Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

KAMIS 17 APRIL 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

KEDODORAN, CETAK REKOR Arema Lolos 16 Besar AFC Cup

CUKUP SATU GOL

MALANG – Rekor kembali dicetak Arema Cronus musim ini. Lolos ke babak kedua, alias 16 besar, di even internasional. Sebelumnya, sepanjang Indonesia Super League (ISL) digelar, Arema mewakili kompetisi ini dua kali. Dua-duanya hanya mampu bertahan di babak penyisihan. Pertama tahun 2007 lalu, ketika Arema turun di Liga Champion Asia, kasta tertinggi. Ketika itu, Arema hanya bisa duduk di peringkat ketiga. Disusul tahun 2011, di ajang yang sama. Kali ini, justru Arema berada di dasar klasemen. Kemarin, di level kedua liga Asia, AFC Cup, Arema lolos ke babak 16 besar. Rekor baru pun, kembali ditorehkan. Hasil itu didapat, setelah Arema memastikan satu tiket, pasca menang 1-0 lawan Selangor FA, di Stadion Kanjuruhan.

MALANG - Arema Cronus harus menang dengan susah payah menghadapi Selangor FA, di lanjutan babak penyisihan Grup F AFC Cup yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Rabu (16/4), kemarin sore. Arema hanya menang tipis 1-0 (1-0) melalui Gustavo Lopes melalui titik putih di menit ke 44. Dengan kemenangan ini, Ahmad Bustomi dkk memastikan melaju ke babak 16 besar setelah mengumpulkan nilai 10 dari lima kali tanding. Tiga kali menang, sekali seri dan sekali kalah. Arema masih menyisahkan satu laga lagi tandang ke markas Hanoi T & T. Meski kedua tim sudah memastikan diri lolos, namun keduanya berebut menempati posisi juara grup.

PENENTU : Gustavo yang menjadi penentu kemenangan Arema, sekaligus membawa timnya lolos babak 16 besar AFC Cup, usai mengalahkan Selangor FA

Baca Cukup....Hal 7

Baca Kedodoran....Hal 7

GUET GESANK/MALANG POST

Rayakan Ultah, Pesta Miras, 9 Tewas LAWANG – Merayakan ulang tahun yang kebablas. Akibatnya, sembilan nyawa tewas sia-sia. Termasuk yang berulangtahun, Edwin Bachrudin, harus menutup usianya diangka 37 tahun. Dia ikut tewas, bersama teman-temannya, usai petas minuman keras (miras) oplosan. Beruntung masih ada enam orang lainnya, dari 15 orang yang ikut pesta, nyawanya masih bisa selamat. Padahal mereka sudah menenggak miras campuran alkohol dan bir, dalam pesta miras yang digelar di salah satu rumah kontrakan Jalan Sumberwaras, Kelurahan Kalirejo, Lawang,

Senin (14/4) pagi lalu. (berita lain di halaman 2) Korban miras maut itu mulai berjatuhan sejak Selasa (15/4). Diawali Sri Wiji Astutik, 32 tahun, warga Dusun Jombok Wetan Desa/Kecamatan Ngajum. Lantas disusul sang pembuat pesta, Edwin Bachrudin alias Kevin, warga Desa Turirejo, Lawang. Kemudian Holili, 40 tahun, warga Desa Bedali, Lawang. Angka korban terus bertambah. Padahal, mereka sudah mendapatkan perawatan di beberapa rumah sakit. Rabu (16/4) kemarin, giliran enam korban menjemput maut. Mereka adalah

TIDAK TERBIT Bersamaan dengan libur nasional, memperingati wafatnya Isa Almasih (Hari Paskah), Malang Post, pada Jumat, 18 April 2014, tidak terbit. Kami akan kembali menjumpai anda pada Sabtu, 19 April 2014. Demikian harap maklum. Redaksi

Jayadi, 34 tahun warga Dusun Krajan, Desa Sidodadi-Lawang, Arif Dian alias Happi 40 tahun warga Kalirejo Lawang, Jafar, 32 tahun Dusun Klosod Desa Sidodadi-Lawang, Susyonardi, 30 tahun dan Rudi Iswanto, 36 tahun, keduanya warga Jalan Sidorejo, Desa Sidodadi-Lawang dan Timbul alias Edi Warga Kalirejo Kelurahan Kalirejo. Kapolsek Lawang, Kompol Gatot Setiawan mengungkapkan, hingga semalam pihaknya masih melakukan pendataan korban yang tewas. Termasuk yang selamat dan menjalani perawatan.

PERJALANAN ALKOHOL MULUT : Alkohol atau miras oplosan dikonsumsi melalui mulut. PERUT: Sebagian kecil dari alkohol menembus dinding perut dan masuk ke aliran darah. Tapi, sebagian besar masuk ke dalam usus kecil (intestine). Dengan cepat alkohol diserap oleh dinding usus kecil ke dalam darah.

Baca Rayakan....Hal 7

SIGIT RAKHMAD/MALANG POST

BARANG BUKTI : Deretan botol minuman keras yang menyebabkan sembilan orang tewas

Senin (15/4) 16.00

Kevin bersama Tika mengundang 14 temannya pesta miras ulang tahunnya.

16.15

Beberapa temannya datang dan langsung bergantian minum.

19.00

Pesta miras masih berlangsung

21.30

Beberapa teman korban pamit dan beberapa diantaranya tertidur di kontrakan Kevin

22.20

Kevin dan Tika pindah pesta miras ke Desa Sidodadi

24.00

Kevin dan Tika meninggalkan lokasi dan langsung ke Singosari

BAHAYA METHANOL

Selasa (15/4)

Rabu (16/4)

16.00 Sri Wiji Astutik kali pertama ditemukan meninggal di kosan. Menyusul Kolili meninggal dunia di RSUD Lawang dan Kevin RS Dr Soetomo Surabaya.

Enam korban pesta miras juga meninggal dunia setelah dirawat di sejumlah rumah sakit.

PEREDARAN DARAH : Jantung memompa darah yang sudah bercampur alkohol ke semua bagian tubuh.

Ne Neuropati optic toksik adalah kelainan syaraf ma mata akibat keracunan suatu bahan atau obatob obatan yang berdampak mata kabur, bahkan ke kebutaan. Obat-obatan atau bahan kimia yang da dapat menyebabkan neuropati optic toksis adalah me methanol atau alkohol, etambutol, hidroksikuinolin, ter terhalogenasi, dan racun dari rokok. Se Secara klinis, penderitanya mengalami penurunan taj tajam penglihatan (visus bilateral), progresif, did didapatkan penglihatan skotoma sekosentral, ga gangguan penglihatan warna, dan selanjutnya da dapat terjadi kebutaan (atrofi optic). Ne Neuropati optic toksik akut terjadi karena dis disebabkan alkohol atau methanol, perlu perhatian kh khusus. Mula-mula pasien mengeluh nausea dan vo vomitus saat terjadinya keracunan methanol. Se Setelah 18-48 jam, pasien mulai mengalami ga gangguan pernafasan, sakit kepala, gangguan pe penglihatan, sakit perut, dan kelemahan umum. Pa Pasien dapat mengalami koma dan kematian akibat ga gagal nafas. Gangguan penglihatan berupa visus tu turun, skotoma sekosentral yang sangat luas, ba bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

DATA KORBAN DI HALAMAN 2

GRAFIS: TEM/MALANG POST

OTAK : Alkohol akan sampai di otak segera setelah kita minum. Alkohol ini akan dibawa darah melalui otak sampai hati kita mengoksidasi (membakar)nya

HATI : Hati berfungsi membakar alkohol dengan kecepatan 1 ons per jam. pembakaran me ini merupakan proses megubah alcohol m menjadi air. Tubuh kita lalu mengeluarkannya melalui air seni, keringat dan karbondioksida melalui pernapasan.

Ngalam

Ebes

Halakno Selangor Utas-Kosong

Pengganti Rotan ala Tiban Jaya Rotan yang Laris Manis

Untung Rp 40 Juta Sebulan dengan Sistem Pembukuan ‘Ndeso’ Furniture dari bahan rotan, beberapa tahun lalu, menjadi andalan pengerajin di kawasan Balearjosari di sisi utara Kota Malang.Kini, satu demi satu pengerajin berguguran dan hanya sedikit yang bertahan. Salah satu yang bertahan adalah home industry Tiban Jaya Rotan. Tidak hanya bertahan, usaha kerajinan tersebut kini bisa memperoleh keuntungan bersih hingga puluhan juta rupiah.

Kana : Alhamdulillah, Arema lolos 16 besar AFC Cup mari halakno Selangor utas kosong Ebes : Iku hasil sing kipa jes, lek osi diterusno sampe juara Kana : Mari ngene lawane Arema mesti luwih abot bes Ebes : Mesti jes, soale kari klub sing kipa tok. Makane kudu pinter ngatur jadwal, soale mari ngene wis langsung niam ndik ISL. Mugomugo pemain tetep kuat.

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

INDAH : Pekerja di Tiban Jaya Rotan, ketika menyelesaikan pesanan yang terus mengalir

Malang Post mencoba mendatangi lokasi usaha yang letaknya masuk gang sisi timur dari Jalan Raya Balearjosari. Tepat di depan Karoseri Adiputra, ada pintu ma-

suk ke lokasi Tiban Jaya Rotan, yang jaraknya sekitar 200 meter. Usaha tersebut, kini sudah memasuki usia ke 7.

 11.438 

14/4 485.500

15/4

16/4

480.500 477.500

14/4

15/4

16/4

Baca Untung....Hal 7 Jawa Pos Group


2

KAMIS, 17 APRIL 2014

SIGIT ROHMAD/MALANG POST

BARANG BUKTI : Tim Khusus Polres Malang Kabupaten mengumpulkan barang bukti di Tempat Kejadian Perkara, rumah kontrakan Kevin, kemarin.

Ethanol Murni Malah Tidak Mematikan MALANG- Minuman keras adalah minuman yang mengandung ethanol. Penggunaan ethanol murni pada kadar tertentu, menurut Dosen Akademi Farmasi dan Makanan (Akafarma) Putra Indonesia Malang (PIM), Dra Wigang Solandjari justru tidak berbahaya bagi yang mengkonsumsi. Namun menurutnya, di pasaran seringkali yang dipakai bukan ethanol murni melainkan ethanol teknik yang bercampur dengan methanol. Methanol sendiri dikenal sebagai metil alkohol atau spiritus, yaitu senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH.

Ia merupakan bentuk alkohol paling sederhana bentuknya tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khas. “Harga ethanol teknis memang lebih murah dari yang murni. Selisihnya bisa 100 kali lipat. Karena itu ethanol teknik lebih dipilih dibandingkan yang murni,” ungkap dia. Menurutnya, kandungan methanol yang terdapat dalam ethanol teknik ini sangat beracun dan dalam dosis rendah bisa merusak saraf. Kalau kadar yang dipakai tinggi bahkan bisa menyebabkan gagal jantung, bahkan hingga kematian.

Yang terjadi di pasaran seperti warung tradisional, ethanol teknik ini dipilih karena sangat murah. “Kalau yang dikonsumsi ethanol murni tidak akan menyebabkan keracunan dan meninggal dunia. Jadi kalau ada kasus sampai meninggal dunia itu dipastikan mengkonsumsi methanol yang terdapat dalam ethanol teknik,” papar Wigang, panggilannya. Menurut dia, methanol sangat bersifat asam. Bila masuk ke metabolisme tubuh maka akan merusak sistem metabolisme. Jika diproses dalam tubuh maka akan menjadi racun dan menimbulkan

Wigang Solandjari

kematian. Dikutip dari beberapa website, gejala yang dirasakan bagi peminum methanol adalah neuropati optic toksik yaitu kelainan syaraf mata akibat keracunan suatu bahan atau obat-obatan yang berdampak mata kabur, bahkan kebutaan. Obat-obatan atau bahan kimia yang dapat menyebabkan neuropati optic toksis adalah metanol atau alkohol, etambutol, hidroksikuinolin, terhalogenasi, dan racun dari rokok. Secara klinis, penderitanya mengalami penurunan tajam penglihatan (visus bilateral), progresif, didapatkan penglihatan skotoma sekosentral,

PENYELIDIKAN

Enam Orang Dirawat di RSSA Malang KORBAN pesta miras yang mengalami kritis akibat menenggak miras oplosan di Lawang terus berjatuhan. Kemarin sore, dua orang dirujuk ke IRD RSSA Malang. Jumlah korban yang kritis diperkirakan terus bertambah. Lantaran masih ada korban dirawat diberbagai rumah sakit disekitar Kecamatan Lawang. Dua korban yang dirujuk tersebut, sebelumnya dirawat

di RS Brawijaya Lawang. Menurut keterangan dari salah seorang keluarga korban yang enggan namanya dikorankan, saudaranya menggak miras opolosan pada hari Senin (14/5) pagi. Korban menenggak miras karena untuk merayakan ulang tahun salah seorang temannya. “Nama temannya saya tidak tahu siapa. Yang jelas dia (korban) pamit

pergi ke pesta ulang tahun temannya,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Setelah meminum miras oplosan tersebut, awalnya korban tidak merasakan apa-apa. Barulah siang kemarin, korban mengalami demam, mual dan muntah-muntah. Kemudian, korban pun dibawa ke RS Brawijaya Lawang untuk mendapatkan perawatan yang intensif

pada pagi harinya. Namun, kondisi korban semakin kritis memasuki siang hari dan kemudian dirujuk ke IRD RSSA Kota Malang. Sementara itu, Staf Humas RSSA Kota Malang Yudi Novianto mengatakan sudah menerima enam pasien akibat meminum miras oplosan tersebut. “Mereka saat ini sedang dirawat secara intesif di

IRD. Bila sudah melewati dari masa krisis, mereka kemudian akan dipindahkan ke kamar maupun rawat inap,” terangnya saat dihubungi terpisah. Dijelaskannya, sebanyak enam orang yang dirawat tersebut merupakan data hingga pukul 13.00. Sedangkan terkait dua orang yang dirawat pada sore hari tersebut, dia mengaku belum memantaunya. (big/mar)

FOTO: BINAR GUMILANG, SIGIT ROHMAD/MALANG POST

MENUNGGU : Keluarga korban miras oplosan menunggu di depan IRD RSSA Malang. Dan jenazah korban Pesta Miras Susyonardi, 30 tahun warga Desa Sidodadi Kecamatan Lawang, dibawa menuju pemakaman, kemarin.

Kisah di Balik Pesta Miras Membawa Maut

Nyaris Buta, Terpaksa Cuci Lambung dan Cuci Darah HILANGNYA sembilan nyawa dalam pesta miras di ulang tahun (ultah) Edwin Bachrudin alias Kevin, 37 tahun warga asli Desa Turirejo-Lawang yang kontrak di Kelurahan KalirejoLawang, menyisakan sejumlah cerita. Meninggalnya Kevin secara tiba-tiba, sontak mengundang duka mendalam bagi keluarga. Maklum, sejak Tahun 2012, Kevin sudah tidak pernah lagi pulang ke rumah orang tuanya. Sebaliknya, sosok anak kedua dari tiga bersaudara itu, tidak lagi mengunjungi ibunya. “Kalau tanya mengenai Kevin, kami sendiri bingung. Masalahnya, dia lama tidak pulang,” kata kakak ipar korban, Mawan Sucipto, di rumah duka. Diuraikan pria yang menemui Malang Post di teras rumahnya itu, Kevin sebenarnya sudah berkeluarga sejak Tahun 1999. Dia menikah

dengan Alfiah warga Dusun Wonosari, Desa Wonorejo. Dari pernikahan itu, dikarunia satu anak dan mereka juga domisili di Desa Wonorejo. “Bagaimana Kevin bisa kenal dengan Tika (Jumiatun), kami dari keluarga juga bingung. Masalahnya dari perkenalan keduanya yang berlangsung sejak Tahun 2012, Kevin sudah berubah,” ungkapnya. Perubahan itu, lanjutnya, yakni sudah mulai tidak mengurusi keluarganya di Wonorejo. Bahkan, sampai sudah tidak pernah lagi mengunjungi ibu kandungnya (Sri Sukarsih). “Pamannya meninggal di Tahun 2013, itu dia (Kevin) tidak pernah ke sini. Bahkan, kami sendiri tidak tahu kalau dia kontrak di Kalirejo,” paparnya. Yang membuat dia dan keluarga dari istrinya bingung, tatkala pada Selasa malam sekitar pukul 20.00, pihak keluarga di telepon oleh wanita yang mengaku bernama Tika. Dalam telepon itu,

RIZAL FANANY/MALANG POST

DIRAWAT : Korban Pesta Miras Dwi Trihadihanto warga Jalan Indrokilo Polaman dirawat di RSSA, kemarin, dia nyaris buta. “Yang membuat saya binmengatakan kalau Kevin tengah kritis di RS Dr Soetomo. Makan- gung, saat jenazah Kevin ya, keluarga diminta untuk datang dibawa ke sini, itu orang yang menjemput. “Waktu itu kami mengaku ibunya meminta sudah siap-siap, tidak tahunya uang sebesar Rp 10 juta. Katdiberitahu kalau Kevin sudah anya, untuk membayar ongkos jenazah Kevin. Langsung saja, meninggal,” lanjutnya. Sri Sukarsih yang seusai me- kami terkejut dan tidak mau. nerima tamu keluar rumah, pun Apalagi, yang namanya Tika menjelasan, kalau anak nomor itu seperti apa, tidak ikut berduanya itu memang tidak sama-sama dengan rombongan pernah pulang ke rumahnya. jenazah,” lanjut ibu korban. Beda Kevin, beda pula yang Makanya, bagaimana anaknya bisa kenal dengan Tika sehing- menimpa Dwi Trihardiyanto ga meninggalkan istri sahnya, alias Yoyo, 34 tahun warga Jalan Indrokilo, Dusun Polamasih tidak tahu.

man, Kalirejo-Lawang. Korban yang ikut pesta miras di TKP kontrakan Kevin, sampai tidak mampu melihat. Bahkan, harus menelpon kakaknya, Nur Subianto, untuk menjemput dan mengantarnya pulang. “Saya tidak tahu minumannya. Saya di saya minum sampai tidak kuat lagi dan baru paginya sadar,” katanya. Untuk membuat mata korban kembali bereaksi, keluarga pun harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 9 juta. Jumlah itu, dikeluarkan korban mulai Selasa sekitar pukul 12.00, sampai sekarang dirawat di RSSA Malang. Biayanya untuk suntik mata menghindari kebutaan mencapai sekitar Rp 400 ribu – Rp 700 ribu sekali suntik. “Di RSUD Lawang, adik saya harus cuci lambung. Namun, akhirnya dirujuk ke RSSA Malang. Di sini, mulai dilakukan cuci darah dan suntik sekitar mata,” ungkap Nong, sapaan akrab Nur Subianto.(sigit rohmad)

gangguan penglihatan warna, dan selanjutnya dapat terjadi kebutaan (atrofi optic). Neuropati optic toksik akut terjadi karena disebabkan alkohol atau methanol, perlu perhatian khusus. Mula-mula pasien mengeluh nausea dan vomitus saat terjadinya keracunan methanol. Setelah 18 jam hingga 48 jam, pasien mulai mengalami gangguan pernafasan, sakit kepala, gangguan penglihatan, sakit perut, dan kelemahan umum. Pasien dapat mengalami koma dan kematian akibat gagal nafas. (oci/mar)

Campur Delapan Merek Minuman MIRAS oplosan yang menewaskan sembilan orang di Lawang, langsung mendapat tanggapan serius Polres Malang. Semalam, Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta langsung turun ke lapangan untuk melihat langsung proses penyelidikan. Semalam, polisi menemukan ada delapan merek minuman yang dioplos menjadi satu untuk acara pesta ulang tahun tersebut. “Ada delapan minuman yang dioplos menjadi satu. Salah satunya adalah botol kecil berisi cairan riven (seAdi Deriyan Jayamarta jenis ethanol),” ungkap Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta dikonfirmasi semalam. Sedangkan minuman lainnya, yakni Bir Bintang, Krating Daeng, Sprite, Coca-Cola, Fanta, Tebs dan Mocacino. “Semua botol minuman yang kami amankan tersebut, besok (hari ini) akan kami kirim ke Labfor Cabang Surabaya,” terangnya. Disinggung dari mana minuman riven (etanol) tersebut, mantan Kapolres Madiun Kota ini masih belum bisa menjelaskan. Karena belum ada satupun saksi yang mengetahui asal-usul minuman tersebut. “Riven (ethanol) itu kami dapatkan dari keterangan salah satu korban yang masih hidup. Itupun kami tidak bisa meminta keterangan secara detil, karena kondisinya yang masih kritis,” tuturnya. Sementara itu, untuk menyelidiki kasus miras oplosan yang menewaskan sembilan orang tersebut, Polres Malang tidak hanya menerjunkan tim dari Satreskrim, namun tim Satreskoba juga turun tangan untuk menyelidiki kasus tersebut. Salah satu saksi kemungkinan besar yang mengetahui asal usul cairan Riven (Etanol) adalah Juminten alias Tika, 34 tahun, teman wanitanya asal Desa Toyomarto, Singosari. “Sebetulnya satu-satunya saksi yang mengetahui adalah Tika. Namun dia sudah menghilang. Terpaksa kami harus menunggu korban lainnya sembuh,” terang sumber Malang Post di Polres Malang. (agp/mar) KORBAN MENINGGAL SELASA Sri Wiji Astutik, 32 tahun warga Dusun Jombok Wetan, Desa/Kecamatan Ngajum, Holili, 40 tahun, warga Desa Bedali-Lawang Edwin Bachrudin alias Kevin, 37 tahun warga Gang Masjid Desa Turirejo-Lawang KORBAN MENINGGAL RABU Jayadi, 34 tahun warga Dusun Krajan, Desa Sidodadi-Lawang, Arif Dian alias Happi, 40 tahun warga Kelurahan Kalirejo-Lawang, Jafar, 32 tahun Dusun Klosod, Desa Sidodadi-Lawang Susyonardi, 30 tahun, Desa Sidodadi Rudi Iswanto, 36 tahun Desa Sidodadi Timbul alias Edi warga Kelurahan Kalirejo GRAFIS: TEM/MP REDAKTUR: MARGA, BAGUS ARY LAYOUTER: SLATEM


KAMIS, 17 APRIL 2014

Sony SmartWatch 2

HARGA PONSEL

Jam Tangan Pintar untuk Smartphone MALANG – Sony telah merilis smartwatch terbarunya yakni Sony SmartWatch 2. Perangkat ini sudah beredar luas, termasuk di pasar gadget Malang Raya. Mengusung bentuk yang trendy, membuat perangkat ini bisa dipilih sebagai pasangan dari smartphone. Marketing Gagdet Corner, Plaza Dieng Nur Miftakhul Janna menjelaskan, Sony SmartWatch 2 bukanlah jam tangan biasa. Perangkat ini mampu terkoneksi dengan ponsel pintar, baik melalui media koneksi Bluetooth maupun Near Field Communication (NFC). Koneksifitas tersebut tidak sekedar mampu menerima notifikasi berbagai aktifitas ponsel yang tersambung. Namun perangkat ini juga mampu menerima telepon, sekalipun ponsel yang terkoneksi berada di dalam tas ataupun di ruang lain. “Ini salah satu kelebihan dari Sony SmartWatch 2. Jika pada seri yang lama, hanya mampu menerima notifikasi saja, baik telepon, SMS, maupun email atau notifikasi media sosial, sementara untuk menjawab notifikasi tersebut tetap menggunakan ponsel yang terkoneksi,’’ urai gadis yang akrab disapa dengan nama Miftha ini. Bukan itu saja, sekalipun hadir dengan brand Sony, namun perangkat ini juga mampu terkoneksi dengan produk selain Sony. Tentunya, perangkat dimaksud adalah yang kompatibel. “Untuk koneksifitas melalui Bluetooth versinya adalah 3.0 atau NFC. Ponsel apa saja bisa jika mendukung salah satu dari dua koneksifitas tersebut,’’ tambah wanita berjilbab ini. Selain sebagai notifier, SmartWatch 2 juga berfungsi sebagai remote control dari smartphone. Melalui SmartWatch pengguna dapat

IRA RAVIKA/MALANG POST

PINTAR Sony SmartWatch 2 menjadi pasangan ideal untuk smartphone, bisa menerima panggilan telepon. mengontrol musik yang sedang diputar di smartphone, menangani panggilan telepon, memotret secara remote, mengontrol presentasi menggunakan aplikasi Presentation Pal, dan lainnya. Yang tak kalah penting, dikatakan Miftha SmartWatch 2 juga memiliki fungsi yang berdiri sendiri. Misalnya dengan aplikasi seperti Runtastic, pengguna dapat memetakan dan melacak aktivitas fitnessnya. Melalui aplikasi mapping tersebut pengguna juga dapat melihat rute yang telah dilalui saat jogging atau bersepeda.

TAHUKAH ANDA?

2015, Ponsel Dilengkapi

Fitur Anti Maling JAKARTA - Kabar gembira hadir bagi penggila gadget. Produsen-produsen ponsel ternama memastikan bakal membenamkan fitur anti maling di seluruh produknya. Hanya saja hal ini baru akan dilakukan pada pertengahan tahun 2015 mendatang. Tercatat sekitar 8 produsen ponsel ternama yang menandatangani komitmen untuk menghadirkan fitur anti-theft ini. Selain itu, sejumlah operator seluler di AS yang tergabung dalam CTIA (Cellular Telecommunications Industry Association) juga ikut menandatangani komitmen tersebut. Adapun produsen yang ikut andil di dalamnya adalah Apple, Google, Samsung, Microsoft, Motorola, Nokia, HTC, dan Huawei. Didukung oleh sejumlah operator seluler tersebut, fitur anti maling nantinya akan bersinergi dengan jaringan yang dilaluinya. Dalam komitmen yang ditandatangani terdapat beberapa poin yang harus dipenuhi produsen pada fitur anti maling yang ditawarkan. Pertama adalah kemam-puan untuk melakukan wipe data pengguna pada ponsel. Yang kedua adalah kemampuan mencegah penggunaan ponsel oleh sal pihak tak berwenang semisal mengunci otomatis. Kemudian yang ketiga adalah pencegahan pihak tak berwenang untuk mengakses sejumlah fitur penting padaa ponsel seperti factory reset. Sedangkan yang terakhir, seperti dikutip dari VR-Zone, Rabu uan mengaman(16/4/2014), adalah kemampuan an cloud, untuk kan data pengguna ke layanan i.(dk/ary) kemudian di-recover kembali.(dk/ary)

Selain itu pengguna juga dapat membaca email yang telah diunduh sebelumnya tanpa terkoneksi ke smartphone. Tidak hanya itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan sertifikat IP57. Sertifikat tersebut menunjukkan jika perangkat ini tahan air. Namun begitu, keterangan tahan air yang dimaksudkan hanya pada cipratan atau guyuran saja. Ini jelas berbeda dengan ponsel Sony seri Xperia Z, Z1 atau Z2, yang mampu digunakan untuk menyelam. “Dari keterangannya perangkat ini tidak mampu menahan tekanan air saat digunakan berendam.

HP Envy Sleek Book M6

Sehingga pengguna yang hobi berenang wajib melepaskan jam tangan ini, sebelum nyemplung ke kolam renang,’’ tambah Miftha. Sementara itu untuk desainnya, perangkat ini terlihat sangat trendy dilengkapi layar berwarna berdimensi 1,6 inci. Dengan resolusi 220 x 176 piksel, SmartWatch ini terlihat gagah. Ditambah dengan tali yang melingkar, Sony memberikan banyak variasi. “Talinya macam-macam, disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mereka yang hobi olah warna bisa menggunakan tali

berbahan nilon, sedangkan yang ingin tampil resmi bisa menggunakan tali berbahan karet,’’ tambah wanita ini. “Seperti ponsel, baterai pada perangkat ini dapat diisi ulang. Ada koneksifitas micro USB untuk pengisian ulang baterai. Pengguna juga tidak perlu khawatir, karena saat baterai diisi penuh, perangkat ini mampu bertahan hingga tiga sampai empat hari untuk penggunaan normal. Jika penggunaannya di bawah normal atau jarang, umur baterai bisa mencapai lima sampai enam hari,’’ tandasnya.(vik/ary)

Ultrabook

Seluwes Tablet

IRA RAVIKA/MALANG POST

RINGAN: HP Envy Sleek Book M6 notebook gaming yang ringan dan tipis. MALANG – Kemajuan teknologi menuntut perusahaan elektronik untuk menciptakan ele pperangkat yang mumpuni. Tidak tterkecuali Hewlett-Packard Company. Untuk menunjukkan C dirinya masih tetap eksis perusahaan yang dikenal dengan singkatan HP ini juga terus menelurkan produk-produk baru. Salah satunya adalah HP Envy Sleek Book M6.

HP Envy Sleek Book M6 merupakan produk ultrabook yang dibekali dengan spesifikasi andal dan fitur yang mumpuni. Marketing X Book Plaza Dieng Mohammad Arif Rahmansyah menjelaskan perangkat ini mampu menja wab kebutuhan pengguna yang menginginkan sebuah produk lain yang “seluwes” tablet. Dikatakan “luwes” lantaran perangkat ini sangat tipis, ringan, dan

baterainya dapat bertahan lama, serta yang utama adalah dapat dihidupkan/dipakai secara instant. Sementara untuk jeroannya, perangkat ini menggunakan AMD A10 Elite Quad Core berkecepatan 2,1 Ghz. Prosesor tersebut memiliki kinerja yang sangat optimal, namun dengan daya yang sangat rendah. Penggunaan prosesor tersebut membuat Sleekbook 6 ini memiliki pengolah grafis terintegrasi HD8610G dengan kapasitas 3GB VGA RAM . Kinerja perangkat ini lebih optimal, karena HP menyediakan wadah seluas 750 GB untuk penyimpanan internalnya, dan memory RAM 6 GB DDR3. Kolaborasi antara prosesor, memory RAM VGA dan memory internal tersebut sangat memungkinkan perangkat ini untuk digunakan bermain game kualitas bersar sekalipun. “Perangkat ini support dengan gamegame yang memiliki file ukuran besar, seperti Call Of Duty Ghost, bisa dimainkan tanpa tersendat atau bahasa kerennya nge-lag,’’ kata Arif. Dia mengatakan, meskipun memiliki kinerja sangat optimal, perangkat ini juga sangat irit daya. Bahkan, Arif mengatakan, setelah diisi penuh perangkat ini mampu bertahan hingga sembilan jam untuk penggunaan aktif. (vik/ary)

Axioo PicoPad 10

Bidik Segmen Entry Level MALANG – Seakan tidak ingin kehilangan trend, Axioo juga ikut dalam bursa tablet layar lebar. Melalui produknya PicoPad 10 3GJE V3, pabrikan lokal ini mengenalkan tablet dengan layar 10 inci. Marketing Mitra Perkasa Computer (MPC) Rudi Setiawan menjelaskan, Axioo PicoPad 10 3GJE V3 ini merupakan generasi baru Axioo di pasar tablet yang menyasar segmen entry level. Pengertian segmen entry level, membidik pengguna baru dan perangkat ini hanya dijual dengan harga Rp 2 jutaan. “Jika umumnya tablet hanya mendukung ukuran layar 7-8 inci, kami menawarkannya dengan ukuran 10 inci. Tentunya, dengan layar lebih lebar ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai aktifitas,’’ urai Rudi. Dia mengatakan PicoPad 10 ini telah mendukung operating sistem (OS) Android 4.2, yang memungkinkan banyak

aplikasi dapat dijalankan. Selain layar yang lebih lebar perangkat ini juga memiliki tenaga yang dahsyat. Itu karena Axioo membenamkan prosesor Boxchip A10, Quad Core berkecepatan 1,2 GHz. Prosesor yang dibenamkan ini mampu menghasilkan kinerja yang optimal. Terutama untuk tampilan multi windows. Pengguna tidak akan menemukan kendala apapun. “Prosesor yang ditanam juga mempengaruhi tampilan layar pada perangkat yang lebih jernih dan tajam. Kinerja prosesor juga siap membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa lemot,’’ urai Rudi. Axioo tidak menyediakan dua port SIM card layaknya tablet lokal pada umumnya. Sebab perangkat ini hanya mendukung satu port SIM Card. Artinya dengan satu port SIM card pengguna akan sangat leluasa saat melakukan koneksi internet. “Koneksi jaringan untuk SIM Card-nya sudah mendukung jaringan 3G. Sehingga pengguna tidak

3

SAMSUNG Samsung Galaxy Grand Galaxy Fame Galaxy Young Galaxy Y Neo Galaxy Chat Galaxy Note 10.1 Galaxy Note 3 Galaxy Ace 3 Caramel E1272 Galaxy Camera GC 100 White Galaxy S4 Galaxy Note 8.0 Galaxy Mega (5.8) Galaxy Mega (6.3) Samsung REX 70 S3802 Galaxy Tab 3 (8.0) Galaxy Star Galaxy Tab 3 (10.1) Galaxy S4 mini Galaxy S4 Zoom Galaxy Core Galaxy Tab 3 (7.0) Galaxy Infinite

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

3.275.000 1.650.000 1.200.000 950.000 1.100.000 6.999.000 8.000.000 2.200.000 329.000 5.499.000 7.000.000 5.100.000 4.200.000 5.100.000 699.000 4.200.000 775.000 4.675.000 4.675.000 5.125.000 2.575.000 3.275.000 1.925.000

NOKIA Nokia 100 Nokia 101 Nokia 109 Nokia 110 Nokia 112 Nokia 208 Asha 205 Asha 206 Asha 305 Asha 310 Asha 311 Asha 210 Asha 501 Lumia 520 Lumia 620 Lumia 720 Lumia 820 Lumia 920 Lumia 625 Lumia 925 Lumia 1020 Nokia 108 Nokia 107 Lumia 1520

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

275.000 325.000 349.000 455.000 499.000 800.000 600.000 687.000 800.000 870.000 1.000.000 785.000 925.000 1.450.000 2.450.000 2.400.000 2.500.000 3.599.000 2.499.000 5.500.000 7.499.000 418.000 307.000 9.450.000

SONY Xperia ZR Xperia Z LTE Xperia E Single Xperia L Xperia Z Xperia TX Xperia C Xperia Z Ultra Xperia M Xperia E Dual Xperia M Dual Xperia Z1

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

5.749.000 5.999.000 1.499.000 2.999.000 6.299.000 3.999.000 3.499.000 6.699.000 2.499.000 1.599.000 2.599.000 8.499.000

LG LG G2 E985 LG Pro Lite LG Nexus 4 Optimus G LG Optimus L3 II dual LG Optimus L3 II Optimus L5 II Optimus L5II dual Optimus L7 II Optimus L7 II dual Optimus L9

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

6.299.000 6.999.000 3.199.000 3.499.000 4.299.000 1.175.000 1.080.000 1.785.00 1.880.000 2.190.000 2.599.00 3.199.000

BlackBerry BB Z10 BB Q10 BB Q5 BB Gemini 3G BB Dakota 9900 BB Tourch 2 BB Monza BB Belagio BB Samoa BB Davis BB Amstrong BB Z30 16 GB

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

3.799.000 5.699.000 3.599.000 1.299.000 4.499.000 2.799.000 1.999.000 3.199.000 2.499.000 1.599.000 1.999.000 7.999.000

LENOVO S890 A850 A516 P780 P780 (8GB) A690 S720 S920 (8 GB) S820 (8GB) A706 A1000 K900 (16GB) S920 (4GB) A369 S820 (4GB) A3000 S930 S960 K900 (32GB) A269i S650i B8000 B6000

Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp

2.499.000 2.299.000 1.599.000 2.999.000 3.199.000 800.000 2.049.000 2.699.000 3.199.000 1.999.000 1.399.000 3.499.000 2.499.000 999.000 2.899.000 2.349.000 3.499.000 4.499.000 4.999.000 799.000 2.999.000 4.699.000 3.699.000

HUAWEI Ascend G510 Ascend Mate Black Ascend Y210 Ascend Y300 S7 Vogue Tab 7 inci

Rp Rp Rp Rp Rp

1.899.000 3.999.000 899.000 1.499.000 2.599.000

iPhone 4 8 GB 5s 16 GB 5s 32 GB 5c 32GB 5c 16GB

Rp 4.199.000 Rp 10.499.000 Rp 11.999.000 Rp 9.999.000 Rp 8.699.000

IRA RAVIKA/MALANG POST

BARU: Axioo PicoPad 10 3GJE V3 generasi baru Axioo. perlu bingung saat berselancar di dunia maya,’’ jelasnya. Selain andal di segi kinerja Picopad 10 3G tipe GJE V3 juga memiliki kelebihan disisi desainnya. Dikemas dengan body yang lebih ramping, cassing komputer tablet dengan bobot 670 gram ini menggunakan alumunium yang dilapisi cat yang mampu mengisolasi arus listrik. Bahkan saat dilihat sekilas, perangkat ini justru seperti iPad 2 karena layarnya mengusung rasio 16:10 yang melebar. Tampilannya juga sangat minimalis. Selain tidak banyak tombol yang di-

usung, perangkat ini hanya menyediakan beberapa port saja. Diantaranya port untuk audio 3,5 mm dan lubang micro-USB. Slot kartu micro-SD dan SIM diposisikan dekat port micro-USB dengan tutup khusus yang menyamarkan keberadaannya. “Semua aktifitas perangkat ini disokong dengan baterai jenis k li-polymer 6.000 mAh,’’ katanya. Dan baterai tersebut sanggup bertahan sampai lima jam dengan koneksi Wi-Fi aktif. Kinerja rata-rata gaming juga terhitung lumayan berkat GPU PowerVR SGX 544.(vik/ary)

Sumber Global Teleshop REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REEP


4

KAMIS, 17 APRIL 2014

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN DI BANDARA ABD SALEH MALANG NO OPERATOR

KEDATANGAN

KEBERANGKATAN

No PNBAN

Waktu

No PNBAN

Waktu

08.10

SJ 251

08.40

1

Sriwijaya Air

SJ 250

2

Citilink

QG 9243

08.55

QG 9244

09.25

3

Garuda Indonesia

GA 290

10.20

GA 291

11.00

4

Kalstar Aviation

KD 682

11.05

KD 683

11.30

5

Sriwijaya Air

SJ 246

12.20

SJ 247

12.50

6

Garuda Indonesia

GA 292

12.30

GA 293

13.10

7

Wings Air

IW 1840

14.00

IW 1841

14.25

8

Sriwijaya Air

SJ 248

14.20

SJ 249

14.50

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

Apa Kabar Konvensi Capres Demokrat MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

BAHAYA: Petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan memotong ranting pohon yang baru saja di potong karena kondisi pohon yang terletak di Jalan Suropati sudah mati. Anomali Cuaca masih mengancam Kota Malang, angin besar bisa kapan saja menerjang kota ini.

