Issuu on Google+

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Korane Arek Malang

Lagi, Luberan Air UB Genangi Rumah Warga MALANG - Hujan deras bercampur angina, membuat sejumlah titik di Kota Malang, dilanda banjir, kemarin siang. Bahkan, luberan air dari Universitas Brawijaya, membuat tembok rumah di Jalan Mayjen Panjaitan ambruk. Akibatnya, air meluber masuk rumah dan menghancurkan studio foto milik Lettisa Dyah Sukmawardhani. Menurut Lettisa, pemilik studio

foto di Jalan Mayjen Panjaitan 249 Kota Malang, bencana itu terjadi sekitar pukul 14.00. Tiba-tiba air yang berasal dari sungai di belakang rumahnya, meluap. Luapan air yang berasal dari Universitas Brawijaya, menghanyutkan berbagai peralatan fotografi milik Lettisa. ‘’Ini adalah banjir kedua. Sebelumnya terjadi 23 Oktober lalu dan

menghancurkan tembok. Yang ini juga menimbulkan kerugian untuk studio saya,’’ aku Tisa sapaan akrab wanita 28 tahun ini.

Baca Lagi...Hal 7 GUEST GESANK/MALANG POST

DUA TEMPAT BEDA : (Kiri) Banjir yang melanda Jalan Galunggung dan banjir dari luapan air di UB, menggenang rumah warga. Menyebabkan kerugian ratusan juta.

Jengkel, Asisten Koki BACOK MANAJER Telinga Nyaris Putus, Sekujur Tubuh Berdarah BATU – Peristiwa menggegerkan terjadi di Batu Suki Resto, Jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo Kota Batu, Rabu (13/11) pagi kemarin. Lie Chou Siung alias Dani, Manajer Resto yang menyediakan masakan khas Jepang tersebut, dihajar oleh bawahanya, Budi Santoso, menggunakan pisau. Akibat kejadian itu, manajer berusia 45 tahun yang tinggal di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Blimbing Kota Malang ini, mengalami luka serius.

Baca Jengkel....Hal 7

JUMAT BERSIH DAN SEHAT

Kesempatan Terakhir Beli Tiket MALANG - Pembelian tiket jalan sehat, masih terus dibuka oleh panitia Jumat Bersih dan Sehat. Khusus pembelian hari ini, panitia melayani masyarakat mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00. Hari ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti jalan sehat dan ssenam pagi bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan. Koordinator acara Hj. Dewi Yuhana mengatakan, ac tiket jalan sehat m masih tersedia. Tim panitia juga terus dengan mobil untuk mendekat kepada maberkeliling denga syarakat. Selain itu, it pembelian tiket juga bisa dilayani di Post di Jalan Sriwijaya 1-9 Kota Malang. kantor Malang Po ‘’Hari ini adalah adal hari terakhir yang cukup panjang bagi masyarakat untuk membeli tiket,’’ terang Hana sapaan akrabnya. Kenapa disebu disebut hari terakhir terpanjang? Sebab menurut Hana, ppembelian tiket secara langsung pada akan berlangsung cukup pendek. SeJumat (15/11) ak bab jalan sehat dan senam itu akan dimulai sekitar pukul 05.30.

Baca Kesempatan....Hal 7

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN NGOP TKP: Batu Suki Resto, lokasi peristiwa berlangsung dan foto Budi Santoso (insert)

‘’Rapat. Tentu Te saja penting penting. Tapi kebanyakan rapat bisa membu membuat orang sinting! sinting!’’

FISIP UMM

Kirim Mahasiswa ke Malaysia dan Australia

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KASUS AKIL MOCHTAR

KPK Sita Tiga Rumah dan Fortuner

Akil Mochtar

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penyitaan terhadap aset Akil Mochtar kemarin. Kali ini, yang diamankan penyidik adalah dua tanah dan bangunan, satu tanah, serta satu buah mobil Toyota Fortuner. Penyitaan itu dilakukan penyidik dari aset yang berada di Pontianak, Kaliman-

Ngalam

Ebes

Diuntungno Utas Jalur

tan Barat. Jubir KPK Johan Budi S.P dalam konferensi persnya kemarin mengatakan kalau penggeledahan itu dilakukan sejak pukul 10.00 WIB. Salah satu rumah itu berada di Jalan Karya Baru no 20 Pontianak. “Setelah digeledah, disita. Dari rumah itu juga disita mobil Fortuner,” jelasnya.

Baca KPK....Hal 7

Duit Hambalang Disebut Mengalir Ke KPK JAKARTA - Duit dari Proyek Hambalang ternyata tidak hanya mengalir ke lingkungan Kementerian dan DPR. Fulus dari PT Adhi Karya selaku pemenang proyek ternyata juga disebut sempat dialokasikan ke pejabat KPK saat kasus ini mulai diselidiki. Pejabat yang disebut itu ialah mantan Deputi Penindakan Ade Raharja. Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan nama Ade dicatut oleh Arief Taufiqurrahman, staf

RIZAL FANANI/MALANG POST

Retno Ambar Arum, Miss Tourism Sport atau Putri Pariwisata Olahraga, baru kembali dari ajang pariwisata bergengsi, World Travel Market (WTM) di London. Mbakyu Kota Malang 2012 itu, banyak mendapatkan oleh-oleh dari tugasnya. Apa saja? Berikut penuturannya kepada Malang Post.

AREMANITA: Dari World Travel Market (WTM) yang berlangsung di London, Retno Ambar Arum membawa oleh-oleh berupa wawasan kepariwisataan untuk Indonesia, khususnya Kota Malang.

DOKUMENTASI PRIBADI RETNO AMBAR ARUM FOR MALANG POST

Postur tubuh yang semampai dan wajah rupawan, tidak lantas membuat Arum, tampil berlenggang kangkung di even World Travel Market (WTM), yang berlangsung 4-7 November kemarin, di gedung Excel, London. Untuk ‘menjajakan’ pariwisata Indonesia, kepada dunia, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) di

AREMA INDONESIA

Baca Duit....Hal 7

Sebagai Aremanita, Kenalkan Balekambang ke Khazakstan

Ebes : Mesti a bes, opo maneh sak iki mikrolete kadit macet maneh

Ebes : Iku asaib jes, onok sing utujes onok sing nolak. Sing penting ojok sampe ngisruh sing nggarahi kanyab sing rugi. (***)

marketing PT Adhi Karya. Dalam pemeriksaan di KPK pada 6 Mei 2013 lalu, Arief

Baca Kirim....Hal 7

menyebutkan dia pernah mendengar Direktur Operasional Adhi Karya, Teuku Bagus Mokhamad Noor meminta bagian keuangan mengeluarkan uang Rp 3 Miliar untuk si rambut putih. Si rambut putih itu ternyata kode yang merujuk pada Ade Raharja. Uang Rp 3 miliar itu disebutkan diserahkan dua tahap, yakni Rp 1 miliar di awal dan selanjutnya ditambahkan Rp 2 miliar.

Oleh-oleh Miss Tourism Sport 2013 dari London

Kana : Utas jalur kadit mesti nggarahi rugi, kana halokes karo mikrolet diuntungno bes

Kana : Tapi sik onok sing mrotes utas jalur lo bes

Penyidik bilang keterangan saksi menyebutkan ada dana yang dialokasikan untuk saya,

MALANG - Komitmen FISIP Universitas Muhammadiyah Malang, untuk meningkatkan kualitasnya terus dilakukan. Salah satunya melalui program kerjasama internasional yang diwujudkan dalam kegiatan akademik, untuk para dosen dan mahasiswa. Kerjasama dilakukan dengan College of Law, Government and International Studies (COLGIS) Universiti Utara Malaysia dan UNISA Australia. Seperti yang dilakukan dengan College of Law, Government and International Studies (COLGIS) Universiti Utara Malaysia. Sebanyak 26 orang mahasiswa FISIP UMM, mengikuti program Sit-In (perkuliahan singkat), pada 20 Oktober - 2 November lalu.

salah satu PTN di Kota Malang ini, benar-benar menelusuri hingga ke pelosok negeri. Meski tak sempat mencicipi secara fisik, Arum mempelajari dan menggali referensi tentang sejarah. Termasuk folklore, kehidupan sosial masyarakat dan kondisi geografis setiap destinasi wisata.

Baca Sebagai....Hal 7

TANDEM : Arema ketika ujicoba kemarin. Skuad Singo Edan berhasil membawa pulang kembali Kecenk

Keceng-Thierry Deal MALANG – Operasi senyap Arema Indonesia, sukses membuahkan hasil. Pemain buruan Singo Edan untuk skuad musim depan sudah dikontrak. Dua pemain tersebut tidak lain adalah Thierry Gathuessi dan Arif ‘Keceng’ Suyono. Thierry dan Keceng sudah deal dan siap berkostum Arema untuk musim depan. Dua nama ini sudah lama digulirkan di media, meskipun manajemen sempat tutup mulut berjamaah terkait kedua pesepakbola ini. Kepastian Thierry dan Keceng menjadi pemain Arema, dilontarkan oleh pemimpin operasi senyap sekaligus General Manager Arema, Ruddy Widodo. Dikonfirmasi sore kemarin, usai menyaksikan kemenangan Arema 8-0 atas Jember United, Ruddy memastikan bahwa Thierry dan Keceng sudah deal dengan Arema.

Baca Keceng....Hal 7

Jawa Pos Group


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Sungai Meluap, Kedoya Tergenang Banjir

2

INTERNASIONAL

Bantuan Korban Haiyan Dibajak Pemberontak Komunis BANJIR: Sejumlah warga melintasi banjir saat menggenangi pemukiman mereka di Kampung Melayu Kecil, Jakarta Selatan, kemarin.

JAKARTA-Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh kawasan di Jakarta, Rabu 13 November 2013 meninggalkan banjir di mana-mana. Air setinggi 50 sentimeter menggenangi Underpass Cawang atau persisnya di seberang gedung BNN Jakarta Timur. Akibatnya kendaraan tidak bisa melintas. Pantauan di lokasi, terlihat juga beberapa sepada motor nekat menerobos banjir tersebut, tetapi akhirnya mogok di tengahtengah karena air sudah menutupi knalpot motor mereka. Bukan hanya itu, beberapa mobil juga terlihat menerobos jalan dengan menggunakan jalur paling kanan yang lebih tinggi dari sebelah kirinya. Antrean kendaraan terlihat

sudah mengular sejak kawasan Pancoran yang akan menuju kawasan Cawang dan Halim. Melihat hal tersebut, banyak sepeda motor yang memilih melawan arus dan memutar balik kendaraannya agar tidak terjebak banjir. Informasi dari Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya, banjir setinggi 50 sentimeter juga mengenangi Jalan Abdullah Safei, Jakarta selatan. Selain itu banjir setinggi 30 sentimeter juga menimpa Jalan Raden Inten (Buaran) arah KBT, Jakarta Timur dan di Traffic Light Pos Oteva. Banjir setinggi 70 sentimeter juga mengenai perumahan Pejaten indah, Kalibata, Jakarta Selatan. Air setinggi 20 sentimeter

juga membasahi Jalan Salemba UI, Jakarta Pusat. Sementara itu, di depan Mal Kuningan City arah Kampung Melayu juga digenangi air setinggi 30 sentimeter. Lalu lintas dilaporkan padat hingga jembatan layang Sudirman. Di kawasan Durikosambi, Jakarta Barat banjir setinggi 40 sentimeter menggenangi jalanan dan pemukiman warga. Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak siang kemarin, juga mengakibatkan kawasan langganan banjir di Ibu Kota kembali tergenang air. Salah satunya di RW 05 Kampung Kedoya Pintu Air, Kelurahan Kedoya, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang terendam air sebetis orang dewasa.

Salah satu warga bernama Lilis (45), mengatakan banjir mulai melanda pemukimannya sekitar pukul 15.00. “Di sini memang banjirnya kiriman. Terus karena kali meluap got juga meluap,” kata Lilis, kemarin. Disampaikan Lilis, banjir di kampungnya termasuk yang paling lama surutnya. Kata dia, paling cepat saja bisa tiga hari dan warga sudah pasrah dengan rutinitas banjir yang kerap merendam kampungnya. “Kalau banjir di sini tiga hari baru surut. Kadang-kadang sampai satu minggu,” ujarnya. Sementara itu, Wakil Ketua RW 05, Haji Musliman (60) menyebut ada tujuh yang jadi langganan banjir wilayahnya,

yaitu RT 03, 05, 12, 16, 02, 04 dan 13. Dia mengatakan, untuk musim banjir kali ini belum mendapatkan instruksi dari kelurahan untuk mengumumkan kepada warga. “Nanti kalau misalnya banjir besar akan datang ada dari kelurahan yang mengabari saya,” tutur dia. Setelah mendapatkan kabar dari kelurahan, dia langsung mengumumkan lewat pengeras suara di masjid. Biasanya pihak kelurahan memberitahukan ketinggian air di Pintu Manggarai. “Sekarang saya belum dapat info untuk warga mengungsi. Biasanya kalau air akan datang langsung saya diberi imbauan dari kelurahan,” pungkasnya. (jpnn/udi)

Busyro: KPK Secepatnya Akan Tahan Anas BADUNG-Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menegaskan, pihaknya segera menahan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. “Pak Anas segera kami tahan.Ya prinsipnya secepatnya,” ujar Busyro di sela diskusi bertema “Quo Vadis Pembaharuan Hukum Pidana melalui RUU KUHP dan RUU KUHAP” di Kuta, Bali, Rabu (13/11/2013). Namun Busyro membantah rencana secepatnya melakukan penahanan Anas terkait penyitaan sejumlah barang bukti dari penggeledahan KPK yang dilakukan di rumah Anas, Selasa (12/11/2013). Busro mengaku barang-barang yang disita dari rumah Anas akan ditelaah terlebih dahulu untuk menemukan relevansi. “Kalau nanti yang disita tidak ada relevansinya ya dikembalikan,” jelas Busyro.

Untuk itu, dia belum bisa memberikan bocoran kapan pastinya Anas akan ditahan. Ditanya kesulitan yang dihadapi untuk menahan Anas, Busyro berkelit dan menjawab diplomatis bahwa KPK kesulitan dalam menjawab pertanyaan wartawan. “Waktu persisnya yang tahu penyidik. Kesulitan KPK ya menjawab pertanyaan para wartawan,” tuturnya. Terpisah, Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana diperiksa dalam kasus penerimaan gratifikasi proyek pembangunan pusat pendidikan pelatihan dan sekolah olah raga nasional (P3SON)di Hambalang, Bogor. Usai diperiksa selama tujuh jam, Ketua Komisi VII DPR itu mengaku diperiksa penyidik KPK terkait aliran dana proyek Hambalang pada Kongres Partai Demokrat di Bandung tahun 2010. “Tadi saya ditanya tahu nggak aliran dana ke Kongres itu. Saya bu-

Busyro Muqoddas kan panitia, saya nggak tahu,” kata Sutan di Gedung KPK, Jakarta, kemarin. Sutan yang saat Kongres berlangsung menjadi pendukung Anas Urbaningrum sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat itu juga menegaskan tidak pernah menerima uang saat Kongres berlangsung. “Sutan Bhatoegana bersih,” tegasnya. Menurut Sutan, pemeriksaan

hari ini lebih banyak mengkonfirmasi adanya aliran dana ke Kongres Partai Demokrat. Ia membantah diperiksa soal lain di kasus yang melibatkan Anas Urbaningrum. “Yang ditanyakan sekitar Kongres itu saja. Yang lain nggak ada apa-apa,” ujar Bhatoegana. Dalam dakwaan terhadap Deddy Kusdinar yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK I Kadek Wiradana, Kamis 7 November lalu, tercantum bahwa Anas Urbaningrum mendapat jatah Rp2,21 miliar dari proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang, Kabupaten, Bogor, Jawa Barat. Uang itu digunakan untuk keperluan Anas mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum Demokrat pada Kongres Demokrat tahun 2010 di Bandung. Jaksa menyebut, uang sebesar Rp2,21 miliar itu diserahkan beberapa kali. Pertama kali diserahkan pada 19 April 2010

sebesar Rp500 juta, Kemudian pada 19 Mei 2010 sebesar Rp500 juta, pada 1 Juni 2010 sebesar Rp500 juta, pada 18 Juni 2010 sebesar Rp500 juta, dan terakhir 6 Desember 2010 sebesar Rp10 juta. Menurut jaksa, uang itu digunakan untuk modal mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2010 lalu. Di antaranya digunakan untuk membayar hotel, sewa mobil para pendukung Anas, membeli handphone Blackberry, jamuan para tamu, dan acara hiburan. Sedangkan Ruhut Sitompul juga bakal diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Anas Urbaningrum, Kamis (14/11/ 2013) hari ini. Menurut Ruhut, pemeriksaan dirinya guna melengkapi berkas perkara Anas soal aliran dana ke Kongres Partai Demokrat pada 2010 di Bandung. “Aku mestinya Jumat, tapi minta dipercepat besok (hari ini, red.),” katanya. (jpnn/udi)

FILIPINA- Belum usai penderitaan warga Filipina pasca diamuk topan super Haiyan, pilu itu masih harus ditambah dengan berkurangnya bantuan yang seharusnya ditujukan bagi mereka. Pasalnya, bantuan kemanusiaan yang seharusnya diterima warga kota Tacloban, berkurang akibat dicuri kelompok pemberontak komunis. Laman Telegraph, Selasa 12 November 2013 memberitakan peristiwa itu terjadi kemarin pagi. Saat itu truk pembawa bantuan kemanusiaan yang tengah melintas di Jembatan San Juanico yang menghubungkaan kota Tacloban dengan daerah lainnya di Provinsi Samar. Tiba-tiba anggota kelompok sayap militan dari Partai Komunis Filipina, Tentara Rakyat Baru, menyerang iring-iringan pembawa bantuan kemanusiaan tersebut. Menurut komandan pasukan militer yang turut mengawal truk pembawa bantuan tersebut, Letnan Kolonel Joselito Kakilala, kelompok itu terdiri dari 15 orang. Peperangan dan aksi tembak menggunakan timah panas pun tak dapat terhindarkan. Dua orang anggota kelompok komunis itu berhasil dilumpuhkan. “Tidak ada korban yang jatuh dari pihak pemerintah,” ujar Kakilala. Selain dua orang anggota kelompok komunis yang tewas, seorang lainnya terluka. Malam harinya, dua pemberontak terbunuh di luar area Matnog, sebuah pelabuhan di bagian selatan Pulau Luzon. Hal itu lantaran keduanya berniat membajak iring-iringan Palang Merah yang membawa bantuan bagi korban selamat di Samar. Kekacauan juga terlihat di dalam kota. Demi menjaga keamanan, pemerintah terpaksa memberlakukan jam malam yakni pukul 22.00-06.00 waktu setempat. Selama jam malam berlangsung, tentara elit bertugas untuk mengawasi jalan-jalan dengan menggunakan kendaraan militer. Mereka berpatroli di daerah di mana para pengungsi melakukan aksi penjarahan dan mengobrak abrik bantuan lainnya. Menurut Komandan Tertinggi Militer, Carmelo Valmoria, tentara khusus yang diturunkan berjumlah 500 orang. Mereka sengaja dikerahkan, karena kota yang berpenduduk sekitar 220 ribu orang itu mulai bertindak anarki. Mereka menjarah berbagai produk termasuk mesin cuci dan televisi dari bisnis kecil. (jpnn/udi)

LINTAS NASIONAL

Suami Ditangkap, Istri Wartawan Kubur Diri

KUBUR DIRI: Henny Kawung dan Risa Christi Peuru melakukan aksi kubur diri sejak pagi hingga menjelang tengah hari di depan Kantor Komnas HAM. JAKARTA- Keluarga John Henry Peuru kembali melakukan aksi kubur diri di depan Komisi Nasional dan Hak Azasi Manusia (Komnas HAM). Aksi kubur diri itu, untuk memprotes tindakan Polda Sulawesi Utara yang menangkap Henry atas kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap peserta konvensi calon Capres Partai Demokrat Harry Sinyo Sarundajang. Henny Kawung dan Risa Christi Peuru telah melakukan aksi tersebut sejak pagi hingga menjelang tengah hari. Mereka berdua dikubur dan ditaburi bunga sebagai simbol perlawanan atas penangkapan Henry. Tak hanya itu, Henny Kawung dan Risa Christi Peuru turut didukung oleh, beberapa Lembaga Swadaya Masayarakat (LSM), mereka juga melakukan orasi di Jalan Latuharhary dan membawa kotak sumbangan bagi para pengguna jalan yang bersimpati dan mengulurkan bantuan bagi Henny dan Raisa. “Untuk keperluan sehari-hari keluarganya di sana dan juga teman-teman. Mereka perlua biaya. Tapi sumbangan itu sebagai alternatif dana dan berupa aksi simpatik saja,” kata Ketua LSM Gonas, M Egi Sabri kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/12/2013). (jpnn/udi)

Diduga dari Pegawai KPK

Surat Rahasia: Anas Korban ’Kejahatan Politik SBY’ JAKARTA-Selain menyita sejumlah uang dan beberapa barang milik Anas Urbaningrum, KPK juga menyita surat rahasia yang diduga dari KPK untuk mantan ketua umum Partai Demokrat itu. Inti surat rahasia yang disita institusi tindak kejahatan korupsi itu adalah menyebut bahwa Anas sebagai korban kejahatan politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan kronikroninya di Partai Demokrat. Juru Bicara Pergerakan Indonesia (PI) Ma’mun Murod mengatakan, surat rahasia itu diduga kuat berasal dari salah seorang pegawai KPK. Surat yang disita KPK itu berupa fotokopi. “Sifatnya rahasia, jadi surat (aslinya) sudah dibawa KPK. Surat itu harus dibacakan karena terkait dengan identitas seseorang. Ini sudah saya fotokopi suratnya,” kata Ma’mun Murod. Berikut isi surat rahasia yang diduga dari pegawai KPK untuk Anas: Kepada Yth Bapak Anas Urbaningrum di tempat. Sebelumnya saya mohon maaf, dengan surat ini, dan untuk kebaikan saya, dan

Ma»mun Murod menjaga kerahasian ini, maaf saya menyebut identitas saya yang sebenarnya. Saya adalah pegawai biasa di KPK. Pak Anas yang lugu dan polos. Politik itu memang benar-benar sadis dan tidak ada hati nurani. Teman, kerabat, tidak heran kalau itu musuh, dan lawan politik. Termasuk Pak Anas adalah korban politik dari elit petinggi-petinggi di

internal sendiri. Dan dibalik ini semua adalah Pak SBY dan kroninya. Masalah bocornya sprindik, saya tersenyum, tapi hati saya terluka. Pak Anas, saya adalah pengagum Pak Anas. Dan di belakang Pak Anas banyak yang suport, dan kita siap mendukung perlawanan politik ini. Termasuk mahasiswa, kita sudah mulai cerdas, agar kebenaran itu siap kita dukung. Pak Anas, ada hal yang penting, saya informasikan. Di KPK itu ada surat pemeriksan Bendahara Demokrat Nazarudin. Di mana BAP nya tersebut, Nazarudin melaporkan, di mana Pak SBY menerima dana untuk kampanye Pilpres 2009. Dimana, BAP tersebut sudah ditandatangani Nazarudin. Tapi, sampai sekarang ini, tidak pernah diangkat KPK. Dan tidak diteruskan langsung sampai sekarang. Mungkin nanti bisa saya kasih softcopynya ke Pak Anas. Mungkin ini bisa sebagai amunisi perlawanan politik buat Bapak. Demikian surat ini saya buat sebagai bentuk pendukung dan pengagum Pak Anas. Akhir kata saya ucapkan maju terus, kebenaran pasti terungkap. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

BBM Jadi Magnet Penjualan MALANG – Masuknya aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) di platform Android dan iPhone, betulbetul dimanfaatkan para vendor, baik lokal maupun global untuk memasarkan produknya. Pihak vendor tidak segan-segan memasang tanda pada produknya, yang kompatibel dengan BBM. Bahkan, beberapa vendor pun menyediakan langsung aplikasi tersebut di dalam ponsel yang siap digunakan. Sehingga pengguna pun tidak perlu lagi melakukan download aplikasi besuta RIM tersebut. Sebut saja Samsung, perusahaan asal Korea Selatan ini memasang tanda produknya telah kompatibel dengan BBM. Tanda tersebut dipasang disetiap demo live yang tersedia di tokotoko. Bahkan, tidak sedikit promotor Samsung yang menawarkan dengan menyebut bawa produknya sudah bisa BBM-an, selain menyebutkan sejumlah aplikasi andalan pada produknya. “Galaxy Mega Ini sudah bisa BBM-an, karena operating sitemnya (OS) sudah 4.2 Jelly Bean,’’ tawar salah satu operator kepada pengunjung yang datang. Selain Samsung, LG pun demikian. Pihak penjual menempelkan tanda jika produk yang dijualnya sudah bisa BBMan. “Speknya sudah mumpuni, layarnya juga sudah IPS. Dan bisa BBM,’’ kata Promotor LG menawarkan kepada pengunjung yang mampir di gerainya. Sementara vendor lokal lebih nekat, agar ponsel yang diciptakannya laku dan laris, mereka langsung menyediakan aplikasi BBM di dalam ponselnya. Artinya dengan adanya aplikasi ini, pengguna tidak perlu lagi mendownload. Sebut saja Mito Fantasy, ponsel ini sudah dilengkapi dengan aplikasi BBM selain beberapa aplikasi android

lainnya. Dan adanya aplikasi ini, Mito Fantasy pun cukup laris. Termasuk ponsel berbasi CDMA seperti Andromax T dari Smartfren dan MaxTaouch dari Esia juga membubuhkan aplikasi ini pada ponselnya. Selain Mito, Evercoss melalui produknya A7S juga demikian. Mereka sudah menyediakan aplikasi tersebut pada ponsel. Dan upaya tersebut betul-betul memikat. Tidak hanya produk ponsel, tablet pun demikian. Seperti Lenovo A1000 dan A3000, ditawarkan penjual kepada konsumen dengan embel-embel produk tersebut sudah compatible dengan BBM. “Kami menyebutkan ponsel yang ditunjuk calon pembeli telah kompatibel BBM karena ditanya lebih dulu oleh calon pembeli,’’ kata Customer Service Global Teleshop, Silvy Novita Sari. Wanita berambut panjang ini mengakui, bahwa aplikasi BBM tersebut berdampak sangat positif pada penjualan ponsel android, terutama android seri 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. “Infonya BBM juga bisa digunakan melalui Android 2.3 ginger bread. Tapi kami belum yakin, apalagi salah satu situs online menyebutkan BBM di Android 2.3 bukanlah versi yang resmi, sehingga sering terjadi trouble,’’ tandasnya. Memang sejak dikenalkan masuk pada platform Android dan iPhone aplikasi BBM langsung melejit. Bahkan, saking populernya, aplikasi ini beberapa minggu berada di urutan atas aplikasi yang didownload melalui masing-masing platform. Salah satu alasan aplikasi ini favorit, karena munculnya hurup D dan R dalam pengiriman pesan singkat. Dua huruf tersebut dinilai membuat aktivitas chatting menjadi lebih mudah dan nyaman.(vik/fia)

EDISI LAMA: Cross A5A, kendati produk lama dengan brand lama, namun ponsel touch screen ini masih disukai konsumen.

Evercross

Cross Edisi Lama Masih Disuka MALANG – Meski sudah berganti nama menjadi Evercoss bukan berarti Cross tidak memiliki taji. Itu terbukti, masih banyak ponsel Cross beredar dan itu diminati. Salah satunya adalah Cross A5A. Produk yang memakai brand lama ini cukup laris manis di pasaran. Salah satu faktornya adalah, ponsel berbasis Android ini dijual dengan harga terjangkau. Kepala Administrasi Original Shop, Sari Handayani menjelaskan, Cross A5A ini merupakan produk terakhir yang dikenalkan Cross sebelum kemudian berganti nama. “Versi merek Evercossnya sebetulnya juga beredar. Hanya saja belum sampai di Malang, sehingga seri ini kami masih menjual merek lama, yaitu Cross,’’ kata Sari. Untuk spesifikasinya, Cross A5A dilengkapi dengan layar 4 inci, WVGA 480 x 800 piksel, capacitive touchscreen. Layar tersebut cukup standar, untuk ukuran ponsel kelas menengah ke bawah. Seperti produk lokal pada umumnya, ponsel ini merupakan ponsel dual SIM, salah satunya telah mendukung jaringan 2G. 3D Gravity Sensor yang ditanam sedikit membuat ponsel ini memiliki nilai lebih. Itu karena fitur tersebut kerap digunakan pada smartphone berharga mahal. Untuk mesinnya, Cross A5A ini dilengkapi dengan prosesor single core, yang didukung dengan RAM 256MB. Ponsel ini juga tidak melengkapi ruang yang luas untuk penyimpanan data, karena kapasitasnya hanya 512 MB. Hanya saja, pengguna bisa mengakali dengan memasang memori jenis micro SD di slot yang telah disediakan oleh panrikannya. Slot tersebut mampu diekspansi hingga kapasitas 32 GB. Hanya saja, Sari mengingatkan, untuk tidak memasang memori terlalu besar karena akan membuat kinerja ponsel menjadi berat sehingga mengakibatkan ponsel berjalan lambat. “Untuk A5A, penambahan memori card idealnya berkapasitas 8GB. Kalau terlalu besar resiko lemot,” imbuh dia. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera 2 megapiksel. Kamera tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk aktifitas foto, tapi juga merekam video, lantaran ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur rekam video. Sedangkan operating sistemnya, ponsel ini mendukung platform Android 2.3 Jelly Bean. “Cross A5A ini dibanderol dengan harga Rp 575 ribu. Ponsel ini menyasar segmen menengah ke bawah,’’ tandas Sari.(vik/fia)

SERBA SERBI

IRA RAVIKA/MALANG POST

NILAI JUAL TINGGI: Aplikasi BBM menjadi nilai jual yang membuat gadget menjadi laris di pasaran.

ISTIMEWA

PERSONAL: Nikon memberikan fasilitas ukir nama pada seri Df. Hanya saja pabrikan kamera ini tak menyebutkan harga untuk cetak nama tersebut.

Cetak Namamu di Nikon Df

Mini RUIM Naikkan Pamor Andromax Tab 8.0

IRA RAVIKA/MALANG POST

3

MALANG – Andromax Tab 8.0 memang hadir dengan ukuran yang berbeda. Namun bukan itu saja yang membuat tablet terbaru besutan Smartfren ini banyak diminati. Hadirnya port RUIM Card di tubuh tablet dengan ukuran layar 8 inci inilah yang menjadi faktor utama perangkat seharga Rp 2,35 juta ini banyak dibeli. “Port RUIM Card membuat tablet tak hanya bisa menjalankan aplikasi-aplikasi seperti games, namun juga membuat Andromax 8.0 mampu menjalankan fungsi telepon dan SMS,” jelas Promotor Smartfren, Nita Ekawati. Perempuan yang memiliki wilayah tugas di pertokoan Ivan Cellular, jalan MT Haryono ini mengatakan, port RUIM Card berjenis mini RUIM. Kehadiran fasilitas ini menjawab kebutuhan pelanggan akan kebutuhan data, dan

menjelajah internet. “Jika sebelumnya pelanggan hanya bisa menjelajah dunia maya melalui koneksi WiFi, makan dengan kehadiran mini RUIM, pelanggan bisa menjelajah internet kapan dan dimana saja,’’ tambah Nita. Terkait kelebihan lain Smartfren Andromax Tab 8.0 lainnya, Nita pun menjelaskan dengan detai. Selain dua hal di atas, Nita menyebutkan jika tablet ini memiliki performa yang luar biasa. Kecepatan tablet membaca data tidak perlu diragukan, lantaran tablet ini mengusung prosesor ARM-Cortex A9 dual core dengan kecepatan masingmasing 1.5 GHz. “Sebetulnya jenis prosesor yang ditanam tidak berbeda antara Andromax Tab 8.0 dengan New Andromax Tab 7.0, yaitu sama-sama menggunakan seri ARM-Cortex A9. Bedanya hanya pada kecepatan. Prose-

sor yang ditanam pada New Andromax Tab 7 memiliki kecepatan 1 GHz,’’ tambah Nita, yang mengatakan prosesor tersebut kian andal dengan adanya memory RAM 1 GB. Dan paling membuat tablet ini lebih keren lagi adalah baterainya yang berkapasitas 5000 mAH. Menurut Nita, baterai yang ditanam unibody dengan badan ponsel berkapasitas 5000 mAH tersebut sudah cukup tangguh untuk mendukung operasional aplikasi yang tertanam di Andromax Tab 8.0. “Kami memberikan bonus gratis 12 GB volume data selama 12 bulan. Syarat mendapatkan volume data tersebut, satu yaitu pelanggan wajib melakukan pengisian ulang atau Top Up minimal Rp 50 ribu, dan setelah itu secara otomatis volume data diberikan masing-masing 1 GB,’’ tandas wanita berjilbab ini.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

MINI RUIM: Andromax Tab 8 inci dilengkapi dengan mini RUIM sehingga bisa dipakai untuk telpon dan SMS.

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Nikon mengumumkan Nikon Df, kamera full frame dengan style retronya. Nah, sebuah penawaran menarik diberikan oleh Nikon Jepang kepada pengguna yang ingin mendandani kameranya. Menorehkan nama di bodi piranti kesayangan? Inilah yang mereka lakukan. Nikon di negara Sakura tersebut memungkinkan nama pemilik kamera untuk diukir di bodi kamera, tepatnya di depan control dial. Nama pribadi atau apapun dimungkinkan, asalkan tidak melebihi 19 karakter dengan ketinggian 1,7 mm termasuk spasi. Dikutip dari Imaging-Resource, Rabu (13/11/2013) Nikon memakai warna silver untuk huruf tersebut, agar terlihat kontras dengan warna hitam tombol dial yang ada. Dengan pengukiran ini, kamera menjadi lebih terasa personal. Tidak diketahui berapa biaya yang dibebankan untuk pengukiran tersebut. Nikon Df sendiri menggebrak pasar dengan bodinya yang dibuat jadul. Piranti ini dibekali sensor format FX (full frame) 16,2 MP, prosesor Expeed 3 dan optical viewfinder dengan cakupan 100 persen. Namun, kamera ini hanya bisa mengambil gambar diam alias tanpa kemampuan perekaman video. Untuk mendapatkan Nikon Df, pengguna diwajibkan merogoh kocek yang cukup dalam. Nikon membanderolnya di harga USD 2,749 untuk bodi only.(dtc/fia)

ISTIMEWA

BERBAGAI GENERASI: Tampilan halaman depan kantor Android yang dihias simbol-simbol generasi Android, mulai dari Jelly Bean, Ginger Bread, hingga Kitkat.

Android Kuasai Pasar Smartphone Dunia LEMBAGA riset pasar IDC melaporkan, Android terus melanjutkan dominasinya di pasar smartphone pada kuartal ketiga 2013. Persentase pengiriman smartphone Android tersebut dilaporkan IDC mencapai 81 persen. Besarnya pangsa pasar Android disebabkan oleh banyaknya perangkat robot hijau yang harganya terjangkau. Namun, yang sedikit mengejutkan, terdapat peningkatan jumlah pengiriman yang cukup besar untuk smartphone Windows Phone. Hingga kuartal III 2013, pengiriman Windows Phone mencapai 3,6 persen dari seluruh smartphone di dunia. Angka ini meningkat 156 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, pengiriman smartphone BlackBerry dilaporkan IDC terus mengalami penurunan. Pengirimannya turun 40 persen dibanding tahun lalu. Market share smartphone BlackBerry juga otomatis berkurang dari 4,1 persen pada kuartal III 2012 menjadi hanya 1,7 persen pada kuartal III 2013. Apple dengan iOS-nya membukukan rapor yang baik karena pengirimannya meningkat 25,6 persen dibanding tahun 2012. Walau masih menjadi platform mobile terbesar kedua di dunia, ternyata jumlah smartphone yang dikapalkan Apple mengalami penurunan, dari 14,4 persen pada 2012 menjadi 12,9 persen pada 2013. Dikutip dari IDC, analis Ryan Reith mengatakan bahwa penurunan market share Apple di kuartal III tahun ini disebabkan tidak adanya perangkat smartphone Apple dengan layar yang lebih lebar. Secara keseluruhan, jumlah smartphone yang dipasarkan hingga kuartal III tahun ini diperkirakan IDC akan meningkat 40 persen dibanding tahun lalu, dari 187 juta unit menjadi 261 juta unit.(kps/fia)

XL Gelar Development Class untuk Pemuda SURABAYA- Seorang pemimpin adalah pribadi yang sangat menentukan bagi suatu kelompok. Karena sukses tidaknya sebuah kelompok bergantung pada pemimpinnya. Sifat kepemimpinan harus dimiliki oleh setiap pribadi/ individu sejak dini dan pemuda merupakan usia dini untuk dididik sebagai pemimpin, baik untuk lingkungan sekitar atau dirinya sendiri. PT XL Axiata, Tbk (XL) bekerjasama dengan Indonesian Leaders of Change (ILoC) sebuah komunitas yang bergerak di bidang pengembangan pemuda (youth development) mengadakan Development Class untuk mencetak generas-generasi muda yang berkualitas. “Dengan membentuk jiwa pemimpin sejak dini, akan memudahkan sesorang

dalam bersosialisasi, berkomunikasi dan berhubungan dengan lingkungan sekitar. Sehingga akan lebih dikenal diantara orang-orang sekitar. Ini adalah salah satu ciri seorang pemimpin,” jelas Corporate Communication XL East Region, Putro Pamungkas. Pemuda adalah orang yang berada dalam kelompok usia kisaran 15-24 tahun. Development Class memfokuskan kepada pembentukan skill kepemimpinan di dalam pribadi pemuda yaitu 50 siswa-siswi SMA di Surabaya. Program Development Class ini memiliki konsep yang sama dengan program CSR pelatihan kepemimpinan yang sedang diadakan oleh XL, yaitu XL Future Leaders. Untuk bisa menanamkan jiwa kepemimpinan di dalam 50

anak muda ini, telah dipersiapkan 4 kali pertemuan dalam kurun waktu 1 bulan. Di dalam setiap kelas ini, para pelajar akan dibekali berbagai materi dan juga praktek kepemimpinan. Program yang dimulai tanggal 9 Nopember 2013 merupakan program Development Class Batch-1 yang memiliki misi untuk membentuk pemimpinpemimpin muda yang berkualitas yang pada akhirnya dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, acara ini tidak melulu mengenai teori saja, namun juga kemampuan untuk menerapkan teori yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Pada hari Sabtu (9/11/2013) di gedung SNB-XL Rungkut Surabaya, para

calon pemimpin muda ini mendapatkan pelajaran pertama mereka. Mereka diajari untuk menelaah ke dalam diri mereka dan menemukan setiap kemampuan yang mereka miliki. Di samping itu, mereka juga mempelajari mengenai kemampuan intra dan interpersonal. Kedua hal ini merupakan hal dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Mereka harus dapat mengenali diri mereka sendiri untuk dapat kemudian memimpin orang lain. Pertemuan pertama tersebut merupakan langkah awal untuk menjadi pemimpin yang berkualitas. XL dan ILoC masih mempersiapkan banyak hal bagi para anak muda ini agar mereka dapat terus mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka.(fia)

XL FOR MALANG POST

JANJI DIRI: Para pemuda peserta Development Class menunjukkan janji motivasi diri yang dituangkan pada selembar kertas dan harus direalisasikan dalam acara Development Class di gedung SNB-Xl Rungkut Surabaya REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

RIZAL FANANY/ MALANG POST

TAMBAH LAMPU HIAS: Sejumlah pekerja sedang serius bekerja mempercantik Tugu. Ikon Kota Malang ini dipastikan akan makin indah berkat adanya lampu hias yang dipasang di monumen yang diresmikan oleh Bung Karno itu. Selasa (12/11).

