Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

Indonesia Young Readers Awards

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

WISATA SELOREJO HANCUR TOTAL

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Wewenang ternyata lebih penting dari uang, karena di balik wewenang ada tanggung jawab untuk bertanggung jawab atas wewenang yang diberikan kepadanya.’’

NGANTANG - Salah satu obyek wisata andalan Perum Jasa Tirta I, Taman Wisata Selorejo, Kecamatan Ngantang, porak poranda, ikut diterjang abu vulkanik Gunung Kelud, ketika meletus Kamis malam lalu. Hampir semua fasilitas gedung maupun pasar wisata, kios dan warung lesehan, atapnya ambruk, tak kuat menahan beban lapisan pasir vulkanik. Tak hanya itu, perahu-perahu wisata, termasuk speed boat dan sebuah kapal keruk, nyaris tenggelam di pinggiran bendungan tertimbun abu vulkanik. Padahal perahu-perahu tersebut, jadi sarana angkutan wisata mengelilingi bendungan yang elok itu. Namun kondisi bendungan Minggu kemarin, berubah keruh dan sangat kotor oleh tumbuhan eceng gondok dan abu Kelud.

M-TEENS SCHOOL COMPETITION

Membeludak, Pindah ke Aula Dikbud

Baca Wisata...Hal 7

RIZAL FANANI/MISKI/MALANG POST

KOTA MATI : Inilah kondisi desa di sekitar Selorejo yang seperti tak berpenghuni. Letusan kelud, membuat taman wisata jadi rusak. Foto lain, relawan memperlihatkan beras Bulog yang sudah rusak.

15 TON BERAS RUSAK, 1.500 PENGUNGSI SAKIT BATU – Sudah jatuh, masih tertimpa tangga. Kondisi itu tampaknya bisa menggambarkan kondisi pengungsian yang tersebar di Kota Batu. Bagaimana tidak, sekitar 15 ton beras Bulog yang didistribusikan untuk pengungsi, ternyata sudah rusak. Dalam waktu bersamaan, se-

dikitnya ada 1.500 pengungsi, yang mulai terserang penyakit. Mereka adalah bagian dari 14.559 pengungsi di 49 posko pengungsian. Penyakit yang menyerang diantaranya, Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), iritasi mata, hipertensi, maag, iritasi kulit, di-

Wasekjen PDIP Imbau Caleg Bantu Korban Kelud

Posko Pengungsian

are, demam dan muntah-muntah. Debu vulkanik dan bakteri, yang menyebabkan penyakit itu mudah menyerang. Kordinator Medis bencana Gunung Kelud, Susan Indahwati menerangkan, awal penyakit yang menyerang adalah ISPA.

titik

Kota Batu

49 titik

Pujon

58 titik

Baca Membeludak...Hal 7

Baca 15 Ton...Hal 7

ISTIMEWA

NAIK KERETA : SBY dan Ani Yodhoyono bersama sejumlah menteri, saat dalam perjalanan menuju Madiun

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, benar-benar nekat untuk segera melihat kondisi korban Gunung Kelud. Bahkan ketika seluruh bandara di Jawa Timur tertutup, SBY memilih naik kereta api. Berangkat kemarin pagi dari Stasiun Gambir, SBY didampingi Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri. Mereka menunggunakan KA Luar Biasa, menuju Madiun. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kediri, untuk meninjau langsung penanganan korban letusan Gunung Kelud. Rombongan Presiden SBY, meninggalkan stasiun Gambir Jakarta pukul 07.00 WIB. Presiden SBY dan Ibu Ani, tiba di Stasiun Madiun pukul 19.00 WIB.

Baca Jalur...Hal 7

Baca Sumbangkan...Hal 7

Duka akibat erupsi Gunung Kelud, masih dirasakan para korban. Tak terkecuali, mereka yang berdomisili di wilayah Kabupaten Malang. Seperti di sejumlah desa di Kecamatan Ngantang dan Kasembon, yang cukup parah terkena dampak erupsi. Seluruh korban terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya dan dievakuasi ke posko pengungsian.

Kana : Opo maneh oket Bali numpak bis, tambah kesel bes RIZAL FANANI/MALANG POST

NEKAT : Seorang ibu menggendong anaknya dalam kondisi jalanan berdebu.

Namun, memasuki hari ketiga pasca terjadinya erupsi, sebagian korban benar-benar mulai nekat. Lebih dari tujuh ribu orang pengungsi, diamdiam meninggalkan posko dan memutuskan kembali ke tempat tinggalnya. Pemandangan ini terjadi

Sumbangkan Semua Hasil Laga

di hampir seluruh posko yang ada di wilayah Kecamatan Pujon dan Kota Batu. Kenekatan ini tentunya membuat tim relawan kalang kabut. Termasuk, mereka yang sempat dievakuasi oleh saudara dan teman dekatnya.

Baca Bandara...Hal 7

Jalur Batu-Ngantang Dibuka, Ribuan Pengungsi Nekat Kembali

Ebes : Oyi jes, penerbangan ditunda, ngalup lewat Bali maneh

CHARITY MATCH AREMA VS PERSIKOBA

MALANG – Semangat Arema Cronus, untuk menggalang dana bagi korban letusan Gunung Kelud di Malang Raya, begitu besar. Tak heran, Singo Edan siap berlaga di pertandingan ujicoba yang bertajuk charity match atau laga amal, lawan Persikoba Kota Batu malam ini (17/2). Dengan kerjasama nyata antara Pemkot Kota Batu dan manajemen Arema, laga amal digelar di Stadion Brantas Batu. Pelatih Arema, Suharno menegaskan, manajemen maupun pemain tidak akan mengambil uang sepeserpun, dari hasil pengumpulan dana sukarela di stadion malam ini. ‘’Kita tegaskan. Manajemen dan pemain tidak akan ambil sepeserpun. Berapapun yang terkumpul saat laga amal, semunya diberikan untuk korban bencana alam Kelud,’’ tegas Suharno kepada Malang Post kemarin. Pelatih berusia 54 tahun ini menyebut, laga amal ini juga dimanfaatkan untuk beri kesempatan para pemain yang belum banyak turun. Arif Suyono, Gilang Ginarsa, Sunarto, Yericho Christiantoko, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Munhar, I Made Wardana hingga Irsyad Maulana bakal diutamakan untuk main di Stadion Brantas. Selain itu, tim pelatih juga setuju dengan ujicoba bertajuk laga amal, karena program Arema lebih longgar minggu ini.

Letusan Kelud yang Mengubah Segalanya (habis)

Kana : Untung pertandingan lawan Barito ditunda bes, pemain Arema kesel kabeh

Ebes : Kabeh onok hikmahe jes, lek ditunda pemain Arema lak osi entuk istirahat suwe, opo maneh mari ngene yo niam ndik turnamen AFC. Mugo-mugo kadit masalah.

titik

5

Bandara Jatim Tutup, ke Kediri SBY Naik Kereta

Ngalam

Ebes Pemain Kekeselen

7

Dau

GRAFIS: TEM,DEE/MALANG POST

MALANG - Wakil Sekjen PDIP, Ahmad Basarah, merasa sangat prihatin melihat kondisi Ngantang, yang porakporanda akibat letusan Gunung Kelud. Dia semakin trenyuh, saat menyaksikan sendiri penderitaan para pengungsi. Termasuk yang berada di pengungsian Desa Ngroto Pujon. Karena itulah, dia langsung menghimbau kepada seluruh caleg dari PDI Perjuangan, untuk membantu para pengungsi.

Baca Wasekjen...Hal 7

Kasembon

MALANG – Kemarin (16/2), peserta dari sebagian kompetisi M-Teens School Competition 2014 (MSC14), telah mendapat pelatihan dan pengarahan dari panitia. Diawali pembekalan untuk para peserta Student Journalist Competition dan diakhiri dengan Technical Meeting (TM) peserta Choir Competition. Penanggungjawab MSC14, DewiYuhana menjelaskan, Minggu kemarin merupakan TM periode pertama, selain para jurnalis dan fotografer, TM juga diberikan kepada peserta Honda Band Competition, Student Dance Competition, dan Choir Competition. ‘’Pembekalan dan TM digelar di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang karena jumlah peserta di tahun ini jauh lebih banyak dari tahun lalu, sehingga diperlukan ruang yang lebih representatif. Dikbud sebagai instansi pemerintah Kota Malang memberikan dukungan penuh dengan memberikan fasilitas aula untuk kegiatan ini,’’ urai dia panjang lebar. Dewi menambahkan, melalui pengarah kemarin, diharapkan peserta akan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai rangkaian kompetisi yang digelar pada 25 hingga 27 Februari mendatang.

Jawa Pos Group


nasional

senin, 17 februari 2014

2

tips pln

Jangan Anggap Listrik Kondisi Mati

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST IST/MALANG POST

TEPAT WAKTU: Batik Air menempati posisi teratas dalam ketepatan waktu penerbangan atau on time performance (OTP).

Batik Air Tepat Waktu, AirAsia Posisi Buncit Ketepatan Waktu Penerbangan JAKARTA-Meski terbelit utang sehingga berimbas pada kegiatan operasinal, ketepatan waktu penerbangan atau on time performance (OTP) Mer­ pati Nusantara ternyata tidak lebih buruk dibandingkan de­ngan maskapai lain selama 2013. Kepala Humas Ditjen Per­hubungan Udara Ke­men­ terian Perhubungan, Isra­ ful­h ayat menginformasikan

Mer­pati menduduki peringkat ketiga dari bawah dengan per­sentase 73,72 persen dari 36.267 penerbangan sepan­jang 2013. Posisi tersebut lebih tinggi dari Wings Air 72,37 persen (59.528 pener­ba­ngan) dan Indonesia AirAsia di posisi juru kunci dengan per­ sentase 71,58 persen (38.725 penerbangan). Dia melanjutkan, posisi

teratas ditempati Batik Air de­ngan persentase 89,59 persen (5.344 penerbangan) disusul Garuda Indonesia 84,05 persen (168.374 penerba­ ngan). Adapun posisi ketiga di­rengkuh Sriwijaya Air de­ ngan persentase 80,94 persen (71.903 penerbangan). Secara rata-rata keseluruhan, lanjut­ nya, total OTP pada badan usa­ha angkutan udara niaga ber­jad­wal dalam negeri dengan pangsa pasar lebih dari 3 per­sen periode 2013 adalah se­besar 77,85 persen dengan jumlah penerbangan 617.189.

Menurutnya, secara kese­ luruhan, faktor teknis opera­ sio­nal menjadi penyebab uta­ ma terjadinya keterlambatan penerbangan yaitu 46,52 per­ sen. Di samping itu, keter­ lambatan yang disebabkan oleh maskapai sebanyak 33,75 persen, penyebab faktor lainlain 14,82 persen dan faktor cuaca 4,95 persen. Terkait de­ngan pembatalan penerba­ ngan, kata dia, prosentase terbesar penyebab pembatalan penerbangan pada badan usaha angkutan udara dengan pangsa pasar lebih dari 3 persen peri-

ode 2013 adalah fak­tor lainlain sebanyak 1,67 persen. Sementara itu, pembatalan penerbangan yang disebabkan oleh maskapai adalah 0,41 per­ sen, faktor teknis operasional 0,12 persen dan faktor cuaca 0,03 persen. “Diharapkan pa­da tahun ini, OTP masing-ma­sing maskapai lebih me­ning­kat lagi, sehingga pengaduan pengguna jasa terkait keter­lambatan penerbangan ber­kurang yang akan berujung pada meningkatnya pelayanan jasa transportasi udara,” jelas­nya. (bi/mar)

Anak Krakatau Waspada Level II hanya mem­beri­kan rekomendasi agar tidak men­dekat dalam jarak 1,5 kilo­meter dari titik gunung merapi itu,” kata Anton, sapaannya. Menurut dia, jika mendekati kawasan Anak Krakatau dan terkena lontaran bebatuan pijar lava tentu akan ber­bahaya dan kemungkinan bisa meninggal. Suhu batu pijar tersebut antara 600 sampai 800 derajat Celcius. Sejauh ini, aktivitas kegempaan vulkanik Anak Krakatau relatif normal. “Saya kira kegempaan vulkanik dalam dan dangkal dan embusan relatif normal dan dinyatakan status waspada level II,” pungkas dia. (li/mar)

Gempa 212 Kali BANTEN- Belum selesai pe­nanganan terhadap erupsi Gunung Kelud, status anak Gu­nung Krakatau mulai di­ naikkan menjadi waspada level II, kemarin. Status ini me­rupakan hasil evaluasi pos pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Pasauran, Ke­ca­matan Cinangka, Ka­bu­ paten Serang, Banten. Mereka menelisik kegempaan vul­kanik gunung di perairan Selat Sunda tersebut, sudah men­capai 212 kali, akhir pekan kemarin. “Kami meminta masyarakat pesisir Banten tenang, karena ke­gempaan itu tidak menim­ bul­kan gelombang tsunami,” kata Anton S Pambudi, Kepala Pos pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Pa­sauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, kemarin. Ia menjelaskan, ke­

BAHAYA: Saat membersihkan atap disarankan untuk tidak menyentuh jaringan listrik. JAKARTA-PT PLN persero mengimbau agar masyarakat yang terkena dampak abu vulkanik akibat letusan Gunung Ke­lud agar berhati-hati saat membersihkan rumah. Ada be­ berapa hal yang mesti diperhatikan agar tidak tersengat listrik dan bahaya lainnya. “Pertama jangan menganggap listrik itu selalu mati. Jadi kalau ada kabel terbuka saat beres-beres ru­mah terus dipegang saja. Itu tidak boleh karena siapa tahu masih ada aliran,” kata General Manager Distribusi Jawa Ti­mur PLN, Ida Bagus Gede Mardawa kemarin. Kemudian yang kedua adalah saat membersihkan bagian atap rumah. Kondisi kabel listrik yang berada di atap rumah sangat berbahaya. Sehingga lebih disarankan untuk tidak menyentuh kabel kecuali dengan menggunakan peralatan yang sangat aman. “Masyarakat yang membersihkan atap, jangan sampai menyentuh jaringan listrik. Karena pasir yang menempel dapat menjadi perantara listrik,” ujarnya. Mardawa meng­imbau masyarakat agar menunggu sampai kondisi aman, sehingga tidak terlalu berbahaya. “Harus sangat berhati-hati membersihkan bagian genteng ke atas. Kalau perlu nanti tunggu sampai aman dulu baru ber­sihkan,” tegas dia. Ketiga, bila memang listrik sudah me­nyala, maka masyarakat harus lebih berhati-hati meng­gu­ nakan peralatan listrik. Matikan listrik jika tidak diperlukan lagi. “Tentunya untuk pemakaian listrik ketika menyala harus diperhatikan,” terangnya. Untuk pelaporan saat terjadinya gangguan listrik, PLN tetap menyiagakan beberapa posko pengaduan. (dk/mar)

bencana

Busyro Ingatkan Pejabat Korup JAKARTA- Letusan Gunung Kelud semakin menambah daftar panjang rangkaian bencana di Indonesia. Dalam kacamata wakil ketua KPK, Busyro Muqoddas, bencana-bencana itu seharusnya bisa mengingatkan para pejabat negara yang korup. “Melihat langsung debu, dahsyat peringatan langit bagi penguasa, elite parpol, calo politik dan calo bisnis yang terus menerus merampok harta rakyat yang diamanahkan ke negara,” katanya kemarin. Komisioner KPK bidang pencegahan itu mengingatkan agar para pejabat korup mau mengaca dari rangkaian bencana ini. Jangan malah ada beberapa pihak yang memanfaatkan bencana untuk kepentingan politiknya. “Jika habis musibah ini masih terus maling, menipu rakyat dan mendustai agama, memang pejabat bebal dan tuna moral,” tegasnya. Bagi Busyro, musibah-musibah yang melanda itu bisa menjadi pertanda alam. Alam sedang memberi isyarat agar Indonesia bisa membersihkan diri. “Debu dahsyat kali ini menjadi lumpur yang menjadi isyarat bahwa politik praktis penguasa, parpol, pengusaha yang tuna moral telah melumpuri Pancasila, konstitusi dan agama,” pungkas pria yang juga bermukim di Yogyakarta ini. (dk/mar)

IST/MALANG POST

GEMPA: Warga dan nelayan di sekitar Gunung Anak Krakatau diminta untuk tidak mendekat 1,5 km karena alami 212 kali gempa. gempaan vulkanik Gunung Anak Krakatau pada Sabtu tercatat 212 kali itu dian­ taranya, vulkanik A (dalam) 3 kali, vulkanik (dangkal) 177 kali, dan embusan 32 kali.

“Selain itu, juga kondisi Gu­ nung Anak Krakatau dise­limuti kabut tebal akibat vul­kanik kegempaan ter­sebut,” terang­nya. Pusat Vulkanologi dan Miti­gasi Bencana Geologi (PVMBG),

Bandung, Jawa Barat, mengingatkan nelayan maupun warga dilarang men­dekati kawasan Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda karena sangat mem­ba­ha­yakan. “Kami

Perubahan Iklim, Setengah Jakarta Bisa Tenggelam JAKARTA- Menlu Amerika Serikat (AS) John Kerry membeberkan dampak-dampak yang akan terjadi apabila perubahan iklim tidak disikapi secara serius oleh dunia. Salah satunya adalah bahwa permukaan air bisa naik hingga 1 meter dan me­n eng­g e­ lam­kan setengah ibu kota In­do­nesia, Jakarta. “97 per­ sen ahli iklim yakin bahwa perubahan iklim saat ini sedang berlangsung dan ma­nusia yang bertangung jawab. Dan mereka se­pa­ kat bahwa bila kita tetap menempuh cara yang sama dengan yang seperti ini, dunia akan berubah secara dramatis menjadi lebih John Kerry buruk,” kata Kerry dalam pidatonya tentang perubahan iklim di Pacific Place, Jakarta Selatan, kemarin. Menurut Kerry, perubahan iklim adalah sesuatu fakta yang telah dibuktikan oleh ribuan ilmuwan. Kerry kemudian menunjukkan fakta-fakta yang membuktikan bahwa perubahan iklim terjadi dengan sangat cepat. “Delapan dari 10 tahun terpanas dalam sejarah terjadi dalam satu dekade terakhir. Suhu bumi semakin panas, es di Kutub Utara mencair dengan sangat cepat, dan mengakibatkan naiknya permukaan air laut,” papar pria berusia 70 tahun ini. “Para ilmuwan mengatakan bahwa air laut diprediksi naik hingga satu meter. Itu bisa menenggelamkan setengah Ja­ karta,” lanjutnya. Menurut Kerry, masalah perubahan iklim bukanlah sesuatu yang rumit. Ini merupakan hal yang sederhana dan harus disikapi secepatnya. “Kita belum terlambat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah terjadinya perubahan iklim,” kata pria yang pernah menjadi capres AS di tahun 2004 ini. (dk/mar) redaktur: marga n, layout: kurdi


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

Beli iPhone Dapat Samsung MALANG – Promo penjualan digelar pihak iFind. Tidak main-main, pihak outlet yang beralamatkan di Mall Olympic Garden (MOG) Malang ini menggelar promo penjualan dengan memberikan gratis ponsel berbasis Android untuk setiap pembelian iPhone 5s. Supervisor iFind, Eko Susanto menjelaskan, promo ini pihaknya memberikan gratis ponsel Nokia 105, atau Nokia 107 atau 108 untuk setiap pembelian iPhone 5s 16GB. Pembeli juga akan mendapatkan gratis ponsel Lenovo A269i untuk setiap pembelian iPhone 5s 32GB. “Untuk pembelian iPhone 5s 64GB, kami memberikan gratis ponsel Android Samsung Galaxy Y Neo,” katanya. Namun begitu, pihaknya juga memberikan pilihan. Pembeli yang enggan dengan ponsel gratis tersebut bisa memilih cash back. Pria asal Surabaya ini pun mengatakan, cash back Rp 300.000 diberikan untuk pembelian iPhone 5s 16 GB seharga Rp 10,4 jutaan atau cash back Rp 500.000 untuk pembelian iPhone 5s 32 GB seharga Rp 11,8 jutaan. Atau mendapat cash back Rp 500.000 bagi pembelian iPhone 5s 64 GB seharga Rp 13,4 jutaan. “Kalau tidak mau ponsel, bisa pilih cash back. Promo ini kami berikan langsung,” paparnya. Eko mengungkapkan jika promo ini digelar hingga dua

IRA RAVIKA/MALANG POST

BONUS: iFind memberikan bonus membeli iPhone 5s gratis ponsel Android seperti Samsung. minggu kedepan. “Jumlahnya terbatas, pembeli yang tercepat itulah yang mendapatkan,” urainya. Sementara untuk spesifikasi iPhone 5s sendiri, Eko menjelaskan bila ponsel itu sudah dibekali dengan

sistem operasi iOS 7 dengan memaksimalkan performa mesin menggunakan processor Apple 7. Rumusan ini diyakini semakin membuat kinerja ponsel ini seperti sebuah

komputer yang canggih. “Untuk sensor, sudah tertanam accelerometer, gyro, proximity, dan compass,” katanya. Pada sisi display, ponsel ini sudah dibekali layar yang cukup besar yakni 640 x 1136

pixels, 4.0 inches (326 ppi pixel density) dan jenis layar yang digunakan pada ponsel berkelas ini LED-backlit IPS LCD, capacitive touch screen serta memiliki 16M colors. (vik/mar)

Nokia Graphics Solusi Foto Maksimal MALANG– Lumia menjadi produk unggulan Nokia. Sejak kali pertama dikenalkan, produk ini menyimpan banyak menu yang dapat diandalkan. Salah satunya adalah Nokia Graphics. Meskipun sangat sederhana, hadirnya menu ini membuat perangkat Lumia sejajar dengan perangkat kamera DSLR. Promotor Nokia Wahyu Swasono menjelaskan, pada menu Nokia Graphics, pengguna bebas melakukan pengaturan, diantaranya pengaturan komposisi foto, ISO, Kecepatan, kategori foto, white balance atau gear. “Pengaturan tersebut sama seperti yang terdapat pada kamera profesional. Tentunya, jika ingin mendapatkan hasil terbaik, pengguna wajib mengatur seluruh menu tersebut,’’ kata Wahyu. Dia pun mencontohnya, saat mengambil foto siang hari, pengguna wajib melakukan pengaturan ISO dan kecepatannya, sehingga hasil jepretan betul-betul terlihat natural. “ISO yang besar dengan kecepatan yang rendah akan berdampak pada foto yang over cahaya saat diambil pada

IRA RAVIKA/MALANG POST

UNGGULAN: Nokia Graphics hadir bak kamera DSLR dan menjadi unggulan dalam penjualan. siang hari. Tidak terkecuali saat malam hari, ISO kecil dengan kecepatann tinggi membuat gambar terlihat gelap.

Disinilah fungsi pengaturan tersebut,” kata pria asal Blitar ini. Dia menjelaskan, Nokia Graphics

tersebut betul-betul mengajarkan pengguna Nokia Lumia menjadi f o t o g r a f e r p r o f e s i o n a l . Wa h y u tidak menampik, jika Nokia juga menyediakan pengaturan otomatis pada kamera Lumia yang rata-rata dibekali dengan lensa Carl Zeiss ini. Namun begitu, umumnya para fotografer profesional enggan menggunakan mode otomatis, lantaran tidak mendapatkan foto yang maksimal. “Nokia cukup memahami keinginan para penggunanya. Terutama para pecinta fotografi. Itu sebabnya, selain menghadirkan kamera yang berkualitas, serta dukungan teknologi yang mumpuni, Nokia juga menyediakan berbagai pengaturannya, sehingga pengguna betul-betul mendapatkan hasil yang maksimal,” urainya. Menu Nokia Graphics ini dikatakan oleh Wahyu sebagai menu bawaan ponsel seri Lumia yang sudah berjalan dengan OS Windows Phone 8. “Untuk mendapatkan foto yang maksimal, Nokia Graphics inilah solusinya,” tandasnya. (vik/mar)

Venera Mulai Kenalkan VOLT V5 MALANG– Venera kembali mengenalkan produk unggulannya, yaitu VOLT V5. Perangkat baru ini cukup memikat. Selain hadir dengan desain premium, perangkat ini juga dibanderol dengan harga relatif terjangkau, yaitu Rp 1,7 jutaan. “Setiap paket pembelian, pembeli juga mendapatkan paket data gratis sebesar 6 GB selama 3 bulan dari SimPATI, Power Bank, MicroSD 4GB dan masih banyak lagi,” kata Team leader Erafone Mall Olympic Garden (MOG) Malang, Arie Kurnianto. Secara produk, Venera VOLT V5 ini merupakan ponsel yang mengusung layar 5 inci.

Tidak hanya luas, kualitas QHD dengan resolusi 540 x 960 piksel, memberikan rasa nyaman, saat bermain game ataupun menonton film. Bahkan, pengguna yang memiliki hoby melihat video streaming akan mendapatkan sensasi gambar luar biasa. “Kualitas HD yang ditanam mampu menampilkan gambar yang jernih dengan warna yang tajam. Sehingga pengguna pun akan mendapat kepuasan,’’ kata Arie. Kualitas gambar HD ini juga disupport mesin yang handal. Prosesor quad core. masingmasing memiliki kecepatan 1.2 GHz, serta didukung dengan memory RAM 512 MB mampu menjalankan berbagai aplikasi

IRA RAVIKA/MALANG POST

ASYIK: Line di BlackBerry membuat chatting dengan teman atau sahabat kian asyik.

dengan sangat mulus. Untuk penyimpanan internalnya, Venera menyiapkan wadah seluas 4GB, yang dapat diperluas hingga 32 GB menggunakan MicroSD. Pengguna yang memiliki hobi foto, juga tidak akan kecewa. Itu karena Venera menyiapkan dua kamera pada ponsel yang hadir dengan dua pilihan warna hitam dan putih ini. Kamera utama di belakang menggunakan lensa 8 megapiksel. Kamera tersebut dapat menghasilkan foto yang baik, jernih dan warna yang natural, lantaran didukung dengan teknologi CMOS. Sedangkan untuk pengguna yang hoby foto selfie, bisa memanfaatkan lensa berkekuatan 2 mega-

IRA RAVIKA/MALANG POST

PREMIUM: Venera VOLT V5, ponsel dengan desain premium dan harga terjangkau.

piksel yang terletak di bagian depan ponsel. Seperti ponsel pintar pada umumnya, perangkat ini juga dilengkapi

dengan koneksifitas Bluetooth, dan WiFi untuk pengguna yang ingin berselancar internet. (vik/mar)

Chatting Makin Asyik dengan Line MALANG– Sejak Agustus 2012 lalu, Line hadir di BlackBerry. Aplikasi instan messaging ini cukup mendapat perhatian. Terutama para kawula muda yang memiliki hoby chatting. BBM pada BlackBerry tidak cukup untuk menyiarkan hoby chatting, sehingga Line pun menjadi pilihan, dengan alasan aplikasi ini menyediakan berbagai imoticon yang lucu dan unik. Lantaran terus digunakan, dan jumlahnya cukup banyak, Line pun mengembankan sayap. Pada situs resminya, Line mengumumkan menghadirkan versi 2.0 untuk BlackBerry. “Sudah mendapat pemberitahuan dari Line, versi 2.0. Hanya saja saya belum

download,” kata Novita, pengguna Line di BlackBerry. Lantaran belum mendownload tersebut, Novita pun belum mengetahui tambahan fitur pada aplikasi tersebut. Namun menurut informasi, versi 2.0 ini Line menambahkan imoticon lucu, dan beragam stiker. Selain itu, Line juga menambahkan huruf Ratau D pada pesan yang dikirimkan. Bukan itu saja, Line versi 2.0 ini juga akan menghadirkan fitur baru seperti Locationbased atau Look Around. Namun begitu, Novita sendiri belum memahami fiturfitur tersebut. Perlu diketahui Line merupakan aplikasi instant messaging yang bisa digunakan di smartphone dan

komputer. Aplikasi ini bisa didownload hampir disemua platform, yaitu Android, iOS, Windows Phone, ataupun BlackBerry. Saat kali pertama dikenalkan, aplikasi ini sempat meghebohkan. Karena aplikasi ini dikatakan mengancam BBM. Te r l e b i h , j u m l a h penggunanya juga sangat banyak. Menurut informasi, pada Juni 2012 lalu, Line telah memiliki 49 juta pengguna di lebih dari 230 negara. Untuk pengguna BlackBerry bisa mendapatkan aplikasi ini melalui BlackBerry World. Tentu saja, untuk bisa mengakses dengan lancar pengguna wajib menggunakan data full service. (vik/mar)

3

HARGA PONSEL SAMSUNG Samsung Galaxy Grand Galaxy Fame Galaxy Young Galaxy Y Neo Galaxy Chat Galaxy Note 10.1 Galaxy Note 3 Galaxy Ace 3 Caramel E1272 Galaxy Camera GC 100 White Galaxy S4 Galaxy Note 8.0 Galaxy Mega (5.8) Galaxy Mega (6.3) Samsung REX 70 S3802 Galaxy Tab 3 (8.0) Galaxy Star Galaxy Tab 3 (10.1) Galaxy S4 mini Galaxy S4 Zoom Galaxy Core Galaxy Tab 3 (7.0) Galaxy Infinite

Rp 3.275.000 Rp 1.650.000 Rp 1.200.000 Rp 950.000 Rp 1.100.000 Rp 6.999.000 Rp 8.000.000 Rp 2.200.000 Rp 329.000 Rp 5.499.000 Rp 7.000.000 Rp 5.100.000 Rp 4.200.000 Rp 5.100.000 Rp 699.000 Rp 4.200.000 Rp 775.000 Rp 4.675.000 Rp 4.675.000 Rp 5.125.000 Rp 2.575.000 Rp 3.275.000 Rp 1.925.000

NOKIA Nokia 100 Nokia 101 Nokia 109 Nokia 110 Nokia 112 Nokia 208 Asha 205 Asha 206 Asha 305 Asha 310 Asha 311 Asha 210 Asha 501 Lumia 520 Lumia 620 Lumia 720 Lumia 820 Lumia 920 Lumia 625 Lumia 925 Lumia 1020 Nokia 108 Nokia 107 Lumia 1520

Rp 275.000 Rp 325.000 Rp 349.000 Rp 455.000 Rp 499.000 Rp 800.000 Rp 600.000 Rp 687.000 Rp 800.000 Rp 870.000 Rp 1.000.000 Rp 785.000 Rp 925.000 Rp 1.450.000 Rp 2.450.000 Rp 2.400.000 Rp 2.500.000 Rp 3.599.000 Rp 2.499.000 Rp 5.500.000 Rp 7.499.000 Rp 418.000 Rp 307.000 Rp 9.450.000

SONY Xperia ZR Xperia Z LTE Xperia E Single Xperia L Xperia Z Xperia TX Xperia C Xperia Z Ultra Xperia M Xperia E Dual Xperia M Dual Xperia Z1

Rp 5.749.000 Rp 5.999.000 Rp 1.499.000 Rp 2.999.000 Rp 6.299.000 Rp 3.999.000 Rp 3.499.000 Rp 6.699.000 Rp 2.499.000 Rp 1.599.000 Rp 2.599.000 Rp 8.499.000

LG LG G2 E985 LG Pro Lite LG Nexus 4 Optimus G LG Optimus L3 II dual LG Optimus L3 II Optimus L5 II Optimus L5II dual Optimus L7 II Optimus L7 II dual Optimus L9

Rp 6.299.000 Rp 6.999.000 Rp 3.199.000 Rp 3.499.000 Rp 4.299.000 Rp 1.175.000 Rp 1.080.000 Rp 1.785.00 Rp 1.880.000 Rp 2.190.000 Rp 2.599.00 Rp 3.199.000

BlackBerry BB Z10 BB Q10 BB Q5 BB Gemini 3G BB Dakota 9900 BB Tourch 2 BB Monza BB Belagio BB Samoa BB Davis BB Amstrong BB Z30 16 GB

Rp 3.799.000 Rp 5.699.000 Rp 3.599.000 Rp 1.299.000 Rp 4.499.000 Rp 2.799.000 Rp 1.999.000 Rp 3.199.000 Rp 2.499.000 Rp 1.599.000 Rp 1.999.000 Rp 7.999.000

LENOVO S890 A850 A516 P780 P780 (8GB) A690 S720 S920 (8 GB) S820 (8GB) A706 A1000 K900 (16GB) S920 (4GB) A369 S820 (4GB) A3000 S930 S960 K900 (32GB) A269i S650i B8000 B6000

Rp 2.499.000 Rp 2.299.000 Rp 1.599.000 Rp 2.999.000 Rp 3.199.000 Rp 800.000 Rp 2.049.000 Rp 2.699.000 Rp 3.199.000 Rp 1.999.000 Rp 1.399.000 Rp 3.499.000 Rp 2.499.000 Rp 999.000 Rp 2.899.000 Rp 2.349.000 Rp 3.499.000 Rp 4.499.000 Rp 4.999.000 Rp 799.000 Rp 2.999.000 Rp 4.699.000 Rp 3.699.000

HUAWEI Ascend G510 Ascend Mate Black Ascend Y210 Ascend Y300 S7 Vogue Tab 7 inci

Rp 1.899.000 Rp 3.999.000 Rp 899.000 Rp 1.499.000 Rp 2.599.000

iPhone 4 8 GB 5s 16 GB 5s 32 GB 5c 32GB 5c 16GB

Rp 4.199.000 Rp 10.499.000 Rp 11.999.000 Rp 9.999.000 Rp 8.699.000

Sumber Global Teleshop UPDATE: 16 FEBRUARI 2014 REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

RIZAL FANANY / MALANG POST

GERAK CEPAT: Seorang petugas PLN tengah membersihkan komponen arus listrik di sepanjang Jalan Raya Ngantang Ngantang, Kabupaten Malang. Malang Jika tak dibersihkan, abu hasil muntahan Gunung Kelud ini bisa mengakibatkan kerusakan dan konsleting. Salut untuk totalitas petugas ini.