Caleg Ora Dadi, Ora Popo KETIKA menjadi narasumber sebuah dialog Media Literacy di RRI Malang, pekan lalu, saya mendapatkan respon dari pendengar yang cukup menarik. Setelah mengemukakan sebuah pertanyaan yang relevan dengan tema dan terjawab dengan baik, penanya yang ternyata seorang ibu itu kembali menelpon penyiar untuk di-on air-kan lagi. Kali ini bukan sebuah pertanyaan, tetapi semacam “kutukan�. “Saya tunggu media massa segera mengumumkan berapa banyak caleg yang stress dan masuk RSJ, pasti akan banyak sekali. Saya muak. Rasakan sendiri akibatnya, menipu rakyat,� begitu kurang lebihnya ungkapan ibu itu. Saya yakin, ungkapan si ibu ini tak lepas dari pengaruh media yang memberi referensi seperti itu. Ditambah realitas caleg di sekitarnya yang juga “menyebalkan� membuat dia semakin emosional. Dialog media literacy yang digagas rutin kerjasama RRI dengan Prodi Komunikasi UMM itu salah satunya ingin meluruskan agar media tidak serta merta membuat masyarakat tergoda menjadi tidak

rasional. Demikian juga, media tidak serta menebar harapan-harapan. seharusnya melulu disalahkan hanya Pasca pemungutan dan penghitungan karena memotret realitas negatif suara disertai pengumuman hitung para caleg. cepat (quick count), Berbeda dengan sebuah realitas sosial Nasrullah Pemilu-pemilu tak terelakkan. Pemilu sebelumnya, Pemilu adalah ajang kontes Dosen Legislatif 2014 ini keterpilihan, jadi Komunikasi UMM, media rupanya telah harus ada yang lolos Pegiat Gerakan membuat realitas dan ada yang gagal. Melek Media prediktif yang lebih Pesta demokrasi yang berpengaruh pada opini diikuti oleh lebih dari masyarakat. Sejak 200.000 kontestan awal menjelang proses caleg ini memang harus penjaringan caleg menyeleksi hanya hingga pemungutan untuk 19.699 kursi dan penghitungan suara, media untuk DPRD Kabupaten/ Kota, DPRD membangun kesan seolah-olah akan Propinsi, DPR RI dan DPD. Maka lebih banyak caleg gagal yang goyah secara dari 180.000 lainnya harus menjadi psikologis. Oleh media, digambarkan caleg gagal alias ora dadi (tidak jadi). betapa Rumah Sakit Jiwa (RSJ) sudah Ekspektasi yang terlalu tinggi membuat menyiapkan kamar khusus, praktik mental mereka yang gagal sedikit-banyak dukun buka 24 jam, ahli-ahli spiritual terganggu. Apalagi, tak lama berselang, siap melakukan terapi. Imej seperti ini media mengekspos perilaku caleg ora dadi setiap hari menyelingi pemberitaan tersebut dengan berbagai gambaran anehtentang semangat para caleg yang aneh. Ada yang ngumpet dari tetangga, memajang foto diri di jalan-jalan, mengancam tim sukses, mendatangi berdangdut ria, mengumbar janji-janji, dukun atau paranormal, pingsan, ada pula yang langsung stress, depresi dan dibawa ke RSJ. Yang mengherankan, ada seorang caleg gagal yang meminta kembali sumbangan berupa kubah musola yang sudah diberikannya. Dalam dunia jurnalistik, pemberitaan human interest dari sisi lain sebuah peristiwa memang lumrah adanya. Namun jika ini digeneralisasi seolah-olah semua caleg ora dadi seperti itu, tentu tidak fair. Masih banyak caleg gagal yang masih bisa legowo; ora dadi ora popo. Idiom “Ora Popo� Entah dari mana idiom “ora popo� ini bermula. Yang jelas kata-kata ini telah beredar luas, terutama di kalangan pengguna media sosial sejak awal proses Pemilu lalu. Semakin populer, setelah kalimat “aku ora popo� digunakan oleh Capres PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi menanggapi sindiran kampanye kompetitornya, Prabowo Subianto. Tak pelak idiom yang berbahan dasar bahasa Jawa itupun kerap dipakai oleh para politisi yang tak berlatar belakang Jawa, seperti Abu Rizal Bakri (Partai Golkar) dan Hatta Rajasa (PAN). Nampaknya

6,8331R6.0(13(16,8337DQJJDO-XOL 3HQHUELW370DODQJ3RV&HPHUODQJ 5HNHQLQJ%&$.&3*DWRW6XEURWRQR 5('$.6,6,5.8/$6,,./$1  -O6ULZLMD\D0DODQJ  7HOHSRQ    )D[   J

%,52%$78  -DODQ'LUDQ%  7HOS  %DWX

J

3(5:$.,/$1-$.$57$  *HGXQJ*UDKD3HQD/W9,-O.HPD\RUDQ/DPD1R  7HOS)DNV   +HQGUD

3(0%,1$'DKODQ,VNDQ .20,6$5,687$0$+=DLQDO0XWWDTLHQ J :$.,/.20,6$5,687$0$+,PDZDQ0DVKXUL J .20,6$5,6+M'HZDQWL5XPSRNR   ++XVQXQ1'MXUDLG J ',5(.78587$0$+-XQLDUQR'3XUZDQWR J ',5(.785+6XGDUQR6HPDQ J 3HPLPSLQ5HGDNVL6XQDYLS5D,QGUDWD J 0DQDMHU,NODQ+(GL,VZDQWR J 0DQDMHU3UDFHWDN<XGL$UPDGLRND J 0DQDMHU8PXPGDQ.HXDQJDQ/DLO\-XQDLGD J

J

J

J J J J

J

J

idiom tersebut telah menjadi obat penghibur diri yang ampuh di tengahtengah â&#x20AC;&#x153;seranganâ&#x20AC;? lawan. Makna diksi â&#x20AC;&#x153;ora popoâ&#x20AC;? secara sederhana barangkali hampir sama dengan idiom â&#x20AC;&#x153;no problemâ&#x20AC;?, atau tidak masalah, atau tidak apa-apa. Namun jika diungkapkan, terutama oleh politisi, ternyata memiliki makna semantik yang lebih dari itu. Ia bisa bermakna masih tetap semangat walau diejek, bisa juga berarti biarlah seperti ini saja tidak masalah (nrima, Jawa), biar orang lain yang menilainya. Bisa juga memberi sinyal ketegaran kepada pendukungnya, â&#x20AC;&#x153;jangan khawatirkan sayaâ&#x20AC;? sebagaimana seorang petinju yang habis terkena ukulan lalu tangannya tetap mengacung dan berujar â&#x20AC;&#x153;aku ora popoâ&#x20AC;?. Media memang mudah sekali menjadikan istilah-istilah sederhana menjadi populer. Demikianlah bahasa gaul, kebanyakan dari bahasa yang tidak standar lalu menjadi populer dan digunakan untuk percakapan sehari-hari. Sebagaimana membalik kata â&#x20AC;&#x153;slowâ&#x20AC;? menjadi â&#x20AC;&#x153;wolesâ&#x20AC;? yang artinya bisa santai saja, atau tenang saja. Ada juga yang menyingkat â&#x20AC;&#x153;knowing every particular objectâ&#x20AC;? menjadi â&#x20AC;&#x153;kepoâ&#x20AC;? yang artinya cerewet dan ingin tahu melulu. Sebelum populer di kalangan politisi, kalimat â&#x20AC;&#x153;aku ora popoâ&#x20AC;? juga sempat muncul menjadi magical words bagi pasangan pacaran yang sedang move on. Kalimat â&#x20AC;&#x153;aku ora popoâ&#x20AC;? alih-alih diucapkan atau diekspresikan dengan lemah lunglai malah dengan gagahnya. Seolah-olah ingin menunjukkan sebuah ketegaran. Berkaca dari makna-makna itu seharusnya para caleg ora dadi bisa dengan lapang dada mengucapkan aku ora popo. Sikap nrima dan makna ketegaran, kesiapan menghadapi kenyataan baik menang maupun kalah, ini juga harus digunakan bagi Capres yang akan maju nanti. Sebab berapapun pasangan yang akan menjadi kontestan Juli mendatang, kita hanya akan memilih salah satu pasangan saja. Bukankah agama mengajarkan, setelah berikhtiar maksimal, maka pasrahkanlah kepada Tuhan, bertawakkal. Manusia hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Jadi kalau Tuhan belum menentukan nasib sebagai anggota legislatif, maka katakanlah, â&#x20AC;&#x153;aku ora popoâ&#x20AC;?, dan kita pendukungnya pun akan lega mendengarnya. (*)

0DQDMHU3HPDVDUDQ%XDUL .RRUGLQDWRU/LSXWDQ6UL1XJURKR 5HGDNWXU3HODNVDQD'HZL<XKDQD 6HNUHWDULV5HGDNVL1RHU$GLQGD=DHQL .RPSDUWHPHQ6XPDUJD1XUWDQW\R   $EGXO+DOLP 5HGDNWXU0DKPXGL0XFKLG6DPVXOLRQR -RQ6RHSDULMRQR6KXYLD5DKPD0XKDLPLQ )HEUL6HW\DZDQ%DJXV$U\:LFDNVRQR 6WDI5HGDNVL/DLODWXO5RVLGD+DU\6DQWRVR,UD

J J J

J

HASIL penghitungan suara sementara pileg yang dicapai Partai Demokrat (PD), sangat mengecewakan, tidak sampai 10 persen atau menurun 100 persen lebih dibanding pemilu 2009. Dengan capaian ini, PD tidak bisa mengajukan capres sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain, itu pun hanya menjadi cawapres. Ironis memang, partai yang sangat perkasa pada pemilu lalu, kini terpuruk digilas partai lain. Korupsi yang banyak dilakukan oleh kader partai berlambang Mercy tersebut dianggap sebagai biang dari keterpurukan partai tersebut. Korupsi terbukti telah merusak sendi-sendi kehidupan, termasuk partai politik. Meskipun gagal mengajukan capres, sampai saat ini PD masih belum menunjukkan tanda-tanda untuk menggandeng partai lain. Seperti biasa, ketua umum PD, SBY terlalu berhati-hati dalam menghadapi dinamika politik. Meskipun partai lain, termasuk pengumpul suara terbanyak PDIP, sudah aktif menggalang kerja sama dengan partai lain, tapi PD tetap tidak menunjukkan dinamika politiknya. Selain suaranya yang anjlok, PD juga harus menanggung beban penyelenggaraan konvensi capres yang dilakukan sebelum pileg. Ada 11 tokoh yang dinominasikan sebagai calon presiden partai tersebut. Mereka sudah mengikuti tahapan konvensi, diantaranya debat capres yang diadakan di berbagai kota di Indonesia. Rencananya, setelah debat itu PD akan memilih satu nama untuk diajukan sebagai capres. Sayang, saat kampanye pileg berlangsung, partai tersebut seakan melupakan konvensi tersebut. Baru setelah perolehan suaranya anjlok, konvensi mulai dilirik lagi. Rencananya, konvensi terakhir akan diadakan di Jakarta kemudian memilih salah satu peserta terbaik berdasarkan survey yang diadakan lembaga yang kredibel. Nama inilah yang akan diajukan sebagai cawapres â&#x20AC;&#x201C; bukan lagi capres â&#x20AC;&#x201C; kepada partai mitranya. Sampai sekarang pun PD masih belum menentukan dengan partai mana untuk berkoalisi. Kalau menilik hasil survey sebelumnya, nama Dahlan Iskan yang selalu menempati posisi tertinggi dibanding calon lain. Sampai saat ini pun belum ada nama lain dari peserta konvensi yang bisa mengungguli popularitas Dahlan. Meskipun demikian, SBY masih belum akan menetapkan Dahlan sebagai calon PD, dia masih akan menunggu perkembangan. Entah apa yang diinginkan SBY dengan melakukan penundaan tersebut. Koalisi bukan urusan yang mudah, sehingga harus dipikirkan lebih matang. Tapi kalau objektif, dengan didukung hasil survey, tidak ada pilihan lain bagi PD kecuali Dahlan Iskan. Memang, dibanding 10 peserta lain, Dahlan terlihat paling menonjol dalam berbagai aktivitasnya. Kalau nama Dahlan diumumkan sebagai capres PD lebih awal, paling tidak sebelum pileg 9 April lalu, perolehan suara partai tersebut akan berbeda. Setidaknya nama Dahlan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat yang belum memiliki pilihan. Memang, saat Dahlan menetapkan PD sebagai kendaraan untuk maju capres, banyak yang menyayangkan, mengapa memilih partai korup tersebut. Tapi Dahlan punya pertimbangan lain, karena hanya PD yang menawarinya. Inilah prinsip Dahlan, dia tidak minta jabatan tapi kalau diberi amanah dia tidak akan menolak. Kita tunggu, apakah PD akan menjadikan Dahlan sebagai cawapresnya untuk berkoalisi dengan partai lain. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

5DYLND9DQGUL%DWWX6LJLW5RNKPDG3R\+HUL3$JXQJ J 3UL\R7RPP\<XGD3<XGLVWLUD6DW\D::6WHQO\ 5HKDGVRQ%LQDU*XPLODQJ0LVNL%LQ-DPDOXGGLQ J /D\OL6DOLPDK0XKDPPDG&KRLUXO$QZDU 5HGDNWXU)RWR*XHVW*HVDQJ J )RWRJUDIHU0XKDPPDG)LUPDQ5L]DO)DQDQ\ ,QIRUPDWLRQ 7HFKQRORJL-O-XQDHGL NRRUGLQDWRU  J 1\RQR-XDUL 7LP$UWLVWLN6ODPHW3UD\LWQR NRRUGLQDWRU  .XUGL\DQWR6XVLOR$FKPDG0X]DPLO(NR$EGL +DV\LP$ULI6\DLIXUUDKPDQ6LWL1XUFKDVDQDK

,NODQ+,VZDQWR,VPDGL5HQGL\DQWRN6DSWR3 =DLQDO$ULILQ,PDP:DK\XGL 6LUNXODVL:L\RQR NRRUGLQDWRU 6LUKDQ6DKUL 5RQQ\+HQGUR0RFK6XDGL/XWIL<XQLQGUD 3HQJHPEDQJ8VDKD7DXILNXU5DKPDQ NRRUGLQDWRU  6LQ\R6XZLJQ\R 8PXPGDQ.HXDQJDQ6\DILXGLQ NRRUGLQDWRU  +XGD1XU7RZLOLU ,NODQ 5HQL63 VLUNXODVL  6LWL0X]D\DQDK6XMRQR%DPEDQJ7/

J

:DUWDZDQ0DODQJ3RVWGLOHQJNDSLWDQGDSHQJHQDOGDQWLGDNGLSHUNHQDQNDQPHQHULPDDWDXPHPLQWDXDQJGDQEDUDQJDSDSXQGDULQDUDVXPEHU5HGDNVLPHQHULPD$UWLNHOGDQ2SLQL 3DQMDQJQDVNDKDUWLNHOWLGDNOHELKGDULVDWX+DODPDQGDQWLGDNPHQJDQGXQJ6$5$.LULPEHUVDPD)ODVK'LVN&'NH0DODQJ3RVW-O6ULZLMD\D0DODQJ 7HOS  DWDXOHZDWHPDLOUHGDNVL#PDODQJSRVWFRP:HEVLWHZZZPDODQJSRVWFRP7XOLVDQDWDXIRWRGHQJDQNRGHVLUNXODVLDGYHUWRULDOGDQVRFLHW\DGDODKLNODQ REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: DJ AMIEL


KAMIS, 17 APRIL 2014

Market Share Daihatsu Melesat MALANG – Awal tahun 2014 ini hampir semua dealer mobil di Malang mengalami penurunan penjualan. Akan tetapi, pabrikan Daihatsu justru menunjukkan taringnya dengan mengalami peningkatan marketshare hingga Februari 2014 ini sebesar 20,56 persen dari semua brand otomotif yang ada di Malang. “Memang, trendnya untuk awal tahun ini mengalami penurunan. Tetapi dua bulan pertama kami justru bagus,” ujar Kepala Cabang Daihatsu Malang Ahmad Yani, Agus Mulyadi. Dia menyebutkan, di Februari lalu market share Daihatsu masih di angka 15,75 persen. Februari meningkat dan Maret ini dia juga menjamin hal yang sama. “Maret memang belum ada hasilnya. Tetapi bila dilihat dari total unit penjualan, pasti market sharenya juga naik. Sebab, bulan lalu Daihatsu di Malang DSK yang meliputi Malang Ahmad Yani, Malang Sukun, Jolo Abadi dan Pasuruan berhasil menjual 380 unit,” bebernya, kemarin. Menurutnya, selama dua bulan pertama untuk Daihatsu berhasil menjual semua tipe mobilnya 745 unit. Angka ini meningkat ketimbang rata-rata pencapaian di 2013 lalu rata-rata penjualan masih di bawah 300 unit per bulan. “Untuk Malang DSK tahun ini ditargetkan pertumbuhannya sebesar 20 persen. Jadi lebih besar dari tahun lalu,” tambah Agus.

MUHAMMAD FIRMAN/ MALANG POST

ANDALAN: Xenia menjadi salah satu kontributor penjualan Daihatsu di Malang.

Dari sales yang terjadi selama triwulan pertama ini, Daihatsu masih tetap mencatatkan tipe Xenia sebagai unit terbaik. Sekitar 40 persen penjualan ditopang oleh low MPV tersebut, diikuti seri Gran Max sebesar 25 persen dan Ayla sebesar 20 persen. Sisanya, Terios, Luxio dan Sirion. Dia mengakui, Xenia yang sudah berusia 10 tahun ini

memang cukup familiar. Sebagai low MPV yang keluar lebih awal, customer memang menjadikannya jujukan. “Memang tahun lalu Ertiga sempat menggerus sales Daihatsu. Tetapi di tahun ini kami lebih siap,” tandas pria yang akrab disapa Babe ini. Sementara itu, pesaing lain yang mengalami peningkatan market yakni Honda. Sejak

kehadiran Brio Satya dan Mobilio, Honda mulai diperhitungkan. Prosentase salesnya di Malang mendekati raihan Suzuki meraih 10,34 persen. “Nomor 1 masih Toyota, kedua kini Daihatsu mulai menjauh dari Mitsubishi dan Suzuki,” terang Kepala Cabang Daihatsu Jolo Abadi, AA Gede Wisnu Putra. Hasil ini, menurutnya me-

mang sebuah anomali. Pasalnya ketika semua mengalami penurunan penjualan, justru Daihatsu kembali mengalami peningkatan sales. Maret lalu, salesnya meningkat 20 persen ketimbang Februari. “Mungkin karena Daihatsu menggenjot promo di awal tahun. Ya, belajar dari pengalaman di tahun sebelumnya,” lanjut Wisnu. (ley/fia)

5

FINANCE

Adira Terbitkan Obligasi Rp 8T JAKARTA - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) segera menerbitkan obligasi senilai Rp 1,5 triliun bulan ini atau paling lambat Mei 2014. Obligasi ini merupakan bagian dari penerbitan obligasi berkelanjutan dengan total Rp 8 triliun. Direktur Utama Adira Finance Willy S. Dharma mengatakan, dana dari penerbitan obligasi ini akan digunakan perseroan untuk menopang bisnis pembiayaan di tahun ini. “Kami akan terbitkan obligasi Rp 1,5 triliun bulan ini, atau paling lambat Mei,” kata Willy saat ditemui di acara paparan kinerja Bank Danamon di Menara Danamon, Jakarta, Rabu (16/4/2014). Dia menyebutkan, selain akan menerbitkan obligasi, anak usaha Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor ini telah memperoleh pinjaman sindikasi sebesar US$ 200 juta (Rp 2 triliun). Pinjaman sindikasi ini berasal dari bank-bank asing seperti Citibank, Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, dan Deutsche Bank. Seluruh pendanaan baik obligasi maupun pinjaman sindikasi akan digunakan untuk mendukung penyaluran pembiayaan perseroan. Adira mencatat, hingga kuartal I-2014 total outstanding pembiayaan sebesar Rp 48,5 triliun atau naik 8 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Booking baru Adira Finance tercatat naik 15 persen menjadi Rp 8 triliun pada kuartal I-2014, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang Rp 6,9 triliun. Pertumbuhan ini ditopang oleh penyaluran pembiayaan sepeda motor. Hingga kuartal I-2014, penyaluran pembiayaan sepeda motor tercatat sebesar Rp 4,5 triliun atau naik 21,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu Rp 3,7 triliun. “Untuk pembiayaan mobil baru di kuartal pertama tahun ini naik 11 persen, sedangkan mobil bekas naik 15 persen. Target outstanding pembiayaan tahun ini sebesar Rp 38 triliun, sama persis dengan realisasi tahun lalu. Sekarang sudah sekitar 22 persen hingga 23 persen dari target,” jelas Willy.(dtc/fia)

Long Weekend, Hotel Mulai Penuh MALANG – Bisnis perhotelan kembali bersiap menerima berkah long weekend pekan ini. Beberapa hotel sudah dipenuhi reservasi tamu dari luar kota untuk tanggal 18-19 April nanti, saat liburan panjang yang bertepatan dengan libur Paskah di tahun ini. Salah satu contohnya Harris Hotel and Conventions Malang. Hotel yang berada di sisi utara Kota Malang ini mencatatkan reservasi sudah mencapai 100 persen. “Liburan nanti sudah full booked. Khususnya Jumat (18/4) dan Sabtu (19/4) nanti 100 persen,” ujar Marketing Communication Harris Hotel, Nicky Olivia. Dia menyampaikan reservasi tamu sudah terjadi sejak awal bulan. Bahkan, minggu pertama April lalu, hotel yang memiliki 229 kamar ini sudah penuh dengan pesanan tamu. “Sejak tanggal 9 April lalu kamar di tempat ini sudah penuh. Jadi peminatnya memang besar dan menunjukkan Kota Malang menjadi tujuan untuk liburan,” beber dia kepada Malang Post. Masih menurut dia, tamunya sebagian besar dari Jakarta. Selain itu, wisatawan mancanegara juga turut menyumbang angka okupansi saat long weekend nanti. Perempuan

RIZAL FANANY/ MALANG POST

PREPARE: Karyawan Best Western OJ Hotel sedang menyiapkan salah satu kamar sebelum ditempati oleh tamu. asal Medan ini menyebutkan, sekitar 10 persen reservasi berasal dari warga asing. Sementara itu, General Manager Secretary dan Public Relation Santika

Premier Hotel, Yessi Puspitasari menyebutkan, pemesanan kamar telah mencapai 97 persen. Angka ini berlaku untuk tanggal 18 April nanti. “Untuk tanggal 19 April masih dikisaran

70 persen,” sebutnya. Ibu satu anak ini menyampaikan, bila angka ini dipastikan bertambah Rabu dan Kamis hari ini. Tingginya okupansi hotel saat long weekend ini juga menunjukkan bila masyarakat sudah lepas dari hingar bingar pemilu legislatif. Sebab, sempat dikuatirkan sebelumnya, pasca pemilu yang artinya masih berlangsung proses pengitungan suara membuat minat calon tamu berkurang. Masih ditambah lagi, waktunya berdekatan dengan Ujian Nasional. “Banyak keluarga yang mendahulukan kepentingan ujian anaknya. Tetapi nyatanya, long weekend ini juga sangat ramai,” tambah dia. Di tempat terpisah, Asisstant Marketing Communiacation Manager Best Western OJ Hotel, Ledya Shelfy mengakui, sedikit berbeda dengan hotel lain, hotel tersebut baru mendapatkan reservasi di kisaran 60 persen. Namun dia meyakini, hotel 12 lantai ini menjadi jujugan di saat terakhir. “Liburan sebelumnya begitu. Ketika H-1 atau hari H baru penuh. Saat ini reservasi masih 60 persen, tetapi last minute pasti penuh,” tegas dia. (ley/fia)

Demand Lokal Tinggi, PE Karanglo Fokus Pasar Dalam Negeri

HARY SANTOSO/MALANG POST

PEMBUKAAN: Ivan Sidharta (tengah) menjelaskan produknya kepada Kadinas PU Jatim, Gentur saat pembukaan pameran. SURABAYA – PT Pancamas Elite (PE), Malang, konsisten menutup pasar aksesoris pintu dan jendela dalam negeri menyusul masih tingginya kebutuhan sejenis asal impor. Selain itu, kekuatan pabrik dalam negeri yang menyuplai aksesoris pintu dan jendela baru dikisaran angka 5 persen. “Pasar dalam negeri masih sangat luas. Buat apa kita harus ekspor. Lebih baik konsentrasi meningkatkan kapasitas produksi saja,” kata Owner PE, Ivan Sidharta kepada Malang Post disela pembukaan Indotech Building di Grand City Surabaya, Rabu (16/4) siang. Dikatakan Ivan, pabriknya yang berlokasi di Jl. Karanglo Singosari kapasitasnya sekarang mencapai 420 ton

per tahun atau rata-rata 35 ton per bulan. Seluruh produksi itu dilempar ke pasaran dalam negeri secara merata. “Seluruh kota di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan sampai Papua. Kita sendiri siap meningkatkan kapasitas produksi jika order atau permintaan mengalami kenaikan,” kata Ivan yang kemarin didampingi Manager PE, Ferdy Iskandar. Produk PE di pasaran antara lain door and window accessories (pegangan pintu/jendela), Rosette Handle (handel pintu) square handle, peralatan otomotif, peralatan furniture sampai baut berbagai ukuran dengan bahan baku zinc alloy. Digambarkan dia, persaingan pasar asesoris pintu dan

jendela di dalam negeri sekarang ini cukup ketat sekali. Derasnya alat-alat sejenis dari Cina dipasaran dalam negeri memaksa PE terus melakukan inovasi. Masyarakat sendiri, lanjut dia, masih jauh dari mengerti terkait kualitas produk dalam negeri. Dibenak mereka, produk luar negeri yang harganya sedikit lebih murah dianggap kualitasnya sudah bagus. ‘’Padahal, pemikiran itu sebaliknya. Konsumen atau masyarakat kita masih minded terhadap harga. Bukan soal kualitas. Karena itu perang produk ini di pasar dalam negeri cukup ketat,’’ kata Ivan, yang produknya kemarin mendapat penghargaan Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII). Ditambahkan dia, jalan satu-satunya untuk mengimbangi perang pasar dengan produk dalam negeri diantaranya dengan cara ikut pameran. Sebab, hanya dengan cara ini calon konsumen bisa mengeri secara persis perbedaan produk dalam negeri dan impor secara riil. ‘’Produk kita bahan baku impor dari Australia dan Korea. Sedang teknologinya digunakan diadopsi dari Gem Power Taiwan, yang dulu adalah mitra kerja kita. Kalau teknisinya murni tenaga dalam negeri,’’ pungkasnya dengan menyebut branding produknya

dilabel ELT (East Lin Tiger). Sementara itu secara terpisah Direktur PR Debindo Surabaya, Dadang menyebutkan, pameran Indo Building Technologi sekarang ini sudah memasuki kali ke 9 dengan peserta 70 stand. Selain dalam negeri, ikut pula peserta dari Australia dan Thailand. ‘’Antusias warga Surabaya dalam pameran ini cukup tinggi. Buktinya, tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 15 ribu orang. Dan pameran kali ini dengan tenggat waktu

4 hari kami harapkan bisa mendatangkan 20 ribu pengunjung,’’ katanya. Ditambahkan dia, pameran sejenis kemungkinan besar juga akan digelar di wilayah Malang Raya. Karena perkembangan ekonomi dan pembangunan perumahan di Malang Raya sekarang cukup tinggi. ‘’Sangat cocok kalau pameran juga digelar di Malang. Karena pembangunan perumahan di Malang sekarang ini cukup tinggi,’’ kata Dadang. (has/fia)

ISTIMEWA

TRANSAKSI: Customer Service Adira Finance sedang melayani nasabah.

INVESTASI

Investor Asing Incar Bandara Indonesia JAKARTA - Investor asing dari berbagai negara berminat kerjasama dengan pemerintah terkait pengelolaan bandara di Indonesia. Investor itu dari Korea, Australia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Uni Emirat Arab, Korea, dan Jepang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Penyelenggaraan Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Budi Prasetyo dalam acara seminar di International Trade and Investment Summit 2014 yang digelar Apkasi, di Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/4/2014) Ia mengatakan kementeriannya sudah menyampaikan rencana ini kepada 35 institusi dalam sebuah forum. Tercatat ada 150 orang dari lembaga pemerintahan asing, lembaga keuangan, Kedubes, BUMN dan investor yang ikut serta dalam forum tersebut. “Investor yang masuk dari asing dari Korea, Australia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Uni Emirat Arab dan Jepang,” katanya. Tahap awal, 3 dari 10 bandara yang siap dilepaskan ke investor pada akhir 2014. Ketiga bandara tersebut adalah Komodo di Labuan Bajo, Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, dan Mutiara di Palu. Investor yang serius menyatakan minatnya untuk ketiga bandara tersebut, antara lain: PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) untuk Bandara Komodo serta PT Angkasa Pura II (Persero) dan Group Bakrie untuk Bandara Hanandjoeddin “Dari 10 bandara ada 3 yang jadi prioritas masuk KPS (Kerjasama Pemerintah Swasta). Tiga bandara itu Labuhan Bajo, Mutiara Palu, Lampung,” katanya. Seperti diketahui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini sedang mengkaji untuk melepas pengelolaan bandara Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dimiliki dan dioperasikan pemerintah.(dtc/fia)

REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: SLATEM


nasional

kamis, 17 april 2014

6

mulai mei

Tarif Listrik Golongan Besar dan Industri Naik Bertahap

BARANG BUKTI: Wakil Kepala Polres Karanganyar Kompol Sarini menunjukkan barang buki bocoran kunci jawaban soal UN, Rabu 16 April 2014.

Jual Kunci Jawaban UN, Guru Ditangkap Harga Dibanderol Rp 7 Juta KARANGANYAR- Empat pelaku penjual bocoran kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2014 berhasil ditangkap jajaran Polres Karanganyar. Dari empat pelaku yang berhasil ditangkap itu terdapat seorang guru SMA swasta di Boyolali. Polres Karanganyar melakukan gelar acara soal penangkapan pelaku penjual bocoran soal jawaban UN di Mapolres Karanganyar. Sejumlah barang bukti ditunjukkan seperti kunci jawaban UN, uang hasil transaksi jual beli bocoran kunci senilai Rp12 juta serta lima handphone.

Wakil Kepala Polres Karanganyar, Kompol Sarini mengungkapkan penangkapan pelaku berawal dari informasi masyarakat. Kemudian, petugas menyelidiki di sekitar lokasi salah satu  SMA Negeri di Karanganyar. ”Setelah dilakukan penyelidikan berhasil menahan dua siswa berinisial AF dan AG,” kata dia kepada wartawan di Mapolres Karanganyar, Rabu, 16 April 2014. Kemudian, lanjut dia, seseorang mengirim pesan pendek ke handphone kedua siswa yang ditahan kepolisian. Pesan itu berisi bahwa bocoran jawaban akan diserahkan ke-

pada dua siswa itu. ”Setelah itu ada pesan yang masuk kedua handphone siswa itu, polisi datang ke tempat yang disebutkan. Dua orang berinisial MRP dan GM langsung ditangkap,” ujar dia. Berdasarkan keterangan dua pelaku, harga kunci jawaban dijual dengan harga Rp7 juta. ”Pembayaran dilakukan secara bertahap, yaitu membayar Rp3,5 juta satu pekan sebelum ujian dan sisanya dibayar setelah selesai ujian,” ungkapnya. Selanjutnya, Kompol Sarini mengatakan, setelah dilakukan pengembangan dari hasil pemerikaan dua pelaku

ditemukan adanya anggota jaringan lainnya berinisial JS. Saat melakukan pemeriksaan kepada JS diperoleh keterangan bahwa dalam kelompoknya terdiri lima orang yaitu JS, MRP, GM, dan dua anggota lainnya yang berhasil melarikan diri. ”Yang berhasil lari adalah inisial DG dan WK,” tambahnya. Dia mengatakan, kelompok itu memperoleh 6 kunci jawaban soal UN dengan membayar Rp6 juta. Mereka mendapatkan soal itu dari seorang guru honorer dari SMA swasta di Kabupaten Boyolali. Kunci jawaban soal UN itu

dijual tidak hanya di Karanganyar, namun juga meliputi Kabupaten Boyolali, Sragen, dan Kota Solo. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap guru honorer itu, mereka mendapatkan kunci jawaban soal ujian dari seseorang berinisial YS. ”YS itu merupakan kepala sekolah SMA swasta di Kabupaten Boyolali. Saat ini YS masih dalam pencarian,” ujar dia. Atas tindakan tersebut, empat pelaku yang telah ditahan di Mapolres Karanganyar itu dijerat dengan pasal 322 KUHP mengenai pembocoran rahasia negara. (jpnn/udi)

JAKARTA- Dengan pertimbangan untuk mempertahankan kelangsungan penyediaan tenaga listrik, peningkatan mutu pelayanan kepada konsumen, peningkatan rasio elektrifikasi, dan mendorong subsidi listrik yang lebih tepat sasaran, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada 1 April lalu telah menandatangani Peraturan Menteri ESDM Nomor 09 Tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik Yang Disediakan Oleh Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Permen tersebut juga mengatur pemberlakukan penyesuaian tarif secara otomatis (adjustment) untuk empat golongan nonsubsidi yang berlaku per bulan mulai 1 Mei 2014, yaitu untuk keperluan rumah tangga Jero Wacik besar dengan daya 6.600 VA ke atas (R-3); untuk bisnis menengah dengan daya 6.600 VA sampai 200 kVA (B-2); untuk bisnis besar engan daya di atas 200 kVA (B-3); dan untuk keperluan kantor pemeirntah dengan daya 6.600 VA sampai dengan 200 kVA (P-1). Menurut Jero Wacik, tarif keempat golongan tersebut akan mengalami fluktuasi (adjustment tariff) berdasarkan formula tertentu dengan indikator yang ditetapkan yakni kurs, inflasi, dan harga minyak Indonesia (Indonesian crude price/ICP). ‘’Dengan demikian, tarif keempat golongan itu bisa naik atau turun mengikuti indikator ekonomi tersebut yang ditetapkan setiap bulan,’’ katanya. Ketiga indikator kurs, inflasi, dan ICP merupakan faktor tidak terkontrol yang mempengaruhi biaya pokok pengadaan (BPP) listrik. Dalam Permen itu disebutkan, penyesuaian tarif adjustment ditetapkan Direksi PLN sesuai formula yang telah ditetapkan dan dilaporkan ke Menteri ESDM setiap bulan. Sementara tarif industri (I-1, I-2, I-3, dan I-4) dalam lampiran Permen itu disebutkan akan mengalami penyesuaian sebanyak 4 (empat) kali pada tahun 2014 ini, yaitu terhitung 1 Mei, 1 Juli, 1 September, dan 1 November 2014. Menurut Permen No. 9 Tahun 2014 itu, penyesuaian Tarif Tenaga Listrik Yang Disediakan oleh PT PLN itu telah mendapat persetujuan DPR-RI sesuai hasil Rapat Kerja Komisi VII DPRRI dengan Menteri ESDM pada 21 Januari 2014. (jpnn/udi)

KPK Periksa Soetrisno Bachir Terkait Wawan

Kuota Haji Tahun Ini 168.800 Orang JAKARTA- Kementerian Agama menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 64 Tahun 2014 tentang Penetapan Kuota Haji 1435H/2014 M menyebutkan jumlah haji tahun ini sebanyak 168.800 orang, terdiri atas kuota haji regular 155.200 orang dan kuota haji khusus 13.600 orang. KMA tersebut telah ditandatangani Menteri Agama Suryadharma Ali pada 4 April 2014, kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu ketika memberikan sambutan pada Orientasi Pelayanan Transpor-

tasi Udara Jamaah Haji Indonesia, Jakarta, Selasa (15/04) malam. “KMA tentang kuota sudah ditetapkan. Jumlahnya tidak mengalami perubahan dari tahun lalu,” kata Dirjen PHU Anggito Abimanyu. Hadir dalam kegiatan ini, para pejabat eselon II Ditjen PHU dan para kepala bidang haji kanwil Kemenag provinsi seluruh Indonesia. KMA ini menetapkan bahwa kuota haji regular terdiri atas kuota jamaah haji provinsi sebanyak 154.049 orang dan kuota petugas haji daerah sebanyak 1.151 orang. Sedangkan kuota haji khusus terdiri atas 12.899

Anggito Abimanyu jamaah haji khusus dan 701 untuk petugas haji khusus. Penetapan kuota ini penting

untuk menjawab banyaknya permintaan kuota tambahan dari berbagai pihak dengan beragam cara. “Permintaan kuota semuanya sudah dijawab: ma fiih kuota (tidak ada kuota),” ujar Anggito disambut tawa peserta. “Itulah ketentuannya, mohon para kabid haji ikut memberikan penjelasan kepada masyarakat,” tambahnya. Terkait kapan diterbitkannya peraturan presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1435H/2014M, Anggito menjelaskan bahwa sampai saat ini masih diproses. “Insya Allah kalau tidak aral melintang akan segera diter-

bitkan. Tergantung pada kesibukan Presiden. Target kita bulan Mei sudah bisa dimulai pelunasan,” paparnya. Ia juga menjelaskan ada penurunan BPIH 1435 H dengan besaran rata-rata 308 dolar AS dibandingkan BPIH 1434 H. Untuk itu, jamaah haji yang telah melunasi BPIH pada tahun lalu namun tertunda keberangkatannya, akan menerima pengembalian selisihnya. “Pengembalian selisih hanya diberikan kepada jamaah yang lunas tunda. Kebijakannya, kita akan mengembalikan uang itu dalam bentuk tunai di embarkasi,” ujar Anggito. (jpnn/udi)

Kemenag: Haji Gunakan Hotel, Bukan Pemondokan JAKARTA- Seluruh jemaah haji pada musim haji 1435 H/2014 M akan menggunakan hotel atau bukan pemondokan lagi. “Untuk musim haji sekarang menggunakan istilah hotel, bukan pemondokan. Hampir semuanya bintang tiga ke atas dan semua dilengkapi musala,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu di Jakarta, Selasa malam (15/4). Anggito mengemukakan hal itu di hadapan para Kepala Bidang Haji Kemenag Provinsi seluruh Indonesia saat membuka Orientasi Pelayanan Transportasi Udara Jamaah Haji Indonesia, Jakarta, Selasa malam. Pada acara itu, Dirjen PHU menjelaskan berbagai persiapan di Arab Saudi. Tim perumahan sudah mendapatkan sekitar 116 hotel yang akan ditempati calon jamaah haji Indonesia. “Hotel calon jemaah haji Indonesia lebih nyaman dengan pelayanan lebih bagus juga. Pintu masuknya menggunakan kartu, kamar dilengkapi TV, kulkas, mesin cuci, dan fasilitas dapur,” kata Anggito.

