Page 1

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

PELANTIKAN WALI KOTA MALANG

Kawasan Tugu Hingga Kertanegara Steril MALANG – Pelantikan wali kota dan wakil wali Kota Malang terpilih, pada 13 September besok, dipastikan akan steril dari kerumunan massa. Jalan Tugu hingga Jalan Kertanegara, dipastikan akan steril selama pelantikan berlangsung mulai jam 06.00 WIB sampai jam 12.00 WIB.

Pendukung Abah Anton-Sutiaji (AJI) yang akan menghadiri pelantikan wali kota dan wakil wali kota harus memiliki undangan. Jika tidak, mereka dipastikan tidak akan bisa memasuki gedung DPRD Kota Malang dan Jalan Tugu atau sekitarnya.

Baca Kawasan....11

GUEST GESANK/MALANG POST

TERTUTUP : Kawasan Tugu inilah yang akan ditutup saat pelantikan wali kota. Namun juga menjadi pusat Pesta Rakyat yang digelar tiga hari tiga malam

KONVENSI PARTAI DEMOKRAT

MENANG Atau MELAYANG Sore Ini, Arema Dijamu Persidafon SENTANI – Di atas kertas, Arema masih menyisakan dua laga lagi, untuk mengakhiri kompetisi Indonesia Super League, musim 2012-2013. Di atas kertas pula, Arema tinggal butuh tiga poin, untuk mengunci ‘gelar’ runner up kasta tertinggi sepak bola nasional.

Tetapi jika ingin benar-benar aman, sore nanti saatnya. Ketika Arema Indonesia, dijamu Persidafon Dafonsoro. Tim yang dinahkodai Agus Yuwono ini, hanya butuh keajaiban untuk lolos dari jurang degradasi. Dengan hanya mengumpulkan 27 poin dan agregat minus 30 (36-63), berada di peringkat 17, rasanya sulit mengejar Pelita Bandung Raya, di posisi 15.

HENDRA EKA/JAWA POS

SENYUM KHAS : Dahlan Iskan dalam sebuah acara. Dia memastikan tidak akan kampanye sampai konvensi selesai.

Dahlan Iskan Ingin Menjemput Takdir

Baca Menang....11

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan, termasuk tokoh yang ikut berpartisipasi dalam konvensi pemilihan capres Partai Demokrasi. Meski mulai terjun ke dunia politik, Dahlan menyatakan tidak akan melakukan kampanye. Ia mengaku tidak cuti untuk ikut konvensi. ‘’Saya enggak akan kampanye sampai konvensi selesai,’’ tegas Dahlan di kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (10/9). Menurut Dahlan, ia tidak berniat kampanye bukan karena namanya yang telah populer. Ia memilih bekerja dengan baik sehingga makin dikenal masyarakat karena kinerjanya.

Terlecut Menghadapi Bintang Arema SENTANI – Persidafon Dafonsoro, mengaku tidak mempersiapkan diri secara istimewa dalam menjamu Arema Indonesia sore ini, di Stadion Barnabas

Youwe, Sentani. Hal ini diungkapkan oleh asisten pelatih, sekaligus kapten Persidafon, Eduard Ivakdalam, ketika diwawancara Malang Post usai latihan pagi di stadion.

‘’Kita tak ada persiapan yang terlalu istimewa lawan Arema. Tapi, kita tetap fokus untuk memenangkan pertandingan. Kita kejar poin penuh, untuk memperbaiki peringkat kita.

Baca Dahlan....11

Baca Terlecut....11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

Emuejeraye Alberto Goncalves

‘’Introspeksi bisa lebih efektif kalau dilakukan dengan cara yang lebih ilmiah.’’

PROYEK DRAINASE

Keluarga Sutiaji Tak Hadiri Pelantikan MALANG– Pelantikan wali kota dan wakil wali Kota Malang terpilih, H. Moch. Anton-Sutiaji bakal dipastikan tidak akan dihadiri keluarga besar Wakil Wali Kota terpilih, Sutiaji, meski akan ada pelantikan PKK. Keluarga besar Sutiaji tidak akan hadir di acara pelantikan yang akan digelar di gedung DPRD Kota Malang pada 13 September besok. Hal itu dibenarkan Sutiaji. Menurutnya, itu sudah menjadi komitmen dirinya

Ngalam

dan keluarga. Dari awalnya, dirinya berangkat sebagai calon wakil wali kota bersama Abah Anton sudah mendapat dukungan dari keluarga yang diniati untuk beribadah, mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Karena itu, saat dilantik Jumat besok, keluarga sudah sepenuhnya menyerahkan kepada masyarakat. Keluarga hanya melepas dari rumah dengan iringan doa keselamatan.

Baca Keluarga....11

Dewan Teriak, Gorong-gorong Jalan Terus

Cari Selamat Pasca Mutasi, Pejabat Dekati Kiai MALANG - Kendati bukan politisi, sejumlah oknum pejabat Pemkot Malang, mulai berperangai ala politisi. Baru saja gerbong mutasi bergerak, sejumlah oknum pejabat Pemkot Malang mulai cari ‘cantelan’ ke pusaran penguasa baru. Mereka cari aman untuk posisinya masing-masing. Baik itu yang baru saja terkena mutasi, atau mereka yang aman di posisi masing-masing. Penelusuran Malang Post,

MALANG - Sekalipun terus disorot publik, Pemkot Malang tampaknya bersikeras melanjutkan proyek pembangunan drainase alias gorong-gorong raksasa, yang terhubung mulai Jalan Bondowoso hingga Kali Metro Tidar. Dengan dalih meneruskan apa yang sudah tertuang dalam Perda, proyek senilai Rp 40,093 miliar itu, akan dituntaskan sekalipun dewan sepakat menolak dan memilih ‘angkat tangan’. Kabarnya, saat ini alat-alat berat sudah disiapkan di sekitar lokasi pengeboran. Di lokasi ini nantinya, dibuat lubang dengan kedalaman sekitar 8,54 meter. Lubang ini cukup untuk memasukkan alat dan box culvert. ‘’Sudah akan kita mulai. Karena instruksinya lanjut terus,’’ tutur Kepala Dinas Pekerjaan umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB), Jarot Edi Sulistyono.

para pejabat itu, merapat ke lingkaran wali kota terpilih, H Moch Anton dan Sutiaji (AJI). Mereka semakin geriliya untuk mengakses ke lingkaran AJI jelang pelantikan wali kota, Jumat (13/9) nanti. Lebih dari dua sumber Malang Post menyebutkan, para pejabat ‘pencari aman’ itu, mendekati calon penguasa baru lewat sejumlah jalur.

Baca Dewan....11 Sutiaji

Baca Cari....11

Ebes

Suliono, Satu-satunya Kades di Kota Batu Lakukan KB Pria

Demo Tahu-Tempe

Kasihan pada Perempuan, Beri Contoh Warganya

Ebes : Terus yak opo pemerintah iku, kok kadit osi ngatasi masalah kedele Kana : Lek soal urusan impor, pemerintah wis kadit osi ngurusi blas Ebes : Lak mesakno ekonomi licek jes, modale cupet, rego bahan mundak terus. Mesti ae kadit osi ngelawet dagangane. (***)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

IKUT KB : Suliono (kiri) bersama tokoh dan masyarakat Desa Sumberbrantas

BERBAGAI macam alat kontrasepsi, sudah cukup dikenal masyarakat selama ini. Alat kontrasepsi itu seperti pil, spiral, suntik, kondom dan MOP. Dari beberapa alat kontrasepsi tersebut, hanya kondom dan MOP (medis operasi pria) yang digunakan untuk pria. ‘’Kondom memang untuk pria. Tahu itu hal biasa. Saya bisa kalau

SBY Larang Menteri Pulang ke Rumah

hanya pakai kondom, tidak ber-KB. Makanya saya pilih MOP,’’ ungkap Suliono kepada Malang Post. Suliono, menjadi satu-satunya kades di Kota Batu, yang ber-KB. Dia memutuskan mengikuti KB dengan sistem MOP, setelah ada sosialisasi dari Pemkot Batu kepada warganya di Sumberbrantas.

JAKARTA-Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para menteri untuk segera menuntaskan semua isu dan masalah ekonomi yang tengah melanda Indonesia saat ini. Untuk tugas itu, Presiden memberi tenggat waktu tiga bulan pada para menteri untuk menyelesaikannya. ‘’Setiap isu selalu ada solusinya. Jangan jalan di tempat, kalau sudah diputuskan segera jalankan,’’ ujar Presiden SBY Susilo Bambang Yudhoyono saat Sidang Kabinet Terbatas bidang ekonomi di kantornya, Jakarta, Selasa (10/9).

Baca Kasihan....11

Baca SBY....11

PROGRAM KB, identik dengan perempuan, karena mayoritas alat kontrasepsi digunakan oleh kaum hawa itu. Namun KB yang dicap untuk kaum perempuan tersebut, tidak berlaku untuk Suliono, Kades Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Kades yang bertugas di wilayah ujung utara Kota Batu itu sudah ber-KB sejak tahun 2011 lalu.

Kana : Kanyab pedagang tahu – tempe demo mergo rego kedele mundak bes

KABAR IBUKOTA

Jawa Pos Group


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

2

Harrison Ford Ngamuk, SBY Panggil Menhut

BERANGKAT: Jamaah calon haji Indonesia naik pesawat Garuda Indonesia yang bersiap menuju Tanah Suci.

Kran Bermasalah, Pesawat Haji Kembali ke Bandara JAKARTA- Pesawat Garuda Indonesia pengangkut jamaah haji kloter pertama dari embarkasi Medan bernomor GA 3101 kembali lagi ke Bandara Kuala Namu setelah terbang selama hampir satu jam. Penyebabnya ternyata ada masalah di saluran air. Corporate Communications Garuda, Pujobroto, menjelaskan pesawat tersebut terbang pukul 13.49 WIB. Setelah sempat terbang selama 30 menit, pesawat kembali ke Bandara Kuala Namu. “Pesawat kembali ke Bandara Kuala Namu pada pukul 15.00 WIB karena keran air tidak berjalan dengan baik,” kata Pujo, Selasa (10/9/2013). Pilot memutuskan kembali ke bandara yang baru beroperasi tersebut agar dilakukan pemeriksaan terhadap keran air. Pihak Garuda tak mau perjalanan ke Jeddah, Arab Saudi, yang memakan waktu selama hampir 10 jam tanpa fasilitas air yang memadai. “Saat ini telah dilakukan

perbaikan dan pesawat akan diberangkatkan kembali. Namun sementara ini akan dilakukan penggantian penerbang dahulu karena penerbang sebelumnya apabila tetap terbang dengan pesawat tersebut akan melewati batas waktu tugasnya,” papar Pujo. Selain memberangkatkan jamaah dari Medan, Garuda Indonesia juga membawa penumpang haji dari 7 embarkasi, yakni Jakarta, Solo, Padang, Balikpapan, Makasar, Lombok, dan Medan. Total ada 9 kloter yang diberangkatkan sesuai jadwal. Salah seorang calon jamaah haji yang berada di dalam pesawat itu T Damanik menceritakan soal masalah air tersebut. “Di kamar mandi tidak ada air. Kemungkinan ada yang bocor, tidak tahu juga apa masalahnya. Tetapi terkait air,” kata Damanik. Saat ini pesawat yang membawa jamaah haji kelompok terbang pertama Embarkasi

Medan sudah terparkir kembali di Bandara Kuala Namu. Petugas bandara masih melakukan perbaikan, sementara penumpang tetap berada di dalam pesawat. Sementara itu, sebanyak 445 Calon Jamaah Haji kelompok terbang (Kloter) I asal Lamongan, Embarkasi Surabaya diberangkatkan ke Tanah Suci dengan maskapai Saudi Arabian Airlines di Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo, Selasa (10/ 9/2013). Keberangkatan CJH kloter pertama ini dilepas Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Hadir pula dalam pemberangkatan itu, beberapa anggota Komisi VIII DPR RI di antaranya Ida Fauziah dan juga Kemenang Kanwil Jatim H Sudjak. “Semoga semuanya menjadi haji mabrur,” kata Gubernur Soekarwo. Dalam kesempatan yang sama, Ida Fauziyah anggota DPR RI itu meminta kepada panitia pelaksana haji, pelayanannya harus lebih baik dari tahun

sebelumnya. Dia juga mengingatkan, untuk jamaah yang diberi masker untuk melindungi virus, kualitasnya harus bagus dan bertahan lama. “Pelayanan untuk jamaah, harus selalu ditingkatkan dan tidak asal-asalan,” terangnya. Sekedar diketahui, jumlah total CJH asal Provinsi Jawa Timur yang diberangkatkan ke tanah suci tahun 2013 ini ada 27.323 jamaah yang terbagi dalam 64 kloter atau kelompok terbang. Selain CJH dari Jawa Timur, embarkasi Surabaya juga ada JCH dari Nusa Tenggara Barat dan Bali. Jumlah CJH NTT sebanyak 521 orang dan dari Bali sebanyak 512 orang. Sehingga total JCH yang akan diberangkatkan dari embarkasi Surabaya sebanyak 28.356. Jamaah Tak Perlu Khawatir Virus Korona Terpisah, Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan,

jamaah haji diimbau tak perlu meresahkan penyebaran virus korona MERS (sindrom pernafasan Timur Tengah) di Arab Saudi. Namun yang lebih penting adalah menjaga kondisi kesehatan dengan baik selama beribadah. “Jamaah dan para keluarga jamaah, tidak perlu cemas berlebihan. Imbaunnya jaga kesehatan. Kalau kondisi kesehatan yang baik, Insya Allah tidak apa-apa,” ujar Surya di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, kemarin. Surya menjelaskan, menurut keterangan dokter memang belum ada vaksin untuk virus tersebut. Menski begitu, Surya mengatakan bahwa penyebarannya di Saudi Arabia masih tidak mengkhawatirkan. “Suhu (di Arab Saudi) sedang lumayan panas. Berkisar 36-40 derajat,” ujarnya, seraya mengimbau kepada para jamaah jika merasa kurang sehat segera menghubungi petugas kesehatan yang sudah siap di lokasi. (jpnn/bj/udi)

Mobil Rombongan Marinir Tabrak Motor, Tiga Tewas PASURUAN-Kecelakaan maut melibatkan mobil marinir dan sejumlah motor terjadi di Jalan Raya Kedung Bako, Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Selasa (10/9/2013). Akibat kecelakaan tersebut dua pelajar dan satu mahasiswa kebidanan tewas. Sementara 8 orang luka-luka. “Saat itu mobil Elf rombongan Marinir 50702-04 dari arah Surabaya tujuannya ke Mako Kolatmar Grati. Kejadian sekitar pukul 06:30 WIB. Akibat kecelakaan itu meninggal dunia satu orang di TKP, setelah itu meninggal lagi 2 orang di rumah sakit. Untuk korban luka-luka yakni 3 warga sipil dan penumpang Elf,” kata Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota AKP Nadzir Syahbasri di kantornya, Selasa (10/9/2013). Tiga korban tewas yakni

NYUNGSEP: Mobil Elf rombongan Marinir 50702-04 dari arah Surabaya tujuannya ke Mako Kolatmar Grati mengalami kecelakaan di Jalan Raya Kedung Bako, Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Imam Ghozali (14) siswa kelas Rejoso dan Amelia, seorang MTs, Hilmi Azizi (17) kelas 2 mahasiswa Akbid asal Grati SMK yang juga kakak adik asal meninggal dunia.

Sedangkan korban luka yakni Basori, Hidayat dan Mustofa warga sipil dan Mayor Joko, Mayor Tarom, Kapten Yamin, Kapten Pramono dan Pratu Sunaryo. Pratu Sunaryo, merupakan pengemudi minibus marinir. Ia belum bisa dimintai keterangan karena mengalami luka patah kaki. Saat ini pihak kepolisian memeriksa 3 orang saksi termasuk anggota polisi, satpam dan seorang warga. “Masih kita sidik. Kalaupun ada indikasi keteledoran, kita koodinasi dengan Pomal,” tandasnya. Dugaan sementara, kendaraan oleng. Mobil dinas TNI berpenumpang 5 orang itu melaju dengan kecepatan 80 km/ jam sebelum kecelakaan. “Kendaraan dinas marinir, Elf berjalan dari barat ke timur melaju

dengan kecepatan 80/jam. Sampai di TKP tiba-tiba oleng ke kanan dan melintasi marka jalan kemudian menabrak 4 sepeda motor. Yang pertama Mio, lalu menabrak 3 motor lainnya,” papar AKP Nadzir Syahbasri. Dia mengaku saat kejadian sekitar pukul 06.30 WIB, situasi jalur sedang ramai banyak anak sekolah dan pekerja. Pengemudi bernama Pratu Sunaryo, diduga tidak bisa mengatisipasinya. “Kalau menurut pengamatan hasil olah TKP, dengan kecepatan seperti itu, (sopir) tidak bisa mengantisipasi kalau jalur itu ramai kalau pagi. Banyak orang bekerja, sekolah sehingga betul-betul tidak bisa menguasai sehingga oleng,” jelas Nadzir. (jpnn/udi)

JAKARTA– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa 10 September 2013, memanggil sejumlah menteri, termasuk Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, untuk mengklarifikasi kabar mengamuknya aktor Hollywood Harrison Ford di kantor Kementerian Kehutanan. Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan Presiden juga ikut memanggil Wakil Presiden Boediono, Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, dan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto. “SBY ingin mendapat laporan sesuai yang diberitakan di media mengenai apa yang terjadi di kantor Kementerian Kehutanan, dan hal itu sudah dijelaskan,” kata Julian di Istana Negara, Jakarta Pusat. Harrison Ford datang ke Indonesia dalam rangka syuting film dokumenter Years of Living Dangerously yang bercerita tentang kondisi lingkungan di Indonesia. Sebelum mewawancarai Presiden SBY hari ini dan Menhut Zulkifli Hasan kemarin, ia telah lebih dulu syuting di hutan Riau. Seperti dikutip AsiaOne, Ford menyatakan deforestrasi telah meluas di Taman Nasional Riau Tesso Nilo. Ia lantas bertanya kepada Menhut kenapa pelaku deforestrasi tidak diseret ke pengadilan. Ford kesal karena deforestrasi di Indonesia berkontribusi terhadap pemanasan global. Zulkifli menjelaskan kepada Ford, perusakan hutan di Indonesia harus ditangani secara bertahap. Setelah pertemuan antara Menhut dan Ford di Kemenhut itu, pagi ini beredar kabar via BlackbBerry Messenger (BBM) dari Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief yang mengatakan Ford telah berlaku tidak sopan selama berada di kantor Menteri Kehutanan. Dia naik ke meja ruang tunggu dan melompat berkali-kali. Andi berharap Ford dideportasi atas sikap tak sopannya itu. Namun Menhut Zulkifli Hasan membantah aktor kawakan itu mengamuk dan naik ke meja di kantornya. Juru Bicara Presiden juga menolak mengomentari permintaan Andi Arief untuk mendeportasi Ford. “Saya tidak perlu menanggapi hal seperti itu,” kata Julian. Yang jelas, kata Julian, pertemuan Ford dengan Presiden SBY hari ini berjalan baik dan penuh etika. “Sebagaimana kesopanan seseorang yang bertemu dengan Presiden, Ford mematuhi norma-norma. Pertemuan Ford dan Presiden sangat konstruktif. Pertemuannya sangat positif, pertanyaannya juga positif,” ujar dia. Istana memandang positif pembuatan film dokumenter garapan Ford yang bertema lingkungan hidup dan perubahan iklim itu. Pembuatan film itu bersifat nirlaba atau tidak berorientasi pada keuntungan. “Memang semata ditujukan untuk kepentingan penyelamatan atau pelestarian hutan dan lingkungan, juga untuk mengatasi perubahan iklim,” ujar Julian. (jpnn/udi)

BERJABAT TANGAN: Presiden SBY berjabat tangan dengan Harrison Ford di Istana Negara, kemarin.

Buat Peta Rawan Korupsi, DPR Gandeng KPK JAKARTA– Dewan Perwakilan Rakyat–(DPR) bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat peta rawan korupsi terhadap tugas dan fungsi DPR, Selasa 10 September 2013. “Tugas utama DPR adalah legislasi, pengawasan, dan penganggaran. Maka dalam tugas itu ada diskresi atau kewenangan yang dimiliki DPR, dan beberapa kewenangan itu rawan dengan tindak pidana korupsi,” ujar Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, di gedung KPK, Jakarta, kemarin. Politisi PDIP itu mengatakan, titik-titik rawan korupsi di DPR itu bisa terjadi saat anggota dewan merancang Undang-Undang atau terkait Badan Anggaran. Untuk itu DPR membuka diri bekerja sama dengan KPK agar anggota mereka bisa terhindar dari korupsi. Pramono juga meminta KPK untuk tidak segan memproses hukum jika ada pimpinan DPR atau anggotanya yang terlibat korupsi. “Kami tidak pernah menghalang-halangi KPK untuk melakukan penyelidikan atau pemeriksaan terhadap anggota kami. Itu menjadi komitmen kami,” ujar dia. Seperti diketahui, sudah banyak anggota DPR yang diciduk KPK karena terjerat kasus korupsi dan suap. Mereka antara lain politisi PKS Luthfi Hasan Ishaaq, politisi PAN Wa Ode Nurhayati, politisi Demokrat Muhammad Nazaruddin dan Angelina Sondakh, serta politisi PDI Perjuangan Emir Moeis. (jpnn/udi)

Mabes Polri Telisik Rekening Gendut Tiga Jenderal JAKARTA- Markas Besar Kepolisian akan menindaklanjuti laporan rekening gendut tiga jenderal yang merupakan calon kepala Polisi. Meski tak melaporkan ke Mabes Polri, tapi temuan Komisi Kepolisian Nasional ini akan tetap ditindaklanjuti. “Kalau ada laporan, apalagi informasi tetap harus ditindaklanjuti,” kata Wakapolri Komisaris Jenderal Pol Oegroseno di Gedung DPR, Selasa 10 September 2013. Oegroseno mengatakan, Mabes Polri mengapresiasi temuan Kompolnas. Sehingga, pengawasan kepada kepolisian masih terus berjalan. “Kompolnas itu

sebagai pengawas yang paling dekat dengan Polri,” ujar dia. Sedangkan untuk pencegahan agar tidak ada lagi rekening gendut, Oegroseno mengusulkan agar calon polisi yang sudah lulus kepolisian harus melaporkan harta kekayaannya. “Terbuka aja. Nggak usah takut dibilang kaya,” katanya. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengatakan, sangat baik jika seorang polisi memiliki kekayaan banyak, sepanjang sumbernya jelas dan berasal dari usaha halal. “Polisi kaya atau tajir itu bagus, agar nanti tidak perlu cari uang lagi,” tambah Marzuki.

Marzuki berharap pemberitaan mengenai rekening gendut tiga jenderal ini dilakukan klarifikasi terlebih dahulu. Sebab, tiga jenderal itu, belum tentu bersalah. “Kasihan orang yang belum tentu salah, diberitakan salah,” kata dia. Tapi, jika memang sumber kekayaan ketiga jenderal tersebut tidak jelas, tentu harus menjadi pertimbangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk diajukan sebagai calon Kapolri. “Karenanya diklarifikasi dulu secara mendalam,” katanya. Partai Nasional Demokrat mendesak Kompolnas segera

mengumumkan tiga calon yang berekening gendut itu. Ketua DPP Partai NasDem Akbar Faizal berpendapat, seyogyanya tidak ada perlakuan berbeda kepada warga negara apapun pangkat dan jabatannya. “Termasuk yang terduga memiliki rekening gendut,” kata Akbar. Mantan anggota DPR itu menegaskan, para perwira tinggi Polri yang terindikasi itu harus bisa menjelaskan asal muasal uang kekayaan. “Kompolnas jangan bermain petak umpet. Umumkan saja dan segera diproses,” ujar dia. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Nikon L820

SERBA-SERBI TEKNO

Bodi Tipis, Kemampuan Bikin Meringis MALANG – Berbagai inovasi terus dikembangkan Nikon pada produk kameranya. Tidak terkecuali pada kamera L820. Kamera dengan sensor lensa 16 megapiksel ini memiliki daya tarik dari bentuknya yang sangat tipis. Marketing Photo Pantai Matos Agus Hariyanto mengatakan L820 merupakan kamera pro summer yang dikenalkan Nikon, selain L310 atau L320. Kamera ini cukup handal, karena selain bisa menjepret gambar juga bisa merekam video full HD. Bahkan, lensa yang tertanam tersebut mampu bekerja maksimal, sekalipun mengambil gambar dari kejauhan. “Lensa yang digunakan sama seperti jenis lensa kamera DSL yaitu NIKKOR. Lensa tersebut memiliki kemampuan zoom hingga 30 kali,” kata Agus sembari mengatakan lensa NIKKOR ini menawarkan lebar sudut 22.5mm terhadap cakupan super-telephoto 675mm memungkinkan pengguna untuk melakukan pemotretan landscape atau grup. Untuk mengambil gambar close up juga sangat apik. Hasilnya sangat detail. Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan adanya goyangan sedikit ketika mengambil gambar, karena kamera ini dilengkapi dengan teknologi vibration reduction yang akan mengurangi gambar yang blur akibat goyangan tersebut. Tidak hanya lensa jenis NIKKOR, lensa yang ditanam pada L820 ini dilengkapi dengan sensor CMOS, 16 megapiksel. Sensor tersebut memiliki kemampuan mengambil gambar dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun. Kini tak perlu

mengandalkan flash untuk mengambil gambar di malam hari. Tidak terkecuali saat melakukan perekaman video, pengguna tidak perlu kebingungan. Video Full HD dengan suara stereo, bisa dihasilkan secara instan. “Pengguna hanya perlu menekan tombol untuk memulai merekam film, dengan continuous autofocus dan suara stereo,” kataAgus yang mengatakan untuk perekam gambar tersebut langsung tersimpan dalam format Full HD (1080p). Hasil rekaman itu juga dapat dipurtar kembali hasil rekaman pada HDTV dengan melalui kamera port HDMI atau komputer. Selain memiliki terknologi yang handal, kamera ini juga di desain Ergonomis. Bentuknya lebih ramping dibandingkan dengan kamera summer pro lainnya, sehingga pengguna pun mudah untuk membawa atau menggunakan kamera ini. Pengguna juga lebih stabil saat mengambil gambar, baik ketika melakukan zooming ataupun membidik objek. Selain itu, pengguna bisa melihat kembali hasil jepretan pada layar berukuran 3 inci. Sekalipun resolusinya VGA namun layar tersebut dapat menampilkan gambar yang jernih dan tajam. “Untuk fiturnya, L820 ini cukup lengkap. Yaitu pengguna bisa menggunakan mode portrait, Night portrait, Landscape, Night landscape, Backlighting dan Close-up. Kamera akan secara otomatis memilih pengaturan yang tepat saat memotret. Aplikasikan juga fitur Image Effects seperti Selective Color, Miniature, Skin Softening dan lainnya untuk hasil foto yang lebih kreatif,” tandas Agus. (vik/nda)

enam bulan. Berkomentar mengenai layanan terbaru ini, Chief Marketing Officer AXIS, Daniel Horan mengatakan, ponsel telah menjadi sarana penting untuk mendukung kegiatan seharihari. Banyak diantara pengguna yang lebih sering tertinggal dompetnya di rumah dari pada ponselnya. “Hari ini, kami meluncurkan yang pertama di Indonesia layanan ‘Phone Care’ yang menawarkan manfaat ganda bagi pelanggan; informasi berita terkini sekaligus perlindungan ponsel. Ini inovasi lain yang kembali di luncurkan Axis dan merupakan layanan yang pertama di Indonesia.Melalui layanan

1. Pemindai sidik jari di tombol home. iPhone 5S disebut-sebut akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada sektor keamanan. Karenanya, perusahaan asal Cupertino, California ini akan membenamkan pemindai sidik jari pada tombol ‘home’ yang dilapisi batu safir. 2. Diotaki chip A7 dengan RAM 1GB. Apple diharapkan meningkatkan spesifikasi pada iPhone barunya, khususnya untuk dapur pacu. Suksesor iPhone 5 ini hadir dengan chip A7, pembaruan dari chip A6. Chip A7 merupakan prosesor dual-core dengan fabrikasi 32nm yang dikerjakan Samsung. Komponen ini dibuat menggunakan teknologi Higk-K Metal Gate. Menurut kabar, prosesor menyuguhkan laju clock 1.5GHz, kemudian diperkuat kartu grafis quad-core PowerVR SGX 544MP4, dan RAM 1GB. Apple menggunakan tipe RAM LPDDR3-1333, ini akan meningkatkan kecepatan bandwith memori 8.5GB/s dari RAM iPhone 5 berjenis LPDDR2-1066 menjadi 10.7GB/s.

IRA RAVIKA/MALANG POST

HASIL WOW: Nikon L820 lebih ringan hasil jepretan lebih mengesankan.

ini, pelanggan akan menerima berbagai berita terkiniyang dikirim setiap hari, dan lebih penting lagi ponsel mereka akan dilindungi oleh Asuransi Ponsel dari Zurich secara gratis. Apabila ponsel Anda rusak atau basah, akan diperbaiki atau diganti,” ungkapnya. ‘Phone Care’ merupakan layanan nilai tambah (value added service) dari Axis, bekerja sama dengan Hypermind Indonesia dan dukungan perlindungan ponsel dari Zurich Indonesia. Untuk berlangganan ‘Phone Care’ pelanggan dapat mendaftar dengan akses ke *555*1*5#. Pelanggan akan diminta melakukan konfirmasi melalui

SMS untuk mendapatkan tujuh SMS berita selama satu minggu dengan biaya Rp 2.200 per SMS berita. Pelanggan juga akan menerima SMS berisi tautan untuk mengaktifkan layanan perlindungan ponsel. Pelanggan dapat melakukan klaim asuransi apabila terjadi kerusakan karena kecelakaan dengan menghubungi Customer Service ‘Phone Care’ dari Zurich Indonesia di 021 2933 9220. Petugas layanan pelanggan akan memeriksa ponsel dan memberikan konfirmasi kapan ponselnya siap untuk diambil. Ketentuan perlindungan ponsel dapat diakses melalui www.phonecare. co.id. (nda)

Samsung Galaxy Tab 3 8.0

Jadi Idola Baru, Tinggalkan Pendahulunya

IRA RAVIKA/MALANG POST

FAVORIT: Samsung Galaxy Tab 3 8.0 lebih slim dan elegan.

MALANG – Dari seri Galaxy Tab 3 yang baru saja dirilis Samsung, versi 8 inci paling banyak diminati konsumen. Itu karena selain memiliki ukuran layar lebih luas, dengan desain yang lebih slim. Sehingga secara tampilan versi ini lebih menarik dibandingkan versi 7 inci ataupun 10.1 inci. Terlebih, tablet ini juga mengusung jaringan HSDPA yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon ataupun SMS. Marketing Oke Shop, Desy Anita menjelaskan selain lebih lebar, layar pada tablet ini juga berbeda dengan layar yang terpasang pada versi 7 inci. Pada tablet 8 inci ini, Samsung menanamkan layar jenis TFT WXGA berkualitas HD dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Layar tersebut menghasilkan kepadatan layar hingga 189 ppi. Dengan resolusi yang lebih besar, tablet ini terlihat lebih jernih dan tajam. Desy juga menjelaskan, kinerja tablet ini juga lebih handal. Itu karena Samsung menanamkan chipset XMM-

Tunggu Kejutan iPhone 5S JAKARTA - iPhone generasi ke-7 atau yang santer disebut sebagai iPhone 5S akan diperkenalkan ke publik. Lantas fitur apa saja yang Apple siapkan untuk gadget terbarunya ini? Berdasarkan desas-desus yang berkembang sebelumnya, setidaknya ada tujuh fitur baru yang akan diboyong iPhone generasi ke-7 ini. Berikut, fitur- fitur yang kemungkinan ada di iPhone 5S disadur dari Phone Arena, Selasa (10/9/2013) kemarin.

Layanan Berita Terkini Plus Proteksi Ponsel dari Axis MALANG – Axis merilis layanan terbaru bertajuk ‘Phone Care Service’. Layanan ini merupakan sebuah layanan berita yang memungkinkan pelanggan Axis mendapatkan beragam berita terkini, baik politik, ekonomi, olahraga, hiburan, dari dalam maupun luar negeri, langsung ke ponselnya melalui SMS. Semua pelanggan yang terdaftar dalam layanan ini akan mendapatkan gratis proteksi ponsel dari kerusakan akibat kecelekaan, termasuk jika terjatuh ke dalam air. Di awal peluncurannya, layanan ini ditujukan bagi pelanggan yang menggunakan ponsel baru atau kurang dari

3

6262, Exynos 4212 dual core dengan kecepatan 1.5 GHz. “Yang 7 inci mendukung chipset Marvell PXA986 dual core dengan kecepatan 1.2 GHz, artinya chipset yang terpasang pada tab 8 inci ini lebih bagus, dan lebih cepat,” tambah Desy yang mengatakan prosesor itu bisa berjalan sempurna dengan dukungan RAM berkapasitas 1.5 GB dan memori internal 16 GB. Tidak berbeda dengan dua versi lainnya, tablet ini bekerja dengan operating sistem Android terbaru yaitu Jelly Bean. Sementara untuk kameranya, tablet ini mengusung kamera dengan lensa 5 megapiksel, lengkap dengan fitur Auto Focus. Kamera yang terpasang ini lebih tinggi dibanding dengan dua versi lainnya, seperti 7 inci dan 10.1 inci yang mengusung kamera 3 megapiksel saja. Sedangkan untuk kamera depan tablet ini mengusung kamera 1.3 megapiksel. Tablet ini kian menarik karena mendukung fitur WatchOn dan Multi window, yang merupakan fitur terbaru Samsung. Menurut Desy

fitur dengan fitur ini pengguna bisa menyambungkan tablet dengan perangkat hiburan di rumah atau dijadikan sebagai pemandu TV. Fitur ini akan memberikan saran berbagai program berdasarkan jadwal acara dan mencari channel. Fitur ini juga bisa digunakan sebagai remote TV. Sedangkan fitur multi windows, dikatakan Desy berfungsi untuk menaikkan standar kinerja multitasking ke level yang lebih tinggi dengan memberikan pengalaman multitasking yang sebenarnya seperti membuka beberapa jendela dalam satu layar. “Pengguna bisa mengecek email, membuat catatan, mencari arah jalan ataupun lainnya sambil melakukan panggilan, tanpa perlu pindah aplikasi. Lakukan reposisi, pindah ke mode full screen ataupun tutup window dengan mudah untuk pengalaman yang lebih menyenangkan,” kata Desy. Untuk bentuknya, tablet ini lebih slim. Dimensi tablet ini 209.8 x 123.8 x 7.4 mm, dan beratnya hanya 314 gram. (vik/nda)

3. Kamera 12 megapiksel dengan dual flash LED. Apple memahami betul kebutuhan pengguna smartphone yang kerap menggunakan fitur kamera untuk jepratjepret momen. Oleh sebab itu, perusahaan akan melengkapi iPhone 5S dengan kamera bersensor 12 megapiksel atau 8 megapiksel yang ditunjang dual flash LED serta bukaan f/2.0, yang diklaim mampu meringkus objek gambar saat kondisi pencahayaan yang minim. Kamera pada iPhone 5S juga dilengkapi modus HDR dan fitur video 120 frame per detik yang mampu menghasilkan gambar slow motion. iPhone 5S juga akan memiliki kamera sekunder 2 megapiksel. 4. iPhone 5S warna emas. Sejauh ini, Apple belum menyediakan pilihan warna yang cukup variatif untuk lini iPhone. Kabarnya, lewat iPhone 5S, perusahaan akan menyediakan warna emas yang menemani warna hitam dan silver. 5. Kapasitas penyimpanan 128GB Saat ini iPhone baru tersedia dalam pilihan kapasitas 8, 16, 32, dan 64GB. Nah, oleh sebab itu Apple akan menyediakan pilihan kapasitas baru yang lebih luas,128GB. 6. NFC Tidak adanya Near Field Communication (NFC) pada iPhone menjadi celah bagi kompetitor seperti Samsung untuk mengejek smartphone karya Apple ini. Seakan menjawab ejekan tersebut, Apple akan menghadirkan fitur itu pada iPhone 5S. 7. Ukuran dan harga Ukuran iPhone 5S diharapkan sama dengan iPhone 5. Kemudian untuk harga iPhone 5S paling murah dibanderol USD650 tanpa kontrak, atau dengan kontrak dua tahun seharga USD199. (oke/nda)

NET

PENUH KEJUTAN: Kehadiran iPhone 5S diharapkan memiliki banyak fitur baru yang membuat pecinta Apple semakin tertarik untuk memilikinya.

