Page 1

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Korane Arek Malang

RIZAL FANANI/MALANG POST

CANTIK : Putri Kendedes saat ikut dalam kirab kemarin. Mereka adalah bagian dari puluhan peserta yang memeriahkan kirab budaya dalam rangkaian ruwatan agung.

Kirab Budaya Awali Ruwatan Agung MALANG - Pekik salam budaya nusantara, yang dikoarkan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, menandai prosesi kirab budaya dengan start di depan Balai Kota Malang, sore kemarin. Tak kurang dari seribu peserta berpartisipasi dalam even tahunan yang diselenggarakan tiap perayaan 1 Muharram itu.

Baca Kirab...Hal 7

JUMAT SEHAT DAN BERSIH

BOLEH EMPAT, Arema Mau Tiga Terkait Pemain Asing di Liga Unifikasi

ALBERTO GONCALVES

MALANG – PT Liga Indonesia, akhirnya membuat keputusan terkait jatah kuota asing, untuk klub peserta kompetisi unifikasi musim depan. Dalam manager meeting calon peserta ISL di Hotel JW Marriot Jakarta, Kamis lalu, semua perwakilan ISL dan IPL menyetujui regulasi kuota empat pemain asing. Batasan tiga dari non Asia dan satu dari anggota AFC. Regulasi kuota asing yang berlaku musim depan, juga menyebut, dari empat pemain asing yang diperbolehkan, klub calon peserta ISL unifikasi hanya boleh menggunakan tiga pemain di atas lapangan. Satu pemain asing lain, boleh dimainkan asalkan mengganti pemain asing lain tanpa mengurangi jatah pemain lokal. Menurut General Manager Arema, Ruddy Widodo yang menjadi wakil Singo Edan di manager meeting, keputusan itu dibuat setelah mempertimbangkan peningkatan kualitas pemain lokal Indonesia. ‘’Liga menyetujui pembatasan kuota jadi 4 pemain asing. Tiga non Asia dan satu Asia. Yang boleh main, hanya tiga pemain asing saja,’’ tegas Ruddy kepada Malang Post kemarin.

Tiga Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada tiga tokoh perjuangan bangsa yaitu Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat dari Jawa Timur , Lambertus Nicodemus Palar dari Sulawesi Utara dan Letjen TNI (Purn) TB Simatupang dari Sumatera Utara. Penganugerahan ini akan diadakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat, (8/11). Penetapan ketiga tokoh sebagai pahlawan ini tertera dalam Keputusan Presiden (Keppres RI) Nomor 68/TK/ TAHUN 2013 yang dibacakan olehSekretaris Militer presiden, Brigjen TNI Benny Indra Pujihastono. “Gelar pahlawan ini diserahkan sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya yang luar biasa yang semasa hidupnya pernah memimpi dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan kemerdekaan,” kata Brigjen Benny saat membaca keputusan presiden yang di hadapan Presiden SBY dan jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II.

Baca Boleh...Hal 7

‘’Hari pertama datang, pemain masih capek. Ada pemain yang berangkat dari Jakarta dan ada yang datang dari daerah asal masing-masing,’’ ungkap Indra Sjafri, Pelatih Timnas U-19 di Hotel Kusuma Agrowisata, tadi malam. Dia menjelaskan, latihan akan dilakukan dua kali sehari. Pagi dan sore. Untuk latihan kebutuhan khusus, pihaknya bisa melakukan agenda secara fleksible.

Baca Timnas...Hal 7

Baca Tiga Tokoh....Hal 7

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

TIBA: Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri ngobrol dengan Sekretaris Pengcab PSSI Kota Batu, Zainul Arifin KR di Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu, kemarin.

Ngalam

Ebes Sam Aji Ngelatih Arema

Unit Pembenihan Rakyat Kelas Nasional di Kabupaten Malang

Desa Maguan Punya Omzet Benih Ikan Rp 2 Miliar Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Mulyorejo I Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, menjadi andalan Kabupaten Malang. UPR yang bergerak di bidang pembenihan ikan lele tersebut, menjadi wakil Jatim pada Lomba Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budidaya Tingkat Nasional tahun 2013. Bagaimana tidak, hasil produk pembenihan bisa tembus miliaran rupiah.

Kana : Jarene Sam Aji Santoso te ngelatih Arema bes Ebes : Wah, kipa iku jes, soale wanyik wis duwe sertifikat AFC Kana : Opo maneh wanyek itreng karakter lab-laban Ngalam sing keras bes Ebes : Oyi, iku sing penting yak opo osi niam gaya Arema sing wis kesuwur sak Indonesia. Lek ancen syarate ngono, Sam Aji sing paling cocok. (***)

MALANG – Wali Kota Batu ikut mendukung kegiatan Jumat Sehat dan Bersih bersama Menteri BUMN, Dahlan Iskan di Kota Malang, Jumat (15/11) nanti. Semakin banyak pejabat atau tokoh nasional yang datang ke Malang Raya menjadi nilai promosi luar biasa. ‘’Hampir setiap hari, Malang Raya selalu didatangi tokoh-tokoh penting tingkat nasional. Mereka bisa saja pejabat penting hingga artis. Kedatangan mereka menjadi Malang Raya di mata nasional akan semakin meningkat,’’ ungkap Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko kepada Malang Post. Dia melihat ada dua keuntungan kepada Eddy Rumpoko warga Malang Raya dengan kegiatan tersebut. Pertama, kegiatan Jumat Bersih dan Sehat bisa merangsang warga untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Baca Wali Kota...Hal 7

Timnas U-19 Mulai TC di Batu BATU – Program training center (TC) timnas U-19 di Kota Batu, bakal digelar. Semalam, tim asuhan pelatih Indra Sjafri, sudah tiba di kota wisata tersebut. Pemain menuju Hotel Kusuma Agrowisata, setelah menempuh perjalanan dari Jakarta dan berbagai daerah lain. Tim pelatih dan pemain, belum melakukan aktivitas latihan pada hari pertama kedatangan, kemarin. Mereka dijadwalkan mulai melakukan latihan, Sabtu (9/11) hari ini.

Wali Kota Batu Dukung Penuh

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

PENGHASIL UANG : Anggota UPR Mulyorejo 1 ketika memilah benih lele.

SIANG itu, sejumlah warga desa, sedang berkumpul di sebuah rumah. Mereka sibuk mempersiapkan diri, lantaran akan dikunjungi rombongan tamu dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Indonesia. Mereka adalah anggota UPR Mulyorejo I, yang selama ini

dikenal sebagai kelompok tani, yang memiliki usaha di bidang perikanan. Khususnya pembenihan ikan lele. Kelompok yang berdiri pada 15 Oktober 2009 ini, awalnya hanya beranggotakan 13 orang. Kini, sudah menjadi 90 orang.

Baca Desa Maguan....Hal 7

‘’Dalam bahasa agama, ‘tidak fokus’ berarti ‘tidak mengesakan’. ‘Tidak mengesakan’ berarti ‘tidak bertauhid’. ‘Tidak bertauhid’ berarti musyrik.’’

BALAI UJI KIR

Terindikasi Melawan Hukum MALANG – Setelah ‘sukses’ menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam dua kasus berbeda, Kejaksaan Negeri Malang, mulai fokus ke kasus dugaan korupsi lainnya. Dua kasus itu, dugaan korupsi pengadaan lahan UIN Maliki dan dana Dikti di Unikama. Kali ini, Kejari mulai konsentrasi ke balai uji kir di Kota Malang. Kasus tersebut, ditargetkan sudah naik ke tingkat penyidikan (dik) pekan depan. Sehingga tim penyelidikan yang diketuai Tri Widodo SH MH terus mengebut proses penyidikan. Menurut Tri Widodo, pihaknya bekerja ekstra keras untuk menuntaskan kasus tersebut. Sebab, sesuai arahan Kajari Rabu (6/11) lalu, kasus itu ditargetkan naik status.

Baca Terindikasi ....Hal 7 Jawa Pos Group


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

2

INTERNASIONAL

Tandingi Iran, Saudi Pesan Senjata Nuklir dari Pakistan

PERSAINGAN: Rudal berhulu ledak nuklir milik rusia yang juga menjadi persaingan negara-negara Timur Tengah untuk mengembangkan senjata nuklir.

DEPORTASI: Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melebihi izin tinggal di Arab Saudi (overstay), tiba di Terminal 2D, Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, yang diangkut menggunakan pesawat pengangkut haji Garuda Indonesia.

Pemerintah segera Evakuasi WNI ∆Overstay∆ di Saudi JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan beberapa Menteri untuk melakukan upaya pemulangan segera warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi yang overstay atau tidak memiliki izin tinggal dan bekerja dengan angkutan udara serta laut. “Kemarin, 7 November 2013, para Menteri terkait telah saya instruksikan untuk secara serius menangani WNI yang “overstay” (WNIO) di Saudi Arabia,” kata Presiden dalam akun twitternya di Jakarta, Jumat, (8/11). Presiden mengatakan telah

menugaskan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Koordinator Politik hukum dan Keamanan Djoko Suyanto serta Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa untuk menangani proses tersebut. “Hari ini Menko Kesra, Menko Polhukam dan Menlu, mulai bekerja untuk melakukan semua langkah bagi evakuasi WNIO ke Tanah Air,” tegasnya. Presiden mengatakan terkait permasalahan WNIO yang tidak memiliki izin tinggal dan izin bekerja di Arab Saudi, maka

Anas: Dulu Dituduh Terima Rp 100 M, Kini Sisa Rp 2 M JAKARTA-Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menegaskan tidak pernah menerima aliran dana Rp 2,21 miliar dari proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Anas justru balik bertanya, mengapa tuduhan kepadanya berubah-ubah. “Dulu katanya Rp100 miliar, kemudian berkurang lagi Rp 50 miliar, sekarang tinggal Rp 2,2 miliar. Ke mana dong yang lain? Dulu katanya terima Harrier, terus Harriernya ke mana?” kata Anas saat ditemui di kediamannya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat 8 November 2013. Anas mengatakan dakwaan yang menyangkut dirinya adalah imajiner. Karena itu, Ketua Presidium Organisasi Masyarakat (Ormas) Pergerakan Perhimpunan Indonesia (PPI) ituAnas Urbaningrum pun merasa tidak perlu menanggapinya. “Sesungguhnya tidak perlu ditanggapi serius-serius,” ujarnya. Anas mengungkapkan dalam dakwaan untuk mantan Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Kementerian Pemuda dan Olahraga Deddy Kusdinar, dituliskan bahwa uang diberikan oleh X kepada Y, atas permintaan Z. Dari rangkaian tersebut, ia menilai tidak ada peran dari dirinya. “X, Y, Z itu bukan Anas. Kok terus Anas? Kan begitu toh ditulisnya. Opo hubungane karo Anas. Apa hubungannya sama Anas?” tuturnya. “Itupun kalau betul ada dana yang keluar. Kalau betul ada dana yang keluar, itupun tidak relevan sama Anas. Ditulis di situ yang meminta orang lain, yang menerima orang lain, yang memberikan orang lain. Terus apa hubungannya sama Anas? Kalau betul ada dana yang keluar apalagi kalau tidak betul,” lanjutnya. Seperti diketahui, dalam pembacaan dakwaan mantan Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Kementerian Pemuda dan Olahraga Deddy Kusdinar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 7 November 2013, Jaksa Penuntut Umum KPK, I Kadek Wiradana, menyebut Anas mendapat jatah Rp2,21 miliar dari proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang, Kabupaten, Bogor, Jawa Barat. Uang itu digunakan untuk keperluan Anas mencalonkan diri sebagai calon Ketua Umum Demokrat pada Kongres Demokrat tahun 2010 di Bandung misalnya membayar hotel, sewa mobil pendukung Anas, membeli ponsel merek BlackBerry, menjamu para tamu, dan menghadirkan hiburan. (jpnn/udi)

pihaknya telah berulangkali mengirimkan surat kepada pemerintah negara tersebut namun tidak seluruh masalah dapat diselesaikan. “Selama ini, kita sudah menangani dan meminta pemerintah Saudi Arabia melakukan kerja sama. Beberapa kali saya mengirim surat langsung. Sayang kerja sama yang Indonesia harapkan tidak sepenuhnya terwujud. Karena itu, diperlukan tindakan cepat untuk menangani WNIO tersebut,” tuturnya. Ia menambahkan, di sisi lain, ketika pemerintah menyediakan

pesawat yang kembali ke Indonesia setelah mengangkut jemaah Haji, WNI tidak mau menggunakannya. Mengingat jumlahnya mencapai delapan ribu orang. ‘’Ssaya putuskan untuk segera dilakukan evakuasi (udara dan laut) agar segera kembali ke tanah air,” tegasnya. Pemerintah akan menggunakan anggaran dari Kementerian Luar Negeri dan bila masih diperlukan tambahan akan digunakan dana cadangan yang ada. “Biaya yang kita gunakan berasal dari anggaran Kemlu ditambah anggaran cadangan.

Yang penting saudara-saudara kita segera kembali. Saya meminta untuk mengutamakan yang lanjut usia, perempuan, anak-anak dan yang tidak sehat. KBRI dengan jajarannya harus bekerja keras,” tambahnya. Sejak 4 November hingga hari ini, menurut data Migrant Care, sudah 7.500 TKI tanpa dokumen ditahan di penjara imigrasi Arab Saudi. Masih ada 77.000 TKI tanpa dokumen yang akan dideportasi. Mereka tidak mendapat perlakuan yang layak, dan malah telantar di kamp penampungan. (jpnn/udi)

Dewan Adat Dipolisikan, Mediasi Konflik Keraton Solo Dihentikan

KIRAB BUDAYA: Prosesi kirab Malam 1 Suro pada malam pergantian Tahun Baru Jawa oleh Dewan Adat Keraton, yang dinilai sebagai bukti lembaga tersebut masih tetap eksis. SOLO-Setelah mempolisikan petinggi Lembaga Dewan Adat Keraton, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo juga menghentikan proses mediasi konflik Keraton Kasunanan Surakarta. Ini dilakukan sambil menunggu turunnya surat dari Mendagri Gamawan Fauzi. “Mediasi akhirnya terhenti karena adanya tuduhan yang menyebutkan saya memalsukan surat Mendagri yang menugaskan untuk melakukan mediasi konflik Keraton Surakarta,” kata FX Hadi Rudyatmo, Jumat, 8 November 2013. Seperti diketahui, bahwa petinggi Lembaga Adat Keraton menuduh FX Hadi Rudyatmo memalsukan surat tugas dari Mendagri. Atas tuduhan tersebut, wali kota mempolisikan kedua petinggi Lembaga Dewan Adat Keraton, yakni GKR Koes Murtiyah dan KP Edy Wirabhumi pada Rabu, 6 November 2013. Rudy menuturkan bahwa selama penghentian proses mediasi, pihaknya akan mengirimkan surat kepada Mendagri terkait pembuktian keaslian surat tugas yang isinya untuk mengatasi konflik keraton. “Mediasi terpaksa dihentikan dulu karena adanya persoalan itu,” ujar dia. Meski proses mediasi tahap awal dihentikan, namun dia mengaku akan tetap melanjutkan proses perdamaian konflik keraton. Hanya saja, ia tidak mau terburu-buru karena akan menunggu surat lanjutan dari Mendagri apakah ditugaskan kem-

bali untuk melakukan mediasi dan memfasilitasi konflik tersebut. “Karena saya itu hanya menjalankan tugas saja, tidak ada masalah pribadi dengan beliau berdua,” tuturnya. Sementara itu, digelarnya prosesi kirab Malam 1 Suro pada malam pergantian Tahun Baru Jawa oleh Dewan Adat Keraton, dianggap sebagai bukti bahwa lembaga tersebut masih tetap eksis. Bahkan, meskipun Raja Paku Buwono XIII Hangabehi mengeluarkan maklumat mengenai pembubaran Dewan Adat Keraton itu pada Senin lalu. Pengamat budaya, MT Arifin mengatakan bahwa Dewan Adat masih eksis di Keraton Kasunanan Surakarta. Hal itu terlihat dari tetap berlangsungnya penyelenggaraan kirab Malam 1 Suro pada dini hari tadi. Padahal, raja sebelumnya memerintahkan untuk meniadakan kirab tersebut. “Bukti dari eksistensi Dewan Adat adalah dalam penyelenggaraan kirab pada dini hari itu,” ujarnya. Dalam maklumat yang dikeluarkan Raja Paku Buwono XIII, selain membubarkan Dewan Adat, Sang Raja juga meminta supaya kirab pusaka dan kerbau bule pada malam pergantian Tahun Baru Jawa ditiadakan. Meski kirab tetap berlangsung, tetapi tak tampak adanya iring-iringan kirab pusaka. Sebab, yang terlihat hanya kirab kerbau bule yang diiringi para sentana dan abdi dalem keraton. Hal ini sebagai dampak dari konflik

antara raja dengan Dewan Adat yang tak kunjung damai. Meskipun raja mengeluarkan perintah untuk meniadakan kirab itu, namun pihak Dewan Adat tetap ngotot untuk menggelar acara kirab itu. Kubu Dewan Adat berpendapat bahwa kirab itu sudah menjadi tradisi turun temurun yang harus selalu digelar setiap Malam 1 Suro. Selain itu, prosesi kirab itu juga sudah menjadi daya tarik masyarakat untuk menyaksikan kirab tersebut. Lebih lanjut, Arifin menyatakan bahwa Paku Buwono XIII terlihat kesulitan untuk membubarkan lembaga yang dibentuk adik-adik sang raja. Sebab, selama ini Dewan Adat memang secara de facto memegang peranan dan posisi strategis di Keraton Kasunanan Surakarta. Selain itu, konflik yang melibatkan dua kubu tersebut bersumber pada perebutan kekuasaan di keraton. “Memang yang terjadi dalam konflik itu adalah perebutan kekuasaan. Masalah itu semakin kompleks dengan adanya kepentingan ekonomi, politik, akses, dan kepentingan lainnya di keraton,” ujarnya. Dengan begitu, ia pun berharap supaya konflik yang di mediasi Pemerintah Kota Solo bisa segera diselesaikan sehingga dua kubu itu segera berdamai. “Pemerintah jangan sampai terlalu ikut campur tangan, nantinya konflik itu malah akan semakin memanas,” tegas Arifin. (jpnn/udi)

SWEDIA- Arab Saudi disebut-sebut akan menerima senjata nuklir dari Pakistan yang sebelumnya telah mereka pesan. Senjata nuklir itu untuk menandingi Iran yang diduga tengah mengembangkan bom atom. Hal ini disampaikan beberapa sumber kepada BBC News Night pekan ini. Dalam salah satu laporannya, seorang pejabat NATO mengatakan bahwa senjata nuklir buatan Pakistan telah ditempatkan di sebuah wilayah, siap dikirimkan ke Arab Saudi. Klaim NATO ini didukung oleh pernyataan kepala intelijen militer Israel Amos Yadlin. Dia mengatakan bulan lalu bahwa jika Iran memiliki nuklir, Saudi tidak akan ketinggalan. “Saudi tidak akan menunggu satu bulan. Mereka telah membayar untuk bom itu, mereka akan ke Pakistan dan memboyong apa yang mereka butuhkan,” kata Yadlin dalam konferensi pers di Swedia. Isu pengembangan senjata nuklir Saudi telah muncul sejak tahun 2009. Saat itu Raja Abdullah menegaskan hal ini pada utusan khusus Amerika Serikat untuk Timur Tengah, Dennis Ross. “Jika Iran melampaui batas, maka kami akan membuat senjata nuklir,” kata Raja Abdullah kala itu. Beberapa tahun terakhir, Saudi memang royal menggelontorkan dana untuk membantu sektor pertahanan Pakistan, termasuk membiayai ahli nuklir dan rudal dari Barat. Feroz Hassan Khan, mantan Brigadir Jenderal Pakistan membantah bahwa kedekatan Saudi dengan Pakistan di bidang pertahanan bukan berarti mereka memesan senjata nuklir. Tapi dia tidak menafikan bahwa Saudi membantu program nuklir Pakistan. “Arab Saudi memberikan bantuan finansial agar program nuklir Pakistan bisa berlanjut,” kata Khan dalam buku biografinya, “Eating the Grass”. Laporan BBC ini dibantah Kementerian Luar Negeri Pakistan kemarin. Dia mengatakan bahwa tuduhan itu hanya dugaan yang tidak berdasar. “Pakistan adalah negara pemilik senjata nuklir yang bertanggung jawab dengan struktur komando dan kendali ekspor yang kuat,” kata pejabat Kemlu Pakistan, dilansir Al-Arabiya. Sejak 15 tahun lalu, Pakistan menyatakan sebagai negara nuklir dan melakukan uji coba pertamanya. Kepemilikan nuklir Pakistan tidak lepas dari kerja Abdul Qadeer Khan, bapak bom atom Pakistan. Pakistan merasa perlu memiliki nuklir untuk menandingi tetangganya, India. Kedua negara serumpun ini sama-sama tidak menandatangani kesepakatan non-proliferasi nuklir. Diperkirakan, ada sekitar 110 hulu ledak nuklir yang dimiliki Pakistan. (jpnn/udi)

LINTAS NASIONAL

Pembunuh Holly Ditangkap Polisi JAKARTA- Buronan pembunuh Holly Angela Hayu, Pago Satria (PG), akhirnya ditangkap petugas Kepolisian Daerah Metro Jaya, di Pandeglang, Banten. “Saat ini, tersangka dibawa menuju Polda Metro Jaya,” kata Kepala Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Herry Heriawan, di Jakarta, Jumat kemarin. Heriawan menyebutkan petugas menangkap PG, di Kampung Cikeset, Pandeglang, Banten, pukul 06.00 WIB Jumat (8/11). Walau begitu dia tidak mengurai kronologi penangkapan PG, yang diduga turut serta merencanakan pembunuhan itu bersama empat tersangka lain, yakni Surya Hakim, Abdul Latif, Elriski, dan R yang masih buron. Keempat tersangka diduga membunuh Holly atas perintah Gatot Supiartono yang menjabat sebagai auditor utama Badan Pemeriksa Keuangan. Gatot diduga menggelontorkan dana sebesar Rp250 juta kepada sopirnya, Surya Hakim, untuk merekrut pelaku pembunuhan Holly. Menurutnya, Pago Satria Permana, ditangkap aparat Subdit Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya di Kampung Ciseket, Pandeglang, Banten. Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan mengatakan, selama pelarian Pago bersembunyi di tempattempat sepi. “Dia kabur ke Ujung Kulon, Banten setelah Holly terbunuh. Dia juga selalu berpindah tempat persembunyian,” kata Herry Heryawan. Kanit V Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Komisaris Antonius Agus, menambahkan selama di Ujung Kulon, Pago berada di kuburan dan gua-gua di hutan. “Dia selalu jalan kaki kalau ke luar-masuk hutan,” ungkap Agus. Saat ini Pago sudah berada di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa.’Pago diduga salah satu dari lima pelaku pembunuhan yang disewa Gatot Supiartono, pejabat eselon I Badan Pemeriksa Keuangan. Gatot tak lain adalah suami Holly sendiri. Gatot mendekam di tahanan Direktorat Perawatan Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya, sejak 17 Oktober 2013 lalu. Sebelumnya polisi juga sudah menangkap Surya Hakim dan Abdul Latif. Sementara El Rizky tewas saat melarikan diri usai membunuh Holly pada 30 September lalu. Dia jatuh dari lantai sembilan Apartemen Kalibata City, tempat Holly tinggal. Sedangkan Rusky hingga kini masih buron. (jpnn/udi)

DITANGKAP: Dua tersangka kasus pembunuhan Holly diperlihatkan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta. Dua orang tersangka ini eksekutor pembunuhan berencana yang dilakukan terhadap Holly di apartemennya, di Kalibata City. REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Jajaran Armada Angkut Tangguh dari Suzuki MALANG – Agar bisnis lancar, pastikan Anda mempertimbangkan berbagai aspek. Salah satunya kendaraan operasional. Kendaraan yang tangguh akan membantu menekan pengeluaran sehingga memberikan keuntungan tambahan untuk bisnis Anda. Salah satu kendaraan niaga yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah koleksi dari Suzuki. Ada Carry Flat Deck, Carry Wide Deck, Mega Carry, dan Mega Carry Xtra. Keunggulan jajaran mobil pick up tersebut dibuktikan dengan sederet penghargaan yang disabet oleh armada angkut dengan penjualan nomor satu di Indonesia tersebut. Di tahun 2011, Suzuki Carry berhasil meraih penghargaan Best Pick-Up 2011, penghargaan yang sama juga diraih pada tahun 2012. Selain itu, armada yang sudah teruji lintas generasi tersebut juga berhasil menjadi kendaraan angkut yang menjadi Simbol Kebangkitan Bangsa. “Suzuki menawarkan banyak keuntungan untuk para pengusaha. Mesin bandel, irit bahan bakar, spare

GUEST GESANG / MALANG POST

UNGGUL: Suzuki Mega Carry bisa menjadi pilihan kendaraan untuk memperlancar bisnis Anda. part mudah, dan harga jual kembali yang tinggi menjadi salah satu kelebihan dari kendaraan angkut Suzuki,” jelas General Manager Suzuki Perdana

Motor, Yudi Irawan Wijaya. Salah satu armada terbaru dan menjadi produk recommended adalah Suzuki Mega Carry Xtra. Kendaraan ini menjadi

pick up dengan bak terbesar di kelasnya. Pabrikan otomotif yang berbasis di Jepang ini memang mengupgrade kendaraan niaga ini. Mega Carry Xtra memiliki ukuran bak 2.450 mm x1.670 mm. Dengan ukuran tersebut, Mega Carry Xtra mampu mengangkut lima unit motor matic 110 cc. Untuk keamanan, bak didesain terpisah dari kabin. Model ini membuat bak lebih kuat dan kabin lebih aman karena terlindung dari benturan dengan barang. Sebagai tambahan fitur keamanan barang angkutan, di dalam bak terdapat empat panel yang diperluat dengan plat besi. “Jangan lupa, chassis body terpasang dobel, lebih besar dan tebal sehingga lebih rigid, kokoh dan kuat,” tegasnya. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan mesin G15A, 1500 cc, 4 silinder, 16 valve, MPI, air in take tinggi sehingga lebih aman terhadap banjir. Selain itu, Mega Carry Xtra juga diklaim memiliki torsi lebih kuat dan tercapai di rpm rendah. “Suara mesinnya juga halus alias tidak bising,” imbuh pria ramah ini. (fia)

HSBC

Tawarkan Kartu Kredit Mudah dan Banyak Keuntungan MALANG – Salah satu jaringan bank asing yang ada di tanah air, The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) mulai tertarik untuk menjangkau wilayah Malang sebagai penyebaran unit bisnisnya. Melalui penawaran kartu kredit HSBC, bank tersebut menggelar open table di depan Hypermart Matos, dengan mengandalkan persyaratan yang mudah selama pameran. Sales Marketing HSBC Basuki Rahmad Surabaya, Ernawati menyebutkan, HSBC mulai membuka pameran awal November lalu. “Pameran ini sejak tanggal 1 sampai 15 November, dan kami pastikan persyaratan jauh lebih mudah serta menguntungkan nasabah bila menginginkan kartu kredit,” sebutnya. Menurut dia, syarat lebih mudah antara lain calon nasabah cukup menunjukkan sudah memiliki kartu kredit dari bank lain, atau memiliki saluran telepon di rumahnya. Pertanyaan awal dari sales HSBC hanya, lalu berlanjut pada penawaran yang siap menggoda calon nasabah. Seperti adanya promo buy one get one untuk pembelian menu di X.O Chinese Cuisine, adanya hadiah langsung saat buka aplikasi serta voucher Hypermart. “Itu beberapa keuntungan awal, yang bisa dinikmati langsung oleh masyarakat Malang. Masih ada beberapa keistimewaan lain seperti penghitungan poin sebesar Rp 1000 langsung dapat 1 poin yang nantinya bisa ditukar dengan voucher belanja juga,” paparnya kepada Malang Post. Lebih lanjut perempuan yang akrab dipanggil Titik ini menjelaskan, kartu kredit HSBC memiliki kelebihan juga pada sisi pembayaran dengan masa tenggang mencapai 50 hari. Jadi, bila pengguna kartu kredit berbelanja

3

ARAYA FAMILY FUN DAY

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BORONG: Pengunjung Giant sedang memborong minyak harga spesial kemarin (8/11).

Sembako Murah dan Berhadiah di Giant MALANG – Bila Anda tengah membutuhkan beberapa kebutuhan rumah tangga, cobalah untuk mengunjungi Giant Supermarket Plaza Araya. Pasalnya, selain promo store Giant yang berlaku secara nasional, Anda juga siap tergoda dengan penawaran voucher belanja serta kesempatan mendapatkan kupon undian berhadiah dalam gelaran Araya Family Fun Day. Store Manager Giant Supermarket Plaza Araya, Sungkowo memaparkan, akhir pekan ini promosi Giant pada bagian kebutuhan rumah tangga seperti gula, minyak goreng atau kecap jauh lebih murah. “Beras dan aneka bumbu dapur siap saji juga lebih terjangkau,” paparnya. Namun yang membedakan di akhir pekan ini, yakni keikutsertaan Giant Supermarket Plaza Araya dalam gelaran mall yang menyediakan puluhan hadiah elektronik melalui pengundian. Jadi, bila Anda berbelanja produk apapun di Giant dan struk Anda senilai Rp 100 ribu, Anda akan mendapatkan 1 kupon undian. Berlaku kelipatan, maksimal 5 kupon undian. Selain itu, Giant juga menyiapkan voucher belanja mulai dari Rp 25 ribu. “Lumayan, dengan berbelanja kesempatan mendapatkan berbagai macam hadiah misalkan mesin cuci dan lemari es terbuka. Belum lagi promo menarik kami yang tentunya kerap diburu customer kami,” urai Sungkowo panjang lebar. Akhir pekan ini misalnya pada bagian minyak goreng Kunci Mas 2 liter, bandrol harganya menjadi Rp 19.890 dari harga normal Rp 23.990. Untuk minyak goreng Avena 2 liter, harganya tersisa Rp 18.990 sebagai harga spesial akhir pekan.(ley/fia)

ERNI GUALERI

Makin Gaya dengan Blazer

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

PENGAJUAN: Salah satu pengunjung mall sedang mendengarkan penjelasan mengenai keuntungan yang ditawarkan kartu kredit HSBC. hari ini, pembayaran bisa menunggu juga menguntungkan bila pengguna pameran ini HSBC Surabaya menargetkan lebih lama maksimal sampai 49 hari kartu kredut HSBC kerap berkunjung 280 aplikasi selama pameran di Malang. kemudian tanpa denda. “Lebih enak ke luar negeri. Jaringannya yang inter- “Terhitung besar dengan target pengajuan tidak terlalu cepat dikejar waktu bayar, nasional, memungkinkan bertransaksi tersebut, namun pasar di Malang prospektif untuk mencapai angka itu,” di seluruh dunia. bunganya juga standar,” jelas dia. Sementara itu menurut Titik, pada tandas dia. (ley/fia) Selain itu, penawaran menarik ini

MALANG – Bila Anda tengah berencana berakhir pekan di MX Mall, cobalah mengunjungi salah satu stand bazaar yang ada di lantai 1. Erni Gualeri, sebuah tenant yang berasal dari Surabaya, hingga Minggu (10/11) besok menawarkan berbagai macam produk fashion, salah satunya blazer. Ada berbagai macam pilihan blazer yang bisa Anda temukan. Baik yang cocok untuk acara resmi seperti pergi ke kantor, untuk keperluan semi formal seperti pergi ke mall atau ke pesta. “Akhir-akhir ini blazer sedang menjadi fenomena karena modelnya yang sudah jauh modern, meninggalkan kesan blazer yang hanya cocok untuk pegawai kantoran,” ujar Intania, sales Erni Gualeri. Menurutnya, ada berbagai macam blazer, namun yang tengah digandrungi berbahan kain chiffon. Salah satunya chiffon ceruti. Blazer dengan kain tersebut pun dibuat beraneka ragam, dengan lengan, model polos ataupun model bunga-bunga. Harganya mulai dari Rp 95 ribu. “Inilah kelebihannya, dengan kain chiffon model bisa dibentuk sedemikian rupa meninggalkan kesan formal, dan hargannya menjadi lebih murah. Baik yang polos maupun motif bungabunga tampak indah,” bebernya kepada Malang Post. Pilihan warna untuk blazer mulai dari cerah seperti merah, ungu, hijau atau kuning. Lalu blazer motif bunga-bunga bandrolnya mulai dari Rp 120 ribu. Dia menambahkan, blazer ini bisa dipadukan dengan bawahan berbahan chiffon pula. Harganya pun mulai dari Rp 120 ribu sebelum diskon 10 persen yang ditawarkan selama pameran. (ley/fia)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

GUEST GESANG / MALANG POST

TIDAK PERNAH TUNTAS : Pembenahan jalan di Kota Malang kadang tidak diselesaikan sampai tuntas, seperti contohnya di jalan Teluk Pacitan ini, pengaspalan jalan sudah selesai dikerjakan, tetapi sayangnya tidak ada pembersihan. Padahal, sisa pasir di sepanjang jalan ini sangat berbahaya karena bisa membuat kendaraan bermotor terpeset dan juga debu yang banyak membuat dada sesak.

Mengenalkan Mahasiswa TI-FT-UM DENGAN TULISAN POPULER PENULISAN Karya Ilmiah merupakan mata kuliah yang harus ditempuh bagi mahasiswa jurusan Teknologi Industri FT UM. Karya ilmiah selalu melekat pada kehidupan di lingkungan perguruan tinggi karena karya ilmiah merupakan ciri pokok perguruan tinggi. Dosen tidak dapat lepas dari karya ilmiah dalam bentuk penelitian, artikel ilmiah ataupun makalah. Demikian juga dengan mahasiswa, yang tak akan pernah menyandang gelar jika tidak pernah menulis karya ilmiah baik penulisan Tugas Akhir berupa skripsi, Thesis maupun disertasi. Menulis artikel ilmiah dan makalah maupun karya-karya ilmiah lain seperti karya alternatif mahasiswa merupakan materi yang sudah biasa di­ kerjakan, akan tetapi menulis tulisan populer merupakan hal yang langka dilakukan mahasiswa, kecuali mahasiswa yang memiliki hobi menulis. Tulisan populer merupakan tulisan yang dimuat dalam media cetak dan elektronik seperti koran, atau majalah. Karakter tulisan ilmiah dan tulisan populer sangat jauh berbeda.Tulisan populer se-

benarnya lebih sederhana dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami pembaca. Bagaimanakah menulis popu­ ler itu? Berikut ini adalah cara untuk dapat mengenal lebih dekat tentang tulisan populer. Pertama, sering membaca tulisan populer Untuk dapat membuat tulisan populer, tentunya yang paling utama adalah sering membaca tulisan populer baik itu koran atau majalah. Dengan sering membaca tulisan populer maka pembaca pasti mengenal tulisan apa saja yang disajikan di koran atau majalah. Bahkan dengan sering membaca koran atau majalah maka kita akan hafal dengan kolom yang disediakan di koran. Ada kolom pendidikan, ada kolom olah raga, ada kolom keluarga, ada kolom humor dan masih banyak lagi lainnya. Setiap koran yang berbeda akan menampilkan juga kolom yang kadang kala juga berbeda dengan koran lainnya. Se­perti kita ketahui bahwa tulisan populer biasanya berbentuk artikel, seperti cerpen, karangan ilmiah dan opini. Selain itu

 

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

   





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

sering juga kita temui berita, anekdot, maupun features. Kedua, Peka terhadap Lingkungan Pada dasarnya sebuah ide tulisan itu selalu bersumber pada kejadian yang ada di lingkungan kita, seperti kejadian bencana alam, kecelakaan, pembunuhan, demo buruh, pagelaran busana, lomba desain serta masih banyak lagi peristiwa yang dapat kita lihat dalam kehidupan seharihari. Jika kita memiliki kepekaan maka dibenak kita akan muncul sebuah ide dari setiap kejadian yang kita lihat. Orang-orang yang kreatif bisa melahirkan gagasan terkait dengan kejadian itu. Maka bisa saja muncul ide menulis opini terkait dengan masalah atau peristiwa yang dilihatnya. Ide inilah yang dapat dikembangkan dan dituangkan dalam bentuk tulisan agar lebih bermanfaat. Ketiga, Memiliki wawasan tentang menulis populer Penulisan ilmiah di lingkungan kampus sangat berbeda dengan menulis tulisan

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

Oleh:

AGUS HERY SI Dosen Karya Ilmiah Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang populer. Setiap karya tulis baik karya ilmiah maupun tulisan populer memiliki acuan dan pedoman menulis yang berbeda-beda. Untuk penulisan karya tulis non populer harus mengikuti aturan tata tulis yang berlaku. Kalau di dunia kampus kita akan mengenal dengan pedoman penulisan Karya Ilmiah. Sedangkan untuk tulisan populer mengikuti kaidah penulisan populer. Biasanya penulisan populer dalam bentuk artikel lebih simpel. Menulis Artikel di koran hanya terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pembukaan, isi dan penutup serta penjudulan. Bagian pembukaan biasanya berisi tentang rumusan latar belakang permasalahan dan membatasi permasalahan agar tulis an terfokus, permasalahan menarik tapi sederhana sehingg dapat memikat dan mengikat pembaca, sehingga pembaca penasaran. Bagian isi meliputi pembahasan permasalahan yang didukung fakta yang dilihat/dirasakan atau hasil kajian pustaka untuk menguatkan opini yang menggunakan alur berpikir dari umum ke khusus atau sebaliknya. Isi yang diangkat biasanya latar belakang suatu persoalan yang terkait dengan kenyataan sosial atau faktor lain. Meramalkan dampak yang akan timbul, serta merumuskan penilaian sikap moral/menginterpretasikan. Selain masalah isi, yang tak kalah penting adalah judul yang bisa menjadi pemicu daya tarik orang untuk membaca. Untuk menuliskan judul pada tulisan populer harus memperhatikan unsur yang menarik, menggunakan kata aktif, atraktif dan singkat ( max 8 kata ).

