Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

Korane Arek Malang

Malaysia

VS

Indonesia

Lupakan Drama Jakarta NAYPYITAW - Dua tahun silam, Indonesia harus mendapatkan aib di balik kesuksesannya jadi juara umum pada SEA Games 2013. Aib yang justru terjadi di stadion kebanggaannya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan,

Jakarta. Apalagi, lawan yang mengalahkannya itu adalah Malaysia, musuh bebuyutan sepanjang masa. Drama di Jakarta itu mungkin masih belum bisa dilupakan publik Indonesia sampai saat ini. Pun demikian dengan para pemain atau-

pun pelatih yang saat ini masih berada di dalam skuad Garuda Muda, julukan timnas Indonesia U-23. Betapa tidak, saat itu Indonesia tumbang atas Malaysia melalui adu tendangan penalti dengan skor 3-4.

Baca Lupakan....Hal 7

Harga Eceran Rp. 3.500,-

BESOK, KEJARI

PANGGIL

SHOFWAN Terkait Dugaan Mark up Lahan RSUD

SUGENG DEAS/JAWA POS

PERSIAPAN : Pemain timnas U-23 ketika berlatih untuk menghadapi Malaysia di partai semifinal SEA Games. Sore ini, Indonesia akan ditantang Malaysia.

Tarik Uang Sekolah, Dipolisikan! BATU – Sekolah-sekolah harus mendukung kebijakan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, menggratiskan biaya SD hingga SMA/SMK mulai tahun 2014. Mereka tidak boleh menarik uang sepeserpun dengan berbagai dalih yang ada. ‘’Jika masih ada sekolah yang berani menarik biaya dalam tahun 2014 nanti, maka ancamanya ada hukum. Kami tidak segan-segan melaporkan pihak sekolah kepada kejaksaan atau kepolisian, jika masih ada tarikan-tarikan.

Baca Tarik....Hal 7

Abd Saleh Resmi Milik Pemprov Jatim JAKARTA – Harapan Pemprov Jatim, bisa memiliki Bandar Udara (Bandara) sendiri, akhirnya benar-benar terkabul. Bandara Abd Saleh Malang, milik TNI AU, sudah bisa dimanfaatkan untuk penerbangan umum secara komersial dan profesional. Bukti kepemilikan bandara milik (baca: dikelola) Pemprov Jatim itu, dituangkan dalam Memorandumt of Understand-

ing (MoU) antara Pemprov Jatim dan TNI AU di Klub Executif Persada Jakarta, Rabu sore. ‘’Kerjasama hari ini (kemarin, Red.) akan kita jadikan benchmarking (tolok ukur) kerjasama dengan daerah lain,’’ tandas Soekarwo, Gubernur Jatim usai penandatanganan MoU. Selain Soekarwo, ikut teken MoU pengelolaan Bandara Abdurahman Saleh adalah Wakil

Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsda TNI AU Soenaryo dan Dirjen Perhubungan Udara Heri Bhakti. Seperti diberitakan diharian ini sebelumnya (MP, 18/12) Bandara Abd Saleh segera dijadikan bandara internasional. Peningkatan status ini hanya bisa diwujudkan kalau opsi pengelolaan Abd Saleh sudah ditangan Pemprov Jatim.

Baca Abd Saleh....Hal 7

bertanggungjawab dengan lulusan yang sudah dihasilkan,’’ ungkap Ketua Kopertis Wilayah VII Jawa Timur (Jatim), Prof. Dr. H. Sugijanto kepada Malang Post, di Universitas Ma Chung. Menurutnya, ada empat perguruan tinggi di Jatim yang saat ini bermasalah izinnya. Kopertis juga sudah melaporkan kepada Ditjen Dikti mengenai investigasi yang akan dilakukan di perguruan tinggi tersebut.

Baca Kopertis....Hal 7

TC Cikno Tambah Kompak

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN HARY SANTOSO/MALANG POST

SEPAKAT : Soekarwo, Wakasau dan Dirjen Perhubungan Udara sepakat teken MoU atas pengelolaan dan peningkatan status bandara Abd Saleh.

‘’Sakit bisa dinikmati. Miskin pun bisa dinikmati. Apalagi suasananya sering diciptakan demikian.’’

Melihat Pengerajin Miniatur Lokomotif Berbahan Limbah

Tinggalkan Produksi Truk, Disukai Turis Manca Negara Memasuki usia senja, tidak menjadikan kreatifitas, H Sulkan terhenti. Kakek empat cucu ini, justru mampu menghasilkan produk kerajinan tangan miniatur lokomotif sangat menarik. Lebih unik lagi, dia menggunakan limbah, sebagai bahan dasar.

Kana: Arema terus TC kanggo persiapan kompetisi bes Ebes : Sak jane niame wis nayamul Kana : Oyi bes, buktine osi nganem agit – utas lawan Sriwijaya FC Ebes : Masiyo nganem sik durung dadi ukuran jes, sik kanyab sing kudu didandani. Pemain anyar karo pemain lawas kudu luwih kompak maneh. (***)

Dikemas ala Sportainment

Baca Dikemas....Hal 7

Ngalam

Ebes

Baca Besok....Hal 7

MALANG - Gelaran Jalan Sehat Sadar Pajak 2013, yang akan dihelat di sekitaran Bundaran Tugu, Minggu (22/12) nanti, dipastikan benar-benar berbeda dari even jalan sehat pada umumnya. Untuk memeriahkan acara Pemkot Malang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Malang dan disupport Malang Post tersebut, panitia bakal mengemasnya dengan nuansa sportainment. Sedianya, berbagai kegiatan atraktif bertema olahraga, juga akan digelar untuk menyemarakkan even yang bersamaan dengan peringatan Hari Ibu tersebut. ‘’Aroma sportainment akan kami hadirkan untuk menambah semarak even ini. Diantaranya pagelaran tinju amatir dan adu skaters,’’ terang penanggungjawab acara, Ir H Ade Herawanto MT.

Eddy Rumpoko

Kopertis : STT RRI Tak Berizin MALANG - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII Jawa Timur, sedang melakukan investigasi terhadap keberadaan kampus STT RRI Malang. Sebab pihak kopertis merasa belum pernah menerima pengajuan izin operasional pendirian sekolah tinggi tersebut. ‘’Kami akan segera mengirimkan surat teguran kepada STT RRI, karena belum ada izinnya. Yang penting pengelola harus

MALANG - Rencana Kejaksaan Negeri Malang untuk menginterogasi Sekda Kota Malang, HM Shofwan hari ini, dibatalkan. Sebab, Kamis hari ini, Kepala Kejaksaan Negeri Malang beserta seluruh Kepala Seksi mengikuti raker di Surabaya. Shofwan sendiri rencananya dipanggil Jumat (20/12) besok bersama salah satu anggota Banggar DPRD. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Malang Munasim SH MH kepada Malang Post, kemarin. Menurut Munasim, pemanggilan Munasim Shofwan terkait dugaan mark up lahan RSUD Kota Malang ditunda. ‘’Saya dan seluruh Kasi ada sosialisasi hasil raker dari Kejagung diikuti Sekjen se-Indonesia, makanya kita tunda Jumat,’’ tegas Munasim.

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

SERIUS : Sulkan saat merangkai bahan-bahan bekas, menjadi miniatur lokomotif yang menarik.

Laki-laki paruh baya itu, tampak cukup sederhana. Tetapi begitu ramah, ketika berbincang. Meski baru saja kenal, tetapi ketika ngobrol, seperti sudah seperti teman lama. Terlebih-lebih, saya ngobrol soal lokomotif kereta api. Ya, pria itu adalah Sulkan, pengerajin miniatur lokomotif, berbahan limbah. Sulkan, sudah hampir tujuh tahun, menekuni pekerjaan itu. Bukan sembarang lokomotif, tapi dia memilih jenis lokomotif

tenaga uap, yang lebih rumit. Ide Sulkan mulai membuat lokomotif tersebut, adalah ketika dia usai bertamu ke rumah saudaranya di Jakarta, tahun 2007-an silam. Kala itu, dia terinspirasi lokomotif antik yang sedang mangkrak di salah stasiun kereta api. ‘’Saat di Jakarta, saya mulai berpikir untuk membuat loko-lokoan kalau sudah sampai rumah. Saya buka internet soal jenis loko uap.

Baca Tinggalkan....Hal 7

AREMA CRONUS

Hadapi Arema, Persik Pasrah MALANG - Setelah mengalami kekalahan 0-1 dari Sriwijaya FC, dalam laga pertamanya di Piala Gubernur Jatim 2013 kemarin (18/12), Persik Kediri, masih harus menghadapi tuan rumah, Arema Cronus, Jumat (20/12) besok di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen Kabupaten Malang. Laga tersebut, diprediksi bakal berjalan ketat dan panas. Persik merupakan salah satu rival Arema, di kancah sepak bola Indonesia. Ditambah lagi, hubungan Aremania dan suporter Persik, Persikmania, yang sempat memanas.

Baca Hadapi....Hal 7 Jawa Pos Group


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

2

LINTAS NASIONAL

UU Desa Disahkan, Tiap Desa Dianggarkan Rp 1,4 M Per Tahun

BATAL: Karangan bunga berisi ucapan selamat untuk Wali Kota Tangerang terpilih, yang batal dilantik kemarin, karena Gubernur Ratu Atut sakit, setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Ditetapkan Tersangka, Ratu Atut Jatuh Sakit Pelantikan Wali Kota Tangerang Batal BANTEN-Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah jatuh sakit usai mendengar kabar penetapannya sebagai tersangka kasus suap kepada Akil Mochtar, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi. KPK menetapkan Ratu Atut sebagai tersangka pada Selasa (17/12) kemarin. “Dia sedang beristirahat. Sebagai manusia wajar psikologi dia drop saat mendengar kabar soal status tersangka itu,” kata pengacara Ratu Atut, Tubagus Sukatma, Rabu 18 Desember 2013. Namun, Sukatma mengaku tidak tahu detail penyakit kliennya itu. “Itu kan urusan medis. Saya orang hukum, takut salah,” jelasnya. Saat ini, menurut Sukatma, kliennya masih ada di Banten dan berkumpul dengan keluarganya. “Keluarga memberi dukungan supaya Ratu Atut tabah menghadapi kasus ini,” ujarnya.

Soal pemeriksaan Jumat mendatang, Ratu Atut pun belum memberi konfirmasi ke tim pengacara apakah akan hadir atau tidak. “Kita tunggu saja,” imbuhnya. Terpisah,–Wali Kota Tangerang terpilih periode 2013-2018, Arief R. Wismansyah, kecewa dengan batalnya pelantikan dia dan pasangannya karena ketidakhadiran Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah pada Rabu 18 Desember 2013. Seharusnya Arief dan Sachrudin dilantik pukul 10.00 WIB, namun saat tamu undangan mulai hadir pukul 08.30 WIB, Atut memberitahukan tidak bisa hadir. Atut batal hadir karena sakit. “Kalau memang Ibu Gubernur benar sakit, dirawat di mana? Saya akan jenguk sekarang juga. Kabar yang sampai ke saya hanya dia sakit, tapi tidak

diberitahu dirawat di mana,” kata Arief di Tangerang. Arief mengatakan, Atut sampai sore kemarin masih memastikan bakal datang melantik dia dan Sachrudin. “Kami baru dapat kabar pembatalannya pagi ini dari pemerintah Provinsi Banten,” ujarnya. Batalnya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, kata Arief, juga mengecewakan masyarakat Kota Tangerang. “Undangan sudah hadir, termasuk para mantan Wali Kota Tangerang. Tiba-tiba dapat kabar Ibu Atut batal melantik. Siapa yang tak kecewa,” ujar Arief. Ia mengkritik Atut yang tidak mencerminkan sikap seorang negarawan. Meksi prihatin atas persoalan hukum yang menimpa Atut, Arief berpendapat mestinya Atut sebagai gubernur

lebih mementingkan masyarakat ketimbang urusan pribadi. Berdasarkan pantauan, sejumlah karangan bunga berisi ucapan selamat telah terpasang di kediaman Arief di Jalan Sinar Hati Kelurahan Sukajadi Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Untuk diketahui, Arief-Sachrudin yang maju di Pilkada Tangerang dari Partai Demokrat, Gerindra, dan PKB itu bukan hanya sekali ini batal dilantik. Dia sudah dua kali batal dilantik. Semuanya karena Ratu Atut tak bisa hadir dengan alasan ada urusan keluarga atau sakit. KPK Lacak Aset Ratu Atut Sementara itu, KPK melakukan pelacakan aset-aset yang dimiliki tersangka kasus Pilkada Lebak Banten di Mahkamah Konstitusi, Ratu Atut Chosiyah.

Gubernur Banten telah menjadi tersangka kasus Pilkada Lebak, Banten. Pelacakan terhadap aset-aset Ratu Atut ini untuk mengetahui dugaan adanya aset dari hasil tindak pidana korupsi. Tak hanya itu, KPK juga akan menelusuri transaksi mencurigakan aset-aset milik Ratu Atut dengan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). “Ya akan dilakukan (melacak aset Ratu Atut),” ujar Jubir KPK Johan Budi, di gedung KPK, Jakarta, kemarin. Johan menjelaskan, pelacakan aset adalah langkah pasti bagi KPK setelah menetapkan seseorang jadi tersangka. Namun pihak KPK masih belum dapat menyimpulkan apakah Ratu Atut melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atau tidak. (jpnn/udi)

SIDANG KASUS AKORDION

Notaris Luluk Serahkan Uang Jaminan MALANG- Notaris Luluk Wafiroh, SH, SpN menjalani sidang perdana kasus jual beli tanah milik almarhumah Tirah di Jalan Akordion Utara Malang, kemarin di Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang. Dalam pembacaan dakwaan yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Arie Kuswadi SH, Notaris yang berkantor di Jalan Cengger Ayam Malang tersebut dianggap melakukan penggelapan uang Rp 358. 500.000, yang seharusnya diserahkan kepada para ahli waris tanah tersebut. Seperti diketahui, Luluk dilaporkan ke Satreskrim Polres Malang Kota beberapa bulan lalu karena dianggap tidak memiliki niat baik untuk me-

Empat Tewas Banjir di Jawa Timur BOJONEGORO- Empat orang dinyatakan tewas dalam banjir yang terjadi di Jawa Timur akibat luapan sungai Bengawan Solo dan Kali Lamong. Hujan lebat masih berpotensi terjadi di Jawa Timur bagian utara. Hingga Selasa (17/12/ 2013) banjir masih menggenangi beberapa wilayah di sekitar Kali Bengawan Solo seperti Bojonegoro, Tuban dan Lamongan. Sementara itu meluapnya Kali Lamong menyebabkan Mojokerto dan Gresik terendam banjir. Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 4.085 rumah terendam banjir luapan Kali Bengawan Solo yang tersebar di 63 desa dari 15 kec dari 3 Kabupaten. Kepala Humas BNPB Sutopo menjelaskan, di Kabupaten Bojonegoro banjir merendam 40 desa di 7 kecamatan sehingga 1.771 rumah dan 1.727 hektar sawah terendam banjir. (jpnn/udi)

nyelesaikan jual beli tanah seluas 6.313 m2 milik almarhumah Tirah di Jalan Akordion Utara Malang. Selain dianggap wanprestasi, dia juga dianggap melakukan penggelapan sertifikat tanah hak milik bernomor 1714 yang sekarang dimiliki lima ahli waris almarhumah Tirah, yakni Condro, Poniti, Lasmini, Suradi dan Laseni yang kesemuanya tinggal di Jalan Akordion Malang. Dibacakan di hadapan majelis hakim yang diketuai Lindi Kusumaningtyas SH, MH, Luluk dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan pasal alternatif Pasal 372 KUHP tentang penggelapan. Dalam dakwaan itu pula, diungkapkan bila Luluk dan

Luluk Wafiroh Bambang, temannya merupakan wakil pembeli yang mendapat kuasa dari Andrian Handoko, warga Jalan Brigjen

S Riadi Malang untuk membeli tanah tersebut. Nama Andrian diketahui merupakan pemilik Woodland Property (pengembang North Point Residence) yang sempat didirikan di tanah bermasalah tersebut. Menanggapi dakwaan jaksa tersebut, Dwi Endro Tito, SH, kuasa hukum Luluk mengatakan segera mengajukan eksepsi atau keberatan dalam sidang berikutnya. “Sidang minggu depan, kami akan segera ajukan eksepsi. Sebab, banyak yang tidak benar dalam dakwaan jaksa,” terangnya. Termasuk penerapan Pasal 378 KUHP kepada kliennya. Menurut dia, saat dalam penyidikan di Unit Pidsus Satreskrim Polres Malang Kota,

Luluk hanya dikenakan Pasal 372 KUHP. “Dari awal Pasal 372 KUHP, kok tiba-tiba saat dakwaan muncul Pasal 378 KUHP. Nanti dalam eksepsi akan saya uraikan,” ujar dia. Kepada majelis hakim, Tito, sapaan akrabnya juga langsung menyampaikan permohonan uang jaminan senilai Rp 358.500.000 atau senilai uang yang disebutkan dalam dakwaan tersebut.. “Uang jaminan ini kami serahkan agar majelis hakim percaya kepada klien kami. Dan itu diatur dalam KUHAP. Apalagi, kami sedang berupaya mengajukan penangguhan penahanan yang kami layangkan beberapa waktu lalu,” pungkasnya. (mar)

Tragedi Bintaro18 Saksi Diperiksa, Belum Ada Tersangka JAKARTA- Polisi hingga kini masih memproses kasus kecelakaan maut antara KRL dengan truk tangki BBM di perlintasan Bintaro, Jakarta Selatan. Saat ini penyidik sudah melakukan pemeriksaan 18 orang saksi dalam kasus tersebut. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan satu dari 18 saksi yang diperiksa yakni Manajer Operasional Area PT Pertamina yang bernama Cahya. “Setelah memeriksa Chosimin, kami memeriksa Cahya kaitannya dengan lokasi penyuplaian bensin dari mana kemana,” kata Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu 18 Desember 2013. Cahya merupakan orang yang mengetahui kemana saja mobil tangki akan menyuplai bensin tersebut. Selain Cahya, ada lima orang saksi yang diperiksa dari PT KAI, sepuluh orang orang di sekitar kejadian, dan satu orang Anggota Kepolisian Sektor Pesanggrahan. “Anggota

JAKARTA- Setelah tujuh tahun mengalami perdebatan panjang, Rabu, 18 Desember 2013, kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya mengesahkan Undang-Undang Desa. Dengan pengesahan ini, pemerintah menyiapkan 10 persen anggaran dari APBN atau sekitar Rp104,6 triliun yang akan dibagi sekitar 72.000 desa. Setiap desa diperkirakan mendapat anggaran Rp1,4 miliar per tahun. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, meminta agar masyarakat tidak khawatir dengan adanya potensi penyimpangan dana triliunan rupiah ini. Sebab, setiap tahun akan dilakukan pengawasan sistem. “Tapi ini kita tidak akan tahu kalau berkaitan dengan masalah hukum, kalau prosedur kita awasi, kalau korupsi bukan ranah kita,” ujar Gamawan di Gedung DPR, Jakarta. Pemerintah, kata dia, akan melakukan pengawasan dalam penetapan anggaran, evaluasi anggaran dan pertanggungjawaban anggaran. Selain itu, ada juga audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memeriksa semua penyelenggara anggaran itu setiap akhir tahun. “Kalau BPK merekomendasi ada yang bersifat administratif, tentu harus diselesaikan secara administratif. Kalau ada temuan yang indikasi bersifat pidana dan merugikan negara, bisa saja BPK melanjutkan kepada aparat penegak hukum,” ujarnya. Tak hanya itu, kata Gamawan, pemerintah juga akan segera merumuskan Peraturan Pemerintah (PP) untuk mengatur mekanisme pertanggungjawaban, pendistribusian uang, pengawasan dan mekanisme pencairan dana. “Itu harus diwujudkan dalam bentuk peraturan pemerintah. Kami akan segera bentuk tim supaya PP nya cepat terbit. Jangan sampai ada kekhawatiran agar dana ini betul-betul tepat sasaran, dan tidak lagi banyak orang dipenjara karena penyelewengan,” tambahnya. Sementara, kata Gamawan, untuk pengoptimalisasian program pemerintah ke desa, akan ada sedikit perubahan desain. Saat ini ada beberapa kementerian dan lembaga yang langsung punya program di desa. Nantinya semua dana-dana itu akan disatukan. “Itu nanti yang kemudian diserahkan kepada desa. Nanti langsung diturunkan kepada kabupaten, kemudian kabupaten yang mendistribusikan ke desa berdasarkan kriteria yang sudah kita tetapkan,” paparnya. Kriteria itu, kata Gamawan, misalnya berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk, letak kesulitan geografis, tingkat kemiskinan dan beberapa variable lainnya. Dana tersebut, akan diambil pada APBN 2015. Sebab, dana APBN 2014 ini sudah disahkan peruntukannya. “Kami sepakat segera (didistribusikan), makanya kami segera bentuk tim. Setelah selesai PP, nanti alokasi daerah bisa saja tahun pertama 75 persen dan tahun kedua 25 persen. Karena kita sudah komit,” tuturnya. Sementara menunggu APBN 2015, dana untuk desa ini diambil dari Alokasi Dana Daerah. “ADD tetap berjalan. Program yang sudah diputuskan 2014 itu tetap jalan,” pungkasnya. (jpnn/udi)

KPK: Amplop untuk Penghulu Masuk Gratifikasi JAKARTA-Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Supradiono menegaskan pemberian amplop kepada seorang penghulu termasuk penerimaan hadiah atau gratifikasi. “Praktek penerimaan honor, tanda terima kasih atau pengganti uang transport dalam pencatatan nikah adalah gratifikasi sebagaimana dalam pasal 12B Undang-Undang Pemberantasan Tipikor,” ujarnya di Jakarta, Rabu (18/12/2013). Menurutnya, hal itu telah dirumuskan dalam rapat antara KPK, Kementerian Agama, dan Kementerian Keuangan yang digelar di Gedung KPK. Setiap gratifikasi segera dilaporkan kepada KPK. Giri menjelaskan pemberian untuk penghulu karena keterbatasan anggaran di Kantor Giri Supradiono Urusan Agama (KUA). Berdasarkan rincian, anggaran operasional di KUA sebesar Rp2 juta perbulan di tahun 2013. Anggaran sebesar itu dinilai tak mencukupi untuk kebutuhan pokok bagi penghulu. “Perlu mengubah Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2004 paling lambat 2014, sembari menunggu peraturan yang baru, Kemenang akan keluarkan Peraturan Menteri,” tambahnya. Sebelumnya, KPK sempat beda pendapat dengan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengenai pemberian uang transportasi kepada penghulu atau petugas Kantor Urusan Agama (KUA). Menag tidak mempersoalkan uang transprot lantaran tidak ada anggarannya. Sementara KPK dengan tegas melarangnya. Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo mengatakan, pemberian uang terima kasih kepada petugas KUA termasuk gratifikasi. Pasalnya, petugas KUA merupakan pegawai negeri pada Kementerian Agama yang terikat dengan larangan penerimaan gratifikasi. “Itu masuk ranah gratifikasi, setiap penerimaan tidak resmi di luar gaji, terkait dengan tugas dan wewenang pegawai negeri,” kata Johan, Minggu (15/12/2013). Johan menjelaskan, setiap pemberian imbalan atau hadiah kepada pegawai negeri harus dilaporkan sebagai gratifikasi kepada KPK. Selanjutnya, KPK akan menentukan apakah penerimaan hadiah terkait dengan jabatan pegawai negeri atau tidak. Hal ini sesuai dengan Pasal 12 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Untuk itu, Johan mengimbau agar petugas KUA tidak menerima pemberian uang atau hadiah dari calon pengantin. “Seharusnya ditolak,” tegas Kabiro Humas KPK ini. (jpnn/udi)

TRAGEDI BINTARO: Kasus tabrakan antara KRL dengan truk tangki BBM di perlintasan Bintaro, Jakarta Selatan yang saat ini penyidik melakukan pemeriksaan 18 orang saksi. Polsek itu dimintai keterangannya karena dia adalah orang pertama dari petugas kepolisian yang datang saat kecelakaan itu terjadi,” ujar Rikwanto. Meski demikian, Rikwanto enggan membeberkan hasil pemeriksaan. Menurutnya, penyi-

dik masih mengumpulkan keterangan saksi, memeriksa sarana dan prasarana. Selain itu masih harus olah TKP bersama tim Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri, serta keterangan dari saksi ahli dan analisa Standart Operasional

Prosedur (SOP). Tragedi Bintaro II itu terjadi pada hari Senin siang, 9 Desember 2013. Akibat kecelakaan itu, 86 orang mengalami lukaluka, tujuh di antaranya meninggal dunia dan sisanya mengalami luka bakar. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


TECHNOCELL Prosesor Ciamik Berbungkus Layar Standart

IRA RAVIKA/MALANG POST

CEPAT: Polytron W7351 Wizard Quadra V layar lebar dengan prosesor quad core membuatnya mampu menjalankan aplikasi dengan cepat.

gin menelpon dari nomor lain, karena kedua SIM sama-sama aktif. Pengguna hanya perlu menyeting ponselnya saja. “Sekalipun bekerja dengan operating sistem Android 4.1.2 Jelly Bean, tapi tampilan ponsel ini sangat sederhana, sehingga pemula pun bisa menggunakan ponsel ini,’’ tambah Ayu. Selain mesin yang mendukung prosesor quad core, ponsel ini juga memiliki kelebihan

dalam hal menjelajah internet. Itu karena adanya dukungan jaringan 3G HSDPA, yang diklaim memiliki kecepatan hingga 7.2 mbps. Selain jaringan 3G, ponsel ini juga didukung dengan jaringan EDGE dan GPRS. Layar seluas 5.3 inci menambah cantik tampilan ponsel ini. Tapi sayang, layar yang ditanam tidak memiliki keistimewaan. Resolusi layar hanya 540 x 960 piksel, dan belum mampu

menampilkan kualitas HD. Sementara untuk kapasitas penyimpanan internal, Polytron memberikan wadah seluas 4 GB. Kapasitas penyimpanan itu dapat diperluas menggunakan microSD, hingga 32 GB. Kamera dengan lensa 8 MP pun memberikan efek keren ponsel ini. Apalagi, kamera ini mampu menjepret gambar dengan resolusi maksimum 3264×2448 piksels. Sedangkan fitur auto focus, flash light, touch focus,

panorama, HDR (high definition range), effect, white balance, scene mode, self timer, continuous shot, ISO, dan foto editor, membuat pengguna lebih kreatif menjepret gambar. “Ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 3000 mAh. Dengan baterai tersebut, ponsel ini mampu bertahan hidup selama seharian penuh hingga 24 jam, meskipun digunakan secara aktif,’’ tandasnya.(vik/fia)

WhatsApp Hadir di Nokia Asha 501 MALANG – Kuartal keempat 2013 menjadi kebangkitan Nokia Asha 501. Itu karena di penghujung tahun ini, Nokia melengkapi ponsel ini dengan aplikasi chatting lintas platform, WhatsApp. Sebetulnya aplikasi WhatsApp ini bukan kali pertama ini dipasang Nokia pada keluarga Asha. Sebelumnya, Nokia sudah memasang aplikasi pesan ini pada Asha 210. “Aplikasi WhatsApp ini bisa diambil melalui Nokia Browser. Untuk mengunduh diperlukan paket data, atau jaringan WiFi,’’ kata Marketing Tiga Putra, Hani Ika Nilangsari. Hani mengatakan, kehadiran WhatsApp melengkapi berba gai aplikasi pesan maupun social media lainnya seperti, Facebook, Twitter, eBuddy, Line, Linkedln, dan WeChat. Sedangkan untuk aplikasi umum, ponsel ini juga support aplikasi 21 Cineplex. “Dengan 21 Cineplex ini pengguna bisa mengetahui jad-

IRA RAVIKA/MALANG POST

LENGKAP: Fasilitas chatting nokia Asha 501 makin lengkap berkat kehadiran WhatsApp.

wal film yang main di seluruh Cineplex 21 se Indonesia,’’ kata

Hani. Lebih menarik lagi, ponsel ini juga terintegrasi dengan

aplikasi game berkapasitas besar. Diantarannya Power Pop, Beyond The Well, Keto Adventure, Asphalt 6, Real Football 2013 dan lainnya. “Game Bubbe Bash 3, Assasin’s Creed 3 dan Little Big City juga bisa didownload, serta dimainkan dengan asyik melalui ponsel ini,’’ urainya. Sementara itu, Hani juga mengatakan secara spesifikasi, Asha 501 memang cukup mumpuni. Ponsel ini memiliki desain yang cantik, karena hadir dengan enam warna ceria. Cover yang dapat diganti-ganti membuat ponsel ini lebih menarik, karena pengguna bisa memilih cover sesuai dengan kepribadiannya. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur fastlane, yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai aktifitas hanya pada satu layar dan satu sentuhan saja. “Fitur ini akan mencatat semua aktifitas sebelum

dan yang dilakukan. Sehingga saat ini ingin berpindah-pindah aplikasi, dan kembali ke aplikasi awal akan sangat cepat,’’ ujarnya. Nokia 501 merupakan ponsel kelas low end yang hadir dengan dimensi 99.2 x 58 x 12.1 mm, memiliki berat 88.2 gram. Ponsel ini dilengkapi layar QVGA seluas 3 inci. Pelindung hardened glass membuat layar ponsel ini tahan akan goresan kecil. Untuk konektivitasnya, ponsel ini dilengkapi dengan jaringan WiFi, Bluetooth, dan konektor charger 2 mm. “Ini merupakan ponsel dual SIM dengan model Easy Swap. Easy Swap membuat dua kartu yang terpasang sama-sama aktif,’’ urainya. Dan ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1200 mAh, yang mampu bertahan hingga 17 jam untuk bicara, dan siaga hingga 26 hari.(vik/fia)

Duo Andromax Meluncur di Akhir Tahun MALANG – Komitmen Smartfren untuk menyediakan perangkat yang mendukung layanan data terus berlanjut. Itu terbukti dengan diluncurkannya dua ponsel besutan operator CDMA ini, yaitu Andromax I2 danAndromax G. Kedua ponsel tersebut tidak hanya dilengkapi dengan fitur serta teknologi terkini, tapi juga dijual dengan harga relatif terjangkau. Dalam siaran persnya, Deputi CEO Smartfren Telecom, Djoko Tata Ibrahim, menjelaskan kedua ponsel keluarga baru Andromax ini merupakan ponsel canggih yang sudah mendukung jaringan CDMA EV-DO Rev B Phase 2. Ponsel ini tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal komunikasi seperti telepon maupun SMS, tapi juga internet. Lantaran itulah pihak Smartfren pun menyediakan layanan data berupa paket Smart Plan untuk dua ponsel tersbut. “Kami melihat bahwa kini kebutuhan masyarakat untuk terhubung dengan internet semakin besar. Kini pun konsumen semakin cerdas bahwa untuk mendapatkan fitur yang mumpuni di smartphone mereka tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Karenanya sebagai jawaban dan pemenuhan kebutuhan tersebut, Smartfren menghadirkan smartphone Andromax I2 dan Andromax G. Semuanya telah didukung dengan paket Smart Plan yang dapat menunjang gaya hidup mobile pelanggan kami,’’ katanya. Sementara untuk spesifikasi keduanya, Smartfren Andromax I2 hadir sebagai penerus dari generasi Andromax New-I. Andromax I2 tampil berdimensi lebih tipis dengan ukuran 9.9mm dengan sistem operasi Android 4.1 JellyBean dan

Prosesor Quad Core 1.2GHz Qualcomm Snapdragon. Dilengkapi dengan layar berukuran 4.5 Inci, perangkat grafis Adreno 203, dengan 1GB RAM dan 4GB ROM serta baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 2000 mAh. Andromax I2 menawarkan pengalaman bermain game, multi-tasking serta efek audio maupun video yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi para penggunanya. Untuk urusan kamera, Andromax I2 dibekali dengan kamera utama 5 MP auto-fokus dengan LED Flash serta kamera sekunder 1.3 MP. Smartfren juga membenamkan satu kemampuan baru bagi Andromax I2, yaitu menu Sound Centre. Dengan menu terbaru tersebut pengguna dapat menyesuaikan pengaturan Trubass dan Sound Field Modulation sesuai selera. Andromax I2 juga mempunyai kemampuan tethering hotspot hingga 5 pengguna. Seri Andromax I2 ditawarkan dengan harga Rp 1.449.000,- (termasuk PPN) dimana pembeli akan mendapatkan Kartu Smartfren serta bonus 600MB volume data yang berlaku selama 7 hari. Smartfren juga menghadirkan seri terbaru Andromax yaitu Andromax G. Meski diproyeksi menjadi sebuah smartphone entry level namun kemampuan ponsel yang memiliki ketebalan 9.9mm ini, mampu menghadirkan pengalaman berbeda ketika bermain game, multitasking, ataupun sekedar berselancar di internet karena sudah dilengkapi dengan Prosesor Dual Core 1.2GHz Qualcomm Snapdragon, perangkat grafis Adreno 203, layar sebesar 4 Inci, dan memori internal 512RAM dan 4GB ROM. Memanjakan pencinta audio, Smart-

IST/MALANG POST

PERKENALAN: Andromax I2 dan Andromax G saat dilauncing di Jakarta beberapa waktu lalu.

fren juga membenamkan teknologi DolbyTM Digital Plus yang dapat menghadirkan suara berkualitas surround serta kamera utama 3.2 MP dengan LED Flash dan kamera kedua 1.3 MP. Kecepatan koneksi khas Smartfren juga dapat dinikmati secara bersama sama melalui Andromax G karena dilengkapi kemampuan hotspot tethering hingga 5 pengguna. Dengan segala keunggulan tersebut paket Smartfren Andromax G ditawarkan dengan harga Rp 949.000,- (termasuk PPN). Pembeli akan langsung mendapatkan Kartu Smartfren serta pa-

3

GADGET

Polytron W7531 Wizard Quadra V

MALANG – Prosesor quad core menjadi andalan Polytron W7531 Wizard Quadra V. Itu karena dengan mesin tersebut, ponsel yang dirilis akhir September lalu ini memiliki kinerja yang lebih cepat. Tidak sekedar menjalankan aplikasi kelas ringan, ponsel ini juga mampu membuka serta memainkan game kelas berat tanpa hambatan sedikitpun. “Ponsel ini menjawab semua kebutuhan masyarakat. Tidak sekedar hadir sebagai perangkat komunikasi telepon atau SMS saja, tapi juga kebutuhan multimedia sekaligus menjelajah internet,’’ terang Frontliner Erafone, Ayu Wahyu.Ia menjelaskan, prosesor yang tertanam merupakan ciptaan mediatek. Seri yang digunakan adalah MTK6589 ARM Cortex A7. Masing-masing prosesor memiliki kecepatan 1.2 GHz. Seri prosesor tersebut memang sudah banyak ditanam vendor pada produk ponsel pintarnya. Namun yang membuat nilai lebih keluarga Quadra ini adalah harganya yang lebih bersahabat. Umumnya menurut Ayu, ponsel dengan prosesor quad core dibanderol dengan harga cukup mahal, tapi Wizard Quadra V ini hanya dibanderol dengan harga Rp 2.499.000 saja. “Secara spesifikasi memang tidak kalah dengan ponsel yang diciptakan vendor global. Tapi harganya lebih terjangkau,’’ tambah wanita asal Pakis ini. Dijelaskan pula, Wizard Quadra V ini hadir sebagai ponsel dual SIM. Kondisi tersebut memberikan kesempatan pada pengguna yang memiliki lebih dari satu nomor. Pengguna tidak perlu mematikan ponsel saat in-

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

ket Smart Plan Rp 50 ribu yang terdiri dari 1.5 GB volume data, 60 SMS, Gratis menelepon 20 menit ke operator lain, dan Gratis menelepon sepuasnya ke semua nomor Smartfren. Sekalipun telah dilaunching beberapa waktu lalu, namun faktanya kedua gadget tersebut belum dapat ditemui di Malang. Hampir semua pihak outlet mengaku masih menunggu. “Masih belum, tapi yang Tanya sudah banyak, terutama Andromax G. Selain spesifikasinya keren, harganya relatif terjangkau,’’ ujar Promotor Smartfren, Ika Setyowati.(vik/fia)

Vandroid S5-F Serbu Pasar dengan Kamera 13 MP MALANG – Kian banyak vendor yang mengandalkan fitur fotografi dalam sebuah produk smartphonenya. Tidak hanya vendor global, banyak vendor lokal pun menanamkan kamera berpiksel besar pada produk ciptaannya. Brand ‘gajah’ menciptakan ponsel berkamera monster. Samsung Galaxy S4 Zoom bersenjata lensa 13 Mega Pixel (MP), Sony juga pamer kamera 21 MP pada seri Z1, dan Nokia menanamkan kamera berkekuatan 41 MP pada Lumia 1020. Sementara perusahaan lokal yang menciptakan ponsel dengan kamera berpiksel besar adalah Advan, melalui produknya yaitu seri Vandroid S5-F. Pada produk tersebut, Advan pamer kamera berkekuatan 13 megapiksel. Tak ayal, dengan kekuatan lensa tersebut ponsel ini mampu menjepret gambar dengan baik dan hasilnya juga bagus. Marketing Print Sipp Plasa Dieng, Heni Ayu Setyowati mengatakan, kamera 13 megapiksel yang tertanam pada Vandroid S5-F ini akan menjadikan momeng special pengguna tidak terlewatkan. Kamera utama yang tertanam mampu merekam semua kejadian yang dialami pengguna. Ditambah dengan banyaknya fitur pendukung seperti IRA RAVIKA/MALANG POST panorama capture, RAPAT : Vandroid S5-F memiliki layar yang multi angel view, face kerapatan pikselnya tinggi, mencapai 320 dpi. detection, auto capture smile beauty face, color effect, scene mode dan shutter delay 99 picture akan menambah kreatif pengguna saat menjepret gambar. ISO 100-1600 akan mambantu dalam hal pencahayaan, untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus. “Fitur kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan Image Editor. Sehingga pengguna bisa melakukan editing hasil jepretan. Jadi memfoto pun semakin asyik,’’ tambah Heni. Sementara untuk spesifikasinya sendiri, Vandroid S5-F, merupakan ponsel yang dilengkapi dengan layar 5.7 inci. Layar yang ditanam merupakan jenis IPS, yang mampu menghasilkan kualitas HD. Resolusi layarnya 1280 x 720 piksel dengan tingkat kepadatan 320 dpi. “Kualitas layar bisa dikatakan sangat bagus karena kerapatannya tinggi, sehingga gambar semakin detail,” ucap Heni. Sementara dapur pacunya, ponsel ini telah didukung dengan prosesor quad core dengan kecepatan 1.2 GB. Dukungan memori RAM 1 GB mampu memberikan efek kerja yang lumayan cepat. Namun sayang, Advan hanya memberikan kapasitas memory internal hanya 4 GB saja. Memori tersebut bisa diperluas hingga 32 GB.(vik/fia)

APLIKASI

Bitcoin Bisa Membahayakan SAMPAH: Iklan yang muncul di situs apps BlackBerry Messenger on PC abal-abal.