Sastra Langgar Era Global GLOBALISASI yang tersebar melalui media elektronik dan cetak telah meracuni pemikiran saya. Kemungkinan besar juga Anda, sebagai salah satu penduduk dunia. Fakta globalisasi tersebut tidak hanya menggeser aspek politik atau ekonomi, akan tetapi juga aspek kebudayaan tradisional beserta nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Fakta tentang dampak globalisasi ini setidaknya bisa terlihat dari hal-hal kecil yang muncul dalam keseharian kita. Istilah emak, bapak, eyang kakung, atau mbah uti yang digunakan dalam sistem kekerabatan terutama di Jawa telah berganti menjadi mami, daddy, opa atau oma. Selain itu, nama-nama tradisional yang dulu pernah ada, seperti Suparman, Ngatminah, Ngadimin, atau Yayuk telah menjelma menjadi nama-nama Gary, Christina, Michael, atau Stefani. Kita juga tidak akan asing lagi dengan kebiasaan cipika-cipiki yang perlahan menggeser budaya cium tangan saat berjabat tangan dengan orang yang berusia lebih tua. Aspek kebudayaan tradisional peninggalan budaya leluhur seperti tayub, ludruk,

ketoprak, atau reog sudah mulai tersisihkan oleh boyband, girlband, karaoke, modern dance, atau teater. Sejenak, mari kita flashback tentang dongeng anak yang dulu pernah kita dengarkan dari ayah atau ibu kita menjelang lelap. Masih ingatkah kita dongeng apa saja ? Saat ini semakin langka, anakanak yang bisa menjawab dengan gamblang perihal Timun Emas, Rara Anteng, atau Jaka Kendil. Namun, hal tersebut akan bertentangan manakala kita bertanya soal Naruto, Twilight, atau One Piece. Mereka mampu menjelaskan dengan lancar alur cerita dan tokoh-tokohnya. Bahkan, mereka akan sabar menunggu updatean dari serial-serial tersebut. Bagaimana dengan urusan perut ? Sama! Selera makanan dan minuman yang dulunya gethuk, apem, wajik, lemper, cenil, temulawak, dawet, angsle, atau kolak telah berubah menjadi pizza, hamburger, steak, hot dog, brownies, cappuccino, atau milkshake. Tempat berjualan seperti kedai, pracangan, mlijo, atau pasar tadisional, mulai terkikis dengan adanya hypermart, night club, mall, café ‘n resto atau plaza. Perubahan aspek sosial dan

budaya dalam kehidupan masyarakat di Indonesia tersebut juga terjadi pada aspek sastra Indonesia. Bila dulu kita mengenal syair, gurindam, talibun, pantun, roman, puisi, prosa, dan novel, sekarang kita hanya lebih banyak bertatap muka dengan novel dan puisi. Gambaran tersebut melukiskan suatu waktu ketika konsep, ide, atau nilai budaya tradisional berubah secara signifikan. Mengatasnamakan globalisasi, kita akan menyaksikan berbagai kebebasan yang diindikasikan dengan kebebasan ekonomi yang didasarkan pada pasar bebas, kebebasan berkomunikasi melalui internet, dan kebebasan seni dalam membungkus nilai yang terkandung di dalamnya. Hal-hal tersebut mengacu pada kaidah global yang tidak adanya lagi batas teritorial, hukum, agama, suku, ras dan budaya. Si’iran : Sastra Langgar Era Global DI tengah keramaian aspek sosial dan budaya yang mereduksi nilai-nilai kebudayaan tradisional, masih ada “keabadian” dari sastra lisan anonim di tengah-tengah masyarakat. Tombo ati iku lima perkarane/

Oleh:

AGUS ARIF ALFAJAR Guru Bahasa Indonesia SMPN Satu Atap Merjosari Malang, peserta Diklat penulisan artikel MGMP dan Sastra Indonesia, SMP/MTS Kota Malang

maca Quran angen-angen sak maknane/ kaping pindho shalat wengi lakonono/ kaping telu wong kang sholeh kumpulono/ kaping papat dzikir wengi ingkang suwe/ kaping lima kudu weteng ingkang luwe/ salah sawijine sapa bisa ngelakoni/ Insya Allah Gusti Allah nyembadani. Sastra lisan anonim tersebut masih populer mulai saya kecil hingga saat ini. Keberadaannya di tengah efek globalisasi menunjukkan bahwa masih adanya dahaga akan nilai spiritual yang dibutuhkan di dalam kebudayaan tradisional. Sastra lisan bagi sebagian orang yang berteman baik dengan sastra, cenderung dihubungkan dengan folklore. Folklore, didefinisikan sebagai warisan turun-temurun secara tradisional dengan ragam versi yang berbeda, baik secara lisan atau dengan isyarat tertentu. Terlepas dari salah satu pandangan tersebut, pelestarian tradisi lisan telah ada di lingkungan sekitar kita, salah satunya pondok pesantren. Pesantren Tahfidzul Quran sebagai contoh, yang menitikberatkan pada menghafal isi kitab suci Alquran, tentunya memiliki trik tertentu untuk mencapai tujuan pendidikan pesantren tersebut. Tidak berbeda dengan pesantren Salafiyah yang masih menggunakan metode menghafal untuk bab Sharaf, Nahwu, Fiqih, dan Aqidah Akhlak. Dalam masyarakat muslim yang hidup di pedesaan atau perkampungan pun tradisi hafalan masih digunakan untuk acara Yasinan, Tahlil, Istighasah, Diba’ dan Si’iran. Si’iran sebagai sastra lisan –tentu saja tidak tertulis– sejatinya perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai salah satu kekayaan nasional yang muncul dari produk budaya kearifan lokal. Si’iran yang lebih dikenal dengan pujian bermakna puji-pujian yang

dilantunkan oleh orang di langgar (surau) sambil menunggu imam shalat untuk memulai shalat berjamaah. Bahasa yang digunakan pun juga variatif dan fleksibel, ada yang berbahasa Arab, Jawa, atau penggunaan dua bahasa tersebut dalam satu lagu si’iran. Pembelajaran tentang isi dan iramanya pun juga tidak ada metode khusus, melainkan muncul dari kebiasaan menyimak si’iran dari pengeras suara di langgar-langgar, sesaat sebelum shalat berjamaah dimulai. Si’iran yang juga disebut sebagai pujian, tidak selalu berisi pujian kepada Allah dan Rasul-Nya. Ada yang bertemakan tentang pentingnya shalat sebelum datang kematian seperti dalam si’iran berikut, Para sederek kita sedaya, jaler estri enom lan tuwo, mumpung urip ing alam dunya, limang waktu ndang lakonono/ ditutupi anjang-anjang, diurugi disiram kembang, para tonggo podho sambang, podho nangis kaya wong nembang. Selain bersifat gambaran, isi si’iran juga bersifat anjuran melalui perbandingan dengan tokoh-tokoh besar yang memiliki keistimewaan namun tetap rendah hati. Seperti dalam lirik si’iran berikut, Sholli wa salimda iman ala mada, wal ‘ali wal asha fii man qad wa hada, eman temen wong kang ganteng ora sembahyang, Nabi Yusuf ganteng ngelakoni sembahyang. Berdasarkan uraian tersebut, simpulan yang bisa dipetik adalah di tengah terkikisnya seni budaya lokal sebagai pengaruh era global, si’iran mampu menjadi “sastra langgar” yang masih survive di tengah masyarakat. Si’iran menjadi salah satu warisan budaya lokal yang belum tergantikan hingga saat ini. Oleh karena itu, pelestarian dan pengembangan si’iran berpotensi menjadi salah satu komodi tas yang mampu bersaing di pasar bebas. Tentu dengan tidak memperjualbelikannya, akan tetapi lebih mengenalkan si’iran sebagai salah satu kekayaan Indonesia yang khas. Si’iran yang lahir dari produk kearifan lokal, sudah sepantasnya dijaga eksistensinya sehingga akan tetap ada dan diperhitungkan keberadaannya.

Waspada Bencana Musim Hujan MUSIM hujan tiba, saatnya masyarakat waspada. Biasanya saat musim hujan akan banyak bencana, angin puting beliung, banjir, longsor dan berbagai penyakit. Hujan yang mulai mengguyur Malang Raya sejak akhir Oktober lalu setidaknya sudah menimbulkan beberapa bencana. Beberapa mobil tertimpa pohon ambruk di Jalan Kahuripan dan yang terbaru, tower Radio Puspita ambruk menimpa beberapa rumah di sekitarnya. Pada awal kedatangannya, biasanya curah hujan masih belum terlalu deras, tapi disertai dengan angin, baru pada akhir November sampai Desember curah hujan mulai meningkat. Saat itulah terjadi musib banjir dan tanah longsor. Kota Malang biasanya menjadi langganan banjir akibat saluran air yang macet, sedangkan tanah longsor kerap terjadi di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu. Kemungkinan inilah yang harus diwaspadai oleh masyarakat dan pemda setempat, meskipun kita tidak tahu kapan bencana itu akan datang, tapi kalau sudah ada antisipasi sejak awal paling tidak bisa mengeliminir jatuhnya korban. Pemkot Malang misalnya, sudah mengantisipasi datangnya banjir dengan memperbaiki saluran air di kawasan yang selama ini jadi langganan banjir di sekitar Jalan Galunggung dan Bondowoso. Saluran di beberapa daerah lain juga tengah diperbaiki dengan tujuan yang sama. Bencana tanah longsor sering terjadi di Kota Wisata Batu dan Kabupaten Malang, terutama di daerah Payung, Pujon, Ngantang dan Kasembon. Kawasan ini sangat penting karena menghubungkan Malang – Batu dengan Kediri dan menjadi jalur alternative untuk menuju Jawa Timur bagian Barat dan Jawa Tengah. Beberapa kali tanah longsor di daerah ini berakibat fatal karena tidak ada alternatif lain. Kalau ada, jaraknya sangat jauh, misalnya harus memutar lewat Mojokerto atau ke Selatan lewat Blitar. Selain bencana alam, musim penghujan juga disertai dengan datangnya penyakit seperti diare atau demam berdarah. Kalau melihat pengalaman sebelumnya, seharusnya antisipasi sudah dilakukan jauh hari sebelum musim penghujan tiba, termasuk menyiapkan infrastruktur dan anggarannya. Masing-masing daerah sudah menyiapkan anggaran khusus untuk menghadapi bencana. Masyarakat pun harus dilibatkan dalam menghadapi masalah bencana ini dengan tidak melakukan tindakan yang berpotensi menimbulkan bencana. Misalnya banjir, bukan semata-mata karena curah hujan yang sangat tinggi, tapi karena perilaku masyarakat yang tidak disiplin dalam membuang sampah. Banjir di perkotaan banyak disebabkan oleh saluran yang macet akibat tersumbat sampah. Saat ini masih kerap dijumpai masyarakat menggunakan saluran air, yang kecil maupun yang besar seperti sungai, digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Mereka tidak sadar, sampah yang mereka buang memberi kontribusi dalam menghambat kelancaran aliran air. Awalnya memang sedikit, tapi kalau yang membuang sampah sangat banyak, jumlahnya akan besar juga. Maka, semua pihak harus bergandengan tangan untuk mengantisipasi datangnya bencana. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: SLATEM


KOMUNIKASI BISNIS Okupansi Hotel Terus Naik MALANG – Perhotelan di Malang mengakhiri masa low season di November. Jika Oktober lalu, okupansi rata-rata di angka 60 persen hingga 70 persen, maka bulan ini, tingkat hunian sudah berada di atas angka tersebut. Marketing Communication Harris Hotel and Convention Malang, Yoci Indah Sari menuturkan, hotel yang berada di ujung utara Kota Malang ini Oktober lalu okupansinya meningkat ketimbang bulan sebelumnya. “Okupansi selama Oktober sudah di atas 73 persen, sementara September lalu 70 persen,” tuturnya. Menurut dia, okupansi yang ada di Hotel Harris tergolong stabil, sebab tidak pernah di bawah 60 persen sejak pertama kali beroperasi akhir Maret lalu. Selain menawarkan keistimewaan bangunan, kelengkapan yang ada di hotel juga menjadi penunjang tingginya minat tamu untuk menginap di tempat itu. Salah satu hotel yang termasuk tinggi pula okupansinya yakni Hotel Tugu Malang. Hotel legendaris di Kota Malang ini bulan lalu tingkat okupansinya sebesar 85 persen. Bahkan, sesuai dengan pengakuan Executive Assistant Manager Hotel Tugu Malang, Crescentia HV, hotel yang berada di samping Balaikota Malang ini selalu memiliki tingkat okupansi di atas 80 persen. “Setiap bulannya selalu 80 persen ke atas. Mungkin karena kami memiliki perbedaan dibanding lainnya, serta target tamu yang bisa disebut golongan menengah ke atas, okupansinya jadi stabil,” urai dia panjang lebar. Sedikit berbeda diakui oleh General Manager Regent’s Park Hotel, Suharmana Larante. Dia menuturkan, memang sudah ada peningkatan angka hunian di hotelnya. Namun hotel ini juga memiliki senjata tersendiri demi kestabilan target

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

NYAMAN: Tamu sedang membaca majalah yang disediakan salah satu hotel.

bisnisnya, yakni melalui restoran. Sayangnya Suharman enggan menyampaikan angka, hanya saja dia memastikan restoran yang ada selalu ramai dan menyumbang 20 persen omzet bisnis hotel. “Ramainya restoran untuk sarapan, makan siang atau makan malam menjadi salah satu andalan bila okupansi hunian

Indofood Segera Rilis Mie Premium JAKARTA - PT Indofoods CBP Sukses Makmur Tbk akan meluncurkan tiga varian baru citarasa kuliner Asia pertengahan November 2013. Marketing Manager Noodle Division Indofood Lucy Suganda mengatakan, penerimaan pasar menjadi prioritas pertama sebelum fokus pada penambahan unit yang diproduksi dan perluasan pasar yang dijangkau. Adapun Taste of Asia yang terdiri dari rasa Bulgogi ala Korea, rasa Tom Yam ala Thailand, dan rasa Laksa ala Singapura tersebut menargetkan pasar premium. Dengan tekstur mie, berat dan bahan pelengkap yang berbeda dari kelas reguler, ketiga varian tersebut dipasarkan dengan harga Rp 3.500 per bungkus. Ditanya kemungkinan depositioning jika penerimaan pasar tak sesuai ekspektasi, Lucy mengatakan Indomie perlu mendiferensiasi segmen. “Banyak banget yang jenisnya regular, makanya kita masuk premium. Kalau kita turunkan harga takutnya terlalu dekat, kan kita harus ada diferensiasi,” kata Lucy di Jakarta, Rabu (13/11/2013). Indofood optimistis produk yang menyasar segmen premium itu bakal diterima pasar. Pasalnya menurut Lucy, perkembangan perilaku konsumsi, utamanya anak muda saat ini semakin variatif. Mereka sudah fimiliar dengan tom yam, laksa, juga bulgogi. “Pertimbangannya kita lihat segi konsumen sendiri yang mulai menyukai makanan yang beragam. Indofood kan selama ini baru citarasa nusantara, makanya citarasa luar juga kita masuk,” katanya. Saat ini Indofood mengeluarkan 35 varian Indomie. Sayangnya, Lucy enggan berbagi berapa bungkus yang diproduksi Indofood baik regular maupun tiga varian premium itu. (kps/fia)

rendah. Sebagai salah satu saudara tua untuk hotel di Kota Malang, restoran kami tidak pernah sepi,” papar dia. Sementara itu, Marketing Manager Savana Hotel and Convention, Dewi Melani menyampaikan, sudah mulai ada peningkatan walaupun tidak besar. Namun, sejak bulan Oktober lalu Hotel Savana juga

Department Store Bersiap Sambut Natal MALANG – Mendekati bulan Desember, Department Store mulai mempersiapkan diri menyambut datangnya perayaan Natal. Selain menyiapkan stok fashion sesuai dengan tema, store juga mulai dihiasi dengan pernak-pernik pendukung sejak bulan November ini. Supervisor Matahari Department Store Pasar Besar Malang (PBM), Mistun menyampaikan, sejak awal November ini Matahari sudah memasang visualisasi menyambut Natal. “Gaung Natal di tempat ini sudah terasa, beberapa titik sudah menunjukkan itu. Temanya Wonderful Season. Tetapi untuk visualisasi ini belum selesai semua,” ujarnya. Mistun menuturkan, memasuki pertengahan November ini dipastikan Matahari sudah maksimal melayani pelanggannya yang berburu perlengkapan untuk Natal. Stok kebutuhan fashion ditambah, terutama pada bagian pakaian wanita, pria, dan anak muda. Menurut dia, peningkatan stok dibanding tahun lalu mencapai 20 persen. Begitu pula dengan target omzet, Matahari PBM mematok angka 20 persen di tahun ini. “Omzet selama November dan Desember tahun ini targetnya meningkat di kisaran 15-20 persen. Sebab, harga barangnya sekarang kan naik, jadi targetnya tidak terlalu muluk-muluk,” beber dia kepada Malang Post. Masih menurut Mistun, selain pada bagian fashion, pernak-pernik Natal juga menjadi sisi store yang dipastikan meningkat, baik stok maupun omzetnya. Pernak-pernik itu seperti pohon, buah hingga lampu hias. Hal yang sama juga berlaku di Cen-

BI Rate Naik Sifatnya Temporer JAKARTA- Langkah Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin dari 7,25 persen menjadi 7,5 persen menimbulkan berbagai reaksi. Ada yang mendukung ada pula yang mempertanyakan. Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin merupakan salah satu pihak yang mendukung kebijakan bank sentral tersebut. Menurutnya kenaikan BI rate merupakan langkah yang benar. Budi mengatakan, saat ini permasalahan utamanya adalah masih defisitnya neraca transaksi berjalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perlambatan atas laju ekonomi. “Memang Bank Indonesia, Menteri Keuangan, dan perbankan sendiri tahu bahwa masalah kita kan current account deficit. Untuk mengurangi current account

memiliki strategi untuk menjaga target bisnisnya, seperti adanya diskon spa, dan di bulan ini adanya diskon mencapai 20 persen untuk food and beverages. “Bulan ini pasti jauh lebih baik lagi okupansinya, sebab trend tamu terus meningkat jelang akhir tahun,” tandas dia. (ley/fia)

deficit maka diperlambatlah laju ekonomi kita ini,” kata Budi saat ditemui di Jakarta Convention Centre, Rabu (13/11/2013). Salah satu upaya perlambatan laju perekonomian RI, menurut Budi, adalah dengan sedikit melemahkan rupiah. “Jadi saya rasa ini adalah langkah yang benar dan sifatnya temporer kok,” ujarnya. Lebih lanjut, Budi menjelaskan hal yang sama juga pernah dilakukan pada tahun 2008 silam. Dalam satu tahun kondisi kembali normal. Langkah memperlambat laju pertumbuhan ekonomi tersebut, termasuk menaikkan suku bunga acuan, dikatakannya lebih baik dilakukan daripada mendiamkan kondisi ini terlalu lama. Perekonomian Indonesia, kata Budi, dapat dikatakan masih lemah, karena masih

terjadi defisit pada neraca transaksi berjalan. Bila keadaan ini diabaikan, maka kejadian tahun 1998-1999 dimana produk domestik bruto (PDB) tak mengalami pertumbuhan selama 6 tahun. PDB, lanjutnya, baru bisa kembali ke level yang sama seperti tahun 1997 pada tahun 2004. “2008 kita lakukan yang sama itu GDP turun dari 6,2 ke 4,5. Lebih jelek dari sekarang lho sebenarnya. Tapi akibatnya hanya setahun itu turunnya Tahun berikutnya langsung naik lagi. Jadi saya rasa ini wajar lah,” jelasnya. Budi memperkirakan BI rate akan tetap berada pada posisi 7,5 persen hingga akhir tahun 2013 ini. Angka ini dirasakannya sudah cukup. “Insya Allah sih tahun depan harusnya di second half kalau semuanya lancar ekonomi kita bisa baik kembali,” katanya.(kps/fia)

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

5

JEJARING

Nyaman Jadi Konsultan Kecantikan MALANG – Bisa dibilang, aktivitas dari perempuan bernama lengkap RR. Mega Indah Lestari, segudang. Meskipun belum memiliki kantor resmi sebagai lokasi bekerja formal, setidaknya ada 3 pekerjaan yang kini dia tekuni. Presenter salah satu televisi lokal di Malang, konsultan produk kecantikan Oriflame serta memiliki bisnis clothing bersama pacarnya. “Kalau ditanya pekerjaan, pasti saya bingung. Tapi aktivitas saya banyak, yang paling utama sebagai pekerjaan sih berbisnis Oriflame,” ujarnya. Menurut dia, meskipun banyak yang memandang rendah dari pekerjaan sebagai konsultan Oriflame, perempuan dengan nama akrab Memey ini tetap yakin dengan apa yang ditekuninya. Salah satu penyebab banyak yang mencibirnya yakni kemampuan jebolan Joko Roro tahun 2006 ini begitu banyak. Selain presenter olahraga, dia juga kerap dipercaya menjadi objek foto bagi fotografer. “Masih sering MC off air juga sih, tetapi saya menyebutnya sebagai pekerjaan sampingan saja. Sebab, uangnya kan tidak pasti,” tandas Memey. Memey menyukai pekerjaannya di Oriflame sebab membuat dia kerap tampil cantik. Dari kepribadiannya yang cenderung tomboy, kini Memey menjadi lebih anggun dalam keseharian. Selain itu, dia mendapatkan bermacam teman bisnis dari berbagai Mega Indah Lestari kota. Disamping penghasilan bulanan sebab dia telah menjadi seorang senior manager. “Sayang untuk ditinggalkan, selain banyak teman, waktunya fleksibel, hadiah berlimpah juga sering mendapat bonus wisata. Sejauh ini untuk wilayah Jakarta, Bali, Bandung, dan Jogjakarta. Targetnya keluar negeri,” beber dia kepada Malang Post. Masih menurut mantan finalis Penghuni Terakhir di salah satu stasiun televisi nasional ini, pekerjaan yang ditekuninya juga memungkinkan Memey untuk memiliki usaha lain. Seperti clothing yang baru November ini dibuka di kawasan Galunggung. Awalnya, dia hanya menjual clothing via online, ternyata peminatnya begitu besar dan kini telah berkembang lebih luas. “Tapi walaupun pekerjaan banyak, masih dianggap sampingan saja,” pungkas Komunikasi Unmer ini lantas tertawa. (ley/fia)

KILAS BISNIS

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

TEMATIK: Tampilan Matahari Department Store yang mulai dipenuhi dengan koleksi Natal.

terpoint Department Store yang berada di Mall Olympic Garden. Store tersebut meningkatkan stok dalam menyambut Natal. Peningkatan tersebut untuk pernak-pernik dan fashion yang paling dibutuhkan, terutama pakaian semi formal hingga formal yang pas dikenakan untuk perayaan Natal. Pada bagian ini, Centerpoint meningkatkan stoknya mencapai 30 persen. “Peningkatan yang ada sama dengan tahun lalu saja. Sudah menjadi pakem, tiap tahunnya peningkatan stok mencapai 30 persen,” beber Asisten Store Manager Centerpoint Department Store, Dionisus RM Sinaga. Sementara itu untuk visual store, Centerpoint baru memulainya pertengahan bulan ini berbarengan dengan beberapa stok pada bagian pernakpernik Natal. Kemudian baru me-

nyusul pada bagian fashion beberapa hari kemudian. Pada sisi target, omzet selama Desember nanti Centerpoint mematok peningkatan mencapai 20 persen. Di tempat terpisah, Supervisor Matahari Matos Department Store Matos, Riza Firmansyah menuturkan visual menyambut Natal sudah siap sejak awal bulan, sebab sejak Oktober lalu sudah mulai memasang tema Natal. “Sekarang visualnya sudah maksimal merayakan Natal, begitu pula stok sudah mulai tampil di store,” ujar Riza. Dominasi warna merah, hijau, putih dan hitam dalam perayaan Natal sudah memenuhi store tersebut sehingga suasananya sudah seperti bulan Desember. Sesuai dengan pengakuan Riza, Matahari Matos meningkatkan stok mencapai 30 persen untuk menyambut Natal tahun ini. (ley/fia)

KABAR BUMN

Ganti Nama, Askes Urusi 126 Juta Peserta MALANG – PT Askes terus menyosialisasikan mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan program pemerintah yakni mengganti nama Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Termasuk diantaranya mengenai wewenang Askes dalam melayani masyarakat mulai tahun depan, dalam hal asuransi kesehatan masyarakat. Begitu pula mengenai siapa yang mendukung pelayanan kepada masyarakat, dalam hal ini instansi. Sosialisasi salah satunya dilakukan kepada Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFI) Malang beberapa waktu lalu. Askes mencoba memberikan sosialisasi mengenai kewajiban klinik terhadap masyarakat yang nantinya telah tergabung dalam BPJS Kesehatan. “Klinik, juga merupakan bagian kesuksesan JKN mulai tahun 2014. Sebab, klinik juga berkewajiban menerima peserta BPJS Kesehatan untuk

Hotel Purnama Gelar Pelatihan Table Manner MALANG- Setiap tahun sekolah SMK Widya Dharma Turen selalu mengadakan praktek etika yang dituangkan dalam table manner di Purnama Hotel. Tujuan utama dari acara ini untuk mengenalkan siswa agar mengerti tentang bagaimana tata cara etika makan secara internasional serta untuk meningkatkan wawasan kepada anak-anak supaya lebih paham kedunia kerja. Oleh karena itu, team Purnama Hotel juga memberikan tambahan materi Hotel Tour. Pada sesi in ipara siswa dan siswi diperkenalkan, diberikan penjelasan dan dapat berinteraksi kepada staf yang bertugas dibeberapa outlet yang ada di Purnama Hotel. Outlet-outlet tersebut meliputi Front Office, Kamar Hotel, House Keeping, Laundry, Bar Knowledge, Restaurant dan Kitchen. Sejauh ini Table Manner yang sudah dilakukan oleh para siswa dan siswi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, memberikan tambahan wawasan serta memberikan kebanggaan tersendiri karena dilaksanakan di Hotel berbintang. Selain itu anak-anak akan mendapatkan sertifikat table manner.(*/fia)

pelayanan dasar,” ujar Kepala Askes Cabang Malang, Bimantoro. Dia menyebutkan, setidaknya ada 95 klinik yang secara resmi beroperasi di Malang Raya dan klinik tersebut memiliki kewajiban yang sama. Disamping melayani peserta BPJS Kesehatan dalam hal pelayanan dasar, atau pelayanan primer, klinik juga harus turut membantu masyarakat yang belum menjadi bagian dari BPJS Kesehatan. Lebih lanjut pria yang kerap dipanggil Bimo ini menyebutkan, tahun depan Askes dengan nama baru secara nasional akan melayani 126,8 juta peserta dari total 16,8 juta sebelumnya. Naiknya sekitar 7 kali lipat ketimbang sebelumnya, dengan adanya limpahan antara lain dari peserta Jamkesmas, Jamkesda dan Jamsostek. Untuk limpahan dari Jamsostek sendiri Askes Cabang Malang menerima 46 ribu peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan yang merupakan karyawan perusahaan. (ley/fia) REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


JATIM

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

6

RAZIA BALAP LIAR

Pantat Anak Anggota TNI Tertembak Oknum Polisi

HARY SANTOSO/MALANG POST

AKSI BURUH: Aksi berbagai elemen buruh di depan Grahadi minta Gubernur Jatim menetapkan UMK Surabaya sebesar Rp 3 juta.

KEDIRI- Seorang anak anggota TNI menjadi korban tembakan oknum polisi ketika pembubaran aksi balapan liar. Kini, korban yang masih berstatus pelajar SMA itu tergolek di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Kota Kediri. Fernando (17), warga Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan itu tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit milik Polri. Ia telah menjalani operasi pengangkatan proyektil peluru. Fernando merupakan putra anggota TNI AL yang terkena tembakan polisi saat razia balap liar di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Kejadian tersebut bermula saat korban beserta rekan-rekannya tengah menyaksikan balap liar di Kecamatan Kesamben. Saat polisi membubarkan balap liar dengan melepaskan tembakan, korban lari tunggang langgang. Namun setelah itu, siswa kelas 3 SMA itu merasakan nyeri di bagian pantatnya. Saat dilihat, ternyata sebuah proyektil sudah bersarang di pantatnya. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh warga sekitar. Minimnya fasilitas di RSUD Jombang, membuat korban harus di rujuk ke RS Bhayangkara Kota Kediri. Hingga kini pihak Polisi Militer Angkatan Laut masih melakukan penyelidikan kasus tersebut. Menurut Serma Sutomo, ayah korban, pihak keluarga sudah menyerahkan sepenuhnya kasus itu kepada kesatuan TNI. Dirinya meminta kasus penembakan putranya diusut tuntas. Sementara AKBP. Heru Prima, Kepala RS Bhayangkara Kota Kediri mengatakan kondisi korban telah membaik. “Kondisi korban telah membaik, usai menjalani operasi pengangkatan proyektil kemarin. Kami akan memulangkan korban, sekitar tiga hari mendatang,” ujar AKBP Heru Prima. (jpnn/bj/udi)

Pakde Karwo Pusing Tentukan Kenaikan UMK Buruh 2014 Buruh Surabaya Minta UMK 2014 Rp 3 Juta SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo mengaku pusing tujuh keliling mengurusi masalah upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Jatim tahun 2014. Ini karena ada dua daerah, yakni Gresik dan Kabupaten Pasuruan, yang usulan UMK-nya melebihi Surabaya sebesar 2,2 juta. “Jujur, saya pusing soal UMK itu. Bagaimana kemudian dewan pengupahan di Gresik dan Kabupaten Pasuruan memutuskan UMK lebih tinggi dari Surabaya. Ini karena mereka survei sendiri-sendiri, seharusnya mengacu pada survei BPS,” tegas Pakde usai menghadiri resepsi Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 di kantor Dinkes Provinsi Jatim, Rabu (13/11/2013). Menurut Pakde, jika dalam usulan UMK yang diajukan daerah itu hanya ditandatangani unsur pemerintah dan

buruh saja, Gubernur menegaskan tidak menyetujui dan dikembalikan ke daerah itu. “Saya kembalikan kalau UMK nggak diteken unsur pengusaha atau Apindo. Meski begitu, Apindo juga harus tunduk pada hasil survei para ahli ekonomi kalau memang kenaikan UMK tidak berdampak pada cost produksi,” ujarnya. Pakde membenarkan, memang tidak ada aturannya kalau Surabaya harus lebih tinggi UMK-nya dibandingkan daerah lainnya di ring I. “Tetapi normanya, mosok upah di Surabaya lebih murah dibandingkan daerah lainnya. Saya minta pakai survei BPS,” tambahhnya. Informasi yang disampaikan Disnakertransduk Provinsi Jatim menunjukkan jika saat ini baru 33 kabupaten/kota di Jatim yang sudah menyerahkan usulan UMK ke Gubernur. Sedangkan, lima daerah masih mem-

bandel. “Sekarang sudah masuk 33 kabupaten/kota, masing kurang lima daerah lagi. Kami akan tunggu hingga sore nanti. Kelima daerah itu adalah Gresik, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto dan Jember,” kata Kadisnakertransduk Provinsi Jatim Hary Soegiri, kemarin. Sementara itu, Penetapan UMK oleh Walikota Surabaya, ditolak buruh. Patokan UMK Surabaya 2014 sebesar Rp 2,2 juta dianggap terlalu kecil dan minta Gubernur Jatim melakukan revisi UMK tersebut. ‘’Harusnya Surabaya lebih besar dari daerah lain, utamanya di ring 1. Tingginya biaya hidup di Surabaya tidak cukup kalau UMK dipatok hanya Rp 2,2 juta,’’ teriak Hidayat, salah satu aksi korlap Buruh Surabaya Menggugat di depan Gedung Grahadi, Rabu siang. Aksi buruh menolak UMK

Surabaya dilakukan oleh gabungan berbagai elemen buruh di Surabaya. Diantaranya organisasi buruh Sarbumusi, FSMI, SPSI juga SPN. Permintaan mereka sama yaitu minta UMK Surabaya ditetapkan Rp 3 juta. Hidaya menyebutkan, sebagai ibukota propinsi Surabaya seharusnya memiliki UMK lebih besar dibanding Sidoarjo, Gresik, Mojokerto dan Pasuruan. Kenyataannya, justru UMK Surabaya lebih kecil dibanding UMK di beberapa kota tersebut. Sebagai contoh, UMK Gresik ditentukan Rp 2,3 juta, Sidoarjo Rp 2,4 juta dan UMK yang sama juga berlaku di Mojokerto dan Pasuruan. ‘’Tapi, kenapa Surabaya malah lebih kecil. Hanya Rp 2,2 juta,’’ ujarnya bernada tanya. Buruh menilai, Walikota Surabaya dianggap tidak bijaksana dan tidak adil dalam memperjuangkan nasib kaum buruh.

Sebagai motor penggerak industry di Surabaya, seharusnya Walikota Tri Risma Harini menyetujui usulan UMK Surabaya sebesar Rp 3 juta. ‘’Karena itu tuntutan kami mutlak, UMK Surabaya harus Rp 3 juta. Dimana pembelaan walikota terhadap nasib buruh. Malah daerah lain di ring 1 saja justru UMK-nya lebih besar dari Surabaya,’’ katanya. Ditemui di tempat yang sama, Subhan menyebutkan, pihaknya tidak mau kompromi dengan pengusaha (Apindo) soal penentuan UMK 2014. Sebab, semakin kecil UMK diberikan maka yang paling diuntungkan adalah para pengusaha. ‘’Sekarang kami datang ke Grahadi, minta agar Gubernur Soekarwo memenuhi keinginan kami. UMK Rp 3 juta mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi,’’ ujar Subhan, yang juga koordinator aksi buruh di Grahadi. (has/udi)

Salahi Prosedur, Kapolres dan Kejari Di-Praperadilankan MALANG- Dianggap tidak menjalankan prosedur dalam menahan seorang tersangka, Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto, SIK, M.Hum dan Kejari Kota Malang, Munasim, SH dipraperadilankan. Kemarin, sidang perdana praperadilan tersebut mulai digelar di PN Kota Malang, dengan hakim tunggal, Eko Wiyono, SH, MH. “Kedua pejabat tersebut, dianggap tidak sah dalam proses penahanan lanjutan klien kami berinisial Dra. LI, yang tinggal di Jalan Raya Langsep Malang,” tutur Arief Agus Nindito, SH, M.Hum, salah satu anggota tim penuntut praperadilan tersebut. “Klien kami ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus memberikan keterangan palsu dalam data autentik. Pertama, keluarga klien kami sudah menerima tembusan surat penahanan dari Polres Malang Kota, tertanggal 10 Oktober 2013. Namun dengan alasan masih belum selesai disidik, penahan-

MARGA NURTANTYO/MALANG POST

PRAPERADILAN: Ferry Kristiawan, Arief Agus Nindito dan Joni Irawan usai sidang perdana praperadilan di PN Malang. annya diperpanjang,” lanjut dia. Sayangnya, kata Arief, sampai saat diajukan tuntutan praperadilan ini, keluarga Dra LI tidak pernah menerima surat perintah perpanjangan penahanan untuk selama 40 hari. “Tapi pihak keluarga hanya

menerima surat perpanjangan penahanan nomor 2129/RT.2/ Epp.1/10/2013 tanggal 29 Oktober 2013 yang justru dikeluarkan oleh Kejari Malang,” ungkap Arief. Itupun, menurutnya, identitas kliennya banyak yang keliru.

Seperti umur dan tanggal lahir serta tempat tinggal. “Umur yang seharusnya 24 September 1972 namun tertulis 21 Oktober 1982. Alamat yang seharusnya Jalan Raya Langsep, tertulis Jalan Danau Sentani Timur. Ini kan nggak benar,” tegas dia.

Arief juga mengungkapkan, penahanan yang dilakukan terhadap Dra. LI juga berlawanan dengan Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana, Pasal 45 ayat 1 yang menyatakan, penahanan wajib dilengkapi surat perintah penahanan yang dikeluarkan oleh penyidik ataupun atasan penyidik selalu penyidik. “Atas dasar itulah, melalui hakim di PN Kota Malang, kami meminta agar klien kami dibebaskan,” pintanya. Menanggapi tuntutan praperadilan itu, Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Arief Kristanto SH, SIK, mengaku bila pihaknya sudah memproses surat perpanjangan penahanan terhadap tersangka LI. “Masih proses pengajuan ke jaksa penuntut umum. Tapi kita tunggu saja hasil sidangnya bagaimana. Namun yang perlu dikekahui, praperadilan itu menjadi mekanisme dalam hukum,” tegasnya. (mar)

Peduli Topan Haiyan, Mahasiswa Asing Galang Dana SURABAYA- Bencana Topan Haiyan yang terjadi di Filipina membuat sejumlah warga di dunia terketuk. Termasuk mahasiswamahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS). “Mereka menggalang dana untuk para korban tersebut. Ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa,” ujar Ketua Panitia, Ria, di sela-sela aksi penggalangan dana, Rabu (13/11/2013). Di kampus tersebut, kebetulan terdapat beberapa mahasiswa asing, diantaranya dari Thailand dan China yang negaranya juga terimbas Topan Haiyan. Ria mengatakan,

pada penggalangan dana tersebut dilakukan dengan cara meminta sumbangan ke mahasiswa-mahasiswa. Beberapa relawan berkeliling sambil membawa poster tragedi bencana yang mengakibatkan ribuan orang meninggal itu. Nantinya, kata Ria, panitia masih menunggu dan mempersilahkan siapa saja yang ingin menyumbang. “Dana yang terkumpul memang tidak banyak, tapi semoga bisa membantu meringankan beban korban di sana,” ujar dia. Rencananya dana yang terkumpul dari aksi tersebut akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia atau Palang Merah Internasional. (jpnn/udi)

GALANG DANA: Mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surabaya menggalang dana untuk para korban Topan Haiyan.

TERTEMBAK: Anak anggota TNI menjadi korban tembakan oknum polisi ketika pembubaran aksi balapan liar, dan kini dirawat di RS Bhayangkara Kota Kediri.

LINTAS JATIM

Catut Nama Bupati, Oknum PNS Tipu Rekanan Rp 970 Juta SITUBONDO- Ulah oknum PNS di Situbondo yang satu ini benar-benar sudah kebablasan. Setelah dipolisikan dalam kasus dugaan penipuan rekrutmen CPNS di Situbondo, kelakuan tak terpuji oknum PNS bernama Nuraeni (36), warga Desa Curah Jeru Kecamatan Panji, semakin terkuak. Staf Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) itu disebut-sebut juga terlibat dugaan penipuan salah satu rekanan di Situbondo. Tak tanggung-tanggung, nominal yang masuk dalam perangkap Nuraeni konon mencapai angka Rp 970 juta. Ironisnya, untuk memuluskan aksinya itu Nuraeni tak segan mencatut nama sejumlah pejabat daerah di Situbondo. Termasuk Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto dan Wabup Rahmad. Kini kasus penipuan itu sudah resmi dilaporkan ke Mapolres Situbondo. “Data dugaan penipuan itu sudah lama kita kantongi. Hanya saja, dari pihak CV yang diduga tertipu tidak segera melapor karena berharap Nuraeni mengembalikan uangnya. Tapi nyatanya tidak, sehingga sekarang sudah resmi dilaporkan. Kasusnya sedang ditangani penyidik Unit Pidana Umum Satreskrim,” kata Kasubbag Humas Polres Situbondo, AKP Wahyudi, Rabu (13/11/2013). Informasi yang dihimpun menyebutkan, rekanan yang tertipu ulah Nuraeni itu bernama Hertanto Jacob, Direktur CV Putra Bintang yang beralamat di Jalan Irian Jaya, Situbondo. Modus yang dilancarkan Nuraeni dengan cara mengiming-iming sebuah proyek pengadaan di Disnakertrans dengan anggaran cukup besar, yakni Rp 3,6 miliar. Nuraeni berdalih bisa melakukan lobi-lobi yang akhirnya bisa membuat CV Putra Bintang muncul sebagai pemenang proyek pengadaan tersebut. Namun, tentu saja ‘jasa’ si Nuraeni itu tidak gratis. Hertanto Jacob dimintai menyiapkan sejumlah uang guna memuluskan upaya lobi-lobi tersebut. Diantaranya, uang untuk fee sejumlah pejabat teras pemkab Situbondo. Ironisnya, nama Bupati Dadang Wigiarto dan Wabup Rahmad juga ikut dicatut sebagai calon penerima fee. Kabarnya fee untuk bupati dan wabup itu tertuang dalam satu kwitansi senilai Rp 50 juta tertanggal 29 November 2012 lalu. Selain bupati dan wabup, fee disebut-sebut juga akan diserahkan ke Kepala Disnakertrans Situbondo senilai Rp 20 juta. Nuraeni sendiri sudah ikut kecipratan fee proyek pengadaan itu sebanyak Rp 25 juta. Selain fee, Nuraeni juga sudah menerima uang dari Hertanto Jacob untuk biaya pelatihan salon, bengkel, jahit, dan rekap musala senilai Rp 650 juta; dan keperluan lainnya. Sehingga total uang Hertanto Jacob yang diserahkan ke Nuraeni mencapai Rp 970 juta. “Nuraeni mengakui jika itu hanya akal-akalannya dia saja. Uangnya tidak pernah diserahkan ke Bupati, Wabup, maupun pejabat lainnya,” tukas seorang penyidik Satreskrim Polres Situbondo. Sementara proyek pengadaan senilai Rp 3,6 miliar itu dijanjikan akan cair dalam tiga termin. Masing-masing, termin pertama bulan April lalu senilai Rp 1,2 miliar; termin kedua bulan Agustus mendatang Rp 1,2 miliar, dan termin ketiga bulan Desember nanti senilai Rp 1,2 miliar. Namun, ditunggu-tunggu proyek yang dijanjikan itu konon tidak kunjung terealisasi hingga Hertanto Jacob sempat meminta agar Nuraeni mengembalikan seluruh uangnya. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SAMBUNGAN

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

7

Ibu Negara Ajak Para Ibu Tak Cuek pada Pemilu JAKARTA- Ibu Negara Ani Yudhoyono mendorong para perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum 2014 dan tidak golput guna mengawal demokrasi. “Marilkah kita semua memastikan, semua warga negara yang memiliki hak memilih terdaftar dalam DPT. Ibu-ibu semua tolong yakinkan merek terdaftar. Eh nama saya ada tidak

disitu, jadi jangan cuek,” katanya. Dalam pidatonya pada seminar yang digelar Dharma Wanita Persatuan di Jakarta Rabu, (13/11) Ani menekankan bahwa partisipasi perempuan dalam pemilu harus dilakukan secara kritis dan cerdas. “Mari kita sukseskan pemilu 2014,” ajaknya. Ibu negara dalam kesempatan itu

mengatakan peran perempuan dalam politik tidak bisa dielakan. Pemilu merupakan salah satu ruang bagi kaum perempuan untuk berpartisipasi, mengawal politik negara yang demokratis. Untuk itu, Ibu Negara mengharapkan para perempuan juga turut aktif memastikan dirinya dan keluarganya terdaftar dalam daftar pemilih tetap

Kesempatan Terakhir Beli Tiket Ani Yudhoyono

Sambungan dari Hal 1 ‘’Sehingga pembelian tiket langsung akan berlangsung beberapa jam saja, maka lebih baik membeli tiket hari ini agar tidak terburu-buru,’’ imbuh dia. Terkait lomba menulis puisi Demi Indonesia, Hana mengatakan karya masih berdatangan hingga kemarin sore. Untuk itu, pihaknya akan langsung menelepon pemenang lomba puisi pada hari ini. Para peserta diminta untuk mengaktifkan nomornya sepanjang hari ini untuk mendapatkan kejutan dari panitia. ‘’Akan kami telepon hari ini bagi para pemenang, secara otomatis yang tidak ditelepon berarti bukan pemenang,’’ katanya. Peserta yang ditelepon, secara langsung diundang untuk hadir dalam jalan sehat dan senam pagi bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan. Lomba Menulis Puisi Demi Indonesia ini memang istimewa.