    

 

Meskipun judul menjadi bagian yang paling menarik, tapi tetap harus diperhatikan jangan sampai terbelenggu pada judul yang bisa membatasi kreatifitas. Bagi para penulis pemula sering muncul pertanyaan, menulis dulu atau menulis judulnya terlebih dulu. Sebaiknya menulis saja dulu sesuai dengan ide yang sudah dikembangkan berdasarkan data-data penguat. Setelah tulisan selesai, maka judulnya bisa ditentukan berdasarkan bagian yang paling menarik dari artikel tersebut. Sedangkan untuk tulisan berita di koran biasanya berita itu memiliki kelayakan untuk dimuat baik layak dari proses kejadian, dampaknya, serta ketokohannya Selain hal tersebut dalam menulis berita di koran harus mempertimbangkan actuality/ kehangatan, yang artinya berita yang dimuat merupakan berita yang aktual atau berita terbaru. Berita juga layak dimuat apabila memiliki unsur exclusive/ lain dari yang lain, proximity/ kedekatan, m­i salnya berita tentang arema pas di muat untuk konsumsi masyarakat Malang karena Arema merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kota Malang. Yang terakhir berita layak di muat jika ada unsur magnitude. Keempat, niat dan kemauan untuk menulis Kemauan yang kuat dari dalam diri sendiri adalah kekuatan terbesar yang dapat mewujudkan ide dalam pikiran kita untuk menjadi tulisan. Awal memulai menulis terasa sangat berat, akan tetapi se­ suatu yang sering kita lakukan akan menjadi kebiasaan. Sehingga menulis bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Melalui kunjungan ke Malang Post inilah mahasiswa belajar mendekatkan pengetahuan yang di peroleh di dunia kampus pada pengalaman nyata yang ada di lapangan, sehingga mahasiswa dapat memiliki wawasan tentang penulisan populer dari nara sumber yang tepat. Selamat mencoba membuat tulisan populer. (*)

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Ipok

Ngalam

Sanksi Tegas Pelanggar Lalin SUDAH tiga hari jalur satu arah di seputar kampus Universitas Brawijaya diberlakukan. Hasilnya memang belum sempurna, tapi paling tidak sudah bisa melancarkan lalu lintas yang biasa tersendat di Jalan Gajayana/Sumbersari dan MT Haryono/Panjaitan. Kemarin, lalu lintas di dua jalur tersebut sudah tidak ada kendala, hanya ada antrean agak panjang di traffic light perempatan ITN, jembatan Suhat dan pada proyek galian jalan. Praktis para petugas dari Polres Malang Kota, Dishub dan Satpol PP sudah agak santai dibanding pada hari Rabu, saat satu jalur itu diberlakukan. Kala itu, terjadi kemacetan hampir di semua ruas jalan, termasuk di Jalan Bogor dan Veteran. Masyarakat pengguna jalan kecewa karena perjalanannya terhambat. Sayangnya, kekecewaan itu kemudian ditunjukkan dengan melanggar lalu lintas. Misalnya, banyak sepeda motor yang melanggar, berjalan melawan arah di belakang mikrolet. Jalur mikrolet juga dipakai oleh pengendara motor dari arah berlawanan. Maksudnya ingin lebih cepat, justru sebaliknya menambah kemacetan. Secara umum kebijakan tersebut sudah bagus, meskipun tidak menutup kemungkinan masih banyak yang harus dibenahi, termasuk pengerjaan gorong-gorong di Betek dan Sumbersari yang lambat dan pemicu kemacetan. Infrastruktur jalan dan rambu harus dipersiapkan, termasuk kesiapan petugas mengawal aturan baru tersebut. Masyarakat penggunan jalan juga harus berpartisipasi menyukseskannya dengan menaati aturan, tidak main serobot jalur orang lain. Masalah paling utama dalam penerapan satu jalur itu adalah pengguna jalan yang tidak disiplin. Kalau semua pengguna jalan mau berdisiplin dan sedikit bersabar, perjalanan akan lancar. Saling serobot jalur membuat dengan alasan agar lebih cepat sampai, akan menghambat perjalanan orang lain dan pelaku sendiri. Untuk menerapkan disiplin ini memang harus diterapkan sanksi yang tegas. Kalau mengaca sterilisasi jalur busway di Jakarta, sanksi tindakan tegas perlu diberlakukan. Misalnya, mobil yang melanggar didenda Rp 1 juta sedangkan motor Rp 500 ribu. Setelah denda itu diberlakukan, jalur yang biasanya ruwet – sehingga membuat busway tidak lancar – menjadi lengang dan lancar. Tidak ada salahnya aturan di jalur busway itu diberlakukan di satu jalur. Penerapan aturan secara persuasif sudah dilakukan, sekarang tinggal penegakan disiplin dan penerapan sanksi . Memang idealnya aturan itu diberlakukan tanpa ada yang terkena sanksi, kalau semua taat dan disiplin, tapi kenyataan tidak begitu. Diantara yang taat itu ada beberapa yang melanggar. Para pelanggar itulah yang harus ditindak tegas, sebab kalau tidak akan membawa efek kepada yang lain. Kalau melihat pelanggar dibiarkan, yang lain pasti akan mengikuti, sedikit demi sedikit akhirnya banyak. Kita perlu menyarankan kepada petugas untuk tidak ragu-ragu menindak pelanggar aturan demi kelancaran lalu lintas yang menjadi dambaan banyak orang. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: SHUVIA, LAYOUTER: SLATEM


TECHNOCELL

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

5

Samsung Gelar Promo Cash Back MALANG – Kabar gembira ditujukan kepada para pecinta smartphone. Itu seiring adanya promo penjualan untuk ponsel Samsung Galaxy Note 3. Ponsel pintar yang dibanderol dengan harga normal Rp 8,79 juta ini bisa dibeli hanya dengan harga Rp 7,99 juta saja. “Ada promo potongan harga untuk Samsung Galaxy Note 3 yaitu Rp 800 ribu,’’ tegas Customer Service Erafone, Agusti Dewi. Dara yang akrab disapa Dini tersebut menuturkan, promo potongan harga itu tidak berlaku di semua gerai penjualan. Program yang digelar milai 7 hingga 30 November tersebut hanya berlaku di Erafone MOG. Dikatakan Dini, promo cash back ini diberikan salah satunya untuk meningkatkan penjualan, sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada para konsumen. “Ini merupakan kali pertama promo cash back diberikan untuk penjualan Samsung Galaxy Note 3,’’ katanya. Dini menampik, jika promo cash back ini diberikan lantaran Samsung Galaxy Note 3 tidak laku. Pasalnya, program tersbeut juag berlaku untuk produk lain keluaran pabrikan teknologi yang berbasis di Korea Selatan ini. “Hampir semua produk Samsung ada promo cash back. Ini bisa dimanfaatkan para pecinta gadget untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga lebih terjangkau,’’ urai Dini.

Facebook Segera Tambah Star Rating

RIZAL FANANY/MALANG POST

LEBIH MURAH: Samsung Galaxy Note 3 ditawarkan dengan harga lebih murah hingga 31 November mendatang.

Terkait dengan spesifikasi Galaxy Note 3 sendiri, Dini pun menjelaskan secara detail, Samsung Galaxy Note 3 merupakan smartphone terbaru di kelas premium. Bagian belakang Galaxy Note 3 dibalut bahan kulit sintetis dengan aksen jahit klasik. Bahan kulit ini, tak hanya

membuat Samsung galaxy Note 3 terlihat lebih elegan, namun juga lebih aman karena tak licin saat digenggam. Seperti kakaknya, Samsung Galaxy Note 2, ponsel ini juga dilengkapi dengan S Pen. Tapi begitu, S Pen yang tertanam jelas berbeda, dan lebih canggih.

Ponsel yang memiliki layar seluas 5,7 inci ini dibekali dengan presesor octa core. Kecepatan prosesor dibagi dua, yaitu 1.9 quadcore dan 1.3 quad core. Untuk layar ponsel ini disokong dengan layar full HD super AMOLED beresolusi 1920 X 1080. Kinerja ponsel ini meng-

gunakan operating sistem Android 4.3 Jelly Bean. Ponsel ini juga dilengkapi dengan dua kamera, yaitu kamera utama menggunakan lensa 13 megapiksel, sedangkan kamera kedua di depan didukung dengan lensa 2 megapiksel. (vik/fia)

ISTIMEWA

SELAIN memperbarui tombol Like dan Share, Facebook kabarnya akan menambahkan fitur Star Rating atau penilaian pada versi resmi situsnya. Dari hasil screenshot pada situs TechCrhunc, fitur Star Rating itu akan muncul pada bagian atas laman. Pemberian nilai Rating berbentuk bintang dari skala nol sampai lima. Fitur Rating tersebut akan berlaku pada laman grup, bisnis, lokasi, atau akun tertentu. “Kami menambahkan fitur Star Rating pada Facebook di perangkat mobile dan desktop untuk mempermudah pengguna mengetahui laman bisnis dan grup yang bagus di sekitar mereka. Ini akan bermanfaat untuk pemilik bisnis dan konsumen, “ kata juru bicara Facebook. Sebelum meluncurkan fitur ini, Facebook melakukan uji coba pada beberapa laman grup. Perusahaan mengumpulkan data untuk Star Rating berdasarkan komentar pengguna dari desktop dan dengan menggunakan aplikasi yang dipasang pada timeline. Sebenarnya, Facebook sudah memiliki tombol Like yang bisa digunakan pengguna untuk menilai suatu komentar, foto, atau laman sebuah grup. Akan tetapi, menurut perusahaan, tombol Like ini masih sangat ambigu. Banyak yang menganggap Like hanya sebagai tanda suka. Padahal, banyak pengguna memberikan Like sebagai ungkapan simpati, solidaritas, dukungan, atau bahkan simbol tak suka. Dengan fitur Star Rating ini, Facebook berharap pengguna akan lebih mudah menilai dan mencerna informasi suatu laman. Facebook juga menganggap cukup mudah bagi pengguna untuk memberikan Like pada suatu laman. Namun, untuk memberikan penilaian, pengguna pasti akan lebih obyektif dan mempertimbangkan dulu berapa nilai yang pantas diberikan. Sejauh ini, belum jelas kapan fitur itu akan diluncurkan atau apakah Star Rating ini fitur pilihan atau wajib digunakan. Namun, jika sudah diluncurkan, dengan fitur itu Facebook berharap mampu bersaing dengan Foursquares, Angie’s List, dan jejaring sosial lain yang sudah memiliki fitur serupa.(tmp/fia)

EDITOR: Tampilan aplikasi foto editing di android kitkat.

Kitkat Bisa Olah Foto ala Photoshop

IRA RAVIKA/MALANG POST

KEUNGGULAN: Tiger KF 111 tablet unik dengan layar super AMOLED.

Tiger KF 111

Adopsi Desain PSP MALANG – Sebagai pabrikan lokal, Tiger tidak hanya fokus pada teknologi untuk setiap produknya. Bentuk fisik gadget besutannya pun dipikirkan secara matang. Itu lantaran perusahaan lokal ini berpikir salah satu faktor konsumen membeli gadget selain teknologinya yang mumpuni, bentuk juga memiliki pengaruh yang besar Alasan tersebut membuat Tiger melahirkan tablet dengan bentuk yang sangat unik. Produk dengan nomor seri KF111 ini tidak seperti tablet kebanyakan, lantaran bentuknya yang lebih mirip PSP, lengkap dengan berbagai tombol di sekitar layar. Belum diketahui jelas fungsi tombol-tombol tersebut, lantaran tablet ini memiliki layar touchscreen. Marketing Sentral Mobile Shop Malang Plasa, Puji Lestari mengatakan, tablet baru ini memang memiliki bentuk yang

unik. Lantaran keunikan itulah, tablet tersebut banyak diminati konsumen. Tak hanya bermodal desain, KF111 juga memiliki spesifikasi yang tak mengecewakan. Misalnya saja layar, tablet ini mengusung layar jenis Super HD AMOLED. Hadirnya layar Super HD AMOLED ini tentu mengundang pertanyaan, lantaran biasanya layar jenis tersebut ditanam pada ponsel atau tablet kelas premium. “Harga tablet ini hanya Rp 1 juta saja, seperti pada stiker yang tertempel, layarnya menggunakan layar Super HD AMOLED,’’ kata Puji. Teknologi WVGA yang ditanam membuat layar tablet ini super sensitive. Seperti tablet lokal pada umumnya, tablet ini dilengkapi dengan fitur TV Analog. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan pengguna untuk melihat berbagai program televise. Tablet ini

juga dilengkapi dengan pemutar musik MP3 dan MP4. Dan yang tidak kalah penting, tablet ini hadir dengan kekuatan dua kartu. “Tablet ini juga dilengkapi dengan dua kamera, kamera utama menggunakan sensor 2 megapiksel, sedangkan kamera kedua di depan menggunakan sensor 0.3 megapiksel,’’ papar Puji. Aktivitas tablet dengan lima pilihan warna ini disokong dengan baterai berkapasitas 4000 mAH. Kapasitas yang cukup besar ini akan menghilangkan rasa khawatir pengguna saat menggunakan tablet ini secara mobile. “Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, semakin besar daya yang dibutuhkan, karena itulah, KF 111 dibekali baterai 4000 mAh sehingga bisa tetap hidup kendati dipakai seharian penuh,” tandas dia. (vik/fia)

ANDROID versi 4.4 atau yang juga dikenal dengan julukan “Kitkat” telah resmi meluncur akhir bulan lalu. Akan tetapi, ada satu fitur penting yang tak disebutkan Google saat mengumumkan kehadiran sistem operasi mobile terbarunya itu. Sebagaimana dilansir oleh PetaPixel, berdampingan dengan macam-macam kemampuan baru lainnya, Kitkat ternyata turut dilengkapi dengan aplikasi olah foto yang terbilang canggih, seperti Adobe Photoshop, untuk ukuran aplikasi mobile. Aplikasi yang menggantikan editor foto sebelumnya di dalam Gallery ini bisa diakses dengan menekan icon “edit” saat membuka gambar. Di dalamnya terdapat sejumlah tool editing seperti selective editing, graduate filter, dan pengaturan saturasi per channel warna. Teknologi dalam editor foto Android Kitkat terlihat seperti diambil dari Nik, pembuat aplikasi image editing populer Snapseed yang diakuisisi Google tahun lalu. Editor foto tersebut juga bersifat non-destruktif. Artinya, foto hasil editing akan disimpan sebagai file terpisah, sementara file gambar asli tetap ada dan aman. Ketika sudah menyelesaikan proses editing, pengguna bisa menyimpan hasil modeifikasi sebagai preset filter. Developer Android Nicholas Roard mengatakan bahwa aplikasi penyunting gambar itu nantinya akan tersedia secara default di perangkat Android 4.4 “Kitkat” dan bisa digunakan di smartphone dan tablet.(kps/fia)

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


JATIM

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Aklamasi, Wisnu Sakti Terpilih Jadi Wawali Surabaya SURABAYA- Tak butuh waktu lama untuk memilih Wakil Walikota Surabaya pada Jumat (8/11), kemarin. Setelah Sidang Paripurna Pemilihan Wakil Walikota Surabaya dibuka pukul 18.10 WIB, hanya berdurasi sekitar 10 menit, sidang paripurna tersebut berhasil memilih Wakil Walikota baru secara aklamasi. Sebelumnya, Pemilihan Wakil Walikota Surabaya kali ini memilih dua calon, yakni Wisnu Sakti Buana serta Syaifudin Zuhri. Setelah pembacaan ketentuan dan tata cara pemilihan oleh Sekretaris Dewan, Syaifudin Zuhri mengajukan interupsi dengan meminta pemilihan secara musyawarah. “Interupsi ketua, untuk menjunjung tinggi nilai bangsa Indonesia, alangkah baiknya kita memilih secara musyawarah,” ujar Zuhri. Wisnu Sakti yang saat itu tampil sebagai pimpinan Sidang, menawarkan usulan Syaifudin kepada peserta sidang yang langsung ditanggapi dengan setuju. Sebelum memulai pembicaraan, Armuji, salah satu anggota Sidang Paripurna menawarkan pilihan dijatuhkan kepada Wisnu Sakti Buana. Tanpa ada interupsi, peserta sidang mengamini usulan Armuji dan terpilihlah Wisnu Sakti Buana sebagai Wakil Walikota Surabaya menggantikan Bambang DH secara aklamasi. Setelah palu digedok, suasana Sidang Paripurna DPRD Surabaya berubah menjadi ajang bersalaman. Semua anggota sidang memberikan ucapan selamat kepada Wisnu Sakti Buana yang terpilih

6

Surat Nikah di Kabupaten Mojokerto Habis

HABIS: Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto menggunakan surat keterangan nikah, karena peningkatan permintaan pernikahan di berbagai KUA, sementara buku nikah habis.

AKLAMASI: Wisnu Sakti (tengah dan berkopiah) disambut massa PDIP Surabaya setelah terpilih secara aklamasi menjadi Wakil Wali Kota Surabaya. menjasi Wakil Walikota Surabaya. Para pendukung dari partai PDIP pun ikut bersorak merayakan terpilihnya Wisnu Sakti Buana. Sidang yang hanya berjalan 10 menit secara aklamasi tersebut, seakan memberikan bukti bahwa proses pemilihan Wakil Walikota Surabaya seharusnya dapat berjalan dengan singkat tanpa mengorbankan kepentingan masyarakat. Sebelumnya, paripurna pemilihan wawali Surabaya itu sempat gagal. Hingga, Ketua DPRD Surabaya memutuskan

untuk menemui Gubernur Jatim untuk melakukan konsultasi. “Kita minta pendapat sekaligus konsultasi ke gubernur karena sampai deadlock. Tadi pagi sebenarnya sudah berkomunikasi ke Gubernur melalui bagian hukum,” kata Ketua DPRD Surabaya M Machmud kepada wartawan, pagi kemarin. Politikus Partai Demokrat ini menambahkan, hasil komunikasi dengan bagian hukum Pemprov Jatim, DPRD Surabaya diberi 2 tugas yang harus diselesaikan. “Saya diberi dua tugas, APBD harus selesai dan

logika, selama ini panlih kan tugasnya menyiapkan sarana prasarana pemilihan wawali. Nyatanya apa, tugas pokok fungsi panitia pemilih dikebiri,” kata Eddy Rusianto, kemarin. Tak hanya itu, politisi Gerindra ini juga menyebut, paripurna pemilihan wawali Surabaya seharusnya dipimpin Ketua DPRD Surabaya. “Massa penggantinnya yang mimpin sidang. Harusnya kan ketua bisa ambil alih. Kita sebenarnya mendukung pemilihan ini, kita hanya ingin mekanisme dijalankan sengan benar,” ujarnya. (jpnn/bj/udi)

Jusuf Kalla Ziarah ke Makam Sunan Ampel

TABRAK MASSAL DI SIDOARJO

Brigjen (Purn) Totok, Orangtua Anggara Minta Maaf SURABAYA- Keluarga menyampaikan permintaan maaf atas insiden yang terjadi di SMA Hang Tuah 2 Gedangan Sidoarjo yang melibatkan Anggara Putra Trisula (20). “Kami minta maaf, terutama kepada korban dan keluarganya. Karena akibat paniknya Angga, jadi ada korban,” kata ayah Anggara, Brigjen (pur) Totok Sudharto usai menjenguk di RS Bhayangkara, Jumat (8/11/2013). Tak hanya itu, Totok dan keluarganya akan membantu biaya pengobatan para korban. “Kami sekeluarga akan bantu biaya perawatan,” ujarnya. Ibunda Anggara menambahkan, anaknya bukanlah sosok yang beringasan. Menurutnya, Anggara justru seorang anak yang penurut yang cukup dekat dengan ayahnya. “Anak saya bukan tipe yang beringasan. Angga itu dekat dengan bapaknya. Ngerorok aja enggak. Kalau mau keluar gitu, saya suruh pulang jam sekian, ya jam sekian dia sudah ada di rumah lagi,” tuturnya. Dari pengakuan sang ibunda, keluarga kini dikerahkan untuk memantau kondisi para korban. Kakak Anggara dan menantunya juga sudah menjenguk staf TU yang menjadi korban Anggara. “Kami bagi-bagi tugas. Kakaknya yang menemui korban lainnya. Ini sekarang kami mau ke Rumah Sakit Mitra Keluarga untuk membesuk Alif,” tambahnya. Korban terparah adalah Alif Kurnia Safitri. Siswi kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo ini terlindas. Kasus tabrak massal yang melukai 4 orang, yakni guru, siswa dan staf TU di SMA Hang Tuah 2 itu kini tengah diproses hukum di Polres Sidoarjo. Anggara yang menabrak dengan Honda Jazz sudah ditetapkan sebagai tersangka. Namun baru sehari mendekam di ruang tahanan, Anggara dibawa ke RS Bhayangkara karena mengeluh sakit kembung dan susah tidur. Kasus ini juga berkembang karena Anggara balik melaporkan siswa SMA Hang Tuah 2 dengan tuduhan pengeroyokan dan perusakan mobil. (jpnn/udi)

wawali juga harus selesai. Tapi kan sekarang kembali deadlock,” ujarnya. Selain Mahmud, beberapa anggota fraksi Demokrat juga ikut dalam rombongan yang akan berkonsultasi dengan Pemprov Jatim diantaranya, Junaidi, fraksi PDIP Wisnu Sakti Buana, Baktiono dan Adi Sutarwiyono. Batalnya rapat paripurna pemilihan Wawali Surabaya itu, beberapa fraksi di DPRD Surabaya menganggap ada mekanisme pemilihan yang dilanggar. “Bisa ditelaah secara

ZIARAH: Jusuf Kalla berziarah ke makam Sunan Ampel di sela kunjungan ke Surabaya, Jumat, kemarin. SURABAYA- Mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla berziarah ke makam Sunan Ampel di sela kunjungan ke Surabaya, Jumat, (8/11). Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu berdoa selama sekitar 20 menit di Makam Sunan Ampel. Lalu ia bersama pengurus DMI dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur menunaikan Salat Jumat di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya. Jemaah langsung

mengerumuni dia dan berebut bersalaman dengan dia usai salat. Jusuf Kalla sempat berkeliling melihat kondisi masjid tua itu dan berdialog dengan pengurus (takmir) Masjid Agung Sunan Ampel. “Saya datang sebagai Ketua Dewan Masjid, saya setiap Jumat selalu berkeliling masjid. Saya lihat kondisi masjid ini masih cukup baik, tapi mungkin akses masuk yang kurang luas,” katanya. Ia juga memuji upaya takmir

Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya melakukan perluasan masjid dan makam, meski terkendala dengan keterbatasan lahan di kawasan padat penduduk itu. Ketika ditanya tentang pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan umum tahun 2014, ia menjawab: “Saya ke sini berdoa langsung kepada Allah SWT. Saya juga mendoakan Sunan Ampel, jadi enggak ada hubungan dengan itu. (jpnn/udi)

MOJOKERTO-Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto menggunakan surat keterangan nikah, karena peningkatan permintaan pernikahan di berbagai KUA se-Kabupaten Mojokerto. Sementara di Kota Mojokerto, surat nikah malah berlebih karena permintaan pernikahan tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Persediaan buku nikah di Kemenag Kota Mojokerto berlebih karena permintaan pernikahan tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Seksi urusan agama Islam kantor Kemenag Kota Mojokerto mencatat, tahun ini ada sekitar 800 permintaan pernikahan. Jumlah ini menurun dibanding tahun lalu sebanyak 950 permintaan pernikahan. Di Kota Mojokerto yang hanya terdiri dari dua kecamatan dengan 18 kelurahan, jumlah pernikahan ini kategori tinggi. Meski demikian, persediaan buku nikah tetap berlimpah. Menurut kepala kantor Kemenag Kota Mojokerto Syamsuri Arif, jumlah buku nikah tinggal 100 buah, maka KUA akan melapor ke seksi urusan agama Islam Kemenag Kota Mojokerto. Sehingga tidak ada ketelatan buku nikah di tingkat KUA. “Kalau stok surat nikah tinggal 100, saya perintahkan untuk segera melapor ke kami,” kata Syamsuri Arif. Sementara di Kabupaten Mojokerto, persediaan buku nikah malah habis. Permintaan pernikahan tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun ini mencapai sekitar 8.000 permintaan. Sedang tahun lalu 7.400 permintaan pernikahan. Karena jumlah permintaan yang terus meningkat, kantor Kemenag kabupaten Mojokerto menggunakan surat keterangan nikah. Jumlah permintaan duplikat surat nikah juga meningkat, sebab banyak surat nikah yang hilang atau rusak berat dan diduplikatkan ke kantor kemenag setempat. (jpnn/udi)

2014, Jamkesda Tanggung Pasien Cuci Darah SURABAYA- Program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) Pemprov Jatim siap menanggung biaya pengobatan penyakit yang dapat menyebabkan masyarakat jatuh miskin. Yakni, cuci darah dan operasi bayi yang mengalami Hydrocephalus (kepala yang membesar). Hal ini dikatakan Gubernur Jatim Soekarwo saat ditemui wartawan seusai rapat penyelenggaraan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) di gedung negara Grahadi Surabaya, Kamis (7/11/ 2013). Pakde Karwo menjelaskan, mulai tahun depan, Jamkesda siap menanggung berbagai penyakit yang berpotensi menyebabkan masyarakat jatuh miskin. Di antaranya gagal ginjal, hydrocephalus, kelainan pendarahan (hemomfilia) dan pasien yang Soekarwo mengalami gangguan jiwa. “Anggaran yang disiapkan untuk Jamkesda sebanyak Rp 118 miliar. Jumlah tersebut merupakan sharing 50:50 antara Pemprov dengan pemerintah kabupaten/kota. Jadi dengan adanya program ini, saya minta seluruh Rumah Sakit milik pemerintah untuk tidak menolak pasien,” tegasnya. Disampaikan, Jamkesda ini mendukung progam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang mulai diberlakukan 1 Januari 2014. Menurut data, masyarakat Jatim yang terdaftar dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS adalah sebanyak 40 persen penduduk Jatim, atau sebanyak 14.001.871 jiwa. Sedangkan Jamkesda menanggung sebanyak 707.000 jiwa. “Jadi, pengobatan untuk berbagai penyakit yang menyebabkan jatuh miskin itu akan kami masukkan dalam BPJS. Khusus penanganan pasien gangguan jiwa, kami telah bekerja sama dengan dokter spesialis kejiwaan untuk mewujudkan Jatim bebas pasung tahun 2014,” ujarnya. Pakde Karwo mengungkapkan, dari jumlah 14.001.871 jiwa tersebut, sebanyak 350 ribu jiwa belum mendapat kartu identitas. Oleh sebab itu, pihaknya menargetkan pada akhir November kartu tersebut dapat rampung. “Jika belum selesai sampai akhir November, maka Dinkes membuat kartu pengganti sementara. Ini agar seluruh peserta BPJS dapat memperoleh layanan kesehatan,” tuturnya. (jpnn/bj/udi)

Balai Besar POM Surabaya Beri Penyuluhan Warga Malang MALANG-Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) di Surabaya, memberikan penyuluhan kepada warga Kota Malang dan Kabupaten Malang. Penyuluhan yang diberikan berupa manfaat dan resiko menggunakan atau mengkomsumsi makanan atau obat yang dibeli di toko, pasar, kios, toko obat atau makanan yang mengandung formalin. Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BB POM Surabaya, Dra. Retno Chatulistiani P, Apt menerangkan bahaya yang dialami masyarakat jika mendapatkan makanan atau obat yang merusak terhadap kesehatan. “Secepatnya masyarakat melaporkan kepada kami, bila menemukan hal-hal yang men-

curigakan.” terangnya. Ditambahkan Kepala BB POM di Surabaya, Dra. Endang Pudjiwati Apt, MM, banyak masalah yang terjadi di masyarakat karena banyak yang kurang memahami dan mengetahui obat atau makanan yang aman untuk dikonsumsi. “Efeknya sering menyebabkan gangguan kesehatan bagi penggunanya, dan ini masih banyak ditemukan terhadap produk obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat mutu dan keamanan,” papar Endang. Saat ini, menurut dia, tenaga pengawas dan penyuluh yang kompeten masih terbatas. Sehingga pengetahuan atau kepedulian produsen, industri kecil dan konsumen terhadap mutu dan keamanan produk, masih cukup kurang. “Kami

akan selalu memberikan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang produk obat dan makanan yang berkualitas,” tegas dia. Anggota Komisi IX DPR RI, Habib Djamal Aziz yang turut hadir dalam acara itu mengatakan, dalam menggunakan obat atau makanan, harus memakai produk yang halal. “Untuk kaum hawa, hendaknya menggunakan bedak atau lipstik yang halal dan bersyariat Islam,” tegasnya. Justru dia mengingatkan agar memperbanyak ibadah sholat. “Dengan berwudhu, maka akan terpancar di wajahnya nur atau cahaya. Itu yang akan lebih sempurna dan sehat,” tegas Habib Djamal Aziz (zan/mar/adv)

ZAINAL ARIFIN/MALANG POST

TES OBAT: Kepala Balai Besar POM di Surabaya, Dra. Endang Pudjiwati Apt, MM menyerahkan alat tes obat dan makanan ke Dinkes Kota Malang disaksikan anggota Komisi IX DPR RI, Habib Djamal Aziz. REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SAMBUNGAN Boleh Empat, Arema Mau Tiga Sambungan dari Hal 1 Regulasi baru soal kuota asing ini ,berbeda ketimbang kompetisi 2012/2013. Musim lalu, PT Liga menerapkan aturan kuota lima pemain asing dengan komposisi 3 non Asia dan 2 Asia. Semua pemain asing diperbolehkan turun secara bersamaan. Praktis, para pemain lokal tak banyak memiliki kesempatan untuk bersaing di starter. Musim lalu, Arema memiliki lima pemain asing di putaran pertama dan penambahan satu pemain asing di putaran kedua. Pada paruh awal ISL 2012/2013, pemain asing Arema adalah Alberto Goncalves, Keith Kayamba Gumbs, Thierry Gathuessi, Safee Sali dan Muhammad Ridhuan. Tapi, belum juga kompetisi dimulai, Safee sudah dipinjamkan ke klub Darul Takzim FC. Sehingga, jatah

Asia kosong satu slot. Awal musim lalu, Arema berlaga dengan empat pemain asing. Memasuki putaran kedua, Muhammad Ridhuan dipinjamkan ke Persisam Putra Samarinda. Lalu, nama Edmar Garcia masuk mengisi pos kuota asing Asia yang ditinggal oleh Ridhuan. Memasuki pra musim 2013/2014 sekarang, Arema sudah mencoret empat pemain asing, yakni Muhammad Ridhuan, Safee Sali, Edmar Garcia, dan Keith Kayamba Gumbs. Pemain asing yang dipertahankan adalah Alberto Goncalves, sementara Thierry Gathuessi masih digantung. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda jatah pemain asing selain Beto, bakal terisi. Gathuessi masih belum ada kejelasan nasibnya di Arema, sementara pemain seleksi Pablo Dante Azcurra juga belum ada

tanda-tanda bakal dikontrak. Ruddy menegaskan, Arema tidak akan menggunakan seluruh jatahnya meskipun PT Liga memberi jatah empat pemain asing. ‘’Kita pakai tiga pemain asing saja. Entah nanti komposisinya seperti apa. Yang jelas, kita tidak akan pakai empat. Kita tidak mau bayar pemain nganggur. Percuma kita punya empat tapi gak bisa dipakai semua,’’ tegas pengusaha travel tersebut. Dengan sikap yang ditunjukkan oleh Ruddy terkait mengontrak tiga pemain asing, Arema hanya tinggal berburu dua pemain saja. Pria berkacamata ini menambahkan, selain Beto yang berposisi di striker, dua pemain asing lain adalah playmaker dan defender. ‘’Dua slot asing yang tersisa adalah gelandang playmaker dan defender,’’ tutupnya. (fin/avi)

Kirab Budaya Awali Ruwatan Agung Sambungan dari Hal 1 Atraksi Leang-Leong (Naga Liong) dari Klenteng Eng An Kiong, mengawali parade yang berlangsung mulai sekitaran Bundaran Tugu sampai Jalan Semeru. Berikutnya, berbagai grup dan komunitas seni tak mau ketinggalan menyemarakkan even geberan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang itu. Mulai dari kesenian lokal Bantengan, sendratari Ramayana, penampilan Putri Ken Dedes, hingga peragaan kostum artistik dunia yang sempat memeriahkan World Costume Carnival Celaket beberapa waktu lalu, ditampilkan sepanjang perjalanan. Tak kalah menarik adalah keikutsertaan delegasi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Papua yang menampilkan kesenian lokal daerahnya. Sutiaji berharap, even semacam ini bisa mengikis krisis ideologi yang menerpa bangsa Indonesia. Paling

tidak, masyarakat Kota Malang bisa terus melestarikan kearifan lokal yang dibangga-banggakan. ‘’Paling tidak, kegiatan ini terus mengasah kreativitas kita untuk terus melestarikan kesenian asli budaya lokal, sehingga tidak sampai kehilangan jati diri,’’ ujar Wawali Malang ini dalam sambutannya. Dengan respon yang begitu positif, ditandai dengan tingginya animo peserta dan penonton, diharapkan kegiatan kirab budaya ini bisa menyedot lebih banyak partisipan pada penyelenggarannya tahun depan. ‘’Semoga jumlah pesertanya nanti semakin bertambah. Kalau sekarang 25 grup, berikutnya lebih dari 30 grup,’’ serunya antusias. Sebelumnya, Kepada Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni menandaskan, even bertema ‘Mempersatukan Potensi Kota Malang yang Bhineka’ ini bisa menjadi

wadah untuk mengembangkan kreativitas dari kampung-kampung di seantero Kota Malang. ‘’Masyarakat bisa menonjolkan ciri khas masing-masing wilayahnya, namun tetap menyatu sebagai warga Kota Malang,’’ tuturnya. Kirab budaya sore kemarin sekaligus mengawali acara puncak Ruwatan Agung Kota Malang yang bakal dilangsungkan malam ini di depan area Stasiun Kota Baru. Dalang Ki Sapani Anom Carito akan mementaskan pagelaran wayang bertajuk ‘Gatotkaca Kelana Jaya’, untuk merepresentasikan semangat revitalisasi dan rasa syukur warga Kota Malang kepada Sang Pencipta. Sedikitnya 15 dalang lain juga ikut berpartisipasi. Mereka bakal membawakan lakon masing-masing secara bergantian di tiga layar yang terpasang di area Jalan Kertanegara, depan Stasiun Kota Baru. (tom/avi)

Wali Kota Batu Dukung Penuh Sambungan dari Hal 1 Mereka juga terus menjaga kesehatan dengan adanya kegiatan senam hingga jalan sehat itu. Sedangkan keuntungan lain, warga bisa bertemu dengan tokoh nasional. Tokoh nasional sekelas Menteri BUMN tentu memiliki kesibukan sangat tinggi sehingga kesempatan bertemu dengan warga Malang Raya adalah hal langka. Dia juga mempersilakan warga Kota Batu untuk mengikuti even Jumat Bersih dan Sehat Bersama Menteri BUMN di Kota Malang nanti. Selain bertambah sehat, juga bisa bertemu dengan tokoh nasional. Bersamaan dengan kedatangan Dahlan Iskan di Malang Raya, tokoh nasional lain juga datang, yakni Ke-

tua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. Rencananya, mantan Presiden tersebut bakal nyekar ke Blitar dan dilanjutkan dengan agenda di Kota Batu. Sementara itu, panitia Jalan Sehat dan Senam bersama Menteri BUMN terus mengundang partisipasi masyarakat. Saat ini kaos Senam Demi Indonesia dengan desain khusus sudah bisa didapatkan di Kantor Malang Post. ‘’Bisa dipilih sesuai ukuran, model kaosnya juga sudah dipajang di front office,’’ ujar Abdul Halim koordinator ticketing acara tersebut. Kaos dengan warna dasar putih itu, bisa didapatkan dengan harga Rp 25 ribu. Sekaligus masyarakat juga bisa

langsung membeli tiket untuk jalan sehat. Harga tiket mulai dari @ Rp 3000, atau Rp 5000 (dua tiket) dan Rp 10 ribu (lima tiket). ‘’Untuk pembelian dalam jumlah besar untuk instansi bisa langsung menelepon nomor saya 08155550098,’’ tegas Halim sapaan akrabnya. Jalan sehat dan senam pagi bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan itu akan dimulai pukul 06.30 sampai dengan 10.00 pada Jumat 15 November 2013. Peserta bisa merebut hadiah puluhan juta rupiah. Diantaranya mendapatkan hadiah utama Rp 5 juta (satu orang), @ Rp 1 juta untuk lima orang dan @Rp 500 ribu untuk lima orang. (ary/feb/avi)

Tiga Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional Sambungan dari Hal 1 Penetapan tiga pahlawan nasional ini, berdasarkan usulan dari daerah asal ketiga pahlawan tersebut. Kemudian dibahas oleh tim peneliti dan pengkaji gelar pusat yang ada di Kementerian Sosial. Setelah melakukan penelitian dan pengkajian secara mendalam maka Mensos mengusulkan kepada Presiden melalui Dewan Gelar Tanda Kehormatan yang dikoordinasikan Menkopolhukam. Pemberian penganugerahan diberikan pada para ahli waris pahlawan. Di antaranya Retno Widowati Subaryo yang mewakili KRT Radjiman Wedioningrat, Maesi P. Martowardojo Lambertus ahli waris dari Lambertus Nicodemus Palar dan Sumarti Budiardjo, ahli waris dari TB. Simatupang. Radjiman Wedyodiningrat yang lahir di Jogjakarta pada 21 April 1879 merupakan salah satu tokoh

pendiri Republik Indonesia. Ia merupakan Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sementara Lambertus Nicodemus Palar (LN Palar) yang lahir pada 5 Juni 1900 di Rurukan, Tomohon, Sulawesi Utara, tercatat pernah menjabat sebagai wakil Republik Indonesia dalam beberapa posisi diplomatik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Adapun TB Simatupang, yang lahir pada 28 Januari 1920, di Sidikalang, Sumatera Utara, merupakan tokoh militer Indonesia. Dalam masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan, Simatupang turut berjuang melawan penjajahan Belanda. Ia diangkat menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Perang RI (19481949) dan kemudian dalam usia yang sangat muda ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Perang

RI (1950-1954). Pada tahun 1954-1959 ia diangkat sebagai Penasihat Militer di Departemen Pertahanan RI. Ia kemudian mengundurkan diri dengan pangkat Letnan Jenderal dari dinas aktifnya di kemiliteran karena perbedaan prinsipnya dengan Presiden Soekarno pada waktu itu. Dengan ditetapkan tiga pahlawan nasional tersebut maka jumlah pahlawan nasional total berjumlah 159 orang. Dari jumlah pahlawan nasional tersebut, sebanyak 33 pahlawan nasional dari unsur Kepolisian dan Polri. Tiga pahlawan nasional yang sudah almarhum ini akan mendapat haknya yaitu pemugaran pemakamannya dan rehabilitasi rumah. Selain itu istri pahlawan akan diberikan bantuan kesehatan Rp3 juta pertahun dan tunjangan hidup Rp1,5 juta setiap bulannya. (flo/jpnn)

Terindikasi Melawan Hukum Sambungan dari Hal 1 Tri yang menjadi ketua tim, melanjutkan pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) sebelumnya. ‘’Ya puldata dan pulbaket masih lanjut sampai hari ini (kemarin),’’ tegasnya. Kepala Kejaksaan Negeri Malang Munasim SH MH mengaku telah memberi enam orang sumber bahan keterangan. Pihaknya saat ini masih merampung seluruh penyelidikan. Sekaligus sudah menemukan unsur yang melawan hukum. ‘’Namun kita belum menemukan unsur yang merugikan negara,’’ tegas dia. Sesuai keterangan dari sumber baket, pagu pembangunan balai itu mencapai Rp 6,7 miliar. Hanya saja, dari total tersebut baru dibayarkan mencapai 50 persen. Padahal, bangunan yang dikerjakan sudah mencapai 80 persen. ‘’Sudah temukan unsur melawan hukum. Yang jelas dalam proyek itu uangnya banyak yang belum dibayar,’’ urainya. Munasim menambahkan, dalam

kasus korupsi, ada sejumlah unsur yang harus dipenuhi untuk meningkatkan status penyelidikan. Minimal harus ada dua alat bukti permulaan, unsur melawan hukum dan unsur merugikan negara. ‘’Harus ada bukti permulaan yang cukup untuk menaikkan penyelidikan,’’ tandasnya. Sementara itu terpisah, Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Batu, Imam Suryono menyebutkan, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi dari Kejaksaan Negeri Malang, terkait ada Sekdes di wilayahnya, yang ditetapkan sebagai tersangkai kasus pengadaan tanah UIN Maliki. Padahal, untuk pemeriksaan atau penetapan PNS sebagai tersangka harus ada izin dari atasan Sekdes. ‘’Itu yang belum saya ketahui hingga sekarang. Izin atau surat pemberitahuan belum ada di meja kami terkait ada sekdes dengan status sebagai tersangka,’’ ungkap Imam Suryono kepada Malang Post, kemarin. Menurut mantan Kasatpol PP

