Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com reda d ksi@malang-post.com

Redaksi R Re e daksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya JJll S Sr riw ri iwijijay aya 1-9 Telp. 340081 - 2

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Korane Arek Malang Guest Gesank/Malang Post

Aremania Sumbang Rp 10 M MALANG – Arema Indonesia, selesai menjalani laga home terakhirnya saat lawan Persiba Balikpapan, Kamis lalu. Laga ke-17 Singo Edan, sekaligus menandai berakhirnya kerja panpel Arema di kompetisi ISL musim 2012/2013. Lalu, seberapa banyak sebenarnya pendapatan Arema selama satu musim dari penjualan tiket? Ketua Panpel Abdul Haris menyebut, rata-rata pendapatan tiket klub dalam satu pertandingan dengan jumlah penonton hampir penuh adalah sekitar Rp 1 miliar. ‘’Kalau kebocoran tiket sedikit, dan jumlah penonton penuh, jumlah pendapatan bisa mencapai Rp 1 miliar. Tapi kan tidak setiap pertandingan penuh,’’ ungkap Haris. Namun demikian, Haris enggan menyebut secara eksplisit jumlah total pendapatan yang diperoleh Arema selama 17 kali pertandingan home. Tapi, dari data yang dihimpun Malang Post, jumlah pendapatan klub bisa dihitung dari jumlah penonton yang menyaksikan laga home Arema dalam 17 pertandingan. Sepanjang musim, jumlah penonton laga Arema di Stadion Kanjuruhan mencapai 429.830 orang.

Hargaa Ec EEceran Ecer c er e r an Rp. 3.500,-

Begitu dirata-rata, jumlah penonton tiap laga home Arema mencapai 25.284 orang. Itu dihitung dari pertandingan awal lawan Persidafon Dafonsoro di putaran pertama hingga laga home terakhir lawan Persiba Balikpapan yang berlangsung 5 September lalu. Jika dihitung secara kasar dengan asumsi harga tiket ekonomi Rp 25 ribu tanpa menghitung tiket VIP dan VVIP, maka nilai yang muncul adalah Rp 10,7 miliar. Dengan memperhitungkan tingkat kebocoran tiket rata-rata sekitar 2 persen

FENOMENAL : Salah satu atraksi Aremania di Kanjuruhan. Sepanjang ISL musim ini, panpel meraup Rp 10 M dari penjualan tiket.

atau terhitung Rp 214 juta dari total pendapatan 17 laga home, pendapatan tiket klub dari laga home secara kotor berkisar Rp 10,5 miliar. ‘’Kebocoran kita adalah terendah di ISL, kita berani klaim kebocoran kita tak sampai 3 persen,’’ tandas pria berkacamata ini.

KABAR IBUKOTA

Baca Aremania ....11

RAKA DENI/JAWA POS

HANCUR : Inilah kondisi Lancer yang dikemudikan Dul, usai menabrak Gran Max dan menyebabkan 6 orang tewas

Putra Ahmad Dani Setir Lancer, 6 Orang Tewas H Moch. Anton

SK Abah Anton Sudah Diteken RIZAL FANANY/MALANG POST

31 Dewa Dewi Diarak Keliling Kota MALANG - Kirab ritual dan budaya dalam rangka HUT ke 188 Kelenteng Eng An Kiong, berlangsung semarak,

kemarin. Menempuh jarak sekitar 3,8 km, kirab tersebut menjadi magnet budaya di Kota Malang. Puluhan

KIRAB : Dewa dan Dewi (foto bawah dan atas) dikirab keliling Kota Malang, pada ulang tahun ke-188 Klenteng Eng An Kiong, kemarin.

dewa dan dewi diarak sejak pukul 09.00 sampai pukul 11.00 Turut dalam kirab, dewa utama Klenteng Eng An Kiong yakni Hok Tik Cing Sin atau Dewa Bumi. Jumlah dewa dan dewi yang ikut dalam arakarakan itu mencapai sekitar 31, berasal dari klenteng se-Jawa dan Madura. Para dewa dan dewi itu, diarak diatas tandu yang disebut joli yang berumur tua. ‘’Dewa dan dewi dikirab, supaya membersihkan keburukan di sepanjang jalan,’’ kata Anton Tryono, Humas klenteng Eng An Kiong, kemarin. Menurut Bunsu Anton sapaan akrabnya, Hok Tik Cing Sin merupakan tuan rumah dalam kirab tersebut. Sebab, semua klenteng memiliki dewa utama masiangmasing. Hanya saja, sebagian besar peserta kirab membawa Hok Tik Cing Sin dan Kwan Kong. ‘’Masing-masing klenteng punya tuan rumah atau dewa utama yang berbeda,’’ jelasnya. Para dewa dan dewi itu diusung menggunakan joli sebagai simbol gotong royong dan kerjasama yang erat antara satu dengan yang lain.

SURABAYA – Pelantikan H Moch. Anton sebagai Wali Kota Malang 2013-2018, dipastikan digelar di Gedung DPRD Kota Malang, 13 September 2013. Kendati kondisi gedung DPRD belum 100 persen bisa dipergunakan, tetapi Pemkot Malang tetap minta agar pelantikan di gedung rakyat ini. ‘’Kami tidak tahu persis kondisi gedungnya. Tapi hasil rapat korodinasi terakhir dengan Pemkot Malang, mereka minta pelantikan tetap digelar di gedung DPRD,’’ kata Indah Wahyuni, Kabag Pemerintahan Pemprov Jatim kepada Malang Post, Minggu sore. Seperti diberitakan diharian ini sebelumnya (MP, 03/09) Pemprov Jatim memastikan pelantikan Walikota Malang akan dilakukan 13 September 2013. Tanggal pelantikan sesuai masa jabatan Walikota Malang yang tertuang dalam surat Gubernur tertanggal 13 September 2008, yang diteken Pjs Gubernur Jatim Setya Purwaka. Yuyun, begitu biasa dipanggil menyebutkan, Surat Keputusan (SK) Mendagri untuk jabatan wali kota dan wakil wali kota, sudah diteken Gamawan Fauzi Menteri Dalam Negeri, Kamis pekan lalu. Tapi, karena SK itu belum diambil, maka tidak bisa disebutkan berapa nomor SK untuk Anton dan berapa nomor SK untuk Sutiaji sebagai wakil wali kota.

Baca 31 Dewa Dewi....11

Baca SK Abah Anton....11

Ngalam

Ebes

Bantuan Dana Aremania

Billy Putranda Suryanto, Pembalap Muda di Kancah Nasional

Baca Putra....11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Kalau sudah bicara kepentingan nasional, tidak bisa lagi masing-masing sektor berpikir egoistis. Bisa jadi, efisien di satu tempat membuat pemborosan yang luar biasa di tempat lain.’’

SENAM SEHAT DEMI INDONESIA

Dancer SMAN 10 Panaskan Suasana MALANG – Senam Sehat Demi Indonesia (SDI), yang digelar Malang Post bersama Kodim 0833 di Lapangan Rampal, kemarin, berlangsung meriah. Apalagi dalam senam SDI itu, hadir beberapa bintang tamu. Diantaranya dancer dari SMA Negeri 10. Plus tentunya dukungan Alfamart yang membuka stand barang-barang murah. Tak heran, ribuan peserta yang hadir, benar-benar dipuaskan. Terlebih mereka juga mendapat banyak hadiah. Tidak hanya berupa barang, panitia juga memberikan uang tunai kepada para peserta senam yang datang dengan dresscode orange tersebut.

Baca Dancer....11

Baru Pertama Kali Turun Langsung Tembus Lima Besar

Kana : Nawak Aremania urunan kanggo nambaknya nawak korban tabrakan

Lama tak terdengar gaungnya, pasca kali terakhir digelar medio 2003 silam, Minggu (8/9) kemarin, event sprint rally kembali dilangsungkan di Malang. Bukan hanya pembalap kenyang pengalaman saja yang ambil bagian, tak sedikit pembalap pemula juga berebut menunjukkan tajinya. Salah satunya R Billy Putranda Suryanto. Diantara nama-nama pembalap top nasional, remaja 17 tahun itu sukses menyodok posisi lima besar.

Ebes : Ayas prihatin jes, ben musim mesti onok korban sing itam Kana : Oyi bes, lek sak iki mergo tubrukan waktu berangkat te tahil Arema ndik Nenjap Ebes : Iki kudu dadi pelajaran kanggo kabeh Aremania, kudu ati-ati ndik dalan ojok ugal-ugalan. Kanyab Aremania sing ngebut, kadit gawe helm sing kipa, ganggu lalu lintas. Ojok sampe onok korban maneh jes. (***)

JAKARTA – Ahmad Abdul Qodir Jaelani, mungkin masih nama asing. Tapi jika disebut Dul, putra Ahmad Dhani, siapa tidak kenal. Ya, ABG 13 tahun itu, pada 01.45 dini hari kemarin, mengalami kecelakaan. Mengemudikan mobil Lancer B 80 SAL, Dul konon baru saja mengantarkan sang pacar, Fajrina Khairiza pulang. Sampai di tol Jagorawi, tepatnya di KM 8, Dul yang meluncur dari arah selatan, diduga melaju kencang. Tiba-tiba mobil Lancer yang dikemudikannya itu menabrak pagar pemisah, sehingga masuk jalur berlawanan. Kemudian menabrak Daihatsu Gran Max B 1349 TEN yang datang dari arah utara. Akibat hantaman Lancer, Gran Max kemudian mendorong mobil Toyota Avanza B 1882 UJZ.

BILLY FOR MALANG POST

MEMBANGGAKAN: Billy (kiri) bersama sang navigator Ocol Sukma Putra usai menerima tropy bergengsi kelas Jeep.

DAHI Billy tak henti mengucurkan peluh. Tangannya agak bergetar mengikuti derap kaki yang tak sabar menginjak pedal gas dalam-dalam. Sorot matanya tajam, menatap lautan debu yang bakal menjadi arena berjibakunya hingga beberapa menit ke depan. Tak lama kemudian, bendera start berkibar, mobil Jeep Cherokee

putih yang dikendarainya langsung melesat sekelebat. Lintasan itu tak terlalu panjang. Hanya 3,2 kilometer. Namun alur yang terjal membuat siapapun pengemudi harus tetap awas dan waspada. Salah manuver sedikit saja, tamat.

Baca Baru Pertama....11

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

BINTANG TAMU : Dancer dari SMAN 10 yang hadir dalam senam Sehat Demi Indonesia kemarin.

Jawa Pos Group


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

2

Akhirnya, Perajin Tempe dan Tahu Mogok SIDOARJO- Bagi penyuka masakan tempe dan tahu penyet maupun tempe dan tahu di wilayah Sidoarjo, mungkin besok harus puasa rasanya dulu. Pasalnya para perajin tempe dan tahu, akan melakukan mogok kerja atau tidak memproduksi tempe dan tahu, hari ini sampai tiga hari kedepannya. Para perajin tempe dan tahu, sudah lelah menjerit dengan meroketnya harga kedelai, sejak sebulan terakhir. Sebulan ini, keuntungan juga tak pernah didapat, dan malah merugi termasuk tenaganya. Hal itu seperti dirasakan para pengrajin tempe dan tahu asal Desa Sepande, Candi. “Mogok itu dilakukan agar ada peran pemerintah untuk menekan harga kedelai,” ucap Ahmad Hidayat perajin tempe dan tahu asal Sepande, kemarin. Dia mengatakan, melonjaknya harga kedelai membuat usahanya memproduksi tahu tidak pernah untung. Kerugian justru meningkat saat produksi dipaksa dilakukan. “Kita biasanya per hari untung Rp 200.000 namun setelah kedalai naik tidak untung sama sekali,” beber warga RT05 RW02 Desa Sepande yang seharinya membutuhkan 2 kuintal kedelai untuk usahanya itu. Ketua Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Karya Mulya, Sukari menyatakan, rencana mogok kerja memang sudah bulat dilakukan. Harga kedelai yang tidak terkendali membuat sekitar 276 perajin di Sepande ketar-ketir. Harga kedelai, katanya memang sudah sangat sulit diredam. Mulai dengan harga kedelai lokal yang mencapai Rp 9.500 per kilogram hingga kedelai kualitas bagus yang sudah mencapai harga Rp 10.000 per kilogram. Dibandingkan harga sebelumnya yang massih berada di kasaran harga Rp 6.500 per kilogram hingga Rp 6.800 per kilogram. “Mereka banyak merugi. Kita tidak mau menaikkan harga meski beberapa diantaranya melakukan langkah itu, namun tetap saja tetap merugi,” jelasnya. (bj/mar) DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS

DAFTAR SENJATA: Puluhan pemilik airsoft gun dengan sukarela mendaftarkan senjatanya. Puluhan senjata dengan berbagai jenis dijajarkan di halaman belakang pengadilan negeri Kudus kemarin. Sebanyak 83 senjata dengan rincian, 12 dari milik perorangan, sedangkan 71 lainnya berasal dari anggota klub. Mereka juga tidak hanya datang dari Kudus, melainkan juga dari kabupaten lain Pendataan itu sendiri, dilakukan dengan mencatat bentuk senjata, hingga identitas pemilik senjata tersebut. Usai didata senjata replika itu kemudian mendapatkan nomor registrasi senjata dan pemiliknya sudah memiliki nomor registrasi. Nomor itu kemudian digrafir atau diukir di senjata tersebut. (*)

Bentuk Tim Periksa Bambang Sprindik Jero Wacik JAKARTA-Beredarnya foto surat perintah penyidikan (sprindik) atas nama Jero Wacik sempat membikin geger. Meski Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyatakan sprindik itu palsu, tapi sejumlah kalangan menghendaki KPK membentuk tim independen guna mendalami kebocoran itu. Hal ini diungkapkan pengamat hukum sekaligus mantan Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI), Syamsuddin Radjab, akhir pekan kemarin. Dia menilai, KPK sebaiknya membentuk tim buat memeriksa Bambang Widjojanto selaku pihak yang nama dan tanda tangannya ada

di sprindik tersebut. “Pengawas atau penasehat KPK harus membentuk tim pemeriksa ad hoc independen untuk memeriksa BW (Bambang Widjojanto,red) sebagai penandatangan dalam sprindik bocor tersebut,” ungkapnya. Ia berpendapat, hal itu patut dilakukan karena kebocoran sprindik itu bisa melemahkan eksistensi KPK dalam pemberantasan korupsi. Jika kemudian terbukti, lanjut dia, maka KPK harus memberi sanksi pidana. Disinggung soal pembentukan Komite Etik, Ollenk, sapaan akrabnya mengaku sepakat jika memang diperlukan berkaca pada peristiwa kebo-

Bambang Widjojanto coran Sprindik Anas Urbaningrum. Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MA KI), Bonyamin Solaiman juga sepakat jika KPK harus membentuk Komite Etik guna menindaklanjuti keboco-

ran Sprindik atas nama Jero Wacik ini. Di sisi lain, Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta, menyatakan, beredarnya sprindik KPK yang menyatakan Jero Wacik sebagai tersangka dalam kasus suap SKK Migas sebagai fitnah bernuansa politis. Menurut Mudarta, Jero Wacik merupakan sosok putra Bali yang lurus. “Yang saya tahu, Jero Wacik itu sosok yang jauh dari kehidupan mewah, pribadi yang sederhana, lurus, Saya tahu betul karakternya Jero Wacik, saya yakin beliau lurus, tidak pernah meminta-minta, tidak pernah berbuat di luar kepatutan,” ujar Mudarta ketika ditemui di Denpasar. Politisi asal Jembrana itu me-

ngakui, munculnya berita sprindik tersangka Jero Wacik membuat terpukul kader Demokrat di Bali. Tapi Mudarta menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus sprindik KPK yang diduga palsu ini kepada aparat kepolisian. “Ini tentu membuat terpukul kader kami, sepengetahuan kami itu (sprindik KPK) palsu, biarkan ditangani penegak hukum,” imbuhnya . Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik disebut-sebut telah menjadi tersangka dalam sprindik yang bocor media massa dan meluas ke publik. Namun belakangan KPK akhirnya mengumumkan jika sprindik Wacik sebagai tersangka itu palsu. (in/mar)

Polisi Jaga Ketat Pintu Masuk Bali Pembukaan Miss World DENPASAR-Jelang pembukaan kontes kecantikan Miss World yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pihak kepolisian setempat memperketat pintu masuk ke pulau dewata tersebut. Pengetatan keamanan itu antara lain terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, yang merupakan salah satu pintu masuk menuju Bali. Tampak banyak aparat Polres Jembrana yang berjaga-jaga. Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Bali, Kompol Made Prihenjagat menyatakan pemeriksaan ketat di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, yang terletak di ujung barat pulau

IST/MALANG POST

MASUK: Setiap orang yang masuk Bali, utamanya Pelabuhan Gilimanuk akan diperiksa. Bali ini sebagai bentuk antisipasi keamanan menjelang pembukaan Miss World 2013 di Nusa Dua, Badung. “Semua kendaraan, penumpang, dan barang yang akan memasuki Pulau Bali diperiksa

secara ketat, mulai pengendara sepeda motor, mobil pribadi, hingga angkutan umum seperti bus antas propinsi. Mobil box dan angkutan barang juga tak luput dari pemeriksaan ketat petugas kepolisian,” ujar Pri-

henjagat kemarin pagi. Dia memaparkan para penumpang kapal yang hendak masuk Bali juga harus melewati pos pemeriksaan khusus yang dijaga petugas Brimob Polda Bali. “Para penumpang ini diharuskan melewati alat metal detector sebelum bisa melanjutkan perjalanan di Pulau Bali. Ketatnya penjagaan di pelabuhan untuk mencegah agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi di Bali jelang kontes Miss World dan juga KTT APEC,” tandas dia. Untuk mengoptimalkan pengamanan, tambah Prihenjagat, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan kepolisian di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. “Selain memperketat penjagaan di Pelabuhan Gili-

Peradilan Militer Harus Direformasi Kasus Cebongan JAKARTA-Penggiringan opini publik dan langkah persuasif petinggi TNI dinilai berhasil memengaruhi publik dan sejumlah komisi negara yang ‘menerima’ peradilan militer sebagai salah satu mekanisme yang pantas dipertahankan. Sebab, peradilan militer dianggap masih efektif, fair, dan bisa menjatuhkan vonis berat bagi terdakwa anggota militer. Demikian penilaian Ketua SETARA Institute, Hendardi, kemarin. Sejumlah komisi negara, lanjut dia, bahkan lupa agenda sesungguhnya dari advokasi kasus Cebongan bahwa yang menjadi tujuan utama adalah memastikan semua orang sama di hadapan hukum. Artinya, tidak ada supremasi militer yang melakukan tindak pidana umum atas warga negara lain. “Karena itu reformasi peradilan militer adalah mutlak,” tuturnya. Menurut Hendardi, variasi vonis bagi anggota Kopassus yang menjadi terdakwa kasus Cebongan bukanlah

ukuran keberhasilan peradilan militer. Fair trial dalam peradilan militer bukan bergantung pada beratnya tuntutan oditur militer ataupun vonis yang sudah dijatuhkan. Lebih dari itu, adalah soal perlakuan negara terhadap personel militer yang melanggar prinsip dalam konstitusi RI dan UU. Vonis tidak bisa menjadi satu-satunya ukuran untuk menakar akuntabilitas dan pemenuhan prinsip fair trial dalam kasus Cebongan. Dijelaskan dia, terbukti peradilan hanya mampu menghukum pelaku lapangan tanpa mampu mengkonstruksi peristiwa yang terjadi secara komprehensif, juga tanpa mampu mengungkap dan memintai pertanggungjawaban dugaan keterlibatan petinggi Kopassus lainnya. “Peradilan militer atas kasus Cebongan telah membuktikan bahwa pranata hukum telah menjadi instrumen impunitas bagi pihak-pihak lain yang diduga turut bertanggung jawab,” terangnya. Dia mengatakan, catatan buram praktik peradilan militer ini terjadi di

masa SBY dan terjadi karena SBY tidak berbuat sesuatu yang seharusnya ia perbuat. “Vonis yang dijatuhkan oleh pengadilan militer, tetap tidak bisa menjadi pembenar untuk

mempercayai peradilan militer sebagai salah satu mekanisme penegakan hukum. Reformasi peradilan militer mutlak dilakukan dengan segera,” tegasnya. (in/mar)

manuk, jajaran Polres Jembrana juga menggelar razia kendaraan bermotor di sepanjang jalan Denpasar Gilimanuk,” ungkapnya. (in/mar)

BNPT Bangun Penjara Mirip Kamp Guantanamo IST/MALANG POST

TERAKHIR: Perajin tahu memotong produksi terakhir sebelum mogok.

CUACA BURUK

CJH Tumpang Kapal Bupati GRESIK- Khawatir terjadi cuaca buruk yang menyebabkan gelombang tinggi, sebanyak 42 calon jamaah haji (CJH) asal Pulau Bawean, Gresik menumpang kapal bupati. Mereka terpaksa menumpang berangkat sama Bupati Gresik, bersamaan dengan kepulangan bupati bertolak ke Gresik selesai mengikuti Hari Pramuka di Bawean. Dengan menumpang kapal Dharma Ferry VIII milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang berkapasitas 1.000 penumpang, CJH asal Bawean berangkat ke Gresik bersama rombongan pramuka. “Daripada tidak ada kepastian karena cuaca yang tidak menentu, sebaiknya para CJH asal Bawean berangkat bersama kami,” ujar Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Menurut rencana CJH asal Bawean ini akan bergabung dengan 1349 CJH Gresik lainnya dan berangkat bersama pada tanggal 17 dan 18 September 2013. Sementara itu, Ismail Lutfi, 38 tahun, CJH Bawean asal Desa Sawahmulya, Kecamatan Sangkapura menuturkan, adanya jeda waktu sembilan hari akan dipergunakan untuk persiapan agar pelaksanaan ibadah haji nanti lancar. “Mumpung ada tawaran naik kapal gratis, saya manfaatkan sambil melakukan persiapan sebelum berangkat ke tanah suci,” katanya. (bj/mar)

RRI dan TVRI Akan Melebur Jadi RTRI

Kesehatan Anak Ditjen Bina Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI pada 2010.”Bukan buku pelajaran bagi siswa,” katanya di Sleman, Yogyakarta, kemarin. Menurutnya, dalam kuesioner yang menyangkut kesehatan reproduksi itu memang ada pertanyaan terkait dengan perkembangan alat kelamin sekunder. Misalnya mengenai menstruasi, pertumbuhan payudara, pubic, testis dan sebagainya. “Pada bagian pertanyaan itu siswa diminta untuk memilih salah satu dari enam jawaban bergambar silhouette. Multiple choice dengan enam pilihan jawaban,” jelasnya. Mafilindati menyatakan jawaban dari kuesioner tersebut adalah rahasia dan datanya tidak akan disebarkan. Data dari kuesioner itu untuk keperluan pengembangan layanan kesehatan. Karena itu ia menjadi heran karena ada yang mempermasalahkan. Menurut dia, tahun sebelumnya sudah dilakukan uji coba atas kuesioner tersebut. Untuk Sleman, kuesioner itu dibagikan kepada siswa kelas satu SMP, SMA, MA dan SMK. (jpnn/udi)

BANJARMASIN- Radio Republik Indonesia (RRI) yang kini menjadi Lembaga Penyiaran Publik, segera bergabung dengan Televisi Republik Indonesia (TVRI) menjadi Radio Televisi Republik Indonesia (RTRI). “Saat ini ada keinginan pemerintah untuk merubah Undang-undang No.32 tahun 2002 tentang Penyiaran, di mana RRI akan digabung dengan TVRI menjadi RTRI,” kata Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Rosarita Niken Widiastuti, melalui Direktur Keuangan Anhar Ahmad, pada acara serah terima jabatan Plt Kepala Stasiun Kalimantan Selatan dari Said Abdullah, kepada H Lasi Rama, di Banjarmasin, Jumat, (6/9). Saat ini Komisi I DPR tengah melakukan kunjungan ke tiga Stasiun RRI di Kalimantan dan Jawa, menindaklanjuti rencana dari perubahan undang-undang penyiaran. Penggabungan itu dilakukan di pusat atau tingkat atas, sedangkan untuk di lapangan, RRI dan TVRI berdiri sendiri-sendiri menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Diharapkan dengan penggabungan tersebut, lembaga yang baru itu nanti bisa lebih mandiri, independen, dan menjadi sosial kontrol di Republik Indonesia. (jpnn/udi)

REDAKTUR : MARGA NURTANTYO, LAYOUTER : KURDI


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

3

BC Hoax Bertebaran di BB MALANG – Broadcast (BC) mengatasnamakan RIM BlackBerry (BB) sebagai pengirim kembali marak beberapa hari terakhir. Itu seiring dengan adanya kalimat The Security Of This Connection Cannot be Verified, yang tiba-tiba muncul pada layar BlackBerry. Dalam BC tersebut pengirim memerintahkan penerima BC untuk mengirimkan BC yang diterimanya ke seluruh kontak BlackBerry penerima, selanjutnya mereset BlackBerrynya. Dan pada kalimat terusannya, jika penerima BC tidak melakukan atau tidak mengirim ke semua kontak sekaligus tidak mereset selama 3 hari, kemungkinan besar PIN BlackBerrynya akan terblokir selamanya. Pada akhir kalimat, juga tertulis pesan tersebut asli dari pihak RIM. Bukan hanya itu, ada juga BC yang menuliskan bahwa server BlackBerry penuh, dan meminta para pengguna BlackBerry untuk melakukan BC ke semua kontaknya, dan kemudian mereset. Jika tidak akan ada pemblokiran

RIZAL FANANY/MALANG POST

PALSU: Broadcast mengatas namakan pengirim RIM BlackBerry adalah Hoax

PIN. BC kedua ini juga menyertakan nomor barcode, yaitu #PasicifRim 07092013#sbc. Dua BC tersebut cukup meresahkan. Sehingga banyak diantara para pengguna BlackBerry langsung meneruskan BC tersebut ke semua kontak BlackBerrynya.

Seperti yang dilakukan Lucky, tidak ingin PIN BlackBerrynya terblokir, dia langsung meneruskan BC tersebut ke seluruh kontak BlackBerrynya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Andika, saat menerima dua BC tersebut, dia tidak bisa berpikir dengan tenang. Khawatir

PIN nya terblokir, tanpa pikir panjang Andy langsung mengirimkan BC tersebut kepada semua kontak BlackBerrynya. Sementara itu Sales Spesial BlackBerry, Mega Mustika mengatakan dua BC tersebut hoax. RIM BlackBerry tidak pernah mengirimkan BC tersebut, terlebih menggunakan ancaman dengan pemblokiran PIN. “Itu tidak benar, tidak pernah ada RIM BlackBerry mengirimkan pesan tersebut. Itu hanya ulah iseng orangorang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat keresahan kepada pengguna BlackBerry,’’ kata Mega. Lantaran itu juga Mega pun menyarankan agar pengguna BlackBerry tidak percaya, dan tidak melakukan kegiatan yang diperintahkan sesuai dengan pesan pada BC tersebut. “Jika ada pengumuman resmi, RIM langsung memberitahukan melalui situs yaitu www. blackberry.com. Dan bisa diakses oleh semuanya,’’ kata Mega kemarin (8/9).(vik/fia)

Venera Cloud 907

Tablet Murah Lengkap dengan Analog TV MALANG – Sebagai pabrikan lokal Venera terus unjuk gigi dengan berbagai produk ponsel serta tabletnya. Salah satu produk terbaru ciptaannya adalah Venera Cloud Tab 907. Kendati tablet ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, namun perangkat ini sama sekali tidak terkesan murahan. Sebaliknya tablet ini terlihat sangat elegan. Salah satu faktornya adalah layar. Menurut Marketing Radja Tablet, Plaza Dieng, Kukuh Santoso, Venera Cloud Tab 907 menggunakan layar TFT jenis WVGA, dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Tak pelak dengan resolusi tersebut, tampilan layar seluas 7 inci inipun terlihat sangat tajam dan jernih. “Tablet ini unggul pada layar. Teknologi pada layar tablet ini tidak berbeda dengan layar yang dipasang pada tablet keluaran vendor global,’’ kata Kukuh kemarin. Bukan itu saja, kesan elegan juga terlihat lantaran tablet ini mendukung jaringan 3G, untuk koneksi internetnya. Jaringan 3G sendiri sebetulnya sudah cukup

marak diusung baik oleh vendor lokal maupun global. Tapi begitu produk yang sudah mengusung jaringan 3G rata-rata dibanderol dengan harga lumayan mahal. “Untuk koneksi internetnya jelas, tablet ini sangat cepat karena didukung dengan jaringan 3G. Dan jika tidak ada jaringan 3G pengguna tetap bisa melakukan kegiatan internet dengan jaringan 2G (EDGE),’’ kata Kukuh, yang mengatakan selain 3G dan 2G, tablet ini juga mendukung koneksi GPRS dan WAP. Sambungan WiFi pada tablet ini juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk menjelajah internet. Tentunya, pengguna bisa menghemat biaya, saat menggunakan sambungan ini. Dan Bluetooth yang ada bisa dimanfaatkan pengguna untuk transfer data. Sementara secara tampilan, tablet yang dijual dengan harga Rp 1.2 juta ini memang tidak berbeda dengan lainnya. Tablet ini mengusung layar seluas 7 inci. Tablet ini tidak banyak memiliki tombol pada bodinya.

“Ada tombol on/off diatas, disebelahnya ada lubang port untuk SIM Card dan sebelahnya lagi untuk port memory eksternal,’’ tambah Kukuh, yang mengatakan dengan adanya port SIM Card tersebut, sudah tentu tablet ini mendukung fungsi telepon serta SMS. Kukuh juga mengatakan, tablet ini didukung dengan tenaga penggerak yang cukup handal. Prosesor dual core berkecepatan 1.2 GHz bisa bekerja maksimal dengan adanya dukungan memory RAM sebesar 512 MB. Sedangkan untuk operating sistemnya, tablet ini mendukung platform android 4.1 Jelly Bean. Sementara untuk memory internalnya tablet ini memiliki kapasitas 4 GB. Namun begitu, kamera tablet ini ternyata memiliki kamera dengan kualitas rendah. Itu terbukti, untuk kamera utama resolusinya hanya 2 megapiksel, sedangkan kamera depan hanya 1.3 megapiksel. “Untuk fitur lainnya, tablet ini mendukung TV Analog dan GPS,’’ tandas Kukuh.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

BISA TV: Venera Cloud 907 memiliki fitur analog TV yang memungkinkan penggunanya untuk menonton televisi secara mobile.

Ketua BK DPRD Kota Malang Ir Sofyan Edi Jarwoko, meresmikan beroperasinya PT Fajar Internasional di Ruko Sarangan 1 G Jalan Sarangan Kota Malang, kemarin. Perusahaan tersebut memfasilitasi lulusan SMA, S.1, S.2 kuliah/kerja ke Jepang. Salah satunya dengan memberikan pembelajaran bahasa Jepang langsung dari pengajar warga asli Jepang. BANTUAN : Mr. Hiroyuki Miyauchi dari Jepang memberikan bantuan perlengkapan softball dan baseball kepada Hj. Lestari Rahayu Pengurus Perbasasi Kota Malang. TEKS : BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST - FOTO : WAHYU KHRISNA/MALANG POST

PENGALAMAN : Direktur PT Fajar Internasional Sri Henny Wulandari Fukunaga telah 25 tahun hidup di Jepang.

SELAMAT YA : Mr. Nagano Kazuki memberikan potongan tumpeng.

DUKUNG PENUH : Ketua BK DPRD Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko mendukung penuh kiprah PT Fajar Internasional.

PENGELOLA : Mr. Nagano Kazuki dari Jepang selaku pengelola langsung pembelajaran bahasa Jepang di PT Fajar Internasional.

OLAHRAGA : Pengurus Perbasasi Kota Malang juga diundang dalam acara itu untuk diberi bantuan peralatan.

KOLEGA : Para kolega PT Fajar Internasional mengikuti seremonial pembukaan kantor perusahaan itu.

KOMPAK : Ir. Sofyan Edi Jarwoko dan Mr. Hiroyuki Miyauchi sudah menjalin relasi sejak lama.

BANGGA BATIK : Mr. Hiroyuki Miyauchi yang memiliki koneksi luas di Jepang bangga mengenakan kemeja batik. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL-


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Fasilitasi Sekolah, Kuliah Hingga Kerja di Jepang PT Fajar Internasional Resmikan Kantor di Ruko Sarangan MALANG-Ingin belajar bahasa Jepang lebih fasih dengan guru orang Jepang asli? Datang saja ke PT Fajar Internasional di Ruko Sarangan 1G Kota Malang. Kantor perusahaan tersebut, diresmikan oleh Ketua BK DPRD Kota Malang Ir Sofyan Edi Jarwoko, kemarin. Pembukaan PT Fajar Internasional bekerjasama dengan International Economic Promotion Organization Japan. PT Fajar siap memfasilitasi lulusan SMA, S.1, S.2 untuk berkuliah dan kerja ke Jepang. Perusahaan tersebut dipimpin oleh Direktur PT Fajar Internasional Sri Henny Wulandari Fukunaga.

