Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Ngaji Bareng

Cak Nun

Semua Bisa karena Satu Jiwa MALANG–Emha Ainun Nadjib, benar-benar ‘Aremania’. Tak heran jika ribuan jamaah Aremaiyah gabungan antara Aremania dan jamaah maiyah, seperti dibawa dalam suasana satu jiwa. Bahkan memulai Ngaji Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng semalam, dengan nafas Aremania. Bukan sekadar memboyong tiga Aremania ke atas panggung, tapi sapaan dan nyanyian, semuanya berbau Aremania. Suasana pun, menjadi benar-benar semarak. ‘’Orang Malang itu selalu revolusioner. Biasanya orang hanya berani lurus, tapi kalau disini, berani untuk Malang (melintang, Red.). Jadi orang Malang, sudah tidak boleh lagi mikir untuk Malang. Tapi sudah berpikir untuk Indonesia,’’ kata Cak Nun, semalam.

GUEST GESANK/MALANG POST

Baca Semua...hal.11

BERKALUNG AREMA : Cak Nun dengan ekspresinya, mampu memukau ribuan jamaah. Termasuk suasana panggung sangat sangat cair dan menjadi satu dengan penonton.

PNS Bolos Usai Lebaran, Sanksi Keras Menunggu MALANG – Ini perhatian sekaligus peringatan bagi seluruh pegawai. Jika tak mau berhadapan dengan sanksi, jangan coba-coba molor masuk kerja begitu libur lebaran berakhir. Sesuai seruan, Senin (12/8) pekan depan, semua PNS sudah wajib menjalankan tugasnya di satuan dinas masingmasing.

Terhitung mulai hari ini, mereka sudah bisa menikmati masa liburan karena cuti bersama berlangsung mulai awal pecan, hingga Rabu (7/8) lusa. Libur masih bisa dilanjutkan hingga Minggu (11/8) mendatang. Praktis, ada tujuh hari efektif liburan yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak kerabat.

Kereta Normal, Jalan Ramai Malam Hari

Siapapun yang melanggar, terancam sanksi sesuai tertuang dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Masih ditambah Perwal Nomor 49 Tahun 2010 yang mengatur kebijakan serupa. Karena itulah, Walikota Malang, Peni Suparto menghimbau, PNS di lingkungan pemerintahannya untuk benar-benar mentaati

ketentuan yang sudah disepakati. ‘’Tolong ditaati. Kalau bisa tertib seperti tahun lalu dan tahuntahun sebelumnya. Kan sudah begitu setiap lebaran,’’ serunya kemarin. ‘’Sudah pasti ada sanksi bagi yang melanggar. Tolong semuanya tertib sesuai aturan,’’ tukas walikota yang akrab dipanggil Inep itu.

Baca PNS Bolos...hal.11

Berangkatkan Umrah dan Santuni 10 Ribu Anak Yatim

MALANG - Penumpang kereta api (KA), memborong habis tiket KA Tawang Alun dan Malabar di Stasiun Kota Baru Kota Malang, kemarin. Meski demikian, situasi arus mudik melalui stasiun tersebut terpantau masih normal dan terkendali. Lonjakan memang terjadi untuk tujuan Banyuwangi serta Blitar dan kawasan sekitarnya. Kepala Stasiun Kota Batu Zainul Arifin, kepada Malang Post, menyebut, KA Malabar dan Tawang Alun terjual 100 persen sesuai kapasitas kereta. Sehingga keberangkatan dari Kota Malang yang tampak melonjak adalah ke tujuan dua kereta itu. ‘’Keberangkatan dari stasiun Malang yang kelihatan ada peningkatan adalah KA Malabar dan Tawang Alun, terjual 100 persen,” tegasnya.

Baca Kereta...hal.11

Umumnya, seringkali memang ada pegawai nakal yang memanfaatkan momentum libur panjang untuk bermalas-malasan. Mereka absen pada hari-hari awal kembali bekerja dengan alasan tidak bisa on time ke Malang karena ada hambatan perjalanan saat mudik ke luar kota.

MUHAMMAD FIRMAN//MALANG POST

BERBAGI: Owner PT ACA, Iwan Kurniawan bersama sang cucu membagikan santunan kepada ribuan anak yatim piatu non panti di kantornya, sore kemarin.

MALANG- Tak sembarang orang bisa menjalankan ibadah umrah. Faktor biaya umumnya menjadi kendala sulitnya berangkat ke tanah suci. Namun, siapa sangka bila anak yatim piatu dari kalangan dhuafa justru berkesempatan melakoni perjalanan ke Baitullah?. Kesempatan istimewa itulah yang diberikan PT Anugerah Citra Abadi (ACA) kepada belasan anak yatim seMalang Raya. Dalam undian Pekan Islami VII yang dilangsungkan di halaman Kantor PT ACA, minggu (4/8/13) sore kemarin, terpilih nama-nama anak yang berhak mengikuti tur umrah gratis dalam waktu dekat. Owner PT ACA, Iwan Kurniawan berharap kesempatan umrah ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak yang secara materi tidak seberuntung bocah seusianya yang lain.

Jadwal Imsakiyah

Ramadan 1434 H - 2013 M Wilayah Malang dan Sekitarnya Tgl Imsak Subuh Zhuhur Ashar Magrib IsyaÊ 05 04.12 04.22 11.37 14.59 17.32 18.44 06 04.12 04.22 11.37 14.59 17.32 18.44

Tausiyah Ustadz H. Yusuf Mansur

Mari Menghidupkan Sunnah “Man ahyaa sunnatii, faqod ahabbanii… Wa man ahabbanii, kaana ma’ii fil jannah… Barang sia- pa yang menghidupkan sunnah-sunnahku, unnah-sunnahku, maka sungguh ia mencintai encintai diriku. Dan barang siapa yang ang mencintai diriku, maka ia akan an bersamaku di surga”. Demikianlah anlah Rasulullah memotivasi kita semua agar menghidupkan sunnah. Allah bahkan mendorong endorong kita untuk benar-benar mencintai Rasulullah, dengan menghidupkan sunnah (baca: ca: mengikuti ajaran n Rasulullah dan me-ngikutinya).

Baca Mari...hal.11

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Untuk mencapai kebahagiaan sangatlah mudah : jangan pasang keinginan terlalu tinggi. Jangan menaruh harapan terlalu banyak.’’ y

KABAR IBU KOTA

Baca Berangkatkan...hal.11

Ngalam

Ebes

Rebutan Nomor Aud

Ngaji Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng Kembali Puaskan Aremania

Tak Mau Repotkan Panitia, Tampil Hingga di Vatikan SOLMISASI yang belum sempurna mendentum di telinga jamaah Ngaji Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng (CNKK) di depan Stasiun Kota Batu, tadi malam. Bunyi ini berasal dari gamelan yang biasanya pelog maupun slendro. Garapan Kiai Kanjeng yang berhasil menyuguhkan suara sedemikian halus di telinga masyarakat Malang Raya pada ngaji bareng HUT ke-15 Malang Post tersebut.

Kana : O alah bes, rebutan juara aud tambah abot Ebes : Oyi jes, Arema kudu saingan Persib karo Sriwijaya FC Kana : Peluange Arema ancen gede, tapi kadit entuk takabur Ebes : Pokoke ndik pertandingan sing kari Arema ojok sampe halak, kudu nganem terus cikno osi jogo posisi nomor aud. (***)

EKSPLORASI : Kiai Kanjeng tampil mengeksplorasi gamelan menjadi bunyian yang makin bermakna dalam HUT ke-15 Malang Post di depan Stasiun Kota Baru, kemarin. RIZAL / MALANG POST

Nomor pertama yang tampil, biasanya disebut Kenduri Sholatulloh. Rangkaian alunan musik penggebrak suasana di awal acara untuk menarik minat jamaah bahwa acara sudah dimulai. Terdengar suara bertalu-talu (patalon) yang biasa didengar pada page-

ABROR RIZKI/RUMGAPRES

SIDAK : SBY saat menyapa salah satu penumpang kapal, ketika memantau mudik di pelabuhan Tanjung Priok.

Mudik Gratis Lebih Efektif Ketimbang Pasang Spanduk

laran wayang. Kenduri Sholatulloh kemudian diakhiri alunan sholawat dengan iringan musik ala China. Musik seperti ini akrab ditelinga, biasanya diikuti gerakan para murid Tai Chi sedang memperagakan silatnya.

JAKARTA-Pemasangan banner dan spanduk oleh bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), dalam menyambut bulan Puasa dan Lebaran, akan sia-sia, karena tidak bisa mendongkrak popularitas mereka.

Baca Tak Mau..hal.11

Baca Mudik...hal.11

Jawa Pos Group


2

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

Oegroseno Diyakini Mampu

BENAHI INTERNAL POLRI JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Sarifudin Sudding mengatakan, kepolisian masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk membenahi institusinya. Misalnya memperbaiki kedisiplinan personilnya, kesolidan antar unit dan divisi, juga peningkatan kualitas serta penambahan jumlah personil. Ia meyakini Wakapolri yang baru Komisaris Jenderal Oegroseno mampu membenahi masalah internal institusi kepolisian “Saya yakin, pengalaman dan kapasitas Oegroseno mampu membenahi lingkar dalam Polri. Pengalaman lapangan sebagai Kapolda Sumatera Utara dan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) menjadi bekal utama,” ujar Sudding di Jakarta, Minggu (4/8).

Menurut dia, masa kerja Oegroseno yang kurang dari setahun harus menjadi cambukan baginya untuk bekerja lebih fokus. Khususnya, mengurus kedisiplinan dan kepatuhan personil kepada atasan, terutama bagi personil Polri yang berusia muda. “Masih adanya kasus-kasus gesekan dengan anggota militer dan antar anggota Polri sendiri menunjukkan pembinaan harus menjadi prioritas pembenahan SDM Polri,” ucap Sudding. Selain itu, ia menyatakan, Wakapolri juga harus melakukan pembenahan secara transparan dan akuntabel dalam hal pemenang dan pelaksana proyek pengadaan di internal kepolisian. Sehingga kejadian kasus simulator surat ijin mengemudi di Korlantas tidak

LENGANG: Akibat banyak yang mengikuti mudik gratis, Terminal Pulogadung menjadi lengang.

Banyak Mudik Gratis, Terminal Sepi

Oegroseno terulang kembali. “Karena ada anggapan di publik bahwa para pengusaha yang itu-itu saja yang

mendapat dan melaksanakan proyek di kepolisian,” kata ketua Fraksi Partai Hanura itu. (gil/jpnn/nda)

Gempar Malang Raya Salurkan Lapangan Pekerjaan MALANG- Berbagai kegiatan positif dilakukan oleh Anggota Gerakan Mahfud Presiden Amanah Rakyat (Gempar) Malang Raya. Sebelumnya menjelang Ramadan dan Lebaran, mereka melakukan aksi sosial seperti memberikan bantuan, paket sembako ataupun sunatan massal, kali ini menyalurkan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. Boleh dikata, ‘biro’ pekerjaan yang dilakukan Gempar Malang Raya untuk masyarakat itu tidak dipungut biaya sepeserpun. Menurut Ketua Gempar Malang Raya, Joko Santoso, sudah banyak perusahaan yang menjalin kerjasama dengan pihaknya. Dia mencontohkan, 25 berkas lamaran yang masuk, ada sekitar 17 lamaran yang diterima bekerja. “Mulai dari rumah sakit swasta, perusahaan waralaba, tempat bimbingan belajar dan sebagainya. Biasanya, setelah lamaran pekerjaan yang masuk penyaluran kami, dua minggu kemudian pelamarnya dipanggil dan dites. Kalau memang layak, para pelamar juga langsung diterima. Kalau yang belum layak, lamaran ditolak. Kami harus tetap profesional dalam kerjasama itu,” papar Arie, panggilannya. Menurutnya, jalinan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan itu tetap terjalin hingga sekarang. “Kami memiliki nama PT. M2D untuk layanan penyaluran pekerjaan itu. Mereka yang mau mendaftar bisa datang ke Jalan Kawi Blok IVA/34 Malang atau kirim e-mail ke Gemparindonesia.com,” urainya. Selain mencarikan pekerjaan, Gempar Malang Raya juga memiliki beberapa usaha kecil binaan. Mulai dari usaha bengkel dan usaha peracangan.

PULANG KAMPUNG

JAKARTA - Memasuki empat hari sebelum lebaran 2013, Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, masih terpantau tak terlalu banyak dipadati pemudik. Data yang dilansir di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2013, di Terminal Pulogadung, mencatat untuk Minggu (4/8) dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00, hanya sebanyak 1.325 penumpang yang diberangkatkan. “Penumpang yang tiba di Terminal Pulogadung sebanyak 945,” kata Kepala Posko Pengamanan (KA Pospam) Polsek Jakarta Timur, Inspektur Polisi Satu A E Sinaga, kepada wartawan, di Terminal Pulogadung, Minggu (4/8). Dari jumlah itu, tercatat bus yang berangkat sebanyak 53 unit. Sedangkan bus yang tiba sejumlah 63 unit. Bila dibandingkan dengan Sabtu (3/8), tercatat total sebanyak 3.322 penumpang yang berangkat. Sedangkan penumpang yang tiba sejumlah 2018. Bus yang berangkat sebanyak 171 dan yang tiba 187 unit. Dari data yang dilansir di Pos PAM Terminal Pulogadung, diketahui terjadi penurunan jumlah pemudik jika dibanding tahun sebelumnya. Pada H-5 tahun 2012, tercatat penumpang sebanyak 5.032. Terjadi penurunan pada H-5 tahun 2013 yang hanya tercatat 3.332. Pada H-6 tahun 2012, tercatat sebanyak 3.714 penumpang yang berangkat. Sedangkan H-6 tahun 2013 sebanyak 1.057 penumpang saja. Pun demikian pada H-7 tahun 2012 sebanyak 4.187 penumpang, sedangkan tahun 2013 hanya 814 penumpang saja. Untuk yang tiba di Terminal Pulogadung, pada H-5 tahun 2012 tercatat sebanyak 1.913, sedangkan 2013 sebanyak 2.018. H-6 tahun 2012 sebanyak 2.225 dan tahun 2013 hanya 934. Pada H-7 tahun 2012 sebanyak 2.328 dan tahun 2013 hanya 841. Pantauan JPNN di Terminal Pulogadung, terlihat kesibukan keberangkatan dan kedatangan berjalan normal. Suasana cukup tertib dan terlihat sejumlah pemudik tengah santai menunggu giliran keberangkatan. (boy/jpnn/nda)

SBY Ikut Pantau Arus Mudik

IST/MALANG POST

BINAAN: Joko Santoso dan salah satu pemilik bengkel binaan Gempar Malang Raya.

“Sistemnya kami beri modal rata-rata Rp 5 juta. Kalau untung, mereka hanya mengembalikan modalnya saja. Manajemennya pun diawasi sebagai internal audit,” paparnya. Masih menurut Arie, dana untuk kegiatan sosial dan sebagainya Gempar Malang Raya, didapat dari internal dan keluarga besar Mahfud MD. “Jadi kami tidak menerima sumbangan dari

siapapun. Semua dari internal,” tegas dia. Di sisi lain, program layanan penyaluran pekerjaan ini, dikatakannya, sejalan dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yang sejak jauh hari mendirikan sebuah wadah pemikiran atau think tank bernama MMD Initiative. “MMD Initiative disiapkan untuk kegiatan saya pribadi yang tanpa te-

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yuhoyono (SBY) meninjau pelaksanaan arus mudik di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Minggu, (4/8). Salah satunya yang dikunjungi adalah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dalam kesempatan ini Presiden menyempatkan diri menemui sejumlah penumpang yang akan mudik ke wilayah Jawa Timur. “Yang bepergian terutama menggunakan motor, utamakan keselamatan. Jangan ngebut. Kalau hujan lebih hati-hati, kalau perlu berhenti dulu,” tutur SBY di hadapan para penumpang kapal. Dalam kunjungan ini Presiden didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, di antaranya Menko Polhukam Djoko Suyanto Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri Perhubungan EE. Mangindaan, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Kapolri Jendral Timur Pradopo. Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, Presiden SBY juga akan memantau Posko NasionalAngkutan Lebaran Tahun 2013 (1434 H) di Gedung Nanggala, Kementerian Perhubungan. “Saya akan mempresentasikan pada Presiden tentang Posko Nasional Angkutan Lebaran beserta alat teknologi yang dapat memantau situasi terkini arus mudik,” kata Mangindaan. (flo/jpnn/nda)

deng aling-aling sudah menyatakan siap dalam kontestasi politik 2014. Jadi kantor ini mengantar saya menyongsong pilpres,” kata Mahfud beberapa waktu lalu. MMD Initiative akan menjadi basis perumusan ide untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Mahfud mengatakan tak ingin menjadi penguasa, tetapi menjadi orang yang memperbaiki dan melayani negeri ini. (mar)

Jumlah Pekerja Tak Terima THR Melonjak 300 Persen JAKARTA - Sekretaris Jenderal Federasi Buruh Lintas Pabrik Dian Septi mengatakan, masih ada perusahaan yang tidak membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para buruh atau pekerja. Ia membeberkan empat cara pengusaha menghindari pembayaran THR kepada buruh. “Ada empat metode pengusaha menghindari THR. Pertama pemutusan kontrak atau buruh satu bulan sebelum lebaran, kedua pembayaran THR setengah terhadap buruh kontrak. Ketiga pembayaran THR dicicil setelah lebaran. Keempat tidak bayar THR sama sekali,” ujar Dian dalam konferensi pers di kantor LBH Jakarta, Jakarta, Minggu (4/8). Di tempat yang sama Kepala Bidang Penanganan dan Pengaduan Kasus LBH Jakarta Muhammad Isnur mengatakan, LBH menerima sekitar 22 pengaduan perusahaan yang tidak membayar THR kepada pekerja atau buruh. Dengan jumlah buruh yang tidak mendapat THR sekitar 1.461 buruh. Menurut Isnur, jumlah itu meningkat jika dibandingkan tahun 2012. Saat itu jumlah buruh yang tidak mendapat THR sebanyak 414 orang. “Sehingga mengalami kenaikan buruh yang tidak dapat THR sekitar 300 persen,” ucapnya. Para buruh yang melaporkan permasalahan THR kata Isnur, tidak hanya berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Namun juga ada yang

TUNTUT THR: Para pekerja yang tak mendapat THR menuntut kepada perusahaan. mengadukan dari Serang, Semarang dan Papua. Salah satu buruh yang mengadu adalah buruh dari PT Usi Apparel di Jakarta Utara. Perwakilan Usi, Arum mengatakan, para buruh meminta hak mereka berupa THR. “THR cuma separuh dikasih,” ucap Arum. Berikut adalah perusahaan yang diadukan karena tidak bayar THR. Di wilayah Jakarta Utara ada PT Usi Apparel di KBN Cakung, PT Asian Collection di KBN Marunda, dan PT Myung Sung di KBN Cakung. Di wilayah Jakarta Selatan ada Koperasi BM, PT Herba Mandiri di Tebet, PT

Nusantara Buana Air, PT Persada di Pasar Minggu dan Yayasan Pendidikan Kaum Ibu Kebayoran di Duren Tiga. Di wilayah Jakarta Pusat yakni PT Sabar Bangun Jaya yang berlokasi di Kebon Sirih. Di wilayah Bogor yakni PT PDGM di Cibadak, Tanah Sareal, Bogor dan Yayasan A-M di Cimanggis-Mekarsari Bogor. Di Tangerang yakni PT Pijar Cikokol. Sementara itu di luar Jabodetabek PT Broco Aci di Serang, Distributor Elektronik di Semarang, CV Dwi Kanya di Semarang, PT Sumah Multi Rezeki di Surabaya, penempatan di Papua dan PT Lifestyle Trading di Bali. (gil/jpnn/nda) REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : DJ AMIEL


3

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

TAUSIAH: KH Badar, memberikan ceramah singkat dihadapan para tamu undangan.

BAGI - BAGI REZEKI: Steven A. Sugiharto, Wakil Direktur PT Indana Paint, bagi bagi rezeki kepada anak yatim Ponpes Al Khoir.

PEDULI PESANTREN: Steven A. Sugiharto, Wakil Direktur PT Indana Paint, menyerahkan bantuan bagi-bagi rezeki kepada KH Badar, Pimpinan Ponpes AL Khoir Temu, Sitirejo Wagir, Kabupaten Malang.

YATIM PIATU: Salah satu anak didik panti asuhan Ponpes AL Khoir ini dengan penuh harap menunggu pembagian rezeki.

KONSENTRASI: Seluruh undangan yang terdiri dari warga sekitar Ponpes Al Khoir, Jajaran Kodim 0818, Muspika Wagir, tampak khusuk mengikuti prosesi acara.

CERIA: Anak ini juga tampak ceria, bakal mendapat bagian rezeki dari Decofresh

PEDULI: Camat Wagir Fernando A. Matondang, Steven A. Sugiharto, Wakil Direktur PT Indana Paint, Koramil Wagir Kapten Inf Sugiyanto, Pas intel Kodim 0818 Kapten Inf Suwarno, saat penyerahan

Steven A. Sugiharto, Wakil Direktur PT Indana Paint, produsen Cat Decofresh di Jalan Raya LA Sucipto, bekerjasama dengan Kodim 0818 Malang, akhir pekan kemarin menggelar buka puasa bersama di Pondok Pesantren Al Khoir, Temu, Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Kegiatan yang merupakan bagian dari tugas CRS (Corporate Social Responsibility) Decofresh peduli lingkungan ini, bentuknya bagi - bagi rezeki kepada lebih dari 40 anak yatim piatu serta memberikan bantuan kepada Pondok Pesantren tersebut. FOTO-FOTO DAN TEKS: TAUFIKURRAHMAN/AD/MALANG POST

FOTO: JOYO/SHUVIA RAHMA / DEWI YUHANA / MALANG POST

Paguyuban Putri Kartini

Berbagi Bahagia di Penghujung Ramadan KEMARIN (4/8), Paguyuban Putri Kartini berkunjung ke Yayasan Al Ihsani Hasyim yang beralamat di jalan Jabal Nur Rt 1 RW 6, Kedungkandang. Di tempat tersebut, para Putri Kartini memberikan bantuan kepada 42 anak panti asuhan Yayasan Al Ihsani Hasyim.

BAHAGIA: Sembari menunggu buka puasa, sebagian anggota Paguyuban Putri Kartini Malang Post berfoto bersama anak-anak Yayasan Al Ihsani Hasyim.

MENANG: Para Putri Kartini berfoto bersama pemenang games balon berlari.

BERBAGI: Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana mewakili Paguyuban Putri Kartini menyerahkan bingkisan kepada pengurus panti asuhan Al Ihsani Hasyim, Mochamad Komari.

RAMAH: Runner Up Putri Kartini 2012, Adinda Cresheilla membagikan menu buka puasa.

MOTIVASI: Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana mengajak penghuni panti asuhan Al Ihsani Hasyim untuk berani mengejar cita-cita.

SEMANGAT: Amelia Mardika, Putri Persahabatan 2013 memberi semangat kepada anak-anak panti saat games memasukkan pensil dalam botol.

CERIA: Keceriaan terpancar dari anak-anak panti asuhan Al Ihsani Hasyim yang mendapatkan hadiah dari Paguyuban Putri Kartini Malang Post.

MALU: Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana menyapa ramah salah satu anak panti.

KOMPAK: Lomba lari berpasangan sembari menjaga balon agar tidak jatuh digelar di halaman musola Al Ihsani Hasyim.

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : ABDEE


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

4

TAHUKAH ANDA?

Menanti Kejutan di Sekuel Tomb Raider JAKARTA- Game Tomb Raider sukses memberikan pengalaman baru bermain game lewat grafis ciamik serta jalan cerita menarik. Hal itu dipertegas lewat kesuksesannya menuai penjualan 3,4 juta unit kopi game tersebut hingga saat ini. Meski sejatinya Square Enix dan Crystal Dynamics menargetkan penjualan sebanyak 6 juta unit, tetap saja total penjualan yang mampu dicapainya itu mampu membuktikan bahwa Tomb Raider memang diminati kalangan gamer. Coba menuai kesuksesan yang sama, kolaborasi dua produsen game tersebut akhirnya mengkonfirmasi pembuatan sekuel lanjutan game Tomb Raider. “Saya senang mengungkapkan bahwa kita (Square Enix – Crystal Dynamics) dalam pengembangan pada sekuel Tomb Raider,” ucap Phil Rogers, CEO Square Enix Amerika dan Eropa di blog resmi Square Enix. Mengenai waktu kehadirannya, sepertinya gamer jangan terlalu berharap. Sebab seperti dikutip dari Ubergizmo, sekuel lanjutan game Tomb Raider konon baru akan meluncur pada 2015 mendatang. (dk/mar)

IRA RAVIKA/MALANG POST

BARU: Samsung Tab 3 mulai menghiasi etalase gerai modern dan tradisional.

Samsung Tab 3 Meluncur MALANG– Samsung tidak butuh waktu lama untuk mengenalkan Samsung Tab 3 kepada masyarakat Malang Raya. Sejak pekan kemarin, produk teranyar pabrikan asal Korea Selatan ini mulai menghiasi etalase gerai modern maupun tradisional. Keberadaannya pun tak pelak mendapat perhatian dari para user, yang seketika membeli produk dengan nomor seri P3200 tersebut. “Sudah empat unit yang terjual sejak barang tersebut datang awal pekan lalu,’’ kata customer service Erafone, Lia Marita kemarin. Secara spesifik, sebetulnya tidak banyak

mengalami perubahan dengan sang kakak. Sebut saja layarnya, Samsung masih membenamkan layar jenis TFT capacitive touchscreen, yang diperkaya dengan 16 juta warna. Layar tablet ini memiliki resolusi 800 x 1280 pixels, 8.0 inches (189 ppi pixel density). Sebelumnya, Samsung juga menanamkan layar yang sama pada Samsung Tab 2. Lia mengatakan, teknologi kapasitif multi-touch digunakan memudahkan users untuk menyapu jari tanpa harus menekan layar seperti layar resisitif. “Bedanya hanya pada luas layar, Samsung Tab 3 memiliki layar lebih besar yaitu 8 inch dibandingkan

kakaknya Samsung Tab 2,” ujarnya sembari mengatakan produk Samsung Galaxy Tab 3 ini dijual dengan harga Rp 4.999.000. kemarin. Selain itu produk ini juga terlihat sangat slim. Sehingga kesan cantik nan elegan pun terelihat jelas pada produk tersebut. Berat tablet ini juga cukup ringan, yaitu hanya 0.3 kg. “Bodinya slim, beratnya juga enteng, pengguna pun leluasa membawa tablet ini kemanapun berada tanpa merasa lelah,” kata dia. Selain itu, Samsung juga menanamkan standar kinerja multitasking ke level yang lebih tinggi dengan memberikan pengalaman multitasking

yang sebenarnya. Contohnya membuka beberapa jendela dalam satu layar. Dengan begitu user dapat mengecek email, membuat catatan, mencari arah jalan ataupun lainnya sambil melakukan panggilan, tanpa perlu pindah aplikasi. Sementara untuk mesinnya, Samsung juga tidak mau main-main. Produk ini ditanam dengan prosesor Dual Core dengan chipset Exynos 4212 berkecepatan 1.5 GHz dipadu memori RAM 1.5 GB, tablet ini memungkinkan multitasking lebih mulus, loading halaman web lebih cepat, transisi UI lebih halus dan power-up yang ultra cepat. GPU nya menggunakan

Mali-400MP yang memberikan tampilan grafis mulus sehingga tidak ada lagi lag ketika bermain games ataupun memutar film Full HD. Sementara itu, tablet ini tablet ini dilengkapi kamera 5 megapixel lengkap dengan fitur auto fokus. LED flash akan membantu kualitas tetap prima di kondisi minim cahaya. Tersedia juga kamera depan beresolusi 1.3 MP memudahkan pengguna untuk melakukan video call ataupun video chatting dengan kualitas optimal. “Produk ini berjalan dengan platform android 4.2.2 Jelly Bean yang sudah tentu memiliki ratusan ribu aplikasi,’’ tandas Lia. (vik/mar)

Google Map, Petunjuk Jalan Mudik MALANG– Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Menjadi sebuah tradisi saat hari raya mereka yang tinggal di luar kota melakukan pulang ke kampung asalnya masing-masing. Di zaman yang sudah modern dan didukung dengan teknologi yang mumpuni pulang kampung atau biasa disebut mudik ini bukan hal yang membosankan. Bahkan, bisa jadi mudik tersebut akan menjadi hal yang menyenangkan seiring dengan banyak kemudahan saat mudik serta banyak aplikasi yang dapat dimainkan saat perjalanan mudik. Salah satu aplikasi yang kerap digunakan saat mudik adalah penunjuk arah. Tadinya, pengendara hanya berpedoman pada penunjuk arah yang terpasang di tepi jalan. Tapi sekarang tidak lagi, pengendara cukup melihat gadget canggih miliknya, sebagai pedoman penunjuk arah. Seperti Google Map. Peta dengan acuan satelit ini seketika muncul dan menuntun pengendara menyusuri jalanan padat tanpa harus kesasar. Terlebih, selain nama jalan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play dan App Store untuk

mengguna produk Apple ini juga mengeluarkan suara petunjuk jalan. “Contohnya kita berkendara, kemudian di jarak 100 meter di depan ada simpang empat, seketika akan muncul suara dari gadget, yang menunjukkan nama jalannya juga,” kata Mohammad Nyaris, karyawan Global AAR. Dia menjelaskan, petunjuk arah ini juga tidak terlihat membosankan, karena bisa ditampilkan secara 3D. Dan yang paling membuat pengendara tidak merasa bosan adanya pada peta tersebut juga akan terlihat jelas tempat atau fasilitas-fasilitas umum yang ada di depan. Seperti contohnya SPBU, ATM, sekolah, kantor, restoran, maupun rumah makan dan tempat wisata. “Aplikasi ini sangat membantu kita dalam perjalanan,’’ kata Nyaris yang mengatakan aplikasi ini bekerja secara online, artinya pengguna harus melakukan layanan internet untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Sementara google memiliki google map yang dapat digunakan pada produk smartphone maupun tablet, Microsoft juga tidak ketinggalan. Melalui program windows 8 yang disematkan