Sebab, karya puisi pemenang bakal dibacakan dihadapan Menteri BUMN tersebut. ‘’Adapun pengumuman pemenang lomba puisi akan ditampilkan di Malang Post besok (Jumat, Red),’’ kata perempuan berjilbab ini. Dia menambahkan, masyarakat yang ingin ikut dalam kegiatan itu bisa berbondong ke depan Stasiun Kota Baru. Pembelian tiket bisa langsung mendatangi stan Malang Post yang ada di lokasi. ‘’Silahkan datang untuk berpartisipasi dalam Jumat bersih dan sehat ini, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan jasmani serta kebersihan lingkungan,’’ ajaknya. Harga tiket jalan sehat sendiri, dipatok mulai dari @ Rp 3000, atau Rp 5000 (dua tiket) dan Rp 10 ribu (lima tiket). Untuk pembelian dalam jumlah besar untuk instansi juga bisa langsung menelepon nomor coordi-

nator ticketing Abdul Halim. Yakni melalui nomor telepon 08155550098 yang standby mulai 07.00 sampai dengan 20.00 setiap hari. Jalan sehat dan senam pagi bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan itu akan dimulai pukul 06.00 sampai dengan 10.00 pada Jumat 15 November 2013. Peserta bisa merebut hadiah puluhan juta rupiah. Diantaranya mendapatkan hadiah utama Rp 5 juta (satu orang), @ Rp 1 juta untuk lima orang dan @ Rp 500 ribu untuk lima orang. Koordinator Ticketing Abdul Halim menambahkan bahwa tiket juga terus diborong instansi. Salah satunya Saka Bhayangkara binaan Polres Malang Kota yang membeli ratusan tiket. “Masih terbuka kesempatan bagi yang ingin memesan tiket hubungi nomor saya 08155550098,” undangnya. (ary/avi)

Kirim Mahasiswa ke Malaysia dan Australia Sambungan dari Hal 1 Selama dua pekan di Malaysia, peserta program Sit-In akan melakukan beberapa rangkaian aktifitas. Mulai dari perkuliahan, presentasi makalah akademik hingga memberikan penampilan pada malam kesenian Indonesia dan Malaysia. ‘’Saya bangga sekali. Bahkan orang tua saya sangat mendukung. Rasanya ingin segera mengikuti program pertukaran pelajar untuk periode berikutnya,’’ Abdul Rahman Radjak Ruddin, salah seorang mahasiswa FISIP UMM. Serangkaian program tersebut, ditujukan agar mahasiswa tidak hanya sekedar memiliki pengalaman akademik di luar negeri. Tapi juga mempersiapkan mental mahasiswa dan lulusan agar siap bersaing pada peluang-peluang intera-

sional yang lain. Terpisah, Dekan FISIP UMM, Dr. Asep Nurjaman, M.Si menjelaskan, kegiatan Sit-In ini merupakan langkah awal yang dilakukan FISIP dalam rangka memperkuat kerjasama internasional secara kelembagaan. Dalam waktu dekat telah menyiapkan beberapa skema kerjasama dalam bentuk program transfer of credit dengan UUM Malaysia dan UNISA Australia. Dalam program transfer of credit ini, mahasiswa FISIP memiliki kesempatan mengikuti perkuliahan selama satu semester di UUM Malaysia dan UNISA Australia, dan sebaliknya mahasiswa UUM Malaysia UNISA Australia juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengi-

kuti perkuliahan di UMM. Tidak hanya itu, nilai yang diperoleh selama mengikuti program transfer of credit, juga bisa dikonversikan oleh masing-masing universitas penyelenggara di Indonesia, Malaysia, Austalia. Skema lain yang sedang dilakukan adalah pelebaran kerjasama kelembagaan dengan negara-negara lain. ‘’Pelebaran kerjasama tentunya juga sedang kita persiapkan, tidak hanya negara-negara Asia, tetapi juga Amerika. Eropa, dan China,’’ ujar Asep. Bulan depan akan diberangkatkan dua mahasiswa yang mendapat beasiswa dari UNISA Australia untuk mengikuti kuliah satu semester yang dibiayai penuh oleh UNISA Asutralia. (aim/adv)

Keceng-Thierry Deal Sambungan dari Hal 1 ‘’Dua pemain itu sudah deal. Thierry sudah konfirmasi ikut Arema lewat agennya,’’ terang Ruddy kepada Malang Post. Kepastian dua nama tersebut semakin melengkapi skuad Arema. Menurut Ruddy, kedatangan Thierry dan Keceng membuat perburuan pemain bakal segera berakhir. Jumlah pemain yang hendak diambil, semakin sedikit. Pengusaha travel itu memastikan, sebelum November berakhir, skuad Arema sudah lengkap. ‘’Dengan deal Keceng dan Thierry, realisasi skuad atas rekomendasi Gethuk sudah hampir closing alias hampir selesai. Sekitar tanggal 23 November, Arema sudah full team untuk menghadapi tiga kom-

petisi musim 2013/2014,’’ terang pria yang baru saja melaksanakan ibadah haji tersebut. Dihubungi soal deal dengan Arema, agen resmi FIFA sekaligus agen Thierry, dr Ratna Mustika tak menampiknya. Dr Tika, sapaan akrabnya, Thierry tinggal melakukan proses tanda tangan. ‘’Saat ini Thierry masih di Perancis. Tapi benar, dia sudah deal dengan Arema,’’ terang dr Tika dikonfirmasi terpisah Namun demikian, selain Keceng dan Gathuessi, kabarnya ada satu lagi pemain yang sudah 99 persen menjadi milik Arema. Pemain tersebut adalah Ahmad Bustomi, pesepakbola asli Malang yang pernah ikut membawa Arema merasakan gelar juara ISL 2009-2010. Cimot,

sapaan akrabnya, disebut-sebut tinggal membubuhkan tanda tangannya sebelum resmi menjadi penggawa klub pujaan Aremania ini. Sayangnya, Cimot tak bisa dihubungi. Sebab, saat ini Cimot sedang berada di Cina untuk membela timnas senior di bawah asuhan Jacksen F Thiago. Media Officer Arema, Sudarmaji yang diwawancara terkait Bustomi, masih malu-malu kucing. Dia belum mau terang-terangan menyebut Bustomi deal dengan Arema. Namun, Sudarmaji sudah mengindikasikan bahwa Bustomi adalah pemain Arema. ‘’Kita tunggu saja sepulangnya dia dari Cina. Semoga saja dia bisa mengikuti jejak Arif Suyono membela Arema,’’ tutup mantan wartawan ini. (fin/avi)

Sebagai Aremanita, Kenalkan Balekambang ke Khazakstan Sambungan dari Hal 1 Tak heran, di replika kapal Phinisi yang menjadi Paviliun Indonesia, Arum tidak hanya menjadi ikon yang melayani pertanyaan pengunjung di booth information center tentang pariwisata, tapi juga didapuk menjadi pembawa acara Pentas Kesenian dan Budaya dalam acara yang sama. ‘’Tari yang kita tampilkan, adalah tari-tari tradisional Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Salah satu yang dikagumi turis tentang kita, setiap tarian, bahkan di setiap gerakan tari Indonesia, selalu ada makna yang luhur. Inilah yang harus saya kuasai,’’ terang pecinta travelling ini. Secara formal, dalam kegiatan tersebut, Arum mengemban 16 target pasar regional untuk 16 destinasi dan 7 minat khusus untuk pariwisata Indonesia. Namun, gadis berkulit putih ini mengakui bahwa diamdiam ia menyelipkan misi lainnya sebagai Aremanita. Gadis yang berulang tahun setiap 15 November tersebut, mempromosikan destinasi wisata di Malang kepada dunia. Ia menuturkan, sebagian besar pengunjung paviliun Indonesia hanya mengenal Bali dan Lombok. Padahal, di Indonesia ada jutaan tempat wisata yang keindahannya tak kalah dari kedua tempat tadi. Tak heran, saat Arum menunjukkan keindahan Pantai Balekambang, Sendangbiru, dan gunung Bromo, mereka langsung meminta rute ke lokasi. ‘’Salah seorang pengunjung asal Khazakstan, bahkan meminta saya

menuliskan rute dari Surabaya ke Sendangbiru di buku yang ia bawa. Ia juga meminta saya mencantumkan alamat email. Ia berjanji akan segera mencari travel agent menuju Malang,’’ ujar putri pertama pasangan Drs Ec Wibisono dan Dra Shinta Ayu Nawang Wulan ini. Gadis berambut panjang ini mengatakan, kekurangan dari wisata Jawa Timur, ialah tidak maksimalnya pemanfaatan alam yang sudah ada. Selain itu, infrastruktur dan akses menuju lokasi juga menjadi catatan penting yang ditangkap Arum. Menurut dia, setidaknya setiap tempat wisata difasilitasi dengan akomodasi yang layak dari segi pelayanan, kebersihan, dan keamanannya. ‘’Turis yang datang ke pavilion, umumnya menanyakan tentang ketersediaan infrastruktur dan kemudahan akses menuju lokasi. Selain itu mereka juga menanyakan tentang keamanan,’’ jelas Arum. Selain lokasi, keunikan kuliner juga menjadi senjata Arum untuk ‘menjual’ Indonesia. Ia menceritakan, meski awalnya pengunjung heran dengan jenis permen asam dan jahe yang ia bawa, tapi saat salah seorang mencicipi, permen itu ludes seketika. Keunikan rasa dan bentuk nasi tumpeng, juga menjadi obyek foto menarik bagi para pengunjung. Demonstrasi perawatan spa khas Indonesia dan Coffee Corner yang menyediakan beragam kopi Bali Kintamani, kopi Gayo, kopi Wame-

na, dan kopi Toraja Mamasa, juga membuat Arum bangga. Ia melihat puluhan pengunjung rela antri demi mencicipi kopi khas Indonesia yang aromanya menyedot perhatian pengunjung tersebut. ‘’Yang paling membanggakan, mereka mengenal Indonesia dari keramahan penduduknya. Menurut mereka, senyum Indonesia adalah the truly Indonesian beauty. Saat saya menolong pasangan suami istri yang kebingungan mencari air dingin, mereka memuji Indonesia dan berterimakasih hingga berkali-kali. Padahal bagi kita hal itu biasa-biasa saja,’’ ujar Arum seraya tersenyum. Oleh-oleh Arum yang tak kalah penting, ialah penghargaan terhadap sejarah yang ditunjukkan oleh masyarakat Inggris. Menurutnya, Kota Malang tak perlu memiliki Big Ben untuk berbangga. Candi, arca, dan bekas fondasi bersejarah yang tersebar, seharusnya menjadi magnet bagi turis mancanegara untuk berpelesir ke Kota Apel ini. ‘’Pusat belanja bersejarah seperti Toko Oen yang hingga kini menjadi jujugan turis asing, juga harus kita jaga,’’ imbuhnya. Selanjutnya, Kota Malang boleh menunggu oleh-oleh lain dari Arum. Tak lama lagi, Arum akan kembali menjalankan tugas terkait pertahanan keamanan internasional di Brunei Darussalam. Dari negara serumpun itu, Arum berjanji untuk mempelajari banyak hal lain untuk dibawa ke Indonesia. (laily kendedes salimah)

(DPT) yang ditetapkan oleh KPU. Selain dihadiri oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, serta para undangan dari berbagai organisasi perempuan dan anggota Dharma Wanita dari berbagai daerah. Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Nina F Muluk mengatakan seminar yang diselengarakan kali ini guna meningkatkan sumber daya manusia

kaum perempuan guna menyongsong pemilu 2014. Menurut dia, perempuan memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa. Salah satunya dengan partisipasi perempuan dalam politik untuk meperjuangakan kemajuan bangsa. Sementara itu, setidaknya 1.700 undangan dari Dharma Wanita pusat maupun daerah menghadiri acara tersebut. Dalam kesempatan itu Rektor Universitas Paramadina Anis Baswedan menjadi salah satu pembicara. (jpnn/udi)

Lagi, Luberan Air UB Genangi Rumah Warga Sambungan dari Hal 1 Kerugian yang dia derita akibat banjir ini mencapai Rp 282 juta. Seluruhnya merupakan perlengkapan studio dan perabot rumah yang hanyut dan rusak terbawa banjir. Pihaknya sudah melaporkan masalah itu ke Pembantu Rektor 2 Universitas Brawijaya yang berjanji mengirimkan tim. ‘’Saya sudah lapor beberapa kali. Baru tadi (kemarin, Red.) jam 10.00 diterima dan diminta menulis kronologis dan kerugian untuk banjir 23 Oktober lalu. Eh, ternyata siangnya banjir datang lagi,’’ imbuh dia. Tinggi permukaan banjir di belakang rumahnya, mencapai 90 cm sampai dengan 1 meter. Adapun di dalam rumah, mencapai ketinggian 50 – 70 cm dan masuk ke seluruh bagian studio. Seluruh bagian rumah, mulai dapur, kamar, studio hingga ruang tamu dan teras terkena luberan air.

‘’Kerugian ini hanya untuk studio. Saya terpaksa kehilangan pekerjaan karena seluruh peralatan rusak. Lain lagi dengan kerugian bagian belakang yang milik budhe saya,’’ imbuhnya. Bambang Sugiyono, penjaga rumah milik Budhe Lettisa mengungkapkan, kerugiannya rentang Rp 30 juta – Rp 40 juta. Meliputi tembok yang rubuh sepanjang sekitar 20 meter. Perlengkapan dapur yang hanyut terbawa banjir serta binatang ternak bernilai jutaan rupiah yang hilang. ‘’Banjir yang pertama, ayam bangkok 36 ekor hilang, 22 kelinci juga hilang. Kalau banjir hari ini dua ekor ayam Bangkok hanyut,’’ urai Bambang. Menurut Bambang, banjir ini merupakan kiriman dari Universitas Brawijaya. Sehingga dirinya bersama Lettisa menghadap pejabat rektorat untuk me-

minta ganti rugi. Pihak UB berjanji mengirimkan tim, namun hingga sore kemarin ternyata tak kunjung datang. ‘’Ini sudah kali kedua. Yang pertama lebih parah. Hampir semua barangbarang rusak dan hanyut. Bahkan pagar gerbang ikut hanyut sejauh 200 meter,’’ katanya sambil menunjuk dua gerbang kayu yang masing-masing berdimensi 2 x 3 meter. Sementara itu, banjir juga melanda belasan pemukiman warga di Jalan Galunggung. Ketinggian air mencapai sekitar 50 – 70 meter dan memasuki rumah warga. Guna proses evakuasi dan pembersihan, warga menutup jalan tersebut. ‘’Airnya cukup tinggi, bahaya kalau terus lewat. Ini seperti banjir 23 Oktober lalu, warga menunggu proses drainase jacking,’’ ujar Eko warga setempat. (ary/avi)

Jengkel, Asisten Koki Bacok Manajer Sambungan dari Hal 1 Telinga kirinya nyaris putus. Beberapa bagian tubuh lain, juga mengalami luka. Seperti kepala bagian belakang, bahu kiri, jempol kiri dan punggung. Korban sempat dirawat di RS Hasta Brata Batu sebelum dirujuk ke RS Panti Nirmala Kota Malang. Pelaku yang masih berusia 24 tahun, yang diketahui tinggal di Jalan Mergan Kelurahan Kecamatan Sukun Kota Malang, langsung kabur setelah peristiwa sadis tersebut. Hingga sore kemarin, polisi masih terus mencari Budi. Dugaan sementara, Budi nekat menghajar sang manajer, menggunakan pisau, karena dendam. Dari keterangan saksi-saksi, yang diperiksa polisi, pelaku sempat dimarahi karena urusan pekerjaan. Dani, meminta Budi untuk cepatcepat menyelesaikan sup pesanan, karena sudah ditunggu tamu. Namun Budi malah nggrundel. Budi sendiri, sehari-hari adalah asisten koki di restoran tersebut. ‘’Sekitar pukul 06.00, Pak Dani meminta Budi cepat-cepat menyediakan sup, karena sudah ditunggu tamu. Budi langsung nggrundel, katanya tamu belum datang sudah minta sup,’’ tegas salah satu saksi ketika diperiksa petugas kepolisian. Sekitar pukul 08.00, Budi sempat bertanya kepada salah satu karyawan lain. Apakah Dani yang ketika itu

pakai baju biru, masih berada di dapur. Setelah bertanya, Budi lebih banyak berdiam diri di dekat pintu dapur. Tidak lama kemudian, Dani keluar dari dapur. Tidak jauh dari pintu keluar itu, Budi langsung menghajar manajer, menggunakan pisau dapur. Dani sempat berlari ke lokasi parkir, namun Budi terus mengejar dan menghujani tubuh Dani dengan pisau. Dani sendiri sempat menangkis, sehingga mengalami luka-luka di tangan. Melihat korban mulai jatuh berlumuran darah, Budi langsung berlari meninggalkan Batu Suki. ‘’Kami tahu, Pak Dani keluar dari belakang sambil minta tolong. Saat itu, dia sudah berlumuran darah. Terbanyak di bagian kepala. Kami panik kemudian membawanya ke RS Hasta Brata,’’ ungkap Iksan, Satpam Batu Suki Resto. Ketika karyawan yang lain membawa Dani ke rumah sakit, karyawan lainnya ada yang melaporkan kasus tersebut. Sayangnya, ketika polisi sampai di TKP, Budi sudah tidak lagi terlihat. Hingga berita ini ditulis, Budi masih dalam pencarian. ‘’Berdasarkan keterangan saksi, pelaku melarikan diri kearah selatan menggunakan motor Suzuki Satria. Kami menduga, dia kabur ke arah Malang karena rumahnya di Malang,’’ ungkap AKP Slamet Ria-

di, Kapolsek Batu. Pihaknya sudah mengantongi data pelaku, berdasarkan lamaran yang diberikan pelaku kepada manajemen Resto. Alamat, ciri-ciri hingga foto sudah lengkap. Berbekal dengan data tersebut, petugasnya terus melakukan pencarian terhadap Budi. Dengan data yang sudah ada itu, kata dia, pihaknya optimis mampu menangkap pelaku cepat atau lambat. Dia juga berharap, Budi lebih kooperatif dengan menyerahkan diri ke Mapolsek Batu atau kantor polisi lain tempat. Dari data yang didapat, Budi Santoso sudah empat tahun bekerja Batu Suki Resto. Karena sudah cukup lama bekerja di restoran tersebut, dia diangkat menjadi asisten koki. Meski sudah lama bekerja di Batu Suki, dia memiliki profil yang kurang bagus dimata manajemen maupun karyawan lain. Dia sering bertengkar dengan karyawan lain, hanya untuk urusan sepele. Bahkan kali ini, dia malah berani menghajar manajernya sendiri. Budi sering bertengkar dengan pramusaji karena pesanan makanan sering terlambat. ‘’Dia tidak hanya sekali ini berbuat ulah. Dulu dia bertengkar dengan pramusaji. Dia sering ngomelngomel juga kepada waiters kalau ditegur. Keteranganya seperti itu,’’ tegas Slamet. (feb/man)

KPK Sita Tiga Rumah dan Fortuner Sambungan dari Hal 1 Namun, untuk mobil tersebut Johan mengatakan atas nama Ratu Rita, istri Akil. Penyitaan mobil itu menambah panjang mobil mewah milik mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang disita. Sebelumnya, KPK sudah mengamankan Mercedes Benz S 350, Audi Q5, dan Toyota Crown Athlete. Malah, untuk mobil Mercedes Benz S 350 diatasnamakan sopir pribadinya yang bernama Daryono. Lebih lanjut Johan menjelaskan, penggeledahan dan penyitaan itu terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang yang disangka pada Akil. “Dua rumah lainnya diduga ada kaitan

dengan orang dekat Akil,” terangnya. Pantauan di lapangan dari Pontianak Post (Grup Malang Post), dua unit rumah Akil Mochtar itu berdampingan di Jalan Karya Baru No. 20 RT/003, RW/001, Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kalimantan Barat. Dua unit rumah tersebut lokasinya berdampingan, hanya dipisahkan oleh gang Karya Baru, satu unit rumah Akil Mochtar yang tampak mewah dan satu unit rumahnya yang masih tampak sederhana, selain itu Tim KPK juga tampak menyita sejumlah berkas yang dimasukkan dalam kardus. Tim KPK yang dipimpin Novel

Bawesdan mendatangi rumah Akil Mochtar berlantai dua itu ditemani Ketua RT 003 Sukiran. Rumah mewah yang masih belum dihuni dan masih dalam tahap finishing itu diduga menjadi kantor CV Ratu Samagat. Rumah dengan gerbang pintu terbuat dari kayu berkelas satu ini bergaya minimalis modern, dengan luas sekitar 500 meter persegi, bercat abuabu dan putih yang dipercantik dengan ornamen batu dengan cat hitam. Namun, tidak ada plang nama perusahaan CV Ratu Samagat di rumah mewah paling mencolok tersebut. (dim/jpnn/kim/jpnn)

Duit Hambalang Disebut Mengalir Ke KPK Sambungan dari Hal 1 Pemberian uang itu dimaksudkan agar Ade membantu perkara Hambalang tidak ditingkatkan statusnya. Dalam keterangannya di penyidik KPK, Arief mengatakan uang itu diserahkan Adhi Karya lewat Mahfud Suroso. Pria ini merupakan tersangka baru Hambalang yang kedudukannya sebagai Direktur Utama PT Dutasari Citralaras. Terkait pernyataan Arief tersebut, Ade Raharja tidak menampik. Mantan Kapolwiltabes Surabaya itu mengaku pada September kemarin sempat dimintai keterangan penyidik KPK terkait pernyataan Arief. “Iya memang ada keterangan seperti itu dan saya sudah memberikan keterangan pada penyidik,” papar Ade saat dihubungi via telepon. Ade mengatakan saat kasus Hambalang masuk tahap penyelidikan dia sudah pensiun. Jadi menurutnya sangat tidak mungkin seseorang yang berperkara memberikan uang pada orang

yang sudah tidak ada kaitannya. “Itu yang pertama. Yang kedua, saya tidak kenal siapa itu Taufiq, Bagus, maupun Mahfud. Pernah ketemu saja tidak,” ujar pria yang pernah maju dalam bursa calon pimpinan KPK tersebut. Ade juga telah menanyakan ke penyidik yang memeriksanya apakah ada ada bukti uang itu sampai pada dirinya atau tidak. “Penyidik bilang keterangan saksi menyebutkan ada dana yang dialokasikan untuk saya,” ungkap pria lulusan Akpol 1975 itu. Polisi dengan pangkat terakhir Irjen itu yakin namanya hanya dicatut seperti sejumlah kasus yang pernah terjadi, salah satunya perkara Anggodo. “Sering sekali kan ada yang membawa-bawa nama saya. Kalau seperti ini saya ya tidak tahu lagi,” terang pria yang masuk KPK sejak 2005 itu. Sementara itu, adik tersangka Andi Alfian Mallarangeng, Rizal Malla-

rangeng meminta KPK terbuka dan mendalami keterangan Arif tersebut. Menurut dia pihak-pihak seperti Teuku Bagus dan Mahfud Suroso juga harus ditanyai hal yang sama terkait dugaan adanya uang yang mengalir ke Ade Raharja. Dalam sepengetahuan Rizal, Teuku Bagus dan Mahfud Suroso tidak pernah ditanya terkait adanya uang untuk Ade Raharja. “KPK harus menerapkan azas keadilan,” ungkapnya. Dia mengatakan adanya dugaan uang ke Ade itu juga tak terungkap dalam dakwaan Mantan Kabiro Perencanaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Dedy Kusdinar. Padahal sejumlah orang yang disebut menerima uang dipaparkan dalam dakwaan Dedy. “Kakak saya disebut menerima uang dan tidak ada bukti, hanya berdasarkan pengakuan saksi saja. Berarti kan sama seperti yang dialami Pak Ade,” ungkapnya. (gun/jpnn) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


POL TIKA

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

KPU Targetkan Penyempurnaan

DPT TUNTAS 4 DESEMBER

JAKARTA- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Malik di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu 13 November 2013, menyampaikan bahwa masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan tuntas pada 4 Desember 2013. “Jika sudah memenuhi kualitas yang diinginkan sebagaimana diatur Undang-undang maka semua bisa tuntas, tapi apabila belum kita akan paparkan secara terbuka,” kata Husni. Husni mengatakan, koordinasi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Dalam Negeri, akan ditingkatkan. Kordinasi itu penting demi memastikan masalah DPT selesai sesuai dengan target. “Yang paling penting koordinasi di tingkat daerah. Mungkin dalam satu dua hari ini, akan ada penjelasan dari pihak pemerintah bagaimana mengkoordinasi kegiatan di daerah. Karena kalau di daerah bisa dituntaskan maka tidak perlu ada akumulasi di tingkat nasional,” ujarnya. KPU menurutnya juga sangat terbuka apabila ada masukan-masukan dari seluruh elemen masyarakat baik dari parpol, ormas-ormas, dan LSM, guna melengkapi data yang ada. “Kami juga berharap masyarakat yang belum terdaftar itu berinisiatif menyampaikan informasi kepada KPU,” kata Husni. Sebelumnya, KPU diminta mensinkronkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan data rekomendasi yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri. Keputusan tersebut diklaim sebagai kesepakatan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan para pimpinan Lembaga Tinggi Negara. Di kompleks Istana Kepresidenan, kemarin, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto mengatakan, harus ada kecocokan data

SOSIALISASI DPT: Ketua KPU Husni Kamil Manik (tengah) bersama Ketua Bawaslu Muhammad (kiri) serta Kepala Lembaga Sandi Negara Mayjen TNI Djoko Setiadi (kanan). antara kedua institusi tersebut. “Semua sepakat untuk segera menyempurnakan dan mensinkronkan data. Kan sekarang sedang berproses antara KPU dan Mendagri,” ujarnya. Dalam pertemuan tersebut, kata Djoko, juga merekomendasikan kedua otoritas tersebut untuk langsung turun ke lapangan guna melakukan verifikasi. Sementara, koordinasi dengan para pimpinan daerah harus ditingkatkan. “Kepala daerah bertanggungjawab terhadap daftar pemilih tetap,” kata Djoko. Djoko melanjutkan, pemerintah juga meminta peran aktif masyarakat

dalam menyelesaikan permasalahan ini. Masyarakat diimbau aktif untuk mengecek secara langsung apakah sudah masuk DPT atau belum di daerahnya masing-masing. “Namanya sudah masuk atau belum, itu juga penting. Dengan turunnya tim dari Kemendagri dan KPU ini nanti akan klop antara yang dari bawah dan dari atas,” ujarnya. KPU juga diminta untuk lebih aktif dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai hal ini. Sehingga pelaksanaan pemilu mendatang mengakomodir semua kepentingan masyarakat.

Seluruh kepala lembaga negara dan presiden juga menyepakati, perlu ada waktu yang diberikan untuk mensinkronkan data tersebut. “Tidak usah terburu-buru, tidak usah ada limit waktu yang terlalu mendesak yang penting ada waktu yang cukup,” ungkapnya. Pertemuan yang digelar di Istana Negara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua BPK, Ketua KY, Ketua MK, dan Ketua MA. Presiden didampingi oleh Mendagri, Menko Polhukam, Menko kesra, dan Mensesneg.(jpnn/udi)

PKB Anggap Situs ABURIZAL-KHOFIFAH untuk Dongkrak Ical JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku belum mengetahui adanya situs atau website Aburizal-Khofifah.com. Meskipun, PKB telah mengetahui Partai Golkar sedang mencari calon wakil presiden untuk mendampingi Aburizal Bakrie pada Pemilu 2014. “Karena saya dengar ada beberapa nama yang dilirik menjadi cawapresnya seperti Bu Khofifah dan Mahfud MD,” kata Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar di Jakarta, Rabu (13/11/2013). Namun, Marwan mengatakan belum ada komunikasi politik antara PKB dengan Golkar. Anggota Komisi V DPR itu menduga situs tersebut merupakan simulasi untuk mendongkrak elektabilitas Aburizal Bakrie atau Ical. Sebab dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain tingkat elektabilitas Ical belum cukup tinggi. Sedangkan untuk PKB, Mar-

wan mengatakan pihaknya akan menentukan calon presiden dan calon wakil presiden setelah pemilu legislatif Pemilu 2014. “Kita lihat siapa yang paling tinggi tingkat elektabilitas dan popularitasnya maka kita akan pilih,” ujar Marwan. Sehingga, kata Marwan, bila Golkar serius berkoalisi dengan PKB maka dapat menunggu hasil pemilu legislatif. Situs berisikan calon Presiden dan Wakil Presiden Aburizal Bakrie-Khofifah Indra Parawansa muncul enjelang Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar. Situs tersebut beralamat www.aburizal-khofifah.com. Dalam situs tersebut terdapat foto Aburizal Bakrie di sisi kiri dan Khofifah Indar Parawansa di kanan dengan latar belakang berwarna kuning. Selain itu terdapat tulisan “Calon Presiden & Wakil Presiden Periode 20142019,” tambahnya.(jpnn/udi)

UU DESA: Agun Gunanjar Sudarsa memberi keterangan kepada wartawan tentang revisi UU Desa.

DPR RI Tak Akan Loloskan

8

Mahfud: Di Indonesia Tak Ada Parpol Islam JAKARTA- Mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Mahfud MD, menilai wacana pembentukan koalisi poros tengah oleh partai-partai Islam untuk kedua kalinya bukanlah gagasan yang buruk. Namun, kata dia, dalam praktiknya, gagasan tersebut tidak akan berjalan. “Partai itu selalu begitu, ketika berpikir untuk melawan seseorang, dengan satu kekuatan mau bersatu. Tetapi ketika partai sudah menyebut, orang itu bubar sendiri, hahahhahahaha...” ujar Mahfud usai memberikan ceramah dalam seminar ‘Capres Bicara Pajak Untuk Indonesia Yang Mandiri’ di Kampus UIN, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu 13 November 2013. Secara politik, menurut Mahfud, koalisi tersebut sulit terwujud karena semuanya punya keinginan yang berbeda-beda tentang kepemimpinan. Ia mencontohkan, jika di partai Islam ada kesepakatan lalu menunjuk seseorang, pasti ada yang mental, tidak ikut lagi di koalisi. “Dengan alasan pasti di sana (pihak lawan) ada yang jaga. Nanti kalau di sini kalah, di sana kan masih ada kita. Alasannya begitu,” ujarnya. Alasan kedua adalah secara ideologis. Saat ini Mahfud tidak melihat ada partai Islam dan bukan Islam di Indonesia. “Mana partai Islam? Semua sama. Kalau mau ukuran AD/ART semua tujuannya untuk mensejahterakan sesuai dengan Pancasila dan UUD 45,” tambahnya. “Kalau bicara fakta politik, semua partai ada koruptornya, ada kyainya. Lalu mana yang Islam? Di PDIP itu kyainya banyak, di Golkar juga banyak, koruptornya juga ada. Di PPP, PKB, PKS kyainya banyak, koruptornya juga banyak. Pokoknya partai Pancasila saja,” lanjutnya. Mahfud mengaku pesimis atas koalisi yang kini didengung-dengungkan itu. Meskipun, ia mempersilakan mereka untuk mencobanya. “Dicoba saja, tetapi itu tidak harus dipandang sebagai ideologi Islam. Itu hanya sebuah pengelompokan politik, di mana orang ingin berkontestasi memperebutkan kekuasaan saja. Tapi kalau mau dikatakan partai Islam, saya kira orang Islam sendiri juga keberatan,” tuturnya. (jpnn/udi)

MAHFUD MD

RUU Desa JAKARTA- Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa menyatakan, DPR RI, dalam hal ini Komisi II DPR RI tak akan meloloskan revisi Undang-Undang Desa. ”DPR RI sampai kapanpun tak akan meloloskan revisi UU Desa,” kata Agun di Gedung MPR/ DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu. Ia berpendapat, tak diloloskan revisi UU Desa itu karena sampai saat ini

pemerintah belum juga menyetujui alokasi dana Rp1 miliar untuk setiap desa. ”Belum ada ketegasan soal alokasi dana Rp1 miliar setiap desa. Kenapa pemerintah tak mau?” tanya politisi Golkar itu. Dikatakannya, bila ada dana Rp1 miliar per desa, maka perekonomian akan berjalan dengan baik. “Pemerintah tak mau karena jatah kapitalis yang

berkedudukan di Jakarta akan berkurang. Ini persoalan uang. Hanya butuh Rp67 triliun,” kata Agun. Ia juga menyatakan, bahwa untuk pemekaran daerah atau Daerah Otonomi Baru (DOB), banyak calo-calo yang bermain di DPR RI. “Di DPR RI banyak calo-calo, main uang dalam kasus DOB. Saya gak mau seperti itu,” katanya. (jpnn/udi)

ARB Minta Golkar Pilihan Utama di Jatim SURABAYA– Keinginan Aburizal Bakrie memenangi Pemilihan Legislatif (pileg) dan Pemilihan Presiden (pilpres) 2014 di Jatim, terus dipenetrasi. Apalagi, sesuai hasil survey sementara, posisi Golkar di Jatim sekarang masih berada di nomor urut tiga setelah Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. ‘’Ini yang harus diubah. Mari kita bersama-sama berkarya agar mendapat tempat bagus di hati masyarakat. Kalau perlu bagaimana Golkar menjadi pilihan utama masyarakat Jatim,’’ tandasnya ketika menghadiri acara wayang kulit di depan DPRD Jatim, Selasa malam. Dikatakan ARB, guna memenangkan Pileg 2014 dirinya minta tiga aktor dalam partainya bisa bersaing secara mandiri. Ketiga aktor itu antara lain calon legislatif (Caleg) yang akan bertarung April 2014 mendatang. ‘’Aktor pertama ini, kami haruskan

turun ke bawah dengan selalu mengunjungi masyarakat. Tetapi, jangan hanya datang dan mendengar keluhan saja. Jika menang harus benar-benar mengamalkannya,’’ paparnya. Aktor kedua, lanjut bos Bakrie Grup ini, kinerja seluruh pengurus Golkar di tingkat propinsi hingga kecamatan hingga ke desa-desa harus maksimal. Karena itu bagi seluruh Caleg Golkar meski sudah ditetapkan dalam DCT (Daftar Calon Tetap) agar terus koordinasi dengan pengurus di daerah. ‘’Kalau komunikasi dan koordinasi antara pengurus di daerah dengan semua caleg terus terjalin, maka roda organisasi akan berjalan baik. Jangan sampai, karena sudah masuk DCT kemudian caeg berjalan sendiri tanpa koordinasi dengan di daerah,’’ pintah mantan Menko Kesra ini. Aktor terakhir yang dianggap Golkar cukup berpengaruh adalah para kepala daerah. Mulai dari gubernur hingga

HARY SANTOSO/MALANG POST

HUT GOLKAR: ARB bersama Gubernur Jatim Soekarwo saat menghadiri acara HUT Partai Golkar ke 49 di Jatim Expo Surabaya. bupati dan walikota. Mer- dalam meraih simpati ma- terus menemukan perbaikan. eka, para caleg agar didukung syarakat agar posisi Golkar ‘’Saya minta pengurus di dae-

rah jangan mudah puas. Apalagi, posisi Golkar di Jatim masih ada di posisi ke tiga. Golkar akan menang kalau calon anggota legislatornya banyak yang menempati posisinya di daerah,’’ ucap Sekretaris Gabungan Partai Politik ini. Mendengar keinginan ARB, Zainuddin Amali Ketua DPD Golkar Jatim menyebutkan, pihaknya memasang target untuk menguasai 20 kursi di DPRD Jatim. Sedang untuk DPRD di 38 kabupaten kota di Jatim, Golkar menginginkan ada satu kadernya bisa menjadi pimpinan dewan. ‘’Waktunya sudah mepet. Tidak ada cara lain, sisa 5 bulan menjelang Pileg seluruh pengurus, kader dan simpatisan harus bahu membahu memenangkan Golkar,’’ tandas ZA-begitu biasa dipanggil. Lain ZA lain pula Ridwan Hisjam. Wasekjen DPP Golkar ini terus memotivasi kantongkantong suara, yang dahulu menjadi milik partainya. Baik

yang bersifat organisasi, perkumpulan atau sejenisnya semua akan didekati dan diajak kembali masuk ke Golkar. ‘’Tidak usah saya sebutkan. Kalau dulu saya bisa menempatkan 15 kader di DPRD Jatim maka sekarang pun harus bisa. Kalau perlu lebih tidak hanya 15 saja. Karena kantong-kantong potensial Golkar banyak yang belum digarap secara maksimal,’’ paparnya. Khusus Malang Raya, lanjut RH, ditargetkan bisa menghasilkan suara lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, sekarang ini, wakil Malang Raya yang duduk di DPRD Jatim hanya satu orang saja. ‘’Malang ini cukup potensi. Tinggal mau atau tidak menggarap dengan serius. Tidak bisa berangan-angan ingin sukses, kalau cara kerjanya asal-asalan,’’ ujar RH, yang juga Caleg Nomor 1 DPRI dari Dapil V Malang Raya ini. (has/udi) REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: SLATEM


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

RONCE NGALAM

9

RW 03 Kedungkandang dan RW 03 Buring Cukup Asri MALANG-Tim juri kelompok I Lomba Kampung Bersinar dibuat terkejut dengan kondisi RW 03 Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang. Tim juri tidak menduga jika wilayah yang terletak di dekat Sungai Amprong ini begitu bagus. Warga pun sangat antusias mengikuti lomba yang digelar Pemkot Malang ini. Saat tim juri memasuki wilayah RW 03, penghijauan sudah tampak. Di tepi jalan ditanami tanaman pot maupun

polibeg sehingga terkesan hijau dan asri. Kondisi jalannya pun tampak bersih. Di delapan RT yang ada di wilayah ini, seluruhnya terdapat himbauan melalui benner akan pentingnya penghijauan maupun kebersihan. ‘’Seluruh RT kami himbau untuk memasang benner.

Dan semuanya memasangnya,’’ kata Ketua RW 03 Kelurahan Kedungkandang, Saiful Islam kepada tim juri Lomba Kampung Bersinar. Salah satu benner yang dipasang bertuliskan ‘’Menjaga kebersihan lingkungan tanpa padang usai’’.