Waspadai App Sampah Berkedok BBM on PC PARA pengguna Facebook Indonesia harap berhati-hati jika mendapatkan undangan ‘Blackberry Messenger on PC’ dari kontak Facebook Anda. Alih-alih mendapatkan aplikasi BBM di PC, Anda malah akan dikelabui untuk menginstal aplikasi abal-abal dan diarahkan ke situs apps Facebook yang sudah dirancang sedemikian rupa. Situs tersebut untuk menjadikan Anda ‘Sinterklas’ lantaran memberikan keuntungan bagi pembuat aplikasi abal-abal ini dari kegiatan Anda mengklik iklan-iklan yang telah disiapkan pada situs apps Facebook tersebut. Pada awalnya calon korban bakal mendapatkan pemberitahuan dari Facebook bahwa mendapatkan undangan dari teman Facebooknya untuk mencoba aplikasi ‘Blackberry Messenger on PC’. Jika mengklik undangan tersebut, Anda akan langsung digiring ke situs https://apps.facebook.com/bbmo*pc/ dan diminta untuk memberikan approval instalasi aplikasi. Jika Anda menyetujui hal ini dan mengklik tombol [Send Request] maka semua kontak akan mendapatkan undangan untuk mencoba aplikasi ini.Sebenarnya semua proses di atas adalah proses yang legitimate dari Facebook, namun yang menjadi masalah adalah aplikasi yang dijanjikan Blackberry Messenger on PC tidak akan pernah didapatkan. Malah dalam kenyataannya, pengguna akan digiring untuk mengklik iklan-iklan yang telah dipersiapkan oleh pembuat aplikasi abal-abal ini. Hebatnya, pembuat apps abal-abal ini sudah mempersiapkan dirinya cukup baik untuk menjaring uang karena situs https://apps.facebook.com/bbmonpc/ ini secara otomatis di-forward ke situs gratisan weebly.com yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan alamat http://bbmshu.weebly.com/. Lalu apa yang akan didapatkan oleh pembuat apps palsu ini? Tidak jauh-jauh, seperti koruptor yang ingin mendapatkan uang banyak dengan cara tidak halal, pembuat apps ini berharap mendapatkan uang dari iklan yang sudah dipersiapkannya di situs apps facebook ini. Tidak tanggung-tanggung, situs apps ini memuat beberapa iklan yang akan berjalan secara otomatis dan akan menyesuaikan isinya dengan lokasi Anda. Beberapa pemasang iklan online yang muncul dari apps abal-abal ini adalah situs belanja online Bhinn*ka, Laza*a, situs jalan-jalan TripAdvis*r, Standard Charter*d dan Lex*s Asia, yang perlu menjadi catatan adalah, pemilik iklan yang muncul tidak memiliki hubungan dengan pembuat aplikasi abal-abal ini. (dtc/fia) REDAKTUR :SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

RIZAL FANANI/MALANG POST

UBLEM: Disela uji lapangan tim lawan AREMA di Stadion kanjuruhan Malang, ibu tua ini mengais rejeki dengan mengumpulkan gelas plastik sisa minuman para pemain. Jadi, tim kebersihan stadion sedikit terbantu.

Prestasi Dini Versus

Pernikahan Dini MENINGKATNYA jumlah pernikahan yang tercatat di KUA Klojen sepanjang tahun 2013 ini, yang mencapai 650 pasangan, dan sedikitnya sudah 10 kali menikahkan pasangan usia dini dengan rata-rata umur pengantin belum genap 16 tahun, sudah tentu membawa kekhawatiran terhadap generasi muda di Indonesia. Bagaimana tidak, sesuai aturan negara, usia perkawinan untuk mempelai wanita minimal 16 tahun dan pria 19 tahun. Bahkan, dikatakan oleh Kepala KUA Klojen, Ahmad Shampton S.Hi, ada yang usianya masih 14 tahun sudah hamil sehingga terpaksa dinikahkan. Dikatakan, bahwa untuk mengurus izinnya, harus ke Pengadilan Agama terlebih dahulu, karena tidak memenuhi persyaratan. Peristiwa ini secara tidak langsung sudah menjelaskan bagaimana kabar terkini ge­ nerasi muda bangsa Indonesia. Kasus pernikahan usia dini banyak terjadi di berbagai penjuru dunia dengan berbagai latar belakang masalah pula. Meskipun Deklarasi Hak Asasi Manusia tahun 1954 secara tegas menentang pernikahan anak di bawah umur, namun ironisnya praktik pernikahan anak usia dini masih terus berjalan sepanjang waktu di belahan dunia

manapun, terutama negara berkembang. Dalam UU PA (Perlindu­ ngan Anak) pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa “perlindungan anak” adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melin­ dungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Dalam deklarasi hak asasi manusia, dikatakan bahwa pernikahan harus dilakukan atas persetujuan kedua pasa­ ngan. Namun kenyataan yang terjadi dalam kasus pernikahan dini ini, pernikahan yang dilakukan seringkali merupakan akumulasi dari tekanan atau paksaan dari orangtua/wali anak, sehingga anak tersebut setuju untuk menikah. Ataupun seringkali merupakan rasa bakti atau rasa hormat anak terhadap orangtua. Orangtua beranggapan bahwa dengan menikahkan anak mereka, hal itu merupakan suatu bentuk perlindungan terhadap anak tersebut. Padahal, hal ini justru menghambat ataupun bahkan menghilangkan kesempatan anak untuk berkembang, tumbuh, dan kehilangan kebebasan dalam memilih. Pernyataan yang sama juga dikeluarkan oleh International Humanist and Ethical Union, bahwa pernikahan anak

APRILIA A T I N ersitas URMA

Oleh:

N

Univ wi FISIP Malang is s a h a h M madiya Muham

merupakan bentuk perlakuan salah pada anak (child abuse). Maka pernikahan anak usia dini ini menyebabkan tidak terpenuhinya prinsip “yang terbaik untuk anak”, sehingga hal ini merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak asasi anak. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya pernikahan dini, di Indonesia khususnya, yang pertama adalah keadaan ekonomi atau kemiskinan suatu masyarakat. Keadaan ekonomi yang berada di bawah garis kemiskinan dapat mendorong para orangtua menikahkan anak mereka yang masih di bawah umur dengan harapan mendapat penghidupan yang lebih baik. Hal ini kebanyakan dilakukan oleh orangtua karena tidak sanggup memenuhi kebutuhan biaya kehidupan si anak, kemudian dinikahkan untuk mengalihkan beban tanggung jawab orangtua menghidupi anak tersebut kepada pasa­ ngannya.

Faktor kedua adalah adat istiadat atau kebudayaan suatu masyarakat. Hal ini kebanyakan terjadi pada masyarakat pedesaan yang masih memegang teguh adat istiadat mereka. Bahkan di sejumlah pedesaan, pernikahan seringkali dilakukan segera setelah anak perempuan mendapat haid pertama. Faktor ketiga, adalah akibat pergaulan bebas. Pernikahan dini karena faktor ini disebabkan karena pihak perempuan telah hamil sebelum adanya proses pernikahan. Kalaupun di suatu masyarakat ada alasan orangtua menyetujui pernikahan anak ini karena seringkali dilandasi pula oleh rasa takut akan terjadinya kehamilan di luar nikah karena pergaulan bebas ini. Ada juga orangtua yang menyetujui pernikahan anak ini dengan alasan mempererat tali kekeluargaan. Pernikahan anak di usia dini menyebabkan keluarga, masyarakat, bahkan negara mengalami kesulitan untuk melepaskan diri dari jerat kemiskinan. Hal ini tentunya menyebabkan kualitas hidup, terutama dalam hal kesehatan dan kesejahteraan yang rendah baik anak maupun keluarga dan lingkungannya. Semakin muda usia pernikahan seorang anak, maka makin rendah tingkat pendidikan yang dicapai oleh anak tersebut. Hal ini karena jika telah menikah, maka anak tersebut tidak lagi bersekolah, karena sekarang ia memiliki tanggung jawab baru terhadap keluarganya, baik dalam urusan rumah tangga, menjadi tulang punggung keluarga, ataupun mencari nafkah. Dari berbagai penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan dan usia saat menikah. Semakin tinggi atau semakin dewasa usia anak saat menikah, maka pendidikan anak relatif lebih tinggi dan semakin rendah

atau semakin muda usia anak saat menikah, maka tingkat pendidikan anak relatif lebih rendah. Menunda usia pernikahan merupakan salah satu cara agar anak dapat menge­ nyam pendidikan yang lebih tinggi. Seperti yang dikutip dari www.tempo.co.id pada Rabu, 3 April 2013, Direktur PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Sulawesi Utara, Jennifer Mawikere, memaparkan pada saat dilakukan riset pertama tahun 2009, jumlah remaja yang hamil di luar nikah adalah 55 remaja. Kemudian pada tahun 2010, jumlahnya meningkat menjadi 254 remaja. Pada 2011, jumlahnya adalah 454 remaja, dan pada 2012 mencapai 521 remaja. Beliau mengatakan bahwa jumlah ini cukup tinggi karena mencapai 35,01 persen dari total remaja dan bukan remaja yang diteliti. Dapat kita lihat dari data tersebut, bahwa jumlah remaja yang hamil di luar nikah di provinsi Sulawesi Utara saja, meningkat dari tahun ke tahun, lalu bagaimana de­ ngan provinsi lain di Indonesia? Bagaimana jika seluruh provinsi di Indonesia memiliki jumlah peningkatan yang sama tiap tahunnya, atau bahkan lebih? Tidakkah kita terbayang akan bagaimana keadaan bangsa ini di masa yang akan datang, dengan generasi muda kita yang satu per satu tereliminasi oleh ketidaksadaran me­reka sendiri? Ketidaksadaran untuk keluar dari zona nyaman yang saat ini mereka tempati, untuk belajar dan bekerja keras menuntut ilmu. Karena itu, kepada seluruh remaja, generasi penerus bangsa Indonesia hendaknya fokus untuk belajar, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya dan kelak gunakanlah ilmu tersebut untuk memperbaiki bangsa ini menjadi lebih baik. (*)

Sekolah Gratis Rakyat Batu WALI Batu Eddy Rumpoko membuat gebrakan yang menggembirakan. Mulai tahun depan, semua siswa, mulai dari SD sampai SMA, negeri dan swasta, di kota wisata Batu (KWB) tidak perlu membayar sepeser pun. Pemkot KWB menyiapkan anggaran Rp 46,47 miliar untuk biaya sekolah gratis ini. Ini merupakan langkah maju yang ditempuh Pemkot KWB, melebihi daerah lain di sekitarnya. Pemkot Malang masih ragu-ragu menggratiskan biaya pendidikan, meskipun dari sisi anggaran jauh lebih banyak. Yang lebih ironis, biaya pendidikan di kota Malang justru paling mahal di Jatim, karena pihak sekolah bebas menetapkan sumbangan kepada orang tua siswa. Predikat kota pendidikan tidak cocok dengan kota ini karena banyak masyarakatnya yang kesulitan membiayai pendidikan anaknya. Begitu juga dengan Kabupaten Malang, yang masih belum membuat kebijakan sekolah gratis untuk semua tingkatan. Meskipun relatif lebih muda, dibanding dua tetangganya, Pemkot KWB justru berani membuat langkah untuk memberi kesempatan kepada masyarakatnya untuk mengenyam pendidikan. Meskipun sekolah gratis banyak dikritik karena mengabaikan kualitas pendidikan, tapi memberi kesempatan kepada sebanyak mungkin anak-anak untuk bersekolah jauh lebih penting. Dengan dalih meningkatkan kualitas itulah maka banyak sekolah yang menarik sumbangan dengan semaunya. Artinya, kalau mau bayar yang boleh masuk, kalau tidak bisa silakan cari sekolah lain. Pendidikan sudah menjadi komoditas yang diperjualbelikan dengan harga yang tinggi. Amanat UUD 45 yang mewajibkan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sudah lama diabaikan. Sekolah – apalagi dengan label bermutu dan standar internasional – sudah lama menjadi barang mahal yang tidak terjangkau masyarakat miskin. Tapi kebijakan wali kota Batu tersebut memberi secerah harapan bagi masyarakat yang kurang mampu agar mereka bisa mendapat mengenyam pendidikan yang memang menjadi hak warga negara. Memberi hak semua anak untuk bersekolah tanpa bayaran adalah bagian kepedulian kepada masyarakat. Kalau ada pejabat yang punya slogan peduli wong cilik, seharusnya memberikan anggaran yang besar untuk membebaskan masyarakat dari segala bentuk pungutan. Adalah ironis, punya slogan peduli wong cilik tapi masyarakatnya menjerit karena dipungut biaya pendidikan yang mencekik. Tidak relevan slogan itu kalau masih banyak masyarakat miskin yang tidak bisabersekolah karena tidak memiliki biaya. Kebijakan pro-rakyat seharusnya bukan hanya slogan tapi harus diwujudkan dalam bentuk karya nyata seperti yang terjadi di KWB. Soal anggaran, kalau kepala daerah memiliki kemauan politik untuk membantu rakyatnya, tentu akan disiapkan dalam APBD. Pendidikan adalah investasi masa depan yang sangat berharga karena akan menciptakan manusia yang berkualitas agar mampu bersaing di era global. Bagaimana mereka bisa bersaing kalau pendidikannya rendah. Inilah pertanyaan rakyat, seharusnya pemerintah memiliki kepedulian yang tinggi untuk memajukan pendidikan, seperti yang dilakukan Pemkot KWB. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: REEP


KOMUNIKASI BISNIS

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

5

Mix Max Ramaikan Bisnis Kuliner

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

KONGKOW: Sejumlah remaja terlihat santai di Mix Max Fried Chicken. Pizza and Coffee.

RIZAL FANANY / MALANG POST

NAIK: Perjalanan liburan di akhir tahun membuat kebutuhan BBM diprediksi akan membengkak hingga 15 persen dari kondisi normal.

STOK BBM Natal dan Tahun Baru, Aman! MALANG – Pertamina sudah bersiap menghadapi tingginya kebutuhan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjelang akhir tahun ini. Bila konsumsi normal premium rata-rata sebesar 1100 kilo liter per hari, diprediksi akan meningkat 15 persen hingga seminggu sesudah tahun baru mendatang. “Kebutuhan BBM untuk jenis premium berpotensi meningkat. Antara 10-15 persen, menjadi 1300 kiloliter per hari. Kan orang sedang liburan bersama keluarga, begitu pula banyak wisatawan berlibur ke Malang,” ujar Sales Representative Pertamina Region 7, Tito Rivanto.

Dia menyebutkan, mulai tanggal 22 Desember atau akhir pekan ini kebutuhan tersebut diperkirakan mulai meningkat. Pasalnya, persiapan Natal membuat traffic kendaraan juga naik yangt berimbas pada tingginya kebutuhan BBM dan akan berlanjut hingga setelah tahun baru. Menurut Tito, paling tidak selama dua pekan kebutuhan tersebut akan meningkat. Sementara untuk kebutuhan pertamax sendiri juga diperkirakan meningkat di kisaran yang sama. “Tapi maksimal 10 persen saja. Saat ini rata-rata 100 kiloliter per hari, jelang Natal dan

Tahun Baru persiapan kami bertambah dua kali lipat,” bebernya kepada Malang Post. Pada bagian solar, kecenderungan meningkat malah kecil, sebab sebagian malah menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini, rata-rata konsumsi solar mencapai 400 kiloliter per hari. Masih menurut dia, peningkatan stok dan konsumsi jelang Natal dan Tahun Baru ini lebih sedikit ketimbang persiapan lebaran. Sebab menurutnya, bisa meningkat mencapai 25 persen hingga mencapai 1600 kiloliter per hari untuk premium. “Masih lebih sedikit

untuk persediaan Natal dan Tahun Baru. Tapi yang jelas, stok untuk pergantian tahun masih aman,” imbuh dia. Sementara itu, reportase konsumsi BBM bersubsidi di tahun 2013 ini telah menembus angka 28 juta kiloliter lebih. Jumlah tersebut terdiri dari 20 juta kiloliter premium, 9 juta kiloliter solar dan 1 juta kiloliter minyak tanah. Rata-rata konsumsi menembus 2,5 juta kiloliter per bulan, dan angka tersebut kurang lebih sama dengan tahun lalu. Hanya saja tahun lalu peningkatan terjadi di saat genting seperti jelang lebaran dan tahun baru,

Secara keseluruhan, Tito menyebutkan masih ada kuota BBM bersubsidi sebanyak 1 juta kiloliter lebih untuk menyongsong 2 pekan terakhir tahun ini, dan masih dalam taraf aman. Jadi, dia berharap masyarakat tidak perlu kuatir. “Tahun ini kuota BBM bersubsidi sama dengan tahun lalu. Hanya saja bila tahun lalu jebol atau memerlukan tambahan, sekarang masih lebih terjaga konsumsinya. Salah satu faktornya ada peningkatan konsumsi BBM non subsidi, walaupun masih 10 persen saja,” terang dia panjang lebar. (ley/fia)

MALANG – Ada tenant makanan baru di area pusat perbelanjaan Malang Town Square. Mix Max Fried Chicken, Pizza and Coffee (Mix Max CafÈ) mulai beroperasi sejak akhir pekan lalu, dan memiliki konsep dua resto yang berbeda, yakni model restoran fast food serta satunya cafÈ. “Mix Max ini memadukan dua konsep resto. Satunya untuk makanan siap saji seperti fried chicken atau burger. Sedangkan satunya lagi resto yang menyajikan masakan seperti spaghetti, pancake, dan sandwich seperti yang sering menjadi lokasi tongkrongan kawula muda,” ujar Manager Mix Max CafÈ Matos, Alex Wijaya. Dia menyebutkan, ruangannya pun berbeda. Bagi customer yang hendak merasakan masakan cepat saji, ada di lantai 1. Sementara bagi yang ingin makan sembari kongkow, bisa menuju lantai 2. Jadi customer bisa memilih lokasi serta makanan sesuai dengan selera masing-masing. Kemudian, lokasi tenant tersebut berada di sisi selatan pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Veteran, sehingga memungkinkan customer menikmati nuansa jalan raya sembari menyantap makanan. Pembukaan Mix Max di pertengahan bulan Desember ini menurut Alex menyediakan budget di kisaran Rp 2 miliar. Namun dia enggan memastikan jumlah pastinya, sebab menjadi kewenangan owner. Hanya saja, untuk tiga bulan pertama ini Mix Max mematok omzet di angka Rp 10 juta untuk akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu dan Minggu. Porsinya, 60 persen pada sisi fast food, sementara 40 persen untuk sisi cafe. Sementara untuk weekday, dia optimis pencapaian omzet mencapai Rp 8 juta. “Berbeda targetnya antara weekend dan weekday. Selama 3 bulan pertama menjadi masa evaluasi,” bebernya kepada Malang Post. Sebagai bukti dari target tersebut, akhir pekan kemarin omzet Mix Max sudah mencapai Rp 4 juta per hari. Padahal, baru dibuka Jumat (13/12) lalu. (ley/fia)

Queen Beauty Clinic Ekspansi ke Malang

GOLD MASTER

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

SATU SET: Satu set koleksi Gold Master ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 500 juta. Koleksi terbaru Goldmart ini dikenalkan bersamaan dengan outlet yang baru dibuka di MOG.

Bidik Omzet Rp 200 Juta per Bulan

TREATMENT: Terapis Queen Beauty Clinic and Spa memberikan treatment kepada salah satu klien.

menurutnya, di saat sepi omzetnya sekitar Rp 50 juta per bulan. Bila kondisinya ramai atau jelang lebaran dan akhir tahun, bisa meningkat dua kali lipat. Sehingga keadaan tersebut memaksa Goldmart membidik pasar lain yang lebih prospektif di MOG. Menurut dia, dana sebesar Rp 2,5 miliar dikucurkan untuk outlet yang diresmikan 13 Desember lalu ini. Dana tersebut untuk sewa showroom serta materi atau isi perhiasan yang ditawarkan dengan sentuhan nilai seni tersebut. “Tidak sedikit memang, tapi melihat potensi yang ada, optimis di tempat ini omzetnya bisa lebih stabil,” beber dia kepada Malang Post. Di tempat baru tersebut, Goldmart menargetkan omzet yang meningkat 3 kali lipat ketimbang raihan di Sarinah. Rata-rata mencapai Rp 200 juta per bulan untuk bulan normal. “Mallnya lebih ramai, pengunjungnya juga

MALANG – Momen akhir tahun tampaknya menjadi waktu yang tepat untuk memulai bisnis baru. Hal tersebut juga berlaku bagi Queen Beauty Clinic and Spa. Klinik kecantikan yang berada di Jalan Merbabu No 19 tersebut mulai beroperasi Rabu (18/12) kemarin, berbarengan dengan tingginya kunjungan wisatawan di Kota Malang. “Timingnya memang sengaja bersamaan dengan akhir tahun, ketika banyak orang membutuhkan perawatan untuk Natal atau persiapan di tahun yang baru. Selain itu, kunjungan dari luar kota kan tinggi di bulan ini,” ujar Owner Queen Beauty Clinic and Spa, Eni Susilowati. Eni mengungkapkan, Queen sebelumnya menjadi salah satu klinik kecantikan favorit di Jakarta. Baru pertama kali ini pula melebarkan sayap di Malang. Padahal, usia klinik tersebut sudah 30 tahun dan menjadi salah satu jujukan artis untuk merawat kecantikan kulit dan wajahnya. Menurut dia, begitu selesai grand opening yang berlangsung kemarin pula, Queen langsung menerima pendaftaran customer yang hendak melakukan perawatan. Mulai dari kecantikan wajah, perawatan kulit, pelangsingan, bedah plastik hingga spa. Selain perawatan, Queen Beauty Clinic juga menerima pasien untuk operasi kecantikan seperiti tanam bulu mata permanen, penambahan implant pipi, tanam rambut botak, tarik muka, potong rahang, sedot lemak pipi, sunat laser, dan masih banyak lagi. “Harganya sih relatif, sebab tergantung perawatan yang dipilih. Bila membutuhkan operasi pasti mahal. Tetapi Queen ini lebih menawarkan paket kepada customer. Untuk customer, Queen bisa melayani pria dan wanita, kecuali pada bagian spa, hanya wanita saja,” bebernya. (ley/fia)

MALANG–Goldmart, private owned modern retail jewelry sejak pekan lalu telah membuka showroom baru di Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Ekspansi tersebut dilakukan untuk membidik market lebih besar di Kota Malang ini, setelah sebelumnya memiliki showroom di pusat perbelanjaan ekslusif, Sarinah Department Store. Area Sales and Operation Coordinator Goldmart, I Gusti Ayu Komang Widariani mengungkapkan, keberanian membuka lokasi bisnis baru ini sebagai upaya memiliki pasar lebih banyak ketimbang sebelumnya. “Ketika hanya satu showroom di Sarinah, tipe pelanggan kami juga kalangan menengah ke atas. Targetnya, begitu membuka di sini semakin bervariatif pula pelanggannya,” ungkapnya. Dia melanjutkan, bila mengandalkan di satu lokasi, maka di masa sepi kunjungan omzetnya menurun drastis. Di Sarinah,

dari anak muda sampai dewasa atau orang tua. Jadi targetnya juga harus besar. Dalam waktu satu tahun optimis sudah bisa break event point (BEP),” urai perempuan asal Bali ini. Komang menyebutkan, Goldmart ini menawarkan perhiasan yang berbeda dengan lainnya. Pemakainya bukan sekadar untuk investasi, tapi juga kolektor yang memiliki penilaian serta jiwa seni tinggi. Selain koleksi berlian atau emas putih yang selama ini sudah diusung, berbarengan dengan pembukaan showroom baru tersebut juga menawarkan koleksi terbaru bernama Gold Master. “Nilai seninya semakin tinggi, dengan proses yang detail. Jadi tampilan perhiasan semakin terlihat mewah. Harganya sendiri, seri terbaru ini dipatok dengan bandrol Rp 1,09 juta per gram. Mahal memang, tapi indah untuk bergaya,” pungkas Komang. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : KURDI


POL TIKA

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

6

Sistem Tradisional, AT Kritik Pencapresan ARB

KOORDINASI: M Syafik, Ketua DPC PKB Kota Malang (kiri) dalam satu acara PKB beberapa waktu lalu.

Gelar Workshop, PKB Matangkan Target 13 Kursi MALANG- PKB Kota Malang memasang target besar di Pemilu Legislatif, April 2014 mendatang. Target yang ditentukan yakni meraih 13 kursi di DPRD Kota Malang. Untuk meraih target politik tersebut, semua caleg yang diusung dikumpulkan dalam kegiatan workshop, akhir bulan ini. “Kami adakan workshop untuk semua caleg DPRD Kota Malang yang diusung PKB. Caleg PKB untuk DPRD Jatim dan DPR RI juga bergabung dalam workshop,” kata Ketua DPC PKB Kota Malang, M. Syafik. Worskhop hanyalah salah satu cara untuk menyusun gerakan memenangkan Pemilu Legislatif. Di acara tersebut, semua caleg juga membahas startegi pemenangan di masing-masing dapil sesuai kondisi

terkini masyarakat. Karena itu, selain mengadakan workshop secara global juga workshop caleg sesuai dapil. Cara lain yang ditempuh untuk meraih 13 kursi di DPRD Kota Malang, PKB menjalankan startegi pemenangan. 45 caleg yang diusung juga diminta intens melakukan pendekatan kepada masyarakat. ”Komunikasi kepada masyarakat sangat penting. Jadi tidak hanya mengandalkan panggung saja, tetapi harus selalu berada bersama masyarakat,” ujarnya. Partai yang memenangkan pemilihan wali kota Malang ini optimis mampu meraih target politiknya. Sebab PKB memiliki sejumlah dapil andalan yang merupakan basis warga NU. Dua dapil andalan yakni Sukun dan Kedungkandang.

ARAHAN: Penasehat DWP Kota Malang, Hj Farida M Anton memberi sambutan sekaligus harapan terhadap DWP Kota Malang berpartisipasi dalam pembangunan.

“Jumlah warga NU di Kedungkandang dan Sukun banyak. Karena itu menjadi andalan PKB. Apalagi PKB merupakan satu-satunya partai yang mengakomodasi aspirasi warga NU,” paparnya. Syafik mengatakan, selama ini komunikasi antara PKB dengan NU berjalan baik. Hal inilah yang menjadi modal besar bagi PKB. ”Ideologi PKB pun dari NU. Jadi satu garis,” ujarnya. Pada pemilu legislatif tahun lalu, PKB meraih lima kursi di DPRD Kota Malang. Target 13 kursi pada pemilu legislatif nanti merupakan target yang terbilang tinggi. Namun demikian, Syafik tetap optimis caleg dan kader PKB bersinergi menggerakan mesin partai. (van/udi)

Puncak peringatan HUT ke 14 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Malang diadakan di Hall Kartini Imperial Building, Rabu (18/12) kemarin. Lomba tumpeng nasi kuning menjadi salah satu acara di puncak kegiatan tersebut. Tema peringatan HUT DWP pada tahun ini yakni ‘Dharma Wanita Persatuan Siap dan Mampu Berperan Aktif Menuju Pembangunan Berkelanjutan’.

LAPORAN: Ketua Panitia HUT ke 14 DWP Kota Malang, Dra Hj Mufidah Budi Siswanto melaporkan rangkaian kegiatan dan puncak kegiatan.

FOTO-FOTO: RIZAL FANANI/MALANG POST TEKS: VANDRI VAN BATTU/ADV

SURABAYA– Sistem tradisional penunjukkan dobrak pintu masuk ruang Bangsa Pancasila. Calon Presiden (Capres) Partai Golkar, dikritik Padahal, ketika itu, beberapa panelis yang politikus gaek Ir. Akbar Tandjung. Meski men- diundang termasuk AT tengah memaparkan jabat sebagai Ketua Dewan Pembina Golkar, materi seminarnya kepada audien yang mayAkbar tidak malu-malu menyindir, kalau model oritas mahasiswa UWK. Aksi demo mahasiswa itu, tak pelak membuat pencalonan Ir. Aburizal Bakrie sudah bukan suasana seminar menjadi gaduh. Agar tidak terzamannya lagi. Sebaliknya, Akbar justru memuji sistem jadi tindakan tidak diinginkan akhirnya panitia pencapresan yang ditempuh DPP Partai seminar memasang barikade di pintu masuk gedung UWK. Demokrat dan DPP Merasa dihalangPartai Keadilan halangi, sejumlah Sejahtera (PKS). mahasiswa berusa Sistem konvensi menjebol pintu pencapresan dua aula Bangsal Panpartai dianggap cucasila UWK. Para kup elegan dan berMahasiswa terlibat martabat. ‘’Konaksi saling dorong vensi sebenarnya dengan petugas sudah dilakukan keamanan. Akibat P a r t a i G o l k a r. saling dorong, pinNamun sekarang tu masuk ruangan malah dijalankan berukuran 2 meter Partai Demokrat x 1 meter ini nyaris dan PKS. Saya dijebol mahasiswa. sendiri tidak faUsut punya ham kenapa Golusut, aksi mahakar meninggalkan siswa ‘dirumahnya’ itu (konvensi),’’ sendiri bukan kartandas AT, begitu ena ada kegiatan biasa disapa usai seminar. Ternyata mengikuti semimereka berusaha nar kebangsaan di masuk untuk meUniversitas Wijaka Akbar Tandjung nemui Istiyowati, Kusuma (UWK) Pembantu Rektor (PR) III yang ada di dalam Surabaya, Rabu (18/12). Kritikan sekaligus kegalauan AT, cukup ruangan. ‘’Kami demo bukan soal seminarnya. beralasan. Karena, tahun 2009 lalu, penunjuk- Kami menuntut pelengseran PR III karena kan capres Golkar dilakukan melalui konvensi. gagal mengakomodir kepentingan mahasiswa. Ketika itu, Jusuf Kalla memenangi konvensi Akibatnya, birokrasi di kampus terasa sangat dan bertarung di Pilpres 2009. ‘’Justru seka- mbulet,’’ ujar Toni Rupili, Koordinator Aksi. Seperti halnya AT menyindir pencapresan rang Demokrat dan PKS yang menjalankan ARB, Toni juga menyindir pelaksanaan seminar konvensi,’’ ungkapnya. Menurut AT, sistem pencapres dengan cara bertema mencari pemimpin yang berintergritas. elegan dan baik menjauhkan pencarian calon Menurut dia, seminar dianggap tidak pantas dan pemimpin dengan cara transaksional. Sayang- tidak pas karena di internal UWK sendiri PR III nya, AT tidak membeberkan secara rinci prak- bukan sosok pemimpin yang berintergritas. ‘’Kampus ini harus ada reformasi. Right man on tek transaksional yang dimaksudkan. ‘’Dengan begitu pemerintah akan mampu mengantisipasi the right place harus diberlakukan tanpa mengesakonflik. Sehingga pemimpin nasional harus pro mpingkan hak-hak mahasiswa,’’ ujar Toni. Aksi mereka menembus pintu Bangsa Panaktif meningkatkan kemampuan tata ekonomi yang adil dan tidak diskriminatif,’’ tutur mantan casila akhirnya gagal, karena kuatnya barikade yang dilakukan panitia. Sebagai pelampiasan Ketua Umum PB HMI ini. Di sisi lain, ketika seminar tengah berlang- mereka melakukan aksi lempar telur busuk ke sungpuluhan mahasiswa UWK berusaha men- arah penjaga pintu. (has/udi)

SELAMAT: Penasehat DWP Kota Malang, Hj Farida M Anton menyerahkan tumpeng kepada Ketua DWP Kota Malang, Dra Hj Endang Shofwan MM.

APRESIASI: Ketua DWP Kota Malang, Dra Hj Endang Shofwan MM dan Ketua Panitia HUT ke 14 DWP Kota Malang, Dra Hj Mufidah Budi Siswanto foto bersama para pemenang lomba tumpeng nasi kuning.

JUARA: Tumpeng nasi kuning DWP SMPN 4 Malang terpilih sebagai juara I. Juara II diraih DWP Dinas Kesehatan Kota Malang, disusul DWP RSSA tampil sebagai juara III.

KEBERSAMAAN: Anggota DWP Kota Malang unjuk kreasi dalam kebersamaan melalui lomba tumpeng hias.

KREASI: Lomba tumpeng nasi kuning menjadi salah satu wahana mengembangkan kreatifitas anggota DWP.

SAMBUTAN: Ketua DWP Kota Malang, Dra Hj Endang Shofwan MM membacakan sambutan Ketua DWP Pusat. REDAKTUR: MAHMUDI - ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


SAMBUNGAN Sambungan dari Hal 1 bagaimana kans Indonesia untuk memenangi pertandingan sore nanti. Panjangnya rekor tanpa kemenangan atas Malaysia tidak menjadi ukuran bahwa Kurnia Meiga Hermansyah dkk bakal menjadi pecundang. Begitulah spirit yang diungkapkan pelatih Rahmat Darmawan usai memimpin anak asuhnya saat sesi latihan di Zeyar Thiri Stadium, Naypyitaw, siang kemarin (18/12). “Tidak bisa rekor selalu dijadikan sebagai dasar bahwa kami bakal kesulitan mengalahkan Malaysia. Bicara soal rekor itu juga bicara soal sejarah. Dalam sejarah, kami pun juga pernah mengalahkan Malaysia,” ujar pelatih yang akrab disapa RD itu. RD menganggap kekalahan atas Malaysia di SEA Games sebelumnya bukan sebagai acuan, tapi jadi pelajaran yang harusnya diperbaiki oleh timnas U-23 kali ini. Dan, untuk misi itu, pelatih yang akan menukangi Persebaya Surabaya dalam Indonesia Super League (ISL) 2014 tersebut menganggap anak asuhnya sudah punya bekal. Bukan hanya bekal dari sisi skill mereka saja, pun demikian dengan bekal dari pengalamannya di SEA Games 2011 silam. Rata-rata, hampir separo dari kekuatan utama timnas U-23 merupakan penggawa timnas di SEA Games 2011 silam. “Dan kali ini, anak-anak sudah mantap mengakhiri laga besok dengan kemenangan,” imbuhnya. Senada dengan RD, Andik Vermansah pun juga bertekad untuk

mengakhiri pembalasan kepada Malaysia. Dendam yang dirasakan, menurut Andik, tidak seberapa besar ketimbang setahun usai kekalahan memalukan di Jakarta. “Yang pasti hari ini ya hari ini, dan besok adalah besok. Besok yang harus kami jalani dan besok juga kami dapatkan kemenangan itu kembali,” koar pemain yang musim lalu merumput di Persebaya 1927 itu. Sementara itu, Malaysia sendiri menjalani sesi latihannya di Paung Long Stadium, Naypyitaw, sore kemarin. Dalam pernyataannya, arsitek Malaysia, Datuk Ong Kim Swee enggan membahas rivalitas sepakbola antara negara asuhannya dengan Indonesia jelang semifinal SEA Games 2013 ini. “Semuanya sudah mengetahui tentang rivalitas sepakbola antara Malaysia dengan Indonesia. Hanya, untuk saat ini, kami akan melupakannya, yang harus kami pikirkan sekarang ini adalah bagaimana kami bisa mendapatkan satu tempat di babak final nanti. Itu saja,” ungkap pelatih yang mengantarkan Malaysia menjadi juara SEA Games 2011 silam. Pengalaman mengalahkan Indonesia dalam beberapa kali di ajang berbeda membuat Malaysia jadi yakin bisa mengulanginya kembali. Dua kali SEA Games menang dari Indonesia dianggap Kim Swee sebagai bekalnya. “Sekarang kami tinggal memikirkan faktor terburuk apa yang akan kami hadapi dari Indonesia,” pungkasnya. (ren/dra/jpnn)

Besok, Kejari Panggil Shofwan Sambungan dari Hal 1 Jumat (20/12) nanti, interogasi terhadap Shofwan dipimpin Kasi Intel Jaumil. Agendanya, meminta keterangan atau interogasi terhadap Shofwan. Karena ini masih dalam tahap penyelidikan, maka undangannya adalah permintaan keterangan. ‘’Nanti bukan berita acara pemeriksaan melainkan hasilnya adalah berita acara interogasi. Kita mulai sekitar pukul 09.00,’’ jelasnya. Undangan terhadap Shofwan itu, menurut Munasim, sudah dilayangkan Selasa (17/12) lalu. Kemudian pihak kejaksaan juga sudah menelepon yang bersangkutan untuk konfirmasi kedatangan. Dijawab langsung bahwa Shofwan akan kooperatif dan hadir dalam interogasi itu. ‘’Misalnya tidak hadir, ya kita undang lagi. Kalau ketiga, tetap tidak hadir, kita datangi saja. Pemanggilan bisa dimana saja. Ini masih tahap penyelidikan. Kalau penyidikan pada prinsipnya harus ke kantor, kecuali sakit dan lain-lain bisa kita datangi,’’ jelasnya. Peran Shofwan sendiri, dalam penyelidikan itu adalah sebagai Ketua

tim anggaran. Sebab, dirinya menerima usulan dari satuan kerja di Pemkot Malang. Hasilnya kemudian masuk menjadi KUA PPAS. ‘’Dari KUA PPAS itu, kemudian dikirim ke Badan Anggaran DPRD,’’ tegasnya. Untuk itu, selain mendatangkan Shofwan, pihaknya juga mendatangkan anggota Badan Anggaran DPRD. Anggota Badan Anggaran ini tentu saja juga yang menjadi anggota Komisi A. ‘’Kami minta keterangan dari Komisi A yang masuk ke badan anggaran, kami undang satu orang saja,’’ ujar Munasim sembari merahasiakan namanya. Prinsipnya, anggota dewan yang didatangkan itu, yang dianggap paling tahu proses penganggaran. Sehingga harus termasuk di Komisi A sekaligus anggota Badan Anggaran. Dan yang paling mungkin adalah Ketua Komisi A, Arief Wahyudi, yang juga selaku anggota Badan Anggaran. ‘’Kalau badan anggaran bukan komisi A, maka tidak banyak tahu,’’ imbuhnya.