IRA RAVIKA/MALANG POST

HERE DRIVE: Suryanintyas menunjukkan Here Drive di Nokia Lumia 720 sebagai penuntun jalan saat mudik.

pada produk Nokia Lumia 720, 820 dan 920, pengguna tidak perlu kawatir kesasar. Itu karena tiga produk Lumia ini ditanami dengan aplikasi HERE Drive. HERE Drive sendiri merupakan aplikasi bawaan Windows 8 untuk menujukkan arah. Sebuah peta pun akan terlihat jelas pada layar ponsel, dan perjalanan pun dapat dilakukan. “Inilah kelebihan Nokia Lumia. Peta tidak hanya di lihat melalui online saja, tapi jjuga off line, setelah pengguna yakin menghidupkan GPS yang tertanam pada Gadget,’’ kata promotor Nokia Mey Suryanityas. Sementara itu selain peta sebagai penunjuk arah, berbagai aplikasi seluler pun dapat dimanfaatkan pemudik agar perjalanannya menyenangkan. Seperti PT XL Axiata (XL) yang memiliki berbagai program layanan, untuk mengatasi kebosanan para pelanggan, dengan menciptakan program layanan XL Karaoke, XL Nonton dan yang lainnya. Pelanggan jjuga bisa melakukan chating menggunakan media social saat berjalanan, atau bermain game. Dengan adanya layanan program tersebut, perjalanan pun tidak akan membosankan. (vik/mar)

PROSESOR BESAR

Tak Jamin Smartphone Kencang JAKARTA- Semakin banyak core yang terdapat di prosesor, maka semakin kencang pula ponsel Android yang dimilikinya. Benarkah kenyataanya yang konsumen lihat demikian? Seperti diketahu, banyak smartphone berlomba-lomba menghadirkan prosesor dengan core yang banyak, Samsung misalnya. Salah satu selling point dari Samsung saat meluncurkan Galaxy S4 adalah kehadiran prosesor 8 core, yang sejatinya merupakan pembagian dari dua prosesor quad core. Memang Samsung mengklaim akan membuat prosesor Exynos Octa 5 yang benar-benar menggunakan delapan ‘otak’. Malahan, Mediatek pun mengklaim akan membuat produk yang serupa. “Dalam system on chip (SoC), jumlah core biasanya mewakili beberapa tujuan prosesor (CPU) yang terintegrasi, semua jenis inti yang dikelompokkan harus dari jenis yang sama,” ucap Qualcomm VP Anand Chandrasekher, seperti dikutip dari Ubergizmo. Maksudnya begini, sebuah Tegra chip 4 diberi label sebagai “quad-core”, meskipun sebenarnya memiliki 5 prosesor, satu prosesor bekerja saat sedang dalam mode melemah. “Kesalahannya adalah jika kita membutuhkan sumber daya komputasi yang lebih, maka tidak logis untuk hanya menambahkan lebih banyak core,” tambah Andand. Menurutnya pengalaman memberikan yang terbaik kepada konsumen adalah menjadi tujuan sejatinya. Karena pegalaman multimedia dengan baterai yang besar adalah satu paket untuk ponsel cerdas. “Membesar-besarkan core dalam prosesor itu sama saja insinyur tersebut tidak bisa memberikan sesuatu yang benar kepada konsumen. Bagi kami itu seperti melakukan hal bodoh, untungnya insinyur Qualcomm tidak ada yang bodoh,” tandasnya. (dk/mar)

APLIKASI

Ponsel Hilang, Gunakan Android Device Manager JAKARTA- Kehilangan smartphone memang merupakan pengalaman yang tidak mengenakkan. Tapi tenang, karena saat ini perangkat Anda bisa dicari melalui aplikasi Android Device Manager. Layanan mirip dengan ‘Find my iPhone’ di iOS tersebut memang resmi dirilis oleh Google dan akan tersedia dalam waktu dekat. Fungsinya sama, mencari atau melacak perangkat Android yang hilang. Berbasis GPS, selain melacak, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengamankan data yang ada di dalamnya dengan cara menghapusnya dari jarak jauh. Dikutip dari The Next Web, aplikasi ini juga berguna untuk pengguna yang sering lupa menaruh ponselnya. Karena cukup ditekan saja ‘Ring’, maka ponsel akan berbunyi. “Layanan ini akan hadir pada akhir bulan dan akan berjalan pada sistem operasi Android 2.2 ke atas,” tulis Product Manager Android Benjamin Poeiesz, dalam blog resminya. (dk/mar)

Traffic Voice dan SMS Operator XL Meningkat

IRA RAVIKA/MALANG POST

NET REALY: Pihak PT XL Axiata saat melakukan Net Realy 2013 lalu untuk melakukan kesiapan jaringan.

MALANG– Meningkatnya traffic tidak hanya terjadi pada arus lalulintas saja. Saat menjelang Idul Fitri, traffic penggunaan telepon cellular pun meningkat. Itu hal yang wajar, menginat kebutuhan pelanggan telepon juga meningkat saat hari raya. Salah satu operator yaitu PT XL Axiata mengklaim adanya kenaikan 5-10 persen untuk penggunaan, baik itu data, voice maupun SMS. Corporate Communication XL East Region, Putro Pamungkas mengatakan tahun 2012 untuk hari normal, kondisi traffic XL mencapai 600 juta menit

perhari. H-1 terjadi penurunan traffic untuk voice yaitu hanya 560 juta menit perhari. “Pas hari H kondisi traffic naik 25 juta, yaitu 625 juta perhari,’’ katanya. Sedangkan untuk SMS ada kenaikan antara tahun 2012 dengan tahun 2013 saat kondisi norma. Tahun 2012 tercatat ada 660 juta SMS perhari. Sementara H-1 traffic SMS menurun menjadi 575 juta per hari, dan hari H idul fitri traffic SMS mencapai 565 perhari. “Tapi tahun 2013 ini, sesuai rekaman data ada 750 juta SMS per hari,’’ kata Putro yang

mengatakan untuk SMS akan mengalami kenaikan hingga 1015 persen. Sementara layanan data pun Putro mengatakan juga akan terjadi kenaikan. Bahkan tidak main-main, kenaikan untuk layanan data ini mencapai 20-30 persen, dari hari-hari biasanya. Menurut dia, pada tahun 2012 lalu, layanan data internet tercatat 52 terabytes per hari. Dan pada H-1 terjadi peningkatan 14 terabytes perhari, yaitu 66 terabytes. “Ada peningkatan yang luar biasa, untuk layanan data. Kondisi normal pengguna layanan data mencapai 185 terabytes perhari, dan nanti

saat lebaran aka nada kenaikan hingga 20-30 persen,’’ ucap Putro. Sedangkan untuk MMS traffic MMS mencapai 1 juta MMS perhari pada tahun 2012, dan pada H-1 ada kenaikan 4 juta MMS, sedangkan hari H ada kenaikan 6 juta MMS perhari. Sedangkan pada hari normal tercatat MMS mencapai 1.1 juta per hari. “Estimasi kenaikan paling meningkat adalah pengguna MMS. Lebaran tahun ini kami mengestimasi adanya kenaikan hingga 200 persen untuk layanan MMS,’’ tambahnya. Selain itu dikatakannya, saat ini pihaknya

terus meminimalisir adanya keluhan pelanggan tentang blank spot. Upaya meminimalisir tersebut dilakukan dengan menempatkan beberapa fasilitas Mobile BTS di beberapa lokasi yang terjadi potensi traffic tinggi. Jika ada wilayah yang masih blank spot, pihaknya pun menyarankan pelanggan untuk menelpon ke Center XL. Layanan ini berlaku 24 jam, karena ada petugas khusus yang piket untuk keluhan pelanggan. “Menggunakan XL semuanya akan mudah, dan komunikasi terus berjalan,’’ tandasnya. (vik/mar) REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

5

JEJARING LOGAM MULIA GOLD AND JEWELRY

Kejar Penjualan Rp 250 Juta per Hari MALANG – Jelang lebaran, Toko Perhiasan Logam Mulia Gold and Jewelry pun memasang target tinggi. Caranya, dengan menggenjot penjualan melalui sale yang ada di kisaran H-7 hingga H-2 lebaran tahun ini. Sale berada di area depan Atrium Mall Olympic Garden Malang selama enam hari mulai 1 Agustus hingg 6 Agustus mendatang. selama periode tersebut, Logam Mulia Gold and Jewelry menawarkan beberapa produk dengan harga yang lebih murah. “Mumpung tingkat kunjungan ke mall tinggi, kami coba memanfaatkan itu, dengan menjual beberapa produk kami yang sudah agak lama. Bisa dibilang cuci brankas,” beber Bastian Toemali, Owner Logam Mulia Gold and Jewelry Malang. Menurut Bastian, selama enam hari mengadakan pameran sekaligus sale, targetnya mencapai

penjualan Rp 1,5 miliar. Dengan target penjualan harian sebesar Rp 250 juta. “Targetnya ya lumayan tinggi, paling tidak separuh produk yang kami siapkan terjual,” imbuhnya. Perhiasan mulai dari gelang, kalung, anting, liontin hingga cincin pernikahan tersedia, dengan penawaran sale yang menarik pula antara 10 hingga 50 persen. Kisaran harga pun relatif lebih terjangkau. Bastian kemudian menjelaskan, selama dua hari pertama, paling tidak antusiasme terlihat, ditunjang dengan mall yang menjadi tujuan favorit jelang lebaran. “Selama dua hari pertama, sekitar 25 persen lebih target yang tercapai,” tegas Bastian. Dia pun berharap semakin maksimal di hari selanjutnya, melalui penawaran special yang ada. “Cocok juga untuk bergaya, ketika berkunjung ke sanak saudara,” pungkasnya. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

CANTIK: Salah satu perhiasan koleksi Logam Mulia Gold and Jewelry yang ditawarkan dengan harga khusus.

Harga RST Segera Ikuti BBM MALANG – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) turut berpengaruh pula pada sektor properti. Diantaranya pengembang Rumah Sejahtera Tapak (RST) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)yang berada di wilayah Malang. Tri Wediyanto, Wakil Ketua Bidang Pertanahan DPD REI Jatim mengungkapkan, efek tersebut membuat dilematis pengembang, antara menaikkan harga hunian, atau masih sesuai ketentuan awal mengenai tarif bagi RST. “Tentunya dengan adanya kenaikan di berbagai hal, bia ya untuk pembangunan ru mah bersubsidi harus ada perubahan masalah biaya yang ditetapkan,” ungkapnya. Bila saat ini patokan harga sesuai dengan ketetapan pemerintah yakni Rp 88 juta, membuat banyak pengembang enggan untuk menerima proyek tersebut. Menurut dia, saat ini saja hanya beberapa pengembang yang bersedia. “Bisa dihitung dengan jari, yang satunya proyek perumahan di Bulan Terang Utama dan perumahan di Kabupaten Malang. Terhitung dari organisasi REI hanya saya dan pak Umang.

STENLY REHARDSON/MALANG POST

TALI ASIH: Tri Wediyanto bersama dengan para undangan yang mendapatkan tali asih dalam acara buka bersama yang digelar Sabtu (3/8) lalu. Itupun dengan posisi yang serba sulit, biaya menanjak tetapi harga tetap,” imbuh Tri. Tri menjelaskan, rencananya, dalam waktu dekat sudah ada revisi mengenai harga RST tersebut. Minimal, kenaikan sebesar 10 hingga 15 persen harus segera terjadi dari harga yang ditetapkan saat ini.

“Sudah ada pengajuan revisi harga. Pembangunan juga harus realistis, bila semua harga kebutuhan pembangunan naik, harganya tetap, ya tidak ada yang mengerjakan. Angka kenaikan maksimal 15 persen membuat rumah subsidi berada pada kisaran Rp 95 juta hingga Rp 100 juta,” jelasnya kemudian.

Untuk saat ini, secara global di Malang mendapatkan jatah 20 ribu rumah, diantaranya yang menjadi proyek BTU dan setengah diantaranya sudah dalam progress. Sedangkan di Kabupaten Malang, ada sekitar 4000 rumah subsidi untuk PNS. Bila ditotal hampir 25 ribu rumah yang diharapkan

terealisasi hingga akhir tahun. “Tapi faktanya belum sampai 50 persen, dan pesimis akan terwujud,” tegasnya. Dia juga berharap pemerintah secepatnya berinisiatif mengenai kendala yang dihadapi. Bagaimanapun juga, pengembang membutuhkan income ketika mengerjakan sebuah proyek. Sebuah solusi bukan hanya prasarana umum saja, namun juga alternatif apabila terjadi deadlock dengan developer untuk pembangunan RST. “Rata-rata karena permasalahan subsidi dan stimulasi kepada pengembang dari pemerintah yang kurang, sehingga sedikit yang ambil bagian,” ucap dia saat ditemui Malang Post di acara buka bersama yang digelar di rumahnya pada Sabtu (3/8/13) lalu. Sementara itu, sesuai dengan tradisi tahunan, Sabtu (3/8) lalu, Tri menggelar acara buka bersama di rumahnya yang berlokasi di Jalan Sawo No. 12 Perum Permata Jingga. Bersama 300 undangan yang hadir, Tri Wediyanto berbagi kebahagiaan untuk mempererat kebersamaan, selain itu juga membagikan tali asih kepada beberapa pihak seperti panti asuhan, anak yatim, pasukan kuning hingga satpam. (ley/fia)

BRI Salurkan Rp 65 Triliun ke BUMN

ISTIMEWA

LAYANAN: Customer service BRI sedang melayani para nasabah.

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menyalurkan kredit ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar Rp 65 triliun selama semester I-2013. Total kredit yang telah dikucurkan perseroan ke BUMN hingga saat ini mencapai Rp 391,77 triliun. “Kredit korporasi Rp 105 triliun. Dari itu BUMN Rp 65 triliun, sisanya non-BUMN,” kata Direktur Bisnis Kelembagaan dan BUMN BRI, Asmawi Syam. Menurutnya, outstanding kredit BUMN tidak akan berubah banyak dari posisi saat ini yang memang sesuai tren adalah saat puncak bagi pinjaman kepada BUMN. Asmawi memerkirakan kredit BUMN di posisi Rp 65 triliun hingga Rp 67 triliun

pada akhir tahun ini. “BUMN punya siklus yang beda dengan bisnis lain, di BUMN ada dana diberikan untuk PSO (public service obligation), seperti PLN. Itu akhir tahun (dananya) turun dia lunasi (pinjaman perbankan). Jadi trennya (kredit BUMN) ada yang turun. Kan BUMN juga ingin memercantik neraca dia,” jelasnya. Secara keseluruhan, perseroan telah menyalurkan kredit ke sekitar 50 BUMN, dan tidak ketinggalan kepada sekitar 80 anak-anak usaha dari BUMN. Terkait dengan suku bunga kredit BUMN, lanjut Asmawi, BRI masih akan memantau perkembangan kondisi perekonomian domestik. (dtc/fia)

Belajar dari Komplain MALANG – Bellina Hesti, perempuan cantik asal Batu ini menjadi penanggung jawab operasional resto My Kopi O yang baru sekitar satu bulan lebih beroperasi, karena sang owner lebih sering melanglang buana untuk mengurusi bisnisnya. Namun Hesti memastikan, bahwa pekerjaan tersebut maksimal dia kerjakan dan penuh tanggung jawab. Menjadi seorang Supervisor My Kopi O membuat Hesti banyak belajar kepemimpinan. Apalagi, mengurusi resto dengan model pengawasan jarak jauh dari pemiliknya. “Harus benar-benar teliti mengatur segalanya ketika berada di sini tanpa pengawasan bos,” ungkapnya. Perempuan berusia 27 tahun ini mengakui, kesempatan menjadi SuBellina Hesti pervisor dia dapatkan setelah hampir tiga tahun bekerja dengan owner My Kopi O, namun di bisnis kuliner atau restoran lain. Setelah itu, karena rencana membuka gerai di Malang, Hesti pun diberi kepercayaan. “Kadang kurang yakin juga, apalagi saya sebenarnya tidak terlalu cakap, harus mengkordinasi karyawan lain, jumlahnya banyak pula,” imbuhnya merendah. Apalagi bila ada teman atau sahabat yang mengetahui pekerjaannya saat ini. Rasa kurang percaya diri muncul, dan lebih sering tidak mengakui posisinya sebagai supervisor. Tetapi, begitu dia memanage gerai yang berada di antara MX Mall dan Matos, dia bekerja total dan penuh tanggung jawab. “Mulai dari menghadapi omelan bos jika ada kesalahan, atau complain customer sudah menjadi resiko. Hanya saja disitu menjadi tempat belajar untuk lebih baik lagi,” jelas lulusan Fakultas Teknik Pertanian UB ini. Dia pun mengakui menyukai pekerjaannya, dan terus belajar. Berhubungan baik dengan customer, dan juga sesama karyawan, membuat perempuan murah senyum ini merasa nyaman ketika bekerja, khususnya selama menjadi supervisor, yang menurutnya masih dalam tahap belajar. (ley/fia)

Belanja Pintar dengan Kartu Kredit MUSIM mudik menyambut Lebaran tahun 2013 sudah tiba. Banyak masyarakat yang justru menggunakan kartu kredit untuk belanja persiapan ‘pulang kampung’. Banyak juga yang berbelanja di kampung dengan kartu kredit di kota-kota besar. Citigroup Foundation melalui Uang Anda, memberikan beberapa tips belanja dengan kartu kredit saat mudik dan lebaran. Berikut tips dalam pemanfaatan kartu kredit dalam memenuhi kebutuhan Anda:  Bila berencana berbelanja barang kebutuhan di pasar perbelanjaan, usahakanlah untuk menggali informasi dari berbagai tempat. Jika berbelanja dalam jumlah yang banyak, carilah pusat perbelanjaan yang menawarkan harga yang paling murah sehinga menghemat pengeluaran.  Buatlah daftar belanja yang akan dibayar tunai dari alokasi pendapatan yang dimiliki dengan daftar belanja yang akan menggunakan kartu kredit. Bawalah daftar belanja ini pada saat berencana pergi ke pusat perbelanjaan.  Usahakan membawa kalkulator. Hitung harga setiap barang yang sudah masuk ke dalam keranjang belanjaan. Ingat, pada jumlah uang tunai yang ada di dompet anda dan batasan maksimal 40 persen dari penghasilan bila menggesek kartu kredit.  Bila berbelanja dengan menggesek kartu kredit, carilah lokasi pusat perbelanjaan yang membebankan fixed cost terhadap produk yang dijual. Hal ini karena tidak semua produk dikenakan charge 3 persen. Bila perlu tanyakan dahulu apakah mereka mengenakan beban surcharge 3 persen. Bila ya, jangan lupa meminta merchant untuk menuliskan surcharge 3 persen dalam struk belanja.  Dengan bon yang tertulis charge 3 persen tersebut, jangan ragu mengklaim pengembalian biaya tersebut kepada bank penerbit kartu kredit. Hal ini karena beban surcharge sudah dihapuskan oleh Bank Indonesia. (dtc/fia)

Rp 4,5 Triliun Mengalir Ke Desa Saat Mudik JAKARTA - Mudik adalah momen penting di Indonesia yang menyedot perhatian tiap tahun. Tak hanya peristiwa sosial budaya dan religus, mudik juga peristiwa ekonomi yang cukup penting dan punya banyak imbas ke berbagai sektor. Sebanyak 30 juta pemudik pada satu musim diperkirakan menggerakkan ekonomi hingga Rp 90 triliun. Institut Inovasi Sosial Indonesia (INSOS) dalam kajiannya menyebutkan pemudik Indonesia telah lakukan investasi di desa saat mudik sebesar Rp 4,5 triliun. Direktur INSOS Moh. Arifin Purwakananta menyatakan, baru 25 persen pemudik yang memanfatkat mudik untuk menginvestasikan sebagian dana yang dibawa ke desa. Padahal, kata Arifin, investasi mudiklah yang akan membawa perubahan signifikan pada pemberdayaan desa. Arifin menambahkan, ada potensi dana investasi pemudik di desa ini meningkat hingga dua kali lipat, salah satunya dengan

cara mengubah kebiasaan bagi-bagi uang di kampung dengan berinvestasi langsung. Kajian INSOS menyebutkan perilaku sedekah apalagi dengan membawa uang lembar baru ke kampung halaman dan membagi-bagikan saat bersaturahmi secara total berjumlah Rp 18 triliun. Jika setengahnya atau 50 persen saja untuk investasi langsung, maka sudah terdapat dan sekitar Rp 9 triliun yang ditanam untuk kepentingan desa. “Tentu saja kampanye Mudik Sambil Investasi di Desa (MINDA) ini harus dilakukan oleh banyak pihak termasuk pemerintah, pemerintah daerah dan menyapkan desa dengan berbagai kesiapan pemberdayaan,” katanya. Investasi di desa diharapkan dapat menggerakkan sektor riil ekonomi desa seperti pe ternakan, pertanian, usaha kecil, home industi, perdagangan baik melalui koperasi maupun oleh pelaku ekonomi desa secara perorangan. (dtc/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

Kritisi Kebijakan Pemerintah Melalui Sajak Puisi MALANG – Launching antologi tunggal sekaligus bedah karya puisi dosen Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Djoko Saryono, M.Pd. (Arung Diri) dan dosen Universitas Brawijaya, Nanang Suryadi, SE, MM., (Penyair Midas) yang dikemas dalam acara ‘Tilawah Puisi’ Jumat (2/8) malam berlangsung meriah. Digawangi oleh komunitas Pelangi Sastra Malang (PSM), sajak-sajak kedua dosen tersebut berhasil menghangatkan malam di salah satu house Padi City Resort yang terbuka. “Meski berlokasi di Malang, acara ini dihadiri tak hanya oleh penyair lokal, tapi beberapa sahabat kita yang datang dari Jogja, Lamongan, Sidoarjo dan daerah lain,” terang Denny Mizhar, Ketua PSM. Tak perlu heran, sebab nama-nama sastrawan senior seperti Yusri Fajar, Sudibyo, dan Tengsoe Tjahyono yang didapuk sebagai penyaji, membuat Tilawah Puisi layak mendapat apresiasi penikmat sastra dari berbagai daerah. “Dengan Mas Yusri, Pak Tengsoe, Pak Sudibyo dan Ki Riyanto sebagai moderator, sangat rugi jika saya tidak hadir,” ujar Husen Arifin, peserta Tilawah Puisi dari Probolinggo.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

PECINTA SASTRA: Bedah karya Dr. Djoko Saryono, M.Pd., dosen Universitas Negeri Malang dan Nanang Suryadi, SE., MM., dosen Universitas Brawijaya, yang dikemas dalam acara Tilawah Puisi. Husen mengaku perjalanan jauhnya terbayar bahkan sejak moderator acara tersebut mengawali ‘tilawah’ dengan kidung-kidung yang menggetarkan jiwa penyairnya. Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB ini dibuka dengan beberapa lagu balada dan pembacaan puisi oleh beberapa

anggota PSM termasuk Nanang sendiri. Alih-alih tampak sebagai seorang akademisi yang sehari-hari berkutat dengan diktat-diktat ekonomi, Nanang yang saat itu mengenakan hoodie abuabu terlihat bak seorang penyair tulen. “Hanya cover buku Pak Nanang yang mencerminkan profesinya,”

canda Kholid, salah satu anggota PSM, merujuk pada sampul antologi puisi Nanang yang bergambar gedung pencakar langit berwarna emas. Kedua dosen tersebut memang terbilang produktif dalam menulis. Beberapa karya antologi puisi seperti Biar, Yang Merindu Yang Mencinta, serta Kenangan yang memburu, adalah sebagian dari deretan karya Nanang yang disambut baik penikmat sastra. Begitu pula dengan Djoko, yang karyakaryanya selalu bertengger di mediamedia nasional, membuatnya tak asing di dunia sastra. Selanjutnya, puluhan penikmat sastra tersebut larut dalam perbincangan gayeng mengenai perpuisian di tanah air dengan karya Djoko Saryono dan Nanang Suryadi sebagai benang merahnya. “Jika ketimpangan sudah tidak bisa ditegur dengan tulisan dan kalimat-kalimat politis, sudah saatnya sastra menggertak.” Kalimat Nanang yang diplomatis tersebut disambut tepuk tangan dari puluhan peserta. Saat itu, forum tengah mendiskusikan beberapa puisi Nanang yang mengkritisi kebijakan pemerintah. (ily/nda)

6

KODE TEKA-TEKI EDISI SENIN : 9758-6582 “Lanjutkan deret angka berikut ini : 9, 12, 18, 27, 39, 54, 72, ….?”

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

JAWABAN TEKA TEKI Edisi Senin (2636-2478) = 17 jam Edisi Selasa (8940-7253) = 10 orang Edisi Rabu (5743-8125) = 356 Edisi Kamis (3275-4816) = 900 km/jam Edisi Jumat (4982-3657) = 52, 69 Edisi Sabtu (5472-1670) = 2160 Edisi Minggu (0364-9782) = 127

PEMENANG TEKA-TEKI* 1. Nurul, No. Telp. : 03417717220 2. Kriselly, No. Telp. : 083834832863 *Souvenir bisa diambil di kantor Malang Post setiap jam kerja, dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku.

PENGAJIAN GURU SE-PCM KEPANJEN

Syamsudin: Tarjih Bukan Keputusan Satu atau Dua Orang Saja KEPANJEN – Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Kepanjen mengisi agenda Ra madan bagi guru-guru yang mengajar di lingkungan Pendidikan Muhammadiyah dengan menggelar pengajian sehari penuh yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Acara yang digelar di Aula SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen itu kemarin ini diisi dengan tausiyah dari tiga pembicara, yakni Dr Syamsudin M.Ag, Ketua Tarjih PWM Jawa Timur, Rifai Bazar merupakan Mubalig DKM Kepanjen, Drs Khusnul Hadi mubalig dari PCM Kepanjen. “Alhamdulillah, peserta sangat antusias. Seluruh guru dan keluarga di lingkungan PCM Kepanjen, semua hadir. Semoga, tahun yang akan datang akan lebih meningkat,’’ papar Arif Suryadi S.Ag, MSi, panitia yang juga Kepala SMK 5 Muhyammadiyah Kepanjen, kemarin. Dalam pengajian tersebut, Dr Samsudin menjadi pusat perhatian para peserta. Selain karena isi tausiyah yang bermanfaat, ia juga membawakannya dengan penuh humor. Semua peserta tampak terpingkal karena materi akidah yang disampaikan penuh dengan kalimat-kalimat yang memancing tawa. Guyonannya sangat kocak, tetapi tidak mengurangi bobot materi yang

LAILI SALIMAH/MALANG POST

MANCANEGARA: Lima pengajar Bahasa Inggris dari AIESEC berfoto bersama guru-guru SMP BSS.