Waspada Terhadap Si Kelud yang Siaga PUSAT Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status aktivitas Gunung Kelud menjadi Siaga (Level 3) pada Senin (10/2/14) yang sebelumnya berstatus waspada pada Minggu (2/2/14). Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang ini, mengalami peningkatan aktivitas. Penetapan Siaga oleh PVMBG mengacu pada frekuensi kegempaan. Berdasarkan catatan seismik terhitung sebelum pukul 18.00 WIB Senin (10/2/14), Gunung Kelud mengalami 108 kali gempa Vulkanik Dangkal (VB), 50 kali Vulkanik Dalam (VA) dan tektonik jauh satu kali. Pasca pukul 18.00 WIB, terjadi VA 28 kali, VB 91 kali, tektonik jauh dua kali dan suhu kawah 56oC. Selain meningkatnya gempa vulkanik, kronologis yang menjadi pijakan PVMBG menaikkan status Siaga adalah terlontarnya abu yang membumbung tinggi. Kemudian munculnya lava pijar yang berasal dari magma yang tertekan dari dalam perut gunung. Dengan status Siaga

ini, hanya tinggal setahap lagi Gunung Kelud menjangkau status tertinggi, yakni Awas (Level 4) yang ditandai dengan erupsi (letusan). Pertanda sederhana gunung akan meletus memang sudah tampak. Warga di Desa Ngancar Kabupaten Kediri dan di Kecamatan Nglegok Blitar dibuat panik pada Senin (10/2/14) karena adanya satwa liar seperti kera dan kijang yang turun dari gunung menuju tegalan-tegalan. Walaupun turunnya satwa liar tersebut mungkin tidak ada hubungannya dengan aktivitas Gunung Kelud, yang barangkali hewan tersebut sedang mencari makan, namun tidak dipungkiri bahwa salah satu tanda gunung akan meletus adalah banyaknya satwa liar turun dari gunung menuju perkampungan. Itulah yang dipercaya warga secara turun temurun. Sehingga masyarakat dihimbau tetap waspada namun tetap tenang. Menilik Letusan Kelud Sebelumnya Gunung Kelud termasuk tipe stratovulkan dengan karakteristik letusan eksposif (ledakan). Seperti banyak

SUMBER KOMIK STRIP COMICSTRIPSFORSMILE.WORDPRESS.COM

Oleh : ISNA AYU MUSTIKA

STAF BMKG SAWAHAN NGANJUK

gunung api lainnya di Pulau Jawa, Gunung Kelud terbentuk akibat proses subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Sejak tahun 1300 M, gunung ini tercatat aktif meletus dengan rentang jarak waktu relatif pendek (9-25 th), menjadikannya sebagai gunung api berbahaya bagi manusia. Pada abad ke-20, Gunung Kelud tercatat meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966 dan 1990. Tahun 2007 gunung ini kembali meningkat aktivitasnya. Mari kita tilik letusan 1919, 1990, dan 2007. Letusan 1919 merupakan letusan paling mematikan karena menelan korban 5160 jiwa, merusak sampai 15000 ha lahan produktif karena aliran lahar mencapai 38 km. Kemudian letusan 1990, letusan ini memuntahkan 57,3 juta m3 material vulkanik. Lahar dingin menjalar sampai 24 km dari danau kawah melalui 11 sungai yang berhulu di gunung itu. Lalu letusan efusif 2007 lalu yang menyebabkan 135000 jiwa yang tinggal pada radius 10 km harus mengungsi dan suhu air danau melebihi 74oC, jauh di atas normal 40oC,serta memunculkan kubah lava yang besar. Bagaimana menyikapi kondisi rawan bencana? Letusan Kelud 2007 memang berakhir melegakan karena sifat letusannya yang efusif (lelehan) dan gunung berapi ini hanya membangun kubah lava yang baru di kawah yang semula digenangi air sebagai danau. Namun jika kita mengingat sejarah letusan Gunung Kelud, hampir semua letusan didominasi oleh jenis eksplosif (ledakan) yang merusak, maka tatkala sudah berstatus Siaga seperti ini, harus diasumsikan bahwa

letusan yang akan terjadi mungkin bersifat eksplosif (walaupun kenyataannya belum tentu). Sebagai upaya untuk meminimalisasi jumlah korban, dikarenakan potensi ledakan yang bersifat eksplosif dan merusak, pemerintah dan badan yang berwenang dapat sesegera mungkin memberikan peringatan dan menghimbau warga akan bahaya bencana ini apabila aktivitas gunung memang sudah membahayakan warga. Misalkan himbauan tentang penghentian aktivitas warga di daerah dekat gunung dan mengungsi ke tempat yang lebih aman, tentang berapa radius aman dari Gunung Kelud, dll. Dan sebagai warga yang tinggal di daerah rawan bencana, sudah seharusnya kita mematuhi arahan-arahan tersebut. penghentian aktivitas ini bukan bermaksud untuk mematikan kegiatan warga dan mata pencaharian warga atau lainnya, melainkan demi keamanan dan keselamatan warga itu sendiri. Tidak ada salahnya untuk dipatuhi. Sementara arahan sudah diberikan, pemerintah pun perlu menyiapkan dengan baik posko-posko untuk mengantisipasi pengungsi apabila Gunung Kelud benar-benar meletus. Posko-posko sebaiknya dibangun di semua titik yang terkena imbas erupsi Kelud, misalkan di Kecamatan Nglegok, Ponggok, Garum dan Gandusari serta daerah-daerah lain yang berjarak sekitar 5-15 km dari Kelud. Perlu juga disiapkan tempat evakuasi bagi ternak warga. Pemkab harus menyiapkan dengan baik segala keperluan kalaukalau gunung yang berketinggian 1.731 mdpl tersebut meletus. Dengan status Siaga ini tentunya kewaspadaan masyarakat sangat perlu ditingkatkan. Kendati demikian ketenangan masyarakat harus tetap terjaga. Dengan sikap waspada dan sadar akan pentingnya keselamatan warga, komunikasi yang baik antara pemerintah dengan warga, serta persiapan yang baik pada segala hal yang diperlukan untuk antisipasi ancaman letusan Kelud, jumlah korban akan bisa diminimalisi bahkan tidak ada sama sekali. Siapapun pasti berharap supaya letusan ini tidak terjadi. Namun dalam perspektif mitigasi bencana alam, kita pun harus bersiap untuk yang terburuk, yakni jika letusan ini memang benar-benar terjadi.

Beban Psikologis Pengungsi SECARA psikologis para pengungsi korban bencana alam sangat lemah, karena mereka mengalami tekanan yang sangat berat. Mereka harus mengungsi meninggalkan rumah dan harta bendanya, tinggal di pengungsian yang kondisinya darurat, belum lagi ancaman bencana yang bisa datang setiap saat. Selain pemulihan fisik dan infrastruktur yang tak kalah pentingnya adalah pemulihan kejiawaan para korban bencana. Para korban bencana gunung Kelud saat ini berada dalam kondisi yang memrihatinkan secara fisik dan psikis setelah mereka tertimpa bencana yang sangat hebat. Bantuan kepada mereka akan membantu untuk memulihkan kondisi hidup mereka, meskipun tidak bisa seperti semula, tentu ada yang berkurang. Kepedulian masyarakat terhadap korban bencana tidak diragukan lagi, mereka memberikan bantuan aneka barang yang dibutuhkan pengungsi. Kehadiran masyarakat saat menyumbang, sambil berdialog dengan korban, akan menjadi terapi khusus untuk mengurangi beban penderitaan mereka. Secara fisik mereka dibantu dengan barang untuk memenuhi aneka kebutuhan hidupnya, selain itu mereka merasa diperhatikan oleh yang lain, saat mereka mengalami penderitaan. Selain berbagi barang, juga berbagi kisah tentang penderitaan yang dialami pengungsi. Para petugas, relawan dan masyarakat yang datang ke lokasi pengungsian harus mampu menjaga perasaan agar tidak menimbulkan masalah psikologis bagi pengungsi. Dalam kondisi darurat tersebut tidak menutup kemungkinan munculnya berbagai informasi yang tidak akurat yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Saat ledakan gunung Kelud, muncul berbagai informasi yang justru membingungkan para korban. Misalnya, ada isu yang beredar di kalangan korban bahwa gunung Kelud akan meletus lagi dengan mengeluarkan gas beracun. Tentu saja isu tersebut membuat para pengungsi takut, karena mereka tidak tahu lagi harus lari ke mana kalau ancaman baru tersebut benar-benar terjadi. Putusa asa dan rasa takut senantiasi membayangi para pengungsi, ditambah keinginan yang besar untuk segera kembali ke rumah. Tak sedikit pengungsi yang nekat kembali ke rumah yang berada dalam lokasi bahaya. Mereka mengabaikan imbauan petugas agar dalam lokasi tertentu harus steril karena dikhawatirkan munculnya bahaya baru. Kondisi gunung memang bisa dipantau, tapi kapan datangnya ledakan yang lebih besar tidak ada yang tahu. Itulah sebabnya, kehadiran petugas yang kompeten untuk memberikan informasi kpada para korban sangat dibutuhkan agar para pengungsi bisa mendapatkan informasi yang valid. Memang tidak bisa dihindari munculnya ledakan baru, tapi informasi tersebut biasanya diberikan oleh pihak yang kompeten. Jangan sampai informasi liar beredar di kalangan pengungsi yang akan menimbulkan keresahan. Masalah yang terkait dengan perkembangan gunung, ledakan baru, semburan gas beracun maupun lahar dingin bersamaan dengan hujan, harus disampaikan oleh pihak yang kompeten. Ini penting, agar masyarakat tidak dibingungkan oleh informasi yang menyesatkan. (redaksi@malang-post.com)

REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI


KOMUNIKASI BISNIS

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

5

BUMN

Pertamina Amankan Pasokan Fame

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

TERJEBAK: Abu vulkanik dari Gunung Kelud membuat sejumlah penerbangan terhenti, termasuk rute Malang – Balikpapan yang dioperasikan Kalstar Aviation.

Besok, Kalstar Terbang Kembali MALANG - Bandara Abd. Saleh Malang memang sudah membuka kembali jalur penerbangan pasca ditutup 14 Februari lalu akibat erupsi Gunung Kelud. Namun calon penumpang salah satu maskapai, yakni Kalstar Aviation masih harus bersabar menunggu penerbangan dari Malang ke Balikpapan hingga Selasa (18/2) besok. Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Samsu Riswanto mengatakan jika Kalstar masih belum melayani penerbangan, layaknya maskapai lain yang sudah mulai beroperasi. “Kalstar memang belum bisa melayani penerbangan hingga Senin besok. Menunggu kabar dari Solo,” katanya.

Menurut dia, pesawat Kalstar saat ini tertahan di Solo dampak dari erupsi letusan Gunung Kelud. Sementara, Bandara Adi Sumarmo masih ditutup hingga Senin (17/2) ini. Rencananya, baru Selasa (18/2) dibuka kembali, itupun masih melihat perkembangan di Senin. “Informasinya sudah siap untuk bandara. Tetapi Kalstar juga masih harus melihat kesiapan pesawat, setelah beberapa hari diguyur abu. Siapa tahu ada permasalahan, semoga Selasa tetap sesuai jadwal,” bebernya, kemarin (16/2). Menurut dia hal inilah yang membuat Kalstar terhambat memulai penerbangan kembali. Maskapai yang berkantor pusat di Serpong ini tidak hanya bergantung

pada Bandara Abd Saleh atau Sepinggan di Balikpapan, sebab rute penerbangan juga berawal dari Solo. “Inilah tidak enaknya bila masih menggunakan satu armada untuk beberapa jalur. Tidak bisa seperti maskapai Sriwijaya, Citilink dan Garuda yang sudah terbang,” papar dia kepada Malang Post. Praktis, selama empat hari tidak beroperasi, Kalstar pun mengalami kerugian ratusan juta. Dia mencontohkan untuk satu rute saja, yakni Malang-Balikapapan, kerugiannya sekitar Rp 140 juta. “Perhitungannya, dalam sehari untuk tujuan Balikpapan membawa 70 penumpang, dengan harga tiket Rp 500 ribu. Di-

kalikan dengan empat hari,” urai Samsu. Namun dia juga tidak bisa berbuat banyak dengan adanya force majeur ini. Hanya dia berharap, Selasa besok sudah mulai Kalstar sudah benar-benar bisa terbang lagi. Sebab penumpang juga mulai menunggu keberadaan pesawat tersebut untuk melayani penerbangan. Terpisah, Sales Manager Citilink Malang, Fajar Indra mengakui jika Citilink langsung terbang Minggu kemarin. “Langsung melayani penerbangan di hari kedua, hari pertama lalu masih simpang siur dan beresiko. Kami tidak berani seperti yang dilakukan Sriwijaya. Arahan manajemen juga baru hari Minggu,” tandasnya. (ley/fia)

Neraca Pembayaran RI Defisi Rp 73 Triliun JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) di keseluruhan tahun 2013 tercatat defisit US$ 7,3 miliar setelah sebelumnya surplus US$ 0,2 miliar pada 2012. Angka ini setara dengan Rp 73 triliun jika menggunakan mata uang rupiah. Defisit NPI 2013 dipengaruhi melebarnya defisit transaksi berjalan menjadi US$ 28,5 miliar (3,26 persen PDB), lebih besar daripada defisit US$ 24,4 miliar (2,78 pesen PDB) pada tahun 2012. “Perkembangan ini dipengaruhi melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia dan turunnya harga komoditas global, yang kemudian berdampak pada penurunan ekspor Indonesia yang banyak berbasis sumber daya alam,” demikian disampaikan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara. Dijelaskan Tirta, defisit transaksi berjalan juga dipengaruhi belum kuatnya kapasitas produksi domestik dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan barang modal serta kebijakan energi nasional yang belum optimal, yang pada gilirannya mendorong masih besarnya impor, meskipun telah mencatat pertumbuhan negatif di 2013. Selain itu, neraca jasa dan neraca pendapatan yang masih mencatat defisit juga berpengaruh pada defisit transaksi berjalan. Pada sisi lain, defisit NPI 2013 juga berasal dari berkurangnya surplus transaksi modal dan finansial dari sebelumnya US$ 24,9 miliar pada 2012 menjadi US$ 22,7 miliar pada tahun 2013. “Penurunan transaksi modal

finansial terutama terjadi pada triwulan II dan triwulan III 2013 selain dipengaruhi turunnya modal masuk ke Indonesia yang dipicu oleh meningkatnya ketidakpastian di pasar keuangan global terkait rencana pengurangan stimulus moneter AS (tapering off) juga dipengaruhi persepsi negatif investor asing terhadap inflasi yang sempat meningkat dan defisit transaksi berjalan yang melebar,” katanya. BI memperkirakan NPI pada 2014 akan lebih baik dan ditopang oleh cadangan devisa yang meningkat. Prospek perbaikan NPI 2014 dipengaruhi perkiraan menurunnya defisit transaksi berjalan, didorong prospek perekonomian global yang menguat di tengah perekonomian domestik yang diperkirakan masih melakukan konsolidasi. Perbaikan perekonomian global yang akan diikuti membaiknya harga komoditas ekspor Indonesia diperkirakan dapat mendukung peningkatan ekspor nonmigas. Sementara itu, impor nonmigas diprakirakan lebih terkendali seiring penyesuaian permintaan konsumsi domestik. Prospek NPI 2014 yang membaik juga didorong perkiraan meningkatnya surplus transaksi modal finansial sejalan sentimen positif investor asing terhadap prospek penanaman modal di Indonesia. “Ke depan, Bank Indonesia akan terus mencermati risiko yang bersumber dari perekonomian global, terutama risiko dari normalisasi kebijakan the Fed dan risiko dari melambatnya ekonomi China yang dapat mempengaruhi prospek kinerja NPI,” tutup Tirta.(dtc/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

NAIK: Pencapaian transaksi dari mail dan parcel naik Rp 52 juta.

Omzet Mail dan Paket Capai Rp 1,97 Miliar MALANG – PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Malang mencatatkan omzet mail dan parcel sebesar Rp 1,97 miliar di bulan pertama tahun 2014 ini. Raihan tersebut meningkat Rp 52 juta ketimbang periode yang sama tahun 2013. Manager Penjualan Kantor Pos Besar Malang, Rusdianto menyebutkan, tahun lalu pencapaiannya Rp 1,92 miliar. “Bila dilihat secara kasat mata memang pencapaiannya lebih baik dibanding periode yang sama di tahun 2013,” sebutnya. Hanya saja, sebenarnya dia menargetkan angka Rp 2,1 miliar di awal tahun ini. Sehingga secara prosentase, omzetnya baru tercapai 91,6 persen. “Pencapaiannya masih belum bisa 100 persen dari target. Peningkatannya juga masih jauh lebih

baik awal tahun 2013 lalu,” beber dia kepada Malang Post. Sementara itu, bila dibandingkan dengan medio Desember 2013, penjualan yang terdiri dari mail, parcel dan pengiriman internasional ini masih lebih baik. Pencapaian bulan terakhir tahun lalu sebesar Rp 1,96 miliar. “Padahal Januari lalu kami sempat khawatir dengan banyaknya bencana di Indonesia, yang berimbas pada omzet pengiriman. Sebab, beberapa orang juga menahan diri untuk mengirim paket ke Jakarta atau Manado hingga keadaan aman dan lancar. Sehingga hasilnya bisa melebihi omzet Desember tentu saja masih bagus,” papar dia panjang lebar. Omzet yang digapai Kantor Pos ini masih didominasi oleh pengiriman surat. Yang mana

hasilnya mencapai Rp 990,9 juta. Sedangkan untuk pengiriman paket sebesar Rp 605,9 juta. Satu kategori lagi yakni pos internasional, yang terdiri dari pengiriman barang dan dokumen atau surat. “Omzet pos internasional juga meningkat di awal tahun ini. Dari angka Rp 346 juta, kini mencapai Rp 375,7 juta. Sebagian besar untuk pos internasional menggunakan EMS, entah itu barang maupun dokumen,” imbuhnya. Rusdianto merinci, omzet total Januari lalu terbagi dalam jenis ritel yang mendominasi sekitar 75 persen, dan sisanya dari mitra atau korporat. “Pendapatannya Rp 1,49 miliar dari ritel, dan Rp 472,9 dari korporat,” pungkas pria asal Sidoarjo ini. (ley/fia)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) amankan pasokan minyak olahan sawit yang akan dicampur dengan solar (biodiesel) atau FAME sampai tahun 2015. Saat ini sudah ada 45 persen atau 2,4 juta kiloliter (KL) dari total 5,3 juta KL kebutuhan. “Dari dua kegiatan pengadaan yang sudah tuntas dengan total kebutuhan FAME yang ditawarkan sebanyak 5,3 juta KL untuk periode 2014-2015 sejauh ini baru mendapatkan kepastian pasokan sebanyak 45 persen atau 2,4 juta KL,” kata Vice President Corporate Communication, Ali Mundakir. Dalam peraturan Menteri ESDM No.25/2013 disebutkan untuk pasokan FAME maka Pertamina harus melakukan pengadaan. Pada proses pengadaan pertama, Pertamina mendapatkan pemasok FAME untuk 9 cluster yang sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan lelang dengan total volume 1,24 juta KL. Kemudian pengadaan kedua dilakukan pada 17 cluster yang belum mendapatkan pemenang. Untuk menjaring lebih banyak kapasitas produksi produsen FAME, Pertamina mengembangkan cluster sehingga jumlahnya 30 cluster dan diperoleh pasokan FAME untuk 15 cluster dengan total volume 1,14 juta KL. “Pertamina selanjutkan akan melakukan pengadaan melalui proses tender untuk wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, dan sebagian Kalimantan, Sulawesi dan Papua dengan total kebutuhan sekitar 850.000 KL per tahun,” ujarnya. Berdasarkan catatan Pertamina, sejak 2009 hingga 2013 pertumbuhan pemanfaatan FAME sebanyak 653 persen, yaitu dari sekitar 126.098 KL pada 2009 menjadi 930.561 KL pada 2013. Prinsip utama dalam proses tender tersebut, sebagaimana instruksi pemerintah, Pertamina melakukannya dengan terbuka dan menjangkau sebanyak mungkin kapasitas produksi produsen FAME Indonesia serta dengan target harga FAME maksimal MOPS Solar. “Namun harus diakui, hambatan dirasakan untuk dapat mencapai target yang sudah ditetapkan, utamanya untuk pengadaan FAME di wilayah Indonesia Timur, di mana produsen umumnya tidak sanggup memenuhi ketentuan harga FAME maksimal MOPS Solar. Untuk itu, Pertamina kini mengkaji berbagai alternatif solusi terbaik untuk pengadaan FAME di wilayah tersebut,” terangnya.(dtc/fia)

Bitcoin, Tak Sah tapi Bebas Beredar JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memang telah mengeluarkan imbauan terkait mata uang virtual bitcoin. Diantaranya adalah dengan menegaskan bitcoin bukan alat pembayaran yang sah. Kemudian peredarannya dibebaskan, namun risiko ditanggung pengguna. CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan imbauan itu sebenarnya menjadikan lampu hijau bagi para trader bitcoin. Sebab tidak ada pelarangan untuk Bitcoin beredar. Seperti pada beberapa negara lain. “Sebenarnya statement yang dikeluarkan oleh BI adalah pengulangan dari UU. Artinya itu adalah lampu hijau bagi kami. Karena memang ini bukan alat pembayaran. Tapi diperbolehkan beredar asalkan risiko ditanggung pengguna sendiri,” ungkapnya. Negara yang menerapkan aturan ini diantaranya adalah Singapura, Malaysia, Prancis, Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ia menilai positif dari imbauan BI. “Itu pernyataan yang sangat positif. karena itu menegaskan peredaran itu diperbolehkan. Persis dengan yang ada di Singapura, Malaysia, Korsel, Prancis, ISTIMEWA AS yang artinya me- SIMBOL: Logo Bitcoin, mata uang virtual miliki status hijau. ini tengah menjadi perbincangan hangat Beda dengan Cina dsejumlah negara, termasuk Indonesia. yang tidak memperbolehkan untuk pasar keuangan itu mereka masih lampu kuning,” paparnya. Oscar mengakui dalam transaksi di Indonesia memang hanya boleh menggunakan rupiah. Termasuk juga dalam menetapkan harga untuk transaksi. Sehingga pada kategorinya bitcoin bukan mata uang, melainkan komoditas. “Bitcoin itu bukan mata uang. Kan artinya jatuh sebagai barang. Itu akan disamakan dengan Singapura dan Malaysia. Karena memang bukan mata uang tapi komoditas. itu bisa kita mengerti, bahwa di Indonesia itu jelas transaksi di Indonesia itu dengan rupiah, bukan yang lain,” terangnya. Oscar pun menargetkan volume transaksi bisa mencapai 100 bitcoin per hari atau senilai dengan Rp 800.000.000 per hari (dengan kurs sekarang) pada tahun 2014. Target tersebut jauh di atas capaian saat ini yang hanya sekitar Rp 80.000.000 per hari. “Targetnya tahun ini secara volume 100 bitcoin per hari atau senilai Rp 800 juta per hari. Kalau sekarang hanya 10 persen dari itu. Jadi kita akan naiknya 1000 persen,” ujarnya. Besar kemungkinan dengan Bitcoin Marketplace ini maka harga Bitcoin di Indonesia akan memiliki pergerakan pasar yang berbeda dengan di US sebagaimana yang terjadi di China. Tidak lagi bergantung kepada perputaran Bitcoin dan US Dollar.(dtc/fia)

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


PERJANJIAN BATUTULIS

Diungkit untuk Jatuhkan Jokowi

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KANDIDAT: Dahlan Iskan ketika mengikuti debat capres di Grand City Surabaya, beberapa waktu lalu. Partai Demokrat disarankan untuk mencapreskan Dahlan Iskan bila ingin selamat.

Kalau Mau Selamat, Capreskan Dahlan Iskan Partai Demokrat JAKARTA-Partai Demokrat memang jeli dalam memanfaatkan momentum politik yang ada dengan memasukkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan sebagai bagian dari keluarga besarnya dalam konvensi calon presiden Demokrat. Kehadiran Dahlan Iskan yang memiliki nilai tawar tinggi di mata publik secara otomatis membuat Partai Demokrat tertolong diambang kehancurannya pada pemilu 2014. “Dahlan Iskan itu punya magnet dan daya tarik. Menurut saya harus Dahlan, yang lain kurang menjual di antara 11 peserta konvensi itu. Hampir semua rilis survei menempatkan Dahlan di urutan pertama,” ujar pengamat

komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Harmonis, kemarin. Lebih lanjut dia menganalisa, keuntungan Partai Demokrat menggaet bos media Jawa Pos Group itu karena pem bawaan Dahlan Iskan yang cenderung tampil apa adanya dan akrab dengan masyarakat. Tentu saja kekuatan lain yang tidak kalah penting yang dimiliki Dahlan Iskan, tambah Harmoni, adalah adanya kekuatan media yang saat ini dikendalikannya. “Kalau mau selamat di Pemilu 2014, Demokrat harus buru-buru Capreskan Dahlan,” jelasnya. Dalam pemberitaan sebe-

lumnya, nilai jual Partai Demokrat semakin mengalami tren penurunan dan diprediksi runtuh pada Pemilu 2014. Hasil survei terakhir yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada Januari 2014, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini hanya berada di angka 4,7 persen. Itu artinya, Konvensi Capres yang digelar Demokrat belum mampu secara signifikan menaikkan pamor dan elektabilitasnya. SBY akan Fair PENASIHAT pencapresan Dahlan Iskan, TB Silalahi menyatakan SBY sebagai Ketua Umum Demokrat akan objektif melihat kemonceran Dahlan. Menurutnya, SBY akan bijaksana tanpa mempertimbangkan

faktor kedekatan kekerabatan untuk mendukung salah satu peserta konvensi. “Itu janji beliau. Pak SBY akan fair dan akan memberikan yang terbaik (siapapun pemenang konvensi nanti),” kata TB Silalahi di Hotel Aryaduta, Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin. Pria yang biasa dipanggil TB ini masih ingat, SBY pernah menyatakan saat pembukaan konvensi bahwa selaku Ketua Umum, dirinya akan netral dan tak menganak-emaskan salah satu peserta konvensi. Kontestasi mencari capres Demokrat itu akan ditentukan secara objektif lewat komite konvensi. “Sebenarnya SBY adalah seorang Demokrat sejati. Dan pada waktu pembukaan konvensi, beliau tegas, dari 11 peserta konvensi

tidak ada yang diuta makan (semua diperlakukan setara). Hasil konvensi ditentukan oleh komite konvensi lewat lembaga survei,” tutur mantan tim sukses SBY pada Pilpres 2004 ini. Menurutnya, jika bukan Dahlan yang memenangi konvensi menjadi capres Demokrat, maka pihak Dahlan akan tetap mendukung siapapun capres Demokrat nantinya. “Yang jelas, Dahlan tetap optimis menatap pencapresan. Kita sama sekali tidak me remehkan peserta konvensi lain, tidak takabur. Ini adalah kompetisi di antara sesama sau dara, kita tidak ingin mere mehkan peserta lain. Siapapun yang menang, kita akan du kung,” tandas TB. (dk/mar)

Akbar Tanjung : PDIP Saingan Berat Golkar DENPASAR- Ketua Dewan Per timbangan Partai Go longan Karya (Golkar), Akbar Tanjung mengatakan bahwa hanya PDIP yang menjadi saingan terberat partai politik berlambang pohon beringin itu pada Pemilihan Umum Legislatif 9 April 2014. Dia mengatakan, beberapa lembaga survei mengatakan jika Golkar mendapat tempat teratas, tetapi lembaga survei lainnya menempatkan PDIP teratas. “Dua partai ini saling kejar mengejar, dan Golkar harus be kerja keras untuk merebut suara terbanyak,” katanya pada acara pembekalan “Badan Pemenangan Pemilu

Partai Golkar” di Sanur, Bali, akhir pekan kemarin. Ia mengatakan berbagai lembaga survei independen me nyebutkan kedua partai tersebut saling kejar. Saat ini, elek tabilitas Partai Golkar sudah sangat baik, sedangkan PDIP terus membayang-bayangi. Akbar Tanjung mengatakan bahwa PDIP menjadi saingan utama Partai Golkar karena beberapa alasan, antara lain soal kemenangan PDIP di beberapa provinsi di Indonesia seperti DKI, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). “Kemenangan ini sangat ber dampak pada elektabilitas partai.

Politikus

Bahaya Bila Jadi Hakim Konstitusi

IST/MALANG POST

BAHAYA: Pembatalan UU No 4/2014 terkait cakim konstitusi dilarang aktif di parpol, dianggap membahayakan. JAKARTA- Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan UU No 4/2014 yang salah satu poinnya adalah calon hakim (cakim) konstitusi dilarang aktif di partai politik (parpol) minimal 7 tahun. Pakar hukum Refly Harun memandang hal ini berbahaya bagi demokrasi. “Bayangkan jika politikus boleh jadi hakim konstitusi, tentu keputusan pemerintah tidak ada yang dianggap melanggar undang-undang oleh MK,” ujar Refly saat diskusi di Galeri Cafe Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, kemarin. Menurut Refly karena UU tersebut dibatalkan MK maka dimungkinkan elite parpol menjadi hakim MK. Apalagi jika partai pemenang pemilu memperoleh suara sangat besar saat Pemilu. “Misalnya saja yang menang PDIP, nanti di DPR kan boleh milih tiga calon hakim nah misalnya yang dipilih PDIP semua. Kemudian dari pemerintah juga mengusulkan politikus PDIP tiga orang jadi hakim. Jadi paling tidak ada enam orang dari PDIP yang jadi hakim konstitusi,” papar Refly. (dk/mar)

Akbar Tanjung Apalagi di DKI Jakarta dan Jateng, karena kedua daerah ini bisa memberikan citra

bagi PDIP,” ujarnya. Selain itu, katanya, tampilnya beberapa figur muda di PDIP, seperti Jokowi dan Gan jar Pranowo yang bisa membangun citra dan meningkatkan elektabilitas PDIP. Berhadapan dengan hal-hal seperti itu, katanya, Partai Gol kar harus mampu meningkatkan elektabilitas partai dan meraih suara se banyak-ba nyaknya pada pemilihan mendatang. Ia mengatakan bahwa Partai Golkar masih memiliki tokohtokoh muda yang bisa diandalkan. “PDIP menjadi saingan terberat Partai Golkar karena target Golkar pada Pe milu Legislatif 2014 sangat besar,”

ungkapnya. Bila pada 2009, Partai Golkar hanya meraih 14,5 persen, maka pada 2014 menargetkan suara lebih dari 30 persen. Tentu saja, lanjutnya, target itu tidak muluk-muluk karena elektabilitas Golkar yang terus meningkat. Bila dikonversikan, maka dalam Pemilu Legislatif 2014, Partai Golkar harus meraih 45 juta suara. “Ini kerja berat bagi partai berlambang pohon beringin. Makanya dalam waktu yang tersisa ini harus fokus pada per olehan suara pemilu legislatif, minimal harus meraih 25 persen kursi di DPR-RI,” tutup dia. (an/mar)

Revisi UU KUHAP untuk Kuatkan Kejaksaan dan Polri JAKARTA- DPR RI tengah menggodok revisi UU KU HAP yang diajukan oleh pemerintah. Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan bahwa revisi tersebut juga untuk menguatkan lembaga penegak hukum. “Kita kan juga punya lembaga seperti Kejaksaan dan Polri. Itu juga harus dikuatkan seperti KPK. Sehingga pemberantasan korupsi le bih massif,” ujar Marzuki di Jakarta kemarin. Namun dia me nolak untuk membicarakan lebih detail mengenai pembahasan tersebut. Menurut dia, Komisi III yang membidangi hukum lebih layak untuk berkomentar. “Saya tidak mau masuk ke ranah substansi. Silakan masuk dan berkomentar dan beri masukan. Tidak ada keinginan untuk melemahkan KPK,” imbuh Marzuki. Dia berpendapat bahwa Kejaksaan juga memiliki peran dalam pemberantasan korupsi. Namun kasus yang ditangani Kejaksaan

Marzuki Alie kurang dilihat publik. “Jaksa diperkuat, Polisi diperkuat, jangan sampai KPK satu-satunya lembaga yang me nangani korupsi. Rugi negara ini kalau Kejaksaan dan Polri lemah,” pungkasnya. Seperti diketahui, RUU KUHAP yang tengah digodok DPR ditakutkan akan melemah kan kewenangan KPK dan lembaga hukum lain-

nya dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi. Setidaknya ada 12 pasal yang ditakutkan akan melemahkan upaya pemberantasan korupsi. Dalam RUU KUHAP itu kewenangan penyelidikan dihapuskan, padahal penyelidikan ini menjadi unsur penting dalam penindakan kasus korupsi. Selain itu, kewenangan lembaga hukum untuk melakukan penyadapan juga diperketat dengan beberapa izin yang harus didapat. Namun, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin men jamin Revisi KUHAP tak akan mengutak-atik kewenangan hukum yang dimiliki KPK. RUU KUHAP hanya akan menyentuh pidana umum. Sebab, KPK me miliki aturan hukum acaranya sendiri. “KPK ada perangkatnya sendiri, aturannya khusus,” kata Amir kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu. (dk/mar)

JAKARTA- Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo gencar mengungkit soal perjanjian Batutulis. Pengamat politik, Arbi Sanit menyebut hal tersebut dilakukan agar Jokowi tak dicapreskan PDIP. “Itu sengaja dilakukan karena ketakutan Gerindra kalau Prabowo kalah jika harus berhadapan dengan Jokowi di pilpres. Makanya perjanjian itu diungkit-ungkit kembali,” ujarnya. Menurut dia, sebenarnya Prabowo berpotensi menjadi pesaing Jokowi. Namun Prabowo memiliki catatan buruk di masa lalu sehingga akan mempengaruhi pilihan rakyat. “Prabowo tidak pantas jadi pesaing Jo kowi karena punya Arbi Sanit kesalahan masa lalu,” imbuh Arbi. Perjanjian Batutulis merupakan perjanjian antara PDIP dengan Gerindra pada tahun 2009. Gerindra menganggap perjanjian tersebut berlaku pula pada Pemilu 2014. Pertemuan tersebut dihadiri semua petinggi PDIP dan Gerindra seperti Megawati Soekarnoputri sendiri, Puan Maharani, Pramono Anung, Prabowo didampingi Fadli Zon, Martin Hutabarat, Hashim Djojohadikusumo, dan lainnya. Di sisi lain, Arbi menganjurkan agar PDIP mencari pendamping Jokowi. Sementara itu partai lain harus segera mencari pesaing Jokowi. “Pendamping Jokowi itu penting, tapi yang penting adalah saingan. Biar demokrasi kita sehat lah. Karena kalau belum bersaing sudah dicarikan pasangan kan susah juga,” pungkas pria berkuncir ini. (dk/mar)

PARTAI GERINDRA

Ingin Kerjasama dengan Parpol Lain

IST/MALANG POST

BERSAMA: Prabowo Subianto mengaku partainya ingin bekerjasama dengan parpol lain. JAKARTA- Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengemukakan partainya ingin bekerjasama dengan parpol dan organisasi politik lain. Dia mengatakan, bangsa Indonesia memang berbeda-beda. “Di tengah perbedaan punya persamaan. Gerindra ingin bekerjasama dengan parpol dan organisasi politik karena di dalamnya ada putra putri berbaik yang ingin berjuang untuk kebaikan Indonesia,” kata Prabowo seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, kemarin. Dalam pidato politik HUT Ke-6 Partai Gerindra dan pelantikan DPD Gerindra Jawa Barat di Bandung, Sabtu (15/2), Prabowo memerintahkan seluruh kadernya untuk tetap menjalin kerja sama dengan partai lain. Menurut dia, keberadaan politik di Indonesia harus dijadikan kawan untuk bersama-sama menentukan nasib bangsa menjadi lebih baik. “Kita tidak boleh menganggap partai lain sebagai lawan politik, tetapi mereka adalah kawan karena mereka memiliki tujuan mulia demi kemajuan bangsa,” ujarnya. Prabowo mengatakan, meski masyarakat banyak yang kecewa dengan kinerja partai politik, Indonesia tidak mungkin menjalankan negara tanpa partai politik. “Saya meyakini bahwa di setiap parpol ada putra terbaik bangsa yang bercitacita sama dengan Gerindra,” lanjutnya. Dia menegaskan, Partai Gerinda memandang semua partai adalah kawan-kawan, bukan lawan-lawan. (dk/mar)

KONVENSI RAKYAT

Kenalkan Orang Baik MAKASSAR- Inisiator Konvensi Rakyat, Solahuddin Wahid yang akrab disapa Gus Solah mengatakan, konvensi rakyat untuk memperkenalkan orang baik dan pemikirannya untuk membangun bangsa dan negara. “Kita perlu memperkenalkan dan mencari orang-orang yang baik, sekaligus menyampaikan pikiran-pikirannya pada masyarakat,” kata Gus Solah disela-sela Konvensi Rakyat yang digelar di Graha Pena, Makassar, kemarin. Pada Konvensi Rakyat itu tujuh tokoh yang memiliki pandangan masing-masing untuk memajukan negara dan bangsa, serta mengatasi sejumlah persoalan nasional adalah Anni Iwasaki, Ricky Sutanto, Iram Noor, Sofjan S Siregar, Yusril Ihza Mahendra, Ihzal Ramli dan Tonny Ardie. Menurut adik dari Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid ini, sebelum menentukan tujuh orang yang terpilih menjadi calon presiden (capres) versi Konvensi Rakyat melalui seleksi yang cukup alot dan ditentukan dari hasil rapat belasan inisiator Konvensi Rakyat. “Ketujuh calon itu mengajukan diri secara individual, tidak membawa partai termasuk Yusril yang meskipun dari PKB, tetapi atas nama pribadi,” katanya. Mengenai penentuan siapa yang layak menjadi capres 2014, lanjut dia, akan ditentukan dari hasil survei yang dijadwalkan dilakukan pada pekan ketiga Februari 2014. Dia mengatakan, nama yang terpilih memiliki elektabilitas tertinggi itulah yang akan ditawarkan pada partai yang akan mengusung Capres pada Pemilu yang dijadwalkan pada September 2014. Konvensi Rakyat sendiri tidak bertujuan mengajukan calon independen dari tokoh yang diusungnya. (an/mar) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUT: KURDI


SAMBUNGAN Membeludak, Pindah ke Aula Dikbud sekolah,’’ papar dia. Ketua Pelaksana MSC14, Noer Adinda Zaeni menambahkan, rangkaian TM akan berlanjut pada hari ini. Lebih dari 60 peserta M-Teens Model Competition akan berkumpul untuk mengikuti pembekalan catwalk dan TM yang akan digelar di Malang Post. ‘’TM untuk peserta model akan digelar besok (hari ini) pukul 15.30 WIB. Peserta diharapkan datang tepat waktu dan membawa kekurangan kelengkapan seperti

7

Kubah Lava Hilang, Ganti Danau

Sambungan dari Hal 1 Ia mencontohkan, untuk para jurnalis dan fotografer. Mereka diwajibkan untuk melakukan peliputan setiap hari namun dengan jam yang disesuaikan dengan jadwal sekolah masing-masing. ‘’Kami membagikan run down kegiatan selama 25 hingga 27 Februari. Peserta jurnalis dan fotografer bisa memilih jam liputan atau even yang ingin diliput sesuai dengan waktu luang mereka. Sehingga, diharapkan kegiatan ini juga tidak mengganggu aktivitas

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

foto maupun fotokopi kartu pelajar,’’ rinci dia. Untuk memperlancar pembekalan model hari ini, perempuan yang akrab disapa Dinda ini meminta para peserta membawa high heels dan memakai make up tipis karena di hari yang sama, peserta akan latihan koreografi. ‘’Jangan lupa membawa bukti pembayaran untuk ditunjukkan kepada panitia saat registrasi TM,’’ tutur dia. (fia)

Wasekjen PDIP Imbau Caleg Bantu Korban Kelud Sambungan dari Hal 1

KEDIRI - Letusan Gunung Kelud pada Kamis (13/2) pukul 22.50 menghilangkan kubah lava Kelud. Sebagai gantinya, kubah lava itu berubah menjadi lubang letusan dengan diameter 400 meter. Sehingga lubang ini nantinya bisa berfungsi kembali sebagai kawah untuk Gunung Kelud. Hal itu disampaikan Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Gede Swastika Sabtu (15/02). Menurut dia, kubah lava itu muncul pada tahun 2007 ketika Kelud gagal meletus. Untuk materialnya diperkirakan 16 juta meter kibik dengan ketinggian 1.115 meter diatas permukaan laut. Kubah lava itu menggantikan kawah Gunung Kelud yang dipenuhi air. ‘’Kubah lava hilang sekarang, diameter lubang letusan 400 meter,’’ katanya. Sementara itu, kesibukan masih melanda Kabupaten dan Kota Kediri paska erupsi Gunung Kelud. Di kawasan Simpang Lima Gumul misalnya, puluhan anggota TNI AD sibuk mem-

bersihkan abu vulkanik sejak malam minggu. Pembersihan sekaligus untuk mengantisipasi kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijadwalkan hari ini. ‘’Pembersihan melibatkan Divisi Infantri 2 Kostrad Singosari, alat dari yonzipur 10 Pasuruan, personil daru Yonif 501 Armed 12 dan Denpal 2 total 88,’’ ujar Danyon zipur 10 mayor czi S.K. Tarigan kepada Malang Post. Menurut dia, pembersihan dilakukan sejak Sabtu pukul 10.00 hingga pukul 01.00 dan dilanjutkan hari Minggu kemarin. Pembersihan dimulai dari Simpang Lima Gumul hingga Pemkab Kediri. Peralatan yang diturunkan adalah satu becko loader, satu greader, dua dumptruck. “Seluruh kendaraan yang terparkir di pinggir jalan kita minta untuk bergeser dulu,” katanya. Di Kota Kediri, kesibukan juga melanda Ponpes Lirboyo di Jl. KH Abdul Karim Lirboyo Mojoroto Kediri. Ratusan santri dari seluruh unit dikerahkan untuk membersihkan abu vulkanik.