Munasim sendiri berjanji akan bekerja optimal dan tetap di koridornya. Pihaknya tidak ingin populer, dipuji dan disanjung-sanjung. Kejaksaan ingin tetap dalam track penegakan hukum dan yuridis. ‘’Kalau ada yang melawan hukum, kita tingkatkan (status penyelidikan, Red.). Kalau tidak ada, menurut hemat kami, ya tidak. Kami tidak terpengaruh pendapat orang. Kami professional,’’ janjinya. Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, Shofwan belum memberi jawaban terhadap konfirmasi Malang Post. Dihubungi berkali-kali, Shofwan tak terima telepon Malang Post walau sebenarnya terdapat nada sambung. Di SMS, ia hanya membalas dengan bertanya : ‘’Masalah apa mas? Ini masih memberi kuliah.’’ Malang Post lalu mengajukan pertanyaan konfirmasi tentang kesiapan dipanggil penyidik Kejari Malang, melalui sms. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, sms belum juga dibalas. Ditelepon lagi, Shofwan tetap tak terima telepon. (van/ary/avi)

Dikemas ala Sportainment berhasil membawa harum nama Malang sampai ke pentas dunia berkat ukiran prestasi fenomenalnya. Saat ini, kejayaan mereka diteruskan petinju muda macam Hero Tito dari d’Kross BC. ‘’Kita semua berharap akan muncul nama-nama baru yang mampu mengharumkan nama Kota Malang di pentas nasional maupun internasional, seperti pernah terukir beberapa dekade lalu,’’ timpal Ade bersemangat. Karena itulah, Ade menghimbau kepada segenap warga Kota Malang untuk mengajak sanak keluarga dan handai taulan, untuk

mengikuti jalan sehat yang dikemas sportainment ini. Pasalnya, masyarakat tidak hanya dapat berpartisipasi dalam jalan sehat, tapi juga bisa menonton pertandingan tinju serta ketrampilan awak komunitas skaters memainkan papan skate nya. Untuk menunjang nuansa entertainmet, para peserta jalan sehat juga bisa menikmati suguhan hiburan musik dangdut. Lelah usai berjalan sekitar 5 kilometer bakal langsung hilang karena semarak acara yang melunturkan penat. ‘’Kalau tidak ikut, dijamin rugi besar,’’ tandas Ade ramah. (tom/avi)

Hadapi Arema, Persik Pasrah Sambungan dari Hal 1 Sayang, Pelatih Persik Aris Budi S, mengeluarkan sinyal kekalahan sebelum bertanding. Dalam konfrensi pers setelah laga Sriwijaya FC vs Persik kemarin, Aris Budi menyatakan, untuk menghadapi Arema, bagi Persik seperti semut yang ingin melawan gajah. ‘’Arema saat ini persiapannya sudah matang. Kalau kita lawan, ya sudah pasti kita tidak akan menang,’’ jelasnya di hadapan wartawan. Ia menilai, dari segala aspek Persik tidak mampu menandingi tim berjuluk Singo Edan itu. Ia menambahkan, salah satu faktor yang membuatnya berbicara begitu ialah soal kontrak pemain. Ia mengerti jelas, Arema sudah membereskan urusan kontrak dengan pemain. ‘’Sedangkan kita belum satupun pemain yang terikat kontrak,’’ ujarya. Sementara itu, ditanya soal persiapan dalam ISL Musim depan, Aris memaparkan tidak berharap banyak. ‘’Bisa bertahan dan tidak degradasi saya sudah bagus,’’ tegas Aris Budi. Ia sendiri menyebut, yang mengarsiteki Persik untuk ISL musim depan, dipastikan bukan dia. Hal itu dikarenakan lisensi yang ia miliki belum memenuhi syarat untuk men-

jadi pelatih tim ISL. ‘’Menejemen sedang mencari pelatih berlisansi A AFC untuk mendampingi saya mengawal Persik,’’ tandasnya. Kendati demikian, ia menjanjikan para pemain tim berjuluk Macan Putih itu untuk bermain maksimal saat menghadapi Arema agar bisa menyajikan pertandingan yang menarik. ‘’Kita akan main enjoy. Saya tidak meragukan totalitas pemain untuk Kediri, meskipun mereka belum dikontrak,’’ tambah Aris Budi. Terpisah, pelatih Arema Joko ‘Getuk’ Susilo mengungkapkan, pihaknya telah mengamati permainan Persik. Menurutnya, Persik lebih banyak bermain bertahan dan sesekali melakukan serangan balik. ‘’Itu yang harus kita carikan strategi. Kalau kita kesusahan (menembus pertahanan Persik) justru akan jadi boomerang,’’ ujarnya ketika ditemui usai menyaksikan pertandingan Sriwijaya FC vs Persik di Stadion Kanjuruhan kemarin. Getuk, sapaan akrabnya sadar, dalam pertandingan kemarin, Persik masih menyimpan pemain kunci seperti Cristian Lopes dan Oliver Makor. ‘’Bagaimanapun, kita harus berpikir tim kita untuk bermain bagus dan menghibur Aremania. Kita

MALANG - Diduga karena terbakar api cemburu, seorang suami nekad menghabisi nyawa istrinya, semalam sekitar 20.20 di Jalan Basuki Rahmad atau persisnya depan areal PKL Telkom Kayutangan, Kecamatan Klojen. Adalah Aprogo Toto Susilo, 44 tahun warga Jalan Sukun Gempol RT17 RW09, Kelurahan Tunjungrejo, Kecamatan Sukun, yang nekad menghabisi nyawa Sholikah, 25 tahun dengan cara menusukkan sebilah belati yang ditikamkan persis di dada korban. Akibat kejadian itu, Sholikah langsung terkapar di tengah jalan. Sementara pelaku yang saat itu dibonceng motor oleh bapaknya, Kusaeri, langsung mengamankan diri ke Mapolres Malang

Kota.‘’Korban saat itu berjalan sendirian dari arah Selatan (Telkom). Pas di sini (jalan masuk ke PKL), seorang pria turun dari motor dan langsung menghampiri korban,’’ kata seorang saksi yang juga tukang parkir PKL, Rudi. Begitu menghampiri korban, tambahnya, pelaku langsung menikamkan belati ke dada korban. Seperti tanpa perasaan, pelaku meninggalkan korbannya begitu saja. Mengetahui kejadian itu, kontan warga mendekati korban. Termasuk, petugas yang ada di lokasi langsung mengevakuasi tubuh korban yang sudah meninggal di lokasi kejadian. Beberapa saksi lain di lokasi mengungkapkan, sebelum menikam korban, Aprogo sem-

pat hendak mengajak korban ke polsek. Hanya saja, niatan itu ditolak sehingga langsung menikamkan belati.‘’Sambil menikam pria itu bilang, bojo (istri) kurang ajar,’’ terang saksi lain. Pelaku yang langsung menyerahkan diri ke Mapolres Malang Kota, mengaku kalau perbuatan nekad itu dilakukannya, karena cemburu. Masalahnya, korban diduga selingkuh dengan teman pemulungnya. Makanya, selama dua minggu terakhir tidak pulang. ‘’Kalau dari keterangan sementara pelaku, korban diduga selingkuh. Bahkan, selama dua minggu tidak pulang. Makanya, begitu ketemu di jalan langsung ditikam,’’ kata seorang petugas yang sempat mendampingi pelaku. (sit)

Abd Saleh Resmi Milik Pemprov Jatim Sambungan dari Hal 1 Selain peningkatan status, MoU diharapkan bisa menjadi peluang bagi Pemprov Jatim untuk ‘belajar’ mengelola bandara berkelas internasional. Karena selama ini, pengelolaan bandara nasional atau internasional selalu dimiliki BUMN, yaitu PT Perum Angkasa Pura I. ‘’Dengan MoU ini, sekarang tinggal memenuhi ketentuan Abd Saleh sebagai bandara internasional. Tidak hanya soal landasan pacu saja, tetapi fasilitas pun akan ditingkatkan termasuk pembangunan pintu kedatangan,’’ katanya. Dikatakan Pakde Karwo, pengelolaan bandara sebagai pintu masuk di wilayah Malang Raya ini, sekaligus bentuk terobosan baru di bidang regulasi. Karena, terobosan yang dilakukan Pemprov Jatim belum dilakukan oleh pemprov mana pun di Indonesia. ‘’Pengelolaan bandara Abd Saleh oleh Pemprov Jatim adalah terobosan pertama dan satu-satunya di Indone-

sia. Ini akan menjadi contoh atau tolok ukur bandara lainnya di Indonesia,’’ ungkapnya. Dipilihnya Bandara Abd Saleh, lanjut Pakde, bukan tanpa alasan yang jelas. Sesuai data yang ada menunjukkan, kalau animo penumpang pesawat udara dari Malang Raya jumlahnya cukup besar. Bahkan traffic-nya ada kecenderungan terus meningkat sesuai perkembangan ekonomi di Malang Raya. Sekarang saja, jumlah penumpang yang keluar masuk lewat Abd Saleh mencapai angka 9 juta orang per tahun. ‘’Bisa dibayangkan, bagaimana kalau nanti statusnya ditingkatkan lagi menjadi bandara internasional. Malang tidak hanya melayani penumpang lokal antar provinisi tapi akan kedatangan penumpang antar negara juga,’’ katanya. Pertimbangan lainnya dipilih Abd Saleh, karena beban yang harus dipikul Bandara Juanda sudah terlalu berat. Buktinya, tahun 2011 saja, jumlah pen-

umpang yang melakukan perjalanan lewat Juanda mencapai 68 juta orang dan naik 81 juta orang tahun 2012 lalu. ‘’Dengan dibukanya penerbangan umum di Abd Saleh maka beban yang dipikul Juanda lebih ringan. Otomatis pelayanan kepada calon penumpang menjadi lebih baik. Dan yang tidak kalah pentingnya, kemacetan di jalan menuju Juanda juga berkurang,’’ kata mantan Sekdaprov Jatim ini. Digambarkan dia, kelancaran jalur transportasi udara juga mendatangkan keuntungan pertumbuhan ekonomi. Perdagangan keluar Jatim sekarang ini mencapai Rp 301 triliun, sedang jumlah transaksi dari 24 provinsi yang masuk ke Jatim mencapai Rp 238 triliun. ‘’Kurang lebih totalnya mencapai Rp 540 triliun lalu lintas barang yang beredar di Jatim. Jumlah ini tentu akan bertambah kalau kelancaran transportasi terjaga. Ujung-ujungnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ paparnya.(has)

Tarik Uang Sekolah, Dipolisikan! Sambungan dari Hal 1 Masalahnya, Pemkot Batu sudah menyediakan anggaran besar dan hitungan itu sudah cukup untuk biaya operasional,’’ ungkap Heru Suprapto, anggota Dewan Pendidikan Kota Batu. Menurut pengusaha hotel ini, Dewan Pendidikan sangat mendukung kebijakan Wali Kota memberikan sekolah gratis dalam tahun 2014. Kebijakan tersebut sangat membantu publik karena biaya sekolah semakin tahun semakin mahal. Jika Pemkot Batu memiliki kebijakan sekolah gratis, hal itu sangat luar biasa. Dia biasa mendapatkan keluhan dari masyarakat setiap penerimaan siswa baru. Keluhan tersebut antara lain biaya yang harus dibayar saat daftar ulang. Mereka biasanya dikenakan uang pembangunan, SPP, uang seragam, pengenalan sekolah, biaya buku hingga biaya-biaya lain. Pihaknya siap mengawal kebijakan sekolah gratis itu. Malahan bukan hanya Dewan Pendidikan, LSM, tokoh masyarakat tentu akan lebih kritis menyikapinya jika masih ada sekolah

yang memberatkan wali murid terutama pada penerimaan siswa baru. Sementara itu Budi Santoso, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Batu menjelaskan, pihaknya sudah menghitung secara matang biaya kebutuhan pokok semua siswa di Kota Batu. Kebutuhan riil siswa tersebut kemudian dijadikan acuan untuk mengajukan anggaran dalam RAPBD 2014. ‘’Berapa jumlah siswa di Batu, serta berapa kebutuhan biaya untuk sekolah sudah dihitung secara matang. Jadi saya kira di Kota Batu sudah siap untuk gratis mulai SD hingga SMA,’’ tegas Tossi, sapaan akrabnya. Sekolah gratis tersebut juga tidak boleh menurunkan kualitas pendidikan, karena pihak sekolah bisa berprinsip pendidikan berkualitas membutuhkan biaya besar. Bisa saja biaya tidak tercover BOS atau BOSDA untuk biaya pendidikan itu. ‘’Kami juga akan memberikan bantuan prasarana, IT atau ruang kelas. Jadi semua sekolh di Kota Batu harus memiliki prasarana bagus dan berbasis

IT,’’ tambah mantan Kepala Dinas Pengairan dan Bina Marga Kota Batu ini. Sementara itu anggota DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo ikut mendukung kebijakan Wali Kota memberikan biaya sekolah gratis. Diapun ikut menyetujui ketika Pemkot Batu mengajukan anggaran besar untuk sekolah gratis itu. Dia juga berpesan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bekerja lebih keras lagi dalam merealisasikan sekolah gratis mulai tahun 2014. Salah satu contoh, Dinas harus bisa mencairkan BOS atau BOSDA sejak awal tahun anggaran. Begitu juga dengan anggaran-anggaran untuk guru bisa dicairkan sejak awal tahun anggaran. ‘’Jangan seperti tahun 2013. Pencairan Bos molor hingga akhir tahun, pencairan sertifikasi ikut molor, begitu juga dengan insentif GTT dan GTT. Ketika pencairan anggaran-anggaran tersebut molor, sekolah atau guru bisa kelabakan soal biaya operasional. Hal itu yang bisa memacu tarikan-tarikan biaya kepada orang tua siswa,’’ tegas Ketua DPC PDIP Kota Batu ini. (feb)

Kopertis : STT RRI Tak Berizin Sambungan dari Hal 1

Sambungan dari Hal 1 Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang, yang juga pembina tinju se Malang Raya itu menegaskan, eksibisi tinju amatir yang akan ditampilkan, sejatinya mengandung misi khusus untuk membangkitkan kembali kejayaan tinju Bhumi Arema. Sejak era 60-80’an, Malang dikenal sebagai barometer tinju nasional. Tak sedikit prestasi mentereng dibukukan petinju-petinju malang. Mulai dari prestasi level nasional hingga internasional. Sebut saja nama Juhari, Thomas Americo, Wongso Suseno, Monod, Nurhuda, Little Pono hingga Indrajit. Mereka semua

7

Cemburu, Istri Ditikam di Jalan

Lupakan Drama Jakarta Nah, kali ini, upaya Indonesia bangkit dari tidur panjang, meraih juaranya di SEA Games kembali dihadang Harimau Malaya. Bedanya, bukan di pertandingan final seperti di SEA Games 2011, tetapi sudah bertemu sejak babak semifinal di Zeyar Thiri Stadium, Naypyitaw, Myanmar, sore nanti. Indonesia melenggang ke babak semifinal dengan bermodalkan status sebagai runner up Grup B di bawah Thailand yang tidak terkalahkan sepanjang babak penyisihan Grup lalu. Sedangkan tim Malaysia sendiri melangkah ke babak empat besar dengan status juara yang tidak terkalahkan di Grup A. Alasan yang logis untuk tidak meletakkan nama Indonesia sebagai unggulan untuk memenangi satu tiket menuju final, 21 Desember mendatang. Selain karena performa naik turun timnas U-23 selama babak penyisihan kemarin, performa Malaysia yang cukup trengginas di grup A pun bisa jadi alasannya. Selain itu, dari sisi rekor head to head pertemuannya selama ini, Indonesia selalu kesulitan saat melawan Malaysia. Untuk level SEA Games, Indonesia kali terakhir mempecundangi Malaysia adalah 1999 silam dengan enam gol tanpa balas. Sedangkan untuk level senior, kemenangan 2-1 pada second leg piala AFF 2010 silam jadi yang terakhir kalinya kemenangan bagi Garuda. Namun, hidup tidak dapat selalu berdasarkan dengan kejadian di masa lalu. Begitu juga dengan

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

ingin setiap laga menang meskipun besok cuma butuh hasil imbang,’’ pungkasnya. Dalam pertandingan kemarin, Persik sebenarnya sempat melakukan perlawanan terhadap Sriwijaya FC. M. Fatchul Ichya dan kawankawan, sempat mendapat beberapa peluang ke gawang tim asal Sumatera Selatan itu. Namun Persik harus mengakui keunggulan Sriwijaya FC ketika Rizky Dwi Ramadhan menjebol gawang Persik di menit 81 yang dijaga Tedy Heri S. Persik akhirnya menelan kekalahan atas Sriwijaya FC dengan skor 0-1. Sebelumnya, Pelatih Persik, Aris Budi memang sudah memprediksi titik rawan di menit-menit akhir itu. ‘’Peluang yang ada tidak bisa dimaksimalkan karena memang persiapan kami hanya 2 minggu,’’ kata Aris Budi. ‘’Di samping persiapan yang minim, kebanyakan pemain kita adalah pemain lokal. Faktor usia juga berpengaruh mengingat banyak pemain senior di tim kita, oleh karenanya kondisi fisik para pemain menurun di menit-menit akhir dan saya sudah mengingatkan itu sejak awal,’’ lanjutnya. (mg11/avi)

Kasus seperti ini, menurutnya, juga pernah terjadi di Jember. Karena terbukti belum berizin, maka Kopertis merekomendasikan kepada Dikti untuk tidak memberi izin kepada lembaga tersebut. Sementara mahasiswa mereka, ditransfer ke tempat lain. Investigasi yang akan dilakukan Kopertis, lanjutnya, sekaligus akan mempertegas status STT RRI. Kalau memang statusnya adalah sekolah tinggi, maka harus memiliki izin dari Dikti. Namun jika hanya lembaga kursus maka izin cukup diberikan oleh Dinas Pendidikan setempat. ‘’Hasil investigasi ini nanti akan kami laporkan ke Dikti untuk kemudian diambil tindak lanjutnya,’’ kata dia. Lebih jauh Sugijanto memaparkan, prosedur pendirian perguruan tinggi seharusnya melalui beberapa tahapan termasuk tahap visitasi oleh Kopertis. Setelah visitasi, biasanya ada tahapan

presentasi dan baru kemudian izin bisa diberikan oleh Dirjen Dikti. Setelah izin turun barulah perguruan tinggi boleh membuka pendaftaran mahasiswa baru. ‘’Perguruan tinggi yang belum berizin, maka ijazahnya tidak sah. Karena aturan harus dipatuhi, untuk memberikan jaminan pendidikan kepada masyarakat,’’ tegasnya. Dikonfirmasi mengenai hal ini, Ketua STT Malang, Dr. Anas F. Adi menjelaskan, STT RRI sebenarnya merupakan bagian dari STT Malang. Program tersebut merupakan terobosan dan inovasi baru untuk menarik minat mahasiswa. ‘’STT Malang sudah lama berdiri sejak 1984 dan sudah mendapatkan izin Dikti. Dalam perkembangannya, kami menggandeng RRI dan membuka joint programm yang sekarang orang lebih mengenal sebagai STT RRI,’’ ungkap Anas. Karena itulah, ia membantah jika

lembaga yang dipimpinnya belum berizin. Sebab ijazah yang nantinya akan dikeluarkan oleh STT RRI, adalah ijazah STT Malang yang sudah memiliki SK Dirjen Dikti nomor 383/DIKTI/ Kep/1984. ‘’Untuk pendirian joint program, tidak perlu izin baru dari Dikti,’’ tukasnya. STT Malang saat ini mengantongi akreditasi C dan memiliki sejumlah program studi diantaranya D3 Elektro, D3 Teknik Sipil, S1 Elektro dan S1 Sipil. Sementara Joint Programm STT dan RRI baru mulai dibuka pada 2010 lalu. Sesuai aturan UU Dikti nomor 12 tahun 2012 menegaskan, semua yang berada di ranah pendidikan, harus mengikuti aturan baru mulai dari pengurusan izin, proses pendidikan hingga kelulusannya. Selain itu harus sudah dipenuhi persyaratan akreditasi minimal untuk bisa menyelenggarakan prodi. (oci/avi)

Tinggalkan Produksi Truk, Disukai Turis Manca Negara Sambungan dari Hal 1 Tapi belum berpikir, bahannya dari mana,’’ terang Sulkan. Ketika kembali ke tempat tinggalnya di Jalan Raya Pakis, dia meneruskan idenya dengan membuat loko-lokoan itu, memanfaatkan limbah. Mulai dari kaleng seng alias omplong, pipa pvc untuk roda, knope tutup panci, triplek, hingga handle mikrophone coba dimanfaatkan. Semua dikumpulkan untuk jadi bahan dasar satu unit miniatur lokomotif. Kemudian ditempel-tempel, dirakit-rakit dan di-finishing dengan pengecatan. ‘’Ya, seadanya (bahan) yang ada di sekitar saya. Omplong ini, dari bekas kaleng susu yang saya dapat dari tetangga depan rumah. Kebetulan dia jualan es campur. Omplong ini untuk tabung bodi lokomotif, yg kemudian diatasnya saya tempeli bekas mikrophone untuk ujung pembuang uap,’’ aku Sulkan sembari tersenyum. Seni rakit terus ditekuninya. Dia pun mulai meninggalkan pembuatan miniatur truck yang sebelumnya dibuatnya. Alasannya, truk hasil produksinya, kalah bersaing dengan truk yang dijual para pedagang musiman yang menjual-

nya dengan harga lebih murah. Siapa menduga, ketika dia mulai berubah membuat lokomotif, minat pasar justru kian tinggi. Tak heran jika miniatur lokomotif yang sudah dibuatnya, cukup banyak. Lokomotif itu menyerupai jenis Ambarawa Locomotive e1080, Australia Locomotive Seri 12a dan New Britain Inggris. ‘’Untuk membuat satu lokomotif, butuh waktu maksimal 10 hari. Memang tidak sedetail aslinya, namun sudah menyerupai loko aslinya. Wisatawan Australia dan Amerika pernah beli. Paling baru dibeli Pak Bupati diharga Rp 750 ribu,’’ ucap suami dari Hj Ninuk Hanifah ini dengan penuh bangga. Tiap miniatur lokomotif, harganya bervariasi. Dari harga Rp 250 ribu, Rp 500 ribu dan Rp 750 ribu, sesuai dengan ukuran kecil sedang dan besar. Awalnya, pasar miniatur buatan Sulkan, dikirim ke Bali melalui saudaranya. Sulkan yang sudah berhaji ini mengaku, diawal kerjasama berjalan lancar, namun keuangan kemudian tersendat. ‘’Ada saudara di Bali, suami keponakaku yang menampung miniatur

buatanku,. Pertama keuangan enak, lama-lama lha kok nyantol,’’ ujar pria kelahiran 58 tahun yang lalu. Sulkan pun memutuskan untuk memasarkan sendiri hasil kreatifnya. Meski belum ada target harus menghasilkan dan laku berapa unit miniatur loko miliknya perbulannya. Meski banyak pesanan, tapi Sulkan mengerjakan dengan santai. Dengan alasan harus teliti, Sulkan memilih untuk tidak terburu-buru dalam mengerjalan satu lokomotif. Bahkan jika sang cucu datang, dia tak segan meninggalkan pekerjaannya. Pria yang sebelumnya dikenal sebagai tukang kayu ini, memilih mempromosikan produknya di pameranpameran. Seperti di Tunjungan Plaza Surabaya. Sulkan pun pernah diliput acara tv nasional pada acara Si Bolang, Citacitaku dan Entermizo. Selama ini, dia termasuk binaan Dinas Sosial Kabupaten Malang. Produknya sedang dipatenkan sebagai produk khas Kabupaten Malang. ‘’Ciri khas minatur buatan saya, sengaja dibuat tidak berjalan,’’ ujar Sulkan. (poy heri pristianto) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


8

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

Lilin-lilin Pengharum Natal ala Ace Hardware MALANG – Lilin merupakan salah satu benda yang turut dicari oleh umat Kristiani ketika merayakan Natal. Salah satu tempat yang bisa menjadi tempat untuk berburu lilin tersebut di Kota Malang yakni Ace Hardware yang berada di Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Store Manager Ace Hardware Malang, Mukmin Hadi menuturkan, ada 100 jenis lilin yang disiapkan di storenya. “Mulai dari yang sederhana dengan harga di bawah Rp 10 ribu sampai dengan lilin aroSTENLY REHARDSON/ MALANG POST

WANGI: Lilin aromatherapy di Ace Hardware bisa menjadi alternatif untuk memperkuat nuansa Natal tahun ini.

materapi yang harganya mencapai lebih dari Rp 200 ribu,” tuturnya. Menurut dia, rata-rata lilin yang ada ini memiliki bentuk yang unik. Tidak hanya kurus dan panjang, tetapi bisa bulat seukuran gelas, atau lebih besar lagi sebesar toples. Selain itu terdapat pula wahana yang menemani lilin tersebut, sehingga lilin ini sudah terletak di dalam wadah, di dalam toples misalnya. Untuk model lilin tersebut, memang lebih mahal. Mulai dari Rp 29 ribu untuk pilihan ukuran paling kecil sekitar 5 cm. Bila lebih tebal dan panjang mencapai 20 cm. Harganya, ada pula yang mecapai 185 ribu. “Lebih awet, bisa bertahan sampai sepekan bila terus menyala,” beber Mukmin.

lengkapi gift dengan Greeting card MALANG – Salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan untuk memeriahkan hari Natal yakni tradisi untuk saling memberi ucapan. Bila tidak sempat mengucapkan secara langsung, kartu ucapan Natal pun menjadi solusinya. “Meskipun jaman sudah canggih, lalu mengirimkan ucapan selamat Natal dengan telepon maupun SMS, mengucapkan dengan kartu ucapan pun belum ditinggalkan. Ini menjadi salah satu tradisi yang masih berlaku,” ungkap General Affair Staff Centerpoint Department Store Malang, Daniel Wahyu Setiawan. Centerpoint bisa menjadi salah satu lokasi untuk berburu kartu ucapan tersebut. Mulai dari kartu ucapan yang simpel, tiga dimensi hingga kartu ucapan yang bisa mengeluarkan suara begitu dibuka disiapkan menyambut Natal tahun ini. “Kartu Natal ini macam-macam tipenya, mulai dari yang murah dengan model sederhana, hingga menyertakan greeting di dalam kartu,” bebernya. Dia menambahkan, tahun ini pun peminatnya masih sangat besar di Centerpoint. Terlebih, ragam pilihan kartu Natal yang menarik. Harganya mulai dari Rp 3000 sampai Rp 15 ribu. Menurut Daniel, kartu Natal ini masih menjadi buruan ketika memberi ucapan selamat Natal kepada kerabat, kolega atau bahkan teman spesial.

SHARING Budiyanto Wijaya, SH

Ajang Refleksi Diri

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

CANTIK: Kendati produk lama, namun kartu ucapan Natal masih menjadi pilihan untuk berbagai kasih kepada keluarga dan sanak saudara.

Selain memberikannya secara langsung berupa kartu ucapan saja, biasanya juga dipadukan bersama bingkisan. “Tapi kalau anak muda kan temannya banyak, membelinya juga selalu lebih dari satu,”

urai dia kepada Malang Post. Pilihan gambarnya, tentu saja menyesuaikan dengan hari Natal. Sebut saja gambar lilin yang menyala, kumpulan kado, hingga Santa Clause.

Rata-rata kartu Natal ini dipadukan dengan glitter emas sehingga membuat tampilannya semakin memukau untuk menjadi pilihan memberikan ucapan selamat Natal. (ley/fia)

X-Mast Around The World

Atmosfer Natal Menyeruak di Melbourne MELBOURNE - Traveler yang ingin menghabiskan libur Natal di Australia, Kota Melbourne bisa jadi pilihan. Kota ini dipenuhi dekorasi cantik seperti pohon Natal raksasa, dan beragam festival seru menjelang Tahun Baru. Selama sebulan penuh, Kota Melbourne punya suguhan gratis bagi wisatawan. Traveler yang menyambangi ibukota Negara Bagian Victoria ini bisa menikmati beragam festival dan dekorasi cantik khas Natal. Mulai 29 November 2013 lalu, City Square telah ‘disulap’ menjadi Christmas Square. Lapangan ini bagai ‘wonderland’ yang menjadi pusat kegiatan Natal di Melbourne. Ada pohon Natal se-

Kemudian, bisa pula memilih lilin beraorama. Pilihan aromanya seperti citrus, lemon, caramel bahkan aroma menggugah selera seperti vanilla. Rata-rata untuk pilihan ini ketahanan lilin di atas 50 jam. Sementara itu, bila menginginkan lilin biasa namun memerlukan aroma, customer bisa membeli aromaterapinya secara terpisah. Harganya mulai dari 30 ribu untuk ukuran 10 mili. “Yang jelas di sini lilinnya lengkap untuk menemani hari Natal. Baik lilin tersebut untuk perayaan Natal di gereja, maupun lilin yang juga dinyalakan di rumah untuk menemani indahnya kerlap-kerlip pohon Natal,” pungkas Hadi. (ley/fia)

ISTIMEWA

9,2 METER: Pohon Natal setinggi 9,2 meter menghiasi Kota Melbourne, Australia sejak 29 November lalu.

tinggi 9,2 meter yang dihias cantik, beserta labirin tempat anak-anak mencari sosok tokoh

tra traveler juga bisa menyambangi ‘r ‘rumah Santa’ di Christmas Sq Square. Santa dengan berbaik hati akan ak menemui anak-anak, dan berfoto be bersama setiap hari sampai sa tanggal 24 Desember. Serunya S lagi, Anda bisa mengirim m surat kepada Santa berisi be keinginan hadiah Natal. Inilah Santa’s Post Box, yang ya didukung oleh Australia Post. Po Christmas Square dan Town T Hall adalah tempat paling pa asyik menghabiskan liburan lib Natal di Melbourne. Sampai S tanggal 3 Januari 2014, 20 traveler bisa merasakan

atmosfer. Natal di seluruh penjuru kota. Ada Jingle Bells di Bourke Street, tempat belanja paling terkenal di Kota Melbourne. Jem batan penyeberangan Southbank disulap menjadi ‘Mistletoe Kissing Bridge’. Mencari Santa, bertolaklah ke Queen Victoria Market Christmas Hub. Traveler yang ingin berlama-lama di Town Hall bisa menyambangi Gingerbread Village, yang dibuat para koki handal restoran ternama yakni EPICURE. Tepatnya di sudut jalan Little Collins dan Swanston Street.(dtc/fia)

NATAL merupakan hari istimewa bagi Budiyanto Wijaya, SH. Anggota Komisi A DPRD Kota Malang ini memiliki cara tersendiri saat merayakan hari besar umat kristiani itu. “Saya selalu memaknai natal sebagai pemulihan kembali terhadap diri sendiri dan keluarga. Karena Natal yang merupakan peringatan kelahiran Yesus Kristus adalah momen mengenang Kasih Tuhan kepada manusia,” katanya. Karena itu saat Natal tiba, Budiyanto selalu mempersiapkan hati dan khusyuk beribadah. Ia dan keluarga besar lalu beribadah di gereja pada malam Natal, 24 Desember dan hari Natal, 25 Desember. Dalam setiap doa dimasa jelang Natal, Budiyanto selalu merefleksikan perjalanan hidup selama setahun yang lalu. Politisi Partai Damai Sejahtera (PDS) ini juga merancang apa yang akan dilakukan pada tahun depan sesuai ajaran imannya. “Merefleksikan diri dengan sudut pandang iman merupakan cermin hidup. Momen ini pula saya mengevaluasi diri, sejauh mana saya berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi sesama,” ucapnya. Disetiap merayakan natal, Budiyanto juga memiliki tradisi tersendiri. Yakni kumpul bersama istri, dua putra dan putrinya serta keluarga besar. Lalu mereka ibadah bersama dan menggelar open house. Usai open house, Budiyanto berkunjung ke keluarga dan kerabatnya. Jika tahun lalu merayakan natal di Kota Malang, tahun ini Budiyanto Wijaya dan keluarganya merayakan natal di tempat orang tuanya di Jakarta. “Tahun ini giliran natalan di rumah orang tua. Saya dan istri berangkat bareng, anak-anak berangkat dari tempatnya masing-masing, ketemu di Jakarta,” terangnya. (van/fia)

Rudolph beserta rusa-rusanya. Mengutip rilis dari City of Melbourne, Selasa (18/12),

REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: OLIS


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

RONCE NGALAM

9

Bedah Dua Rumah Pelanggan di Wonokoyo HUT PDAM Kota Malang MALANG – Perayaan ulang tahun ke 39 PDAM Kota Malang dirayakan dengan sederhana. Tidak ada hingar bingar musik hiburan maupun penyanyi seksi. Yang ada hanya tumpeng lengkap dengan lauk pauknya dan panggung yang didekor sederhana. Perayaan ulang tahun digelar di halaman belakang kantor PDAM ini, hanya diisi dengan pencerahan agama untuk memantapkan keimanan da lam mensyukuri usia ke-39 PDAM Kota Malang. Pengasuh PP. Bahtul Maghfiroh Tlogomas, KH.

Lukman Alkarim yang dipercaya memberikan pencerahan agama kepada paara karyawan PDAM. “Tahun ini, sengaja kami rayakan HUT ke-39 tahun PDAM Kota Malang dengan sederhana. Meski sederhana tapi dapat dirayakan dengan khidmat melalui berbagai program peduli wong cilik dan pencerahan rohani yang disampaikan KH. Lukman Alkarim,” kata Direktur Utama PDAM Kota Malang, H.M. Jemianto kepada Malang Post. Selain diisi dengan pencerahan agama untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para karyawannya, PDAM juga melakukan kegiatan sosial peduli wong cilik

antara lain, melakukan bedah rumah dua pelanggannya yang tidak layak huni di Kelurahan Wonokoyo. Bedah rumah yang dilakukan PDAM bekerjasama dengan REI. Tidak hanya itu saja, PDAM juga memberikan bantuan dua terminal air untuk masyarakat Barang, Ke lurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang yang selama ini kesulitan air. Sambil menunggu sambungan air dari sumber air Sum berpitu Tumpang, PDAM menyediakan air bersih untuk warga dengan dua terminal air untuk rakyat.“Rencananya, bantuan bedah dua rumah dan terminal air akan diserahkan wali Kota Ma-

lang pada 23 Desember besok, di Wonokoyo,” ungkapnya. Sementara itu, KH. Lukman Alkarim dalam tausiahnya banyak mengupas soal syukur, sesuai dengan tema perayaan HUT ke-39 PDAM Kota Malang. Pengasuh PP. Bahrul Maghfiroh itu mengajak karyawan PDAM untuk selalu bersyukur dengan segala rezeki yang telah dilimpahkan Allah kepada semuanya. Tidak hanya kepada Allah, ucapan terima kasih juga harus disampaikan kepada pimpinan yang dengan lantarannya dapat menikmati semua berkah yang diberikan Allah. Baca Bedah... Hal.10

MUHAIMIN/MALANG POST

SYUKURAN : Direktur Utama PDAM Kota Malang, HM. Jemianto bersama Direktur Administrasi dan Keuangan Miftakhul Munir dan KH. Lukman Alkarim dalam perayaan HUT ke-39 PDAM Kota Malang.

KODEW MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

DIBANGUN : Landasan Terminal Arjosari yang rusak, rencananya akan dibangun tahun depan.

Jaga Resapan Air di Ngalam

ANGGARAN BELUM PASTI Pembangunan Landasan Terminal Arjosari MALANG-Penumpang dan sopir bus di Terminal Arjosari sedikit bisa bernafas lega tahun depan. Meskipun gedung terminal keberangkatan masih mangkrak, namun landasan bus bakal dibangun tahun depan. Namun besaran anggaran untuk pembangunan landasan masih belum diketahui. Kondisi terminal yang pembangunan tak selesai itu, memang menimbulkan keresahan penumpang. Untuk penumpang jurusan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), harus rela berjalan kaki agak

jauh ke sisi barat terminal. Disitu, pihak terminal membangun semacam gubukgubuk untuk ruang tunggu darurat.“Iya harus berjalan jauh, kalau hujan ya terpaksa melewati genangan,” ujar Susilowati salah satu penumpang yang hendak ke Bali. Sedangkan untuk penumpang jurusan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), juga harus rela melihat pemandangan yang tak nyaman. Yakni comberan yang muncul akibat landasan bus yang tak rata. Landasan terminal sendiri sudah rusak akibat dipaksa untuk menjadi tempat transit puluhan bus. “Khusus untuk landasan sepertinya memang akan dibangun tahun depan,

tapi anggarannya belum tahu pasti,” u n g k a p K e p a l a U P T Te r m i n a l Arjosari Hadi Supeno kepada Malang Post kemarin. Hadi sendiri mengakui bahwa kondisi terminal, terutama untuk landasan memang tak bagus. Pihaknya sen diri juga menunggu penuntasan pembangunan gedung ruang tunggu di tengah terminal. Sampai saat ini, pihak UPT juga kesulitan mengakses informasi terkait penuntasan proyek itu.“Dananya dari APBN, sedangkan pimpronya dari pemerintah provinsi,” jelasnya. Dirinya pernah mendapat informasi bahwa proyek tersebut menghabiskan

anggaran sekitar Rp 101 miliar. Informasi itu didapatkan dari kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut. Dana itu hanya untuk pembangunan terminal untuk bus saja, lain untuk terminal angkot.“Untuk terminal angkot, informasinya dibangun sendiri oleh Kota Malang,” bebernya. Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Subari membenarkan rencana pembangunan landasan. Namun, lagi-lagi dana itu langsung dari pemerintah pusat yang ditangani provinsi. Sehingga untuk besaran anggaran, Subari mengaku sama sekali tidak mendapat akses.

MODEL yang baru saja ulang tahun pada 11 Desember lalu ini memang amat mencintai Kota Malang. Namanya Shinta Irawan, lahir di Kota Batu 23 tahun yang lalu. Kini Shinta kuliah di Politeknik Negeri Malang jurusan Adminitrasi Niaga. Shinta masuk di Poltek pada tahun 2010 lalu. “Meskipun lahir di Batu, saya sangat mencintai Kota Malang, apalagi aktifitas saya juga banyak di kota ini,” ungkapnya kepada Malang Post.Kondisi Kota Malang, diakui oleh Shinta, dalam status mengkhawatirkan. Terutama dengan banyaknya banjir di sejumlah titik kota. Padahal, kondisi tersebut tak pernah dijumpai saat dirinya kecil dulu.“Di Jalan Soekarno Hatta bisa banjir, ini kan tidak masuk akal, secara dekat dengan Sungai Brantas,” keluhnya. Dengan kondisi yang terjadi, menurut Shinta, Kota Malang banyak memerlukan ruang terbuka hijau (RTH). Selain bisa difungsikan untuk kawasan resapan air, juga untuk mengurangi panasnya cuaca. RTH ini juga bisa berbentuk hutan kota yang bisa menjadi taman untuk masyarakat.“Resapan air sangat diperlukan karena kondisinya sudah mengkhawatirkan,” jelasnya. Persoalan lain di Kota Malang adalah terkait kemacetan. Hal ini kerap dia rasakan ketika berangkat dan pulang dari kuliah. Sehingga menuntut solusi nyata dari pemerintah yang harus didukung warga masyarakat. “Termasuk dibutuhkan jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan,” pintas mahasiswi yang hobi shopping ini. Kendati demikian, finalis Kangmas dan Nimas 2008 ini mengakui bahwa Malang memiliki daya tarik. Terutama, karena banyak spot bagus untuk fotografi. Buktinya, sebagai salah satu model, dirinya kerap menjalani sesi pemotretan di sejumlah lokasi. “Spot-spot di Kota Malang itu banyak yang bagus-bagus, banyak saja yang kurang sadar, malah belabelain cari spot sampai Bali dan Lombok,” akunya. Untuk kegiatan pribadi, saat ini Shinta tengah sibuk dengan berbagai even. Pekerjaannya sebagai model diakui hanya sebagai hobi saja. Dirinya sendiri masih menunggu jadwal wisuda dari kam pus.

Baca Anggaran... Hal.10

Baca Jaga Resapan Air... Hal.10

Shinta Irawan

RIZAL FANANY/MALANG POST

SMPN 4 Juara, Dinas Kesehatan Runner Up Lomba Membuat Nasi Tumpeng MALANG-Lomba membuat dan menghias nasi tumpeng mewarnai puncak peringatan HUT ke 14 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Malang di Hall Kartini Imperial Building, Rabu (18/12) kemarin. Sebelumnya sederet rangkaian kegiatan yang bersifat peduli sesama dan pro lingkungan hidup telah digelar. Lomba membuat nasi tumpeng diikuti 97 peserta. Mereka berasal dari DWP di berbagai instansi, diantaranya dinas, badan, kecamatan dan instansi lainnya di Kota Malang. “Lomba tumpeng nasi kuning ini sangat bermanfaat bagi anggota DWP. Karena penilaiannya mencakup nilai gizi, kreatifitas dan tampilan. Ini bermanfaat karena ibu-ibu biasa menyajikan makanan untuk keluarganya,” jelas Ketua DWP Kota Malang, Dra Hj Endang Shofwan MM kepada Malang Post. Berdasarkan penilaian tim juri, DWP SMPN 4 Malang terpilih sebagai juara I. Juara II diraih DWP Dinas Kesehatan Kota Malang, disusul DWP RSSA tampil sebagai juara III Sedangkan juara harapan I diraih oleh DWP SMKN 6 Malang, juara harapan II oleh DWP Kecamatan Sukun dan juara

RIZAL FANANI/MALANG POST

SERU : Lomba membuat dan menghias nasi tumpeng diikuti puluhan peserta membuahkan kebersamaan dan kreatifitas anggota DWP Kota Malang.

harapan III ditempati DWP SMKN 4 Malang.“Kami berharap apa lomba ini dan rangkaian kegiatan yang sudah diadakan bermanfaat bagi anggota dan masyarakat,” harap Endang. Ia juga memastikan pesan penasehat DWP Kota Malang, Hj Farida M Anton dijalankan oleh pengurus dan anggota DWP. Sehingga tema HUT DWP tahun ini bisa diwujudkan secara nyata. Penasehat DWP Kota Malang, Hj

Farida M Anton mengapresiasi lomba tumpeng nasi kuning yang digelar kemarin. Sebab menurut dia, tumpeng melambangkan kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari. “Saya juga berharap kegiatan Dharma Wanita Persatuan terus berkelanjutan sesuai tema ulang tahun. Dharma Wanita Persatuan juga diharapkan menunjang pembangunan dan program-program Pemkot Malang,” katanya.Tema

HUT ke 14 DWP yakni, ‘Dharma Wa nita Persatuan Siap dan Mampu Berperan Aktif Menuju Pembangunan Berkelanjutan’. Lebih lanjut Umi, sapaan akrab istri Wali Kota Malang, H Moch Anton itu berpesan agar DWP dan PKK selalu bersinergi. Dengan demikian semakin bermanfaat bagi masyarakat kota pendidikan ini. Baca SMPN 4... Hal.10 REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

10

Peringatan Hari Ibu di Lanal Malang

Lomba Memasak Dimenangkan Nasi Goreng Cinta UNTUK memperingati hari ibu yang jatuh 22 Desember mendatang, Cabang 9 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur menggelar lomba memasak di area parkir Gedung Gelombang Samudera Lanal Malang, kemarin. Lomba memasak itu melibatkan para ibu-ibu Jalasenastri di lingkungan Lanal Malang. Selaku dewan juri dalam lomba itu Danlanal Malang Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal dan Ketua Cabang 9 Korcab V Jalasenastri Armatim Ny. Erina Junita S, Sos. Serta Ny. Imam Muslim, selaku istri dari Palaksa Lanal Malang Letkol Laut (KH) Imam Muslim. Lomba itu diikuti seluruh perwira staff Lanal

Malang secara antusias. “Kegiatan ini untuk memperingati hari ibu, merupakan lomba memasak antara satker,” ujar Erina Junita kepada Malang Post.Menurut Erina, seluruh peserta lomba merupakan anggota Jalasenastri. Mereka menampilkan karakter untuk menu masakan nasi goreng. Menu tersebut disajikan dengan pola seni dan karakter yang berbeda-beda.“Masakan ini untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3, ibu-ibu jago-jago memasak semua,” ungkap istri Danlanal Malang ini. Suasana dalam lomba sendiri sangat me narik. Ketika ibu-ibu asik memasak dan mengolah menu, bapak-bapak tampil menghibur dengan nyanyian dan jogetan. Walhasil, acara tersebut semakin bertambah meriah.“Ini sekaligus untuk mengakrabkan

para perwira staf di Lanal Malang,” tambah Danlanal Malang Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal SH. MM. Danlanal yang juga menjadi juri ini, menyicipi satu persatu menu bersama Ketua Cabang Korcab dan istri Palaksa. Menurut Danlanal seluruh masakan lezat sekali. Hanya saja, juri harus memilih para juaranya.“Enakenak semua, ibu-ibu Jalasenastri pintar memasak, sampai bingung milih juaranya,” aku Danlanal sambil tersenyum. Dalam lomba itu, juara pertama diraih Satker Jalasenastri dengan menu nasi goreng cinta. Kemudian juara kedua dirah kelompok PNS dengan menu nasi goreng ayam telur. Sedangkan juara ketiga dari Satker Satkom dengan menu nasi goreng jamur krispi.(ary/nug)

LANAL FOR MALANG POST

BERI PENILAIAN : Danlanal Malang Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal dan Ketua Cabang 9 Korcab V Jalasenastri Armatim Ny. Erina Junita menilai masakan peserta, kemarin.

