/08 2140703452/8174510/564537. Infomedia Komputama+Adira. Jl Galunggung Ruko Blok 58m BG-11/4 CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/4 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/3


MINGGU, 20 APRIL 2014

22

Dijaga Ketat, Brimob Sterilkan Gedung Dewan Dua Hari Rekapitulasi Suara Tingkat KPU Kabupaten Malang MALANG – Perhitungan rekapitulasi perolehan suara anggota DPR RI, DPD, DPRD I dan DPRD II tingkat KPU Kabupaten Malang, kemarin mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Sekitar 200 personil Polres Malang diterjunkan untuk mengamankan jalannya perhitungan. Bahkan satu tim Brimob Ampeldento Pakis, juga ikut diterjunkan. Sebelum pelaksanaan rekapitulasi dilakukan, lokasi gedung DPRD Kabupaten Malang terlebih disterilkan. Dengan menggunakan alat metal detector, tim dari Brimob Ampeldento Pakis melakukan penyisiran ke setiap sudut ruangan. Termasuk ketika masuk ke dalam gedung DPRD, setiap orang dan barang yang dibawa dilakukan pemeriksaan. “Ini hanya sekedar pengamanan untuk mengantisipasi supaya tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pemeriksaan dilakukan karena ditakutkan ada penyusup yang membawa barang berbahaya seperti bom,” kata Kabag Ops

Polres Malang, Kompol Imam Rofik. Sementara itu, rapat plano pembukaan rekapitulasi perolehan suara anggota DPR RI, DPD, DPRD I dan DPRD II tingkat KPU Kabupaten Malang, kemarin dihadiri sekitar 350 orang. Selain Muspida, juga dihadiri Panwaslu Kabupaten Malang, petugas PPK se-Kabupaten Malang, saksi-saksi setiap partai politik serta organisasi masyarakat. “Rekapitulasi perolehan suara ini merupakan tahapan dari kegiatan Pileg 2014. Dimana dasar pelaksanaan ini adalah Undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilihan umum. Penyusunan berita rekapitulasi suara ini, dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu,” terang Ketua KPU Kabupaten Malang, Abdul Holik. Bupati Malang Rendra Kresna, dalam rapat plano pembukaan rekapitulasi perhitungan perolehan suara, mengatakan bahwa pelaksanaan Pileg 2014 di Kabupaten Malang berjalan

lancar dan aman. Harapannya, kondisi aman seperti ini bisa berlangsung seterusnya, sampai tahapan pemilu selesai. Termasuk saat pemilihan presiden nanti. “Dalam pelaksanaan Pileg 2014 ini, menang kalah bukanlah tujuan akhir. Tetapi kesejahteraan masyarakat itulah yang penting. Sehingga untuk calon legislative harus bisa menerima semua kekalahan dan kemenangan dengan legowo,” tutur Rendra. Disisi lain, lembaga pengawas pelaksanaan Pileg 2014 di Malang Raya Institut Sosial Demokrasi (ISD) menyebut bahwa pelaksanaan pemilu legislative di Kabupaten Malang, banyak terjadi pelanggaran. Hanya beberapa pelanggaran yang dilaporkan ke Panwaslu tidak bisa ditindaklanjuti dengan serius sehingga kasus berhenti. “Termasuk soal perolehan suara Pileg. Seharusnya Formulir C1 harus dipublikasikan kepada masyarakat dengan mengupload di website resmi KPU Kabupaten Malang sejak 17 April. Tetapi faktanya sampai perhitungan tingkat KPU dilakukan, masih blank tidak ada sama sekali,” papar Ketua ISD, Ruhadi Rarundra. (agp/aim)

AGUNG PRIYO/MALANG POST

DIREKAP: Petugas KPU melakukan rekapitulasi perolehan suara hasil Pileg di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Malang di Kepanjen.

Ketua Parpol Harap-Harap Cemas

AGUNG PRIYO/MALANG POST

SISIR: Petugas ketika memeriksa satu-persatu setiap pengunjung DPRD Kabupaten Malang. Dan Tim Brimob Ampeldento Pakis ketika melakukan penyisiran di ruang DPRD.