Venera Hadirkan Tablet 8 Inci dengan Prosesor Dual Core MALANG – PT Teletama Artha Mandiri sebagai ATPM brand Venera baru-baru ini memperkenalkan produk andalan terbarunya, yaitu Venera 815. Tablet terbaru Venera ini menggunakan layar berukuran 8 inci yang terbilang unik karena kebanyakan produk tablet yang beredar di pasaran umumnya memiliki layar berukuran lebih besar atau lebih kecil. Poppy Anggraini, Marketing Communication Manager Venera, mengatakan, ”Pemilihan layar 8 inci berdasarkan pertimbangan kenyamanan penggunaan. Ukuran layar ini paling pas dan nyaman digunakan. Tidak kekecilan, juga tidak kebesaran. Misalnya, masih cukup nyaman untuk menonton video, tapi tidak terlalu besar untuk ditenteng,” tegasnya. Venera 815 memanfaatkan teknologi layar sentuh dengan didukung layar QHD, sehingga mampu menampilkan image foto maupun video yang sangat jernih. Tablet ini bisa digunakan untuk menangkap siaran televisi dengan kualitas

gambar yang prima. Venera 815 juga disokong prosesor dual core 1Ghz dan didukung dengan kecepatan memori flash 512 MB (RAM) plus ROM 4 GB. Untuk mendukung akses data yang lebih cepat, Venera 815. menggunakan teknologi 3G. Melalui jaringan 3G, pengguna akan merasa lebih nyaman saat mengakses

internet untuk berbagai keperluan. Venera 815 yang menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 ini dilengkapi dua buah kamera, di mana kamera utama memiliki kemampuan 5MP yang dilengkapi dengan flash. Dengan berbagai keunggulan teknologi yang menyertainya, tak dira gukan lagi performa tablet

terbaru Venera ini akan memberikan te sensasi dan pengalaman berbeda se bagi ba para penggunanya. Sebagai value-added bagi produk du terbarunya, khusus untuk pembelian tablet Venera 815, pe kon ko sumen akan mendapatkan bonus bo free keyboard dalam kemasan yang eksklusif. Keyboard yang ya menjadi bonus itu, menyatu dalam m kemasan softcase yang terbuat dari ke bahan berkualitas dan memiliki ba tampilan menarik. ta Keyboard yang memiliki tuts lembut dan nyaman digunakan ini, le tersimpan rapi di balik softcase. te Untuk menggunakan, cukup U dengan membuka softcase dan de disambungkan ke tablet dengan di kabel mini USB yang tersedia di ka dalamnya. d Softcase tablet Venera 815, memang tidak sekadar untuk melindungi tablet dari kemungkinan benturan, tetapi juga untuk menyimpan keyboard, serta mempercantik penampilan saat tablet ditenteng penggunanya. Fungsi lain softcase, bisa di-

gunakan untuk meletakkan tablet saat pengguna ingin menyaksikan siaran televisi atau menonton video. Sehingga pengguna tidak harus memegangi tabletnya ataupun repot mencari tempat untuk menyandarkan tabletnya. Venera memahami dan mengikuti

keinginan pengguna tablet yang tidak sekadar untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga untuk mempercantik penampilan. Kini, menggunakan tablet, terutama bagi sebagian masyarakat perkotaan, sudah menjadi trend dan gaya hidup sehari-hari. (nda)

SPESIFIKASI VENERA 815 Rilis Jaringan Display Dimensi OS Kamera Memori Koneksi Fitur

Baterai Life Time

: September 2013 : Dual SIM Card, Dual Band GSM 900/1800MHz, GPRS/EDGE/3G : Layar sentuh 8” QHD (1280x800) : 210x128x910.65mm : Android Jelly Been 4.1 : 5MP (back), Digital (Front) : RAM 512 MB + ROM 4GB, Micro SD Slot (up to 32GB) : Bluetooth, Wifi : G-Sensor, TV Ready, GPS, MP3/ MP4/ WAV Player, Audio/Video Record, Calendar, Calculator, Alarm, free keyboad dan softcase, Preload Picmix, Preload Gameloft (Wonder Zoo, Little Big City, Kingdom and Lords). : Polymer Battery 4700mAh : Standby up to 500 Hours Talk Time up to 9 hours

REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: OLIS


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Jelang Lengser, Inep Dikado Penghargaan Wapres Pemkot Terbaik dalam Pengelolaan Keuangan Daerah MALANG – Menjelang akhir masa jabatannya,Wali Kota Malang Drs Peni Suparto MAP mendapat kado istimewa.Yaitu penghargaan dari Wakil Presiden–Prof Dr H Boediono karena Pemkot Malang dinobatkan sebagai daerah tingkat II terbaik di Indonesia dalam bidang pengelolaan keuangan daerah dengan kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pengumuman penghargaan tersebut disampaikan staf Wapres kepada Inep,sapaan akrabnya,kemarin. Menanggapi hal tersebut, kepada Malang Post,Inep menyatakan merasa sangat bangga dan bersyukur.Mantan anggota DPR RI ini menegaskan bahwa penghargaan ini hasil kerja keras semua pihak khususnya para pimpinan SKPD dan staf

di jajaran Pemkot Malang. ‘’Untuk itu, kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pimpinan SKPD dan staf di Pemkot Malang. Sehingga Pemkot Malang berhasil meraih penghargaan ini,’’ ujarnya. Inep menambahkan persaingan untuk memenangkan penghargaan bergengsi ini tidaklah mudah. Item-item yang dinilaikan terkait pengelolaan keuangan daerah ini juga tidaklah sedikit.Apalagi Pemkot Malang harus bersaing dengan seluruh daerah tingkat II se-Indonesia. ‘’Melalui penilaian yang sangat ketat, syukur alhamdulillah,Pemkot Malang akhirnya dinyatakan sebagai daerah tingkat II terbaik seIndonesia dalam pengelolaan

Peni Suparto keuangan daerah dengan kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),’’ cetus mantan dosen ini. Penyerahan penghargaan

oleh Wapres Prof Boediono akan dilaksanakan pada hari Jumat 13 September lusa di Istana Wapres.Karena pada hari tersebut,Inep melakukan serah terima jabatan Wali Kota Malang kepada penggantinya, H.Anton maka penghargaan direncanakan akan diterima Sekda Kota Malang H.Shofwan.‘’Rencananya Pak Sekda yang akan berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan tersebut.Karena pada hari Jumat saya melakukan serah terima jabatan Wali Kota Malang bertempat di gedung DPRD Kota Malang,’’ urainya. Penghargaan dari Wapres tersebut sekaligus menambah panjang jumlah penghargaan yang berhasil diterima Pemkot Malang sebelum ini.Termasuk penghargaan Adipura Kencana,

Wahana Tata Nugraha, Adiwiyata serta ratusan penghargaan lain baik tingkat internasional, nasional maupun Jatim. Karena itu, Inep beberapa waktu lalu pernah menerima sertifikat dari Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih penghargaan terbanyak di antara kota/kabupaten di Indonesia. Sertifikat bernomor 4809 tersebut diserahkan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa kepada Inep beberapa waktu lalu. ‘’Dipenghujung masa jabatan yang tinggal beberapa hari ini,maka kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang selama ini telah bersama-sama mewujudkan Malang sebagai kota paling berprestasi di tanah air,’’ demikian Inep. (nug)

GUEST GESANG/MALANG POST

SANGAT DIMINATI : Para PNS jajaran Pemkot Malang ketika mengikuti kegiatan.

DIBUKA PEKAN DEPAN Pendaftaran CPNS Pemkot Malang MALANG- Ini adalah kabar gembira untuk para pencari kerja. Pendaftaran CPNS Pemkot Malang mulai dibuka pada hari Senin (16/9) sampai Selasa (24/ 9) pekan depan. Pendaftaran CPNS ini terbuka untuk umum. “Rencananya pendaftaran CPNS ini dibuka secara serentak di seluruh Jawa Timur. Waktu pendaftaran seperti yang sudah disebutkan, 16 September sampai 24 September,” kata Kepala BKD Kota Malang, Supriyadi saat ditemui di kantornya, kemarin siang. Ditambahkan bahwa pendaftaran CPNS Pemkot Malang ini segera diumumkan secara terbuka. Sebab rekrutmen calon abdi negara ini memang dilakukan

untuk umum dan secara terbuka. Pendaftaran CPNS tahun ini berbeda dari beberapa tahun lalu. Sekarang kata dia, pendaftaran dilakukan secara online. Yakni pendaftar mengisi aplikasi lalu mengirimkan berkas persyaratan seperti ijazah melalui Kantor Pos. “Teknis dan mekanisme pendaftaran segera dibahas dalam pekan ini. Sesuai recana awal, pendaftaran dilakukan secara online. Sebelum pendaftaran dimulai, kami segera mengumumkan secara terbuka,” katanya. Kendati pendaftaran CPNS dibuka untuk umum pada pekan depan, namun sampai kemarin siang belum diketahui formasi

atau jumlah lowongan CPNS baru untuk Pemkot Malang. “Formasi CPNS Pemkot Malang sudah akan diketahui pada pekan depan. Saat mengumumkan pendaftaran, kami juga mengumumkan jumlah formasi pada pekan depan,” paparnya. Mantan sekretaris BKD Kota Malang ini mengatakan, sebelumnya Pemkot Malang sudah mengusulkan formasi CPNS sebanyak 450 orang. Usulan tersebut disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara. Rincian formasi CPNS yang telah diusulkan yakni 60 persen diantaranya merupakan tenaga kependidikan. Sisanya tenaga kesehatan dan tenaga umum.

Khusus tenaga umum, untuk tenaga fungsional tertentu seperti pengawas jalan dan penyuluh KB.Namun jika dilihat dari analisa kebutuhan pegawai, maka tenaga pendidik, tenaga kesehatan serta tenaga fungsional khusus, yang dibutuhkan oleh Pemkot Malang. Khusus tenaga pendidik, lanjut Supriyadi, pemkot membutuhkan sekitar 600 orang. Yakni untuk mengisi tenaga guru di SMPN 26, SMKN 13 dan tenaga guru SD yang sudah pensiun. Sedangkan tenaga kesehatan, kata dia, dibutuhkan sekitar 200 orang. Terdiri dari tenaga medis dan para medis. Kebutuhan pegawai sebanyak itu untuk mengisi RSUD Kota Malang.

“Itu masih bersifat usulan. Kepastian jumlah formasi baru diketahui pekan depan. Kami pasti umumkan ke masyarakat,” tandas Supriyadi. Kendati pendaftaran CPNS sudah dibuka pekan depan, namun ujian CPNS baru dilakukan pada 3 November mendatang. Ujian CPNS menggunakan lembaran jawaban komputer (LJK). Pelaksanaan ujian CPNS rencananya berlangsung serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan ujian baru digelar pada 3 November karena harus melalui sejumlah tahapan. Diantaranya harus melalui proses seleksi administrasi dan berkas. (van/nug)

4

SISA DANA JEMBATAN KEDUNGKANDANG

Jangan Sampai Langgar Perda

GUEST GESANG//MALANG POST

DIPERDEBATKAN: Jembatan Kedungkandang dipastikan mangkrak hingga akhir tahun ini. MALANG- Jika sebelumnya di internal dewan terjadi beda pendapat soal wacana pengalihan sisa dana pembangunan Jembatan Kedungkandang, nyatanya kini muncul pertentangan opini di lingkup eksekutif terkait anggaran senilai Rp 47 milyar tersebut. Di saat Walikota Malang, Peni Suparto yang sudah akan lengser dua hari lagi menyangsikan wacana tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan, Jarot Edi Sulistyono tampaknya mulai menganggap rencana pengalihan anggaran tersebut cukup masuk akal. Alasannya, pembangunan proyek Rp 54 milyar yang gagal dituntaskan PT Nugraha Adi Taruna itu tak mungkin dilanjutkan dalam waktu dekat. Maka, sah-sah saja bila sisa dana yang belum keluar dimanfaatkan untuk kebutuhan rakyat yang lebih mendesak. “Logikanya, jembatan itu memang tidak bisa selesai tahun ini,” ujar Jarot kepada Malang Post. Menurut pria asal Lumajang ini, prosesnya harus merunut tahapan demi tahapan yang menyita banyak waktu. Meski tak lantas mengiyakan, apa yang dikemukakannya menyiratkan bahwa dia tak menampik usulan dana tersebut dilimpahkan untuk sektor pendidikan. “Masih butuh waktu dan tahapantahapan. Setelah audit BPKP, kemudian butuh second opinion lalu review design baru re-tender,” bebernya. Pendapat ini jelas bertentangan dengan harapan Peni yang berdalih tak ingin melanggar Perda. “Pembangunannya kan sudah diatur dalam Perda. Sepanjang tidak menyalahi ya harusnya tetap jalan. Perda tidak bisa dihapus begitu saja. Alokasinya juga sudah jelas untuk apa,” urai politisi yang selama 10 tahun terakhir menjadi orang nomor satu di Pemkot Malang tersebut. Inep, sapaan akrabnya, memastikan bahwa sisa dana pembangunan senilai Rp 47 milyar tidak kemana-mana. Sebelumnya, dia sempat mempertanyakan nasib Jembatan Kedungkandang jika dana itu dialihkan. “Uangnya tidak kemana-mana. Siapa yang berani ambil? Kalau mau dialihkan ke sektor lain, jembatan itu mau dilanjutkan pakai dana apa,” selorohnya. Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang, Arif Darmawan menyebut dana untuk melanjutkan pembangunan megaproyek di kawasan Buring itu bisa diusulkan lagi dalam RAPBD 2014. “Daripada Silpa (Sisa lebih perhitungan anggaran), lebih baik dialokasikan ke sektor pendidikan. Kami sudah matangkan di dewan. Kalau untuk jembatan kan bisa dianggarkan lagi tahun depan. Toh, tahun ini belum bisa dilanjutkan,” bebernya kepada Malang Post. (tom/nug)

KRIMINALITAS

Polisi Bekuk Bandar Ganja

VANDRI/MALANG POST

BARANG BUKTI BUKTI:: Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH menunjukan barang bukti dan tersangka.

Satpol PP Tak Bergeming Lamban Bongkar Papan Reklame Kosong di Kawasan Padat MALANG- Sekalipun sudah menjadi rasan-rasan publik dan tak luput dari sorotan dewan, agaknya pihak Satpol PP Kota Malang belum tergugah untuk menertibkan papan reklame kosong yang berjajar di tepi pertigaan Jalan JA Suprapto, Jalan Basuki Rahmad dan Jalan BS Riadi. Hingga kemarin, tiga papan bambu yang berderet di jalur pedestrian depan Kantor PLN itu masih berdiri tegak dan tak ada tanda-tanda akan dibongkar. “Belum pernah ada yang kesini lagi. Entah itu mau melepas atau memasang iklan. Setiap hari ya tetap saja seperti itu,” ujar Hari, warga sekitar RSSA yang setiap hari mengamati kawasan padat kendaraan tersebut. Kepala Satpol PP Kota Malang, Mulyono, mengaku tak bisa langsung mengambil tindakan sebelum mencermati aturan main terkait papan reklame tersebut. “Saya baru menjabat (Kasatpol PP). Sekarang saja

masih konsolidasi internal. Tidak bisa tiba-tiba kami main bongkar,” kilahnya ketika dikonfirmasi Malang Post. Mantan Asisten Administrasi Pemerintahan Walikota itu berdalih tak mau gegabah dalam menyerukan instruksi terkait kebijakan penertiban. Dia berjanji akan segera memberesi, namun tak berani memastikan kapan realisasinya. “Biar saya pelajari dulu. Kami cermati biar tidak salah langkah,” tukas mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) itu. Ketidakberanian Satpol PP mengambil tindakan ibarat melanggengkan praktek pelanggaran aturan di Kota Pendidikan. Seharusnya, papan reklame kosong tidak boleh dibiarkan seperti itu. Di kesepakatan awal dengan pihak Pemkot melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), pihak pengiklan dipastikan sudah membayar jasa pembongkaran alias jambong.

Ketika masa edar reklame tersebut habis, sudah otomatis tugas Satpol PP untuk bertindak. Papan kosong harus segera dibongkar dan diangkut, agar tidak mengganggu keasrian kota. Apalagi, jika kawasan tersebut selama ini dikenal sebagai jalur padat yang menjadi akses menuju pusat kota. Pengendara asal luar kota pun memanfaatkan jalan tersebut saat melintasi Kota Malang. Sekalipun ditempatkan di bawah rerimbunan pohon, tetap saja rangka papan baliho itu terlihat publik. Letaknya pun sangat mencolok, persis di dekat traffic light penghubung pertigaan. Selama ini, kawasan pedestrian tersebut memang dikenal sering menjadi spot favorit untuk memasang baliho. Mulai dari iklan produk, event hingga calon legislatif. Bila dibiarkan, maka kesan kumuh akan melekat pada kawasan dekat Hotel Trio Indah 2 itu. (tom/nug)

GUEST GESANG//MALANG POST

DIBIARKAN: Papan reklame bambu di dekat pertigaan menuju Oro-Oro Dowo masih belum dibongkar Satpol PP.

MALANG- Dua karib penikmat ganja, Tri Gatra dan Arif Cahyono mengakhiri kenikmatan sesaat daun ganja di balik jeruji tahanan polisi. Satuan Reskoba Polres Malang Kota mengamankan bandar ganja asal Blimbing itu setelah mendapat informasi masyarakat. Berawal dari informasi masyarakat itulah, petugas Satuan Reskoba mulai melakukan pengungkapan. Awalnya petugas menangkap Tri Gatra. Pria 36 tahun ini dikenal sebagai pengguna dan pengedar ganja. Ia tak berkutik ketika barang bukti berupa dua bungkus kecil berwarna coklat berisi ganja ditemukan di sebuah rumahnya di Jalan Pajajaran. Tri menyimpan bungkusan ganja itu dibekas pot bunga yang berada di jemuran. Dari hasil interogasi terhadap Tri Gatra, kasus ini berkembang kepada Arif Cahyono. Saat itu juga, petugas melakukan pengejaran terhadap Arif Cahyono. Pria 34 tahun tersebut dibekuk saat berada di Jalan Diponegoro. “Saat mengamankan tersangka MAC (Arif Cahyono), petugas mendapat barang bukti berupa satu bungkus ganja ukuran sedang yang sedang digenggam,” kata Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan SH. Petugas kemudian menggelandang Arif ke rumahnya di Jalan Karya Timur, Blimbing. Di rumah Arif inilah petugas melakukan penggeledahan. Upaya itu tak sia-sia, dua bungkus ganja berukuran besar diamankan dari rumah Arif. “Sekarang tersangka diamankan di Polres Malang Kota guna proses penyidikan dan mengungkap jaringan tersangka,” kata Dwiko. Tri Gatra dan Arif Cahyono kini berurusan dengan hukum. Tri Gatra dijerat dengan pasal berlapis UU No 35 tahun 2009. Yakni pasal 111 ayat 1 dan pasal 114 ayat 1. Sedangkan Arif Cahyono dijerat dengan pasal 111 ayat 1 UU 35 tahun 2009. (van/nug) REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : KURDI


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

5

Kabar BUMN

Konsumsi Pertamax Meningkat 5 Persen MALANG – Pasca kenaikan BBM bersubsidi bulan Juli lalu, Pertamina mengalami peningkatan penjualan BBM non subsidi jenis Pertamax di bulan Agustus. Setidaknya, peningkatan konsumsi mencapai 5 persen terjadi untuk keseluruhan SPBU yang tersebar di Malang Raya. Tito Rivanto, Sales Representative Pertamina Region VII Jawa Timur menjelaskan, bahwa rata-rata kenaikan per harinya antara 3-5 persen. “Kenaikan penggunaan BBM non subsidi memang meningkat, tapi memang belum maksimal sesuai harapan kami,” jelasnya. Menurut Tito, peningkatan penggu-

naan BBM non subsidi bisa mencapai 30 persen pada saat momen tertentu, misalnya saat menjelang lebaran, namun terbatas hanya 1-2 hari. Bila diaverage, volumenya bertambah hanya 5 persen. Dari jumlah tersebut, secara rinci Tito menyampaikan bahwa peningkatan untuk BBM jenis pertamax mencapai 64 kiloliter untuk seluruh SPBU di Malang Raya. Dan jumlah tersebut didominasi dari wilayah Kabupaten Malang. “Perbandingannya untuk peningkatan konsumsi Pertamax, 55 persen di Kabupaten Malang, 35 persen di Kota Malang, dan 10 persen di Kota

Batu,” papar dia panjang lebar. Kabupaten Malang mendominasi peningkatan penggunaan BBM non subsidi khususnya jenis Pertamax sebab jumlah SPBU lebih banyak, yakni mencapai 49 SPBU. Meskipun tidak semua menyediakan BBM jenis Pertamax. Meskipun begitu, peningkatan tersebut belum sesuai harapan Pertamina. Sebab untuk wilayah Malang sesuai dengan penuturan Tito menargetkan peningkatan hingga 100 kiloliter. Atau meningkat 50 persen. Sedangkan saat ini, secara keseluruhan untuk konsumsi BBM baik subsidi maupun non subsidi di Malang Raya

mencapai 1200 kiloliter untuk premium, 400 kiloliter jenis solar dan 64 kiloliter jenis Pertamax. Pengakuan Tito ini semakin kuat sesuai dengan penuturan Manager Operasional SPBU Talok, Kecamatan Turen. Keris Arisyah Halley memaparkan, peningkatan konsumsi pertamax mencapai 3 kali lipat. Bila biasanya sebelum ada kenaikan harga BBM bersubsidi, setiap harinya Pertamax hanya terjual 200 liter, hingga akhir Agustus rata-rata per hari mencapai 700 hingga 800 liter. “Meningkat drastis untuk konsumsi pertamax di tempat ini,” paparnya. (ley/nda)

BRISyariah

KRISIS KEDELAI

Pasca Pameran Rumah Murah, Tembus 1400 Aplikasi MALANG – Pameran rumah bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) beberapa waktu lalu yang diselenggarakan di Kota Malang menjadi ajang terbaik bagi BRISyariah Cabang Malang untuk menggaet user dalam hal penyaluran kredit KPR. Selain mendapat pengajuan dari developer yang menembus 1010 di hari pertama, hingga pameran berakhir penambahan terus terjadi hampir menembus angka 1400 aplikasi. Pemimpin Cabang BRISyariah Malang, Agung Wahyudi Rahardjo, menuturkan, bahwa selama pameran, stand bank yang berada di Jalan Kawi tersebut tidak pernah sepi dari nasabah. Baik yang berkonsultasi maupun yang mengajukan aplikasi. “Pada hari pertama, pengajuan KPR developer dari Kediri, Surabaya dan Malang langsung membuat pencapaian tinggi. Rinciannya 300 dari Kediri, 300 dari Surabaya dan 410 asal Malang. Kemudian hingga pameran berakhir, semakin banyak yang mengajukan,” tuturnya. Menurut dia, angkanya hampir 400, namun dia belum bisa memastikan jumlah pastinya, sebab laporan belum masuk. Lebih lanjut, selama pameran yang walk in dan disetujui pengajuannya mencapai 280 nasabah dengan bukti pembukaan rekening pada hari tersebut. Selanjutnya, penambahan lebih dari 100 aplikasi. Agung menuturkan, selama pameran berlangsung, penawaran dari BRISyariah Malang benar-benar diminati. Seperti penawaran DP 0 persen dan cicilan tetap

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

TERBAIK: Pelayanan kepada nasabah yang hendak mengajukan KPR di Kantor BRISyariah Cabang Malang. selama 15 tahun sebesar Rp 800 ribu. “Bunga fix selama 15 tahun, sehingga harganya sesuai dengan standar dari pemerintah sebesar Rp 88 juta untuk tipe 36,” tegasnya. Hingga saat ini, penyaluran dana KPR

FLPP dari BRISyariah telah mencapai angka Rp 56,6 miliar. Ia optimis pertumbuhan semakin pesat hingga akhir tahun nanti, bisa bertambah mencapai Rp 50 miliar. “Terlebih bila melihat antusiasme selama pameran lalu karena

tingginya kebutuhan rumah bagi MBR. Pasca pameran, yang mengajukan KPR masih terus berdatangan. Makanya, kami yakin bakal terus bertambah maksimal hingga akhir tahun,” pungkas Agung. (ley/nda)

MX MAll

Mulai Operasikan Food Court MALANG – MX Mall semakin menancapkan diri menjadi pusat kuliner modern di Kota Malang. Terbaru, mulai Selasa (10/9) kemarin, Food Court Maharaja mulai mengadakan trial opening, dan mulai beroperasi untuk memanjakan pengunjung mall dalam hal kebutuhan kuliner. AV Dharmawirawan SN, salah satu owner Food Court Maharaja mengungkapkan, dengan kehadiran Maharaja bakal menegaskan mengenai MX Mall yang menyediakan beraneka ragam kuliner. “Sesuai dengan permintaan manajemen mall, dengan beroperasinya kami semakin menambah minat masyarakat di Malang untuk datang ke MX Mall ketika memuaskan hasrat

kuliner,” ungkapnya. Menurut dia, Maharaja berkonsep pusat kuliner dan tempat hang out bernuansa cafe, namun tetap positif. Beberapa tenant yang sudah mulai beroperasi sejak trial opening antara lain Jungle Juice, Double Dipps, Mahadewi, Korean Food, Supersteak, dan Dimsum. “Mulai dari kuliner yang digemari anak muda yang hobi nongkrong, hingga masakan rumahan dengan adanya tenant Mahadewi,” beber pria yang akrab dipanggil Dharma. Masih menurut dia, Maharaja yang merupakan kolaborasi lima owner ini bakal buka mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB. Perbedaan

dengan beberapa food court lain di Kota Malang yaitu tersedianya live music yang bakal menemani pengunjung. Sehingga bersantai sembari makan atau sekedar menghabiskan waktu bersama kolega terasa nyaman karena adanya hiburan. Dengan investasi yang besar, Dharma menargetkan BEP maksimal bakal tercapai dalam tempo 2 tahun. “Kalau bisa sebelum itu, dua tahun me rupakan jatah maksimal. Untuk jumlah investasinya yang jelas banyak,” tambah Dharma namun enggan menyebutkan jumlah pasti investasi. Sementara itu, Andra Widi Utama, Manager Maharaja Food Court

mengungkapkan, selama masa perkenalan hingga akhir tahun mendatang memiliki target omzet Rp 20 juta per hari. Target yang tinggi, namun bakal terus meningkat ke depannya. “Sambil melihat minat masyarakat, dan bila semakin bagus kunjungannya, omzet harus meningkat di tahun depan. Yang jelas kami ingin menunjukkan kelebihan dan sisi friendship food court yang kami usung, ” jelas Andra. Selama masa trial opening, diskon 10 persen berlaku hingga tanggal 21 September mendatang bagi pengunjung Maharaja. “Selama masa perkenalan ini, kami berikan diskon. Selanjutnya, soft opening bakal berlangsung 21 September,” papar dia. (ley/nda)

Segarkan New Terios dengan Dual SRS Airbags MALANG – Sejak 1 September 2013 lalu, PT Astra Daihatsu Motor telah meluncurkan Daihatsu New Terios dengan mengalami sedikit perubahan. Penyegaran terjadi dengan adanya dual Supplementary Restraint System (SRS) airbags, fasilitas sandaran kepala di seluruh bari tempat duduk, AC double blower dan Cabin Air Filter. Dengan adanya perubahan ini, penjualan Terios diharapkan meningkat dibandingkan sebelumnya “Minor change yang terjadi kali ini utamanya untuk menambah fasilitas keamanan, serta membuat kenyamanan baik pengendara maupun penumpang ketika berada di jalan raya,” ungkap Manager Authorized Dealer Daihatsu Jolo Abadi Malang, AA. Gede Wisnu Putra. Selain itu pada sisi ekterior mobil sport utility vehicle (SUV) dengan tujuh penumpang ini pada sisi eksterior juga berlaku. Wisnu menambahkan, improvement seperti sabuk pengaman pretensioner semakin memperkuat bahwa Daihatsu mengutamakan sisi safety bagi pengguna mobil Terios. Dia

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

HARUS NAIK: Dengan upgrade fasilitas keamanan dan kenyamanan, diharapkan penjualan Daihatsu New Terios terus meningkat hingga akhir tahun. tidak meungkiri bahwa perubahan untuk mobil sport tergolong telat, apalagi, sejak

pertama kali diluncurkan di tahun 2007, baru dua kali mengalami perubahan.

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BELI PERTAMAX: Salah satu SPBU di Malang yang menyediakan Pertamax lebih meningkat konsumsinya pasca kenaikan BBM bersubsidi.

Keripik Tempe Tetap Produksi MALANG – Di beberapa kota, kenaikan harga kedelai membuat sejumlah para produsen tempe mogok. Namun, berbeda dengan produsen keripik tempe di Kota Malang, mereka tetap melakukan produksi meski penghasilannya tak sebanyak biasanya. Alasan masih berjalannya produksi keripik tempe di Sentra Industri Tempe Sanan karena hal tersebut merupakan mata pencaharian mereka. Yudi Saifudin, Pegawai Pusat Industri Keripik Tempe Hikmah mengatakan, dulunya produksi dalam sehari mencapai 60 kg, namun sekarang hanya 30 kg kedelai. Kenaikan harga kedelai sebenarnya sudah terjadi sejak awal Agustus 2013, Yudi mengaku kenaikan harga tersebut sebenarnya tidak banyak, hanya 100-200 per kg. Namun kenaikan itu terus berlanjut hingga melonjak Rp 9500 per kg. Biasanya, Hikmah menjual 1 dus keripik tempe berisi 12 bungkus seharga Rp 70 ribu namun saat ini naik menjadi Rp 80 ribu. Pendapatan para pegawai juga turut berkurang. “Kalau kita mogok, kita juga rugi. Karena biasanya memiliki penghasilan, tapi tidak kalau mogok. Kalau harga kedalai naik terus, ya sama-sama tidak bisa bertahan,” ujarnya. Pria yang sudah delapan tahun bekerja di industri ini berharap kepada pemerintah agar harga kedelai itu bisa turun. Yudi juga mengaku bahan baku lain untuk produksi keripik tempe juga mengalami kenaikan. Seperti tepung, biasanya harga Rp 26 ribu per pack sekarang menjadi Rp 29 ribu sedangkan Yudi membutuhkan 10 pack tepung per hari. Kalau minyak goreng, biasanya Rp 130 ribu saat ini menjadi Rp 150 ribu. Kalau untuk bumbu dari keripik tempe seperti bawang putih sudah naik sejak kenaikan BBM lalu. Yudi menjelaskan, Hikmah biasanya melayani pemesanan keripik tempe dari penjual lokal. Namun sejak sebulan lalu, para penjual yang biasa kulakan di industri tersebut untuk sementara waktu berhenti, karena harga keripik tempe meningkat. Biasanya Yudi juga melayani pemesanan luar kota seperti, Surabaya, Kediri dan Jakarta. Jika semua pemesanan dilayani biasanya produksi bisa mencapai satu kwintal. Umi, pemilik Industri Tempe Melati mengatakan bahwa dirinya tak menaikkan harga jual meski harga kedelai terus meningkat. Namun, dia mengaku dalam beberapa hari ini jika harga kedelai tetap naik atau tidak ada perubahan harga, dirinya akan menaikkan harga jual keripiknya. Jadi selama ini, ia hanya mengurangi keuntungan pribadi sedangkan untuk gaji para pegawainya tetap. “Saat ini kurs rupiah yang sedang anjlok, kedelai pun di koperasi masih ada, tapi kualitas semakin rendah dan harga semakin tinggi,” ujar Choirul Anwar, sekretaris Primer Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Prikomti) Bangkit Usaha Kota Malang di Jalan Sanan No. 49. Pengadaan kedelai didatangkan dari kota Malang dan Surabaya. Koperasi tersebut sebenarnya sudah memilih harga yang paling rendah di pasaran, sehingga bisa menjual ke anggota dan koperasi ini masih bisa bertahan. Menurut Choirul, harga kedelai saat ini Rp 9150 – 9300 per kg tergantung merk masing-masing per karung. “Harga yang kita anggap normal dan pasar juga menerima dan koperasi bisa mendapat untung, berkisar Rp 6000 – Rp 7000,” ungkapnya. Harga tersebut sebelum lebaran setelah itu merangkak naik sekitar Rp 50 – Rp 100 per hari hingga melonjak sampai saat ini. Pengadaan kedelai di koperasi juga berkurang, biasanya Prikomti menyediakan 10 ton kedelai per hari, namun sekarang 8-9 ton per hari. “Sekarang ini, anggota kita ini bisa dibilang hidup segan, mati tak mau. Karena jika menaikkan harga jual keripik tempe, masyarakat pun tak mau membeli namun jika para produsen tidak melakukan produksi keripik tempe, akan dilematis karena merupakan mata pencaharian mereka,” ungkapnya. Cara mengurangi biaya produksi dilakukan dengan beberapa cara, misalnya peragian biasnaya dikerjakan oleh pegawai, namun sekarang dikerjakan sendiri. Sehingga tidak usah membayar orang lain untuk melakukannya. (mg13/nda)

Pria asal Bali ini menjelaskan, setia pengguna mobil saat ini pasti tiap m pertanyakan sudah adanya fitur mem ke keselamatan pada sebuah kendaraan. Te Terios yang di Jolo Abadi menduduki po posisi dua penjualan mobil non pass ssenger setelah Xenia, menambah AC do double blower sehingga pada sisi kanan da dan kiri bisa mengatur sendiri untuk su suhu. Masih ditambah filter kabin AC un untuk menyarinng debu sebelum dihisap bl blower AC yang kemudian mendorong ke seluruh ruangan kabin. Menurut Wisnu, setiap bulannya penju jualan Terios antara 15 hingga 20 unit. De Dengan adanya perubahan, dia berharap ter terjadi peningkatan penjualan mencapai 50 persen. “Paling tidak dalam sebulan bi bisa bertambah menjadi 25 unit, hingga ak akhir tahun nanti,” bebernya kepada M Malang Post. Kenaikan harga yang dipasang oleh Daihatsu untuk seluruh tipe Terios antara Rp 6 juta sampai Rp 7,5 juta. Harganya menjadi Rp 171 juta sampai Rp 208 juta. (ley/nda) REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: OLIS


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

6

Speak Up

Jadi Risih Bacanya Bayu Nadya Risky Irianti - SMAN 1 Malang “AKU nggak suka melihat temen yang mengumbar kemesraan di sosmed. Kalau mereka setiap detik update dan ngomongin yang nggak penting, misalnya update : “Aku sayang pipi, mimi selamanya” terus di-tag atau di-mention, itu risih banget. Belum lagi kalau tulisannya pakai huruf alay yang susah dibaca. Kalau menurutku sih sayang ya sayang aja, nggak perlu menyebar luaskan ke publik juga kan, toh nggak mungkin juga kita ikut campur. Nggak tau lagi kalau yang pacaran pingin ngeksis.” (*/fia)

Cowok Jangan Lebay Prastito Odi Armando - SMAN 9 Malang

TEKS : HERLINA SEPTI ANDINI MODEL : REVINA WINDI SEPTIANTI FOTOGRAFER : HERLINA SEPTI ANDINI

Pamer Pacar di Socmed

SOCIAL media (socmed) sekarang jadi alat wajib buat Sobat M-Teens untuk ngeksis. Mulai dari status hingga upload foto dipakai untuk menunjukkan ke jaringan pertemanan tentang diri kita dan apa yang tengah dialami. Tak sedikit sobat Mteens yang memanfaatkan social media sebagai media ajang pamer pacar. Mulai dari mengganti status di Facebook menjadi in relationship, married. Lalu mengupload foto berdua dengan pasangan, atau melakukan berbagai macam bentuk komunikasi dengan pacar. Hal serupa juga dilakukan oleh Maria Annunciata Velydia Hermana, siswi kelas XI SMKN 2 Malang. Menurutnya banyak faktor yang membuat seseorang ingin memamerkan hubungannya dengan pacar lewat social media. Misalnya ingin balas dendam ke mantan, lalu menunjukkan bahwa dia juga bisa mendapatkan pacar yang lebih baik. Bisa juga karena memang gengsi dan ingin pamer saja ke orang lain bahwa dia bisa punya pacar yang cantik atau ganteng. “Aku sendiri melakukan itu untuk menunjukkan status aja kalau sudah punya pacar. Biar nggak ada yang PDKT lagi ke aku atau pacarku,” ucap siswi jurusan boga tersebut. Dia tak merasa malu karena dengan menunjukkan pacarnya ke orang lain menandakan bahwa dia bangga memiliki pacarnya.

Namun hal itu tak lantas membuatnya mengumbar kemesraan di social media. Vely, panggilan akrabnya, mengatakan cukup pamer yang sepantas dan sewajarnya saja. Kalau berlebihan justru terasa aneh. Walaupun sedang kasmaran tingkat tinggi, namun kita juga harus mengendalikan diri agar tidak malu-maluin. Vely juga menambahkan kemesraan yang ditunjukkan juga harus positif. Jangan sampai upload foto-foto yang kurang pantas hingga update status yang terlalu mesra. “Banyak hal positif yang dapat kita tunjukkan, misalnya kehangatan berdua saat jalan-jalan, makan bersama, belajar bersama, pokoknya segala kegiatan positif yang kita lakukan. Kalau status, mungkin yang positif ya memberi semangat untuk pacar atau berdoa untuknya.” Jelas Vely. Menurut Vely, saat ini masih banyak sepasang anak muda yang berpacaran kemudian upload foto yang kurang sopan. Misalnya berciuman, berpelukan, atau sayang-sayangan, kangen-kangenan pada twitter atau facebook. Yang seperti itu menimbulkan kesan buruk terhadap diri kita. “Toh kita sendiri akan merasa risih kalau melihat ada yang terlalu mesra pada social media kita, untuk itu kita sendiripun jangan melakukannya.” Jelasnya. Ada hal lucu yang pernah dilihat

Vely pada berbagai social media yang dimilikinya. Ada sepasang kekasih yang terlewat mesra jika menunjukkan hubungan pacaran mereka pada social media. Padahal kemana-mana bersama, tapi tetap saja eksis di social media. Namun suatu ketika mereka berdua bertengkar dan tak lagi menunjukkan kemesraan tapi justru mengumbar perdebatan. Akhirnya pertengkaran mereka jadi tontonan teman-teman. “Kalau sudah terjadi seperti itu pasti malu,” kisahnya saat berbincang dengan M-Teens Malang Post. Vely menjelaskan bahwa berbeda dari dirinya yang suka memamerkan hubungan, pacar Vely justru cenderung tertutup untuk menyebarluaskan status pacaran mereka berdua. Dia lebih pilihpilih untuk menunjukkan kepada siapa hubungan itu diberitahukan. “Pacarku cenderung pemalu jadi tak suka mengumbar hal yang sifatnya privasi. Namun itu tak masalah buat aku, karena menurutku itu bukan masalah besar. Nggak memamerkan aku di social media bukan berarti dia nggak bangga sama aku lho,” ucap gadis yang hobi menulis cerpen itu. Beda cerita dengan Vely, Mardiana Lilik siswi kelas XI SMK Ardjuna dulu juga pernah memamerkan hubungannya dengan sang pacar. Tujuan utamanya adalah membuat si mantan cemburu.