Kendati demikian, kegiatan di Pondok Pesantren utama masih normal seperti sediakala. “Pas letusan banyak acara di Lirboyo, ada seminar kitab tafsir Al Jailani dari Turki, kebetulan Gus Ipul (Wakil Gubernur) pas ada disini, tahu Kelud meletus dari sambutan Gus Ipuk meletus, setelah acara bubar kembali ke kamar-kamar,” aku Mutamakin selaku seksi pendidikan dan penerangan Ponpes Lirboyo. Sejak Jumat (14/2), Sabtu (15/2) hingga Minggu kemarin, pembersihan masih terus dilakukan. Dari semua unit pendidikan di ponpes Lirboyo, semuanya ada 12 ribu santri. Di ponpes induk Jalan KH Abdul Karim Lirboyo terdapat 6 ribu santri. ‘’Untuk pembersihan santri diimbau melakukan pembersihan, kamar, halaman dan genteng, ndalem Kiai (KH Ahmad Idris Marzuki) masih banyak yang dibersihkan. Ponpes Lirboyo, sampai saat ini pemberian masker belum ada,” imbuh dia. (ary/avi)

Wisata Selorejo Hancur Total Sambungan dari Hal 1

PDI PERJUANGAN FOR MALANG POST

EMPATI : Ahmad Basarah didampingi Endang Susaning Rahayu, menerahkan bantuan untuk korban Gunung Kelud, kepada Kades Ngroto Pujon, Suprayogi.

Ahmad Basarah, anggota DPR RI yang juga caleg nomor urut satu dapil Malang Raya itu, juga langsung merogoh koceknya, membantu pengungsi. ‘’Soal jumlah, biar mereka saja yang mengerti. Terpenting bantuan tersebut sangat mereka butuhkan. Ini salah satu bentuk kepedulian kita. Saya juga minta teman-teman caleg lainnya, ikut membantu meringankan beban para korban,’’ ujar Ahmad Basarah, sesaat setelah menyerahkan bantuan uang kepada Kepala Desa Ngroto Kecamatan Pujon, Suprayogi dan Sekretaris Desa Daman Hadi. Sebagai sesama anak bangsa, kata orang kepercayaan Megawati Soekarno Putri ini, penderitaan yang dialami oleh pengungsi, harusnya menjadi penderitaan dan kepedulian bersama. ‘’Penderitaan korban, adalah penderitaan kita. Oleh karena itu, saya merasa terpanggil untuk terjun langsung ke lapangan untuk bertemu dan

membantu meringankan penderitaan para korban,’’ sebut anggota Komisi III DPR RI ini. Disamping itu, Ahmad Basarah juga meminta kepada pemerintah pusat dan daerah, agar bertindak lebih cepat dan sigap dalam memenuhi kebutuhan pengungsi. Jangan sampai terjadi miskoordinasi antar instansi dan sektoral. ‘’Letusan Gunung Kelud kali ini diperkirakan masih akan terjadi lagi. Oleh karena itu, tambah dia, pemerintah harus tetap siaga satu untuk mengatasi situasi lapangan, jika Gunung Kelud erupsi lagi dalam beberapa hari ke depan,’’ kata Basarah. Dia juga meminta, sebaiknya sumbangan lebih diarahkan dalam uang kontan. Pasalnya, berdasarkan kunjungan lapangan yang dia lakukan, justru saat ini yang dibutuhkan adalah biaya operasional, untuk penyaluran bantuan dan aktivitas penanganan bencana lainnya. ‘’Saya juga mengajak semua pi-

hak, untuk ikut membantu penderitaan para korban. Dalam situasi bencana seperti ini, bantuan sekecil apapun pasti akan berguna. Mari bergotong-royong, bahu membahu memberi sumbangsih pada saudarasaudara kita yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud,’’ tambahnya. Lelaki yang kagum akan sosok Bung Karno itu menambahkan, pengungsi jangan dibiarkan tanpa kejelasan seperti di daerah-daerah lain. Karena bagaimana pun juga, mereka juga berhak atas pelayanan dari pemerintah karena mereka juga pembayar pajak pembangunan. ‘’Semoga bencana alam ini semakin memperkuat persaudaraan dan rasa empati kita, sebagai sesama anak bangsa. Kepada para korban, mari kita berdoa bersama-sama kepada Tuhan yang Maha Kuasa, agar ujian berupa bencana ala mini akan membuat kita semakin tawakal kepadaNYA,’’ pungkas Basarah. (red/avi)

Bandara Jatim Tutup, ke Kediri SBY Naik Kereta Sambungan dari Hal 1 ‘’Sesuai dengan apa yang disampaikan kemarin dalam rapat koordinasi mengenai bencana Gunung Kelud, saya ingin meninjau dan melihat langsung bagaimana kondisi terkini di lokasi bencana. Semoga dapat meringankan beban para korban. Semoga keadaan masyarakat di lokasi bencana baik-baik saja,’’ ujar SBY, sebelum bertolak. Presiden dari Partai Demokrat ini, dijadwalkan menginap di Madiun, baru Senin pagi, meluncur ke Kediri. Selama di Kediri, SBY akan mengunjungi posko satuan pelaksana penanggulangan bencana di Kawasan Simpang Lima Gumul, Kediri. Selain itu, SBY juga akan meninjau posko pengungsi Balai Pamitran, Desa Segaran, Kecamatan Wates. Presiden juga dijadwalkan mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Blitar, masih di Jawa Timur. Turut dalam kunjungan kerja kali ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi dan Menteri ESDM Jero Wacik.

Selain itu juga ikut serta, Menkes Nafsiah Mboi, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri Lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya, Kapolri Jenderal Sutarman, dan Kepala BNPB Syamsul Maarif. Lantaran SBY menggunakan jalur kereta, tak urung, beberapa persiapan khusus harus dilakukan. ‘’Ada perintah dari Kodam (Komando Daerah Militer) dan Korem (Komando Resort Militer) untuk pengamanan rute yang akan dilalui Presiden,’’ kata Komandan Kodim 0712/Tegal, Letnan Kolonel (Inf) Jefson Marisano. Dari Jakarta, KLB RI 1 akan melintas di jalur selatan dari Purwokerto, Jogja, Solo, sampai Kediri. Dalam pengamanan perjalanan SBY, Jefson sebagai Komandan Sub Satuan Tugas wilayah Tegal, ia telah mengerahkan seratus anggotanya untuk mengamankan seluruh perlintasan sebidang. Satu kompi anggota Kodim Tegal itu, juga bertugas menyisir rel kereta dari perbatasan Brebes sampai perbatasan Purwokerto. ‘’Untuk

memastikan keamanan rel bersama petugas dari PT KAI (Kereta Api Indonesia). Mulai mengecek baut dan lain-lain,’’ ujar Jefson. Pengecekkan dilakukan, lantaran abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud sempat menutupi rel kereta api di Jawa Tengah. Apalagi guyuran abu vulkanik berdampak pada keterlambatan kereta hingga satu jam. Abu vulkanik juga mempengaruhi sistem pemindah jalur kereta atau wesel di beberapa stasiun, di antaranya Kutoarjo dan Kemranjen. ‘’Besok ada kereta sweeper atau penyapu,’’ kata Jefson. Sebagai pengawal, kereta sweeper melaju di depan KLB RI 1. Jarak kereta sweeper sekitar dua stasiun lebih depan dari KLB RI 1. Dari pengalaman saat kunjungan SBY ke Pekalongan, Selasa dan Rabu pekan lalu, kereta sweeper sudah di Tegal sementara KLB RI 1 baru tiba di Losari, Brebes. ‘’Jaraknya (kereta sweeper) tidak jauh, hanya sekitar 2 stasiun,’’ ucapnya. (yer/jpnn)

Jalur Batu-Ngantang Dibuka, Ribuan Pengungsi Nekat Kembali Sambungan dari Hal 1 Dibukanya kembali jalur Kota Batu ke Ngantang, dimanfaatkan para pengungsi ini untuk meninggalkan tempat pengungsian. Rata-rata mereka naik motor dan berboncengan dengan sanak keluarganya. Mereka rata-rata beralasan ingin melihat rumah. Ada juga yang ingin melihat kondisi hewan ternak yang mendadak ditinggal saat proses evakuasi. Belum lagi, hujan debu akibat erupsi Gunung Kelud juga sudah mereda dan tidak lagi sepekat pada dua hari sebelumnya. ‘’Kemarin, saya dijemput keluarga saya dari posko pengungsian, dan ikut pulang ke Kota Malang. Saya ingin balik ke rumah karena ditelpon keluarga di Ngantang, katanya kondisinya sudah aman. Saya mau membersihkan rumah,’’ terang Ismanu, warga Dusun Tambal, Desa Mulyorejo, Kecamatan

Ngantang yang pulang ke rumah bersama istri, Sumarni dan anaknya Yogi Ardiansyah (10 tahun). Kondisi ini membuat PMI Kabupaten Malang dan tim relawan gabungan, bekerja lebih ekstra. Perasaan was-was terhadap keselamatan para pengungsi yang kabur dari posko pengungsian pun muncul. Apalagi status Gunung Kelud juga masih awas. Jika ada letusan susulan, tentunya akan menjadi pekerjaan ulang bagi para relawan bencana ini untuk kembali mengevakuasi warga. ‘’Saat ini jumlah pengungsi jumlahnya 3065 orang dari 10 ribu pengungsi. Mereka rata-rata naik motor. Alasan sekedar makani hewan ternak. Jadi mereka pulang ke rumahnya masing-masing. Seperti yang kami jumpai di Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon,

yang menjadi desa terkena dampak erupsi,’’ terang Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilijanti. Seperti pada catatan hingga pukul 10.00 WIB, total pengungsi berjumlah 10 ribu orang. Posko itu terletak di sejumlah titik diantaranya di Desa Pandesari 2601 orang, Desa Pujon Lor : 1643 orang, Desa Ngroto: 1442 orang, Desa Pujon Kidul : 677 orang, Desa Ngabab: 200 orang, Desa Tawangsari: 423 orang, Desa Wiyurejo: 265 orang, Desa Madiredo: 422 orang, Desa Sukomulyo: 133 orang, Desa Bendosari : 167 orang. ‘’Tentunya kami akan lakukan penyisiran ulang untuk evakuasi jika sampai terjadi letusan kembali. Meski saat ini abu akibat erupsi sudah mulai redah, namun statusnya masih belum diturunkan, tetap awas,’’ terang April. (poy heri pristianto)

Fasilitas Taman Wisata Selorejo lainnya yang ikut rusak, Masjid Amaliyah yang pembangunannya diresmikan Nelly Adam Malik, istri Adam Malik, mantan Wapres era Soeharto. Sedangkan sejumlah villa maupun cottage, juga tak luput mengalami kerusakan atap. Semua ruas jalan masuk dan parkiran, dilapisi abu sekitar 15 cm termasuk areal permainan anak-anak. Praktis hingga Minggu kemarin, taman wisata yang setiap Sabtu-Minggu dan hari libur nasional dipenuhi pengunjung itu, ditutup total. Sejumlah petugas keamanan pun, berjaga-jaga di pintu gerbang, melarang siapapun yang hendak memasuki kawasan itu. ‘’Rombongan direksi yang sore tadi (kemarin, Red.) berusaha memasuki areal, untuk mengecek kondisi kerusakan, juga gagal masuk oleh ketatnya petugas keamanan. Kami maklum, karena di dalam lokasi, banyak barangbarang berharga, termasuk asset milik pedagang,’’ jelas Puji Supriyono, mantan Manager Taman Wisata Selorejo, tadi malam. Kerusakan paling parah, terlihat pada komplek pasar wisata dan kios maupun warung-warung lesehan, yang selama ini dihuni sekitar 300 pedagang. Mayoritas, kondisi atap tempat perdagangan rusak berat bahkan banyak pula yang runtuh. Sementara barang dagangan di kios maupun toko, terlihat masih tersimpan di dalamnya. Dikonfirmasi terpisah, Dirut PJT (Perum Jasa Tirta) I, Hariyanto yang

baru pulang dari Selorejo mengaku belum menghitung semua kerugian atas kerusakan komplek Taman Wisata Selorejo itu. Masalahnya, pihaknya juga belum berhasil melakukan pendataan lantaran kondisi di lapangan belum memungkinkan. ’’Benar, kami masih belum tahu nilai kerugian kerusakan tersebut. Yang jelas, setelah semuanya bisa didata baru dilakukan perbaikan fisik tidak perlu dilakukan perombakan secara menyeluruh, artinya perbaikan biasa saja,’’ terangnya, yang kemarin didampingi direksi pengelolaan, direksi operasional, maupun direksi keuangan itu. Hingga kemarin, belum dipastikan kapan Selorejo akan kembali buka. Apalagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, masih menyatakan status Gunung Kelud, pada tingkat awas. Meski aktifitas vulkanik sudah mulai menurun hingga memasuki hari ketiga pasca terjadinya letusan. ‘’Kita bisa bersama-sama melihat perkembangan terakhir. Kondisinya lebih baik dibanding hari-hari sebelumnya. Namun semua masih harus lebih berhati-hati, kami tidak berani menurunkan status ke siaga, jadi masih awas,’’ ucap Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafilutfi. Karenanya, masyarakat tetap dilarang keras masuk memasuki radius 10 kilometer dari gunung api. Seperti pada empat desa yang terdampak cukup parah meliputi Desa Pandansari, Sumber Agung, Palem Rejo dan Jombok di

Kecamatan Ngantang. Hasil koordinasi dengan BMKG hingga kemarin, kata Hafi, BMKG juga belum menurunkan status dari Gunung Kelud yakni masih tetap awas. Karena itu, para korban dimintanya untuk tetap berada di posko pengungsian, baik yang ada di Kasembon, Pujon dan Kota Batu. ‘’Untuk korban dari Kabupaten Malang kini tersebar di banyak titik posko pengungsian. Seperti di Kasembon ada 7 titik posko, Dau 5 posko, Kota Batu sedikitnya ada 26 titik, 7 titik di sejumlah desa di Kecamatan Junrejo, Blitar 1 titik posko, dan Kecamatan Pujon 58 titik,” terang Hafi. Dia menambahkan, letusan Gunung Kelud ini melibas sejumlah desa tak hanya di Kecamatan Ngantang, namun juga di Kasembon dan Pujon. Untuk di wilayah Kecamatan Kasembon pada dua desa yakni Mendalan dan Pondok Agung, dan Kecamatan Pujon hampir seluruh desa terdampak oleh hujan abu vulkanik. Pihaknya bersama tim gabungan meliputi Satpol PP, Dishub, Polres Malang dan TNI berusaha melayani korban dengan semaksimal mungkin. ‘’Mengenai kekurangan fasilitas bagi korban, juga dibantu dari tim relawan bencana dari Pasuruan dan Probolinggo. Korban yang teridentifikasi 7 orang, kami juga khawatir nama yang di KTP, tidak sesuai nama panggilanya. Mudah-mudahan tidak tambah, bahkan bisa berkurang,” ucap Hafi. (poy/lyo/avi)

15 Ton Beras Rusak, 1.500 Pengungsi Sakit Sambungan dari Hal 1 Tapi selama di pengungsian, pengungsi mulai diserang penyakit lain. Penyebabnya, kurang tidur, kelelahan dan makan tidak teratur. ‘’Bagi pengungsi yang sakitnya agak parah, termasuk yang luka akibat kecelakaan, langsung dilarikan ke RS terdekat guna mendapatkan penanganan serius,’’ kata Susan, kemarin. Sayangnya, dalam kondisi seperti itu, justru sangat kurang tenaga kesehatan. Baik tim medis, maupun paramedis. Sekali pun ada beberapa daerah yang mengirimkan tim kesehatan. Tapi karena tidak ada koordinasi, justru sulit mendistribusikan. Akibatnya, pengungsian di Balai Dusun Songgoriti, justru kurang tim medis. Sedang di Gedung Ganesha dan Gedung Kesenian, justru menumpuk tenaga medis. Idealnya di setiap pengungsian, minimal ada satu dokter dan dua paramedis. ‘’Pembagiannya tidak merata. Terutama malam hari, kami kekurangan banyak tim medis. Tetapi saat siang hari, justru malah membludak tim kesehatannya,’’ jelasnya kepada Malang Post. Ketika penyakit mulai menyerang para pengungsi, justru beras yang akan mereka konsumsi, kualitasnya sangat jelek. Kondisi beras yang dikirim Bulog itu, warnanya sudah berubah agak hitam, dan juga berkutu. Aromanya sudah berubah. Seperti di pengungsian di Gedung Kesenian Desa Oro-oro Ombo. Sekitar 300 kg beras yang baru di distribusikan oleh BPBD Kota Batu, akhirnya gagal

dimasak guna mencukupi 1.500 pengungsi. Endi Suhadi, salah satu petugas BPBD, membenarkan jika kualitas beras Bulog yang baru didistribusikan, ternyata tidak layak dikonsumsi. ‘’Petugas di dapur umum memberitahukan, jika beras tersebut tidak layak disajikan. Makanya kami lantas menggunakan beras bantuan dari masyarakat,’’ terang Endi saat ditemui di tempat pengungsian. Temuan tersebut, langsung dilaporkan ke BPBD Batu. Termasuk meminta kiriman beras yang lebih bagus dan tidak berkutu. ‘’Yang lebih paham kan bapak-bapak di dapur umum dari pihak TNI. Daripada menyebabkan penyakit, lebih baik untuk sementara waktu kami sortir dulu,’’ akunya. Dikonformasi terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Abdur Choir Rohim juga membenarkan, jika kualitas beras Bulog, memang kurang bagus. Kondisi itu sudah dilaporkan ke BPBD Provinsi. Hanya saja, belum ada solusinya. Pria yang akrab dipanggil Rohim ini menyebut, beras dari Bulog ini merupakan jatah dari Kabupaten Malang. ‘’Sementara ini kami masih mendapatkan 15 ton beras dari Bulog wilayah Malang, dan kualitasnya semuanya kurang bagus,’’ sebut Rohim disela-sela mengatur distribusi ke setiap posko di Batu. Padahal saat ini, pihaknya sudah kehabisan stok beras. Sehingga beras cadangan pemerintah dari Bulog, terpaksa diterima dan di distribusikan ke

tempat pengungsian. ‘’Kami juga mendapatkan bantuan dari Kantor Ketahanan Pangan, yang pasti kualitasnya lebih baik dari beras cadangan pemerintah,’’ tegas pria berkacamata itu. Terpisah, Kepala Bulog Sub Divre VII Jawa Timur, Langgeng Wisnu Adi Nugroho mengaku terkejut mendengar informasi tersebut. Meski dia mengakui, Bulog mengirimkan 15 ton besar untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Kelud. ‘’(Beras) Itu kami ambilkan dari jatah Kabupaten Malang. Namun Kota Batu juga meminta 15 ton agar di distribusikan untuk mencukupi kebutuhan warga di pengungsian,’’ kata Langgeng saat dihubungi via telepon. Karenanya, jika benar kondisi beras yang diterima jelek, Bulog hari ini akan segera menarik beras-beras tersebut dan mengganti dengan yang lebih baik. Dia mengaku, jika beras tersebut, bisa saja dikeluarkan oleh kepala Bulog, padahal saat bersamaan, sudah masuk dalam tahap fumidasi, atau proses mematikan kutu-kutu. ‘’Mungkin sudah waktunya dimatikan kutu-kutunya. Namun karena kepala Bulog takut jika dinilai terlalu lama proses distribusi, makanya langsung dikeluarkan. Yang jelas, Senin (hari ini, Red.) saya akan lakukan kordinasi dengan kepala Bulog dan mengecek kelapangan,’’ imbuhnya sembari mengakui, setiap daerah memiliki jatah 100 ton beras yang disimpan di Bulog. (mik/avi)

Sumbangkan Semua Hasil Laga Sambungan dari Hal 1 Tim pujaan Aremania baru berlaga lagi, Jumat (21/2) nanti. Dengan rencana yang sudah disusun oleh pemkot Batu dan Arema, Suharno berharap suporter bisa mendatangi Stadion Brantas malam ini. Kick off pukul 19.00 WIB. ‘’Saya harap Aremania mau nonton dan beri seikhlasnya, karena ini untuk kemanusiaan,’’ tutur Suharno. Menurut pelatih berlisensi A AFC itu, sudah selayaknya Aremania datang ke Stadion Brantas Batu. Sebab, Aremania juga termasuk korban bencana alam Gunung Kelud. Perlu diketahui, Ngantang dan Pujon adalah dua kecamatan yang menjadi basis Aremania di

area utara-barat. ‘’Tentu dulur-dulur Aremania lain tidak tinggal diam, kalau tahu ada Aremania yang kena musibah bencana alam. Segala cara dilakukan untuk galang dana. Termasuk, nonton pertandingan amal, sembari kasih uang seikhlasnya untuk bantu yang kesusahan,’’ tegas Suharno. Sementara itu, pihak Pengcab PSSI Kota Batu sendiri mengaku sudah dikoordinasi oleh Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Termasuk, metode pengumpulan dana di Stadion Brantas. Ketua Panpel laga amal, Sinal Abidin menyebut, tidak ada tiket yang dicetak untuk pertandingan malam ini. ‘’Sebaliknya, kita pasang kotak amal

di depan pintu masuk. Yang mau nonton Arema main lawan Persikoba, beri uang seikhlasnya di kotak amal sebagai ganti tiket masuk. Kita harapkan warga Batu dan Malang Raya bisa datang ke Stadion Brantas,’’ tutur Sinal dikonfirmasi terpisah. Menurut Sinal, uang yang terkumpul dari pertandingan amal, bakal langsung diantarkan oleh Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan CEO Arema Iwan Budianto ke lokasi bencana beberapa saat selesai bertanding. ‘’Tidak menunda-nunda, malam selesai pertandingan, Pak Eddy dan Pak Iwan langsung meluncur ke lokasi untuk langsung berikan dana hasil pertandingan amal,’’ tutup Sinal. (fin/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

RONCE NGALAM

Pertanyaan : Alhamdulillah pak, saya bisa beli rumah di Kota Malang. Namun belum saya balik nama. Melalui rubrik ini, pengin tanya syarat untuk balik nama, serta apa saja pajak yang dikenakan/harus saya bayar. Saya belinya di kawasan Kedungkandang. Makasih yaaa saya tunggu infonya. Sodiq, Kedungkandang Jawaban: Terima kasih pertanyaannya. Kalau syarat-syaratnya antara lain : 1. SSPD BPHTB (i Notaris PPAT Camat), 2. Foto Copy SPPT PBB tahun berjalan 3. Foto Copy Lunas PBB 5 tahun terakhir, 4. Foty Copy Lunas PPh. 5. Foto Copy Sertifikat atau bukti kepemilikan tanah lainnya 6. Foto Copy KTP dan KK Untuk penjual dikenakan pajak yang besarannya 5% dari nilai transaksi ( pajak penghasilan atau PPh). Sedangkan untuk pembeli dikenakan BPHTB yang besarannya (nilai transaksi - NPOPTKP) dikalikan 5%. Atau kalau kurang jelas, bisa datang langsung ke Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang gedung B dengan layanan no telpon 0341.751532 atau 2993188. Pertanyaan : Selamat pagi. Baru-baru ini, kami ditinggalkan ayah yang meninggal. Mohon informasi, bagaimana cara mengganti nama di PBB. Terima kasih. Sulistiyono, Sukun Jawaban : Kami ikut berduka atas meninggalnya ayah anda. Untuk perubahan nama pada SPPT, dapat dilakukan dengan dilampiri foto copy-foto coy. Yakni foto copy sertifikat, KK, indentitas diri, SPPT terakhir dan bukti pelunasan PBB. Pertanyaan : Apakah pajak kendaraan bermotor masuk pajak daerah? Taufik, 081615559xxx Jawaban : Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak daerah. Namun bukan pajak kota / kabupaten. Tapi pajak provinsi Pertanyaan : Berapa persen PAD dari pajak? Intan, 081234506xxx Jawaban : PAD Kota Malang bersumber pada pajak daerah. Besarnya mencapai 80 persen.

8

SENAM RAMPAL EDISI VALENTINE MERIAH Gandeng Mayora

GUEST GESANG/MALANG POST

BAKAR KALORI : Rampal Edisi Valentine Day berlangsung semarak kemarin.

MALANG – Senam Rampal Malang Post tak henti-hentinya menyemarakkan akhir pekan Kota Malang. Minggu pagi kemarin (16/2), komunitas senam terheboh di Kota Malang ini menggandeng perusahaan makanan terkemuka, Mayora, untuk menggelar Senam Rampal Edisi Valentine Day Fun Aerobic bersama Q Guava. Dihadiri ribuan warga Malang yang antusias, senam yang dipandu oleh para instruktur profesional ini terasa semarak. Namun, sebelum bersenam, ribuan senamers dihibur oleh tarian kontemporer ala Budi Ayuga Dancer. Liak-liuk penari memanasi suasana pagi yang cukup cerah. Setelah itu, senamers juga sempat pemanasan dengan go yang caesar. Lalu, Ellen Yu liana, Farida Ariani dan Sugeng “Lonehab” yang menaiki panggung utama, langsung menghentak dengan gerakan senam yang atraktif nan menyehatkan. Satu jam lamanya, senamers menguras ke ringat dan energi, untuk

bergerak dinamis mengikuti gerakan para instruktur. Dengan penuh semangat, ribuan senamers antusias bersenam bersama Malang Post dan Q Guava pagi kemarin. Ellen dkk juga memberikan gerakan khusus sambil memperkenalkan Q Guava sebagai produk unggulan Mayora. “Q Guava yes!,” pekik Ellen yang diikuti oleh ribuan senamers. Usai membakar kalori selama satu jam lebih, para senamers disegarkan dengan minuman Q Guava persembahan Mayora pagi kemarin. Tak hanya itu, para senamers juga mendapat manfaat nyata dari Q Guava, yang membagi-bagikan belasan voucher belanja gratis. Koordinator Senam Rampal, H Sudarno mengungkapkan, Senam Rampal tidak akan berhenti untuk memberi manfaat bagi masyarakat Malang. “Karena itu, minggu depan jangan ketinggalan Senam Rampal. Jam 06.00 WIB di lapangan Rampal, pakai dresscode pink,” tutupnya.(fin/nug)

BERSAMA : Van Revandrea Owner d’Luuk saat bersama para kru dan pendukung acara. KOLEKSI :Beberapa koleksi d’Luuk di pamerkan oleh para model.

Boutique d’Luuk menyambut Hari Valentine menghadirkan program bulan penuh kasih sayang yaitu memanjakan para pelanggannya dengan memberikan diskon hingga 50% .Menariknya, setiap pembelian berapapun nominalnya akan diberikan bunga mawar dan coklat. FOTOFOTO : D’LUUK FOR MALANG POST

IKON : Van Revandrea bersama Ikon d’Luuk Belz.

SEMARAK : Suasana di dalam Boutique d’Luuk saat acara berlangsung .

Gelar Program Bulan Penuh Kasih Sayang

MODEL : Van Revandrea bersama dengan para modelnya.

BERSAMA PUTRI MX 2014 : Van Revandrea bersama Putri MX 2014 Izzaty Amalia .

WAWANCARA : Owner d’Luuk Erlina Kusumawati dan Van Revadrea saat wawancara dengan salah satu televisi.

MEMUKAU : Penampilan Denzuko band yang ikut meramaikan acara bulan penuh kasih sayang. REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

9

FOTO-FOTO MUHAIMIN/MALANG POST

BORONG : Wali Kota Malang, H. Moch Anton bersama Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani memborong tempura yang dijual warga Tanjungrejo.

ULANG TAHUN : Hj. Dewi Farida Suryani memotong tumpeng ulang tahun ke-47 dirinya yang disiapkan warga.

Blusukan ke Kelurahan Sukun dan Tanjungrejo

ABAH ANTON: APBD UNTUK RAKYAT AKSI NYATA Wali Kota Malang, H. Moch Anton terus dilakukan. Setelah menyapa masyarakat Polehan dan Jodipan serta Kesatrian, Minggu (16/2) kemarin, giliran warga Kelurahan Sukun dan Tanjungrejo yang disapa Abah Anton bersama Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani dalam blusukan dan temu wicara walikota dengan masyarakat. Dalam blusukan menyapa masyarakat yang digelar setiap dua minggu sekali itu, Abah bersama Umi Farida selalu mengunjungi kawasan pemu kiman padat warga yang tidak sedikit permasalahannya, mulai dari permasalahan sosial, ekonomi sampai dengan infrastruktur. Seperti yang dilakukan kemarin, Abah berjalan kaki mulai dari wilayah RW 06 Kelurahan Sukun sampai dengan wilayah RW 7 Kelurahan Tanjungrejo. Gang-gang sempit ditelusurinya untuk banyak

mengetahui kondisi warganya yang ada di pemukiman padat. Semua pimpinan SKPD di lingkungan Pemkot Malang pun turut serta dalam blusukan Abah Anton itu. “Kami ingin mengetahui langsung kondisi masyarakat kita yang sebenarnya. Tidak hanya mendapatkan laporan di atas meja saja. Dengan turun langsung seperti ini, saya dan semua pimpinan SKPD mengetahui langsung permasalahan yang ada di masyarakat,” terangnya. Di wilayah RW 06 Kelurahan Sukun, wali kota mengunjungi Paud, HIPPAM Tirta Anugerah dan instalasi pengolahan limbah (IPAL) yang dikelola warga. Di HIPPAM yang menjadi terbaik di Jatim itu, wali kota mendapatkan limpahan air yang sangat besar dan belum maksimal dimanfaatkan warga karena keterbatasan anggaran. Tidak hanya itu saja, walikota bersama rombongan juga mengunjungi

rumah Kasiani yang tengah dibedah rumahnya. Rumahnya yang sangat tidak layak dan di kelilingi dengan saluran air, langsung diminta Abah untuk dibuatkan saluran air, agar tidak menggerus lahan milik Kasiani. “Aliran air ini bisa dibuatkan saluran air dengan cempolong atau tangkapan air, agar tanahnya tidak terus tergerus. Kasihan kalau rumahnya sudah dibedah, tapi saluran airnya tidak dibenahi juga. Saya minta untuk segera dibenahi,” kata Abah Anton. KedatanganAbahAnton juga digunakan warga Tanjungrejo untuk “wadul” dalam bentuk puisi terkait permasalahan warga, mulai dari belum selesainya pembangunan gapura dan lainnya. Saat itupula, Abah menyanggupinya dan meminta SKPD yang terkait untuk menindaklanjuti apa yang menjadi harapan warga. Saat jalan dan menemui jalan yang rusak, ketua PITI Malang raya itu

pun meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk dapat segera memperbaiki jalan kampung yang rusak. Karena, jika akses jalannya baik, maka mobilitas warganya pun akan lebih baik. Kesejahteraannya pun dapat lebih baik lagi. “Jalan ini harus segera diperbaiki. Tidak butuh lama untuk memperbaiki jalan. Saya ingin jalan-jalan di kampung juga mulus,” ungkapnya. Abah berharap ada percepatan pembangunan yang dapat dilakukannya. Kalau bisa dapat dilakukan cepat, kenapa harus diperlambat. Karena itu pula, Abah Anton juga mensosialisasikan APBD Kota Malang yang besarnya mencapai Rp 1,6 triliun kepada masyarakat. Baginya, APBD untuk rakyat. Sebagai buktinya, 54 persen dari APBD digunakan untuk pembangunan, sisanya 46 persen untuk belanja pegawai. “Harapan saya, APBD itu dapat dinikmati masyarakat. Karena APBD untuk rakyat,” tegasnya. (aim)

DIALOG : Wali Kota Malang, H. M. Anton berdialog dengan warga Sukun dan Tanjungrejo.

BEDAH RUMAH : Walikota meninjau rumah yang tengah dibedah di Kelurahan Sukun.

Apresiasi HIPPAM Tirta Anugerah AIR BERSIH dan sanitasi masih menjadi masalah utama yang perlu dibenahi, guna memenuhi kehidupan yang sehat, bersih dan produktif. Pengelolaan air minum bisa dilakukan oleh kelompok masyarakat yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk meningkatkan mutu pengelolaan yang berdaya guna dan berkelanjutan, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu yang dilakukan Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Tirta Anugerah Kelurahan Sukun. Persoalan air minum menjadi permasalahan dipemukiman padat, seperti yang ada di wilayah RW 06 Kelurahan Sukun. Untuk menjawab permasalahan itu, tahun 2010 lalu, warga mendirikan HIPPAM dengan membangun sumur artesis. Hasilnya sangat luar biasa. Debit air yang mencapai 30 liter per detik mampu memenuhi kebutuhan air minum warga. Awalanya hanya 55 KK, saat ini sudah melayani sekitar 380 KK. Hanya saja, masih banyak air yang harus dibuang ke sungai karena pengelola kesulitan anggaran untuk pengembangannya. “Lihat saja, air yang terbuang masih sangat banyak. Kami ingin memanfaatkan secara maksimal untuk pengembangannya ke Ke lurahan Tanjungrejo dan juga Kelurahan Bandungrejosari yang berbatasan

wilayahnya dengan kami,” kata Ketua HIPPAM Tirta Anugerah Sukun, Arif Adi Rendra kepada Wali Kota Malang, H. Moch Anton, saat blusukan ke Kelurahan Sukun kemarin. Ketua LPMK Kelurahan Sukun itu berharap ada perhatian dan bantuan Pemkot Malang untuk pengembangan jaringan air secara maksimal untuk masyarakat. Karena, banyak pengguna HIPPAM yang berasal dari keluarga prasejahtera. “Airnya masih melimpah dan masih dapat dimanfaatkan secara mak simal untuk lebih luas lagi,”

ungkapnya. Wali Kota Malang, Abah An ton pun sangat respon dengan keberadaan HIPPAM Tirta Anugerah Sukun. Selain memiliki air yang sangat melimpah, pengelolaan HIPPAM itu pun menjadi yang terbaik di Jatim. Sebagai buktinya meraih penghargaan terbaik di Jatim pada 2011 lalu. Dengan air yang melimpah masih sangat memungkinkan untuk dimaksimalkan penggunannya. Sehingga dapat dialirkan ke wilayah Tanjungrejo dan Bandungrejosari.

Pemkot Malang akan memperhatikan p e n g e m b a n g a n H I P PA M Ti r t a Anugerah agar dapat lebih bermanfaat lagi bagi warga yang lebih luas. h dan “Airnya sangat melimpah masih banyak yang terbuang ng ke sungai. Kalau pipa-pipa kecil untuk distribusinya lebih dibesarkan lagi, akan bisa tersalurkan ke daerah yang lebih luas lagi. Kami sangat perhatikan atikan soal ini,” terang Abah Anton,, saat melihat langsung limpahan air yang ada di sumur artesis HIPPAM Tirta Anugerah. (aim)

SAYANG ANAK : Abah Anton dan Umi Farida bersama anak-anak PAUD Anggrek Jingga RW 06 Kelurahan Sukun.

