Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SABTU, 5 OKTOBER 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

HUT TNI, Menjadi Pesta Rakyat MALANG - Peringatan HUT ke 68 TNI, di Malang hari ini, sangat istimewa. Semua rangkaian kegiatan dikemas dalam kebersamaan dan peduli rakyat. Dari wisata militer, panggung rakyat dan prajurit hingga festival makanan tradisional, di lapangan Rampal, digelar untuk rakyat. Sebelum memimpin upacara dan defile pasukan pagi ini, Panglima Divisi 2 Kostrad, Mayjen TNI Agus Kriswanto, meresmikan pembukaan festival makanan tradisional di lapangan Rampal. Dandim0833KotaMalang,LetkolInfGunawanWijayamengatakan, festival makanan tradisional, untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kegiatan ini masih bersifat embrio dan akan digelar dalam skala yang lebih besar. ’’Setelah dibuka, masyarakat silahkan mengunjungi dan menikmati aneka makanan tradisional. Semua ini disiapkan untuk masyarakat,’’ jelas Pamen TNI AD dengan dua melati di pundak ini.

Baca HUT TNI....11

GUEST GESANK/MALANG POST

TRIO : Sertu Ririn Sulis Setyaningsih (Kowad), Serda Retno Ayu (Wara) dan Sertu Mahardian Widiarti Santoso (Kowal). Mereka tetap tampil cantik, meski berada di tengah-tengah kehidupan keras, sebagai prajurit.

Arema Indonesia vs Eintracht Frankfurt U-23

Awas, Jerman Janji BIKIN KEJUTAN MALANG–Arema Indonesia bakal mendapat lawan tanding yang jauh lebih tangguh, dalam laga Battle Of League MNC TV, lawan Eintracht Frankfurt II malam ini (5/10). Pertandingan dengan kick off 20.00 WIB di Stadion Kanjuruhan itu, akan menjadi ukuran seberapa jauh kekuatan Singo Edan dihadapkan dengan tim bertradisi sepakbola kuat dari Jerman. Meskipun tim yang datang bukanlah tim senior, tapi Eintracht Frankfurt II pun, disebut-sebut memiliki kualitas yang melebihi Arema. Tanpa sungkan, tim pelatih Arema menganggap pertandingan lawan Die Adler atau Si Elang dari Jerman ini, se-

bagai kesempatan belajar cara bermain bola yang baik. ‘’Sebenarnya kita cari cara bermain bola yang baik dari mereka. Kita tahu level klub mereka di atas kita. Kita mau belajar dan mencoba untuk mencari tahu apa yang sebenarnya bakal mereka tampilkan saat pertandingan,’’ tandas asisten pelatih Arema Francis Wewengkang kepada Malang Post kemarin. Ungkapan Enal, sapaan akrabnya, seakan-akan Arema bakal kalah dari Eintracht Frankfurt di kandang. Namun, bisa jadi ini hanyalah psywar yang dikirim oleh tim berlogo singa itu. Sebab, Arema bakal bermain ngotot

Akui Ada

NARKOBA

dengan tujuan memenangkan pertandingan lawan tim asuhan Alexander Schur tersebut. Enal menyebut, Arema bakal tetap berpegang pada filosofi permainan Malangan. ‘’Pola permainan kita tetap sama kalau main di kandang. Itu sudah jadi ciri khas kita saat bertanding di hadapan Aremania. Kita tidak akan kalah soal kerja keras dan kengototan,’’ tegas mantan kapten Persija tersebut. Sementara itu, pelatih kiper Arema, Hendro Kartiko menyebut, tim seperti Eintracht Frankfurt II selalu memiliki ciri khas permainan Jerman yang cepat dan mengandalkan crossing-crossing tajam.

Baca Awas....11

Gubernur: Kurangi Bahan Baku Impor

Diserahkan Polisi JAKARTA – Benar-benar sudah keterlaluan perilaku Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar. Tidak saja tertangkap tangan menerima suap. Ternyata Akil diduga menyembunyikan barang haram di ruangkerjanya. Ya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menemukan barang yang diduga narkoba Akil Mochtar atau obat terlarang dalam proses penggeledahan di ruang kerja Akil Mochtar, Kamis (3/10), lalu.

Baca Akui....11

GUDANG GARAM DJAJA SHOW

HARY SANTOSO/MALANG POST

PEMBUKAAN : Pakde Karwo didampingi Murdaya Po, Sunardi (Ketua DPRD) dan Rasiyo menekan tombol tanda dimulainya Jatim Fair 2013.

SURABAYA - Provinsi Jatim, akan terus mengurangi potensi impor bahan industri, menyusul kian tidak stabilnya ekonomi dunia akhir-akhir ini. Sebagai ganti, pengusaha diminta mencari bahan baku sejenis, yang ternyata diproduksi di dalam negeri. ‘’Semakin besar nilai impor kita, semakin berat beban ditanggung. Contohnya sekarang ini, saat dolar menyentuh Rp 12 ribu pengusaha banyak yanga kelimpungan,’’ kata Soekarwo, Gubernur Jatim ketika membuka Jatim Fair 2013 di Grand City Surabaya, Kamis malam. Dikatakan Pakde Karwo, melihat situasi perekonomian global yang kian tidak menentuk, langkah jitu dan inovatif harus segera dilakukan.

Baca Gubernur....11

Ngalam

Ebes

HUT 68 TNI Kana : Dino iki pas ulang tahun ping suwidak wolu TNI bes

MALANG - Orkes Melayu (OM) Monata, bakal menyemarakkan Gudang Garam Djaja Show, di Stadion Donomulyo Kabupaten Malang, hari ini. Konser gratis persembahan Gudang Garam Djaja itu, bakal berlangsung sejak pukul 16.00. Masyarakat Malang Selatan, umumnya Malang Raya, dihibur penampilan pembuka OM Monata dan artis dangdut lokal.

Baca OM....11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Orang yang terlalu lama berharap terus mendengar pujian itu ibarat orang berjalan sambil melamun. Tiba-tiba saja kepalanya akan menabrak tiang listrik!’’

Putra Kopka TNI dan ‘Alumi’ M-Teens yang Sukses di FTV

Sempat Jadi Tukang Ojek, Kini Ingin Jadi Tentara FERNANDO Runtunewe tidak pernah bermimpi, akan menjadi seorang pemeran utama FTV, yang sering diputar di salah satu televisi nasional. Apalagi, sejak kecil dia tinggal di rumah dinas orang tuanya, Yon Arhanudri 2 Kostrad. Setelah semuanya terlampaui, siapa sangka bila kini dia ingin mengikuti jejak papanya sebagai tentara.

Ebes : Mugo-mugo tambah umur tambah dadi andalan jogo NKRI Kana : Ayas bangga jes, TNI tambah umur tambah profesional Ebes : Oyi jes, tapi tambah suwe tantangane tambah abot, oket jero utowo oket jobo. Makane TNI kudu cidek karo rakyat cikno itreng karepe rakyat. (***)

OM Monata Siap Ikut Goyang

MARGA NURTANTYO/MALANG POST

BANGGA: Kopka Jefry Runtuwene dan anak semata wayangnya, Fernando Runtuwene.

‘’Saya mulai menempuh karir di dunia entertainment, saat masa jeda kelulusan sekolah. Saat itu, saya dan teman-teman sekolah mengikuti lomba model bertajuk Explore Your Talent di Mall Olympic Garden tahun

LOMBA ALUN-ALUN DAN PATUNG

Partisipasi Mahasiswa dan Pelajar

2009,’’ tutur lulusan SMA Frateran ini kepada Malang Post. Tak dinyana, dalam acara yang didatangi Nikita Willy sebagai bintang tamu itu, Nando berhasil menjadi juara II.

MALANG- Sayembara desain patung Singo Arema yang dilombakan Pemerintah Kota Malang, dipastikan banyak diikuti pesertanya. Selain terbuka untuk umum, kalangan mahasiswa dan pelajar dipastikan banyak yang menjadi peserta.

Baca Sempat....11

Baca Partisipasi....11

Baca Obati....11

Jawa Pos Group


SABTU, 5 OKTOBER 2013

2

Usut Akil Mochtar, Majelis Kehormatan Diberi Waktu 90 Hari

JENGUK SUAMI: Ratu Rita (berdaster kuning) menunduk menghindari wartawan dan langsung memasuki mobil yang menjemputnya di depan GedungΩKPK, kemarin.

JAKARTA- Majelis Kehormatan Konstitusi (MKK) yang akan mengadili Ketua MK, Akil Mochtar telah terbentuk. Hakim Konstitusi Harjono terpilih menjadi Ketua, sedangkan Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto menjadi sekretaris. Ketua Majelis Kehormatan Konstitusi, Harjono mengatakan majelis ini akan bekerja mulai Senin, 7 Oktober 2013. Majelis mempunyai waktu 90 hari untuk menentukan ada tidaknya pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Akil. “Kami akan mengumpulkan informasi-informasi internal yang seluruhnya berkaitan dengan Pak Akil,” kata dia. Majelis juga akan melakukan pemeriksaan terhadap Akil Mochtar sendiri. Karena itu, majelis akan berkoordinasi dengan KPK terkait mekanisme pemeriksaan karena sekarang Akil berada di Rutan KPK. Harjono juga tidak menutup kemungkinan untuk memeriksa dua hakim konstitusi lainnya yang mengadili Pilkada Lebak dan Gunung Mas, serta pihak-pihak lain yang dianggap mempunyai informasi. “Proses kita dan proses KPK sama sekali berbeda. Di sini adalah proses tentang pelanggaran kode etik, KPK adalah pelanggaran pidana,” ujarnya. Menurutnya, meski Akil merupakan ketua lembaga tertinggi di Indonesia, namun tak jadi halangan KPK untuk menangkapnya. Menurut Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, penangkapan terhadap Akil bukan tanpa sebab. Sebab, KPK sudah memantau lama “sepak terjang” yang dilakukan Akil. “Lama (dipantaunya). Ya ada (dugaan kuat). Kan ada pengaduan disebut akan ada transaksi di sini-di sini. Kita lihat ini cukup di-OTTkan, ya sudah tinggal monitor. Hari H-nya tangkap,” kata Adnan di kantor KPK, Jumat (4/10/2013). (jpnn/udi)

Hakim MK Terima Gaji Rp 100 Juta Sebulan DIBERI WAKTU 90 HARI: Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (dari kiri) Abbas Said, Bagir Manan, Hikmahanto Juwana, Mahfud MD dan hakim konstitusi Harjono berbincang dengan Wakil ketua MK Hamdan Zoelva.

Akil Mochtar Dijenguk Ratu Rita JAKARTA-Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) non aktif Akil Mochtar diduga menerima suap hingga total Rp4 miliar dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu malam 2 Oktober 2013 di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra III nomor 7 Jakarta. Berapa sebenarnya gaji hakim konstitusi? Seperti gaji pejabat di lembaga tinggi negara lainnya, gaji hakim konstitusi cukup besar. Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva mengungkapkan, sebulan hakim konstitusi bisa menerima sekitar Rp100 juta. “Gaji sekitar Rp50 juta ditambah honor-honor ya di atas itu lah. Tergantung kegiatan yang ada,” Hamdan di kantornya, Jumat, 4 Oktober 2103. Karena itu, Hamdan menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh Akil. Mantan politisi Partai Bulan Bintang ini ber-

harap kejadian yang menimpa Akil merupakan yang terakhir kalinya terjadi di MK. ”Sungguh, kasus ini sangat membebani pikiran kami. Tapi apa boleh buat, ini sudah terjadi. Kami berkomitmen untuk melakukan langkah apapun ke depan agar terhindar dari kasus seperti ini,” ujarnya. Terkait dugaan adanya hakim lain yang turut menerima suap, Hamdan menyerahkan hal itu kepada KPK. “Kami menyerahkan sepenuhnya urusan hukumnya kepada KPK, dan urusan etik pada Majelis Kehormatan Konstitusi. Kami tidak mau komentar soal itu. Siapa yang terlibat silakan (diusut),” tegas dia. Diketahui, Akil terakhir melaporkan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2011 lalu saat masih menjadi hakim konstitusi. Menurut informasi situs resmi LHKPN

acch.kpk.go.id, Akil memiliki total harta senilai Rp 5,1 miliar. Harta tersebut dilaporkan ke LHKPN KPK pada 3 Januari 2011 yang lalu. Jumlah Rp 5,1 miliar itu terdiri dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, giro dan setara kas lainnya, serta piutang. Harta bergerak Akil antara lain usaha peternakan sapi senilai Rp 30 juta, alat transportasi Rp 402 juta, emas, batu mulia dan barang-barang antik mencapai Rp 451 juta. Selain itu giro dan setara kas mencapai Rp 2,2 miliar. Selain itu, Akil pernah diketahui melaporkan harta tak bergerak pada Januari 2011, serta sejumlah bangunan rumah dan tanah yang berada di Pontianak. Tak hanya itu, saat masih duduk di kursi DPR RI, Akil juga pernah melaporkan harta kekayaannya sekitar bulan Juli 2002. Harta tersebut bernilai sekitar Rp 3,4

miliar dan 4.514 dolar AS. Sebelumnya, Akil Mochtar pernah menyebut hukuman potong jari, bahkan juga pernah berjanji soal hakim di gantung di tiang gedung MK. Hal itu diceritakan oleh pengacara yang juga sering berperkara di MK, Yusril Ihza Mahendra. Dalam akun jejaring sosial facebooknya (https://www.facebook. com/yusril.mahendra.16), Yusril pernah mendengar ucapan Akil. Ketika itu, Akil Ketua Panel dalam sengketa Pilwalkot kota Kediri Jawa Timur. “Saya teringat ucapan Akil ketika jadi Ketua Panel sengketa Pilkada Kota Kediri. Akil bilang, jika ada hakim MK terima suap, akan dia gantung di tiang gedung MK,” jelas Yusril dalam tulisannya, Jumat (4/10/2013). Yusril menunggu pembuktian Akil. Apalagi, kasus yang menyeretnya menjadi tersangka di

Harta Suami Wali Kota Tangsel Rp 103,9 Miliar JAKARTA- Tubagus Chaery Wardana, adik kandung Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah memiliki total harta kekayaan Rp 103,9 miliar. Tubagus Chaery Wardana yang juga suami Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, ditetapkan sebagai tersangka kasus suap penanganan sengketa Pilkada Kabupaten Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi (MK). Tubagus diduga menyuap Ketua MK Akil Mochtar terkait penanganan perkara itu. Penyidik mengamankan barang bukti uang dari pria yang akrab disapa Wawan itu sebesar Rp 1 miliar dalam tas biru. Meski keterlibatan Wawan dalam kasus suap Ketua MK belum disimpulkan akan menyeret pihak lain, namun Wawan diketahui merupakan seorang pengusaha. Istri Wawan, Airin menjabat sebagai Wali Kota Tangsel periode 2011-2016. Sebelumnya Airin merupakan notaris dan pejabat pembuat akta tanah di Kota Tangerang. Harta kekayaan yang dilaporkan ke KPK pada 24 Agustus 2010, Airin memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 103,9 miliar. Harta tersebut terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah daerah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang, Bogor, Bandung dan Cianjur. Tanah dan bangunan yang dimiliki Airin ada di 102 lokasi dengan nilai total mencapai Rp 59,81 miliar. Airin juga memiliki harta bergerak berupa kendaraan bermotor yang jumlahnya mencapai Rp 22,1 miliar. Terdiri dari delapan unit mobil dan satu motor. Diantara mobil yang dimiliki Airin, tergolong kendaraan mewah seperti merek Range Rover Sport, Mercedez Benz,

Airin Rachmi Diany Mini Cooper, Lamborghini, Toyota Alphard, Ferrari, Porche Panamera, dan Toyota Fortuner. Harta dia juga disumbang dari harta bergerak lainnya, yakni logam mulia dan batu mulia dengan nilai total Rp 9,25 miliar. Selain itu, surat berharga dengan total Rp 2 miliar. Kepala Bagian Humas Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Dedi Rafidi mengatakan, bahwa Wali Kota Airin – istri Wawan–– ternyata saat ini sedang berada di Amerika Serikat. “Ibu sedang ikut pendidikan di Amerika Serikat. Berangkat sejak 20 September dan baru akan kembali 20 Oktober 2013,” kata Dedi, kemarin. Menurut Dedi, Airin di AS untuk menempuh pendidikan di Harvard bersama sejumlah Wali Kota terpilih se-Indonesia. Pemkot Tangsel pun tak ikut campur soal penangkapan suami wali kota mereka oleh KPK. “Wawan itu pengusaha. Kami tak mau komentar karena itu bukan urusan Pemda Tangsel,” ujar Dedi. Terpisah, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ikut dicegah KPK keluar Indonesia, terkait kasus suap adiknya, Tubagus Chaeri Wardana (Wawan). Adik Atut diduga menyuap Ketua Mahkamah

Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Di catatan KPK Ratu Atut terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 6 Oktober 2006. Pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Ratu Atut punya total kekayaan 41.937.757.809 atau nyaris Rp42 miliar. Saat itu, dia melapor saat menjadi Gubernur Banten periode 2007-2012. Harta Ratu Atut ini antara lain terdiri dari harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan. Dia memiliki sejumlah bidang tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah tempat, seperti Se-

KPK adalah kasus suap. “Kita tunggu kapan Akil akan buktikan ucapannya, apalagi jika itu terjadi pada dirinya sendiri,” ujar Yusril. Sementara itu, Jumat (4/10) kemarin, Akil dijenguk istrinya, Ratu Rita. Mengenakan daster warna kuning, Ratu Rita hanya menundukkan kepala usai keluar dari Gedung KPK, Jakarta. Sayang, Rita tak memberikan komentar apapun. Bahkan, ketika puluhan wartawan mengelilinginya untuk meminta konfirmasi sampai ke bahu jalan depan KPK, tempat mobil jemputannya Toyota Innova hitam bernomor B 1693 SJZ. Rita keluar didampingi dua pria dan perempuan. Pada kunjungan pertamanya, Kamis (3/10/2013), Rita sudah mendatangi KPK untuk menjenguk sang suami yang ditahan di Rutan KPK. Ia datang bersama dua orang pukul 23. 50 WIB, dan satu di antaranya ajudan Ketua MK, tapi kemudian ditolak karena jam besuk sudah habis. (jpnn/udi)

Granat Meledak di Bali, Dua Tewas JAKARTA- Sebuah ledakan terjadi di Desa Candi Kuning, daerah Baturiti, Tabanan, Bali, Jumat (4/10/2013). Dua orang dilaporkan tewas. Informasi yang dihimpun menyebutkan, lokasi ledakan terjadi di garasi mobil, yang sebelumnya merupakan bekas lokasi latihan pasukan Kopassus dalam rangka pengamanan pertemuan KTT APEC di Nusa Dua, Bali. “Lokasi latihan pasukan Kopassus memang di Baturiti. Namun saya tidak tahu persis di mana lokasinya detailnya,” ujar Kepala Penerangan Kodam IX Udayana, Kolonel Wing Handoko, Jumat (4/10/2013). Namun Wing menampik jika selama pelaksanaan latihan Kopassus menggunakan granat dan hanya menggunakan peluru hampa dan dinamit. “Dalam latihan skenario penyerbuan cepat dan pembersihan kampung itu, Kopassus menggunakan peluru hampa dan dinamit. Namun dinamit sudah diledakkan, jadi tidak ada yang tersisa dilokasi,” tegasnya. Ledakan terjadi di kawasan wisata Bedugul, Tabanan, sekita pukul 11.00 WITA. Sejauh ini, polisi tidak mencurigai teroris di balik ledakan tersebut. Dua orang yang tewas diidentifikasi bernama Yusi Yuspa (14) dan I Komang Budiana (13). Satu tewas di tempat, satunya lagi meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. (jpnn/udi)

rang, Bandung, Cirebon, dan Jakarta. Adapun nilai total harta tak bergerak ini mencapai Rp19.160.418.750. Selain itu, kekayaan Ratu Atut juga tersimpan dalam bentuk harta bergerak, yakni mobil dan motor. Total nilai mobil dan motornya adalah Rp3,93 miliar. Harta bergerak lainnya—logam mulia dan batu mulia—senilai Rp8,22 miliar. Surat berharga Rp7,85 miliar dan giro Rp2,77 miliar. Kekayaan Ratu Atut meningkat Rp11 miliar lebih dibanding laporan kekayaannya pada 1 Oktober 2002 yang berjumlah Rp30,63 miliar. (jpnn/udi)

REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SABTU, 5 OKTOBER 2013

3

Gaya Premium Samsung di Galaxy Note 3

KF-338 Bergaya ala Spiderman MALANG – Tidak hanya mobil ferrari saja yang diangkut vendor untuk desain produk cellular. Wajah super hero Spiderman pun tidak luput dari jamahan tangan para vendor. Salah satu vendor yang mengusung lambang Spiderman pada produknya itu adalah Tiger. Perusahaan lokal ini memasang wajah manusia laba-laba pada produk seri KF-338 nya. Tak pelak, kesan unik pun langsung terlihat pada ponsel model flip tersebut. IRA RAVIKA/MALANG POST “Iya ini merek baru, UNIK: Ponsel flip dari unik ya bentuknya, ’’ Tiger ini mengusung motif kata Marketing NFC Spiderman untuk menarik Cell Malang Plaza, minat pengguna ponsel. Bagus Yulianto kepada Malang Post kemarin. Lantaran keunikannya itu, ponsel yang hadir dengan beberapa pilihan warna ini banyak diminati. Apalagi, harga ponsel ini relatif sangat murah, yaitu hanya Rp 200 ribu saja. Sebetulnya, secara produk, Tiger KF-338 ini merupakan ponsel standart. Berbasis Syimbian, ponsel ini hadir dengan layar warna 2.4 inci. Bentuk ponsel yang kecil, sangat memungkinkan pengguna meletakkan ponsel di saku, tanpa rasa khawatir. Lampu warnawarni yang terdapat pada casing depan kian mempercantik tampilan ponsel. Lampu-lampu tersebut akan menyala saat ada telepon maupun SMS masuk. Meski bentuknya kecil, namun ponsel ini tetap mendukung dual SIM GSM+GSM. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur multimedia layaknya ponsel model bongsor lainnya. Sebut saja MP3/MP4 dapat dimainkan tanpa ada hambatan. Sehingga pengguna pun bisa mendengarkan musik atau menonton video melalui ponsel ini dengan sepuasnya. Untuk kameranya, Tiger menyokong seri ini dengan kamera VGA. Tidak perlu risau, karena selain bisa digunakan untuk menjepret foto, kamera juga bisa difungsikan untuk merekam video. Tapi begitu, pengguna pun harus puas dengan hasilnya yang kurang maksimal. (vik/fia)

MALANG – Tidak butuh lama untuk menanti kedatangan Samsung Galaxy Note 3. Smartphone besutan terbaru Samsung di kelas premium ini mulai nongol di pasar gadget Malang Raya. Dibanderol dengan harga Rp 8.4 juta, keluarga baru seri Galaxy ini dipastikan banyak diminati. Pemilik Karna Jaya Cell Badri menyebutkan, kehadiran Galaxy Note 3 merupakan penyempurnaan dari seri Galaxy Note 2, sehingga wajar jika tampilannya lebih sempurna ketimbang pendahulunya. “Jika Samsung Galaxy Note 2 dibalut dengan casing full material plastik, ini beda. Body belakang ponsel ini berbahan kulit sintetis kelas premium. Aksen jahitan yang klasik, membuat produk ini tampil sangat elegan,’’ kata Badri. Tak hanyamembuat tampilan menjadi terlihat elegan, namun casing kulit sintetis tersebut juga membuat Galaxy Note 3 lebih aman saat berada dalam genggaman karena mengurangi ponsel tergelincir karena licin. “Ponsel ini cocok untuk mereka yang memiliki mobilitas sangat tinggi,’’ katanya. Seperti pendahulunya, Samsung tetap melengkapi generasi ketiga seri notenya ini dengan S Pen. Tapi begitu, S Pen yang tertanam jelas berbeda, dan lebih canggih. S Pen pada ponsel dengan layar 5.7 inci ini merupakan revolusi dan modernisasi dari versi pendahulunya dengan menambahkan kemampuan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari hanya dengan satu klik. S Pen baru tersebut didesain secara fungsional, sehingga pengguna bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari lebih mudah.

“Pengguna hanya perlu mengklik tombol di sisi S Pen untuk menampilkan Air Command. Itu untuk mengakses action memo, scrapbooker, screen write, S finder dan Pen Windows,’’ kata Badri. Secara tampilan layar, Badri menambahkan ponsel ini lebih jelas dan tajam. Apalagi dengan adanya fitur Drag & Drop membuat kinerjanya semakin cepat. selain itu tampilan multi window akan membantu pengguna untuk melihat beberapa aplikasi ataupun halaman secara bersamaan. Untuk spesifikasinya sendiri, ponsel ini hadir dengan jaringan 2G dan 3G. Galaxy Note 3 disokong dengan presesor octa core. Kecepatan prosesor dibagi dua, yaitu 1.9 quadcore dan 1.3 quad core. Untuk layar ponsel ini disokong dengan layar full HD super AMOLED beresolusi 1920 X 1080. Kinerja ponsel ini menggunakan operating sistem Android 4.3 Jelly Bean. Dua kamera tertanam pada body ponsel. Kamera utamanya menggunakan sensor 13 megapiksel dengan sensor BSI, lengkap dengan smart stabilization, auto focus dan LED Flash. Sedangkan kamera keduanya 2 megapiksel dengan sensor BSI. Dengan adanya sensor BSI, jepretan kamera ini memiliki kualitas yang luar biasa, layaknya hasil jepretan dari kamera DSLR. Semua kinerja ponsel ini disokong dengan baterai berkapasitas 3200 mAH. Sedangkan untuk memorynya, ponsel ini mendukung memory RAM 3 GB, dan ROM 32 GB. “Dimensinya lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu 151.2 x 79.2 x 8.3 mm. Ponsel ini memiliki berat 168 gram,’’ tandas Badri.(vik/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

SUDAH TIBA: Samsung Galaxy Note 3 kini sudah hadir di Malang dengan harga pasaran Rp 8,4 juta.

ADVAN VANDROID T1C

Transfer Cepat dengan Bluetooth 4.0 MALANG – Advan tidak pernah berhenti menciptakan produk yang handal namun tetap terjangkau. Salah satunya dengan menciptakan Vandroid T1C. Tablet dengan luas layar 7 inci ini, tidak hanya hadir dengan desain yang manis, tapi juga dibekali dengan performa yang mumpuni. Prosesor Cortex A7 dual core, berkecepatan 1.3 GHz yang didukung dengan RAM berkapasitas 512 MB, mampu menjalankan semua aplikasi yang ada pada tablet dengan sangat cepat. Ditambah lagi dengan sambungan bluetooth 4.0 yang memilliki kecepatan transfer data melebihi pendahulunya. “Bluetooth yang ditanam merupakan seri terbaru, dan memiliki kemampuan transfer data sangat cepat, dengan daya minimal,’’ kata Marketing Sentral Mobile Shop, Puji Lestari kepada Malang Post kemarin.