PEMONDOKAN: Petugas pondokan memeriksa kamar di Makkah untuk jamaah haji Indonesia. Lebih lanjut dia mengemukakan di daerah Jarwal ada yang sekelas bintang lima. “Sekarang betul-betul menengah ke atas. Tidak ada yang sekelas bintang dua. Meski tetap ada perbedaan kualitas hotel, namun semuanya ada di kisaran standar hotel bintang tiga sampai lima,” tuturnya. Untuk memberikan rasa keadilan, penempatan jemaah haji Indonesia menggunakan sistem qurah (undian). “Agar lebih adil, kita melakukan sis-

tem qurah,” tambahnya. Senada dengan itu, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis juga menyatakan bahwa standar perumahan jamaah haji tahun ini meningkat, dari apartemen ke hotel. Namun, Sri Ilham menegaskan, perlunya antisipasi dan sosialisasi kepada calon jamaah haji Indonesia. “Perubahan profile akomodasi ini perlu sosialisasi kepada jemaah haji, khususnya bagi yang belum pernah keluar negeri

atau belum pernah tinggal di hotel,” tegas Sri Ilham. Menurut Sri Ilham, standar dasar hotel calon jamaah haji Indonesia mencakup luas lobi yang tidak kurang dari 50 meter persegi, kapasitas lift memadai, ada tempat jemuran, dapur, ruang makan, dan tempat salat. Sri Ilham menambahkan bahwa penempatan jamaah laki-laki dan perempuan pada penyelenggaraan haji tahun ini akan dipisah. Peraturan ini berlaku baik untuk jamaah maupun petugas, termasuk suami-istri. Berbeda dengan sebelumnya, pada penyelenggaran haji 1435 H ini, setiap musala hotel akan dimakmurkan dengan beragam kegiatan pengajian. Anggito menambahkan bahwa Direktur Pembinaan Haji akan melakukan program khusus untuk memakmurkan mushalla di hotel. “Nantinya akan dibuat forum-forum untuk melakukan pengajian,” kata Anggito. Sri Ilham Lubis menjelaskan seiring perluasan Masjidil Haram dan pembongkaran beberapa bangunan di sekitanya, maka jumlah hotel dengan

kualitas yang bagus dan dekat dengan Masjidil Haram semakin sedikit. ”Beberapa hotel yang dekat bangunannya dengan Masjidil Haram kurang bagus dan kadang malah dikeluhkan oleh jamaah,” ungkap Sri Ilham. (jpnn/udi)

DIPERIKSA KPK: Mantan Ketua Umum DPP PAN Sutrisno Bachir menjawab pertanyaan wartawan seusai diperiksa KPK, terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang yang melibatkan Tubagus Chaeri Wardana (TCW) alias Wawan. JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Tubagus Chaery Wardhana alias Wawan. ”Jadi saksi Wawan soal tanah,” kata Soetrisno di gedung KPK, Jakarta, Rabu kemarin. Sebelumnya pada Senin (14/4) KPK juga memeriksa ketua DPP Partai Hanura Fuad Bawazier sebagai saksi Wawan. Dalam pemeriksaan itu, Fuad menyatakan bahwa ia menjual tanah seluas 443 meter persegi ke Wawan pada 2007 lalu. Tanah itu berlokasi di Jakarta Selatan yang dimiliki oleh Fuad dan Soetrisno Bachir dan dijual sekitar Rp2 milar kepada Wawan. KPK sudah menelusuri aset tidak bergerak terkait Wawan hingga 100 unit berupa tanah dan bangunan antara lain berada di Bali, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. KPK dalam kasus ini juga sudah menyita 74 mobil dan satu motor besar terkait Wawan yang terdiri atas berbagai merek seperti Ferrari California, Lamborghini Aventador, Bentley Flying Spurs, Toyota Pajero, Toyota Vellfire hingga truk Hino Dutro Dump dan Truk Hino Molen. Mobil terakhir yang disita adalah mobil milik istri Wawan, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yaitu mobil Honda CRV B 1179 NJA yang diantar oleh seseorang dari Pandeglang pada Selasa (15/4). (jpnn/udi)

redaktur: mahmudi, layout: kurdi


SAMBUNGAN Jabatan Gubernur Atut Segera Dicopot JAKARTA - Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah tidak lama lagi akan menjadi warga negara biasa setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkaranya siap untuk dilimpahkan ke pengadilan atau P21. Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga sudah mulai menyiapkan berkas penonaktifan dirinya sebagai gubernur Banten. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan bahwa dirinya telah mengadakan rapat bersama Ditjen Otonomi Daerah (Otoda) untuk membahas persiapan penonaktifan Atut. Dia mengatakan bahwa penonaktifan Ratu Atut tinggal menunggu nomor registrasi Atut sebagai terdakwa di pengadilan. “Ketika registrasi terdakwanya keluar, itu langsung kita siapkan untuk mengirim surat ke presiden untuk meminta penonaktifan Atut sebagai gubernur Banten,” kata Gamawan di Kemendagri kemarin (16/4). Tidak hanya untuk mengajukan surat ke presiden, Gamawan menyatakan bahwa nomor registrasi Atut sebagai terdakwa juga diperlukan untuk melengkapi Surat Keputusan (SK) pemberhentiannya sebagai gubernur di Banten. “Jadi di dalam konsideran SK penonaktifannya mencantumkan itu dan ditulis dengan registrasi nomor sekian maka

gubernur Banten Atut dinonaktifkan,” terang Gamawan. Namun, dia mengatakan bahwa status terdakwa Atut belum membuatnya sepenuhnya lengser dari jabatannya sebagai gubernur Banten. Sementara untuk memberhentikannya, Gamawan menunggu sampai pengadilan menetapkan Atut sebagai terpidana. “Kalau itu namanya kan pemberhentian sementara atau penonaktifan gubernur. Tetapi kalau sudah inkrahct dan masih dalam jabatan maka akan langsung diberhentikan, jadi tidak penonaktifan. Ada satu jenjang lagi yang disebut dengan pemberhentian,” terangnya. Sementara Atut nanti dinonaktifkan, mantan gubernur Sumatera Barat (Sumbar) tersebut juga menjelaskan bahwa tugas dan wewenang gubernur Banten selanjutnya akan dilimpahkan kepada wakilnya, Rano Karno. “Sekaligus dijelaskan di situ, untuk melaksanakan tugas dan kewajiban gubernur akan dilaksanakan sepenuhnya oleh wakil gubernur,” ujarnya. Terpisah, Ratu Atut hari ini (16/4) dijadwalkan menjadi saksi untuk terdakwa Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar. Atut akan didengar keterangannya terkait suap yang dilakukannya terhadap Akil pada sengketa Pilkada Kabu-

paten Lebak dan Pilgub Banten. Sementara itu, pihak Ratu Atut keberatan atas pemisahan berkas perkara yang dilakukan KPK. Kuasa Hukum Atut Andi F Simangungsong mengatakan pihaknya sudah pernah melayangkan keberatan itu. “Kami tidak bisa berbuat banyak lagi kecuali berharap agar hakim yang mengadili nanti mempertimbangkan pemisahan berkas berkara itu,” ujarnya. Pada bagian lain, KPK terus menelisik harta kekayaan dinasti Ratu Atut yang diduga bentuk pencucian uang. Penyidik lembaga antirasuah itu kemarin memeriksa Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir. Pengusaha itu asal Pekalongan itu diperiksa dalam kaitan tindak pidana pencucian uang disangkakan untuk, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, adik Ratu Atut. Usai menjalani pemeriksaan, Bachir mengatakan dia ditanya perihal penjualan rumah di Tebet, Jakarta Selatan. Rumah yang dimiliki bersama politisi Partai Hanura Fuad Bawazier itu ternyata dijual ke Atut. “Saya tidak tahu kalau rumah itu dibeli Pak Wawan yang ini,” ujar Bachir. Dia mengaku menjual itu pada 2007 dengan harga sekitar Rp 1,8 miliar.(dod/gun/dim/jpnn)

Kopassus Ultah, Para Mantan Danjen Absen JAKARTA - Perayaan HUT ke-62 Kopassus tahun ini dilangsungkan secara sederhana. Berpusat di Mako Kopassus Cijantung Jakarta Timur, perayaan tersebut tidak menghadirkan tokoh di luar Kopassus. Termasuk di antaranya tidak menghadirkan para purnawirawan yang saat ini moncer di panggung perpolitikan nasional. Kegiatan yang dipinmpin oleh Danjen Kopassus Mayjen Agus Sutomo itu hanya berupa seremonial biasa tanpa defile karena dilangsungkan di dalam ruangan Balai Komando. Semi menghormati pemilu, Kopassus juga sengaja tidak mengundang para purnawirawan yang sedang berlaga di panggung politik.

Beberapa purnawirawan Kopassus saat ini memang cukup sering muncul di media massa. Di antaranya, mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto dan Agum Gumelar. Kemudian ada Sutiyoso yang kini memimpin PKPI. Kadispenad Brigjen Andika Perkasa menjelaskan, saat ini para prajurit Kopassus masih terus berupaya meningkatkan kemampuannya agar menjadi satuan tempur terbaik di dunia. Sejumlah peningkatan kemampuan telah berhasil dicapai para prajurit yang sempat menempati ranking tiga besar dunia itu. Sebagian kecil di antaranya adalah kemampuan menyelam dan terjun bebas. “Saat ini hampir 95 persen

prajurit Kopassus memiliki kemampuan selam,” terangnya. Sebelumnya, hanya sekelompok prajurit yang memang diplot untuk menyelam yang memiliki kualifikasi tersebut. Begitu juga kemampuan terjun bebas yang dimiliki sebagian besar prajurit hanya melalui latihan singkat, bukan kursus. Andika menambahkan, dalam perayaan kali ini, tradisi yang selalu dilaksanakan adalah bedah rumah di desa binaan grup-grup Kopassus, donor darah (1.500 kantong), dan ziarah ke TMP Kalibata. “Para prajurit juga mengunjungi memberi tali asih untuk warakawuri (janda mati) Kopassus dan anak-anak yatim,” tutupnya. (byu)

Sambungan dari Hal 1 keras. Beruntung, bola masih melabar dari gawang Kurnia Meiga. Memasuki menit 25, pemain-pemain Selangor FA sempat melakukan protes keras kepada wasit karena bola dianggap telah melewati garis gawang Arema. Bermula dari tendangan pojok, Mohammad Fitri Shazwan Bin Riduwan yang berdiri bebas menanduk bola. Kurnia Meiga sempat berusaha menahan bola dengan tangannya. Pemain-pemain Selangor menanggapnya bola telah melewati garis sehingga sudah gol. Namun wasit menganggapnya bola belum masuk. Akibat insiden ini, pemain-pemain Selangor melakukan protes. Skor tetap tidak berubah, 0-0. Di menit 39 Cristian Gonzales mampu menjebol gawang lawan. Bahkan Aremania yang memenuhi Stadion Kanjuruhan sudah bergemuruh menyambut gol tersebut. Namun, wasit menganggap pemain naturalisasi ini dalam posisi off side. Sehingga skor juga belum berubah. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi juga di menit ke 44 atau satu menit sebelum pertandingan babak pertama usai. Gol lewat titik putih yang dilakukan Lopes ini tak lepas dari peranan Cristian Gonsales. Loco yang melakukan tendangan ke arah gawang yang sudah kosong, bola ditahan dengan tangan

oleh Muhammad Sharom Bin Abdul Kalam. Melihat kejadian ini, wasit langsung memberi hadiah penalti. Selain itu, pemain nomor punggung lima itu juga diganjar kartu merah. Diusirnya Sharom ini juga sempat mendapat protes dari pemain-pemain Selangor. Namun,wasit tetap pada pendiriannya. Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Arema. Memasuki babak kedua, Arema yang unggul jumlah pemain langsung menampilkan permainan menyerang. Masuknya Samsul Arif di akhir-akhir babak pertama, mampu merepotkan barisan belakang lawan. Untuk menambah daya dobrak, pelatih Suharno juga memasukkan Sunarto mengantikan Irsyad Maulana. Meski terus mengurung dan memiliki banyak peluang, tak satu pun gol yang tercipta. Begitupula Selangor FA, meski bermain sepuluh pemain, mereka berusaha mencuri gol. Beberapa peluang sempat mereka ciptakan di babak kedua ini. Hanya saja, hingga peluit panjang, tak satu pun gol yang tercipta. Meski menang tipis, namun pelatih Suharno mengaku puas dan bangga dengan perjuangan yang dilakukan pemain-pemainnya. ‘’Pertandingan tadi memang cukup berat. Alhamdulillah kita bisa menang,’’ kata Suharno. (fin/jon)

Kedodoran, Cetak Rekor Sambungan dari Hal 1 Meski menyisakan satu laga, lawan Hanoi T&T, 23 April mendatang, tapi laga itu sekadar perebutan juara grup. Dua slot ke babak kedua, sudah diisi Arema dan Hanoi. Arema mengoleksi 10 poin dan Hanoi, dua poin lebih tinggi. Untuk bisa menjadi juara grup, Arema wajib menang. Sedang Hanoi, hanya butuh hasil seri. Tapi menang di Hanoi, bukan pekerjaan mudah. Di Stadion Kanjuruhan saja, Arema dipaksa kalah 1-3. Jelas bukan pekerjaan mudah. Meski bukan berarti tanpa peluang. Hanoi, sempat kalah 1-3 lawan Selangor di Malaysia. Di tempat yang sama, Arema justru sukses menahan imbang Selangor. Sayangnya, skuadra Singo Edan, harus berhadapan dengan jadwal yang cukup padat. Sebelum bertolak ke Hanoi, Arema Cronus menjadi tuan rumah untuk PBR di lanjutan ISL, Sabtu (19/4) nanti. Mau tidak mau, duet pelatih Suharno – Joko ‘Gethuk’ Susilo, harus memainkan rotasi penggawanya. Bahkan dipertandingan kemarin sore, Arema harus meraih kemenangan dengan susah payah. Selain

7

Internal Demokrat Desak Bentuk Poros Sendiri JAKARTA - Arah koalisi Partai Demokrat masih ditunggu-tunggu, terutama oleh partai-partai politik yang juga belum memastikan kebijakan koalisinya menghadapi Pilpres 9 Juni nanti. Meski belum menjadi sikap final, keinginan di internal partai yang dikomandani Susilo Bambang Yudhoyono tersebut untuk berdiri sendiri membentuk poros koalisi baru, menguat. “Sangat kuat (internal ingin berdiri sendiri), itu semua untuk sebuah alasan sederhana,” tegas Juru Bicara DPP PD Ikhsan Modjo saat dihubungi di Jakarta kemarin (16/4). Dia kemudian memaparkan kalau partainya memilih bergabung di salah poros utama koalisi yang dikomandani tiga partai papan atas (PDIP, Partai Golkar, atau Partai Gerindra), maka akan ada konsekuensi logis yang menyertai. Yaitu, bahwa nantinya Demokrat akan cenderung tersubordinasi karena bukan pemimpin koalisi. “Ini tidak baik buat perkembangan dan militansi kader (Demokrat) kedepan,” kata Ikhsan. Hal tersebut, lanjut dia, berbeda kalau partainya berada di posisi memimpin koalisi. “Selain lebih berpengalaman, kami juga tidak akan menjadi bayangbayang partai lain,” tandas politisi berlatarbelakang ekonom tersebut. Mengacu pada hasil hitung cepat, Demokrat harus berpuas di posisi kelompok partai tengah. Perolehan suaranya berada di urutan keempat setelah PDIP, Golkar, dan Gerindra. Jika maju membentuk poros sendiri, apakah siap dengan resiko kalah? “Kalaupun tidak menang, pilihannya adalah oposisi yang saya pikir juga bagus untuk pengembangan partai,” kata Ikhsan lagi. Terkait bakal capres yang siap diusung, Demokrat telah memiliki mekanisme konvensi capres yang dua hari lalu (15/4) telah resmi diputuskan untuk tetap dilanjutkan. Artinya, partai berlambang bintang mercy itu telah memastikan tidak akan menggantung

nasib ke-11 peserta konvensi yang ada saat ini. Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik menekankan bahwa partainya akan mengutamakan para peserta konvensi sebagai Capres, dibanding kandidat dari luar. “Yang kita pentingkan 11 ini dulu sampai final. Kita tunggu. Tapi saya tidak sebut begitu, belum tentu (ada capres dari luar konvensi),”ujarnya saat ditemui di Kantor Wapres, kemarin (16/4). Jero menuturkan, berdasarkan hasil pertemuan para petinggi Demokrat bersama Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Selasa malam (15/4) lalu, diputuskan untuk melanjutkan konvensi sesuai prosedur dan jadwal yang telah disepakati sebelumnya. Dia melanjutkan, pada tanggal 26 April mendatang, merupakan debat peserta konvensi. “Akan segera final debat 11 peserta. Kemudian setelah itu survey terkahir sehinga didapat angkaangka beliau (para peserta),”tuturnya. Jero menegaskan, konvensi Demokrat adalah konvensi untuk menentukan capres dari partainya. Karena itu, sekalipun perolehan Demokrat dalam pileg 2014 mengecewakan, pihaknya tetap optimis bisa mengusung capres Demokrat dari hasil konvensi. “Perlu saya sampaikan, komite konvensi ini adalah sebagai capres demokrat. Bukan konvensi cawapres. Jadi targetnya adalah capres. Logikanya kan kalau mau nyapres kan harus memenuhi 25 persen yaitu nanti. Kan kita ngajakin orang nanti. Yang penting kita siapkan dulu debat terakhir. Kita bikin survei terakhir. Kita optimis, karena politik itu berkembang terus,”tegasnya. Ditanya soal poros baru, Jero belum mau berkomentar banyak. Dia menekankan, masih banyak waktu untuk memikirkan hal tersebut. “Ya nanti kita lihat. Kan ini masih lama. Pendaftaran capres dan cawapres kan tanggal 18-20 Mei,”imbuhnya. Sementara itu, rencana pertemuan antara SBY dengan Ketua Dewan

Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto kemarin urung dilakukan. Menurut Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, akan dicari waktu yang pas bagi kedua petinggi partai itu bertemu dalam waktu dekat. Di bagian lain, terbukanya peluang terbentuknya poros keempat yang dimotori Partai Demokrat direspon partai lain yang belum menentukan arah koalisinya. PAN misalnya, menyatakan terbuka kemungkinan merapat pada poros baru tersebut. “Sampai sebelum ada kata putus (soal koalisi), peluang itu selalu terbuka,” kata Wasekjen PAN Teguh Juwarno, kemarin. Menurutnya, saat ini yang menjadi penghalang untuk partai tidak berkoalisi hanya ketentuan presidential threshold yang mensyaratkan 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional. Sehingga saat ini, mau tidak mau partai-partai harus saling menjadi mitra untuk memenuhi syarat tersebut. Yang jelas, lanjut Teguh, PAN selalu mengedepankan kesamaan soal platform saat menentukan arah koalisi. Misalnya terkait dengan pemerataan pembangunan dan reformasi gelombang kedua. Terkait posisi Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang akan ditawarkan menjadi cawapres dalam koalisi, menurut Teguh, hal itu juga sesuai dengan orientasi dan platform yang diusung PAN. Figur Hatta dinilai memiliki kemampuan dan pengalaman duduk dalam pemerintahan. “Sayang kalau hanya menjadi penonton,” ujar mantan presenter televisi itu. PAN, lanjut Teguh, realistis dengan hasil pileg yang tidak memungkinkan untuk menjadi motor koalisi atau mengusung capres sendiri. Meski begitu, dia yakin bahwa posisi PAN akan menentukan dalam peta koalisi yang saat ini tengah digalang partai-partai. “Jumlah kursi PAN di DPR nanti juga dipastikan akan lebih banyak dari saat ini,” tandasnya. (dyn/ken/fal/jpnn)

Rayakan Ultah, Pesta Miras, 9 Tewas Sambungan dari Hal 1

Cukup Satu Gol Dipertandingan kemarin, Selangor FA yang tidak diperkuat Andik Vermansyah, tampil lebih agresif di awal-awal babak pertama. Apalagi pertandingan yang dipimpin wasit Gamini Nivon Robesh merupakan partai hidup mati bagi kedua tim. Ketika pertandingan baru berjalan satu menit, Selangor sudah memperoleh tendangan pojok. Arema pun tak mau kalah. Di menit ke tiga, Benny Wahyudi memberi umpan jauh kepada Alberto ‘Beto’ Goncalves. Namun sayang, bola terlalu dekat dengan penjaga gawang Selangor FA Farizal Marlias. Satu menit kemudian, gempuran pemain-pemain Arema melalui Cristian ‘Loco’ Gonzales mampu membahayakan pertahanan lawan. Namun rapatnya barisan belakang yang dimotori Steve Pantelidis, selalu mereka gagalkan. Peluang besar Arema untuk mencetak gol terjadi di menit ke sembilan. Lagi-lagi, Cristian Gonzales yang berdiri bebas di luar kotak penalti melakukan tendangan jarak jauh dengan kaki kiri. Arah bola sebenarnya sudah tepat, namun bola mampu ditepis Farizal dan hanya menghasilkan tendangan pojok. Dua menit kemudian, striker Selangor FA, Paulo setelah mencuri bola dari pemain-pemain belakang Arema, mampu melakukan shooting

KAMIS, 17 APRIL 2014

karena faktor kelelahan, Arema juga harus melawan kendala psikologis setelah kalah 1-3 dari Persib. Suharno mengakui, pemain Arema bertanding dengan beban berat. ‘’Pemain saya bukan robot. Mereka bertanding dengan beban mental berat, usai kalah dari Persib. Juga, main dengan beban harus menang untuk lolos. Tapi, saya bangga dengan pemain. Saya beri jempol untuk kerja keras Arema lawan Selangor,’’ terang Suharno dalam preskon. Secara teknis, Arema kalah dari Selangor FA, khususnya di awal babak pertama dan pertengahan babak kedua. Babak pertama, Ahmad Bustomi dkk frustasi. Steve Pantelidis sebagai jangkar Selangor FA, menggalang permainan bertahan yang kompak dan rapat. Saat menyerang, Selangor mengandalkan tiga-empat pemain di depan dengan formasi dasar 4-4-2. Namun, ketika bertahan, formasi Selangor FA berubah jadi 6-3-1. Cristian Gonzales dkk kesulitan dapat bola matang di lini depan. Penetrasi aktif Irsyad Maulana juga mentah dan sulit terkonversi jadi gol.

Pun, begitu Sharom Abdul Kalam dikartu merah wasit karena menyentuh bola tendangan Cristian Gonzales di kotak penalti, Arema masih kesulitan menghadapi 10 pemain Selangor. Babak kedua, Arema yang kelelahan mencoba menurunkan tempo permainan, agar kuat hingga menit akhir. Tak heran, Selangor FA yang cuma 10 orang, mencoba mengambil alih kendali permainan lewat serangan balik dan counter attack cepat, berfokus pada Paulo Rangel, pemain asing asal Brazil. Tapi, Suharno tidak peduli dengan permainan tim lawan. Ia lebih mempedulikan kemenangan Arema yang diraih dengan kerja keras. ‘’Yang penting menang. Dengan kondisi capek dan baru kalah, yang penting Arema menang. Kemenangan ini penting sekali untuk langkah kita ke depan,’’ terang Suharno. Meskipun secara umum Arema tidak main lebih baik dari Selangor, pertandingan berakhir bahagia untuk tim berlogo singa itu. Tiga poin dari Selangor FA, membuat posisi Arema tak terkejar di papan klasemen. (fin/avi)

‘’Data yang kami dapatkan, pesta miras oplosan itu diikuti sekitar 15 orang. Namun sembilan orang meninggal dunia,’’ terangnya. Mantan Kapolsek Pakis itu memaparkan, pesta miras itu digelar Kevin, salah satu korban tewas untuk merayakan ulang tahunnya. Awalnya, Kevin dan Juminten alias Tika, 34 tahun, teman wanitanya yang tinggal di Desa Toyomarto, Singosari mengundang 14 temannya untuk pesta di rumah kontrakan. Sebelum teman-temannya berkumpul, Kevin dan beberapa temannya pesta di pinggir rel kereta. Baru setelah semua kumpul, pesta dilanjutkan di rumah. ‘’Kami mengamankan 15 botol bir dan satu botol alkohol kemasan 150 mililiter dari dalam rumah atau TKP pesta miras tersebut.,” urainya. Khusus botol alkohol, tambahnya, masih dibawa tim labfor Cabang Surabaya untuk diperiksa. Ternyata pesta itu, tidak hanya dilakukan di kontrakan Kevin. Karena Senin malam itu, sekitar pukul 21.00, ketika beberapa teman Kevin berpamitan pulang, tuan rumah dan Tika

justru menuju ke Desa Sidodadi, untuk melanjutkan pestanya. Sedang beberapa teman lainnya, tertidur di rumah kontrakan pegawai PT. Otsuka Lawang itu. ‘’Baru setelah minum miras di Desa Sidodadi, keduanya kemudian pulang ke rumah Tika. Selama pesta, Tika yang bertindak sebagai pembagi minuman,’’ tambahnya. Awal mula korban diketahui mulai berjatuhan, saat Selasa (15/4) pukul 12.00, Sri Wijiastuti ditemukan tak bernyawa di tempat kosnya. Tak urung, kabar itu membuat Edwin yang merasa mengajak pesta, menjadi bingung. Dia pun melarikan diri ke rumah saudaranya di Surabaya. Ternyata setelah berada di Surabaya, Edwin juga mengalami sesak nafas dan gejala seperti korban lainnya. Dia pun dibawa ke RS dr Soetomo. Tapi nyawanya tak terselamatkan. Terkait kejadian itu, selain akan terus mendata jumlah korban meninggal, juga tengah melakukan pengejaran kepada Tika. Karena sejak pesta miras, perempuan yang menjadi teman Kevin,

tidak diketahui keberadaannya. ‘’Kalau identitasnya, itu domisili di Desa Toyomarto-Singosari. Makanya, dilakukan pengecekan untuk memastikan campuran minuman yang dibuat pesta miras,’’ terangnya. Ngatemi, seorang tetangga Kevin mengatakan, pada Senin tersebut, suasana kontrakan memang tengah sepi. Masalahnya, pemilik rumah dan yang lain, tengah ada kegiatan. ‘’Waktu kejadian, di sini (kontrakan) memang sepi. Makanya, tidak tahu jelas bagaimana kejadiannya,’’ ungkapnya. Dwi Trihardiyanto, seorang korban pesta miras pertama di Kelurahan Kalirejo, mengaku jika mabuk bersama itu dilakukan sejak pagi. Dirinya sendiri, mulai tidak sadar mabuk pada malam. Pada Selasa pagi, dirinya yang tidak kuat kemudian menghubungi keluarganya untuk menjemput. ‘’Minumnya mulai pagi. Makanya, malam itu pula saya yang tidak kuat, langsung tertidur di lokasi. Esoknya, kondisi saya sudah drop,’’ ujarnya. (sit/mar)

Untung Rp 40 Juta Sebulan dengan Sistem Pembukuan ‘Ndeso’ Sambungan dari Hal 1 ‘’Ya sudah sekitar tujuh tahun. Dulu banyak sekali pengerajin di Balearjosari ini. Namun sekarang habis. Banyak yang sambat nggak ada modal. Untunglah saya tetap bertahan,’’ ujar Owner Tiban Jaya Rotan, Imam Budiono ketika mengawali cerita. Sekarang, pengerajin rotan itu, sudah tidak berproduksi lagi. Mereka hanya mengambil barang dari Imam. Ada sekitar 20 pedagang furniture dari bahan rotan di kawasan tersebut, mengandalkan produksi Imam. Awalnya, Imam hanyalah penjaga mebel di Probolinggo. Di daerah tersebut, ada sebuah masjid ajaib dan masyarakat tidak mengetahui kapan bangunan tersebut mulai ada. ‘’Masyarakat berdatangan, begitu pula usaha saya ini. Harapannya juga begitu. Karena itu saya beri nama Tiban Jaya Rotan,’’ tandas dia. Uniknya, meski bergelut di bisnis kerajinan rotan, Imam justru tidak bisa memproduksi atau menganyam sendiri. Dia mempercaya penuh kepada karyawannya. Sumbangsihnya hanya berupa model, corak dan warna. Apabila muncul permintaan dari customer, dia lanjutkan pada karyawannya yang sudah terampil. ‘’Modelnya kan harus up to date. Bila permintaan masih belum mengikuti trend terbaru, saya coba merancangnya. Kalau disuruh membuat kursi, saya ya hanya tertawa saja,’’ jelas dia, lantas terkekeh. Salah satu tips untuk bertahan, diakui oleh bapak dua anak ini, yakni dari tekad dan keyakinan. Selain itu,

kunci yang tidak boleh dihilangkan yaitu kreatif. Pasalnya, ketika semua mulai menggeluti bisnis kerajinan yang sama, maka suplai dari rotan menjadi terbatas. Sudah bahan baku berkurang, harganya semakin mahal pula. Solusi dari keterbatasan tersebut, munculah ide untuk memanfaatkan kayu mendong. Bahkan, eceng gondok yang tumbuh liar di sawah pun tidak luput dimanfaatkan. Begitu pula dengan pelepah pisang. ‘’Harus kreatif pemikirannya. Begitu ada contoh menggunakan bahan itu pun bagus dan berkualitas,’’ yakin pria yang mengaku tidak menempuh pendidikan tinggi ini. Hasilnya, ketika harga rotan menembus Rp 15 ribu per kilogram untuk yang matang, maka usahanya ini tetap bertahan dan mampu mengerjakan 30 orang. Bahkan, dalam waktu dekat usaha ini pasti menambah jumlah karyawan lagi bila ruangan yang baru sudah selesai masa pembangunannya. Kini, lokasi usahanya, seluas 700 meter persegi dan terdiri dari dua lantai. Rumah utama di lantai 1 dan 2 untuk mendisplay barang mebeler seperti meja, kursi, keranjang, dan penyekat ruangan. Untuk sisi kanan kiri berfungsi sebagai penyimpanan bahan baku seperti rotan, eceng gondok dan mendong yang sudah dipilin. Selanjutnya, untuk sisi belakang dan samping sebelahnya lagi berfungsi sebagai tempat produksi. Praktis, tidak ada ruang kosong. Konsumen pun hanya mendapati ruang tamu darurat seluas empat meter untuk bertransaksi.

Tiban Jaya Rotan ini tidak hanya dipasarkan di Malang. Malahan, dominasi produknya dijual di Bali dan Kalimantan. Untuk lingkup Jawa Timur seperti Mojokerto, Madiun dan Pasuruan. Yang menarik lagi, untuk wilayah Jatim, Imam dengan mudah percaya untuk menitipkan barangnya. Total, dari barang produksinya ini, 70 persen berada di tangan orang dan dia titipkan hanya dengan modal percaya. ‘’Percaya saja. Jika mereka nakal, rejeki pasti balik lagi. Saya malah gak tahu jumlah pastinya yang berada di pengusaha A berapa. Cuma ketika mereka sudah keterlaluan nunggak, suplai distop saja,’’ beber pria asli Malang ini. Selain itu, Imam memiliki cerita menarik dari usahanya ini. Dia tidak memiliki pembukuan layaknya usaha besar. Padahal bila dilihat dari keuntungan puluhan juta, omzetnya pasti sudah ratusan juta. Bila ditanyai soal omzet, dengan yakin dia menjawab, ‘’tidak tahu.’’ Kalau keuntungan, dengan yakin pula dia menjawab, ‘’minim Rp 20 juta sebulan”. Sistem pembukuan ini yang dia akui jadi kelemahan. Pernah suatu ketika, dia mengajukan kredit ke suatu bank. Awalnya ditolak, karena bank tersebut tidak mengetahui pasti bagaimana perkembangan bisnisnya. ‘’Tetapi masa itu sudah berakhir. Malahan, bank yang mengejar memberikan pinjaman usaha ndeso ini. Hehehe,’’ pungkas Imam tertawa lepas. (Stenly Rehardson) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


PEMILU

2014

KAMIS, 17 APRIL 2014

8

PKB Dorong Tiga Capresnya Bentuk Poros Alternatif JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy memiliki keyakinan, tiga calon presiden PKB, Jusuf Kalla, Mahfud MD dan Rhoma Irama mampu mempelopori terbangunnya Poros Alternatif yang nanti akan mengusung bakal calon presiden sendiri. “Saya punya keyakinan ketiga tokoh ini mampu membangun Poros Alternatif yang terdiri dari partai-partai Islam seperti PKB, PKS, PPP, PAN dan ditambah dengan Partai Hanura. Jumlah suara bisa mencapai 40 persen,” kata Lukman Edy, di Jakarta, Rabu (16/4). Edy menambahkan, bahwa dengan terciptanya Poros Alternatif, maka PKB sebagai leader akan mampu mengusung bakal capres diantara ketiga tokoh tersebut. “Karena PKB belum mengubah sikap untuk mencalonkan 3 orang ini sebagai bakal capres,” tambahnya. Ketiga tokoh tersebut, juga diyakini bisa menetralisir politik masa lalu yang sebabkan susahnya bersatu. “Bila mereka mampu membangun Poros Alternatif, maka layak jadi pemimpin,” ungkap mantan

PENJAJAKAN: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) didampingi Ketua DPP PKB Helmy Faishal Zaini (kiri) memberikan keterangan terkait sikap PKB dalam menghadapi Pilpres. Menteri PDT itu. Rhoma Irama sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali dan Ketum PAN, Hatta Rajasa. Sedangkan Mahfud MD juga telah melakukan pertemuan dengan Ketua Majelis Syariah PPP, Maimun Zubair. Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus melakukan komunikasi dengan sejumlah partai. PKS akan memutuskan berkoalisi

dengan partai apa paska pengumpulan suara tingkat Nasional. “Koalisi itu dibangun dari jumlah real berapa suara yang didapatkan dari rakyat, bukan apa yang diputuskan lembaga survei quick count,” kata Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, kemarin. Menurut Hidayat, pimpinan PKS terus melakukan komunikasi dengan PDIP, Gerindra, dan Golkar. Namun keputusan siapa yang akan

menjadi mitra koalisi ada di tangan Majelis Syuro PKS. “Majelis Syuro yang akan memutuskan berdasarkan berapa banyak suara real yang kita dapatkan, termasuk perkembangan-perkembangan di luar itu,” kata dia. Selain mitra koalisi, kata Hidayat, Majelis Syuro juga akan memutuskan nasib tiga kandidat calon presiden PKS, apakah tetap diusung menjadi calon presiden atau calon

wakil presiden. Kandidat capres PKS yaitu, Anis Matta, Ahmad Heryawan, dan Hidayat Nur Wahid. Anggota Komisi Pertahanan DPR itu mengatakan terbentuknya poros tengah yang terdiri dari partai-partai Islam mungkin saja terjadi pada periode pemerintahan mendatang. Poros tengah, kata dia, bisa terjadi jika partai telah mengetahui perolehan suara dari Komisi Pemilihan Umum. “Kemungkinan terjadinya poros tengah sangat terbuka. Kita mendukung, dan itu tidak boleh diartikan telah terjadi tim poros idealisme karena partai Islam juga bagian yang konstitusional di Indonesia,” katanya. PKS sendiri mempersilakan PKB untuk memprakarsai terbentuknya poros Islam jilid II itu. Sebab, berdasarkan hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei menempatkan PKB di urutan tertinggi dari partai Islam lainnya. “Sekarang ini kalau merujuk pada quick count, suara tertinggi partai Islam merujuk pada PKB karenanya saya mengusulkan agar PKB mengambil prakarsa atau inisiatif,” ujarnya. (jpnn/udi)

Kelompok Jenderal Orba Coba Jegal Prabowo

PEMILIH PEMULA: Sosialisasi Pemilu kepada pemilih pemula yang dihadiri artis Nia Ramadhani.

Pemilu Presiden Diikuti 3,1 Juta Pemilih Pemula JAKARTA - Hasil pemilihan umum 2014 akan diumumkan secara resmi pada 9 Mei 2014. Setelah itu, Komisi Pemilihan Umum menyiapkan tahapan pemilihan presiden (Pilpres) mulai 18 Mei. KPU memperkirakan akan ada penambahan DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada Pilpres mendatang sekitar empat juta. Penambahan itu berdasarkan rumusan yang sudah mereka tetapkan dalam rapat pleno. Rumusan penambahan surat suara ini DPT pileg ditambah DPK (Daftar Pemilih Khusus) ditambah DPKTb (Daftar Pemilih Khusus Tambahan) dan ditambah pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada tanggal 9 April lalu. “Untuk DPK kita perkirakan ada 914 ribu. Sedangkan pemilih pemula sesuai data Kemendagri sekitar 3,1 juta. Dari jumlah ini kita masukan sebagai (Daftar Pemilih Sementara) DPS,” kata Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di KPU Pusat, Jakarta, Rabu 16 April 2014. Persiapan lain yang dilakukan KPU pusat adalah koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Kerjasama

dengan IDI terkait pemeriksaan kesehatan kandidat calon presiden yang akan bertarung dalam pemilu. “Untuk kerjasama dengan KPK kita akan komunikasi hari ini. Dengan KPK terkait pemeriksaan LHKPN. Kita inginnya nanti para capres dan cawapres yang mengumumkan harta kekayaan mereka setelah diverifikasi KPK. Selama ini kita yang sampaikan,” katanya. Persiapan lainnya yang dilakukan KPU untuk tanggal 18 Mei nanti adalah merampungkan berbagai peraturan pendukung pemilihan presiden. “Seperti masa kampanye, proses kampanye. Pelaporan anggaran dan sebagainya. Hingga hari ini semua yang terkait peraturan sudah hampir rampung,” ujarnya. Untuk Pemilu Legislatif lalu KPU menetapkan rekapitulasi nasional DPT Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD untuk Pemilu 9 April 2014 sebanyak 186.612.255. KPU tetapkan DPT nasional sebanyak 186.612.255 orang dan DPT luar negeri sebanyak 2.010.280 orang. Dengan komposisi pemilih laki-laki sebanyak 93.439.610 orang dan pemilih perempuan sebanyak 93.172.645 orang. (jpnn/udi)

JAKARTA- Menjelang Pilpres 2014, ada upaya dari sekumpulan purnawirawan jenderal yang melakukan manuver untuk menggagalkan pencapresan Prabowo Subianto. Itu dikatakan Letjen (Purn) Suryo Prabowo. Dia menjelaskan, beberapa jenderal purnawirwan TNI cemas kalau Prabowo terpilih menjadi presiden. Alasannya karena mengetahui banyak hal pada masa lalu mereka. “Pada zaman orde baru, Pak Prabowo ini kan the rising star, prestasi dan kemampuannya di kalangan militer di atas rata-tata. Selain itu sebagai menantu presiden (menantu Soeharto), dia juga memiliki akses pada kekuasaan,” ujar Suryo di Jakarta, Rabu (16/4/2014). Menurutnya, kecemasan ini didasari atas masa lalu mereka karena merupakan jenderal-jenderal yang tak loyal dan menentang Soeharto pada waktu itu. “Jadi serangan negatif pada Pak Prabowo Subianto ini persoalan subjektif bukan objektif,” tegasnya. Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) TNI ini mengatakan, purnawirawan jenderal yang melakukan manuver kepada Prabowo karena mereka tidak suka dengan visi dan misi yang diperjuangkan Prabowo sebagai capres. “Mereka sepertinya cemas jika Prabowo terpilih menjadi presiden akan membuka semua kesalahan para jenderal itu di masa lalu. Mereka keliru jauh menilai Prabowo seperti ini. Sebagai siswa mentor Prabowo, saya

paham betul Prabowo tipikal ksatria yang jujur, berani, tegas dan selalu berpikir ke depan bukan ke belakang. Jadi mereka tidak perlu cemas dengan Prabowo,” jelas dia. Lebih lanjut, Suryo menjelaskan seharusnya para purnawirawan jenderal ini tak perlu khawatir dengan kepemimpinan Prabowo nanti. Sebab dipastikan Prabowo tak akan membuka masa lalu mereka jika menjadi presiden. “Prabowo sangat mecintai Indonesia, bagi Prabowo kemajuan Indonesia tidak bisa diraih dengan saling menuding dan mencari kesalahan. Prabowo bahkan mengajak para jenderal seniornya tersebut samasama berkontribusi bagi kemajuan Indonesia,” tandasnya. Sebagaimana diketahui, Ketua Umum DPP Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (PEPABRI) Agum Gumelar meminta Prabowo Subianto untuk sadar diri bertarung di Pilpres 2014. Pasalnya Prabowo memiliki sejarah yang kelam khususnya saat aktif di militer. Pernyataan Agum Gumelar ini pastilah memiliki alasan. Bagaimana seorang Prabowo yang merupakan calon presiden (capres) dari Partai Gerindra memiliki nilai minus di mata Agum Gumelar, yang tak lain adalah bekas komandannya saat berdinas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Namun nilai minus itu tidak sebombastis seperti disampaikan oleh Agum. (jpnn/udi)

KONFLIK: Ketua Umum PPP Suryadharma Ali, Wakil Ketua PP Suharso Monoarfa (tengah) dan Sekjen PPP Muchmamad Romahurmuziy pada sebuah acara beberapa waktu lalu.

Ketum PPP Pecat Monoarfa dan Empat Ketua DPW JAKARTA - Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai memanas. Ketua Umum PPP Suryadharma Ali tiba-tiba mengeluarkan surat keputusan (SK) pemecatan pengurus partai. Ada dari DPP dan sejumlah DPW. Dalam SK itu, ada seorang wakil ketua umum yang dipecat. Nama Suharso Monoarfa, dan posisi Suharso digantikan Djan Faridz. Selain itu, ada beberapa DPW juga yang dipecat, yakni Ketua DPW PPP Jawa Barat Rahmat Yasin, Ketua DPW PPP Sumatera Utara Fadli Nursal, Ketua DPW Jawa Timur Musyaffa Noer dan Ketua DPW PPP Sulawesi Selatan Amir Uskara. “Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, apabila terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini akan dilakukan perbaikan sebagai mana mestinya.” SK ini ditandatangani oleh Ketua Umum Suryadharma Ali dan Wakil Sekjen Syaifullah Tamliha, 16 April 2014. Setelah pemecatan Wakil Ketua Umum Suharso Monoarfa dan empat Ketua DPW, giliran Sekjen Romahurmuziy dikabarkan juga dicopot. Dari sumber di internal PPP menyebutkan, jika Suryadharma Ali juga menggantikan posisi Sekjen yang masih dipegang Romi, panggilan Romahurmuziy. Dikabarkan, Romi akan digantikan oleh Fernita Darwis. Pencopotan Romi ini dianggap tidak sejalan dengan kebijakan ketua umum. Ini bisa terlihat dari SK pemecatan Suharso cs. Dalam SK itu, yang menandatangani justru Wakil Sekjen Syaifullah Tamliha, bukan Romi. Wasekjen PPP Syaifullah Tamliha membenarkan adanya pemecatan Suharso Monoarfa dari jabatan Wakil Ketua Umum DPP PPP. Pemecatan Suharso dan keempat Ketua DPW PPP pasca konflik internal yang ingin melengserkan Suryadharma Ali dari jabatan ketua umum. “Ya benar, ada surat pemecatan yang ditandatangani Rabu dini hari tadi oleh Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali,” kata Tamliha, kemarin. “Mereka diberhentikan dari jabatannya dan dipecat sebagai kader PPP. Pemecatan Suharso dan keempat Ketua DPW PPP disetujui oleh Wakil Ketua Umum PPP lainnya,” jelasnya. Dia menjelaskan, pemecatan beberapa kader tersebut didasari atas upaya mereka mengajukan mosi tidak percaya kepada Ketua Umum PPP. “Mereka tidak mentaati AD/ ART dan keputusan partai lainnya yang telah diputuskan partai. Silahkan mereka mengajukan keberatan kepada Mahkamah Partai,” tandasnya. Sementara itu Suharso Monoarfa menilai pemecatan dirinya sebagai Wakil Ketua Umum PPP ceroboh. “Ceroboh dan sangat keliru, tidak melalui mekanisme. DPP sepihak,” ujarnya kemarin sore. Suharso mengaku belum menerima surat pemecatan dirinya. Ia belum berpikir apa yang akan dilakukan ke depan. Suharso Monoarfa dipecat oleh Ketua Umum PPP Suryadharma Ali. Suharso yang sebelumnya menjabat wakil ketua umum, digantikan oleh Djan Faridz. “Suharso digantikan oleh Djan Faridz. Sementara Ketua DPW yang diberhentikan digantikan oleh Wakil Ketua DPW masing-masing,” jelas Wakil Sekjen DPP PPP Syaifullah Tamliha, kemarin. Djan Faridz sebelumnya kader biasa di PPP. Namun, dia dipromosikan menjadi menteri. Lucunya, Suharso lengser sebagai Menteri Perumahan Rakyat digantikan oleh Djan Faridz. Kini, Djan Faridz kembali merebut posisi Suharso di internal PPP. (jpnn/udi)

Prabowo Subianto

Abraham Samad Masuk Daftar Cawapres Jokowi JAKARTA - Nama Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad terus disebut-sebut sebagai kandidat calon wakil presiden. Bahkan dianggap tepat menjadi kandidat cawapres Jokowi. Pengamat politik dari Uni-

versitas Indonesia Boni Hargens menyatakan, Jokowi dan Abraham Samad (Jokomad) penyatuan yang unik. Dia yakin keduanya bisa memberi perubahan pada Indonesia ke depannya. Jokowi bisa fokus pada peningkatan kesejahteraan dan

perekonomian masyarakat. Sementara Abraham Samad fokus penegakkan hukum, terutama membasmi korupsi. “Ini akan membentuk pemerintahan yang tegas dan berwibawa,” katanya, Rabu (16/4/2014). Beberapa masyarakat men-

dukung itu. M.Sururi, warga Jakarta Selatan yang juga wiraswasta ini menilai pemimpin harus punya agenda pemberantasan korupsi. “Kami ingin pemimpin yang akan datang jauh dari korupsi,” jelas Warga Terogong, Jakarta Selatan ini.

