Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SABTU, 12 OKTOBER 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Angkat Potensi Kota dan Sinergikan Malang Raya MALANG-Peserta pemilihan Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 mendapatkan pembekalan dalam technical meeting di Gedung Kesenian Gajayana, kemarin siang. Pembekalan diberikan langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ida Ayu Wahyuni. Para peserta juga mendapatkan bekal

dari koreografer ternama Drs. Agoeng Soedir Poetra. Ida Ayu Wahyuni, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menekankan pentingnya Kakang dan Mbakyu Kota Malang. Yakni sebagai duta promosi kebudayaan dan pariwisata, kebudayaan meliputi seni tradisi. Termasuk juga promosi pariwisata

FORMAL : Kakang Bimanda dan Mbakyu Arum memperagakan busana office style saat technical meeting Pemilihan Kakang Mbakyu Kota Malang 2013 kemarin.

bukan hanya obyek tapi semua potensi baik sarana dan prasarana di Kota Malang.“Karena Malang minim potensi alam, kita manfaatkan potensi lainnya yakni dengan tekankan potensi kota, sekaligus sinergi dengan dua daerah lain Kabupaten Malang dan Kota Batu,” kata dia.

Baca Angkat....11

RIZAL FANANY/MALANG POST

Polisi Terlibat Jaringan SS Digerebek di Asrama, Edarkan di Malang-Surabaya MAL MALANG - Anggota Satuan Narkoba Polrestabes Surabaya rab berhasil membongkar jaringan peredaran ngka Sabu-Sabu bu (SS) yang biasa bbertransaksi di jalur Surabaya-Malang. Surab Ya Yang mengagetkan, seorang anggota Satuan Sabhara Polres Batu, Aiptu Lisku Liskurahman, ikut dibekuk AKBP Windiyanto Pratomo di tem tempat tinggalnya, Aspol Jalan Kelud Malang, dini hari kkemarin. Polisi yang menangkapnya, me mengamankan satu alat isap yan yang masih berisi sisa SS dan be beberapa bong. Bahkan, buntu buntut dari penangkapan Lisku Liskurahman ini, secara mend mendadak beberapa anggota Polres Malang Kota yang berdinas di lapangan, diwaj diwajibkan menjalani tes urin, ke kemarin pagi. Inform Informasi yang dihimpun, penangk penangkapan terhadap bintara senior tersebut, setelah tim khusus narkoba Polrestabes Surabay rabaya menangkap seorang tersangk sangka peredaran SS di Surabay Surabaya, bernama Sugeng, Kamis ((10/10). Kepada petugas, dia mengaku mendapatkan SS tersebut dari Wahyu, 23 tah tahun, warga Malang.

Tanpa menunggu waktu, beberapa petugas meluncur ke Malang, dan berhasil menangkap Wahyu yang sedang berada di Hotel Kartika Graha dengan barang bukti 0,67 gram SS. “Wahyu yang diperiksa, akhirnya mengaku membeli SS dari Liskurahman. Anggota kemudian menggerebek oknum ini di kediamannya, Aspol Kelud dini hari tadi (kemarin). Ketika digeledah, ditemukan pula alat bukti sisa SS dan beberapa bong,” ungkap sumber Malang Post di Polrestabes Surabaya. Menurut dia, untuk kepentingan pengungkapan jaringan narkoba ini, penyidikan Wahyu dan Liskurahman dilimpahkan ke Unit 1 Satreskoba Polres Malang Kota. “Biar efektif karena nama Liskurahman tidak hanya dicatut oleh pembeli asal Surabaya, namun beberapa ter-sangka narkoba yang sekarang ditahan di Polres Malang Kota, juga mengaku membeli dari oknum ini,” lanjut sumber yang wanti-wanti tidak disebutkan namanya tersebut.

Baca Polisi....11

AREMA INDONESIA

GUEST GESANK/MALANG POST

AWALI: Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI Gutomo mengawali rangkaian acara bersenam bersama undangan. Fifi Trisjantie dan Sasmitha saat berpose sebagai pilot dan co pilot Super Tucano (foto bawah).

Masyarakat Antre Jadi Pilot Pesawat Tempur Peringatan HUT ke-68 TNI di Lanud Abd Saleh PAKIS- Puluhan masyarakat, laki-laki dan perempuan antre menjadi ‘pilot’ TNI AU dan menerbangkan pesawat Super Tucano yang diparkir di depan hangar Skuadron 32, Jumat (11/10/13). Mengenakan pakaian pilot berwarna orange terang, para pilot dan co pilot itu pun tampak gagah mejeng di dua kursi pesawat tempur ringan turboprop yang diproduksi oleh pabrikan pesawat di Brazil itu. Di antara yang semangat merasakan sensasi laksana pilot adalah Director Malang Town Square (Matos), Fifi Trisjantie dan Marcomm Manager Matos, El Rayahu Sasmitha.

Baca Akui ....11

Baca Masyarakat ....11

Ngalam

Ebes

Barometer Musik Rock

Mahasiswa UB Sukses Usung Label Lokal

JAKARTA - Indonesia akan menghadapi laga penentuan melawan Korea Selatan dalam babak kualifikasi Pra Piala Asia U-19 di Stadion Bung Karno Senayan Jakarta,Sabtu malam ini. Hansamu Yama Pranata meminta rekan-rekannya bermain lebih sabar di laga hidup mati tersebut. Skuad ‘Garuda Muda’ telah mencatatkan kemenangan dua kemenangan di Grup G setelah menaklukkan Filipina dan Laos. Hasil tersebut membuatEvan Dimas dkk. kini memiliki poin setara dengan Korsel, 6 poin, yang memuncaki klasemen grup dengan keunggulan selisih gol. Dengan begitu, laga antara Indonesia lawan Korsel sekaligus akan menjadi pertandingan perebutan juara Grup G sekaligus meraih satu tiket langsung ke putaran final Piala Asia yang berlangsung di Myanmar tahun depan.Sementara tim yang kalah harus puas jadi runnerup dan mesti bersaing dengan delapan runner-up dari grup lain untuk berebut enam tiket sisa.

Baca Lebih....11

HENDRA EKA/JPNN

PENENTUAN: Kapten Timnas U-19 Evan Dimas akan menghadapi Korea Selatan, malam ini.

KEMEWAHAN itu tidak berbahaya kalau saja tidak sampai membuat direksinya terbuai : keasyikan di kantor, merusak sikap kejiwaannya dan lupa melihat pelayanan yang harus diberikan. Namun,sungguh sulit dipahami manakala kemewahan itu menenggelamkan direksinya ke keasyikan surgawi yang lantas melupakan kinerja pelayanannya.

ATUT DIPERIKSA KPK

, Tampil Polos’, Diteriaki Koruptor JAKARTA - Ada yang menarik dari penampilan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah saat memenuhi panggilan KPK. Dia tak memakai perhiasan seperti biasanya. Jemarinya polos tanpa asesoris apa pun. Atut datang sekitar pukul 13.30 WIB di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, Jumat (11/10/2013) kemarin. Gubernur wanita pertama di Indonesia itu diperiksa sebagai saksi bagi tersangka Susi Tur Andayani. Begitu turun dari mobil Mitsubishi Pajero Sport bernopol B 22 AH, Atut langsung jadi pusat perhatian. Penampilannya dari ujung kaki hingga rambut ikut disorot.Selain sepatu keren bermerek Hogan, ada hal lain yang mencolok dari Atut. Dia tampil sangat sederhana, dengan make up tipis dan baju bermotif songket serta kerudung hitam polos. Di jemari dan tangannya juga tak ada perhiasan apa pun.

Baca Tampil ....11

Tembus Manca Negara, Omzet Ratusan Juta per Bulan MEMBUKA usaha distro biasanya dilakoni oleh orang-orang yang sudah mapan dan memiliki modal besar. Namun itu tidak berlaku bagi Haykel Martak. Pemuda 22 tahun ini sejak setahun lalu membangun distro miliknya. Dengan modal Rp 5 juta, brand Zyrcoo yang diusung distro miliknya sukses menembus pasar internasional.

Kana : Kota Ngalam tetap dadi barometer music rock bes Ebes : Oyi jes, ben onok band rock manggung, mesti penontone kanyab Kana : Oyi bes, mari onok Jamrud karo Skid Row ndik Rampal Ebes: Mesti rame jes, opo maneh wis suwe aud band rock iku kadit muncul ndik blantika music nasional

Lebih Sabar dalam Laga Hidup Mati

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

Akui Tertarik Erick Weeks MALANG–Ketertarikan Arema Indonesia terhadap Erick Weeks bukan hanya isu belaka. Bahkan, manajemen Singo Edan menaruh perhatian tersendiri bagi pemain asal Liberia tersebut. Sebab, sosok Erick sebagai seorang playmaker dibutuhkan oleh Arema demi mengarungi kompetisi berat musim 2013/2014. Direktur Marketing dan Bisnis Arema, Fuad Ardiansyah tak bisa menahan diri untuk mengakui, bahwa Arema memang berminat pada Erick.“Ya tentu saja kita berminat pada pemain sep- erti Erick, kita sangat tahu kualitas Erick,” terang Fuad ketika dikonfirmasi Malang Post. Manajemen memberi nilai yang cukup tinggi terhadap sosok Erick. Secara teknis, Fuad menilai Erick sebagai pemain komplit. Walaupun tidak besar, pemain yang pernah membela Sriwijaya FC itu memiliki kecepatan dan visi yang luas. Tak

TIMNAS VS KORSEL

IRA RAVIKA/MALANG POST

PRODUK: Haykel Martak menunjukkan beberapa model sepatu produksinya yang berhasil menembus pasar internasional.

Sebagai pengusaha, sosok Haykel memang tidak terlihat. Dandanannya cukup gaul, layaknya pemuda kebanyakan. Celana jeans belel, kemeja dengan jaket berbahan jeans serta sepatu,

menjadi ciri khas mahasiswa jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya (UB) ini. “Ya begini ini dandanan saya. Tapi jangan salah, semua produk yang saya

pakai ini merupakan produk lokal. Produk distro kami sendiri,” kata anak pertama dari pasangan Abdul Nasir Martak dan Yemmy Martak ini mengawali ceritanya. Dikatakan oleh Haykel, dia mulai membangun distro miliknya itu sejak tahun 2012 lalu. Diawali dari kecintaannya dengan dunia fashion terutama sepatu. Banyak koleksi sepatu yang dimilikinya. Namun begitu, semua koleksinya itu kebanyakan adalah merek luar.

Baca Tembus ....11

MUHAMMAD ALI/JAWA POS

TAK PAKAI PERHIASAN : Atut Choisiyah setiba di Gedung KPK kemarin.

Jawa Pos Group


SABTU, 12 OKTOBER 2013

2

AHMAD KHUSAINI/RADAR SURABAYA

MENTERI Pertahanan Belanda, Hennis Plasschaert Jeanine melakukan kunjungan di Surabaya kemarin. Kedatangan Hennis untuk menjalin hubungan kerja sama di bidang pertahanan.

PENEMBAKAN

TNI AU : Aksi Ini Kriminal Murni IST/MALANG POST

TIDAK DITAHAN: Juru Bicara KPK, Johan Budi SP menerangkan tidak ditahannya Andi Mallarangeng.

KPK Tak Tahan Andi Mallarangeng JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menahan tersangka kasus korupsi Hambalang, Andi Mallarangeng. Selama lebih dari tujuh jam diperiksa KPK, Andi keluar dengan tersenyum. Dia keluar dan tidak dilakukan penahanan oleh KPK. Andi keluar tanpa menggunakan baju tahanan KPK. Sebab, para tersangka yang biasanya ditahan, langsung menggunakan baju tahanan KPK. “Hari inipun saya siap, besok dipanggil lagi saya siap,” kata

Andi di gedung KPK, Jakarta, kemarin. Di depan gedung KPK, terlihat mobil Pajero warna putih. Biasanya, jika ditahan langsung menggunakan mobil tahanan. Dengan begitu, mantan Menpora ini tidak mengalami ‘jumat keramat’. Seperti diketahui, mntan Menpora Andi Alfian Mallarangeng diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus Hambalang. Pemeriksaannya mengundang perhatian masyarakat lantaran kasus mantan juru bicara

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu sudah berlangsung sejak lama. Sejak dicekal dan berstatus tersangka pada 3 Desember 2012, penanganan perkara Andi Mallarangeng dirasakan lamban dan dikesankan adanya intervensi dari kekuasaan. Namun, KPK menepis anggapan itu dengan alasan bahwa belum ditahannya Andi lantaran menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Beberapa pekan lalu, BPK telah merampungkan hasil audit kerugian negara pada proyek

Hambalang. Andi Mallarangeng tidak jadi ditahan oleh KPK dengan dalih penyidik belum perlu menahanan Andi. “Penyidik dalam kepentingan penyidikan belum memerlukan penahanan tersangka AAM,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP kemarin. KPK bakal memeriksa kembali tersangka perkara dugaan korupsi dalam proyek pembangunan sarana dan prasarana Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang tersebut. Ia pun menampik jika terjadi

perbedaan pandangan antar komisioner KPK soal penahanan. Akibat perbedaan persepsi tersebut, sehingga memperlambat penahanan Andi. “Memang ada rencana, tapi setelah dilakukan pemeriksaan. Rencana itu belum hari ini (kemarin) bisa minggu depan, bisa minggu depannya lagi. Dalam hal ini bukan dilambatlambatkan,” jelasnya. Untuk itu, Johan menampik Andi sengaja dilepas begitu saja. Sebaliknya, kata Johan, KPK pasti akan menahan Andi. (in/mar)

Tarif Tol Surabaya Berubah Naik 12 Persen SURABAYA- Tarif tol Surabaya-Gempol resmi berubah tarif. Kenaikan tarif 12 persen tersebut dinilai sangat memberatkan serta tidak ada sosialisasi ke pengguna tol. “Nggak tahu kalau tarif tol naik. Tahunya baru hari ini,” ujar Erni, pengguna tol saat melintas di pintu masuk tol Satelit, kemarin. Kenaikan tarif tol Surabaya-Gempol berlaku mulai 11 Oktober 2013 pukul 00.00. Pengelola tol Jasa Marga menempelkan pemberitahuan di kaca tempat pembayaran tarif tol. Informasi tersebut diterangkan, kenaikan tarif tol berdasarkan Kepmen PU No: 394/KPTS/M/ 2013. Jalur tol yang mengalami kenaikan, yakni Dupak-Waru, golongan I tarif awal sebesar Rp 2.500 menjadi Rp 3.000. Tol Waru-Sidoarjo, Tol Sidoarjo-

Peristiwa

Dikejar Anjing, Kuda Polisi Mati SEMARANG-Orangorang yang berada di lapangan Mapolrestabes Semarang mendadak heboh ketika seekor kuda patroli berlari kencang hingga akhirnya menabrak pagar lalu tembok dan terjatuh. Setelah didekati, kuda tersebut ternyata sudah mati. Saksi mata, Salman, pada pukul 16.15, kuda milik Unit Satwa Polrestabes Semarang itu berlari dari ujung sebelah timur lapangan karena dikejar dua anjing. Kuda tersebut lari sekuat tenaga dan berbelok kanan hendak keluar dari kawasan lapangan. “Setelah keluar kayaknya kaget karena banyak kendaraan parkir terus mau balik malah nabrak pagar besi keras sekali sampai bengkok terus terpeleset dan nabrak tembok,” kata Salman kemarin. Kuda sempat kejang sesaat setelah menabrak tembok dan terjatuh. Namun tidak sampai tiga menit, kuda bernama Belo itu mati. Peristiwa tersebut menarik perhatian orang. Beberapa di antaranya ikut membantu evakuasi. (dk/mar)

IST/MALANG POST

NAIK: Tarif jalan tol Surabaya-Gempol mulai berubah tarif kemarin dan dianggap cukup memberatkan pengguna jalan tol. Waru, Tol Sidoarjo-Porong dan Porong-Sidoarjo yang semula Rp 2.500 menjadi Rp 3.000.

Sedangkan untuk Waru-Porong dan Porong-Waru yang semula bertarif Rp 3.500 kini menjadi Rp

4.000 sekali jalan. Erni mengakui keberatan dengan kenaikan tarif tol 12

persen. Pasalnya, kenaikan tersebut tidak diiringi dengan penambahan fasilitas di jalan tol. “Secara pribadi keberatan. Fasilitasnya nggak sesuai karena dari 3 lajur, yang 2 lajur dipakai semua truk,” cetusnya. Keberatan juga disampaikan Miskan, sopir truk. Menurutnya, tidak seharusnya tarif tol ikut dinaikkan, karena ongkos transport tidak mengalami kenaikan. “Wah berat sekali. Kalau bisa diturunkan (tarif) tol ini karena sudah untung,” ujar Miskan. Sebelumnya, General Manager PT Jasa Marga Surabaya Gempol mengatakan, kenaikan tarif tol akibat adanya inflasi. “Kenaikan tarif tol dikarenakan inflasi dari mulai kenaikan BBM dan UMR. Itu jadi salah satu faktor kenaikan tarif tol ini,” kata Agus Purnomo saat berbincang dengan wartawan di kantornya di kawasan Bundaran Satelit, Rabu (9/10) lalu. (dk/mar)

Tabrakan Beruntun, Dua Tewas, Empat Luka PASURUAN-Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalan Raya Purwosari, Pasuruan. Kali ini tabrakan beruntun melibatkan tiga truk dan sebuah motor menewaskan dua orang dan empat lainnya luka-luka. Kecelakaan terjadi dini hari kemarin sekitar pukul 01.00, saat truk tanki gandeng pengangkut Tetes bernopol S 8372 T yang dikemudikan Sutrisna, 35 tahun, warga Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri melaju dari arah Malang. Tiba di lokasi kejadian, truk bermaksud mendahului truk bernopol N 8345 UH di depannya melalui jalur lambat. Karena mendahului dari lajur kiri, truk mengalami oleng dan menyerempet motor Honda Vario, AD 2763 J yang dikendarai Hilmi, 27 tahun dan Yosaphat Dwi Santanugraha, 27 tahun. Saat bersamaan, bagian belakang truk menabrak truk bernopol N 9793 UG yang parkir yang dikemudikan Adi Sultoni, 36 tahun, warga Tajinan, Malang. Akibatnya, gandengan putus dan terguling, sementara kepala truk tangki terus meluncur dan menghantam trotoar serta truk diesel, N 8290 NE yangg disopiri Edi Purwanto, 40 tahun, warga

Gondanglegi, Malang. Akibat kejadian itu, Edi Purwanto tewas seketika di lokasi kejadian. Sedangkan pembonceng motor Vario, Yosaphat Dwi asal Desa Karangduren, Kecamatan Kebonatum, Kabupaten Klaten meninggal dalam perawatan di RSSA Malang. Selain dua korban tewas, tiga orang yakni Hilmi, warga Perum Damai Mulyo, Jember, Sutrisna, dan keneknya Firman,

33 tahun mengalami luka parah. Akibat kecelakaan ini pula, jalur Malang-Surabaya mengalami kemacetan hingga Sembilan jam. Pantauan di lokasi, hingga pulul 11.45, truk tangki gandeng belum bisa dievakuasi. Puluhan polisi lalu-lintas diterjunkan untuk mengurai kemacetan. “Petugas mengutamakan kelancaran arus kendaraan dengan melakukan contra flow di 2 titik, yakni di pertigaan Purwosari

IST/MALANG POST

dan depan SPBU Purwosari. Untuk pemindahan bangkai kepala truk tangki masih menunggu alat berat,” ujar Kanitlaka Lantas Polres Pasuruan, Iptu Doni. Sementara kemacetan akibat kecelakaan itu, mulai dari Pasar Lawang, Malang hingga perempatan Sengonagung. Hingga pukul 10.00 kepala truk yang ada di pertigaan traffic light Purwosari belum dievakuasi. (dk/mar)

TERGULING: Truk tangki terguling di traffic light Purwosari kemarin.

BANDUNG- Hampir sepekan peristiwa penembakan di sebuah kamar indekos di Gang Narpan RT04 RW04 Kelurahan Situ Saeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Bandung terjadi. Namun hingga saat ini pelaku yang merupakan oknum anggota TNI AU Koptu Rio Budi Wijaya masih belum tertangkap. Padahal tim dari TNI dan polri ikut memburu pelaku. “Inilah yang menjadi kendala, sudah dilakukan pengejaran, ke keluarga, teman-temannya, tapi belum ketemu. Kami terus mengejar, tapi waktunya tak bisa ditentukan,” ujar Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama SB Supriyadi dihubungi kemarin. Menurutnya POM IST/MALANG POST AU sudah bekerjaIDENTITAS: Inilah kartu anggota sama dengan bebeKoptu Rio Budi Wijaya. rapa Polda untuk membantu pencarian pelaku. “Indikasinya sudah ada, tapi tidak boleh diungkap. Nanti dia kabur lagi,” katanya. Supriyadi meyakinkan TNI AU tidak akan melindungi TNI AU. Menurutnya apa yang dilakukannya merupakan tanggung jawab sendiri. “Ini tidak ada hubungannya dengan kesatuan, ini kriminal murni. Ini oknum yang artinya tanggung jawab sendiri. Kecuali kalau dia melakukannya atas perintah atasan, mungkin anggapan kalau kita melindungi bisa saja. Tapi ini kriminal murni,” tegasnya. Koptu Rio Budi Wijaya menembak tiga orang pada Minggu pagi buta Minggu (6/10). Satu orang bernama Hendi Winardi alias Ele, 25 tahun tewas. Sementara dua korban lainnya yaitu Ade Kartika, 30 tahun dan Mumung Supriatna, 38 tahun mengalami luka tembak. Berdasarkan keterangan saksi, Koptu Rio bertindak brutal karena diduga masalah sepele. Rak sepatu plastik di depan kamarnya berantakan. Ia menduga dari salah satu korban yang melakukannya. (dk/mar)

Batik dan Gamelan Meriahkan Indonesian Celebration Week 2013

IST/MALANG POST

BERKUNJUNG: Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal kunjungi Sri Sultan Hamengkubuwono X. JAKARTA- Kedutaan Besar RI di Washington DC, Amerika Serikat berencana menggelar Indonesian Celebration Week 2013 pada 28 Oktober hingga 3 November mendatang. Kegiatan itu untuk memopulerkan kebudayaan Indonesia di masyarakat internasional, terutama warga negara AS. Salah satu yang akan diperkenalkan dalam acara itu adalah Batik Yogyakarta dan Gamelan. Bahkan akan dipersembahkan permainan maraton Gamelan dan American Batik Design Competition 2013. Dalam rilis yang diterima dari KBRI Washington DC, Dubes RI untuk AS, Dino Patti Djalal mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (9/10) untuk mengadakan pertemuan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dino memaparkan konsep acara kebudayaan tersebut kepada Sri Sultan sekaligus mengundangnya untuk hadir ke acara tersebut. “Sri Sultan HB X menyambut sangat baik acara ini dan kita memiliki pandangan yang sama untuk terus menduniakan bangsa Indonesia,” ujar Dino Djalal setelah pertemuan tersebut. Menurutnya, saat ini banyak warganegara AS maupun warganegara Indonesia yang tinggal di Amerika ingin mengetahui lebih banyak mengenai kebudayaan Indonesia, khususnya Batik dan Gamelan. Oleh karena itu, melalui acara Indonesian Celebration Week 2013 yang akan dibuka oleh Raja Keraton dari Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X dapat memberikan arti penting Batik dan Gamelan bagi kebudayaan Indonesia, terutama di mata dunia. Sultan juga mengakui bahwa dirinya sangat antusias untuk memenuhi undangan dari Duta Besar untuk AS begitu juga menghadiri acara Indonesian Celebration Week 2013 yang akan diadakan di Amerika Serikat nanti. Mengingat banyaknya warganegara AS yang ingin mengetahui budaya bangsa Indonesia, terutama budaya Yogyakarta sangat tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya komunitas gamelan warga AS yang sudah terbentuk. Sultan menambahkan bahwa di tahun ini pemerintah Yogyakarta telah mengirimkan seperangkat Gamelan ke AS dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). (dk/mar) REDAKTUR : MARGA N, LAYOUTER : KURDI


SABTU, 12 OKTOBER 2013

3

LG POCKET PHOTO

IRA RAVIKA/MALANG POST

SEDERHANA: Performa Samoa yang sederhana tetap bisa memikat penggemar BlackBerry di Malang.

Printer Mungil nan Praktis MALANG – Tingginya mobilitas manusia membuat perangkat portable menjadi sebuah kebutuhan. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan LG untuk merancang mesin cetak portable yang tak hanya mudah, namun juga praktis dibawa berpergian karena ukurannya yang ringkas. “Pocket photo ini merupakan pasangan sempurna untuk smartphone. Jangan biarkan momen indah hanya tersimpan pada ponsel. Dengan mesin cetak portable ini pengguna bisa mencetak dan memajang hasilnya,’’ kata Promotor LG, Erniwati kepada Malang Post. Tidak sekadar mencetak saja, LG Pocket Photo juga dilengkapi dengan beberapa fitur untuk pengeditan. Dengan begitu, pengguna bisa lebih berkreasi, dan foto yang dicetak pun lebih kreatif, sehingga pengguna mendapatkan kepuasan dengan hasil fotonya. Bukan itu saja, agar lebih seru pengguna juga bisa membagikan hasil foto ini dengan semua teman di media social, seperti Facebook ataupun Twitter. Fisik yang kecil memang memudahkan perangkat ini dibawa kemana saja. Untuk penggunaannya pun sangat mudah, pengguna hanya perlu mengoneksikan ponsel dengan Pocket photo, melalui sambungan Bluetooth atau NFC. Untuk mengetahui hasilnya juga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, karena begitu kedua perangkat terkoneksi, pengguna hanya membutuhkan waktu 45 detik saja untuk mendapatkan hasilnya. “Kinerjanya seperti kamera Polaroid, hanya saja kalau Polaroid kamera dan mesin cetaknya menjadi satu sedangkan ini tidak,’’ tambah Erni. Wanita berambut panjang ini juga mengatakan, LG Pocket Photo support dengan berbagai merek smartphone dengan platform android, iOS dan BlackBerry. “Untuk paket pembelian selain perangkat Pocket Photo juga mendapatkan dua pak kerta masing-masing berisi 30 lembar ukuran 2R. Pengguna juga bisa melakukan pengisian ulang kertas, jika kertas yang tersedia sudah habis,’’ tambahnya sembari mengatakan perangkat tersebut dibanderol dengan harga Rp 1.5 juta. Namun begitu, karena ada promo, pembeli hanya perlu membayar Rp 1.15 juta saja. Dan setiap pembelian, juga disediakan album foto untuk memajang hasilnya. (vik/fia)

BlackBerry Samoa MALANG - Meski hadir dengan operating sistem (OS) BlackBerry 7.0 pesona Samoa tidak kalah dengan ponsel BlacBerry 10. Itu terbukti BlacBerry dengan codename 9720 ini dilirik para konsumen. Terbukti di sejumlah toko modern maupun tradisional, ponsel yang baru dilaunching sebulan lalu ini banyak yang membeli. Promotor BlackBerry Febriyana Kusuma Dewi mengatakan, kendati BlackBerry Samoa ini hadir dengan fitur yang sederhana. Mendukung operating sistem BlackBerry 7.0, Samoa memang berbeda dengan BlackBerry yang sudah mendukung OS 10. “Fiturnya berbeda, Samoa menggunakan fitur standar seperti

BlackBerry generasi terdahulu yang menggunakan paket BlackBerry,” tambah Lia. Lia menjelaskan. Samoa didesain khusus untuk memberikan pengalaman yang lebih seru dalam melakukan berbagai hal. Itu karena adanya keyboard yang didesain secara presisi, tombol pintas BBM, BBM Voice, dan berbagai aplikasi sosial yang bisa dengan cepat diakses. “Keyboard BlackBerry klasik telah disempurnakan dan didesain ulang untuk membantu pengguna mengetik lebih cepat, lebih akurat dan tanpa hambatan. Keyboard tersebut juga merespon email, serta terhubung dengan BBM atau update status di sosial media secara instan,” ucap wanita yang bertugas di Plasa

Gajahmada ini. Salah satu kesederhanaan itu terlihat pada tombol lintas BBM yang tertanam pada ponsel juga akan memberikan kemudahan kepada pengguna untuk berhubungan dengan siapa saja. Pengguna juga bisa memanfaatkan BBM voice untuk saat ingin berbicara gratis. Hanya saja untuk BBM voice ini, pengguna tetap wajib mencari jaringan WiFi. Aplikasi FM radio juga akan memberikan sensasi berbeda. Itu karena aplikasi ini dapat dishare langsung memalalui update profile BBM. “Aplikasi radionya merupakan generasi terbaru, karena selain hanya bisa mendengarkan pengguna juga bisa menginfokan kepada temanteman lainnya melalui update profil BBM,” tambah wanita yang kerap

dipanggil Be ini. Sementara secara fisik, desain Samoa mirip dengan BlackBerry Q5. Itu karena selain menggunakan keypad, layar ponsel ini juga mendukung layar sentuh. Ponsel ini dilengkapi dengan jaringan 3G, dan daya baterai ponsel ini dikatakan lebih tahan lama dibandingkan baterai BlackBerry lainnya. Meskipun tidak dijelaskan pasti kapasitasnya, namun Be mengatakan baterai ponsel ini bisa tahan hingga 432 jam standby, dan 7 jam waktu bicara. “Untuk browsing internet, baterainya bisa tahan hingga 8 jam, dan untuk play back audio bisa tahan hingga 30 jam, sedangkan untuk play back video tahan hingga 7 jam,” tandas Be.(vik/fia)

RAGAM TECHNO

iPhone 4 Makin Murah MALANG – Kabar gembira ditujukan untuk para pecinta produk Apple. Hal tersebut seiring dengan turunnya harga salah satu produk smartphone asal California ini, yaitu iPhone 4. Ponsel yang mengusung teknologi layar retina diplay ini hanya dibanderol dengan harga Rp 3.7 juta, untuk memory 8 GB. Sebelumnya, ponsel berdimensi 115.2 x 58.6 x 9.3 mm ini dibanderol dengan harga Rp 5.5 juta. Namun kemudian, PT Erajaya yang menjadi distributor resmi produk ini memutuskan untuk menurunkan harganya menjadi Rp 3.9 juta, per pertengahan Juni lalu. “Harga resminya Rp 3.9 juta, dan ada potongan Rp 200 ribu, sehingga saat ini harganya menjadi Rp 3.7 juta,’’ kata customer service Erafone Mall Olympic Garden, Ayu Wahyu kepada Malang Post kemarin. Promo potongan harga itu hanya berlaku selama 25 hari, yaitu sejak 4 Oktober dan akan berakhir pada 31 Oktober mendatang. Ayu juga menjelaskan promo ini semata-mata hanya untuk meningkatkan atau mendongkrak

penjualan perangkat yang dikenalkan sejak pertengahan 2010 lalu, seiring dengan dirilisnya iPhone 5S dan iPhone 5C. “Selain itu, promo ini juga memberi kesempatan pengguna ponsel untuk memiliki produk Apple namun dengan harga yang lebih ekonomis,” katanya. Ayu menjelaskan iPhone 4 memiliki spesifikasi yang sama apiknya dengan iPhone4S seperti Facetime, Retina display, kamera 5 megapixel dengan LED Flash dan Video Recording HD. Operating sistem yang digunakan juga bisa di upgrade ke iOS7, OS terbaru untuk iPhone dan iPad. Sedangkan tampilan layarnya, iPhone 4 8GB ini cukup mumpuni. Hadir dengan luas layar 3,5 inci, Apple menanamkan layar jenis LEDbacklit IPS LCD. Layar tersebut mendukung teknologi capacitive touchscreen. Adanya teknologi ini, layar ponsel sangat sensitif dalam berbagai sentuhan. “Untuk tampilannya ponsel ini mendukung 16 juta warna, sehingga tidak salah jika layar iPhone 4 ini sangat tajam,’’ tandas Ayu.(vik/fia)

Melongok Jejak Popularitas Symbian SYMBIAN, mantan raja smartphone itu telah turun tahta dan sebentar lagi ‘mangkat’. Ironis memang, padahal di masa jayanya, smartphone dengan OS ini begitu populer. Di awal tahun 2000-an, begitu banyak jenis dan desain yang ditawarkan ponsel berbasis Symbian ke pasaran oleh Nokia. Bentuknya pun beragam, tak itu-itu saja. Dari sekian banyak ponsel Symbian besutan Nokia tersebut tentu saja ada yang mendapatkan label populer dan bahkan berstatus legendaris. Nah, berikut kenangan jajaran ponsel Symbian yang pernah berhasil merebut banyak perhatian, Nokia 7650 Ini adalah ponsel Symbian pertama yang dibuat oleh Nokia. Seri Nokia 7650 hadir sekitar tahun 2002 tersebut mampu menggebrak dunia smartphone. Saat itu, handset ini menggunakan sistem operasi Symbian versi 6.1 yang mempunyai beberapa fitur canggih, seperti SyncML, email dan MMS client. Untuk zaman itu, spesifikasi yang diusung oleh Nokia 7650 pun lumayan mentereng. Tengok saja 32bit RISC CPU, 104 MHz CPU clock dan RAM 4 MB. IRA RAVIKA/MALANG POST

MURAH: Harga iPhone 4 mengalami penurunan sebesar Rp 200 ribu.

Extra Battery Kit

Perpanjang Masa Hidup Smartphone

IRA RAVIKA/MALANG POST

ISI BATERAI: Extra Baterai Kit untuk Samsung Galaxy S3 mampu mengisi baterai smartphone layaknya power bank.

IRA RAVIKA/MALANG POST

PRAKTIS: Bentuknya yang kecil membuat akivitas cetak foto jadi lebih mudah dilakukan dimana saja.