Tak pelak, meski pengguna kerap melakukan transfer data, tidak akan membuat baterai tablet boros. “Tidak banyak tablet yang didukung dengan perangkat Bluetooth seri 4.0, kalaupun ada, pasti harganya cukup mahal. Dan ini yang membedakan Vandroid

T1C ini dengan tablet lainnya,’’ ucap wanita bertubuh mungil ini, sembari mengatakan tablet ini disokong dengan baterai berkapasitas 2500 mAH. Sementara untuk keseluruhan, Vandroid T1C ini mendukung dua port SIM Card. Yang artinya,

tablet ini mendukung dua SIM GSM+GSM. Dan salah satu SIM Card yang tertanam sudah berjalan pada jaringan 3.5G HSDPA. Sedangkan layar sentuh pada tablet ini mendukung multi touch screen. “Selain dual SIM, tablet ini juga

dilengkapi dengan dua kamera, di depan dan di belakang. Sedangkan untuk penyimpanan internal, tablet ini memiliki ruang hingga 4 GB,’’ ucap gadis asal Malang ini. Namun yang paling menarik dari tablet ini harganya yang sangat terjangkau, yaitu Rp 1,075 juta.(vik/fia)


SABTU, 5 OKTOBER 2013

Revisi UU Pilpres Batal, KPU segera Susun Aturan JAKARTA-Pemilihan Presiden 2014 mendatang dipastikan mengacu pada UndangUndang Nomor 42 tahun 2008. Sebab, Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menghentikan pembahasan revisi Undang-undang Pilpres. Terkait perkembangan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan menyusun persiapan dan pelaksanaan Pilpres dengan lebih pasti. Mengenai bagaimana teknis pemilihan seperti pencoblosan atau pencontrengan akan diatur dalam Peraturan KPU. “Ya nanti dituangkan dalam peraturan KPU sehingga berbunyi PKPU tentang pemilihan presiden. Tersendiri,” kata anggota KPU Hadar Nafis Gumay di Gedung KPU, Jakarta, Jumat 4 Oktober 2013. Meski demikian, Hadar mengungkapkan, KPU dalam hal ini kesekretariatan jenderal, sudah menyusun draf PKPU tentang Pilpres. Hanya saja mereka masih perlu menyesuaikan lagi dengan perkembanganperkembangan terakhir. “Kami akan bekerja secara bertahap untuk buat peraturan-peraturan ini. Jadwal kapan kita mulai,

PKS Bantah Terima THR Rp 2 Miliar dari Yudi Setiawan JAKARTA– Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membantah menerima duit tunjangan hari raya (THR) sebanyak Rp2 miliar dari Direktur PT Cipta Inti Parmindo Yudi Setiawan. Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid minta agar fakta dan data dibuka ke publik untuk membuktikan keterangan Yudi tersebut. “Penting dibuka agar tidak menjadi klaim sepihak. DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKS tidak aktif waktu hari raya 2012. Itu perlu diuji di tingkat pengadilan, pemberian dikaitkan THR,” kata Hidayat, Jumat 4 Oktober 2013. Hal yang sama juga dikatakan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mahfudz Siddiq. Menurutnya, jika benar THR itu ada, maka dia tidak mendapat duit apapun dari Yudi. “Malah saya diminta membantu memberikan THR untuk staf-staf PKS,” ujar Mahfudz. Bahkan, kata Mahfudz, dia menggunakan uang pribadinya untuk memberikan THR bagi para staf yang bekerja di DPP PKS. “Jadi kalau dibilang kami minta Rp2 miliar, itu bagaimana? Saya saja tidak dapat apa-apa, malah diminta membantu (menyumbang),” kata Ketua Komisi I DPR itu. Sebelumnya dalam persidangan kasus suap sapi impor di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Yudi mengaku memberikan uang Rp2 miliar untuk THR pengurus DPP PKS yang diberikan pada 24 Agustus 2012. Menurut Yudi, uang sebesar Rp2 miliar diambil langsung oleh Ahmad Fathanah dari apartemennya, sementara mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq menunggu di lobi apartemen. (jpnn/udi)

TAK BISA MENCORET: Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay

kapan kita susun daftar pemilih, kapan kampanyenya, kapan pemungutan suaranya. Begitu saja yang mungkin orang paling tertarik tahu,” ujarnya.

Hadar melanjutkan, tahapan Pilpres akan dimulai awal tahun, Januari 2014. Menurutnya, perbedaan antara tahapan Pilpres dengan pemilihan legislatif

tidak terlalu banyak. “Pada dasarnya sama tapi pasti ada perbedaan, misalnya persyaratan calon. Kalau Pilpres dari parpol dengan perolehan sekian kursi.

4

Akil Diminta Berikan Pendapat Sidang Gugatan Pilkada Jatim

Kami anggap Pilegnya sama kayak kemarin, kurang lebih awalawal Juli, pas untuk dua putaran. Jadi Oktober sudah punya presiden,” tuturnya. (jpnn/udi)

Chairun Nisa Tak Bisa Dicoret dari Daftar Caleg JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap anggota DPR Chairun Nisa bersama dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan juga pengusaha Cornelis Nalau di rumah dinas Akil di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu 2 Oktober 2013. Ketiganya diduga melakukan serah terima uang suap senilai Rp3 miliar sehingga ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Chairun Nisa diketahui menjadi salah satu calon legislatif (caleg) di daerah pemilihan Kalimantan Tengah. Dengan adanya kasus hukum yang menjerat, lantas bagaimana nasib pencalonannya? “Kasus Chairun Nisa ini saya kira posisi dia belum ada proses pengadilan, belum ada putusan apalagi yang in kracht. Jadi posisi dia di dalam daftar calon

tentu masih harus seperti itu kecuali ada yang bersangkutan dan juga partai politiknya menarik yang bersangkutan dari daftar calon tetap,” kata anggota KPU, Hadar Nafis Gumay, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat 4 Oktober 2013. Hadar mengungkapkan syarat pencalegan atau bakal caleg diatur dalam Undang-undang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD pasal 51 ayat 1. Menurutnya, pada butir G pasal tersebut mengatakan bahwa seorang caleg tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dengan ancaman pidana 5 tahun atau lebih. “Kalau tidak (ada kekuatan hukum tetap) KPU juga tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi biarkan saja di sana nanti kalau ada keputusan pengadilan yang

Chairun Nisa berkekuatan hukum tetap baru kami akan coret,” ujarnya. Hadar melanjutkan KPU saat ini hanya bisa menunggu proses dari kasus tersebut. Karena itu, ada kemungkinan Chairun tetap terpilih dan dilantik meskipun po-

sisinya hukumnya belum jelas. “Memang begitu aturan hukum kita. Maksudnya masih memungkinkan orang-orang dalam proses hukum, pengadilan untuk bisa menjadi calon atau pejabat (negara) dan seterusnya. Kalau nanti ada putusan pengadilan tentu kami secara otomatis akan mencoretnya,” tuturnya. Hadar menambahkan jika Chairun dicoret maka tidak boleh diganti oleh calon yang lain karena tahapan pemilu sudah sampai pada DCT, menuju kampanye, dan pemilihan umum. Selain itu, pencoretan tersebut juga berpotensi menyebabkan tidak terpenuhinya syarat perempuan, atau perubahan susunan calon. “Sekarang kalau ada yang mundur, karena sesuatu tidak lagi memenuhi syarat tidak

dapat diganti. Kami mencoret harus ada putusan pengadilan yang berkekuatan. Kami tidak bisa, sekarang misalkan dia jadi tersangka langsung mencoretnya,” tuturnya. Perempuan berjilbab itu lahir di Solo 27 Desember 1958. Dialeknya masih kental khas Jawa. Cukup mudah menebak asal usulnya. Nisa, demikian ia sering disapa memang asli Solo. Namun, maju dalam pemilu melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah. Latar belakangnya sebagai aktivis kampus menjadikan Nisa dekat dengan aktivitas politik. Saat kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dia aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Setelah menyelesaikan studinya, dia resmi bergabung di Golkar. (jpnn/udi)

DISKUSI: Rieke Dyah Pitaloka, Khofifah dan kuasa hukumnya Otto Hasibuan melakukan diskusi, Jumat (4/10/2013).Ω JAKARTA- Kubu Khofifah Indar Parawansa tetap menginginkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar memberikan suaranya saat sidang putusan gugatan Pilkada Jawa Timur. Kuasa Hukum Khofifah, Otto Hasibuan mengaku sempat merenung saat Ketua MK Akil Mochtar ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apalagi sidang putusan akan berlangsung pada Senin 6 Oktober 2013. “Pascapenangkapan Akil, pertanyaannya apakah Akil ikut memutuskan, kalau ikut apakah putusannya bernilai hukum,” ujar Otto, Jumat (4/10/2013). Ia juga mempertanyakan jika Akil tidak akan memimpin maka apakah sah dipimpin dengan delapan hakim. Padahal hakim sidang harus berjumlah ganjil. “Kalau ditunda, kan lewat 14 hari. Tapi terlepas bagimana nasibnya, besok apapun putusan, kedua belah pihak dipersoalkan itu yang terjadi besok,” kata Otto. Otto pun meminta Akil ikut memberikan suaranya. Entah apakah dari penjara atau datang ke sidang tersebut. Bila itu dilakukan keputusan tersebut legal meskipun secara moral, kata Otto, Akil cacat. “Kalau delapan orang tidak ada pemimpin sidang,” ujarnya. (jpnn/udi)

Formappi: KPU Loloskan Caleg Lulusan SMP JAKARTA-Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menemukan setidaknya lima calon anggota legislatif (caleg) DPR RI yang bermasalah namun tetap diloloskan oleh KPU. Formappi menilai kelima caleg tersebut seharusnya tidak memenuhi syarat administrasi. “Dua dari Golkar, dua dari Nasdem dan satu dari PBB,” kata Ketua Formappi, Sebastian Salang, di kantornya, Matraman, Jakarta Timur. Sebastian menjelaskan satu caleg dari Partai Golkar yaitu Wasista Bambang Utoyo, daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan I, nomor urut dua hanya mencantumkan pendidikan setingkat SMP di Curriculum Vitae (CV)-nya. Padahal, untuk syarat menjadi anggota DPR RI minimal harus SMA. “Sekarang ini dia mantan anggota DPRD,” ujarnya. Sementara untuk caleg Golkar yang lainnya bernama Gunawan, seorang pengusaha, di dapil Jawa Barat (Jabar) VII, nomor urut 5. Yang bersangkutan memenuhi syarat dalam hal pendidikan yaitu lulusan S1 namun usianya baru 18 tahun.

FORMAPPI: Sebastian Salang yang menemukan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI yang bermasalah namun tetap diloloskan oleh KPU. “Caleg lain yang mencantumkan lulus SMP di CV adalah Nasdem yaitu Slamet Junaedi Jatim XI, Gusti Rusliansyah Kalsel I dan PBB, Iin Parlina Jabar V,” kata Sebastian. Meskipun demikian, secara umum Salang mengakui tingkat pendidikan para caleg 2014 cukup baik yaitu 83 persen ber-

pendidikan S1, S2, dan S3. Kemudian, dari sisi usia antara 21 sampai dengan 55 tahun sebanyak 77 persen. “Artinya dari usia, produktif yang mestinya kalau mereka bisa linier dengan pendidikan dan usia produktivitasannya bagus. Tapi fakta tidak demikian, pengalaman pemilu sebelum-

nya menunjukkan hal tersebut (kinerja lamban).” Salang menambahkan komposisi DPR 2014 nanti akan diwarnai oleh setidaknya tiga kelompok, yaitu anggota DPR yang incumbent, berlatar belakang pengusaha, dan non kader partai politik. Dengan kondisi seperti itu, ia meyakini

Terlibat Suap, KPU Coret Pengacara S dari Daftar Caleg LAMPUNG-Susi Tur Andayani, advokat asal Lampung, yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus suap sengketa Pilkada Kabupaten Lebak, Banten, ternyata tercatat di daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif Kota Bandar Lampung. Susi masuk dalam daftar calon dari PDIP nomor urut 7. “Ia memang tercatat sebagai calon anggota legislatif Kota Bandar Lampung daerah pemi-

lihan III, yang mencakup Kecamatan Panjang dan Kecamatan Bumi Waras,” kata Ketua Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Bandar Lampung, Fauzi Heri, kepada wartawan di kantornya, Jumat 4 Oktober 2013 siang. Terkait kondisi tersebut, KPU Bandar Lampung melalui Fauzi Heri memastikan bahwa akan mencoret nama Susi dalam DCT legislatif Kota Bandar Lampung. “Mengingat kasus ini termasuk kejahatan extraordinary, KPU Bandar Lampung

berinisiatif melakukan terobosan hukum untuk melakukan pencoretan terhadap Susi tur Andayani dari DCT legislatif Kota Bandar Lampung,” ujar Fauzi Heri. Langkah ini, menurut Fauzi Heri, memang diambil KPU setelah melakukan rapat anggota. Walau, lanjutnya, secara aturan KPU harus menunggu yang bersangkutan diputuskan dengan putusan peradilan tetap untuk mengambil keputusan. “Inisiatif ini terkait penegakan demokrasi

di tanah air kita,” tambahnya. Selain itu, keputusan KPU mencoret nama Susi karena ia tertangkap KPK yang biasanya sudah memiliki bukti yang cukup. “Lagipula, status tersangka di KPK ini tidak bisa diberikan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Pasti akan divonis oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Maka, dengan keputusan ini, nama Susi Tur Andayani tidak lagi tercetak di surat suara,” ujar Fauzi Heri. (jpnn/udi)

Akbar: Ratu Atut Dicegah KPK, Citra Golkar Bisa Merosot

tidak akan ada perubahan signifikan terkait kualitas DPR mendatang. “DPR isinya gado-gado, mayoritas incumbent terpilih lagi, tidak lebih dari DPR sekarang. Kurang lebih sama. Kualitas seperti apa, kinerja, integritasnya. Kalau caleg ini non kader, tingkat kedisiplinan rendah,” tuturnya. Menanggapi temuan tersebut, anggota KPU, Hadar Nafis Gumay meminta Formappi untuk memberikan datanya kepada KPU sehingga dapat segera diperiksa kembali. “Mudahmudahan tidak demikian. Kalau memang adanya demikian tentu kami akan coret yang bersangkutan,” ujar Hadar, Jumat 4 Oktober 2013. Hadar menjelaskan jika ternyata tidak memenuhi syarat, maka pihaknya wajib mencoret. Namun, KPU siap bertanggung jawab jika mereka keliru karena memasukkan caleg bermasalah ke dalam DCT. “Kalau itu ditemui sebagai kekeliruan kami tentu kami harus beri ruang penggantian tapi kalau itu ternyata bukan kekeliruan kami dan memang nyata betul yang bersangkutan tidak penuhi syarat itu upaya yang bersangkutan untuk membohongi kami, tentu tidak boleh diganti,” tambahnya. (jpnn/udi)

JAKARTA- Gubernur Banten dari Golkar, Ratu Atut Chosiyah, dicegah KPK terkait sengketa Pilkada dari tahun 2011-2013. Ketua Wantim Golkar Akbar Tandjung khawatir citra Golkar bakalan merosot. Akbar termasuk petinggi Golkar yang bersuara keras soal kasus Atut. “Ya tentu secara citra tentu ada dampaknya kepada Partai Golkar,” kata Akbar, Jumat (4/10/2013). Karena itu Akbar mengimbau jajaran Golkar untuk menjauhi korupsi. Dia juga menegaskan bahwa partainya mendukung penuh pengusutan kasus korupsi. “Yang penting Golkar memberikan dukungan terhadap langkah yang ditempuh lembaga hukum dan Golkar memperjuAkbar Tandjung angkan pemberantasan korupsi dan kalau ada kader Golkar terlibat ya kita tidak akan mencampuri,” tambah Akbar. Memang setelah Atut dicegah KPK, kekecewaan warga Banten seputar politik dinasti Atut mengemuka. Mantan rektor IAIN Banten, Prof Tihami, bahkan mendorong KPK mengusut tuntas korupsi dinasti Atut. Terkait hal ini, Akbar Tandjung menegaskan partainya tak akan menghalangi penyidikan KPK. ’’Tidak ada sedikit pun usaha untuk mencapuri apalagi menghalangi,” tegasnya. Ratu Atut Chosiyah dicegah bepergian ke luar negeri oleh KPK per Kamis kemarin. Pencegahan Atut terkait dugaan suap yang dilakukan sang adik, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan, yang sudah ditetapkan menjadi tersangka bersama Ketua MK Akil Mochtar. (jpnn/udi)

BADAN PERTANAHAN NASIONAL KANTOR PERTANAHAN KOTA MALANG Jalan Danau Jonge I No. 1 Malang Telp. (0341) 717015, 717016

PENGUMUMAN (Tentang Sertipikat Hilang) Nomor: 29 / 2013

Untuk mendapatkan Sertipikat baru sebagai pengganti sertipikat yang hilang, berdasarkan ketentuan pasal 59 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah dengan ini diumumkan bahwa : No.

1

Nama/Alamat Pemohon

Hak Atas Tanah, Jenis & Nomor Hak

NIB

2

3

4

1 Dokter YULIA BAYUMURTI Perum River Side Blok D-647 Malang

Tanggal Terdaftar Atas Nama Pembukuan 5

6

Letak tanah a. Jalan b. Kel. c. Kec.

Keterangan

7

Hak Guna 12.06.01.01.02246 Dokter Yulia 02-04-2002 a. - Surat Pernyataan Dibawah Sumpah Bangunan Tgl. 04-09-2013 Bayumurti b. Balearjosari No. 256 - Bukti Laporan Kehilangan Barang c. Blimbing tgl. 22-07-2013 No: C-1/LP/111974/VII/2013/Jatim/Res Mlg Kota.

Dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal pengumuman ini, bagi mereka yang merasa keberatan dapat mengajukan keberatan-keberatan kepada kami dengan disertai alasan bukti kuat. Jika setelah 30 (tiga puluh) hari tidak ada keberatan terhadap permohonan penggantian sertipikat tersebut diatas, maka sertipikat pengganti akan diterbitkan dan berlaku sah menurut hukum dan sertipikat yang dinyatakan hilang tidak berlaku lagi.

Malang, 30-09-2013 Kepala Kantor Pertanahan Kota Malang LATIF HERMAN SUSANTO, SH. NIP. 19591205 198703 1 002 REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SABTU, 5 OKTOBER 2013

Nostalgia Hidangan Kampung Jawa Timur Taman Indie Resto MALANG – Sajian bercita rasa tradisional masih memiliki daya tarik yang kuat. Tak heran jika Taman Indie Resto kembali menghadirkan menu-menu baru bernuansa nusantara di awal Oktober ini. Kali ini, resto yang berada di Kota Araya tersebut menawarkan aneka hidangan khas Jawa Timur. Ada tujuh menu Jawa Timuran yang ditampilkan oleh Taman Indie. Namun jangan membayangkan sajian yang ditawarkan sama seperti di resto lain. Taman Indie menyajikan hidangan ala Kampung Jawa Timur ini dengan cara berbeda dan rasa yang tak kalah maknyusss. Salah satunya, Nasi Goreng Rawon. Seperti namanya, menu yang satu ini merupakan nasi goreng. Namun bumbu yang digunakan adalah bumbu Rawon. Agar cita rasa Rawonnya semakin kuat, dalam penyajian menu ini, tetap disertakan condiment yang biasanya ditemui di menu Rawon, seperti mendol, kecambah dan sambal. “Kami ingin memberikan pengalaman kuliner yang berbeda kepada para pengunjung Taman Indie. Salah satunya dengan mengkreasikan hidangan Jawa Timur dengan cara berbeda tanpa menghilangkan cita rasa khasnya agar pengunjung

NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST

MAKNYUSSS: Taman Indie Resto mengangkat menu-menu kampung Jawa Timur untuk mengobati kerindungan para pelanggannya. tetap bisa bernostalgia,” ungkap Manajer Taman Indie Resto, Nanang Wintoro pada Malang Post, kemarin. Selain Nasi Goreng Rawon, pengunjung juga bisa memilih menu Jawa Timur-an lain, seperti Tahu Gandung yang berasal dari Pasuruan, Nasi

Ayam Jingkrak dari Probolinggo, Nasi Punel dari Bangil, Nasi Cawuk dari Banyuwangi, Nasi Gongso dan Nasi Lodeh Kampung. Hidangan ini dibanderol dengan harga mulai Rp 24.500 hingga Rp 51.500. Untuk minuman, Taman Indie menawarkan dua jenis sajian

segar, Es Teh Susu dan Es Kacang Hijau. “Teh dan Kacang Hijau melengkapi menu ala Jawa Timur yang kami tampilkan. Sengaja disajikan dengan es karena saat ini masih dalam musim kemarau yang cukup panas,” imbuh pria ramah ini.

5

RAMAYANA DEPARTMENT STORE

Pesta Jeans Akhir Pekan MALANG – Bila Anda sedang membutuhkan aneka produk fashion jeans, segeralah mengunjungi Ramayana Department Store di akhir pekan ini. Pasalnya, Ramayana mulai kemarin (5/10) mengadakan promo Pesta Jeans hingga hari Minggu (6/ 10) lusa. Store Manager Ramayana Department Store, Heru Pamungkas menerangkan Pesta Jeans kali ini menawarkan diskon hingga 70 persen. “Semua produk jeans akhir pekan mendapatkan potongan, bervariasi mulai dari 20 persen,” terangnya. Brand seperti Cardinal, JJ Jeans, Emba, Aerosmith, Triple Jeans, Raf21, Capital, Explosive, Trussardin, Replay, Gabrielle hingga Jeans Boss bisa menjadi pilihan Anda. Koleksi aneka jeans dibandrol dengan harga mulai dari Rp 59 ribu, bisa lebih rendah lagi bila Ramayana tengah mengadakan time service (TS). Saat TS, tambahan 20 persen bisa menjadi milik pelanggan setianya. Bila sejak awal bandrolnya sudah 50+20 persen, maka diskon bakal menjadi 50+40 persen. “Bisa dibilang double diskon. Jauh lebih murah. Bisa jadi jeans merek Gabrielle bandrolnya mulai dari Rp 39 ribu. Ini baru namanya pesta jeans,” papar Heru kepada Malang Post. Saat ini, Anda bisa menemukan koleksi Cardinal dengan bandrol Rp 378 ribu sebelum diskon menjadi Rp 189 ribu saja. Ada juga JJ Jeans dengan harga spesial sebesar Rp 109 ribu. Heru menambahkan, mulai dari produk anak-anak hingga dewasa pasti mendapatkan diskon. Misalnya JJ Kids, special price disiapkan, dan Anda tinggal menebus Rp 99 ribu. Begitu pula Aerosmith Kids dengan bandrol yang sama. Sementara itu, untuk koleksi perempuan, Pink by JJ bisa menjadi pilihan. Bandrolnya kini menjadi Rp 109 ribu saja. Bila menginginkan yang lebih branded, Cardinal Girl dengan harga Rp 199 ribu merupakan item yang menarik. Masih ada yang kurang? Koleksi Capital dengan menawarkan warna mencolok seperti merah, biru hingga kuning harganya kini Rp 145 ribu. Tak ketinggalan Replay Chinos yang menawarkan warna seperti coklat atau krem dengan harga Rp 169 ribu. “Bisa mendapatkan diskon sewaktu-waktu di hari itu,” tegasnya. (ley/fia)

Menu-menu baru tersebut ditawarkan oleh Taman Indie selama dua bulan ke depan. Nanang menyebutkan, jika menu tersebut mendapat sambutan yang baik dari pengunjung, Taman Indie akan menjadikannya menu reguler yang bisa dinikmati setiap saat. (nda/fia)

The Body Shop

Toko Baru Lebih Lengkap MALANG–The Body Shop tak henti memanjakan para perempuan di Kota Malang. Setelah membuka kios di MOG, kini The Body Shop Indonesia membuka outlet yang lebih luas dengan varian produk yang lebih lengkap. Outlet The Body Shop resmi dibuka kemarin (4/10). Lokasinya berada di lantai 1 MOG, atau tepatnya berada di sekitar atrium. Regional Operation Manager The Body Shop Indonesia, Ign Yamky Gunadi menjelaskan outlet di Malang merupakan yang ke 98. “Outlet di Malang ini mengusung konsep baru yang disebut pulse.konsep baru ini memberi kesempatan lebih besar kepada para pengunjung untuk merasakan langsung produk The Body Shop,” jelas Yamky. Ia menambahkan, ada banyak produk yang bisa ditemukan, mulai dari fragrance, body care,

WAHYU KHRISNA MURTI / MALANG POST

LENGKAP: Outlet baru Body Shop menghadirkan varian produk yang lebih banyak.

make up, hingga skin care. Varian produk tersebut ditawarkan dengan diskon 10 persen all item hingga 11 Oktober. “10 persen untuk pelanggan umum dan 30 persen bagi member. Potongan harga tersebut berlaku untuk produk dengan harga normal. Tidak

berlaku untuk produk yang sudah diskon,” paparnya panjang lebar. Selain memberikan diskon, The Body Shop Malang juga memberikan penawaran menarik lain berupa produk special price yang berbeda setiap hari. kemarin (4/10) ada beragam

Shop, Anda juga berkesempatan untuk menjadi member dan mendapatkan beragam penawaran menarik seperti informasi program diskon, bonus penukaran poin, hingga diskon khusus untuk member. “Untuk bergabung menjadi member, cukup membeli produk senilai Rp 500 ribu. nantinya akan mendapatkan kartu member yang bisa dipakai untuk bertransaksi di seluruh counter The Body Shop di seluruh Indonesia,” pungkas dia. (fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

SUPER MURAH: Khusus untuk akhir pekan kali ini, Ramayana menggeber berbagai koleksi jeans dengan harga sangat murah.

body mist yang ditawarkan dari harga normal Rp 139 ribu menjadi Rp 99 ribu saja. “Untuk besok (hari ini), ada promo body mist juga dengan harga mulai Rp 79 ribu,” imbuh dia saat berbincang dengan Malang Post. Bagi para pecinta The Body

Bank Bukopin

Tabungan Otomatis Banyak Hadiah MALANG–Bank Bukopin kembali meluncurkan program terbarunya. Sejak 1 Oktober lalu, Program Tabungan Otomatis Berhadiah Langsung menjadi salah satu andalan untuk menarik nasabah. Salah satu caranya Bank Bukopin Cabang Malang open table di MOG Malang, dengan menawarkan

hadiah undian tambahan bagi nasabah barunya. Manager Bisnis Bank Bukopin Cabang Malang, Abadi Nugraha Januarkus menerangkan, kali ini Bukopin meluncurkan tiga program sekaligus. Program EChannel Otomatis berhadiah langsung, Program Tabungan Rencana Bukopin (TRB)

berhadiah langsung aneka gadget dan Program Tabungan Siaga berhadiah langsung bebas pilih. “Launching program ini berlangsung serentak di seluruh Cabang Bank Bukopin yang tersebar di Indonesia dengan melakukan open table di wilayah-wilayah yang potensial. Di Malang kami memilih MOG sebagai lokasi

untuk open table,” terangnya. Dia menambahkan, sebagai bentuk perkenalan dengan calon nasabah, Bank Bukopin memberikan tambahan. Nasabah yang memutuskan membuka rekening tabungan di pameran tunggal yang berada di lantai dasar MOG, tersedia hadiah langsung. (ley/fia)

REDAKTUR : FIA, LAYOUTER : KURDI


SABTU, 5 OKTOBER 2013

6

Selamat Hari Guru se-Dunia! MALANG - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ikut memperingati Hari Guru se-Dunia yang dirayakan Sabtu (5/10/13). Rencananya tepat pukul 10.00 WIB, para guru akan melakukan aksi damai dengan berdoa bersama. Aksi tersebut dilakukan berdasarkan surat edaran PB PGRI, tanggal 11 September 2013 lalu dalam rangka menyambut Hari Guru Internasional. Rektor UM, Prof. Dr. H. Suparno menuturkan Hari Guru se-Dunia ini ada baiknya bagi guru, pimpinan organisasi guru, pelaksana manajemen pendidikan, dan lembaga pendidikan guru memanfaatkan sebagai mo mentum untuk melakukan evaluasi dan refleksi tentang kondisi guru dan pendidikan guru di Indonesia untuk pengembangan program-program peningkatan dalam kerangka pembangunan pendidikan. Sejalan dengan konteks global (sedunia), orientasi kualitas berstandar tinggi dalam membangun generasi berkemampuan kompetisi global harus menjadi pegangan. ”Apalagi, pasar bebas sudah di depan mata, tahun 2016. Untuk membangun

generasi demikian itu, guru menjadi tumpuan harapan. Hanya guru yang berkualitas saja yang bisa membangun generasi demikian itu,” ungkapnya. Guru yang berkualitas itu hanya dihasilkan oleh lembaga pendidikan guru yang berkualitas dengan input calon guru yang berkualitas pula. Sudah waktunya guru masa kini dan masa depan adalah guru-guru yang memiliki kemampuan akademik tinggi. Kepribadian mulia juga dipersyaratkan bagi guru profesional, yakni yang tidak hanya mumpuni dalam mengajar, tetapi juga mumpuni dalam mendidik. Transaksi dan interaksinya dengan siswa bersifat komprehensif yang memungkinkan berkembangnya multi inteligensi dan multi talenta dengan baik. Guru yang demikian itu mumpuni dalam penguasaan konten bahan ajar dan didaktik-metodik pembelajaran. Pelaksanaan tugas diniati dengan ikhlas demi berkahnya pelaksanaan tugas. Pengalaman hasil belajar siswa dari guru yang demikian itu adalah bibit unggul penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang akan berkembang terus sepanjang hayat

karena bibit yang unggul itu. Sementara Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Drs Nurcholis Sunuyeko M.Si menuturkan dua isu penting yang harus menjadi perhatian khususnya di Indonesia dalam peringatan Hari Guru se Dunia ini menurutnya adalah kesejahteraan dan kualitas profesi. Isu kesejahteraan ini tidak lepas dari keberadaan guru swasta yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan tapi belum mendapatkan perhatian pemerintah. ”Perlakuan terhadap guru swasta dalam hal ini bukan atas nama orang per orang, tapi kebijakan terhadap sekolah swasta yang menyangkut pemberdayaan kesempatan, keleluasaan untuk menggelar pendidikan,” ungkapnya. Ketika secara kelembagaan sekolah swasta sudah mendapatkan tempat maka secara otomatis guru swasta pun akan terangkat kesejahteraannya. Selain itu menurutnya memberikan kesejahteraan kepada guru menjadi tugas negara, dan seharusnya guru tak perlu bersusah payah hanya untuk menikmati kesejahteraan itu. Ia mencontohkan seperti mekanisme sertifikasi yang dikaitkan dengan

tunjangan profesi untuk guru. Untuk bisa mendapatkan tunjangan, guru harus melalui seleksi dan belum lagi tuntutan yang berat jika sudah mendapatkan sertifikat profesinya. ”Guru harus memenuhi kewajiban 24 jam mengajar, padahal guru masih butuh bersosialisasi dan bermasyarakat,” tukasnya. Guru Profesional adalah guru yang mendapatkan sertifikat dari pemerintah, dan berhak menda patkan tunjangan profesi. Sementara guru-guru yang belum mendapatkan sertifikat, seolaholah dianggap sebagai guru yang belum profesional. Hal tersebut kemudian mengakibatkan terjadinya iri antar guru yang sudah sertifikasi dan yang belum, sehingga bisa menjadi hambatan guru dalam melaksanakan tugasnya. Terpisah Guru Kota Malang yang juga salah satu guru berprestasi, Tri Suharno M.Pd menuturkan guru di masa depan diharapkan semakin profesional. Sesuai dengan semangat UU Guru yang mengisyaratkan profesionalitas guru sebagai hal yang tidak bisa ditawar. (oci/nda)