SMP BSS Kedatangan Sparring Partner AIESEC

TAUFIK/MALANG POST

PENUH MANFAAT: Kegiatan pengajian guru-guru yang mengajar di lingkungan pendidikan Muhammadiyah berlangsung gayeng. membahas masalah yang kias untuk yang disesuaikan (dikaitkan) dengan dasar hukumnya (dalilnya) berdasarkan Alquran dan Hadits. Dari hasil tarjih tadi, merupakan hukum dari hasil keputusan bersama yang lahir dari munas tarjih. “Jadi, bukan keputusan satu dua

disampaikan. Bahkan, saat menjelang dzuhur yang biasanya terserang ngantuk, para guru malah tampak semangat dan tampak sumringah. Dalam kesempatan itu, Sam sudin menyampaikan tentang Tarjih yang dilakukan Muhammadiyah. Tarjih adalah

orang. Tetapi keputusan banyak orang atau sekelompok ulama yang terdiri dari para ahlinya tadi,” ujarnya. Terkait dengan itu, Samsudin menyampaikan empat hal yang harus diperhatikan dalam tarjih yang merupakan semangat pembaharuan dan menjadi karakteristik Mu-

hammadiyah. Kemudian, hasilnya dipatenkan dalam dokumen resmi. Semangat tersebut, meliputi empat hal. Tarjih, toleransi, terbuka dan tidak beralifiansi pada mazhab tertentu. ‘’Keputusan itulah yang kemudian harus dipatuhi. Sebab bersumbar pada Alquran dan Assunah,’’ tegasnya. (ds/sir/nda)

BINTANG SEKOLAH

Juara Berkat Latihan Tampil di Upacara

AMIR HAMZAH/MALANG POST

BANGGA: Nanda Salsabila (tengah) bersama kepala sekolah dan guru Agama Islam

MALANG – SDN Sumbersari 3 berbangga hati dengan siswinya kelas VI, Nanda Salsabila Miranda Azhalila. Pasalnya di bulan Ramadan ini ia berhasil meraih juara dua Lomba Pildacil di tingkat Kecamatan Lowokwaru. Nanda mengatakan senang dengan raihan prestasi tersebut sebab baru pertama kali dia berhasil mendapatkan juara dalam bidang itu . “Saya bangga bisa dapat juara sebab saya harus bersaing dengan kurang lebih 50 peserta siswa dari Kecamatan Lowokwaru,”kata

Nanda kepada Malang Post. Dalam lomba pildacil tersebut Nanda menyampaikan ceramah agama yang berkaitan tentang puasa yang isinya meliputi arti puasa, macam-macam puasa dan hikmah puasa. Ketika menyampaikan ceramah Nanda menceritakan bahwa dia tidak grogi, dan selalu percaya diri. Perasaan percaya diri tersebut tidak muncul begitu saja. Ia menjelasakan hal tersebut bisa muncul berkat dukungan semua pihak dan latihan pembinaan yang dilakukan di sekolah. Kepala SD Sumbersari 3 Susanto

mengatakan, ia dan para guru telah melakukan pembinaan secara intensif kepada Nanda. “Sebelum lomba Nanda dilatih praktek menyampaikan ceramah di hadapan para siswa di seluruh kelas,” kata Susanto. Setelah itu Nanda di uji untuk tampil di hadapan seluruh siswa pada waktu kegiatan upacara bendera hari Senin. Susanto menyatakan bahwa pihak sekolah akan selalu mendukung siswa yang akan ikut serta dalam lomba yakni dengan melakukan pembinaan kepada siswa yang bersangkutan. (ham/nda)

MALANG – Kerjasama AIESEC dan SMP BSS untuk periode Juli-Agustus telah dimulai. Dua bulan ini, lima mahasiswa mancanegara UB akan menjadi sparring partner guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut. Terhitung sejak 27 Juli lalu dan akan berakhir Agustus mendatang, Leanne dari Belanda, Wendy dan Rebecca dari Taiwan, serta Chloe Wang dan Tombe dari Cina “Sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu student active speaking, kali ini ada lima native speakers yang akan mengajak siswa SMP BSS untuk aktif berkomunikasi dengan Bahasa Inggris,” beber Dra. Mari Winarsih, guru Bahasa Inggris SMP BSS, saat ditemui di kantornya Sabtu (3/8) kemarin. Seperti periode-periode sebelumnya, siswa menyambut guru asing tersebut dengan antusias. Tak jarang, mereka menanyakan sesuatu yang menggelitik mahasiswa AISEC itu. Seperti pertanyaan seorang siswa kelas 7 yang menanyakan pabrik mainan di Cina kepada Chloe Wang. “Mereka bertanya begitu sebab setiap mainan yang mereka punya adalah made in China,” ujar Mari lantas tertawa. Untuk menarik perhatian siswa SMP BSS, sejumlah perlengkapan mengajar sudah disiapkan kelima pengajar internasional tersebut. Topik-topik yang diangkat adalah seputar pelajaran IPS, tentang tradisi, tempat-tempat terkenal, dan makanan khas. “Biasanya memang mereka membawa bendera, gambar-gambar, dan alat musik khas negara masingmasing agar lebih menarik,” lanjut Mari. Selain itu, kelima guru muda tersebut juga mengajari siswa beberapa kosa kata bahasa mereka. Dengan cepat, siswa dapat menghafal percakapan sehari-hari seperti sapaan umum dan angka dalam Bahasa Cina dan Belanda. “Yang namanya anak-anak, pikiran mereka masih bersih, jadi diajari apa saja ingat. Bulan lalu malah diajari Bahasa Filipina dan Rusia yang mendengarnya saja kita tidak pernah, tapi anak-anak langsung bisa,” jelasnya. Pada tahun ajaran 2013 ini, SMP BSS menyempurnakan beberapa program sekolah. Untuk itu, para pengajar dari AIESEC akan menyesuaikan dengan program baru tersebut. Program tersebut di antaranya adalah penambahan guru di setiap kelas. “Setiap kelas dibimbing oleh dua orang guru. Mata pelajaran Bahasa Inggris yang dibimbing oleh AIESEC akan disesuaikan meski tanpa menambah guru. Sebab mereka hanya mengajar kelas 7,” ujar Mari. (ily/nda)

SDIT AHMAD YANI SALURKAN ZAKAT

Paket Zakat Lampaui Target, Dimeriahkan dengan Dongeng SABTU (3/8) sore, riuh rendah terdengar di SD IslamTerpadu (SDIT) Ahmad Yani. Siswa, orangtua, dan 200 masyarakat dhuafa memenuhi halaman sekolah tersebut. Ratusan orang yang berkumpul di hadapan panggung tersebut tengah menunggu kegiatan pembagian zakat dimulai. “Dhuafa yang kami undang mayoritas adalah penduduk sekitar sekolah. Ada juga sebagian dari Blimbing dan Bareng,” ungkap Muflihun, S. Ag., Wakil Kepala SDIT Ahmad Yani, kepada Malang Post saat ditemui

menjelang kegiatan dimulai. Se belum pembagian zakat dilakukan, seorang siswa kelas II yang bertugas membacakan ayat suci Alquran membaca surat Annaba’ dengan fasih. Siswa tersebut memukau hadirin dengan bacaannya yang lancar dari awal hingga akhir surah. “Siswa kelas dua di sekolah kami, insya Allah sudah lancar semua,” terangnya. Seusai pembacaan surah Annaba’, hadirin disuguhi tausiyah keagamaan yang disampaikan oleh Ustad Rokhmad, S. Sos. Di hadapan ratusan hadirin, Rokhmad menyampaikan tausiyahnya di-

selingi guyonan-guyonan ringan sehingga anak-anak tak beranjak dari duduknya. “Ustad Rokhmad adalah agamawan yang pandai mendongeng. Itu membuat anakanak suka,” ujar Muflihun. Acara inti, yaitu pembagian zakat, dilaksanakan setelah tausiyah tersebut. Paket zakat yang diprediksikan terkumpul sesuai jumlah siswa yaitu maksimal 219 paket, nyatanya melampaui target. “Sampai saat ini total terkumpul sebanyak 246 paket. Alhamdulillah ada beberapa orangtua yang menyalurkan zakat lebih, meski putranya yang bersekolah di sini hanya

satu orang,” jelas Muflihun. Pada akhir acara, setelah penutupan seremonial, hadirin lalu berbuka bersama dan shalat berjamaah di masjid Ahmad Yani. Muflihun mengungkapkan bahwa santunan dhuafa tersebut adalah puncak dari beberapa kegiatan bulan suci. Sebelumnya, siswa selama dua minggu dibina dengan pendidikan Alquran secara lebih intensif. “Pada kegiatan pondok ramadan, setiap pagi siswa mengikuti pembinaan AlQur’an. Minggu pertama kelas 4-6, minggu kedua kelas 1-3. Lalu Sabtu-nya diisi dengan materi Ramadan,” tutupnya. (ily/nda)

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BERBAGI: SD Islam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani mengadakan kegiatan penyaluran zakat kepada 200 dhuafa. REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: SITI


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

7

PEMUDA PANCASILA BLIMBING RIZAL FANANY/MALANG POST

MEMBLUDAK : Ketua Red Army Drs. Peni Suparto, M.AP bersama anggota Red Army.Foto kanan : Red Army memadati hall Hotel Kartika Graha saat pengukuhan, kemarin sore.

IRA RAVIKA/MALANG POST

SANTUNAN : Agus Yudi Susanto saat menyerahkan santunan kepada sejumlah anak yatim piatu kemarin

Santuni Anak Yatim

Bersatu Dalam Jalur Ideologi,

BUKAN LOBI Pengukuhan Pengurus Red Army Berlangsung Semarak MALANG-Buka puasa sekaligus pengukuhan pengurus Red Army, berlangsung semarak dengan diikuti ribuan kader di hall Hotel Kartika Graha, kemarin sore. Red Army merupakan organisasi yang memiliki garis ideologi Pancasila sebagai dasar negara. Pengukuhan pengurus organisasi itu, dibacakan langsung oleh Ketua Red Army Drs. Peni Suparto, M.AP. Inep,sapaan akrab Peni Suparto, menegaskan bahwa Red Army sejauh ini memang baru ada di Malang, Bhumi Arema. Namun tidak menutup kemungkinan bakal berdiri di tempat lain. Sebab, hingga detik ini, Peni Suparto terus mendapat telepon dari berbagai daerah untuk membentuk Red Army.”Saya ditelepon beberapa daerah bagaimana jika bentuk Red Army, jika demikian,

nantinya Malang bisa jadi DPP Red Army,” ujarnya disambut tepuk tangan seluruh hadirin. Peni juga bangga dengan ketulusan anggota Red Army. Dari 700 undangan yang disebar, ternyata yang hadir di hall Kartika Graha lebih dari 1000 orang. Warga Red Army hadir untuk meneguhkan bahwa mereka berada dalam jalur ideologi.”Bersama kita dalam rasa bersatu kita dalam jiwa, terpatri dalam semangat, merdeka merdeka merdeka,” pekik mantan Ketua DPC PDI-P Kota Malang ini. Inep menjelaskan bahwa Red Army lahir dalam situasi ketika harus memilih antara ideologi dan lobi. Yakni ideologi jelang pilkada ketika seluruh ranting PDI-P sepakat mencalonkan satu nama melalui forum demokratis. Saat itu dipilih secara demokratis, mulai dari PAC sampai DPC secara demokratis pilih satu nama.”Prinsip demokrasi yang harus kita pegang teguh, karena waktu itu kita adalah anggota partai demokrasi,” ujarnya. Akan tetapi, kemudian demokrasi itu dikhianati lobi oleh orang yang berusaha

meraih kepentingan. Tidak membawa aspirasi basis, tapi bawa aspirasi lain. Saat itu, menurut Inep, DPP menetapkan tanpa melihat ideologi dan akhirnya menuai kekalahan.”Mudah-mudahan jadi pelajaran DPP dan DPC, bahwa yang tidak ikuti kehendak basis dan rakyat akan alami kekalahan. Tapi saiki warga Red Army sekalian ojo gelo karena kita harus bangga dan bersyukur tetap berada dalam jalur ideologi. Bukan di jalur lobi, ini yang penting,” urainya. Inep juga menegaskan bahwa ideologi Red Army adalah Pancasila Bung Karno. Red Army harus tetap pegang teguh ideologi itu, yakni Pancasila sebagai dasar negara. Bukan Pancasila sebagai pilar negara. Sebab menurut Bung Karno, Pancasila adalah norma fundamental atau norma mendasar. ”Bagi Red Army, Pancasila adalah dasar negara bukan pilar negara, sedangkan pilar negara, yang pertama adalah Proklamasi 17 Agustus, pilar kedua berdiri NKRI dan sehari kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan UUD 1945 menjadi pilar ketiga,” jelasnya. Semuanya itu bersatu dalam negara

Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. Namun, sesuai pesan Bung Karno, bahwa demokrasi politik harus tetap diikuti demokrasi ekonomi. Demokrasi tanpa ekonomi, hanya seperti macan podium, keluarga di rumah kelaparan. “Red Army akan ke ekonomi, langkah konkritnya renovasi kantor di Talun, nanti warga Red Army bisa beli beras murah, kebutuhan dasar manusia itu makan, selisih Rp 2000 dari pasaran, maksimal kita batasi 10 kg,” tandasnya disambut tepuk tangan ribuan hadirin. Acara itu dilanjutkan oleh Inep dengan mengumumkan nama pengurus Red Army. Sekaligus juga menyapa salah satu Caleg DPRD Jawa Timur Sumiati dari PDI-P. Hadir pula, Bendahara Red Army Bunda Dra. Heri Pudji Utami M.AP.”Yang kita undang hari ini hanya pengurus Red Army sampai tingkat RW saja, Red Army terbentuk tahun ini, juga bergerak pada sosial, kesehatan, pendidikan dan advokasi. Kita juga punya bidang buruh dan tani serta koperasi dan UKM,” tegas Sekretaris Red Army Wijianto A.Md.(ary/nug)

MALANG –Bulan suci ramadan dimanfaatkan para anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Blimbing untuk berbagi dengan sesama. Kemarin, bertempat di Jalan LA Sucipto Gg Taruna III RT06 RW03, Kelurahan Pandanwangi, Kecamamatan Blimbing para anggota PAC PP Kecamatan Blimbing ini menggelar buka bersama anak yatim. Kegiatan bertajuk Malam Kasih ini direspon sangat positif oleh seluruh masyarakat, terutama anak yatim piatu yang hadir. Terlebih, arena selain berbuka bersama, pada kesempatan kemarin para pengurus PAC juga memberikan santunan, yang diberikan kepada masing-masing anak yatim piatu yang hadir. Ketua Panitia Agus Yudi Susanto mengatakan, kegiatan Malam Kasih ini merupakan kegiatan amal yang digelar secara rutin oleh para pengurus. Tujuannya adalah jelas, yaitu untuk berbagi dan membantu para anak-anak yatim yang kekurangan. “Kami ini merupakan organisasi masyarakat, tidak ada kepentingan politik disini, tidak ada kepentingan individu, yang ada kepentingan bersama, dan memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu sesama,’’ katanya kepada Malang Post. Agus mengatakan meskipun digelar secara rutin, tapi kegiatan ini tidak hanya digelar di satu tempat saja. Tapi kegiatan amal ini digelar secara bergiliran di lain tempat. “Kedepannya, kegiatan ini akan dilakukan lebih sering lagi,’’ katanya lagi. Sementara Ketua RT 06 RW03 Kelurahan Pandanwangi Agus Pujianto menyambut juga menyambut positif kegiatan tersebut. Melalui sambutannya, Agus pun tidak berhenti mengucapkan terima kasih. “Ini merupakan kegiatan positif, dan kami sangat berterima kasih. Kami juga berdoa, agar semua yang hadir mendapatkan berkah,’’ kata Agus. Selain dihadiri warga, kegiatan yang dimulai pukul 15.00 ini juga dihadiri MPO Pemuda Pancasila Kota Malang dan Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Fransiska Rahayu Budiwiarti serta sejumlah undangan lainnya. (ira/nug)

TPA SUPIT URANG

Warga Lawan Putusan Pengadilan Niaga Kasus Graha Dewata

Gunadi Handoko

MALANG- Warga perumahan Graha Dewata akhirnya mengajukan gugatan perlawanan terhadap putusan Pengadilan Niaga Surabaya yang memutuskan PT. Dewata Abdi Nusa (pengembang perumahan Graha Dewata) dan Dewa Putu Raka Wibawa, pemilknya pailit. Gugatan perlawanan itu, rencananya akan dikirim ke Pengadilan Niaga Surabaya, Senin (12/8) nanti atau terhitung 14 hari setelah putusan atas pengajuan BRI ini. Seperti diketahui sebelumnya, warga perumahan Graha Dewata kembali melakukan demonstrasi di Bank BRI Kawi Malang sebagai buntut kekecewaan

karena bank tersebut masih menahan sertifikat mereka dan keputusan pailit oleh Pengadilan Niaga Surabaya. “Ada hak warga yang tinggal di sana tidak bisa diabaikan begitu saja oleh pengadilan niaga itu,” terang Gunadi Handoko, SH, MM, M,Hum, kuasa hukum 15 warga perumahan Graha Dewata. Warga juga diminta untuk mendatangi kurator. “Tapi warga tidak mau datang ke kurator. Untuk apa datang ke kurator?,” lanjutnya. Gunadi, panggilannya mengatakan isi gugatan perlawanan itu adalah warga keberatan dengan keputusan pailit karena ada kepentingan warga yang tidak bisa diabaikan dan BRI yang dianggap tidak memiliki

itikad baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. “Kami juga melampirkan gugatan perdata warga kepada PT. Dewata Abdi Nusa dan BRI sebagai tergugat kedua di Pengadilan Negeri Kota Malang. Jadi tidak perlu datang ke kurator karena sebelum putusan pailit tersebut, kita sudah ajukan gugatan perdata. Dan ini masih proses sidang semua,” tegas dia. Di sisi lain, pengacara kondang itu juga mengaku bersama warga perumahan Graha Dewata mengajukan pemblokoran sertifikat tanah-tanah tersebut ke Kantor Pertanahan Kota dan Kabupaten Malang. “Paling tidak, sertifikat itu sudah tidak bisa berpindah tangan lagi,” ungkapnya. (mar)

Kelompok Masyarakat Kelurahan Mojolangu

Digelontor Dana Hibah Rp 251 Juta LOWOKWARU- Warga Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang bisa kembali bernafas lega dan berbahagia. Setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mencairkan tahap pertama dana hibah sebesar Rp 251 Juta bersumber pada APBD kepada 14 Kelompok Masyarakat (Pokmas), akhir pekan kemarin. “Untuk termin pertama yang menerima dana hibah sebanyak 14 Pokmas dari 19 Pokmas se-Kelurahan Mojolangu,” ujar Lurah Mojolangu, Joao M.G De Carvalho SIP kepada Malang Post. Sedangkan pencairan terhadap lima Pokmas lainnya, dia menjelaskan menunggu realisasi dari Pemkot Malang. Dipaparkan bahwa dana hibah tersebut dicairkan langsung dari Pemkot Malang kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Mojolangu. Sehingga, pihak Kelurahan tidak turut campur langsung berkaitan dana hibah tersebut. “Kami sifatnya hanya mengantarkan dan mengingatkan Pokmas saja saat pengerjaan di lapangan,” jelasnya. Pria ramah ini mengungkapkan bahwa dana hibah tersebut dipergubakan sebagian masyarakat untuk membangun dan memperbaiki fasilitas umum (Fasum). Seperti pembangunan drainase, sanitasi,

jalan dan jembatan kampung. Adapula yang memperbaiki Balai RW, Gedung Olahraga, Renovasi Masjid, dan Renovasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH). “Sebagian lagi juga mempergunakan dana tersebut untuk membeli perlengkapan ibadah seperti Al-Quran, bedug Masjid, Iqra dan peralatan tajidor,” ucap Joao begitu dia akrab disapa. Dijelaskannya, berbagai pembangunan, renovasi dan pengadaan barang tersebut diharuskan melalui pembuatan proposal serta dibuat laporan progresnya. Untuk itu, dia menghimbau kepada seluruh pihak terutama masyarakat agar mengawasi seluruh proyek tersebut. “Diwajibkan setiap Pokmas melampirkan foto pengerjaan dan pengadaan saat membuat laporan akhir, sebagai tanda proyek tersebut tidak fiktif,” tegasnya. Sebelumnya Joao mengatakan tidak ada masalah terkait dana hibah yang ada di wilayahnya. Ddana hibah ini merupakan tahapan pertama yang dicairkan oleh Pemkot Malang kepada Kelurahan Mojolangu. “Ini baru tahap pertama. Tahap kedua nantinya akan dicairkan kembali oleh Pemkot Malang yang belum terjadwal. Total untuk Kelurahan Mojolangu menerima dana hibah sebesar Rp 502

BINAR GUMILANG / MALANG POST

SIMBOLIS : Ketua LPMK H Juardi Efendi didampingi Lurah Mojolangu, Joao M.G De Carvalho SIP secara simbolis menyerahkan dana hibah kepada Pokmas. juta,” terangnya. Dana hibah ini, masih kata Joao bentuk komitmen politik dari Wali Kota Malang Drs Peni Suparto MAP terhadap pembangunan di masing-masing kelurahan. “Saya berterimakasih kepada

Bapak Walikota Malang, Peni Suparto yang telah peduli pembangunan di masing-masing kelurahan, terutama Kelurahan Mojolangu. Semoga hal seperti ini tetap diteruskan oleh Walikota terpilih nantinya,” tutupnya. (big/sir/nug)

GUEST GESANG//MALANG POST

DIKEMBANGKAN: Pengelolaan TPA Supit Urang bakal lebih modern seiring kerjasama pemerintah dengan investor asal Jerman.

Volume Sampah Meningkat, Butuh Lahan Existing MALANG- Sedikitnya 400 ton sampah diangkut ke TPA Supit Urang setiap harinya. Dari sampah sebanyak itu, hanya 35 persennya saja yang merupakan sampah an-organik dan masih memiliki nilai ekonomi. Terus meningkatnya volume sampah di Kota Malang terntu saja menggerus lahan yang tersedia di TPA. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP ) Kota Malang, Wasto mengibaratkan jumlah sampah yang masuk per hari bisa langsung memenuhi satu pekarangan rumah. “Ibaratnya tiap hari kami butuh satu pekarangan rumah untuk menampung sampah. Karena jumlahnya sudah sebanyak itu,” tuturnya kepada Malang Post. Produksi sampah Kota Malang meningkat disinyalir akibat makin padatnya pertumbuhan penduduk ditambah lagi kian tingginya tingkat kunjungan ke Kota Pendidikan ini. “Kota Malang semakin sering dikunjungi orang, baik itu untuk keperluan bisnis atau sekadar wisata. Belum lagi yang menempuh pendidikan di sini,” imbuhnya. Karena itulah pihak DKP terus memikirkan cara antisipatif untuk mengupayakan jumlah sampah yang masuk tetap bisa tercover dengan baik. Salah satu kiat yakni dengan menyiapkan lahan existing baru untuk memback-up lokasi lama. Ditargetkan lahan existing tersebut bisa dioperasikan mulai tahun 2017. “Karena prediksi kami yang sekarang ini bisa bertahan sampai tahun 2016,” tukas Wasto. Dia pun berharap rencana pengelolaan terpadu TPA Supit Urang yang notabene proyek pemerintah pusat dengan investor dari Jerman bisa segera terealisasi. Saat ini, kedua belah pihak masih dalam tahap negosiasi lanjutan. Bila tercapai deal, kontrak DED nya akan keluar paling cepat Januari tahun depan. Barulah pada akhir 2014 atau awal 2015, pembangunan fisiknya bisa dimulai. Wasto menuturkan, selama ini TPA dibangun dengan sistem yang konstruksinya belum terlalu bagus. Dengan adanya pembangunan tersebut, diyakini bakal ada konsep dan infrastruktur yang lebih menunjang pengelolaan sampah di TPA Supit Urang. “Mulai pemipaan sampai tahapan-tahapan lainnya tentu lebih terukur dan ramah lingkungan,” bebernya kepada Malang Post. Sebelumnya, proyek yang kabarnya bakal menyedot anggaran senilai Rp 190 milyar tersebut sempat mengalami banyak hambatan. Kesepakatan pinjaman lunaknya sempat mundur sehingga menyebabkan gagal lelang di awal tahun 2013. Apalagi butuh waktu untuk menyusun pedoman lelang dan merumuskan regulasi tender. Rencananya, butuh lahan seluas 15 hektar untuk mewujudkan proyek ini. (tom/nug) REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : DJ AMIEL


KOTA WISATA

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

8

Sugeng Rawuh di Kota Wisata Batu

Catatan Wali Kota Batu

IDUL FITRI adalah momen yang sangat indah, kesempatan untuk bersilaturrahim dengan keluarga dan sahabat. Setelah sebulan berpuasa, setelah dosa-dosanya diampuni oleh Allah, dilanjutkan dengan saling minta maaf atas kesalahan dengan sesama manusia. Dosa dengan Allah, insyaallah akan diampuni kalau kita mau tobat, tapi kalau salah dengan sesama manusia juga harus dimintakan maaf, saling minta ridho atas kesalahan-kesalahan selama ini.

Selain ajang silaturrahim dan saling memaafkan, Idul Fitri juga menjadi ajang liburan bagi masyarakat setelah selama setahun bekerja. Banyak instansi dan perusahaan yang memberi cuti kepada karyawannya pada saat Idul Fitri. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk rekreasi bersama keluarga. Kota Wisata Batu (KWB) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jawa Timur, bahkan di seluruh Indonesia, sebagai tujuan wisata utama.

Liburan Idul Fitri nanti, KWB dipastikan akan dipadati oleh masyarakat yang berlibur ke berbagai objek wisata yang ada di kota ini. Ada yang sekadar menikmati wisata di KWB, dari satu objek ke objek yang lain selama sehari, setelah itu kembali ke rumah. Tapi tak sedikit yang berlibur dengan bermalam menikmati keindahan KWB secara menyeluruh. Objek wisata baru berbasis desa dan pertanian sudah disiapkan untuk menampung wisatawan yang

ingin mendapat sajian lain. Petik buah, sayur dan bunga menjadi sajian baru yang menarik, yang tidak ada di tempat lain. Para wisatawan itu datang ke KWB untuk menikmati keindahan alam dan segala pernak pernik yang ada di kota ini. Bukan hanya objek wisata yang bisa menjadi daya tarik, tapi atraksi budaya dan kehidupan masyarakat bisa menimbulkan rasa senang. Baca Sugeng... Hal.9

Eddy Rumpoko

One Way Per 7 Agustus

RS BAPTIS

Polres-Dishub Pasang Rambu-rambu Portable K KOTA BATU – Peningkatan arus lalu lintas mulai meningkat di wilayah Kota lin Batu memasuki H-4 Lebaran, kemarin. B Sejumlah ruas jalan kota wisata ini S begitu dipadati kendaraan baik roda be empat dan dua. Meski belum sampai em terjadi kemacetan yang panjang, kete padatan tersebut membuat laju arus pa lalu lintas menjadi sedikit melambat. la Diprediksi pemandangan itu akan terus D terjadi hingga Lebaran nanti. te Pemandangan itu mulai tampak sejak dari arah Kota Malang melalui pintu da per tigaan Pendem, siang kemarin. pe Banyak kendaraan berplat nopol luar B kota seperti L (Surabaya), W (Sidoarjo), ko S (Lamongan) dan P (BanyuwangiJember) melintas ke arah Kota Batu. Je Kepadatan juga terjadi dari arah Kota K Batu menuju Kota Malang hingga B petang kemarin. pe

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

ANTISIPASI KEMACETAN: Mengantisipasi puncak arus lalu lintas lebaran, Polres Batu akan memberlakukan one way mulai 7 Agustus mendatang.

Baca One Way... Hal.9

Selama Ramadan, Pengunjung JTP Meningkat KOTA BATU – Program beli satu gratis dua tiket yang dilakukan oleh Jatim Park Group terbukti mampu meningkatkan kunjungan ke objek wisata itu selama bulan Ramadan. Rata-rata pengunjung adalah warga Kota Batu karena program itu hanya berlaku untuk warga kota wisata itu. ‘’Ya lumayan. Pada tahun-tahun sebelumnya, tingkat kunjungan bisa dihitung dengan jari ketika Ramadan. Namun saat ini lumayan meningkat dengan program beli satu gratis dua tiket untuk warga Kota Batu,’’ ungkap Titik S Ariyanto, Manajer Marketing Jatim Park 1 kepada Malang Post, kemarin. Dia mengakui, pengunjung selama Ramadan seperti ini belum bisa se ban ding dengan hari-hari biasa

atau weekend. Jika pada weekend, pengunjung berkisar 1000 orang per hari, selama Ramadan sekitar 200 pengunjung di JTP. Meski begitu Titik menilai, program tersebut tetap sangat positif. Dia melihat warga Kota Batu sangat respon dengan program itu karena mereka berdatangan. Kebanyakan mereka adalah para pelajar yang datang secara rombongan bersama teman-temanya. ‘’Program ini sebagai hadiah kepada warga Kota Batu. Hanya membeli satu tiket, mereka sudah mendapatkan gratis dua tiket. Jadi mereka bisa bisa menikmati wahana dengan lebih hemat,’’ tegas dia. Wahana volcano coaster menjadi tempat yang cukup favorit bagi pengunjung warga Kota Batu itu. Baca Selama... Hal.9

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

PAKET SPESIAL: Selama ramadan kawasan Jatim Park Group mengalami peningkatan pengunjung warga Kota Batu dengan program beli satu gratis dua tiket.

Dukung HR, PAN Target 4 Kursi Dewan KOTA BATU – DPD PAN Kota Batu siap mendukung perolehan suara partai meningkat menjadi dua digit pada Pemilu 2014 mendatang. Hal ini demi mewujudkan target seperti yang disampaikan Ketua Umum PAN, Hatta ‘HR’ Rajasa untuk dapat mengirim satu kursi dari setiap daerah pemilihan (dapil) di seluruh wilayah. Dukungan itu disampaikan Sugeng Minto Basuki, Ketua DPD PAN Kota Batu. Pihaknya juga siap menjalankan syarat kunci yang harus dijalankan seluruh caleg dan kader PAN yakni mampu menciptakan sinergitas dan kebersamaan yang tinggi. Persyaratan itu seperti yang disampaikan HR saat hadir dalam Safari Ramadhan untuk kemenangan PAN 2014, di Hall Nawangsasi Hotel Punama, Sabtu (27/7) lalu. ‘’Kami punya tugas, yang pertama,

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

SOLID: Hatta Rajasa saat Safari Ramadan di Kota Batu

ca leg harus punya jiwa petarung, cukup memaksimalkan sarana, logistik, jaringan, dan yang utama membangun

sinergi antara internal caleg untuk capai kemenangan,” terangnya saat ditemui Malang Post.