“Ya aku mesra sama pacar, misalnya ya manggil sayang-sayangan gitu,” ucap gadis yang suka renang tersebut. Namun sayang sekali ternyata si mantan memasang sikap EGP alias emangg gue pikirin. Hal itu membuat Diana menyesal dan merasa malu. Akhirnya dia tak lagi mengulangi hal tersebut. Selanjutnya dia mengatakan tetap memasang status berpacaran di social media. Namun tak seperti sebelumnya. Update status biasa saja, lalu tidak memasang foto-foto yang terlalu mesra. “Kalau sebelumnya rasanya dunia milik berdua, yang lain ngontrak. Tapi sekarang harus sadar kalau di social media bisa dilihatin banyak orang, jadi harus lebih sopan,” ujarnya. Terlebih lagi, Diana merasa malu apabila orang tuanya ikut membaca. Mereka sering menggoda Diana apabila berpacaran di Facebook. Namun, orang tuanya selalu mengingatkan Diana untuk berhati-hati saat berpacaran. Jangan berlebihan. Kini dia sedang tak memiliki pacar. Pecinta makanan pedas itu menuturkan bahwa ada baiknya juga kalau seseorang memamerkan statusnya di social media. “Misalnya aja kita jadi tahu cowok yang kita suka udah punya pacar apa belum. Kalau belum ya bisa diteruskan sukanya. Kalau dia udah punya pacar ya pasrah, diikhlaskan aja,” jelasnya dengan bercanda. (*/fia)

“KALAU aku melihat temanteman yang kelihatan mesra di social media sih biasa aja. Tapi menurutku nggak perlu kayak gitu juga. Kan kita punya batasan bagaimana bergaul di dunia maya, termasuk hal asmara. Terutama aku cowok, menurutku kalau anak cowok sering pamer pacarnya dan dikit-dikit pacaran di social media itu lebay. Soalnya kalau cowok yang wajar-wajar aja pacarannya nggak sampai kayak gitu.” (*/fia)

Nggak Mau Dibilang Iri Triana Nur Maratus Sholikhah - SMPN 1 Malang “AKU sih cenderung cuek kalau lihat temen-temen yang mesra banget sama pacarnya di facebok sama twitter. Tapi sebenernya agak nggak suka ya. Soalnya kan social media itu juga ‘tempat umum’, nah kalau mesra-mesraan dilihat umum kan juga nggak baik. Cuma ragu-ragu mau ngingetin temen yang kayak gitu. Nanti malah aku dibilang iri.” (*/fia)

Sobat M-Teens

Bisa Menimbulkan Persepsi Negatif PAMER status berpacaran dan bermesra-mesraan di social media adalah salah satu hal yang sering dilakukan anak muda, namun hal itu tidak boleh dilakukan dengan berlebihan. Agustindwi Cahyaningtyas, murid kelas XII IPS SMA Widya Gama menuturkan hal tersebut. Menurutnya banyak yang tidak sadar untuk beretika

di social media. Tapi itu j u g a t e rg a n t u n g d e n g a n individunya. “Kita yang ada di sekitarnya cuma bisa ngasih tahu dan menasihati. Jadi saling mengingatkan satu sama lain,” ucap gadis yang menjabat sebagi ketua OSIS itu. Dia sendiri menjelaskan bahwa dirinya tak lagi tertarik untuk memamerkan

hubungannya dengan sang pacar, alasannya karena dia merasa bukan anak baru gede lagi. Intinya, hal-hal semacam itu tidak cocok dilakukan remaja yang sudah beranjak dewasa seperti dirinya. Agustin lebih memilih mediamedia yang lebih privat jika ingin menghubungi pacarnya, misalnya BBM, SMS, atau direct message pada twitter.

Memang apa yang di lakukan di social media adalah hak penggunanya. Namun gadis yang aktif dalam kegiatan pecinta alam tersebut menjelaskan bahwa apapun yang kita posting dalam social media akan dilihat banyak orang. Bahkan mungkin dilihat anak kecil juga. Jadi kita harus hati-hati. Jangan sampai kita mencontohkan

Awas! Keti Hitam Mengancam BAGI cewek tentunya ketiak (keti) hitam akan sangat mengganggu penampilan. Gaya kita menjadi terbatasi akibat dari si ketiak yang hitam. Ketiak hitam muncul bisa dari beberapa faktor. Faktro pertama adalah sering mencukur dan mencabuti bulu ketiak. Wajar sih, karena saat menginjak dewasa, ketiak bakal ditumbuhi oleh bulu. Biasanya kita nge-waxing atau mencukur dengan alat cukur, namun saat waxing kita juga harus memperhatikan bahannya

karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang menimbulkan warna kehitaman pada ketiak. Faktor lain adalah hormon. Estrogen dan progesteron yang merupakan hormon wanita saat kadarnya meningkat bisa menjadi penyebab ketiak terlihat lebih hitam. Bahan Kimia juga bsa membuat keti hitam lho. bahan kimia yang terdapat pada deodoran jenis roll on bisa menyebabkan ketiak menghitam secara permanen. Yang menyebabkan ketiak

hitam adalah campuran pewangi dan pewarna, berbeda dengan penggunaan deodoran berbahan tawas, mungkin bisa membantu memutihkan ketiak. Gesekan pada pakaian juga berresiko menimbulkan ketiak hitam. Hal ini terjadi pada pakaian ketat. Efek gesekan yang terus menerus akan membuat ketiak menjadi hitam. Nah, kalau Sobat M-Teens sudah tahu penyebabnya, maka bagi yang ketiaknya sudah ter terlanjut hitam, M-Teens punya be beberapa tips untuk menghalau si keti hitam nih: C Campuran Jeruk Nipis dan M Mentimun Jeruk nipis dan mentimun bisa ka kamu manfaatkan sebagai masker un untuk ketiak lho. Caranya dengan m mencampurkan 1 sdt jeruk nipis de dengan 1 sdt jus mentimun dan sej sejumput bubuk kunyit. Kemudian ol oleskan ketiga bahan tersebut di ke ketiak kamu, lalu bilas dengan air bbersih setelah 20 menit. B Buah Pepaya Kandungan enzim yang tterdapat dalam buah pepaya, ter ternyata dapat berfungsi untuk

pembersih kulit. Gunakan pepaya yang tidak terlalu masak lalu parutlah sampai halus. Setiap selesai mandi, gunakan pepaya yang sudah diparut tersebut di ketiak kamu, tunggu beberapa saat lalu bilas sampai bersih. Bubuk Tawas dan Jeruk Nipis Bubuk tawas mengandung alumunium sulfat yang dapat menghilangkan warna ketiak yang hitam karena iritasi. Campurkan tawas dan irisan jeruk nipis yang sudah dihilangkan bijinya, kemudian gosokkan di ketiak kamu setelah selesai mandi. Jangan lupa untuk membilasnya sampai bersih. Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis dapat bekerja untuk mengontrol keringat dan meregenerasi kulit. Jangan Mencukur, Pilihlah Waxing Daripada mencukur, kamu bisa menggunakan cara waxing untuk menghilangkan rambut di ketiak. Waxing mampu menghilangkan kulit mati di sekitar ketiak dan juga dapat membersihkan kulit di sekitarnya. (yss/oln/fia)

hal-hal yang tidak semestinya mereka contoh. Lebih lanjut dia menjelaskan, mengumbar kemesraan di facebook, twitter, dan jejaring sosial lain bisa jadi menimbulkan perspektif negatif. Agustin sendiri lebih suka berpacaran ramai-ramai. Misalnya nongkrong dengan pacar dan juga teman-teman yang lainnya.

Menurutnya itu lebih seru daripada hanya berdua saja. Ia tak terlalu setuju apabila pacaran harus selalu berdua saja. “Kita kan pacaran pasti di tempat umum. Kalau cuma berdua kan cenderung pengen mesra-mesraan terus. Padahal kan nggak baik tuh, termasuk di social media. Pokoknya harus tahu batasan-batasan deh,” tukasnya. (*/fia)

Jangan Mencukur di Pagi Hari SOBAT M-Teens tahu nggak, bahwa ketiak memiliki 1 persen kelenjar keringat dan 99 persen kulit? Karena lebih banyak terkandung dari kulit, daerah tersebut sebenarnya butuh perhatian ekstra, terlebih karena daerah tersebut lebih lembut dan sensitif. Namun, banyak hal yang bisa membuat daerah tersebut jadi mudah teriritasi dan menjadi sensitif. Hal-hal seperti klorin, garam, dan cahaya matahari bisa membuat kulit kering, ditambah dengan rutinitas mencukur rambut di ketiak, kulit di daerah tersebut bisa jadi sangat kering, dan parahnya, menghitam. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pencukuran rambut di ketiak: „ Jangan mencukur rambut di ketiak langsung begitu bangun di pagi hari. Ketika bangun di pagi hari, kulit masih terasa sensitif. Setidaknya, tunggulah 15 menit. Akan lebih baik lagi jika mencukur di malam hari untuk mencegah rasa pedih karena pengolesan deodoran setelah dicukur.

biasanya tidak didesain dengan baik dan lebih mudah tumpul. Karena itu, jika menggunakan alat cukur yang murah dan kualitasnya kurang bagus, sering terjadi iritasi, atau kulit terluka. Beberapa alat cukur dari merek kenamaan biasanya memiliki silet yang sudah didesain dengan ketajaman dan keruncingan yang diciptakan khusus untuk daerah ketiak. „ Jaga kelembapannya. Pencukuran ketiak mau tak mau akan mengangkat lapisan kulit di atasnya. Sebaiknya menjaga kulit sebaik-baiknya dan tidak segera mengoleskan deodoran yang bisa membuat kulit teriritasi. Pilihlah produk yang memang dikhususkan untuk merawat daerah tersebut dan mengurangi kemungkinan untuk membuat kulit daerah tersebut teriritasi karena kering. (kps/fia)

„ Rendam dengan air panas atau basahi daerah ketiak sebelum dicukur. Biarpun menggunakan krim pencukur, basahilah daerah ketiak terlebih dulu sebelum dicukur agar upaya pencukuran lebih mudah. „ Harga tak pernah bohong. Sering mendengar hal tersebut, bukan? Ya, itu memang benar, apalagi yang berhubungan dengan silet pencukur. Silet pencukur dengan harga murah REDAKTUR: SHUVIA RAHMA REDAKTUR RAHMA, LAYOUTER: LAYOUTER SITI


BILLIARD, Strategi Safira Salon and Spa Mengunci Lawan Layani Sulam Bibir

MALANG -- BILLIARD BILLIARD tak tak sekadar sekadar MALANG media rekreasi. rekreasi. Banyak Banyak hal hal bisa bisa didapat didapat media dengan bermain bermain billiard. billiard. Mulai Mulai dari dari hal hal dengan yang paling paling -ringan ringan seperti refreshing, yang seperti refreshing, MALANG paket ini menawarkan perTampil cantik, pererat persahabatan persahabatan hingga asah asahawatan otak pererat hingga otak kecantikan berupa; bersih, dan modis merupakdankebutuhan ketangkasan. Billiard juga tentang tentang dan ketangkasan. Billiard juga Ratus V Super, Lulur, Sauna, an hampir semua strategi. normal. Utamanya Ear Candle, CD, harga Rp. strategi. wanita Achmad Djayusman mengaku mulai mulai Djayusman mengaku 130.000. Paket C, paket ini paAchmad ra sosialita Kota Malang. memegang stick sejak sejak tahun 1985menawarkan lalu. memegang stick tahun 1985 lalu. perawatan keBe gitu banyak rumah perSampai saat saat ini ia ia masih masih menyapa Sampai ini cantikan berupa; Lulur, Ratus awatan kecantikan, namunmenyapa teman-temannya melalui meja billiard. billiard. teman-temannya melalui meja V, Mask Rambut, Blow, CD, ti dak banyak yang bisa menBola sodok sodok baginya, bukan sekadar sekadar Bola baginya, bukan harga Rp 130.000. yuguhkan layanan kecantikan refresing. Tapi ada ada sederet manfaat manfaat yang refresing. Tapi sederet Dijelaskan Lia Safira, peyang komplet, eksklusif den- yang didapatnya. didapatnya. gan harga terjangkau. Tidak milik Safira Salon and Spa “Selain untuk refresing, refresing, main billiard “Selain untuk ini, cukup banyak pelanggan hanya kecantikan, Salonmain ini billiard untuk menambah teman. Dari mejadatang. Setiap hari tidak untuk menambah sulam teman.alis Dari yang meja juga menawarkan billiard bisa bicara bisnis. bisnis. Banyak Banyak billiard bicara kurang dari 10-20 pelanggan dan sulambisa bibir. manfaat yangdan didapat. Bahkanyang bisamelakukan perawatan di manfaat yang didapat. Bahkan bisa Safira Salon Spa mampu untuk olahraga,” katanya. untuk olahraga,” katanya. menyuguhkan semuanya. Mu- sini. Semuanya kaum hawa, Mantan penasehat asosiasi billiard ini semenjak didirikan penasehat asosiasi billiard ini karena laiMantan perawatan kecantikan dari mengatakan, ia selalu menambah teman mengatakan, ia selalu menambah ujung rambut sampai ujung teman tahun 2000 lalu, salon ini mesaat bermain bermain billiard. Dari teman temanmang baru memang sengaja memsaat billiard. Dari baru kaki pun Safira siap melayani. RIZAL FANANY/MALANG FANANY/MALANG POST POST RIZAL itulah bisa bisadi berkembang ke jejaring bisnis bisnis itulah berkembang jejaring Berlokasi Jalan Candike Bajang fokuskan pada wanita sebagai Billiard MENGASYIKKAN: Billiard merupakan merupakan olahraga olahraga ringan ringan yang yang menyenangkan. menyenangkan. Tidak Tidak hanya hanya refreshing, refreshing, MENGASYIKKAN: yang bisa bisa dirintis. Ia merasa merasa billiardpangsa juga pasarnya. yang dirintis. Ia billiard juga Biliard juga juga mengajarkan mengajarkan strategi strategi memenangi memenangi pertandingan pertandingan Ratu III/14, Blimbing Malang, Biliard olahraga. Selain otot otot beberapa kaki, otot otot lengan lengan olahraga. Selain kaki, Safi ra menawarkan “Safira Salon and Spa ini pun bisa bisa terlatih melalui melalui billiard. Untuk Untuk pun terlatih billiard. paket perawatan kecantikan sengaja didirikan untuk melengandibagi misalnya, setiap kali nyodokmanjakan tentu strategi Pulang kerja, kerja, mampir mampir main main billiard billiard dengan 15 15 bola. bola. Tapi Tapi sekarang sekarang Pulang strategi untuk wanita, mengunci lawan. lawan. Inilah Inilah dengan lengan misalnya, setiap kali nyodok tentu untuk mengunci yang dalam enam paket. para kaum membutuhkan kekuatan tertentu walau sebentar, ya ya menyenangkan,” menyenangkan,” ujarnya. ujarnya. berkembang menjadi menjadi sembilan sembilan bola. bola. sebentar, kenikmatan tersendiri dari main main billiard,” billiard,” berkembang membutuhkan kekuatan tertentu kenikmatan tersendiri utamanya ibu-ibu muda, dandari Antara lain: Paket bintang 1, walau tidak sekuat-kuatnya. sekuat-kuatnya. Saat main main billiard, billiard, Alya Alya juga juga merasa merasa “Tergantung orang, orang, suka suka yang yang mana. mana. kata mantan mantan pengusaha billiard ini. ini. tidak Saat “Tergantung kata pengusaha putri. Inilah billiard paket ini menawarkan sauna, remaja-remaja “Apalagi otot kaki. Sekali main billiard billiard berolah raga raga walau walau hanya hanya olah olah raga raga Tapi kalau kalau saya saya suka suka yang yang 15 15 bola,” bola,” berolah Main billiard billiard bisa dilakukan oleh oleh Tapi “Apalagi Sekali main Main yang membedakan Safirabisa Sa- dilakukan pijat, lulur,otot CDkaki. dengan harga bisa 65.000. setara jalan jalan kakibintang berkilo-kilo meter. ringan. Mengayunkan Mengayunkan stik stik misalnya, misalnya, katanya. siapa pun. Perempuan dan laki-laki, laki-laki, katanya. bisa setara kaki berkilo-kilo ringan. Perempuan lon and siapa Spa pun. dengan rumah dan Rp Paket 2 : meter. Kan selalu selalu jalanlulur mengelilingi meja.perawatan Jadi tua kata dia dia juga juga membutuhkan membutuhkan kekuatan kekuatan Ham Akbar Akbar Winarso Winarso juga juga hobi hobi main main kata tuakecantikan maupun muda muda dan dari dari berbagai berbagai Kan jalan mengelilingi meja. Jadi Ham maupun dan lainnya. sauna, pijat, pemutih, sama halnya halnya melatih ototharga kaki,”Rp kata mantan mantan yang terukur. terukur. Selain Selain itu itu mengasah mengasah billiard. Sudah Sudah lima lima tahun tahun ia ia akrab akrab yang latar eksklusif belakang untuk bisa melakukannya. melakukannya. billiard. sama melatih otot kaki,” kata latar belakang bisa Jadi, hanya masker badan, CD, anggota DPRD DPRD Kota Malang Malang ini. wanita,’’Tapi ketepatan dan dan bertindak bertindak fokus. fokus. dengan bola bola dan dan meja meja billiard. billiard. “Main “Main ketepatan Tapi harus diimbangi diimbangi dengan latihan. latihan. dengan anggota Kota ini. harus ungkapnya kepada dengan 85.000. Paket bintang 3: sauna Tak hanya fi sik, Djayusman menikmati Jika ingin bersantai di meja billiard, billiard, billiard itu berlatih fokus, ketepatan L a t i h a n n y a p u n s e b a g a i m e d i a Tak hanya fi sik, Djayusman menikmati Jika ingin bersantai di meja billiard itu berlatih fokus, ketepatan L a t i h a n n y a p u n s e b a g a i m e d i a pijat, pijat, lulur+CD, masker Malang Post kemarin. billiardfacial, karenatotok bisa wajah, mengasah otak dan dan ada banyak banyak tempat tempat di di Kota Kota Malang Malang membidik dan dan juga juga tentu tentu menambah menambah ada rekreasi. Billiard masih masih tetap tetap jadi jadi membidik billiard karena bisa mengasah Billiard Salon rekreasi. yang sebelumnya badan, har-otak ketangkasan sekaligus. Saat Saat menyodok menyodok yang bisa bisa jadi jadi tujuan. tujuan. Diantaranya Diantaranya O2 O2 persahabatan,” katanya. katanya. gaya hidup hingga hingga kini. Meja Meja billiard billiard persahabatan,” ketangkasan sekaligus. yang hidup kini. berlokasigaya di Ciliwung ini buka ga Rp 165.000. bola misalnya, tak sekadar nyodok.setiap Tapi hari di Jalan Jalan Soekarno-Hatta Soekarno-Hatta atau atau di di Mirage Mirage Begitu juga juga Alya. Alya. Perempuan Perempuan 25 25 di takmulai akanpukul sepi.08.00Sebab semua semua umur umur bola misalnya, sekadar nyodok. Tapi Begitu tak akan sepi. Sebab Selain tiga tak paket di atas, harustiga kalkulasi agaryaitu bola Paputih 17.00 tepat WIB. Billiard di di Jalan Jalan Borobudur Borobudur atau atau pun pun tahun ini ini main main billiard billiard sejak sejak lima lima tahun tahun Billiard menyukai olah paket raga ketangkasan ketangkasan ini. ini. tahun harus kalkulasi agar bola putih tepat menyukai olah raga ‘’Selain ada paket lagi, pada bola yang disasar. tempat lain. Silahkan pilih tempat sesuai lalu. Awalnya diajak sahabat, setelah Hanya saja permainan billiard terus pada yang Hanya saja semenjak permainan billiard terus lalu. Awalnya diajak sahabat, setelah tempat lain. Silahkan pilih tempat sesuai di atas, ket A,bola paket inidisasar. menawarkan perawatan “Juga menantang. menantang. Apalagi pas bola bolatahun sulit 2010 yang diinginkan. diinginkan. Yang Yang pasti, pasti, semuanya semuanya itu ia ia mulai mulai menggemari menggemari billiard. billiard. “Bisa “Bisa yang mengalami perkembangan. “Juga Apalagi pas sulit itu mengalami perkembangan. lalu, salon ini juga perawatan kecantikan seperti; ya harus harus cari strategi. DanFacial juga bisa bisamenawarkan buat menawarkan kenyamanan. kenyamanan. (van/lim) (van/lim) mempererat persahabatan, persahabatan, refreshing. refreshing. menawarkan Diera Djayusman, billiard terkenal terkenal mempererat ya strategi. Dan juga buat Diera Djayusman, paket pelayanan billiard Ratus Vcari Super, Lulur, Sari Ayu, Totok waja, CD, sulam alis dan sulam bibir,’’ harga Rp. 130.000, Paket B, tambahnya.(mg12/lim).

Kuasai Teknik Memukul Bola

MALANG -- Salah Salah satu satu kekuatan kekuatan main main MALANG billiard yakni yakni cara cara memukul memukul bola. bola. billiard Ada empat empat cara cara memukul memukul bola bola yang yang Ada merupakan pukulan dasar. Yakni stop merupakan pukulan dasar. Yakni stop shot atau atau stop stop stroke, stroke, draw draw shot shot atau atau shot draw stroke, stroke, follow follow shot shot atau atau follow follow draw stroke, spin spin Shot Shot atau atau spin spin stroke. stroke. stroke, Bagi para para pemain pemain billiard, billiard, menguasai menguasai Bagi teknik permainan permainan itu itu sangat sangat penting. penting. teknik Terutama pukulan. pukulan. Tidak Tidak hanya hanya pebilliard pebilliard Terutama professional, atau atau para para master, master, pemula pemula professional, pun idealnya mengetahui tekniknya. pun idealnya mengetahui tekniknya. Stop shot, shot, misalnya. misalnya. Ini Ini merupakan merupakan Stop pukulan dasar dasar billiard billiard untuk untuk membuat membuat pukulan bola putih putih bisa bisa berhenti berhenti di di tempat tempat bola apabila bola putih dipukul sejajar apabila bola putih dipukul sejajar dengan bola bola yang yang disasar. disasar. Kalau Kalau tidak tidak dengan sejajar, maka maka bola bola putih putih akan akan bergerak bergerak sejajar, secara normal. normal. Artinya Artinya bola bola putih putih ini ini secara

bergerak tidak tidak terlalu terlalu cepat cepat dan dan juga juga bergerak tidak terlalu terlalu lambat. lambat. tidak Draw shot shot atau atau draw draw stroke. stroke. Yakni Yakni Draw pukulan dasar billiard yang kedua ini pukulan dasar billiard yang kedua ini akan membuat membuat bola bola putih putih bergerak bergerak akan mundur atau atau disebut disebut juga juga “ngetrek” “ngetrek” bila bila mundur memukulnya pada pada posisi posisi sejajar sejajar dengan dengan memukulnya bola sasaran. sasaran. bola Jika tak tak sejajar sejajar maka maka bola bola putih putih atau atau Jika cue ball ball akan akan mempunyai mempunyai sudut sudut pantul pantul cue yang lebih lebih besar besar dan dan melaju melaju lambat. lambat. yang Pukulan ini dapat kita lakukan dengan Pukulan ini dapat kita lakukan dengan memukul bola bola putihnya putihnya sedikit sedikit agak agak di di memukul bawah titik titik tengah tengah dari dari bola bola putih. putih. bawah Pukulan tersebut tersebut sebaiknya sebaiknya tidak tidak Pukulan dilakukan terlalu di bawah tititk tengah dilakukan terlalu di bawah tititk tengah karena jika jika dipukul dipukul dengan dengan kekuatan kekuatan karena tenaga yang yang berlebih, berlebih, bola bola putih putih justru justru tenaga akan mengakibatkan mengakibatkan menggelinding menggelinding di di akan

atas stik stik atau atau cue cue atau atau sering sering dikenal dikenal atas dengan jump jump ball. ball. dengan Sedangkan follow follow shot shot atau atau follow follow Sedangkan stroke. Yakni pukulan yang membuat stroke. Yakni pukulan yang membuat bola putih putih akan akan bergerak bergerak maju maju bila bila bola dipukul sejajar sejajar dangan dangan bola bola sasaran. sasaran. dipukul Jika tidak tidak dalam dalam posisi posisi yang yang sejajar, sejajar, Jika maka bola putih atau cue ball ini maka bola putih atau cue ball ini memiliki sudut sudut pantul pantul lebih lebih sempit sempit dan dan memiliki gerakannya maju maju lebih lebih cepat. cepat. gerakannya Sedankan spin spin shot shot atau atau spin spin stroke stroke Sedankan yakni membuat bola putih bergerak yakni membuat bola putih bergerak maju pada pada sudut sudut yang yang tidak tidak lazim lazim maju setelah bola bola putih putih mengenai mengenai bola bola setelah sasaran atau atau bisa bisa juga juga mengenai mengenai ban ban sasaran (cushion). Pukulan ini dapat dilakukan (cushion). Pukulan ini dapat dilakukan dengan cara cara memukul memukul bola bola putih putih di di dengan sebelah kiri kiri ataupun ataupun kanan kanan dari dari posisi posisi sebelah tengah bola bola putih putih ini. ini. (van/lim) (van/lim) tengah

SENIN, 2 SEPTEMBER SEPTEMBER2013 2013 7 2 2013 RABU, SENIN, 11 SEPTEMBER 7

‘Manusia Setengah Salmon’ Rilis Oktober

JAKARTA - Setelah ‘Cinta Brontosaurus’ dan ‘Cinta Dalam Kardus,’ Raditya Dika siap mengeluarkan film selanjutnya. Ia masih jadi penulis sekaligus pemain dalam film tersebut. “Film baru mau keluar bulan depan, prosesnya lagi dirapiin saja,” ucap Dika saat ditemui di Decanter Plaza Kuningan, Menara Utara Ground Floor, Jalan HR Rasuna Said, Selasa (10/9). Menurut Dika, film ini merupakan kelanjutan dari ‘Cinta Brontosaurus.’ Selain dirinya, beberapa bintang muda juga tampil seperti Kimberly Ryder, dan Eriska Rein. Sementara untuk peran orang tua diserahkan pada Bucek Depp dan Dewi Irawan. Dalam film komedi tersebut, Dika masih mengangkat tema-tema drama percintaan serta hal yang sedang populer di kalangan remaja. Dika memang dikenal memiliki basis penggemar yang besar dari kelompok remaja. “Kalau drama agak ANDAhoror hobi apalagi. koleksiKosepatu mahal mahal dan dan bermerek bermerek seperti seperti susah, ANDA hobi koleksi sepatu Christian Louboutin, Rococco, atau merek sepatu lainnya? median ajalah, dari pengalChristian Louboutin, Rococco, atau merek sepatu lainnya? Jika iya, iya, Anda tidak perlu bingung bingung merawatnya merawatnya agar agar dan dan aman orang, ABG dikumJika Anda tidak perlu terhindar dari jamur. jamur. Berikut ini ini beberapa beberapa tip tip menjaga menjaga sepatu sepatu pulin di rumah, ditanyain terhindar dari Berikut mahal, dikutip Times of of India. lagi adadikutip apa, dimainin diIndia. mahal, Times ‘Malam Minggu Miko.’ Lemari terus sepatudifi harus ada AC AC Diriset lmin,”ada Lemari sepatu harus Ketika Anda Anda memiliki memiliki sepatu sepatu baru, baru, usahakan usahakan lemari lemari tempat tempat terangnya.(jpnn/lim) Ketika Anda menaruh menaruh sepatu sepatu memiliki memiliki pendingin pendingin yang yang pas. pas. Penting Penting Anda bagi sepatu sepatu untuk untuk mendapatkan mendapatkan suhu suhu udara udara yang yang stabil stabil untuk untuk bagi KOMEDI: Film menghindari jamur. menghindari jamur. ‘Manusia Setengah Selain bakal menaruh sepatu di di pendingin pendingin udara, udara, pastikan pastikan Selain menaruh sepatu Salmon’ dirilis terlebih dahulu sepatu Anda dibersihkan setiap hari dengan terlebih dahulu sepatu Anda dibersihkan setiap hari dengan bulan depan. menggunakan gel, gel, busa, busa, semprotan, semprotan, cairan, cairan, dan dan krim krim untuk untuk menggunakan membuatnya lebih bersinar dan bersih. membuatnya lebih bersinar dan bersih.

Lemari Sepatu Harus Ber-AC

Dandani sepatu sepatu Dandani Untuk membersihkan sepatu kulit, kulit, gosok gosok dengan dengan jeli jeli Untuk membersihkan sepatu yang memiliki memiliki kandungan kandungan minyak minyak untuk untuk memberikan memberikan kesan kesan yang berkilau. Bersihkan Bersihkan dengan dengan kain kain yang yang lembut lembut untuk untuk mencegah mencegah berkilau. retakan pada pada sepatu sepatu kulit kulit dan dan membuatnya membuatnya mengkilap. mengkilap. retakan Simpan Simpan Jika Anda Anda memiliki memiliki banyak banyak pasangan pasangan sepatu, sepatu, baik baik itu itu Jika dipakai sehari-hari sehari-hari atau atau sepatu sepatu khusus khusus untuk untuk acara acara tertentu, tertentu, dipakai simpan sepatu sepatu di di lemari lemari khusus khusus yang yang memiliki memiliki pendingin pendingin simpan dengan udara udara yang yang stabil. stabil. Pilih Pilih juga juga ruang ruang yang yang luas luas untuk untuk dengan sepatu-sepatu mewah mewah Anda. Anda. sepatu-sepatu Jangan ditumpuk ditumpuk Jangan Simpan sepatu Anda Anda dengan dengan baik, baik, sebaiknya sebaiknya jangan jangan Simpan sepatu ditumpuk. Saat Saat menyimpan menyimpan sepatu sepatu pastikan pastikan dia dia memiliki memiliki ditumpuk. posisi berbaris berbaris untuk untuk menjaga menjaga bentuk bentuk sepatu. sepatu. (jpnn/lim) (jpnn/lim) posisi

Raditya Dika

Pungky Mantan Vokalis Andromedha Wafat SIDOARJO - Suasana duka menyelimuti kediaman almarhum Pungky Deaz, bekas vokalis Andromedha, di Perumahan Delta Sari Indah Book X No 11, Desa Kureksari, Kecamatan Waru, Selasa (10/9). Keluarga, kerabat, sahabat dan koleganya berkumpul di rumah duka untuk menghantar penyanyi rock tersebut ke peristirahatan terakhir. Vokalis rock yang kondang tahun 90-an sejak bergabung dengan grup band rock Andromedha itu menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit dr Soetomo Senin (9/9) pukul 17. 44 WIB. Bapak lima anak itu meninggal akibat stroke ringan yang dideritanya sejak 2010. Walau demikian, Punky yang juga pernah jadi vokalis Powermetal, Gletzer, dan Kalingga itu tetap berkiprah di bidang musik. Dia tetap manggung di beberapa pub yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Pungky juga enggan tinggal di Jakarta dalam meniti karier JAKARTA“Biasanya Pedangdut Zaskia ‘Gotik’ akan menggelar acara bermusik. kalau ada‘Gotik’ urusanakan musik dengan Lhog JAKARTA -- Pedangdut Zaskia menggelar acara lamaran tadi malam di Ballroom Hotel Kepinski, Jakarta Zelebor atau bertemu dengan musisi lainnya papa baru ke lamaran tadi malam di Ballroom Hotel Kepinski, Jakarta Pusat, Minggu Minggu (1/9/2013). Ia akan akan dilamar sang kekasih Jakarta,” ujar Bella Rizka Ragilia, anak ketiga sang Pungky Deaz Pusat, (1/9/2013). Ia dilamar kekasih Vicky Prasetyo. saat di Prasetyo. temui di rumah duka. Vicky Kabar kemudian tersebut juga juga dibenarkan oleh Andre Andre selaku Humas bercerita sebelum ayahnya meninggal Bella Kabar tersebut dibenarkan oleh selaku Humas Nagaswara, label tempat tempat (6/9), pelantun ‘Satu Jam Jam Saja’ itu dunia. Sejak Jumat malam sebenarnya Pungky sudah Nagaswara, label pelantun ‘Satu Saja’ itu bernaung. Menurutnya lamaran itu digelar sejak pukul 19.00 mengeluh sakit. Namun, ketika ditelepon temannya untuk bernaung. Menurutnya lamaran itu digelar sejak pukul 19.00 WIB. di “Iya nanti jam jamdia 19.00 WIB (tadi malam),” malam),” katanya. main Penthouse tetapWIB mengiyakan. Padahal, istrinya WIB. “Iya nanti 19.00 (tadi katanya. Sayang, Andre enggan menjelaskan lebih lebih lanjut lanjut mengenai mengenai SriSayang, Nur Utami sudah melarangnya. Andre enggan menjelaskan acara tersebut. Menurutnya semuamendapat urusan acara acara itujika sudah 03.00 WIB, semua Bella kabaritu paSekitar pukul Menurutnya acara tersebut. urusan sudah diatur oleh oleh pihak wedding organizer. panya ambruk sebelum lagu kedua yang dinyanyikan usai. diatur pihak wedding organizer. “Semua sudah diatur diatur pihak wedding organizer. Nanti Oleh rekan-rekannya, pria berusia 51 tahun itu kemudian “Semua sudah pihak wedding organizer. Nanti saja,” ujarnya. ujarnya. dibawa ke RS Medical Surabaya, kemudian dirujuk ke RS saja,” Hubungan Zaskia dengan pengusaha mudaakhirnya Vicky Prasetyo Prasetyo drHubungan Soetomo, Zaskia Surabaya. Di situ, almarhum mengdengan pengusaha muda Vicky memang jarang tersorot media. Zaskia dan Vicky pun jarang hembuskan nafas terakhir. memang jarang tersorot media. Zaskia dan Vicky pun jarang terlihat jalan bareng bareng di diPungky depan publik.(jpnn/lim) publik.(jpnn/lim) Bagi anak-anaknya, merupakan sosok bapak yang terlihat jalan depan baik dan selalu mengajarkan hidup disiplin. Masih lekang diingatan Bella, setiap pagi hari Pungky selalu mengusap kepala anak perempuannya, bahkan kebiasaan itu berlangsung meski anak-anaknya sudah dewasa. Meski tidak setenar saat bergabung dengan Andromeda, Pungky tetap eksis di dunia musik rock. Hal ini dibuktikan dengan masih membanjirnya job untuk manggung dari cafe ke cafe, bahkan juga ada job sampai ke luar kota.(jpnn/lim)