SEMENTARA itu, perhitungan rekapitulasi suara tingkat KPU Kabupaten Malang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Diperkirakan, penghitungan yang dimulai kemarin, baru akan selesai hari ini. Karena jumlah rekapitulasi yang dihitung dari masing-masing PPK jumlahnya mencapai 33 PPK. Hingga berita ini diturunkan kemarin, sekitar jam 19.30 WIB, dari 33 PPK yang menyampaikan form D1 masih sekitar 50 persennya. Itupun masih untuk perolehan suara DPR RI. Sedangkan kecamatan lainnya masih menunggu giliran. Termasuk perhitungan suara DPRD I dan DPRD II juga masih belum. Hasil hitungan final di KPU ini akan menjadi acuan untuk penetapan bilangan pembagi pemilih (BPP) menghitung harga kursi dan jumlah kursi yang diraih masing-masing partai. Namun dari perkiraan beberapa nama calon anggota DPRD Kabupaten Malang yang terpilih untuk periode 2014 – 2019 sekitar 70 persen adalah wajah baru. Termasuk salah satunya adalah M Rizki, caleg DPRD Kabupaten Malang Dapil I dari Partai Gerindra yang mendapat perolehan suara sekitar 9000 suara. Baca Ketua... Hal.23

DOK/MALANG POST

HASIL RAZIA : Minuman keras beralkohol hasil razia yang dilakukan Polsek Singosari beberapa waktu lalu.

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

PANTAU: Bupati Malang, H. Rendra Kresna memantau proyek pengerukan sungai Wendit.

Bagian Pembangunan Inventarisir Rekanan Nakal

Tertibkan Penjual Miras Tak Berizin MALANG - Pemkab Malang bakal membatasi peredaran maupun penjualan miras di Kabupaten Malang. Hal itu dilakukan untuk mencegah terulangnya kembali, pesta miras oploson yang memakan 10 korban jiwa meninggal di Lawang, awal pekan kemarin. Dalam waktu dekat pun akan dilakukan operasi gabungan penertiban penjualan miras illegal. Kepala Disperindagsar Ka-

bupaten Malang Ir Helijanti Koentari mengatakan, terkait peredaran miras pihaknnya akan lebih selektif lagi mengawasinya. “Kami sudah berkomitmen untuk membatasi peredaran maupun penjualan miras. Hal itu sesuai dengan peraturan dari Kementerian Perdagangan,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Dia menjelaskan, miras tidak boleh diperjualbelikan

kepada anak di bawah umur atau pelajar, tidak boleh dijual di mini market modern, dan tidak boleh didisplay di tempat yang mencolok. Hal tersebut sesuai dengan komitmen Bupati Malang H Rendra Kresna menginginkan Kabupaten Malang yang agamis. “Yang paling penting, miras tidak boleh didisplay di tempat utama dan mencolok. Karena hal itu bisa mengundang konsumen untuk membelinya,”

terang wanita berkacamata ini. Bila ada mini market modern yang bersikeras memperjualbelikan miras, pihaknya tidak segan untuk memberikan sanksi tegas kepada pengelola atau pemiliknya. Untuk menjual miras harus memiliki izin khusus. “Ya kalau kami mendapat keluhan dan laporan dari masyarakat, bisa saja mini market modern tersebut ditutup,” kata wanita yang juga menjabat se-

bagai ketua harian Dekranasda Kabupaten Malang ini. Untuk tempat yang mempunyai izin menjual miras, dia menghimbau supaya lebih selektif lagi dalam hal melayani konsumennya. Yakni dengan mendata identitisas pembelinya dan menunjukan KTP. Sedangkan terkait peredaran miras yang diduga dijual secara bebas, dia mengaku akan mengeceknya. Baca Tertibkan... Hal.23

MALANG – Bagian Pembangunan Setda Kabupaten Malang memastikan tidak ada rekanan nakal yang melaksanakan proyek tahun anggaran 2013 lalu. Hasil itu diperoleh setelah Bagian Pembangunan meminta penilaian pelaksana proyek selama tahun 2013 lalu, kepada masing-masing SKPD. “Dari total 1620 paket pengerjaan proyek oleh rekanan, semuanya dalam kondisi layak. Artinya, tidak satu pun SKPD menilai ada rekanan yang layak masuk daftar blacklist,” kata Kepala Bagian Pembangunan Kabupaten Malang, Dwi Siswahyudi kepada Malang Post, kemarin. Diuraikannya, dari daftar penilaian yang diberikan, terurai sebanyak 201 rekanan mendapat nilai sangat baik. Sisanya, 1223 mendapat nilai baik dan 196 mendapat nilai cukup. “Poin cukup, memiliki banyak pertimbangan. Diantaranya, bisa jadi saat pengerjaan jelek. Namun, setelah ada evaluasi lalu dilakukan perbaikan. Atau, rekanan sempat terlambat membuat laporan pengerjaan,” terangnya. Disinggung mengenai verifikasi rekanan tersebut, Dwi mengatakan, memang salah satunya untuk mengantisipasi rekanan yang buruk dalam menjalankan proyek. “Tujuannya memang untuk itu. Tapi untungnya, semua rekanan bisa menjalankan kinerjanya dengan baik,” ungkapnya. Ditambahkannya, intinya semua rekanan sama. Hanya saja, memang ada yang lama dan rekanan baru dalam mengikuti tender di lingkungan Pemkab Malang. “Sepanjang prosedur dan mekanismenya diikuti oleh mereka (rekanan), maka tidak ada pembeda antara rekanan lama dan baru,” paparnya. (sit/aim)

6000 Rumah Tidak Layak Huni Menunggu Bantuan BINAR GUMILANG/ MALANG POST

PENGHARGAAN: Kepala Badan Perumahan Kabupaten Malang Ir Sri Meicharini menunjukan piagam penghargaan perumahan Adiupaya Puritama yang diterima Pemkab Malang.