‰Saya sampaikan selamat Hari Guru Sedunia 5 Oktober 2013, dengan peringatan hari guru ini semoga dapat dijadikan momentum bagi rekan-rekan guru untuk lebih „mencintai profesinya secara total ta melaksanakan suatu dan tulus‰ yang tidak semata pekerjaan saja. Guru harus mencintai profesinya secara total dan tulus. Dan bagi semua pemangku kepentingan profesi guru saya berharap ‰upaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera dan terlindungi bisa lebih ditingkatkan. Dengan demikian saya yakin tidak menutup kemungkinan kedepan profesi guru akan lebih mendapatkan penghormatan tertinggi dan sangat mungkin setara dengan pejabat negara seperti halnya profesi guru di Cina dan juga di Jepang‰ Drs Budi Santoso

Kepala SMPN 14 Malang

Djalil: Jadilah Guru yang Baik ‘JADILAH guru yang baik.” Kalimat itu saja yang terlontar dari Drs Abdul Djalil Zuhri M Ag, praktisi senior di dunia pendidikan Kota Malang, saat diminta untuk memberi pesan kepada guru muda sebagai refleksi Hari Guru Internasional. Menurut suami Hj Masfufah Zuhri tersebut, kata ‘baik’ sudah mewakili terhadap karakter guru sebagai tokoh yang ‘digugu’ dan ‘ditiru’ dalam banyak hal. Seorang guru harus baik dalam bertutur kata dan tingkah laku, juga baik dalam kemampuan mendidik dan memberi teladan. Jika hal itu sudah dimiliki, maka hal lain adalah ‘sunnah’. “Memang kelihatannya sederhana. Tapi jika dihadapkan pada kondisi pendidikan saat ini, pertanyaan ‘bisakah kita menjadi baik?’ menjadi hal yang sangat sulit dijawab. Untuk menjadikan guru sebagai profesi, seseorang hanya perlu menempuh pendidikan selama empat tahun. Tapi butuh waktu seumur hidup untuk berproses menjadi guru yang baik,” terang perintis Yayasan Bahana Cita Persada itu panjang lebar. Lebih dari separuh usianya digunakan Djalil untuk mengabdi di dunia pendidikan. Selama itu, ia mengambil nilai filosofis dari sejarah keruntuhan Jepang saat dibombardir oleh sekutu. Dalam keadaan negara yang tengah porak poranda, yang ditanya adalah, ada berapa orang guru yang tersisa? Pertanyaan itulah yang membuat Djalil berani memposisikan guru sebagai pembangkit, tak hanya sebuah bangsa, tapi juga sebuah peradaban. Dari tangan seorang guru, lahirlah para pakar yang membangun kembali ekonomi, pendidikan, pariwisata, dan kesehatan di negara matahari terbit tersebut menjadi lebh kokoh dari sebelumnya. “Guru yang demikian itu tentu bukan guru sembarangan, melainkan guru yang baik yang dengan perkataan dan tingkah lakunya dapat mengolah otak dan mengangkat mental ribuan anak didiknya hingga membuat bangsa yang hancur harga dirinya menjadi kembali mendongak penuh percaya diri. Itu yang harus kita pelajari dari

LAILI SALIMAH/MALANG POST

LINTAS GENERASI: Drs Djalil Zuhri M Ag, salah satu tokoh pendidikan Kota Malang yang sukses membawa kemajuan dunia pendidikan. negara yang menjajah kita itu,” jelas Djalil. Lebih lanjut Djalil mengatakan bahwa tantangan terberat yang dihadapi guru adalah menata niat. Saat ini profesi guru sudah dapat menyejahterakan seseorang untuk hidup layak. Hal ini kadang membuat guru lupa niatnya semula untuk mencerdaskan bangsa. Hal itu lah yang selalu ia sampaikan pada guru-guru muda dalam setiap workshop dan seminar pendidikan dimana ia didapuk sebagai pemateri.“Saya mendukung adanya upaya peningkatan kualitas guru dengan cara memberi kesejahteraan kepada guru sertifikasi. Namun jangan sampai kita terlena dan menjadikan setifikasi tersebut sebagai puncak keberhasilan guru. Jangan mencari kehidupan di sekolah, tapi hidupkanlah sekolah,” tegasnya. Djalil berharap, perjua-

ngannya di dunia pendidikan dapat dilanjutkan oleh guruguru muda yang menurutnya memiliki wawasan akademis lebih tinggi. Dunia pendidikan harus selalu menjadi pencetak generasi emas yang berbudi. Bukan akademisi bermoral busuk yang menggunakan ilmunya untuk mengeruk keuntungan pribadi. “Warung yang laris adalah warung yang masakannya sesuai dengan selera, pelayanannya cepat dan ramah, harganya terjangkau, dan lingkungannya nyaman dan sejuk. Jika dianalogikan dengan sekolah, maka sekolah yang unggul memiliki output yang sesuai dengan harapan, SDM atau gurunya baik, memiliki banyak dana pendukung sehingga tidak memberatkan kepada siswa, sarananya lengkap dan lingkungannya menyenangkan untuk belajar,” terangnya. (ily/nda)

SMP ISLAM SABILILLAH Sekolah Menengah Pertama Islam (Sistem Full Day School) Jl. Terusan Piranha Atas No. 135 Malang Telp. 0341-405061, Fax. 0341-403560

MKKS SMA KOTA MALANG

MKKS SMK KOTA MALANG

Drs. Tri Suharno, M.Pd

Drs. Wadib Suudi, MM.

Ketua

SMA NEGERI 8 KOTA MALANG Jl. Veteran 37, Malang

Ketua

SMK PGRI 3 KOTA MALANG Jl. Raya Tlogomas IX/09 Malang, Jawa Timur

Mengucapkan

SELAMAT

HARI GURU SE-DUNIA 5 OKTOBER 2013

SMA NEGERI 1 KOTA MALANG

SMP NEGERI 15 KOTA MALANG Jl. Bukit Dieng T/8 Malang

Jl. Tugu Utara No 1, Malang

SMA NEGERI 3 KOTA MALANG Jl. Sultan Agung Utara No 7 Malang

SMA NEGERI 6 KOTA MALANG Jl. Mayjend Sungkono 58, Malang

REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: DJ AMIEL


SABTU, 5 OKTOBER 2013

7

Indy Clothing Carnival di Dome UMM

Miliki Ciri Khas,Produk Badrevenge Laris Manis INDY Clothing Carnival selama 4 hari di Dome UMM menjadi wadah bagi pemilik distro untuk memamerkan koleksi terbarunya. Tidak terkecuali Hendrayan Syah. Pemilik brand Badrevenge ini langsung setuju saat seorang temannya mengajak untuk ikut event tersebut. „Ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk-produk kita kepada khalayak yang lebih luas,ÊÊ katanya. Kepada Malang Post,ia mengu-

ngkapkan bahwa brand Badrevenge selama ini cukup dikenal di Jakarta. Tidak main-main, beberapa artis ibukota juga memakai koleksinya. “Kami memiliki ciri khas mulai dari pola maupun corak, tapi tetap fashionable, ini yang membuat produk Badrevenge berbeda dengan produk lainnya,’’ kata pria asal Jakarta ini. Produk dari Badrevenge antara lain celana, celana pendek, kemeja, kaos dan tas. Menariknya, semua produk tersebut dibuat sendiri di

rumahnya di Jakarta. Sedangkan untuk desainnya, Hendra mempercayakan kepada seorang temannya Rizky Septian. Pria ramah ini menuturkan bahwa semua produk Badrevenge berbahan full katun, dikombinasi dengan jeans atau twill. Katun menjadi pilihan bahan, selain memiliki motif yang sangat banyak, juga bahannya enak di badan. Namun begitu, untuk sekarang pria bertubuh kurus ini lebih banyak memproduksi kemeja dengan

motif petron (batik). Kemudian, sesuai dengan ‘’kode etik perdistroan’’, semua koleksi memang diproduksi sangat terbatas. “Setiap empat bulan sekali kami berganti mode. Kami melihat di luar, keinginan konsumen, sehingga begitu ada produk baru, konsumen pun langsung merespon dengan baik,’’ ucapnya. Terkait event Indy Clothing Carnival, Hendra pun salut dengan respon para konsumen, yang seketika

membludak sejak awal event ini dibuka. Terlebih mayoritas dari mereka datang untuk membeli produk, atau bukan datang hanya untuk melihat-lihat. Dan selama event ini, pihaknya membuka diskon antara 20-30 persen dari harga normal. “Kami juga melihat fashion. Sehingga saat kami menciptakan produk baru dapat diterima masyarakat,’’tandasnya, yang mengatakan semua produknya pada event ini dibanderol antara harga Rp 120.000-Rp 190.000.(vik/nug)

IRA RAVIKA/MALANG POST

LARIS MANIS : Konsumen sibuk memilih kaos koleksi Badrevenge.

WAHYU KRISNA MURTI//

ASA WARGA KOTA

HARUS STERIL: Kawasan sekitaran Stasiun Blimbing harus bersih dari lapaklapak yang dianggap menghalangi area sepur luncur.

Warga Kota Malang sampaikan harapan anda kepada duet Abah Anton dan Sutiaji yang menjadi pemimpin baru Bumi Arema Hingga lima tahun kedepan. Kirimkan suara Anda ke nomor

0857 9119 1887

Sertifikasi Belum Cair Abah Anton kami sangat mendukung program pendidikan yang abah canangkan tetapi tolong kami para guru swasta sampai saat ini uang sertifikasi tahap 2 dan 3 msh belum cair mohon abah tindak lanjuti kasihani kami pak utang2 kami sudah menumpuk terimakasih Abah Anton (083834726xxx)

Tertibkan Angkot Harapan warga malang,tertibkan angkot untuk tidak berhenti di dekat lampu merah jembatan layang arjosari karena buat macet,hijaukan tanaman daerah jembatannya,dan perlebar jalan,tikungan arah baliku ditinjau karna buat macet. makin ada 4 putar balik .tx (081231311xxx)

Sudah Bayar Rp 18 Juta, Pengelola Kios Cekot-Cekot Lahan PT KAI di Stasiun Blimbing Diperjualbelikan MALANG- Para pengelola lapak di sekitaran Stasiun Blimbing langsung cekot-cekot begitu mendengar rencana penggusuran lahan yang mereka tempati. Para penghuni kios yang rata-rata pelaku usaha kecil, merasa kebijakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkesan sepihak dan dipaksakan. Jika alasannya sekadar memperpanjang sepur tangkap, maka tak seharusnya 54 lapak dikosongkan. “Kan tidak perlu semuanya disterilkan. Lagipula, cukup diberi tambahan ruang jarak 1,5 meter dari dinding belakang kios kami sepertinya sudah memenuhi syarat,” seloroh Solikhul Hadi, mewakili sejumlah pengelola lapak setempat. Hadi menambahkan, seharusnya PT KAI mempertimbangkan untung rugi menghidupkan sepur luncur di jalur Sepur 1 yang berdempetan dengan bangunan lapak. Pemilik usaha salon itu menganggap jalur lain bisa juga dimanfaatkan untuk

pengadaan area sepur luncur. “Masih ada area lain yang bisa dipakai. Lagipula, coba dihitung saja berapa keuntungan kalau kios-kios di sini masih bertahan,” imbuhnya kepada Malang Post. Setiap bulannya, para pengelola lapak tak pernah absen menyetor uang sebanyak Rp 318 ribu. Rinciannya, Rp 300 ribu disetor ke PT KAI dan Rp 18 ribu adalah pungutan pajak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang. Jika dikalkulasi, berarti 54 kios di area sepanjang kurang lebih 200 meter tersebut mengeluarkan biaya Rp 17.172.000 per bulan. Hal itu berlaku sejak tahun 2008 silam, persisnya sejak dimulainya kontrak menempati lahan milik PT KAI tersebut. Tak tanggung-tanggung, durasi kontraknya hampir 15 tahun. Saat ini, kontrak itu baru berjalan lima tahun. “Ada perjanjian antara PT KAI dengan penyewa dan Dispenda dengan penyewa. Sepertinya ada juga perjanjian antara PT KAI dengan pihak pengembang,” lanjut Hadi yang juga menggeluti bisnis media.

Usut punya usut, para penyewa lapak merasa berat meninggalkan kiosnya lantaran merasa memiliki bangunan tersebut. Dulu, mereka membeli satu stand dengan harga Rp 18 juta. “Dulu beli harga segitu. Sudah lunas malah. Kalau sekarang mau diambil, dulu duit itu buat apa?” terang salah seorang pedagang yang menolak namanya dipublikasikan. Seseorang berinisial ‘F’ langsung dikaitkaitkan dengan masalah ini. Menurut pengakuan sejumlah pengelola lapak, mereka membeli kios dari oknum bersangkutan. Ternyata, si ‘F’ dulunya tercatat sebagai penyewa lahan milik PT KAI. Namun, pada praktiknya dia malah memperjualbelikan lahan tersebut. Hal itu dibenarkan oleh Manajer Aset PT KAI Daop 8, Waluyo. Tak heran, bila kemudian para pengelola kios bereaksi keras. “Informasi yang kami terima begitu. Jadi, oleh orang ini lapak nya diperjualbelikan. Nah, penghuni sekarang merasa memiliki bangunan tersebut. Padahal, status tanahnya masih menyewa. Miskomunikasi ini yang harus diluruskan,” bebernya kepada Malang Post. (tom/nug)

Abah Bedah Rumah Warga Muharto M A L A N G - Ta k s e k a d a r melaunching program bedah rumah dalam seremonial simbolis di Bundaran Tugu, 15 September lalu, Walikota Malang H Moch Anton, Jumat (4/10) kemarin merealisasikan program pro wong cilik-nya tersebut dengan turun langsung ke lapangan. Pria yang akrab dipanggil Abah itu mengunjungi salah satu rumah target rehab milik Triningsih di kawasan Muharto, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang. Menilik kondisinya, rumah wanita paro baya itu memang sangat memprihatinkan. “Bisa dilihat sendiri bagaimana kondisinya. Memang harus diperhatikan dan perlu diperbaiki sampai layak,”

lirih Anton. Sehari-harinya, Triningsih yang bekerja sebagai pengepul rosokan tinggal bersama dua buah hatinya, Rohmat Soleh dan Yuyun. Kondisi atap rumahnya sudah reot. Abah Anton bahkan nyaris tertimpa pecahan genteng saat memeriksa atap rumah berdinding triplek tersebut. “Begini kondisi rumah saya dari dulu. Alhamdulilah dapat perhatian dari Abah Anton,” tutur wanita yang mengaku sudah tinggal di sana sejak tahun 1977. Triningsih bukan satusatunya warga Kota Malang yang mendapat bantuan program bedah rumah gebrakan pasangan Anton-Sutiaji (AJI). Total, ada 1200 unit

rumah yang tersebar di 57 kelurahan se-Kota Malang yang akan direnovasi dalam waktu dekat. Program bedah rumah tahap pertama ini ditargetkan sudah rampung bulan November depan. Menggandeng sejumlah rekanan, Abah Anton memastikan program ini bersifat Corporate Social Responsibility (CSR) dan sama sekali tidak menguras APBD. “Bantuannya dari para pengembang. Kota Malang tidak mengeluarkan dana sepeser pun. Yang mengerjakan nanti dari BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat). Warga tinggal terima jadi,” seru pria yang Desember nanti berusia 48 tahun itu. Rinciannya, 600 rumah akan

RIZAL FANANY/MALANG POST

TERJUN LANGSUNG: Abah Anton saat bedah rumah di Jalan Muharto kemarin. direhab dengan dana bantuan warga miskin. “Yang belum, dari donatur. Sedangkan harap bersabar. Kita lakukan separo sisanya menggunakan bertahap. Syukur-syukur d a n a h i b a h P N P M y a n g kalau APBN cair, kita bisa memang digelontorkan untuk bedah 3000 rumah lagi,” pembenahan infrastruktur tukasnya. (tom/nug)

Warga Negara Belanda Cari Ibu Kandung di Malang

Terpisah 34 Tahun, Sebar Brosur di Mergosono dan Sukun Mata perempuan manis asal Ermelo Belanda itu berbinar ketika membincang sosok ibunya. Sosok yang hanya pernah ditemui dalam mimpi di negeri kincir angin. Bayangan dalam mimpi itu buram, seburam keberadaan ibu kandung Lara Agnes Celine Te Rietmolen, gadis manis keturunan pribumi. Agnes sejatinya asli Indonesia, namun sejak tahun 1979 telah diadopsi oleh pasangan warga Belanda Johannes Jacobus Te Rietmolen dan Irene Van Hugten. Sejak saat itu, Agnes yang dilahirkan dari rahim Ismiati di RS dr. Soetomo Surabaya itu, kehilangan kasih sayang ibu kandungnya. Keinginan bertemu sang ibu kandung, mulai datang sekitar lima tahun lalu. Dalam tidur, Agnes sering memimpikan so sok sang ibu, buram dan tanpa wajah. Mimpi tersebut mendorongnya untuk ke Indo-

PABRIK BOM JALAN MUHARTO

MALANG POST

nesia sekitar empat tahun lalu. Dia mencari ibu kandungnya Ismiati, sejak masih lajang. Namun, kemarin, ketika ditemui Malang Post di Hotel Graha Cakra Malang, Agnes didampingi suaminya Martijn. Sang suami ikut mendorong agar Agnes bisa menjumpai ibunya, tempatnya bernaung selama sembilan bulan. “Pernah saya memimpikan ibu saya, namun tidak kelihatan wajahnya, saya yakin, ibunda saya masih hidup,” katanya kepada Malang Post dengan bahasa Belanda. Komunikasi antara Malang Post dan Agnes, disambungkan oleh John A. Omar Said seorang penerjemah dan guide asal Malang. Sebelum didampingi John, Agnes mencari ibunya bersama guide lain. Namun ketika mengakses google, dia menemukan nama John yang pernah membantu warga Belanda Thomas yang juga mencari orang tua kandungnya.“Saya yakin ibu juga mencari saya, namun karena keterbatasan ekonomi,

RIZAL FANANY/MALANG POST

RINDU : Lara Agnes Celine Te Rietmolen menunjukkan foto semasa kecil dan ketika berumur 17 tahun, di Hotel Graha Cakra, kemarin. beliau tak bisa menemukan saya mencari ke Surabaya, ada seorang mengaku sebagai ibuku, saya,” imbuh Agnes. Ketika bertemu sang ibu, Ag- kemudian sample liur aku bawa nes ingin memeluk dan men- ke Belanda untuk tes DNA, ciumnya. Yakni pelukan dari anak ternyata tak sesuai, dia hanya kandung yang terpisah sekitar 34 mengaku-aku,” urainya. Dia sendiri juga sudah mentahun. Agnes juga siap mengajak sang ibu ke Belanda, apapun dia dapatkan data lengkap mengenai mengikuti keinginan sang ibu dirinya dari RS dr. Soetomo. untuk bertemu. “Setahun lalu Itu titik temu dari pencarian

empat tahun lalu. Sekaligus bisa dideteksi bahwa dulu ibunya adalah pembantu rumah tangga dari penampungan pembantu di Jalan Kedunganyar II Surabaya. “Disana saya bertemu ibu penampungan yang mengatakan bahwa wajah saya mirip seorang bekas anak buahnya yang sekarang ada di Malang,” imbuh dia. Pertemuan itu berlangsung 2012, sayangnya sang ibu penampungan tak tahu dimana persisnya sang ibu tinggal. Sebelum sempat mengorek keterangan lebih lanjut, si ibu keduluan meninggal. “Si Agnes ini sepertinya keturunan suku Madura dilahirkan Ismiati yang saat itu berumur 18 tahun, sebulan lalu kami sudah sebar 2000 brosur di Mergosono, Sukun dan sekitarnya, sekarang kami akan fokus mencari di Turen dan kawasan Malang Selatan,” terang John A. Omar Said mendampingi pasangan Agnes dan Martijn. (Bagus Ary Wicaksono)

Kian Sibuk Kerjakan Pesanan TNI AU MALANG-Satu-satunya pabrik bom swasta di Malang bahkan diperkirakan Indonesia, PT Sari Bahari dari Jalan Muharto 125 masih terus berproduksi. Malah hingga hari TNI 5 Oktober hari ini, pabrik bom itu kian sibuk mengerjakan pesanan dari TNI AU. Tak tanggung-tanggung, TNI AU memesan sekitar 600 bom latih jenis P-100. Sejak tahun 2007, PT Sari Bahari sudah membuat sekitar 3.000 bom jenis tersebut. Adapun pesanan terkini, untuk bom practice itu bakal dikirim pada akhir Oktober. Fotografer Malang Post sempat mengabadikan aktifitas pengepakan dan pembuatan di Jalan Muharto, kemarin.“Bom ini tidak memakai pemantik atau disebut fuse, jauh lebih murah dari produk luar negeri,” jelas Direktur PT Sari Bahari, Ricky Hendrik Egam, kepada wartawan. Pabrikan ini juga sudah dipercaya luar negeri dengan mengekspor bom ke Chile. Menurut Ricky perusahaannya mengirim sekitar 260 butir bom ke negara tersebut. “Produksi karya anak bangsa ini sudah diakui luar negeri,” tegasnya. Perusahaan ini dua dirikan sekitar tahun 1993, dulu khusus pengadaan mesin dan suku cadang impor. Terutama bagi perusahaan yang bergerak di industri strategis (BUMNIS – Badan Usaha Milik Negara Strategis). Titik baliknya sekitar tahun 2006, mulai bisa membuat bom untuk Sukhoi. Bahkan bom miliknya dijajal Pesawat Tempur Sukhoi 27/30 Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin. (ary/nug)

RIZAL FANANY/MALANG POST

BOM : Pekerja PT Sari Bahari di Jalan Muharto 125, menata bom pesanan dari TNI AU, kemarin.

KAKANG MBAKYU MALANG 2013

Kawula Muda Ditantang Berkreasi MALANG-Kawula muda Kota Malang kembali ditantang unjuk kebolehan di ajang Pemilihan Kakang Mbakyu Kota Malang 2013. Selain mendapatkan gelar bergengsi Kakang Mbakyu, pemenang juga berhak memperoleh hadiah jutaan rupiah dan trofi. Yang paling berharga, pemenang bisa menimba berbagai pengalaman dengan menjadi duta wisata Kota Malang. Rangkaian kegiatan agenda rutin tahunan tersebut dimulai dengan pendaftaran mulai 12 September hingga 10 Oktober 2013. Setelah pendaftaran, dilanjutkan technical meeting tanggal 11 Oktober 2013. Semifinal, dilaksanakan 17 Oktober dan acara puncak, yaitu grandfinal dilaksanakan 27 Oktober 2013 di gedung Graha Cakrawala. Setiap peserta dikenakan biaya Rp 50 ribu. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta adalah, sehat jasmani dan rohani, Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Kota Malang, berusia 17 hingga 24 tahun dan belum menikah, pendidikan minimal SMA atau sederajat. Berkas yang juga harus dilengkapi oleh calon peserta adalah fotokopi kartu identitas, foto berwarna 4 lembar seluruh badan, foto close up 4R dua lembar, pas foto berwarna 4X6 dua lembar, dan surat izin orang tua. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Dra. Ida Ayu Wahyuni, SH, Msi mengatakan, kawula muda Kota Malang cukup antusias menyambut gelar Pemilihan Kakang Mbakyu. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang sudah mencapai 115 orang meski pendaftaran baru ditutup minggu depan. Ida, sapaan akrabnya, juga menambahkan, pergelaran Kakang Mbakyu telah menjadi salah satu ajang untuk memupuk kepercayaan diri.(sin/nug)

REDAKTUR: SRI NUGROHO, LAYOUTER: DJ AMIEL


8

SABTU, 5 OKTOBER 2013

POLRES MALANG

Illegal Loging, Atensi Khusus

BINAR GUMILANG/MALANG POST

Teledor Mengelas, Mobil Terbakar TOYOTA Starlet, N 706 GO terbakar di Jalan Raya Randuagung, Singosari, kemarin siang. Api diperkirakan karena keteledoran pekerja bengkel las saat melakukan pengelasan knalpot. Diduga, api las menyambar tangki bensin. Meski tidak ada korban jiwa, namun kejadian ini sempat membuat kemacetan di ruas jalan Surabaya-Malang dan kepanikan warga sekitar. Si jago merah akhirnya bisa dipadamkan sekitar 30 menit setelah kejadian. (big/mar)

Pemkab Bagi Mobil Dinas POY HERI PRISTIANTO/MALANG POST

BIMTEK : Utami Dewi, Wakil Ketua UPTKH Pusat, Bidang Direktorat Jaminan Sosial saat memberikan pengarahan.

Kabupaten Malang Jadi Sasaran PKH MALANG – Kabupaten Malang terpilih menjadi salah satu daerah sasaran Program Keluarga Harapan (PKH). Kemarin, Kementerian Sosial (Kemensos) mengirim utusan untuk memberikan bimbingan teknis mengenai PKH sebagai program bantuan tunai kepada RTSM. Program ini terkait upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM), dibidang pendidikan dan kesehatan. Bimbingan teknis dari Kemensos itu mengenai PKH di UPT Tuna Netra diikuti oleh pendamping dari per kecamatan, UPT kesehatan, UPT pendidikan dan kecamatan se Kabupaten Malang. Utami Dewi, Wakil Ketua UPTKH Pusat, Bidang Direktorat Jaminan Sosial me­ ngatakan, PKH merupakan program nasional untuk membantu keluarga rumah tangga sangat miskin dengan bantuan tunai bersyarat (Conditional Cash Transfer). Program ini melibatkan berbagai instansi pemerintah dan lembaga di pusat maupun di daerah, dengan mempunyai tugas pokok dan fungsi yang berbeda. “Kabu-

paten Malang baru tahun ini mendapatkan, kalau program PKH ini sudah sejak 2007,” terangnya. Menurut dia, penerima bisa ditentukan setelah ada list. “Untuk menjadi peserta PKH, butuh komitmen dari daerah. Misalnya data dan mendukung dana dukungan untuk sharing seperti di daerah lain,” terang Utami kepada Malang Post. Ia lantas mencontohkan, dukungan Pemkot Malang yang menyiapkan dana Rp 300 juta untuk sharing. Di Kabupaten diyakininya akan lebih banyak yang mendapatkan PKH, sebab wilayah di kabupaten ini mencakup 33 kecamatan. Namun, pihaknya belum memutuskan total dana yang akan dicairkan. Utami memperkirakan, jika jumlah peraihnya sebesar 42.000 keluarga maka total dana yang akan dicairkan hasil dari perkalian Rp 1,8 juta per keluarga. “Kami ambil rata-ratanya saja, PKH ini maksimal per keluarga sebesar Rp 2,6 juta, minimal Rp 800.000,” ujar Kasubdit Bantuan Langsung Tunai Berkelanjutan ini. (poy/mar)

K E PA N J E N – P e m k a b Malang mengganti mobil dinas (mobdin) camat se-kabupaten Malang dengan yang baru. Bila sebelumnya mereka menggunakan mobil Toyota Kijang, pemerintah memberikan mobil Suzuki APV Arena. Bupati Malang, H. Rendra Kresna menyerahkan mobil dinas baru untuk camat tersebut, kemarin di pendopo block office Kepanjen. Menurut dia, penggantian mobil dinas ini dilakukan agar para camat dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tanpa diganggu dengan kondisi mobil yang sudah tua. “Mobil dinas yang lama ini sudah berumur 10 tahun sehingga harus perlu diganti. Dengan mobil dinas yang baru ini, semoga pelayanan kepada masyarakat bisa sema-

kin ditingkatkan lagi,” ujarnya. Sementara, mobil dinas yang lama, katanya, akan diberikan atau didistribusikan kepada Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) yang membutuhkan. “Setelah diservice, mobil lalu masuk dalam inventarisir. Setelah itu, kita berikan kepada SKPD yang membutuhkan untuk operasional dan yang sudah mengajukan,” terang dia. Selain menyerahkan mobil dinas baru untuk camat, Rendra, sapaannya juga menyerahkan mobil dinas untuk Kepala Rumah Sakit Lawang, dua mobil ambulance untuk RSUD Lawang dan RSUD Kanjuruhan Kepanjen. “Kita juga memberikan dua mobil Kijang Innova untuk dua staf bupati yang belum mendapat jatah mobil dinas,” paparnya. Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan,

Kekayaan dan Aset (DPKKA), Willem Petrus Salamena mengungkapkan mobil dinas baru yang dibagikan, merupakan pengadaan tahun 2012 dari anggaran APBD sebesar Rp 8 miliar. Pengadaan mobil dinas baru tersebut, dilakukan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), dengan ketentuan harga sesuai Lembaga Kebijakan Pengadaan barang atau jasa Pemerintah (LKPP). “Kendaraan baru tersebut untuk operasional kerja, dengan harapan bisa meningkatkan pelayanan. Dan untuk mobil dinas yang lama, akan diberikan kepada SKPD yang membutuhkan,” ujar Willem. Dia berharap, penggunaannya akan dilakukan semaksimal mungkin untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (agp/mar)

AGUNG PRIYO/MALANG POST

CEK: Bupati Malang Rendra Kresna melihat kondisi mobil dinas baru sebelum dibagikan.