TEKNIK MEMUKUL MEMUKUL BOLA BOLA TEKNIK 1. Stop Stop shot shot atau atau stop stop stroke stroke 1. 2. Draw Draw shot shot atau atau draw draw stroke stroke 2. 3. Follow shot atau follow 3. Follow shot atau follow stroke stroke berikutnya, MALANG - Tiga Disc Jockey 4. Spin SpinSesi Shot atau spin spindibuka strokeoleh 4. Shot atau stroke performa band Super Glow (DJ) kampus, masing-masing; DJ Yudha dari UB, DJ Yuni lagi, lagu Welcome to My ParMANFAAT BILLIARD MANFAAT BILLIARD dari Al-Azhar, dan DJ RW dari adise dari Steven and Coconut 1. Refresing Refresing 1. UM, unjuk kebolehan skill Trees yang dibawakan band 2. Olahraga Olahraga 2. dalam acara clubbing yang ini semakin menggairahkan 3. Mempererat Mempererat Persahabatan 3. berlangsung di My Place Bar, para clubber.Persahabatan 4. Belajar Belajar strategi 4. strategi Senin malam (9/9) lalu. KetiMalam semakin larut, sua5. Belajar Belajar Fokus meriah, para 5. ganya mampu membuat acara sana Fokus semakin bertitel “This to be Academia” pengunjung silih berganti bermenjadi istimewa. datangan. Para pengunjung Ini tidak lain karena sugubaik cowok maupun cewek han atraksi skill mereka yang larut dalam kemeriahan clubsangat memukau para clubbing malam itu. Acara kemuber. Mixing skill mereka di dian ditutup oleh atraksi para atas turn table begitu luar bidancer dari My Vesco. Sesi asa, setidaknya skill mereka kedua ini berlangsung Selasa tidak kalah dari para DJ prodini hari (10/9) dari pukul fessional, tak pelak membuat 00.00-03.00. para clubber yang mayoritas Yonanda Galuh Puspitasari, mahasiswa itu larut dalam kePublic Relation (PR) My Place asyikan clubbing. Bar menyatakan, pihaknya BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST Acara yang dipandu oleh MC sengaja mengambil tema maMENGHENTAK: My place selalu membuat acara yang meriah bagi para clubber. Senin Oka itu berlangsung dua sesi. hasiswa karena menyesuaikan malam, My Place menggelar ‘This to be Academia’ yang berlangsung istimewa. Pertama: clubbing dibuka dendengan peserta. “Malam ini kogan peforma band Super Glow dari Rihanna dibawakan band ini Abas, DJ Aan. Para DJ pro- suguhan yang menghibur. Sesi laborasi dari kampus-kampus dari Yogya, beberapa lagu seperti Acara kemudian dilanjutkan fesional ini memukau para ini berlangsung dari pukul ngumpul di sini,” katanya kealways dari Bon Jovi, Titanium pada Malang Post.(mg12/lim) dengan DJ Yoyo,Boa DJ Constrictor pengunjung malam itu dengan 21.00 WIB - 24.00 WIB. MALANG – Tren tak hanya berlaku kategori morph, morph, Boa Constrictor terus. Hanya Hanya satu atau atau dua yang MALANG – Tren tak hanya berlaku performa kategori terus. satu dua yang di dunia dunia fashion. fashion. Di Di dunia dunia binatang binatang masih masih dibagi dibagi lagi lagi menjadi menjadi albino albino menjual menjual koleksi, koleksi, itu itu pun pun kalau kalau di pun juga juga demikian, demikian, termasuk termasuk reptil. reptil. dan dan leukistik. leukistik. Ivan Ivan menjelaskan, menjelaskan, kebetulan kebetulan mereka mereka menemukan menemukan pun Jika beberapa beberapa waktu waktu lalu lalu Gecko Gecko untuk untuk kategori kategori albino albino ditandai ditandai binatang binatang yang yang dianggap dianggap lebih lebih bagus bagus Jika sempat menjadi primadona, kali ini dengan mata dan lidah berwarna daripada miliknya,” jelasnya. sempat menjadi primadona, kali ini dengan mata dan lidah berwarna daripada miliknya,” jelasnya. gilira Boa Boa Constrictor Constrictor yang yang tengah tengah merah merah serta serta kulit kulit berwarna berwarna putih. putih. Ada tiga tiga kriteria kriteria penilaian penilaian pada pada gilira Ada naik daun. daun. Popularitas Popularitas binatang binatang Sedangkan Sedangkan kategori kategori leukistik, leukistik, saat saat kompetisi kompetisi reptil reptil berlangsung, berlangsung, naik BALI - VANIA Larissa berhasil masuk berkompetisi,” tutur dara cantik asal KaJAKARTA Apresiasi industriini Untukjenis Agnes Monica. kategori Lagu Indonesia Terbaik, melata yang yang -tengah tengah menanjak inimusik hanyaTompi pigmendan warna kulitnya sajaSedangkan yakni kesehatan, kesehatan, jenis kelangkaan melata menanjak hanya pigmen warna kulitnya saja yakni kelangkaan 11 besar fast track kategori Beach Fash- limantan Barat ini di Hotel Westin, Nusa internasional terhadap musisi Indonedari kelas Duo, menjadi satu-saterlihat persaingan junior-senior yang cumembuat pecinta pecinta reptil rela rela merogoh yang hilang. hilang. Jenis BoaTangga morph inilah inilah dan dan motif atau atau warna. Pada kriteria kriteria membuat reptil merogoh yang Jenis Boa morph motif warna. Pada ion. Tentu saja hal ini Dua, Bali, Senin, (9/9). sia tiap tahun semakin bertambah. Hal tunya perwakilan Indonesia. kup kental. Mulai dari ‘Harus Terpisah’ kocek hingga hingga puluhan puluhan juta juta rupiah. rupiah. yang harganya harganya bisa bisa mencapai mencapai Rp Rp 80 80 motif motif atau atau warna, warna, penilaian penilaian cencenkocek yang men jadi satu kesempaUntuk memenanginiBoa terbukti dari makin (Cakra Khan), ‘Hati-hati Boa Constrictor Constrictor atau atau Boa Boa Pembelit Pembelit juta. juta. “Kalau “Kalau memenangkan memenangkan kontes, kontes, derung derung subjektif subjektif karena karena tergantung tergantung tan bagi Miss Indonekan kategori Beach Famaraknya musisidiTanah Dengan Hati’ (Truth), ‘Kecubanyak dijumpai dijumpai negara Amerika Amerika harga harga Boa Boa morph morph bisa bisa lebih lebih mahal mahal like like or or dislike dislike juri. juri. banyak di negara sia 2013 itu untuk shion, pecinta kuliner Air yang mendapatkan ali Kamu’ (Kotak), ‘Perahu Tengah, Brazil, Brazil, Peru, Peru, Nikaraguay Nikaraguay lagi,” lagi,” sambungnya. sambungnya. Di Malang Malang sendiri, sendiri, ada ada tiga tiga Tengah, Di menunjukkan prestasi ini harus bersaing lagi nominasi di Anugerah (Maudy Ayunda) dan hingga Suriname. Suriname. Karena tergolong tergolong Harga melambung melambung usai usai me mememe- komunitas komunitas pecinta pecinta reptil, reptil, Kertas’ N-Reptile, hingga Karena Harga N-Reptile, terbaik dalam ajang bersama 10 kontestan Planet Muzik 2013. Ta‘Separuh Aku’ (NOAH). binatang impor, tak tak heran heran jika jika Boa Boa nangkan nangkan kontes kontes tak tak hanya hanya berlaku berlaku Twin Twin Snake Snake dan dan SoulSoulbinatang Miss World 2013. Pada lain dalam babak final. hun ini, impor, banyak wajahMusisi Indonesia juga Pembelit dibanderol dibanderol dengan dengan harga harga pada pada ular ular Boa. Boa. Ivan Ivan menyebutkan, menyebutkan, mate. mate. Ketiganya Ketiganya terterPembelit kategori ini, Mereka di antaranya seluruh wajah baru yang muncul berhasil menjadi nominasi yangajang cukuppenghargaan tinggi. rata-rata a-rata semua semua jenis jenis hewan hewan peliharaan peliharaan gabung gabung dalam dalam koko- di kategori-kategori di luar yang cukup tinggi. rat berasal dari Prancis, kontestan diharuskan di “Untuk jenis tertentu, harganya yang yang pernah pernah memenangkan memenangkan ajang ajang munitas munitas besar besar berber- musik. Seperti Artis SeranJamaika, Spanyol, Fitampil dengan sarung “Untuk tertentu, bagi insanjenis musik me- harganya bisa mencapai Rp 75 juta-Rp perlombaan prestisnya akan meningkat. nama Arema, yakni lipina, RRC, Ghana, Ba li. Sarung tersebut bisa mencapai Rp 75 juta-Rp perlombaan prestisnya akan meningkat. nama Arema, yakni layu tersebut. Mulai dari tau Terpopuler dan Ikon 80 juta,” juta,” beber beber Ketua N-Reptile N-Reptile Hal Hal ini ini akan akan mempengaruhi mempengaruhi harga harga jual jual Arek Arek Reptile Reptile Malang. Malang. Media Sosial Populer yang Ukraina, Italia, Brasil kemudian dikreasikan 80 penyanyi solo Ketua sampai Malang, dr drmendaratkan Ivan Indriyanto Indriyanto pada pada di di pasaran. pasaran. Di bawah bawah naungan naungan diwakili oleh Agnes Mondan Moldova. “Ada menjadi sebuah busana Malang, Ivan Di boyband Malang saat saat ditemui di gelaran gelaran “Tapi jarang jarang ada ada pemilik pemilik bibi- Arema, Arema, para para pecinta pecinta ica, BCL, Sherina Munaf photoshoot lagi unyang cantik. Malang “Tapi karyanya di ditemui satu kat-di tuk 11 besar dan pasti “Kita mengenakan Malang Reptile Reptile Expo Expo & & Contest, Contest, natang natang yang yang sengaja sengaja mengejar mengejar reptil reptil di di Malang Malang sering sering dan Vidi Aldiano. Total akan egori. Malang Vania Larissa RIZAL FANANY/MALANG FANANY/MALANG POST POSTlebih ketat. Penilaiansarung ada yang ukuran Dandim 0833 Cup 2013, kemarin. ge lar juara untuk menaikkan harga menggelar kegiatang RIZAL Dari kategori penyanyi solo ada nama terjadiharga pada kategori Haluntuk menarik 18 penghargaan yang akan dihadirkan Dandim 0833 Cup 2013, kemarin. gelar juara menaikkan menggelar ada kegiatang nyadan dilihat bagaimana cara kita tampil besar dan kecil. Lalu, kita jalan di cat-Motif MENGGODA: Motif dan warna kulit yang yang eksotis UlarKhan, ini dibedakan dibedakan dalam dan dua Gisel kemudian menjual Dari binatangnya. m aa2013 ini. Di pelaksanaan ke-12 Cakra Band menjual Terbaik. lima nominasi Citra Skolastika MENGGODA: warna kulit eksotis Ular ini dalam dua kemudian binatangnya. ll aa ttyang ii hh aa nn bbdiee rrAPM ss aa m dengan sarungbagi Bali,ular, harus walk dan berpose. Saya juga senang daya sekali tarik jenis, yakni yakni normal dan mendampingi morph, Ketika Ketika merekaIndonesia memiliki binatang binatang (latber), kontes dan 2013 akan digelar pada tanggal merupakan daya tarik tersendiri bagi ular, taknatural jarangdan dipilih, mengirimkan tiga kontes sebagai namanormal baru yang ini, APM jenis, dan morph, mereka memiliki (latber), dan merupakan tersendiri tak jarang enjoy,” tutupnya.(jpnn/lim) bisa lolos 11 besar dan semakin semangat jagoannya, Gigi, Kotak dan NOAH. para seniornya Glenn Fredly, (18/10) di Suntec Singapura.(jpnn/lim) atau ular ular denganseperti kelainan. Pada tersebut, biasanya akan dirawat ekspo. (nda) (nda) banyak pecinta pecinta binatang binatang yang yang mengoleksinya. mengoleksinya. atau dengan kelainan. Pada tersebut, biasanya akan dirawat ekspo. banyak

DJ Kampus Hentak My Place

Boa Pembelit Naik Daun

Noah Dijagokan di Anugerah Planet Muzik 2013

Zaskia ‘Gotik’ Dilamar Vicky

Lolos 11 Besar Beach Fashion Miss World

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: SITI REDAKTUR:REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: SLATEM HALIM, LAYOUTER: SITI


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

8

TARGET NOMOR 1 DUNIA Taklukkan Djokovic, Nadal Juara NEW YORK - Raael Nadal berhasil menambahkan satu trofi Grand Slam ke lemari juaranya. Petenis Spanyol itu tampil sebagai kampiun Grand Slam Amerika Serikat Terbuka usai menaklukkan Novak Djokovic di final. Petenis kidal ini juga memiliki sejumlah target tersisa, yakni merebut rangking nomor 1 dunia, melewati pencapaian pribadi meraih 11 gelar juara di 2005 lalu, menjadi pemain pertama yang merebut lebih dari lima gelar Masters dalam setahun, dan meraih satu-satunya titel yang belum pernah diraih sepanjang karier, yaitu ATP Finals. “Musim ini luar biasa,” pungkas pria kelahiran Pulau Mallorca, 27 tahun ini. Pada pertandingan di Arthur Ashe Stadium, yang berakhir pada Selasa (10/9) pagi WIB, Nadal dan Djokovic berduel sepanjang empat set. Setelah bermain selama 3 jam 21 menit, Nadal akhirnya menang dengan skor 6-2, 3-6, 6-4, dan 6-1. Nadal tampil meyakinkan pada set pembuka. Dia mematahkan servis Djokovic di game ketiga dan game ketujuh. Konsistensi Nadal membuatnya menang 6-2. Djokovic kembali menemukan fokusnya pada set kedua dan bermain jauh lebih baik. Dia mematahkan servis Nadal dua kali. Break di game kedelapan membuatnya unggul 5-3. Pada game berikutnya, petenis Serbia itu sukses memaksimalkan servisnya. Djokovic tampak akan bisa membalikkan keadaan pada awal set ketiga, ketika dia memimpin 2-0 dan 3-1. T a p i , N a d a l ternyata

mampu me nyamakan kedudukan 3-3 dan unggul 4-3. Kesalahankesalahan Djokovic di game-game berikutnya memudahkan Nadal untuk memenangi set ini. Nadal ngebut pada set keempat dan langsung unggul 3-0. Dia cuma memberi satu game untuk Djokovic dan tak terbendung lagi sampai akhir pertandingan. Bagi Nadal, ini adalah trofi Grand Slam-nya yang ke-13. Petenis berusia 27 tahun itu masih butuh empat trofi lagi untuk menyamai rekor Roger Federer, yang telah memenangi 17 turnamen Grand Slam. Khusus di Amerika Serikat Terbuka, ini adalah gelar kedua Nadal. Sebelumnya, dia juara di turnamen yang sama pada tahun 2010. Trofi di Grand Slam AS Terbuka ini makin melengkapi kesuksesan Nadal pada tahun ini. Nadal sukses merebut total sepuluh gelar pada tahun 2013. Sebelumnya, dia juara di Brasil Terbuka, Meksiko Terbuka, Indian Wells, Barcelona Open, Madrid Open, Roma Masters, Prancis Terbuka, Rogers Cup, dan Cincinnati Masters. Tahun ini, Nadal memenangi 60 pertandingan dan hanya kalah tiga kali.(jpnn/lim)

TEST MOTOR: Suzuki saat melakukan test motor di Catalunya

Suzuki Tak Rencanakan Wildcard MotoGP 2014

PRESTASI TAHUN 2013 Juara AS Terbuka Juara Brasil Terbuka Juara Meksiko Terbuka Juara Indian Wells Juara Barcelona Open Juara Madrid Open Juara Roma Masters Juara Prancis Terbuka Juara Rogers Cup Juara Cincinnati Masters

Novak Djokovic

Djokovic: Dia Layak Menang NEW YORK - Novak Djokovic menelan kekalahan di final Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. Tunduk di tangan Rafael Nadal, petenis asal Serbia itu tak menyangkal kalau dia membuat beberapa kesalahan. Djokovic tunduk dengan 2-6, 6-3, 4-6, dan 1-6 saat berduel dengan Nadal di Arthur Ashe Stadium, Selasa (10/9/2013) pagi WIB. Ditempatkan sebagai unggulan pertama, Djokovic menyerah setelah bertarung selama tiga jam dan 21 menit. “Sangat mengecewakan kehilangan set ketiga, meski saya sudah merasa tampil bagus di awal pertandingan. Tapi semua memang salah saya. Saya membuat beberapa kesalahan pada momen-momen krusial,” kata Djokovic seperti dikutip dari situs resmi turnamen. “Sebaliknya dia (Nadal) bermain lebih baik dan lebih baik lagi kemudian. Saya malah tidak bisa memperbaiki penampilan setelah kehilangan set kedua itu,” lanjut petenis yang akrab disapa Nole itu. Hasil laga dengan Nadal memperpanjang catatan mengecewakan Djokovic di final AS Terbuka karena dia sebelumnya sudah tiga kali tunduk di laga puncak yakni pada 2007, 2010, dan 2012. Peraih medali perunggu Olimpiade 2008 Beijing itu baru sekali mencicipi gelar juara AS Terbuka yakni di tahun 2011, di mana di final dia mengalahkan Nadal. “Tentu saja hasil itu mengecewakan. Itu final AS Terbuka dan final Grand Slam yang penting buat saya. Kemarin saya puas bisa melaju ke final dan merasa harus menang pada pertandingan itu. Tapi ternyata dia bisa tampil lebih baik makanya Nadal memang layak untuk menang. Selamat buat Nadal.” Ia pun tak segan memuji Nadal yang tampil dominan di akhir set ketiga setelah kedudukan imbang 4-4. “Setelah kedudukan imbang 4-4 dan 40-40, Nadal bermain sangat bagus. Dia tak membuat kesalahan satu pun. Dia servis dan menempatkan diri dengan pas. Seperti yang saya bilang, dia melakukan segalanya dengan tepat.” “Dengan 13 gelar juara Grand Slam di usia 27 tahun itu sangat mengagumkan. Apapun yang dia dapatkan sampai saat ini harus diapresiasi, tak perlu dipertanyakan. Dia salah satu petenis terbaik di muka bumi dengan segala pencapaiannya. Dia masih memiliki waktu yang panjang untuk bermain tenis,” tuntas pemilik enam gelar Grand Slam itu.(jpnn/lim)

Raael Nadal

Reli Terpanjang 54 Pukulan JAKARTA - Lewat pertarungan empat set berdurasi tiga jam lebih, Rafael Nadal mengalahkan Novak Djokovic di final AS Terbuka. Laga dengan sang nomor satu dunia disebut Nadal selalu menuntut dirinya mencapai batas tertinggi. Tepatnya tiga jam dan 21 menit waktu yang dibutuhkan Nadal untuk meraih gelar juara AS Terbuka, yang sekaligus jadi gelar Grand Slam-nya yang ke-13. Pertemuan nomor 37 antara Nadal dan Djokovic berlangsung seru di keempat set. Salah satu momen paling mencengangkan adalah reli 54 pukulan yang membuat sekitar 23.000 penonton yang hadir memberikan tepuk tangan meriah untuk keduanya - reli tersebut akhirnya dimenangkan Djokovic. Reli antara Nadal

dan Djokovic mematahkan rekor reli terpanjang di AS Terbuka yang sebelumnya tercatat 34 pukulan. “Seluruh tim saya tahu seberapa besar artinya pertandingan ini buat saya. Bermain menghadapi Novak selalu menghadirkan perasaan spesial dan tidak ada satupun petenis yang memaksa saya harus tampil habis-habisan seperti yang dia lakukan,” sahut Nadal usai pertandingan seperti diberitakan AS. Pertandingan pagi kemarin menjadi final Grand Slam keenam antara Nadal dengan Djokovic, dan yang ketiga terjadi di AS Terbuka. Pada pertemuan pertama di tahun 2010 Nadal berhasil jadi pemenang, namun setahun berselang Djokovic berhasil

membalaskan dendamnya. Sukses jadi juara di AS Terbuka tahun ini juga menjadi raihan spesial buat pria Spanyol berusia 27 tahun itu karena tahun lalu dia absen lantaran cedera lutut, yang memaksanya istirahat mengayun raket hingga tujuh bulan. “Meraih sukses ini sungguh luar biasa. Saya tidak pernah menduganya. Begitulah hidup dan saya beruntung bisa mendapatkan apa yang telah saya miliki sekarang. Saya mencintai berkompetisi, saya sungguh mencintai olahraga. Seluruh karier saya saya impikan untuk terlibat dalam pertandingan seperti hari ini. Saya menikmati setiap momennya,” lanjut Nadal, yang sepanjang AS Terbuka tahun ini cuma kehilangan satu servis.(jpnn/lim)

PENUH : Arthur Ashe Stadium yang dipenuhi penonton yang terpana dengan penampilan luar biasa Rafael Nadal melawan Novak Djokovic

SHIZUOKA - Pada 2015 mendatang, Suzuki telah dipastikan akan kembali meramaikan MotoGP. Namun, dalam rangka persiapan mereka untuk berkompetisi di ajang balap paling bergengsi tersebut, pihak Suzuki mengatakan kalau mereka belum merencanakan balapan wildcard pada 2014. Suzuki -terakhir kali berpartisipasi pada 2011sebenarnya telah merencanakan untuk kembali ke MotoGP pada 2014, namun karena ingin fokus dalam pengembangan, hal tersebut diundur hingga 2015. Diharapkan, pada saatnya nanti, Suzuki akan kompetitif menghadapi kompetitor motor prototipe lainnya. “Saat ini, tak ada plan tentang wildcard pada 2014. Opini personal saya adalah pada satu sisi kami telah mengumumkan bahwa kami hanya akan kembali pada 2015, jadi itu akan masuk akal untuk memulai balapan, baru kemudian memikirkan bisnis,” ujar Brivio, seperti dilansir MCN, Selasa (10/9). “Dari sudut pandang teknis, akan sangat membantu saat memiliki kesempatan untuk mengecek performa dan berkompetisi. Dan selanjutnya, memiliki beberapa bulan untuk bereaksi, karena hanya dalam balapan Anda akan benar-benar mengerti level para pembalap dan juga motor,” sambungnya. Suzuki sendiri telah melakukan sesi tes di Catalunya, beberapa waktu lalu, bersama rider asal Prancis Randy de Puniet. Terkait hasil tes tersebut, De Puniet merasa motor Suzuki sudah potensial dan diharapkan mesin 1000cc yang sedang dikembangkan bisa membuat kompetisi pada MotoGP 2015 nanti kian sengit. (jpnn/lim)

Briatore Ragukan Kimi MONZA – Eks manajer Fernando Alonso sewaktu masih di Renault Flavio Briatore mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Briatore meragukan kualitas Kimi Raikkonen yang belakangan ini digadang-gadang bakal membalap untuk Ferrari. “Kimi memang pembalap yang hebat tapi dia tidak sebagus Fernando Alonso, Sebastian Vettel, maupun Lewis Hamilton,” kata Briatore seperti dikutip AS. Pernyataan tersebut dikeluarkan Briatore di paddock Ferrari di Sirkuit Monza pada GP Italia akhir pekan lalu. Raikkonen memang dijagokan sejumlah media akan merapat ke Ferrari musim depan untuk mendampingi Alonso. “Saya tak tahu apa yang akan Di Montezemolo putuskan. Apa yang dia Kimi Raikkonen ucapkan kerap tak sesuai kenyataan,” ujar Briatore. “Fernando seharusnya cuma fokus kepada pekerjaan. Jika kelak ada pembalap sekompetitif dirinya datang, maka itu bagus karena pasti akan menolong tim,” cetus Briatore. Briatore merupakan orang yang menemukan talenta Alonso saat merekrutnya sebagai test-driver Renault pada 2002. Pada 2005 dan 2006, Alonso membuktikan kepercayaan Briatore dengan meraih gelar juara dunia bersama Renault. “Kami masih sering bertemu. Namun, kami jarang membicarakan F1. Kami hanya ngobrol soal anakanak, bisnis, Kenya, dan hal-hal semacam itu,” pungkas Briatore.(jpnn/lim)

Rossi Tak se-Pede Marquez GERNO DI LESMO – Va lentino Rossi tak ada habisnya merasa terkesan melihat impresif-nya musim perdana Marc Márquez. Tak pernah disangkanya bakal ada rookie berikutnya selain Kenny Roberts yang punya prospek besar memenangkan “pementasan” MotoGP di musim debutnya. Bahkan seorang Rossi saja yang saat ini sudah bisa disebut legenda hidup dengan mengantongi sembilan gelar dari semua kelas, tak pernah

punya kepercayaan diri tinggi di musim pertamanya seperti Márquez di musim ini. The Doctor hanya mampu menyandang predikat runnerup di musim pertamanya, 13 tahun lalu. Entah dengan nada iri atau memang sungguhsungguh memuji, Rossi mengaku tak pernah melihat seorang rookie sehebat joki Honda Repsol itu. “Apa yang Márquez lakukan tahun ini sangat mengesankan. Buat saya, lebih dari segalanya dia sudah punya pikiran (untuk

juara). Dia memulai tahun pertamanya dengan potensi memenangkan gelar,” ujar Rossi, sebagaimana disadur AutoSport, Selasa (10/9). “Musim 2000 lalu ketika saya masih seorang rookie, saya tak seperti dia; Saya pikir (menang) di tahun pertama adalah hal mustahil. Mungkin karena itulah saya tak menang. tapi Márquez datang dengan mind-set untuk menang di musim pertamanya. Saya tak pernah melihat rookie seperti dia,” lanjutnya.

Menilai seorang Jorge Lorenzo yang notabene rekan satu timnya di Yamaha Factory saja, Rossi sudah bisa angkat jempol. Tapi penilaian Rossi untuk Márquez lebih dari itu, terlebih Marquez menunggangi motor yang dianggap lebih superior. “Marc luar biasa cepat. Jorge cukup mengesankan, tapi Márquez sebagai seorang rookie yang membalap di Silverstone pada kali pertama, merupakan sesuatu hal yang lebih dari hebat,” pungkas Rossi.(jpnn/lim)

Valentino Rossi Marc Márquez

REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


9

RABU, 11 SEPTEMBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

TOUR & TRAVEL

MOBIL - MOTOR

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916

ANGKASA RENT CAR me layani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pe ngan tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298

DI JUAL starlet SEG TURBO 1997 siler N.kota 78 jt nego Hub. Telp (0341)9692222 08123236481

BL-27/8

•HONDA•

BG-24/9

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/9

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

DAIHATSU NEW XENIA DP 19jt Terios DP 20jt, Grand Max. DP 15jt, Pick up. DP 10jt, 5jt Hendrik 082131930990/9572750. Pin BB 21DDF347 BG-6/9

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/9

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675

PROMO Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 JUAL cpt tnh+bangunan dkt kampus baik untuk kos Lt.175 m Lb.42,5m 3Kt dalam gang 085235085068 BG-29/10

KOST KOST karyawan/suami istri Jl. Ban taran Barat II/35 Mlg Hub. 081555917582 BG-23/9

BG-10/9

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/9

NISSAN

BG-30/9

PAKET Yes kemerdekaan: All New Nissan Grand Livina DP minim,Diskon besar,angsuran hemat hub: 082132677826 PIN BB 24E4EB62 BG-17/9

READY stoke All new Nissan Grand Livina DP minim angs ringan,Nissan X-Trall Diskon besar info: 082140702258 BG-17/9

TOYOTA JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569

DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 KOST k a r y a w a n / s u a m i i s tri jl.bantaran barat II/35A Mlg. hub.081555917582 BG-23/9

RUMAH JL RMH Jl. Joyo Utomo Dinoyo 2lt Hub: 081252038777 + tanah ters wisnuwardhana 545 m2 Hub:081334246903 BG-11/10

JUAL rmh renov 2Lt 7x12M hrg Nego Toko 8x14 M hrg 10jt/thn Nego Lok.wager hub.0341 9719453/081333644775 BG-3/10

JUAL RUMAH Jl.Anggrek Blok A11 Kepanjen 1Km dr pasar Kepanjen, 1Km dr pasar Sumedang luas 85 Hub.08819922112 nego BG-30/9

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/9

BG-30/9

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Santo

JUAL rmh T.200/B.100 m puri cempaka putih blok N21-22 Jl. Mayjen Sungkono Malang HU B.085 745972989 (no sms) 425 jt (nego)

BL-30/9

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/9

DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/081281070950 BG-22/9

• SUZUKI • “PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/9

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/9

PROMO DP Ringan! Ertiga 30Jt an, Pick Up 12 Jt an Hadi 0341-2374008 BG-30/9

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. Faris tlp. 7641032 BG-30/9

KEHILANGAN

BG-13/9

BPKB MBL PICK UP MITSUBISHI L300 DS’91 N-8470-D NOKA:L300DB204701 NOSIN:4D56C117011 NO.BPKB J04204961 a/N:SUTIK d/a: SUMBERTANGKEP RT/RW 21/03 DS. SUMBERSUKO KEC. DAMPIT MLG

STNK STNK spd mtr honda’04 N-5704 -BG noka:MH1IJBIII4K10279 nosin:JB11E-1101060 a/n BAMBANG YULIARTO d/a JL.KENDALISODO 23 MLG BL-12/9

STNK spd mtr honda’84 N-4316-CF noka:GB008-05760 nosin:C86E3127789 a/n SAMSUL ARIFIN d/a JL. JA.SUPRAPTO I NO 40 MLG BL-12/9

STNK spd mtr Honda NF.125D’04 N-3572-BJ noka: MH1JB21144K497656 nosin: JB21E1493103 a/n SLAMET T d/a Jl.Gadang II/42 rw.07/08 Sukun Malang BL-12/9

LOWONGAN DICARI 2 sopir srabutan & pengiriman barang mobil box bujangan krm lamaran Jl.Sidomulyo No.29 Singosari Tlp. 0341-7750800 BL-11/9

DBTHKAN Surveyor Part-time untuk riset area Banyuwangi,Malang. Ada NPWP.Krm C V & lamaran ke mrghrd@gmail.com BL-11/9

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371 BG-16/12

DANA TUNAI

DIJUAL rumah tanpa perantara PERUM MONDOROKO Lt.102 Lb.90 4KT 1KM, SHM Hub:0816203007/08133005842 BG-13/9

BG-31/9

BL-31/9

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/9

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/9

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462

RUPA-RUPA WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BL-6/9

TRN / NAIK brt bdn 2 -3 kg / minggu & berpeluang ikut lomba langsing berhadiah 500 – 5 jt 085607207190 081233207080 085755608885 BG-4/10

LANGSING & sehat turun/naik berat badan 3-6kg/bln. Lomba langsing berhadiah 08123322240 BG-30/9

BG-29/9

BG-11/9

GEBYAR Promo, Splash DP 30jtan, Ertiga DP 50jt-an, Pisck up 18 jta-an Ready Stock 081141959999/ 9568253

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit: MioCW cakram,2009.ega ZR,2010.Mio cakram,2004.New Fit S,2007.New Supra fit,2006.New supra fit S,2007. Beat,2010.Beat,2012.Colt diesel L300 2.5 PU,2010.Colt diesel L300 2.5PU.Carry box 1.5PU,2009

BG-28/9

BG-11/9

BG-25/9

MP JUAL MP-Jual : kompresor angin bensin tabung besar(115 psi,100ltr) merk uno air mesin star Q hrga 2,250jt hub:9439430 MP-Jual : ayam kate jantan dan betina mau bertelor 1 stel 500rb. Ada jago yg kokoknya uda panj. 400rb sms ke 03417645909 MP-Jual : nutrisi untuk menurunkan/menaikkan berat badan, kesehatan, dan vitalitas. Aman untuk semua usia. Pin 27BDCBF1, 08123218074, 085290097044 MP-JUAL : jual penggilingan padi ada kantor,tmpt jemur padi,ada kmr mandi dll,luas 5700m2 hub 081944937856

MP-JUAL:Rumah type 45plus perum kebonsasi indah lowokdoro sukun.lt2 ac.but up.carport gazebo BU.275JT. hub +6281333328000 MP-Jual: pintu jati siripan uk 215*97 ada 13bj borongan 10jt.hub 081333328000. MP-JUAL:RUMAH BARU LT 140 LB 280.2LANTAI EROPA CLASIC MODERN SHM.Harga 1m.nuansa alam.perum green syafira no 1a.pojok.genengan pakisaji.mlg. hub 081252681984. MP- Jual : Jasa Pemberkatan Nikah kristen/akte.hub nmr ini +6281233201951 atau 0341-2300099

MP-JUAL : jaring pelapis jok motor hg bersaing anti panas & utk kesehatan hub 08179630796 & 03412902945

MP-Jual : Nutri untuk penurun berat badan 5-10 kg dan mengcilkan lingkar perut 10-15 cm, aman untuk ibu menyusui/ bapak-bapak buncit. Garansi 30 hari kembali, pin 22175144, 0341.2306826, 08970462842

MP-Jual : Kacamata Rayban, Oakley,minat chat me 33072006

MP-JUAL:meja jati 10bj 10jt.cocok buat cafe.hub 081333328000.

MP-jual : jual anakan kucing persia jl ciliwung 1 no 56 malang no telp 480622 MP-Jual : sisa perabot rumah tangga masih bagus hub 082143593393 MP-Jual: Kanopi/ Pagar minimalis, ulir/ Tangga/ Teralis/ dll. Hub: 08785.974.8090 MP-JUAL:keris asli 3bj 2jt pas.hub 081333328000

BG-3/9

“HAMNA FACIAL” menggabungkan bahan2 alami&pijat ±30menit. Wajah cerah alami, peredaran darah lancar & bebas kerutan. Hanya 50rb. Terapist datang ke rumah. Hub:085755211006 BG-28/9

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978

JUAL rumah bagus ALBA CELL shm, luas 7x20 M belakang tingkat Jl. Suropati 29 singosari (depan smp 1 singosari) hub.0341-5451000/ 087859017657

BG-25/9

BUTUH DANA CPT +trm gadai titipkan LAPTOP/HP/KENDARAAN+BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448

BPKB

BL-11/9

RMH shm L.40m≤ pinggir Jl.Raya Muharto No.40/Barat Masjid Daru ssalam 2KMR+R. Tamu+KMR MNDI.0341 7737234 /081945105782

BG-30/8

BG-8/9

KONTRAKAN

BG-7/10

MOBIL NISSAN ORDER BARU INDEN ALL New Grand Livina, Promo Lebaran. DP & Angs pling murah Ready Stock bisa TT Miky 081333319914

RUPA-RUPA JUAL garam,per 1 ton rp.1.200. 000,- diantar hub.081554324458

KREDIT

TANAH

BG-01/10

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696

RUMAH DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego

BG-21/9

BL-7/9

MITSUBISHI

BG-31/9

MP-JUAL:GEDUNG GUDANG KANTOR 3km 3LT.22KAL 12.m.shm imb.wil turen dpan stadion talok.siap pakai.listrik air. tlp.harga 750jt.nego.hub 081252681984. MP-Jual : jasa ojek sepeda motor,hubungi saya +6285645773390 MP-Jual : Projector epson, Ben Q, LG, Optima, Infocus, tripod n wallscreen, camera cctv, alat kasir malang-bali-kediri hub 03417807018/0361-8009909/08125254672

LOWONGAN PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/10

BISNIS UST. YUSUF MANSYUR DG modal 275 potensi income 500/minggu hub: De wi 081944825463 BG-15/9

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/9

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka . BG-20/9

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/9

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/9

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/9

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Pro duk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/9

SERVIS MAHMUD CELL SERVICE HP., LAPTOP ASSESORIS,PULSA E L E K TRIK,PLN JL.KEBON AGUNG DPN DEPOT SONETA TLP. 08560938886-08238080900 MALANG BG-7/10

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/9

HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677 BG-2/9

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/9

“BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/8

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web site: www. su rya travel. com. BG-29/9

PENGOBATAN TERAPI CHOYANG DARI KOREA MENYEMBUHKAN SEGALA MACAM PENYAKIT HUB. B.SRI DARWATI JL.PELTU SUJONO Gang SEJORA Telp. 03415429294 MALANG BG-7/10

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568 BG-13/9

MENERIMA khusus panggilan pijat capek,pijat urat Wike 081945390319 BG-15/9

KULINER DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/8

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/081334614154 Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085 735 607111-0821 31475761

BG-30/9

BG-23/8

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/9

TOUR & TRAVEL

MP-Jual:Sepeda ontel kebo RRC asli merk Forever orsinil 2jt nego(tdk sms) cpt dpt +6285815523388

MP-Cari : Tenaga Gudang dan Pengiriman Gaji awal 600rb, 3 bln dpt Uang Makan 150rb hub 0341-7807018 / 08125254672

MP-JUAL: Yamaha Mio j dp 800rb angs nego. Hub 7712177

Mp-Cari : karyw/ti toko.kerj 07.30-17.00. Minggu libur, gaji 1jt’an.dtg keBrigjend S Riyadi 45/1-2 mlg, hub +628125259999

MP-Jual : toko 3x8 m2 di pasar wisata kepuharjo, bisa kontrak harga nego hub +6285649964262 MP-Jual :HIJET 1000 th84 istmw N Kota vr putih Astra Stw pjk ban br tdk kecewa 20jt(tdk sms), hub +6282131499455

MP CARI MP-CARI : rumah kost yg harga 250jt lokasi dkt kampus,kalau bisa dekat UNIBRAW hub 081944937856 MP CARI : penjual jaring pelapis jok motor hg bersaing diutamakan yg tgl di daerah Kabpatn hub 03412902945 & 08179630796 MP-Cari:Partner kjsama toko pracangan utk pasok brg di perum pksaji bg hsl(toko sdh siap), hub +6282131499455

MP-Cari : Teknisi bisa Rakit n Jaringan Komputer diutamakan pengalaman, Lulusan SMK Gaji awal 700rb, 3 bln dpt Uang Makan 150rb hub 0341-7807018 / 08125254672 MP-Cari:sales/counter,dom mlg.kend sndri SIM A/C. hub 7712177 MP-Cari : percetakan mencari banyak tenaga muda smk grafika, hubungi 083842210571 www.bungbungshop.com MP-Cari : motor bekas harga dibwah 2jt, yg penting mesin ok gak rewel hubungi 083848337378 MP-Cari : burung cendet/jalak koci/ burung apa saja yg sudh gk terawat & murah Hub. 03413167167

MP-Cari : bbrp Sopir sim b-1& karyawanwati toko grosir umur-ijasa bebas bs tdr dlm bs plg sore jl sersan harun 62 tlp 7791616 dkt matahari psr bsr mlg.

MP-Cari : 3 orang sales kanvasing p/w, prod parfum , fas : gj pokok, uang transport, bonus, mkn dlm. Diuatamakan memiliki kend sendiri, mampu bekerja dg target, mau bkrja keras. Hub B. Ika 085755454720

Mp-Cari: karyawati lulusan sma atau sederajat, belum menikah, untuk di fotobox matos, hub 08125299998

MP-Cari : sopir antar jemput anak sklh gj 900 tp cari penumpang sendiri simA domsili pksaji sektrnya hub 082131499455


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Persiram vs Persegres

Indahnya Stadion Barnabas ...