“Kelemahan SDM dari Indonesia ke Jepang, kurang menyangkut kefasihan berbahasa, kami siap untuk memberikan pembelajaran lebih lengkap dengan pengajar langsung dari Je-

WAHYU KHRISNA/MALANG POST

BANTUAN : Direktur PT Fajar International Sri Henny Wulandari Fukunaga memberikan bantuan kepada Hj. Lestari Rahayu Pengurus Perbasasi Kota Malang. pang,” urai Henny sapaan akrabnya. Minimal yang harus dihabiskan untuk fasih berbahasa Jepang sekitar 150 jam. Pihaknya

membawa pengajar dari Jepang Mr. Otaki Hiroya, Mr. Soda Satoshi. Jika nanti berangkat ke Jepang, akan langsung diarahkan oleh Mr. Hiroyuki Miyau-

chi yang juga hadir dalam acara tersebut.”Nama perusahaan ini saya ambil dari nama anak pertama saya Yuji Fukunaga, kalau dalam bahasa Indonesia artinya Fajar,” ujar perempuan yang telah 25 tahun tinggal di Jepang itu. Dalam pembukaan kantor itu, Henny memberikan bantuan perlengkapan softball kepada Hj. Lestari Rahayu Pengurus Perbasasi Kota Malang. Kemudian dilakukan pemotongan tumpeng oleh Mr. Hiroyuki Miyauchi diberikan kepada Sofyan Edi Jarwoko. “Memang kelemahan mayoritas warga Indonesia yang Jepang soal kefasihan dalam berbincang sehari-hari, di Fajar ini akan bisa difasihkan,” ungkap Hiroyuki.Sedangkan, Sofyan Edi Jarwoko, mengatakan bahwa program ini sebe-

narnya telah dia bahas bersama Hiroyuki. Pihaknya telah bertemu jauh hari dalam tugas sebagai anggota dewan. Hiroyuki dulunya juga salah satu staff di Kementerian Pendidikan Jepang. “Fajar bisa membantu, masyarakat pemuda untuk kemudian sekolah, kuliah dan kerja di Jepang, tidak saja soal bahasa, tapi juga aktifitas lain seperti olahraga dan pertanian,” jelas Sofyan Edi Jarwoko kepada Malang Post. Adapun pengelola sekolah bahasa jepang Mr. Nagano Kazuki, menegaskan bahwa program itu bakal bermanfaat. Bahasa Jepang bisa dipelajari di PT Fajar Internasional sebelum ke Jepang. “Ini akan menjadi jembatan hubungan Jepang dan Indonesia,” tegasnya. (ary/nug)

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

KOMPAK: Arina (kiri) saat mendampingi Prof Sardjana (tengah) menghadiri halal bihalal keluarga besar POGI Cabang Malang, kemarin.

Support Penuh Sang Istri Karena Mumpuni

Penuhi 5 »R», Prof Sardjana Dukung Arina Menuju Senayan MALANG- Kesibukan yang luar biasa padat, lagi-lagi tak menghalangi langkah Prof.Dr.dr Sardjana, Sp.OG9K), SH untuk terus membaur bersama rekan sejawatnya. Didampingi sang istri, Arina Nurfinnahari, SH, siang kemarin dokter spesialis kandungan pertama di Kota Malang itu menghadiri halal bihalal keluarga besar Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Malang di Hotel Aria. Meski seharusnya ada dua acara tak kalah penting yang sama-sama menantikan kehadirannya, yaitu pembukaan business exhibition di TMII Anjungan Jawa Tengah dan Pagelaran Budaya Banyumas’an di Bogor, Ketua Umum Paguyuban Jawa Tengah se-Indonesia itu memprioritaskan kegiatan dengan rekan seprofesinya di Malang. Keikutsertaan sang istri dalam kegiatannya kemarin sekaligus menjadi bukti bakti seorang Arina kepada suami,

sekalipun ibu tiga anak itu tengah disibukkan beragam kegiatan sosial yang digalakannya sejak beberapa tahun terakhir. Prof Sardjana pun tak sungkan memuji langsung sang istri yang dianggapnya memenuhi kriteria 5 ‘R’. Lima kriteria itu adalah pinteR, beneR, mempeR, kobeR dan peneR. Karena itulah Guru Besar IV/E spesialis clinical governance termuda di Indonesia itu benar-benar mendukung Arina maju sebagai calon legislatif DPR RI Dapil Malang Raya. “Intelektualitas Bu Arina sudah teruji. Bukan hanya lulus SMA/sederajat, tapi sudah sarjana. Bahkan istri saya tergolong aktif terlibat dalam forum ilmiah. Pernah suatu kali ketika saya harus mengisi materi di dua forum dan tidak bisa datang ke salah satunya, istri saya mampu mewakili menyampaikan materi saya kepada audiens. Dia lah yang memotivasi saya hingga menjadi professor dan membe-

sarkan tiga anak kami hingga jadi dokter,” urainya menjelaskan kriteria pinteR. Kedua, beneR. Dalam hal ini, pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat menyebut sang pujaan hati memiliki attitude yang mengagumkan. “Bu Arina selalu ada di tempat dan waktu yang benar bermanfaat dunia akhirat. Bukan untuk kepuasan diri sendiri. Kerjanya benar dan mengabdi pada masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. Ketika rakyat butuh pengayoman, dia datang tanpa mengumbar janji palsu,” tukasnya. Menilik dua hal tersebut, tak salah bila kemudian Prof Sardjana menambahkan kriteria mempeR kepada wanita kelahiran 13 April 1968 itu. “Dengan bekal ilmu dan kecakapannya, saya rasa memang sudah saatnya istri saya menjadi wakil rakyat di Senayan. Bu Arina pantas karena memang mumpuni. Dia tak pernah membalas saat disakiti,

namun laksana matahari yang senantiasa memberi energi,” lanjut Guru Besar FK UIN Syarief Hidayatullah Jakarta yang melihat peran sang istri yang cukup menonjol dalam mengangkat pamor Partai Gerindra di Malang Raya. Selama ini Arina memang dikenal lewat kiprah kemanusiannya yang membumi. Dia tak canggung membaur dengan masyarakat kelas bawah. Semua diselami mendalam. Usulan masyarakat pun selalu ditampungnya dengan baik. Melalui kegiatan pengobatan gratis dan tes Pap Smear massal, ibu dari dr Erlangga Husada, dr Yusuf Brilliant dan Gulam Gumilar, S.Ked ini berupaya meringankan beban masyarakat kelas bawah. Dengan segudang aktivitasnya yang tak kalah padat, nyatanya wanita kelahiran Sidoarjo itu masih bisa membagi waktu sebaik mungkin. Inilah yang disebut Prof Sardjana dengan istilah kobeR. “Dia

mencurahkan banyak waktu untuk keluarga. Sebagai istri dan ibu tiga anak yang kini sudah jadi dokter. Tapi, Bu Arina selalu punya waktu juga untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara,” tukas Rektor Universitas Pamulang Jakarta itu. Sedangkan ‘R’ kelima yang dimaksud adalah peneR alias tepat. Artinya, maju Arina sebagai caleg nomor 3 Partai Gerindra Dapil Malang Raya menuju DPR RI memang pada moment yang pas. “Pamor Gerindra tengah melambung tinggi. Apalagi mengusung konsep yang memang berbeda dan diinginkan rakyat. Momen saat ini memang pas untuk muncul. Apalagi perjuangan Bu Arina sudah dirintis sejak lama,” pungkas Prof Sardjana yang memang dikenal dekat dengan Prabowo Subianto serta turut mengembangkan Gerindra melalui Badan Otonomi Kesira. Menurutnya, inilah gilirannya untuk balik mendukung penuh kiprah sang istri tercinta. (tom/sir/nug)

4

KELURAHAN MOJOLANGU

Banjir Hadiah, Warga Antusias Ikut Jalan Sehat

BINAR GUMILANG / MALANG POST

MERIAH : Warga mengikuti jalan sehat di Kelurahan Mojolangu kemarin pagi. LOWOKWARU-Tidak ada kata keterlambat untuk memperingati HUT ke 68 RI. Hal tersebut, oleh Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, dengan mengadakan jalan sehat dan bazaar murah pagi kemarin. Ribuan warga sangat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan di depan Kantor Kelurahan Mojolangu. Camat Lowokwaru yang baru saja dilantik yakni Drs Rustamaji berkenan hadir sekaligus mengibarkan bendera start jalan sehat. Rustamaji mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kelurahan Mojolangu. Dikatakannya, semangat nasionalis dan kecintaan terhadap bangsa dan Negara bisa tumbuh melalui kegiatan seperti ini “Tidak ada kata terlambat untuk memperingati HUT RI, meski diaksanakan pada bulan September ini. Yang penting, semangat nasionalis dan kebangsaanya semakin bertambah salah satunya melalui kegiatan seperti ini yang menurut saya sangat baik,” ujarnya. Mantan Sekretaris Camat (Sekcam) Lowokwaru ini menambahkan jalan sehat ini sekaligus puncak peringatan HUT ke 68 RI yang diadakan Kelurahan Mojolangu. Bentuk kegiatannya pun berupa jalan sehat untuk memasyarakatkan olah raga sekaligus menerapkan pola hidup sehat. “Kegiatan yang diadakan Kelurahan Mojolangu itu untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, terutama pada generasi muda. Nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme harus terus dikobarkan oleh generasi muda. Itu sebagai salah satu bentuk kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara,” katanya. Lurah Mojolangu, Joao M.G De Carvalho SIP mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya saat memperingati HUT RI. “Kegiatan ini sudah Sembilan kali diadakan semenjak saya menjabat sebagai lurah. Sebelum mengadakan kegiatan ini, kami terlebih dahulu mengadakan kegiatan istigosah sekaligus ceramah,” ucapnya.Joao berpesan kepada warganya agar semakin menjaga kerukunan dalam bermasyarakat.dan meningkatkan jalinan silaturahmi. “Jadi kegiatan ini diadakan bukan karena seremonial semata, melainkan mempunyai tujuan khusus agar terciptanya masyarakat yang madani,” tutupnya. Panitia penyelenggara juga menyediakan ratusan hadiah doorprize. Diantaranya kulkas, kipas angin, televisi, kompor, radio, perlengkapan alat tulis, beasiswa dan sebagai hadiah utama berupa satu unit sepeda motor. (big/sir/nug)

SAWOJAJAR

Ditinggal Liburan, Rumah Diobok-Obok Pencuri MALANG- Rumah tanpa penghuni, kembali menjadi sasaran aksi pencurian. Kali ini, kawanan pencuri mengobok-obok rumah milik Ahmad Marzuki, 42 tahun di Jalan Selat Sunda VIII no delapan Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang kemarin (8/9), yang ditinggal pergi penghuninya. Dari tempat tersebut, para pencuri menggondol uang tunai Rp 4 juta dan dua buah batu mulia. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian total Rp 8 juta. Sedangkan pelaku diduga lebih dari satu orang. Menurut keterangan Ahmad Marzuki, saat kejadian berlangsung dirinya sedang pergi menjenguk ibunya yang sedang sakit. Sedangkan istrinya Rotul Fitria 41 tahun beserta tiga anaknya sedang liburan ke Selecta.”Kami semuanya pergi sekitar jam delapan pagi. Jadi, mulai pagi hingga siang hari, rumahnya memang kosong,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Ditambahkan, kejadian pencurian tersebut, diketahui sekitar pukul 14.30 wib. Saat itu dirinya pulang ke rumah, dan mendapati pintu ruang tamu sudah terbuka, sedangkan pagar depan masih tekunci.Diduga, pelaku masuk dengan melompati pagar. Kemudian mereka mencongkel pintu ruang tamu, dengan linggis hingga terbuka. “Pelaku mencongkel pintu depan hingga rusak. Setelah masuk ke dalam, kemudian mereka juga mencongkel pintu kamar saya,” ucap pria yang mempunyai konveksi pakaian ini. Dari dalam kamar itulah, pelaku kemudian membobol lemari dimana tersimpan uang tunai Rp 4 juta dan dua batu mulia senilai Rp 4 juta. Puas mendapatkan barang berharga, pelakupun ngacir begitu saja. Anehnya, pelaku tidak menggondol sejumlah barang berharga lainnya, seperti LCD, sepeda motor, dan laptop. (big/nug)

Ingat Kampung, Datangkan Kesenian Irama Minang Halal Bihalal Ikatan Keluarga Minang Sehati Malang Musik berirama minang mengalun merdu di Gedung Bakorwil dalam halal bihalal Ikatan Keluarga Minang Sehati Malang yang berlangsung meriah, hari Minggu kemarin. Dua personil dari grup AM Pataya melenggak lenggok mengikuti irama, sembari menyanyikan syair pepatah. Didalam syair terselip angka-angka yang harus dicermati penonton. ITULAH Kesenian Irama Minang (KIM), sebuah kesenian yang menggabungkan undian berhadiah dengan seni musik dan pepatah. Tradisi ini menjadi unik, lantaran penonton akan fokus dengan syair untuk mendapati angka-angka yang disebutkan penyanyi. Mereka telah diberi lembaran berisi angka, terdiri dari lima lajur, setiap lajur ada lima kombinasi angka. Jika lima kombinasi angka pada satu lajur berhasil diisi, maka si penonton

berhak mendapatkan hadiah. Panitia sudah menyediakan hadiah mulai doorprize hingga hadiah besar seperti mesin cuci. KIM ini semacam undian, namun menggunakan pepatah, petitih hingga gurindam dalam bernyanyi. Tradisi ini begitu merakyat di kalangan warga Minang, dan kerap dimainkan pada acara pernikahan hingga acara besar. Ikatan Keluarga Minang Sehati Malang sendiri, bahkan sampai mendatangkan grup

RIZAL FANANY/MALANG POST

GABUNGKAN UNDIAN : Kesenian Irama Minang (KIM) gabungkan undian berhadiah dengan musik disajikan Ikatan Keluarga Minang Sehati di Gedung Bakorwil, kemarin. AM Pataya dari Padang. Grup ini sudah keliling Indonesia, untuk menghadiri undangan

dari Ikatan Keluarga Minang yang tersebar di seantero nusantara. “Saya bahkan pernah

dikontrak pertaminan selama 2003-2006 untuk menghibur pegawai mereka dari Minang

dengan keliling pulau,” aku Amran salah satu personil AM Pataya.Amran sudah 13 tahun berdendang KIM. Dan sudah keliling nusantara, seperti Palembang, Lampung, Tarakan, Pontianak, Surabaya, Jakarta, Riau dan akhirnya di Malang. “Orang minang selalu teringat kampung, sehingga selalu mendatangkan KIM,” imbuhnya. Untuk menjadi seniman KIM, dia harus hapal buku khusus berisi pepatah, petitih hingga gurindam. Buku khusus terdiri dari dua skop, pertama skop minang dan kedua skop nasional. Skop minang dengan bahasa pepatah yang lebih panjang, sedangkan skop nasional lebih singkat agar dimengerti kalangan non minang.”Seperti pantun dengan nomor 22, dalam skop nasional hanya saya sebut amoy dan bapak saja, skop nasional untuk yang tak paham bahasa Minang,” katanya.

KIM ini, sebenarnya lahir, agar tidak ada hal negatif dalam perhelatan seni. Seperti di acara pernikahan misalnya, biasanya kalau hanya tampil organ tunggal, akan rawan tawuran. Sehingga dengan KIM, orang akan tertib, lantaran mereka fokus mendengarkan angka dari penyanyi. “Bahkan jika pun ada yang mabuk, pasti tidak akan macammacam, karena terfokus memperhatikan angka,” jelasnya. Di Padang, hadiah dalam KIM biasanya menyesuaikan dengan tingkat ekonomi seseorang. Jika kaya, bisa jadi hadiahnya bakal bertambah besar. Pernah suatu ketika, seorang tuan rumah, menabur hadiah hingga lima buah sepeda motor.”Kesenian irama Minang, terbentuk untuk pengisi waktu luang, pantunpantun diangkat ke dalam lagu,” tandasnya. (Bagus Ary Wicaksono) REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : KURDI


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

5

JEJARING WAHYU KHRISNA/ MALANG POST

LALU LALANG: Suasana di Matos pada Minggu (8/9). Kendaraan dan pengunjung pejalan kaki keluar masuk mall.

Pengunjung Mall Merangkak Naik MALANG - Tingkat kunjungan di pusat perbelanjaan yang berada di Kota Malang berangsur-angsur normal kembali pasca mengalami penurunan setelah lebaran. Peningkatan kunjungan masyarakat ke mall mulai terlihat pada September. Store Manager Sarinah, Lies Sukarningsih memaparkan, bahwa sesudah lebaran memang kunjungan ke pusat perbelanjaan plat merah tersebut menurun hampir 50 persen. Bila pada saat menjelang lebaran ratarata per hari angka kunjungan mencapai 3000 sampai 4000 customer, minggu ketiga bulan Agustus selepas aktivitas liburan berakhir menurun. “Kami tidak memungkiri tamunya anjlok, mencapai separuh dari average jelang dan saat lebaran,” paparnya. Dia melanjutkan, selama minggu terakhir Agustus berada pada kisaran 1000 pengunjung per hari, dan terus

meningkat di bulan September. Salah satu usaha untuk meningkatkannya dengan adanya promo, serta ditunjang dengan keberadaan Sarinah Cineplex yang telah beroperasi. “Adanya bioskop menjaga okupansi kami setelah lebaran. Biasanya, berdasarkan pengalaman tahuntahun sebelumnya di bawah 1000 per hari. Tetapi kini, sudah di atasnya,” imbuh Lies. Kunjungan yang menurun juga diakui oleh Manager Operasional Malang Town Square (Matos), Suwanto. Kepada Malang Post dia menyampaikan, jelang dan dalam kurun waktu lebaran, kunjungan pada kisaran 40 ribu orang, bahkan mencapai 50 ribu orang per harinya. Namun, setelah aktivitas kantor dan sekolah mulai berjalan, okupansi di bawah itu. “Saat weekend bisa mencapai 30 ribu per hari, namun untuk weekday di

kisaran 20 ribu per hari,” ujarnya. Peningkatan mulai terasa di bulan September dengan adanya event atau pameran di atrium. Sejak awal bulan berlangsung pameran yang mengundang pengunjung untuk berdatangan di Matos, sehingga September ini sudah mulai normal tingkat kunjungannya. Dia juga menambahkan, bahwa Matos masih menjadi pusat perbelanjaan favorit dan terlengkap, sehingga masyarakat masih terus berbelanja, atau menghabiskan waktu nongkrong di beberapa titik. Sebut saja food court, time zone, bioskop, hypermart dan Matahari Department Store. Itu masih ditambah pameran fashion dan gadget hingga hari Minggu (8/9) kemarin. Sementara itu, pusat perbelanjaan di sisi utara Kota Malang, yakni Plaza Araya, cenderung stabil okupansinya. Kalaupun menurun berada pada kisaran

30 persen. Pada saat jelang lebaran hingga H+7 lebaran lalu,dijelaskan oleh Staf Promosi dan Event Plaza Araya, Kusuma Priya Sasongko, angka kunjungan per hari berada pada kisaran 2000 orang. Selanjutnya, mulai menurun menjadi 1000an pengunjung per hari di minggu terakhir Agustus. “Hitungannya masih stabil, karena per hari pada kisaran 1200 sampai 1500. Mungkin karena perubahan yang sudah mulai terjadi di Plaza Araya,” jelasnya. Inovasi atau upgrade tenant di Plaza Araya antara lain dengan mulai penuhnya stand atau counter kosong yg beberapa tahun belakangan kerap disaksikan pengunjung. Kini, perbedaan mulai terasa, bahkan di area teras sisi utara pun dimanfaatkan untuk pusat kuliner. Sehingga pengunjung tertarik untuk datang ke plaza yang satu kawasan dengan perumahan Araya tersebut. (ley/fia)

Toeng Market Bidik Rp 400 Juta per Bulan MALANG – Malang masih menjadi pasar prospektif bagi para investor. Terbaru, bendera supermarket produk kebutuhan rumah tangga asal Surabaya, Toeng Market melakukan ekspansi ke Malang dengan membuka toko baru di Plaza Araya. Direktur Toeng Market, William saat ditemui Malang Post usai seremonial grand opening menjelaskan, Malang menjadi pasar yang sangat prospektif karena super market yang khusus menawarkan produk rumah tangga belum ada di kota ini. “Varian kami banyak, selain itu harga yang ditawarkan juga lebih bersahabat,” jelas William.Ia menuturkan, Toeng Market Malang menjadi toko ketiga. Pusat perlengkapan rumah tangga, hotel, restoran dan catering ini menggelontorkan sekitar Rp 1 miliar untuk pembukaan toko baru di Plaza Araya yang membidik segmen menengah ke atas. “Target di awal pembukaan ini, setidaknya kita bisa membukukan penjualan sebesar Rp 400 juta per bulan,” ucapnya optimis. William menjelaskan, optimisme tersebut bisa dilihat dari penjualan selama soft opening sejak Juli lalu, dimana sales membukukan angka sekitar Rp 100 juta

per bulan dengan sistem promosi yang masih terbatas. “Selama soft opening, promo masih terbatas, namun penjualan sudah lumayan bagus. Setelah grand opening ini, kami akan menggencarkan promo,” terang dia. Salah satu promo untuk mendongkrak penjualan adalah diskon 5 persen hingga 15 persen untuk semua produk yang berlaku mulai 8 hingga 14 September. Ada lebih dari 30 ribu item baik lokal maupun import yang ditawarkan Toeng Market kepada konsumen Malang. “Selama ini, sekitar 20 persen konsumen kami di toko Surabaya adalah orang Malang. Dengan ekspansi ke kota ini, diharapkan market Toeng Market bisa meluas,” kata dia. Store Operation Manager Toeng Market Malang, Ahmad Faisol menambahkan, selama soft opening, Toeng Market mencatatkan angka member yang cukup fantastis. Sejak Juli hingga saat ini, jumlah member khusus Malang yang tercatat adalah sebesar 500 orang yang didominasi oleh perempuan. “Permintaan aplikasi member memang besar, terutama saat promo di 2 hingga 7 September kemarin. Dimana, hanya dengan berbelanja Rp 20 ribu dan

SHUVIA RAHMA / MALANG POST

BELANJA: Tamu undangan grand opening Toeng Market sedang berbelanja produk pecah belah. menunjukkan KTP Malang, konsumen perempuan bisa menjadi member Toeng Market. Dari promo tersebut, akhirnya member Toeng Market Malang saat ini didominasi Aremanita,” urai Faisol panjang lebar. Faisol menambahkan, untuk

kepesertaan member, Toeng Market memang tidak memasang target, namun secara pribadi, ia tetap memasang batas minimal raihan member baru sebanyak 100 oran per bulan. “Itu target pribadi, dan kemungkinan besar akan bisa tercapai,” pungkas dia. (fia)

Penyaluran Jatah Raskin ke14 Segera Beres Kabar BUMN MALANG – Bulan September ini, Bulog Sub Divisi Regional VII Malang harus bekerja ekstra keras. Pasalnya, bulan Juli dan Agustus lalu penyaluran beras miskin (raskin) sedikit terhambat dengan adanya Ramadan dan lebaran, sehingga memaksa penyebaran raskin harus dipercepat agar tidak semakin menumpuk di bulan ini. “Penyaluran raskin memang terhambat dengan adanya bulan Ramadan. Masih ditambah lagi dengan libur lebaran, karena dari lima wilayah yang kami

tangani, minimal satu wilayah penyaluran membutuhkan waktu 9 hari,” beber Nina Afrisanti, Kepala Perum Bulog Sub Divre VII Malang. Perempuan berjilbab tersebut menuturkan, pada periode Juli-Agustus lalu juga terdapat raskin 13 dan 14 sehingga pekerjaan harus dua kali. Raskin ke 13 di bulan Juli merupakan kompensasi karena adanya kenaikan BBM, sebagai antisipasi pemerintah dengan meningkatnya beberapa kebutuhan pokok. Sementara raskin ke 14 merupakan tambahan untuk menyambut lebaran.

Nina menjelaskan, bahwa pada bulan Agustus lalu begitu Bulog kembali beroperasi pasca lebaran, langsung menuntaskan pagu raskin ke 13. Selanjutnya, sejak minggu terakhir di bulan Agustus, dilakukan penyaluran raskin ke 14. “Habis liburan, double dalam pengiriman, sehingga untuk raskin bulan September

ini kemungkinan baru mulai penyaluran di akhir bulan,” jelasnya kepada Malang Post. Dia menuturkan, untuk penyaluran raskin ke 14 sebagai tambahan kepada masyarakat kurang mampu tersebut, kini prosentase pengiriman telah mencapai 90 persen. Perkiraan perempuan yang berdomisili di Lawang ini, semua penyaluran

tuntas pada hari Senin (9/9). “Saat ini tinggal Kabupaten Malang yang penyaluran raskin ke 14 belum selesai. Setelah itu, penyaluran raskin akan berlanjut untuk jatah bulan September mulai tanggal 12 nanti. Bisa dibilang Agustus-September kami harus memiliki kekuatan double power,” pungkasnya sambil tersenyum. (ley/fia)

Konsultasilah Sebelum Berinvestasi MALANG - Banyaknya investasi sektor jasa keuangan harus disikapi dengan selektif oleh investor. Bahkan, demi alasan keamanan, tidak ada salahnya investor berkonsultasi terlebih dahulu ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Masyarakat sebagai konsumen, dan pelaku bisnis di sektor jasa keuangan harus memahami mengenai perlindungan yang diperoleh ketika melakukan investasi. Kalau ragu, ayo berkonsultasi,” ungkap Anto Prabowo, Direktur Direktorat Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK Indonesia. Dia berujar, kewaspadaan harus dimiliki oleh masyarakat, khususnya dengan tawaran investasi bereturn tinggi dalam tempo Anto Prabowo yang singkat. Bila tidak waspada, bisa jadi konsumen tertipu investasi bodong. Lebih berbahaya lagi jika sang konsumen tidak paham mengenai perlindungan yang seharusnya diterima begitu sepakat melakukan investasi. Anto menyampaikan mengenai keberadaan dan fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK ini lahir dengan dilindungi UU 21/2011 tentang OJK. Hadirnya OJK ini mengambil peran Bank Indonesia selaku regulator dan pengawas perbankan serta Bapepam-LK yang memiliki tugas sebagai regulator dan pengawas industri pasar modal. “Sejak UU OJK disahkan pada 22 Nopember 2011 sampai 31 Desember 2013, pengawasan perbankan masih dipegang BI. Namun mulai 1 Januari 2014 nanti, pengaturan dan pengawasan perbankan akan diambil alih OJK,” beber dia panjang lebar. Dalam proses bisnis perusahaan pembiayaan, konsumen merupakan mitra dan aset dari perusahaan. Maka dari itu sudah sepantasnya, perlindungan terbaik diberikan dan diketahui oleh konsumen. (ley/fia)

SKK Migas Luncurkan KAWAL JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meluncurkan aplikasi pengaduan dan pelaporan yang disediakan bagi siapa saja yang memiliki informasi perbuatan berindikasi pelanggaran yang dilakukan pimpinan dan pekerja SKK Migas. Aplikasi ini diberi nama KAWAL (Buka, Bawa, dan Laporkan) tujuannya untuk mencegah tindakan korupsi. Pengawas Internal SKK Migas Budi Ibrahim mengatakan, untuk menjamin prinsip kerahasiaan laporan pengaduan, SKK Migas telah menunjuk analis profesional independen yang bertugas menampung informasi awal dan mengelola setiap laporan pengaduan yang masuk. “Kemudian laporan diproses lebih lanjut sesuai ketentuan Pedoman Whistle Blowing System (WBS) SKK Migas,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/9). Jenis dugaan pelanggaran yang dapat ditindaklanjuti oleh KAWAL SKK Migas adalah, dugaan korupsi, pelanggaran pedoman etika dan gratifikasi, kecurangan, benturan kepentingan, pelecehan, dan penyebaran/pembocoran rahasia perusahaan. Aplikasi ini disediakan SKK Migas sejalan dengan maksud pasal 41 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang menyebutkan bahwa masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Aplikasi ini juga merupakan implementasi dari Pakta Integritas SKK Migas (dahulu BPMIGAS) yang ditandatangani pada 27 November 2007. “Upaya ini menunjukkan keseriusan SKK Migas dalam penegakkan good governance dan penerapan proses bisnis yang bersih dari KKN,” katanya.(dtc/fia)

Boleh Mahal Asal Stabil JAKARTA - Tingginya harga kedelai di pasaran yang saat ini mencapai Rp 10 ribu per Kg membuat perajin tahu-tempe memilih menghentikan produksinya. Harga kedelai yang terus naik, membuat perajin tahu tempe kebingungan, mereka menuntut kestabilan harga. “Harga kedelai saat ini tinggi, sekarang kalau di Jakarta harga kedelai Rp 9.000 per Kg, kalau di luar Jakarta Rp 10 ribu per Kg,” ujar Ketua II Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo) Sutaryo. Menurut Sutaryo, padahal harga kedelai sebelum kurs rupiah terhadap dolar AS melemah, masih berkisar Rp 7.500 per Kg, kini perajin kesulitan memproduksi tahu dan tempe karena kebingungan menghitung biaya produksi dan margin yang harus didapat. “Banyak perajin sudah menghentikan produksinya, ada juga yang terpaksa mengurangi produksi karena terlalu mahal kedelainya, apalagi 90 persen pasokan kedelai berasal dari impor, kalau sudah impor dengan rupiah jeblok seperti ini ya harga kedelainya naik tinggi,” ungkap Sutaryo. Menurut Sutaryo, pada dasarnya perajin tidak keberatan berapa harga kedelai yang dipatok, tetapi yang diinginkan adalah kepastian dan kestabilan pasokan dan harga.(dtc/fia)

ISTIMEWA

DIKEBUT: Penyaluran raskin pada bulan September dijadwalkan selesai pada hari ini. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: DJ AMIEL


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Asyik!! Nilaiku Bagus APA sih arti penting nilai buat kamu? Sejak mengenal bangku sekolah, memang nilai sudah menjadi teman akrab kita. Semua hal pasti diukur dengan angka-angka mulai dari skala nol hingga 100. Namun apa sih tujuan nilai itu sesungguhnya? Wiliyanti, siswi kelas XII IPA SMAK Kolese St. Yusup mengatakan bahwa nilai merupakan tolak ukur keberhasilan belajar. Mampu atau tidak bisa dilihat dari nilai yang diperoleh. Kalau nilai bagus, itu berarti siwa sudah belajar dengan baik dan harus dipertahankan, kalau jelek, berarti ada yang salah dengan cara belajar dan harus diperbaiki. Sebenarnya nilai hanyalah alat pengukur. Kalau dibilang hasil akhir sih boleh-boleh saja, tetapi nilai bukanlah yang kita cari saat sekolah. “Menurut saya yang paling penting adalah proses yang kita jalani selama proses belajar mengajar di sekolah. Kalau prosesnya baik maka nilainya juga akan baik, begitu juga sebaliknya.” ujar siswi yang akrab dipanggil Sansan itu. Baginya, wajar jika seseorang menginginkan nilai yang bagus. Masingmasing orang pasti memiliki alasannya sendiri. Misalnya takut dimarahi orang tua atau guru, supaya dapat masuk ke universitas yang diinginkannya, ingin dapat beasiswa, atau agar tidak perlu ikut remidi. Alasan Sansan sendiri adalah untuk mendapatkan rasa kebanggaan. Rasa percaya diri pun bisa meningkat dan optimis bahwa kita bisa melakukan suatu hal. Terlebih lagi, rasa bangga bisa berlipat jika bisa menjadi nomor satu. “Orang tua pastinya juga akan lebih bangga melihat anaknya telah berjuang keras dan mampu memberikan hasil terbaik. Walaupun sebenarnya orang tua tidak pernah memaksa aku untuk jadi nomor satu. Yang penting naik kelas,” kata Sansan menirukan orang tuanya. Dara yang aktif dalam kegiatan OSIS dan pramuka ini merasa tak terlalu terobsesi untuk mendapatkan nilai bagus. Mungkin karena dia sangat menikmati kegiatan belajar sehingga dia tidak perlu merasa memaksakan diri. Semua dilakukannya dengan senang hati. “Strategiku agar nilaiku tidak turun ya belajar yang rajin, jangan malu untuk bertanya tentang hal-hal yang belum kita pahami baik kepada guru atau teman. Yang paling penting, materi itu harus dipahami, bukan sekedar dihafalkan saja,” jelas cewek yang hobi menggambar dan bermain piano itu. Cara lain yang dilakukannya agar memperoleh nilai yang lebih baik adalah dengan belajar kelompok. Menurutnya, belajar kelompok membuat ia lebih mengerti mana hal yang belum dipahami. Selain itu, melalui kegiatan belajar kelompok, Sansan dan teman-temannya bisa bertukar pikiran, dari situ, wawasan justru bertambah. Biasanya, doi bikin acara belajar bersama saat menjelang ujian baik dengan teman sekelas maupun teman-teman OSIS. “Walaupun bersaing nilai, tapi banyak teman-teman yang lebih pintar tapi mau membagi ilmunya. Lagipula membagi ilmu kan nggak membuat ilmu kita berkurang, justru bertambah,” imbuhnya. Gadis yang bercita-cita menjadi arsitek tersebut menambahkan bahwa menjaga kesehatan juga menjadi hal yang penting agar mendapatkan nilai bagus. Tentunya dengan tubuh yang