MALANG - Jumlah rumah tidak layak huni (RTLH). di Kabupaten Malang masih tinggi, mencapai 6.000 rumah. Kepala Badan Perumahan Kabupaten Malang Ir Sri Meicharini mengatakan, mayoritas 6.000 RTLH tersebut berada di dusun terpencil dan tertinggal. “Untuk 6.000 RTLH akan kami ajukan untuk dibedah secara bertahap. Tentunya, juga menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, dana bedah RTLH diambilkan dari APBN, APBD Provinsi Jatim dan APBD

Kabupaten Malang. Bentuknya yakni berupa bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Untuk program bedah RTLH yang terakhir, yakni dialokasikan sebesar Rp 7 juta per rumah. “Terakhir, kami merehab sebanyak 700 rumah di tiga kecamatan yakni Sumbermanjing Wetan, Kalipare dan Ngantang,” terangnya. Program BSPS sudah berlangsung sejak tahun 2008 lalu. Sasaran program ini diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bentuknya, MBR mengajukan permohonan bedah rumah kepada Badan Perumahan

Kabupaten Malang. Syaratnya yakni tanah milik sendiri, E-KTP, pemilik rumah termasuk kategori MBR, kondisi rumah yang akan dibantu minimal harus memenuhi komponen berupa atap, lantai dan dinding (Aladin). “Syarat tersebut mutlak. Kalau salah satu saja tidak dipenuhi, maka akan gugur. Untuk itu banyak pengajuan yang kami tolak. Seperti di Ngantang. Dari 130 rumah yang diusulkan yang lolos hanya 93 unit,” bebernya. Selain kondisi rumah, masih kata Micharini, syarat lain yang harus dipenuhi penerima bantuan BSPS sudah berkeluarga,

menghuni rumah yang tak layak huni, belum pernah menerima bantuan serupa, bukan tanah warisan yang belum dibagi, tidak dalam sengketa, dan penggunaannya sesuai tata ruang. “Bila seluruh syarat tersebut dipenuhi, maka akan kami laksanakan bedah rumah yang program ini didukung penuh oleh Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera),” tegasnya. Melalui program bedah rumah yang telah dilakukan, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya sebaik mungkin dan merawat rumah yang telah dibedah. (big/aim) REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: REEP


MINGGU, 20 APRIL 2014

Seleksi Anggota KPU Kabupaten Malang

Ketua Parpol Harap-Harap Cemas

Hari Pertama,



80 Orang Ambil Formulir MALANG – Jumlah peminat yang ingin menjadi anggota KPU Kabupaten Malang, ternyata cukup banyak. Di hari pertama pendaftaran 19 April kemarin, tercatat ada 80 orang yang sudah mengambil formulir pendaftaran. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, mengingat waktu pendaftaran ditutup hingga 25 April mendatang. “Yang mengambil formulir pendaftaran cukup banyak, yaitu 80 orang. Tetapi apakah mereka semua nanti akan mendaftar masih belum tahu. Yang jelas di hari pertama ini, belum ada yang mendaftar hanya mengambil formulir saja,” ungkap Koordinator Seketariat Tim Seleksi Pendaftaran Anggota KPU Kabupaten Malang, Hen Riyoto kepada Malang Post, kemarin. Menurut dia, pendaftaran akan dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00. Dokumen pendaftaran bisa diantar langsung atau dikirim melalui jasa pengiriman, dengan tujuan alamat Sekretariat Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Malang di Jalan Raya Ngadilangkung 9 Kepanjen. Sedangkan untuk formulir kelengkapan administrasi per-

DIDATA: Koordinator Seketariat Tim Seleksi Pendaftaran Anggota KPU Kabupaten Malang, Hen Riyoto saat mendata semua pengambilan formulir hari pertama.