Kembangkan Posdaya Hingga RT RW WALI KOTA Malang, H. Moch Anton bertekad menurunkan angka kemiskinan di Kota Malang secara bertahap. Dari 845.683 jiwa penduduk Kota Malang, masih ada sekitar 300 ribu jiwa lebih yang berada pada garis kemiskinan. Banyak program yang dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat, salah satunya melalui pengembangan Posdaya hingga ke tingkat RT dan RW yang ada di masing-masing kelurahan. Pengembangan Posdaya dilakukan bekerjasama dengan kampus-kampus yang ada di Kota Malang. Ada pendampingan dari akademisi yang akan membantu meningkatkan kesejaheraan masyarakat melalui Posdaya, dengan membentuk kelompok-kelompok kecil sistem tanggung renteng. “Dari hasil penelitian, kemiskinan yang terjadi karena terjerat bank titil. Karena itu, kami berusaha untuk memerangi bank titil dengan akses kredit murah dan mudah tanpa agunan melalui Posdaya,” kata Abah Anton di hadapan masyarakat Kelurahan Sukun dan Tanjungrejo dalam temu wicara di Tanjungrejo, kemarin. Mengapa bank titil menjadi pilihan masyarakat untuk meminjam uang, karena kemudahan dan tidak berbelit itulah yang seringkali menjadi jujugan warga. Padahal, bunganya sangat mencekik. Karena itulah, Posdaya pun memberikan segala kemudahan untuk pengembangan usaha masyarakat. Kelompok Posdaya pun akan didampingi dari kalangan akademisi untuk pengembangan usahanya. “Nilainnya memang tidak besar, tapi cukup untuk mengembangan usahanya dan ini bisa terus bergulir dan bertambah. Tentu akan sangat membantu percepatan penurunan angka kemiskinan di Kota Malang, karena masyarakatnya sejahtera,” terangnya. Usaha masyarakat seperti pracangan, jualan gorengan, tempura dan lainnya bisa dikembangkan melalui program Posdaya yang saat ini terus gencar dilakukan Pemkot Malang bersama Yayasan Damandiri dan kalangan akademisi. “Kami ingin rakyatnya sejahtera. Karena inti dari pembangunan adalah mensejahterakan masyarakatnya,” tandasnya. (aim)

PAPARAN : Wali Kota Malang, H. Moch Anton mendapatkan penjelasan tentang HIPPAM Tirta Anugerah Kelurahan Sukun.

UNTUK MASA DEPAN : Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida S menanam pohon di Tanjungrejo untuk masa depan.

Bagian Humas H mas Setda Pemkot Malang REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

10

RW 04 Lesanpuro Tanam Strawberry Disetiap RT Lomba Kampung Bersinar MALANG-Kondisi RW 04 Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, memang masih jauh yang diharapkan di Lomba Kampung Bersinar yang digelar Pemkot Malang. Meski demikian, warga setempat memiliki keinginan yang besar untuk menjadikan wilayahnya menjadi hijau dan bersih.Terbukti, warga setempat akan menanam strawberry di masing-masing RT. Sekarang ini, tanaman tersebut masih dicoba di beberapa tempat saja.

‘’Kita sekarang ini masih mencoba menanam strawberry yang akan ditanam di setiap RT. Nantinya setiap RT akan menanamnya,’’ kata Wakil Ketua RW 04 Mulyono kepada tim juri saat melakukan penilian. Selain menanam strawberry, pihaknya kini sudah memanfaatkan la han kosong milik warga untuk tanaman toga. Meski tanaman toga ini masih baru, namun sudah menunjukkan niat warga untuk menjadi lebih baik lagi. Selain itu Mulyono juga menginginkan Kader Lingkungan Kelurahan Lesanpuro ikut membantu wilayahnya dalam penghijauan.‘’Kami ingin

Kader Lingkungan Kelurahan turun ke bawah membantu kami. Seperti cara menata tanaman di tepi jalan,’’ katanya.Sementara kondisi lingkungan di RW 04 Lesanpuro ini lumayan bersih. Hal ini tidak lepas dari kerja bakti yang dilakukan rutin setiap bulan sekali oleh warga setempat. Tim juri yang diwakili Ian Edy Rajab tetap mengaku bangga atas kemajuan yang dilakukan RW 04 Lesanpuro ini. ‘’Di RW 04 Lesanpuro ini tinggal menunggu waktu saja karena kami melihat semangat warga disini yang menunjukkan progress atau pe-

ningkatan,’’ kata Ian Edy Rajab. Ian Edy Rajab juga meminta wilayah ini segera gabung Bank Sampah Malang (BSM). Alasannya, salah satu indikator penilaian lomba Kampung Bersinar ini adalah BSM. Bahkan poin penilaiannya sangat tinggi. Selain itu, Kader Lingkungan di wilayah ini agar segera dibentuk dan di SK-kan oleh Lurah Lesanpuro.‘’Kami melihat potensinya sangat besar. Kader Lingkungannya harus segera dibentuk. Kami harapkan di penilaian tahap ketiga nanti, baik BSM maupun Kader Lingkungannya sudah ada semuanya,’’ harapnya.(jon/nug)

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

PENILAIAN: Tim juri Lomba Kampung Bersinar melakukan penilaian di wilayah RW 04 Kelurahan Lesanpuro.

JADI IKON BARU, SEDOT Rp 2,5 MILIAR Taman Trunojoyo Dipenuhi Wahana Permainan MALANG- Tak sekadar merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) ke belakang taman di Jalan Sriwijaya, Pemkot Malang rupanya bakal jorjoran dalam upaya menyulap Taman Trunojoyo sehingga menjadi spot ikonik Kota Pendidik. Sedikitnya, anggaran sebesar Rp 2,5 milyar bakal digelontorkan untuk memperbarui tampilan taman yang berada di seberang Stasiun Besar Malang atau akrab disebut Stasiun Kotabaru tersebut. “Tidak semuanya dana APBD. Kita dapat bantuan CSR dari Bentoel,” ungkap Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto kepada Malang Post. Dengan start pengerjaan mulai bulan ini, pemugaran Taman Trunojoyo ditargetkan rampung bulan Mei mendatang. Relokasi PKL sendiri masuk dalam konsepnya. Nanti, akan ada food court dan sentra kerajinan serta souvenir khas Bhumi Arema di tempat tersebut. Selain itu, taman ini juga akan dilengkapi taman bermain anak, wahana permainan air sampai ruangan khusus bagi ibu menyusui. Bukan tanpa alasan bila Pemkot begitu getol mendandani Taman Trunojoyo yang berada tak jauh dari Bundaran Tugu. Menurut Wasto, ada misi khusus di balik renovasi taman di sisi utara maupun selatan. “Ada beberapa faktor kenapa Taman Trunojoyo digarap sebaik mungkin. Yang pertama, untuk mengaktifkan kembali taman ini karena sebelumnya terkesan pasif dan

RIZAL FANANY//MALANG POST

DIPERCANTIK: Taman di Jalan Sriwijaya juga akan direnovasi untuk menunjang pemugaran Taman Trunojoyo.

kurang menarik perhatian,” bebernya kepada Malang Post. Di samping itu, pihak Pemkot berharap bisa memecah pusat keramaian kota sehingga masyarakat tidak tertuju di spot-spot tertentu, seperti Bundaran Tugu, Alun-Alun Merdeka atau kawasan Jalan Ijen saja. “Kami harapkan Taman Trunojoyo juga jadi ikon kota yang menarik. Karena lokasinya tepat di depan stasiun. Orang yang datang ke

Malang langsung terkesima dengan taman ini,” imbuhnya. Setelah sekian lama menjadi lokasi berjualan PKL, kawasan taman kota di Jalan Trunojoyo, sedianya mulai disterilkan bulan April mendatang. Sebagai gantinya, puluhan PKL akan direlokasi ke area taman kota sisi selatan yang berada di sepanjang Jalan Sriwijaya. Jika wacana ini terealisasi, sedikitnya ada 40 PKL yang harus

boyongan. Rencananya, kawasan tersebut akan dijadikan salah satu ikon baru untuk wisata belanja Kota Malang. Dengan banyaknya PKL makanan yang ada, konsep food court alias pujasera bakal dipilih sebagai magnet utama kawasan tersebut. Selain itu, segala souvenir khas Kota Malang, seperti merchandise klub Arema juga akan dijual di sana. (tom/nug)

PNS

Data Belum Komplet, Tambahan Penghasilan Terhambat MALANG- Para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Malang agaknya harus lebih bersabar menunggu pencairan tambahan penghasilan, yang sedianya dikucurkan mulai bulan ini. Menilik banyaknya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang belum menyetorkan draft evaluasi kinerja pegawai sebagai dasar acuan pembagian bonus, bisa jadi tambahan penghasilan baru mulai digelontorkan bulan Maret depan. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Malang, Wahyu Santoso. “Masih banyak SKPD yang belum setor data. Hampir separo jumlahnya. Sekarang sudah lewat tanggal 10, jadi sepertinya agak susah. Kami harus merekap data lebih dulu,” terangnya kepada Malang Post. Menurut Wahyu, kesulitan pendataan di level kelurahan cukup menghambat pemberkasan di masing-masing kecamatan. Karena pihak kecamatan harus melengkapi data kepegawaian di masing-masing kantor kelurahan di wilayahnya, baru kemudian disetor ke BPKAD. Banyaknya pegawai fungsional di tingkat kelurahan inilah yang cukup menyita waktu. Karena memang masih baru diterapkan, pihak BPKAD cukup bisa memaklumi. Namun, Wahyu berharap bulan depan proses administrasi seperti ini sudah bisa diselesaikan sebelum tanggal 10. “Harapannya bulan depan sudah mulai tertib. Data disetor paling lambat tanggal 10. Jadi, di awal bulan menerima gaji dan tambahan penghasilan bisa cair di pertengahan bulan,” urainya. Tambahan penghasilan menjadi jurus baru Pemkot Malang untuk memproteksi seluruh PNS di jajarannya supaya tidak korupsi. Sesuai Peraturan Walikota Malang Nomor 48 Tahun 2013 yang diterbitkan tanggal 31 Desember tahun lalu, tambahan penghasilan diberikan berdasarkan beban kerja para PNS. Besaran nominal yang diterima masing-masing pegawai didasarkan penetapan bobot jabatan dan besaran harga satuan bobot jabatan tahun anggaran 2014, sesuai SK Walikota Nomor 188.45/450/35.73.112/2013. Besarannya cukup variatif. Untuk PNS setingkat pegawai pelayanan, bobot jabatan maksimalnya 415 atau jika diuangkan tambahan penghasilan yang akan diterima sebesar Rp 1 juta per bulan. Untuk pegawai setingkat lurah, bobot jabatan maksimalnya 1.265 atau mencapai Rp 3,1 juta. Bagi pejabat setingkat camat dengan bobot jabatan 1.870, bisa menerima Rp 4,6 juta setiap bulannya. Pejabat eselon II seperti Kepala Dinas dan Sekkota jelas punya bagian lebih besar. Dengan bobot jabatan maksimal 2.445, para kepala SKPD bisa mendulang Rp 6,051 juta per bulan. Sedangkan Sekkota Malang berpeluang meraup Rp 8,9 juta per bulan, dari bobot jabatan maksimalnya yang sampai 3.600. (tom/nug)

WORKSHOP JURNALISTIK

Bikin Berita, Pilih Bumbu yang Pas MALANG – Untuk menghidangkan soto yang sedap, diperlukan seorang koki yang terampil meracik bumbu dan mengerti takaran penyajiannya. Ternyata, tidak hanya makanan, jurnalistik pun demikian. Diperlukan seorang jurnalis yang tahu ‘bumbu’ yang pas untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Demikian yang disampaikan Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana, S.Psi, di hadapan puluhan siswa kelas VII anggota ekskul jurnalistik SMP BSS Sabtu (15/2) kemarin. Bumbu utama sebuah berita, terang Hana, sapaan akrab wanita berjilbab itu, adalah 5W dan 1H atau dipahami sebagai what, who, where, when, why, dan how. “Banyak orang bisa menjelaskan

secara lisan, tapi tidak bisa menuliskannya. Kewajiban seorang jurnalis adalah menulis dengan benar, termasuk nama narasumber,” tutur Hana. Tidak hanya materi dasar jurnalistik, pada workshop bertema ‘mengembangkan potensi di bidang jurnalistik’ tersebut siswa juga mempraktikkan secara langsung teori ter sebut dengan menulis berita. Mulai dari pengumpulan data primer, pengolahan data, verifikasi validitas data, hingga dapat dikonsumsi masyarakat sebagai berita di media cetak. Selain belajar mengolah bumbu di media cetak, peserta juga belajar jurnalisme media eletronik. Tak tanggung-tanggung, mereka didampingi oleh mantan kameramen TVRI yang

saat ini menghandle video editing di UBTV, Tri Priyanto. Kepada peserta, Tri menjelaskan satuan tugas para awak TV, terutama kameramen. “Kameramen harus memahami teknis pengambilan gambar agar focus dan framing atau komposisi gambarnya tepat. Demikian pula level suara, harus sesuai agar video tidak terdengar sumbang,” tutur Tri. Seorang juru kamera, lanjut Tri, tidak hanya harus mampu mengambil gambar, tapi juga harus me nggambarkan apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah video di TV. Seseorang yang hanya bisa mengoperasikan kamera tanpa memahami apa saja yang layak ditampilkan, tidak memenuhi kualifikasi seorang kameramen.

Arkanul Kautsar, seorang peserta workshop, mengaku tertarik atas penjelasan Tri. Menurutnya, tidak banyak yang mengetahui hal-hal di balik layar tersebut, kecuali orang yang benar-benar berpengalaman langsung di sana. “Tapi saya tetap bercita-cita untuk menjadi jurnalis media cetak,” tandas Arkan dengan nada mantap. Terpisah, ketua pelaksana kegiatan tersebut, Sonia Gita Oktaviana, menuturkan, workshop dilaksanakan untuk mengenalkan peserta ekskul jurnalistik kelas VII terhadap dunia kepenulisan. “Kami akan mengkader mereka untuk dipersiapkan menggarap majalah sekolah, Best, yang terbit setiap enam bulan sekali,” tuturnya. (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BERANI: Peserta workshop jurnalistik SMP BSS menjawab pertanyaan yang dilemparkan pembicara, Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana, S.Psi.

Gelar Berbagai Promo, Target Omzet Naik 30 Persen Butik d’Luuk MALANG – Butik d’Luuk meman faatkan Februari ini untuk memaksimalkan penjualan. Caranya, berbagai kegiatan dilakukan demi memenuhi peningkatan 30 persen omzet yang menjadi target selama bulan ini. “Bulan ini d’Luuk mematok peningkatan omzet lebih tinggi dibandingkan Desember 2013 lalu. Bukan Januari yang menjadi patokan, sebab bulan lalu patokan omzetnya 20 persen lebih tinggi ketimbang Desember,” ujar salah satu owner d’Luuk Boutique, Van Revandrea Menurutnya, normalnya omzet di angka Rp 90 juta. Khusus Februari ini, target penjualan dipatok mencapai Rp 120 juta. “Memang tinggi, tetapi juga harus lebih baik dari omzet Januari lalu,” ungkapnya. d’Luuk optimis dengan target omzet tersebut. Alasannya, selain customer semakin banyak, butik yang berada di Jalan Cipto No. 19 ini kerap kali

D’LUUK FOR MALANG POST

PENUH CINTA: Nuansa penuh cinta tampak dalam promo d’Luuk bulan ini.

mengadakan promo. Bulan ini saja, diskon hingga 50 persen diberikan bagi customernya, ditambah dengan hadiah langsung seperti tupperware dan coklat untuk semua nominal pembelian. Tidak cukup sampai disitu, d’Luuk

juga menggelar promo lain, seperti me ngikuti pameran. Terbaru, untuk memeriahkan valentine, butik ini mengangkat tema Full Love Month. Salah satu acaranya, membagikan bunga dan coklat disertai denga live music Densuko

Ba Band selama dua hari.”Di depan butik ka kami siapkan band selama dua hari. Selain itu itu, ada photo booth untuk memeriahkan mo momen valentine ini, sehingga customer m merasakan perbedaan,” ujar Van. Masih menurut dia, sebagian omzet se selama dua hari adanya live band ter tersebut akan diberikan kepada korban eru erupsi Gunung Kelud. Jumlahnya sebe besar 10 persen dari omzet penjualan ya yang didapatkan pada 15-16 Februari. “J “Jumlah pastinya belum didapatkan. Bi Bisa jadi bertambah dari kerabat atau cu customer d’Luuk yang ingin bersama da dalam berbagi. Yang jelas, bulan in ini pula menjadi kesempatan nyata ba bagi kami untuk menunjukkan kasih sa sayang,” papar dia panjang lebar. Dia menambahkan, akhir Februari ini d’ d’Luuk juga siap berpartisipasi dalam gelaran M-Teens School Competition yang diselenggarakan Malang Post. Lalu, awal bulan depan siap memilih icon d’Luuk of The Year untuk empat kategori, anak-anak, remaja, dewasa dan waria. (ley/nug) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

senin, 17 februari 2014

11

Peduli Bencana Kelud, Makota Rider Distribusikan Bantuan Diback Up GM FKPPI Jatim dan HOG East Java Chapter

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

SOLID: Makota Rider bersama GM FKPPI Jatim dan HOG East Java Chapter menggelar kegiatan sosial Peduli Bencana Kelud dan mengirim bantuan langsung ke Pujon.

IRIN-IRINGAN mobil Jeep Wrangler Rubicon keluar dari halaman kantor Ijen Nirwana Residence, Minggu (16/2) pagi kemarin. Di belakang 10 mobil berperawakan tangguh tersebut, empat mobil Toyota Land Cruiser membuntuti. Adapun satu ambulance dan tiga truk penuh muatan menyusul dalam iring-iringan. Itu semua bukan dalam rangka konvoi, touring maupun rally seperti selama ini sering dihelat di salah satu kawasan perumahan elit Kota Malang tersebut. Pagi itu, rombongan Makota Rider bersama Generasi Muda (GM) FKPPI Jawa Timur dan Harley Owners Group (HOG) East Java Chapter tengah bersiap meluncur ke kamp pengungsian dan penyaluran bantuan di Pujon, Kabupaten Malang.

Berangkat dari keprihatinan terhadap nasib warga yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud, awak Makota Rider langsung menggagas kegiatan peduli bencana. “Kegiatan dan bantuan ini menjadi wujud kepedulian kepada sesama dari Makota Rider Kota Malang. Diback up GM FKPPI Jatim dan rekan-rekan HOG, kami ingin menyalurkan bantuan secara nyata,” ungkap Ketua Makota Rider, Ir R Agoes Soerjanto. Beragam jenis bantuan dihimpun sesama anggota serta melibatkan pihak-pihak yang peduli. Dari kegiatan sosial yang diinisiasi cukup mendadak tersebut, akhirnya terkumpul 10 ribu sarung, 10 ribu masker, 250 kardus air mineral, ribuan pack biskuit, buah-buahan dan sayur mayor

serta kebutuhan bayi seperti susu dan pampers hingga kebutuhan wanita. Bukan perkara mudah bagi awak Makota Rider untuk menghimpun bantuan sebanyak itu dalam rentang waktu yang singkat. Padahal, untuk berburu masker saja sudah cukup memusingkan. Sejak Sabtu (15/2) lalu, stok masker di Kota Malang mulai menipis. Toko-toko dan apotek tak lagi melayani penjualan alat penutup hidung dan mulut ini gara-gara ludes diborong masyarakat. Namun, semua itu tak jadi halangan bagi Makota Rider untuk tetap mendistribusikan bantuan bagi warga di Ngantang, Kasembon hingga Kediri yang terkena imbas letusan Kelud. “Bantuan sebanyak ini berkat solidaritas teman-teman.

Kami berharap semuanya bisa bermanfaat bagi saudara-saudara di sana,” lanjut Agoes didampingi Dirut Ijen Nirwana, Iwan Budianto. Dari kegiatan ini, pria yang juga menjabat Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim tersebut berharap pihak-pihak lain ikut tergerak mendonasikan bantuan. Karena, masih banyak sekali warga yang membutuhkan uluran tangan karena kesulitan di lokasi bencana. “Semoga kegiatan kami bisa menyentuh hati elemen masyarakat yang lain. Tanpa diorganisir, langsung terketuk pintu hatinya dan ikut memberikan bantuan. Kita tahu bagaimana kondisi di sana, sangat memprihatinkan dan benar-benar membutuhkan bantuan,” tuturnya. (tommy yuda pamungkas)

LINTAS KOMUNITAS

Gelar Dari Cinta

TOMMY YUDA PAMUNGKAS/ MALANG POST

KOSONG: Sejumlah apotek di Kota Malang memasang pemberitahuan kehabisan stok masker, sejak Minggu (16/2).

For Kelud

Masker Diburu, Apotek Kehabisan Stok MALANG- Pasca meletusnya Gunung Kelud, Kamis (13/2) lalu, masker menjadi salah satu jenis barang yang paling dicari masyarakat. Bukan hanya warga di Kediri, Blitar dan sekitarnya, namun warga Surabaya, Yogyakarta sampai Bandung yang terdampak abu vulkanik gunung setinggi 1.731 meter tersebut juga kelimpungan mencari masker. Stok alat pelindung hidung dan mulut ini langung menipis, karena masyarakat tak sekadar membelinya untuk kebutuhan individu. Ribuan box masker, yang umumnya jenis masker bedah (surgical mask) langsung diborong mereka yang menggelontorkan bantuan ke lokasi bencana dan tempat pengungsian. Sebagai salah satu wilayah terdekat dengan Gunung Kelud, Kota Malang pun merasakan imbasnya. Kelangkaan masker pun terjadi di Kota Pendidikan.

Dari penelusuran Malang Post, hampir semua apotek di kota ini kehabisan persediaan masker. “Saya butuh satu pack saja untuk keluarga. Karena dengar-dengar setelah ini hujan abu. Ternyata sudah kehabisan,” sesal Rianti, warga Jalan Kawi yang mengaku sudah memburu masker ke empat tempat berbeda, pagi kemarin. Warga Kota Malang patut cemas jika stok masker tak kunjung pulih dalam waktu dekat. Pasalnya, sekalipun erupsi Gunung Kelud sudah mereda, namun masih ada aktivitas vulkanik yang memungkinkan abu terbawa sampai ke kota. Apalagi, warga di pengungsian juga masih membutuhkan masker untuk bertahan dari ancaman hujan debu yang mengganggu pernapasan. Apotek Fitrah Medika di Jalan Taman Borobudur, kawasan Blimbing, sudah

kehabisan persediaan masker sejak pagi kemarin. Dalam waktu singkat, empat kardus berisi ratusan box masker langsung ludes. “Persediaan kami baru saja habis tadi pagi (kemarin). Total sekitar empat kardus,” ujar Retno, apoteker yang bertugas. Hal senada juga terjadi di Apotek Kimia Farma Ijen. Mereka bahkan sudah kehabisan sejak hari Sabtu (15/2). Tak kurang dari 300 box masker yang per pack dijual mulai harga Rp 6000 sampai Rp 10 ribu habis diborong. “Banyak yang beli per pack isi tiga dan enam. Tapi, lebih banyak lagi yang beli dalam jumlah banyak. Katanya untuk disumbangkan,” tutur Susi, pegawai setempat. Selain memburu masker, umumnya para donatur korban Kelud juga memborong obat-obatan untuk keperluan P3K hingga obat sesak nafas. “Obat-

obatan untuk luka ringan, obat diare, obat flu dan batuk serta obat sesak nafas juga dibeli dalam jumlah banyak. Kalau untuk itu, kami masih punya persediaan mencukupi,” lanjutnya kepada Malang Post. Apotek lain seperti Apotek Kimia Farma Sutoyo juga melayani pembelian obat-obatan serta kebutuhan anak-anak dan wanita dalam jumlah banyak. Apotek di kawasan Kedawung itu juga sudah kewalahan melayani penjualan masker karena kehabisan stok. “Sebelumnya, paling banyak masker terjual satu box saja. Tapi, pasca meletusnya Kelud, sudah terjual sampai dua karton atau sekitar 100 box. Sampai sekarang masih banyak yang mencari ke sini,” beber Eva Carolina, petugas apotek yang buka 24 jam tersebut.(tom/nug)

MALANG - Bencana erupsi Gunung Kelud menggugah banyak kalangan. Tak terkecuali dari pengusaha dan komunitas dengan menggalang dana untuk korban di pengungsian. Seperti yang dilakukan oleh beberapa komunitas di Kota Malang bertajuk Dari Cinta For Kelud di Warung Kelir, Sabtu malam. Komunitas tersebut antara lain dari komunitas fotografi, komunitas pemerhati lingkungan, komunitas pelukis hingga komunitas sastra. “Begitu ada salah satu teman mengusulkan penggalangan dana, maka beberapa sepakat mengadakan di tempat ini,” ujar Manager Warung Kelir, Anita Kurnia. Menurutnya, acaranya dikemas santai agar lintas komunitas yang bergabung bisa membaur menjadi satu. Spesial perform musik dari Splendid Dialog with Sahban Rosidi yang menemani charity pada Jumat malam itu. “Kebetulan, semua yang hadir dalam acara malam ini merupakan pecinta seni, dengan segala bakatnya masing-masing. Jadi perform musik, puisi hingga permainan biola juga menjadi sajian malam ini,” bebernya kepada Malang Post. Anita menguraikan, penggalangan dana ini merupakan bentuk kepedulian kepada korban bencana erupsi Gunung Kelud. Sebab, banyak korban dan pengungsi merupakan warga Malang Raya. Sehingga, perasaan sakit pun dirasakan oleh anggota lintas komunitas itu, sekalipun yang datang dalam malam penggalangan dana ini belum tentu ikut terjun memberikan sumbangan kepada korban. Sembari bercakap antara satu dengan lainnya, penggalangan dana pun dimulai. Lewat sebuah kotak yang dijalankan, satu persatu bantuan dana masuk dalam kotak tersebut. Hingga akhirnya, jumlah yang terkumpul mencapai Rp 2.875.500. “Semoga bisa bermanfaat bagi korban di pengungsian,” tutur Bachtiar Djanan, Owner Gama Resto. (ley/nug)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

PERFORM: Penampilan grup Splendid Dialog saat penggalangan dana lintas komunitas.

SMAN 8 Malang

Jaring Broadcaster Muda Lewat SHOCC Sabtu (15/2), lobi SMAN 8 Malang tampak ramai dipenuhi pelajar SMA-SMP se-Malang Raya. Rupanya pagi itu tengah dilaksanakan Smarihasta Broadcasting Competition (SHOCC) yang ke-5. SHOCC merupakan lomba tahunan yang diadakan Smarihasta Broadcasting Community (SBC) yaitu komunitas broadcasting tertua di Malang Raya yang dimiliki oleh SMAN 8 Malang. Tahun ini acara yang didukung oleh Malang Post tersebut mengusung tema tentang Harmony in Diversity yang memiliki makna bersatunya broadcaster muda dari berbagai sekolah di Kota Malang untuk menyampaikan kepedulian mereka terhadap Indonesia melalui lomba announcer, news presenter, dan MC. Tujuan, untuk mewadahi para broadcaster yang ingin menunjukkan skill dan minat mereka dalam dunia broadcasting. Ketua Pelaksana SHOCC 5 Meidy Yumna mengatakan, masing-masing kategori perlombaan memiliki kriteria penilaian tersendiri, seperti announcer yang dilakukan secara blind audition yaitu juri membelakangi peserta dengan dibatasi sebuah papan tulis guna meminimalisir kecurangan untuk menilai lebih anak didiknya sendiri.

UNJUK GIGI: Salah seorang peserta SHOCC SMAN 8 Malang tengah menunjukkan skill MC di hadapan dewan juri.

“Konsep Blind Audition yang dipakai tahun ini cukup bagus dan efektif dibanding tahun kemarin karena juri langsung menilai suara peserta tanpa melihat penampilan. Unutk menilai seorang announcer memang memfokuskan pada suara meliputi intonasi, aksentuasi, artikulasi, dan speed,” ujar Rizky Ika Safitri, Juri Lomba Announcer. Lomba news presenter dilakukan secara tatap muka langsung dengan juri. Peserta diperbolehkan membawa teks dan duduk di bangku yang disediakan atau berdiri. Dalam penilaian juri memfokuskan pada kreativitas, pelafalan, dan penampilan news presenter. “Khusus News Presenter materi diberikan hanya naskah, sedangkan untuk narasi para peserta diharapkan mengem-

bangkan sendiri dengan padat dan tepat,” kata Dave Nirvana, reporter ATV yang merupakan salah satu juri News Presenter. Sedangkan untuk kategori MC materi yang diberikan hanya mengenai SHOCC 5 sendiri. Dengan penilaian outlooking, kreatifitas, stage act, blocking, serta bahasa yang digunakan dengan alokasi waktu lima menit. “Untuk kategori MC, kami memberi kesempatan bagi peserta untuk belajar langsung bagaiamana menjadi MC sesungguhnya, maka dari itu kami hanya memberi clue card dengan harapan para peserta dapat berimprovisasi dan mampu menghidupkan suasana sebagaimana layaknya sebuah acara,” tambah Putri Sashia, Juri Lomba MC. Perlombaan ini berakhir pada

pukul 15.00 WIB ditutup dengan pengumuman juara. Kategori SMA news presenter juara 1 Brilliandani (SMAN 5), juara 2 Agista Cyntia (SMAN 4), dan juara 3 Khoirunnisa (SMAN 1). Announcer juara 1 Aura (SMAN 10), juara 2 Bening Anisa (SMAN 5), dan juara 3 Anisa (SMAN 2). MC juara 1 Diana Intan (SMA Corjesu), juara 2 Nanda Wahyu (SMA Lab), dan juara 3 Arista (SMAN 5). Untuk kategori SMP news presenter juara 1 oleh Anggi Yulina (SMPN 6), juara 2 Heni Risma (SMPN 18), dan juara 3 M. Khaafi Radja (SMP Lab). Announcer juara 1 Ratu F (SMPN 18), juara 2 Anisa (SMPN 18), dan juara 3 Agita (SMPN 18). MC juara 1 Tessa (SMPN 18), juara 2 Ratu F (SMPN 18), dan juara 3 Resyanda (SMPN 20). (mg1/mg2/nda) REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: ABDEE


12

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

SNMPTN

Pendaftaran Dibuka Hari ini JAKARTA - Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dibuka mulai hari ini hingga 31 Maret 2014. Siswa yang bisa mendaftar adalah siswa yang rekam jejak prestasinya tercatat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Untuk itu, sekolah yang belum mengisi PDSS dihimbau untuk segera melakukan pengisian. “Sekolah masih bisa mengisi PDSS hingga 6 Maret 2014,” demikian diungkapkan Ketua SNMPTN, Ganjar Kurnia, di Jakarta, Sabtu (15/2) lalu. Ganjar mengatakan, setelah sekolah mengisi PDSS, sekolah diminta untuk memberikan password kepada siswa, agar mereka bisa memverifikasi data yang telah dimasukkan.Jika siswa tidak melakukan verifikasi maka data yang dimasukkan oleh kepala sekolah dianggap benar. Data tersebut tidak bisa diubah setelah waktu verifikasi berakhir. Ganjar mengatakan, hingga sabtu (15/2) lalu, 11.836 sekolah telah mengisi PDSS. Jumlah tersebut termasuk 1982 sekolah baru. Untuk siswa, jumlah yang terdaftar adalah 2.319.050 siswa. “Jumlah dua jutaan itu termasuk siswa kelas satu. Karena sekolah diminta mengisi PDSS itu sejak siswanya di kelas 1,” terang Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) tersebut. (net/nda)

SMKN 9 LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

SIAGA: Tim relawan dari Unisma berangkat ke Kediri dan Blitar untuk meringankan beban pengungsi Kelud.

FK. Mereka telah menempuh pendidikan dibawah gemblengan SAR PMI Kota Malang untuk sigap jika ada bencana. Setelah mengirim bantuan ke Kediri dan Blitar, selanjutnya Unisma akan mengirim bantuan ke Ngantang dan Pujon. Sumbangan akan digali dari seluruh warga Unisma Malang. Sementara Rektor Unisma, Prof Dr Surahmat M.Si menuturkan musibah meletusnya Kelud mengingatkan manusia untuk menyatu dengan alam. Manusia harus merawat bumi dengan menanam pohon dan menggunakan sebaik- baiknya. “Jangan merusak dan menghabiskan isi alam ini, rawat dengan baik mKa bumi akan memberikan kebaikan pula,” pesannya. Surahmat menegaskan pada dasarnya erupsi Kelud hanyalah siklus alam yang sudah terjadwal. Jika tidak dikeluarkan isi perut Kelud maka justru akan semakin dahsyat dampaknya. Warga Malang juga harus bersyukur karena dampaknya tidak dirasakan langsung. (oci/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BABAK SELEKSI: Para peserta tampak serius mengerjakan soal sains dalam Saint Joseph 2 Science Competition (SJ2SC) SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

INOVATIF: Memenuhi kebutuhan masyarakat, minuman sari apel K-Nine milik SMKN 9 Malang akan memperluas distribusi.

Perluas Distribusi K-Nine MALANG – Minuman sari apel bermerk K-Nine sudah banyak dikenal masyarakat Kota Malang. Minuman ini menjadi ikon SMKN 9 Malang yang membawa nama sekolah tersebut sebagai sekolah entrepreneur yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini, terkait keterbatasan tempat produksi dan tenaga, pengelola sari apel K-Nine sudah kewalahan menerima order distribusi keluar. “Selama ini, kami mendistribusikan di keluarga besar SMKN 9 Malang karena kewalahan. Tapi seiring waktu, K-Nine mulai diminati masyarakat luar dan kami harus menyiapkan strategi,” terang Waka Humas SMKN 9 Malang, Dra.Ida Yulia, kepada Malang Post. Ida mengungkapkan, sekolah sudah mulai merancang pengembangan entrepreneur yang akan segera dimulai. Paling lambat, tahun ajaran baru siswa sudah akan memiliki ruang wirausaha inovatif. Hal ini, menurut keterangan Ida, untuk mempermudah siswa mengelola unit wirausaha masing-masing. Sementara ini, unit usaha yang berkembang pesat adalah sari apel K-Nine tersebut. “Untuk produk ini, kami sudah mengantongi izin depkes dan Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Wajar bila siswa sangat greget untuk memperluas wilayah distribusi,” tutur Ida. Ida menjelaskan, sebagai persiapan memperluas wilayah distribusi dan meningkatkan produksi, siswa tengah gencar membidik target pasar. Ida juga mengimbau, siswa tidak hanya mengandalkan promo lisan, tapi mulai berkreasi dengan iklaniklan inovatif. Selain itu, ia menegaskan siswa untuk selalu memantau perkembangan produk-produk inovatif lain di internet. “Materi rekayasa kerajinan yang dipelajari di kelas tidak akan optimal tanpa praktik di dunia nyata,” ujarnya. Selain minuman sari apel K-Nine, dengan dikembangkannya wirausaha inovatif, SMKN 9 Malang juga akan fokus pada beberapa unit produk lain. Di antaranya ialah abon kulit singkong yang beberapa waktu lalu menyabet juara II wirausaha inovatif di universitas Ma Chung. “Kami terus mencari inovasi baru dengan memanfaatkan bahan-bahan yang banyak tersedia di sekitar sekolah,” ujar Ida. Tidak hanya itu, kulit pisang, bonsai kayu tiruan, serta unit usaha lain akan segera menyusul kesuksesan minuman sari apel K-Nine yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ida berharap, dengan pengembangan entrepreneur inovatif, kemampuan siswa dapat lebih terasah sehingga siap terjun di masyarakat. (ily/nda)

HUT SMPN 8 Malang

Tangani Pengungsi Kelud, Unisma Kirim 10 Mahasiswa FK MALANG - Universitas Islam (Unisma) Malang mengirimkan puluhan relawan dan juga sejumlah sumbangan untuk pengungsi Kelud di Blitar dan Kediri. Pemberangkatan perdana dilakukan Sabtu (15/2) lalu dan akan disiapkan kembali pemberangkatan ke dua. Relawan yang diberangkatkan adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) yang tergabung dalam Rescue Team Unisma. “Ada 10 relawan yang sudah berangkat untuk meringankan beban masyarakat terutama yang sedang sakit,” ungkap Dr H Masykuri Bakri, Wakil Rektor bidang publikasi dan kerjasama Unisma. Kondisi pengungsi yang mulai banyak terjangkit penyakit menjadi perhatian relawan Unisma. Mereka juga sudah membawa berbagai makanan dan obat-obatan yang dibutuhkan pengungsi. Rencananya relawan FK Unisma akan berada selama 2-3 hari di pengungsian. Menurutnya relawan Unisma tersebut merupakan alumni diklat SAR yang merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

TERBAIK: Para juara lomba Tari Kreasi Baru foto bersama kepala SMPK Frateran, Drs. Markus Basuki dan Ketua Pelaksana C 21 Prestasi, Antonius P Wigig R, MM.