Orang nomor satu di PAN Kota Batu ini menyebut, menurut pengalaman, in yang sering terjadi di tubuh partai, ya yakni antara sesama teman atau sesama ya caleg justru saling membunuh. Mereka ca justru lupa jika pesaingnya sejatinya ju adalah partai lain. Karena itu, Minto pun ad meminta dan mengajak seluruh caleg m dan kader PAN se Kota Batu untuk terus da saling meningkatkan kebersamaan demi sa terbangunnya sinergitas. te Disisi lain, ditambahkan Minto, jika target itu terwujud, maka pihaknya juga ta akan memuluskan langkah Menteri ak Perekonomian Indonesia tersebut maju P dalam Pilihan Presiden (Pilpres). Dia da pun bangga dan yakin, jika seluruh pu caleg dan kader PAN Kota Batu hingga ca saat ini masih sangat kompak dalam menyusun kekutan menuju pemenangan Pemilu 2014 mendatang. Baca Dukung... Hal.9

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

PEDULI : Direktur RS Baptis Kota Batu saat memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Selingkuh itu Penyakit KOTA BATU – Gangguan mental menjadi salah satu fenonema yang kini masih kerap dijumpai di masyarakat. Semua jenis gangguan mental mempunyai dasar gangguan pada saraf atau otak. Gangguannya dapat berupa gangguan pada metabolisme zat kimia (neurotransmitter) yang dikeluarkan saraf, pada transmisi sinyal di saraf atau pada struktur saraf otak manusia. RS Baptis Kota Batu melalui dr Hedina Suwondo, SpKJ ikut peduli dengan perkembangan gangguan jiwa yang terjadi di masyarakat. Ia menyebut, gangguan mental bukan suatu kelemahan, yang disebabkan karena yang bersangkutan kurang beriman atau disebabkan hal-hal magic/gaib/santet. Namun disebabkan oleh bipolar yakni dua kutub perasaan yang ekstrim, meliputi kutub Depresi dan Mania. Ia mencontohkan, untuk kutub Depresi ditandai jika sedih, sedih banget. Jika marah, marahnya luar biasa. Orang yang mengalami depresi ini tidak punya semangat dan keinginan apapun, keinginannya hanya mau mati saja, dengan cara bunuh diri. Sedangkan, kutub Mania jika getol, getol banget. Gila belanja, hingga terjadi besar pasak daripada tiang, dengan belanja yang tidak perlu, mengikuti model. Gila cewek, hingga suka selingkuh dan gonta-ganti pasangan. ‘’Hal ini banyak terjadi di masyarakat, kelihatan mata, tetapi kita tidak tahu apa? Gila bola juga masuk dalam kutub Mania. Itu semua penyakit. Contoh mania lainnya yakni suka gonta-ganti pasangan, yakni seksmania (laki-laki) dan nimfomania (perempuan). Demikian juga maling dan korupsi, semuanya bentuk penyimpangan dari yang normal,” terangnya. Gangguan mental dapat dicegah ditanggulangi dan diobati. Caranya, dengan peningkatan kualitas mental dan penanganan gangguan mental diupayakan sedini mungkin mulai dengan pencegahan (preventif), sosialisasi (promotif) hingga pada pengobatan (kuratif) dan rehabilitatif. Penanganan gangguan mental adalah menyeluruh (holistic) yaitu selain obat juga dengan olah pikir, olah rasa, olah raga dan olah lingkungan (psikoterapi). Dikatakan Hedina, untuk penanganan masalah kesehatan mental secara menyeluruh harus melalui berbagai upaya, meliputi sifatnya individu melalui klinik, rumah sakit umum maupun rumah sakit jiwa, juga melalui masyarakat meliputi dari keluarga, tokoh masyarakat, agama dan pendidik. Penanganan kejiwaan berperan dalam penanganan dan harus siap menghadapi segala jenis gangguan jiwa. Pihaknya tidak hanya tangani orang gila, tetapi ternyata juga hadapi banyak variasi dari gangguan jiwa. ‘’Seperti anak yang lama nangis dan lambat berbicara, itu juga termasuk mengalami gangguan. Bukan karena stress mikir, melainkan juga ada karena faktor genetic. Jangan salahkan lingkungan karena sifatnya hanya pemicu. Kuncinya, jujur pada diri sendiri jika dirinya punya rasa ingin tinggi, ngerti atas khilaf, sebab kalau hal yang buruk dilakukan berulang namanya sudah penyakit. Semua berperan mengingatkan, tetapi bisa tidaknya tergantung diri sendiri,” pungkasnya. (poy/lim)

Wana Wisata Kampung Kungkuk Sambut Libur Lebaran

Menginap Cukup Rp 65 Ribu, Hiburan Rp 15 Ribu KOTA BATU - Salah satu tempat wisata alami yang akan membuat mata anda terpana karena keeksotikannya adalah kampung wisata kungkuk yang terletak di Desa Punten Kecamatan Bumiaji. Udaranya yang segar nan sejuk serta pemandangan alamnya yang luar biasa siap memanjakan mata setiap orang yang datang ke kampung wisata ini. Selain itu, di kampung wisata ini nantinya para wisata menikmati paket khusus saat libur lebaran. Ketua Lembaga Kampung Wisata Kungkuk, Suwito mengatakan menjelang lebaran pihaknya sudah menyiapkan segala keperluan untuk menyambut para pengunjung. Baik yang ingin bermalam maupun hanya ingin menikmati pemandangan dan aneka sajian yang ada di Kungkuk ini. Seperti hari-hari besar lainnya, pasti

akan terjadi lonjakan pengunjung. Apalagi menjelang lebaran dan setelah lebaran pasti bakalan naik drastis sampai 50 persen. ”Kami ingin memberikan sambutan dan sajian yang memuaskan bagi para pengunjung. Salah satunya dengan paket khusus lebaran, baik yang nginap maupun hanya mau menikmati pemandangan saja,” kata Wito panggilan akrabnya kepada Malang Post. Menurutnya, sambil berjalan kini sudah mulai dibangun 4 gazebo ukuran sedang dan 1 gazebo ukuran be sar di kawasan hutan, dilanjut pembuatan salter untuk tempat melihat pemandangan lebih dekat. Dan setelah dikira memenuhi standar baru nantinya akan dibangun hotel di atas pohon. ”Kawasan hutan kami sulap dengan wisata alami, serta untuk

penginapannya kami sudah berikan ukuran standard home stay yang sesuai dengan selera pengunjung,” ujar Wito bapak dua anak ini. Lanjut Wito, untuk wisatawan di hari raya idul fitri yang berkunjung ke kampung kungkuk, dapat menikmati berbagai aneka sajian meliputi petik jeruk keprok Punten, edukasi sapi, se kolah alam, outbond, berkuda, adventure serta yang lainnya. ”Karena kampung wisata masih baru, makanya kami utamakan sajian yang maksimal dengan harga yang sangat murah, cukup merogoh gocek Rp 65 ribu sudah bisa menginap di sini. Sedangkan kegiatan lainnya cukup dengan Rp 15 ribu per pack,” tutur pria yang bersiap bergabung dengan warga lainnya. Dia menambahkan, para pengunjung atau wisatawan bukan hanya menikmati

pemandangan serta hasil pertanian saja. Akan tetapi, nantinya mereka akan disuguhi budaya dan ciri khas Desa Punten. Di antaranya adalah atraksi Tari Santar, kuda lumping dan bantengan. ”Pastinya para pengunjung bakalan kepincut ingin ke sini lagi, karena tempat wisata yang alami dan tidak dibuat-buat ini satu-satunya di Malang Raya,” tegasnya. Dia mengungkapkan, dulu desa ini pernah jaya secara ekonomi 1980 hingga 2005 dengan pertanian apelnya. Tetapi kini sudah mulai banyak masyarakat yang beralih, makanya dengan dijadikannya kampung wisata Kungkuk dapat menambah income atau pemasukan bagi para warga se kitar, sehingga masyarakat bisa sejahtera lagi. Baca Menginap... Hal.9

MISKI/MALANG POST

PAKET LEBARAN: Kampung wana wisata kungkuk menjadi pilihan untuk berlibur di Kota Batu saat lebaran. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

9

KONI

Balas Dendam di Kejurda FORKI

TAUFIKURRAHMAN/MALANG POST

BERKAH RAMADAN: Wakil Direktrur PT Indana Paint Steven A. Sugiharto bersama jajaran Kodim 0818 berbagi rezeki dengan anak yatim piatu di Ponpes Al Khoir Temu Sitirejo Kecamatan Wagir.

CSR Decofresh Peduli Anak Yatim MALANG – Kegiatan simpati dan berharap berkah Ramadan dilakukan Corporate social responsibility (CSR) PT Indana Paint, produsen cat Decofresh bersama Kodim 0818 Malang – Batu. Bentuknya bhakti sosial membagi-bagi rezeki kepada lebih dari 40 anak yatim piatu di Pondok Pe santren (Ponpes) AL Khoir, Temu, Sitirejo, Kecamatan Wagir. Dalam kesempatan itu, Wakil Direktrur PT Indana Paint Steven A. Sugiharto, menyampaikan bahwa kegiatan seperti itu dilakukan CSR Decofrest setiap tahun dengan titik pembagian berbeda-beda. ‘’Semoga, amal dan kepedulian Decofresh bisa memberikan barokah kepada perusahaan dan seluruh karyawannya,’’ papar Steven.

Bahkan, Steven berharap doa dari para anak yatim piatu dan seluruh kalangan Pondok Pesantren bisa memberikan manfaat dan barokah tersendiri. Perusahaan tambah besar sehingga seluruh unsur pimpinan dan karyawan bisa lebih besar lagi dalam membagi rezeki kepada anak yatim. ‘’Untuk tahun ini ada beberapa titik pondok pesantren dan panti asuhan. Dan ini menjadi agenda CSR Decofresh setiap ramadan,’’ tegasnya. KH Badar, menyambut dengan tangan terbuka dan ucapan terima kasih atas kepedulian Decofresh terhadap yayasan panti asuhan dan yayasan Ponpes AL Khoir yang dipimpinnya. Bahkan KH Badar juga merasa bersyukur ada perusahaan dan jajaran Kodim 0818

yang telah mempercantik gedung dan bangunan di lingkungan ponpes yang telah dicat dengan cat Decofresh. ‘’Pondok kami menjadi tambah fresh. Sebab, perpaduan warna cat yang dicat kan di seluruh tembok ponpes menjadi lebih cerah dan serasi,’’ ujarnya. Prosesi Bhakti Sosial kemarin, diawali dengan pengecatan di seluruh lingkungan Pondok Pesantren dan Musala beberapa hari sebelumnya. Bahkan, beberapa warga juga tak mau ketinggalan untuk ikut mendukung program Decofresh dengan cara mengecat rumahnya dengan produk Decofresh. Ada juga warga yang menyebut bahwa hasil cat Decofresh yang telah mempercantik rumahnya sejak setahun lalu, hingga kini warnanya belum juga pudar atau

luntur. ‘’Ya inilah kelebihan produk Indana Paint. Sekali cat, bisa tahan lama,’’ ujar warga, memuji. Sementara itu, sebelum acara dimulai, Steven bersama jajaran Kodim 0818, Muspika Wagir, unsur pengurus Ponpes sempat keliling gedung di lingkungan Ponpes. Bahkan Camat Wagir juga memuji dengan langkah Decofresh telah ikut membantu warganya untuk peduli menciptakan lingkungan yang bersih. ‘’Kalau program seperti ini bisa dilakukan serentak seluruh wilayah Kabupaten Malang, maka lingkungan warga akan lebih bersih. Dan, yang lebih utama adalah program lingkungan sehat dan bersih yang dicanangkan pemerintah daerah pasti akan cepat berhasil,’’ papar Camat Wagir, Fernando A. Matondang. (ds/sir/han)

Kesadaran Warga Punten yang Patut Dicontoh

‘’Malu Kalau Wisatawan Datang, Kampung Kotor’’ KOTA BATU - Gemerlap perayaan HUT Kemerdekaan ke - 68 rupanya sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh warga Desa Punten Kecamatan Bumiaji Minggu (4/8) kemarin. Sebanyak 30 warga setiap harinya bergantian melakukan kerja bakti atau gotong royong untuk memperindah daerahnya. Menurut Ketua RW.06 Suntakim mengatakan, kegiatan gotong royong dalam menyambut hari kemerdekaan sudah menjadi tradisi warga setempat, kurang lebih 10 tahun kegiatan mempercantik kampung selalu dilakukan saat menjelang tanggal 17 Agustus. ”Kami melakukannya karena inisiatif sendiri, bukan disuruh oleh pemerintah. Dan Alhamdulillah ini sudah menjadi kebiasaan sebelum hari proklamasi,” kata Suntakim yang memakai kaos putih lengkap dengan kuas cat di tangannya. Dia mengatakan, selain menyambut proklamasi juga sebagai berbenah diri (kampung) untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung nantinya.

MISKI/MALANG POST

SADAR WISATA: Aktifitas warga Desa Punten menyambut HUT ke 68 Kemerdekaan RI dan kunjungan wisata patut dicontoh oleh kampung lainnya.

”Alhamdulillah warga di sini kompak dan satu persepsi yakni demi kemajuan desa atau kampung ini. Logikanya, kalau kampungnya sering dikunjungi wisatawan, otomatis warga sekitar

akan kena dampak positifnya,” ungkap Suntakim. Aktifitas warga Desa Punten dalam menyambut hari proklamasi 17 Agustus ini patut dicontoh oleh kampung lainnya

d lingkup Kota Batu. Pasalnya, dari di p tauan Malang Post masih jarang pan sekali para warga yang menyambut hari k kemerdekaan sama dengan yang dilakukan o warga Punten. Yakni bersih-bersih, oleh d memperindah kampungnya. dan ”Sudah seminggu kami melakukannya, m mulai dari membersihkan pinggir jalan, m mengecat pos kamling, dan atap rumah w warga, hingga mengecat jalan-jalan y yang ada trotoarnya,” ujar pria yang m murah senyum tersebut. Dia menambahkan, selain kerja bakti d gotong royong, setiap warga juga dan iu iuran secara sukarela untuk kebutuhan m menghias kampung agar lebih bagus dan b bersih. ”Apalagi Kampung sini sudah ja kampung wana wisata. Malu kalau jadi ada wisatawan ke sini jika kampung kami kotor dan kumuh. Dengan momen proklamasi sekaligus hari raya, diharapkan warga terus bersama-sama menjaga kampung agar tetap indah saat dilihat dan para wisatawan betah ke sini,” paparnya kepada Malang Post.(mg12/lim)

Sambungan dari Halaman 8

kemacetan, kami fokus pada ruas jalan utama mulai Jalan Pendem dan pintu masuk dari arah Karangploso agar jalan menuju jalur utama ke arah pusat Kota, tidak sampai terjadi kemacetan dan penumpukkan kendaraan. Di Jalan Dewi Sartika, kami terapkan one way traffic selama 10 hari sejak 7 Agustus nanti,” ucap Kasatlantas Polres Batu, AKP I Gusti Made Merta kepada Malang Post. Selain one way, Polres Batu bersama Dishubkominfo juga akan memasang rambu portable di pintu-pintu masuk menuju Kota Batu, pintu jalan alternatif, dan beberapa ruas jalan yang mengalami

pengalihan arus lalu lintas. Jika tidak ada perubahan, rambu-rambu yang berbentuk persegi ini akan mulai difungsikan juga per 7 Agustus nanti. Tak terkecuali, rambu penunjuk arah ini akan berdiri di 29 titik pintu jalur alternatif yang ditujukan untuk memperlancar kendaraan masuk ke kota wisata. Tak hanya itu, larangan bus wisata masuk ke arah Alun-alun Kota Batu melalui Jalan Diponegoro juga akan diterapkan. Bus pengangkut pengunjung wisatawan yang akan berwisata disarankan untuk masuk dalam kantongkantong parkir dan rest area. Itu pun juga

Pengunjung Selama Ramadan Meningkat Sambungan dari Halaman 8

Secara ramai-ramai, mereka bisa berputar-putar di dalam dan luar pada sebuah miniatur gunung yang berada di Jatim Park tersebut. Peningkatan pengunjung selama Ramadan juga terlihat pada Jatim Park 2. Objek wisata ini tergolong baru dan lebih lengkap jika dibanding Jatim Park 1. Jadi warga Kota Batu juga lebih banyak berkunjung ke objek berlokasi di Jalan Raya Oro-Oro Ombo ini. (feb)

Menginap Cukup Rp 65 Ribu, Hiburan Rp 15 Ribu Sambungan dari Halaman 8

One Way Per 7 Agustus Sulit bagi satu kendaraan dengan lainnya untuk bisa saling mendahului. Hal ini sesuai prediksi Polres Batu dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Batu. Namun, kedua pihak ini masih mampu mengatasi kepadatan arus lalu lintas hingga kemarin. Sesuai program dalam Operasi Ketupat, mereka memprediksi puncak kepadatan akan mulai dirasakan pada H-1 Lebaran hingga sepekan liburan Lebaran. Mereka siap mengantisipasi dengan penerapan one way per tanggal 7 Agustus mendatang. ‘’Prediksi kami, peningkatan kendaraan mencapai 75 persen. Sebagai antisipasi

KOTA BATU - Atlet yang masih duduk di kelas 3 SMA 2 Kota Batu ini, mulai menunjukkan penampilan yang terbaiknya. Terbukti mampu mengemban amanah yang berat dalam setiap kali kejuaraan. Walau terbilang masih sedikit medali yang diraihnya, yakni hanya 3 medali emas, 1 pperak dan 2 perunggu. Sejak kelas 1 SMA baru terjun dalam dunia karate, tetapi Satria Nata Wijaya sudah berusaha yang ter baik untuk daerahnya. Keberhasilannya meraih medali emas di POR Mahesa lalu, sedikit mengobati rasa kecewanya setelah kalah saat bertanding ketiga kalinya di Poprov IV Jatim yang lalu. ”Saya memang kalah di Porprov, karena kelas yang saya ikuti bisa dibilang kelas neraka. Dan Alhamdulillah di POR Mahesa saya memberikan yang terbaik buat Kota Batu,” ucap Satria yang ditemui saat Satria Nata Wijaya latihan di aula Dispora. Menurutnya, keberhasilannya di POR Mahesa bisa membawa pulang medali emas, salah satunya adalah berkat arahan dan dukungan dari pelatih dan teman-teman atlet lainnya. “Keberhasilan ini bukan hanya saya yang menikmati. Medali ini saya persembahkan bagi teman-teman dan pelatih yang tidak mengenal lelah mengajari saya,” ujar Satria Siswa jurusan IPS tersebut. Dia mengakui, dalam waktu dekat dia akan mengikuti turnamen yang tidak kalah bergengsi dan ajang pembuktian atlet terbaik. Karena jika di kejuaraan ini mampu meraih medali emas, maka akan bertanding lagi di Piala Mendagri di Provinsi Bali mendatang. ”Saya mau balas dendam kekalahan saat di Porprov, dan di Kejurda FORKI saya harus totalitas bertarung. Menang kalah urusan belakang, yang penting saya sudah siap tampil,” yakinnya kepada Malang Post. Dia menambahkan, akan terus mengukir prestasi dan meraih medali yang juga nantinya dapat mengharumkan nama baik daerah. Kegagalannya di Porprov, dan keberhasilan di POR Mahesa merupakan pengalaman yang berharga dan tak akan terlupakan. ”Saya mau mengulangi keberhasilan di POR Mahesa dan akan menghindari kegagalan seperti Porprov lalu.” terang Satria yang hobi PS-an itu. Sebelumnya, Satria tampil sebagai peraih medali emas di POR Mahesa lalu, dia harus berjibaku dan menghadapi lima lawan untuk meraih sebagai juara. ”Di putaran ke-4 saya hampir kalah. Tetapi karena niat dari awal wajib menang, akhirnya saya bangkit dan membalikkan keadaan yakni dengan skor 2-1,” ingatnya. (mg12/lim)

akan diterapkan Polres Batu bekerjasama dengan Dishubkominfo, dengan turun ke lapangan serta memaksimalkan keberadaan rambu alih arus portable. ‘’Di lebaran nanti, jumlah pengunjung wisata diprediksi juga akan meningkat, jadi akan banyak kendaraan pribadi dan bus wisata yang masuk di kota ini. Karena itu, fungsi kantong-kantong parkir dan rest area ini bisa dimaksimalkan, sehingga seperti di Jalan Oro-oro Ombo di sekitar BNS dan Jatim Park II tidak sampai terjadi parkiran di pinggir badan jalan, yang justru akan membuat kemacetan arus,” pungkas Made. (poy/lim)

Dia mengakui, kelemahan sampai sekarang masih belum tersedia pos pusat informasi. Banyak para wisatawan kecewa karena saat ke sini tidak ada apa-apa (sajian khas kampung wisata kungkuk). Seharusnya sebelum kunjungan ke sini H-2 sudah mengkonfirmasi sehingga pihaknya bisa menyiapkan apa saja yang dibutuhkan selama kunjungan di kampung kungkuk ini. “Sementara ini rombongan masih hanya lewat contack person. Misal ada travel yang lagi membawa wisatawan yang ingin mengunjungi kampung wisata. Jadi langsung dirujuk ke sini,” pungkasnya. Ditanya harapannya ke depan tentang kampung wisata kungkuk, Wito menjelaskan kalau nantinya kampung ini dapat menjadi pilihan utama bagi setiap pengunjung ataupun wisatawan. ‘’Warga akan merasakan dampak positifnya misal menyewakan villa, menjual hasil kerajinan serta menjual jasa, dengan syarat warga mau kreatif dan jeli membaca peluang,” imbuhnya. (mg12/lim)

Sugeng Rawuh di Kota Wisata Batu Sambungan dari Halaman 8

Para wisatawan ingin mendapatkan apa yang mereka ingin dari wisata, tapi mereka juga harus mendapat pelayanan yang baik untuk apa yang sudah mereka bayar. Keberhasilan kota wisata di seluruh dunia salah satunya ditopang oleh pelayanan dan keramahan masyarakatnya. Inilah yang ingin saya tekankan kepada warga KWB, mereka harus menyambut para tamu dengan keramahan khas wong Mbatu. Untuk menyambut tamu yang datang, kita sering mengucapkan sugeng rawuh atau selamat datang. Begitu juga seharusnya terhadap para wisatawan yang datang, kita ucapkan sugeng rawuh kepada mereka sebagai tamu yang layak untuk dihormati. Sebagai tuan rumah kita harus menunjukkan rasa hormat kepada para tamu, apalagi mereka bertamu untuk mendapatkan kesenangan menikmati keindahan alam kota kita. Keramahan sugeng rawuh ini harus ada di objek wisata, hotel, restoran, rumah makan, desa wisata dan di tempat umum. Maksudnya adalah, agar para tamu itu tidak hanya mendapatkan sajian objek wisata yang sangat indah, tapi mendapat sentuhan kemanusiaan dari keramahan dan keakraban masyarakatnya. Keramahan dan keakraban ini juga harus ditunjukkan oleh masyarakat yang bergerak dalam bidang jasa yang melayani para tamu. Mereka harus menempatkan para tamu itu sebagai orang yang harus dihormati dan dilayani sebaik-baiknya. Jangan sampai bertindak aji mumpung, karena banyak tamu yang datang, pembeli yang antre, kemudian layanan diabaikan, yang penting dapat banyak uang. Pola pikir bahwa para wisatawan yang berlibur punya

banyak uang yang bisa membayar berapa saja, harus dihapuskan. Saat peak season jumlah tamu memang meningkat, tapi tidak boleh menaikkan tarif kamar dengan seenaknya untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya. Begitu juga dengan tukang parkir, jangan mentang-mentang dengan memasang tarif sesuka hati. Saya tahu ini karena banyak yang komplain, tukang parkir menaikkan tarif seenaknya sendiri dengan alasan hari besar. Sikap aji mumpung ini akan menimbulkan image yang tidak baik bagi sebuah daerah. Saya tidak ingin masyarakat luar punya image, hotel di Batu suka menaikkan tarif sesukanya, harga makanan di Batu sangat mahal, atau tukang parkir yang meminta bayaran semaunya tanpa layanan yang baik. Kalau hal ini dibiarkan, masyarakat luar akan mempunya penilaian yang jelek terhadap KWB, ini yang saya tidak mau. Untuk itu saya mengajak semua komponen masyarakat bahu membahu menjadi tuan rumah yang baik, menghormati para tamu yang datang. Sugeng rawuh di KWB.(*)

Dukung HR, PAN Target 4 Kursi Dewan Sambungan dari Halaman 8

‘’Kami sendiri memiliki target minimal meraih 4 kursi di DPRD Kota Batu. Alhamdulilah situasi di PAN Batu baik dan kompak, dan semua calegnya punya rasa kebersamaan untuyk membangun sinergi dan petarung menangkan persaingan,” yakin Minto. (poy/lim) REDAKTUR:HALIM, HALIM,LAYOUTER: LAYOUTER:OLIS OLIS REDAKTUR:


10

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

PERLAWANAN : Pengurus Red Army mengepalkan tangan kiri sebagai simbol perlawanan terhadap ketidakadilan dan simbol perjuangan masyarakat kecil.

Berdemokrasi Serta Berdayakan Ekonomi Anggota

RIBUAN warga Red Army mengikuti buka puasa bersama sekaligus pengukuhan pengurus Red Army di Hall Kartika Graha, kemarin. Organisasi itu diketuai Drs. Peni Suparto M.AP dan dimotori para pengurus yang cakap pada bidangnya masing-masing. Warga Red Army tak sekadar berdemokrasi secara politik ansich, namun juga akan diberdayakan ekonominya.

DISAMBUT : Peni Suparto disalami warga Red Army dari seluruh RW di Kota Malang.

FOTO : RIZAL FANANY/MALANG POST TEKS : BAGUS ARY WICAKSONO/MALANG POST

BERJUANG : Bendahara Red Army Bunda HP bersama Sri Sumiati salah satu caleg DPRD Provinsi Jawa Timur.

INDONESIA RAYA : Ribuan warga Red Army menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mereka memiliki ideologi Pancasila sebagai dasar negara. KANGEN : Warga Red Army yang kangen dengan Bunda HP berebut bersalaman di depan Hall Kartika Graha.

PESAN MORAL: Ustad Aziz dari Pakis mengaji sambil menunggu saat buka puasa.

AKRAB : Ketua Red Army Drs. Peni Suparto M.AP, Sekretaris Wijianto A.Md dan Waksek Bidang Internal Ir. Gandung Rafiul Nurul Huda.

MERDEKA : Ketua Red Army Peni Suparto menyapa warga Red Army Bersama dalam rasa bersatu dalam jiwa, terpatri dalam semangat.

MESRA : Ketua dan Bendahara Red Army Peni Suparto dan Bunda HP.

LAPORAN : Sekretaris Red Army Wijianto A.Md melaporkan kegiatan kepada Peni Suparto.

PENGURUS : Para pengurus Red Army, sebagai garda terdepan dalam berbagai urusan organisasi.

Pengurus Red Army Ketua Wakabid Kehormatan Partai Wakabid Informasi dan Komunikasi Wakabid Organisasi Keanggotaan Kaderisasi Wakabid Keagamaan Wakabid Pemerintahan, Hubungan Antar Lembaga Wakabid Hukum, HAM dan Perundang-undangan Wakabid Perempuan dan Koperasi Wakabid Pemuda dan Pendidikan Wakabid Buruh dan Tani Sekretaris Waksek Bidang Internal Waksek Bidang Program Bendahara Wakil Bendahara

: Drs. Peni Suparto M.AP : Ir. Bido Suasono : Drs. Satrijo Poedji Joeliantono : Hariono : Moch. Mas’ud : Hariyadi : H. Anang Sulistyono SH MH : Fitri Yudawastuning : Liga Alam : Ir. Bambang Irianto : Wijianto A.Md : Ir. Gandung Rafiul Nurul Huda : Abdul Salam : Dra. Heri Pudji Utami M.AP : Ir. Orba Jayadi A.D

BERBUKA : Warga Red Army berbuka puasa bersama selepas pengukuhan pengurus. KOMPAK : Pengurus dan warga Red Army tingkat RW, Kecamatan dan Kota berkumpul di hall Kartika Graha. REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


SAMBUNGAN Semua Bisa karena Satu Jiwa

Sambungan dari Hal 1 warga Arema di Malang dan luar Malang,’’ katanya dilanjutkan pengalungan syal kepada Cak Nun. Kemudian, Emha Ainun Nadjib, memberikan pencerahan awal kepada jamaah. Suasana semakin hidup ketika Cak Nun memanggil Aremania untuk maju ke depan. Abbas namanya, yang diminta menjabarkan makna dari Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. ‘’Assalamualaikum iku dungo dinungo, Cak. Jiwamu apik, jiwaku yo apik. Yo podo karo salam satu jiwa,’’ Abbas. Malam itu, Abbas berdialog gaya Ngalaman dengan Cak Nun. Dialog alami itu jujur lugas dan menghibur. Cak Nun tanpa sungkan juga sedikit ‘ngerjain’ si Abbas. Namun justru pendekatan seperti itu yang mengena saat memberikan pencerahan. ‘’Assalamualaikum itu berarti kami menjanjikan aku dan kamu atau kita, agar selamat. Yakni selamat nyawanya, selamat martabatnya dan selamat harta bendanya,’’ ujarnya. Makanya ketika datang ke stadion, ke masjid maupun kantor Malang Post selalu ada salam. Makna dan tujuan jelas, dalam Assalamualaikum itu ada salam, rahmat dan barokah. ‘’Contoh rahmat itu, kita dikasih kedelai oleh Allah SWT, kemudian dijadikan tempe oleh manusia. Tempe inilah yang disebut barokah,’’ uja Cak Nun. Maka tugas manusia menyam-

bung rahmat menjadi barokah. Termasuk pemerintah menjembatani rahmat kepada masyarakat. Seperti sepakbola menjadi barokah, yakni jadi hiburan Aremania dan sektor perdagangan. ‘’Di Malang ini unik, tidak seperti di Eropa. Pakai ilmu modern, tidak relevan suporter bola ngaji bersama koran. Tapi di Malang lain. Suporter bareng koran, bikin pengajian. Menjadi sangat berkaitan karena semuanya satu jiwa,’’ ujarnya. Yudi Rohmad, salah satu jamaah Maiyah, yang hadir dari Rembang Jawa Tengah mengatakan, CNKK adalah manusia-manusia yang tak kenal lelah untuk menyapa siapa saja untuk selalu kembali kepada kebersamaan maiyah atau togetherness sebagai sesama manusia. ‘’CNKK terhitung telah ribuan desa dari pedalaman Indonesia hingga altar Vatikan di Roma, telah merasakan sapaan mesra melalui alunan musik Kiai Kanjeng dan sentuhan mutiara hikmah dari Cak Nun tentang hikmah-hikmah kehidupan,’’ bebernya. Kata dia, dimanapun tempat, kalau CNKK tampil, sampai jam empat pagi pun masih pada betah duduk bahkan berdiri. Itulah ciri khas CNKK yang mampu mengkombinasikan antara hikmah kehidupan sederhana namun mengena. Ngaji bareng seperti diselenggarakan Malang Post ini dinilai memang mengena. (ary/avi)

Mudik Gratis Lebih Efektif Ketimbang Pasang Spanduk Sambungan dari Hal 1 Demikian disampaikan oleh pengamat politik asal Universitas Indonesia Effendy Ghazali di depan Kantor FORMAPPI, Jl. Matraman Raya, Matraman, Jakarta, Minggu (4/8). ’’(Hal itu karena) pertama, kan bukan abis lebaran langsung kita pemilu. Kan abis lebaran kosong lagi, nanti ada lagi kegiatan-kegiatan lain,’’ ujarnya kepada media. Alasan selanjutnya, adalah karena karena begitu banyaknya yang memasang spanduk potret dirinya sendiri, masyarakat malah tidak akan memperhatikan lantaran bingung spanduk mana yang akan dilihatnya. ’’Jadi itu nggak terlalu efektif. Justru barangkali yang lebih efektif adalah mudik bareng,’’ lanjut Effendy. Namun, orang atau partai itu jangan menyediakan kendaraan gratis hanya untuk mudik saja, melainkan juga untuk kembali ke kota. Menyediakan kendaraan hanya untuk mudik saja, itu tidak berbeda dengan meminum jamu setengah matang. ’’Itu kurang komplit, kaya jamu setengah matang buat berangkatnya aja, (tapi) pulangnya nggak bareng-bareng,’’ demikian Effendy. Sepanjang mudik lebaran ini, memang banyak calon anggota legislatif maupun partai, yang menggelar mudik gratis. Termasuk menyediakan posko mudik. Termasuk banyak pula yang memasang spanduk maupun banner. Seperti Partai Amanat Nasional. Partai pimpinan Hatta Rajasa ini

juga menggelar Posko Mudik di 50 titik yang tersebar di seluruh pulau Jawa. Program ini akan dilaksanakan pada tanggal 1-7 Agustus 2013 atau H-7 lebaran. Selain posko mudik, pada hari sebelumnya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa juga telah memberangkatkan 13.559 pemudik dari Jakarta dalam mudik gratis bersama PAN di Parkir Hall A Basket, Senayan, Jakarta, (Sabtu, 3/8), lalu. Sedang untuk posko mudik, Organisasi sayap PAN, Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Indonesia yang dikomandoi oleh Rusli Halim Fadli ditunjuk sebagai pelaksana program posko mudik ‘Posko Aksi Nyata bersama Pak Hatta’. Setelah sukses melaunching pada 1 Agustus 2013 kemarin, pada hari ke-4 ini, 50 posko mudik PAN tetap siap siaga menyambuat dan melayani para pemudik yang melintas. ’’50 posko itu tersebar di sepanjang rute mudik dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang disediakan seperti; bengkel darurat, toilet, tempat istirahat, tempat menyusui, pijat refleksi, P3K dan hidangan rakyat (takjil) yang memungkinkan bagi para pemudik tetap bugar dan ceria selama dalam perjalanan,’’ ujar Rusli yang juga mantan Ketua DPP IMM itu. Sedangkan kemarin, Presiden SBY meninjau langsung arus mudik para pengendaraan sepeda motor yang mudik gratis dengan menggunakan Kapal perang KRI Banda Aceh-593 TNI AL dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menuju Pelabuhan