Menurut dia, harus ada pemimpin yang bisa mengawasi anggaran negara. Tetap harus ada yang mengawasi penggunaan anggaran dengan cermat dan tegas. “Saya kira Abraham Samad cocok,” katanya. (jpnn/udi)

REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: REEP


RONCE NGALAM

KAMIS, 17 APRIL 2014

9

RIZAL FANANY/MUHAIMIN/MALANG POST

PELANGGARAN PEMILU

Alun-alun Tugu Dipercantik

TAMAN KOTA: Wali Kota Malang HM Anton mempunyai ide mempercantik Alun-alun Tugu dengan puluhan burung merpati.

Merpati MALANG – Wajah bundaran Alun-alun Tugu di depan Balai Kota Malang akan segera disulap makin indah. Tahun ini, Pemkot Malang menggagas penambahan keberadaan puluhan burung jenis Merpati yang akan hidup bebas pada taman. Jika sebelumnya pemerintah mempercantik dengan perawatan taman secara rutin, pengecatan ulang, pengadaan lampu dan air mancur yang bergoyang sesuai formasi menarik serta efek kabut. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang Wasto mengatakan, pihaknya sedang merinci konsep penambahan keberadaan burung Merpati di Alun-alun Tugu. Hal ini mulai menyangkut luas bundaran tugu, keberadaan taman kota, hingga posisi ideal dari penempatan bekupon atau rumah burung Merpati nantinya. Konsep penambahan burung ini nyaris sama dengan yang diterapkan di Alunalun Kota Malang. Baca Alun-alun... Hal.10

MALANG - Beredarnya kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN) ternyata benar-benar nyata. Buktinya saja sejumlah pengawas UN berhasil mene mukan lembaran kunci jawaban yang dipergunakan siswa di sebuah sekolah swasta. Namun seperti tahun sebelumnya, para pengawas di

Kota Malang sepakat bungkam dan tidak melaporkan kepada pengawas independen dari perguruan tinggi. Salah satu pengawas yang enggan dikorankan namanya mengakui bahwa kebocoran soal memang benar terjadi. Ironisnya lagi menurut informasi yang ia gali ternyata setiap sekolah sudah ada koordinator yang bertugas menyebarkan kunci jawaban tersebut. Untuk memperoleh kunci jawaban tersebut siswa cukup membayar Rp 300

ribu. “UN bocor lagi, modusnya sama seperti tahun lalu,” ungkapnya. Salah satu kunci jawaban yang ia temukan adalah kunci jawaban mata ujian Geografi . Kertas berisi kunci jawaban untuk 50 soal itu sudah ada kode khusus untuk membedakan kunci jawaban mana yang cocok untuk menjawab. Misalnya Geografi dengan kode soal 2 tertulis soal pertanyaan kunci yaitu pertanyaan nomor satu mengenai Geosfir, soal nomor 10

MALANG - Kejari Malang bergerak cepat memproses berkas perkara pidana pemilu terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan caleg Christea Frisdiantara. Berkas perkara terhadap caleg incumbent itu segera diserahkan ke Pengadilan PN Malang setelah dinyatakan lengkap. “Kami menyerahkan berkas perkaranya ke PN Malang besok (hari ini). Saat ini berkas b perkara p sudah lengkap. Ber kas perkara p pidana pemilu memang harus h diserahkan secepatnya ke PN karena k ketentuannya seperti itu,” jelas je Kajari Malang Munasim SH, kemarin. k Ia mengatakan, Christea Frisdiantara dijerat dengan UU Pemilu. d Ancaman A hukumannya berupa kurungan k antara satu hari sampai dua d tahun. Namun demikian, Kejari Malang M belum mencantumkan ancaman a hukuman terhadap Christea Frisdiantara Christea. “Ancaman hukumannya C akan dibacakan dalam tuntutan saat persidangan. Namun sesuai UU Pemilu, ancaman hukumannya berupa kurungan satu hari sampai dua tahun,” jelas Munasim. Karena ancaman hukuman kurungan di bawah dua tahun penjara, Christea tak ditahan walau sebelumnya sempat dijeput paksa oleh polisi di kediamannya. Tersangka baru bisa ditahan jika dijerat dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara atau pasal tertentu. Baca Hari Ini... Hal.10

DPRD KOTA BATU

Lumayan, Pesangon Dewan 6 Kali Gaji

mengenai wilayah jawa selatan, dan soal nomor 22 mengenai hewan endemic. Jika di lembar soalnya ada pertanyaan itu maka kode soal 2 yang bisa dipakai. Hal ini dibuat untuk membedakan jenis paket yang diterima siswa. Karena Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mencetak lebih dari 20 paket soal untuk mengantisipasi adanya kebocoran.

BATU - Lumayan, pesangon purna tugas tidak hanya berlaku pada ka karyawan maupun buruh pabrik. Sebaliknya, 25 anggota DP DPRD Kota Batu periode 2009-2014 yang Agustus nanti ba bakal mengakhiri tugasnya, juga mendapatkan pesangon enam kali gaji pokok. Selain itu, aanggota dewan yang sudah lengser akan mendapatkan ua uang pesangon selama mengabdikan diri lima tahun di dewan. “Uang pesangon untuk anggota dewan yang mengakhiri tuga tugasnya memang ada, tetapi istilahnya adalah jasa pengabdian pengabdian,” jelas Sekretaris Dewan, Erwan Puja F, Rabu kemarin. G Gaji pokok ketua dewan sendiri sebesar Rp 2,1 juta, wakil kketua dewan Rp1,6 juta, sedangkan anggota sekitar Rp 1,5 ju juta. Nilai tersebut tentunya belum termasuk tetek bengek tun tunjangan yang angkanya jauh lebih besar. Nah, untuk pesangon p masing-masing dari gaji pokok dikalikan enam. K Ketua dewan diperkirakan akan mendapatkan Rp12,6 juta, wak wakil Rp 9,6 juta dan anggota Rp 9 juta. “Sesuai PP nomor 24 ta tahun 2004 tentang Kedudukan Protokol dan Keuangan Pimp Pimpinan, Wakil dan Anggota DPRD, sehingga jumlahnya tidak sama dan uang pesangon ini adalah sah serta sudah menjadi haknya,” paparnya kepada Malang post. Mantan Kasatpol PP Batu ini menambahkan, anggota dewan periode 2009-2014 kesemuanya berhak mendapatkan pesangon, baik itu yang telah lengser maupun kembali terpilih. “Itu kan hak mereka, bagi yang menjabat kembali juga dapat karena secara tidak langsung mereka dilantik dan tercatat sebagai anggota baru,” urainya.

Baca Kunci... Hal.10

Baca Lumayan... Hal.10

KUNCI JAWABAN UN HARGANYA Rp 300 RIBU Pengawas Temukan Lembar Kunci Jawaban

Hari Ini, Berkas Christea Diserahkan ke PN

MAKI Tuding LPSE Kabupaten Tak Transparan MALANG – LSM MAKI (Masyarakat Anti Korupsi Indonesia) Jawa Timur menilai ada kejanggalan di tubuh LPSE Kabupaten Malang terkait proses lelang pengadaan ternak di Pemkab Malang. LSM ini menyebut Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Malang tidak transparan dan tidak semua perusahaan diberikan kesempatan mengikuti paket lelang. Lelang ini dalam bentuk hewan ternak jenis kambing PE dan sapi. Hal ini disampaikan Ketua LSM MAKI, Heru Satriyo usai mendapati laporan dari sejumlah perusahaan yang ingin ikut lelang di LPSE Kabupaten Malang. Pihaknya memiliki sejumlah bukti pembenaran. Di antaranya, begitu susahnya melakukan download dokumen kualifikasi untuk beberapa paket ternak. Sebab, mereka tidak pernah sesulit itu ketika melakukan hal serupa

untuk kota/kabupaten lainnya. ’’Kami lakukan sesuai tahapan lelang. Proses up load dokumen penawaran mulai 28 Maret sampai 2 April. Sebelumnya, kami juga diminta untuk mengirimkan dokumen kualifikasi sebagai syarat utama. Kami coba lakukan berulang-ulang selama tiga hari tetap tidak bisa,” akunya. Merasa ada kejanggalan, kata Heru, MAKI memutuskan ke LPSE Kabupaten Malang di Kepanjen. Oleh staf LPSE disampaikan jaringan internet masih sangat sulit karena kantor LPSE masih baru. Pihaknya berusaha potong kompas ke admin LPSE di komplek Pendopo Kabupaten Malang, Jalan KH Agus Salim Kota Malang. Tak ketinggalan, MAKI juga berkunjung ke Dinas Peternakan untuk minta penjelasan. ’’Kami bertemu pejabat pembuat komitmen di kantor Dinas

Peternakan untuk pengadaan 12 paket ternak. Kami juga bertemu dengan admin LPSE untuk menjelaskannya. Di kantor admin LPSE, kami bisa upload dokumen penawaran kami dari

laptop milik staf admin LPSE atas paket pengadaan kambing PE I, namun untuk masuk paket II, kami gagal hingga 4-5 kali,” terang Heru. Baca MAKI MAKI... ... Hal.10

RIZAL FANANY/MALANG POST

BUKTI: MAKI menunjukkan catatan dugaan ketidaktransparanan LPSE Kabupaten Malang dalam informasi lelang dan status penawaran. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

Pileg, Aktivitas Dewan Tak Lumpuh MALANG - Usai pemilu legislatif, para wakil rakyat Kota Malang kembali ke gedung dewan mulai Rabu (16/4) ke marin. Aktifitas anggota dewan me nyuarakan aspirasi warga kota pen didikan ini tak lumpuh karena keberadaan mereka di kantornya. Komisi A dan dan Komisi D DPRD Kota Malang misalnya, tetap beraktifitas selama masa-masa jelang pemilu legislatif. Selain tetap mengawal kebijakan pembangunan, dua komisi tersebut juga tetap menerima aspirasi warga. Terbukti masih ada warga yang datang untuk menyampaikan aspirasi. Ketua Komisi A, Arief Wahyudi SH menegaskan komisi yang dipimpinnya itu tetap beraktifitas seperti biasa. Sekalipun masa kampanye beberapa waktu lalu, mereka tetap beraktifitas

ga di gedung dewan diselag begitu. Sekretaris Komisi D, Tri Yudiani, sela melaksanakan kamK S.Sos mengatakan, panye. sela ”Kami tetap beraktifitas s ma ini beraktifitas seperti biasa di gedung seperti biasa, berjalan s dewan. Bahkan tetap normal. Bahkan sekarang d me tetap beraktifitas sesuai m ngawasi persiapan ujian nasional hingga agenda Komisi A. Temanu pe teman anggota Komisi A p laksanaan ujian nasional. juga aktif seperti biasa,” s “Kami langsung mokata Arief, ketua komisi nitor pelaksanaan ujian yang membidangi hukum n nasional, Senin lalu di dan pemerintahan itu. n sekolah-sekolah. Hal Wakil rakyat dari dapil s ini Klojen ini mengatakan, i demi kelancaran Arief Wahyudi dan hal tersebut merupakan d kesukseskan pelakkomitmen wakil rakyat di Kota Malang. sanaan ujian nasional di Kota Malang,” Yakni tetap beraktifitas seperti biasa kata Yudis, sapaan akrab Tri Yudiani. Komisi yang membidangi pendidikan walau berlangsung pesta demokrasi. Komisi D DPRD Kota Malang ju- dan kesehatan ini juga terbuka terhadap

semua aspirasi masyarakat. Sehingga warga tetap bisa menyampaikan persoalan yang dialami kepada dewan. “Kami tetap terbuka terhadap semua aspirasi masyarakat. Karena ini merupakan komitmen kami sejak awal,” kata wakil rakyat dari dapil Blimbing itu. Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Drs Ec RB Priyatmoko Oetomo MM mengatakan, pemilu tidak menjadi halangan terhadap aktifitas wakil rakyat di gedung dewan. Jadi setelah pemilu selesai digelar, aktifitas di gedung dewan langsung normal seperti biasanya. “Teman-teman di gedung dewan tetap bertugas sesuai tugasnya sebagai wakil rakyat walau sedang sibuk mengawasi tahapan pasca coblosan,” pungkasnya. (van/feb)

Satpol PP Razia PKL Jalan Veteran MALANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang kembali melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) di sejumlah kawasan ruas jalan pro tokol Kota Malang, Rabu (16/4) kemarin. Sebanyak delapan PKL terjaring dalam razia yang dipimpin Andang Roosdianto, Kabid KUKM Satpol PP Kota Malang. Andang mengatakan, razia Yustisi menurunkan sembilan anggota Satpol PP Kota Malang itu dilakukan sebagai bentuk penegakkan Peraturan Daerah (Perda) No 6. Sesuai Perda itu, kawasan Jalan Veteran, Ijen dan Bandung tidak diperkenankan ada PKL yang berdagang disana. Mereka antara lain berjualan sepatu, nasi, jemuran, sandal dan paket TV kabel. ‘’Penertiban yang dilakukan itu, menurutnya telah sesuai tentang ketentraman dan ketertiban umum. Kegiatan penegakkan perda ketertiban umum dan ketentraman masyarakat ini supaya mereka terutama PKL tidak sembarangan berjualan,” terangnya kepada Malang Post ketika ditemui di kantornya. Diakui, razia ini dilakukan secara rutin oleh Satpol PP. Hanya saja, PKL juga cukup pintar menghindari razia. Dengan cara segera ngacir membawa kabur dagangannya, seperti yang terlihat para pedagang yang ada di Jalan Veteran. Di jalan ini juga, Satpol PP juga menjumpai mobil toko dari

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

BERSIH PKL : Satpol PP Kota Malang menggelar razia PKL, diantaranya di Jalan Malabar, Veteran dan Ijen.

salah satu perusahaan waralaba nekat jualan di atas trotoar. Tak pilih kasih, petugas pun mengamankan peralatan jualan, seperangkat komputer yang digunakan kasir.

’’Hasilnya, kami memberikan peringatan supaya tidak seperti itu, jalan veteran, ijen, bahkan ada jualan menggunakan mobil naik ke trotoar. Kami berikan peringatan jika di jalan tersebut

bebas PKL. Sebagai langkah awal, kami lakukan pengambilan KTP. Jika ada atau dua tiga kali tetap melanggar, kami akan melakukan sidang tipiring,“ terang Andang. (poy/feb)

Tugas KPU Berakhir Sebelum Pilpres MALANG - Masa tugas lima komisioner KPU Kota Malang berakhir disaat sedang persiapan pemilu presiden (pilpres), Juni mendatang. Pergantian komisioner tidak boleh mengganggu tahapan Pilpres yang akan berlangsung sebulan setelah berakhirnya masa tugas KPU ini. Ketua KPU Kota Malang, Hendry ST MT mengatakan, masa tugas semua komisioner termasuk dirinya berakhir pada Juni mendatang setelah bertugas sejak lima tahun yang lalu. “Jika disesuaikan dengan tahapan pilpres, maka pada Juni sudah memasuki tahapan

persiapan daftar pemilih tetap (DPT),” katanya. Kendati masa tugas berakhir ditengah tahapan persiapan pilpres, Hendry me mastikan tidak mempengaruhi ke lancaran pesta demokrasi untuk memilih presiden. Ia bahkan optimis berjalan sesuai tahapan. “Sekalipun akan berganti komisioner, KPU tetap bisa menyiapkan pelaksanaan tahapan pilpres. Karena kami bekerja berdasarkan sistem, apalagi saat ini sekretariat KPU Kota Malang sudah memiliki sistem kerja yang matang,” katanya.

Sementara saat ini lanjut Hendry, pelaksanaan rekrutmen calon komisioner lembaga penyelangara pemilu itu sudah dimulai. Diawali dengan pengumuman pendaftaran calon komisioner oleh tim seleksi. “Mekanisme pendaftaran dan syarat pen daftaran calon komisioner KPU su dah diumumkan secara terbu ka di web site KPU dan media ce t ak,” katanya. Formulir kelengkapan administrasi persyaratan calon anggota KPU dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di sekretariat Tim Seleksi di Guest House

Ciliwung Jalan Ciliwung No. 8 Kota Malang. Atau bisa juga melalui web site resmi KPU Kota Malang di www. kpud-malangkota.go.id Waktu penerimaan dokumen pendaftaran anggota KPU dimulai 19 April sampai 25 April mendatang, kecuali hari Minggu pada jam 09.00 WIB-16.00 WIB. Semua pendaftar akan melewati sejumlah tahapan seleksi dengan sistem gugur. Yakni seleksi administrasi, seleksi tertulis, tes kesehatan, tes psikologi dan seleksi wawancara. Pendaftaran dan semua tahapan seleksi tanpa adanya pungutan biaya. (van/feb)

Rusunawa Segera Dibangun di Tlogomas MALANG – Kota Malang masih memiliki warga miskin sekitar 50 ribu jiwa dari jumlah penduduk 845.638 hingga tahun ini. Pengentasan kemiskinan tersebut tentu menjadi tugas berat Pemkot Malang di bawah kepemimpinan Wali Kota, HM Anton. HM Anton sudah memiliki langkah dan konsep untuk mewujudkan percepatan pembangunan Kota Malang di tahun 2014 menuju kota yang bermartabat. Program itu tidak hanya fokus konsep pembangunan pemukiman baru bagi warga miskin, tetapi juga cara memberdayakan mereka

dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan meraih penghasilan sendiri, peningkatan kesejahteraan akan tercipta. ‘’Konsep pembangunan di Kota Malang ini, lebih diarahkan untuk program pengentasan kemiskinan. Pemkot tidak hanya membangun pemukiman baru untuk membantu warga miskin memiliki tempat tinggal layak, tetapi juga menciptakan usaha,” terang HM Anton kepada Malang Post. Menurutnya, pemberdayaan masyarakat juga berfungsi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Untuk mendukungnya, Pemkot juga menggandeng sejumlah perguruan tinggi (PT) dalam Program Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Abah, sapaan akrab Wali Kota Malang ini sudah menandatangani nota kesepahaman dengan belasan pimpinan PT yang didukung Ketua Yayasan Dana Sejahtera Mandiri pada 27 Februari lalu. Sementara, Abah juga meresmikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Buring I, bertempat di Jalan Mayjen Sungkono, beberapa waktu lalu. Pemkot juga akan segera membangun

Rusunawa, yaitu Rusunawa Buring II mulai tahun ini. Setiap tahun Kota Malang mendapat alokasi pembangunan rusunawa dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sebanyak dua twin block. ‘’Tak hanya di daerah Buring, di ka wasan Kelurahan Tlo gomas juga direncanakan dibangun rusunawa yang diperuntukkan bagi warga miskin yang berasal dari daerah barat Kota Malang. Bagi warga yang menempati rusunawa hendaknya bisa merawat bangunan sebaik mungkin,” tegas walikota yang berlatarbelakang pengusaha ini. (poy/feb)

MAKI Tuding LPSE Kabupaten Tak Transparan Sambungan dari Halaman 9

Hanya saja, upaya menunggu proses pem bukaan penawaran dilakukan Pokja ULP Pemkab Malang hingga 4 April, MAKI mengaku, LPSE tidak memunculkan peringkat harga penawaran dan peringkat harga terkoreksi mulai dari penawaran terendah sampai tertinggi. Yang lebih mengejutkan, kata Heru, pihaknya mendapati file yang sudah diuploadnya dinyatakan file

penawaran miliknya tidak dan belum dapat dibuka. ’’Kami berencana berangkat ke kantor LPSE Kabupaten Malang dan mendesak panitia dan administrator LPSE K a bupaten Malang untuk melakukan per mintaan uji forensik dokumen lelang ke LKPP Pusat. Selain itu, kami juga laporkan hal ini ke bidang Reskrimsus Polda Jatim

untuk mengajukan dugaan pengaduan permainan lelang,” terang Heru. Dalam situs resmi LPSE Kabupaten Malang, admin LPSE menyebut, persoalan kesulitas mengupload dan kegagalan login pada proses agregasi ada dua sebab. Pertama, apabila ada gangguan pada sistem firewall LPSE atau pada server di LKPP. Kedua, apabila ada gangguan pada jaringan

internet yang terhubung dengan server LPSE. ‘’Dari dua hal tersebut kami sudah men coba memperbaikinya. Mohon maaf apabila anda mengalami kegagalan login pada server LPSE Kab. Malang. Kami senantiasa menjaga agar layanan LPSE Kabupaten Malang dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih,” jawab LPSE dalam rilisnya. (poy/lim)

Kunci Jawaban UN Harganya Rp 300 Ribu Sambungan dari Halaman 9

Saat ditanya mengapa tidak mencatat kejadian itu atau melaporkan ke pengawas dari perguruan tinggi, pengawas dari unsur sekolah ini mengaku tidak berani. Sebab jika ia melaporkan kepada pengawas dari Universitas Brawijaya (UB) dikhawatirkan justru siswa dari sekolahnya yang akan diancam oleh pengawas sekolah lain. Sebab model pengawasan UN di Kota Malang adalah silang antar sub rayon misalnya Sub Rayon 1 yang terdiri dari SMAN 1 dan anggotanya mengawas di Sub Rayon 4 dari SMAN 4 dan anggotanya.

Karena itu pula, pengawas dari UB mengaku tidak menemukan adanya kecurangan selama UN tiga hari di Kota Malang. “Kami melihat pelaksanaan UN di Kota Malang lancar, kalau pun ada isu kecurangan itu tidak bisa di buktikan,” ungkap Koordinator Pengawas UN Kota Malang, Prof Dr Hendrawan Soetanto M.Rur SC. Pilihan Jawaban Tidak Ada Sementara itu hari ketiga pelaksanaan UN kemarin ada masalah pada naskah soal UN Bahasa Inggris. Pilihan jawaban

yang terdiri dari A sampai E ternyata tidak tersedia di lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN). Temuan ini, kata Hendrawan berlangsung di 84 sekolah penyelenggara UN Kota Malang. “Temuan ini dilaporkan ada di semua sekolah, tapi banyaknya jumlah jawaban yang menghilang beragam, ada yang lima nomor saja, ada juga yang sampai sepuluh nomor di lembar jawabannya,” kata Hendrawan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah mengatakan, para siswa seharusnya membiarkan jawaban E tetap kosong, apabila jawaban itu

dianggap benar ataupun tidak. “Karena itu yang telah disepakati dan sesuai petunjuk sebelumnya,” kata Zubaidah. Di SMAN 6 Malang setidaknya 6-7 lembar LJUN ditemukan tidak lengkap. Solusinya, seperti yang diungkapkan oleh Kepala SMAN 6 Malang, Haryanto, M.Pd, jika siswa memilih jawaban E, maka siswa yang bersangkutan dapat menulisnya di sisi jawaban D. “Langkah ini kami ambil setelah mendiskusikannya dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Dinas Pendidikan,” ujar Haryanto.(oci/ily/lim)

KAMIS, 17 APRIL 2014

10

KAMPANYE MAKAN IKAN

MUHAIMIN/MALANG POST

KREATIFITAS : Siswa TK Masjid Agung Jami Kota Malang menampilkan kreasi drum band dalam kampanye Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang di gelar Dinas Pertanian Kota Malang.

Gemar Makan Ikan, Siapkan Generasi Cerdas MALANG – Dinas Pertanian Kota Malang kembali menggiatkan kampanye gemar memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). Pasalnya, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Malang masih lebih rendah dari angka nasional dan perlu ditingkatkan, khususnya pada anak usia dini untuk menyiapkan generasi cerdas berdaya saing. Menurut Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Kota Malang, Ir. Tri Astutik, tingkat konsumsi ikan pada di level nasional sebanyak 31,6 kilogram per kapita per tahun. Di Kota Malang, tingkat konsumsi ikannya masih 23,8 kilogram per kapita per tahun. “Karena itu, kami tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Banyak kandungan yang baik dari ikan untuk tubuh kita, baik anak-anak, dewasa sampai orang tua,” kata Tri, saat kampanye Gemarikan di TK Masjid Agung Jami Kota Malang, kemarin. Kampanye Gemarikan sengaja di gelar di TK Masjid Agung Jami Kota Malang, harapannya orang tua siswa dan anak dapat mendapatkan wawasan tentang pentingnya mengonsumsi ikan. Melalui edukasi ini, diharapkan anakanak usia dini di Kota Malang mendapatkan gizi yang baik sehingga bisa menjadi generasi berkualitas. Baginya, manfaat ikan tak perlu diragukan lagi. Mengkonsumsi Ikan membuat anak cerdas karena gizi yang dikandungya. Selain mengandung protein, vitamin, dan mineral, juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi tubuh. Asam lemak omega 3, antara lain DHA dan EPA, mempunyai efek mengurangi peradangan dalam tubuh. Karena efek tersebut, maka senyawa ini dianggap dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit jantung dan pembuluh darah. “Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan. Kalau bisa setiap hari mengkonsumsi ikan,” ungkapnya. Sementara itu, siswa TK Masjid Agung Jami Kota Malang dengan penuh antusias mengikuti kegiatan kampanye Gemarikan. Mereka mendapatkan ikan segar yang dapat dipelihara, juga mendapatkan cerita tentang manfaat ikan dari pendongeng yang di datangkan Dinas Pertanian. Kreasi dan kreatifitas siswa juga ditampilkan dalam acara itu, baik drum band dan kreasi lainnya. Kepala TK Masjid Agung Jami Kota Malang, Hj. Henny Ufidah menyambut baik kampanye Gemarikan di sekolahnya. Harapannya, orang tua siswa, guru serta siswa mendapatkan wawasan baru banyak manfaat mengkonsumsi ikan. “Semakin banyak ilmu yang kita peroleh tentang manfaaat makan ikan,” tambahnya. (aim)

Alun-alun Tugu Dipercantik Merpati Sambungan dari Halaman 9

“Kami susun konsep idealnya, utamanya bagaimana caranya tidak sampai mengurangi estetika keindahan taman ini. Salah satunya, kami punya gambaran, bekuponnya diletakkan di atas ranting pohon Trembesi yang ada di depan gedung DPRD Kota Malang. Sebab, kalau diletakkan di tengah-tengah taman, akan mengurangi estetika keindahan Alun-alun Tugu,” aku Wasto kepada Malang Post kemarin. Usut punya usut, rencana penambahan burung Merpati ini berawal dari usulan langsung Wali Kota Malang HM Anton. Saat berkunjung santai ke bundaran Alun-alun Tugu, dia menyebut, taman kota tersebut akan semakin cantik dan indah jika ditambah keberadaan burung yang hidup beterbengan bebas. Orang nomor satu di Kota Malang ini membayangkan, pengunjung bisa terbawa suasana keasrian dan keindahan alam. ”Kalau banyak burung yang beterbangan di taman ini akan lebih baik lagi, seperti yang ada di Alun-alun Merdeka,” ujar Abah Anton.(poy/lim)

Hari Ini, Berkas Christea Diserahkan ke PN Sambungan dari Halaman 9

Kendati tak ditahan, caleg Partai Demokrat dari dapil Sukun itu tetap diwajibkan hadir dalam setiap persidangan di PN Malang. Lebih lanjut Munasim menegaskan, pihaknya profesional dan menegakan hukum. Karena itu tak akan pandang bulu dalam proses penegakan hukum terhadap pidana pemilu. Sementara itu anggota Panwaslu Kota Malang, Fajar Santosa SH mengatakan, pihaknya bersama Polres Malang Kota dan Kejari Malang yang tergabung dalam Gakumdu terus melakukan koordinasi. “Kami intens berkoordinasi di Gakumdu. Sehingga proses hukum berjalan karena saling mendukung dalam penegakan hukum,” tandas anggota Panwaslu yang membidangi Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran ini. Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, selain memproses Christea Frisdiantara, Gakumdu juga memproses hukum caleg PKPI, Edi Prajitno yang diduga melakukan pelanggaran UU Pemilu. Edi Prajitno sebelumnya juga sudah disidang di PN Malang.(van/lim)

Lumayan, Pesangon Dewan 6 Kali Gaji Sambungan dari Halaman 9

Lalu bagaimana dengan mobil dinas anggota dewan? Erwan menyebut, pasca pelantikan semua kendaraan harus dikembalikan. Kecuali jika ada yang ingin memilikinya dan itupun hanya diprioritaskan bagi pimpinan dewan, yang diperbolehkan untuk memiliki dengan syarat mengacu undang-undang. Salah satu syaratnya adalah usia kendaraan di atas lima tahun,” tambahnya. Sementara itu, sekalipun rekapitulasi suara masih terus berlangsung, namun caleg yang berpeluang besar mengisi kursi dewan, 70 persen justru wajah baru dan sisanya merupakan caleg incumbent yang mampu mempertahankan kursinya. Semua caleg yang nantinya dinyatakan lolos, bakal dilantik 30 Agustus mendatang. Terpisah, salah seorang Komisioner KPU Kota Batu, Supriyanto mengatakan, selepas penghitungan dan penetapan caleg, proses selanjutnya adalah menyerahkan semua berkas termasuk penetapan itu ke DPRD dan Wali Kota Batu, untuk dimintakan peresmian kepada Gubernur Jatim. ’’Biasanya pelantikan Dewan Kota Batu dilangsungkan akhir Agustus,’’ jelas Supriyanto.(mik/lyo) REDAKTUR: FEBRI, LAYOUTER: OLIS


KOTA WISATA

biro batu Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

kamis, 17 APRIL 2014

11

Miski/Malang Post

DIALOG: Wawali Batu, Punjul Santoso, Kepala Disdikpora Budi Santoso ketika ngobrol dengan siswa SMA Hasyim Asy’ari sehabis ujian, kemarin.

IPS - Bahasa Inggris Kurang Opsi Jawaban BATU- Hari terakhir pelaksanaan UN di Kota Batu, peserta ujian benar-benar dibuat bingung sekaligus cemas. Bagaimana tidak, kunci jawaban yang seharusnya ada lima pilihan A sampai E, ternyata hanya tertera empat opsi, A, B, C, dan D, halnya mata ujian IPS dan Bahasa Inggris. Kurangnya opsi jawaban itu, dijumlai ketika rombongan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, anggota dewan komisi C dan pihak Dinas Pendidikan melakukan sidak kesejumlah sekolah. Diantaranya, SMAK Yos Sudarso, SMKN

3, SMKN 2, SMA Selamat Pagi Indonesia, SMA Hasyim Asy’ari, dan SMK Ma’arif. Di SMAK Yos Sudarso, ditemukan ada 14 soal jawaban hanya tertera pilihan A sampai D untuk mata ujian IPS dan Bahasa Inggris. Sedangkan di SMA Selamat Pagi Indonesia, ada 8 soal yang opsi jawabannya juga kurang. Persoalan sama juga ditemukan di SMA Hasyim Asy’ari, ada 8 soal mata pelajaran IPS juga kurang opsi jawabannya. Punjul Santoso mengakui hal itu, meski begitu pelaksanaan UN tetap berjalan lancar.

Namun dari mata pelajaran yang diujikan, mayoritas siswa mengeluhkan sulit soal-soal Matematika.”Kami beri apresiasi ke setiap sekolah dan dinas terkait. Karena bisa mensukseskan UN tahun ini,”ujar Punjul. Menanggapi permasalahan kurangnya opsi jawaban itu, Kepala Disdikpora, Budi Santoso mengatakan bahwa pihaknya telah mencarikan solusi bagi kekurangan opsi jawaban tersebut. “Sementara kami sarankan agar ditambahi sendiri, dan di lembar soal ujian juga ditam-

bahi. Nantinya soal-soal yang bermasalah ini, dikumpulkan dan dimasukkan ke amplop khusus. Sehingga ada dua lapis sebagai bukti, jika kedepan diperlukan,”jelasnya kepada Malang Post. Menurutnya, kasus tersebut tidak hanya terjadi di Kota Batu. Melainkan juga di beberapa daerah mengalami hal sama, sebab selama ini prosesnya masih ditangani oleh pusat. Maka tidak hayal jika dalam pelaksanaan masih terjadi kekurangan. Dia menegaskan, seharusnya untuk pelaksanaan UN diser-

ahkan ke Provinsi. Mulai dari standarisasi soal, dan mengurangi kesalahan soal.”Proses koreksi jadi persoalan, sudah saatnya didelegasikan ke daerah,”sebut pria yang akrab dipanggil Tossi ini. Padahal, lanjutnya, ka­­suskasus seperti itu ja­uh-jauh hari sudah diusul­kan untuk dicarikan pe­mecahannya. ”Yang jelas ka­m i berha­ rap, agar pelaksanaan UN lebih maksim a l , s e ­ baiknya daerah dilibatkan se­cara aktif. Lebih bagus jika dise­rahkan sepenuhnya ke daerah,”pungkasnya.(mik/lyo)

Rekapitulasi Tegang Dibayangi Demo BATU- Rekapitulasi penghitungan suara hasil Pileg di tingkat PPK, Rabu kemarin mulai berlangsung. Menariknya, di Kecamatan Junrejo proses penghitungan tersebut justru mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian dibanding lokasi PPK lain. Dari pantauan Malang Post, tidak kurang dari 50 personil gabungan petugas kepolisian dan TNI AD, berjaga-jaga mulai di pintu gerbang maupun halaman Pendopo Kantor Kecamatan Junrejo tempat rekapitulasi. Sejumlah perwira polisi pun, juga ikut siaga termasuk intel dan petugas reskrim.

Sepanjang siang kemarin, suasana rekapitulasi berlangsung tegang. Bahkan, di halaman kantor KPU yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kantor Kecamatan Junrejo, juga didirikan tenda-tenda besar plus petugas keamanan. Ketatnya pengamanan itu, ternyata imbas santernya kabar ada simpatisan salah satu caleg dan parpol akan unjuk rasa mendatangi kantor kecamatan. Namun sampai sore kemarin, tak ada yang berunjukrasa. Sedangkan PPK Kecamatan Batu, memilih untuk memulai rekapitulasi sekitar pukul 12.00 walaupun tidak disertai penjagaan ketat oleh petugas

kepolisian halnya di PPK Junrejo. Kabag Ops Polres Batu, Kompol Darmono menepis jika ketatnya penjagaan rekapitulasi di Kecamatan Junrejo, itu untuk mengantisipasi demo. ”Setiap kecamatan kami jaga ketat, karena penghitungannya lebih luas,”ucap Darmono. Ketua PPK Junrejo, Heru Joko Purwanto menyebut, penghitungan suara di PPK masih terus berjalan dan dipastikan malam nanti (Rabu) baru selesai sekaligus diketahui hasilnya. ”Kondisi dan situasi di sini aman-aman saja, buktinya

proses penghitungan masih terus berjalan,”paparnya disela-sela rekapitulasi suara. Sementara itu, KPU Kota Batu memastikan rekapitulasi suara di tingkat KPU, bisa digelar tepat waktu atau Sabtu (19/4). Setelah itu, pada 20-22 April yang hasilnya diserahkan ke KPU Provinsi untuk direkapitulasi. Sedangkan tahapan penyampaian penetapan secara nasional, baru dilakukan 6-7 Mei nanti. Penetapan kursi dilakukan 11-13 Mei, baik itu jumlah kursi partai maupun calon yang melanggeng ke gedung dewan. Komisioner KPU, Supri-

yanto mengatakan, tahapan selanjutnya KPU memberikan waktu selama dua hari (12-14 Mei) bagi partai ataupun caleg yang ingin melakukan gugatan dan perselisihan di MK terhadap hasil Pileg.”Baru pada 12-18 Mei diumumkan hasilnya oleh KPU Pusat diteruskan daerah,”paparnya, Rabu (16/4). Setelah diumumkan peres­ mian perolehan kursi, baru masuk pada tahap pengajuan peresmian sekitar JuniJuli.”Prosesnya memang p a n ­j a n g , s e b a b m e m b utuhkan waktu lama untuk me­n gumumkan hasil Pileg ini,”terangnya. (mik/lyo)

Pemkot Segera Turun Tangan BATU- Mangkraknya pembangunan Pasar Junrejo, disikapi serius Pemkot. Hal itu, karena keberadaan pasar yang representative dan lokasinya terjangkau, sangat dibutuhkan warga Kecamatan Junrejo dan sekitarnya. “ Pasar tersebut merupakan

aset Desa Junrejo, yang bisa dikelola oleh pihak desa. Tetapi rencana tersebut berubah total, karena investornya melarikan diri,”kata Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Menurutnya, pemerintah dalam waktu dekat akan berkordinasi dengan pihak desa.

Sebab, adanya pasar di daerah tersebut, memang sesuai dengan konsep pembangunan kota ini. Bagaimana tidak, jika Jalibar difungsikan, otomatis mobil-mobil wisatawan yang pulang dari BNS maupun lokasi wisata lainnya, sudah pasti lewat di kawasan itu kar-

ena menjadi salah satu pintu keluar-masuk Kota Batu. Sehingga wisatawan bisa dicegat di pasar itu. Dia meminta, agar pihak desa, BPD dan LPMD segera melakukan kordinasi dan men­c ari solusi agar cepat di­s elesaikan. Karena lahan

bangunan pasar tersebut adalah aset desa.”Adanya pasar di Junrejo sangat positif, baik itu untuk tempat kuliner, oleh-oleh ataupun kebutuhan lain. Sehingga, wisatawan tidak perlu repot mencari oleh-oleh ke daerah kota,”terangnya. (mik/lyo)

Harga Tanah Selangit Diikuti Target PBB BATU - Melambungnya harga tanah di Kota Batu, disikapi pemerintah untuk meningkatkan PAD khususnya dari sektor PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Pemerintah Kecamatan Batu, misalnya, menaikan target PBB sekitar Rp 200 juta dari tahun 2013 sebesar Rp 2,2 miliar menjadi Rp 2,4 miliar. Camat Batu, Arief As Sidig mengakui peningkatan harga lahan di wilayahnya luar biasa tinggi. Pada kawasankawasan tertentu, tahun ini harga tanah bisa naik tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Kawasan yang memiliki kenaikan berlipat, antara lain pusat kota seperti di Jalan Sultan Agung, Diponegoro dan kawasan Desa Oro-Oro Ombo. Arief As Sidiq ‘’Untuk Desa Oro-Oro Ombo, harga lahan bisa mengalami kenaikan empat kali lipat dalam setahun. Misalnya, tahun lalu harga lahan masih pada kisaran Rp 500 ribu per meter persegi, namun tahun ini harganya bisa tembus Rp 2 juta per meter. Kenaikan itu sekaligus menaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), sebagai dasar menentukan pungutan PBB,’’ tegas mantan camat Bumiaji ini kepada Malang Post. Menurut mantan Lurah Sisir, ini beberapa wajib pajak sempat menanyakan mengapa pembayaran PBB harus naik. Setelah diberikan pengertian bahwa harga tanah sudah mengalami kenaikan, wajib pajak mulai mengerti. Mereka juga faham jika di kota ini mengalami perkembangan pesat sebagai kota wisata, dan harga tanah ikut melambung. Pihaknya juga sudah melakukan pekan panutan PBB di kantornya, yang merupakan sosialisasi jatuh tempo pembayaran PBB, Juli 2014. Pihak Dispenda Kota Batu, Bank Jatim, tokoh masyarakat juga diundang dalam pekan panutan PBB itu. ‘’Ketika melakukan pekan panutan, kami juga menyediakan loket pembayaran PBB. Dalam sehari, pajak yang terkumpul dari pembayaran tersebut sebesar Rp 30 juta,’’ tegas pria yang tinggal di Kelurahan Sisir, Kota Batu ini. Arief optimis, target PBB sebesar Rp 2,4 miliar tahun ini bisa terlampaui. Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2013, target Rp 2,2 miliar tercapai 96 persen atau sekitar Rp 2,1 miliar. Mereka yang belum bayar bukan berarti tidak mau membayar, melainkan mereka adalah pemilik villa yang domisilinya di luar kota. ‘’Semoga tahun ini mereka membayar dua tahun sekaligus,’’ pungkasnya. (feb/lyo)

Mendesak, Sertifikasi Halal di Batu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu memprihatinkan maraknya penjualan makanan di kota Batu sejalan dengan peningkatan kegiatan pariwisata di kota tersebut. Kegiatan pariwisata di kota tersebut mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan tersebut disertai dengan bertambahnya restoran, rumah makan dan pedagang makanan yang menyediakan kebutuhan wisatawan. Sayangnya, masyarakat masih belum mendapat informasi yang jelas tentang status halal dan haram dari makanan yang dijual tersebut. ‘’Masyarakat tahunya yang penting enak dan laris,’’ kata Ketua MUI Kota Batu KH Nur Yasin Muhtadi saat berkunjung ke Malang Post kemarin.