Kota Batu ini, alur pengajuan izin atau pemberitahuan dari penyidik biasanya ditujukan kepada Wali Kota melalui Sekda. Setelah surat masuk kepada Wali Kota, surat tersebut bisa turun kepada Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum. Apakah Bagian Pemerintahan atau Pemkot Batu bakal melakukan pembelaan terhadap Sekdes yang ditetapkan sebagai tersangka, atau penyediaan kuasa hukum? Mantan Camat Bumiaji ini menjelaskan, Bagian Pemerintahan tidak bisa ikutikut ketika seorang PNS dilingkungan terlibat tindak pidana. Tindak pidana itu semata-mata adalah tanggung jawab dari PNS sendiri. Seperti diberitakan, Kajari Malang telah menetapkan dua perangkat Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu menjadi tersangka dalam kasus pengadaan tanah UIN Maliki di desa itu. Perangkat itu berinisial NH dan M, dua perangkat yang masih aktiv hingga sekarang. (feb/ary/avi)

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

7

BNN Gelar Rekonstruksi di Ruang Kerja Akil JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) kemarin (8/11) menggelar rekonstruksi di ruang kerja mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, tempat ditemukannya ganja dan pil sabu. Rekonstruksi tersebut dilakukan untuk mencocokkan laporan dari MK dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang penemuan narkoba tersebut. Kepala Bagian Humas BNN Kombespol Sumirat Dwiyanto mengatakan, dalam rekonstruksi yang diadakan kemarin sekitar pukul 10.00 itu, pihaknya menulusuri lokasi-lokasi penemuan tiga linting ganja dan dua pil sabu di ruang kerja Akil. “Yang pasti kita melakukan pemeriksaan sesuai berita acara pemeriksaan (BAP) KPK dan MK, di lokasi-lokasi sesuai dengan laporan di tempat kejadian perkara

(TKP),” kata Sumirat. Sumirat menjelaskan, rekonstruksi dilakukan untuk menyelidiki alur masuknya barang haram tersebut hingga di ruang kerja Akil di gedung MK. “Kita telusuri di laci, meja dan bagaimana juga narkoba itu masuk,” ujar Sumirat. Namun dia menegaskan, pihaknya belum mengarahkan rekonstruksi kemarin untuk penyelidikan dari mana Akil memperoleh narkoba tersebut. “Kami belum tahu sindikat atau jaringan mana Akil mendapatkan narkoba itu. Sementara ini kita hanya mencocokkan TKP dengan BAP,” terangnya. Sementara itu, BNN juga masih mendalami peran Akil terkait kepemilikan narkoba tersebut. “Sementara ini dilihat dari banyaknya narkoba yang ditemukan, status Akil adalah pengguna, tapi belum murni pengguna karena

kami masih mendalami kemungkinan perannya dalam jaringan narkoba,” ungkapnya. Sebelumnya, BNN telah melaporkan bahwa hasil tes urin dan rambut akil negatif dari pengaruh narkoba. Meski demikian, bukan berarti Akil lepas dari tuduhan telah mengonsumsi narkoba. “Kenapa negatif? Karena tes itu dilakukan setelah Akil sudah lama tidak menggunakan narkoba. Selain itu Akil jarangjarang mengkonsumsi narkoba. Dia juga tidak tertangkap tangan ketika mengkonsumsi narkoba,” kata Sumirat. Sedang dari tes DNA, BNN menyimpulkan bahwa DNA Akil identik dengan yang terjejak di satu linting ganja yang sebagian terpakai itu. Hasil tes DNA itu juga belum bisa memastikan bahwa ganja tersebut benar-benar milik Akil. (dod/agm/jpnn)

Dua Anggota Pansel Dewan Etik MK Mundur JAKARTA - Dua dari tiga anggota Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Etik Mahkamah Konstitusi (MK) dinyatakan mundur sebelum menuntaskan tugasnya. Mereka adalah Prof Dr Azyumardi Azra dan Prof Dr Saldi Isra. Mundurnya kedua proffesor tersebut dibenarkan sendiri oleh Ketua MK Hamdan Zoelva. Hamdan menjelaskan bahwa mundurnya Saldi Isra terkait dengan aturan teknis keberadaan status Dewan Etik yang dianggap Saldi sama dengan Majelis Kehormatan Hakim Konstitusi (MKHK), sehingga sekretariat Dewan Etik maupun MKHK yang saat ini berada di Gedung MK, menurut pandangannya seharusnya berada di Komisi Yudisial (KY). “Walaupun saya katakan bahwa ini kan bukan MKHK tetapi Dewan Etik. Jadi itu dua hal yang berbeda. Tapi karena beliau sudah menyampaikan demikian sehingga jadi merasa kurang pas (berada di Pansel),” kata Hamdan di ruang kerjanya kemarin (8/11). Atas pandangannya tersebut, Hamdan tetap menghormati keputusan Saldi un-

tuk mendur dari keanggotaan Pansel Dewan Etik MK. “Saya hormati karena itu adalah pendapat beliau,” ujar Hamdan. Sementara, alasan Azyumardi Azra mundur dari keanggotaan Pansel Dewan Etik MK adalah terkait jadwal mantan Rektor Universitas Islam Nasional (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang padat. Menurut keterangan Hamdan, saat ini Azyumardi tengah disibukkan oleh kegiatan Bali Democracy Forum (BDF) VI yang digelar di Nusa Dua, Bali. “Jadi beliau menyampaikan permintaan maaf karena beliau pikir waktunya agak panjang tapi ternyata waktunya sangat pendek jadi belum bisa berpartisipasi,” ucap Hamdan. Hamdan menjelaskan bahwa dengan mundurnya kedua anggota Pansel Dewan Etik MK tersebut pada lusa kemarin, maka dia telah menunjuk penggantinya, yaitu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Slamet Effendi Yusuf dan Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Aswanto. Hamdan

menambahkan bahwa ketiga anggota Pansel Dewan Erik MK akan segera bekerja pada minggu depan. “Kita undang Selasa untuk pertemuan sekaligus untuk mulai bekerja,” imbuhnya. Sementara itu, Komisioner KY Ketua Bidang Perekrutan Hakim Taufiqqurahman Syahuri mengatakan bahwa MK telah memaksakan diri untuk mencari pengganti Azyumardi Azra dan Saldi Isra dalam keanggotaan Pansel tersebut. Menurutnya, MK lebih baik segera merealisasikan implementasi Perppu bersama KY daripada mempertahankan Pansel yang menurutnya tidak memiliki dasar hukum yang jelas. “Bertemu KY itu lebih baik insyaallah karena nanti ada solusi terbaik untuk bentuk MKHK yang terhormat. Daripada memaksakan diri cari pengganti Saldi dan Azumardi sebagai Pansel Dewan Etik. Apalagi yang dipilih Slamet E.Y. yang mantan ketua DPP Partai Golkar atau politisi,” tandasnya. (dod/jpnn)

Diperiksa Lagi, Karen Serahkan Data JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan kembali diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam pemeriksaan lanjutan itu, Karen datang dengan membawa beberapa dokumen. Tidak dijelaskan apa dokumen itu, yang pasti ada kaitan dengan kasus SKK Migas yang melibatkan mantan pimpinannya, Rudi Rubiandini. Sama seperti seperti sehari sebelumnya, Karen baru menyelesaikan pemeriksaannya dan keluar gedung KPK pada pukul 19.30. Bedanya, pertemuannya dengan penyidik lebih singkat karena dia baru datang pada siang hari. Satu yang tidak berubah, Karen tetap pelit bicara mengenai pemeriksaannya. “Kami sudah menyampaikan dokumen tambahan yang dibutuhkan,” ujarnya usai pemeriksaan. Tanpa menjelaskan dokumen itu terkait apa,

Karen meminta kepada pewarta untuk menangyakan detilnya ke KPK langsung. Dia merasa tidak punya kewenangan untuk menjelaskan materi pertanyaan. “Sudah kami jelaskan secara detail ke penyidik,” tambahnya. Saat datang ke gedung KPK sekitar pukul 13.30, dia sempat mengatakan ada dokumen yang dibutuhkan. Dikonfirmasi, Jubir KPK Johan Budi mengaku belum diberi informasi mengenai dokumen yang diserahkan Karen. Dia baru bisa memastikan kalau pemeriksaan pemimpin PT Pertamina itu merupakan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan pertama yang dilakukan pada Kamis (10/11) disebutnya masih belum cukup. “Diperiksa sebagai saksi. Ini pemeriksaan lanjutan, bahwa dia membawa dokumen saya tidak tahu,” tuturnya.

Johan juga tidak bisa menjelaskan lebih dalam kenapa Karen sampai diperiksa selama dua hari. Berdalih jubir tidak diberi tahu materi, Johan juga tidak menjawab soal isu ada penyalagunaan wewenang di Pertamina untuk SKK Migas. Meski demikian, dia menyebut masih sangat terbuka munculnya penyelidikan baru selain suap kepada Rudi Rubiandini. Karen juga diperiksa karena dianggap tahu, pernah melihat, pernah mendengar atau menjadi ahli dari kasus itu. Diluar Karen Agustiawan, Johan Budi mengatakan pihaknya sampai saat ini belum butuh keterangan dari Widodo Ratanachaithong. Padahal, dalam sidang Operational Manager dan Komisaris PT Kernel Oil Pte Limited (KOPL), Simon Gunawan sudah meyebut jelas peran Widodo. “Kalau diperlukan tentu akan dipanggil,” katanya. (dim/jpnn)

Timnas U-19 Mulai TC di Batu Sambungan dari Hal 1 Sebanyak 40 pemain sudah datang pada hari pertama kemarin. Pihaknya memilih melakukan latihan di Kota Batu karena lokasinya yang tinggi dan berhawa sejuk. Kondisi itu tentu sangat cocok untuk memperbaiki fisik maupun teknik pemain yang ditargetkan tembus Piala Dunia U-20 tersebut. ‘’Kegiatan di sini (Batu) yang utama tentu latihan. Selain itu nanti ada coaching clinic, uji coba dan kunjungan. Kunjungan bisa ke sekolah-sekolah, SSB, dan panti asuhan,’’ tegasnya

kepada Malang Post. Kedatangan Evan Dimas dkk, disambut Sekretaris Pengcab PSSI, Zainul Arifin KR. Kedua petinggi olah raga di Kota Batu menyempatkan diri datang ke Hotel Kusuma Agrowisata, malam kemarin. Zainul dan Indra Sjafri terlihat melakukan pembicaraan penting di lokasi hotel. Sementara Zainul Arifin menghimbau, masyarakat Batu berbondongbondong ke Stadion Brantas, Minggu (10/11) besok jika ingin bertemu den-

gan pemain timnas U-19. Masalahnya, pemain dan official akan datang ke Stadion Brantas menyaksikan laga final Kompetisi U-16 Pengcab PSSI Kota Batu (Kapolres Cup) antara tim Kelurahan Temas menghadapi Ngaglik. ‘’Kami menghimbau warga untuk datang ke Stadion Brantas dalam laga final. Silakan dukung kedua tim yang bertanding dalam final Kapolres Cup dan nanti bertemu dengan pemain timnas U-19,’’ ungkap Zinung, sapaan akrabnya. (mik/feb)

Desa Maguan Punya Omzet Benih Ikan Rp 2 Miliar Sambungan dari Hal 1 Salah satu dari mereka adalah Kabul. Sekarang Ketua UPR. Kabul yang didampingi beberapa anggota UPR menyebut, rombongan kementerian itu, adalah tim juri Lomba Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budidaya Tingkat Nasional tahun 2013. Kelompoknya mewakili Jawa Timur. Bersaing dengan UPR Jayamukti Tabalong Kalimantan Selatan, Mitra Tani Kabupaten Bogor Jawa Barat, Trumbois Banjarnegara Jawa Tengah dan Tangua Rapek Kabupaten 50 Koto Sumatra Barat. ‘’Kami berharap bisa terus meraih prestasi. Alhamdullilah saat ini masuk lima UPR yang ikut lomba tingkat nasional,’’ terang Kabul sembari menyebut, UPR-nya pernah menyabet banyak prestasi. Seperti Juara I Lomba Intensifikasi perikanan tingkat Kabupaten Malang untuk kategori kelompok UPR ikan lele tahun 2010 dan Juara I Lomba kelompok UPR tingkat Provinsi Jatim 2011. Dia lantas bercerita, awal berdiri UPR, hanya beranggotakan 13 orang. Kemudian berkembang jadi 24 orang di tahun 2010. Setahun kemudian, sudah tambah jadi 70. Pada 2012, jumlah anggota sudah membengkak menjadi 84 orang dan kini beranggotakan 90 orang.

Data produksi di tahun 2009 sebesar 2.437.000 ekor benih lele. Sedangkan di tahun 2012 lalu, sudah melonjak mencapai 52.010.000. Jangkauan pemasaran cukup luas, tak hanya di Malang Raya, melainkan hampir seluruh Indonesia. Saat ini, UPR Mulyorejo mempunyai kolam pembenihan berjumlah 702 unit dengan luas 7.807 meter persegi dan kolam pembesaran sebanyak 42 unit dengan luas 2.801 meter persegi. Hasil pembenihan memiliki harga bandrol sesuai dengan ukuran ikan. Misalnya, untuk ukur 3 cm, Rp 50/ekor dan ukur 2-3 cm, Rp 40/ekor. Artinya, jika dirata-rata siklus hasil per tahun 52 juta ekor, maka Desa Maguan ini menghasilkan produk benih ikan lele diatas Rp 2 Miliar. ‘’UPR ini berdiri sebagai wadah para pembenih ikan untuk mencapai tujuan yang sama, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi angka kemiskinan, mengurangi jumlah pengangguran, dan meningkatkan hasil panen pada lahan perikanan khusunya di air tawar. Anggota sebagian generasi muda yang aktif dan produktif di bidang perikanan budidaya,’’ terang Kabul. Ketelatenan dan ketekunan menjadi

kiat sukses para anggota UPR. Tak terkecuali, agar ikan yang dibenihnya bebas dari penyakit white spot yang bisa menjadikan badan ikan memucat. Peningkatan SDM anggota kelompok terus dilakukan dengan menambah ilmu, diataranya menggelar study banding dan mengikuti pelatihan teknis budidaya. Mereka juga dalam pembinaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang, DKP Provinsi Jawa Timur dan Kementrian Perikanan dan Kelautan Indonesia, serta mendapat dukungan penuh desa dan kecamatan setempat. ‘’Mulyorejo I diambil dari kata Mulyo dan Rejo yang artinya mulia dan ramai. Kami memaknainya dengan harapan Desa Maguan menjadi desa yang ramai dan membahagiakan, khususnya anggota koperasi bisa tingkat perekonomiannya,’’ ucap Kabul. ‘’Kami juga buka usaha penunjang kelompok memiliki toko atau rintisan koperasi yang menyediakan kebutuhan sarana prasarana budidaya ikan bagi anggota, seperti pakan ikan, oksigen untuk packing benih, dan alat-alat pembenihan. Semuanya bisa diakses anggota dengan cara dibayar waktu panen,’’ tambahnya. (poy heri pristianto) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

LINTAS POLITIKA

Suap Pejabat Bea Cukai, Wabup Wonosobo Diperiksa

CERAMAH: Ketua Majelis Pertimbangan DPP Partai Golkar, Akbar Tandjung memberi ceramah soal budaya politik di kediaman Anas, Duren Sawit, Jakarta, Jumat 8 November 2013.

Akbar Tandjung Bantah Golkar Tugaskan Anas di KPU JAKARTA-Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung membantah pernyataan Ruhut Sitompul mengenai Anas Urbaningrum. Ruhut menyebut Anas saat menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah penugasan Partai Golkar. “Ya nggak. Anas kan

bukan orang Partai Golkar,” kata Akbar usai memberi ceramah soal budaya politik di kediaman Anas, Duren Sawit, Jakarta, Jumat 8 November 2013. Akbar mengatakan Anas masuk menjadi anggota lembaga penyelenggara pemilu itu melalui proses seleksi di DPR. Ka-

rena itu, menurutnya, tidak ada hubungannya dengan Partai Golkar. “Dia lolos seleksi, kemudian setelah itu dia masuk Demokrat. Saya kira tidak ada kaitannya dengan Partai Golkar. Dia tidak pernah menjadi anggota Partai Golkar,” ujarnya menegaskan.

Mantan Ketua DPR itu menegaskan keterlibatan Anas dalam partai politik, pertama-tama justru di Partai Demokrat, bukan Golkar. Artinya, tidak relevan jika mengait-ngaitkan dia dengan Partai Golkar. Lantas, pada saat fit and proper test, apakah Golkar

mendukung Anas menjadi salah satu anggota KPU? “Tidak hanya Partai Golkar. Anggota DPR kan banyak, tidak hanya Partai Golkar. Partai-partai lain banyak juga. Tentu yang memberikan rekomendasi kepada Anas untuk menjadi anggota KPU,” tutur Akbar. (jpnn/udi)

Golkar Jatim Usulkan Soekarwo Dampingi ARB SURABAYA-Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar (DPD PG) Jawa Timur, mengusulkan Gubernur Jatim Soekarwo mendampingi Aburizal Bakrie (ARB) sebagai pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar 2013 di Jakarta. “Kami mengusulkan nama Soekarwo untuk selanjutnya diinventarisasi bersama sejumlah tokoh lainnya yang layak mendampingi ARB di Pemilihan Presiden,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur Zainudin Amali di Surabaya, Jawa Timur, kemarin. Alasannya, Soekarwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur dinilai layak sebagai pimpinan nasional, terbukti dengan keberhasilannya memimpin Provinsi Jawa Timur di 2013 dan terpilih kembali untuk jabatan yang sama. “Sudah terbukti, elektabilitasnya sangat bagus dan tinggi. Kinerjanya menjalankan roda pemerintahan sudah tidak diragukan lagi,” ujar ZA -panggilan- Zainuddin Amali. Disinggung perbedaan partai, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu mengungkapkan tidak menjadi persoalan, justru akan lebih baik karena mencari pemimpin sekarang tidak mengutamakan dari partai mana, namun karena kepribadian dan kepemimpinannya. “Sebuah kombinasi yang sangat bagus dari partai berbeda. Apalagi selama ini Jatim banyak melahirkan pemimpin. Jika nantinya jadi dengan Soekarwo

Soekarwo maka akan memudahkan kenerja,” katanya. Namun, nama Soekarwo bukan satu-satunya yang diusulkan menjadi pendamping ARB di bursa pemilihan presiden periode 2014-2019. Nama lainnya termasuk Mahfud MD, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo. “Khusus Soekarwo, kami dari Golkar Jatim yang mengusulkannya. Nantinya sejumlah nama yang masuk dalam usulan akan diinventarisasi dan dicari yang layak menjadi wakil presiden,” ujar ZA, seraya berharap ARB bisa menggandeng wakil dari Jatim dan memilih Soekarwo di Pemilihan Presiden yang digelar Juli tahun depan. Terpisah, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, tidak mau langsung begitu saja menanggapi usulan DPD Partai Golkar Jatim, yang ingin dia dampingi Aburizal Bakrie sebagai calon wakil presiden pada Pemilu

2014. Sebagai Gubernur yang dicalonkan Partai Demokrat pada Pemilihan Kepala Daerah beberapa waktu lalu, Soekarwo menyarankan agar usul itu dibicarakan dulu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Saya ini sudah masuk dalam struktural [partai], sehingga ikut aturan main organisasi. Silahkan langsung [tanya] ke ketua umum (SBY), karena saya tidak bisa memberikan keputusan,” ujar Soekarwo di Surabaya, Jumat 8 November 2013. Soekarwo saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur dan masuk sebagai salah satu wakil ketua umum DPP Partai Demokrat. Karena itu, dia menyerahkan semua keputusan kepada partai. “Tapi, apa iya saya yang baru saja dipilih rakyat Jawa Timur, lantas kemudian harus meninggalkannya?,” kata mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur itu. Bila wacana tersebut benar, Soekarwo mengaku tidak bisa mengiyakan atau menolak pinangan DPD Golkar Jawa Timur. “Jadi, lebih baik dibicarakan di tingkat partai saja. Sekali lagi, saya menyerahkannya ke partai,” tuturnya. Nama Soekarwo yang diusulkan untuk mendampingi ARB sebagai calon wakil presiden akan dibawa ke Rapat Pimpinan Nasional, 21-23 November 2013 di Jakarta. Soekarwo dinilai berhasil

memimpin Provinsi Jatim. Sejumlah nama juga ikut diusulkan menjadi pendamping ARB di Pilpres 2014. Nama-

nama itu seperti Mahfud MD, Sri Sultan Hamengkubuwono, dan Mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo. (jpnn/udi)

JAKARTA-Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida dijadwalkan akan diperiksa penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri terkait kasus suap yang melibatkan Heru Sulastyono yang menjabat sebagi Kepala Sub Direktorat Ekspor di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Demikian diuangkapkan Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2013). “Senin (11/11/2013) akan diperiksa. Diharapkan beliau hadir untuk dimintai keterangan,” kata Arief. Dikatakan, penyidik sudah melayangkan surat pemanggilan terhadap Maya Rosida yang merupakan istri pertama Heru Sulastyono yang kini ditahan Bareskrim Polri karena menjadi tersangka dalam kasus suap dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). “Selasa kemarin, kami sudah meMaya Rosida ngirim surat panggilan pemeriksaan kepada Maya Rosida,” ujarnya. Sebelumnya wakil bupati Wonosobo Maya Rosida mengaku sudah berpisah dengan Heru secara agama sejak tahun 2002. Setelah itu ia tidak banyak mengetahui aktifitas Heru di Bea Cukai . Kasus suap tersebut berawal saat Yusran Arif alias Yusron (YA) selaku Komisaris PT Tanjung Jati Utama melalui Siti Rosida selaku bagian keuangan perusahaannya memberikan uang kepada Heru dalam bentuk polis asuransi kemudian setelah dicairkan asuransinya, uang ditransfer ke rekening orang lain. Hal tersebut dilakukan agar seolah-olah uang itu bukan dari Yusron. Yusron memerintahkan Siti Rosida selaku bagian keuangan perusahaan mengirimkan uang ke Heru melalui rekening atas nama Siti Rosida, kemudian ditransfer kepada Anta Widjaya (AW) yang merupakan seorang office boy yang bekerja di perusahaan Yusron. Setelah masuk ke rekening Anta Wijaya, kemudian uang ditransaksikan dalam bentuk polis asuransi dalam atas nama Heru. Dari transaksi itu ada dua polis asuransi yang masingmasing isinya Rp 200 juta. Kemudian dari rekening BCA lainnya atas nama Siti Rosida mentransfer uang ke rekening istri muda Heru, Widyawati. Uang tersebut kemudian ditransaksikan membeli polis asuransi sebanyak sembilan polis asuransi. Empat polis asuransi ditransaksikan atas nama Heru Sulastyono dan lima polis asuransi ditransaksikan atas nama Widyawati. Sebelum polis asuransi itu jatuh tempo dicairkan dalam bentuk uang tunai kemudian ditransfer ke rekening Widyawati di rekening Mandiri. Dari empat polis asuransi atas nama Heru Sulastyono berisi masing-masing Rp 249,79 juta, Rp 1,79 miliar, Rp 500 juta, dan Rp 1,98 miliar. Sementara lima polis asuransi atas nama Widyawati masing-masing berisi Rp 290 juta, Rp 600 juta, Rp 2,4 miliar, Rp 1,6 miliar, dan Rp 1,6 miliar. Totalnya Rp 11,4 miliar total dari 11 transaksi. (jpnn/udi)

PKB Optimis Bisa Usung Capres JAKARTA- Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengapresiasi wacana pengusungan mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla sebagai calon presiden (Capres) 2014. Sebab, JK sebagai tokoh nasional memiliki potensi untuk bertarung di Pilpres 2014 nanti. “Kita apresiasi bahwa PKB diminati banyak tokoh, selain ada JK ada Mahfud MD. Bahwa demikian ini adalah tantangan kita bahwa PKB bisa mencalonkan Capresnya sendiri,” kata Marwan Jakfar, di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Untuk itu, Marwan mengajak agar tokoh nasional yang berminat menjadi Capres dari PKB dapat bekerjasama untuk membesarkan partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu. “PKB bersyukur dan berterimakasih kepada tokoh nasional itu bahwa PKB diminati sebagai kendaraannya sebagai capres 2014. Maka kita ingin tokohtokoh yang ada membesarkan

Marwan Jakfar PKB, sehingga membesarkan sama-sama,” kata Marwan. Terkait adanya beberapa pihak yang tidak yakin dengan PKB untuk mengusung Capres, Marwan meminta agar para pengamat itu belajar sejarah. “Adanya pengamat yang

melihat sebelah mata PKB, bahwa pengamat yang tidak pernah melihat dilapangan. Pengamat itu harus belajar sejarah. Yang tidak tau sejarah partai, kita optimis di 2013 untuk menjadi tiga besar,” tegas Marwan. Kata Marwan, partainya optimis bisa kembali mendulang suara tiga besar di Pemilu 2014 nanti. Sebab, menurutnya, suara NU akan kembali mendukung PKB di Pemilu nanti. “PKB pernah menjadi tiga besar di Pemilu, kalau tiga besar artinya PKB tinggal mencari koalisi. Kita optimis di 2014 kita optimis masuk tiga besar lagi. PKB sangat percaya diri untuk mengusung capres dan cawapres,” kata Marwan. “Para kiai dan tokoh-tokoh NU sudah kembali lagi ke PKB. Itu artinya penyanggahpenyanggah PKB sudah mulai kuat untuk meningkatkan suara di 2014,” tambahnya. (jpnn/udi) REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : KURDI


RONCE NGALAM

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

9

KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) DAN AJANG KOMPETISI SENI DAN OLAHRAGA MADRASAH (AKSIOMA) TINGKAT NASIONAL DI MALANG, 5-9 NOVEMBER 2013

Jatim Juara Umum Aksioma MALANG-Provinsi Jawa Timur berhasil keluar sebagai juara umum Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat nasional 2013. Perhelatan akbar madrasah tingkat nasional itu ditutup, Jumat (8/11) tadi malam. Jawa Timur keluar sebagai juara 1 Aksioma dengan meraih tujuh medali emas, lima medali perak dan empat medali perunggu. Peringkat kedua ditempati Provinsi Jawa Barat dengan mengantongi lima medali emas, tanpa medali perak dan empat medali perunggu. Provinsi DIY menyusul diperingkat ketiga dengan meraih empat medali emas, dua medali perak dan tanpa medali perunggu. Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga penyumbang medali emas untuk Jawa Timur. Emas yang dipersembahkan atlet tenis meja MTs itu diraih kemarin siang dalam babak final. Sampai berita ini diturunkan, juara Kompetisi Sains Madrasah

(KSM) tingkat nasional 2013 yang berlangsung bersamaan Aksioma belum diumumkan. Seremonial penutupan masih berlangsung. Direktur Pendidikan Madrasah, Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phill. HM Nur Kholis Setiawan MA mengatakan total medali yang diperbutkan dalam Aksioma yakni 55 medali emas, 63 medali perak, 99 medali perunggu. Sedangkan medali yang diperbutkan dalam KSM yakni, 33 medali emas, 66 medali perak dan 99 medali perunggu. “Ajang ini bukan sekadar merebutkan medali, tetapi melatih kemampuan dan sportifitas. Ini yang penting,” katanya. Even akbar semua tingkatan madrasah ini diikuti peserta dari 33 provinsi di Indonesia. Jumlah peserta keseluruhan mencapai 2.310 orang. Mereka terdiri dari peserta, official dan pendamping. KSM dan Aksioma 2013 tadi malam ditutup oleh Sekjen

PENUTUPAN : Sekjen Kementerian Agama RI, H Bahrul Hayat P.hD saat menutup KSM dan Aksioma di halaman Stadion Gajayana, tadi malam.

Kementerian Agama RI, H Bahrul Hayat P.hD. Sebelumnya pada Selasa (5/11) lalu dibuka oleh Menteri

Agama RI, Suryadharma Ali. Seremonial penutupan tadi malam berlangsung meriah. Siswa siswi madrasah dari berbagai tingkatan

unjuk kemampuan dibidang seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu diisi dengan penyerahan piala kepada pemenang. (van/sir/nug)

MAN 2 Bengkulu Andalkan Kreatifitas Siswa MALANG-Madrasah dari berbagai daerah di Indonesia unjuk potensi di pameran mardasah yang menjadi salah satu kegiatan selama KSM Aksioma berlangsung. MAN 2 Bengkulu misalnya, mengusung kerajinan siswa dari bahan daur ulang. Stand MAN 2 Bengkulu termasuk stand yang diminati pengunjung pameran. Sebab yang ditampilkan pemilik stand menarik dan unik. Apalagi yang dipamerkan merupakan karya siswa. Karya siswa MAN 2 Bengkulu yang ditampilkan diantaranya tempat buah, tempat bunga hingga tas dari bahan daur ulang koran. Selain itu bungkus rokok dijadikan wadah bunga dan tempat payung. “Daun kering diolah jadi tempat tisu, tempat bunga. Kulit lantung diolah menjadi tas dan miniatur tabot,” kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Bengkulu, Endang Hamzah. Tidak hanya itu saja, lukisna dari limbah kelapa parut diolah oleh siswa MAN 2 Bengkulu menjadi lukisan pemandangan. Karyanya pun bernilai seni tinggi. “Semuanya ini merupakan karya siswa dari mata pelajaran seni yang diajarkan di MAN 2 Bengkulu,” ujarnya. Endang mengatakan, untuk mengembangkan karya seni siswa, pihaknya juga bekerjasama dengan UKM di Kota Bengkulu. Sedangkan karya seni yang diajarkan merupakan bagian dari muatan lokal di sekolah tersebut. “Siswa madrasah juga diajarkan memiliki ketrampilan. Siapa tahu siswa bisa mengembangkan ini setelah tamat,” kata Endang. Hamzah menegaskan, kegiatan pembelajaran di MAN 2 Bengkulu memadukan akhlak, budi pekerti dan skill. Baca MAN 2... Hal.10

Sehari Panen Hingga Rp 10 Juta

STAND AKSESORIS : Peserta KSM Aksioma berburu cinderamata dari stand aksesoris di parkiran Stadion Gajayana.

MALANG-Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) yang digelar di Malang jadi pesta bagi pedagang aksesoris. Mereka meraup keuntungan diatas Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per hari. Aksesoris yang paling dicari peserta dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya gantungan kunci, bullpen hingga kaos berlogo KSM dan Aksioma. Peserta even nasional itu umumnya belanja lebih dari 10 aksesoris. Pedagang Aksesoris, Supran mengatakan omzet penjualan gantungan kunci dan bullpen sebesar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per hari selama KSM dan Aksioma berlangsung. Harga

jual gantungan kunci berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 10 ribu per unit. Harga jual bullpen Rp 5.000 sampai Rp 40 ribu per unit. “Sedangkan pendapatan dari penjualan kaos bisa mencapai antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta per hari. Harga kaos berlogo KSM Aksioma berkisar antara Rp 30 ribu sampai Rp 60 ribu per kaos,” jelasnya kepada Malang Post. Supran mengakui penyelenggaraan KSM Aksioma berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi warga. Terutama pedagang aksesoris.Bidu, pedagang akseskoris lainnya mengatakan hal yang sama.

MEMBATIK : Ketua TP PKK Kota Malang, Hj Dewi Farida Suryani belajar membatik di Kelurahan Bandungrejosari.

Janji Penilaian Tahap Kedua Lebih Ditingkatkan

GAGAS KAMPUNG BATIK WARGA Kota Malang sampaikan harapan anda kepada duet Abah Anton dan Sutiaji yang menjadi pemimpin baru Bumi Arema hingga lima tahun ke depan. Kirimkan suara anda lewat sms ke nomor

0857 9119 1887

Pengaspalan Jl Danau Maninjau Dear Abah Anton, Saya senang Jalan Danau Maninjau mau diaspal. Tapi mohon kalau mnegerjakan proyek pengaspalan jalan tidak di musim hujan. Soalnya pasti di sana banjir. Kalau sudah banjir, jalan yang belum diaspal pasti jadi becek. (085649555xxx)

Rawan Jatuh di Cengger Ayam Lubang jalan di perempatan Cengger Ayam sangat memprihatinkan. Kalau tergenang air, lubangnya ketutupan dan tidak kelihatan. Akibatnya rawan bikin jatuh, terutama yang naik sepeda dan sepeda motor. (081333320xxx)

MENARIK : Hasil karya daur ulang siswa MAN 2 Bengkulu yang dipamerkan memikat pengunjung pameran madrasah.

RW 01 DINOYO

MUHAIMIN/MALANG POST

ASA WARGA KOTA

Baca Sehari... Hal.10

RIZAL/MALANG POST

Bisa Jadi Jujugan Wisatawan MALANG – Kota Malang akan segera memiliki sentra batik yang akan menjadi wadah bagi batik unggulan yang ada di Kota Malang. Sentra batik bisa diwujudkan dalam kampung batik yang menampilkan semua batik khas Malang. Sehingga bisa menjadi jujugan wisatawan untuk mendapatkan batik khas Malang. Sentra batik hampir semua kecamatan sudah memilikinya, baik di Kecamatan Sukun, Klojen, Blimbing dan lainnya. Corak dan motif batik Malang sangat beragam dan bervariasi. Motif Tugu paling banyak mempengaruhi corak batik Malang. Karena Tugu menjadi ikon Kota Malang yang memiliki nilai sejarah bagi bangsa ini. Tapi, di masing-masing kecamatan juga memiliki motif yang disesuaikan dengan unggulan kecamatannya masing-masing. “Kota Malang memiliki banyak ragam dan jenis motif batik yang bagus-bagus. Ini sangat membanggakan. Potensi inilah yang harus diwadahi bersama. Hasil kreasi batik itu dapat ditempatkan dalam sentra batik yang nantinya akan kita wujudkan,” kata Ketua TP PKK kota Malang, Hj Dewi Farida Suryani kepada Malang Post, usai mengunjungi kerajinan batik di kelurahan Bandungrejosari, kemarin. Dengan adanya sentra batik, saat ada tamu atau wisatawan yang berminat mencari batik khas Malang sudah ada tempat yang dituju atau

lokasi jujugan. Untuk mewujudkan sentra batik itu, istri Wali Kota Malang, H. Moch Anton itu akan banyak mengunjungi pusat kerajinan batik yang ada di Kota Malang untuk mencari motif dan ciri khas batik Malangan yang bisa menjadi unggulan. “Nantinya kita akan kerjasama dengan hotel-hotel dan biro perjalanan wisata agar mereka mengajak tamunya untuk mengunjungi sentra batik khas Malang. Hal ini akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi.” Terangnya. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Wahyu Setyanto menambahkan bahwa sentra batik di kota Malang, pemasaran dan penjualannya sudah menembus level nasional dan internasional. . Dengan semakin maju dan berkembangnya sentra batik di Kota Malang secara otomatis akan turut mendongkrak perekonomian secara mikro, khususnya bagi warga masyarakat Kota Malang.”Kami akan terus berupaya untuk mendongkrak kemajuan serta kreativitas para pengerajin batik ini dengan mengadakan pelatihan hingga pameran-pameran,” ungkapnya. Salah satu sentra batik tulis khas Malang ada di Kecamatan Sukun. Sayangnya, batik yang digarap sekitar 100 pengrajin lokal setempat belum dikelola secara profesional. Sebagian diantara mereka masih menjalankan produksi batik sebagai pekerjaan sampingan. “Mayoritas pengrajin adalah ibu rumah tangga, mereka perlu diberi bantuan pengetahuan dan kredit usaha untuk mengembangkan batik,” imbuhnya. (aim/nug)

MALANG RW 01 K MALANG-RW Kelurahan l h Di Dinoyo berjanji dalam penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersinar akan lebih baik lagi. Di penilaian tahap pertama ini, diakui Sekretaris RW 01 Sulistianto masih belum maksimal. Alasannya, persiapan menghadapi lomba yang digelar Pemkot Malang setiap tahun ini terlalu pendek. ‘’Wilayah kami terdiri dari tujuh RT. Di penilaian tahap kedua akan kami tingkatkan,’’ kata Sulistianto kepada tim juri yang melakukan penilaian Kamis (7/11), kemarin siang.Di wilayah ini belum ada pengolahan sampah. Begitupula Kader Lingkungannya juga tidak tampak. Padahal, dua indikator ini nilainya cukup tinggi. Diantara tujuh RT di RW 01 ini, yang tampak lebih hijau hanya di RT 04 saja. Itu pun hanya terdapat di beberapa gang. Di wilayah RT 04 ini juga terdapat tanaman pergola berupa tanaman anggur. Tanaman pergola ini membentang di atas gang sehingga tampak lebih rindang. Tong sampah pun juga sudah ada di setiap rumah warga. Hanya saja, belum ada pemilahan tempat sampah basah dan sampah kering. Sementara itu di RW 07 Kelurahan Dinoyo, kondisinya juga belum begitu bagus dan masih perlu ditingkatkan lagi. Wilayah yang terletak di kawasan industri keramik ini penghijauannya masih kurang. Di gang-gang

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

LEBIH BAIK: RW 01 Kelurahan Dinoyo berjanji akan lebih meningkatkan lagi di penilaian tahap kedua Kampung Bersinar.

masih jarang ditemukan tanaman dalam pot maupun tanaman hias. Di wilayah ini sudah ada tema yang mengajak warga hidup bersih dan sehat. Tema yang ditulis dalam ukuran besar berada di tembok bertuliskan ‘’Menuju Kampung Bersih dan Sehat’’. Baca Janji... Hal.10

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: SITI


RONCE NGALAM

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

10

Besok Dimeriahkan Penampilan Gank Inul Senam Sehat Demi Indonesia MALANG-Senam Sehat Demi Indonesia yang digelar oleh Malang Post didukung Kodim 0833 memang selalu dikemas meriah. Khusus untuk Minggu pagi besok, akan berlangsung semakin semarak dan ditandai penampilan Gank Inul yang merupakan juara Senam Sehat Demi Indonesia baru-baru ini. ‘’Sedangkan para senamers (julukan bagi member senam,red)

akan lebih bersemangat dengan kostum warna putih kolaborasi merah. Tetap dipandu trio instruktur kebanggaan senamers yaitu Sugeng Bahenol, Ellen Yuliana dan Farida Ariyani,’’ papar Koordinator Senam Sehat Demi Indonesia, H.Sudarno kemarin. Ditambahkan, penampilan Gank Inul akan semakin membuat ribuan pesenam merasa bersemangat

sekaligus sebagai pemanasan sebelum mereka tampil dalam Senam Sehat Demi Indonesia yang akan dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan pada hari Jumat 15 November mendatang. ‘’Untuk itu,penampilan seluruh peserta tentu perlu dimantapkan lagi sehingga performance mereka saat hari H mendatang benar-benar semakin mantap.Terpenting semua

siap menyukseskan even akbar yang akan dihadiri langsung oleh Bapak Dahlan Iskan mendatang,’’ cetusnya. Sudarno juga mengungkapkan kupon untuk mengikuti Pesta Rakyat masih bisa didapat oleh peserta saat berlangsung senam di Lapangan Rampal besok pagi. “Monggo mumpung masih tersedia kuponnya, dan berbagai hadiah istimewa sudah menunggu,’’ tutupnya. (mik/nug)

RIZAL/MALANG POST

SEMARAK : Pelaksanaan Senam Sehat Demi Indonesia berlangsung semarak di Lapangan Rampal.

HPK

Pilih Ketua Baru, Gelar Munaslub di Malang

GUEST GESANG/MALANG POST

DARURAT : Penanganan banjir seperti di Sumbersari ini diantisipasi Tagana dengan membentuk posko di sejumlah sektor.