Kata Guru

Nilai Bagus Itu Penting Ulfah Ali, S.Pd - Guru BK SMPN 1 Malang “NILAI itu diberikan untuk mengukur kemampuan siswa. Dari situ, diharapkan siswa-siswi itu mengetahui sejauh mana sih dia memahami materi yang telah dipelajari. Tapi dengan adanya nilai ternyata juga membuat kesenjangan diantara anak-anak. Ada yang merasa dirinya pintar, ada yang merasa dirinya kurang. Untuk itu, anak-anak harus terus dimotivasi bahwa semua orang itu sebenarnya pintar dan berkompetensi. Dan yang paling penting adalah mengubah kebiasaan anak-anak yang masih suka bermalas-malasan. Mengejar nilai yang baik itu adalah hal yang positif karena memang dituntut demikian. Tujuannya ya untuk berbagai kepentingan anak-anak itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa dalam beberapa hal, prestasi akademik itu dipertimbangkan. Misalnya seperti syarat memperoleh beasiswa. Tentunya kalau nilai seorang siswa bagus, maka ia akan lebih lancar menjalani sekolah. Namun ada juga anak yang pintar tapi kurang peduli dengan teman-temannya. Terlalu egois dan berambisi menjadi nomer satu. Maka dari itu, dia harus diberi pengertian bahwa manusia pasti butuh orang lain. Jadi tidak boleh egois. Kepintaran seseorang itu belum tentu menjamin kesuksesan. Banyak hal yang juga bisa membuat kita sukses. Misalnya pandai bergaul, dan hal itu bisa dilatih dengan mengikuti organisasi.” (*/fia)

Speak Up

Jadi Murid yang Aktif Hervinda Aini fitri - SMAN 1 Malang “KALAU aku nggak pernah ngotot banget agar dapet nilai yang bagus. Walaupun persaingan nilai di sekolah cukup ketat, tapi usahaku masih wajar-wajar saja. Yang penting selalu ngumpulin tugas tepat waktu, belajar sebelum ulangan, nggak pernah bolos, dan yang paling penting selalu aktif di kelas dan juga ketika berkelompok. Karena keaktifan menjadi salah satu unsur penilaian yang sangat penting saat ini.” (*/fia)

TEKS: HERLINA SEPTI ANDINI MODEL: MARDIANA LILIK PN - SMK ARDJUNA FOTO: WAHYU KHRISNA MURTI / MALANG POST

Jangan Pelit Laily Abidah - SMKN 2 Malang “NILAI memang penting, tapi jangan jadi ambisius sampai kelewatan. Aku sebel banget sama anak yang terlalu ambisius mengejar nilai dan mengusahakan segala cara. Biasanya pelit banget bagibagi ilmu. Mungkin karena ingin jadi nomer satu ya. Tapi caranya membuat orang lain nggak suka. Apalagi kalau sengaja menjatuhkan teman-teman yang lain.” (*/fia)

sehat, otak bekerja lebih maksimal sehingga bisa belajar dengan baik. “Kalau aku jarang makan daging, sayur aja yang banyak. Terus harus rajin olahraga juga,” kata penggemar olahraga basket tersebut. Dia tidak mengikuti les tambahan agar nilainya bagus. Baginya, memperhatikan guru dengan serius di kelas saja sudah cukup. Dibalik itu, dia justru mengikuti les piano dan mengikuti club basket. Senada dengan Sansan, Is Maulidiana siswi kelas XII SMK PGRI 3 Malang juga mengatakan bahwa nilai itu penting karena ia ingin membanggakan orang tua. Laporan berkala kepada ayah dan ibu rutin dilakukan sehingga ia menjaga

agar nilainya tidak jatuh. “Orang tua sih nggak pernah memaksa anak untuk mendapatkan nilai bagus secara langsung, tapi mereka selalu memaksa agar anak-anaknya harus belajar,“ ungkap penggemar warna putih dan kuning ini. Kiatnya untuk dapat nilai bagus juga sederhana, cukup dengan giat belajar dan rajin berdoa. Dia pun menambahkan bahwa saat ini tidak hanya nilai yang dituntut, namun juga daya kreatif. “Kita harus berpikir maju dan tidak hanya sekedar bergantung pada nilai. Kita harus berlatih untuk lebih kreatif dan mau mencoba banyak hal,” jelas Diana. Lebih lanjut, Diana mengatakan, kalau

hanya menggantungkan nasib pada nilai bagus, doi khawatir akan cenderung menjadi orang yang terobsesi dengan nilai sehingga tidak memperhatikan hal lain. Penyuka dunia fotografi ini memang pernah memiliki teman yang sombong karena nilainya selalu bagus. Untuk menghadapinya, ia belajar lebih rajin agar bisa mengejar nilainya. “Yang jelas aku ingin membuktikan bahwa tak hanya dia saja yang bisa. Teman-teman yang lain juga tak kalah pintar,” imbuhnya. Nah, Sobat Mteens ternyata mendapatkan nilai yang bagus itu penting karena kita membutuhkannya. Namun jangan sampai menyalahartikan nilai sebagai alat untuk menyombongkan diri ya. (*/fia)

Pantang Sombong agar Tak Dipanggil Egois USAHA untuk mengejar nilai tentu akan menimbulkan tanggapan yang berbedabeda dari teman-teman. Ada yang senang dan termotivasi sehingga mengajak untuk belajar bersama, tapi ada juga yang justru menanggapi negatif. Misalnya menjadi iri lalu dibilang egois. Hal itu sempat diutarakan oleh Annisa Amalia, siswi kelas IX SMP Taman Siswa. Karena terlalu ambisius untuk mendapatkan nilai yang bagus, seringkali dia dibilang pelit dan egois oleh teman-temannya. Hal itu terjadi karena suatu ketika ada seorang temannya yang meminta Annisa untuk memberikan contekan pada saat ujian. Tentu saja Annisa menolak hal tersebut. Gara-gara kejadian itu, Annisa dibilang pelit dan tidak mau berbagi.

6

“Kecewa banget sama temen yang punya pemikiran seperti itu. Aku sih berharap mereka bisa lebih berusaha sendiri ketika ujian. Kalau mau dapat nilai bagus ya harus belajar sebelumnya,” terang gadis yang bercita-cita menjadi dokter ini. Namun hal seperti itu tak lantas membuat gadis yang berulang tahun pada 10 Agustus tersebut membenci teman-temannya, justru ketika ada kesempatan ia memilih untuk berbagi ilmu dengan teman-temannya. Dia mengatakan bahwa ketika ujian kita memang harus pelit dan berani menolak ajakan teman untuk bekerja sama, namun di luar itu, Annisa terbuka untuk saling bekerjasama, bertukar pikiran, dan berbagi ilmu. Baginya menjadi nomor satu itu penting, karena prestasi tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kita sudah maksimal dan tidak sia-sia. “Kalau jadi nomor satu ada rasa bangga dan kepuasan tersendiri. Tapi ya tetep nggak boleh sombong dan harus mau menolong teman.” Kata Annisa. Siswi yang suka pelajaran Bahasa Inggris ini menambahkan bahwa tujuan guru memberi nilai bukan untuk membuat murid-muridnya saling menjatuhkan. Namun nilai itu digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. “Nilai yang jelek tapi jujur itu lebih baik daripada nilai baik tapi dari proses yang tidak jujur. Kalau kita tahu nilai kita jelek, kita bisa memperbaikinya,” tukasnya mantap. Annisa mengaku bahwa dia memang ambisius untuk mendapatkan nilai bagus. Tujuannya agar ia bisa mendapatkan

beasiswa dan membanggakan orang tua. Untuk itu ia berusaha sekeras mungkin agar nilainya tidak anjlok. Setiap hari ia rutin belajar selepas maghrib. Agar lebih memahami pelajaran, dia juga mengikuti les tambahan. Lain cerita dengan Annisa yang pernah dibilang egois, Diah Ayu Kurniasih, siswi kelas XII SMK Ardjuna malah memiliki seorang teman yang terlalu ambisius mengejar nilai dan selalu ingin menjadi nomor satu. Yang membuat Diah jengkel adalah, teman sekelasnya itu selalu berbuat curang dan egois. Mulanya, temannya itu mengajukan diri menjadi ketua kelas, kemudian selalu mencari perhatian dari guru. Seringkali jika guru memberi informasi untuk sekelas yang diwakilkan ketua kelas, ia tak memberitahu temantemannya. “Waktu itu guruku memberinya informasi tentang tugas yang harus dikumpulkan, tapi dia tidak memberitahu yang lain. Akhirnya hanya dia dan kelompoknya saja yang mengerjakan tugas,” jelas Diah jengkel. Agar membuatnya jera, Diah dan temanteman yang lain melaporkan kejadian tersebut kepada guru BK. Dan selanjutnya ketua kelasnya itu dibimbing oleh guru BK. Diah mengatakan bahwa dia tak ingin terlalu serius menanggapi temannya yang egois itu, karena kalau terlalu ditanggapi bisa membuat masalah semakin besar. Diah sendiri kadang merasa iri apabila temannya mendapatkan nilai yang lebih bagus darinya. Namun ia tak mau ambil pusing dengan itu. Menurutnya menerima hasil yang telah diperoleh dengan lapang dada dan tetap optimis adalah hal yang paling penting. (*/fia)

Sering Dibandingkan Ditya Habsari Tri Hartin - SMK Putra Indonesia “KALAU dapet nilai jelek pasti nyesel banget, terus iri sama tementemen. Jadi kurang percaya diri sama kemampuan diri sendiri. Apalagi kalau nilaiku jelek pasti orang tuaku membanding-bandingkan aku dengan teman-teman yang lebih pinter. Awalnya risih, kesel, kan sudah berusaha semaksimal tapi malah dibanding-bandingkan. Seolah kita tidak berguna. Tapi kalau dipikir-pikir maksud mereka pasti positif, ingin aku lebih termotivasi dan memperbaiki nilaiku.” (*/fia)

Sobat M-Teens

Bentuk Tanggung Jawab Kepada Ortu BANYAK orang yang menuntut seorang siswa untuk mendapatkan nilai bagus di sekolah karena itu dapat menjamin masa depan seseorang. Terkadang, saking besarnya tuntutan membuat seorang siswa menjadi lupa apa tujuan sekolah sesungguhnya. Diyant Lailatul Hanif, Siswi kelas XII IPS SMAN 10 Malang mengatakan bahwa tujuan utamanya bersekolah adalah mencari ilmu. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa tujuan utama bersekolah itu adalah untuk hidup. “Kita bersekolah agar kelak mampu bersaing di dunia luar, agar punya ilmu untuk bertahan dikala susah, bisa mempertahankan budaya, dan lain-lain,” ujarnya. Diyant menambahkan bahwa tujuan utamanya untuk bersekolah memang bukanlah untuk mendapatkan nilai, namun dia berpendapat bahwa nilai itu penting. Bukan semata-mata karena alasan gengsi dan ingin dipuji pintar tetapi alasannya karena dari kecil dia dididik untuk selalu bertanggung jawab dengan apa yang ia kerjakan. Bagi siswi yang pernah memenangkan juara 1 pidato Bahasa Jawa se-Malang Raya ini, nilai merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada orang tua. Mereka memang tidak mengiming-imingi hadiah agar ia mendapatkan nilai bagus. Namun, selama ini mereka telah memfasilitasi semua kebutuhan sekolahnya tanpa diminta. “Orang tua memang tidak memaksa aku dapet nilai bagus, tapi aku nggak mau mengecewakan mereka dengan nilai yang jelek,” imbuhnya. Dia pun menambahkan bahwa nilai memegang arti penting ketika akan masuk

universitas kelak. Saat ini ia mengejar nilai yang bagus dengan harapan nanti mendapat undangan dari universitas. Bagi siswi yang gemar membaca tersebut, nilai itu hanyalah hasil akhir saja. Sebenarnya yang paling penting adalah proses bagaimana mendapatkan nilai. Ada siswa yang mendapatkan nilai bagus, namun dengan cara yang curang. Tentu saja hal itu tidak akan memberikan manfaat. Nilai yang diperolehnya juga tidak asli. Mengejar nilai untuk tujuan yang tidak baik takkan bisa memberi pengaruh baik untuk orang-orang disekitar. Untuk itu Diyant menekankan bahwa doi harus fokus dalam proses yang baik agar mampu membuktikan kemampuan ketika mendapatkan nilai bagus. “Untungnya saat ini guru juga memasukkan proses sebagai penilaian di raport, jadi anak tidak hanya dinilai dari hasil akhirnya saja tapi juga dari prosesnya,” jelasnya. Menurutnya, nilai yang bagus bukanlah satusatunya jalan untuk menjadi sukses. Memang benar jika hal tersebut dapat memudahkan langkah menuju sukses, namun masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Misalnya saja relasi. Diyant mengatakan bahwa seorang siswa harus dibekali dengan kemampuan berkomunikasi agar dapat memiliki banyak relasi. Mengenal banyak orang dari berbagai latar belakang dan pengalaman akan membuat wawasan serta kesempatan terbuka lebar. Yang jelas banyaknya relasi pasti bisa mempermudah jalan di masa depan nanti. “Tak jarang aku lihat ada orang sukses yang dulu nilainya biasa-biasa saja tapi lebih sukses dari yang nilainya bagus,” ceritanya. (*/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

7

MG1/MALANG POST

PRAKTIS: Wallpaper menjadi pilihan mudah untuk membuat dinding kembali indah dan ceria.

Wallpaper, Pilih Avengers atau Hello Kitty ISTIMEWA

BEST TRADITIONAL COSTUME: Berpose dengan baju tradisional Sulawesi Utara lengkap dengan pedang dan tameng membuat Putri Kartini Malang Post 2012, Adinda Cresheilla sukses menyabet tropi Best Cultural Costume kategori perempuan di HiLo Green Ambassador 2013.

ADINDA CRESHEILLA, PUTRI KARTINI MALANG POST 2012

Sabet 2nd Runner Up dan The Best Cultural Costume di HGA 2013 MALANG – Adinda Cresheilla, Putri Kartini Malang Post 2012 mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Dara cantik tersebut pada Sabtu (7/9) malam tampil cemerlang dengan menyabet 2nd Runner Up mewakili Sulawesi Utara dan Best Cultural Costume di ajang grand final HiLo Green Ambassador (HGA) 2013 yang disiarkan secara langsung di salah satu televisi swasta. Perempuan berambut pendek yang merupakan pelajar SMAN 3 Malang tersebut berhasil menjadi juara bersama perwakilan dari Sumatera Barat, M. Arya Ondrio (1st winner) dan Ayu Meivitasari asal D.I. Yogyakarta (1st runner up). Perempuan yang akrab disapa Dinda ini terlihat sangat percaya diri saat menjawab pertanyaan mengenai pendapatnya, apakah setuju dengan pemimpin yang pro lingkungan. Menurut Dinda, pemimpin yang pro lingkungan sangat penting karena dengan lingkungan yang sehat, maka secara otomatis, masyarakat yang dipimpin pun akan sehat. “Jadi, saya sangat setuju dengan pemimpin yang tidak hanya pro rakyat tetapi juga pro lingkungan,” jelas dia yang disambut tepuk tangan penonton. Keberhasilan menyabet 2nd runner up membuat Dinda banjir

ucapan selamat. Hal ini terlihat dari timeline Twitter miliknya. Ucapan selamat salah satunya datang dari akun @muhamadhusnii yang berbunyi “Congrats ya @dindacresheilla as 2nd Runner up HGA 2013 , bhawikarsu heroes abis kamu :), salam sama guru guru smanti”. Tak hanya di twitter, ucapan selamat juga menyeruak di antara anggota Paguyuban Putri Kartini Malang Post. Putri Thania Dewinta, salah satu anggota Paguyuban Putri Kartini menyambut antusias kemenangan Dinda. “Charming banget sih kak Dinda, Finalis paling muda nyabet Best Cultural Costume sama runner up. Kurang hebat apa,” tulisnya.

Busana tradisional yang dipakai Dinda memang memikat dan terlihat eksotis. Busana yang biasanya dipakai pada tarian perang Kabasaran dipadukan dengan ekor dari kain berwarna kuning dan hijau yang merepresentasikan ikan purba Raja Laut yang merupakan ikon Sulawesi Utara. “Baju Kabasaran mix ikan purba raja lautnya keren,” tulis Danny Dromerisme di fan page HiLo. HGA 2013 merupakan ajang pencarian duta lingkungan yang nantinya bersama HiLo menginspirasi masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Acara grand final

Tiwi Hapus PIN BBM Tika HGA 2013 Sabtu malam lalu dipandu oleh Ananda Omesh & Franda ini diisi dengan penampilan 20 Grand Finalists HiLo Green Ambassador, Cherrybelle, Vidi Aldiano,

dan Maudy Ayunda. Sedangkan Nadine Zamira, Melanie Subono, Riyani Djangkaru, dan Angga Fidel (HiLo Green Ambassador 2011) hadir sebagai juri. (fia)

Tari Kecak dan Janger Pukau Penonton Miss World BALI - OPENING show Miss World 2013 yang dihelat tadi malam di Ballroom Mangupura, Hotel Westin, Nusa Dua, Bali dibuka dengan tarian khas pulau dewata, Bali, yang dikemas lebih modern. Penari kecak, I Ketut Rina tampak kompak bersama timnya berlenggak lenggok di panggung pembukaan Miss World, meskipun hanya tampil tiga menit. Pada ajang Miss World, sangat terasa unsur budaya Bali, seperti aksi Ketut Rina bersama kawan-kawannya, memberikan atraksi yang mencerminkan kebudayaan dan tata krama di Bali. Tidak hanya itu, suasana kental akan Bali, turut dimeriahkan seperti suguhan makanan, janur dan busana khas Bali. Selain aksi teatrikal yang digawangi oleh I Ketut Rina, turut pula iringan tari Jangger. Dalam hal tari khas bali, pria ini dianggap jago

INDAH: Tari Kecak dan Janger yang memukau penonton miss world tadi malam. membawakan pertunjukan seni tersebut, meskipun hanya memakan waktu tiga menit. Namun pertunjukan tarian Bali ini, cukup memukau para penonton dalam pembukaan Miss World 2013. Selain I Ketut Rina, seniman Bali lain yang turut berkontribusi, seperti Eko Supriyanto. Dengan keterlibatan para seniman Bali, hal ini membuktikan

bahwa Miss World 2013 di Indonesia mengedepankan sisi budaya Indonesia. Sementara para kontestan Miss World 2013 rupanya memiliki kesan terhadap penyelenggaraan ajang tersebut di Indonesia. Hal inipun terungkap saat Daniel Manantha sebagai host opening show menanyakannya kepada mereka. “Saya senang bisa datang ke

MALANG - Jika dinding rumah Anda mulai kusam dan terkelupas, cobalah alternatif wallpaper untuk membuat indah dan cerah. Wallpaper atau kertas dinding adalah lapisan kertas dari bahan vinyl yang direkatkan di dinding dengan menggunakan lem khusus. Tidak perlu repot mengecat, wallpaper sudah tersedia dalam berbagai warna dan motif yang menarik. Harganya pun semurah cat. “Memang alasan utama orang memilih wallpaper adalah karena motifnya. Kalau pakai cat kan susah, lama untuk membuat berbagai motif. Wallpaper tinggal tempel, selesai!” kata Widya Ika, pegawai Melody Furniture Malang. Variasi warna dan motif yang ditawarkan untuk wallpaper memang sangat banyak dan beragam. Mulai dari wallpaper bermotif kayu yang netral, sampai motif kartun untuk anakanak. “Pilihan untuk kamar anak banyak sekali. Kalau untuk kamar anak cowok yang paling laris gambar Avengers dan Cars. Sedangkan untuk kamar anak cewek ada Disney Princess dan Hello Kitty,” tambah Widya. Berbagai motif wallpaper ternyata sudah menarik hati Eni Cahyawati sejak lama. Ibu rumah tangga ini menggunakan wallpaper di rumahnya sejak tahun 2001. Ia tampak asyik memilih motif wallpaper untuk dipasang di kamar anak lakilakinya yang duduk di kelas 5 SD. “Saya memang suka memasang wallpaper supaya ada variasi. Biasanya saya pasang di kamar tidur, jadi biar kamar itu tidak membosankan. Kalau dipasang di ruang lain saya tidak suka, kesannya terlalu ramai. Jadi di kamar tidur saja, biar ada privasi dan lebih menyenangkan,” tutur Eni kepada Malang Post. Untuk pilihan motif, Eni lebih menyukai warna netral dan lembut untuk kamar tidur utama. “Biar cocok dengan semua jenis furniture. Kalau untuk kamar anak baru warnanya harus kontras, supaya suasananya menyenangkan,” tambahnya. Selain praktis dan indah, wallpaper juga mudah dirawat. “Kalau dindingnya sehat, tidak lembab dan berjamur, wallpaper bisa tahan sampai 10 tahun. Dibersihkan pun cukup pakai lap basah. Asal jangan kena noda tinta, itu susah hilangnya. Hati-hati juga supaya wallpaper tidak robek, ” jelas Mamik Purwati, pegawai Melody Furniture lainnya. Ada banyak pilihan wallpaper di pasaran. Harganya pun bervariasi tergantung ketebalan kertas dan efek lain, seperti warna dan glitter. Satu gulungan wallpaper biasanya berukuran 1,06m x 15,5m dan mampu menutupi dinding seluas 12m2.. Motif wallpaper akan berulang setiap lebar sekitar 50cm. Namun jika Anda ingin gambar yang lebih besar dan tidak berulang, Anda bisa mencoba wallpaper jenis mural. “Kalau yang mural itu gambar besar seluas 15m2 yang bisa menutupi seluruh dinding. Harganya memang lebih mahal, saat ini sekitar 10-15 juta untuk setiap dinding, namun memiliki efek 3 dimensi sehingga terkesan lebih ‘hidup’ daripada wallpaper biasa,” jelas Mamik lagi.(mg1/lim)

sini karena Belanda memang memiliki koneksi yang dekat terhadap Indonesia. Orang Indonesia sangat ramah, makanannya enak, saya ingin kembali lagi ke sini,” ujar Jacqueline Steenbeek, kontestan Belanda, di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Minggu (8/9). Gadis 24 tahun itu juga mengatakan sangat bersyukur bisa mengikuti ajang Miss World 2013. Sebab, banyak pengalaman berharga yang bisa dipetik dari ajang tersebut. “Ajang ini memberikan kesempatan kepada saya untuk mengenal budaya dan menghargai satu sama lain,”imbuhnya. Sedangkan kontestan dari Kamerun, Denise Valerie Ayena juga mengatakan hal serupa. “Selamat malam. Selama di Indonesia saya terkesan dengan keramahan orang-orangnya. Saya juga mempunyai makanan favorit, yaitu nasi goreng,” tuturnya. “Saya ingin mengenal

budaya Indonesia. Saya juga mendengar ada banyak tempat menarik di sini,” imbuh Elena Ibarbia Jimenez, kontestan Spanyol. Kontestan Puerto Rico, Nadyalee Torres juga mengungkapkan kesannya di Indonesia selama tiga hari ini. “Saya sangat senang di sini. Kontestannya luar biasa, cantik dan kita berteman. Saya sedikit gugup. Tapi tentu saja ini sangat wajar,”terangnya. Sementara itu, dalam kesempatan sama, Vania Larissa sebagai wakil Indonesia juga menuturkan bagaimana menghadapi ajang Miss World 2013. “Persiapan saya sangat banyak. Tapi tentunya adalah bagaimana mengenalkan budaya, lalu menyiapkan beauty with a purpose. Di sini, saya juga ingin menampilkan kecantikan yang dimiliki oleh Indonesia ke dunia internasional,” tutupnya. (jpnn/lim)

JAKARTA - Penyanyi Kartika Yudia Ramlan atau Tika menyayangkan nasib grupnya, T2, seperti perahu yang terombang-ambing di tengah ganasnya gelombang laut. Tak tahu akan berlabuh di mana. T2 mengambil cuti dari industri musik setelah member bernama Tiwi menikah dengan pengusaha asal Jepang bernama Shogo. Belum lama ini, Tiwi sudah melahirkan putra pertamanya. “Ya, kalau aku pribadi menyayangkan sekali. Apalagi T2 posisinya lagi aman, lagi stabil dibilang naik banget enggak, dibilang turun juga enggak. Ya, aku sih berharap ada kepastian, dari teman aku. Karena mempertahankan 5 tahun itu gak mudah,” kata Tika saat berkunjung, Jumat 6/8). Tika juga bertekad tak ingin menggantikan Tiwi dengan penyanyi lain di T2. “Yang bangun T2 dari awal itu label, aku, dan Tiwi. Aku dan label juga gak ingin menggantikan Tiwi. Kalau Tiwi gak ada mending gak usah (teruskan karier T2),” katanya. Saat ditanya kapan berkomunikasi dengan Tiwi, Tika mengaku sudah lama tak lagi berhubungan dengan bandmatenya itu. Bahkan, PIN BlackBerry Messenger (BM) Tiwi di Tika sudah hilang. T2 sendiri grup duo yang membawakan musik pop. Mereka meluncurkan debut album pada 2007 bertajuk OK. Album pertama sukses berat hingga meraih Platinum Award. Sehingga mereka cukup percaya diri meluncurkan album kedua, Malu Malu Dong (2009), lalu album ketiga, Cinta Aku Gila (2011).(jpnn/lim)

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: SLATEM


Janji SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Dua Laga Pamungkas Boyong ... J

Sambungan dari Halaman 12

Terhitung, ada Dedi Kusnandar, I Gede Sukadana, Hendro Siswanto, Edmar Garcia dan Joko Sasongko yang menempati posisi gelandang tengah. Sukadana dan Hendro memiliki karakter yang kurang lebih sama, yakni pekerja keras dan tipe gelandang pengangkut air. Sementara, Dedi lebih berkarakter tenang dengan passing terukur. Joko Sasongko adalah sosok gelandang serang yang memiliki senjata dribbling serta tendangan kaki kiri. Terakhir, Edmar Garcia me rupakan gelandang serang yang sampai sekarang belum pernah diturunkan RD dalam pertandingan resmi sebagai starter. Praktis, kemampuannya sebagai gelandang tidak teruji di lapangan. Untuk posisi winger, RD membawa putra asli Sorong, Papua, Engelberd Sani. Engel memang hampir tak pernah dimainkan oleh Arema selama musim 2012/2013. Namun, tak bisa dipungkiri bakat alam Engel begitu menonjol. Diharapkan, potensi Engel bisa tereksplorasi saat bermain di tanah kelahirannya, Sorong, Papua Barat yang jadi markas Persiram, Raja Ampat. “Kita juga bawa Irsyad Maulana, Greg Nwokolo dan Kayamba Gumbs untuk posisi winger,” terang pelatih yang membawa Sriwijaya FC juara ISL itu. Greg hampir tak tergantikan dalam formasi RD. Jika tak cedera, maka pemain naturalisasi sekaligus kapten Arema itu hampir pasti mendapatkan satu tempat di posisi starter. Irsyad Maulana, mungkin belum mampu menjawab ekspektasi publik musim ini. Dengan minimnya minute play, potensi Irsyad belumlah terlihat semua. Namun, RD tampaknya masih berharap Irsyad mampu menunjukkan aura kebintangannya, seperti yang ditunjukkan saat Arema menang di Samarinda lawan Persisam 2-3. Sebaliknya, Kayamba Gumbs yang mencetak gol dalam pertandingan lawan Persiba Balikpapan, sejatinya tidak begitu nyaman ditempatkan di posisi winger. Namun, demi tim, ia rela bergeser dan memaksimalkan kemampuannya. Duo striker tengah, masih dihuni oleh Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves. Dua pemain ini masih menjadi andalan Arema. Semalam, Gonzales dan Beto masuk dalam rombongan 20 pemain yang berangkat dari mess Arema pukul 18.00 WIB.(fin/jon)

Beri KEMENANGAN

Aremania MALANG – Pencetak gol pembuka kemenangan kemenan Arema Indonesia atas Persiba Balikpapan, Keith Kayam Kayamba Gumbs sedang on fire. Pesepakbola asal St Kitts and Nevits Nev itu ingin mempersembahkan kemenangan bagi Aremania dalam laga Sentani, Papua. penting lawan Persidafon Dafonsoro, di Sent Kayamba yang masuk dalam list 20 pemain tur Papua, siap memenuhi ekspektasi publik dan Aremania. “Saya ingin memberi kemenangan lagi untuk Aremania. Dukungan mereka luar biasa sepanjang musim ini. Itu jadi semangat buat saya untuk bertanding lawan Persidafon Per hari Rabu nanti, saya siap memberi kemenangan buat Arema dan Post. Aremania,” kata Kayamba kepada Malang Post Kayamba memang begitu terikat dengan Arema Arem dan suporSriwijaya FC itu ter Aremania. Tak heran, mantan bintang Sriwi siap menghadapi Persidafon, sekaligus merebut merebu tiga poin. Kayamba berharap bisa mengunci runner up kala lawan Malang tanpa Persidafon. Dengan begitu, ia bisa pulang ke M harus malu terhadap Aremania, yang begitu edan mendukung 2012/2013. dirinya selama berlaga di ISL musim 2012/2013 menang, bukan “Kita main untuk bikin fans senang. Kalau kita me ikut senang,” hanya pemain saja yang senang, Aremania juga ik ungkap pemain yang memiliki tiga lisensi kepelati kepelatihan itu. Animo yang luar biasa saat pertandingan hom home, membuat sosok pemain gaek berusia 40 tahun ini begitu terikat dan mengagumi Aremania. Masifnya jumlah supor suporter serta fanatisme yang terlihat selama laga home, menja menjadi motivasi khusus bagi Kayamba untuk bermain maksima maksimal. Kayamba sendiri sudah mendapat tempat di hati Arema Aremania karena kerelaannya melayani fans yang ingin berfoto bbersamanya. Terkait pertandingan, Suami Laurencia Gumbs Gum itu tidak mau terlalu banyak menilai menila kekuatan Persidafon. Menurutnya, Menurutnya yang terpenting seka sekarang bagi Arema adalah adala menjaga semangat dan tidak kehilangan fokus. “Saya tidak te terlalu suka menilai tim lain. Tapi, saya lebih suka fokus pada pa Arema, agar performa kita bbisa menanjak dan memenangkan me pertandingan. Unpertandi tuk itu, itu kita harus menjaga semamenj ngat nga dan motivasi, fokus tiv kita tak boleh hilang, karena hila perebutan runper ner up masih berjalan,” teberj gas pemain yang p pernah membela Hull City Cit klub Liga Inggris itu. itu (fin/jon)

Galang Dana di Menpora Cup J

Sambungan dari Halaman 12

Kita ini satu Aremania, satu jiwa dalam kebersamaan,” tandas Yuli. “Kalau ada nawak yang mengalami musibah saat hendak menonton Arema, tentu kita sebagai dulur Aremania tak bisa tinggal diam, kita harus bantu dan membuktikan satu jiwa kita,” tambah pria yang membintangi film dokumenter The Conductor itu.(fin/jon)

Timnas U-23 Ubah Misi di ISG JAKARTA - Keinginan timnas U-23 proyeksi SEA Games memanasi seluruh kekuatannya pada ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 harus dipendam dulu. Pasalnya, di ISG yang dimulai 17 September nanti timnas Merah Putih terancam tidak bisa mengikut sertakan ke-30 pemainnya ke Palembang. Mundurnya jadwal Indonesia Super League (ISL) dari yang semula berakhir pada 15 September menjadi 18 September adalah penyebabnya. Padahal, dari 30 nama yang sudah di genggaman pelatih Rahmad Darmawan, beberapa di antaranya masih membela klub-klubnya pada laga akhir ISL. Di laga pemungkas ISL, setidaknya ada sepuluh klub yang bertanding. Di antaranya Sriwijaya FC, Mitra Kukar Tenggarong, Persija Jakarta, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Pelita Bandung Raya, Barito Putera, Persita Tangerang, PSPS Pekanbaru, dan Persiwa Wamena. “Praktis mundurnya kompetisi itu membuat komposisi pemain berkurang jauh,” ujar pelatih yang akrab disapa RD itu, kemarin (8/9). Di ISG nanti, sesuai dengan regulasi memang hanya 20 pemain yang bisa didaftarkan untuk membela timnas. Tapi, RD berniat mengusung ke-30 pemainnya ke Palembang. Sepuluh pemain yang tidak masuk dalam skuad ISG dibawa serta dengan harapan supaya bisa tetap menjalani program latihan bersama. Makanya, semula RD bakal mengumumkan siapa saja nama pemain yang masuk dalam skuad ISG, Kamis besok (12/9). “Namun justru di tanggal-tanggal itu pemain harus fokus ke klubnya masing-masing, terutama yang klubnya rawan degradasi. Kami memutuskan untuk memilih lagi momen yang pas, dan yang tidak mengganggu konsentrasi pemain,” bebernya. Selain itu, halangan lainnya adalah dengan digelarnya laga Perang Bintang ISL, 21 September nanti. Hanya, yang paling besar efeknya adalah pengunduran jadwal tersebut. “Dan sekarang ini saya masih berusaha untuk menginventarisir siapa saja pemain yang bisa diturunkan pada saat laga tanggal 17 September,” imbuhnya. Di ISG, Indonesia akan berada di Grup A bersama Irak, Libya, dan Kuwait. Sementara itu, pihak Badan Tim Nasional (BTN) melalui sekretarisnya, Sefdin Syaefudin mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu sodoran nama-nama dari RD dulu sebelum nanti harus mempublish-nya ke media. “Jadi untuk saat ini semua masih ada di tangan coach RD, baru setelah diberikan kepada kami dan disetujui Sekjen (Joko Driyono, Red), maka akan kami publikasikan,” jelasnya. (ren/jpnn/jon)

8

Keith

Kayamba

Gumbs

Persebaya ke ISL SOLO-Persebaya Surabaya menjadi tim pertama yang memastikan naik kasta ke Indonesia Super League (ISL) musim depan setelah berhasil merebut tiket final Divisi Utama Liga Indonesia. Di semi final, Persebaya mengalahkan Persikabo dengan skor 4-1 di Stadion

Manahan Solo, Minggu (8/9). Persebaya bermain lebih agresif di babak pertama. Bajul Ijo bahkan berhasil menciptakan gol di menit 21 lewat tendangan bebas. Serdan Lopicic. Bola sebenarnya mengarah ke kiper Persikabo Agus Rohman, namun karena terlalu deras, bola tetap mengarah ke dalam gawang. Menit ke-35, striker Persebaya, Boumsong mendapat ruang tembak di kotak penalti Persikabo. Namun Boumsong terlalu lama mengutak

atik bola sehingga kiper dan pemain bertahan mampu menutup ruang. Tendangan mantan pemain Persikabo itu pun melebar. Persikabo bermain cukup baik di awal babak pertama. Namun saat berusaha bangkit, Persikabo dikejutkan gol kedua Persebaya yang kembali dicetak oleh Lopicic. Gol berawal dari sebuah skema serangan balik. Boumsong yang bergerak bebas memberi umpan ke mulut gawang yang disambut Lopicic dengan sekali sentuhan.