Pekan Bahasa dan Budaya SMPK Frateran Celaket 21

Penutupan Dimeriahkan Tari Kreasi Baru MALANG - Pergelaran Pekan Bahasa dan Budaya SMPK Frateran Celaket 21, telah usai. Minggu (16/2) kemarin, merupakan hari terakhir kegiatan yang ditutup dengan lomba Tari Kreasi Baru dan Try Out Ujian Nasional yang diikuti ratusan siswa-siswi SD se Malang Raya. Tari kreasi baru yang diikuti puluhan grup tari ini menjadi kemeriahan sendiri dalam Pekan Bahasa Dan Budaya. Pasalnya paduan musik tradisional dan modern yang mengiringi sebuah gerakan tari ditambah dengan busana tematik yang dipakai peserta menjadi ketertarikan tersendiri untuk ditonton oleh banyak orang. Yosep sebagai ketua Juri dalam perlombaan ini mengakui potensi yang dimiliki seluruh peserta cukup bagus. Berbagai jenis tari yang ditampilkan dinilai sudah baik dari konsep dan karakteristis masing-masing tari. “Namun ada satu hal penting yang belum kami lihat dari setiap peserta yang tampil, yaitu ekspresi. Itu sangat penting. Sebab menari tanpa ekspresi, akan mematikan ruh dari tari itu sendiri,” jelasnya. Sebagai pelatih tari profesional yang sudah melanglang buana ke berbagai negara, Ia berharap kepada seluruh pembina tari untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada anak dalam mengembangkan bakat mereka di dunia seni. Sebab itu akan menjadi sebuah kesempatan berharga bagi masa depan

mereka. “Selain itu ajarilah anak dengan benar, sebab jika di masa kini mereka mendapat pelajaran yang keliru, maka seterusnya kesalahan itu akan mempengaruhi penampilannya,” tandasnya. Ketua pelaksana, Antonius P Wigig R, MM mengatakan seluruh agenda kegiatan Celaket 21 Prestasi tahun ini berjalan sukses karena kinerja kepanitian yang kompak dan keantusiasan para peserta yang ikut berpartisipasi dalam setiap lomba dari turnamen basket hingga Pekan Bahasa dan Budaya. Pihaknya akan selalu memberikan apresiasi kepada mereka dengan berbagai hadiah berupa tropy maupun uang pembinaan. “Kami akan lanjutkan kegiatan ini nanti pada bulai Mei dengan agenda pekan lingkungan hidup yang juga dimeriahkan bebarapa acara menarik,” ujarnya. Secara terpisah kepala SMPK Frateran Drs. Markus Basuki, M.Pd mengungkapkan kegiatan pekan bahasa dan budaya merupakan sebuah upaya pembelajaran bagi para siswa untuk semakin menghargai budaya bangsa. Berangkat dari sikap menghargai inilah yang nantinya akan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri. “Itulah tujuan sebenarnya dari perlombaan yang kita gelar, sebagai media pendidikan bagi seluruh siswa untuk melestarikan budaya bangsa yang beranekaragam,” ungkapnya. Markus menegaskan suatu bangsa akan maju jika dapat menjunjung tinggi budaya

sendiri namun tetap menghargai budaya lain. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan beraneka budaya yang dimiliki. Untuk itulah SMPK Frateran dengan konsisten mendidik siswanya untuk selalu menghargai dan mencintai budaya bangsa Indonesia. (imm/sir/nda)

Abah Anton: Salip Prestasi Kakak Kelas! MALANG - Deretan piala dan medali siswa dipamerkan di SMPN 8 Malang saat kunjungan Wali Kota Malang, H Moch Anton dalam agenda perayaan Hari Ulang Tahun (HUT), Sabtu (15/2/14). Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah deretan medali tingkat internasional dan nasional yang dipajang di stand prestasi siswa. Di usianya ke-37, SMPN 8 Malang menargetkan sekolah go internasional. Berbagai potensi prestasi siswa menjadi andalan sekolah ini di tingkat internasional. “Di usia ke 37 ini SMPN 8 Malang tidak hanya berprestasi di nasional saja tapi juga internasional,” ungkap Kepala SMPN 8, HM Nur Fakih MAg ditemui disela acara perayaan HUT sekolah. Prestasi internasional ini telah diwujudkan oleh siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti atletik dan renang. Bahkan baru-baru ini drumband sekolah baru dikirim ke Belanda untuk

tafet pasar modal dalam babak semi final, dan sistem cepat-tepat dengan cara tawar menawar waktu kerja dan pertanyaan berebut. “Dalam babak semi final, setiap kelompok mendapat modal nilai yang dapat mereka gunakan untuk memilih soal dengan harga yang berbeda-beda,” jelas Yuni. Penambahan dan pengurangan saldo nilai masing-masing kelompok ditentukan oleh keberanian kelompok tersebut untuk memilih soal dengan harga tinggi dan ketepatannya menjawab soal tersebut. Selanjutnya, lima kelompok dengan saldo tertinggi dapat melaju ke babak final dan menjawab pertanyaan berebut. “Lomba ini diselenggarakan untuk mewadahi potensi siswa SD/MI di bi-

dang sains, dan mengubah image pelajaran sains yang selama ini dianggap momok bagi siswa. Dalam kegiatan ini peserta digiring pada kompetisi belajar yang lebih variatif dan berdaya saing,” tutur Yuni. Yuni berharap, dengan diselenggarakannya SJ2SC ini, peserta menjadi lebih kreatif dalam berpikir dan mengeksplorasi pengalaman imajinasi sains mereka. Selanjutnya, mereka juga dapat menularkan kecintaan mereka terhadap sains kepada siswa lain di sekolah masing-masing. Tak hanya itu, siswa dapat mengasah kemampuan mereka lebih dalam di SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang yang merupakan sekolah yang memiliki konsentrasi tinggi terhadap dunia sains. (ily/sir/nda)

ALUMNI: Abah Anton bersama warga SMPN 8 Malang. sebuah kompetisi. Atlet lompat jauh asal SMPN 8, Dennis Dwi Kurniawan juga pernah mendulang sukses di ajang lomba internasional di Thailand dan Vietnam pada 2009 lalu. Medali yang diraihnya termasuk yang ikut dipamerkan saat perayaan HUT Sabtu lalu. Prestasi luar biasa yang diukir SMPN 8 Malang ini pun mendapat apresiasi Abah Anton, panggilan akrab H Moch Anton. “SMPN 8 ini luar biasa sekali, sekolah gratis tapi mutunya tetap baik. Dengan kualitas seperti

ini seharusnya siswanya bisa berprestasi lebih dari kakakkakaknya yang dulu,” pesannya di hadapan siswa. Abah Anton adalah alumni angkatan 1982 di SMPN 8. Temanteman se angkatannya kemarin juga ikut hadir dan memotori kegiatan jalan sehat dan bakti sosial. Abah Anton dan seluruh warga sekolah penuh semangat mengikuti jalan sehat. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dikbud, Dra Zubaidah MM dan sejumlah perwakilan Kepala Sekolah di Malang.(oci/nda)

Juara 1 SDN Kauman 1 Juara 2 SDK St. Yusup III Juara 3 SDK Mardi Wiyata 1 Lomba Mengarang Juara 1 SDK Cor Jesu Juara 2 SDK Mmardi Wiyata 1 Juara 3 SDK Cor Jesu Lomba Baris Berbaris Juara 1 SDN Sawojajar 1 Juara 2 SDN Sawojajar 1 Juara 3 SDN Gadang 1 Lomba Teknik Kepramukaan Juara 1 SDK Mardi Wiyata 1 Juara 2 SDK Mardi Wiyata 1 Juara 3 SDK Mardi Wiyata 2 Lomba Tari Kreasi Baru Juara 1 SDN Gadang 1 Juara 2 SDN Polehan 3 Juara 3 SDN Donoyo 3

SDK Santo Yusup 3 Rebut Piala Bergilir “Tahun lalu, piala bergilir diraih oleh SD Taman Harapan dan tahun ini persaingan akan semakin ketat dengan peserta dari Jombang, Banyuwangi, Tulungagung, Surabaya dan sekitarnya, yang bersemangat mengikuti lomba meski sempat ketar-ketir bencana alam,” ujar Ketua Pelaksana SJ2SC, Wahyu Purwaningdiah, SE. Yuni, sapaan akrab wanita ramah ini, menuturkan, lomba sains yang digelar SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang berbeda dengan lomba sains yang lumrah ditemui. Jika biasanya lomba sains membosankan, SJ2SC malah sebaliknya. Soal tertulis hanya dilakukan pada babak penyisihan. Sedangkan pada babak selanjutnya, peserta akan diadu dengan sistem es-

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

Lomba Story Telling

Saint Joseph 2 Science Competition SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang

MALANG – Event dua tahunan paling bergengsi garapan SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang, Saint Joseph 2 Science Competition (SJ2SC), kembali digelar. Sabtu (15/2) kemarin, ratusan siswa dari puluhan SD/MI negeri dan swasta se-Jawa Timur yang tergabung dalam 94 regu, memperebutkan piala Jawa Timur serta uang tunai dan voucher senilai total Rp 7 juta untuk lima tim juara. Dalam kejuaraan ini, tim dari SDK Santo Yusup 3 sukses merebut piala bergilir yang tahun lalu diraih oleh SD Taman Harapan. Disusul tim SD Islam Sabilillah, serta tiga tim dari MIN 1 Malang yang menjadi juara 2, 3, harapan 1 dan harapan 2 SJ2SC SMPK Kolese Santo Yusup 2 Malang.

13

BAKTI SOSIAL: Abah Anton (tengah) didampingi kepala SMPN 8, HM Nur Fakih M.Ag berfoto bersama guru-guru SMPN 8.

SMPN 8 Malang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 37, Sabtu (15/2/14). Perayaan HUT kali ini terasa istimewa karena dihadiri alumnus angkatan 1982 yang merupakan orang nomor satu di Kota Malang yaitu H Moch Anton atau akrab dipanggil Abah Anton. Acara diawali dengan jalan sehat bersama Abah dan dilanjutkan pameran pendidikan dan Gelar Prestasi. Di usia 37 tahun ini SMPN 8 Malang bertekad untuk terus melahirkan prestasi tak hanya ditingkat nasional tapi juga internasional. SMPN 8 Malang Luar Biasa begitu kata Abah Anton usai berkeliling almamaternya itu. FOTO DAN TEKS LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

SMPN 8 Rayakan HUT k-37 Bersama Abah Anton

Bertekad Lahirkan Prestasi Internasional

SMK Muhammadiyah 1 Malang

Voucher Rp 50 Juta untuk 500 Peserta Try Out MALANG – Sesuai dengan yang telah diprediksi sebelumnya, try out tahap kedua yang digelar oleh SMK Muhammadiyah 1 Malang Minggu (16/2) kemarin kembali diikuti ratusan peserta. Mereka adalah siswa dari 20 SMP/MTs negeri dan swasta se-Malang Raya. Seperti pada kegiatan serupa pada 19 Januari lalu, kegiatan ini juga dibanjiri hadiah dan voucher senilai total Rp 50 juta untuk 500 peserta. Ketua pelaksana kegiatan tersebut, Eny Wahyuni, mengungkapkan, voucher tersebut dapat digunakan siswa sebagai biaya daftar ulang saat pengembalian formulir pendaftaran di SMK Muhammadiyah 1 Malang yang seharusnya senilai Rp 100 ribu. “Rp 100 ribu untuk 500 peserta sehingga total mencapai Rp 50 juta. Sedangkan untuk 10 besar peserta try out, kami memberi mereka kebebasan biaya uang pengembangan laboratorium yang nominalnya

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SEMANGAT: Sebelum melaksanakan try out bersama, peserta mengikuti kelas motivasi dan pengenalan profil SMK Muhammadiyah 1 Malang di masjid sekolah. berkisar antara Rp 1 juta- Rp 2 juta,” terang Eny. Mengenai nominal yang tidak

sedikit tersebut, Eny mengatakan, hal ini seimbang dengan kemampuan yang dimiliki siswa yang ber-

sangkutan. Menurut Eny, prestasi mereka memang harus diapresiasi sejak awal agar terus berkembang

ke keahlian yang mereka pilih di SMK Muhammadiyah 1 Malang nantinya. “Prestasi lainnya akan menyusul, seperti prestasi yang belum lama ini kami raih, di antaranya ialah Honda Student Skill Contest, Cipta Karya SMK, dan di bidang olahraga seperti tapak suci,” ujar Eny. Penuturan Eny senada dengan yang disampaikan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Malang, Drs HG Rachmad Basuki. Menurutnya, secara keseluruhan, sekolah tidak keberatan untuk memberi keringanan-keringanan biaya pendidikan kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik maupun non akademik yang bagus. “SMK Muhammadiyah 1 Malang memberi kesempatan seluas-luasnya untuk belajar kepada siswa dengan potensi istimewa,” ujarnya. Selain kegiatan try out, siswa juga menngikuti kelas motivasi dan dikenalkan pada profil SMK

Muhammadiyah 1 Malang. Terkait hal tersebut, Waka Kesiswaan SMK Muhammadiyah 1 Malang, Drs Suryanto, M.Pd, selaku penanggung jawab presentasi profil sekolah, membocorkan dua kompetisi keahlian baru yang dapat dipelajari oleh siswa pada tahun ajaran mendatang. Jika pada kegiatan try out Januari lalu Suryanto hanya menginformasikan satu program keahlian tambahan, yaitu manajemen bisnis dengan konsentrasi penjualan dan perbankan syariah, pada kesempatan ini ia kembali menambah satu program keahlian lain, yaitu arsitektur. “Kebutuhan di dunia properti sangat luar biasa. Listrik, bangunan, dan cakupan bidang teknik sipil lainnya sudah menjadi tantangan nasional. SMK dituntut untuk menyediakan tenaga yang terampil untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” tutur Suryanto seraya menutup pembicaraan. (ily/sir/nda)

SUKSES: Abah Anton menyerahkan potongan tumpeng kepada Kepala SMPN 8 HM Nur Fakih M.Ag.

START: Abah Anton memberangkatkan peserta jalan sehat HUT SMPN 8.

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

SEHAT: Jalan sehat bersama Abah Anton berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan.

PAMERAN: Siswa SMPN 8 menjelaskan mengenai cara kerja simulasi deteksi bencana karya mereka kepada Abah Anton yang didampingi Kepala Dikbud Kota Malang Zubaidah MM.

CERDAS: Siswa SMPN 8 memamerkan karya teknologinya yang ditinjau langsung oleh Abah Anton.

PEDULI: Perayaan HUT SMPN 8 juga diwarnai dengan bakti sosial untuk masyarakat yang membutuhkan.

DEMOKRASI: Simulasi pemilu ala siswa di SMPN 8 Malang mendapatkan apresiasi dari Abah Anton.


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

KOTA WISATA

SISWA MASUK,

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

14

KANGMAS NIMAS 2014

Pengungsi Bisa Dipindah BATU-Senin hari ini, semua siswa di Kota Batu mulai masuk kembali setelah Jumat dan Sabtu lalu diliburkan akibat abu vulkanik letusan Gunung Kelud, menyelimuti kota ini. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) pun, mengagendakan sidak ke sejumlah sekolah utamanya di wilayah Kecamatan Bumiaji. “Mulai besok (hari ini) sekolah sudah mulai masuk, itu karena kondisinya sudah mulai berangsur baik,”kata Kepala Disdikpora, Budi Santoso, Minggu (16/2). Budi Santoso yang kemarin meninjau sejumlah sekolah yang terkena abu Kelud itu mengatakan bahwa kondisi sekolah juga masih belum dibersihkan secara maksimal. Praktis, masih ada sisa-sisa abu vulkanik di sekitaran sekolah.”Waktu libur, semestinya ada upaya sekolah untuk membersihkan, bukan nantinya justrus siswa

yang kerja bakti. Sebab, bila pember- lebih nyaman, sekaligus tidak mengganggu kegiatan belajar sihan dilakukan oleh mengajar di sekolah. siswa maka bisa sangat Untuk sekolah yang berbahaya,”ujarnya kedipakai sebagai tempat pada Malang Post. pengungsian itu, ada Mantan Plt Sekda sekitar 5 sekolah. YakKota Batu, itu meni, SDN 1 Pesanggranambahkan, sejauh han, SDN Ngaglik 1, ini memang ada beSDK Sang Timur, SDN berapa gedung sekolah 1 Songgokerto, dan SD yang digunakan untuk Muhammadiyah. pengungsi. Oleh karSekretaris Disdikpoenanya, karena besok ra juga membenarkan, (hari ini) sudah mulai bahwa pihaknya keberjalan lagi proses bemarin sidak ke sejumlah lajar mengajar, sebaisekolah itu.” Alhamduknya pengungsi yang Budi Santoso lillah kondisi gedung ditempatkan di sekolah dipindahkan ke lokasi lain. Bukan sekolah tidak ada yang rusak, walaupun maksud untuk mengusir, tetapi agar tumpukan abu vulkanik masih terlihat di pengungsi ditempatkan di tempat yang halaman dan atap,’’terangnya.

Komar, panggilan akrabnya mengatakan, memang tidak semua sekolah akan normal proses belajar mengajarnya. Seperti SDK Sang Timur, dan SDN 1 Pesanggrahan, karena dua sekolah ini paling banyak ditempati pengungsi asal Kecamatan Ngantang dan Kasembon Kabupaten Malang. Kalaupun para pengungsi di sekolh-sekolah itu belum bisa dipindahkan secepatnya, alternatifnya siswa siswa di sekolah tersebut diliburkan lagi hingga Selasa besok atau Rabu lusa. Sebelumnya, Disdikpora juga telah memberikan bantuan kepada para pengungsi korban erupsi Gunung Kelud itu.”Kami mengajak semua siswa dan pihak sekolah, untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban Gunung Kelud. Hal ini penting karena juga untuk menanamkan kepedulian siswa,”jelasnya.(mik/lyo)

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

TES: Peserta pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas mengikuti seleksi di Hotel Riverstone, kemarin.

Penyisihan, Eliminasi 136 Peserta BATU - Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas 2014, mampu menarik jumlah peserta paling banyak dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, diikuti 186 orang terbagi 102 peserta Nimas dan 84 Kangmas. Kesemuanya, Sabtu lalu mengikuti tahapan technical meeting di Ruang Bina Praja Pemkot Batu. “Hari Sabtu merupakan pendaftaran terakhir, yang dilanjutkan technical meeting. Jumlah peserta seluruhnya 185 orang,” ungkap Susilo Trimulyanto, Ketua Panitia Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu. Technical meeting bertujuan membahas pelaksanaan penyisihan, yang digelar di Hotel River Stone, Minggu (16/2). Dalam technical meeting itu, ada yang menanyakan apakah diperbolehkan bila ada peserta yang tetap mengenakan jilbab.“Ya nggak apa-apa peserta mengenakan jilbab. Kami tidak membatasi mereka untuk mengenakan jilbab sekaligus tidak pengurangan penilaian, dan kesempatan menang tetap sama dengan peserta lain,” tandas mantan ketua Senat FISIP UMM ini. Babak penyisihan, kata dia, ada beberapa faktor penilaian dari dewan juri. Yakni mulai kepribadian, pengetahuan pariwisata, pengetahuan kampanye anti narkoba, pengetahuan lingkungan dan Bahasa Inggris. Tim juri terdiri dari unsur Kantor Lingkungan Hidup, BNN, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, PHRI dan lembaga pendidikan Bahasa Inggris di Kota Malang. Baca Penyisihan... Hal.15

VALENTINE

SAMSULIYONO/MALANG POST

LUKA CUKUP PARAH: Karmun warga Desa Banu Kecamatan Ngantang dievakusai relawan PMI Kota Malang, akibat terjatuh membersihkan atap rumahnya dari lapisan abu vulkanik gunung Kelud, Minggu kemarin.

Bersihkan Abu, Jatuh dari Atap NGANTANG-Baru diguyur hujan Sabtu malam lalu, warga Desa Banu Kecamatan Ngantang begitu bersemangat. Minggu pagi kemarin mereka pun berusaha membersihkan atap rumah yang dilapisi abu vulkanik Gunung Kelud setebal sekitar 10 Cm. Tak beda dengan Karmun, 76 tahun yang juga ikut-ikutan memanjat atap rumahnya. Berbekal sapu lidi dan cetok

FEBRI SETYAWAN/ MALANG POST

WISATA: Salah satu armada taksi wisata yang mulai beroperasi di Kota Batu.

alat pertukangan, bapak empat orang ini pun tak kalah semangatnya dengan tetangganya. Dengan bertelanjang dada dia nangkring di wuwungan atap rumah. Namun sial, kakinya terpeleset hingga tubuhnya menggelinding melewati genting lalu melayang jatuh ke tanah. Mulutnya pun berdarah, warga sekitar gempar memberikan pertolongan dengan mengangkut tubuh korban yang

terkulai lemas itu di atas bak mobil pick up menuju jalan raya. Lantas, begitu sampai di Posko Bencana Kelud di Jalan Raya Selorejo, Karmun disambut oleh petugas PMI Kota Malang yang sejak Kamis malam lalu siaga satu bersama tim SAR maupun relawan lainnya.’’ Kondisi Mbah Mun memang sudah lelah lantaran kurang istirahat sejak peristiwa Kelud

meletus itu,’’ungkap seorang pemuda, tetangga korban. Selanjutnya, tubuh korban dipindahkan ke mobil ambulan milik PMI Kota Malang.’’ Untuk sementara kita angkut ke Puskesmas Pujon. Kalau memang kondisi luka-luka korban serius, biar dirujuk ke rumah sakit yang ada di Kota Batu,’’jelas Hari, coordinator relawan PMI Kota Malang. (lyo)

Citra Ekspansi Hadirkan Taksi Wisata di Kota Batu BATU – Semakin berkembangnya Kota Batu utamanya sektor wisata, kian mengundang minat investor untuk berinvestasi. Salah satunya kehadiran armada dan pengoperasian taksi khusus wisata, milik Citra Grup. Perusahaan taksi milik Rudi Harianto putra mantan Wali Kota Malang Soesamto, selama ini memang menjadi pionir kehadiran taksi di Malang raya.

Taksi tersebut bernama taksi wisata, karena ada perbedaan dengan taksitaksi lain yang sudah berkembang di Malang. Armadanya pun tidak menggunakan mobil jenis sedan, melainkan kendaraan Toyota Avanza Tipe G. Kendaraan itu didesain menarik, sehingga sangat cocok untuk mengangkut para wisatawan. Baca Citra... Hal.15

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

MAKE UP: Peserta lomba make up menunjukkan kepiawaian di atrium Lippo Plaza Batu, kemarin.

Boneka Barbie di Lippo Plaza BATU – Suasana atrium Lippo Plaza Batu berbeda dengan hari-hari sebelumnya, Minggu (16/2) kemarin. Mendadak atrium mall terbaru di Kota Batu tersebut dipenuhi oleh boneka barbie dan princes. Mereka boneka barbie dan princes tersebut melakukan fashion show di atas panggung yang berada di atrium mall. Sebelum melakukan fashion, boneka barbie dan princes tersebut lebih dulu dirias di bawah panggung. Mereka bukanlah boneka atau princes sebenarnya, namun peserta lomba make up yang digelar oleh manajemen Lippo Plaza Batu untuk memeriahkan perayaan valentine, 14 Februari. ‘’Ada 30 peserta lomba make up ini. Tema lomba make up adalah Romantic and Fun sehingga peserta boleh melakukan make up dengan objek bergaya boneka barbie atau princes,’’ ujar Venny Lidya, Marketing Communication Lippo Plaza Batu kepada Malang Post. Menurutnya, peserta tersebut berasal dari para siswa sekolah kejuruan hingga mahasiswa. Mereka diberikan waktu selama 45 menit untuk melakukan make up sebelum peserta yang sudah di make up menunjukkan kepiawaian berfashion di atas panggung. Baca Boneka Barbie... Hal.15

REDAKTUR: SAMSULIYONO, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

15

Yuni Shara Hibur Anak-Anak Pengungsi

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

KUNJUNGAN: Jenderal TNI Budiman bersama Eddy Rumpoko mengunjungi pengungsi di GOR Ganesha Kota Batu, kemarin.

Hari Ini Pengungsi Pria Dipulangkan Pria Lanjut Usia, Wanita dan Anak Anak Menyusul BATU - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Budiman mengunjungi pengungsi asal Kecamatan Ngantang dan Kasembon yang menjadi korban letusan Gunung Kelud, di GOR Ganesha Kota Batu, Minggu (16/2) sore. Budiman memastikan, jalur Kediri-BatuMalang sudah bisa dilalui dengan nyaman mulai Senin (17/2) hari ini. Kehadiran jenderal bintang empat itu ke lokasi pengungsian, didampingi

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Wakil Walikota Punjul Santoso, Panglima Divisi II/KOSTRAD Mayjend Agus Kriswanto, serta beberapa pejabat militer lainya. Pihaknya ingin melihat langsung, bagaimana penanganan pengungsi sekaligus penanganan fasilitas umum. “Fasilitas umum yang menjadi perhatian utama. Hari ini (kemarin), pasukan kami mulai membersihkan debu-debu di jalur Kediri-Batu-Malang dan besok (hari ini) ruas jalan protokol bisa dilali secara normal,” tegasnya usai bertemu dengan para pengungsi, kemarin. Menurutnya, personil TNI AD yang terlibat dalam penanganan musibah

Kelud jumlahnya sekitar 7500 orang. Sebelumnya, diterjunkan 5000 personil. Sedangkan kemarin, jumlahnya kembali ditambah 2500 personil. Sebagian besar pasukan ditempatkan di wilayah Kediri, karena lokasinya paling parah terimbas abu vulkanik. Mereka juga diterjunkan untuk ikut membersihkan debu dari jalan. Dia juga menjelaskan, para pengungsi sudah bisa kembali ke rumahnya mulai hari ini. Hanya saja prioritas mereka yang kembali, diutamakan pria atau pemuda. Mereka bisa kembali lebih awal, untuk mengurus rumah maupun hewan ternak mereka. Sedangkan ibu ibu dan anak-anak maupun orang tua,

masih harus berada di pengungsian. “ Namun demikian kita juga lihat dulu, rumah mereka berada di lembah ataukah tidak. Kalau berada di lembah, mereka dilarang ke rumah dulu. Hal itu untuk menghindari bahaya adanya lahar dingin,” kata dia. Ditambahkan, kawasan Gunung Kelud diperkirakan bakal diguyur hujan lebat pada beberapa hari ke depan. Jika pemilik rumah kembali ke rumah, dikuatirkan lahar dingin akan menerjang pemukiman mereka. “Hari ini (kemarin) sudah turun hujan, tetapi tidak terlalu deras. Nanti akan ada hujan deras sehingga bisa membantu menghilangkan debu,” pungkas dia. (feb/lyo)

BATU - Bantuan korban letusan Gunung Kelud tak hanya datang dari masyarakat sekitar bencana, tetapi juga artis asal ibukota. Setelalah Anang-Ashanty menyumbang melalui harian Malang Post, penyanyi Yuni Shara mengunjungi korban di pengungsian serta memberikan bantuan. Kodew asli Batu ini tiba di posko pengungsian Lebaksari, Pujon Kabupaten Malang, Minggu (16/2) pagi kemarin. Kedatangan mantan kekasih Raffi Ahmad itu seperti menjadi pengobat duka dan menghilangkan sejenak pikiran stress pengungsi akibat rumah dan harta benda rusak. Pengungsi yang semula terus melamun memikirkan nasib rumah dan harta bendanya. Rasa jenuh di tempat pengungsian itu berubah menjadi riang gembira saat Yuni menyalami satu persatu pengungsi ini. ”Mbak Yuni boleh foto bareng, atau bisa hibur kami dengan suaranya,”ungkap salah seorang pengungsi. Yuni sempat disemprot berbagai permasalahan yang dialami oleh warga, mulai dari keadaan di pengungsian termasuk menceritakan bagaimana kondisi rumah. Posko tersebut terdapat kurang lebih 500 pengungsi yang sebagian besar adalah bayi dan anak-anak. Meski tempat pengungsian penuh sesak, sebagian lainnya terpaksa harus menempati rumah warga, masjid dan musholla yang terletak tidak jauh dari tempat pengungsian. Yuni memberikan bantuan susu bayi untuk anak-anak. ”Semoga bermanfaat ya bu, cuma ini yang bisa Yuni kasih ke panjenengan,” ucap Yuni dengan logat Jawa. Tak hanya itu, Yuni sempat menggendong anak kecil dan menghibur anak-anak yang terlihat gembira itu. Yuni juga menyempatkan diri melihat dapur umum yang ada di lingkungan pengungsian. Setelah selesai di Lebaksari, perempuan berambut pendek itu pun kembali melanjutkan perjalanan untuk menyalurkan bantuan ke Dusun Putut Desa Pandansari. Desa Pandansari merupakan desa terparah yang terkena bencana. Di tempat tersebut, Yuni memberikan bantuan makanan serta air mineral untuk masyarakat serta anggota SAR yang bertugas di tempat ini. ”Ya Mbak Yuni memberikan bantuan ke warga yang berada di Dusun Putut. Ada juga agenda memberikan bantuan di Gedung Ganesha,” terang Anggun, salah satu warga Kota Batu yang setia menemani Yuni Shara. (mik/feb) FT: ist/Malang Post HIBUR: Yuni Shara saat berkunjung di pengungsian Pujon, kemarin.

Penggalangan Dana Korban Bencana Dirazia BATU- Kepedulian terhadap para korban musibah Gunung Kelud, benarbenar luarbiasa. Masyarakat yang terhimpun dari berbagai elemen, secara spontanitas menggelar aksi galang dana dengan menempati pinggiran ruas jalan maupun lokasi strategis. Bahkan, ada pula yang membuka stand posko penerima bantuan bagi korban bencana tersebut. Kondisi tersebut mendorong Satpol PP Kota Batu, mengantisipasi adanya penyalagunaan yang dilakukan oleh segelintir orangorang tak bertanggungjawab. Latas, petugas pengaman Perda ini melakukan razia kepada masyarakat yang mengelar penggalangan dana itu. Pantauan Malang Post, ada sekitar 10 titik aktifitas masyarakat yang melakukan penggalangan dana itu. Seperti di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Bromo, Alun-alun, Jalan Diponegoro dan perempatan Lippo Plaza. Sedangkan penggalang dana yang ditertibkan, diantaranya dari Aremania, persatuan konter Hp, dan Anak-anak sekolah. Kasi Penertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Batu, Andono Joyo mengatakan, penertiban itu sebgai upaya untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan memanfaatkan kesempatan dengan dalih ingin membantu korban erupsi Gunung Kelud. ”Kami tidak mengambil uangnya,

MISKI/MALANG POST

RAZIA: Petugas Satpol PP merazia para penggalang dana di Kota Batu. cuma menghentikan. Danm bila mau meneruskan, lebih dulu harus ada ijin baik ke Pemkot maupun aparat keamanan,”kata Dono, sapaan akrabnya saat ditemui disela-sela razia. Menurut dia, penertiban itu merupakan perintah langsung wali kota. Jika tetap memaksa melakukan penggalangan dana dengan tidak mengantongi ijin, maka pihaknya akan terus melaku-

kan penertiban. Dijelaskan, kekhawatiran dari Pemkot tidak lain adalah untuk kehati-hatian supaya tidak disalahgunakan.”Ditakutkan mereka memanfaatkan untuk kepentinga pribadi, apalagi Presiden SBY bakal datang ke Batu,”jelasnya kepada Malang Post. Salah satu penggalang dana, Ading Al Fadilah dari SMK Maarif mengakui,

bahwa hasil sumbangan itu dikumpulkan di Posko Masjid Annur.”Baru tadi pagi kami melangsungkan galang dana, dan hasilnya langsung disetorkan di Annur,”akunya lirih. Sementara Komunitas Bornasking’s, suporter Aremania Kota Batu mengungkapkan, hasil dari penggalangan dana juga langsung disetorkan ke kantor kelurahan. Sudah tiga hari ini mereka melakukan penggalangan dana.”Kami dapat uang langsung dibelanjakan, lalu bantuan tersebut langsung kami serahkan ke Posko Kantor Kelurahan Temas,”ungkap Yusak yang berjanji akan mengurus ijin. Kabag Humas Pemkot Batu, Sinal Abidin menambahkan, bagi para penggalang dana serta relawan yang membuka posko penerimaan bantuan sebaiknya lebih dulu melapor ke Pemkot. Nantinya dilakukan pendataan dan penyaluran bantuan tersebut bisa tepat sasaran. Diakui, sejauh ini nilai bantuan dari masyarakat Kota Batu luar biasa, ditambah kebutuhan para pengungsi sepenuhnya sudah ditanggung oleh BPBD dan pemerintah. ”Apalagi yang kurang, dan bolehboleh saja masyarakat menggalang dana. Tapi sebagai kota wisata, sebaiknya harus ramah dan tertib administrasi agar aliran bantuan menyatu ke BPBD,”pungkasnya. (mik/lyo)

IST/MALANG POST

HIBUR: Yuni Shara saat berkunjung di pengungsian Pujon, kemarin.

Boneka Barbie di Lippo Plaza Sambungan dari Halaman 14

Selain lomba make up ada juga lomba menghias kue yang juga berlangsung di atrium Lippo Plaza Batu. Peserta lomba menghias kue tersebut sejumlah 50 orang dan hiasan harus bertema cinta sesuai dengan perlombaan untuk memeriahkan valentine. ‘’Tema valentine kami kali ini adalah Say love with coffee and cake. Jadi semuanya harus bercirikas cinta, baik untuk lomba make up maupun lomba menghias kue,’’ tegasnya. Perempuan asli Batu ini menjelaskan, lomba seperti itu baru kali pertama digelar di Lippo Plaza Batu. Pihaknya memang memiliki keinginan menampilkan kegiatan yang berbeda atau belum pernah dilaksanakan di Lippo Plaza Batu. ‘’Biar ada suasana lain. Jika kegiatan atau lomba-lomba yang sudah ada digelar kembali, nanti ada kebosanan,’’ pungkas dia. (feb)

Citra Ekspansi Hadirkan Taksi Wisata di Kota Batu Sambungan dari Halaman 14

‘’Karena Kota Batu adalah kota wisata, maka taksi yang ada juga taksi wisata. Kami juga ingin memperkuat brand image Batu sebagai kota wisata dengan keberadaan taksi ini,’’ ungkap Rudi Harianto, Direktur Utama Citra Group kepada Malang Post. Taksi tersebut menggunakan kendaraan besar, untuk disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Biasanya, wisatawan keliling kota beramai-ramai. Mereka juga biasa membawa barang lebih banyak, misalnya oleh-oleh sehingga kendaraan harus dise-

suaikan dengan kebutuhan mereka. Saat ini, taksi wisata itu berkantor di Jalan Dewi Sartika Kota Batu. Jumlah armadanya baru 15 unit dan rencananya dikembangkan lagi menjadi 70 armada yang mangkal di beberapa lokasi, seperti balaikota, Alun-alun dan beberapa hotel dan objek wisata di kota sejuk ini. Desain luarnya, sangat khas dengan kawasan wisata. Sebut saja ada gambar ferrys wheels, objek wisata hingga logo Shining Batu menempel pada bodi luar

kendaraan. ‘’Kami beroperasi selama 24 jam, sehingga wisatawan yang membutuhkan jasa kapanpun bisa terlayani. Mereka yang ingin menggunakan jasa cukup menghubungi telepon 599 599,’’ katanya. Selama ini, kata dia, wisatawan di Kota Batu yang membutuhkan jasa taksi selalu memanggil taksi yang bermarkas di Malang. Pelayanan itu tentu akan berbeda, ketika sekarang sudah ada taksi yang beroperasi di Kota Batu. (feb/lyo)

Penyisihan, Eliminasi 136 Peserta Sambungan dari Halaman 14

Sementara itu 186 peserta sudah mengikuti seleksi atau penyisihan di Hotel River Stone, kemarin. Semua peserta sangat antusias menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri. Dalam penyishan tersebut, panitia langsung mengeliminasi 136 peserta. Itu karena hanya 50 peserta yang berhak mengikuti proses seleksi berikutnya yang akan dilakukan kembali. Sebanyak 50 peserta atau 25 pasang tersebut merupakan peserta yang berhak lolos ke semi final. Peserta Nimas yang lolos 25 Besar antara lain Fiona Febby SMA Brawijaya Smart School¸ Wina Sari SMA Negeri 01 Batu, Olvia Cindi Universitas Brawijaya, Ni Putu Octaviana Universitas Negeri Malang, Yusita I Poltekes Malang, Daniar Dhara Universitas Brawijaya, CintyaAulia P Universitas Negeri Malang, Fatiza Zhafira SMA Negeri 01 Batu, Rahma

Lismulya SMA Negeri 01 Batu, Yusita Fajar SMA Negeri 01 Batu, Rana Anggari Universitas Negeri Malang, Desy Eka R UniversitasNegeri Malang, AmaliaAgista SMA Negeri 01 Batu, Ririn Gusetiawati Universitas Negeri Malang, TriaArta V SMA Negeri 01 Batu, Aura Kamilah SMA Negeri 10 Malang, Neno Arsya Universitas Brawijaya, Christa Bella SMA Negeri 01 Batu, Lenny Damayanti SMK Negeri 03 Batu, SaviraTrisna SMA Negeri 02 Malang, Ni LuhPutuSatvika SMA Negeri 01 Malang, Chesya S. Mahardika UniversitasBrawijaya, Cloudia Shinta SMA Negeri 01 Batu, Dinda Sri Restu SMA Negeri 01 Batu. Sedangkan peserta Kangmas yang lolos 25 Besar adalah Fachuddin Irfani SMAN 1 Batu, Fahresa Maulana SMAN 1 Batu, Digo Krisnayana Universitas Brawijaya, Sandi Wijaya UniversitasMuhammadi-

yah Malang, Febri Ebiansyah Lulusan SMK PGRI 3 Malang, Arist Ramadhan SMAN 1 Batu, Teguh Wicaksono Pegawai Swasta, Filipus Adimas SMAN 1 Batu, Benny Chandra Universitas Brawijaya, M. Rizky Ramdhan Universitas Brawijaya, HeruNasrudin UniversitasMuhammadiyah Malang, Fadly Mundzirwan Universitas Brawijaya, Muhammad Dito Suryo Universitas Brawijaya, Alex Wiko STT RRI, Q. Putra Al-Husnan Universitas Muhammadiyah Malang, Dani Darwis Universitas Kanjuruhan Malang, Sapta Rengga Universitas Muhammadiyah Malang, Albertus Chandra Universitas Brawijaya, Bangkit Mahaztra Universitas Brawijaya, Maestro Adi Jaya Universitas Brawijaya, Fariz Kresna Universitas Muhammadiyah Malang, Suharto SMAN 1 Batu, Mokh. Afandi PegawaiSwasta Joshua Aji SMAN 1 Batu. (feb/lyo) REDAKTUR: SAMSULIYONO, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

16

tion mpetvi ie o C D ing 3 rite Mo

la Mad a: My Favou meter 4 di Au .5 Tem ari 201 1 u x r 1 b x e 1 F a 24 uran:

Uk pad ruari pulkan – 17.00 Dikum pukul 15.00 hingga 27 Feb untuk e Skodam rkan mulai 25 berikan vot m e Dipam ng bisa me ju Pengun favorit. g in mad tition

mpe nd Co a B menit One Heart” a 5 a“ form: 1 Hond per ond Durasi ikan jingle H bebas. y n u mpil a g y la n Me dua elum ta n b a e s ik y it n n Menya atang 60 me d Wajib : bebas Kostum

FOTO-FOTO: SHUVIA RAHMA / MALANG POST

BARENG: Para peserta Dance Competition berfoto bersama usai mengikuti TM. Saat hari H, mereka wajib datang 60 menit sebelum tampil.