SISWA SDN DINOYO 3

Pamit Bermain, Hanyut di Kali Metro

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

BARU : Bangunan halte di depan Rumah Sakit Lavalette yang dalam proses finishing, kemarin.

JANGAN JADI KORBAN VANDALISME Pembangunan Enam Halte MALANG-Dinas Perhubungan Kota Malang meminta rekanan mengebut pembangunan enam titik halte di kota ini. Dari enam titik, pengerjaannya hampir selesai, diantaranya di Jalan Kertanegara serta satu di dekat RS Lavalette. Kendati demikian, diperkirakan proyek pembangunan halte itu bisa selesai tepat waktu. Menurut Subari, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, pihaknya

selalu memantau perkembangan di lapangan. Antara lain titik halte di Jl. Kertanegara depan Jl. Sriwijaya, Jalan Kertanegara depan lapangan voli batas SMA 1 dan 3, depan kantor KONI Jalan Semeru, samping SMP 5 RS Lavalette, Jalan Veteran depan SMA 8 dan depan masjid Jalan Veteran.“Meskipun sudah ada halte yang berdiri, namun itu juga belum selesai 100 persen,” ujar Subari kepada Malang Post. Sebab menurut dia, halte yang sudah berdiri nanti akan dilengkapi dengan kaca. Termasuk ada satu ruangan kecil yang bisa berfungsi sebagai tempat

istirahat. Kaca itu dimaksudkan agar membuat masyarakat yang menunggu angkutan bisa merasa nyaman.“Kami lengkapi kaca agar bisa nyaman dan enak bagi masyarakat,” aku Subari. Keseluruhan halte tersebut, menurut dia diharapkan selesai sesuai target. Halte yang ada juga diminta agar dirawat dengan baik oleh masyarakat. Sebab biasanya halte-halte kerap menjadi korban vandalisme.“Nanti jika sudah jadi 100 persen, mari kita jaga bersama, jangan sampai dirusak dan dicoret-coret,” pintanya. Menurut Subari, halte ini bakal

lebih nyaman dibanding halte lainnya. Pembangunannya juga ditentukan pada titik-titik yang ramai. Memudahkan masyarakat untuk menunggu angkutan, serta meningkatkan keindahan kota.“Selain fungsinya, halte juga bisa memperindah kota, termasuk menjadi tempat istirahat petugas Dishub,” imbuhnya. Setiap halte, memang dilengkapi satu ruangan kecil berkapasitas dua orang. Ruangan kecil inilah yang bakal dipakai oleh petugas Dishub.“Usai menertibkan lalu lintas, mereka bisa istirahat dalam ruangan itu,” tandas Subari.(ary/nug)

NU Siap Jadi Mediator Kebijakan One Way System MALANG- Menyikapi perkembangan kebijakan one way system yang dilakukan Pemerintah Kota Malang, dan mendapatkan perlawanan dari sebagian warga Kelurahan Penanggungan dan sekitarnya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang siap mendukung dan membackup langkah Abah Anton, Wali Kota Malang. ‘’Sebenarnya, PCNU Kota Malang tidak mau terlibat dan ikut campur dalam aksi dukung mendukung kebijakan rekayasa lalin jalur satu arah tersebut. Namun, karena kami menilai sudah banyak yang ikut bermain di dalamnya, se hingga kami harus mengambil sikap untuk mendukung langkah Wali Kota Malang tersebut,’’ kata Gus Is, panggilan akrab Dr H. Isroqun Najah, M.Ag, Ketua NU Kota Malang dalam surat pernyataannya, Rabu (18/12) kemarin. Dalam surat pernyataan yang ditandatangi Gus Is, selaku Ketua NU Kota Ma lang dan KH. Drs. Chamzawi, M.Hi, Rais Syuriyah, serta Ustadz H. M Murtadho Amin, M.Hi, Katib

Syuriyah itu, PCNU menyatakan siap menyeluruh. Soal ada dampak terhadap mengamankan langkah Abah Anton perekonomian warga sekitar, itu kan ha dalam menerapkan one hanya sesaat. Kalau suda lancar dan normal, way system sepanjang dah ins Jalan Mayjend Panjaitaninsyaallah perekonomian wa Veteran-Gajayana-MT warga akan terangkat jug tambah dosen UIN Haryono, yang bakal diperjuga,’’ kuat dengan Perwal-nya. Maliki Malang ini. M ’’Kami menentukan sikap Gus Is menyayangkan tersebut, juga berdasarkan terhadap langkah warga ter musyawarah para Kiai Kelurahan Penanggungan Ke dan masukan dari warga dan da sekitarnya itu yang m sekitar, serta pemakai melakukan aksi tidak sim jalan di kawasan tersebut. simpatik dengan memasang sp Soal pro kontra dalam spanduk menentang dan m menyikapi kebijakan itu Dr H. Isroqun Najah, M.Ag menyatakan ancaman tur ke jalan jika Pemkot hal yang biasa. Hanya saja, turun kita harus memperhatikan kepentingan Malang tetap melanjutkan kebijakan yang lebih besar dan kemaslahatan rekayasa lalin jalur satu arah hingga kepada semua pihak. Tidak bisa hanya pekan depan. diukur dari kepentingan segelintir orang ’’Kalau memang kebijakan itu salah, maupun kelompok,’’ tandasnya. NU siap mengingatkan Abah Anton. Karenanya, NU mengajak semua pi- Tapi, kalau kebijakan itu benar dan hak untuk menilai dan menjalankan dulu untuk kepentingan yang lebih besar, NU keputusan pemerintah Kota Malang siap mengawal. Pihak-pihak yang tidak tersebut. ’’Kan masih berjalan beberapa setuju atau kurang sependapat dengan minggu. Kita tidak bisa menilai secara langkah tersebut, mari duduk bersama

untuk mengevaluasi dan bermusyawarah. Seharusnya bagaimana, tidak bisa hanya pokok e harus dikembalikan dua arah. Tentunya ada jalan yang terbaik melalui musyawarah,’’ tuturnya. Demikian juga dengan soal rencana para Ketua RT dan Ketua RW setempat yang bakal meletakkan jabatan ramairamai jika keinginan warga tak diakomodasi, menurut Gus Is, itu bukan langkah bijaksana. “Mari kita bermusyawarah, kenapa wali kota melaksanakan kebijakan tersebut. Demikian juga warga atau para Ketua RT dan RW kenapa akan melakukan aksi tersebut. Tidak bisa kalau didasarkan pada kepentingan orang per orang atau kelompok. Ini soal saling pengertian saja,” tandasnya. ‘’Kami khawatir, warga ditunggangi oleh orang-orang yang ingin bermain atau memanfatkan moment tersebut demi kepentingan segelintir orang. Segala sesuatu pasti bisa diselesaikan dengan cara musyawarah. Dan, NU siap menjembataninya,’’ tambahnya. (udi)

MALANG - Muhammad Hafid, bocah berusia 8 tahun yang bertempat tinggal di Jalan Gajayana 1 No 734 F, hanyut terseret arus Kali Metro atau lebih dikenal dengan Kali Sukokasin. Siswa kelas 2 SDN Dinoyo 3 itu hanyut ke sungai ketika bermain di area sungai sekitar pukul 13.00 siang. Menurut saksi mata, Joko Suripto, korban sedang bermain bersama temannya, Muhammad Abdul Rohman. Ketika air sungai tiba-tiba naik dan arus semakin deras, Muhammad Abdul Rohman menghindari melalui jembatan diatas sungai, sedangkan Muhammad Hafid berlari mengitari bagian bawah jembatan. Saat berusaha naik ke atas, Muhammad Hafid terpeleset, sedangkan Muhammad Abdul Rohman selamat karena melewati atas jembatan. “Saat kejadian, saya sedang mencuci motor. Motor saya juga sempat hanyut namun bisa terselamatkan setelah tersangkut batang pohon. Saya melihat jelas bagaimana kronologisnya,” tuturnya kepada Malang Post ketika ditemui di TKP. Joko, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa saat korban terseret arus, ada seorang tukang bangunan yang berusaha menolong. “Ada tukang bangunan yang mencoba mendekap anak itu, tapi tidak tercapai. Akhirnya korban tidak terlihat lagi, karena dia tidak bisa berenang,” imbuhnya. Nenek korban, Nur Sati menyatakan, Muhammad Iqbal tidak berpamitan ketika akan bermain di daerah sungai. “Dia tidak pamit, pulang sekolah biasanya bantu saya di warung. Tapi kok tidak kunjung menyusul saya di warung. Ternyata ada kejadian seperti ini,” kata Nur Sati sambil menangis. Muhammad Hafid sejak kecil memang tinggal bersama neneknya di Jalan Gajayana 1 No 734 F. Sedangkan kedua orang tuanya tinggal di Jombang. Menurut warga setempat, Kali Metro memang sering kali tiba-tiba mengalami arus deras hingga dan airnya naik ketika daerah Batu sedang hujan. Agus Demit, Koordinator Lapangan (korlap) SAR Pakem memaparkan bahwa timnya sedang mencari di titik bawah aliran sungai. “Sekarang pengumpulan informasi. Kita juga sudah bergerak bersama teman-teman,” ujarnya. Hingga tadi malam, Muhammad Hafid belum ditemukan. (mg11/nug)

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

TKP : Lokasi tempat Hafid kemarin hanyut di Kali Metro.

SMPN 4 Juara, Dinas Kesehatan Runner Up Sambungan dari Halaman 9

Ketua Panitia HUT ke 14 DWP Kota Malang, Dra Hj Mufidah Budi Siswanto mengatakan rangkaian kegiatan yang sudah digelar sebelumnya. Yakni donor darah bekerjasama dengan RSSA diikuti 87 orang pada 29 Oktober, pelatihan budidaya ikan skala rumah tangga diadakan pada 29 Oktober. Selain itu penanaman pohon bekerjasama dengan Pemkot Malang pada 9 Desember, seminar deteksi dini kanker payudara dan mengenal faktor risiko dan deteksi dini penyakit ginjal kronik. Kegiatan yang diadakan kerjasama dengan RSSA itu sudah digelar pada 22 Oktober. “Pengobatan gratis di RW 06 Kelurahan Klojen diikuti 87 orang. Kegiatan ini diadakan atas kerjasama dengan RSSA,” pungkasnya. (van/nug)

Bedah Dua Rumah Pelanggan di Wonokoyo Sambungan dari Halaman 9

Sekaligus mendoakan para pemimpinnya, baik presiden, wali kota, direktur utamanya dan pimpinan lainnya. “Selama ini, yang Gus tahu, kalau kita berdoa saat salat di masjid, salat Jumat tidak pernah mendoakan pemimpin kita. Kalau di Arab Saudi, warga selalu mendoakan para pemimpinnya baik saat salat Jumat ataupun lainnya,” jelasnya. (aim/nug)

Anggaran Belum Pasti Sambungan dari Halaman 9

“Itu dari pusat, benar memang akan dibangun landasannya tahun depan,” tandasnya.(ary/nug)

Jaga Resapan Air di Ngalam Sambungan dari Halaman 9

“Saya kalau kerja tentu mengikuti pendidikan, model hanya hobi, kapanpun bisa diluangkan waktu meski sudah mendapat kerjaan tetap, sebab, model fleksibel waktu dan tempatnya,”tandasnya.(ary/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

, h i S a n a M g n i t Pen k i m e d a k a i a l i N ? i s a s i n a g r O u a t a Remaja di sekolah tidak hanya belajar pelajaran ketika di dalam kelas, tetapi juga memiliki banyak kegiatan di luar kelas. Untuk menjadi remaja berprestasi, tidak hanya dituntut prestasi akademik, namun juga yang lain termasuk aktivitasnya dalam organisasi sekolah. Meski demikian, banyak remaja yang masih bingung ketika harus memilih antara nilai akademik atau aktivitas organisasi, seperti diakui Citra Rea siswi SMKN 2 Malang. Namun jika memang harus memberi prioritas, Citra lebih memilih untuk mendahulukan nilai akademik karena menurutnya nilai akademik membuat prestasi lebih menonjol. “Menurutku, nilai akademik lebih penting dari pada organisasi soalnya prestasi dalam akademik itu lebih bisa diketahui. Lagi pula, kita membutuhkan nilai akademik untuk bisa lulus dan naik kelas dari pada aktif di organisasi,” ujar cewek berkerudung tersebut. Walaupun demikian, siswi kelas XII ini mengapresiasi siapapun yang bisa menyeimbangkan antara tuntutan akademik dan kegiatan organisasi yang seabrek. Menurutnya, kemampuan dalam membagi waktu untuk akademik dan organisasi tergantung pada masing-masing individu. “Mengganggu atau tidaknya kegiatan organisasi terhadap nilai akademik itu tergantung sama orangnya, kalau ia bisa membagi waktunya dengan baik, ya hal itu gak bakal ganggu prestasi akademiknya,” tutur Citra. Cewek berkulit sawo matang ini juga menceritakan pengalamannya yang pernah berorganisasi di sekolah dan akhirnya buyar karena merasa tidak bisa membagi waktu. “Dulu aku pernah ikut organisasi di sekolahan, salah satunya PMR, tapi lama kelamaan aku udah gak aktif lagi di situ, soalnya aku ngerasa nggak bisa membagi waktu, selain itu agak males sih sebenernya, hehe,” ujarnya. Hal yang sama juga dikatakan oleh Restia Minati siswi SMA Panjura. Ia lebih memilih untuk mendahulukan nilai akademik, karena menurutnya nilai akademik adalah penilaiaan dari potensi yang dimiliki oleh seseorang. “Kenapa memilih nilai akademik? Karena menurutku, nilai akademik seseorang itu adalah nilai asli dari potensi yang dimilikinya, dan dari nilai akademik kita bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya sesuai yang kita inginkan, bukan berdasar-

kan organisasi,” tutur sisiwi kelas X tersebut. Namun, siswi penyuka warna biru ini sendiri lebih salut pada siswa yang bisa berprestasi di akademik dan organisasi. Ia menceritakan, salah seorang temannya yang pintar di dalam kelas juga aktif di berbagai ekskul dan ia bisa menghandel semua organisasi yang ia tangani. “Tapi aku salut sama temenku yang bisa aktif di organisasi dan juga masih bisa mempertahankan prestasi nilai akademiknya, dia anak jurusan IPA dan aktif di ekskul basket dan basket. Dia bisa menghandel itu semua,” ujar cewek berbintang Gemini ini. Berbeda halnya dengan Gilang Ramadhan siswa MTS Surya Buana yang berpendapat bahwa organisasi dan nilai akademik sama pentingnya, namun menurut cowok tinggi ini, aktif di organisasi merupakan hal yang lebih penting. “Sama penting, tapi kalau aku lebih penting di organisasi,” ujar cowok penyuka warna putih tersebut. Siswa kelas IX ini mengungkapkan alasannya memilih untuk lebih aktif di organisasi. Menurutnya, dengan aktif di organisasi bisa membuatnya lebih semangat dan bisa melatih diri untuk bisa bersosialisasi. “Juga mengerjakan banyak hal yang tidak dapat diperoleh di dalam kelas,” pungkasnya.(*/han)

rasakan sekarang, bisa bertahun-tahun ke depan. Jadi, lebih baik kita bangga dengan nilai akademik kita apa adanya. Jika memang kurang bagus, berarti harus belajar lebih giat,” urainya panjang lebar. Cewek berzodiak leo ini sebenarnya ingin mengikuti organisasi di sekolah, tapi menurutnya untuk masuk ke dalam organisasi bukanlah hal yang mudah. “Karena susah, jadi ya aku lebih memilih bikin kelompok sendiri, hehe” tutur siswi kelas X tersebut. Sedangkan Aprilia Vierina siswi kelas IX SMPN 5 Malang menganggap dua

“Kalau menurutku sendiri, nilai akademik itu penting ya. Soalnya kalau kita mau masuk SMA favorit, yang dilihat nilai akademik kita, bukan dari organisasi. Ya kalau aku lihatnya memang lebih penting masalah akademik dari pada yang berhubungan dengan organisasi, tapi buka berarti organisasi nggak penting. Kalau ada orang yang bisa unggul di keduanya, berarti anaknya keren.”(*/han)

Dua-duanya Penting

hal itu sama penting. Bagi April, jika nilai akademis buruk maka keaktifan di organisasi bisa menunjang nilai tersebut. “Kalau menurutku sih ya penting dua-duanya, soalnya kadang ada juga yang menilai dari keaktifan di organisasi, jadi ya lumayan kalau aktif di organisasi bisa sedikit menunjang nilai akademik kita,” tutur cewek berbadan tinggi ini. Namun ia juga menambahkan, terkadang kegiatan ekskul sedikit mengganggu nilai akademis. “Aku punya pengalaman waktu dulu kelas VIII ikut marching band, aku ngerasa itu lumayan mengganggu jam belajarku, soalnya musti latihan marching band sampai sore. Tapi tergantung ekskulnya apa juga sih, hehe” tuturnya.(*/han)

Jangan Tinggalkan Salah Satunya diri sesuai dengan tempatnya. “Kita jangan sampai meninggalkan organisasi ataupun keteteran di nilai akademik, karena kedua-duanya memberikan pembelajaran tersendiri, kita diajarkan untuk bisa menempatkan diri ketika berinteraksi di organisasi, maupun berprestasi di akademik,” tutur siswi yang aktif di grup nasyid tersebut. Cewek yang juga aktif dalam OSIS Asrama MAN 3 ini juga mengakui, dirinya mengikuti beberapa kegiatan organisasi di sekolah dan ia pun masih bisa untuk menstabilkan nilai akademiknya. “Aku sendiri memang lagi aktif di beberapa kegiatan organisasi, aku aktif di OSIS sekolah dan OSIS asrama, aku juga aktif dalam grup nasyid dan grup tahfidz. Alhamdulillah, nilaiku

“Kalau ditanya manakah yang paling penting antara nilai akademis dengan aktif organisasi, saya lebih mementingkan nilai akademik,karena dari sini kita bisa tahu berkompeten dibidang manakah seorang siswa. Tapi dengan organisasi bisa menjadi tambahan soft skill seorang anak karena dari sinilah seorang anak belajar untuk lebih bersoEni Dian Handayani S.Pd sialisasi dan SMK Muhammadiyah 2 Malang berkomuAdministrasi perkantorannikasi dengan orang-orang disekitarnya. Dan anak yang biasanya aktif di organisasi memiliki kelebihan tersendiri dari pada teman-temannya, mereka lebih memiliki keberanian untuk tampil didepan umum. Dan anak yang aktif berorganisasi harus pinta dalam membagi waktu mereka, antara waktu belajar dan waktu untuk kegiatan yang mereka ikuti”.

MTs Surya Buana

Teks: Nur Alin Saidah/M-Teens Malang Post

Azkia Rahmah siswi MAN 3 Malang mengatakan nilai akademik dan organisasi sangatlah penting untuk prestasi, tapi yang terpenting adalah cara untuk mendapatkan nilai tersebut dengan jalan jujur. “Kalau menurutku organisasi dan nilai akademik sama pentingnya, tapi yang lebih penting cara mendapatkan nilai atau prestasi tersebut dengan cara jujur, yang mana hasil yang kita dapatkan adalah 100% dari diri sendiri. Toh kalaupun gak jujur, nilainya kan beda di mata Tuhan,” ujar siswi berkerudung ini. Siswi yang aktif di OSIS ini juga berpesan agar tidak meninggalkan salah satu dari akademik maupun aktif organisasi, karena kedua komponen ini saling terkait satu sama lain, dimana seseorang akan belajar untuk bisa menempatkan

Masing-Masing memiliki Kelebihan

Sani Alwan Al-laudin

Saling Mendukung Satu Sama Lain aku bisa mengenal beragam karakter di sini, bertemu dengan banyak teman dari luar kelas, jadi networking semakin luas,” ungkapnya. Siswi kelas XI ini mengatakan, ia mengagumi siswa yang bisa aktif di organisasi dengan konsisten. Mereka tidak hanya keren, namun juga pintar dalam berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lain. Di sisi lain, Yangsa Adha Kamila siswi MAN 3 Malang menyatakan, meski dirinya sangat menjunjung tinggi nilai akademik, ada satu pedoman yang tetap ia pegang. Yaitu, harus mendapatkannya dengan jujur. “Percuma saja kalau nilai kita bagus, tapi ternyata bukan karena hasil dari usaha sendiri. Itu namanya penipuan. Akibat buruknya mungkin tidak akan kita

KATA GURU

Bekal Masuk SMA Favorit

Sama Penting, Bagi beberapa sobat M-Teens, nilai akademik bukanlah satu-satunya hal yang terpenting untuk selalu diraih, tapi organisasi juga sangat dibutuhkan. Cukup banyak lho sobat M-Teens yang berpikiran bahwa aktif di organisasi ataupun berprestasi di akademik bisa menjadi bekal sukses dan mudah masuk ke sekolah ataupun universitas yang dikehendaki. Hal ini disampaikan oleh Laras Intan siswi SMAN 5 Malang. Cewek berkulit sawo matang ini memang lebih memilih untuk berprestasi dalam masalah akademik untuk bisa masuk ke universitas yang ia inginkan. “Menurutku organisasi dan akademik itu penting, cuma aku lebih memilih akademik buat bisa masuk universitas yang aku pengin. Organisasi mengajarkan banyak hal,

11

masih stabil aja sampai sekarang,” ujar cewek penyuka warna biru tersebut. Ia menambahkan, dari organisasi tidak hanya memikirkan kegiatankegiatan yang akan diadakan, tetapi juga ia manfaatkan untuk bertanya tentang pelajaran yang masih belum ia kuasai pada kakak kelasnya maupun temannya. “Ada manfaat lain juga sih kalau aktif di organisasi, aku gak cuma mikirin masalah kegiatan, tapi juga aku manfaatin untuk bertanya sama kakak kelas atau teman tentang pelajaran yang kurang aku paham, kan kadang ada kakak kelas atau teman yang memang ahli dalam pelajaran yang kurang aku pahami itu, jadi banyak juga manfaatnya sekalian nambah kenalan,” tuturnya.(*/han)

“Organisasi dan nilai akademik itu penting semua. Buat berhasil nanti kita nggak cuma butuh dari nilai akademik aja, tapi juga dari keaktifan kita dalam berorganisasi. Nilai akademik itu memang penting supaya kita bisa milih Perguruan Tinggi yang kita inginkan, sedangkan keaktifan kita di organisasi juga sangat penting, karena dari sana kita memiliki banyak kenalan Zakia Hafsari yang suatu waktu SMAN 5 Malang kita butuhkan. Dari organisasi juga kita bisa belajar untuk bersosialisasi dengan sekitar kita.”(*/han)

Bikin Bangga Ortu “Kalau ditanya penting yang mana, ya aku lebih milih prestasi akademik dari pada aktif di organisasi. Soalnya prestasi yang akademik bisa bikin orang tua bangga, ada bukti nyata kalau kita memiliki prestasi, tapi di luar nilai akademik juga lumayan penting juga sich, buat tambahan kegiatan. Aku dulu pernah punya pengalaman menang lomba baca Alquran, nah dari sana aku tau kalau Ervina Novita orang tuaku senang SMP Muhammadiyah dan bangga melihat aku menang. Tapi aku sendiri gak pernah dapat rangking di kelas, hehe.”(*/han) REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: ABDEE


12

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

SMPK FRATERAN CELAKET 21

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

KKN STIE Kertanegara Gelar Layanan Kesehatan di Tasikmadu

Support ITN, APTISI Gelar Pertemuan

Rujuk ke Rumah Sakit hingga Bantu Pengurusan Jamkesda

LAILI SALIMAH/MALANG POST

ASRI: Kepala SMPK Frateran Celaket 21, Markus Basuki S Pd, M Pd, menunjukkan tong-tong pengolahan sampah organik menjadi kompos dan pupuk cair yang dikelola oleh siswanya.

Hidupkan Adiwiyata Mandiri untuk Pembelajaran MALANG – Ada atau tidaknya program adiwiyata dari pemerintah tidak menyurutkan komitmen SMPK Frateran Celaket 21 untuk terus menggencarkan seluruh warga sekolah dalam program lingkungan hidup. Sekolah yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto tersebut bahkan menyertakan pendidikan lingkungan hidup sebagai bagian dari kurikulum dan menjadikannya ikon sekolah. Hal ini disampaikan oleh Kepala SMPK Frateran Celaket 21, Markus Basuki S Pd, M Pd, kepada Malang Post kemarin (18/12). “Konsep awal Adiwiyata di sekolah kami ialah mengangkat lingkungan sebagai bagian dari pembelajaran. Kami menyebutnya Adiwiyata mandiri. Jadi saat kami ditunjuk untuk mewakili Kota Malang sudah tidak kaget dan dapat berjalan seperti biasa,” tutur pria berkacamata itu. Lebih lanjut Markus mengungkapkan, untuk menggolkan program tersebut, ia memberlakukan sejumlah pembiasaan untuk siswa. Misalnya kegiatan bakti lingkungan hidup yang dilaksanakan setiap Senin. Dalam kegiatan tersebut, selama dua jam siswa merawat kebun dan lingkungan sekitar kelas masing-masing. Selain kebun kelas, SMPK Frateran Celaket 21 juga memiliki kebun sekolah yang secara khusus dikelola oleh kelompok bakat dan minat Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). “Jadi, selain PLH yang termasuk dari kurikulum di dalam kelas, kami juga punya kelompok bakat dan minat yang kegiatannya terjun langsung ke lapangan untuk menhijaukan sekolah,” terang Markus. Kelompok PLH ini, menurut penjelasan Markus, juga bertugas untuk mengelola pengolahan sampah. Untuk sampah non organik, siswa memanfaatkannya sebagai bahan prakarya daur ulang. Sedangkan sampah organik yang terkumpul diproses dalam tong-tong besar yang selanjutnya dijadikan kompos. Kompos tersebut digunakan untuk menyuburkan bibit-bibit tanaman yang juga tumbuh subur di lahan sekolah. “Bibit mahoni yang kami punya sudah pernah kami kirimkan ke Kota Batu untuk membantu program penghijauan. Ada juga pembibitan buah-buahan yang sering ditemui hingga yang langka seperti matoa, leci, dan juwet putih,” ujar pria ramah tersebut. Pada 2014 mendatang, Markus masih mencanangkan beberapa langkah lain yang akan ditempuhnya. Salah satunya ialah pembuatan sumur resapan untuk menampung air hujan supaya tidak menggenangi jalan raya dan penambahan biopori di halaman sekolah. “Saat ini, sekolah kami memiliki sekitar 20 biopori dan akan menambah di paving depan. Sedangkan rencana pembuatan sumur resapan juga tetap kami perjuangkan,” tandasnya. Terbenturnya sumber daya manusia dikatakan Markus menjadi kendala utama realisasi rencananya. Ia mengaku tidak ingin menambah kesibukan guru yang sudah memiliki lima hari kerja yang padat. “Kami merencanakan untuk menggandeng pihak lain untuk bekerja sama, misalnya Jasa Tirta dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang agar misi penghijauan kami tercapai,” pungkasnya. (ily/nda)

SDK KOLESE SANTO YUSUP 1

Tambah Porsi Matematika dan Bahasa Inggris MALANG – Jangan meragukan kemampuan siswa SDK Kolese Santo Yusup (Kosayu) 1 terkait mapel Matematika dan Bahasa Inggris. Pasalnya, dua mapel tadi adalah hal yang paling menonjol di antara pelajaran lain. Hal ini disampaikan oleh Kepala SDK Kosayu 1, Lucia Sigid S Pd, M Pd, kepada Malang Post. Menurut Lucy, sapaan akrab wanita berkulit putih tersebut, dua mapel tersebut adalah amanat ketua Yayasan Kolese Santo Yusup sendiri kepada semua lembaga pendidikan yang bernaung di bawahnya. “Kami hanya menaati dan mendidik siswa sebaik mungkin dengan dua mapel itu. Puji Tuhan, siswa kami menyambut baik kebijakan tersebut dengan belajar sungguh-sungguh,” tutur Lucy. Untuk menggenjot kemampuan berhitung dan bahasa Inggris siswa, sekolah tersebut juga memberlakukan jam pelajaran tambahan. Pada Senin dan Kamis seusai jam pelajaran, siswa mendapat materi tambahan khusus kedua mapel tersebut. Dalam hal ini, Lucy menyerahkan pendampingannya kepada kepala bagian (kabag) tersendiri. Koordinator mapel matematika, Anastasia Nanik Rianti S Pd, dan Fransisca Ika S Pd, koordinator mapel Bahasa Inggris, membeberkan trik keduanya sehingga siswa tidak merasa jenuh mempelajari kedua mapel tadi dengan porsi lebih banyak. “Kami menyampaikan materi dengan lagu-lagu, slide-slide menarik, dan game seru agar siswa tidak bosan. Untuk itu kami sebagai koordinator mapel itu harus sebanyak mungkin mencari sumber kreatif baik dalam hal metode maupun media belajarnya. Apalagi materi tambahan ini dilaksanakan pada siang hari seusai pelajaran sekolah,” terang Anastasia. Penuturan Anastasia diiyakan oleh Fransisca. Selain itu, ia juga tak jarang mengadakan pertunjukan drama dan puisi Bahasa Inggris dalam pelajaran tambahan. Media pembelajaran kreatif seperti mime puppet juga acapkali dimanfaatkan oleh wanita ayu tersebut untuk menarik minat siswa. Selanjutnya, agar lebih terarah Lucy juga berharap output SDK Kosayu 1 melanjutkan pendidikannya ke SMP yang berada di bawah naungan yayasan yang sama. Meski ia tak mengharuskan hal tersebut, namun menurut Lucy siswa yang melanjutkan di sekolah yang memiliki visi dan misi serta konsep pembelajaran yang linear akan lebih terarah. “Kesinambungan materi dalam kedua mapel itu akan berjalan dengan baik jika melanjutkan di yayasan yang sama,” imbuh Lucy. (ily/nda)

MALANG - Program KKN mahasiswa STIE Kertanegara Malang benar-benar menjadi berkah bagi warga Kelurahan Tasikmadu. Pasalnya tak hanya urusan program pemerintahan maupun pembenahan infrastruktur yang menjadi target program KKN mahasiswa. Lebih dari itu kemudahan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang acap kali sulit dinikmati kalangan warga tidak mampu, menjadikan para mahasiswa ini turun tangan membantu mereka yang membutuhkan. Seperti yang terjadi pada Kasmanu. Warga RT 3 RW 2 Kelurahan Tasikmadu ini telah lama mengalami stroke akibat beberapa penyakit kronis yang dialaminya. Sejak dua tahun lalu Kasmanu menderita sakit sumsum tulang belakang dan gangguan jantung yang mengakibatkan dirinya terbaring tak berdaya. Upaya dirawat di rumah sakit pun belum pernah dilakukan karena masalah biaya. Selama ini ia hanya bergantung pada istrinya yang bertindak sebagai tulang punggung keluarga yang berpendapatan Rp 15 ribu per hari. Tentu saja pendapatan sekecil itu tidak mencukupi keperluan keluarga, karena juga harus digunakan untuk pengobatan dirinya. Para mahasiswa pun tergerak untuk membantu pria berusia 61 tahun ini, untuk merujuknya ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan sebaik mungkin. Tak hanya itu, mareka

pun membantu dalam proses pengurusan Jamkesda yang mungkin bisa digunakan lain kali jika dibutuhkan. “Karena Jamsos punya beliau sudah lama, jadi sudah nggak berlaku. Makanya kami bantu sekalian membuat yang baru. Toh, prosesnya juga kan nggak lama,” ujar Diki Mahendra, Ketua Kelompok KKN Posko 1 kepada Malang Post. Upaya mahasiswa ini pun menunaikan hasil yang menggembirakan. Pasalnya setelah dilakukan perawatan beberapa hari di RSSA, kini Kasmanu sudah dapat dirawat di rumah sendiri dengan melakukan terapi sesuai anjuran dokter. Diki menambahkan apa yang telah mahasiswa lakukan merupakan tindakan untuk mempercepat proses pemeriksaan dan pengobatan warga yang sakit. Sebab jika tidak segera mendapatkan tindakan prefentif, dikhawatirkan akan bertambah parah. Apalagi sakitnya seperti yang dialami Kasmanu. “Apa yang dapat kami perbuat untuk warga ya kami lakukan semampu kami. Menurut kami hidup bersama itu harus diwarnai dengan saling membatu satu sama lain,” tuturnya. Pihak keluarga Kasmanu pun merasa senang terhadap apa yang telah diupayakan para mahasiswa KKN STIE Kertanegara ini. Kasmanu berharap para mahasiswa mendapat kesuksesan sesuai dengan cita-cita masing-masing.

13

MALANG - Dukungan terhadap kampus ITN Malang akan diberikan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Malang Raya Pasuruan. Rencananya Jumat (20/12) besok para pimpinan perguruan tinggi dari sekitar 40 kampus akan hadir di ITN Malang. ”Kami akan bertemu dan sharing di ITN Malang, sebenarnya ini agenda rutin tapi di antaranya akan membahas pula peristiwa yang terjadi di ITN,” ungkap Ketua APTISI Jatim, Prof. Dr. Suko Wiyono SH

Suko Wiyono

MH kepada Malang Post. Menurutnya selama ini informasi yang didapatkan terkait peristiwa meninggalnya mahasiswa baru dalam kegiatan pengenalan jurusan Planologi masih simpang siur. Sehingga para pimpinan perguruan tinggi bermaksud untuk melakukan komunikasi langsung dengan ITN Malang sehingga mendapatkan informasi yang jelas. ”Yang bisa kami lakukan adalah memberikan saran dan ikut memberikan

pemecahan, dan ini merupakan bentuk solidaritas sesama perguruan tinggi swasta,” bebernya. Terkait proses hukum yang sedang terjadi, menurut Suko, sebaiknya diserahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Aparat hukum tentunya sudah berpengalaman menangani kasus seperti yang terjadi di ITN Malang. Terpisah, Kasatreskrim Polres Malang KP Muhammad Aldy Sulaeman SIK, menjelaskan rangkaian pemeriksaan tengah dilakukan

kepolisian sejak Senin (16/12) lalu di Kampus ITN Malang. Setelah menyelesaikan pemeriksaan terhadap 114 mahasiswa baru jurusan Planologi, kemarin dilanjutkan pemeriksaan terhadap 100 panitia. Menurut Aldy, informasi sementara yang didapatkan kepolisian dari maba adalah pengakuan sejumlah maba yang melihat dan mengalami tindakan kekerasan dalam kegiatan Kemah Bakti Desa (KBD) 9-12 Oktober di Pantai Goa Cina. ”Sebagian besar maba mengalami tindakan

fisik seperti merayap, jalan jongkok dan ada beberapa yang dipukul dan ditendang,” kata dia. Rektor ITN, Soeparno Djiwo MT dalam keterangannya mengakui ada beberapa aturan yang dilanggar panitia dalam pelaksanaan KBD di jurusan Planologi. Diantaranya terkait jarak kegiatan dari kampus dan juga lama waktu pelaksanaan. Seharusnya sesuai aturan rektor, kegiatan hanya boleh dilaksanakan dua hari namun pada kenyataannya sampai empat hari. (oci/nda)

KUNJUNGAN REDAKSI

IST/MALANG POST

BERKAH: Kamanu saat mendapatkan perawatan di RSSA didampingi para mahasiswa KKN STIE Kertanegara. “Tak ada yang dapat kami berikan, masyarakat merasa terbantu. Baik dalam selain ucapan terimakasih yang tak ter- bidang perekonomian, program kehingga. Semoga kalian semua sukses,” masyarakatan maupun hal-hal lain terkait ucap Kasmanu kepada para mahasiswa dengan kehidupan sosial. sembari menangis karena terharu. “Jadi tak hanya dalam satu bidang Secara terpisah Ketua STIE Kertane- saja, upaya-upaya dalam membantu gara, Drs. Ribut Harianto, MM mengata- warga untuk meningkatkan taraf hidup kan bahwa pihaknya selalu menegaskan mereka hendaknya dapat dilakukan, kepada para mahasiswa untuk secara sebab program KKN ini juga menjadi optimal melaksanakan tugas akademis. ajang silaturahmi antara kampus denProgram KKN yang telah direncana- gan masyarakat,” ujar pria yang juga kan sebelumnya, hendaknya menjadi Caleg DPRD Dapil Lowokwaru Kota sebuah agenda yang dapat menjadikan Malang ini. (imm/sir/nda) RIZAL FANANY/MALANG POST

PROSES JURNALISTIK: Sekitar 30 siswa SMA PGRI 01 Kromengan Kabupaten Malang, kemarin sore melakukan kunjungan ke kantor redaksi Malang Post, di Jalan Sriwijaya 1-9 Malang. Mereka menimba ilmu tentang proses produksi jurnalistik yang disampaikan Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana. Selain itu, mereka juga melihat langsung proses lay out halaman.

Dilantik, Dokter Cilik MI Khadijah

SIAP BERTUGAS MALANG - Sebanyak 19 siswa MI Khadijah dilantik menjadi dokter cilik pada Selasa (17/12) lalu. Bertempat di Masjid Khadijah Jalan Arjuno, pelantikan ini disaksikan oleh para wali siswa dengan harapan para dokter cilik ini dapat menjalankan tugasnya di madrasah. Keberadaan ‘dokter’ ini diharapkan dapat membantu menjalankan program layanan kesehatan di UKS. Penanggungjawab MoU MI Khadijah Drs. H. Deddy Hernanto mengungkapkan gagasan dibentuknya dokter cilik bermula dari layanan UKS madrasah yang selama ini dinilai kurang optimal. Padahal bidang ini sangat penting ditingkatkan mengingat kesehatan siswa sangatlah berarti. Apalagi didukung oleh Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang memiliki hubungan yang sangat baik dengan pihak madrasah. “Kesempatan itulah yang kita manfaat dengan baik, agar menjadi program madrasah yang memberikan manfaat buat semuanya,” ujarnya. Dalam kesempatan yang sama Kepala MI Khadijah Drs. H. Khusnul Fathoni, M.Ag mengatakan dalam membentuk tim dokter cilik ini pihaknya tidak mainmain. Oleh karena itu para anggotanya pun diseleksi sedemikian rupa demi memperolah kader yang berkualitas. Awalnya seleksi dilakukan oleh setiap wali kelas sehingga tiap kelas memiliki masing-masing delegasi, yang nantinya diseleksi langsung oleh para dokter dari Fakultas Kedokteran Brawijaya. Tes seleksinya meliputi kemampuan siswa dalam bidang akademik secara umum, hingga akhirnya diperoleh 19 siswa yang layak menjadi anggota. “Mereka yang lolos seleksi harus memiliki IQ dan skill yang bagus, komitmen terhadap hasil pelatihan serta bertangungjawab terhadap tugasnya,” jelas Fathoni, sapaanya.