Percepat Penanganan Bencana Tagana Kota Malang MALANG-Penghujan yang telah datang membuat Tagana Kota Malang meningkatkan kewaspadaan. Guna mempercepat penanganan bencana di kota ini, Tagana membentuk lima sektor pemantauan bencana. Lima sektor tersebut dibagi ke sektor timur, barat, selatan, utara dan tengah Kota Malang. Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Tagana Malang Djoko Anung Prijanto ke-

pada Malang Post, kemarin. Penanganan Tagana hanya sebatas rescue, bidang logistik serta hunian warga Kota Malang. Sedangkan untuk banjir dan pohon tumbang, ditangani langsung oleh Satlak PB.”Pada saat mendung kita SMS koordinator di lima sektor tersebut, mereka diminta berjaga di sektor masing-masing,” ujar Anung sapaan akrabnya kepada Malang

Post kemarin. Kemudian para koordinator tersebut bakal mobiling di sektor yang dikawal. Ketika muncul peristiwa bencana, maka informasi itu bakal disebarkan ke koordinator sektor lainnya. Nantinya penanganan bakal dilakukan anggota yang telah mendapatkan informasi dari masing-masing koordinator.”Biasanya para anggotaanggota lainnya bergerak ke tempat kejadian,” kata dia. Tagana sendiri bergerak dengan kerja tim ke seluruh wi-

layah Kota Malang. Selama berkiprah, mereka tak kenal lelah membantu masyarakat. ”Kewajiban kita rescue, bidang logistik dan hunian, untuk pohon tumbang dan banjir ke Satlak PB,” tegas Anung sapaan akrabnya. Ditambahkan pula, oleh Nur Hidayat sie Advoskasi SAR Trenggana Kota Malang. Khusus untuk penanganan korban, Trenggana juga selalu turun ke lapangan. Terutama korban manusia yang membutuhkan evakuasi cepat ke rumah sakit dan tempat pertolongan

pertama lainnya. “Kewaspadaan kita tingkatkan pada musim hujan, sebab banjir datang tak kenal waktu,” tegas dia. Di Kota Malang terdapat sejumlah kawasan rawan bencana. Mulai bencana banjir, longsor maupun pohon tumbang. Kinerja Trenggana selama ini didukung anggota yang merata di seluruh kelurahan.”Banyak juga laporan masyarakat yang masuk ke Trenggana bekerjasama dengan pihak terkait,” tandasnya. (ary/nug)

MALANG- Sedikitnya 2000 penganut kepercayaan leluhur dari 1223 rumpun yang tersebar seantero nusantara, bakal menghadiri Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang dihelat di Gedung Gelombang Samudra Wisma Gajah Mada Pangkalan TNI AL Malang, Minggu (10/11) besok. Dalam pertemuan lima tahunan kali ini, sekaligus digelar pemilihan Ketua Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) Pusat, untuk menggantikan posisi Romo Tegal yang segera purna tugas. Munaslub sedianya dihadiri sejumlah tokoh nasional antara lain Ketua MPR RI, Irjan Pol Hadi Pradjoko (Purn) Drs Sidarto Danusubroto, anggota DPR RI, Ahmad Basarah dan Ridwan Hisyam, mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung serta tak ketinggalan Gubernur Jatim, Soekarwo. Melalui Munaslub ini, para penganut original religion bertekad menyatukan visi dan misi untuk meneguhkan kembali kearifan lokal bangsa Indonesia. “Paling tidak, supaya bahasa ibu di negeri ini tidak hilang. Anak-anak bangsa kita harusnya dididik dan diajari budi pekerti dengan wawasan sastra asli leluhur,” terang Ketua HPK Jatim, Hadi Pradjoko. Menurutnya, sejak dini anak-anak harus dibekali wawasan luhur yang orisinil dan tidak direkayasa. “Harusnya diberi cerita asli tentang bangsa ini. Bukan mengenai bangsa lain. Karena pitutur luhur akan membentuk kepribadian luhur. Kami berharap pemerintah tidak hanya membangun sinopsis budi pekerti, tapi menggiringnya dalam kehidupan riil,” imbuhnya kepada Malang Post. (tom/nug)

GUEST GESANG/MALANG POST

MACET : Kemacetan panjang di beberapa kawasan termasuk di Jalan Jagung Suprapto saat penyelenggaraan Kirab Budaya start di depan Balaikota kemarin sore.

Lelang Keempat,Baru Dapat Pemenang Pengadaan Obat MALANG-Masih ingat lelang pengadaan Dinas Kesehatan Kota Malang yang tender ulang hingga empat kali. Pengadaan obat penunjang tersebut akhirnya mendapatkan pemenang lelang. Lelang dengan nilai Rp 600 juta itu, dimenangkan PT Guntormisri Sentosa dengan nilai penawaran Rp 521.527.600. Pada lelang ulang keempat tersebut, sebanyak tujuh rekanan mendaftarkan diri. Selain Guntormisri, juga diikuti PT Sahabat Medika Sejahtera, Bina Saranahusada Medika, PT. Kartika Global Medika, PT.Tri Tunggal Farmindo, PT. Mina Karya Usaha dan CV.Kridho Yakti Bangun. Setelah ditentukan pemenang lelang, pihak panitia memberikan masa sanggah hingga 11 November 2013 mendatang.

Klasifikasi pemenang sendiiri cukup banyak, diantaranya memiliki surat ijin PBF (Pedagang Besar Farmasi) yang masih berlaku. Dana pengadaan itu sendiri, sebenarnya akan dikembalikan ke APBD jika tak ada peserta lelang. Pada lelang sebelumnya, tidak ada rekanan yang tertarik. Jika pun ada rekanan yang ikut, ternyata tak bisa memenuhi syarat lelang.”Pengadaan obat ini untuk ke dokter spesialis di puskemas-puskesmas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Supranoto kepada Malang Post. Pengadaan lain yang juga sukses adalah lelang pengadaan bahan kimia kegiatan pengadaan obat dan perbekalan kesehatan. Nilai pengadaan itu mencapai Rp 400.000.000, dan diikuti sekitar 25 rekanan. Pemenangnya adalah PT. Medinarofa Karya Yasa dengan nilai penawaran Rp 315.688.450. Lelang yang sempat diulang-

Sehari Panen Hingga Rp 10 Juta Sambungan dari halaman 9 Dalam sehari, kata dia, rata-rata pendapatan dari penjualan aksesoris berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta. Karena itulah, dia berharap selalu ada even nasional yang digelar di Kota Malang. Namun tetap melibatkan pedagang aksesoris. Peserta KSM Aksioma yang ditemui di lokasi penjualan aksesoris di area parkir luar Stadion Gajayana mengakui yang paling dicari yakni kaos, gantungan kunci hingga bullpen. Namun semua harus berlogo KSM Aksioma. “Buat oleh-oleh saat pulang nanti. Saya beli gantungan kunci dan bullpen untuk teman-teman satu kelas,” kata Rahman, seorang peserta dari Provinsi Jawa Barat didukung teman-temannya. Begitu juga peserta dari daerah lain mengatakan hal yang sama. Mereka umumnya membeli gantungan kunci dan bullpen lebih dari 10 unit. Sedangkan kaos rata-rata antara 5 sampai 6 kaos. “Buat oleh-oleh teman guru di madrasah tempat saya bertugas. Biar mereka kebagian KSM dan Aksioma di Malang,” kata pendamping dari Lampung sembari tertawa. (van/sir/nug)

ulang itu, sempat membuat DPRD Kota Malang khawatir. Christea Frisdiantara khawatir lelang yang diulang terlalu lama membuat pasokan obat terganggu. Meski demikian, jika memang lelang diulang karena administrasi, maka dirinya amat

mendukung. “Kalau untuk adminitrasi tidak masalah diulang, karena tidak penuhi syarat, asalkan tidak dibuat-buat,” tegas Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan Drs. Christea Frisdiantara, Ak. MM kala itu. (ary/nug)

Janji Penilaian Tahap Kedua Lebih Ditingkatkan Sambungan dari halaman 9 Sedangkan di RW 04 dan RW 08 Kelurahan Jatimulyo, kondisinya juga masih harus ditingkatkan lagi baik kebersihan maupun penghijauannya. Peranan masyarakat juga harus ditingkatkan lagi. Sementara itu, Sabtu (9/11) hari ini dua tim juri akan melakukan penilaian di Kelurahan Tulusrejo dan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru. Tim juri pertama akan menilai di RW 02, 03 dan 04 Tulusrejo. Sedangkan tim juri kedua akan menilai di 04, 05 dan 06 Tasikmadu. Hari Minggu, penilaian diliburkan dan tim juri kembali akan melakukan penilaian Senin (11/11) lusa. Tim juri akan menilai sebagian di Kecamatan Lowokwaru dan Kecamatan Kedungkandang. Tim juri I yang melakukan penilaian Lomba Kampung bersinar terdiri dari dua tim. Tim Pertama yakni Dwi Swandayani (tokoh penggerak lingkungan dari RW 03 Sukun), Ir Joko Triwanto (Universitas Muhammadiyah Malang), Ian Edy Rajab (BSM) Djuwartiningsih (PKK) dan Jon Soeparijono (Malang Post).Sedangkan tim juri II terdiri Dharsono SA (Kader Lingkungan), Prof Tri Poespowati (ITN), Indra Murjiati (BSM), Luthfiyah Nurmala (PKK) dan Sinyo Suwignyo (Malang Post).(jon)

MAN 2 Bengkulu Andalkan Kreatifitas Siswa Sambungan dari halaman 9 Ketua OSIS MAN 2 Bengkulu, Lubis membenarkan semua karya yang ditampilkan di pameran merupakan karya siswa. Disekolahnya kata Lubis, diajarkan agar lebih kreatif. “Kami diajarkan guru agar mengembangkan seni dan lebih kreatif. Apalagi di sekolah juga didukung dengan ruangan seni,” kata dia. Lubis menambahkan, di MAN 2 Bengkulu juga diajarkan tentang pengolahan sampah lengkap. Tak hanya diajarkan secara teori saja, tetapi juga didukung dengan praktik karena terdapat tempat pengolahan sampah. “Di MAN 2 Bengkulu juga memiliki green house. Belajar di MAN 2 Bengkulu menjadi pelajaran yang menyenangkan karena lengkap dan memiliki pengalaman,” kata dia. (van/sir/nug) REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : KURDI


11

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Lebih Komplit Cerita dalam Novel BANYAK kisah novel yang diangkat dalam layar lebar, sebut saja Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, Perahu Kertas, dan masih banyak lainnya. Visualisasi cerita dari kisah novel yang sudah familiar memang mengasyikkan, sebab penonton bisa melihat versinya dalam tayangan bergerak. Meski tak sedikit juga penggemar novel yang sedikit kecewa karena scene dan adegan yang difilm-kan tak mencakup semua cerita. Rya Cahyani Putry, siswa SMAN 7 Malang adalah salah satu remaja penikmat novel Indonesia. Sejak kecil Rya memang sudah suka membaca cerita anak-anak dan kebiasaan tersebut terbawa sampai sekarang. “Waktu kecil suka baca cerita kayak dongengdongeng gitu. Ya sampai sekarang deh keterusan, kadang cerpen kadang n o vel, tapi lebih ke no velnya sih,” ungkap

cewek berkacamata ini. Rya juga menceritakan dirinya lebih menyukai novel bergenre remaja dan persahabatan. Menurutnya, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari novel-novel favoritnya tersebut. “Pelajarannya banyak. Misalnya, novel itu mengisahkan dua tokoh sahabat yang bermasalah trus kemudian berbaikan lagi. Nah, itu kan mirip kejadian di dunia nyata, bisa dipraktikkan. Atau, tentang kisah percintaan, trik-trik untuk pedekate atau move on. Banyak lah pelajarannya,” urainya panjang lebar. Ia mengaku lebih menyukai membaca novel dibandingkan film dari novel tersebut. Setelah membaca novel, biasanya ia langsung bisa memahami cerita dalam film. “Aku suka baca novelnya dulu, kan emang biasanya novel dulu yang keluar. Kalau udah baca novelnya baru deh nonton filmnya, jadi bisa nyambung ceritanya,” pungkas cewek berjilbab tersebut. Karena menyukai novel yang bercerita tentang persahabatan, R y a

mengaku menyukai novel dan film Perahu Kertas. “Pas tau kalau novel karya Dewi Lestari itu difilmkan, aku langsung nonton dan filmnya ternyata juga bagus,” ceritanya. Anastasia Dhita Febrianti, siswi SMA Taman Harapan juga termasuk cewek yang suka membaca novel. Menurut Anastasia, membaca novel membuatnya seakan-akan ada dan menjadi bagian dalam cerita, hingga terkadang dirinya bisa merasa senang, sedih, bahkan menangis. “Baca novel itu asik, pas ceritanya seneng, aku jadi senyum-senyum sendiri, kadang juga kalau ceritanya sedih aku bisa sampai nangis loh,” ungkap cewek berzodiak sagitarius ini. Anastasia memang sedikit kecewa saat menonton film ternyata berbeda dengan novel yang pernah ia baca. Terkadang ia jadi malas menonton kalau merasa filmnya tidak seru. “Ya males aja kalau lebih bagus novelnya. Kecewa juga sih, banyak adegan yang hilang. Kadang aku males nonton deh,” ungkap cewek yang juga gemar membaca komik ini. Lebih lanjut Anastasia menceritakan, adegan-adegan

dalam film memang tidak sepenuhnya sama dengan yang ada dalam novel. “Kalau di film emang kadang ada adegan yang tibatiba muncul tanpa sebab, kalau orang nggak baca novelnya kan nggak tahu maksud adegan itu apa,” tandasnya. Sementara Tara Dewanti Sukma, SMAN 2 Malang mengaku lebih suka membaca novel, terutama yang bergenre teenlit. “Dulu emang sebenernya aku suka banget baca novel, terutama novel remaja kayak teenlit gitu,” ujarnya. Namun maraknya film-film yang mengangkat cerita dari novel membuat gadis manis ini malas membaca novel lagi. Dirinya lebih tertarik untuk langsung meonton film yang ceritanya diangkat dari novel. “Sekarang ya aku lebih suka nonton filmnya langsung. Kan aku suka baca novel. tapi kalau ada film trus ada novelnya juga aku mending lihat filmnya aja, kan lebih jelas, hehehe,” ungkapnya. Cewek tinggi kurus ini seringkali hanya membaca resensi saja ketimbang harus membaca novelnya secara utuh.“Jadisebelumfilmnya keluar aku biasanya baca resensinya dulu, biar agak nyambung dikit, hehe,” pungkasnya. (*/han)

Tak Bisa Berhenti Membaca Martin Kartika Jati SMPN 8 Malang “AKU sebenernya suka baca, termasuk novel. Tapi terkadang kalau udah terlanjur baca novel suka nggak tahu waktu, karena ingin membaca novel terus menerus. Soalnya kalau kepotong-potong jadi penasaran gimana cerita selanjutnya. Aku juga suka baca sambil tiduran, makanya kadang mataku sakit. Makanya, kalau ada film yang diangkat dari aku lebih suka nonton filmnya langsung, lebih dapet pesan dari film itu.”(*/han)

novel, kayak

Banyak Adegan yang Nggak Muncul Sully Nur Aisyah, SMAN 5 Malang “AKU seneng banget baca novel, tapi rata-rata aku seneng baca teenlit sih. Tapi pas novel itu difilmkan trus aku nonton filmnya ternyata nggak sama kayak novelnya, ya agak gimana gitu rasanya, tapi ya aku tetep enjoy aja sih, hehe. Emang menurutku lebih seruan pas di novel sih dari pada filmnya. Kalau di film kebanyakan ada adegan yang nggak sama kayak di novel, padahal banyak cerita di novel yang bagus, tapi kadang n g a k ditayangin. Kayak film Surat Kecil untuk Tuhan tu, aku lebih suka novelnya, lebih seru dari pada filmnya.”(*/han)

Sesuai dengan Imajinasi Pembaca Pramudhia Khansa Kirana, SMAN 5 Malang “SUKA sih baca novel, tapi aku jarang banget baca. Menurutku sih biasanya novel yang difilmkan itu lebih seru novelnya. Soalnya kita bisa membayangkan ce rita di novel dan mengimajinasikannya sesuai diri kita masing-masing. Penggambarandi novel lebih rinci sedangdi film mungkin diambil adegan-adegan yang penting aja”.

kan p a s (*/han)

TEKS : LAILI ULFIA PUSPITASARI MODEL: ZAIMMATUL UMMAH (SMAN 4 MALANG), BELLA DAN MEGA (SMAN 7 MALANG) FOTOGRAFER: GUEST GESANG/RIZAL FANANY/MALANG POST

Bisa Seharian Baca Novel SAAT membaca novel terkadang memang bisa menyita waktu. Namun, karena hal tersebut adalah hobi, bagi Nindya Sofani siswi SMA Taman Harapan hal tersebut tidak menjadi masalah. Cewek yang mengidolakan penulis Agnes Denovar ini menghabiskan hampir separuh waktu dalam sehari untuk membaca novel. “Aku suka banget baca novel yang karya Agnes Denovar. Surat Kecil untuk Tuhan, Sahabat, My Last Love, Ayah Mengapa Aku Berbeda, banyak deh pokoknya,” ungkapnya. “Kalau udah baca novel, aku bisa lupa waktu. Apalagi kalau pas hari libur sekolah, aku bisa seharian baca noveln,” tambahnya. Kesibukannya sebagai sekretaris OSIS tidak membuat Nindy lantas lupa untuk membaca novel. Saat ada waktu luang, dirinya menyempatkan diri untuk meminjam novel ke perpustakaan. “Sebenernya aku nggak punya koleksi novel yang banyak, cuma aku sering pinjam ke perpustakaan aja, jadi jarang beli, kan hemat, hehe,” tambahnya. Nindy berpendapat, novel-novel yang difilmkan merupakan sebagian kecil dari satu cerita utuh pada novel. Dirinya juga tidak merasakan keseruan saat membaca novelnya langsung. “Pas lihat filmnya emang bagus, tapi lebih baik kalau baca novelnya terlebih dahulu. Soalnya kalau langsung nonton filmnya nggak semenarik saat membaca novel,” ungkap cewek berzodiak Carpicorn ini. Menurut Nindy, tokoh-tokoh yang ada dalam novel bisa digambarkan dengan jelas, tidak seperti dalam film. “Perbedaannya mungkin kalau di novel, perasaan tokoh bisa tergambar jelas dalam cerita, kalau di film enggak. Makanya kalau baca novel dulu itu enak, bisa nyambung ceritanya,” tegasnya. (*/han)

Nonton Filmnya Lebih Seru DEWA Dermawan Febrianto, siswa SMAN 8 Malang lebih memilih untuk menonton langsung film yang diangkat dari novel dari pada harus membaca novelnya terlebih dahulu. “Nggak pernah baca novel soalnya males aja, hehe. Lebih enak lihat trilernya,” ungkap cowok yang suka main game ini. Dewa juga menganggap, membaca novel atau langsung menonton filmnya sama saja, karena inti dari cerita yang disampaikan sama. Meski ia mengakui, teman-temannya sering bercerita kalau terkadang ada perbedaan antara novel dan filmnya. Ia mengaku memang tidak terlalu suka membaca, apalagi untuk novel yang tebal. Terkait dengan film yang diangkat dari kisah novel, menurutnya mempunyai dampak positif dan negatif. “Positifnya ya orang jadi tahu ada novel yang terkenal dan bagus, tapi dampak negatifnya jadi jarang yang baca novel, kan mending nunggu filmnya. Tapi nggak semua

orang kayak gitu sih,” urainya. Meliana Listya Hermawan, SMAN 10 Malang juga lebih senang menonton film yang ceritanya diambil dari novel. Menurutnya, saat menonton film ia bisa memahami cerita yang disampaikan film tersebut. “Soalnya ceritanya lebih nyambung waktu nonton,” tuturnya. Meli, sapaan akrab cewek ini, menonton film lebih seru dan asik dari pada harus membaca novel. Oleh sebab itu, ia seringkali tak menuntaskan novel-novel yang ia baca. Keseruan lain yang dirasakan Meli saat menonton film, ia bisa punya idola baru. Saat menyukai salah satu tokoh pada novel yang ia baca, tokoh tersebut digambarkan sesuai dengan yang ada pada novel. “Kadang aku kan suka salah satu tokoh di novelnya, pas difilmkan ternyata aktor atau artisnya cocok sama yang di novel, itu yang bikin seneng,” tutur cewek yang suka jalan ke mall ini.(*/han)

Ambil Nilai Positif Ari Astuti, S.Pd – SMK PGRI 2 Malang “SEBENARNYA untuk ceritacerita dalam novel yang difilmkan itu baik saja, namun memang hal tersebut membuat orang khususnya pelajar menjadi malas untuk membaca. Banyak anak zaman sekarang yang kurang bisa menyaring nilai-nilai positif dari sebuah film, mereka maunya yang serba instan dan itu bisa saja berdampak pada kehidupan mereka seharihari. Film-film zaman sekarang juga l e b i h menyoroti tentang gaya hidup mewah, hingga akhirnya mempengaruhi pikiran siswa. Menurut saya, film yang baik adalah film yang mengangkat cerita kehidupan sehari-hari, tentang kesederhanaan, dan yang menceritakan tentang jalan menuju kesuksesan. Seperti film Laskar Pelangi. Itu adalah contoh film yang mengajarkan tentang kesederhanaan. Ceritanya ringan namun mengena dan mudah diingat di dalam memori anak-anak. Akhirnya mereka bisa belajar, bagaimana caranya berusaha dan juga belajar untuk menghargai. Seperti itulah film yang membawa nilai positif. Di tengah teknologi yang sangat canggih, walaupun anak-anak dilarang untuk menonton film yang kurang baik, tapi mereka punya fasilitas untuk melihat itu. Maka dari itu perlu pengawasan dari orang tua. Anak-anak bukan hanya tanggung jawab sekolah saja, namun peran serta orang tua, dan masyarakat juga akan membentuk karakter anak nanti.(*/han) REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


12

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

Tim SDK Mardi Wiyata 2 saat meluapkan kegembiraannya setelah berhasil mengalahkan tim SDK Santa Maria 2, Jumat kemarin

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Pekan C-21 Prestasi SMPK Frateran

Cor Jesu Festival 2013

SDK Mardi Wiyata 1 dan 2 Kompak Masuk Semi Final

Superman dan Kartini Berjalan Beriringan di Atas Catwalk

MALANG - Putaran kedua dalam perebutan tiket menuju babak semifinal turnamen basket C-21 Prestasi yang digelar Jumat kemarin, berlangsung sengit seperti pada laga putran pertama sehari sebelumnya. Tim SDK Mardi Wiyata 2 yang berhadapan dengan tim SDK Santa Maria 2 pada Jumat (8/11) kemarin memberikan tontonan menarik pada para supporter yang ingin menyaksikan langsung pertandingan tim kebanggaan mereka. Layaknya pada laga final pertandingan yang digelar di lapangan basket SMPK Frateran itu menunjukkan tensi yang tinggi antar tim. Upaya saling serang yang digencarkan terus-menerus oleh kedua tim membuat lapangan basket SMPK Frateran tak henti-hentinya ramai dari sorakan penonton yang juga ikut

menghangatkan suasana. Skor poin babak pertama terhenti pada angka kemengan 14-18 untuk SDK Mardi Wiyata. Terpaut poin dengan selisih yang tidak banyak, tim SDK Santa Maria 2 lebih menggencarkan serangan pada babak ke dua. Namun upaya tersebut tidak dapat merubah keadaan, hingga berakhirnya pertandingan jalannya pertandingan perolehan poin masih unggul bagi SDK Mardi Wiyata 2 dengan skor 34-21. “Dibandingkan pertandingan sebelumnya, kali ini anak-anak sudah cukup bermain dengan apik. Selanjutkan kami akan membenahi faktor mental mereka agar dapat menguasai emosi saat bermain, karena dengan demikian mereka akan menguasai jalannya pertandingan,” ungkap Eko

pembina tim Mardi Wiyata 2. Pemilik nama lengkap Antunius Eko Wahyudi ini menyampaikan rasa senangnya karena anak asuhnya sukses meraih tiket ke semi final yang akan digelar Sabtu (9/11) pagi ini, berhadapan dengan tim SDK Santo Yusup B. Ia berharap pada turnamen basket C-21 Prestasi kali ini tim besutannya dapat lolos ke babak final. Seperti halnya SDK Mardi Wiyata 2, tim SDK Mardi Wiyata 1 juga sukses merebut tiket ke semi final setelah menundukkan tim SDN Bunulrejo 5 dengan skor poin 29-20. Dengan demikian SDK Mardi Wiyata 1 berhak menuju ke semi final yang akan berhadapan dengan tim MIN Malang 1. Ketua Pelaksana Pekan C-21 Prestasi SMPK Frateran Antonius P Wigig

R, MM mengatakan dihari ke lima pergelaran Pekan C-21 Prestasi kali ini dapat dilihat perkembangan yang dimiliki setiap tim dalam bermain. Menurutnya kegiatan Pekan C-21 Prestai yang telah digelar selama empat tahun berturut-turut ini dapat menjadi wadah pengembang bakat siswa di bidang olahraga basket. “Kita lihat permainan mereka dari tahun ke tahun semakin meningkat. Skill individu dan pola permainan yang dimainkan lebih bagus, sehingga meyajikan pertandingan yang cukup seru untuk ditonton,” ujarnya. Ia berharap dengan kegiatan dapat memberikan motivasi bagi siswa-siswi sekolah dasar untuk terus berlatih sehingga menjadi pemain basket yang handal dan profesional. (imm/sir/nda)

SMAN 10 LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

MENGGEMASKAN: Peserta lomba fashion show tema pahlawan yang digelar SDK Cor Jesu saat berlenggok di atas panggung lomba. MALANG - Ratusan anak dari TK dan digelar SDK Cor Jesu. Berbagai lomba Play Group Se Malang Raya memeriah- digelar selama dua hari (Jumat-Sabtu) dan kan ajang Cor Jesu Festival 2013 yang diikuti sedikitnya 406 orang peserta.

Dua Jempol untuk Rumah Sehat MALANG – Terpilihnya Kota Malang sebagai Kota Sehat Nasional menjadi perhatian kota-kota lain untuk mempelajari poin-poin yang membuat ketua tim juri Kota Sehat 2013, Drs Yulikarmen M Kes, memberi nilai plus kepada Kota Apel ini. Termasuk di antara kota-kota tersebut ialah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, Sumatra Barat yang Kamis (07/11) siang kemarin mengadakan studi banding di SMAN 10 Malang. Untuk diketahui, SMAN 10 Malang adalah komponen kemenangan Kota Malang di bidang kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah dalam meraih penghargaan bergengsi ini. Marketing Komunikasi (Markom) SMAN 10 Malang, Yudi Fahmin, menuturkan, fokus kunjungan 27 orang tamu yang terdiri dari anggota DPRD, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan anggota Forum Kota Sehat tersebut adalah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan kantin sekolah di SMAN 10 Malang. Dalam kunjungan tersebut, para tamu mempelajari Rumah Sehat binaan UKS SMAN 10 Malang. Mereka kagum atas program Rumah Sehat yang menargetkan kesehatan rumah penduduk dalam radius 500 meter di sekitar sekolah. Mereka juga menyempatkan diri melihat perpustakaaan sekolah yang beberapa waktu lalu meraih penghargaan sebagai perpustakaan terbaik se-Jawa Timur tingkat SMA. “Dalam penyambutan dan pemanduan kami menyerahkan kepada tim pemandu sekolah dan kader kesehatan remaja UKS. Selain itu, karena awalnya tamu-tamu kami ini juga mengunjungi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, kami juga berkoordinasi dengan pemandu di sana dan petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang,” terang Yudi. Kepada para tamu, tim pemandu menegaskan bahwa SMAN 10 Malang benar-benar menjadikan kesehatan dan kebersihan sebagai budaya. Hal ini ditunjukkan dengan bagaimana sekolah tersebut menyambut tamu yang datang mendadak hari ini tanpa perlu mempersiapkan kebersihan sekolah. Untuk itu, mereka juga melakukan school touring untuk mengamati lingkungan sekolah adiwiyata tersebut lebih jauh. “Kami tidak perlu tergopoh-gopoh membenahi apapun. Budaya ini kami harap dapat ditularkan kepada kota-kota lain,” ujar salah satu pemandu. Selain SMAN 10 Malang, ada 10 titik lain di Kota Malang yang menjadi perhatian tamu. Yaitu PDAM, Posyandu Lansia Lesanpuro, KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Klayatan, kampung terapi, Bank Sampah Malang (BSM), Puskesmas Dinoyo, LSM Jatim di Jalan Blitar dan Posyandu Balita di Tasikmadu. “Semoga kunjungan dan silaturrahmi ini dapat membawa manfaat yang berkelanjutan terhadap kota-kota lain dan juga Kota Malang sendiri,” tandas Yudi. (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

KEPINCUT NGALAM: Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat, mengadakan studi banding ke SMAN 10 Malang Kamis (7/11) kamarin untuk mempelajari poin plus yang mengantarkan Kota Malang sebagai Kota Sehat Nasional 2013.

ANTISIPASI KASUS ASUSILA

Diknas Kabupaten Malang Dukung Razia KEPANJEN – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang mendukung rencana Polresta Malang dalam mengantisipasi terjadinya kasus asusila di lingkup sekolah menengah. Seperti yang disampaikan Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta untuk membuat peraturan larangan pada siswa menyimpan film atau gambar porno dalam gadget miliknya yang berlaku bagi seluruh siswa se Kabupaten Malang. Kasi Sarana Prasarana Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Kasduri mengatakan pihaknya mendukung program yang ditujukan untuk mengantisipasi munculnya tindakan asusila pada pelajar di Kabupaten Malang. Paling tidak, kasus video mesum yang diperankan siswa sekolah menengah seperti yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu, menular ke pelajar Kabupaten Malang. ‘’Program yang digalang Polres Malang itu sebagai langkah bagus dalam antisipasi perilaku asusila yang dilakukan anakanak dan menciptakan efek jera bagi anak-anak jika sampai terlibat,” terang Kasduri kepada Malang Post, kemarin. Dia mengatakan, pihaknya kini bersiap meneruskan informasi terkait program ini ke seluruh sekolah, terutama di tingkat menengah yakni SMP-SMA/SMK. Itupun sembari menunggu datangnya surat keterangan dari Polres Malang terkait program ini. Sebab, dindik belum mengetahui secara pasti bentuk program tersebut. Termasuk, informasi juga akan digelar razia video porno dan gambar porno pada gadget siswa. (poy/nda)

Salah satu lomba yang cukup unik adalah lomba fashion show tema Pahlawan. Anak-anak Play Group dan TK yang diajak mengekspresikan cinta pada pahlawan idolanya pun tampil dengan aneka busana yang cukup menarik. Ada yang memakai baju Superman, Batman, Kartini, dokter, atlet bulutangkis hingga pemain bola. Dengan seragam khas tokoh yang diperankannya, anak-anak tersebut berjalan di atas catwalk dengan gaya yang lucu dan menggemaskan. Menurut Ketua Panitia Cor Jesu Festival 2013, Agustina Rina Astri, semua lomba yang dilaksanakan dalam acara ini harus sesuai dengan tema besar kegiatan yaitu Pahlawanku Idolaku. Peserta pun dibebaskan memaknai siapa sosok yang menurut mereka adalah pahlawan. ”Peserta lomba bebas memilih sosok pahlawan idola mereka, tidak harus pahlawan kemerdekaan tapi juga bisa pahlawan bidang olahraga seperti pemain bola dan lainnya,” ungkapnya. Rina, panggilan akrab Agustina Rina Astri menuturkan selain lomba fashion, kemarin juga digelar kegiatan workshop komputer robotik, menyanyi tunggal, dan seminar dongeng. Dan pada hari kedua hari ini digelar lomba

13

AKREDITASI

mewarna, family dance dan dongeng. Khusus lomba dongeng ini diikuti oleh guru sementara lomba yang lain melibatkan anak-anak. Seperti lomba menyanyi tunggal misalnya, setiap peserta mendapatkan kesempatan menyanyi lagu wajib dengan tema pahlawan yaitu Aku Seorang Kapiten dan Merah Putih. Cor Jesu Festival 2013 Pahlawanku Idolaku ini kemarin dibuka secara resmi oleh Kepala SDK Cor Jesu, M.F. Nanik Hariani S.Pd. hadir pula dalam acara pembukaan adalah Kepala yayasan, Suster Hilda, OSU. ”Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak mengingat jasa pahlawan dan juga timbul semangat dalam hati mereka untuk menjadi pejuang mengisi kemerdekaan ini,” tegasnya.Rina menjelaskan kegiatan ini sekaligus merupakan ajang untuk mengenalkan SDK Cor Jesu kepada masyarakat luas. Pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan juga voucher pendidikan bebas uang pangkal di SDK Cor Jesu. Dengan rincian untuk juara 1 mendapatkan hadiah bebas uang pangkal, juara 2 bebas 75 persen dan juara tiga bebas 50 persen. (oci/sir/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

PRODUKTIF: Ariani Kusumaningrum S TP, M, M Pd, guru SMAN 2 Malang menunjukkan puluhan buku karya guru dan siswa dalam sebuah kesempatan.

Kebijakan Justru Memotivasi Kampus MALANG - Aturan baru dari Kemenpan RI terkait syarat minimal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah dari perguruan tinggi dengan program studi akreditasi B seharusnya menjadi semangat peningkatan kualitas bagi perguruan tinggi. Hal ini diungkapkan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam (Unisma) Malang, Dr. Nur Fajar Arif M.Pd. Menurutnya kebijakan tersebut akan berdampak positif bagi perguruan tinggi khususnya PTS. ”Kebijakan ini akan mendorong dan memotivasi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya,” ungkapnya. Di sisi lain lanjutnya pemerintah juga akan terdorong untuk memberikan bantuan kepada PTS untuk bisa sejajar kualitas pendidikannya. Bantuan yang sifatnya kompetisi itu sangat dibutuhkan PTS, termasuk beasiswa bagi dosen dan juga pengembangan sarana prasarananya. Apalagi pemerintah juga sangat terbuka dengan upaya resourches sharing antara perguruan tinggi terutama PTS kecil dengan PTS besar atau dengan PTN. Dampak positif lainnya kata dia adalah peningkatan kualitas SDM yang akan mengabdi pada departemen atau pemerintahan. Dengan peningkatan kualitas SDM maka diharapkan layanan yang diberikan pun akan lebih baik. FKIP Unisma yang melahirkan para calon guru saat ini sudah meraih akreditasi B pada seluruh program studi (Prodi) nya. Bahkan Unisma juga sudah meraih akreditasi institusi B. Seperti diberitakan sebelumnya, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pusat sudah mengirimkan surat kepada Kemenpan agar merevisi aturan syarat pendaftaran CPNS tersebut. Ketua APTISI Wilayah VII Jatim yang juga Rektor Universitas Wisnuwardhana (Unidha), Prof. Dr. Suko Wiyono SH MH menuturkan memperoleh akreditasi B tidak mudah bagi perguruan tinggi di luar Jawa. Mengingat keterbatasan sarana hingga SDM yang ada di sana. Jika aturan Kemenpan diberlakukan seterusnya maka lulusan perguruan tinggi daerah tidak akan memiliki nilai tawar, dan parahnya lagi putra daerah juga tidak memiliki peluang menjadi PNS. Sebab tidak semua masyarakat di daerah bisa menempuh studi di perguruan tinggi di luar domisilinya hanya untuk mencari prodi dengan akreditasi B. Selain itu lanjutnya menjaring calon PNS seharusnya tidak memandang asal perguruan tinggi. Sebab yang akan dijaring adalah personal individu pelamar, meskipun berasal dari perguruan tinggi dengan akreditasi C bisa jadi ia memiliki kualitas kepribadian dan akademis yang lebih baik. (oci/nda)

UMM LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

HARGA MATI: Mahasiswa yang tergabung dalam GEMA Pembebasan dan HTI Chapter Kampus Malang menggelar aksi demo mengecam penyadapan oleh Amerika.

SMAN 2 Malang

Dorong Guru dan Desak Pemerintah Siswa Rajin Menulis MALANG – Sebagai sekolah yang menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS), SMAN 2 Malang dituntut untuk berbeda dalam banyak hal. Salah satunya terkait buku panduan dan pengayaaan yang dipakai untuk bahan ajar. Di sekolah tersebut, guru di setiap mapel harus menulis setidaknya satu buku dalam satu tahun sebagai bahan pengayaan siswa. “Karya tulis menjadi hal yang mendapat apresiasi tinggi dari sekolah. Itulah sebabnya, saat diklat untuk guru yang diselenggarakan oleh Universitas Ma Chung, sekolah kami berhasil meloloskan guru untuk mengikuti diklat

dengan jumlah peserta terbatas itu,” ujar Ariani Kusumaningrum S TP, M, M Pd, guru SMAN 2 Malang, kepada Malang Post. Sementara itu, secara terpisah Kepala SMAN 2 Malang, Drs Budi Harsono, memaparkan, setiap perampungan buku oleh guru, ia selalu mengimbau mereka untuk melakukan revisi atau penambahan demi menyempurnakan buku tersebut. Budi mengakui, tidak semua guru memiliki kemampuan menulis. Penguasaan materi dan kompetensi mengajar tidak menjamin guru dapat menulis sesuai sistematika yang tepat. Untuk itu, ia menegaskan mer-

eka untuk saling mengoreksi tulisan masing-masing. Hal ini dikatakan Budi dapat menyempurnakan atau paling tidak menguji kelayakan buku tersebut sebagai bahan pengayaan. Sedangkan untuk siswa, Budi mengaku selalu berupaya untuk memasukkan kegiatan menulis dalam setiap kesempatan. Tak hanya kegiatan akademik, tapi juga hal-hal insidentil seperti pemberian sanksi bagi siswa yang membolos atau terlambat. “Sebelumnya, saya lihat kemampuan menulis siswa masih berantakan. Tapi dengan kesungguhan dan seringnya guru kami mengikuti diklat-diklat yang diap-

likasikan di kelas, skill siswa juga ikut membaik. Namun tidak dapat dipungkiri, perubahannya tidak lantas 180 derajat, tapi perlahan-lahan,” terang Budi. Saat ini, seiring pengembangan yang dilakukan guru, bakat siswa juga mulai mencuat. Selain Ariani, yang dikatakan Budi merupakan guru yang produktivitasnya tidak diragukan, beberapa waktu lalu Budi juga diundang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk menerima penghargaan atas prestasi siswa dalam bidang tulis menulis di tingkat Kota. Budi berharap, baik guru maupun siswa dapat sama-sama berkompetisi dalam bidang kepenulisan. (ily/nda)

Tutup Kedubes AS

MALANG - Penyadapan yang dilakukan oleh intelejen Amerika Serikat (AS) di Indonesia mendapatkan kecaman keras dari mahasiswa yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Chapter Kampus Malang. Bersama dengan GEMA Pembebasan, puluhan mahasiswa kemarin menggelar aksi demonstrasi di Bundaran Veteran Kota Malang. Sejumlah poster diusung massa aksi kemarin, di antaranya menegaskan bahwa Amerika adalah musuh negara. Ketua GEMA Pembebasan Malang, An-

dika Bayusih menuturkan informasi bahwa gedung Kedubes Amerika Serikat di Jakarta memiliki fasilitas penyadapan. Sejumlah fakta berbicara mengenai hal tersebut karena itulah mereka mendesak pemerintah Indonesia untuk menutup Kedubes Amerika Serikat di Jakarta dan mencabut IMB untuk gedung baru yang sedang dibangun menjadi Kedubes Amerika terbesar ketiga setelah Irak dan Pakistan. ”Kami menyerukan kepada umat Islam Indonesia untuk bergerak bersamasama menolak pembangunan kedubes

AS,” ungkapnya. Juru Bicara HTI, Muhammad Ismail Yusanto merilis protes ini bukan omong kosong, karena benar gedung Kedubes AS di Jakarta merupakan markas intelijen. Meskipun baru dugaan, namun sumber informasi mengenai hal itu sangat akurat. Ditambah adanya fakta penyadapan yang dilakukan Amerika terhadap negara lain seperti Jerman dan China. Dengan fakta tersebut menurutnya sudah cukup sebagai dasar pemerintah menutup Kedubes AS di Jakarta dan

mencabut IMB gedung barunya. Tindakan ini harus dilakukan sebagai bukti bahwa pemerintah Indonesia memang benar-benar menjaga keamanan dan kedaulatan negeri. Jika tidak maka menjadi bukti bahwa pemerintah telah tunduk pada tekanan Amerika. ”Pembangunan gedung harus dihentikan jika tidak akan menjadi sarana untuk makin mengokohkan penjajahan Amerika atas negeri ini, dan setiap penjajahan pasti akan merugikan rakyat Indonesia,” tegasnya. (oci/nda)

Kunjungan 30 Remaja Binaan Dinas Sosial Kota Malang ke Malang Post

Anak Jalanan No, Anak Negeri Yes! Jumat (8/11) kemarin, kantor Malang Post kedatangan tamu istimewa. Mereka adalah 30 remaja binaan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang. Mereka datang untuk mempelajari proses kelahiran Korane Arek Malang yang selama ini hanya dapat mereka baca. Tak hanya itu, mereka juga mendapat ‘bonus’, yakni mengenal bahaya minuman keras (miras) dari komunitas Gerakan Nasional Anti Miras (GeNAM). Meski tidak sempat melihat langsung penulisan di meja redaksi karena pagi itu wartawan masih ‘merumput’, ABG (anak Baru Gede) berusia 12-18 tahun itu terlihat antusias. Mereka menyimak materi yang disampaikan oleh Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana dengan seksama. “Di Malang Post kita dapat membaca tulisan wartawan tentang aktivitas di Malang Raya, yang baik dan buruk. Semua itu untuk diambil sisi positifnya oleh masyarakat. Tinggal pilih, kalian mau masuk koran karena prestasi atau hal negatif? Untuk berprestasi, tidak harus di sekolah, tapi dengan hal positif yang kita berikan pada lingkungan,” ujar Hana, sapaan akrab wanita ber-

jilbab itu, retoris. Selain materi tentang penerbitan Malang Post, mereka juga antusias menyimak penjelasan dari Yanuar Alvanul Maghfur, aktivis komunitas GeNAM yang turut ambil bagian dalam membina para ABG tersebut. “Selain menjaga diri sendiri dari miras, kita juga harus menjauhkan orang-orang sekitar kita dari barang haram itu. Tentu kita tidak mau kan, ora oleh nongkone, oleh pulute,” ujar Vanul, sapaan akrabnya. Pria asal Kepanjen ini mewantiwanti para peserta program untuk menjauhi miras karena mereka nantinya adalah generasi penerus bangga yang akan melanjutkan proses pembangunan Indonesia menjadi negara maju di dunia. Ditemui di sela-sela kegiatan, Dra Zubaidah MM, Kepala Dinsos Kota Malang, mengatakan, pembinaan remaja tanggung yang diangkat dari daerah Jalan Muharto dan sekitarnya tersebut adalah salah satu program intensif Dinsos tahun ini. “Ini adalah kali pertama program pembinaan remaja dilakukan oleh Dinsos yang baru dibentuk oleh pemkot. Kami tidak menyebut mereka anak jalanan, melainkan anak negeri mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa nantinya. Anak Jalanan No, Anak Negeri Yes!”

NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST

TAMBAH WAWASAN: Sebanyak 30 remaja binaan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang Jumat (8/11) pagi kemarin bertandang ke kantor Malang Post. Mereka mendapat wawasan seputar jurnalistik dan bahaya miras dari GeNAM. ungkap Zubaidah. Selain ke Kantor Redaksi Malang Post, mereka juga diajak mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (LP), kantor polisi, dan kantor-kantor pelayanan masyarakat di Kota Malang. Tujuannya ialah untuk mengentaskan mereka dari kehidupan jalanan dan mengembalikan mereka ke lingkungan yang kondusif untuk bermain dan belajar. Sebagian besar dari mereka mengaku menyukai olahraga dan dunia otomotif. Untuk itu,

Dinsos berjanji akan terus melakukan pengawalan baik langsung maupun tidak langsung terhadap kelanjutan masa depan mereka. “Meski putus sekolah, mereka memiliki skill yang tidak bisa diremehkan. Sebagian besar bercita-cita menjadi teknisi otomotif. Jangan sampai impian tersebut gagal lantaran kondisi lingkungan yang tidak mendukung, apalagi karena terperosok ke dunia gelap narkotika dan miras,” ujar Zubaidah. (ily/nda)

Tim Paskibra SMKN 3 Malang

Borong Empat Gelar di Ajang PKM 2013 MALANG - Tim Paskibra SMKN 3 Malang sukses memboyong empat piala dalam lomba Paskibra Kota Malang (PKM) 2013 yang digelar Minggu (3/11/13) lalu. Masing-masing adalah juara 1 Formasi pengibaran Piala Umum LFP Seri 10, Terbaik 2 Variasi Kreasi Piala Ketua Umum PKM LFP seri 10, Terbaik 3 PBB Piala PKM LFP seri 10 dan juara harapan 2 Piala PKM. Meski belum menduduki prestasi puncak sebagai juara umum, namun ajang lomba kali ini menjadi pemicu semangat tim paskibra untuk merebut gelar terbaik pada tahun mendatang. “Kami banyak belajar dari kompetisi tahun ini, dan berharap tahun depan bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi,” ungkap Ketua Tim Paskibra SMKN 3 Malang, Muh. Mufidul Umam kepada Malang Post. Sebagai pelajar sekolah kejuruan, diakui Mufid timnya tak banyak punya waktu untuk berlatih menjelang lomba. Sebab kegiatan praktikum tak bisa ditinggal lama sehingga seringkali latihan dimulai tapi dengan formasi anggota yang tidak lengkap. Ia mencontohkan seperti dirinya sendiri yang merupakan siswa program studi Tata Boga,

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

saat praktik memasak di dapur tentu ia tak bisa mengikuti latihan tepat waktu karena harus mendahulukan kegiatan praktiknya. “Jadi saat berlatih biasanya meski formasi belum lengkap kami tetap berlatih sambil menunggu pasukan lengkap,” jelasnya. Mufid mengakui, tim nya telah berjuang keras sehingga sukses memboyong empat piala dalam lomba tersebut. Sebab saat lomba ada beberapa kendala teknis yang sedikit mengagnggu performa mereka. Seperti kondisi danton yang suaranya serak menjelang lomba namun akhirnya bisa ditangani dengan meminum obat tradisional. ”Waktu mengambil nomor urut ternyata kami mendapat nomor urut besar, baru sekitar jam 13.00 WIB kami mendapatkan giliran tampil,” kata dia. Sementara Masyur Fahmi, dari Sie Kepaskibrakaan menuturkan penampilan saat lomba tim SMKN 3 menampilkan PBB Formasi berbentuk bunga teratai dan berhasil memukau juri sehingga meraih juara 1, kemudian dilanjutkan PBB formal dan PBB kreasi. ”Banyak pengalaman seru yang bisa kami dapatkan selama mengikuti lomba tingkat Kota Malang ini,” urainya.

IST/MALANG POST

HASIL MAKSIMAL: Tim paskibra SMKN 3 Malang berfoto bersama guru dan kepala sekolah. Berkat kekompakan tim ini berhasil memboyong empat piala dalam lomba paskibra Kota Malang. Siswa Program Studi Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini menuturkan pada awalnya ia tak tertarik bergabung di Paskibra. Namun ketika sekolah memi-

lihnya masuk tim, ia pun jadi menyukai kegiatan Paski. Berbeda dengan Mufid yang mengaku banyak ingin belajar dari kegiatan Paski. (oci/sir/nda)

IST

STUDI BANDING: Kunjungan STAI Sangatta di UMM, rombongan juga meninjau berbagai unit yang ada di kampus putih itu

Kiblat Pengembangan STAI Sangatta MALANG – Sebanyak 22 orang dari jajaran pimpinan dan staf Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur berkunjung ke kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (8/11). Rombongan yang dipimpin ketua STAI Sangatta, Prof Dr Hj Siti Muriah, disambut kepala Humas UMM, Nasrullah, sekretaris Humas Rina Wahyu Setyaningrum, serta Plt Ketua Prodi Ekonomi Syariah, FAI UMM, M Azhar Muttaqin. Sebelum meninjau berbagai unit di UMM, rombongan sempat berdiskusi tentang berbagai persoalan pengelolaan kampus. Termasuk tentang sistem kendali mutu akademik, perpustakaan, program bahasa Inggris dan kurikulum prodi Ekonomi Syariah. Muriah mengakui kampusnya masih perlu banyak belajar kepada UMM. Sebagai kampus swasta, STAI Sangatta memandang UMM sebagai kiblat yang tepat untuk mengembangkan secara kelembagaan. Hari-hari ini memang STAI masih disubsidi oleh pemerintah daerah, tetapi pihaknya harus siap seandainya sewaktu-waktu pemda tidak berpihak dan melepas bantuannya. “Kami tentu was-was, tetapi kami harus tetap berjuang agar kampus kami bisa tumbuh dan maju,” ungkap Muriah optimis. STAI Sangatta memiliki dua prodi, yakni Tarbiyah dan Ekonomi Syari’ah. Meski baru berdiri pada 2007, kini minat masyarakat di Kutai Timur cukup bagus pada kampus ini. Menanggapi hal itu, Nasrullah menyatakan apresiasinya pada STIA Sangatta. Setiap tamu kunjungan, katanya, selalu bernilai silaturahim dan dapat menjadi inspirasi. “Belum tentu kami lebih baik, sering justru kami juga belajar dari saudara-saudara kami yang studi banding ke sini,” ujarnya. Dia berharap kedua pihak bisa memperoleh manfaat dari sharing ini. Sementara itu, Prodi Ekonomi Syariah dipandang tepat berada di Fakultas Agama Islam (FAI) daripada di Fakultas Ekonomi. Menurut Azhar, yang ingin dicetak dari prodi baru di UMM ini bukanlah praktisi bank syariah melainkan ahli-ahli ekonomi syariah yang lebih banyak memeiliki dasar syariah dalam melihat bidang ekonomi. Meski demikian, kata Azhar, Ekonomi Syariah UMM tetap dikembangkan dengan pendekatan praktis profesional dengan mengenalkannya pada lab Bank Syariah maupun simulai ekonomi Islam. “Kurikulum kami mengacu pada pembekalan agama pada para ahli ekonomi sehingga mampu menganalisis ke-syai’ah-an sebuah praktek ekonomi. Dengan demikian mereka juga harus terampil dalam mengelola ekonomi syariah, termasuk dunia perbankan, asuransi, keuangan mikro, dan sebagainya,” kata Azhar. (oci/nda)


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

14

Dari Kamar Sewaan, Sekarang Punya Dua Klinik Kecantikan Ramah dan selalu bersemangat saat berbicara. Itulah gambaran dr. Nora Ariyati, M.Kes, SpKK, owner Aurell Skin Care. Apalagi saat menceritakan tentang dunia yang dicintainya saat ini, kecantikan, maka dr. Nora pasti akan bercerita lengkap dari A-Z, tentang kemajuan teknologi yang mendukung perempuan untuk bisa tampil lebih cantik, treatment terbaru, kedekatannya dengan klien hingga berbagi kisah tentang perjalanannya mendirikan klinik kecantikan yang dibangun dari nol. Ya, dr. Nora awalnya tak pernah terpikir untuk mempunyai klinik kecantikan, apalagi bisa besar seperti sekarang. Saat datang ke Malang mengikuti suami yang ditempatkan di Kabupaten Malang pada 2006 lalu, dokter alumnus UGM ini memutuskan untuk membuka praktik pribadi dengan memasang plang sebagai spesialis kulit dan kelamin. Tempat praktik dr. Nora bukan di tempat luas, hanya di sebuah kamar kecil di ruko. “Dari praktik belum ada pasien sama sekali, hingga kemudian ada satu dua orang yang datang. Ya semuanya patut disyukuri,” ucap perempuan cantik ini. Dalam perjalanannya, ter nyata pasien yang datang ke tempat praktik dr. Nora lebih banyak pasien kecantikan yang mengeluhkan permasalahan kulit seperti jerawat, flek dan lainnya. Mereka berharap bisa mendapatkan treatment khusus dari dr. Nora, sehingga bisa sembuh dan tampil cantik dengan kulit mulus. “Jadi apa yang saya lakukan saat itu bisa dikatakan memenuhi permintaan pasar. Banyak pasien yang meminta saya menyediakan perawatan

wajah sekaligus, ya akhirnya saya menambah satu bed di ruang praktik,” ujar ibu dua anak ini. Penambahan bed disambut antusias pasien yang terus bertambah dari hari ke hari, hingga kamar sewaan tersebut dirasa tak bisa menampung permintaan para pasien. dr. Nora pun memutuskan untuk membuka klinik kecantikan dan membeli ruko di Kepanjen pada 2008. Dewi Fortuna sepertinya terus mengelilingi dokter yang lulus dengan cumlaude ini, satu ruko di Jl. Panglima Sudirman Kepanjen itu ternyata tak mampu menampung banyaknya pasien, hingga ia terus menambah ruko menjadi dua, tiga, sampai lima ruko pada tahun 2011. “Alhamdulillah semua dimudahkan jalannya. Banyak teman-teman yang kaget, kota kecil seperti Kepanjen ternyata bisa menerima kehadiran klinik kecantikan,” katanya. Tak Semata Bisnis, Tapi Juga Pengabdian Banyak yang berkomentar atas keberanian dr. Nora Ariyati saat membukaAurell Skin Care di Kepanjen, mereka memandang kota tersebut

masih terlalu kecil dan belum bisa menerima tawaran dan layanan klinik kecantikan. Namun ketika usaha yang dirintis tersebut berhasil dan besar, mereka yang berkomentar bertambah kaget dan memberikan applaus. “Kalau saya harus membuka klinik kecantikan, langsung besar dengan membeli lima ruko, tentu saya akan berpikir ulang, nggak bakal berani deh. Tapi yang saya lakukan itu kan setahap demi setahap, sesuai dengan kebutuhan pasien, jadi tidak terasa. Waktu itu pun saya juga kurang mengerti jika Kepanjen itu masih kota kecil, kan saya pendatang. Perasaan nothing to lose itu mungkin juga berpengaruh, sehingga saya tidak terbebani ketika menjalankan Aurell Skin Care,” tuturnya tersenyum. Ia menambahkan, meski saat ini disibukkan dengan klinik kecantikan, namun dr. Nora meyakinkan apa yang dilakukannya saat ini tak semata bisnis, tapi juga pengabdian ilmu yang diperolehnya di bangku kuliah. Karena itulah, ia tak mematok biaya mahal untuk semua treatment yang ditawarkan Aurell Skin Care. Ia ingin mengedukasi masyarakat untuk tetap tampil cantik dan sehat dengan harga terjangkau. “Saya bukan business women, tapi dokter. Makanya saya niatkan ini sebagai pengabdian untuk edukasi. Lucunya, kadang ada pasien yang kaget dengan harga yang kami patok. Mereka berpikir, kok ada krim kulit dengan harga begitu murah. Apa ini beneran?. Lha, kalo saya sudah bisa untung dengan menjual harga segitu, kenapa harus dibuat mahal?. Mind set masyarakat bahwa produk mahal pasti bagus, itu yang ingin saya ubah,” urainya panjang lebar.(han)

dr. Nora Ariyati, M.Kes, SpKK, Owner Aurell Skin Care

FOTO-FOTO: DEWI YUHANA/MALANG POST

DARI NOL: dr. Nora Ariyati membangun Aurell Skin Care dari nol, diawali dari praktik pribadi hingga besar seperti sekarang.

Ingin Kinclong, Awas Produk Bermerkuri

PERAWATAN: dr. Nora saat memberikan treatment kepada salah satu pasien di Aurell Skin Care Jl. Kepundung DR. NORA ARIYATI mengatakan, tak semua produk kecantikan mahal aman untuk digunakan. Sebab saat ini banyak oknum yang memanfaatkan keinginan perempuan untuk tampil cantik secara instan dengan menawarkan produk mahal dengan janji dan imingiming wajah bisa putih dan kinclong dalam waktu

singkat. Atau, dengan menambahi bahwa produk tersebut keluaran dokter. “Nah, padahal itu yang harus diwaspadai. Jika ada produk kecantikan yang hanya beberapa kali dipakai langsung membuat kulit menjadi putih misalnya, harus curiga jangan-jangan mengandung merkuri. Atau, jangan terlalu percaya produk dokter yang dijual bebas. Sebab, masing-masing pasien sebenarnya mendapatkan treatment berbeda dengan obat berbeda pula, sesuai keluhan dan kondisi kulit mereka. Makanya, klinik kecantikan harus mempunyai apoteker, yang meracik obat sesuai dengan resep dokter, tidak bisa disama ratakan,” jelasnya panjang lebar. dr. Nora mengungkapkan, dulu pemakaian merkuri memang diperbolehkan hingga pada 1998 benar-benar dilarang karena efeknya yang sangat mematikan. Perempuan yang memakai produk bermerkuri, lanjut dr. Nora biasanya akan merasakan efek kulit yang mengkilat, tampak putih bersih selama setahun hingga dua tahun, namun setelah itu akan muncul flek-flek hitam di wajah. Selain itu, unsur merkuri yang ada di kosmetik juga akan diserap kulit, dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh, lalu mengendap dalam ginjal hingga bisa berakibat fatal, gagal ginjal atau bahkan kematian. “Mengerikan banget kan efeknya?, makanya jangan main-main. Ingin cantik sesaat, tapi memakai produk yang tidak aman,” tandasnya. Hal-hal seperti inilah yang menjadi ‘materi’ edukasi dr. Nora kepada pasien-pasiennya. Ia tak ingin mereka terlalu terobsesi menjadi cantik hingga menggunakan semua cara tanpa memperhatikan efeknya. “Cantik itu bukan putih dan kinclong,” tegas dokter yang sedang menunggu kedatangan fractional laser, teknologi terbaru untuk menghilangkan bekas jerawat, rejuvenation dan lainnya. Karena itu, untuk memberikan produk terbaik kepada pasien, dr. Nora selalu menggunakan bahanbahan krim yang sudah teregistrasi, sehingga aman untuk dipakai. “Ingat ya, tidak ada satu krim untuk semua orang. Jadi kalau ada krim X bagus karena dipakai si A, belum tentu bagus juga saat dipakai si B,” pungkas dr. Nora.(han)

Pernak Pernik Sempat ingin mengambil kedokteran gigi, namun oleh sang ayah dianjurkan untuk mendaftar kedokteran umum. Keputusan itu disyukuri sampai sekarang, karena dr. Nora akhirnya sangat mencintai dunia kecantikan, bagian kecil dari spesialisasi yang diambilnya.

Aslinya, sangat menyukai teknik. Karena itu sempat memilih Informatika ITB sebagai pilihan pertama dan kedokteran UGM sebagai pilihan kedua. Ternyata lolos di pilihan kedua.

Kurang suka hapalan, sehingga belum bisa menikmati saat awal-awal kuliah. Namun ketika materi perkuliahan sudah masuk ke klinis, dr. Nora langsung bersemangat.

Sejak membeli rumah di Jl Kepundung yang sekarang menjadi klinik kedua Aurell Skin Care, dr. Nora tak berhenti membangun. Ia sekarang sedang melengkapi area belakang bangunan dengan jacuzi dan perlengkapan lain untuk spa.

Sangat dekat dengan pasien. Tak jarang ia mendapat undangan dari pasien yang sedang mantu di Kepanjen.

Kenali Ciri-ciri Krim yang Mengandung Merkuri SAH-SAH saja jika Anda, para perempuan, ingin tampil cantik dan memukau. Meski demikian, pastikan Anda memilih produk kosmetik yang aman dan mengenali cirikiri kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Jika menemui ciri-ciri berikut ini dalam kosmetik yang ditawarkan kepada Anda, jangan gampang percaya, meski produk tersebut direkomendasikan oleh saudara atau teman terdekat. Tidak Ada Izin BPOM atau Lembaga Kesehatan Krim-krim pemutih berbahaya sudah pasti tidak masuk dalam daftar BPOM Indonesia. Hati-hati jika ada krim yang mencantumkan nomor registrasi atau apapun, cek kebenarannya di situs resmi BPOM. Warna Krim Mengkilap Warna dalam krim abal-abal yang biasanya dimasukkan dalam wadah jar memiliki warna yang mencolok. Seringkali pewarna yang digunakan adalah pewarna berbahaya, curigai krim yang berwarna kuning atau putih mengkilap seperti mutiara. Tidak Tercampur Rata dan Lengket Krim pemutih abal-abal biasanya lengket karena dicampur dengan bedak. Selain itu, krim terasa kasar saat dipakai. Beberapa krim pemutih berbahaya kadang terpisah, ada bagian yang berminyak atau padat dalam satu kemasan. Bau Menyengat Cium aroma krim, jika Anda mencium aroma logam, sebaiknya buang. Produsen biasanya menyamarkan aroma ini dengan memberi parfum yang aromanya tajam. Panas dan Perih Saat Dipakai Kosmetik seringkali menimbulkan reaksi setelah dipakai. Pada kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, kulit

akan terasa panas, perih, memerah atau gatal. Penjual biasanya berkilah itu adalah reaksi biasa, tetapi ini adalah bukti bahwa kosmetik tersebut mengandung bahan keras yang tidak cocok untuk kulit. Kulit Merah Saat Kena Matahari Kulit memiliki perlindungan alami, sehingga dia tidak akan merah meskipun Anda berdiri di bawah matahari yang terik. Tetapi bila kulit mulai memerah jika terkena matahari, maka kemungkinan ada lapisan kulit telah rusak. Kulit Putih Pucat dan Tidak Alami Krim pemutih yang aman akan memberikan hasil putih cerah atau putih normal seperti kulit Anda yang jarang terkena sinar matahari. Krim pemutih berbahaya biasanya memberi hasil putih yang sangat putih seperti kertas HVS, pucat, bahkan keabu-abuan. Hasil Sangat Cepat Anda justru harus waspada pada krim pemutih yang memberi hasil cepat. Jika kulit lebih putih dalam waktu hitungan hari atau minggu, itu adalah efek berbahaya merkuri atau hidrokuinon. Apalagi jika kulit tampak halus, bebas jerawat dan pori-pori mengecil. Awalnya memang bagus, tetapi lapisan kulit Anda akan rusak dan menimbulkan masalah kesehatan akut. Ketergantungan Jika pemakaian krim pemutih dihentikan, wajah akan tampak menggelap, sehingga muncul ketergantungan untuk terus memakai krim berbahaya tersebut. Semakin lama dipakai, racun semakin menumpuk dalam tubuh dan jaringan kulit pada akhirnya akan semakin rusak. Nah, itu beberapa ciri krim pemutih berbahaya. Jangan mudah tergiru dengan hasil instant, apalagi jika ditambah embelembel krim racikan dokter yang tidak pernah Anda jumpai secara langsung.(*/han) REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

15

Pemkot Bidik Aset Pabrik Jamur

Febri Setyawan/Malang Post

PENJAJAKAN: Walikota Batu, Eddy Rumpoko meninjau lahan bekas perusahaan jamur PT Karya Kompos Bagas.

BATU – Pemkot Batu, berencana mengambilalih aset milik perusahaan jamur PT Karya Kompos Bagas di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji. Keinginan itu sudah diwujudkan Walikota Batu Eddy Rumpoko, meninjau lokasi Kamis lalu. Begitu pengambil alihan sudah dilakukan, Pemkot tidak berniat menghidupkan perusahaan itu, melainkan menggunakan lahannya untuk obyek wisata. ‘’Kalau untuk perusahaan, saya kurang setuju karena visi misi Pemkot Batu bukan industri. Namun lahan itu bisa digunakan sebagai

pengembangan wisata,’’ ungkap Eddy Rumpoko. Keistimewaan lahan bekas perusahaan jamur itu, tak lain view yang luar biasa indahnya. Berada di ketinggian dan diapit oleh dua bukit. Lahan dengan luas sekitar 6 hektare itupun, setiap paginya masih sering diselimuti kabut tipis. Pemandangan seperti itu, tidak kalah dengan highland yang berlokasi di luar negeri, misalnya Australia. Ketika lokasi itu dikembangkan menjadi kawasan wisata, pasar bukan hanya wisatawan lokal, tetapi dipastikan

lebih diminati turis asing. Terkait keinginan Pemkot mengambilalih lahan tersebut, juga sudah disosialisasikan kepada warga Desa Sumberbrantas. Sosialisasi itu dilakukan saat acara bersih desa, Kamis lalu. Responnya, warga sangat antusias. Apalagi sebagian warga desa itu, merupakan mantan karyawan pabrik jamur tersebut. ‘’ Kita lakukan kajian-kajian terlebih dahulu, Untuk melakukan pengambilalihan lahan bekas perusahaan jamur ini, kita lakukan kajian-kajian lebih dulu. Termasuk bagaimana peluang

ke depannya, maupun alokasi sumber dananya,’’ tegas ER. Perusahaan jamur PT Karya Kompos Bagas, pernah jaya sekitar tahun 2000-an. Perusahaan itu memiliki ribuan karyawan, yang dipekerjakan di berbagai bidang mulai penanaman jamur, pengolahan hingga distribusi. Pada tahun 2010 perusahaan yang lokasinya berdekatan dengan perbatasan Batu-Mojokerto, itu bangkrut. Kondisi saat ini, semua bangunan dan perkantoran terlihat mangkrak, dan sebagaian lahannya digarap oleh sejumlah warga sekitar.(feb/lyo)

Relawan Paliatif Kembali Digembleng

Tiga Tahun Diterangi Lampu Minyak Febri Setyawan/Malang Post

SEGERA MENYALA: Warga Kampung Gimbo menunjukkan instalasi listrik di rumahnya. BATU – Sejak pabrik jamur milik PT Karya Kompos Bagas Dusun Jurang Kuali, Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, tutup, perkampungan Gimbo di desa tersebut gelap gulita tanpa aliran listrik. Selama ini, kebutuhan listrik di kampung berpenghuni 24 Kepala Keluarga (KK) itu, memang dari pabrik jamur yang mulai tahun 2010 tak beroperasi lagi itu. Namun setelah tiga tahun diseliputi gulita, warga yang mayoritas mantan karyawan pabrik tersebut, punya harapan rumah mereka segera teralitri sabumbungan listrik lantaran di setiap rumah sudah terpasang instalasi.‘’ Instalasi listrik sudah terpasang sejak sebulan ini. Kami juga sedang menunggu meteran serta tiang maupun kabel, dari jalan besar menuju kampung ini,’’ ungkap Atnito, salah seorang warga Kampung Gimbo, kemarin. Menurutnya, listrik baru bisa menyala maksimal 100 hari setelah warga melunasi pembayaran biaya pemasangan baru. Biaya pemasangan baru ini untuk setiap rumah, sebesar Rp 2,6 juta. ‘’Sebagian besar sudah membayar lunas, namun juga masih ada empat KK yang masih belum melunasi,’’ tegasnya. Selama tiga tahun ini, penerangan sehari-hari di rumah warga cukup mengandalkan lilin atau lampu minyak tanah. Mereka juga tidak bisa menyaksikan siaran TV, karena tidak ada aliran listrik kecuali ada yang menggunakan accu ataupun mendatangkan genset. Dan sejak pabrik itu bangkrut, mereka pun tidak mau pindah ke lokasi lain dan beralih menjadi buruh tani karena memang lokasi perkampungan tersebut berdekatan dengan areal pertanian sayuran.‘’ Enak di sini tenang. Kalau mau pindah juga kemana, karena tidak ada biaya,’’ pungkas Atnito. (feb/lyo)

BATU- Sebanyak 58 relawan paliatif, Kamis kemarin menyatu mengikuti pelatihan di Aula Serbaguna Rumah Sakit Baptis Kota Batu. Pelatihan itu, sekaligus sebagai wujud bahwa kota wisata ini peduli terhadap paliatif. ‘’ Tahun lalu ada 38 orang relawan, dan sekarang bertambah 20 orang lagi. Mereka semua ada­lah masyarakat umum, yang diharapkan mampu mendeteksi warga sekitarnya yang mempunyai penyakit paliatif,”jelas Dewanti Rumpoko. Menurutnya, masih banyak warga kota ini yang mengalami penyakit paliatif namun belum terdeteksi. Peran relawan inilah, sangat dibutuhkan untuk deteksi lebih dini terhadap penedrita penyakit itu.” Ini merupakan kerja sosial. Kami sangat ber-

terima kasih kepada relawan, karena sudah sabar dan aktif peduli paliatif,”tambah juga Ketua PKK Kota Batu ini. Wakil Direktur Umum dan Keuangan RS. Baptis, Immanuel Eka mengatakan, pelatihan tersebut untuk memberikan bekal bagi para relawan. Yakni menyangkut se­perti apa tanggungjawab dan fungsi mereka. Kemudian, usai pelatihan para relawan langsung melakukan tugas-tugasnya di lapangan. ” Salah satunya mencari kasus paliaktif di lingkungan mereka masing-masing, yang kemudian diinformasi kepada tim paliatif untuk ditindaklanjuti,”terang Eka. Tugas relawan lainnya, berkordinasi dengan pihak Puskesmas. Lalu menawarkan kepada pasien apakah mau dirawat di Puskesmas, ataukah sebaliknya pilih rawat

jalan. ” Bila tak bisa ditangani di Puskesmas, bisa langsung dirujuk ke RS Baptis,’’tambahnya. Penyakit paliatif, secara medis sudah tidak bisa diobati halnya kanker, penyakit kronis (struk, gagal ginjal, HIV/AIDS).” Secara medis memang sudah tidak bisa, namun untuk mengurangi rasa sakitnya masih bisa dilakukan pengobatan, agar kualitas hidup pasien itu terus meningkat,”urai bapak dua orang anak ini. Pelatihan tersebut, diselenggarakan Kelompok PKK bekerjasama dengan RS Baptis, berlangsung dua hari sejak Kamis kemarin. Materinya, pengenalan pelayanan paliatif, peran relawan, perawatan luka, aspek kejiwaan pasien paliatif, dan pengenalan nyeri serta sakit dan rawat home care.(mik/lyo)

Muhammad Firman/Malang Post

PEMBUKAAN: Ketua PKK Kota Batu, Dewanti Rumpoko membuka pelatihan relawan paliatif di RS Baptis.

Sebagian Mutasi Diurus Orangtua BATU - Proses 61 PNS mutasi masuk ke Pemkot Batu sejak 2010 hingga 2013, hingga kemarin masih menyimpan misteri. Rata-rata dari mereka pilih menutup diri, setelah Walikota Batu Eddy Rumpoko, memberi pembinaan khusus, Rabu (6/11). Pembinaan itu dilakukan, lantaran mutasi masuk tanpa persetujuan walikota ini baru terungkap. Namun demikian, ER sapaan akrab Eddy Rumpoko, tidak mungkin mengembalikan para PNS itu ke daerah asal mutasi. Kecuali selama bertugas di kota sejuk ini, meminta mereka menunjukkan kinerja lebih baik. Dari penelusuran Malang Post, ada sejumlah nama pegawai yang masuk dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini. Misalnya, Nana K dari Bangka Belitung masuk ke Pemkot Batu tahun 2013. Dokter Fauzul Hildan dari Madiun, masuk Pemkot ini tahun 2011. Ada pula nama-nama lain

PEMBANGUNAN LAPANGAN

seperti seperti dr Nurul Agus, Ryan Eka Putra, Rr Marie I, Suwarno dan Ita Fitria. Nana, misalnya, mengaku tak mau dijadikan sampel sebagai salah satu PNS mutasi ke Kota Batu. Ketika ditemui kemarin, dia menyebut tidak tahu menahu tentang proses pengurusan pindah dinas itu karena yang mengurus adalah ayahnya. “Jangan saya yang dijadikan sampel. Saya tidak tahu prosesnya, karena orangtua yang ngurusi semua. Begitu proses selesai, saya langsung masuk ke Batu karena rumah memang berada di sini,’’akunya, singkat. Dari data yang ada, dia menjadi PNS di Bangka Belitung tahun 2006. Setelah bertugas selama tujuh tahun, wanita berparas ayu ini pindah ke Kota Batu dalam tahun ini. Selama berdinas, Nana memang nampak aktif dalam berbagai kegiatan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Dia pun jadi langganan menjadi Master of Ceremony

Muhammad Firman/Malang Post

PEMBINAAN: PNS mutasi masuk ketika mendapat pembinaan dari Walikota (MC), bahkan kerap memandu kegiatan-kegiatan secara apik. Pegawai ini, juga punya kelebihan lain. Yakni, melantunkan tembang-tembang Jawa (nyinden). Bahkan, anak seorang guru ini juga menjadi sinden sebuah grup karawitan milik Pemkot Batu, dan sering tampil di beberapa acara.

Sementara Ita Fitria, adalah anak salah seorang pejabat Pemkot Batu. Hal itu terungkat saat tanya jawab dengan ER ketika pembinaan Rabu lalu. Ketika ditanya tempat tinggalnya, wanita berjilbab ini menjawab tinggal di Jalan Imam Bonjol kota apel ini. Kemudian ada pejabat menyeletuk yang menyebut bahwa Ita

adalah anak salah satu pejabat di lingkungan Pemkot, dan perempuan itu membenarkan. Walikota tidak mempermasalahkan mereka mutasi ke Kota Batu, karena tak mungkin mengembalikan mereka ke tempat asal. Apalagi para PNS ini sudah menjadi pegawai di lingkungan Pemkot, dan gaji yang diterima bersumber dari DAU yang masuk melalui Pemkot Batu. Namun demikian, ER tak menginginkan bahwa Pemkot Batu hanya sebagai ampiran sehingga kerja mereka asal-asalan. Kehadiran para pegawai mutasi itu, sempat memicu cemburu bagi pegawai-pegawai lain. Apalagi ada sebagian yang sudah diangkat menjadi Kabid.” Kalau pangkat, mungkin sudah memenuhi, tetapi apakah di Pemkot Batu ini tidak ada pejabat lain. Banyak pegawai sudah memenuhi pangkat dan lebih lama berdinas di sini, namun belum diangkat menjadi Kabid,”ujar seorang pegawai Pemkot. (feb/lyo)

Muhammad Firman/Malang Post

OPTIMIS: Sekretaris PSSI Kota Batu, Zainul Arifin (kiri) bersama pengurus PSSI, meninjau lapangan Bumiaji.

Tiga Lapangan Tuntas Januari Depan BATU- Pemerintah Kota Batu, optimis penyelesaian pembangunan lapangan di tiga Kecamatan bisa berjalan sesuai rencana. Dalam waktu dua bulan ini, pengerjaan proyek yang didanai APBD itu, bakal digenjot demi memberikan fasilitas berstandar nasional bagi para pemain. ” Sebelum tutup buku, saya optimis pembangunan lapangan bakal rampung dan bisa digunakan awal tahun,”Kata Walikota Batu, Eddy Rumpoko. Menurutnya, perbaikan fasilitas dan sarana prasarana tersebut tak lain untuk menunjang dan memaksimalkan dukungan bagi para pemain, agar mereka lebih terpacu berlatih menjadi pemain profesional. ” Target pemerintah kan sudah jelas, yakni mencetak pemain-pemain handal dan profesional. Dan itu perlu dukungan besar yang salah satunya lewat perbaikan rumput lapangan,”ujarnya. Bukan hanya olahraga sepak bola yang sedang mendapat perhatian serius dari Pemkot, tetapi juga sarana prasarana olahraga lain seperti renang, basket, dan cabang olahraga lainnya.”Pengerjaannya bertahap, yang jelas saya pastikan semua sarana olahraga di Kota Batu akan berstandar nasional bahkan Internasional,”yakinnya. Sekretaris Pengcab PSSI Kota Batu, Zainul Arifin mengakui pembangunan lapangan di tiga desa bakal dimulai pertengahan bulan ini. “ 15 November nanti pembangunan tiga lapangan tersebut akan dimulai, dan kami sudah berkordinasi dengan dinas terkait,” terang Zinung, sapaan akrabnya. Tiga lapangan tersebut, berada di Kelurahan Temas, Desa Bumiaji, dan Desa Junrejo. Bila ketiga lapangan itu sudah rampung, bisa pula dipergunakan pemusatan latihan pemainpemain Timnas maupun dari club-club lainnya. Selama ini, Kota Batu memang jadi jujugan latihan Timnas maupun club sepak bola lainnya, yang lebih banyak menggunakan lapangan milik Agrowisata. (mik/lyo)

REDAKTUR: FEBRI, LAYOUTER: ABDEE


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

KOTA WISATA

Mobil Soekarno Disertakan BFF BATU –Ajang tahunan Batu Flora Festival (BFF), Sabtu (9/11) hari ini dipastikan berlangsung meriah lantaran diikuti lebih 67 peserta dari desa, kelurahan, instansi pemerintahan, swasta maupun BUMN, pendidikan dan objek wisata. ‘’Jumlah peserta yang sudah terdaftar di panitia sebanyak 67 instansi. Jadi BFF kali ini bakal makin meriah,’’ ungkap Kabag Humas Pemkot Batu, Sinal Abidin kepada Malang Post, kemarin. Menurutnya, peserta BFF akan start dari block office Jalan Panglima Sudirman sekitar pukul 10.00. Dari lokasi itu, peserta bergerak ke arah timur menuju depan Pemkot Batu melintasi panggung kehormatan. Lalu dilanjutkan menyisir Jalan Gajahmada dan Alun-alun, kemudian belok ke Jalan Agus Salim mengarah ke selatan

hingga masuk Stadion Brantas. ‘’Rute ini berbeda dengan pawai Alutsista beberapa waktu lalu. Saat ini rombongan pawai melintas di Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Sultan Agung dan masuk Stadion. Kali ini peserta pawai BFF tidak masuk ke Jalan Diponegoro dan Imam Bonjol, melainkan Agus Salim dan langsung Stadion,’’ tegas mantan Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Pemkot Batu ini. Menurutnya, pemilihan rute itu digunakan untuk menghindari kemacetan parah. Dengan rute tersebut, lalu lintas masih bisa menggunakan Jalan Diponegoro, Imam Bonjol dan Sultan Agung secara penuh. Lalu siapa yang menjadi peserta terpanjang ? dikatakan kontingan dari Jatim Park Group, yang akan menger-

MISKI/MALANG POST

Telp. 0341 - 592 967

16

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

UNIK: Kendaraan hias peserta BFF, yang selalu mengundang perhatian pengunjung tahun lalu.

ahkan 150 karyawan serta 10 motor besar didukung 10 unit mobil unik. Kendaraan-kendaraan itu antara lain jenis Harley Davidson, BMW, BSA, Matchless, Zundap, Douglas, Chrysler, Ford 1936, Impala 1962, Bel Air 1956, Austin 1957, Triumph 1952, dan Vauxhall 1947. ‘’ Salah satu kendaraan itu, adalah milik Presiden RI Pertama, Soekarno. Sedangkan peserta dari instansi lain diikuti kontingen dari desa/ kelurahan, dan dunia pendidikan yang lebih banyak menampilkan kendaraan hias plus atraksi,’’tambahnya. BFF kali ini berbeda dengan konsep sebelumnya. Jika sebelumnya, peserta hanya menggunakan kendaraan hias atau orang yang menggunakan kostum bunga, kali ini ada kendaraan hias dan atraksi yang mengiriginya. (feb/lyo)

Sisir Tampilkan Frakmen Tani

PERSIAPAN: Peserta BFF dari Kelurahan Sisir, ketika gladi bersih.