MALANG - Kehadiran smartphone memang banyak memberikan manfaat bagi para penggunanya. Itu karena konsep yang dikembangkan vendor ponsel pintar, gadget tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tapi juga sekaligus sebagai alat bekerja, sehingga banyak fitur yang dikembangkan untuk mendukung pekerjaan. Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan melalui smartphone membuat ke ta hanan baterai menjadi salah satu perhatian serius. Kenyataannya, tidak banyak vendor yang menanam baterai dengan kapasitas besar. Imbasnya baterai ponsel pun kerap habis, sehingga menghambat aktivitas pengguna. Selain memanfaatkan power bank, tidak sedikit pengguna smartphone yang memanfaatkan extra baterai kit untuk membatu kehidupan ponsel. Seperti extra

baterai kit milik Samsung Galaxy S3. Extra baterai kit dengan kapasitas baterai 2100 mAh sangat membantu daya tahan baterai. Dan lebih menarik, acsesoris original ini juga dilengkapi dengan docking untuk pengisian baterai lebih mudah. “Fungsinya hampir sama dengan power bank, ponsel diletakkan, kemudian secara otomatis melakukan pengecasan,” kata Marketing Jaya Cell Plaza Gajahmada, Nur Afiana kepada Malang Post. Sekalipun ketahanannya tidak layaknya baterai original yang tertanam, tapi yang jelas keberadaan perangkat yang yang dijual dengan harga Rp 200 ribuan ini sangat membantu. “Adanya docking, perangkat ini bisa diletakkan dimana saja, bisa diletakkan di dasboard mobil, di meja kamar, mejs kerja atau tempat lainnya,” kata wanita yang kerap disapa dengan nama Fian ini.(vik/fia)

Nokia 3650 Ponsel ini memikat perhatian pengguna smartphone karena bentuknya yang unik. Memang Nokia kerap merilis ponsel yang mengandalkan estetika desain. Keyboardnya saja bergaya melingkar. Sedangkan fitur-fiturnya lumayan dipuji kala itu meski tentu saja sudah menjadi teknologi jadul untuk ukuran sekarang. Seperti keberadaan kamera resolusi 640x480, perekam video, RealOne Video Player dan browser XHTML. Ponsel yang dirilis April 2003 ini pun jadi favorit kawula muda. Nokia N Gage QD Symbian juga bisa difungsikan sebagai alat hiburan dan games. Maka Nokia pun bikin terobosan dalam seri ponsel N-Gage. Ini adalah handset yang memadukan kapabilitas main game.Desain Nokia N Gage QD memang ciamik dan menggambarkan sebagai sebuah mesin game. Berbagai game favorit yang bisa dimainkan seperti The Sims dan Tony Hawk. Nokia e71 Tahun 2008, ancaman iPhone semakin nyata. Namun Nokia masih mampu berbicara banyak, salah satunya dengan kehadiran Nokia E71. Dengan balutan material metal dan bodi nan tipis, handset ini memancarkan aura elegan. Ditambah lagi fitur-fiturnya yang mumpuni. Dengan keyboard yang nyaman, browser web kencang serta support built in Microsoft Exchange, handset ini lumayan dilirik pebisnis dan menjadi rival kuat BlackBerry yang tenar di masa itu.(dtc/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


SABTU, 12 OKTOBER 2013

4

DEMOKRASI

Hapus Hak Recall Kader Parlemen

IST/MALANG POST

PEMILU: Pelaksanaan pemilu 2014 nanti dicurigai akan disetir oleh penguasa dengan adanya kerjasama KPU dan Lembaga Sandi Negara.

Kerjasama KPU √ Lemsaneg

DICURIGAI JAKARTA–Kerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) diduga menjadi salah satu bagian dari rencana besar penguasa melakukan pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan massif pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang. Menurut pemerhati Pemilu dari Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Karyono Wibowo, dugaan adanya niat penguasa menyetir hasil Pemilu 2014, telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.

Salah satunya ditandai dengan kisruh penetapan jumlah pemilih yang berbeda antara data Daftar Penduduk Potensial Pemilu (DP4) yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dengan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang dirilis KPU sebelum menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 13 Oktober mendatang untuk daerah dan 23 Oktober untuk DPT nasional. “Bagi saya, setiap persoalan tidak berdiri sendiri. Dimulai dari kisruh DPT, pelibatan Lem-

saneg, hingga keinginan presiden mengeluarkan Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) yang ditujukan sebagai upaya penyelamatan MK (Mahkamah Konstitusi), merupakan skenario yang sudah disiapkan secara sistematis,” ujarnya usai menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar Komunitas Jurnalis Peduli Pemilu (KJPP), di Jakarta, kemarin. Karena itu KPU, menurut peneliti LPI ini, perlu dikritisi, sehingga kerjasama dengan Lemsaneg tidak terus berlanjut ke tahap selanjutnya.

“Karena Lemsaneg kan lembaga yang langsung bertanggung jawab dengan presiden. Jadi ada kemungkinan orang pertama yang akan mengetahui hasil data pemilu adalah presiden,” ujarnya. Demikian juga dengan rencana Presiden SBY mengeluarkan Perppu, Karyono dengan tegas menyatakan hal tersebut bentuk intervensi langsung dan sengaja akan dikeluarkan dapat menguasai lembaga yudikatif. Apalagi MK sampai saat ini masih merupakan saluran penegakan hukum terhadap hasil-hasil

pemilu yang dilakukan di Indonesia. “Presiden SBY sekarang ini kan masih menjabat Ketua Dewan Pembina maupun Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Jadi upaya Perppu dikhawatirkan sengaja untuk mengamankan pemilu tahun 2014 mendatang. MK itu sampai saat ini kan masih merupakan lembaga dengan kewenangan mengadili sengketa pemilu, baik pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah mapun pemilihan presiden,” ujarnya. (jpnn/mar)

SBY Sindir Dinasti Politik Ratu Atut JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyindir dinasti politik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. SBY sempat menyinggung dinasti politik yang dibangun oleh kepada daerah diwilayahnya masing-masing. Sindiran ini tentu ditujukan kepada Gubernur Banten Ratu Atut yang secara jelas telah membangun dinasti politiknya. “Saya memantau apa yang sedang dibicarakan utamanya di media sosial, saya tadi juga berkomunikasi dengan Mendagri munculnya sejumlah kasus di daerah yang melibatkan pejabat-pejabat daerah dan ternyata pejabat-pejabat di daerah itu memiliki kekerabatan,” ujar Presiden SBY dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin. Presiden mengatakan, meski dalam Undang-undang tidak dilarang soal masuknya keluarga di dalam sebuah pemerintahan, namun hal itu perlu diperhatikan dan perlu dicermati. Terutama terkait etik dan kepatutan. “Meskipun UUD maupun UU tidak pernah membatasi siapa menjadi apa posisi di pemerintahan apakah ayah ibu, anak, adik itu menduduki posisi-posisi di jajaran pemerintahan tetapi saya kira, kitalah

JAKARTA-Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Rizal Ramli menawarkan dua konsep pembenahan sistem demokrasi dominasi politik uang dalam setiap pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah. “Ada dua hal untuk membenahi sistem ini, yaitu reformasi pembiayaan partai politik dan menghapuskan hak `recall` parpol terhadap kadernya di parlemen,” kata Rizal Ramli di DPD Jakarta, kemarin. Rizal menjelaskan reformasi pembiayaan parpol terkait biaya untuk partai diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 5 triliun. Hal itu menurut dia untuk menghindari korupsi lebih besar Rizal Ramli yang dilakukan partai. “Namun apabila sudah diberikan dana sebesar Rp5 triliun namun tetap masih korupsi maka partai itu harus dibubarkan,” ujarnya. Menurut dia, langkah itu agar partai fokus mencetak kaderkader yang baik untuk menjadi anggota legislatif. Selain itu, dia menjelaskan, partai harus secara selektif menyeleksi kader yang akan direkrutnya karena terkait dalam fungsi rekrutmen politik parpol. “Tiap tahun Rp 60 triliun uang negara dicuri dalam pembahasan anggaran,” tegasnya. Rizal mengatakan ketua partai politik seharusnya tidak memiliki hak “recall” terhadap kadernya yang berada di parlemen. Hal itu, menurut dia karena bisa menyebabkan seorang anggota DPR tidak berani menyuarakan aspirasi masyarakat. “Masyarakat yang memiliki hak `recall` bukan ketua parpol. Karena banyak kader partai yang kritis namun ketua partai berselingkuh dengan kekuasaan,” katanya. Dia menekankan pemilu dan pemilukada yang korup hanya menghasilkan pemimpin yang tidak amanah dan tidak kompeten. Menurutnya, pemilu yang jujur, adil, dan tanpa politik uang akan membuat demokrasi lebih bermanfaat. (in/mar)

UUD NRI 1945

DPD Dorong Usulan Amandemen JAKARTA- DPD RI terus mendorong MPR RI segera memproses usulan amandemen kelima UUD NRI 1945 sebelum berakhirnya masa kerja MPR periode 2009-2014. “MPR RI telah menerima usulan amandemen kelima UUD NRI 1945 dan sudah membentuk tim kerja kajian,” kata Wakil Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI Wahidin Ismail di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, kemarin. Menurut Wahidin, DPD RI berharap MPR RI segera memproses usulan amandemen kelima UUD NRI 1945 sejak saat ini hingga sebelum pemilu legislatif 2014. Wahidin Ismail Dia berharap, sidang paripurnanya diselenggarakan setelah penyelenggaraan Pemilu 2014. DPD RI, kata dia, terus mendorong agar usulan amandemen UUD NRI 1945 segera diproses oleh tim kerja kajian MPR RI. “Kelompok DPD RI di MPR RI sudah beberapa kali melakukan rapat konsultasi dengan pimpinan MPR RI agar segera memproses usulan amandemen,” tegasnya. (in/mar)

DPRD REJANG LEBONG

Perjalanan Dinas Rugikan Negara

IST/MALANG POST

SINDIR: Presiden SBY menyindir dinasti politik yang dibangun Gubernur Banten. yang mesti memiliki norma batas kepatutan. Yang patut itu seperti apa, yang tidak patut juga seperti apa,” jelas SBY. Menurutnya, jika seorang kepada daerah tidak mengindahkan soal norma etik dan memasukan keluarga dalam pemerintahannya, dikhawatirkan

akan menimbulkan sebuah pemerintahan yang menakutkan. “Yang berbahaya apabila menyangkut kekuasaan politik dengan kekuasaan atau power untuk melaksanakan bisnis. Godaanya besar, bisa terjadi penyimpangan di sana sini, saya mengingatkan di kita desentrali-

sasi di daerah-daerah begitu besar, kekuasaan gubernur bupati juga begitu besar. Sebelum diberlakukannya desentralisasi daerah maka sekali lagi hati-hati dalam kekuasaan,” ungkapnya. Lebih lanjut, Presiden menambahakan, terbentuknya dinasti politik di pemerintahan

dikhawatirkan akan menimbulkan penyelewengan diberbagai bidang. “Kewajiban saya sebagai presiden mengingatkan. Sekali lagi jangan hanya karena UUD tidak melarang, UU tidak melarang, tapi kita yang memilih pilihan yang patut dan pilihan yang bijak,” tandasnya. (in/mar)

BENGKULU- Hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu terhadap dana perjalanan dinas 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong tahun anggaran 2010, menyebutkan telah menimbulkan kerugian negara. “Hasil audit segera kami serahkan kepada Kejaksaan Negeri Rejang Lebong,” kata Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Sudiro, kemarin. Sudiro belum bersedia menjelaskan berapa besar jumlah kerugian negara. Dia berasalan, biarlah kejaksaan yang akan mengumumkannya. Menurut dia, terdapat 600 transaksi yang ditelitik auditor BPKP berkaitan dengan penggunaan dana Rp 4,5 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkulu tahun 2010 tersebut. Diakuinya, audit yang dilakukan sejak awal 2012, memakan waktu yang panjang karena berbagai hambatan. Namun, tidak dijelaskan bentuk hambatan tersebut. Meski demikian, BPKP menemukan beragam penyimpangan, karena dana dicairkan untuk 30 orang anggota DPRD, namun perjalanan dinas tidak pernah dilakukan. Ketua DPRD Rejang Lebong, Darussamin mengatakan, apa pun hasil audit BPKP dan perkembangan penyelidikan yang dilakan Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, pihaknya telah mengimbau agar 30 anggota DPRD segera mengembalikan dana perjalan dinas yang pernah diterimanya. “Kami siap mengembalikan dana tersebut. Jujur saja, setiap pekerjaan, kadang memang ada khilafnya. Kami juga siap bertanggungjawab secara hukum,” ujarnya. (tm/mar)

Reaksi Presiden Bisa Pengaruhi Pengadilan JAKARTA-Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo menilai reaksi Presiden atas pengaitan dirinya dengan beberapa orang yang disebut dalam kasus dugaan suap impor daging sapi, dapat mempengaruhi proses peradilan kasus tersebut. “Sebab sikap dan kemarahan Presiden yang demikian keras itu dapat mempengaruhi pengadilan. Hakim, jaksa, saksi, dan tentu saja terdakwa akan merasa tertekan,” kata Bambang di Jakarta, kemarin. Menurut dia, sebagai kepala negara, SBY harus memberikan

reaksi dengan cara yang tepat. “Sebagai manusia kita memaklumi jika SBY berang karena namanya disebut di pengadilan. Namun, sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, tentu kita berharap Presiden menyikapi hal tersebut dengan lebih elegan,” ujarnya. Bambang mengatakan Presiden dapat menempuh jalur hukum apabila nama baiknya tercemar. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra Martin Hutabarat juga menilai SBY harus lebih berhati-hati dalam memberikan reaksi kepada pu-

blik. “Kalau Presiden marah dan agak emosi, saya kira itu wajar karena dia selalu disangkutpautkan dengan sosok orang yang diduga terkait kasus suap impor daging, namun saya kira Presiden ke depannya perlu lebih hati-hati dan tidak mudah bersikap reaktif,” kata Martin seraya mengatakan sikap SBY dapat menimbulkan berbagai pertanyaan di publik. Tapi Martin memaklumi kemarahan Presiden SBY. “Ada Sengman dan ada Bunda Putri yang selalu dikaitkan dengan dia (SBY) maka wajar saja Pre-

siden marah. Itu kan seolah-olah kasus dugaan suap impor daging sapi ini bisa terjadi karena ada orang-orang yang dianggap dekat dengan SBY,” ujarnya. Sebelumnya, Presiden SBY mengklarifikasi pernyataan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq bahwa dia sama sekali tidak mengenal Bunda Putri yang oleh Luthfi dikaitkan dengannya. (dk/mar) IST/MALANG POST

SUAP: Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq menuding SBY dekat dengan Bunda Putri. REDAKTUR : MARGA N, LAYOUTER : KURDI


SABTU, 12 OKTOBER 2013

Sananjaya

MATAHARI DEPARTMENT STORE

Aneka Kopi Khas Indonesia MALANG – Salah satu toko oleh-oleh di Kota Malang, Sananjaya kini melengkapi tokonya dengan beraneka ragam bubuk kopi khas nusantara. Mulai dari jenis Aceh Gayo, Lintong, Flores hingga kopi dari wilayah Kabupaten Malang dengan nama Amstirdam yang memiliki keunikan berbeda-beda. “Awalnya bermula ada customer yang bertanya mengenai kopi yang ingin dijadikan oleh-oleh. Kini kami leng kapi dengan beberapa tipe kopi khas dari beberapa wilayah di Indonesia,” ungkap Machmud Ariad, Kepala Toko Sananjaya. Menurutnya, Kopi Aceh Gayo Sumatera sebagai kopi yang bercita rasa manis dan bersih. Biji kopi ini mengeluarkan rasa tanah dan rempah, sehingga ketika diseduh mulai dari aromanya sudah menggugah selera. Kendati Lintong juga merupakan kopi dari Sumatra Utara, namun rasanya berbeda. Lintong memiliki rasa cenderung menyengat dan agak pedas. Biasanya kopi jenis ini menjadi campuran kopi blend dan espresso. “Kopi Lintong juga merupakan produk dar Java Lorek,” bebernya. Dia mengungkapkan, harga bubuk kopinya dengan berat 400 gram ditawarkan dengan harga Rp 60 ribu. Menurut Machmud, Kopi Aceh Gayo menjadi salah satu favorit

5

RIZAL FANANY/ MALANG POST

BANYAK PILIHAN: Beragam kopi dari berbagai daerah di Indonesia tersedia di Sananjaya.

Diskon Istimewa di Hari Istimewa MALANG – Rayakan hari istimewa Idul Adha dengan koleksi favorit dan terbaru dari Matahari Department Store. Ada banyak merek terkenal yang siap memberikan potongan harga khusus untuk Anda yang hendak merayakan Idul Qurban dengan penampilan istimewa. Supervisor Matahari Pasar Besar Malang, Mistun menjelaskan, dalam rangka menyambut Idul Adha yang jatuh pada 15 Oktober mendatang, Matahari memberikan penawaran berupa diskon hingga 50 persen untuk merek-merek favorit dari pelanggan setia Matahari Department Store. “Selain diskon besar, ada juga penawaran menarik lain seperti program beli dua gratis satu,” rinci dia. Penawaran menarik lain yang diberikan Matahari adalah program Late Night Sale yang akan digelar malam ini dan besok (12-13 Oktober). Pada program tersebut, Matahari akan memperpanjang jam operasional. Tak hanya memberikan kesempatan berbelanja lebih lama, namun Matahari juga akan menggelontor hadiah untuk para pelanggan setianya. Setiap pengunjung Matahari di Late Night Sale bisa mengikuti shopping rally dan berkesempatan mendapatkan voucher belanja. “Voucher diberikan untuk konsumen dengan pembelanjaan tertinggi. Pemenang langsung diumumkan malam itu juga. Acara ini digelar di semua cabang Matahari,” terang dia. Cara untuk mengikuti shopping rally cukup mudah, konsumen cukup mendaftarkan diri di bagian informasi untuk mengikuti shopping rally. Selanjutnya, Anda bisa berbelanja sepuas hati, akumulasi total pembelanjaan untuk mengikuti program ini dihitung mulai pukul 21.00 WIB hingga 22.00 WIB. “Pembelanjaan tertinggi yang dimulai pukul 21.00 hingga selesai akan keluar sebagai pemenang,” imbuh dia.(fia)

PLAZA DIENG MALANG pe ngunjung Sanan. “Selain namanya memang sudah familiar, rasanya memang paling kuat untuk pecinta kopi,” imbuh Machmud. Ada pula Kopi Flores dan Kopi Kintamani

yang bisa menjadi pilihan, dengan berat dan harga yang sama pula. Sementara itu, untuk kopi lokal Sananjaya menawarkan Amstirdam. Kopi ini produksi

dari Kabupaten Malang, dengan pengembangan kopi yang berada di wilayah Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit dan Sumbermanjing. Mengenai rasa, tidak kalah pula bersaing dengan kopi lainnya.

“Rasa bersaing, harga juga jauh lebih terjangkau, dengan bobot 900 gram, cukup membeli sebesar Rp 70 ribu. Bisa dikonsumsi sendiri, atau jadi oleh-oleh pula,” pungkasnya. (ley/fia)

ELEVEN CLOWN

Diskon 25 Persen di Toko Baru MALANG – Kabar gembira bagi penggemar clothing lokal asli Malang, Eleven Clown. Mulai Jumat (11/10) kemarin, Eleven Clown Shop telah resmi beroperasi di Jalan Wilis Kota Malang, dan selama sepekan ke depan menyiapkan promo spesial diskon 25 persen untuk seluruh pengunjung. Owner Eleven Clown Shop, Hardhianto menyampaikan, clothing tersebut telah berdiri dari tahun 2002. Namun saat itu, distro tersebut hanya beredar di dunia maya alias berjualan di online shop. “Kini, EC telah memiliki lokasi pemasaran produk sendiri,” ujarnya. Menurut dia, diskon 25 persen yang berlangsung hingga 19 Oktober mendatang hanya berlaku untuk produk Eleven Clowns mulai dari t-shirt, hoodie, celana, tas, boxer dan sandal.untuk brand lain, diskon diberikan maksimal 15 persen. “Sebagai bentuk promo diskon all product sebesar 25 persen untuk merek Eleven Clown. Sedangkan Noisy, Mock, Waspish, Bolt dan Resist Wear berbeda-beda diskonnya, antara 10-15 persen,” bebernya kepada Malang Post. Ada beberapa produk unggulan Eleven Clown, misalnya topi Snapback, harganya Rp 110 ribu sebelum diskon. Tas sling back dalam harga normal sebesar Rp 145 ribu juga mendapatkan diskon yang sama. Sementara untuk t-shirt dengan diskon tersebut dari harga normal mulai Rp 120 ribu kini menjadi Rp 84 ribu. Ada pula t-shirt anak-anak dengan bandrol Rp 80 ribu, denim, celana chinos, dan jaket. “Produknya lengkap yang jelas,” urai dia. “Walaupun ada gambar lain yang menunjukkan ciri khas Eleven Clown yang peduli dengan komunitas dan anak band. Selama ini, kami sering menjadi penyedia merchandise yang akan manggung. Sebagai bentuk promo pula selama 10 tahun terakhir,” papar dia panjang lebar. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

PILIH: Konsumen Eleven Clown memilih salah satu produk yang diganjar diskon 25 persen.

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

DIBUKA: Pameran properti di Matos akan digelar hingga 20 Oktober mendatang.

Pesta Properti Tawarkan Rumah Semua Lapisan MALANG – Pameran perumahan kembali hadir di Kota Malang. Kali ini, dengan tajuk Pameran Property Akhir Tahun 2013, pameran berlangsung di Main Hall Malang Town Square (Matos) dan siap menawarkan berbagai macam tipe hunian kepada calon usernya. Staf Ilhami Organizer, Inggritasari mengungkapkan, pameran yang berlangsung mulai Jumat (11/10) kemarin ini akan berlangsung selama sepuluh hari. “Pameran ini diselenggarakan oleh BTN Syariah Kota Malang ini aka digelar hingga 20 Oktober mendatang,” ungkapnya. Menurut dia, ada sekitar 40 pengembang turut ambil bagian dalam pameran saat ini. Mulai dari perumahan

sederhana dengan tipe 36 hingga perumahan mewah dengan harga di atas Rp 2 miliar siap menggoda calon user yang tengah berburu hunian. Selain hunian, pengembang apartemen dan ruko juga turut serta dalam pameran kali ini. Dia menambahkan, pameran yang berlangsung saat ini bisa menjadi penggoda bagi masyarakat dan pengembang di tengah lesunya properti beberapa bulan terakhir. “Biasanya animo masyarakat menjelang akir tahun kembali meningkat untuk berburu hunian, terlebih bila pengembang menawarkan promo harga yang berlangsung dalam pameran,” beber Inggrit kepada Malang Post. Inggrit berujar, Selama

Murah Terus Pantang Mahal MALANG – Apakah Anda sedang berburu komputer dan gadget di bulan Oktober ini? jika iya, cobalah mengunjungi Plaza Dieng Malang. di mall khusus produk teknologi tersebut tengah digelar Pameran Pasukan Berani Murah yang menawarkan berbagai kebutuhan seperti laptop, tablet serta aneka aksesorisnya dengan harga terjangkau. Arif Andriansyah, Marketing Komunikasi ON Production sebagai penyelenggara pameran menuturkan, pameran ini berlangsung dari tanggal 5 Oktober lalu dan akan berakhir 27 Oktober mendatang. “Bulan Oktober ini bertepatan dengan Sumpah Pemuda dan HUT TNI pula, jadi temanya kami buat Pasukan Berani Murah. Murah terus pantang mahal,” tuturnya. Misalnya Anda sedang membutuhkan tablet, Treq A10 basic 2 bisa menjadi pilihan dengan harga Rp 699 ribu. Aneka notebook bisa Anda temukan dengan harga mulai Rp 2 jutaan. Begitu pula satu set komputer, mulai dari Rp 1,8 juta. Harganya benar-benar terjangkau, karena dalam pameran dengan 22 tenant ini menawarkan produk langsung dari master dealer. Harga aksesoris pun lebih terjangkau daripada penawaran dalam harga normal. Sebut saja Power Bank AS 2800 mAh kini menjadi Rp 60 ribu, Headset Sony seharga Rp 85 ribu, Speaker Verve mulai dari Rp 40 ribu, Card Reader All in 1 hanya Rp 4 ribu dan Mouse Votre cukup dengan membayar Rp 8 ribu. Dia menambahkan, selain festival gadget dan bazaar laptop juga terdapat Lomba Fotografi dengan tema ‘Army’ yang akan berlangsung tanggal 26 Oktober mendatang. Cukup dengan biaya Rp 25 ribu. Hadiah total Rp 2,5 juta disediakan untuk 3 orang pemenang, baik kategori professional maupun umum. “Selain itu dalam waktu tertentu ada MC yang akan memandu pameran dengan membagi-bagikan merchandise bagi yang berbelanja. Minimal, setiap 3 hari sekali pasti ada bagi-bagi hadiah, namun di akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu pasti ada pula,” pungkas pria yang kerap dipanggil Bagong ini. (ley/fia)

pameran, pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah hiburan yang akan dibagikan sewaktu-waktu oleh MC. Selain itu, dalam terdapat pula live performance band. “Sehari ada dua perform band,” tandasnya. Selain itu, BTN Syariah juga menyediakan fasilitas KPR yang mudah bagi calon pembeli hunian, dengan proses yang jauh lebih cepat. “Dalam pameran kali ini kami menyediakan pembiayaan KPR mulai dari Rp 30 juta sampai dengan Rp 1,4 miliar, dengan proses cepat. Paling lama 5 hari sudah mendapat jawaban dari Bank BTN,” ujar Consumer Financing Analyst BTN Syariah Malang, Ilyas Muhammad. (ley/fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SABTU, 12 OKTOBER 2013

BODY LOTION,

6

NIKITA MIRZANI

Penting Digunakan

MALAM HARI

SAMA seperti menggunakan krim malam pada wajah, body lotion pun penting digunakan sebelum tidur di malam hari. Sebab, malam hari pun kulit membutuhkan body lotion untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang. Menurut dr. Eddy Karta, SpKK, pada malam hari, mulai jam 10 malam, sel kulit memperbaiki diri dan air di dalam kulit menguap 20 persen. Kangdungan air pada kulit pun menghilang hingga 25 persen. “Dari segi kedokteran pada malam hari paling baik menggunakan body lotion, karena kulitnya optimal, maka body lotion bekerja lebih baik,” ujar dr.

Eddy, saat ditemui baru-baru ini. Belum lagi paparan AC di kulit yang semakin membuat kulit kering. Disarankan setelah mandi menggunakan body lotion. Sebelum tidur, jika Anda biasa cuci muka dan kaki, gunakanlah kembali moisturizer. Selain menggantikan kelembaban kulit yang berkurang, body lotion yang dipakai pada malam hari juga bermanfaat untuk mencegah penuaan. Selain itu, body lotion dapat melembutkan kulit kasar di sekitar lutut, siku dan telapak kaki. Dr. Eddy menyarankan agar menggunakan body lotion di seluruh tubuh, bukan hanya di tangan atau ka kaki saja. Tapi jika Anda malas ata atau tidak suka dengan rasa yang len lengket, tetap wajib menggunakan bo body lotion di daerah kulit yang ter terbuka.(wol/han)

BAHAGIA: Nikita menikah untuk kedua kalinya dengan Sajad Ukra.

Resmi Menikah, Bulan Madu ke Tokyo

Jangan Pelit dengan Sunblock SUNBLOCK atau tabir surya sangat penting digunakan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Sinar matahari yang menembus kulit dapat membuat kulit menggelap, kusam, timbul flek hitam dan bahkan kanker. Untuk itu sunblock sangat diperlukan sebagai pelindung kulit dari matahari. Dr. Linda Evans dan Dr. Debra Jaliman, dua dermatologi internasional memberikan pemahaman tentang bagaimana menggunakan sunblock yang tepat, seperti dikutip dari Total Beauty.

jam sekali. Terlebih jika Anda beraktivitas di dalam air. 4. Baca Kadaluwarsa Produk Sunblock Mungkin Anda sering membeli stok kosmetik dalam jumlah cukup banyak, pastikan bahwa tabir surya Anda belum kadaluwarsa. Kosmetik biasanya mempunyai masa kadaluwarsa dua tahun, sedangkan sunblock sekitar 1 tahun. 5. Perlindungan Kulit Selain Sunblock Bukan berarti hanya menggunakan sunblock kulit sudah aman dari matahari. Ada baiknya tetap melindungi kulit dengan topi, kaca mata hitam atau sarung tangan saat beraktivitas yang cukup lama di luar ruangan pada siang hari.

1. Jangan Pelit Menggunakan Sunblock Dr. Evans menyarankan, jangan terlalu sedikit menggunakan sunblock. Agar benar-benar sesuai dengan kebutuhan kulit, tuang tabir surya dalam porsi yang cukup ke telapak tangan dan oleskan ke salah satu anggota tubuh, begitu seterusnya. Aplikasikan tabir surya pada wajah, tangan, punggung, dan jangan lupakan juga area bawah kaki Anda termasuk punggung dan jari-jari kaki. 2. Kulit Hitam Tetap Butuh Sunblock Walaupun Anda terlahir dengan kulit gelap, itu bukan alasan untuk tidak memakai sunblock. Dr. Evans menegaskan bahwa lapisan ozon bumi saat ini tidak sekuat dulu, jadi Anda

harus tetap menggunakan tabir surya agar kulit Anda terlindungi dari paparan sinar matahari. 3. Gunakan Sunblock dengan SPF yang Tepat Saran dari Dr. Jaliman, sebaiknya Anda

menggunakan sunblock dengan SPF 30 untuk semua aktivitas di luar ruangan. Apabila Anda menggunakan SPF 15 untuk aktivitas luar ruangan, sebaiknya aplikasikan berulang-ulang. Untuk aktivitas luar ruangan, Dr. Evans menyarankan untuk mengaplikasikan ulang sunblock setiap 2-3

7. Kosmetik Berlabel SPF Sunblock tidak hanya sebatas body lotion, tapi juga produk make-up yang Anda pakai pada area wajah seperti bedak maupun lip balm. Perhatikan tingkat SPF pada kosmetik ini, dan jangan lupa lindungi kulit area wajah, termasuk mata, telinga dan bibir dengan kosmetik dengan tingkat SPF yang sesuai.(*/han)

JUMAT, 11 Oktober 2013, menjadi hari yang paling membahagiakan bagi Nikita Mirzani. Kemarin, Nikita telah resmi menikahi pria asing, Sajad Ukra. Kebahagiaan dan kemesraan terlihat dari pasangan pengantin baru ini. Nikita dan Sajad melangsungkan akad nikah di Rumah Ranadi, Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Sajad menyerahkan mas kawin berupa cincin emas dan uang sebesar Rp111.000. Jumlah uang tersebut melambangkan tanggal pernikahan mereka. Setelah akad nikah, Nikita dan Sajad langsung berbagi kebahagiaan mereka. Dengan wajah penuh senyum dan lega, Nikita menggandeng tangan pria berkepala plontos tersebut. Ia pun mengabadikan beberapa momen kemesraannya di depan kilatan kamera para fotografer. Nikita yang menggunakan kebaya putih tampak memeluk Sajad yang juga menggunakan pakaian warna senada. “Akhirnya menikah lagi. Saya senang dan berharap ini menjadi yang terakhir,” kata Nikita terharu. Ia pun optimis menjalani bahtera rumah tangganya dengan pria yang menetap di Singapura tersebut. “Dia sosok yang perfect untuk saya,” ungkapnya sambil melirik mesra sang suami. Nikita sendiri mengaku tak percaya bisa menikah lagi. Selama ini, ia memiliki keraguan akan mendapatkan pendamping hidup lagi, karena selalu menghiasi media dengan pemberitaan negatif. Karena itu, Nikita tak pernah berpikir untuk menikah lagi. Tak heran, saat bertemu Sajad, dan pria itu menyatakan keseriusan terhadapnya, Nikita terharu. Ketika dilamar dan akhirnya menikah dengan Sajad, Nikita merasa takjub. “Rasanya seperti mimpi bagi Niki. Tahu kan banyak pemberitaan miring tentang Niki. Makanya nggak sangka,” kata Nikita. Ia merasa sangat beruntung bertemu pria berkepala plontos tersebut. Diakui Nikita, Sajad bisa menerima ia apa adanya. Termasuk putri semata wayangnya dari pernikahan pertamanya. Ditambahkan Nikita, Sajad pun tak melarang dirinya soal pakaian. Nikita pun tak bisa menutupi kebahagiaannya. “Perasaan Niki itu campur aduk ya,” ujarnya. Setelah menikah, Nikita berusaha untuk menjadi istri dan ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak. “Minta doanya supaya ini menjadi pernikahan Niki yang terakhir,” ungkap artis seksi ini. Setelah melangsungkan akad nikah, keduanya pun sudah memilih tempat-tempat incaran mereka. “Honeymoon ke Tokyo, Jepang setelah menikah. Valentine ke Paris, kemudian resepsi pernikahan saat summer, lalu ke Maladewa,” ujar Sajad menjelaskan rencana honeymoon mereka. Diungkapkan Nikita, suaminya tersebut memang tak mau menunda momongan. Usia yang sudah tak muda lagi menjadi alasan Sajad begitu mengharapkan anak dari Nikita. “Dia (Sajad) maunya tahun depan. Karena umur dia udah 37 tahun,” tutur Nikita.(viv/dtc/han)

IKO UWAIS-AUDY ITEM

ROMY RAFAEL

Belajar Hipnosis di Amerika, Sempat Jadi Tukang Cuci Piring KETERTARIKAN Romy terhadap ilmu hipnotis sudah muncul sejak du duk di bangku SMA. Saat itu hipnoterapi dan hipnosis masih belum dikenal luas seperti saat ini. “Di Indonesia tahun 1994 itu hipnoterapi, hipnosis itu belum ada orang yang membawa. Dan akhirnya, saya analisa dari segi marketingnya,” kata pria yang sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga Surabaya ini, ditemui usai mengisi acara di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Rabu, 9 Oktober 2013. Hasrat Romy terhadap ilmu hipnotis membawanya menginjakkan kaki di Amerika Serikat (AS). Selama lebih dari empat tahun, pria yang dikenal dengan penutup kepala warna hitam ini mendalami hipnosis dan berbagai kegunaannya di Negeri Paman Sam. AS dipilih Romy karena saat itu belum ada lembaga yang menyediakan sertifikasi hipnoterapi di Indonesia. Demi mendapatkan pendidikan hipnosis tersebut, Romy pun rela berbohong kepada orangtuanya. Sampai-sampai pemilik nama lengkap Romy Tunggul Widodo ini, menggunakan uang kursus Bahasa Inggris untuk belajar hipnosis. Hidup di negeri orang ternyata tak semudah yang diperkirakan. Guna

mencukupi kebutuhan hidupnya seharihari di AS, Romy harus bekerja serabutan. Pekerjaan sebagai pengasuh anak hingga tukang cuci piring pernah dia lakoni. Usaha keras Romy tak sia-sia. Di AS, ia menimba ilmu di tiga tempat sekaligus; Hypnotism Training ate Stage Institute, Ul timate te, dan Hypnotism Institute, uro Institute for Neuro Research and Education. Untuk menguji ilmu hipnosis, ia pernah menyuruh salah seorang temannya menyembunyikan cincin di salah satu tangan. Setelah mengamati g bahasa tubuh sang un teman, Romy pun n itu tahu di mana cincin rutnya, disimpan. Me nurutnya, er orang yang ang mengetahui karakter diberi sugesti sangat penting. “Karena setiap karakter seseorang berbeda-beda. Dengan bahasa tubuh, intonasi suara, katakata, kita bisa tahu apa yang ada dalam pikiran orang lain. Itu juga menjadi salah satu dasar hipnosis,” ucapnya. Sepulang dari Amerika, Romy bekerja di salah satu hotel bintang lima.