“Dari rekapan yang kami miliki sudah terlihat ada tujuh kursi yang dimiliki Partai Gerindra. Tetapi nanti kita lihat hasil perhitungan di tingkat KPU, harapannya bisa tambah kursi. Dari hasil ini, kami ingin segera mengetahui nama-nama Caleg kami yang pasti akan mendapatkan kursi di semua tingkatan,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang, A. Subhan. Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, H Abdul Rahman juga yakin memperoleh delapan kursi DPRD Kabupaten Malang. “Siapa saja namanya nanti menunggu setelah rekapitulasi tingkat KPU. Yang pasti semua nama yang terpilih adalah wajah baru,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, H Abdul Rahman. Terpisah Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Malang, Kresna Dewanata Phrosakh mengatakan bahwa dengan perkiraan empat kursi yang diraih di DPRD Kabupaten Malang sangat bersyukur. “Sebetulnya target kami adalah tujuh kursi, supaya bisa membentuk fraksi sendiri. Tetapi sebagai partai baru, empat kursi sudah cukup bagus. Dan sebagai partai baru pastinya kami tahu diri dan perlu berkoalisi dengan partai lain. Karena dengan empat kursi tidak kami tidak bisa melakukan apa-apa,” jelasnya. Begitu juga ketika ditanya soal langkah Dewa yang pasti melenggang ke DPR RI, mengaku juga karena dukungan dan kepercayaan masyarakat di Malang Raya. “Yang pasti saya akan memperjuangkan suara masyarakat Malang Raya. Termasuk soal pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan,” katanya.(agp/aim)

 AGUNG PRIYO/MALANG POST

syaratan calon anggota KPU Kabupaten Malang, selain datang di kantor sekretariat juga bisa dilihat melalui website : http : // kpud-malangkab.go.id. “Pendaftaran dan seleksi calon anggota KPU Kabupaten Malang ini

gratis,” kata Hen. Seleksi pendaftaran untuk anggota KPU Kabupaten Malang dilakukan dengan lima tahap dan menggunakan sistem gugur. Pertama seleksi administrasi pada 26 dan 27 April. Seleksi tulis pada 30

April. Tes kesehatan pada 1- 3 Mei 2014. Tes psikologi pada 4 – 9 Mei dan seleksi wawancara pada 16 – 17 Mei. “Semuanya bisa mendaftar menjadi calon anggota KPU Kabupaten Malang. Persyaratan

miniman berijazah SMU dan sehat rohani serta beragama. Dari sekian banyak pendaftar, nantinya akan diambil lima orang sebagai anggota KPU,” terang Ketua KPU Kabupaten Malang, Abdul Holik. (agp/aim)

baikan tetap dilakukan, seperti merangkul BUMN Jatim untuk melakukan pipanisasi,” kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi kepada Malang Post, kemarin. Karena pelaksanaan yang akan dilakukan sifatnya teknis, terang Lutfi, BPBD dalam hal itu hanya melakukan monitoring. Mengingat, pelaksanaannya akan melibatkan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang, termasuk penentuan lokasi pipanisasi dan pelaksanaan. “Karena sudah ke teknis, se-

cara otomatis BPBD tidak ikutikut. Jadi, hanya sebatas merangkul untuk membantu pelaksanaan normalisasi,” ujarnya. Menyinggung kebutuhan normalisasi, Lutfi menjelaskan, karena dalam kejadian erupsi Kelud banyak wilayah yang terdampak, maka secara otomatis besar pula kebutuhan anggaran. Kebutuhan anggaran pipanisasi diperikirakan mencapai Rp 20 miliar. “Karena angka kebutuhan sangat tinggi, makanya berapa pun kekuatan bantuan yang di-

berikan oleh pihak ke tiga akan ditampung untuk membantu pelaksanaan normalisasi. Jadi harapannya, dari bantuan yang diberikan itu mampu menyentuh semua kebutuhan warga,” tambahnya. Sasaran bantuan pipanisasi antara lain, Desa Pandansari yang memang menjadi sasaran utama. “Harapanya, tentu wilayah lain bisa dilakukan hal yang sama, seperti Desa Pondok Agung-Kasembon, pun layak mendapatkan pipanisasi. Hanya saja, semua menjadi kewenangan dari koordi-

nasi Jasa Yasa dan Cipta Karya,” terngnya. BPBD juga telah menggulirkan bantuan untuk peternak sapi di kawasan Ngantang sekitar Rp 350 juta yang diberikan melalui Dinas Peternakan Kabupaten Malang. “Karena kebutuhan pakan ternak masih tinggi, makanya diberikan bantuan pula berupa pakan ternak melalui dinas untuk menyalurkan kepada pemilik sapi. Jadi, seusai masa tanggap darurat untuk bantuan masih terus digulirkan,” terangnya. (sit/aim)

Rendra Kembali Pimpin Pengcab PSSI MALANG – Bupati Malang, H. Rendra Kresna dipastikan bakal kembali memimpin ketua umum pengurus cabang (Pengcab) PSSI Kabupaten Malang periode 2014-2018. Dari 33 pemilik suara dari anggota klub di kecamatan selection, secara aklamasi akan menetapkan Rendra Kresna sebagai ketua umum Pengcab PSSI Kabupaten Malang. “Dari dua agenda dalam Muscab yang dijadwalkan pada 26 April nanti, untuk posisi Ketum sudah bisa dipastikan akan mengerucut pada H. Rendra Kresna yang akan memimpin kembali Pengcab PSSI,” kata Wakil Ketua Bidang Kompetisi Pengcab PSSI Kabupaten