Malang Post Ajak Masyarakat Tanam Seribu Coral MALANG – Kekayaan bahari tersebar di wilayah Malang Selatan. Sayangnya, eksploitasi laut membuat ekosistem menjadi terganggu, salah satunya adalah kerusakan terumbu karang. Padahal, terumbu karang memiliki peranan yang penting untuk keseimbangan ekosistem laut karema menjadi rumah dan sumber makanan bagi ikan, moluska, dan udang-udangan. Pentingnya keberadaan terumbu karang tersebut membuat Malang Post bekerjasama dengan Salam (Sahabat Alam) menggelar aksi peduli lingkungan berupa adopsi masal terumbu karang di Pantai Kondang Merak bertajuk 1000 Coral untuk Masa Depan pada 27 Oktober 2013. Pemimpin Redaksi Malang Post, Sunavip Ra Indrata menjelaskan, kegiatan positif tersebut memiliki arti pen­ ting dalam rangka pelestarian lingkungan bahari. Apalagi, selama ini masih sedikit per-

SHUVIA RAHMA/MALANG POST

ADOPTER: Salah satu adopter menunjukkan karang adopsi yang akan dimasukkan ke nursery ground yang ada di laut perairan dangkal. hatian yang diberikan oleh masyarkaat terhadap kelesta­ rian laut Indonesia. “Kegiatan penghijauan mungkin sudah sering dilakukan, kami mencoba memberi perhatian kepada lingkungan namun dalam bentuk yang berbeda, yaitu adopsi coral atau

terumbu karang,” terang dia. Dikonfirmasi di tempat terpisah, Koordinator Humas Salam, Zainul Arifin menjelaskan, adopsi karang merupakan sebuah kegiatan penanaman terumbu karang dengan melibatkan masyarakat luas untuk menjadi adopter terhadap ka-

rang yang akan ditanam di laut perairan dangkal. “Tujuannya untuk mengajak masyarakat peduli terhadap keberadaan terumbu karang yang menjadi tulang punggung bagi kehidupan ekosistem di lautan,” jelas Arif, sapaan akrabnya. Mahasiswa semester akhir Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya ini memaparkan, kegiatan yang diselenggarakan di Pantai Kondang Merak tersebut dibuka untuk umum. “Kegiatan ini merupakan kali kedua, sebelumnya sudah pernah digelar pada April lalu. Kalau dulu diikuti sekitar 50 peserta, untuk event kedua ini targetnya sekitar 200 orang,” jelasnya. Arif menuturkan, konsep acara yang disajikan adalah berpetualang sembari melakukan aksi konservasi. Pada acara yang digelar di 27 Oktober 2013 tersebut, peserta akan diajak jungle

trekking atau menelusuri hutan sembari mengenal flora dan fauna yang ada di sekitar Kondang Merak. “Setelah jungle trekking, peserta akan memulai penanaman terumbu karang,” kata Arif kepada Malang Post. Penyuka warna hitam tersebut menambahkan, pendaftaran kegiatan 1000 Coral untuk Masa Depan telah dibuka mulai tanggal 1 Oktober 2013. Ada beberapa jalur pendaftaran. Calon peserta bisa mendaftarkan diri dengan datang langsung ke Malang Post, atau melalui SMS ke nomor 087899550999 atau 08980050010. Pendaftar akan mendapatkan beberapa fasilitas, diantaranya media terumbu karang, tagging, makan siang, snack, transportasi dari meeting point, tiket masuk ke Kondang Merak, kaos, stiker, dan sertifikat. “Pendaftaran akan dibuka hingga 23 Oktober mendatang,” pungkas dia. (fia/mar)

K E PA N J E N – J a b a t a n Kasatreskrim dan Kasatreskoba Polres Malang, kemarin resmi berpindah. AKP Decky Hermansyah, yang sebelumnya menjabat Kasatreskrim, pindah tugas dengan menjabat Kapolsek Singosari. Begitu juga AKP Pratolo Saktiawan, yang sebelumnya Kasatreskoba pindah tugas menjadi Kapolsek Wonoasih, Kota Probolinggo. Decky menggantikan Kompol Arif Eko Prasetyo, yang kini menjabat sebagai Kasi Prasarana AGUNG PRIYO/MALANG POST Jalan (Prasjal) Ditlantas Polda Aldy Sulaeman Jatim. Sementara jabatan yang ditinggalkan Decky, digantikan oleh AKP Muhammad Aldy Sulaeman, yang sebelumnya sebagai Tenaga Pendidik di SPN Polda Jatim. Sementara jabatan Kasatreskoba yang ditinggalkan oleh Pratolo, digantikan oleh AKP Samsul Hidayat, yang sebelumnya menjadi Kanitreskrim Polsek Singosari. Upacara serah terima jabatan dipimpin Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta, di lapangan Polres Malang. Aldy Sulaeman yang juga mantan Kapolsek Sukaraja Kabupaten Seluma, Bengkulu ini mengungkapkan bahwa kasus illegal loging akan menjadi atensi khusus untuk diungkap. Selain illegal loging, kasus migas, perjudian serta kasus curanmor, curat dan curas juga akan menjadi targetnya.(agp/mar)

KRIMINAL

BINAR GUMILANG/MALANG POST

MALU : Keempat pelaku judi malu saat dimintai keterangan petugas kemarin.

Asyik Berjudi, Digerebek Polisi KARANGPLOSO- Anggota unit reskrim Polsek Karangploso, Kamis (4/10) dini hari menggulung empat pelaku penjudian jenis capsa. Mereka ditangkap saat sedang asyik bermain di rumah Wihadi Purnomo alias Daweh, 35 tahun di Dusun Lasah, Desa Tawangargo, Karangloso. Selain Wihadi yang menjadi tersangka, tiga penjudi lainnya juga ikut dijadikan tersangka. Yakni Edi Supriono, 31 tahun, warga Dusun Junggo RT03 RW16 Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Imam Supi’i, 30 tahun, warga Dusun Junggo RT06 RW09, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu dan Joni Wahyono, 28 tahun, warga Jalan Melati, Desa Dadaprejo, Junrejo, Kota Batu. Dari tangan mereka, petugas menyita barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 1.105.000, hasil perputaran judi jenis capsa, satu buah alas tikar dan dua set kartu remi. Kapolsek Karangploso AKP Sugeng Hardiyanto menjelaskan, mereka berhasil ditangkap berdasarkan informasi dari masyarakat yang melaporkan adanya praktik permainan di rumah Wihadi Purnomo. “Dari informasi itu, kemudian kami melakukan penyelidikan ke lokasi,” ujarnya. Informasi yang diberikan warga ini ternyata benar. Mereka melihat empat orang asyik bermain judi capsa. Tanpa banyak kata, beberapa petugas kemudian menggerebek tempat perjudian itu. Kedatangan petugas yang tiba-tiba ini membuat para penjudi ini tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka digelandang ke Mapolsek Karangploso untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya tersebut. Hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas, mereka acapkali melakukan judi capsa di Karangploso dan sekitarnya. (big/mar)

KANTOR DINAS

7 Oktober Pindah Kepanjen MALANG– Sekretariat daerah (Setda) Pemkab Malang pindah ke block office Kota Kepanjen, per Senin (7/10) mendatang. Seluruh kegiatan terkait pelayanan kepada masyarakat terfokuskan di Kepanjen. Sedangkan pendopo lama di Jalan KH Agus Salim Malang akan ditempati 14 badan atau lembaga dan kantor di lingkup Pemkab Malang. Hal ini dikatakan Abdul Malik, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang. Dia menjelaskan, beberapa instansi yang akan menempati gedung di pendopo lama diantaranya Badan Lingkungan Hidup, Badan Pendidikan dan Pelatihan, Badan Keluarga Bencana, Badan Kesbangpol dan Badan Kepegawaian. “Lembaga-lembaga yang sifatnya bertugas teknis peren­ canaan akan ada di sini (pendopo lama). Sedangkan, dinas yang sifatnya bertugas pada operasional pelayanan kepada masyarakat dan pelaksana kebijakan berkantor di Kepanjen,” terangnya kepada wartawan. Dijelaskan dia, unsur staf dan penghubung kebijakan Bupati Malang juga akan berkantor di Kepanjen.(poy/mar) REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: SLATEM


9

SABTU, 5 OKTOBER 2013 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

BERKAS

RUPA-RUPA

TOUR & TRAVEL

KULINER

MOBIL - MOTOR

“PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

DIKONTRAKKAN Perum Type 27 Renovasi,lokasi belakang BNS,nego.Hub.081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

1 LEMBAR surat/notaris pajak kendaraan spd mtr Honda Beat N-4665-BH a/n:PUTRI AYU RETNO ANGGRAENI d/a:Jl.Simpang Sulfat Utara VII/D 35 RT/RW 05/05 kel.Pandanwangi Kec.Blimbing Kota mlg.

CV ABADI mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 Ltr buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg.3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka

DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842

BL-6/10

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

WWW.AIRLANGGARENTCAR. COM (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000

DIJUAL KIA VISTO N’2001 hitam, mesin, bagus,mulus,harga NEGO. Hub.081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/11

HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.0812317744177728007

BG-30/9

JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/9

BG-19/9

PROMO DP Ringan! Ertiga 30Jt an, Pick Up 12 Jt an Hadi 03412374008

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com

“PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877

BG-30/9

BG-29/9

BG-29/12

ISUZU DIJUAL mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/9

YAMAHA

GEBYAR Promo, Splash DP 30jtan, Ertiga DP 50jt-an, Pisck up 18 jta-an Ready Stock 081141959999/ 9568253 BG-28/9

SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916

OBRAL YAMAHA DP 800RB/ ANGS NEGO HUB.YAMAHA DINOYO 7712177 BG-12/10

DAIHATSU NEW XENIA DP 19jt Terios DP 20jt, Grand Max. DP 15jt, Pick up. DP 10jt, 5jt Hendrik 082131930990/9572750. Pin BB 21DDF347 BG-6/9

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/9

BL-27/8

•HONDA• DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/10

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/9

MITSUBISHI

TANAH

PROMO Mitsubishi diskon super besar. Pajero, Outlander, Mirage & Colt diesel hub.Anna 081233709181-085777621788

DIJUAL TANAH: LUAS 693m2 SHM Jl. Raya Abd. Saleh, dekat Bandara. Hub. 081352978588

BG-01/10

BL-7/10

GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696

JUAL cpt tnh+bangunan dkt kampus baik untuk kos Lt.175 m Lb.42,5m 3Kt dalam gang 085235085068

BG-10/9

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/9

BG-29/10

TOKO DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

NISSAN

BG-18/10

MOBIL NISSAN ORDER BARU INDEN ALL New Grand Livina, Promo Lebaran. DP & Angs pling murah Ready Stock bisa TT Miky 081333319914 BG-30/9

DIJUAL OPER KREDIT GRAND LIVINA Thn 2012 Warna Putih sdh 18x angsuran sisa 30x Minta 50 Juta. Hub Jl. Bondowoso 1B 081334614154 BG-30/9

TOYOTA

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/10

RUMAH DIJUAL TP Rumah T300/B 145 SHM PLN PDAM Jl. D. Maninjau 35 HP. 0818 0501 3399 Azhar Saleh BG-27/10

JUAL KIJANG,94,bi ru,Ac,Tp,Pajak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/9

DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/9

DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Sa nto BL-30/9

AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/9

DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/081281070950

DIJUAL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/10

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/9

RMH DIJUAL 6x16m2 lt 2 KT 5 KM2 SHM PLN PDAM hrg 120jt HUb. Bp. Yusuf Tlp. 085259056313 Kebonagung BG-18/10

JL RMH Jl. Joyo Utomo Dinoyo 2lt Hub: 081252038777 + tanah ters wisnuwardhana 545 m2 Hub:081334246903

BG-2/11

JUAL RUMAH Jl.angrek blok A11 kepanjen 1km dr pasar kepanjen 1km dr pasar sumedang luas 85 hub.0881-9922112 NEGO BG-30/10

RMH shm L.40m≤ pinggir Jl.Raya Muharto No.40/Barat Masjid Daru ssalam 2KMR+R. Tamu+KMR MNDI.0341 7737234 /081945105782

BL-5/10

DBTHKAN sgr diploma/degree Automotiv,krm lamaran ke Jl.Sebuku No.20/email:dyahcinta05@gmail. com/hub.085730391219.

BG-31/9

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/9

DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/10

RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/10

DIKONTRAKKAN Rmh 3KT 2 KM 2200W TLP AC 2 UNIT Grasi water Heater Prbt, 085755538358/ 085239669963 BL-22/9

DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/10

STNK STNK spd mtr HONDA’91 AG2695-TE noka:NB31956486 nosin:NBE1268089 a/n:TR. KURNIAWATI d/a:ds.ketamon kec. kedung waru kab.tulung agung. BL-5/10

STNK spd mtr HONDA REVO’05 N-6533-CY Noka: MH1HB61148K460036 Nosin: HB1E1452605 a/n:KASMAN d/a:Jl. kalimosodo II/18 RT/RW 03/06 KEL. polehan kec.blimbing kota mlg. BL-5/10

STNK spd mtr HONDA’10 N-2752 -BT noka:MH1JF5116AK456026 nosin:JF51E1357009 a/n: SUHARTO d/a:Jl.Jodipan Wetan No .7.A RT 001 RW 006 Kel.Jodipan Kec.Blimbing Malang BL-5/10

STNK spd mtr HONDA’12 N-6444CW noka:MH1JBE310CK2244310 nosin:JBE3E1219488 a/n ARIEF PITRAJAYA d/a : Danau Bratan II E1E-10 RT 005 RW 007 Kel.Lesanpuro Kec.Kedungkandang Malang BL-5/10

STNK spd mtr HONDA’11 N-4110 -CC Noka:MH1JF8110BK298558 Nosin:JF81E1297037 a/n:WIWIK NURUL HIDAYATI d/a:Jl.Bantaran Indah A-18 Kota mlg. BL-6/10

STNK spd mtr HONDA’08 N-6488 -BB Noka:MH1HB71128K548301 Nosin:HB71E1544955 a/n:IMAM SUSILO d/a:Jl.Kumis Kucing RT/ RW 02/03 Lowokwaru kota mlg. BL-6/10

JUAL rmh renov 2Lt 7x12M hrg Nego Toko 8x14 M hrg 10jt/thn Nego Lok.wager hub.0341 9719453/081333644775

BL-22/9

BG-3/10

BL-6/10

MP-jual : gerobak makanan untuk sepeda motor. Kondisi baru belum pernah dipakai. Harga 900rb. Hub 081937993329.

KIJANG NUSA & Panther HGRD’94, jual salah satu, AC,TAPE,RC BAGUS.Hub.03417346127 Jl.Mondoroko I/42 singgosari mlg. BG-5/11

JASA pembuatan rombong franchise,both,stan pameran, interior,kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-2801809/081216550509 (Cr marketing)

MP-Jual : toko di pasar wisata kepuharjo, bisa kontrak harga nego hub 085745598550 MP-JUAL : RMH KOS2 AN ,KMR 12, LUAS 200,SHM, HRG: 600 jt nego . LOKASI DIENG DKT CAMPUS UNMER. HUB. 081333478833

JUAL beli+tukar tambah barang elektronik:Tv.Dvd led,Kulkas DLL. Jl.S.Supriadi 6/32 tlp:7021089/085649861563.

BG-4/11

Terima OKS cetak offset CS Brosur, buku, kards mkanan, etiket wrn dll. Hub. PERC. Merpati Mas Jl. S. Supriadi 57B telp. 362978 SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/9

WWW.RDV MALANG.COM TERIMA JASA RANCANG & BANGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BL-6/9

PT. BFI FINANCE (0341475400). Penawaran atas unit: MioCW cakram,2009.ega ZR,2010.Mio cakram,2004.New Fit S,2007.New Supra fit,2006.New supra fit S,2007. Beat,2010.Beat,2012.Colt diesel L300 2.5 PU,2010.Colt diesel L300 2.5PU.Carry box 1.5PU,2009

BG-7/10

BUTUH Dana cepat+trm gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+BPKB Jl.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448 BG-3/11

BTH dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, property, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978 BG-31/9

TOUR & TRAVEL STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/9

BG-30/9

BG-25/9

BUTUH DANA CPT +trm gadai titipkan LAPTOP/HP/KENDARAAN+BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari tlp. 0341-7359448 BG-3/9

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/10

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/9

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

MP-JUAL:HIJET STW 84 istw vr/tape N kt pjg pth astra 20jt hu085815523388(bs tt vario/mbl)

MP-Jual : Anakan kucing persia hub bu tatik jl ciliwung 1 no 56 malang no telp 0341-480622

MP-jual : jasa mencarikan mobil-motor bekas, kelinci, kenari, sapi, kambing berkualitashub.085646626975 unt wilayah batu-malang

MP-Jual: Mitsubishi Pajero DP 130 jt atw ang 8jt, Promo 0% Outlander sport, Mirage Ang 3jtan. Hub karnadi Mitsubishi 081251122817/03417028041

JUAL : HP Samsung GALAXI STAR Duos 2 kartu sim kondisi masih normal mulus. Hub 7586878

MP-CARI MP-Cari : pegawai wnt kerja toko dtngg ke Brigjend S Riyadi 45/1_2 mlng MP CARI: krywti llsn smu, bag gudang bahan kue di tempatkan di pwsari.gaji 1,2jt/bln.mggu lbr MP-Cari : tntor bimbel privat fis.kim.mat. bio krm.pusposuwito@rocketmail.com MP-Cari : teknisi bisa rakit n jaringan komputer diutamakan pengalaman, lulusan SMK, SIM C, maksi 25 thn siapluar kota hub 083834575189

BG-30/8

ANGKASA RENT CAR me layani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pe ngan tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677 BG-2/9

SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU RUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web site: www. su rya travel. com. BG-29/9

PENGOBATAN TERAPI CHOYANG DARI KOREA MENYEMBUHKAN SEGALA MACAM PENYAKIT HUB. B.SRI DARWATI JL.PELTU SUJONO Gang SEJORA Telp. 03415429294 MALANG BG-7/10

DANA TUNAI

JUAL garam,per 1 ton rp.1.200. 000,- diantar hub.081554324458

MP JUAL: Layanan Photo & Video acara anda: Pernikahan, Ultah, Photo Keluarga dll Roll2an / Paketan. Hub: F 0341-7778100, S 081333494955

MP-Jual : honda cb 100 tahun 78 mesin pro neotech. Surat akur taat pajak plat n kota 7,7 jt nego. Minat hub 03417648467, serius aja

BG-26/9

BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696

MP~JUAL : Paket Wisuda RP.200 rb,Pengantin Mulai RP.1 jt,Perawatan Wanita,Sewa Baju, dll.Hub.Griya Rias Alfa,JL.Ry.Karangwidoro 64 Mlg.

BG-26/9

“BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155

BG-31/9

BG-25/9

Mp-jual : toyota yaris 07 at. Silvertype-e mulus audio-tv-veleg ban import racing a-n. Pribadi nmr mlg baru bs tkr tambah mbl pribadi at.hub 7791616-08123397711.

MP-Jual: spd mtr honda supra x thn 2008, kndisi sngt istmw, jarang pakai ex perempuan, msh jalan 20.000 km, pajak baru diperpanjang bln ini, pleg bintang, rem cakram dpn blkng, 10,5 jt nego, hub : 081945166744

SERVIS ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

MAHMUD CELL SERVICE HP., LAPTOP ASSESORIS,PULSA ELEKTRIK,PLN JL.KEBON AGUNG DPN DEPOT SONETA TLP. 0856093888608238080900 MALANG

MP-Jual : Honda astrea 800 merah, full ori, kondisi mesin ok, pajak hidup, plat N malang, harga 2,7 nego, minat hubungi 08563600716

MP-Jual ; aneka masakan jawa, menerima pesanan nasi tumpeng, nasi kotak dan catering karyawan. Alamat jln hamid rusdi no 9, pemesanan hub B. Dhioko 0341 8657350

BG-26/9

BG-4/11

MP-JUAL:jasa antar jpt sklh/kary dr pksaji ke kt mlg Rp 12rb per org terbts hub085815523388 tdk sms

MP-Jual : Honda supra X 100 th 2005 istimewa N kota malang 7,5 jt hub 081336373699

BG-26/9

AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

DICARI ,Laptop,LED,LCD,BB,T,PS2.Telp.08885443336 Pin. BB 314CF4A4

MP-Jual:Spd kebo merk Forever asli mls 2jt,cpt dpt hub082131499455(tdk sms)

MP-JUAL: jual borongan perlngkpn pakaian ..macam brgx ada : pipa gantungan besi 8 bj ,hanger kaos dws 732 bj ,hngr kaos anak 36 bj ,hngr susu 5 bj ,hngr stln anak kcl 48 bj & bsr 36 bj , hngr clana plastik dws 192 bj & besi 126 bj ,patung 1/2 bdn ada 3 bj & ptng kepala utk jilbab 3 bj.hrg 1,7 jt nego.0341 9719453/081333644775

PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333

BG-26/9

MP-JUAL:gudangbekas tmpt pnggilingan padi,lokasi nganjuk,luas 5700m2 ada kantor,ada tmpt jemur padi,ada pagar besi,hrg 1,7M nego hub 085608766656

MP-Jual : Paket cctv 4ch dome indra + DVR + HDD 500gb+ kabel 100 mtr + pasang DP 2 jt sisa diangsur 45rb 60x tanpa bunga hub MAC 7807018/08125254672

BG-31/9

BG-4/11

BG-1/11

JUAL Suzuki Baleno 1.5 Th 2001 Plat Cantik sampai Desember akhir a/n sndri Hitam Metalik hrg 83 jt nego 08164291898

MP-Jual : TANAH: lokasi blakang pb rokok penamas pakisaji, ukurn 7m*14m hrg27jt ,sudah akte jual beli.tnpa perantara +6289680521510

BL-6/10

RUPA-RUPA

KEHILANGAN

• SUZUKI •

MP JUAL

SURYAINDO distributor membth Admin wanita max 27 thn lmr ke Raya Bandulan 155 Mlg

BG-30/9

RUMAH

BG-11/10

BG-16/12

DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040

STNK Spd Mtr Honda REVO’08 N-3190-CO Noka :MHHBG1158K306368 Nosin: HB61E1258783 a/n:AHMAD MAKSUM d/a:Jl.Pahlawan No.384 RT/ RW 06/03 Kel.Balearjosari Kec. Blimbing Kota mlg.

BG-22/9

LOWONGAN DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371

BG-20/12

BG-20/9

MP-Cari : rmh daerah kepanjen.Harga sektr 130jtan.Hub.085.854007873. MP-cari : tentor piano-keyboard, vocal, gitar, drum, krm lamaran k jln raung 8 bawah +6285646699638 Mp cari : sales patau w pengalaman slta 25sd35 thn lamaran lengkap datang langsung PT TRIO INDAH SUKSES jl perunggu utara q 5 perumahan purwantoro jam kerja09 00pagi !600sore seninsd jumat menemui pak kamim 034! 482407 MP-CARI : 5 Pengusaha kecil yang mau tambahan penghasilan dgn menjadi AGEN EDC ONLINE, hub/SMS : 08383.427.3969 (secepatnya) MP_CARI : Ibu rmh tangga/pensiunan/ PNS,Pendidikan min SMA,income 500rb5jt/bln. Hub 085290097044 MP-Cari : pembantu Rmh tangga tdr dalam.Gaji 700.Rb.Umur 30.Max.40.Th Hub:085755455341 MP-CARI:Sopir B1 utk canvas jatim SMP ma35th lok pbrk krglo gj 1jt/bln hub082131499455 (tdk sms) MP-CARI:Kernet srbtn SMP bujang 20-25th lok pbrk krglo gj800 rb/bln hub 082131499455 tdk sms MP-Cari : percetakan mencari banyak tenaga muda smk grafika, hubungi 083842210571 bungbungshop.com MP-cari : motor cina <1jt penawaran hub 083834926102 MP_dicari rumah utk dikontrak 1th max 2,5jt penawaran 083834926102

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12

BG-31/9

PIJAT “MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568 BG-16/10

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 5765939037898 BG-31/8

KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 5584409634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-23/8


10

SABTU, 5 OKTOBER 2013

2073

DIIKUTI DARMASISWA: Mahasiswa asing yang akan studi di IBU

MAHASISWA

Selamat Datang di Malang IKIP Budi Utomo menggelar program orientasi pengenalan almamater (Pospama) 2013. Pospama dilaksanakan BEM IKIP Budi Utomo bagi mahasiswa baru dan lama yang belum mengikuti tahun sebelumnya. Pospama diikuti 2073 mahasiswa dan dilaksanakan (26-28/9/13) lalu di Ball Room Kartini dan Kampus A IKIP Budi Utomo. Program orientasi pengenalan almamater IKIP Budi Utomo ini bertema ”Menyiapkan calon tenaga pendidik untuk mewujudkan cita-cita luhur IKIP Budi Utomo”. Dalam acara pembukaan, rektor membagikan secara simbolis kartu perdana kepada mahasiswa yang selanjutnya setiap bulan akan diisi ulang oleh kampus sebagai alat komunikasi antara dosen dan mahasiswa.

SELAMAT DATANG: Rektor IBU, Drs Nurcholis Sunuyeko M.Si menyampaikan sambutan kepada maba

PEMBUKAAN: Suasana pembukaan Pospama 2013

ALMAMATER: Rektor IBU, Drs Nurcholis Sunuyeko M.Si mengenakan jas almamater kepada maba

AKRAB: Panitia Pospama IBU memberikan arahan kepada mahasiswa baru

YEL-YEL: Mahasiswa baru IBU mengikuti lomba yel-yel dengan penuh semangat

PEMATERI: Kapolres Malang Kota, AKBP Totok Suharyanto memberikan materi di hadapan warga baru IBU dalam kegiatan Pospama 2013.

TARI DAERAH: Mahasiswa IBU menarikan tari daerah dalam pembukaan Pospama 2013.

WARGA BARU: Mahasiswa baru IBU yang berjumlah ribuan ini menjadi warga baru bagi Kota Malang

Jatim Jagokan UMKM Hadang AFTA 2015 Provinisi Jatim tidak akan menempatkan industrialisasi untuk menghadapi persaingan perdagangan di kancah ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2015. Sebaliknya, Jatim justru akan memasang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai garda terdepan. ‘’Dunia industri gampang terkena gangguan, seperti sekarang ini. Gara-gara dollar naik, industri banyak kelimpungan. Tapi, tidak demikian dengan UMKM. Mereka tetap melaju karena tidak menggunakan bahan baku impor dan mata uang dollar,’’ tandas Soekarwo, Gubernur Jatim ketika membuka Jatim Fair 2013 di Grand City Surabaya, Kamis malam. PEMBUKAAN: Hj. Nina Soekarwo memotong pita tanda dibukanya Jatim Fair 2013, mulai 3-13 Oktober 2013.