Mading Wajib Berisi Berita dan Susunan Redaksi PENUH: Suasana pembekalan di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang.

REDAKTUR R d kt Pelaksana P l k M l P t Dewi D i Yuhana Y h b i materi t i tentang t t REDAKTUR: Redaktur Malang Post, memberi tata cara wawancara dan menulis berita. MALANG – Technical sejumlah kompetisi di M-Teens School Competition 2014 (MSC14) digelar kemarin (16/2) di aula Dinas Pendidikan Kota Malang yang berada di jalan Veteran 19 Malang. Antusiasme datang dari semua peserta mulai dari jurnalis, fotografer, band, dance, mading, hingga paduan suara. “Masing-masing peserta lomba sangat tertib mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh panitia. Sehingga rangkaian Technical Meeting (TM) hari ini (kemarin) bisa berjalan dengan lancar,” terang Ketua Pelaksana MSC14, Noer Adinda Zaeni. Rangkaian TM diawali dengan pembekalan bagi para peserta jurnalis dan fotografi. Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana secara gamblang menjelaskan mengenai dunia jurnalistik dan aturan dasar menulis berita. “Keyword berita adalah, sebuah peristiwa atau kejadian harus dimuat di media massa baik cetak, radio,maupun elektronik. Kejadian belum bisa dikatakan berita jika dimuat di Facebook, Twitter , ataupun Instagram,” tegas dia. Syarat lain dari berita adalah adanya wawancara dengan nara sumber. Hal ini penting karena seorang wartawan dilarang untuk memasukkan opini atau pendapat pribadi dalam berita yang ditulisnya. “Wartawan tidak boleh memihak. Harus memberitakan peristiwa dari berbagai sisi dan penilaian diserahkan kepada pembaca,” ucap Dewi yang disambut dengan anggukan dari para audience yang terdiri dari para peserta kompetisi jurnalistik, fotografi dan beberapa guru pendamping. Hal serupa juga diungkapkan oleh Pemateri Fotografi, Habibie N Muhammad. Sama halnya dengan penulisan berita, foto jurnalistik juga harus mengandung unsur 5W 1H yang bisa dipertanggungjawabkan kepada pembaca. “Memanipulasi foto jurnalistik menggunakan software editing dilarang keras. Editing diperbolehkan sebatas cropping dan menambah atau mengurangi kontras,” kata sulung dari dua bersaudara ini. Dewi melanjutkan, sebagai bagian dari produk jurnalistik dan fotografi, maka mading yang dibuat oleh peserta kompetisi Mading 3D harus mencantumkan berita berkaitan dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia. “Berita dalam mading 3D akan masuk dalam salah satu penilaian utama. Artikel dari internet atau puisi juga bisa

Dance

C

Durasi ompetit Tema: mPerform: 6 mion Wajib odern danc enit Kostumdatang 60 mee nit seb : bebas elum

Jurnal i

s Com

tampil

Wajib m p enyeto etition 18.00 W rkan Berita d IB setiap ha berita maksim al puku peser t iposting di fa ri. l Post a dan di-tag cebook masin g ke M-T Po s t in eens Mmasing alang twitter g a n d i f a c e b dan di o mentio o k d i- li n k d n ke @ mteense n g a n _mp.

n ul petitiomaksimal puk m o C an foto rafer asing Fotogajib menyetorpk hari. asing-m

m W IB setia Malang ebook 18.00 W osting di fac ke M-Teens ip Foto d dan di-tag dengan a peser t d i- li n k ns_mp. k o o f a c e b ke @mtee Post n gan di Po s t in dan di mentio r e t it w t a n Suar 0 menit Paduarasi perform: a1 lagu tampil Du n du enit sebelum a ik y n a Meny atang 60 m d Wajib : bebas Kostum

TANYA: Salah satu peserta jurnalis mengajukan pertanyaan seputar teknik wawancara.

Q Guava, Yang Matang Emang Beda REGISTRASI: Perwakilan tim band melakukan registrasi sebelum mengikuti TM. dimasukkan dalam mading, untuk nilai tambahan. Selain itu, wajib ditampilkan pula susunan pengurus redaksi,” papar Dewi kepada para peserta TM Mading 3D Competition . Setelah jurnalis, fotografer dan peserta Mading 3D Competition mendapatkan pembekalan, giliran elanjutnya adalah para peserta kompetisi dance, band, dan paduan suara. Peserta dari kelompok

grup ini secara bergantian mengikuti TM dan mengambil undian tampil saat hari H di aula Skodam V Brawijaya pada 25 hingga 27 Februari mendatang. “Semoga para peserta dari masing-masing kompetisi mampu menampilkan aksi terbaik yang mampu memukau penonton dan membanggakan sekolah masing-masing,” pungkas dia. (fia)

MALANG – Yang Matang Emang Beda. PT Mayora Indah ah Tbk, perusahaan yang telah matang dalam industri makanan dan minuman nasional, tidak henti-hentinya memberi perbedaan dalam hal produk berkualitas bagi masyarakat. Pagi kemarin, Mayora bersama Senam Rampal Malang Post, mengangkat minuman bermanfaat Q Guava untuk diperkenalkan pada publik Malang Raya. Minuman Q Guava sangat berbeda dengan produk minuman berbahan buah kebanyakan. Area Sales Manager Head PT Mayora Indah Tbk, Niko Fromusi menerangkan, Q Guava terbuat dari buah jambu merah yang sudah matang. “Buah jambu merah yang matang itu membuat jusnya lebih harum, pure guavanya juga lebih terasa,” terang Niko. Minuman Q Guava kaya akan natural vitamin C dan zinc yang memberi dampak sangat positif untuk daya tahan tubuh. Semua manfaat buah jambu merah bisa dinikmati dalam Q Guava. Apalagi, teknologi produksi minuman buah ini juga sangat modern dan terkemuka. Demi mencegah bakteri dan kuman, Q Guava diproduksi dengan teknologi

SEGAR: Para dancer menyegarkan suasana Lapangan Rampal dengan tarian yang rancak. Advanced Sterilizing Technology (AST). Teknologi ini menjamin produk tetap higienis saat sampai di tangan konsumen. Sebab, teknologi AST membuat Q Guava tak tersentuh tangan dan bebas bahan pengawet. Niko menerangkan, manfaat nyata Q Guava bagi kesehatan tubuh ini diharapkan bisa dijajal secara langsung. “Boleh dicoba, boleh diminum, karena kita jamin khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Minuman ini terbuat dari Guava matang, tentu saja manfaatnya beda,” tegasnya. Dalam acara Senam Rampal Malang Post Valentine Day bersama Q Guava, Mayora juga ingin berbagi dengan korban bencana alam Gunung Kelud di Malang. Setiap pembelian Q Guava di acara Senam Rampal, Minggu pagi kemarin, bakal ikut membantu korban bencana Kelud. “Sebagian hasil penjualan akan disumbangkan ke korban Kelud,” tutup Niko.(*/adv/fia)

MATANG BEDA: Booth-booth Q Guava siap memberikan kesegaran kepada para pengunjung Rampal.

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


17

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

Kopwan Penggerak Ekonomi Perempuan KIPRAH koperasi wanita (Kopwan) di Kabupaten Malang kini terus diperhitungkan sebagai bagian dari penggerak perekonomian masyarakat, khususnya kaum hawa. Kopwan dinilai salah satu langkah yang tepat untuk memberdayakan para perempuan yang berdomisili di pedesaan. Diharapkan para perempuan lebih mandiri dan sejahtera. Langkah nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memberdayakan Kopwan, dilakukan saat Bupati Malang, H Rendra Kresna mengadakan kegiatan Bhakti Sosial Menata Desa (Bina Desa) di Desa Jatisari, Kecamatan Paksaji, pekan lalu. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop dan UMKM) memberikan bimbingan konsultasi tentang koperasi bagi perempuanperempuan dan Kopwan yang berasal dari 12 desa se Kecamatan Pakisaji. Diantaranya konsultasi penyusunan Rencanan Kerja/ Rencanan Angga Pendapatan Belanja (RK/RAPB), konsultasi

penyusunan Rapat Anggota Tahunan (RAT), konsultasi manajemen usaha koperasi, konsultasi masalah pengembangan usaha yang meliputi ketrampilan dan permodalan, dan konsultasi pelayanan dana bergulir. “Mereka kami berikan layanan konsultasi gratis mengenai Kopwan. Mulai permodalan, manajemen, pengembangannya, hingga melakukan RAT,” ujar Kadis Dinkop dan UMKM Kabupaten Malang Sukowiyuno SH MM kepada Malang Post. Menurutnya, seorang wanita memiliki keunggulan lebih dari lakilaki. Sebab, kaum wanita sejak lahir seakan sudah menjadi akuntan. Selain telaten, juga sangat hati-hati mengambil keputusan sehingga sangat selaras mengelola koperasi. “Secara kuantitatif kaum perempuan memang masih di bawah, namun dari kualitatif, perempuan jauh lebih unggul dibandingkan dengan laki-laki dalam mengelola koperasi,” kata mantan Kepala Badan Keluarga Berenana (KB) Kabupaten Malang ini. Meski perempuan ditakdirkan

unggul dalam bidang tersebut, mereka tetap harus meningkatkan keahliannya. Yakni dengan cara melakukan konsultasi maupun pelatihan Kopwan seperti ini. Pasalnya, tidak seluruh wanita, baik itu anggota maupun manajemen Kopwan mengerti tata cara maupun manajemen Kopwan. “Jasa gratis konsultasi Kopwan yang kami berikan tidak hanya saat kesempatan Bina Desa ini. Konsultasi untuk para anggota Kopwan, bisa dilanjutkan dilain kesempatan. Bisa juga anggota mendatangi kantor kami untuk konsultasi,” bebernya. Bupati Malang H Rendra Kresna, berkesempatan meninjau kegiatan konsultasi yang diadakan Dinkop dan UMKM. Bupati menghimbau kepada seluruh peserta, agar memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin. “Bila memperhatikan dengan baik materi konsultasi yang diberikan, Insya Allah Kopwan ibu-ibu dapat berkembang lebih maju lagi. Otomatis, perekonomian keluarga ibu-ibu juga akan terdongkrak lebih baik lagi,” pesan bupati. (big/aim)

PRODUK UNGGULAN : Salah satu produk unggulan Kopwan, berupa batik tulis yang dipamerkan saat kegiatan Bina Desa di Desa Jatisari Kecamatan Pakisaji

200 Kopwan Bakal Terima Tambahan Modal SEBANYAK 200 Kopwan di Kabupaten Malang dalam waktu dekat bakal mendapatkan kucuran tambahan modal dari Pemprov Jawa Timur. Kopwan yang mendapatkan bantuan itu dianggap berhasil dalam mengelola Kopwan. Masing-masing Kopwan akan mendapatkan tambahan bantuan modal sebesar Rp 25 juta. Sebelumnya, pada tahun 2013 lalu, Kopwan yang berhasil mendapatkan tambahan modal ada tujuh Kopwan. “Untuk tahun 2014 ini, kami mengusulkan kepada provinsi, terdapat 200 Kopwan yang layak menerima tambahan permodalan,” ujar Kepala Dinkop dan UMKM Kabupaten Malang Sukowiyono SH MM Kepada Malang Post Bantuan permodalan itu melalui APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran (TA) 2014. Andaikata usulan tersebut nantinya

disetujui, maka uang sebesar Rp 25 juta akan langsung masuk ke masing-masing Kopwan. “Jadi, tiap Kopwan tersebut bersih medapatkan Rp 25 juta tidak ada potongan apapun. Karena, pencairannya langsung dari provinsi. Kami sifatnya hanya membantu Kopwan,” kata mantan Kepala Badan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Malang tersebut. Bantuan permodalan tersebut, dipergunakan setiap Kopwan untuk pengembangan usaha mereka. Seperti pengembangan usaha pertokoan maupun warung diputar untuk perkreditan, simpan pinjam, dan beberapa kegiatan perkoperasian lainnya. “Kami menekankan bantuan Rp 25 juta untuk pengembangan bidang usaha Kopwan. Yaitu untuk pengembangan usaha Kpwan yang membuka warung, tambahan

perkreditan dan sebagainya. Penggunaan bantuan permodalan tersebut diluar koperasi, tentunya dilarang keras,” bebernya Dia menjelaskan, 200 kopwan yang diusulkan itu dinilai sukses mengembangkan usahanya. Salah satunya Kopwan Pergiwo Pergiwati yang terletak di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji. Kopwan tersebut, mempunyai modal usaha Rp 128 juta dan berhasil mencapai sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp 17.647.000 Sedangkan volume Kopwan yang diketuai Utama Ratnawati tersebut mencapai Rp 239.970.000 dengan 66 orang anggota. “Bantuan permodalan tersebut, kami harapkan Kopwan bisa lebih mandiri dan maju. Agar kesejahteraan maupun perokonomian anggota mereka lebih baik lagi,” tutupnya. (big/aim)

FOTO DINKOP DAN UMKM KABUPATEN MALANG FOR MP

TINJAU : Bupati Malang H Rendra Kresna saat meninjau produk UMKM hasil kerajinan anggota Koperasi Wanita (Kopwan).

Fasilitasi Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan KOMITMEN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terhadap kemajuan dunia koperasi terutama Kopwan tidak perlu diragukan. Termasuk, menyediakan fasilitas promosi dan pemasaran secara gratis produk UMKM. Produk unggulan anggota Kopwan bisa dijual dan dipamerkan di Griya Koperasi dan UMKM yang ada di Kecamatan Lawang. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang Sukowiyono SH MM mengatakan, anggota Kopwan bisa memanfaatkan fasilitas griya itu untuk memasarkan produk mereka. “Siapa saja bisa memanfaatkan griya tersebut. Kami tidak menarik biaya, bila ada yang menitipkan produk mereka,” ujarnya kepada Malang Post. Anggota Kopwan di Kabupaten Malang, sebenarnya kaya akan potensi produk unggulan. Mulai produk olahan berupa bakanan minuman, hingga produk kerajinan tangan yang beraneka ragam. Namun, tidak bisa dipungkiri, selama ini mereka masih kebingungan mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Untuk itu, Dinkop dan UMKM Kabupaten Malang saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi penggunaan griya tersebut. “Ibu-ibu anggota Kopwan di Kabupaten Malang ini sangat kreatif. Buktinya, mereka bisa menghasilkan aneka produk,” ujar mantan Kepala Badan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Malang tersebut. Menurutnya, aneka ragam produk tersebut, tentunya mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Untuk itu, pihaknya mengarahkan kepada anggota Kopwan untuk menjual produk mereka di Griya UMKM di Kecamatan Lawang. Termasuk, mengarahkan produk unggulan anggota Kopwan Kartini Desa Jatisari, saat kesempatan kegiatan Bhakti Sosial Menata Desa (Bina Desa) di desa tersebut. “Setiap produk yang terjual, mereka tidak kami pungut biaya,” papar pria berkacamta ini. Sedangkan bila Griya Koperasi dan UMKM Lawang, dirasa tempatnya sangat jauh, bisa meinta bantuan petugas Dinkop dan UMKM yang ada tiap kecamatan. Selain itu, produk mereka bisa dipajang dan dijual di kopersi yang ada di tiap desa dan kecamatan. “Intinya, kami memberikan kemudahan berupa promosi dan pemasaran. Tujuannya, agar produk mereka dikenal dan penjualannya dapat terdongkrak. Hal itu sekaligus mendongkrak perekonomian mereka pula,” tutupnya. (big/aim)

BINAR GUMILANG / MALANG POST

KEBERSAMAAN : Para anggota Kopwan se-Kecamatan Pakisaji foto bersama Bupati Malang H Rendra Kresna, usai pelatihan. REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 17 FEBRUARI 2014

TNI Prioritas Bersihkan Jalan KASAD Bawa Bantuan 28 Truk PUJON- Sebanyak 28 truk bantuan dari Kasad Jenderal TNI AD, Budiman, Minggu kemarin tiba di posko bantuan. Bantuan itu diberikan untuk pengungsi di tiga wilayah kabupaten Kediri, Malang dan Blitar. “Kasad pada kesempatan ini juga memberikan bantuan sekitar 28 truk. Tapi itu dibagi untuk tiga wilayah yang terjadi penumpukan pengungsi erupsi Gunung Kelud,” kata Kadispen AD, Brigjen TNI Andika Prakasa. Dalam peninjauan ini, pembukaan akses jalan yang tertutup abu vulkanik menjadi prioritas anggota TNI untuk dibersihkan. Seperti yang sudah dilakukan sejak Sabtu lalu, prajurit TNI membersihkan jalan utama Malang-Kediri di Ngantang sampai Pujon. “Ini juga untuk antisipasi lahar dingin. Selain bantuan tenaga dan alat berat, paska bencana nanti TNI juga akan membantu tenaga untuk rumah-rumah yang menjadi korban Kelud,” terangnya. Disinggung mengenai kerusakan rumah, pria dengan bintang satu itu menjelaskan, dari data yang diterima ada sekitar 300 rumah. Lokasinya, rata-rata berada di kawasan Kecamatan Ngantang dan sekitarnya. “Untuk rumah nanti akan dibantu tenaga. Makanya, pada kesempatan ini juga menurunkan Batalyon X-Pasuruan. Tujuannya, untuk memban-

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

DIALOG: Kasad Jenderal TNI AD, Budiman bersama Bupati Malang, H. Rendra Kresna berdialog dengan korban pengungsian di Pujon, sekaligus menyerahkan bantuan. tu kerusakan rumah warga. Mereka (anggota) itu paham langkah-langkah apa yang akan dilakukan,” ungkap Andika. Diposko pengungsian, Kasad langsung diberikan langkah-langkah yang dilakukan oleh TNI, Polri dan Relawan Kabupaten Malang. Baik itu antisipasi awal hingga sampai proses evakuasi. Tidak ketinggalan, pria dengan bintang empat di pundak itu juga bertatap muka dengan pengungsi.

Bahkan, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada mereka yang harus tidur di lokasi pengungsian. Usai meninjau lokasi pengungsian, di lokasi sama juga melihat taman baca untuk anak-anak di belakang Kop SAE Pujon. Termasuk, melihat dari dekat posko kesehatan dan logistik di lokasi penampungan. Untuk membantu perbaikan rumah yang rusak, Bupati

Malang, Rendra Kresna menjelaskan, penanganan akan dilakukan hingga status Kelud turun. Karena dengan kondisi yang masih hujan debu, tentu akan sangat membahayakan. “Kalau bantuan langsung rumah jadi, sepertinya membutuhkan dana yang cukup besar. Makanya, ada alternative dengan bantuan uang yang nanti harus ditindak-lanjuti dengan gotong royong antar warga.

Dengan begitu, kebersamaan antar warga tetap muncul,” paparnya seusai menerima kunjungan Kasad Jenderal TNI AD Budiman. Itulah mengapa, dana darurat bencana dari yang dianggarkan Rp 2,5 miliar masih akan terjadi pembengkakan. Yang jelas, untuk penanganan ini warga akan diutamakan. Termasuk, mengenai rumah yang rusak akibat terkena bencana. (sit/aim)

KOTAK SUARA DARI KARDUS

Surat Suara DPD Kurang 326.400 Lembar

AGUNG PRIYO/MALANG POST

DATANG : Petugas ketika menurunkan surat kertas suara untuk anggota DPD Jawa Timur untuk KPU Kabupaten Malang.

KEPANJEN – Jumlah surat suara untuk anggota DPD Jawa Timur, di Kabupaten Malang masih kurang. Dari total keseluruhan 2.006.400 lembar atau 2508 dus, yang sudah diterima oleh KPU Kabupaten Malang baru 1.680.000 lembar atau 2100 dus. Masih ada kekurangan 408 dus atau 326.400 lembar. Umar Khayyan, anggota Komisioner KPU Kabupaten Malang, mengatakan kekurangan kertas surat suara untuk DPD Jatim, dijadwalkan akan dikirim hari Senin ini dari percetakan Temprina Pakisaji. Sedangkan kertas surat suara untuk anggota DPRD Kabupaten Malang dan DPR RI, sesuai jadwal dikirim Selasa (18/2) dan Rabu (19/2). “Pengiriman kertas surat suara untuk DPD Jatim ke KPU Kabupaten Malang ini, dikirim empat kali. Sebelumnya pengiriman pertama dan kedua ada 1478 dus dengan 1.398.400 lembar. Kemudian dikirim lagi 760 dus atau 608.000 lembar,” ujar Umar. Ditambahkannya, dari total 2.006.400 lembar surat kertas suara tersebut, sudah termasuk dengan surat kertas suara tambahan sebanyak 20 persen dari

jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Malang. “Tetapi apakah semua kondisi surat kertas suara itu baik, masih belum tahu karena belum disortir. Penyortiran surat kertas suara akan dilakukan di masing-masing kecamatan setelah didistribusikan,” tuturnya. Untuk logistik lainnya, Umar mengatakan sama sekali tidak ada kendala. Termasuk kekurangan kotak suara juga sudah tercukupi. Hanya tambahan kotak suara yang dikirim dari pusat, bukan berbahan almunium seperti kotak suara pada umum. Melainkan dari bahan kertas (kardus). Kotak suara dari kertas ini, jelas mudah dan cepat sekali rusak. Apalagi ketika terkena hujan atau air akan langsung rusak. Selain itu juga tidak menjamin kondisi surat kertas suara aman, ketika kotak suaranya terkena air. “Kekurangan kotak suara sudah tercukupi. Tetapi nanti kami akan memaksimalkan kotak suara dari almunium terlebih dulu. Kalau memang kurang, baru kotak suara dari kardus kami pakai. Kotak suara itu hanya untuk Pileg dan Pilpres 2014, setelahnya sudah tidak lagi dipakai,” jelasnya.(agp/aim)

18

Ibu-Anak Tewas di Jalur Tengkorak PAKISAJI – Kecelakaan di jalur Black Spot Therapi (jalur tengkorak) Pakisaji, kembali terjadi kemarin pagi. Kecelakaan itu mengakibatkan seorang ibu muda serta anaknya yang berusia 3 tahun meninggal dunia. Keduanya meregang nyawa di lokasi kejadian akibat luka serius di kepala. Kedua korban itu Fitri Lestari, 27 tahun dan anaknya Riza Kurniawan, 3 tahun. Keduanya warga Dusun Sumberdadi, RT 04 RW 02, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Blitar. Sementara suami sekaligus ayah kedua korban, Sutarli, 27 tahun selamat. Setelah divisum di kamar mayat RSSA Malang, jenazah mereka langsung dibawa pulang ke rumah duka. Kasus kecelakaan tersebut, kemarin langsung ditangani Unit Laka Lantas Polres Malang. Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan, diamankan sebagai barang bukti. “Kami masih menyelidiki kasusnya untuk menentukan siapa tersangkanya, dengan mencari keterangan saksi-saksi di sekitar TKP,” ujar Kanitlaka Polres Malang, Iptu M Lutfi. Peristiwa kecelakaan maut yang sempat menggemparkan warga sekitar lokasi itu, terjadi pukul 06.50 di KM 99-100 (Surabaya – Blitar). Tepatnya di depan Pasar Pakisaji. Kecelakaan itu melibatkan sepeda motor Honda Supra Fit W 3670 ZK yang dikendarai Sutarli berboncengan dengan istri dan anaknya, dengan truk gandeng N 8849 UB bermuatan semen yang dikemudikan oleh Sumardi, 45 tahun, warga Sukonolo – Bululawang. Sebelum terjadi kecelakaan, kedua kendaraan tersebut sama-sama berjalan dari arah utara ke selatan dengan kecepatan sedang. Ketika melintas di lokasi kejadian Sutarli, yang terlihat terburu-buru berusaha mendahului truk dari sebelah kanan. “Saat mendahului itu, dia tidak melihat arus kendaraan dari arah berlawanan (selatan – utara),” tutur mantan Kanitreskrim Polsek Gondanglegi ini. Bersamaan saat mendahului, dari arah berlawanan ada mobil tak dikenal. Karena gugup dan kaget, motor yang dikendarai Sutarli dan kedua korban itu oleng dan langsung terjatuh. Nahasnya, istri serta anaknya yang dibonceng justru jatuh ke kiri masuk di bawah kolong truk gandeng. Sedangkan Sutarli dan motornya jatuh ke kanan. Lantaran tidak bisa dihindari, akhirnya tubuh ibu-anak itu dilindas roda belakang sebelah kanan truk gandeng, dan langsung tewas seketika. Warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut, lantas melaporkan ke petugas Unit Laka Polres Malang. Akibat kecelakaan itu, arus kendaraan dari dua arah sempat mengalami kemacetan panjang.(agp/aim)

Tak Direstui Nikah, Pilih Gantung Diri JABUNG – Seorang pemuda di Dusun Busu, Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, akhir pekan kemarin, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Ainun Rozikin, 18 tahun, pemuda tersebut bunuh diri karena kecewa dan putus asa. Itu setelah keinginan untuk menikahi gadis pujaannya, tidak mendapat restu dari kedua orangtua. “Dari keterangan saksi dan keluarganya, alasan korban bunuh diri karena tidak direstui menikah. Baik oleh orangtuanya sendiri ataupun orang tua kekasihnya juga tidak merestui,” ungkap Kapolsek Jabung AKP Yatmo. Diperoleh keterangan, peristiwa yang sempat menggemparkan warga sekitar itu terjadi pukul 13.00. Korban gantung diri menggunakan tali tampar warna biru yang diikatkan pada kayu kamar mandi rumahnya. Aksinya dilakukan ketika rumahnya sedang dalam kondisi sepi. Kali pertama yang mengetahui kejadian itu, adalah Saiful Islam, 23 tahun kakak kandungnya. Saksi Saiful saat itu hendak pergi ke kamar mandi. Namun begitu masuk kamar mandi, dia kaget dan langsung berteriak histeris begitu mengetahui adik kesayangannya tewas tergantung. Orangtua serta tetangga yang mendengar teriakan itu, langsung berdatangan untuk memastikan apa yang terjadi. Setelah mengetahui korban gantung diri, warga yang menganggap kematiannya tidak wajar lalu memberitahukan ke perangkat desa yang kemudian diteruskan melapor ke petugas Polsek Jabung. “Dari hasil olah TKP serta evakuasi di tubuh korban sama sekali tidak ditemukan bekas tanda kekerasan. Korban meninggal dunia murni karena gantung diri. Pihak keluarga korban juga telah menerima kematiannya. Sesuai surat pernyataan keluarga, jenazahnya hanya kami mintakan visum luar di Puskesmas Jabung,” jelas Yatmo.(agp/aim)

Dian Tega Cabuli Keponakannya TUREN – Kasus pelecehan seksual terhadap anak di wilayah Kabupaten Malang kembali terjadi. Kemarin giliran Dian Bayu Pradana, 23 tahun ini yang dijebloskan ke dalam terali besi Mapolres Malang karena dituduh mencabuli keponakannya. Pemuda asal Pare – Kediri yang lama tinggal di rumah neneknya di Dusun Madyorenggo, Desa Talok Kecamatan Turen ini tega mencabuli kepokannya. Korban sebut saja namanya Bunga (bukan nama sebenarnya, red), 9 tahun ini juga masih pelajar SD. “Dia (tersangka Bayu, red) ini kami amankan berdasarkan laporan dari keluarga korban. Namun sejauh ini, yang bersangkutan masih belum mengakui perbuatannya. Meskipun hasil visum sementara, memang ada

iritasi di kemaluan korban,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman. Diperoleh keterangan, selama ini korban dan tersangka tinggal satu rumah bersama neneknya. Kedua orang tua Bunga, bekerja di Lampung. Sementara orang tua Bayu, ibunya berada di Pare Kediri, sedangkan ayahnya bekerja di Sulawesi. Bayu tinggal di rumah neneknya sejak 2006 lalu, dengan bekerja serabutan. Perbuatan bejat yang dilakukan Bayu, sesuai laporan korban terjadi dua kali. Pertama pada November 2013 lalu dan kedua Jumat (7/2) lalu. Peristiwanya berlangsung siang hari di dalam kamar Bayu. Ceritanya, bermula saat korban pulang sekolah, setelah ganti pakaian diajak main play station

oleh tersangka di dalam kamar. Entah setan apa yang merasukinya, begitu berduaan di dalam kamar Bayu langsung mencabuli korban. Dia memasukkan jarinya ke dalam kemaluan korban. Setelah puas, korban diancam supaya tidak mengatakan kepada siapapun, termasuk nenek atau orangtuanya. Terbongkarnya kasus pencabulan itu, saat korban sering ngompol di sekolah. Dia juga merasakan perih pada kemaluannya. Neneknya, yang tidak curiga menganggap hanya gatal-gatal biasa. Tetapi karena terus merasakan gatal, korban lalu dibawa ke bidan desa. Oleh bidan dikatakan kalau korban mengalami iritasi. Agar tidak dicurigasi, dihadapan neneknya Bayu berpura-pura menanyakan siapa yang telah menodai. (agp/aim)

REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


senin, 17 februari 2014

Giliran Smansa ke Delapan Besar MALANG - Tim basket putri SMAN 1 Malang (Smansa) sukses melaju ke big eight STIKI Basket League (SBL) 2014. Kepastian itu diperoleh setelah Mutiara Damayanti dkk menumbangkan perlawanan SMAN 1 Pasuruan dalam lanjutan even yang disupport Malang Post ini. Bertanding di Sporthall STIKI Malang pada Minggu (16/2) kemarin, Smansa unggul dengan skor 33-14 atas SMAN 1 Pasuruan. Pada laga kemarin, Smansa memasang Zesha Saesta, Inggita Aspari, Elfridauzia Amalia, Mutiara Damayanti dan Talia Kurnia sebagai starter. Sedangkan starter di kubu SMAN 1 Pasuruan ialah Reykan Puspita, Novitasari A., Mirna Syahraya, Wen Mahatma, dan Syafrida Aulia. Smansa langsung menggebrak sejak quarter pertama. Sebanyak delapan poin dimasukkan tim asuhan Andika ini. Sementara, SMAN 1 Pasuruan yang bermain menggunakan kostum putih hanya melesakkan satu tembakan bebas sehingga hanya menghasilkan satu poin. Quarter pertama berakhir dengan skor 8-1 untuk Smansa. Pada quarter kedua, serangan Smansa semakin menjadi-jadi. Reykan Puspita dkk. dibuat tidak berdaya menghadapi gempuran Smansa. Tak satupun poin dihasilkan SMAN 1 Pasuruan pada quarter kedua ini. Sebaliknya, Smansa memasukkan 12 poin sehingga memperlebar jarak menjadi 20-1. Di quarter ketiga, SMAN 1 Pasuruan mulai bangkit. Beberapa lini mulai dibenahi oleh Pelatih SMAN 1 Pasuruan, Adi. Alhasil, perlawanan ketat mulai diperagakan SMAN 1 Pasuruan. Sebanyak empat poin mereka cetak. Akan tetapi Smansa menambah enam poin dan membuat quarter ini berakhir dengan skor 26-5.

SENIN, 17 FEBRUARI SMAN 1 Tumpang vs SMAN 6 Malang SMAN 2 Malang vs SMKN 5 Malang (putri) SMAK Frateran Malang vs SMAN 1 0 Malang SMAN 3 Malang vs SMA 1 Kauman SELASA, 18 FEBRUARI SMAN 6 Malang vs SMAK Frateran Malang (putri) SMAN 9 Malang vs SMAN 1 Malang SMAN 3 Malang vs SMA St Albertus (putri) SMA St Albertus vs SMAN 1 Pasuruan

MUHAMMAD CHOIRUL / MALANG POST

BEREBUT: Dua pemain Smaba (putih) menghadang serangan pemain SMAI dalam pertandingan kemarin.

Lolos, Smaba Masih Harus Berbenah MUHAMMAD CHOIRUL / MALANG POST

BIG EIGHT: Pasukan putri Smansa gembira setelah memastikan tempat di babak delapan besar SBL 2014, kemarin.

Pada quarter akhir, perolehan poin SMAN 1 Pasuruan melebihi hasil yang dicetak Smansa. Akan tetapi jarak yang terlalu jauh membuat SMAN 1 Pasuruan tak mampu mengejar ketertinggalan. Skor akhir 33-14 untuk kemenangan Smansa menyudahi laga tersebut.

Pelatih Smansa, Andika mengaku bersyukur tim asuhannya melaju ke big eight. “Alhamdulillah saya syukuri kemenangan hari ini,” ujarnya kepada Malang Post ketika ditemui usai laga. Ke depan, ia menyatakan bahwa akan memperbaiki beberapa hal. “Ada beber-

apa kesalahan soal koordinasi defense. Kurang penjagaan ketat kepada lawan. Secara keseluruhan ada peningkatan dibanding kemarin. Untuk target saya ingin jadi yang terbaik. Apapun hasilnya yang penting kerja keras,” pungkasnya. (rul/nda)

punya sertifikat. “Sekarang ini pelatih futsal di Malang yang memiliki lisensi masih belum ada. Yang ada wasit futsal yang bersertifikat,” katanya. Menurutnya pula, karena belum ada pelatih yang memiliki sertifikat seringkali pelatih futsal ditolak ketika akan melatih di sekolah-sekolah. “Mereka sering ditolak karena harus ada lisensi kepelatihannya. Dengan coaching clinic yang bersertifikat ini sebagai bukti kepelatihan dan bisa diterima di sekolah yang akan dilatihnya,” tambahnya. Selain itu menurut Agus pula, tujuan digelar coaching clinic ini untuk mencari bibit-bibit pemain. Pasalnya, setelah coaching clinic ini akan digelar kompetisi antar SD hingga perguruan tinggi. “Coaching clinic ini akan terus berkelanjutan. Selain itu kita juga membantu Pengcab PSSI untuk mencari pemain futsal,” katanya. Agus Sumardiyanto mengatakan kegiatan yang pertama kali digelar itu juga untuk sosialisasi peraturan futsal yang benar dan sesuai dengan FIFA. Apalagi, coaching clinic ini menghadirkan instruktur yang sudah cukup dikenal yakni Timo

Jon soeparijono/malang post

ANTUSIAS: Ketua Komunitas Futsal Malang (KFM) Agus Sumardiyanto (paling kiri) bersama panitia saat menggelar coaching clinic di Kick Off Futsal, Sabtu (15/2), kemarin.