Sambungan dari Halaman 22

Tertibkan Penjual Miras Tak Berizin

BPBD Rangkul BUMN Jatim Bantu Pipanisasi MALANG – Masa tanggap darurat II Gunung Kelud sudah berakhir pada 31 Maret lalu, tapi rehabilitasi dan normalisasi kawasan masih terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. Salah satunya merangkul BUMN se-Jatim untuk melakukan pipanisasi wilayah terdampak erupsi yang dikoordinir Jasa Tirta Kabupaten Malang. “Per 31 Maret lalu, masa tanggap darurat dua sudah selesai untuk kawasan terdampak erupsi Kelud. Meski begitu, upaya per-

23

Malang, Asyari kepada Malang Post, kemarin. Pada 26 April mendatang, Pengcab PSSI Kabupaten Malang akan melaksanakan dua agenda besar, yakni, pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) Pengcab PSSI dengan agenda penetapan statuta dan pemilihan ketua umum (Ketum) serta wakil ketua berikut lima eksekutif komite (Ekko) dalam kepengurusan. Soal statuta Asyari menjelaskan, sejak tahun ini akan terjadi beberapa perubahan. Diantaranya, mengenai nama yang sebelumnya Pengcab PSSI Kabupaten Malang menjadi Asosiasi Pengcab PSSI Kabupaten

H Rendra Kresna Malang. Perubahan itu, berlaku untuk seluruh Pengcab di kabu-

paten atau pun kota. “Selain perubahan nama, ada beberapa perubahan pula pada penyusunan pengurusan dan formatur. Kalau dahulu atau periode 2010-2014 penyusunan itu dilakukan Ketum, maka sekarang Ketum dan Wakil Ketua serta Ekko yang memilih oleh pemilik suara, akan langsung menyusun kepengurusan,” tambahnya. Selain mengenai pembentukan kepengurusan, Asyari menambahkan, pada posisi sekretaris dan bendahara nantinya juga terpisah dari bagian pengurus. Kalau sebelumnya dua posisi itu di internal pengurus, maka untuk periode ini akan di luar struktural. Sebaliknya, dua

posisi itu akan masuk dalam tenaga prefesional. “Beberapa perubahan itu, nantinya akan mulai dilakukan di tahun ini. Tinggal nantinya, melihat jalannya pelaksanaan Muscab,” terang Asyari. Dengan bakal kembali terpilihnya Rendra, maka orang nomor satu di pemerintah Kabupaten Malang itu, untuk kali ke tiga akan menduduki posisi tertinggi di Pengcab PSSI Kabupaten Malang. Kali pertama, Rendra ditunjukan sebagai Ketum pada 2006-2010. Dari perioden pertama itu, Rendra kembali mendapat kepercayaan untuk memimpin Pengcab di periode Tahun 2010-2014. (sit/aim)

Sambungan dari Halaman 22

“Yang jelas sesuai tupoksi kami di perindustrian dan perdagangan, wajib mengawasi peredaran miras tersebut. Jangan sampai dijual kepada pelajar dan konsumen di bawah umur,” katanya. (big/aim)

Gangguan Jiwa, Mati Membusuk MALANG – Warga sekitar Dusun Pabrikan Desa Ngasem Kecamatan Ngajum, pagi kemarin dihebohkan dengan tewasnya Ali, warga sekitar. Korban yang berusia 60 tahun ini, ditemukan tewas membusuk di rumahnya. Diperkirakan dia meninggal sudah sejak sekitar sepekan lalu. “Dugaan sementara, korban ini meninggal karena sakit. Selain kondisinya sudah tua, selama ini dia juga diketahui mengalami sakit gangguan kejiwaan sejak sekitar 14 tahun lalu,” ungkap Kapolsek Ngajum, AKP Sri Sugeng Waskito. Diperoleh keterangan, selama ini korban diketahui tinggal sendirian di rumahnya. Istrinya sudah lama meninggalkannya karena menikah dengan orang lain. Korban yang diketahui sakit jiwa ini, memang tidak pernah keluar rumah. Kematian korban ini, baru diketahui sekitar pukul 08.30. Kali pertama yang menemukan adalah Samian, 40 tahun, tetangganya. Pagi itu saksi sedang membersihkan halaman rumahnya. Ketika sedang bersih-bersih dia mencium bau busuk seperti bangkai tikus. Karena penasaran dengan bau bangkai tersebut, saksi lalu mencoba mencari sumber bau tersebut. Setelah ditelusuri sumbernya dari dalam rumah korban. Ketika diintip dari lubang jendela, saksi kaget begitu melihat korban Ali sudah tewas dengan kondisi dikerubuti belatung. Lantaran takut dituduh macam-macam, saksi kemudian memberitahukannya kepada warga sekitar dan perangkat desa. Dan karena kematian korban dianggap tidak wajar, warga lalu melaporkannya ke petugas Polsek Ngajum. “Jenazah korban hanya kami mintakan visum luar di Puskesmas. Pihak keluarga melalui surat pernyataan sudah menerima kematiannya,” tandas Kapolsek.(agp/aim)