TERIMA KASIH: Pakde mengucapkan terima kasih dukungan Murdaya Po yang menyediakan hadiah mobil untuk pengunjung Jatim Fair 2013.

TENUN IRIAN JAYA: Pakde dan Bude Karwo melihat dari dekat pembuatan kain tenun produk Provinsi Irian Jaya.

TEKS DAN FOTO-FOTO: HARY SANTOSO/MALANGPOST

JEPANG: Konsultan negeri Jepang di Indonesia, tidak ketinggalan ikut pamer keunggulan di Jatim Fair.

BANTU IZIN: Pakde Karwo minta kepada M Ardi, Kabiro Administrasi Perekonomian Jatim untuk membantu peserta mendapatkan izin kelayakan BPOM. KUALITAS EKSPOR: Pakde Karwo menunjukkan produk UMKM berkualitas ekspor kepada Murdaya Widyawimata Po, Owner Grand City Surabaya.

PALING MEWAH: Banyuwangi, kabupaten di ujung timur Jatim tampil paling mewah di arena Jatim Fair 2013.

BAJA ANDALAN: Peserta dari Provinsi Tianjin, Cina, memamerkan produk baja andalan negerinya kepada Pakde Karwo. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: SITI


SAMBUNGAN

SABTU, 5 OKTOBER 2013

11

Setelah Di Surabaya, Ditemukan di Malang Kasus Ijazah Palsu Guru Peserta Sertifikasi JAKARTA - Temuan penggunaan ijazah palsu oleh guru calon peserta sertifikasi belum surut. Setelah ramai di Kota Surabaya, kasus serupa muncul di Kota Malang. Tim pelaksana sertifikasi guru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menemukan tujuh peserta sertifikasi

berijazah palsu. Informasi bermunculannya kasus ijazah palsu ini terungkap dalam pertemuan evaluasi Asosiasi LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Swasta Indonesia di Jakarta kemarin. Ketua tim pelaksana sertifikasi guru UMM, M. Syaifuddin menuturkan, satu ijazah sudah dipastikan palsu. “Sedangkan beberapa ijazah lainnya, sekitar enam ijazah masih terus kami telusuri,” katanya.

Syaifuddin mengatakan kasus ini muncul dari ketelitian tim pelaksana sertifikasi guru. Dia menuturkan indikasi kepalsuan ijazah itu muncul karena nomor register tidak terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Penerbit ijazah itu bukan dari UMM,” tandasnya. Syaifuddin mengatakan timnya saat ini terus berkoordinasi dengan Kopertis Wilayah Jawa

Gubernur: Kurangi Bahan Baku Impor Sambungan dari Hal 1 Selain terus memperkecil arus barang impor, khususnya bahan baku industri, perdagangan antar pulau akan terus digenjot. Hasilnya, lanjut dia, nilai ekspor (perdagangan) antar pulau yang dikembangkan Jatim, mampu memberikan surplus anggaran hingga Rp 38 triliun. ‘’Sampai akhir 2013 ini, Insya Allah, surplus perdagangan antar pulau bisa menyumbang Rp 50 triliun,’’ tandasnya bersemangat. Selain itu melalui Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Jatim, Pemprov Jatim akan terus mendorong pesatnya industri kerajinan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah). Sektor ini, kata mantan Kadispenda Jatim ini, sektor yang tidak gampang ‘sakit’ jika ada gangguan dari dunia luar. Kuatnya penggunaan bahan baku dalam negeri oleh UMKM menjadikan UMKM paling siap bersaing dengan industri maju lainnya.

‘’Karena itu, Jatim Fair yang sudah empat tahun kita rintis, ke depan kita jadikan ikon besar untuk merebut perhatian pasar internasional. Mengapa, karena di dalam Jatim Fair mayoritas produk ditampilkan milik UMKM,’’ ujarnya. Sementara itu Murdaya Widyawimata Po, pemilik Grand City Surabaya menyebutkan, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pelaksanaan Jatim Fair di Jatim. Utamanya kualitas jumlah peserta khususnya UMKM, pengunjung bahkan untuk nilai transaksi. ‘’Untuk pelaksanaan Jatim Fair kali ini, kami mentargetkan transaksi perdagangan di sektor UMKM bisa menembus Rp 10 miliar. Jumlah itu naik sedikit dibanding Jatim Fair 2012 yang membukukan Rp 9,4 miliar,’’ kata Murdaya. Disebutkan Murdaya, Jatim Fair 2013 disediakan lahan seluas 9.000 M2 dengan total 250 peserta dari

berbagai kalangan. Seperti perbankan nasional, koperasi, UMKM perwakilan dagang negara sahabat, provinsi lain di Indonesia sampai Pedagang Kaki Lima (PKL). ‘’Perlu kami sampaikan ke Pak Gubernur, ada sebanyak 20 PKL dari sekitar lingkungan Grand City yang kita libatkan di Jatim Fair. Dan mereka tidak ditarik biaya sepersenpun,’’ ungkapnya bangga. Selama 11 hari penuh, lanjut dia, Jatim Fair 2013 mentargetkan jumlah pengunjung 220 ribu orang. Jumlah ini naik dibanding Jatim Fair 2012 yang hanya 182 ribu orang dan pada Jatim Fair 2011 155 ribu pengunjung. ‘’Target transaksi total selama 11 hari, kami harapkan bisa mencapai Rp 53 miliar. Target ini naik dibanding Jatim Fair 2012 sebesar Rp 48 miliar dan Jatim Fair 2011 hanya Rp 33 miliar,’’ papar pemilik Berca Grup ini. (has)

OM Monata Siap Ikut Goyang Sambungan dari Hal 1 OM Monata dijadwalkan bakal menggoyang Donomulyo mulai pukul 16.00 hingga adzan Magrib. Kemudian usai Magrib, Gudang Garam Djaja Show kembali dilanjutkan dengan aksi penyanyi seksi, Duo Anggrek. Devay Natalia dan Mozza Kirana. Mereka tampil di panggung besar itu diiiringi OM Monata yang memiliki kualitas musik nasional. ‘’Duo Anggrek bakal tampil diiringi OM Monata menyanyikan sekitar delapan lagu,’’ ungkap Johny Yuhendri Marketing Manajer Gudang Garam Malang kepada Malang Post, kemarin. Usai penampilan Duo Anggrek asal Jawa Barat tersebut, masyarakat masih dihibur dengan suguhan puncak. Yakni penampilan band asal Palembang yakni Armada Band yang didatangkan demi memuaskan Pasukan Armada Malang Raya dan Jawa Timur. Ini merupakan pentas besar suguhan Gudang Garam Djaja Show di Donomulyo. ‘’Armada akan bawakan sekitar 12 lagu, malam ini (semalam, Red.)

sekitar pukul 19.00, para artis sudah check sound di Donomulyo kemudian dilanjutkan ke hotel,’’ imbuh pria ramah itu. Sebelum finalisasi pertunjukkan, tim SPG dari Gudang Garam Djaja Show juga sudah turun ke Donomulyo. Selama tiga hari, para SPG cantik menyebarkan flyer sebagai woro-woro pertunjukan besar tersebut. Tim itu keliling wilayah Kabupaten Malang dengan mengendarai armada Pajero. ‘’Lantas Sabtu (hari ini, Red.) sore, pertunjukan akan dimulai dengan penampilan Monata dan artis lokal,’’ bebernya. Donomulyo sendiri bakal berdentum, sebab tim dari Gudang Garam Djaja Show menyuguhkan sound system standart internasional. Yakni Meyer Sound MILO, yang kerap dipakai pertunjukkan band tenar dari Inggris, Amerika dan seluruh belahan dunia. ‘’Sound system itu mencapai 40 ribu sampai 60 ribu watt, ketika artis utama tampil bisa dinaikkan hingga

60 ribu watt,’’ jelasnya. Sedangkan untuk tata cahaya, pihaknya bakal menyuguhkan lighting beam. Untuk di Donomulyo, diperkirakan tata suara dan tata cahaya sebagus ini baru kali ini disuguhkan. Sehingga masyarakat rugi besar jika tidak menyaksikan Gudang Garam Djaja Show ini. ‘’Kita gelar pertunjukan di Donomulyo sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, karena volume produk Djaja disana sangat tinggi,’’ tegasnya. Gudang Garam Djaja Show ini merupakan rangkaian tour di delapan kota. Malang merupakan kota keempat setelah Banyumas, Tegal dan Sidoarjo. Tur Gudang Garam Djaja Show ini bakal berakhir di Lampung. Menampilkan D’Bagindas, Armada Band, Chyntia Sari, Selfi KDI serta Duo Anggrek. ‘’Sebagai apresiasi kepada warga Malang Selatan maka kita datangkan artis nasional,’’ tandasnya. (ary/avi)

Sempat Jadi Tukang Ojek, Kini Ingin Jadi Tentara Sambungan dari Hal 1 Nampaknya, bakatnya ini dilihat oleh Wawan, salah satu bos Portrait Management Jakarta yang juga sukses mengorbitkan Andhika Pratama. ‘’Sempat saya diajak untuk bergabung. Namun saya tolak karena masih sekolah. Namun, saya tidak berhenti begitu saja karena mulai dari sinilah saya bergabung dengan beberapa agency model di Malang serta Surabaya dan berkiprah menjadi model,’’ lanjutnya. Di bidang modeling, pengalaman Nando cukup banyak. Beberapakali ia diminta menjadi model fashion show, membawakan baju rancangan para desainer lokal. Tidak terhitung berapa perlombaan yang diikuti pemuda yang pernah menjadi anggota Paskibra Kota Malang dan selalu meraih juara 1 ataupun 2. Nando juga pernah menoreh prestasi saat menjadi Juara 1 Top Model Indonesia, yang diselenggarakan oleh Color Models inc. Keinginan untuk merengkuh kesuksesan tidak hanya itu. Pemuda kelahiran Manado, 10 Maret 1994 ini pun memilih menjadi seorang

karyawan marketing event organizer yang fokus pada pencarian calon pemain-pemain FTV. Pekerjaannya terhitung lumayan sulit, karena harus mendapatkan pemain-pemain ideal sesuai dengan keinginan PT. Dharmawangsa Studio 10, sebuah rumah produksi yang menjadi rekanannya. ‘’Saya pun juga mencoba ikut casting dan diterima. Namun masih sebagai figuran yang hanya kelihatan tangannya. Itupun hanya dibayar Rp 75 ribu. Saya pun terus belajar secara otodidak kepada senior dan akhirnya naik menjadi pemeran pembantu dengan gaji Rp 750 ribu hingga Rp 1 juta,” kenang foto model M-teens Malang Post ini. Sekian lama berkecimpung di dunia peran, Nando pun mendapat kesempatan menjadi pemeran antagonis FTV. Dia sangat ingat bila sinetron FTV pertamanya berjudul Demi Hati Gayatri, lalu kedua Kisah Cinta Surti dan Tejo serta yang ketiga Cinta Gara-Gara Belut. ‘’Selanjutnya sederet sinetron FTV saya mainkan bersama beberapa artis

yang sudah berkelas di Jakarta,’’ ujar model iklan Sozzis tersebut. Tetapi, menurutnya untuk meniti karir hingga menjadi bintang FTV tidak seperti semudah membalikkan tangan. Mulai naik motor sendirian menuju lokasi syuting di Gunung Bromo, harus berutang kepada teman untuk perjalanan syuting hingga sempat menjadi tukang ojek di Manado ketika tidak ada panggilan untuk membintangi FTV. Sekarang, setelah semuanya terlampui, penyuka olahraga renang dan basket ini ingin meniru papanya sebagai anggota TNI AD. ‘’Ya sesuai dengan cita-cita saya menjadi seorang anggota TNI seperti papa. Mudah-mudahan, keinginan saya bisa terkabul, Sekarang saya terus berlatih fisik untuk pendaftaran bintara TNI AD tahun depan. Niat saya menjadi anggota TNI ini, juga didukung oleh kedua orang tua saya. Mereka juga berharap, setelah menjadi tentara pun, saya tetap meneruskan bakat dalam dunia akting,’’ pungkasnya diamini Jefry Runtuwene. (marga nurtantyo)

Partisipasi Mahasiswa dan Pelajar Sambungan dari Hal 1 Apalagi beberapa dosen yang menjadi tim juri, telah meminta mahasiswanya ikut serta lomba ini. ‘’Pasti. Saya meminta mahasiswa kami untuk ikut serta dan sudah banyak yang menanyakan lomba desain patung Singo Arema ini,’’ kata Ketua Tim Juri Lomba Desain Patung Singo Arema Drs Ponimin M Hum kepada Malang Post, kemarin. Menurut dosen di Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Malang (UM) ini, meski nantinya mahasiswanya banyak yang ikut lomba, namun tim juri tidak bisa mengetahui hasil karya mahasiswanya yang dilombakan. Pasalnya, tim juri hanya menilai hasil karya peserta tanpa disertai identitasnya. ‘’Tim juri tidak mengetahui yang dinilai itu miliknya siapa karena hanya berupa nomor saja. Jadi penilaiannya sangat obyektif dan tidak diragukan lagi,’’ tambahnya.

Apalagi, tim juri melibatkan berbagai kalangan seperti akademisi, praktisi, media hingga Aremania. Selain itu, masyarakat luas juga diikutkan melakukan penilaian terhadap hasil karya peserta. Peranan masyarakat dalam lomba ini, saat hasil karya peserta dipamerkan. Panitia akan mengadakan pameran hasil karya peserta pada tanggal 23 hingga 24 mendatang di kawasan Jalan Ijen. Selama dua hari ini, masyarakat akan bisa menyaksikan karya peserta sekaligus melakukan penilaian. Selain mahasiswa, menurut Ponimin yang sekarang sedang menyelesaikan program doktor ini, juga berharap pelajar juga ikut serta. Apalagi banyak sekolah di SMK maupun SMA yang memiliki jurusan desain. ‘’Anak-anak SMK maupun SMA sekarang banyak yang pintar mengambar. Kita berharap mereka banyak yang ikut serta di lomba

ini,’’ katanya. Panitia juga akan mengirim brosur ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Malang. Begitupula kampus-kampus serta beberapa tempat strategis juga akan dipasang brosur lomba ini. Diharapkan keikutsertaan pelajar dan mahasiswa ini cukup besar. Apalagi, hadiah yang diberikan juga cukup lumayan. Yakni, total hadiah sebesar Rp 22.500.000, trophy serta piagam Wali Kota Malang. Selain itu seluruh perserta juga akan mendapatkan piagam dari Wali Kota Malang. Peserta tidak hanya datang dari Malang Raya saja, namun dari luar kota pun juga ikut serta. Pendaftaran maupun lomba yang didukung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang dan Malang Post ini juga bisa dilihat di www.malangkota.go.id dan di www.mediacenterkendedes.malangkota.go.id. (jon)

Timur untuk mengecek legalitas enam lembar ijazah lainnya. Dalam waktu dekat dia mengatakan, tim akan bisa memastikan status ijazah tersebut. Dia menuturkan Kemendikbud sudah memutuskan kebijakan jelas terkait keberadaan ijazah palsu itu. Yakni guru peserta sertifikasi dengan ijazah palsu harus langsung dicoret. “Tentu harus dipastikan dulu kepalsuannya,” kata dia. Untuk itu satu peserta yang sudah dipastikan berijazah palsu sudah dianulir dari program sertifikasi guru. Syaifuddin mengatakan pemalsuan ini sangat merugikan uniersitas yang dicatut dalam lembar ijazah. Pada kasus tertentu, pihak universitas yang dicatut benar-benar tidak tahu jika almamaternya dijadikan se-

bagai gambar atau logo di ijazah palsu. Untuk kasus lainnya, nama dan logo universitas yang dipakai untuk ijazah palsu sama sekali tidak pernah ada. Sebelumnya kasus serupa muncul di Universitas PGRI Adibuana (UNIPA) Surabaya. Sejumlah guru peserta sertifikasi dinyatakan gugur karena menggunakan ijazah palsu. Rektor Universitas PGRI Adibuana Surabaya Sutijono mengatakan, masyarakat saat ini harus waspada. “Kami benar-benar meminta bantuan media untuk sosialisasi ijazah palsu,” tandasnya. Menurut dia saat ini kasus penggunaan dan permintaan ijazah palsu mengalami tren peningkatan. Sehingga dia memprediksi penjahat pembuat ijazah

palsu juga semakin gencar menyebar jala tipu-tipunya. Sutijono menuturkan penggunaan ijazah palsu pasti ketahuan karena pemerintah memiliki sistem database nomor register ijazah yang rapi. “Penggunaan ijazah palsu tidak hanya untuk profesi guru. Memang yang sekarang sedang ramai pada guru,” ujarnya. Padaprofesi lain, khususnya untuk kepentingan pencalonan legeslatif sering kali terjadi kasus ijazah palsu. Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) Irwan Akib menjelaskan, dugaan ijazah palsu juga terjadi di Makassar. “Kasus ini harus ditangani bersama-sama. Karena kejahatannya terstruktur rapi,” papar dia. (wan/jpnn)

HUT TNI, Menjadi Pesta Rakyat Sambungan dari Hal 1 Gunawan mengatakan, kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai makanan tradisional. Sebab makanan tradisional yang dihadirkan, memiliki cita rasa dengan mutu yang tinggi. Selain itu sehat dan ekonomis. Ada 20 stand yang dihadirkan menyajikan berbagai makanan tradisional yang berbeda. Mulai dari soto Madura, soto Lamongan, pecel Madiun dan berbagai jenis panganan tardisional dari berbagai daerah. Stand makanan mulai jam 07.00 WIB pagi ini sampai jam 23.00 WIB nanti malam. Lalu dilanjutkan Minggu besok. Festival makanan tradisional ini seiring dengan panggung rakyat dan prajurit. ‘’Awalnya panggung rakyat dan prajurit serta festival makanan dijadwalkan digelar satu hari pada Sabtu, 5 Oktober. Tapi warga minta ditambah sehari. Kami langsung penuhi permintaan warga, sehingga akan berlangsung dua hari, sampai Minggu besok,’’ katanya. Tak sekadar melestarikan makanan tradisional, kegiatan ini memiliki manfaat lain. Yakni pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) yang dikembangkan oleh masyarakat. Hal ini untuk mendorong kemandirian warga. Setelah peresmian festival makanan tradisional, Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjen TNI Agus Kriswanto menjadi inspektur utama upacara HUT TNI di lapangan Rampal. Usai upacara langsung dilanjutkan dengan defile pasukan, kendaraan tempur dan persenjataan milik TNI. ‘’Masyarakat bisa menyaksikan jalannya upacara dari lapangan Basket dalam area lapangan Rampal. Saat defile pasukan dimulai, masyarakat bisa merapat untuk menyaksikan defile dari jarak dekat,’’ ajak Gunawan. Mantan Danyon 512 ini mengatakan, selesai defile langsung dilanjutkan dengan konvoi kendaraan tempur dan per-

senjataan. Konvoi berakhir di Bundaran Tugu hingga Jalan Kertanegara. Di titik nol kilometer Kota Malang itulah, dilanjutkan dengan pameran kendaraan tempur dan persenjataan. Semua kendaraan tempur, diantaranya 10 tank scorpion berjejer di Bundaran Tugu hingga Jalan Kertanegara. ‘’Ini merupakan wisata militer yang bernuansa edukasi. Warga silahkan lihat, naik, foto dan menanyakan tentang kendaraan tempur dan persenjataan. Nanti personil akan memberi penjelasan untuk menambah pengetahuan,’’ paparnya. Wisata militer ini dijadwalkan berlangsung sampai Minggu besok. Lokasinya tetap di Bundaran Tugu hingga Jalan Kertanegara. Namun jika warga usul menambah jadwal pameran, bisa saja diperpanjang hingga Senin. Wanita TNI Sementara itu, di balik gagahnya derap rangka defile pasukan TNI, terdapat prajurit wanita. Mereka percaya diri, anggun dan melangkah tegap. Berada di tengah prajurit pria, para wanita TNI, yang terdiri dari, Korps Wanita AD, Korps Wanita AL dan Korps Wanita AU. Kepala Staf Divisi 2 Kostrad, Brigjen TNI Tatang Sulaiman mengatakan, wanita TNI memiliki tempat tersendiri di kesatuannya masing-masing. Mereka juga berkiprah sebagai prajurit professional. ‘’Tidak sedikit wanita TNI yang sukses dalam berkarir. Sudah ada wanita TNI yang bintang (berpangkat jenderal). Sedangan kalau pangkat kolonel juga sudah banyak,’’ papar jenderal bintang satu ini. Mantan Danrem 083/BDJ Malang ini mengatakan, saat ini wanita TNI bertugas di bagian yang bersifat administratif. Namun ada juga anggota wanita TNI yang bertugas di bagian non administrasi. Menurut Tatang,

wanita TNI harus terus meningkatkan kapasitas dirinya. Para wanita TNI dari tiga matra, darat, laut dan udara tak pernah merasa asing berdinas di lingkungan yang identik dengan pria dan keras itu. Mereka bahkan bisa mendedikasikan kemampuan untuk NKRI. Para wanita TNI itu bangga menjadi prajurit. Sertu Ririn Sulis Setyaningsih, adalah salah satu dari sejumlah anggota Korps Wanita TNI AD (Kowad). Ririn kini berdinas di Divisi 2 Kostrad. Sejumlah penugasan pernah dilaluinya. Ia tak pernah merasa mendapat hambatan dalam berdinas di TNI AD. “Selesai pendidikan, bertugas di Ajen Kostard di Jakarta. Saya bangga menjadi anggota TNI AD,” katanya. Begitu juga anggota Korps Wanita AL (Kowal), Sertu Mahardian Widiarti Santoso. Anggota Lanal Malang ini sangat bangga menjadi prajurit TNI AL. Apalagi menurut dia, saat ini TNI sangat dekat dengan rakyat. Kedekatan itu menjadi sebuah kebersamaan. Menjadi ‘penjaga laut’ Sertu Mahardian Widiarti Santoso pernah berdinas ke sejumlah negara. Diantaranya Australia, Abudabi, India dan Malaysia. Istri dari seorang anggota Polri ini pernah ditugaskan menjadi ajudan istri Kepala Staf AL (Kasal) saat dijabat Laksamana Agus Suhartono. Wanita Angkatan Udara (Wara) juga bangga pada korpsnya dan tak enjoy dengan penugasannya. Adalah Serda Retno Ayu. Anggota Lanud Abd Saleh itu bangga menjadi prajurit TNI AU. Dalam bertugas, ia berusaha selalu maksimal dan berbuat yang terbaik untuk korpsnya. Kendati mereka prajurit, tapi sisi wanita tetap utama. Mempercantik diri menjadi bagian penting yang harus dilengkapi. Tampil anggun dan smart adalah hal penting saat menjalankan tugas. (van)

Awas, Jerman Janji Bikin Kejutan Sambungan dari Hal 1 ’’Mereka pasti mengandalkan umpan crossing untuk memenangkan bola atas, karena postur mereka mendukung,’’ tegas Hendro. Selain itu, sama seperti Arema, ciri khas lain yang dipertontonkan oleh tim Jerman adalah keras dan ngotot. ’’Tim dari Jerman pasti dikenal keras dan agresif. Mereka militan dalam bermain bola. Mereka tak takut berduel dan dikenal karena ’hobi’ sliding tackle, sehingga ada sebutan bahwa Jerman itu terkenal karena sliding tackle-nya,’’ tegas kiper kelahiran Banyuwangi itu. Untuk mengalahkan skuad yang berisi pemain U-23 ini, Arema bakal adu pressing dengan Eintracht Frankfurt. Jika tak bisa menguasai ball possession, maka pilihan Arema adalah

tampil menekan. Sebab, permainan kalem dan menjaga bola tidak akan efektif di hadapan Eintracht Frankfurt. ’’Organisasi permainan mereka itu lebih baik dari kita, sebisa mungkin Arema jangan sia-siakan kesempatan shooting, karena kita akan kesulitan main kombinasi,’’ tambahnya. Sementara itu, pelatih Eintracht Frankfurt II Alexander Schur siap meladeni permainan keras yang mungkin ditunjukkan Arema. Sebab, bagaimanapun militansi permainan khas Jerman itu tak bisa lepas dari Eintracht Frankfurt II. ’’Kita datang memang untuk pertandingan persahabatan. Tapi kita datang tidak untuk kalah, kita siap

memenangkan pertandingan,’’ ungkap Schur. Tantangan sudah dilantangkan oleh pelatih Eintracht Frankfurt. Schur siap menghadapi kengototan khas Malangan dengan kekuatan keras khas Jerman. Tentu, laga malam ini bakal jadi sajian yang menarik bagi masyarakat bola di seluruh Indonesia. Apalagi, Schur sudah mengirim sinyal tantangan kepada Aremania. Pelatih berusia 42 tahun itu mengaku tim asuhannya sudah sering menghadapi suporter fanatik seperti Aremania. Jerman bukanlah negara dengan suporter yang kalem dan lembut. ’’Kita tentu tahu ada tekanan dari suporter. Tapi kita profesional dan sudah biasa menghadapinya,’’ tutupnya. (fin/avi)

Akui Ada Narkoba Diserahkan Polisi Sambungan dari Hal 1 Proses penggeledahan itu disaksikan oleh sejumlah petugas, pegawai MK, dan pejabat MK. ‘’Dalam proses penggeledahan itu, disaksikan sejumlah pihak dari MK memang ditemukan barang yang diduga narkoba atau obat terlarang. Jenisnya apa saya tidak tahu,’’ kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di KPK, Jakarta, Jumat (4/10), kemarin. Johan menuturkan, barang yang diduga narkoba atau obat terlarang itu bukanlah objek penyidikan KPK. Oleh karenanya, penyidik menyerahkannya kepada Koordinator Kepala Pengamanan MK disertai dengan berita acara. Karena itu, Johan menyatakan, apakah penemuan narkoba itu akan diserahkan kepada pihak kepolisian atau Badan Narkotika Nasional (BNN), KPK menyerahkannya kepada MK. ‘’Itu mungkin teman-teman bisa tanyakan ke MK,’’ katanya. Johan menambahkan, KPK akan membuka pintu seluas-luasnya bagi pihak kepolisian, apabila mereka mengusut kasus narkoba yang ditemukan di ruang kerja Akil. Saat ini, Akil ditahan KPK setelah menjadi tersangka kasus dugaan suap sengketa Pemilihan Kepala Daerah di Gunung Mas dan Lebak. ‘’Bisa dikoordinasikan. Saya kira itu bukan hal yang sulit,’’ katanya. Informasi yang beredar menyebut, saat KPK menggeledah ruang kerja Akil di lantai 15 Kantor MK, ditemukan ganja dan ekstasi. ‘’Ditemukan empat linting ganja dan dua butir ekstasi di ruang kerja AM,’’ kata sumber.