Mencari Peringkat Tujuh DI SORONG SORONG - Persegres Gresik sore nanti akan menjalani pertandingan lanjutan di kompetisi Indonesia Super League. Mereka akan menghadapi tim tuan rumah Persiram Raja Ampat di stadion Wombik Sorong. Pelatih Widodo Cahyono Putro tidak memasang target muluk-muluk. Dirinya hanya berharap timnya dapat bermain lepas dan bisa keluar dari tekanan tim lawan pada pertandingan sore nanti. “Semoga anak-anak bisa bermain lepas pada pertandingan besok (sore nanti, red). Apapun hasilnya semoga kita diberi yang terbaik,” jelas Widodo saat dihubungi Jawa Pos tadi malam via telepon Persegres sendiri pada pertandingan melawan Persiram sore nanti tidak dapat bermain full team. Ini dikarenakan dua pemain inti mereka yakni, Siswanto dan Sasa Zecevic terkena hukuman akumulasi kartu. Sebagai pengganti, Widodo mengaku telah menyiapkan Lan Bastian untuk mengisi posisi Sasa. Sedangkan untuk posisi Siswanto, Khabib Syukron dan David Faristian dapat dijadikan opsi.”Antara kedua pemain tersebut yang paling siap jelang pertandingan dia yang akan kita turunkan,” jelasnya. David Faristian sendiri saat dikonfirmasi mengaku siap jika dirinya memang dipercaya untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Siswanto tersebut. “Saya siap jika memang diturunkan oleh pelatih. Dimainkan dari menit awal ataupun cadangan saya akan siap,” ungkap David. Pertandingan Persegres melawan tim Dewa Laut julukan Persiram sore nanti diprediksi bakal berlangsung seru. Pasalnya, kedua tim saat ini sama-sama menduduki papan tengah dengan mengemas poin yang sama pula yaitu 44. Namun, posisi Persiram kini berada di atas Persegres yakni di peringkat tujuh karena unggul dalam selisih gol. Sedangkan skuad laskar joko samudro julukan Persegres berada di peringkat sembilan dengan poin yang sama. Siapapun tim yang yang akan menang dalam pertandingan tersebut berpeluang besar untuk bisa merajai papan tengah klasemen. Yaitu menduduki peringkat tujuh klasemen ISL. Satu lagi tim yang berpeluang

J

Sambungan dari Halaman 12

Meski terik matahari sudah memanasi stadion, tidak begitu dengan gunung Cyclops. Pada puncaknya, masih terlihat awan putih bergelung. Hal tersebut menambah indah suasana Stadion Barnabas Youwe yang baru pertama kali didatangi oleh Arema. “Kita baru kali ini latihan dan uji lapangan disini. Setahu saya, Arema menghadapi Persidafon di Stadion Mandala Jayapura,” ungkap headcoach Arema, Rahmad Darmawan (RD). Kualitas dan standar tribunnya memang tidak begitu menarik. Dengan kapasitas yang terbatas, stadion ini kalah jauh dari Stadion Mandala kandang Persipura. Namun, RD menyebut bahwa rumput stadion ini cukup baik. “Ya mungkin ada sedikit yang geronjal di beberapa titik. Tapi tidak parah. Kualitas rumputnya juga lumayan, jauh lebih baik dari Stadion Pendidikan Wamena, yang kurang perawatan dan tidak bagus struktur tanah dan rumputnya,” terang RD. Semoga saja, rumput Stadion Barnabas Youwe yang bagus bisa membantu Arema memenangkan pertandingan sore ini.(fino yudistira)

Kian Seru dan Panas J

Sambungan dari Halaman 12

“Dengan jumlah peserta yang mencapai 22, tahun depan butuh energi luar biasa. Kesiapan psikologis untuk hadapi kompetisi panjang sangat dibutuhkan. Arema juga bakal menghadapi musim yang sangat berat. Kita dituntut untuk stabil sepanjang musim,” tutup RD. Sementara itu, terkait rivalitas Arema-Persebaya, Aremania pun berujar sangat siap ‘menyambut’ rival terbesarnya di sejarah liga Indonesia ini. “Selamat datang Persebaya. Selamat bertemu dengan malaikat pencabut nyawa bernama Aremania. Selamat datang ke neraka bernama Stadion Kanjuruhan,” ungkap Aremania Korwil Balikpapan, Rizal Wahyu Mardianto.(fin/nug)

Pemain Mabuk, Ancam... J

KEJAR TENGAH: Pemain Persegres asal Jepang, Matsunaga saat turun dalam sebuah laga. Tim asal Gresik ini mengejar poin penting lawan Persiram

menduduki peringkat tujuh adalah Persisam Samarinda. Sore nanti Persisam yang juga mengemas poin 44 dan menduduki peringkat delapan akan menjamu Persija Jakarta di kandangnya di Stadion Segiri Samarinda. Sementara itu pelatih Persiram,

Gomes De Oliviera mengaku anak asuhnya telah siap jelang laga kontra Persegres sore nanti. Kemenangan mereka 2-1 saat bertandang ke kandang Persib Bandung (24/8) lalu disebut membuat anak asuhnya semakin percaya diri jelang laga

kontra Persegres. “Rekor kami menghadapi tim di posisi sepuluh besar cukup bagus. Kalau kami bisa mengalahkan Persib di Bandung, maka idealnya kamiu bisa mengalahkan Persaegres di kandang sendiri,” jelasnya. (irr/jpnn)

Timnas Senior Incar Lawan Kedua JAKARTA-Timnas Senior sudah memastikan bakal melawan Makau pada laga uji coba 29 September mendatang. Tapi, itu tak membuat PSSI puas. Saat ini, mereka sedang memburu lawan uji tanding lainnya yang ditargetkan digelar pada 5 Oktober mendatang. Siapa lawan yang dihadapi” Sekjen PSSI Joko Driyono menyebut ada dua Negara yang juga sama-sama berasal dari Asia Tenggara, yakni Myanmar dan Vietnam. “Planningnya 5 Oktober. Kemungkinan bersedia besar. Saat ini kami dalam pembicaraan dengan pelatih kepala (Jacksen F Tiago),” katanya saat ditemui di PSSI, kemarin (10/9). Sebagai tim Indocina, Myanmar Maupun Vietnam kekuatannya memang tak setangguh Tiongkok. Namun, PSSI

10

LATIHAN: Timnas senior sedang berlatih. Saat ini, mereka tengah mencari lawan latih tanding.

menyebut karakter kedua tim tersebut mirip dengan Tiongjok yang menjadi lawan Indonesia pada laga lanjutan Pra piala Asia (PPA) 2015, 15 Oktober mendatang. Dengan level sejajar Indonesia pertandingan diyakini

bakal ketat dan mampu menjadi lawan tanding yang tepat untuk mengasah permainan TImnas yang menunjukkan grafik membaik tersebut. Terakhir, Timnas mengalahkan Filipian dengan skor 2-0 pada 14 Agustus lalu.

Di sisi lain, untuk laga uji coba kontra Makau, PSSI masih menunggu kepastian tempat dilaksanakannya pertandingan. Joko memastikan, laga tidak akan digelar di Jakarta. Sebab, PSSI ingin berbagi pengalaman dan memprogram Timnas

akan bertanding berkeliling Indonesia, sehingga tak melulu di Jakarta. Kota yang saat ini menjadi nominator kuat adalah Malang. Sebab, Timnas nantinya direncanakan bakal melakoni pemusatan latihan di kota Apel tersebut. Dengan begitu, Tim tidak akan kesulitan dan tidak perlu menghabiskan tenaga untuk melakukan perjalanan. “Tapi ini masih tentatif. Jika tidak di Malang, yang pasti tidak akan di Jakarta,” tandasnya. Persiapan Indonesia ini memang bisa dibilang kalah dengan Tiongkok. Sebab, mereka sudah terlebih dulu memastikan melakoni dua kali uji coba sejak Agustus lalu. Lawan yang akan dihadapi adalah Malaysia dan Singapura. Sementara, Indonesia masih sibuk mencari lawan. (aam/jpnn)

Sambungan dari Halaman 12

Para pemain lain seperti membiarkan Franky melakukan ancaman verbal terhadap awak media. Apa yang sudah dilakukan oleh pemain berusia 27 tahun itu adalah pelanggaran terhadap kemerdekaan pers dalam menyajikan berita. Sesaat kemudian, kapten sekaligus asisten pelatih Persidafon Eduard Ivakdalam meminta maaf kepada awak media yang mendapat ancaman verbal pembunuhan dari Franky Amo. Edu, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa kondisi tim memang tidak begitu bagus, khususnya setelah tidak menerima gaji selama dua musim. “Maaf ya tentang kejadian tadi, mohon dimaklumi. Kondisi di sini sedang tidak bagus, suasana sedang panas” ujar Edu kepada Malang Post. Ia pun mengharapkan kondisi tim secara keseluruhan bisa diperbaiki, sehingga tidak akan ada lagi kejadian pemain mabuk di tengah-tengah latihan karena stress tidak menerima gaji selama dua musim.(fin/nug)

Laga Penentu Argentina ASUNCION - Argentina akan melakoni laga ke 14 babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan, Rabu (11/9) pagi WIB. Lionel Messi dan kawan-kawan akan melawat ke Asuncion untuk melawan tuan rumah Paraguay. Bagi Argentina laga ini bisa jadi partai penentu yang akan membawa mereka langsung terbang ke putaran final di Brazil tahun depan. Secara matematis kemenangan Tim Tango kali ini akan membuat mereka mengoleksi 29 poin. Artinya dengan dua laga tersisa mereka tidak akan terkejar dari posisi empat besar yang otomatis mewakili kawasan ini di Brazil. Dua negara terakhir yang bakal mereka lawan adalah Peru dan Uruguay pada 11 dan 15 Oktober mendatang. Di klasemen sementara kini Argentina memimpin perolehan poin bersama Kolombia yang masing-masing mengoleksi 26 angka dari 13 laga. Dengan catatan ini Kolombia dan Argentina memiliki peluang yang sama untuk lolos langsung jika menang dalam laga esok pagi. Dimana Kolombia akan menjajal Uruguay. Posisi ketiga dan keempat dalam klasemen ini diduduki Chile dan ekuador yang masing-masing mengemas 24 dan 21 poin. Sementara itu khusus bagi Uruguay yang kini menduduki peringkat kelima, harapan itu masih ada melalui jalur play-off seperti yang mereka lakukan dalam Piala Dunia 2010 lalu. Namun secara matemastis kemungkinan bagi Luis Suarez dan kawan-kawan untuk melaju langsung lewat empat besar belum tertutup sama sekali. Mereka masih menyisakan tiga pertandingan yakni melawan Kolombia, Ekuador dan Argentina. (zul/jpnn)

Sriwijaya Jalani Sisa Laga ISL Pakai Tim U-21 PALEMBANG - Persoalan gaji yang membelit Sriwijaya FC makin berlarut. Terbaru, pelatih Kas Hartadi dan beberapa pemain senior tidak mau berlatih dan kemungkinan akan mogok bermain di dua laga tersisa Indonesia Super League (ISL), yakni laga away melawan Persiba Minggu (15/9) dan Barito Kamis (19/9). Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, manajemen menyiapkan pemain junior yakni Sriwijaya FC U-23 untuk menggantikannya jika pemain senior benar-benar mogok. Untuk posisi pelatih, akan diisi Subangkit sebagai pengganti sementara Kas Hartadi. Bahkan Subangkit sudah terlihat memimpin latihan pemain SFC di Lapangan Pusri Palembang, Selasa (10/9).

Ketika hal tersebut dikonfirmasi, Manajer Sriwijaya FC Robert Heri membenarkannya. Tanpa menyebut alasan spesifi k, Robert mengatakan pelatih SFC Kas Hartadi tak mau memimpin latihan sehingga pihaknya mencari pelatih lain. Sebab dua pertandingan sisa harus dijalani seminggu ke depan. ”Pelatih yang lama tidak mau memimpin latihan, terpaksa kita mencari pelatih lain untuk dua laga sisa nanti, siapa yang memimpin latihan di Pusri itulah yang akan menjadi pelatih saat SFC menghadapi Persiba dan Barito,” kata Manajer Robert, Selasa (10/9). Soal penggantian pelatih tersebut, pihanya telah mendaftarkannya ke PT Liga supaya bisa memimpin para

punggawa Laskar Wong Kito di dua pertandingan sisa nanti. ”Kita tinggal menunggu keputusan PT Liga, yang pasti kita akan tetap bertanding menghadapi Persiba Balikpapan dan Barito Putera nanti,” tegasnya. Tak hanya pelatih Subangkit yang disiapkan, tapi juga sebagian besar pemain Sriwjaya FC U-21 yang disiapkan untuk melakoni dua laga sisa tersebut. ”Merekalah yang akan kita siapkan melawan Persiba, selama ini mereka tak dapat kesempatan, inilah saatnya, mereka akan kita turunkan untuk membuktikan kualitas pemain muda ini,” timpal Augie Bunyamin, Direktur Keuangan SFC. Ditunjuknya tim U-21 dikatakannya sebagai peluang yang tepat bagi tim

yang baru saja menjadi juara di level junior ISL ini untuk merasakan panasnya atmosfer pertandingan sesunguhnya dan membuktikan kalau pemain muda juga bisa. ”Selain SFC U-21, mereka akan ditemani beberapa pemain lokal dan asing,” jelasnya. Meskipun belum pernah bermain di level senior, Augie optimis para pemain junior besutan Subangkit ini akan mampu mengimbangi serta memberikan perlawanan sengit. Meski begitu Augi menyadari untuk meraih kemenangan merupakan hal yang cukup sulit. Namun diyakininya Risky dkk akan tetap tampil ngotot dan menunjukkan semangat juang dalam lapangan hijau. Kehadiran para pemain senior seperti Erick Weeks

SELEBRASI: Tim Sriwijaya U-21 saat menjuarai ISL U-21. Mereka nanti akan mewakili tim senior untuk dua laga ISL diharapkan mampu memberikan tuntunan dan menularkan pengalamannya. ”Bukan tidak

mungkin kaloborasi pemain junior dan senior ini bisa memberikan permainan yang

memukau dan mencuri poin saat menghadapi Persiba nanti,” harapnya. (kie/jpnn) REDAKTUR: INDRA, LAYOUTER: REEP


SAMBUNGAN Cari Selamat Pasca Mutasi, Pejabat Dekati Kiai Sambungan dari Hal 1 Ada yang berusaha langsung merapat ke Abah Anton. Sebagian lagi mencoba melewati Sutiaji. Tidak hanya itu saja, mereka juga mencoba mendekati sejumlah kiai berpengaruh, maupun tokoh spiritual terkemuka. Apalagi selama ini, Abah Anton dan Sutiaji, dikenal dekat dengan kiai. Tujuannya untuk dihubungkan ke Abah Anton dan Sutiaji. Aksi oknum ‘pejabat bunglon’ itu, ternyata tidak mulus. Seorang tokoh spiritual, yang juga pengasuh pondok pesantren misalnya, menolak halus hasrat jabatan sejumlah pejabat itu. Sekalipun, sang pejabat itu menjanjikan untuk menyediakan beberapa paket umroh dan haji, untuk santri sang tokoh spiritual tersebut. Tentunya jika jabatannya tetap aman dan di posisi yang basah. ‘’Sudahlah, kerja saja yang baik. Kalau kamu kerjanya baik, tidak perlu minta bantuan, pasti akan tetap dipertahankan. Gak perlu minta doa atau jembatan. Biar Abah Anton nanti menilai sendiri bagaimana kerjamu,’’ ujar sang kiai, kepada tiga pejabat pemkot, yang meminta didekatkan dengan Abah Anton. Kini gaya politik oknum pejabat itu jadi rasan-rasan di balai kota. Apalagi gerbong mutasi, baru saja digerakan dan jelang pelantikan pasangan wali kota-wakil wali Kota

Malang, Jumat (13/9) mendatang. ‘’Sudah banyak yang berusaha cari muka ke Abah Anton. Ngotot mau masuk dalam lingkaran wali kota baru,’’ kata sumber Malang Post. Bahkan di salah satu bagian di lingkungan sekretariat daerah, jadi bahan lelucon. Sejumlah pegawai pemkot, lantas terang-terangan menyebut nama beberapa pejabat pemkot yang sedang berusaha merapat ke Abah Anton. Beberapa diantaranya berkantor di block office. Ada juga yang kantornya di lingkungan balai kota. Mereka juga mengetahui tokoh yang didekatin untuk dihubungkan ke pemimpin baru Kota Malang. ’’Tidak tahu etika. Pelantikan wali kota baru Jumat nanti, tapi mereka sudah mulai mendekat ke wali kota baru. Sama halnya tidak menghargai wali kota yang lama,’’ kata sejumlah pegawai pemkot yang ngerumpi setelah mengetahui aksi politik oknum pejabat Pemkot Malang. Wawali Kota Malang terpilih, Sutiaji yang dikonfirmasi kemarin sore mengakui, adanya pejabat pemkot yang ‘bertamu’ kepadanya dan Abah Anton. Cara yang dilakukan mulai dari bertamu, telepon hingga SMS memberi ucapan selamat. Sutiaji mengaku, lebih dari 10 pejabat yang ‘bertamu’. Tidak hanya kepada dia, kepada Abah An-

ton juga begitu. Usai mendapat ‘tamu’, Abah Anton dan Sutiaji saling berkomunikasi. ‘’Saya dan Abah Anton seperti dua mata uang. Saya selalu sampaikan kepada Abah Anton dan Abah Anton juga menginformasikan hal itu (pejabat bertamu),’’ katanya. Kendati sudah didekati pejabat pemkot, Sutiaji memilih positive thinking. Apalagi ia mengaku selama ini selalu terbuka kepada siapa saja. ‘Kunjungan’ pejabat pemkot itu, dimaknai sebagai silaturahmi. ‘’Selama ini, kita selalu terbuka dan silaturahmi dengan semua lapisan masyarakat. Lagi pula, saya masih menjadi anggota dewan. Pasti saling kenal (pejabat) dan saling silaturahmi,’’ katanya. Sutiaji mengingatkan, kedekatan, bertamu dan berbagai pendekatan yang dilakukan pejabat pemkot, bukan menjadi ukuran dalam penempatan jabatan. Ukurannya yakni kinerja dan profesionalisme yang berbasis sistem. Ia juga memastikan setelah dilantik nanti, AJI menjadi bapaknya pegawai pemkot dan masyarakat Kota Malang. Karena itu tak ada dendam politik. ‘’Semuanya sudah selesai setelah pilkada selesai. Sekarang saatnya bekerja secara professional untuk kepentingan masyarakat,’’ kata dia. (van/avi)

Sambungan dari Hal 1 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Beberapa kalangan menilai konvensi PD akan berujung untuk memenangkan Pramono Edhie. Dia juga tak takut bila konvensi Partai Demokrat nantinya akan diintervensi. Mantan Dirut PLN ini menyerahkan semuanya pada takdir. ‘’Ya sudahlah, saya anggap ini nasib. Saya tidak khawatir,’’ ujar Dahlan. Sejauh ini Dahlan juga siap apapun hasilnya nanti, yang jelas dia tegaskan bahwa dia sudah berusaha bekerja sebaik mungkin. ‘’Saya siap

menang, siap kalah. Siap terpilih, siap tidak terpilih,’’ paparnya. Dia juga menambahkan bahwa relawan ‘Demi Indonesia’ (ReDI) yang selama ini mendukung dirinya menjadi Presiden, yang tersebar di berbagai daerah, memiliki karakteristik yang beragam. Namun memiliki satu visi, yakni ingin Indonesia maju. ‘’Mereka pengen Indonesia maju dengan cepat dengan harga diri bangsa lebih tinggi dan bisa menjadi negara modern, negara yang berada di politik tengah tidak kanan ataupun kiri,’’ tutupnya. (chi/jpnn)

Dewan Teriak, Gorong-gorong Jalan Terus Sambungan dari Hal 1 Setelah lubang dan mesin siap di dalamnya, pekerjaan pengeboran akan dimulai. Satu per satu box culvert akan didorong ke setiap bagian yang berhasil dikeruk mesin bor. Setiap 25 meter, akan dibuat lubang vertikal. Lubang ini nantinya berguna untuk keperluan perawatan. Selain itu juga sebagai saluran limpangan air hujan. Sampai di ujung terowongan, di Kali Metro, kedalaman terowongan sekitar 11,34 meter. Kedalaman ini masih di atas permukaan Kali Metro jika dalam keadaan banjir. Terowongan ini nantinya multifungsi. ‘’Kami sudah sampaikan ke dewan, untuk menyamakan visi. Kami sudah jelaskan soal metodologinya juga. Jadi, perannya untuk mengatasi banjir di Kota Malang memang sangat vital. Dewan yang akan mengontrol langsung proyek ini,’’ papar Jarot kepada Malang Post. Bukan tanpa alasan bila Jarot pantang mundur melanjutkan proyek jacking system yang menuai kontroversi ini. Dorongan diserukan langsung oleh Wali Kota Malang, Peni Suparto yang jabatannya bakal berakhir dua hari lagi. ‘’Karena itu Perda, ya harus jalan. Itu kan untuk mengatasi banjir. Bukan untuk kepentingan pribadi,’’ tandasnya. Inep, sapaan akrabnya, dengan

tegas menampik tudingan bahwa ada ‘permainan’ dalam megaproyek puluhan miliar tersebut. Termasuk indikasi adanya pemberian kompensasi kepada pihak rekanan. ‘’Masa iya pembangunan untuk kepentingan masyarakat ada kompensasinya kepada orang-orang tertentu? Ya jelas tidak ada,’’ sangkal pria kelahiran Kediri itu. Selama ini, berkembang isu bahwa orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu, ngotot melanjutkan pembangunan drainase ini karena pemenang tendernya adalah PT Citra Gading Asritama. Diketahui, bos perusahaan ini punya kedekatan istimewa dengan Inep. Wali kota yang sudah dua periode memimpin Kota Malang itupun, agaknya sungkan jika mengecewakan rekanan kepercayaannya tersebut. ‘’Yang jelas proyek ini untuk mengatasi banjir. Jangan dikaitkan lain-lain. Soal teknisnya juga sudah dijelaskan. Tidak pernah yang namanya urusan teknis pengerjaan diputuskan bersama dewan,’’ selorohnya. Terungkapnya anggaran bermasalah tersebut setelah anggota DPRD Kota Malang mendengar adanya proyek gorong-gorong raksasa. Setelah ditelusuri, anggaran sebesar Rp 40,093 miliar itu tertera dalam APBD. Namun tidak pernah dibahas selama pembahasan

RAPBD tahun 2013 pada akhir tahun lalu. Padahal pembahasan APBD diatur oleh pedoman penyusunan APBD yakni Permendagri 32 tahun 2012. Dalam pedoman tersebut jelas mengatur bahwa pembahasan semua usulan pembangunan dan anggaran harus diawali dengan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) KUA PPAS lalu RAPBD kemudian menjadi APBD. ‘’Tapi khusus yang anggaran sebesar Rp 40,093 miliar untuk pembangunan gorong-gorong itu, tidak diusulkan oleh eksekutif dalam KUA PPAS dan RAPBD tahun 2013. Tiba-tiba saja sudah muncul di APBD 2013,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Priyatmoko Oetomo mengomentari soal anggaran siluman tersebut. Konon dewan memiliki bukti otentik, berupa rekaman seluruh rapat dengan eksekutif, saat membahas soal APBD. Rekaman itu, tidak sekadar notulensi rapat, tapi juga rekaman audio visual. ‘’Pokoknya dewan tidak bertanggung jawab kalau ada apa-apa. Kami punya bukti otentik, jika dana gorong-gorong itu, tidak pernah dibahas dengan dewan. Bukti itu kami keluarkan, jika benar-benar dibutuhkan,’’ kata salah satu sumber Malang Post. (tom/avi)

Kasihan pada Perempuan, Beri Contoh Warganya Sambungan dari Hal 1 Saat itu petugas KB menyatakan, saat ini KB tidak hanya bisa dilaksanakan oleh kaum perempuan. Para bapak juga bisa mengikuti program KB dengan sistem MOP. Warga sekitar, sempat tidak percaya jika KB bisa dilakukan oleh pria. Meski sudah ada metode baru, warga Sumberbrantas masih ragu akan tingkat keberhasilan atau metode itu bisa membawa efek samping negatif. Ketakutan lain, mereka sudah tidak bisa produktif ketika ingin memiliki anak lagi. ‘’Karena warga masih ragu, biarlah saya yang mencoba dulu. Kalau ada apa-apa dengan KB, berarti saya duluan yang kena. Kalau saya sudah berhasil, mereka yang ingin mengikuti sistem MOP tidak akan ragu-ragu lagi,’’ tegas Suliono. Menurutnya, petugas KB Pemkot Batu membawa kendaraan dan peralatan lengkap saat melakukan sosialisasi. Dengan peralatan itu,

11

Kawasan Tugu Hingga Kertanegara Steril Sambungan dari Hal 1

Dahlan Iskan Ingin Menjemput Takdir Dahlan mengaku tidak ada tim khusus pula untuknya berkampanye. ‘’Kerja yang baik itu kan kampanye yang terbaik,’’ kata Dahlan. Saat ditanya alasannya ingin menjadi Presiden melalui konvensi Partai Demokrat, Dahlan awalnya sempat terdiam lama. Namun kemudian ia menjawab singkat. ‘’Untuk menjemput takdir,’’ jawabnya sambil tertawa. Karena itulah, Dahlan Iskan santai menanggapi dugaan adanya titipan calon nama konvensi Partai Demokrat, yakni Pramono Edhie Wibowo yang tak lain adalah besan

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

warga yang ingin mengikuti program KB bisa langsung dilayani ditempat. Jika ada pria yang mengikuti MOP, dia bisa menjalani operasi langsung dalam kendaraan. Kades Sumberbrantas itu kemudian menjalani operasi di dalam kendaraan tertutup saat warga masih berada di Balai Desa, lokasi sosialisasi. Kades yang bakal habis masa jabatan tahun 2014 ini, merasa kasihan dengan kaum perempuan untuk ber-KB. Kaum perempuan sudah penuh pengorbanan. Mulai hamil, melahirkan hingga ber-KB. Terkadang kaum perempuan juga mengalami rasa sakit atau efek lain dari ber-KB. Malahan dia masih disalahkan jika program KB itu masih gagal. ‘’Biar kaum pria tidak selalu disalahkan dan untuk meringankan beban istri, biarlah saya yang berKB,’’ tegas dia. Dia malahan mendapatkan efek

positif dari mengikuti KB sistem MOP. Awalnya, dia memiliki keluhan sakit pinggang, namun sejak mengikuti KB, keluhan tersebut tidak dirasakan lagi. Begitu juga soal hubungan suami istrinya, dia tidak memiliki kendala. ‘’Malah lebih greng, setelah ber-KB,’’ katanya terkekeh. Pihaknya juga mendapatkan keterangan dari petugas medis, jika pria yang mengikuti KB sistem MOP, masih bisa memiliki anak lagi. Caranya, peserta KB itu melakukan operasi lagi sehingga alat reproduksi bisa bersifat normal kembali. Di Kota Batu, KB dengan sistem MOP mulai dikenalkan tahun 2010 lalu. Pada tahun pertama itu, jumlah peserta KB untuk laki-laki ini berjumlah 36 orang. Angka tersebut terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, karena berbagai sosialisasi yang dilakukan pihak Pemkot Batu langsung ke desa-desa. (febri setyawan)

Mereka yang bisa masuk hanya yang memiliki undangan resmi. ‘’Pak Gubernur berharap pelantikan Abah Anton-Sutiaji berjalan dengan aman dan sakral. Karena itu, Jalan Tugu akan steril dari kerumunan massa baik pendukung wali kota terpilih, apalagi yang kontra,’’ kata Asisten II Sekda Kota Malang, Drs. Indri Ardoyo, MSi, saat rapat persiapan pelantikan kemarin. Karena itu, aparat keamanan baik polisi dan TNI AD akan mensterilkan kawasan Jalan Tugu dan sekitarnya, dan sudah dibagi dalam beberapa ring. Karena sudah prosedur tetap (Protap) pelantikan, dia berharap masyarakat, khususnya pendukung AJI dapat memahami aturan yang telah ditetapkan. ‘’Masyarakat bisa menyaksikan pelantikan langsung dari rumahnya masing-masing. Rencananya akan di siarkan secara langsung melalui TV lokal. Sehingga tidak perlu berbondong-bondong datang ke gedung dewan,’’ ungkapnya.

Untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat pendukungan AJI merayakan pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih, malam harinya digelar pengajian dan istighotsah di sepanjang Jalan Tugu dan Jalan Kertanegara. Dalam acara ini, masyarakat dipersilahkan hadir bersama Wali Kota Malang H. Moch Anton dan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji yang telah dilantik sebagai kepala daerah Kota Malang. ‘’Silahkan warga NU dan pendukung Abah Anton-Sutiaji hadir pada acara pengajian dan istighotsah bersama ribuan warga Kota Malang. Acara ini sebagai wujud syukur dan mendoakan agar pemimpin yang baru Kota Malang dapat selalu diberikan kemudahan dalam memimpin Kota Malang,’’ ujar Sekretaris PC NU Kota Malang, Mahmudi. Tidak kurang dari 20 ribu warga Kota Malang baik dari warga Nah-

dliyin, partai pengusung PKB dan Partai Gerindra, Riyadul Jannah, Ar Ridwan dan jamaah lainnya akan hadir bersama para ulama habaib di Kota Malang. Sementara itu, dalam gelaran Pesta Rakyat, yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu, dipastikan bakal menyajikan makanan khas Malang. Semua akan disajikan secara gratis di sekitar kawasan Tugu hingga Jalan Kertanegara. Bukan itu saja, berbagai macam jenis hiburan, juga bakal ditampilkan. Selain akan ada panggung utama yang berada di sekitar bundaran Tugu, panggung dalam ukuran yang lebih kecil, juga disebar di beberapa tempat. ‘’Nantinya akan ada beberapa jenis hiburan. Mulai dari dangdut, kesenian tradisional, musik indie dan berbagai jenis hiburan lainnya. Tidak lupa, kami siapkan makanan gratis untuk ratusan ribu warga Malang,’’ ujar Direktur PT Orbit Organizer, OT Soewarto, pelaksa even Pesta Rakyat tersebut. (aim)

Menang Atau Melayang Sambungan dari Hal 1 Selisih keduanya enam poin. Tapi Pelita agregatnya hanya minus enam (43-49). Kondisi itu, bisa berarti dua hal. Persidafon akan tampil ala kadarnya, untuk sekadar ‘gugur wajib’ dalam menghabiskan sisa laga. Atau justru mereka bermain nothing to lose. Apapun hasilnya, toh mereka hampir pasti degradasi. Fakta itulah yang harus dicermati pelatih Rahmad Darmawan (RD). Jika tidak mau tergantung tim lain, hanya tiga poin yang bisa mengamankan posisi Arema finish di peringkat kedua. Termasuk tidak perlu mengulur-ulur waktu, untuk menyenangkan publik bola di Malang Raya, yang di awal kompetisi, memiliki ekspektasi cukup tinggi terhadap Singo Edan. RD sendiri bisa bisa menurunkan formasi terbaiknya. Tidak ada pemainnya yang terkena akumulasi kartu. Kalaupun ada yang cedera, pemain pengganti siap turun. Ada 20 penggawa yang diboyong ke Papua. ‘’Komposisi pemain kita sudah cukup lengkap. Kita optimis bisa merebut hasil maksimal lawan Persidafon,’’ ungkap RD kepada Malang Post kemarin. Dengan misi mengambil poin penuh, Arema tentu bakal memainkan para penggawa yang memiliki agresivitas bermain. Sosok Benny Wahyudi, yang selalu dipasang ketika tim membutuhkan kemenangan dan agresif, kemungkinan bakal masuk starting line up.

Dia bakal berkombinasi dengan trio lini belakang yang hampir tak tergantikan musim ini. Yakni Purwaka Yudhi Pratomo, Victor Igbonefo dan Thierry Gathuessi. Victor dan Thierry yang mengandalkan kekuatan fisik serta insting liar dalam menjaga lini pertahanan, bakal diimbangi oleh gaya bermain flamboyan dan penuh ketenangan dari sosok Purwaka. Keempat defender ini bakal berkombinasi demi melindungi gawang kiper utama sekaligus vice captain Arema, Kurnia Meiga Hermansyah. ‘’Kondisi Meiga masih terus kita pantau. Karena ada sedikit cedera pada kakinya. Kalau memang parah, kita ada Made Wardana sebagai alternatif,’’ terang RD. Kondisi Entong, panggilan akrab Meiga, sebelumnya memang tak begitu maksimal karena ada permasalahan pada engkel. Namun, terlihat jelas, Arema begitu tergantung pada sosok adik Ahmad Kurniawan itu. Praktis, ia tampaknya bakal tetap masuk starting line up dan dipaksakan main. Sementara, lini tengah klub berlogo singa ini tetap dihuni oleh pemain yang cukup siap berduel dengan kekuatan fisik para penggawa Persidafon. I Gede Sukadana dan Hendro Siswanto diprediksi bakal berduet untuk menyeimbangkan lini tengah Arema.

‘’Hendro juga masih dalam pantauan. Tapi, sepertinya kondisi Hendro sudah cukup baik dan mungkin saja bisa dimainkan. Tapi, kita ada banyak alternatif. Seperti Joko Sasongko, Edmar dan Dedi Kusnandar,’’ tegas RD. Pelatih berusia 46 tahun itu menyebut, barisan penyerang Arema kemungkinan bakal diisi kuartet asing dan naturalisasi. Keith Kayamba Gumbs, Alberto ‘Beto’ Goncalves, Cristian Gonzales dan Greg Nwokolo bakal menjadi tumpuan serangan Arema untuk merebut poin penuh di Sentani. Beto sendiri sudah sampai di hotel tempat tim menginap dan ikut latihan pagi kemarin. Sebab, sehari sebelumnya, Beto melewatkan latihan, karena menemani istrinya yang baru saja melahirkan anak ketiga Beto. ‘’Beto sampai Senin malam. Pagi tadi (kemarin, Red.) dia sudah ikut kita latihan, sepertinya tidak ada masalah,’’ ungkap RD. Secara teknis, Arema tampaknya tidak ada masalah. Strategi dan gaya permainan ball possession sejatinya bisa merenggut poin penuh dari kandang Persidafon. Namun, penentuan hasil bukanlah teknis semata. Urusan mental pemain Arema yang belum teruji, bakal terlihat dalam pertandingan sore ini. Jika skuad pujaan Aremania itu mampu menanggulangi permasalahan mental yang masih labil, maka kemenangan bukanlah hal mustahil. (fin/avi)

Terlecut Menghadapi Bintang Arema Sambungan dari Hal 1 Kita ingin menang dua kali di dua pertandingan kandang terakhir kita,’’ terang Edu sapaan akrabnya kepada Malang Post. Selain misi ingin memenangkan pertandingan, rupanya reputasi Arema sebagai tim papan atas ISL, juga melecut semangat David Laly dkk. Apalagi, Arema pernah mengalahkan Gabus Sentani, julukan Persidafon dengan skor telak 5-2. Praktis, Edu tampaknya ingin melakukan revans atau balas dendam kekalahan di Malang. ‘’Hasil yang kita capai di pertandingan sebelum lawan Arema cukup maksimal. Kita bisa imbang lawan Persita. Karena itu kita bakal semakin termotivasi lawan Arema,’’ tandas Edu. Mantan pemain Persipura Jayapura

ini menyebut, kehadiran para bintang di skuad Arema, juga memberi semangat tersendiri bagi Persidafon. Laga kontra Singo Edan, disebutsebut bisa jadi pembangkit moral bagi Anis Nabar dkk. Sebab, menurut Edu, para pemain Persidafon ingin membuktikan diri bisa mengimbangi atau bahkan mengalahkan tim yang kini menempati posisi runner up. Tak heran, skuad asuhan Agus Yuwono tersebut siap tampil lawan Arema. ‘’Dari pemain tidak ada masalah. Cuma Javad Moradi saja yang cedera. Sementara pemain lain siap tampil,’’ tandas Edu. Sementara itu, pelatih Persidafon Agus Yuwono menyebut, timnya tidak akan main bertahan meskipun ha-

rus menghadapi Arema yang diisi para striker tajam ISL. ‘’Arema punya kualitas bagus. Tim yang haus gol. Tapi kita sedang main di rumah. Tentu kita tidak akan main bertahan. Persidafon bakal main terbuka demi mengamankan poin. Apapun yang terjadi kita harus beri yang terbaik bagi tim ini,’’ ungkap Agus usai memimpin latihan singkat kemarin. ‘’Saya sudah tahu tentang karakteristik Arema. Juga tentang garis besar personality dari pemainnya. Mereka tak selalu bagus. Kadang fluktuatif. Itu yang akan kita manfaatkan untuk memaksimalkan hasil pertandingan lawan Arema,’’ tutup mantan pemain Arema era Galatama tersebut. (fin/avi)

SBY Larang Menteri Pulang ke Rumah Sambungan dari Hal 1 Pemerintah sebelumnya sudah mengeluarkan empat paket kebijakan demi perbaikan masalah ekonomi. Hal itu, kata Presiden harusnya sudah segera dijalankan sepenuhnya. Menurutnya, saat ini belum semua paket itu terlaksana dengan baik. ‘’Kalau penyebabnya karena belum adanya kesesuaian antara rencana investasi itu dengan kementerian terkait, segera selesaikan. Kerja di kantor, jangan pulang ke rumah kalau belum selesai,’’ tegas Presiden. Sedangkan menyangkut stabilitas

harga pangan, Presiden SBY meminta menteri terkait untuk membuat porsi suplay lebih besar dari demandnya. Sementara itu, dalam upaya mengatasi merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, Presiden SBY meminta jajarannya untuk menyimbangkan antara suplay dan demand. Selain itu, Presiden juga menginstruksikan pada para menteri untuk menjalin kolaborasi dengan dunia usaha dalam menyelesaikan pelemahan rupiah.