Dari situ, dia mulai mempraktikkan ilmunya dari meja ke meja. Dia juga pernah bermain di depan orang Yunani dan mendapatkan tip cukup besar. Namun, bekerja di hotel mewah dirasa tidak cukup bagi Romy. Ia akhirnya berpindah jalur ke dunia hiburan. sengaj memilih dunia Romy sengaja ini untuk menghilangkan kesan negatif terhadap hipn hipnosis lantaran banyak kasus penipuan dan k kejahatan dengan i ilmu ini. Seiring berjalannya waktu, anak dari pegawai B Bank Indonesia te tersebut mulai mer mereguk ketenaran. Penam Penampilannya dalam program hipnosis yang s disiarkan salah satu stasiun tele isi swasta s asta selalu ditunggu televisi masyarakat. Melalui program itu, Romy dikenal masyarakat luas sebagai sosok dengan kemampuan memasuki alam bawah sadar manusia. Romy sekarang menguasai hipnosis untuk panggung dan hiburan, klinis (pengobatan masalah-masalah psikis), medis (kedokteran), bahkan hipnosis untuk

bisnis dan perusahaan. Dia pun membuka Klinik Romy Rafael Hypnotheraphy di bilangan Jakarta Selatan. Romy menyatakan, kliniknya bisa menyembuhkan orang yang tengah stres, depresi, phobia (ketakutan tidak beralasan), bahkan menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi obat-obatan terlarang. Ia percaya diri membuka praktik terapi karena telah mengantongi sertifikat dari American Board of Hypnotherapy (A.B.H.), National Guild of Hypnotism (N.G.H.), IACT dan ITTO dan pengalaman lebih dari lima tahun dalam bidang hipnosis klinis dan medikal. Selain membuka klinik, Romy juga menulis buku berjudul Hipnoterapi: Quit Smoking! (2006). Buku yang disertai CD tersebut memuat panduan untuk menghilangkan kecanduan akan rokok. Ia juga menawarkan buku tentang cara menghipnotis diri agar terhindar dari stres yang bisa diunduh secara gratis. Lewat webnya, romyrafael.net, ia membagikan secara gratis buku berjudul How to Overcome Stress. “Buku ini untuk menetralisir akar dari semua. Tapi, di luar buku untuk mengatasi stres saya jual. Ada harganya, kenapa? Karena waktu saya buat kurikulum itu saya riset,” ujarnya. (viv/han)

ORANG TUA: Iko dan Audy resmi menjadi orang tua

Bahagia Sambut Putri Pertama KABAR bahagia juga datang dari pasangan Iko Uwais dan Audy Item. Ya, karena pasangan ini baru saja dikaruniai bayi perempuan. Jumat, (11/10/2013) menjadi hari bersejarah bagi Audy. Ia melahirkan putri pertamanya di Rumah Sakit Hermina, Galaksi, Jawa Barat. “Aduh bingung mau ngomong apa saking senangnya. Alhamdulillah tadi sudah lahir jam 07.24 WIB,” ujar Iko saat dihubungi melalui telepon. “Proses lahirnya caesar, karena air ketuban Audy sudah sedikit, terus perutnya sudah kencang,” tambahnya. Usia kehamilan Audy yang sudah mencapai sembilan bulan sebelas hari tidak bisa dipaksakan untuk melahirkan secara normal. Alhasil, dokter mengambil tindakan utuk melakukan cesar. Bayi pun lahir dengan sehat dan sempurna. Pasangan yang menikah pada 25 Juni 2012 itu itu menamai sang buah hati Atreya Syahla Putri Uwais. Sampai saat ini, Audy yang juga sehat masih menjalani masa pemulihan. Iko juga menceritakan bahwa putrinya termasuk bayi yang cukup besar. “Beratnya lumayan besar nih 3,697 kilogram, panjangnya 47 Centimeter,” tuturnya. (dtc/han REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


SABTU, 12 OKTOBER 2013

Dance di Gym Bikin Tubuh Seksi KELAS dance kini semakin menjamur di pusat kebugaran. Dengan mengadaptasi gaya tarian sebuah negara, lahirlah gerakan yang seru untuk diikuti. Penggemarnya pun tak terbatas para wanita namun juga pria. Kelas tari ini merupakan cara baru untuk para wanita maupun pria yang bosan dengan olahraga biasa­ nya. Tidak hanya sehat, tapi wanita bisa memiliki tubuh seksi dengan mengikuti kelas tari dalam fitness. Berikut sembilan manfaatnya. 1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru Menurut dokter olahraga, Michael Triangto, Sp.KO., olahraga ringan seperti kelas tari bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Gerakan-gerakan yang dilakukan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. “Kondisi kardio dia jadi lebih baik nantinya dibandingkan dia sama sekali tidak melakukan aktivitas,” ujar Michael.

2. Tubuh menjadi Tidak Kaku Jika sebelumnya tidak pernah berolahraga, otot-otot dalam tubuh tentu lebih kaku. Dengan adanya aerobik jenis baru ini membuat orang tertarik melakukannya sehingga membuat Anda lebih banyak beraktivitas sehingga tubuh menjadi lentur. Hal ini diakui oleh Michael dan Vice President Brand dan Marketing Celebrity Fitness, Hendra Nugraha. 3. Menarik Seseorang Ingin Berolahraga Kelas tari di klub kebugaran bisa menarik seseorang yang sebe­ lumnya tidak pernah berolahraga sehingga mau melakukan latihan agar lebih sehat. Bentuk kelas tari ini menjadi salah satu sarana bagi wanita dan pria memiliki alternatif lain dari olahraga biasanya. “Misalnya dia melihat kelas itu sebagai hal yang menarik padahal sebelumnya nggak pernah berolahraga. Hal

itu tentu akan menimbulkan nilai positif untuk kesehatan dia karena sekarang menjadi lebih aktif,” tutur Michael. 4. Menurunkan Berat Badan Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, kelas tari yang digabungkan dengan gerakan aerobik ini bisa membuat lingkar pinggang mengecil. “Salah satu manfaatnya tentu pembakaran kalori, lemaknya dibakar kok sehingga bisa menurunkan berat badan,” ujar Vice President Brand dan Marketing Celebrity Fitness, Hendra Nugraha. 5. Sarana Bersosialisasi Kelas tari dalam fitness juga bisa memperluas jaringan pertemanan. Menurut Michael, kelas jenis aerobik yang belakangan ini digemari oleh para wanita sering dijadikan untuk sarana bersosialisasi dan menambah pertemanan. 6. Menghilangkan Kejenuhan Berolahraga

Mungkin jika sebelumnya Anda bosan dengan olahraga yang biasa saja, kini ada alternatif lain untuk hidup sehat dengan masuk kelas tari tersebut. “Bagi yang bosan dengan kelas biasa, bosan dengan body pump atau olahraga sendirian, daripada menghentikan aktivitas sama sekali lebih baik mengikuti aerobik itu, kan bagus buat kesehatannya juga,” ujar pria yang mengambil gelar Spesialis Kedokteran Olahraga di Fakultas Kedokteran ini. 7. Transisi Latihan Ringan ke Berat Kelas tari tersebut juga menjadi media antara latihan ringan ke olahraga yang lebih berat. Sebagai contoh, Anda terbiasa latihan berat lalu mengalami cedera sehingga tidak bisa berolahraga terlebih dahulu. Setelah pulih, Anda tentu tidak bisa langsung kembali melakukan latihan berat. Ini bisa dijadikan sebagai media perantara sebelum

5 Gerakan Tari di Tempat Fitness KINI semakin banyak wanita yang senang datang ke tempat fitness untuk mengikuti berbagai kelas tari. Setiap gym memiliki nama kelas tari serta gerakan yang berbeda-beda. Salah satu klub kebugaran yang menyediakan kelas tersebut adalah

Celebrity Fitness. Nama untuk kelas tari terbaru di rumah kebugaran ini adalah Dance’N’Attitude (DNA). Vice President dan Marketing Cele­brity Fitness, Hendra Nugraha, menuturkan bahwa ada lima macam kelas seperti Raw

(hip hop), Insanity (freestyle), Flavor (latin), Seduce (modern dance), dan perrea (reggea). Kelima kelas tersebut tentunya dipadukan dengan gerakan-gerakan olahraga yang akan membuat tubuh lebih sehat dan segar. Berikut contoh gerakan-gerakannya.

Raw

Seduce

Kelas Raw ditujukan untuk pemula yang jarang berolahraga. Anda bisa memulai latihan menari dari kelas yang membawakan tari hip hop ini. Kelas Raw akan membuat tubuh yang kaku menjadi lebih lentur. Koreografinya juga digabung dengan gerakan olahraga.

Kelas Seduce merupakan tari modern atau sexy dance. Koreografinya menggunakan lagu-lagu jazz, pop, dan RnB. Kelas ini ditujukan kepada para wanita yang ingin mengeluarkan aura seksi mereka.

JAKARTA - Desainer Indonesia kembali menorehkan prestasi di industri fashion ­internasional. Kali ini adalah Samuel Wattimena, yang menggelar koleksi dan menjadi pemenang di Fiji Fashion Week 2013. Desainer kelahiran Bengkulu itu, dikabarkan berangkat ke Fiji awal Oktober, untuk mengikuti perhelatan yang berlangsung dari tanggal 3-5 Oktober 2013. Fiji Fashion Week ini diselenggarakan di negara kecil, Fiji yang berdekatan dengan New Zealand. Perhelatan mode yang mengangkat tema ‘Echoes of The Pacific’ inipun sudah berlangsung ke-6 kalinya. Pekan mode ini juga sering mengundang desainer di luar Fiji yang ada di kawasan Pasifik, seperti Australia, Malaysia dan lainnya. Dalam peragaan busana yang membuat namanya mendapat penghargaan desainer

4. Tempat yang Lebih Tinggi Bagian yang cedera segera di letakkan ke tempat yang lebih tinggi, terutama

terkemuka di New York, Henri Bendel. Seperti yang dilaporkan E! News. Kate Middleton menggunakan parfum Illuminium dari sari aroma bunga putih Gardenia Petals. Wanginya sangat lembut, hasil gabungan bunga melati, lily lembah, dan gardenia. Para penggemar keluarga kerajaan ini, ingin memilik parfum dari ibu satu anak ini. Mereka menyadari, harga tersebut sangat cocok de­ ngan aroma yang didapatkan.(jpnn/lim)

terbaik se-Pasifik itu, Samuel menampilkan 10 set busana. Terdiri atas lima busana wanita dan lima busana pria. Koleksi Samuel yang ditampilkan itu mengangkat tema, “The Movement of Indonesian Cloth”. Dalam koleksi ini pula, sang desainer seka­ ligus mengenalkan kain khas Indonesia ke mata dunia. Namun didesain dengan lebih modern dan ready-to-wear. Misalnya saja pa­ kaian dari tenun Endek Bali, yang dipercantik dengan aplikasi bordir Tasikmalaya. Samuel juga menampilkan celana batik Sogan Solo. Adapun batik sutra Pekalongan yang selaras dengan selendang sulam Sumatra Barat. “Kemenangan saya ini adalah kemenangan Indonesia di mata dunia, karena yang saya lakukan hanya mempresentasikannya dalam gaya saya. Selebihnya adalah keindahan kain semata,” papar Samuel Wattimena.(jpnn/lim)

Baru, Batik Danar Hadi Sport

5 Pertolongan Pertama Saat Cedera di Kelas Aerobik

1. Istirahat Saat merasa mengalami cedera ketika berolahraga segera berhenti melakukan aktivitas fisik tersebut dan beristirahat. Pria 54 tahun itu menyarankan agar tidak

kata Louboutin. “Sepatu ini bisa membuat wanita lebih tinggi,” tambahnya. Sepatu ini dijual secara eksklusif di butik Christian Louboutin, modelnya seperti nudes dengan bentuk Pigalle, ada yang lebih curve fifi dan simple pump, serta flo dan flatform. Ada juga model dari vendome peep toe pump. Christian Louboutin, telah meluncurkan Shades Web Louboutin, di mana para pengguna bisa mengambil foto kaki mereka kemudian mencocokkan warna apa yang pas untuk sepatu mereka.(jpnn/lim)

Samuel Wattimena Desainer Terbaik

Kelas Perrea menggabungkan antara tari hip hop dan reggea. Ini merupakan salah satu kelas yang bisa membuat pikiran lebih segar dari sibuknya pekerjaan.(jpnn/lim)

memaksakan diri tetap melanjutkan latihan saat merasa sakit di salah satu bagian tubuh Anda. 2. Pendinginan Segera lakukan pendinginan di bagian yang mengalami cedera. Misalnya saja pergelangan kaki merasa nyeri dan tidak bisa digerakkan. Salah satu pertolongan pertama dengan mengompresnya dengan es atau air dingin. Es berguna untuk menghilangkan nyeri dan pembekuan darah. 3. Berikan Bebat Bebat adalah penutup suatu bagian tubuh yang cedera de­ ngan bahan dan tujuan tertentu misalnya untuk menghilangkan nyeri saat cedera. “Kemudian diberikan bebat di bagian yang cedera,” ujar Michael.

CHRISTIAN Loubotin keluarkan koleksi sepatu teranyar dengan menampilkan lima variasi warna. Dengan memiliki bentuk sepatu hak tinggi, koleksi ini disinyalir bakal membuat si pemakai tampak lebih jenjang dan tinggi. Seperti yang dilansir dari laman Dailymail. Model sepatu yang bermaterial kulit ini, cenderung klasik dengan tampilan lima warna yang bertujuan untuk mencocokkan warna kulit para pelanggannya. “Kaki mereka seperti menghilang, dan bisa tampak lebih panjang. Seperti dalam sketsa dan memiliki siluet kaki yang memanjang,”

Fiji Fashion Week 2013

Perrea

SETIAP olahraga baik ringan maupun berat tentu memiliki risiko cedera. Maka dari itu, Anda tetap harus berhati-hati dan mempertimbangkan latihan fisik saat keadaan sedang tidak fit, terutama bila pernah mengalami cedera sebelumnya. Akan tetapi, jika sudah mengalami cedera sebaiknya segera lakukan lima hal ini sebagai pertolongan pertama seperti saran dari dokter olahraga, Michael Triangto.

Loubotin Keluarkan Koleksi 5 Sepatu Terbaru

ISTRI dari Pangeran William, Cathrine Middleton memang tak habis-habisnya menjadi pusat pembicaraan di seluruh dunia. Yang paling menghebohkan, pada hari pernikahannya bersama Pangeran William, Kate menjual parfum yang dibanderol seharga USD150 atau sekitar Rp1,7 juta. Parfum yang beraroma bunga putih Gardenia Petals ini, laris manis ketika dijual di Amerika Serikat. Aroma dari parfum ini ditawarkan dari sang Ratu Inggris, hasil dari penghasil parfum

Bagi Anda yang senang menari latin seperti salsa, flamenco, cha-cha, tango, dan lainnya bisa bergabung di kelas Flavor. Anda akan merasakan latihan berbeda dari klub tari biasanya karena beberapa koreografinya dipadukan dengan gerakan olahraga. Untuk pemula, kelas ini sebaiknya diikuti setelah tubuh benar-benar lentur.

Kelas Insanity merupakan kelas tari dengan koreografi yang lebih bebas. Kelas ini menggabungkan antara antara tari kontemporer dan modern pop style. Ini juga kelas yang ditujukan untuk pemula yang tubuhnya belum lentur.

melanjutkan kembali olahraga berat. 8. Seksi Kelas tari aerobik dapat membuat wanita merasa lebih seksi. “Feeling sexy. Aura seksinya keluar, yang luar biasa buat wanita yaitu merasa seksi,” kata Hendra. 9. Fun Kelas tari dalam olahraga bisa membuat perasaan menjadi lebih ceria. Studio tari di Celebrity Fitness yang dikenal dengan nama ‘Dance & Attitude’ (DNA) itu memang sifatnya fun yang bisa menyegarkan pikiran saat sedang penat dengan pekerjaan atau kegiatan lainnya. “Dance itu sebenarnya having fun, orang-orang kantor biasanya stres meluapkannya di dance ini. Cuma karena kita di tempat gym jadi dicampur sama gerakan olahraga juga,” ujar Cut Julyani yang merupakan salah satu instruktur tari di Celebrity Fitness Kemang, Jakarta Selatan.(jpnn/lim)

Parfum Kate Middleton Laris di AS

Flavor

Insanity

7

bila mengalami pembengkakan. “Kalau anklenya bengkak diganjal sama bantal agar lebih tinggi,” ujar pria yang merupakan pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) ini. Setelah itu baru ke dokter. 5. Pergi ke Dokter Jika Anda merasa cedera cukup parah, segeralah pergi ke dokter agar cepat ditangani. Jika tidak, kemungkinan cedera makin parah bisa saja terjadi yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh Anda. (jpnn/lim)

BAJU batik Danar Hadi adalah salah satu merek terbaik industri baju batik di Indonesia. Jika sebelumnya Anda melihat koleksi model baju batik terbaru kebanyakan wanita, sekarang batik ini mengeluarkan koleksi teranyar yaitu Danar Hadi Sport. Danar Hadi Sport ditujukan, bagi kalangan yang memiliki jiwa muda yang berjiwa aktif dan dinamis. Inou Marcsta Hernawan, selaku Supervisor Promotion and Event Marketing Communications, PT Batik Danar Hadi Jakarta mengatakan, untuk koleksi batik Danar Hadi Sport, produk yang ditampilkan lebih berwarna dan bermotif. Lini produk ini menawarkan gaya kasual dan moderen dengan kombinasi motif batik kontemporer, warna-warna cerah serta potongan pas badan. “Produk terbaru Danar Hadi Sport ini adalah hasil kolaborasi dengan desainer Tri Handoko,” katanya di Fountain Area, Grand Indonesia West Mall, Jakarta, Kamis, (10/10). Inou menambahkan, untuk produk Danar Hadi eksklusif, produk ini lebih didesain berdasarkan tema khusus yang dilansir setiap tiga bulan sekali dengan material, proses dan teknik berkualitas baik. Berbeda dengan koleksi Danar by Danar Hadi yang didesain oleh desainer tamu, koleksi Danar Hadi Exclusive ini didesain sendiri oleh desainer in-house Danar Hadi. Beberapa nama diantaranya adalah Oscar Lawalata, Priyo Octaviano, dan Hutama Hadi. Dalam rangkaian acara Eksobatika yang berlangsung selama dua minggu, Danar Hadi akan menghadirkan agenda menarik untuk mengisi acara akhir pekan. Dalam agenda tersebut akan ada dua peragaan busana yang

JIWA MUDA: Koleksi terbaru Batik Danar Hadi Sport menampilkan beragam koleksi Danar Hadi, koleksi Danar Hadi Sport dan Hadi Exclusive. Dua koleksi peragaan busana tersebut akan diadakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2013, pukul 16.30 WIB, bertempat di Grand Indonesia, West Mall, Fountain Area, Lantai 3A, Jakarta Pusat.(jpnn/lim) REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: REP


SABTU, 12 OKTOBER 2013

8

Tanpa Kobe, Lakers Ditekuk Sacramento Kings

Dani Pedrosa

Duo Honda Kembali Tercepat di Latihan Bebas Kedua SEPANG-Repsol Honda menunjukkan tanda bakal berjaya di balapan MotoGP seri Malaysia. Dalam dua latihan bebas yang dilangsungkan, Honda selalu bisa menempatkan pembalapnya di barisan tercepat. Lagi-lagi, Dani Pedrosa yang mencatatkan namanya di urutan pertama. Pembalap asal Spanyol tersebut membukukan waktu dua menit 0,554 detik. Ini adalah kali kedua Pedrosa menjadi yang tercepat. Sebelumnya, di sesi latihan bebas pertama, pembalap berusia 27 tahun tersebut juga berjaya. Konfigurasi dua besar juga tak berubah setelah Marc Marquez menempati posisi runner up. Pembalap muda asal Spanyol itu membukukan waktu dua menit 01,087 detik. Posisi ketiga dihuni Cal Crutchlow. Pembalap milik Yamaha Mons-

ter Tech 3 tersebut menorehkan waktu dua menit 01,423 detik. Hasil buruk diterima Jorge Lorenzo. Jagoan Yamaha Factory tersebut tergelincir ke urutan keenam dengan catatan waktu dua menit 01,710 detik. Padahal, di sesi pertama, Lorenzo ada di urutan ketiga. Sementara itu Repsol Honda dijatuhi hukuman pengurangan 25 poin di klasemen konstruktor. Meski dijatuhi hukuman berat, pabrikan asal Jepang tersebut belum menempuh upaya banding. Team Principal Honda, Livio Suppo mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk mengambil langkah selanjutnya. “Pengawas balapan berpikir bahwa kecelakaan dikarenakan masalah kabel yang pecah dan sistem back up yang membutuhkan waktu terlalu

banyak,” terangg Suppo sebagaimana dilansir laman Crash, Jumat (11/10). Menurut Suppo, apa yang dituduhkan pengawas balapan memang benar adanya. Karena itu, untuk sementara, pihaknya bisa menerima hukuman berat tersebut. Hanya saja, Suppo bakal menyerahkan urusan lanjutan pada Shuhei Nakamoto selaku Wakil Presiden Eksekutif HRC. Menurut Suppo, langkah yang nantinya akan diambil bakal banyak bergantung pada hasil diskusi di tataran top level manajemen Honda. “Kini kami memikirkan apakah kami akan mengajukan banding atau tidak. Namun, feeling saya mengatakan bahwa Nakamoto San tahu persis mengenai hal ini,” tegas Suppo. (jos/jpnn/jon)

HASIL LATIHAN MOTOGP MALAYSIA (WAKTU KOMBINASI) 1. Dani Pedrosa, 2. Marc Marquez, 3. Cal Crutchlow, 4. Valentino Rossi, 5. Jorge Lorenzo, 6. Alvaro Bautista, 7. Stefan Bradl, 8. Nicky Hayden, 9. Andrea Dovizioso, 10. Bradley Smith, 11. Alex Espargaro, 12. Andrea Iannone, 13. Hector Barbera, 14. Colin Edwards, 15. Yonny Hernandez, 16. Randy de Puniet, 17. Hiroshi Aoyama, 18. Claudio Corti, 19. Danilo Petrucci, 20. Michael Laverty, 21. Luca Scassa, 22. Bryan Staring, 23. Lucas Pesek, 24. Damian Cudlin,

Repsol Honda Repsol Honda Yamaha Tech 3 Yamaha Factory Yamaha Factory Honda Gresini LCR Honda Ducati Ducati Yamaha Tech 3 Aspar Aprilia Pramac Ducati Avintia FTR-Kawasaki Forward FTR-Kawasaki Pramac Ducati Aspar Aprilia Avintia FTR-Kawasaki Forward FTR-Kawasaki Ioda-Suter-BMW PBM-Aprilia Cardion Aprilia Gresini FTR-Honda Ioda-Suter-BMW PBM Aprilia

2 mnt 00,554 detik +0,533 +0,869 +0,984 +1,079* +1,105 +1,173 +1,819 +1,933 +1,997 +2,056 +2,265 +2,671 +3,153 +3,226 +3,368 +3,860 +4,253 +4,411 +4,997 +5,044 +5,984 +6,470 +6,568

Keterangan: (*) waktu tercepat diciptakan pada sesi pagi hari

Roy Targetkan Weng Hanya Ronde Ketujuh SURABAYA-Roy Mukhlis sedang berada dalam confidance tinggi. Kondisi positif itu muncul setelah petinju asal Sasana GRIB Jatim ini bertemu langsung dengan sang lawan Weng Haya (Filipina) dalam sesi timbang badan di Kodam V Brawijaya Surabaya, siang kemarin (11/10). Ya, kedua petinju akan bentrok dalam duel sarat gengsi kejuaraan Internasional perebutan gelar lowong kelas ringan 61,2 kg WBO Asia Pasific, dan Sabuk Emas Pangdam V Brawijaya Surabaya di GOR Hayam Wuruk Kodam V Brawijaya, malam nanti. Nah, Roy Mukhlis tidak mau berlama-lama di atas ring. Petinju asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini pun memasang target, pertarungan harus berakhir di ronde ke-7 dari total 12 ronde yang harus dijalani oleh kedua petinju. ‘’Target saya ronde ketujuh lawan sudah harus jatuh. Tapi, kalau ada peluang untuk menjatuhkan dia (Weng Haya) lebih cepat, saya akan maksimalkan peluang itu,” kata Roy Mukhlis. “Saya dalam kondisi siap tempur dan memenangkan pertarungan ini,” tambah Roy Mukhlis. Menurut Roy Mukhlis, target besar tersebut bukan tanpa dasar. Sebab, selama karirnya ber-

SUGENG DEAS/ JPNN

TARUNG: Promotor Mikdon Neddy Tanaem mengapit petinju Roy Muklis dari sasana Grib Bc Jatim Indonesia (kiri) dan Weng Haya Philipina (kanan), saat acara timbang badan Kejuaraan WBO Asia Facific kelas ringan 61,2 kg di Kodam V Brawijaya, tinju, Roy sudah dua kali melawan petinju asal Filipina, yakni Jaime Barcelona pada 27 Juli 2007 (menang angka) dan Fernando Otic (menang TKO ronde kelima). ‘’Saya juga sudah melihat rekaman pertarungan dia (Weng Haya), pukulannya cukup cepat dan saya yakin bisa mengantisipasi semuanya,” tegas Roy. Tidak hanya Roy, Yani Malhendo sang pelatih juga me-

ngumbar keyakinan yang sama. Menurut Yani, Roy memiliki potensi untuk memenangkan pertarungan itu lebih muda, “Karena secara fisik Roy lebih siap, latihannya juga lebih maksiimal. Apalagi, lawan juga memiliki sejara buruk karena baru saja kala KO dua bulan yang lalu,” ucap Yani. Lantas bagaimana dengan Weng Haya? Petinju kelahiran Mandaue City, Cebu Filipina 24

tahun silam ini juga tak mau keder dengan sesumbar petinju tuan rumah. ‘’Weng Hanya mengungkapkan bahwa dia datang ke Indonesia untuk merebut kemenangan. Persiapan saya di Filipina juga sangat maksimal, dan saya yakin bisa meraih kemenangan di sini,” ujar petinju yang memiliki nama asli Wilson Vismar Ogso itu. Terlepas dari itu, Markus Remiasa, ketua panitia ke-

juaraan mengatakan, pertandingan yang digratiskan dari biaya tiket masuk tersebut akan menjadi tolak ukur pergelaran tinju profesional di Jatim. ‘’Kami memang sudah bertekad untuk meningkatkan frekuensi tinju di Jatim, tapi kalau perhelatan ini sukses, kami optimistis kejuaraan dengan level paling tinggi juga bisa terlaksana di Jatim,” tegas Remiasa. (dik/jpnn/jon)

Ini Syarat Vettel Kunci Gelar Juara Dunia di Jepang SUZUKA- Balapan Formula 1 musim ini sepertinya bakal menjadi milik Sebastian Vettel. Dengan lima seri tersisa, pembalap Red Bull tersebut berpeluang besar menggondol gelar juara dunia kali keempat secara beruntun. Pasalnya, saat ini Vettel leading 77 poin atas gacoan Ferrari, Fernando Alonso. Dengan lima seri terakhir, masih ada 125 angka yang bisa diperebutkan para pembalap di arena jet darat tersebut. Bahkan, Vettel bisa saja mengunci gelar juara dunia lebih dini. Yakni di balapan seri Jepang, Minggu (13/10) lusa.