Akil Mochtar usai menjalani pemeriksaan di KPK, Kamis (3/10), malam dikonfirmasi soal narkoba itu tak memberikan jawaban. Ia memilih bungkam. Namun Sekretaris Jendral MK, Janedjri M Gaffar membenarkan penemuan sejumlah obat-obatan terlarang di dalam ruang kerja Akil Mochtar. ‘’Mengenai narkoba yang ditemukan diruang bapak Akil, berita acara penyidik KPK memang menyebutkan begitu,’’ ujar Janedjri kepada wartawan di Gedung MK, Jakarta, Jumat (4/10). Menurutnya, narkoba yang ditemukan adalah jenis ganja berjumlah tiga linting. Satu di antara tiga linting tersebut dalam kondisi sudah dibakar alias puntung. Selain itu, ditemukan juga dua butir Ineks berwarna hijau dan ungu. ‘’Semuanya ada dalam satu bungkus rokok didalam laci nomor dua sebelah kiri meja kerja pak Akil,’’ jelasnya. Saat ini, lanjutnya, seluruh barang tersebut telah diserahkan kepada BNN untuk dilakukan uji laboratorium. Tujuannya, untuk memastikan apakah barang-barang temuan tersebut benarbenar narkoba. ‘’Nanti akan dilakukan cek laboratorium apakah benar-benar ganja dan ineks. Nanti, setelah hasil BNN saya peroleh akan saya sampaikan,’’ sebutnya. Sementara itu, Markas Besar Kepolisian justru belum mengetahui adanya informasi soal penemuan narkoba, jenis ganja dan ekstasi, di ruang kerja Akil Mochtar. ‘’Mohon maaf, belum ada informasi tentang hal tersebut. Kalau ada kejelasan informasi dari KPK yang diberikan secara resmi, maka Polri harus mem-

berikan pelayanan terhadap informasi yang diberikan oleh KPK tersebut,’’ kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Ronny F Sompie kepada JPNN, Kamis (3/10) malam. ‘’Jadi Polri menunggu bila ada informasi dari KPK ke Mabes Polri,’’ timpal jenderal bintang dua ini. Sedang Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait temuan narkotika tersebut. Rikwanto juga mengaku belum tahu apakah temuan itu akan dilimpahkan penanganannya oleh KPK kepada Mabes Polri atau Polda Metro Jaya. ‘’Polda Metro Jaya mencoba menanyakan kepada KPK atau berkoordinasi tentang narkotika dimaksud, apakah nanti akan dilimpahkan ke Mabes Polri atau Polda Metro Jaya untuk penanganan selanjutnya. Dalam hal ini sedang dikoordinasikan,’’ kata Rikwanto. Dijelaskan, sampai saat ini belum ada informasi resmi dari KPK apakah akan melimpahkan ke Mabes Polri dan Polda Metro Jaya. Karenanya, Rikwanto mengatakan, koordinasi akan dilakukan untuk mengetahui penanganan selanjutnya. ‘’Inilah yang akan kita koordinasikan,’’ tegasnya. Dia menegaskan, Polda Metro Jaya siap bila KPK melimpahkan penanganan narkoba tersebut. ‘’Kalau memang dilimpahkan ke Polda Metro Jaya untuk menangani kita siap menindaklanjutinya,’’ tuntas Rikwanto. (boy/jpnn) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SABTU, 5 OKTOBER 2013

12


SABTU, 5 OKTOBER 2013

13

Satu Komando, Satu Barisan Menjaga NKRI MALANG – Momen HUT ke-68 TNI hari ini dijadikan GM FKPPI (Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri) Jatim untuk meningkatkan jiwa militansi sebagai penjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). ‘’GM FKPPI merupakan bagian yang tidak pernah terpisahkan dari TNI dan Polri.Kami bersama jajaran TNI dan Polri juga selalu siap mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara.Slogan

kami adalah Satu Komando,Satu Barisan Menjaga NKRI,’’ ’tegas Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim Ir.R.Agoes Soerjanto. Kepada Malang Post,ia menambahkan jika setelah ini masih ada pihak-pihak yang mengancam NKRI,maka mereka sudah pasti berhadapan dengan GM FKPPI yang merupakan organisasi kader dan memiliki ratusan ribu anggota tersebar di 33 daerah tingkat dua se-Jatim. ‘’Bagi kami, NKRI sudah merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar lagi. Siapa saja yang mencoba

mengotak-atik keutuhan NKRI maka harus berhadapan dengan kami dan pasti kami hancurkan,’’ serunya. Lebih lanjut, Agoes Soerjanto menyatakan HUT ke-68 tahun ini juga dijadikan refleksi oleh keluarga besar GM FKPPI Jatim untuk tetap menjaga Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila,UUD 1945,Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. ‘’Kami selalu solid,kuat dan militan dalam menjaga Empat Pilar Kebangsaan tersebut.Dengan soliditas yang semakin kuat tersebut, seluruh kader kami juga

terus meningkatkan integritas idealisme dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara,’’ cetus tokoh pemuda asal Malang ini. Ia menyatakan sangat bangga karena TNI di usia 68 tahun sekarang ini telah berhasil mencapai berbagai kemajuan dan semakin profesional. Untuk itu, ia juga mengingatkan kembali jati diri TNI yang dilahirkan bersama rakyat dan akan terus menjadi semakin kuat manunggal bersama rakyat. Baca Satu... Hal.14

Bersama Rakyat, TNI Kuat Nanti Malam, Anang-Ashanty Hibur Masyarakat di Lapangan Rampal MALANG - TNI kini berada di tengah masyarakat dalam nuansa kebersamaan. Tema peringatan HUT ke 68 TNI tahun ini ‘Bersama Rakyat, TNI Kuat‘ menjadi salah satu potret kebersamaan itu. Dan nanti malam, panggung hiburan rakyat dan prajurit di Lapangan Rampal, pasangan artis papan atas, Anang dan Ashanty akan semakin merekatkan rakyat dan prajurit. Semua membaur merasakan kebersamaan dan kege mbiraan dalam pesta yang merakyat itu. Penampilan Anang dan Ashanty nanti malam tak sekadar menghibur. Dengan suara emasnya, pasangan artis itu merekatkan kebersamaan rakyat dan prajurit. Ini menjadi bagian penting dari acara hiburan dalam rangka HUT ke 68 TNI tahun ini. Kebersamaan antara rakyat dengan prajurit tidak hanya pada saat HUT

GUEST GESANG/MALANG POST

SELAMAT ULANG TAHUN: Hari ini, TNI berulang tahun yang ke 68. Lapangan Rampal menjadi pusat bersatunya tentara dengan masyarakat. Beragam acara digelar, termasuk panggung hiburan yang mendatangkan Anang-Ashanty nanti malam.

TNI dan malam hiburan. Namun kini telah menjadi bagian dari dimensi kehidupan. Prajurit TNI memposisikan diri sebagai tentara rakyat. Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Gunawan Wijaya mengatakan, tentara merupakan tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional. Tiga hal itu diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. “Tentara rakyat karena kita berjuang bersama rakyat. Tentara pejuang maka kita harus memiliki militansi yang tinggi, cinta tanah air, pantang menyerah. Tentara nasional, kita ini tentara milik bangsa,” paparnya. Karena itulah menurut Gunawan, prajurit harus bermasyarakat. Bermasyarakat dengan sikap dan sifat yang bisa diterima. Ramah dengan rakyat, sopan santun, tidak menyakiti dan menakuti rakyat, berjiwa peduli kepada sesama di lingkungannya. ”Sekarang tidak ada lagi kesan tentara yang arogan. Tentara harus menunjukkan sikap yang baik mengikuti delapan wajib TNI. Itu pedoman yang harus

dipatuhi,” tegasnya. Delapan wajib TNI itu yakni, bersikap ramah tamah terhadap rakyat, bersikap sopan santun terhadap rakyat, menjunjung tinggi kehormatan wanita, menjaga kehormatan diri di muka umum. Selain itu, lanjutnya, senantiasa menjadi contoh dalam sikap kesederhanaannya, tidak sekali-kali merugikan rakyat, tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat, menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya. Baca Bersama... Hal.14

GM FKPPI JATIM FOR MALANG POST

SATU KOMANDO : Pangdam V/Brawijaya Mayjen (TNI) R.Ediwan Prabowo bersama Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim Ir.R.Agoes Soerjanto.

Open Minded, Perluas Peran TNI MALANG - Militer di negara-negara maju semakin menyadari kecilnya kemungkinan personelnya terlibat dalam operasi perang. Karena itulah mereka telah memfokuskan peranan militernya pada tugas-tugas selain perang. Misalnya sudah mulai memasukkan berbagai macam keahlian dan kemahiran dalam kurikulum pendidikan mereka. Contoh sudah ada kurikulum tentang evakuasi, kebencana alaman, kegawat daruratan, teknologi tepat guna dan lainnya yang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan militer. ”Kita tahu setelah reformasi dampak reformasi telah mempersempit secara ekstrim peran TNI, yaitu peran TNI didorong hanya sebagai alat pertahanan semata, dalam arti bersiap Dr Muhadjir Effendy M.Ap menghadapi musuh dari luar dalam operasi perang,” ungkap Pengamat Militer yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr Muhadjir Effendy M.Ap kepad Malang Post. Padahal lanjutnya kalau peran TNI dipersempit sebatas itu maka akan terjadi idle capacity atau ada kemampuan tak termanfaatkan dan potensi kekuatan yang tidak tergunakan. Karena tingkat probabilitas Indonesia untuk terlibat dalam peperangan sangat kecil. ”Kalau menyiapkan TNI untuk perang saja menyiapkan menunggu godot, sesuatu yang tidak mungkin. Sehingga apapun yang disiapkan TNI dengan baik akan percuma,” ujarnya. Dalam UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI sebetulnya sudah ada butir yang memberikan peran TNI yang lebih luas, mandat yang lebih luas yaitu operasi militer selain perang. Akan tetapi sampai sekarang belum diimplementasikan secara nyata dan legal melalui peraturan per undang-undangan yang lebih operasional. Memang TNI sudah melakukan peran itu misalnya di dalam penanggulangan bencana, terlibat dalam tugas penertiban masyarakat, membantu membuka infrastruktur publik seperti jalan tembus. Tapi itu masih sangat sporadis dan tidak sistemik, terutama belum ada sistem yang memang dari segi kemampuan maupun peralatan didesain dan dirancang untuk melaksanakan misi operasi militer selain perang. Akibatnya peran TNI yang diperluas itu tidak berjalan maksimal. Baca Open... Hal.14

REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: DJ AMIEL


SABTU, 5 OKTOBER 2013

14

Impor Sapi Australia, Dianggarkan Rp 2 M HARGA BELI RP 20 JUTA PER EKOR BATU – Anggaran sekitar Rp 2 miliar yang ada di Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemkot Batu, bakal dibelikan 100 ekor sapi Australia. Sapi-sapi tersebut, kemudian diberikan kepada peternak dan petani wilayah kota ini. Sugeng Pramono, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan menjelaskan, sapi yang didatangkan dari Australia itu berumur antara 12 hingga 18 bulan, yang sudah siap bunting agar peternak tidak menunggu lama mendapatkan anakan sapi. Sapi-sapi impor itupun, digunakan untuk memperbaiki kualitas milik para peternak sapi perah lantaran yang segera dibagikan itu, ada jenis pejantan untuk pembibitan atau dikawinkan dengan sapi-sapi lokal agar nanti dapat mengha-

silkan produksi Saat ini, produksi susu seekor sapi perah di Kota Batu kisaran 15 sampai 23 liter per harinya. Dengan penambahan sapi dari Australia itu, produksinya diharapkan menjadi 28 liter hingga 30 liter perhari. ‘’Sapi-sapi itu akan disalurkan kepada peternak di Dusun Toyomerto Desa Pesanggrahan, Desa Gunungsari dan beberapa lokasi lain di Kota Batu. Pemberian itu, untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak. Biaya pembeliannya antara Rp 17 juta sampai Rp 20 juta per ekor,’’jelasnya. Data yang ada pada Dinas Pertanian dan Kehutanan, populasi sapi perah di kota apel ini antara 14.000 hingga 15.000 ekor. Angka itu lebih besar dari data yang dikeluar­ kan BPS, yakni 12.000 ekor. ‘’Jumlahnya memang bisa saja mengalami perubahan.

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

BANTUAN: Bantuan sapi yang pernah diberikan Pemkot Batu kepada peternak, dalam waktu dekat disalurkan lagi dengan jenis sapi Australia. Mungkin angka menurun, karena sebab dijual oleh pemilik­ nya. Apalagi belum lama ini, harga daging sapi meningkat tajam,’’ tambah Sugeng. Sementara Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu mengatakan, ada beberapa lokasi lain yang diproyek-

sikan mendapatkan bantuan sapi itu antara lain petani di Desa Pendem Kecamatan Junrejo. Di desa itu jumlah petaninya cukup besar, dan selama ini kesulitan memenuhi kebutuhan pupuk organik. Nah, bila di desa itu jumlah sapinya bertambah

maka kotoran hewan ternak tersebut bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik. ‘’ Kalau bisa, populasi sapi di desa tersebut juga ditambah karena petani sangat membutuhkan kotoran hewan untuk pemupukan,’’jelas Punjul. (feb/lyo)

GAGAL: Salah satu areal parkir di Kota Batu, tahun ini terancam gagal mencapai target. MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

Imbas Dishub Malas Turun Lapangan BATU - Ancaman kembali gagalnya pencapaian target retribusi parkir di Kota Batu, tahun ini juga mengundang keprihatinan mantan petugas Dishub. Target pengumpulan PAD dari sektor tersebut, sebesar Rp470 juta namun hingga kini baru terhimpun sekitar 47 persen. Salah satu mantan Kepala Terminal Kota Batu, Sunariadi mengatakan, sebenarnya Dis­ hub mampu mencapai target yang sudah ditetapkan sepanjang ada kemauan serta usaha keras dari para pegawai untuk turun lapangan. Apalagi kian tahun kunjungan wisatawan ke kota apel ini, peningkatannya

jauh lebih pesat. “ Saya ikut miris dengan pencapaian Dishub sekarang ini, karena PAD yang tercapai hanya 47 persen dari yang ditargetkan Rp470 juta,”ujar pria yang pensiun pada 2011 lalu ini. Menurutnya, jumlah personil juru parkir saat ini berkisar 250 hingga 300 orang dari 101 titik lokasi parkir. Target pemasukan senilai itu selama setahun, sebenarnya bisa dicapai dengan mudah. Hitungannya, setiap jukir harus menyetor Rp4 ribu per harinya. ” Sedangkan lahan parkir basah seperti di BNS, Alun-alun setiap jukir dikenai setoran

Rp10 ribu perharinya. Sementara lahan kering se­perti di pinggir jalan, cukup ditarget Rp5 ribu saja, yang kesemuanya lebih dulu harus diawali pembicaraan sekaligus pendekatan kepada setiap paguyuban jukir tersebut,”urai Sunariadi. Ketika dia menjadi kepala terminal, pemasukan retribusi parkir justru bisa melebih target PAD. Contohnya di tahun 2009, dari target sebesar Rp200 pemasukan malah sebesar Rp210 juta. Tahun 2010, dari targetan sebesar Rp400 juta hanya tercapai Rp370 juta. ”Saya dulu juga mengalami

masa sulit untuk mencapai PAD, tetapi karena ada usaha akhirnya tercapai. Jukir kan ada paguyubannya, mereka sebenarnya enak diajak bicara dan kerjasama kok,”terangnya kepada Malang Post. Dia menambahkan, dulu ada dua alternatif yang diajukan ke para jukir. Yakni dengan tawaran jukir yang tidak becus, dipindahkan atau penarikan retribusi pakir diswastakan. Ternyata para jukir tidak mau. ” Saya bilang kalau tidak mau diswastakan tolong kerjasamanya. Dan hasilnya, baik dari setoran maupun tarikan di lapangan malah

Kedepankan Mutu Pelayanan Pasien BATU - Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), dalam waktu dekat akan menilai semua Rumah Sakit yang ada di Indonesia. Penilaiannya bukan dari segi kenaikan kelas saja, melainkan lebih mengedepankan pada pela­ yanan dan keselamatan pasien. Salah satunya yang bakal dinilai, adalah RS Baptis Kota Batu. Ketua Tim Akreditasi RS Baptis, Dr.Eva Nirmala mengatakan sudah hampir setahun ini pihaknya telah menyiapkan diri untuk penilaian akreditasi itu. Tahun ini, akreditasinya mengadopsi Join Commision Internasional (JCI) atau RS berskala Internasional. ” Hampir setahun, kami sudah mempersiapkan semuanya mulai dari dokumen hingga pelaksanaann di lapangan.

Akhir tahun ini penilaian dilakukan oleh tim KARS,”jelas Eva, Jumat (4/10). Dia menambahkan, di tahun 2009 fokus penilaian hanya pada dokumen. Tetapi untuk tahun ini, lebih pada dokumentasi dan aplikasi di lapangan. Antara lain menyangkut muti sistem mulai dari jajaran direktur hingga pasien, bakal diwawancara tim penilai. ” Kalau penilitihan hanya dokumen, khan kan bisa dimanipulasi. Tetapi bila dokumen disertai prakteknya baru ketahuan bagus tidaknya mutu sebuah RS,”ujarnya. Menurut Eva, ada tiga unsur yang bakal dinilai tim KARS. Yakni, segi manajemen, pelayanan medis, sampai keperawatan. Bahkan kesetersediaan

fasilitator penunjang keselamatan pasien, juga jadi item penilian. Misalnya pasien harus aman dan tidak mudah jatuh, pasien tidak terinfeksi selama di RS dengan disediakannya kamar khusus. Dan ketersediaan tempat cuci tangan di ruangan. Di RS Baptis yang paling menonjol sekarang ini, yakni dari segi pelayanan medis yang didukung dokter umum maupun spesialis yang siap 24 jam. Serta semaksimal mungkin pasein diberi penjelasan tentang penyakitnya. ” Kami punya dokter dan perawat yang siap melayani 24 jam, makanya sampai sekarang mutu keperawatan kami lebih baik daripada RS lainnya,”pungkas wanita yang hobi membaca ini. (mik/lyo)

menggembirakan,”kenang pria yang kini bisnis tebu ini. Meski peraturan besarnya tarif parkir sudah jelas, namun bila pengawasan serta kontrol dari petugas lemah maka tidak akan berjalan sesuai harapan. “Peraturan apapun jika tidak ada pengawasan dan tindakan, maka akan menghasilkan sesuatu yang negatif yang ujung-ujungnya malah menjadi kebiasaan. Karena itu, petugas yang mengurus retribusi parkir harus telaten sekaligus kerap ngajak ngobrol jukir, dan paling penting sistemnya harus diperbaiki,”pungkasnya. (mik/lyo)

Bersama Rakyat, TNI Kuat Sambungan dari Halaman 13

Mengutamakan kebersamaan dengan rakyat, maka TNI pastikan netral dalam dinamika politik. Walaupun saat ini memasuki tahun politik, TNI tetap menjaga sikap sehingga netralitasnya tetap terjaga. “TNI tetap netral memandang seluruh masyarakat dalam posisi yang sama, menjaga keseimbangan dalam kehidupan masyarakat,” kata Gunawan. Ke depan, tambah dia, prajurit TNI terus meningkatkan profesionalismenya. Sebab tentara yang professional merupakan salah satu tuntutan seiring jaman. (van/lim)

DELAPAN WAJIB TNI 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

Bersikap ramah tamah terhadap rakyat Bersikap sopan santun terhadap rakyat Menjunjung tinggi kehormatan wanita Menjaga kehormatan diri di muka umum Senantiasa menjadi contoh dalam sikap kesederhanaannya Tidak sekali-kali merugikan rakyat Tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya

Open Minded, Perluas Peran TNI Sambungan dari Halaman 13

Selain itu militer di negara maju dari segi peralatan, mereka lebih memprioritaskan pengadaan peralatan militer yang lebih luwes dan cepat untuk dimodifikasi. Bahkan dikonversi menjadi peralatan yang efektif untuk melaksanakan tugas operasi militer selain perang. Misalnya pengadaan helikopter, jenisnya yang bisa digunakan untuk misi tempur tetapi juga bisa untuk menjalankan misi kemanusiaan. Begitu pula kendaraan angkutan misalnya lapis baja. Di samping menjadi kendaraan utama untuk pasukan kavaleri, juga bisa dilakukan untuk melakukan evakuasi di areal-areal yang tidak mungkin dilewati oleh kendaraan beroda karet. Misalnya ketika menangani bencana gunung meletus. ”Menurut saya pengadaan alutsista di masa yang akan datang mempertimbangkan aspek multifungsi dan multi role sehingga fleksibel. Dan harus dicari titik optimum pemanfaatan kapasitas militer kita. Yaitu militer yang efektif untuk melaksanakan misi perang tapi juga efisien dan efektif untuk melaksanaan misi selain perang,” tegasnya. Lebih jauh Muhadjir menegaskan, ada empat isu utama yang masih menjadi perhatian di perayaan hari ulang tahun (HUT) ke 68 TNI. Yaitu profesionalisme, pemenuhan kebutuhan pokok minimum kekuatan, kesejahteraan prajurit dan perluasan mandat. Karena profesi militer sifatnya universal dan ada standar internasional, maka sebaiknya peningkatan kualitas profesionalisme TNI itu tidak cukup dengan belanja alat-alat tempur modern tanpa memperhatikan peningkatan kapasitas personel yang ada di balik peralatan tempur modern. Karena itu profesionalisme TNI harus lebih ditekankan kepada kesiapan diri para personel TNI untuk selalu belajar dan berlatih, secara terus menerus ikuti perkembangan dan harus terus open minded. Juga harus mencari tolak ukur kualitas yang dicapai oleh TNI dengan mengacu pada kekuatan militer negara maju. Karena Indonesia saat ini sudah tidak lagi tergolong negara sedang berkembang dan jumlah penduduk nomor empat terbesar dunia setelah China, India, Amerika Serikat. Dan menjadi kekuatan ekonomi terbesar di ASEAN, sehingga kemajuan yang dicapai TNI harus setara dengan negara maju. Tidak boleh memakai standar negara berkembang. Isu kesejahteraan menurutnya, masih harus menjadi perhatian pemerintah. Apalagi saat ini anggaran APBN untuk militer baru 0,005 persen saja. Sementara tugas TNI ke depan sangat berat. Di Indonesia rasio antara TNI dan luas wilayah adalah 1:5,79 km2 sementara di Singapura 1: 0,001 km2 dan di Malaysia 1: 412 km2. TNI juga memiliki tugas berat untuk mengamankan warga dengan perbandingan 1: 722 orang artinya 1 TNI menjaga 722 orang Indonesia dibandingkan tugas militer Malaysia 1:310 warga. ”Kriminal bersenjata, terorisme, drug dan trafficking adalah persoalan krusial Indonesia jangka panjang, dari situlah mestinya peran TNI diperluas,” pungkasnya. (oci/lim)

Satu Komando, Satu Barisan... Sambungan dari Halaman 13

Serta selalu berjuang demi membela rakyat. Dinyatakan pula bahwa sejak kelahirannya 68 tahun silam hingga sekarang TNI dan Polri berhasil menunjukkan sebagai satu-satunya organisasi yang selalu solid. ‘’Sejak dilahirkan hingga era reformasi saat ini,TNI dan Polri tidak pernah bisa diombang ambingkan oleh situasi politik. Kemandirian inilah yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia,’’ tandasnya. Agoes Soerjanto menilai berbagai pameran alat utama sistem persenjataan dan sebagainya dalam rangka HUT ke68 TNI di Malang kali ini sekaligus menunjukkan bahwa semuanya itu dibeli dari uang rakyat dan hendaknya menjadi kebanggaan bagi rakyat karena mengetahui bahwa tentaranya sekarang sudah memiliki berbagai peralatan dan senjata yang lengkap dan modern. Kemudian, menyadari sangat luasnya wilayah NKRI dan masih terbatasnya jumlah personil TNI,maka Agoes Soerjanto juga sangat berharap agar setelah ini jajaran TNI dapat terus menambah tidak saja peralatan dan persenjataan tetapi juga jumlah personilnya. Termasuk dalam menjaga dan mengawal wilayah perbatasan yang begitu luas, sehingga kedaulatan NKRI selalu dapat ditegakkan dan dipertahankan. ‘’Tidak kalah pentingnya juga adalah peningkatan kesejahteraan para prajurit TNI. Sehingga mereka semakin menjadi prajurit yang profesional dalam semua bidang dan selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,’’ tutup ayah satu anak ini. (nug/sir)

REDAKTUR: BAGUS ARY, LAYOUTER: REP


15

SABTU, 5 OKTOBER 2013

Istiqomah Gelar Pengajian Malam Jumat Legi ABAH ANTON MALANG â&#x20AC;&#x201C; Ada yang berbeda pada gelaran pengajian malam Jumat Legi yang biasa digelar keluarga H.Moch.Anton, pada Kamis (3/10) lalu. Ya, pengajian malam Jumat legi tersebut adalah kali pertama pengajian setelah H.Moch Anton dilantik menjabat Wali Kota Malang pada 13 September lalu. Jumlah jamaah yang datang semakin banyak memadati Jalan Tlogo Indah, Kelurahan Tlogomas, plus dipadati pula para pejabat Pemkot Malang. Acara diisi dengan pembacaan surat Yasin, tahlil, dan pengajian itu terus istiqomah digelar ketua PITI Malang raya itu, meski dirinya sudah dilantik sebagai orang nomer satu di Pemkot Malang. Setiap jamaah yang hadir selalu

MUHAIMIN/MALANG POST

TARI ZAFIN : Abah Anton bersama Sekda dan jamaah menari zaĹżn yang diiringi musik gambus dari grup Al Kawakib, dalam pengajian rutin malam Jumat legi di kediaman Abah Anton. diberikan nasi kotak plus hadiah. Hadiah yang diberikan biasanya berupa gula satu kilo

atau minyak goreng kemasan atau dalam bentuk lainnya. Semua sebagai bentuk amal

sedekah keluarganya kepada masyarakat. Tidak heran jika kepedulian dan kedermawanannya itu, pengusaha tetes tebu itu dianggap sebagai pengusaha yang peduli wong cilik. Sekarang telah berubah menjadi wali kota yang peduli wong cilik. Malam itu, Abah Anton tetap hadir dan berkumpul di tengah-tengah ribuan jamaah yang memadati rumahnya, di tengah padatnya agenda kerja wali kota. Kamis pagi sampai siang, Abah masih berada di Jakarta bertemu dengan Wagub DKI Jakarta, Ahok. Karena itu, Abah harus mengejar waktu untuk bisa mendapatkan pesawat kembali ke Malang. Abah baru tiba di kediaman sekitar jam 19.00. Kehadirannya langsung disambut salawat badar oleh sekitar 8000 orang jamaah. (aim/nug)

Besok, Dimeriahkan Final Lomba Senam MALANG-Kian meriah. Begitulah suasana yang akan terlihat pada Senam Sehat Demi Indonesia di Lapangan Rampal, Minggu besok pagi. Maklum, even yang digelar Malang Post dan Kodim 0833 serta disuportAlfamart ini juga akan diisi beragam acara tambahan.Diantaranya, yakni final lomba Senam Sehat Demi Indonesia. Koordinator Senam Sehat Demi Indonesia H.Sudarno menjelaskan, peserta lomba senam yang minggu sebelumnya sudah mulai bersaing unjuk kebolehan, pada senam nanti akan kembali tampil guna menunjukkan kekompakan dan kreasi kostum yang bakal dikenakan. Menariknya, peserta diberikan kebebasan untuk mengenakan kostum di setiap kelompok atau grup yang akan tampil. Baik itu dari kombinasi busana yang biasa dikenakan disetiap kali mengikuti senam, atau pun menambah kreasi baru pada kostum yang akan dipakai. Sementara untuk menghin-

dari kecurangan penilaian, ada tiga instruktur tetap Se-

nam Sehat Demi Indonesia masing-masing Farida Ari-

yani, Ellen Yuliana dan Sugeng Bahenol.(sit/nug)

REDAKTUR: SRI NUGROHO, LAYOUTER: ABDEE, SLATEM


SABTU, 5 OKTOBER 2013

16

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

PRAKTEK: Dua siswa SDN Ngaglik 01 tengah membakar kertas bekas dengan kaca pembesar dengan bantuan sinar matahari di lapangan SDN Ngaglik 01 Kota Batu. Mereka mempraktekkan langsung pelajaran IPA yang pernah dipelajarinya di kelas. Masih ingatkah Anda dengan materi ini?