Scheunemann. “Jadi benar-benar berkualitas. Pelatih yang mengikuti coaching clinic ini nantinya ada yang akan dikirim mengikuti kursus kepelatihan tingkat nasional,” tambahnya. Sementara itu para peserta sangat antusias mengikuti coaching clinic ini. Materi yang diberikan Timo tidak hanya di lapangan saja, namun juga di ruangan. Bahkan materi pertama dilakukan di ruangan, dilanjutkan di lapangan dan kembali di ruangan.

“Sertifikatnya langsung ditandatangani oleh Timo hanya yang ikut coaching clinic saja. Bahkan Timo melihat satu persatu peserta yang akan ambil sertifikatnya,” tambahnya. Sementara itu KFM selaku penyelenggaran baru saja dibentuk 14 Februari lalu. Program coaching clinic merupakan yang pertama dilakukan. Selanjutnya, KFM akan melakukan kegiatan-kegiatan futsal di Malang Raya maupun di Jawa Timur. (jon/sir)

Piala Coca Cola

SMKN 13 Malang Juara Jatim MALANG - SMKN 13 sukses menjadi juara Piala Coca-Cola regional Jawa Timur (Jatim) setelah menaklukkan SMAN 8 Kediri pada babak final. Dalam laga puncak yang digelar di Stadion Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) itu, SMKN 13 unggul melalui drama adu penalti dengan skor 4-3 (0-0). SMAN 8 Kediri harus puas dengan posisi runner up. Meski begitu, kedua tim ini sama-sama berhak melaju ke fase nasional Piala Coca Cola yang akan dihelat pada 3-4 Mei 2014 mendatang di Stadion Gajayana Malang. Sedangkan posisi ketiga disabet oleh SMA Taman Siswa Mojokerto setelah melibas SMA Putra Bangsa Sidoarjo dengan skor 2-1 (1-0). Pada partai puncak, gol tak kunjung tercipta hingga babak kedua berakhir. Skor 0-0 membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti. Tiga penendang dari SMKN 18 Malang, yakni Bagus Yulianto, A Irvan, dan Ciputra Ari sukses melakukan

JADWAL JADWAL PERTANDINGAN SBL

RABU, 19 FEBRUARI SMAN 6 Malang vs SMKN 5 Malang SMAN 1 Kejayan vs SMAK Kolese ST Yusuf (putri) SMAN 1 Tumpang vs SMAN 2 Pasuruan (putri) SMAN 4 Malang vs SMAK Kosayu Malang

KFM Cetak Pelatih Futsal yang Handal MALANG - Komunitas Futsal Malang (KFM) menggelar coaching clinic bagi pelatih futsal se Jawa Timur di Kick Off Futsal, Sabtu (15/2) kemarin. Hampir 100 peserta mengikuti coaching clinic yang pertama kali digelar itu. “Pesertanya awalnya kami hanya mentarget 50 peserta saja. Namun kenyataanya, target kami terlampauhi karena pesertanya mencapai sekitar 100 orang. Padahal, persiapan kami sangat mepet hanya beberapa hari saja. Namun kenyataanya, pesertanya sangat antusias,” kata Ketua KFM Drs Agus Sumardiyanto MPd kepada Malang Post. Peserta tidak hanya dating dari Malang Raya saja, tetapi dari beberapa kota di Jawa Timur diantaranya Sumenep, Sidoarjo, Surabaya, Jombang, Pamekasan, Nganjuk. “Sebenarnya ada peserta dari Kediri yang akan ikut tetapi batal datang karena Gunung Kelud meletus,” tambah pria yang juga Kepala Sekolah SMK PGRI 7 Kota Malang ini. Menurut Agus Sumardiyanto tujuan digelarnya coaching clinic ini adalah untuk regenerasi pelatih futsal yang benar-benar memiliki kualitas dan

19

tugasnya dengan baik. Begitu juga dengan para eksekutor yang ditunjuk SMAN 8 Kediri. Ferry Putra, Prasetyo Arif, dan Bagas Richard berhasil menjebol gawang SMKN 13 Malang dengan sepakannya. Kedudukan imbang 3-3 memaksa wasit melanjutkan pertandingan dengan sudden death. Pada koin tos, SMKN 13 Malang mendapat jatah sebagai penendang. Tendangan penentuan ini diambil langsung oleh M. Wilda. Arga Winata, sebagai kiper SMAN 8 Kediri gagal menghalau tendangan M. Wilda sehingga membuat kedudukan berubah menjadi 4-3. SMKN 13 lolos ke fase nasional Piala Coca Cola sebagai juara wakil Jatim. Menanggapi hasil ini, Pelatih SMKN 13, Roy Sama’i mengakui bahwa SMAN 8 Kediri memang lawan yang terberat. “Karena tahun lalu mereka yang jadi juara nasional Piala Coca Cola,” imbuhnya. (rul/nda)

MUHAMMAD CHOIRUL / MALANG POST

KETAT: Meski berjalan ketat, tim SMKN 13 Malang (kanan) akhirnya sukses mengalahkan SMAN 8 Kediri dalam partai final Piala Coca Cola.

MALANG – Bertanding pada laga kedua di Sporthall STIKI Malang dalam lanjutan STIKI Basket League (SBL) 2014 kemarin (16/2) tim bola basket putri SMAN 1 Batu (Smaba) berhasil mengalahkan SMA Islam (SMAI) Malang. Maulidya dkk. sukses menekuk SMAI dengan skor 35-11. Raihan itu cukup untuk mengantarkan Smaba melaju ke big eight SBL 2014. Meski telah lolos, Pelatih Smaba Makmun Ja’far Alkatiri menyatakan bahwa banyak hal yang harus dibenahi pada tim asuhannya. Menurutnya, terutama pada pemain cadangan, komposisinya masih tidak mampu bersaing dengan pemain inti. “Shooting, passing, dan penempatan posisi defense anakanak masih banyak kesalahan sehingga harus dibenahi,” ujarnya kepada Malang post ketika ditemui usai pertandingan kemarin. Untuk itu, dalam jeda beberapa hari ini sembari menunggu digelarnya babak delapan besar, Makmum, sapaan akrabnya, akan terus menggelar latihan secara rutin. “Tapi bagaimanapun saya bersyukur bisa lolos,” tambah Makmum. Pada laga kemarin, tim asuhan Makmum Ja’far Alkatiri ini sudah bermain ganas sejak quarter pertama. Mereka mencukur SMAI dengan skor 10-4 di quarter pertama. Pada quarter kedua, Smaba tak mengendorkan serangan. Penampilan Smaba membuat Neivisatuz Zihan dkk. tak mampu berkutik. Smaba menambah sembilan poin, sedangkan tim asuhan Mande Gani hanya mencetak dua poin. Raihan tersebut membuat quarter kedua berkesudahan dengan skor 19-6 untuk Smaba. Di quarter ketiga SMAI semakin terpuruk. Tak satupun poin dilesakkan tim berkostum hitam itu pada quarter ini. Sedangkan Smaba menambah sembilan poin dan membuat quarter ketiga ini berakhir dengan skor 28-9. Kedudukan ini memudahkan langkah Smaba di quarter akhir. Quarter keempat ditutup dengan skor 35-11 sekaligus menyudahi perlawanan yang diberikan SMAI. (rul/nda)

Penuhi Target, MILS Raih Dua Emas MALANG - Malang In Line Skate (MILS) sukses mencapai target yang dipatok dalam lawatannya ke Bandung, Jawa Barat (Jabar). Turun dalam even bertajuk Piala Gubernur Jabar pada 14-16 Februari 2014, MILS membawa pulang dua medali emas, dua medali perak, dan enam medali perunggu. Adapun rincian atlet yang memboyong medali diantaranya, Delfa Maria mendapat medali emas di kelas 500 meter dan medali perak di kelas 5000 meter putri. Kemudian Zaula M. Zaki memperoleh medali emas di kelas 300 meter sprinter putra dan medali perunggu di kelas 1000 meter putra. Sisanya, ada nama Aninda yang mendapat medali perak di kelas 500 meter putri dan 300 meter putri. Sedangkan atlet lain yang mendapat medali perunggu antara lain Sendy di kelas 300 meter putra dan 1000 meter putra, Abista di kelas 300 meter putra, dan atas nama Ayu di nomor 5000 meter team relay. Menanggapi hasil ini, pelatih MILS, Yuhartono mengaku bersyukur anak asuhnya bisa memenuhi target yang dipatok, yakni minimal mendapat dua medali emas. Target dua medali emas itu memang dipatok dengan harapan agar tidak memberatkan para atlet guna meraih medali yang lebih banyak. Ia menjelaskan, kunci kemenangan dalam laga kemarin adalah anak asuhnya pandai mengatur speed dalam permainan. Menurutnya, kondisi lapangan juga mementukan. Oleh karenanya, Yuhartono memiliki strategi tersendiri terkait hal tersebut. “Anak-anak saya intruksikan ambil peluang ketika tikungan. Saat melewati tikungan lebih bagus ambil sisi kiri, karena lapangan sisi kanan ada yang berlubang, makanya sering di rem. Bisa menang karena menghindari lubang” ujarnya kepada Malang Post kemarin (16/2). (rul/nda) REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: ABDEE


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

SENIN, 17 FEBRUARI 2014

SEMINAR

SEMINAR

Seminar Nasional dan Workshop

Mengubah Pengeluaran Jadi Penghasilan Tak Terbatas

Ikuti Seminar Nasional bertajuk “Biologi untuk Kesejahteraan Manusia dan Lingkungan”. Pembicara Dr. Bambang Triono, MM. (Founder Inspiring Moslem Enterpreneur) dan Workshop Green preneur pemateri Rina Novani, MM. (dosen STIKES Malang) oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi “Semut merah” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2014 pukul 08.30 – 13.00 WIB bertempat di Auditorium Fakultas Sains dan Teknologi lantai 4 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta adalah guru-guru, dosen, mahasiswa dan khalayak umum (akademisi maupun aktivis). Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Contact Person: 085730435342 (Fitria N. Mutmainah) atau 082383598379 (Tri Angga Deni I.) atau bisa buka website: http://hmjbiosemutmerah.com/

Romance Valentine: Dance 2014 Anda suka dance atau ada yang punya grup dance tidak? Jika ada, mari ikut dan segera daftarkan grup anda untuk mengikuti acara ini. Hari/Tgl: 23 Februari 2014, Pukul: 09.00 s/d 16.00 WIB Lokasi: Jawa Timur Park 1. Syaratnya: - Biaya pendaftaran: Rp 200.000,- (Pertim max. 8 orang, sudah termasuk tiket masuk untuk bermain di Jatim Park). Kompetisi dance ini terbuka untuk umum dan batas minimal umur adalah 10 – 25 tahun. - Hadiah untuk pemenang ada lah: Uang tunai, Trophy, Sertifikat dan Merchandise. Peserta terbatas! Informasi dan pendaftaran hub: Jawa timur Park 1 Jl. Kar tika no.2 Kota Batu Telepon: (0341) 597777(Ext. 725, 706, 707) Fax: (0341) 598888

Acara dibuka untuk UMUM. Hanya dengan “Handphone” Anda bisa jadi pengusaha. Tak percaya?? Temukan rahasianya dalam seminar Mengubah Pengeluaran Menjadi Penghasilan Tak Terbatas. Bersama dengan pembicara Iful Sang Juara (peraih bronze & reward Honda Mobilio). Acara ini akan berlangsung pada Sabtu, 15 Februari 2014 mulai pukul 15.30 WIB yang bertempat di Big Burger, Jl. Soekarno Hatta 501 Malang. Tiket Masuk: Presale Rp 15.000 | On the spot Rp 20.000. Pendaftaran via sms juga bisa, dengan format KETIK NAMA#ALAMAT#NO.HP kirim ke 0857 3000 7223. Harap konfirmasi pendaftaran ke nomer tersebut dengan melakukan pembayaran sebelum H-3 untuk mendapatkan tiket masuknya.Bersama Ust. Yusuf Mansur Menuju 10 JUTA Komunitas Bersama Kita Bisa Membeli Kembali Indonesia. Info lebih lanjut, dapat nawak dapatkan di : 0857 3000 7223/ isaiqbal2@gmail.com/ klikvsi.com

Semua Bisa ke Baitullah Ke Baitullah itu bukan untuk orang yang berharta saja, sebab kesempatan itu terbuka untuk siapa. Temukan pembahasannya dalam Seminar “Haji Gratis” Semua Bisa ke Baitullah Bersama Ustadz. Anwar Sani (Penulis Buku Haji Gratis). Acara ini akan digelar pada Sabtu, 15 Februari 2014 mulai pukul 18.00 (ba’da Magrib) di Baiduri Sepah, Jl. Raya Tlogomas no. 1 Malang. Infaq: Rp 30.000 (Coffee Break)Info lebih lanjut, bisa datang langsung ke : Kantor PPPA Daarul Quran Malang, Jl. Sunan Kalijaga 3 kav 5 (belakang UIN Malang) Telp: 0341-556655. Konfirmasi kehadiran: SMS >> HG_NAMA_ALAMAT (kirim ke 0811 3522 11). “Luruskan setiap niat, maksimalkan setiap ikhtiar, maka Allah Yang Maha Menyempurnakan” – (Ust. Anwar Sani)

LOMBA

EVENT

W Love Hugo’s Valentine’s We Day Celebration

Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014

Magnetic Public Speaking Training

Un Untuk merayakan hari kasih sayang atau yang lebih dikenal dengan Valentine Day, ya Hugo’s Malang akan menggelar acara seru Hu yang bertajuk We Love Hugo’s Valentine’s ya Day Celebration. Bersama dengan Dewi Da Rockmention dan DJ Alfi Da Lovely – Ro 1945MF. Akan ada juga penampilan dari 19 : D DJ Hobby, DJ Dhinart, DJ Yeffie, Red Ocean Band dan Andrasta Dancer Oc

Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Ma Chung menggelar Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014. Acara digelar pada 3-4 April 2014 dan diikuti 100 mahasiswa (50 tim) dari Universitas se Jawa Timur. Acara diawali dengan workshop yang menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya.

Magnetic Public Speaking Trai nning persembahan dari ReCosta Institute. Dalam acara ini peserta akan men dapatkan 5 rahasia berbicara yang akan membuat nilai pembicara menjadi jauh lebih mahal dan membuat banyak orang terkesan setiap kali berbicara. Mau tahu rahasianya?? Ayoo gabung dalam acara ini yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2014. Berlokasi di BigBurger Soekarno 20 Hatta lantai 3, Malang. Biaya masuk : Ha Rp 250.000,- (sebelum 15 Januari 2014) dan Rp 350.000,- (setelah 15 Januari da 2014). Info lebih lanjut, nawak dapat 20 hubungi : Telepon ~ 0341-7071099, HP ~ hu 081805108666, Pin BB ~ 2A4F72F2 dan 08 Twitter ~ @ReCosta_inst Tw

Pekan Amal Psikologi Grand Wedding Exhibition G

Bazar Kuliner

Lomba Foto “My Lovely Gadget”

STIKI Basketball League 2014 ST STIKI Basketball League 2014 digelar pada 8 Februari – 1 Maret 2014 di pa Sp Sporthall STIKI. Kegiatan yang didukung Ma Malang Post ini terbagi dalam kelompok pu putra, putri dan dance.

Saatnya Bersih-bersih Abu Vulkanik ERUPSI Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, membuat sejumlah wilayah di sekitarnya diselimuti abu vulkanik. Nah, jika rumah Anda turut disusupi abu vulkanik, segera bersihkan sebelum abu tersebut menimbulkan gangguan kesehatan.Secara umum, seluruh permukaan harus disedot (vacummed) untuk menghilangkan sebanyak mungkin abu yang menempel, misal pada karpet, perabotan rumah tangga, peralatan kantor dan lain sebagainya. Penyedot debu (vacuum cleaner) yang mudah dibawa (portable) dengan sistem pemfilteran tinggi sangatlah dianjurkan untuk digunakan.

EVENT

Ik Ikuti Bazar Kuliner M-Teens School Competition 2014 di Aula Skodam Co Brawijaya pada 25-27 Februari 2014, Br mulai 10.00-21.00 WIB. Dibuka penm daftaran peserta bazaar untuk makanan da unik. Info pendaftaran hubungi: 0856.49.555.630. Pendaftaran dibuka 08 hingga tanggal 12 Februari 2014. hin

Konferensi International Halal -Toyyib INTERNATIONAL Conference on Halal-Thoyyib Industry Research akan di he lat di Widyaloka Convention Hall Uni versitas Brawijaya, 18-21 Feb 2014. Konferensi ini akan dilaksanakan dengan sejumlah agenda di antaranya presentasi poster, kuliah tamu, workshop sertifikasi halal dan pameran industri Halal-Thoyyib.

EVENT

Kota Dalam Taman Sayembara Desain Ide Hijau untuk Semua “Kota Dalam Taman” merupakan sayembara yang digelar khusus untuk mahasiswa jurusan Arsitektur, Interior, Lansekap, PWK, atau Desain Produk. Pendaftaran dibuka mulai 20 Januari 2014 – 17 Februari 2014 dengan biaya pendaftaran Rp 50.000,- TOR dapat diunduh di kotadalamtaman. wordpress.com. Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: Sona : 087 852 729 121, Ana : 089 788 575 64, Blog ~ kotadalamtaman.wordpress.com dan Twitter ~ @openarch2014

membersihkan dengan meniup dengan kompresi udara karena akan membuat abu melayang lagi ke udara. Jangan gunakan fan atau pengering pakaian listrik yang mungkin membuat abu melayang lagi ke udara. 5. Gunakan metode pembersihan efektif, seperti mencuci dengan air dan deterjen. Teknik pembersihan dengan menggunakan kain lembab dan penyedot debu (vacuum cleaner) sangat dianjurkan. Setelah disedot, karpet dan beberapa kain rumah tangga (tirai, seprai, korden, dan lainnya) dapat dibersihkan dengan mencucinya la menggunakan deterjen. Hindari menggosok m ber b lebihan, karena partikel abu tajam dapat memotong serat tekstil. m

20

Fe Februari adalah bulannya cinta. Nah, dalam rangka menyambut hari kasih da sayang http://www.melon.co.id/ akan sa mengadakan lomba yang bertajuk Lomba me Foto “My Lovely Gadget”. Ekspresikanlah Fo sekreatif mungkin seberapa cinta kalian se dengan gadget nawak. Uups .. jangan de lupa, karena acara ini merupakan acara lup dari MelOn untuk para MelOners. da Jadi, di setiap foto nawak harus ada hal yang berhubungan dengan MelOnnya. Contohnya : Foto nawak saat asyik mendengarkan lagu pake MelOn For Android atau Blackberry. Info lebih lanjut bisa lihat di http://www.melon.co.id/event/ ongoing/detail.do?eventId=861

Da Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Ex Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan G Tradisional dan Internasional”. Kamis Tr – Minggu, tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden ya (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. (M Grand Prize: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Ikuti Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2014 “Bring Our City As Shining Batu” dengan persyaratan : - Pria/wanita - Usia 16-24 tahun - Berdomisili Malang Raya - Biaya pendaftaran Rp 50.000 - Pendaftaran dibuka mulai 15 Januari – 15 Februari 2014 bertempat di : Pusat Informasi Pariwisata (Gedung Strawberry) Alun-alun Kota Batu Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Batu Jl. Sultan Agung 7B Batu Penyisihan akan dilakukan pada Minggu, 16 Februari 2014 mulai pukul 08.00 WIB di Gedung Bina Praja Pemkot Batu. Semifinal dilakukan pada Sabtu, 22 Februari 2014 mulai pukul 16.00 WIB di Main Hall Lippo Plaza Batu. Grandfinal dilakukan pada Sabtu, 15 Maret 2014.Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: Dhea 085954304666, Rachma 081333107067, kangnibatu.blogspot.com, shining-batu. com dan @kangnibatu.

De Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal UM Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014.

PAMERAN Malang OOTD 2014 @MX Mall menggelar Malang OOTD 2014 untuk beri kesempatan pengusaha online lokal Malang di bidang fashion, memamerkan produknya. Acara digelar mulai tanggal 28 Februari 2014 hingga 1 Maret 2014. Harga stand per hari adalah Rp 200 ribu. Info lanjutan hubungi Dyandra 085730394468.

Malang Wedding Expo VIP Group menggelar Malang Wedding Expo 2014 di Atria Hotel & Conference Malang, 14-16 Maret 2014. Selama acara berlangsung aka nada acara pendukung, seperti fashion show, make up show, model hunt of the year, accoustic live, wedding talk show dengan bintang tamu pasangan selebritis yang baru menikah.

Pameran Lukisan Pameran lukisan dari 13 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya di gedung Dewan Kesenian Malang Jalan Mojopahit 3 Malang. Info: Anthony Wibowo sekjen dewan kesenian malang 0817388709.

POJOK CEMOT C e r i t a

M o t i v a s i

Aleksandr Isauevick Solzhenitsyn

Sastrawan, Penjara dan Nobel

6. Kaca, porselen, enamel dan permukaan akrilik li dapat tergores jika dibersihkan terlalu keras. Gunakan kain maupun spons yang telah dibasahi G menggunakan air dan deterjen untuk menghilangkan m abu ab dengan cara dioleskan, jangan ditekan. 7. Menggosok abu pada permukaan kayu yang dipelitur (mengkilap) akan membuatnya pudar d dan d suram. Teknik yang lebih efisien ialah dengan menyedot debu terlebih dahulu, baru kemudian m dihapus dengan kain basah. d 8. Kain yang terkena abu harus dibilas di bawah air a yang mengalir dan dicuci secara hati-hati. Tingkat keparahan intrusi abu ke dalam rumahh atau bangunan tergantung pada b d pintu, i jendela, ventilasi. Diperlukan kontrol terhadap perpindahan abu dari luar ruangan ke dalam ruangan melalui baju dan sepatu. Perawatan juga harus dilakukan untuk menghidari kontaminasi lebih lanjut selama pengosongan, pembersihan, serta perawatan peralatan vacuum cleaner. Di daerah beriklim panas seperti Indonesia, di mana jendela selalu terbuka, pembersihan abu diperluka beberapa kali dalam sehari. Pembersihan di dalam ruangan hanya boleh dilakukan jika pembersihan di luar ruangan sudah selesai. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan saat membersihkan abu vulkanik yang ada di ruangan, seperti dikutip dari situs International Volcanic Health Hazard Network (IVHHN), Minggu (16/2/2014): 1. Bersihkanlah rumah Anda ketika area di luar rumah sudah dibersihkan. Diperlukan koordinasi yang baik antara instansi terkait dengan masyarakat. 2. Jangan lupa memakai masker sebelum membersihkan abu. Jika Anda tidak punya masker, gunakan kain yang telah dibasahi. 3. Pastikan ventilasi yang baik dengan membuka semua pintu dan jendela sebelum Anda mulai membersihkan. 4. Hanya gunakan satu pintu masuk untuk menghindari kontaminasi abu pada area yang sudah dibersihkan. Jangan gunakan sikat penyapu lantai untuk membersihkan debu, karena partikel debu dapat melayang lagi ke udara. Jangan

9. Mencuci pakaian kotor karena abu akan membutuhkan banyak sekali deterjen. Oleh karena m itu, i cucilah pakaian dalam kuantitas kecil namun gunakan air yang cukup, agar kotoran dapat hilang. Bersihkanlah terlebih dahulu pakaian dari abu yang menempel. 10. Lembabkan terlebih dahulu abu yang menempel pada lantai dan masukkan dalam kantong. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyapuan abu kering. 11. Gunakan kain pel basah untuk membersihkan lantai. 12. Bersihkan komputer, TV, radio dan pealatan elektronik dengan menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner) atau kompresor. Matikanlah suplai listrik sebelum melakukan perawatan terhadap barang-barang elektronik. 13. Beberapa bulan setelah hujan abu, filter harus diganti sesering mungkin. Perawatan terhadap air conditioner (AC) dan filter harus dilakukan dengan secara terus-menerus. Bersihkanlah kulkas, kompor, terutama pada bagian saluran udara. 14. Usahakan agar anak-anak selalu berada di dalam ruangan dan hindari bermain di ruangan berdebu. 15. Jaga hewan peliharaan tetap di dalam ruangan. Setelah keluar ruangan, bersihkan tubuh hewan peliharaan sebelum memasuki rumah.(dtc/fia)

SEJUMLAH sastrawan penerima hadiah Nobel memiliki pandangan bertentangan dengan pemerintah yang berkuasa di negaranya mengenai tema yang dikemukakan sang sastrawan dalam karya-karyanya. Tak sedikit yang dipenjara. Salah satunya adalah sastrawan Rusia Aleksandr Isauevick Solzhenitsyn. Ia adalah sastrawan yang sangat populer di abad 20. Pada Perang Dunia II ia adalah seorang perwira di Tentara Merah, tentara Uni Soviet. Namun kritikannya pada Josef Stalin, pemimpin Uni Soviet, menyebabkannya dikirim ke gulag, kamp-kamp kerja paksa Uni Soviet. Ia baru dibebaskan pada tahun 1953. Pengalaman pahit itu kemudian ia tumpahkan dalam sejumlah karyanya, di antaranya dalam novel Bangsal Kanker, V Kruge Pervom, Arkhipelag Gulag, dan sebagainya. Atas karya-karya besarnya itu pada tahun 1970 ia menerima hadiah Nobel. Namun ia tak mau menerima penghargaan itu di Stockholm, Swedia, karena jika keluar dari Uni Soviet ia tak akan bisa kembali ke negaranya. Ia memberikan usulan agar pemberian penghargaan itu dilakukan di Moskow. Ini justru tak disetujui panitia Nobel dengan

alasan mereka tak mau hubungan Swedia dan Uni Soviet retak. Pemerintah Soviet sendiri berusaha memojokkannya karena tajamnya kritikan Solzhenitsyn. Salah satu kritikannya pada pemerintah Uni Soviet adalah “Di negara kami kebohongan tidak hanya merupakan bagian dari moral tetapi menjadi pilar negara,” ujarnya. Tak heran jika pada tahun 1971 ia dikabarkan hampir dibunuh menggunakan agen rahasia yang menggunakan senjata biologi berupa suatu jel. Meski ia sampai sakit parah dan dirawat di rumah sakit, Solzhenitsyn selamat dari pembunuhan itu. Upaya pemerintah Soviet tak berakhir. Pada 12 Februari 1974 ia dedeportase ke Jerman. Kesempatan itu membuat dirinya bisa menerima Nobel pada 13 Februari 1974 di Stockholm. Soviet sendiri kemudian pecah menjadi beberapa negara pada tahun 1990. Perubahan peta politik dan perpecahan negara itu justru membuatnya bisa pulang ke negaranya, Rusia, pada tahun 1994. Sastrawan kelahiran 11 Desember 1918 ini bahkan meninggalnya di Moskow pada 3 Agustus 2008. (andriewongso.com)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: OLIS


IKLAN BARIS MALANG POST

21

senin, 17 februari 2014

PASANG IKLAN TEPAT

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

MALANG

•HONDA•

RUMAH

DANA TUNAI

RUPA-RUPA

KULINER

MOBIL - MOTOR

di jual jazz 08 type S kondisi istimewa warna abu-abu 160 jt/ nego hub : 08121738000

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341

Kredit tanpa jaminan dan asuransi dibawah 10jt 1hari cair. Hub: 081231617358/ 034i-9163798

Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

BG-31/ 1

Dana TUNAI Bunga 0,82% Bln jaminan BPKB mobil PT BPF Jl. Kahuripan 5 Tlp. 7066110

AYAM GORENG ROKER Special Krutung Gurih & Sedap Manis. Mulai Rp.8500 s/d Rp.12500. Jl. Danau Bratan & Jl. Simp. Sulfat Utara Malang. Telp.710812-413511

PT.BFI Finance (0341-475400) penawaran atas unit: new Jupiter Z , 2008, Mio cw cakram 2004, Revo 2008, Colt 125PS 2008, L200 KABIN TURO 2005, ISUZU ELF NKR DUMPTRUCK 2008 BL-7/2

MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang BG-17/2

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/2

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/2

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/2

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675

BG-6/3

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­ sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/1

BG-31/ 1

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313

J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860

BL-24/3

BG-26/2

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli.

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad)

BG-20/3

PERUMAHAN MURAH Bersubsidi dan Umum. Harga dan Angsuran terjangkau. Hub. Robby 8439252/ 085755178932/ BB: 75BAF866

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­ 37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/3

TANAH DIJUAL tanah belakang block office Kota Batu, view bagus luas tanah 320m harga 150jt nego. Hub: 081233221617 BL-5/2

BG-21/3

Daihatsu D IJU A L M i t s u b i s h i G a l ant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/03416502221 BG-12/3

DP terkecil Xenia 16jt-an, Terios 19jt-a, PU 10jt-an, Sirion 14jt-an, Luxio 14jt-an, Ayla 15jt-an, HENDRI (0341)2384414 BG-8/3

DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/3

Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/2

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750

DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008

BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman) BG-3/ 2

Dijual Cpt, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174 BL-22/1

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/1

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/1

TOKO

BG-22/2

BG-26/2

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/1

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-17/1

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/1

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/1

Jual rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego BL-16/112

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BG-6/3

BG-12/2

BG-2/1

DIJUAL Mitsubishi Galant V6’97, Plat N mlg Hijau Tua Metalik 61 jt Nego. Hub 08155722221/ 03416502221

DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040

BG-18/1

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736

BL-12/2

gEBYAR Diskon Mitshubisi, Pajero, Outlander, Mirage, Cash Back s/d 25jt Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/3

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/2

TOYOTA Toyota starlet th 95 abu-abu kera N kota PAJAK/stnk baru telp : 5417089/081334172466 BG-6/3

Dijual toyota Grand Extra 95 Biru audio Tv 78 jt nego Hub.03417375040 BG-24/1

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/1

Jual Kijang,94,bi­r u,Ac,Tp,­ Pa­jak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/1

dijual terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-21/1

• SUZUKI • Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505 BG-19/3

Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999 BG-24/2

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784 BG-16/2

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/2

Gratis!!! Konsultasi kredit Mobil baru Suzuki Disc + Bonus. Hadi 2374008/ 085239073708

KONTRAKAN Dikontrakkan Ruko cocok buat warung/counter. LT 200m² LB 150m². Jl Alumunium No.6 Malang. Hub Bu Yayuk: 7065500/ 08123300188 BG-11/3

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341-320358 / 082139500516 BG-23/1

RUMAH Guest House Amalia Jl.Merbabu 18 Mlg 349660/Htl.Armi Jl. Kaliurang 63 Mlg 361001/Htl.Monalisa Jl.Ry selekta 44 Batu 592676 BL-17/ 3

JUAL rmh Jl. Simp Graj Blok 3 LT /LB 110/58 385 jt ng, SHM/IMB/ Galvalum hp/wa 081615708078 BL-16/ 2

JUAl cepat rumah Jl. Polonia, Buring, Luas tanah 98 m² Luas bangunan 36 m², hub 08123529963 BG-15/ 3

Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/ 3

DIJUAL rmh lt 60 m² jln.ikan gurame perum little Kyoto B-6 mlg. Hub 08155097508 & 081330015318 BG-2/ 3

JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi. BL-1/ 2

JUAL RUMAH daerah Kedawung. LT 187 m2 , LB 220m2, tingkat, SHM. Jl lebar ada garasi. Hub. Bu Jemmy Jl.Alumunium 11A . 081 945 399 899

BG-31/1

BG-29/1

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/1

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­746571600 BG-11/1

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

LOWONGAN Dbthkan sales pupuk organik (bintang MJ) gaji pkok+bonus perum pus kopad FF-4 Arjowinangun 08817041508,085855849995 BL-20/2

KRJA DRMH : nempel label teh celup, upah 70rb / box (200lbr) 350rb/5 box , ada bonus/bln. SMS 081233024296 (fatwa) BL-17/2

### S A N G A T M E N D E S A K ### PT. ARTHA GRAHA SUKMA membutuhkan krywn/I min lulus SMK/SMU, max 40 th, pglmn tdk diutamakan, siap kerja, kirim lmrn ke Jl. J.A Suprapto 68 D. pkl 10.00 – 15.00 terbatas BL-16/2

Dbthkan sales pupuk organik (bintang MJ) gaji pokok+bonus perum puskopad FF-4 arjowinangun 08817041508 , 085855849995 BL-20/2

Dbth Sales,Motoris u/ P.Rokok min SMU kode ATK BG-26/2

DIBUTUHKAN segera pembantu untuk jaga baby di Malang hub: 085 278 788 999

BG-3/ 2

BL-15/2

Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500

TOKO GAME DCRI krywn/krywti maks 25 th single min sma/ smk ruko mlg plasa J26 hub 08125285112

BG-28/2

BL-13/2

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736

DCR ibu rumah tangga pensiunan/PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BL-30/1

BG-17/2

BG-19/2

BG-5/3

MP JUAL MP Jual : jasa servis panggil m cuci kmpor gas blender magic com mixer m pompa air dll hub 9101651 GITO MP-JUAL: burung diborongkn 3ekor: CENET, JALAK NIAS, PUNGLOR BATU HITAM, dah bunyi smua, sngkr bgus2&ada krobongnya smua. Rp700rb nego dkt BU. HUB 3167167. MP JUAL : JASA massage. pijat. badan jadi lebih fresh. dijamin puas hub indah 082138795007.085743558824 sms or call mksh

MP-Jual : Makroni.Keripik morlink.Biting pedas..Cocok untuk kantin2 sekolh.Cafe2 dll. Hub: 0341_9611493 MP-Jual: honda revo thn 2009 tngn 1,servis rutin,8 jt nego,hub.081334406087 Mp-jual: Rumah 150 jutaan. UM 10x. Bisa KPR. (0341) 9940730 MP JUAL : anakan lovebird pastel ijo minta 325 /ekor. Hub : 0858 550 333 15 Mp_Jual : Sepeda motor JUPITER Th 2006 .Surat mati 1 th kab Pasuruan Harga penawarn 7.8 jt Nego Hub:0341_9611493 (cepat dapat)

BG-6/3

Butuh dana cepat+trm gadai titipkan laptop/HP/kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Subersari Tlp 0341-7359448 BG-5/3

Tutup Kartu kredit/ KTA hanya bayar 30% lunas 100%. Hub. Tinah 081291312529 BL-5/2

BIMBEL Bimbel online fokus A = fokus nilai 100 pasti meraih juara di kelasnya. Dibuka juga peluang distributor. (0341) 8854848 BG-8/2

BG-25/2

Djl Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008

DIJUAL 2 bedak (gandeng). Nego ukuran 3x5 m di pasar Gadang lama. Hub. 0341 2959744/ 085 859 344 480

MITSUBISHI

BG-13/3

MP-Cari MP cari : investor, modal 10 juta, TRADING FOREX METODE BARU, profit minimal 10% / bulan, LEGAL, AMAN, ADA SURAT PERJANJIAN (AGREEMENT], ada ijin dr BAPPEBTI, lokasi kantor di pusat kota malang. sms nama/ alamat di 085608729024, kita akan datang u/ presentasi MP-Cari : Tenaga clean servc, pa utk pts di kota mlg lamr hub 0838349794869 / 08991136388 MP-Cari : tenaga krj laki2 pnglmn tdk d utmkn, prsyrtn ringn dn d bthkn cpt yg brminat hbgi no Tlp.08123571844

RUPA-RUPA Jual/Beli PS2/PS3 Normal/rusak HUB/TELP:081945910111 BG-16/3

B i ro j odoh m a l a n g j a y a #jejaka,32Th,Krywan toko cari calon istri,gadis/janda ,manis & sederhana,umur -35Th,Telp: 087859953881 BG-16/3

AREMA TRANSPORT Sewa mobil + sopir murah di Malang,Tujuan wisata Surabaya , bromo , injen dll. Armada : Xenia, Avanza, Innova, Elf dll.082140434845/ 081252330175 BG-24/2

Naik/turun berat badan sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260

BG-13/12

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­ tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

Rental komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal,dll) Jl. Bela Negara ruko taman niaga rampal K.V1 Tlp: (0341) 9374077 (0341)7474006, 081233130971 BG-5/2

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 03418696529,085855989910 BG-23/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

BG-23/2

BL-29/12

jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022

BG-5/2

BG-6/12

Super game MOG GF 6769 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937

BL-4/2

JAPANNESE STYLE DJ Salon & Spa Jl.Danau Kerinci F9C Kav.27 (Rko Pasar Sawojajar) Telp. 0341710605/ 085855159139. Menerima pembayaran debit/visa/master card. Cab. Jl.Kertoraharjo no.86. Dinoyo Malang

BG-6/12

ATOM clinic handphone service se­­ mua jenis HP, hardware dan soft­­­ware Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kam­pus ­UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

BG-22/2

BG-30/12

JUAL AYAM PRESTO siap goreng + ati + ampela. Harga Rp 40 ribu, beli 5 ekor disc. 10% .Hub.Mister penyet resto Jln. Terusan Dieng 49B Malang. 0341-575402

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­RUSAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­ san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Web­s ite: www. su­rya travel. com. BG-29/11 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp. 4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/3 www.airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ju­a n­d a(PP), dgn driver peng­alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­m urah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­s ite: www. stasiun tiket .com BG-29/2

BG-20/2

Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091 BG-8/2

Depot Maninjau sedia ma­sa­kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12

pengobatan PENGOBATAN HERBAL Tanpa Operasi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido Ayem No.8 BG-5/3

“Milenium Massage” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel Hub 085774410568 no sms BG-7/2

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12

TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/3 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 03412194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

BG-25/1

BG-30/12

Redline understeel menerima perbaikan & rekondisi shock breaker, ceper tnp ptg per, tie road, ball joint dll. Jl Danau Jonge H4 e/30 Sawojajar. 083890284888/ 9510798

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. Carter-Tour Wisata -Rent Car Tdriver 753236/082333711779/0 81333322779

BG-8/2

BG-19/12

BG-28/2

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

Kursus sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub: 081381516060 BG-6/2

BG-31/12

JUAL Program toko & akutansi Rp 300.000,-. Telp 0341-9000144. www.jualprogramtoko.com. Jl Tondano Dalam 11 A2-B6 Sawojajar Malang

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-18/2

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2

Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg

BG-26/12

BG-26/12

PIJAT Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202

BG-20/2

BG-14/2

GRATIS!!! Konsultasi kredit/ tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043

PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965 . Dijamin fresh.