Setidaknya, ada tiga skenario yang bisa membuat pembalap berusia 25 tahun tersebut mengamankan gelar keempatnya secara beruntun. Pertama, Vettel harus memenangkan balapan di Suzukua, sementara Alonso gagal finish. Kedua, Vettel menjuarai seri Jepang, namun Alonso hanya bisa finish di urutan kesepuluh. Yang terakhir, Vettel menang, sedangkan Alonso hanya finish di posisi kesembilan.Jika kalkulasi itu terjadi di Jepang, empat seri tersisa bakal menjadi ajang hiburan bagi Vettel. Sebab, apapun yang terjadi di empat seri terakhir, Vettel tak

akan tergoyahkan dari pemuncak klasemen sementara. Namun, banyak yang tak yakin Vettel bakal memastikan gelar juara di Jepang. Setidaknya jika mengacu pada survey yang dilakukan GP Update. Sebanyak 61 persen responden meyakini Vettel bakal gagal mengamankan gelarnya di Negeri Sakura, julukan Jepang. Sementara itu Lewis Hamilton kembali menegaskan statusnya sebagai salah satu penguasa latihan bebas. Kali ini terjadi di latihan bebas pertama balapan Formula 1 seri Jepang. Pembalap andalan Mercedes tersebut menjadi yang tercepat

dalam latihan bebas yang dilangsungkan di Sirkuit Suzuka, Jepang, Jumat (11/10). Dalam latihan itu, Hamilton membukukan catatan waktu

Sebastian Vettel

satu menit 34,157 detik. Kegemilangan Hamilton dilengkapi dengan torehan hebat rekan setimnya Nico Rosberg. (jos/jpnn)

Kobe Bryant LAS VEGAS- Kobe Bryant masih menjadi pemain yang sangat dibutuhkan Los Angeles Lakers. Tanpa Kobe, Lakers tak ubahnya seperti ayam kehilangan induk. Bukti terbaru terlihat dalam laga pra musim kontra Sacramento Kings. Dalam laga yang dilangsungkan di MGM Arena, Las Vegas, Jumat (11/10) tersebut, Lakers dipaksa mengakui ketangguhan Kings dengan skor sangat telak 86-104. Travis Outlaw menjadi mimpi buruk bagi Lakers. Dia berhasil mengacak-acak pertahanan Lakers dengan menyumbangkan 18 poin, enam rebound dan satu assist. Selain itu, DeMarcus Cousins juga tampil hebat dengan double double 16 poin dan 12 assist. Di kubu Lakers, J Meeks menjadi pemain paling bersinar. Meeks menyumbangkan 19 poin. Derita Lakers semakin lengkap setelah point guard Steve Nash mengalami cedera engkel. Dia tidak bermain di babak kedua. Dalam pra musim, Lakers memang tidak akan diperkuat megabintang Koobe Bryant. Saat ini, pemain berjuluk Black Mamba tersebut tengah menjalani recovery atas cedera achilles yang membekapnya. Setelah ini, Lakers akan terbang ke Shanghai untuk melakono dua laga pra musim kontra Golden State Warrior. (jos/jpnn/jon)

Ross Brawn Tegaskan Setia Pada Mercedes LONDON- Mercedes mendapatkan kabar gembira jelang balapan Formula 1 seri Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10) lusa. Ross Brawn menyatakan akan tetap berada di Mercedes untuk balapan musim mendatang. Brawn mengatakan, hal terpenting menurutnya saat ini adalah membuat Mercedes tetap kuat untuk jangka waktu yang panjang. Nah, hal itu bisa dilakukan jika Brawn tetap berada di Mercedes. Sebab, selama ini Brawn memang merupakan otak di balik kehebatan Mercedes. Meski belum bisa mengantarRoss Brawn kan Lewis Hamilton menjadi juara dunia, performa Mercedes musim ini dianggap luar biasa. “Sejujurnya, saya tidak terlibat pembicaraan dengan Honda ataupun McLaren tentang masa depan saya,” terang Brawn sebagaimana dilansir laman Autosport, Jumat (11/10). Ya, selama ini, Brawn memang terus dikaitkan dengan McLaren untuk balapan musim mendatang. Bahkan, team principal McLaren, Martin Whitmarsh mengaku sudah menjalin kontak dengan Brawn. Untungnya, Brawn menepis semua klaim itu. “Saya sudah berdikusi dengan Niki Lauda dan dewan manajemen tentang bagaimana kami di masa mendatang. Kami harus tahu apa yang akan dilakukan tim ini untuk masa mendatang,” tegas Brawn. (jos/jpnn)

HASIL LATIHAN GP JEPANG (WAKTU KOMBINASI) 1. Sebastian Vettel, Red Bull-Renault 2. Mark Webber, Red Bull-Renault 3. Nico Rosberg, Mercedes 4. Kimi Raikkonen, Lotus-Renault 5. Romain Grosjean, Lotus-Renault 6. Lewis Hamilton, Mercedes 7. Daniel Ricciardo, T oro Rosso-Ferrari 8. Felipe Massa, Ferrari 9. Jenson Button, McLaren-Mercedes 10. Fernando Alonso, Ferrari 11. Esteban Gutierrez, Sauber-Ferrari 12. Jean-Eric Vergne, Toro Rosso-Ferrari 13. Nico Hulkenberg, Sauber-Ferrari 14. Paul di Resta, Force India-Mercedes 15. Adrian Sutil, Force India-Mercedes 16. Sergio Perez, McLaren-Mercedes 17. Valtteri Bottas, Williams-Renault 18 Pastor Maldonado, Williams-Renault 19. Heikki Kovalainen, Caterham-Renault 20. Jules Bianchi, Marussia-Cosworth 21. Charles Pic, Caterham-Renault 22. Giedo van der Garde, Caterham-Renault 23. Max Chilton, Marussia-Cosworth Keterangan: (*) Waktu terbaik diciptakan pada sesi pagi hari

1 menit 33,852 detik 1:34,020 1:34,114 1:34,202 1:34,411 1:34,442 1:34,473 1:34,698 1:34,912 1:35,087 1:35,089 1:35,109 1:35,182 1:35,275 1:35,341 1:35,450* 1:36,136 1:36,178* 1:37,595* 1:37,629* 1:37,630 1:37,905 1:38,121

REDAKTUR : JON SOEPARIJONO, LAYOUTER : KURDI


9

SABTU, 12 OKTOBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

RUPA-RUPA

MOBIL - MOTOR

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040

AKI SENTRAL 3 Menyediakan Aneka AKI MOBIL & SEPEDAH MOTOR –Bergaransi Chek Kondisi Aki & tes Dinamo Isi GRATIS Jl.La Adi Sucipto 332A Blimbing telp. o341-8660952

DIJUAL KIA VISTO N’2001 hitam, mesin, bagus,mulus,harga NEGO. Hub.081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.0812317744177728007 BG-19/9

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/9

YAMAHA

BG-30/9

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/9

GRATIS Konsultasi kredit /tunai, Mobil baru Suzuki HUb. Hai 2374008/ 085239073708 BG-30/10

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877 BG-29/9

READY Stock Ertiga GA GL 8 GX Manual 8 Matik DP. 52 jt -an Bisa Tenor 5th 082141959999/9568253 BG-28/10

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916 BL-27/8

OBRAL YAMAHA DP 800RB/ ANGS NEGO HUB.YAMAHA DINOYO 7712177 BG-12/10

DAIHATSU BIG SALE “XENIA DP 18JT, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750

•HONDA• DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/10

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675

BL-28/9

BG-21/9

BG-6/10

MITSUBISHI

TANAH

PROMO Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/9

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/9

NISSAN DIJUAL OPER KREDIT GRAND LIVINA Thn 2012 Warna Putih sdh 18x angsuran sisa 30x Minta 50 Juta. Hub Jl. Bondowoso 1B 081334614154 BG-30/9

TOYOTA

BG-29/9

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/10

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/10

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963 BL-22/10

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/10

KEHILANGAN STNK STNK spd mtr honda’10 N-2638-BA noka: MH1JBC212AK420042 nosin: JBC2E1409747 a/n SALIDIN d/a jl.Kol Sugiono Gg.V,rt.06,rw.03,kel. Mergosono,kec.kedung kandang,mlg BL-13/10

BL-7/10

BG-01/10

BG-31/9

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/10

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/10

RUMAH PURI CEMPAKA PUTIH kwasan pemkot,pnddkn,Dpn terminal Hamid Rusdi,Tipe baru UM 9JT (Jamsostek) 754055/7025005/081945155552

STNK spd mtr Yamaha’12 N-4351 -CX noka: MH33C1005CK899519 nosin: 3C1900651 a/n REZA PUTRA SATRIA d/a jl.Ragil Regency 4 simp 4 ranugrati selatan IIIB rt 08 rw 06 kel.sawojajar kec.kedung kandang mlg BL-12/10

BL-12/10

BG-8/11

BL-12/10

DIJUAL TP Rumah T300/B 145 SHM PLN PDAM Jl. D. Maninjau 35 HP. 0818 0501 3399 Azhar Saleh

STNK spd mtr honda’11 N-4243-C noka: MH1JF9111BK467122 nosin: JF91E1462984 a/n GUSTAV ARTHUR SEBASTIAN LOMI d/a jl.bumi meranti wangi B11 kec. blimbing mlg

BG-27/10

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/10

BG-30/9

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/9

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/9

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

BG-22/9

BG-10/11

D’LUUK Boutique pusat grosir dan eceran tas pria dan wanita berkualitas, juga menyediakan aksesoris wanita lainnya dgn harga bersaing dapatkan potongan 10 % datang langsung ke ruko Cipto Jl.Cipto kav 17 Malang

BG-10/11

JASA pembuatan rombong franchise, both, stan pameran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-2801809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/11

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563. BG-4/11

DICARI ,Laptop,LED,LCD,BB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin. BB 314CF4A4

BL-12/10

STNK mbl honda jazz’09 N-1904CY noka: MHRGE87609J903174 nosin: L15A71762865 a/n CECEP LISBANO d/a jl.teluk tomini 22 rt/rw 03/05 kel.arjosari kec.blimbing mlg

BG-4/11

BL-29/9

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BL-6/9

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit: MioCW cakram,2009.ega ZR,2010.Mio cakram,2004.New Fit S,2007.New Supra fit,2006.New supra fit S,2007. Beat,2010.Beat,2012.Colt diesel L300 2.5 PU,2010.Colt diesel L300 2.5PU.Carry box 1.5PU,2009

RUPA-RUPA

BG-18/10

BTH cpt SA-CV PR/WNT lam. Lkp dtg lgs ke PT.TRIO INDAH SUKSES Jl.perunggu utara Q5 tlp.0341-482407

• SUZUKI •

BG-2/11

BL-12/10

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BL-22/9

BG-30/10

BG-16/12

BG-20/9

Mp-Jual : risoles & gabin imutz, full susu UHT, beku & goreng, terima pesanan, bisa delivery hub 085759053312 MP-Jual : Blacberry 2nd dacota putih TAM, lnkp full set @2,6jt, GPS merk Daihatsu Real Voice , sofware px windows, bs buat music + video msh new segel dus @800rb Hub: Irfan 085655755765 MP-jual: Corolla GL th 85 putih VR, AC, AUDIO..30jt nego hub 081555883349 MP Jual : Rmh nyaman, ful bgnan 66m2, SHGB, lokasi perum Saptoraya Pakis, r tamu, r klarga, 2 k tdr,1 k mandi, r makan, dpr, carpot, Hrg 95jt,ng, H:08170475057 MP-JUAL :Herbal sari rapet kembali gadis, herbal montok payudara, herbal pelangsing, kapsul minyak zaitun, bawang putih garlic anti kolesterol Hub.085649690880 MP-Jual :Ekstrak kulit Manggis,Ekstrak Sarang Semut,daun sirsak dan obat herbal untuk segala macam penyakit insya Alloh.SMS 08155508899 MP-Jual : ramuan minyak retak tulang sambung nyowo utk mengobati retak tulang, otot kram, stroke, dll hub TOKO MINI jl. Bukit Tanggul S-50 Tidar 08175402017. MP-Jual : Pilot kompas magnet untuk kapal / perahu nelayan berminat hub 082143593393

MP-jual : satria-FU thn 2010 hrga 15jt nego hub: 03417706577 MP- JUAL : MURAH KURSI 2 TAMU JATI LEMARI SOFA DLL MURAH BAGUS DI PAKIS +628563139136

MP-CARI MP-Cari : motor rx-king Gl-100 Gl-max fiz jupiter Hub: 085791310402 MP-Cari : pegawai l/p, frozen food, kend sendiri, lulusan smp hub 085759053312

MP-JUAL : resep bakso super di jamin lezat &halal +praktek=di utmkn luar kota mlg +6285608087172

MP-Cari : percetakan mencari banyak tenaga muda smk grafika, hubungi 083842210571 www.bungbungshop. com

MP-Jual : cd changer bekas merk Alpine 400 ribu rupiah nego minat hub 081232783909

MP_CARI : Ibu rmh tangga/pensiunan/ PNS,Pendidikan min SMA,income 500rb5jt/bln. Hub 085290097044

MP-Jual: Baglog jamur tiram putih kondisi siap panen, tanpa resiko gagal krn kontaminasi. Hub. 081333102295

MP - CARI : Banyak Marketing Di PT MAS ALAM SEMESTA. Fasilitas : - Ijaza Bebas - Bebas Waktu - Bisa Dikerjakan Di Wilayah Masing” - Komisi 5jt/Bln. Mencoba Sekali Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali. Bagi Yg Minat & Serius CP : Zyand 087832885338

Mp-Jual : DVD Video Bljr Iqro Metode Annur, MP3 Quran 30juz &Terjemah perAyat, Software Quran Tafsir &Hadits2 Sohih semua 150rb brg dikirim dulu SMS:08562995517 MP-JUAL : Jasa ojek antar jemput sklh,kerja dll..tepat waktu & nonstop hub 082333718268 Mp-Jual: ES CINCAU GREEN bs buat OBAT sglh penyakit( darah tinggi,bs membunuh sel kanker dll...) terbuat dr bhn alami, jln BONDOWOSO(dkt UM) mlng TERIMA PESANAN call 085790833379

MP - Cari : marketing untuk menjualkan kartu chip penghemat pulsa dg komisi tinggi sampai 150rb/hari. Hub vina 085646334272 MP-CARI : kryawan penjaga stan teh di dpan UB +6285791344922 MP-Cari: sales counter cewek. Diutmkan bs desain. SMU/SMK jujur, rajin dom mlg. hub 6102686

KINGS BAKSO&JUICE menerima pesanan KUah Segar Anti Lemak& Dijamin 100% halal Jl.Raya La,Sucipto 214 Malang hub.(0341-2828955) BG-12/11

BG-26/9

BAKSO CAK TOHA Menerima Pesanan Campur Dan Istimewa 100% Halal. Jl.LA Sucipto Timur SD Pandanwangi 1 Malang telp.087859996347

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341322777. website: www. stasiun tiket .com

BG-12/11

MERY’S BAKERY & CAFÉ menerima Pesanan ROti, Donut, tart, Spiccu, DLL Jl.LA.Sucipto No.339 Depan SDN PAndanwangi 1 telp.03419552483/087852501110 BG-12/11

WARUNG KARTINI : mnrm pesanan : nasi kotak, tumpeng, prasmanan juga melayani rias pengantin Jl.Galimbar Kepanjen Tlp : 0341-7305477 BG-10/11

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/11

TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/8

HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677

BG-29/9

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com. BG-29/9

PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568 BG-16/10

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/8

BG-7/10

BG-2/9

BUTUH biaya sekolah Reno rumah/mudal usaha kami solusinya jaminan BPKB MTR/MBL dan SHM bisa to.hub.9157776

ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/9

BG-23/8

DANA TUNAI

BG-6/11

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448 BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978 BG-31/9

PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

BG-30/9

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.03417647878/7630312 hr libur tetep buka.

TOUR & TRAVEL WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRIN TER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761

BG-6/10

JUAL RUMAH Jl.angrek blok A11 kepanjen 1km dr pasar kepanjen 1km dr pasar sumedang luas 85 hub.0881-9922112 NEGO

MP jual: rumah di perum.pondok mutiara pandanlandung blok D5-19.harga 50jt nego. hub.085785768453

BG-26/9

MAHMUD CELL SERVICE HP. LAPTOP ASSESORIS,PULSA ELEKTRIK,PLN JL.KEBON AGUNG DPN DEPOT SONETA TLP. 0856093888608238080900 MALANG

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

JUAL Suzuki Baleno 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 83 jt nego 08164291898

MP JUAL

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Pro duk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

BG-30/9

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937

BL-12/10

BG-26/9

SERVIS

JUAL garam,per 1 ton rp.1.200. 000,- diantar hub.081554324458

LOWONGAN

DIBUTUHKAN sgra capster p/w Bayu Salon Jl.Puncak Mandala 44 E Tidar (0341) 553581

BG-26/9

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

BG-25/9

DIBTHKN penjahit : wanita, pnglaman min 2 th, usia max 30 th , Pend. Min SMK Hub.08179939947

RUMAH

BG-26/9

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696

RMH DIJUAL 6x16m2 lt 2 KT 5 KM2 SHM PLN PDAM hrg 120jt HUb. Bp. Yusuf Tlp. 085259056313 Kebonagung

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BG-31/9

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333

BG-3/11

BG-25/9

BL-13/10

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

RUPA-RUPA SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

KULINER WARUNG ENGON menyediakan spesialis SATE ,GULE MADURA juga menerima AQIQOH Jl.La.Sucipto 36 malang hub. HUDA(081945729566) BG-12/11

RUPA-RUPA

BG-9/11

BMC (Becam Medicine Center)pengobatan modern cara Nabi, menyediakan terapi: becam, hirudo, lintah, gurah dll.Jl.pepen dpn pom bensin Kepanjen Tlp: 0341-7060111, 085755181862, 085785062601

BL-12/10

BL-25/10

BG-26/9

DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/081281070950

TOKO TANI Sejahtera Jl.Brakmojo Merjosari Kepanjen Tlp.0341392965, 0811366615.Menyediakan : Benih, pupuk, obat2an dll.

BG-1/11

BG-11/11

BG-5/11

BG-10/11

BL-12/10

STNK spd mtr yamaha/ mio’10 N-6195-CF noka: MH328D305AK272940 nosin: 28D2272910 a/n DIDIK SUBAGYO.IR d/a jl.selat sunda III D4-20 RT/RW 3/11 kel.lesanpuro kec.kedung kandang mlg

KIJANG NUSA, jual salah satu, AC, TAPE, RC BAGUS. Hub. 081 233 086 801, 0341-7346127 Jl.Mondoroko I/42 singosari mlg. JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569

BG-11/11

PLANET SERVICE.Service panggilan pendingin dan elektronik, AC, kulkas, m.cuci, dll. Hub.085334227002, 0341-7833840

Terima OKS cetak offset CS Brosur, buku, kards mkanan, etiket wrn dll. Hub. PERC. Merpati Mas Jl. S. Supriadi 57B telp. 362978

DIKONTAKKAN Rumah Type 54 di Perum sumber wuni indah Blok A no 41 Lawang 8jt pertahun , Bisa pertiga bulan Hub.081219908512

BG-11/11

PP PRIMA PERMATA melayani pemasangan & jual bhn plafon gypsum + atap baja ringan &dinding peredam Jl.Raya Genengan 272 Tlp 0341-806234 Pakisaji Malang.

STNK spd mtr honda C100ML’03 N-5526-BE noka: MH1FGF173K311067 nosin: NFGFE1310153 a/n ABDUL HARIS MALIKIN d/a jl.Arif Margono VIII/34 mlg

STNK spd mtr honda’09 N-2188BY noka: MH1JF13139K012751 nosin: JF13E0013366 a/n PROF. DR.Eng.IR.ABRAHAM LOMI d/a jl.bumi meranti wangi B11 kec. blimbing mlg

DIJUAL cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555

BG-12/11

MALANG POST Korane Arek Malang JL.SRIWIJAYA. 1-9 MALANG

Mp-cari : sales canvas p atau w slta pengalaman blm nikah GAJIpokok bln komisi 7 persen bonus lamaran lengkap ke pt trio indah sukses jl perunggu utara q 5 perumahan purwantoro jam 0900 sd !60 senin sd jumat HRD PAKKAMIM +6285755784957 MP-Cari : pembantu Rmh tangga tdr dalam.Gaji 700.Rb.Umur 30.Max.40.Th Hub:085755455341 MP-cari : tentor piano-keyboard, vocal, gitar, drum, krm lamaran k jln raung 8 bawah +6285646699638 MP-Cari :dibthkn sgr sales u/ order minuman kemasan diutmkan py kndraan sdri Hub.MGM jln.kedawung 25 03417039599 MP-CARI : rumah ato tanah lebar 13mtr panjang min.8mtr mak.200jt pinggir jalan raya/jalan range2 tp padat penduduk.085649650610 MP-CARI:slebor depan honda cbr125 / jupiter mx bekas,kalau ada yang jual hub.085646626975 MP- cari : sepeda harga ok merk yamaha/honda/suzuki.dipakai sendiri, hub.085258701777 MP-Cari : tenaga adimistrasi, cwk, sim C, pnmpilan menarik, min SLTA/sederajat, hubungi 0811363444, 081515703333, shidiawati@yahoo.com, INDAH MAKMUR


SABTU, 12 OKTOBER 2013

10

WALI KOTA CUP

Diawali di Lapangan Tasikmadu

KRIS SAMIAJI/SUMEKS

NUNGGAK: Pemain Sriwijaya FC sebagian haknya masih belum dipenuhi manajemen.

PSSI Lembek Sikapi Tunggakan Gaji JAKARTA-Pemain-pemain yang gajinya masih tertunggak harus bersiap mencari pemasukan lain. Setidaknya sampai kompetisi baru musim 2014 mendatang digulirkan. Sebab, tidak ada upaya dari pihak terkait dalam hal ini PSSI untuk menekan klub-klub nakal penunggak gaji pemain tersebut. PSSI memang pernah berkoar berani untuk membatalkan keikut sertaan satu klub di Indonesia Super League (ISL) musim depan jika tidak melunasi tunggakan gaji pemainnya. Namun, untuk saat ini pernyataan itu tidak ubahnya gertakan belaka. Sebagai induk organisasi sepakbola, PSSI malah terkesan lembek dalam mendesak klubklub penunggak gaji itu. Padahal, jumlahnya juga masih cukup banyak. Berdasarkan data yang dikumpulkan, sekitar seperempat dari jumlah kontestan ISL masih bermasalah (Selengkapnya bisa dilihat di dalam grafis). PSSI lebih menunggu proses licensing agreement yang diprediksi selesainya pada akhir Desember mendatang. Sedangkan tekanan dari PSSI untuk

klub segera melunasi tunggakannya kepada pemainnya sendiri dalam waktu dekat malah sama sekali tidak ada. Demikianlah seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono saat ditemui di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, kemarin (11/10). “Mengapa kami harus mem-pressure klub-klub itu? Jangan posisikan klub tersebut sebagai pesakitan. Kami justru harus berkembang bersama dengan klub. Untuk itu, kami menargetkan semuanya sudah rampung sekitar Desember akhir, sebelum kompetisi dimulai semuanya harus selesai,” ujarnya. Padahal, jika tidak ada pressure apapun dari PSSI, pihak pengelola klub pun tak akan bergerak cepat dalam menyelesaikan kewajibannya. Sampai saat ini saja, klub-klub bisa menunggak gaji hampir lima bulan. Atau separo musim kompetisi yang digulirkan PSSI. Itu masih belum masuk di pelunasan down payment (DP) kontrak. Terkait dengan desakan dari pihakpihak seperti FIFPro atau Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) terkait tunggakan gaji, Joko

menganggap tuntutan itu salah alamat. Dia pun mempersilahkan kalau memang mau mempermasalahkan PSSI. “Lalu, apa yang mereka gugat? Kami kan bukan pihak yang bisa mereka gugat. Urusan pemain bukan dengan PSSI, melainkan dengan klub,” bebernya. Klub-klub penunggak gaji tersebut rata-rata masih menggantungkan harapan dari sisa subsidi dari PT Liga Indonesia (PT LI) yang belum dibayarkan. Terutama klub-klub ISL. Sementara ini, total sharing yang masih belum dicairkan operator penaung ISL tersebut jumlahnya mencapai Rp 2 miliar. Hal itu yang diakui oleh salah satu klub penunggak gaji dan hak pemain lainnya, Sriwijaya FC. Direktur Keuangan PT Sriwijaya Optimistis Mandiri, Augie Bunyamin menyatakan bahwa dari Sriwijaya FC hanya menantikan pelunasan sharing dari PT LI tersebut. “Kalau (sharing) itu sudah dibayarkan, pasti lunas semua. Kalau PT LI membayarnya besok, ya kami bilang kepada pemain besok kami bayarkan,” tandasnya. (ren/jpnn/jon)

KLUB-KLUB ISL DAN PLAYOFF IPL PENUNGGAK GAJI 1. SRIWIJAYA FC Tunggakan: Gaji bulan September, down payment 30 persen, dan bonus 2 pertandingan. 2. PERSISAM Tunggakan: Gaji bulan September 3. PERSIJA Tunggakan: Gaji 3-5 bulan, mulai Mei - September 4. PERSELA Tunggakan: Gaji 4 bulan mulai Juli -Oktober , down payment 15 persen 5. PSM MAKASSAR Tunggakan: Gaji dua bulan, Agustus - September 6. PERSIJAP JEPARA Tunggakan: Gaji tiga bulan, Juli September 7. PSIR REMBANG Tunggakan: Gaji tiga bulan, Juli September 8. PERSIRAJA BANDA ACEH Tunggakan: Gaji tiga bulan, Juli “ September * DIKUMPULKAN DARI SEMUA SUMBER

Brasil Tanpa Neymar SEOUL-Timnas Brasil akan mengeluarkan keringat ketika melawan Korea Selatan, Sabtu (12/10) malam ini. Apalagi pemain andalannya, Neymar, dipastikan tidak akan tampil dalam pertandingan yang akan disiarkan langsung oleh MNCTV mulai 18.30 Wita. Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari dipastikan tidak akan berani mengambil risiko memainkan Neymar. Pemain anyar Barcelona itu dilaporkan cedera pangkal paha setelah berbenturan dengan gelandang Hernanes saat melakukan latihan, Kamis (9/10) lalu. Penyerang berusia 21 tahun ini sudah mencetak 26 gol dari 42 penampilan bersama Brasil. Dia sudah menjadi pemain kunci dalam penampilan Brasil akhir-akhir ini. Ini pertandingan persahabatan terakhir Brasil demi persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia. Tim Samba sudah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan terakhir dari seluruh kompetisi selama tahun 2013. Termasuk ketika menjuarai Piala Konfederasi. Keseluruhan mencetak 26 gol. Terakhir, Brasil melakoni laga melawan Zambia di Beijing, China, tiga hari sebelum pertandingan melawan Korea Selatan. Dalam dua laga persahabatan sebelumnya, Scolari sempat selalu menurunkan formasi terbaik yang dimilikinya. Namun, dengan absennya bintang Barcelona tersebut maka pertandingan melawan Korea ini akan menjadi ajang rebutan bagi Hulk penyerang asal Zenit dan Alexandre Pato yang saat ini bermain untuk Corinthians. Kedua pemain ini juga ada kemungkinan untuk dimainkan bersamaan.

Dalam skuad Scolari juga ada duet gelandang Chelsea yakni Ramires dan Oscar. Tidak ketinggalan dipanggil kembalinya pemain Liverpool, Lucas Leiva. Selain Neymar, sejumlah nama seperti kapten Thiago Silva, Maicon, Fred, dan kiper Julio Cesar juga harus menepi karena cedera. El Selecao julukan Brasil pernah mengalahkan Korea Selatan pada saat Olimpiade 2012. Total dari empat kali pertemuan, Brasil telah memenangkannya tiga kali. Korea Selatan sendiri sudah dipastikan akan lolos mewakili Asia pada Piala Dunia mendatang. Pertandingan ini akan dimanfaatkan Korea Selatan untuk mempelajari permainan tim Amerika Selatan tersebut. Sejak mengalahkan Uzbekistan dengan skor 1-0 pada saat kualifikasi Piala Dunia, anak asuhan Hong Myung-Bo hanya bisa sekali menang dalam tujuh pertandingan terakhir. Kemenangan tersebut diraih atas Haiti dengan skor 4-1 dalam pertandingan persahabatan bulan lalu, yang dilanjutkan dengan kekalahan atas Kroasia dengan skor 2-1. Korea Selatan bahkan gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhirnya. Hong sendiri berharap agar timnya dapat memetik sesuatu dari pertandingan melawan Brasil. ‘’Ini adalah kesempatan langka dan beruntung untuk bisa melawan tim seperti Brasil. Apalagi Brasil adalah tim tuan rumah Piala Dunia. Jadi kami harus mempersiapkan diri sejak dini dan mengharapkan hasil terbaik,’’ ujarnya seperti dilansir The Korea Herald, Jumat (11/10).(mrn/jpnn/jon)

MALANG-Piala Wali Kota Cup yang digelar Pengcab PSSI Kota Malang akan memulai pertandingan Minggu (13/10) besok di Lapangan Tasikmadu. Pertandingan hari pertama hanya mempertandingkan kelompok usia 11 tahun. Sebanyak 30 laga akan digelar di hari pertama dengan durasi waktu 2 x 15 menit. Sedangkan kelompok usia 14 tahun baru akan memulai pertandingan Kamis (17/10) hingga Sabtu mendatang. ‘’Hari pertama hanya digelar di lapangan Tasikmadu saja untuk kelompok usia 11 tahun. Untuk Lapangan Alap-alap dan lapangan Bale Arjosari akan dimulai hari Kamis untuk usia 14 tahun. Sedangkan final akan digelar di Stadion Gajayana, baik untuk usia 11 tahun maupun usia 14 tahun,’’ kata Sekretaris Panitia Agus Nisa kepada Malang Post, kemarin. Di kelompok 11 tahun ini dibagi menjadi 16 grup. Masingmasing grup ada yang berisi tiga tim hingga empat tim. Di grup A dihuni Nusantara, Putra Saga, Pajero dan Domhils. Di grup B diisi Kaki Mas, UMM, Sinar Mas dan Kejora. Di laga perdana di lapangan I akan mempertemukan Pajero melawan Nusantara. Sedangkan di Lapangan II Domhils melawan Putra Saga. Pertandingan jam kedua di lapangan I Kaki Mas menghadapi UMM, di lapangan II Sinar Mas menghadapi Kejora. ‘’Jam pertandingan sudah kita tetapkan mulai pukul 07.00 WIB. Jika ada yang terlambat datang sudah ada aturannya di pertemuan teknik, yakni WO,’’ tambahnya. Di hari kedua, Senin (14/10) masih mempertandingkan babak penyisihan. Pertandingan juga dimulai pukul 07.00 WIB. Di hari kedua ini juga mempertandingkan 30 partai. Sedangkan babak 32 besar akan digelar Rabu (16/10) dengan menggunakan sistem gugur.’’Hari Selasa pertandingan diliburkan karena Hari Raya Idul Qurban,’’ pungkas pria yang dua kali mendampingi tim Banteng Muda ke Swedia di ajang Gothia Cup ini. (jon)

MANCANEGARA

Galatasaray Siap Lepas Yilmaz ke Chelsea LONDON- Galatasaray tampaknya sudah tak bisa menahan keinginan Burak Yilmaz untuk hengkang. CEO Galatasaray, Unal Aysal mempersilakan Yilmaz untuk hengkang ke tim lain di bursa transfer musim dingin Januari mendatang. Sejauh ini, Chelsea disebutsebut bakal mengontrak striker Timnas Turki tersebut. Kabarnya, Chelsea siap melakukan tukar guling dengan Galatasaray. Chelsea mendapatkan Yilmaz, namun harus melepas Demba Ba ke raksasa Turki tersebut. Bak gayung bersambut, Galatasaray juga dikabarkan sepakat. Hanya saja, Galatasaray tetap meminta imbalan uang. Sebab, Yilmaz merupakan striker yang sangat diandalkan. “Jika dia ingin pergi dan Chelsea tertarik, kenapa tidak” Saya senang jika pemain Turki bermain di kompetisi Eropa,” terang Aysal seperti dilansir laman Sky Sport, Jumat (11/10). Sebelumnya, Yilmaz sudah dikait-kaitkan dengan Lazio. Bahkan, Lazio juga sudah mengajukan tawaran. Namun, tawaran tersebut akhirnya ditolak mentahmentah oleh Galatasaray. “Kami mendapat permintaan dari Lazio di akhir bursa transfer lalu. Namun, kesepakatan tak terjalin karena kondisinya tidak memuaskan,” tegas Aysal. (jos/jpnn/jon)

Burak Yilmaz

Kayamba Tak Tahan ke Australia RAKA DENY/JPNN

TAK MAIN: Neymar dipastikan tidak akan tampil saat menghadapi Korea Selatan dalam laga uji coba.

Sambungan dari Halaman 12

Andai manajemen benar-benar tidak menginginkan jasanya lagi, ia sudah menyampaikan salam selamat tinggal kepada manajemen dan fans. ”Saya berterima kasih pada manajemen, sudah diberi kesempatan main di tim sebesar Arema. Saya merasa terhormat, atas fanatisme Aremania-Aremanita yang saya rasakan. Jika saya benar-benar pergi, maka bakal banyak hal yang saya ingat dari Malang,” tutupnya.(fin/jon)

REDAKTUR: JON, LAYOUTER: DJ AMIEL


SAMBUNGAN Angkat Potensi Kota dan Sinergikan Malang Raya Sambungan dari Hal 1 Dalam ajang ini, Kakang Mbakyu Kota Malang selalu memiliki tren positif dalam prestasi. Ida Ayu lantas mencontohnya Kakang Bimanda dan Mbakyu Arum. Bimanda mampu menjadi wakil dua Raka Jatim, Sedangkan Mbakyu Arum sebagai Raki Jatim. Bisa dibilang, setiap tahun Kota Malang selalu mendapat peringkat.“Sehingga yang kita cari bukan sekadar performance tapi juga brain dan kemampuan berbahasa Inggris yang pertama,” imbuh Ida Ayu. Dia mengaku bangga dengan Mbakyu Arum yang menyabet tiga penghargaan sekaligus pada tahun ini. Selain Raki Jatim, dia juga menjadi Miss Tourism Indonesia 2013,Miss Sports Tourism Indonesia 2013. sehingga terikat kontrak, dan pada akhir bulan rencananya akan berangkat ke London.“Maka potensi untuk peserta saat ini, keberanian mendaftarkan diri itu sudah menjadi modal utama,” imbuh Ida. Dia berharap, peserta dalam ajang ini memiliki terobosan untuk menarik wisatawan ke Kota Malang. Sekaligus juga mengambil manfaat

dalam mengikuti ajang Kakang dan Mbakyu. Dia meminta agar peserta jangan merasa berkorban waktu. Yang diambil adalah memiliki banyak relasi sekaligus juga mendapatkan pengalaman. “Dalam karantina kalau masuk 20 besar, juga akan ada kunjungan ke obyek wisata andalan Kota Malang, besok (hari ini) tes wawancara, saya sarankan lihat dulu obyek wisata di Kota Malang, besok bisa jadi itu yang ditanyakan juri,” urainya. Sementara itu, Agoeng Soedir Poetra memberikan pemahaman mengenai dunia modeling dan serta ajang Kakang Mbakyu kepada para peserta. Sejumlah tips dia berikan kepada para peserta untuk menghadapi sesi wawancara. Salah satunya adalah rasa percaya diri, serta lugas dalam menjawab pertanyaan juri.“Kalau nervous bilang saja jujur, namun menjawab pertanyaan tidak boleh sok tahu, harus lugas dan benar,” katanya. Para peserta sendiri juga mendapatkan sejumlah pemberitahuan dari Paguyuban Kakang Mbakyu mengenai tahapan pemili-

han. Seleksi tahap 1 akan digelar pada Sabtu (12/!0) di Gedung M. STIE Malangkucecwara. Pada seleksi itu peserta wajib memakai atas batik, dengan bawahan menyesuaikan namun bukan jeans. “Putri makeup natural, tata rambut rapi, memakai high heels minimal 7 cm, dan tidak memakai aksesoris berlebihan, sedangkan untuk putra harus rambut rapi dan memakai sepatu pantofel,” urai Ketua Pelaksana Kakang Ade P. Panitia memperbolehkan peserta berhijab tetap mengenakan hijan dan dress. Pada seleksi tahap 1 ini, peserta akan melakoni test tulis mengenai kepariwisataan, test wawancara mengenai kepribadian dan public speaking. Seleksi tahap 2 sendiri akan digelar keesokan harinya Minggu (13/10) di lokasi yang sama. “Untuk hari minggu nanti pakaian office style, putri bawahan rok span, bagi yang berjilbab boleh memakai celana, sedangkan untuk putra pakai celana bahan, aturan soal sepatu dan rambut serta makeup masih sama seperti seleksi tahap 1,” tandas Kakang Ade.(ary/nug)

Lebih Sabar dalam Laga Hidup Mati Sambungan dari Hal 1 Yama menilai Korea Selatan memiliki tipe permainan ofensif dan mengandalkan bola atas. Oleh sebab itu, dia pun meminta rekan-rekan setimnya bisa bermain lebih sabar dan mampu mengatur permainan. “Lawan Korsel harus bisa lebih sabar. Mereka juga punya serangan yang berbahaya. Makanya kami harus bisa mengantisipasi mereka. Membangun serangan dan menjaga pertahanan,” sahut Yama usai latihan sore kemarin.”Yang penting kami bisa mematikan mereka. Tadi coach Indra juga bilang kami harus bisa mengantisipasi umpan crossing Korsel,” kata pemain 18 tahun itu. Sementara itu, barisan penjaga gawang Indonesia Ravi Murdianto cs. mendapatkan latihan khusus menjelang laga krusial Pra Piala Asia U-19 malam ini. Mereka diper-

siapakan untuk mengantisipasi umpan sialng Korea Selatan.Pentingnya latihan mengantisipasi umpan silang itu diungkapkan oleh pelatih kiper tim nasional U-19 Jarot Supriadi. Menurutnya, hal ini penting mengingat Korea Selatan memiliki tendangan-tendangan lambung yang cukup membahayakan lawan. “Pemain Korea Selatan menggunakan pola permainan menyerang khususnya di kedua sisi sayap lewat tendangan bola lambung. Jadi diperlukan latihan spesifik berkaitan dengan lawan yang dihadapi,” kata Jarot saat ditemui di hotel Sultan, Senayan, Jumat kemarin. Jarot juga mengungkapkan secara detil materi latihan yang diberikan untuk Ravi dan penjaga gawang Indonesia lainnya untuk menghadapi umpan silang Korea Selatan.”Seperti

mengantisipasi bola dari arah mana, atau arah mana, itu yang saya ajarkan. ‘Kan banyak tendangan bolabola mati, bagaimana mengantisipasi itu yang saya siapkan, apakah bola melengkung ke dalam, bagaimana posisi kiper, kapan dia keluar,” terang Jarot. “Saya juga mempersiapkan mereka (Ravi Murdianto, Rully Desrian, dan Awan Setho Raharjo) sebagai pemain yang ada di dalam satu tim, yang bisa main dengan lawan dan dalam kondisi apapun,” ujarnya. Jarot sendiri sedianya tak tidak terlalu khawatir dengan pola permainan Korea Selatan yang lebih menekankan menyerang. Justru, lanjut dia, rasa percaya diri Ravi akan meningkat jika dia dalam keadaan tertekan ketimbang, tidak ada pergerakan sama sekali. (jpnn/nug)