Popularitas Jokowi dalam Bursa Idaman Capres 2014 ga wajar Jokowi mendapat predikat sosok pemimpin populer saat ini. Sebagian besar survei kandidat calon presiden me­ nempatkan sosok Gubernur Jakarta Joko Widodo atau Jokowi selalu di posisi teratas. Berbicara capres, kemunculan Jokowi sebagai generasi baru dalam panggung pencarian sosok pemimpin nasional ini menarik dicermati. Sosok Jokowi setidaknya bisa menjadi inspirasi banyak pihak dalam menjalankan kepemimpinannya di negeri ini, kalau itu demi kebaikan bersama kenapa tidak kita tiru dan kembangkan?, Bukankah kita semua merindukan pemimpin yang lebih berkeperpihakan pada rakyat dan perbaikan negeri ini?, serta bukankah rakyat adalah pemegang kedaulatan?. Mari kita belajar untuk tidak meneruskan tradisi ke­ lalaian: membiarkan diri di­ pimpin “pemimpin setoran” perusahaan bernama partai politik. Parpol tidak perlu pemimpin sejati. Ekspektasi parpol adalah laba sehingga dipilihlah pemimpin yang paling menguntungkan perusahaannya. Kalau konstitusi dan undang-undang tidak memungkinkan rakyat mencari pe-

“Presiden kita berikutnya jangan asal presiden, jangan memilih presiden hanya karena popularitasnya.” K A L I M AT i t u l a h y a n g ­akhir-akhir ini banyak disuarakan oleh beberapa pe­ ngamat dari partai politik di tanah air ini. Timbul pertanyaan, bukankah popularitas yang disandang oleh seseorang bisa karena dua tindakannya. Tindakanya dengan totalitas positif atau tindakannya dengan totalitas negatif yang sudah diperbuat. Adapun sosok populer yang dimaksud adalah Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) yang berdasarkan sejumlah survei menjadi calon pre­ siden (capres) paling populer saat ini. Hasil survei ini bisa jadi rakyat sebagai pemegang kedaulatan mengamati dan menilai bahwa kinerja Jokowi dianggap lebih representatif terhadap keinginan dan kebutuhan warga serta lebih inovatif dalam pembangunan dengan sedikit kata, banyak action (tindakan) melalui ide dan program-program kerja yang saat ini dikerjakannya. Realitas itulah, yang menarik perhatian di sebagian kalangan masyarakat kita, sehing-

NYARI KOS

 

SIUPP No: 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit: PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98

   





REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl. Sriwijaya 1-9 Malang Telepon (0341) 340081-2 Fax (0341) 369503



BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp: (0341) 592967 Batu

PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kemayoran Lama No. 12 Telp/Faks (021) 53699683 (Hendra)

  

HAYU A R I R ANI S 2KK

Oleh:

iner P alang dan Tra Dosen hammadiyah M itas Mu Univers

mimpin, berarti undang-undang dibuat tanpa kejernian ilmu, kejujuran demokrasi, dan kecintaan kepada rakyat. Saya tidak percaya bangsa Indonesia hobi masuk ranjau sehingga menjalani sejarah dengan gairah sakit jiwa mencari ranjau-ranjau baru. Apa­ kah penderitaan dan ketertindasan sudah menjadi narkoba psikologi dan budaya kita? Mari melipatgandakan kriteria dibanding presiden-presiden sebelumnya. Indonesia negara yang besar dan kaya raya, tetapi dikelola dengan kesembronoan melampaui batas. Ini kepulauan raksasa dengan manusia-manusia spesifik dan multitalenta, tetapi di titik nadir ketidakpercayaan diri. Ini garuda yang mabuk jadi emprit. Calon pemimpin tidak sekadar diuji integritas, kre­ dibilitas, dan kematangan profesionalnya. Ia harus punya visi dan berani me­ ngambil risiko pribadi untuk keperluan rakyat. Secara nalar, presiden dan pemerintah berani tidak makan sebelum rakyatnya kenyang. Ibarat kepala keluarga, saat kenduri ia makan terakhir. Kalau kebakaran, anggota keluarga ia selamatkan dulu. Ia siap jadi orang paling sedih. Secara agama presiden adalah orang yang paling berat hatinya melihat penderitaan rakyat dan tidak cengeng atas penderitaannya sendiri. Kalau malaikat mendadak mencabut nyawanya, presiden merintih, “Rakyatku, rakyatku......” Bukan “ “Ibu...” “Istriku....” atau “Anakku......” Isi kepala presiden adalah

PEMBINA: Dahlan Iskan KOMISARIS: Hj Dewanti Rumpoko DIREKTUR UTAMA: H Imawan Mashuri DIREKTUR: H Juniarno D Purwanto General Manajer: H Sudarno Seman Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata Senior Editor: H Husnun N Djuraid Manajer Iklan: H Edi Iswanto Manajer Pracetak: Yudi Armadioka

upaya menyejahterakan rak­ yat. Isi dadanya adalah “rasa bersalah” karena belum maksimal bekerja, serta “kerendahan hati” kepada Tuhan dan rakyatnya. Maka sejak semula ia tidak menawar-nawarkan diri, memasang gambar wajahnya di sepanjang jalan, menyatakan “aku yang baik”. Kata tukang becak di Yogyakarta: Bisa rumangsa, ora rumongsa bisa: sanggung merasa tak mampu, bukan mampu merasa “bisa”. Rakyat yang menilai apakah presiden bisa atau ber-bisa. Sebenarnya mengheran­ kan melihat orang Jawa kehilangan kearifan lokalnya dan terseret model aplikasi tipu-daya demokrasi untuk memilih pemimpin. Seluruh cara mencalonkan diri entah menjadi presiden atau lurah sangat menunjukkan bahwa mereka “rumangsa bisa”. Ini membuat orang yang berkualitas “bisa rumangsa” minggir dari politik. Dengan demikian, hampir mustahil rakyat akan memperoleh pemimpin dambaan dari antara para pemamer wajah yang bermutu “rumangsa bisa”. Dimasjid dan mushala manapun tidak ada orang bodoh tak tahu diri yang berteriak, “ayo berbaris makmum, saya yang pa­ling pantas menjadi imam shalat”. Dalam kehidupan manusia yang berakal, pemimpin lahir dari apreasi rakyatnya. Rak­y at pulalah yang mendaulatnya menjadi pemimpin. Presiden kita haruslah orang yang mengerti, tahu tentang ba­nyak hal, dan ada sesuatu yang seseorang ataupun masyarakat belum tahu. Tugasnya sebagai presiden adalah mencari tahu. Ia berdiri paling depan menembus ke­ gelapan untuk menemukan cahaya. Presiden menjadi presiden karena ia punya kesanggupan akal, stamina mental, keluasaan hati, kesabaran rohani, dan kekompakan frekuensi dengan seluruh unsur jagat raya untuk membawa “oleholeh” buat rakyatnya, sesuatu     

 

yang rakyat belum tahu. Untuk Indonesia yang hancur lebur sekarang ini, presiden wajib berani mati. Kini Indonesia memiliki sosok atau kriteria capres idaman tersebut yakni Joko Widodo. Sosok yang sebenar­ nya banyak memberikan inspirasi mulai dari ide, program kerja dan kebijakankebijakannya yang sudah direalisasikan sejak menjadi wali kota Solo hingga gubernur DKI Jakarta sehingga wajar hal ini mengantarkan pada popularitasnya. Popularitas Jokowi berhasil memancing ketertarikan emosional calon pemilih dalam pemilu bisa sekaligus mendapatkan loyalitas me­ reka, karena emosi (pemilih) sangat menentukan suksesnya membangun loyalitas. Mengingat pemimpin lahir dari apresiasi rakyat. Rakyat pulalah yang mendaulatnya menjadi pemimpin. Jadi tidak ada alasan dan larangan andaikata Joko Widodo dicalonkan dalam bursa capres 2014 mendatang. Besar harapan rakyat di zaman yang sudah merdeka 68 tahun ini, ada pemimpin melayani rakyat dengan masuk politik, tapi kalau jadi politikus harus punya mental politik, sebab kalau tidak punya mental politik, hanya akan menjadi benalu rakyat. Pemilu 2014 selayaknya melahirkan berbagai kepemimpinan yang mampu mengelola kekayaan alam Indonesia menjadi sumber pelayanan kesejahteraan sekaligus strategi daya terhadap produktifitas bangsa di tengah persaingan bangsabangsa. Jika Nixon tahun 1965 menyatakan “Indonesia adalah hadiah terbaik Asia Tenggara untuk Amerika.” Selayaknya pemilu 2014 melahirkan hadiah “Presiden Indonesia dengan mental politik terbaik Asia Tenggara”. Semoga ini bisa terwujud di negeri tercinta Indonesia, jangan akhirnya menjadi sebuah utopia belaka.(*)

Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida Manajer Pemasaran: Buari Koordinator Liputan: Sri Nugroho Sekretaris Redaksi: Noer Adinda Zaeni Kompartemen: Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim Redaktur Pelaksana: Dewi Yuhana Redaktur: Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin



  



Jangan Bubarkan MK BANYAK reaksi muncul menyusul penangkapan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Muchtar, Rabu lalu. Mantan ketua MK Mahfud MD mengatakan, sebaiknya MK dibubarkan saja. Kita semua paham, itu ungkapan kekecewaan yang sangat mendalam dari Mahfud yang selama menjabat ketua MK sudah berusaha menjadikan lembaga itu benar-benar bersih. Ketik tiga tahun lalu ada yang menuduh marak kasus suap di MK, Mahfud langsung membentuk tim investogasi untuk mengetahui kebenaran tuduhan tersebut. Rafli Harun, orang pertama yang melontarkan tuduhan, oleh Mahfud langsung dimasukkan dalam tim untuk me­ nyelidik tuduhan tersebut. Alhasil, ditemukan adanya jual beli keputusan MK – kebanyakan masalah sengketa pemilu dan pemilukada – yang dilakukan oleh salah satu hakim dengan melibatkan anaknya sebagai calo perkara. Setelah kasus itu mencuat, hakim tersebut kemudian mengundurkan diri. Mahfud berang dengan temuan tersebut, karena dianggap mencoreng kewibawaan hakim konstitusi yang selama ini diperjuangkannya. Kalau kemudian Mahfud berekasi agar MK dibubarkan saja, itu reaksi kekecewaan yang sangat mendalam. Mantan ketua MK sebelumnya, Jimly Ashidiqi, meskipun tidak seekstrem Mahfud, tapi tak kalah keras pernytaannya. Dia minta Akil Muchtar dihukum mati karena perbuatannya yang termasuk katagori sangat berat. Sayang, usulan itu sulit dilaksanakan karena dalam UU tidak diatur hukuman mati untuk pelaku tindak pidana korupsi. Kalau tidak dihukum mati, bisa dipertimbangkan hukuman yang lebih berat, seumur hidup, misalnya. Dua mantan ketua MK, dengan susah payah meletakkan pondasi lembaga peradilan konstitusi yang bersih dan bebas intervensi. Selama memimpin lembaga tersebut. Jimly dan Mahfud berhasil menjadikannya sebagai lembaga peradilan yang disegani. Keputusannya tegas, tidak pandang bulu dan mengejutkan banyak pihak. Kini, pondasi MK sebagai lembaga yang bersih itu sudah dirobohkan oleh penerusnya yang bernama Akil Muchtar. Perjuangan susah payah yang dilakukan Jimly dan Mahfud seakan musnah hanya dalam waktu sekejap saat KPK menangkap basah ketua MK saat menerima uang suap dari anggota DPR yang menjadi makelar kasus dalam sengketa Pilkada. Awalnya Akil dituduh menerima suap dalam kasus Pilkada di kabupaten Gunung Emas Kalteng, tapi berkembang dengan Pilkada kabupaten Lebak. Bahkan kasusnya bukan hanya melibatkan Akil, tapi juga meyeret gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Kaget, kecewa dan sulit dipercaya, itulah reaksi masyarakat terhadap kasus tersebut. Ibarat tikus yang menggerogoti lumbung, tidak harus membakar lumbungnya, tapi tikusnya yang harus dibasmi. Lembaga peradilan konstitusi tetap diperlukan untuk mengatasi sengketa yang berhubungan dengan masalah peraturan dan perundangan. Meskipun sekarang image MK sangat rusak, tapi bukan berarti harus dibubarkan, tapi tetap dipertahankan dengan membersihkan oknum-oknum nakal yang ada di dalamnya. Dibutuhkan oleh sekaliber Jimly dan Mahfud untuk bisa memerbaiki MK. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

Staf Redaksi: Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto: Guest Gesang Fotografer: Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi: Jl Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Eko Abdi Hasyim,









Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan: H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi: Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra Pengembang Usaha: Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo, Umum dan Keuangan: Syafiudin (koordinator), Huda, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL.

Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi menerima Artikel dan Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu Halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl. Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340018-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website: www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR:REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: REP MARGA, LAYOUTER: REEP


SABTU, 5 OKTOBER 2013

17

Universitas Brawijaya Mewisuda 1056 Mahasiswa

Kurangi Jumlah Mahasiswa Drop Out, Bentuk Tim Pemantau Pembantu Rektor 1 UB, Prof Dr Bambang Suharto MS MALANG-Universitas Brawijaya hari ini, (5/10/13), melepas 1056 lulusan dalam upacara wisuda periode II Tahun akademik 2013/2014 di Lapangan Rektorat. Jumlah lulusan periode II kali ini mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya sebanyak 1052. Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS mengatakan peningkatan jumlah lulusan periode kali ini tidak terlepas dari peran tim pemantau yang ada di setiap program studi pada masing-masing fakultas. “Sejak semester kemarin, UB membentuk tim pemantau yang terdiri dari para dosen yang ada di setiap program

FOTO IST/MALANG POST

OPTIMIS: Wisudawan UB penuh optimisme menatap masa depan yang cerah. studi atau jurusan. Tim pemantau ini memiliki peran penting untuk mempercepat kelulusan mahasiswa,” kata Bambang Suharto. Tim pemantau, lanjutnya, terdiri dari lima dosen dan memiliki tugas mengawasi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tugas akhir.

Lima tim pemantau diberlakukan untuk beberapa angkatan tertentu saja. Tim ini disiapkan pada masing-masing program studi atau jurusan di setiap fakultas. “Para tim pemantau bisa disebut dosen konseling. Mereka adalah para dosen di luar dosen pembimbing skripsi dan

diberlakukan untuk beberapa angkatan mulai tahun 2007 hingga 2011,” katanya. Bambang menambahkan dengan dibentuknya tim pemantau ini maka ke depan tidak akan ada lagi mahasiswa yang telat lulus. Karena keberadaan tim ini akan mengawasi dan memantau proses skripsi ma-

hasiswa sehingga akan memperpendek waktu studi di perguruan tinggi. Para tim pemantau juga bertugas untuk menanyakan permasalahan kepada setiap mahasiswa jika ada yang terhambat mengerjakan penelitian atau skripsi. “Untuk menggiatkan target cepat waktu lulus, diberlakukan

tim pemantau skripsi. Tim pemantau skripsi merupakan para dosen yang memantau Kartu Rencana Studi (KRS) mahasiswa yang melakukan penelitian dan sudah mengambil tugas akhir,” ujarnya. Selama pemantauan tersebut, tim akan selalu berkomunikasi dengan mahasiswa. Mahasiswa

Lulusan UB Ciptakan Lapangan Pekerjaan MALANG-Lulusan Universitas Brawijaya (UB) memiliki keistimewaan yang membuat mereka dapat diterima di masyarakat luas. Rektor UB Prof. Dr. Ir Yogi Sugito dalam sambutannya mengatakan kepada setiap lulusan untuk tidak hanya membekali diri dengan kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) namun juga keterampilan hidup yang lain. Seperti, kemampuan komunikasi secara global, wawasan yang luas, kemandirian dan kemampuan bermasyarakat. Sehingga setelah lulus, setiap alumni dapat diterima di masyarakat dengan baik dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang saat ini sedang membangun. “Sebagai pelopor dan penggerak pembangunan di negeri ini, saudara harus mempersiapkan diri dengan baik, agar

kehadiran saudara di tengahtengah masyarakat dapat diterima dengan baik pula dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang sedang membangun ini,” kata Yogi Sugito. Dalam pidato di depan para wisudawan hari ini, Rektor UB juga akan menyampaikan pesan sebagai bekal mahasiswa untuk meniti karir di masyarakat. Bekal yang diberikan oleh Rektor UB antara lain agar para lulusan UB tidak hanya berjiwa entrepreneur, namun lebih dari itu mempunyai kemampuan sebagai entrepreneur. Mental kewirausahaan sudah diberikan selama di bangku kuliah, dan kini saatnya mahasiswa mempraktekkannya di masyarakat. “Lulusan UB, diharapkan tidak hanya sebagai pencari kerja, namun juga ada yang mampu

menciptakan lapangan pekerjaan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain,” kata Rektor UB. Sementara itu, nama-nama Wisudawan terbaik untuk setiap program dan Fakultas dengan kriteria IPK tertinggi dan lama studi tercepat adalah Listia Nugraheni,S.Si (FMIPA), Isdiyana Kusuma Ayu,S.H. (FH), Dian Merini,S.E. (FEB), Nidya Putri Syahida,S.AP (FIA), Firsty Afriari Rezy,S.P. (FP), Riska M.P.,S.Pt (Fapet), Wieke Rossaria Dewi,S.T. (FT), Mirna Zena Tuarita,S.Pi. (FPIK), Citra Riza Umami,S.TP. (FTP), Santi Setiawati,S.IP. (FISIP), Syafril Rahmad Hidayat,S.S. (FIB), Riska Yessivirna,S.Kom (PTIIK), Nizar Amir, ST. M.T., M. Sc (Magister), Dr. Ir. KGSAhmadi, MP (Doktor), Ellon Dwi Ningtyas, A.Md. (Vokasi). (oci/sir/nda)

secara periodik akan dipanggil dan diingatkan agar segera menyelesaikan studinya. Sejumlah pertanyaan yang akan ditanyakan untuk memotivasi dan menggali permasalahan mahasiswa misalnya saja kapan target lulus dan menyelesaikan studi, apakah ada permasalahan dan apa permasalahan yang dihadapi. Dengan dibentuknya tim pemantau, Bambang berharap jumlah kelulusan di UB akan semakin meningkat setiap tahun. Apalagi UB biasanya menggelar wisuda lima kali dalam satu tahun, sehingga sangat dimungkinkan mahasiswa bisa segera menyelesaikan studinya dan mengabdikan ilmu di masyarakat. “Kita melakukan upacara kelulusan atau wisuda kalau jumlah wisudawan mencapai 1000 peserta, dan biasanya dalam satu tahun kita bisa mengadakan lima kali wisuda. Dengan adanya tim pemantau bisa saja kita mengadakan wisuda setiap dua minggu sekali,” kata dia. Tentu saja lanjutnya hal tersebut tergantung pada jumlah lulusan yang ada. Adanya tim pemantau juga relatif untuk mengurangi DO dan mengurangi waktu studi. (oci/sir/nda)

Wisudawan UB Terbaik Listia Nugraheni,S.Si (FMIPA) Isdiyana Kusuma Ayu,S.H. (FH) Dian Merini,S.E. (FEB) Nidya Putri Syahida,S.AP (FIA) Firsty Afriari Rezy,S.P. (FP) Riska M.P.,S.Pt (Fapet) Wieke Rossaria Dewi,S.T. (FT) Mirna Zena Tuarita,S.Pi. (FPIK) Citra Riza Umami,S.TP. (FTP) Santi Setiawati,S.IP. (FISIP) Syafril Rahmad Hidayat,S.S. (FIB) Riska Yessivirna,S.Kom (PTIIK) Nizar Amir, ST. M.T., M. Sc (Magister) Dr. Ir. KGS Ahmadi, MP (Doktor) Ellon Dwi Ningtyas, A.Md. (Vokasi)

PELOPOR: Rektor UB Prof Dr Ir Yogi Sugito memimpin prosesi wisuda.

Wisuda FIA UB

SD Muhammadiyah 9

Hasil Penelitian Wisudawan Terbaik Dorong Kemajuan Daerah

Ajarkan Istiqomah Beribadah Sunah

LAILATUL ROSIDA/ MALANG POST

TERBAIK: Wisudawan terbaik dalam wisuda periode II 2013/2014 yang lulus dengan predikat pujian, salah satu wisudawan terbaik adalah Nidya Putri Syahida S.AP (paling kanan).

MALANG- Putri daerah asal Mataram, Nidya Putri Syahida, berhasil meraih gelar lulusan terbaik dalam wisuda periode II tahun akademik 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (5/10/13). Dara kelahiran Mataram 1 Juli 1990 ini tak hanya sukses membawa pulang IPK yang bagus saja, tapi juga berhasil memberikan masukan untuk pengelolaan keuangan di DPRD Lombok Barat. “Dari hasil skripsi yang penelitiannya saya lakukan di DPRD Lombok Barat ada beberapa masukan agar pengelolaan keuangan bisa memenuhi aspek pemerintahan yang baik,” ungkap mahasiswa Program Sarjana Ilmu Administrasi Publik FIA UB. Dalam skripsinya berjudul Pelaksanaan Tata Kelola Keuangan DPRD Dalam Perspektif Pemerintahan Yang Baik itu, putri Drs. H. Subartono ini menemukan beberapa hal yang masih masih harus diperbaiki. Di antaranya tata kelola pelaporan yang harus mematuhi batas waktu sehingga tidak terjadi molor. Namun yang membuatnya lega selama menulis skripsi

tersebut karena sambutan pihak DPRD yang baik dan terbuka untuk menunjukkan laporan keuangannya. Meski sangat cinta dengan Pulau Lombok, namun Nidya belum ingin kembali ke daerahnya. Sebab saat ini ia sedang asyik dengan proyek pendampingan renstra di Kabupaten Jombang. Proyek tersebut dilakukannya bersama dengan dosen di FIA UB. “Saya senang terlibat dengan proyek-proyek pendampingan di daerah, kebetulan saya juga hobi traveling jadi senang sekali bisa mengunjungi berbagai daerah,” kata Nidya yang tercatat sebagai mahasiswa baru Program S2 FIA UB pada Magister Administrasi Publik ini. Sementara itu hari ini FIA UB akan menggelar agenda pelepasan wisudawan di Aula Gedung A Lantai 4. Jumlah wisudawan periode II Tahun Akademik 2013/2014 sebanyak 63 orang dengan rincian 27 orang Program Sarjana Ilmu Administrasi Publik, 21 orang Program Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis, 9 orang Program Magister Ilmu Administrasi Publik, dan 6 orang Program Doktor Ilmu Administrasi. Agenda pelepasan

ditandai dengan pengalungan gordon oleh Dekan FIA UB, Prof. Dr. Bambang Supriyono MS. Sementara sebanyak 17 orang akan mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik. Nama-nama wisudawan peraih predikat Dengan Pujian adalah Nidya Putri Syahida, S.AP, Asri Nur Fadilah, S.AP, Erni Estika Sukmawati S.AB, Ima Maghfiro S.AP, Vidyanita Hestinoviana S.AB, Femia Yuni Pratiwi S.AB, Evi Silvia Melina S.AP, Dian Kurnia Pribadiningtyas S.Ap, Faizatur Rosyadah S.AB, Meda Della Prisanti S.AB, Gadis Ashabi Choirani S.AB, Ayudya Fitria Mazdalifa S.AP, Rendi Wijayanto S.AB, Audri Ayuwardhani Parathon S.AB, Susiana Sari S.AB, Dr Susanta Dra M.Si dan Dr Darmawan M. Ali ST MISD. Terpisah Pembantu Dekan 3 FIA UB, Drs Heru Susilo MA, menuturkan saat ini FIA UB sedang menyiapkan acara bulan perayaan Diesnatalis ke-53 FIA UB. Acara yang akan digelar di antaranya bazar, administrasi festival, seminar tingkat nasional dan jalan sehat. Acara akan dimulai 8 Oktober mendatang. (oci/sir/nda)

MALANG - Sikap istiqomah dalam melakukan ibadah sunah merupakan salah satu anjuran agama. Keistiqomahan sesorang kadang lahir karena kebiasaan seseorang dalam melakukan sebuah rutinitas. Agar sifat istiqomah tumbuh dalam diri siswa, SD Muhammadiyah 9 melakukan sebuah upaya pembiasaan melakukan ibadah sunah seperti salat dhuha dan mengaji Alquran menjelang pembelajaran formal. Pembiasaan ini merupakan program kurikulum keagamaan yang direalisasikan sebagai bentuk aktualisasi pembelajaran agama yang dipelajari siswa secara toeri di dalam kelas. Waka urusan kurikulum keagamaan SD Muhammadiyah 9, Arip Hidayat mengatakan setiap Selasa dan Rabu pagi pembiasaan dilakukan dengan kegiatan salat dhuha di masjid bagi kelas 4, 5 dan 6 secara berjamaah. Sedangkan kelas 1, 2 dan 3 dilaksanakan di kelas masingmasing dibina oleh wali kelas. Dalam dua hari ini para siswa diagendakan untuk melakukan salah sunah berjamaah dengan seorang siswa menjadi imam. “Imam dan petugas adzan sudah dijadwalkan, sehingga setiap siswa memiliki kesempatan yang sama,” ujarnya. Dalam pelaksaannya, para siswa melafalkan bacaan salat dengan suara yang keras baik imam maupun makmumnya. Dengan demikian para guru dapat mendengarkan dan memperbaiki bacaan yang dianggap keliru dalam salat. Adapun di hari kamis pagi kegiatan keagamaan ini difokuskan pada sistem pembinaan. Para guru melakukan perbaikan pada gerakan salat siswa yang tidak benar secara langsung. Dengan bacaan salat yang tidak keras, di hari kamis pagi para guru dapat memberikan instruksi baik pada imam maupun makmum agar memperbaiki gerakan salat mereka. Usai salat dhuha, kegiatan dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

PEMBIASAAN: Siswa-siswi SD Muhammadiyah 9 saat melakukan salat dhuha berjamaah. yang juga disampaikan oleh siswa secara bergantian. Melalui kultum ini siswa dapat lebih memahami materi keagamaan yang berhubungan dengan akidah dan akhlak karena mereka langsung yang menyampaikan kepada jamaah. “Apalagi hampir setiap pagi mereka mendengarkan dan menyampiakan ceramah seperti ini,” tambah Arip. Sementara kepala SD Muhammadiyah 9, Sony Darmawan mengatakan pembiasaan dan pembinaan sekolah terhadap siswa merupakan salah satu program sekolah yang berorientasi pada pembinaan karakter. Dengan realisasi program ini diharapkan siswa dapat memahami kewajiban mereka sebagai muslim dalam menegakkan salat dan menjalankan sunah rasulullah. “Alhamdulillah, program ini memberikan hasil yang baik. Tak jarang kami menerima kabar dari orang tua siswa, bahwa anak mereka telah lulus dari sekolah ini, tetap istiqomah melakukan salat

sunah. Tentu hal ini karena adanya upaya yang juga dilakukan wali siswa yang juga mendukung program kami,” katanya dengan senang. Demikian juga dengan pengetahuan siswa pada Alquran, Sony berharap tak hanya pada pemahaman membaca, lebih dari itu para siswa dapat menghafalnya meskipun satu juz. “Tiap pagi mereka sudah lakukan itu, nanti kita programkan siswa yang akan lulusa dari SD muhammadiyah 9 sudah hafal juz 30,” ungkapnya kepada Malang Post. (imm/sir/nda)

REDAKTUR : DINDA, LAYOUTER : KURDI


AREMA INDONESIA The Power is Ours

SABTU, 5 OKTOBER 2013

18

SIAP TEMPUR: Pemain Eintracht Frankfurt akan menghadapi Arema Indonesia, malam ini, yang akan disiarkan langsung MNC pukul 20.00 WIB. GUEST GESANG/MALANG POST

Frankfurt





Tim Terbaik

Tampilkan Tim Terbaik MALANG - Eintracht Frankfurt II hadir dengan kekuatan terbaiknya kala melakoni international friendly match lawan Arema Indonesia, malam ini, live MNC TV kick off 20.00 WIB. Sebagai lanjutan dari laga bertajuk Battle of League, Singo Edan bakal merasakan gaya

permainan pesepakbola ala Jerman yang bakal diperagakan Eintracht Frankfurt di Stadion Kanjuruhan. Terbukti, 19 pemain yang dibawa oleh pelatih Die Adler atau Si Elang, julukan Eintracht Frankfurt, Alexander Schur, adalah para penghuni tim inti yang telah terasah dalam

kompetisi. â&#x20AC;&#x153;Kita membawa 19 pemain untuk menghadapi Arema. Tentu saja kita bawa pemain yang terbaik dari skuad,â&#x20AC;? tandas Schur ketika dikonfirmasi usai latihan ringan di Stadion Gajayana sore kemarin. Demi laga yang ditayangkan di

MNC TV itu, Schur memboyong para bintang muda yang sudah ditempa oleh kerasnya kompetisi sepakbola Jerman. Yakni Andre Pascal Flieb, Afilla Yilmaz, Baldassare Di Gregorio, Daniel Di Gregorio, Erik Walter Wille, Hassan Amin, Kristian Maslanka, Marcel Fah-

renholz, Marco Reinhold Aulbach, Marco Andreas Georg MĂźller, Markus GrĂśger, Max Denefleh, Maximilian Oesterhelweg, Philipp Christian Wolf, Toni Reljic, UÄ&#x;ur Albayrak, Jannik Sommer, Zahit Findik dan Christos Almpanis. Dua nama yang tampaknya perlu

diwaspadai adalah striker kelahiran Turki Ugur Albayrak dan bomber Bavaria Maximilian Oesterhelweg. Keduanya menjadi pencetak gol kemenangan Eintracht Frankfurt 3-1 atas Kickers Offenbach tiga minggu lalu, sebelum menjalani tur Asia ini. Baca Frankfurt... Hal.19

TUR SPANYOL

Segera MoU dengan MNC MALANG â&#x20AC;&#x201C; Rencana pemberangkatan Arema Indonesia ke Spanyol oleh MNC Grup masih dalam tahap negosiasi. Memorandum Of Understanding (MoU) atau pendantatanganan kerjasama pun akan segera dilaksanakan. Hal ini dibenarkan oleh CEO Arema Indonesia, Iwan Budianto. â&#x20AC;&#x153;Soal kerjasama dengan MNC masih dalam proses pematangan, kita masih banyak komunikasi dengan pihak MNC terkait tanggal pelaksanaan,â&#x20AC;? ungkap IB, sapaan akrabnya, ketika dihubungi Malang Post kemarin (4/10). Tanggal pelaksanaan rupanya jadi problema utama dari negosiasi antara Singo Edan dan MNC. Seperti diketahui, jadwal Arema menuju negeri Matador telah disusun oleh pihak MNC. Tur di negeri klub terkuat di dunia Barcelona FC itu dimulai tanggal 3 Desember 2013 dengan lawan Atletico Madrid. Setelah itu, Arema langsung menghadapi tim kaya Real Madrid pada 5 Desember 2013. Dilanjutkan dengan Valencia tanggal 9 Desember 2013, Villareal 12 Desember 2013, Espanyol tanggal 16 Desember 2013, serta lawan tim Catalan Barcelona pada 18 Desember 2013. Pembicaraan soal tanggal pelaksanaan berjalan alot karena Arema sendiri tampaknya banyak agenda pada bulan Desember. Meski demikian, jika pembicaraan soal tanggal pelaksanaan sudah selesai, maka MoU sudah hampir pasti terjadi. Hanya saja, untuk kejelasan penandata­nganan kesepakatan, IB bakal menggelar konferensi pers. Baca Segera... Hal.19

PILIH PELATIH DAN PEMAIN AREMA

KONVOI: Aremania Indonesia akan konvoi pagi ini dengan piala runner up ISL dan Piala Menpora Cup

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

KE ANAK YATIM

Pagi ini Aremania Konvoi Juara Bareng TNI MALANG â&#x20AC;&#x201C; Arema Indonesia mengakhiri kompetisi dengan prestasi yang cukup membanggakan. Dua trofi, yakni runner up Indonesia Super League (ISL) dan juara Menpora Cup 2013 menjadi catatan emas dalam sejarah Singo Edan. Rupanya, pencapaian ini diapresiasi juga oleh TNI yang merayakan ultah ke-68 hari ini (5/10). Tentara pun siap menggandeng suporter kebanggaan Arema Indonesia, Aremania untuk berkonvoi me­ nyemarakkan ultah ke-68 sekaligus menjadi pesta penutup prestasi juara Menpora Cup 2013 dan runner up ISL 2012/2013. Hal ini dibenarkan oleh Media Officer Arema, Sudar-

maji ketika dikonfirmasi Malang Post kemarin. â&#x20AC;?Aremania diajak oleh TNI untuk ikut konvoi demi menyemarakkan ultah TNI. Tapi, bagi Arema dan Aremania, konvoi bersama TNI adalah closing party atau pesta penutup setelah kita dapat dua trofi, yakni trofi runner up dan trofi juara Menpora Cup 2013,â&#x20AC;? ungkap Sudarmaji. Kedua trofi ini bakal ikut dikarak dalam konvoi TNI yang bakal berangkat dari lapangan Rampal pukul 07.00 WIB pagi ini. Dua trofi milik klub berlogo singa itu bakal ditempatkan di atas salah satu kendaraan tempur dan diarak keliling kota. Bukan hanya trofinya

saja yang diarak. Suporter Aremania pun ternyata sangat dihimbau untuk ikut dalam konvoi ultah TNI. Karena itu, diharapkan Aremania bisa datang pagi ini di lapangan Rampal pukul 07.00 WIB untuk ikut keliling kota. Bahkan, Aremania diizinkan menaiki kendaraan tempur dan ikut dalam barisan konvoi. â&#x20AC;?Suporter diperbolehkan naik kendaraan tempur yang sedang konvoi keliling kota. Tapi, jumlahnya tentu dibatasi, mungkin satu kendaraan 5 sampai 10 orang. Nanti ada tentara koordinator lapangan yang mengatur suporter untuk naik di atas kendaraan tempur,â&#x20AC;? tegas Sudarmaji.