‘’Saya ingin betul dalam waktu tiga bulan ini, apa yang ada dalam MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) kalau itu berupa foreign direct investment ataupun peluang investasi untuk dalam negeri, itu konkrit apa yang kita tawarkan. Saya tidak ingin mendengar baik dari pemerintah pusat sendiri atau pemerintah daerah kurang memberikan fasilitas, perizinannya lama akhirnya peluang besar itu tidak jadi datang,’’ tandasnya. (nat/jpnn)

Keluarga Sutiaji Tak Hadiri Pelantikan Sambungan dari Hal 1 “Ini sesuai dengan komitmen kami dan juga permintaan guru saya. Keluarga menganggap ini seperti kegiatan saya yang lain, saat keluar rumah untuk mengabdikan diri bagi kepentingan masyarakat. Jadi saya akan langsung menuju tempat pelantikan tanpa keluarga. Karena saya niat menjadi wakil wali kota dengan niatan ibadah,” kata Sutiaji kepada Malang Post, kemarin. Saat keberangkatan menuju tempat pelantikan di gedung DPRD, Sutiaji hanya akan didampingi para kiai. Di

rumah, keluarga yang tidak ikut mengantarkan anggota Komisi D DPRD Kota Malang itu tidak diam. Mereka menggelar pengajian dan khotmil quran, mengiringi setiap langkah yang ditempuh sang kepala keluarga untuk menjadi orang nomer dua di Kota Malang. “Jabatan ini adalah amanah. Karena itu, perlu ada bekal doa agar saya bersama Abah Anton dapat melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat, menuju Kota Malang Bermartabat,” ungkapnya. Malam harinya sebelum pelantikan,

keluarga besar Sutiaji juga menggelar acara doa bersama di kediamannya di Dinoyo. Istri bersama empat orang anaknya serta warga sekitar akan berdoa bersama-sama, mendoakan agar langkah Sutiaji bersama Abah Anton selalu diberikan kemudahan dalam memimpin Kota Malang. “Usai pelantikan, Insya Allah malamnya di Balaikota akan digelar doa bersama, istighotsah bersama NU Kota Malang dan warga Kota Malang. Kita awali semuanya dengan kebaikan,” tambahnya. (aim) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


AREMA INDONESIA The Power is Ours

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

12

MENTAL BAGUS, BETO GABUNG SENTANI – Kondisi mental Arema Indonesia sepertinya sedang bagus. Latihan sekaligus uji lapangan di Stadion Barnabas Youwe pagi kemarin berjalan dengan atmosfer yang fun dan positif. Para penggawa Arema sepertinya cukup menikmati suasana tim yang mulai terbangun setelah satu tahun yang penuh perjuangan dan tantangan. Hal tersebut terlihat dari bagaimana para pemain bercanda dan bersantai usai latihan. Salah satunya, Cristian Gonzales yang beraksi kocak sesaat setelah latihan selesai. Saat Malang Post sedang mengambil gambar para pemain, El Loco tiba-tiba meminta Sunarto untuk mengangkat dua kakinya ke atas. Lalu, setelah itu Gonzales berpose dengan tangan berkacak pinggang, sementara tangan satunya jadi tumpuan. “Sunarto, Sunarto. Angkat dua kakiku sini,” ungkap Gonzales pada Narto. Jadilah topskor Arema itu difoto dengan pose yang sangat kocak dan mengundang tawa pemain lain. Dedi Kusnandar, Hasim Kipuw, Edmar Garcia, Thierry Gathuessi, I Made Wardana dan Engelberd Sani langsung ikut nimbrung untuk berfoto. Suasana menyenangkan dan penuh canda tawa ini tam-

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

CERIA : Cristian Gonzales dan nawak-nawak usai latihan di Stadion Barnabas Youwe kemarin pagi. paknya ingin tetap dipertahankan Rahmad Darmawan (RD) pelatih Arema hingga tur Papua tersebut selesai. “Kita

akan terus pertahankan suasana fun dan nyaman di dalam tim. Itu untuk menjaga keseimbangan dan kebersamaan tim,”

tandas RD kepada Malang Post kemarin. Sementara itu, terkait latihan pagi kemarin di lapangan Sta-

Kian Seru dan Panas SENTANI – Aroma rivalitas dalam kompetisi sepakbola Indonesia memang menjadi penarik perhatian bagi publik bola nasional. Rivalitas Arema Indonesia dan Persebaya yang begitu kental, tentu menjadi daya tarik yang luar biasa. Tak heran, naiknya Persebaya ke ISL membuat pecinta sepakbola Indonesia memprediksi bahwa musim depan liga bakal berjalan kian seru dan panas. Headcoach Arema, Rahmad Darmawan (RD) sendiri mengakui, rivalitas antara Arema dan Persebaya bakal membuat kompetisi ISL lebih menarik. “Kompetisi tahun depan sangat seru, kompetisi antara dua rival, Arema dan Persebaya tentu sangat menarik perhatian,” ungkap RD kepada Malang Post. Sudah jadi rahasia umum, rivalitas antara Singo Edan dan Bajul Ijo telah terjadi sejak lama. Lembaran sejarah sepakbola nasional tak bisa lepas dari pertarungan dua tim ini dalam kompetisi. Arema tak mau kalah dari Persebaya ketika bertarung di Malang. Begitu juga sebaliknya, Persebaya mengharamkan kalah dari Arema ketika main di Surabaya. Ketatnya persaingan tersebut juga tak lepas dari panasnya hubungan antara supporter Arema Aremania dengan Bonekmania, supporter Persebaya. Dua kelompok supporter

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

SIAP TEMPUR: Pemain Arema menjajal Stadion Barnabas Youwe kemarin. tersebut menjadi sumber ener- menonton pertandingan. Se- telah lama disebut sebagai rival gi rivalitas yang tampaknya baliknya, begitu Arema dijad- Arema di Jawa Timur. Panasnya aroma persaingan tidak akan berhenti. Kapanpun walkan bermain di Surabaya, Persebaya main di Malang, Bonekmania begitu banyak di antara Persik dan Arema juga entah dalam Piala Gubernur, memenuhi stadion kandang membuat RD sangat antusias menyambut musim depan. maupun Inter Island, Stadion Persebaya. “Selain dua rivalitas ini, Namun, RD menyebut, riKanjuruhan selalu penuh devalitas seperti ini tak hanya ter- kita masih punya El Classico ngan Aremania. Bahkan, Stadion Kanjuruhan jadi antara Arema dan Persebaya. Persija Persib. Lalu, ada juga tak bisa menampung puluhan “Begitu Persik Kediri menang rivalitas PS Semen Padang ribu Aremania yang datang. lawan Persikabo Bogor, tentu dan Sriwijaya FC, yang pasti Suporter meluber sehingga saja rivalitas dengan Arema bakal musim depan kompetisi sapanpel Arema harus mendiri- bisa tersaji lagi,” ungkap pelatih ngat menarik,” ungkap mantan kan big screen agar Aremania berusia 46 tahun tersebut. Macan pelatih Sriwijaya FC tersebut. yang tak bisa masuk tetap bisa Putih, sebutan Persik, memang Baca Kian... Hal.10

dion Barnabas Youwe, pelatih berusia 46 tahun ini menyebut bahwa Arema hanya memaintenance hasil latihan dengan

game internal. “Kita memanaskan mesin Arema, dengan game internal dan latihan possession satu sentuhan, itu membantu

tim mengingat apa yang sudah dilatihkan selama satu musim ini,” tandas RD. Latihan sekaligus uji lapangan di stadion diikuti oleh 20 pemain yang terdaftar dalam tur, termasuk Alberto Goncalves. Beto sempat absen dalam latihan pertama Arema di Sentani. Ia harus menemani sang istri yang baru saja melahirkan anak ketiga. Beto baru tiba Senin malam lalu di hotel tempat tim menginap. Pagi kemarin, Beto sudah berlatih bersama anggota skuad yang lain dalam persiapan menghadapi Gabus Sentani, julukan Persidafon. Kemungkinan besar, Beto bakal turun sebagai starter usai melihat latihannya yang cukup sukses pagi kemarin.(fin/nug)

Pemain Mabuk, Ancam Bunuh Wartawan Malang Post SENTANI – Kekerasan dan ancaman terhadap kerja jurnalisme ternyata masih ada di dunia olahraga. Termasuk menimpa wartawan Malang Post Fino Yudistira kala mengikuti Arema Indonesia dalam tur away Papua. Pagi kemarin, jurnalis Malang mendapatkan ancaman verbal agar berhenti melakukan liputan, diselingi dengan ancaman pembunuhan, oleh salah satu pemain Persidafon, Franky Amo. Hal ini terjadi saat awak media sedang bersiap berburu foto dan berita soal Persidafon untuk persiapannya jelang lawan Singo Edan. Pagi kemarin, awak media berangkat pagi menuju Stadion Barnabas Youwe untuk mencari foto persiapan tim berjuluk Gabus Sentani itu. Setibanya di stadion, pemain bernama Franky Amo itu masih jogging sendirian keliling lapangan atas perintah Agus Yuwono, pelatih Persidafon. Seperti liputan biasa, awak media mendekat ke pinggir lapangan dan mulai memotret. Namun, begitu awak media mendekat ke lapangan, sang pemain tersebut tiba-tiba berhenti jogging dan mulai berbicara kasar. Bahkan, kata-kata ancaman pembunuhan juga keluar dari mulut sang pemain. “Pulang! Pulang! Kalau masih ambil gambar, saya bunuh kamu,” ungkapnya. Awalnya, awak media berpikir itu hanya guyonan semata. Namun, nada serius keluar dari mulutnya. Ancaman verbal tersebut terus diucapkan sehingga membuat media Malang tidak nyaman. Akhirnya, awak media memilih minggir dan menghentikan peliputan dan pengambilan gambar Persidafon. Setelah latihan selesai, sang pemain itu langsung pergi. Rupanya, usut punya usut, Franky Amo sedang dalam pengaruh alko-

KOMENT

AR EMANIA

SMS ke no: 085791191887

DUKUNG AREMA Kompetisi Indonesia Super League (ISL) akan segera berakhir. Arema Indonesia masih harus bersaing untuk memperebutkan posisi runner up. Sebagai Aremania, berikan masukan dan dukungan untuk tim Singo Edan.

KUDU NGANEM AYO Arema kudu nganem lawan Persidafon sore ini.Kami semua selalu doakan. 08563250273

JANGAN TAKUT JANGAN takut walau main di kandang Persidafon.Kalian harus menang dan mengamankan posisi sebagai runner up. 085730705092

WAJIB RUNNER UP TIDAK ada pilihan lain.Arema wajib menang g dua kali di Papua dan meraih prestasi p sebagai runner up u dalam kancah ISL tahun ini. 085649868234

hholl dan d tterlihat lih t sempoyongan saatt bberada d di lapangan. Baca Pemain... Hal.10

Indahnya Stadion Barnabas Youwe STADION Barnabas Youwe Sentani, kandang Persidafon Dafonsoro mengundang decak kagum banyak pecinta sepakbola Indonesia. Kekaguman tersebut bukan karena tribun atau bentuk stadionnya,

tapi karena background luar biasa. Stadion Barnabas Youwe menyajikan latar belakang Gunung Cyclops serta hutan-hutan yang membuat suasana stadion sangat segar. Pagi kemarin, dinginnya udara Sentani menusuk kulit.

Awan putih yang menutupi langit Dafonsoro masih begitu tebal, sehingga suasana Stadion Barnabas Youwe tak begitu ceria. Sekitar pukul 08.00 WIT, saya tiba di stadion kandang dari Gabus Sentani, julukan Persidafon Dafonsoro. Udara dingin yang memenuhi

stadion begitu mempesona. Awan putih yang mengelilingi stadion seperti melindungi dari panasnya terik matahari Dafonsoro. Hanya, waktu yang terus berjalan mengubah udara dingin menjadi cuaca yang cerah. Semakin siang, matahari semakin naik dan membuat langit berwarna biru. Begitu memasuki area

lapangan, pemandangan stadion terlihat indah karena dikepung langit biru. Pada sisi tribun ekonomi, terlihat ada hutanhutan yang mengelilingi stadion. Kaki gunung Cyclops yang memanjang juga menjadi latar belakang view menarik dari stadion berkapasitas 15 ribu orang itu. Lalu, di tribun sebelah kiri, terlihat gunung Cyclops kebanggaan masyarakat Dafonsoro. Baca Indahnya... Hal.10

FINO YUDISTIRA/ MALANG POST

INDAH: Gunung Cyclops serta hutan menjadi latar belakang Stadion Barnabas Youwe di Sentani.

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: REEP


KOTA WISATA

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

13

KODEW

Jadi Desainer, Mengapa Tidak? DIAKUI atau tidak, hobi bisa mendatangkan rezeki bila mampu menekuni sekaligus menyalurkan dengan tepat. Salah satu contohnya dilakukan oleh Vivin Laksananda, yang awalnya terimpirasi desainer desainer handal, kini siswi Kelas III SMK 1 Kota Batu, itu sudah punya berpenghasilan. Gadis cantik inipun, kian serius mengembangkan dunia fashion.‘’ Masih banyak masyarakat yang selalu meniru fashion buatan luar. Tapi saya justru pingin mengembangkan fashion atau busana-busana khas Indonesia, yang lekat dengan kebudayaan dengan embel-embel batik,”aku Vivin, sapaan akrabnya. Sebelumnya, cewek penghobi renang ini sudah sering tampil dalam setiap lombalomba baik di wilayah Baca Jadi... Hal.14

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

FASILITAS: Beberapa SD seperti ini masih membutuhkan fasilitas atau ruang kelas baru

30 SD Terima Rp 5 Miliar Pengalihan Anggaran Block Office BATU –Penambahan fasilitas pendidikan utamanya untuk tingkat sekolah dasar (SD) di Kota Batu, bakal digenjot tahun ini melalui pengalihan anggaran dari block office sebesar Rp 5 miliar. Dari jumlah 89 unit SD yang tersebar di 24 desa/kelurahan,

30 unit SD lainnya bakal menerima anggaran penambahan ruang kelas. ‘’Kami tidak mungkin, bisa menambah ruang kelas baru atau fasilitas lain untuk SD sebanyak itu. Namun tahun ini, penambahan bisa dilakukan untuk 30 SD saja,’’ ungkap Esti Dwi Astuti, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Batu kepada Malang Post. Hingga kemarin, pihaknya belum

menentukan sekolah mana saja yang bakal mendapatkan ruang kelas baru atau fasilitas lainnya. Sebaliknya, Dinas Pendidikan bakal menyeleksi SD mana yang mendapat prioritas pembangunan tersebut. Apalagi pengajuan dari pihakpihak SD juga telah masuk. ‘’ Kami juga masih mengumpulkan data pelengkap. Dari data yang masuk, ada sekolah yang benar-benar

mem butuhkan ruangan kelas baru, karena jumlah siswanya sangat banyak. Sedangkan data lain, ada sekolah yang membutuhkan fasilitas seperti lab atau lainya,’’ tambah mantan pegawai di Dinas Pengairan dan Catatan Sipil ini. Jika pendataan sudah dilakukan, tahap berikutnya adalah pelelangan untuk proses pembangunan. Baca 30 SD... Hal.14

PEMBINAAN MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

TEDUH : Pemkot Kota Batu berencana membangun Taman Kota di Kelurahan Sisir.

Vivin Laksananda

TAEKWONDO MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

Seleksi Atlet Menuju Jatim Series BATU – Kejuaraan Taekwondo tingkat Jatim Series, bakal g g Agenda itulah yang sedang digelar 27 Sebtember mendatang. dipersiapkan para atlet yang dip ter tergabung dalam Pengcab Ta Taekwondo Kota Batu, untuk mengikuti Series kelas pra me yu yunior, yunior dan senior. ‘’ Kami sudah mendapatkan pemberitahuan adanya agenda pe itu, walaupun proposal resmi itu be belum ada. Meski begitu, kami sudah bersiap turun dengan su mempersiapkan diri lebih m ma matang,’’ungkap Sekretaris Pengcab Taekwondo Kota Pe Batu, Adi Santoso kepada Ba Malang Post. M Menurutnya, Pengcab belum menentukan siapa saja be atlet yang bakal diterjunkan atl dalam Jatim Series itu. Tapi da Adi Santoso pihaknya terus latihan rutin pih sambil memantau perkembangan atlet. Baca Seleksi... Hal.14

WAJIB: Siswa-siswa berseragam Pramuka bersama Wali Kota Eddy Rumpoko.

Pramuka Menjadi Ekskul Wajib

Sisir Segera Miliki Taman Kota BATU – Wilayah Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu dalam waktu dekat akan segera memiliki Taman Kota. Taman ini dibangun oleh Pemkot Batu dalam rangka menciptakan lahan daerah hijau di tengah lingkungan pemukiman warga. Hal ini disampaikan Lurah Sisir, Sumaji saat berkunjung ke Balaikota Batu, kemarin siang. Dia menyebut, taman kota itu rencananya akan dibangun pada lahan Puthuk, yang terletak di wilayah RW 08, Kelurahan Sisir. Lahan milik kelurahan itu saat ini tercatat sebagai lahan penghijauan. Namun tampak kurang perawatan, meskipun warga setempat mewanti-wanti pengunjung agar tidak merusak tanaman, menembak

burung dan berbuat maksiat. ‘’Pemkot melalui Bappeda (kota Batu, Red) yang akan membangun taman kota disana. Lahan tersebut merupakan lahan penghijauan milik Kelurahan Sisir,” terangnya kepada Malang Post, kemarin. Sekaligus rencana pembangunan taman kota ini sudah disosialisasikan ke warga setempat, kemarin. Pihak kelurahan mengumpulkan sejumlah warga di Kantor Kelurahan, dengan dihadiri oleh perwakilan Bappeda. Dalam sosialisasi itu, disampaikan terkait konsep taman. Tak terkecuali, termasuk fungsi dari taman kota, yakni mengantisipasi dampak yang ditimbulkan perkembangan kota dan dapat dinikmati seluruh warga kota.

Misalnya, fungsi ekologis antara lain penjaga kualitas lingkungan kota, sebagai paru-paru kota penghasil oksigen, filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara. Juga, sebagai tempat penyimpanan air tanah, sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah. Pelestarian lingkungan ekosistem. ‘’Pada fungsi sosial, diantaranya sebagai tempat komunikasi sosial, sarana olahraga, bermain, dan rekreasi, sebagai landmark sebuah kota dan menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota,” tambah Sumaji. (poy/ary)

BATU - Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mendukung Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib bagi pelajar SD. Banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kegiatan pramuka untuk membentuk para siswa memiliki karakter bangsa. ‘’Tidak ada alasan bagi sekolah tidak melaksanakan ekstrakurikuler Pramuka. Ini adalah program pusat, didaerah harus menyambut positif. Pramuka sendiri banyak manfaatnya,’’ kata Eddy Rumpoko, beberapa waktu lalu. Pria yang juga Ketua Kwarcab Kota Batu ini. Bentuk dukungan ini Kwarcab akan memberikan pelatih ke sekolah-sekolah. Hal itu dilakukan jika sekolah membutuhkan atau menginginkan pembina yang lebih bagus. Jika Pembina bagus, hasil yang akan diperoleh para siswa juga lebih bagus. Baca Pramuka... Hal.14

Kejuaraan Provinsi di Jember

GABSI Bawa Pulang Tiga Medali BATU-Cabang Olahraga Gabungan Bridge seluruh Indonesia (GABSI) Kota Batu berhasil membawa pulang tiga medali dalam pekan ke juaraan provinsi (Kejurprov), kemarin. Mereka bertanding dalam Kejurprov mulai Jumat (6/9) hingga Minggu (8/9) September di Jember. Para atlet mengharumkan nama Kota Batu dengan membawa dua medali perak dan satu medali perunggu. Keberhasilan tersebut tidak lain karena kerja tim dan kekompakan antar atlet. Setiap pertandingan para atlet selalu menunjukkan performa terbaiknya. Tiga kategori yang masuk final dan berhasil membawa medali yaitu kelompok usia (KU) 18, 25 dan senior atau bebas. Atlet KU 18 terdiri dari Elisa, Steven, Pebi, dan Rafi. Adapun dari senior antara lain Pawu, Agus, Yuda, Roni,

Miftah, dan Haris. Kedua kelompok itu berhasil mempersembahkan medali perak. Sedangkan medali perunggu diraih oleh usia 25, yakni Bagus, Juan, Agus dan Edi. ”Adapun kelompok usia 21 tidak berhasil meraih medali, mereka kalah di babak penyisihan padahal penampilannya lumayan bagus,” kata Pelatih Bridge Kota Batu, Sulianto di kediamannya, Selasa (10/9) kemarin. Kendati meraih medali, Sulianto juga mengevaluasi kinerja para atletnya. pertama segi biddingnya yang harus dibenahi kembali. Sebab jika sudah salah di awal maka seterusnya selalu meleset. Mengenai proses play, para atlet sudah terlihat lumayan dan bagus penampilannya. ”Performanya sudah bagus, tinggal dari pematangan biddingnya

saja yang masih perlu digenjot lebih total lagi nantinya,” ujar Pawu sapaan akrabnya kepada Malang Post. Dia menceritakan, start dari babak awal hingga final, para atlet menunjukkan performa yang terus meningkat. ”Untuk masuk final para atlet harus terlebih dahulu main enam sesi, dan setiap sesi mereka menunjukkan penampilan yang terbaiknya malah semakin meningkat,” ujar pria tiga anak itu. Sehingga jika timnya tidak me raih medali emas, hal itu akibat faktor kurang beruntung. Dia mengakui, meski hasil yang ditorehkan anak asuhnya sudah melampau dari target semula. Akan tetapi tim masih belum merasa puas sampai disini saja. Tim akan berupaya untuk tampil lebih baik

lagi kedepannya dengan persiapan yang lebih matang. ” Ta h u n l a l u k a m i h a n y a mendapatkan dua medali perak saja, alhamdulillah sekarang dapat tiga medali dan ini sudah sesuai harapan,” terang kakek tiga cucu itu. Pria yang juga berpofesi sebagai pedagang sayur itu menambahkan, bahwa pihaknya akan memperbaiki sistem. Hal itu sesuai dengan masukan-masukan dari atlet senior, terkait sejumlah lini yang harus dimatangkan. Biasanya satu regu terdiri enam orang, maka untuk KU 18, 21, dan 25 hanya empat orang setiap satu regu. ”Yang muda kami latih fisiknya, sedangkan yang kelompok senior masih tetap terdiri dari enam orang,” urai mantan atlet bridge yang pernah meraih medali emas

GABSI FOR MALANG POST

BERPRESTASI : Atlet Bridge Kota Batu meraih tiga medali j dalam Kejuprov yang berlangsung dii Jember tersebut.

tersebut. Dia berharap, para atlet yunior bisa masuk tim Jatim yunior dengan bekal jam terbang yang sudah cukup banyak.”Sebelum-sebelumnya

mereka sudah sering meraih medali, dan kami berharap mereka masuk ke tim Jatim Yunior di Kejurnas nantinya,” pungkas pelatih berusia 53 tahun tersebut.(mik/ary) REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: OLIS


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Kades Beji Segera Diperiksa Jaksa BATU –Proses penyelidikan pengaduan dugaan pungli biaya sertifikasi program nasional agraria (Prona) di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, terus menggelinding. Bahkan, kades setempat Kukuk Kusbianto, pekan depan dipanggil Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu, untuk dimintai keterangan terkait pengaduan sejumlah warganya itu. ‘’ Dalam minggu-minggu ini, Kades bakal dipanggil. Paling lambat pekan depan bisa dipanggil untuk dimintai keterangan, menyangkut persoalan sertifikasi Prona itu,’’ ungkap Kajari Batu, Meran, SH kepada Malang Post, kemarin. Dia mengakui, sejauh ini sudah ada sekitar 10 saksi yang dipanggil jaksa untuk dimintai keterangan. Yakni, mulai saksi pelapor dalam hal ini peserta sertifikasi Prona, maupun pamong desa setempat.‘’ Hari ini, saya sudah menandatangani empat surat panggilan atas kasus Prona di Desa Beji itu. Sebelumnya, sudah sekitar 10 orang yang sudah dimintai keterangan,’’

tegas Kajari. bakal ditingkatkan pada penyidikan, Menurutnya, penanganan terhadap yang sudah barang tentu juga sudah bisa persoalan Prona tersebut tetap etap terus berjalan ditemukan siapa ccalon tersangkanya. meski pihaknya belum ‘’Y ‘’Yang pasti, kami me nentukan apakah ser menggarap perserius dari hasil pemeriksaan so soalan Prona di Desa sementara sudah diteBe itu,’’ pungkasnya. Beji mukan adanya unsur tidak Kasus serupa pidana korupsi ataukah ya pada 2009 lalu yang se baliknya, lantaran ter terjadi di Desa Treny proses pengumpulan nyang, Kecamatan keterangan belum pada Sumberpucung, tahap kesimpulan. Ka bupaten Malang, pe karanya juga bisa ‘’ Kalau sekarang per dia tingkatnya masih pediangkat ke persidangan tin nyelidikan. Bila ingin tindak pidana korupsi (T tahu apakah sudah (Tipikor), dengan te ada unsur pidana atau terdakwa Dar maji Ka setempat. Namun tidak, menunggu tahap Kades me kesimpulan, apalagi menyikapi putusan ma kami sedang berusaha majelis hakim, terdakwa Meran SH me mengumpulkan ketemenyatakan banding. rangan sebanyak-banyaknya,’’ tambah pengganti R Soeryanto ini. PROSEDURAL Jika nanti sudah ditemukan adanya Terpisah, Kuku Kusbianto yang unsur pidana, maka proses pemeriksaan dikonfirmasi mengatakan, bahwa

sertifikasi Prona di desanya itu sudah memenuhi standar operasional plus sesuai prosedur dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu. “ Kami siap jika sewaktu-waktu dipanggil untuk dimintai keterangan tentang Prona. Namun demikian hingga sekarang belum ada kabar rencana pemanggilan itu dari kejaksaan,’’ujar Kuku, Selasa kemarin. Apalagi sebelumnya, pihak kantor desa itu juga telah menyerahkan dokumendokumen termasuk bukti-bukti pemohon sertifikasi Prona, ke Kejari.‘’ Data yang kami miliki, sudah kami serahkan dan tidak ada rekayasa apapun. Seangkan menyangkut masalah tuntutan masyarakat, sudah selayaknya mereka mempertanyakan kejelasan Prona itu, apalagi mereka juga minta gratis,”tandasnya. Sebelumnya, tiga perangkat desa yang sudah diperiksa keterangannya oleh jaksa, adalah Sulikah Kepala Urusan Pemerintahan, Yudi Hariyanto Kepala Dusun Karang Jambe, serta Dolok Martimbang Kepala Dusun Kerajansae. (feb/mik/lyo)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

14

Jadi Desainer, Mengapa Tidak? Sambungan dari Halaman 13

kota maupun tingkat Provinsi Jatim. Rincinya dia pernah ikut lomba desain busana di Matos, sehingga masuk final walau belum berhasil mennyabet juara. Pernah pula tampil di Lippo Plasa Kota Batu, dan rancangannya keluar sebagai juara 2. Pengalaman lanilla, serta menjadi wakil kota ini di ajang lomba batik tulis di Surabaya beberapa waktu lalu. Kodew yang tingla di Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, itupun mengakui dulunya sempat putus asa. Namun berkat dukungan dari orangtua dan teman-teman, akhirnya dia bisa bertahan di dunia fashion.”Yang paling sulit dalam desain itu, bagaimana mengkombinasikan warna, tekstur, serta harus cekatan dalam menggambar. Alhamdulilah saya dapat melalui masa-masa sulit itu,”kenang Vivin yang hobi membaca buku ini. Kedepannya, dia ingin menjadi desain handal agar warga kota apel ini tak lagi memilih fashion luar negeri. Apalagi produk daerah, tak cala bersaing dengan produk lanilla. ”Semoga Kota Batu memberikan ruang kepada generasi muda, dalam berkreasi di dunia fashion. Contohnya, memperbanyak even yang bersentuhan dengan desainer,’’harapnya. (mg12/lyo)

Seleksi Atlet Menuju Jatim Series Sambungan dari Halaman 13

‘’Pasti nanti kami lakukan seleksi dulu, untuk menentukan siapa saja atlet yang diberangkatkan,’’tambah warga jalan patimura Kelurahan Temas ini. Selain Jatim Series, juga ada agenda refreshing wasit di Pandeglang Banten, 17 Oktober nanti. Sedangkan untuk Desember bakal ada Kejurda untuk pra junior, junior dan senior di Kota Blitar. ‘’Refreshing wasit dan Kejurda, merupakan agenda rutin setiap tahun. Refreshing wasit selalu dilakukan, untuk menyegarkan kembali kemampuan wasit dalam memimpin pertandingan. Jika ada aturan-aturan baru dalam bidang Taekwondo, aturan itu bakal disosialisasikan lewat refreshing wasit,’’ tegas dia. (feb/lyo)

Pramuka Menjadi Ekskul Wajib Sambungan dari Halaman 13

JERNIH : Sumber Air Ngesong ini rawan tercemar limbah peternakan warga setempat.

Cegah Pencemaran, KLH Tambah Ipal Komunal BATU – Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Batu memprioritaskan biogas menjadi energi alternatif untuk memanfaatkan potensi limbah peternakan dan industri kecil tahu tempe. Caranya, dengan mendirikan instalasi pengelolaan air limbah (ipal) komunal untuk menampung limbah-limbah tersebut. Dari Ipal komunal ini menghasilkan biogas yang diharapkan mampu dimanfaatkan warga. KLH berencana menambah jumlah bangunan ipal komunal biogas di Dusun Toyomerto Desa Pesanggrahan, Desa Oro-oro

Ombo, Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, dan Desa Songgokerto Kecamatan Batu. ‘’Pemanfaatan limbah itu, bisa mengurangi pencemaran, diantaranya terhadap beberapa sumber air, pertanian, industri, peternakan, pemukiman, dan hotel. Rata-rata pencemaran yang rawan potensi adalah yang dilakukan masyarakat,” terang Kepala KLH Kota Batu, Muhlis di Balai Kota Batu, kemarin. Dia mencontohkan, di Toyomerto tercatat warganya banyak menjadi peternak sapi perah. Bahkan, jumlah

ternaknya dari masing-masing peternak antara 5-10 ekor sapi. Dengan begitu, volume limbah ternak ini dipastikan besar sekali, sehingga disarankan untuk mendukung pembangunan ipal komunal sembari nantinya memanfaatkan energi alternatif biogas. Ancaman pencemaran itu bisa saja terhadap Sumber Air Ngesong. ‘’Sampai saat ini, tidak semua masyarakat menerima untuk membuat ipal komunal ini, karena butuh lahan, selain itu juga bau. Namun ini salah satu cara untuk mengatasi pencemaran,” tambahnya.

Selain itu, pencemaran bersumber dari industri, misalnya industri kecil, seperti tempe dan tahu. Itu kewajiban Pemkot mengendalikan pencemarannya. Sehingga tahun ini, KLH juga membuat Ipal komunal tahu tempe seklaigus untuk biogas. ‘’Penanganan limbah dari hasil kegiatan masyarakat itu lebih sulit, atau industri rumahan, dibandingkan limbah dari perusahaan. Kalau perusahaan besar bisa dikendalikan lewat UU dan sanksi. Tapi kalau pengusaha kecil, maka kami yang memiliki kewajiban,” pungkas Muhlis. (poy/ary)

Dari data yang ada dalam kurikulum 2013, kegiatan Pramuka menjadi kegiatan ekskul wajib bagi peserta didik di Sekolah Dasar. Pramuka bukan menjadi mata pelajaran wajib, tetapi tetap menjadi kegiatan ekskul wajib setiap sekolah itu. Hal itu juga sesuai dengan UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Sampai saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mematangkan formula agar Pramuka bisa menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat. Dalam konsep itu, Pramuka menjadi ekskul wajib setelah adanya penandatangnan MoU antara Kemdikbud, Kemenpora, dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka. Data yang diperoleh, Kemendikbud segera mewajibkan Pramuka sebagai ekskul di kurikulum 2013. Sebagai persiapan, penataran untuk guru-guru pengajar Pramuka bakal dilakukan. Bahkan, guru pengajar Pramuka bisa mendapat kredit poin dan bisa masuk dalam penghitungan jam mengajar profesi guru. (feb)

30 SD Terima Rp 5 Miliar Sambungan dari Halaman 13

Dia berharap proses bisa berjalan cepat, agar pembangunan maupun penambahan fasilitas lainnya, bisa selesai sebelum tutup anggaran nanti. Seperti diketahui, pembangunan block office gagal dilaksanakan dalam tahun ini. Anggaran Rp 32 M yang semula akan digunakan pembangunan komplek perkantoran itu, terpaksa dialihkan ke berbagai SKPD. Sebagian digunakan untuk bantuan hibah bagi pelaku UKM dan PKL. Sedangkan sebagian lagi, untuk pembangunan ruang kelas baru 30 SD. (feb/lyo)

Tank Tempur Siap Turun Jalan BATU – Gebrakan siap ditunjukkan Pemkot Batu dalam upaya memeriahkan datangnya hari jadi yang ke 12 Kota Wisata, bulan November mendatang. Tidak hanya berencana menggelar pentas seni, pemerintah kota yang dipimpin Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko ini akan menggelar pameran senjata perang TNI, atau yang akrab disebut alat utama sistem persenjataan (alutsista), pada hari Minggu, 6 Oktober nanti. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Dia mengatakan, gaung perayaan menyambut HUT Kota Batu memang sengaja dimulai jauh-jauh hari sebelum hari H. Salah satu kegiatan yang sedang disusun adalah pameran senjata perang milik TNI. Kegiatan ini

didukung sepenuhnya oleh jajaran TNI Angkatan Darat. ‘’Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan inovasi baru dalam merayakan HUT kota Batu. Bahkan kami akan mulai menggelar kegiatan menyambut HUT ini sejak bulan ini, Oktober dan November nanti,” terangnya. Pria yang akrab disapa Lunjup ini menambahkan, TNI Angkatan Darat akan menampilkan seluruh persenjataan yang dimiliki. Baik, jenis Alutsista yang yang lama maupun jenis yang terbaru. Seperti, kendaraan tempur tank yang akan turun ke jalan. Dukungan penuh dari pihak TNI lantaran kebetulan pelaksanaan kegiatan tepat pada HUT ke 67 TNI, pada 5 Oktober.

‘’Kami terus berkoordinasi dengan Panglima TNI, terkait rencana menggelar pameran ini. Sesuai konsep, selain pameran dipusatkan di Stadion Gelora Brantas, peserta pameran juga melakukan pawai,” ucapnya. Lunjup menjelaskan, rute parade ini akan melintasi Agritek, Lippo plaza Batu, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Imam Bonjol, sebelum kemudian masuk di Stadion Gelora Brantas. Pemkot juga sudah menyiapkan rekayasan lalu lintas, agar arus lalu lintas baik dari arah Malang, begitu sebaliknya, tetap lancar. ‘’Untuk arah menuju Malang bisa lewat Bumiaji, lewat depan Masjid Taqwa, arah dari Malang bisa lewat Pasar Besar,” pungkasnya. (poy/ary)

1300 Warga Belum Ambil BLSM BATU- Pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) Selasa (10/9), memasuki hari terakhir di Kota Batu. Sebab, petugas dari Kantor Pos sejak Kamis (5/9) hingga Selasa (10/9) telah melayani pencairan. Kordinator penyaluran BLSM Kota Batu, Slamet Wahyudi mengatakan, Selasa kemarin merupakan hari terakhir penyaluran BLSM bagi warga pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Selanjutnya, penyerahannya akan langsung dilakukan oleh pihak Kantor Pos Batu. ” Sekarang terakhir kami menyalurkan BLSM kepada warga, dan selanjutnya akan langsung ditanangani oleh pihak Kantor Pos Batu hingga empat bulan ke depan,’’tandas Slamet. Dia menambahkan, hingga kemarin sudah 1.479 warga miskin yang telah mengambil haknya itu. Rincinya, Kamis (5/9) sebanyak 300 warga. Jumat (6/9) sebanyak 169 warga, Sabtu (7/9) ada 169 warga. Sedangkan Senin (9/9), jumlahnya 397 warga yang telah mencairkan bantuan kompensasi kenaikan BBM bersubsidi itu.

MUHAMMAD FIRMAN

DISERBU : Antrian warga mengambil BLSM di Kantor Pos Kota Batu beberapa hari lalu.

Sementara Selasa kemarin kemarin, sebanyak 444 warga dari tiga wilayah kecamatan. ”Alhamdulillah pencairannya berjalan lancar, kecuali ada satu warga yang kebetulan KPS nya hilang, sehingga kami menyarankan meminta keterangan kepada pihak kelurahan dan membuat keterangan kehilangan ke polisi,’’ungkapnya.

Lantas berapa yang belu Lantas, belum dicairkan? Dikatakan masih sebanyak warga Kota Batu pemilik KPS, yang belum mengambil dana bantuan itu.‘’ Kami yakin, dengan kelonggaran waktu yang diberikan, sisa anggaran ini ba kal diambil oleh sisa pemegang KPS,’’pungkasnya. (mik/lyo) REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: OLIS


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

15

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

GUEST GESANG / MALANG POST

DAUR ULANG: Pemasangan baliho dan spanduk bekas di proyek pembangunan Hotel Savana cukup unik dan menghemat pengeluaran untuk membeli terpal baru. Sayangnya, karena tidak ditata dengan apik, pemandangannya jadi terlihat kumuh.