Tampil ‘Polos’, Diteriaki Koruptor Sambungan dari Hal 1 Berbeda dengan sejumlah dokumentasi foto yang dimiliki saat mengikuti kegiatan Atut. Dia kerap memakai perhiasan dan make up cukup kinclong.Salah satu gambar yang bisa dibandingkan adalah ketika peresmian proyek pabrik baja di Banten tahun 2010 lalu. Meski memakai baju PNS, Atut tampak mengenakan perhiasan mentereng. Penampilan ‘polos’ saat ke KPK juga sempat ditunjukkan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Meski punya harta hingga ratusan miliar, dia tak memakai perhiasan mencolok atau make up berlebihan. Ke KPK, dia juga hanya memakai mobil Hyunda H1, padahal di garasinya berjejer sejumlah mobil sport mewah. Didesak Mundur Atut Chosiyah dicekal KPK selama 6 bulan ke depan terkait kasus sengketa Pilkada di Banten antara tahun 2011-2013. Ratu Atut juga sudah menjalani pemeriksaan KPK untuk pertama kalinya, mungkinkah Ratu Atut mundur dari jabatannya saat ini?Desakan agar Ratu Atut mundur mulai bergelora dari mahasiswa di Banten. Pada hari ini, para demonstran yang menanti kedatangan Ratu Atut di KPK pun berteriak keras ‘koruptor’. Mungkinkah Ratu Atut memenuhi harapan sebagian rakyatnya itu? Rasa-rasanya harapan sebagian rakyat Banten itu sulit terwujud dalam waktu dekat. Karena status Ratu

Atut saat ini masih sebagai saksi. Pada hari ini Ratu Atut diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Susi Tur Andayani. Pemanggilan ini terkait kasus suap pengurusan sengketa Pilkada Lebak di MK. Sementara adik Ratu Atut, Tubagus Wawan, sudah ditetapkan KPK menjadi tersangka kasus korupsi sengketa Pilkada Lebak di MK. KPK juga menetapkan tersangka Ketua MK nonaktif Akil Mochtar dalam kasus ini.Partai Golkar yang menjadi pengusung Atut juga tak terlalu terganggu dengan desakan agar Atut mundur. Golkar menanggapi desakan semacam itu hal yang wajar dalam demokrasi. “Biasa di alam demokrasi ada yang mendukung ada yang meminta mundur,” kata Ketua DPP Golkar Hajriyanto Y Tohari, kepada wartawan, Jumat (11/10/2013).Yang terpenting, menurut Hajri, semua pihak harus memiliki kesadaran bahwa negara ini milik semua bangsa Indonesia. “Bukan milik kelompok tertentu, partai tertentu, golongan tertentu, atau keluarga tertentu. Janganlah punya pikiran untuk mendominasi negara ini dengan begitu saja,” tandasnya. Dinasti Lain Sementara itu,ditetapkannya Tubagus Chairi Wardhana (Wawan) sebagai tersangka oleh KPK dinilai oleh berbagai pihak menjadi indikasi runtuhnya dinasti Atut. Momen ini dikhawatirkan akan dimanfaatkan dinasti lain yang juga ‘berkua-

sa’ terhadap kendali di Banten. “Jika dinasti ini (Dinasti Atut) roboh akan digantikan dinasti lain. Karena yang lain juga cukup kuat,” ujar akademisi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dahnil Anzar usai konferensi pers di ICW, Jl Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2013). Dahnil mengatakan, ada 3 dinasti lain yang cukup kuat di wilayah Provinsi Banten. Yaitu dinasti Ismet Iskandar yang menguasai Kabupaten Tangerang, dinasti Jayabaya di Lebak dan dinasti Aat Safaat di Cilegon. Ketiga dinasti tersebut dinilainya sudah pasang kuda-kuda untuk menggeser Dinasti Atut. “Meskipun Aat sekarang ditahan, tapi anaknya memegang kekuasaan,” kata Dahnil. Menurutnya saat ini kelemahan ketiga dinasti tersebut dibanding Atut ada pada lingkungan sosial. Dinasti Atut dapat membina orang-orang yang mempunyai kapasitas penting di lingkungan sosial seperti keagamaan, kepolisian, kejaksaan dan akademisi dengan lebih baik. ”Makanya kita tidak pernah dengar suara dari kyai. Suara civil society tidak banyak,” terangnya. Meskipun saat ini ketiga dinasti tersebut hanya bergerak dalam lingkup kabupaten, namun menurutnya tidak tertutup kemungkinan akan bergerak lebih luas. “Pada prinsipnya praktiknya serupa,” kata Dahnil. (jpnn/nug)

Tembus Manca Negara, Omzet Ratusan Juta per Bulan

11

Dikeluhkan, Terlalu Banyak Cuti Bersama JAKARTA - Para pengusaha merasa dirugikan akibat banyaknya cuti bersama di Indonesia. Mereka khawatir kebijakan cuti bersama mengganggu kegiatan produksi industri dalam negeri yang seharusnya bisa dimaksimalkan. “Itu menggangu kita lah, kalau cuti jangan terlalu banyak, jadi kita susah,” tegas Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (11/10/2013) kemarin.

Menurutnya, harus ada upaya yang keras agar dapat bersaing dari produk-produk impor. Apalagi ke depan, perdagangan akan sangat terbuka seperti berlangsungnya masyarakat ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community (AEC). Sehingga, menurut Sofjan cuti bersama harus dikurangi. ”Kita terlalu banyak cuti, ini kita harus kerja keras, dunia lagi persaingan, ini banyak cuti berkurang lah cuti itu,” pungkasnya. (jpnn/nug)

Hari Libur Nasional dan Cuti bersama 2014: 1 Januari, Rabu, Tahun Baru 2014 14 Januari, Selasa, Maulid Nabi Muhammad SAW 31 Januari, Jumat, Tahun Baru Imlek 2565 Kongzili 31 Maret, Senin, Nyepi Tahun Baru Saka 1936 18 April, Jumat, Wafat Isa Al Masih 1 Mei, Kamis, Memperingati Hari Buruh Internasional 15 Mei, Kamis, Hari Raya Waisak 2558 27 Mei, Selasa, Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 29 Mei, Kamis, Kenaikan Isa Al Masih 28-29 Juli, Senin-Selasa, Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah 17 Agustus, Minggu, Hari Kemerdekaan RI 5 Oktober, Minggu, Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah 25 Oktober, Sabtu, Tahun Baru Islam 1436 Hijriah 25 Desember, Kamis, Hari Raya Natal

Curi Motor,Brimob Sekarat Diamuk Massa PALEMBANG - Anggota Brimob Polresta Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terpaksa dirawat di Rumah Sakit Muhammad Hoesin, Palembang, setelah diamuk massa hingga sekarat. Brigadir Ahmad Yasin, 31 tahun, kepergok mencuri motor Jupiter Z di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Kamis malam, 10 Oktober. Informasi yang dihimpun kemarin mengungkapkan peristiwa bermula saat korban, Mahdun Prabowo, 19, memergoki dua pencuri. Dia penasaran saat di depan rumahnya gaduh. Setelah keluar, benar ada dua pencuri yang sedang beraksi.”Saya kaget motor saya sudah di tangan pelaku, saya

langsung kejar dan berhasil menendang salah satu pencuri yang membonceng, dan terjatuh,” kata Mahdun. Melihat salah satu pelaku terjatuh, Mahdun mendekati. Namun pencuri itu malah mengeluarkan senjata api. “Saya rebut, kemudian tangan saya digigit.”Dia langsung berteriak minta tolong. Warga sekitar yang mendengar teriakan malingmaling pun menghampirinya. Pencuri yang belakangan diketahui sebagai anggota Brimob itu langsung ditangkap. Massa pun mengamuk. Setelah luka parah, warga sekitar membawanya ke Rumah Sakit Islam Siti Khodijah. Namun karena

keterbatasan peralatan, Yasin dirujuk ke RS Bhayangkara dan terakhir dibawa ke RSMH Palembang.Hingga berita ini diturunkan, kondisi tersangka masih dalam masih kritis. Kapolresta Palembang Komisaris Besar Sabaruddin Ginting melalui Kepala Sentra Pelayanan Masyarakat Terpadu Inspektur Dua Muplih membenarkan kejadian itu.“Penanganan perkara, barang bukti sepeda motor korban, dan senjata api rakitan milik pelaku sudah disita Polsek Ilir Barat I,” katanya. “Kami ke lokasi guna melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengumpulkan data dari para saksi,” tegasnya. (jpnn/nug)

Polisi Terlibat Jaringan SS Sambungan dari Hal 1 Data yang didapat Malang Post, polisi yang pernah berdinas di Polsekta Klojen, Polwil Malang dan Polresta Malang ini, memiliki track record yang cukup tinggi dalam dunia narkoba SS. Beberapa tersangka yang pernah membeli SS dari bapak satu anak tersebut, yakni Alex Siswanto alias Sung Sung Sam, 35 tahun, warga Jalan Arjuno Malang. Residivis narkoba ini ditangkap karena kepemilikan 5 gram SS senilai Rp 6,750 juta beberapa waktu lalu. Selain Sung Sung Sam, tersangka Ricky asal Janti dan tersangka Amel, seorang bidan yang tinggal di kawasan Plaosan, juga menjadi ‘pasiennya’. Kasatreskoba Polres Malang Kota, AKP Maryono mengaku pihaknya masih melakukan penyidikan terhadap kedua tersangka tersebut. “Masih diperiksa secara intensif karena kita berpegangan pada azas praduga tidak bersalah,” ujarnya didampingi Kasubbag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH. Menurut mantan Kasubbag Ops Polres Malang Kota itu,

penyidik akan meminta bantuan Polres Batu, untuk keperluan penambahan data dan informasi bila dibutuhkan. Sementara itu Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto, SIK, M.Hum membenarkan pihaknya menerima limpahan dua berkas perkara SS dari Polrestabes Surabaya kemarin pagi. Secara administrasi penyidikan dan legalitasnya, menurut dia, sudah lengkap dan tinggal proses penyidikan. Namun, mantan Kapolres Trenggalek ini membantah bila tes urin yang dilakukan secara mendadak kemarin pagi merupakan buntut dari penangkapan Liskurahman. “Tes urin itu hal rutinitas saja kok,” terangnya. Sementara itu Kapolres Batu, AKBP Windiyanto Pratomo membenarkan jika Aiptu Liskurahman adalah anggotanya. Malahan juga mengakui bahwa anggota Polres Batu tersebut ditangkap karena kasus narkoba. ‘’Dia adalah anggota Sabhara dan kini bertugas sebagai penjaga tahanan,’’ ungkap Windiyanto kepada Malang Post. Menurutnya, Liskurahman adalah

pelaku lama di dunia narkoba. Pria yang tinggal di asrama Polisi kelud Kota Malang itu pernah menjalani sidang kumplin (hukuman disiplin) sekitar tahun 2003 lalu. Saat itu dia belum menjadi anggota Polres batu, melainkan masih berdinas di Polwil Malang. ‘’Pembinaan terus dilakukan. Bahkan tahun 2003 lalu, dia sudah menjalani hukuman disiplin sebagai bentuk pembinaan. Informasi yang saya dapatkan, dia sudah sembuh dan meinggalkan dunia narkoba. Namun saya tidak tahu mengapa kambuh lagi dan sekarang ditangkap petugas Poltabes Surabaya hasil pengembangan kasus yang ada,’’ tambah pengganti AKBP Sumartono ini. Windi tetap mendukung upaya hukum yang sedang dilakukan untuk anggotanya tersebut. Upaya hukum tersebut tentunya sudah melakukan sudah sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di Kepolisian. ‘’Untuk anggota yang lain, kami mengharapkan tidak main-main dengan kasus seperti ini,’’ tegas dia. (mar/feb/nug)

Akui Tertarik Erick Weeks Sambungan dari Hal 1 heran, Fuad menyebut Erick sebagai pemain yang cocok untuk Arema.”Dia sangat mungkin jadi playmaker untuk menyokong striker kita,” terangnya. Namun, bukan hal teknis saja yang membuat Arema ngiler kepada Erick. Menurut Fuad, ketertarikan Arema semakin membuncah karena Erick sedang dalam status bebas transfer. Tanpa terikat dengan klub manapun, Arema cukup membayar gaji dan kontrak tanpa harus terganggu oleh Sriwijaya FC sebagai mantan klub pemain berusia 27 tahun itu. “Apalagi, Erick sedang free transfer, tentunya tidak mungkin kita tidak tertarik padanya,” terang Fuad. Posisi playmaker Arema sudah cukup lama tidak terisi. Tidak ada pemain yang bisa mengisi posisi penyu-

plai bola pada kompetisi 2012/2013. Jika Erick cocok untuk Arema, maka manajemen tidak segan untuk membesut mantan pemain bintang Persiwa Wamena tersebut. Namun, pria berkacamata ini sama sekali tidak mau gegabah dalam mengeluarkan statement. Sebab, semua transaksi pemain untuk skuad Arema itu atas persetujuan dari tim pelatih. “Untuk deal, tentu kami harus melakukannya atas persetujuan dari tim pelatih,” terang Fuad. Secara performa, Erick tidak terlalu mentereng musim ini. Walaupun bergabung bersama klub besar Sriwijaya FC, potensi Erick tidak terlalu terekspos. Rekan Zah Rahan Krangar di timnas Liberia ini lebih dikenal karena sikap indisiplinernya. Ia juga sempat

terancam dicoret dari Sriwijaya FC pada awal musim 2012/2013. Walaupun akhirnya pencoretan batal, Erick tetap tidak bisa bersinar bersama Sriwijaya FC. Dengan hanya finish di posisi lima klasemen akhir ISL 2012/2013, tentu menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen terkait pemilihan Erick sebagai calon playmaker tim berlogo singa itu. Tak heran, manajemen tetap membuka mata untuk pemain-pemain selain Erick Weeks dalam perburuan playmaker tim untuk musim 2013/2014. “Kita tetap menampung dan membuka mata, banyak pemain yang ditawarkan pada kita, tapi Arema harus selektif dalam memilih playmaker,” tutupnya.(fin/nug)

Masyarakat Antre Jadi Pilot Pesawat Tempur Sambungan dari Hal 1

Sambungan dari Hal 1 Dari situlah kemudian Haykel mulai berpikir. Bersama tiga temannya Andy Yudistira, Ziananto, dan Nabil Mulahela mulai mencari peluang usaha, terutama bidang fashion. “Sebulan setelah berpikir, kemudian saya langsung terjun. Waktu itu modal hanya Rp 5 juta, saya mulai memproduksi sepatu,” katanya, sembari mengatakan saat itu brand yang diusung adalah Moondream. Namun brand Moonbeams hanya bertahan dua bulan saja, karena brand tersebut telah digunakan. Selanjutnya Haykell pun mencari nama lain. Nama Zyrcoo pun muncul. Nama itu pemberian dari orang tuanya. “Zyrcoo itu berasal dari nama Batu, jika dibuat permata namannya Zirconia, namun karena ini sepatu dan aparel kamu memutuskan untuk mengambil nama Zyrcoo,” kata pemuda berparas ganteng ini. Keseriusan Haykel pun kian nampak, dengan niatnya mendaftarkan merek tersebut ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “Saya tidak mau setengah-setengah, merk yang saya usung sudah terdaftar, artinya produk-produk kami semuanya legal,” ucapnya sambil tersenyum.

SABTU, 12 OKTOBER 2013

Setelah semuanya beres, pria yang berkantor di Jalan Bukit Dieng Blok AA, Sukun dan tiga temannya inipun mulai memasarkan produk distronya. Memang tidak mudah. Dia mengawalinya dari teman-teman dekat, kemudian mengenalkan produknya melalui media sosial, serta promo dengan ikut berbagai pameran. Usaha tersebut cukup menuai hasil. Produknya banyak dikenal, dari kalangan lokal. Beberapa band indie telah menggunakan produk-produk miliknya. Tidak terkecuali band asal Brazil yaitu The Duranggos sudah menggunakan produk Zyrcoo. “Kami sudah memasarkan produk Zyrcoo di Brazil dan beberapa negara Eropa lainnya. Kedepannya kami juga akan menjajaki pasar Asia,” katanya. Haykel mengaku sangat yakin produk-produk distronya diterima masyarakat. Itu karena selain modelnya yang fashionable, bahan yang digunakan untuk sepatunya berkualitas nomor satu. Seperti sepatu, semua bahannya adalah kulit dengan model both trendi. Sepatusepatu tersebut juga dijual dengan

harga terjangkau. Menurut Halykel, sepatunya dijual dari harga Rp 200 ribuan hingga Rp 750 ribuan. “Untuk desainnya kami menciptakan sendiri, inspirasinya memang model sepatu dari brand-brand luar, tapi diotak-atik, hingga kemudian tercipta model sepatu yang trendy dan nyaman di kaki,’’ ucapnya, sembari mengatakan semua produk ciptaannya itu merupakan handmade alias buatan tangan. Haykel pun sangat bangga dengan berbagai produk-produk distronya itu. Terlebih, kini distronya kian dikenal. Dan yang lebih membanggakan lagi, adalah penghasilannya. Sekalipun tidak menyebutkan angka pastinya, namun Haykel mengatakan omzet perbulannya sudah mencapai angka ratusan juta. Bahkan, alumni MAN 3 Malang ini mengaku sudah memiliki beberapa karyawan untuk produk sepatunya itu. “Alhamdulilllah, semua usaha keras kami ada hasilnya. Usaha kami sekarang sudah berhasil dikenal hingga ke manca negara,” tandasnya dengan bangga.(ira ravika)

Keduanya tampak gagah namun tetap cantik dalam balutan pakaian pilot. “Wah, seru dan menyenangkan bisa merasakan langsung rasanya jadi pilot. Ya meskipun hanya duduk,” ucap Fifi. Tak mau kalah, Koordinator Kawi Jogging Club Faida Gunung Mahameru juga ikut berganti pakaian pilot dan berfoto di samping Super Tucano. Usai mejeng di sana, ibu tiga anak itu pun mengikuti joy flight Hercules. “Saya sempatkan untuk cuti dari kantor demi mengikuti acara ini. Kapan lagi kita bisa merasakan momen seperti ini dan punya cerita seru bersama TNI AU,” katanya. Ya, semua kegiatan tadi dilakukan TNI untuk memeriahkan HUT ke-68. Jika sebelumnya TNI AD memamerkan Alutsista seperti tank, maka TNI AU di Lanud Abdurrahman Saleh-Kecamatan Pakis, juga melakukan hal serupa dengan dikemas lebih sederhana, pada Jumat pagi kemarin. Memakai areal di Skuadron 32 Lanud Abdurrahman Saleh, sejumlah pesawat tempur jenis Super Tucano, Hawk 200, Cassa dan Hercules, ‘diparkir’ untuk undangan yang hadir. Acara yang dikemas dalam bentuk si-

laturahmi itu melibatkan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD), Kawi Jogging Club (KJW), pejabat Lanud, perangkat desa Pakis, anak sekolah hingga yatim piatu. “Konsep atau tema dari kegiatan ini adalah ‘kebersamaan dalam perbedaan’. Semua yang datang ke sini berbeda dalam pekerjaan, suku, agama hingga mungkin perbedaan lain. Namun, semua tetap satu untuk Indonesia. Realita inilah, yang coba diusung pada peringatan HUT ini. Makanya, pada kesempatan ini banyak pihak yang datang. Intinya, TNI bersama rakyat, TNI kuat,” kata Komandan Lanud Abdurrahman Saleh, Marsma TNI Gutomo. Gutomo menambahkan, melalui ragam acara dan fasilitas yang dapat diakses undangan dengan mudah, TNI AU sekaligus ingin mengenalkan alatalat mereka kepada masyarakat luas. “Supaya Selain bisa mejeng Super Tucano, undangan juga dapat melihat lebih dekat kondisi interior pesawat. Seperti Hercules ‘Tanker’ seri C 130 B, mereka bisa masuk dan mengetahui kondisi internalnya yang berupa tanker, karena memang salah satu fungsi pe-

sawat bermesin empat turboprop ini adalah mengisi bahan bakar di udara. Tanker di Herculer C 130 B ini mampu memuat 13.900 liter. Salah satu undangan yang melihat ‘jeroan’ Hercules tersebut adalah Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko. “Kami ucapkan selamat HUT ke 68 untuk TNI, kami masyarakat Kota Batu belajar dari semangat juang TNI yang begitu besar dan tinggi, untuk dapat memajukan kota yang lahir dari UU Otonomi Daerah ini,” kata Eddy. Pesawat tipe lain yang turut dihadirkan, yakni Hercules seri C 130 H atau kargo. Khusus yang satu ini, pada peringatan kemarin cukup menyita perhatian dari tamu undangan dan siswa sekolah. Sebab, pesawat kargo dengan daya maksimum sekitar 13.500 kilogram itulah, yang digunakan untuk joy flight dalam serangkaian kegiatan. Rute penerbangan kemarin mengelilingi wilayah udara Malang Raya hingga Sumbermanjing Wetan, undangan pun menjadi cukup antusias. Hingga membuat panitia harus menerbangkan pesawat kargo itu sampai tiga kali, untuk menuruti antusiasme yang tinggi. (sit/han) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


AREMA INDONESIA The Power is Ours

SABTU, 12 OKTOBER 2013

12

n i a m e p i r a Ditaw

e t s e l r timo

MALANG – Bursa pemain Arema Indonesia bergejolak luar biasa. Nama demi nama pemain baru calon pengisi skuad Singo Edan, terus bermunculan. Terbaru, nama pemain Alan Leandro dikabarkan sedang dikait-kaitkan dengan Arema. Kemarin, manajemen tidak menampik bahwa pemain Timor Leste berdarah Brazil itu sedang menjalin komunikasi dengan agen Alan. Agen pemain berusia 24 tahun ini tak lain adalah Claudio De Jesus, mantan defender Arema yang pernah menjadi pelatih Akademi Arema. Sebagai agen Alan, Claudio memberi tawaran pada Arema yang membutuhkan sosok playmaker. Hal ini dibenarkan oleh Media Officer Arema, Sudarmaji ketika dikonfirmasi Malang Post. “Ya kita dapat informasi barusan dari agen Alan, Claudio De Jesus. Dia yang menawarkan Alan kepada Arema,” ungkap Sudarmaji kemarin. Mantan wartawan itu lalu menunjukkan video rekaman Youtube sepanjang enam menit dari aksi Alan di timnas Timor Leste ini. Dalam video itu, pemain kelahiran Carapicuiba Brazil ini menunjukkan kebolehannya dalam mengatur serangan dan memberi umpan. Dengan tinggi badannya yang mencapai 188 sentimeter, pemain kelahiran 14 Januari ini adalah

Kayamba Tak Tahan ke Australia MALANG – “Saya tidak tahan lagi untuk segera ketemu keluarga saya di Australia.” Kalimat ini meluncur deras dari bibir Keith Kayamba Gumbs yang sedang gundah memikirkan nasibnya di Arema Indonesia, ketika berkomunikasi dengan Malang Post siang kemarin. Di satu sisi, ia sudah memendam rasa rindu terhadap anak istrinya yang sedang berada di Australia. Di sisi lain, ia masih dalam kondisi tidak pasti, sehingga sang Singa Tua tidak segera menyusul ke negeri Kangguru. Hingga siang kemarin, ia masih berada di Malang, berdiam di rumahnya. Tak heran, Kayamba ����������� se-

dang menantikan kejelasan sikap dari manajemen. Ia masih menantikan gerakan pro aktif dari manajemen terkait kontraknya bersama Arema yang bakal segera berakhir akhir bulan Oktober ini. Sampai saat ini, pesepakbola berusia 41 tahun itu mengaku sama sekali tidak dihubungi oleh manajemen. Tidak ada pembicaraan awal terkait kejelasan kontraknya bersama Arema. “Saya sampai sekarang tidak tahu apa keputusan manajemen Arema. Sebenarnya mau atau tidak melanjutkan kerjasama denga saya. Kenapa tidak ada surat atau pembicaraan langsung?,” ujarnya, kecewa. Meski harus menanti kabar

dengan sedikit rasa kecewa, Kayamba mengakui bahwa kondisi seperti ini adalah hal yang sudah bisa dipahami. Sepakbola Indonesia, kata Kayamba, selalu menggantung dan tidak jelas, begitu memasuki masa off season dan jelang habisnya kontrak pemain. ”Datang dan pergi dalam dunia sepakbola itu hal biasa, tapi harusnya ada pembicaraan dengan para pemain. Apapun keputusan klub, itu harus kita terima. Yang penting, ada pembicaraan,” tegas pemain St Kitts And Nevits tersebut. Seperti merasakan firasat, Kayamba sudah bersiap-siap pergi dari Arema. Baca Kayamba... Hal.10

sosok gelandang jangkung yang gaya mainnya mirip Ali Khadafi (Persepam) dan Boakay Eddy Foday (Sriwijaya). Manajemen menilai pemain bernama lengkap Alan Leandro Da Silva Pinheiro sebagai pemain

yang unggul secara fisik. “Sebagai seorang gelandang, dia sangat tinggi, mirip dengan Eddy Foday Sriwijaya FC. Mungkin sangat berguna saat kita dalam situasi set piece tenda­ ngan atau corner kick sepakan pojok,” tutur Sudarmaji. Namun, mantan wartawan ini tidak

mau berbicara lebih panjang lagi soal pemain, hingga benar-benar bisa melihat sendiri kemampuan Alan. Bagi manajemen, kehadiran Alan tak ubahnya sebagai penambahan referensi untuk kiprah Arema musim depan. Klub berlogo singa ini membutuhkan sebanyak mungkin pandangan siapakah calon playmaker Arema. “Yang jelas sekarang kita membutuhkan playmaker. Kita tampung semua nama pemain yang mungkin membela Arema. Tapi, soal mengontrak pemain baru, kita masih menunggu tim pelatih yang memberi persetujuan,” tandas pria kelahiran Banyuwangi tersebut. Profil Alan sendiri sejatinya tidak terlalu mewah. Meskipun berlabel pemain Brazil, Alan bukanlah pemain yang sangat produktif di timnas Timor Leste. Sebagai gelandang, mantan pemain muda Fluminense, klub Liga Brazil itu tak begitu dikenal di kompetisi sepakbola negara tingkat Asia Tenggara. Dia juga pernah merasakan atmosfer sepakbola Indonesia saat mengikuti seleksi masuk ke tim Sriwijaya FC musim 2012/2013. Tapi, Alan dicoret. Setelah tak terdengar kabarnya selama satu tahun, mantan pemain CA Penapolense itu kembali mencuat di bursa transfer sebagai calon playmaker yang masuk dalam radar Arema.(fin/jon)

Arema Sembelih Tiga Sapi Qurban MALANG – Umat muslim sedang bersiap menyambut hari raya Idul Adha. Rupanya, tim pujaan masyarakat Malang, Arema Indonesia tidak mau ketinggalan. Kabarnya, Singo Edan sudah menyiap­ kan hewan korban untuk disembelih dan dibagikan bagi masyarakat sekitar. “Kita sudah menyiapkan tiga ekor sapi untuk hari raya Idul Adha nanti,” terang Media Officer Arema, Sudarmaji ketika dikonfirmasi Malang Post kemarin.

Arema dikabarkan sudah menyiapkan tiga ekor sapi yang bakal disembelih pada hari raya Idul Adha, Selasa 16 Oktober 2013. Tiga ekor sapi itu murni berasal dari keuangan manajemen Arema. Menariknya, pemain Arema juga ikut terlibat dalam perayaan hari raya Idul Adha itu. “Para pemain ikut memberi sumba­ ngan uang untuk membeli hewan korban. Mereka dengan sukarela ingin berbagi

dengan masyarakat sekitar. Satu ekor sapi itu hasil patungan dari kocek pri­ badi para pemain Arema,” terang mantan wartawan kelahiran Banyuwangi ini. Rencananya, penyembelihan bakal dilakukan di kantor Arema, Jalan Kertanegara, depan Stasiun Kota Baru Malang. Begitu hewan disembelih, masyarakat pra sejahtera sekitaran Klojen bakal merasakan daging korban yang diberi oleh para pemain Arema.(fin/jon)

Latihan Perdana 21 OKTOBER MALANG – Arema Indonesia sudah memulai masa pencarian terhadap calon pemain baru untuk musim depan. Sementara, skuad lama Singo Edan juga masih belum putus kontrak. Belum ada kabar ataupun informasi terkait berapa tepatnya jumlah pemain yang bakal menghuni Arema untuk menjangkau tiga kompetisi, yakni AFC Cup, ISL dan Piala Indonesia. Tapi, Arema sudah menjadwalkan latihan perdana usai libur panjang off season. Asisten pelatih Arema, I Made Pasek Wijaya membenarkan hal ini, ketika dikonfirmasi Malang Post. Arema bakal latihan perdana di Stadion Gajayana saat tanggal 21 Oktober,” terang Made Pasek. Latihan perdana usai libur panjang tentu hanya sebagai ajang recovery dan pengembalian kondisi fisik. Meski demikian, kabarnya seluruh pemain Arema bakal datang ke Stadion Gajayana pada tanggal 21 Oktober 2013. Menurut Direktur Marketing dan Bisnis Arema, Fuad Ardiansyah, nanti akan terlihat siapa saja pemain Arema yang baru. “Tapi itu bukan jaminan pemain bakal dikontrak. Meskipun ikut latihan perdana tanggal 21 Oktober 2013, bukan berarti langsung jadi pemain Arema untuk musim depan,” tandas Fuad ketika ditemui secara terpisah di kantor Arema Jalan Kertanegara. Menurut Fuad, siapa saja pemain Arema untuk musim kompetisi 2013/2014 akan ditentukan bersama dengan tim pelatih. Namun, hingga komposisi skuad benar-benar terbentuk, Arema dan manajemen sangat terbuka terhadap apapun saran dan masukan. Aremania, sebagai suporter utama dari Singo Edan, diharapkan juga bisa memberi masukan terkait siapa saja pemain yang harus dipertahankan. “Kita tentu sangat berharap kepada Aremania untuk datang dan melihat siapa saja pemain yang dianggap layak masuk Arema musim depan. Kita tidak tertutup dan eksklusif. Kita sangat siap menerima masukan bagi kebaikan tim ini agar berprestasi musim depan,” tegas Fuad.(fin/jon)

PILIH PELATIH DAN PEMAIN AREMA

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

ANTARA ROBERT DAN DEJAN Kalau enggak dapat Robert ya enggak apa apa? Dapat dejan antonik sm juga bagusnya kwalitanya? Jangan aji yang jadi pelatih ambil aja*Dejan Antonic* karena saya sudah tau gayanya? Aku sangat setuju sm dejan biar aji asisten sm mas jebret dan cari pemain di atas rata-rata semua *DAN JEBRETT DEJAN* oyi 085790807079

ROBERT DAN BUSTOMI Datangkan Robert rene Bustomi. Buat management datangkan Robert,bustomi pertahankan greg bento serta pertahankan pemain muda dan cari pemain ngeyel pekerja keras malangan aremania padeglangan baten by: donomulyo 085755261464

DIMANA ROMAN CHEMELO Tolong tolong cari sekali Roman Chamelo ya,Tolong ya aka sangat kangen dia bermain di arema lagi ya??? 085790807079

GUEST GESANG/MALANG POST

LATIHAN: Arema Indonesia akan memulai latihan hadapi ISL musim depan. REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


RONCE NGALAM

SABTU, 12 OKTOBER 2013

Tiket KA Fully Booked

ASA WARGA KOTA Jum’at, 13 September Kota Malang resmi memiliki pemimpin baru. Duet H Mochamad Anton dan Sutiaji, akan menjadi nahkoda hingga lima tahun ke depan. Sebagai warga kota, anda pasti punya harapan besar untuk keduanya. Kirimkan suara anda lewat sms ke nomor

Penumpang Membeludak, Tersisa KA Majapahit MALANG- Tingginya animo penumpang jelang libur Idul Adha 1434 H membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) sampai menambah armada tujuan Jakarta hingga sepekan ke depan. Mulai Jumat (11/10) kemarin, Stasiun Besar Malang melayani perjalanan kelas ekonomi destinasi ibu kota, dengan jadwal keberangkatan pukul 19.45 WIB. Gerbong ekonomi sekelas KA Matarmaja ini menjadi satu-satunya opsi bagi calon penumpang yang kehabisan tiket reguler menuju Jakarta. Hingga tanggal 16 Oktober mendatang, hampir semua tiket keberangkatan dari Stasiun Besar Malang sudah ludes. “Ini menjadi satu-satunya alternatif bagi calon penumpang yang mau ke Jakarta. Karena, untuk yang reguler sudah tak tersisa,” ungkap Kepala Stasiun Besar Malang, Zainul Arifin. Sejak beberapa hari lalu, tiket KA semua jurusan keberangkatan Malang memang sudah fully booked. Baik itu destinasi lokal Jatim seperti KA Tawangalun jurusan Malang-Banyuwangi yang berangkat pukul 14.45 WIB, maupun yang jarak jauk macam KA Malabar jurusan Malang-Bandung dengan jadwal keberangkatan pukul 12.45 WIB, semua tiketnya sudah laku. Termasuk KA Malioboro jurusan Malang-Jogja yang berangkat pukul 08.00 WIB, KA Matarmaja tujuan Jakarta dengan jadwal pukul 15.00 WIB serta KA eksekutif Gajayana pukul 15.00 WIB yang juga destinasi ibukota, sudah terisi penuh sampai Rabu pekan depan.