Situasi makin sulit buat Persikabo setelah Boumsong menciptakan gol tiga menit kemudian. Boumsong yang lolos dari jebakan offside melakukan tendangan dan bola mengarah tepat di sudut kiri Agus Rohman. Pendukung Persebaya kembali bersorak di menit 79 saat wasit memberikan hadiah penalti setelah Agus Rohman melanggar Boumsong di kotak terlarang. Boumsong yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugas dengan sempurna. (abu/jpnn)

Dejan Gluscevic Minta Dukungan Tuan Rumah SIDOARJO - Pertandingan perdana piala AFF U-19 akan segera dilangsungkan sore ini di Gelora Delta Sidoarjo. Timor Leste U-19 akan menghadapi Singapura U-19 dalam laga kedua nanti pukul 19.30, setelah pertandingan antara Laos U-19 melawan Filipina U-19 yang kick off pukul 15.30. Bagi Young Lions-julukan timnas Singapura U-19 -pertandingan perdana ini menjadi momentum untuk menaikkan mental pemain Singapura yang rata-rata berstatus sebagai pelajar. Dejan Gluscevic, pelatih Singapura U-19 mengungkapkan dalam pertandingan awal ini dirinya mengakui tidak mudah akan

mudah bagi anak asuhnya. Pasalnya, setelah badai cedera yang menimpa beberapa pemainnya yang mengalami cedera. Dejan menyatakan bakal menunjukkan kemampuan tim terbaiknya untuk membuka asa bagi pemain mudanya. “Kami disini memang punya target. Namun dengan kondisi beberapa pemain kami injury dalam liga lokal, maka kami hanya berharap bisa bermain apik,” ujar mantan pemain Bandung Raya era 1990-an itu seusai manajer meeting kemarin sore (8/9). Sementara itu, saat disinggung mengenai key player yang akan mengomandoi Young Lions,

FARID FANDI/JAWA POS

MANAGER MEETING: Pelatih dan offisial Tim peserta AFF U-19 berfoto bersama usai menager meeting AFF U-19 Championship 2013 di Hotel Singgasana, (8/09). Kejuaraan tahunan ini diikuti sebelas negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, Brunei Darrussalam, Laos, Filipina, Timor Leste, Singapura, Kamboja dan Vietnam. Dejan menyampaikan setiap pemain punya porsi sama didalam tim. Bahkan, Mahatir Aza-

man, talenta mudanya yang kini bermain di Boavista junior salah satu klub Brazil itu tak diberikan

tanggung jawab besar dari tim pelatih. “Saya rasa untuk Mahatir,

dia gelandang bagus. Namun karena baru bergabung dengan tim empat hari yang lalu dia saya harap bisa tampil maksimal,” lanjutnya. Dengan kondisi yang ada saat ini, Mahatir bisa jadi salah satu senjata yang akan menjalankan perannya di lini tengah Singapura dengan cemerlang. Dejan yang fasih bahasa Indonesia itu berharap dukungan publik tuan rumah. Karena menurutnya ada sekitar 6 pemain yang menjadi skuat Singapura saat ini masih punya darah keturunan dari Jawa. “Ya 6 pemain kami punya darah Jawa. Jadi kami berharap mendapat dukungan publik anda,” jelasnya.

Dilain sisi, Timor Leste yang akan menjadi Lawan Singapura diwakili asisten pelatihnya Eduardo Pereira mengakui bahwa tim yang dibawanya dari pemain U-16 Timor Leste yang sempat berlaga di Laos dan juga Korea Selatan. “Kali ini memang head coach kami belum bisa mendampingi tim karena sesuatu hal,” katanya. Dalam pertandingan hari ini Timor Leste akan mencoba bermain dengan gaya mereka yang terkadang sering merepotkan tim-tim besar. Pereira pun menyatakan bahwa lawan Singapura tak akan mudah bagi pasukkanya. “Kami akan mencoba memaksimalkan pemain muda kami,” ujarnya. (nap/jpnn/jon) REDAKTUR: JON, LAYOUTER: REEP


9

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

RUPA-RUPA

TOUR & TRAVEL

MOBIL - MOTOR

GEBYAR Promo, Splash DP 30jtan, Ertiga DP 50jt-an, Pisck up 18 jta-an Ready Stock 081141959999/ 9568253

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit: MioCW cakram,2009.ega ZR,2010.Mio cakram,2004.New Fit S,2007.New Supra fit,2006.New supra fit S,2007. Beat,2010.Beat,2012.Colt diesel L300 2.5 PU,2010.Colt diesel L300 2.5PU.Carry box 1.5PU,2009

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000

DI JUAL starlet SEG TURBO 1997 siler N.kota 78 jt nego Hub. Telp (0341)9692222 08123236481 BG-24/9

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007

BG-28/9

BG-11/9

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego

BL-27/8

BG-19/9

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

DIJUAL spd motor Honda revo th.2010 siap pakai harga 8jt hub. Jl. Mondokoro I/42 Singosari Mlg tlp.0341-7346127 BL-31/9

DAIHATSU NEW XENIA DP 19jt Terios DP 20jt, Grand Max. DP 15jt, Pick up. DP 10jt, 5jt Hendrik 082131930990/9572750. Pin BB 21DDF347

•HONDA• DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/081281070950 BG-22/9

DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/9

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/9

BG-6/9

MITSUBISHI PROMO Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788 BG-01/10

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/9

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/9

NISSAN MOBIL NISSAN ORDER BARU INDEN ALL New Grand Livina, Promo Lebaran. DP & Angs pling murah Ready Stock bisa TT Miky 081333319914

BG-8/9

BG-25/9

BG-26/9

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. Faris tlp. 7641032

BUTUH DANA CPT +trm gadai titipkan LAPTOP/HP/KENDARAAN+BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp. 03417359448

HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677

KREDIT

BG-30/9

KEHILANGAN STNK STNK SPD MTR HONDA’11 N-6665-CY NOKA:MHIJBH11XCK161527 NOSIN:JBH1E1157793 a/n:LUKI WINARKO d/a:JL.KEMANTREN 3/11 RT.014 RW.003 KEL.BANDUNGREJOSARI KEC. SUKUN KOTA MALANG BL-9/9

TANAH DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588 BL-7/9

JUAL cpt tnh+bangunan dkt kampus baik untuk kos Lt.175 m Lb.42,5m 3Kt dalam gang 085235085068 BG-29/10

KONTRAKAN DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/10

KOST k a r y a w a n / s u a m i i s tri jl.bantaran barat II/35A Mlg. hub.081555917582

STNK SPD MTR YAMAHA’04 L-3511-ZC NOKA:MH54ST1094K5 13961 NOSIN:4ST 85702 a/n:SYAFIK UDDIN GHOZALI d/a:TAMBAKDONO RT.003 RW.01 KOTA SURABAYA BL-9/9

STNK SPD MTR YAMHA JUPITER’05 N-5640-JJ NOKA::MH35TP008K501272 NOSIN:STP239222KL a/n:USMAN d/a:JL.LETTU BENURT 05/RW 02 DS.KALIWERU KEC.DAU KAB.MLG BL-9/9

STNK Honda 2010 N5547-LG NOKA MH1JF5110AK195444 NOSIN JF51E1196597 a/n Nur Alfiah Jl. Wukir Gg. Pondok Temas Batu

BG-23/9

DIKONT mrh,rmh Jl.Angklung D1/08 fas. Lengkp Hub.8601261/8146900 Mlg BG-3/10

BG-30/9

RUMAH

BL-9/9

LOWONGAN DBTHKN segera tenaga Hairstylist dan kapster kirim CV ke Jl.Telomoyo no.6 malang cepat

PAKET Yes kemerdekaan: All New Nissan Grand Livina DP mi nim,Diskon besar,angsuran hemat hub: 082132677826 PIN BB 24E4EB62

JUAL rmh renov 2Lt 7x12M hrg Nego Toko 8x14 M hrg 10jt/thn Nego Lok.wager hub.0341 9719453/081333644775

BG-17/9

BG-3/10

BL-8/9

READY stoke All new Nissan Grand Livina DP minim angs ringan,Nissan X-Trall Diskon besar info: 082140702258

JUAL RUMAH Jl.Anggrek Blok A11 Kepanjen 1Km dr pasar Kepanjen, 1Km dr pasar Sumedang luas 85 Hub.08819922112 nego

DICARI 2 sopir srabutan & pengiriman barang mobil box bujangan krm lamaran jl.sidomulyo no.29 singosari tlp.0341-7750800

BG-17/9

TOYOTA JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/8

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/9

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Santo BL-30/9

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/9

• SUZUKI •

BL-8/9

DICARI KARYAWATI MAHIR BHS. INGGRIS TLP:081221708859/ 0341567634

BG-30/9

BL-10/9

RMH shm L.40m≤ pinggir Jl.Raya Muharto No.40/Barat Masjid Darussalam 2KMR+R.Tamu+KMR MNDI.0341 7737234 /081945105782

DBUTUHKAN segra guru TK. Syarat Min SMA/KG TK blm menikah, sabar, b. muslimah, hub. 081945596342

BG-30/9

BL-9/9

JUAL rmh T.200/B.100 m puri cem paka putih blok N21-22 Jl. Mayjen Sungkono Malang HUB.0857 45972989 (no sms) 425 jt (nego)

DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371 BG-16/12

BG-13/9

DIJUAL rumah tanpa perantara PERUM MONDOROKO Lt.102 Lb.90 4KT 1KM, SHM Hub:0816203007/08133005842 BG-13/9

DIJUAL rmh tingkat hrg Rp.200Jt. Nego Hub(081333017782) (081217134505) flx(0341-9427467) BG-31/9

KOST karyawan/suami istri Jl. Ban taran Barat II/35 Mlg Hub. 081555917582 BG-23/9

DANA TUNAI BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

JUAL rumah bagus ALBA CELL shm, luas 7x20 M belakang tingkat Jl. Suropati 29 singosari (depan smp 1 singosari) hub.0341-5451000/ 087859017657

BG-30/9

BL-31/9

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040

BL-30/9

BG-31/9

PROMO DP Ringan! Ertiga 30Jt an, Pick Up 12 Jt an Hadi 03412374008 BG-30/9

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877

BG-29/9

TRN / NAIK brt bdn 2 -3 kg / minggu & berpeluang ikut lomba langsing berhadiah 500 – 5 jt 085607207190 081233207080 085755608885

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462

BG-29/9

BG-25/9

JUAL garam,per 1 ton rp.1.200. 000,- diantar hub.081554324458

BG-31/9

RUPA-RUPA WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022

BG-3/9

“HAMNA FACIAL” menggabungkan bahan2 alami&pijat ±30menit. Wajah cerah alami, peredaran darah lancar & bebas kerutan. Hanya 50rb. Terapist datang ke rumah. Hub:085755211006 BG-28/9

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/10

BISNIS UST. YUSUF MANSYUR DG modal 275 potensi income 500/ minggu hub: Dewi 081944825463 BG-15/9

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/9

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka . BG-20/9

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/9

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/9

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/9

ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/9

SERVIS MAHMUD CELL SERVICE HP., LAPTOP ASSESORIS,PULSA ELEKTRIK,PLN JL.KEBON AGUNG DPN DEPOT SONETA TLP. 0856093888608238080900 MALANG BG-7/10

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/9

TOUR & TRAVEL

BG-2/9

YES Trans Tour Bali 400-550 rb/pax 16-19/8 23-25 agst rent car+supir tour bromo Elf bis mini Ac Rafting 150-175rb. 081805022978 BG-30/9

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/9

“BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/8

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web site: www. su rya travel. com. BG-29/9

PENGOBATAN TERAPI CHOYANG DARI KOREA MENYEMBUHKAN SEGALA MACAM PENYAKIT HUB. B.SRI DARWATI JL.PELTU SUJONO Gang SEJORA Telp. 03415429294 MALANG BG-7/10

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568 BG-13/9

MENERIMA khusus panggilan pijat capek,pijat urat Wike 081945390319 BG-15/9

KULINER DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/8

LANGSING & sehat turun/naik berat badan 3-6kg/bln. Lomba langsing berhadiah 08123322240

ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 5584409634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761

BG-30/9

BG-31/9

BG-23/8

BL-6/9

BG-4/10

BG-11/9

“YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/081334614154 Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/9

MP JUAL MP-Jual :HIJET 1000 th84 istmw N Kota vr putih Astra Stw pjk ban br tdk kecewa 20jt(tdk sms), hub +6282131499455

Mp-Jual : toyota yaris 07 at. Silvertype-e mulus audio-tv-veleg ban import racing a-n. Pribadi nmr mlg baru bs tkr tambah mbl pribadi at.hub 7791616-08123397711.

MP CARI Mp-Cari : karyw/ti toko.kerj 07.30-17.00. Minggu libur, gaji 1jt’an.dtg keBrigjend S Riyadi 45/1-2 mlg, hub +628125259999

MP-Cari : P/L min SMA, S1 psikologi lbh diutamakan, untk jd guru pendampong dan terapis ABK di rumah Autis Al Qonita kepanjen, minat Hub 081553300878

MP-Jual : frezer 083848891172

MP-Jual : Es cincau Greem bs buat obat sgl penyakit (bs membunuh sel kanker) terbuat dr bhn alami, jln bondowoso (dkt um) mlng terima pesanan call 085790833379

MP-Cari : Sales/counter, dom mlg, kend sndiri. Hub 7712177

MP-Cari : Tenaga Gudang dan Pengiriman Gaji awal 600rb, 3 bln dpt Uang Makan 150rb hub 0341-7807018 / 08125254672

MP-Cari : motor bekas harga dibwah 2jt, yg penting mesin ok gak rewel hubungi 083848337378

MP-Cari : pegawai untuk laundry di tlogomas L/P maks 25 th, hub 03417559145

MP-Cari : burung cendet/jalak koci/ burung apa saja yg sudh gk terawat & murah Hub. 03413167167

MP-Cari : Sopir pribadi part time, bisa matic, simA, hub B. Winarti,saptorenggopakis, HP 08124929161, 081805170750

MP-Cari : 3 orang sales kanvasing p/w, prod parfum , fas : gj pokok, uang transport, bonus, mkn dlm. Diuatamakan memiliki kend sendiri, mampu bekerja dg target, mau bkrja keras. Hub B. Ika 085755454720

MP-Cari : pria niat kerja untuk jaga angkringan sego kucing di sawojajar, jamkerja 18.00-24.00, minat hub 03415167777

box

.

2jt

MP-Jual : JEEP KOTREK 1981 4X4 L SBY SIAP LUAR KOTA 21,5JT 082141405514 SINGOSARI MP- Jual : GENTENG BETON 500 JUAL MURAH CUMA 1 JUTA AJA.HUB +6281233201951 MP jual susu airan utk keshtn & mengobati sgl penyakit info jelasnya hub 03412902945 & 08179630796 MP-Jual: Kanopi/ Pagar minimalis, ulir/ Tangga/ Teralis/ dll. Hub: 08785.974.8090 MP-Jual : Exhaust Fan 12” inci 220 volt Rp 149rb hub 081335659610 / Pin: 2584A8E3 MP-Jual : mrh 1set veleg racing import oz silver-emas + ban semie lbr kondisi 95% utk tyt yaris -h.jazz bisa tkr tambah hub vavil tlp 7791616-08123397711 mlg.

MP-Jual : borongan perlengkapan pakain (bekas msh bagus) & oper kontrak bekas toko pakaian uk 8x14m, lok , lok Jl. Ry wagir, hub 03419719453/081333644775 MP-Jual : paketan buku sekolah kurikulum baru sd smp 2013. Hub cepat 081937768871 / pin 25E799cf MP-Jual : rumah renov 2 lt 7x12m, 4 Kt, 1 Kt, 900W, PAM & Smr, lok Taman Permata Sari Wagir, hrg 250jt nego. 03419719453/08133644775 MP-jual : jual kucing persia anakan hub bu tatik no telp 0341-480622 malang. MP-Jual : meja bundar jati 10jt harga murah. Hub 081333328000

MP-Jual : Samsung CHAMP DELUXE GT-C3312 2kartu , lengkap 450rb. Hub 083848004526

MP-Jual : Projector epson, Ben Q, LG, Optima, Infocus, tripod n wallscreen, camera cctv, alat kasir malang-bali-kediri hub 03417807018/0361-8009909/08125254672

MP-Jual : spring bed merk Elite ukrn 160x200 kondisi bagus, pak engkin telp 085607070335

MP-Jual : Krei bambu, pagar kayu, pintu toko triplek bks borongan 300rb saj ambil sendiri di pksaji, cpt

MP-Cari : sopir antar jemput anak sklh gj 900 tp cari penumpang sendiri simA domsili pksaji sektrnya hub 082131499455

MP-Cari : cat n keramik lantai murah, sy beli, hub 085649650610/03418488014 MP-Cari : rmh/ruko u/kantor 1 th byr sewa +15% dng pembayaran mundur 1 th. 08564950610

MP-Cari : pembantu rumah tanggal, tinggal dalam janda/lajang, haji minimal 600rb, makan 3x, kamar sendiri. Sms 03412138666

MP-Cari : Pegawai serabutan pengiriman aqua gln jamkerja 8-6 sore. Atau jam 10-8 malam, gaji 962+bns disiplin 100+bns kiriman+makan dlm, gaji trn 832 hub 9070778

MP-Cari : Teknisi bisa Rakit n Jaringan Komputer diutamakan pengalaman, Lulusan SMK Gaji awal 700rb, 3 bln dpt Uang Makan 150rb hub 0341-7807018 / 08125254672

MP-Cari : wanita slta sederajat untuk menjadi operator computer. Gaji menarik, berminat datang dan bawa lamaran ke Farsya computer, jl watuaji 1/sebelah Unibraw. Tlp 081944922510

MP-Cari : Vespa standart harga 1 jtan hub08989393180

MP-Cari : kasir shift wanita, sma tidak punya anak kecil, gaji 600rb, sms 08388000173


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Dominasi Vettel

MONZA - Sebastian Vettel keluar sebagai pemenang balapan GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (8/9) malam WIB. Memimpin sejak awal lomba, pembalap Red Bull itu tampil dominan dan juara. Vettel sukses memaksimalkan pole po position yang diraihnya di sesi kualifikasi. Dia tak ta membuat kesalahan sama sekali dan selalu aman am di posisi terdepan. Vettel akhirnya finis paling awal dalam balapan da

di Monza

10

sepanjang 53 lap ini. Dia membukukan waktu total 1 jam 18 menit 33,352 detik. Posisi kedua jadi milik jagoan Ferrari, Fernando Alonso. Alonso finis 5,4 detik di belakang Vettel. Rekan setim Vettel di Red Bull, Mark Webber, juga naik podium setelah finis ketiga. Di belakang Webber, ada Felipe Massa, Nico Hulkenberg, Nico Rosberg , Daniel Ricciardo, Romain Grosjean, Lewis Hamilton, dan Jenson Button. (jpnn/lim)

HASIL BALAPAN GP ITALIA 1. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault 53 laps 1hr 18m 33.352s 2. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 05.4s 3. Mark Webber Australia Red Bull-Renault +00m 06.3s 4. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari +00m 09.3s 5. Nico Hulkenberg Germany Sauber-Ferrari +00m 10.3s 6. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 10.9s 7. Daniel Ricciardo Australia Toro Rosso-Ferrari +00m 32.3s 8. Romain Grosjean France Lotus-Renault +00m 33.1s 9. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes +00m 33.5s 10. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +00m 38.3s 11. Kimi Raikkonen Finland Lotus-Renault +00m 38.6s 12. Sergio Perez Mexico McLaren-Mercedes +00m 39.7s 13. Esteban Gutierrez Spain Sauber-Ferrari +00m 40.8s 14. Pastor Maldonado Venezuela Williams-Renault +00m 49.0s 15. Valtteri Bottas Finland Williams-Renault +00m 56.8s 16. Adrian Sutil Germany Force India-Mercedes +1 lap 17. Charles Pic France Caterham-Renault +1 lap 18. Giedo van der Garde Holland Caterham-Renault +1 lap 19. Jules Bianchi France Marussia-Cosworth +1 lap 20. Max Chilton Britain Marussia-Cosworth +1 lap

Nadal Tantang Djokovic di Final AS Terbuka NEW YORK - Rafael Nadal tak menemui kesulitan berarti saat bertemu Richard Gasquet di semifinal AS Terbuka. Menang tiga set, Nadal bakal menantang Djokovic di final. Nadal yang merupakan unggulan kedua akan menghadapi unggulan pertama Djokovic pada partai final yang dihelat Senin besok atau Selasa dinihari WIB. Pada pertandingan yang dihelat di Flushing Meadows, Minggu (8/9/2013) dinihari WIB, Nadal menang 6-4, 7-6, dan 6-2 dalam waktu 2 jam 21 menit. Di set pertama Nadal mendominasi sejak awal game, namun Gasquet sempat bangkit dan bikin skor 2-3. Nadal kemudian unggul 5-4 sebelum akhirnya pengembalian bola dari Gasquet keluar

lapangan dan membuat lawannya menutup set ini dengan 6-4. Masuk di set kedua, laga kian sengit karena Gasquet mampu memberi perlawanan kepada Nadal dan bahkan sempat memimpin dua kali, 3-4 dan 4-5, sebelum akhirnya skor sama kuat 6-6. Masuk di tie break, Nadal dengan mudah menang 6-1. Di set ketiga penampilan Gasquet menurun dan ini memudahkan Nadal untuk memimpin 4-1 sebelum menuntaskan set ini dengan 6-2. Tahun 2012, Nadal absen lantaran cedera lutut. Sementara Djokovic kembali melaju ke final, lalu kemudian dikalahkan oleh Andy Murray 6-7, 5-7, 6-2, 6-3, dan 2-6. “Tahun lalu saya tidak mendapatkan kesempatan bermain di lapangan ini,” ujar Nadal seperti dilansir Reuters. “Bisa ke final pada hari Senin nanti rasanya seperti mimpi buat saya. Dua pekan

Tokyo Tuan Rumah Olimpiade 2020

Rafael Nadal

terakhir berjalan luar biasa buat saya,” katanya. Layak untuk dinantikan pertandingan antara Nadal vs

Djokovic di final. Apakah hasilnya akan seperti tahun 2010 atau 2011? (jpnn/lim)

BUENOS AIRES - Olimpiade 2020 sudah menemukan kota penyelenggaraan. Setelah melewati dua kali voting, Tokyo memenangi bidding setelah mengalahkan Istanbul dan Madrid. Pada pertemuan Komite Olimpiade Internasional di Buenos Aires, Minggu (8/9) dinihari WIB, Tokyo meraih suara terbanyak dari 103 anggota komite IOC dengan 60 suara berbanding 36 milik Istanbul. Pemilihan harus dilakukan dua kali karena pada ronde pertama, Tokyo dan Istanbul sama-sama berimbang dan Madrid harus gugur lebih dulu. Dengan didaulat jadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2012, maka Tokyo untuk kedua kalinya menggelar pesta olahraga dunia itu setelah yang pertama pada tahun 1964. “Selama untuk kota Tokyo yang terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2020,” ujar Presiden IOC, Jacques Rogge, seperti dikutip Sky Sports. “Tokyo memperlihatkan teknik bidding yang sangat bagus dan itu dibutuhkan untuk bersaing dengan dua negara kuat seperti Istanbul dan Madrid,” sambungnya.(jpnn/lim)

AAKMAL Semakin Terdepan di Malang Raya PEMBUKAAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS/OSPEK MABA Pembukaan pengenalan kehidupan kampus / OSPEK mahasiswa baru Akademi Analis Kesehatan Malang (AAKMAL) yang dimulai 5 s/d 7 September 2013 dibuka langsung Direktur AAKMAL Dr. Heri Sudarsono, MM. Hadir di acara tersebut Ketua Dewan Pendiri AAKMAL H. Imam Abda’i SH.SE.MM.Kes, Pudir I Mei Suprayudi SSi.MM dan 80 mahasiswa Baru tahun akademik 2013-2014. Menurut H. Imam Abdai, AAKMAL semakin terdepan di Malang Raya karena animo masyarakat untuk memasukkan putra-putrinya ke kampus ini semakin tinggi. ‘‘Ini terlihat dari semakin bertambahnya mahasiswa masuk ke AAKMAL setiap tahun. Baik dari Malang raya sendiri maupun dari luar Jawa, seperti Kalimantan, NTT dan sumatera,’’ ungkapnya. FOTO-FOTO DAN TEKS: ZAENAL ARIFIN/ MALANG POST

ALMAMATER: Direktur AAKMAL Dr. Heri Sudarsono MM menyematkan jas Almamater ke mahasiswa Baru.

SAMBUTAN : Ketua Dewan Pendiri H. Imam Abda’i SH. SE. MM. Kes memberikan sambutan di acara pembukaan pengenalan kehidupan kampus/OSPEK AAKMAL 2013-2014.

PEMATERI-PANITIA: Setelah memberikan materi penanggulangan bencana alam, Ketua FPBI Yohannes foto bersama dengan panitia Ospek AAKMAL.

MAHASISWA BERPRESTASI: Pudir 1 AAKMAL Mei Suprayudi SSi, MM memberikan penghargaan Kepada Wempy Arizona sebagai mahasiswa berprestasi (juara I) selama empat semester,

RAMAH: Ketua Dewan Pendiri AAKMAL H. Imam Abda’i SH.SE.MM.Kes mendatangi mahasiswa baru dan berbincang ramah sembari perkenalan.

TERBAIK: Andik memberikan hadiah kepada mahasiswa terbaik dalam mengikuti OSPEK dari awal sampai akhir kegiatan

PEMBEKALAN: Dewan Pendiri H.M Saleh Ali SH. SE.MM menyampaikan materi pembekalan kepada Mahasiswa Baru AAKMAL

GAME SERU: Berbagai permainan dilakukan oleh panitia OSPEK untuk mendidik mahasiswa baru AAKMAL agar siap mental sebagai tenaga analis yang handal. REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: ABDEE


SAMBUNGAN 31 Dewa Dewi Diarak Keliling Kota diikuti kontingen lokal dari lintas agama dan kepercayaan yang turut berpartisipasi. Dari organisasi masyarakat seperti Ansor yang menampilkan tarian sakera. Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Malang dan Kabupaten Malang menampilkan tari Bali. Juga ada Komunitas Kristen GKJW menyuguhkan serta tim gamelan dan karawitan. Bahkan ikut pula pondok pesantren di Kota Malang yang memberi suguhan terbang jidor. ‘’Kalau dihitung setiap kontingen membawa tak kurang dari 50 orang,’’ terang dia. Selain organisasi lokal, juga turut serta dalam kirab, Perhimpunan Tempat Ibadah Tri Dharma (PTITD). Di Jawa Timur ada sekitar 41 tempat ibadah tri dharma atau klenteng di seluruh Jawa Timur. ‘’Yang ikut dalam kirab ini, sekitar 31 kelenteng, merayakan

ulang tahun atau she jit eng an kiong saat ini,’’ aku Ketua PTITD se-Indonesia Komisariat Daerah (Komda) Jawa Timur Gunawan Sugianto atau Go Sik Kian. Kirab kali ini lebih besar dari tahun sebelumnya, dengan rute seputar Jalan Gatot Subroto, Jalan Kertanegara, Jalan Kahuripan, Jalan Basuki Rahmad, kawasan alun-alun timur menuju ke klenteng, Kirab Eng An Kiong biasanya dilakukan tiga tahun sekali, mulai 2003, 2007, 2010 dan 2013. Klenteng Eng An Kiong memiliki arti istana keselamatan dalam keabadian Tuhan. Hari ulang tahunnya jatuh tanggal 6 bulan 6 tahun imlek atau 13 Juli 2013. Klenteng tersebut dibangun pada tahun 1825 diprakarsai keturunan ketujuh Dinasti Ming, yang bernama Letnan Kwee Sam Hway. (ary/avi)

SK Abah Anton Sudah Diteken Sambungan dari Hal 1 ‘’Pihak sekretariat Kemendagri sudah menelpon kami kalau SK sudah diteken. Tapi, karena SKnya belum diambil, saya tidak bisa menyebutkan berapa nomornya. Yang penting SK sudah siap dipergunakan landasan hukum pelantikan,’’ ujarnya. Jika tidak ada halangan, lanjut mantan Kabag Bantuan Hukum Pemprov Jatim ini, SK akan diambil sendiri oleh Suprayitno Kabiro Administrasi Pemerintahan, Selasa besok. Sebab, SK pelantikan kepala daerah memang tidak bisa diwakilkan dan harus diambil pejabat setingkat eselon II atau Kabiro. ‘’Senin besok (hari ini, Red.)