MENAKAR TANTANGAN DAN HARAPAN PADA WALI KOTA MALANG TERPILIH 2013-2018 KPU Kota Malang telah menetapkan pasangan Mohammad Anton-Sutiaji sebagai pasangan walikota-wakil walikota Malang terpilih untuk periode 2013-2019, yang akhirnya akan dilantik resmi pada tanggal 13 September 2013. Terpilihnya Abah Anton-demikian beliau biasa disapa- dianggap telah menciptakan sejarah baru, karena selain berasal dari etnis Tionghoa, juga keberangkatannya mengikuti pertarungan pilwali hanya didukung oleh parpol yang memiliki kekuatan di parlemen sekitar 20 persen. Abah Anton dan para suksesornya berpikir keras untuk meramu strategi jitu selama masa kampanye. Tag line yang diciptakan yakni “Prduli Wong Cilik” sangat populer di kalangan calon pemilih, apalagi dibarengi kombinasi taktis model promosi “above the line” dan “below the line” yang begitu sinergis. Taktis promosi atas (above the line) dilakukan dengan melakukan dialog interaktif berupa debat di media televisi maupun ad-lips melalui media radio. Sedangkan model promosi bawah (below the line) dilakukan dengan pemasangan baliho, blusukan ke bawah, dan yang fenomenal dengan cara memberikan paket religi dengan tur ke Wali Limo di Jawa Timur. Perpaduan model promosi ini terus ditekankan pada janji meningkatkan partisipasi wong cilik dalam upaya kesejahteraan mereka. Keberhasilan dalam penentuan strategi promosi Selama kampanye dan tentu didukung oleh para assesornya, akhirnya Abah Anton-Sutiaji mampu memenangkan pilwali Kota Malang dengan prosentasi yang cukup fantastis, yakni menang lebih dari 48 persen. Angka perolehan kemenangan yang cukup besar ini, tentunya menciptakan harapan yang tinggi bagi seluruh masyarkat Kota Malang. Tentu bukan hal yang mudah bagi Abah Anton untuk bisa memberikan titik kepuasan bagi warga

antaranya adalah semakin berkurangnya lahan terbuka yang dipakai untuk pengembangan perumahan dan ruko. Bahkan Kota Malang yang dulunya terkenal dengan julukan “Malang Ijo Royo-royo” kini menjadi “Malang Ijo Ruko-ruko”. Fakta bahwa kemacetan dan banjir TANTANGAN Ada beberapa tantangan sekaligus merupakan hal yang sudah biasa dialami merupakan fakta yang sudah di depan oleh warga Kota Malang, hal ini sangat ironis di mana kota Malang yang secara mata: Fakta bahwa Abah Anton dan Su- geografis berada di daratan tinggi dan pernah memiliki tiaji maju hanya tata kelola yang didukung oleh 20 Oleh : Muhammad A. Nasir, SE, MM sangat baik di persen kekuatan (Profesional Bisnis di PT Sinarmas masa Belanda, politik yang ada Agri dan Alumni Magister sekarang menjadi di parlemen, mesManagemen FE UB) langganan banjir kipun sisa periode dan macet. parlemen di DPRD Kota Malang hanya tersisa kurang dari 1 tahun, te- HARAPAN DAN SOLUSI Harapan atas segala tantangan tapi pasca dilantik tentunya Abah Anton me miliki program akselerasi yang yang tertuang di atas, tentunya harus dinamakan program 100 hari, dan ini dituangkan ke dalam konsep-konsep memerlukan banyak sekali kebijakan solutif. Meskipun keberangkatan pasangan yang ditelurkan bersama dengan para anggota DPRD. Ada kekhawatiran, Abah Anton dan Sutiaji hanya didukung kalau program akselarasi tersebut ter- oleh 20 persen kekuatan parlemen, ganjal oleh kepiawaian lobi-lobi para namun karena pasangan ini dipilih anggota parlemen, sehingga secara melalui pemilu langsung, maka yang bisa teknis prosedural program tersebut bisa menguatkan adalah kontrol langsung dari masyarakat, oleh karenanya Abah terhambat. Fakta bahwa Abah Anton tidak me- Anton semestinya meningkatkan miliki latar belakang yang matang di partisipasi masyarakat dengan sering bidang kepemerintahan, di mana pada langsung turun dan berkomunikasi bidang ini sangat bergantung pada langsung dengan masayarakat, seperti hegemoni prosedural dan struktural, yang telah dilakukan oleh Wali Kota sehingga rentan akan hilangnya ke- Surabaya Tri Risma Harini. Di mana partisipasi masyarakat sangat sempatan dan kecepatan dalam mebesar karena walikotanya mau turun dan ngambil keputusan. Fakta bahwa perkembangan infra- memberikan keteladanan pada setiap struktur Kota Malang cukup pesat, program yang dibuat. Di samping yang mengakibatkan laju ekonomi itu media juga ikut aktif mengawal pernah mencetak angka pertumbuhan setiap program dari pemerintah yang di atas provinsi dan di atas nasional bersangkutan. Abah Anton adalah seorang pengusaha sebesar 6,68% di tahun 2010. Pesatnya infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi sukses dan Sutiaji adalah seorang ternyata menciptkan masalah baru, di anggota parlemen, dengan kombinasi Kota Malang. Pemenuhan harapan yang tinggi akan bisa diwujudkan, jika trade -off yang menjadi aspek sampingannya bisa diantisipasi dan tentunya dicarikan jalan keluarnya. Aspek tersebut adalah berupa tantangan.

keduanya tentu akan saling melengkapi. Latar belakang Abah Anton yang pengusaha dan aktif dalam organisasi keagamaan dan sosial akan mendorong pemerintahan ini lebih menekankan pada basis kinerja yang lebih perduli ke masayarakat ketimbang basis procedural dan struktural. Tingginya pertumbuhan ekonomi tidak menjadikan akan adanya pemerataan, oleh karenanya Abah Anton harus bisa mewujudkan tag line campaign-nya, dimana pertumbuhan ekonomi harus disebar tidak terkecuali pada kelompok ekonomi atas saja. Dan dengan latar belakang pengusaha yang memulai karirnya dari seorang sopir hingga menjadi pengusaha tetes tebu, akan menjadikan Abah Anton faham akan proses hukum ekonomi “trickle-down effect atau tetesan ke bawah”. Masalah banjir dan kemacetan, sesuai dengan janji pasangan ini, merupakan prioritas utama dalam masa akselarasi program 100 hari dari Abah Anton. Karena masalah banjir dan kemacetan merupakan masalah yang menjadikan masyarakat kota Malang merasa nyaman dan bangga tinggal di Kota Malang atau tidak. Sebagai warga Kota malang yang telah memiliki walikota yang baru, dan telah menitipkan harapannya pada Abah Anton, berharap bahwa akan mendapatkan tingkat kepuasaan tertinggi. Hal ini hanya bisa didapatkan jika Abah Anton bisa memberikan harapan solutif atas tantangan yang ada melebihi harapan dari warganya, karena dalam teori kepuasan pelanggan dikatakan, bahwa kepuasan pelanggan akan didapatkan jika yang diperoleh pelanggan itu melebihi ekspektasi atau harapan dari pelanggan itu sendiri. Tugas mulia ini memerlukan partisipasi aktif masyarakat untuk menjadikan Kota Malang yang nyaman. (*)

Jeritan Perajin Tahu-Tempe PARA perajin tahu dan tempe di berbagai kota melakukan unjuk rasa, menuntut pemerintah untuk bertindak menurunkan harga kedelai yang terus melambung. Harga kedelai mengalami kenaikan menyusul menurunnya kurs rupiah terhadap dolar, karena sebagian besar pasokan kedelai berasal dari impor. Inilah konsekuensi terhadap kebijakan pemerintah dalam menangani masalah pertanian yang menjadikan rakyat sebagai korbannya. Tak tahan dengan harga bahan baku yang terus naik, para perajin tahu tempe menuntut agar pemerintah tidak diam saja, harus segera bertindak menurunkan harga kedelai. Para perajin itu dihadapkan pada dilemma, kalau tidak dinaikkan rugi, kalau dinaikkan tidak laku. Akibatnya, banyak perajin tahu dan tempe yang menghentikan produksinya. Kasus kedelai ini merupakan satu diantara sekian banyak kasus komoditas yang harga liar tanpa kendali, bahkan oleh pemerintah sekalipun. Dengan dalih mekanisme pasar, pemerintah mengaku tidak mampu melakukan campur tangan terhadap tata niaga komoditas yang strategis tersebut. Sebelumnya pemerintah juga dibuat tidak berdaya menghadapi kenaikan harga bawang, kemudian disusul harga daging sapi dan yang terbaru harga kedelai. Semua komoditas itu pada awalnya merupakan swasembada, dihasilkan dari dalam negeri untuk kebutuhan sendiri. Tapi sekarang berbalik, untuk memenuhi kebutuhan komoditas itu pemerintah harus mengimpor. Tentu saja impor ini berpengaruh pada persediaan devisa, apalagi kalau nilai tukar rupiah terus anjlok. Dalam keadaan yang genting seperti itu sekarang ini seharusnya bisa bertindak cepat, bukan hanya diam dan menyerahkan kepada mekanisme pasar. Gejolak harga di satu sisi membuat banyak pedagang mengalami kerugian besar, tapi di sisi lain ada pihak yang bergembira bisa meraup untung besar. Pihak kedua inilah yang tidak ingin pemerintah melakukan intervensi untuk menstabilkan harga. Bagi mereka, semakin kacau, semakin besar keuntungan yang mereka keruk. Memang pernah ada wacana untuk melibatkan BUMN PT Bulog dalam mengimpor komoditas strategis, seperti daging dan kedelai, tapi pemerintah belum memberikan keleluasaan untuk bergerak. Pengaruh perusahaan importer yang selama ini memonopoli komoditas tersebut sangat besar sehingga pemerintah tidak berdaya. Entah ketakutan apa yang membuat pemerintah tidak berani bertindak mengambil risiko untuk menyelamatkan rakyatnya. Apakah industri rakyat tempe dan tahu akan dibiarkan mati, kemudian dengan alasan mekanisme pasar, kita mengimpor dari tempat lain. Untung sampai saat ini belum ada negara yang bisa memroduksi tahu tempe dalam jumlah besar yang bisa memenuhi kebutuhan pasar Indonesia. Kalau ada, mungkin pemerintah kita akan mengimpornya. Teriakan rakyat yang meminta pemerintah segera bertindak tampaknya tidak digubris. Meskipun demikian, dalam aksinya tersebut para perajin melakukan tindakan yang tidak terpuji dengan membuang kedelai, tahu dan tempe di jalanan. Makanan yang banyak digemari masyarakat itu kemudian diinjak beramai-ramai. Demonya baik, tapi tindakan merusak itu sangat mubazir. (redaksi@malang-post.com)

SUMBER KARTUN: ALISNAIK

  

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

  





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

    

 

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: OLIS


16

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

7669 Maba Resmi Jadi Bagian Kampus Putih

STIE INDONESIA

Muhadjir: Bangun Mimpi Jadi Kenyataan di UMM MALANG - Sebanyak 7669 mahasiswa baru (maba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dinyatakan resmi menjadi bagian dari kampus putih di Dome UMM, kemarin (10/9). Jas merah yang mereka kenakan menjadi suatu kebanggaan mahasiswa UMM. Oleh karena itu, status anak sekolah dan soul gender kini berubah menjadi universate student, yakni mahasiswa UMM. Rektor UMM, Muhadjir Effendy, menuturkan, mengalir sudah darah UMM dalam darah mahasiswa, detak jantung mahasiswa ada detak jantung UMM, serta dalam lubuk mata mahasiswa akan dilengkapi dengan pribadi UMM. “Atas nama Pimpinan UMM, mahasiswa Pengenalan Studi Mahasiswa (Pesmaba) UMM dinyatakan resmi menjadi mahasiswa UMM,” ujar Muhadjir. Menjadi bagian UMM tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa, di mana mahasiswa datang dengan membawa mimpi dari orang tua dan diri mereka sendiri untuk menjadi kenyataan di UMM ini. Sehingga Muhadjir meyakinkan mahasiswa untuk membangun mimpi di masa depan agar impian itu dapat terwujud. “Jadikanlah mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan. Tugas kalian adalah membangun mimpi itu,” tegasnya.

Kode teka-teki Edisi Rabu: 2893-3071 “Jika n dibagi 7 maka sisanya adalah 3, maka berapakah sisanya jika 5n dibagi 7?”

SD TERPADU SALSABILA

Gembleng Kemandirian Siswa MALANG – SD Terpadu Salsabila, Kepanjen, membentuk siswanya untuk menjadi pribadi yang berani menyampaikan pendapat. Hal ini ditegaskan oleh wali kelas I, Ropinatin, saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut. “Kami tidak ingin siswa selalu tergantung pada orang lain dan takut menunjukkan pendapatnya,” ujar Ovi, panggilan akrab wanita asli Malang tersebut. Untuk itu, Ovi selalu mengarahkan siswanya untuk melakukan sendiri hal yang dirasa dapat dilakukan tanpa bantuannya. Ia juga selalu menstimulus siswa untuk mengungkapkan pendapatnya kepada orang lain. Misalnya dengan menegur teman yang dianggap melakukan kekeliruan. “Yang lumrah terjadi di sekolah ini adalah siswa yang mengadu kepada guru. Saya sendiri sangat sering menjadi tempat mengadu siswa,” ungkapnya. Menyikapi hal tersebut, Ovi menasihati siswa tersebut untuk menegur sendiri tanpa mengadukan hal tersebut kepadanya. “Memang ada baiknya saat siswa menjadikan gurunya teman curhat. Tapi jika berlarut-larut, dikhawatirkan siswa menjadi tidak mandiri,” tutur wanita murah senyum tersebut. Selain itu, Ovi juga meminta siswa tersebut untuk turut mengarahkan temannya. Untuk itu, ia membimbing siswa tersebut untuk belajar mempersuasi orang lain. “Siswa harus tahu, kenapa hal itu salah dan bagaimana yang semestinya dilakukan,” terang Ovi. Saat ini, setelah beberapa bulan ia mengajar di SD terpadu Salsabila, Ovi menilai adanya perkembangan yang pesat terkait kemampuan siswanya menyampaikan pendapat. Menurutnya, tak jarang siswa beradu argumen meski hanya dengan bahasa yang ringan khas siswa SD. “Saya menegaskan kepada siswa bahwa beradu argumen dalam hal-hal positif itu baik. Tujuannya untuk menemukan jalan keluar,” jelas wanita 24 tahun tersebut. Terkait hal tersebut, Ovi mengatakan bahwa dirinya juga berkonsultasi dengan guru-guru di kelas lain dan orangtua siswa. Ia meminta kepada guru untuk sesekali membiarkan siswa saling mengoreksi PR masing-masing. “Sesekali, siswa harus ‘ngotot’ untuk mempertahankan apa yang dianggapnya paling benar,” pungkasnya. (ily/nda)

LINTAS PENDIDIKAN

Tekan Biaya Kuliah dan Kesejahteraan Guru JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan pembahasan penggunaan uang APBN 2014 bersama Komisi X (bidang pendidikan) DPR. Kementerian memproyeksikan anggaran pendidikan tahun depat tetap fokus untuk menekan biaya kuliah dan kesejahteraan guru. Mendikbud Mohammad Nuh menuturkan, skenario menekan biaya kuliah tahun depan tetap dijalankan melalui pemberian biaya operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN). “Kita akan naikkan anggaran untuk BOPTN 2014 nanti,” katanya. Menteri asal Surabaya itu menerangkan bahwa pada 2012 lalu anggaran untuk BOPTN dipatok Rp 1,2 triliun. Kemudian tahun ini anggaran BOPTN ditetapkan Rp 2,7 triliun. Tahun depan Nuh mengatakan anggaran BOPTN minimal Rp 3 triliun. “Idealnya tahun depan anggaran BOPTN Rp 4 triliun. Nominal ini masih pembahasan,” kata dian. Nuh melaporkan bahwa pemberian BOPTN ini terbukti mampu menekan biaya kuliah melalui sistem uang kuliah tunggal (UKT). Minimal bisa memberikan biaya kuliah rendah bahkan gratis kepada sejumlah mahasiswa baru. Mantan rektor Institut Teknologi Supuluh Nopember (ITS) Surabaya itu mengatakan, ada 7,15 persen mahasiswa baru yang hanya dibebani biaya kuliah angara Rp 0 hingga Rp 500 ribu per semester. Kemudian ada sekitar 10 persen mahasiswa baru yang dibebani biaya SPP Rp 500.001 hingga Rp 1 juta per semester. Jika ditotal maka ada sekitar 17 persen mahasiswa baru yang mendapatkan biaya kuliah rendah. “Padahal rancangan kami hanya 10 persen yang mendapatkan biaya SPP grade rendah itu,” kata Nuh. Hingga Jumat (6/9) lalu, jumlah PTN yang sudah melaporkan UKT di kampus masing-masing ada 79 unit. Sisanya sejumlah 14 PTN belum melaporkan sistem UKT di kampusnya. Nuh mengatakan Kemendikbud sudah mengeluarkan ultimatum kepada kampus terkait pengucuran dana BOPTN itu. “Jika tidak bisa menekan biaya kuliah, maka BOPTN untuk kampus bersangkutan akan dicabut,” tandasnya. Selain itu Nuh menuturkan tentang pemberian tunjangan kepada guru yang berugas di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Dia menuturkan SILN yang terpadat siswanya ada di Filipina dan Malaysia. Kemendikbud menetapkan guru yang bertugas di SILN mendapatkan gaji sebesar Rp 15 juta/ perbulan plus tunjangan Rp 2 juta/perbulan. Guru yang sudah menjadi PNS maupun yang masih non PNS, atau bahkan lulusan baru dari fakultas pendidikan bisa melamar untuk menjadi guru SILN. Pengumuman rekrutmen guru SILN ini diumumkan secara berkala oleh Kemendikbud. “Pemberian gaji besar itu wajar dengan beban dan kondisi mengajar mereka,” tandasnya. Nuh mencontohkan guru yang mengajar di Davao, Filipina atau di Tawau, Negara Bagian Sabah, Malaysia. Guru-guru yang mengajar di dua wilayah ini ditempatkan di perkebunan. Dia mengatakan anak-anak WNI yang berada di luar negeri tetap berhak mengenyam pendidikan. (wan/jpnn/nda)

Tidak hanya itu, Muhadjir juga menjelaskan hak dan kewajiban yang harus terlekat pada mahasiswa. Di antaranya, mahasiswa tidak boleh menggunakan obat terlarang, tidak melakukan pelanggaran asusila, kekerasan, tindakan kriminal, serta untuk mahasiswa yang beragama Islam diwajibkan untuk salat lima waktu. “No drugs, no free sex, no crime, and five times praying for muslim,” terangnya. Di sisi lain, Muhadjir juga berpesan kepada maba untuk hadir dalam kuliah perdana yang akan dilakukan hari Senin (16/9) depan. Terkait akan dimulainya perkuliahan, Muhadjir juga meminta seluruh Panitia Pesmaba dan jajaran Senat Fakultas (SEFA), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk membimbing mahasiswa baru ini dengan perilaku dan pribadi yang baik. “Bimbing adik-adiknya dengan benar, akhiri plonconya, jadikan mereka mahasiswa yang memiliki kepribadian yang baik,” harap Muhadjir. Penutupan Pesmaba kali ini mengedepankan konsep penjaringan keterampilan, minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa. Oleh karena itu, keterampilan, minat dan bakat mahasiswa dapat terpetakan dan terdeteksi dari sekarang. Hal tersebut didukung dengan berbagai

GUEST GESANG/MALANG POST

DARAH UMM: Ribuan mahasiswa baru UMM mengikuti penutupan Pesmaba di Dome, kemarin. penampilan yang disajikan dari setiap fakultas guna melihat potensi yang dimiliki mahasiswa. “Semua potensi maba bisa terpetakan, sehingga kami dapat mewadahi potensi-potensi itu untuk kegiatan yang lebih lanjut,” papar Muhammad Sarif, Ketua Panitia Pesmaba 2013 tersebut. Keterampilan, minat dan bakat yang dipetakan mulai sekarang ini dimaksudkan

untuk mengembangkan potensi mahasiswa. Terkait, potensi-potensi mahasiswa itu akan disiapkan untuk acara dan kegiatan setelah Pesmaba ini. “Pemetaan hasil keterampilan, minat dan bakat yang dimiliki maba akan dikembangkan untuk disiapkan dalam event-event, baik dalam lingkup kampus maupun luar kampus,” ujar Dosen Fakultas Agama Islam tersebut. (mg15/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

SINERGIS: Aksi siswa PAUD dalam Gebyar PAUD yang digelar kemarin. (insert) Dra Hj Heri Pudji Utami, M.AP menghimbau kepada semua elemen untuk membangun sinergisitas demi meningkatkan kualitas pendidikan anak.

Wajib Tanamkan Wawasan Budaya Lokal pada Anak MALANG – Halal bihalal Bunda PAUD sekaligus Gebyar PAUD yang dilaksanakan kemarin (10/9) di Gedung Taman Krida Budaya (TKB) berlangsung semarak. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 5000 undangan, di antaranya ialah Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Sri Wahyuningtyas, M.Si. dan Bunda PAUD Kota Malang, Dra Hj Heri Pudji Utami, M.AP. Dalam pidatonya, Heri Pudji menghimbau kepada seluruh elemen, terutama corp Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan Bunda PAUD untuk meningkatkan sinergisitas. Demikian pula Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), lembaga kursus, Sanggar Kegiatan

Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang juga penggagas kegiatan tersebut. Terutama yang ia sampaikan secara tegas ialah keprihatinannya atas sempitnya wawasan anak tentang budaya dan bahasa lokal. Heri Pudji meminta guru dan orangtua untuk tidak menghilangkan Bahasa Jawa dan Indonesia dalam keseharian anak di sekolah dan rumah. “Sinergisitas dibangun dalam semua hal, termasuk penanaman wawasan budaya lokal terhadap anak yang saat ini mulai terancam,” ujar Heri Pudji. Selain itu, Heri Pudji juga menyampaikan kesannya selama 10 tahun dirinya menjabat sebagai Bunda PAUD Kota Malang. Ia menegaskan bahwa akhir masa jabatan bukan lantas ia

mengakhiri pengabdian di dunia pendidikan anak. “Selama hayat masih di kandung badan, saya tetap mengabdi untuk dunia pendidikan di Kota Malang,” tutur wanita berkulit putih tersebut disambut tepuk tangan meriah dari ribuan undangan yang memadati gedung. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore tersebut juga diisi dengan aksi panggung siswa dan pameran oleh guru, SKB, dan lembaga-lembaga kursus se-Kota Malang. Puluhan stan yang berderet di depan gedung tersebut memajang ratusan karya guru dan siswa yang dikoleksi oleh masing-masing IGTK dan HIMPAUDI kecamatan masing-masing. Tak mau ketinggalan,

SKB dan lembaga-lembaga kursus juga memamerkan hasil kreasinya. “Unjuk talent ini ciri khas PAUD. Tujuannya tentu saja agar siswa juga terlibat aktif dalam acara kami,” ungkap Siti Ratnawati, SH., M.Pd., Ketua Panitia kegiatan tersebut saat ditemui secara terpisah. Ratna yang juga menjabat sebagai Kabid Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Kota Malang mengungkapkan, tujuan utama kegiatan halal bihalal dan pameran tersebut ialah untuk lebih mempererat pesaudaraan para pejuang pendidikan di Kota Malang. “Seperti yang sudah dipesankan oleh Bunda Heri tadi, kita harus membangun sinergisitas dengan semua pihak,” paparnya. (ily/nda)

Kenalkan Daerah Terpencil dengan Cinderamata Khas

LAILI SALIMAH/MALANG POST

NUSANTARA: Kepala PAUD Kasih Bunda, Sri Muhajit, SE bersama guru-guru yang berpakaian adat Suku Alor di sebuah acara.

MALANG – PAUD Kasih Bunda memiliki cita-cita mulia, yaitu menjaga daerah-daerah terpencil di Indonesia untuk tetap dikenal dan dikenang oleh bangsanya sendiri. Salah satu yang saat ini sedang gencar dipromosikan adalah perkampungan Suku Alor, Nusa Tenggara Timur. “Turis mancanegara banyak mengenal Alor dari wisata pantainya yang menawan. Namun bangsa kita, jangankan siswa SD, mahasiswa pun tak banyak yang mengenal. Namanya saja terasa asing,” tutur Sri Muhajit, SE, Kepala PAUD Kasih Bunda kepada Malang Post. Untuk mewujudkan misi mulianya, sekolah ini tak bosan berburu cinderamata khas dari daerah pedalaman tersebut. Cinderamata tersebut kemudian diperkenalkan kepada siswa untuk kemudian dibuat replikanya dengan barang bekas. “Kami menghubungi siapapun yang dapat membantu menambah koleksi barang khas Suku Alor. Saya sendiri meminta tolong kepada salah satu

kerabat yang punya akses ke sana,” ujarnya. Selain gencar menambah koleksi, Sri juga memasang foto-foto pantai Mali, Deere, dan Maimol yang menjadi pesona pulau tersebut di kelas-kelas. Ia juga belajar mengolah bahan-bahan yang sedikit asing untuk lidah Suku Jawa. “Ini jagung titi. Yaitu jagung yang dipipil bijinya menjadi bulir lalu disangrai di kuali tanah. Kemudian dinikmati bersama kenari. Terus terang, rasanya aneh,” terangnya. Tak hanya itu, beberapa potong pakaian khas pulau tersebut juga melengkapi koleksi PAUD Kasih Bunda. “Kami memakainya untuk event-event tertentu untuk menarik pengunjung,” imbuhnya. Selanjutnya, Sri juga memiliki keinginan untuk merambah ke daerahdaerah terpencil lain di seluruh penjuru nusantara. “Kami tak mampu untuk ke tempat tersebut dan berpromosi dalam skala besar. Minimal harus memperkenalkannya di sekitar kita terlebih dahulu,” paparnya. (ily/nda)

TK Muslimat NU 15

Tingkatkan Mutu, Gandeng Ortu MALANG – TK Muslimat NU 15 tak ingin berjuang sendirian dalam mendidik siswanya. Peran serta orangtua, dalam hal ini khususnya ibu, menjadi faktor penting yang dibidik sekolah tersebut dalam meningkatkan mutu siswa. Untuk itu, ia menegaskan kepada orangtua untuk memiliki waktu yang cukup untuk putranya. “Anak harus mendapat pendampingan yang cukup dengan waktu yang berkualitas dari orangtua, khususnya ibu,” ujar Kepala TK Muslimat 15, Rusmiasih, S.Pd. Untuk itu, Rus, demikian wanita tersebut biasa disapa, menghimbau semua guru kelas untuk melakukan pendekatan personal kepada orangtua siswa. ini dilakukannya agar himbauan tersebut dapat tersampaikan tanpa

kesan mendikte orangtua. “Dalam pendidikan anak, kami dan orangtua adalah partner yang harus selalu berdampingan tanpa ada yang merasa diperintah dan memerintah,” jelasnya. Lebih lanjut, Rus mengatakan bahwa banyaknya orangtua yang sibuk di dunia kerja dapat berdampak negatif bagi siswa. “Di sekolah, guru mendidik siswa dengan pembiasaanpembiasaan baik untuk diaplikasikan di rumah. Maka harus ada yang membimbing mereka juga di rumah,” terang wanita berhijab tersebut. Waktu yang cukup dan berkualitas, dikatakan Rus, dapat membentuk karakter siswa yang utuh. Terutama disertai dengan kedekatan fisik, seperti membacakan dongeng di samping anak sebelum ia tidur, memluk anak,

dan membelai. “Yang lebih disayangkan, saat ada banyak waktu tapi tidak berkualitas,” imbuhnya. Dengan disampaikannya hal tersebut kepada orangtua, Rus merasakan banyak perkembangan. Salah satunya, siswa lebih tertata dalam banyak hal. “Contoh kecilnya saja, bekal makanan yang lebih variatif. Kesimpulannya, dengan berkumpul lebih lama di pagi hari, orangtua dapat lebih memperhatikan selera dan kesehatan putranya,” tutur Rus. Selanjutnya, Rus berharap orangtua dapat lebih memilah waktu untuk bekerja dan mendampingi putra mereka. “Tak hanya saat usia TK, saat SD pun, siswa masih butuh waktu yang cukup bersama orangtua,” pungkasnya. (ily/nda)

Rusmiasih, S.Pd

17

MEGAH: Rektor UM, Prof Dr H Suparno menunjukkan maket pembangunan gedung Graha Rektorat UM yang akan segera dimulai pembangunan tahap dua.

Suntik Modal untuk Wirausaha Mahasiswa MALANG - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Malang menyiapkan modal sebesar Rp 20 juta untuk kegiatan mahasiswa wirausaha. Rencananya akan ada 10 mahasiswa terpilih yang usulan bisnisnya didanai dengan pinjaman bergulir sebesar Rp 2 juta per mahasiswa. ”Mahasiswa STIE Indonesia dikenalkan dengan kewirausahaan sejak masih awal studi, bahkan sudah disiapkan modal bagi yang business plan nya layak didanai,” ungkap Ketua Panitia Orientasi Studi Mahasiswa Baru STIE Indonesia, Dr H Moh Nasikh SE. M.Si kepada Malang Post. Menurutnya seluruh mahasiswa STIE Indonesia wajib memiliki bisnis atau usaha yang bersifat usaha Dr H Moh Nasikh SE. M.Si kecil. Bisnis yang digagas itu wajib dituliskan dalam sebuah perencanaan bisnis yang kemudian akan diuji kelayakannya. Jika layak dan prospektif maka akan mendapatkan bantuan modal dari kampus. Selama menjalankan usahanya, mahasiswa akan didampingi oleh dosen mata kuliah kewirausahaan serta dosen praktisi bisnis yang juga alumni STIE Indonesia. Dengan pendampingan tersebut diharapkan modal yang dipinjamkan bisa berkembang dan mahasiswa bisa mengembalikan dana pinjaman bergulir tersebut. Dana bergulir yang disiapkan tahun ini lanjutnya bersumber dari dana lembaga. Sebelumnya mahasiswa menggunakan dana sendiri untuk mengembangkan wirausahanya. Jenis usaha yang banyak dikembangkan mahasiswa diantaranya bidang kuliner, percetakan dan jasa. Sementara dalam masa orientasi mahasiswa baru yang digelar kemarin, STIE Indonesia membekali mahasiswanya dengan materi kewirausahaan. Hadir sebagai pembicara adalah owner Magistra Utama, Dr Imam Muhajirin El Fahmi. Ia membagikan tips sukses menjadi seorang pebisnis. Tema seminar tersebut adalah entrepreneurship, kunci sukses di persaingan global. Agenda ospek STIE Indonesia dilaksanakan selama dua minggu dan diikuti 120 mahasiswa baru. Mahasiswa yang berjumlah ratusan orang itu, mendapatkan pengalaman baru sejak bergabung di keluarga besar STIE Indonesia Malang ini. Ospek yang dilakukan juga bukan lagi sistem perpeloncoan. Sejak awal mahasiswa diarahkan dengan sistem pembelajaran berbasis IT, dimana pengenalan kampus dan juga bahan tugas yang diberikan kepada mahasiswa, dapat dilihat melalui website. (oci/nda)

PSLD-UB

Rp 45 Miliyar Untuk Pembangunan Tahap 2 Graha Rektorat UM Menjadi Tanda Kebesaran Kampus, Dibangun Dengan Filosofi Mendalam MALANG - Pembangunan Tahap 2 Gedung Graha Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) dimulai. Pada tahap ini UM menerima kucuran dana dari APBN senilai Rp 45 milyar dan pengerjaannya akan dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan yang memenangkan tender. Gedung yang terdiri dari tiga unit gedung dengan ma sing-masing sembilan lantai ini diperkirakan akan menghabiskan dana

senilai Rp 150 Miliyar. ”Pembangunan Graha Rektorat sudah dimulai, dan sesuai petunjuk teknisnya maka pembangunan sudah harus selesai pada pertengahan Desember tahun ini,” ungkap Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno di sela acara penandatanganan pembangunan tahap 2 dengan PT Pembangunan Perumahan, kemarin. Dengan dana senilai Rp 45 Miliyar ini pembangunan ditargetkan hanya untuk kerangka dan lantai. Sebelumnya pada tahap pertama dengan alokasi dana Rp 30 Miliyar telah diselesaikan pondasi dan basement gedung. Lebih jauh Rektor asal Tulungagung ini menuturkan Graha Rektorat UM dibangun dengan filosofi mendalam. Tiga

gedung yang berdiri menghadap ke Jalan Semarang melambangkan tekad kampus untuk menghargai masa lalu. Sebab pada awal berdiri, UM beralamat di Jalan Semarang. Menggunakan Jalan Semarang sebagai alamat UM menurut Suparno menjadikan kampus lebih berwibawa dibandingkan saat UM menggunakan alamat Jalan Surabaya. Gedung baru yang diyakini menjadi tanda kebesaran UM ini akan berdiri berdampingan dengan museum universitas yang juga akan dipersiapkan di tahun berikutnya. Keberadaannya merupakan simbol penghargaan kampus terhadap masa lalu yang disimpan dalam museum. Berdirinya tiga gedung dalam area seluas 2600 m2 itu juga memiliki

simbol dan makna khusus. Dua unit bangunan di kanan kiri dilengkapi dengan jembatan penghubung dan satu gedung ditengahnya seolah dalam pelukan hangat. Dua gedung tersebut melambangkan universitas yang memiliki dua mandat, yaitu kependidikan dan non kependidikan. Gedung yang kuat, kokoh, perkasa dan indah layak disematkan pada gedung prestisius milik UM itu. Graha Rektorat ini akan difungsikan untuk pelayanan managemen universitas terpadu berbasis IT, sehingga saat ini instalasi perangkat IT sudah diintegrasikan disana. Seluruh pimpinan rektorat akan berkantor di gedung tersebut, termasuk staf dan managemen rektorat. (oci/adv/nda)

Radio Kampus UIN, Simfoni FM

Media Pendidikan dan Dakwah, Lahirkan Penyiar Berkompeten Di balik nuansa kampus yang notabenenya islami dengan mahad dan kegiatan pondokan, ternyata tidak membatasi ruang dan gerak untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa. Seperti halnya Simfoni FM, merupakan salah satu tempat yang digunakan mahasiswa Universitas Islam Negeri Malang (UIN) untuk tetap mengasah keterampilannya dalam hal kepenyiaran. Hadir di tengah-tengah mahasiswa UIN sejak tahun 1998. Tepatnya berumur 15 tahun pada tanggal 5 Desember 1998 mendatang, Simfoni FM ini mampu menyuarakan suara mahasiswa UIN untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa mengenai dunia keradioan dan penyiaran. Slogan yang diusung dari radio kampus ini adalah ‘The Power Hit Station’ yang diartikan radio komunitas anak muda, di mana selalu menyajikan tembang-tembang hits dari jaman ke jaman. “Pendengar kami kebanyakan civitas akademi UIN sendiri, jadi

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

masih muda-muda. Sehingga sapaan akrab buat pendengar Simfoni FM ‘sobat muda’. Selain itu Simfoni ini ditujukan untuk menyebarluaskan informasi guna kepentingan pendidikan dan dakwah,” ungkap M. Shofi Hidayat, Direktur Simfoni FM. Dalam cerita Shofi, awal mula berdiri Simfoni ini dimulai dari paparan ide Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Satra Arab UIN Malang tahun 1996. Lalu baru tahun 1997, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaa ikut mendukung berdirinya radio di UIN. Maka beberapa pelopor UIN merumuskan berdirinya Simfoni FM yang dibantu oleh Ir. M.Anton, Hendra sebagai ahli radio. “Dulunya, Simfoni FM diberi nama STAIN FM, dan berganti nama Simfoni pada tanggal 10 Desember 1998 yang mempunyai arti nada dengan frekuensi 105,7 Mhz,” imbuhnya. Saat ini, Simfoni FM dibimbing oleh dua dosen UIN yaitu Aniqul Mutho’ dan Muhammad Abdul Azis Alwa. Shofi memaparkan peran kedua pembimbing tersebut berbeda. Aniqul Mutho’ akan mendampingi Kru Simfoni FM dalam hal

keorganisasian, sementara Muhammad Abdul Azis Alwa mendampingi dalam hal keradioan dan kepenyiaran. Jumlah Kru Simfoni FM adalah 32 yang terbagi dalam struktur keorganisasian yaitu, direktur, sekretaris, Manager Off Air yang meliputi divisi HRD dan Marketing, Manager on Air yang meliputi Program Officer, Music Director, News, serta Production, Manager IT, dan Manager General Affair. Stasiun radio ini mampu melahirkan beberapa mahasiswa yang dapat bersaing di dunia luar kampus terkait kepenyiaran. Di tahun 2012 kemarin, salah satu kru dari Simfoni FM menyabet Juara III News Reading Competition di Universitas Negeri Malang (UM). Tidak hanya itu, Shofi juga mengungkapkan masih banyak beberapa alumni Kru Simfoni FM menjadi Duta 2007 UIN mewakili Simfoni FM. Selanjutnya juga ada yang menjadi juara dalam acara News Director Metro TV dan CR Televisi. Tidak berhenti di situ, Kru Simfoni FM tahun ini juga banyak yang direkrut untuk

RINA NGESTI ANGGRAINI/MALANG POST

SIARAN: Dua Kru Simfoni FM yang sedang melakukan siaran program Rest and Relax. dijadikan penyiar radio yang beredar di Malang. Radioradio yang ingin merekrut Kru Simfoni di antaranya Andalus FM, Mas FM, Madina FM, dan Kalimaya FM. “Kami tidak mendaftarkan diri untuk menjadi penyiar di radio-radio itu, namun KruKru Simfoni diminta secara langsung untuk menjadi penyiar di radio-radio di Malang,” terang mahasiswa Jurusan Hukum Bisnis Syariah itu. Mahasiswa semester lima ini, menjelaskan program-program yang diusung Simfoni FM, di antaranya Simfoni Morning

Show (SMS), Radar Simfoni, Rest and Relax, Ajang Tendang Dia (Tembang Dangdut dan India) pada. “Ajang Tendang Dia ini banyak penggemarnya,” terangnya. Achmad Faisal Fajri, salah satu Kru Simfoni FM mengungkapkan bahwa Simfoni mampu mencetak mahasiswa yang dapat bersaing di luar kampus. “Saya dapat belajar public speaking di sini, jadi rasa malu yang saya miliki kini berganti menjadi berani untuk berbicara di depan umum, “ terang mahasiswa jurusan psikologi itu. (mg15/nda)

HUMAS UB FOR MP

PELATIHAN: Para pendamping mahasiswa penyandang disabilitas mendapat pelatihan bahasa isyarat.

Bekali Pendamping Penyandang Disabilitas MALANG - Volunteer pendamping mahasiswa disabilitas di Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan pelatihan bahasa isyarat kemarin. Pelatihan ini digelar oleh Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD-UB). Pembekalan dilakukan melalui workshop yang diselenggarakan selama dua hari, yakni 7-8 September di kantor PSLD. Materi yang diberikan meliputi bahasa isyarat, capacity building dan orientasi mobilitas. Salah satu pemateri bahasa isyarat, Fikri Muhandis menuturkan bahasa isyarat perlu dibekalkan sehingga pendamping bisa berkomunikasi dengan mahasiswa baru penderita tuna rungu. Tahun 2013, penerimaan mahasiswa tuna rungu lebih banyak yakni 14 mahasiswa sementara pada 2012 adalah sembilan orang. Mereka tersebar di antaranya di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK), Seni Rupa dan Ilmu Perpustakaan. ”Pembekalan ini penting untuk para pendamping agar bisa berkomunikasi selama mendampingi mahasiswa disabilitas ini,” ujar Fikri yang juga mahasiswa tuna rungu dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 2012. Fikri didampingi oleh Rafidah yang merupakan penerjemahnya. Workshop ini memberikan peserta sejumlah materi terdiri dari materi tulis dan praktek langsung. Pada orientasi mobilitas misalnya, mereka diberi pengetahuan tentang teknik mendorong kursi roda, yang langsung dipraktekkan baik di tangga maupun di ramp. Dalam menangani orang buta, peserta diberitahu agar memegang dari tangan atau pundak. Sebelum memegang dianjurkan untuk berkenalan agar si buta mengenali identitas kita. ”Buta sangat peka dengan suara dan aroma tubuh, tapi jangan sampai memegang tongkat, karena buta akan disorientasi arah ketika tongkatnya tidak menyentuh tanah,” ujarnya. Rafidah menandaskan bahwa pendamping dianjurkan untuk memahami semua materi pendampingan tersebut dan tidak diperkenankan hanya fokus pada satu jenis pendampingan saja. Dalam menyampaikan materi, Fikri mengaku tidak ada kendala berarti. ”Yang dipentingkan dalam pelatihan ini adalah membangun niat teman-teman normal untuk belajar,” kata dia. Selain itu, ia ingin ikut membangun disability awareness di kalangan normal. Agar lebih mudah, peserta pun diminta mengaktifkan empati dengan memposisikan diri sebagai penyandang disabilitas. Hal ini diajarkan melalui materi ”Manajemen Pendampingan” dan ”Motivasi Mendampingi”. Fikri sendiri telah mendalami bahasa isyarat sejak 2007 dalam sebuah komunitas ”Matahariku” yang ada di Yogyakarta. Sejak saat itu dirinya sering diajak untuk mengikuti dan memperdalam bahasa isyarat di jurusan Pendidikan Luar Biasa. ”Saya langsung mempelajari bahasa isyarat dari tuli dan membantu teman-teman normal untuk tahu bahasa isyarat,” pungkas Fikri. (oci/nda)


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

18

Aturan Kampanye Bukan untuk Mematikan Parpol JAKARTA- Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengimbau partai politik tidak terlalu menentang PKPU nomor 15/2013 mengenai aturan kampanye. Menurutnya, peraturan itu memuat prinsip pendidikan politik. “Keliru besar jika diartikan untuk mematikan. Ini sifatnya mengatur supaya berimbang. Kalau dalam konteks ini pembatasan hanya untuk baliho,” kata Ferry, di kantor KPU, Jakarta, Selasa 10 September 2013. Salah satu hal yang diatur KPU adalah zona pemasangan berbagai atribut kampanye bagi partai politik peserta pemilu. “Zona ini akan diatur KPUD dan Pemda,” ujarnya. Ferry menjamin aturan baru soal zona itu, tidak akan memberi celah bagi praktik ‘main mata’ antara oknum aparat pemerintah daerah dengan peserta pemilu soal zona kampanye.”Tidak akan ada praktik, siapa yang berani bayar akan mendapat tempat strategis karena proses tempat pemasangan atribut kampanye itu sangat transparan. Ferry pun membantah PKPU tersebut tidak tegas dalam membatasi baliho. Menurutnya, KPU tidak melarang pemasangan baliho dan spanduk, namun diatur. “Tetap harus dibuat aturan teknis terkait kampanye atribut,” jelasnya. (jpnn/udi)

Penjajakan, GolkarNasdem Berniat Koalisi

YAKIN MENANG: Dahlan Iskan yakin akan menang, bahkan sesumbar kalau menjadi capres adalah takdirnya.