Dalam kunjungan tersebut Nur Yasin disertai wakil ketua KH Abdullah Thohir, sekretaris Achmad Faiz, Sag, MHi, bendahara Drs M Sholihin dan dewan penasehat KH Munir Fathulloh, diterima oleh redaktur senior Malang Post Husnun N Djuraid. Nur Yasin menjelaskan, masalah makanan ini sangat penting, bukan hanya soal bentuk, rasa atau kesehatannya, tapi yang lebih utama adalah kehalalannya. Banyak penjual makanan, mulai dari hotel berbintang sampai di kaki lima, tidak memberikan penjelasan kepada konsumen soal status halalnya. Masyarakat sendiri masih banyak yang belum paham masalah tersebut, sementara banyak pedagang yang mengabaikan. ‘’Untuk itu, dalam waktu dekat kami

Muhammad Firman/ Malang Post

KERJA SAMA: Pengurus MUI Kota Batu yang dipimpin KH Nur Yasin Muhtadi saat mengadakan kunjungan ke kantor Malang Post diterima redaktur senior Husnun N Djuraid. akan mengadakan seminar tentang sertifikasi halal. Ini bagian dari upaya kami untuk melindungi masyarakat agar mereka terhindar dari barang haram,’’ tambahnya.

Pengurus MUI Kota Batu periode 2013 – 2018 itu berharap kegiatan tersebut mendapat dukungan dari masyarakat, terutama media. Pihaknya ingin menja-

lin kerja sama dengan media agar dakwah yang disampaikan bisa lebih cepat diterima oleh masyarakat. Banyak program yang akan dilaksanakan oleh pengurus

MUI yang penting untuk diketahui masyarakat. Menanggapi hal tersebut, Husnun N Djuraid menyambut gembira keinginan MUI untuk menjalin kerja sama

dengan media terutama dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat soal makanan halal. Sebagai tujuan utama wisata di Jawa Timur, Kota Wisata Batu banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Secara ekonomis perkembangan tersebut sangat bagus, tapi harus diimbangi dengan pembinaan moral masyarakat. ‘’Yang penting pariwisata di Kota Batu terus berkembang dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya, tapi masyarakat jangan sampai terkena dampak negatif dari pariwisata tersebut. Saya pikir ini menjadi tugas berat bagi ulama untuk membentengi masyarakat dari pengaruh kemaksiatan yang merajalela,’’ terangnya. (nun) redaktur: febry, layout: kurdi


12

KAMIS, 17 APRIL 2014

KAMIS, 17 APRIL 2014

‘Matikan’ Indera Lain, Fokus Tulisan

FK UMM

Konferensi Internasional Mantapkan Prodi Farmasi MALANG - Program Studi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk kali pertamanya menggelar kegiatan berskala internasional. Acara bertajuk The International Conference of Pharmaceutical care (ICPC) ini akan dilangsungkan di ruang teater UMM Dome, Sabtu (19/04) mendatang. Dekan Fikes UMM Yoyok Bekti P, M.Kep, Sp.Kom, mengatakan setelah terakreditasi B, Farmasi dipacu untuk membuat berbagai terobosan. Selain melengkapi peralatan baru untuk laboratorium, interaksi sesama ilmuwan farmasi juga dilakukan untuk memperkuat determinasi akademik dan profesional prodi ini. “Konferensi ini menandai Dies Natalis Farmasi yang ke-8 dan Milad UMM ke-50. Salah satu tujuannya untuk membangun komunikasi sesama ahli farmasi dari berbagai negara,” kata Yoyok. Untuk melaksanakan ICPC 2014 ini, UMM menggandeng Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai panitia mitra (join committee). Acara dirangkai dengan berbagai sesi menarik yang memungkinkan peserta berinteraksi secara akademik dan profesional. “Sebenarnya persiapan konferensi Internasional ini telah kami kerjakan sejak November 2013, di tengah kepadatan kuliah dan praktikum prodi farmasi. Kami berusaha untuk memberikan kesan terbaik bagi peserta konferensi,” ujar Nailis Syifa, Ketua Panitia ICPC 2014. Nailis menerangkan, pada Plenary Session akan menghadirkan pakar dalam bidang farmasi klinis dan farmasi komunitas dari dalam dan luar negeri. Partisipan dalam sesi ini adalah mahasiswa, akademisi dan praktisi farmasi dari Indonesia. Tercatat berbagai institusi pendidikan tinggi farmasi yang akan ikut serta adalah UNUD, UNJANI, UNSOED, UNEJ, dan UNISSULA. Tak ketinggalan, beberapa rumah sakit dari berbagai daerah. Seperti RS Dr Moerdjito, RS Premier Surabaya, RS Darmo Surabaya, RS Telogorejo, RS Aisyiyah Jombang, RSU Darmayu Ponorogo dan RS Mitra Bangsa Pati. Selain itu, juga terdapat beberapa industri farmasi yang juga turut berpartisipasi. Antara lain perwakilan dari PT Boehringer Ingelheim, PT Merck, PT Roi Surya Prima Pharma, dan PT Mina Karya Husada. Sementara itu, Oral Presentation and Poster Session diikuti oleh para peneliti yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia dan mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia. Antara lain dari Jerman, Spanyol, Libya, Belanda dan Malaysia. Ditambahkan, Nailis, pembicara yang hadir antara lain Prof. Dr Syed Azhar Syed Sulaiman dari Universiti Sains Malaysia, Prof. Bob Wilffert dari University of Groningen Belanda, Dra. Liza Pristianty, MSi, MM, Apt, dekan Farmasi Unair, serta moderator Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Apt., M. Si., Ph. D dekan Farmasi UAD. Azhar akan menyampaikan topik patients’ safety. Dosen lulusan Michigan University ini adalah peraih anugerah pendidik farmasi terbaik se-Asia Pasifik versi Ishidate Award. Sedangkan Willfert bicara tentang “Individualization of Therapy, Implication in Clinical Practice”. Profesor dalam bidang farmakoterapi dan farmasi klinis ini merupakan kepala bidang Pharmacotherapy & Pharmaceutical Care di universitasnya. Sedangkan Liza menyampaikan materi “The application of Good Pharmacy Practice in Indonesia” (Penerapan Praktik Kefarmasian yang Baik di Indonesia). (oci/lim)

IST

PANCASILA: Prof Dr Widodo SH MH saat menjadi pembicara dalam kuliah umum Program Studi PPKN Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kemarin

Kuliah Umum Prodi PPKN Unikama

Widodo: Pancasila Butuh Keteladanan MALANG - Menyosialisasikan Pancasila di Indonesia tidak bisa hanya dilakukan melalui seminar atau diskusi formal. Namun perlu digagas model sosialisasi yang lebih menarik sehingga nilai-nilai Pancasila bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Selain itu mempelajari Pancasila itu juga butuh keteladanan sehingga masyarakat bisa mengambil contoh secara langsung. Demikian diungkapkan Prof Dr Widodo SH MH saat menjadi pembicara dalam kuliah umum Program Studi PPKN Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), (16/4/14). “Menyosialisasikan Pancasila itu mengedepankan

nilai-nilai dan tidak sekadar formalitas, akan lebih baik jika diimbangi dengan keteladanan,” ungkap Widodo. Sayangnya lanjut guru besar Fakultas Hukum Universitas Wisnuwardhana (Unidha) ini, masyarakat Indonesia saat ini kehilangan tokoh panutan. Di sisi lain informasi yang berkembang di media tidak komprehensif sehingga membuat masyarakat tambah bingung. “Pancasila sebagai sumber nilai harus tetap dipertahankan,” tegasnya. Di perguruan tinggi, lanjutnya, mempelajari Pancasila juga perlu didesain dengan karakteristik khusus. Sehingga tidak hanya kognitif saja yang dicapai tapi pengalaman

IGTKI Kedungkandang Jaring Potensi Baru MALANG – Menyongsong Hari Anak Nasional (HAN), Rabu (16/4) kemarin Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Kecamatan Kedungkandang melaksanakan lomba yang melibatkan guru dan siswa. Bertempat di TK Annur Sawojajar, tak kurang dari 343

peserta dari sekitar 60 lembaga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Jenis lomba yang dikompetisikan yaitu Menyanyi Tunggal, Percakapan, Gerak dan Lagu, Montase, Finger Printing, Inovasi Pembelajaran dan Alat Peraga Edukatif

GRAND OPENING TBI MALANG JALAN BANDUNG 14 berprestasi di Malang Raya serta penandatanganan kerjasama antara Direktur TBI dan Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang dan Kostrad 18 Jabung Malang terkait penyelenggaraan pembelajaran bahasa inggris di lingkup kedua lembaga militer tersebut. Kegiatan ini dihadiri berbagai institusi dari pemerintahan, Militer, pendidikan, dan swasta di Malang Raya.

FOTO-FOTO: MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST - TEKS: LAILATUL ROSIDA

PRASASTI: Wali Kota Malang Mochammad Anton menandatangani prasasti

MULTIMEDIA: Direktur TBI, Mariam Kartikatresni bersama Owner Representatif Roida Baisa mengantarkan Wali Kota Malang Abah Anton berkeliling melihat fasilitas

walau berbeda asal daerah dan budaya. Ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila bisa diterapkan dengan baik,” tegasnya. Selain model sosialisasi non formal, kegiatan formal juga dilakukan seperti kuliah tamu kemarin. Tujuannya untuk menambah wawasan mahasiswa agar lebih memahami Pancasila dengan baik. Karena menurutnya Pancasila tidak boleh ditinggalkan karena akan berbahaya dan merugikan bagi bangsa. “Prodi PPKN terus berupaya memasyarakatkan Pancasila karena terus terang kami risih melihat masyarakat banyak yang tidak paham mengamalkan nilai-nilainya,” tegasnya. (oci/lim)

Songsong Lomba Hari Anak Nasional

BERSINERGI: Pimpinan TBI berfoto bersama Bupati Malang Rendra Kresna dan Pangdiv Infanteri 2 Kostrad Malang

The British Institute (TBI) menyelenggarakan Grand Opening TBI Malang sebagai salah satu rangkaian perpindahan lokasi dari The British Institute di Jl. Merbabu ke lokasi baru di Jalan Bandung 14 Malang, Rabu (16/4/2014) siang. Selain penyelenggaraan Grand Opening dan peresmian TBI Malang, dalam kegiatan ini TBI juga memberikan penghargaan kepada siswa

nilai-nilainya menjadi hal penting. Ketua Program Studi PPKN Unikama, Abdul halim S.Pd SH MHum menuturkan, Unikama juga banyak melakukan sosialisasi Pancasila dengan format yang lebih mendekat kepada masyarakat. Para dosen melakukan dengan sosialisasi di masyarakat melalui program pengabdian. Dan mahasiswa pun diajak terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang mengandung nilai kebersamaan dan persatuan. Tak hanya itu mahasiswa Unikama setiap harinya dihadapkan dengan keberagaman karena kampus ini memiliki mahasiswa dari berbagai penjuru tanah air. “Mahasiswa kami bisa hidup rukun dan damai

PERESMIAN: Bupati Malang Rendra Kresna menggunting pita tanda peresmian kantor baru TBI Malang

UNDANGAN: Suasana grand opening TBI Malang Jalan Bandung 14

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SUKSES: Panitia pelaksana Lomba dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) Kecamatan Kedungkandang sibuk mendiskusikan pelaksanaan lomba. (APE) Bahan Alam. “Khusus lomba Inovasi Pembelajaran sudah terlaksana pada Senin (7/4) lalu. Tapi pengumumannya hari ini (kemarin, red) bersama dengan pengumuman pemenang lomba-lomba lain,” ujar Ketua Pelaksana Lomba HAN, Hj Kusyanti Nur Chusniah, S.Pd. Menurut Kusyanti, tiap tahunnya, pelaksanaan lomba HAN selalu mengalami pen-

ingkatan dari tahun sebelumnya, sehingga kompetisi antar peserta pun juga semakin merata. Hasilnya, dari tahun ke tahun delegasi Kecamatan Kedungkandang yang maju ke tingkat Kota Malang juga tidak pernah mengecewakan. Selain prestasi tingkat kecamatan dan kota, ditegaskan Kusyanti, hal terpenting yang menjadi tujuan utama kegiatan adalah untuk meningkatkan

kreatifitas siswa dan guru TK. Pada kegiatan itu, masing-masing sekolah dapat merangsang kreatifitas siswa sekolah lain agar semakin termotivasi untuk berinovasi lebih baik lagi. “Misalnya pada lomba APE Bahan Alam, setiap peserta memiliki ciri khas yang berbeda baik konsep maupun bahan dasarnya. Saat namanama pemenang diumumkan, semua jadi tahu keunggulan dari karya yang juara itu untuk kemudian dipelajari,” terang wanita yang menjabat sebagai Ketua IGTKI Kecamatan Kedungkandang sekaligus Kepala TK Dharmawanita 5 Sawojajar tersebut. Kusyanti berharap, kuatnya kompetisi penyisihan kali ini dapat menjaring potensi-potensi baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Dengan begitu Kecamatan Kedungkandang akan semakin berkibar di Lomba HAN Kota Malang yang akan dilaksanakan di TK Negeri Pembina 1 Malang 23 April mendatang. “Tahun lalu kami membawa pulang banyak piala. Salah satunya ialah lomba Gerak dan Lagu yang tampil memukau,” tandas Kusyanti. (ily/sir/lim)

Sekolah Adiwiyata Wajib Bina 10 Sekolah MALANG – Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) Adiwiyata, sekolah Adiwiyata Nasional harus membina setidaknya 10 sekolah lain untuk imbas program Adiwiyata. Misalnya SMPN 10 Malang, yang 22 Desember 2013 lalu diresmikan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional. 10 sekolah imbas yang dibina oleh SMPN 10 Malang di tingkat SD adalah SDN Sawojajar 1, SDN Sawojajar 3, SDN Sawojajar 5, SDN Buring 1, dan SDN Klojen 1. Sedangkan di tingkat SMP dan SMA/SMK, SMPN 10 Malang membina SMPN 8 Malang, SMPN 23 Malang, SMPN 13 Malang, SMKN 10 Malang dan SMKN 4 Malang. “Semua agenda Adiwiyata yang terkait kebijakan, kurikulum dan lingkungan hidup, kami sebarkan kepada 10 sekolah imbas dalam bentuk pembinaan. Sharing kami lakukan setidaknya satu kali dalam satu bulan atau lebih jika sewaktu-waktu harus ada yang disampaikan,” ujar Kepala SMPN 10 Malang, Supandi, S.Pd, M.M.Pd, kepada Malang Post. Beberapa program yang digaungkan oleh sekolah ini untuk diadopsi oleh sekolah binaannya, antara lain ialah pengelolaan kantin sehat. Hal ini meliputi pelayanan, tata kelola dan pengamanan kantin dari bahan makanan yang berbahaya untuk

13

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

BAHASA INGGRIS PENTING: Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang, Mayjen (TNI) Agus Kriswanto menegaskan bahwa tentara sangat membutuhkan bahasa inggris untuk melancarkan tugas militer di era global. Penegasan ini disampaikan saat pembukaan TBI Malang kemarin

Tentara Butuh Bahasa Inggris Divisi Infanteri 2 Kostrad dan Kostrad 18 Jabung Gandeng TBI MALANG - Prajurit TNI sering terlibat dalam berbagai kerjasama internasional, karena itulah keterampilan berbahasa Inggris amat dibutuhkan dan mutlak dikuasai. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut kemarin, Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang dan Kostrad 18 Jabung melakukan perjanjian kerjasama dengan The British Institute (TBI) Malang. Kerjasama ini dilakukan bertepatan dengan grand opening TBI Malang di Jalan Bandung 14. Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang, Mayjen (TNI) Agus Kriswanto menuturkan, dengan kerjasama ini diharapkan prajurit juga bisa memberikan andil untuk membangun bangsa di era global yang bebas dan terbuka. “Selama ini prajurit TNI masih sangat keting-

galan dalam hal keterampilan berbahasa, karena itu saya sangat menyambut baik kerjasama ini,” ungkapnya. Dalam sambutannya Agus Kriswanto menegaskan, berbagai ancaman dihadapai bangsa ini. Mulai dari krisis energi, degradasi lingkungan dan hal lain yang membahayakan NKRI. Ancaman tersebut menurutnya harus dihadapi dan tidak boleh mundur. Apalagi jalinan kerjasama internasional juga banyak diikuti oleh TNI. Mulai dari perjanjian diplomatik hingga misi perdamaian. “Kami sangat butuh bahasa Inggris untuk melaksanakan tugas kami sebagai militer,” tegasnya. Dicontohkannya, saat bertugas di perbatasan seperti Papua. Satu-satunya bahasa untuk komunikasi adalah bahasa Inggris. Selain itu ada beberapa jenis perjanjian internasional yang dilakukan dengan 7 negara sahabat. TNI juga dikirim untuk melakukan pertukaran siswa ke luar negeri, kunjungan pertukaran personel dan juga mempelajari alutsista yang serba modern.

“TNI juga dipercaya untuk menjaga misi perdamaian di Lebanon dan bahkan mendapatkan penghargaan karena kinerjanya. Karena itu ke depan dengan bekal bahasa ini diharapkan bisa lebih bagus lagi,” tandasnya. Agenda grand opening kemarin juga dihadiri dua kepala daerah Malang Raya yaitu Wali Kota Malang H Mohamad Anton dan Bupati Malang Rendra Kresna. Hadir pula dari akademisi Rektor Universitas Negeri Malang Prof Dr Suparno. Direktur TBI, Mariam Kartikatresni menuturkan, kerjasama yang akan dijalin tidak hanya dengan militer saja, namun juga dengan instansi di Pemkot Malang juga lembaga pendidikan. Termasuk pula dengan industri serta perbankan di Malang Raya. Ia juga siap untuk ikut membangun pariwisata di Kota Malang dengan memberikan kursus bahasa Inggris kepada pelaku bisnis pariwisata. “Kami ingin ikut membangun Malang ini menjadi kota yang maju dan bermartabat,” ungkapnya. (oci/lim)

MALANG – Sebagian penulis hebat harus lebih dahulu ‘membunuh’ aktivitas lain untuk dapat menelurkan karya yang dahsyat. Demikian yang disampaikan oleh Nurel Javisyarqi, budayawan nasional dalam diskusi kepenulisan di Perpustakaan Kota Malang (Perpuskot) kemarin. Menurut Nurel, banyak hal di sekeliling penulis pemula yang dapat mengganggu konsentrasi dalam menuangkan pikiran ke atas kertas. “Jika dipaksakan menulis sambil melakukan hal lain, memang akan lebih baik daripada tidak ada usaha menulis sama sekali. Tapi yang paling tepat, ‘matikan’ dulu indera yang lain, dan fokus pada tulisan, itu saja,” ujar budayawan asal Lamongan tersebut. Sebagai contohnya, Nurel menyebut Pramoedya Ananta Toer yang menuliskan ribuan lembar karya saat di penjara. Bahkan, sebagian seniman klasik memutuskan untuk ‘hilang’ sejenak dari kehidupan dunia saat ia membuat sebuah karya. Indera yang dinonaktifkan akan menumbuhkan indera lain untuk menyalurkan ide menulis. Salah satu misal, lanjut Nurel, orang yang tidak banyak bicara kemungkinan

besar lebih mampu mengungkapkan isi pikirannya melalui tulisan. Namun orang yang banyak bicara, kemungkinan tidak bisa maksimal memainkan kata melalui buku atau esai. “Menulis adalah produk dari bacaan yang dikonsumsi seorang penulis. Semakin banyak ia mengkonsumsi bacaan, semakin banyak pula ia akan memproduksi tulisan. Begitu hukum alamnya,” lanjut Nurel yang ditanggapi anggukan peserta. Meski banyak memberi tips menulis, Nurel mengatakan bahwa kadar mood menulis seseorang secara umum memiliki standar sendiri, tergantung pribadi masing-masing. Siapa pun tidak bisa menentukan sensitivitas daya tangkap antara satu penulis dengan penulis lain. “Yang pasti, penulis harus bisa menangkap apa yang tidak bisa ditangkap orang lain agar dapat memproduksi sesuatu yang berbeda dari sudut pandang berbeda,” tandasnya. Widya Hardiati, salah satu peserta diskusi, mengungkapkan, ia senang dapat melahap wawasan kepenulisan dalam diskusi malam itu. Apalagi, diskusi dilakukan dengan santai dan mengena.(ily/lim)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

GAYENG: Diskusi kepenulisan membedah tips-tips menulis dari penulis dan budayawan asal Lamongan, Nurel Davisyarqi di Perpustakaan Kota Malang.

KUALITAS: Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi saat melakukan visitasi di Prodi PG PAUD Unikama

Prodi PG PAUD, PPKN dan BK Unikama Makin Eksis

UNIVERSITAS Kanjuruhan Malang (Unikama) semakin berkibar dengan program-program studinya. Kemarin tiga prodi menggelar acara yang menjadi bukti eksistensinya.Yaitu Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menggelar lomba PAUD dengan peserta sekitar 500 guru dan siswa. Bertepatan dengan acara tersebut prodi PG PAUD juga mendapatkan visitasi dari Asesor BAN PT yang melakukan penilaian akreditasi. Prodi lain yang menggelar acara adalah Prodi PPKN dengan agenda seminar Pancasila menghadirkan Prof Dr Widodo SH MH. Dan Prodi Bimbingan Konseling (BK) yang menggelar seminar kolegial diikuti 135 mahasiswa, 2 dosen dan 1 staf dari Universitas Islam Ponorogo “Gontor Putra”. FOTO-FOTO: IST TEKS: LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

TANDAMATA: Pemberian cenderamata dari Universitas Islam Ponorogo “Gontor Putra”.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BERSIH: Sekolah imbas adiwiyata dapat mengadopsi pengelolaan sekolah, seperti kolam tempat mencuci kaki di pintu masuk musala dengan proses water treatment. kesehatan siswa. Terutama jenis pengenyal, pemanis, perasa dan pewarna buatan. Biasanya, lanjut Supandi, kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara SMPN 10 Malang dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. “Selain itu kami juga menshare pengelolaan lingkungan sekolah. Seperti bank sampah dan sungai buatan, kolam budidaya ikan dan kolam tempat mencuci kaki di pintu masuk musala yang dibuat dengan proses water treatment,” lanjut Supandi. Terkait pembinaan dari sekolah inti, sekolah-sekolah imbas tidak diwajibkan untuk mengi-

kuti dengan konsep yang persis dengan sekolah inti. Namun, kegigihan sekolah imbas untuk menerapkan kurikulum Adiwiyata akan berpengaruh pada poin yang akan mereka peroleh untuk melaju ke tahap selanjutnya. “Sekolah Adiwiyata tingkat kota dengan poin 64 ke atas dapat diusulkan ke tingkat provinsi. Selanjutnya, untuk mendapat Adiwiyata tingkat provinsi, sekolah yang bersangkutan harus mencapai paling tidak 72 poin. Poin tersebut tentunya dinilai dari seberapa besar ia menerapkan kurikulum Adiwiyata,” urainya panjang lebar seraya menutup pembicaraan.(ily/lim)

TIMBA ILMU: 135 mahasiswa, 2 dosen dan 1 staf dari Universitas MERIAH: Suasana lomba PAUD yang digelar Prodi PG PAUD Unikama Islam Ponorogo “Gontor Putra” mengikuti seminar kolegial di Prodi dalam rangka memperingati HUT ke 2 BK Unikama PANCASILA: Prodi PPKN menyelenggarakan seminar pancasila dengan pemateri Prof Dr Widodo SH MH

APRESIASI: Tim asesor BAN PT menyapa peserta lomba

REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : DJ AMIEL

LUCU: Anak-anak PAUD memperagakan baju daur ulang karya gurunya

SERIUS: Anak-anak PAUD saat berlomba di Unikama


KAMIS, 17 APRIL 2014

TM, Peserta Wajib Pakai Atasan Putih Bawahan Jeans MALANG – Rangkaian tahapan Putri Kartini akan dimulai pada 19 April mendatang. Diawali dengan technical meeting yang digelar di Ria Djenaka Café and resto. Para peserta Putri Kartini 2014 diharapkan memakai busana dengan dress code atasan putih dan bawahan jeans. “Peserta wajib datang pukul 14.30 WIB di Ria Djenaka Café and resto. On time dengan dress code tersebut. Perlu diingat, pakaian harus tetap sopan. Dilarang memakai hot pants, tank top atau kemben,” rinci Koor-

dinator Peserta Putri Kartini 2014, Lailatul Rosida. Ia menjelaskan, saat technical meeting, peserta akan mendapatkan nomor urut tampil melalui sistem slot undian. Nomor urut tersebut akan dipakai saat wawancara, maupun ketika tampil di panggung. “Sebaiknya datang sendiri karena selain pengambilan nomor urut, peserta juga aan mendapatkan pembekalan,” papar Rosi, sapaan akrabnya. Wartawan spesialis berita pen-

didikan ini memaparkan, M-Teens Malang Post sebagai penyelenggara akan mendatangkan para Putri Kartini tahun-tahun sebelumnya untuk memberikan testimoni dan tips menghadapi para juri selama kompetisi berlangsung. “Ada beberapa Putri Kartini yang akan didatangkan, antara lain Ragilda Rahma dan Khadijah Azzahra. Mereka adalah sebagian dari pemenang Putri Kartini terdahulu,” urai dia panjang lebar. Sementara itu, para pendaftar

Putri Kartini terus berdatangan dari berbagai sekolah mulai dari SMP hingga SMA dan sederajat. Rosi mengatakan, pendaftaran masih akan dibuka hingga 17 April mendatang. Kompetisi ini dimuka untuk para pelajar usia SMP hingga SMA Maksimal kelas XI. “Jadi kalian yang belum mendaftar, buruan ke kantor Malang Post di jam kerja antara 09.00 hingga 16.00 WIB. Cukup membawa foto close up ukuran 4R dan fotokopi identitas baik KTP atau SIM, Kartu Pelajar, atau

14

Putri Kartini 2014 biodata raport,” rinci dia. Selain Putri Kartini, pelajar se-Malang Raya juga bisa mengikuti kompetisi lain yang juga dihelat pada 27 April 2014 di Plaza Araya. Kompetisi tersebut adalah Dance Competition, Lomba Make Up, Kartini Cilik, dan Photographer in Action. “Semua lomba diperuntukkan untuk pelajar. Khusus untuk Kartini Cilik dikhususkan bagi anak-anak usia 5 hingga 11 tahun,” pungkas dia. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 081334855774.(fia)

Media Nyetatus Makin Bertebaran SOBAT M-Teens termasuk ke dalam orang yang suka ngeksis social network? Saat ini banyak sekali jejaring social yang ditawarkkan. Dimana i memiliki iliki kkeberagaman b jjenis i dan macamnya. Saat ini yang sedang booming antara lain Path, Instagram, WhatsApp dan Line. M-Teens yakin, aplikasi aplikasi itu ada di smartphone kalian. Nedya Tyas Sayekti adalah seorang siswi yang tercatat sebagi pelajar dari SMAK Santa Maria Malang yang diketahui sebagai salah satu pengguna Path. Diantara aplikasi yang sedang nge-hits saat ini ia mengaku lebih menyukai Path karena lebih lengkap dibandingkan dengan Instagram. “Aku lebih suka path Karena semuanya ada di situ, mau upload foto, check in tempat yang kita kunjungin, ataupun mau update status juga bisa” ujar cewek yang sekarang kelas XI ini. Cewek ini juga menjelaskan, aplikasi sejenis Path adalah Instagram. Hanya saja Instagram lebih spesifik untuk posting foto. Sementara Path merupakan gabungan antara posting foto, update status, check point tempat, sampai retouch alias editing foto. “Yang lebih seru lagi adalah karena kita bisa update lagu yang lagi kita dengerin, film yang ditonton, atau buku apa yang saat ini dibaca, selain itu bisa untuk chat juga” jelas cewek yang biasa disapa Nedya ini. Kendati menikmati dunia sosial media (sosmed), Nedya juga sadar dunia maya tersebut bisa membuat pemakainya terlena sehingga menjadi kecanduan, alias tidak bisa menghentikan diri untuk tidak membuka aplikasi yang bersangkutan. “Jujur aku pribadi lumayan kecanduan, sehari aja aku bisa buka Path sekitar lima sampai delapan kali,” ungkap anak kedua dari tiga bersaudara. Pemilik tinggi 165cm ini biasa mengupdate atau hanya sekadar kepo temantemannya di Path. Denger lagu, baca buku,

atau nonton jadi bahan Nedya untuk sharing di jejarin ng sosial berlambang huruf P jejaring tersebut. d Yuis i Irma Habibah bib h Sama sepertii Nedya, pun diketahui sebagai salah satu dari sekian banyak orang yang mendownload, dan Path adalah aplikasi paling menonjol yang ia sukai saat ini. “Aku paling suka Path karena ini semacam Facebook dan kita bisa nambah temen dari sini” ujar siswi SMAN 5 Malang. Tidak hanya itu, alasan lain yang membuat ia lebih menyukai aplikasi ini dibanding dengan yang lain adalah karena bisa memosting foto dan kegiatan, sampai dengan kondisi kita saat itu. “Kondisi kita saat itu seperti contohya saat kita lagi seneng atau galau” tambahnya. Dari sini pun ia juga banyak mendapatkan informasi, dan pemberitahuan yang memang sengaja di sebar melalui sosmed. Berbeda dengan Nedya, cewek yang kerap disapa Yuis ini mengaku tidak terlalu kecanduan dengan aplikasi tersebut, karena memiliki kesibukan lain yang tidak sebanding dengan hanya mengupdate di social network. “Aku pribadi nggak selalu buka sih, biasanya kalo ada waktu senggang aja baru buka dan posting sesuatu,” ungkap doi. Yuis menambahkan, dirinya bukan termasuk golongan pengguna sosmed yang lebay karena setiap saat nyetatus (bikin status) tentang apa yang dialami maupun dirasakan. “Jadi ya aku nggak yang sedikit-sedikit update status. Paling kalo lagi di tempat yang terkenal aja, kan sayang kalo nggak dishare hehe” terang siswi kelas X ini. Selain itu saat ada lagu terbaru, atau trending topic cewek ini juga baru memosting di akun Path miliknya.(*/fia)

TEKS : STELLA VERDIANA PURNAMA (UB) MODEL: SHASKIA MAULIDINA (SMAN 5 MALANG) FOTOGRAFER: TRIA ADHA (UMM)

Facebook dan Twitter

Tak Tergantikan SEBELUM social network seperti Path, Line, dan Instagram booming, Facebook dan Twitter adalah aplikasi yang telah merajai terlebih dahulu. Sobat M-Teens juga pasti salah satu pemilik dari kedua akun yang dulu lebih ramai pengunjungnya jika dibandingkan dengan saat ini, yang sudah mulai sedikit kalah pamor. Meilinda Dwi Damayanti, Siswi SMKN 13 Malang ini bercerita bahwa ia adalah salah satu pemilik akun dari Facebook, dan menjalaskan bahwa ia lebih menyukai facebook jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang banyak bermunculan sekarang. “Aku lebih suka FB karena kita bisa mendapat banyak informasi, contohnya trend baju, atau menambah wawasan atau hanya sekadar menambah teman,” ujar siswi kelas XI ini. Karena kita tentu bisa menambah penngetahuan dengan bertambahnya teman, jadi bukan hanya untuk chatting saja, seperti kebanyakan social network, tambahnya. “Tapi semua itu tergantung pribadi masing-masing dan bagaimana orang yang melihat dan memakainya” terang cewek yang memiliki hobi membaca ini. Saat ini, cewek yang hobi tari ini juga eksis di

Line. Pengguna yang bejibun dan tawaran stiker yang atraktif menjadi daya tarik yang susah ditolak olehnya. “Karena banyak penggunanya itu, makanya kita bisa mendapat teman baru yang lebih banyak lagi” imbuhnya. Selain itu kita bisa memiliki kenalan, mengetahui atau tetap berhubungan dengan teman – teman yang berada di kota yang berbeda dengan kita. Bahkan yang berbeda pulau, dan negara sekali pun. “Kita bisa tahu keadaan mereka disana, kebiasaan, atau hal yang lainnya hanya melalui media social ini” terang cewek yang saat ini mengambil jurusan keperawatan. Meilinda nama sapaannya menambahkan bahwa diantara semua media social yang ada dulu ataupun sekarang masing – masingnya memiliki nilai positif dan negatifnya pasti. “Semua tergantung bagaimana kita yang memakai, namun jika ditijau dari fungsi sih menurut saya semua sama aja ya” cewek yang berulang tahhun setiap tanggal 25 Mei ini menambahkan. Jika ditanya mana yang lebih ia sukai antara FB dengan Line, cewek kelahiraan 1998 ini mengaku lebih menyukai Facebook karena ia mendapatkan informasi lebih banyak melalui aplikasi tersebut, disbanding dengan Line. Princessa Arima, siswi SMPN 12 Malang ini sepakat dengan Meilinda. Doi lebih memilih Facebook sebagai sosmed utama dan Instagram sebagai pendukung.Cewek yang akrab disapa Rima ini menganggap sudah terbiasa dengan Facebook dan rata-rata temannya masih aktif di jejaring sosial besutan Mark Zukenberg tersebut. “Kalau di Instagramku suka karena banyak foto yang bagus di sana, jadi sekalian belajar fotografi,” ucap dara berjilbab ini. Rida Ayu Nabila Kusumawardani, Siswi SMAN 2 Malang tak jauh berbeda dengan Rima. Instagram dan Facebook jadi jejaring yang disuka. Di gadget miliknya, Rida menyambungkan Facebook, Instagram, dan Twitter miliknya. “Jadi sekali update, langsung dapat semua. Lebih praktis,” ucapnya terkekeh.(*/fia)

Mempermudah Komunikasi Latifatul Qolbi – SMAN 8 Malang “MANFAAT sosmed saat ini sudah seperti pengganti SMS dan telepon, jadi orang kebanyakan komunikasi via chatting seperti Line. Kalau dari Line kita bisa ngomong dengan lebih dari satu orang secara bersamaan, jadi mempermudah sih tanpa harus ketemuan.”(*/fia)

Sekadar Numpang Eksis Yustina Anggraeni – SMK 2 Malang “AKU pribadi nggak ngikutin perkembangan social network, karena buat aku buat apa juga, kurang penting. Menurut aku orang yang suka mosting segala kegiatannya itu cuma buat numpang eksis aja.”(*/fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


KAMIS, 17 APRIL 2014

15

Pasang Sendiri Bulu Mata Anda ANDA tak perlu mengandalkan orang lain untuk memasang bulu mata palsu. Anda bisa memasangnya sendiri, kok! Ini dia step by step-nya: 1. Sebelum menggunakan bulu mata palsu, sapukan terlebih dahulu eye shadow sesuai keinginan Anda di area kelopak mata. Hal ini berguna untuk menghindari serpihan eye shadow yang jatuh di atas bulu mata palsu, jika Anda menggunakan bulu mata palsu terlebih dahulu. Pertegas garis mata Anda dengan eye liner pensil. 2. Ukur bulu mata palsu terlebih dahulu dengan cara menempelkannya sejajar pada garis mata. Bila kurang pas, gunting kedua ujungnya hingga mendapatkan ukuran yang sesuai. Kemudian lenturkan helaian bulu mata palsu dengan melingkarkannya pada ibu jari agar mudah diaplikasikan. 3. Perlahan, oleskan lem bulu mata secara tipis dan merata menggunakan kuas berujung lancip. Diamkan selama 5-10 detik hingga lem menjadi tampak mengental. 4. Lekatkan bulu mata palsu secara perlahan tepat di atas garis mata. Mulailah dari sudut luar mata hingga ke sudut dalam mata sambil ditekan dengan jari telunjuk. ISTIMEWA

BERBICARA: Riasan mata yang tepat bisa membangun kesan yang berbeda bagi orang yang melihat Anda.

Cerah dan Natural, Tren Warna Martha Tilaar di 2014 CERAH dan natural menjadi tren warna yang diangkat Martha tilaar Group di 2014. Khusus untuk mata, warna kuning elektrik yang dipadukan dengan oranye dan ungu kecokelatan akan membuat riasan wajah terlihat segar dan muda. Menurut Vice Chairwomen Martha Tilaar Group, Wulan Tilaar, riasan mata merupakan salah satu kunci penampilan seorang perempuan. Salah satunya riasan di bagian kelopak mata yang biasanya dibubuhi pemulas mata. Untuk, tidak ada pantangan untuk memasangkan warna cerah yang satu dengan warna lainnya. Selama warna yang dibubuhkan di mata sebaiknya disesuaikan dengan warna busana. Supaya terkesan serasi

dan tidak berlebihan. Misalnya, ketika baju yang dikenakan berwarna kuning, bisa bubuhkan pemulas mata berwarna kuning elektrik yang digradasi dengan pemulas berwarna biru. “Jika masih ragu menggunakan perpaduan dua warna cerah ini, bisa menyiasatinya dengan teknik atau pengaplikasiannya. Jika tak ingin terkesan warnya terlalu mentereng, coba baurkan kedua warnanya sehingga memberi efek gradasi,” ujarnya member tips. Menggunakan riasan mata cerah ini, lanjutnya, lebih cocok digunakan pada malam hari. Dan, jika riasan mata sudah terang-benderang sebaiknya riasan lainnya tidak monoton warnanya. Sehingga tidak memberi kesan menor.