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu

SEMENTARA itu, kontingen dari Kelurahan Sisir lebih memilih mengusung tema Puno Kawan Sobo Deso Among Tani. Artinya, ada dua hal yang akan ditampilkan. Pertama, kegiatan awal (wiwit tani), dimana para Punokawan memberikan ide, wawasan dan wejangan kepada para petani. Kedua, kegiatan pesta panen digambarkan dengan suka cita petani yang hasil pertaniannya melimpah. Suguhan kontingan dari Kelurahan Sisir, ini memang menyerupai frakmen. Diawali seorang petani sedang menyirami buah di kebun, ada pula yang memetik buah lalu dibagikan kepada penonton di sepanjang jalan. Ada juga gambaran wisatawan sedang menikmati wisata kebun. ‘’ Kami ingin berbeda dari lainnya, tidak asyik jika hanya tampil dengan

kostum dan berjoget semata. Makanya ditambahi dengan adegan-adegan, seolah-olah menggambarkan kehidupan masyarakat Kota Batu,”ungkap Nunung Muliyati, salah seorang koreografer kontingan Sisir. Nunung pun telah menyiapkan 20 orang anak, yang bakal tampil menggunakan pakaian beranekaragam buah dan sayur. Sesuai tema Taniku Wisataku, juga ada ilustrasi panen strawberry, apel, dan metik bunga. Kostum dan kelengkapan kontingennya, dikatakan semuanya menggunakan bahanbahan daur ulang. Dan para pesertapun dengan sukarela iuran untuk membeli peralatan yang diperlukan.” Persiapannya hanya seminggu, sedangkan untuk pembuatan kostum sudah dua minggu lebih. Terpenting, anak-anak bisa tampil dan senang,”tambahnya. (mik/lyo)

Ajak Kasek Genjot Olahraga BATU- Pengurus KONI mengajak seluruh Kasek SDN se Kota Batu, untuk meningkatkan prestasi olahraga siswa agar lahir atlet-atlet berprestasi. Pihak KONI kota ini pun, telah menjalin kerjasama dengan Disdik. Ketua KONI Kota Batu, Didik Mahmud mengatakan, minimal setiap sekolah mempunyai olahraga unggulan. Misalnya, SDN Tulungrejo 4 punya keunggulan olahraga apa. Bila memang siswa-siswa di sekolah itu lebih menyukai sepak bola, maka bisa dibina secara langsung oleh KONI. Contoh lain, siswa SDN Dusun Brau Desa Gunungsari yang punya kunggulan olahraga atletik, juga harus dipoles sedemikian rupa.”Sekarang mulai dipupuk para siswa untuk meningkatkan prestasi

di bidang olahraga, Karena itu, kami mengajak para Kasek untuk mendukung penuh program ini,”kata Didik, Jumat kemarin. Disisi lain, tambah dia, guru-guru olahraga di setiap sekolah juga sudah punya rencana tersendiri untuk memoles siswanya yang memiliki bakat. Sermentara untuk masing-masing wilayah kecamatan, juga terlihat sudah punya keunggulan. Kecamatan Batu, lebih pada cabang olahraga renang, Junrejo pada panahan, dan Kecamatan Bumiaji punya banyak atlet catur. ” Prasarana olahraga di kota kita, juga sedang digenjot tinggal diimbangi kualitas setiap atlet. Dan para mantan atlet berprestasi, bisa pula membina generasi selanjutnya,’’pungkasnya. (mik/lyo)

Siapkan Kampung Batik Kota INDAH: Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani kesengsem dengan keindahan corak batik keemasan yang elegan.

KAYA MOTIF: Kabid UKM Dinkop dan UKM Kota Malang, Eko Syah menunjukkan motif batik yang dibuat para perajin batik. RAGAM BATIK: Kabid UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Eko Syah melihat ragam corak batik Sukun yang didominasi corak buah Sukun.

ASYIK: Hj. Dewi Farida Suryani asyik membatik dengan canting di tangan.

Batik Kota Malang tidak kalah dengan batik-batik yang dihasilkan daerah lain. Ragam corak dan motif yang kaya dengan kreasi itu menjadi produk unggulan Kota Malang. Agar dikenal lebih luas lagi, sentra batik yang berupa kampung batik tengah digagas Pemkot Malang. Sentra batik bisa diwujudkan dalam kampung batik yang menampilkan semua batik khas Malang. Sehingga bisa menjadi jujugan wisatawan domestik dan mancanegara untuk mendapatkan batik khas Malang. FOTO-FOTO: IST/MUHAIMIN/RIZAL FANANY/MALANG POST, TEKS: MUHAIMIN

KEBERSAMAAN: Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Wahyu Setyanto, Kabid UKM, Eko Syah dan perajin batik.

MELIHAT MOTIF: Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani melihat ragam batik yang dihasilkan perajin batik dari Sukun.

BELAJAR: Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani belajar membatik. REDAKTUR: FEBRI LAYOUTER: ABDEE


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

AREMA IND NESIA

Pablo

Tak Perlu Tunggu Timnas U-23 Sam Nawi…gak perlu nunggu pemain dari timnas u-23 lgi..fokuskan untuk memburu pemain bagus lain aja ,keburu diambil team lain.apalah artine pemain timnas kalau mentalnya meong..! aku yakin sam joko Gethuk bisa mencari sosok pemain yang punya jiwa singa. bravo…AREMA INDONESIA by: deva aremanoize (085645017087)

Sore Ini Uji Coba Lawan Metro FC di Kanjuruhan MALANG–Skuad Arema Indonesia memang belum lengkap. Tapi itu tak mengurangi semangat Singo Edan untuk memulai proses pembentukan tim demi menghadapi kompetisi musim depan. Salah satu caranya, adalah dengan menggelar laga uji coba. Sore ini (9/11), Arema Indonesia bakal menghadapi Metro FC di Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Hal ini dibenarkan oleh asisten pelatih Arema, I Made Pasek Wijaya kepada Malang Post. “Kita akan menghadapi Metro FC di Stadion Kanjuruhan. Tim sudah diliburkan hari Kamis. Jumat dipersiapkan secara fisik, sehingga Sabtu (hari ini.Red) bisa dalam kondisi fresh untuk

Yang Penting Aremania Bangga

main,” terang Made Pasek. Laga sore ini bakal jadi laga uji coba pertama Arema dalam persiapan tim menuju kompetisi ISL 2013/2014. Dengan level lawan yang harusnya jauh di bawah Arema, pertandingan sore ini bukanlah pertandingan yang mencari kemenangan atau kekalahan. Hal ini diamini oleh Made Pasek. Legenda sepakbola Indonesia ini menyebut bahwa tim pujaan Aremania itu membutuhkan pertandingan untuk mengembalikan naluri sebagai pesepakbola. “Tim ini sudah lama libur. Setidaknya, mereka libur selama tiga minggu. Lalu ada sekitar dua minggu latihan.

Arema santai tp pasti.Aku percaya pd menejemen arema. Siapapun pemain yang memperkuat arema.Yang penting bisa membawa nama kota Malang dan bisa membuat aremania dan aremanita bangga.dan aku selalu berdoa. Agar arema bisa raih prestasi yang lebih bagus.Ayo arema. Doa ku menyertaimu.Salam buat seluruh aremania. Satu jiwa dari aremanita chili.Yunita (085933091882)

Duetkan Bustomi dan Pablo Ambil Ahmat Bustomi bpk menejemen tolong ambil kembali kemba Bustomi dari kukuar kukua biar perkasa duetka duetkan dengan Pablo dr P P.De Arema Dampit sela selatan (085755020222)

Baca SMS AREMANIA... Hal.18

Baca Pembuktian... Hal.18

Pelatih yang Khas Permainan Arema MALANG – Manajemen sangat santai menghadapi spekulasi terkait Aji Santoso yang digembar-gemborkan sebagai pelatih kepala Arema Indonesia musim depan. Meskipun Aji memenuhi segala persyaratan sebagai calon pelatih kepala Singo Edan, namun manajemen sama sekali tak menampik atau membenarkan terkait spekulasi yang berkembang di media. General Manager Arema, Ruddy Widodo masih tetap kukuh pada pendirian awal manajemen. Walaupun Rahmad

Darmawan (RD) sudah memberi statement bahwa dia menjadi pelatih Persebaya musim depan, Ruddy tetap menutup rapat mulut terkait siapa pelatih Arema musim depan. “Biarkan saja media berspekulasi soal pelatih Arema. Semua ada waktunya. Kita tidak mau gembar-gembor dulu. Tapi, operasi senyap jalan terus,” terang Ruddy kepada Malang Post. Sosok Aji disebut-sebut sudah memenuhi semua spesifikasi yang diajukan oleh manajemen. Baca Pelatih... Hal.18

Format Kompetisi TUNGGU 10 Desember MALANG – Arema Indonesia tampaknya masih harus bersabar soal format kompetisi ISL unifikasi musim depan. Manager meeting calon peserta liga unifikasi masih belum memutuskan apapun terkait seperti apa format kompetisi ISL 2013/2014. Sebab, PT Liga masih menantikan hasil verifikasi. Demi meraih kepastian, Singo Edan pun mendesak PT Liga Indonesia agar segera melakukan verifikasi calon peserta ISL unifikasi musim 2013/2014. “Kita desak PT Liga untuk segera menggelar verifikasi, sehingga jumlah calon peserta bisa diketahui, dan format kompetisi bisa dibentuk,” terang Media Officer Arema, Sudarmaji kepada Malang Post kemarin. Format kompetisi tak bisa segera ditentukan dalam manager meeting Kamis lalu, karena jumlah peserta unifikasi musim depan masih belum pasti. Jumlah klub yang bisa ikut ISL 2013/2014 harus diverifikasi oleh PT Liga melalui lima aspek yang sudah jadi persyaratan utama. Sudarmaji menyebut, verifikasi bakal segera dilakukan dalam waktu dekat ini. “Dari informasi CEO PT Liga Joko Driyono, batas akhir verifikasi adalah awal bulan Desember. Tepatnya, tanggal 10 Desember

17

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

Pilih Pelatih dan Pemain AREMA

Pembuktian

The PO W IS OU ER RS

kita akan tau berapa jumlah peserta beserta format kompetisi musim depan,” terang mantan wartawan itu. Kabarnya, Jokdri, sapaan akrab CEO PT Liga, siap melakukan dialog dua arah dengan seluruh klub calon peserta sebelum verifikasi dimulai. Arema, kata Sudarmaji, akan menjadi klub pertama yang mendesak penggunaan format satu wilayah untuk kompetisi musim depan. “Arema sudah jadi pertama yang bicara soal penggunaan format satu wilayah kompetisi musim depan dalam manager meeting. Kita harap klubklub lain juga memahami betapa ISL tidak boleh kembali dua wilayah, Arema ingin kompetisi ini tetap berkualitas,” tegas Sudarmaji. Desakan pada PT Liga untuk segera melakukan verfikasi tak hanya berhubungan dengan format wilayah saja. Arema juga berkepentingan untuk segera mempersiapkan diri lewat belanja pemain. Jika klub pujaan Aremania itu sudah lolos verifikasi, maka belanja pemain tidak akan terganggu. “Kalau verifikasi beres, format kompetisi bisa segera ketahuan, sehingga kita bisa atur berapa jumlah pemain yang akan kita beli untuk tiga kompetisi musim depan,” tutup Sudarmaji.(fin/jon)

Incar Mantan Pelatih Meiga

GUEST GESANG/MALANG POST

DIUJI: Calon pemain Arema Pablo Dante Azcurra akan menunjukkan kebolehannya di laga uji coba melawan Metro FC sore nanti.

GUEST GESANG/ MALANG POST

TERUS LATIHAN: Pemain Arema Indonesia terus menggelar latihan guna menghadapi kompetisi mendatang.

MALANG–Tampaknya Hendro Kartiko tinggal selangkah lagi untuk memperkuat Persebaya Surabaya. Pembicaraan internal disebut-sebut sudah terjadi antara Hendro, Arema Indonesia dan Persebaya. Kengototan Bajul Ijo untuk mengambil Hendro atas rekomendasi Rahmad Darmawan (RD), tampaknya tak terelakkan. Tak heran, spekulasi baru pun muncul. Singo Edan dikabarkan mulai melirik sanasini, untuk mencari pengganti Hendro Kartiko yang merapat ke Persebaya. Isu terbaru menyebut, pelatih kiper Benny Van Brekeulen disebut-sebut akan kembali memperkuat Arema musim depan. Benny Van Breukelen adalah pelatih kiper yang mengangkat aura kebintangan kiper utama Arema saat ini, Kurnia Meiga Hermansyah. ”Arema sedang menjalin komunikasi dengan Van Breukelen, dia pelatih yang ikut membuat Meiga bersinar,” terang narasumber internal klub yang tak mau disebut namanya. Baca Incar... Hal.18

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Akademi Arema

Seratus Pemain Mendaftar MALANG–Pendaftaran penerimaan siswa baru Akademi Arema Rayon Kepanjen dan Rayon malang Kota telah ditutup Jumat (8/11) kemarin. Tepat pukul 16.00 WIB, secara resmi pendaftaran ditutup. Dalam proses penerimaan siswa baru, sekitar 100 siswa mendaftar untuk dididik menjadi pemain bersama Akademi Arema. “Yang daftar sekitar seratus

orang di kedua rayon yang membuka pendaftaran pada seluruh kelompok usia, untuk jumlah pastinya belum kami rekap,” ujar Media Officer Arema Sudarmaji kepada Malang Post kemarin. Untuk para pemain yang mendaftar ini belum tentu langsung diterima menjadi bagian dari Akademi Arema. Mereka terlebih dahulu harus melalui proses seleksi untuk

membuktikan kelayakan sebagai calon siswa Akademi Arema. Seleksi akan dilaksanakan secara serentak Minggu (10/11) besok di lapangan luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen. “Kita adakan secara serentak mulai pukul tujuh pagi, tim pelatih nanti yang akan menyeleksi,” kata Sudarmaji. Mengenai materi yang diberikan dalam seleksi, Sudarmaji menyerahkan

sepenuhnya kepada tim pelatih. “Semua tergantung pelatih. Juga jumlah pemain yang diterima kita serahkan kepada penilaian pelatih,” tandasnya. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Akademi Arema telah membuka pendaftaran untuk para pemain yang ingin menjadi siswa di Akademi Arema. Pendaftaran dibuka untuk pemain dengan usia kelahiran diatas 1998.

Nantinya, para pemain yang lolos proses seleksi akan dikelompokkan sesuai usianya masing-masing. Terdapat empat kelompok usia di Akademi Arema yakni U-10, U-12, U-14, dan U-16. Menurut Sudarmaji, pengumuman mengenai para pemain yang lolos seleksi akan diinformasikan setidaknya seminggu setelah seleksi dilaksanakan.(mg11/jon)

Persema 1953 Juara Grup MALANG–Persema 1953 menjadi juara Grup 9 Divisi III fase regional Jatim setelah di laga pamungkas di Stadion Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menaklukkan Banyuwangi Putra dengan skor 4-2 (2-1), Jumat (8/11), kemarin. Dengan capaian akhir 8 poin, tim binaan Pengcab PSSI Kota Malang itu lolos sebagai juara grup menuju fase selanjutnya. Yakni Divisi III fase Jawa. Untuk jadwal pertandingan fase Jawa masih menunggu keputusan dari Pengprov PSSi Jatim pertengahan bulan ini. Dalam pertandingan itu, kedua tim yang sama-sama ingin lolos berusaha untuk memenangkan pertandingan. Terbukti keduanya bermain alot. Jual beli serangan dilancarkan kedua tim sejak menit-menit awal pertandingan. Kebuntuan baru terpecah di menit 16. Adalah Moch. Ridwan yang berhasil membuka gol perdana. Gol pemain yang akrab disapa Mamad itu sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Persema 1953. Sepuluh menit berselang Banyuwangi Putra berhasil menyamakan kedudukan. Peluang di menit 21 berhasil diselesaikan dengan baik oleh Fahmi Ramadhan. Gol itu membuat skor kembali imbang 1-1. Keunggulan Banyuwangi Putra tidak berlangsung lama. Dua menit berselang tim asuhan Sugeng Widodo kembali mencetak gol. Lagi-lagi Mamad menjadi pahlawan bagi Persema 1953. Gol kedua Mamad dalam pertandingan ini mengubah kedudukan menjadi 2-1. Skor ini bertahan hingga 45 menit pertama berakhir. Di babak kedua permainan

Pelatih yang Khas Permainan Arema Sambungan dari Halaman 17

Aji memiliki lisensi AAFC. Dia mantan kapten Arema. Dia juga memahami luar dalam tentang karakter permainan sepakbola Malangan. Selain itu, dia juga sudah mengenal sosok Joko ”Gethuk” Susilo sejak bermain bagi Arema Galatama. Keduanya pernah bekerjasama membawa Arema juara pada kompetisi 1992/1993. Namun, manajemen masih belum mau mengakui Aji sebagai pelatih kepala Arema. Bahkan, disebut-sebut masih ada kandidat selain Aji, walaupun manajemen masih belum mau berterus terang. Tak heran, pernyataan manajemen terasa menggemaskan bagi publik. Sebab, Aremania dan pecinta Arema sudah tak sabar lagi untuk mengetahui siapa pengganti RD. Berbagai posting Facebook dan Twitter pun sudah banyak berbicara soal kegelisahan suporter terkait pengganti RD. Kepedulian publik terhadap pelatih Arema sepertinya cukup beralasan. Aremania tak mau lagi mendapat sosok pelatih yang tak memahami karakter Malangan. Di bawah tangan RD, Arema memang bisa runner up. Dua tim yang berbeda juga bisa dijadikan satu. Namun, hal itu berakibat pada hilangnya karakter Malangan yang menjadi pujaan dan standar dari Aremania. Tak heran, Aremania berharap pelatih Arema musim depan memahami luar dalam terhadap keinginan suporter. “Kita memahami suporter ingin yang terbaik untuk Arema. Karena itu menjadi bukti bahwa Aremania sangat merasa memiliki klub ini. Kami bisa tegaskan, bahwa calon pelatih Arema, adalah yang benar-benar bisa mengembalikan permainan khas kita,” tandas pengusaha travel tersebut.(fin/jon)

Pembuktian Pablo Sambungan dari Halaman 17

MUHAMMAD CHOIRUL/MALANG POST

KERAS: Pemain Persema 1953 saat menghadapi Banyuwangi Putra, kemarin. berlangsung keras menjurus kasar. Tensi tinggi pertandingan berpengaruh pada emosi pemain. Hingga beberapa kali pemain kedua tim terlibat adu mulut. Akibatnya wasit mengeluarkan dua kartu merah. Kendati demikian, pertandingan tetap seru dan menarik. Persema 1953 memperbesar keunggulan di menit 57 melalui kaki Piter Mandibodibo. Gol mantan pemain Persema IPL itu mengubah skor menjadi 3-1. Banyuwangi sempat memperkecil keunggulan di menit 75 memanfaatkan blunder yang dilakukan kiper Persema 1953 Joko Supriyono. Imam

Pengcab Gulirkan Kompetisi Divisi I KEPANJEN-Sebanyak sepuluh tim dari kasta Divisi I Pengcab PSSI Kabupaten Malang, mulai Sabtu (9/11) sore nanti akan menjalani laga. Tim-tim peserta akan berjuang guna memperebutkan tempat di kasta tertinggi, yakni Divisi Utama. “Divisi I akan mulai digelar pada Sabtu. Sementara untuk konsentrasi pertandingan tim-tim yang bertanding, ada empat lapangan yang digunakan. Yakni Lapangan TalangagungKepanjen, Lapangan Bululawang, Lapangan Sedayu-Turen dan Lapangan Undaan-Turen,” kata Wakil Bidang Kompetisi Pengcab PSSI Kabupaten Malang, Ali Fauzi. Ditambahkannya, dengan memanfaatkan empat lapangan sebagai konsentrasi pertandingan, ditargetkan pelaksanaan bisa berjalan maksimal. “Dengan memakai empat lapangan, maka jadwal pelaksanaan Divisi Utama, nantinya bisa dijalankan sesuai dari rencana yakni setelah pelaksanaan Divisi II dan Divisi I,” paparnya. Ditanya mengenai perubahan jumlah tim yang bersaing di setiap kasta kompetisi, pria domisili Kepanjen itu mengungkapkan, dari sepuluh tim yang bersaing, akan diambil tiga tim teratas untuk mengisi posisi Divisi Utama. Urutan satu dan kedua klasemen akhir, secara otomatis akan menjadi tim promosi. Sementara tim di urutan tiga, akan menjalani partai play off melawan urutan sembilan klasemen akhir Divisi Utama.(sit/jon)

Bandahujin sukses melesakkan bola dan mengubah skor menjadi 3-2. Akibat gol itu, Persema 1953 justru semakin bernafsu menyerang jantung pertahanan Banyuwangi Putra. Menit 79 pemain yang baru masuk Candra Ismawan berhasil mencetak gol untuk menyempurnakan skor menjadi 4-2. Kedudukan 4-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Atas hasil ini, Pelatih Persema 1953 Sugeng Widodo menyatakan pertandingan ini memang yang telah dinanti-nanti banyak pihak. “Wajar jika permainan keras, karena

semua tim ingin menang di babak 16 besar ini,” ujarnya kepada wartawan ketika ditemui usai pertandingan. “Untungnya anak-anak tadi masih bisa kondusif, dan tidak berlebihan melakukan balasan kekerasan dari lawan,” lanjutnya. Untuk menghadapi babak selanjutnya, Sugeng menuturkan akan tetap memberikan latihan secara rutin kepada anak asuhnya. “Kita evaluasi beberapa kekurangan. Kita juga kesulitan menetapkan program karena jadwal masih menunggu informasi dari Pengprov,” katanya. (mg11/jon)

UMM-UM Berbagi Poin MALANG–PS UMM bermain imbang saat melawan PS UM dalam lanjutan kompetisi internal Divisi Utama Pengcab PSSI Kota Malang. Dipertandingan yang digelar di Lapangan Tunjung Sekar Jumat (8/11) kemarin itu, hasil akhir 1-1 (0-0) untuk kedua tim. Pertandingan berjalan seru sejak babak pertama dimulai. Sesekali kedua tim memperagakan jual beli serangan. Meski demikian, keduanya masih terlihat hati-hati dalam menguasai bola. PS UM sempat mendapat peluang emas di menit 15 melalui penetrasi Yahya Bela, sayang penyelesaian akhir masih tidak maksimal. Tujuh menit berselang giliran PS UMM yang menyerang. Kerja sama satu dua antara Taufik Ashari dan Fandi Perdana sempat merepotkan barisan pertahanan PS UM. Namun peluang itu belum membuahkan gol bagi tim

berkostum merah. Kedua tim terus melakukan serangan secara bergantian. namun ketatnya permainan keduanya membuat gol tak kunjung tercipta. Skor kaca mata bertahan hingga turun minum. Di babak kedua PS UM mulai melakukan beberapa kesalahan. Salah pasing dan kontrol yang tidak sempurna membuat beberapa kali tim asuhan Fahrial Amiq mendapat serangan bertubi-tubi. Serangan itu berujung petaka dimenit 53. Berawal dari penetrasi Agus Wahyudi, umpannya ke depan gawang PS UM berhasil diselesaikan dengan baik oleh Onky Cucuk. Gol pemain nomor 3 itu sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk PS UMM. Gol ini membuat permainan PS UMM semakin menjadijadi. Para pemain PS UMM

secara bergantian memborbardir gawang PS UM. Beruntung barisan pertahanan PS UM masih mampu mengantisipasinya. Terlalu asyik menyerang membuat pertahanan PS UMM lengah. Serangan PS UM di menit 61 melalui kaki Aji Hartono berhasil dikonvensikan menjadi gol. Gol pemain nomor 27 itu sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Hasil imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. Menanggapi hasil ini, Pelatih PS UM mengaku puas meski anak asuhnya tidak meraih poin penuh. “Sebenarnya UMM layak menang, mereka bermain bagus. Kita sering melakukan kesalahan-kesalahan dasar. Beruntung kita tidak kalah,” ujarnya kepada Malang Post ketika ditemui usai pertan­ dingan. (mg11/jon)

Aremaisme, Fasilitasi Aremania dari Semua Kalangan MALANG – Nama besar Arema memberi berkah bagi banyak kalangan. Salah satunya untuk suporternya, Aremania. Banyak supporter yang mendapat berkah dari nama besar Arema dengan membuka toko atau outlet yang menjual aksesoris dan marcendise Arema. Salah satu toko toko yang merupakan usaha Aremania adalah Aremaisme. Pemilik toko bernama Agus Ruli menyatakan Aremaisme sudah ada sejak tahun 2001 silam. “Dulu cuma ada satu toko di Tlogomas,” ujarnya kepada Malang Post. Saat ini Aremaisme sudah memiliki dua toko yang beralamat di Jalan Raya Tlogomas 49 Malang dan Jalan Raya Sumbersari dekat perempatan Jalan Veteran. Untuk toko yang ada di Sumbersari, Agus Ruli menyatakan sudah ada sejak empat tahun lalu.

18

“Yang di Sumbersari ini dulu letaknya ada di dekat ITN, lalu pindah di Sumbersari,” jelasnya. Dalam sehari, omset Aremaisme di satu toko berkisar Rp 1 juta pada hari-hari normal. Sedangkan pada hari libur atau bertepatan dengan pertandingan Arema, omsetnya bisa mencapai dua hingga empat juta rupiah sehari. “Bahkan saat ultah Arema dulu bisa mencapai 13 juta dalam sehari,” imbuh Agus Ruli. Aremaisme menyediakan aksesoris lengkap yang berhubungan dengan Arema. Mulai syal, kaos, pernak-pernik, terompet, boneka singa, hingga stiker lengkap tersedia di Aremaisme. Harganya pun cukup terjangkau untuk semua kalangan Aremania. Syal dijual mulai harga Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu. Sedangkan kaos bervariasi mulai Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu.

MUHAMMAD CHOIRUL/MALANG POST

LENGKAP: Aremaisme, toko atau outlet yang menjual aksesoris dan marcendise Arema. “Untuk harga disini relatif murah jika dibandingkan dengan toko-toko lain. Karena disini memang segmentasi kita Aremania. Aremania dari semua kalangan jadi bisa membeli disini dengan harga terjangkau tapi kualitas

bagus,” tutur salah seorang karyawan Aremaisme, Rizki Firmansyah. Rizki mengatakan banyak pengunjung yang mengeluhkan mahalnya harga atribut di toko lain. “Para pembeli kalau kesini biasanya selalu mem-

bandingkan harga, dan disini jauh lebih murah meskipun kualitasnya sama,” tegasnya. Pria yang sudah empat tahun bekerja sebagai karyawan Aremaisme ini menyatakan sudah seharusnya memang toko yang menjual atribut Arema tidak mematok keuntungan terlalu banyak. “Dari Aremania, oleh Aremania, untuk Aremania,” ujarnya kepada Malang Post. Sebagai karyawan, ia banyak menjumpai pembeli yang berasal dari luar Malang. “Yang beli disini tidak hanya Aremania asli Malang. Banyak orang-orang luar kota, bahkan ada juga yang dari luar negeri seperti Malaysia dan Inggris,” ujarnya. Ia menambahkan, Walikota Malang H.M.Anton atau yang lebih akrab disapa Abah Anton juga pernah memborong syal Arema di Aremaisme. “Abah Anton pernah kesini borong syal banyak sekali,” pungkasnya. (mg11/jon)

Mereka butuh pertandingan yang levelnya agak serius, supaya kondisi mentalnya naik,” terang Made Pasek. Asisten pelatih kelahiran Bali itu juga menegaskan, seluruh pemain yang ada bakal dijajal dalam laga lawan Metro FC. Sebab, hal ini bisa mengembalikan kondisi atmosfer pertandingan di kubu Arema. Pertandingan tersebut juga menjadi ujian penting bagi Pablo Dante Azcurra untuk memamerkan kemampuan terbaiknya. Hanya saja, Made Pasek tak mau terlalu berharap banyak terhadap laga uji coba pertama Pablo. “Dia baru saja datang, kondisinya masih dalam masa adaptasi. Kita tidak berharap bisa melihat kemampuan terbaiknya saat laga uji coba pertama lawan Metro FC, tapi paling tidak laga uji coba pertamanya bisa mengembalikan kondisinya,” tegas mantan pemain timnas yang biasa beroperasi di posisi bek sayap itu. Setidaknya, menurut Made Pasek, Pablo bakal diberi dua kali uji coba untuk mengetahui kelayakannya memperkuat Arema. Jika pemain berusia 27 tahun itu mampu memenuhi ekspektasi tim pelatih dalam dua kali uji coba, maka besar kemungkinan Pablo akan direkomendasikan sebagai playmaker Arema.(fin/jon)

Incar Mantan Pelatih Meiga Sambungan dari Halaman 17

Langkah Arema untuk mencari pengganti Hendro Kartiko tak bisa dielakkan lagi. Sebab, dari informasi sumber internal, pelatih kiper asal Banyuwangi ini sudah tinggal teken kontrak untuk menjadi bagian tim pelatih Persebaya, walaupun secara de facto ia masih terlihat melatih di lapangan. ”RD sudah menghubungi Hendro dan dalam waktu dekat Hendro akan berangkat ke Persebaya. Dia akan jadi pelatih kiper Persebaya selama satu musim, karena itu Arema langsung berburu pengganti, yakni Benny Van Breukelen yang sudah pernah di Arema,” terang narasumber tersebut. Di bawah tangan Hendro, Kurnia Meiga selalu mendapat kesempatan main. Dia hampir tak pernah absen dalam laga kompetisi ISL musim 2012/2013. Di mata pemain dan kiper, Hendro adalah sosok yang profesional. Dia disegani karena senioritas serta wibawa yang ditunjukkannya selama menjadi pemain. Sementara itu, Media Officer Arema, Sudarmaji belum mau berterus terang soal status Hendro sebagai pelatih kiper Persebaya. Menurut Sudarmaji, meskipun pihak Persebaya sudah berkomunikasi dengan Arema, belum ada pembicaraan soal tanda tangan kontrak Hendro. “Beliau masih pelatih kiper Arema, hingga ada pembicaraan lebih lanjut soal kontrak, Hendro tetap pelatih kiper Arema. Dia tetap aktif di lapangan bersama skuad Arema seperti biasa,” tutup Sudarmaji.(fin/jon)

SMS AREMANIA Sambungan dari Halaman 17

Tim Juara Satu djiwa…AREMA!! Masih ingatkah anda …Saaat AREMA dipoles ama Beny Dollo..? saat itu banyak diisi oleh pemain buangan seperti: Sutiaji,sunar sulaiman,aris budi prasetyo dll..tapi apa jadinya ..? AREMA juara 3x berturut2.itulah suatu bukti bahwa dengan pelatih yang memang mengerti&memahami karakter pemain bisa membawa team jadi juara ..! by:deva aremanoize (085645017087)

Pemain Bermental Kucing Sak Djiwo..AREMA! Apalah artinya pemain bintang.. tapi bermental kucing.buang pemain sing ngalem..! menejemen harus ambil langkah cepat dalam menyusun team..gak perlu nunggu bidikan pemain timnas 23.masih banyak pemain bagus walau tak berlebel timnas. (085645017087)

Tak Butuh Pemain Manja Satu djiwa..AREMA ! saat ini kelihatannya banyak pemain yang mengikuti RD out dari AREMA.mati satu..tumbuh seribu ker..! AREMA gak butuh pemain manja,masih banyak pemain bagus yang ingin berjersey AREMA musim depan.Sam iwan …cepet kontrak pemain yang benar2 berjiwa singa! By:deva aremanoize (085645017087)

Robert Lebih Bagus Salam satu jiwa “AREMA”.RD sudah bagus,tp tetap sj msh lebih bagus R.R.Albert.panggil saja R.R.A kembali ke bumi “AREMA”,ok! (08993948456)

Yang Penting Bisa Juara Salam satu jiwa ker ,sopo ae pelatih e sing penting iso nggowo arema juara lak ngono ta aremania knjrhn oke (03413185084)

Noh Pemain Pintar Pak rudy cpt cari pemain berkualitas.Untuk pak rudy tolong cepet cari pemain yang diinginkan aremania seperti noh alam syah dia pemain yang pintar dan keras gak lemah untuk menejemen supaya bertindak tegas By: Aremania Aceh (081805155056) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Hasil FP I MotoGP Valencia 1. Marc Marquez

Repsol Honda

1m 31.557s

2. Jorge Lorenzo

Yamaha

1m 31.575s

3. Dani Pedrosa

Repsol Honda

1m 31.581s

4. Bradley Smith

Monster Yamaha Tech 3

1m 32.086s

5. Valentino Rossi

Yamaha

1m 32.237s

6. Alvaro Bautista

Honda Gresini

1m 32.382s

7. Cal Crutchlow

Monster Yamaha Tech 3

1m 32.434s

8. Stefan Bradl

LCR Honda

1m 32.501s

9. Nicky Hayden

Ducati

1m 32.520s

10. Andrea Dovizioso

Ducati

1m 32.538s

MARC MARQUEZ

Kalah Fisik, Simon Tumbang JEONJU - Simon Santoso gagal meneruskan sensasinya di Korea Open Grand Prix Gold 2013. Setelah menundukkan juara bertahan pada babak ketiga, Simon dipaksa menelan pil pahit usai ditundukkan wakil Korsel, Lee Hyun Il lewat pertarungan straight set dengan skor 15-21, 14-21 di Jeonju Indoor Stadium, Korsel, Jumat (8/11). Setelah laga, Simon mengaku kurang mengantisipasi permainan Hyun Il. Dalam laga itu, Hyun Il sering mengarahkan bola ke bagian belakang pertahanan Simon. Hal itu ternyata membuat Simon keteteran. “Tadi saya banyak dikontrol lawan. Selain itu, banyak kesalahan-kesalahan sendiri yang saya lakukan,” terang Simon setelah pertandingan sebagaimana dilansir laman PB PBSI. Selain itu, lawan juga sempat mengubah pola permainan.