Tanjung Emas, Semarang, Minggu (4/8). Presiden tiba di Terminal Penumpang Nusantara 2, Tanjung Priok, sekitar pukul 10.00 WIB, Ia langsung menyapa para pemudik baik yang berada di kamar lantai satu khusus ibu dan anak maupun yang berada di dak kapal lantai dua. ’’Ada yang ke Magelang, Purwodadi, Madiun, Semarang, Pacitan,’’ kata Presiden disambut riuh para pemudik yang memenuhi dak kapal lantai dua tersebut. Menurut SBY, kalau ada yang sakit, di kapal ada dokter. Tapi ia berharap mudah-mudahan tidak ada yang sakit dan tidak ada yang mabuk selama perjalanan dan selamat hingga tujuan. SBY juga menyampaikan resep agar pemudik dengan kapal tidak mabuk, khususnya bagi penumpang yang baru sekali ini melakukan pejalanan laut. ’’Selama di kapal kalau ombaknya goyang-goyang pusing dikit, ke luar geladak. Lihat pemandangan dan hirup udara segar, biasanya sehat kembali. Itu resep terbaik,’’ pesan SBY seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet RI. Pukul 10.35 WIB, Presiden yang didampingi Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu bergegas memasuki mobil. Sebelum memasuki mobil, Presiden SBY kembali melambaikan tangan ke para pemudik, dan disambut dengan antusias para pemudik. (Rakyat Merdeka)

Mari Menghidupkan Sunnah Sambungan dari Hal 1 “Qul in kuntum tuhibbuunallaah, fattabi’uunii… Katakan, jika kalian mengaku mencintaiKu, begitu Allah berfirman, maka ikutilah Rasulullah”. Dan Subhaanallaah Walhamdulillah, Allah dan Rasul-Nya menjanjikan banyak keutamaan di balik sunnah-sunnah yang kita kerjakan. Insya Allah, dengan amal kita saja, bila dilakukan istiqamah, penuh keyakinan, keikhlasan dan kesabaran, sanggup menyelamatkan kita dari buruknya kelakuan kita di masa lalu; sanggup mengeluarkan kita dari kerumitan masalah yang kita hadapi; sanggup menyampaikan kita dari hajat; sanggup mengangkat derajat kita; sanggup membuat hidup kita damai, tenang, bahagia, dan berkecukupan. Apalagi kalau kemudian kita berkenan mendorong sebanyakbanyaknya orang untuk juga mau melakukan sunnah-sunnah yang diajarkan Rasulullah. Mari kita hidupkan sunnah, dan menggerakkan kanan dan kiri kita untuk juga menghidupkan dan menggiatkan sunnah. Sebagai pintu awal, Majelis Dhuhaa Nasional atau yang kita sebut dengan MDN, mudah-mudahan bisa menjadi wasilah tentang gerakan kita hidup dan menghidupkan sunnah. Insya Allah kita kembangkan MDN ini bersama-sama. Ridha

11

PNS Bolos Usai Lebaran, Sanksi Keras Menunggu

Sambungan dari Hal 1 Ya, CNKK hadir semalam untuk merayakan dan menyambut HUT ke 15 Malang Post dan 26 tahun Arema. Cak Nun, benar-benar memberikan pencerahan kepada Aremaiyah. Walau pencerahan itu diberikan dalam gambaran yang sangat sederhana. Penciptaan kedelai dan tempe. Dalam Ngaji Bareng itu, hadir Gus Imron Ketua Anshor Jawa Timur, Iwan Kurniawan Bos PT ACA, Rudi Widodo General Manager Arema Indonesia. Memberikan sambutan awal adalah H Djoko Purwanto Direktur Malang Post. Menurut, inilah kali kedua, CNKK hadir pada HUT Malang Post, sekaligus HUT ke-26 Arema. ‘’Tahun lalu suasananya begini, pada malam lailatul qadar. Seluruh masyarakat hadir. Tahun depan, mari kita memohon agar Arema jadi juara dan Malang Post juga juara di Malang Raya,’’ ujar Pak Pur, sapaan akrab para karyawan Malang Post kepada Direktur Malang Post. Katanya, Malang Post akan mendorong agar CNKK hadir ke Malang lagi. sehingga Malang semakin makmur, Indonesia semakin jaya. Sambutan itu kemudian dilanjutkan oleh Direktur Arema Indonesia Rudi Widodo ‘’Kita sebut saja Aremaiyah, Aremania dan jamaah Maiyah. Kini Arema berusia 26 tahun semoga semakin bisa dibanggakan

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

Allah dan Pertolongan-Nya, kita sama-sama harapkan. Kemudahan itu ada di tangan Allah. Laa ilaaha illallaah. Tidak ada yang bisa memberi kemudahan kecuali Allah. Kebahagiaan, ketenangan, kedamaian, ada di tangan Allah. Laa ilaaha illallaah. Tidak ada yang bisa memberi itu semua kecuali Allah. Sama dengan maksudnya itu kalimat; Tidak ada yang bisa memberikan ragam kesulitan kecuali Allah yang hingga Dia lah yang bisa melepaskannya kembali. Kehendak itu kehendaknya Allah. Maka saya kepengen Allah berkehendak memudahkan segala urusan saya. Tapi bila saya menghendaki Allah memberikan kemudahan buat saya, sudah seharusnya saya menjadi hamba-Nya yang mau mengikuti segala aturan-Nya, dan siap untuk melaksanakan kewajiban dan meninggalkan larangan-Nya. Saya tidak menjamin diri saya sendiri, bahwa ia akan mendapatkan segala kemudahan apabila Allah tidak saya ikuti. Rasul pun demikian. Ia tidak sanggup menjamin dirinya dan anak keturunannya masuk surga bila tiada ketaatan dan amal salih. Bila Allah sudah mengatur, maka Kun Fayakuun-Nya yang terjadi. Kuasa-Nya yang terjadi. Karena Dia lah Laa ilaaha illallaah. Tidak ada yang mengatur dunia ini kecuali

Allah. Saya sangat sangat bersedia untuk diatur. Sebab saya tahu dan meyakini, dengan sabab ilmu yang diteteskan-Nya pada saya, melalui pengajaran para guru, para orang tua, lewat berbagai media, bahwa kalau Allah sudah mengatur, maka aturan-Nya itulah yang terbaik. Laa ilaaha illallaah. Tidak ada aturan yang terbaik kecuali apa-apa yang sudah Allah aturkan. Laa ilaaha illallaah. Tidak ada Tuhan selain Allah. Tidak ada pemain di dunia ini, kecuali Allah, yang memainkan seluruh peraturan, sebab peraturan adalah peraturanNya, dan segala kuasa adalah Kuasa-Nya. Dengan berpikiran seperti ini, yang harus saya lakukan adalah menyadari semua itu, pasrah berserah diri untuk ikut di dalam aturanNya dan mengikuti-nya sepenuh hati dengan kekuatan penuh. Tidak setengah-setengah. Laa ilaaha illallaah. Tidak ada kehidupan kecuali untuk-Nya. Saya melihat, kegagalan para pencari dunia, baik di tahapan mencari dunia, atau di tahapan menikmati dan mengelola dunia, adalah aktifitasnya tidak dia lakukan karena Allah dan untuk Allah. Andai dia punya visi misi li i’laa-i kalimaatillaah, untuk meninggikan kalimat Allah, maka tidak ada pernah kegagalan baginya…(*)

Entah itu alasan macet sampai kehabisan tiket. Hal yang sama disampaikan Wali Kota Batu, Eddy ‘ER’ Rumpoko, seperti disampaikan Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Dia juga meminta seluruh PNS yang ada di lingkup pemerintahan Kota Batu untuk tertib saat kembali masuk kerja pasca liburan Lebaran. ‘’Pak Wali (ER, Red) mengingatkan, pada tanggal 12 Agustus nanti, tidak ada alasan lagi bagi PNS sampai tidak masuk kerja. Apapun alasannya. Kecuali sakit dan itu benar-benar sakit. Semuanya wajib hukumnya untuk masuk kerja,’’ terang Punjul kepada Malang Post. ‘’Jika ditemukan tidak masuk kerja pada tanggal 12 Agustus nanti, akan dapat sanksi melalui BKD (Badan Kepegawaian Daerah, Red),’’ ucap

orang nomor dua di Kota Batu ini. Selain itu, Punjul juga meminta seluruh kepala SKPD di Pemkot Batu untuk on call. Diantaranya, ponsel tidak boleh sampai dimatikan, sepanjang lebaran. Hal ini untuk memudahkan koordinasi jika sewaktu-waktu ada kegiatan atau hal mendadak dan bersifat penting. ‘’Mengapa harus on call, jika ada hal darurat, misalnya ada laporan terjadi bencana tanah longsor di wilayah Batu, maka kepala dinas terkait bisa langsung berkoordinasi dengan jajarannya. Untuk yang on call terutama Dinkes, Bina Marga, PMK, Dishub, Satpol PP,’’ tegasnya. Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang menyebut, waktu liburan pegawai sudah sangat cukup panjang. Sehingga pegawai wajib masuk

pada tanggal 12 Agustus nanti. ‘’Tidak ada alasan pegawai tidak masuk kerja,” katanya. Bagi pegawai yang tidak mentaati peraturan, maka akan ada sanksi yang disiapkan. Yaitu berupa pembinaan peningkatan disiplin. Pasalnya, selain sudah diumumkan melalui surat dan pengumuman, kewajiban untuk masuk kerja pada 12 Agustus juga diumumkan lagi pada saat apel terakhir sebelum liburan lebaran Jumat (2/8) lalu. “Kami sudah umumkan wajib masuk pada 12 Agutus saat apel. Selain itu saya juga mengumumkan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk mewantiwanti anak buahnya yang pergi ke luar kota, supaya bisa mengatur waktunya. Jangan sampai karena alasan masih berada di luar kota tidak masuk di hari pertama kerja,’’ terang Suwandi. (poy/ tom/agp/avi)

Kereta Normal, Jalan Ramai Malam Hari Sambungan dari Hal 1 KA Malabar sendiri, menurut Zainul dipatok tiket mulai dari Rp 50 ribu sampai dengan Rp 225 ribu. Rute KA itu melayani jalur Malang sampai ke Kota Bandung melewati sejumlah stasiun besar di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kapasitas kereta Malabar sesuai catatan Stasiun Kota Baru mencapai 490 penumpang. ‘’Untuk Tawangalun kapasitasnya 530 orang, harga tiket sendiri Rp 50 ribu,’’ tegas pria ramah ini. KA Tawang Alun sendiri memiliki rute Malang menuju Banyuwangi, berangkat sekitar pukul 14.30. Kereta ini juga melewati rute penting di Jawa Timur hingga ke dekat pelabuhan menuju Pulau Bali. Menurut Zainul, lonjakan penumpang menuju Banyuwangi sudah nampak dengan tiket yang terjual habis. ‘’Tiket yang terjual habis itu hanya untuk hari ini saja (kemarin),’’ imbuhnya. Sehingga sejauh ini arus mudik di Stasiun Besar Kota Baru Malang, masih terpantau normal. Dari pantauan Malang Post juga ma-

sih belum ada lonjakan pemudik dari berbagai jurusan yang datang atau akan mudik dari Malang. ’’Lonjakan pemudik biasanya justru melalui stasiun kota besar seperti Surabaya,’’ imbuh dia. Kebanyakan pemudik yang melewati stasiun Kota Baru, adalah pemudik lokal. Mereka memiliki rute perjalanan ke daerah Blitar atau juga ke Kediri. Hal ini tidak menjadikan pemudik lokal memadati Stasiun Kota Malang, kemarin. Sementara itu, mendekati Idul Fitri, jumlah kendaraan pemudik yang melewati sepanjang Lawang-Singosari pada malam dan dini hari jauh lebih banyak dibandingkan pada siang dan sore hari. Akibatnya, sejumlah ruas jalan mengalami kepadatan lalu lintas pada malam dan dini hari. ‘’Memasuki sore hari, jalur Lawang-Singosari mulai dipadati kendaraan arus mudik. Kondisi tersebut semakin meningkat hingga dini hari,’’ ujar Kasatlantas Polres Malang AKP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, kepada Malang Post kemairn. Malam hari per menitnya rata-rata sekitar 25-

30 kendaraan yang lewat. Kondisi seperti itu, naik sebesar 10 persen dibandingkan dengan waktu yang sama, di hari biasa atau normal. ‘’Kalau hari biasa selain akhir pekan, kendaraan yang melintas sekitar 22-27 unit per menitnya. Artinya, pada arus mudik kali ini meningkat sebesar 10 persen,’’ ucap Dwi begitu dia akrab disapa. Dijelaskannya, arus yang paling padat berasal dari luar daerah untuk masuk ke Kabupaten Malang. Itu dikuatkan dengan banyaknya kendaraan berplatnomor luar Malang yang masuk ke Kabupaten Malang. ‘’Benar, rata-rata kendaraan yang masuk berplatnomor dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan Mojokerto,’’ ungkapnya. Dia juga menyadari, mayoritas pemudik yang menggunakan mobil dan sepeda motor memilih berkendara malam hari ketimbang siang hari. Itu dikarenakan cuaca saat malam hari yang sejuk dan dingin mendukung untuk berkendara. ‘’Kalau siang hari, biasanya tidak panas ya hujan. Selain itu capek, belum lagi saat ini masih puasa,’’ jelasnya. (ary/big/avi)

Berangkatkan Umrah dan Santuni 10 Ribu Anak Yatim Sambungan dari Hal 1 juannya untuk syiar Islam, terutama dalam rangka ukhuwah Islamiyah. Saya berharap anak yatim ini bisa menjadi anak soleh dan solehah,” terangnya kepada Malang Post. Selain memberangkatkan belasan anak ke tanah suci, dalam kesempatan yang sama PT ACA juga menggelontorkan santunan bagi 10 ribu anak yatim se-Malang Raya. Mereka berasal dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu dan bukan berasal dari panti asuhan ataupun yayasan. Iwan berharap tahun depan bisa mendistribusikan lebih banyak lagi santunan buat anak yatim dan kaum dhuafa. Selain itu, PT ACA juga

memperhatikan pendidikan mereka dengan memberi beasiswa sekolah. “Santunan anak yatim merupakan agenda tahunan. Kami berharap tahun depan makin banyak lagi yang bisa kami bantu. Mungkin lebih dari 15 ribu. Kami pilih anak non panti karena perhatian untuk mereka selama ini masih minim,” tandasnya. Dengan beasiswa pendidikan, diharapkan anak-anak kurang mampu ini bisa menuntaskan jenjang pendidikannya saat ini. Bekal ilmu dan pengetahuan yang cukup tentunya bakal menuntun mereka menjadi pribadi berwawasan dan bermanfaat bagi masyarakat. Para bocah itu pun tampak antusias me-

nerimanya. “Senang sekali. Nanti bisa sekolah sampai selesai,” tutur dara asal Wonosari bernama Nabila. Ribuan anak yatim piatu yang kemarin memadati halaman Kantor PT ACA di kawasan Celaket kian sumringah karena dihibur aksi sulap oleh Kak Aziz dan special performance dari Gwen Mahadewi. Sebelum buka puasa bersama, mereka juga mendapat wejangan tausiyah dari Ustadz Mujayid. Pekan Islami VII PT ACA bakal berlanjut hingga Selasa (6/8) besok. Artis ibukota seperti Biyan d’Bagindaz serta Anang, Ashanty dan Aurel bakal perform di sana. (tom/han)

Tak Mau Repotkan Panitia, Tampil Hingga di Vatikan Sambungan dari Hal 1 Malam itu, hadir pula rampak osing, baca saja liriknya seperti ini. ”Arep golek opo Arep golek opo Kok uberuberan. Podho ngoyak opo podho ngoyak opo, kok jegal-jegalan. Kabeh dho mendem, kabeh dho mendem ra mari-mari. Podo ndluosor digowo mati. Pendek kata, masyarakat Malang Raya benar-benar beruntung bisa kembali mengikuti Ngaji Bareng Cak Nun, tadi malam. Selain bertemu Emha Ainun Nadjib, keberuntungan lainnya adalah bisa mengapresiasi langsung musik Kiai Kanjeng. Kelompok ini telah tampil di berbagai negara, bahkan satu-satunya kelompok musik yang tampil nyaris berbarengan Paus Paulus wafat di Roma dan Vatikan. Gamelan yang dibawa Kiai Kanjeng tampil bersama Cak Nun dalam HUT Malang Post untuk memuaskan ribuan Aremania ini, dibawa langsung dari Yogyakarta. Berat totalnya mencapai sekitar 450 kilogram, diangkut dengan pickup Toyota Hilux nopol AB 9817 HH. Kendaraan berumur sekitar dua tahun, menggantikan Mitsubishi L300 yang telah uzur.“Dulu kemana-mana, kalau di daerah Jawa, ya pakai L300, karena uzur digantikan Hilux itu,“ aku Erfan Muhlis (50 tahun), salah satu cantrik Cak Nun. Erfan telah ikut Cak Nun dan Kiai Kanjeng selepas reformasi bergolak di Indonesia. Dia dulunya berkecimpung dalam Teater Salahudin di Universitas Gajahmada Yogyakarta. Kemudian dia memilih nyantrik Cak Nun dan ikut Kiai Kanjeng kemanapun manggung. Erfan termasuk salah satu kru yang naik langsung Hilux dari Yogyakarta ke Malang.”Hilux itu yang naik tiga orang termasuk saya, ya gantian, kebetulan saya yang naik hari ini, (kemarin, red),” ujarnya. Karena ikut Kiai Kanjeng, Erfan juga pernah ke luar negeri, seperti Mesir, Australia, Belanda, Roma, Vatikan. Sedangkan untuk wilayah Indonesia, dia juga ikut di hampir seluruh

provinsi bahkan ke Papua. Urusannya, adalah maintenance termasuk persiapan ke taraf bunyi gamelan. ”Gamelan yang dibawa yang sekitar 450 kilogram, kalau ke luar negeri ya gamelan itu yang dibawa,” jelasnya. Persoalan sound biasnya memang lebih ribet, karena tidak semua orang hapal gamelan. Makanya Kiai Kanjeng juga selalu minta didampingi kru, dan tidak pernah merepotkan panitia lokal. Lokal yang berfungsi biasanya pada saat checksound saja, selebihnya ditangani Kiai Kanjen sendiri.”Saya maintenance sama persiapan ke taraf bunyi, terutama alat non diatonis karena perlu tata suara,” jelasnya. Nanti pemain Kiai Kanjeng sendiri yang akan menentukan karakter musik. Baik itu low bas dan lainnya. Alat 450 kilogram terdiri dari gamelan satu set, saron demung, bonang (dua set), perkusi satu set, bas gitar dan keyboard. ”Kalau ke luar negeri biasanya, bagasi kita sesuaikan jumlah orang, lebih enak karena batasannya lebih banyak, nah kalau konser di Indonesia, naik pesawat kena beban lebih di gamelan, karena per orang berat maksimal 20 kilogram,” urainya. Sambutan di setiap daerah berbeda, menurut Erfan, amatlah beragam. Paling senang di Mesir, karena gamelan bisa mengiringi Arabic. Di Vatikan juga termasuk istimewa karena bertepatan Paus meninggal dunia. Saat itu konser musik dilarang di Italia dan Vatikan, termasuk pertandingan sepakbola. ”Tapi Kiai Kanjeng boleh main, kami sampaikan rasa bela sungkawa melalui musik, dan itu nyampai ke mereka,” jelasnya. Setting peralatan, kru Kiai Kanjeng hanya butuh waktu dua jam. Checksound lebih ribet karena tergantung SDM lokal. Rentang waktu antara setengah jam sampai satu jam saja. Sebelum tampil pada HUT Malang Post, Kiai Kanjeng juga tak merepotkan panitia, terkesan mandiri.”Saya senang ikut Cak Nun dan Kiai Kanjeng, selain bermusik juga kena di-

mensi spriritual,” katanya. Di Kiai Kanjeng, semua tidak pernah hitung-hitungan soal fee atau pendapatan. Mereka mengalir apa adanya, yang penting bisa memuaskan masyarakat. Anggota Kiai Kanjeng sendiri juga dari berbagai profesi. Beberapa juga guru, penjual helm dan masih banyak lagi. Gamelan Kiai Kanjeng sendiri, yang dulu awal ”menciptakan” adalah Novi Budianto, sering dipanggil Mas Nevi. Dia merupakan guru seni rupa di SMPN 6 Yogyakarta. Sampai saat ini, Kiai Kanjeng telah berkunjung ke lebih lebih dari 21 propinsi, 376 Kabupaten, 930 kecamatan, dan 1300 desa di seluruh wilayah Nusantara. Kiai Kanjeng juga kerapkali ke mancanegara, diantaranya adalah tour enamm kota di Mesir (2003), Malaysia (2003, 2005, 2006), Inggris (6 kota, 2004), Skotlandia (serangkai dengan Jerman dan Italia, 2005), Finlandia (2006), Hong Kong (2007), Belanda (2009) dan Abudabi (2009) dan Vatikan. Kiai Kanjeng selalu tampil bersama Cak Nun, terutama grassroot dan menengah bawah. Mereka berkegiatan multi-konteks meliputi budaya, keagamaan, spiritual, social problem solving, pendidikan politik dan sebagainya. Disebutkan bahwa Emha Ainun Nadjib dan Kiai Kanjeng berangkat berdasarkan permintaan langsung serta program rutin jamaah maiyah. Dalam situs mereka (Kiai Kanjeng), disebutkan bahwa eksplorasi musik Kiai Kanjeng hampir tidak membatasi dirinya pada jenis atau aliran musik. Karena secara musikal alat Kiai Kanjeng memiliki berbagai kemungkinan, maka pengembaraan cipta mereka sangat ragam. Yakni dari eksplorasi musik tradisional Jawa, Sunda, Melayu dan Cina, termasuk penggalian dari berbagai etnik lain seperti Madura, Mandar, Bugis dan lainnya. Kiai Kanjeng bahkan memainkan musik barat modern, pop, blues dan jazz. (Bagus Ary Wicaksono) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

12


13

SENIN, 5 AGUSTUS 2013

KABUPATEN MALANG JADI ‘’BALI KEDUA’’

PETIK APEL: Bupati Malang Rendra Kresna melakukan petik apel di Poncokusumo.

Target Kunjungan Empat Juta Wisatawan BERSIH-BERSIH : Bupati Malang Rendra Kresna, ketika melakukan bersih-bersih pantai dengan menyapu sampah di sekitar pantai Balekambang.

Satu Tujuan, Empat Objek Wisata BICARA soal tempat wisata, sebetulnya Kabupaten Malang ini tak kalah bagusnya dengan Pulau Dewata Bali. Sekalipun di Indonesia ini, Bali memang cukup dikenal dengan banyaknya tempat tujuan wisata pantai. Tetapi Kabupaten Malang, justru lebih banyak lagi memiliki wisata pantai yang bisa menjadi jujugan saat liburan lebaran ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa Kabupaten Malang adalah ‘’Bali Kedua’’. Beberapa pantai yang bisa menjadi tujuan liburan, diantaranya adalah Pantai Sendangbiru dan Tamban di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Balekambang dan Kondang Merak di Kecamatan Bantur. Pantai Ngliyep dan Kondang Iwak di Kecamatan Donomulyo. Pantai Bajulmati dan Goa Cina di Kecamatan Gedangan.

Serta masih banyak beberapa pantai lagi. Dari beberapa pantai yang ada di wilayah Malang SelaSela tan tersebut, ada tujuan wisata yang menjadi satu paket. Yaitu berwisata ke satu tujuan, tetapi bisa empat tempat wisata sekaligus dikunjungi. Diantaranya adalah Pantai Tamban, Sendangbiru, Goa Cina serta Pantai Bajulmati. Keempat tujuan wisata tersebut, dinamakan satu paket, lantaran jalur menuju keempat pantai itu sama. Dari Kota Malang, untuk menuju ke tempat wisata ini cukup ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan mobil. Kendati jalan yang dilalui berlikuliku, tetapi wisatawan akan bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Sebab sepanjang jalan menuju keempat pantai ini, wisatawan akan melihat perkampungan warga desa yang asri. Selain

itu, wisatawan juga disuguhi pemandangan alam pepohonan hutan yang masih rimbun. pertama, Untuk tujuan pertama wisatawan bisa ke Pantai Tamban. Pantai ini berada di Desa Tambakrejo. Di Pantai yang rencananya akan dibuat sebagai Pelabuhan International ini, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai. Bahkan juga bisa melihat perahu yang biasa digunakan nelayan untuk mencari ikan. Usai dari Pantai Tamban, perjalanan bisa dilanjutkan langsung ke Pantai Bajulmati. Pantai ini kondisinya masih alami. Di sini wisatawan bisa menikmati ombak laut yang terlihat ganas. Pantai ini dinamakan Bajulmati karena ada batu karang panjang yang bentuknya menyerupai seekor buaya. Ketika menjelang malam, saat disapu ombak batu ini seakan hidup.

DINAS Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang menargetkan kunjungan wisatawan lokal sebanyak 4,2 juta orang sepanjang tahun 2013. Target tersebut diyakini akan tercapai melihat semakin naiknya tingkat kunjungan wistawan lokal dari tahun ke tahun. “Pada akhir tahun ini, kami menargetkan kunjungan wisatawan lokal naik sebesar 100 persen, disbanding saat tahun 2012 kemarin,” ujar Kepala Disbudpar Kabupaten Malang, Ratna Nurhayati kepada Malang Post. Ditambahkan, sepanjang tahun 2012 kemarin, Kabupaten Malang dikunjungi 2.1 juta wisatawan lokal.Untuk semester pertama tahun ini, dia mengatakan ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan lokal yang cukup signifikan. “Tetapi, yang jelas memang ada peningkatan kunjungan wisatawan lokal,“ terang Ratna sapaan akrabnya. Dipaparkan, Kabupaten Malang memiliki potensi yang lengkap untuk menarik kunjungan wisawatan lokal. Mulai gunung, pantai, keindahan alam, candi dan budaya semuanya ada Untuk potensi pantai, Disbudpar Kabupaten Malang masih mengandalkan Pantai Balekambang dan sejumlah pantai lainnya yang ada di Malang Selatan. Sedangkan untuk keindahan alam berupa pegunungan atau agrowisata, mengandalkan Desa Wisata Gubug Klakah, Kecamatan Poncokusumo. Bahkan Desa Wisata Gubug Klakah, diplot sebagai pengganti Kota Batu yang dulu pernah menjadi bagian Kabupaten Malang. “Potensi keindahan alam Desa Wisata Gububugklakah Kecamatan Poncokusumo, sebenarnya tak kalah dengan Kota Batu. Baca Target... Hal.14

PRIMADONA : Pantai Balekambang salah satu primadona obyek wisata di Kabupaten Malang.

Baca Satu Tujuan... Hal.14 FOTO-FOTO: MALANG POST

Balekambang dan Ngliyep Jadi Primadona LIBURAN Lebaran aran tahun ini, menjadi tantangan bagi PD D Jasa Yasa untuk bisa menarik wisawatan tan sebanyak-banyaknya berkunjung ke objek wisata yang dikelola perusahaan daerah itu. Berbagai fasilitas sudah disiapkan PD. Jasa Yasa untuk menarik wisatan tersebut. Beberapa obyek wisata yang dikelola oleh BUMD milik Pemkab Malang ini antara lain,

pemandian Dewi Sri, Pemandian Metro, Hotel Air Panas Songgoriti, Pantai Balekambang dan Pantai Ngeliyep. Dari beberapa obyek wisata itu, Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep menjadi andalan dan primadona untuk menarik wisatawan. Oleh karena itu, agar wisatawan terpancing untuk datang, segala kebutuhan untuk memanjakan wisatawan

sudah dipersiapkan sejak sebulan lalu. Mulai dari pengecatan, pemavingan, kebersihan sekitar lingkungan serta keindahan juga harus tetap terjaga. “Sebab tujuan wisatawan ke tempat wisata tidak hanya berlibur saja, tetapi juga butuh view dan istirahat. Selain itu, kenyamanan di lokasi wisata sudah kami pikirkan,” ungkap Direktur Administrasi PD Jasa Yasa,

Asyari, kepada Malang Post. Selain fasilitan umum, Asyari menyebut bahwa PD Jasa Yasa juga telah menambah tempat untuk berteduh. Fasilitas air bersih dan penerangan juga sudah ada. “Untuk ketersediaan air bersih, kami sudah bekerjasama dengan Aquase. Sedangkan untuk penerangan, sudah ada PLN,” ujarnya. Tidak hanya itu saja, di sekitar pesisir

pantai saat ini juga ditambah hotel. Di sudah Balekambang, ada dua hotel yang su Hotel siap dipakai. Yaitu Hotel Wibisono dan H Bambu. Sedangkan di Pantai Ngliyep juga ada tempat penginapan yang tersedia, meski kamarnya terbatas hanya tujuh kamar. Bukan hanya di Balekambang, Pemandian Dewi Sri juga akn dipoles lebih menarik lagi. Baca Balekambang... Hal.14

BERSANDAR : Puluhan kapal milik nelayan di Pantai Sendangbiru yang bersandar di dermaga.