IST/MALANG POST

Laboratorium Perbankan Unmer

Fasilitas Lengkap, Ditunjuk Jadi Tempat Uji Kompetensi MALANG - Program Diploma Keuangan dan Perbankan Unmer (Unmer) Malang dilirik sejumlah perguruan tinggi Islam. Baru-baru ini, UIN Malang memanfaatkan fasilitas lab perbankan milik Unmer sebagai lokasi praktek mahasiswanya. Selain itu Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Kediri juga akan melakukan penjajakan kerjasama pemanfaatan fasilitas lab perbankan tersebut. ”Fasilitas lab perbankan yang ada di Unmer Malang memang boleh dimanfaatkan siapa saja, termasuk perguruan tinggi di luar,” ungkap Kepala Program

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

SELAMAT BERTUGAS: Para Dokter Cilik MI Khadijah saat disematkan Pin oleh salah seorang dokter dari Fakultas Kedokteran UB, disaksikan Drs. H. Khusnul Fathoni, M.Ag. Tujuan lain terbentuknya dokter cilik MI Khadijah, dituturkannya sebagai upaya mengaktifkan kembali UKS madrasah bekerjasama dengan pihak Fakultas Kedokteran UB dan RSSA. Dan rencananya pengelolaan UKS akan langsung ditangani oleh dokter umum dan dokter gigi dari kampus ternama tersebut. Dengan demikian nantinya akan ada program bimbingan konseling, cek kesehatan dan sebagainya. Di sisi lain Fathoni menambahkan

terbentuknya dokter cilik akan memotivasi mereka, karena hal ini berkaitan dengan pengembangan mutu. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan memacu semangat siswa untuk menjadi dokter yang sebenarnya. “Anggota terbaik kita canangkan menjadi duta UKS, baik ke tingkat provinsi maupun nasional. Karena siswa kita dulu pernah menjadi harapan 1 tingkat provinsi,” ungkapnya dengan penuh optimis. Adapun tugas dari dokter cilik itu sendiri

anatara lain mengikuti pelatihan secara periodik. Dengan harapan akan dapat langsung menangani temannya yang mengalami gangguan kesehatan. Untuk mendukung hal ini UKS sendiri akan dilengakapi dengan obat-obatan yang kiranya dibutuhkan dalam proses penyembuhan. “Kalau sudah berjalan maksimal, kita akan coba sosialisasikan ke sekolah lain untuk mengikuti pelatihan kesehatan sehingga MI Khadijah menjadi central pelatihan dokter cilik,” pungkasnya. (imm/sir/nda)

Pilih Foto Menggugah Hati, Terima Job Acara Keluarga

Saat dijumpai di kelasnya kemarin, Yeremia menunjukkan salah satu hasil jepretannya kepada Malang Post. Foto tersebut memperlihatkan seorang satpam sekolah yang menyeberangkan belasan siswa SD di jalan raya. Tampak sebagai latar belakangnya, sebuah truk nyaris menabrak si satpam yang berada di barisan paling depan. “Banyak yang menilai, fotografer hanya lihai menjepret panorama alam

Blacklist 40 SMA di Jalur Undangan

PRAKTEK: Mahasiswa Program Diploma Keuangan dan Perbankan Unmer Malang sedang praktek di lab perbankan milik kampus.

Fotografer Muda SMAN 2 Malang, Yeremia Wijaya Kurniawan Sutedja

Pekerjaan-pekerjaan yang kerap dianggap remeh namun sebetulnya sangat berjasa bagi masyarakat, menjadi objek utama fotografer muda kebanggaan SMAN 2 Malang, Yeremia Wijaya Kurniawan Sutedja. Yeremia bukannya tidak tertarik pada landscape Malang Raya yang memukau. Namun, siswa kelas X IPA 1ini memilih jalan lain. Ia mengaku ingin menyumbangkan skillnya untuk kemanusiaan.

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

dan perempuan. Sebetulnya tidak begitu. Dengan keahliannya, fotografer dapat menggugah masyarakat untuk lebih humanis dengan foto-toto yang menyentuh,” tutur Yeremia. Yeremia mengawali kegiatan fotografinya pada usia yang sangat muda, yaitu 12 tahun. Saat itu ia masih berstatus sebagai siswa kelas VII SMPN 18 Malang dan masih awam terhadap klub-klub fotografi di luar sekolah. Namun berbekal semangat yang kuat ia mulai mengasah kemampuannya secara otodidak dengan dibantu materi-materi yang diambilnya dari internet. “Dibanding buku, internet menyumbang lebih banyak kepada saya sejak awal mula saya belajar fotografi,” tutur Yeremia. Foto yang ditunjukkan Jeremiya kepada Malang Post, meraih juara I pada event Art Phenomenon 23 November lalu, Dengan prestasi tersebut, Yeremia mengaku terus ingin melanjutkan hobi dan potensinya di bidang fotografi dengan mengikuti event-event serupa.

Saat ini, di tengah kesibukan sekolah yang tidak bisa dikesampingkan, Yeremia juga sering kali diminta untuk menjadi fotografer di event-event tertentu. “Paling sering ya acara-acara keluarga di mana mereka tidak ingin melewatkan seorang anggota keluarganya untuk berfoto bersama. Jadi biasanya mereka meminta fotografer untuk membantu dokumentasinya,” terang siswa yang berulang tahun setiap 20 Februari ini. Selanjutnya Yeremia mengutarakan keinginannya untuk lebih banyak mengabadikan kegiatan-kegiatan sehari-hari di sekelilingnya. Menurutnya, hal-hal yang dipandang orang lain sebagai kejadian biasa, harus dapat ditawar menjadi hal yang mengesankan dengan kamera fotografer. “Misalnya foto satpam tadi, meski hal biasa, tapi dengan shoot dan angle yang baik, dapat menjadikannya tampak menarik dan menyentuh,” tandas Yeremia lantas mengakhiri pembicaraan. (ily/nda)

Diploma Keuangan dan Perbankan Unmer Malang, Drs. Sunardi. Sunardi menuturkan Unmer Malang memiliki fasilitas lab perbankan yang sangat lengkap. Sehingga kampus ini ditunjuk oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LKM Certif Jakarta sebagai salah satu Tempat Uji Kompetensi (TUK) karena memiliki sarana laboratorium perbankan yang lengkap. Khusus perguruan tinggi Islam, biasanya mereka tak hanya belajar perbankan konvensional saja. Tetapi juga perbankan syariah yang sekarang sedang didorong pertumbuhannya di

Indonesia. ”Pelatihan biasanya kami agendakan satu minggu, meliputi front office hingga back office,” bebernya. Menurut Sunardi kerjasama pelatihan perbankan juga sudah dilaksanakan dengan sejumlah perguruan tinggi lain, diantaranya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Kerjasama pelatihan yang telah terjalin sejak tahun 2009 ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa tentang sistem operasional keuangan perbankan. Selain UPN, kerjasama juga dilaksanakan dengan Universitas Atmajaya.

”Sebenarnya pelatihan ini tidak hanya dimanafatkan perguruan tinggi lain, tapi juga perbankan seperti Bank Prima, Surasari Utama dan beberapa yang lain,” bebernya. Sunardi membeberkan Program Diploma Keuangan dan Perbankan memiliki sejumlah program unggulan diantaranya pratikum Bank Mini I dan II dengan Sistem LAN yang melayani transaksi keuangan dan pembayaran biaya kuliah mahasiswa, pratikum bank Syariah, pratikum Pasar Modal, dan beberapa program lainnya. (oci/nda)

HMM Unisma

Servis Gratis 100 Kendaraan MALANG - Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Universitas Islam (Unisma) Malang memberikan layanan servis gratis kepada masyarakat sekitar kampus. Layanan tersebut diberikan selama dua hari, 18-19 Desember di halaman kampus. ”Selama dua hari ini sekitar 50 kendaraan yang datang dan mendapatkan servis gratis,” ungkap salah satu panitia, Johansyah Raviko. Untuk melayani masyarakat yang datang, ada sekitar 25 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin yang disiagakan di bengkel sementara Unisma. Berbagai peralatan bengkel

pun diusung oleh mahasiswa. Dalam sekali layanan mereka bisa menyelesaikan sekitar 10 kendaraan roda dua. Satu kendaraan biasanya dikerjakan oleh dua hingga tiga orang. ”Kendaraan yang datang biasanya kami cek tune up, lampu dan kelistrikannya. Kalau ada yang ingin ganti oli baru menambah sendiri biaya beli oli,” kata dia. Karena layanan gratis yang diberikan mahasiswa, masyarakat antusias mengantre di sekitar bengkel dadakan tersebut. Bahkan sejak pagi sudah banyak yang antre meskipun layanan baru dibuka pukul 08.00

WIB. Pada sore hari mahasiswa mengakhiri layanan bengkel mereka pukul 16.00 WIB. ”Sejauh ini masyarakat puas dengan layanan kami dan belum ada yang komplain,” kata dia. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan HMM, dan biasanya tidak hanya dilakukan di kampus tapi juga langsung di masyarakat dan juga sekolah. Menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat untuk mengenalkan jurusan Teknik Mesin. Selain servis gratis, agenda lainnya adalah bakti sosial yang dilaksanakan dengan terjun langsung di masyarakat. (oci/nda)

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

GRATIS: Servis gratis oleh mahasiswa Unisma kepada masyarakat sekitar kampus.

MALANG - Universitas Brawijaya (UB) mencatat sebanyak 40 sekolah jenjang SMA yang masuk dalam daftar blacklist dan tidak bisa mendaftar ke UB. Sekolah-sekolah tersebut tidak bisa mengikuti pendaftaran jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 karena terbukti telah berbuat curang pada pendaftaran tahun lalu. ”Di UB ada 40 sekolah yang tahun lalu terbukti berbuat curang, sehingga tahun ini tidak boleh mendaftar pada jalur SNMPTN atau undangan,” ungkap Rektor UB, Prof. Dr. Ir Yogi Sugito kepada Malang Post. Secara nasional, lanjutnya panitia mencatat sebanyak 140 sekolah yang terbukti berbuat curang dan diblakclist sehingga tidak bisa mendaftar di jalur undangan. Adapun bentuk kecurangan itu adalah penggelembungan nilai rapot, dan prestasi akademik lain, yang dilakukan sekolah, maupun siswa. Kasus yang terjadi ada yang dilakukan sendiri oleh guru dan ada pula yang dilakukan oleh siswa. Seharusnya pada pendaftaran jalur undangan, nilai rapor yang dimasukkan kedalam pangkalan data siswa sekolah (PDSS) hanya bisa dilakukan oleh kepala sekolah. Tapi faktanya banyak sekolah yang menyerahkan kepada siswanya sendiri yang kemudian mencoba mengubah nilai rapor mereka. ”Kami prihatin sekali dengan praktek kecurangan yang terjadi ini, karena itu sebagai hukumannya tahun ini sekolah yang terbukti curang tidak bisa mendaftar di jalur SNMPTN,” kata dia. Dari 40 sekolah yang terekam di UB, menurut Yogi tidak ada yang berasal dari Malang Raya. Meski demikian ia berharap semua sekolah memantau proses upload data PDSS sebagai syarat mendaftar jalur undangan. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya. SNMPTN 2014 akan diikuti siswa lulusan SMA/SMK yang berasal dari 14 ribu sekolah di seluruh tanah air. Mereka akan bersaing memperebutkan kursi di 63 PTN dengan total daya tampung sebesar 150 ribu. Jumlah tersebut masih akan ditambah lagi dengan kuota Bidikmisi sebesar 60 ribu. Sehingga total daya tampung untuk di PTN sekitar 210 ribu. Tahun 2014, SNMPTN memiliki kuota minimal 50 persen dari total kuota daya tampung setiap PTN atau program studi. Sama seperti tahun sebelumnya, SNMPTN 2014 juga memberikan kesempatan khusus kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melalui Program Bidikmisi, serta calon mahasiswa dari daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Jadwal SNMPTN 2014 dimulai dengan pengisian PDSS pada 6 Januari-6 Maret 2014. Kemudian pendaftaran dibuka pada tanggal 17 Februari hingga 31 Maret 2014. Usai pendaftaran, proses seleksi dilakukan pada tanggal 1 April sampai 26 Mei 2014. Lalu pengumuman kelulusan bisa dilihat pada tanggal 27 Mei 2014. Setelah itu, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 17 Juni 2014 di PTN masing-masing. SNMPTN merupakan salah satu bentuk jalur penerimaan non tertulis, yang didasarkan pada prestasi-prestasi akademik siswa. Tahun 2014, daya tampung SNMPTN adalah sebesar 150 ribu untuk 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di Indonesia. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun lalu, yaitu daya tampung 140 ribu untuk 61 PTN. (oci/nda)

Penetapan Kelulusan SNMPTN 2014

Perbandingan Rapor dan Hasil UN Tidak Sistem Persentase

LAILI SALIMAH/MALANG POST

HUMANIS: Fotografer muda kebanggaan SMAN 2 Malang, Yeremia Wijaya Kurniawan Sutedja, ingin menggugah hati masyarakat dengan foto-foto karyanya.

JAKARTA - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) belum kompak terkiat pengawinan nilai rapor dan hasil ujian nasional (UN) untuk kelulusan SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) 2014. Dalam pertemuan sejumlah rektor di Jogjakarta akhir pekan lalu, belum ada keputusan bulat soal posisi nilai UN dalam kelusan masuk PTN. Sebelumnya berhembus kabar bahwa pertemuan rektor PTN di Jogjakarta itu untuk membahas posisi nilai UN sebagai pertimbangan kelulusan SNMPTN 2014 nanti. Tetapi Rektor Institut Teknolgi Bandung (ITB) Akhmaloka yang mengiktui acara itu mengatakan, pertemuan belum mengarah

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

pada penetapan posisi hasil UN. “Sesuai dengan arahan Mendikbud (Mohammad Nuh, red), silahkan masingmasing PTN menggunakan nilai hasil UN untuk penetapan kelulusan SNMPTN,” ujar Akhmaloka kemarin. Dia menegaskan sampai saat ini masingmasing PTN memiliki ancang-ancang sistem sendiri-sendiri untuk menggunakan nilai rapor itu. Akhmaloka mencontohkan, di ITB kemungkinan akan menggunakan nilai UN sebagai saringan awal calon mahasiswa yang bakal diterima di kampus itu. “Misalnya, kita hanya menerima pelamar SNMPTN yang mendapatkan minimal rata-rata nilai UN 8.

Berarti yang tidak sampai rata-rata itu akan gugur otomatis,” paparnya. Dengan sistem tersebut, Akhmaloka mengatakan jumlah pelamar yang memenuhi ambang batas bisa lebih besar ketimbang daya tampung mahasiswa baru. “Sebab seperti tahun-tahun sebelumnya, nilai UN itu bagus-bagus. Nilainya banyak yang sembilan-sembilan,” kata dia. Untuk itu sistem tadi membutuhkan saringan tambahan. Nah saringan ini bisa menggunakan peringkat rekam jejak (track record) alumni sekolah bersangkutan. Atau juga melihat indeks hasil UN untuk daerahdaerah tertentu. Menurut Akhmaloka, indeks

nilai sembilan hasil UN di daerah A belum tentu sama dengan daerah B. Sementara posisi nilai rapor dipakai untuk mengetahui rekam jejak selama siswa itu sekolah di jenjang pendidikan menengah (SMA/sederajat). “Kami di ITB ingin mendapatkan mahasiswa yang konsisten berprestasi mulai dari semester awal hingga akhir,” paparnya. Melalui skema tadi, Akhmaloka menuturkan penggabungan nilai rapor, hasil UN, dan pretasi lainnya dalam kelulusan SNMPTN tidak melalui pendekatan persentase. Misalnya masingmasing aspek itu berbobot 33,3 persen. Akhmaloka mengatakan akhir pekan ini

akan digelar lagi pertemuan para rektor yang tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Bandung. Dalam pertemuan itu, juga belum disebutkan apakah harus memutuskan kesepakatan teknis penggunaan nilai uans dalam kelulusan SNMPTN 2014 nanti. Untuk diketahui, penetapan kelulusan SNMPTN 2013 sejatinya sudah mempertimbangkan hasil UN. Tetapi yang digunakan adalah kelulusan UN saja. Artinya yang dilihat oleh panitia SNMPTN 2013 adalah, siswa pelamar lulus UN atau tidak. Belum menjadikan nilai UN sebagai pertimbangan kelulusan SNMPTN. (wan/jpnn/nda)


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

14

Karyawan Bank Rentan Stres

Semua pekerjaan pasti memiliki risiko masing-masing. Nah, menurut studi terbaru, pegawai perbankan lebih mungkin mendapat tekanan dalam hidupnya yang bisa berujung pada stres. Studi yang dilakukan UNI Global Union yang berbasis di Swiss menemukan lebih dari 80 persen perusahaan perbankan dan asuransi di 26 negara melaporkan memburuknya kesehatan sebagai masalah yang dialami pegawainya selama dua tahun terakhir. Mereka kini disebut bekerja dalam iklim ketakutan. Lebih dari setengah serikat pekerja di 16 negara di Eropa, empat di Asia, dan tiga di Afrika serta Amerika Latin, mengatakan anggotanya mengeluhkan kehidupan pribadi mereka yang berada di bawah tekanan cukup besar karena mereka memerangi krisis keuangan. Menurut Lynn Mackenzie, penulis laporan ‘Banking: The Human Crisis’, bankir sering disalahkan atas krisis keuangan global. Hal ini juga berdampak pada pegawai bank lain yang jabatannya lebih rendah. “Hampir setiap hari karyawan bank harus menghadapi nasabah yang marah yang hidupnya berantakan dan mereka menyalahkan bank. Studi ini merupakan salah satu penelitian yang melihat secara luas kesehatan bankir,” kata Mackenzie, seperti dilansir laman Reuters.

nyebabkan gangguan dan berkurangnya fokus pikiran. Untuk mengembalikan fokus anda, keluarkan stres dari tubuh anda dengan berolahraga secara kelompok. Berjalan keluar ruangan dan terkena sinar matahari akan membantu pelepasan serotonin tubuh untuk meningkatkan mood. Vitamin D bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Kenali Gejala Stres Seseorang yang tengah dilanda stres merasa cemas, gelisah dan cenderung ingin mengasup makanan yang tinggi gula. Tapi jangan salah, hal-hal yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari anda juga ada yang bisa menjadi gejala stres. Berikut ini beberapa hal yang lumrah terjadi sehari-hari dan tanpa disadari itu merupakan gejala bahwa anda tengah stres: 1. Nyeri Otot Rasa sakit atau nyeri di leher yang berkaitan dengan duduk berjam-jam di depan komputer benar-benar bisa menjadi gejala stres. “Stres pasti mempengaruhi sistem muskuloskeletal sehingga otot tegang, berkontraksi, dan bahkan kejang,” kata psikolog dan terapis fisik di Wexford, Pennsylvania, dan penulis A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness, Elizabeth Lombardo, PhD, MS, PT, seperti dilansir laman Woman’s Day, Selasa (17/12). Jika anda mengalami apa yang diyakini sebagai gejala otot yang

Show Selebriti

&

terkait dengan stres, cobalah ambil napas lima sampai sepuluh kali dan fokus pada relaksasi di daerah tubuh yang tegang. Coba beri pijatan lembut pada pangkal leher atau minta orang lain untuk menggosok bahu anda dengan cepat. 2. Menggigit Kuku Kondisi kuku yang berantakan atau kutikula yang sering digigiti bisa menjadi hasil dari kebiasaan saraf akibat stres. Menurut Debbie Mandel, MA, pakar kesehatan dan pengelolaan stres yang juga penulis Addicted to Stress: A Woman’s 7-Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life, kebiasaan grogi seperti menggigit kuku adalah bagaimana menyalurkan stres dengan mengalihkan diri yang disebut kepuasan oral. Menggigit kultikula dan kuku juga merupakan cara umum bagi wanita mengatasi perasaan stres dan cemas. “Coba ambil bola yang empuk dan remas bola itu untuk menyalurkan stres,” kata Mandel.

Show & Selebriti

Raffi Ahmad HADIAH MOBIL: Raffi baru saja membelikan Ford Laser putih untuk kado ultah sang bunda

3. Mengantuk Saat anda merasa lesu dan mengantuk, ini bisa jadi tanda anda sedang stres. Hormon stres menyebabkan melonjaknya hormon adrenalin dan kemudian menyebabkan kantuk. Stres juga bisa merusak kualitas tidur anda sehingga saat bangun tubuh terasa lelah dan mudah marah. “Solusinya, pergi tidur lebih awal atau sempatkan tidur siang selama 30 menit dan jangan merasa bersalah melakukan hal itu karena ada produktivitas dalam istirahat dan Anda bisa kembali fokus,” jelas Mandel.

Show & Selebriti

4. Pelupa “Penelitian menunjukkan bahwa stres kronis bisa mengecilkan ukuran hippocampus yang bertanggung jawab terhadap beberapa memori. Jaga fungsi otak dari stres dengan berolahraga. Misalnya berjalan kaki, naik tangga, atau menari,” kata Dr. Lombardo. Dengan begitu, otak anda akan lebih tajam dan membantu anda untuk lebih siap menghadapi stres di masa depan. 5. Bingung Menurut Mandel, stres bisa me-

Show & Selebriti

Show & Selebriti

“Hadiahnya dari Aa sekarang berupa benda. Mungkin nanti berupa cucu dari saya,” katanya mantap. Rencananya tahun depan, Amy akan menunaikan ibadah umroh. Ia juga mengajak serta Raffi. Namun, lantaran kesibukan kerja, Raffi tak bisa menemani. “Mama Januari ini berangkat umroh sama Nanaz (adik Raffi-red). Ingin ikut sih, tapi nyusul Februari,” ujarnya. Selama ibundanya menjalankan ibdah umroh, Raffi pun telah menitipkan doa. Ia minta didoakan segera mendapat jodoh. “Saya minta kesehatan, rezeki, jodoh. Itu saja sih. Yang penting didekatkan saja sama Allah,” kata Raffi. (viv/han)

6. Gigi Berlubang Menurut para ahli, stres bisa mengakibatkan anda mengasup lebih banyak makanan di siang atau malam hari. Hal inilah yang bisa memicu gigi berlubang. Kebiasaan seperti itu bisa mengikis dan merusak gigi serta membuatnya lebih rentan berlubang. Daripada mengunyah lebih banyak makanan, lebih baik tuliskan masalah anda di buku harian atau berbagilah dengan orang lain. 7. Ruam Kulit bisa jadi barometer yang cukup baik dari tingkat stres anda. Dr Lombardo mengatakan stres bisa menyebabkan ruam yang biasanya muncul berupa bintik merah atau gatal. Beberapa ahli percaya bahwa stres bisa merugikan bagi sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan hipamin yang menyebabkan gatal.

Show & Selebriti

“Lain kali jika merasa stres anda meningkat coba ambil napas dalam, taruh tangan tepat di atas pusar dan agak ditekan. Ambil lima sampai sepuluh kali tarikan napas,” kata dr Lombardo. 8. Mual Stres bisa mengganggu perut dan mual bisa jadi efek samping dari kekhawatiran. “Khawatir terhadap orang lain normal tapi jika berlebihan itu akan tidak sehat,” papar mandel. Jika mual akibat stres, coba atasi dengan merendam jari-jari anda dengan air hangat. Ini bisa mengurangi rasa mual anda. 9. Mata Kedutan Pada beberapa kasus, mata yang kedutan bisa dipicu oleh stres. Menurut Mandel, kondisi ini disebut dengan blepharospasm. Untuk mengatasinya bisa dengan mencoba menutup mata dan memvisualisasikan tempat paling membahagiakan. “Atau istirahatkan mata anda dari kacamata dan regangkan tiap 20 menit dengan melihat keluar jendela. Jika tidak punya pandangan maka tutup mata anda dan bayangkan beberapa pemandangan indah,” kata Mandel.(jpnn/han)

Show & Selebriti

Show & Selebriti

Pembatalan Perkawinan Asmirandah Dikabulkan Permohonan pembatalan pernikahan Asmirandah atas Jonas Rivano di Pengadilan Agama Depok akhirnya dikabulkan. Setelah lebih dari dua bulan menikah, Asmirandah yakin dirinya tidak dalam keadaan hamil. Hal tersebut diungkapkan kuasa hukumnya, Afdal Zikri saat ditemui di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Rabu (18/12/2013). Menurutnya, salah satu alasan pihaknya mengajukan pembatalan pernikahan karena keadaan Andah tidak tengah hamil. “Kalau Andah berbadan dua, saya tak akan mau mengajukan pembatalan ini,” katanya. Andah diakuinya kini berstatus sebagai single. Ia berharap tak ada lagi masalah yang terjadi baik dari Andah maupun Rivano. “Andah sangat kuat, tidak terlena oleh perasaan sentimentil. Dia kuat hadapi karena untuk mengakhiri semua sengketa baik sama pihak lain, atau Andah dengan Jonas,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini beredar kabar Andah sudah berpindha keyakinan. Terkait hal tersebut, Anton Zantman selaku ayah Asmirandah mengaku tak percaya jika sang buah hati berpindah keyakinan. Kalaupun kabar tersebut benar adanya, Anton mengatakan bahwa Asmirandah tetap buah hatinya yang sangat dicintai. “Jika Asmirandah pindah keyakinan dia tetap anakku,” tegasnya saat ditemui di kediamannya, Tanah Baru, Depok, Jawa Barat. Namun tetap saja kekecewaan yang ada di dalam hati tidak bisa tertutupi. Anton sudah kandung kecewa dengan ini semua. “Kita adalah korban tentu saja kita kecewa dengan semuanya ini,” katanya. Anton mengaku lebih mengenal siapa putrinya ketimbang orang lain. Ia akan memastikan kebenaran kabar tersebut terlebih dahulu.(jpnn/han)

Janji Beri Kado Cucu ke Ibu

Ibunda Raffi Ahmad, Amy Qanita baru-baru ini berulang tahun. Usianya genap 49 tahun. Sebagai anak, Raffi tak ketinggalan memberikan kejutan istimewa di hari bahagia sang ibu tercinta. Ia memberikan kado berupa mobil mewah, Ford Laser berwarna putih. Raffi berharap, ibunya bahagia dan bisa panjang umur. “Mudah-mudahan nanti bisa sampai ke usia 50 sampai terus,” kata Raffi saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk Jakarta, Rabu, 18 Desember 2013. Raffi pun menyatakan, untuk saat ini kado mewah itu yang bisa ia persembahkan untuk ibundanya. Namun saat ulang tahun Amy berikutnya, Raffi janji akan memberikan kado lebih spesial. Apakah itu?.

Ia menambahkan, manajer bank yang menempatkan tekanan pada stafnya untuk bisa mencapai target kerja dan penjualan yang ideal bisa saja menjadi masalah utama. Studi atas laporan ini muncul sehari setelah bankir senior di Inggris Hector Sants, kepala pelaksana di Barclays menandatangani cuti medis sampai akhir tahun karena stres. Direktur eksekutif Lloyds, Antonio Horta-Osorio juga mengambil cuti dua bulan di akhir 2011 seterah merasa kurang tidur dan kelelahan. Dua kematian yang dipublikasikan tahun ini juga menyoroti tekanan yang dihadapi pekerja di sektor keuangan. Stres diketahui sebagai masalah kesehatan utama yang dialami pegawai perbankan karena mereka khawatir kehilangan pekerjaan dan digantikan orang yang lebih muda, tidak bisa mencapai target penjualan, mendapat potongan gaji, dan harus menyelesaikan kerja tim dengan staf yang sedikit. “Tekanan potongan gaji dan target penjualan produk telah menciptakan iklim ketakutan pada pekerja dan mereka terlalu khawatir tentang pekerjaannya. Bahkan mereka enggan bicara atau mengakui mereka menderita secara mental,” pungkas Mackenzie.(jpnn/han)

BAGAIMANA KE DEPAN: Setelah status pernikahannya dengan Jonas Rivano dibatalkan, bagaimana hubungan Andah dan Jonas ke depan?

MIRIP: Universal Pictures dikabarkan sedang mendekati Cody Walker untuk menggantikan posisi sang kakak di Fast & Furious 7

Peran Paul Walker Digantikan Adiknya Paul Walker baru menjalani separuh adegan di Fast and Furious 7. Namun, karena Paul tewas kecelakaan beberapa waktu lalu, studio mencari solusi untuk kelanjutan karakternya di Fast and Furious 7. Studio dikabarkan akan mendapuk adik Paul, Cody Walker, untuk menggantikannya di adegan terakhir Fast and Furious 7. Namun, Universal Pictures belum mengonfirmasi kabar tersebut. “Produser langsung mengadakan rapat setelah kematian Paul,” ujar salah seorang sumber dalam studio. “Mereka menyadari kalau mereka membutuhkan seseorang yang mirip dengan Paul untuk menyelesaikan film ini dan saat itulah mereka mendekati adiknya yang mirip dengan Paul, Cody,” sambungnya, seperti dikutip dari Hollywoodlife. Rencananya, Cody akan syuting adegan terakhir Paul dan diambil gambarnya dari jauh. Setelah itu, studio akan memperhalus perbedaan fisik mereka dengan

teknologi CGI. Namun, rencana tersebut masih belum diwujudkan. Pasalnya, pihak keluarga maupun pihak produksi masih berduka atas kematian Paul. “Mereka akan mengambil gambar Cody dari belakang dan dari jauh. Kalau butuh gambar wajah secara close-up mereka bisa mengubahnya dengan teknologi CGI,” jelasnya. “Kalaupun Cody setuju dengan rencana ini, itu semua hanya karena ia ingin memberikan penghormatan terakhir untuk Paul. Masih ada banyak detail lainnya yang harus dikerjakan, tapi untuk saat ini keluarga, kru dan para pemain masih berduka,” lanjutnya. Sekadar diketahui, Cody (25) juga pernah bekerja sebagai stuntman film. Selain akan mendapuk Cody, Universal juga bekerja sama dengan keluarga Paul untuk mendiskusikan akhir kisah karakter Paul Walker dalam film yang diarahkan James Wan itu. Fast and Furious 7 rencananya dirilis pada 2014.(ok/han) REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: ABDEE


KOTA WISATA

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

15

Rencana Pembangunan Pasar Tetap Jalan

GUEST GESANG/MALANG POST

INTERNASIONAL: Berubahnya status Bandara Abd Saleh menjadi bandara internasional akan memacu kunjungan wisata internasional ke Kota Batu dan Malang Raya.

Pacu Destinasi Wisata Internasional Maskapai Singapura Siap Mendarat di Abd Saleh BATU–Maskapai dari Malaysia dan Singapura sudah mempersiapkan diri untuk mendarat di Bandara Abd Saleh, Malang begitu statusnya sudah menjadi Bandara Internasional. Peningkatan status bandara itu sendiri, sangat menguntungkan posisi Kota Batu, yang jauh hari sudah membuat kemasan destinasi wisata internasional. Hal tersebut diungkapkan

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko kemarin. Pihaknya sangat mendukung perubahan status Bandara Abd Saleh Malang dari domestik menjadi internasional. ‘’Ya, hari ini’(kemarin) ada penandatanganan MoU soal perubahan status Bandara Abd Saleh menjadi Bandara Internasional di Jakarta. Peningkatan status itu sendiri, sangat menguntungkan kota kita sebagai tujuan wisata,’’

ungkap Eddy Rumpoko kepada Malang Post, kemarin. Jika bandara tersebut berstatus internasional, maka maskapai dari luar negeri bisa langsung mendarat di Abd Saleh. Begitu juga pesawat dari Malang, bisa melakukan perjalanan tujuan langsung luar negeri. Penerbangan langsung dari luar negeri itu, memungkinkan membawa penumpang atau wisatawan

asing ke Kota Batu. Apalagi perjalanan dari Abd Saleh ke Kota Batu, cukup membutuhkan sekitar satu jam. Hal itu berbeda jika mereka harus mendarat di Bandara Juanda Surabaya membutuhkan waktu sekitar tiga jam, belum lagi bila terhalang kemacetan. Selain maskapai tujuan luar negeri, maskapai lain akan semakin banyak membuka rute ke

Malang. Misalnya rute MalangBalikpapan, Malang-Makassar, Malang-Denpasar atau MalangJogjakarta bisa lebih dikembangkan. Banyaknya penerbangan domestik itu, juga bisa membantu mendatangkan wisatawan lokal. Menurutnya, Pemkot Batu juga sudah membantu memberikan anggaran untuk perbaikan sarana Bandara Abd Saleh. (feb/lyo)

Lihat Lukisan Dirinya, ER Tersenyum BATU - Sebuah stan Batu Shinning Product Expo yang berlangsung lima hari sejak Rabu kemarin, terlihat menyita perhatian pengunjung Pusat Oleh-Oleh Brawijaya Jalan Diponegoro. Yakni, stand kaligrafi yang pelukisnya sempat grogi ketika ditantang membuat karya secara langsung. Namun demikian, dia tetap menggerakkan kuas sambil sesekali memilih warna yang pas untuk corak lukisannya. Apalagi yang sedang dia lukis, adalah sepasang suami istri yang mengenakan busana batik khas kota ini. Dia berusaha hati-hati, karena obyek di hadapannya itu adalah Eddy Rumpoko dan Dewanti Rumpoko. Ketika seniman itu memulai menggambar wajah Dewanti, Ketua PKK Kota Batu, itu sambil tertawa sempat berpesan agar dilukis bagus.

Kemudian, sang seniman beralih melukis wajah Eddy Rumpoko. Kepada Malang Post, Aris sang pelukis itu mengaku membutuhkan waktu dua jam untuk melukis walikota bersama istrinya, dengan menggunakan cat minyak.”Yang jelas, saya beruntung sekali dapat mengikuti pameran UKM ini apalagi bisa berkesempatan melukis Pak Eddy dan Bu Dewanti,” ungkap Aris, warga Dusun Areng-areng, Kelurahan Dadaprejo ini. Stand centra kaligrafi itu, juga memajang karya-karya kaligrafi indah, yang kemarin langsung laku beberapa buah. Dalam pameran produk usaha itu, juga ada stand kerajinan tangan, batik ragam corak, serta produk sari apel Brosem, Ramayana, stand olahan susu Milk Story, dan produk-produk madu kota ini. (mik/lyo)

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

Pemkot Bagi-bagi Modal PKL-UKM Sambungan dari hal 16 Nilai bantuan permodalan, antara Rp 10 juta hingga Rp 800 juta. Hanya saja bantuan itu, tidak semuanya bersifat hibah seperti bantuan modal kepada 375 PKL. Sebaliknya, bantuan bersifat pinjaman lunak alias wajib dikembalikan dengan bunga ringan. Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengingatkan untuk tidak memotong sepeserpun bantuan tersebut. Harapannya, bantuan bisa digunakan menambah modal untuk memperbaki usaha masing-masing. ‘’Bantuan ini harus untuk usaha, bukan untuk membeli HP,’’ungkap ER, sapaan akrabnya yang disambut tepuk tangan yang hadir. Menurutnya, Pemkot juga terus memberikan bantuanbantuan sekaligus menata PKL. Saat ini, PKL sudah mendapatkan bantuan modal maupun tanda anggota. Ke depan, tenda-tenda tempat usaha mereka bakal diseragamkan plus mendapat pembinaan pelayanan kepada pembeli. ‘’Usaha dengan baik, rapi indah merupakan modal berharga. Di Kota Batu ini, pedagang harus memiliki penampilan menarik, jangan acak-acakan. Selain itu harga dagangan juga harus seragam, utamanya jangan sampai menggenjot harga. Kalau semua itu dilakukan, wisatawan pasti semakin banyak datang dan mau membeli makanan ataupun oleh-oleh,’’ tuturnya.(feb/lyo)

Genjot KB Dua Anak Cukup Sambungan dari hal 16 Sedangkan bagi masyarakat yang produktif, terang Abu, mereka harus memiliki kesadaran dan perencanaan yang baik. Program ini, bukan berarti merampas hak-hak warga untuk mempunyai anak lebih dari dua. Cara lain untuk menekan pertumbuhan penduduk, yaitu dengan menggerakkan kader-kader KB termasuk kerjasama dengan PKK, tokoh masyarakat dan semua stakeholder. Bahkan, pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan. Namun demikian, mantan Kasek SMAN 2 Kota Batu, mengaku belum mengetahui prosentase peningkatan penduduk di kota ini dari rentang waktu 2007-2013. Yang jelas, dikatakan jumlah penduduk di Kota Apel ini sekitar 200 ribu jiwa. “Yang pasti, penekanan penduduk di Kota Batu sangat dibutuhkan, karena kondisi wilayah ini sudah mulai padat. Selain itu, juga untuk mencegah terjadinya overload belum lagi tambahan masuknya pendatang,” pungkasnya.(mik/lyo)

Lepas Ketegangan, Ajak Jalan Sehat MISKI/MALANG POST

PIAWAI: Seorang seniman ketika melukis Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan Dewanti Rumpoko di dalam stand pameran produk usaha di Pusat Oleh-Oleh Brawijaya kemarin.

Istri Pejabat Tak Boleh Campuri Kedinasan

PENGHIJAUAN: Penanaman pohon di Coban Talun, salah satu rangkaian HUT ke-14 DWP Kota Batu

BATU–Keinginan Pemkot membangun Pasar Besar Batu, belum berhenti. Bahkan, pembahasan tentang pembangunannya segera dibuka kembali dalam waktu dekat. Harapanya, Pemkot sudah mendapatkan kepastian pasar sudah dibangun tahun depan. Wali Kota Batu Eddy Rumpoko menjelaskan, pembahasan pembangunan pasar itu akan difokuskan penyelesaianpenyelesaian masalah yang masih dihadapi pedagang. Selama ini, pedagang berkutat pada persoalan sisa angsuran di bank. Mereka khawatir jika pembangunan dilakukan, maka tanggungan pedagang akan lebih besar. Sebab, selain tanggungan cicilan yang belum lunas juga ada beban angsuran baru ketika pasar itu jadi dibangun. ‘’Permasalahanpermasalahan yang masih mengganjal seperti itu, harus diselesaikan lebih awal,’’ ungkap Eddy Rumpoko. Salah satu solusi, kata dia, pengucuran bantuan permodalan dari Pemkot kepada para pedagang. Bantuan tersebut bisa memperingan beban mereka. Seperti PKL yang sudah mendapat bantuan modal, pedagang di pasar pun bisa membentuk kelompok-kelompok, karena penyaluran bantuan dilakukan lewat kelompok pedagang bersifat legal. Menyangkut desain, kata dia, tidak ada keharusan menggunakan konsep lama. Konsep tersebut masih bisa dibicarakan antara Pemkot dengan pedagang, ataupun mengajak investor. Prinsipnya, desain harus benar-benar bagus dan bisa mengadopsi berbagai kepentingan masyarakat pasar. (feb/lyo)

BATU–Istri para pejabat, diingatkan tak boleh terlalu mencampuri tugas kedinasan suaminya. Mereka cukup memberikan motivasi, agar sang suami bisa mengerjakan tugas kedinasan menjadi lebih ringan. Itulah pesan Sekda Kota Batu, Widodo dalam peringatan HUT ke-14 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Batu, Rabu (18/12). Peringatan yang digelar sederhana itu, ditandai pemotongan tumpeng oleh Dewanti Rumpoko, Penasehat DWP Kota Batu. ‘’Pada era demokrasi seperti ini, ibu-ibu istri pejabat harus menjadi istri yang proporsional.