Menurut Saiful Islam pula, persiapan mengikuti Lomba Kampung Bersinar ini cukup mepet. Tak heran jika warganya terus-menerus melakukan kerja bakti untuk menjadikan wilayahnya bersih. ‘’Sekitar tiga minggu yang lalu kita maksimalkan kerja

bakti. Masyarakat juga berusaha mencari terobosan menggalang dana. Alhamdulillah kami dapat sponsor dan baru turun beberapa hari kemarin. Tapi kita syukuri, kami bisa mendapatkan dana,’’ kata Saiful Islam dengan penuh semangat. Baca RW 03... Hal.10

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

SEMANGAT: Warga RW 03 Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang bersama tim juri lomba Kampung Bersinar saat melakukan penilaian

KODEW

Setuju Satu Arah ASA WARGA KOTA Warga Kota Malang sampaikan harapan anda kepada duet Abah Anton dan Sutiaji yang menjadi pemimpin baru Bumi Arema hingga lima tahun kedepan. Kirimkan suara anda lewat sms ke no

0857 9119 1887

DAMPAK SATU ARAH Abah Anton , tolong jalur satu arahnya dikembalikan ke asal soalnya saya wong cilik yang merintis usaha kecil jadi macet rezeki mampet kena dampak satu arah 03412272xxx RIZAL/MALANG POST

Abah Anton .. macet !! macet !! macet !! rusuh ..! kumuh !becek! berbau tidak sedap ! didalam pasar induk gadang sudah dialih fungsikan menjadi RATUSAN rumah rumah kumuh !! ini sangat memprihatinkan apalagi sudah berlangsung puluhan tahun. Ayo semangat pak walikota .. benahi pasar tradisional ini menjadi pasar pariwisata yang bersih dan sejuk 08123395459

KEMBALIKAN KOTA OLAHRAGA Kepada Anton tolong kembalikan Malang sebagai kota gudangnya olahragawan berprestasi. Tidak saja dalam tingkat nasional tetapi internasional seperti pada era almarhum Bapak Sugiyono dulu. 08563250xxx

DIEVALUASI : Setelah diujicoba selama sepekan,penerapan satu jalur arus lalu lintas segera dievaluasi.

Segera Evaluasi Satu Jalur “

BENAHI PASAR TRADISIONAL

Pemotor Paling Sering Dikeluhkan MALANG-Penerapan satu jalur arus lalu lintas di Kota Malang segera dievaluasi setelah diujicoba sejak satu pekan lalu. Sembari menunggu waktu evaluasi, pemotor yang melintas satu jalur diimbau agar tak menerobos jalur khusus angkot. “Evaluasi dilakukan dalam minggu ini. Evaluasi dilakukan bersama Forum Lalu Lintas. Dalam evaluasi nanti akan dibahas berbagai hal,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Drs Subari kepada Malang Post, kemarin. Subari mengatakan dalam evaluasi akan membahas secara detail tentang kepentingan masyarakat secara luas. Sebab program tersebut bertujuan untuk kepentingan masyarakat. Menanggapi pelaksanaan uji coba satu jalur selama sepekan ini, Subari mengatakan perilaku pemotor menjadi catatan penting. Sebab berdasarkan pe-

Drs.Subari Kadishub Kota Malang

Evaluasi dilakukan dalam minggu ini. Evaluasi dilakukan bersama Forum Lalu Lintas guna membahas berbagai hal,’’

mantauan lapangan, pemotor masih sering menerobos jalur angkot. Selain itu kebiasaan pemotor dan kendaraan umum yang saling menyalip hingga

masuk jalur khusus angkot juga menjadi perhatian serius. Sebab kebiasaan tersebut membahayakan pengendara. “Perilaku pengendara saat di jalan masih menjadi perhatian serius. Kami mengimbau pengendara agar tertib di jalan. Jangan sampai masuk ke jalur khusus angkot,” imbau mantan Inspektur Pemkot Malang ini. Ia juga mengimbau pengendara yang melintas di area satu jalur agar tidak ngebut. Pengendara diingatkan untuk memperhatikan pejalan kaki yang menyebrang di jalan yang dijadikan satu jalur. Perilaku pemotor memang jadi keluhan selama satu jalur diujicobakan. Para pengemudi angkot akhirnya serba was-was saat memasuki satu jalur lantaran menghindari terjadinya kecelakaan. Pengemudi angkot jalur AL, Bambang Suharyanto merupakan salah satu dari sekian banyak pengemudi angkot yang mengeluhkan perilaku pemotor di jalan. “Motor sering masuk jalur khusus angkot. Ini bahaya, makanya sekarang was-was,” katanya. Baca Segera... Hal.10

Dugaan Mark Up Lahan RSUD

Dipertanyakan, Harga dari Tim Appraisal MALANG-Malang Corruption Watch (MCW) tak sekedar membuka data dugaan mark up lahan untuk perluasan RSUD Kota Malang di Bumiayu Kecamatan Kedungkandang. Lembaga paling vokal terkait urusan korupsi ini segera beranjak naik satu level. MCW berencana segera mengirimkan data lengkap terkait dugaan mark up RSUD itu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang. Hal tersebut ditegaskan oleh Koordinator Divisi Investigasi dan Advokasi MCW, Zainudin. Kata dia, MCW sekaligus melengkapi nama-nama

yang diduga terlibat dalam pengadaan tambahan lahan RSUD tersebut. MCW berhasil mendapatkan data lengkap melalui investigasi tim di lapangan.“Ada nama-namanya lengkap, data kami kirimkan ke Kejaksaan Negeri Kota Malang pada hari Senin (18/11) mendatang,” tegasnya. Harapannya, Kejari bertindak dengan membentuk tim untuk menyelidiki dugaan mark up. Sebab, jika memakai harga NJOP, seharusnya pengadaan tanah itu bisa menghemat APBD Kota Malang sebesar Rp 3,7 miliar. Namun, ternyata

dana Rp 3,7 miliar itu justru ditambahkan untuk pembelian lahan.“Harga NJOP Rp 1 juta per meter, dalam transaksi memakai harga Rp 1,7 juta per meter, kami pertanyakan pula apraisalnya,” ujarnya kepada Malang. MCW mempertanyakan pertimbangan appraisal dalam mengajukan harga Rp 1,7 juta per meter. Padahal, selaku tim di lapangan, mereka pasti tahu harga NJOP serta harga pasaran. Karena pembelian tanah ini menyangkut anggaran pemerintah, maka seharusnya dilakukan penghematan.“Secara RIZAL FANANY/MALANG POST

BERMASALAH: Lahan untuk perluasan RSUD Kota Malang di Bumiayu yang menyisakan masalah.

langsung, proyek pengadaan ini melanggar edaran dari Kemenkeu terkait penghematan anggaran,” jelas dia. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Supranoto siap membeber nama appraisal dalam proyek pengadaan itu. Supranoto mengakui bahwa, selama ini pihaknya mengikuti pengajuan dari appraisal. Sebab mereka adalah konsultan resmi yang ditunjuk dalam pengadaan lahan itu. “Kami professional, yang tahu mengenai harga adalah appraisal itu, masak NJOPnya Rp 1 juta permeter,” ujar Supranoto balik bertanya. Data mengenai appraisal itu, bakal dibeber pada Kamis hari ini. Sebab, Kadinkes ini mengaku baru saja pulang dari naik haji. Sehingga, sesuai pengajuan cutinya, dirinya baru masuk kerja pada hari ini.“Nanti Kamis saja ada datanya, yang jelas tanah itu kita tawar rentang bulan Februari – April 2013 dan dibayar pada bulan Agustus 2013 seingat saya,” aku dia. Seperti diberitakan Malang Post pengadaan penambahan lahan untuk RSUD Kota Malang di Bumiayu seluas 4.300 m2 disinyalir di mark up. Modusnya, oknum Pemkot Malang yang mengetahui proyek itu meminjam nama orang untuk membeli calon lahan RSUD.

Kemudian secara kongkalikong, lahan itu dibeli Pemkot dengan harga melebihi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Hal tersebut diketahui dari hasil investigasi Malang Corruption Watch (MCW) terhadap proyek pengadaan itu. Tak tanggung-tanggung, dugaan mark up pembelian lahan tambahan itu mencapai Rp 3,7 miliar. Harga tanah per meter yang sesuai NJOP Rp 1 juta, dibeli Pemkot Malang seharga Rp 1,7 juta permeter.(ary/nug)

KODEW yang satu ini memiliki nama lengkap Rika Tri Dian Wahyunanti, biasa disapa Rika. Karyawan salah satu brand rokok ternama ini dilahirkan di Bhumi Arema 11 Februari 1990. Lantaran asli Malang, Rika tahu secara persis perkembangan kota ini dari tahun ke tahun. “Rasanya semakin lama semakin panas, saya ingin Malang dingin seperti dulu lagi, sejuk dan nyaman,” ungkap dara yang tinggal di kawasan Klayatan ini kepada Malang Post. Alumni SDK St. Maria I ini mendukung upaya pemerintah menggalakkan Rika Tri Dian Wahyunanti peng hijauan. Ya, tentu harapannya, pohon-pohon yang rindang bisa mengembalikan kesejukan kota. Hal itu juga nanti didukung pula dengan inisiatif dari masyarakat menjaga kebersihan dan keindahan kota. Baca Setuju... Hal.10

DEWAN

Ingatkan Kaji Kenaikan Pajak Kost MALANG-Komisi B DPRD Kota Malang mengingatkan rencana menaikan pajak kost sebesar lima persen diawali dengan kajian lapangan. Pendataan dan pemetaan potensi kost harus segera dilakukan. “Semua kebijakan, terutama yang berkaitan dengan masyarakat luas harus sesuai aturan yang berlaku serta sesuai hasil kajian. Karena itu, kajian lapangan harus dilakukan terlebih dahulu,” saran anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Abd Hakim. Hakim mengingatkan pentingnya kajian lapangan agar rencana menaikan pajak kost tidak memberatkan masyarakat. Selain itu penentuan kenaikan pajak kost berdasarkan kondisi masyarakat, terutama pemilik kost. “Jika hasil kajian menyatakan beratkan masyarakat maka kebijakan itu perlu dipertimbangkan walau hasil pajak dikembalikan kepada masyarakat,” tandasnya. Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan Dinas Abd Hakim Pendapatan Daerah duduk satu meja dengan pemilik kost dan perwakilan pihak yang berkaitan langsung dengan kebijakan tersebut. Lalu aspirasi mereka didengar dan dijadikan sebagai dasar pertimbangan. Sekretaris Komisi B, Bambang Triyoso mengingatkan pentingnya pendataan dan pemetaan potensi kost di Kota Malang. Pendataan harus lengkap dengan klasifikasi kost seperi jumlah kamar lebih dari 10 unit hingga kost khusus kalangan menengah ke atas. Bambang menyarankan agar kenaikan pajak kost diberlakukan hanya kepada kost kategori kelas menengah ke atas. Kost khusus kelas menengah keatas selama ini memiliki berbagai fasilitas. Baca Ingatkan... Hal.10


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

RW 03 Kedungkandang dan RW 03 Buring Cukup Asri

10

JON SOEPARIJONO/

Sambungan dari Halaman 9

MALANG POST

Saiful Islam juga mengaku Bank Sampah Malang (BSM) di wilayahnya masih belum jalan. Alasannya, sampah yang ada di rumah-rumah warga langsung diberikan ke petugas sampah sebagai penghasilan tambahan. ‘’Terus terang BSM di wilayah kami belum tersentuh. Untuk sementara ini kami konsentrasi ke penghijauan terlebih dahulu. Untuk berikutnya akan kami

perbaiki terus,’’ tambahnya. Sementara itu perwakilan tim juri melalui Joko Triwanto yang memberikan evaluasi, banyak memberikan pujian terhadap wilayah RW 03 ini. ‘’Lingkungannya sudah baik dan bersih. Drainasenya juga sudah bagus, hanya penggunaan lahan perlu ditingkatkan lagi. Di RT 01 dan RT 03 mohon di gang-gang maupun lorong

diberi pot bunga biar kelihatan lebih segar dan asri,’’ kata Joko Triwanto. Meski warga RW 03 ini penuh semangat, namun belum ada SK Kader Lingkungan. Diharapkan dipenilaian tahap kedua yang berlangsung sekitar Februari mendatang, sudah ada SK-nya. Sementara itu di RW 03 Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang penghijauan-

Bahayakan Warga, Kontraktor Tak Gubris Proyek Gorong-gorong Mangkrak di Jalan Aries Munandar

RIZAL/MALANG POST

BENTUK KEKECEWAAN : Protes warga Jalan Aries Munandar hingga kemarin tidak direspon pihak kontraktor.

RAPAT: Tanaman sayuran yang ada di RW 03 Buring cukup rapat sehingga suasananya tampak asri.

nya juga cukup lengkap. Mulai tomat, terong, lombok ditemukan di wilayah yang diketuai oleh M Bisri ini. Tanaman di wilayah ini juga cukup rapat. Di RW 03 Buring ini pula, BSMnya sangat luar biasa. Transaksi yang dilakukan sudah mencapai hampir Rp 6 juta.‘’Kami juga punya mesin penghancur sampah, namun belum kami maksimalkan,’’kata M Bisri.(jon)

MALANG-Warga RW 4 Kelurahan Kidul Dalem tetap kesulitan menghubungi kontraktor pelaksana proyek gorong-gorong di Jalan Aries Munandar yang tetap mangkrak hingga hari Rabu kemarin. Terlebih pihak kontraktor hanya datang satu kali menemui Ketua RW 4 Imam Barnawi ketika hendak menggali. Namun hingga kini mereka belum juga mau menanggapi protes warga RW 04. Hal itu ditegaskan Ketua RW 4 Imam Barnawi kepada Malang Post kemarin. Ditambahkan, pihaknya kesulitan menghubungi mereka untuk menyampaikan komplain warga. Sehingga diharapkan persoalan tersebut bisa selesai setelah mereka mengeluarkan protes melalui plakat. “Terus terang saya kesulitan menghubungi mereka (rekanan, red) datang kesini hanya satu kali, waktu itu seorang pria,” ujar Imam Barnawi. Diungkapkan bahwa pria itu menyerahkan foto kopi surat perintah mulai kerja sebagai bukti kepada pihak RW. Surat itu berasal dari CV Marlim dengan direktur Ririn Agus Irwanty. Hanya saja, kendati sudah

mendapatkan surat perintah, ternyata pihak CV tak kunjung mengerjakan proyek.“Kalau sampai keduluan goronggorong di Aries Munandar atas dan Zainul Arifin, maka bisa bahaya,” imbuh Barnawi sapaan akrabnya. Kenapa berbahaya? Sebab, pertemuan gorong-gorong itu ada di depan gang 6 A pintu perkampungan warga RT 3. Jika gorong-gorong di Jalan Aries Munandar belum selesai, maka limpahan air dari gorong-gorong atas akan tersumbat.“Nanti air yang tersumbat pasti mengalir ke kampung kami.Maka bisa habislah warga RT 3,” katanya. Warga RT 3 memang berdomisili di bawah hotel Ollino, di dekat sungai Brantas. Kondisi mereka yang berada di daerah lebih rendah, membuat air dipastikan mengalir ke kampung itu. Atas dasar itulah, warga mendesak agar pihak rekanan segera bertindak.“Saya tak menanggung kemarahan warga, selama ini sudah kerap ngedem-ngedem warga,” tandasnya. Sementara itu, Malang Post yang mencoba menghubungi nomor CV Marlim juga gagal. Beberapa kali ditelepon, tak ada respon dari pihak kantor CV yang beralamat di Sumberwuni Lawang tersebut. Padahal, sikap pihak kontraktor tersebut sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan dengan warga seperti ini.(ary/nug)

FORUM RAKYAT BERSATU

Usulkan Satu Angka UMK MALANG-Para buruh yang tergabung dalam Forum Rakyat Bersatu Malang berkirim surat kepada Wali Kota Malang H.M Anton, kemarin. Surat itu mendesak Wali Kota untuk mengusulkan satu angka UMK 2014 saja kepada Gubernur Jawa Timur. Satu angka itu usulan dari Dewan Pengupahan unsur serikat buruh/pekerja Rp 1.989.415,36. Hal tersebut ditegaskan Humas Forum Rakyat Bersatu Malang Safril M kepada Malang Post, kemarin. Forum ini diikuti Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI), Serikat Buruh Sosialis Indonesia Malangkucecwara (SBSIM), Front Mahasiswa Nasional dan Komma. “Kami mendesak Wali Kota Malang hanya mengajukan usulan dari unsur serikat buruh saja Rp 1.989.415,36,” tegas Caping sapaan akrabnya,kepada Malang Post. Sebab, biasanya Wali Kota mengusulkan dua angka, dari unsur buruh dan Apindo. Kata Caping, Apindo sendiri mematok UMK 2014 sebesar Rp 1.825.930,08. Apindo menolak angka transportasi empat kali untuk buruh dan hanya setuju transportasi dua kali.“Apindo juga menolak peningkatan kualitas listrik Rp 120 ribu, dan setuju Rp 80 ribu saja,” tegas pria yang juga Biro Advokasi dan Hukum SBSIM itu. Sehingga, Wali Kota diharapkan berpihak kepada buruh dengan mengusulkan satu angka UMK saja. Selama ini biasanya mengusulkan angka jalan tengah. Dikhawatirkan jika itu terjadi malah merugikan kaum buruh.“UMK biasanya disahkan oleh Gubernur pada 22 November 2013, maka sebelum disahkan Wali Kota dan Bupati akan mengirimkan angka usulan sebelum ditetapkan 18 November,” tandas dia.(ary/nug)

Dugaan Korupsi Pengadaan Tanah

Kejari Panggil Mantan Rektor UIN Maliki MALANG-Kejaksaan Negeri Malang melayangkan panggilan kepada mantan rektor maupun pejabat rektorat UIN Maliki. Hal itu guna menindaklanjuti penyidikan terhadap kasus korupsi pengadaan tanah dengan kerugian negara sekitar Rp 4 miliar. Sebelumnya, Kejari dikritisi oleh HMI UIN Maliki karena dinilai tebang pilih dalam menetapkan tersangka. Menanggapi hal itu, Kepala Kejaksaan Negeri Malang Munasim SH MH bersikap bijaksana. Munasim mengaku gembira melihat apresiasi maupun perhatian dari kalangan mahasiswa. Dia meminta agar para mahasiswa terus mengawal kasus tersebut hingga tuntas.’’Wah bagus sekali kami dapat perhatian dari adik-adik (HMI UIN),” ujar Kajari kepada Malang Post. Dia menegaskan bahwa pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada sejumlah pihak. Hal ini seperti janji Kajari bahwa dalam kasus itu

Munasim SH MH masih berpotensi ada tersangka lain dari pihak UIN. Sebab, Kajari mengusut kasus itu secara bottom up atau dari bawah ke atas.“Ya beliau (mantan rektor, red), yang kami panggil yang pejabat terkait pengadaan tanah,” aku Munasim Alfia Hadi Ma’arif Humas

Forum HMI UIN Maliki pernah menegaskan bahwa seharusnya pihak UIN bisa dijerat dengan UU No. 20 Tahun 2001 No. 31 Tahun 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi. Dalam hal ini, Kejaksaan diharapkan lebih jeli dalam menyidik kasus tersebut.

Ingatkan Kaji Kenaikan Pajak Kost

pihak yang mengetahui tentang proses dan prosedur dalam pembebasan lahan tersebut,” urainya.(ary/nug)

RIZAL FANANY/MALANG POST

DESAK : Para buruh meminta Wali Kota Malang mengusulkan satu angka UMK saja kepada Gubernur Jawa Timur.

Segera Evaluasi... Sambungan dari Halaman 9

Sambungan dari Halaman 9

“Sedangkan kost-kostan untuk kelas menengah kebawa sebaiknya tidak dikenakan kenaikan pajak kost,” kata dia. Sebab Bambang kawatir, jika kenaikan pajak kost diberlakukan secara menyeluruh maka penghuni kost bakal terkena dampak. Yakni sewa kost akan dinaikan oleh pemilik kost lantaran adanya kenaikan pajak kost. “Sementara disisi lain, kost-kostan kelas menengah kebawah banyak ditempati mahasiswa yang berasal dari keluarga pra

Tersangka yang ada, belum begitu signifikan, tendensius, dan tebang pilih. Sebab, proyek pembebasan lahan yang menggunakan APBN ini adalah dalam kuasa pengguna anggaran UIN Malang. Sehingga secara hukum sebagai penanggung jawab dalam penggunaan anggaran adalah pihak UIN. Dalam hal ini adalah, Panitia Pelaksana Pembebasan Lahan, Pejabat Pembuat Komitemen (PPK), dan Kuasa Pengguna Anggaran UIN Malang. HMI UIN Maliki mendesak, Kejari harus mendalami dugaaan keterlibatan dan pelanggaran normatif hukum Tipikor dari seluruh struktur yang ada. Baik PA, KPA, maupun PPK. Termasuk harus menggali informasi dan mengkroscek Prof. Dr. Imam Suprayogo, Prof. Dr. Mulyadi, Hengki Wahyu Irawan, Dr. FaridHasyim, Dr. Jamalulail dan Musleh Heri. “Karena mereka semua adalah pihak yang memiliki hubungan struktural, dan termasuk

sejahtera. Hal ini agar menjadi perhatian serius,” katanya. Wakil rakyat dari Lowokwaru ini juga mengingatkan tentang perlunya perwali sebelum pemkot menaikan pajak kost. Dalam perwali tersebut lanjut dia, harus dijelaskan tentang kriteria kost yang dikenai kenaikan pajak kost. ”Sosialisasi secara masif juga harus dilakukan oleh pemkot. Sehingga masyarakat tak kaget dengan adanya kebijakan tersebut,” pungkasnya. (van/nug)

Pria yang akrab disapa Mbah Tolet ini berharap pemotor taat aturan berlalu lintas. Yakni tak menerobos satu jalur. Sehingga semua pengemudi nyaman dan aman saat berada di jalan. Juned, pengemudi angkot jalur AL lainnya dan Soleh, pengemudi angkot jalur ADL juga mengungkapkan hal yang sama. Selama ini pemotor sering masuk ke jalur khusus angkot dan membahayakan pengendara lain. (van/nug)

Setuju Satu Arah Sambungan dari Halaman 9

“Selain itu, saya ingin Kota Malang bebas dari macet, agar masyarakat makin mudah dalam berkegiatan,” kata lulusan SMPK St. Maria I itu. Terkait kemacetan, Rika mendukung upaya pemerintah dalam membuat jalur satu arah di kawasan Betek dan Sumbersari. Meskipun sebagian masyarakat harus jalan memutar untuk mencapai tujuan. Rika ya-

kin, semakin lama, jalur satu arah itu bakal memiliki manfaat bagi masyarakat.“Aku setuju sekali dengan kebijakan itu, pasti nanti jalan tidak akan macet lagi, walaupun untuk beberapa tujuan terasa lebih jauh karena memutar,” terang alumni SMA Negeri 2 Kota Malang ini. Terkait bidang kerjanya, Rika mengaku suka dengan lingkungan kerja

yang nyaman. Sebab partner kerjanya juga mendukung dan sangat menyenangkan. Mereka bisa menjadi semangat dalam menghadapi tekanan pekerjaan maupun deadline kerja.“Ya kerja keras wajib hukumnya, apalagi sekarang juga sibuk launching produk baru,” tandas S.1 Adm. Negara Unmer Malang ini.(ary/nug) REDAKTUR: SRI NUGROHO, LAYOUTER: DJ AMIEL


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Pamit Sama Ortu? WAJIB ITU... ”Ma, aku keluar dulu sama temen” “Pa, adek sekolah dulu, ntar pulangnya telat” ”Mama, aku mau pergi ke toko buku dilanjut nonton, pulang agak malem yaaa...” Sepatah kata yang bagi sebagian orang sangat mudah diucapkan, namun ada pula yang merasa aneh untuk mengatakannya. Izin kepada orang tua, yups! bahkan ada sobat M-Teens yang sengaja kabur dari rumah untuk main bareng teman tanpa izin lho. Dahulu, meminta izin kepada orangtua merupakan hal wajar bagi para remaja, biasanya mereka

melakukannya ketika akan berangkat ke s e k o l a h d a n p e rg i bermain. Secara perlahan, sekarang tradisi itu mulai ditinggalkan, meskipun tidak semua remaja modern melakukannya sich. Berbagai alasan muncul, salah satu contohnya mereka malu (meminta izin) di hadapan teman-teman, karena dianggap masih seperti anak kecil.

Padahal, malu tak bisa dijadikan alasan yang tepat untuk tidak pamit kepada orang tua. Seperti yang diungkapkan oleh Abdurrachman Salim Nabhan, siswa SMAN 9 Malang, bahwa pamit pada ortu itu sangat penting, karena anak pasti akan mendapat ridho Allah jika sudah memperoleh ridho dari dari orang tua. Wuiiih, agamis nich, hehehe. Abdurrachman mengaku tidak pernah malu, meskipun harus melakukan cipikacipiki ketika berpamitan pada kedua orangtuanya di hadapan teman-temannya. Karena menurutnya, semua itu merupakan kewajiban anak terhadap orangtua. Hal ini diamini juga oleh Naura Adibah, siswi SMPN 6 Malang, tentang bagaimana pentingnya meminta izin kepada orang tua. Hal ini dia lakukan agar ortunya tidak khawatir mencari. Dan kalau ada apaapa di jalan biar gampang ngehubungi

orangtua,” imbuhnya. Kebiasaan meminta izin ini sudah dilakukannya sejak kecil, meskipun dalam keadaan sedang marah dia tetap berpamitan. “Pernah gak dibolehin keluar, yah nurut aja tetep di rumah,” imbuhnya sambil tersenyum. Berbeda dengan yang dialami oleh Wika Yuli, siswi SMAN 1 Malang, yang sekarang tidak pernah pamit ke orangtuanya. “Kalau dulu masih di rumah ya selalu pamit, tapi sekarang kan ngekos jadi gak pernah lagi pamit ke orang tua,” ucapnya. Siswi asal Turen ini mengaku, betapa pentingnya meminta izin kepada orang tuanya ketika akan bepergian, agar mereka tidak khawatir. Pelajaran yang tidak pernah dia dapat di sekolahnya ini telah diajarkan oleh kedua orantuanya semenjak masih kecil. (*/han)

11

Karakter dalam kata Pamit Eviatun Khaeriah, SPSi, MSi. BK SMKN 2 Malang ”PAMIT ke orang tua itu merupakan bentuk karakter yang harus dibiasakan sejak kecil. Karena mengembangkan karakter tanggung jawab, disiplin dan jujur pada anak. Lagi pula dengan pamit atau meminta izin kepada orangtua, dapat mengurangi kekhawatiran orangtua dan anak pun akan mendapatkan ridho Allah lho.(*/han)

Takut Dimarahi Ineke Adelia - SMPN 13 Malang “AKU pamit ke orang tua supaya mereka nggak khawatir. Ya pamitnya ngomong kalau mau ke sekolah, ke rumah temen, terus cium tangan. Dari kecil sudah diajarin buat pamit sama nenek. Dari sana aku tahu kalu pamit ke orang tua itu penting. Kalau nggak diizinin pergi ya nurut, soalnya takut dimarahin.” (*/han)

TEKS: KRESNA TRIWAHYUNING - KURNIATUL HIDAYAH / UNIV. BRAWIJAYA FOTOGRAFER: GUEST GESANG/MALANG POST

Kompromi Sama Ibu Ryan Muhammad, SMKN 2 Malang ”KEBIASAAN pamit sebelum keluar rumah itu diajarkan oleh kedua orang tua sejak kecil. Pernah ada pengalaman nekat keluar rumah, tanpa izin orang tua dan akhirnya aku kecelakaan masuk selokan, dan sekarang gak diulangi. Kalau sampai lupa pamit, pulangnya kompromi dulu sama ibu, biar gak dimarahin. (*/han)

KECELAKAAN Gara-gara PERGI TANPA IZIN Pamit Itu KEWAJIBAN WIDYANA Andika Adi Krisna mempunyai pengalaman buruk saat lupa berpamitan kepada orang tua. “Dulu itu pernah nekat keluar rumah tanpa sepengetahuan mereka (orang tua). Aku mau latihan dance ke sekolah dan di rumah itu lagi ada kegiatan. Nggak taunya di jalan malah kecelakaan. Pas pulang dimarahin, tapi yah dirawat sampai sembuh,” ujar siswa berkacamata ini. Cowok yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Perwakilan Kelas ini, juga menceritakan pengalaman buruk lainnya ketika tidak pamit. “Kalau nggak pamit ke orang tua sering kejadian tementemenku pada nyebelin. Nggak tahu kenapa, tapi aku ngerasa mereka jadi nyebelin. Mungkin ada hubungannya juga dengan izin dari orang tua. Kalau udah gitu main pun jadi nggak seru,” jabarnya. Adi, panggilan akrabnya, yang dibesarkan dari keluarga yang mempunyai basic organisasi, sudah diajarkan kebiasaan berpamitan semenjak kecil. “Dulu yang ngajarin pamitan itu nenek, soalnya papa mama kerja. Jadi kebiasaan aku, sekarang kalau mau keluar pamit dulu, walaupun cuma sebentar dan ke depan rumah aja,” ungkapnya. Mantan komandan utama Paskibra sekolah ini punya cara dan alasan tersendiri untuk pamit kepada orang tuanya. “Kalau waktu kecil dulu pamitnya pakai cium pipi segala. Tapi seiring berjalannya waktu, sekarang cium tangan papa mama aja. Soalnya menurutku kalau cium pipi itu kayak anak manja saja,” jelasnya. Adi merasa lebih nyaman kalau pergi dapat izin dari orang tua. “Nggak pernah sampai kelupaan. Bagiku pamit itu kewajiban,” tutupnya. (*/han)

DARI total responden M-Teens, sebagian besar mengaku selalu berpamitan kepada orang tuanya saat akan keluar rumah, hanya 20 persen saja yang enggan berpamitan dengan segala macam alasan. Itu menunjukkan, masih banyak sobat M-Teens meneruskan tradisi mulia ini. Bahkan, mereka juga tetap patuh seandainya tidak mendapatkan izin, setidaknya ada 59 persen sobat M-Teens yang termasuk golongan ini. Sedangkan sisanya, 29 persen akan tetap nekat pergi tanpa izin dan 12 persen meneruskan perjuangan untuk mendapatkan izin dengan merayu ortu mereka. Meyda Sabiela, siswa SMAN 1 Malang selalu berpamitan kepada sang mama karena papanya masih belum ada di rumah. “Iya, papa kan kerja. Aku biasanya cium tangan bilang mau pergi kemana, pulang jam berapa. Tapi pernah nggak pamit ke orang tua

soalnya terburu buru,” ujarnya. Saat ia keluar rumah tanpa pamit, orang tuanya selalu menanyakan kepergiannya tersebut dan melakukan interogasi ringan. Menghadapi hal itu, dara berambut pan jang ini pun memberikan penjelasan tentang aktivitasnya tersebut, siapa saja teman-teman yang ikut dan kemana saja mereka pergi. “Ya kalau nggak ditanyain diem aja sih,” ucapnya lantas tertawa. “Biasanya kalau nggak diizinin keluar aku ngambek, tapi besoknya uda lupa,” tambahnya. Berbeda halnya dengan pengalaman Valentinus Febri Sanjaya, siswa SMPK Sang Timur ini mengaku nggak pernah lupa untuk berpamitan dengan orang tua

sebelum keluar. Namun, ia juga pernah punya pengalaman buruk saat membantah orang tuanya dan nekat keluar tanpa izin. “Dulu pernah dibilangi nggak boleh keluar, tapi bandel ajah. Nggak tahunya malah jatuh, kecelakaan. Wah, habis itu selalu patuh dech,” jelasnya. Sama halnya dengan Valentinus, Rizky Hidayah juga mempunyai pengalaman yang serupa. Rizky yang bersekolah di SMKN 2 Malang, mulai biasa berpamitan ketika duduk di bangku SMP. “Kalau SD gak pernah pamit. Soalnya orang tua juga mikirnya kalau main gak bakalan jauh,” jelasnya. “Saat pamit terus nggak diizinin, pernah nekat keluar. Pas pulang dimarahin dan dibilang mau dipindahin ke Jakarta,” tambahnya. Siswa berpostur jangkung ini mengaku nggak pernah kualat, tapi ia sadar bahwa orang tua sebenarnya khawatir kalau sampai ia pergi tanpa pamit. “Kalau lupa pamit itu kadang ditelepon, ditanyain dimana gitu,” ungkapnya. Gimana dengan kamu, Guys? Apa kah k a m u j u g a masih menganggap berpamitan itu penting? Apa justru pernah ketiban sial karena nekat? Nggak pamit, nggak deh. (*/han)

Nggak Pamit, Nggak Cemas Satria Bagus – SMPN 6 Malang ”PAMIT itu penting soalnya biar nggak dicariin. Sebelum keluar rumah, aku biasanya cium tangan ke kedua orang tua. Tapi pernah juga sih nggak pamit, tapi aku nggak ngerasain cemas sih. Nah, kalau terlanjur pamit terus nggak boleh keluar, ya nurut ajah.” (*/han)

Tergantung Izin Ortu Okky Hidayat Putra, SMPN 18 Malang “AKU selalu pamit sama orangtua, setiap mau pergi kemana-mana, agar orangtua tidak cemas kasihan juga sama mereka. Meskipun mau keluar ke acara favorit sama teman, kalau gak dibolehin orangtua ya nurut aja. Ini semua sudah kebiasaan dari kecil. (*/han)

REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


12

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Unisma Siapkan Kuota Khusus Yatim Piatu

SDN BANDUNGREJOSARI 1

Seriusi Dua Ekskul Baru, Musik dan Perpustakaan MALANG – Ada dua ekskul yang saat ini tengah digarap di SDN Bandungrejosari 1. Keduanya adalah ekskul musik dan perpustakaan. Di awal keberadaannya, ekskul musik memang belum menunjukkan eksistensinya di luar sekolah. Alat musik yang dimiliki juga belum lengkap namun sekolah terus memberikan atensi khusus kepada ekskul tersebut. Waka Humas SDN Bandungrejosari 1, Heru Susanto M.Pd mengungkapkan, sekolah mengupayakan berbagai cara agar ekskul ini mampu tampil di depan publik, seperti ekskul-ekskul lain di sekolah tersebut. “Semakin sering anggota akskul musik tampil, akan semakin besar pula kepercayaan orangtua siswa dan masyarakat kepada ekskul ini. Jika kepercayaan mereka sudah kami dapatkan, siswa akan semakin bersemangat dalam latihan dan berani mengambil inisiatif untuk membeli alat musik sendiri selain alat yang kami sediakan,” terang pria berkacamata ini. Heru Susanto M Pd Selain ekskul musik, ekskul perpustakaan juga akan segera menjadi ekskul SDN Bandungrejosari yang rencananya diwajibkan kepada siswa kelas 1, 2 dan 3. Ekskul ini rencananya dimulai setelah renovasi perpustakaan selesai. Heru menjelaskan, saat ini sekolah sedang melakukan pembangunan perpustakaan IT. Setelah perpustakaan IT diresmikan, jadwal ekskul perpustakaan akan segera disebar ke setiap kelas. Teknis pelaksanaan ekskul perpustakaan sendiri, menurut penuturan Heru, akan dibuat per kelompok. Masing-masing kelompok akan didampingi oleh seorang guru dalam setiap kunjungan mereka ke perpustakan. Di perpustakaan, mereka melakukan kegiatan-kegiatan kepustakaan sesuai dengan tingkat kelas. Misalnya membahas buku cerita, mengarang, membuat resensi sederhana, atau sekadar sharing tentang buku favorit. “Agar tidak bosan, nanti akan diselingi dengan tampilan multimedia, itu sebabnya kami menunggu diresmikannya perpustakaan IT untuk memulai ekskul ini, agar mengawal kegiatan siswa dengan baik dan lebih menarik,” jelasnya. Seiring bertambahnya ekskul di SDN Bandungrejosari, Heru juga mengharapkan peningkatan kualitas siswa dan guru di sekolah tersebut. Ekskul musik yang mewakili kesenian menjadi modal siswa dalam hal non akademik, sedangkan ekskul perpustakaan akan membantu siswa dalam hal akademik, terutama pelajaran Bahasa Indonesia dan pembentukan budaya gemar membaca. (ily/han)

MALANG - Universitas Islam (Unisma) Malang menyiapkan kuota khusus untuk anak-anak yatim piatu agar bisa memperoleh gelar sarjana. Program yang disiapkan pada setiap kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Unisma itu bahkan mendapat perhatian khusus dari alumninya. Menurut Wakil Rektor Bidang Publikasi dan Kerjasama Unisma Malang, Dr. H. Masykuri Bakri M.Si, menuturkan alumni Unisma memiliki kepedulian tinggi terhadap pengembangan kampus. “Alumni yang sudah sukses memberikan kontribusinya dengan menanggung biaya pendidikan anakanak yatim, baik yang mereka cari sendiri atau dicarikan oleh Unisma,” ungkap Masykuri. Walau biaya ditanggung alumni, namun Unisma masih memberikan keringanan misalnya dengan potongan dana pengembangan pendidikan (DPP) 50 persen atau

Pembiasaan Sejak Dini, Dibawa Hingga Dewasa MALANG – Di TK Plus Qurrota A’yun, kebiasaan memakai busana muslim diperkenalkan sejak dini kepada siswa. Tak hanya di sekolah, tapi juga di rumah dan di luar rumah saat bepergian, siswa dibiasakan untuk menggunakan pakaian yang sopan. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Yayasan Qurrota A’yun, Rokhmad S.Sos, kepada Malang Post saat dijumpai di kantor sekolah tersebut kemarin (12/11). Menurut penuturan Rokhmad, kebiasaan yang dipupuk sejak dini akan terbawa hingga dewasa. Termasuk kebiasaan memakai busana yang sopan. Ia mengimbau semua guru untuk menekankan hal tersebut di sekolahnya. “Berhubung sekolah kami adalah sekolah Islam, maka siswa menggunakan busana muslim. Namun sebenarnya ini tidak hanya untuk sekolah kami, tapi juga untuk semua sekolah terutama di tingkat PAUD. Jika sejak kecil siswa sudah terbiasa berbusana sopan, pembinaan saat di SD hingga kuliah nanti akan mudah,” ujar Rokhmad. Di TK Qurrota A’yun sendiri, materi tentang keagamaan dan budi pekerti luhur, termasuk aturan berbusana, disampaikan dalam setiap kesempatan. Yang paling intensif, disampaikan setiap seusai salat dhuha yang dilaksanakan di masjid Ali Musthofa, Gadang. Selain kepada siswa, Rokhmad juga berkomunikasi dengan orangtua siswa agar kebiasaan yang ditanam di sekolah dapat berjalan beriringan dengan dukungan orangtua. Lebih lanjut, pria yang juga pemerhati dunia anak tersebut menuturkan, kesopanan dalam berpakaian masih merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pendidikan karakter. “Adanya siswa di sekolah lanjutan yang memakai rok mini, jangan dibiarkan. Minimal, kita yang di PAUD ini lah yang menanamkan kesopanan budaya timur sejak dini. Masyarakat terutama insan akademik harus memiliki good behaviour yang tercermin dari tutur kata, tingkah laku, dan cara berpakaian yang santun,” turang penulis buku dongeng tersebut. Rokhmad menambahkan, digagasnya pendidikan karakter menuntut pendidik untuk selalu cerdik mencari celah untuk menyisipkan pendidikan budi pekerti dalam segala hal. (ily/han)

lan Muharram. Tapi dalam rangkaian Diesnatalis biasanya akan dilaksanakan dalam beberapa kegiatan lainnya. Kali ini dari 1000 anak yatim yang mendapatkan santunan, di antaranya sebanyak 565 anak dari Kota Malang, 253 anak dari Kabupaten Malang, 25 anak dari Pasuruan, dan 57 anak dari Kota Batu. ”Santunan ini berasal dari civitas Unisma baik dosen maupun karyawan. Termasuk pula mitra Unisma yang kami ajak ikut serta memberikan santunan ini,” bebernya. Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Surahmat M.Si dalam sambutannya di hadapan ribuan anak yatim kemarin mengajak seluruh keluarga besar Unisma untuk selalu memberikan perhatian kepada anak yatim. Dalam kesempatan itu ia juga mengajak mereka untuk berdoa bersama agar Unisma jaya, maju dan sejahtera. (oci/lim)

PERHATIAN KHUSUS: Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat M.Si menyalami anak yatim dalam Gebyar Muharram Unisma yang diisi dengan pemberian santunan kepada 1000 anak yatim.