REDAKTUR: NUGROHO, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

14

Pemkab Jamin Stok Kebutuhan Lebaran Aman MALANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memastikan semua kebutuhan pokok dan bahan penting lainnya untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri, dipastikan aman. Mulai dari kebutuhan sembako, bahan bakar minyak, LPG, sampai dengan ketersediaan armada mudik lebaran. Kepastian itu terungkap dari hasil rapat koordinasi (rakor) ketersediaan sembako dan bahan penting lainnya menghadapi Lebaran. Dari hasil rakor itu, semua kebutuhan pokok sudah tercukupi stoknya hingga enam bulan ke depan. Rapat yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Malang, Dr. Nehruddin, SE, MM ini menghadirkan semua stake holder terkait yang masingmasing pihak di minta laporan terkait upaya upaya yang sudah dilakukan instansinya. Meski selama bulan Ramadan

kebutuhan masyarakat cenderung mengalami peningkatan, namun ketersediaan sembako dan barang penting lainnya seperti dilaporkan SKPD dan instansi terkait dalam kondisi mencukupi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Malang pada saat dan pasca Lebaran (H-7 sampai H+7). Bahkan ketersediaanya mencukupi untuk jangka waktu tiga sampai dengan enam bulan ke depan. Menurut Kabag Humas Pemkab Malang, Drs. M. Hidayat, MM, M.Pd, fluktuasi harga sembako dan komoditas penting lainnya, seperti BBM dan LPG per 29 Juli 2013 cenderung terjadi penurunan harga. Harga beras mengalami penurunan hingga 10 persen telur ayam 43 persen dan bawang putih turun hingga 13 persen. “Salah satu faktor penyebab turunnya harga pada komoditas tersebut adalah dilaksanakannya Pasar Murah yang diselang-

Dr. Nehruddin, SE, MM garakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Malang pada tanggal 15 Juni sampai dengan 5 Agustus 2013,” ujarnya. Sebaliknya kenaikan yang terjadi pada komoditas cabe

rawit sejak tanggal 8 Juli 2013 sampai 29 Juli 2013, lebih dikarenakan faktor gagal panen sehingga pasokan atau supply tidak memenuhi permintaan pasar. Adapun faktor-faktor penyebab gagal panen adalah serangan ”busuk buah”, yaitu dimana kondisi buah cabe terlalu basah akibat curah hujan yang tinggi atau anomali cuaca. Untuk menjamin ketersediaan BBM, pihak pertamina akan meningkat sebanyak 15 persen untuk BBM jenis Premium dan untuk solar Stok Premium selama perayaan Lebaran (H-14 sampai H+14) sebanyak 20 persen dari kondisi stok normal dari 6.200 kl/ hr menjadi 7.200 kl/hr. Kebutuhan BBM untuk Malang Raya seperti biasa akan dipenuhi oleh TBBM PT. Pertamina Malang dan TBBM PT. Pertamina Surabaya Perak. “Untuk memberikan pelayanan yang maksimal pihak Pertamina

sudah meningkatkan kesiapan armada dan empat mobil tangki. Karena permintaan solar menurun maka armada untuk mobil tangki solar juga akan di arahkan untuk mengangkut premium,” terangnya. Jaminan kelancaran BBM khususnya premium diperkuat dengan dibentuknya satgas BBM untuk bisa memantau kondisi di lapangan dan segera mengambil tindakan apabila terjadi keterlambatan pasokan BBM. Selain itu, Hiswana Migas selaku operator distribusi elpiji 3 Kg menjamin ketersediaan LPG di Malang Raya dan Kab Malang khususnya. Stok LPG yang tersedia akan ditambah sebanyak 119.000 tabung pada saat perayaan lebaran nanti, mulai H-14 hingga H+14 bahkan pihaknya juga akan tetap melakukan distribusi selama perayaan Lebaran. (aim/mar/adv)

Panwaslu Tertibkan Atribut Cagub Jawa Timur

SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

TERTIBKAN: Salah satu pamflet dari calon Gubernur Jatim ditertibkan panwas Kecamatan Lawang.

LAWANG - Sikap tegas mulai ditunjukkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan, terhadap sejumlah atribut pasangan calon Gubernur Jawa Timur (Jatim). Di wilayah Lawang, beragam atribut seperti spanduk, pamflet hingga baliho, mulai dilakukan pencopotan paksa karena dianggap mencuri start kampanye. Sejak dimunculkannya instruksi pencopotan oleh Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Jatim, sedikitnya 15 spanduk atau pamflet dari pasangan calon berhasil ditertibkan. “Penertiban yang dilakukan tersebut sesuai instruksi Banwaslu Jatim. Pemasangan atribut setelah muncul penetapan merupakan upaya mencuri start kampanye,” terang Ketua Panwaslu Kecamatan Lawang, Utomo Sudarminto. Dijelaskan dia, ketika teguran yang diberikan Panwaslu tidak digubris, penertiban atribut cagub langsung dilakukan. Seiring instruksi itulah, tambah Utomo, penertiban alat peraga atau promosi salah satu pasangan Cagub, akan terus dilakukan secara kontinuew. Walaupun, dari empat calon yang maju, ada dua calon pasangan yang cukup getol melakukan pemasangan atribut. “Penertiban ini akan dilakukan sampai masa kampanye Pilgub. Ketika masa itu masih belum muncul, maka pemasangan atribut dianggap mencuri start setelah masa penetapan berlangsung,” ungkapnya. (sit/mar)

Buku Gratis, Kesempatan Dapat Undian Berhadiah LAWANG- Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Kabupaten Malang, turut serta memberikan layanan gratis kepada para pemudik Lebaran kali ini. Yakni dengan menyediakan mobil perpustakaan keliling di lokasi Masjid Bintang yang dibangun di halaman depan sentra penjualan Bakpao Telo Lawang. Keberadaan mobil perpustakaan keliling itu selama 1 Agustus 2013 hingga 16 Agustus 2013, sesuai dengan jangka waktu berdirinya Masjid Bintang. Kepala BPAD Kabupaten Malang, Endang Retnawati mengatakan selain dapat membaca buku dengan gratis, para pemudik juga berkesempatan mendapatkan undian berhadiah. “Setiap pemudik yang usai membaca buku di sini, kami persilahkan untuk mengambil undian yang kami sediakan. Bila beruntung, bisa mendapatkan hadiah dari kami,“ ujar Endang Retnawati kepada Malang Post

BINAR GUMILANG/MALANG POST

SIMBOLIS : Kepala BPAD Kabupaten Malang, Endang Retnawati saat menyerahkan hadiah kepada pemudik. kemarin. Dia menambahkan, berupa bacaan ringan, bacaan secara gratis. Ini sebagai bentuk terdapat sekitar 868 buah koleksi anak-anak, biografi, sejarah, komitmen kami untuk berparbuku yang terdapat di mobil per- cerpen, dan buku agama. “Masih tisipasi dalam program Masjid pustakaan keliling kali ini. Jenis- banyak jenis buku lainnya, yang Bintang Polda Jatim,“ terang jenis buku yang tersedia yakni bisa dibaca oleh para pemudik wanita ramah ini.

Menurut Wati begitu dia akrab disapa, lokasi berdirinya Masjid Bintang kali ini sangat strategis. Yakni di halaman depan sentra penjualan Bakpao Telo Kecamatan Lawang, yang merupakan pintu gerbang masuk para pemudik ke Kabupaten Malang. Sehingga memudahkan para pemudik untuk beristirahat ataupun melepas penat. “Mayoritas pemudik yang melewati jalur ini dari Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya dan Gresik. Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, mereka tentunya beristiratah di sini. Selain itu mereka bisa menyempatkan diri membaca buku kami, sebelum melanjutkan perjalan kembali ke daerah tujuan,” beber Wati. Sejak empat hari di lokasi Masjid Bintang, mobil perpustakaan keliling mendapatkan antusiasme yang cukup banyak dari para pemudik. Terutama saat menjelang maghrib, yang biasanya jalur di wilayah tersebut di padati oleh pemudik. (big/mar/sir)

AGUNG PRIYO/MALANG POST

ZAKAT: Satu persatu warga mendapat zakat mal dari H Muhammad Zaini Ilyas.

PENGUSAHA SUKSES

Bagi Zakat ke Tiga Ribu Warga TUREN– Pembagian zakat mal untuk warga warga miskin, jompo serta anak yatim piatu yang dibagikan pengusaha yang juga petani tebu sukses asal Dampit, H Muhammad Zaini Ilyas, berlanjut. Setelah sekitar delapan ribu warga di Kecamatan Dampit, kemarin giliran warga di Turen yang mendapat pembagian zakat mal. Sekitar tiga ribu warga yang kemarin menerima zakat mal. Meliputi warga Desa Talok, Desa Pagedangan dan warga Desa Tumpukrenteng. Besaran zakat mal yang dibagikan kepada mereka sama dengan warga di Kecamatan Dampit, yaitu sebesar Rp 40.000. “Pemberian zakat mal ini adalah kewajiban dan dari pribadi saya sebagai orang muslim. Saya memang sengaja memberikan langsung kepada masyarakat, supaya bisa diterima langsung oleh warga yang berhak. Sebab jika pembagian diserahkan kepada orang lain atau badan, takutnya zakat mal tersebut tidak sampai,” ungkap H Muhammad Zaini Ilyas, petani tanaman pisang dan lombok ini. Dia mengatakan bahwa zakat yang diberikan kepada warga miskin ini, memang sengaja tidak berupa sembako. Karena dia berharap dengan pemberian uang tunai, bisa langsung digunakan oleh warga untuk membeli kebutuhannya. “Jika berupa sembako khawatir tidak di makan,” ujarnya. (agp/mar)

Target Kunjungan Empat Juta Wisatawan Sambungan dari Halaman 13

Bahkan kami yakini, kunjungan wisatawan bisa lebih banyak lagi. Karena menjadi akses utama wisatawan dan para pendaki menuju Gunung Bromo maupun Gunung Semeru,“ bebernya. Sedangkan untuk wisata candi, seperti diketahui Kabupaten Malang memiliki sejumlah peninggalan sejarah. Ada Candi Singosari, Candi Kidal, Candi Jago, dan Candi Sumberawan yang turut serta mendongkrak kunjungan wisatawan lokal. Baru-baru ini, Bupati Malang H Rendra Kresna juga tengah menggodok rencana “The Lost City“ terletak di Kecamatan Singosari. “Selama ini wisatawan atau masyarakat Indonesia tahunya kalau ke Singosari ya hanya ke candi Singosari saja. Padahal, cukup banyak situs yang bisa dioptimalkan untuk menarik wisatawan,” papar H Rendra Kresna saat dihubungi terpisah. Sedangkan untuk wisata budaya, Disbudpar akan membuat program Kabupaten Malang menari. “Program tersebut sekarang sedang kami godok bagaimana konsepnya, kapan waktu pelaksanaannya, dan dimana tempatnya,” timpal Ratna. Dia melanjutkan, Kabupaten Malang juga sangat berpotensi sebagai tempat wisata kuliner. Yang menjadi andalan wisata kuliner yakni Warung Rahayu dari Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari. “Warung Rahayu di Gunung Kawi, pada awal bulan Juli lalu menjadi juara umum dalam ajang Festival Makanan Khas Jawa Timur 2013 di Surabaya. Itu menandakan Kabupaten Malang mempunyai semua potensi pariwisata,“ terang wanita kelahiran Jogjakarta ini. Dengan segala potensi yang dimiliki, dia optimis dapat merealisasikan Program Visit Kabupaten Malang 2013, yakni capaian 4.2 Juta wisayawan pada akhir tahun dan secara otomatis meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). (big/nug)

Satu Tujuan, Empat Objek Wisata Sambungan dari Halaman 13

Setelah dari Pantai Bajulmati, perjalanan wisata bisa dilanjutkan ke Pantai Goa Cina yang berjarak sekitar satu kilometer dari Pantai Bajulmati. Pantai ini dinamakan Goa Cina, karena konon ada seorang nelayan keturunan Cina yang terdampar dan meninggal di dalam goal. Jika masih ada waktu, tujuan wisata bisa disempatkan ke Pantai Nganteb, yang lokasinya tak jauh dari Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Tetapi jika waktu mepet, bisa langsung menuju ke Pantai Sendangbiru. Di Pantai Sendangbiru ini, wisatawan tidak hanya menikmati pantai atau sekedar melihat ratusan perahu milik nelayan. Tetapi wisatawan juga bisa menyeberang laut menuju Pulau Sempu, dengan menyewa perahu milik nelayan. Bahkan, di lokasi Pantai ini wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh ikan laut seperti ikan Tuna, Tongkol atau ikan jenis lainnya.(agp/nug)

Balekambang dan Ngliyep Jadi Primadona Sambungan dari Halaman 13

Obyek wisata pemandian yang ada di Kecamatan Pujon itu akan ditambah dengan berbagai fasilitas permainan yang menarik. Toko-toko oleh-oleh yang ada di halaman parkir pun akan ditata lebih baik lagi. Perbaikan-perbaikan infrastruktur untuk memberikan kenyaman pada wisatawan juga terus dikebut. Harapannya, wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang akan lebih nyaman dan berharap dapat kembali ke Kabupaten Malang untuk berekreasi kembali. Dengan adanya fasilitas tersebut, Asyari menargetkan bisa menarik minat pengunjung yang datang selama liburan lebaran ini sekitar 50.000. “Target pengunjung ini naik dari tahun lalu. Karena tahun lalu jumlah pengunjung datang mencapai 40.000 orang,” katanya.(agp/nug) REDAKTUR: SUMARGA, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

MALANG MOBIL - MOTOR HONDA revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/8 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 75571810811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12 DIJUAL spd motor Honda revo th.2010 siap pakai harga 8jt hub. Jl. Mondokoro I/42 Singosari Mlg tlp.0341-7346127 BL-31/8 DAIHATSU EXTRA PROMO NEW XENIA DP 20jt Terios DP 20jt, Grand Max. DP 15jt, Pick up. DP 11jt Proses cpt. Cash Kredit Hub. 082131930990/ 9572750. Pin BB 21DDF347 BG-6/8 MITSUBISHI GEBYAR Promo Lebaran Pajero, Outlander, Mirage, Discount s/d 25jt free: KC, S. Visor, Bumper 081235146235/5186696 BG-10/8 BULAN puasa tlah tiba saat tepat beli L300 dan Truck Mitsubishi hrga special proses cepat & mudah Hub sony : 081233007709/8630256 BG-6/8 DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/8 NISSAN MOBIL NISSAN ORDER BARU INDEN ALL New Grand Livina, Promo Lebaran. DP & Angs pling murah Ready Stock bisa TT Miky 081333319914 BG-30/8 TOYOTA JUAL avanza ‘06 hitam ist,n kab full variasi (nego tipis) hub. 081334039489/081334659047 no sms BG-6/8 DIJUAL terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-16/8 DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Santo BL-30/8 AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/IIA Hub. 081333452767 BG-26/8 • SUZUKI • READY STOCK!! ERTIGA Disc Besar DP Bebas Splash, Apv, Swift, PU. HUB Hadi 2374008/ 085239073708 BG-30/8 “PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/8 JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/8 “PROMO SPLASH DP 25JT/PU, DP 15JT/APV, DP 33JT/ERTIGA, DP 45JT Hub. 2888236/087759798877 BG-5/8 GEBYAR Discon bombastis SZK, PU, APV, SX4 open indent Ertiga double blower & new Swift 9568253/081141959999 BG-28/8 SUZUKI FUTURA GRV TH.2000 TLP:0341(2810547) 081233126916 BL-27/8 READY stock ertiga,disc besar,dp bebas,AP, pick up hub. Hadi 237 4008/085239073708 BG-27/8

MP-JUAL MP-Jual : Mitsubishi kuda bensin th99 spr exceed, merah-silver, full var, velg rcg r16, ori cat, ban baruÖpajakbaru, siappp pakeÖhub: 9470903 MP-Jual : Sedan Datsun th 1978 silver N kota Rp 16jt nego, body good looking., hub 085755666205 MP-Jual : Beat FI warna biru hrga Rp 4,750 jt angsuran sdh 10x, Rp. 497rb/ bln. Butuh uang buat biaya persalinan istri. Wil batu. Hub. 085755666205 MP-Jual : Mitsubishi pajero sport outlander sport, mirage. Unit ready , bg 0%, DP mulai 40jt, angs 2 jtan. Hub karnadi Mitsubishi 081251122817/ 03417028041 MP-Jual : Happy shell (cairan penghemat bbm) solusi tepat kantong pun hemat. Harga/botol 45rb +gratis pulsa 5eb!!. Harga bbm naik kami punya solusinya!! CP: Saiful 085815888432 MP-Jual : Tablet,Laptop,Elektronik,Furniture,Sepeda Sports,dll..Proses 1 hari,bunga ringan,toko bebas memilih..buktikan hanya di Kredit Plus Malang...Hub 085234154100/085745754500, Cukup FC KTP saja, syarat mudah untuk kredit. MP-Jual : T shirt asli Thailand dari yg murah smp mahal hub 085708761898

•HONDA• DJL INNOVA ’08 grey m/t rp 195jt siap pakai hub. 08123360893/ 081281070950 BG-22/8 DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/8 VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/ 7750675 BG-21/8 TANAH JUAL cpt tnh+bgnan cocok utk kos lt.165 lb.40,5 dkt kmpus kanjuruhan d/a jl.simpang kepuh rt.10 rw.05 no.13 hub. 085235085068 di gang BG-19/8 KONTRAKAN DIKONT mrh,rmh Jl.Angklung D1/ 08 fas. Lengkp Hub.8601261/8146900 Mlg BG-3/9 DIKONTRAKAN rmh Jl. D. Paniai H4B28 Lt.72 tkt,4 kmr tdr,2km Hub: 081230905590/7799810 BG-3/8 RUMAH DIJUAL rmh tingkat hrg Rp.200Jt. Nego Hub(081333017782) (081217134505) flx(0341-9427467) BG-31/8 JUAL rumah bagus ALBA CELL shm, luas 7x20 M belakang tingkat Jl. Suropati 29 singosari (depan smp 1 singosari) hub.0341-5451000/087859017657 BL-31/8 DJL rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-31/8 JUAL cpt rmh+tnh lb:42,5m 2 lt:165m2Jl.Simpang Kepuh Hub:085791527206 BG-16/8 DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/8 DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/8 RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/8 DIJUAL rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/8 KREDIT BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub.Amin 936.36.96 BG-16/8 LOWONGAN DIBTHKAN GR PAUD, WNT MAX 25 TH, S1/PGTK SK ANK2,BS BHS INGGRIS AKTF&PASIF.KRM CV KE PERUM.PUNCAK DIENG EKSKLUSIF LL1 NO.4 SBLUM TGL 13 AGST 2013 BL-5/8 DCR ibu rmh tangga pensiunan/ PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371 BG-16/8 DIBUTUHKAN karyawan laki-laki admin D3 kutansi ipk 2,75 mengoperasikan computer max.22 th blm nikah lamaran dbw langsung ke kantor PT.GIEB BL-28/8 DBTHKN sgra bakers, serabutan, operator studio, pramuniaga L/ P.Lmrn dikrm ke D’Brownies (pengalaman diutamakan) Jl.Semeru 31 Malang BL-6/8

KEUR DIBUTUHKAN admin brpengalaman bidang variasi spd mtr min D3 krm lamaran ke CV.Berkat Abadi Motorindo Mlg,Jl.Galunggung 48C 0341-584421 BL-5/8 DICARI supir untuk keliling SIM BI lmrn ke Jl.Gatot Subroto 21C / Hub. 356042 BL-5/8 KEHILANGAN STNK SPD MTR HONDA/ SPACY CW’11 N-6648-CG Nok a : M H 1 J F 0 2 1 0 B K 11 8 3 4 8 Nosin:JF02E1116196 a/n SITI AISYAH d/a Jl.Laks Martadinata I/18 RT/RW:3/1 KEL.KOTALAMA KEC.KEDUNGKANDANG KOTA MALANG BL-5/8 STNK SPD MTR HONDA’05 N4116-VJ Noka:MH1HB21205K015595 Nosin:HB21E2023787 a/n MOCHAMAD MUDJAROB d/a Jl.Argotunggal I/12 RT/RW.04/06 Kec.Lawang Kab.Malang BL-5/8 STNK spd mtr Honda���07 N-2869HY noka: MH1JB81137K000054 nosin: JB81E-1000844 a/n Muafatun d/a Dsn. Gondang,Ds.Tegal Gondo rt.01 rw.01 Kec.Karangploso kab.Malang BL-5/8 STNK spd mtr yamaha’05 N-2752CE noka:MH35TP0065K555124 nosin:5TP-781258 a/n:Muhammad Yasin d/a:Jl.Gadang X/110 Rt.05/ 05 Mlg BL-4/8 STNK spd mtr suzuki’08 N-3798AT noka:MH8CF48CA8J-218027 nosin:F484-ID-217523 a/n: Syaifullah Mansyur d/a:Jl.Jendral.Basuki rachmat I / 937 Rt.001 Rw.009 kel.kauman kec.klojen Mlg BL-5/8 KEUR 1 BUKU keur Truck Hino ‘08 N9115 CF NOKA: MJEFL8JWK8JG10194 NOSIN: J08EUGJI2062 a/n SERASI AUTO RAYA PT. d/a: KARYA TIMUR 8 Rw.02/Rt.12 Malang BL-1/8 1 BUKU keur pick up ’06 N-8125CA noka: MHCTBR546KI30357 nosin: E130357 a/n SUTOPO JUNAEDI IR d/a bukit cemara tidar f2/20 rt.09 rw.04 mlg BL-31/7 1 BUKU keur pick up ’91 N-9281CH noka: 9890531 nosin: 9053166 a/n IMRON ROSYADI d/a Tutut GG.V rt.01 rw.04 mlg BL-31/7 RUPA-RUPA JUAL garam,per 1 ton rp.1.200.000,diantar hub.081554324458 BG-25/8 INGIN turun/naik berat badan 3-5 kg/minggu. Hub.: 085607207190, 081233207080 BL-31/7 BUTUH DANA CPT +trm gadai titipkan LAPTOP/HP/KENDARAAN+BPKB JL.Bendungan sutami 33B Sumbersari tlp.03417359448 BG-4/9 JUAL burung jalak bali, sdh pnh bertelur umur 2th brsrtfkat resmi (harga nego) hub.081136833/ 081334029489 BG-6/8 TERAPI autism, lambat bicara, down syndrome, hiperaktif, gangguan konsentrasi. Hub.0341477599 BG-23/8 “HAMNA FACIAL” menggabungkan bahan2 alami&pijat ±30menit. Wajah cerah alami, peredaran darah lancar & bebas kerutan. Hanya 50rb. Terapist datang ke rumah. Hub:085755211006

RUPA-RUPA ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

TOUR & TRAVEL SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JURUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com.

BG-30/8

BG-29/8

JUAL-BELI+TUKAR TAMBAH barang elektronik TV, LCD, DVD, kulkas dll Jl. S. Supriadi gang 6 No. 32 tlp: 7021089/085649861563

PUSAT penjualan tiket Chandra transport Jl. Ade irma Suryani (tongan) No 19 telp.0341 322580366863 malang

BG-31/8 BUTUH Ayam Ketawa, Pelung, Philipin. Telp.0341 9325632 Hub. Pak Sugeng 08179661385 di Tumpang BG-31/8 DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/8 PASANG parabola gratis indovision/topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/8 AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/8 ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/8 (PRATAMA AHLI SEDOT WC) melayani sedot wc got buntu dll jl. Dirgantara VI B II no. 23 sawojajar mlng telp. 03417647878/ 7630312 hr libur tetap buka BG-26/8 SERVIS BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/8 TOUR & TRAVEL YES TRANS Lbrn travel Solo, Jogya, Semarang. Elf/ Bus Mini AC, Tour Bali: 750rb Bromo, Air Softgun 150rb, Paint ball 150rb, Rafting 150rb, Hub. 0341-4440885 BG-14/9 ME TRANS Tour Travel & Rent Car. Armada : New Avanza, New Xenia, Innova, Swift, Splash, Siroin dll. Wedding Car: Alphard, Mercy. Melayani: Bandara shuttle ( Malang - Juanda PP), Tour Wisata, Study Tour, Paket Wisuda, Tiket online, Dll. Jl. Veteran No.2 Malang Tlp. 0341 – 583958 / 081233666664 BG-12/8 ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 03417324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/8 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/081334614154 Tiket Pesawat/Laut, Tour Wisata, Rent Car

CV ABADI mlyni kuras WC & salrn buntu. tangki plng bsr 5000 Ltr buka 24 jam Hub. Jl. lombok/yulius usman Gg 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-30/8

BG-29/8

MP-Jual : Alat-alat masak produk impor, multi fungsi, garansi slamanya, bs tukar kl bosan, cas/kredit, harga promo Ramadan hbg: 085791812448

MP-Jual : Coklat kemasan toples 250gram & 500gram murah, pasa untuk hari raya hubungi 081945765527 / 085790809194

MP-jual : jual anakan kucing persia hub bu tatik 0341-480622 jl ciliwung 1/56 malang.

MP-Jual : Beat FI warna biru hrga Rp 4,750 jt angsuran sdh 10x, Rp. 497rb/bln. Butuh uang buat biaya persalinan istri. Wil batu. Hub. 085755666205

MP-jual :

MP-Jual : Rmh griyashanta blok E.Lt/ lb : 162/70, 2km, 3kt. Shm, wtr heater, ac. Hub. 08170017667 MP-Jual : Laptop asus x43u mmr 2gb+disc & hp fleksi mtrola mls2 semua 3.5jt & agent obat lumbar pillow jaco solusi terbaik kecetet tanpa operasi bs krmtp 7791616 MP-Jual : Kanopi, pagar minimalis/ ulir, tangga, teralis dll bs cash/kredit hub 087859748090 MP-Jual : kue khonggwan marjan siplah kue marie-wafer-astor halusmurah isi penuh, diskon khusus, hb sersan harun 62 tlp 7791616/ 08123397711 MP-Jual : rumah baru, shm, lok strategis tgh kota, lt 140, lb 54 harga 275 (nego) bisa kpr, hub 08179661273/7553628. MP-Jual : tanah lokasi strategis, lt 140 (6x23) shm, harga 175 (nego), sudah ada fondasi dan tembok keliling hub. 08179661273/7553628.

Barang-barang antic radio tabung, telefunken, Philips, Siegfried, charmen, erres, jg tersedia gramahon jenis corong asli made in England, hub 081945949394/081233122223 MP-Jual: Zebra 94 N kota ac/tp/vr model troper, hitam h. 26 jt nego hub. 085646539222 MP-Jual : Kebun sawit 4ha SHM siap panen lokasi Banjarmasin hub 081232783909 MP-Jual: Jasa supir panggilan segala mobil konvensional/manual dan Metik melayani pribadi,perkantoran/ perbankan dan perusahaan/ industri.hub:087888115025 atau 5042284.Terimakasih MP-Jual : Mitsubishi kuda bensin th99 spr exceed, merah-silver, full var, velg rcg r16, ori cat, ban baruÖpajakbaru, siappp pakeÖhub: 9470903 MP-Jual : Sedan Datsun th 1978 silver N kota Rp 16jt nego, body good looking., hub 085755666205

BG-26/8 “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/8 HARLIN travel antar jemput malang-denpasar,carter paket telp 0857 9353 2977-03418441677 BG-2/8 PENGOBATAN PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/12 KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBA-LENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/8 KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-23/8

BG-30/8 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341322777. website: www. stasiun tiket .com

BG-28/8

BG-28/8 WWW.AIRLANGGARENTCAR.COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000

MP-Jual : Mitsubishi pajero sport outlander sport, mirage. Unit ready , bg 0%, DP mulai 40jt, angs 2 jtan. Hub karnadi Mitsubishi 081251122817/03417028041 MP-Jual : Happy shell (cairan penghemat bbm) solusi tepat kantong pun hemat. Harga/botol 45rb +gratis pulsa 5eb!!. Harga bbm naik kami punya solusinya!! CP: Saiful 085815888432

MP-Jual : Alat-alat masak produk impor, multi fungsi, garansi slamanya, bs tukar kl bosan, cas/kredit, harga promo Ramadan hbg: 085791812448 MP-jual : jual anakan kucing persia hub bu tatik 0341-480622 jl ciliwung 1/56 malang. MP-Jual : Rmh griyashanta blok E.Lt/ lb : 162/70, 2km, 3kt. Shm, wtr heater, ac. Hub. 08170017667 MP-Jual : Laptop asus x43u mmr 2gb+disc & hp fleksi mtrola mls2 semua 3.5jt & agent obat lumbar pillow jaco solusi terbaik kecetet tanpa operasi bs krmtp 7791616 MP-Jual : Kanopi, pagar minimalis/ ulir, tangga, teralis dll bs cash/kredit hub 087859748090 MP-Jual : kue khonggwan marjan siplah kue marie-wafer-astor halusmurah isi penuh, diskon khusus, hb sersan harun 62 tlp 7791616/ 08123397711 MP-Jual : rumah baru, shm, lok strategis tgh kota, lt 140, lb 54 harga 275 (nego) bisa kpr, hub 08179661273/7553628. MP-Jual : tanah lokasi strategis, lt 140 (6x23) shm, harga 175 (nego), sudah ada fondasi dan tembok keliling hub. 08179661273/7553628.

KOMPUTER O&J’S COMPUTER,rumah multimedia, melayani segala merk laptop,PC,CCTV,streaming,presentasi.Melayani service laptop,computer&assesoris cepat,memuaskan & murah Hub. 0341558615 www.Odanje.com Jl. Galunggung 50 F BG-23/8 PIJAT MBK EVI mnerima khusus panggilan pijat capek”body spa, traphy vitalitas...s4 tunggu call anda: 081252749612 BG-10/8 KULINER GUDEG YANG TI Jl. bantaran brt II/35 & mbl kijang jl Sukarno hatta bln puasa buka jam 13.00 s/d 19.00 tlp. 081555814567 BG-30/8

15

KULINER DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

16

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

GUEST GESANG/MALANG POST

SEMAKIN KACAU: Trotoar di depan kantor Pemerintah Kabupaten Malang sekarang tidak bisa lagi dilewati pejalan kaki akibat pedagang kagetan yang menjajakan dagangannya di sana. Ditambah lagi arus lalu lintas yang padat akibat banyak mobil yang memarkir kendaraannya di sebelah kanan jalan sehingga kemacetan Jalan Merdeka Timur pun semakin padat.