Artinya, segala tugas kedinasan suami biarlah menjadi tanggung jawab suaminya, jangan sampai ikut campur tangan mengurusi kepentingan tanggung jawab suami. Misalnya istri ikut campur masalah anggaran SKPD, hal itu malah salah,’’ kata Widodo. Menurut dia, banyaknya kasus perceraian di kalangan pejabat khususnya perkotaan, adalah akibat kurangnya sikap saling memahami antara suamiistri. Bisa saja istri berpenghasilan lebih tinggi dibanding suami. Ada juga tuntutan istri pejabat yang terlalu tinggi. DWP Kota Batu pun sudah

merancang berbagai program kerja. Program prioritas, peningkatan kualitas sumber daya anggota. Mereka harus memiliki peran aktif sebagai pendamping suami, sebagai ibu dan sebagai masyarakat. ’’Ada juga’Program Millenium Development Goals (MDG) dengan delapan tujuan. Yakni eradikasi kemiskinan, pendidikan, kesetaraan gender, penurunan angka kematian ibu (AKI), penurunan angka kematian anak (AKA), pemberantasan penyakit menular, lingkungan dan kerjasama global,’’ ungkap Dewanti Rumpoko. (feb/lyo)

Sambungan dari hal 16 Responnya, peserta sangat antusias, apalagi mereka juga tak kikuk kumpul bareng dengan para guru. “Kami ingin mengajak dan memperlihatkan, bahwa guru itu bukan hanya sebatas pihak yang mengajar. Lebih dari itu, bisa menjadi sahabat dan teman siswa dalam berjuang untuk mencapai cita-cita,” jelas mantan Wakasek SMAN 1 Kota Batu ini. (mik/lyo)

Wisatawan Aktif Bisa Diberi Reward Sambungan dari hal 16 Jika hal itu diterapkan pasti kunjungan wisatawan kian meningkat,”ujarnya di hadapan peserta sosialisasi. Terpenting lagi, tambah dia, mengutamakan kearifan lokal seperti budaya dan adat istiadat warga setempat.” Hal itu penting, agar kepariwisataan betul-betul berangkat dari daerah dan dapat mewarnai pemerintah pusat,”paparnya. Salah satu peserta sosialisasi dari akademisi, Ahmad Faidlal Rahman, sempat melontarkan persoalan kepada Ardika. Yakni, hingga saat ini pemerintah pusat justru belum serius memberi anggaran yang memadai untuk pengembangan sektor kepariwisataan di tanah air. ’’ Bila dianggarkan melalui APBN dengan jumlah layak, bisa dipastikan pengembangan dan pembangunan pariwisata berbasis tourism, bakal cepat tercapai,”ujar Faid di forum itu. (mik/lyo)

REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : KURDI


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

KOTA WISATA

biro batu Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

16

Pemkot Bagi-bagi Modal PKL-UKM

Febri Setyawan/Malang Post

BANTUAN: Para PKL dan pelaku UKM Kota Batu foto bersama Wali Kota Batu Eddy Rumpoko usai menerima bantuan modal yang dimeriahkan fashion batik siang kemarin.

Nyalakan Water Heater, Bummm..Satu Luka Bakar BATU - Ruang kamar mandi dan dapur di rumah Hendro warga Jalan Cemara Kipas Desa Sidomulyo Kecamatan Batu, dalam sekejap berkobar dan menjadi berantakan. Hendro, dalam kondisi luka bakar berlarian keluar rumah sembari menenteng tabung gas LPG ukuran 12 Kg. Peristiwa yang terjadi Rabu pagi kemarin itu, imbas dari meledaknya LPG yang dipergunakan memanaskan air di kamar mandi atau water heatter. Kobaran api memang tak sampai meluas, lantaran pemilik rumah walaupun diliputi rasa kaget dan kecemasan, namun masih mampu bertindak cekatan. Suara ledakan menyerupari dentuman bom itupun, sempat menyentakkan warga RT01 RW02 desa penghasil bunga hias tersebut. Hendro yang mengalami luka bakar pada wajah, dada dan tangannya cepat dilarikan ke RS Baptis Kota Batu. Beruntung ketika kejadian, istri dan anak-anaknya sedang tak berada di dalam rumah. Kepala UPT PMK Kota Batu Santoso Wardoyo yang mengecek langsung ke lokasi mengatakan, meledaknya tabung gas itu akibat kebocoran selang regulator, yang menghubungkan ke water

MISKI/MALANG POST

TELITI: Kepala UPT PMK Kota Batu Santoso Wardoyo ketika memeriksa lokasi ledakan gas LPG di Sidomulyo kemarin. heater hand shower kamar mandi. Begitu Hendro menyalakan pemanas

air itu, tabung pun meledak lantaran bocornya selang tersebut membuat gas

memenuhi ruang kamar mandi. ”Sementara ruangan dapur dan kamar mandi, justru tak dilengkapi ventilasi sehingga ketika pemantik api kompor pemanas air dinyalakan, berubah menimbulkan ledakan,” urai Santoso. Selain itu, selang dua tabung LPG yang terhubung ke kompor dapur dan water heater, terminalnya dimodifikasi sendiri alias tidak memenuhi standart. ”Usai ledakan, pemilik masih sempat mencopot regulator tabung yang kemudian dimasukan ke dalam air lalu diuruk pasir. Setelah kondisi kobaran api mati, Hendro cepat membawa keluar tabung itu,’’ tambah Santoso. Santoso sendiri mengaku belum banyak menerima penjelasan dari Hendro terkait detail penyebab ledakan tersebut, lantaran dia masih menjalani perawatan medis. Santoso berharap, ketika ledakan itu terjadi Hendro tidak sampai menghirup uap panas maupun gas, karena dikhawatirkan bisa mengganggu saluran pernafasan. ”Peristiwa tabung LPG meledak seperti itu sudah sering terjadi, karena itu pengguna LPG harus tetap hati-hati,’’pungkasnya.(mik/lyo)

Jalan Sehat Simpatik

Miski/Malang Post

KEAKRABAN: Para siswa SMAN 2 Kota Batu, berjoget diselingi bermain voli bersama para guru-guru.

Baca Pemkot... Hal.15

Genjot KB Dua Anak Cukup BATU - Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Batu, mulai tahun depan memprioritaskan program dua anak cukup seperti halnya yang pernah sukses dilakukan semasa Presiden Suharto. Itu karena, program nasional tersebut sekarang ini dinilai belum berjalan maksimal, dalam menekan laju pertumbuhan penduduk. BPMPKB pun telah menyebar spanduk maupun Abu Sufyan menempelkan stiker-stiker yang bisa dibaca masyarakat luas, berisi himbauan KB dua anak cukup. Himbauan lain berisi keluarga kecil sejahtera. Kepala BPMPKB Kota Batu, Abu Sufyan menjelaskan, program tersebut memang menjadi prioritas pada tahun 2014. Tujuannya, agar tidak hanya berbicara pertumbuhan ekonomi saja, melainkan juga memikirkan bagaimana melakukan pengendalian jumlah penduduk. ” Kalau ekonomi berkembang, tapi pertumbuhan penduduknya tambah meningkat, justru tidak tercapai impian kesejahteraan,”kata Abu, mantan Kepala BKD ini. Baca Genjot... Hal.15

Wisatawan Aktif Bisa Diberi Reward

Lepas Ketegangan, BATU - Sebanyak 700 Siswa SMAN 2 Kota Batu, kemarin pagi menggelar jalan sehat simpatik pasca ujian semester. Hal tersebut dinilai efektif, dalam pengembangan diri dan karakter setiap siswa. Sebab dalam pendidikan paradigmanya ada dua hal, pertama aspek akademik dan pengembangan diri serta karakter. Jika kedua hal tersebut seimbang, niscaya lulusan sekolah akan produktif dan aktif di akademik dalam mengikuti pelajaran, ujian dan semacamnya. Sedangkan segi pengembangan diri, bisa diwujudkan melalui classmeeting maupun acara-acara positif lainnya. Hal tersebut diungkapkan Kasek SMAN 2 Kota Batu, Pamor Patriawan.“ Sehabis ujian, para siswa pasti sumpek dan merasa jenuh. Karena itu kami isi dengan berbagai kegiatan refresing dan rekreasi, bukan hanya libur panjang semata,” tambah Pamor Patriawan, Rabu kemarin. Pamor sapaan akrabnya menyebut, kegiatan seperti itu sudah berjalan hampir 1,5 tahun atau saat dirinya memimpin sekolah berlokasi di Jalan Hasanuddin Desa Junrejo itu. Selain itu, siswa-siswanya juga kerap mengadakan acara Bulan Bahasa dan lainnya, yang dinilai sangat penting untuk menggali dan menyalurkan potensi anak didik. Dia menambahkan, selain jalan sehat simpatik juga ada classmeeting, lomba tradisional (lomba teklek raksasa), permainan grup putaran hamster serta lomba joget dan pemberian doorprize. Baca Lepas... Hal.15

BATU – Janji Pemkot Batu memberi bantuan modal kepada para PKL, Rabu (18/12) siang direalisasikan. Bantuan diserahkan langsung oleh Wali Kota Batu Eddy Rumpoko kepada 375 orang PKL, yang secara khusus diundang ke komplek Pusat Oleh-Oleh Brawijaya Jalan Diponegoro. Penyerahan bantuan yang diprakarsai Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM ini, juga dihadiri perwakilan Forkompimda Kota Batu dan para Kepala SKPD di lingkungan Pemkot. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, M Chori mengungkapkan, bahwa bantuan modal memang langsung cair dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkot ke masing-masing rekening kelompok PKL. Sebelum itu, kelompok PKL memang sudah membuka rekening di Bank Jatim atas nama ketua dan bendahara kelompok. ‘’Kami tidak memegang uangnya, karena dana dari BPKAD langsung ditransfer ke rekening kelompok. Selanjutnya, masing-masing pengurus kelompok mencairkan dana untuk dibagikan ke masing-masing anggotanya,’’ ujar M Chori. Untuk satu kelompok PKL, bisa mendapatkan transfer uang mulai Rp 12 juta hingga Rp 30 juta atau tergantung jumlah anggota kelompok. Sedangkan bantuan modal yang diterima setiap PKL pun bervariasi, ada yang per orangnya Rp 500 ribu, ada pula yang senilai Rp 1 juta. Perbedaan besaran bantuan itu tergantung jenis dagangan masing-masing PKL. Dalam kesempatan itu, Dinas Perindustrian juga menyerahkan bentuk bantuan lain kepada para perajin kayu, penjahit, sertifikasi halal, sertifikasi merk, bantuan koperasi pondok pesantren, koperasi maupun kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah lainya yang tersebar di kota ini.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

MASUK KURIKULUM: Pertanian organik yang dicanangkan Pemkot Batu akan menjadi mata pelajaran siswa di Kota Batu

Pertanian Organik Jadi Pelajaran Siswa BATU - Go organic yang dicanangkan Pemkot Batu terus digencarkan. Bahkan, program pertanian dengan fokus kembali menggunakan bahan-bahan alam untuk pemupukan maupun penyemprotan itu, menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah. ‘’Tujuan gerakan go organic ini, agar makin mengena kepada masyarakat termasuk anak-anak sekolah. Jadi, proses-proses pertanian organik itu bisa menjadi sebuah pelajaran di sekolah,’’ ungkap Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Teknis pelaksanaan gerakan Batu go organic, menjadi wewenang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Dinas Pendidikan bisa melakukan itu, bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan serta Kantor Lingkungan Hidup. Pelajaran Batu go organic bisa menjadi muatan lokal (mulok), bagi siswa SD maupun SMP. Siswa juga akan belajar sesuai kurikulum yang dibuat Dinas Pendidikan, sehingga program go organic semakin dipahami mereka. Menurutnya, pertanian go organic itu bukan

hanya ditujukan kepada petani semata. Tetapi masyarakat umum termasuk para pelaku wisata di kota ini. Masyarakat bisa memulai bertani kecil-kecilan di halaman rumah dengan memanfaatkan pupuk organik. Sedangkan pihak hotel dan restoran, sudah ikutan program tersebut. Budi Santoso, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu menyatakan, bahwa pada tahun pelajaran 2014-2015 sudah mulai merancang materi pelajaran mulok program go organic. Pihaknya malahan telah membentuk tim khusus, untuk menangani mulok itu. “Sudah ada tim yang membuat buku mulok Batu go organic. Buku tersebut, harus benar-benar dirancang sesuai tujuan yang diharapkan pada gerakan go organic,’’ kata Tossi, sapaan akrabnya. Buku tersebut, dikatakan tidak boleh memiliki nasib yang sama dengan pelajaran Lingkungan Hidup beberapa waktu lalu. Saat itu, buku Lingkungan Hidup terselip materi bahasan gemblak Warok Reog Ponorogo, yang memantik protes keras hingga akhirnya ditarik.(feb/lyo)

B AT U - M a n t a n Menteri Dinas Kebudayaan dan Pariwisata era Kabinet Gotong Royong, I Gede Ardika, mengritisi keseriusan Pemkot Batu dalam memajukan aspek pariwisata berbasis budaya lokal. Diapun mempertanyakan, apakah sudah dirancang untuk wisatawan agar bisa berinteraksi dengan petani. Pertanyaan lain yang dilontarkan Ardika, menyangkut apakah Pemkot I Gede Ardika juga sudah memberdayakan masyarakat dalam memacu pariwisata. Sebab, meski masyarakat kota ini rata-rata petani, mereka juga tetap punya martabat. Dua hal tersebut, dikatakan merupakan ciri-ciri kota yang yang memiliki pariwisata bagus. Selain itu tak kalah pentingnya, sejauh mana mengenalkan sekaligus mengembangkan produk unggulan yang berbeda dengan daerah lain. ” Dalam artian, pariwisata yang disajikan harus berbeda dengan daerah lain dan menarik perhatian wisatawan. Bukan asal untuk kesenangan diri sendiri (warga),”ujar Gede Ardika ketika mensosialisasikan materi UU nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan di Hotel Batu Suki Resort, Kota Batu, Rabu (18/12). Menurut dia, dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa berwisata itu hak asasi manusia, serta menjunjung tinggi norma agama dan kebudayaan sebagai pengejawantahan dari konsep hidup dalam keseimbangan hubungan antara manusia, dan sesama manusia. Diapun memberi tips untuk Disbudpar kota ini, yakni harus memanfaatkan produk pariwisata yang sangat subyektif. Misalnya, bila ada pengunjung liburan ke kota apel ini hingga sampai 5 kali, bisa diberi penghargaan khusus atau reward. Sebab, secara psikologis konsumen datang ke produsen. ”Bisa jadi yang datang 10 kali mendapatkan penghargaan dan dorprize, supaya pengunjung terus berbondong-bondong datang ke sini. Baca Wisatawan... Hal.15 REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CR NUS

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

The PO W IS OU ER RS

17

Persikmania Hadir di Kanjuruhan

M FIRMAN/MALANG POST

DAMPINGI PERSIK: Suporter Persik Kediri hadir di Stadion Kanjuruhan memberikan dukungan kepada timnya saat menghadapi Sriwijaya FC, kemarin sore.

MALANG – Partai Arema Cro­ nus melawan Persik Kediri di babak penyisihan grup Piala Gubernur akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Jumat (20/12) besok. Laga penuh gengsi itu dipastikan akan menyedot perhatian. Dikabarkan, Persik­ mania atau suporter Persik akan datang ke Stadion Kanjuruhan memberikan dukungan kepada tim kesayangannya. Bahkan, Persikmania sudah tiba di Stadion Kanjuruhan saat laga Persik menghadapi Sriwijaya FC, Rabu (18/12), kemarin sore. Meski hanya segelintir orang saja, namun suporter Persik telah mem­ bentangkan spanduk di dalam Stadion Kanjuruhan. Tak heran jika ����������� Panpel Are­ ma sudah mengambil langkah antisipasi terkait kemungkinan

kedatangan Persikmania ke Malang besok. Ketua Panpel, Abdul Haris mengungkapkan, panpel tetap siap menerima Persikmania dan bakal mem­ perketat pengamanan di Sta­ dion Kanjuruhan. ”Panpel siap beri keamanan. Kita juga akan koordinasikan dengan para korwil, karena sebagian Aremania tidak ada masalah dengan kedatangan Persikmania. Karena �������������� sesung­ guhnya kita semua bersaudara dan Aremania cinta damai,” terang Haris dikonfirmasi pagi kemarin. Sayangnya, Haris belum tahu berapa jumlah Persikmania yang bakal mendatangi Stadion Kan­ juruhan Jumat, besok. Sebab, sampai sekarang belum ada koordinator Persikmania yang menghubungi dirinya.

“Ya pasti kita siapkan, tapi kita belum ada kontak dengan koordi­ nator Persikmania, terkait berapa jumlah suporter yang datang ke Malang,” tutup Haris. Sementara itu respon pro dan kontra pun dilontarkan oleh publik pecinta Singo Edan, terkait kedatangan suporter tim berjuluk Macan Putih, di Stadion Kanjuruhan. Sebagian suporter menolak, ada yang netral, namun banyak juga yang mendukung. Suporter yang mendukung, mengaku siap menghidupi reputasi sebagai suporter cinta damai. Aremania Korwil Kanjuruhan, Awang mengaku sudah sela­ yaknya suporter modern menye­ bar virus perdamaian. “Tapi, kita tekankan, sejauh mana Persikmania ingin rekon­ siliasi, akan diuji hari Jumat

nanti. Karena, Malang selalu terima kedatangan suporter manapun asalkan cuma satu, yakni mendukung tim kesaya­ ngannya,” terang Awang kepa­ da Malang Post. Awang menegaskan, suporter manapun yang datang ke Malang tak boleh mengacau atau bertin­ dak anarkis di Bhumi Ngalam saat mendukung tim kesaya­ ngannya. ”Siapapun yang datang, kalau mengacau, akan dihajar sendiri oleh suporter Malang. Kita ini Daboribo. Damai boleh ribut boleh,” terangnya. Sementara itu, Aremania Kor­ wil Jalur Gazza, Amin mengaku netral, dan tak bisa memberi komentar dukungan atau peno­ lakan terhadap rencana kehadiran Persikmania. Baca Persikmania... Hal.18

Hentikan Perburuan Bek Sayap MALANG – Kecelakaan yang me­ nimpa Benny Wahyudi, bek sayap Arema Cronus, sempat memun­ culkan ide penambahan bek sayap. Sebab, Singo Edan dianggap belum memiliki pelapis bagi Johan Ahmad Farizi dan Benny Wahyudi yang didapuk sebagai bek sayap starter. Namun, CEO Arema Iwan Budi­ anto sepertinya tidak akan menga­ mini gagasan penambahan pemain ini. Menurut IB, sapaan akrabnya, perburuan pemain sudah dihentikan begitu Gustavo Fabian Lopez tiba di Malang. ”Kita tak akan menambah pemain lagi, Gustavo adalah pemain terakhir kita,” terang IB kepada Malang Post. Publik sempat meragukan kekua­ tan lini belakang Arema, khususnya pada posisi bek sayap. Selain Alfa­ rizi dan Benny, Arema dianggap tak

AREMA CRONUS HARUS JUARA

memiliki pelapis yang mumpuni. Gilang Ginarsa dan Ega Wasthita masih kurang pengalaman untuk menghandel tugas berat sebagai bek sayap Arema. Namun, IB bersikeras mengang­ gap bahwa lini belakang sudah leng­ kap. ”Tambahan pemain belakang sepertinya tidak perlu lagi. Kita memiliki Gilang Ginarsa, ada juga Thierry Gathuessi yang bisa jadi sayap. Bek tengah ada Munhar, Vic­ tor dan Purwaka, saya rasa cukup,” tegas CEO flamboyan tersebut. Thierry memang bisa menjadi pemain belakang yang beroperasi di sayap. Selama musim 2012/2013, pemain berdarah Kamerun berpa­ spor Perancis ini sempat dipaksa Rahmad Darmawan (RD) menjadi bek sayap. Sempat gamang dalam beberapa pertandingan awal, Thier­

Arema Cronus telah menentukan pemain dan pelatih untuk menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Persaingan dipastikan akan semakin ketat. Tim-tim pesaing seperti Persebaya, Persib, Persija, Persipura, Persik juga telah mempersiapkan diri. Sebagai Aremania, berikan masukan atau dukungan kepada Ahmad Bustomi dkk untuk meraih juara.

ry akhirnya bisa menjalankan tugas bek sayap. Alfarizi sendiri masih terhitung angin-anginan. Walaupun memiliki skill tinggi, agresivitas serta pas­ sing terukur, pemain asal Jatiguwi, Sumberpucung tersebut memiliki kondisi tak terduga. Tiba-tiba, Al­ farizi sering drop sakit, dan harus absen latihan. Dari para bek sayap, mungkin hanya Benny Wahyudi yang bisa diandalkan main full. Sayang, dia sedang cedera karena ditendang Ahmad Sumardi, bek sayap Sriwijaya FC. Kendati demi­ kian, IB menyebut bahwa kom­ posisi yang ada sekarang adalah komposisi yang paling pas. ”Ini sudah pas, lini belakang kita cukup dan tak perlu ditambah lagi,” tutup mantan ketua BLAI PSSI tersebut.(fin/jon)

GUEST GESANG/MALANG POST

DIMAKSIMALKAN: Thierry Gatuessi akan dimaksimalkan di posisi bek sayap.

AMBIL PEMAIN TIMNAS Salam 1 jiwa AREMA IB (Iwan Budianto) ambil pemain timnas U19 yg siap tempur. Kami Aremania Sulawesi 085655865557

Minta Pelatihan Dari FIFA MALANG – Manaje­ men Arema Cronus telah mendapat kesempatan lang­ ka menemui perwakilan dari FIFA pada beberapa hari lalu. Namun, pertemuan itu tak hanya sekadar me­ menuhi undangan PT Liga Indonesia. Singo Edan, julu­ kan Arema, memanfaatkan kesempatan bertemu dengan representatory officer FIFA untuk menyampaikan uneguneg. Media Officer, Sudarmaji mengungkapkan, pertemuan dengan FIFA dimanfaatkan un­

tuk meminta pelatihan tentang pengembangan klub modern di Malang. “Kesempatan ketemu de­ ngan FIFA, kita manfaatkan untuk minta workshop soal pengembangan klub sepakbola modern,” terang Sudarmaji kepada Malang Post. Arema membutuhkan workshop pengembangan klub karena terus melam­ bungkan misi ideal menuju klub sepakbola modern. Sampai saat ini, sepakbola Indonesia masih dianggap “tradisional” karena belum

mengarah ke industri. Arema hampir sendirian di Indo­ nesia, sedang menuju era sepakbola industri. “Kita ingin FIFA menggelar pelatihan dan seminar bagi pengembangan bisnis klub, peningkatan SDM, hingga pembinaan usia dini melalui kompetisi. Tapi, kita ingin workshop tersebut digelar ru­ tin, sehingga kita bisa semakin maju selangkah lagi,” terang Sudarmaji. Arema mengejar percepa­ tan menuju klub sepakbola industri. Sebab, era sepakbola

modern semakin mendekati negara-negara Asia, yang ma­ sih berkembang. Asia Teng­ gara, termasuk Indonesia, disebut-sebut bakal “diserang” oleh gelombang era sepakbola modern. “Kita terus menekankan misi menuju sepakbola modern. Mau tidak mau, suka tidak suka, se­ pakbola Indonesia akan semakin mengarah kepada sepakbola modern, kalau tidak dimulai sekarang, klub Indonesia akan tergerus dan kalah dari era sepakbola modern,” tutup Su­ darmaji.(fin/jon)

Sriwijaya FC Buka Harapan ke Semifinal

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

MENANG: Sriwijaya FC saat mengalahkan Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan, kemarin sore.

MALANG - Sriwijaya FC membuka peluang lolos ke babak semifinal setelah tampil gemilang di laga lanjutan Grup B Piala Gubernur Jatim 2013 di Sta­ dion Kanjuruhan, Rabu (18/12) kemarin. Menghadapi Persik Kediri, tim besutan Subangkit itu sukses meraih kemenan­ gan 1-0 (0-0). Kemenangan ini membuat Sriwijaya FC menjadi salah satu kandidat runner up terbaik. Lancine Kone dan kawan-kawan nam­ pak berambisi menebus kekalahan pada laga sebelumnya saat melawan Arema. Sriwijaya FC tampil agresif di laga kedua ini. Dengan memanfaatkan kecepatan dua bek sayapnya, M Hamzah dan Erol Iba, mereka berupaya membongkar pertah­ anan Persik. Persik bukan tanpa perlawanan. Tim asuhan Aris Budi itu beberapa kali melakukan perlawanan melalui serangan balik. Di menit 5, Persik mendapat pe­ luang emas ketika gelandangnya, Rendy Saputra setelah sukses menerobos lini pertahanan lawan. Baca Sriwijaya... Hal.18 REDAKTUR: JON'S, LAYOUTER: REEP-SITI


AREMA CRONUS

Hadapi Persib, Mainkan Greg

Sementara i t u , J a j a n g N u rjaman, arsitek Persib m e ­ ngatakan bahwa, berhadapan dengan Persebaya ISL termasuk salah satu pertandingan sarat gengsi. Karena itu adalah pertemuan dua tim besar yang hampir dua tahun ter­ akhir tidak pernah tersaji. Jadi, dalam laga penentuan itu, mereka tetap akan memberikan penampilan terbaik mereka demi hasil maksimal. “Sejak awal datang ke sini, kami ingin mau membawa pulang gelar turnamen pra musim ini ke Bandung. Jadi, sudah tentu harus bisa menang lawan Persebaya agar peluang untuk lolos ke babak semifinal bisa jauh lebih terbuka,” ucap pelatih dari tim berjuluk Maung Bandung itu. (dik/jpnn/jon)

Susunan Pemain: Persebaya (4-4-2): Jendry Pitoy (pg): Ambrizal (c), Fava Mario Y, Leo Saputra, Hasyim Kipuw, Akbar Rasyid, Patrik Dzeko, Arie Priatna, Novri Setiawan, M. Ilham, Pacho Pelatih : Tony Ho

Perkiraan Pemain Persib (4-4-2): I Made Wirawan (pg), Vladimir Vujovic, Supardi, Tony Sucipto, Abdul Rahman; Hariono, Atep, M. Ridwan, M. Taufiq; Ferdinand Sinaga, Tantan Pelatih : Jajang Nurjaman

TAK TAMPIL : Pemain Persebaya Greg Nwokolo belum bisa dipastikan tampil menghadapi Persib sore ini.

Persija Membayar, Bepe Cabut Gugatan JAKARTA - Rumitnya masalah seng­ keta tunggakan antara Bambang Pamungkas dan mantan klubnya, Persija Jakarta berakhir sudah. Itu setelah kesepakatan pembayaran tercapai melalui mediasi PSSI, kemarin (18/12). Wakil Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti menegaskan, bahwa pembicaraan penyelesaian ini berlangsung dalam beberapa hari terakhir. Bepe, panggilan akrab Bambang Pamungkas, maupun Ferry Paulus, manajer Persija menerima menerima jalan tengah yang diusulkan oleh PSSI. “Sekarang semua sudah selesai tak perlu dibawa ke pengadilan. Tuntu-

tan itu sudah dicabut,” katanya dalam jumpa pers di PSSI, kemarin. Mengenai jumlah, Nyalla tak mau mengungkapkan karena itu sudah menjadi kesepakatan antara kedua belah pihak. Yang pasti, lanjut dia, proses ini menegaskan bagaimana PSSI berkomitmen untuk melindungi pemain. “Kami komit melindungi anak-anak kami. Seluruh pemain kami proteksi, bahwa nantinya tidak boleh ada tunggakan dari klub,” ujarnya. Dengan proses yang terjadi ini, Nyalla meminta agar siapapun yang masih ditunggak oleh klubnya, untuk melaporkan kepada dirinya dan Sekjen

PSSI. Sebab, dalam masa mendekati penentuan akhir peserta kompetisi ini, klub juga harus bergerak cepat jika ingin tetap berkompetisi. “Kami tidak mau lagi ada pemain yang didzolimi oleh klub, jangan sampai ada lagi. Karena itu silahkan laporkan kepada kami,” terang lelaki berkacamata tersebut. Sementara itu, Ferry menyebutkan bahwa masalah dengan Bepe sudah selesai seiring dinayarnya sejumlah tunggakan kepada Bepe. Namun, dia enggan mengungkapkan secara pasti berapa jumlah yang dibayarkan. Sebelumnya ada tuntutan sampai Rp 7 miliar dari Bepe, dan Persija merasa

hanya berhutang Rp 350 juta. Dari jumlah itu, sudah tercapai win-win solution yang baru dikirimkan siang kemarin, menjelang jumpa pers. “Yang kami bayarkan sesuai dengan jumlah tunggakan, ratusan juta, seperti nilai kami menunggak tak sampai lima bulan,” ujarnya. Bepe pun mengakui, jika dirinya memang menunggu momen ini cukup lama. Sejatinya, dia masih ingin bertahan di Persija, tapi, karena sampai penentuan peserta kompetisi tak ada langkah dari Persija, dia pun memilih pindah ke Pelita Bandung Raya (PBR). (aam/jpnn/jon)

Lawan Persik Ditunggu Aremania MALANG – Di luar kontroversi kedatangan Persikmania ke Malang besok, Aremania tetap menganggap laga Arema Cronus lawan Persik Kediri sebagai laga penuh gengsi. Singo Edan yang memiliki rekor rivalitas yang panas dengan tim berjuluk Macan Putih, bakal menarik perhatian seluruh Aremania di Malang Raya. Aremania Korwil Klayatan, Ahmad Gozali mengungkapkan, pertandingan Arema-Per-

sik bakal jadi salah satu derby Jatim terbaik saat pra musim. “Ini adalah salah satu derby Jatim terbaik yang ditunggutunggu. Gengsi pertandingan ini besar, karena sejarah rivalitas kita,” terang AK, sapaan akrabnya, kepada Malang Post. Rekor pertemuan AremaPersik yang tidak imbang, juga membuat AK yakin Aremania memenuhi Stadion Kanjuruhan, Jumat besok. Ya, Arema cuma menang dua kali dari

enam kali pertemuan terakhir dengan Persik. Empat diantaranya, Arema selalu kalah dari tim asal Kota Tahu itu. “Arema sudah pernah menang dua kali lawan Persik di Lamongan dan Sidoarjo, semuanya terjadi saat era Ro­ bert, sekarang kita siap melihat kemenangan lagi atas rival kita. Gengsi daerah dan primodial sangat dipertaruhkan dalam laga Arema-Persik,” terang AK. Aremania juga diyakini bakal

membanjiri Stadion Kanjuruhan karena emosi tinggi yang mungkin terlihat besok sore. ”Jalan Arema menuju semifinal terletak dalam laga lawan Persik. Kalau kita bisa menang lawan Persik, langkah Arema menuju juara semakin mulus,” tegas AK. Namun demikian, ia tetap berharap suporter bisa lebih dewasa lagi di Stadion Kanjuruhan. Sebab, Piala Gubernur ini adalah masa percobaan untuk

pertandingan di AFC Cup 2014 nanti. Flare dan bomb smoke yang kadang masih ada di stadion, diharap bisa berhenti. ”Kita tidak mau dihukum AFC karena ada bomb smoke dan flare, AFC sudah beri regulasi jelas soal itu. Kalau nanti kita tak bisa nonton di Stadion Kanjuruhan dan harus lakoni partai usiran karena sanksi AFC akibat flare, itu merugikan semua pihak,” terang AK.(fin/jon)

Tim SMKN 12 Kota Malang Ukir Prestasi MALANG - Tim sepak bola SMKN 12 Kota Malang yang baru saja tampil sebagai juara Wali Kota Cup dan Piala Coca Cola, optimis mampu berprestasi ke tingkat lebih tinggi lagi. Tim sekolah yang terletak di kawasan Jalan Pahlawan, Balearjosari ini, ingin tampil sebagai juara tingkat Jawa Timur hingga juara nasional. ‘’Kita sudah meraih juara se eks Karisidenan Malang di Piala Coca Cola. Kami mengalahkan lawan-lawan dari beberapa kota seperti Kabupaten Malang, Pasuruan, Kota Batu. Berikutnya, kami akan menghadapi tim-tim terbaik di tingkat Jawa Timur. Target kami juara,’’ kata pelatih SMKN 12 Kota Malang Andryan ‘Ambon’ Dedyanto, kepada Malang Post, kemarin. Menurut Andryan, tidak hanya juara tingkat Jawa Timur saja, melihat materi pemain yang dimiliki sekarang ini, ia optimis bisa juara nasional. ‘’Pemain-pemain kami merupakan pemain-pemain asal Ternate yang sekolah di SMKN 12 Malang. Mereka ini merupakan adik tingkat pemain Timnas U-19 Iham Udin Arymain,’’ tambah Andryan. Di partai final Piala Coca Cola yang

IST/MALANG POST

JUARA: Tim SMKN 12 Kota Malang yang baru saja meraih juara Piala Coca Cola. berlangsung di Stadion Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beberapa waktu itu, Riski Mandala Taskib dkk mengalahkan SMKN 13 Kota Malang. Selama babak penyisihan, mereka selalu tampil gemilang dan hanya kebobolan satu gol. Diakui pelatih yang pernah memperkuat Persema Malang ini, hasil

18

Akademi Arema Jadi Perhatian F IFA

BELUM PASTI SURABAYA - Gagal meraih poin maksimal di laga perdana, membuat Persebaya Surabaya ISL memilih realistis di laga kedua. Ya, tim besutan Rahmad Darmawan ini tidak berani memasang target tinggi saat menjamu Persib Bandung dalam pertandingan lanjutan Grup A Piala Gubernur Jatim di Stadion Gelora Bangkalan Sore nanti. “Karena lawan saat ini (Persib, red) “cukup berat, materi pemain yang mereka miliki juga cukup bagus. Tapi, semua bisa saja terjadi sepanjang 2x45 menit, doakan saja bro, biar kami bisa menanggulangi Persib di pertandingan kali ini,”harap Tony Ho, asisten pelatih Persebaya, kemarin (18/12). Sebagaimana diketahui, tim asal Ibukota Jatim ini tak mampu berbuat banyak saat berhadapan dengan Persepam Madura United. Akibatnya, Jendri Pitoy dan kawan-kawan hanya bisa membawa pulang satu poin setelah bermain imbang tanpa gol. Tentu, itu bukan modal bagus bagi Persebaya jelang laga sore nanti. Sebab, bila dibandingkan dengan tim tamu, dengan modal skuad lebih lengkap dan persiapan yang cukup maksimal, Maung Bandung”julukan Persib-- berhasil menaklukan Persepam 2-1 di depan pendukung Persepam sendiri. Dengan kondisi itu, Persebaya ISL harus berjuang keras untuk memenangkan laga ini bila mereka masih ingin berlaga di babak berikutnya. Apalalagi, dua pemain anyar mereka, stri­ ker Greg Nwokolo yang baru saja didatangkan dari Arema Cronus dengan biaya transfer sebesar Rp 2 Miliar, dan Daniel Monchare asal Kamerun yang baru membubuhkan tanda-tangannya untuk bergabung dengan Persebaya ISL siang kemarin belum pasti bisa memperkuat tim. “Saya belum tanyakan ke Greg apakah dia sudah siap main atau belum,”tegas pria asal Makassar, Sulawesi Selatan ini.

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

yang diraih pemain-pemainnya tak lepas dari peranan pihak sekolah. ‘’Sekolah memberikan suport yang besar kepada anak-anak. Pihak sekolah sa­ ngat mendukung tim sepak bola ini. Kami juga sangat berterima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah SMKN 12 bapak Hadi Ansori, serta guru-gurunya,’’ katanya. Terbukti, saat memgikuti Piala Coca

Cola, pihak sekolah terus mendampingi tim. Termasuk suporternya juga hadir memberikan dukungan. Di babak berikutnya di Piala Coca Cola yang akan berlangsung di Kota Batu 1516 Februari mendatang, tim SMKN 12 terus mempersiapkan diri. Guna menghadapi even tingkat Jawa Timur, pemainnya terus digembleng latihan. Setiap hari Senin, Rabu dan Jumat, mereka latihan di Lapangan Balearjosari. Piala Coca Cola ini digelar di 65 kota mencakup wilayah  Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Kalimantan Selatan. Para siswa yang berhasil meraih gelar juara akan mendapatkan  pembaharuan sarana lapangan sepak bola di kota asal pemenang. Tidak hanya itu, tim pemenang berke­sempatan mendapat pengalaman coaching clinic bersama pelatih Tim Nasional Indonesia, serta hadiah untuk Most Valuable Player/Best Player PCC 2014 bagi satu orang pemain, berupa beasiswa sekolah senilai Rp 10 juta serta berbagai produk dari seperti perlengkapan sepak bola dan gadget senilai Rp 20 juta. (jon/sir)

MALANG - Kedatangan wakil FIFA dan AFC ke Jakarta dalam rangka melakukan verifikasi tim ISL, Senin (16/12) lalu meninggalkan sebuah kebanggaan bagi warga Bhumi Arema. Pasalnya, Arema Crunus yang ditunjuk oleh PT Liga Indonesia (PT LI) untuk presentasi mewakili seluruh tim peserta ISL dalam verifikasi itu. Presentasi terkait lima aspek verifikasi mulai pembinaan usia dini, legal, infrastruktur, finansial, dan personil administration. Dalam kunjungannya, FIFA diwakili Frederick, Director Program Performence FIFA, didampingi Liem, Tehnical Development FIFA, James Johnson, Asociate Departmen Governant League FIFA, dan dari AFC, Sanjeevan Balasinggam, Director Member Asssociation AFC. Sementara, Arema hadir Direktur Ruddy Widodo, Manager Bisnis Fuad Ardiansyah, Manager Legal Eko Prasetyo dan Media Officer Sudarmaji. Manajemen Arema menjelaskan secara detail lima aspek penunjang klub. FIFA sempat terkejut ketika Arema menyingugung tentang Aremania, karena mereka telah banyak mendengar Aremania yang sudah mendunia. Tak heran bila dalam setiap laganya, stadion penuh oleh Aremania, bahkan kata Frederick, dia juga telah mndengar dari utusan AFC, Aremania banyak berbagai negara, seperti Jepang, Arab dan beberapa negara Eropa. Tak hanya soal Arema, aspek lain yang patut diapresiasi adalah soal pembinaan usia dini. Seperti yang diketahui, Arema memiliki pembinaan usia dini melalui Akademi Arema. “FIFA paling banyak bertanya soal Akademi Arema,” ujar Sudarmaji kepada Malang Post. Menurut Sudarmaji, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan itu terkait kelompok umur, lisensi pelatih, dan kompetisi reguler untuk usia muda. “Kalau dari AFC menyarankan untuk akademi perlu memiliki direktur tehnik berlisensi A AFC,” imbuhnya. Pertanyaan-pertanyaan itu, kata Sudarmaji, ditanyakan oleh Frederick dan James Jonshon secara bergantian. Selanjutnya, jajaran pengurus Arema menjawab pertanyaan itu. “Lebih lengkap kita sampaikan company profile akademi dan verifikasi aspek sporting,” tambah Sudarmaji. Ke depan, FIFA juga memberi masukan dan saran untuk Akademi Arema. “Tetap memberikan masukan dan saran, agar ada kompetisi resmi di bawah federasi yang reguler, karena selama ini belum ada,” tutup Sudarmaji. (mg11/jon)

Persikmania Hadir di Kanjuruhan g

Sambungan dari Halaman 17

”Saya gak bisa beri masukan, nanti kalau saya bicara A atau B, salah. Soalnya, ini urusannya dengan seluruh suporter Aremania, kita kembalikan semuanya ke Aremania saja,” terang Amin, dikonfirmasi terpisah. ”Mungkin Aremania yang sudah senior bisa menerima rekonsiliasi ini, namun pasti ada teman-teman lain yang tak menghendaki rekonsiliasi, karena sejarah kita di masa lalu,” tuturnya. Sementara itu, Aremania Korwil Klayatan, Ahmad Gozali alias AK, malah menolak kedatangan Persikmania. Menurut AK, sepanjang sejarah Persikmania dalam kompetisi beberapa tahun lalu, ada suporter rival Persebaya yang menunggangi suporter tim asal Kota Tahu itu. ”Kita sudah merasakan sendiri bagaimana Aremania ”di­ khianati”, karena Persikmania ditunggangi Persebaya, saat kita tur terakhir di Gresik. Aremania yang lewat Kediri juga dilempari batu lho,” terang AK.(fin/jon)

Sriwijaya FC Buka Harapan ke Semifinal g

Sambungan dari Halaman 17

Namun, tendangan pemain nomor 16 itu dari luar kotak penalti masih tipis di samping gawang Sriwijaya FC yang dijaga Fauzi Toldo. Tim berjuluk Laskar Wong Kito itu mendapat giliran memperoleh peluang emas di menit 18. Sepakan striker Sergie Djiohua Pakome dari sektor kanan langsung meluncur ke depan gawang. Umpan matang ini disambut gelandang Lancine Kone. Sayangnya sepakan Kone kurang akurat ke arah gawang. Meski kedua tim memperagakan jual-beli serangan, tak satu pun gol dihasilkan pada babak pertama. Skor imbang 0-0 menutup 45 menit pertama pertandingan. Di babak kedua, Sriwijaya FC langsung tampil menekan di menit-menit awal. Pemain belakang Persik berusaha mengawal pemain Sriwijaya agar tak bisa menerobos zona pertahanannya. Mendapat pengawalan dua pemain Persik, gelandang lincah Siswanto menyepak dari luar kotak penalti. Beruntung kiper Persik, Tedy Heri berhasil menggagalkan bola memasuki gawang yang dijaganya. Kerja keras tim asal Sumatera Selatan ini baru membuahkan hasil di menit 81. Berawal dari umpan pendek Lancine Kone, kemelut di depan gawang Persik sukses diselesaikan dengan baik oleh Rizky Dwi Ramadhan. Tedy Heri gagal mengantisipasi arah luncuran bola sehingga jala gawangnya bergetar. Gol pemain terbaik ISL U-21 musim lalu itu mengantarkan Sriwijaya FC menuju kemenangan 1-0. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, kedudukan tersebut bertahan untuk kemenangan Sriwijawa FC. Menanggapi hasil ini, Subangkit mengaku bersyukur dengan raihan anak asuhnya. Kendati demikian ia mengeluhkan padatnya jadwal sehingga kurang recovery bagi pemain. “Meski menang tapi anak-anak belum bermain maksimal. Karena ada beberapa pemain yang cedera. Selain itu Erol dan Samsir Alam tidak bermain sesuai instruksi saya,” kata Subangkit saat konfrensi pers usai pertandingan. Subangkit juga memuji penampilan Rizky Dwi Ramadhan. Menurutnya meski pemain lokal dan muda, pemain nomor 37 itu layak dipertimbangkan sebagai starter untuk ISL musim depan. “Dia bisa menjalankan peran dengan baik,” pungkasnya. (mg11/jon) REDAKTUR: JON’S, LAYOUTER: REEP


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

19

DIDIER DROGBA

Ditawari Gaji Rp 2,5 Miliar per Pekan

LUIS SUAREZ LIVERPOOL- Liverpool mulai melakukan langkah untuk membentengi striker andalan Luis Suarez dari caplokan tim lain. Tim berjuluk The Reds tersebut kini tengah menyiapkan tawaran besar bagi Suarez. Laman Goal, Rabu (18/12) menulis, Liverpool bersedia membayar gaji Suarez sebesar 254 ribu Euro atau sekitar Rp 2,5 miliar per pekan (Euro= Rp 16.544). Gaji dengan nominal jumbo tersebut diyakini bakal membuat Suarez bertahan. Para petinggi Liverpool kini tengah berada di Barcelona untuk bertemu dengan Pere Guardiola yang merupakan

agen Suarez. Selain itu, Liverpool bertekad mengikat striker asal Uruguay tersebut dalam durasi panjang. Saat ini, kontrak mantan striker Ajax Amsterdam tersebut bakal habis pada 2016 mendatang. Nah, Liverpool harus segera membentengi Suarez karena banyak klub sudah menyatakan ketertarikannya. Real Madrid menjadi klub yang paling getol memburu striker bengal tersebut. Selain itu, Arsenal juga terus menunjukkan minatnya untuk memboyong ujung tombak berusia 26 tahun itu. Dengan performa yang semakin impresif, Suarez memang bak

putri molek bagi klub lain. Musim ini, Suarez tampil menggila bersama The Reds. Dia berhasil membukukan 17 gol hanya dalam sebelas laga. Jika dirata-rata, Suarez berhasil mencetak 1,55 gol setiap pertandingan. Kabarnya Los Blancos siap menawarkan gaji lebih tinggi untuk Suarez dari yang diterimanya di Liverpool. Saat ini, pihak Suarez tengah bernegosiasi dengan kubu The Reds perihal perpanjangan kontrak. Direktur Manajemen Liverpool, Ian Ayre, bahkan langsung terbang ke Spanyol demi menemui agen Suarez, Pere Guardiola.