IRA RAVIKA/MALANG POST

SIAP BERPARTISIPASI: 100 peserta Saka Bhayangkara Polres Malang Kota dari pelajar SMA dan mahasiswa akan mengikuti Jumat Bersih dan Sehat bersama Menteri BUMN besok.

3 Mobil Listrik UMM Bersaing di IEMC 2013

Saka Bhayangkara Polres Malang Kota

Kirimkan 100 Anggota dalam Jumat Bersih MALANG – 100 anggota Saka Bhayangkara Polres Malang Kota, siap ikut dalam Jumat Bersih dan Sehat bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan, Jumat (15/11) besok. Kesiapan itu kemarin dikatakan oleh Pamong Saka Bhayangkara Polres Malang Kota Sugeng Riyadi. Tidak mainmain dalam menunjukkan kesiapan tersebut, anggota Saka Bhayangkara ini membeli 100 lembar tiket. “Begitu ada info kegiatan jalan sehat, kami langsung memberitahu anggota Saka Bhayangkara, dan mereka semuanya merespon positif, semuanya ingin

ikut,’’ kata Sugeng. Pria berkacamata minus ini pun langsung menindak lanjuti dengan membeli tiket ke Malang Post. Tapi begitu, keikut sertaan anggota Saka ini membuat Sugeng harus memutar otak, apalagi hampir seluruh anggota Saka merupakan siswa pelajar SMA dan mahasiswa. Solusinya, pihaknya pun membuat surat izin untuk anggota yang terlibat atau mengikuti agenda yang digelar Malang Post ini. Menurut Sugeng, sekalipun bukan pertama anggota Saka ikut andil atau berpartisipasi dalam sebuah kegiatan

atau even yang digelar masyarakat, namun even jalan sehat ini memberi kesan lain. Salah satu alasannya, karena even ini dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Sekalipun tidak mengharapkan bisa foto bersama, tapi pria bertubuh kecil ini mengaku puas, sekalipun sebatas melihat Dahlan Iskan dari jauh. “Apalagi jika memang nanti beruntung untuk bisa berfoto bersama pak Dahlan, pasti anggota Saka semakin senang,’’ kata pria asal Pakis ini. Bukan itu saja, Sugeng juga mengatakan, agenda jalan sehat ini diharap-

kan memupuk kembali kemandirian peserta. Karena saat ikut jalan, sudah tentu mereka akan berkumpul dengan banyak orang. “Kegiatan ini bagus sekali karena memberi pendidikan kepada masyarakat untuk membiasakan hidup sehat dan bersih,’’ kata Sugeng, sembari mengatakan jalan sehat merupakan olahraga yang murah meriah. Dan paling penting, olah raga ini tidak melihat sisi usia peserta. “Olahraga ini bisa dilakukan siapapun dan kapanpun tanpa mengenal batasan usia, dan sedikit risiko,’’ tandasnya.(vik/han)

MALANG - Nyentriknya volkswagen menginspirasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merancang mobil listriknya. Rencananya mobil yang diberi nama Sang Surya V.E.V.2.0 itu akan berkompetisi di ajang Indonesia Energhy Marathon Challange 2013 yang digelar ITS Surabaya. Indonesia Energy Marathon Challenge atau IEMC 2013 diikuti oleh 53 tim dari 30 universitas. Mereka mengikuti lomba mobil hemat bahan bakar di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya pada 15-17 November. Lulus Adi Kurniawan, ketua tim Sang Surya V.E.V.2.0 menuturkan, mobil listrik karya mereka ini terinspirasi nyentriknya desain kendaraan Volkswagen. Untuk kenyamanan penumpangnya, pintu mobil didesain dengan model buka atas. ”Sebagai kendaraan jenis urban maka kenyamanan juga menjadi bagian penting dari konsep mobil listrik kami,” ungkapnya.

RIZAL FANANY/UMM FOR MALANG POST

SIAP LOMBA: Tiga mobil listrik karya mahasiswa teknik mesin UMM yang akan berkompetisi di ajang Indonesia Energhy Marathon Challange 2013 yang digelar ITS Surabaya Kendaraan ini memiliki daya tempuh hingga 56 km/kwh, berwarna ungu dan merupakan generasi mobil listrik kedua yang dibuat oleh mahasiswa UMM. Menggunakan engine electric motor 800 watt dan 48 volt. Selain mobil listrik, di ajang tersebut UMM mengirimkan

dua mobil untuk kategori prototype dan urban diesel. Ketua Tim Pembina, M Jufri, MT, mengatakan tiga mobil hemat energi yang dikirim itu memiliki tipe urban listrik, prototype diesel dan urban diesel. Ketiganya telah berhasil menembus seleksi tahap akhir dan

menyingkirkan ratusan peserta lainnya dalam tiga tahap seleksi. Dari 6 kategori lomba yang ada, UMM mengikuti 5 kategori. “Tahun lalu kami sudah pernah mengikuti lomba ini, dan pada saat itu kami meraih juara 4. Untuk tahun ini, kami optimalkan lagi dan semoga

mendapat hasil yang lebih baik,” harap Jufri yang sehariharinya mengelola Pusat Peragaan Iptek UMM itu. Dijelaskannya, masing-masing dari mobil dikerjakan oleh tim yang terdiri dari tujuh orang mahasiswa teknik mesin angkatan 2010-2011 dan dibina oleh seorang pembimbing. Ketiga mobil tersebut diberi nama, yaitu Sang Surya U.E.V 2.0 dibawah binaan Mochamad Jufri, Sang Surya ME89 UMM dibawah binaan Ir. Ali Muchtar, MT, dan Rayap Aspal yang dibina oleh ketua jurusan teknik, Ir Mulyono M.T. Diungkapkan Jufri, dengan lolosnya tiga tim mahasiswa FT diharapkan tingkat kompetitif terhadap ilmu dan teknologi mahasiswa teknik mesin menjadi semakin maju, memahami teori dan sadar akan pentingnya praktik. “Dengan ini juga mereka menunjukkan, bahwa mahasiswa gak cuma bisa demo aja, tapi juga bisa demo mobil. ” candanya. (oci/lim)

TAMU REDAKSI

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KERJASAMA: Rektor IKIP Budi Utomo, Nurcholis Sunuyeko M.Si berkunjung ke Kantor Malang Post. Nurcholis diterima langsung Direktur Malang Post, Djuniarno D Purwanto dan Manager Iklan Edi Iswanto.(oci)

SMA WIDYAGAMA

Antisipasi Bullying, Awasi Pergaulan Siswa

SOPAN: TK Qurrota A’yun membiasakan siswanya untuk memakai busana sopan baik di sekolah maupun di rumah.

juga potongan SPP. Alumni peduli ini ada di semua fakultas kecuali Fakultas Kedokteran yang masih relatif muda berdirinya. Sementara beasiswa anak yatim yang dari lembaga disiapkan setiap tahun untuk kuota sekitar 5 sampai 10 anak. Biasanya seleksi beasiswa mahasiswa baru yatim ini dilakukan bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru (maba). Sementara itu kemarin Unisma membagikan santunan kepada 1000 anak yatim bertempat di Masjid Ainul Yaqin Unisma. Gebyar Muharram ini dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Diesnatalis ke 33 Unisma Malang. ”Di lingkungan kita anak yatim banyak, karena itu kami berbagi rasa di Muharram kepada ribuan anak yatim. Jumlahnya 1000 berdasarkan kemampuan kami, dan kami berharap akan bertambah jumlahnya,” ungkap Masykuri. Biasanya lanjutnya santunan untuk anak yatim diberikan tak hanya di bu-

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

TK PLUS QURRATA A’YUN

LAILI SALIMAH/MALANG POST

13

MALANG – Senioritas dan bullying adalah istilah yang merebak di dunia sekolah, terutama tingkat SMA. Kasus bullying, mulai dari yang ringan hingga terberat yang mengakibatkan kematian, bunuh diri karena tak tahan dengan pelecehan fisik dan psikis, adalah peristiwa yang mencemari dunia pendidikan. Terkait hal tersebut, SMA Widyagama tidak mau main-main. Waka Humas dan Kesiswaan SMA Widyagama, Drs Moh Sugeng Riyono, mengatakan, sekolah sangat mewaspadai adanya jenjang pergaulan yang tidak benar di antara siswa. “Mulai dari sekadar panggilan kepada kakak kelas, hingga perlakuan kakak kelas terhadap adik kelas, diperhatikan oleh sekolah. Sesuai imbauan kepala sekolah, guru harus menegur kakak kelas yang berbicara kasar maupun memerintah tanpa mengucapkan kata tolong,” terang Sugeng. Meski dinilai remeh, Sugeng menilai, bibit-bibit perpecahan akan terpupuk subur jika guru membiarkan siswa dengan kondisi pergaulan yang tidak beretika. Namun, di sisi lain

LAILI SALIMAH/MALANG POST

AKRAB: Beberapa siswa dari kelas yang berbeda di SMA Widyagama tampak asyik belajar bersama. Keakraban yang dimiliki tidak membuat mereka kehilangan etika dalam pergaulan. juga tidak ingin siswanya kaku dalam bergaul. Penghormatan kepada yang lebih tua tidak

lantas membuat senior memiliki keistimewaan dibanding adik kelasnya. Adik kelas juga

tidak lantas boleh tidak sopan dan merendahkan senior. Untuk menjauhi kasus bullying

yang disebabkan oleh senioritas, pihak sekolah melakukan pembagian tugas secara proporsional dalam berbagai kegiatan. “Misalnya pembagian tugas pada acara peringatan 1 Muharram kemarin, kami berusaha menyeimbangkan peran antara kelas X, XI, dan XII. Kami mengonstruknya sedemikian rupa sehingga tugas mereka masing-masing bisa saling berhubungan dan membutuhkan,” tutur Sugeng. Sugeng juga menegaskan hal tersebut kepada Ketua OSIS di SMA Widyagama. Ia meminta OSIS untuk selalu membudayakan kerjasama dan persaudaraan dalam penugasan. Dalam Latihan dasar Kepemimpinan (LDK) beberapa waktu lalu, siswa juga mendapat materi tentang etika pergaulan. Tak hanya di lingkungan sekolah, dalam pergaulan dengan orang luar pun juga harus dibina. “Istilah Jawanya, unggah ungguh. Hal ini memang harus ada tanpa membatasi diri dalam berteman,” imbuh pria yang juga mengajar maple sejarah tersebut seraya tersenyum. (ily/han)

Unisma Santuni 1000 Anak Yatim GEBYAR MUHARRAM 1435 H DALAM RANGKA DIESNATALIS KE 33 UNISMA UNIVERSITAS Islam (Unisma) Malang memberikan santunan kepada 1000 anak yatim pada Rabu (13/11/13). Acara ini dikemas dalam perayaan Gebyar Muharram 1435 dalam rangka Diesnatalis ke 33 Unisma. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Ainul Yaqin Unisma dan dihadiri anak-anak yatim dari berbagai panti asuhan di Malang Raya dan Pasuruan. Kali ini dari 1000 anak yatim yang mendapatkan santunan, di antaranya sebanyak 565 anak dari Kota Malang, 253 anak dari Kabupaten Malang, 25 anak dari Pasuruan, dan 57 anak dari Kota Batu. FOTO-FOTO DAN TEKS: LAILATUL ROSIDA/ADV/MALANG POST

AKRAB: Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat M.Si berbincang dengan para wakil rektor sebelum acara dimulai BAHAGIA: Anak-anak yatim berfoto bersama pimpinan Unisma dalam acara Gebyar Muharram

TK KARTIKA IV-I

Tanamkan Disiplin Sejak Dini

LAILI SALIMAH/MALANG POST

DISIPLIN: Suasana belajar siswa TK Kartika IV-I yang akrab dan menyenangkan tidak menghalangi guru disekolah tersebut untuk menanamkan kedisiplinan.

MALANG – Kedisiplinan dan tanggung jawab menjadi salah satu senjata TK Kartika IV-I dalam mencetak siswa berkualitas. Kepala Sekolah, Kurnia Listiani S.Pd, mengatakan, kedua hal tersebut dibangun di berbagai kegiatan belajar di sekolah ini. Sebut saja dalam berseragam, siswa diwajibkan memakai aksesoris lengkap seperti ikat pinggang dan kaus kaki. Tak hanya dalam materi kelas dan peraturan sekolah, dalam permainan pun, guru TK Kartika IV-I juga memilih tema yang memperkuat kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. “Permainan tradisional memiliki peran yang besar dalam membangun kedisiplinan. Misalnya gobag sodor dan dakonan. Sedangkan permainan modern seperti lego lebih pada pembentukan tanggung jawab dan kemampuan motorik halus,” terang Elis, panggilan akrab Kurnia Lisiani. Elis menilai, salah satu faktor yang memudahkan guru di TK Kartika IV-I untuk membentuk kedisiplinan anak

adalah keluarga. Sebagian besar siswa di sekolah tersebut dibesarkan di keluarga tentara yang memiliki kedisipllinan tinggi. Terlebih lagi, perkembangan siswa di sekolah tidak pernah luput dari pengetahuan orangtua. Elis mengaku selalu melakukan sharing bersama agar kegiatan di sekolah dan di rumah tidak timpang. Dengan kedisiplinan dan tanggung jawab yang ditanamkan, tidak lantas membuat peraturan sekolah menjadi kaku, Elis mengungkapkan, tanpa harus memberi sanksi pun, siswa sudah memahami kewajiban mereka. “Pernah suatu ketika, siswa tidak mau masuk. Dia hanya berdiri di luar gerbang sekolah. Ternyata dia mengaku sungkan karena tidak memakai kaus kaki, padahal kami tidak memberi punishment,” ujar Elis. Dengan kedisiplinan dan tanggung jawab yang terbentuk sejak dini, Elis berharap sekolahnya tersebut dapat mencetak generasi yang tangguh dan berdedikasi terhadap bangsa. (ily/han)

TELADAN: Rektor Unisma, Prof Surahmat memberikan santunan secara simbolis kepada anak yatim diikuti oleh jajaran wakil rektor

SUPPORT: Wakil Ketua Yayasan Unisma, H.A. Zawawi Mochtar, SH menyerahkan santunan

DAFTAR: Sebelum acara santunan, panitia menyiapkan pendaftaran

BERBAGI: Wakil Rektor Bidang Publikasi dan Kerjasama Unisma, Dr. H Masykuri Bakri dan Wakil Rektor Bidang Akade- PENUH: Suasana Masjid Ainul Yaqin yang dipenuhi anak-anak ISLAMI: Lantunan lagu Islami dari mahasiswa Unisma membuka yatim dari sejumlah panti asuhan acara. mik, Dr. Badat Muwakhid menyerahkan santunan

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : SITI


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

14

Implan Payudara, Kehidupan Seks Meningkat? WANITA yang melakukan pembesaran payudara dengan implan telah terbukti mengalami peningkatan dalam kehidupan seks dan kepuasan hubungannya. Namun seorang psikolog mengklaim alasannya bukan semata karena ukuran payudaranya yang besar. “Alih-alih meningkatkan kepercayaan diri, faktanya uang yang telah dihabiskan untuk melakukan implan payudaralah yang mendorong peningkatan aktivitas seksual mereka,” kata psikolog, Tomi-Ann Roberts, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (12/11). “Karena kita melakukan upaya yang begitu besar dan

telah menghabiskan banyak uang serta waktu untuk fokus pada apa yang kita inginkan, kita jadi cenderung membenarkan upaya itu. Jadi peningkatan emosi positif yang mereka alami itu sebenarnya muncul karena upaya yang mereka lakukan, bukan semata karena hasilnya,” kata profesor psikologi dari Colorado College tersebut. Pendapat Profesor Roberts ini dilontarkan dalam rangka menanggapi sebuah studi dari Brazil yang menemukan adanya peningkatan gairah dan kepuasan seksual pada wanita yang menjalani prosedur implan payudara.

Studi yang dilakukan Dr. Paulo Guimaraes dan rekan-rekannya itu melibatkan 45 wanita yang berencana menjalani operasi implan payudara. Kesemuanya diminta mengisi sebuah kuesioner untuk menilai hasrat, gairah dan kepuasan seksual seksualnya sebelum operasi. Setiap pasien juga diminta untuk mengisi kuesioner yang sama dua bulan, empat bulan dan 18 bulan pascaoperasi. Tercatat 9 wanita yang mengalami stretch marks pasca operasi plastik dan tidak memperlihatkan perbaikan kehidupan seksual. Menurut American Society of Plastic

Surgeons (ASPS), stretch marks kerap terjadi pada wanita yang menjalani operasi implan payudara jika implannya jauh lebih besar daripada payudara asli pasien. Namun 36 wanita yang tidak memiliki stretch marks setelah dioperasi mengaku mengalami peningkatan gairah seksual, termasuk lebih puas terhadap kehidupan seksnya. Partisipan melaporkan hal ini ketika mengisi kuesioner di bulan ke-4 dan ke-18 pasca operasi. “45 Wanita ini telah menghabiskan banyak waktu, uang dan usaha untuk membesarkan payudaranya karena media

massa telah meyakinkan bahwa payudara mereka tidaklah memadai, jadi kami tak heran mereka puas dengan hasilnya,” kata Profesor Roberts terhadap hasil studi tersebut. “Apalagi feminitas cenderung identik dengan kemampuan seorang wanita dalam memuaskan pasangan, dan ke-45 wanita ini telah berkorban banyak hal untuk tujuan itu. Wajar jika akhirnya mereka jadi lebih merasa atraktif di atas ranjang pasca operasi,” pungkasnya. Salah satu artis Indonesia yang ditengarai melakukan implant payudara adalah Nikita Mirzani.(jpnn/han)

Bagian Tubuh Pertama yang Dilirik Pria SAAT pertama kali bertemu seseorang, bagian tubuh mana yang pertama kali dilirik? Tentu pria dan wanita punya preferensi yang berbeda. Banyak orang beranggapan pria akan langsung menatap payudara. Menurut survei, anggapan ini ada benarnya. Sebuah perusahaan obat asal Inggris melakukan survei untuk mencari tahu apa yang pertama kali dilihat seseorang pada lawan jenis. Ternyata sebagian besar responden menjawab mata. Namun bisa jadi informasi ini kurang pas

lantaran pembuat surveinya memproduksi tetes mata bermerek Murine. “Mata biasanya memberitahu kita banyak hal tentang seseorang, jadi kita tak terkejut jika mendapati mata adalah bagian yang paling menarik dari lawan jenis,” kata juru bicara Murine seperti dilansir laman Daily Mail. Survei dilakukan terhadap 1.000 orang wanita dan 1.000 orang pria. Semua responden ditanya bagian tubuh apa yang dilihat pertama kali ketika bertemu lawan jenis. Anehnya, 70 persen responden pria menjawab mata,

begitu pula sebagian besar wanita. Survei juga menemukan bahwa hal kedua yang dilirik oleh pria maupun wanita pada lawan jenis adalah senyuman. Senyuman yang menawan jatuh di urutan nomor dua. Sementara payudara yang dianggap paling diincar pria malah jatuh pada posisi tiga, sedangkan wanita melirik tinggi badan pria. Hal terakhir yang dilirik wanita adalah kulit lawan jenis, sedangkan pria paling jarang menatap hidung wanita. “Penelitian ini hampir menghancurkan

stereotip umum bahwa hal pertama yang dilihat pria adalah payudara, ternyata malah muncul di nomor tiga, jadi tak banyak mengubah anggapan umum,” kata juru bicara Murine. Analisis serupa dilakukan perusahaan shampo Pantene. Namun hasilnya menemukan bahwa rambut adalah yang pertama kali dilirik oleh 60 persen pria dari seorang wanita. Para pria tersebut mengaku lebih suka berkencan dengan wanita berambut indah dibandingkan wanita berpayudara besar.(jpnn/han)

Masayu Anastasia

Miley Cyrus

Sibuk Kerja, BB Turun

Diramal Masuk Rehabilitasi

MASAYU Anastasia kini lebih ramping. Ia mengakui mengalami turun berat badan sangat drastic, hingga tiga kilogram. Menurutnya, kesibukan pekerjaan menjadi penyebabnya. Sebenarnya, Masayu sering diingatkan oleh sang suami Lembu agar bisa menjaga kesehatannya. Biasanya, sang suami memberitahu jika dia sudah terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan. “Wajar sih kalau suami mengingatkan. Dia bilang saya jangan terlalu sibuk. Apalagi suami pernah tahu saya sempat jatuh sakit karena terlalu lelah,” kata Masayu. Untuk menjaga tubuhnya tetap segar, Masayu punya cara sendiri. Salah satunya, dia selalu mengonsumsi asupan suplemen stamina. Tujuannya, cuma ingin kesehatan tubuhnya tetap bisa terkontrol. ”Selama ini saya coba jaga kesehatan

dengan menambah asupan suplemen. Biasanya suntik vitamin,” jelas Masayu. Ia mengatakan, kondisi tubuhnya memang sering mengalami seperti ini. Makanya, dia sendiri jarang memperhatikan perubahan tubuhnya, lantaran dipercayai bisa kembali normal. ”Seperti yoyo, gampang turun, tapi gampang juga naik. Kemarin beratku naik 3 kilogram. Dan sekarang turun lagi 3 kilogram. Jadi seperti ini deh,” imbuhnya. Biasanya kejadian naik turun itu dapat dilihat dari kesibukan yang dijalaninya sekarang. Masayu mengaku, jika sibuk syuting film, biasanya tubuhnya akan kurus. Namun, apabila jadwal syuting sedikit, akan kembali normal. “Saya santai-santai saja. Berat badan saya memang naik turun,” paparnya. Masayu mengaku, dengan

kondisi tubuhnya yang sekarang, suaminya Lembu tak pernah mempermasalahkan. Apalagi, sang suami selalu membebaskan selama tidak berlebihan. “Nggak sih, dia nggak pernah nuntut apa-apa. Kalau berat badan sekarang 43 kilogram tapi ketika baru lahir sekitar 50 an kilogram,” tutur ibu satu anak. Dia pun mengaku, olahraga yang dilakukannya itu tidak rutin seperti yang diharapkan. Pasalnya, saking banyaknya jadwal syuting membuat dirinya mengesampingkan usaha tersebut. Alhasil, energi tubuhnya hanya terkuras pada kesibukan sendiri. “Jujur saja, selama ini aku tidak ada perawatan apapun untuk membentuk tubuh ideal lagi. Kalaupun kurus karena itu kecapean kerja. Kalau pulang syuting cepat, saya ngurus keluarga. Energi terkuras banget,” tandasnya.(jpnn/han)

GAMPANG NAIK-TURUN: Berat badan Masayu bisa turun dengan gampang saat syuting sedang banyak, ketika sedikit maka akan kembali normal.

Cakra Khan

Deg-degan Bikin Skripsi PENYANYI solo Cakra Khan, tengah dipusingkan dengan tugas akhirnya untuk meraih titel sarjana. Menurutnya, mengerjakan skripsi membuat dirinya deg-degan, ketimbang mengurusi pekerjaannya sebagai penyanyi. “Sebenarnya yang bikin degdegan itu skripsi, kalau musik gak terlalu degdegan,” ucap Cakra Khan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (13/11). Walaupun begitu, peraih AMI Award 2013 sebagai Penyanyi Solo Pria Pop Terbaik itu berharap agar dirinya bisa seimbang dalam menjalani tugasnya akhirnya dengan profesinya menjadi seorang penyanyi. “Mudah-mudahan dua-duanya jalan. Skripsi lancar, nyanyi juga lancar,” harapnya. Namun, saat ini pelantun “Harus Terpisah” itu sedang fokus mengerjakan single ketiganya yang masih dirahasikannya. Rencananya dalam waktu dekat senglenya tersebut akan segera diliris. “Sekarang masih fokus di single ketiga aja, judulnya belum, masih diproses,” tandasnya. (jpnn/han)

PUSING: Salah satu yang membuat pusing Cakra adalah proses mengerjakan skripsi, dibandingkan menyanyi

LEBIh besar: Nikita termasuk salah satu artis Indonesia yang ditengarai memasang implan untuk memperbesar payudara.

Citra Scholastika

Dibuatkan Lagu oleh Piyu GITARIS Band Padi, Piyu saat ini dirundung masalah. Istrinya, Anastasia Florina Limasnax atau Flo, ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi terkait perusakan rumah Fika, istri kedua Adiguna Sutowo. Tapi di tengah masalahnya itu, belakangan Piyu jadi dekat dengan Citra Scholastika, mantan juara Indonesian Idol. Piyu beralasan, kedekatannya itu karena punya proyek kerjasama dengan Citra. “Saat saya di Yogyakarta di sebuah resto lihat ada Citra. Entah kenapa saya kerasa ada sesuatu, langsung nyantol ke saya,” kata Piyu di Kawasan Kebon Sirih Jakarta, Rabu (13/11). Setelah dari Yogyakarta, Piyu akhirnya menciptakan lagu khusus untuk Citra yang diberi judul “Alasan Terbesar”. Piyu mengakui bahwa lagu itu adalah lagu cinta yang bisa diartikan secara universal. Piyu mengungkapkan, pembuatan lagu ini tidak begitu saja selesai. Sebelum membuat lirik dan nada, Piyu terlebih dahulu membayangkan wajah Citra selama seminggu. “Itu prosesnya harus membayangkan dulu semingguan untuk bikin lagu agar cocok karakternya untuk Citra,” ungkapnya. Sementara itu, Citra mengungkapkan, kesan pertama yang terlihat dari Piyu adalah cool. Ia mengaku segan dan takut karena Piyu ngomong seadanya dan kurang bercanda.”Tapi di saat serius dan fokus dia sangat detail untuk soal nada. Sebelum kita ketemu dia memahami karakter suara Citra,” ungkapnya. Citra mengakui di awal perkenalannya dengan Piyu, ia sangat takut karena khawatir tidak bisa diterima dengan baik. Penyanyi yang sering berganti model rambu itu dihantuai perasaan tidak bisa memuaskan Piyu. “Agak bahaya nih, takutnya kurang memuaskan. Sikap dinginnya mas Piyu itu membuat aku gak menggampangkan proyek ini,” kata Citra menyanjung.(jpnn/han)

KERJASAMA: Citra bekerjasama dengan Piyu Padi.

AKSI kontroversial Miley Cyrus yang makin menjadi-jadi diramal bakal berujung masalah. Kelak, hari-hari penyanyi 20 tahun yang gemar menari seronok di atas panggung ini, bakal dihabiskan di panti rehabilitasi. Suatu saat nanti, Miley bakal tak kuat dengan sorotan publik yang terus membayanginya hingga berujung pada gangguan kejiwaan atau penyalahgunaan obat terlarang. Ramalan diucapkan penyanyi Inggris, Robbie WIlliams, yang diumur 16 tahun berhasil menggapai ketenaran bersama boyband “Take That,” kemudian harus keluar masuk panti rehabilitasi karena tak mampu mengatasi berbagai permasalahan akibat popularitas yang didapatnya itu. “Aku pernah seperti Miley. (Ketenaran) akan menghancurkan hidupmu,” ucap Robbie seperti dikutip dari news.com, Rabu (13/11). Bagi Robbie, Miley saat ini seperti anak kecil yang sedang memberontak dan ingin mendapat perhatian lebih dari orang tua, orang-orang terdekatnya atau industri musik yang berhasil membesarkan namanya. Namun dibalik itu semua, penyanyi “Wrecking Ball” ini tak pernah sadar sorotan publik yang sedang didapatnya itu suatu saat akan mengubah jalan hidupnya ke arah lebih buruk. “Miley cantik, albumnya juga bagus. Tapi aku tahu sorotan publik dan media padanya terlalu kuat hingga tak ada orang yang mampu melawannya, tak terkecuali seorang bintang yang tenar sejak kecil,” ucap Robbie. Miley terkenal sejak umur 8 tahun lewat serial TV garapan Disney Channel “Hannah Montana.” Dibantu ayahnya yang penyanyi country Billy Ray Cyrus, karier bekas kekasih Liam Hemsworth ini makin meroket. Puncak kehebohan yang dilakukan Miley berlangsung Agustus lalu, saat dia menari seronok saat tampil bersama Robin Thicke di acara MTV Video Music Award. Miley tak pernah menyesal dengan ulahnya tersebut, bahkan terus mengulanginya di berbagai acara atau dalam video klip untuk album terbarunya “Bangerz.” (jpnn/han)

TENAR MEMBAWA KONTROVERSI: Miley Cyrus dinilai tak mampu mengatasi popularitas yang diperoleh sejak muda. REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

15

PNS Mutasi Masuk, Tak Boleh Protes Sekalipun Ditempatkan di Daerah Terpencil BATU – Para PNS mutasi masuk ke Kota Batu, tidak boleh berharap menjadi pejabat eselon. Masalahnya, mereka sudah membuat pernyataan tak menuntut jabatan dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kota Batu sebelum masuk ke lingkungan Pemkot. ‘’Kalau PNS mutasi masuk ke Kota Batu menjadi staf selamanya di sini, mereka tidak boleh protes. Masalahnya mereka sudah membuat surat pernyataan tidak menuntut jabatan sekaligus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kota Batu,’’ tegas Sekda Kota

Batu, Widodo kepada Malang Post. Menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan ini, Kota Batu memiliki beberapa kawasan yang dianggap terpencil. Kawasan itu antara lain Dusun Brau Desa Gunungsari, dan Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji. Selama ini, PNS di lingkungan Pemkot enggan ditempatkan di kedua wilayah itu lantaran sulitnya akses. Dari 61 PNS mutasi masuk ke lingkungan Pemkot yang sempat diributkan itu, kata dia, mayoritas adalah guru. Tenaga mereka justru sedang

sangat dibutuhkan, untuk kepentingan pendidikan di Brau maupun Desa Sumberbrantas, karena Pemkot terus berusaha meningkatkan pendidikan di seluruh kawasan. Dia menilai, sesulit apapun lokasi tugas di Kota Batu, masih lebih enak dibanding daerah asal mayoritas PNS mutasi masuk itu. Sebut saja, ada guru yang pindahan dari pedalaman Kalimantan. Ada pula pegawai yang bertahun-tahun bertugas di Aceh, bahkan ada seorang tenaga medis yang bertugas di pedalaman Madura selama 16 tahun.

‘’Kalau mereka ditempatkan di Brau-Gunungsari maupun Sumberbrantas, lokasinya masih cukup enak jika dibanding daerah asalnya bekerja,’’ tambah pria berdomisili di Perumahan Araya Kota Malang ini. Sekda juga sudah melakukan klarifikasi, terkait 61 PNS mutasi masuk ke Pemkot Batu dalam tahun 2010-2013 yang disebut-sebut ilegal itu. Dia menyebut proses mutasi sudah sesuai prosedur, sehingga PNS-PNS diterima di Pemkot Batu dan bekerja secara legal. “Tidak ada istilah PNS ilegal dan selundupan, karena

semua sudah sesuai prosedur. Kalau tidak sesuai prosedur kenapa sampai disini dan sekarang bisa bekerja di sini,” tandasnya. Mereka pun tidak membebani APBD Kota Batu, karena kepindahannya sudah membawa gaji APBN melalui DAU. Penambahan PNS tersebut, juga tidak menambah pegawai semakin overload, lantaran ada juga pegawai mutasi keluar ke daerah lain. Sejak tahun 2010 hingga 2013, PNS yang mutasi keluar sebanyak 168 orang, sehingga tidak masalah menerima PNS masuk. (feb/lyo)

Hindari Dimangsa Induk, Terpaksa Dipisah BATU – Koleksi satwa yang ada di obyek wisata Batu Secret Zoo, kini semakin bertambah. Penghuni ba­r u itu, Rabu (14/11) di­p er­ ke­n alkan berupa dua ekor jaguar berjenis kelamin be­ tina. Keduanya diberi nama Azwa dan Nazwa. Jenis bi­n atang buas berumur 5 bulan inipun, sekarang sudah bisa dinikmati pengunjung walaupun kondisinya masih mendiami kandang karantina. “ Dua ekor penghuni baru itu, masih kami taruh di kandang sementara. Memang mulai kami pisah dari induknya, dan nanti dipindah ke kandang yang lebih besar seperti milik induknya berukuran 15 x 16 meter persegi,” jelas Abdul Masroni, Keeper Jaguar. Kedua jaguar tersebut, sudah dipisah dari induknya sejak umur 2 bulan. ‘’ Pada usia itu, kami nilai mereka sudah bisa mandiri, mulai makan, minum

Optimis Sabet Adipura

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

CANTIK : Azwa, Jaguar betina tengah berada di kandang sementara di lokasi obyek wisata Batu Secret Zoo, Kota Batu.

juga berdiri. Dan selama sebulan, keduanya akan berada di kandang karantina itu sebelum dilepas ke kandang lebih besar,’’tambahnya. Dua jaguar unior itu, terlahir dari hasil perkawinan ke dua dari induk yang sama.’’ Yang pertama memang kami gagal

membiakkan, karena sang anak dimakan sendiri oleh induknya. Itu memang sifat asli hewan jenis itu,” tambah Masroni. Jaguar berasal dari Meksiko, ini merupakan hasil perkawinan dari induk bernama Bima dan Sinta.

Setiap dua kali sehari, Masroni rajin memberi makan, berupa daging sapi setengah matang dicampur air susu, “ Seharinya bisa habis satu kilo daging untuk seekor jaguar,” ucap pria yang sudah 4 tahun menjadi keeper jaguar itu. Dengan kehadiran Azwa

dan Nazwa, itu obyek wisata terlaris di Kota Batu, ini memiliki koleksi lima ekor Jaguar Meksiko. Sebelum beranjak dewasa, pengunjung pun nantinya bisa berkesempatan berfoto dengan dua jaguar mungil yang terlihat masih manja itu. (man/lyo)

Pelajarpun Mulai Dilatih Jinakkan Api BATU –Hampir semua siswa dan gurun SMKN 2 Batu, yang kemarin sedang serius mengikuti kegiatan belajar mengajar, mendadak semburat berlarian keluar kelas. Pangkal yang mengundang kegelisaan penghuni sekolah berlokasi di Jalan Dieng Desa Pandanrejo, Kejacamatan Bumiaji, itu tak lain munculnya kepulan asap menyelimuti komplek sekolah. Begitu berada di luar kelas, mereka makin panik lantaran ada pemandangan kobaran api yang memumbung tinggi. Seketika, muncul teriakan histris. Namun ada pula yang berlarian menuju kamar mandi untuk mengambil air menggunakan embar, ada pula yang pontang panting berusaha mencari lokasi perlindungan. Namun begitu para siswa itu sampai di lapangan sekolah tempat sumber kobaran api itu, mereka mendadak tertegun sekaligus lega lantaran di tempat itu sudah ada petugas

Pemadam Kebakaran Kota Batu. Dan ternyata, satu peleton petugas tersebut, tengah member pelatihan simulasi pencegahan bahaya kebakaran. Memang siang itu, para pelajar Jurusan Kimia sedang mendapat ketrampilan pencegahan dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran.” Kami berikan pelatihan kepada mereka, agar bila ada kebakaran tidak sampai terjadi kefatalan. Mereka bisa mencegah sendiri ketika bahaya kebakaran melanda, baik itu di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggal mereka,” jelas Santoso Wardoyo, Kepala Pemadam Kebakaran Kota Batu. Pihak PMK Kota Batu pun, memberikan penjelasan sedikit tentang bahaya kebakaran secara teori, dan setelahnya siswa – siswi diajak melakukan praktek menggunakan karung basah maupun APAR (Alat Pemadam Kebakaran Ringan) yang telah disiapkan petugas pemadam. (man/lyo)

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

CEKATAN : Para siswa-siswi SMKN 2 Kota Batu, mencoba memadamkan api mengunakan karung basah, siang kemarin.

BATU – Pemkot Batu, tetap optimis bahwa tahun depan bisa meraih Piala Adipura untuk kategori kota sedang walaupun beberapa tahun ini gagal. Optimisme itu muncul setelah tim penilai tahap pertama (P1) Adipura, sudah melakukan penilaian terhadap 60 titik di wilayah kota ini, beberapa waktu lalu. Kasi Seksi Pengawasan dan Pengendalian Lingkungan Hidup, Kantor Kehutanan dan Lingkungan (KLH) Kota Batu, Wahyu Sri Prihantono menjelaskan, tim penilai tersebut sudah turun lapangan. Malahan, pihaknya juga mendampingi langsung tim dari tingkat Provinsi Jatim itu. ‘’ Secara umum kota ini sudah siap untuk mendapatkan Adipura. Dari beberapa kriteria, rasanya kita bisa mencapainya sehingga kami optimis Adipura untuk kota sedang bisa diraih dalam tahun 2014 nanti,’’ ungkap Wahyu. Ditambahkan, P1 Adipura terdiri dari tiga orang. Mereka berasal dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Kementerian Lingkungan Hidup dan LSM Sahabat Lingkungan di Surabaya. Untuk tahun ini ada potensi baru di Kota Batu yang dimasukkan penilaian, yakni hutan kota yang diyakini mampu menambah nilai dibanding pada tahuntahun sebelumnya. Titik pantau lain yang sudah dinilai selama seharu penuh, meliputi permukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, RS/Puskesmas. Sasaran lainnya, perairan terbuka, terminal, TPA, pemilahan dan pengolahan sampah. Ada hal lain yang juga bisa menguatkan dibanding tahun lalu, TPA Tlekung yang sudah menghasilkan gas metan yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, untuk sumber listrik dan gas untuk memasak. ‘’Alun-alun, KLH, Kantor DPRD, Pasar Besar Batu sudah mendapatkan penilaian. Selain itu beberapa sekolah mulai SDN Temas 01, SDN Sidomulyo 01, SMPN 01, SMPN 03, SMAN 01 dan SMAN 02, Puskesmas Batu dan Puskesmas Beji, juga mendapatkan penilaian,’’ tegas dia.(feb/lyo)

DEMI INDONESIA Sambungan dari Halaman 16

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

JOB FAIR: Pelaksanaan job fair di Lippo Plaza Batu, selalu menarik perhatian pencari kerja.