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Lemahnya Koordinasi Proyek

SINERGISITAS MUDIK, ”Mulih”, dan Idul Fitri ADAKAH persamaan antara mudik, mulih, dan Idul Fitri? Tentu saja ada, karena tiga kosakata itu biasa diartikan dengan pulang atau kembali. Perbedaannya pun ada juga, mudik biasanya untuk menggambarkan pulang kampung secara periodik. Sedang mulih adalah peristilahan dalam bahasa Jawa untuk melukiskan kembalinya seseorang dari aktivitas di luar rumah, baik itu bekerja, belajar, ataupun bisnis. Dan Idul Fitri, susunan idhafah dari kosakata Arab, biasa dimaknai kembalinya seseorang ke fitrah aslinya. Tidak ada gambaran ideal, apakah mudik itu harus positif atau sebaliknya, negative. Berbeda dengan mulih seseorang yang mulih kerumah diandaikan bisa pulih semangatnya, spiritnya atupun kekuatannya seperti sediakala. Berbeda juga dengan Idul Fitri, yang jelas–jelas mematok kembalinya ke fitrah suci manusia, sebagai nilai idealnya. Mudik secara sederhana bisa dikategorikan 3 bentuk: destruktif, positif, dan pasif , bagaimana gambaran naratif tentang mulih? Mulih, kembali pulang dari aktifitas : belajar , bekerja, dan berdagang, untuk menuju rumah. Rumah disini perlu di beri aksentuasi, karena mulih yang dimaksudkan agar pulih semangat, spririt, dan segalanya, hanya didapatkan dari oase yang dipancarkan oleh rumah. Pulang kerumah paralel dengan mudik ke kampung. Seseorang tidak dapat mudik ketika tidak jelas atau tercerabut dari kampong halamannya. Dan, kalau mau diteruskan, semestinya seseorang tidak bisa ber Idul Fitri ketika dia tidak ber Ramadhan dengan menjalankan puasa dan segala amalan– amalan pendukungnya. Mulih bukanlah aktivitas pulang ke rumah saban hari secara wadak belaka. Mulih sebagai pemulihan, menuntut pula kepulangan psikis dan pikiran. Kerasnya persaingan hidup, beratnya berebut kesempatan, ataupun benturan liar antar kepentingan, membutuhkan tempat kontemplasi yang teduh sebagai

pamprih yang tak peluruh kerapuOleh: seberapa demi han – kerapuhan jiwa karena ekses ANI SRI RAHAYU menyempurnakan harormoni dunia). – ekses tersebut. Dosen dan Trainer P2KK Menurut Ben Tempat ideal untuk Universitas Muhammadiyah Anderson (Miitu semua adalah Malang zan, Mei ’96: 136) rumah. peribahasa itu Kerapuhan psikis akan semakin akut jika peluruhan digunakan sebagai propaganda dilakukan di luar rumah. Pilihan eksploitatif terhadap pamong praja pemulihan di luar rumah adalah pribumi pada awal-awal politik etis tanda memudarnya peran rumah penjajah Belanda. Setelah mudik dan mulih, apakah sebagai oase. Pudarnya peran tersebut, bisa karena sesama peng- Idul Fitri identik denga keduanya? huni mengabaikan aspek laras dan Perilaku mudik dan mulih, yang terjadi pada hari-hari yang berharmoni. Mulih, yang juga merupakan himpitan dengan Idul Fitri, tidak keunikan budaya Jawa, sangat secara otomatis menjadikan ketimengagungkan rumah sebagai ganya identik. Idul Fitri memiliki titik sentral. Mulih-nya para perbedaan mendasar dengan kepenghuni rumah, pertemuan, dan duanya dalam aspek profetisitas perkumpulan mereka di situ ada- yang transformative yang tidak ada lah suatu pasemuan, tempat mem- mudik dan mulih. Secara sederhana, ada syair bicarakan bahkan mengevaluasi capaian-capaian kegiatan dalam likirial yang menggambarkan profetisitas idul fitri : “ laisa seharian. Dalam perspektif tradisi Jawa, ‘iduliman labisal jaded walakinseorang yang beraktivitas di luar nal ‘idu liman to’atuhu yazid” rumah demi isi perut, maka nilai ( berlebaran bukanlah memakai dirinya tidak lebih berharga dari baju baru, tetapi bertambahnya apa yang keluar dari perutnya. iman dan ketakwaan ). Dengan Karenanya dalam nomenklatur pengertian seperti ini, Idul Fitri Jawa, bekerja, memberi maslahat tidak bisa direduksi oleh baju pada diri sendiri, kerabat dan baru, mudik, kembang api ataumasyarakat, diistilahkan dengan pun mercon. Idul Fitri seperti makarya, berkarya. Sedang be- kata Nabi Muhammad SAW adakerja, untuk mengharapkan upah lah al-‘audah ilal fitriyah, mudik dengan menukar tenaganya, di- ke jati diri manusia. Makanya, sebut nyambut gawe. Perhatikan Nabi menyebut 1 syawal dengan ungkapan eksploitasi berikut ini: ka yaumin waladathu ummuh, rame ing gawe sepi ing pamprih, laksana hari kelahirannya dari ramangayu ayuning bawono (ber- him sang ibu. Seperti tabularasa, kerja dengan giat dan baik dengan kertas putih tanpa goresan, kata

John Locke. Persoalannya sekarang, apakah semua orang bisa mengalami kelahiran kembali seperti yang diandaikan oleh perayaan Idul Fitri ? Idealnya bisa, dengan latihan rohani selama satu bulan penuh berpuasa dan segala pernak perniknya ( madrasatus shaum ), seseorang yang telah menjangkau post puasa, tentu sanggup pula menjangkau tahapan ideal itu. Lebih dari itu proses pergeseran fitrah seseorang akibat pengaruh – pengaruh negative adalah hal biasa : “kullu mauludin yuladu ‘alal fitrah illa anna abawahu yuhawwidanihi au yumajjisanihi au yunassiranihi”. Maka dengan puasa yang sempurna seseorang secara otomatis menjadi transformative, new borning seperti semula, adalah hal biasa pula. Dengan berakhirnya Ramadhan, yang paparan idealnya seperti diatas, maka segala dosa telah terampuni, hubungan dengan Tuhan kembali jernih. Dan mencapai ideal disempurnakan dengan saling memberi maaf antar sesama. Pemberian maaf, tidak saja simbolik dengan berjabat tangan, tetapi juga substansialis dengan hati yang saling berjabat pula. Dari sinilah ritual Idul Fitri dikenal dengan halal bi halal, saling memberi kerelaan lahir batin, yang disertai dengan ucapan minal ‘aidin wal faizin-kullu ‘amin wa antum bikhairin.(*)

KASUS galian jalan memangsa korban kembali terjadi, kali terjadi di Jalan Urip Sumoharjo. Galian milik PDAM di pinggir jalan dibuat sembarangan sehingga membuat beberapa pemakain jalan celaka. Beberapa warga setempat menyatakan, sudah banyak pengendara motor yang jatuh akibat galian tersebut.Proyek galian tersebut dibuat tanpa rambu pengaman untuk pemakai jalan, padahal hal itu wajib dilakukan oleh kontraktor yang mengerjakan proyek di jalan. Selain rambu, pada malam hari juga harus ada lampu peringatan bagi pengendara kendaraan. Pihak PDAM berdalih bahwa pengerjaan galian itu adalah kontraktor mitra kerjanya sehingga perusahaan milik daerah tersebut secara teknis tidak tahu menahu tentang masalah tersebut. Meskipun demikian secara moral PDAM mengaku ikut bertanggung jawab. Bukan hanya mencelakakan pemakai jalan, galian yang cukup besar itu menimbulkan kemacetan, karena jalan tersebut menghubungkan wilayah kota dengan kawasan Sawojajar yang padat. Pada waktu sibuk, jalan tersebut sering macet karena padatnya kendaraan, apalagi kalau sampai ada galian yang memakan sebagian badan jalan, kemacetan akan semakin parah. Sebenarnya bukan hanya masalah dampak dari pengerjaan proyek tersebut, tapi manajemen proyek terutama yang menyangkut fasilitas umum seperti jalan. Banyak instansi yang sering menjadikan badan jalan sebagai proyeknya, seperti PLN, Telkom dan isntansi lain. Begitu ada pengerjaan di atas badan jalan, dipastikan akan menimbulkan masalah kemacetan. Pengerjaan proyek itu ternyata tidak hanya melibatkan satu kontraktor, tapi ada beberapa pihak yang ikut mengerjakan, terutama untuk rehabilitasi jalan. Setelah jalan digali untuk pipa PDAM misalnya, ada pihak lain yang diberi tugas untuk menutup lubang dan mengembalikan jalan seperti semula. Koordinasi pihak-pihak tersebut yang kerap menimbulkan masalah. Proyek sudah selesai, tapi pengembaliannya belum dilakukan, akibatnya lubang di jalan tidak segera ditutup sehingga mengganggu pemakai jalan. Bukan hanya mengganggu, tapi sering menyebabkan celaka. Masalah jalan memang rumit, karena melibatkan banyak pihak sebagai pemiliknya. Tidak semua jalan di kota Malang ini milik Pemkot, tapi ada yang milik Pemprov Jatim dan jalan nasional. Masing-masing punya policy sendiri-sendiri untuk pengelolaannya sehingga koordinasinya butuh waktu lama. Untuk jalan provinsi atau nasional, Pemkot Malang tidak bisa berbuat banyak kalau ada masalah. Ini hanya sebagian kecil contoh, betapa rumitnya birokrasi dan koordinasi sesame instansi pemerintah. Itu masih belum termasuk dengan instnasi lain yang tentunya akan lebih rumit. Padahal masalah jalan sangat vital bagi mobilitas masyarakat, sedikit saja ada kerusakan akan menimbulkan gangguan kemacetan yang menyebabkan aktifitas terganggu. Saat menjelang Idul Fitri ketika kendaraan semakin padat, kerusakan jalan akan menimbulkan masalah yang berat. Para pemakai jalan, terutama para pemudik akan terjebak pada kamacetan akut. Keinginan untuk segera bertemu dengan keluarga tidak tercapai. (redaksi@malang-post.com)

Sumber: Komikdikit.blogspot.com

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

PEMBINA : Dahlan Iskan, KOMISARIS UTAMA : Indra Slamet Santoso, KOMISARIS : Hj Dewanti Rumpoko, DIREKTUR UTAMA : H Imawan Mashuri, DIREKTUR : H Juniarno D Purwanto

SIUPP No : 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit : PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98 ALAMAT REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telepon (0341) 340081-2, Fax (0341-369503). BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp : (0341) 592967 Batu. PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kebayoran Lama No. 12, Telp/Faks 021-53699683 (Hendra)

General Manajer : H Sudarno Seman, Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata, Senior Editor: H Husnun N Djuraid, Manajer Iklan: H Edi Iswanto, Manajer Pracetak: Yudi Armadioka, Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida, Manajer Pemasaran : Buari Koordinator Liputan : Sri Nugroho,Sekretaris Sekretaris Redaksi : Noer Adinda Zaeni, Kompartemen : Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim, Redaktur Pelaksana : Dewi Yuhana, Redaktur : Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin Staf Redaksi : Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto : Guest Gesang Fotografer : Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi : JI Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Rahmawati Fatimah, Eko Abdi Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan : H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi : Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra, Pengembangan Usaha : Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo Umum dan Keuangan : Syafiudin (koordinator), Huda,, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (Sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL. Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi Menerima Artikel atau Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website : www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR: NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER: REEP


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

17

Psst..Saatnya Ganti Popok DIAPER rash atau yang biasanya akrab dengan sebutan ruam popok tentunya bukan hal asing bagi ibu yang suka memakaikan diaper atau popok pada sang buah hati. Ruam Popok merupakan peradangan di daerah yang tertutup popok, seperti sekitar alat kelamin, pantat, dan pangkal paha bagian dalam. Biasanya berwarna kemerahan disertai lecet-lecet ringan dan gatal yang membuat bayi merasa tidak nyaman dan akan terus-terusan rewel. Nike Paramita, ibu rumah tangga yang memiliki balita berusia 2 tahun ini mengungkapkan bahwa ruam popok juga dialami oleh putranya, Raditya Dewanto. Padahal, Nike mengganti diaper antara lima hingga tujuh kali dalam sehari. Hal tersebut dilakukan agar ruam tak sampai menyerang buah hatinya. “Radit juga kena ruam popok. Merahmerah dan gatal sampai dia nggak betah kalau pakai diaper. Padahal gantinya udah sering, bisa sampai 7 kali sehari. Terus udah saya kasih krim juga”, ujar Nike. Adanya kemungkinan Radit tidak cocok dengan merek diaper yang dipakai, Niken mengatakan kecil kemungkinan ruam disebabkan oleh hal tersebut. Pasalnya, pada awal memakai merek yang ebrsangkutan, tidak ada masalah pada Radit. “Awalya cocok aja pake diaper yang itu, tapi lama-lama kok ruam. Dan hampir semua merk diaper dia ruam”, jelas ibu muda ini. Salah satu penyebab terjadinya ruam popok, menurut bidan Ulfa Ainiyah Amd.Keb., biasanya karena kualitas diaper yang dipakai oleh bayi. Diaper yang saat ini dijual di pasaran terdiri dari berbagai macam merk dengan bahan dan kualitas yang berbeda-beda. Produk kualitas rendah bisa menjadi penyebab munculnya ruam pada bayi. “Kadang kan ada bayi yang cuma cocok terhadap diaper-diaper merk tertentu. Tapi ini sifatnya juga tidak mutlak. Banyak faktor lain yang membuat bayi mengalami ruam popok,” ujarnya. Selain faktor kualitas diaper, pemakaian diaper yang terlalu lama juga dapat memicu timbulnya ruam. Kendati saat ini banyak diaper yang menawarkan

INTIPS

Jangan Diberi Bedak

IST

NYAMAN: Pemilihan popok yang benar menjadi salah satu cara menghindari ruam popok. keistimewaan daya tampung besar sehingga bayi bisa buang air berkalikali dan diaper tetap kering, namun kulit bayi masih tetap membutuhkan kelonggaran agar tidak lembab. “Jadi, sebaiknya tidak memakaikan diaper terlalu sering,” saran Ulfa saat berbincang dengan Familia Malang Post. Menurut Ulfa, idealnya diaper harus diganti maksimal setiap empat jam sekali, karena kulit bayi yang sensitif tidak boleh dibiarkan terlalu lama berada dalam keadaan lembab yang bisa menyebabkan munculnya iritasi. Ia pun menjelaskan bahwa iritasi akan semakin berkembang jika ruam

terkontaminasi feses maupun urine bayi. Selain itu, kulit halus bayi juga dapat terganggu oleh deterjen yang digunakan untuk mencuci popok kain, tisu bayi, dan beberapa merk popok sekali pakai yang menahan kelembapan. “Kulit bayi itu sangat sensitif. Jadi harus selalu dalam keadaan kering supaya tidak ruam. Makanya maksimal harus ganti diaper setiap 4 jam. Tapi kadang ada ibu yang nunggu diapernya penuh dulu baru diganti, ini yang tidak boleh. Apalagi kalau bayinya buang air besar, harus langsung diganti, karena sudah bukan cairan lagi,” papar Ulfa. Dalam beberapa kasus, Ulfa juga

mengungkapkan bahwa ruam popok dapat terjadi setelah bayi diperkenalkan dengan makanan padat, sehingga lebih sering buang air besar. Bayi yang memerlukan antibiotik atau ibu menyusui yang menggunakan antibiotik juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur pada kulit. “Kalau ruam popok tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari perawatan di rumah, konsultasikan dengan dokter. Para ibu harus waspada terhadap ruam popok yang disertai demam, bisul, atau ruam yang menyebar ke daerah lain, seperti lengan, wajah, atau kulit kepala,” tambahnya. (*/fia)

RUAM popok memang membuat bayi rewel sehingga membuat ibu khawatir. Ada beberapa langkah pencegahan agar buah hati terhindar dari masalah yang satu ini. berikut beberapa cara untuk menghindari diaper rash:  Ganti diaper/ popok lebih sering atau minimal 3-4 jam sekali saat proses penyembuhan. Selain itu, hindari juga tercampurnya urin dengan feses.  Setelah diaper dilepas, bersihkan kulit bayi dengan kapas yang sudah dibasahi air. Lalu keringkan dengan handuk lembut dan biarkan beberapa menit supaya kulit dapat “bernafas”.  Untuk kulit yang sudah terkena diaper rash, hindari penggunaan tisu basah karena didalamnya dapat mengandung zat yang akan mengiritasi kulit bayi.  Oleskan krim khusus untuk mencegah diaper rash atau untuk mengobati diaper rash ringan. Jangan gunakan bedak karena akan menyumbat saluran kencing bayi.  Hindari memakai celana karet atau plastik setelah memakai diaper karena membuat kulit sulit untuk “bernafas” dan menguap.  Jika bayi memakai popok kain, cuci dengan sabun lembut khusus untuk bayi. Jangan gunakan pemutih maupun deterjen biasa lainnya.  Cari apakah ada makanan yang menyebabkan feses bayi mengandung zat iritan. Pada beberapa bayi yang sensitif, makanan dapat membuatnya diare atau menyebabkan fesesnya mengandung zat iritan tersebut.  Ada bayi yang hanya bisa mengunakan popok kain atau diaper merk tertentu, carilah merk yang paling cocok.  Biasakan setiap pagi membiarkan bayi tanpa popok maupun celana selama beberapa menit diatas alas dengan posisi telungkup. Biarkan terkena sinar matahari sehingga kulit tidak lembab dan dapat “bernafas” dengan baik.  Gunakan gerakan menepuk untuk membersihkan kulit bayi. Jangan memakai gerakan menggosok karena akan membuat gesekan pada kulit bayi sehingga beresiko memperparah ruam.

Tetap Nyaman dengan Diaper MENURUT dr Listiyani, SPKK, ada sejumlah ‘aturan main’ agar buah hati anda nyaman memakai popok. Yang paling penting, katanya, jangan membeli diapers untuk anak hanya karena ikut-ikutan atau tidak mau repot. Bisa jadi, diapers justru akan membuat anda repot. Misalnya, jika si kecil kemudian menderita nappy rash atau ruam popok. Untuk itu, ia membagikan beberapa tips untuk memilih diapers yang baik. Tips pertama adalah jangan percaya sembarang iklan diapers. Semakin sering bayi ‘meninggalkan’ diapers, akan semakin bagus. Sesekali boleh saja mengenakannya, semisal hendak bepergian, atau saat dia membutuhkan banyak istirahat tidur.

&

Selanjutnya, pilihlah diapers berbahan halus, memiliki daya serap tinggi, dan elastis di bagian selangkangan tidak ‘tajam’. “Lebih bagus lagi, pilihlah diapars yang mempunyai ‘sinyal’ jika popok sudah kelebihan muatan. Gantilah popok sesering mungkin,” kata dia. Hal lain yang harus diperhatikan adalah membeli diapers yang berukuran sesuai berat badannya. Hal ini penting untuk menghindari gesekan yang tidak perlu. Selain itu, usahakan bagian pinggangnya tidak bersentuhan langsung dengan diapers. Sering-seringlah menengok, siapa tahu buah hati Anda sedang pup. Pasalnya, diapers

Show Selebriti Aaliya Lebaran Bareng Mama Reza

SHOW & SELEBRITI

HARI Raya Idul Fitri memang akan dirasakan berbeda oleh Aaliya, Zahwa dan Keanu. Aaliya menuturkan dirinya sangat rindu dengan sang ibunda, Angelina Sondakh yang masih mendekam di tahanan karena kasus korupsi. “Kangen banget. Tahun lalu kan lebaran masih bareng, tahun ini nggak bareng. Jadi beda aja,” jelas Aaliya ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (4/8). Personel grup vokal anak, Lollipop itu merasakan Ramadan kali ini lebih sepi. Karenanya, Aaliya pun kini memilih menetap di rumah ibu kandungnya, Reza Artamevia untuk sementara. “Aku tinggal di rumah Ibu, Ibu Reza,” ucap Aaliya. Namun Aaliya sudah memiliki rencana pada lebaran nanti. Ia berencana akan menjenguk Angie bersama Zahwa dan Keanu dengan membawa makanan kesukaan ibundanya itu. “Biasanya sih mama suka makanan pedas, masakan Manado,” urainya. (dtc/fia)

hanya mempunyai kemampuan menyerap air dan bukan benda padat. Terlalu lama kulit bayi terpapar faeces, maka kemungkinan terjadinya iritasi semakin besar. “Selain itu, jangan terus-menerus selama 24 jam bayi anda mengenakan diapers, kendati tiap tiga jam sekali diganti. Sirkulasi udara di area selangkangan bayi sangat penting,” imbuhnya. Listyani mengingatkan, kendati tetap kering, tapi sisa-sisa air seni yang menempel di kulit bayi bisa menyebabkan iritas. Karenanya, setiap kali berganti popok, basuhlah area pantat bayi dengan air hangat. “Setelah itu keringkan dengan lap kain yang lembut,” pungkas dia. (rpb/fia)

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

SHOW & SELEBRITI

FATIN SHIDQIA LUBIS SHUVIA RAHMA / MALANG POST

GEMBIRA: Sebagian anggota Paguyuban Putri Kartini berfoto bersama anak-anak Yayasan Al Ihsani Hasyim.

PAGUYUBAN PUTRI KARTINI

Jangan Takut Meraih Cita-cita MALANG – Paguyuban Putri Kartini Malang Post kembali menggelar aksi sosial di Ramadan kali ini. Di penghujung bulan penuh berkah, para anggota Paguyuban Putri Kartini menggelar aksi sosial berupa penyerahan bantuan kepada yayasan Al Ihsani Hasyim yang beralamat di jalan Jabal Nur RT 1 RW 6, Kedungkandang. Tak hanya menyerahkan bantuan berupa uang tunai, namun di acara kemarin (4/8), Paguyuban Putri Kartini juga memberikan bingkisan berisi perlengkapan sekolah, sembako, mukena dan sarung hingga baju layak pakai untuk sekitar 42 anak penghuni yayasan Al Ihsani. Redaktur Malang Post, Shuvia Rahma menjelaskan, sumbangan yang diberikan kepada yayasan Al Ihsani Hasyim kemarin merupakan hasil dari kemenangan tiga Putri Kartini saat mengikuti lomba busana muslim yang digelar pada pertengahan Ramadan lalu. “Terkumpul dana lebih dari Rp 3 juta, selain dari hadiah lomba fashion, dana tersebut juga berasal dari sumbangan dewan juri,” jelas dia. Selain memberikan bantuan, pada aksi sosial kemarin, berbagai kegiatan mulai

dari sesi motivasi hingga hiburan games disuguhkan untuk anak-anak penghuni yayasan Al Ihsani Hasyim. Motivasi diberikan oleh Redaktur Pelaksana Malang Post, Dewi Yuhana. Pada kesempatan tersebut, perempuan yang akrab disapa Hana itu mengajak anak-anak Yayasan Al Ihsani hasyim untuk berani mengejar cita-cita. “Buatlah cita-cita, kemudian tulis di buku. Tujuannya apa? Agar kita konsisten untuk mengejar cita-cita itu,” kata Hana yang disamput dengan anggukan para audience. Pendiri Yayasan Al Ihsani Hasyim, Mochamad Komari menyambut hangat kedatangan Paguyuban Putri Kartini. Pria asli Malang ini merasa beruntung yayasan yang dinaunginya menjadi perhatian para putri bertalenta tersebut. “Acaranya bagus dan sangat bermanfaat karena sebelumnya tidak pernah ada acara seperti ini,” ungkap pria berusia 53 tahun tersebut. Komari menuturkan, ia merasa senang dan bangga karena dari kegiatan tersebut anak asuhnya mendapatkan banyak manfaat, salah satunya adalah bertambahnya ilmu agama. “Antusiasnya tinggi dan bisa menambah pengalaman bagi anak–anak.

Acara ini bisa memotivasi mereka untuk semangat belajar” katanya. Pria yang menaungi yayasan sejak tahun 2007 ini berharap terdapat serupa bisa digelar kembali sehingga anak-anak asuhnya bisa mendapatkan pencerahan lain di luar kegiatan belajar yang reguler. Salah satu penghuni Yayasan AL Ihsani Hasyim, Osi Biantoro menceritakan dirinya sangat senang dengan acara yang digelar oleh Paguyuban Putri Kartini. Pasalnya, permainan yang digelar menjelang buka puasa membuat dirinya lupa dengan rasa lapar karena sedang berpuasa. “Lapernya nggak kerasa karena ada permainan yang seru. Teman–teman juga senang karena semuanya dapat hadiah,” ucap Siswa SMP PGRI Kedungkandang tersebut. Putri Kartini 2012, Khadijah Azzahra menambahkan, melalui acara tersebut, ia berharap anak-anak panti asuhan terutama yang putri menjadi lebih berani mengejar prestasi. Sebab, keberanian untuk meraih citacita menjadi kunci sukses di semua hal. “Setiap orang punya kelebihan dan kekurang. Kalian jangan minder dengan kekurangan yang ada,” ucap perempuan yang akrab disapa Ra tersebut. (mg3/fia)

Belum Beli Baju Lebaran LEBARAN tinggal menghitung hari, namun pemenang ajang pencarian bakat X Factor, Fatin Shidqia Lubis belum sempat membeli baju Lebaran. Padatnya jadwal selama Ramadan membuatnya tidak sempat membuat persiapan khusus menyambut Idul Fitri. “Belum ketemu waktu untuk nyari-nyari baju,” ungkap Fatin. Lebaran tahun ini yang jelas akan sangat berbeda bagi Fatin. Dia sudah menyandang sebagai penyanyi profesional dan artis, berbeda dengan tahun sebelumnya. Waktunya sangat berharga dan sibuk dengan sederet jadwal aktivitas. Karena itu Fatin tidak akan menyia-nyiakan momen kebersamaan bersama keluarga, mengingat setelah menang X Factor, menjadi jarang kumpul keluarga. Setelah Lebaran pun dipastikan aktivitasnya akan kembali sibuk. “Lebaran quality time sama keluarga mama yang di Jakarta. Kan orang Betawi semua. Paling sama kayak yang lain, keliling dan bermaafan. Kalau aku suka makan makanan Lebaran. Terus keliling-keliling ke rumah saudara. Karena mama aku saudaranya banyak banget,” tandasnya. (kpl/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

18

Kisah Ulama Indonesia yang Berpengaruh di Tanah Suci (26)

Syekh Hussain Abdul Ghani, Ulama Keturunan Majapahit Syekh Muhammad Hussain Abdul Ghani bin Abdul Rahman bin Adam alFalamban masih berkutat di Sumatra, tepatnya di Palembang. Dialah seorang tokoh penting, ulama dan intelektual sejati di Makkah asal Palembang. Sebut saja Syekh Abdurahman Al-Falnabani (Palembang). Di Makkah, banyak komunitas dan paguyuban yang berasal dari daerah tertentu, seperti; komunitas orang Madura, Lombok, Kalimantan, Bugis, termasuk komunitas arek-arek Malang yang lebih populer dengan sebutan «»Arema Makkah»». Bahkan, di Makkah juga terdapat organisasi keagamaan, seperti; PCINU (Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama) Arab Saudi, ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim), Formida (Forum Masyarakat Jeddah). Namun, tidak semua komunitas yang ada mengarah pada pendidikan dan intelektual, serta melahirkan ulama. Dan, Syekh Abdurahman adalah salah satu tokoh perkumpulan (organisasi orang-orang yang berasal dari Palembang) yang dirintis langsung oleh Sayyid Muhsin. Bagi keturunan Palembang, satu sama lainnya pasti saling mengenal,

karena nama terakhirnya selalu diakhiri Beliau memiliki darah biru (bangsawan), dengan ‘’al-Falanbani’’, sebagai idendari penguasa tanah Jawa waktu itu. titas asal usul daerah. Tetapi beliau lahir di sebuah kota Cukup banyak keturunan Palembang Palembang (Sumatera). Tepatnya pada yang sudah menjadi warga Arab Saudi malam Rabu (6/9/1319 H). (Makkah). Bahkan Pendidikan beliau menjadi tokoh berawal dari ketekunan masyarakat, ulama, dan keihlasan orangdosen, dokter, pejabat tuanya sebagai seorang pemerintah. Ada beImam Masjid di desaberapa pejabat Kampus nya yang sekaligus seUmm Al-Qura Unibagai seorang ulama’. versity Makkah yang Dialah Syekh Abdul merupakan keturunan Ghani orang tua yang Palembang. membentuk kepriOrang yang akan badian Syekh Abdudibahas penulis salah rahman sejak usia dini. satu dari ulama IndoSyekh yang satu ini nesia yang bermukim belajar Alquran dan di Makkah yang memimenghafalkanya atas liki karakter unik, mebimbingan orangtua. narik sebagai seorang Beliau juga pernah ulama dari keturunan menjadi Imam Salat, H. Abdul Adzim Irsyad, Lc. bangsawan Majapahit. ketika usianya belum Alumni Ummul Qurra Makkah Nama lengkap memasuki 12 tahun. Ini beliau adalah Mumenunjukkan bahwa hammad Hussain Abdul Ghani bin Abbeliau sejak kecil telah memiliki dul Rahman bin Adam al-Falamban (Pakemampuan dan kekuatan hafalan yang lembang). Nasab beliau berakhir dikaitluar biasa. Untuk melengkapi ilmunya, kan dengan raja-raja Jawa (Majapahit). beliau belajar ilmu tata bahasa Arab serta

ilmu agama kepada Syekh Husain bin Abdullah seorang ulama terkemuka dan alim di daerahnya kala itu. Jika dilihat dari sejarahnya, sejak abad abad 14-15 Palembang sudah mengenal Islam. Tidak aneh, jika kemudian banyak ulama-ulama hebat yang lahir dan besar di Palembang. Sebut saja, Syekh Abdus Somad AlPalambani yang lahir pada tahun 1704 M. Dan setelah tumbuh remaja, beliau berkelana hingga ke Arab (Makkah) untuk mendalami ilmu agama. Tradisi berkenala menuntut ilmu sudah dilakukan oleh ulama-ulama sebelum Syekh Abdurahman Al-Palembangi. Bahkan, di dalam catatan sejarah Syekh Abdus Somad Al-Palambani seorang ulama dan penulis, sekaligus pejuang Islam. Mengaca kepada para pendahulunya, pada tahun (29/8/1330 H) Syekh Abdurahman ingin menyempurnakan pendidikan agamanya di kota kelahiran Nabi Muhammad SAW, sekaligus kota tempat turunnya Alqur’an. Tudak dipungkiri, Makkah memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan santri dari Nusantara, seperti: Palembang, Mandailing, Padang, Aceh, Jambi dll). (*)

Inti Do»a, Kekuatan Yang MENGUBAH SUATU TAKDIR DO’A adalah ibadah yang bisa mengantarkan kita kepada kedekatan dengan Allah SWT. Ketika do’a diijabah, semestinya membuat kita sadar itu merupakan karunia Allah. Jika belum diijabah, maka do’a menjadi perisai dari berputus asa. Maka yang terpenting dari sebuah doa bukan doa itu sendiri, tapi suasana hati kita yang benar-benar memurnikan tauhid, dan kita menyadari betapa lemahnya kita, tanpa pertolongan-Nya mustahil kita mampu menjalani hidup ini. Seorang yang berdoa dengan baik adalah ia yang berhasil menemukan posisi yang paling tepat bagi seorang hamba, sebagaimana hal-hal berikut: 1. Merasa lemah tiada daya dan upaya, hanya Allah tempat satu-satunya memohon Yang Maha Perkasa, yang akan mengijabah hajatnya, tiada yang lain. 2. Merasa diri miskin tidak mempunyai apa pun, termasuk tidak memiliki diri ini. Sedangkan Allah SWT pemilik semua kekayaan. 3. Merasa sangat membutuhkan Allah, tidak ada lagi yang bisa menolong selain Allah. Tidak pernah hati ini bercabang mengharap-harap kepada selain Allah SWT. Saat berdoa hati kita merasa tidak tahu, bodoh, tidak mengerti dan hanya Allah satu-satunya yang Maha Tahu jalan keluar, ilmu, rejeki, dan pertolongan orang lain tidak ada yang bisa menjadi jalan, tanpa ijinNya. Selanjutnya, mestinya hal itu bukan hanya pada waktu berdoa saja, melainkan menjadi bagian dari sikap hidup kesehariannya. Ada orang yang merasa berkedudukan di sisi Allah. Seakan-akan ia sudah shaleh, suci dan mulia, gara-gara dia memakai penampilan agamis. Maka akan menjadi hijab/penghalang bagi dirinya kepada Allah. Semestinya diri ini merasa kotor dan hina. “Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa”. QS An-Najm:32 Masalah doa bukan hanya masalah redaksi doanya. Karena ada yang membaca sekali diijabah dan yang membaca ribuan kali tidak saja diijabah. Mengapa hal demikian terjadi, tentu di antaranya hatinya masih belum bulat, ia masih bersandar pada selain Allah SWT.