Di pertemuan itu, Ayre mengimingimingi Suarez dengan gaji senilai 200 ribu poundsterling atau senilai Rp3,9 miliar per pekan. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari yang diterima Il Pistolero saat ini. Dilansir Daily Star, Madrid tidak akan melakukan penawaran untuk Suarez di bursa transfer Januari 2014 nanti. Mereka tidak ingin mengganggu stabilitas tim yang sudah terbentuk di musim 2013/14 ini. Kemungkinan, kubu Madrid baru akan mengajukan tawaran untuk Suarez kepada Liverpool usai perhelatan Piala Dunia 2014, Brasil. (jos/jpnn/jon)

Drogba Bebas Sanksi Tentang Kaus Mandela ISTANBUL- Dua penggawa Galatasaray, Didier Drogba dan Emmanuel Eboue sempat mendapat sorotam tajam setelah laga kontra Elazigspor. Gara-garanya, kedua pemain tersebut mengenakan kaus bertuliskan Thank You, Madiba. Kaos tersebut memang ditujukan untuk mendiang mantan Presiden Afsel, Nelson Mandela. Setelah laga, Federasi Sepakbola Turki sempat mengancam akan menjatuhkan sanksi bagi dua pemain asal Pantai Gading tersebut. Namun, kini Drogba dan Eboue bisa bernafas lega. Sebab, ancaman tersebut tak terbukti. Setelah melalui evaluasi, kedua pemain tersebut dianggap tak melakukan pelanggaran yang bersifat serius. Meski, tindakan keduanya sebenarnya dilarang Federasi Sepakbola Turki. Sebab, pesan tersebut dianggap berkaitan dengan politik. “Dalam kasus tersebut, tidak terjadi pelanggaran. Jadi, tidak perlu ada sanksi,” demikian bunyi pernyataan resmi Federasi Sepakbola Turki sebagaimana tertuang dalam situs resmi organisasi, Rabu (18/12). Nah, Galatasaray pun sudah menunjukkan dukungan untuk dua pemain pilarnya tersebut. Tim racikan Roberto Mancini tersebut memasang foto Nelson Mandela di luar stadion Turk Telekom Arena. (jos/jpnn/jon)

Puji si Golden Boy AS Larang Tottenham Dekati Klinsmann NEW YORK- Kosongnya posisi pelatih kepala Tottenham Hotspurs pasca pemecatan Andre Villas Boas menimbulkan banyak spekulasi. Tottenham membidik beberapa nama yang diproyeksikan mengisi posisi AVB, julukan Villas Boas. Salah satu yang menjadi buruan ialah pelatih Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann. Kebetulan, Klinsmann bukanlah sosok asing bagi Tottenham. Pria asal Jerman tersebut pernah membela Tottenham pada 1994/1995 silam. Ketika itu, legenda hidup Jerman tersebut sukses mencuri hati para supporter Tottenham. Semusim berbaju The Lily Whites, Klinsmann sukses menceploskan 21 gol dalam 41 pertandingan. Namun, Presiden Federasi Sepakbola AS, Sunil Gulati langsung membentengi Klinsmann. “Kami tak memungkiri kesuksesan Klinsman bersama AS membuat banyak pihak di luar sana yang tertarik kepadanya. Ada pertimbangan pasar secara pragmatis ketika kami memberinya kontrak jangka panjang,” terang Gulati di laman Sky Sport, Rabu (18/12). Gulati memang harus terus berusaha keras mempertahankan Klinsmann. Pasalnya, bukan hanya Tottenham yang menginginkan jasa mantan penyerang Inter Milan tersebut. Timnas Swiss juga dikabarkan tertarik meminang Klinsmann. “Dia masih punya kontrak bersama kami. Ini tidak secara khusus mengenai ketertarikan Swiss atau Tottenham. Namun, ini mengenai komitmen darinya. Secara kontrak, dia memiliki kontrak lama. Itu sangat penting,” tegas Gulati. (jos/jpnn/jon) Jurgen Klinsmann

MUENCHEN- Hanya Franck Ribery yang menuai apresiasi dari Pep Guardiola dalam kemenangan Bayern Muenchen atas Guangzhou Evergrande kemarin. Tak hanya memuji Ribery sebagai orang pertama yang tercatat di scoresheet, Pep juga menyebut nomine pemain terbaik dunia 2013 (Ballon d”Or) itu sebagai jantung permainan tim. Jika semasa menangani Barcelona Pep memiliki Lionel Messi sebagai anak emas atau golden boy, maka predikat itu di Bayern telah ditahbiskan untuk Ribery. “Franck bermain dengan hati yang luar biasa dalam pertandingan. Dia tidak segan bolak-balik turun sampai 40 meter untuk mengawal pemain lawan dan membantu timnya,” kata Pep di situs resmi FIFA. “Bagi saya, sebuah kebanggaan menjadi pelatih seorang Franck (Ribery), kebangaan bisa melatih pemain seperti dia,” sambungnya. Di kesempatan terpisah, Ribery tak memungkiri bahwa Pep selalu menyemangatinya dengan menyebut level skillnya sejajar dengan Messi. Ribery dan Pep juga tak jarang berdiskusi mengenai Messi dan gaya permainan bintang penyerang asal Argentina itu. “Guardiola memberikan saya kebebasan penuh (dalam bermain di lapangan). Saya bisa bergerak ke tengah, kiri, kanan. Yang terpenting bola harus tetap dalam penguasaan saya,” beber Ribery. Pada musim panas 2010, Ribery juga nyaris dibujuk Guardiola yang kala itu menangani Barcelona untuk hengkang dari Bayern. “Jika saya tidak menerima tawaran perpanjangan kontrak dari Bayern saat itu, saya hampir pasti akan pergi ke Camp Nou,” beber Ribery lagi. (dns/jpnn/jon)

DAVID BECKHAM

Beckham Larang Anaknya Bertato LONDON- Selain wajah rupawan dan skil mengolah bola yang aduhai, ada hal lain yang sangat identik dengan David Beckham: tato. Ya, mantan kapten timnas Inggris tersebut memang memiliki banyak tato di tubuhnya. Tangan, dada, punggung hingga tengkuk Beckham telah dirajah tato. Tapi, Beckham rupanya hanya ingin menikmati tatonya sendirian. Buktinya, mantan penggawa Manchester United tersebut melarang anak laki-lakinya

merajah tubuh. Saat ini, Beckham memiliki tiga anak laki-laki. Mereka ialah Brooklyn, Romeo dan Cruz. Pria berusia 38 tahun tersebut mengakui, ketiga anak lakilakinya tersebut sudah mulai bertanya tentang tato. Namun, Beckham melarangnya. “Anak laki-laki saya memang ingin memiliki tato. Saya hanya mengatakan agar mereka melakukan hal yang berbeda. Jangan mempunyai tato,”

terang Beckham dalam acara The Jonathan Ross Show seperti dilansir Daily Mail, Rabu (18/12). Beckham mulai merajah tubuhnya pada 1999 silam atau ketika anak pertamanya Brooklyn lahir. Ketika itu, dia menulis nama Brooklyn di bagian bawah punggungnya. Setelah itu, dia menato punggungnya dengan gambar malaikat. Setelah itu, Beckham semakin tak bisa dihentikan untuk merajah tubuhnya. (jos/jpnn/jon)

Pellegrini Kian Dekat Beri Gelar Pertama LEICESTER- Manuel Pellegrini semakin dekat untuk memberikan gelar pertama bagi Manchester City. Bukan di Premier League ataupun Liga Champions, melainkan di ajang Caipatl One Cup. City saat ini berhasil menjejakkan kaki di babak semifinal. Tiket itu diraih setelah City sukses menundukkan tuan rumah Leicester City dengan skor 3-1 (2-0) dalam babak perempat final yang dilangsungkan di King Power Stadium, Rabu (18/12). Edin Dzeko menjadi bintang kemenangan City. Penyerang asal Bosnia tersebut sukses mencetak dua gol pada menit ke-41 dan 53. Satu gol tambahan dilesakkan Aleksandar Kolarov pada menit kedelapan. Sementara, gol hiburan tuan rumah dijaringkan Lloyd Dyer pada menit ke-77. “Ini kemenangan yang sangat penting. Untuk tim kami, sangat penting bisa lolos ke

MANUEL PELLEGRINI

babak selanjutnya. Sangat normal ketika Leicester bermain penuh motivasi dalam pertandingan ini,” terang Pellegrini di laman Sky Sport, Rabu (18/12). Kemenangan tersebut melanjutkan sensasi yang dibukukan City dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, City berhasil menundukan Bayern

Muenchen dan Arsenal. Konsistensi itulah yang membuat Pellegrini happy. “Kemenangan ini semakin penting setelah kami mengalahkan tim kuat seperti Muenchen dan Arsenal. Saya pikir, sangat penting untuk terus berkembang dalam setiap pertandingan yang kami jalani,” tegasnya.(jos/jpnn/jon)

NEYMAR

Bukti Keseriusan Blaugrana BARCELONA - Keraguan pada peran Neymar di Barcelona perlahan terus terkikis. Penyerang Brasil yang didatangkan di musim panas lalu itu membuktikan dirinya mampu menjadi solusi bagi produktifitas lini serang Barca. Apa lagi, dalam sebulan terakhir mereka kehilangan Lionel Messi yang cedera. Neymar mencetak enam gol dalam tujuh hari terakhir. Satu gol tambahan disumbangkannya saat Barca menghadapi tim Segunda B Cartagena di leg kedua babak 32 besar Copa del Rey. Tim Catalunia itu menang 3-0 dan melaju dengan keunggulan agregat 7-1. Kemenangan dengan agregat gol yang besar sesuai dengan prediksi. Tapi, keputusan Pelatih Barca Tata Martino untuk menurunkan para pemain utamanya, meski tinggal mengamankan hasil kemenangan 4-1 di kandang lawan, jadi sorotan. “Sisi paling positif dari pertandingan ini ini adalah keseriusan bermain. Mungkin dalam pergerakan kami tak bagus, tapi saya yakin pada dasarnya kami bermain dengan baik. Kami solid dan telah memberi respek pada lawan,” ungkap Martino pada Football Espana. Barca sempat kesulitan di 30 menit awal. Baru di menit ke30 Blaugrana-julukan Barca, membuka keunggulan melalui Pedro Rodriguez. Setelah Mariano melakukan gol bunuh diri di menit ke-68, Neymar mencetak golnya pada menit ke-88. “Mengapa saya memakai tim utama? Saya memilih mereka karena saya lihat mereka adalah pemain yang saya perlukan. Cartagena bermain hebat dan kami harus menunjukkan performa terbaik meredam mereka,” tambah Martino. Meski memainkan para pemain utamanya, Martino sekaligus memberikan kesempatan besar pada pemain yang kurang mendapatkan menit bermain. Salah satunya Pedro yang dalam dua laga terakhir di Primera Division hanya bermain total kurang dari 15 menit.(ady/jpnn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

SEMINAR

LOMBA

Talk Show dan Bedah Buku Turnamen Sepak Bola U-13 di Gedung Widyaloka UB Turnamen Sepak Bola U-13 (KEL.2000) Talk show dan bedah buku dalam rangka Hari Ibu bersama Septi Peni Wulandari, Yohanna dan Darwis Tere Liye. 22 Desember 2013 di Gedung Widyaloka UB. Info: 085 821 911 344

Komunikasi Penunjuk Arah Sukses Polinema menggelar event Seminar Kompas (Komunikasi Penunjuk Arah Sukses) Generasi 2, hari Sabtu 21 Desember 2013. Acara digelar di Auditorium gedung AO lantai 2 Polinema, mulai pukul 08.00 WIB. Pembicara adalah Abdullah Mujahid MSc. HTM Rp 20 ribu.

Kupas Tuntas Au Pair Bridge Academic Expert menggelar seminar ‘’Kupas Tuntas Au Pair ke Jerman’’, pada Minggu, 2 Februari 2014 di Dimsum Soe Café & Resto Jalan Ijen 79 Malang. Peserta dibatasi hanya 50 orang.

REKTOR ITN CUP II SE-JAWA BALI dalam rangka dies natalis ITN Malang ke 45, SSB PAS ITN menggelar turnamen sepak bola U-13 (kelahiran 2000) pada tanggal 29-31 desember 2013 dilapangan ITN kampus 2 tasikmadu. Info pendaftaran; arif 081555871788 (081555871788)

Barito Vaganza SMK Putra Indonesia Malang menggelar Barito Vaganza 7 dengan tema ‘Inspiring Seventastic for Golden Generation‘ untuk siswa SMP/MTs se Malang Raya pada 1215 Februari 2014.Adapun kegiatan meliputi, Lomba Karya Inoasi Remaja, Lomba Profesor Junior, English Speech Contest, English Olimpiade, Lomba Jurnalis Fotografi, Contemporer Traditional Dance Competition, Etnic Futuristic Fashion Festival, bazaar dan pentas seni.

PAMERAN Apkomindo Gelar Pameran Pameran Komputer Apkomindo di Grand Hall Matos dengan tajuk Year End Sale.

EVENT

EVENT

EVENT

Matahari Children Choir di Lippo Plaza Batu

Lets Green Act

Gelar Posko Visual

Malang Youth Greeneration menggelar Green Campaign ‘’Lets Green Act’’, Minggu, Desember 2013 pukul 06.00 WIB di Universitas Brawijaya Malang

Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang menggelar Posko Visual. Kegiatan pameran karya seni desain bertema ‘We Dare, We Care, We Share‘ ini meliputi acara pameran karya, seminar dan workshop serta lomba dan musik.

Matahari Lippo Plaza Batu mempersembahkan Matahari Children Choir. Minggu, 22 Desember 2013 di Matahari Lippo Plaza Batu. Info: 081334330387, 081249080018 ☺

20

HIBURAN Fakultas Ekonomi Gelar Konser Harmonica

UKM Karya Bhakti

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB me nggelar konser Har monica demi Dies Natalis ke-52. Acara digelar 19 Desember 2013. Raisa Adriana dan Sheila On 7 bakal jadi bintang tamu. Untuk informasi lanjutan hu bungi 081230909175 (dewi) re ser vation ticket : 083834818933 (fiska)

Dalam rangka pengembangan pola penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Malang, P2TP2A Kabupaten Malang mengadakan FGD pada Selasa 17 Desember pukul 09.00 di RM Ayam Goreng Prambanan lantai 2.

UKM Karya Mahasiswa Politeknik Negeri Malang menggelar Program Karya Bhakti Mahasiswa 2013 pada 25-31 Desember di Desa Jombok Kecamata Ngantang Kabupaten Malang. Adapun kegiatan meliputi perbaikan fasilitas pendidikan dan khitanan masal.

Stetsa Specta Show 2014 mempersembahkan Heroes of Our Fight with NIDJI, 4 Januari 2014 di Graha Cakrawala UM. Tiket pre-sale Rp 20 ribu-25 ribu, dapatkan di SMAN 4 Malang.

Spensa Gathering 2013

Universal Festival Band

ITN Gelar Motocross

Forsa SPENSA mempersembahkan: “Forza Spensa Gathering 2013 Sabtu 28 Desember 2013. Pukul 06.00 WIB di SMP Negeri 1 Kota Malang. Gratis! NB:Acara ini terbuka untuk seluruh alumni SMP Negeri 1 Malang. Dress code: Tempo Doeloe

ITN Malang dan Jazz Corner Malang menggelar event Universal Festival Band. Acara digelar sore ini, mulai pukul 17.00 WIB di Jazz Corner. Pendaftaran masih dibuka hingga hari ini. CP hubungi Michelle 085755817376

Himpunan Mahasiswa Mesin ITN Ma lang menggelar Motocross 2013. Kegiatan bertema‚‘Spirit of Fire‘ ini di gelar pada 24-26 Januari 2014 di Sirkuit Djagung. Peserta kejuaraan terbuka ini seluruh pembalap dari wilayah se Indonesia.

SBSQUAD Cover Dance Concert SBSquad Entertainment proudly presents: SBSQUAD COVER DANCE CONCERT “Show your love, passion, and hardwork”. Minggu, 09 Maret 2014 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang. CP TIKET: Tiffani – 085735563282 ☺

FGD Penanganan Kekerasan di RM Prambanan

Nidji on Stetsa Specta

Raisan dan Sheila on 7 Passion Music, Harmonica 2013, 19 Desember 2013 di Graha Cakrawala. Open Gate: 16.00. menghadirkan Raisa dan Sheila on 7. Presale tiket, tribun atas Rp 35 ribu, Festival Rp 55 ribu dan VIP Rp 200 ribu.

apel sama ampuhnya dengan obat penurun kolesterol PEPATAH bijak me ngatakan, “An apple a day keeps the doctor away”. Ternyata pepatah itu benar adanya. Para peneliti dari Universitas Oxford telah membuktikannya! Para peneliti dari Universitas Oxford menyarankan para lansia di atas lima puluh ta hun untuk rutin mengonsumsi apel. Sebab apel dapat mencegah serangan jantung dan bekerja seefektif statin, atau obat penurun kadar kolesterol. Dalam risetnya, para peneliti tersebut menggunakan model matematika untuk menentukan berapa besar manfaat konsumsi apel harian untuk para lansia. Mereka juga membandingkan besarnya manfaat apel dan statin dalam mencegah

The Secret of Virginity Seminar Nasional dan Talkshow Kesehatan Reproduksi 2013 “The Secret of Virginity” dengan pemateri dr Ryan Thamrin (dr Oz Indonesia), menguak mitos di balik keperawanan dan keperjakaan. Minggu 22 Desember di Dome UMM. CP @SemnasTCCM2013

serangan jantung. Lantas, apakah benar apel seampuh statin? Para peneliti yakin, iya. Ini dia hasil perhitungan para peneliti. Jika 17,6 juta orang dewasa di Inggris mengonsumsi statin, kematian karena serangan jantung dapat berkurang hingga 9.400 kasus. Namun, konsumsi statin dapat meningkatkan risiko gangguan otot dan diabetes. Sedangkan jika 22 juta manula di Inggris rutin mengonsumsi apel, kematian karena penyakit jantung dapat berkurang hingga 8.500 kasus. Itulah mengapa peneliti yakin perlindungan kesehatan dari buah apel sama ampuhnya dengan perlindungan yang diberikan oleh statin. Tim peneliti itu juga menggunakan perhitungan matematis untuk menghitung manfaat konsumsi buah dan sayur bagi kesehatan. Ter nyata tambahan satu porsi buah dan sayur seperti apel dapat mengurangi risiko

18th Malang Islamic Book Fair 18th Malang Islamic Book fair 2013 mempersembahkan Pameran buku islam terbesar dan terlengkap. 29 November-9 Des 2013 di Aula Skodam Malang.

LOMBA

ULTAH

PES 2014 & FIFA 2014

Selamat Ultah Pernikahan ke 38

Game Corner Competition ”PES 2014 & FIFA 2014’’. Acaranya seru abis lho! Hari/Tanggal: 16 s/d 21 Des.2013. Lokasi: UNO Cafe, JL. MT Haryono 116, Malang. Tempat: Game Corner Malang, Jl. Bendungan Tangga no.4 (belakang kampus ITN 1) Malang. Untuk info yang lebih detail Nawak bisa hubungi: Fitria 085725539023, Abdi 085725455153 dan @GameCornerMlg

Selamat ulang tahun pernikahan untuk Bpk HM Zaini dan Ibu Hj Badriyah yang ke-38 tahun. Semoga perkawinannya semakin membawa berkah untuk keluarga dan masyarakat. dan semoga tetap langgeng hingga akhir hayat.

The Carnival Nashville Grand Wedding Exhibition 2014 Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Enterprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Acara ini akan digelar pada Kamis – Minggu, tanggal 16 – 19 Januari 2014 yang berlokasi di Malang Town Square (MATOS) mulai pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB. Grand Prize ! Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info lebih lanjut dapat hubungi: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

HUT ke 33 Satpam Memperingati HUT ke 33 Satpam wilayah Kota Malang, panitia menggelar beberapa acara. Yaitu, Jalan sehat 21 Desember dan upacara 30 Desember 2013.

Ulang tahun kedua Nashville Club MOG Aria Gajayana menghadirkan event The Carnival. Band Mahadewa menjadi bintang tamu utama pada tanggal 20 Desember 2013, hari Jumat.

Selamat Ultah Naya Selamat Ulang Tahun ke 3 Kanaya Masruroh, 25 Desember, Dau Mlng, yang ke 3 tahun. Semoga panjang umur, bahagia selalu dan umur yg barokah.

Selamat Ultah Niswatul Selamat Ulang Tahun buat Niswatul Mardiyah semoga panjang umur, sukses dan selalu mendapat berah dari Allah SWT. (Anisa Dian Safitri)

serangan jantung dan stroke hingga 12 persen. “Kaum Victoria benar ketika mereka mengatakan ‘an apple a day keeps the doctor away’, “ ujar Dr Adam Briggs dari British Heart Foundation Health Promotion Research Group sebagaimana dilansir Daily Mail pada Rabu (18/12/2013). “Pepatah itu menunjukkan betapa efektifnya perubahan kecil pada pola makan terhadap kondisi kesehatan. Obat dan gaya hidup sehat benar-benar menunjukkan perbedaan dalam mencegah penyakit jantung dan stroke,” tambahnya. Semakin banyak porsi buah dan sayur yang dikonsumsi, semakin jauh juga risiko kematian karena pe nyakit jantung. Menurunkan kolesterol dengan meminum obatobatan tertentu memang ampuh. Tetapi, akan lebih baik lagi jika melakukan diet seimbang.(jpnn/lim)

Band Talent 2013

Operasi Katarak di UB

Kejurda Pencak Silat

Have Fun Party

Kompetisi Teras Pelangi Cafe Band Talent 2013 yang diselenggarakan oleh Teras Pelangi Cafe. Waktu dan Tempat pelaksanaan :Teras Pelangi Cafe, Jl. Simpang Gajayana 575B Malang (belakang Sardo Swalayan). Waktu: Babak penyisihan pada tanggal 17 – 21 Desember 2013. Semi final & final pada tanggal 22 Desember 2013. Untuk mengetahui info lebih lanjutnya nawak dapat hubungi: Illo 081945994468 | 20F64315

Poliklinik Universitas Brawijaya (UB) akan melaksanakan kegiatan Operasi Katarak Gratis dalam rangka Reuni Nasional Alumni 40 Tahun Pendidikan Dokter FK UB. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Hari / Tanggal : Sabtu / 21 Desember 2013, pukul : 06.00 WIB - selesai, Tempat: Poliklinik UB (Kompleks Rumah Sakit Akademik UB) Gedung C, Lantai 1, Jl. Soekarno-Hatta Malang. Adapun untuk pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 04-17 Desember 2013 bertempat di Poliklinik UB pada hari Senin-Jum’at pukul 08.00 – 15.30 WIB dengan target peserta dibatasi ±40 orang.

Pengurus pencak silat angkatan muda rasio (PAMUR) Kota Malang mengadakan kejurda seluruh Jatim dan luar Jatim, Solo, Bogor dan DKI bertempat di GOR Ken Arok mulai 20-22 Desember 2013.

We Get Friend present HAVE FUN PARTY, 28 Desember jam 14.00-20.00 di Kedai Prestasi Kepanjen. Membuka pendaftaran untuk band. CP Awang: 0819 459 786 44

Pekan Amal Psikologi

Last Child on GKM 2013

Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014. Menerima bantuan soal berupa buku, uang, pakaian dll.

BEM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mempersembahkan Gebyar Kreativitas Mahasiswa menampilkan Last Child pada tanggal 18 Desember di Graha Cakrawala UM. Pre sale 25K, on the spot 40K.

Futsal Eksibisi BFD

Pemkot Malang Gelar Jalan Sehat Sadar Pajak

KEAGAMAAN

Hari Amal Bhakti Kemenag RI Kantor Kementrian Agama Kab.Malang menggelar peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Aga ma RI ke 68 dengan agenda kegiatan meliputi: Gerak jalan sehat di Kecamatan Kepanjen 22 Desember 2013, Bakti Sosial santunan Anak Yatim di Kantor Kemenag Kabupaten Malang 3 Januari 2014, dan upacara bendera Peringatan HAB Kemenag RI ke 68 3 di Kantor Kemenag Kabupaten Malang 3 Januari 2014

Badan Fustal Daerah menggelar turnamen eksibisi yang diikuti 16 tim putra dan putri. Kegiatan bertitel Walikota Cup 2013 ini digelar di GOR Ken Arok Des 2013. Bersamaan dengan kegiatan itu, dilakukan pelantikan pengurus Badan Fustal Daerah (BFD) Pengcab PSSI Kota Malang.

Senam Pagi Rukun Warga 04, Kelurahan Sukun menggelar senam Minggu (22/12) pagi, bertempat di lapangan RT09/RW04 Kelurahan Sukun. Kegiatan digelar dengan mengundang intruktur profesional sebagai upaya menggalakkan olahraga bersama seluruh warga.

Gebyar Kreativitas BEM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mempersembahkan Gebyar Kreativitas Mahasiswa, Desember 2013. GKM 2013 menghadirkan Last Child. Info lebih lanjut cek di @gkm2013.

Switchin Time

“Negeri Garuda vs Sakura”

Mixth Event Organizer FISIP UB menggelar event Switchin Time Minggu 22 Desember 2013. White Shoes and The Couples Company jadi bintang tamu utama. HTM Rp 15 ribu, ticket box di Lantai 1 Gedung B FISIP UB.

HRD Comic Cafe mempersembahkan event grand openingnya dengan tajuk “Negeri Garuda vs Negeri Sakura.” Acara digelar Desember 2013 di Comic Cafe Jl. Cokelat. Informasi hubungi 03417284567

Pemkot Malang menggelar Jalan Sehat Sadar Pajak, pada Minggu, 22 Desember 2013 pukul 06.00 WIB.

HIBURAN Festival Seni Tradisional Festival Seni Tradisional di Taman Rekreasi Sengkaling 25 Desember 2013 - 1 Januari 2014.

Mahadewa di Nashville Club Datang yuk ke acara The Carnival 2nd Anniversary Nashville Club dengan bintang tamu: MAHADEWA. Acara akan dilaksanakan pada Jumat, 20 Desember 2013 di Nashville Club Aria Hotel Kompel MOG Malang Jl. Kawi. Info: Witness 0878 5953 3208

Majelis Riyadlul Jannah Majelis Riyadlul Jannah mengadakan majelis rutin di Mushola Al Arifin Jalan Wukir Gang 7 Desa Temas Kota Batu.

Pengajian Tahun Baru Remas Al-Ikhlas mengadakan pengajian tahun baru. Tanggal 31 Desember 2013 pukul 19.00 WIB - selesai. Tempat Masjid Al-Iklash Dusun Gunungjati Desa Genengan Pakisaji.

KKR Natal KKR Natal 2013 di Graha Cakrawala, 20 Desember 2013

Bustanul Qiro’ah Kegiatan Bustanul Qiro’ah di Masjid Ahmad Yani, setiap Rabu pukul 15.30-17.00 WIB. Jadwal setiap Senin dan Kamis.

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


21

MALANG POST

KAMIS, 19 DESEMBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

TANAH

RUMAH

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

TOUR & TRAVEL

MOBIL - MOTOR

PROMO wagon r dp.22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub:9568253/082141959999

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spen ding, wall paper, ver tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me ja, canopi tnpa di las (New Pro duk) Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341 456222 /456333

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car

PUSAT speda motor mocin harga mulai 2 jt cash/kredit. Jl.ki ageng gribig L-15 sawojajar (0341)711529 BG-14/12

KARYA jaya motor jual beli dan tukar tambah speda motor bekas berkualitas ki ageng gribig 3B/Dpn makam sekarpuro (0341)7756919, 081 333888919 BG-13/12

PRO mobil proses cepat dp + bunga rgn : odysseys ’01, wish ‘04, future gx’06, Hyundai, arya ’02, kijang sgx ’97, kijang g’94, carry ’93, innova ’05 Jl.Tumenggung Suryo 120 03415435431 BG-12/12

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/12

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/12

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/12

DAIHATSU JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.0341-9187273 BG-23/12

BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/12

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/12

MITSUBISHI GEBYAR Diskon akhir thn: Mitsubishi Pajero, outlander, mirage, cash back s/d 25Jt. Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/1

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/12

TOYOTA DIJUAL toyota Grand Extra 95 Biru audio Tv 78 jt nego Hub.03417375040

BG-24/12

DIJUAL ESCUDO 2004 plat N rp 100 jt hub 0341 4444002 jl.Candi Brahu 18 mlg BG-23/12

PESTA ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/12

CARRY’01 Adi Putro hitam met,ori harga 60 jt hub 9176717-322791 BL-8/ 12

DIJUAL Suzuki futura station drv 2001 original inpomobil Rp. 50jt (0341)4422551 (L) perum bumiasri blok Q no.8 sengkaling BL-17/ 12

DIJUAL Suzuki Futura Station DRV 2001 Original Indomobil Rp 50 Jt (0341) 4422551 (L) Perum Bumi Asri Blok Q No.8 Sengkaling. BL-22/ 12

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/ 12

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/12

•HONDA• ABS REVO’10 dp 500rb Ang 357x36, Satria FU,07 dp 2jt Angsuran 487x36 Telp.(0341)7567854, 7366556, 7392710 BG-1/1

HONDA Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-24/12

DIJUAL HNDA Accord VTiL exlusive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/12

DIJUAL H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/12

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E.

BG-24/12

BG-30/12

DIJUAL:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.03417020502/7750675

BG-23/12

DIJUAL cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555 BG-11/12

BG-21/12

TANAH

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569

DIJUAL 1 Tanah Raya Akordion Tunggul Wulung Luas 13000 m² L=48m² Bisa 10 Ruko & 110 Rumah 2 Ruko 2 lt Bandulan Rp. 550 jt 4x15 m. (0341) 8447272

BG-30/11

BG-17/12

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013

DIJUAL CPT, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174

BG-21/12

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/12

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/12

BL-7/12

BG-24/12

KARIMUN wagon r super um 20 jtan angs 1 jt-an full ac, irit, aman, nyaman buktikan 0341-3199515

BL-22/12

JUAL cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/12

BG-8/12

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/12

KONTRAKAN DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341-320358 / 082139500516 BG-23/12

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/12

VILLA BU VILLA Batu ,baru mnls 190 m2 Hg.550 jt Nego 081916571873 BL-13/12

RUMAH JUAL RMH lb 5,5x17 m2 lt 700 m2 shm jambon pakis kembar pakis hub: 0341-7014426

KEHILANGAN STNK STNK spd mtr Yamaha mio 28D’10 DK-5174-HW noka : MH328D305AK273700 nosin : 28D2273624 a/n : misiati d/a : banjar dinas bajera kaja desa bajera kec. selemadeg kab.tabanan BL-20/12

STNK spd mtr Yamaha V100ZHE’02 N-4542 Noka MH34N500H2K651870 Nosin 4WH329578 a/n JUWARIAH a/d JL.Arif Margono VIII/30 RT 009 RW 007 Kasin Kota Malang. BL-19/12

STNK spd mtr Yamaha mio’09 N-6785-BT Noka MH328D00A9J626204 Nosin 28D626873 a/n AKHMAD PUJIONO a/d JL.Arif Margono Gg VIII N020 RT.10 RW.07 Kel Kota Malang. BL-19/12

LOWONGAN ZENA TRAVEL membutuhkan operator telp. laki2/perempuan, max. umur S1 pandai berkomunikasi sms: 08222 9188808.

BL-15/12

BL-19/12

PURI cempaka putih kawasan pemkot pnddkn dpn terminal hamid rusdi tipe baru UM 9jt (jamsostek) hub. 754055, 7025005, 081945155552

ZENA TRAVEL membutuhkan : Akuntansi, perempuan, max umur 25tahun, minimal S1, pandai berkomunikasi SMS: 08222 9188808.

BG-6/1

BL-19/12

DJL Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008

DI BUTUHKAN karyawan/i di Qi ltd untuk penempatan Mlg, sbg: resepsionis, marketing, gudang, OB, Cleaning serice kirim lamaran kpd Bpk. Eko ke PO BOX 5959 Ml 65101

BG-26/12

DIJUAL rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/12

DJL rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-17/12

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok. Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/12

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/12

JUAL rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego BL-16/112

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/12

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/12

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/12

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/12

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/12

BL-16/12

DBTHKAN sgr: SPG/SPB u/ C4 belimbing&mitra smp/sma hub 081332844377-08563328288 BL-15/12

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371 BG-16/12

DANA TUNAI BUTUH Dana cepat + trm Gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+ BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp. 0341-7359448 BG-4/1

DANA tunai bunga 0,77 %/bln jaminan bpkb mobil PT BPF Jl.Kahuripan 5 tlp 0341-7066110 BG-24/12

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696 BG-07/12

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978 BG-31/12

BIMBEL BIMBEL OTAK KANAN dijamin sukses sehat, kaya bahagia jl. Keben 2A 15 sukun 03419427474 bonus langganan BG-3/12

RUPA-RUPA TOKO IYAN TOYS Jual segala macam Boneka,Grosir/ eceran,Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/01

TIARA Gordyn terima pemesanan/ pemasangan segala gordyn, partisi gypsum, list gypung, diskon 10-15%. d/a Jl. Hamid rusdi Ruko kompi ongmor kuv.9 bunul. (0341)5477900/087859490782

BG-26/12

KURSUS sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub:081381516060 BG-6/1

CV. ABADI mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

NIA Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/12

RENTAL komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal, bersepeda,dll) Jl. Bela Negara tuko taman niaga rampal k.V1 no hp: 081233130971 (0341)9374077 (0341)7474006 BL-17/12

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 03418696529,085855989910 BG-23/12

KURSUS piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292 BG-19/12

ASHAFA Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

JASA pembuatan rombong fran chise, both, stan pa me ran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.03412801809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/12

WWW.RDV MALANG.COM TE RIMA JASA RANCANG & BA NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.081-7535712/03417744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.03417647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/12

GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai.Mobil baru Suzuki Hub: Hadi 2374008/ 085239073708

J.TNH Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435 /081233081622

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963

BG-18/12

BL-22/12

BG-11/01

BG-31/12

BG-5/1

Beroksigen New Hexa Membuang Racun Dalam Tubuh, Mencegah & Menyembuhkan Penyakit 085649881818

MP-JUAL : jasa privat mata pelajaran akuntansi/ekonomi tingkat smp/sma. Hubungi 082132632652

MP-CARI: kav/rmh tua pggr jln rya. Min L 10m / mlg kota {no kd kndang} hub 6102686

MP-CARI : TUKANG LAS FASILITAS : GAJI/BORONGAN, UANG MAKAN, UANG TRANSPORT HUB. 0341-2801809

MP-JUAL: rmh 2lantai lt210m2,lb290m2,6kmr tdr,4kmr mandi(water heather), r.tamu, r.klrg, dapur, garasi HRG 1,2 M nego hub 085608766656

MP Jual : keris UMYANG JIMBE asli ex pjbt BI, sdh diuji keampuhanannya, prnh ditest bs mengeluarkan dollar, bg peminat tnp perantara hb : pak Puh 081945166744

MP-Jual: Projector merk LG MINI PROJECTOR Baru .cocok u.wrng lesehan di toko blm ada .nego hub.085933102230

Mp-jual : home therapy spa 083848891172

• SUZUKI •

MP JUAL

MP-jual: rumah luas 6 X 8 meter, dua tingkat, 5 kamar, harga nett Rp 158 juta di Jalan Pekalongan Malang. Hub Budi 081331306309 MP-jual: Daun cengkeh krng asalan hrg Rp.5rb/kg 2ton/mgg hub:085855002966 bpk.dika MP-jual : cary podojoyo th 87 plat L brg bagus 26jt nego +623419484130 MP-jual: Tv berlangganan Telkom Vision hanya 99rb/bln.info lebih jelas hub: 08976332188 MP-Jual : Mazda elite 86 Istimewa hub.03417393570 MP-Jual : Foto Copy Digital Kualitas Laser Rp90 Layanan Antar Jemput Dokumen 085649881818 MP-Jual : jasa perencanaan keuangan, kami siap membantu dalm merencanakan keuangan yg lebih baik. Info lebih lengkap hubungi 081334099478 MP-Jual : jasa mengerjakan perpustakaan di SD, SMP, SMA & di lembaga lainnya. 081945707500 MP-Jual :Minuman Kesehatan Pertama & Satu Satunya Di Indonesia (Air Minum Hexagonal)

MP-JUAL: Usus ayam 14rb/kg, cakar/ kepala 11.5rb/kg, dll(info minggu ini) 085755122343/085755659976 Murah untuk konsumsi. MP-JUAL: lovebird 1 psg. Indukan dan sdh prodksi 2x. 1700 085855033315 MP-jual : Jasa ” kursus musik” perbln 200rb. seminggu sekali. guru bisa ke rmh . hub 7360893 MP-Jual : Motor 2nd berbagai type, kondisi 95%, Dp n Ags murah+nego. Proses cepat n lgsug krim, bruan sgera... +628170525737 MP-JUAL : MAZDA ELITE 86, PW,AC,VR, L&D ORI, SGT BGS, 33.5JT. 08125262269.. MP-JUAL: tv berlangganan telkomvisian hanya 99rb/bulan bagi yang berminat hub: 08883396259

MP-Jual : AQUA HOME SERVICE Sumber Hidup melayani pesan antar AQUA gallon khusus Malang kota. 100% halal dan asli.call 772 1942,sms 0816559299 MP-jual : pompa air,dy hsp bsr (cck unt.kolam dll) dan frezeer box. Kond normal,bks pakai. Hub,081244315940 MP-Jual : rumah di perumahan Villa Bukit Tidar blok A3-23, type 54, luas tanah 105, SHM. Harga bisa nego Hub. 088805503276

MP-CARI: TENAGA LAS, NGECAT DUCO, PERKAYUAN INTERIOR, ALMUNIUM KUSEN, KONTRUKSI, BANGUNAN, SERABUTAN. FASILITAS : GAJI, UM, UT, HUB. CV. LINTANG ABADI JL. RAYA KASIN 170 AMPELDENTO KARANGPLOSO TELP. 0341-2801809 / 081555992213 MP-Cari : SPG, wanita, usia maks 25 th, penampilan menarik, proporsional, sms : 087859402772 MP-cari : pemilik kartu kredit/ kta yang macet ,telat bayar ,tidak bayar sama sekali hub 082330756630 .0341 3178691 MP- CARI : Petugas Lap / TKW Naker ke Singpr, HK, TAIWAN proses mdh, resmi, gj besar, utk PL ada fee menarik, masa dpn bukan org lain yg menentukan tp dr kita sndr. 081334433502 bu sapta.