Kasus Pupuh P21, Empat Tersangka Lain Segera Ditahan MALANG – Kasus dugaan korupsi program Gerakan Produksi Peningkatan Pertanian Berbasis Korporasi (GP3K) pada Komunitas Petani Peternak Nelayan Indonesia (KOPPINDO) Kabupaten Malang, yang menyeret Sekjen KOPPINDO, Pupuh Swastomo akan segera disidangkan. Kemarin, berkas acaara pemeriksaan dinyatakan lengkap (P21) oleh Kejaksaan Negeri Kepanjen. Dengan begitu maka secepat-

nya penahanan warga Bumi Mondoroko Raya Singosari ini akan berpindah menjadi tahanan Kejaksaan. Pernyataan tersebut disampaikan Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman kepada Malang Post kemarin siang. “Saya baru mendapat surat dari kejaksaan yang menyatakan bahwa berkas kasus Pupuh Swastomo sudah P21 (lengkap),” kata Aldy. Mantan tenaga pendidik (Ga-

dik) SPN Brimob Polda Jatim ini akan segera melimpahkan berkas Pupuh tahap dua ke Kejaksaan. Pelimpahan tahap kedua tersebut, tersangka bersama dengan barang bukti akan dilimpahkan. “Kapan pelimpahannya, pasti secepatnya dalam minggu ini,” katanya. Bagaimana dengan empat tersangka lain dalam kasus korupsi ini, Aldy mengatakan bahwa empat tersangka lain juga akan dipanggil diperiksa

sebagai tersangka pada minggu ini. “Pokoknya berkas Pupuh kami limpahkan Kejaksaan, empat tersangka baru ini akan langsung kami tahan,” tandasnya. Dugaan korupsi ini, bermula dari Kementerian BUMN memberikan tugas kepada PT. Pertani untuk melaksanakan program ketahanan pangan berbentuk program GP3K pada 2011 lalu. Dari program itu, PT. Pertani Malang bekerjasa-

ma dengan KOPPINDO selaku mitra koordinator petani. KOPPINDO mengkoordinir kelompok tani untuk menanam padi di wilayah Kabupaten Malang. Pascapanen, KOPPINDO wajib menagih pengembalian pinjaman dari petani atau kelompok tani. Total pinjaman yang diberikan oleh PT. Pertani Malang kepada KOPPINDO melalui Pupuh Swastomo senilai lebih kurang Rp 2,3 miliar. (agp/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: REEP


24

MINGGU, 20 APRIL 2014

Andalkan Muka Lama Sejak bergabung ke zona otoritas sepakbola tertinggi di Asia yakni AFC, Timnas Australia berhasil memulai debutnya di kancah Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Dan pada Piala Dunia 2014 Brasil kali ini menjadi penampilan kedua Australia di ajang sepakbola terbesar empat tahunan tersebut. Sebagai salah satu dari sekian tim yang mewakili Asia, Australia ingin memberikan yang terbaik untuk zona tersebut. Jika dihitung berapa kali Australia berkiprah di kancah Piala Dunia, pada Piala Dunia 2014 ini akan menjadi Piala Dunia yang keempat kalinya. Kiprah Australia dimulai dari tahun 1974, 2006, 2010 lalu 2014 saat ini. Namun torehan tersebut tidak berbanding lurus dengan prestasi yang telah diraih Australia selama berlaga di Piala Dunia. Tercatat Australia sama sekali belum pernah merangsek ke babak 8 besar atau perempatfinal. Catatan paling fenomenal, ketika Australia berhasil menembus babak 16 besar atau perdelapanfinal tepatnya pada Piala Dunia 2006 lalu di Jerman. Ketika Piala Dunia 2006 lalu, Australia berhasil memperlihatkan kemampuan terbaik di sepanjang babak penyisihan grup. Setelah berhasil finis di posisi ke-2