Simon mengakui, perubahan permainan tersebut membuatnya kehilangan banyak poin. Serangan dan permainan dalam tempo cepat yang diterapkan lawan membuat Simon tak berkutik. “Sebagai bahan evaluasi, ke depannya kondisi fisik saya harus lebih tahan lagi. Kaki dan tangan juga harus lebih kuat, terutama jika menggunakan bola yang berat seperti di Korea,” imbuh pemain asal klub Tangkas Specs ini. Marlev Mainaky, Asisten Pelatih PBSI yang mendampingi Simon selama bertanding mengatakan, pukulan-pukulan Hyun Il memang lebih matang. “Hyun Il punya permainan yang lebih matang. Dia juga mengontrol tempo sepanjang permainan. Pukulan-pukulannya tajam semua. Jadi Simon sulit mendapat kesempatan untuk menyerang balik,” tegas Marlev. (jos/jpnn/jon)

SIMON SANTOSO

Sisakan Irfan/Weni di Empat Besar JAKARTA-Ganda campuran memperpanjang nafas Indonesia dan pelatnas Cipayung pada even grand prix gold Korea Open. Itu setelah Irfan Fadhilah/ Weni Anggaraini melangkah ke empat besar kemarin (8/11) di Jeonju Indoor Badminton Court Jeonju. Di babak delapan besar kemarin, Irfan/Weni menundukkan rekan sesama pelatnas Edi Subakhtiar/Gloria E.Widjaja 21-16,21-14. Di semifinal ini, Irfan/Weni dikepung tiga pasangan Korsel. Irfan/Weni bakal bersua unggulan kelima Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na hari ini (9/10). Capaian positif Irfan/Weni tak menular pada dua wakil Indonesia. Di tunggal putra, Simon Santoso kalah oleh pemain Korsel Lee Hyun Il 15-21,14-21. Kemudian tunggal putri Hera Desi juga dibuat bertekuk lutut oleh Bae Yeon

Ju 10-21,19-21. Dari surat elektronik PP PBSI kemarin menuturkan Irfan/Weni maupun Edi/Gloria sebenarnya suah saling paham karakter permainan masingmasing. Penentu hasil akhir disebabkan Irfan/Weni yang lebih siap di lapangan. “Penampilan Irfan/Weni lebih baik. Pasangan ini lebih ofensif daripada Edi/Gloria. Ada usaha Edi/Gloria menekan dan menyerang balik ke pertahanan Irfan/Weni. Tapi jarang bisa menembus,” kata asisten pelatih ganda campuran Yanti Kusmiati. Melangkah ke empat besar, Yanti menginsyaratkan Irfan/ Weni agar tak cepat puas. Apalagi lawan yang menanti, Yeon Seong/Ye Na adalah pasangan ulet. Yeon Seong sebagai tukang gebuk dan bermain di belakang, punya smash yang mematikan. (dra/jpnn/jon)

Dikalahkan CLS, Tetap Puji Pemain MALANG – Bimasakti Nikko Steel Malang terus melakukan persiapan jelang dimulainya Seri 1 Malang NBL Indonesia 16-24 November mendatang. Selain berlatih setiap hari, tim asuhan Oei Akiat ini juga melakukan beberapa uji coba untuk mengetahui hasil latihan selama ini. Jika pekan lalu Bimasakti Nikko Steel melakukan pertandingan uji coba dengan Tri Dharma Sidoarjo di Sidoarjo, Jumat (8/11) kemarin giliran CLS Knights Surabaya yang dijajal Bimasakti Nikko Steel sebagai lawan uji coba. Pertandingan yang digelar di GOR Bima Sakti Malang itu berakhir dengan skor 8789 untuk kemenangan CLS Knights Surabaya. Meski kalah, dalam pertandingan itu para pemain Bimasakti Nikko Steel terlihat cukup percaya diri ketika menguasai bola. Hal itu juga diakui oleh Pelatih Bimasakti Nikko Steel Oei Akiat. “Memang pemain tambah maju. Saya sangat memuji akurasi shooting yang dilakukan anak-anak tadi (kemarin,red),” ujarnya kepada Malang Post Menanggapi skor akhir petandingan, Oei Akiat menyatakan tak begitu mempermasalahkannya. “Karena ini cuma uji coba. Ini untuk tes kemampuan pemain dalam bertanding. Kita terapkan latihan yang selama ini,” imbuhnya. Menurutnya, semua pemain bekerja keras dalam pertandin-

FARID FANDI/JPNN

ANDALAN: Yanuar Priasmoro menjadi andalan Bimasakti Nikko Steel Malang. gan uji coba kemarin. “Hampir semua bisa menerapkan hasil latihan kita selama ini, saya senang,” tuturnya. “Selain skill individu, teamwork juga meningkat,” lanjut Oei Akiat. Dalam pertandingan ke-

marin, Oei Akiat menyebut beberapa nama pemain yang dianggap menonjol. “Made Indra, dan Yanuar Priasmoro, Restu Dwi Purnomo mereka bermain bagus, cukup menonjol diantara yang lain,” pungkasnya. (mg11/jon)

Lakers Hancurkan Rockets di Satu Detik Akhir HOUSTON- Drama tersaji ketika Houston Rockets menjamu Los Angeles Lakers di Toyota Center, Houston, Jumat (8/11) WIB. Kedua tim menunjukkan determinasi yang tinggi sepanjang laga. Namun, Lakers akhirnya yang keluar dengan kepala tegak usai menang dengan skor tipis 99-98. Para penonton yang memenuhi Toyota Center dibuat tak beranjak dari tempat duduknya. Pasalnya, hingga detik akhir, kedua tim saling berkejaran angka. Namun, fans Rockets harus terdiam ketika penggawa Lakers, Steve Blake sukses mencetak poin lewat tembakan tiga angka saat laga hanya tersisa 1,3 detik! Tembakan Blake merupakan puncak dari drama di Toyota Center. Sebelumnya, fans tuan rumah dibuat kagum ketika Rockets mampu mengejar ketinggalan 19 poin atas Lakers di kuarter keempat. Tapi, Lakers tak menyerah begitu saja. Mereka menerapkan strategi Hack a Dwight

STEVE BLAKE

untuk mematikan manuver bintang tuan rumah Dwight Howard. Cara itu berjalan sukses. Di kuarter keempat, Howard hanya mencetak lima angka dari 12 tembakan bebas. Total, Howard membukukan double double dengan 15 poin dan 14 rebound. Namun, catatan itu tak bisa mewujud-

kan ambisi Howard mempermalukan mantan klubnya tersebut. Selain Howard, James Harden menjadi pemain yang sangat bersinar di Rockets dengan koleksi 35 angka. Di kubu Lakers, J Meeks menjadi pemain tersubur dengan catatan 18 poin, tiga rebound dan dua assist. (jos/jpnn/jon)

19

Marquez Ungguli Lorenzo di Latihan Pertama VALENCIA- Marc Marquez menunjukkan sinyal bakal mendapat hasil bagus di balapan MotoGP seri Valencia, Spanyol, Minggu (10/11) lusa. Itu bisa dilihat dari hasil latihan bebas pertama yang digeber di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Jumat (8/11). Pembalap Repsol Honda tersebut menjadi yang tercepat dengan koleksi satu menit 31,557 detik. Yang lebih membanggakan, Marquez berhasil mengalahkan jagoan Yamaha Factory, Jorge Lorenzo. Di latihan pertama, Lorenzo berada di urutan kedua dengan catatan waktu satu menit 31,575 detik. Konfigurasi tersebut tentu menjadi sinyal bagus bagi Marquez. Seperti diketahui, pembalap berusia 20 tahun tersebut memang hanya membutuhkan finish di urutan keempat untuk menjadi juara dunia. Sebaliknya, bagi Lorenzo, performa Marquez tentu memberi tekanan besar dalam upayanya mempertahankan gelar juara dunia. Sebab, jika Marquez naik podium, Lorenzo dipatikan gagal juara meski memenangi seri Valencia. Sementara, posisi ketiga ditempati Dani Pedrosa. Pembalap Repsol Honda tersebut membukukan waktu satu menit 31,581 detik. Sedangkan posisi keempat dihuni jagoan Yamaha Monster Tech 3, Bradley Smith dengan catatan waktu satu menit 32,086 detik. (jos/jpnn/jon)

SEA GAMES

Empat Cabor Minta Berangkat Dulu JAKARTA-Komite Olimpaide Indonesia (KOI) terus menata formasi keberangkatan kontingen Indonesia ke SEA Games XXVII/2013 di Myanmar 11-22 Desember mendatang. Hingga kemarin (8/11) empat cabang olahraga (cabor) mengusulkan bertolak lebih awal. Keempat cabor tersebut adalah tinju, layar, rowing, dan sepak bola. Alasan keempat cabor itu tiba lebih cepat di Myanmar sebagai bentuk adaptasi yang lebih cepat. KOI akan memutuskan siapa yang berangkat lebih dulu minggu ini atau paling lambat pekan depan. Bendahara KOI Ahmed Solihin mengatakan sudah menerima permintaan empat cabor itu untuk datang lebih awal di Myanmar. Hal itu tentu memberatkan KOI yang prosedurnya kontingen tiba H-3 pertandingan. “Akan kami atur dan diskusikan mengenai niatan mereka. Tapi ada beberapa kriteria yang kami tentukan untuk bisa berangkat lebih dulu. Yang utama adalah prioritas medali di SEA Games,” jelas Ahmed. Kalau merujuk perkataan Ahmed, dua cabor masuk dalam unggulan pertama. Yakni tinju dan rowing. Sepak bola punya kedudukan khusus, meski dalam kategori cabor unggulan sepak bola bukanlah kategori pertama. Dari keempatnya, layar memiliki kans terkecil untuk mewujudkan niatnya berangkat lebih awal. Nah, pengiriman atlet Indonesia ke pentas SEA Games XXVII/2013 menelan banyak biaya. Dengan total 868 orang (atlet, pelatih, dan ofisial, red.) dan peralatan diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 40 Miliar. Sebesar 30 persen dari Rp 40 Miliar sudah dibereskan KOI untuk prasyarat pertama terjun ke SEA Games akhir bulan lalu. Kalau ditanya apakah kas KOI cukup meski uang dari pemerintah lewat Kemenpora belum cair, Ahmed menuturkan dicukup-cukupkan. Di sisi lain, Sekretaris Jendral PP Pertina Martinez dos Santos menyebutkan niatnya untuk menerbangkan atlet langsung dari Kuba ke Myanmar. Sejak dua bulan lalu, atlet pelatnas tinju memang sudah menggeber latihan di Kuba. “Ngapain pulang lagi ke Indonesia. Malah lebih mahal biaya yang harus dikeluarkan kalau dari Kuba-Indonesia-Myanmar. Lebih baik Kuba-Myanmar-Indonesia. Maksudnya pulang dari Myanmar membawa medali ke Indonesia begitu,” tutur pria asal Atambua NTT itu. (dra/jpnn/jon)

SEBASTIAN VETTEL

Vettel Ogah Dianggap Raih Juara dengan Mudah LONDON- Sebastian Vettel tampil sangat mendominasi di balapan Formula 1 musim ini. Jagoan Red Bull tersebut sukses memetik kemenangan dalam 11 seri. Tak heran, gelar juara dunia pun sudah dipastikan jatuh ke pelukannya ketika balapan masih menyisakan tiga seri. Berkat performa hebat itu, Vettel dianggap merusak keindahan balapan F1. Tak hanya itu, pembalap asal Jerman tersebut juga disebut terlalu mudah meraih gelar juara. Namun, Vettel enggan dianggap meraih kemenangan dengan gampang. Pembalap berusia 26 tahun itu mengatakan, gelar juara yang diraihnya didapat dengan susah. Termasuk ketika mampu menang tujuh seri secara beruntun. Menurut Vettel, perjuangan meraih kemenangan demi kemenangan sangat sulit. “Orang-orang lebih senang menggunakan kata dominasi seolah mengatakan saya mendapat gelar dengan mudah. Namun, jika Anda melihat ke belakang, saya benar-benar kerja keras setiap menitnya,” terang Vettel sebagaimana dilansir laman Express, Jumat (8/11). Vettel menambahkan, kemenangan demi kemenangan itu diraih ketika dirinya sudah memberikan 100 persen kemampuan. Saat gagal menang, Vettel juga tak gampang patah semangat. “Ini musim yang panjang. Orang-orang mungkin menganggap kemenangan saya mengurangi antusiasme di F1. Namun, semua tahu bagaimana kerja keras kami untuk memiliki mobil yang kencang,” tegas Vettel. (jos/jpnn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


Anda punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

SABTU, 9 noVember 2013

PAMERAN November Art di Graha Cakrawala

Pameran dan band performance akan digelar (11-13/11) di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM). Setiap harinya berbagai acara akan digelar selama kegiatan November Art.

Kreator Fashion Bazar Pameran Kreator Fashion Bazar di MX Mall persembahan dari Kreator Organizer. Berlangsung tanggal 1-10 November, berbagai fashion ditawarkan dengan harga terjangkau, serta kesempatan mengikuti undian berhadiah Honda Revo.

Fesbuk Murah

Festival Buku (Fesbuk) Murah Gramedia Matos, di Main Hall Malang Town Square. Buku murah mulai dari Rp 5 ribu dan penawaran diskon sampai 40 persen hingga 10 November 2013

festival Insomnium Photo Festival

Insomnium Photo Festival bakal digelar pada tanggal 9-10 November 2013. Acara dihelat di Houtenhand Public House Kayutangan. Rangkaian acara adalah release website dan presentasi foto.

Festival Bahasa Arab UIN

Festival Bahasa Arab tingkat nasional digelar HMJ BSA Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang pada 4-10 November 2013. kegiatannya meliputi debat bahasa Arab, khitobah, puisi bahasa Arab, dan menyanyi Bahasa Arab.

Festival Perkusi UM Fakultas Sastra UM me­nyelenggarakan Festival Perkusi dengan tema Kreativitas dan Originalitas Berbunyian Nusantara. Acara dilaksanakan pada 10 November 2013 di Taman D7-D8 Fakultas Sastra UM. Pendaftaran Rp 125 ribu. Batas pendaftaran 6 November 2013. Technical Meeting 6 November 2013 di Ormawa Sastra UM Jalan Simpang Bogor 31 Malang. Info Omen 085733039558

lomba National Bussiness Challenge

Eksekutif Mahasiswa (EM) Universitas Brawijaya menggelar National Bussiness Challenge. Total hadiah Rp 15 juta. Biaya pendaftaran Rp 150 ribu. Pendaftaran mulai 29 Oktober hingga 16 November 2013. Hubungi 089886469111.

Lomba Vocal Grup Prodi Sastra Perancis Fakultas Ilmu Bu­ daya Universitas Brawijaya menggelar lom­ba vocal grup, baca cerita, cerdas cer­­mat dan mengarang dalam bahasa Pe­­rancis. Acara digelar tanggal 9-10 No­v 2013 di Gazebo Fakultas Kedokte­ran UB. Hadiah total Rp 16 juta. Info hu­ bungi: Devin Puspitasari 087862508025

Lomba Mading 2D

Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota FT UB Present Ma­ding 2D Competition GOES PLANO 2013. Gedung baru Teknik UN. 17 November. Dibuka pendaftaran peserta untuk pelajar SMA. @GoesPlano2013

Himateta Special Dedication

lomba Turnamen Goes Plano Yuk ikut futsal turnamen Goes Plano 2013 untuk SMA dan sederajat. Pendaftaran maksimal 12 Novermber 2013. pelaksanaan 15 – 18 November 2013. Contact saja 085745632612 Suprayogi. Persembahan Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik UB.

Event Beauty Class dan Product Knowledge Oriflame di Jalan Ijen No. 79 (samping Rumah Makan Ciganea) pada 10 November 2013 pukul 10.00- selesai. Harga tiket Rp 25 ribu, free goodie bag. Kapasitas terbatas, hanya 100 orang. Info hubungi: Memey-085649541421

Turnamen Sepakbola U-10 Rektor ITN Cup 2

Sepeda Sehat dan Senam Paru

Dalam rangka dies natalis ITN Malang ke 45, SSB PAS ITN mengadakan turnamen sepakbola u-10 tahun (kelahiran 2003) se-Jatim yang digelar tanggal 3,4,5 November 2013 di lapangan kampus 2 ITN Tasikmadu. Cp. Arif 081555871788

Kejurnas Malang Open 5 FORKI Kota Malang menggelar even tahunan Kota Malang yang diikuti oleh atlet-atlet karate yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kejurnas akan dilaksanakan pada 15-17 November 2013 di GOR Ken Arok Malang.

KEAGAMAAN Tahlil di RW 3 Wonokoyo

Imaginary of D’Sarunge

Pengajian Masyarakat Mojorejo

AMM Present 8th Anniversary. Imaginary of D’Sarunge. Gedung Sasana Budaya UM, 9 November . Top Model Competition usia 6 tahun-25 tahun. Lomba dimulai pukul 16.00 WIB. Foto Model Competition. Dimeriahkan fashion show 5 designer, dll.

Rabu (13 November 2013), Pengajian memperingati tahun baru Islam (1 Suro) di Balai Desa Mojorejo, diikuti oleh semua masyarakat Mojorejo. Acara dimulai pukul 19.00 wib sampai selesai

Saat ini penyakit mematikan yang bisa dialami oleh anak, khususnya balita, semakin berkembang. Salah satunya adalah pneumonia. Sama seperti diare, pneumonia kini menjadi pembunuh utama balita di Indonesia dan bahkan di dunia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 menunjukkan bahwa angka kesakitan (morbiditas) pneumonia pada bayi adalah 2,2 persen dan balita 3 persen. Sementara angka kematian (mortalitas) pada bayi 23,8 persen dan balita 15,5 persen. Data lembar fakta World Health Organization (WHO) tahun 2013 juga menunjukkan fakta yang sama. Pneumonia atau radang paru akut dinyatakan menjadi penyebab kematian terhadap sekitar 1,2 juta anak setiap tahunnya. Dengan angka ini, dapat dikatakan setiap jamnya ada 230 anak di dunia yang meninggal karena pneumonia. Angka ini bahkan melebihi angka kematian yang disebabkan oleh AIDS, malaria, dan tuberkulosis. “Di Indonesia angka kematian balita oleh pneumonia bahkan 416 anak per hari atau sekitar 1 anak setiap 4 menit. Dari saya belum jadi dokter anak, masalah ini sudah ada. Masa sampai sekarang masih ada juga,” ujar Prof Dr dr Bambang

Panitia HUT ke-12 Kota Batu menggelar acara Batu Flora Festival (BFF), 9 November. Peserta dari desa, kelurahan instansi swasta hingga pendidikan di Kota Batu.

Brawijaya International Agriculture 2013

Lomba Jalan Sehat dan Aerobic

Sabtu (19 November 2013), Muda Mudi Kampoeng Hendrik, mengadakan lomba gerak jalan sehat dan senam aerobic pukul 15.00 wib bertempat di Kampoeng Hendrik, yang memperebutkan Trophy dan Tabanas.

Atlas 2013 FH UB

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) menggelar ajang karya tulis mahasiswa (Atlas) 2013 Brawijaya Law Fair IV. Tema kegiatannya adalah Mewujudkan Good and Clean Governance Meruntuhkan Dinasti Korupsi. Acara akan dilaksanakan pada 22-24 November 2013 di Auditorium lantai VI Gedung A FHUB.

Batu Travel Mart

pesta rakyAT Kirab Bantengan Warga Songgoriti Minggu (10 Oktober 2013), Kirab kesenian bantengan memperingati 1 Suro (1 Muharram) oleh Warga Songgoriti Kelurahan Songgokerto Kecamatan Batu. start awal dari Candi Songgoriti dan mengelilingi kawasan Songgoriti.

Selamatan Desa Junrejo Pengajian untuk selamatan Desa Junrejo Kecamatan Batu, 12 November. Pengajian akan digelar di Balai Desa Junrejo dan diikuti oleh ribuan warga desa Junrejo.

Bersih Desa Karanganyar Bersih Desa Karanganyar, Kecamatan Poncokusumo, yang akan dipusatkan di Kantor Balai Desa Karanganyar. Pada kesempatan sama juga akan dilakukan selametan Suro an dan peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang, Selasa (12/11)

Bersih Desa Karangnongko Poncokusumo Bersih Desa Karangnongko Kecamatan Poncokusumo, yang diperingati serentak bersama selamatan Suro an dan peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang, Sabtu, 9 November 2013

Grebek Suro Akbar Gedangan Minggu (10/11) Grebek Suro Akbar akan diselenggarakan di Desa Gedangan Kecamatan Gedangan. Kegiatan akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Bersih Desa Pajaran Poncokusumo

Bersih Desa Pajaran Kecamatan Poncokusumo bertempat di kantor balai desa, Jumat 11 November 2013.

SHOW Mata Najwa di UMM Untuk ketiga kalinya, stasiun tele­v isi Metro TV menggandeng Univer­s itas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk kegiatan besarnya.Sete­lah Roadshow Eagle Awards  2011, lalu­ Wideshoot Metro TV Goes to Cam­pus  2012,  kali ini  Metro TV on Cam­pus kembali digelar di UMM Dome. Pun­cak kegiatan dilaksanakan pada hari ketiga, yakni shooting untuk program Mata Najwa. Acara yang dipandu Najwa Shihab ini menghadirkan narasumber kenamaan, seperti menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan ketua MK Mahfud MD, walikota Surabaya Tri Rismaharini serta  wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok. Pendaftaran bisa ke kantor Humas UMM di Gedung Rektorat lantai 2 atau daftar via online.

seminar Seminar Seventseas 2013

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya mengadakan International Symposium Seminar Sharia Economics Event South East Asia (Seventseas) 2013 yang mengambil tema utama The Reinforcement of Global Economics based on Islamic Principle. Acara ini akan dilaksanakan pada Ahad, 24 November 2013 pukul 08.00 – 16.00 WIB di Auditorium Dekanat Lantai 2, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. Fasilitas yang akan didapatkan oleh peserta antara lain seminar kit, coffe break, makan siang, stiker, doorprize, dan sertifikat.

Seminar ASEAN Community Tanggal 23-24 November 2013, FISIP UB bakal menggelar Seminar Inter­ na­s ional Asean Community 2015, dengan tema ”Persiapan Pelajar Indo­ nesia meng­h adapi Asean Community 2015 da­lam aspek sosial kultural”. Acara di­gelar di gedung FIA UB. Informa­si hubungi Resti 081231838764

Pneumonia, Pembunuh Utama Balita

Batu Flora Festival (BFF)

Brawijaya Mengajar menggelar lomba fotografi, sketsa gambar dan cerpen. Kategori lomba adalah untuk mahasiswa dan umum. Hadiah berupa uang tunai dan sertifikat. CP Safda 085259152426

Pilkades Serentak 42 Desa

Batu Travel Mart, 26-28 November 2013 (The Real Batu Tourism Table Top). Kegiatan ini mempertemukan buyer dan seller seluruh Indonesia. Even besar untuk kegiatan kepariwisataan merupakan hasil kerja sama Dinas Pariwisata Kota Batu dengan BAPTA.

Pekan FISIP 2013

Lomba Fotografi dan Cerpen

Rabu (13 November 2013), Pengajian memperingati tahun baru Islam (1 Suro) di Balai Desa Mojorejo, diikuti oleh semua masyarakat Mojorejo. Acara dimulai pukul 19.00 wib sampai selesai

Pilkades serentak 42 desa Se Kabupaten Malang, termasuk Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo, dilaksanakan pada hari Senin, 25 November 2013

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UB menggelar kegiatan ‘Pekan FISIP 2013‘ dengan tema Untukmu Satu FISIPku. Acara dilaksanakan pada 11-16 November 2013 pukul 09.00 WIB- selesai. Kegiatan diikuti seluruh LKM FISIP UB.

Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Tata Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menggelar Goes Plano 2013. Acara ini menyajikan kompetisi futsal untuk siswa SMA sederajat. Juara pertama kompetisi futsal mendapat hadiah Rp 2,5 juta plus trofi. Batas pendaftaran adalah 12 November 2013. Info lanjut hubungi 085745632612 Suprayogi.

Pengajian 1 Suro

Pertemuan rutin Temu Warga, Sabtu, 9 November 2013. Di Balai RW 3 Wonokoyo Kedungkandang. Agenda: pembacaan tahlil untuk almarhum bapak Suliyanto dan rapat warga terkait pemavingan jalan perumahan.

Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menggelar Gelar Cipta Boga 2013. Acara digelar pada hari Minggu 10 November 2013 mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB. HTM adalah Rp 85 ribu dan digelar di Graha Cakrawala. Guest star adalah Chef Degan.

lomba Kompetisi Futsal

Malang Lung Rider menggelar sepeda sehat bersama dan senam paru pada tanggal 17 November 2013. Bintang tamu adalah Unda Undi dan digelar di Graha Fakultas Kedokteran UB. HTM pre sale adalah Rp 15 ribu. Untuk on the spot dipatok harga Rp 20 ribu. Selain gowes bareng, ada acara lomba foto dan lomba band.

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Brawijaya menggelar Himateta Special Dedication (HSD) 2013. Rangkaian acara dimulai tanggal 9-15 November 2013. Acara yang dihadirkan antara lain Miniatur Energy Competition, Miniatur Alat dan Mesin Pertanian, Verticulture, serta HSD Music Festival yang dikombinasi dengan Lomba Fotografi On The Spot.

Cipta Boga 2013

The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan serangkaian kegiatan meliputi: International conference, Expo, dan Fieldtrip. Kegiatan ini menggabungkan 4 aspek pembelajaran Agrokompleks di UB yaitu Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Peternakan, serta Teknologi pangan. tgl. 30 Nov. Seminar’s by keynote speaker, 1 Des International Conference and Expo), 2 Des Fieldtrip

event Beauty Class

20

ASEC 2013 Polinema

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Malang menggelar accounting skill and english competition (ASEC) 2013. Ada dua kegiatan, olimpiade akuntansi SMA dan SMK se Jatim dan speech contest SMA dan SMK se Jatim. Kegiatan digelar pada 30 November 2013 di Polinema.

NBL Reguler Season

Even bola basket tertinggi se Indonesia ini akan memulai Seri 1 Malang di Gor Bima Sakti Malang. Even itu dilaksanakan pada 16 hingga 24 November 2013 mendatang.

Futsal Mahasiswa se Jatim

Turnamen Futsal Mahasiswa se-Jatim. Even ini akan dilaksanakan pada 9 hingga 10 November mendatang. Diselenggarakan oleh Champions Futsal dan akan dilaksanakan di Lapangan Futsal Champions Mandala, Malang.

Olimpiade Kimia 2013 HMTK Polinema menggelar acara Olimpiade Kimia 2013. Babak penyisihan mulai tanggal 5 November 2013. Semifinal dan final digelar 16 November 2013 di kampus Polinema Jalan Soehatt.

National Dance Competition National Dance Competition,  Minggu, 17 November 2013 di Lapangan FEB UB Malang. Pen­d aftaran: Rp. 100.000/group. Berhadiah jutaan rupiah! Kategori: Traditional Dance (tari kreasi) Modern. Hiphop, Street Dance- Kpop Cover Dance Con­t act Person : Risma 085252840408 Andre 085755277764

Family Fun Day

Araya Family Fun Day 2013 di gelar di Plaza Araya Malang pada 8-10 November 2013. Beragam lomba digelar, mulai foto keluarga, foto anak dan adu bakat keluarga.

Safar Malam Ahad di PP Al Fattah

Riyadlul Jannah mengadakan Safar Malam Ahad di PP. Al Fattah, (KH. Abu Said), Jl. Cemoro Kipas Desa Sidomulyo Kota Batu. Waktu 12 November 2013.

duka cita Turut Berduka Cita

Turut berdukacita atas wafatnya ananda Farida Ulya, putri kedua Bapak Ahmad Cahyo dan ibu Arifah, Wonokoyo kedungkandang. Semoga almarhumah diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan.

pernikahan Unduh Mantu Wahyu-Yordan

Pernikahan antara Wahyu Kusuma S.Pd. putra bungsu dari Bapak Sukardi Pria Utama, S.Pd dan Ibu Sihani, dengan Yordan Bin Antika, putri sulung dari Bapak Warsam Bintoro S.Pd dan Ibu Sri Sukristinawati. Pemberkatan Pernikahan berlangsung pada hari Selasa, 5 November 2013 pukul 09.00 WIB di GSJA Calvari, Rembun-Dampit. Unduh Mantu pada 8 November mulai pukul 09.00-15.00 WIB di GSJA Sidorejo, Kecamatan Pagelaran. Turut mengundang keluarga besar kedua mempelai dan sanak kerabat.

event Pekan Amal Psikologi UMM

Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014. Menerima bantuan soal berupa buku, uang, pakaian dan lainnya.

SIM Keliling Agenda SIM Keliling, Jumat dan Sabtu, 8-9 November di Mapolsek Kepanjen, dan Minggu, 10 November 2013 di Lahor Karangkates.

Supriyatno, SpA(K), dokter anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak (IKA) FKUI-RSCM dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Gedung La Mounte Sarinah, Jl H Agus Salim, Jakarta, Jumat (8/11/2013). Menurut Prof Bambang, pneumonia merupakan peradangan atau inflamasi yang terdapat pada parenkim paru. Kondisi ini ditandai dengan adanya batuk, sesak napas, demam, dan infiltrat pada foto rontgen. Namun gejala yang paling penting diperhatikan adalah adanya napas cepat pada anak. “Seringkali orang tua telat membawa anak ke dokter untuk diobati. Datang ke dokter sudah dalam kondisi berat. Inilah yang membuat pneumonia mematikan,” tutur Prof Bambang. Prof Bambang juga mengungkapkan, dalam kebanyakan kasus penyebab utama pneumonia pada balita adalah bakteri jenis Streptococcus pneumonia. Bakteri lain yang sering menjadi penyebab kedua pneumonia adalah bakteri Haemophilus influenza tipe b atau Hib. “Pneumonia dapat ditularkan melalui beberapa cara, salah satunya melalui udara lewat percikan ludah saat penderita bersin, batuk, ataupun berbicara,” terang Prof Bambang.(jpnn/lim)

hiburan Nobar

Fans Chelsea FC bakal menggelar nobar English Premier League yang menyajikan pertandingan antara Chelsea FC melawan WBA, Sabtu 9 November 2013. Acara dihelat di Amazy Sigura-gura pukul 21.30 WIB. HTM adalah Rp 10 ribu. Info lanjutan hubungi Dito (082154035325).

Saturday Night Showdown

Pada 9 November 2013, Screamous bakal menggelar grand opening bertajuk Saturday Night Showdown. Acara grand opening dimeriahkan oleh Bottle Smoker, Sarajevo, Crimson Diary dan Gang Holiday. Acara dihelat pukul 19.00 WIB di Jalan Soekarno Hatta A5.

Tipe X di Ultah FMIPA UM

Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM) menggelar acara pera­ yaan ulang tahun fakultas dengan meng­h adirkan band Tipe X. Acara digelar tanggal 23 November 2013. Gate masuk dibuka pukul 16.00 WIB. Harga tiket masuk Rp 20 ribu, untuk On The Spot dihargai Rp 25 ribu.

Kids on Move

INDIE musik performance dengan tema Kids on Move dipersembahkan UKM KOMPENI STIKI Malang. Acara akan dilaksanakan pada 10 November mendatang di Sport Hall Kampus STIKI.

Konser

D’Masiv mengadakan konser tunggal di Malang. Tanggal pelaksanaan adalah Sabtu, 9 November 2013. Tempat penyelenggaraan adalah Nashville Club Jalan Kawi Kompleks Mall Olympic Garden, Malang.

Festival Kampoeng

Merjosari Bangkit 2013 Dalam rangka bersih desa bersamaan tahun baru hijriyah dan 10 November, warga Merjosari mempersembahkan Festival Kampoeng Merjosari Bangkit 2013 Acara dimulai 2 November sampai 23 November di Gedung Serbaguna Merjosari. Agenda kegiatannya meliputi kerja bakti masal, napak tilas, ziarah leluhur, pawai obor, dan ditutup pementasan wayang kulit.

Selamatan Desa Torongrejo Sabtu, 9 November, Karnaval Selamatan Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, yang diperkirakan akan diikuti oleh 50 penampilan dari setiap RW. Start dan finish dari depan balai desa. Peserta akan dipilih yang terbaik dan mendapatkan hadiah dari panitia.

Karnaval Bersih Desa Pandanrejo Karnaval dalam rangka merayakan selamatan desa atau bersih desa di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Sabtu 9 November 2013. Bakal ada hiburan campur sari dan kegiatan masyarakat lainnya. Karnaval ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Start dari Balai Desa Pandanrejo hingga Finish juga di Balai Desa.

Seminar Beasiswa Internasional

Seminar beasiswa internasional akan dihelat pada 12 November di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya (UB). Sejumlah perwakilan dari kedutaan besar dijadwalkan akan hadir dalam kegiatan ini diantaranya dari kedutaan besar Perancis, Jepang, China, Belgia dan Jerman.

BIA on 2013

The 3rd Brawijaya’s International Agriculture (BIA) on 2013 akan diisi dengan agenda seminar pada 30 Nov 2013. Kegiatan ini dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yang meliputi International conference, Expo, dan Fieldtrip. Acara bertempat di Aula Fakultas Teknik Universitas Brawijaya untuk International Seminar, Gedung Konferensi Widyaloka untuk konferensi Internasional dan Expo, serta Wildlife Education Center, Dau untuk kegiatan fieldtrip.

Membongkar Rahasia Milyuner

Seminar membongkar rahasia milyuner Jumat, 15 November 2013 di Hotel Trio 2 sebelah MCD Malang. SMS nama dan kota di 081331603988

Seminar dan Lomba Kreatifitas Guru

Nikah Masal Non Muslim

PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM) mengundang guru, dosen, pakar, dan pengamat pendidikan untuk berpartisipasi dalam seminar nasional dan lomba kreativitas guru melalui exchange of experiences TEQIP. Lomba Kreativitas Guru akan digelar Jum’at 8 November 2013, Pukul 13.00 – selesai tempat  Hotel Purnama. Dan Seminar Nasional Sabtu, 9 November 2013, pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tempat Gedung Graha Cakrawala Jl. Cakrawala, Malang.

Acara Nikah Masal non Muslim yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, bertempat di Gedung Graha Wangsa, Kelurahan Sisir, Rabu 30 November 2013. Peserta: orang Kristen, Katolik, Budha, Hindu.

Seminar Karir: Kiat menyikapi perjanjian kerja dan wawancara. Pukul 08.00 WIB, Selasa, 19 November di Aula BAU UMM. Untuk pendaftaran, hubungi: 085204904858.

Seminar Karir

REDAKTUR: halim, LAYOUTER: ABDEE


MALANG

• SUZUKI •

MOBIL - MOTOR

GRATIS Konsultasi kredit /tunai, Mobil baru Suzuki HUb. Hadi 2374008/ 085239073708

Dijual KIA VISTO N’2001 hitam, mesin, bagus,mulus,harga NEGO. Hub.081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/11

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com

BG-30/11

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/0877­ 59798877 BG-29/11

READY Stock Ertiga GA GL 8 GX Manual 8 Matik DP. 52 jt -an Bisa Tenor 5th 082141959999/956­8253 BG-28/11

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916 BL-27/11

BG-29/12

•HONDA•

isuzu D ijual m o b i l p a n t e r H i Grade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/11

Daihatsu JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.03419187273 BG-23/11

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/12

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/11

MITSUBISHI Promo Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788 BG-01/12

Gebyar Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/12

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/11

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­ sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/11

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/11

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­ 37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/11

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/11

TANAH jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/11

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435/081233081622 BG-18/11

TOYOTA Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/11

Jual :ELF 2005 wrn:oranye hrg 210 nego, 2007 wrn:putih hrg:245 nego body Edi Putro AC,audio,tv, hub.081945555402,0341-7720803 BG-12/11

Dijual cepat kijang grand extra’96 plat N,long nusa,double blower,power window,71 juta nego 081333378555 BG-11/12

Kijang Nusa’94 , AC, TAPE, RC BAGUS. Hub. 081 233 086 801, 0341-7346127 Jl.Mondoroko I/42 Singosari mlg. BG-5/12

Jual Kijang,94,bi­r u,Ac,Tp,­ Pa­jak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/11

dijual terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-21/11

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 BL-7/11

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129 BG-18/11

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/11

RUMAH DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516 BG-23/11

Puri Cempaka Putih kwasan pemkot,pnddkn,Dpn terminal Hamid Rusdi,Tipe ba­ ru UM 9JT (Jamsostek) 754­ 055/7025005/081945155552

BL-30/11

BG-11/11

AVANZA G 2009 HITAM n Mlg Ko ta Perum Graha Kencana Sel­ tan I/IIA Hub. 081333452767

Dikontakkan Rumah Type 54 di Perum sumber wuni indah Blok A no 41 Lawang 8jt pertahun , Bisa pertiga bulan Hub.081219908512

BG-26/11

• SUZUKI •

BG-21/11

Jual Suzuki Baleno matic 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 81 jt nego 08164291898

DiJUAL TP Rumah T300/B 145 SHM PLN PDAM Jl. D. Maninjau 35 HP. 0818 0501 3399 Azhar Saleh

BL-22/ 11

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

BG-27/ 11

MP-JUAL L ETALASE .2meterX1meter.rp500rb hub.083848004526. MP-JUAL : LABET 1 JODO UDAH BIKIN SARANG WRNA IJO PASTEL HRG 1,3 JT +6282132634131 MP-Jual : tanah ukuran 9x14 ama 18x14 wilayah kota malang klayatan sukun, akses jalan aspal brsan selesai proyek pemkot, rencana pengalihan lingkar barat menuju batu, status AJB saya sendiri. Dijual harum 575rb/m. Tdk terima sms, tlp aja 08125254672/0347807018 MP-JUAL : Mobil szk carry 91 body Adipuro vr,tape hrg 38.5 jt nego MP-JUAL: Charter mobil Avanza,Xenia, APV,Espass+sopir... Hub.081945330605 or 03417688890..

RUPA-RUPA

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

BL-18/11

BG-17/11

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

Toko “JUARA SPORT” jual alatalat olahraga harga bersaing, mutu berkualitas. Hub Jl. Diponegoro 62 TLP. 0341-7723930

BL-25/11

BL-19/11

Jual rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego

Mebel Nusantara menerima cash & kredit kursi, sofa, almari, sping bed dan segala peralatan rumah tangga. Hub Jl. Agus Salim No. 18-20 Batu. Tlp. 0341-592444

BL-1/12

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/11

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/11

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/11

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­ 746571600 BG-11/10

Dikontrakkan Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963 BL-22/11

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/11

KEHILANGAN

BL-19/11

SURYA MANDIRI GORDYN.Sedia sgl mcm Gordyn,Vitrage,Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910 BG-23/11

UD.AZIZ KUSUMA jual mcm2 pot bunga, air mancur, mainan les, gypsun, pilar dan pembuatan taman hub: Jl.Ry Pakisaji(sebl kantor kec pakisaji) Mlg 085649554292 BG-19/11

Kursus piano privat guru sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292

BG-13/11

PP PRIMA PERMATA melayani pemasangan & jual bhn plafon gypsum + atap baja ringan &dinding peredam Jl.Raya Genengan 272 Tlp 0341-806234 Pakisaji Malang. BG-11/11

Planet Service.Service panggilan pendingin dan elektronik, AC, kulkas, m.cuci, dll. Hub.085334227002, 0341-7833840

Stnk spd mtr Honda’12 N-6111BJ noka: MH1JFC118CK151585 nosin:JFC1E1151673 a/n DARMANTO d/a Jl.Simpang Gading I/31 RT 009/01 Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Malang BL-9/11

LOWONGAN Dbthkn kurir mlg raya. Syrt: mtr sndri,SIM C,hfl area,CV bw lgsg ke Jl. Tapak siring 29 A BL-2/11

Dicari tenaga kerja dekor berpengalaman utk produksi dan bongkar pasang utk jawa tengah gaji pokok 1.5 jt mkn dan tdr gratis data“ sms ke:089624402849 BL-2/11

Dcr Karyawan/wati counter+ security: SMA,jujur,pkrjkrs lam: Jl. S.Parman 23 Mlg 0341-418788 BG-23/11

Bpk/Ibu/Sar yang ingin penghasilan nyata Hub.Kris Dewi 081944825463 BG-17/11

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BG-26/11

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/11

SERVIS Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­ tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/11

DANA TUNAI Butuh Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448

BG-10/11

BG-3/11

Toko Tani Sejahtera Jl.Brakmojo Merjosari Kepanjen Tlp.0341392965, 0811366615.Menyediakan : Benih, pupuk, obat2an dll.

Bth dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, prop erty, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978

BG-10/11

STNK

BG-26/11

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-19/11

Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

D’LUUK Boutique pusat grosir dan eceran tas pria dan wanita berkualitas, juga menyediakan aksesoris wanita lainnya dgn harga bersaing dapatkan potongan 10 % datang langsung ke ruko Cipto Jl.Cipto kav 17 Malang BG-9/12

BMC (Becam Medicine Center)pengobatan modern cara Nabi, menyediakan terapi: becam, hirudo, lintah, gurah dll.Jl.pepen dpn pom bensin Kepanjen Tlp: 0341-7060111, 085755181862, 085785062601 BG-10/12 Jasa pembuatan rombo­ng fran­­chise, both, stan pa­­me­ran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-280­1809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/12

Jual beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:70­ 21089/085649861563. BG-4/12

D icari , L a p t­ o p , ­L E D , ­L C D , ­ zzBB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin.BB 314CF4A4 BG-4/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/11

BG-31/11

KULINER Warung Kartini : mnrm pesanan : nasi kotak, tumpeng, prasmanan juga melayani rias pengantin Jl.Galimbar Kepanjen Tlp : 0341-7305477 BG-10/11

KING’S BAKSO&JUICE menerima pesanan Kuah Segar Anti Lemak & Dijamin 100% halal Jl.Raya La.Sucipto 214 Malang hub.(0341-2828955) BG-12/11

MERY’S BAKERY & CAFÉ menerima Pesanan Roti, Donut, tart, Spiccu, DLL Jl.LA. Sucipto No.339 Depan SDN Pandanwangi 1 telp.03419552483/087852501110 BG-12/11

Depot Maninjau sedia ma­sa­ kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842

BG-31/11

PIJAT Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih

BG-16/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022

GALERY GORDEN:Mnrm sgl model gorden, vitrase, vertikal & horizontal blind, accesories dll. Anda telpon kami datang Hub: Jl. Ranugrati 33 Sawojajar Tlp: 6358666/726960

BL-6/11

BG-07/12

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami so­lusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda proforsional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568

BG-07/12

BG-22/11

RUPA-RUPA

BG-07/12

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937

TOUR & TRAVEL

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp.0341-7359448

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car

BG-17/11

BG-3/12

BG-30/11

BG-30/11

Mp-Jual: ES CINCAU GREEN bs buat OBAT sglh penyakit( darah tinggi,bs membunuh sel kanker dll...) terbuat dr bhn alami, jln BONDOWOSO(dkt UM) mlng TERIMA PESANAN call 085790833379

MP-Jual : Honda Supra X 125 cc th 2005 akhir N kota pajak panjang baru bulan 10 ini 7,25jt nego cpt BU hub 9101651 di sukun

.terima catering paket ato ongkos masak saja hub: 0341-7688890 ato 081945330605.

MP-CARI: rumah minimalis harga 90 kebawah.ada sms/call 085258701777 atau 03417474783

MP-JUAL: Jual Sangkar burung ukir naga + elang harga 1 juta. Hub 085649891927.

MP-Cari : tenaga serabutan, jaga toko, BAG Kirim, gaji 1jt, hub 03416677600.

MP-Cari

MP-CARI : TUKANG ALMUNIUM HUB. 081555992213

MP-Jual : gorden lengkap bekas kondisi masih bagus harga nego minat hub 081232783909 MP-JUAL:resep bakso super di jamin lezat &halal +praktek=di utmkn luar kota mlg +6285608087172 Mp-jual : kentang dan kubis grosir. Contoh bisa dikirim atau liat ke rumah. Hubungi 082132620663 MP-Jual : sepatu,tas,dompet apik,unik dan menarik hanya di Dbee SHOP CP:081805004366 Mp-jual : tas kamera merek alba, nixon dan accesories kamera lain. Hub.0341-5420265 MP-jual : sepeda jengki roda ukuran 24..dpn ada kranjangx merk phonik keadaan msh bagus...warna ungu muda... +6281232761354 MP-JUAL : Mobil daihasu classy 91 pw,ps,cl,tape,ac, ori l/d brg bgs. Hg.Nego +623412823649

BG-07/12

Mp-Jual : Jasa Taxi Montor melayani antar jemput hub. Via tlp/sms. 083848405670 (bpk. Hari) Mp-jual : bekas minimarket luas tanah 117 m2. ada 3 pintu harmonika dan pagar depan sampai atas. Ful bangunan. Lokasi tunggulwulung. Harga 550 jt. Hub9410912 Mp-jual : rumah di griya sejahtera luas tanah 80m2. Luas bgn 115 m2. 3 kt, 2 km. Ada garari, 2 lantai. Lokasi tunggulwulung. Harga 375 jt. Hub 9410912 Mp-jual : astrea legenda tanpa bpkb kondisi protolan tanpa dek. dijual cuma 1,9jt bth uang minat hub 08170497776 MP-Jual : film Laser Disk ,kondisi 85% ada 22 koleksi film . Khusus bagi kolektor film2 box office dijual 2jt nego. hub:03414456161. MP-JUAL : nugget ayam sehat bergizi tnp bhn pgawet.. Frozen food ...Cocok u bekal,sarapan,camilan buat anak2, dwasa, Kami jg terima catering u acara/pesta...