Pak Karo ada acara di Bandung. Esoknya, Selasa akan langsung ke Jakarta mengambil SK pelantikan wali kota. Tapi, karena SK itu sifatnya rahasia, biasanya tidak boleh diumumkan nomornya sebelum dibacakan saat pelantikan,’’ kilah Yuyun meyakinkan. Disebutkan dia, acara gladi bersih pelantikan akan digelar Kamis malam di Gedung DPRD Malang. Gladi bersih, akan langsung dipandu Pemprov Jatim dan calon wali kota terlantik, tidak harus hadir di lokasi pelantikan. ‘’Jadwal gladi Kamis setelah Isyak sekitar 19.00 WIB. Gladi pelantikan akan dilanjutkan den-

gan gladi serah terima PKK Kota Malang dari pejabat lama ke pejabat yang baru,’’ kata Yuyun dengan menyebut untuk keperluan kegiatan ini pihaknya minta alokasi 27 lembar undangan. Ditambahkan dia, seluruh kebutuhan terkait atribut pejabat yang akan dilantik menjadi tanggung jawab Pemkot Malang. Pemprov Jatim hanya menyediakan topi (pet) dan tanda jabatan (eblem) untuk kedua pejabat. ‘’Sudah siap semuanya. Tapi, saya tidak tahu, eblemnya dari emas atau bukan. Yang jelas sudah disiapkan. Termasuknya pet-nya,’’ pungkasnya. (has/avi)

Putra Ahmad Dani Setir Lancer, 6 Orang Tewas Sambungan dari Hal 1 ‘’Mobil Lancer B 80 SAL datang dari arah selatan, menuju utara. Karena tidak konsentrasi menabrak pagar pemisah sehingga masuk jalur berlawanan nyebrang,’’ jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto, kemarin. Minggu (8/9/2013). Akibat kecelakaan tersebut, enam orang tewas. Empat diantaranya tewas di tempat. Termasuk sembilan luka berat. Dul sendiri, mengalami patah tulang kaki dan pinggul. Harus dilakukan dua kali operasi untuk Dul. Dari hasil olah TKP, meski belum ada kesimpulan, polisi meyakini mobil yang dikemudikan Dul, melaju kencang. ‘’Ya kalau mobil itu tidak cepat, bagaimana dia bisa melaju menabrak guardrail, terlempar dengan melawan arus. Tapi memang kecepatannya tinggi,’’ tambah AKBP Hindarsono, Kasubdit Penegakan Hukum Polda Metro Jaya usai memimpin olah TKP di Tol Jagorawi. Olah TKP melibatkan tim labfor Mabes Polri, Satwil Lantas Jakarta Timur, Korlantas Metro Jaya. Dan dilakukan selama hampir 3 jam. Belum diketahui berapa kecepatan mobil tersebut. Keanehan pun terjadi dari jejak ban yang berada di TKP. Hanya terlihat 1 bekas ban berwarna hitam dari lajur 2 menuju lajur 4 hingga menabrak pembatas jalan tol. ‘’Mungkin posisi kendaraan sudah

mulai oleng. Diduga ngedrift. Tapi ini kita belum tahu,’’ lanjutnya. Meski saat ini dalam kondisi luka, polisi tetap akan memproses Dul secara hukum. Tapi karena masih berusia di bawah umur, Dul akan mendapatkan perlakuan khusus dalam proses penyidikan kasus kecelakaan yang melibatkannya itu. Nantinya dalam pemeriksaan, ujar Rikwanto, Dul harus didampingi oleh orangtuanya. Sedangkan Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Perlindungan Anak, Seto Mulyadi menyebut, Ahmad Dhani turut bersalah atas kecelakaan maut yang melibatkan anaknya. Sebab saat anaknya belum dewasa, Dhani telah memberi kebebasan memiliki dan mengendarai mobil yang belum sah dikendari seseorang di bawah 17 tahun. ’’Orang tua tentu saja sebetulnya juga bisa ikut (disalahkan) karena telah melakukan pembiaran sehingga anaknya melakukan tindakan demikian. Tapi kan tergantung kepolisian juga nantinya akan bagaimana,’’ ujar Seto Mulyadi. Sementara M Ihsan, Komisioner KPAI, menyarankan aparat hukum jangan terburu-buru mengambil langkah pengusutan terhadap Abdul Qodir Jaelani alias Dul. ‘’Dipertimbangkan sebagai anak yang berhadapan dengan hukum, harus dilindungi dari dampak proses hukum dengan menerapkan diversi,

yaitu mengalihkan keluar proses hukum dengan pendekatan restorative justice. Yaitu musyawarah antara korban dan pelaku melalui mediasi oleh lembaga yang berwenang atau masyarakat,’’ ujar Ihsan. Mediasi ini, kata Ihsan, untuk memberi kompensasi pada korban dan Dul, setelah sembuh dari perawatan, cukup mengikuti program pembinaan sesuai dengan putusan hasil mediasi. Untuk itu KPAI menyarankan agar putra musisi Ahmad Dhani ini dilakukan pembinaan. Sedang Indonesia Police Watch mendesak kepolisian segera menyelesaikan tes urine dan darah terhadap Dul. Jika diketahui menggunakan narkoba, ancaman hukum terhadap Dul akan lebih berat lagi. ‘’IPW mendesak polisi segera menyelesaikan tes urine dan tes darah terhadap Dul. Jangan sampai kasus kecelakaan yang melibatkan putra Hatta Radjasa terulang dalam kasus Dul. Di mana kasus putra Hatta Radjasa penuh rekayasa hingga mendapat keistimewaan dan tidak dihukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,’’ ujar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane. Menurut Neta, Dul bisa dikenakan pasal berlapis. Yakni belum cukup umur sudah mengemudikan mobil, mengemudikan mobil tidak memiliki SIM, dan akibat kelalaiannya menyebabkan orang lain tewas. (jpnn)

Dancer SMAN 10 Panaskan Suasana Sambungan dari Hal 1 ‘’Kegiatan ini sangat spesial, karena didukung Alfamart. Ada banyak hiburan dan hadiah,’’ kata Sudarno Senam, Koordinator Senam SDI, dihadapan Senamer kemarin. Sebetulnya bukan kali pertama Alfamart mendukung penuh kegiatan senam SDI. Tapi pagi kemarin, nuansanya betul-betul berbeda. Stand belanja Alfamart, tidak jauh dari panggung senam, diserbu peserta lantaran banyak barang yang dijual dengan harga promo. “Struk belanja bisa dimasukkan kotak, nanti diundi untuk mendapatkan banyak hadiah,’’ kata Sudarno. Sebelum senam, peserta juga asyik berjoget lewat iringan musik dangdut, yang dibawakan penyanyi bintang tamu. Lebih meriah lagi ketika siswa SMAN 10 melakukan perform dance di atas panggung. Gerakan-gerakan dance yang atraktif ditirukan Senamer di bawah panggung. Sementara Senam Sehat Demi Indonesia sendiri baru dimulai pukul 06.30. Tiga instruktur reguler yaitu Farida Ariyani, Sugeng Bahenol, dan Ellen Yuliana langsung naik panggung, dan memimpin senam. Diawali dengan gerakan pemanasan. Selama 10 menit, Sugeng memimpin gerakan pemanasan

dengan menggerakkan kepala, tangan serta kaki. Setelah itu senam dilanjutkan dengan gerakan-gerakan low mix. Meskipun hanya gerakan low mix, keringat para pesenam terlihat mengucur deras. Kombinasi gerakan yang diciptakan Sugeng betulbetul membuat peserta ngos-ngosan. Bahkan lantaran banyaknya gerakan, tidak sedikit dari Senamer yang istirahat lebih dulu untuk minum. “Mana suaranya,’’ teriak Sugeng, yang seketika dijawab riuh para senamer. Setelah 1,5 jam memimpin senam, para instruktur pun mengakhiri gerakan low mixnya untuk memberikan waktu peserta beristirahat. “Nanti akan ada gerakan pendinginan,’’ kata Farida sebelum meninggalkan panggung. Sementara saat istirahat, peserta senam kembali mendapatkan hiburan dari siswa SMAN 10 yang kembali unjuk gigi dengan dance. Ketiganya terlihat sangat atraktif, meski matahari cukup terik. Para Senamer pun kian terhibur, saat Yanti, seorang pesenam naik panggung untuk berjoget Caesar. Joget dengan iringan lagu Buka Sedikit Jos ini, memang sedang marak. Terbukti, banyak peserta se-

11

KPK Gandeng Malang Post Gelar ACFFEST

Sambungan dari Hal 1 Dalam kirab tersebut, kerjasama diperlukan para pembawa joli. Semakin apik kerjasama mereka, maka bebannya akan ringan sama dipikul. ‘’Peserta sekitar 2000 orang, dari berbagai kontingen luar Malang,’’ tegasnya. Antara lain Banyuwangi, Jember, Blitar, Kediri, Sidoarjo, Mojokerto, Nganjuk, Batu, Tulungagung, Surabaya, Kertosono, Pamekasan, Semarang, Besuki, Magelang, Tegal, Rogojampi, Gudo, hingga Jakarta. Para peserta menginap di klenteng selama sekitar satu hari satu malam. ‘’Anggaran untuk kegiatan ini sekitar Rp 600 juta, meliputi pula penginapan dan konsumsi peserta, kalau transportasi mereka menanggung masing-masing,’’ urai dia. Lantaran namanya juga kirab budaya, tak hanya menyuguhkan ritual tionghoa saja. Dalam kirab juga

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

nam ikut berjoget. Hal inilah kemudian dimanfaatkan Sudarno, untuk bagi-bagi hadiah. ‘’Ada uang Rp 250.000, untuk lima pemenang joget Caesar, ayo semuanya ikut berjoget Caesar,’’ katanya. Untuk menilai gerakan joget Caesar sendiri, Sudarno meminta tiga instruktur senam untuk menilai. Satu persatu peserta ditarik untuk naik panggung. Termasuk Manager Marketing Alfamart Cabang Malang, Awal Tri Tjahyono, yang kemarin juga terlihat sangat bersemangat, ditarik tangannya untuk naik panggung, dan berjoget bersama finalis lain untuk joget Caesar. Seperti janjinya, Sudarno langsung memberikan uang Rp 250.000 kepada lima pemenang. Tapi khusus Awal, Sudarno memberikan uang Rp 500.000. Itu karena, Awal mendapat dukungan penuh para peserta senam atas joget Caesarnya. Tepuk tangan riuh pun terdengar saat Awal menerima hadiah uang tunai tersebut. ‘’Ada dua sesi lomba goyang Caesar. Pertama untuk lima pemenang masing-masing mendapatkan Rp 50.000, dan kedua untuk pak Awal mendapat Rp 500.000 karena berjoget all out,’’ kata Sudarno, sembari tersenyum. (vik/avi)

MALANG-Management Systems International (MSI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI akan menyelenggarakan Festival Film Anti Korupsi (ACFFEST) 2013. ACCFFEST sendiri akan road show ke sejumlah kota di Indonesia, salah satunya Kota Malang pada 21 September 2013. Di Bhumi Arema ini, MSI dan KPK menggandeng Malang Post sebagai media partner. Kerjasama tersebut telah disepakati dalam kunjungan Agus Ramdan Supriatna Film Festival Team Leader dan Fadila Ayu Hapsari Film Festival Programmer MSI. Ikut serta pula dalam kunjungan itu Arief Akhmad Yani dari Komunitas Lensa Mata Malang. mereka ditemui Pemimpin Redaksi Malang Post Sunavip Ra Indrata dan perwakilan Malang Post Forum. “ACFFEST ini sebagai upaya untuk mendukung KPK dalam pemberantasan korupsi, khusus di Kota Malang yang akan jadi central road show di Jawa Timur, kami berkeinginan menjalin kerjasama dengan Malang Post,“ ungkap Agus Ramdan Supriatna. Menurut Agus sapaan akrabnya, pendidikan anti korupsi seharusnya disosialisasikan kepada masyarakat

RIZAL FANANY/MALANG POST

KERJASAMA : Agus Ramdan Supriatna Film Festival Team Leader Management Systems International (MSI) bertemu Pemred Malang Post Sunavip Ra Indrata, kemarin.

dengan berbagai media. Salah satunya adalah media film, terutama karena banyak karya film indie bertema anti korupsi. “ Rupanya banyak film bertema anti korupsi yang dibuat oleh anak bangsa, dan itu yang akan ditampung dalam festival,“ katanya. Kategori Film Festival sendiri, antara lain film fiksi panjang [umum], film fiksi pendek [umum & pelajar], dokumenter panjang [umum ], dokumenter pendek [umum & pelajar], animasi 2d/3d [umum & pelajar] dan games animasi [umum & pelajar].

“Kota Malang menjadi kota pertama jujugan roadshow itu, pada 21 September mendatang,“ tandas dia. Sementara itu, Pemimpin Redaksi Malang Sunavip Ra Indrata mendukung penuh kerjasama ini. Tak ada rasa risih sedikitpun dari Malang Post untuk mendukung upaya sosialisasi anti korupsi. Selain itu, koran harian ini juga memiliki Malang Post Forum yang telah menggelar kegiatan seputar film. “Kami akan memberikan dukungan untuk kegiatan ini, sebagai sebuah media, tentu dalam hal publikasi,“ tegasnya.(ary)

Rakernas tanpa Rekomendasi Nama Capres JAKARTA – Seperti diduga, Rakernas III PDIP tidak merekomendasikan nama yang akan diusung sebagai capres. Namun, rakernas memberikan kriteria mengenai pemimpin nasional mendatang. PDIP menyatakan, kepemimpinan nasional yang disiapkan adalah kepemimpinan transformatif yang mampu menghadapi tantangan politik, ekonomi, dan sosial. Termasuk, menghadapi situasi krisis akibat melemahnya kedaulatan nasional, ketergantungan impor, dan meningkatnya konflik sosial. Selain memenuhi aspek ideologis, pasangan capres-cawapres yang diusung PDIP harus mencerminkan kemampuan mengelola pemerintahan yang andal. Mayoritas DPD-DPC memang menyebut nama Jokowi sebagai capres dari PDIP. Namun, keputusan akhir ada di tangan Megawati. “Ibu Ketum menanggapi semua masukan yang ada,” kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga

mengakui, banyak yang mengangkat nama gubernur DKI Jakarta tersebut sebagai capres. Mengenai waktu pengumumannya, ada usul dilakukan pada 10 Januari, bertepatan dengan ulang tahun partai. “Sehingga, tidak terlalu dekat dengan pileg dan pilpres, tapi juga tidak terlalu jauh,” katanya. Sementara itu, Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya tidak memutuskan capres dalam forum rakernas III karena menilai terlalu dini. “Kalau sekarang terlalu prematur karena kita perlu melihat perkembangan dinamika masyarakat,” ujarnya. Dia menampik anggapan bahwa PDIP sengaja menyimpan nama capresnya karena khawatir akan ada serangan dari para rival. Djarot juga menegaskan, partainya tidak bisa diintervensi. “Tidak ada ketakutan, tapi kami punya waktu yang tepat untuk memutuskan. Kami juga tidak bisa didikte dari luar,” tegasnya. Di tempat terpisah, Peneliti Senior CSIS Philip J. Vermonte mendorong

PDIP untuk melakukan konvensi. Menurut dia, selain sosok Jokowi, banyak sosok potensial di dalam internal partai berlambang banteng dengan moncong putih itu yang siap maju sebagai capres. “Selama dua periode oposisi, ada banyak tokoh PDIP yang siap menjadi pemimpin. Banyak kader bagus yang dimiliki PDIP,” ujar Philip di Jakarta, kemarin. Menurut Philip, belum pastinya sosok capres yang ditetapkan PDIP bisa jadi karena pertimbangan keberadaan tokoh-tokoh itu. Masa bakti sejumlah tokoh lain jauh lebih lama daripada sosok Jokowi yang tampak menonjol sejak dirinya menjadi wali kota Solo. “Mungkin Megawati masih berpikir kalau sekarang menetapkan Jokowi, kader lain yang sudah lama akan kecewa,” ujarnya. Karena itu, konvensi bisa menjadi opsi pemilihan kandidat capres yang lebih demokratis daripada penetapan langsung. (fal/bay/c7/fat)

Aremania Sumbang Rp 10 M Sambungan dari Hal 1 Haris menyebut dengan tingkat kebocoran tiket yang begitu rendah, sekaligus rata-rata penonton tiap pertandingan, panpel Arema disebut-sebut sebagai panpel tersukses dengan pendapatan tiket tertinggi di ISL. ‘’Dengan rekor rata-rata penonton, sekaligus pendapatan klub yang nilainya cukup besar karena kebocoran tiket yang kecil, kita adalah klub dengan pemasukan terbesar di

ISL dari sisi tiketing,’’ ungkap Kepala UPTD Stadion Kanjuruhan itu. Perlu diketahui, Laga kontra Sriwijaya FC menjadi laga kandang yang paling penuh sepanjang sejarah Stadion Kanjuruhan sebagai kandang Arema. Jumlah Aremania yang datang dalam stadion mencapai 40.002 orang. Sementara, pertandingan kedua di putaran kedua saat menjamu Persiwa Wamena mencatatkan rekor stadion dengan jum-

lah penonton paling sedikit. Yakni sekitar 9142 suporter. Sebelumnya, Arema harus mengalami satu-satunya kekalahan kandang musim ini dari Persipura Jayapura begitu putaran kedua ISL 2012/2013 berjalan. Praktis, kekalahan ini mempengaruhi jumlah penonton laga Arema-Persiwa yang digelar beberapa hari setelah kekalahan dari Persipura. (fin/avi)

Baru Pertama Kali Turun Langsung Tembus Lima Besar Sambungan dari Hal 1 Catatan waktu bakal terpangkas habis, paling apes mobil terjungkir karena gagal menguasai medan. Tak sedikit pembalap megap-megap mengatasi ketegangan di belakang roda kemudinya sendiri. Begitu finish, ketegangan tak kunjung memudar dari wajah polos Billy. Bergegas dia menanyakan catatan waktu yang mampu dibukukannya. Tak lama jawaban memuaskan dia dapatkan, 4 menit 43 detik. Senyum sumringah pun langsung menghiasi wajah pemuda kelahiran 13 Agustus 1996 itu. Siapa sangka, torehan impresif itu sukses menempatkan siswa kelas XII SMAK Corjesu itu di deretan lima besar kategori Jeep event sprint rally yang dihelat di Villa Bukit Tidar tersebut. Putra tokoh otomotif Jatim, Ir R Agoes Soerjanto itu mampu bersaing dengan empat pembalap kaliber nasional yang menduduki empat peringkat di atasnya. “Awalnya gugup juga. Ini baru pertama kali saya ikut sprint rally. Ternyata langsung dapat nomor lima,” ujarnya antusias. Yang mengejutkan, selain baru pertama berpartisipasi di event sprint rally, nyatanya Billy bahkan baru latihan dua hari sebelum race. Dalam tempo sesingkat itu, anak dari Dyah Mayangsari itu bisa menaklukan sirkuit dan mampu mengendalikan mobilnya dengan baik. “Saya cuma latihan satu kali saja, hari Jumat (6/9),” bebernya didampingi sang navigator, Sukma ‘Ocol’ Putra yang juga dikenal sebagai pembalap nasional. Ketertarikan Billy pada dunia otomotif juga belum lama. Sebelumnya, pemuda yang sering dipanggil Kiedz ini lebih aktif menggeluti olahraga menembak. Dia tercatat sebagai anggota komunitas Malang Air Softgun. Sang papa lah yang menginspirasinya untuk menerjuni dunia ‘kebut-kebutan’. Selama ini, Agoes Soerjanto memang dikenal sebagai tokoh oto-

motif dan juga sempat aktif menjadi pembalap. Bulan Agustus lalu, salah satu perusahaan yang dikomandani Pembina Federasi Otomotif Malang (FOM) itu, Ijen Nirwana menjadi tuan rumah event rally time nasional. Ajang itulah yang menandai kiprah Billy di dunia otomotif. “Sebelumnya ya cuma ikut rally time itu saja. Kebetulan ada event sprint rally ini. Teman-teman mengajak dan keluarga sangat mendukung. Akhirnya saya ikut, dan rasanya saya akan lebih aktif berpartisipasi di eventevent berikutnya,” serunya. Keberadaan Sukma ‘Ocol’ Putra sebagai navigator dianggap Billy sebagai salah satu biang suksesnya. Berbekal seabrek pengalaman, pria ceking itu mampu memandu Billy dengan cekatan. Alumni SMP Corjesu itu dinilai banyak menunjukkan progress signifikan. “Sebelumnya dia ‘demam panggung’ dan sering terlalu bernafsu. Sekarang sudah semakin mampu mengendalikan diri. Jadi, adaptasi semakin mudah dan perkembangannya makin pesat,” tutur sang navigator merangkap mentor. Pujian kepada Billy pun mengalir deras. Sebagai pembalap pemula, dia dianggap mereprentasikan talenta bibit-bibit lokal Malang yang bakal bersinar di pentas nasional di kemudian hari. Tokoh otomotif Jatim, Ir R Freddy Budi Kuswandoko mengapresiasi kiprah Billy yang fenomenal. “Banyak sekali muka-muka baru yang menghiasi race kali ini. Diantara sejumlah pembalap pemula, Billy cukup menonjol. Dia mampu bersaing dengan nama-nama beken di keikutsertaan pertamanya,” urai Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim itu. Pria yang akrab dipanggil Gembreng itu juga memuji kegigihan komunitas sprint rally Malang-Surabaya yang menghelat event dengan biaya

patungan tersebut. Vakum selama 10 tahun jelas mengisyaratkan bahwa bukan perkara mudah untuk menyelenggarakan event sprint rally di Jawa Timur. “Selain tidak banyak lahan yang bisa dipakai, untuk mengadakannya juga butuh biaya yang tidak sedikit. Jauh lebih mahal dibandingkan drag atau time rally. Selama ini yang lebih sering digelar mungkin speed of road,” imbuhnya kepada Malang Post. Hal itu diamini pimpinan lomba, Audi Kristanto. Minimnya sponsor dan sirkuit yang representatif menjadi penghalang para pecinta sprint rally untuk menyalurkan hobby sekaligus mengasah kemampuannya. “Sepanjang tahun ini, nyaris tidak ada event. Agar ada greget, kami harus mengumpulkan para pembalap dulu melalui latihan bersama. Tentunya tetap dikemas layaknya kejuaraan,” papar pria berkacamata ini. Audi berharap event ini bakal memancing sponsor dan pihak IMI sebagai induk organisasi agar lebih aktif memberi support. “Agar event sprint rally tidak mati suri. Pembalap Jatim butuh sarana untuk menunjukkan bakatnya. Kalau banyak event di Jatim, tentu mereka tidak perlu jauhjauh ke daerah lain. Kami yakin bahkan yang dari luar pulau akan antusias ke sini,” tambah pecinta otomotif yang berencana menggelar kejuaraan sprint rally pada 28-29 September mendatang. Total event sprint rally yang dilangsungkan di Villa Bukit Tidar, kemarin, diikuti 64 peserta asal regional Jatim hingga sejumlah pembalap dari Jawa Tengah. Tiga kelas yang dilombakan meliputi kategori Sedan Front Wheel Drive, Sedan Rear Wheel Drive dan Jeep. Sebanyak 34 diantaranya mengikuti kelas Jeep yangmana Billy mampu menembus lima besar. (tommy yuda pamungkas) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


AREMA INDONESIA The Power is Ours

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

12

Dua Laga Pamungkas Boyong 20 Pemain MALANG – Semalam (8/9), 20 pemain Arema Indonesia berangkat dari Malang menuju Sentani, Papua. Keberangkatan ini dalam rangkaian persiapan Singo Edan lawan Persidafon Dafonsoro Rabu (11/9) mendatang. Pelatih Arema Indonesia Rahmad Darmawan (RD) membawa 20 pemain yang dipersiapkan untuk menghadapi Persidafon dan Persiram Raja Ampat (15/9). “Kita membawa 20 pemain, untuk dua pertandingan di tur Papua terakhir. Kita bawa komposisi pemain yang seimbang, karena ingin memaksimalkan poin di dua laga,” ungkap RD kepada Malang Post kemarin. Dari list yang ada, nama Kurnia Meiga Hermansyah masih tak bisa dilepaskan dari Arema. Adik kiper senior Ahmad Kurniawan itu tetap jadi pilihan utama tim pelatih. Sementara, sang kakak tidak diboyong. Sebaliknya, kiper senior lainnya, I Made “Kadek” Wardana yang dibawa ke Papua. Kadek memang jadi pilihan terbaik setelah Meiga. Untuk melindungi gawang

20 Pemain Tur Papua Kurnia Meiga I Made Kadek Wardana Benny Wahyudi Gilang Ginaarsa Purwaka Yudi Thierry Gathuessi Victor Igbonefo Hasim Kipuw Dedi Kusnandar I Gede Sukadana Irsyad Maulana Engelberd Sani Edmar Garcia Hendro Siswanto Joko Sasongko Greg Nwokolo Kayamba Gumbs Beto Goncalves Cristian Gonzales Sunarto

RIZAL FANANY/MALANG POST

LATIHAN TERAKHIR: Sunarto dkk latihan terakhir sebelum berangkat ke Papua menghadapi Persidafon dan Persiram. Arema, RD telah memilih enam pemain. Yakni Benny

Wahyudi, Gilang Ginarsa, Purwaka Yudhi Pratomo, Thierry

“Kita bawa pemain belakang dengan kondisi paling siap,

karena dua pertandingan di Papua sama-sama melelah-

Galang Dana di Menpora Cup

WAHYU KHRISNA/ MALANG POST

GALANG DANA: Aremania terus mencari dana untuk Aremania yang mengalami korban kecelakaan. MALANG – Penggalangan dana untuk Aremania Pujon Ahmad Suhadi masih terus berlanjut. Aksi penggalian dana yang dilakukan nawak-nawak Aremania di depan

Gathuessi, Victor Igbonefo dan Hasim Kipuw.

kantor Arema terus dilakukan, sejak Sabtu lalu. Pencarian dana untuk operasi Suhadi yang mencapai Rp 250 juta terus digalakkan, sehingga berapapun nilai yang diberikan bisa

meringankan beban korban. Dirijen Aremania, Yuli Sumpil menyebut, penggalangan dana bakal dilakukan juga saat gelaran turnamen Menpora Cup 2013 dihelat mulai 20 September 2013. “Nanti saat Menpora Cup, kita juga bakal menyebar kotak penggalangan dana, demi memaksimalkan bantuan untuk Suhadi,” terang Yuli kepada Malang Post. Pertandingan turnamen pra musim memang bisa menjadi kesempatan Aremania untuk berbagi dengan Suhadi. Aremania ini mengalami

kecelakaan saat hendak menonton pertandingan Arema-Barito, 1 September lalu. Suhadi terancam kehilangan kaki dan tangannya. Tabrakan keras dengan sebuah mobil box meremukkan kaki dan tangannya. Dengan menggelar kotak penggalian dana selama Menpora Cup, beban biaya mencapai Rp 250 juta yang dibutuhkan Suhadi bisa diringankan. Arema di Menpora Cup bertanding tiga kali selama masa penyisihan grup B. Lawan dari Arema adalah Mitra Kukar, Loyola Meralco Sparks Filipina

dan Persepam Madura United. Jika Arema lolos sebagai juara grup B, maka Aremania bisa memiliki kesempatan lagi untuk menggalang dana saat final Menpora Cup 2013, yang dihelat tanggal 28 September. Andai Arema tembus final Menpora Cup, jumlah penonton yang hadir diperkirakan bisa mencapai kapasitas maksimal. “Ayo nawak-nawak, kita tunjukkan kebersamaan dan seduluran kita, gak usah pandang kelompok ini kelompok itu. Baca Galang... Hal.8

kan,” tandas pelatih berlisensi A AFC itu. Enam pemain bertahan ini bakal disokong oleh barisan gelandang yang cukup banyak. RD tampaknya sengaja membawa banyak gelandang demi menambah variasi permainan. Baca Dua... Hal.8

KOMENT

AR EMANIA

SMS ke no: 085791191887

DUKUNG AREMA Kompetisi Indonesia Super League (ISL) akan segera berakhir. Arema Indonesia masih harus bersaing untuk memperebutkan posisi runner up. Sebagai Aremania, berikan masukan dan dukungan untuk tim Singo Edan.

RUNNER UP DI DEPAN MATA Peluang sudah di depan mata m jangan sampai dibuang ppercuma. Raih kemenangan demi obat gagal juara

08125275331

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REEP


13

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

BERBAUR : Bupati Malang Rendra Kresna, berbaur dengan warga Kecamatan Karangploso diacara bina desa beberarapa waktu lalu.

FOTO-FOTO: AGUNG/ MALANG POST

Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pemkab Malang KABUPATEN Malang memiliki wilayah yang sangat luas. Luas wilayahnya mencapai 4.576 kilometer persegi. Kondisi geografi s seperti itu memerlukan cara tepat, agar masyarakatnya yang tersebar di 33 kecamatan mendapatkan kemudahan pelayanan administrasi yang maksimal, khususnya kartu keluarga (KK). Untuk mengurus KK, masyarakat harus datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang di Kepanjen. Jarak Kepanjen dengan kecamatan-kecamatan lainnya seperti Kasembon, Donomulyo, Ampelgading, Tirtoyudo, dan Sumbermanjing Wetan jaraknya antara 60 kilometer sampai 80 kilometer. Itu masih belum dengan desa-desa yang letaknya berjauhan dengan ibukota

Akta Kelahiran Gratis Diantar Ke Rumah SELAIN program pelayanan pengurusan KK, Dispendukcapil juga membuat pelayanan baru pada bulan September ini. Yaitu pengurusan akta kelahiran secara gratis dan siap diantarkan ke alamat orangtua. Prosesnya, bayi yang lahir di bidan desa, surat bukti kelahiran tinggal diajukan ke Puskesmas setempat. Setelah itu pihak Puskesmas yang nantinya akan menyampaikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

“Dinkes yang nantinya didaftarkan ke Dispendukcapil untuk dibuatkan akta kelahiran. Begitu juga dengan anak yang lahir tanpa bapak (di luar nikah),” kata Purnadi. Anak tersebut masih tetap berhak untuk mendapatkan akta kelahiran. Syaratnya, ada surat keterangan domisili dari orangtua. Surat kelahiran dari bidan atau dokter, serta surat keterangan dari Baca Akta... Hal.14

PANTAU : Bupati Malang Rendra Kresna, ketika melihat kesiapan petugas dari Dispendukcapil saat kegiatan bina desa dengan membuka pelayanan prima.

kecamatan, dan dusun-dusun yang terpencil lainnya. Hal inilah yang kerap dikeluhkan masyarakat. Tidak hanya mengurus KK, pengurusan akta kelahiran dan lainnya, mereka harus ke Kepanjen. Kondisi inilah yang seringkali dimanfaatkan para calo atau makelar yang berkedok siap mengurusi lebih cepat dengan biaya yang tidak sedikit. Bahkan ada yang mencapai ratusan ribu. Padahal, untuk retribusi KK misalnya, dalam Perda hanya Rp 5000. Untuk memberikan kemudahan dan kepastian pelayanan kepada masyarakat, khususnya KK, Dispendukcapil Kabupaten Malang membuat terobosan dengan pelayanan KK melalui Kantor Pos. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor Dispenduk yang ada di Kepanjen, cukup

hanya ke Kantor Pos dengan membawa semua persyaratan dan akan langsung dikirim Pos ke Dispenduk dengan biaya yang pasti pula. “Caranya sangat mudah dan akan memberikan kepastian pelayanan dan biaya. Juga untuk kemudahan pelayanan bagi masyarakat,” kata Kadispendukcapil Kabupaten Malang, Purnadi. Pelayanan ini akan memudahkan masyarakat. Karena mayoritas masyarakat Kabupaten Malang 80 persen ada di pedesaan yang tersebar di 33 kecamatan yang terdiri atas 378 desa dan 12 kelurahan dan terbagi dalam 1.312 dusun, 3.217 Rukun Warga (RW) serta 14.718 Rukun Tetangga (RT). Perbaikan pelayanan dilakukan pula dengan penyederhanaan prosedur, Baca Inovasi... Hal.14

Urus KK Cukup ke Kantor Pos PEMERINTAH Kabupaten Malang, terus memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya. Terutama di bidang pelayanan kependudukan. Salah satunya adalah program pelayanan kepengurusan kartu keluarga (KK). Dimana Pemkab Malang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), memberikan kemudahan dalam pengurusan KK. Masyarakat yang mau mengurus KK, baik baru, hilang atau rusak, mengurangi atau menambah anggota keluarga, pindah tempat tinggal serta merubah struktur data, seperti data pendidikan yang semula SMP dirubah menjadi SMA atau merubah status dari belum kawin menjadi kawin, tidak harus datang ke kantor Dispendukcapil, di Jalan Panji Kepanjen. Melainkan cukup melalui Kantor Pos terdekat. Program ini, sebetulnya sudah berjalan sejak awal 2013 lalu. Tetapi selama hampir setahun ini masih belum maksimal. Kendalanya karena sosialiasi yang kurang optimal. Sehingga masyarakat di Kabupaten Malang belum banyak yang tahu. Selama ini, masyarakat masih banyak yang mengurus dengan datang langsung ke Dispendukcapil. Dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, baru di lima Kecamatan saja yang sudah berjalan. Yaitu Kecamatan Singosari, Dampit, Lawang, Pujon dan Kecamatan Kasembon. Sementara di daerah lain, masyarakatnya masih belum memanfaatkan

ANTRE : Ratusan warga harus antre menunggu giliran saat mengurus KK dan akta kelahiran di Kantor Dispendukcapil. pelayanan ini. Padahal program kerjasama antara Dispendukcapil dan Kantor Pos ini, justru memanjakan masyarakat. Sebab, pengurusan KK lewat Kantor Pos,masyarakat cukup menunggu di rumah. Pasalnya, ketika KK sudah jadi akan langsung diantarkan oleh petugas Pos ke rumah sesuai dengan alamat.