Job Fair Diarahkan Berskala Nasional BATU – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu, tidak boleh sekedar menyelenggarakan job fair untuk lokal wilayah kota ini saja. Sebaliknya, harus memiliki skala lebih luas, yakni tingkat nasional. Untuk menjadi job fair skala nasional, perusahaan-perusahaan yang menjadi pesertapun harus berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Permintaan tersebut disampaikan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, setelah melihat pelaksanaan job fair yang berlangsung di Lippo Plaza Batu, Selasa hingga Rabu kemarin. Begitu job fair digelar dengan skala besar, maka kesempatan warga kota apel ini untuk bekerja pada perusahaan-pe-

rusahaan di luar daerah, akan terbuka luas. Untuk menyelenggarakan job fair skala nasional, Dinsosnaker tidak bisa bekerja sendiri. Melainkan harus mampu bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang lebih banyak memiliki link dengan perusahaan skala nasional. ‘’ Di sini ada perwakilan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tolong laporkan kepada Pak Menteri, dan harapanya agar job fair skala nasional bisa digelar di Kota Batu,’’ ungkap ER, sapaan akrabnya. Menurutnya, kota apel ini memiliki fasilitas untuk menggelar kegiatan skala nasional seperti job fair. Apalagi di wilayah ini banyak terdapat

hotel, dengan dukungan fasilitas lengkap. Sehingga bila job fair digelar di kota sejuk ini, perwakilan perusahaanperusahaan pun tidak akan kecewa. Tak hanya itu, pencari kerja pun tidak hanya berasal dari Kota Batu, melainkan bisa menyedor dari daerah lainnya. Nah, kehadiran perwakilan perusahaan maupun para pencari kerja tersebut, juga bisa menguntungkan Kota Batu. Lebih dari itu, lanjutnya, keberadaan perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta job fair skala nasional, juga menjadi tolok ukur warga kota ini utamanya menyangkut skil yang harus mumpuni untuk bersaing dengan para pencari kerja dari daerah lain. (feb/lyo)

Namun karena buah dari kejelian. Waktu itu, pengiriman wartawan keluar negeri hanya mungkin dilakukan oleh TVRI/ RRI atau Kantor Berita Antara, ditambah surat kabar besar saja, itu pun lebih sering saat bersama Presiden melakukan kunjungan kenegaraan. Jawa Pos, tampil fenomenal saat memberitakan langsung suksesi itu. Kehausan, atau barangkali lebih tepat keinginan agar ada reformasi di Asia Tenggara, begitu membuncah. Tiras koran pun terkerek cepat dan Jawa Pos terus merangsek ke jajaran koran besar yang terbit di daerah. Usai itu, koran daerah berlomba berkantor perwakilan di Jakarta, lagi-lagi Jawa Pos pun sukses menjadi koran nasional yang terbit dari Surabaya. Tetapi, seorang Dahlan Iskan tetaplah sosok yang sederhana dengan trade mark, kemeja putih dilinting ditambah sepatu kets meski berbagai kesuksesan sebagai seorang CEO pada Jawa Pos Grup bisa memberinya berbagai kelebihan. Presiden SBY pun, kesengsem untuk memintanya ikut membenahi persoalan negeri kita ini hingga jabatan menteri pun disandangnya, tetap dengan kemeja putih dan sepatu kets. Gebrakan dan langkah untuk membenahi sebagian dari permasalahan negeri ini, mulailah diurainya. Tak semua mulus, tapi bekerja, bekerja, dan bekerja dengan penuh keikhlasan membuatnya selalu fight dan segar dalam berbuat, Demi Indonesia. Dukungan dari berbagai kalangan untuk menyematkan salah satu the rising star pun mengalir. Inspirasi demi inspirasi dalam langkah yang diambilnya, selalu mengilhami langkah kebaikan berikutnya. Semuanya untuk Dahlan Iskan, eh.. Demi Indonesia. (Penulis, Ketua PHRI Kota Batu dan Sekjen Insan Pariwisata Indonesia)

Museum Angkut, Pertama di Asean Sambungan dari Halaman 16

Syaratnya, minimal berpendidikan lulusan SMA/sederajat, dan diutamakan warga kota ini. Syarat lainnya, penampilan menarik dengan tinggi badan ideal baik laki-laki dan perempuan. Kesemuanya calon karyawan itu, diutamakan bisa mengemudikan mobil atau motor berkopling. Karyawan layak punya keahlian itu, karena Museum Angkut akan sering melakukan parade show menggunakan kendaraan-kendaraan berkopling. Selain itu kebutuhan karyawan untuk petugas entrance, kasir dan edukator kendaraan. ”Mereka nanti akan berkostum sesuai zona masing-masing. Misalnya dalam entrance, ada petugas berkostum pilot. Zona Batavia, petugasnya berkostum ala Batavia, Zona Eropa, Amerika juga menyesuaikan ciri khas negera itu,” pungkas Titik. (feb/lyo) REDAKTUR: SAMSUL, NUGROHO, LAYOUTER: SLATEM


KOTA WISATA

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Museum Angkut, Pertama di Asean Ada Mobil Bung Karno, Boeing 737 hingga Pasar Terapung BATU - Museum angkut, objek wisata terbaru di Kota Batu ditargetkan selesai sekaligus soft opening akhir Desember mendatang. Objek wisata berlokasi di Jalan Abdul Gani Kelurahan Nggalik ini, merupakan konsep wisata pertama di Indonesia bahkan Asia Tenggara. ”Konsep wisata Museum Angkut seperti ini ada di Amerika. Jadi untuk di Indonesia maupun negara-negara Asia Tenggara, kami jamin yang pertama,” ungkap Titik S Ariyanto, Manajer Museum Angkut Kota Batu kepada Malang Post. Wahana utama Museum Angkut ini, akan menampilkan kendaraan-kendaraan berbagai daerah di nusantara dan dunia. Seperti kendaraan semasa Presiden RI Soekarno, yang pernah didisertakan dalam pawai Batu Flora Festival, Sabtu lalu. Mobil kuno Bung Karno ini, merupakan salah satu kendaraan yang disuguhkan kepada wisatawan. Belum lagi aneka kendaraan seperti sepeda motor Zundap dan motor gede lainnya, perahu, kapal laut, bahkan pesawat terbang. “ Di Museum Angkut itu, nanti ada zona per zona. Misalnya Zona Batavia, menampilkan kendara-

timbal dan makanan khas lain akan disediakan. Sebelum soft lounching, pihak manajemen terus melengkapi koleksi kendaraan serta menata wahana. “ Kami juga menunggu pesawat Boeing 737, yang menjadi salah satyu koleksi unggulan kami. Nanti pesawat itu bakal dipasang pada

Oleh : UDDY

LOKASI: ER meninjau langsung kondisi Lokasi Job Fair di Lippo Plaza batu

RAMAH : Kepala BKD Kota Batu Achmad Suparto memberikan sambutan dalam acara Bimbingan Teknis Kinerja PNS di Hotel Kusuma Agrowisata SAPA: ER menyapa Kader Puskesmas dalam peringatan HKN di Lapangan Dinas Kesehatan Kota Batu

SYAIFUDIN

DEMI INDONESIA

Baca Museum... Hal.15

Baca Demi... Hal.15

Pemkot Batu Gelar Empat Kegiatan Sekaligus

Job Fair, HKN, Bimtek Keuangan dan Kinerja PNS

16

salah satu wahana atau top wahana,” tambah Titik di sela-sela seleksi karyawan di arena Job Fair Lippo Plaza Batu, kemarin. Dalam job fair yang digelar dua hari oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Pemkot Batu, ini Museum Angkut akan menerima 17 karyawan.

KOLEKSI: Kendaraan kuno koleksi Museum Angkut, yang sempat disertakan pawai Batu Flora Festival, pekan lalu. yang ada di Kalimantan. Begitu wisatawan menikmati kuliner, mereka benar-benar seperti berada di daerah aslinya. Museum Angkut, nantinya juga mendatangkan aneka kekayaan kuliner yang ada di negeri ini. Makanan khas masing-masing daerah, seperti Gudeg Jogja, sate madura, nasi

Telp. 0341 - 592 967

JIKA dulu pahlawan kita haruslah bertempur di medan laga, dengan segala keterbatasan namun tanpa pernah merasa takut sedikit pun, itu karena Beliau-Beliau itu memang ingin berbuat melebihi dari yang seharusnya. Bagaimana bambu runcing harus melawan senapan mesin, meriam bahkan hingga tank dan pesawat tempur dengan kemampuan militer terlatih, toh semua akhirnya bisa diatasi. Kesempatan-kesempatan seperti itu, kini pun masih terbuka peluang. Bagaimana seorang dokter yang mengabdikan hidupnya di pulau terluar, atau dokter-dokter yang memiliki spesialisasi, dokter di medan perang. Juga guru-guru kita yang rela mengajar di pedalaman dengan berbagai risiko yang barangkali bisa saja mengancam jiwanya, atau ceritacerita heroik lainnya masih disekitar keterbatasan. Tren kini melahirkan heroisme disekitar kelebihan. Jika di luar kita mengenal Steve Jobs, Warren Buffet dan masih banyak pribadi lainnya yang berbuat lebih karena kelebihannya, di negeri kita juga banyak yang mampu melakukannya. Jika kita rutin nonton Kick Andy, banyak cerita inspiratif yang mampu membangkitkan semangat, heroisme, rasa cinta, kebanggaan dan aura-aura positif lainnya. Satu diantaranya adalah seorang Dahlan Iskan. Kisah hidup sahabat kita yang kini menjabat Menneg BUMN ini, pasti menginspirasi. Saat penuh keterbatasan, dia tetap mampu bertahan dan meyakinkan diri bahwa kita memang tak boleh menyerah pada keterbatasan. Bahkan keterbatasan itu akan memberikan banyak pelajaran pada kesederhanaan. Dan kesederhanaan itulah yang akan mampu mengajarkan kehidupan yang paripurna. Suratan hidup Abah Dahlan, begitu kita selalu memanggilnya, banyak terpengaruh pada kemampuan beliau mencermati serta membaca tanda-tanda. Yang gampang diingat saja, Jawa Pos tentu tidak tiba-tiba menyeruak besar seperti yang sekarang ini, apalagi jika kita lihat kokohnya Graha Pena. Gedung menjulang dengan pena raksasa, seolah menyemangati kita semua bahwa insan pers akan menjadi bagian penting di negeri ini. Ketika mengirimkan Nany Wijaya, seorang wartawati muda ke Filipina untuk menjadi saksi sejarah suksesi di negeri itu, sesungguhnya bukanlah tugas jurnalistik semata.

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

an-kendaraan dari Batavia (Jakarta), Zona Borneo, Selebes, Zona Eropa, Amerika dan lain-lainnya pun sudah diatur,” tambah mantan Manajer Marketing Jatim Park 1 Kota Batu ini. Tidak hanya kendaraan, kebedaraan alat angkut itu juga dipadukan dengan pusat kuliner. Bahkan dilengkapi pasar terapung, seperti

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu

BERSAMA: Wali Kota Batu Eddy Rumpoko bersama Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu, Eko Suhartono dan staf Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berpose bersama

BUKA: Staf dari Kemenakertrans membuka secara resmi Job Fair di Lippo Plaza Batu

PEMKOT Batu menggelar empat kegiatan sekaligus, Selasa (12/11) dan Rabu (13/11). Kegiatan itu antara lain Job Fair di Lippo Plaza Batu, Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kantor Dinas Kesehatan, Bimbingan Teknis Pedoman Penyusunan dan Penilaian Kinerja PNS di Hotel Kusuma Agrowisata Batu dan Bimbingan Teknis Keuangan di Hotel Ibis Malang

SIMBOLIS: ER menyerahkan kunci ambulan bantuan Bank Jatim kepada Kepala Dinas Kesehatan, Endang Trininingsih

ANTUSIAS : Para pelamar kerja mengisi aplikasi kerja di booth Jawa Timur Park Grup

HIBURAN: Anak-anak menyuguhkan tarian dalam peringatan HKN.

FOTO : HUMAS PEMKOT BATU FOR MALANG POST / MUHAMMAD FIRMAN /MALANG POST, TEKS : FEBRY SETIAWAN

BUKA: Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso membuka bimbingan teknis di Hotel Ibis Malang

DUTA: Kepala Dinas Kesehatan, Endang Triningsih menyerahkan penghargaan kepada Duta Kesehatan REDAKTUR: SAMSUL, MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


KOTA WISATA

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Museum Angkut, Pertama di Asean Ada Mobil Bung Karno, Boeing 737 hingga Pasar Terapung BATU - Museum angkut, objek wisata terbaru di Kota Batu ditargetkan selesai sekaligus soft opening akhir Desember mendatang. Objek wisata berlokasi di Jalan Abdul Gani Kelurahan Nggalik ini, merupakan konsep wisata pertama di Indonesia bahkan Asia Tenggara. ”Konsep wisata Museum Angkut seperti ini ada di Amerika. Jadi untuk di Indonesia maupun negara-negara Asia Tenggara, kami jamin yang pertama,” ungkap Titik S Ariyanto, Manajer Museum Angkut Kota Batu kepada Malang Post. Wahana utama Museum Angkut ini, akan menampilkan kendaraan-kendaraan berbagai daerah di nusantara dan dunia. Seperti kendaraan semasa Presiden RI Soekarno, yang pernah didisertakan dalam pawai Batu Flora Festival, Sabtu lalu. Mobil kuno Bung Karno ini, merupakan salah satu kendaraan yang disuguhkan kepada wisatawan. Belum lagi aneka kendaraan seperti sepeda motor Zundap dan motor gede lainnya, perahu, kapal laut, bahkan pesawat terbang. “ Di Museum Angkut itu, nanti ada zona per zona. Misalnya Zona Batavia, menampilkan kendara-

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

KOLEKSI: Kendaraan kuno koleksi Museum Angkut, yang sempat disertakan pawai Batu Flora Festival, pekan lalu. an-kendaraan dari Batavia (Jakarta), Zona Borneo, Selebes, Zona Eropa, Amerika dan lain-lainnya pun sudah diatur,” tambah mantan Manajer Marketing Jatim Park 1 Kota Batu ini. Tidak hanya kendaraan, kebedaraan alat angkut itu juga dipadukan dengan pusat kuliner. Bahkan dilengkapi pasar terapung, seperti

yang ada di Kalimantan. Begitu wisatawan menikmati kuliner, mereka benar-benar seperti berada di daerah aslinya. Museum Angkut, nantinya juga mendatangkan aneka kekayaan kuliner yang ada di negeri ini. Makanan khas masing-masing daerah, seperti Gudeg Jogja, sate madura, nasi

timbal dan makanan khas lain akan disediakan. Sebelum soft lounching, pihak manajemen terus melengkapi koleksi kendaraan serta menata wahana. “ Kami juga menunggu pesawat Boeing 737, yang menjadi salah satyu koleksi unggulan kami. Nanti pesawat itu bakal dipasang pada

salah satu wahana atau top wahana,” tambah Titik di sela-sela seleksi karyawan di arena Job Fair Lippo Plaza Batu, kemarin. Dalam job fair yang digelar dua hari oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Pemkot Batu, ini Museum Angkut akan menerima 17 karyawan.

LOKASI: ER meninjau langsung kondisi Lokasi Job Fair di Lippo Plaza batu

RAMAH : Kepala BKD Kota Batu Achmad Suparto memberikan sambutan dalam acara Bimbingan Teknis Kinerja PNS di Hotel Kusuma Agrowisata SAPA: ER menyapa Kader Puskesmas dalam peringatan HKN di Lapangan Dinas Kesehatan Kota Batu

16

SYAIFUDIN

DEMI INDONESIA JIKA dulu pahlawan kita haruslah bertempur di medan laga, dengan segala keterbatasan namun tanpa pernah merasa takut sedikit pun, itu karena Beliau-Beliau itu memang ingin berbuat melebihi dari yang seharusnya. Bagaimana bambu runcing harus melawan senapan mesin, meriam bahkan hingga tank dan pesawat tempur dengan kemampuan militer terlatih, toh semua akhirnya bisa diatasi. Kesempatan-kesempatan seperti itu, kini pun masih terbuka peluang. Bagaimana seorang dokter yang mengabdikan hidupnya di pulau terluar, atau dokter-dokter yang memiliki spesialisasi, dokter di medan perang. Juga guru-guru kita yang rela mengajar di pedalaman dengan berbagai risiko yang barangkali bisa saja mengancam jiwanya, atau ceritacerita heroik lainnya masih disekitar keterbatasan. Tren kini melahirkan heroisme disekitar kelebihan. Jika di luar kita mengenal Steve Jobs, Warren Buffet dan masih banyak pribadi lainnya yang berbuat lebih karena Shireen Sungkar-Teuku WiSnu kelebihannya, di negeri kita juga banyak yang mampu melakukannya. Jika kita rutin nonton Kick Andy, banyak cerita inspiratif yang mampu membangkitkan semangat, heroisme, rasa cinta, kebanggaan dan aura-aura positif lainnya. Satu diantaranya adalah seorang Dahlan Iskan. Kisah hidup sahabat kita yang kini menjabat Menneg BUMN ini, pasti menginspirasi. Saat penuh keterbatasan, dia tetap mampu bertahan dan meyakinkan diri bahwa kita memang tak boleh menyerah pada keterbatasan. Bahkan keterbatasan itu akan memberikan banyak pelajaran pada kesederhanaan. Dan kesederhanaan itulah yang akan mampu mengajarkan kehidupan yang paripurna. Suratan hidup Abah Dahlan, begitu kita selalu memanggilnya, banyak terpengaruh pada kemampuan beliau mencermati serta membaca tanda-tanda. Yang gampang diingat saja, Jawa Pos tentu tidak tiba-tiba menyeruak besar seperti yang sekarang ini, apalagi jika kita lihat kokohnya Graha Pena. Gedung menjulang dengan pena raksasa, seolah menyemangati kita semua bahwa insan pers akan menjadi bagian penting di negeri ini. Ketika mengirimkan Nany Wijaya, seorang wartawati muda ke Filipina untuk menjadi saksi sejarah suksesi di negeri itu, sesungguhnya bukanlah tugas jurnalistik semata.

Baca Museum... Hal.15

Baca Demi... Hal.15

BERSAMA: Wali Kota Batu Eddy Rumpoko bersama Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu, Eko Suhartono dan staf Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berpose bersama

BUKA: Staf dari Kemenakertrans membuka secara resmi Job Fair di Lippo Plaza Batu

Telp. 0341 - 592 967

Oleh : UDDY

Pemkot Batu Gelar Empat Kegiatan Sekaligus

Job Fair, HKN, Bimtek Keuangan dan Kinerja PNS

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu

PEMKOT Batu menggelar empat kegiatan sekaligus, Selasa (12/11) dan rabu (13/11). Kegiatan itu antara lain Job Fair di lippo Plaza Batu, Hari Kesehatan nasional (HKn) di Kantor dinas Kesehatan, Bimbingan Teknis Pedoman Penyusunan dan Penilaian Kinerja PnS di Hotel Kusuma agrowisata Batu dan Bimbingan Teknis Keuangan di Hotel ibis malang

SIMBOLIS: ER menyerahkan kunci ambulan bantuan Bank Jatim kepada Kepala Dinas Kesehatan, Endang Trininingsih

ANTUSIAS : Para pelamar kerja mengisi aplikasi kerja di booth Jawa Timur Park Grup

HIBURAN: Anak-anak menyuguhkan tarian dalam peringatan HKN.

FOTO : HumaS PEmKOT BaTu FOr malanG POST / muHammad Firman /malanG POST, TEKS : FEBry SETiawan

BUKA: Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso membuka bimbingan teknis di Hotel Ibis Malang

DUTA: Kepala Dinas Kesehatan, Endang Triningsih menyerahkan penghargaan kepada Duta Kesehatan REDAKTUR: SAMSUL, MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

AREMA IND NESIA

PABLO

Pilih Pelatih dan Pemain AREMA

RIZAL FANANNY/MALANG POST

SESUAI KEBUTUHAN: Joko ‘Gethuk’ Susilo mengakui membentuk tim sesuai kebutuhan.

DICORET?

MALANG–Nasib Pablo Dante Azcurra diujung tanduk. Meskipun digadang-gadang oleh suporter sebagai playmaker Arema Indonesia musim depan, Pablo ternyata terancam dicoret dari list calon pemain asing pengisi slot Arema. Sebab, begitu Thierry Gathuessi deal, sisa slot pemain menyisakan satu pemain saja. Kans Pablo untuk mengisi slot tersebut menipis. Itu tak lepas dari keraguan yang tersirat dari bibir asisten pelatih Arema, Joko “Gethuk” Susilo yang diserahi CEO Arema Iwan Budianto untuk membentuk tim. Meskipun tak secara eksplisit menyebut tentang pencoretan, pelatih yang juga legenda Arema ini menyebut bahwa Pablo ada di luar skema permainan yang disusunnya. “Sekarang semuanya itu tergantung kebutuhan tim. Apalagi, kita baru saja deal pemain. Jelas mem-

The PO W IS OU ER RS

17

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

Tak Usah Bicara RD Saiki aremania nggak usah ngomong2 o r.d a ewes cek digowo anak mas e dedi.kus egi mel jek apik an ssb ku alkhufas wajak sugik slam satu jiwa aremania

pengaruhi komposisi pemain yang kita punya. Saya prinsipnya gak boleh ada pemain yang mubazir di semua pos,” terang Gethuk saat dikonfirmasi Malang Post

(087701472573)

Nonton di Kanjuruhan Ayo kco2 ku delok arema dek kanjuruhan yokpo maine singo edan saiki tambah edan biru kan kjuruan wes salam satu jiwa aremania ssb alkhufas wajak (087701472573)

sesaat setelah pertandingan lawan Jember United, sore kemarin. Keraguan Gethuk ini tak lepas krusialnya posisi playmaker. Dengan menyisakan satu slot saja, Arema tidak mau salah pilih pemain.

Robert Sudah Nyata Klo management ign Arema bs prestasi d kancah internasional, ambil kembali Robert yg sdah terbukti NYATA jdikan Arema juara, Lupakan masalh intern demi Arema… by Zandy 78

Baca Pablo... Hal.18

(087701600310)

Nil dan Gethuk Cocok Salam satu jiwa arema ku ,, aku fans dan fanatic arema aku mohon pelatih nil maizar dan joko gethuk lah yang cocok pelatih di arema karna punya tipe keras dan cepat bisa beradaptasi dan dekat kepemain, aku gk suka arema dilatih seperti gy permainan seperti putri ayu/ ngalem trims dri johan arcup (087704305820)

Persiapkan dengan Baik masIB dan managemen cepat bentuuk kerangka tim dan cepat bawa pelatih asing yang berkarakter hebat karna di ISL nanti bonek, vikking, dan harimau putih pesaing kita banyak maka dari itu secepatnya kita persiapkan dengan baik dan matang sehingga singa edan menjadi tim terdahsyat dan terkenal trisulla maut ya, yg menakutkan di ISL thn dpn mka dari iitu ayo cepat cepat mas IB ? hery oro oro dowo) (085790807079)

Jangan Kecewakan Ayas kuatir tentang pltih utk musim depan … skrng di tutup2i tp nnti pd saatnya d umumkan ternyata nggletek ,, oalah iku tha ,, JGN KECEWAKAN AREMANIA ..!! by Zandi 78 (087701600310)

Menang 8-0 ,

Mainkan Cadangan Kalau isl mulai digelar, kuharap pemain cadangan juga sering dimainkan jangan hanya yg pemain inti inti saja, mengingat isl adalah sepakbola bisnis, karna ada bandrol harga 2 pemain, yang namanya sepakbola olahraga adalah sepakbola merebut juara tingkat kecamatan, propinsi, sampai timnas yang mengharumkan nama desa bahkan nama bangsa dan negara

Reza Hattrick MALANG–Jember United masih bukan tandingan Arema Indonesia. Perbedaan kasta yang terlampau jauh, membuat tim Divisi II Liga Indonesia ini ringsek oleh keganasan Singo Edan. Tim tamu dilahap habis oleh pesta delapan gol tanpa balas di Stadion Kanjuruhan, kemarin sore. Menang 8-0, striker kelahiran Jember, Reza Mustofa yang jadi mimpi buruk bagi Jember United. Reza mencetak hattrick yang kesemuanya dibuat pada babak pertama.

Tepatnya, pada menit 15, menit 35 dan menit 45+. Irsyad Maulana yang masuk pada babak kedua mencatatkan dua gol, yakni menit 65 dan 78. Tiga gol lain dicetak oleh Cristian “El Loco” Gonzales (23’), Johan Ahmad Farizi (75’) dan pemain Arema U-21 Supriyadi menit 80’. Sepanjang pertandingan, Arema sudah mendominasi jalannya pertandingan. Sosok Cristian Gonzales menjadi pemain sentral yang menahan bola di garis pertahanan lawan. Baca Menang... Hal.18

(085852310556)

Hanya Robert yang Bisa Juara Managemen arema tolong untuk pelatih hanya robertlah yg bisa mempersembahkan gelar juara ,, by Arema Batavia (08990452491) RIZAL FANANNY/MALANG POST

MENANG TELAK: Arema Indonesia saat mengalahkan Jember United dalam laga uji coba di Stadion Kanjuruhan, kemarin sore.

Pantang Menyerah Arema ayo bangkitlah bersama Indonesia pantang menyerah jangan lengah gempur terus lawanmu dan ingatlah dahulu sebelum Indonesia merdeka pejuang pejuang

Erick Weeks Tak Ada Deal MALANG - Diam-diam Erick Weeks Lewis ternyata sempat menyimpan asa untuk bergabung dengan Arema Indonesia. Pemain asal Liberia itu membuat pernyataan mengejutkan. Erick secara terang-terangan mengaku tertarik untuk berkostum Singo Edan.

Hal ini terungkap dalam akun Twitter-nya, @Weeks_Liberia yang belum lama berkicau soal ketertarikannya membela Arema. Dalam twit-nya tanggal 11 November 2013, Erick menyebut bahwa Arema adalah satu-satunya klub yang mempertontonkan fanatisme fans, melebihi klub-klub lain.

“Delapan tahun bermain di ISL, yang saya tahu dari Arema adalah fanatisme fans. Mohon bantu saya mengenal Arema lebih dekat. Love Aremania,” kicau Erick. Lalu, dalam beberapa twit berikutnya, pemain timnas Liberia itu juga menyebut bahwa dirinya sudah sempat

terlibat pembicaraan dengan manajemen Arema, terkait kemungkinan membela tim berlogo singa itu. Mantan pemain Sriwijaya FC itu tak segan menyebut secara eksplisit bahwa dirinya sudah ada komunikasi spesifik terkait kemungkinan membela Arema musim depan. Bahkan, pemain

berusia 27 tahun tersebut sudah berani mengatakan bahwa dirinya sudah mencapai kata sepakat menjadi pemain Arema meskipun masih sebatas omongan lisan. Ia mengaku belum menandatangani draft kontrak apapun dari Arema.

(085755680960)

Baca Erick... Hal.18

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


KAMIS, 14 nOVEMBER 2013

18

Pablo Dicoret?

Indra Sjafri

Sambungan dari Halaman 17

Apalagi, posisi Pablo juga telah dihuni pemain seperti I Gede Sukadana, Hendro Siswanto, serta Ahmad Bustomi yang dikabarkan sudah 99 persen menjadi pemain Arema. “Ini juga tak lepas dari beberapa bidikan kita yang deal. Sebelum ini, ada pemain yang dibidik tapi lepas. Tiba-tiba, ada juga pemain yang sudah lama tak masuk jangkauan kita ternyata mau dan sudah tanda tangan kontrak, tentu mempengaruhi skuad. Ini Cuma masalah kebutuhan tim,” ujar pelatih berusia 42 tahun ini. Meski tak secara terang-terangan menolak Pablo, Gethuk menyebut bahwa minggu ini bakal ada keputusan terkait pemain berusia 27 tahun tersebut. Namun, agen Pablo, dr Ratna Mustika sudah pesimis Pablo bisa menjadi pemain yang mengisi slot pemain Arema untuk kompetisi musim depan. “Pablo katanya gak cocok sama skema. Ya tidak apa-apa, yang penting Pablo sudah membuktikan punya skill bagus serta karakter yang baik. Gak masalah, belum jodoh saja dengan Arema,” ujar dr Tika pesimis. Sejatinya, menurut dr Tika, Pablo memiliki skill yang cukup berbahaya bila dikembangkan terus. “Sama seperti Rohit dulu yang sempat terseok-seok di awal kompetisi, dia semakin baik dan menunjukkan performa menawan di Persija. Makanya Pablo juga seperti itu. Tapi, kadang mungkin Pablo belum jodoh dengan Arema,” tegas wanita yang juga menjadi agen pemain Arema Thierry Gathuessi itu.(fin/jon)

Tertarik Hadapi Arema

Menang 8-0, Reza Hattrick Sambungan dari Halaman 17

Muhammad firman/malang post

JAJAL AREMA: Pelatih Timnas U-19 Indra Safri saat memimpin latihan di Batu.

MALANG - Setelah Stuttgart dan tur Spanyol hampir pasti batal, Arema Indonesia menyisakan DC United sebagai lawan uji coba yang mumpuni. Tapi Rupanya Singo Edan bakal mendapat lawan yang cukup menarik dalam pra musim kali ini. Timnas U-19 yang sedang menggelar Training Center di Batu, kabarnya sangat tertarik untuk berujicoba dengan Arema. Hal ini bahkan diungkapkan oleh pelatih timnas U-19, Indra Sjafri. “Kalau memang Arema sudah siap, kita ikut saja, terserah mau uji coba atau tidak,” terang Indra dihadapan para wartawan kemarin. Kesempatan untuk berujicoba lawan Arema sangat terbuka karena Evan Dimas

dkk menggelar TC hingga cukup lama di Batu. Namun, pelatih asal Sumatera Barat ini belum bisa menantang tim pujaan Aremania ini dalam waktu dekat. TC jangka panjang timnas U-19 demi menghadapi AFC Cup U-19 2014 ini sedang dalam masa intensif. Latihan serta gemblengan fisik dari tim pelatih begitu menguras kondisi fisik Maldini Pali dkk. Indra tak bisa memaksakan para pemainnya untuk segera menjalani pertandingan uji coba dalam waktu dekat ini. Sebab, saat ini timnas U-19 sedang dalam masa pra sesi TC. “Pemain masih dalam masa pre-session. Materi TC sendiri fokus pada penggemblengan fisik. Tidak bisa kita paksa pemain untuk berlaga di kondisi seperti

sekarang,” tutur Indra. Pelatih yang sukses mempersembahkan gelar juara AFF U-19 itu menegaskan, Paulo Sitanggang dkk baru bisa mengikuti pertandingan persahabatan memasuki bulan Desember 2013. Begitu masa TC sudah memasuki akhir tahun, Indra mengaku siap menerima tantangan dari tim penguasa Malang Raya ini. “Perkiraan saya, anak-anak baru siap untuk pertandingan uji coba sekitar bulan Desember,” terang Indra. Sementara itu, Sekretaris tim Arema, M Taufan mengaku cukup tertarik untuk mempertandingan Cristian Gonzales dkk dengan timnas U-19. Sebab, bagaimanapun Dio Permana dkk merupakan tim hebat

yang sukses jadi juara AFF U-19. “Selama ini timnas U-19 bermain dengan dukungan penuh suporter Indonesia. Mental mereka bisa dijajal dengan bermain di bawah tekanan suporter Aremania,” tegas Taufan. Apalagi, jika Arema benar-benar menggelar uji coba lawan timnas U-19, maka dipastikan Aremania bakal memadati Stadion Kanjuruhan. Namun, Arema masih belum bisa memastikan kapan pelaksanaan laga uji coba lawan timnas U-19. Sebab, Taufan masih melihat agenda pra musim Arema di bulan Desember. “Kita bulan Desember ada agenda lawan DC United. Nanti kita lihat lagi jadwalnya,” tutup mantan wartawan ini.(fin/jon)

Akedemi Arema

Ingin Gandeng Mantan Pemain Arema MALANG–Akademi Arema ingin melibatkan para mantan pemain Arema untuk terlibat dalam pembinaan di Akademi Arema. Hal itu diungkapkan oleh Media Officer Arema Sudarmaji. “Itu salah satu harapan saya untuk jangka pendek ini,” ujarnya kepada Malang Post. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Akademi Arema telah melebarkan sayap untuk membina siswa-siswa di luar Malang. Hal itu juga tak lepas dari kerjasama dengan para mantan pemain tim berjuluk Singo Edan. Salah satu mantan pemain Arema yang telah berdedikasi melakukan pembinaan adalah Singgih Pitono. Sudarmaji berharap untuk selanjutnya akan lebih banyak lagi para mantan pemain Arema yang terlibat dalam pembinaan di Akademi Arema.

Dengan semakin banyaknya cabang Akademi Arema, maka akan lebih cepat terlaksana harapan pengurus untuk menggelar kompetisi internal secara berkala. Sementara itu, Singgih Pitono yang pernah membawa Arema menjadi juara Galatama XII 1992/1993 itu sebenarnya sudah tiga tahun mendirikan Akademi Arema di daerah asalnya, Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Kini, Akademi Arema Tulungagung yang ia bina secara resmi akan dikukuhkan oleh pengurus Akademi Arema pada 17 November mendatang. Dalam pengukuhan itu, rencananya akan dihadiri seluruh jajaran pengurus dan pelatih Akademi Arema. Didirikannya Akademi Arema Tulungagung, bagi Singgih hal bukan semata-mata nama Arema agar

lestari di Tulungagung, tapi juga untuk mencari bibit-bibit pemain sepakbola terbaik dari dari daerah asalnya. “Harus ada pemain hebat yang lahir dari sini,” kata top skor Arema dua tahun berturut-turut dalam kompetisi Galatama 19911992 itu. Untuk kedepannya, pria kelahiran 15 Mei 1967 itu optimis siswa Akademi Arema Tulungagung akan terus bertambah. ”Saya optimis, seperti harapan anak-anak Indonesia lainnya, disini juga banyak yang ingin berkostum Arema,” ungkap Singgih Pitono. Hingga saat ini, siswa Akademi Arema Tulungagung s udah berjumlah 110 orang. Dari jumlah tersebut, semuanya telah didaftarkan langsung ke kantor Arema Jalan Kertanegara no 7 Kota Malang. (mg11/jon)

Erick Weeks Tak Ada Deal Sambungan dari Halaman 17

LATIHAN: Pemain-pemain Akademi Arema terus menggelar latihan.

RD Matangkan Pemain Cadangan HONGKONG-Timnas U-23 akan menjalani uji coba kedua melawan klub Liga Hongkong Sun Pegasus FC di Mongkok Stadium, sore nanti. Laga ini menjadi ajang uji coba tim pelapis untuk mendapatkan pengalaman bertanding. Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) menegaskan bakal menurunkan mayoritas pemain pelapis. Sebab, untuk tim utama, dia telah melihat bagaimana perkembangan organisasi permainan dan Tujuannya, agar pemain-pemain tersebut mendapatkan minute play dan melihat kualitas permainan tim dengan komposisi berbeda. “Babak pertama, pemain yang ke-

marin main saya istirahatkan dulu. Baru pada babak kedua pemain yang kemarin main saya tampilkan lagi,” ujarnya melalui pesan singkat, kemarin (13/11). Mengapa? RD menyebut akan mencoba strategi alternatif yang memang dipersiapkannya menuju SEA Games Myanmar 2013, Desember mendatang. Dengan begitu, tidak ada disparitas antara tim utama maupun cadangan. Selama ini, RD memang kerap mengubah-ubah komposisi pemain terutama untuk lini tengah dan depan. Sementara, di belakang sudah ada komposisi matang yang selalu diisi oleh Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Mana-

Tak butuh waktu lama, 15 menit berjalan, Gonzales mampu memberi assist matang untuk Reza Mustofa demi membuka keunggulan 1-0 atas Jember United. Delapan menit kemudian, tepatnya menit 23, giliran El Loco yang membobol gawang tim rival sekota Persid Jember ini. Gol berawal dari penetrasi winger kesit Qischil Gandrum Minny dari sayap kanan. Qischil yang sukses menerobos pertahanan lawan, dengan lancar meluncurkan bola crossing rendah ke depan gawang. Disitu sudah berdiri striker gaek pujaan Aremania. Dengan kaki kirinya, Gonzales melakukan first time datar yang tak bisa ditepis kiper lawan. Gol, 2-0 Arema menambah keunggulan. Tak puas dengan satu gol ke gawang kota kelahirannya, Reza menambah keunggulan Arema jadi 3-0 saat Johan Ahmad Farizi memberi umpan matang menit 35 di area gawang. Bintang pertandingan di babak pertama mungkin layak disematkan pada Reza Mustofa yang musim lalu dianaktirikan oleh Rahmad Darmawan (RD). Mendekati berakhirnya babak pertama, pemain yang pernah membela Persema Malang ini melahap umpan manis Gonzales dan dikonversi jadi gol. Bunyi peluit babak pertama berakhir membuat Arema unggul sementara 4-0 atas Jember United. Pembantaian klub pemain timnas U-19 Paulo Sitanggang, awak penggawa Jember United, berlanjut di babak kedua. Meskipun Reza Mustofa dikeluarkan dari lapangan oleh Joko “Gethuk” Susilo, permainan agresif Arema tak berubah. Pengganti Reza, yang digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan Arema, Irsyad Maulana juga tak kalah edan. Mengikuti hattrick Reza, Irsyad mencetak gol pada menit 65. Berawal dari kesalahan bek lawan dalam mengantisipasi serangan, Irsyad yang hampir sendirian membawa bola, mampu menipu kiper Jember United serta melesakkan gol ke gawang lawan. Menit 78, Irsyad juga secara individu mengecoh bek lawan sebelum membobol gawang Jember United. Gol lain dicetak oleh Johan Ahmad Farizi menit 75, yang melakukan overlapping dari posisi aslinya bek sayap kiri sebelum merobek jala lawan, serta pemain Arema U-21 Supriyadi menit 80. Dengan kemenangan ini, Arema sukses menghancurkan Jember United dengan skor 8-0. Gethuk sebagai asisten pelatih Arema memuji progres individual yang ditunjukkan para pemainnya. “Saya lihat ada progres yang terus sedikit demi sedikit naik. Bukan progres secara tim,tapi secara skill individu. Kita harapkan mereka terus naik, sesuai dengan semakin pulihnya kondisi fisik pemain,” tutup Gethuk.(fin/jon)

hati Lestussen, dan Diego Michiels. Kemungkinan, dalam pertandingan nanti komposisi akan berubah diisi oleh Andritany di bawah mistar, sementara, kuartet lini belakang bakal diisi oleh Imbiri di kanan dan Roni Beroperay, Syaifudin dan Syahrizal di bek tengah tengah. Untuk dua jangkar tengah, Egi kemungkinan tetap diturunkan untuk ditandemkan Nelson Alom. Di depan mereka, Bayu Gatra, Syakir Sulaiman, dan Oktvianus Maniani bakal kembali diturunkan bersama seperti lawan Lampung Selection. Satu slot striker, bakal diisi oleh Fandi Eko yang pada laga uji coba pertama melawan Citizen AA Selasa

(12/11) lalu turun sebagai pengganti. Aldaier Makatindu dan Yandi Sofyan kemungkinan juga akan diturunkan untuk dicoba performanya di posisi modifikasi mereka. Dari kemenangan 3-0, menurut catatan RD kekurangan pemainnya ada pada antisipasi crossing lawan. Pemain menurutnya masih sering terlambat menutup ruang sehingga lawan bisa melakukan umpan berbahaya ke kotak penalti. Beruntung belum terjadi gol. “Nanti kami harus lebih konsentrasi dan meminta pemain untuk cepat menutup posisi rekannya yang membantu penyerangan. Harus lebih disiplin,” tuturnya. (aam/jpnn/jon)

“Belum, saya dan Arema baru deal lisan, belum menandatangani kontrak,” tandas pemain kelahiran Paynesville Liberia tersebut. Tanpa malu-malu, Erick bahkan menyebut dirinya sangat ingin membela tim yang jadi runner up ISL 2012/2013 ini. Ia sampai memajang sebuah logo Arema yang bertuliskan “The World Of Arema 26 Nuhat. 2014 Arema Harus Juara.” Pesepakbola yang pernah berkostum Persiwa Wamena ini mengatakan langsung bahwa dirinya ingin menjadi pemain Arema musim 2013/2014. “Semoga saya jadi bermain untuk Arema,” tegas Erick. Nafsu mantan pemain Persiwa Wamena untuk membela Arema itu bahkan diakui oleh manajamen. Media Officer Arema, Sudarmaji tak menampik bahwa Arema pernah menunjukkan ketertarikan kepada sosok Erick. “Soal Weeks, kita memang ada ketertarikan, tapi untuk lanjut serius ke jenjang negosiasi sepertinya tidak ada,” tandas Sudarmaji kepada Malang Post kemarin. Manajemen ternyata tidak antusias seperti Erick yang begitu ngotot ingin bermain bagi Arema. Hanya saja, keengganan manajemen untuk mengontrak Erick ternyata tak lepas dari faktor lain, terlepas dari fakta Arema butuh playmaker. Tim pelatih rupanya sama sekali tidak memberi rekomendasi untuk mendatangkan Erick ke Bhumi Ngalam. “Kita memang sempat ditawari, tapi belum ada rekomendasi dari tim pelatih, jadi tak sampai ditindaklanjuti ke negosiasi kontrak,” tambah mantan wartawan itu. Jadilah, Erick gagal merapat ke Arema. Dengan demikian, manajemen juga meluruskan, bahwa tidak pernah ada deal tanda tangan kontrak apapun antara Arema dan Erick. Sejak awal, Erick tidak pernah menandatangani kontrak dengan Arema. “Tidak ada deal apapun soal Erick Weeks, manajemen sama sekali belum telepon saya,” ujar agen Erick di Indonesia, Eko Soebekti. Perlu diketahui, Erick tidak bermain untuk Mitra Kukar musim depan. Sebaliknya, pemain ini kembali ke negara asalnya Liberia, serta memperkuat Barrack Young Controllers (BYC), tim Liberian Premier League yang jadi juara musim kompetisi 2012/2013. Erick membela BYC dan sudah terupdate di profil Wikipedia-nya.(fin/jon)

Jacksen Akui Pemainnya Cepat Adaptasi XI’AN-Timnas senior terus membiasakan diri dengan cuaca di kota Xi’an, lokasi pertandingan melawan Tiongkok besok (15/11), dalam lanjutan laga Pra Piala Asia 2015. Saat ini, Skuad Garuda diyakini lebih cepat beradaptasi karena suhu disana ternyata lebih bersahabat. Menurut pelatih Timnas Jacksen F Tiago, agenda Tim-

nas kemarin (13/11) cukup padat dibanding hari-hari biasanya. Jika latihan setiap harinya hanya di gelar di atas lapangan, maka kemarin pemain juga dibekali dengan latihan di dalam ruangan . Dalam sesi latihan pagi, pemain yang pada saat di Korut mendapat kepercayaan tampil sebagai pemain inti, masih diberi waktu istirahat lebih

untuk recovery. Sementara pemain yang tidak bermain full, tetap menjalani latihan di gym bersama pemain lain. “Pemain sudah mencoba latihan di lapangan. Tapi, tidak penuh pagi dan sore, kami bagi jadi dua. Agenda untuk hari ini (kemarin, Red), latihan training di lapangan dan class room,” ujar pelatih asal Brazil tersebut melalui pesan singkat, kemarin.