RIZAL FANANY//MALANG POST

Baca Tiket KA... Hal.14

PENUH: Stasiun Besar Malang kebanjiran calon penumpang yang rela mengantre tiket KA saat libur Idul Adha 1434 H.

PKK Kabupaten Sukoharjo Kagumi BSM MALANG-Bank Sampah Malang (BSM) benar-benar menjadi jujugan kota-kota lain di Indonesia untuk belajar mengelolah sampah. Hampir setiap minggu, BSM yang terletak di kawasan Pemakaman Umum Sukun ini selalu dikunjungi dari luar kota. Seperti Jumat (10/10), kemarin siang, sebanyak 60 pengurus PKK Kabupaten Sukoharjo melakukan kunjungan. ‘’PKK Kabupaten Sukoharjo ingin belajar mengenai manajemen pengolahan sampah di BSM Kota Malang. Mereka sangat antusias dan terkagum dengan apa yang dilakukan oleh BSM,’’ kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto, kepada Malang Post. Saat kunjungan, rombongan dari Kabupaten Sukoharjo ini disambut oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Umi Farida Anto.

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

KAMPUNG SEHAT: Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Umi Farida Anton didampingi Kepala DKP H Wasto saat berkunjung ke RW 3 Sukun, kemarin siang.

Dalam sambutannya, Umi Farida mengaku sangat senang karena Kota Malang dijadikan obyek studi

banding. Umi juga menjelaskan potensi sampah yang ada di Kota Malang. Bahkan sampah yang

selama ini jadi masalah, justru bisa mendatangkan uang. Kunjungan PKK Kabupaten

Sukoharjo ini tidak hanya di BSM saja, namun juga ke RW 03 Sukun. RW sering juara di berbagai lomba seperti juara Lomba Kampung Bersinar dan juara nasional PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini pun juga banyak mendapat pujian dari tamu. Mereka sangat terkagum dengan suarana yang asri dan rindang. Apalagi ada batu terapi di sepanjang gang-gang yang ada di wilayah ini. Setelah mengunjungi RW 03 Sukun, dilanjutkan mengunjungi budidaya cacing yang juga ada di wilayah Sukun. ‘’Umi Farida Anto terus mendampingi tamu. Bahkan Umi jalan kaki mulai dari BSM, RW 03 hingga melihat budidaya cacing mendampingi tamu dari Sukoharjo ini,’’ tambah Wasto. Baca PKK... Hal.14

13

0857 9119 1887

TAMAN JALAN DEMPO Abah anton tolong dong bag pertamanan abah suruh perhatikan taman yang ada di jalan Dempo biar kelihatan asri jangan sepanjang jalan ijen aja yang asri taman2 yang lain dilewati (0811369626)

BERSIHKAN RENTENIR Ass.Abah anton dan bpk Sutiaji bersihkan dan bebaskan kota Malang dari RENTERNIR dan BANK HARIAN/BANK TITIL,,jadikan hidup warga malang lebih berkah,,WSS (085791912739)

KODEW

Terkesan Keramahan Walikota dan Wawali HAMPIR dua tahun sudah, Vania Dian Nanda ‘ngepos’ di Balaikota Malang. Sejak Desember 2011 lalu, dara manis kelahiran 19 Agustus 1989 itu telah melakoni kewajiban kehumasan di desk receptionist tempat berkantornya orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang tersebut. Berbagai hal meninggalkan kesan mendalam baginya. Utamanya berkaitan dengan tugas protokoler mendampingi walikota dan wakil walikota mulai era Peni Suparto dan Bambang Priyo Utomo. “Saya jadi tahu banyak soal prosedur protokoler. Baca Terkesan... Hal.14

SENAM SEHAT DEMI INDONESIA

KPU Larang Caleg Pasang Alat Peraga di Kaca Angkot RIZAL/MALANGPOST

BUKAN DI KACA: Caleg boleh memasang alat peraga selain di kaca belakang angkot.

MALANG- Aturan pemasangan alat peraga atau media kampanye caleg bertambah lagi. Terbaru tentang aturan pemasangan alat peraga milik calon wakil rakyat di angkutan umum. Ketua

KPU Kota Malang Henry ST MT mengatakan, caleg dilarang memasang alat peraga di kaca angkutan umum, sebab jika memasang alat peraga berupa stiker memanjang di kaca maka akan menutup

pandangan penumpang. “Aturan ini mengacu dari UU lalu lintas. Jadi jangan sampai kaca angkutan umum ditutupi oleh alat peraga milik caleg,” jelasnya. Namun demikian, menurut Henry, caleg boleh saja memasang alat peraga di dibagian lain angkutan umum. Misalnya di samping atau bagian belakang. Prinsipnya tak boleh menghalangi pandangan. “Kami sudah menyosialisasikan aturan tambahan ini kepada para pengurus parpol di Kota Malang. Diharapkan aturan ini segera disosialisasikan kepada caleg masingmasing parpol,” katanya. Pantauan Malang Post, alat peraga caleg mulai menjamur di angkot. Sejumlah caleg memasang alat peraga berupa stiker di kaca belakang angkot. Namun demikian stiker tidak sampai memenuhi kaca belakang angkot. Selain sosialisasi aturan tambahan tersebut, KPU kembali mengingatkan

tentang tata cara kampanye menggunakan alat peraga seperti yang sudah disosialisasi beberapa pekan lalu. Diantaranya larangan caleg menggunakan baliho, banner, billboard dan bando reklame sebagai media kam panye. Caleg juga diingatkan tentang penggunaan spanduk di zona kampanye. Yakni satu zona hanya boleh memasang satu spanduk berukuran 1,5 x 7 meter. Zona kampanye ditetapkan berdasarkan kelurahan. “Prinsipnya, aturan tentang alat peraga kampanye yang diatur dalam Peraturan KPU nomor 15 tahun 2013 terus disosialisasikan. Tujuannya agar semua caleg memahami dan mematuhi aturan tersebut,” katanya. Dia menambahkan, KPU menyosialisasikan aturan, sedangkan penindakan terhadap pelanggaran dilakukan oleh Panwaslu. Panwaslu menggandeng Satpol PP dalam melakukan penertiban. (van/han)

GUEST/MALANG POST

SEHAT: Para member senam Rampal besok bakal kembali memeriahkan lapangan Rampal, dress code hijau menjadi pilihan para senamers, Minggu lalu.

Dress Code Hijau MALANG – Setelah sukses menghadirkan nuansa baru dalam senam Rampal minggu kemarin, dengan final lomba senam Sehat Demi Indonesia (SDI), minggu besok (13/10/13) para senamers dipastikan akan mendapatkan suguhan baru. Senam yang digelar Malang Post bersama Kodim 0833 Kota Malang itu akan tetap dipimpin tiga instruktur tetap, Sugeng Bahenol, Elen dan Farida Ariyani. Baca Dress... Hal.14

REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


SABTU, 12 OKTOBER 2013

DPU PPB ‘Tutup’ Jalan

SAMPAI DESEMBER Proyek Sampai Akhir Tahun, Pengguna Jalan Diminta Sabar MALANG- Warga Kota Malang agaknya harus lebih bersabar merasakan ketidaknyamanan berlalulintas akibat pengerjaan sejumlah proyek belakangan ini. Seiring perbaikan besarbesaran yang digeber Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB), beberapa ruas jalan di Kota Malang harus ditutup dan memaksakan pengalihan arus di kawasan setempat. Salah satunya adalah proyek peningkatan Jembatan Jalan Mahakam. Karena adanya proyek konstruksi tersebut, para pengendara yang biasa melintasi kawasan Karya Timur harus mengalihkan rutenya. Karena perbaikan dilakukan di sekitaran Jalan Musi dan Jalan Ogan, mereka yang dari arah utara menuju selatan atau sebaliknya tinggal punya dua opsi. Lewat Jalan Bengawan Solo tembus samping LP Lowokwaru atau Jalan Letjen Sutoyo. Kondisi seperti ini diprediksi berlangsung hingga Desember mendatang. “Kami lakukan pelebaran jembatan di Jalan Mahakam karena kapasitas kendaraan yang melintasi kawasan tersebut semakin meningkat. Masa

RIZAL FANANY//MALANG POST

DITUTUP: Perbaikan Jembatan Jalan Mahakam membuat pengguna jalan yang biasa melintasi kawasan Karya Timur harus memilih jalur alternatif lain. pengerjaannya sekitar empat bulan, jadi tinggal dua bulan lagi,” ungkap Kabid Bina Marga DPU PPB Kota Malang, Dahat Sih Bagyono. Proyek peningkatan jembatan dengan alokasi anggaran Harga Penawaran Sendiri (HPS) mencapai Rp 539 miliar itu dikerjakan oleh CV Kayuapu yang beralamat di Jalan Kunta Bhaswara. Dahat menambahkan, pihaknya masih akan menggarap perbaikan sejumlah jembatan lain yang tersebar di Kota Malang. Di antaranya Jembatan Temboro Cemorokandang yang bakal digarap CV Cita Ba­ngun Semesta dengan dana sekitar Rp 232 M dan pem-

bangunan Jembatan Akordion senilai Rp 486 M yangmana tendernya dimenangkan CV Bersama. “Mengingat pen­ tingnya proyek-proyek ini, kami bersinergi dengan Dinas Perhubungan untuk mengatur terkait arus lalu lintas dan pihak kelurahan setempat,” papar Dahat kepada Malang Post. Selain rekonstruksi sejumlah jembatan, proyek DPU PPB lainnya yang tak kalah memusingkan pengguna jalan di Kota Malang adalah perbaikan saluran gorong-gorong. Sebut saja perbaikan gorong-gorong yang menyebabkan closing salah satu lajur Jalan dr Cipto dari arah Jalan Raya Panglima

Sudirman. Perbaikan dilakukan dengan titik start di Jalan dr Wahidin yang berjarak sekitar 300 meter dari pertigaan CiptoPangsud. Dengan masa kerja 120 hari, terhitung mulai 5 Juli sampai 1 November 2013. Proyek dari APBD 2013 itu menyedot anggaran hingga Rp 194,7 juta dan dikerjakan oleh CV Saiful Abadi. Jika sebelumnya para pengguna jalan dari arah Panglima Sudirman kesulitan menuju dr Cipto, saat ini giliran yang dari dr Cipto kesulitan saat menuju Panglima Sudirman. Adapun perbaikan saluran di Jalan Gajayana juga semakin menambah kemacetan kawasan

Terkesan Keramahan Walikota dan Wawali

RIZAL FANANY//MALANG POST

SEHAT: Petugas medis dari Dinas Pertanian Kota Malang memeriksa kondisi fisik hewan kurban yang diperdagangkan.

Sambungan dari Halaman 13

Bagaimana saat mengiringi Pak Walikota atau Wawali menghadiri suatu acara dan kunjungan,” bebernya kepada Malang Post. Dari kesehariannya itulah, alumni Psikologi FISIP Universitas Brawijaya (UB) itu bisa kenal dekat dengan duet kepala daerah yang sudah 10 tahun memimpin Kota Malang tersebut. Di mata Vania, Peni dan Bambang adalah figur pimpinan yang merakyat. “Beliau berdua adalah sosok pemimpin yang tidak canggung membaur dengan masyarakat. Bahkan lebih sering menyapa duluan orang yang dikenalnya,” tutur gadis yang beralamat di Jalan Raya Langsep ini. Meski merasa cukup kehilangan dua sosok yang sudah purna tugas tersebut, Vania merasa beruntung karena suksesor Inep-Bambang juga tak kalah merakyat. Menurutnya, Abah Anton dan Sutiaji juga akrab dengan siapapun.

“Meskipun belum cukup kenal, tapi beliau berdua juga ramah kepada siapapun,” tandas lulusan SMAN 5 Malang tersebut. Menurut gadis yang hobby menonton film ini, begitulah sosok kepala daerah ideal. Selain cakap dan lugas menjalankan kewajiban pemerintahan, namun tetap memiliki jiwa sosial tinggi dan dekat dengan rakyat. Memenuhi kriteria tersebut artinya memenuhi ekspektasi publik Bhumi Arema yang selalu merindukan sosok pemimpin pro rakyat. Vania sendiri banyak belajar soal pentingnya memiliki jiwa sosial lewat seabrek kegiatan yang dilaluinya bersama Paguyuban Kakang dan Mbakyu (Pakandayu) Kota Malang. Sebagai salah satu finalis KakangMbakyu 2010, dara cantik asli Malang ini aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang digeber Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang. (tom/han)

Dress Code Hijau Sambungan dari Halaman 13

Member senam Rampal juga bakal kembali menggunakan dress code warna hijau, mereka akan diajak bersenam aerobic marathon selama satu jam penuh. Meski tidak ada bintang tamu maupun penampilan pembuka seperti Minggu lalu. “Cuma melanjutkan senam aerobic saja k, agar para member semakin paham dan fasih dalam setiap gerakannya,” kata Farida Ariyani kepada Malang Post. Ia mengingatkan, senam aerobic Rampal selain memberikan kebugaran dan kesehatan, juga membuat member dapat saling bertemu dan silaturrahim antar sesama senamers,

yang diperkirakan sebanyak 5000 orang bakal menhijaukan lapangan Rampal tersebut. Setiap Minggu, lapangan Rampal selalu menjadi pusat kegiatan olahraga bagi warga Malang Raya. Selain ikut senam, warga juga menyempatkan bermain sepak bola, basket, jogging hingga ngumpul bersama keluarga. “Saya berharap semua warga Malang mau bergabung bersama kami sebagai upaya hidup sehat dan bugar, dan paling penting setiap Minggunya selalu ada kejutan bagi para senamers,”kata H. Edi Iswanto dengan ramah. (mik/han)

Tiket KA Fully Booked Sambungan dari Halaman 13

Setiap harinya, ada delapan rangkaian gerbong ekonomi dengan tiket berbanderol Rp 65 ribu. Dengan kapasitas 106 tempat duduk di tiap gerbongnya, atau ada 848 penumpang yang bisa terangkut dalam sekali perjalanan. “Semoga kereta tambahan ini bisa mengakomodasi jumlah penumpang yang belum memesan tiket sejak jauh hari,” imbuhnya kepada Malang Post. Satu-satunya KA yang masih menyisakan kuota barangkali hanya KA Majapahit kelas bisnis jurusan Malang-Pasar

Senin yang setiap hari berangkat pukul 13.45 WIB. “Yang masih sisa hanya KA Majapahit. Itupun harus cepat pesan. Bisa jadi, besok (hari ini) sudah penuh,” lanjut Zainul yang pernah menjabat Kepala Stasiun Kotalama Malang. Hanya saja, Zainul belum bisa memprediksi arus balik ke Kota Malang usai libur lebaran berakhir. Pihaknya sejauh ini masih berkonsentrasi mengoptimalkan pelayanan reguler dan armada tambahan tujuan Jakarta yang banjir peminat. (tom/han)

Sumbersari. Sistem lalin jalur satu arah Jalan Mayjend Panjaitan-Jalan Veteran-Jalan Gajayana bisa saja gagal terealisasi jika proyek ini tak kunjung rampung. Diketahui, kontraktor proyek tersebut adalah CV Arthaloka Abadi. Pekerjaan yang dilaksanakan berupa pembuatan saluran cor dengan tinggi dan lebar 0,8 meter dan panjang 106 meter. Perbaikan meliputi penutupan cor beton dan crossing jalan cor sepanjang 7 meter dilengkapi dengan penutup cor beton. Proyek senilai Rp 98,015 juta ini ditargetkan tuntas paling lambat 1 November mendatang. Mewakili pihak Pemkot Malang, Pimpinan Proyek Cipta Karya DPU PPB, Tedy Soemarna memohon maaf kepada masyarakat pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang berpotensi dirasakan siapapun yang melintas kawasan tersebut. “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, tapi ini semua proyek yang sudah diputuskan dalam Musrenbang,” paparnya. Sebagai bentuk tanggung jawab, DPU PPB sudah menerjunkan tim satgas permukiman untuk membantu kegiatan di lapangan.Untuk mengatasi kemacetan yang rentan terjadi di jam-jam sibuk, DPU PPB bahkan rutin mengirim tim satgas untuk membantu mengatur lalu lintas di kawasan tersebut. Mulai pukul 06-00-09.00 WIB, 11.00-14.00 WIB dan 15.0017.00 WIB. (tom/han)

Gelar Sidak, Cek Kondisi Hewan Kurban MALANG- Kurang tiga hari jelang Idul Adha 1434 H, Dinas Pertanian Kota Malang menggelar inspeksi mendadak (sidak) hewan kurban yang dijual tersebar di sejumlah ruas Kota Malang. Pemeriksaan ini menjadi agenda rutin tahunan guna menyosialisasikan kriteria hewan kurban layak jual kepada para pedagangnya. Pemeriksaan hewan sebelum dipotong (antemortem) digeber mulai Jumat (11/10) kemarin hingga Senin (14/10) lusa. Tim pemantau akan disebar ke sedikitnya 100 titik penjualan di Kota Malang. “Selama empat hari ini, akan kita bagi 60 petugas dalam beberapa tim yang keliling melakukan pemeriksaan,” beber Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Sapto P Santoso di sela sidak di Jalan Ade Irma Suryani, siang kemarin. Pemeriksaan yang melibatkan sejumlah dokter hewan ini dilakukan dengan memantau kondisi fisik sapi maupun kambing yang diperdagangkan. Meliputi kebersihan telinga hewan, kebersihan bulu dan kulit, hidung, serta pemeriksaan gigi. “Yang pasti, harus dicek apa benarbenar layak,” serunya kepada

Malang Post. Sebelumnya, Dinas Pertanian telah mengeluarkan surat edaran (SE) walikota yang isinya meminta pedagang maupun panitia hewan kurban untuk melapor pada Pemkot Malang dalam rangka inventarisir. Jika pada pemeriksaan ditemukan hewan kurban yang berpenyakit, Sapto mengaku jika pihaknya hanya akan memberikan himbauan pada pedagang untuk tidak menjual hewan tersebut. “Sifatnya hanya himbauan. Jika ada hewan yang berpenyakit jangan dicampur dengan hewan yang masih sehat,” tukas mantan Kabag Humas Pemkot Malang ini. Nantinya, pemeriksaan antemortem akan disusul pemeriksaan postmortem alias peme­ riksaan pasca penyembelihan. Pemeriksaan yang akan dilakukan mulai 15-18 Oktober itu diperlukan untuk mengetahui apakah hewan kurban yang disembelih layak untuk dikonsumsi. Pedagang sendiri harus mengetahui cara pengobatan pada hewan, karena pada dasarnya penyakit pada hewan bisa disembuhkan. “Pada pemeriksaan postmortem, biasanya banyak ditemukan cacing hati sapi. Tapi, penyakit berbahaya

seperti antrax tidak ditemukan di Kota Malang,” beber Sapto. (tom/han)

14

Abah Anton Berduka Kakak Iparnya Meninggal Dunia MALANG- Wali Kota Malang H Moch Anton berduka. Kakak iparnya, Budiningsih meninggal dunia di rumah sakit Panti Waluyo, Sawahaan, jam 17.50 WIB, Kamis petang. Jenazah Budiningsih malam itu disemayamkan di tempat persemayaman Gotong Royong. Abah Anton, sapaan akrab H Moch Anton juga turut berada di Gotong Royong setelah sebelumnya menjenguk di rumah sakit Panti Waluyo.Budiningsih merupakan istri dari Abdul Gani, kakak nomor dua Abah Anton. Almarhumah menghembuskan nafas terakhir dalam usia 66 tahun, meninggalkan tiga orang anak. “Meninggal dunia karena sakit kanker rahim yang sudah cukup lama diderita. Rencananya dimakamkan pada Rabu, 16 Oktober di Taman Asri, Lawang,” kata Abah Anton kepada Malang Post. Sosok pendiam dan pemberi nasehat merupakan kesan Abah Anton terhadap Budiningsih dimasa hidupnya. Saat bertemu dua pekan lalu, Budiningsih masih memberi nasehat yang kemudian menjadi nasehat terakhir. “Dua minggu lalu saya ke rumahnya. Saat itu saya diberi nasehat agar lebih berhati-hati, jangan kecewakan keluarga. Menjadi kepala daerah harus amanah, menjalankan tugas dengan baik,” kenang Abah Anton. Ketua PITI Malang ini mengatakan, kakak iparnya memberi nasehat agar berhati-hati karena dunia politik memang membutuhkan kehati-hatian. Amanah berat mengatasi persoalan masyarakat merupakan tugas kepala daerah. (van/han)

GUEST GESANG/MALANG POST

PERSEMAYAMAN: Abah Anton (tiga dari kiri) datang di persemayaman kakak iparnya di Gotong Royong.

PDAM Tingkatkan Debit Air Pelanggan MALANG- PDAM Kota Malang meningkatkan debit air untuk pelanggan di sejumlah kawasan, pengerjaan instalasi tekanan air tersebut dikebut hingga tadi malam. Pekan depan, pelanggan perusahaan air minum milik Pemkot Malang itu mulai mendapat aliran air yang lebih deras. Dirut PDAM Kota Malang, HM Jemianto mengatakan, peningkatan debit air pelanggan yang sedang dikebut terletak disejumlah kawasan. Di antaranya di kawasan Jalan Bondowoso, Klampok Kasri, Jalan Jombang, Jalan Surabaya, Jalan Jakarta, Jalan Bendungan Sigura-gura dan kawaan Taman Agung. “Jumlah pelanggan di kawasan itu mencapai 4000 pelanggan. Nanti malam kami melakukan uji coba karena sekarang tekanan air sedang ditingkatkan,” jelas Jemianto kemarin siang. Penambahan tekanan air itu juga dibarengi dengan penambahan ukuran pipa. Yakni dari ukuran semula dua dim menjadi empat dim. Penambahan pipa air itu juga akan ditingkatkan secara bertahap di kawasan lain. “Semuanya akan ditingkatkan dari yang semula dua dim menjadi empat dim, bahkan enam hingga delapan dim. Dengan ukuran pipa yang di­tambah maka aliran air semakin besar,” katanya. Mantan kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang ini mengatakan, khusus penambahan tekanan air, kini sedang dilakukan di beberapa tempat. Salah satunya di kawasan Jalan Bendungan Sigura-gura. (van/han)

PKK Kabupaten Sukoharjo Kagumi BSM Sambungan dari Halaman 13

Sementara itu empat orang pengurus BSM Kota Malang sedang memberi pelatihan BSM di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat mulai Rabu (9/10) kemarin. Dipimpin langsung Direktur BSM, Rahmad beserta dua pengurus lainnya mereka memberikan pengalaman mereka mulai mendirikan BSM hingga tersohor ke seluruh tanah air. ‘’Kita dimintai untuk memberikan pelatihan karena Kabupaten Raja Ampat akan

dikunjungi Ibu Negara ibu Ani Yudoyono, Menteri Kesra dan Menteri Lingkungan Hidup,’’ kata Wasto. Menurutnya, Kabupaten Raja Ampat yang terletak di kepulauan di kawasan Papua, mengetahui BSM Kota Malang dari Kementerian Lingkungan Hidup. Apalagi Menteri Lingkungan Hidup Baltasar Kambuaya juga pernah mengunjungi BSM Kota Malang serta RW 03 Sukun. (jon) REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SLATEM


SABTU, 12 OKTOBER 2013

15

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

HUSNUN N DJURAID/MALANG POST

MELANGGAR: Trotoar di Jalan Trunojoyo, depan Stasiun Kota Baru ini digunakan oleh perusahaan ekspedisi untuk bongkar muat barang sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh pejalan kaki. Padahal di tempat itu sudah dipasang rambu larangan parkir.

Ipok

GUNUNG ES GURITA KORUPSI PASKA tertangkapnya ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, makin banyak pertanyaan yang harus kita kedepankan, seperti benarkah kita selama ini sudah berupaya maksimal menanggulangi korupsi, sekurang-kurangnya dari akar penyebabnya yang berhubungan dengan menjalar dan menguatnya korupsi? Apakah penangkapan ketua MK ini masih sebagian dari “sampel kecil” dari gunung es korupsi yang sebenarnya menggurita di negeri ini? Faktanya, tidak mudah me­ ngerem laju terjadinya dan menyebarnya korupsi di negeri ini. Meski kita mengandalkan institusi semacam KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk menyeret koruptor, ternyata layaknya pepatah “mati satu tumbuh seribu”, koruptor lainnya terus terproduksi dan bertebaran menampar wajah Indonesia seba­ gai negara hukum (rechstaat). KPK saja tidak cukup untuk melawan dan apalagi menghentikan korupsi. Korupsi sudah menjalar mendarah daging dalam bangunan kehidupan masyarakat Indonesia. Antara daya laju modus operandi korupsi de­ ngan modus operandi politik pemberantasan korupsi, masih lebih cepat dan “mapan” menjalarnya korupsi daripada politik penanggu-

langannya Semasa hidup Sosiolog kenamaan asal UGM, Loekman Soetrisno, dalam suatu seminar, ia bersuara lantang  di hadapan peserta “selamat datang  datang di republik dra­kula” (republic of vampire). Peserta seminar tentu saja kaget, bagaimana mungkin di negeri yang dikenal mayoritas beragama Islam ini, label yang diberikan pada negara ini justru “republik” para penghisap kekayaan ngara atau negerinya para penjarah APBN dan APBD, serta berbagai sumberdaya negara lainnya. Dalam konstruksi republik drakula, para pejabat yang mempunyai kedudukan tinggi berperan menghidap pejabat dibawahnya, dan seterusnya. Di republik demikian ini, mereka punya kegemaran saling menghidap sampai masingmasing kehabisan darah segarnya, atau ada sebagian elit pejabat dan konco-konconya yang lebih gemuk dibandingkan lainnya karena sudah lebih banyak yang “dihisap” dan lihai menguras dan menyedot sumber-sumber kekayaan negara. Mereka itu juga melebarkan daya hisapnya pada aparat penegak hukum supaya bersamasama saling menjadi drakula. Aparat penegak hukum, siapapun orangnya yang masih bertahan dalam kebenaran dan kejujuran, dijadikannya

 

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

   





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

MAN Oleh: AD FADLUL ROH M n dan MOHAM enerbita

ga p di lemba ndidikan Bekerja wa Jurusan Pe ri Malang mahasis niversitas Nege si U u Ak ntan

sebagai obyek eksperimen untuk ditaklukkan atau dibuatnya tidak berdaya. (Ilham Munawar, 2011). Kegemaran menghisap itu jelas layaknya watak drakula sejati, yang memang selalu haus akan darah segar yang digunakan untuk memenuhi hajatnya. Drakula tak memandang status darah yang dihisap, tetapi hanya mempertimbangkan apakah dahaga dan kelaparannya bisa terpenuhi apa tidak,  Di ranah drakula itu, yang penting kepuasannya terpenuhi, meski harus dengan menghancurkan martabat kons­titusi, mengabaikan keselamatan nyawa orang lain  dan melanggar hak asasi manusia. Kekayaan negara dijadikannya sebagai obyek penghisapan secara sistematis Koruptor atau mafioso struktural dan fungsional, wataknya diibaratkan sebagai drakula yang punya kegemaran menghisap kekayaan negara atau kepentingan public demi memperkaya diri sendiri, keluarga, kroni, partai, dan korporasi-korporasinya. Mereka itu menjarah dan selalu menghisap untuk memenuhi kese­ rakahan yang tak kenal titik nadir. Mereka tidak mendengar peri­ngatan Aristoteles yang sudah lama mengingatkan “semakin tinggi penghargaan manusia terhadap kekayaan, maka semakin rendah­ lah penghargaan manusia terhadap nilai-nilai keadilan, kemanusiaan, dan kejujuran”. Fakta tragis dan

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

ironisnya, koruptor di negeri ini telah “berjasa” mengantarkan Indonesia menjadi republik drakula. Rakyat sampai kesulitan mencari dan menemuka pejabat yang benarbenar tidak sedang menjadi drakula. Di setiap lembaga-lembaga yang memberi layakan publik misalnya terbukti tidak sepi dari oknum-oknum yang berhasil merubah peran-perannya menjadi drakula. Mereka ini terbuksi “sibuk” jadi mafioso untuk mencari dan memburu mangsa yang bisa memuaskan ambisi-ambisi atau keserakahannya. Mereka seperti tidak pernah kenyang untuk menggaruk kekayaan negara (rakyat). Kalau semula hanya di lingkaran eksekutif yang dituding sebagai institusi tempat mangkalnya drakula menjalankan aksinya, maka belakangan ini, di berbagai lembaga strategis yang semula dianggap steril, ternyata juga tidak lepas dari “gigitan” drakula. Pemerik­ saan terhadap pejabat publik, yudisial, atau selebriti politik yang diduga “menjarah” uang rakyat dan mempermainkan hukum terus saja bermunculan dari berbagai lembagalembaga bertitelkan pengayom hukum dan pelayan publik. (Tanuwijaya, 2009).   Kita bisa menyaksikan pejabat atau mantan pejabat  seperti menteri, gubernur, DPR RI, DPRD, walikota/bupati, dan sejumlah pejabat lainnya, yang diseret dalam perkara korupsi oleh KPK. Nyaris tidak pernah sepi pemberitaan di media massa yang “menggelar” perkara korupsi. Kasus ini mengindikasikan, bahwa mencari eksekutif  dan selebriti politik yang steril  atau “benarbenar suci” dari peran sebagai koruptor yang menggurita, ternyata kesulitan. Meski harus atau terpaksa banyak elit yang antri yang diseret dalam proses hukum yang boleh jadi pengadilan dan tahanan akan sesak tersangka/ terdakwa korupsi, akan tetapi seperti kata adagium “meski langit runtuh, hukum harus tetap ditegakkan”.  Siapapun yang diduga menyelewengkan uang negara, wajib dipertanggungjawabkan oleh hukum. Mereka ini tidak boleh didiamkan dan menjadi kebal hukum, sebab jika ini terjadi, korupsi akan benar-benar jadi jawara     

 

selamanya. Mereka bisa jadi jawara juga tidak lepas dari duku­ ngan aparat penegak hukum yang bersimbiosis mutua­ lisme dengannya. Tanpa keterlibatan oknum aparat yang memberikan “ruang berkelit”, berkolaborasi, atau berbarter  (dalam jaringan mafia)kepentingan ini, me­ reka (barisan koruptor) tidak akan jumawa dan jadi jawara. Kalau mafioso peradilan masih gampang ditemukan dimana-mana atau genta­ yangan, berarti gerakan berantas mafia masihlah slogan belaka. Untuk membuktikan bahwa aparat penegak hukum sungguh-sungguh menginginkan terwujudnya negeri yang kuat, maka setiap gerakan pene­ gakannya haruslah terbuka  untuk diawasi oleh lembagalembaga strategis di masyarakat, karena  pengawasan ini merupakan wujud kebulatan tekad dan sikap yang bertemakan menempatkan koruptor dan mafia sebagai musuh bersama (common enemy). Penegak hukum mampu menunjukkan sayap-sayap kekuatannya kalau didukung oleh ketatanya pengawasan dari lembaga-lembaga strategis di masyarakat. Pengawasan ini menjadi pelapis yang ikut membingkai kinerjanya. Pe­ ngawasan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga sosial seperti Ornop, pers, ormas, dan LSM terhadap program pemberantasan “drakula”  merupakan bagian dari gerakan fundamental yang sejatinya mendukung gerakan supremasi hukum. Jika itu tidak kita gencarkan, maka dikhawatirkan yang akan jadi pemenangnya di kemudian hari adalah penjahatpenjahat berdasi ini, padahal kalau “drakula-drakula” ini yang jadi pemenangnya, maka bukan tak mungkin status ne­ geri ini akan mencapai tataran absolutisme negeri ‘terkaya” dalam memproduksi drakula. Dus, meski berkali-kali KPK menggelar penangkapan koruptor, rasanya tidak akan berdampak besar terhadap perubahan identitas produsen drakula, manakala setiap elemen strategis di masyarakat tidak menggelorakan gerakan empirik melawan bibit-bibit dan kultur penyalahgunaan kekuasaan (abus of power) di setiap detak nuraninya.(*)

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Ngalam

Kalahkan Korea Selatan SAAT yang ditunggu-tunggu itu akhirnya tiba. Timnas U-19 harus berjuang habis-habisan melawan tim kuat Korea Selatan dalam babak penyisihan Piala AFC. Kalau mau lolos ke turnamen tersebut, Timnas harus mampu mengalahkan Korea Selatan, apalagi tim tersebut unggul selisih gol, meskipun sama-sama mengemas enam poin dari dua kemenangan. Dalam pertandingan kedua, Timnas mengalahkan Philipinan 2 – 0, sedangkan sebelumnya Korea Selatan mengalahkan Laos 5 – 1. Partai terakhir inilah yang akan menentukan nasib kedua tim. Kalau Timnas menang akan lolos, tapi kalau seri, apalagi kalah, maka Korea Selatan yang lolos. Untuk itu, tidak ada pilihan lain bagi Evan Dimas dkk untuk bermain all out demi kehormatan merah putih. Korea Selatan memang dikenal sebagai tim yang kuat, untuk semua level umur, bahkan banyak pemainnya yang sudah melanglang di liga Eropa, tapi bukan berarti tidak ada celah untuk mengalahkannya. Sehebat apa pun sebuah tim, pasti memiliki kelemahan yang bisa ditembus. Dibutuhkan kejelian pelatih dan segenap pemain untuk menemukan celah tersebut sekaligus untuk menembusnya. Mengaca dari pengalaman melawan Philipina, Timnas agak kesulitan saat menghadapi tim yang menerapkan negative football, dengan menumpuk banyak pemain di kotak penalty. Para pemain Timnas yang memiliki kelebihan melalui serangan dari sayap, seperti mati kutu saat menghadapi pertahanan Philipinan yang ketat. Umpan tarik dari dua sayap dengan mudah dihalau pemain belakang lawan. Philipina memang bukan Korea Selatan, tapi paling tidak pelatih Indra Safri harus menemukan formula yang ampuh agar anak asuhnya mampu menembus pertahanan lawan. Korea bukan tim sembarangan dan tidak akan menerapkan strategi ala Philipinan untuk mengantisipasi hujan gol. Tim ini memiliki sistem penyerangan yang lebih tajam yang terbukti dengan produktifitas yang mampu mencetak gol dalam dua laga dan satu kebobolan. Hasil itu sudah menunjukkan betapa tajamnya penyerang Korea Selatan dan kuatnya lini pertahanan mereka. Inilah yang harus diwaspadai oleh para pemain Timnas, jangan lengah menjaga pertahanan dan harus kreatif membongkar pertahanan. Secara umum, pertandingan dua tim nanti malam akan berjalan menarik, karena keduanya memiliki kekuatan yang seimbang. Timnas sebagai tuan rumah pasti akan didungkung ribuan supor­ ternya, sedangkan Korea Selatan sebagai juar bertahan tentu tidak mau dipermalukan oleh lawannya. Dalam banyak pertandingan, faktor penonton bisa menjadi faktor penting dalam meraih kemenangan, sebaliknya bagi lawan, faktor penonton justru bisa menjadi lawan ke12 yang menyulitkan. Tapi selama ini pendukung Timnas dikenal tertib dan objektif, tidak sampai berbuat onar atau mengganggu tim tamu. Satu hal yang agak mengkhawatirkan adalah kalau penonton tuan rumah berulah dengan membakar kembang api. Ini sangat berbahaya, bisa memicu sanksi dari otoritas sepak bola internasional terhadap PSISI. Jadi, penonton harus lebih dewasa dalam mendukung Timnas. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR:REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: REP MARGA, LAYOUTER: REEP


16

SABTU, 12 OKTOBER 2013

SABTU, 12 OKTOBER 2013

Biologi UMM Sinergikan KBK-KKNI

KUNJUNGAN REDAKSI

Respon Kurikulum 2013 bagi LPTK

LAILI SALIMAH/MALANG POST RIZAL FANANY/MALANG POST

KREATIF: Dengan media pembelajaran yang kreatif, siswa SDN Sukoharjo 1 tak hanya dapat menyerap pelajaran dengan lebih cepat, tapi juga memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi sesuatu yang berguna.