Hadapi Konvensi, Dahlan Siapkan Talas Wamena J A K A RTA - K o m u n i k a s i politisi kerap menggunakan bahasa kiasan. Ditanya sesuatu hal, namun jawabannya jauh dari konteksnya yang sarat dengan makna kiasan. Begitu pula yang dilakukan Menteri BUMN Dahlan Iskan saat ditanya seputar pencalonannya sebagai peserta konvensi Capres Partai Demokrat. Seperti saat ditanya tentang persiapan dirinya maju sebagai capres peserta konvensi Partai Demokrat, Dahlan menjawabnya siap. Namun, jangan berpikir jawaban menjelaskan

ihwal pembentukan tim sukses atau pola kampanye. Ia justru menjawab dengan menyiapkan talas dari Wamena, Papua. “Saya sudah mempersiapkan talas dari wamena, pagi-pagi sarapan talas kan enak,” seloroh Dahlan ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (9/9/2013). Ditanya lebih detil soal pencapresannya, Dahlan lebih banyak menjawab dengan datar. Seperti saat ditanya ten-

tang persiapan maju dalam konvensi Partai Demokrat, Dahlan menjawab tidak membentuk tim sukses termasuk tidak menyiapkan anggaran untuk kampanye. Namun saat ditanya tentang Talas, Dahlan justru tampak antusias. Saat ditanya berapa talas yang ia siapkan untuk maju dalam konvensi Partai Demokrat, Dahlan menjawab “20 kilo. Bisa bikin batin kuat,” tandas Dahlan. Dahlan Iskan yakin akan menang. Bahkan Dahlan sesumbar kalau menjadi capres adalah

takdirnya.”Menjemput takdir,” kata Dahlan saat disinggung alasan keinginan dia menjadi peserta konvensi di sela-sela rapat kabinet terbatas bidang ekonomi di kantor kepresidenan, Jakarta, kemarin. Dahlan yang juga Menteri BUMN ini yakin dengan kekuatan dan popularitasnya. Bahkan, dirinya tidak berkampanye selama proses konvensi. “Enggak. Saya enggak akan kampanye sampai konvensi selesai,” tuturnya. Dia berpatokan kepada kinerja. Ia juga ditopang oleh

Relawan DI (Dahlan Iskan). “Karena kerja yang baik itu kan kampanye yang terbaik,” tutur Dahlan. Pemilik grup JPNN ini juga enggan menggunakan dana untuk kampanye. Menurut dia, selama tahapan konvensi, tidak perlu mengeluarkan dana. “Saya belum sampai ke sana, karena untuk sampai tahap konvensi saya kira belum memerlukan dana. Karena kita juga harus membudayakan politik yang tidak berbiaya tinggi,” jelas mantan Dirut PT. PLN ini. (jpnn/udi)

Seriusi Pemindahan Ibu Kota, SBY Bentuk Tim Kecil JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah membentuk sebuah tim untuk membahas dan merancang segala hal terkait rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta. “Mungkin yang bisa saya sampaikan di sini pemerintah memikirkan. Telah ada suatu tim kecil secara informal bekerja untuk menimbang dari berbagai aspek yang terbaik bilamana kita sampai pada putusan pindah dari Jakarta sebagai Ibu Kota,” jelas Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di kompleks Istana Negara Jakarta, Selasa (10/9/2013). Dimana lokasinya, tim ini

belum pernah membahasnya. Walau beberapa pihak menilai ada beberapa daerah yang layak seperti di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. “Pertimbangan itukan harus komprehensif. Harus menyeluruh karena tidak mungkin kita bicara karena ada suatu hal misalnya banjir saja kemudian kita mau pindah ke tempat lain. Tempat yang lain mungkin bebas dari banjir tapi belum tentu bebas dari masalahmasalah yang lain. Ini yang jadi pertimbangan,” jelas Julian. Namun, Julian enggan membeberkan tim tersebut dari mana. Sebab, Presiden berharap bahwa tim ini harus fokus dan

Julian Aldrin Pasha bebas dari kepentingan-kepentingan. “Tim itu informal, tidak perlulah (diketahui, red). Nanti

kalau dibicarakan lebih jauh apa saja, bukan jadi informal lagi, nanti kerjanya tidak fokus lagi. Yang penting ini benar-benaar di tujukan untuk kebaikan kita bersama dalam hal mempertimbangkan, mencari solusi terbaik bilamana memang kita hrus sepakat pindah dari Jakarta,” jelas Julian. Sisa periode kepemimpinan SBY hanya 1 tahun juga menjadi pertimbangan. Namun, Julian meminta hasil dari tim ini nantinya bisa dipertimbangkan oleh presiden berikutnya. “Ya nanti kan bisa dilanjutkan. Kalau memang tidak bisa diputuskan dalam pemerintahan yang inikan pemerintahan yang

selanjutnya bisa melanjutkan. Yang terbaiklah,” tutur Julian. Walau begitu, diharapkan kerja tim ini bisa secepat mungkin sebelum masa tugas SBY berakhir. Hingga kini, diakui Julian kalau tim terus bekerja untuk mencari solusi Ibukota baru. “Oh tentu, terus bekerja. Secara informal dalam arti mereka terus mempertimbangkan assesmen, masukan rekomendasi dari banyak pihak ini memang kita terima. Sehingga terjaga netralitas objektifitas, tidak hanya sematamata melihat dari 1 pertimbangan, 1 sudut pandang saja,” ujarnya. (jpnn/udi)

Bawaslu Minta KPU Koordinasi Soal Alat Peraga Kampanye JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum mensosialisasikan Peraturan KPU No 13 salah satunya menentukan zonasi dan pembatasan pemasangan alat peraga kampanye partai politik dan calon legislatif. Pimpinan Bawaslu, Nasrullah mengungkapkan, sosialisasi atau masa transisi satu bulan atas PKPU terhadap parpol dan caleg, juga dibarengi koordinasi KPU ke Bawaslu. Sehingga Bawaslu dapat mudah memberikan instruksi ke Bawaslu daerah untuk pengawasannya nanti.

“Sosialisasi yang dimaksud KPU itu bagus. Tapi memang semestinya ada proses komunikasi yang dibangun KPU ke Bawaslu. Jadi enak kalau itu sudah direncanakan, baru ada publiskasi,” ujar Nasrullah di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (10/9/2013). Nasrullah menambahkan, pihaknya akan tegas melakukan pengawasan dan eksekusi terhadap alat peraga setelah masa sosialisasi atau transisi PKPU No 15 dalam waktu sebulan habis. Sebelum itu, Bawaslu meminta KPU terus berkoordinasi. Bawaslu, diakui Nasrullah akan mengawal proses imple-

Nasrullah mentasi PKPU No 15 ini. Sejauh ini, KPU dilihat sebagai eksekutor dalam wilayah ad-

ministratif jika memang pelanggaran yang ada di lapangan bersifat dministratif. Sebaliknya kalau muatannya pidana, Bawaslu akan turun tangan. Nasrullah juga memberi masukan agar, KPU mendata berapa jumlah alat peraga yang dipasang parpol dan caleg. Cara mudahnya, baliho, billboard dan spanduk yang legal dan dipasang sesuai zona, harus mendapat cap dari Pemda dan KPU. “Yang punya teritorial itu pemda. Mestinya pemda kasih cap atau tanda, kalau tidak nanti tidak terkontrol besaran jumlah alat peraga. KPU daerah, pemda dan panwaslu juga mestinya

merumuskan persoalan teknis di daerahnya agar tidak jomplang,” ujarnya. Komisioner KPU, Juri Ardiantoro, mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan tiga elemen terkait sosialisasi PKPU No 15 ini. Pertama adalah berkoordinasi dengan partai politik, dan ini sudah berjalan Senin (9/ 9/2013). “Untuk koordinasi KPU ke KPU Provinsi Kabupaten/Kota sedang dilakukan. Dan KPU daerah, sudah berkoordinasi dengan pemda setempat. Sedangkan koordinasi ketiga dengan bawaslu. Itu akan segera dilakukan,” ujar Juri. (jpnn/udi)

Ganjar Pranowo Kaget Gaji PNS Jateng Dibayar Manual SEMARANG- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengaku kaget terhadap sistem pembayaran uang gaji pegawai negeri sipil (PNS) setempat yang masih manual. Hal itu, disampaikan Ganjar dalam sambutannya saat membuka acara Dialog Budaya Membangun Jawa Tengah yang Berkepribadian di Bidang Kebudayaan di Wisma Perdamaian, Semarang, Selasa (10/9/2013). “Saya baru tahu, gajiannya belum dengan sistem transfer, tapi masih diteken, betul ya? Tidak usah malu tidak apa-apa, itu budaya,” katanya. Ia mengatakan, apa yang disampaikannya itu bukan untuk mengolok-olok, melainkan kritik bagi dirinya sendiri dan jajaran

untuk terus memperbaiki. Menurut dia, Jawa Tengah memiliki Bank Jateng yang begitu besar. Namun, sayang, penerimaan gaji masih manual. “Kita bicara IT bicara sistem, tapi kita sendiri belum melakukan, yo dagelan. Kalau transfer kan enak tinggal ceklak-ceklek beres, dan itu tidak perlu gotong-gotong duit to. Lha kalau ada setan terus ditodong pistol ilang duite, bar kuwi kaingkaing (hilang uangnya habis itu minta tolong),” ujarnya. Dengan itu, ia berharap, jika memang ada tradisi yang buruk, itu bisa diperbaiki dan tidak perlu tersinggung ataupun malu. Ia juga berharap semua pihak untuk bisa menjadikan semua lebih baik dalam segala aspek. (jpnn/udi)

KELUARGA: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sewaktu akan menyaksikan aksi konser Metallica di Stadion Gelora Bung Karno, beberapa waktu lalu.

JAKARTA- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Tantowi Yahya, membenarkan ada pertemuan antara petinggi partainya dengan Nasional Demokrat. Namun, Tantowi mengaku tak mengetahui apa yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung Senin 9 September 2013. Menurut Tantowi, menjelang Pemilu 2014, partai harus lebih sering silaturahmi dengan yang lain. “Apalagi Nasdem dan Golkar kan satu ideologi, jadi ada chemistry. Menurut saya itu wajar-wajar saja kalau ada petinggi Golkar bertemu dengan petinggi Nasdem,” kata Tantowi, Selasa (10/9). Tantowi mengatakan, Golkar Tantowi Yahya dan Nasdem memiliki ideologi sama. Selain itu, orang-orang yang berada di Partai Nasdem juga memiliki kedekatan dengan Golkar. “Paling tidak kalau ideologi sama ada kenyamanan berkomunikasi. Apakah itu ada koalisi saya rasa masih jauh,” ujar dia. Ketika ditanya mengenai pengajuan calon wakil presiden untuk mendampingi Aburizal Bakrie, kata Tantowi, pembicaraan cawapres masih terlalu jauh. Apalagi, jika dibahas dengan partai lain. “Sekarang ini masih wacana. Memutuskan satu nama juga belum, kita masih membahas soal kriteria cawapres seperti apa ini yang akan diakomodasi dalam rapimnas Oktober nanti,” tambah dia. (jpnn/udi)

Awang-Mukmin Unggul di Pilgub Kaltim

UNGGUL: Pasangan Cagub dan Cawagub Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal sebagai pemenang Pilgub berdasar hasil hitungan cepat LSI, mendapatkan persentase 42,49 persen. SAMARINDA- Hasil perhitungan cepat yang dilaksakan oleh Lembaga Survei Citra Publik Indonesia (CPI) bekerjasama dengan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan pasangan Cagub dan Cawagub Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal sebagai pemenang Pilgub tahun 2013. Mereka berhasil mendapatkan persentase 42,49 persen suara dari total 2.793.729 orang pemilih. Direktur CPI Hanggoro DP didampingi Analis Data LSI Fitri mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan sampel di 300 TPS dari total 8.082 TPS seKaltim. Dia menyebutkan tingkat partisipasi pemilih atau voter’s turn out pada Pilgub Kaltim sebesar 54,71 persen. Sisanya tidak menggunakan hak pilihnya atau golput. “Hasil quick count yang kita lakukan menunjukkan pasangan kandidat nomor satu unggul, dengan data sampel sebesar 98,33 persen. Dari data survei, angka menunjukkan Awang unggul dengan persentase 97,1 persen, disusul Farid 58,6 persen serta Imdaad Hamid dengan persentase 53,7 persen,” terangnya saat memberikan keterangan pers di Lantai 17 Hotel Aston Samarinda, Jalan Pangeran Hidayatullah, Selasa (10/9/2013). Hal itu dianggap wajar lantaran selama 5 tahun terakhir kepemimpinannya, masyarakat menyatakan kinerja Awang memuaskan dengan persentase sebesar 73,2 persen. Selain itu, Awang dianggap jauh lebih populer dibandingkan 2 kandidat pasangan lainnya. Terlepas, pasangan kandidat independen Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni berada di urutan kedua dengan persentase 36,73 persen. Pada urutan paling bawah diisi oleh pasangan Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex dengan persentase 20,78 persen. (jpnn/udi)

Demokrat Yakin Peserta Konvensi Miliki Kualitas Baik JAKARTA- Ketua Umum Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan, menegaskan bahwa 11 peserta konvensi calon presiden yang dipilih oleh komite konvensi adalah orang yang memiliki latar belakang yang baik. Syarief menegaskan, bahwa partainya tidak terpengaruh pada survei yang menempatkan peserta konvensi Demokrat di bawah lima persen dibanding capres dari partai lain. “Ada yang menteri, jenderal, dan dubes nomor satu, apa ini kurang merepresentasikan? Ada rektor, saya pikir sangat berkualitas,” kata Syarief di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Namun, Syarief menambahkan, jika surveinya berada di bawah lima persen, kemungkinan orang-orang berkualitas itu memiliki akseptabilitas yang kurang. “Kita pilih yang memiliki dua kriteria, bukan hanya akseptabilitas tapi juga yang memiliki kompetensi dan akseptabilitas. Dua komponen ini mutlak dimiliki pemimpin bangsa,” kata dia. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Pengelolaan Sampah Mandiri Jadi Percontohan 25 Kepala Daerah Belajar Pengolahan Sampah MALANG – Pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang dilakukan Pemkab Malang mendapat apresiasi dari banyak daerah, termasuk dari pemerintah pusat. Karena itu, 25 Kepala daerah meliputi wali kota dan bupati akan menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Kamis (12/9) besok. Hari ini para kepala daerah itu sudah berdatangan dan menginap di hotel Harris Kota Malang. mereka akan belajar pemanfaatan sampah dan air bersih di TPST Mulyoagung Dau, TPA Talangagung dan PLTMH Sumber Maron. Menurut Bupati Malang Rendra Kresna, pihaknya siap memfasilitasi kunjungan kerja yang dimotori Kementerian PU tersebut. Kabupaten Malang dipilih karena pengelolaan sampah dan air itu tak hanya didukung pemerintah semata. Melainkan juga melibatkan masyarakat yang secara sukarela mengelola sampah dan air. ”Kami siap memfasilitasi, jika para Bupati dan Wali Kota ingin mengembangkan seperti disini, bahwa sampah bukan momok, tapi bisa mendatangkan rejeki,” ujar Rendra Kresna kepada Malang Post. Kata dia, sampah bisa dikelola bahkan mendatangkan pekerjaan bagi masyarakat. Sedangkan air yang dikelola juga bisa menghasilkan energi listrik. Hebatnya, pengelolaan potensi

alam itu juga dikembangkan oleh masyarakat secara mandiri. ”Meskipun pengelolaan seperti ini ada di daerah lain, Kabupaten Malang dipilih karena juga ada peran serta dari masyarakat secara mandiri,” tegas dia. Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkab Malang, Romdhoni mengatakan bahwa jadwal kunjungan telah disusun. Para kepala daerah datang di Malang hari ini langsung menuju hotel Harris. Kemudian pada Kamis (12/9) besok, mereka seharian mengunjungi tempattempat tersebut. ”Pertama mengunjungi TPST Mulyoagung di Kecamatan Dau, kemudian TPA Talangagung dan terakhir ke PLTMH Sumber Maron di Pagelaran,” katanya. TPST Mulyoagung selama ini sudah bisa mandiri bahkan memiliki karyawan yang digaji sendiri. TPST itu memiliki karyawan tak kurang dari 50 orang, dengan gaji antara Rp 800 ribu sampai dengan Rp 1,2 juta. Bahkan mereka telah memiliki pelanggan sampah mencapai 5.500 kepala keluarga. ”Kalau TPA Talangagung bisa menghasilkan gas metan dan menjadi sarana wisata edukasi, kalau Sumber Maron bisa dikelola airnya menjadi sumber tenaga listrik untuk masyarakat,” tandasnya.(ary/aim)

RIZAL FANANY/MALANG POST

Marak, Eksploitasi Anak di Bawah Umur Sebagai PRT satu bulan berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu. “Upah itu ditentukan atas kesepakatan pekerja dan majikan, keluarga pekerja dan juga lingkungan atau perumahan tempat anak bekerja,” kata Kepala Divisi Advokasi LPKP, Anwar Solihin Selasa, (10/9) kemarin. Dari survey LSM yang fokus menyoroti isu perburuhan anak di sekitar Malang ini menemukan banyak PRT anak yang terisolasi di tempat mereka bekerja. Majikan tidak memberikan akses yang banyak bagi anak untuk bersosialisasi dengan dunia luar karena mereka bekerja di sektor domestik. “Selain pendidikan rendah mereka juga berasal dari keluarga miskin,” imbuhnya. Kondisi yang dialami PRT anak menurutnya disebut se bagai bentuk pekerjaan ter buruk bagi anak karena mereka bekerja di sektor domestik yang tersembunyi dan terabaikan karena belum diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan. “ Kami mendorong agar PRT anak juga mendapat perlindungan hukum

Djaka Ritamtama seperti PRT dewasa. Kami juga mengadakan pelatihan berupa pembekalan ketrampilan pada PRT anak serta pemberian modal kerja pada keluarga anak untuk mengentaskan PRT anak,” katanya Selain itu, jam kerja PRT anak tergolong panjang tanpa di imbangi dengan hak untuk berlibur, rekreasi, terisolasi, tak mendapat pendidikan dan sulit bermain dengan teman sebaya.

Demi WTN Bangun Dua Halte KEPANJEN–Pemerintah Kabupaten Malang mulai menindaklanjuti rekomendasi tim wahana tata nugraha (WTN). Salah satunya terkait ketersediaan sarana dan prasarana bagi penumpang angkutan umum. Demi memenuhi sarana tersebut, Pemkab melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) membangun halte di depan RSUD Kanjuruhan. Sesuai rekomendasi dari tim WTN, seharusnya terkait sarana prasarana, Pemkab diminta menyiapkan dua halte di Kepanjen. Akan tetapi karena anggarannya terbatas, Pemkab hanya bisa menyediakan satu halte. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun satu halte mencapai Rp 50 juta. ”Selain membangun halte, rekomendasi WTN juga untuk sterilisasi pedestrian bagi pengguna jalan yang menjadi rekomendasi tim WTN, sudah kami lakukan,” Muhammad Darwis, Kabid Pemadu Muda Transportasi Dishubkominfo, kemarin. Dia menambahkan, seharusnya halte yang bakal dibangun pada tahun anggaran 2013 ini mencapai enam unit. Akan tetapi, disebabkan anggaran yang terbatas, maka baru terealisasi dua halte. Sehingga empat halte lainnya, dibangun pada tahun anggaran mendatang. ”Meliputi satu halte titik di kawasan Kepanjen, LawangSingosari, Turen, dan Gondanglegi,” urainya. Menurut Darwis, pembangunan halte tersebut, demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna tranportasi di kabupaten. Termasuk juga, adanya halte di depan rumah sakit, juga demi memfasilitasi masyarakat luas. ”Untuk tahun ini, selain membangun di Kepanjen, juga membangun satu unit halte lagi di Jatiguwi, Sumberpucung,” terangnya. Pembangunan halte tersebut, telah melalui tahapan pemetaan kebutuhan masyarakat. Meliputi untuk lembaga pendidikan, pemerintahan dan pasar. Anggaran yang dialokasikan seluruh halte diproyeksikan per unit berkisar Rp 50 juta.(ary/aim)

150 Buruh PR Pakis Mas Kembali Dipekerjakan

JUJUGAN : TPA Talangagung yang menjadi wisata edukasi akan menjadi tempat pembelajaran 25 kepala daerah tentang pengolahan sampah mandiri.

MALANG-Anak-anak asal Kabupaten Malang disinyalir ba nyak yang dipekerjakan sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) dengan gaji rendah. Hal tersebut tengah dikaji serius oleh Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Malang. LPKP mendapati anak dibawah 17 tahun banyak dipekerjakan sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT). Sesuai penelitian LPKP, PRT anak banyak berasal dari wilayah perbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang, seperti Jabung, Tumpang dan Poncokusumo. Mereka memiliki latar belakang pendidikan rendah, tamatan Sekolah Dasar (SD) dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Parahnya, Pekerja Rumah Tangga Anak (PRTA) itu diminati kelompok rumah tangga dibandingkan dengan PRT de wasa. Upah yang rendah serta tingkat kepatuhan anak yang lebih tinggi dibandingkan PRT dewasa yang mendorong hal itu. Survey yang dilakukan LPKP Malang mendapatkan besaran upah PRT Anak dalam

19

Sejumlah PRT anak juga lebih rentan mengalami kekerasan dan perlakukan kasar. “Di perumahan elit dengan satpam dan lingkungan yang tertutup anak lebih susah untuk berinteraksi dengan dunia luar. Perlakukan kasar dan kekerasan baru bisa terekspos lama setelah mereka keluar atau berhenti dari rumah tersebut,” katanya. Sementara di perumahan elit kecenderungan untuk mempekerjakan PRT anak sangat besar, “Informasi yang kami dapatkan di beberapa perumahan elit di Kota Malang lebih banyak mempekerjakan PRT anak dengan usia di bawah 17 tahun. Tapi akses ke sana sangat susah karena lingkungannya tertutup dan terisolasi,” lanjutnya.Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Malang, Djaka Ritamtama membenarkan fenomena banyaknya anak di bawah umur yang dipekerjakan menjadi pekerja rumah tangga (PRT). Untuk itu, Disnakertrans getol menggelar program Pengurangan Pekerja Anak guna mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH). ”Sampai saat ini sudah ada sekitar 210 anak yang kita

masukkan dalam program PPA-PKH kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial,” urai Djaka sapaan akrabnya. Mereka dikumpulkan di Kromengan, kemudian dikirim ke sekolah yang berada di daerahnya masing-masing. Program PPA-PKH pada intinya memberikan pendampingan pada pekerja anak yang telah ditarik dari pekerjaannya agar mempunyai motivasi kembali untuk sekolah. ”Yang sudah tidak mungkin sekolah usia diatas 15-17 tahun, kita kirim ke BLK Singosari pada 16 September 2013, ada tujuh anak dikirim ke pelatihan menjahit dan perbengkelan, nanti diberangkatkan jam 9,” ujarnya. Pihaknya memberikan imbauan agar, masyarakat tidak mempekerjakan anak dibawah umur (dibawah 17 tahun). Sedangkan para orang tua yang kesulitan biaya, bisa datang menemui petugas pendampingan. Mereka disebarkan Disnaker ke kecamatan-kecamatan agar bisa diakses para orang tua. ”Silahkan daftarkan anaknya ke program PPA-PKH itu,” tandasnya. (ary/aim)

PAKIS-Rencana sejumlah buruh PR Pakis Mas yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) melurug Pendopo Kabupaten Malang, pada Rabu (11/9) hari ini, bakal gagal dilakukan. Kepastian itu dilakukan, menyusul upaya baik yang dilakukan manajemen perusahaan, terkait dengan tuntutan dipekerjakannya kembali sekitar 150 buruh dari total sekitar 300 buruh yang sebelumnya dirumahkan tanpa kepastian kembali bekerja. “Seiring kembali dipekerjakannya kembali sejumlah buruh, maka kami yang merencanakan aksi damai di Pendopo, akhirnya tidak diteruskan. Dengan kata lain, rencana kami untuk melakukan aksi damai dengan harapan bisa mendapat respon dari perusahaan rokok tidak dilanjutkan,” kata Korlap Aksi Damai, M Yusik As’adi. Ditambahkan Yusik, usai melakukan aksi damai pada Selasa (3/9) lalu, manajemen belum memberikan kepastian mengenai tuntutan. Hingga akhirnya, muncul informasi agar buruh kembali bekerja dan melakukan aktivitasnya per Senin (8/9) kemarin. “Karena hingga Kamis (5/9) lalu tidak ada tanggapan dari manajemen, makanya buruh melayangkan izin untuk melakukan aksi kembali ke Pendopo. Ternyata, sebelum Senin (8/9), manajemen akhirnya memberikan kepastian mengenai dipekerjakannya kembali di pabrik,” imbuhnya. Ditanya mengenai gaji buruh, Yasik mengatakan, masih menggunakan sistem penggajian lama. Yakni, upah buruh dihitung dari hasil borongan lintingan rokok yang diperoleh oleh buruh. Adapun perhitungannya, per 1000 linting mendapatkan upah antara Rp 12 ribu sampai Rp 13 ribu. “Untuk gaji masih memakai sistem penggajian di bulanbulan sebelumnya. Jadi, masih tidak menggunakan sistem UMK (Upah Minimum Kabupaten). Namun, dihitung perperolehan borong linting rokok selama bekerja,” tambah Yusik kepada Malang Post. Bagaimana dengan gaji buruh selama dirumahkan, pria berpenampilan sederhana itu mengungkapkan, awalnya dari buruh memang sempat mempersoalkan. Hanya saja, karena buruh sangat menyadari masalah internal perusahaan, maka tidak menuntut gaji yang seharusnya diterima selama dirumahkan. “Untuk gaji selama dirumahkan, buruh sebenarnya ingin meminta. Namun, karena kasihan dengan kondisi perusahaan, maka buruh tidak ingin mempersoalkan. Mengingat, yang diinginkan buruh adalah kembali bekerja dan mendapatkan uang dari hasil kerja yang dilakukan tersebut,” ungkapnya. (sit/aim)

Kades Jatikerto Bantah Gondol Tunjangan Kasun MALANG - Kades Jatikerto, Muhammad Satu membantah dengan tegas, jika dirinya mengambil hak tunjangan Kasun Bedali, Desa Jatikerto, Suwono. Menurutnya, tunjangan itu sengaja belum diberikan kepada Suwono karena masih ada permasalahan administrasi yang harus diselesaikan Suwono. “Saya tidak mengambil hak Kasun Suwono untuk memperkaya diri saya. Tunjangan itu masih ada dan siap saya

berikan. Tapi, masih ada permasalahan administrasi yang harus diselesaikan. Justru, kalau diberikan begitu saja, saya yang dianggap salah oleh aturan,” kata Muhammad Satu kepada Malang Post, kemarin. Seperti diberitakan sebelumnya, merasa hak tunjangannya sebagai ke pala dusun (Kasun) dirampas, Suwono, kemarin mendatangi Komisi A DPRD Kabupaten Malang. Kasun Bedali, Desa Jatikerto, Kecamatan

Kromengan ini meminta petunjuk sekaligus perlindungan kepada anggota dewan. Pasalnya, tunjangan Kasun setiap bulan yang menjadi hak miliknya tidak diberikan oleh Kepala Desa (Kades) Jatikerto. Dijelaskannya, Suwono masih memiliki kendala administrasi untuk menerima tunjangannya se bagai perangkat desa. Dalam ijazah persamaan yang dimilikinya, namanya tertera Suwono dengan kelahiran 1 Januari

1956. Tapi, dalam kartu tanda penduduk (KTP) miliknya, namanya tercatat Mulyadi kelahiran tahun 1952. “Nama yang tertera di ijazah dengan KTP-nya yang tidak sama inilah yang membuat saya tidak dapat memberikan tunjangannya. Karena tunjangan harus diberikan by name by address. Kalau namanya juga salah dan berbeda, tunjangan itu tidak bisa diberikan,” ungkapnya. Untuk mendapatkan tunjangan itu

harus melampirkan KK dan KTP-nya. Karena nama penerima dengan KTP-nya berbeda, tunjangan itu dipending terlebih dahulu sampai dengan adanya kejelasan administrasi yang bersangkutan. “Tidak tahunya, tiba-tiba saya dilaporkan ke Polres Malang dengan tuduhan pemalsuan. Staf saya sudah pada diperiksa. Saya sendiri belum diperiksa. Saya bicara seperti ini berdasarkan fakta hukum yang ada dan bisa di cek buktinya,” terangnya.

Jauh hari, dia juga sudah pernah menyampaikan kepada anggota DPRD Kabupaten Malang, Unggul Nugroho. Dirinya juga siap untuk membeberkan semua bukti yang ada. Karena sudah terlanjur dilaporkan baik ke Polres dan Dewan, dia berharap semua kebenaran akan terungkap. “Uang itu ada. Karena sudah dilaporkan dan ini terkait dengan harga diri saya. Saya akan berikan tunjangan itu di persidangan,” tegasnya. (aim)

Harga Jagung Merangkak Naik SINGOSARI- Sejumlah komoditi di Kabupaten Malang mengalami peningkatan. Tidak hanya harga Kedelai yang terus merangkak naik, harga jual komiditi jagung juga ikut merangkak naik. Saat ini, harga jagung untuk jenis jagung manis dipasar tradisional sudah menembus angka Rp 60 ribu per kilogram, sedangkan jagung biasa 50 ribu per kilogram. Seperti terpantau di Pasar Singosari hari Selasa (10/9) pagi kemarin, harga tersebut merupakan harga jual tertinggi dari pedagang ke pembeli, pada pekan kedua di bulan September ini. Sebelumnya, harga jagung manis berkisaran antara 45 ribu hingga 50 ribu, sedangkan harga Jagung jenis biasa berkisaran antara 30 ribu hingga 40 ribu. “Harga Jagung terus naik. Normalnya, harga jagung manis ini ada di sekitar 30 ribu per kilo. Setelah lewati lebaran, malah naiknya sampai 10 ribu per kilo,” terang Supriyo, salah seorang pedagang Jagung di Pasar Singosari kepada Malang Post. (big/aim) REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SITI


20

RABU, 11 SEPTEMBER 2013

Rekrutmen CPNS Kabupaten 2014 MALANG - Kementerian PAN dan RB memberikan kelonggaran seleksi CPNS untuk Kabupaten Malang. Hal tersebut terungkap dari hasil kunjungan para pimpinan DPRD Kabupaten Malang ke Kemenpan dan RB beberapa waktu lalu. Pihak kementerian memberikan sinyal positif bagi Pemkab Malang untuk membuka rekruitmen CPNS umum. Unsur pimpinan DPRD yang datang ke Kemenpan antara lain Wakil Ketua DPRD Sanusi dan Tono ST. Serta jajaran ketua Komisi di DPRD Kabupaten Malang, meliputi Budi Kriswanto Ketua Komisi A dan Ketua Komisi B Purnomo Anwar. Mereka bertemu langsung dengan bagian kepegawaian di Kemenpan dan RB. ”Kami menanyakan soal moratorium, menurut Kemenpan 2014 masih dipertimbangkan lagi untuk Kabupaten Malang,” ungkap Sanusi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang. Menurut dia, belanja pegawai di Kabupaten Malang sudah mencapai Sanusi 56 persen. Sedangkan syarat daerah diperbolehkan membuka kran rekrutmen jika dibawah 50 persen. Jika ditekan pada posisi belanja modal 50 persen dan belanja pegawai 50 persen, disebut masih memungkinkan. ”Yang jadi persoalan saat ini yang pensiun setiap tahun mencapai 600 – 700 orang pegawai, karena moratorium kita tidak bisa angkat pegawai,” tegasnya. Hal itu sudah dipaparkan langsung kepada pihak Kemenpan. Sehingga mereka bakal memberikan kelonggaran atas rekrutmen CPNC di Kabupaten Malang. jika boleh membuka rekrutmen, diperkirakan kuotanya tidak lebih dari 30 persen jumlah PNS yang pensiun.”Kalau boleh buka lagi, kuota 30 persen dari jumlah yang pensiun,” imbuhnya. Kelonggaran yang diberikan lagi adalah, agar untuk mengajukan kebutuhan tenaga fungsional. Jika memang segera dibutuhkan, Pemkab wajib segera mengajukan. Tenaga fungsional itu meliputi guru, penyuluh KB, penyuluh pertanian dan tenaga kesehatan. ”Kalau mendesak boleh diajukan, tapi dihitung rasio kecukupan pegawainya,” terangnya. Bahkan diharapkan juga ada pemetaan jumlah pegawai di masing-masing SKPD. Misalnya, SKPD A, terlalu banyak pegawai, maka bisa digeser ke SKPD lainnya. Sehingga jika cara itu bisa dilakukan, Pemkab tak perlu menggelar rekrutment PNS. ”Ukuran ideal belanja pegawai adalah 50 persen dan belanja modal 50 persen,“ tandasnya.(ary/aim)

AGUNG PRIYO/MALANG POST

MENIKMATI : Bupati Malang Rendra Kresna menikmati permainan gasing di halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen, kemarin.

Bupati: Olahraga Tradisional Bentuk Sikap Sosial KEPANJEN - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) dengan melaksanakan lomba tradisional, berlangsung semarak di Halaman Stadion Kanjuruhan, kemarin. ratusan peserta dari 33 kecamatan, antusias mengikuti seluruh perlombaan. Mulai dari perlombaan egrang, lomba gasing, layang-layang dan kasti. Bupati Malang Rendra Kresna bahkan juga ikut menikmati permainan gasing. Pria nomor satu di Kabupaten Malang itu mengapresiasi semangat para peserta lomba. Mereka merupakan para

orangtua, yang diharapkan menularkan olahraga itu kepada anaknya. ”Haornas dengan olahraga tradisional ini, semangat kita berolahraga semakin menggelora,” ujar Rendra. Dengan olahraga maka tubuh akan semakin bugar. Dan ketika tubuh bugar, maka warga masyarakat bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan. Selain kebugaran, olahrgaa juga memberikan prestasi yang membanggakan. ”Olahraga juga memiliki fungsi untuk bermasyarakat,” tegasnya.

IDOLA: Seorang mahasiswa baru UMM memeluk tokoh idolanya, Jusuf Kalla (JK), yang hadir membuka Pesmaba UMM

negeri serta wakil ketua DPRD juga meninjau permainan lainnya. Pria ini juga sempat mencoba menerbangkan layanglayang. Sekaligus menyaksikan keriuhan permainan egrang yang dikomandai MC yang penuh semangat. Lomba egrang itu dengan cara adu cepat sepanjang 50 meter. Para peserta adalah satu grup yang terdiri dari empat orang. Perlombaan dilaksanakan secara estafet antara empat orang itu. mereka beradu saing dengan tim lain yang juga beranggota empat orang.(ary/aim)

REKTOR Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Muhadjir Effendy menutup rangkaian kegiatan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) dengan sebuah lagu. Di sela-sela sambutan penutup, pengamat militer ini melantunkan lagu Sempurna milik Andra and the Backbone. Sejumlah 7.480 mahasiswa baru turut berteriak bersama rektor. “Oh UMM-ku kau begitu.. sempurna..” demikian gemuruh yang terdengar di UMM Dome, Selasa (10/9). “Dalam darahmu mengalir darah UMM, dalam jantungmu mengalun detak UMM,” ujarnya. Tak hanya itu, mahasiswa juga diberi kejutan berbagai tayangan istimewa di empat layar raksasa UMM Dome. Video dokumentasi Pesmaba karya Kine Club menjadi pembuka, lalu dilanjut dengan berbagai dokumentasi prestasi UMM. Sebelum rektor menutup acara, sebuah film pendek dan video filler berjudul Jas Merah Kampus Putih karya tim kreatif Humas UMM diputar. Seluruh peserta terenyuh dan terbawa pada kebanggaan menjadi bagian Jas Merah Kampus Putih UMM. Pesmaba berlangsung selama empat hari sejak dibuka Sabtu lalu. Apel perdana Pesmaba dipimpin Wakapolda Jawa Timur dan Stadium Generale diisi oleh Mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dan mantan Mendiknas RI HA Malik Fadjar. Selama empat hari itu acara diisi dengan kegiatan-kegiatan motivatif dan rekreatif tetapi tetap memiliki subtansi yang kuat.

TANDAMATA: Kartun bergambar JK dan Muhadjir Effendy yang sedang berjabatan tangan diterima JK

TERBAIK: Penyerahan penghargaan kepada penyelenggaraan Pesmaba terbaik di fakultas

Pemkab Malang memilih olahraga tradisional yang mulai dilupakan anak-anak muda. Terutama para anak muda yang telah menginjak usia SD bahkan sampai dengan usia SMP. Olahraga jenis ini selain memiliki fungsi kebugaran juga memiliki nilai sosial. Yang paling penting adalah unsur rekreasi yang bisa membuat orang senang. ”Selain olahraga prestasi, kita juga memiliki olahraga tradisional untuk membentuk sikap sosial,” tandasnya. Rendra didampingi Wakil Bupati Subhan, para Muspida, ketua pengadilan

KAMPUS PUTIH: Upacara perdana Pesmaba di Helipad UMM diambil gambar dari atas

UMM SEMPURNA: Rektor, Muhadjir Effendy menyanyi di hadapan maba UMM dengan mengubah lagu Sempurna yang dipopulerkan Andra and the Backbone

JASMERAH: Apel perdana Pesmaba dipimpin Wakapolda

KAGUM: Mahasiswa baru berebut mencium tangan Rektor UMM, Dr Muhadjir Effendy M.Ap

Jawa Timur REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL

Mp1109  

Halaman Mp1109

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you