Bwt management+punggawa arema,,, slsai mlwan Frankfurt,,sempatkan waktu untuk berbagi kebahagiaan dgn ANAK YATIM,,agar tradisi arema berbagi dgn sesama tetap terjga ,,by zandy 081945390393

PERMAINAN MONOTON Jika bung RD ingin tetap di arema buang­ lah permainan monoton&ganti permainan ciri khas malangan& buang EGI M,By erik aremania donomulyo 081575333693 Baca Sms... Hal.19

Baca Pagi... Hal.19 GUEST GESANG/MALANG POST

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


AREMA INDONESIA The Power is Ours

SABTU, 5 OKTOBER 2013

18

SIAP TEMPUR: Pemain Eintracht Frankfurt akan menghadapi Arema Indonesia, malam ini, yang akan disiarkan langsung MNC pukul 20.00 WIB. GUEST GESANG/MALANG POST

Frankfurt

KICK OFF: 20.00 WIB

EXKLUSIVE ON

Tim Terbaik

Tampilkan Tim Terbaik MALANG - Eintracht Frankfurt II hadir dengan kekuatan terbaiknya kala melakoni international friendly match lawan Arema Indonesia, malam ini, live MNC TV kick off 20.00 WIB. Sebagai lanjutan dari laga bertajuk Battle of League, Singo Edan bakal merasakan gaya

permainan pesepakbola ala Jerman yang bakal diperagakan Eintracht Frankfurt di Stadion Kanjuruhan. Terbukti, 19 pemain yang dibawa oleh pelatih Die Adler atau Si Elang, julukan Eintracht Frankfurt, Alexander Schur, adalah para penghuni tim inti yang telah terasah dalam

kompetisi. “Kita membawa 19 pemain untuk menghadapi Arema. Tentu saja kita bawa pemain yang terbaik dari skuad,” tandas Schur ketika dikonfirmasi usai latihan ringan di Stadion Gajayana sore kemarin. Demi laga yang ditayangkan di

MNC TV itu, Schur memboyong para bintang muda yang sudah ditempa oleh kerasnya kompetisi sepakbola Jerman. Yakni Andre Pascal Flieb, Afilla Yilmaz, Baldassare Di Gregorio, Daniel Di Gregorio, Erik Walter Wille, Hassan Amin, Kristian Maslanka, Marcel Fah-

renholz, Marco Reinhold Aulbach, Marco Andreas Georg Müller, Markus Gröger, Max Denefleh, Maximilian Oesterhelweg, Philipp Christian Wolf, Toni Reljic, Uğur Albayrak, Jannik Sommer, Zahit Findik dan Christos Almpanis. Dua nama yang tampaknya perlu

diwaspadai adalah striker kelahiran Turki Ugur Albayrak dan bomber Bavaria Maximilian Oesterhelweg. Keduanya menjadi pencetak gol kemenangan Eintracht Frankfurt 3-1 atas Kickers Offenbach tiga minggu lalu, sebelum menjalani tur Asia ini. Baca Frankfurt... Hal.19

TUR SPANYOL

Segera MoU dengan MNC MALANG – Rencana pemberangkatan Arema Indonesia ke Spanyol oleh MNC Grup masih dalam tahap negosiasi. Memorandum Of Understanding (MoU) atau pendantatanganan kerjasama pun akan segera dilaksanakan. Hal ini dibenarkan oleh CEO Arema Indonesia, Iwan Budianto. “Soal kerjasama dengan MNC masih dalam proses pematangan, kita masih banyak komunikasi dengan pihak MNC terkait tanggal pelaksanaan,” ungkap IB, sapaan akrabnya, ketika dihubungi Malang Post kemarin (4/10). Tanggal pelaksanaan rupanya jadi problema utama dari negosiasi antara Singo Edan dan MNC. Seperti diketahui, jadwal Arema menuju negeri Matador telah disusun oleh pihak MNC. Tur di negeri klub terkuat di dunia Barcelona FC itu dimulai tanggal 3 Desember 2013 dengan lawan Atletico Madrid. Setelah itu, Arema langsung menghadapi tim kaya Real Madrid pada 5 Desember 2013. Dilanjutkan dengan Valencia tanggal 9 Desember 2013, Villareal 12 Desember 2013, Espanyol tanggal 16 Desember 2013, serta lawan tim Catalan Barcelona pada 18 Desember 2013. Pembicaraan soal tanggal pelaksanaan berjalan alot karena Arema sendiri tampaknya banyak agenda pada bulan Desember. Meski demikian, jika pembicaraan soal tanggal pelaksanaan sudah selesai, maka MoU sudah hampir pasti terjadi. Hanya saja, untuk kejelasan penandatanganan kesepakatan, IB bakal menggelar konferensi pers. Baca Segera... Hal.19

PILIH PELATIH DAN PEMAIN AREMA

KONVOI: Aremania Indonesia akan konvoi pagi ini dengan piala runner up ISL dan Piala Menpora Cup

Arema Indonesia mulai mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sebagai Aremania, berikan masukan siapa pemain maupun pelatih yang layak di tim Singo Edan.

KE ANAK YATIM

Pagi ini Aremania Konvoi Juara Bareng TNI MALANG – Arema Indonesia mengakhiri kompetisi dengan prestasi yang cukup membanggakan. Dua trofi, yakni runner up Indonesia Super League (ISL) dan juara Menpora Cup 2013 menjadi catatan emas dalam sejarah Singo Edan. Rupanya, pencapaian ini diapresiasi juga oleh TNI yang merayakan ultah ke-68 hari ini (5/10). Tentara pun siap menggandeng suporter kebanggaan Arema Indonesia, Aremania untuk berkonvoi menyemarakkan ultah ke-68 sekaligus menjadi pesta penutup prestasi juara Menpora Cup 2013 dan runner up ISL 2012/2013. Hal ini dibenarkan oleh Media Officer Arema, Sudar-

maji ketika dikonfirmasi dikonfirmasi Malang Post kemarin. ”Aremania diajak oleh TNI untuk ikut konvoi demi menyemarakkan ultah TNI. Tapi, bagi Arema dan Aremania, konvoi bersama TNI adalah closing party atau pesta penutup setelah kita dapat dua trofi, yakni trofi runner up dan trofi juara Menpora Cup 2013,” ungkap Sudarmaji. Kedua trofi ini bakal ikut dikarak dalam konvoi TNI yang bakal berangkat dari lapangan Rampal pukul 07.00 WIB pagi ini. Dua trofi milik klub berlogo singa itu bakal ditempatkan di atas salah satu kendaraan tempur dan diarak keliling kota. Bukan hanya trofinya

saja yang diarak diarak. Suporter Aremania pun ternyata sangat dihimbau untuk ikut dalam konvoi ultah TNI. Karena itu, diharapkan Aremania bisa datang pagi ini di lapangan Rampal pukul 07.00 WIB untuk ikut keliling kota. Bahkan, Aremania diizinkan menaiki kendaraan tempur dan ikut dalam barisan konvoi. ”Suporter diperbolehkan naik kendaraan tempur yang sedang konvoi keliling kota. Tapi, jumlahnya tentu dibatasi, mungkin satu kendaraan 5 sampai 10 orang. Nanti ada tentara koordinator lapangan yang mengatur suporter untuk naik di atas kendaraan tempur,” tegas Sudarmaji.

Bwt management+punggawa arema,,, slsai mlwan Frankfurt,,sempatkan waktu untuk berbagi kebahagiaan dgn ANAK YATIM,,agar tradisi arema berbagi dgn sesama tetap terjga ,,by zandy 081945390393

PERMAINAN MONOTON Jika bung RD ingin tetap di arema buanglah permainan monoton&ganti permainan ciri khas malangan& buang EGI M,By erik aremania donomulyo 081575333693 Baca Sms... Hal.19

Baca Pagi... Hal.19 GUEST GESANG/MALANG POST

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


SABTU, 5 OKTOBER 2013

Kontrak Pemain 15 Bulan MALANG – Para pemain Arema Indonesia musim mendatang dipastikan bisa bernapas panjang. Sebab, kontrak baru yang bakal disodorkan manajemen Singo Edan tak lagi 12 bulan atau satu tahun, melainkan 15 bulan. Hal ini diungkapkan oleh pejabat sementara pengganti GM, Fuad Ardiansyah. “Kita memang sodorkan kontrak dengan durasi 15 bulan karena berbagai alasan,” tegas Fuad kepada Malang Post. Menurutnya, panjangnya du­ rasi kontrak disebabkan oleh kepadatan jadwal Arema di musim depan. Klub pujaan Aremania itu bakal berlaga di banyak even sepakbola, mulai dari Inter Island, AFC Cup, ISL dan Piala Indonesia. Khusus untuk ISL, jumlah klubnya mencapai 22 tim. Sehingga, dipastikan kompetisi liga bakal lebih panjang. Tentu, memanjangkan durasi kontrak pemain adalah cara mengantisipasi jadwal tersebut. “Kita main di Inter Island, AFC, ISL, Piala Indonesia. Belum lagi jumlah klub ISL nanti ada 22 klub. Tentu saja kompetisi bakal sangat panjang. Pemain butuh garansi kontrak agar tetap bisa main hingga kompetisi habis, karena itu disodorkan 15 bulan kontrak,” tegas Direktur Bisnis dan Marketing Arema itu. Selain itu, panjangnya durasi kontrak tak lepas dari berbagai liburan yang mungkin terjadi di tahun 2014. Fuad menyebut, tahun depan bakal banyak agenda politik yang mungkin saja bisa menghentikan per-

SMS g

Sambungan dari Halaman 18

STOP MENGHUJAT Jika kita ingin maju,Damailah sporter Indonesia jangan saling hujat lagi gak da guna justru merugikan sendiri,kita tour kemana mana sllu ada terror,tu krn kita masih srg menghujat.STOP MENGHUJAT .Brkreasilah lwat lgu n grakan kompak.AREMA SEJATI TIDAK PANTAS MENGHUJAT (085731323003)

MALDINI KE AREMA sayap-garuda -muda-bernama-maldini Pemain timnas U-19 Maldini ingin ke Arema (081937780899)

PELATIHNYA ROBERT Pilih Robert Pertahankan Greg kami kami disini pingin tahun depan pelatihnya Robert dan tolong greg jgn di buang By:Pasukan Aremania Banda Aceh (081805155056)

Frankfurt Tampilkan Tim Terbaik g

GUEST GESANG/MALANG POST

tandingan sepakbola, yakni Pemilihan Legislatif hingga Pemilihan Presiden. “Pilleg dan Pilpres sangat mungkin menghentikan kompetisi, begitu juga gelaran

JAKARTA - PSSI telah melakukan drawing grup play-off Indonesia Premier League (IPL). Dari sepuluh peserta dibagi atas dua grup yang disebut grup L dan grup K. Grup L diisi lima klub, yakni Persiba, PSIR, Perseman, Persepar dan Persiraja. Grup ini akan bertanding di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta. Sementara grup K diisi oleh Persijap, Pro Duta, PSM, Bontang FC, dan PSLS. Kelima tim ini akan bertanding di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah. Ketua PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan, dua grup di play-off IPL ini cukup berimbang. Djohar optimis pertandingan di IPL akan berlangsung cukup menarik. “Kita buat seadil mungkin, sehingga tidak berbenturan. Pertandingan menarik, dan berjalan dengan sehat,” kata Djohar di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Jumat (4/10). Drawing dihadiri oleh CEO Persijap, Said Basalamah, Manajer Persiba Bantul Briyanto, Sekjen PSSI Joko Driyono dan Ketua Umum Djohar Arifin Husin. “Tiap klub harus menyiapkan diri dengan serius. Penonton harus baik, sehingga dunia sepakbola tidak dikotori,” ujar Djohar. Ditetapkannya Stadion Bumi Kartini, Jepara dan Stadion Sultan Agung Bantul sebagai tuan rumah pagelaran Play-off IPL, karena PSSI beranggapan, kedua stadion tersebut punya kualitas yang cukup baik. “Pertimbangkan kualitas infrastruktur. Gelora Bumi Kartini dan Sultan Agung Bantul menurut kita sangat baik untuk jamin kualitas pertandi­ngan,” kata Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Play-off IPL, Erwin Dwi Budiawan di Kantor PSSI Senayan Jakarta Senayan Jakarta, Jumat (4/10). Selain itu, Jepara dan Bantul ada di tengahtengah sehingga akan memudahkan klub-klub untuk menjangkaunya. “Lokasi di tengah, akses bisa dari mana-mana,” ungkapnya. Akomodasi ditanggung masing-masing klub, tapi PSSI akan memberikan bantuan. Untuk tim tamu Rp50 juta, panitia pelaksana Rp100 juta. Sementara planning kick-off digelar tanggal 13 Oktober atau 16 Oktober. “Hal ini dilakukan untuk kepentingan TV,’’ jelasnya. (abu/jpnn)

Pembagian Grup Play-Off IPL: Grup K A. Persijap B. Pro Duta C. PSM D. Bontang FC E. PSLS

Piala Dunia. Kalau ada aturan dari FIFA seluruh kompetisi harus rehat begitu Piala Dunia dimulai, tentu pemain harus libur, itu salah satu tujuan kontrak panjang,” tandas pria

berkacamata ini. Sementara itu, pemanggilan pemain oleh manajemen terkait komitmen masa depan di Arema masih terus berjalan. Munhar, Dedi Kusnandar,

Sunarto, Hasim Kipuw, Johan Ahmad Farizi dan Kurnia Meiga Hermansyah datang ke kantor Arema Jalan Kertanegara depan Stasiun Kota Baru, siang kemarin.(fin/jon)

Tujuh Pemain Ikuti Latihan Perdana Timnas BATU – Pemain timnas senior mulai menjalani TC di Kusuma Agrowisata Kota Batu, mulai Jumat (4/10) kemarin. Latihan perdana tersebut hanya diikuti oleh tujuh pemain yang sudah datang. Latihan dipandu langsung oleh pelatih Jacksen F Tiago. Tujuh pemain yang sudah ikut latihan perdana itu adalah Titus Bonai, Yustinus Pai, M Roby, Achmad Bustomi, Raphael Mai­ timo, Jandiah Eka Putra dan Sergio Van Dijk. Mereka memulai latihan sekitar pukul 16.30 di lapangan Kusuma Agrowisata.

”Baru tujuh pemain yang ikut latihan pertama ini. Mungkin besok (Sabtu, hari ini) pemain lainnya baru bisa bergabung,” kata Jacksen. Dalam latihan perdana, Jacksen hanya memberikan materi latihan ringan. Jika pemain gabung semuanya akan dijejali latihan fisik, tehnik dan taktiknya. Pelatih yang mengantakan Persipura Ja­ yapura jawara ISL musim ini juga berharap, pemain segera komplit sehingga lebih mudah memberikan porsi latihan. ”Ringan-ringan saja latihan kali ini. Karena hanya tujuh pemain, jadi kami sulit memberikan porsi latihan komplit,” jelas bapak

satu anak ini. Timnas senior itu diproyeksikan bakal menghadapi Tiongkok di Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (15/10) mendatang di ajang Pra Piala Asia 2015. Selama persiapan, pemain akan menjalani TC selama sembilan hari di Kota Batu. Dalam latihan, terlihat ha­ nya lima pemain yang langsung mendapatkan arahan dari Jacksen karena dua pemain, Yustinus Pae dan Sergio van Dijk mengalami cedera. ”Yustinus Pae baru main, makanya ada masalah sedikit di bagian kakinya. Sedangkan Sergio mendapatkan masalah tidak serius di bagian pahanya. Makanya mendapatkan perawatan khusus dalam latihan,” urainya.(mik/feb) PERDANA: Pemain Timnas menjalani latihan perdana di lapangan Kusuma Agrowisata Kota Batu, kemarin.

MISKI/MALANG POST

Timnas Korsel U-19 Latihan Tertutup JAKARTA - Keseriusan tim Korea Selatan (Korsel) tampil di ajang kualifikasi Piala AFC U-19 grup G cukup tinggi. Terbukti, dari dua tim lainnya, Filipina dan Laos, Korsel memilih datang terlebih dahulu untuk melakukan adaptasi. Mereka sudah tiba di Indonesia sejak Kamis (3/10) malam lalu. Latihan perdana Taeguk Warriors, julukan Korsel, pun langsung digelar di lapangan C, kompleks Senayan, Jakarta, kemarin sore (4/10). Karena tiba lebih awal dari jadwal ofisial pada 6 Oktober, maka secara otomatis anggaran mulai mereka datang, sampai 5 Oktober nanti menjadi tanggung

Sambungan dari Halaman 18

Apalagi, para bomber Eintracht Frankfurt U-23 didukung oleh kekompakan dan kerjasama tim dari tim divisi 2 Bundesliga tersebut. Duo pemain yang menjadi penyokong lini depan dari pos gelandang adalah Baldassare Di Gregorio dan Daniel Di Gregorio. Pemain berdarah Italia tersebut memberi warna tersendiri dalam permainan Eintracht Frankfurt II. Dua pemain tersebut jadi salah satu faktor kuatnya lini tengah dan pertahanan tim yang memiliki tradisi kuat di Jerman tersebut. Meski demikian, Schur tak bisa menyangkal bahwa bermain di kondisi cuaca serta kultur masyarakat yang berbeda bakal mempengaruhi performa anak-anak asuhnya. “Kita terkendala jetlag usai perjalanan jauh. Selain itu, kendala kami adalah tak pernah main di kondisi rumput seperti Indonesia,” tutup Schur.(fin/jon)

LEBIH PANJANG: Kontrak pemain Arema Indonesia di musim mendatang dipastikan akan lebih panjang.

Pembagian Grup Play Off IPL Berimbang

Grup L A. Persiba B. PSIR C. Perseman D. Persepar E. Persiraja

19

jawab pribadi. Bukan tanggung jawab Panpel. 23 pemain terlihat langsung berlatih keras di bawah arahan sang pelatih. Sayang latihan tersebut tidak boleh diliput oleh Media. “Ini close training, jangan ambil gambar dan video. Nanti setelah training boleh wawancara,” kata panitia yang mendampingi tim Korsel, Priyadi. Latihan dilakukan mulai pukul 16.00. menu latihan yang dijalani pun terlihat berbeda, diawali dengan pemanasan, latihan dilanjutkan dengan passing pendek dan shooting. Pada 20 menit terakhir, latihan ditutup dengan sesi membangun serangan balik cepat yang

diakhir dengan crossing ke jantung pertahanan lawan. Tepat pukul 18.00, latihan usai. Sempat ada insiden ofisial Korsel terlihat marah-marah kepada awak media karena ada salah seorang wartawan yang mengambil gambar dengan kameranya. “no video.. no video” “ ujarnya terlihat marah-marah sambil menunjuknunjuk ke arah wartawan di pinggir lapangan. Imbasnya, setelah latihan usai, sesi wawancara yang sebelumnya akan diberikan, akhirnya batal. Salah seorang ofisial menegaskan bahwa sang pelatih kepala meminta wawancara hanya menjelang pertandingan nanti. (aam/jpnn/jon)

Segera MoU dengan MNC g

Sambungan dari Halaman 18

“Soal resminya akan dilakukan press conference bersama, antara Arema, MNC TV dan Sport Organizernya,” tandas IB. Sementara itu, Direktur Bisnis dan Marketing Arema, Fuad Ardiansyah mengungkapkan, alotnya pembicaraan tidak menghalangi Arema untuk tetap berangkat ke Spanyol. “Sebab, kalau diibaratkan masuk sekolah, kita ini sudah menyetorkan formulir pendaftaran. Sekarang, tinggal bagaimana negosiasi “spp” atau urusan anggaran,” terang Fuad kepada Malang Post. Urusan anggaran memang jadi pembicaraan penting dalam rencana kesepakatan MoU antara Arema dan MNC. Bagaimanapun, anggaran menentukan berapa pemain yang bakal dibawa dalam tur ke Spanyol. Menurut Fuad, dengan jadwal yang begitu padat, jumlah pemain yang diboyong ke Spanyol tentu tak boleh nge-press. “Kalau cuma bawa 18 pemain untuk menghadapi rentetan tur tersebut, tentu tidak masuk akal. Harus dibahas secara mendalam soal hal itu,” tutur Fuad.(fin/jon)

Pagi ini Aremania Konvoi... g

Sambungan dari Halaman 18

Mantan wartawan tersebut juga menerangkan, setelah konvoi selesai sekitar pukul 13.00 WIB, giliran Aremania yang mengarak dan mengkonvoi dua trofi juara ke Stadion Kanjuruhan. Sebab, malam ini Arema bakal menghadapi tim dari Jerman, Eintracht Frankfurt II. ”Selesai pertandingan lawan Eintracht Frankfurt, pihak TNI juga memberi hiburan bagi Aremania. Di lapangan Rampal sudah ada hiburan musik bagi Aremania yang pulang dari stadion. Pihak TNI sangat terbuka agar Aremania datang memeriahkan acara,” tegas Sudarmaji. “Sinergi Aremania dan TNI ini akan jadi catatan sejarah pertama di dunia suporter dan sepakbola Indonesia, simbolisme bersatunya TNI dan Aremania bakal menjadi bukti bahwa Malang itu kota yang damai dan aman,” tutup Sudarmaji.(fin/jon)

Laga Berat Manchester City MANCHESTER - Manchester City akan melakoni laga berat pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (5/10) malam ini. City sebelumnya takluk di kandang sendiri 1-3 dari Bayern Munchen pada Liga Champions. Nah, disiarkan langsung BeinSport 3 mulai pukul 19.45 Wita, City akan menjamu Everton. City belakangan ini bermain tidak konsisten. City sempat bermain luar biasa ketika mengalahkan Newcastle dengan skor 4-0 dan memenangkan Derby Manchester melawan Man United dengan skor telak 4-1. Namun, kemudian hanya menang 2-0 atas Hull City, imbang tanpa gol dengan Stoke, dan kalah 3-2 atas Cardiff. Sementara di kubu Everton, pasukan Robertp Martinez menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan di EPL musim ini. Calon lawannya itu juga satu-satunya tim di Liga Inggris yang belum pernah kalah di Etihad Stadium. Pelatih City, Manuel Pellegrini, tentu saja ingin mendapatkan tiga poin sebelum liga break selama sepekan karena ada laga internasional. Bek City, Micah Richards, juga berharap timnya selaku tuan rumah harus bisa meningkatkan motivasi setelah melakoni minggu yang berat. ‘’Kami harus menatap ke depan pada pertandingan melawan Everton, dan berusaha mendapatkan hasil yang maksimal. Kami baru mendapatkan dua hasil yang tidak bagus. Bermain baik tapi tidak mendapatkan poin melawan Villa, serta tidak maksimal melawan Bayern,’’ ujarnya. Pellegrini sudah menyiapkan sejumlah pergantian untuk melawan Everton. Winger asal Spanyol David Silva sudah dapat kembali bermain setelah cedera. Tetapi gelandang Jack Rodwell dan bek Martin Demichelis kembali menepi karena cedera hamstring dan lutut. (mrn/jpnn/jon)

Persib Tertarik Boyong Coulibaly Djibril dan Tantan BANDUNG – Pelatih Persib ­Bandung Djadjang Nurdjaman (Djanur) me­ ngungkapkan, akan melepas empat pemain yang sebelumnya berkiprah di Indonesia Super League (ISL) 2013. “Ada sekitar empat pemain yang akan dilepas,” ungkap Djanur saat ditanyakan soal siapa saja penggawa “Pangeran Biru” yang dipastikan tidak akan dipertahankan di musim depan, kemarin (4/10).

Selain itu, meskipun start kompetisi musim 2014 terbilang masih cukup jauh, atau Januari mendatang, namun Djanur mengungkapkan tak mau ketinggalan memeroleh pemain incarannya. Ia mengungkapkan, saat ini tengah mengincar lima pemain lokal, dengan empat pemain di ­antaranya nyaris deal gabung. “Empat pemain lokal, 99 persen siap merapat. Sedangkan satu pe-

main lagi masih dalam pembica­ raan,” ungkap Djanur. Namun begitu, saat disinggung soal nama-nama pemain yang dimaksudnya, Djanur belum mau menyebutnya, sebab menurutnya masih perlu digodok dalam evalua­ si. “Nama-namanya masih rahasia, belum bisa disebutkan,” tuturnya. Saat disinggung soal isu ketertarikannya untuk memboyong Tantan

(eks striker Sriwijaya FC) dan Coulibaly Djibril (bomber Barito Putera), Djanur mengakui tertarik dengan kedua pemain tersebut. “Coulibaly dan Tantan kita memang ada ketertarikan, tapi ya tergantung pembicaraan nanti,” ungkapnya. Pelatih yang sempat menjadi pemain Persib di era Perserikatan ini juga mengungkapkan, rapat internal kemarin bukan hanya untuk memba-

has soal pemain. Namun juga nasib staffing kepelatihan. Terpisah, Manajer Persib Umuh Muchtar juga belum mau membuka siapa pemain incaran Persib untuk memperkuat formasi Djanur di ISL 2014. Namun, kata Umuh, Persib siap memberi kejutan buat Bobotoh. “Sabar ya dan saya juga tidak bisa katakan sekarang. Kejutan saja kita lihat nanti. Pokoknya kita mencari

pemain yang sesuai harapan dan sesuai kebutuhan tim yang menjadi keinginan semua,” ujarnya, kemarin. Ditanyakan soal rapat evaluasi internal antara Djanur dan jajaran direksi PT PBB soal pemain, Umuh mengatakan, tak berhak memutuskan. Hingga berita ini diturunkan rapat internal antara Djanur dan jajaran Direksi Persib masih berlangsung.(ran/jpnn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REP


SABTU, 5 OKTOBER 2013

20

LAYOUTER: ABDEE


Mp0510