“Pilih bagian wajah mana yang ingin ditonjolkan,” ujar direktur Puspita Martha ini. Riasan mata menjadi salah satu kunci penampilan seorang perempuan. Menurut penata rias dari Anie Creativity, Ro Chanieyati, mata harus bisa dihidupkan. “Karena, hanya mata yang bicara,” ujar perempuan yang akrab disapa Anie itu. Dalam pembentukan mata, yang berperan penting adalah pemilihan bulu mata, maskara, eyeliner, dan perona mata. Untuk eyeliner, tarik garis eyeliner dari sudut dalam mata ke ujung mata. Tangan kanan saja yang memegang eyeliner, sedangkan tangan kiri membantu memegang kelopak mata agar bisa terpejam sebelah. Sehingga, mata sebelahnya bisa melihat mata yang

5. Pastikan bulu mata palsu menempel sempurna dan menyatu dengan helaian bulu mata asli. Agar terasa lebih nyaman, tekan helaian bulu mata dengan jari telunjuk dan ibu jari. 6. Sapukan eyeliner bertekstur cair warna hitam pada garis mata secara merata agar sisa lem pada pangkal bulu mata palsu tertutup sempurna.(fmn/fia)

sedang dipakaikan eyeliner. Eyeliner bisa dipakai setelah menggunakan bedak dan perona mata. Serta, saat akan memakai bulu mata atau setelahnya. “Jadi, total penggunaan eyeliner-nya. Sehingga, kesan tajam pada mata akan mem buat tampilan mata kita hidup,” ungkapnya. Pemilihan bulu mata palsu juga sangat berperan. Semakin lebat dan natural, semakin hidup matanya. Jenis bulu mata palsu bermacam-macam, ada yang tipis, tebal, panjang, dan pendek. Umumnya, bulu mata terbuat dari sintetis. Untuk siang hari, gunakan bulu mata palsu yang natural dan mendekati bulu mata asli. Sedangkan untuk malam hari, gunakan yang lebih tebal.(kps/fmn/fia)

Kenali Tipe Mata Sebelum Pakai Eyeliner EYELINER menjadi pelengkap riasan pada mata. Menggariskan eyeliner pada mata memberi pengaruh yang signifikan pada penampilan. Goresan eyeliner membuat mata tampak lebih terang. Berbeda tipe mata maka lain pula aplikasi garis matanya. Eyeliner harus diaplikasikan secara benar. Ketebalan dan ketipisannya perlu diperhatikan. Sesuaikan pula dengan garis mata. Sebelum mengulas eyeliner, kenali dulu tipe mata, mulai dari mata besar, sipit, hingga sipit sayu. Untuk jenis mata menyipit dan sayu, gunakan eyeliner agak tebal. “Garis akhir di

Show Selebriti

&

SHOW & SELEBRITI

bagian atas dibuat naik,” kata Ivone Chandra, trainer and make up artist Etude House Indonesia. Pembuatan garis yang naik diibaratkan seperti mata kucing. Sehingga, membingkai mata menjadi lebih besar. Goresan eyeliner yang naik ini juga menyamarkan garis mata yang turun. Pada bagian bawah, bingkailah penuh. Buatlah sedikit tebal untuk lebih mempertajam mata. Bagi si pemilik mata besar fungsi eyeliner hanyalah mempertegas. Tidak perlu mengaplikasikannya tebal, tipis ringan saja. Pada bagian bawah mata sebaiknya tidak dibingkai penuh karena akan terlihar

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

seram. Berilah garis mata setengahnya saja. ng Kemudian, sisanya bubuhkan styling eyeliner, yakni bermain gradasi. Sisanyaa bisa dibubuhkan pemulas mata berwarna putih hingga ke ujung mata yang dekat dengan tulang hidung. “Mata akan terlihat lebih segar,” ujar Ivone. Mata yang sudah besar dan terbentuk bagus sebaiknya bermain di maskara. Pembubuhan maskara yang baik akan menambah keindahan mata. Agar mata terlihatt n lebih cantik, jangan melupakan am penggunaan pemulas mata dalam warna natural. (kps/fia)

SHOW & SELEBRITI

Maia Kembali Dampingi Sidang Dul ENAM kali persidangan, Maia Estianty tak pernah absen mendampingi putra ketiganya, Dul. Maia merasa wajib mendampingi putranya bungsunya itu dalam menghadapi permasalahan hukum. “Ya, haruslah sebagai ibu harus selalu temenin,” ucap Maia sambil berlalu menuju mobilnya yang berada di basement Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (16/4/2014). Tak seperti biasanya, Maia dan Dul tidak langsung meninggalkan Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Maia dan Dul keluar sekitar pukul 13.30 WIB. Padahal sidang sudah selesai sekitar pukul 12.30 WIB. Seolah tak ingin terlalu banyak komentar, Maia langsung masuk ke mobil dan memohon doa untuk penyelesaian kasus Dul. “Doain saja, doain yang terbaik untuk Dul,” tutup Maia. Beda dengan Maia yang tak pernah absen, sang ayah Ahmad Dhani baru satu kali menemani Dul di sidang kasus kecelakaan Tol Jagorawi yang menewaskan 7 orang itu. Ia hanya mendampingi Dul di sidang perdana. Pada persidangan kemarin, Dua teman Dul dihadirkan sebagai saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (16/4/2014). Mereka memberi kesaksian tentang apa yang terjadi sebelum peristiwa kecelakaan yang menewaskan 7 orang di Tol Jagorawi itu. Menurut pengacara Dul, Lydia Wongsonegoro, kedua saksi itu ditanya mengenai keadaan Dul sebelum menyetir mobil. Selain itu, ada juga pertanyaan mengenai minuman yang dikonsumsi Dul. Bagaimana kondisi saat itu, baik-baik saja. Apa yang diminum malam itu, apakah ada yang diminum, minuman alkohol,” kisah Lydia. Dengan jelas kedua saksi itu menjawab. Menurut Lydia, mereka saja heran saat itu Dul menyetir mobil sendiri. “Jawabnya nggak (minum alkohol). Baru saat itu juga mereka melihat Dul menyetir sendiri,” katanya.(dtc/fia)

SHOW & SELEBRITI

ISTIMEWA

MUST HAVE: Penjepit bulu mata dan mascara adalah must have item jika ingin memaksimalkan riasan mata.

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

Cerai, Nia Daniaty Enggan Bahas Harta NIA Daniaty tak mau terlalu membahas masalah harta gono-gini terkait perceraiannya dengan Farhat Abbas. Nia mengaku malu. “Saya malu bahas angka, saya selalu di rumah jarang ke mana-mana. Kalau pergi selalu dengan anak,” ungkapnya usai sidang di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (16/4/2014). Ada tudingan Nia gila harta juga dalam proses perceraian itu. Terlebih, Farhat juga

kabarnya dalam tekanan saat membuat surat perjanjian soal pemberian nafkah kepada Nia. Dalam surat tersebut, Farhat setuju untuk memberi nafkah Rp 100 juta tiap bulan. “Kalau bicara apapun dari pihak sana soal saya, saya selalu berserah diri,” tuturnya. Sementara sidang cerai kali ini digelar dengan agenda kesaksian. Dari pihak Nia, ia membawa Machica Moechtar dan suami Regina, Ilal untuk bersaksi.(dtc/fia)

Makan Kari Sampe Mabuk

SETIA: Maia setia mendampingi Dul, putra bungsunya saat menghadapi permasalahan hukum.

SHOOTING film baru Haji Backpacker akan dilakukan di sembilan negara. Vokalis Dewi Sandra (34), yang berperan menjadi Sophia dalam film itu, akan kebagian menjalani shooting di, antara lain, India. Ke negara tersebut, ia sudah memiliki rencana, yang antara lain adalah menambah pengetahuannya mengenai muslimah di sana dan menikmati sepuasnya makanan berbumbu kari. “Saya mau makan kari sampai mabuk,” tutur Dewi berbumbu canda dalam wawancara di kantor Falcon Pictures, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. “Tapi, yang saya ingin dapat dari India adalah (pengetahuan tentang) manusiamanusia yang ada di situ, muslimah yang ada di sana,” sambung perempuan berhijab ini. Dewi mengaku tidak terlalu berhasrat untuk berbelanja di India, tapi akan berkonsentrasi pada shooting yang akan banyak dilangsungkan di masjid. “Di India scene banyak dihabiskan di masjid. Saya juga enggak punya waktu untuk belanjabelanja,” terangnya. Dewi akan melangkah dengan ringan ke India karena Agus Rahman, sang suami, mengizinkannya. “Kalau suami tidak izinkan, saya tidak akan jalankan. Tapi, karena saya dapat restu, saya jalankan. Alhamdulillah, suami mendukung,” tutur pelantun “Ku Akui” ini.(kps/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


KAMIS, 17 APRIL 2014

16

32.811 Siswa SMP Siap UN BINAR GUMILANG/MALANG POST

CEK: Petugas KPU Kabupaten Malang bersama petugas keamanan mengecek semua kotak hasil rekapitulasi suara dari PPK yang sudah masuk ke KPU.

KPU BATASI UNDANGAN Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten 5 PPK Belum Kirim Hasil Rekapitulasi Suara MALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang akan melakukan rekapitulasi perhitungan suara pemilihan legislative (Pileg) 2014 pada Sabtu (19/4) nanti. Perhitungan tingkat KPU ini akan ditempatkan di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Malang dengan disaksikan sekitar 350 orang. Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris KPU Kabupaten Malang, Abdul Kodir kepada Malang Post kemarin.

“Perhitungan di tingkat KPU sudah kami jadwalkan pada tanggal 19 April. Rekapitulasi perhitungan akan disaksikan 350 undangan. Mulai Muspida, Panwas, PPK, tim pemantau, Ormas serta saksi,” ungkap Abdul Kodir. Perhitungan akan dimulai pukul 09.00. Hasil rekapitulasi perhitungan tersebut akan dimasukkan dalam form DB 1 plano, yang kemudian akan dikirimkan ke KPU Provinsi Jatim. “Perhitungan di tingkat KPU nantinya akan dibacakan hasil rekapitulasi pada DA 1 plano dari masing-masing PPK untuk tiap Parpol,” ujarnya. Sementara itu, sampai malam kemarin

dari 33 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang sudah menyerahkan rekapitulasi suara sebanyak 28 PPK. Sedangkan 5 PPK masih belum menyerahkan. Bahkan, informasinya semalam di PPK Singosari masih dilakukan rekapitulasi suara. “Yang belum menyerahkan rekapitulasi suara sampai saat ini (pukul 18.45 kemarin, red) adalah Kecamatan Tumpang, Ampelgading, Pagak, Wagir serta Kecamatan Singosari. Semua rekapitulasi suara yang diserahkan ke KPU dalam kondisi digembok dan dalam pengawasan polisi,” terangnya. Disinggung soal dugaan kecurangan

suara, karena formulir C1 diisi oleh saksi Parpol, bahwa permasalahan itu sudah diatasi. Dalam pengisihan formulir C1 tidak ada kecurangan. Karena pengisian formulir C1 di tiap-tiap TPS dipantau langsung oleh KPPS. “Kalau ada kecurangan atau kesalahan, pasti ada yang protes. Faktanya hampir semua PPK sudah menyerahkan rekapitulasi suara. Kesalahan yang terjadi selama ini, hanya salah memasukkan suara caleg ke partai dan suara caleg dan partai dimasukkan semuanya. Namun itu semua sudah dibetulkan di tingkat TPS,” tuturnya.(agp/aim)

Nyabu, Tim Sukses Parpol Ditangkap MALANG – Tim sukses (Timses) salah satu partai politik (Parpol) di Kabupaten Malang, sejak awal pekan lalu terpaksa meringkuk di balik rutan Mapolres Malang. Didik Santoso, 42 tahun, ini dijebloskan ke dalam tahanan setelah kedapatan membawa narkotika jenis sabu-sabu (SS). Warga Dusun Larangan, Desa Majang Tengah Kecamatan Dampit ini, ditangkap petugas Satuan Reskoba Polres Malang di pinggir jalan raya depan Kantor Desa Majang Tengah. Dari tangan bapak empat anak ini, polisi mengamankan barang bukti sepoket SS serta HP Nokia. “Barang bukti sabu-sabu dan HP, kami temukan di dalam saku celananya,” ujar Kasatreskoba Polres Malang, AKP Samsul Hidayat. Mantan Kanitreskrim Polsek Singosari ini mengatakan, penangkapan Didik berawal dari adanya informasi bahwa di Jalan Raya Desa Majang Tengah Dampit ada transaksi

AGUNG PRIYO/MALANG POST

DIPERIKSA: Tersangka Didik Santoso ketika di periksa untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

narkoba narkoba. Berangkat dari in informasi tersebut, polisi lalu melakukan penyelidikan dengan menyanggong sekitar lokasi. Begitu tersangka Didik ini muncul dan terlihat sedang menunggu seseorang, polisi langsung melakukan penang-

kapan “Tersangka Didik ini kapan. kami jerat dengan pasal 112 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara,” jelas Samsul, yang juga mantan KBO Reskrim Polres Malang.

Sementara dalam pemerSementara, iksaan penyidik tersangka Didik mengaku kalau dirinya sudah dua kali ini masuk penjara dengan kasus yang sama. Sebelumnya tahun 2007 juga ditangkap karena kedapatan membawa serbuk haram SS. Sabu-sabu yang dibawanya

Kasus Prona Desa Rembun Kecamatan Dampit

Polisi Tetapkan Dua Tersangka Baru MALANG – Setelah melalui penyidikan panjang, Satreskrim Polres Malang akhirnya menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan pungutan Proyek Nasional Agraria (Prona) di Desa Rembun Kecamatan Dampit. Dua orang tersangka yang ditetapkan masing-masing berinisial SN dan MN. Mereka adalah ketua dan bendahara panitia pengadaan Prona. Pernyataan tersebut disampaikan Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman SIK, kepada Malang Post kemarin. Aldy mengatakan bahwa dari hasil gelar perkara penyidikan kasus Prona, disimpulkan ada dua tersangka yang telah menghabiskan dana masyarakat sekitar Rp 350 juta. “Untuk kasus Prona kami sudah menetapkan dua orang tersangka, yaitu ketua dan bendahara. Minggu depan keduanya akan kami panggil untuk diperiksa sebagai tersangka,” ujar M Aldy Sulaeman. Dua tersangka baru dalam kasus Prona yang ditetapkan Satreskrim Polres Malang ini, akan menyusul Ahmad Soleh, mantan

M Aldy Sulaeman Kades Rembun yang lebih dulu ditetapkan tersangka oleh penyidik di Kejaksaan Negeri Kepanjen. Bahkan perkaranya,

sudah dimasukkan ke Pengadilan Tipikor di Surabaya. Mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim ini menerangkan, kasus dugaan Prona yang ditangani Satreskrim Polres Malang berdasarkan pengaduan dari masyarakat yang masuk pada pertengahan 2013 lalu. Dalam pengaduan saat itu, masyarakat menyatakan ada dugaan penyimpangan Prona di Desa Rembun pada 2011. Dimana dari total 350 orang warga yang ikut Prona untuk pengurusan sertifikat tanah massa, dimintai biaya oleh panitia Prona yang dibentuk Kepala Desa Rembun. Besarannya antara Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta, sehingga totalnya sekitar Rp 350 juta. Setelah biaya pengurusan terkumpul, oleh Kades Rembun lalu dibagi-bagikan kepada panitia termasuk kepada SN dan MN. “Padahal seharusnya program Prona untuk pengurusan sertifikat tanah massal dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak dipungut biaya alias gratis,” tuturnya.(agp/aim)

kali ini, diakui dibeli dari seorang temannya asal Dampit yang kini masih diburu polisi. Sepoket dia membeli dengan harga Rp 400 ribu. “Saya membeli untuk dipakai dan sisanya mau saya jual kepada teman. Saya sendiri sejak empat bulan lalu kembali menggunakan sabu,” tutur tersangka Didik.(agp/aim)

MALANG – Ujian nasional (UN) tingkat SMA-SMKMA dan Paket C, sudah berakhir kemarin. Di Kabupaten Malang, dari total 20.153 siswa yang ikut ujian, tidak ada satupun peserta yang mengikuti ujian susulan pada 22 April mendatang. Semua peserta ujian, mengikuti sesuai dengan jadwal. “Mulai dari hari pertama sampai ketiga, tidak ada peserta ujian yang absent. Sebetulnya ada satu siswa yang sempat dilaporkan sakit, namun masih tetap mengikuti ujian,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Budi Iswoyo. Terkait kejadian lainnya seperti naskah soal yang rusak atau tertukar, Budi mengaku sama sekali tidak ada. Hanya ada beberapa sekolah yang sempat kekurangan naskah soal. Namun sudah teratasi dengan diambilkan naskah soal dari sekolah lain yang kelebihan. “Alhamdulillah ujian nasional tingkat SMA di Kabupaten Malang berjalan lancar. Harapan kami, semuanya nanti lulus Budi Iswoyo 100 persen,” katanya. Dilanjutkan Budi, setelah ujian nasional tingkat SMASMK-MA dan Paket C selesai, selanjutnya akan fokus pada UN tingkat SMP dan MTs serta Paket B yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 – 6 Mei mendatang. Di Kabupaten Malang, total jumlah peserta sebanyak 32.811 siswa. Rinciannya, untuk SMP Negeri sebanyak 12.556 siswa dari 87 lembaga. SMP swasta sebanyak 9.900 siswa dari 157 lembaga. Kemudian MTs Negeri sebanyak 1.491 siswa dari 7 lembaga dan MTs swasta sebanyak 7.702 dari 136 lembaga. Lalu untuk SMPLB Negeri sebanyak 7 siswa dari satu lembaga dan SMPLB swasta sebanyak 5 siswa dari 3 lembaga. Selanjutnya untuk peserta ujian Paket B sebanyak 1.150 peserta dari 32 lembaga. “Setelah UN tingkat SMA, kami akan langsung fokus pada UN tingkat SMP. Tahapan untuk UN SMP sama dengan sebelumnya yakni naskah soal akan disimpan terlebih dahulu di Polres Malang, sebelum nantinya dibagikan ke masingmasing sub rayon. Naskah soal untuk SMP ini jumlahnya jauh lebih banyak dari SMA,” paparnya.(agp/aim)

PESERTA UN SMP DI KABUPATEN MALANG Sekolah SMP Negeri SMP Swasta MTs Negeri MTs swasta SMPLB Negeri SMPLB Swasta Paket B

Lembaga 87 157 7 136 1 3 32

Jumlah Siswa 12.556 9.900 1.491 7.702 7 5 1.150


AFC CUP 2014 KAMIS, 17 APRIL 2014

HUJAN KARTU MALANG - Permainan Arema Cro Cronus onus di Stadion Kanjuruhan, Rabu (16/4 4) ke(16/4) marin sore saat menjamu Selango or FA Selangor memang cukup keras. Dengan tensi pertandingan serta rivalitas ne egara negara Indonesia dan Malaysia, ttidak idak mengherankan bila Singo E Edan dan

ada dalam tek tekanan. kanan. Para pemain pun punya emosi tinggi ddan sering bikin pelanggaran keras kepadaa pemain Selangor FA. Total, adaa delapan pelanggaran dari Arema, dan delapan pelanggaran dari S Selangor FA. Baca Hujan... Hal.18

Pemain Arema yan yang ng Mengantongi K Kartu Kuning Ci i G Gonzales l Cristian law wan Selangor (away) lawan Victor Igbonevo Igbone o Victor law wan Selangor (away) lawan Gustavo Lopez law wan Selangor (home) lawan Ahmad Bustomi llaw wan w an Selangor (home lawan (home) I Gede Sukadana law wan Selangor (home lawan (home) Johan Alfarizi law lawan wan Selangor (home (home)

FOTO-FOTO: GUEST GESANG/MALANG POST FOTO-FOTO

PARTAI KERAS: Laga PA Arem Arema Cronus melawan Selangor FA di Stadion Sela Kanjur Kanjuruhan, sore kemarin sore berlangsung keras danseru. Empat pemain Arema diganjar kartu kuning dan satu pemain lawan diganjar kartu merah.

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REEP


AREMA CRONUS

KAMIS, 17 APRIL 2014

18

Selangor Salahkan Wasit DUEL: Alberto ‘Beto’ Goncalves berebut bola dengan Mohammad Raimi.

KEPANJEN – Mimpi Selangor FA buyar. Harapan tim Malaysia untuk berlaga di fase 16 besar AFC Cup 2014, kandas. Puluhan ribu Aremania, jadi saksi hancurnya harapan tim pujaan UltraSelangor, saat ditekuk di Stadion Kanjuruhan Malang oleh Singo Edan, dengan skor tipis 1-0 (1-0), kemarin sore. Tapi, pelatih Selangor FA, Mehmed Durakovic mengeluhkan kinerja wasit Gamini Nivon Robesh dari Srilanka yang menganulir gol pemainnya Mohammad Fitri Shazwan Bin Raduwan di babak pertama. “Babak satu tadi, ada satu gol yang menurut saya sah, sudah melewati garis, sebelum dipegang oleh Meiga. Saya rasa wasit membuat kesalahan,” terang Mehmed dalam pressconference. Menurut pelatih kelahiran Montenegro tersebut, Selangor FA bisa mengubah arus pertandingan bila wasit mensahkan gol itu. Bahkan, Mehmed cukup yakin satu gol itu sudah cukup untuk mengubah hasil pertandingan. Ia yakin Selangor FA bisa menang, atau minimal imbang lawan Arema bila tak ada kesalahan wasit. “Tapi saya tak akan me-

laporkan atau melayangkan protes kepada siapapun lagi. Pertandingan sudah selesai. Saya tidak mau banyak alasan. Orang yang di dalam stadion bisa lihat sendiri bahwa kita main sepakbola yang bagus,” terang pelatih berpaspor Australia ini. Mehmed juga menyayangkan wasit yang mensahkan gol Gustavo Lopez dari titik penalti menit 44. Menurutnya wasit membuat kesalahan. Model eksekusi penalti Gustavo yang bergerak, stop lalu bergerak lagi itu tidak boleh dilakukan. “Itu tidak seharusnya terjadi, harusnya wasit meminta ulang lagi eksekusi penalti,” sambungnya. Namun, sejatinya wasit Srilanka tersebut tidak hanya merugikan Selangor FA saja. Pada pertengahan babak pertama, Cristian Gonzales sukses menjebol gawang Selangor FA. Dari atas tribun, Gonzales tidak lebih dari garis offside. Namun, asisten wasit atau klebet berpendapat lain. Ia langsung mengangkat bendera tanda offside. Di luar semua teknis pertandingan dan kinerja wasit, Mehmed puas dengan kinerja Paulo Rangel dkk. Terutama,

karena Selangor main dengan 10 pemain, tapi mampu mengimbangi Arema di babak kedua. Apalagi, sama seperti Arema, Selangor FA juga dalam kondisi kelelahan. Sebelum lawan Singo Edan, Selangor FA menghadapi pertandingan di Malaysia Super League lawan Perak FA. Bedanya dengan Arema, Selangor FA menang lawan Perak FA. Tapi, modal positif itu tak bisa membantu tim pujaan UltraSelangor untuk meraih poin, demi menjaga napas di papan klasemen. “Tidak mudah main di hadapan puluhan ribu suporter Arema, dengan 10 pemain. Tapi saya bangga dengan pemain saya. Sayang, mimpi saya untuk lolos ke 16 besar sudah sirna,” tutupnya.(fin/jon) Susunan Pemain: Arema Cronus: Meiga, Alfarizie, Igbonefo, Thierry, Beny, Gustavo, Bustomi/Samsul Arif, Sukadana, Irsyad/Sunarto, Beto, Gonzales/ Hendro Siswanto Selangor FA: Azmi, Steve, Shahrom, Paulo, Bunyamin, Kunanlan, Rizal, Thamil/Muhammad Afiq, Veenod/Muhammad Raimi, Fitri/ Abdul Shukur, Farizal

Aremania Zero Incident MALANG – Aremania zero insiden. Begitulah kata pertama yang keluar dari bibir Ketua Panpel Arema, Abdul Harris saat diwawancarai Malang Post terkait sikap Aremania selama mendukung Arema Cronus lawan Selangor FA, sore kemarin. Pertandingan yang berakhir dengan skor 1-0 (1-0) untuk Singo Edan, juga jadi pertanda terjaganya nama besar Aremania. “Aremania zero insiden. Luar biasa. Terimakasih, Aremania mampu menghidupi reputasinya sebagai suporter kelas Asia. Tak ada anarkisme yang merugikan Arema. Yang ada kebanggaan. Karena, Are-

mania juga menyambut hangat UltraSelangor,” ujar Harris. Sore kemarin, tidak ada pelemparan botol, penyalaan flare, kembang api, bomb smoke, paper roll maupun laser selama 90 menit laga. Jumlah penonton yang mencapai 23,629 tersebut, juga mampu bertindak layaknya suporter dewasa kelas Asia. Harris menyebut, sikap dewasa Aremania, jelas berbeda dengan suporter yang dihadapi Arema di Bandung. “Kalau bisa, kita pertahankan terus kedewasaan kita. Kreativitas yang tidak melanggar regulasi, bakal sangat kita dukung. Yang penting,

Aremania tetap jaya dan menjaga nama besarnya di dunia sepakbola dan kesuporteran Asia,” sambung Kepala UPTD Stadion Kanjuruhan tersebut. Harris berharap, hasil positif Arema di AFC Cup 2014, juga berimbas pada laga Arema-Pelita Bandung Raya yang digelar Sabtu 19 April 2014 nanti. “Kita harapkan Aremania tetap datang. Karena, itu adalah laga terakhir kita di bulan April. Setelah itu, tim langsung tur tiga kali pertandingan away, ke Vietnam, Padang dan Jakarta, Arema baru main lagi di Malang pada 8 Mei lawan Gresik United,” tutup Harris. (fin/jon) FOTO-FOTO: GUEST GESANG/MALANG POST

Akui Pemain Kelelahan

DI KEPUNG: Beny Wahyudi dikepung pemain-pemain Selangor FA.

JAGA KETAT: Victor Igbonevo selalu menjaga ketat striker Selangor FA Paulo.

MALANG – Pujian setinggi langit diberikan kepada para pemain Arema Cronus yang mampu mengalahkan rasa capek dan beban mental sore kemarin. Saat memenangkan pertandingan lawan Selangor FA 1-0 (1-0), Singo Edan didera lelah dan beban kekalahan dari Persib Bandung, 13 April lalu. Hal ini diakui oleh CEO Arema, Iwan Budianto kepada Malang Post. “Beban kekalahan lawan Persib Bandung masih membekas jelas di permainan anak-anak. Dua pertandingan terakhir sebelum Selangor, yakni saat lawan Maziya Sports dan Persib Bandung juga mirip,” terang IB sapaan akrabnya. Menurut alumnus SMPN 6 Kota Malang tersebut, dua pertandingan terakhir lawan Maziya Sports dan Persib selalu diawali dengan keunggulan terlebih dulu, lalu dibalas di babak kedua. Lawan Maziya Sports, Arema sempat dikejar dengan dua gol lagi, 2-2. Tapi ada Cristian Gonzales yang mencetak gol ketiga untuk

Arema. Sehingga laga berakhir dengan kemenangan dramatis. Tapi, Arema tidak seberuntung itu saat melawan Persib. Unggul dua gol di babak pertama, Arema dijungkir balik jadi 2-3 begitu peluit pertandingan berakhir. IB menyebut, beban inilah yang terlihat saat Arema melakoni babak kedua lawan Selangor FA. “Kita memang unggul 1-0. Tapi, babak kedua tadi pemain jelas kelihatan memikul beban yang sangat berat. Partai ini juga adalah hidup dan mati buat kita. Ditambah, kondisi fisik lelah dari Bandung. Pemain sudah 200 persen, bukan 100 persen lagi,” sambung mantan Ketua BLAI PSSI tersebut. IB pun cukup optimis, performa dan mental Arema bisa membaik saat menjamu Pelita Bandung Raya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu 19 April 2014 nanti. “Insyaallah setelah pertandingan hari ini, Arema akan bermain jauh lebih baik lagi,” tutup bapak dua anak tersebut.(fin/jon)

LICEK: Aremania licek ikut memadati Stadion Kanjuruhan.

Hujan Kartu 

GEMILANG: Kurnia Meiga selalu tampil gemilang menjaga gawangnya.

Sambungan dari Halaman 17

Lima diantaranya, berubah jadi empat kartu kuning untuk Arema dan satu kartu merah untuk Selangor FA. I Gede Sukadana, Alfarizi, Gustavo Lopez dan Ahmad Bustomi diganjar kartu kuning oleh wasit Gamini Nivon Robesh dari Sri Lanka. Bahkan dari lima laga yang telah dilakoni Arema Cronus di AFC Cup, hanya melawan Selangor baik tandang maupun kandang ada pemain Arema yang terkena kartu kuning. Saat main imbang 1-1 di Selangor, Cristian Gonzales dan Victor Igbonevo diganjar kartu kuning. Saat lawan Maziya S&R, Hanoi T&T, tak satu pun pemain Arema yang terkena kartu kuning. Para pemain yang terkena kartu, sebaiknya harus berhati-hati. Sebab, regulasi AFC Cup berbeda dengan ISL. Aturan ISL memberi hukuman tak boleh tanding setelah dapat tiga kartu kuning pertama di kompetisi. Sedangkan, AFC Cup menganut aturan dua kartu kuning. Pelatih Arema, Suharno jelas kecewa karena bila ada pemain yang terkena akumulasi. Untungnya, beban laga 23 April 2014 lawan Hanoi T&T nanti tidak berat karena Arema sudah lolos 16 besar.

“Ya kita sayangkan ada kartu kuning untuk pemain, apalagi kalau ada yang sampai berbuah hukuman akumulasi. Tapi, kita tak bisa memprediksi dia akan kena kartu atau tidak. Pemain hanya memikirkan kemenangan dan kerja keras untuk timnya,” tegas Suharno kepada Malang Post. Dari beberapa pos pemain yang terkena kartu kuning, hanya pos Alfarizi saja yang krusial. Arema minim bek sayap. Baik Farizi maupun Benny Wahyudi tak punya pelapis. Gilang Ginarsa belum teruji, sedangkan Muhammad, bek muda, masih mengalami cedera ligamen. Sementara, di posisi tengah, ada banyak stok pemain pengganti yang bisa dipasang oleh Joko Susilo. Bila Gustavo atau Bustomi kena akumulasi, ada I Gede Sukadana yang main cukup baik sore kemarin. “Stok gelandang kita cukup banyak. Ada Sukadana, Hendro Siswanto dan Juan Revi juga siap main. Kita maksimalkan gelandang yang ada. Tapi, untuk saat ini lebih baik kita tak usah mikir kesana dulu. Fokus ke Pelita Bandung Raya dulu,” tutup mantan pelatih Persis Solo tersebut.(fin/jon)

DIGANDOLI: Cristian Gonzales digandoli salah satu pemain Selangor FA.

TERJATUH: Irsyad Maulana diganjal Muhammad Sharom. REDAKTUR: JON’S, LAYOUTER: REEP


all sport

kamis, 17 april 2014

19

bwf world junior championship

Peluang Juara Lewat Ganda Putra

MUHAMMAD CHOIRUL / MALANG POST

SERI: Pertandingan uji coba Persema 1953 kontra Persedikab berakhir dengan hasil imbang 2-2.

Masih Butuh Pembenahan Mental

Persema 1953 Ditahan Persedikab MALANG - Persema 1953 hanya meraih hasil imbang 2-2 dalam laga uji coba menghadapi Persedikab Kabupaten Kediri di Stadion Gajayana, Rabu (16/4) kemarin. Tim asuhan pelatih Rohanda itu bahkan sempat tertinggal 0-2 sebelum akhirnya berhasil menyamakan kedudukan atas sang tamu. Dalam pertandingan yang digelar dengan waktu tiga kali 30 menit itu, gol Persema 1953 dilesakkan oleh Sergio Evan di

babak kedua dan Ahmad Faruk di babak ketiga. Sedangkan dua gol Persedikab dicetak oleh Andre Agustiar di babak pertama. Menanggapi hasil itu, Pela­ tih Persema 1953, Rohanda me­n yatakan bahwa ia tak mem­permasalahkan hasil yang diraih anak asuhnya. “Terpenting pertandingan ini bisa memberi pengalaman buat anak-anak,” ujarnya kepada Malang Post ketika ditemui usai pertandingan.

Lebih lanjut, pelatih yang akrab disapa Kandut itu mengakui, Persema 1953 masih membutuhkan banyak uji coba lagi. Uji coba ini sekaligus menjadi ajang seleksi pemain untuk dijadikan skuad utama Persema 1953. “Dari uji coba ini kita masih akan mencari kerangka tim utama. Secara umum saya rasa sudah mulai ketemu, yakni para pemain yang saya pasang di babak ketiga,” ungkap Rohanda. Menurutnya, para pemain

yang dipasang di babak ketiga memiliki kelebihan pada aspek skill dan mental. Terbukti, para pemain ini mampu bermain dengan baik dan menguasai lebar lapangan di 30 menit akhir, meski hanya mencetak satu gol tambahan. Terpisah, Sekretaris Umum PSSI Kota Malang, Haris Thofly mengatakan, hasil yang dicapai Persema 1953 merupakan awal yang baik. “Saya rasa ini awal yang baik. Akan tetapi tetap perlu pembenahan untuk

emosi dan mental anak-anak,” tegasnya. Di lain pihak, Pelatih Persedikab, Bambang Drajat menuturkan bahwa anak asuhnya telah memberi banyak perlawanan terhadap tuan rumah. “Kalau anak-anak Persedikab sendiri sudah baik, kerja sama sudah ketemu. Hanya saja tadi saya coba banyak mencoba pemain yang belum pernah turun pertandingan. Anak-anak ternyata sempat kecolongan,” urai Bambang. (rul/feb)

Asah Mental Pemain U-21 Depan Aremania KEPANJEN – Jadwal latihan Arema Cronus U-21 kemarin (16/4) sengaja diliburkan oleh manajemen. Libur itu dimanfaatkan untuk bersama-sama menyaksikan tim Arema Cronus senior berlaga menghadapi Selangor FA dalam lanjutan AFC Cup 2014, Rabu (16/4) di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang. Menurut Manajer Arema U-21, Fuad Ardiansyah, pi­ hak­nya sengaja mengajak para pemain Singo Edan Muda dengan tujuan menunjukkan atmosfir pertandingan besar. “Biar anak-anak merasakan atmos­fir pertandingan dengan Are­m ania yang jumlahnya ri­buan,” kata Fuad, sapaan ak­ rabnya kepada Malang Post. Lebih lanjut ia menjelaskan, langkah itu mampu menguatkan mental tanding para pemain. Tujuanya agar mental pemain Arema U-21 lebih kuat. Karena pada pertandingan Sabtu (19/4), Singo Edan muda kemungkinan besar akan bertanding disaksikan oleh banyak Aremania, karena waktunya bareng sama tim senior. Sementara itu, ditemui terpisah, Kapten Arema U-21, Iman Budi Hernandi mengaku bahwa langkah yang diambil oleh manajemen sangat bermanfaat. “Sangat banyak untungnya buat teman-teman,” tutur Iman, sapaan akrabnya.

CLS Knights Assists Terbanyak SURABAYA - CLS Knights Surabaya punya modal berharga jelang bergulirnya Seri V Speedy NBL Indonesia 2013-2014 di Jakarta 19-27 April nanti. Tim asuhan pelatih asal Korsel, Kim Dong-won itu,saat ini tercatat sebagai tim dengan total assists terbanyak diantara semua tim di NBL Indonesia, dengan total raihan 457 assists. Capaian tersebut tentu saja akan menjadi senjata berharga jelang lawatan seri V Jakarta,dimana CLS akan menghadapi laga-laga super berat. Sebagai catatan, salah satu kunci kemenangan Mario Wuysang dkk saat mengalahkan Satria Muda BritAma pada seri Bandung lalu adalah mampu bermain lebih kolektif dengan total 28 assists. Sedangkan Satria Muda hanya mampu membukukan 17 assists saja. Dimaz Muharri memainkan peran sebagai guard dengan sangat baik dengan raihan 120 assists dari 20 game. Unggul jauh dari peraih top asissts musim lalu yakni guard Pelita Jaya-MP,Kelly Purwanto, yang saat ini hanya meraih 65 assists dari 13 game. Namun Mr. Kim, panggilan Kim Dong-won, tidak mau jumawa dengan raihan timnya tersebut.Dirinya menilai masih banyak hal yang perlu dibenahi dari kubu CLS.”Dimaz tidak ada masalah sebenarnya. Baik,tapi terkadang cara passingnya masih salah. Dia juga saya tahan agar jangan sering drive masuk.Main kompak bagi dan bola terus saja,” ujarnya. Pelatih berumur 66 tahun itu mewanti-mewanti pemainnya agar berman lebih kompak lagi,sebab salah satu lawan di seri V Jakarta,Pelita Jaya-MP sangat berbahaya. “PJ tanpa Batam (Andy “Batam”Poedjakesuma, Red) mereka tambah lebih kompak,” tuturnya Cukup masuk akal sebab selama ini,menurutnya CLS masih sering terlena saat sudah unggul dan kembali bermain individualistis. “Jadi harus sering diingatkan terus. Sekarang tegantung pemainnya, mau bermain sebagai tim atau main sendiri,” kecam Mr.Kim. (mid/feb)

Kejuaraan Anggar Persiapan PORPROV

GUEST GESANG / MALANG POST

ASAH MENTAL: Pemain Arema U-21 menyaksikan laga antara Arema Cronus kontra Selangor FA di Stadion Kanjuruhan, kemarin. Ia menambahkan, bagi para pemain yang belum pernah melihat Arema dan Aremania saat pertandingan, bisa mengerti bagaimana fanatisnya Aremania kepada tim pujaan. Selain itu, mental para pemain jadi teruji.

“Jadi kami bisa melatih mental di depan suporter dan juga buat kepercayaan diri teman-teman saat bertanding di hadapan suporter. Seniornya visa berprestasi, masak kita tidak bisa,” ucap pemain yang pernah memperkuat tim Pra

PON Jatim kala berlaga menghadapi Timnas U-19 ini. Perlu diketahui, Arema U-21 akan bertanding menghadapi Persita U-21 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) U-21, 19 April 2014 nanti. Pertandingan itu dilaksanakan

pada sore hari, sedangkan pada malam harinya giliran Arema senior berlaga menjamu Pelita Bandung Raya. Praktis, diprediksi laga antara Arema U-21 kontra Persita U-21 otomatis akan disaksikan oleh ribuan Aremania. (rul/feb)

Launching Puslatcab PORPROV Pekan Depan MALANG - KONI Kota Malang akhirnya menetapkan jadwal launching Puslatcab jangka panjang. Kegiatan yang digelar dalam rangka persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2015 itu akan dilaunching pada 21 April 2014 bertempat di Gedung Samanta Krida Universitas Brawijaya (UB). Hal itu dibenarkan oleh Ketua Umum KONI Kota Malang, Peni Suparto. “Puslatcab kita launching pada 21 April 2014. Nanti saya sendiri yang meresmikan pembukaan Puslatcab itu,” ujar Peni, sapaan akrabnya, kepada Malang Post ketika ditemui di Kantor KONI Kota Malang, kemarin (16/4). Lebih lanjut, acara launching Puslatcab itu akan diikuti oleh 30 cabang olahraga (cabor) anggota KONI Kota Malang yang turut dalam Porprov 2015 di Banyuwangi nanti. Totalnya ada 425 atlet dari 30 cabor yang ikut Porpov.

ALOR STAR- Indonesia berhasil mengirimkan satu wakil ganda putra ke babak semifinal BWF World Junior Championships 2014. Adalah pasangan Clinton Hendrik Kudamassa/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil memelihara asa Indonesia merebut gelar di even yang digeber di Malaysia itu. Tiket itu diraih setelah Clinton/Rian sukses menjungkalkan wakil Hongkong, Chung Yonny/Shing Choi Yeung dua set langsung dengan skor 21-15, 21-17 di Stadium Sultan Abdul Halim, Rabu (16/4). Kecepatan serta kekuatan pukulan menjadi kunci kemenangan Clinton/Rian. Mereka sadar, lawan memiliki pukulan yang mematikan. Clinton/Rian pun dituntut mengimbangi permainan mereka. “Pasangan Hongkong ini punya pukulan yang kencang, jadi kami tidak mau kalah kencang. Saat bisa mengimbangi, mereka malah banyak mati-mati sendiri dan kami tambah yakin bisa menang,” terang Rian di laman PP PBSI. Kemenangan itu menegaskan dominasi Clinton/Rian atas Chung/Shing. Itu adalah kemenangan ketiga Clinton/Rian atas wakil Hongkong tersebut. “Awalnya kami agak tegang. Tapi kami sudah pernah menang sebelumnya dari ganda Hongkong ini. Kami pun percaya diri kalau kami bisa. Setelah dapat feel-nya di pertengahan game pertama, kami langsung enak mainnya,” tegas Clinton. (jos/jpnn/feb)

Muhammad Choirul/ Malang Post

RILIS: Peni Suparto (kiri) saat memberikan keterangan jadwal Puslatcab, kemarin.