Sesi latihan di dalam ruangan (class room) yang dimaksud oleh Jacksen adalah mempelajari rekaman pertandingan. Bukan hanya saat bermain melawan Tiongkok di Jakarta pada 15 Oktober lalu, pemain juga disuguhi rekaman pertandingan saat Timnas kalah 0-2 dari klub Korut, April 25 SC. “Kita menganalisa video lawan

Tiongkok juga evaluasi kelemahan saat lawan Korut,” ujarnya. Dari sesi latihan lapangan, Jacksen menyebut cuaca di Tiongkok lebih bersahabat dibanding saat di Korut. Sebab, suhu di kota Xi’an tidak sampai menyentuh angka dibawah 0 derajat celcius. Disana, suhu rata-rata di bulan November berada di angka 2-9 derajat. aam/jpnn/jon)

Cherlie l/jpnn

NYAMAN: Pemain-pemain Timnas Senior lebih nyaman cuaca di Tiongkok daripada di Korea Utara. REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


ALL SPORT

GANDA PUTRA Kehilangan Dua Wakil SHANGHAI-Tim bulutangkis Indonesia langsung kehilangan dua wakil nomor ganda putra di Tiongkok Open Superseries Premier 2013. Itu terjadi setelah mereka dipaksa mengakui ketangguhan lawan-lawannya di babak pertama yang dilangsungkan di Stadion Yuan Sheng Gymnasium, Shanghai, Tiongkok, Rabu (13/11). Duka pertama diberikan pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra. Pasangan ini dibekuk wakil Inggris, Chris Adcock/Andrew Ellis lewat pertarungan straight set dengan skor 11-21, 19-21. Kekalahan tersebut tentu sangat disayangkan. Di atas kertas, Angga/Ryan seharusnya bisa menekuk wakil Inggris tersebut. Angga/Ryan adalah unggulan kedelapan di kejuaraan dengan total hadiah USD 450 ribu tersebut. Sementara, sang lawan bukanlah unggulan. Kekalahan juga dialami Berry Angriawan/Ricky Karanda Suwardi. Mereka dipaksa keluar lapangan dengan kepala tertunduk usai dibekuk wakil tuan rumah, Fu Haifeng/Hong Wei juga dua set langsung dengan skor 18-21, 12-21. Untungnya, Markus Fernaldi Gideon/Markis Kido mampu tampil hebat. Keduanya berhasil menyelamatkan muka Indonesia setelah sukses menekuk wakil Taiwan, Hung Ling Chen/ Chia Ling Chen lewat pertarungan rubber set dengan skor 21-19, 12-21, 21-15. Markus/ Kido pun berhak melaju ke babak kedua. Sementara itu tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto harus dipaksa bekerja ekstrakeras. Tommy susah payah menekuk wakil Denmark, Viktor Axelsen lewat pertarungan rubber set dengan skor 21-19, 19-21, 21-10, Rabu (13/11). Anak juara dunia 1983, Icuk Sugiarto tersebut sebenarnya berpotensi memetik kemenangan straight set atau dua set langsung. Di set kedua, Tommy sempat leading jauh dengan skor 16-12. Namun, setelah itu, Tommy justru lengah. Hal itu dimanfaatkan Axelsen yang merupakan juara dunia junior 2010 untuk membungkus set dengan kemenangan. Pelatih tunggal putra, Joko Suprianto mengakui

Alonso Putuskan Tampil di Seri Amerika

LONDON- Fernando Alonso akhirnya memutuskan tampil di balapan Formula 1 seri Amerika Serikat akhir pekan nanti. Gacoan Ferrari tersebut mengaku bakal melawan cedera punggung yang sempat membekapnya. Sebelumnya, pembalap berusia 32 tahun tersebut sempat berencana absen di seri AS. Itu terjadi setelah punggungnya dibekap cedera usai mengalami kecelakaan di seri Abu Dhabi lalu. Kabar bakal mundurnya Alonso pun membuat fans kecewa. Sebab, balapan terancam hambar. Pasalnya, sebelumnya jagoan Lotus, Kimi Raikkonen sudah memastikan diri absen karena harus menjalani operasi punggung. Padahal, bersama Lewis Hamilton, keduanya selalu menjadi pesaing bagi Sebastian Vettel. “Saya sedang bersiap menuju Austin. Masih ada sakit di punggung saya. Namun, saya sangat antusias dan percaya diri untuk membantu tim. Saya akan melakukan kemampuan 100 persen seperti biasanya,” tulis Alonso di akun jejaring Twitter, Rabu (13/11). Keputusan Alonso langsung disambut gembira Presiden Ferrari, Luca di Montezemolo. Dia memuji komitmen yang ditunjukkan Alonso. “Sangat menyenangkan melihat Alonso sellau ingin memberikan kemampuan terbaiknya. Meski dia tidak berada dalam kondisi terbaik. Itu menunjukkan penghargaanya pada kami,” tegas Montezemolo. (jos/jpnn/jon)

Lakers Tuntaskan Dendam Atas Pelicans

HENDRA EKA/JPNN

KALAH: Pasangan ganda putra Indonesia Angga Pratama/Ryan Agung Saputra harus tersingkir di Tiongkok Open Superseries Premier 2013. Tommy kurang maksimal dalam pertandingan tersebut. “Meskipun hari ini menang, Tommy belum in benar. Gerakannya masih lambat dan powernya juga belum keluar. Di game kedua, Tommy sudah unggul jauh tetapi dia lengah

dan lawan banyak melancarkan serangan,” terang Joko setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman PB PBSI. Joko menambahkan, situasi mulai berubah di set ketiga. Tommy mampu tampil lebih tenang. Hasilnya, juara Si-

ngapore Open Superseries 2013 tersebut mampu menang mudah. “Pada game ketiga Tommy bermain lebih enak. Terlihat dari gerakan-gerakannya, powernya juga mulai keluar,” tegas legenda hidup bulutangkis In-

donesia tersebut. Di babak kedua yang berlangsung Kamis (14/11) hari ini, Tommy akan melawan pemenang laga antara pemain andalan Inggris, Rajiv Ouseph dan wakil tuan rumah, Wang Zhengming. (jos/jpnn/jon)

Kevin Magnussen Sayangnya, pembalap Meksiko gagal menunjukkan performa terbaiknya lantaran tak didukung dengan kekuatan mobil yang sepadan. “Banyak pembalap yang menjadi pertimbangan kami. Kami masih akan membahasnya hingga semuanya selesai, baru kami akan mengumumkannya,” ungkap Martin Whitmarsh, team principal McLaren seperti dilansir Autosport. Di sisi lain Whitmarsh mengakui, bahwa timnya memang tak bisa memberikan mobil yang cukup kompetitif musim ini. Hal ini yang memicu hasil buruk yang ditorehkan Perez.

Meskipun pihaknya menganggap Perez sudah melakukan tugasnya dengan baik, McLaren tetap saja kurang puas akan kinerja anak barunya ini. “Perez telah melakukan tugasnya dengan baik. GP Abu Dhabi cukup sulit bagi kami, tapi dia melewatinya dengan baik. Banyak media yang telah memberitakan spekulasi terkait nasibnya. Pada kenyataannya, kami belum merilis pembalap kami untuk musim 2014. Kami juga belum menandatangani kontrak dengan mereka,” jelasnya. Namun, keputusan McLaren yang kian dekat pada Magnus-

sen dianggap sebagai perjudian besar. Sebab, Magnussen belum memiliki pengalaman berjibaku di arena balapan jet darat. Tapi, McLaren enggan menjadikan pengalaman sebagai faktor utama merekrut Magnussen. McLaren berkaca pada pengalaman ketika mengikat Lewis Hamilton di musim 2007 silam. Saat itu, McLaren juga dianggap sedang berjudi karena mengontrak pembalap rookie. Namun, semusim berselang yaitu musim 2008, semua kritikan tersebut berubah menjadi pujian. Sebab, Hamilton ternyata mampu menjadi juara dunia.

Magnussen pun sadar dengan ekspektasi yang dipatok McLaren. Dia juga sadar dengan resiko bergabung bersama salah satu tim paling sukses dalam sejarah F1. Tapi, Magnussen bertekad menjawab semua tantangan itu dengan prestasi. “Memang benar ada risiko lebih besar ketika bergabung dengan tim hebat. Sebab, jika Anda tidak bisa maksimal, Anda akan dikeluarkan dari balapan ini. Tapi, ini adalah kesempatan emas bagi pembalap rookie seperti saya,” terang Magnussen pada Autosport. (ady/jpnn/jon)

Muhammad Rijal Perkuat Tim SEA Games JAKARTA-Muhammad Rijal akhirnya masuk skuad inti tim SEA Games 2013. Masuknya Rijal merupakan upaya PB PBSI selaku induk bulutangkis Indonesia untuk mengeruk emas di Myanmar mendatang. Sebelumnya, Rijal sempat dicoret dari skuad inti. Hal

19

Fernando Alonso

McLaren Pilih Magnussen Gantikan Perez WOKING-Teka-teki terkait masa depan Sergio Perez bersama McLaren-Mercedes semakin terbuka. Tim Formula 1 yang bermarkas di Woking, Inggris itu memberi sinyal tidak mempertahankan Perez di kursi pembalap musim depan. Sebagai gantinya, McLaren mempromosikan juara Formula Renault 3.5, Kevin Magnussen. McLaren menunjukkan ketertarikan terhadap aksi pembalap asal Denmark tersebut. Meski belum ada pernyataan resmi berupa bukti kontrak, nama Magnussen paling difavoritkan untuk menggantikan peran Perez di musim depan. Nama Magnussen memang sempat beberapa kali diisukan bakal mendarat di ajang F1 seiring dengan adanya beberapa tim yang menyatakan minatnya untuk merekrut talenta muda ini. Jika Magnussen jadi bergabung ke Woking, pembalap 21 tahun ini bakal menjadi rookie termuda McLaren sejak era Lewis Hamilton pada 2007. Sebelumnya, McLaren sangat berharap dengan semangat muda yang diperlihatkan Perez di awal musim ini. McLaren merekrut pembalap 23 tahun ini setelah terpikat aksi Perez saat dia masih berada di Sauber.

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

itu membuat Debby Susanto yang selama ini menjadi pasangannya di ganda campuran akhirnya berduet dengan Ricky Karanda Suwardi. Padahal, di even yang sama, Ricky juga mesti membagi tenaga. Pasalnya, dia juga turun di nomor ganda putra berpasangan dengan Berry Angriawan.

Manajer timnas, Ricky Soebagdja mengatakan, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan pelatih Rijal, Richard Mainaky. Hasilnya, Rijal bisa berangkat ke Myanmar. “Setelah berkomunikasi dengan pelatihnya, Rijal menyatakan komitmen untuk melakukan persiapan yang baik je-

lang SEA Games,” terang Ricky sebagaimana dilansir laman resmi PB PBSI, Rabu (13/11). Ricky menambahkan, masuknya Rijal bakal memperbesar peluang Indonesia merebut emas di nomor ganda campuran. “Kami harus tetap bisa meraih medali emas dari nomor ganda campuran. Nomor ini

memang menjadi salah satu andalan,” tegas Ricky. Rijal/Debby merupakan ganda campuran ranking tujuh dunia yang berpisah setelah Denmark Open Super Series Premier pada Oktober silam. Debby kemudian berpasangan dengan Ronald Alexander. (jos/jpnn)

Jordan Hill LOS ANGELES-Los Angeles Lakers punya cara ampuh untuk membalaskan dendamnya atas New Orleans Pelicans. Pau Gasol dkk membekap Pelicans dengan skor telak 116-95 di Staples Center, Los Angeles, Rabu (13/11). Kemenangan itu menjadi pembalasan setimpal Lakers atas Pelicans. Sebelumnya, Lakers dipaksa kalah ketika melawat ke kandang Pelicans dengan skor 85-96, Sabtu (9/11) lalu. Jordan Hill menjadi aktor di balik balas dendam itu. Hill sukses membukukan double double dengan 21 poin dan sebelas rebound. Itu adalah capaian tertinggi Hill di musim ini. Gasol juga turut memberi luka pada Pelicans. Dia mendonasikan 14 poin dan delapan rebound. Tapi kemenangan itu tak membuat Lakers lepas dari status tim yoyo. Lakers tetap saja gampang meledak, namun juga mudah ambruk. Dalam liga pertandingan di kandang, Lakers sudah menelan dua kekalahan. Kini Lakers memiliki rekor 4-5. “Kami harus selalu memiliki energi seperti ini dalam setiap pertandingan. Itulah yang selalu saya bawa dimanapun saya berada. Saya tidak peduli ketika saya menjadi pemain inti,” terang Hill setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman ESPN. Di kubu Pelicans, Eric Gordon menjadi pemain tersubur dengan 17 angka. Itu adalah kekalahan ketiga Pelicans di laga away musim ini. Total, Pelicans memiliki rekor 3-5. “Kami memiliki game plan yang sama dengan yang kami lakukan sebelumnya. Namun, kali ini kami tak bisa mengeksekusi dengan baik,” sesal pelatih Pelicans, Monty Williams. (jos/jpnn/jon)

KOI Tepis Soal Pemotongan Kuota JAKARTA-Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan tak pernah melakukan pemotongan kuota. Sesuai hasil pembicaraan KOI dengan Satlak Prima, total sebanyak 674 atlet dan 250 ofisial akan berangkat ke SEA Games XXVII/ Myanmar. Hal tersebut menjadi topik hangat karena berembus kabar para cabang olahraga (cabor) mengalami penyusutan kuota. Padahal bulan September lalu, delegasi tiap negara sudah melakukan entry by name soal siapa saja atlet yang bertanding di multi even dua tahunan itu. Ketua umum KOI Rita Subowo kemarin (13/11) menyebutkan tak pernah sepihak melakukan pengurangan kontingen. Mantan ketua umum KONI itu bertutur semua sudah diatur dalam technical handbook per cabor. “Saya menegaskan KOI tak pernah melakukan pengurangan jatah per cabor ataupun pemutusan jumlah atlet. Sesuai hasil pertemuan dengan Satlak Prima, yang dikirim hanya yang berpotensi medali,” tutur Rita. Beberapa cabor memang mengeluh karena sebulan menjelang SEA Games ini, kuota atlet merosot.Misal balap sepeda dari semula dari 38 atlet menjadi 26 orang. Petanque dari 14 orang menjadi enam atlet. Mengenai penambahan atlet, kecil kemungkinan bisa ditambahkan lagi. Akan tetapi Senin (18/11) mendatang, KOI akan menggelar rapat finalisasi SEA Games dengan Kemenpora. Setelah pertemuan itu baru diketahui apakah masih bis bertambah atau tidak. Dari hasil pertemuan dengan Kemenpora sudah disepakati kucuran dana Rp 49 Mliar untuk keberangkatan ke Myanmar. (dra/jpnn/jon) REDAKTUR : JON SOEPARIJONO, LAYOUTER : KURDI


Anda punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

KAMIS, 14 noVember 2013

seminar Seminar Pendidikan Bisnis 16 November, FIA UB menggelar seminar Perkembangan Paradigma Pendidikan Bisnis. Pembicara Ketua Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI), Ketua Asosiasi Pendidikan Magister Management Indonesia (APMMI) dan Wakdir SBM ITB, jam 08.00 – 15.00 WIB.

Seminar Supervisory Terpanas Seminar Supervisory terpanas 2013. Supervisor in You. Kamis, 21 November 2013 di Hotel Harris Malang. Investasi: Rp.1.000.000 per orang. Hubungi: 08970473906 (Vandim Surplus). Persediaan kursi terbatas!

Seminar Nasional Perpajakan Dalam rangka persiapan perpajakan Indonesia dalam menghadapi Asean Free Trade Area 2015. Dilaksanakan Sabtu 16 November 2013 di Gedung A lantai 4 FIA UB. Menghadirkan Fuad Rahmany, Suryohadi Djulianto SH.,MM., dan Prof. Dr. Gunadi

seminar Seminar Karir Seminar Karir: Kiat menyikapi perjanjian kerja dan wawancara. Pukul 08.00 WIB, Selasa, 19 November di Aula BAU UMM. Untuk pendaftaran, hubungi: 085204904858.

PAMERAN Pameran Furniture

Pameran Furniture di Atrium MOG Malang. Berbagai macam kebutuhan furniture ditawarkan dengan harga spesial sampai 17 November 2013.

November Art di Graha Cakrawala

Pameran dan band performance akan digelar (11-13/11) di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM). Setiap harinya berbagai acara akan digelar selama kegiatan November Art.

festival Festa Wijaya

Acara Festival Teater Brawijaya yang mempertandingkan peserta antar Fakultas se-Universitas Brawijaya. Even ini akan dilaksanakan di Graha Santha MIPA UB pada 16-17 November.

lomba Brawijaya Cup

Kompetisi sepak bola se-Universitas Brawijaya. Even ini akan dilaksanakan di Lapangan Merjosari dan Stadion Brantas Batu pada 18-23 November mendatang.

Malang Gila Lomba

Joe Laptop dan @jubelmalang komunitas online menggelar acara Malang Gila Lomba. Acara ini bakal digelar di MX Mall Lantai 2. Event digelar mulai tanggal 18 sampai 24 November 2013

Kompetisi Futsal

Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Tata Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menggelar Goes Plano 2013. Acara ini menyajikan kompetisi futsal untuk siswa SMA sederajat. Juara pertama kompetisi futsal mendapat hadiah Rp 2,5 juta plus trofi. Batas pendaftaran adalah 12 November 2013. Info lanjut hubungi 085745632612 Suprayogi.

National Bussiness Challenge

Eksekutif Mahasiswa (EM) Univer­sitas Brawijaya menggelar National Bussiness Challenge. Total hadiah Rp 15 juta. Biaya pendaftaran Rp 150 ribu. Pendaftaran mulai 29 Okto­ber hingga 16 November 2013. Hubungi 089886469111.

lomba NBL Reguler Season Even bola basket tertinggi se Indonesia ini akan memulai Seri 1 Malang di Gor Bima Sakti Malang. Even itu dilaksanakan pada 16 hingga 24 November 2013 mendatang.

Olimpiade Kimia 2013 HMTK Polinema menggelar acara Olimpiade Kimia 2013. Babak penyisihan mulai tanggal 5 November 2013. Semifinal dan final digelar 16 November 2013 di kampus Polinema Jalan Soehatt.

National Dance Competition National  Dance Competition,  Minggu, 17 November 2013 di Lapangan FEB UB Malang. Pen­daftaran: Rp. 100.000/group. Berhadiah jutaan rupiah! Kategori: Traditional Dance (tari kreasi) Modern. Hiphop, Street DanceKpop Cover Dance Con­tact Person : Risma 085252840408 Andre 085755277764

Turnamen Goes Plano Yuk ikut futsal turnamen Goes Plano 2013 untuk SMA dan sederajat. Pendaf­ta­ran maksimal 12 Novermber 2013. pelaksanaan 15 – 18 November 2013. Contact saja 085745632612 Suprayogi. Persembahan Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik UB.

event Aku Rindu Indonesia

Aku Rindu Indonesia. Teater persembahan LSO Gendhis bersama Trad Dance dan Karawitan Music. Dilaksanakan 13 November 2013 di Halaman Parkir FISIP Gedung A jam 18.30 WIB.

Mawapres CIA Volume 9

Pemilihan mahasiswa berprestasi jurusan Ilmu Komunikasi UB 2013 yang merupakan rangkaian dari CIA volume 9. Pendaftaran dan pengumpulan berkas mulai 11-21 November 2013. Info lebih lanjut di twitter @himanikaUB

Pekan Amal Psikologi UMM

Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014. Menerima bantuan soal berupa buku, uang, pakaian dan lainnya.

Sepeda Sehat dan Senam Paru

Malang Lung Rider menggelar sepeda sehat bersama dan senam paru pada tanggal 17 November 2013. Bintang tamu adalah Unda Undi dan digelar di Graha Fakultas Kedokteran UB. HTM pre sale adalah Rp 15 ribu. Untuk on the spot dipatok harga Rp 20 ribu. Selain gowes bareng, ada acara lomba foto dan lomba band.

20

hiburan Launching Album Kompilasi Homeband FISIP UB bakal melaunching album kompilasi volume 3 pada tanggal 29 November 2013. Open Gate pukul 16.00 WIB. Tiket pre sale dihargai Rp 15 ribu, On The Spot Rp 20 ribu. Bintang tamu D’Cinnamons. CP Valin 087752880968

Mesakke Bangsaku Comic nasional Panji Pragiwaksono menggelar stand up comedy tour “Mesakke Bangsaku” di basement UMM Dome pada tanggal 16 November 2013. Harga tiket Rp 50 ribu. Info tiket hubungi 085697733569

Tipe X di Ultah FMIPA UM Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara pera­ yaan ulang tahun fakultas dengan meng­h adirkan band Tipe X. Acara digelar tanggal 23 November 2013. Gate masuk dibuka pukul 16.00 WIB. Harga tiket masuk Rp 20 ribu, untuk On The Spot dihargai Rp 25 ribu.

Misteri Danau Para Dewa yang Selalu Jernih DANAU yang terkenal sakti oleh masyarakat Kerinci ini terletak di atas gunung. Disebut sakti karena air danau selalu tampak jernih meski di sekitar danau dikelilingi hutan. Banyak pula pohon tumbang, namun air danau selalu bersih dari dedaunan yang berguguran. Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik di Indonesia. Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Karena letaknya di atas gunung, suasana danau terasa asri dan alami. Udara segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih menyuguhkan keindahan yang mampu membuat Anda betah berlama-lama menikmati pemandangannya. Selain sebagai tempat melepas penat dan bersantai, danau ini juga digunakan sebagai sumber mata pencaharian nelayan setempat. Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung api, yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu bermuara di Sungai Batanghari, seperti dilansir dari Indonesia Travel, Selasa (12/11/2013). Danau Gunung Tujuh memiliki luas sekira 12.000 meter persegi dan termasuk dalam wilayah Taman Nasional Ker-

Narasumber Melanie dan Ratna Sarumpaet BEM FIA UB menggelar seminar nasional demi peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan pada tanggal 23 November 2013. Melanie Subono dan Ratna Sarumpaet hadir sebagai narasumber. Seminar digelar di gedung FIA lantai 4 UB Malang. Cp: 081316790661 (janet), 081285940027 (syeril).

Seminar Seventseas 2013 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya mengadakan International Symposium Seminar Sharia Economics Event South East Asia (Seventseas) 2013 yang mengambil tema utama The Reinforcement of Global Economics based on Islamic Principle. Acara ini akan dilaksanakan pada Ahad, 24 November 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB di Auditorium Dekanat Lantai 2, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. Fasilitas yang akan didapatkan oleh peserta antara lain seminar kit, coffe break, makan siang, stiker, doorprize, dan sertifikat.

Seminar ASEAN Community Tanggal 23-24 November 2013, FISIP UB bakal menggelar Seminar Inter­ na­s ional Asean Community 2015, dengan tema ”Persiapan Pelajar Indo­ nesia meng­h adapi Asean Community 2015 da­lam aspek sosial kultural”. Acara di­gelar di gedung FIA UB. Informa­si hubungi Resti 081231838764

BIA on 2013 The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan agenda seminar pada 30 Nov 2013. Kegiatan ini dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang meliputi International conference, Expo, dan Fieldtrip. Acara bertempat di Aula Fakultas Teknik Universitas Brawijaya untuk International Seminar, Gedung Konferensi Widyaloka untuk konferensi Internasional dan Expo, serta Wildlife Education Center, Dau untuk kegiatan fieldtrip.

Membongkar Rahasia Milyuner Seminar membongkar rahasia milyuner Jumat, 15 November 2013 di Hotel Trio 2 sebelah MCD Malang. SMS nama dan kota di 081331603988

Minna No Matsuri

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya menggelar Minna No Matsuri pada tanggal 16 November 2013. Akan digelar fashion Yukata, parade band hingga bazzaar. Acara tidak dipungut biaya alias free HTM. Informasi lebih lanjut hubungi Lia (085608266534)

Tiket Emas Cafta 2015 Tiket Emas Cafta 2015 Menuju Agrobisnis Modern. Talk show yang menjadi salah satu agenda dalam rangkaian Agriculture Vaganza 2013 dalam rangka Dies Natalis FP UB ke-53. Adapun isi acara diantaranya dialog interaktif dan coffee break. Diadakan pada 16 November 2013 di Graha Saint MIPA UB Agriculture Vaganza 2013.

Himpunan Mahasiswa Budidaya Pertanian UB Menggelar acara Carnival UB pada 1 Desember 2013. Acara dihelat di Graha Cakrawala UM. Bintang tamu yang dihadirkan adalah Afgan.

Atlas 2013 FH UB

Kejurnas Malang Open 5

Pengajian 1 Suro

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) menggelar ajang karya tulis mahasiswa (Atlas) 2013 Brawijaya Law Fair IV. Tema kegiatannya adalah Mewujudkan Good and Clean Governance Meruntuhkan Dinasti Korupsi. Acara akan dilaksanakan pada 22-24 November 2013 di Auditorium lantai VI Gedung A FHUB.

FORKI Kota Malang menggelar even tahunan Kota Malang yang diikuti oleh atlet-atlet karate yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kejurnas akan dilaksanakan pada 15-17 November 2013 di GOR Ken Arok Malang.

Rabu (13 November 2013), Pengajian memperingati tahun baru Islam (1 Suro) di Balai Desa Mojorejo, diikuti oleh semua masyarakat Mojorejo. Acara dimulai pukul 19.00 wib sampai selesai

KEAGAMAAN Pengajian Masyarakat Mojorejo

Pilkades Serentak 42 Desa

Lomba Fotografi dan Cerpen Brawijaya Mengajar menggelar lomba fotografi, sketsa gambar dan cerpen. Kategori lomba adalah untuk mahasiswa dan umum. Hadiah berupa uang tunai dan sertifikat. CP Safda 085259152426

Lomba Jalan Sehat dan Aerobic Sabtu (19 November 2013), Muda Mudi Kampoeng Hendrik, mengadakan lomba gerak jalan sehat dan senam aerobic pukul 15.00 wib bertempat di Kampoeng Hendrik, yang memperebutkan Trophy dan Tabanas.

Pekan FISIP 2013

Lomba Mading 2D

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UB menggelar kegiatan ‘Pekan FISIP 2013‘ dengan tema Untukmu Satu FISIPku. Acara dilaksanakan pada 11-16 November 2013 pukul 09.00 WIB- selesai. Kegiatan diikuti seluruh LKM FISIP UB.

Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota FT UB Present Ma­ding 2D Competition GOES PLANO 2013. Gedung baru Teknik UN. 17 November. Dibuka pendaftaran peserta untuk pelajar SMA. @GoesPlano2013

Brawijaya International Agriculture 2013 The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan serangkaian kegiatan meliputi: International conference, Expo, dan Fieldtrip. Kegiatan ini menggabungkan 4 aspek pembelajaran Agrokompleks di UB yaitu Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Peternakan, serta Teknologi pangan. tgl. 30 Nov. Seminar’s by keynote speaker, 1 Des International Conference and Expo), 2 Des Fieldtrip

lomba Dance Competition

Dance Competition 2013. Even ini diadakan oleh BIOS. Akan dilaksanakan pada 17 November 2013 mendatang di Lapangan PTIIK Universitas Brawijaya.

inci Semblat sehingga di sini Anda berkesempatan untuk mendakinya selepas mengunjungi danau. Dinamai Danau Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut, di antaranya Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m). Keberadaan danau ini beriring dengan cerita legenda masyarakat setempat sebagai tempat berdiamnya kekuatan supranatural dari dua mahluk halus yang menjaganya, yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti. Keduanya memiliki pengikut yang berwujud harimau. Penuturan lain menceritakan bahwa danau ini dihuni sepasang naga. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya. Masyarakat Kerinci mengenali Danau Gunung Tujuh sebagai Danau Sakti. Hal tersebut dikaitkan dengan air danau yang senantiasa bersih dimana dedaunan yang jatuh dari pohon di sekitar danau tidak tampak di airnya. Sering pula diceritakan terjadi perubahan cuaca secara tiba-tiba di danau ini. Sebagian warga sekitar menyebutnya danau ini dengan nama Danau Para Dewa yang menyimpan pesona sekaligus misteri.(jpnn/lim)

Himateta Special Dedication Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Brawijaya menggelar Himateta Special Dedication (HSD) 2013. Rangkaian acara dimulai tanggal 9-15 November 2013. Acara yang dihadirkan antara lain Miniatur Energy Competition, Miniatur Alat dan Mesin Pertanian, Verticulture, serta HSD Music Festival yang dikombinasi dengan Lomba Fotografi On The Spot.

ASEC 2013 Polinema Himpunan Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Malang menggelar accounting skill and english competition (ASEC) 2013. Ada dua kegiatan, olimpiade akuntansi SMA dan SMK se Jatim dan speech contest SMA dan SMK se Jatim. Kegiatan digelar pada 30 November 2013 di Polinema.

Rabu (13 November 2013), Pengajian memperingati tahun baru Islam (1 Suro) di Balai Desa Mojorejo, diikuti oleh semua masyarakat Mojorejo. Acara dimulai pukul 19.00 wib sampai selesai .

Pilkades serentak 42 desa Se Kabupaten Malang, termasuk Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, dilaksanakan pada hari Senin, 25 November 2013

Batu Travel Mart

pesta rakyAT Nikah Masal Non Muslim Acara Nikah Masal non Muslim yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, bertempat di Gedung Graha Wangsa, Kelurahan Sisir, Rabu 30 November 2013. Peserta: orang Kristen, Katolik, Budha, Hindu.

Festival Kampoeng

Merjosari Bangkit 2013

duka cita Ustadz Fadloli Wafat

Batu Travel Mart, 26-28 November 2013 (The Real Batu Tourism Table Top). Kegiatan ini mempertemukan buyer dan seller seluruh Indonesia. Even besar untuk kegiatan kepariwisataan merupakan hasil kerja sama Dinas Pariwisata Kota Batu dengan BAPTA.

Dalam rangka bersih desa bersamaan tahun baru hijriyah dan 10 November, warga Merjosari mempersembahkan Festival Kampoeng Merjosari Bangkit 2013 Acara dimulai 2 November sampai 23 November di Gedung Serbaguna Merjosari. Agenda kegiatannya meliputi kerja bakti masal, napak tilas, ziarah leluhur, pawai obor, dan ditutup pementasan wayang kulit.

Turut Berduka Cita

hiburan Tulus dan HIVI

ultah

Turut berbela sungkawa atas wafatnya Ustadz Fadholi, Pengasuh Musholla Raudatul Mubtadiin WonokoyoKedung­k an­d ang.

Turut berdukacita atas wafatnya ananda Farida Ulya, putri kedua Bapak Ahmad Cahyo dan ibu Arifah, Wonokoyo kedungkandang. Semoga almarhumah diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan.

event Green & Clean UMM

Launching Green & Clean di Kampus Putih UMM. Acara dimeriahkan dengan fun bike gratis bagi dosen, karyawan dan mahasiswa. Acara digelar pada Sabtu, 16 November 2013.

Peringatan Hari AIDS/HIV Minggu, 1 Desember 2013, peringatan hari AIDS/HIV sedunia digelar di depan Kantor Dinas Kesehatan Kota Batu yang akan diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari tokoh pemuda, ulama, tokoh masyarakat dan siswa-siswa se Kota Batu.

Jalan Sehat Warga Gunungsari Senin, 25 Novemberi 2013, gerak jalan dalam rangka bersih Desa Gunungsari, yang akan diikuti seluruh RT dan RW se Gunungsari. Gerak jalan tersebut akan dilombakan untuk memacu semangat para peserta. Acaranya akan dimulai dari pukul.10.00 WIB sampai selesai

Band Tulus dan HIVI bakal tampil di Malang. Tanggal 6 Desember 2013, dua band papan atas itu siap perform. Informasi lebih lanjut hubungi @event_ malang.

Show Time Sedesa Music Party

November Art 2013 mempersembahkan Show Time Sedesa Music Party pada 13 November 2013. Acara dihelat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Open Gate 13.00 WIB. Tiket box Rp 15 ribu.

J-Rock di Kartika Graha Konser perjalanan 10 tahun J-Rock bakal dihelat di Malang. Acara digelar di Hotel Kartika Graha tanggal 16 November 2013. Selain J-Rock, bintang tamu yang hadir adalah Vicky Shu dan Anji Eks vokalis Drive. Harga tiket adalah Rp 100 ribu, Rp 500 ribu dan Rp 750 ribu.

Konser Harmonica

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB menggelar konser Harmonica demi Dies Natalis ke-52. Acara digelar 19 Desember 2013. Raisa Adriana dan Sheila On 7 bakal jadi bintang tamu. Untuk informasi lanjutan hubungi 081230909175 (dewi) reservation ticket : 083834818933 (fiska)

Selamat Ultah ke 29 Guruh Selamat Ulang Tahun ke 29 untuk Guruh Andreanto, IT Consultant Acer Utama Malang Town Square. Semoga Panjang umur dan sukses dalam karier.

SHOW Mata Najwa di UMM Untuk ketiga kalinya, stasiun tele­v isi Metro TV menggandeng Univer­ sitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk kegiatan besarnya.Sete­ lah  Roadshow  Eagle Awards  2011, lalu­ Wideshoot Metro TV Goes to C a m ­p u s   2 0 1 2 ,   k a l i i n i   M e t r o T V o n C a m ­p u s   k e m b a l i d i g e l a r d i U M M D o m e . P u n ­c a k k e g i a t a n dilaksanakan pada hari ketiga, yakni  shooting  untuk program Mata Najwa. Acara yang dipandu Najwa Shihab ini menghadirkan narasumber kenamaan, seperti menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan ketua MK Mahfud MD,  walikota Surabaya Tri Rismaharini serta  wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok. Pendaftaran bisa ke kantor Humas UMM di Gedung Rektorat lantai 2 atau daftar via online.

REDAKTUR: halim, LAYOUTER: ABDEE


21

MALANG POST

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

LOWONGAN

RUPA-RUPA

KULINER

MOBIL - MOTOR

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

DCR Karyawan/wati counter+ security: SMA,jujur,pkrjkrs lam: Jl. S.Parman 23 Mlg 0341418788

Ahli gigi “MORO JOYO DENTAL” menerima : Pemasangan, Reparasi dan segala kebutuhan gigi serta terima panggilan. Hubungi Mukhlis : Jl.Ki Ageng Gribig Selatan Pom Bensin. Tel: 0341 7312267, 085931137727

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.0812317744177728007 BG-19/11

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com

BG-29/11

BL-25/11

BG-23/11

READY Stock Ertiga GA GL 8 GX Manual 8 Matik DP. 52 jt -an Bisa Tenor 5th 082141959999/9568253

JUAL rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego

BPK/Ibu/Sar yang ingin penghasilan nyata Hub.Kris Dewi 081944825463

BL-1/12

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BG-28/11

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916 BL-27/11

BG-29/12

•HONDA•

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/11

DAIHATSU JUAL mbl Xenia’08 warna hitam N kota audio, TV, lengkap JL. LA sucipto 78 G harga 110 jt mlg hub 08123399874 BG-13/12

JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.03419187273 BG-23/11

BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/12

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/11

DIJUAL HNDA Accord VTiL exlusive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/11

DIJUAL H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/11

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/11

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/11

MITSUBISHI

TANAH

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696

JUAL cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068

BG-10/12

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/11

TOYOTA DIJUAL:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/11

DIJUAL cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555 BG-11/12

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/11

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013

BG-18/11

J.TNH Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435/081233081622 BG-18/11

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 BL-7/11

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/11

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/11

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/11

• SUZUKI • DIJUAL Suzuki Futura Station DRV 2001 Original Indomobil Rp 50 Jt (0341) 4422551 (L) Perum Bumi Asri Blok Q No.8 Sengkaling. BL-22/ 11

JUAL Suzuki Baleno matic 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 81 jt nego 08164291898 BL-22/ 11

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/ 11

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

BG-2/11

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040

DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/11

VILLA BU VILLA Batu ,baru mnls 190 m2 Hg.550 jt Nego 081916571873 BL-13/11

RUMAH DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516 BG-23/11

DIJUAL rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/11

BG-3/11

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978

BG-11/11

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/10

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963 BL-22/11

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/11

KEHILANGAN STNK spd mtr Kawasaki ’03 N-4914-B noka : Mh4AN112D3KP1G212 nosin : AN112BEP11817 a/n : KUSUN d/a : jl. Kol.Sugiono VIII/ 19 Kel.ciptomulyo Kec.Sukun kota mlg BL-15/11

STNK spd mtr Suzuki ’11 N-1940AB noka : 194062 nosin : 717977 a/n : MUNIRAN d/a : jl. Asrama skodam G/6 rt 07/08 mlg STNK spd mtr Yamaha t105e’97 N-566-CR Noka.MH3-4ST001K093380, Nosin.4ST-086175 a/n ASWIN MARGONO d/a jln.puncak Malino no. 25 Malang BL-14/11

STNK spd mtr honda/NC12A1CFAT’12 N-6560-AU noka: MHIJFB119CK227177 nosin: JFB1E1223118 a/n UNTUNG S.SUHARIYONO.S.KEP d/a jl.kanjuruan no.42a rt.03 rw.03 kel. tlogomas kec.lowokwaru mlg BL-14/11

HARNUNIK d/a Balong Dinding RT. 17 RW. 05 Ds. Sidowungu Kec. Menganti Kab. Gresik BL-15/11

STNK spd mtr Yamaha Mio Soul’10 AG-6170-MH noka: MH314D004AK939045 nosin: 14D 939178 a/n NURHADI d/a Dsn Jepun Rt.07 Rw.07 Desa. Tegalrejo Selopuro Blitar BL-15/11

DJL rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784

BL-15/11

NOTICE PAJAK

JASA pembuatan rombong franchise, both, stan pameran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-2801809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/12

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563. BG-4/12

DICARI ,Laptop,LED,LCD,zzBB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin.BB 314CF4A4 BG-4/12

BG-31/11

RUPA-RUPA JUAL beli+tukar tmbah barang elektronik:Tv,Dvd led,kulkas dll. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563 BG-12/12

GALERY GORDEN:Mnrm sgl model gorden, vitrase, vertikal & horizontal blind, accesories dll. Anda telpon kami datang Hub: Jl. Ranugrati 33 Sawojajar Tlp: 6358666/726960 BG-07/12

DIJUAL triplek meranti 3-18ml hub. 081937736100 (ex KARYA SAKTI)

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/11

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BL-6/11

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/11

BG-3/12

NIA Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/11

TOKO “JUARA SPORT” jual alatalat olahraga harga bersaing, mutu berkualitas. Hub Jl. Diponegoro 62 TLP. 0341-7723930 BL-19/11

MEBEL Nusantara menerima cash & kredit kursi, sofa, almari, sping bed dan segala peralatan rumah tangga. Hub Jl. Agus Salim No. 18-20 Batu. Tlp. 0341592444 BL-19/11

SURYA MANDIRI GORDYN.Sedia sgl mcm Gordyn,Vitrage,Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910 BG-23/11

UD.AZIZ KUSUMA jual mcm2 pot bunga, air mancur, mainan les, gypsun, pilar dan pembuatan taman hub: Jl.Ry Pakisaji(sebl kantor kec pakisaji) Mlg 085649554292

BG-20/11

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/11

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/11

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-26/11

SERVIS ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Pro duk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

MP-Jual: Tire Guard,Formula Anti Ban Bocor,Akan Menambal Otomatis Dari Dalam Ban Saat Ban Tertusuk Paku,Ban Tidak Akan Bocor/Kempes.Hub:081 805 131 258.

MP-jual : Jasa pijat pasutri 083848891172

MP- cari : rumah sederhana di malang kota dan skitary.085258701777

MP-jual : madu herbal sambung nyowo, madu herbal sambung asmoro, minyak retak tulang, tersedia di TOKO MINI jl. Bukit Tanggul S-50 Tidar 08175402017.