TETAP JADI ANDALAN: Timnas Australia tetap mengandalkan pemain-pemain muka lama di Piala Dunia 2014 serta wanita-wanita cantik supporter tim asal Benua Kangguru itu akan hadir di Brasil. klasemen akhir dengan meraih 4 poin, Australia pun berhak melaju mulus ke babak perempatfinal. Salama babak penyisihan, Australia berhasil menghempaskan Jepang dan menahan imbang Kroasia. Di Piala Dunia 2014 nanti, Australia diprediksi masih mengandalkan

wajah-wajah lama seperti Lucas Neill (kapten tim), Harry Kewell, dan Tim Cahill. Ketiganya merupakan sosok pemain yang sudah malang melintang di skuad Australia dan mantan pemain Liga Premier Inggris selama ini. Sebelumnya Australia sempat

merasa bahwa berkiprah di zona Asia dapat memberikan peluang besar untuk menjadi langganan Piala Dunia kedepannya lantaran tim-tim yang dihadapi bukanlah tim yang cukup menyulitkan. Namun hal tersebut ternyata dibantah oleh pelatihnya bahwa tim-tim di Asia

memiliki kemampuan luar biasa dan semakin meningkat. Salah satu andalan tim negara Kanguru ini adalah Tim Cahill. Karirnya dimulai sejak dirinya menjadi seorang pesepakbola profesional di klub Milwall pada tahun 1998 silam. Setelah hanya berkiprah satu musim bersama Milwall, Cahill lalu hengkang ke Everton. Dan pada tahun 2012 lalu, pihak Everton lalu melepas sang pemain ke klub New York Red Bulls. Walau umur Cahill saat ini sudah tidak muda lagi atau sudah berusia 34 tahun, sang pemain masih dianggap sebagai salah satu pemain terbaik asal Australia saat ini. Menurut catatan statistik selama Cahill berkiprah di Major League Soccer (MLS ) di Amerika, sang pemain sudah berhasil mencetak 12 gol dari 29 laga yang sudah dilakoninya di musim 2013-2014. Kualitas permainan Cahill terletak pada kemampuannya menembak bola dari jarak jauh. Tidak hanya itu, Cahill juga dapat memenangi perebutan bola di udara serta dapat

menyundul bola yang dikirim dengan akurat hingga lahir gol. Dan pada ajang Piala Dunia 2014 kali ini, Timnas Australia mengaku masih sangat membutuhkan tenaga Cahill. Diketahui Cahill sudah memiliki pengalaman memperkuat Timnas Australia di kancah Piala Dunia 2006 dan 2010 lalu. Prestasi internasional yang pernah ditorehkan Cahill bersama Australia ialah berhasil membawa negaranya melaju hingga babak 16 besar. Cahill konsisten menjaga performanya di semua laga serta sempat mencetak 2 gol di Piala Dunia 2006. Namun prestasi tersebut gagal diulang di Piala Dunia 2010. Australia harus tersingkir lebih awal di babak fase grup. Australia berada di tempat ke-3 dengan nilai empat. Padahal jumlah poin tersebut sama dengan yang diperoleh oleh tim yang berada di posisi ke-2, Ghana namun Australia kalah rekor memasukkan dan kemasukan gol. Australia akan tergabung dengan Negara-negara seperti Chile, Belanda, dan Spanyol di Grup B.(bb/jon)

FOTO-FOTO: NET

Ange Postecoglou Jawab Keraguan SOSOK Ange Postecoglou sendiri sama sekali tidaklah asing di pesepakbola di Australia. Sebelum ditunjuka untuk melatih The Socceroos, Postecoglou telah berhasil meraih sejumlah gelar bergensi di kancah sepakbola domestik Australia seperti berhasil menyabet Juara Liga Utama Australia sebanyak 2 kali, Gelar Juara Championship sebanyak 4 kali dan terakhir Gelar Juara Benua Oceania sebanyak satu kali. Alhasil Postecoglou pun dianggap sebagai salah satu pelatih tersukses di benua Australia. Namun tidaklah semua setuju ketika pihak Timnas Australia malah menunjuk Postecoglou sebagai pelatih utamanya di bulan Oktober 2013 lalu. Semua itu lantaran gaya melatih Postecoglou terlihat sangat berbeda jauh dengan pelatih Australia sebelumnya yakni Holger Osieck dengan

ANGE POSTECOGLOU

Pim Verbeek. Namun Postecoglou langsung memberikan respon atas semua keraguan tersebut dengan keberhasilan meloloskan Australia ke Piala

Dunia 2014 di Brasil Juni-Juli mendatang. Australia berhak mendapatkan satu tempat di babak putaran final Piala Dunia 2014 nanti setelah berhasil menempati posisi

ke-2 di klasemen akhir Grup B di fase kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Secara statistik, Australia berhasil mengemas 25 gol dan hanya kemasukan 12 gol saja.