Meski telah menetapkan jumlah atlet peserta Puslatcab, Peni mengakui bahwa angka tersebut bukan harga mati. Ia menjelaskan, KONI Kota Malang masih memberi kesempatan bagi atlet-atlet

berprestasi Kota Malang untuk ikut dalam Puslatcab ini. Untuk itu, Peni menyebutkan bahwa batas kepastian jumlah atlet Puslatcab akan ditetapkan pada bulan Juni 2014. Teknisnya, pria yang

juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI Kota Malang ini menegaskan bahwa atlet yang bersangkutan harus melalui screening yang ketat. Perlu diketahui, jumlah kuota atlet yang ditetapkan KONI

Kota Malang sebenarnya tidak sebanding dengan jumlah atlet yang didaftarkan cabor-cabor. Banyak cabor yang mendaftarkan atlet melebihi kuota yang diberikan KONI Kota Malang. “Solusinya kita kurangi jatahnya. KONI Kota Malang juga punya tim editing jumlah atlet di masingmasing cabor,” ungkapnya Ditanya mengenai kendala dalam persiapan Puslatcab, Peni memaparkan bahwa tidak ada kendala berarti. “Sementara lancar-lancar saja. Mungkin kendala itu baru ditemukan ketika pelaksanaan di lapangan,” urai Peni. Setelah dilaunching, masing-masing cabor akan menjalankan latihan di tempat latihan masing-masing cabor. Latihan ini sesuai dengan jadwal yang ditentukan masingmasing cabor. “KONI Kota Malang berperan melalui Tim Monev yang memantau cabor secara intensif,” tutup Peni. (rul/feb)

MALANG – Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kota Malang akan menggelar kejuaraan anggar bertajuk Walikota Malang Cup IV, 24-26 April 2014 mendatang. Berbeda dengan tahun lalu dengan skala nasional, even yang digelar di GOR Kampus STIBA Malang itu cukup skala regional Jatim. Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Umum IKASI Kota Malang, Ermaniar. Dia menjelaskan IKASI Kota Malang sudah mengundang tim asal Jatim “Khusus tahun 2014 ini, kami tidak mengundang peserta dari luar Jatim, tetapi hanya mengundang tim-tim asal Jatim,” kata Ermaniar kepada Malang Post ketika ditemui di Kantor KONI Kota Malang. Lebih lanjut, Ermaniar menjelaskan pihaknya sengaja Ermaniar menggelar kejuaraan dalam skala regional Jatim lantaran ajang tersebut dijadikan sebagai tolok ukur atlet-atlet Kota Malang sebelum turun di Pekan Olahraga Povinsi (Porprov) 2015 nanti. “Kita ingin lihat sejauh mana atlet Kota Malang dalam menghadapi atlet-atlet se-Jatim,” paparnya. Untuk itu, ia memastikan bahwa atlet-atlet Kota Malang yang disiapkan dalam Porprov 2015 di Banyuwangi nanti untuk turun dalam Walikota Malang Cup IV ini. Sebanyak 18 atlet anggar Kota Malang akan ikut serta dalam even ini. Meski hanya menganggap even ini sebagai ajang persiapan, Ermaniar tetap mematok target. “Target atlet Malang, sesuai pesan Pak Pieter (Ketua Harian IKASI Kota Malang, Red) kami harus dapat dua emas. Tidak muluk-muluk, tapi nanti tidak menutup kemungkinan bisa melebihi target,” ungkapnya. Adapun atlet yang diandalakan antara lain Tri Vita Cipta Kirana yang bermain di nomor Degen Putri, Yoga di Degen Putra, Yustin Himamie di Floret Putri, dan Andika Lintang Wicaksana di Floret Putra. Ditanya mengenai lawan terberat, Irmaniar mengakui bahwa atlet-atlet asal Situbondo, Sidoarjo, dan Surabaya masih patut untuk diwaspadai. “Daerah-daerah yang kuat kalau Degen Putra biasanya Situbondo, kalau Floret Putri Kota Malang, Sidoarjo dan Surabaya berimbang kekuatannya berimbang,” urainya. Even kali ini terbagi atas dua kelompok usia, yakni U-14 dan U-17. Untuk U-14 ada kategori perorangan dan be­regu. Se­dangkan untuk U-17 hanya dipertandingkan ka­regori be­regu. “Target peserta yang mendaftar kami pe­rkirakan se­kitar 150, tapi mungkin bisa bertambah,” ucap Ermaniar. (rul/feb) redaktur: febry S, layout: kurdi


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

KAMIS, 17 APRIL 2014

EVEN

EVEN

Pesta Malang

Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang

Sejuta Buku 2014

Ayo datang di acara Pesta Malang Sejuta Buku 2014 untuk menyambut 1 abad Kota Malang & dalam rangka hari lahir ke-88 NU yang akan diadakan hari Senin-Minggu 14-20 April 2014 di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Malang, Jl. Besar Ijen No. 30A Malang. EVENT: Sarasehan budaya, Talkshow Bedah buku, Malam apresiasi seni Bincang sastra dll BINTANG TAMU: Alvin Adam (Pembawa acara Just Alvin) Nurel Javissyarqi (Budayawan) Moeammar Emka (Penulis Jakarta Undercover) LOMBA: Tartil Al-Quran, Pildacil Musik akustik, Menyanyi Mewarnai, Menggambar Baca puisi, Fashion show busana muslim INFO lebih lanjut hubungi: 085736038383 085785288714 085649009822 089650765777 FB: Pameran Buku Twitter: @PameranBuku

Selaras Semangat Berkarya Kartini Muda Brawijaya Mahasiswa Universitas Brawijaya mempersembahkan “Selaras Semangat Berkarya Kartini Muda Brawijaya” . AYO ikutan pada Rabu, 23 April 2014 mulai pukul 08.30-12.30 di Samantha Krida UB. TIKET GRATIS! (tiket diambil di stand di Perpustakaan Pusat). PEMATERI: 1. Dr. dr. Retty Ratnawati, M.Sc (Ahli kesehatan dan Dosen Fakultas Kedokteran UB) 2. Tri Rismaharini (Walikota Surabaya)* 3. Siti Nur Latifah (Model dan Mahasiswa FIB UB) INFO lebih lanjut hubungi: @EM_UBOfficial Riza 085780549739

Point Blank National

Yuk, ikutan Lomba Foto Budaya dan Wisata Kota Malang yang digelar dalam rangka 100 tahun Kota Malang ini.

se-Abad Kota Malang

By Malang Runners

KATEGORI LOMBA : - Wisata Kuliner Kota Malang - Cagar Budaya Kota Malang Pameran akan berlangsung pada Kamis, 24 April 2014 pukul 10.00 WIB di Kantor Pusat Unmer Malang, Jl. Terusan Raya Dieng, Malang.

Acara ini akan diadakan pada Minggu, 27 April 2014 mulai pukul 06.00-11.30 WIB. Start & finish bertempat di Balaikota Malang.

SYARAT PESERTA : - Peserta umum dan pelajar - Peserta harus mengisi formulir pendaftaran - Peserta diperbolehkan mengirim 2 foto - 50 karya foto terbaik pilihan juri dipamerkan. REGISTRASI RP 50.000 INCLUDE CETAK FOTO, BINGKAI, DAN MERCHANDISE BAGI KARYA TERBAIK PAMERAN. Paling lambat Minggu, 20 April 2014 Sekretariat pendaftaran Gedung JITC, Jl. Raya Galunggung 8 Malang telpon 0341-9735000 / 0856 4849 7870

INFO lebih lanjut hubungi: Web www.HugosMalang.com Twitter @HugosMalang Hugo’s 081233888585 Hugo’s PIN 2369F9A2

Polinema Career Expo Mau cari kerja? Datang aja di Polinema Career Expo hari Rabu-Kamis 16-17 April 2014 pukul 09.00-17.00 di Gedung Aula Pertamina Polinema, Jl. Soekarno Hatta no. 9 Malang. INFO hubungi: 0812 2504 7509 0877 3147 2000 33066E00 mediakreasi_production@yahoo.com

Gowes 100 Tahun Kota Malang

ACARA AKAN BERLANGSUNG pada Sabtu-Minggu, 26-27 April 2014 di Flux Capital Of Entertainment, Jl. Letjen S. Parman 104 Malang.

BIAYA PENDAFTARAN: Rp 25.000. Dapat kaos gratis untuk 2.000 pendaftar pertama + produk dari Fatigon C-Plus

TEMPAT PENDAFTARAN :

PENDAFTARAN TERAKHIR: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 16.00

Matos, MOG, Araya, Indomaret Grapari Telkomsel, Jl. S. Parman 47 Malang

TECHNICAL MEETING: Jumat, 25 April 2014 Pukul: 17.00 Info lebih lanjut, hubungi : Chandra 0856 4666 4706 / 236D7AED

INFO bisa hubungi: Priyo 0813 5747 9000 Customer service Matos 0341-575751

PENDAFTARAN dimulai tanggal 15-31 Maret 2014. BIAYA: Rp. 150.000. Pembayaran 15 Maret – 2 April 2014. FASILITAS YANG ADA : Makan + snack Transport Sleeveless hoodie + nametag keren INFO lebih lanjut hubungi: @MalangRunners Udin 089680800842 Risky 089699260230 malangrunners@gmail.com

INFORMASI HUBUNGI: Perkantoran Terpadu Gedung B First Floor, JL. Mayjend Sungkono, Malang, Indonesia, Dinas Pendapatan daerah Kota Malang atau bisa menghubungi ke nomor : 0341 751532.

MALANG POST – KDS Display n Playpass Competition 2014 Malang Post – KDS akan menggelar Lomba Drum Band tingkat Jawa Timur bertitel

YUK IKUTAN Horoscope bulanan yang bertemakan Astro Bash – Aries Night. Acara akan berlangsung pada Sabtu, 19 April 2014 mulai pukul 22.00 di Hugo’s Cafe Malang. MENAMPILAKAN : Andrasta Dancer DJ Dhinart DJ Yeffie DJ Hobby Home Band Beverage Promo: Jack Daniels Bottle for IDR 1200k 2 Bottle of Jack Daniel’s for IDR 2.2M

Malang Runners dengan bangga mempersembahkan “Malang Race By Malang Runners”. Yuk datang pada Minggu, 27 April 2014.

FREE DOORPRIZE: - 4 unit motor bebek - 2 unit mobil niaga dan masih banyak lagi

Astro Bash – Aries Night

Ikutilah Point Blank National Championship 2014 Regional Malang persembahan Flux Capital Of Entertainment.

BIAYA REGISTRASI: Rp 50.000/team. Free t-shirt untuk 20 pendaftar pertama

Malang Race

YUK IKUTAN Jalan Sehat se-Abad Kota Malang, yang digelar dalam rangka ulang tahun Kota Malang yang ke -100. Dengan semangat baru satu abad Kota Malang, mari wujudkan masyarakat ceria, cerdas dan cemerlang untuk menuju kota yang bermanfaat.

Yuk ikutan Gowes 100 tahun Kota Malang yang diselenggarakan pada Minggu, 20 April 2014 mulai pukul 06.00 WIB. Start dari Grapari Telkomsel, Jl. S. Parman 47 Malang dan finish di Matos, Jl. Veteran No. 2 Malang.

Championship 2014

EVEN

EVEN

Nakama Day – Tribute To Hatsune Miku

Water Amplifier 2014 With Sheila On 7

Ayo datang HD’R Comic Café mempersembahkan “Nakama Day – Tribute To Hatsune Miku & All J-Community Gathering”. Acara akan berlangsung pada Sabtu-Minggu, 19-20 April 2014 di HD’R Comic Cafe, Jl. Coklat no. 11 kav. 1 dan 5 Malang. HARI PERTAMA: A Tribute To Hatsune Miku Miku games rythem challenge Miku performance by Aurel n Elvin Akira Miku figure & merchandise 3D hologram Hatsune Miku show Cos-street Workshop vocaloid & MMD software Screening PV Hatsune Miku & vocaloid HARI KEDUA: All J-Community Gathering Fighting n Ju-On game challenge Tofu party happy hour Community perform J-Community Gathering Games Cos-street HDR’s quest INFO lebih lanjut hubungi: Pin BB 226513DD Coco 08563300579 facebook.com/HdrComicCafe

Yuk datang ikutan hadir memeriahkan “Water Amplifier 2014 With Sheila On 7” yang dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Pengairan Universitas Brawijaya. Acara ini akan diadakan pada Rabu, 14 Mei 2014 mulai pukul 18.00 di UMM Dome. Tiket Masuk: VIP Rp. 150.000 On the spot Rp. 45.000 Pre sale 2 Rp. 40.000 Pre sale 1 Rp. 35.000 Special performances: Endah N Rhesa Sheila On 7 INFO lebih lanjut hubungi: Ryan 0856 5591 7047 Marel 0857 5559 5995 Tiket dapat didapatkan di Himpunan Mahasiswa Pengairan FT-UB Malang

EVEN

Jalan Sehat

‘MALANG POST – KDS Display n Playpass Competition 2014’. ACARA AKAN DIGELAR PADA 30 -31 Mei dan 1 Juni.

ADA DUA MATA LOMBA, playpass (kirab) di Jalan Protokol Kota Malang dan Display di GOR Ken Arok.

TECHNICAL MEETING akan dilakukan pada Minggu, 18 Mei 2014 di Waroeng 9 Jalan Raya Langsep 9 pukul 09.00 WIB.

KLASEMEN lomba TK,

INFO LEBIH JELAS

SD, SMP, SAM/Umum dan Marching Band.

Etos Expo 2014 Etos Expo 2014 serentak diselenggarakan di 13 Kota di seluruh Indonesia, untuk para pelajar SMA/Sederajat. Dengan rangkaian acara : - Sosialisasi SBMPTN dan UM PTAIN - Student motivation training by Gamal Albinsaid - Art performance by Akar Tuli, Arif IMB, Faul feat Despro - Expo beasiswa Etos Expo 2014 diselenggarakan serentak pada Sabtu, 26 April 2014 di Gedung Graha Medika FK-UB. Tiket masuk : Rp 10.000 (buy 10 get 1 free) INFO hubungi: 08990384124

Malam Pujangga 2014

HUBUNGI Damanhuri, 085649555123.

Begundal Lowokwaru– Nada Sumbang Pinggiran Ayo hadirilah Launcing Album “Begundal Lowokwaru–Nada Sumbang Pinggiran” DIPERSEMBAHKAN OLEH ROCKER SAYAP KIRI. Acara diselenggarakan pada Minggu, 20 April 2014 di Aula Universitas Kanjuruhan Malang mulai pukul 14.00-20.00. TIKET MASUK : Presale Rp 25.000 | On the spot Rp 30.000 (free CD) SPECIAL FRIENDS PERFORM : Tikus Berdasi, Anniverscary Skarbite, Richcracker Vulgar Thinking, Alergi Kentes INFO di twitter @BL_rock

Bersama Taufik Ismail

Saksikan “Malam Pujangga 2014” dengan pembacaan puisi dan talkshow oleh sastrawan nasional TAUFIK ISMAIL dengan topik “Napak Tilas perkembangan Sastra Indonesia dalam Perspektif Taufik Ismail”. Malam Puncak Pekan Pujangga ”Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit”. Acara akan berlangsung pada Kamis, 17 April 2014 mulai pukul 19.00-selesai di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. TIKET MASUK: Umum: Rp 30.000 On the spot: Rp 35.000 Pelajar/mahasiswa: Rp 25.000 PENAMPILAN KHUSUS: Teater Pelangi Harmoniora Kolaborasi Griya Sastra Juara 1 Lomba Teatrikal Puisi INFO lebih lanjut hubungi: Septinata 089678004821 Topan 089675770198

Inter Campus Futsal Cup 2014 Yuk ikuti acara

20

Mini Tour Melebur Membaur Yuk saksikan Mini Tour Melebur Membaur di Houtenhand Coffee & Beer, Jl. Basuki Rahmat 56 A. Malang. Acara akan diadakan pada Sabtu, 19 April 2014 pukul 18.30. Tiket masuk: By beer. Mempersembahkan: Yellow Cab Machine (Solo) The Brown (Solo) Jollyroger (Solo) The Burdon (Malang) The Pronks (Malang)

Malang Tattoo Expo 2 Ayoo hadirilah Malang Tattoo Expo 2 persembahan dari Malang Tattoo Community yang akan berlangsung pada Sabtu, 26 April – Minggu, 27 April 2014 di Taman Krida Budaya, Jl. Soekarno Hatta no. 7 Malang. RANGKAIAN ACARANYA : Tattoo war Tattoo colaboracy Tattoo extreme Tattoo show Games Graffiti Drawing Tattoo flash on canvas INFO lebih lanjut follow @MalangMtc di twitter.

News Reading Contest 2014 Persembahan dari UKM Ikatan Pecinta Retorika Indonesia Universitas Negeri Malang Acara ini akan diadakan hari Minggu 27 April 2014 di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang. Ketentuan: Pendaftaran dimulai tanggal 1 Maret-20 April 2014 Biaya pendaftaran Rp 85.000 Keterangan bisa membuka website festka2014.tumblr.com FASILITAS: Seminar kit Sertifikat Lunch Snack INFO lebih lanjut hubungi: 08974867653 > Nurul 082143764194 > Farida Facebook Festival Retorika 2014 Twitter @festka2014

Summer fest with Billfold Burn This State Ayo jangan lupa datang untuk meramaikan acara ini! Acara akan diadakan hari Kamis, 22 Mei 2014 di Gedung Korpi Kepanjen Malang. With special perform: Billfold FEATURING: Sweet Sunday, Streetstar, Party Beans, Bal Eleven, Justkidd, Struggle To Fight, Sandwich Attack, Boomboclat Fighting Duck vs Monster INFO lebih lanjut hubungi: 089695117611 > Debby 081945978644 > Awang (Band Registration) 085785057457 | 74E55FE4 > Lingga (Sponsorship)

Ecstatic Night On Top FK UMM Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dengan bangga mempersembahkan “Ecstatic Night On Top” bersama Tompi. Yuk datang pada Sabtu, 24 Mei 2014 di UMM Dome. TIKET MASUK: Festival Rp. 35.000 | Tribun Rp. 75.000. Bersama bintang Tamu: Tompi Juga menampilkan: Medical students performances Indie band INFO hubungi: Twitter @DN_FKUMM SMS 081336032032 BBM 2A4850BD / 27F48ED0

Berani Beda Jadi Pengusaha Muda Seminar ini akan diadakan hari Minggu, 1 Juni 2014 pukul 08.08-15.15 WIB di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang. PEMBICARA: 1. Wahyu Aditya (CreativePreneur) Rahasia Sukses Bisnis “Kreatif Sampai Mati” 2. Gamal Albinsaid (SocioPreneur) The Power of Youth in Social Business 3. Ridwan Abadi (FoodPreneur) Jurus Sadis, Buat Bisnis Yang Langsung Laris 4. Ria Miranda (WomenPreneur) Sukses Wanita Di Dunia Usaha TIKET MASUK: Festival: April Rp 100.000 | Mei Rp 125.000 VIP: April Rp 150.000 | Mei Rp 200.000 Exclusive (only 50 seat): April Rp 250.000 | Mei Rp 300.000 INFO lebih lanjut hubungi: 087859661760 > Alzi Pin BB 328a639d

“Inter Campus Futsal Cup 2014” oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Umum Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang akan menggelar turnamen futsal antar mahasiswa se-Malang Raya. Acara akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 19-20 April 2014 di Lapangan Zona SM Futsal Sport

Turnamen PES 2013 & FIFA 2014 Bagi yang suka main game ikutan yuk Turnamen PES 2013 & FIFA 2014 yang akan diselenggarakan pada: tanggal 20-28 April 2014 di Classic Coffee, Jl. Soekarno Hatta, Malang (seberang Taman Krida). TIKET: Rp 30.000 untuk 40 peserta pertama Rp 35.000 untuk peserta berikutnya

Tanggal pendaftaran: 18 Maret 2014 – 17 April 2014 Biaya registrasi: Rp. 200.000/tim INFO HUBUNGI: Hilmy 085755106955 Alif 087859318419

DAPATKAN: Total hadiah Rp 2.500.000, Merchandise dan Piala

PENDAFTARAN HUBUNGI: 0821 2528 2815 > Kid 0821 1425 4643 > Drew

Hari Kartini BEM FMIPA UB Ayo ikutlah merayakan Hari Kartini

MP JUAL MP-JUAL :HIJET SEWU 84 STW ISTW N kota putih vr bs tt mbl/mbl hub 085815523388 tdk sms MP-jual : jasa penutupan kartu kredit/kta hub helga 08133221185, 085649727720 MP-Jual : jasaLES private Bhs Ing/ MAT/ FIS siap UAS UNAS utk SMP SMA SMK- general Eng utk Mhsswa,kary dan Umum. juga Terima MC utk berbagai acara. telp/sms: pakRico BRITISH-USA English 081 334 505154 MP-Jual : Bibit kroto murah, mudah plus cara-cara pemeliharaan, langsung dipeternakan kami hub bpk. Ahmad, telp 0341-9845261

MP-Jual : Tanah kavling, 4x12 atau luas 37m, pengikatan jual beli dari notaries, 23,5 jt nego, kedungkandang gang V rt 8 rw 3. hub sahit 0341.6512214

MP_Jual: DVD Film aneka judul. Hanya Rp 2500/judul. Bisa datang langsung ke toko. Info hub. Ariy 085641795679

MP-Jual : KIA Carnival bsn 00 AT,coklat mtlc, pw,ps,cl,cd,tr, sun roof,remot, ac dingin, msn bgs terawat.Buktikan. 67 jt nego. 087859698902

MP-Jual: Jasa Pnjamn Dana BPKB R2/4 Cair 100%Tnp Ptgn+Asrns Hub. Hudy 03414338227

MP-Jual : Jasa design grafis. Setting dan edit. Pembuatan banner. Spanduk. Stiker. Kaos. Label baju. Dll. Hubungi : 0838 4858 3511 MP Jual : 0ven pengupas plastik ukrn 3m X 80cm X 1m & ukrn 1m X 80cm X 1m trs mesin pmbuat biting pke dynamo-hrg nego bs hubgi No. 081 805 062 285 MP-Jual: Jasa pengiriman/Pesan layan antar AQUA ASLI Rp 15rb/ Galon,hub/Sms ke 03416588795 U,mlgraya.

MP jual : rmh +tanah luas 1000m, suasana pedasaan,lok singosari,hrg 550jt nego.hub sgra,087701433874dika Mp-jual : alat bantu therapy buat wanita 083848891172 MP Jual : rmh dpn SPBU Tlogo Mas. lt 127 lb 230. Shm, 11 kt,3 km, air sumur sanyo, 2200 W, blkg lt 2, cck buat usaha/rmh tinggal. 1,3 M Nego. cpt Butuh Uang. 085748097093 / 087859698902

MP-JUAL: YAMAHA JUPITER Z,th2009 Nkota,wrna htmsilver,velg CW, pjk/stnk blan7/2014, brang msih bgus, smua msih jalan/nrmal, Rp10,5jt nego dkt. Hub 3167167 MP jual: cepat,murah mobil taft rocky th 87 hrg 55jt.minat hub.0341 9021817 MP-JUAL: burung jalak uret nias, seharian bunyi tok, nyecret trus, isian bnyak+ sngkr bgus+krobong, hrga rp300rb nego dkt/ bs tkr sm HP. HUB: 3167167

MP-CARI MP-CARI : penggajar gitar akustik & electrik, drum, keyboard, telaten menggajari anak - anak kirim lamaran k jln raung 8 atau hub. 085646699638

MP-Cari : tenaga krj laki2 pnglmn tdk d utmkn, prsyrtn ringn dn d bthkn cpt yg brminat hbgi no Tlp.08123571844 MP-Cari: hp nokia e63 batangan yang pnting kondisi normal hub.085815351999 MP-CARI : HONDA C700 HUB 083834767801 MP-Cari : pekerja laki2 utk Pengeboran Minyak lepas pantai [RIG] hub:085330051020 MP-CARI : MITRA BISNIS LOKET SEMU PEMBAYARAN@, PULSA, TIKET, PLNpra/pasca, DELIMA DLL, hub ; 03419473678. MP-Cari : operator foto copy pengalaman Hub 085649881818

BEM FMIPA Universitas Brawijaya mempersembahkan MIPA “Be Beauty, Act Smarter, and Life Better’’. Acara dilaksanakan pada Sabtu, 19 April 2014 mulai pukul 08.00-selesai di Gedung Widyaloka UB. TIKET MASUK GRATIS! (Bebas buat cewek) BERBAGAI ACARA: - Penyuluhan kanker serviks - Music, - Seminar inspiratif dan inovatif - Traditional dance, - Beauty with hijab

TATA CARA PENDAFTARAN PESERTA: Bisa daftar secara langsung melalui via sms dengan format Nama lengkap_Prodi_Fakultas_ Angkatan kemudian kirim ke contact person Didin 089619321687

MP-CARI. Camera dan Handycam second. Hub 082142533959. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


IKLAN BARIS MALANG POST

21

kamis, 17 APRIL 2014

MALANG MOBIL - MOTOR Jual Mobil Toyota Avanza G’10 Hitam N/Batu Metalik Hub.08125294556 d/a Areng-Areng Batu BL-1/4 Golongan Toyota. Cari investor mobil untuk travel dan sewa mobil Innova, Avanza, APV. Aman dan setoran tinggi Hub: 082335585758/ 087701455758 BL-6/4 MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/4 H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/4 Honda revo absolute u m800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/4 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/4 VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/4 Daihatsu ZEBRA Bodytech 1,3 warna delpin metalik1993, istimewa. HP08563521105/ 081232762139 BL-7/5 Paket Hemat Xenia DP 16 JT, Terios 23jt, Pick Up 11jt, Ayla 20jt, Sirion 25jt, Proses cpt & mudah 9572750/082131930990 BG-6/5 BIG SALE,Xenia 17jt, Terios 23jt, Luxio 29jt,Ayla 17jt, Pick up 13jt. Hub:Dona 082132668687/0341 5332992 BG-26/4 Promo Xenia DP 17jt-an atau angsuran 2jt-an DP Bisa Diatur untuk Terios PU Luxio Sirion Ayla Hub: Hendri (0343) 2384414 BG-20/4 DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221 BG-12/4 DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414 BG-8/3 DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/4 Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/4 MITSUBISHI Gebyar Aiverseri Sun 40th, Pajero, Outlander, Mirage, Cashback s/d 25jt Free KF, Sidevisior dll. 5186696/081235146235 BG-6/5 GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/4 DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221 BL-12/4 DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/3 TOYOTA Dijual LGX Diesel’00 Siap Pakai Gadang Mandiri 110jt Nego Hub: Eko 081233400578 BL-12/4 Dicari titipan. Mobil utk travel dan rent car inova,avanza,apv,aman dan setoran tinggi 082335585758/ 087701455758 BG-12/4 Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3 Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1 • SUZUKI • Dijual Carry’87 pajak MAT 4th N.KB hrg 19 jt pas+putura 94 IST N kota hrg 45jt Nego. Hub:081333452872 BG-9/5 Ertiga & Pick Up rendy stock & diskon besar haya di bulan ini 082142619474/bb22cc4e12 BG-22/4 Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505 BG-19/3 Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999 BG-24/4 Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/4 Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/3 “PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/4 •HONDA• di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000 BG-6/3

•HONDA• Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-31/3 Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/3 Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/3 isuzu B.U. Dijual cepat Panther higrade Th 95 , warna biru Plat N Kota .Hub 085791530963 . 081253743162 BL-29/4 Nissan Promo All New G.Livina, March, Evalia, Disk Puluhan Juta. DP 40Jtan, Dptkan Bonus Tambahan 081235660009/ 7073009 BG-6/5 hyundai G r and A v e ga T r i p t o n i k 2011 abu” metalik, a/n sndri N-Kota. Istimewa 149 jt nego. Hub:08123367833 BL-11/4 TANAH Dijual tnh Merjosari 296m² (AJB) blakang UIN cocok utk koskosan & Material Rp2Jt/m². Hub: 083834394829 BG-8/5 Dijual Tanah 186 m² HGB Jl. Terusan Wisnu Wardana Dalam Sawojajar TP. Hub:081334126288/08123359039 BG-4/5 Dijual Tanah Luas 594 m (AJB) Dusun Krajaan Desa Pakis­ jajar Kecamatan Pakis Hub. 081352978588 BG-27/4 Dijual tanah kav dekat bandara samping Perum Graha Bandara Residence LT220m².800rb/m Hub081333848384 BG-27/3 BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman) BG-3/ 3 jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/3 J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/3 KONTRAKAN Dikontrakan Rumah Baru Letjen Sutoyo town House C1 3 kmr tdr 2 kmr mandi.Hub 081358358331 BG-27/4 DIKONTRAKAN VILLA Kasih Fas. 3kmr, grnsi Lt.17x11m. Hub 596918, 081252624970, dekat Jtm Park 2. Jl. Sriti 39 Oro-oro Ombo Batu BL-28/3 Dikontrakkan Ruko cocok buat warung/counter. LT 200m² LB 150m². Jl Alumunium No.6 Malang. Hub Bu Yayuk: 7065500/ 08123300188 BG-11/3 RUMAH DIJUAL RUMAH JL.CEMPAKA NO: 11 PESANGGRAHAN KOTA BATU LUAS TANAH: 96 LUAS BANGUNAN 150 LANTAI DUA,SHM HARGA RP.370 JT HUB: 082244544455 BL-17/4 D Jual cpt rmh baru murah 2 lantai LT 84m² Jl. Kapi Sraba 10 H No.17 Sawojajar 2 Carport. Hub:085313989404 BG-11/5 Jl: 3 rmh baru minimalis T45,2kt,1km,pagar carpot, shm + rmh baru T70,2kt,1km,carpot pagar Plaosan Permai Blok A&D Tlp.5350109/081945372122 BG-11/5 Dijual Rmh SHM Griya Shanta K-202 LT127m² LB290m² Dekat UB/Polinema Hrg: Rp1,8 M Hub:081945565615 BG-8/5 DIJUAL CEPAT Rumah di Jalan Brigjen Katamso Gang 2A No 1418. SHM. LT 41 m². Hub.081945186222 BG-5/5 DIJUAL RUMAH STRATEGIS dekat pasar & polsek pakis, LT. 223 LB. 150 siap huni, SHM Hrga 400jt NEGO. Hub. 0341-5473547, 081233222547 BG-15/4 DIJUAL rumah tempat strategis untuk hunian dan invest mulai harga 260-550 jt,tipe 45-118. Jl. Kanjuruhan Tlogomas. Hub:085649792950 / (0341)9157889. BG-26/4 DJL cpt rmh Jl. Simp Borobudur Utara 33(Blimbing) lt 240m lb 200:6 kt, garasi. Hrg 600 jt ng (AJB). Hub: 081334413677/ 085334181789 BG-21/4 Djl rmh Griya Buring Permai L1 60m2 x 5 x 12 IGPC32 DP 26jt bs diangsur 10x Hunian tgh kta dgn hrg mrh Hub: Intan (0341) 9272391, 081333476800 Pin 2A6A581F BG-20/ 4 JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078 BL-16/3 ***Bisa cicil 12x*** rmh+toko CANTIK,T.150/679,hrg 650jt,Bs byr 50%,sisa th ke 2Bs Kpr,ada pgsh siap sw 30jt/th,Ada jaminan kenaikan HRG,MDH CAIR.081333211662 BG-8/ 4 DI JUAL rumah di Jl. Danau sidengreng blok C3 B-31 SHM luas 105 full bangunan 325 jt nego HUB : 081945398899 tanpa perantara BG-22/ 3

RUMAH RUMAH KOS dijual 2Lt,20kmr,Lt: 180 m²,Lb:300 m²+ruko 2 Lt,Ls 48 m². Dae­rah kampus Unisma,Unitri, Uin,Uniga.hub: 081945577755 BG-21/3 JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963 BG-15/3 J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/4 Dijual Rmh perum Pandan Wangi utama Kav 2 ,3Kt, 2Km ,Lt 126m,Lb 50m. Hub 081252680199 (Daerah Sulfat).Harga Nego Rp550jt BG-2/5 JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi. BL-1/4 Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/4 Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736 BG-17/2 Rumah Dijual daerah Kedawung.LT 187 m².LB 220 m².Tingkat,SHM. Jl Lebar ada garasi.Hub Bu Jemmy Jl.Aluminium II A 081945399899 BG-18/3 DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341 BG-31/4 DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008 BG-31/4 Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/3 DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/2 PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866 BG-25/2 Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/3 Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-24/2 DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/3 DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/3 Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/3 Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/3 DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/3 Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/3 Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­746571600 BG-11/3 Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12 LOWONGAN Cr cpt GR TK. Syrt: SMA/ lbh,single,bsn muslimah.Hub: 083834024975 Tj Sekar. BL-16/4 Dcr cpt asisten bengkel/toko di tmptkn di Bontang (Kaltim) syrt:Bujangan, lulusan SMK/SMU punya SIM A. Hub:0811558994 BL-13/4 Dc rcpt asisten bengkel/toko di tmptkn di Bontang (Kaltim) syrt : Bujangan, Lulusan SMK/SMU punya sim A Hub : 0811558994 BL-13/4 Dibutuhkan SPG utk showroom batik “bateeq” di hotel Atria Malang. Jl S.Parman. Pnampilan menarik, min SLTA usia maks 25 th, lampiran bs dibawa lgs ke toko 0341407999 atau 085647502229 – Fajar Nugroho (HRD) BL-15/4 BUTUH Pembantu RT utk di Jogja serabutan, bisa masak , umur 35 th Hub : 08123578052/ 087882045000 BL-26/4 Dibutuhkan waitres cafe,wanita min SMA/SMK 25 th,gaji+bonus menarik hub:085608655590 BL-14/4 Dicari Krywti toko, Lam lengkap krm ke MOM’s & Me, Jl. Raya Langsep no 5 Malang BL-26/4 Dbthkn kryw/i utk Kedai Es D&D PELANGI Jl. Trsn Bondowoso 44 Hub.085755877347 (SEGERA) BL-26/4

Kehilangan stnk Stnk Spd Mtr Yamah ’10 N-3475CD noka: MH328D305AK293309 nosin: 28D2288259 a/n: ISSABELA SANTILILIO d/a : Jl.Pelabuhan Bakauhuni 34 RT.07 RW 01 Kel Bakalankrajan sukun Malang Kota BL-17/4 Stnk spd mtr Kawasaki’67 N-3055 -HI noka : MH4KA110EVK.049374 nosin : KA.110EE.121788 a/n : HARSONO d/a : Dsn. Urek-urek RT07 RW03 Desa Asrikaton Kec. Pakis Kab Malang. BL-18/4 Kehilangan BPKB BPKB & STNK MBL MINIBUS T AVANZA’10 N-1372-GL noka : MHFM1BA3JAK714538 nosin: DF72156 A/N : MUCHASONAH d/a : Jl Dr Cipto VIII, RT 07 / RW 10 KEC LAWANG KAB MALANG BL-18/4 CARI JODOH BIRO JODOH ganteng, S1, mapan. Cari jodoh gadis cantik peg. swasta min SMA TB 162 cm max 30 th HUB: 081217585921 BG-25/4 BIROJODOH malang jaya #jejaka, 32th, krywan toko cari calon istri, gadis/janda, manis & sederhana telp: 087859953881 BG-2/4 futsal FU T S A L B U A N A h a d i r d e ­ ngan lapangan rumput sintetis baru. Harga Terjangkau.JL Tlogosari 38 A Tlogomas malang. (0341)7744778 BG-1/4 DANA TUNAI dana tunai bunga 0.82% /bulan, jaminanBPKB mobil, PT. BPF Jl. Kahuripan 5 Malang.Hub: 7066110 BG-9/5 Dana tunai/gadai/kerjasama proyek/usaha min 1 m, Profit share, NOBICHECK,JAMINAN PROYEK TSB, TERIMA AGEN. HUB: 081319201225 / 081380461514 BL-8/4 Butuh Dana Cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp. 0341-7359448 BG-5/5 Pinjam Dana Tanpa Jaminan proses cepat. Hubungi 082244650171 BG-22/4 Gadai Laptop Kamera Tab TV PSP BB HP. Jl MT Haryono No 177 Telp (0341) 571731 0838 3496 7500. (Depan Mall Dinoyo City Malang) BG-11/4 Butuh biaya sekolah, renov rumah ;modal usaha? Kami solusinya, jaminan BPKB Motor/Mobil dan SHM.Bisa TO Hub.5441379/085746960294. BG-1/4 “DANA TUNAI” butuh dana? Jaminan BPKB, Pinjaman Tinggi, proses cpt hub:9363696 telp/sms. BUKTIKAN!! Bg-14/4 Butuh dana cepat + trm gadai titipkan laptop / hp / kendaraan + BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp (0341) 7359448 BG-5/4 “ANDA BUTUH UANG“ jaminan BPKB/cepat,mudah,tanpa Survey,LSG cair/KSP citra abadi.Jl.Raya Tlogomas 51MLG/(0341)9751645 BG-9/5 Guest house Bandoeng guest House Jl. Bandung No.20 Malang/ www. bandoengguesthouse.net/ bandoengguesthouse2012@gmail. com/ (0341)551824 BG-30/4 OMAHKOE GUEST HOUSE jalan bendungan sigura-gura 4 no 1 malang. Telp (0341)556244 BG-7/ 4 KAWI GUEST HOUSE Jalan kawi atas No.40 Malang. Telp. (0341)551351 BG-4/5 Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676 BL-26/ 3 WORKSHOP Bisnis baru dari Ust. Yusuf Mansur. Wrshop tgl. 13/4/14 di Malang. Terbatas. Minat_(nama lengkap) ke.081908120708 BL-11/4 RUPA-RUPA Melayani jasa antr jempt anak sekolah daerah Blimbing & sktrnya. Menggunakan mobil Avanza terbaru. Hub: 0341-7010019/9660288 BG-11/5 Leadership House Pelatihan kepemimpinan,soft-life skills & character Building u/ SD SMP SMA .Buka kelas baru Hub : Banten 30 Malang/562580 BG-27/4 Potong Rambut (Pria+Wanita) Terima: rebonding, smoothing, warna rambut, pijat reflexi, dll. Jl. Klayatan Gg 3 Prapatan Gg3. Hub:(0341)5436238. BG-12/5 Panggilan service didik gang mayang genengan pak isaji telp 0341-7378891 mnrm service kulkas,mesin cuci,instalasi listrik,pompa listrik dll BG-15/4 Sewa motor murah untuk mahasiswa & umum Mulai ; 45rb/har: 087701577000/082301577000. Jl Joyo raharjo 201 (belakang sardo swalayan). BG-15/4Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111 BG-16/3 Naik/turun berat badan sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260 BG-23/3

PASANG IKLAN TEPAT RUPA-RUPA Potong Rambut Gaul Family Jl. Raya Genengan Bunder Pakisaji Tlp 085855893989 BG-18/5

AGS CLEAN Sabun Cuci Matic utk mesin cuci Top&Front Loading. Cocok untik Loundry&Rumah tangga. Hub.085649321919. FREE DELEERY BG-5/5 Distributor F&B mencari “Mitra Usaha” dengan konsep saling menguntungkan. Hub: Jony/Satrio 0341795451 (SMS) 08170484969 BG-28/4 jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563 BG-5/3 Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2 Jual mcm-mcm prlngkpan rmh tang,bntl/glig,spring bed furniture,dll.Jl. Mayjen Sungkono Gg.8/7 hub.(0341)9598434 BG-27/4 Hancabarasih Laundry & Dryclean Jl.Mertojoyo F1C Dinoyo. Antar Ambil SMS 085731243111. Laundry on Kilo’s terbaik di Malang BG-28/4 Indonesia School Of Photography setara D1,kelas mlai 15/04/14. Jl.Simpang Gajayana Blok K (blkg Sardo). CP:081233673663 BG-28/4 SEKAR CAMILAN sedia aneka cemilan timbangan/packing/los. Siap lyn antr Jl.Mayjen Sungkono no.2 mlg. Hub 085649592346 / 03415042887 BG-27/4 Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg BG-20/2 JUAL PENINGGI BADAN ALAMI 1-10 HR Naik 2-4cm. www. OBATTINGGITIENS. com 087877575880 BL-6/3 AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/12 Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka, Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur, felfoa, isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No. 2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/2 Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12 Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­duk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12 CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12 Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/12 SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910 BG-23/12 WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12 PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12 (PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/3 KULINER Soto ayam Ceker cak Kosim menerima pesanan Jl.Panglima Sudirman tlp 081335809573 kepanjen BG-17/5

CAFE ROBIN ahlinya kopi jowo asli seleranya rasanya Jl. A.Yani 35 Kepanjen Tlp:081217635552 BG-14/4 WARUNG NDORO STEN Jl. Selat Karimata E-6/1 Sawojajar. Menu Special bebek biyen,lomie & bakmie. Hrg special,tmpt nymn,strategis bs psn antr. Hub 081945784333 BG-3/5

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

KULINER Cafe Gaul Barokah menikmati segelas kopi.Specialis kopi lanang dan macam2 gorengan dan mie rebus datang Jl.Raya Taman Ayu Kepanjen BG-13/4 Depot Ayu Bu Gayit menyediakan masakan khas Jawa mnrm:psnan Nasi Kotak dan Nasi Tumpeng dll Hub:Jl.Raya Genengan Pakisaji Tlp:0838480154475 BG-13/4 Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091 BG-8/2 Depot Maninjau sedia ma­sa­kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ning, tum­ peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12 pengobatan PENGOBATAN HERBAL Tanpa Ope­r asi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8 BG-5/3 PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12 elektronik Progress Pusat Service Kamera Digital,DSLR,LCD,Pro jector,Sound System,dll. Jl Sunan Kalijaga Kav 3 No.6 (0341) 9005905/089667711882 BG-11/4 Sumber Teknik Service Kamera Digital/DSLR, Lensa, LCD, Projector, dll. Jl Raya Tlogomas No 11. (0341)2112945 BG-11/4 TOUR & TRAVEL El Nusa Rent Car sewa mobil terbaru & termurah. All new Avanza/Xenia, Innova & Luxio. Taman Landungsari Indah D-28. Hub: 081233428484 / 085859848460 / (0341)7357475 BG-18/4 AZRI TIKET melayani Tiket Pesawat, Voucher Hotel,Tour,Rent Car,Pembayaran Rek Listrik,PDAM,Telepon,Pulsa All Operator. Jl Tirta Rahayu 30. 532837/9885553 BG-13/4 Venus Tour & Travel Harian, Mingguan, Bulanan. Pembayaran cash dan kredit/ visa master. Jl Galunggung 86 B/7747474/081555888385 BG-11/4 Multi Trans Tour & Travel Malang Kediri PP,Shuttle,MlgJuanda PP,Paket Wisata,Rent cart driver,tiket pesawat. Jl MT Hariono 167 Kav 27.5023911/0823382457 77/30C3FE38 BG-11/4 SORA TOUR N TRAVEL Jl. Jmbtn Gadang Bumiayu. Airport shuttle,Mlg-Sby Mlg-Perak PP,Carter Tour Wisata. Rent Car Driver. 08122 2517111/085791212111/2809111 BG-25/3 SESA RENT CAR melayani sewa mobil+sopir, armada avansa all new G. JI. Rangkok Utara no.28 sukun hub: 081233055322/ 085855334740 BG-21/3 JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. Carter-Tour Wisata -Rent Car Tdriver 753236/082333711779/08 1333322779 BG-28/2 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

TOUR & TRAVEL SRIWIJAYA ABADI sewa mobil+supir drop carter, inova, avanza,x enia, luxio tiket pesawat/tour domestik...0341913 9555/081249660666 BG-15/4 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­RUSAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Web­site: www. su­rya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 www. airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/ju­an­da(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/2 “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­ jor” = mlg-dps PP “Bu­a na”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP 346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke Hotel. HUB:085774410568. NO SMS BG-15/5 “Iman” pijat terapi/refleksi,full body + totok aura wajah. Dll. Trm panggilan Rmh/Hotel 087859256377 dijamin fresh BG-27/4 Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2 Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan.Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2 Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202 BG-14/2 PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965. Dijamin fresh. BG-13/2 KOMPUTER Kredit Laptop/ Komputer, Tablet Hub:085853874151/08 2140703452/8174510/564537. Infomedia Komputama+Adira. Jl Galunggung Ruko Blok 58m BG-11/4 CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/4 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/3


jatim

kamis, 17 april 2014

22

Pak Siradj, Mantan Wartawan Senior Jawa Pos Berpulang

ILUSTRASI: Peserta Ujian Nasional SMA yang sedang serius mengerjakan soal-soal ujian.