MP-CARI

MP-Cari: ibu rumah tangga/ pensiunan/PNS/mahasiswa usia min 18th. Income 500 rb s/d 3jt/ bln . sms 081945945444

MP-Cari : karyawati tempat makan, daerah dinoyo, gaji tetap, wanita usia maks 30th, siap shift malam, penampilan rapi dan bersih, sms 087859402772

MP-cari : Tukang dan Kuli bangunan harian pekerjaan renovasi rumah di Malang, hubungi 081.3333.22.456

MP-Cari: Honda 70 klasik Hub 085604496902

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

Mp-cari : sepeda motor bekas yg bisa d kredit um saya 1 jt.hub 085655637525 MP-Cari : pengasuh untuk anak usia 3th daerah dinoyo, gaji tetap, wanita usia maks 30 th, pulang sore, penampilan rapi & bersih. Sms 087859402772 MP-Cari : Pemegang Hand Phone yang pengen tambahan penghasilan sampai jutaan rupiah. halal & mudah, bukan MLM..daftar gratis!! SMS #daftar gratis#nama#alamat# Kirim ke : 0822.3172.7899 MP-Cari : Kary. Foto Copy Jujur,Niat Kerja,Pengalaman Hub 085649881818 MP-CARI : Tenaga laki2 serabutan, punya motor, sim C, jujur, rapi, lulusan SMA/SMP, max 25th, tahu daerah malang raya, gaji 750rb/bln. Telp/sms ke 0816554143. MP-CARI : MARKETING ONLINE & LAPANGAN BISA DESAIN / AUTOCAD/3D GAJI S/D 5JT LANGSUNG KIRIM LAMARAN KE JL. RAYA KASIN NO. 170 AMPELDENTO KARANGPLOSO (INFO 0341-2801809)

BG-26/12

BG-30/12

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

ANGKASA RENT CAR me layani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avan za, Kijang LGX, Mercy pe ngan tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081 9318 71298

BG-26/12

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

BG-31/12

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web site: www. su rya travel. com.

BG-26/12

KULINER DEPOT MANINJAU sedia masa kan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bung kus, rantang, kotak, ku ning, tum peng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma nin jau No. 91/ 711842 BG-31/12

AQIQAH (Darul Aqiqah) mulai Rp 800rb+masak. Sate 225 tsk+gulai 65 prs. Nasi box mulai Rp 7000. (0341) 2383862/081333910016. Alam buring inside2 A4. Belakang gor ken arok BG-19/01

PIJAT APA anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/12

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel hub: 085774410568 no sms BG-29/12

PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341 4333882 BG-24/12

TOUR & TRAVEL MAJU MAPAN trans MalangJuanda PP, Armada Tytinnova. trm pemesanan tiket pesawat, bisa pesan online, 24 jam Jl. Mayjend Wiyono no.1H. 081233 565758/087859995758/0855495 05758/(0341)575758 BG-11/01

PATTAYA Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp.4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01

“BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/12

BG-29/11

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ju an da(PP), dgn driver pengalaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Vel re, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/12

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web site: www. stasiun tiket .com BG-29/12

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/11

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085 735 607111-0821 31475761 BG-23/11


ALL SPORT

PASI: Tahun Depan Gelar Kejuaraan Pelajar Dua Kali

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

22

Marquez Olahragawan Paling Fenomenal

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

PERSAINGAN KETAT: Kejuaraan Atletik Antar Pelajar Walikota Cup 2013 berlangsung sukses. PASI mendapatkan bibit baru untuk proses regenerasi berjangka.

MALANG-Suksesnya kejuaraan atletik antar pelajar bertajuk Walikota Cup 2013 yang digelar di Stadion Gajayana membuat pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang berencana membuat terobosan baru. Kejuaraan tahunan yang diselenggarakan oleh PASI Kota Malang itu telah usai pada Selasa (18/12) kemarin. Terobosan tersebut, menurut Ketua Harian PASI Kota Malang, Parmin, adalah akan menggelar even tersebut dua kali untuk tahun 2014. “Kalau KONI mengizinkan, tahun depan kita akan adakan turnamen semacam ini minimal dua kali dalam setahun,” ujarnya kepada Malang Post. Langkah itu dilakukan setelah pihaknya melihat antusias peserta Piala Walikota 2013. “Ternyata untuk kegiatan ini antusias dari sekolah banyak sekali,” imbuh Parmin. Tak hanya itu, PASI Kota Ma-

lang juga akan memperbanyak pelatihan untuk guru olahraga sekolah. Sebelumnya, training untuk guru olahraga sekolah hanya diikuti puluhan orang. “Untuk tahun depan pesertanya bisa lebih banyak,” kata Parmin. Ditanya mengenai atlet yang menyabet medali dalam Walikota Cup 2013, Parmin memaparkan bahwa akan melakukan pembinaan bersama PASI Kota Malang. Parmin menilai, hal ini dilakukan guna mengkader bibit-bibit baru untuk menggantikan seniornya. “Beberapa atlet yang juara memang sudah langganan Porprov, tapi ada juga mukamuka baru,” tambah Parmin. Dari muka-muka baru itu, nantinya pihak pelatih akan menilai untuk direkomendasikan untuk masuk tim PASI Kota Malang. Tim ini sekaligus dipersiapkan guna menyongsong Porprov Banyuwangi 2015 mendatang. “Ini juga supaya persaingan an-

Marc Marquez LONDON – Sudah tak diragukan lagi bagaimana kehebatan Marc Marquez di lintasan balap MotoGP 2013. Bukan hanya pembalap kawakan Valentino Rossi, tapi juga juara bertahan Jorge Lorenzo, dapat ditaklukkannya. Pencapaian gemilang itu ternyata diapresiasi oleh Reuters, salah satu kantor berita internasional, yang menganggap pembalap asal Spanyol itu merupakan olahragawan terbaik sepanjang tahun 2013. Pembalap yang baru berusia 20 tahun itu menjadi juara dunia di kelas tertinggi balapan kuda besi itu. Menjuarai enam lomba, 16 podium, dan sembilan pole position membuat dirinya menjadi salah satu pembalap termuda yang berhasil memenangkan MotoGP. Di posisi kedua ada Brianna Rollins, yang merupakan juara dunia lari di nomor sprint 100 meter. Spesialnya lagi, dia menjadi yang tercepat pada hari ulang tahunnya yang ke-22, pada uji coba kejuaraan Juni 2013. (oke/nda)

Daftar 10 olahragawan paling fenomenal versi Reuters 1. 2. 3. 4. 5.

Marc Marquez, MotoGP champion Brianna Rollins, pemegang juara lari 100 meter Paul George, peraih MvP NBA Gibraltar, menjadi anggota UEFA termuda Adam Scott, peraih Green Jacket pertama di Australia 6. Jose Fernandez, rookie terbaik di Liga Rugby (Liga Nasional Amerika) 2013 7. Nairo Quintana, runner-up di Tour de France 8. Guan Tianling, pegolf termuda asal China 9. Israel Folau, pemain terbaik Liga rugby 2013 10. Yasiel Puig, pemain terbaik Liga Baseball 2013 tara senior dan junior tetap terjaga dengan ketat,” tandasnya. Sementara itu, salah seorang atlet langganan porprov, Rosalina Emawanti mendapatkan dua medali emas dalam kejuaraan yang berlangsung selama dua hari itu. Siswi

SMAN 9 Malang ini mendapat medali emas pada nomor Lari 100 m SMA Putri dan Lompat Jauh SMA Putri. “Saya senang dan bangga karena sebenarnya tidak terlalu narget dalam even ini,” ujar Oca, sapaan akrabnya, kepada Malang Post ketika

ditemui usai menerima medali di podium. Ke depan, peraih medali emas dalam Porprov 2013 lalu itu berharap bisa lebih baik lagi. “Bisa ikut kejuaraan yang lebih tinggi dan meraih prestasi disitu,” pungkasnya. (mg11/nda)

Duet Kobe dan Gasol Tundukkan Grizzlies

Cabor Catur Lampaui Target JAKARTA -Prestasi gemilang ditunjukkan tim catur Indonesia setelah hari ketujuh SEA Games 2013 di Naypyidaw, Myanmar. Tim catur Indonesia membukukan 4 emas, 2 perak dan 4 perunggu. Seluruh anggota tim yang dikirim, memperoleh medali. Prestasi Ini melampaui target dua medali emas. “Prestasi ini sangat membanggakan dan membesarkan hati. Sebagai Ketua Umum PB Percasi dan sekaligus sebagai bagian dari rakyat pecinta catur Indonesia, saya menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada seluruh atlet, tim manajer, dan para pembina tim catur Indonesia,” ujar Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia, Hashim Djojohadikusumo, Rabu (18/12/2013).

BERJAYA: Tim catur Indonesia berjaya di SEA Games 2013. “Yang lebih membanggakan lagi adalah prestasi ini merupakan hasil terbaik tim catur Indonesia selama mengikuti empat kali SEA Games (2003, 2005, 2011 dan 2013),” lanjut

Lotus Masih Punya Tunggakan pada Kimi LONDON - Balapan Formula 1 memang sudah berakhir. Kimi Raikkonen juga sudah memutuskan hengkang ke Ferrari untuk balapan musim mendatang. Namun, bukan berarti urusan Kimi dengan Lotus yang dibelanya pada musim lalu sudah beres. Lotus ternyata masih memiliki tunggakan gaji pada pembalap asal Finlandia tersebut. Tidak disebutkan berapa nominal hutang yang masih dimiliki Lotus pada Kimi. Namun, Kimi membenarkan gajinya belum dibayarkan semua. Pihak Lotus pun mengakui masih mempunyai hutang pada Kimi. Bos Lotus, Gerard Lopez mengatakan, pihaknya berjanji bakal membayar tunggakan tersebut. Selain itu, Lotus juga dikabarkan masih memiliki hutang pada supplier. “Gajinya belum dibayarkan semua. Beberapa sudah kami bayarkan. Kami mencapai kesepakatan mengenai pembayaran itu pada seri Abu Dhabi lalu,” terang Lopez sebagaimana dilansir laman Auto 123, Rabu (18/12). Tim asal Inggris tersebut kini tengah menunggu kesepakatan dengan Quantum yang akan menjadi investor. Jika deal, kocek Lotus tentu bakal mencukupi untuk membayar gaji Kimi. Namun, Lopez membantah besarnya nominal hutang pada Kimi yang selama ini diberitakan. “Memang masih harus ditunda pembayarannya. Namun, jumlah yang saya dengar dari media benar-benar menggelikan. Saya tak akan membahas mengenai detail hutang. Tapi kami akan membayarnya,” tegas Lopez. (jos/jpnn/nda)

Hashim. Pembinaan pecatur nasional secara berjenjang dan sejak dini melalui kelompok umur dengan berbagai cara telah menjadi fokus perhatian PB Percasi

selama ini. Dengan cara itu menurut Hashim, pecatur indonesia bisa meniti jalan menuju tangga prestasi dunia. “Baiknya pembinaan yang dilakukan disertai seringnya para pecatur muda Indonesia diberi kesempatan berlatihtanding dan mengikuti berbagai turnamen internasional. Itu pasti menambah kepercayaan diri mereka,” paparnya. Ajang SEA Games sendiri menurut dia tidak bisa disepelekan karena Vietnam dan Filipina mempunyai pecatur handal. Lebih lanjut, Hashim berharap kedepan, masyarakat Indonesia bisa lebih familiar dengan catur, karena banyak manfaat yang bisa diambil dari sports ini. Catur memberi dampak yang besar dalam

pengembangan kemampuan berpikir, ketajaman analisa, bijak mengambil keputusan serta karakter dan daya tahan mental yang kuat. Sebab itu, semua pihak diimbau untuk mendukung pembinaan catur di Indonesia. “Unsur karakter seperti ini sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia yang saat ini berjuang lepas dari berbagai masalah sosial dan bertahan sebagai bangsa yang kuat,” ujar Hashim. Hashim pun mengucapkan penghargaannya kepada seluruh ofisial tim catur di SEA Games 2013 ini atas prestasi mereka.Namun, dia berpesan agar tim tidak terlena karena masih ada beberapa nomor catur yang dipertandingkan. (oke/nda)

Keluarkan Pelat dan 11 Baut dari Tubuh Lorenzo BARCELONA - Akhir musim menjadi momen bagi para pembalap MotoGP melakukan operasi. Setelah dua pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez, giliran jagoan Yamaha Factory, Jorge Lorenzo yang melakukannya. Pembalap dengan dua gelar juara dunia tersebut melakukan operasi collarbone atau tulang selangka kiri. Operasi ditangani Joaquin Rodriguez, Ana Carreras dan Marc Cost di Rumah Sakit Katalunya, Selasa (17/12) kemarin. Sebelas baut dan sekeping pelat dikeluarkan dari tubuh pembalap asal Spanyol tersebut. Sebelumnya, Lorenzo memang mengalami cedera parah pada tulang selangka usai kecelakaan di seri Belanda dan Jerman. Jauh sebelumnya, tepatnya pada musim 2010, pembalap yang berulang kali datang ke Indonesia tersebut juga menjalani operasi ibu jari. Setelah operasi, Lorenzo memang diperbolehkan pulang. Namun, Lorenzo harus tetap kontrol akhir bulan mendatang. Nah, setelah operasi, Lorenzo berharap kondisinya semakin baik.

TERBANYAK: Gasol dan Kobe sukses membawa kemenangan untuk Lakers. LOS ANGELES - Lakers meraih kemenangan 96-92 atas Memphis Grizzlies pada pertandingan lanjutan NBA musim 2013/14. Kobe Bryant dan Pau Gasol menjadi pencetak angka terbanyak pada pertandingan tersebut. Pada laga yang dihelat di FedExForum, Rabu 18 Desember 2013 pagi WIB, Lakers langsung unggul pada awal kuarter 1. Dua free throw Gasol membuat kedudukan menjadi 12-9 untuk Lakers, sebelum akhirnya kuarter berakhir 34-24. Memasuki kuarter 2, Grizzlies mulai memberi perlawanan, di mana mereka tertinggal lima poin saja, 47-52. Pada kuarter 3, Jerryd Bayless melakukan layup dan membuat Grizzlies menyamakan kedudukan 56-56. Kuarter 3 berakhir 67-67. Pada kuarter 4, tembakan tiga poin Nick Young membuat Lakers unggul 84-73, disusul sumbangan tiga poin Kobe, yang membuat kedudukan menjadi 91-85. Dan, akhirnya, pertandingan pun berkesudahan dengan 96-92 untuk Lakers. “Saya kembali saat pemain mematikan (Memphis) bermain, khususnya defender seperti Tony Allen, yang sangat unggul dalam urusan fisik. (Tapi), di saat itulah saya merasa dalam kondisi bagus,” kata Kobe usai laga, seperti dilansir situs NBA. Lakers kini menempati peringkat 4 klasemen sementara Divisi Pacific Wilayah Barat, dengan rekor 12 kemenangan dan 13 kekalahan. Sementara itu, Memphis Grizzlies berada di dasar klasemen Divisi Southwest Wilayah Barat dengan 10 kemenangan dan 14 kekalahan. (one/nda)

Button: Pramusim di Jerez Bakal Sulit

Jorge Lorenzo Pasalnya, para pembalap MotoGP memang sudah ditunggu even penting. Yakni tes musim dingin di Sirkuit Sepang, Malaysia 2014 mendatang. Lorenzo mengakhiri musim ini

dengan status runner up. Dia hanya kalah empat poin dari Marquez yang akhirnya menabalkan diri sebagai juara dunia. Sementara, posisi ketiga dihuni Pedrosa.(jos/jpnn/nda)

WOKING – Pembalap andalan McLaren, Jenson Button memprediksi bakal berjalan sulit tes pramusim yang akan berlangsung di Jerez, Spanyol. Untuk itu Button juga mengaku akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi di tes pramusim. Jerez bakal menggelar latihan pramusim pertama bagi McLaren. Terutama dengan peraturan baru yang telah diterapkan FIA. Kondisi juga bakal terlihat rumit, karena akan terjadi pada musim dingin, di mana bakal memunculkan balapan aneh di Jerez. “Tes musim dingin akan terlihat menggembirakan di Jerez. Dengan suhu yang dingin, ban tidak akan bekerja maskimal, mobik mungkin tidak akan bekerja dengan baik, dan ketika anda menghabisi satu lap, mungkin akan terlihat aneh, karena menggunakan gigi yang lebih tinggi,” ucap Button, kepada planet F1,Rabu (18/12/2013). “Ini adalah cara yang sangat berbeda dalam membalap dan Anda harus melupakan segala pengalaman selama bertahuntahun dalam hal kemampuan membalap mobil, mesin, output dari mobil itu sendiri,” sambungnya. Tahun 2014 menjadi musim kelima Button membela tim yang bermarkas di Woking itu. Prestasi terbaiknya bersama McLaren adalah pada tahun 2011, dengan menempati runner up di klasemen akhir pembalap dengan raihan 270 poin. (oke/nda) REDAKTUR : DINDA, LAYOUTER : KURDI


KAMIS, 19 DESEMBER 2013

23

Jajakan Kredit Bunga Rendah, SIKAT SURAT RUMAH SUMAWE - Kawanan pelaku penipuan dengan modus menggunakan salah satu perbankkan sebagai kedok, berhasil dibekuk Polsek Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Selasa kemarin. Dari penangkapan itu, petugas berhasil mengamankan surat akte hibah berikut uang tunai Rp 10 juta yang diduga milik korban. Termasuk, satu unit mobil Avanza N 1351 RH, yang digunakan sebagai sarana ketiga pelaku aksi penipuan. Adalah Firman Hidayat, 30 tahun warga Jalan Anggrek, Kelurahan Sukabumi-Kota Probolinggo, Irvan Catur Samaulana, 29 tahun dan Son Datan, 33 tahun, keduanya warga Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, yang berhasil ditangkap petugas secara bersamaan di Jalan Raya Kecamatan Turen. Ketiganya, diketahui usai melancarkan aksi terhadap korbannya, Sukarni Trijayanti, 56 tahun Desa

Sitiarjo, Kecamatan Sumawe. “Ketiga berhasil ditangkap dengan cepat, setelah pihak keluarga korban mengadukan perkara sesaat usai kejadian. Dari identitas pelaku, petugas langsung mencoba menghentikan pelaku di Jalan Raya Sumawe. Namun, karena pelaku melaju dengan kencang, akhirnya baru berhasil dilakukan penangkapan di Turen oleh petugas di sana,” kata Kapolsek Sumawe, AKP Farid Fathoni. Diterangkan mantan Kapolsek Pakisaji itu, peristiwa bermula ketika tiga pelaku yang menggunakan mobil itu mendatangi rumah Sukarni. Dengan mengaku sebagai petugas lapangan dari salah satu bank plat merah, mereka berpura-pura menawarkan pinjaman lunak dengan bunga rendah yakni 0,7 persen. Pinjaman yang diberikan itu, dengan alasan karena bank tengah melakukan promo akhir tahun

IST/MALANG POST

PELAKU : Ketiga tersangka yakni Firman Hidayat, Irvan Catur dan Son Datan yang ditangkap Polisi setelah melancarkan aksi tipu menawarkan kredit bunga rendah. dan Rp d bisa bi meminjam i j sebesar b R 100 juta. “Untuk meyakinkan korbannya, tidak ketinggalan pelaku juga mengenakan pakaian batik dan mengenakan tanda pengenal di saku luar,” terang Farid. Dengan sesekali dibubuhi bujuk rayuan, korban pun akhirnya tertarik. Karenanya, pelaku pun menjelaskan agar si peminjam atau korban memberikan surat jaminan. “Tanpa curiga, korban se-

lanjutnya memberikan akte l j hibah,” tambahnya. Setelah usaha pertamanya berhasil, ungkap Farid, pelaku pun kemudian menjelaskan kepada korban, bahwa pinjaman akan dicairkan dengan cepat ketika peminjam memiliki simpanan di Bank Mandiri sebesar Rp 10 juta. Karenanya, pelaku pun meminta korban untuk menyimpan uangnya di bank dan selanjutnya esok atau Kamis, uang pinjaman akan diantarkan berikut mengambil

kekurangan persyaratan. “Hingga korban menyerahkan uang tunai Rp 10 juta, saat itu masih belum menyangka kalau ditipu,” paparnya. Aksi penipuan baru terbongkar, terang Farid, sesaat setelah kawanan pelaku meninggalkan lokasi. Anak korban yakni Maryono, 36 tahun, pulang ke rumah ibunya dan mendapat cerita mengenai pinjaman. Curiga kalau keluarganya ditipu, saksi selanjutnya meminta surat tanda terima bukti penyerahan yang biasa diberikan kepada peminjam. Hanya saja, saat itu tidak ada sehingga langsung menghubungi petugas. “Dari identitas pelaku yang menggunakan mobil itulah, selanjutnya bisa dilakukan penangkapan dengan cepat,” ujarnya seraya mengatakan kalau aksi pelaku sudah 10 kali dilakukan di kawasan Jember, Probolinggo dan Lumajang. (sit/aim)

Musim Hujan, Perbaikan Jalan Molor WAGIR-Warga di Kecamatan Wagir yang biasa menggunakan jalan utama kecamatan, harus esktra bersabar. Masalahnya, proses pelaksanaan tambal sulam jalan berlubang atau jalan rusak tidak bisa berjalan mulus. Akibatnya, kondisi jalan yang rusak, masih didapati di beberapa titik jalan. “Dengan kondisi itensitas hujan yang seperti ini (seringkali hujan), pastinya ini sangat mengganggu bagi kami. Dampaknya, tentu kepada pengguna jalan atau masyarakat, yang harus terganggu dengan pelaksanaan yang tidak kunjung selesai. Makanya, kami pun minta maaf,” kata seorang pekerja tambal sulam, Sunarto. Ditambahkannya, dengan kondisi yang terus menerus hujan pelaksanaan tambal sulam jalan, sangat tidak mungkin dipaksakan. Karena kalau tetap dipaksa untuk ditambal, maka bahan yang digunakan akan tidak melekat. Sehingga, jalan akan kembali mengalami rusak dan berlubang. “Kami bisa saja memaksakan penambalan. Dampaknya, jalan akan kembali rusak. Karenanya, proses tambal sulam menunggu saat kondisi jalan tidak basah atau saat tidak hujan,” terangnya kepada Malang Post. Disinggung mengenai lama pengerjaan, Sunarto menjelaskan, melihat kondisi jalan yang relative bagus dan tidak parah, sebenarnya pelaksanaan bisa dilakukan selama empat hari. Hanya saja, karena kondisi hujan, maka butuh

Sebar Pengembangan Perumahan di Singosari SINGOSARI – Kawasan perumahan di Singosari masih terbuka luas. Dalam rencana detail tata ruang (RDTR) kawasan Singosari 20 tahun mendatang, tetap memberikan ruang kepada pengembangan untuk mengembangkan perumahan di wilayah Singosari. “Isu peruntukan lahan di Singosari memang sangat besar. Makanya, pengembangan perumahan di wilayah ini sangat padat. Untuk itulah, dalam penataan nanti tetap diberikan ruang,” kata anggota DPRD Komisi A DPRD Kabupaten Malang, Miskari. Diterangkannya, pemberian ruang yang dimaksudkan itu, yakni penyebaran dari lahan yang disediakan. Jangan sampai, lokasi yang disiapkan hanya terfokus pada satu lokasi. sehingga pada hari-hari tertentu tidak menimbulkan masalah baru. “Kalau misalkan pengembangan perumahan difokuskan pada satu desa atau kelurahan tertentu, pastinya pada jamjam kerja akan memunculkan macet. Karena bisa dipastikan, kendaraan dari perumahan itu akan keluar secara berbarengan di jam kerja,” imbuhnya. Karenanya mensikapi tingginya permintaan lahan perumahan, dewan akan memberikan gambaran terhadap lokasi yang ada. Diantaranya, seperti kawasan pertanian atau kawasan hijau. “Antara perumahan dengan kawasan hijau harus seimbang. Jadi wilayah Singosari tetap asri dan bagus. Kondisi serupa, jika memang ada pengkonsentrasian kawasan industri. Pastinya, harus tetap mensediakan kawasan hijau atau pertanian,” tambahnya.(sit/aim)

Saza Kunjungi 300 Obyek Wisata Jatim

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

PERBAIKAN: Pekerja melakukan perbaikan jalan di jalan Kabupaten Malang yang ada di Kecamatan Wagir.

waktu sampai tujuh hari. “ Ya n g d i p e r b a i k i i t u m u l a i perbatasan Wagir dengan Kota Malang, sampai jalur ke pertigaan

Kebonagung,” imbuhnya. Terkait dengan perawatan jalan, Sunarto menjelaskan, tidak sampai melakukan pelebaran jalan. Jadi, untuk penghujung

tahun ini yang dikerjakan oleh pekerja, sementara pada tingkatan perawatan. “Untuk pelebaran tidak dilakukan sekarang,” paparnya. (sit/aim)

Kades: Empat Perangkat Mundur Bukan Dipecat LAWANG- Kepala Desa Ketindan Artining menegaskan tidak gentar menghadapi gugatan yang dilayangkan mantan empat perangkat Desa Ketindan ke PTUN Surabaya. Dia memberhentikan mereka jelas ada dasar hukum dan penyebabnya. Selain itu, mereka juga diketahui mbolos kerja sejak era kades lama, Darto yang menyebabkan pelayanan kepada masyarakat terganggu. “Mereka itu adalah perangkat penting dan dibutuhkan masyarakat. Kalau mereka sering absen, maka pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu,” ujar Artining kepada Malang Post kemarin.

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

TETAP DIPERHATIKAN: Salah satu pelaksanaan pengembangan perumahan yang berlangsung di wilayah Kabupaten Malang.

Diapun tidak tahu mengapa alasan mereka selama ini absen kerja. Meski mereka tidak pernah masuk kantor, Artining tetap memberikan gaji serta tunjangan kepada mereka. Hal itu sebagai bentuk itikad baiknya dan masih menggap mereka sebagai pegawai dari Kantor Desa Ketindan. “Kalau dianggap semena-mena, sudah saya pecat sejak dulu. Saat itu, saya masih berpikiran masalah ini dapat diselesaikan dengan cara baik-baik,” terangnya. Menurutnya, mereka bukan dipecat. Melainkan melakukan pengunduran diri lewat Lembaga Musyawarah Desa (LMD). Lantas mereka mengundurkan diri, pihaknya tidak bisa

GILANG/MALANG POST

TIDAK TAKUT: Kepala Desa Ketindan Artining (kiri) siap hadapi gugatan di PTUN.

b b t apa-apa. K d yang berbuat Kades baru menjabat selama enam bulan ini, juga tidak mengetahui alasan mereka mengundurkan diri. Termasuk alasan mereka hingga memnggugat dirinya ke PTUN Surabaya. “Ya tetap saya hadapi per-

id sidangannya dan tidak takut sama sekali. Ini sudah tiga kali sidang di Surabaya,” urainya. Dijelaskannya,sebelum mereka melayangkan gugatan ke PTUN Surabaya, lebih dahulu menggugat lewat PN Kabupaten Malang. Hanya saja,

saat itu PN menolaknya dan disarankan untuk ke PTUN. “Mereka seperti tidak suka ketika saya menjabat sebagai kepala desa yang baru. Padahal saya juga merasa tidak punya salah kepada mereka,” imbuhnya. Sedangkan terkait apapun keputusan dari PTUN Surabaya nanti, dia akan tetap menaatinya. Meski begitu, dia yakin kebenaran akan berpihak kepadanya. Selain itu, dia juga sekarang sedang fokus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Untuk pengganti empat perangkat yang mengundurkan diri sudah sejak pertengahan Agustus lalu. Sehingga kinerja di sini tidak terganggu,” tutupnya. (big/aim)

MALANG - Sudah sebulan lebih, Saza Azizah Anindyo menikmati tugasnya sebagai Duta Pariwisata Indonesia 2013. Tugas itu muncul setelah terpilih sebagai duta tingkat nasional dalam penobatan yang digelar di Banda Aceh, 17 November lalu. Kodew Ngalam ini bertugas memperkenalkan potensi wisata di Indonesia. Anin, begitu dia akrab disapa mengatakan, sejumlah lokasi wisata di Indonesia sudah dipromosikannya ke masyarakat umum. Banyak cara yang dilakukannya dalam kegiatan promo, diantaranya melalui Saza Azizah Anindyo twitter dan pinct instagram setiap dirinya dan tim pergi ke lokasi wisata. Saking banyaknya, dia sampai lupa berapa lokasi yang sudah dikunjunginya. Di Jatim saja, dia sudah berkunjung ke 300 lokasi wisata. ‘’Lupa aku. Aku nilai, cara promo yang kulakukan simple tetapi mengena. Habis ini ada program Nusantara Explore yang saya kerjakan bersama teman-teman. Semoga terealisasi,” akunya kepada Malang Post, kemarin. (poy/aim)

Wagir Menyisakan Satu Pilkades Sambungan dari Halaman 24

Disinggung mengenai Pilkades di sejumlah desa di Wagir, Mando menjelaskan, dari total 12 desa yang ada hanya menyisakan satu desa yakni Desa Petungsewu. Desa itu, akan habis masa baktinya pada bulan Februari 2014 mendatang. “Dengan sertijab ini maka total dari 12 desa yang ada, hanya menyisakan satu desa yang bakal melakukan Pilkades. Sementara selebihnya telah dilakukan Pilkades baik itu di Pilkades serentak pertama atau Pilkades serentak kedua,” ungkap mantan camat Dau itu. (sit/aim)

Malang Masuk Lima Besar IGRA Sambungan dari Halaman 24

dan Jombang yang juga lolos ke lima besar nominator peraih IGRA. Tahun lalu, Kabupaten Malang meraih predikat runner up dibawah sang juara Kabupaten Karanganyar. ‘’Kami optimis bisa meraih award tersebut karena kepedulian lingkungan dijalankan Pemkab Malang. Seperti pengelolaan Taman Edukasi, Taman Hayati, Taman Puspa, Taman Singa yang ada di ibukota Kabupaten Malang, Kota Kepanjen,” terang Diyah. (poy/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


24

KAMIS, 19 DESEMBER 2013

Wagir Menyisakan Satu Pilkades

PPP DAN PBB KOMPLAIN Warna Logo Partai di Surat Suara Validasi Surat Suara Pemilu 2014 KEPANJEN – Jelang mencetak surat suara Pemilu 2014 mendatang, KPU melakukan validasi untuk mendapatkan persetujuan (proof) surat suara yang akan dicetak. Semua pimpinan Parpol melakukan validasi surat suara yang akan dicetak dengan membubuhkan tanda tangan atau paraf. Dalam validasi itu, sejumlah perwakilan parpol disuguhi dengan kertas suara yang sudah tertera logo parpol dan nama-nama Caleg partainya masing-masing. Dari kertas suara yang disuguhkan, sejumlah perwakilan melakukan evaluasi terhadap nama atau kekurangan lain di parpolnya masing-masing. “Dari validasi yang dilakukan, ada beberapa masukan yang diterima oleh KPU diantaranya, seperti muncul dari PBB (Partai Bulan Bintang) dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan). Evaluasi yang disampaikan, yakni masalah warna dari logo partai yang dianggap terlalu gelap atau kurang terang,” kata Ketua Pokja Pencalonan KPUD Kabupaten Malang, Totok Hariyono.

SIGIT ROKHMAD /MALANG POST

PERTEMUAN: Beberapa perwakilan partai yang melakukan pertemuan dengan KPUD Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu.

Selain masalah warna logo partai, tambah Totok, masukan lain juga ditemukan pada kekurangan penulisan nama gelar pada salah satu Caleg. Dari temuan itu, perwakilan partai meminta untuk gelar Calegnya bisa disertakan. “Dari kekurangan atau evaluasi dalam validasi ini, nantinya akan dibuatkan berita acara untuk disampaikan kepada

KPU Provinsi dan diteruskan ke KPU Pusat. Selanjutnya, kekurangankekurangan yang ditemukan itu bisa menjadi bahan masukan untuk dilakukan perubahan. Sehingga, dalam pemilihan nanti, kertas suara yang dicetak dan diberikan kepada pemilik hak suara, sesuai dengan keinginan perwakilan parpol,” imbuhnya.

WAGIR – Tiga Kades terpilih dalam pemilihan serentak yang berlangsung di Kecamatan Wagir pada 25 November lalu, Rabu kemarin dilantik secara bersamaan oleh Bupati Malang, H. Rendra Kresna. Pelantikan dan serah terima jabatan itu dilaksanakan di di Gedung KPRI Wagir. Serah terima jabatan dipimpin langsung Camat Wagir, Firmando H Matondang di tempat yang sama. Sertijab dilaksanakan dari Kades lama ke Kades baru yang siap memimpin tiga desa itu. “Dengan telah dilangsungkannya Sertijab ini, maka terhitung mulai hari ini besok (Kamis), ketiganya sudah akan menjalankan tugasnya sebagai Kades di tempatnya masing-masing,” kata Mando, sapaan akrab Camat Wagir kepada Malang Post. Dalam prosesi sertijab tersebut, secara bergantian masing-masing kepala desa, melakukan penanda-tanganan penyerahan jabatan. Kades Gondowangi misalkan, diawali dari Kades lama Sriastutik ke Danis Setia Budi N. Kades Sukodadi dari Salamun ke Susilowahyudi dan Kades Sumbersuko dari Arbai Nawawi ke Subhan. “Ketiga Kades yang terpilih dan melakukan sertijab sekarang, itu dari nomor urut 1 semua. Padahal, seperti di Desa Gondowangi dan Desa Sumbersuko, ada tiga calon. Sementara di Sukodadi hanya diisi oleh dua calon di pemilihan sebelumnya,” terangnya.

Masih menurut Totok, dalam pertemuan atau koordinasi dengan perwakilan parpol, pihaknya masih akan terus menggelar pertemuan-pertemuan lain menjelang pelaksanan Pemilu 2014. Intinya, untuk koordinasi sehingga saat pelaksanaan berlangsung, tidak ada masalah dengan kertas suara atau tahapan lain menyangkut Pemilu. (sit/aim)

Baca Wagir... Hal.23

Malang Masuk Lima Besar IGRA KEPANJEN – Dipenghujung tahun 2013, Kabupaten Malang masih akan terus menambah prestasi terbaiknya. Peluang itu datang dari penganugrahan Indonesia Green Region Award (IGRA) yang diberikan perusahaan media untuk lingkungan hidup, hasil kerjasama

Kantor Berita Radio KBR68H dengan Majalah SWA. Kabupaten Malang saat ini masuk babak grand final penghargaan IGRA. Bupati Malang, H Rendra Kresna baru saja menuntaskan tanggung jawab memaparkan program unggulan terkait integrasi kota Kepanjen Hijau

di Surabaya, Selasa (17/12) lalu. Sebelumnya, pemaparan di depan tim juri juga dilakukannya di Jakarta, akhir pekan pertama Desember lalu. Dia didampingi Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Romdhoni dan Kepala Badan Lingkungan Hidup, Tridiyah Maistuti.

‘’Kabupaten Malang sudah lolos hingga lima besar setelah masuk 10 besar kabupaten/ kota nominator peraih IGRA. Semoga Kabupaten Malang bisa meraih yang terbaik,” terang Kepala Badan Lingkungan Hidup, Tridiyah Maistuti kepada Malang Post, kemarin.

Dalam kesempatan itu, kata Diyah, bupati juga menyelesaikan sesi tanya jawab yang dilakukan tim penilai. Orang nomor satu di Kabupaten Malang bersaing dengan sejumlah kabupaten/ kota diantaranya Gresik

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

KADES BARU : Danis Setia, Susilo Wahyudi dan Subhan tiga Kades baru di Kecamatan Wagir yang dilantik serentak Bupati Malang dan langsung Sertijab dengan Kades lama.

Baca Malang... Hal.23

PASI Sukses Gelar Kejuaraan

ATLETIK WALIKOTA CUP 2013 KEHORMATAN: Kadispora M. Subkhan diberi kehormatan untuk menyematkan medali kepada para atlet.

Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang sukses menggelar kejuaraan atletik antar pelajar bertajuk Walikota Cup 2013. Kejuaraan digelar pada Senin (17/12) dan Selasa (18/12) kemarin. Bertempat di Stadion Gajayana Malang, even ini diikuti oleh 575 atlet yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Malang, baik tingkat SD, SMP maupun SMA.

SUKSES : Sekretaris Umum KONI Kota Malang Sumartoyo, Kadispora M. Subkhan dan Ketua Harian PASI Kota Malang Parmin foto bersama para atlet peraih medali.

FOTO-FOTO DAN TEKS: MUHAMMAD CHOIRUL/ADV/MALANG POST

KONI : Sekretaris Umum KONI Kota Malang, Sumartoyo menyematkan medali kepada atlet-atlet peraih prestasi.

JUARA: Parmin memberikan medali emas kepada Rosalina Ermawanti, atlet tercepat dalam nomor Lari 100 M SMA Putri.

JUARA 2: Sekretaris Umum PASI Kota Malang, Edi Trisno Wahyudi memberikan medali perak kepada salah seorang atlet yang menjadi juara 2 dalam nomor yang diikutinya.

KADIS: Ketua Harian PASI Kota Malang Parmin, bersalaman dengan Kadispora, M. Subkhan di sela-sela penutupan acara kemarin. KERJA KERAS: Atlet putra berusaha keras untuk menjadi yang tercepat dalam kejuaraan kemarin.

PRESTASI : Kadispora M. Subkhan dan Ketua Harian PASI Kota Malang Parmin foto bersama para atlet peraih medali.

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


Mp1912