MP-JUAL : 2 set rak minimarket dan 2 BB Gemini , 1pc TAM. Hub 089696000996

Mp-Jual: ES CINCAU GREEN bs buat OBAT sglh penyakit( darah tinggi,bs membunuh sel kanker dll...) terbuat dr bhn alami, jln BONDOWOSO(dkt UM) mlng TERIMA PESANAN call 085790833379

MP-JUAL:suzuki thunder 2005 harga 6 jt nego hub 081334878182 MP-JUAL: JUAL JUS MENGKUDU DAN BUNGA ROSELLA UNGU UTK MENSTABILKAN PENYAKIT: TEKANAN DARAH,KOLESTEROL DLL.HUB: 081553034700(SMS). MP-JUAL: hp CROSS CB80 keypad qwerty hp+chas, fitur: ada kamera, vidio,mp3.radio. internet, &ada mmry 2giga. hrga 125rb bs nego/ bs tkar burung. hub 3167167 MP-Jual : HP Modem yg bisa untuk Usaha Loket Bayar Listrik & pulsa. Dapatkan PAKET HEMAT hanya 399 rb. Kesempatan hanya utk 10 orang saja. SMS : #DAFTAR-IB*nama*alamat lkp# ke 085.755.310.871

MP-JUAL : Mobil daihasu classy 91 pw,ps,cl,tape,ac, ori l/d brg bgs. Hg.Nego +623412823649 MP-Jual: Mitsubishi End Year Sale Pajero Sport, Outlander bg 0%,mirage ang 3jtan, Dp mulai 30 jt hub 081251122817/03417028041 Mp-jual : kulkas bekas merk shap satu pintu, Masih nurmal. Harga 500 rb. Hub. 9410912 MP-Jual : Samsung Duos/ Qwerty 2nd hrga 300rb, Nokia E63 hrga 450rb, serius call 081234077509 MP-JUAL : Benih /bibit Cabe, Tomat, Terong, kacang panjang, Buncis, sawi, semangka, melon dan bibit buah - buahan seperti kelengkeng 1 tahun bisa buah ,durian,SIRSAK BANGKOK,pepaya dan lain2 hubungi Anang 081334403431 dan 0341 8106284 konsultasi Gratiss

MP-JUAL:rmh 2 lantai luas tnh 210m2,luas bngunan 290m2,kmr tdr 6,kmr mandi 4 (water heather)HRG 1,2M nego hub 085608766656 MP JUAL : rmh nyaman,full bgnan 66m2,sertifikat hgb,R tamu, R klga, R mkn,2 kmr tdr, k mandi, dpr, carpot, pagar. Hrg: 95jt ng, Perum Saptoraya Pakis.hub: 08885575627 MP-JUAL : rmh renov 2.Lt 7x12 m, 4 Kt, 1 Km , 900 w, PAM & Smr, Lok TAMAN PERMATA ASRI ds Sitirejo- Wagir .hrg nego .03419719453/081333644775 MP-Jual : tanah ukuran 9x14 ama 18x14 wilayah kota malang klayatan sukun, akses jalan aspal brsan selesai proyek pemkot, rencana pengalihan lingkar barat menuju batu, status AJB saya sendiri. Dijual harum 575rb/m. Tdk terima sms, tlp aja 08125254672/034-7807018

BG-29/11

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car

BG-07/12

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/11

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/11

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/11

WAROENG COMPUTER BANG IWAN.Mnrm Serv. panggilan,jual beli comp rusak,TV. Jl.Ry. Pakis/Komplek Toko Psr. Pakis. Dpn Alfamart 03419396778/085706236235 BG-23/11

BG-23/11

BG-12/11

MP-JUAL: gudang bks pnggilingan padi lokasi warujayeng nganjuk, luas 5700m2 HRG 1,8M nego hub 085608766656

BG-31/11

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web site: www. su rya travel. com.

MERY’S BAKERY & CAFÉ menerima Pesanan Roti, Donut, tart, Spiccu, DLL Jl.LA.Sucipto No.339 Depan SDN Pandanwangi 1 telp.03419552483/087852501110

BG-26/11

KULINER

BG-13/11

MP-jual : rmbong tuk jual LaLapan plus smua pralatan nya lengkap,anda tinggal bli bhan sja,d jual cpt bu.Rmbong n pralatanx hanya 2jta bs nego.Hub: 089619339605

BG-30/11

ANGKASA RENT CAR me layani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pe ngan tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298

ASHAFA Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

BG-19/11

KURSUS piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292

BL-14/11

MP-JUAL:Tanah 2 kavling ukuran 10 x 200 m,nmr 3 dan 7.lokasi randuagung singosari,harga 1jt500rb/m. hub 081234884242.

“BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 5584409634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761

BL-18/11

MP-JUAL : ETALASE,tinggi2m. panjang1m,lebar0,5m.hub. 083848004526.

BG-24/12

BG-26/11

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

BG-19/11

MP-Jual : gorden lengkap bekas kondisi masih bagus harga nego minat hub 081232783909 MP-JUAL:resep bakso super di jamin lezat &halal +praktek=di utmkn luar kota mlg +6285608087172

MP-CARI

MP-Cari : Tv LCD 24inch bekas hrga 600an ato cri kulkas 1pntu yg bkas hrga.300an.Hub: 089619339605 MP-Cari : kryw /ti roti smp/sma, khusus kryw pria py Sim C, Hub. bu Hasni 081334365000 MP-Cari: Agen Tire Guard,Formula Anti Ban Bocor,Akan Menambal Otomatis Dari Dalam Ban Saat Ban Tertusuk Paku,Ban Tidak Akan Bocor/Kempes.Hub:081 805 131 258. MP-cari : SPG pemula, max 21 thn, cantik, penampilan menarik, komunikatif, info: 081252392299 MP-cari : laki-laki max 20 th,lulus smp,bujangan, bisa sepeda motoran Hub 6102818/6358666

MP-Cari: tukang pengalaman dakcor.085649650610 MP-Cari : kasir shift wanita, sma, tdk pnya ank kcl. Di MOG, gj 600 rb. Hub : Ayu 085604008858 MP-Cari : 1 salesman farmasi pria min d1 max 27th, sim C + motor, blm nikah lamaran ke PT. Kimia Farma Trading & Distribution alamat PBI Utara IV-2 B A1/19 Malang. MP-Cari : pegawai putri penampilan menarik untuk jaga toko pendidikan min smp blm menikah umur max 20 th hub : sony music school jl gunung raung 8 malang MP-Cari : Koleksi Foto2 gdung kuno kota malang th 1870 .- 1920. Cri mitra krjasma punya tmpat, modal utk buka galery mini. Pminat hub: Perum Graha Dewata. 0878.5948.8685 MP-Cari : tenaga serabutan, jaga toko, BAG Kirim, gaji 1jt, hub 03416677600. MP-CARI : TUKANG ALMUNIUM HUB. 081555992213 MP-cari : tenaga salon wanita, berpengalaman, penampilan menarik. hub 03417354091

Jl. Sriwijaya 1-9, Malang

TOUR & TRAVEL

BG-30/11

BG-30/11

MP-JUAL : Tv kondisi perbaikan Toshiba 29 inch & samsung 14 inch .hub :0341 2249896

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882

TYFAGAS TRANSPORT drop juanda, carter, sewa mobil bromo hub: 0341-9422477 082131896481

GRATIS Konsultasi kredit /tunai, Mobil baru Suzuki HUb. Hadi 2374008/ 085239073708

MP JUAL

BG-22/11

PENGOBATAN

BG-30/11

BG-07/12

since 1998

BG-07/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp.0341-7359448

Korane Arek Malang

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda proforsional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568

BG-9/12

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

BL-30/11

APA anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih

CV. ABADI mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka

AGEN resmi kartu “ ABACA ” MEDIA BELAJAR MEMBACA, 085648862027 / BB: 3268CB43

1 BUAH Notice Pajak’08 N-3888 -BJ noka: MH1JF12188K510007 nosin: JF12E1514394 a/n JUNAIDI MISTAR d/a Bunga Srigading dalam 48 RT/RW 02/02 lowokwaru mlg

BG-9/12

PIJAT

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

BG-10/12

STNK

BMC (Becam Medicine Center) pengobatan modern cara Nabi, menyediakan terapi: becam, hirudo, lintah, gurah dll.Jl.pepen dpn pom bensin Kepanjen Tlp: 0341-7060111, 085755181862, 085785062601 BG-10/12

BG-07/12

STNK spd mtr Honda’10 N-6361CC noka: MH1JF6112AK070256 nosin:JF61E1070103 a/n FATIMAH AZZAHRA d/a Jl.Prof. Moh.Yamin V/8 Rt.008 Rw.007 Kel. Sukoharjo, Kec.Klojen Kota Malang

BG-17/11

DANA TUNAI BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696 BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448

BG-19/11

DIJUAL rmh Hook Jl.Timah 19 Malang Lt 236/Lb 180 SHM 4 KT 2 KM hub:087859522850 / 081330371598

BG-16/12

BG-31/11

BL-15/11

KOST

BG-21/11

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BG-17/11

BG-14/12

BG-31/11 11

MALANG POST

www.malang-post.com


SAMBANG

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

22

VANDRI VAN BATTU/MALANG POST

INOVATIF: Instalasi pengolahan gas metan di RW XIII Bunulrejo dan taman toga yang produktif

RW XIII Bunulrejo Kecamatan Blimbing

Jadi Jujugan Studi Banding MALANG-RW XIII Bunulrejo Kecamatan Blimbing jadi jujugan studi banding dari berbagai daerah. Ini karena RW yang dipimpin HM Ayyub SH itu merupakan RW berprestasi di bidang lingkungan. Sederet inovasi besar lahir dari wilayah RW berpenduduk 800 warga itu. “Dalam setiap bulan pasti ada yang studi banding ke sini. Biasanya pemerintah daerah maupun instansi yang membi-

dangi lingkungan hidup. Dalam bulan ini terdapat tiga daerah yang datang untuk studi banding,” jelas Ketua RW XIII, HM Ayyub SH. Daerah yang studi banding yakni Banjarmasin dan Pontianak. Selain dari luar Jawa, berbagai daerah di Jatim hingga luar Jatim juga belajar ke RW XIII. Magnet RW yang terdiri dari lima RT itu memang sangat besar. Di antaranya karena pres-

tasi. Dalam tahun ini saja, setidaknya lebih dari tiga prestasi besar diraih oleh RW XIII Bunulrejo. Prestasi yang diraih diantaranya juara 1 lomba kebersihan Kota Malang tahun 2013, juara 1 lomba siskamling Kota Malang hingga meraih penghargaan di bidang pengolahan energi terbarukan. Yakni pengolahan sampah menjadi gas metan. Inovasi pengolahan sampah

menjadi gas metan ini memang fenomenal. Sebab menjadi penyokong utama Kota Malang meraih Adipura. Bahkan mendapat apresiasi Kementerian Lingkungan Hidup. Pengolahan sampah menjadi gas metan dijalankan secara serius. Kini sebuah instalasi sudah berdiri di salah satu sudut wilayah RW yang rimbun dan sejuk oleh tanaman pohon produktif itu. Menariknya lagi, Ayyub sen-

diri yang melakukan riset pengolahan gas metan lalu melakukan pengembangan. Ia rela mengambil sampah di TPA Supit Urang untuk penelitian aplikatifnya itu. Selain itu juga memanfaatkan sampah di sekitar, Ayyub juga sudah membuktikan efisiensi dan efektifitas gas metan untuk bahan bakar gas motor. Karya Ayyub mendapat apresiasi dan pengakuan dari berbagai kalangan.

Di sisi lain, RW XIII juga mengembangkan toga di setiap RT. Di masing-masing RT setidaknya terdapat 35 jenis tanaman toga. “Di antaranya jenis tanaman obat herbal. Ini merupakan salah satu tanaman yang dikembangkan,” kata dia. Begitu pula dengan Bank Sampah Malang (BSM). RW XIII memiliki BSM dengan tingkat partisipasi masyarakat yang terbilang tinggi. Nasabah BSM di RW itu mencapai 70

persen dari jumlah penduduk. Semua prestasi dan berkembangnya pengelolaan lingkungan di RW XIII bisa terwujud karena kebersamaan warga. Selain itu keteladanan Ketua RW, pengurus RW serta tokoh masyarakat juga menjadi penyemangat warga. Suasana permukiman yang asri dan tenang juga menjadi penyemangat warga. Terutama dalam melestarikan lingkungan. (van/lim)

RT 04 RW 10 Bedali Lawang

Permudah Informasi Warga, Katar Optimalkan Mading LAWANG - Kian mudahnya sarana informasi, membuat masyarakat antusias memaksimalkan sarana media lama. Kondisi itu yang terlihat di Jalan Dr Cipto RT04 RW10 Desa Bedali, Kecamatan Lawang. Untuk memaksimalkan kondisi kampung dan kiat memperat hubungan antar warga, pihak RT membuat papan informasi. Tujuannya menginformasikan setiap agenda kegiatan atau urusan dengan warganya. Yang menarik, agar semua warga mengetahui setiap kegiatan atau rencana kegiatan, sarana media lama itu ditempatkan di lokasi yang cukup strategis yakni di sisi jalan. “Papan informasi itu sengaja dibuat untuk memudahkan informasi kepada masyarakat. Ide itu muncul sekitar tiga tahun lalu.

Jadi, ada informasi baru apa di kampung, masyarakat tinggal melihat papan informasi. Jika papan dalam kondisi kosong, maka agenda kegiatan untuk sementara nihil,” kata Ketua RT04, Endra Agus Hermawan. Ditambahkan Endra, dengan adanya papan informasi, maka setiap warga akan mengetahui langsung jadwal atau agenda kegiatan. “Istilahnya sekarang, warga akan tahu setiap kegiatan kampung. Jadi, tidak perlu lagi susah-susah untuk mengirimkan undangan ke rumah-rumah warga yang belum tentu warga itu ada di rumah. Mengingat, seperti kegiatan PKK untuk Kampung, juga diinformasikan di papan informasi itu,” terang Endra. Yang tidak kalah menariknya, selain ada papan informasi, di

RT ini juga memaksimalkan fungsi mading (Majalah Dinding). Lokasinya yang berdekatan dengan papan informasi, membuat kedua sarana media lama itu, bisa dilihat secara nyaris bersamaan. Khusus mading disediakan dan dikelola langsung oleh Karang Taruna (Katar) RT04 RW10. Fungsi dari mading, nyaris sama dengan papan informasi. Hanya saja, lebih kepada motivasi dan apresiasi terhadap pelaksana dari kegiatan. Diantaranya, seperti foto-foto dari hasil suatu kegiatan kampung. “Mading di sini lebih kepada informasi secara umum. Termasuk, beberapa prestasi yang dibuat oleh warga. Seperti yang ada sekarang, dipasang gambar mewarna yang beberapa waktu

lalu diselenggaran dan untuk juaranya berhasil direbut oleh pelajar atau anak-anak sini (RT04),” kata Ketua Katar RT04, Syalilah Ramayani. Masih menurut Rama-sapaan akrabnya, mading juga menempelkan informasi-informasi penting menyangkut kegiatan atau hari besar. Sebagai contoh, saat Idul Adha lalu. Pada papan mading, bisa dijumpai beberapa tulisan dan analisa seperti baik mana kurban sapi atau kambing. Lalu, daging kurban bagus diberikan dalam bentuk sudah matang atau mentah. “Jadi fungsi mading di sini, lebih kepada informasi total untuk menambah informasi buat warga. Sekaligus membuat warga menjadi bangga dengan prestasi-prestasinya,” terangnya. (sit/lim)

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

INFORMASI WARGA: Ketua RT04 (berkopiah) Endra Agus Hermawan saat mengecek isi dari mading di sisi jalan kampungnya bersama Ketua Katar RT04, Syalilah Ramayani.

KAMPUNG »NEW CAMP» RW 3 KECAMATAN SUKUN

Jagoan Lomba, Warga Tak Punya Sertifikat Rumah SEGUDANG penghargaan yang diraih sejak tahun 2011 lalu melejitkan RW 3 Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun sebagai salah satu kampung berprestasi di Kota Malang. Berkat inovasi bertema lingkungan yang terus digalakkan secara swadaya, kawasan yang dulu akrab disebut Kampung Baru itu menjadi jujugan studi banding instansi dalam dan luar negeri. Sayangnya, masih ada ganjalan yang meresahkan hati warga kampung ‘New Camp’ tersebut. Ganjalan itu tak lain adalah belum adanya sertifikat atas tanah dan bangunan yang mereka tinggali selama ini. Sudah bertahun-tahun, warga setempat gagal mengantongi hak penuh atas rumah masingmasing. Meski begitu, 350 kepala keluarga (KK) yang hidup berdampingan di sepanjang Jalan Terusan Merpati dan Jalan S Supriyadi tetap mampu menorehkan prestasi mentereng. Dimotori sang Ketua RW Zainul Arifin, segenap warga RW 3 berkeyakinan bila mereka mampu mengukir segudang prestasi, nama kampung mereka bakal ikut terkatrol. Dari kebanggaan itulah, diharapkan nantinya Pemkot Malang bakal

lebih peduli dengan keprihatinan yang dirasakan penduduk setempat. Diawali dengan membentuk kader lingkungan di tiap-tiap RT hingga tingkat RW, Zainul mengerahkan warganya untuk aktif menghijaukan ‘New Camp’, julukan populer kampungnya. “Kami memilih kader lingkungan yang benar-benar mau bekerja keras dan tulus. Total ada 24 orang. Masingmasing tiga orang dari tiap-tiap RT. Untuk kader lingkungan RW juga ada sendiri, orangnya tidak boleh sama,” kenang Ketua RW yang tak sungkan turun langsung memberi contoh warganya tersebut. Kerja keras seluruh warga berbuah manis. New Camp akhirnya dinobatkan sebagai Juara I Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kota Malang 2011. Tak hanya berpredikat terbaik di kota sendiri, RW 3 Sukun juga berhasil merebut titel jawara tingkat Provinsi Jawa Timur dan Runner-Up Nasional untuk kategori lomba yang sama. Sukses tersebut berlanjut marathon. Mereka kembali berjaya dalam Lomba Clean and Green Kota Malang yang digelar setahun berikutnya. Tak berselang lama, Pemkot Malang mendapuk New Camp dengan predikat Kampung Therapy. Karena di setiap gang ada media

RIZAL FANANY//MALANG POST

FENOMENAL: Popularitas RW 3 Sukun kian terkatrol berkat rentetan prestasi membanggakan. batu therapy yang bisa dimanfaatkan warga setiap waktu cukup dengan berjalan tanpa alas kaki melewatinya. Ide inovatif tersebut sempat menuai protes, karena dianggap mengganggu proses resapan air di jalan. Namun, setelah dikondisikan bersama dengan penggantian biopori, media therapy di sepanjang jalanan gang semakin digandrungi. “Bahkan warga menjadi lebih sehat. Mulai lepas subuh ada

saja yang sudah mulai therapy,” urai Ketua PKK setempat, Erna Zainul yang tak lain adalah istri Ketua RW. Yang tak kalah fenomenal adalah pencapaian New Camp dalam hal pengelolaan Bank Sampah Masyarakat (BSM). Dengan ketersediaan 75 tong composter hampir di seluruh sudut kampung, sampah kering yang dikumpulkan warga bisa disulap menjadi nominal Rp 250 ribu per pekan. “Setiap satu

minggu sekali kader lingkungan keliling kampung bawa gerobak untuk mengambil sampah kering. Warga seolah tak perlu dikomando lagi. Hasilnya juga lumayan,” tutur perwakilan Karang Taruna RW 3 Sukun, Dodik Haryanto. Bukan tanpa alasan bila warga setempat bisa sukses mengelola sampah kering yang umumnya adalah koran bekas, barang plastik, seng hingga kawat yang masih bisa diloak-

kan. Pasalnya, kebiasaan mengelola sampah kering sudah dijalankan di sana jauh sebelum konsep BBM digagas beberapa tahun lalu. Berkat inovasi yang kreatif sekaligus menguntungkan tersebut, beragam penghargaan pun sukses disabet New Camp. Pengakuan tak hanya datang dari pemerintah daerah saja, namun juga dari mancanegara. Kampung Baru tak henti menjadi jujugan studi banding pihak-pihak yang tertarik mendalami soal pengelolaan lingkungan bersih dan hijau. Tamunya mulai dari penjuru nusantara sampai peneliti dari Australia, Jepang dan Jerman. “Rata-rata mereka heran kenapa kami bisa sekompak ini dalam mengelola lingkungan,” imbuh Gatot Adi Basuki, kader lingkungan setempat. Selain sukses dalam hal inovasi lingkungan, ‘bakat’ lain yang juga layak dibanggakan warga New Camp adalah kepiawaian tim Patrol mereka. Mulai digiatkan medio 2010’lalu, sederetan gelar kampiun Lomba Patrol mulai tingkat kota hingga provinsi sukses dibawa pulang. Polres Malang Kota pun dibuat kepincut sehingga bersedia menjadi pembina tim patrol RW 3 Sukun. Terbaru, tim Patrol New Camp sukses menjadi jawara Lomba Patrol Jawa Pos yang berlangsung akhir pekan lalu.

Dalam ajang prestisius yang dihelat di Surabaya, 27-28 Juli lalu, tim kesenian lokal Kampung Baru sukses menjadi yang terbaik usai menyisihkan wakil Surabaya dan Banyuwangi yang harus rela menduduki podium kedua dan ketiga. M Taufiq, Ketua Patrol New Camp menganggap rentetan prestasi yang diukir tak lepas dari buah kerja keras seluruh elemen masyarakat. Dengan mayoritas personil masih duduk di bangku SMP dan SMP, siapa sangka jika Patrol New Camp mampu menorehkan capaian membanggakan. “Kami menganggap semua lomba lokal yang diikuti tingkat kota adalah ajang latihan untuk terus memperbaiki kekurangan. Selain itu, dengan aktif di patrol, generasi muda kami jadi punya media penyaluran bakat sehingga jauh dari perilaku negatif,” paparnya kepada Malang Post. Karena sudah terlalu sering menang di berbagai lomba yang diikuti, tim New Camp pun sering dibuat mringis karena tidak boleh menjadi peserta. Rata-rata panitia hanya memperbolehkan mereka ambil bagian sebagai tamu kehormatan. Terlepas dari prestasi apa lagi yang akan dibukukan, masih terselip keinginan warga untuk memiliki kepastian akan rumah yang menjadi pelabuhan hidup mereka. (tommy yuda pamungkas/lim) REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : KURDI


KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

23

Polisi Ambil Sample Darah Keluarga Yaona Pastikan Bukan Korban Mutilasi KEPANJEN – Kasus dugaan pembunuhan yang terjadi di Dusun Sengon, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir terus diselidiki polisi. Termasuk mengungkap siapa identitas sosok mayat wanita yang ditemukan di sungai dasar jurang. Apakah memang Yaona Miatisari yang sempat hilang 46 hari lalu atau ada identitas lain. Kemarin, penyidik Reskrim Polres

Malang yang mengambil alih kasus dugaan pembunuhan, mengambil sample darah dari dari orangtua Yaona, yakni Wakijan serta kakak kandung Yaona. “Kedua sample darah keluarga Yaona tersebut, dikirim ke Jakarta untuk kemudian dicocokkan dengan darah mayat wanita tersebut. Apakah cocok dan benar mayat itu adalah Yaona, seperti yang diakui keluarganya. Namun untuk hasilnya baru bisa diketahui sepekan,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman.

Bagaimana dengan hasil otopsi dari kamar jenazah RSSA Malang?, mantan tenaga pendidik (Gadik) SPN Brimob Polda Jatim ini, mengatakan bahwa untuk hasil otopsi, baru akan dikirim secara resmi pada Senin (18/3). Namun hasil penyelidikan sementara, dipastikan bahwa mayat itu bukan korban mutilasi. “Kalau untuk soal hasil otopsi masih menunggu keterangan surat resmi dari dokter forensik RSSA Malang yang baru akan diberikan kepada kami Senin depan,” ujarnya.

Sementara tentang nasib R, perangkat desa yang diduga warga sebagai pelaku pembunuhan, sampai kemarin masih di Polres Malang. Sifatnya dia bukan diamankan, tetapi mengamankan diri. “Yang bersangkutan meminta pengamanan, karena mau kembali ke rumah, situasi desanya masih panas,” katanya. Sekedar diketahui, Warga Dusun Sengon, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, siang kemarin gempar dengan penemuan sesosok mayat wanita di sungai dasar jurang yang tidak utuh lagi jasadnya. Korban yang diper-

kirakan masih usia muda tersebut, diduga adalah korban pembunuhan yang kemudian dibuang di jurang dengan kedalaman sekitar 30 meter. Dugaan sementara, mayat wanita tersebut bernama Yaona Miatisari, 23 tahun, warga sekitar yang hilang sejak 46 hari lalu. Indikasi tersebut, dari kemiripan pakaian yang masih melekat pada tubuh korban yang dikenali keluarga. Yaitu memakai celana kain ukuran tiga perempat serta jaket switer warna hitam dengan penutup kepala.(agp/aim)

Puspita Fokus Evakuasi Tower SINGOSARI-Robohnya tower sepanjang 80 meter milik Radio Puspita FM di Jalan Karanglo-Singosari, bakal berdampak pada pendengar setianya. Masalahnya, untuk perbaikan atau pendirian tower baru, pihak radio masih akan melakukan kajian. Sementara waktu yang dibutuhkan untuk kembali membangun tower tidak kurang dari enam bulan. “Untuk sementara masih belum memikirkan pendirian tower baru. Akibat puting beliung Selasa kemarin, pastinya tower yang roboh harus dievakuasi dahulu dari lokasi. Baru kemudian, melakukan perbaikan-perbaikan di rumah warga dan bangunan yang terkena dampak dari robohnya tower,” kata Station Manager Radio Puspita FM, Birom Ghozali kepada Malang Post, kemarin. Akibat tumbangnya tower, ungkap Birom, tidak sedikit kerugian yang diderita oleh pihak pengelola. Seperti tower, sedikitnya Rp 300 juta, kerugian yang diderita. Jumlah itu, masih ditambah dengan tiga bangunan yang rusak dan diperkirakan mencapai Rp 50 juta. “Arah mendirikan tower baru jelas ada. Namun, untuk mengantisipasi kejadian serupa, tentu akan dilakukan pengkajian. Sehingga, tidak sampai tumbang lagi. Mengingat, tower yang ada tersebut baru merusia 10 tahun. Paling tidak, enam bulan ke depan sudah mulai melakukan pendirian tower baru,” tambahnya. Disinggung mengenai karyawan, Birom menjelaskan, untuk karyawan administrasi sementara tidak mengalami masalah. Kondisi berbeda, untuk karyawan yang biasa siaran. “Secara keseluruhan, untuk

Dua Desa Terancam Gagal Pilkades Serentak Sambungan dari Halaman 24

“Namun di Desa Bunut Wetan, masih belum dilakukan penetapan calon,” ujarnya. Sedangkan untuk Desa Tambakasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dari tiga calon kepala desa yang sudah ditetapkan, seorang calon incumbent mengundurkan diri. Alasan pengunduran diri, karena calon incumbent tersebut sedang disoroti oleh dua calon lainnya dengan dianggap melakukan, memakai atau memanfaatkan fasilitas negera, yaitu mengumpulkan para Ketua RT dan RW di rumah orangtuanya. “Dengan permasalahan itu, saat ini pihak Pemerintahan Desa kami undang untuk fasilitasi penyelesaian permasalahan yang terjadi. Jika nantinya permasalahan itu berhasil diselesaikan maka dua desa tersebut akan mengikuti Pilkades serentak. Namun jika tidak, ya terpaka ditunda,” terang Sumardi.(agp/aim)

Kerugian Bencana Alam Capai Rp 800 Juta Sambungan dari Halaman 24 RIZAL FANANY/MALANG POST

BUTUH WAKTU : Kerangka tower milik Radio Puspita FM yang roboh dan secara bertahap akan dievakuasi. karyawan tidak ada masalah. Akibat kejadian ini, administrasi bisa tetap jalan. Sementara yang siaran, mungkin bisa memaksimalkan sosial media yang ada. Karena dengan tumbangnya tower, radio pastinya tidak bisa

mengudara,” ungkapnya. Sebagaimana diberitakan, akibat hujan deras disertai angin kencang, tower setinggi 80 meter milik Radio Puspita FM yang berada di belakang kantornya,

roboh. Akibat kejadian itu, tiga bangunan terkena dampak dari tumbangnya besibesi tower. Sementara tower yang sudah ambruk, tidak bisa digunakan lagi alias harus mengganti baru. (sit/aim)

Kasus Prona Tiga Desa Ditarget Desember KEPANJEN – Tiga kasus dugaan pungutan Proyek Nasional Agraria (Prona) di Kabupaten Malang, masuk dalam agenda penyidikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen. Targetnya sampai akhir Desember 2013 ini, tiga kasus Prona tersebut sudah selesai dan masuk ke proses persidangan. Ketiga kasus Prona tersebut terjadi di tiga desa di Kabupaten Malang, yaitu Desa Bayem Kecamatan Kasembon, Desa Rembun Kecamatan Dampit serta Desa Trenyang Kecamatan Sumberpucung. Dari tiga desa tersebut, kasus Prona di Desa Trenyang, yang sudah masuk ke proses persidangan. Pengadilan Negeri (PN) Kepan-

AKP Muhammad Aldy Sulaeman

jen, sudah menjatuhkan vonis 1 tahun kepada kepala Desa Trenyang. Namun putusan tersebut belum tetap (inkracht), karena masih melakukan banding. “Selain menyeret Kades, kasus Prona Desa Trenyang juga menyerat dua perangkat desa yang menjadi panitia Prona. Saat ini prosesnya masih sidang dengan mengambil keterangan saksi-saksi,” ungkap penyidik Kejaksaan Negeri Kepanjen, Rio Vernika Putra kepada Malang Post, kemarin. Sedangkan untuk dua desa, yaitu Desa Rembun Kecamatan Dampit dan Desa Bayem Kecamatan Kasembon, masih dalam tahap penyelidikan. Kejari Kepanjen masih melakukan pemeriksaan terhadap

saksi-saksi. Kasus Prona di Desa Rembun, sudah memeriksa sembilan orang saksi dan kasus Prona di Desa Bayem, sudah memeriksa 12 orang saksi. “Tiga kasus Prona yang kami tangani saat ini adalah berdasarkan surat pengaduan para pelapor ke Kejari Kepanjen. Kemudian kami menindaklanjutinya. Jika terbukti kasusnya akan lanjut, dan kalau tidak terbukti akan kami sampaikan kepada warga atau pelapor,” ujar Rio. Menurutnya, dari tiga kasus Prona tersebut, setiap desa penarikan uang untuk pengurusan sertifikat tanah massal berbeda. Di Desa Rembun Kecamatan Dampit, sesuai laporan setiap

warga yang mengurus sertifikat diminta untuk Rp 1 juta. “Namun dalam pemeriksaan sembilan orang saksi, ternyata ada yang diminta sampai Rp 3,5 juta. Padahal pengurusan sertifikat di Kantor Pertanahan Kabupaten Malang digratiskan atau tanpa biaya. Karena Prona ini diperuntukkan untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin memiliki sertifikat. Kalaupun ada penarikan mungkin di desa untuk biaya patok, materai atau surat keterangan bahwa tanah yang dimintakan sertifikat tidak bermasalah. Itupun nominal biayanya tidak sampai Rp 1 juta,” terangnya. Sedangkan untuk Desa Bayem, sesuai keterangan saksi-saksi

yang sudah dimintai keterangan, untuk Prona dimintai biasa Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta. Sementara di Desa Trenyang Kecamatan Sumberpucung setiap warga diminta Rp 500 ribu sampai Rp 650 ribu. “Untuk kasus Prona di Desa Rembun Kecamatan Dampit dan Desa Bayem Kecamatan Kasembon, masih akan kami rampungkan pemeriksaan saksi-saksi,” jelasnya. Termasuk rencana memanggil saksi dari panitia Prona dari Kantor Pertanahan Kabupaten Malang untuk dimintai keterangan sebagai saksi pada Jumat (15/11). “Yang jelas target waktu 60 hari, Desember nanti harus sudah selesai,” tegasnya.(agp/aim)

Hafi mengajak masyarakat untuk tanggap darurat. BPBD sendiri juga on call dalam penanganan bencana dengan memaksimalkan peralatan dan personil yang ada. Sejumlah pihak juga siap sedia mendukung kegiatan BPBD, seperti Yon Zipur yang siap mengerahkan pasukan dan peralatan berat untuk asesmen bencana. ‘’Peralatan dan personil kami masih mencukupi untuk membackup 33 kecamatan se Kabupaten Malang. Kami juga dibantu para relawan gabungan seperti dari PMI, Tagana, Tim dari Dinsos dan kini juga ada tim SAR dari Perhutani yang lebih fokus di daerah pesisir Malang Selatan,” pungkas Hafi. (poy/aim)

Rendra Minta Pehiptani Sukseskan Penas 2014 Sambungan dari Halaman 24

Di luar kegiatan musda, orang nomor satu di Kabupaten Malang ini meminta seluruh anggota Perhiptani untuk bisa mensosialisasikan tentang kegiatan Penas Petani Nelayan tahun 2014. Kabupaten Malang dipilih Kementrian Pertanian menjadi tuan rumah kegiatan yang sedianya dihadiri sebanyak 65 ribu peserta dari kota/kabupaten seluruh Indonesia. Peserta saling belajar dan berbagi ilmu dengan pelaku pertanian dan perikanan Kabupaten Malang demi meningkatkan hasil produksi pertanian dan perikanan. ‘’Peserta Penas memang jumlahnya 35 ribu, namun penyuportnya yang ikut hadir ke Kabupaten Malang kurang lebih 65 ribu. Penas Petani Nelayan ini sebagai forum silahturahim dan pemagangan peserta, tidak hanya peserta dari luar kota yang akan belajar sesuatu disini, tetapi begitu sebaliknya, atas keunggulan masing-masing,” pungkas Rendra. (poy/aim)

Kakek Bejat Gagahi Anak Angkatnya WAGIR – Seorang kakek warga Desa Jedong, Kecamatan Wagir, sejak awal pekan lalu terpaksa harus meringkuk di balik terali besi Mapolres Malang. Kastamun, 68 tahun ini, ditahan karena melakukan perbuatan asusila terhadap anak angkatnya sendiri. Sebut saja namanya Sintia (bukan nama sebenarnya, red) 14 tahun. Korban yang masih berstatus pelajar SMP ini, disetubuhi sebanyak 10 kali. Perbuatan itu dilakukan di dalam rumah saat kondisi sepi.Akibat perbuatan bejatnya itu, Sintia sempat hamil tiga bulan, sebelum akhirnya keguguran. “Tersangka Kastamun ini, kami amankan setelah ada pengaduan dari keluarga korban. Dari pemeriksaan, Kastamun mengakui semua perbuatannya. Termasuk pengakuan tersangka yang memberi imi-

ng-iming akan membelikan HP korban, jika mau melakukan persetubuhan,” ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Muhammad Aldy Sulaeman. Menurut pengakuan Kastamun, perbuatan bejat yang dilakukannya tersebut kali pertama terjadi saat Sintia masih SD. Korban yang waktu itu pulang sekolah, meminta pijit tersangka dengan alasan capek usai olahraga. Saat memijiti itulah, Kastamun yang terangsang birahinya langsung menggerayangi dan menyetubuhi korban. Perbuatan tak senonoh itu dengan mudah dilakukan, karena mereka tinggal di rumah hanya berduaan. Karena merasa perbuatan pertamanya tidak terbongkar, akhirnya terus dilakukan sampai terhitung sepuluh kali hingga Sintia hamil. “Saya khilaf

dan minta maaf. Sebetulnya Sintia anak angkat saya, dan sudah saya anggap anak sendiri sejak orangtuanya meninggal,” tutur Kastamun. Sementara terbongkarnya perbuatan Kastamun ini, berawal saat Sintia mengalami pendarahan. Kastamun yang melihat itu, berusaha menolong dengan membawa Sintia ke bidan desa. Tetapi karena bidan desa tidak ada di tempat, Kastamum lalu berniat membawanya ke rumah sakit. Belum sampai ke rumah sakit, Sintia mengalami keguguran. Untuk menghilangkan aib, orok janin tersebut dikubur di makam umum desa setempat. Selanjutnya, setelah kasus persetubuhan terkuak, Senin lalu polisi yang menduga ada praktek aborsi, membongkar makam orok tersebut untuk dimintakan visum di RSSA. (agp/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: DJ AMIEL


24

KAMIS, 14 NOVEMBER 2013

Kerugian Bencana Alam Capai Rp 800 Juta KEPANJEN – Pemkab Malang meminta masyarakat untuk terus tanggap dan waspada bencana alam. Pasalnya, ancaman terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Malang begitu tinggi, seiring datangnya musim penghujan. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafi Lutfi. Pihaknya merilis dari segi jumlah terjadinya bencana masih lebih tinggi dibanding tahun lalu. Sedangkan, dari sisi intensitas bencana awal pancaroba tahun ini lebih sedikit. Namun jumlah yang menjadi korban bencana tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Faktanya, yakni bencana angin puting beliung di Kecamatan Kepanjen dan Pagelaran merusak 158 unit rumah dan fasilitas umum. ‘’Misalnya, bencana angin puting beliung

yang terjadi di Kecamatan Kepanjen dan Pagelaran, lalu, sekali terjadi bencana, jumlah korbannya sebegitu banyak. Hal ini belum terhitung yang bencana isidentil yang terjadi di sejumlah wilayah,” terang Hafi. Ditambahkannya, BPBD mencatat besaran kerugian dari serangkaian musibah bencana alam sudah mencapai Rp 800 juta. Hitungan itu berasal baik dari jumlah kerugian materi yang sifatnya perorangan atau per KK dari warga setempat, hingga atas nama perusahaan. Musibah yang paling terbaru adalah puting beliung yang menimpa tiga rumah di Kecamatan Turen akibat tertimpa pohon dan tower Puspita FM di Jalan Karanglo 72, Kecamatan Singosari. Baca Kerugian... Hal.23 PMI KABUPATEN MALANG FOR MALANG POST

POTONG : Petugas PMI Kabupaten Malang saat melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah Suwito, warga Gedog Kulon, Kecamatan Turen.

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

SAMBUTAN : Bupati Malang, H Rendra Kresna saat memberikan arahan sebelum membka Musda Perhiptani di Pendopo baru Kabupaten Malang, Kepanjen, pagi kemarin.

Rendra Minta Pehiptani Sukseskan Penas 2014 KEPANJEN – Bupati Malang, H Rendra Kresna membuka secara langsung Musyawarah Daerah (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Malang, pagi kemarin. Dalam sambutannya, Rendra meminta Perhiptani untuk mensosialisasikan dan mensukseskan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan tahun 2014 yang ditempatkan di Kabupaten Malang. Acara yang berlangsung di Pendopo baru Kabupaten Malang, Kota Kepanjen ini dihadiri Kepala Pusat Penyuluhan Ke-

mentrian Pertanian, Momon Rusmono oleh seluruh anggota yang merupakan penyuluh pertanian yang tersebar di 33 Kecamatan se-Kabupaten Malang. Tiga pembahasan utama pada musda kali ini, yakni pelaksanaan musda DPD Perhiptani Kabupaten Malang, pemilihan pengurus baru DPD Perhiptani Kabupaten Malang periode hingga lima tahun ke depan dan pembahasan rencana kerja dari para pengurus baru DPD Perhiptani. Dalam kesempatan ini, juga disosialisasikannya terkait terpilihnya Kabupaten Ma-

lang sebagai tuan rumah Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan tahun 2014 pada 7-12 Juni tahun depan. ‘’Perhiptani adalah perhimpunan penyuluh pertanian, dalam hal ini juga termasuk perikanan. Semoga dari musda ini, bisa dihasilkan rencana kerja baru yang mampu meningkatkan kinerja yang lebih baik, tentunya dari evaluasi kerjanya pengurus dan anggota,” harap Rendra saat ditemui Malang Post, seusai membuka Musda Perhiptani. Baca Rendra... Hal.23

Dua Desa Terancam Gagal Pilkades Serentak MALANG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap kedua yang bakal digelar 25 November mendatang, terancam tidak diikuti dua desa yang seharusnya ikut Pilkades. Pilkades serentak tahap kedua akan diikuti 42 desa dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Kedua desa yang terancam tidak bisa mengikuti Pilkades serentak itu antara lain, Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis serta Desa Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dua desa tersebut terancam gagal melaksanakan Pilkades karena ada calon yang mengundurkan diri.

“Kedua desa tersebut terancam gagal melaksanakan Pilkades karena ada permasalahan yang belum selesai sampai saat ini,” ungkap Kabag Tata Pemerintahan Desa (Tapemdes) Kabupaten Malang Sumardi, kemarin siang. Menurut dia, untuk Desa Bunut Wetan Kecamatan Pakis, terancam tidak bisa serentak karena para calon melakukan mosi tidak percaya. Mereka tidak percaya kepada panitia karena dianggap condong ke salah satu calon. Dari empat bakal calon, tiga calon mengundurkan diri. Baca Dua Desa... Hal.23

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: DJ AMIEL


Mp1411