Kunci UN Beredar, Jawaban 90 Persen Benar SIDOARJO- Ujian Nasional SMA hari terakhir yang berlangsung, Rabu (16/04/14) kemarin, ternoda. Bocoran kunci jawaban melalui SMS masih beredar bebas di kalangan para siswa peseta ujian. Para siswa peserta ujian yang membeli bocoran kunci jawaban awalnya tak sepenuhnya percaya dengan kunci jawaban yang mereka beli. Beberapa siswa kembali mengecek soal dan jawaban yang diterima. Setelah dicek, ternyata tak semua kunci jawaban yang diterima benar. Jumlah jawaban yang benar sekitar 90 persen. Ada sekitar lima sampai sepu-

luh jawaban yang salah. Seperti yang diungkapkan K (18) salah satu siswi berprestasi di salah satu SMA negeri di kabupaten Sidoarjo.”Aku gak langsung percaya sih. Aku cek lagi. Jawabanya banyak benernya tapi ada yang salah juga. Kemarin hari pertama pelajaran biologi ada 5 jawaban yang salah. Aku yakin kalau jawaban itu salah,” ungkap K. K juga mengatakan untuk mata pelajaran yang lainnya juga demikian. Ada beberapa nomor dengan jawaban yang salah. Para siswa ini menganggap hal itu adalah hal yang wajar agar tidak mencurigakan.

“Kalau aku sih sebenernya gak masalah. Malah bagus gitu. Kalau bener semua kan nanti malah mencurigakan. Masak UN nilainya seratus semua,” ujar K menambahkan. Sementara itu, meski Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Surabaya membantah adanya bocoran soal Ujian Nasional 2014 di sekolahnya, isu tersebut justru menyebar lewat broadcast Blackberry Messenger (BBM). Ketika diselidiki, salah seorang wali murid kelas 12 SMAN 2 Surabaya mengaku benar jika anaknya ditawari bocoran soal sebanyak 20 pa-

ket. Bocoran tersebut didapat dengan syarat wajib membayar iuran minimal Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah. Sumber yang tak mau disebut namanya ini bercerita, setelah pulang UN, anaknya menangis lantaran kesusahan mengerjakan soal Matematika yang diujikan, Selasa (15/4/2014) kemarin. “Ya, anak saya sekolah disana. Kemarin dia pulang sampai nangis. Soalnya yang kemarin, menurut dia sangat sulit karena beda pola baik di try out dan bimbel. Padahal saat tes, dia terbaik sekelas,” ungkapnya, kemarin. Tapi anaknya mengaku bisa

mengerjakan semua soal-soal tersebut. �������������������� Justru yang disesalkan, kenapa teman-temannya pesta pora karena mendapat joki. “Jawabannya dikirim diserver mulai jam 5 pagi sudah keluar. Temannya di kelasnya hanya tiga anak yang tidak joki, termasuk anak saya ini,” tandas pria yang juga salah satu tokoh di Surabaya ini. Diberitakan sebelumnya, beredar informasi bahwa 10 siswa SMAN 2 Surabaya tertangkap membawa 20 paket jawaban UN oleh pengawas. Namun, setelah dibawa ke ruang Kepala Sekolah, mereka justru dilepas. (jpnn/udi)

21 Siswa Jaya Sakti Tidak Bisa UN Tidak Terdaftar di Dikbud SURABAYA – Cita-cita 21 siswa SMA Jaya Sakti, Jl. Karang Asem Surabaya bisa lulus sekolah dan berijazah SMA, kandas. Pasalnya, sekolah tempat mereka menempuh pendidikan tidak diakui legitimasinya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Surabaya. ‘’Sekolah itu tidak ada izin operasionalnya. Sekolah itu tidak terdaftar di dinas pendidikan Surabaya. Bagaimana bisa UN lha wong sekolahnya tidak ada izin operasionalnya sebagai lembaga pendidikan,’’ kata Harun, Kadikbud Jatim kepada MP di

Diterjang Lahar Dingin Kelud, Siswi SMA Tewas KEDIRI- Seorang siswi tingkat SMA di Kabupaten Kediri, dinyatakan tewas setelah menjadi korban banjir lahar dingin Gunung Kelud. Jenasah saat ini berada di kamar mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pelem, Kecamatan Pare. Data dari Polres Kediri, korban bernama Sumini (17) warga Dusun Laharpang, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Petugas akan menyerahkan jenasah kepada pihak keluarga guna proses pemakaman. Menurut keterangan sejumlah saksi, diantara Anggi (17) teman sekolah korban dan Budi Vani (35) warga Puncu, sebelum mengalami peristiwa nahas, korban pulang dari sekolah. Dalam perjalanan pulang, korban menyebrang sungai, yang notabene jalur lahar Gunung Kelud. Tiba-tiba, datang air bercampur sisa matrial Gunung, akibat hujan lebat yang turun sekitar 1 jam. Seketika, korban terbawa arus lahar dingin. Teman korban berteriak meminta pertolongan. Akhirnya korban berhasil diangkat warga saat berada di Setdam Puncu. Melihat tanda-tanda korban masih hidup, warga melapor ke kantor polisi, kemudian membawa ke RSUD Pelem. (jpnn/udi)

kantornya, kemarin siang. Kasus memilukan yang dialami 21 siswa SMA Jaya Sakti ini, semula tidak pernah ada yang mengetahuinya. Tetapi, karena Siswo Raharjo sang Kepala Sekolah (Kepsek) ngoyok agar siswanya bisa ikut UN ke Dikbud Jatim, akhirnya terkuak juga. Berbagai cara sudah dilakukan Siswo dan 21 muridnya yang tidak bisa mengikuti UN. Bahkan, mereka sampai menempuh melalui jalur hukum dengan menggugat ke PTUN Surabaya. Sayangnya, upaya mereka

gagal total. Karena persyaratan gugatan yang diajukan tidak KIF (Konkret, Individual dan Final) maka Jaya Sakti tetap dinyatakan bukan sekolah resmi. Setelah gagal di PTUN, Siswo terus minta jalan keluar ke Dikbud Surabaya dan Dikbud Jatim. Hasilnya sama, mereka tetap tidak bisa menggelar UN 2014. ‘’Pagi tadi (kemarin pagi) saya ke kantor Dinas Pendidikan Surabaya, minta kejelasan nasib para siswa kami. Bagaimana pun caranya kami berharap 21 siswa kami harus ikut Un tahun ini,’’ kata Siswo yang dihubungi terpisah. Sebenarnya, lanjut Siswo, pihak Dinas Dikbud Surabaya

sudah memberikan solusi yaitu siswanya agar mengikuti Ujian Paket C. Tetapi, saran itu ditolak dengan alasan mereka sudah menempuh pendidikan seperti sekolah SMA lainnya. ‘’Siswa saya bukan pelajar yang telat mengenyam pendidikan. Kalau bisa ujian susulan, atau bagaimanapun caranya supaya mereka bisa ikut UN. Asal jangan ujian paket seperti siswa telat sekolahnya,’’ kilahnya. Ditanya tentang izin operasional sekolah, Siswo menyebutkan, sudah beberapa kali mengajukan ke Dikbud Surabaya. Tetapi, permohonan itu selalu ditokan dan disarankan agar merger (bergabung)

dengan sekolah lain. Harun menyebutkan, pihaknya tidak bisa memberi solusi agar 21 siswa Jaya Sakti tetap bisa mengikuti UN. Alasannya, sekolah itu secara hukum tidak terdaftar di Dikbud Surabaya. Diduga pihak pengelola Jaya Sakti terlambat atau tidak memenuhi persyaratan Daftar Nominasi Sementara (DNS). ‘’Makanya tidak ada jalan keluarnya. Mereka tidak bisa UN dan mereka tidak bisa lulus dan punya ijasah SMA. Kalau ada izin operasionalnya pasti akan kita bantu,’’ kata Harun dengan menyebutkan, Jaya Sakti selama ini pengelolaannya diserahkan ke sebuah yayasan. (has/udi)

Divonis 1 Bulan 20 Hari, Pendeta Menangis SURABAYA- Majelis hakim yang diketuai Bayu Isdiatmoko menjatuhkan pidana penjara selama satu bulan 20 hari pada Emma Gajatri (44), warga rungkut Asri Tengah VII no 6, dan Pendeta Loeis Ery Lipesik (64), warga Mulyorejo Barat 31 Surabaya. Mendapat vonis tersebut, otomatis kakak dan adik ipar ini tinggal satu hari saja menjalani hukuman di Rutan Medaeng. Sebab, para terdakwa sudah menjalani masa tahanan selama satu bulan dan 19 hari. ”Menjatuhkan pidana penjara selama satu bulan 20 hari pada terdakwa,” ujar hakim Bayu seraya mengetukkan palunya. Putusan tersebut membuat haru para keluarga terdakwa yang terlihat memenuhi ruang sidang. Tak hanya itu, terdakwa juga terlihat menangis usai mendengar putusan hakim. Dua terdakwa itu didudukkan sebagai pesakitan setelah dilaporkan Agus Supriyanto (55), warga jalan Rungkut Pandugo I Surabaya, menggelapkan rumahnya. Vonis tersebut sebulan lebih ringan dari tuntutan jaksa Rahman yang sebelumnya menuntut dua bulan penjara. Hakim mempertimbangkan

MENANGIS: Emma Gajatri, warga rungkut Asri Tengah VII no 6, dan Pendeta Loeis Ery Lipesik, warga Mulyorejo Barat 31 Surabaya dalam sidang petusan di keterangan saksi meringankan di sidang sebelumnya, bahwa perbuatan terdakwa didasarkan peristiwa utangpiutang oleh korban kepada terdakwa. Menanggapi putusan itu, pengacara terdakwa, Edward Raimon, mengaku kecewa kendati putusan yang dijatuhkan kepada kliennya ringan. ”Berdasarkan keterangan saksi, rumah pelapor berada di tangan terdakwa sebagai

jaminan utang,” tandasnya. Tito, tim pengacara terdakwa, menambahkan, seharusnya kliennya bebas karena perkara ini lebih tepat sebagai perdata. ”Tapi bagaimanapun kami terima putusan hakim. Besok klien saya keluar dari penjara,” tandasnya. Perkara ini berawal pada tahun 2007.  Saat itu bisnis saksi korban mengalami kebangkrutan. Oleh bank, rumah korban di Delta Asri Baru kav 88 Waru

Sidoarjo hendak disita. Melalui rekan terdakwa, korban lalu meminta tolong untuk dijualkan rumahnya uang agar bisa melunasi utang di bank. Keterangan saksi, suami terdakwa Emma, Pendeta Jefry, kemudian meminjamkan uang Rp 200 juta kepada pelapor. Keluarga terdakwa menganggap rumah pelapor sebagai jaminan. Belakangan, ini dipermasalahkan oleh pihak pelapor. (jpnn/udi)

SURABAYA- Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun. Moch Siradj, mantan wartawan senior Jawapos, Rabu (16/4) pagi kemarin, sekitar pukul 04.00 wafat di UGD RS Darmo. Setelah pensiun dari Jawa Pos, Haji Siradj atau Pak Siradj --demikian orang memanggilnya-- sempat aktif di PAN sebagai Wakil Ketua Koordinator Madura. Namun karena sakit sejak sekitar 1,5 tahun silam, posisi Haji Siradj diganti. Dalam kesibukannya menjalani perawatan, Haji Siradj aktif di FB. Kabar wafatnya Haji Siradj telah mengundang berbagai komentar teman-temannya, termasuk anak didiknya. Dia sendiri sempat mengungat status terakhir pada pukul 18.38 Selasa kemarin. “Kaki badak terkait kabel, mendadak sakyitt huuh sebel...” Ketika status itu ditangani beberapa teman, Haji Siradj sempat menulis lagi sekitar pukul 21.00 malam. “He he he he.. pantun apa parikan ya?...” Wafatnya mantan wartawan senior Jawa Pos Moch Siradj meninggalkan duka bagi para sabatnya, termasuk mantan Pimred Jawa Pos Arif Afandi. Bagi Wakgus Arif Afandi, nama Siradj tidak bisa ia lupakan karena almarhumlah yang membuatnya menjadi wartawan tetap di Jawa Pos. Diceritakan, saat itu ia jadi wartawan freelance yang bertugas mencarikan artikel di Jawa Pos. Setelah setahun menjadi freelance, ia dipanggil Pak Siradj ke Surabaya. “Ternyata diminta menjadi reporter. Karena dengan freelance penghasilan saya sudah lumayan besar, maka saya nawar mau jadi reporter tapi harus dibedakan dengan   reporter yang baru masuk,’’ kenang Arif Afandi, kemarin. Ternyata Pak Siradj setuju. Sehingga begitu diangkat reporter Arif Afandi langsung diangkat jadi karyawan tetap dengan gololongan 2b. “Biasanya reportet baru golongan 2a. Saya langsung 2b,” kenang Arif. Sebagai wartawan Pak Siradj dikenal sebagai wartawan yang punya gaya tulisan baik. Enak dibaca dan ringan. “Karena itu ia yang dikirim mendampingi Dorce saat operasi ganti kelamin ke AS. Reportase Pak Siradj soal itu diterbitkan jadi buku,” tuturnya. (jpnn/bj/udi)

Curi Baut Rel Sepur Untuk Uang Jajan

DITANGKAP: 6 anak dibawah umur mencuri pandrol (penjepit rel dengan bantalan rel) sebanyak 220 buah di Km 44.200 hingga  Km 44.300 (Krian-Tarik). SIDOARJO- Tragis benar, dalam pemeriksaan polisi, 6 anak dibawah umur yang terduga mencuri pandrol (penjepit rel dengan bantalan rel) sebanyak 220 buah di Km 44.200 hingga  Km 44.300 (Krian-Tarik), uangnya di buat untuk beli jajan. Menurut Kapolsek Tarik AKP Heriyanto diantara enam pelaku, 4 pelaku di amankan di Mapolsek Tarik. Karena aksinya masuk wilayah hukumnya. Sedangkan, Arlq dan Irp di limpahkan ke Mapolsek Balong Bendo, karena keduanya mencuri di wilayah hukum Polsek Balong Bendo. ”Saat ini masih kita dalami,” ujarnya Rabu (16/4/2014). Dalam pemeriksaan, terang Heriyanto, ’mreteli’ baut bantalan rel itu tidak ada motif apa-apa. ”Mereka mengaku akan dijual ke pengepul rongsokan (besi tua), hasilnya dibuat untuk uang jajan,” imbuhnya. Karena sudah masuk pada BAP kasus ini tetap akan dilanjutkan. Orang tua para pelaku akan dipanggil bersama Kadesnya. (jpnn/udi)

panitera demo

Sidang di Pengadilan Surabaya Terganggu SURABAYA- Persidangan yang berlangsung di semua pengadilan di Surabaya menjadi terganggu, kemarin. Hal itu terjadi karena unjuk rasa yang dilakukan 57 panitera pengganti (PP). Puluhan panitera yang tergabung dalam Ikatan Panitera dan Sekretaris Pengadilan Indonesia (Ipaspi) Surabaya ini menuntut agar hak-hak mereka dipenuhi, termasuk kenaikan tunjangan. “Aksi ini juga dilakukan oleh PP-PP lain di beberapa daerah di Indonesia,” ujar Wakil Panitera Pengadilan (PN) Negeri Surabaya Soedi Wibowo kepada wartawan di PN Surabaya, Rabu (16/4/2014). Permintaan kenaikan tunjangan, kata Soedi, adalah tuntutan yang wajar. Jam kerja panitera melebihi jam kerja pada umumnya. Apalagi saat bertugas pada sidang-sidang besar yang menjadi perharian publik. “Bahkan jam kerja panitera di pengadilan tipikor hingga larut malam karena sidang tipikor biasanya berlangsung hingga dini hari,” ujar Soedi. Ketua PN Surabaya Hery Supriyono berjanji akan menyampaikan aspirasi para PP kepada Mahkamah Agung (MA). “Berita ini yang wartawan muat pasti juga sudah terdengar oleh MA,” tambah Hery. Hery menerangkan, tunjangan per bulan yang diterima oleh panitera adalah Rp 350-375 ribu sehingga total gaji yang bisa dibawa pulang dalam sebulan mencapai Rp 3-6 juta tergantung pangkat dan golongannya. Gaji tersebut, diakui Hery, sangat jauh jika dibanding dengan gaji yang bisa dibawa pulang oleh seorang hakim. Dalam sebulan, seorang hakim bisa membawa pulang gaji Rp 21-25 juta. Selain menuntut kenaikan tunjangan, para PP juga menuntut 4 tuntutan lain. Tuntutan itu adalah realisasi kenaikan tunjangan remunerasi pegawai MA, realisasi perbaikan tunjangan fungsional Panitera Pengganti dan Jurusita, dan perbaikan promosi dan jenjang karir panitera pengganti dan jurusita. Aksi para panitera ini menghambat sidang di PN Surabaya. Padahal hari ini PN Surabaya akan menyidangkan 120 kasus pidana dan 15 kasus perdata. Pengadilan lain di Surabaya juga mesti terganggu dengan aksi para PP ini karena mereka juga bertugas di Pengadilan Tipikor (PT), Pengadilan Niaga dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya. (jpnn/udi) redaktur: marga N, layout: kurdi


KAMIS, 17 APRIL 2014

23

2 B. Dorotmund v Wolfsburg 0 GETTY

HALAU: Ricardo Vaz Te pemain West Ham United menghalau bola yang masuk pertahanan West Ham.

The Gunners Turunkan Target 3 Arsenal v West Ham 1 LONDON-Arsenal memang telah merevisi target arget mereka di Premier League. Bukan gelar juara lagi yang mereka kejar. Tapi, Arsenal hanya mengejar posisi empat besar di sisa perjalanan kompetisi musim ini. Nah, setelah sempat tercecer di posisi kelima, The Gunners-julukan Arsenal kembali ke posisi ideal mereka (empat besar). Posisi itu diraih menyusul kemenangan 3-1 (1-1) di Emirates kemarin dini hari WIB. The Gunners pun kini mengoleksi 67 poin, atau unggul satu poin dari Everton. Everton sendiri masih punya peluang untuk menggusur posisi Arsenal jika dini hari tadi mampu menaklukkan Crystal Palace. The Toffees-julukan Everton juga punya keuntungan karena menyimpan satu pertandingan lebih banyak ketimbang Arsenal. Namun jadwal sisa Arsenal sedikit lebih mudah. Arsene Wenger dan pasukannya tidak akan berhadapan dengan tim penghuni delapan besar di empat laga sisa. Bandingkan dengan Everton yang masih harus menghadapi duo Manchester (City dan United) di sisa lima laga mereka. Karena itulah, bomber Arsenal menilai kemenangan atas West Ham kemarin merupakan bekal positif bagi Arsenal untuk melakoni lima final. Lima final ? Ya, empat laga sisa Arsenal di Premier League memang serasa laga final karena hukumnya wajib untuk dimenangkan. Satu final lainnya adalah, menghadapi Hull City di final Piala FA. “Ya, dalam opiniku, kami punya empat final di Premier League dan satu final di Piala FA. Kami harus memenangkan semua

pertandingan dan berharap Everton membuat kesalahan,” papar Giroud kepada Mirror. Pada laga kemarin, Arsenal sempat tertinggal lebih dulu via gol winger Matthew Jarvis lima menit sebelum babak pertama berakhir. Namun Arsenal cepat merespon empat menit kemudian melalui gol Lukas Podolski. Di babak kedua, Arsenal memastikan kemenangan lewat gol-gol Olivier Giroud (55”) dan Podolski (78”). “Tertinggal lebih dulu potensial membuat kami kehilangan kepercayaan diri. Anda butuh untuk memperbaiki mental dan punya daya tahan,” kata Wenger kepada BBC. Wenger juga membeberkan alasannya menurunkan banyak pemain senior pada laga kemarin. “Ini adalah perjudian. Namun saya katakan sebelum pertandingan bahwa ini adalah tim tertua yang pernah saya mainkan di Arsenal. Jadi saya percaya kepada pengalaman para pemain,” imbuhnya. “Pengalaman selalu dibutuhkan untuk membantu Anda jika menghadapi kesulitan yang sangat serius,” timpal manajer yang menukangi Arsenal sejak 1996 itu. Sementara itu Manajer West Ham Sam Allardyce sangat kecewa dengan penampilan timnya. “Jika sudah unggul 1-0 sampai mendekati akhir babak pertama, hasil ini jelas adalah kekecewaan besar. Gol kedua membuat saya marah. Apalagi kami tak banyak menciptakan peluang,” ucap Allardyce seperti dilansir Sky Sports. Kekalahan sejatinya tak terlalu berpengaruh bagi West Ham. Sebab dengan poin 37 dan ada di posisi 11, The Hammers relatif aman dari jerat degradasi.(nur/bas/jpnn)

Nasib Wenger Belum Jelas KONTRAK Arsene Wenger sebagai manajer Arsenal akan habis pada 30 Juni mendatang. Sampai sekarang, masa depan pelatih Prancis itu masih belum pasti. Apakah akan lanjut ataukah hengkang dari Emirates. Berdasarkan laporan beberapa koran dan tabloid Inggris, Chief Executive Arsenal Ivan Gazidis sudah berbicara dengan Wenger terkait masalah ini. Sebelum laga melawan West Ham, Gazidis menyambangi pusat latihan Arsenal, London Colney di Hertfordshire. Menurut tabloid yang berbasis di London, Daily Mirror Gazidis mendiskusikan bagaimana kondisi Arsenal musim depan. “Pembicaraan ini adalah lanjutan setelah gagalnya kesepatakan penandatanganan kontrak dua tahun antara Arsenal dan Wenger Oktober lalu,” ucap sumber internal Arsenal kepada Mirror. Ketidakpastian ini membuat staff pelatih Arsenal berada dalam cengkeraman masa depan yang gelap. Salah satu sekutu terdekat Wenger, Boro Primorac digosipkan frustrasi dengan tak terangnya posisi Wenger. Primorac sudah

menjadi pembantu utama Wenger sejak masih berada di klub Jepang Nagoya Grampus pada 1995. Ketika Wenger pindah ke Arsenal pada 1996, Primorac diajak hingga detik ini. Kabarnya, pemilik saham mayoritas Arsenal, pengusaha asal Amerika Serikat Stan Kroenke sudah membuka harga untuk perpanjangan kontrak Wenger. Nilainya mencapai EUR 9 juta (Rp 142,3 miliar) pertahunnya. Tetapi memang pelatih 64 tahun itu belum memberikan jawaban. Bahkan gosip yang berkembang, raksasa Prancis, Paris SaintGermain ingin menarik pulang Wenger musim depan. PSG mencoba sekali lagi karena tawaran awalnya sempat gagal. Sebelum menolak PSG, Wenger juga sempat menolak Real Madrid dan Tim Nasional Inggris. “Kami sudah membuat rencana musim depan. Kami sangat fokus dan bekerja dengan keras. Setiap hari kami menghabiskan waktu untuk itu,” ucap Wenger kepada Sky Sports saat ditanyakan terkait masa depannya di Arsenal.(nur/jpnn/ary)

Gol ke-100 untuk Die Borussen BERLIN-Wajah Robert Lewandowski tidak hentihentinya memancarkan senyum saat Borussia Dortmund menaklukan VfL Wolfsburg 2-0 (2-0) dini hari kemarin (16/4). Itu karena striker asal Polandia ini berhasil menggenapkan gol ke-100 nya selama berkostum Die Borussen”julukan Dortmund dalam pertandingan semifinal DFB Pokal tersebut. Ya, dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Signal Iduna- Park itu, Lewy”sapaan akrab”Lewandowski ini berhasil mencetak satu di antara dua gol kemenangan Dortmund tersebut yakni pada menit ke-43. Sementara satu gol Dortmund lainnya dicetak oleh Henrik Mkhitaryan saat pertandingan baru berjalan 12 menit. “Tidak ada perasaan senang yang pernah saya alami selain malam ini,” ungkap Lewy kepada Sky Sport. “Ini adalah sesuatu yang sangat monumental, karena kalian harus tahu bahwa tidak banyak pemain yang bisa merayakan gol bersejarah mereka dalam laga bersejarah seperti ini,” tegasnya. Lewy bergabung dengan Dortmund sejak empat tahun lalu setelah ditranfser dari tim asal Polandia, Lech Posen 2010 silam. Nah, dengan suksesnya Dortmund lolos ke final tersebut, maka besar kemungkinan Lewy akan bertemu dengan tim masa depannya, p y , Bayern y Muenchen. Memang, pem pemain berusia 25 tahun ini sudah mendatangani ko kontrak untuk bergabung dengan Bayern musim depan. Tim besutan Pep Guardiola itu diprediksi kuat lolos ke final, na karena dalam pertandingan semifinal mereka hanya menantang tim dari tadi malam, m kompetisi level II, I Kaiserslautren. Seperti dike diketahui, pada 2012 silam, dalam turnamen yang dikenal dengan Piala Jerman ini, Dortmund juga bertemu dengan Bayern di final. Ketika itu, tim yang memiliki julukan lain Die Schwarzgelben atau The Black and Yellows ini sukses menggayang Bayern 5-2, dan Lewy berhasil membuat hat-trick. Secara terpisah, pelatih Dortmund Jurgen Klopp merespon dingin wacana Lewy yang tidak akan lagi dalam tim besutannya di musim depan itu, “Intinya kami sudah berada di final, dan semua akan baik-baik saja,” ucapnya. Menurut dia, mereka sudah mendapat tanda tangan Adrian Ramos, striker asal Kolombia untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Lewy tersebut. Terkait pertandingan tadi malam, Klopp mengatakan bahwa, salah satu kunci kemenangan mereka adalah, identifikasi kekuatan lawan secara dini yang sudah mereka lakukan kepada Wolfsburg. Kebetulan, kedua tim sudah dua kali bersua dan saling mengalahkan di Bundesliga musim ini. Sementara itu, arsitek Wolfsburg, Kosta Runjaic mengakui bahwa, tim besutannya mengalami kepanikan geklandang Henrikh Mkhitaryan menjebol gawang mereka saat laga baru berjalan 12 menit. “Kami seperti kehilangan fokus setelah gol itu. Tapi, setelah istirahat saya melihat para pemain sudah bisa keluar dari krisis tersebut, sayang itu sudah terlambat,” keluhnya.(dik/jpnn/ary)

Pirlo Siap Gantung Sepatu TURIN-Pensiun saat masih berada dalam puncak performa sudah jadi pilihan Andrea Pirlo. Piala Dunia 2014 bakal jadi aksi terakhir maestro berusia 35 tahun itu bersama tim nasional Italia. Cukup pensiun dari arena internasional, bukan di level klub. Gelandang milik Juventus itu akan menjalani turnamen major ketujuh dalam karirnya saat menjadi bagian tim di Brasil. Tak ada keinginan untuk meneruskan karirnya sebagai seorang pelatih. Hal itu terungkap dari wawancara untuk menyarikan buku otobiografinya, Penso Quindi Gioco (I Think, Therefore I Play). “Setelah Piala Dunia di Brasil, saya pensiun dari sepak bola internasional. Saya akan menggantung hati saya. Hingga saat itu, tak ada yang berani bertanya pada saya, termasuk Cesare Prandelli,” ujar Pirlo. Faktor usia disebut Pirlo sebagai alasan utamanya. Dia ingin memberikan kesempatan yang lebih banyak pada para pemain yang lebih muda. Keberadaannya di Azzurri (julukan tim nasional Italia), menurutnya, memberikan penghalang bagi para pemain potensial yang menempati posisi sama dengannya. “Saya sudah 35 tahun dan itu kemudian akan menjadi waktu untuk memberikan kesempatan pada orang lain. Menjadi bagian

dari tim yang menjadi milik semua orang membuat saya senang,” lanjutnya. Pirlo juga berbicara mengenai kehidupannya setelah tak lagi menjadi seorang pemain sepak bola kelak. Bukannya mengambil kursus kepelatihan untuk menularkan bakat besarnya. Dia lebih senang melanjutkan kehidupan di luar jalur yang membesarkan namanya. “Tak ada rencana melatih. Saya akan melanjutkan hidup, tak ada taruhan sesen pun pada saya untuk menjadi seorang manajer. Di masa mendatang, saya lebih suka kembali menjalani kehidupan pribadi saya,” terangnya. Siapa sangka, niat untuk pensiun sebenarnya sudah muncul di masa muda. Pirlo mengatakan sempat tercetus untuk pensiun usai kekalahan menyakitkan di Istanbul 2005. Saat itu, dia masih bersama AC Milan yang mengalami kekalahan adu penalti oeh Liverpool di Liga Champions. Padahal, Milan sudah unggul 3-0 di babak pertama. “Saya sempat berpikir tentang pensiun setelah hasil mengecawakan di Istanbul, itu tidak masuk akal. Final Liga Champions tahun 2005 hanya membuat saya tercekik,” ucap Pirlo. Para pemain Milan sempat menyentuh trofi Liga Champions setelah keunggulan telak.

FAMOUSWIKI

Andrea Pirlo ILLGAMIN.IN

Robert Lewandowski

Namun, 45 menit babak kedua menjadi maNamun lapetaka. Liverpool menyamakan kedudukan dan memaksakan adu penalti. Pirlo adalah salah satu eksekutor Milan yang gagal. “Bagaimana itu terjadi saya tidak tahu, tapi kenyataan tetap mengatakan bahwa ketika hal yang mustahil bisa menjadi kenyataan. Seluruh tim ingin bunuh diri massal, kami semua bergandengan dan melompat dari Bosphorus

Bridge,”” papar Pirlo. Bridge Pirlo Namun dua tahun kemudian raksasa Serie A itu berhasil membalas dendam, setelah berhasil mengalahkan Liverpool 2-1 di final Liga Champions 2006-2007, sekaligus menandakan trofi bergengsi itu untuk ketujuh kalinya bagi Rossoneri. Pada 2006, dia jadi pemain kunci Italia untuk meraih Piala Dunia 2006.(ady/jpnn/ary)

REDAKTUR: BAGUS ARY , LAYOUTER: DJ AMIEL


24

KAMIS, 17 APRIL 2014 WWW.MOTORVISION.DE & AFP

ITALIA

ANDALAN : Kevin Prince Boateng andalan Ghana yang dicintai fans tim berjuluk The Black Stars itu.

Ghana Optimis di Grup G TIM berjuluk The Black Stars, Ghana berada dalam grup neraka di Piala Dunia Brasil 2014. Yakni bergabung pada Grup G melawan Jerman, Portugal, Amerika Serikat. Padahal dari sisi Ranking FIFA, Ghana paling buncit, yakni menduduki peringkat 38 FIFA. Piala Dunia 2014 merupakan keikutsertaan mereka yang ketiga kalinya di turnamen ini. Dalam dua kali keikutsertaan sebelumnya, timnas Ghana selalu sukses melewati babak grup. Pada Piala Dunia 2006 timnas Ghana mencapai babak 16 besar, dan di Piala Dunia 2010 Ghana berhasil memperbaiki prestasi mencapai babak perempat final. Karena itu timnas Ghana sangat berambisi untuk kembali memperbaiki prestasi di Piala Dunia 2014 berupaya menjadi negara benua Afrika pertama yang menembus babak semifinal. Bisa dibilang timnas Ghana merupakan salah satu negara dari benua Afrika yang paling sukses persepakbolaannya. Kejayaan sepak bola Ghana sudah

berlangsung sejak awal era 1960-an. Dari tahun 1963 hingga 1970,  timnas Ghana berhasil dua kali menjadi juara serta dua kali menjadi runner up Piala Afrika. Satu yang membuat semangat Ghana terlejut, adalah rekor pada 2010 lalu. Pada pertandingan pertama Grup D Piala Dunia 2010, Ghana berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Serbia berkat gol penalti Asamoah Gyan. Di pertandingan kedua, Ghana selamat dari kekalahan saat melawan Australia, dan menuai hasil seri 1-1  berkat gol penalti yang dilesakkan oleh Asamoah Gyan. Pada pertandingan terakhir Grup D, Ghana kalah tipis 0-1 ditangan Jerman. Namun jumlah poin Ghana sudah cukup untuk dapat lolos ke babak 16 besar. Di babak 16 besar, Ghana berhasil menyingkirkan Amerika Serikat dengan skor 2-1 melalui babak perpanjangan waktu. Gol penentu kemenangan Ghana atas Amerika Serikat dicetak oleh Asamaoh Gyan pada menit ke-93. Hasil ini diharapkan bisa lebih baik pada 2014.

Prandelli Kantongi 18 Nama

Pemerintah Ghana menunjukkan perhatian cukup tinggi pada para pemain yang akan membela negara di Piala Dunia 2014. Salah satu caranya ialah dengan memberikan uang saku. Hanya saja, uang saku yang diberikan Pemerintah Ghana tak bisa dibilang besar. Laman MyJoyOnline, , Pemerintah Ghana akan memberikan USD 75 ribu atau sekitar Rp 843 juta (USD=11.243). Kabarnya, pemerintah Ghana tengah mempersiapkan dana sebesar USD 9,8 juta atau sekitar Rp 110 miliar untuk partisipasi di pesta sepak bola empat tahunan tersebut. Jumlah itu sebenarnya berkurang USD 20 juta dibanding persetujuan awal. “Berdasarkan diskusi kami, pemerintah menegaskan akan terus menjaga tradisi memberikan bonus dan berharap bisa menjaga rekor. Pada 2010 kami memberikan USD 75 ribu,” terang menteri olahraga Ghana, Elvis Afriyie Ankrah. Amerika Serikat sendiri menganggap Ghana adalah lawan yang sulit. Tim racikan Jurgen

Klinsmann itu mesti bersua Ghana, Portugal dan Jerman selama fase grup. Dari tiga lawan itu, Ghana akan menjadi lawan pertama bagi AS. Nah, Klinsmann pun bakal menjadikan Ghana sebagai ajang untuk meningkatkan konfidensi para pemain. Caranya ialah dengan memetik kemenangan. Bagi Klinsmann, kemenangan atas Ghana akan menjadi modal berharga menyambut laga kontra Portugal dan Jerman. Laga AS kontra Ghana akan digeber di Natal, 16 Juni mendatang. “Kami sangat membutuhkan tiga angka. Jika kami menang melawan Ghana, saya pikir kepercayaan diri kami akan meningkat. Para pemain akan siap melawan Portugal,” terang Klinsmann di laman ESPN.(jpnn/ary)

BRASIL-Pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli, mengaku sudah punya beberapa nama untuk dipanggil ke Piala Dunia 2014. Prandelli sudah punya sedikit gambaran soal kerangka tim yang akan dia boyong ke Brasil. Prandelli mengatakan, dia memang belum bisa memastikan 23 pemain yang akan dia bawa. Yang pasti, dari pemain yang dia panggil saat ini, sudah ada yang masuk dalam rencananya. “23 Pemain untuk Brasil? Saya pun belum tahu. Saya hanya punya 18 pemain dalam kepala saya. Untuk melengkapi itu, saya harus memahami dulu 18 pemain itu dan kemudian menambahnya dengan yang lain,” ujar Prandelli kepada wartawan, seperti dikutip Soccerway. Prandelli sendiri sudah memanggil 42 nama untuk mengikuti tes fisik sebagai persiapan menuju Piala Dunia 2014. Tes fisik ini merupakan salah satu persiapan Prandelli sebelum mengumumkan 23 pemain yang akan diboyong ke Brasil. Dari sekian nama yang dipanggil, ada beberapa yang sudah masuk kategori veteran. Sebut saja Francesco Totti (AS Roma), Gianluigi Buffon, Andrea Pirlo (Juventus), Luca Toni (Hellas Verona) dan Antonio Cassano. Untuk Totti dan Toni, Prandelli tak mau bicara terlalu banyak. Dia juga enggan mengungkapkan alasan kenapa keduanya masih dipanggil ke Gli Azzurri. “Untuk Totti kami harus punya rasa hormat, jadi saya tak akan bicara detail,” jelas Prandelli. “Saya tahu Luca sangat baik, dia juara luar biasa (musim ini), tapi mungkin akan lebih baik jika kita bicara semua pemain yang ada di Coverciano,” tandasnya.(viv/ary)

La Furia Roja Kelelahan

RADIOPLATABANDA.COM

Alejandro Sabella

Brasil Sejajar Spanyol BRASIL-Sebagai tuan rumah, Brasil dijagokan oleh banyak pihak sebagai salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia 2014. Tak terkecuali pelatih Argentina, Alejandro Sabella, yang menyebut Brasil memang selalu difavoritkan di setiap edisi Piala Dunia. Sabella juga mengatakan Brasil saat ini sejajar dengan juara bertahan Spanyol dan langganan semifinal Piala Dunia, Jerman. Titel juara Piala Konfederasi yang diraih pada 2013 adalah bukti Selecao merupakan kekuatan menakutkan pada Piala Dunia nanti. “Saya menganggap Brasil saat ini ada di level yang sama dengan Spanyol dan Jerman. Saya tak terkejut dengan apa yang mereka tampilkan di Piala

HOKYBET

Cesare Prandelli

Konfederasi. Faktanya, mereka tak pernah mengejutkan saya,” ujar Sabella, seperti dilansir situs FIFA. “A d a s e ju mlah alas an mengapa mereka jadi juara dunia sebanyak lima kali. Mereka selalu memiliki keunggulan dalam kemampuan fisik, sisi atletis, dan teknik yang fantastis. Mereka selalu menjadi favorit, termasuk saat ini, dengan menjadi tuan rumah,” katanya. Selain itu, Sabella juga berkomentar tentang kemungkinan berlangsungnya final Amerika Selatan, antara Argentina dan Brasil di Maracana. Meski berharap itu terjadi, pelatih berusia 59 tahun tersebut ingin fokus untuk membawa Argentina lolos dari fase grup.(viv/ary)

ARGENTINA-Kelelahan diprediksi akan menjangkiti timnas Spanyol di Piala Dunia 2014. Hal ��������������������� tersebut diungkapkan mantan pelatih Argentina, Cesar Luis Menotti. Tiga tim papan atas Spanyol, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid melakoni banyak pertandingan di musim 2013-14. Atletico dan Madrid menembus babak semifinal Liga Champions, sementara Barca berlaga hingga perempat final. “Saya melihat mereka mengalami kelelahan ekstrim. Ada banyak pemain yang telah bermain dalam terlalu banyak

pertandingan,” kata Menotti pada DPA. “Kelelahan bukan hanya masalah otot dan Anda tak bisa seketika pulih hanya dengan tidur atau beristirahat. Kelelahan bisa berasal dari komitmen, tanggung jawab, dan keharusan menang dalam setiap pertandingan,” lanjut pria yang membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1978 ini. Meskipun demikian, Menotti enggan mencoret Spanyol dalam kandidat kuat juara. La Furia Roja tetap diprediksi menjadi salah satu favorit. “Jika para pemain Span-

yol menunjukkan 80 persen kemampuan dari biasanya, mereka tetap akan menjadi kandidat kuat untuk menjuarai Piala Dunia,” ucap Menotti. Ajang Piala Dunia juga bisa menjadi arena pembuktian bagi Lionel Messi. Striker Barcelona ini perlu menunjukkan permainan terbaik bersama Argentina. “Saya pikir Messi akan membuktikan bahwa dia merupakan pemain besar di Piala Dunia. Apalagi saat ini dia adalah pemain yang sangat terkenal di seluruh dunia,” tegas Menotti.(viv/ary)

VIVA

KELELAHAN : Banyaknya laga di tim papan atas Spanyol bakal membuat pemain timnas kelelahan. REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: SLATEM


Mp1704