“Bedanya hanya pada biaya saja. Kalau mengurus sendiri ke Dispendukcapil, biayanya hanya Rp 5000 untuk retribusi KK. Namun lewat Kantor Pos sebesar Rp 15 ribu. Rinciannya Rp 5000 untuk retribusi KK, dan Rp 10 ribu biaya kirim Kantor Pos. Baca Urus.. Hal.14

Kantor Pos Siap Sukseskan Layanan Mudah KK PROGRAM pengurusan kartu keluarga (KK) untuk penduduk Kabupaten Malang lewat Kantor Pos, belum berjalan maksimal. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang akan memaksimalkan program yang sudah diluncurkan mulai awal tahun 2013 ini. Kepala Kantor Pos Besar Malang, Ki Agus Amran mengatakan, hingga saat ini belum banyak masyarakat Kabupaten Malang yang mengurus KK di Kantor Pos.

“Mayoritas masyarakat, masih belum tahu kalau bisa mengurus KK di Kantor Pos. Masalahnya, yakni kurangnya sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan Dispendukcapil,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Selain kurangnya sosialisasi, dikatakannya masih banyak petugas Kantor Pos yang belum paham mengenai mekanisme maupun cara kerja program tersebut. Lantaran, Dispendukcapil Kabupaten Malang hingga kini

belum melakukan pelatihan kepada para petugas Kantor Pos terkait penerapan maupun tata cara pengurusan KK di lapangan. “Yang mempunyai ide program ini dan mengetahui seluk beluknya, adalah Dispendukcapil. Sehingga, mereka juga yang sangat berkompeten untuk memberikan pelatihan kepada petugas kami, agar mempermudah penerapannya di lapangan,” bebernya. Menurutnya, sebenarnya program ini sudah sangat tepat

serta membantu masyarakat Kabupaten Malang. Mengingat, Kabupaten Malang memiliki wilayah yang terluas se Jawa Timur dan terdiri dari 33 kecamatan. “Jadi, masyarakat yang tinggal jauh seperti di Pujon dan Kasembon, tidak perlu susah-susah untuk mengurus KK di Dispendukcapil di Kepanjen. Cukup mengurusnya di Kantor Pos yang ada di masing-masing kecamatan,” urainya. Sedangkan hingga saat ini, baru

terdapat lima kecamatan yang menerapkan program tersebut, yakni Singosari, Dampit, Lawang, Pujon dan Kasembon. Sedangkan warga di 28 kecamatan lainnya, masih belum memanfaatkan layanan ini. Lanjutnya, Kantor Pos hanya membantu dan mempermudah pengurusan KK. Setiap masyarakat yang mengurus KK, maka berkasnya akan langsung dikirimkan ke Dispendukcapil. “Nah untuk persyaratan pengurusan tersebut, yang

masih belum diketahui bagaimanan tepatnya. Untuk itu, perlu dijelaskan secara rinci kepada masyarakat agar tahu,” urainya. Untuk biaya pengurusan satu KK di Kantor Pos, dia mengungkapkan masyarakat hanya dibebabani biaya Rp 20 ribu. “Rinciannya Rp 5000 untuk retibusi KK, dan Rp 15 ribu untuk biaya ongkos,” timpanya. Setelah KK tersebut selesai dibuat, nantinya oleh petugas Kantor Pos akan langsung diantarkan ke rumah. (big/aim) REDAKTUR: MUHAIMIN MUHAIMIN, LAYOUTER: ABDEE


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

14

Pasar Sumedang Mulai Dibangun KEPANJEN – Rencana Pemerintah Kabupaten Malang, menyulap Pasar Sumedang di Kepanjen menjadi pasar semi-modern akan segera terwujud. Itu seiring dengan pengerjaan pembangunan pasar yang sudah mulai dikerjakan, sejak awal September lalu. Sesuai skedul, pembangunan diawali dengan membangun pasar tradisional. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Malang Romdhoni, mengatakan pembangunan Pasar Sumedang ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama adalah pembangunan pasar tradisional yang letaknya nanti akan ditempatkan di belakang. Kemudian tahap kedua pembangunan pasar semi-modern atau pertokoan yang berada di depan pasar tradisional. Kedepannya, juga akan dibangun perhotelan di lokasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan hotel

bintang di Kepanjen. “Yang jelas pembangunannya mulai tahun ini. Sekarang sudah mulai proses pembangunan tahap awal,” ungkap Romdhoni. Tahap awal, saat ini tengah dibangun tempat penampungan sementara (TPS) untuk pedagang yang berada di halaman depan (samping gedung Korpri). Ketika pembangunan pasar tradisional, pedagang untuk sementara ditempatkan di TPS. Hal tersebut menghindari agar pedagang tidak merugi. “Bentuk fisik dari pasar tradisional ini nantinya sama seperti kondisi Pasar Tumpang. Dimana selain di petak-petak, atapnya akan dibuat lebih tinggi sehingga kondisi pasar tidak panas,” ujarnya. Bagaimana dengan anggaran ? Romdhoni mengatakan untuk pembangunan tahap pertama, anggaran yang sudah

diajukan sebesar Rp 4,8 juta. Itu untuk pembangunan satu lantai saja. “Sedangkan untuk pembangunan pasar semi-modern, menunggu proses pengusulan. Tetapi sesuai rencana, untuk pasar modern ini akan dibuat dua lantai,” jelasnya. Data yang diperoleh Malang Post sendiri, kondisi Pasar Sumedang ini memang sangat memprihatinkan dibandingkan dengan pasar lainnya. Sejak 1997 lalu, pembangunan pasar baru dilakukan sekali. Yaitu , pada 2012 lalu. Saat itu, Pasar Sumedang mendapatkan dana kemitraan Rp 32 juta untuk pembangunan saluran drainase. Dan jumlah pedagang mencapai sekitar 690 orang dengan jumlah 800 kios. Rinciannya 46 toko, 179 bedak, 445 los, dan 20 pocoan. Dan pembangunan TPS dari bahan kayu serta triplek, masih dalam pengerjaan.(agp/aim)

AGUNG PRIYO/MALANG POST

Kondisi Pasar Sumedang di Kepanjen, dan tempat penampungan sementara (TPS) pedagang yang sedang dibangun.

Didik Suwandi Halal Bihalal bersama Para Kiai

LINTAS KABUPATEN

RMI Bangun Kekuatan Ekonomi Pesantren MALANG- Sekjen PPP yang juga Ketua Komisi 4 DPRRI, H Romahurmuziy didampingi Caleg DPR RI Dapil V Jatim nomor urut 1, Didik Soewandi menghadiri silaturahmi pengasuh pondok pesantren se Kabupaten Malang, (1/9). Agenda tersebut merupakan kegiatan halal bi halal dan silaturahmi para kyai yang digelar Pengurus Rabitah Maahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Malang di Pondok Pesantren Al-Munawwariyah Bululawang Kabupaten Malang. Isu pemberdayaan ekonomi pesantren menjadi topik penting dalam pertemuan tersebut. “Tidak bisa dipungkiri bahwa pondok pesantren merupakan cikal bakal dari basis ekonomi rakyat, sehingga perlu ada perhatian tentang ketahanan ekonomi pesantren,” ungkap Romahurmuziy. Pemerintah lanjutnya harus memberikan perhatian khusus kepada pondok pesantren yang ada di Indonesia. Sebab pesantren merupakan bagian penting dari ketahanan nasional. Sementara Didik Suwandi yang ikut mendampingi Romahurmuzi adalah sosok yang memiliki kepedulian tinggi terkait pemberdayaan ekonomi. Ia pernah mendapatkan penghargaan internasional dalam bidang pembinaan usaha kecil yaitu Aga Khan Award. Ia berpendapat selama ini pemerintah lalai untuk fokus dan memberi perhatian terhadap pemberdayaan ekonomi

rakyat Indonesia. “Pemerintah selama ini lalai sehingga basic komodity yang diperlukan seperti kedelai dan beras masih tergantung dengan impor,” ungkap Didik yang lulusan Northeastern University Boston, Amerika ini. Disisi lain pondok pesantren tidak hanya sebagai tempat belajar agama saja, tapi juga menyiapkan santri untuk ikut berperan aktif di masyarakat, termasuk juga masuk ke sektor ekonomi. Karena itulah santri perlu diberdayakan melalui pem binaan kewirausahaan di pesantren. “Pembinaan kewirausahaan perlu diberikan untuk para santri sehingga kekuatan ekonomi bisa tumbuh melalui basis pesantren,” tegasnya. Pria kelahiran Singosari itu, akan maju untuk kali pertama mengikuti persaingan dalam bursa menjadi anggota DPR RI. Didik mengawali karir politiknya di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan pada 2014 nanti tampil untuk bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat ekonomi kecil. “Karena saya melihat ada peluang untuk mengangkat ekonomi rakyat, makanya saya ingin berbuat sesuatu dan berjuang dari peluang itu untuk mengangat perekonomian masyarakat. Apalagi, back groud dan latar belakang saya ada di sana,” kata Didik. Ditambahkan pria berkacamata itu, selama beberapa tahun

TUMPANG- Ketenangan warga Jalan Sultan Agung RT 01 RW 02 Desa Jeru Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, mendadak berubah menjadi gempar. Hal itu setelah warga menemukan mayat pelajar bernama Ikhwanul Mufit, 15 tahun yang tewas dengan cara gantung diri di dalam kamarnya Sabtu (7/9) kemarin. ABG ini nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tragis karena diduga dipaksa menikah oleh kedua orang tuanya. Informasi yang berhasil dihimpun Malang Post di lokasi kejadian, perisitiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Orang yang pertama kali menemukan korban yakni Udin 28 tahun, kakak ipar korban. “Saat itu, Udin masuk ke dalam rumah dan mendapati Ikhwanul Mufit sudah tewas dengan cara gantung diri,” ujar Ketua RT 01, Sunarto kepada Malang Post kemarin. Mengetahui kejadian itu, sontak membuat Udin kaget dan minta tolog kepada warga sekitar. Warga pun berhamburan keluar dan sebagian lagi melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tumpang. (big/aim) ROSI/MALANG POST

SILATURAHMI : Halal bi halal dan silaturahmi para kyai yang digelar Pengurus Rabitah Maahid Islamiyah (RMI) Kabupaten Malang di Pondok Pesantren Al-Munawwariyah Bululawang. terakhir perhatian terhadap basis ekonomi rakyat terbengkalai. Bahkan terkesan di lupakan. Karena beberapa alasan itulah, dirinya terpanggil untuk mencalonkan diri melalui partai berlambang Kakbah. Dalam acara yang dihadiri sekitar 500 Peserta itu hadir pula Caleg DPRD Dapil 1 Kabupaten Malang, Lulukatul Abidah. Luluk yang juga lulusan Miami University Florida merupakan

trainer nasional bidang kewirausahaan. Ia gencar melakukan pelatihan untuk menumbuhkan calon pelaku ekonomi muda. Beberapa pengurus RMI dan NU tingkat pusat dan wilayah turut hadir, seperti Ketua PW RMI Jawa Timur KH A Reza Zahid, Sekjen Pimpinan Pusat RMI H Miftah Faqih, dan Mustasyar NU Cabang Malang KH Ahmad Dahlan. Hadir pula Bupati Malang, Rendra Kresna.

Menurut Ketua DPC PPP Kabupaten Malang, Syaiful Efendy, dari silaturahmi tersebut RMI kedepan akan membuat gerakan ekonomi umat yang intinya berbasis syariah. Tujuannya bagaimana membangun ekonomi umat melalui pondok pesantren. “ Pesantren akan menyatu membentuk koperasi bersama sehingga lahir kekuatan ekonomi berbasis pesantren,” pungkasnya. (oci/adv/aim)

Hilang Lima Hari, Ditemukan Tewas di Sungai KEPANJEN – Lima hari diketahui hilang dari rumah, Wahyudi, 18 tahun, ditemukan sudah tidak bernyawa kemarin siang. Warga Dusun Anggrungan, Desa Talangagung, Kepanjen ini, ditemukan tewas di Sungai Metro yang berjarak sekitar 3 kilometer dari rumahnya. Ketika ditemukan, kondisi korban yang diketahui mengalami depresi ini, sangat mengenaskan. Kondisi tubuhnya sudah mengeluarkan bau anyir. Karena pihak keluarga menerima kematiannya, usai dievakuasi jenazahnya langsung dibawa pulang ke rumah duka. “Tidak ada bekas tanda penganiayaan di tubuh korban. Jenazahnya hanya kami mintakan visum luar di Puskesmas, karena pihak keluarga menerima kematiannya. Untuk kematiannya, diperkirakan karena jatuh terpeleset ke dalam sungai,” ungkap Kapolsek Kepanjen, Kompol Suyoto.

AGUNG PRIYO/MALANG POST

EVAKUASI: Petugas ketika mengevakuasi jenazah korban dari dasar sungai. Diperoleh keterangan, sebelum ditemukan meninggal dunia, sekitar lima hari lalu korban yang protol SD ini, diketahui

sempat melihat kuda lumping di depan rumahnya. Setelah itu, keluarganya sudah tidak mengetahuinya lagi. Terakhir, kor-

ban diketahui oleh Sunoto Hadi, tetangganya di sekitar jembatan metro. Pihak keluarga yang bingun dengan hilangnya Wahyudi ini, sempat mencari kemana-mana namun tidak ketemu. “Ketika tidak pulang itu, keluarga sudah mencari tetapi tidak ketemu. Dicari di sekitar Sungai Metro saat itu juga tidak ada. Padahal sehari-harinya dia ini memang suka bermain ke sungai,” ujar Ponisri, paman korban. Baru kemarin siang, saksi Agus, warga sekitar yang berniat buang hajat ke sungai, curiga dengan bau busuk yang menyengat. Ketika dicari sumber bau, ternyata diketahui mayat manusia. Karena tidak ingin dituduh macammacam, saksi lalu memberitahukan kepada warga sekitar yang kemudian diteruskan dengan melapor ke petugas Polsek Kepanjen.(agp/aim)

IUWASH Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna STBM Berhadiah Total Rp 110 Juta MALANG – Persoalan sanitasi menjadi permasalahan serius di wilayah perkotaan. Perlu teknologi tepat guna untuk mengatasinya. Karena itulah, Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) high five dan WVI (Wahana Visi Indonesia) didukung oleh USAID (United State Agency for International Development), menggelar lomba teknologi tepat guna Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Lomba yang berhadiah total Rp 110 juta itu digelar di 10 kota. Sebanyak 10 kota dipilih untuk dijadikan tempat implementasi hasil inovasi teknologi STBM tersebut, salah satunya adalah Kota Malang. 9 kota yang dipilih lainnya, Serang, Bandung, Bogor, Jakarta Utara, Bekasi, Surakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. “Ini membanggakan untuk kami. Semoga dengan adanya lomba

ini, bisa memunculkan inovator teknologi di Malang lebih banyak lagi,” ujar Karbi, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, di sela sosialisasi Lomba Teknologi Tepat Guna STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), di wilayah perkotaan, belum lama ini, di Malang. Lomba teknologi tepat guna STBM berhadiah total Rp 110 juta ini dimaksudkan untuk memperkaya pilihan teknologi sanitasi bagi masyarakat dengan cara yang praktis, memenuhi syarat teknis dan kesehatan, serta bisa dijangkau masyarakat terutama

Dipaksa Nikah, ABG Nekad Kendat

masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs lomba teknonoligi STBM.

Sementara menurut Musfarayani, Koordinator Media dan Kampanye publik, IUWASH, menjelaskan, Launching lomba

ini telah dilakukan pada 30 Juli 2013, dimulai dengan penerimaan proposal peserta hingga akhir September 2013. (aim)

Berikan Kemudahan Layanan Kartu Keluarga Sambungan dari Halaman 13

kepastian tarif, kecepatan pelayanan melalui modernisasi dan penerapan sistem kependudukan berbasis elektronik. Jumlah keluarga jumlah keluarga yang memiliki kartu keluarga pun terus meningkat. Pada 2011 lalu, jumlah warga yang memiliki KK sebanyak 680.369 KK dan pada 2012 sebanyak 868.559 KK atau mengalami peningkatan 27,66 persen. “Selain menggunakan pelayanan di Kantor Pos, juga ada pelayanan yang menggunakan mobil layanan keliling yang menjangkau 33 kecamatan. Sehingga memudahkan masyarakat,” terangnya. (aim)

Akta Kelahiran Gratis Diantar Ke Rumah Sambungan dari Halaman 13

Kelurahan/Desa setempat bahwa memang anak tersebut lahir dari ibu yang melahirkan. Akta untuk anak adopsi juga masih bisa dibuatkan. Hanya persyaratannya ada surat pengukuhan dari Pengadilan Negeri Kepanjen. Dimana pada akte kelahiran nantinya, selain dibuatkan surat akta lahir dari ibu aslinya, juga disisipkan keterangan putusan PN bahwa anak itu diadopsi.(agp/aim)

Urus KK Cukup ke Kantor Pos Sambungan dari Halaman 13

Pelayanan ini justru lebih hemat dan efisien, karena masyarakat yang rumahnya jauh seperti di Kecamatan Lawang, Kasembon atau Ampelgading, tidak harus jauh-jauh datang ke Kantor Dispendukcapil karena sudah ada petugas yang mengantar,” jelas Purnadi, Kepala Dispendukcapil. Pada tahun 2013, program pelayanan ini memang tidak berjalan maksimal. Namun 2014 nanti, targetnya pengurusan KK sudah langsung lewat Kantor Pos di masing-masing Kecamatan. Salah satu upayanya yaitu dengan terus mensosialisasikan kepada masyarakat. Terutama masyarakat di pedesaan. (agp/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: ABDEE


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

15

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

WAHYU KHRISNA/MALANG POST

NEKAT: Truk sarat muatan nekat hendak melewati jembatan Soekarno Hatta. Padahal sudah jelas ada rambu larangan bagi bus dan truk untuk melintasi jembatan yang mulai dimakan usia itu. Mungkin larangan sebesar itu kurang terlihat jelas bagi supir truk ini.

KEMBALIKAN Keadaban Publik APA yang akan terjadi jika semangat pragmatisme, komersialisasi, dan korupsi yang mewabah juga ikut menggerogoti dunia pendidikan sebagai wahana penting pencetak warga negara dalam upaya mewujudkan suatu keadaban bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? Apa yang terjadi jika lembaga pendidikan bermain mata dengan kekuasaan? ketika secara kolektif sebagai bangsa kita terus mengalami pendangkalan, kehilangan seluruh nalar reflektif, kemampuan berpikir abstrak, dan hasrat bertindak? Ketika tujuan pendidikan dikuasai nalar korporasi dan direduksi sekadar untuk tuntutan pasar. Dunia pendidikan kita tengah menghadapi persoalan besarnya sendiri. Akibatnya, sulit berharap lembaga pendidikan bisa menjadi elemen penggerak masyarakat sipil dalam upaya mengimbangi kepentingan bisnis dan kepentingan politik. Yang terjadi, dunia akademik justru cenderung menjadi pelayan kekuasaan bisnis dan politik. Dalam relasi kekuasaan politis, sulit membayangkan masyarakat akademik menjadi penyeimbang kekuasaan ketika pemerintah, melalui berbagai peraturan, ikut menata statuta perguruan tinggi, proses belajar mengajar, perekrutan serta pemindahan dosen dan peneliti. Bagaimana bisa berharap dosen/akademisi/peneliti bersikap kritis terhadap kekuasaan jika pemerintah punya otoritas langsung untuk memindahkan dia dari jabatannya? Dalam realisasi kekuasaan pasar, sulit berharap sikap kritis muncul jika kurikulum dan arah penelitian ada dibawah cara pikir kepentingan dunia bisnis dan industri. Pragmatisme tengah menjangkit penyelenggaraan dunia pendidikan

kita, mulai dari SD hingga perguruan warga negara dialihkan jadi mendidik tinggi. Tujuan pendidikan yang menurut konsumen yang tentu saja diajarkan berPembukaan UUD 1945 mencerdaskan sikap kritis, rasional, abstrak imajinatif kehidupan bangsa dan ber negara, kreatif demi kebaikan hidup bersama. mengalami pendangkalan, digantikan Sebaliknya, mereka dididik hasratnya jargon–jargon popular seperti “mem- untuk menyerap segala hal gemerlap yang produksi manusia unggul, berdaya sa- ditawakan pasar. Lembaga pendidikan ing global, dan mampu yang memenuhi tuntutan keya mempertahankan cita–cita ideal pendidibutuhan pasar”. ci Oleh: kan Semua itu penting, ka dianggap ketingzaman. Dihadtetapi jadi persoalan ga ANI SRI RAHAYU galan apkan pada anggaran besar ke tika kemuap Dosen dan Trainer terbatas, mereka lebih dian indikator yang te P2KK Universitas mengutamakan penelisangat instrumental ini m Muhammadiyah tian mengambil alih arah tia dan pengembangan Malang bidang–bidang ilmu dan tujuan penyelengbi yang bisa memberi garaan pendidikan di y manfaat segera atau Negara ini. Keberhasim lan pendidikan semestinya tak hanya memenuhi tuntutan pasar. Kurikulum diukur dari kompetensi anak didik, pun dirombak untuk menopang tujuan tetapi juga kebiasaan dalam sikap dan itu. Tanpa strategi yang mengacu ke tindakan serta ketajaman intuisi dan nurani sebagai wujud tranformasi utuh hakikat dan tujuan pendidikan, bukan mustahil para peneliti dosen didikte manusia di dalam keadaban bersama. Ketika motif dagang memasuki ka- oleh kepentingan bisnis dan kekuasaan. wasan pendidikan, yang terjadi adalah Peneliti dari bidang–bidang yang kerkolonisasi homo economicus. Alih-alih ing seperti penelitian dasar beralih ke menerapkan kriteria pendidikan, para penelitian yang lebih mendatangkan birokrat pendidikan kita justru lebih keuntungan ekonomi dan relasi dengan sibuk menerapkan nalar industri dan kekuasaan. Dibidang kesehatan, banmemburu ISO. Mutu tata kelola pen- yak penelitian biomedis bergeser dari didikan pun didefinisikan berdasarkan upaya memahami penyebab penyakit kepuasan pelanggan. Pasar menjadi ke produksi obat–obatan yang lebih kata penentu dalam setiap keputusan. membuahkan laba. Lebih mengkhaaMomok terbesar perguruan tinggi watirkan lagi ketika bukan hanya arah sekarang ini adalah jika lulusannya tak penelitian (otonomi akademik) yang didikte kepentingan industri, melainkan laku di pasar. Berkuasanya nalar ekonomi membuat juga jawaban–jawabannya (integritas nalar praktis dan epistemik tenggelam akademik). Dihadapkan pada situasi itu otodibawah nalar instrumental. Orang diajarkan jadi “tukang nalar” yang tahu menca- nomi lembaga pendidikan menjadi pai tujuan tetapi tak mampu menimbang amat krusial, baik otonomi dalam tata baik buruk tujuan. Cita–cita mendidik kelola maupun otonomi akademik.

  

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

  





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

    

 

Otonomi merupakan syarat mutlak agar lembaga pendidikan tinggi dapat memenuhi fungsi sesuai misinya. Hanya melalui kurikulum yang dirancang secara cermat pendidikan dapat menghidupkan kembali perannya dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kurikulum ini harus mampu menerjemahkan tujuan pendidikan ke dalam upaya menanamkan dasar–dasar keahlian (dalam bidang keilmuan/vokasi/rekayasa) sekaligus kebiasaan sikap dan tindakan yang dibutuhkan agar manusia yang sudah menjalani pendidikan mampu menggerakkan berbagai kelembagaan dalam masyarakat untuk mendukung cita–cita hidup bersama. Konkretnya, mengembalikan pendidikan bukan hanya untuk menghasilkan profesional yang terciutkan menjadi ”tukang nalar” yang bekerja untuk memuaskan klien, kekuasaan, dan diri sendiri serta lingkungannya, melainkan profesional dalam bidang masing–masing, menjalankan tugas sesuai bidang keahlian, dan pada saat bersamaan menjadikan keahliannya berkontribusi bagi hidup bersama. Yang terjadi selama ini, nalar ekonomi telah menciutkan makna profesi dengan dampak mengerikan bagi hidup berbangsa dan bernegara. Masalah lain yang memengaruhi situasi pendidikan kita adalah cuaca kultural yang kian ditandai dengan kesibukan didunia maya. Orang tak lagi punya cukup waktu dan malas berpikir secara mendalam. Tanpa kemampuan berfikir mendalam, kita tak akan mampu mengembangkan kemampuan bercakap cakap dengan batin sendiri. Akibatnya, korupsi kian mengganas, sementara warga masyarakat sipil tenggelam memburu kepentingan sendiri–sendiri, tercerai dari kepentingan berbangsa dan bernegara. Untuk menghubungkan kembali pendidikan dengan cita–cita mengembangkan kecerdasan hidup berbangsa dan bernegara, pengembangan kemampuan berpikir abstrak dan pengem bangan imajinasi menjadi hal mendesak untuk dilakukan. Sebuah bangsa warganya telah kehilangan ke mampuan berpifik abstrak tidak mungkin memiliki imajinasi kolektif tentang negara–negara. Oleh sebab itu, gerakan masyarakat sipil diharapkan bukan sekadar peyeimbang kekuatan pemerintah (dan bisnis), melainkan gerakan menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkeadaban publik.(*)

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Hati-hati Memanjakan Anak BANYAK cara orang tua menyenangkan anaknya. Ada yang memberi perhatian dan kasih sayang, ada yang memberi materi, memberi mobil keluaran terbaru, gadget dan sebagainya. Pemberian dalam bentuk yang wajar, tentu tidak masalah, tapi tak sedikit orang tua terlalu memanjakan dan memberi kelonggaran kepada anaknya. Anaknya diberikan mobil sport keluaran terbaru, meskipun anaknya baru berusia 13 tahun, usia yang masih belum boleh mengendarai mobil. Bukan hanya mobil, banyak orang tua yang membiarkan anaknya melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan usianya. Bagi orang tua yang kelebihan materi, menyenangkan anak dengan memenuhi semua apa yang diinginkan adalah keniscayaan. Kelimpahan materi – yang melebihi kapasitas anak-anak itu – dianggap sebagai pengganti komunikasi intens antara anak dan orang tua. Mereka beralasan sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak bisa bertemu setiap saat dengan anak-anaknya, maka pemberian itu dianggap sebagai ‘’pengganti’’ kasih sayang orang tua yang hilang. Ternyata anggapan itu tidak benar seluruhnya. Pemberian bisa saja disebut sebagai tanda kasih sayang orang tua kepada anaknya, tapi yang dibutuhkan anak-anak bukan hanya materi, tapi kasih saya orang tua. Sehebat apa pun pemberian orang tuanya, kalau orang tua tetap egois dengan kesibukannya, anak-anak masih merasakan ada sesuatu yang hilang. Kasih saya orang tua kepada anak adalah kodrat yang tidak bisa digantikan dengan kemewahan materi, dengan Mitsubishi Lancer yang banyak diidolakan anak muda karena bisa berlari kencang, atau dengan materi yang lain. Anak-anak masih tetap membutuhkan kehadiran orang tua, disapa, ditanya, diajak ngobrol, makan bersama, bergurau, atau sesekali dimarahi kalau memang bersalah. Sebab, ada sebagian anak yang justru kangen dengan ‘’kemarahan’’ orang tua yang dianggapnya sebagai koreksi memperbaiki pribadi. Sekalipun tanpa gelimangan materi, komunikasi hangat penuh kasih sayang itu justru jauh bernilai bagi kedua belah pihak. Maka, sesibuk apa pun orang tua, harus mengalokasikan waktunya untuk bertemu dengan anak-anaknya, menanyakan PR, atau sekedar bertanya, ‘’bagaimana ekskul basketnya.’’ Para orang tua harus segera menyadari kesalahannya membiarkan anaknya hidup sendiri dengan dunia dan komunitasnya, sebelum muncul penyesalan. Sesal kemudian tidak berguna. Kita sebagai orang tua tidak bisa membayangkan seadainya di malam buta ditelepon polisi yang memberitahukan anak kita tengah koma di rumah sakit akibat tabrakan. Bukan itu saja, akibat anak kita yang ugalugalan menyebabkan korban di pihak lain. Begitu cepatnya mobil itu sampai oleng melewati pembatas jalan yang cukup tinggi untuk menyeberang ke jalur yang berbeda kemudian menabrak dua mobil dari arah berlawanan. Enam orang meninggal dunia. Dari penuturan korban, saksi mata dan petugas, kita bisa menyaksikan betapa hebatnya tabrakan itu. Semuanya sudah terjadi, yang luka mungkin sembuh tapi tidak bisa seperti sedia kala, yang mati harus diikhlaskan. Kita yang tidak mengalami kejadian itu mendapat pelajaran yang sangat berharga. (redaksi@malang-post)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SLATEM


16

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

SMPK Santa Maria 2

UIN Malang

Datangkan Master Trainer, Motivasi Super Student

Agar Bermanfaat, Dosen Wajib Publikasikan Hasil Penelitian di Jurnal

MALANG - Untuk melahirkan siswa yang kreatif dalam berkarya dan berintelegensi tinggi, pada Sabtu (7/9) lalu, SMPK Santa Maria 2 menggelar seminar Super Student yang diikuti puluhan siswa terpilih. Dengan mendatangkan master trainer termuda nasional Vicka Bella Fahira, sebanyak 86 siswa yang terdiri dari pengurus OSIS, calon Pengurus OSIS dan perwakilan masingmasing kelas, dilatih untuk dapat produktif dalam melahirkan karya-karya ilmiah. Tak hanya itu, dalam seminar yang dilaksanakan di hall sekolah ini para siswa diajari bagaimana melatih diri mereka untuk dapat belajar efektif dan menyenangkan. Kepada Malang Post, Vicka berharap apa yang disampaikan kepada siswa-siswi SMPK Santa Ma-

ria 2 dapat bermanfaat sebagai hasil sharing dan belajar bersama. “Belajar itu adalah hal yang mudah, namun untuk menjadikan belajar yang nyaman dan cepat dibutuhkan kecerdasan dan keterampilan. Untuk itu kita akan berikan trik dan tipsnya sebagai pengalaman yang kita peroleh selama ini,” katanya. Sebagai master trainer yang telah menghasilkan banyak novel, artikel dan beberapa buku penduan belajar efektif, siswa kelas IX SMP di Banyuwangi ini dengan penuh semangat dan kompetensi yang tinggi memberikan materi kepada seluruh peserta. Sementara kepala SMPK Santa Maria 2, Sr. Theresella, SPM, S.Pd mengatakan didatangkannya trainer termuda

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

TERPILIH: Master trainer termuda nasional Vicka Bella Fahira memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SMPK Santa Maria 2 . ini merupakan sebuah upaya Usia Vicka yang masih sebaya dapat melakukan hal sama. yang dilakukan sekolah untuk dengan siswa-siswi SMPK “Kami tertarik dengan Vicka, memotivasi siswa agar terus Santa Maria 2 merupakan dengan usia yang masih sangat bersemangat dalam belajar. cerminan bahwa mereka juga muda sudah dapat melampaui

TK PERMATA IMAN 2

Kenalkan Dolanan Tradisional MALANG - TK Permata Iman 2 memiliki strategi khusus melestarikan permainan tradisional yang akhir-akhir ini kalah dengan permainan eletronik. Salah satunya dengan mengenalkan dolanan seminggu sekali. “Minimal setiap minggu, kami mengajak siswa dolanan dan mempelajari arti kalimat perkalimatnya untuk mengenalkan mereka pada dolanan tradisional,” ujar Erna Indriastutik, SE., Kepala TK Permata Iman 2, kepada Malang Post. Erna menilai, nilai luhur yang ditanamkan dalam dolanan adalah nilai kemasyarakatan atau nilai sosial. Sebab, hampir semua dolanan harus dilakukan oleh lebih dari satu orang. Misalnya sodoran, kasti, dan cublak-cublak suweng melibatkan banyak orang yang tergabung dalam kelompok, begitu juga dengan permainan lain, harus dilakukan oleh lebih dari satu orang. “Nilai kebersamaan dan kekompakannya sangat tinggi. Berbeda dengan game online yang saat ini menjadi tren di kalangan anak-anak,” ujar wanita asal Solo tersebut. melestarikan dolanan tradisional di TK Permata Iman 2, Erna berharap keluhuran dolanan tidak hilang dari waktu ke waktu. Erna menegaskan bahwa di dalam dolanan anak tradisional tersirat banyak nilai-nilai kehidupan yang penting dalam proses tumbuh kembang anak baik fisik maupun psikisnya. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kembali dan melestarikan dolanan anak tradisional yang mulai tergeser oleh permainan modern,” paparnya. Lebih dari itu, apabila teks lagu-lagu dolanan itu diinterpretasikan, maka akan terlihat bahwa lagu-lagu tersebut mengandung pendidikan dan nilai yang luhur. “Kami yakin, dolanan sangat bermanfaat bagi ketajaman fikiran, kehalusan rasa, serta kekuatan kemauan pada jiwa anak,” pungkasnya. (ily/nda)

TK CITA INSANI

kkemapuan anak-anak seussianya. Selama ini kami nilai aanak-anak di sini juga mempunnyai potensi yang sama, tinggal bbagaimana mereka mengopttimalkan apa yang mereka m miliki,” ungkapnya. Ia pun berharap apa yeng tellah didapat 86 siswanya dalam sseminar ini dapat disampaikkan dan kepada seluruh siswa llainnya dengan memberikan im imbas positif sebagai langkah uuntuk menjadikan diri lebih pproduktif. Selain itu wacana ssiswa dapat lebih terbuka dan ttermotivasi untuk menata hidup m mereka dengan tidak melakukkan hal yang sia-sia. Namun tak hanya dalam sisi kognitif saja, Theresella menjelaskan keutuhan diri seseorang juga didasari dengan nilai-nilai moral dan keimanan kepada Tuhan. Oleh karena

itu, dengan mengangkat tema ‘Menata Hati untuk Meraih Prestasi, Terdepan dalam Setiap Peran’ dalam seminar Super Student ini para siswa SMPK Santa Maria 2 mewujudkan diri mereka sebagai pribadi yang utuh dalam semua aspek sebagaima yang dicita-citakan oleh lembaga. “Jadi tidak hanya menata otak, tetapi hatinya juga kami tata sehingga menjadi individu utuh yang memberikan imbas positif bagi lingkungannya,” jelasnya. Theresella menegaskan pasca digelarnya seminar sekolah akan membangun konsep untuk menindaklanjuti program seminar ini sehingga konsep 6S yang diharapkan yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas, jaringan luas dan semua puas, dapat tercapai dengan baik. (imm/sir/nda)

MIN Malang 1

Tebar Doa di HUT ke-34 MALANG - Peringatan Hari Ulang Ta h u n ( H U T ) M I N M a l a n g 1 berlangsung penuh makna. Sabtu (7/9) lalu, madrasah sarat prestasi ini telah berusia 34 tahun. Hari pertama dalam peringatan HUT ini, dimeriahkan dengan tebar balon oleh siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 3 yang dilakukan di halaman madrasah. Tepat pukul 08.00 WIB, puluhan balon dilepaskan oleh kepala MIN Malang 1, Abdul Mughni, S.Ag M.Pd dan diikuti oleh ratusan balon lainnya oleh para siswa. sementara balon dilepaskan ke udara. Sementara siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 juga disibukkan dengan kegiatan tebar harapan dan doa yang dilakukan di kelas masing-masing. Melalui kegiatan ini para siswa menyampaikan harapannya untuk kebaikan dan kemajuan madrasah yang mereka cintai, MIN Malang 1. Ketua pelaksana, Dra Naimatul Fuadah mengatakan kegiatan tebar harapan dan doa ini merupakan pertama kalinya dilakukan dalam peringatan hari ulang tahun madrasah. Kegiatan ini merupkan sebuah media dan kesempatan bagi siswa untuk menyampaikan gagasan dan harapan mereka demi kondisi MIN Malang 1 yang lebih baik nantinya. “Ini merupakan kegiatan di hari pertama dalam peringatan HUT MIN Malang 1 ke 34, puncaknya kita gelar nanti pada tanggal 15 September dengan jalan sehat dan bazaar,” katanya. Naim menjelaskan dalam peringatan tahun ini tidak dapat digelar acara lombalomba seperti tahun lalu. Pasalnya kondisi

Melukis, Munculkan Jiwa Positif LAILI SALIMAH/MALANG POST

SARING BAKAT BAKAT: Agar A lebih l bih concern d dalam l melatih l tih skill siswa, TK Cita Insani diseleksi kemampuannya.