Kebobolan dengan jumlah 12 gol tersebut dianggap sebagai korban dari taktik yang diprakarsasi Postecoglou. San pelatih sering menggunakan taktik dengan menyerang dari lini pertahanan lalu melakukan pressing terhadap tim lawan. Menurut Postecoglou, Australia masih perlu membangun kerjasama antar lini yang solid serta juga perlunya memperbaiki respon setiap pemain. Oleh karenanya, Postecoglou sangat menginginkan menyesuaikan taktik yang diramunya dengan kapasitas para pemain Australia. Tidak hanya itu, Postecoglou juga sering berusaha melatih dalam hal kualitas teknik serta kewaspadaan pemain di lapangan. Di Piala Dunia 2014 nantinya, Australia akan tergabung dengan Belanda, Chile, dan Spanyol di Grup B.(bb/jon)

Ragu Prancis Bisa Juara Dunia

Didier Deschamps

PARIS - Prancis benar-benar pesimistis menyambut Piala Dunia 2014. Tim Ayam Jantan, julukan Prancis bahkan tak percaya diri bisa menjadi juara pesta sepakbola empat tahunan itu. Hal itu merujuk pada perjalanan Prancis ke Brasil. Saat itu, Prancis lolos dramatis ketika bersua Ukraina pada babak playoff. Nah, perjalanan yang terjal itu membuat Prancis mawas diri. “Jika Anda mengatakan bahwa

Prancis akan menjadi juara dunia, itu adalah kebohongan. Kami tidak termasuk delapan tim terbaik dunia,” terang pelatih Prancis, Didier Deschamps di laman L’Equipe, Sabtu (19/4). Prancis juga dihadapkan pada tradisi buruk pada Piala Dunia. Pada 2010 lalu, Prancis digoyang sikap indisipliner para pemain. Saat itu, Nicolas Anelka, Patrice Evra, Franck Ribery dan Jeremy Toulalan berseteru dengan pelatih Raymond Domenech.

Namun, Deschamps optimistis hal itu tak akan terjadi pada Piala Dunia 2014 mendatang. Menurut mantan penggawa Chelsea itu, anak asuhnya memiliki kekompakan yang bagus. “Mereka akan memberikan semangat dan komitmen untuk mewakili Prancis. Saya tak mau dipusingkan dengan masalah kedisiplinan. Kini semua tergantung pada saya untuk membuat keputusan tegas,” ujar Deschamps.(jos/jpnn)

Piala Dunia Palsu Disita SHANGHAI-Perhelatan akbara Piala Dunia 2014 yang sebentar lagi akan digelar berusaha dimanfaatkan para pembajak untuk meraih keuntungan. Selain kostum tim peserta dan atribut Piala Dunia, kini giliran trofi Piala Dunia yang jadi sasaran pemalsuan. Seperti dilansir Dailymali, petugas bea cukai China pekan ini berhasil mengamankan 10.20 trofi Piala Dunia palsu di Yiwu, Provinsi Zhejiang. Trofi-trofi palsu itu rencananya akan dijual di berbagai penjuru dunia saat Piala Dunia digelar. Ini merupakan pengungkapan kedua terkait peredaran trofi Piala Dunia palsu. Sebelumnya, petugas bea cukai China juga berhasil menyita 1.008 trofi Piala Dunia palsu di Xiamen, kota yang berjarak 490 kilometer dari Yiwu. Ribuan trofi Piala Dunia palsu itu dibikin semirip dan sedetail mungkin seperti trofi Piala Dunia asli dan replika yang resmi. Selain ketinggian trofi yang sama, dasar trofi Piala Dunia palsu juga tercantum daftar tim yang pernah memenangi Piala Dunia. Kasus pemalsuan di China memang kian mengkhawatirkan. Beberapa waktu lalu, kantor bea cukai Xiamen telah menyita 21,648 kostum timnas Brasil palsu. Kabarnya, sulit untuk membedakan antara yang palsu atau yanga asli keluaran Nike.(vvn/jon)

Tak Gentar Hadapi Inggris MONTE VIDIO-Edinson Cavani percaya Uruguay dalam kondisi siap untuk membuat sejarah di Piala Dunia 2014 di Brasil. Menurutnya, Uruguay akan mampu lolos dari hadangan dua raksasa Eropa, Inggris dan Italia. Di Piala Dunia 2014, Uruguay tergabung di “grup neraka”. Cavani dan kawan-kawan akan bersaing dengan Inggris, Italia dan Kostarika di grup D. Namun situasi sulit ini tidak membuat Cavani gentar. “Saya pikir kami punya pemain yang punya kualitas atas, karena mereka bermain di tingkat teratas dan punya pengalaman di Inggris. Saat ini, kami punya banyak pengalaman dan kami tidak merasa rendah dari tim lain,” katanya dilansir Soccerway. “Uruguay kini masuk ke lapangan dengan ambisi meraih kemenangan, bukan seperti dulu ketika kami hanya berharap dan menunggu lawan melakukan kesalahan,” lanjutnya. Cavani pantas percaya diri. Karena Uruguay kini dihuni para pemain yang malang melintang di kompetisi Eropa. Tidak sedikit di antaranya menjadi tulang penggung klub. Seperti Luis Suarez (Liverpool), Martin Caceres (Juventus) dan Fernando Muslera (Galatasaray).(vvn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SITI

Mp2004  

Halaman Mp2004