BG-17/2

BG-13/2

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron.JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298

Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih

BG-18/2

BG-07/2

TOUR & TRAVEL BMS RENT CARS karimun estilo/xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 0341-7748248/ 2149988/081333373338

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/2 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/2


soccer

Lawan Arsenal, Muenchen Tanpa Shaqiri dan Ribery MUENCHEN-Kemenangan Bayern Muen­ chen atas Freiburg dengan skor 4-0 di Allianz Arena, Minggu (16/2) dini hari WIB harus dibayar mahal. Muenchen kehilangan gelandang muda Xherdan Shaqiri. Dalam laga itu, Shaqiri harus ditarik keluar ketika pertandingan memasuki menit ke-61. Setelah laga, tim medis Muenchen langsung melakukan pemeriksaan mendalam. Hasilnya, Shaqiri mengalami masalah otot. Cedera itu memaksa Shaqiri absen beberapa pekan. Gelandang asal Swiss itupun harus absen ketika Muenchen bentrok kontra Arsenal pada babak 16 besar Liga Champions tengah pekan mendatang. Cedera yang menimpa gelandang berusia 22 ta­hun itu kian membuat Muenchen terpukul. Pa­salnya, The Bavaria, julukan Muenchen se­belumnya juga sudah dipastikan tak akan di­perkuat Franck Ribery saat melawan Arsenal. Meski begitu, Muenchen tak mau meng­ anggap cedera dua pemain itu sebagai ha­ la­n gan untuk menekuk Arsenal. Pelatih Muenchen, Pep Guardiola akan menjadikan ke­menangan atas Freiburg sebagai modal untuk menjungkalkan Arsenal. “Memang sangat sulit ketika semua orang menuntut kami untuk mennag. Saya sangat puas. Para pemain menunjukkan konsentrasi yang luar biasa,” terang Guardiola di laman

senin, 17 februari 2014

22

Tak Merasa Istimewa Meski Kalahkan Chelsea di Piala FA MANCHESTER-Manchester City menuai hasil bagus ketika menekuk Chelsea dengan skor 2-0 pada babak kelima FA Cup di Etihad Stadium, Minggu (16/2) dini hari WIB. Kemenangan itu mengantarkan City ke babak perempat final. Namun, City menganggap hasil positif itu sebagai hal yang biasa. Bagi tim berjuluk The Citizens itu, nilai absolut tersebut tak berarti apa-apa dalam mengarungi berbagai kompetisi. Pelatih City, Manuel Pellegrini mengatakan, hasil bagus itu tak berpengaruh dalam perburuan gelar juara Premier League atau Liga Champions. Pasalnya, FA Cup memiliki tensi yang berbeda dengan dua kompetisi itu. “Kemenangan itu memang penting untuk kepercayaan diri tim. Namun, itu hanya penting untuk melanjutkan perjalanan di FA Cup, bukan yang lain,” terang Pellegrini di laman Sky Sport, Minggu (16/2). Kemenangan itu juga tak lepas dari kondisi para pemain City yang lebih fresh dibanding penggawa Chelsea. Pasalnya, City tak harus melakoni laga tengah pekan melawan Sunderland akibat cuaca buruk di Inggris. Sementara Chelsea harus berjibaku kontra West Bromwich Albion. “Sangat penting bagi kami tidak bermain melawan Sunderland. Tim ini sudah bermain 18 kali dalam dua bulan. Saya melihat para pemain tidak bugar. Namun, kami akhirnya tampil bagus,” tegas Pellegrini. (jos/jpnn/jon)

Jurgen Klopp Samai Rekor Ottmar Hitzfeld Xherdan Shaqiri

Anggap Leverkusen Lawan Terpenting PSG di Bulan Ini Zlatan Ibrahimovic

PARIS - Paris Saint Germain tak punya banyak waktu bersantai. Usai menghajar Va­l enciennes dengan skor 3-0 di Ligue 1, PSG sudah di­tunggu Bayer Leverkusen pada babak 16 besar Liga Cham­pions pada tengah pekan mendatang. Segenap elemen PSG juga menganggap Leverkusen sebagai lawan yang ber­ba­haya. Pasalnya, Leverkusen mengusung misi harga diri untuk meneruskan jejak tim Jerman yang sukses dalam Liga Champions. “Laga melawan Leverkusen akan menjadi pertandingan yang paling penting sepanjang Februari. Kami berharap bisa menang sehingga melakoni laga kedua dengan lebih mu­ dah,” terang gelandang Javier Pastore di laman L’Equipe,

Minggu (16/2). Hal yang sama diungkapkan bomber Zlatan Ibrahimovic. Pemain berjuluk Ibracadabra itu mengatakan, Leverkusen tetap menjadi lawan yang sangat berat di kompetisi antarklub tertinggi di Eropa tersebut. Apalagi, Leverkusen juga tampil bagus di Bundesliga. Musim ini, Leverkusen nang­ kring di urutan kedua kla­ semen sementara, meski tim racikan Sammy Hyypia itu belum lama ini ditekuk Schalke 04 dengan skor 1-2. “Pertandingan di Liga Cham­pions akan sangat ber­ beda. Punggung saya juga masih fifty-fifty. Secara fisik, pertandingan akan berbeda di Leverkusen. Kami harus tetap berkonsentrasi,” tegas Ibra­ himovic. (jos/jpnn/jon)

Kosovo Panggil Januzaj Hadapi Haiti MANCHESTER -Gelan­dang muda Manchester Uni­t ed, Adnan Januzaj bisa  segera melakoni debut internasional. Pa­s alnya, Januzaj men­d a­ pat  panggilan dari Kosovo untuk melakoni laga per­sa­ habatan melawan Haiti  pada 5 Maret mendatang. Kosovo bukan negara asing bagi gelandang berusia 19 ta­ hun. Sebab, kedua orang tua­ nya berasal dari Kosovo dan Albania. Namun, Januzaj juga memiliki opsi untuk membela Inggris, Serbia, Turki, Kroasia dan Belgia. Menurut aturan FIFA selaku

Federasi Sepakbola Dunia, pe­ main yang sudah tinggal di se­ buah negara selama lima tahun bisa membela negara itu. Hal itulah yang membuat Inggris juga ingin menggunakan te­ naga Januzaj.  Tapi, Kosovo bakal memanggil Januzaj terlebih dahulu. “Kami tengah berdiskusi dengan keluarganya. Bisa meng­g unakan pe­m ain  de­ ngan talenta hebat dalam per­t an­d i­n gan pertama kami akan menjadi  sinyal ba­ gus,” terang Sekjen Fe­de­rasi Se­p akbola Kosovo, Eroll Sa­l ihu di laman BBC, Min-

ggu (16/2). Kosovo pun sadar tidak akan bisa menggunakan te­ naga Januzaj untuk ma­sa depan. Pasalnya, hingga kini Kosovo belum dinyatakan merdeka oleh PBB. Hal itulah yang membuat Kosovo ber­ harap Januzaj mau menerima undangan tersebut. “Kami merasa dia berutang budi dengan orang-orang Kosovo untuk ambil  bagian da­lam pertandingan ini. Ini ha­ nya uji coba dan tak akan memengaruhi kesem­p at­a nnya bermain di negara lain,” tegas Salihu. (jos/jpnn)

Adnan Januzaj

Barcelona Kirim Teror ke Manchester BARCELONA-Barcelona ta­hu bagaimana cara terbaik menyongsong duel kontra Manchester City di babak 16 besar Liga Champions. Ke­ menangan setengah lusin gol atas Rayo Vallecano kemarin menjadi bukti kesiapan Barca “ sebutan Barcelona “ saat menantang City di Stadion Etihad pada Selasa atau Rabu dini hari WIB (19/2). Hasil positif itu membuat Barca bisa fokus menghadapi City karena posisi klub asal Catalan tersebut hampir pasti aman di puncak klasemen Primera Division. Meski ditem­pel ketat Atletico Madrid dengan perolehan poin sama (60 poin dari 24 pertan­dingan), Barca memiliki se­li­sih gol lebih baik. Yakni, surplus 52 gol berbanding surplus 43 gol. Real Madrid yang baru bertanding di kandang Getafe dini hari tadi WIB (17/2) secara matematis juga masih memiliki peluang memuncaki kl­asemen. Tapi, realistis, sya­ rat­n ya sangat berat karena Real butuh menang dengan margin sampai 12 gol !

Gerardo “Tata” Martino

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada rim yang telah memainkan pertandingan de­ngan komplet. Kami bermain baik dalam menyerang, ber­ta­han, dan memanfaatkan setiap kesempatan yang kami mi­liki,” kata Adriano Correia,

bek kiri Barca, kepada Foot­ ball Espana. “Menang dengan cara seperti ini jelas memberi kami m­oral dan kepercayaan diri pad­a laga Selasa nanti (lawan City,­ Red),” sambung pen­ cetak gol pertama Barca ke

gawang Rayo tersebut. Sebagai catatan, gol Adria­ no ke gawang Rayo tercipta hanya 1 menit 36 detik setelah kickoff. Itu menjadikan full back internasional Brasil tersebut sebagai pencetak gol tercepat Barca musim ini. Selain Adriano, scoresheet Barca lainnya memang dihuni para penyerang seperti Lionel Messi yang memborong 2 gol, serta Alexis Sanchez, Pedro Rodriguez, dan Neymar yang masing-masing membukukan satu gol. Adriano tak lupa berterima ka­sih kepada fans Barca (Barce­lonistas) di Camp Nou. Perlu diketahui, dalam pertan­ dingan home liga sebelumnya (1/2) atau saat dikalahkan Valencia 2-3, beberapa pemain Barca mengeluhkan kurang militannya dukungan Barce­ lonistas. “Fans selalu ada setiap kami membutuhkan mereka dan melakukan pekerjaannya dengan hebat,” jelas mantan pemain Sevilla tersebut. Entrenador Barca Gerardo “Tata” Martino juga

meng­g angap sikap Barcelonistas merupakan salah satu faktor yang memacu performa mena­w an anak asuhnya kontra Rayo. “Dalam Copa del Rey di Anoeta (kandang Real Sociedad, 12/2, Red), kami didukung 35 ribu penonton. Saya percaya sedikitnya 20 ribu penonton akan men­d am­ pingi kami di Manchester,” tuturnya kepada NDTV. “Terlepas kualitas lawan yang jauh di bawah, saya sa­ngat senang melihat semua pe­ma­in dalam kondisi terbaik,” tutur pelatih asal Argentina itu lagi. Tata lantas memberikan pu­ jian khusus kepada Messi yang menyalip rekor Alfredo Di Stefano sekaligus me­nyamai Raul Gonzalez sebagai pemain ketiga tersubur di Primera Division dengan 251 gol. “Messi akan memecahkan semua rekor yang diingin­k annya. Tapi, dia sepertinya tidak akan menaruh perhatian pada hal itu,” jelas pelatih yang akan membawa 23 pe­main dalam lawatan ke City itu di situs resmi klub. (dns/jpnn/jon)

Ottmar Hitzfeld DORTMUND- Kemenangan Borussia Dortmund atas Eintracht Frankfurt dengan skor telak 4-0 di Signal Iduna Park, Minggu (16/2) dini hari WIB membuahkan rekor untuk Jurgen Klopp. Itu adalah kemenangan ke-111 Klopp selama menukangi Dortmund. Pelatih berusia 46 tahun itu menyamai torehan Ottmar Hitzfeld. Namun, Klopp justru memilih merendah dengan rekor hebat itu. Menurut Klopp, dirinya sebenarnya bisa mencetak catatan kemenangan yang lebih banyak. Sayangnya, Dortmund sempat tampil buruk ketika menelan tiga kekalahan kandang pada akhir 2013 silam. “Untuk saya, itu adalah angka yang bagus. Ketika saya mendengar rekor itu, saya juga berpikir tentang kekalahan. Kami sudah lama tak mendapatkan kemenangan kandang. Seharusnya sudah 114 kemenangan saat ini,” terang Klopp di laman Bild, Minggu (16/2). Ya, Dortmund memang sudah lama tak merasakan kemenangan di Signal Iduna Park. Kali terakhir Dortmund memetik kemenangan ialah ketika menekuk Stuttgart dengan skor 6-1 pada November 2013 silam. “Kami bermain baik. Sejak pertandingan dimulai, kami memainkan pola yang sudah kami rencanakan. Itu adalah permainan yang hebat dari kami. Kami mencetak gol di saat yang tepat,” tegas Klopp. (jos/jpnn)

Legenda Minta Oezil Cepat Bangkit LONDON - Performa buruk yang ditunjukkan Mesut Oezil dalam beberapa partai terakhir membuat legenda Arsenal, Ray Parlour angkat bicara. Parlour meminta playmaker asal Jerman itu cepat bangkit. Pasalnya, The Gunners, julukan Arsenal sudah di­tunggu dua lawan tangguh dalam se­p ekan men­da­tang. Yakni meng­h adapi Liverpool pada Piala FA, Minggu (16/2) dan Bayern Muen­c hen pada babak 16 besar Liga Champions tengah pekan men­datang. Parlour ber­ha­ rap Oezil bisa menampilkan per­ forma terbaik­nya sesuai harga maMesut Oezil hal yang dibayarkan Arsenal untuk merekrutnya. Arsenal mendatangkan Oezil dengan mahar senilai 50 juta Euro dari Arsenal pada musim panas lalu. “Oezil memulai musim dengan sangat baik. Anda semua bisa melihat bagaimana kualitasnya. Namun, dia harus cepat bangkit karena Arsenal membutuhkan hasil bagus,” terang Parlour di laman Goal, Minggu (16/2). Bagi Parlour, Oezil tetap akan menjadi andalan bagi Arsenal untuk mengarungi sisa musim ini. Pasalnya, Arsenal masih harus menghadapi beberapa lawan tangguh di Premier League. Di antaranya ialah melawan Chelsea dan Manchester City. “Arsenal masih memiliki kesempatan memenangkan liga. Dia membutuhkan waktu untuk menyatu dengan tim. Robert Pires menjalani musim perdana dengan buruk namun selanjutnya dia tampil fantastis,” tegas Parlour. (jos/jpnn/jon) redaktur: jon soeparijono, layout: kurdi


AREMA CRONUS Persib Dipermalukan Manajemen Buka Rekening Amal Semen Padang SENIN, 17 februari 2014

Aremania Kirim Bantuan Pertama MALANG-Aremania bergerak cepat untuk membantu warga Ngantang dan Pujon yang terkena dampak bencana Gunung Kelud. Setelah melakukan aksi sosial selama dua hari , suporter fanatik Singo Edan itu mengirimkan bantuan tahap pertama ke Ngantang, sore kemarin, berangkat dari kantor Arema Jalan Kertanegara. Salah satu Aremania, Andri menyebut pengiriman bantuan tahap pertama ini langsung ke korwil Aremania Ngantang. “Di Ngantang, sudah menanti korwil Aremania, namanya Bunda, beliau yang bilang kalau di Ngantang masih membutuhkan banyak bantuan, kita dahulukan Ngantang,” terang Andri kepada Malang Post kemarin. Segala macam kebutuhan yang dikumpulkan secara terpusat di kantor Arema Jalan Kertanegara, dinaikkan ke dalam truk pengirim bantuan. Mulai dari pampers, susu bayi, baju layak pakai, pembalut, beras, mie instan, selimut bayi dan dewasa obatobatan hingga air mineral. “Yang kita kirimkan ke

Ngantang adalah gabungan dari semua Aremania. Titik pengumpulan dananya tersebar di Malang Raya, seperti Karanglo, Singosari, Suhat, Kasin. Begitu terkumpul, dijadikan satu di kantor Arema, lalu kita kirim sama-sama,” tegasnya. Ia mengharapkan, Aremania yang tergerak hatinya untuk menggelar aksi di daerah masing-masing, bisa mengumpulkan hasil penggalangan bantuan, langsung di kantor Arema Jalan Kertanegara. Dengan begitu, pengiriman dilakukan secara bersama-sama dan tidak terpisah. “Kalau dijadikan satu di kantor Arema kan enak, bisa diinventaris sama-sama, lalu dikirim secara berbarengan ke lokasi yang paling membutuhkan,” tutur Andri. Sementara itu, Dirijen Aremania, Yuli Sumpil tak bisa menahan rasa bangga dan haru biru karena melihat Aremania satu hati untuk para pengungsi yang juga masih dulur Aremania. “Kita suporter juga manusia, masih punya hati. Kalau ada dulur yang kena bencana, tak mungkin diam. Yang kita

Rizal fananny/malang post

KIRIM BANTUAN: Aremania mulai mengirimkan bantuan kepada korban bencana Gulung Kelud dari hasil penggalangan yang dilakukan.

usung kebersamaan, serta ketulusan dan keikhlasan. Sedikit banyak, apa yang kita lakukan meringankan beban mereka yang sedang berduka,” tegas Yuli. Sementara itu, karena banyaknya masukan dari Aremania yang berdomisili di luar Malang

ingin bantu korban bencana Kelud dalam bentuk dana, Arema Cronus respek dan merasa diberi amanah untuk pendistribusian bantuan. Karena itu, sejak hari ini manajemen Arema membuka rekening bantuan dana untuk Kelud. Dana dapat dikirim ke BNI 46 atas nama PT. AREMA

INDONESIA, dengan rekening nomor : 358.444.777.9. Kode berita atau info dalam kirimannya diberi tulisan #fromAremaforKelud. Nantinya, setiap bantuan dana yang masuk di rekening, akan dilaporkan melalui media dan website resmi arema.(fin/jon)

Rizal fanany/malang post

LATIHAN PERDANA: Usai tur ke Palembang dan Karawan, pemain Arema Cronus mulai latihan kembali di Stadion Gajayana, kemarin sore.

Masih Materi Recovery MALANG – Paska tur Karawang yang melelahkan dan menguras emosi, Arema Cronus bisa sedikit menghela napas panjang. Jeda lima hari sebelum pertandingan melawan Barito Putra tentu sangat membantu Singo Edan memulihkan kondisi. Sore kemarin, Arema menikmati latihan recovery di Stadion Gajayana, dipimpin oleh Suharno-Joko “Gethuk” Susilo. Suharno mengungkapkan, latihan recovery di Stadion Gajayana bertujuan untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental pemain usai “berperang” di Karawang. “Dengan main hari Jumat, kita bisa punya waktu pembenahan fisik dan psikis pemain. Kita dikuras habis karena harus perang dua kali, di dalam dan di luar lapangan,” tegas Suharno kepada Malang Post kemarin. Para penggawa klub berlogo singa yang ikut tur dan masuk starting eleven, seperti Purwaka Yudhi, Thierry Gathuessi, Victor Igbonefo, Alfarizi, Irsyad Maulana, Samsul Arif, Ahmad Bustomi, I Gede Sukadana, Alberto Goncalves dan Cristian Gonzales memaksimalkan recovery dengan latihan ringan serta fun game. Sementara, pemain yang tak ikut main full, seperti Benny Wahyudi, Arif Suyono, Sunarto, Dendi Santoso hingga Gilang Ginarsa tetap melahap sesi taktik dan kecepatan di bawah pengawasan Gethuk. “Mudah-mudahan, masa persiapan panjang ini bisa memaksimalkan hasil lawan Barito nanti,” tutur Suharno. Rencananya, pagi ini Arema kembali berlatih di Stadion Gajayana, pukul 08.00 WIB. Lalu, dilanjutkan dengan laga ujicoba malam ini di Stadion Brantas Batu, yang bertajuk laga amal bagi korban bencana alam Kelud.(fin/jon)

Puluhan Calon Siswa Mulai Mendaftar Akademi Arema MALANG - Para calon siswa Akademi Arema mulai berdatangan mendaftarkan diri di Rayon Malang Timur. Manager Operational Akademi Arema, Sudarmaji menyebutkan sudah sekitar 50 pendaftar yang melakukan registrasi. “Saya lupa jumlah pastinya, yang jelas kalau 50 siswa sudah ada,” kata Sudarmaji kepada Malang Post. Menurutnya, jumlah tersebut diambil dari semua pendaftar untuk sementara ini, baik yang mendaftar di Kantor Arema Jalan Kertanegara no. 7 Malang, maupun yang mendaftar di Brigif 18 Lanud Jabung, Kabupaten Malang. Sudarmaji menambahkan para pemain muda yang ingin bergabung masih bisa mendaftarkan diri. Ia berharap calon siswa ini mendaftar dengan segera. Karena, menurut pengalaman para pendaftar biasanya banyak yang mendaftar mendekati hari penutupan.”Lebih cepat mendaftar lebih baik,” tegasnya. Pendaftaran ini masih akan terus dibuka hingga 28 Februari 2014 mendatang. Ditambahkan, para

pendaftar yang sudah tercatat sesuai dengan harapan. “Harapannya memang yang mendaftar ini bagi anak-anak usia 10-16 tahun dari wilayah dekat Jabung, Tumpang, Poncokusumo, Wajak, Pakis dan sekitarnya,” ungkap pria yang pernah berprofesi sebagai wartawan ini. Tentu saja jumlah siswa yang sudah mendaftar ini masih belum sesuai dengan target Akademi Arema. “Targetnya nanti ada sekitar 150 pendaftar di Akademi Arema Rayon Timur,” terang pria yang juga menjabat sebagai Media Officer Arema ini. Jumlah target yang diungkapkan Sudarmaji ini bukan hanya sekadar angan-angan tanpa melihat pengalaman. Pada setiap membuka pendaftaran, Akademi Arema selalu menerima ratusan pendaftar. Seperti yang terjadi saat Akademi Arema Rayon Kota dan Akademi Arema Rayon Kepanjen yang membuka pendaftaran pada akhir tahun 2013 lalu, ratusan siswa mendaftar dan mengikuti seleksi untuk bisa bergabung mengenyam pendidikan di Akademi Arema. (rul/jon)

23

SOREANG-Tren positif empat laga tak terkalahkan Persib di Indonesia Super League (ISL), ternodai Semen Padang di kandang sendiri kemarin, Minggu (22/1). Klub berjuluk Kerbau Giras itu memang menjadi momok bagi Maung Bandung ketika berlaga di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten, Bandung. Tertinggal dua gol yang dicetak oleh Esteban Viscarra dan Hendra Bayaw, klub asuhan Djajang Nurjaman ini hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui kaki Coulibaly Djibril di injury time pertandingan. Padahal striker yang sempat dimainkan dan mencetak satu gol pada laga sebelumnya, Coulibaly Djibril kali ini diturunkan sejak menit awal laga. Sementara itu Ferdinand Sinaga yang selama ini menggantikan posisi yang diplot Djibril, kini dioptimalkan kepada tugas semulanya. Yakni sebagai gelandang serang kiri Maung Bandung yang paten dengan formasi 4-2-3-1. Sementara itu di kubu lawan, dua mantan pilar Persib yakni Eka Ramdani dan Airlangga dimainkan sejak awal laga. Kedua pemain ini saling bahu membahu membangun serangan dengan dua pemain asing macam Esteban Viscarra dan Ezequiel Gonzales. Ketika peluit kick off dibunyikan hujan deras mengguyuri Stadion Si Jalak Harupat saat itu. Kedua tim cukup kesulitan di awal laga karena melawan derasnya hujan. Persib membuka kesempatan mencetak gol duluan melalui corner kick Firman Utina yang berhasil diamankan Fakhrurazi. Tidak lama kemudian, buah simalakama mesti diterima tuan rumah. Esteban Viscara mampu mencetak gol, melalui tendangan hasil kerja sama dengan Ezequiel ketika waktu memasuki menit 15. Ketertinggalan 0-1 atas tamunya itu sontak membuat Persib melancarkan serangan ke kota pinalti lawan. Namun saat itu Ferdinand yang mendapatkan umpan dari Makan Konate tidak berhasil dimanfaatkannya menjadi gol. Hingga menit akhir Semen Padang lebih banyak mengancam gawang yang dikawal I Made Wirawan itu. Kami akui kita Di menit 31 Hendra hari ini kalah dari Bayaw sempat melancarkan shoot dari luar Semen Padang” kotak pinalti, akan tetapi masih tipis di Djajang Nurjaman atas gawang Maung Bandung. Tidak hanya itu saja, pada menit 54 Hendra pun kembali melancarkan tendangan ke gawang. Namun kali ini I Made dengan sigap menahan laju bola tersebut. Ingin menunjukan ketajaman kepada mantan timnya Airlangga sempat merepotkan lini pertahanan Persib di menit menit akhir. Striker andalan anyar Semen Padang itu melakukan penetrasi dari sisi kiri ke kotak pinalti yang digalang oleh Vladimir, kemudian aksinya yang diakhiri oleh shooting masih mampu ditaklukan oleh I Made. Hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor masih bertahan 0-1 untuk tim tamu. Pada babak kedua, Persib mengawali pertandingan dengan free kick Ahmad Jufriyanto. Namun eksekusinya masih jauh dari ekspetasi karena bola mengarah jauh dari sasaran. Justru Kerbau Sirah mampu menggandakan keunggulan di babak kedua ini. Melalui aksi individunya Hendra Bayauw melancarkan tendangan datar yang tidak mampu diantisipasi oleh I Made Wirawan. Pada menit ke 53 ini, Semen Padang unggul dua angka dari Persib dengan skor 0-2. Tertinggal dua gol kemudian Tantan dimasukan mengganti Ferdinand Sinaga. Maung Bandung baru bisa mencetaka gol sekaligus memperkecil ketertinggalan ketika injury time. Berawal dari umpan Firman Utina kepada Tantan, kemudian bola disodorkan kepada Djibril yang ikut melakukan sprint ke kotak pinalti. Kemudian Djibril berhasil menyontek bola tersebut, sehingga kekalahan pun diperkecil menjadi 1-2. Setelah gol tersebut, kemudian wasit Jumadi meniupkan peluit tanda laga telah usai. “Kami akui kita hari ini kalah dari Semen Padang,” ujar Djajang Nurjaman. (ran/jpnn/jon)

Timnas U-19 Terus Asah

Sampai Otomatis JEPARA-Timnas proyeksi Piala AFC U-19 2014 melanjutkan rangkaian uji coba tur nusantara. Melawan Persijap Jepara U-21 di Stadion Bumi Kartini, nanti malam. Skuad Garuda Jaya, julukan U-19, diharapkan bisa meningkatkan performa. Pelatih Indra Sjafrie menuturkan dari lima laga uji coba yang sudah dijalani, target progress per game sudah didapatkan. Meski sudah puas, Indra masih ingin pemainnya terus mematangkan cara bermain seperti yang diinginkannya. “Kami akan terus mematangkan tim dengan bermain ball possession seperti ini. Sampai pada titik otomatisasi pemain dalam menguasai bola tercapai,” katanya saat dihubungi, kemarin (16/2). Otomatisasi yang dimaksud Indra adalah bagaimana pemain mampu mengambil inisiatif dalam kondisi apapun. Jika masih belum maksimal, Indra memaklumi karena pemain-pemainnya memang masih dalam tahap belajar. Mematangkan tim bagi Indra membutuhkan waktu yang panjang. Apalagi, mematangkan tim untuk level kompetisi semakin tinggi dan demi target lolos ke Piala Dunia U-20 di New Zealand pada 2015 mendatang. Dalam laga melawan Persijap, Indra

memastikan bakal mencoba komposisi pemain berbeda dari lini per lini. Jika sebelumnya Ryuji Utomo dipasangkan dengan Sahrul Kurniawan di bek tengah, maka kali ini rotasi dan uji kompetensi pemain akan kembali dilakukan. Sayang, dia tak menyebutkan siapa dan di lini mana akan dilakukan perubahan komposisi. Namun, melihat lini penyerangan yang mulai bisa lebih kreatif dalam membuka serangan saat imbang 1-1 melawan PSIS Semarang, mungkin ada kemungkinan perubahan dibuat di sektor depan. Demikian juga di sektor tengah. Untuk menguji performa pelapis dari trio gelandang Evan Dimas Darmono, M Hargianto, dan Zulfiandi, kemungkinan pemain seperti Ihsan Kurniawan atau Hendra Sandi akan dicoba turun lebih lama. Sebelumnya, saat melawan tim Pra PON DIY di uji coba ketiga tur Jogja, Indra pernah menurunkan 80 persen pemain yang jarang diturunkan sebagai starting eleven. Melihat menit bermain, bisa jadi Indra kembali menyisakan hanya dua sampai tiga pemain yang langganan starting di laga malam nanti. “Ini kan uji coba, pasti saya akan coba pemain yang saya nilai perlu dicoba lagi,” tuturnya.(aam/jpnn/jon)

KALAH: Persib bandung saat dikalahkan Semen Padang dihadapan ribuan pendukungnya, kemarin sore.

Gustavo Disiapkan Lawan Barito Sambungan dari Halaman 24

Juan Revi Auriqto, gelandang penghancur milik Arema, harus melahap sesi latihan bersama dokter tim, dr Indrawan Dwantoro. “Juan Revi ada engkel bengkak. Tapi, itu bukan masalah besar. Dia bisa segera pulih sebelum pertandingan hari Jumat nanti,” tutup Suharno.(fin/jon)

Batal Main Sore Sambungan dari Halaman 24

Bagi Suharno, pelatih Arema, pemindahan jadwal bertanding dari sore ke malam menguntungkan Arema. Sebab, recovery tim bisa berjalan sangat maksimal. “Recovery kita sangat cukup bila kita main Jumat malam, ada waktu untuk pembenahan. Apalagi, lawan kita kali ini adalah Barito yang tak pernah kalah di Malang,” tandas Suharno.(fin/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


SENIN, 17 FEBRUARI RUARI 2014

AREMA CR NU S

Batal Main

The PO W IS OU ER RS

24

Gustavo Disiapkan

Sore

MALANG - PT Liga Indonesia kembali mengubah jadwal laga Arema Cronus kontra Barito Putera. Namun, bukan hari pertandingan yang diubah, melainkan jam pertandingan. Seperti diketahui, PT LI awalnya merilis jadwal tunda AremaBarito pada hari Jumat, 21 Februari 2014 pukul 15.30 WIB.

Lawan Barito MALANG - Gustavo Lopes tidak tampak ikut latihan normal bersama skuad Arema Cronus, di Stadion Gajayana, Minggu (16/2) kemarin sore. Trequartista atau playmaker milik Singo Edan itu lebih banyak menghabiskan waktu bersama fisioterapis tim di pinggir lapangan. Rupanya, Gustavo masih dalam tahap pemulihan kondisi paska cedera otot

Kita dapat info main malam hari, informasinya baru saja diberitahukan PT LI” Sudarmaji

paha yang diderita di Palembang. Pelatih Arema, Suharno mengungkapkan, Gustavo sedang dalam masa persiapan untuk kembali latihan normal bersama Cristian Gonzales dkk. “Dia masih pemulihan. Tapi, dia memang disiapkan untuk main lawan Barito Putera hari Jumat malam,” terang Suharno kepada Malang Post kemarin. Pelatih asal Klaten ini punya harapan Gustavo segera meninggalkan cedera otot paha yang dideritanya. Dengan jeda waktu yang cukup panjang sebelum la-

wan Barito, Suharno optimis bisa langsung memasangnya sebagai starter hari Jumat nanti. Namun, Gustavo belum dianggap pulih 100 persen. “Sampai fisioterapis bilang Gustavo siap, kita belum berani pakai dia di latihan normal. Kalau dari program dokter tim, hari Selasa nanti dia sudah siap untuk turun dan latihan normal,” tandas pelatih berlisensi A AFC tersebut. Tak hanya Suharno yang sudah tak sabar memainkan Gustavo untuk laga ISL 2014. Pemain berdarah Argentina itu

juga sejatinya bernafsu jadi starter sejak pertandingan away lawan Sriwijaya FC. Namun, nafsu bermainnya tak diimbangi dengan kondisi fisik yang memadai. Ia bahkan masih absen saat Arema menang tipis 1-0 atas Persita Tangerang di Karawang. “Gustavo sudah sangat ingin main di Sriwijaya FC, kita hargai semangat dia untuk main,” tandas Suharno. Selain Gustavo, ada satu pemain lagi yang tak ikut latihan normal bersama para pemain. Baca Gustavo... Hal. 23

HASIL PERTANDINGAN MINGGU (16/2)

Namun, kemarin manajemen mendapat konfirmasi baru dari regulator liga. Media Officer Arema, Sudarmaji mengungkapkan, Arema tidak jadi main sore hari. “Kita dapat info main malam hari, informasinya baru saja diberitahukan PT LI,” terang Sudarmaji kepada Malang Post. Menurut mantan wartawan itu, harusnya Pelita Bandung Raya dan PS Semen Padang yang bertanding Jumat malam pukul 19.00 WIB. Namun, dari kabar terbaru, panpel Pelita BR tidak mendapatkan izin pertandingan malam. Sehingga, PT LI terpaksa menukar jadwal Arema dan Pelita BR. Arema main malam, sedangkan Pelita BR main sore. “Jam pertandingan diubah. Karena izin pertandingan malam hari laga Pelita BR lawan PS Semen Padang tidak keluar. Arema yang di-switch main malam, sedangkan Pelita BRSemen Padang main sore,” tegas Sudarmaji.

Persib v Semen Padang

1-2

JADWAL PERTANDINGAN SENIN (17/2) Pelita Bandung Raya v Persija

GRUP BARAT

LATIHA RINGANN : Gustavo Lopes masih m e latihan rilakukan akibat ced ngan era kemarin nya, .

Baca Batal... Hal. 23

AREMA CRONUS PERSIB PELITA BANDUNG SEMEN PADANG PERSIJA GRESIK UNITED SRIWIJAYA FC PER PERSITA PER PERSIJAP PER PERSIK BAR BARITO PUTERA

4 5 4 3 2 4 4 4 4 4 2

4 3 3 2 2 1 1 1 0 0 0

0 1 0 0 0 2 1 0 1 1 0

0 1 1 1 0 1 2 3 3 3 2

12-1 8-4 6-3 4-3 4-1 6-5 1-3 4-3 5-10 2-11 1-4

12 10 9 6 6 5 4 3 1 1 0

1 0 1 1 0 1 1 2 0 1 2

4-2 7-4 3-4 8-4 2-1 3-3 4-6 4-7 1-1 1-2 1-4

7 6 6 5 4 4 4 4 2 1 1

GRUP TIMUR MITR KUKAR MITRA PER PERSIPURA PER PERSEBAYA PERSISAM PERSIRAM PERSELA PERSEPAM PERSERU PERSIBA BLKPPN PERSIBA BANTUL PSM MAKASSAR

4 4 3 4 2 3 3 4 2 2 3

2 1 2 1 1 1 1 1 0 0 0

1 3 0 2 1 1 1 1 2 1 1

RIZAL FANANY/ MALANG POST

Senam Rampal Valentine Day

Meriah Bersama Q Guava

Kemeriahan Senam Rampal Valentine Day, Minggu pagi kemarin makin terasa dengan kehadiran minuman kesehatan Q Guava. Minuman kesehatan produksi Mayora itu mendampingi ribuan senamers merayakan hari kasih sayang di lapangan Rampal. Masih dipandu para instruktur professional, Q Guava melengkapi Senam Rampal yang punya misi menyehatkan masyarakat Malang Raya.

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


Mp1702