Gelar Audisi untuk Klasifikasi Bakat MALANG – Sabtu (7/9) kemarin, TK Cita Insani mengadakan audisi skill yang dimiliki masing-masing siswanya. Untuk menjaring bakat dan minat siswa, sekolah tersebut memang melakukan klasifikasi yang cermat setiap awal tahun ajaran baru. Nantinya, siswa yang sudah diklasifikasi tersebut akan dibina setiap kegiatan Sabtu Ceria. “Ada empat bidang yang kami saring, yaitu menyanyi, menari, mewarnai dan menggambar,” ungkap Ari Sofie Handayani, S.Psi., Kepala TK Cita Insani, kepada Malang Post. Untuk meraba kemampuan siswanya tersebut, Sofie tidak serta merta meminta siswa untuk melakukan keempat hal tadi. Melainkan, ia memancing siswa untuk melakukan hal-hal bebas terlebih dahulu. “Setelah bergerak atau melakukan soft action, siswa lalu diarahkan sesuai dengan kecenderungannya. Menyanyi, menari, menggambar ataupun mewarnai,” tuturnya. Sofie menilai, kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 09.00 pagi tersebut berhasil melahirkan bakat-bakat baru. Bakat-bakat yang bersifat soft skill ini umumnya sesuai dengan informasi awal yang disampaikan orangtua. “Kami terbiasa untuk menanyakan seputar hobi atau mainan yang digemari anak di rumah kepada orangtua. Itu modal awal untuk audisi ini,” jelas Sofie. Untuk siswa kelas TK B, Sofie mengatakan bahwa guru sudah tidak merasa kesulitan untuk menentukan kelas. Sebab, sebelumnya mereka sudah menjalani Sabtu Ceria pada kelas sebelumnya. “Kami melakukan klasifikasi kembali untuk lebih memantapkan kelas mereka masing-masing,” tuturnya.(ily/nda)

LAILATUL ROSIDA/MP

UNTUK PUBLIK: (Ki (Ki-ka) ka) Kepala UPT PKPBI PKPBI, Dr Langgeng Budianto, Pembicara, Prof Dr Ali Saukah, Dekan Saintek UIN, Dr drh Bayyinatul Muhtaromin, Pembicara, Dr H Yazid Bastomi MA. tesis dan skripsi lalu dipajang di Fakultas Saintek UIN Maliki. ruang perpustakaan itu namanMenurutnya masing-masing ya penelitian yang mubadzir, dosen perlu memahami jurnal oleh karena itu harusnya hasil yang memiliki reputasi dan jurpenelitian diterbitkan dalam nal yang top dan tepat. “Memijurnal yang memiliki repu- lih jurnal juga perlu dihindari tasi internasional,” ungkap Ali jurnal yang pengelolanya hanya Saukah di hadapan para dosen mengedepankan keuntungan

klinik penulisan bagi dosen. Pelatihan tahap ke dua akan digelar Oktober mendatang dimana setiap dosen wajib menyiapkan satu artikel yang akan dikirim ke jurnal. “Kami juga sudah bekerjasama dengan jurnal internasional untuk mewadahi artikel dosen, bagi yang masih terkendala alih bahasa kami juga menyiapkan pendampingan,” ungkap Langgeng. Menurutnya pelatihan ini digelar sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi agar hasil penelitian dosen bisa diakses publik melalui pblikasi di jurnal internasional. Selain itu juga untuk memfasilitasi dosen yang akan mengurus kenaikan pangkat maupun memproses guru besar. Kegiatan pelatihan di Saintek tersebut mendapat dukungan penuh dari Dekan Saintek, Dr. Drh. Bayyinatul Muhtaromin M.Si. (oci/sir/nda)

dengan olah rasa. “Dengan melukis, rasa atau jiwa siswa akan terolah dengan baik, mereka akan dapat menikmati keindahan sehingga lebih jauh akan memunculkan rasa kekaguman atas Tuhan sang pencipta alam,” tutur Wiwit. Ia melanjutkan, hal tersebut merupakan hal yang penting dilakukan, sebab aktivitas melukis memiliki pengaruh yang baik pada kejiwaan siswa. “Siswa akan lebih enjoy da-

lam hidupnya, selalu fresh pemikirannya sehingga selalu siap untuk mengikuti belajar di sekolah,” ujarnya. Menurut Wiwit siswa jangan hanya diberi materi-materi tentang peningkatan intelektual. Namun harus seimbang menerima materi yang memunculkan rasa peka bisa menikmati suatu keindahaan yang tersedia di alam. Selanjutnnya Wiwit menuturkan bahwa proses pem-

bentukan jiwa positif melalui aktivitas melukis memang butuh proses yang lama. Hal tersebut berkaitan dengan basic atau sumber daya manusia yang dimiliki. “Kalau kecenderungan siswa tersebut kalem maka mudah terbentuk rasa bisa menikmati seni pada diri anak, namun jika kecenderungan anak Eksak agak sulit,” papar Wiwit. Selain melalui aktivitas melukis Wiwit mengatakan bahwa

bisa juga melakukan kegiatan membuat patung untuk memunculkan jiwa positif. Seperti membuat patung realis, dekoratif, kontemporer dan lain-lain. “Dalam praktek pembuatan patung, kami selalu memberi kebebasan pada setiap siswa membuat patung realis, dekoratif atau kontemporer. Sehingga anak merasa bebas membuat karya sesuai dengan pribadi masing-masing,” ujarnya. (ham/nda)

nyiaran ini disampaikan langsung oleh praktisi yang berkecimpung di bidang tersebut. Kami sengaja mendatangkan praktisi agar lebih mengena di hati anak-anak,” ungkapnya pada Malang Post. “Sebenarnya bisa saja kami menyampaikan teori-teori yang berkaitan dengan materi tersebut namun akan lebih pas jika disampaiakan oleh praktisinya, dan kebetulan kami bekerjasama dengan praktisi tersebut,” kata Budi. Budi mengatakan bahwa dalam setiap kesempatan sekolah selalu mengadakan pelatihan yang berkaitan dengan publik speaking karena ini merupakan salah satu ilmu komunikasi atau soft skill yang harus dimiliki oleh setiap siswa SMKN 5 yang

AMIR HAMZAH/MALANG POST

SERIUS: Peserta pelatihan serius mendengarkan materi yang disampaikan. juga merupakan calon-calon pengusaha bisa mengungkapkan pengusaha. “Dengan berbekal gagasan yang dimilikinya. Nailmu komunikasi yang baik, mun jika siswa tidak menguasai siswa yang ingin menjadi calon ilmu komunikasi, akan kesulitan

u untuk membuat suatu usaha,” je Budi. jelas Pada pelatihan Sabtu itu B mengatakan ada tiga maBudi t yang disampaikan, yakni teri t tentang public speaking, keorg ganisasian, dan etos kerja. Sela lanjutnya pendidikan pelatihan a akan dilakukan penutupan di C Coban Rondo Batu. Budi menuturkan bangga t terhadap siswanya yang menj panitia dalam diklat yang jadi t telah diadakan saat ini. Karena p pada kegiatan tersebut siswa y yang merancang dan melaksanakan kegiatan mulai awal hingga dapat terlaksana kegiatan. “Di kegiatan ini kami hanya berlaku sebagai konsultan saja bagi mereka,”pungkasnya. (ham/nda)

Kode teka-teki Edisi Senin :

4658-2987 “Jika x rupiah dibagi merata pada n orang, maka setiap orang akan memperoleh bagian Rp. 60.000,00. Jika seorang lainnya bergabung pada kelompok di atas dan x rupiah dibagi merata, maka setiap orang sekarang memperoleh Rp. 50.000,00. Berapa rupiah x?”

JAWABAN TEKA TEKI Edisi Senin (1378-2469) Edisi Selasa (5774-9075) Edisi Rabu (4351-7920) Edisi Kamis (9184-5362) Edisi Jumat (2893-0815) Edisi Sabtu (8725-1892) Edisi Minggu (6273-0581)

= Rp. 800 = 10 unit = 5 Pewawancara = 19 Siswa = X+10 = Rp. 1000 = 5 Ekor

PEMENANG TEKA-TEKI*

JK: Pintar Saja Tak Cukup MALANG - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan menjadi orang pintar saja tidak cukup. Tapi yang ideal adalah menjadi orang yang pintar, cerdas, terampil, berkarakter dan memiliki semangat tinggi. Hal ini diungkapkan JK ketika hadir dalam pembukaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Dome, Sabtu (7/9/13) lalu. ”Di atas orang yang pintar masih ada orang cerdas, dan itu tidak cukup. Masih dibutuhkan orang yang terampil dan berani,” ungkap JK. Di hadapan sekitar 7480 maba UMM, JK menuturkan untuk menjadi sosok yang pintar, cerdas, terampil dan berani maka harus menjadi pintar dulu. Dengan belajar maka bisa menghasilkan orang yang pintar, sehingga mahasiswa tidak boleh menjadi orang yang bodoh. Menurutnya cara belajar zaman dulu dan sekarang pun berbeda. Karena ilmu tidak hanya bisa didapatkan di dalam kelas. Tapi bisa melalui perpustakaan, hingga internet. Maba yang memadati Dome UMM itu pun terlihat tidak sabar untuk berdialog dan berbincang dengan JK. Saat JK melontarkan pertanyaan mengenai cita-cita mahasiswa, mereka pun berebut menjawab dan sekaligus melontarkan pertanyaan. Bahkan ada seorang asal mahasiswa asal Madura

*Souvenir bisa diambil di kantor Malang Post setiap jam kerja, dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku.

Kampanyekan Bersepeda ke Kampus

WAHYU KHRISNA/MALANG POST

CERDAS: JK memberikan tips jadi orang sukses kepada ribuan mahasiswa baru UMM dalam Pesmaba, Sabtu (7/9) lalu. yang nekat maju ke atas panggung dan mencium tangan JK. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk memeluk tokoh idolanya itu. ”Ini contoh mahasiswa yang berani,” komentar JK yang disambut tepuk tangan mahasiswa yang memenuhi ruangan tersebut. Dialog bersama JK pun berlangsung

keakraban. Ada yang bertanya penuh keakraban mengenai kondisi ekonomi Indonesia, pengalaman JK menjadi pemimpin dan lain sebagainya. JK bahkan menantang mahasiswa yang berani menjadi pengusaha. ”Siapa di sini yang mau jadi PNS, atau mau jadi pengusaha,” tantangnya. Dalam paparannya Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini

juga menegaskan untuk menjadi seorang pemimpin dibutuhkan pengalaman. Dan pengalaman tersebut bisa didapatkan di bangku kuliah. Mahasiswa yang menjadi aktivis di kampus akan memiliki pengalaman memimpin yang baik. Berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar dan mengejar nilai saja. (oci/nda)

AAKMAL Sambut Mahasiswa Baru 2013/2014

Yakinkan 100 Persen Lulusan Telah Diterima Kerja MALANG - Kegiatan pengenalan kehidupan kampus (Ospek) mahasiswa baru Akademi Analis Kesehatan Malang (AAKMAL) berlangsung sukses. Selama tiga hari, sejak Kamis (5/9) hingga Sabtu (7/9) kemarin, mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 mendapat sambutan ‘selamat datang’ di kampus AAKMAL. “Ospek ini adalah salah satu proses awal mengemban amanah dipendidikan tinggi, amanah orang tua serta kebanggaan sebagai angkatan baru tenaga kesehatan Indonesia dalam mengangkat derajat kesehatan ibu pertiwi,” ungkap Ketua Dewan Pendiri AAKMAL H Imam Abda’i dalam sambutannya. Sejak didirikan oleh para

Hanndyo Wicaksono Putro, Telp. 085649867865 Arie Setiawan, Telp. 085755011554

FISIP UB

ZAINAL ARIFIN/MALANG POST

BERANI: Sebagai calon tenaga analis kesehatan mahasiswa Baru AAKMAL juga dilatih keberanian memegang binatang dengan menutup mata. pendiri yaitu Prof DR dr Saleh Alkatiri, MD, MSc (Alm), H Imam Abda’i, SH SE MM.Kes dan H M Saleh

SMKN 5 Bekali Siswa Ilmu Komunikasi MALANG – Ilmu public speaking tidak hanya diperlukan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan komunikasi, siswa SMA pun membutuhkannya. Karena alasan itulah, SMKN 5 Malang menggelar pelatihan public speaking untuk para siswa, khususnya anggota OSIS, MPK dan siswa lain yang konsen terhadap bidang tersebut. Humas SMKN 5 Budi Purwanto mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat memahami bagaimana berbicara yang baik di depan umum atau bagaimana berbicara yang efektif untuk memimpin teman-temannya di organisasi. Pelatihan dengan materi public speaking dan pe-

financial,” kata dia. Sayangnya, lanjut Ali, masih banyak dosen yang belum tahu b j jurnal yang memiliki reputasi baik sesuai bidang ilmunya. b Untuk bisa menembus jurnal, U p penulis harus mengenal karakteristik jurnal sesuai bidank gnya. Sebelum mengirimkan g a artikel hendaknya sering memb baca tulisan yang biasa dimuat di d jurnal tersebut. “Pimpinan fakultas maupun perguruan t tinggi perlu memfasilitasi akses terhadap jurnal berreputasi dan t sekaligus berlangganan jurnal tersebut,” tegasnya. Bagi dosen yang memiliki kepentingan terkait peningkatan kepangkatan, maka sangat perlu mempertimbangkan jenis jurnal yang menjadi ketentuan Dikti. Sementara Ketua UPT PPBI UIN Maliki, Dr H. Langgeng Budianto M.Pd menuturkan kegiatan pelatihan tersebut akan ditindaklanjuti dengan

FOTO: IMAM WAHYUDI/MALANG POST

PENUH HARAPAN: Siswa-siswi Siswa siswi MIN Malang 1 siap melepaskan ratusan balon yang dipimpin oleh kepala MIN Malang 1 Abdul Mughni,S.Ag M.Pd bangunan madrasah yang hampir 50 dengan antusiasme mereka dalam jajaran guru serta paguyuban orang tua siswa. Dengan rasa sukur yang persen direnovasi menjadikan kegiatan mengikuti acara di hari pertama. HUT lebih simple dan sederhana. Kendati Pada hari itu juga digelar potong mendalam kegiatan hari pertama HUT demikian semangat para siswa untuk tumpeng yang dilakukan di hall MIN Malang 1 sukes digelar hingga memeriahkan acara tidak berkurang, madrasah oleh pengurus komite dan pukul 13.00 WIB. (imm/nda)

SMPN 18

MALANG – Melukis merupakan salah satu aktivitas yang bisa digunakan untuk memunculkan jiwa yang positif pada anak di usia sekolah. Ini karena melukis merupakan kegiatan menikmati suatu keindahan. Sebagaimana disampaikan guru Seni budaya dan prakarya SMPN 18 Wiwit Handoyo S.Pd, dalam melatih siswanya melukis ia memiliki tujuan untuk memunculkan jiwa yang positif pada siswa atau biasa disebut

MALANG - Dosen wajib mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal, supaya apa yang sudah diteliti bisa dimanfaatkan publik dan tidak sia-sia. Hal ini diungkapkan Tim Publikasi Ditjen Dikti yang juga dosen Pascasarjana UM, Prof H Ali Saukah M.A., Ph.D ketika menjadi pembicara dalam pelatihan Writing for International Journal Publication yang digelar UPT Pusat Pengembangan Bahasa Inggris (UPT PPBI) UIN Maliki Malang bekerjasama dengan Fakultas Saintek. Pelatihan ini digelar di Gedung BJ Habibie Saintek (7/9/13). Selain Ali Saukah yang mengupas publikasi internasional, hadir pula sebagai pembicara Dr. H. Yazid Bashtomi MA menyampaikan materi Retorika Penulisan Artikel dalam Jurnal Internasional. “Kalau hanya disimpan jadi

17

Ali, SH SE MM, AAKMAL memiliki tujuan mulia dengan didasari budi nilai yang luhur, yakni tidak sekedar mencetak

a madya laboratorium proahli f fesional, tetapi juga mencetak a ahli laboratorium yang ber rakhlaqulkarimah, berbekal i imtaq (iman dan taqwa), m memiliki kecerdasan Intelekt tual, kecerdasan spiritual dan k kekecerdasan emosional dan social. “Mahasiswa baru tahun akad demik 2013/2014 sejumlah 80 o orang ini akan berproses menj jadi seorang ahli laboratorium p professional. Anda memulai k kehidupan baru diperguruan t tinggi, anda akan menggapai k kehidupan bersandang keahlian atau kompetensi. Sebagai mahasiswa AAKMAL kami berpesan untuk slalu menjaga dan mengharumkan nama baik almamater AAKMAL,” pesan Imam. Menurut keterangannya,

AAKMAL memiliki visi sebagai pusat pendidikan tenaga ahli madya laboratorium kesehatan yang mampu dalam menghadapi tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas baik lokal maupun nasional. AAKMAL merupakan yang pertama dan satu satunya di Malang Raya. Menurut Imam, out put atau lulusan AAKMAL 100 % telah diterima kerja di rumah sakit, lab dan dinas kesehatan. Bahkan AAKMAL dikontrak laboratorium terbesar di Indonesia yaitu Prodia, perusahaan makanan dan minuman yaitu Otsuka, Indofood, Indilakto dan rumah sakit di Surabaya dan di Malang. (zan/nda)

MALANG - FISIP Universitas Brawijaya (UB) mengampanyekan gerakan Bike to Campus. Sebagai gebrakan awalnya, Sabtu (7/9/13) lalu digelar kampanye bersepeda di lingkungan kampus. Aksi ini diikuti oleh Pembantu Dekan 3 FISIP UB, Akhmad Muwafik Saleh S.Sos M.Si, BEM FISIP, dan perwakilan maba yang sedang mengikuti pengenalan kehidupan kampus (PK2). ”Sejak beberapa hari ini saya sering bersepeda di dalam kampus, bahkan selama kegiatan PK2 Maba pimpinan fakultas bersepeda untuk berkoordinasi mengenai kegiatan penyambutan maba,” ungkap Muwafik. Semangat bersepeda di dalam kampus ini menurutnya sejalan dengan program Green Campus yang diusung Rektor UB. Dan FISIP adalah fakultas pertama di UB yang mempelopori gerakan ini. Tak hanya itu, mereka pun siap mewadahi komunitas pecinta sepeda untuk mengampanyekan gerakan cinta lingkungan itu. ”Kami juga akan meminta pihak kampus agar menyediakan parkir khusus sepeda di tiap fakultas,” ujarnya. Ia berjanji untuk segera mengomunikasikan kepada pimpinan kampus mengenai gerakan mereka ini. Salah satunya adalah permintaan agar disediakan fasilitas kenyamanan bersepeda seperti jal an khusus hingga tempat parkirnya. Menurutnya kegiatan kampanye ini bukan hanya sekadar partisipasi mewujudkan program Green Campus saja. Namun merupakan himbauan dan ajakan kepada seluruh mahasiswa, civitas akademika UB untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan temapt tinggal dan atau tempat bekerja. Ditambahkannya melalui kampanye ini, FISIP memulai langkah awal memupuk kesadaran untuk memelihara kenyamanan dan keasrian lingkungan UB. Ketua BEM FISIP UB, Andi Ilman menuturkan BEM memberikan dukungan penuh kepada gerakan Bike to Campus. Karena itupula dalam kegiatan PK2 Maba ini diusung tema kepedulian sosial. Termasuk Sabtu kemarin mereka menyiapkan 20 sepeda untuk berkeliling di dalam kampus sebagai bentuk kampanye program Bike to Campus. ”Kami berharap apa yang dilakukan ini menjadi contoh bagi maba dan FISIP menjadi pioner gerakan ini,” bebernya. (oci/nda)

FOTO WAHYU KHRISNA/MALANG POST

LIFE STYLE STYLE: Gaya G hidup sehat hid h t dan d go green, bersepeda, saat ini sudah menjangkiti mahasiswa.

Bursa Kerja Student Advisory Centre UM

Diikuti 45 Perusahaan Nasional dan Multinasional, Gratis untuk Alumni UM MALANG - Student Advisory Centre (SAC) Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar bursa kerja pada Kamis-Jumat, 5-6 September lalu. Agenda job fair kedua ini diikuti 45 perusahaan nasional dan multi nasional. Sedikitnya ada 500 peluang kerja yang dibuka untuk pencari kerja khususnya lulusan UM yang diwisuda kemarin. ”Job fair ini menyatu dengan kegiatan wisuda, sebelumnya para wisudawan UM juga sudah dibekali tips mempersiapkan diri di dunia kerja,” ungkap Ketua SAC UM, Ahmad Fahmi

kepada Malang Post. Fahmi membeberkan pembekalan dunia kerja telah dilaksanakan pada Rabu (4/9/13) lalu dengan menghadirkan perwakilan dari perusahaan. Calon lulusan dibekali kemampuan teknik melamar kerja, psikotes dan juga tes wawancara. Sehingga mereka tidak canggung saat melamar kerja di perusahaan. Apalagi dalam agenda job fair kemarin selain pameran bursa kerja juga dilaksanakan tes rekrutmen oleh perusahaan. Sejumlah perusahaan peserta Job Fair UM di antaranya

bergerak di bidang jasa, perbankan, BUMN, hingga bidang pendidikan. Tidak sedikit lembaga pendidikan yang diajak bergabung sehingga lulusan UM yang mayoritas memiliki back ground kependidikan bisa tertampung di lembaga yang pas. ”Kesempatan menjadi guru tentu tidak mudah, karena itu kami fasilitasi dengan menghadirkan sejumlah lembaga pendidikan yang cocok untuk sarjana kependidikan,” ujarnya. Dosen Fakultas Teknik ini membeberkan dalam job fair

WAHYU KHRISNA/MALANG POST

JOB FAIR: Lulusan UM dan masyarakat lainnya berbondong-bondong menyerbu Bursa Kerja yang digelar SAC UM.

kkali ini ditargetkan ada sekitar 44000 pengunjung yang hadir. Khusus bagi alumni UM, K bbisa mengikuti job fair gratis ssementara bagi masyarakat uumum ada biaya tiket Rp 10 ribu. Biasanya mayoritas ppengunjung job fair adalah masyarakat umum. Pengunjung m jjuga bisa memiliki kesempatan menggali profil perusahaan m ddalam informasi job centre. Dalam waktu dekat, job ffair akan kembali digelar oleh SAC UM pada 21 Oktober S mendatang. Saat ini panitia m sedang mendata perusahaan mana saja yang akan bergabung

dengan mereka. Sementara itu Rektor UM, Prof Dr H Suparno menuturkan agenda job fair ini diharapkan bisa memfasilitasi calon lulusan. Tak hanya itu UM juga sedang menyiapkan Job information centre yang akan dibangun dalam waktu dekat. Fasilitas ini memungkinkan orang bisa lihat dimana ada lowongan kerja dan akan dibuka akses canggih dengan mekanisme online. Mahasiswa bisa masuki akses, browsing informasi dan menggali berbagai info mengenai lowongan kerja. (oci/adv/nda) REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Regenerasi Capres dan Cawapres Putusan Rakernas III PDIP

18

LOMBA FOTO KARSA

Pakde Karwo Apresiasi Juara

MUHAMMAD ALI/ JAWA POS

APRESIASI: Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan apresiasi kepada kader-kader PDIP usai penutupan rakernas PDI Perjuangan di Ancol, Jakarta dan (foto bawah) kader PDIP Lampung Barat berburu kaos Jokowi for President.