MP-Cari: tukang pengalaman dakcor.085649650610 MP-Cari : kasir shift wanita, sma, tdk pnya ank kcl. Di MOG, gj 600 rb. Hub : Ayu 085604008858 MP-Cari : 1 salesman farmasi pria min d1 max 27th, sim C + motor, blm nikah lamaran ke PT. Kimia Farma Trading & Distribution alamat PBI Utara IV-2 B A1/19 Malang. MP-Cari : pegawai putri penampilan menarik untuk jaga toko pendidikan min smp blm menikah umur max 20 th hub : sony music school jl gunung raung 8 malang MP-Cari : Koleksi Foto2 gdung kuno kota malang th 1870 .- 1920. Cri mitra krjasma punya tmpat, modal utk buka galery mini. Pminat hub: Perum Graha Dewata. 0878.5948.8685

Korane Arek Malang

since 1998

BG-20/11

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/11 Pasang parabola gratis indo­ vision/topytv/okvision di scppa­ rabola rukokaranglomega kav.3 0341­456222­/456333

BG-6/11

BL-30/11

MP-JUAL : rmh renov 2.Lt 7x12 m ,4 Kt ,1 Km , 900 w ,PAM & Smr ,Lok TAMAN PERMATA ASRI ds Sitirejo- Wagir .hrg nego .03419719453/081333644775

RUPA-RUPA Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157

ATOM clinic handphone service se­­ mua jenis HP, hardware dan soft­­­ware Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kam­pus ­UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

BG-19/11

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

MP JUAL

MALANG POST

RUMAH

TYFAGAS TRANSPORT drop juanda, carter, sewa mobil bromo hub: 0341-9422477 082131896481

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub:0341 9089500 / 085235170784

BG-30/ 11

21

MALANG POST

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

BG-07/12

MP-cari : tenaga salon wanita, berpengalaman, penampilan menarik. hub 03417354091 MP-Cari : pembatu rumah tangga, tinggal dalam janda/lajang , gaji awal minimal 700rb, makan 3x, kamar sendiri. Sms 03412138666 MP-cari : laki-laki max 20 th,lulus smp,bujangan, bisa sepeda motoran untuk jaga toko dll. Hub 6102818/6358666 MP-Cari : kasir shift wanita, sma, tdk pnya ank kcl. Di MOG, gj 600 rb. Hub : Ayu 085604008858 Mp-cari : supir pribadi paruh waktu minimum tamat sma umur minimum 25 max 30. Hubungi 082132620663 Mp-cari: anakan burung kenari dan love bird 5 pasang, harga bagus hubungi 082132620663

Jl. Sriwijaya 1-9, Malang TOUR & TRAVEL “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/11

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­R USAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Web­site: www. su­rya travel. com. BG-29/11

ANGKASA RENT CAR me­la­ yani sewa mbl: APV Arena, Xe­ nia, Avan­za, Kijang LGX, Mercy pe­n gan­t in, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/11

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/11

www.airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/ju­an­da(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/11

pengobatan PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/11

KOMPUTER WAROENG COMPUTER BANG IWAN.Mnrm Serv. panggilan,jual beli comp rusak,TV. Jl.Ry. Pakis/Komplek Toko Psr. Pakis. Dpn Alfamart 03419396778/085706236235 BG-23/11

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRIN­ TER Printer : ip2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 5584409634440 Hp. 085­735 607111-0821 31475761 BG-23/11


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

beranjak meninggalkan kelas. Waktu sudah menunjukkan 08:30 akhirnya perkuliahan kali ini dicukupkan dan semuanya meninggal kelas.

Oleh: Mawardi Stiawan NAMAKU Ardimawa, tapi, teman-teman di kampusku sering memanggilku dengan sebutan “Di”. Suatu pagi yang indah bagiku, hari itu tanggal 10 Oktober 2013 tepatnya. Aku merasa bahagia sekali karena hari itu adalah hari pertamaku masuk kuliah. Hari pertamaku akan mengenal banyak teman dari berbagai ras, suku dan agama. Hari pertamaku menulis cerita anak perkuliahan alias mahasiswa. Aku kuliah di kota yang banyak orang mengatakan sebagai kota dingin. Entah kenapa kota ini dikenal sebagai kota dingin. Aku tidak tahu. Yang jelas sebelum menjadi mahasiswa sini aku sudah mendengar kota ini dengan dinginnya. Dan kota itu Malang namanya. Aku kuliah di salah satu perguruan tinggi di sana. Malang adalah salah satu kota impianku untuk menulis banyak cerita disana. Kelak selama aku menjadi mahasiswa, aku ingin menulis banyak hal salah satunya adalah tentang perjalananku menjadi mahasiswa, tentang kampusku, termasuk nanti juga tentang temantemanku. Apalagi kalau suasana di pagi hari, sungguh indah sekali dengan terbitnya matahari diantara gunung-gunung. Inilah salah satu kenapa aku berangkat ke kota ini. Katanya sih dulu mahasiswa dikenal sebagai Agent Of Change Atau Agent Of Control. Penyebutan label-label seperti itu yang membuatku semakin semangat untuk terus meneruskan menulis cerita selama menjadi mahasiswa. Keren khan! dengan sebutan mahasiswa bukan lagi siswa yang diidentik lagi dengan memakai seragam putih abu-abu. Mendapat sebutan sebagai mahasiswa seakanakan mengenyangkan perutku sebelum saat makan. Sungguh aku bahagia sekali. Hari pertama kuliahku langsung masuk jam 06:30 Wib Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Wah... bayangkan kalau kamu harus mandi sekitar jam 05:00 Wib pagi setiap hari. Hm, dinginnya minta ampun. Mau tidak mau, dingin tidak dingin aku harus mandi. Malu pastinya sama temanteman kalau setibanya nanti di kelas kelihatan dengan wajah kusam alias aroma mimpi masih kelihatan. Apalagi ini hari pertamaku masuk kuliah. Selesainya mandi aku langsung berangkat tanpa sarapan dulu. Kalau soal sarapan pagi jangan ditanya. Pasti jawabnya tidak perlu. Kenapa aku berkata seperti itu, karena kalau masuknya jam 06:30 Wib maka, paling

22

***

Ternyata lambatnya aku harus berangkat setengah jam sebelum jam masuk kuliah. Wajar, kost aku khan jauh sekali sekitar 3 km. Itu pun aku menempuhnya dengan jalan kaki setiap hari. Tak terasa sinar matahari yang mulai terasa menyengat di kulitku mengisyaratkanku harus segera berangkat ke kampus. Akhirnya, pelanpelan aku langkahkan kaki ini dengan hati gembira. Karena aku akan bertemu dengan teman-teman baruku setelah pertemuan pertama di Ordik. Aku menyusuri jalan ini dengan penuh hati tabah meski, setiap hari harus berjalan kaki. Dalam perjalanan itu, mulai banyak pertanyaan yang muncul dalam benakku termasuk rasa penasaran ini begitu kuat di kepalaku. Semisal, kayak apa ya nanti suasana di kelas, bagaimana dengan sistem KBM-nya? Pertanyaan itu mulai muncul satu-persatu tanpa kutemukan masih jawabannya. Jantungku terasa lebih cepat berdetak, mata ini mulai menatap satu persatu beberapa gedung-gedung yang

berjajar rapi dihiasi dengan bungabunga. Pemandangan ini membuatku seperti saja singgah ke suatu tempat yang indah, yang pertama kali kusinggahi dalam hidupku. Maklum, aku khan mahasiswa baru. Dan tak terasa langkah kaki sampai juga ke ruang kuliahku. Di pintu kelas, aku bertemu dengan seorang perempuan cantik, dia memakai kerudung kuning. Saat itu dia sedang duduk di barisan paling depan. Pertama kali aku melihatnya sungguh seperti ada yang berbeda, yang sedang terjadi dalam diriku. Jantungku berdetak lebih dari biasanya. Aku masih berdiri dan tidak bergeser sedikit pun di pintu kelas. Bahu ini sengaja aku sandarkan ke pintu supaya kalau ada mahasiswa lain mau lewat, masih ada sisa jalan yang bisa mereka pakai. “Est...”, suara temanku dari belakang mengisyarakatkan kalau dosen sudah mau masuk. Tanpa katakata lagi aku langsung nyelonong

masuk lalu duduk di bagian yang masih kosong. Mata ini mulai mencari serpihan rasa yang telah tertinggal dari pandangan pertama awal mau masuk kelas itu. Dan ternyata perempuan itu juga pintar selain cantik, senyumnya yang selalu mebilas bibirnya membuat siapa saja yang memandangnya pasti akan merasakan dengan apa yang aku rasa yaitu, damai rasanya hatiku berada di dekatnya. Pertama masuk kuliah saja, dia sudah banyak dikenal baik teman-teman sekelas maupun kakak kelas. Prilakunya yang baik dan sikap yang ramah-tamah membuatnya semakin banyak disukai temannya. Tidak hanya di kalangan mahasiswa namun, dosen pun juga yang kenal. “Subhanallah... padahal ini baru pertama kali masuk kelas dan hari pertama kuliah”, kata hatiku yang mulai mengaguminya. Aku tahu dia menjadi terkenal karena teman teman di kelas berkata seperti itu. Sementara dosenku terus menerangkan sesuai mata kuliah

Mengintip Manajemen Kampus-Kampus Elit Dunia KEBURUKAN yang termenejemen akan mengalahkan kebaikan yang tidak termenejemen, begitu kata sahabat Ali. Tak mengherankan. Manajemen yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Dalam sebuah institusi pendidikan semacam kampus, manajemen menjadi hal yang penting. Dengan manajemen yang baik, maka kampus bisa mencetak sarjana-sarjana yang hebat. Sudah menjadi sejarah, Universitas Cambridge banyak lahir tokoh ilmuwan dunia, di antaranya Isaac Newton (gaya gravitasi), Stephen Hawking (pencetus teori lubang hitam), William Harvey (penemu sirkulasi darah dan peran jantung), Paul Dirac (teori kuantum), J.J. Thomson (penemu elektron), Francis Crick (penemu DNA), Ernest Rutherford (teori struktur atom), Jane Goodall (ahli simpanse), James Clerk Maxwell (penemu gelombang elektromagnetik), John Maynard Keynes (ekonom penemu teori harga) d a n A l a n Tu r i n g ( p e n e m u t e o r i komputer). Hal ini tak lain karena manajemen di kampus ini bagus. Menurut sejarah University of Cambridge tumbuh dari perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Inggris. Mereka adalah para sarjana yang kabur dari Oxford pada tahun 1209 karena bertengkar dengan penduduk setempat. Kelompok ini yang menetap di Cambridge dan merekalah yang bertanggung jawab atas dimulainya kampus ini (halaman 85). Cambridge menjadi kampus yang fokus terhadap pengembangan riset keilmuan dan kesenian. Universitas tertua kedua di dunia ini selain melahirkan ilmuwan, juga melahirkan politisi dan tokoh bidang seni dan kemanusiaan terkemuka. Sampai saat ini kampus ini telah melahirkan delapan puluh tiga alumni peraih nobel. University of Cambridge mempunyai manajemen yang cukup akomodatif terhadap semua kalangan. Kampus ini tidak memandang usia tua ataupun muda, atau bahkan kuno dan modern. Semua kalangan bisa mengenyam pendidikan di kampus ini. Sebuah komposisi yang sulit dijumpai di kampus lain (halaman 89). Untuk mahasiswa Cambridge disediakan college-college untuk tempat tinggal. Pilihan college dikelompokkan

JUDUL: Kampus-Kampus Pencetak Para Jagoan Dunia PENULIS: Jauzi Efendi PENERBIT: Diva Press TAHUN TERBIT: September, 2013 JUMLAH HALAMAN: 156 halaman ISBN: 978-602-255-223-9 PERESENSI: Muhammad Rasyid Ridho*

berdasarkan jurusan dan bidang studi, usia mahasiswa (beberapa college hanya tersedia untuk dewasa), jenis kelamin, akomodasi dan beberapa fasilitas pendukung sesuai jurusan mahasiswa. Ada bidang studi Arts dan Natural Science yang terdiri dari banyak jurusan yang bisa dipilih oleh mahasiswa di antaranya, architecture, Asia and Middle Eastern studies, biochemistry, genetics dan lainnya.

Di kampus ini juga ada banyak program beasiswa tiap tahunnya, salah satunya Gates Cambridge Scholarship. Setiap tahun, program ini menyediakan sembilan puluh beasiswa penuh. Program yang dibiayai oleh Bill Gates ini bertujuan membentuk pemimpin yang berkualitas. Namun, program beasiswa ini memang tidak mudah, dan tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Selanjutnya adalah kampus yang menjadi saingan University of Cambridge yaitu University of Oxford. Universitas ini adalah salah satu kampus tertua di Inggris. Terletak di kota dan distrik nonmetropolitan dan silsilahnya dapat ditelusuri kurang lebih dimulai sejak abad ke-11. Namun, tanggal dan hari pendiriannya tidak jelas (halaman 95). Seperti di kampus Cambridge di Oxford manajemen kelembagaannya setiap college mempunya pengurus dan system belajar sendiri. Tiap hari mahasiswa dihadapkan dengan iklim intelektual yang tinggi. Namun, seluruh aktivitas yang padat dan serius dapat ditebus dengan liburan hari minggu. Salah seorang pengurus yang bertanggung jawab terhadap hal ini adalah direktur kesiswaan. Ia mempunyai tanggung jawab mengorganisasi klub mahasiswa, mulai dari klub mendaki dan bersepeda, hingga klub koran sekolah dan debat. Sebagai tambahan, siswa EF International Academy memiliki full access untuk pilihan pelajaran, museum, dan seminar yang ingin dihadirinya. Universitas lain yang dikupas oleh Jauzi Efendi dalam buku ini di antaranya Harvard University, Yale University, Massachusetts Institute of Technology, Stanford University. Lengkap dengan manajemen, jurusan dan beasiswa yang bisa dikejar oleh mahasiswa. Tak pelak buku ini wajib dibaca oleh Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, apalagi di universitas yang disebutkan di atas. Buku 156 halaman ini juga seharusnya dibaca oleh aktivis dan praktisi pendidikan, serta civitas akademika sebagai cermin guna memajukan pendidikan di Indonesia. Selamat hari pahlawan! *) Pustakawan, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang.

hari ini, adalah Bahasa Indonesia. Aku nikmati dengan seksama dan teliti dari apa yang di sampaikan. Ternyata hari ini dia menerangkan tentang menulis puisi dan cerpen. Setelah panjang lebar menjelaskan teori menulis cerpen dan puisi. “Sebelum mata kuliah ini saya akhiri, barangkali masih ada yang belum mengerti?” kata dosenku. Suasana kelas masih bisu, yang terdengar hanya suara jam yang berbunyi di dinding memecah sunyi. Aku tidak tahu apakah mereka mengerti lalu tidak bertanya atau malah sebaliknya. Aku pun juga ikut diam menikmati sepi. “Baiklah, kalau tidak ada yang mau bertanya. Berarti kalian semuanya mengerti dan faham mengenai pelajaran kali ini. Sebelum diakhiri, sebulan dari hari ini bagi mahasiswamahasiswi karyanya yang dimuat di media cetak baik media lokal maupun nasional langsung dapat nilai A”, kata dosenku sebelum

Perkataan dosen waktu di kelas membuatku semakin semangat untuk terus belajar berkarya tanpa putus asa. Ini baru keren! tidak hanya teori tapi prakteknya juga ada. Ini saatnya aku buktikan kalau yang bisa itu adalah orang yang mau berusaha, mau bekerja keras mewujudkan cita-cita. Kemauan dan tekat yang kuat akan mengalahkan segalanya termasuk rasa malas dan kawan-kawannya. “Aku harus buktikan, kalau aku juga bisa”, suara hatiku yang mulai berbungabunga mendapat tawaran menarik dari dosen. Tugas membuat cerpen itu dalam kurung waktu sebulan dari hari pertama masuk kuliah teori menulis cerpen dan puisi. Sampai 30 Oktober 2013 aku masih belum menemukan ide yang cocok untuk kutulis. Seakan-akan siang dan malam yang ada di dalam kepalaku adalah bagaimana aku bisa menulis cerpen dengan baik dan dimuat oleh media. Semangatku untuk mewujudkan itu sangat mengebuhngebuh seperti ombak di lautan yang berkejaran mencipta kenangan. Hari berikutnya, aku masih diam merenungi perkataan dosen sewaktu di kelas. Kamu tahu apa yang kulakukan di kamar tidurku. Aku menggantungkan kata “Aku pasti bisa, Mama”. Itulah kenapa aku sampai saat ini masih bertahan untuk melakukan semua itu. Mamaku banyak mengajariku tentang arti hidup. Salah satunya adalah perjuangan dia dari saat dia mengandungku sampai aku kuliah. Ya, aku ingin memberikan hadiah itu di semester pertamaku kuliah di kota dingin ini. Hmm... ternyata aku baru sadar kalau ini adalah ceritaku. Cerita tentang kuliahku dan kehidupanku. Bagaimana kalau ini saja yang aku kirim ke media? Mudah-mudahan dimuat. Amien. Malang, 11 Oktober 2013 MAWARDI: Salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Karya-karyanya pernah dimuat di Radar Madura, Buletin JEJAK, dan terangkum di blog Penyair Nusantara. Mawardi yang memiliki nama pena Mawardi Stiawan ini juga tercatat sebagai salah satu Printis Komunitas PERSI.

Meraih Sukses dengan Kreativitas SETIAP kemajuan dalam bidang apa pun tidak luput dari hasil berpikir kreatif. Dengan kata lain, berbagai perubahan positif terjadi berkat kreativitas. Dalam buku ini, Wahyu Aditya memaparkan pentingnya memanfaatkan kreativitas untuk meraih kesuksesan. Buku ini secara gamblang membahas 17 butir petunjuk penting untuk mengamalkan kreativitas, yang diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama, setiap orang perlu mengenali potensi dirinya sehingga bisa menemukan bidang yang cocok untuk berkreasi. Aditya menyarankan agar setiap orang berusaha mencari dunianya terlebih dahulu (hal. 1). Selanjutnya, setelah menemukan bidang yang cocok, orang bisa berkreasi dengan kreativitas yang optimal. Kedua, pengamalan kreativitas bisa dilakukan dengan kemauan berpikir berbagai arah (hal. 27). Cara berpikir ini memungkinkan orang menghasilkan banyak ide kreatif. Ideide tersebut ditindaklanjuti agar menjadi hasil yang konkret. Ketiga, melakukan rekam dan remix. Dalam tahap awal menghasilkan suatu karya, cara yang mudah adalah dengan meniru dulu. Menurut Aditya, meniru tidak sama dengan plagiat. Plagiat adalah melakukan “copypaste” tanpa penambahan makna. Meniru adalah cara berlatih dengan sistem teknik yang dibalik seperti ahli mekanik membongkar mobil untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya (hal. 45). Pendapat ini memang sesuai dengan kenyataan, yakni pada dasarnya semua karya kreatif berawal dari meniru. Keempat, melakukan sesuatu dengan spontan. Agar kreativitas semakin terasah, sering-seringlah melakukan hal spontan. Spontan itu tidak ada paksaan dari siapa pun. Semuanya muncul dari inisiatif pelakunya (hal. 62). Spontan itu biasanya memiliki energi yang sangat besar sehingga membuat suatu karya bisa diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat. Contoh, salah satu karya spontan Aditya adalah ketika ada kasus Prita Mulyasari, seorang ibu rumah tangga di daerah Tangerang yang digugat oleh Rumah Sakit Internasional. Aditya secara spontan mendesain sebuah logo yang kemudian menjadi logo resmi untuk gerakan mendukung bagi Prita Mulyasari (hal. 63-66). Selain berbagai butir di atas, buku ini masih memuat banyak butir-butir petunjuk untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif. Penulisnya, Wahyu Aditya telah membuktikan dirinya sebagai pribadi yang

kreatif, yakni sebagai pendiri HelloMotion Academy, HelloFest, dan Distro KDRI. Bahkan, Aditya juga telah menerima berbagai penghargaan termasuk penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2008. Tokoh pilihan Majalah Tempo 2009 dan Juara Dunia British Council – International Young Creative Entrepreneur 2007. Berbagai prestasi cemerlang tersebut sekaligus membuktikan Aditya sebagai sosok yang sangat kreatif sehingga mempunyai segudang kiat tentang kreativitas untuk dibagikan kepada pembaca.. (Penulis adalah peneliti kreativitas yang tinggal di Pati). *) Penulis adalah Instruktur Menulis dan Innovation Trainer.

JUDUL: Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati PENULIS: Wahyu Aditya PENERBIT: Penerbit Bentang TAHUN TERBIT: 2013 TEBAL: xvii + 297 halaman PERESENSI: Peng Kheng Sun* REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI


SABTU, 9 NOVEMBER 2013

Dua Pendaki Asal Jakarta

HILANG DI SEMERU MALANG - Dua pendaki Gunung Semeru asal DKI Jakarta, dilaporkan hilang di kawasan Arcapada kemarin siang. Kedua pendaki yang hilang itu yakni Aziz Faudhi, 21 tahun, asal jalan Nimun Raya 87, Kebayoran Lama dan Muhammad Rizky Perdana, 20 tahun asal jalan AS Syafiiyah RT 006/ 003, Cipayung, Jakarta Timur. Kepala Resort Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Toni Artaka mengatakan, mereka dilaporkan hilang sejak pukul 02.00 WIB. “Kami sudah

membentuk tim penyelemat yang juga dibantu dari komunitas pecinta alam, untuk mencari kedua pendaki yang hilang itu,“ ujarnya saat dihubungi Malang Post kemarin. Diperoleh informasi, keduanya bersama 20 rombongan lainnya mendaki di gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut pada hari Rabu (6/11). Meski sebelumnya telah dilarang oleh petugas, kata Artaka, mereka nekat untuk mendaki. Keesokan harinya Kamis (7/11), rombongan sudah di puncak Gunung Semeru.

“Namun menurut keterangan temannya yang lain, Aziz dan Rizky yang memutuskan turun dan meninggalkan rombongan, justru menghilang,“ ujarnya. Sedangkan rombongan lainnya, lantas memutuskan untuk menunggu keduanya di Arcopodo. Lantaran ditunggu hingga malam hari tak kunjung datang, rekan kedua pendaki yang hilang tersebut turun melapor ke Pos Ranu Pane petugas TNBTS sekitar pukul 02.00 WIB Jumat (8/11) dini hari.

“Mendapat laporan itu, pagi tadi (kemarin) ada lima Petugas TNBTS dibantu Porter melakukan pencarian terlebih dahulu,“ ungkapnya. Pencarian yang dilakukan hingga kemarin sore, dikatakannya belum membuahkan hasil. Lantaran sudah mulai gelap, pencarian dilanjutkan hari ini dengan dibantu beberapa organisasi pecinta alam, porter dan warga sekitar. “Jalur pendakian saat ini memang kami tutup, untuk mempermudah pencarian,“ tuturnya. (big/lim)

BKK Online, Jitu Salurkan Alumni SMK SINGOSARI - SMKN 1 Singosari mempunyai cara jitu untuk mengantarkan para alumninya dapat direkrut dunia kerja. Selain sudah bekersajama dengan beberapa perusahaan berskala nasional, kali ini sekolah yang dikenal dengan perakitan mobil Digdaya dan Rajawali itu mengembangkan Bursa Kerja Khusus Online (BAKKOL). Kepala SMKN 1 Singosari Sali Rochani, S.Pd, M.M.Pd mengatakan BAKKOL merupakan sarana yang tepat bagi para Pencari Kerja (Pencaker) khususnya alumni SMK. “Dengan sistem ini mereka mendapatkan informasi akurat dan terkini tentang lowongan tenaga kerja melalui alat bantu IT,“ ujarnya kepada Malang Post kemarin. Lebih lanjut dia menjelaskan, sistem tersebut merupakan tindak lanjut atas prestasi SMKN 1 Singosari menjadi salah satu SMK se Indonesia yang tergabung dalam Program SMK Berprestasi Nasional. “Kami dipercaya oleh Asosiasi Profesi Bursa Kerja Khusus (AP BKK) di Jakarta, untuk mengembangkan sistem ini,” imbuhnya. Menurutnya, sistem ini banyak diterapkan pada lembaga pendidikan setingkat perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Sedangkan untuk setingkat SMK, baru ada 60 SMK se Indonesia yang ditunjuk mengembangkan sistem tersebut. Di antaranya SMKN 2 Surabaya dan SMKN 1 Singosari untuk Provinsi Jatim. “Kami juga ditunjuk untuk membimbing 40 SMK yang ada di Indonesia bagian timur, agar BKKnya lebih aktif dan dapat menyalurkan para alumninya lebih banyak lagi diterima oleh perusahaan dan industri,” paparnya. Lanjutnya, sistem BAKKOL dapat diakses melalui situs http://gatradilatih.eduku.net/bursakk/login.php. Diuraikannya lebih rinci, para alumni SMK diarahkan untuk memilih daftar nomor statistic sekolah (NSS ) yang ada di form. Kemudian mereka diinstruksikan mengisi user name dan password yang bisa didapatkan melalui BKK yang ada di tiap SMK. “Setelah berhasil login atau masuk, di situ dapat diketahui secara terperinci perusahaan mana yang membutuhkan karyawan. Termasuk juga persyaratan maupun kebutuhan bidang kerja, terpaparkan di situs tersebut,” bebernya. Selain itu, lanjutnya para alumi juga bisa mendownload softyware Pencaker. Software itu nantinya bisa terpasang di komputer, laptop dan beberapa gadget seperti BBM, Iphone serta Android. “Jadi, para alumni bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, kapanpun waktunya dan dimanapun berada,“ tutupnya. (big/lim)

BINAR GUMILANG / MALANG POST

STUDI BANDING: Perwakilan guru SMK dari Indonesia wilayah timur saat melakukan studi banding di BKK SMKN 1 Singosari kemarin.

23

Bina Marga Bangun 140 PJU... Sambungan dari Halaman 24

Dijelaskannya, untuk langkah awal, pemasangan lebih difokuskan ke wilayah desa yang minim aliran listrik. Termasuk, wilayah rawan kejahatan dan desadesa yang kondisi jalannya sudah bagus. “Untuk tahap awal, pemasangan dilakukan di dekat kantor balai desa. Jika responnya bagus, maka pemasangan akan dilakukan merata di tahun 2014,” tambahnya. Disinggung berapa anggaran yang digunakan untuk pengadaan PJU tersebut? Anwar menjelaskan sekitar Rp 5 milliar. Pengadaan yang dimaksud, mulai dari bahan, tiang, lampu ukuran standart yakni 60 watt dan pemasangan. “Langkah ini dilakukan, karena dianggap lebih efektif. Jadi, meski lokasi sulit dijangkau dengan aliran listrik, namun tetap memiliki lampu penerangan jalan yang bisa dimaksimalkan oleh warga. Sementara untuk biaya seperti rekening listrik, tidak ada,” terangnya. Mengenai desa-desa lain yang masih belum diberi PJU, tambah Anwar, akan dilakukan menyusul di tahun 2014. Masalahnya, pengadaan yang dilakukan sifatnya bertahap. ‘‘Sementara ini yang sudah dilakukan pemasangan, seperti Desa Srigonco-Bantur, Pagersari-Ngantang, GanjaranGondanglegi, Desa Kidal-Tumpang, Desa NgadasPoncokusumo, dan beberapa desa lain,” lanjutnya. Terkait dengan pemasangan PJU sollar cell, Anwar mengurai, nantinya perdesa akan diupayakan ada 10 titik pemasangan. Dengan langkah ini, desa akan kian terang benderang dan warga bisa nyaman saat memanfaatkan jalan desa. “Secara bertahap nanti dari satu titik per desa akan dimaksimalkan menjadi 10 titik,” imbuhnya. (sit/lim)

Disnakertrans Ambil Jalan Tengah Sambungan dari Halaman 24

‘’Besaran UMK itu kami audiensikan ke Pak Bupati (Rendra Kresna, Red). Angka itu didapat hasil penghitungkan berdasar KHL, pemantauan dikalikan tingkat pertumbuhan ekonomi (inflasi) yang akan terjadi, muncullah proyeksi angka itu,’’ terang Djaka kepada Malang Post kemarin. Pemerintah melakukan penghitungan bersama Dewan Pengupahan yang terdiri dari beberapa unsur, seperti pekerja, pengusaha, Badan Pusat Statistik dan akademisi. Diakui Djaka, permasalahan ada pada transportasi, sewa kamar dan tarif Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Namun, antara pekerja dan pengusaha kemudian sepakat, apa yang menjadi keputusan pemerintah bisa diterima dengan lapang dada. Disampaikan Djaka, besaran usulan UMK tahun 2014 mengalami peningkatan sebesar 21 persen dibandingkan UMK tahun 2013, yakni sebesar Rp 1.343.700. Pihaknya juga merilis jumlah perusahaan yang berdiri di Kabupaten Malang total 889 perusahaan dengan total jumlah pekerja Rp 68.656 orang. ‘’Keputusan UMK yang akan diambil pemerintah ini sesuai pandangan pemerintah seperti memperhatikan sejauhmana perkembangan dari tingkat kelangsungan usaha perusahaan, atau investasi,” tambah Djaka. (poy/lim) SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

SIAP DIPANGGIL JAKSA: Kades Tumpang Achmad Apriono saat dilantik oleh Bupati Malang. Apriono menyatakan siap dipanggil kejaksaan

Di IMB, Milik Kepala Inspektorat...

Apriono Siap Dipanggil Kejaksaan

“Seandaianya permisi dahulu atau kulonuwun, kan enak,” tambah ketua RT yang sekaligus menjadi pelatih sepak bola ini. Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono, dikonfirmasi terpisah mengatakan kalau bangunan ruko dahulu memang miliknya. Hanya saja, sekitar Tahun 2009, lokasi sudah dipindah-tangankan kepada seseorang. “Bukan-bukan milik saya. Karena sejak Tahun 2009, lokasi sudah dibeli orang,” bantahnya. Ketika didesak, siapa yang membeli? Didik mengaku lupa namanya. ‘’Yang jelas yang membeli orang China,’’ jawabnya. Ditanya mengenai tahun pembuatan IMB dan izin membelokkan saluran, Didik menjelaskan, pastinya Ia sudah tidak mengetahuinya. “Mengenai IMB, memang masih memakai nama saya (tertanggal 3 April 2013). Sementara mengenai izin membelokkan saluran air, saya tidak tahu,” ujarnya. Untuk membuktikan kebenarannya, Malang Post berusaha mengkonfirmasi ke nomor pemasaran yang tertera di spanduk yang dipasang di depan ruko, menyebutkan bahwa ruko itu memang bukan milik Didik. ‘‘Bukan, ruko ini milik Pak Ari Lawang,‘‘ jawab seorang perempuan diujung telepon saat dihubungi Malang Post kemarin.(sit/lim)

TUMPANG - Kades Tumpang Achmad Apriono merespon dingin dugaan penyalahgunaan tanah bengkok Desa/Kecamatan Tumpang, yang diarahkan kepadanya. Merespon penyelidikan yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen, pria yang menjabat kali keduanya itu mengaku siap menjalani pemeriksaan kejaksaan. “Ya, saya mendengar mengenai kabar itu. Karenanya, saya pun sudah menyiapkan segala keperluan untuk penyelidikan,” kata Apriono kepada Malang Post kemarin. Ditanya mengenai surat panggilan pemeriksaan, pria berkumis tipis itu mengaku, sementara masih belum ada. Namun, jika memang surat

panggilan itu dilayangkan kepadanya, pastinya Ia akan mendatanginya guna mememberikan penjelasan. “Sebagai warga negara yang baik, pastinya saya akan penuhi panggilan itu,” tambahnya. Menyangkut dugaan yang diarahkan kepadanya, Apriono menjelaskan, sebenarnya dari awal masa baktinya rampung, mengenai bengkok sudah diserahkan kepada BPD. Bahkan, bukti-bukti berupa berita acara penyerahan juga sudah dibuat. “Bukti-bukti berita acara penyerahan, itu kan nada. Jadi, hal-hal seperti itulah yang sudah disiapkan untuk membantu pemeriksaan nantinya,” ungkap Apriono. Masih menurut Kades, terkait

dengan dugaan yang dilaporkan kepada Kejaksanaan, Ia menduga kuat ada unsur untuk menjatuhkan posisinya yang sudah terpilih. “Ini ada unsur untuk menjatuhkan. Seperti yang dikhawatirkan Bupati Malang, usai pemilihan semua harus bersatu dan saling bahu-membahu, ternyata masih belum diamini beberapa pihak,” tambahnya. Sebagaimana diberitakan, Apriono dilaporkan ke Kejari Kepanjen atas tuduhan penyalahgunaan tanah bengkok. Tanah desa yang seharusnya sudah dikembalikan tatkala tidak lagi menjabat, diduga masih belum dikembalikan. Akibatnya, pengaduan pun dialamatkan kepada Kades Tumpang. (sit/lim)

Sambungan dari Halaman 24

Tiba Malam Ini, Satu Meninggal Jamaah Haji Kloter 43 Kabupaten Malang MALANG – Jamaah haji asal Kabupaten Malang yang masuk kelompok terbang (kloter) 43, malam ini dijadwalkan akan tiba di Malang. Namun dari jumlah sebelumnya 219 jamaah pada kloter ini, saat pulang berkurang satu. Penyebabnya karena meninggal dunia. Jamaah yang meninggal tersebut atas nama Romlah, dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Al Ittihad Kecamatan Poncokusumo. Warga Desa Pandanajeng ini, menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit. “Meninggalnya hari Senin (4/11) lalu karena sakit.

Selain itu mungkin juga karena faktor usianya yang sudah tua lebih dari 60 tahun. Dan untuk jenazahnya langsung dimakamkan di Makkah,” ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Abdul Rahman. Dengan meninggalnya jamaah haji tersebut, maka jumlah jamaah haji asal Kabupaten Malang yang meninggal dunia ada tiga orang. Sebelumnya dua jamaah yang meninggal adalah Supriadi, 64 tahun asal kecamatan Turen dari anggota kloter 45 serta Ngatemi, 60 tahun asal kecamatan Sumberpucung dari kloter 46. Sementara itu, jadwal kedatangan jamaah haji kloter 43 diperkirakan tiba di Malang sekitar pukul 22.00

WIB. Itu karena pesawat yang mengangkut jamaah haji baru landing di Bandara Juanda Surabaya pukul 17.00 WIB. Kemudian rombongan jamaah haji ini, dibawa ke asrama haji Sukolilo Surabaya untuk cek barang sekitar dua jam. Baru setelah itu, dengan diangkut enam bus perjalanan pulang ke Malang. “Untuk rombongan jamaah haji kloter 43 ini, kepulangannya titik kumpulnya tidak menjadi satu. Tetapi langsung ke tempat masing-masing KBIH. Seperti KBIH Al Ittihad Poncokusumo dan KBIH Al Safaat Sukosari Gondanglegi. Sedangkan yang mandiri, bus ada yang di Pujon dan di Kantor Kemenag Kabupaten Malang Jalan Raya Gadang Malang,” ujar Abdul Rahman. (agp/lim)

REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


24

SABTU, 9 NOVEMBER 2013

DESA MINIM PENERANGAN SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

Bina Marga Bangun 140 PJU Sollar Cell

DISOAL: Bangunan ruko ini mengantongi IMB. Dalam IMB ruko ini milik Didik Budi Muljono pejabat Pemkab Malang. (inset) IMB.

KEPANJEN – Demi mendukung pembangunan dan menekan angka kejahatan di daerah-daerah minim penerangan jalan umum, baik di Malang Selatan, Barat dan Timur, Pemkab Malang berupaya melengkapi PJU sollar cell. Targetnya 2014 mendatang, masing-masing desa nanti ada sepuluh PJU. Sementara ini baru satu titik dulu per desa. “Dari sekitar 238 desa di kabupaten yang minim penerangan jalan, mulai Tahun 2013 ini diberikan satu titik PJU. PJU yang diberikan ini memakai sistem sollar cell,” kata Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, M Anwar. Baca Bina Marga... Hal.23

UMK 2014

Di IMB, Milik Kepala Inspektorat Kabupaten Ruko Wendit yang Dituding Biang Banjir PAKIS – Teka-teki siapa pemilik ruko di Jalan Wendit Barat Desa Mangliawan Kecamatan Pakis, yang diduga warga menjadi salah satu biang jebolnya bak kontrol dan berakibat melubernya air ke jalan raya, Sabtu (2/11) lalu, akhir terkuak. Dalam izin pendirian bangunan IMB yang dibuat, tertera di dalamnya nama pemilik bangunan yakni Didik

Budi Muljono dengan alamat Jalan Taman Borobudur Kencana. Di kalangan pejabat Pemerintah Kabupaten Malang, Didik bukan orang baru dan punya kedudukan. Apalagi Ia menjabat sebagai Kepala Inspektorat (Bawasda, dulu) Kabupaten Malang. “Ya, bangunan itu milik Pak Didik. Sebagaimana nama yang tertera dalam izin pendirian bangunan,” kata Camat Pakis, Edy Susanto kepada Malang Post. Ketua RT01 RW01 Wendit Barat, Dwi Karyawanto, pun membenarkan mengenai nama Didik sebagai pemilik

bangunan yang meminta izin pendirian bangunan. Bahkan, bukti-bukti dari bangunan ruko yang berdiri dan kemudian memotong atau membelokkan saluran air, juga ada. “Ini izin IMB-nya. Atas nama Didik Budi Muljono. Izin dibuat pada 3 April 2013,” terang Dwi. Terkait dengan izin IMB, Dwi mengungkapan, sejak awal pendirian ruko, dari RT tidak diberitahu. Termasuk, saat pembangunan dilaksanakan pun tidak permisi atau kulonuwun. “Izin IMB, itukan harusnya ada persetujuan

kanan-kiri. Tapi yang ada, saya yang lokasinya dekat malah tidak diberitahu. Lebih-lebih, saat membelokkan saluran air juga tidak ada pemberitahuan,” sesalnya. Karenanya, kata Dwi, pihaknya sangat menyesalkan dengan pengerjaan tersebut. Apalagi, selain desa yang dirugikan akibat tanah bengkok di belakang ruko tidak bisa dioptimalkan, warga pun terkena dampak setelah jebolnya bak kontrol. Baca Di IMB... Hal.23

POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

SUARA BURUH: Sejumlah mahasiswa saat menggelar orasi tuntutan kenaikan upah buruh di depan Pendopo Agung Kabupaten Malang. Pemkab Malang segera mengusulkan besaran UMK tahun 2014.

Disnakertrans Ambil Jalan Tengah KEPANJEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengambil jalan tengah dalam menentukan usulan besaran upah minimum kabupaten (UMK) di tahun 2014. Ini karena antara kalangan buruh dengan pengusaha mengalami deadlock dalam menentukan besaran KHL. Pengusaha mengusulkan UMK sebesar Rp 1,585 juta dan pekerja Rp 1,689 juta hingga masuk dalam pembahasan Dewan Pengupahan.v Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang, Ir Djaka Ritamtama MM. Pemerintah memiliki gambaran angka UMK tahun 2014 sebesar Rp 1,635 juta yang akan diusulkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sedangkan, deadlock antara pengusaha dan pekerja buah belum ditemukan titik temu akibat permasalahan tiga hal, meliputi transportasi, sewa kamar, dan tarif Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Baca Disnakertrans... Hal.23

REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL

Mp0911  

Halaman Mp0911

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you