STUDI: Melengkapi kegiatan diklat, anggota baru Lembaga Kajian, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LKP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan studi jurnalistik di Malang Post, kemarin sore. Mereka mempelajari proses produksi berita, mulai dari peliputan, pengetikan, editing, lay out, hingga sampai di tangan pembaca.

SMKN 1 SINGOSARI

Dukung Pramuka Sebagai Ekskul Wajib SINGOSARI - Ekstrakurikuler (Ekskul) Pramuka menjadi kegiatan wajib dalam penerapan Kurikulum 2013 di setiap sekolah, mulai tingkat SD hingga SMA. Salah satu alasannya, dalam kegiatan Pramuka, para murid akan memperoleh pembinaan kepemimpinan, kemandirian, kesederhanaan, dan kedisiplinan. Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan SMKN 1 Singosari Drs Moentiono mengaku, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Bahkan sejak awal tahun pelajaran 2013/2014, pihaknya sudah mewajibkan seluruh siswa kelas X untuk mengikuti kegiatan ekskul Pramuka yang diadakan setiap hari Sabtu. “Dari dulu, ekskul Pramuka di sini sudah aktif tapi tidak diwajibkan. Baru tahun ajaran ini kami wajibkan, sesuai instruksi dari pemerintah pusat,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Ditambahkannya, para murid di sekolahan yang terkenal dengan perakitan Mobil Digdaya dan Rajawali itu, sangat antusias mengikuti ekskul Pramuka. Hal itu ditandai mereka sangat semangat megikuti seluruh kegiatan Pramuka yang dipandu tiga Pembina Pramuka. “Sebelum diwajibkan dalam kurikulum tahun ini, ekskul Pramuka termasuk salah satu ekskul yang favorit di sekolahan ini bersama PMR, basket, komputer, futsal, animasi kartun dan desain grafis,” bebernya. Sementara itu, dia menilai pemberlakuan Pramuka sebagai ekskul wajib pada kurikulum tahun ini dinilai sebagai salah satu cara pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan. Menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah melakukan langkah tepat dengan memasukan Pramuka sebagai ekskul wajib. “Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak melaksanakan ekstrakurikuler Pramuka. Ini adalah program dari pemerintah pusat, kami yang berada di daerah harus menyambut positif. Kegiatan Pramuka sendiri sangat banyak manfaatnya,” yakinnya. Manfaat Pramuka ia rinci yakni membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.(big/nda)

SDN KETAWANGGEDE

Pilah-pilih Kegiatan Siswa MALANG – Setelah membenahi struktur dan infrastruktur pasca penggabungan dua sekolah (SDN Ketawanggede 1 dan SDN Ketawanggede 2), kini giliran potensi siswa yang mendapat perhatian khusus. Saat ditemui di kantornya kemarin (10/10), Kepala SDN Ketawanggede, Bambang Suryadi S Pd, mengatakan bahwa saat ini pihak sekolah tengah membidik beberapa ekskul untuk dijadikan andalan sekolah. Untuk itu, ia mengaku telah beberapa kali mengadakan rapat intern dengan para pelatih ekskul, guru kelas, serta paguyuban secara terpisah. Berdasarkan rapat tersebut, Bambang memaparkan bahwa mereka sepakat untuk mencari peluang ekskul yang tak banyak dimiliki oleh sekolah lain atau ekskul yang populer yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di antara siswa sekolah lain. Bambang Suryadi Untuk saat ini, menurut keterangan Bambang, potensi yang dibidik secara intensif oleh SDN ketawanggede ialah cabang olahraga beladiri, khususnya Tapak Suci. Bambang menilai, Tapak Suci masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum sehingga tidak banyak atlet yang terpacu untuk menggiati cabang olahraga beladiri tersebut. Ia ingin siswa SDN Ketawanggede berperan dalam menyosialisasikan cabang beladiri ini kepada masyarakat. “Kami melihat potensi siswa yang sangat besar dalam bidang Tapak Suci. Buktinya, belum lama setelah penguatan ekskul ini, kami sudah meraih juara umum kedua se-Malang Raya. Dari delapan siswa yang kami ikut sertakan, empat di antaranya meraih juara 1, tiga siswa meraih juara 2, dan satu orang lainnya meraih juara 3 untuk kategori yang berbedabeda,” terang Bambang. Ekskul lain yang juga mulai dilirik untuk dikembangkan adalah ekskul drumband. Bambang mengatakan, di SDN Ketawanggede, sebelum ini ekskul tersebut masih belum banyak diangkat ke permukaan. Padahal, ekskul drumband yang umum dimiliki oleh sekolah-sekolah tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa saat ini sekolahnya tengah memperkuat tim drumband yang baru dibentuk dari kedua sekolah yang baru digabungkan. “Penggabungan dua sekolah juga menjadi modal kami dalam menyaring siswa yang berpotensi tinggi di bidang drumband. Selain itu, hal ini dapat mempererat kekompakan siswa yang sebelumnya berasal dari dua sekolah,” imbuh pria berkumis tersebut dengan nada bangga. Selain kedua ekskul tersebut, Bambang juga menyebut ekskul lain, di antaranya ialah ekskul melukis, tari, dan atletik. Ia berharap, dengan bidikan yang tepat terhadap potensi yang dimiliki siswa, sekolah yang baru lahir kembali dengan nama baru tersebut dapat lebih berprestasi. (ily/nda)

17

SDN Sukoharjo 1

Sulap Limbah Jadi Media Pembelajaran Kreatif MALANG – Media pembelajaran kreatif akan meningkatkan gairah belajar siswa. Konsep tersebut benarbenar diyakini dan diaplikasikan dengan baik di SDN Sukoharjo 1. Terlebih lagi, sejak salah satu guru di sekolah tersebut, Citra Kurnia Rizkianti S Pd, meraih juara II dalam lomba perancangan media pembelajaran kreatif di bidang IT yang diadakan oleh Dinas Pendidikan beberapa waktu lalu. Hal ini menjadi cambuk bagi guru-guru lain untuk membuat media pembelajaran kreatif inovatif di mapel masing-masing. “Setiap guru memiliki kreasi masingmasing untuk menarik siswa agar lebih bersemangat. Tak hanya mapel IPA yang memang identik dengan praktek dan uji coba. Tapi juga mapel agama,

IPS, Bahasa Indonesia, dan lain-lain juga menggunakan media pembelajaran yang beragam,” terang Citra. Menariknya, media yang digunakan bukan berupa CD seperti yang dimiliki sekolah-sekolah lain. Melainkan media yang dibuat oleh guru dan siswa sendiri dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Misalnya kulit telur ayam kampung yang isinya sudah digunakan untuk memasak, atau kertas-kertas koran bekas yang tidak terpakai. Selain dapat mambantu siswa menyerap pelajaran dengan lebih mudah, dengan media pembelajaran tersebut, secara tidak langsung guru juga mendidik siswa untuk mengelola limbah menjadi sesuatu yang berguna. “Kepala sekolah memang menyampaikan kepada kami untuk banyak

mengambil manfaat dari barang-barang bekas atau limbah rumah tangga sebagai media pembelajaran,” imbuh wanita berparas ayu tersebut. Dengan media pembelajaran murah meriah tersebut, Citra menegaskan bahwa hingga saaat ini kualitas SDN Sukoharjo 1 tetap mampu bersaing dalam hal akademik maupun non akademik dengan sekolah-sekolah lain yang menggunakan media mahal. Hal ini dibuktikan dengan empat piala emas, dua piala perak, dan empat piala perunggu yang diborong siswa sehingga sekolah tersebut menyabet juara umum sapta lomba tingkat Kecamatan Klojen beberapa waktu lalu. Citra berharap, gairah rekan-rekan guru di sekolahnya tersebut tak hanya bertahan sementara hanya karena

dirinya meraih juara II lomba perancangan media pembelajaran kreatif. Tapi juga dapat diturunkan kepada guru-guru baru agar misi sekolah untuk melahirkan generasi yang unggul, dapat tercapai secara berkelanjutan. Menurutnya, guru harus membuka wawasan agar pendidikan siswa tidak tergantung pada media-media canggih saja. “Yang tak kalah penting, ini harus menjadi penyemangat kepada sekolah-sekolah lain yang siswanya berasal dari masyarakat menengah ke bawah untuk selalu melakukan inovasi yang tidak memberatkan orangtua atau menunggu bantuan pemerintah saja. Untuk pintar, tidak harus mahal, kok,” imbuh wanita pengagum Ki Hajar Dewantoro tersebut menutup pembicaraan. (ily/nda)

SMAN 1 Singosari

Pilkaos untuk Pendidikan Demokrasi SINGOSARI - Pembelajaran demokrasi bagi siswa-siswinya diberikan SMA Negeri 1 Singosari. Ya, hal ini dibuktikan sekolah yang dikenal dengan sebutan Smanesi tersebut dengan menggelar acara Pemilihan Ketua OSIS (Pilkaos) secara umum dan langsung, pada Kamis (10/10) kemarin. Pemilihan itu mirip pelaksanaan pilkada (pemilihan kepala daerah). Tahun ini, Pilkaos juga dilakukan dengan konsep pemilihan langsung. Sebanyak 1.025 pemilih dari seluruh warga yang ada di sekolah ini terdaftar sebagai peserta dalam pemilihan, mulai siswa-siswi, guru dan karyawan Smanesi. Ada tiga pasangan calon (Paslon) yang berasal dari tiga partai, yakni paslon pertama Amanda Novia Putri dan Bagus Setiawan dari Partai Ketuhanan. Paslon kedua yakni Elok Yuroidah dan Galih Ambarwati dari Partai Kemanusiaan. Sedangkan paslon terakhir Liyana Fitira dan Wini dari Partai Persatuan. “Pemilihan OSIS secara langsung, baru kami adakan pertama kali. Sebelumnya kami mengadakan pemilihan OSIS hanya sebatas voting biasa,“ ujar Wakil Ketua Majelis Perwakilan Kelas

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SOSIALISASI: Baliho dukungan sosialisasi pilkaos dipasang MKS untuk menarik perhatian para siswa-siswi. (MPK) Smanesi, Dicky Pradana kepada Malang Post kemarin. Layaknya konsep sebuah gelaran pilkada, Pilkaos Smanesi juga menerapkan beberapa tahapan sebelum menuju hari coblosan. Diantaranya, adalah menggelar debat terbuka para calon yang berlang-

sung di lapangan upacara sekolah, dengan dihadiri seluruh warga sekolah, pada hari Senin (7/9) lalu. Juga ada pemasangan baliho kampanye dari paslon. Panitia pemilihan juga menyiapkan kertas suara yang didesain mirip dengan kertas suara Pilkada dan Pilgub

lalu. “Pelaksanaan coblosan dilakukan secara bergantian, dengan giliran masing-masing kelas. Sehingga juga tetap bisa menjalani proses belajar mengajar seperti biasa,” jelas Dicky. Tak hanya itu, panitia juga menggunakan kotak suara dan bilik coblosan, yang didapat dari hasil pembuatan sendiri. Usai memilih, warga sekolahan jarinya dicelupkan sebagai tanda sudah memilih. Setelah seluruh warga sekolahan menggunakan hak suaranya, panitia yang berasal dari MKS langsung melakukan penghitungan surat suara. Hasilnya, terpilihlah Amanda Novia Putri dan Bagus Setiawan dari Partai Ketuhanan, sebagai Ketua Osis Smanesi yang baru. “Pasangan Amanda Novia dan Bagus Setiawan menang dengan perolehan 567 suara. Usai ditetapkan sebagai pemenang, ddalam waktu dekat ini mereka akan dilantik,“ bebernya. Sementara itu, Waka Humas Smanesi Drs Muhammad Mahfud menjelaskan Pilkaos yang baru pertama kali diadakan ini, sebagai pembelajaran siswanya untuk berdemokrasi. “Terutama untuk kelas XII yang mayoritas sudah mempunyai hak suara pada pemilihan 2014, ini bisa jadi ajang pembelajaran bagi mereka,“ katanya di tempat yang sama. (big/nda)

SMK Widyagama

Geber Karya IT Akhir Semester MALANG - Sebagai sekolah kejuruan yang fokus pada bidang IT dan otomotif, SMK Widyagama berencana mengadakan pameran IT yang akan digelar akhir semester depan. Program ini dicanangkan sebagai terobosan SMK Widyagama dalam mencetak lulusan yang handal di bidangnya. Kegiatan ini juga digelar untuk mengapresiasi para siswa yang selama ini gigih memproduksi hasil karya IT, baik yang berkaitan dengan pemrograman, robotika maupun perangkat IT lainnya. Waka Humas SMK Widyagama Mawan Suliyadi,S.Pd mengatakan pameren unit produksi yang rencananya akan digelar pada Desember mendatang ini merupakan inisiatif para guru setelah menganalisa kemampuan peserta didik.

Misalnya program robotika, setelah pada semester lalu telah menjadi pelajaran wajib yang diagendakan dalam kurikulum, ternyata mampu menjadikan siswa menguasi sistem robotik dengan lebih baik. “Dengan pameran yang akan digelar nanti, dapat menjadi wadah informasi bagi masyarakat akan hasil karya anak-anak dan juga menjadi kebanggan tersendiri bagi mereka,” tukasnya. Sejauh ini beberapa persiapan yang dilakukan untuk pameran telah dilakukan. Khususnya para siswa yang kini berkonsentrasi pada pemrograman setelah sebelumnya mereka fokus pada perangkat kasar. Untuk mendukung ke arah pembinaan sistem pemrograman ini, SMK Widyagama terus melakukan kerja sama

dengan UM dan Brawijaya. Dengan kerjasama yang telah terjalin lama ini diharapkan meberikan hasil lebih terutama pada sisi kualitas siswa maupun produk yang dihasilkan. “Hasil dari karya para siswa ini, baik itu dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan serta Teknik Sepeda Motor semuanya dapat dipamerkan nantinya”tambah Mawan. Selain para wali siswa yang akan datang ke sekolah, pada pameran unit produksi nantinya SMK Widyagama juga akan mengundang para siswa dari beberapa sekolah, sebagai sarana informasi bagi mereka akan program dan sistem pembelajaran sekolah yang berada di jalan Borobudur ini. “Selain memamerkan hasil karya, kami juga akan men-

DOK/MALANG POST

ROBOT: Para siswa SMK Widyagama saat mencoba hasil karya robotik yang akan dipamerkan pada pameran akhir semester. jual produk yang telah dihasilkan anak, seperti perangkat komputer,

robot dan lain sebagainya,” pungkasnya. (imm/nda)

MALANG - Lokakarya reformulasi kurikulum yang digelar Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 7-9 Oktober lalu berhasil merumuskan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Menurut Ketua Panitia, Drs. Nurwidodo, Mkes, lokakarya sebelumnya, PGSD UMM menghelat pertemuan nasional merespon kurikulum 2013, KBK dan KKNI. Bersamaan dengan itu prodi Pendidikan Biologi UMM pun melaksanakan acara yang sama. ”Pendidikan Biologi UMM merespon kurikulum 2013 di level pendidikan menengah sekaligus mengadaptasi KBK-KKNI dengan mengadakan lokakarya reformulasi kurikulum,” ungkapnya. Kurikulum yang diterapkan sebelum ini adalah Kurikulum Berbasis Isi (KBI) dan itu terjadi di semua institusi pendidikan tinggi (LPTK maupun non LPTK). Akibatnya penentuan nama matakuliah didasarkan pada kepantasannya dan penentuan SKS suatu matakuliah hanyalah didasarkan pada sedikit banyaknya isi suatu ilmu bahkan tebal tipisnya suatu buku acuan yang digunakan oleh dosen. Lebih parah lagi penentuan kedalaman dan keluasan suatu matakuliah didasarkan atas persepsi pribadi dosen pengampu matakuliah yang bersangkutan sehingga terkesan kurang bertanggungjawab. Dengan dirumuskannya KBK-KKNI ini maka penentuan matakuliah didasarkan pada pertimbangan yang sangat

IST

REFORMULASI: Kegiatan Lokakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi digelar di Pendidikan Biologi UMM, 7-9 Oktober. obyektif dan lebih bertanggungjawab. lulusannya. Langkah tersebut meliputi analisis Langkah yang telah ditempuh prodi SWOT untuk evaluasi diri, pelaca- Pendidikan Biologi UMM dalam merekan alumni (tracer study), penentuan formulasi kurikulum ke dalam KBK suprofil lulusan dan penentuan learning dah sampai pada penentuan matakuliah, outcome atau kompetensi yang akan pencermatan terhadap kedalaman dan dibekalkan kepada mahasiswanya. keluasan bahan kajian serta penentuan Prodi Pendidikan Biologi telah mela- jumlah SKS. Langkah ini akan segera dikukan tracer study, menentukan profil sempurnakan dengan penentuan learning alumni dan menentukan learning outcome outcome matakuliah (course learning program studi (PLO). Langkah tersebut outcome, CLO) dan penjabarannya kedamenghasilkan simpulan bahwa profil dari lam silabus matakuliah serta RPP melalui lulusan prodi ini adalah sebagai guru bio- Lokakarya (workshop). PR 1 UMM, Prof. DR. Bambang logi di SMA dan guru IPA di SMP. Hasil pelacakan alumni juga menunjukkan Widagdo, MM saat membuka acara bahwa lulusan prodi ini juga berprofesi menyatakan dengan perubahan mindset sebagai peneliti, sebagai pengembang yang melandasi pengembangan KBK sumber belajar, sebagai manajer sekolah ini maka perkuliahan tidak lagi diampu dan sebagai entrepreneur. Profil lulusan oleh satu orang dosen. Pengampu mayang demikian itu memberikan signal takuliah menghendaki team teaching kepada program studi untuk merumuskan yang minimal terdiri atas dua atau tiga kompetensi apa yang harus dibekalkan dosen sesuai dengan kepakaran yang dikepada mahasiswanya. Oleh karena itu, butuhkan untuk menyampaikan bahan maka prodi ini menetapkan 15 rumusan kajian suatu matakuliah. Proses perkulearning outcome untuk memenuhi profil liahan yang demikian itu diharapkan

akan benar benar dapat menanamkan sikap ilmiah, meningkatkan ketrampilan ilmiah sekaligus meningkatkan kecerdasan kreativitas mahasiswa. Mirjana Jovanovic, Pakar Biologi dari Belgrade University sebagai peninjau menyampaikan bahwa apa yang dipelajari dalam KBK di prodi pendidikan biologi UMM sudah mutakhir. Ia membandingkan pembelajaran dan matakuliah di prodi Pendidikan Biologi UMM dengan departemen biologi Belgrade University. Menurut pemahamannya matakuliah KBK di UMM memiliki banyak kesamaan dengan perguruan tinggi di negara Eropa. Kegiatan Lokakarya KBK-KKNI ini mendapatkan perhatian serius dari direktorat Pembelajaran dan Mahasiswa (BELMAWA) serta Direktur PUSBANGPRODIK Kemendikbut RI. Bahkan Direktur Pusbangprodik (DR. Unifah Rasyidi) ditengah kesibukannya yang luar biasa menyempatkan diri hadir untuk menyemangati peserta lokakarya. Beliau memang memiliki kepentingan untuk mensinergikan LPTK dengan mindset kurikulum 2013 dan dampaknya bagi tenaga kependidikan yang diproduksi oleh LPTK. Lokakarya kurikulum KBK-KKNI2013 selama tiga hari ini menghadirkan pendamping dari Belmawa Dikti, Prof. DR. Hendrawan Sutanto, M.rurr.sc. pakar kurikulum dari UB. Sebagai peninjau adalah DR. Mirjana Jovanovic dari Belgrade University dan Dr. Abdulatif dari University of Sudan. Terselenggaranya lokakarya ini didukung sepenuhnya oleh DIA BERMUTU Batch III, program Hibah KBK dan internal UMM. (oci/sir/nda)

Wisuda Program D3 Teknik Mekatronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Informatika Poltekom

“Sebanyak 2/3 dari peserta penataran yang sedang berlangsung terdiri dari pria. Sebanyak 1/4 peserta penataran adalah wanita belum berkeluarga. Bila ada 3 orang wanita yang sudah berkeluarga, maka berapa banyaknya peserta penataran tersebut?”

SOSOK

AJENG CAHYA KAMILA

Lulus, Jadi Rebutan Perusahaan Besar MALANG - Politeknik Kota Malang (Poltekom) menggelar agenda wisuda untuk mahasiswa program D3 Teknik Mekatronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Informatika, Sabtu (12/10/13) di Hotel Santika Premiere Malang. Lulusan D3 yang dididik siap kerja ini pun menjadi rebutan sejumlah perusahaan besar. Salah satunya adalah lulusan Teknik Mekatronika yang selalu laris manis diinden industri. ”Setiap tahun kami selalu kewalahan untuk memenuhi permintaan industri, karena kebutuhan lulusan mekatronika yang tinggi namun sayangnya belum banyak masyarakat yang mengetahui potensinya,” ungkap Direktur Poltekom, Drs. Supandi SH. M.Si kepada Malang Post. Teknik Mekatronika lanjutnya merupakan program studi yang langka, tidak banyak perguruan tinggi yang membuka program ini. Disisi lain, tenaga ahli di bidang ini banyak dicari oleh dunia industri. Bahkan ada salah satu perusahaan internasional, United Can Company yang secara khusus memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Poltekom untuk ikatan kerja. Sejak awal perkuliahan mahasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa studi hingga biaya hidup. ”Biaya hidup yang diberikan sebagai uang saku berkisar antara Rp 1 juta-1,5 juta per bulan, diberikan sejak awal studi hingga lulus,” ujarnya. Beasiswa tersebut tahun ini baru bisa dinikmati satu orang mahasiswa saja, karena dari jatah tiga kursi beasiswa hanya satu yang memenuhi persyaratan. Sayangnya, lanjutnya tingginya peluang kerja bagi lulusan mekatronika ini belum banyak diketahui masyarakat. Banyak yang tidak mengenal program ini, padahal kalangan industri di Indonesia, disadari atau tidak, telah banyak

Kode teka-teki Edisi Sabtu : 6701-2357

Entrepreneur Bidang

TELEKOMUNIKASI

Sangat Menjanjikan

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

PRAKTIKUM: Mahasiswa Teknik Mekatronika sedang praktek di lab mekatronika.

menggunakan peralatan “mekatronis”, sehingga banyak membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang mekatronika. Di Poltekom, kelas mekatronika tahun ini menerima tiga kelas untuk konsentrasi alat berat dan otomasi industri. Sementara itu Pembantu Direktur 1 bidang akademik Poltekom, M. Fahmi Hakim ST. MT menuturkan Poltekom saat ini terus melakukan terobosan

baru. Sejumlah kerjasama yang sudah dilakukan diantaranya dengan Republik Politeknik Singapura untuk mendalami model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang sudah dikembangkan disana. Kerjasama antara kedua lembaga tersebut dijembatani oleh Ditjen Dikti melalui program SP4 yaitu satuan pelaksana pendirian pengembangan Poltek. Tujuan dari ker-

jasama ini adalah untuk meningkatkan sistem pembelajaran di poltek, karena itulah ada program SP4 Dikti. ”Dalam waktu dekat akan dilakukan pertukaran pelajar dari Poltekom ke Singapura,” bebernya.Kerjasama lain dilakukan Poltekom dengan ITB Bandung melalui program D4 ITB dan bidang yang sama juga dilakukan dengan ITS Surabaya. (oci/sir/nda)

DUNIA Telekomunikasi membuat Ajeng Cahya Kamila jatuh cinta. Salah satu lulusan terbaik Poltekom yang akan diwisuda hari ini sudah mulai mempelajari telekomunikasi sejak duduk di bangku SMK yaitu di SMK Telkom Shandy Putra Malang. Keinginannya untuk bergabung dengan perusahaan telekomunikasi besar pun semakin mantap sehingga ia memutuskan untuk melanjutkan studi ke Poltekom. ”Kebetulan saya melihat di Poltekom ada jurusan Telekomunikasi dan selain itu biayanya terjangkau, sehingga saya memutuskan mendaftar,” ungkap Ajeng. Peraih IPK 3,8 ini sedang menunggu panggilan kerja dari sejumlah perusahaan telekomunikasi besar. Baginya bekerja setelah lulus merupakan kesempatan untuk mencari pengalaman yang banyak. Sebab saat mengikuti praktek magang kerja industri, ia menyadari banyak hal yang masih harus dipelajarinya. ”Saya perlu banyak belajar terutama di dunia kerja, karena bekal akademik sudah cukup dan sekarang waktunya saya mencari pengalaman di dunia nyata,” kata dia. Ajeng menyelesaikan studi dengan membuat karya tugas akhir Voice Changer. Alat tersebut dimungkinkan untuk mengubah karakter suara untuk keperluan pengisi suara animasi. Ia berharap ke depan juga bisa berwirausaha di bidang telekomunikasi. Sebab menurutnya prospeknya sangat menjanjikan. ”Saya pernah magang di dua perusahaan yang memanfaatkan era telekomunikasi, saya mendapat banyak pengalaman di sana,” kata dia. Tiga lulusan terbaik Poltekom pada wisuda kali ini adalah Arief Andriyan Syahrul dari Teknik Informatika dengan IPK 3,86, Ajeng Cahya Kamila dari Teknik Telekomunikasi dengan IPK 3,80 dan Yunanto dari Teknik Mekatronika dengan IPK 3,68. Arief yang sukses meraih IPK tertinggi mengaku setelah lulus ini ia sudah menyiapkan sebuah usaha di bidang pengembangan dan pembuatan aplikasi komputer. Dan menurutnya bisnis yang baru dirintis itu sudah mulai membuahkan hasil. ”Saya bersama tiga teman saya yang lain sedang merintis usaha di bidang aplikasi komputer, dan kami optimis dengan bidang usaha ini,” ujarnya mantap. (oci/sir/nda)

Wisuda UM

Siapkan Diri Menjadi Job Creator MALANG - Presiden Direktur PT. Pratama Abadi Industry, Ning Wahyu Astutik akan memberikan motivasi kepada lulusan Universitas Negeri Malang (UM) yang diwisuda hari ini, (12/10/13). Alumni sukses dari jurusan Bahasa Inggris angkatan 1987 ini akan berbagi kisah suksesnya hingga mencapai puncak pimpinan di salah satu perusahaan asing yang bergerak di bidang manufaktur berskala internasional. Ning Wahyu Astutik akan berbicara di hadapan 1.320 wisudawan dalam prosesi wisuda di Gedung Graha Cakrawala UM. Pada wisuda kali ini juga dikukuhkan tiga lulusan terbaik dengan IPK tertinggi dan lama studi terpendek yaitu untuk Program D3 diraih Muhammad Zainul Lissajidin, A.Md dari Program Studi D 3 Game Animasi dengan IPK 3,71, Program Sarjana diraih Aurora Kumala dengan IPK 3,79 dari Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika FMIPA, dan Program Sarjana Gelar Ganda diraih Dwi Fatmalasari S.S.S.Pd dengan IPK 3,61 pada Program Studi Sarjana Bahasa dan Sastra FS, dan IPK 3,64 pada program studi sarjana pendidikan bahasa, sastra

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

Indonesia dan daerah. Peraih gelar ganda, Dwi Fatmalasari mengaku bangga dengan pilihannya studi bahasa Indonesia. Karena berkat bahasa Indonesia ia memiliki kesempatan untuk menjadi pengajar di program Critical Language Studies (CLS) Amerika di UM. “Karena kesempatan menjadi pengajar di CLS inilah saya jadi semakin mencintai dunia pendidikan dan pengajaran, dan saya semakin bangga menjadi sarjana bahasa Indonesia,” ungkap Dwi. Alumnus SMAN 1 Jombang ini berharap dengan bekal bahasa Indonesia pula ia bisa menembus beasiswa studi di luar negeri. Kalau Dwi ingin membawa Bahasa Indonesia go internasional, Zainul lain lagi. Dengan kemampuannya di bidang animasi, ia ingin menciptakan karya film animasi yang tak kalah dengan luar negeri. “Sejak kuliah saya sudah bergabung dengan perusahaan animasi, dan berharap suatu saat ini bisa menghasilkan karya yang disukai di dalam negeri dan tidak kalah dengan produk asing,” harapnya. Lulusan terbaik dari FMIPA, Aurora

yang gemar dengan Fisika mengaku sedang menyiapkan diri untuk studi lanjut S2. Kelahiran Tuban, 4 Januari 1992 ini adalah mahasiswa yang selama studi pernah dua kali mendapatkan pendanaan Ditjen Dikti dalam program kreativitas mahasiswa (PKM). Sementara Ketua Senat UM, Prof. Dr. Suko Wiyono SH.MH yang memimpin prosesi wisuda hari ini menuturkan wisuda semester genap tahun 2012/2013 tahap II ini terasa istimewa karena waktunya berdekatan menjelang perayaan Dies Natalis UM ke 59. Perayaannya akan dilaksanakan 18 Oktober 2013 minggu depan dan menjelang Perayaan Lustrum ke 12 pada tahun 2014 nanti. Rektor UM, Prof Dr Suparno dalam sambutannya mengungkapkan lulusan sudah memperoleh pengalaman belajar yang berkualitas sejalan dengan pendidikan di UM yang sudah didesain sebagai pendidikan berkualitas. Pada buku Pedoman Pendidikan Tahun 2013 ini, misalnya, ada substansi baru pengendalian kualitas itu, yakni kompetensi dan kemampuan berbahasa Inggris lulusan yang diukur berdasar-

kan capaian minimal skor TOEFL atau equivalennya lulusan Program S1 minimal mencapai 400, lulusan Program S2 minimal mencapai 450, dan lulusan Program S3 minimal mencapai 500. Khusus Program S3 Pendidikan Bahasa Inggris dipersyaratkan lebih tinggi dari persyaratan tersebut. “Dengan pendidikan yang berkualitas tersebut, kita harus yakin bahwa kecerdasan majemuk (multiinteligencies) dan talenta majemuk (multitalents) sudah berkembang dengan baik,” ujarnya. Dengan modal tersebut, lulusan dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif. Dengan modal itu pula, lulusan memiliki kemampuan andal tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker), tetapi juga menjadi pencipta kerja (job creator). “Keberhasilan sangat bergantung pada kepiawaian Saudara dalam membaca peluang dan menciptakan peluang untuk memberdayakan diri sebagai insan yang sudah memiliki pengalaman belajar dan kompetensi layak,” pungkasnya. (oci/adv/nda)

LAILATUL ROSIDA

SIAP BERKARYA: (ki-ka) Lulusan terbaik UM, Muhammad Zainul Lissajidin, A.Md dari Program Studi D 3 Game Animasi dengan IPK 3,71, Program Sarjana diraih Aurora Kumala dengan IPK 3,79 dari Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika FMIPA, dan Program Sarjana Gelar Ganda diraih Dwi Fatmalasari S.S.S.Pd dengan IPK 3,61 pada Program Studi Sarjana Bahasa dan Sastra FS, dan IPK 3,64 pada program studi sarjana pendidikan bahasa, sastra Indonesia dan daerah.


SABTU, 12 OKTOBER 2013

18

IST/M FIRMAN/MALANG POST

IEC SERI II

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

GEREBEK:

RINTANGAN: Suasana lap IEC seri II sudah siap menyambut para pembalap di Coban Talun Batu.

Suasana penggerebekan serta pasangan menandatangani surat pernyataan.