JAKARTA- Rakernas III PDI Perjuangan memutuskan adanya regenerasi kepemimpinan untuk capres-cawapres 2014. Siapa yang diusung? Ketua DPP Bidang Politik PDIP, Puan Maharani dalam pembacaan putusannya mengatakan bahwa keputusan rakernas III menegaskan adanya regenerasi tersebut. “Rakernas III memberi dukungan sepenuhnya pada ketum PDIP dalam melaksanakan fungsi kaderisasi di internal partai,” jelas Puan dalam rekomendasi eksternal, di Ancol, Jakarta, kemarin. Dia mengatakan, kepemimpinan nasional juga harus mampu dan tahan dalam menanggapi krisis nasional dan global termasuk soal konflik sosial. “Menegaskan bahwa kepemimpinan nasional yang dipersiapkan merupakan kepemimpinan transformatif yang mampu menghadapi tantangan politik, ekonomi, sosial yang tidak ringan,” jelas Puan. Selain itu, Rakernas III PDIP juga memberikan sejumlah kriteria-kriteria untuk capres-cawapres 2014. “Kualifikasi kepemimpinan nasional selain aspek ideologis pasangan capres cawapres, harus

mencerminkan kemampuan pengelolaan kepemimpinan negara dengan konsisten,” jelasnya. Persoalan semua capres-cawapres, Megawati juga kembali diberi mandat. Kapan dan waktunya, diserahkan lagi ke Megawati. “Merekomendasikan kepada ketum PDIP agar pasangan capres cawapres disampaikan pada momentum yang sesuai pada dinamika politik, kesiapan internal,” terangnya. Dalam rakernas itu pula, PDIP menargetkan 27,02 persen atau 152 kursi DPR. Target ini, lanjut Puan, berdasarkan pertimbangan yang matang. Kalkulasi suaranya adalah dari berbagai jenjang pemilu sejak 1999, 2004 dan 2009 sehingga diperoleh angka 27,02 persen. “Penetapan dilakukan berdasarkan kalkulasi matang, dengan variabel hasil pemilu 1999, 2004 dan 2009. Hasil konsolidasi partai pemetaan basis politik PDIP,” jelasnya. Selain itu, rekomendasi lainnya juga menetapkan desakandesakan ke pemerintah soal krisis pangan dan AS tidak melakukan penyerangan militer

ke Suriah. Jokowi Dianggap Jujur LEMBAGA Pemilih Indonesia (LPI) menilai kadar kejujuran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2014. Berdasarkan hasil survei, Joko Widodo berada di posisi paling atas dari tiga aspek kejujuran yakni kelurusan hati, fairness dan keikhlasan. “Tidak mengherankan Jokowi selalu tertinggi karena model

kepemimpinannya yang terbaru. Ditambah lagi dia lugu dan bahasa lisannya ‘ndeso’ jujur apa adanya,” ujar Arbi Sanit, pengamat politik Universitas Indonesia (UI). Dia memaparkan hal ini saat diskusi pandangan tentang “Kadar Kejujuran Capres-Cawapres 2014” di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, kemarin. Menurut Arbi, model kepemimpinan Jokowi terlihat tidak ada tekanan tipu daya dari bahasa Jawanya yang masih

kental dinilai memiliki kejujuran. Direktur LPI yang juga pengamat politik, Boni Hargens menambahkan, survei dilakukan bertujuan agar masyarakat tidak dibodoh-bodohi para calon dalam proyek pemilu terbesar. Sehingga masyarakat dapat memilih calon dengan tepat. “Tiga aspek dari kadar kejujuran itu diantaranya kelurusan hati, fairness dan ketulusan atau keikhlasan yang semuanya ada di Jokowi,” tambahnya. (in/mar)

Pramono: Semua Peserta Konvensi Berkualitas Partai Demokrat KARAWANG- Peserta konvensi Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo menegaskan, konvensi partainya bertujuan memberikan ruang kepada orang-orang yang memiliki kualitas untuk memimpin bangsa ini. “Konvensi itu memberikan ruang kepada orang-orang yang berpotensi dan berkualitas,” kata adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu di sela-sela acara kegiatan sepeda sehat di Desa Pasurukem, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat, kemarin. Pramono membantah rumor munculnya faksi-faksi dukungan di internal Partai Demokrat. “Tak benar. Kami sama-sama membesarkan Partai Demokrat. Karena itu, kami semua, utamanya para peserta konvensi, saling mendukung. Ini semua untuk kebesaran partai,” ka-

IST/MALANG POST

SANTAI: Pramono Edhie Wibowo di dalam mobil yang dikendarainya ke Karawang. tanya. Diakuinya tak menyiapkan startegi khusus untuk memenangi konvensi. “Kemenangan bersama,” tutur purnawirawan jenderal bintang empat itu. Pramono menjelasan,

saat menjadi peserta konvensi dirinya tak lagi bepikir homogen. “Di militer, saya homogen. Karena itu, ketika menjadi peserta konvensi, saya harus menjadi heterogen dan me-

Parpol Agama dan Non Agama Doyan Duit JAKARTA- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai, pemberantasan korupsi di Indonesia yang menjadi agenda reformasi harus dikaji. Persoalannya, permasalahan korupsi menjadi kian kronis menerpa berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu tertuang dari hasil Rapat Pleno PBNU 2013. Rapat juga membahas permasalahan politik dan menyikapi tantangan perubahan nasional 2014. PBNU mencontohkan sikap koruptif yang kian kronis itu adalah terkait persengkongkolan oknum partai politik, birokrasi dan pengusaha. Lingkaran tersebut dinilai sebagai sumber terus berlangsungnya korupsi. Kejahatan korupsi sendiri tidak memandang pelakunya berasal dari partai agama atau non agama. “Jadi, Said Aqil Siroj sama saja partai politik agama dan non agama. Namanya juga partai politik doyan duit semua dan KKN semua,” kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj saat konferensi persnya, di Pondok Pesantren Universitas Sains Al Quran (UNSIQ), Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah, kemarin. Said mendorong agar seleuruh stakeholder melakukan percepatan konsolidasi demokrasi. PBNU mendorong stakeholder melakukan percepatan konsolidasi demokrasi dan mengupayakan masyarakat agar lebh maju dalam berdemokrasi. (dk/mar)

nambah wawasan saya,” ungkapnya. Meski tak menyinggung strategi khusus dalam sosialisasi pemenangan konvensi, Pramono mengatakan dirinya

menggunakan kekuatan kader dan caleg. “Kalau kader kuat, partai akan besar. Di setiap kunjungan, saya menggunakan kekuatan kader dan caleg. Buktinya, tadi saat bersepeda, yang dikenal malah Pak Saan (Wakil Sekjen Partai Demokrat Saan Mustopa), bukan saya. Ya tidak apa-apa, toh ini untuk kebesaran partai,” ujar mantan KSAD tersebut. Dia yakin lolos dalam elektabilitas yang akan diberlakukan komite konvensi sebagai salah satu syarat memenangi konvensi. “Popularitas juga penting. Dalam militer ketika ingin berperang, kami harus yakin. Kalau tak yakin, tak usah ikut. Di konvensi, tentunya berperang dalam hal yang sangat positif. Saya yakin ada harapan,” terangnya. Sampai saat ini Pramono mengaku belum memetakan kekuatan peserta konvensi lainnya dengan alasan semua peserta berkualitas sangat baik. (in/mar)

SBY: Indonesia Tidak Tinggal Diam Soal Suriah JAKARTA- Presiden Susilo militer. Bambang Yudhoyono (SBY) Dalam sejumlah kesemmenegaskan Indonesia terus patan, Presiden SBY meberupaya memberikan sumngatakan Indonesia bangsihnya agar Suriah tidak memandang penggunaan jadi diserang oleh militer militer tidak tepat dalam Amerika Serikat dan sepenyelesaian konflik di kutunya. “Sungguh demikian Suriah, apalagi tanpa adanya secara moral kita wajib mandat dari Dewan Keaberikhtiar mencegah tragedi manan PBB. Meski mekemanusiaan, ini yang kita nempuh segala jalur mainkan. Kalau urusan diplomasi dan pendekatan, dalam negeri Suriah kita SBY mengatakan pihaknya tidak campuri, sementara arakan realistis atas hasil yang mada Rusia dan Amerika Sedicapai dari upaya itu, rikat sudah mendekat, kalau mengingat masalah Suriah tidak dicegah saya khawatir, merupakan masalah interSusilo Bambang Yudhoyono ini tentu membahayakan keanasional yang melibatkan manan internasional,” tandas begitu banyak negara dan SBY sesaat setelah mendarat di Bandara juga sarat kepentingan politik. Presiden Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menegaskan setidaknya Indonesia tidak kemarin. Menurut dia, Indonesia terus tinggal diam dan berpangku tangan dalam menempuh upaya diplomasi untuk menyammasalah konflik di Suriah, apalagi dalam bepaikan alternatif penyelesaian masalah berapa pekan ini mendekati fase genting dan konflik di Suriah tanpa adanya penggunaan ancaman intervensi militer. (in/mar)

IST/MALANG POST HADIAH: Pakde Karwo berfoto bersama pemenang. SURABAYA- Gubernur Soekarwo yang baru saja terpilih lagi dalam Pemilukada Jatim, menyerahkan secara langsung hadiah juara lomba karya fotografi yang berkaitan dengan dirinya dan wakilnya, Saifulah Yusuf alias gus Ipul. Dalam lomba yang diikuti 300 peserta dari tiga kategori yakni umum DSLR, Gadget dan jurnalis itu, memperebutkan hadiah total puluhan juta Rupiah beserta kamera DLSR yang diumumkan setiap minggunya. Untuk pemenang minggu ketiga misalnya, juara utama dan favorit kategori DLSR umum dimenangkan oleh Purwanto tema Coblos no 1; Budi Wiratmo tema Salam Sukses buat Pakde Karwo; Muhamad Iqbal tema Senyum Khas; Heru Setiyono tema Salam Hangat dari Gus Ipul dan Farizzal Yahya tema Satu Kesatuan. Pada kategori gadget, dimenangkan Yenni Ayu bertema Karsa Berjaya; M Ivan Hidayat dengan tema Pakde Kembar Generasi; Aswin Chasirul dengan tema SMS untuk Pakde; Salahudin Muhamad dengan Membidik Gus Ipul dan Bintang Dewi yang bertema Semangat Karsa. Sedangkan pada kategori DSLR minggu keempat, pemenangnya adalah Daniel Ferryanto dengan tema Optimis Menang Satu Putaran; Julius T Gunawan dengan Pilih No 1; Rizky Dwi P dengan Love Karsa; Hendy Wicaksono dengan Euphoria Kemenangan Karsa dan Ahmad Nafik dengan Detik-detik Menunggu Perhitungan Quick Count. Untuk kategori Gadget, yakni Ardiansyah Erasadi dengan Pasang Mic; Heni W dengan Keluarga No 1; Lutfi Yuhandi dengan Bersama Pemulung; Fendi Suprastiyo dengan Meet and Greet Pakde Karwo dan Salahudin Muhammad dengan Pakde Memotong Rambut Simpatisan. Lalu juara favorit DSLR, diraih oleh Budi Wiratmo dengan Gus Ipul Berjalan Menyapa Konvoi Kemenangan; Tuti Agustiani dengan Kecupan Hangat untuk Ponakannya Pakde; Heru Setiyono dengan Pakde dan Bude Diantara Kepungan Jurnalis dan Agyl Priya Hananta dengan Pangkas Rambut Pakde Karwo. Juara favorit Gadget adalah Monica Priscilla dengan Dukung Karsa; Yulia Rakhmawati dengan Pakde Nyoblos di TPS 26; Nurul Hidayah dengan Pakde & Bude Kompak; Yenny Ayu dengan Jangan Pilih yang Lain Pilih No 1 Saja dan C Shinta Dwi dengan Pendukung Setia Karsa. Sementara juara favorit kategori jurnalis, diraih Fedrik Tarigan dengan Karwo vs Bambang DH; Erfan Hazransyah dengan Merangkul; Abdullah Munir dengan Sapa Rakyat; Syaiful Arif dengan Dzikir Bersama dan Joko Kristiono dengan Lanjutkan. Dan juara 1 jurnalis adalah Akbar Insani dengan Cukur Rambut. Juara 1 DSLR umum adalah Wempy Roberto dengan pilihanku Satu dan juara 1 Gadget adalah Bintang Dewi dengan Smashan Pakde. “Ini adalah bentuk kreatifitas yang bagus dalam pengabadian gambar,” kata Pakde Karwo. (bj/mar)

CABUB BOGOR

Rachmat Yasin Unggul Sementara BOGOR- Pasangan nomor urut tiga Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Rachmat Yasin-Nurhayanti untuk sementara unggul hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dalam pemilihan suara yang gelar hari ini. Rachmat Yasin (cabup petahana kader PPP) memperoleh 63,09 persen suara meninggalkan jauh tiga pasangan cagub-cawabup lainnya. Sedangkan pasangan nomor urut satu yaitu Gunawan HasanMuhammad Akri Falq berada diurutan dua dengan 20,22 persen, posisi ketiga ditempati Karyawan Faturachman-Adrian Aria Kusuma 10,26 persen, dan diposisi terakhir pasangan nomor urut dua Alex Sandi Ridwan dan Hengky Tornando hanya 6,41 persen. Sebagaimana diberitakan, sekitar 3,2 juta orang warga Kabupaten Bogor melaksanakan hak pilih mereka untuk memilih bupati baru, kemarin. Dalam pemilihan bupati ini terdapat empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. Berdasarkan data di KPU Kabupaten Bogor, tercatat sebanyak 3.196.420 pemilih akan mencoblos kertas suara di 7.716 TPS yang tersebar di 434 desa pada 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Pasangan cabup-cawabup nomor urut satu Gunawan Hasan-Muhammad Akri Falaq, begitu pasangan nomor urut dua Alex Sandi Ridwan dan Hengky Tarnando. Sedangkan dua pasangan lainnya maju dari jalur partai poltik yakni Rachmat Yasin-Nurhayanti, dan Karyawan Faturachman-Adrian Aria Kusuma. (in/mar)

Oknum Partai Hanura Lecehkan Ketua Panwaslu MOJOKERTO- Berupaya melakukan pencegahan terhadap praktik politik uang, Ketua Panwaslu Kota Mojokerto, Elsa Fifajanti dilecehkan dan diancam oknum Partai Hanura, kemarin. Kejadian itu bermula ketika terjadi pada acara yang dikemas bhakti sosial di daerah Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Pada acara tersebut, selain mendatangkan massa, DPC Partai Hanura Kota Mojokerto juga berniat melakukan pembagian sembako. Mengetahui bakal terjadi pembagian yang bisa diindikasikan praktik politik uang, Elsa melakukan pencegahan bersama jajaran Panwaslu di tingkat kecamatan dan desa. “Sehari sebelumnya Ketua DPC Partai Hanura Ir Kholil Askoharmemang sudah berkonsultasi untuk melakukan pembagian sembako. Tetapi saya berusaha memberi penjelasan agar tidak dilakukan karena berindikasikan money politic,” terang Elsa. Awalnya memang terjadi adu argumentasi. Tetapi Panwaslu tetap bersikukuh bahwa partai dan siapapun yang masuk dalam kepengurusan partai apalagi calon anggota legislatif yang sudah ditetapkan sebagai caleg, jika melakukan pemberian dalam bentuk apapun di massa kampanye sekarang ini bisa masuk kategori politik uang. Hal itu, kata Elsa sesuai dengan UU 8/2012 Tentang pemilihan Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kab dan DPD. Selain itu untuk kampanye legislatif, sudah bisa dilakukan partai politik setelah tiga hari ditetapkan sebagai partai peserta pemilu. Artinya, partai bisa melakukan kampanye apapun selain kampanye terbuka yang nantinya dijadwal KPUD dan dilarang kampanye di media massa. “Dua bentuk kampanye itu yang belum boleh dilakukan,” tandasnya. (bj/mar) REDAKTUR : MARGA NURTANTYO, LAYOUTER : KURDI


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

19

Momentum Ekonomi Ikut Hilang Dampak Gagalnya Proyek Block Office BATU – Warga Kota Batu ikut menyayangkan gagalnya pembangunan block office dalam tahun anggaran 2013 ini. Pembangunan komplek perkantoran tersebut bakal mendatangkan Multiplier Effects, sehingga kegagalan pembangunan ikut merugikan warga. Gagalnya proyek itu menghilangkan momentum ekonomi tersebut. Direktur Lembaga Kajian Kebijakan Publik (LK2P) Kota Batu, Ulul Azmi menyebutkan, block office tersebut sudah dianggarkan tiga tahun berturuttarut. Hingga penganggaran tahun

ketiga, ternyata pembangunan tidak bisa dilakukan dan saat ini kondisi komplek perkantoran masih berupa kerangka. ‘’Kalau sampai tiga tahun di anggarkan, program tidak bisa berjalan, berarti ada sesuatu yang tidak beres. Kalau tiga tahun dianggarkan, sudah semestinya proyek tersebut sudah bisa digunakan,’’ ungkap Ulul Azmi kepada Malang Post. Multiplier Effects (dampak berantai, red) block office sangat besar bagi warga Kota Batu. Saat ini hampir semua perkantoran di Kota Batu masih menyewa dengan anggaran besar. Jika block office sudah bisa digunakan, anggaran untuk sewa kantor bisa dialihkan kepada pos lain, misalnya

bantuan siswa, memperbaiki dan melengkapi gedung sekolah, menambah dana jamkesmas, menambah anggaran bedah rumah hingga perbaikan jalan. Selain itu, kata dia, perkantoran yang berada dalam satu komplek akan memudahkan warga dalam mengurus administrasi. Lokasi Kota Batu memang relatif kecil, tetapi jika warga harus bolak-balik dari kantor satu ke kantor lain dalam pengurusan administrasi, hal itu tidak efektif. ‘’Belum lagi warga sekitaran block office sudah berancang-ancang membuat kos-kosan. Jika block office sudah ditempati, banyak pegawai yang memanfaatkan tempat kos. Atau pekerja proyek dari daerah lain tentu

membutuhkan tempat kos berdekatan dengan block office. Jadi Multiplier Effects block office sangat besar,’’ tegas dia. Sementara itu PLH Sekda Kota Batu, Budi Santoso membenarkan Multiplier Effects block office sangat besar. Ketika pemenang lelang melaksanakan proyek, banyak juga pekerja asal Batu yang terlibat. ‘’Ya, saya menilai ada manajemen yang kurang bagus dalam penggarapan program block office ini. Proyek ini jadi terlambat sehingga tidak ada rekanan yang masuk saat pelelangan. Ya, tahun depan, block office dianggarkan kembali sehingga penyelesaian bisa terlaksana,’’ pungkas Tossi, panggilan akrabnya. (feb)

Film SMKN 3 Masuk Lembaga Sensor BATU – Dinas Pendidikan Kota Batu membawa prestasi SMKN 3 Batu kepada Kemen terian Pendidikan dan Lembaga Sensor Film RI. Prestasi unggulan SMKN 3 Batu adalah beberapa kali juara nasional hingga pembuatan FTV. Kesempatan Dinas Pendidikan memaparkan prestasi SMKN 3 Batu bersamaan dengan pemutaran film inspiratif yang berlangsung di GOR Ganesha Kota Batu, pekan lalu. Saat itu Nunus Supardi, Wakil Ketua Lembaga Sensor Film RI dan Endjat Djaenuderajat – Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hadir langsung di Kota Batu. ‘’Prestasi SMKN 3 Batu dalam bidang perfilman cukup membanggakan karena sering langganan juara nasional tingkat pelajar. Hal itu yang kami paparkan kepada Kementerian Pendidikan maupun Lembaga Sensor RI,’’ ungkap Budi Santoso, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu. Pihaknya berharap, Lembaga Sensor maupun Kementerian Pendidikan bisa memberikan solusi agar SMKN 3 bisa lebih berprestasi. Selain itu prestasi terhadap film hasil karya anak-anak SMK juga semakin mendapatkan apresiasi. Seperti diketahui, SMKN 3 sudah beberapa kali menjuarai film tingkat pelajar tingkat

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

PALUPI: Siswa-siswa SMKN 3 Batu saat terlibat dalam syuting FTV Palupi

FOTO : MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

USIA DINI : Pertandingan putaran kedua PASS KWB U-14 berjalan seru, kemarin

PASS KWB Memasuki 16 Besar BATU – Kompetisi usia dini PASS KWB U-14 tahun yang digelar PASS KWB (Paguyuban Sekolah Sepakbola Kota Wisata Batu) menuntaskan putaran kedua, pada hari Minggu (8/9) kemarin. Sebanyak 16 tim bersaing ketat meraih satu tiket lolos melaju ke babak delapan besar pada hari Minggu (15/9) mendatang. Mereka terbagi dalam empat grup dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim. Empat grup itu meliputi Grup A dihuni Mitra ABC, Kridha Yuwana, Persedap dan Bumal Indonesia. Grup B : Blue Eagle, Temas United, Putra Bumiaji dan Bhineka Indonesia. Grup C : Galamuda, Balamuda, Batu Raya dan Argon. Sedangkan, Grup D bersaing Palapa, Persegi Putra, Gatra Mahkota dan Satria Yudha. ‘’Dua tim terbaik di masing-masing grup berhak lolos melaju ke babak delapan besar yang digelar minggu depan. Hari ini (kemarin, Red), pertandingan digelar di dua lapangan, yakni Lapangan Pokopek dan Bulukerto,” terang Edi HK, Kepala Bidang Pembinaan Usia Dini, Pengcab PSSI Kota Batu. Hasil rangkaian pertandingan di putaran kedua, tercatat untuk di Lapangan I Pokopek, Mitra ABC v Kridha Yuwana : 1-3, Blue Eagle v Temas United : 3-0, Persedap v Bumal Indonesia : 2-0, Putra Bumiaji v Bhineka Indonesia : 0-2, Kridha Yuwana v Persedap : 2-1 dan Temas United v Putra Bumiaji : 0-3. Sedangkan, hasil di Lapangan II Bulukerto, meliputi Galamuda v Balamula : 2-1, Palapa v Persegi Putra : 1-1, Batu Raya v Argon : 0-3, Gatra Mahkota v Satria Yudha : 0-1, Balamula v Batu Raya : 3-0, Persegi Putra v Gatra Mahkota : 2-0. ‘’Sebelum Desember diagendakan sudah masuk ke puncak agenda dari Pengcab PSSI Kota Batu,” tambah Edi HK. (poy/feb)

Bantuan Hibah untuk Meningkatkan.... Sambungan dari Halaman 20

nasional. Karena langganan juara tersebut, SMKN 3 juga mendapat anggaran block grant sebesar Rp 750 juta untuk pembuatan FTV berjudul Palupi. Film Palupi itu mengambil syuting di Kota Batu, akhir tahun 2012 lalu. Beberapa pemeran film sudah tidak asing lagi dalam dunia acting, salah satunya Qori Sandioriva (Putri Indonesia 2009) yang berperan sebagai tokoh utama, Palupi besar. aktris muda berbakat seperti Abraham J, Charis Lola, dan Byan Arasy Arary.

Selain itu FTV digarap oleh sutradara berpengalaman, A Nawir Hamzah. Sementara Nunus Supardi, Wakil Ketua Lembaga Sensor Film RI sangat mengapresiasi SMKN 3 Batu yang sudah banyak berkarya dalam bidang film. Karya-karya tersebut tidak boleh berhenti sehingga bisa saja film karya SMKN 3 itu menjadi salah satu inspiratif yang bakal digunakan dalam kegiatan nonton bersama sepert Nine Summers Ten Autums. Siswa SMKN 3 juga tidak boleh

sekedar puas dengan hasil karya untuk tingkat sekolah, tetapi sudah mulai berfikir tentang industri. Mereka bisa bergabung dengan pembuat film indie, seperti yang terlihat di Bandung. ‘’Dengan bergabung, mereka bisa bicara tentang apa saja, mulai pembuatan film, mendapatkan informasi terbaru hingga belajar pemasaran,’’ tegas dia. Ada baiknya produses film, termasuk SMK meniru negara Nigeria. Nigeria sudah memiliki produksi-produksi film hebat dan bersaing dengan

Hollywood atau Bollywood. ‘’Padahal Nigeria negara kecil di Afrika, namun Nollywood (nama-nama film Nigeria) saat ini ikut merajai dunia. Marketingnya yang sangat hebat. Awalnya mereka memanfaatkan warga sana di negara lain (perantauan) dengan menyuguhkan film-film asli Nigeria. Indonesia juga bisa meniru seperti itu karena banyak warga Indonesia di luar negeri. Belum lagi warga Jawa yang banyak di Suriname atau lainya,’’ pungkas dia. (feb)

Bilik Suara Pinjam KPU

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

MEMUKAU: Personil Tani Maju saat tampil di Dusun Glonggong, Kelurahan Temas, kemarin.

Tani Maju Hibur Temas BATU – Perayaan HUT Kemerdekaan ke-68 RI tetap saja dilakukan di Kota Batu meski saat ini sudah berada dalam bulan September. Warga Dusun Glonggong Kelurahan Temas menggelar parade musik hingga paduan suara ibu-ibu yang digelar di dusun setempat, Minggu (8/9) kemarin. Berangkat dari iuran warga, mereka mengawali kegiatan aneka lomba untuk anak-anak hingga ibu-ibu. Jalan sehat juga digelar, sedangkan pentas seni hingga parade musik dilakukan sebagai puncak acara sekaligus penutup. ‘’Ada sekitar enam grup band yang mengikuti parade. Sedangkan bintang tamu parade musik ini adalah Tani Maju,’’ ungkap Johan Effendi, Ketua Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Dusun Glonggong. Tani Maju membawakan beberapa lagu, termasuk andalannya Castol. Suasana parade musik hingga aneka kegiatan berlangsung meriah. Hampir semua mereka yang hadir adalah warga Dusun Glonggong. Mereka memadati lokasi kegiatan mulai pagi hingga sore. ’’Kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahun. Jika tidak ada PHBN, masyarakat sering bertanya dan mendesak kami menggelar kegiatan karena langkah ini bisa mempererat tali sialturahmi antar warga,’’ kata dia. Menurutnya, setiap warga iuran untuk PHBN. Tahun ini, kegiatan HUT Kemerdekaan berbenturan dengan bulan puasa, sehingga acara meriah baru digelar pada September ini. Sedangkan Agustua lalu, kegiatan dilakukan dengan sederhana, yakni syukuran di kampung. ‘’Semua warga bisa berkumpul. Dengan begitu, kegiatan ini bisa digunakan menjalin silaturahmi dan demi keakraban,’’ pungkas alumnus SMK PGRI 2 Kota Malang ini.(mg12/feb)

B AT U – P e m b e l a j a r a n demokrasi siswa SMA Negeri 2 Kota Batu mulai berjalan saat pemilihan Ketua OSIS. Seperti yang terlihat akhir pekan lalu, siswa memilih Ketua OSIS seperti pelaksanaan Pilwali Batu atau Pilgub Jatim. Tahun ini, pemilihan ketua Osis juga dilakukan dengan konsep pemilihan langsung. Sebanyak 784 pemilih dari seluruh warga yang ada di sekolah ini terdaftar sebagai peserta dalam pemilihan. Dengan tujuh calon ketua OSIS meliputi Yoga P (kelas 11 IPS I), Yudha PA (10 IPS III), Jefri FS (11 IPA III), Wiwin YA (10 IPA II), M Rangga P (11 IPA III), R Ritzki DH (10 IPS I) dan Inggar DN (11 IPA III). ‘’Pemilihan langsung ini digelar secara rutin sejak lima tahun terakhir. Sebelumnya, kami juga lakukan penjaringan calon ketua kemudian dapatkan tujuh calon,” terang Andiawan Desfin, Ketua Panitia Pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 2 Kota Batu kepada Malang Post. Layaknya konsep sebuah gelaran pilkada, OSIS SMA 2 juga menerapkan beberapa tahapan sebelum menuju hari pemungutan suara atau coblosan. Tahapan itu

diantaranya debat terbuka para calon yang berlangsung di lapangan sekolah, dengan dihadiri seluruh warga sekolah. Panitia pemilihan juga menyiapkan kertas suara yang didesain mirip dengan ketas suara Pilkada dan Pilgub lalu. ‘’Pelaksanaan coblosan dilakukan secara bergantian, dengan giliran masing-masing kelas. Sehingga juga tetap bisa menjalani proses belajar mengajar seperti biasa,” terang Andiawan. Tak hanya itu, panitia juga menggunakan kotak suara dan bilik coblosan, yang didapat dari hasil peminjaman ke KPU Kota Batu. Pembedanya, pemilihan ketua OSIS ini mengusung tema ‘Terminal’ yang difilosofikan sebagai tempat yang didatangi banyak penumpang dengan sama-sama ingin mewujudkan tujuannya. Ruang coblosan pun didesain bak berada di dalam bus, lengkap dengan keberadan petugas Dishub dan Kepolisian yang mengawal. ‘’Begitu juga siswa yang ada di sekolah ini, kami sama-sama memiliki tujuan mampu mewujudkan citacita. Nantinya, OSIS kami memerlukan kurang lebih 50 anggota di tahun ini, karena

anggota OSIS dari kelas III, bakal purna tugas,” ucap Putra Arika Fajar, Ketua OSIS yang lama SMA Negeri 2 Kota Batu, terpisah. (poy/feb)

Saya pikir, dengan tambahan modal Rp 1 juta tiap pedagang, sudah cukup untuk menambah dagangan. Mengapa saya katakana harus selektif, karena jangan sampai bantuan tersebut digunakan untuk kepentingan konsumtif, untuk makan atau untuk membeli barang yang tidak ada hubungannya dengan usaha. Misalnya, para PKL di sekitar Alun-alun saat ini mereka sudah menikmati hasil yang lebih baik karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Saat ini, Alun-alun menjadi salah satu tujuan wisata baik bagi warga KWB sendiri maupun wisatawan luar kota, karena murah meriah dengan wahana yang lengkap, cocok untuk wisata keluarga. Peningkatan jumlah pengunjung diAlun-alun itu tentu berimbas kepada para pedagang yang menjual berbagai dagangan, baik makanan, souvenir atau kebutuhan wisatawan. Meskipun demikian, menurut saya, mereka masih harus dibantu untuk meningkatkan kualitas dagangannya. Mungkin jumlah dagangannya bisa ditambah begitu juga dengan jenis dagangannya, tentunya bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk membeli. Kalau jumlah dagangannya lebih banyak dan ditata dengan rapi, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Mereka tertarik karena standnya penuh dengan dagangan aneka kebutuhan. Apalagi kalau para pedagang bisa sedikit membuat kreasi kios atau barang dagangannya, tentu akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Semakin banyak wisatawan yang datang, maka keuntungan mereka akan semakin besar. Inilah obsesi saya sejak lama, agar warga KWB bisa berperan aktif dalam pembangunan kotanya, termasuk bisa menikmati hasilnya. Mereka harus menjadi pemain dalam geliat pembangunan kotanya, bukan sebagai penonton. Pemkot KWB akan berusaha maksimal agar hasil pembangunan ini semaksimal mungkin dinikmati masyarakat sehingga kesejahteraan mereka meningkat. Jangan sampai muncul anggapan hanya orang luar yang menikmati kemajuan KWB yang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. (*)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

MIRIP COBLOSAN PILKADA : Siswa-siswi SMA Negeri 2 Kota Batu saat menyampaikan aspirasinya dalam pemilihan Ketua OSIS baru. REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: SITI


SENIN, 9 SEPTEMBER 2013

Catatan Wali Kota Batu

Eddy Rumpoko

KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

20

Bantuan Hibah untuk Meningkatkan Pendapatan PKL dan UKM MENGELOLA keuangan daerah harus ekstrahati-hati, sebab kalau tidak, akan menimbulkan masalah. Meskipun demikian, bukan berarti tidak boleh memanfaatkan anggaran untuk kegiatan yang lebih produktif dan sangat dibutuhkan rakyat. Dalam PAK tahun ini, ada sekitar Rp 50 miliar anggaran yang harus dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih

MALANG – Reses kedua tahun 2013 dimanfaatkan Wakil Ketua DPRD Kota Malang, H. Abdul Rachman untuk menjaring aspirasi masyarakat sebanyak-banyaknya, khususnya di daerah pemilihan Kedungkandang. Selain menjaring aspirasi, politisi PKB itu pun banyak menyampaikan rencana APBD Kota Malang ke depan untuk masyarakat. “Saya lebih banyak mendengarkan aspirasi dari masyarakat. Karena, reses itu memang waktunya bagi anggota dewan untuk menjaring aspirasi masyarakat sebanyak-banyaknya,” kata Abdul Rachman. Selain banyak menerima aspirasi, Abdul Rachman yang didampingi Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Arief Wahyudi banyak menyampaikan informasi rencana APBD Kota Malang untuk rakyat. Hal itu sesuai dengan misi visi, wali kota dan wakil wali Kota Malang terpilih yang akan dilantik pada 13 September mendatang. Seperti diberitakan, wali kota dan wakil wali Kota Malang, H. Moch Anton-Sutiaji diusung PKB. Sehingga, anggota dewan yang menggelar reses ikut mensosialisasikan misi dan visi wali kota terpilih kepada masyarakat, seperti rencana kenaikan insentif guru ngaji, RT dan RW dan banyak lainnya. “Kami sudah meminta kepada wali kota dan wakil wali kota terpilih, setelah dilantik nantinya dapat segera membuat SK wali kota tentang aturan kenaikan insentif itu. Agar dapat segera direalisasikan kepada masyarakat,” terang Arief Wahyudi. (aim)

menyentuh kepentingan rakyat. Awalnya anggaran itu akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan block office sebesar Rp 32 miliar tapi karena ada keterlambatan sehingga tidak bisa digunakan. Sisanya berasal dari anggaran cukai yang rencananya akan digunakan untuk mebangun balai latihan kerja, tapi tidak bisa karena terbentur aturan.

Setelah melalui pembahasan yang mendalam, akhirnya pos anggaran yang sudah disahkan itu harus digunakan untuk kegiatan pro-rakyat. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan anggaran sebesar itu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam kegiatan produktif. Saya sudah minta kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan

MENDENGARKAN: Anggota FPKB DPRD Kota Malang, H. Abdul Rachman mendengarkan aspirasi yang disampaikan masyarakat.

dan UKM untuk mendata PKL dan UKM yang layak untuk mendapat bantuan untuk mengembangkan usaha. Uang itu nantinya akan diberikan langsung kepada para PKL dan UKM untuk menambah modal bagi pengembangan usahanya. Bantuan ini berbeda dengan sistem sebelumnya yang bersifat bergulir atau pinjaman lunak,

tapi bersifat hibah, diberikan langsung kepada yang berhak. Tentu calon penerima bantuan itu bukan sembarangan, tapi harus melalui seleksi yang baik. Paling tidak, untuk tahap awal ini saya minta ada seribu PKL dan UKM yang akan mendapat bantuan. Sebelum bantuan diserahkan harus dipastikan bahwa penerimanya benar-benar layak untuk dibantu,

memiliki usaha yang punya prospek untuk berkembang. Karena sifatnya hibah, maka hanya diberika sekali saja. Makanya seleksi harus objektif, agar bantuan tersebut tepat sasaran, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi baik individu maupun masyarakat. Baca Bantuan... Hal.19

SAMBUTAN: Ketua Dewan Syuro PKB Kota Malang, H. Fatchullah memberikan sambutan pembukaan.

Abdul Rachman Jaring Aspirasi Masyarakat

ASPIRASI: Warga yang hadir reses mengisi lembaran aspirasi yang telah disediakan.

PENUH: Hall RM. Azharia Kedungkandang penuh dengan warga yang menghadiri reses.

TERTIB: Warga yang hadir tertib administrasi, mengisi absensi yang telah disediakan.

Bersama ALFAMART, Joget Caesar Bertabur Hadiah Senam Sehat Demi Indonesia kemarin kembali digelar di Lapangan Rampal. Kegiatan ini didukung oleh Alfamart. Selain senam, kemarin juga ada hiburan musik elekton, dance dari siswa SMAN 10, Kota Malang, dan joget Caesar. Panitia Senam Sehat Demi Indonesia juga memberikan hadiah berbentuk barang serta uang cash. Tak pelak, suasana senam pun semakin meriah. TEKS : IRA RAVIKA/MALANG POST FOTO: MUHAMMAD FIRMAN, WAHYU KRISNA/MALANG POST

IDOLA : Memimpin senam Farida Ariyani, Sugeng Bahenol dan Ellen Yuliana penuh dengan senyuman

CAESAR : Tidak ingin kalah Manager Marketing Alfamart Cabang Malang Awal Tri Tjahyono (depan kiri) ikut lomba dadakan Joget Caesar (Buka Dikit Jos)

DANCE : Tiga siswa SMAN 10 tampil dengan sangat percaya diri saat ngedance, kemarin

DISERBU : Stan Alfamart diserbu para pesenam dan pengunjung lapangan Rampal

SEMANGAT : Paguyuban Senam Sehat Demi Indonesia, unjuk gigi dengan ngedance sebelum senam dimulai

AKRAB : Foto bersama, pemenang joget Caesar menunjukkan hadiah uang dan air mineral.

ORANGE : Menggunakan dresscode orange, peserta Senam Sehat Demi Indonesia membeludak REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: SITI


Mp0909