DIGEREBEK, Denda 100 Sak Semen Suami Kerja, Istri Ditemani Pria Kepala Botak BATU –Bagi yang kerap melakukan, mungkin merasakan selingkuh itu enak. Tetapi bila sampai digerebek warga, raut wajahpun menjadi pucat halnya tampang kuntilanak. Kasus penggerebekan dugaan perselingkuhan itulah, yang Jumat dini hari kemarin berlangsung di komplek perumahan Griya Asri (eks KUD) Jalan Imam Bonjol III RT05 RW01 Kelurahan Sisir, Kota Batu. Imbasnya, sidang kampung pun dibuka dengan vonis denda 100 sak semen senilai Rp5 juta, sementara si wanita diusir dari rumah yang disewanya itu. “ Denda semen tersebut, untuk material perbaikan fasum yang memang sedang dibutuhkan warga untuk pembangunan kampung,’’

ungkap Ketua RT05 RW01 Kelurahan Sisir, Djumari, Jumat pagi kemarin. Malam itu, puluhan warga harus rela bertahan berjam-jam mengepung rumah yang dihuni Mit, 34 tahun bersama dua anaknya yang masih kecil-kecil. Warga mencurigai di rumah itu sedang ada pria dewasa bernama Wis, 39 tahun yang jelasjelas bukan suami Mit sedang bermalam. Nampaknya, sejak sore warga sudah mengendus gelagat Wis berniat bermalam di rumah Mit yang kebetulan sedang ditinggal sang suami bekerja di luar kota itu. Menariknya untuk menghindari kecurigaan warga, Wis sengaja memarkir mobilnya di RS Paru Kota Batu. Sedangkan untuk menuju rumah Mit berjarak sekitar 2 Km, Wis warga Sidoarjo ini sengaja mengendarai mobil Honda City milik Mit. “ Kami membuntuti sejak dari RS

Paru hingga rumah yang digerebek itu,” ungkap salah seorang warga. Pengintaian pun terus dilakukan. Sekitar pukul 23.00, warga tidak melihat pria dan perempuan itu keluar rumah. Mobil Honda City tetap berada di garasi, sedangkan pintu dan jendela rumah tertutup rapat.Warga kian yakin Mit dan Wis berada dalam rumah, penggerebekan pun dilakukan. Awalnya, berulangkali diketok pintu tak kunjung dibuka. Namun ketokan pintu terus dilakukan, Mit keluar sekaligus menjawab pertanyaan warga bahwa Wis tak ada di dalam rumahnya.’’ Masak bisa menghilang ?,’’celetuk seorang warga karena saat itu Wis sudah lenyap dari rumah itu. Bagikan tim Buser kepolisian, warga bergerak cepat melakukan penyisiran. Ternyata Wis kabur lebih dulu menuju kebun

belakang rumah dengan cara melompat pagar tembok. Sempat terjadi kejar-kejaran, walaupun akhirnya Wis tertangkap. Lantas, warga pun menggelendeng pria berkepala botak itu kembali ke hadapan Mit yang benar-benar tak mampu beralibi lagi. Suasana kampung itu pun semakin gaduh, Mit dan Wis beralih diboyong ke rumah Ketua RT Djumari, dan dalam sidang kampung Wis bersedia menyumbang Rp5 juta kontan untuk membelian 100 sak semen pembangunan kampung. Sejumlah warga menyebutkan, bahwa Mit yang asli warga Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu, itu ketika pindah nyewah rumah di komplek Griya Asri, datang ke rumah ketua RT untuk melapor ditemani suaminya.‘’Saya pasrah kepada warga, ya mau gimana lagi,’’ ungkap Wis.(feb/lyo)

Rute Alutsista Balik Rencana Awal BATU – Persiapan pawai dan pameran alat utama sistem persenjataan TNI (Alutsista) yang digelar 19 Oktober nanti, terus dimatangkan. Gabungan panitia dari Pemkot Batu, Polres dan berbagai kesatuan TNI kemarin kembali menggelar rapat, meski sehari sebelumnya juga sudah pertemuan. Dalam rapat kemarin salah satunya menghasilkan keputusan, bahwa ada perubahan rute. Yakni, bila sebelumnya pawai kendaraan perang itu tidak melewati Jalan Imam Bonjol (depan Lippo Plaza) setelah dari block office Jalan Panglima Sudirman, Jalan Kartini

belok menuju Jalan WR Supratman, Jalan Agus Salim terus masuk Stadion Brantas melalui sektor utara. Namun setelah berkali-kali survey, jalur tersebut kesulitan dilintasi bebe rapa kendaraan persenjataan.” Jadi diputuskan, pawai tetap harus meng gunakan jalan Imam Bonjol karena beberapa Alutsista tidak bisa menggunakan jalur lain,” ungkap Kasat Lantas Polres Batu, AKP I Gusti Made Merta. Dengan begitu, jalur yang digunakan tetap menggunakan obsi awal walaupun pada perkembangannya sempat dipu-

tuskan melalui obsi kedua. Secara lengkap Kasat Lantas menjelaskan, jalur yang akan dilalui pawai mulai block office Jalan Panglima Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sultan Agung sisi utara dan finish di Stadion Brantas. Di komplek stadion, persenjataan akan dipamerkan selama tiga hari. Jalan Sultan Agung, hanya digunakan pada sisi utara dengan harapan sisi selatan masih bisa bisa dilalui kendaraan lain. Apalagi pawai berlangsung pada hari Sabtu, sehingga kendaraan wisatawan biasanya sangat

padat saat weekend itu. ” Kendaraan masuk Kota Batu, baik dari Surabaya/ Malang ke Pujon dan sebaliknya, masih bisa menggunakan jalur Sultan Agung,” tandasnya. Kendaraan pribadi dari arah Pujon menuju Malang, bisa melalui Kusuma Agrowisata, Panderman Hill, Junrejo dan tembus Jalan Raya Soekarno di Desa Pendem. ” Kami tetap ingin pawai Alutsista lancar. Begitu juga dengan kegiatan masyarakat lainya, tetap masih bisa berjalan. Jangan sampai ada kegiatan, arus lalu lintas malah staknan karena kemacetan pawai,” pungkasnya. (feb/lyo)

Diawali Pemberian 100 SHM BATU – Kado istimewa bakal diberikan Pemkot dalam rangkaian peringatan hari jadi ke 12 Kota Batu. Yakni, pemberian 100 sertifikat hak milik kepada warga. Sertifikat yang diterbitkan secara massal melalui Program Agraria Nasional (PRONA) itupun, sudah siap dibagikan Walikota Eddy Rumpoko pada pembukaan Indonesia Enduro Championship (IEC) Seri II tahun 2013 yang dipusatkan di Lapangan Coban Talun, Tulungrejo, Sabtu hari ini. Para penerima sertifikat PRONA itu, juga diundang ke Coban Talun.” Besok (hari ini) Pak Wali, akan menyerahkan sertifikat kepada 100 penerima di Coban Talun dalam upacara pembukaan. Setelah itu pelaksanaan IEC segera dilakukan,” ungkap Susilo Trimulyanto, koordinator humas IEC kepada Malang Post. Menurutnya, even IEC akan diikuti para pembalap trail berjumlah sekitar 200 orang. Mereka berasal dari Malang raya, Jatim, kota-kota besar di Indonesia dan pembalap dari luar negeri. IEC seri II ini, merupakan kelanjutan seri pertama yang berlangsung di Kediri, beberapa waktu lalu. Menurutnya, IEC akan sangat menarik untuk ditonton. Selain pembalap yang memang benar-benar tangguh, kegiatan itu juga ditunjang fasilitas memadai dengan menggunakan lahan seluas 35 hektare. Sedangkan lap yang dilalui pembalap cukup banyak rintangan, baik buatan maupun alami.”Semua lap sudah siap. Teman-teman pembalap pun sudah hadir untuk mempertontonkan aksi mereka menaklukan rintangan,” tegas pria yang akrab disapa Aiek ini. Beberapa pembalap mengakui, bahwa lap dan sircuit yang digunakan cukup menantang. Namun hal itu malah membuat mereka semakin terpacu, untuk menaklukkan setiap rintangan tersebut. (feb/lyo)

PMI

Unggul Suporter, Ekbang Juara

MISKI/MALANG POST

LEPAS PERSAINGAN: Juara I tim Ekbang (atas) foto bareng dengan peraih juara II, tim Kecamatan Junrejo.

B BATU-Kompetisi Women Futsal mera rayakan hari jadi ke 12 Kota Batu, te lah berakhir Jumat kemarin. Tim ddari Ekonomi Pembangunan (Ekbang), ta tampil sebagai juara I setelah menganddaskan perlawanan ibu-ibu staf dan ppegawai Kantor Kecamatan Junrejo ddengan skor 3-1. Dengan kemenangan itu, tim Ekbang ppun berhak mengantongi tropy dan hhadiah Rp7,5 juta. Sementara tim yang dikapteni Camat Ju Junrejo, Suliana harus puas menduduki ju juara II. Juara III, disabet oleh tim dari K Kantor KLH, sedangkan juara IV Dinas Perumahan. Dukungan suporter yang begitu me nguasai perjalanan pertandingan 10 X 2 itu, benar-benar mampu memberi semangat Srikandi-Srikandi Ekbang, padahal sepanjang pertandingan tim

Kecamatan Junrejo justru menguasai permaianan. Tim Ekbang yang mengenakan kaos hitam itupun, lebih dulu menyarangkan tiga gol. Sementara gol balasan tim Kecamatan Junrejo berkostum biru itu, baru tercipta di babak kedua dan itupun hanya gol semata wayang. Sementara pertandingan antara Kantor KLH dan Dinas Perumahan, ha rus berakhir dengan adu pinalti, skor 2-1 untuk kemenangan KLH. Kor dinator lomba Woman Futsal Piala Istri Walikota Batu Cup, Sinal Abidin mengatakan bahwa semua pertandingan babak penyisihan hingga final, memakan waktu tiga hari. Dan setelah tutasnya futsal, siangnya berganti dengan mempertandingkan bola volley dengan ten tertutup, lalu dilanjutkan lomba balapan teklek.” Ternyata antusiasme ibu-ibu SKPD luar biasa, mereka mampu mempertontonkan persaingan tanding,”ujar Sinal. (mik/lyo)

Tulungrejo Gilas Mojorejo 5-1 BATU- Memasuki hari kelima babak penyisihan grup Kompetisi KU-16 Kapolres Cup, setiap Jum’at hingga Minggu bakal dihelat empat pertandingan. Hal ini berbeda di pertandingan Senin sampai Kamis, yang cukup dua laga saja. Kick off pertandingan pertama, dimulai pukul 14.15 di Lapangan Bumiaji mempertemukan Desa Sidomulyo v Desa Torongrejo. Sedangkan di Lapangan Tulungrejo, antara tim Desa Pesanggrahan melawan Desa Bulukerto. Sesi kedua pukul 15.30, di Lapangan Bumiaji

mempertemukan Desa Tlekung v Desa kostim biru itu menunjukkan perBeji, dan di Lapangan Tulungrejo antara mainan terbaiknya, sehingga mampu Desa Mojorejo bertemu tim dari Desa menambah dua gol lewat kaki Bagas Tulungrejo. dan Feby. Akan tetapi, usaha Kesebelasan Desa Sidotim dari desa penghasil buah mulyo sendiri, berhasil mestrawberry itu, belum mampu naklukkan Desa Torongrejo membalik keadaan hingga dengan skor tipis 4-3. Dalam peluit panjang. pertandingan kemarin, Pada pertandingan kedua, Torongrejo sempat tertinggal Desa Tlekung harus puas 3-1 di babak pertama. Empat berbagi poin dengan Desa Kapolres Cup gol dilesakkan Adi Patut, Beji setelah 35 x 2 menit, Rifki dan Bagus. Baru pada se panjang per tandingan babak kedua, Torongrejo yang ber- bermainan imbang 1-1. Bahkan, gawang

Tlekung diganjar kartu merah. Toh demikian, 8 menit sebelum pertandingan berakhir Desa Beji tetap tak mampu menambah pundit-pundi golnya. Di lapangan dua Desa Tulungrejo, tuan rumah kembali meraih kemenangan kedua kalinya setelah pada pertandingan sebelumnya mampu menggilas Desa Mojorejo 5-1. Kapten Fadillatus memborong tiga gol kemenangan tersebut, dua gol sisanya disumbangkan Veri, serta Agus. Satu satunya gol balasan, dilesakkan Ananta. Tulungrejo pun bertengger di klasemen sementara grup C.(mik/lyo)

MISKI/MALANG POST

DONOR: Salah satu warga Kota Batu, ketika mendonorkan darahnya di PMI Kota Batu.

Pastikan Stok Darah Cukup BATU- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu, mulai mengantisipasi bakal bergantinya musim penghujan. Sebab, setiap pergantian musim itu ditengarai bakal banyak membutuhkan tranfusi darah. Lantas, Jumat dibuka posko donor darah di Kantor PMI Jalan Kartini. Sekretari PMI Kota Batu, Asemat mengatakan, setiap pekan ke I dan III jatahnya Kota Malang mengambil stok darah dari Kota Batu. Sementara untuk PMI Kabupaten Malang, dilakukan minggu ke II dan IV. PMI Kota Batu sendiri, belum mempunyai tempat penyimpanan atau penampungan darah. “PMI Kota dan Kabupaten yang biasanya ngambil, karena status kami kan masih ikut keduanya. Kecuali PMI Batu sudah mempunyai tempat untuk penyimpanan,”kata Asemat. Menurutnya, mendekati pergantian musim biasanya warga banyak menderita sakit sehingga kebutuhan darah pasti meningkat. Dan langkah membuka posko donor darah itu, sangat efektif untuk mencukupi kebutuhan sepanjang pergantian musim. Selain itu, Jumat kemarin PMI juga membuka posko di tiga lokasi. Antara lain di Balai Desa Sidomulyo dan SMAN 1 Batu.” Rencana kedepan tehnik jemput bola ini bakal jadi rutinitas,”ujarnya. Dari data PMI Kota Malang, ada sebanyak 1.775 warga Kota Batu yang mendonorkan darahnya sepanjang tahun. Sedangkan di PMI Kabupaten Malang, jumlah pendonor dari warga kota ini sebanyak 750 pendonor.’’ Dengan jumlah tersebut bisa menunjukan kesadaran warga tentang pentingnya donor darah,’’pungkas Asemat. (mik/lyo) REDAKTUR: FEBRI, LAYOUTER: OLIS


SABTU, 12 OKTOBER 2013

Bangun Fly Over, Lebarkan Jalan dan Tata PKL Dishub Cari Solusi Macet Singosari-Lawang MALANG – Kepadatan dan kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di sepanjang poros jalan utama LawangSingosari mendapat perhatian Pemkab Malang. Terlebih, kepadatan di wilayah yang menjadi pintu masuk Kabupaten Malang itu juga menimbulkan kemacetan panjang, utamanya ketika memasuki akhir pekan dan liburan panjang. Pemkab pun berusaha mencarikan solusi agar arus lalu lintas di sepanjang jalan itu bisa lancar. Kemarin, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika menggelar diskusi terbuka di Ruang Anusapati, Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan KH Agus Salim, Malang. Dishub mengundang pakar transportasi, Organda, paguyuban angkot dan PKL, Polres Malang, Balai Jalan, UPT DLLAJ Provinsi, Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga dan Satpol PP. ‘’Benar, kami bahas perkembangan yang terjadi di poros jalan LawangSingosari. Prioritas kami adalah bagaimana mendapatkan solusi dalam memecahkan kemacetan di Lawang-Singosari,” terang Nazarudin Selian, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika kepada Malang Post, kemarin.

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

RAWAN MACET: Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang terus mencari solusi mengatasi kemacetan di jalur utama Singosari-Lawang.

Disampaikan Nazar, pihaknya menilai, puncak kemacetan selama ini terjadi di poros jalan tersebut disebabkan banyak faktor. Di antarannya, diakibatkan jumlah kendaraan yang sudah overload. Selain itu, media jalan yang sempit, penyempitan jalan akibat jembatan dan pelanggaran lalu lintas. Walhasil, pemkab punya prioritas melakukan pelebaran jalan, termasuk menata PKL.

Pelebaran jalan berada di empat titik sepanjang Lawang-Singosari juga akan dilebarkan. Untuk kegiatan pembangunan, meliputi pelebaran jalan, renovasi jembatan dan pembangunan flyover Singosari dimungkinkan baru dapat diajukan dalam program tahun 2014 nanti. Pasalnya, hal ini menyangkut anggaran daerah. Langkah pemecahan

masalah kemacetan dan kepadatan lalu lintas ini dijalankan SKPD dan mendapat dukungan penuh pihak-pihak yang terkait dengan penggunaan jalan raya. ‘’Dari diskusi ini, terciptalah usulanusulan seperti dilakukan pelebaran jalan, jembatan layang melintas rel kereta api di Singosari, bundaran di pertigaan karanglo. Semuanya perlu pengkajian,” pungkas Nazar. (poy/lim)

Kiat P-WEC Kampanye Lingkungan pada Anak-anak

Ajak Menggambar dengan Pewarna Alami Tumbuhan DAU- 50 anak-anak dan ibu guru TK se-Kecamatan Dau Kabupaten Malang, Selasa (8/10) lalu asyik menggambar berbagai rupa di Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC). Menariknya, mereka menggambar menggunakan pewarna alami berasal dari berbagai jenis tumbuhan. Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan pelestarian lingkungan. Direktur P-Wec Khudhori mengatakan, kampanye lingkungan harus ditanamkan sejak dini, termasuk kepada anak-anak TK. “Tujuannya, bila sudah besar nanti mereka semakin cinta lingkungan. Salah satu caranya, melalui kegiatan seperti ini, sekaligus memberikan pendidikan bagi mereka,” ujarnya saat dihubungi Malang Post kemarin.

Menurutnya, menggambar sekaligus mewarnai menggunakan cat minyak, bisa jadi membahayakan bagi para penggunanya yang mayoritas merupakan anak-anak. Pasalnya, bila terkena tubuh anak-anak itu, maka akan sulit dihilangkan karena sifatnya permanen. Hal itu, dari segi kesehatan anak-anak, tentunya tidak bagus dan berbahaya. Lain halnya dengan pewarna berasal dari alam atau tumbuh-tumbuhan, yang diklaim oleh Khudhori aman digunakan. “Kalau terkena tubuh, cat alami ini bisa dihilangkan menggunakan air dengan mudah. Kalau cat dari minyak, nantinya bisa jadi merusak kulit dan bahkan lebih parah lagi bagi yang mempunyai alergi,“ tegasnya.

Dia menjelaskan, beberapa tumbuhan bisa digunakan sebagai cat pewarna. Seperti daun jati menghasilkan warna merah tua, daun bayam merah menghasilkan warna merah, daun suji menghasilkan warna hijau, kunyit menghasilkan warna kuning, marang yang dibakar menghasilkan warna hitam, dan batang pisang menghasilkan warna coklat. “Sedangkan daun pacar bisa menghasilkan warna jingga dan masih banyak lagi tumbuhan dari alam yang bisa digunakan menjadi cat warna,“ jelasnya. Untuk proses pembuatannya, dia menerangkan daun maupun tumbuhan itu kemudian bisa ditumbuk, diblender, direbus, dan direndam. Kemudian hasil proses itu,

dicampur dengan air yang kemudian dipanaskan kembali hingga mengental. “Barulah, cat alami itu bisa digunakan untuk melukis. Kami juga memproduksi sendiri cat alami itu dan dikemas menggunakan bahan campura alam yang juga ramah lingkungan,“ terangnya. Sedangkan untuk para guru TK yang kesempatan itu juga ikut menggambar dengan cat alam, dia berpesan agar tidak lelah untuk mengajak anak didiknya untuk semakin mencintai lingkungan. “ Itu tujuan semata-mata untuk meng hindari kerusakan lingkungan yang lebih parah lagi. Bila kebaikan yang kita tanam sekarang, akan dipanen untuk anak cucu kita mendatang,“ pungkasnya. (big/lim)

Satpol PP Bersih-bersih Iklan Kadaluarsa KEPANJEN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang terus menertibkan keberadaan famlet, spanduk, baliho maupun reklame promosi produk di sejumlah tempat di sepanjang jalan protokol PakisajiKe panjen. Mereka menggelar razia secara berkala famlet maupun reklame promosi produk sudah kadaluarsa atau pemasangannya sudah melewati batas waktu yang diizinkan. Satpol PP yang menurunkan delapan anggota itu tampak melepas puluhan spanduk promosi produk yang dipaku di pepohonan dan baliho. Tak ketinggalan, sejumlah PKL yang menggelar dagangan di bahu jalan raya pun ikut ditertibkan petugas. Seperti pedagang kacamata,

buah dan dipan alias tempat tidur yang kerap mangkal di dekat kantor PMI Kabupaten Malang. ‘’Akan kami tertibkan, copot dan disita, karena jika tidak berizin, ataupun yang sudah kadaluarsa dan membentang di tengah jalan, jelas itu sudah melanggar Perda No 8 tahun 2010 tentang Pajak Reklame, dan Perda No 5 tahun 2011 tentang reklame,” tegas Subandi, Komandan Regu Satpol PP Kabupaten Malang, kemarin. Diakuinya, pihaknya mensinyalir masih ada spanduk, umbul-umbul dan pamflet, baik yang kadaluarsa izinnya maupun yang tak berizin dipasang di sejumlah tempat di wilayah Kabupaten Malang. Oleh karena itu, Satpol PP

akan terus melakukan penertiban peraga promosi dengan menurunkan salah satu regu untuk menyusuri lokasi. Razia ini juga untuk menciptakan keindahan sepanjang jalan. ‘’Kami akan terus menggelar operasi penertiban atribut promosi yang sudah kadaluarsa izinnya maupun yang tidak berizin. Termasuk peraga promosi yang ditempelkan di pepohonan karena itu dilarang,” pungkas Subandi. (poy/lim)

BERSIHKAN: Satpol PP Kabupaten Malang menertibkan baliho usang di pintu masuk parkiran PG Kebonagung, kemarin.

rapa pihak. Seperti Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Jawa Timur, beberapa KUD dan Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung. “Selain letaknya yang strategis, potensi di sini juga cukup banyak. Bahkan Bupati Malang sudah menyebut daerah di sini sebagai kawasan segitiga emas, yang akan dikembangkan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya. Untuk itu, pihaknya akan mendukung penuh program maupun pembangunan

MALANG – Jam masuk kerja bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang bakal berubah lebih siang. Kalau selama ini, mereka diwajibkan masuk sebelum pukul 07.30 WIB, kebijakan baru akan mundur 30 menit menjadi pukul 08.00 WIB. Itu karena seluruh staf Sekretariat Daerah (setda) dari 14 lembaga atau badan seluruhnya pindahan ke kantor baru di block office Pemkab Malang Kepanjen, per Senin (7/10) lalu. Hal ini dibenarkan Abdul Malik, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang. Dia menyebut, potensi terjadinya perubahan jam masuk kerja itu sudah mendapat persetujuan Bupati Malang, H Rendra Kresna. Rencananya, jam masuk baru itu dimulai per 16 Oktober mendatang. Meski mundur setengah jam, masa aktif kerja masing-masing PNS tetap delapan jam untuk per hari. ‘’Sehingga jika masuknya jam 08.00 WIB, maka jam pulang PNS pada pukul 16.00 WIB. Saat ngantor di Pendopo lama, Jalan KH Agus Salim, PNS masuk pukul 07.30 WIB dan jam pulang 15.30 WIB. Jadi durasi jam kerjanya sama dan pada intinya PNS wajib masuk selama minimal 37,5 jam per minggu, atau dalam lima hari kerja,” terangnya kepada Malang Post, kemarin. Disampaikan Malik, perubahan jam masuk kerja tersebut dikarenakan adanya perkembangan aktifitas PNS yang dalam beberapa hari terakhir sudah berkantor di block office Kepanjen. Ia menyebut, dengan jam masuk tetap pada pukul 7.30 WIB, ternyata yang datang tepat waktu masih belum ada 50 persen. Meski sudah jauh disosialisasikan, para PNS ini sebagian besar terkendala jalanan yang macet dan mengantarkan anak sekolah. Ia menambahkan, sejumlah PNS memang sudah ada yang menyampaikan permohonan melalui SKPD masing-masing agar jam masuk diubah menjadi pukul 08.00 WIB. Keputusan perubahan jam masuk ada di tangan Rendra Kresna. Dengan pertimbangan, tingkat titik jenuh kemacetan dari arah Kota Malang menuju Kepanjen mencapai 70 persen. Selain itu, jika ditetapkan jam masuk kerja pukul 08.00 WIB, selisih waktu bisa dipakai PNS untuk mengantar anak sekolah.‘’Jika PNS banyak yang telat masuk kerja, juga membuat kinerja pelayanan masyarakat tidak maksimal. Terlebih, jika mereka izin terlambatnya sampai terakumulasi 8 jam, maka diakumulasikan mbolos sehari. Hal ini sesuai Peraturan pemerintah (PP) No 53 2010, berbeda dengan PP No 30 tahun 1988 yang tak diakumulasi,” pungkas Malik. (poy/lim)

PASAR PONCOKUSUMO

Sepi, Diusulkan Jadi Pasar Desa PONCOKUSUMO - Kian menurunnya aktifitas transaksi jual beli di Pasar Kecamatan Poncokusumo, menuai perhatian serius dari pihak kecamatan. Masalahnya, pasar yang seharusnya bisa beraktifitas dari pagi hingga siang itu, nyatanya hanya berlangsung sekitar 5 jam. Menyikapi hal itu, kecamatan pun melakukan koordinasi dengan pihak Desa Poncokusumo dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar, untuk merubah status pasar dari yang awalnya pasar kecamatan menjadi pasar desa. “Mengenai perubahan itu, sudah diajukan oleh kecamatan. Mudah-mudahan perubahan itu bisa disetujui. Sehingga, ada peluang untuk mendirikan pasar baru dengan tujuan benarbenar bisa mengangkat ekonomi masyarakat Poncokusumo,” kata Sekretaris Kecamatan Poncokusumo, Sugiono kepada Malang Post. Disinggung mengenai kendala internal, Sugiono menjelaskan, salah satunya akibat faktor dari kepemilikan bedak atau kios di Pasar Poncokusumo. Di sisi yang lain, semangat dari penjual atau pendistribusi barang juga kurang menggeliat. Akibatnya, pasar tidak bisa melakukan aktifitasnya secara maksimal. “Dari total sekitar 250 pedagang yang ada, beberapa di antaranya adalah pedagang dari luar Poncokusumo. Mereka seperti pedagang dari Wajak dan Tumpang. Sementara kondisi pasar sendiri, hanya beraktivitas dari sekitar pukul 04.00 hingga 09.00. Setelah jam itu, kondisi pasar berangsurangsur sepi. Sementara penjualnya, pindah ke pasar lain seperti ke Pasar Tumpang atau Pasar Wajak,” terangnya. Kondisi itulah, yang menjadi salah satu masalah sepinya pasar tatkala menjelang siang hari. Sebaliknya, jika pengajuan perubahan itu disetujui, pastinya akan membawa dampak beda terhadap ekonomi masyarakat. Lebih-lebih, dengan hasil pertaniannya.(sit/lim)

Sambungan dari Halaman 20

Sambungan dari Halaman 20

di sini juga ada tebu yang oleh warga kami sudah bisa diolah sendiri menjadi minuman, yang kemudian dijual,” ujarnya kepada Malang Post Mantan Kabag Humas ini juga menambahkan, selain perdagangan dan pertanian, daerah ini juga tergolong penghasil susu sapi. Total, setiap hari para peternak menyumbangkan 9,8 ton susu ke Nestle dengan nilai kurang lebih Rp 35 juta. Dikatakannya, pendistribusian susu itu melalui bebe-

Jam Masuk PNS Diubah Pukul 08.00 WIB

Madep Manteb Poncokusumo Gelar Trail Adventure

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

Rendra: Maksimalkan Potensi Segitiga Emas Sementara itu, Camat Karangploso Suroto SH, MM mengatakan, kawasan ini memiliki banyak potensi unggulan. Mulai dari perdagangan, perindustrian, peternakan, kerajinan dan terutama pertanian dengan produk unggulan padi. Kawasan ini juga termasuk sebagai salah satu kecamatan penghasil padi di Kabupaten Malang. Dari data yang diperoleh, tahun lalu, produksi padi Kecamatan Karangploso surplus sebesar 4.837 ton. “Selain padi,

19

dari Pemkab Malang di tempat tersebut. Termasuk kemungkinan pembangunan fasilitas penunjang lainnya untuk mendukung sebagai kawasan segitiga emas. Seperti Griya UMKM tempat penjualan produk asli Karang Ploso “Apalagi pembangunan yang dilakukan bertujuan untuk kebaikan dan sekaligus mendongkrak PAD untuk Kabupaten Malang,” pungkasnya. (big/lim)

‘‘Dengan cara ini, wisatawan akan kian mengenal Poncokusumo dalam bentuk lain. Selain sebagai Agrowisata, Poncokusumo juga memiliki trek atau lintasan yang bagus untuk trail,” tambahnya. Masih menurut Slamet, sapaan Panitia M2 Poncokusumo, jalur atau lintasan Timur merupakan lokasi yang minim sentuhan. Kondisi ini, sangat berbeda dengan jalur Utara, yang merupakan jalan tembus ke arah Gunung Bromo. “Kalau misalkan memakai lintasan Utara, maka trail dipastikan sedikit banyak sudah paham dengan lintasan. Mengingat, jalur itu adalah menuju Gunung Bromo. Makanya, dipilih jalur sisi Timur,” imbuhnya. Yang sangat menarik dari pelaksanaan Minggu itu, panitia juga akan melakukan kegiatan sosial dengan melakukan pembangunan masjid. Rencananya, Desa Wonomulyo yang akan mendapatkan bantuan masjid yang akan diberi nama Sabilal Muhtadin. Termasuk, pemberian santunan berupa sembako di sejumlah lokasi yang akan dilintasi.(sit/lim)

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


20

SABTU, 12 OKTOBER 2013

Madep Manteb Poncokusumo Gelar Trail Adventure PONCOKUSUMO - Bera“Lintasan “ yang akan dilalui gam cara dilakukan untuk nanti na merupakan lintasan yang memperkenalkan potensi ada ad di 15 desa dari total 17 desa yang ada di suatu kecamatan. di Kecamatan Pon cokusumo. Seperti yang akan dilakukan Untuk Un lintasan yang disiapkan, ko munitas Madep Manteb dijamin dij akan sangat menantang (M2) Poncokusumo, pada untuk un pe serta. Mengingat, Minggu (13/10) pagi besok jalurnya jal me rupakan kawasan menggelar trail bertajuk ‘M2 lereng ler dan hutan Semeru,” Poncokusumo Trail Advenkata ka Panitia M2 Poncokusumo, ture 2013’. Slamet Sla Suyono kepada Malang Menariknya,kegiatan Post. Po dengan hadiah utamanya dua Ditambahkannya, D ada beberapa unit motor Kawasaki KLX 150 pertimbangan mengapa trail pe cc ini akan memaksimalkan dip dipilih sebagai ajang menjelang potensi wilayah di sisi Timur ak tahun. Di antaranya, yakni akhir Slamet Suyono Poncokusumo atau lereng karena potensi kawasannya yang kar Semeru sebagai lintasan yang ind dan sejuk. Lebih-lebih, indah akan dilalui. Bahkan, sebagai tantangan selama ini Poncokusumo juga lebih terkenal untuk peserta, disiapkan lintasan sekitar 80 dengan kawasan Agrowisatanya. kilometer.

Baca Madep Manteb... Hal.19

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SEGITIGA EMAS: Bupati Malang H. Rendra Kresna melihat site plan Rest area dan Pasar wisata di Desa Donowarih Kecamatan Karangploso yang merupakan penunjang kawasan segitiga emas yang dimaksimalkan potensinya.

Rendra: Maksimalkan Potensi Segitiga Emas KARANGPLOSO- Kecamatan Karangploso yang diapit dua daerah maju, yakni Kota Batu dan Kota Malang yang berbatasan dengan Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru akan dimaksimalkan potensinya. Kawasan yang kini disebut sebagai segitiga emas ini, dikatakan Bupati H. Rendra Kresna memiliki letak

yang strategis, sehingga Pemkab Malang akan memanfaatkan dan mengembangkan potensi tersebut. Bentuk nyatanya yakni, Pemkab Malang sejak awal bulan September lalu, sudah mulai pembangunan fisik rest area dan pasar wisata di Desa Donowarih, yang diprediksi akan mendulang pendapatan asli

daerah (PAD) dari sektor pariwisata. “Nantinya wisatawan yang akan ke Kota Batu harus mampir dulu ke Karangploso untuk membuang uangnya disini,” ungkap Bupati Malang H Rendra Kresna saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Karangploso awal pekan kemarin. Baca Rendra... Hal.19

Pengusaha Siap dukung wisata alam KEHADIRAN para pengusaha memenuhi undangan Bupati Rendra Kresna dalam touring moge dan rafting di Kasembon merupakan bentuk dukungan tersendiri terhadap eksistentsi wisata alam di Kabupaten Malang. Mereka diharapkan bisa mempromosikan wisata tersebut kepada kolega, sehingga bisa menaikkan minat masyarakat untuk mendatangi tempat-tempat wisata di Kabupaten Malang. Di antara pengusaha yang datang dalam acara tersebut adalah CEO Ijen Nirwana dan Ketua Makota Rider Ir. R. Agoes Soerjanto dan CEO Arema Indonesia Iwan Budianto, SE. SANTAI: M. Roys A (kiri) dan Agoes Soerjanto (tengah) di sela acara ramah tamah di Kasembon.

KEBERSAMAAN: Para pengusaha termasuk Agoes Soerjanto dan Iwan Budianto berfoto bersama Bupati Rendra Kresna usai acara.

NIKMATI HIBURAN: Iwan Budianto, Bupati Rendra Kresna dan Kapolres Malang AKBP Adi Deryan Jayamarta SIK (dua dari kanan) usai santap siang.

FOTO-FOTO: DEWI YUHANA/MALANG POST/HUMAS PEMKAB MALANG

S SIAP B BERANGKAT: S Sebagian peserta rrafting berpose d dulu sebelum b berangkat m mengarungi jeram d di sungai.

SIAP DAYUNG: Bupati Rendra Kresna (kiri) dan Redaktur Pelaksana Malang Post (paling kanan) bersama undangan bersiap-siap mengarungi jeram di Sungai Sumberdandang Kasembon.

REDAKTUR: HALIM, REDAKTUR HALIM LAYOUTER: LAYOUTER OLIS


Mp1210