MUTIARA HIKMAH DARI Anas r.a berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda; “Allah ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, selama kamu berdo’a dan mengharap kepadaKu niscaya Aku ampuni dosa yang telah kamu lakukan, dan Aku tidak memperdulikan berapa banyaknya. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu bagaikan awan di langit kemudian kamu minta ampun kepadaKu, niscaya Aku mengampunimu, dan Aku tidak mempedulikan berapa banyak dosamu. Wahai anak Adam seandainya kamu datang kehadapanKu dengan membawa dosa seisi bumi kemudian bertemu dengan Aku tanpa menyekutukan sesuatu apa pundenganKu, niscaya Aku mengampuni dosa yang seisi bumi itu.” (Riwayat At Turmudzy).(*)

FIKIH PUASA

Mengeluarkan Zakat Bentuk Makanan untuk Tasyakuran TANYA: Ada sebagian pedagang yang mengeluarkan zakat tijarohnya (zakat perdagangan) pada bulan tertentu (seperti bulan Ramadan), tanpa meninjau terlebih dahulu apakah itu akhir haul (tahun) atau tidak. Sebagian dari mereka ada yang mengeluarkan zakat dalam bentuk makanan dengan cara mengadakan tasyakuran dsb. Sahkah zakat yang dikeluarkan tersebut bila melampaui satu tahun atau belum sampai satu tahun ? Sahkah zakat dalam bentuk makanan? JAWAB: Mengeluarkan zakat yang telah melampaui satu tahun adalah sah. Namun hukumnya haram, jika hal tersebut dilakukan dengan tanpa udzur atau hajat (kebutuhan). Sedangkan Ta’jiluz zakat at-tijaroh (mengeluarkan zakat perdagangan sebelum waktunya) yang telah mencapai nishob, hukumnya juga sah. Dan jika belum mencapai nishob maka terjadi khilaf. Menurut Imam As Subki sah dan menurut sebagian ulama’ tidak sah. Referensi : Nihayatuz Zain hal. 178 (Maktabah Wa Mathba’ah Thoha Putra Semarang) Is’adur Rofiq Juz 1 hal. 126 (Daru Ihya’il Kutub Al ‘Arobiyah). Hawasyi As Syarwany Juz 3 hal. 353 & 347 – 348 (Daru Shodir), Al Majmu’ Juz 4 hal. 144 (Al Maktabah As Salafiyah). Sedangkan pemberian zakat dalam bentuk makanan hukumnya terjadi khilaf : Kalau itu merupakan ‘urudhut tijarohnya (harta yang diperdagangkannya), maka menurut qoul (pendapat) yang masyhur tidak boleh. Namun menurut qoul dhoif (pendapat yang lemah), diperbolehkan. Menurut Imam Al Bulqini, apabila itu merupakan sesuatu yang paling bermanfa’at bagi para’mustahiqqin,’maka diperbolehkan. Hanya saja qoul ini adalah dhoif (lemah). Referensi : Bughyatul Mustarsyidin hal. 101 (Darul Fikr), Tarsyihul Mustafidin hal. 154– 155 (Darul Fikr), Ghoyatul Talkhishil Murod Hamisy Bughyatul Mustarsyidin hal. 112 (Darul Fikr), Muhibah Dzil Fadli Juz 4 hal. 37 – 38 ( AlMaktabah Al ‘Amiroh Asy Syarofiyah Al Majmu’ Juz 6 hal. 68 – 69 (Al Maktabah As Salafiyah), Bughyatul Mustarsyidin hal. 100 (Darul Fikr).(*)

FIKIH ZAKAT

Zakat Untuk Bangun Masjid BERDOA: Do»a adalah ibadah yang bisa mengantarkan kita kepada kedekatan dengan Allah SWT. Ketika do»a diijabah, semestinya membuat kita sadar itu merupakan karunia Allah. Jika belum diijabah, maka do»a menjadi perisai dari berputus asa. Memang doa itu bisa mengubah dari takdir satu ke takdir yang lain. Allah-lah yang memiliki takdir. Namun ada catatan pula di Lauhul Mahfudz, bahwa bila dia berdoa dengan sepenuh keyakinan, maka aka nada catatan takdirnya, demikian pun bila lalai dalam do’anya, akan nada catatan takdir lainnya. Tidak ada yang luput dan baru, karena ada di Lauhul Mahfudz jauh sejak kita dilahirkan ke dunia. Tetap ada rangkaian takdirnya dengan detail di lauhul mahfudz. Namun tugas kita adalah berusaha. Dengan demikian, yang terpenting bagi kita bukan terkabulnya doa, tapi dengan doa itu kita benar-benar menjadi hamba Allah. Perintah Allah adalah untuk menjadi mengabdi, bersih tauhid. berjiwa bulat hanya kepada Allah. Perkara dikasih, itu bonus, agar makin tambah keimanan kita. Perkara ijabah Allah Maha Kuasa. “Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku kepada diri-Ku.” (Hadis Qudsi). Maka berbaik sangka kepada Allah dengan kepatuhan, itu syaratnya. Jangan ragukan dengan ijabahnya dari Allah atas do’a-do’a kita. Hal itu sudah janji Allah. Pasti diijabah, walau

waktu, cara, bentuknya bisa tidak sesuai dengan yang dimohonkan. Doa tidak ada yang disia-siakan Dari sebuah hadis disebutkan Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya doa dan musibah itu berada diantara langit dan bumi saling bertempur dan doa itu dapat mengalahkan musibah sebelum musibah itu turun.” (diriwayatkan Imam Atthabrani dalam kitab alAusath (2498). Mana yang dapat mengalahkan, apa doa yang menang sehingga bisa menghindarkan musibah. Dengan memeriksa dosa-dosa diri dan menguatkan ibadah, maka itu menjadikan energi doa semakin besar. Yang paling penting juga dari unsur ibadah doa ini adalah melahirkan ketulusan dan silaturahmi. Bagaimana keikhlasan itu? Allah Yang Maha Menyaksikan mengetahui persis keadaan setiap hambanya, dari mulai latar belakang keluarga, ilmu, lingkungan, lahirnya, karena Allah Yang menentukan. Allah Mengetahui persis. Sementara, di antara manusia, ada yang diketahuinya hanya persoalanpersoalan duniawi belaka. Tatkala membutuhkan keperluan duniawinya,

tetap ia memintanya hanya kepada Allah walaupun hanya untuk urusan dunia. Ia pun berhasil menaikan keimanannya dengan berlanjut kepada keyakinan bahwa ia tidak ragu terhadap jaminan Allah. Ia sudah naik lagi setahap menjadi orientasinya mengejar pahala Allah. Karena itu, ia menyukai segala hal yang terkait dengan pahala. Selanjutnya, ia pun semakin menyadari bahwa ia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah dengan mencari ridho-Nya. Inti dari doa adalah benar-benar bisa menjadikan diri kita jadi hamba sejati, agar ngepas, kita sebagai hamba, Allah sebagai Tuhan. Doa itu ruhul ibadah. Bila seseorang rajin berdoa hatinya menjadi kerut, terasa hamba yang tidak punya apa-apa, bodoh; memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa, satu-satunya yang bisa menolong, dan makin bulat makin lumpuh kepada Allah SWT, itulah saat-saat terbaik berdoa kepada Allah. Sebaliknya, jika hati tidak merasa makin mengkerut, la haula quwwata illa billah, maka tidak akan diperoleh tujuan dari ibadah doa itu sendiri. (ermus/udi)

MPR Dorong Pemerintah Tindak Tegas Gerakan Khilafah

DISKUSI: Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin dalam diskusi yang bertajuk ≈Menggugat Empat Pilar∆ di Kantor PBNU lantai delapan, jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, kemarin.

JAKARTA- Majelis Permusyaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) akan mendorong pemerintah untuk menindak secara tegas terhadap gerakan-gerakan yang mempropagandakan negara berdasarkan khilafah. Demikian dikatakan oleh Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim Saifuddin dalam diskusi yang bertajuk “Menggugat Empat Pilar” di Kantor PBNU lantai delapan, jalan Kramat Raya nomor 164, Jakarta Pusat, kemarin. “Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) adalah fenomena belakangan. Kita tentu harus serius dengan kehadiran HTI,” kata Lukman Hakim. Lukman Hakim Saifuddin

menilai pemerintah kurang serius menangani gerakan-gerakan yang merongrong Pancasila. Selain pemerintah, ia juga mengimbau masyarakat luas untuk tidak melakukan pembiaran terhadap gerakan-gerakan khilafah tersebut. “Pemerintah seperti tutup mata terhadap ancaman gerakan khilafah,” kata Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Mashdar F Masudi dalam forum yang sama. Di hadapan sedikitnya 70 peserta diskusi, KH Mashdar mengatakan bahwa negara-negara Islam sedang terjadi gejolak hebat di Timur Tengah. Ideologi absolut dan hitam-putih persoalan membuat keamanan

tak kunjung datang. “Kalau negara Islam saja sudah seperti itu, apalagi negara dengan sistem khilafah yang sangat absolut,” tegas KH Masdar. Dalam diskusi yang difasilitasi Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM NU), Lukman Hakim menjelaskan bahwa sosialisasi Empat Pilar menjadi salah satu program utama MPR RI. Karena, sambung Lukman Hakim Saifuddin muncul sejumlah fenomenafenomena aktual yang mengikis nilai-nilai Pancasila mulai dari gerakan separatis, gerakan kekerasan, gerakan khilafah, perilaku sewenang-senang pejabat publik. (nu/udi)

TANYA: Bolehkah zakat maal digunakan membangun masjid? Gilang, Malang JAWAB: Salah satu dari delapan ashnaf (golongan) yang berhak menerima zakat. Seperti dalam Alqur‘an surat At Taubah ayat 60 adalah fi sabilillah (yang berjuang di jalan Allah). Dalam ayat itu yang berhak menerima zakat lebih kepada orang bukan benda/tempat. Karena itu para ulama’ berbeda pendapat boleh tidaknya zakat untuk membangun masjid. Dari yang tidak memperbolehkan beralasan bahwa masjid bukan orang yang berjuang di jalan Allah, sehingga kalau hendak membangun masjid bisa diambilkan dari infaq/shodaqoh atau bantuan lain. Sementara yang membolehkan beralasan bahwa masjid adalah pusat kegiatan perjuangan di jalan Allah, dan faktanya masjid bisa dipakai beragam kegiatan seperti TPQ/TPA, madrasah diniyah, kegiatan sosial, ekonomi, seni/budaya dan lainnya (tentu yang disesuaikan dengan syari‘at Islam). Wallahu A’lam bish Showab. (*)

HUMOR SANTRI

Salat Subuh Tiga Roka’at ADZAN Shubuh telah berkumandang. Dari kegelapan malam tampak seorang lelaki berjalan terhuyung huyung menuju Masjid di area pesantren. Ternyata dia seorang preman yang habis pulang dari begadang minum khamer. Aroma alkohol begitu menyengat dari mulutnya. Ketika hendak memasuki Masjid, langkahnya terhenti karena dihadang oleh Kiai Fulan. Kiai Fulan tampak berfikir sejenak, bagaimana caranya mengusir preman tersebut. Salah salah bisa marah pemabok itu. Kiai Fulan: “Hei, mau ngapain kamu kesini?” Pemabok : “Mau salat lah Kiai. Salat Shubuh.” Kiai Fulan: (masih waras rupanya si pemabok, tau salat Shubuh segala, pikir dalam hati Kiai).. “Emangnya salat Shubuh berapa raka’at?” Pemabok : “Cuma tiga aja, Kiai” Kiai Fulan : “Goblok, solat Shubuh kok tiga roka’at. Kamu pasti mabok, sana pergi!” Diusirlah si pemabok itu karena masih teler. Di pintu gerbang masjid si pemabok bertemu dengan Jono. Pemabok : “Eh, lu. Lu mau kemana lu? Mo ngapain?” Jono : “Mau ke Masjid, Bang. Salat Shubuh.” Pemabok : “Emang salat Shubuh berapa roka’at?” Jono : “Dua roka’at, Bang.” Pemabok : (sambil ketawa guling guling) “hahaha... Mending pulang aja lu, gue aja yang tiga roka’at kagak boleh sama Kiai, apalagi lu yang cuma dua roka’at! Jono : ??? REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : DJ AMIEL


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

19

DUKUNG: Aremania terus memberikan dukungan dan masukan kepada tim Singo Edan. GUEST GESANG/MALANG POST

Tampung Aspirasi Aremania MALANG – Publik Aremania memang dikenal sebagai kelompok suporter yang tak gentar menyuarakan masukan maupun saran terhadap Arema Indonesia. Khususnya, ketika tim berjuluk Singo Edan tak bermain sesuai harapan dari suporter. Hal itu sudah dialami oleh Rahmad Darmawan (RD) sebagai pelatih Arema musim ini. Begitu Arema gagal juara, suporter pun langsung menyuarakan mosi tidak percaya kepada pelatih asal Metro Lam-

pung ini. “Kita semakin tidak percaya pada RD, khususnya begitu kita gagal juara. Dan RD pun mengakui Arema gagal memenuhi target, tentu saja kita minta pertanggungjawaban atas target yang dijanjikan oleh RD,” ungkap salah satu Aremania yang mengirim pesan singkat kepada Malang Post. Suporter sekarang sedang menyuarakan pemecatan ter hadap pelatih berusia 46 tahun ini. Menanggapi per-

mintaan ini, CEO Arema Iwan Budianto menyebut bahwa manajemen tidak akan menutup mata maupun menulikan telinga. Apalagi, IB, sapaan akrabnya, sangat paham bahwa Aremania menyuarakan hal itu demi prestasi dan kebaikan Arema. “Kita tentu saja selalu mendengarkan suara dan kritik dari Aremania. Apalagi, lantangnya suara kritik itu datang dari rasa memiliki yang sangat besar terhadap Arema. Mereka tak

mau Arema tidak berprestasi. Tentu saja kita sangat bangga dengan kiprah Aremania seperti ini,” ungkap IB kepada Malang Post. Te r m a s u k , p e r m i n t a a n Aremania untuk segera mengevaluasi skuad dan tim pelatih, termasuk RD. IB sangat menghargai permintaan Aremania ini. Namun, untuk saat ini, manajemen belum melakukan evaluasi tersebut. Sebab, kompetisi masih bergulir. Jika waktunya tiba,

Kantor Arema Tampil Beda di HUT

SAMBUT HUT: Suasana halaman depan Kantor Arema di Jalan Kertanegara dalam menyambut HUT. GUEST GESANG/MALANG POST

MALANG – Ulang tahun Arema Indonesia terasa sangat istimewa. Peringatan ultah ke-26 klub berlogo Singo Edan itu semakin terasa, karena manajemen

menyiapkan tampilan khusus selama momen ultah. Yakni, memasang wall of fame yang menutupi depan kantor Arema Jalan Kertanegara, depan Sta-

siun Kota Baru. Media Officer Arema, Sudarmaji menyebut, wall of fame tersebut berisi soal banyak hal. “Yang paling utama, tentu saja

maka manajemen siap memenuhi permintaan Aremania untuk melakukan evaluasi. Saat ini, Arema menyisakan empat pertandingan, yakni dua pertandingan home lawan Barito Putera dan Persiba Balikpapan, serta dua pertandingan tandang lawan Persidafon Dafonsoro dan Persiram Raja Ampat. “Biarkan tim ini berjuang dulu, baru setelah itu kita akan putuskan dan lakukan evaluasi,” tutup IB.(fin/jon)

logo Arema edisi ulang tahun ke-26 yang menggambarkan sosok singa yang gagah berdiri di atas angka 26, sebagai tanda bahwa semakin tua, singa semakin ditakuti dan disegani, memiliki kebanggaan dan pride,” ungkap Sudarmaji kepada Malang Post. Logo singa ultah ke-26 sudah dipublikasikan oleh manajemen berbarengan dengan penandatanganan MoU antara Arema Indonesia dan PT Indosat Tbk, beberapa hari lalu. Logo tersebut menjadi trending topic dalam beberapa grup Facebook milik publik Aremania yang juga bersukacita atas bertambahnya usia Arema dan Aremania ini. Selain logo edisi ultah, wall of fame tersebut juga menampilkan jargon baru yang juga didengungkan CEO Arema Iwan Budianto saat publikasi tanda tangan MoU dengan Indosat. “Ada jargon baru kita The Power Is Ours yang kita pajang di wall of fame, kita akan pasang wall of fame ini selama rangkaian perayaan ultah Arema ke-26 berjalan,” ungkap Sudarmaji. Wall of fame tersebut sudah dipasang oleh manajemen sejak siang hari kemarin. Praktis, dalam acara pengajian bersama Emha Ainun Najib dan Kiai Kanjeng, wall of fame terlihat mencolok. Wall of fame ini menjadi spot spesial bagi fans dan suporter untuk berfoto dan mengabadikan momen ulang tahun Arema ke-26.(fin/jon)

Awas Diserobot Mitra-Persib 

Sambungan dari Halaman 20

CEO Arema, Iwan Budianto tak menyukai semua spekulasi soal settingan runner up Mitra Kukar maupun kenakalan Persipura yang mungkin memberi kemenangan Persib di Stadion Mandala. Ia lebih suka melihat bahwa Arema bagaimanapun tak boleh bergantung pada klub lain. “Kita tak mau tergantung dengan mereka. Yang bisa kita lakukan hanyalah berjuang maksimal, sesuai dengan target untuk sapu bersih di sisa kompetisi. Yang penting, target runner up jangan sampai lepas dari tangan kita,” tandas IB, sapaan akrabnya. “Saya tak mau banyak berandai-andai, gimana kalau kita kalah? Gimana kalau Persipura mengalah? Dan sebagainya. Saya lebih suka tim ini berjuang mati-matian di empat laga sisa, baru kita bisa tahu hasilnya,” tutup IB.(fin/jon)

Bintang Sport akan Suport Arema? MALANG – Nilai jual Arema Indonesia di mata sponsor memang tak ada tandingannya. Terbukti, PT Indosat Tbk yang sudah mensponsori Arema, langsung mengikat kontrak selama tiga musim dengan Singo Edan. Tak heran, musim depan banyak sponsor yang antri untuk ikut mendanai klub pujaan Aremania ini. Anker Sport yang jadi sponsor utama karena menempati posisi utama di jersey, kembali digoyang posisinya. Meski menyisakan satu musim lagi, para pesaing Anker Sport rupanya sudah memasang ancang-ancang untuk memberikan penawaran yang lebih menggiurkan bagi Arema. Dari informasi yang dihimpun di internal klub, ada satu pesaing yang siap memberikan nilai sponsor dua kali lipat dari yang diberikan oleh Anker Sport. Menurut narasumber yang enggan disebut namanya, Bintang Sport disinyalir sebagai pesaing utama Anker Sport dalam perebutan spot sponsor utama di jersey Arema. “Bintang Sport sudah siap memberikan dua kali lipat dari yang diberikan oleh Anker Sport,” ungkap sumber internal klub tersebut. Anker Sport mendapatkan spot utama di jersey Arema karena meneruskan kontrak tiga tahun yang sejatinya milik Pelita Jaya. Anker Sport sejak musim lalu jadi sponsor utama Pelita Jaya. Begitu ada merger antara Arema dan Pelita Jaya di bawah payung PT Pelita Jaya Cronous, sponsor-sponsor yang berada dalam perjanjian kontrak secara otomatis dipindahkan ke Arema Indonesia. Belum ada informasi resmi soal nilai rupiah yang diberikan oleh Anker Sport kepada klub berlogo singa ini. Namun, Ijen Nirwana saja memberikan kucuran dana senilai Rp 4,5 miliar dan hanya terletak di bagian belakang. “Yang jelas, kita sangat terbuka untuk semua kemungkinan sponsor masuk. Kalau nilai kontraknya bagus, kenapa kita tolak? Tapi, kita beri kesempatan sponsor lama (Anker Sport) untuk negosiasi ulang,” ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo.(fin/jon)

Penghentian IPL Bisa Langgar Amanat Kongres PSSI JAKARTA - Tidak semua kontestan Indonesian Premier League (IPL) memiliki pemikiran yang sama dengan Semen Padang dan Persiba Bantul. Salah satunya, Persebaya Surabaya. Tim asal Kota Pahlawan itu dengan lantang menolak wacana penghentian kompetisi IPL. “Impossible jika kompetisi harus dihentikan di tengah jalan. Sebab, secara otomatis, hal itu dapat mencederai hasil kongres PSSI beberapa waktu lalu. Bukankah semua sudah sepakat bahwa kompetisi IPL maupun ISL (Indonesia Super League,

Red) harus dijalankan hingga akhir?” ucap Cholid Ghoromah, CEO Persebaya, tadi malam. Menurut dia, informasi soal upaya penghentian kompetisi IPL di tengah jalan tersebut sejatinya terdengar beberapa hari sebelumnya. Tim-tim lain getol meneriakkan wacana itu karena lebih dulu termakan janji bahwa mereka mendapat slot sebagai peserta kompetisi unifikasi musim depan. “Kami melihat bahwa ada skenario busuk yang sengaja dipraktikkan para mafia sepak bola Indonesia.

Mereka juga ingin menjegal Persebaya agar tidak bisa lolos ke kompetisi unifikasi. Sebab, saat ini kami berada di peringkat kelima. Rencana ini sudah tercium jauh-jauh hari. Tapi, kami tidak akan tinggal diam,” tuturnya. Sebagaimana diketahui, PSSI memang menerapkan standar ganda saat menggelar kompetisi unifikasi musim depan. Ya, tidak semua klub dari IPL dianggap layak untuk mengikuti kompetisi gabungan tersebut. Sebab, PSSI hanya memberikan jatah bagi tim yang menduduki pe-

ringkat empat besar. Sebaliknya, dari ISL, semua klub alias 18 tim peserta diberi jatah istimewa. Terlepas dari hal itu, Cholid menyatakan, upaya penghentian kompetisi IPL tersebut merupakan bagian dari sebuah skenario besar. Hal itu terjadi lantaran beberapa stake holder PSSI gerah setelah mengetahui bahwa PT LPIS sebagai regulator kompetisi akan menandatangani kontrak dengan FOX, salah satu jaringan televisi olahraga internasional. “Kebetulan, nilai kerja samanya sangat tinggi. FOX bersedia mengu-

curkan 50 juta dolar AS untuk setiap musim. Jika kerja sama ini berhasil, sudah pasti tim-tim di IPL lebih survive. Namun, saya menyayangkan orang-orang di LPIS. Sebab, mereka tidak segera menginformasikan hal ini kepada klub-klub anggota,” paparnya. Hal senada juga diungkapkan oleh CEO Persibo Bojonegoro, Lukman Wafi. Menurut Lukman wacana penghentian kompetisi IPL tersebut seharusnya tidak mencuat keluar bila PSSI sebagai otoritas tertinggi sepak bola Indonesia sadar diri dan tidak

bertindak diskriminatif. “Padahal mereka tahu, kompetisi resmi di Indonesia dan diakui oleh PSSI itu adalah IPL, sementara ISL itu kan baru mendapat pengakuan belakangan ini. Nah, kalau akhirnya IPL bubar di tengah jalan, maka secara otomatis mencoreng nama PSSI,” keluhnya. “Begitu juga dengan tim-tim yang meneriakkan berhenti dan stop kompetisi, mentang-mentang mereka sudah di posisi aman, lantas berteriak seperti itu,” tegas Wafi. (dik/c18/ko/jpnn/jon)

Sisa Laga, Persipura Turunkan Pemain Muda JAYAPURA-Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, akan memaksimalkan pemain muda di sisa empat laga Indonesia Super League (ISL) musim ini. Jacksen menilai pemain muda tim Mutiara Hitam sudah memberi kontribusi signifikan. Sejumlah pemain muda Persipura, seperti Nelson Alom, Ferinando Pahabol, dan Ricky Kayame, menunjukkan kemampuan impresif jika diberi kesempatan bermain. Nelson contohnya, mampu mencetak gol ketika Persipura saat melawan Sri-

wijaya FC 2-0 di Stadion Jakabaring, Palembang. Feri Pahabol menciptakan gol penentu kemenangan 3-2 Persipura atas Persija Jakarta. Sedangkan, Ricky mencetak dua gol saat Persipura menggulung Persidafon Dafonsoro 8-1. Penampilan gemilang tiga pemain tersebut membuat Jacksen terkesan. ‘’Tiga pertandingan itu momen berkesan buat saya. Kami mengalahkan Sriwijaya di Palembang, Persija di Jakarta, dan Persidafon di Persipura. Gol kemenangan kami

ditentukan oleh pemain muda seperti Nelson, Feri Pahabol, dan Ricky,’’ ujar Jacksen. Sebagai apresiasi, Jacksen akan memberi kesempatan kepada pemain muda tampil di empat laga sisa musim ini. Empat laga terakhir Persipura adalah menghadapi Persela Lamongan, Persepam, Persib Bandung dan Persita Tangerang. ‘’Ini telah menjadi komitmen setelah kami jika menjuarai ISL sebelum musim ini berakhir,’’ papar Jacksen.

Jacksen menyatakan ada sejumlah faktor yang membuat Persipura menjadi juara ISL musim ini. Salah satunya kehadiran sejumlah pemain baru, Otavio Dutra, Patrich Wanggai, Ruben Sanadi, Lim Joon-sik dan Ferinando Pahabol. ‘’Transfer itu hanya salah satu kunci keberhasilan kami. Banyak faktor pendukungnya, seperti manajemen yang sehat, kebersamaan di antara pemain dan dukungan seluruh masyarakat Papua,” tegas Jacksen. (vvn/jon)

WENNY FIRMANSYAH/ CENDRAWASIH POST

BERSINAR: Salah satu pemain muda Persipura Jayapura yang sedang bersinar Ferinando Pahabol.

REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: REEP


SENIN, 5 AGUSTUS 2013

20

Awas Diserobot Mitra-Persib MALANG – Ambisi Arema Indonesia dalam mengamankan posisi runner up Indonesia Super League (ISL) masih belum aman. Kabar tak sedap kembali datang dari salah satu pesaing utama Singo Edan dalam perebutan runner up ISL, yakni Mitra Kukar, Kutai Kartanegara. Kemenangan dua kali yang dicatatkan Naga Mekes di laga kandang Stadion Aji Imbut, Tenggarong memunculkan isu akan mengeser Singo Edan di akhir kompetisi. Kabarnya, kemenangan dua kali di Stadion Aji Imbut atas Arema Indonesia (2-1) dan Gresik United (2-0) menjadi pertanda dimulainya upaya untuk mengangkat Mitra Kukar jadi runner up. Namun, General Manager Arema, Ruddy Widodo tidak mau ada spekulasi yang berlebihan soal kiprah Mitra Kukar. “Saya tidak pernah percaya ada settingan (Mitra Kukar jadi runner up),” ungkap Ruddy kepada Malang Post kemarin. Namun demikian, isu tersebut semakin menguat di dunia maya dan forum publik sepakbola di internet. Mau tak mau, publik Arema dibuat khawatir dengan isu yang gencar dibicarakan di grup-grup Facebook maupun Twitter. Namun, manajemen meminta publik tidak terpengaruh oleh isu tak produktif tersebut. Sebab, klub berlogo singa ini bakal mati-matian mempertahankan runner up di sisa kompetisi, sekaligus menepis isu Mitra Kukar disetting jadi runner up. “Kalau kita berjuang matimatian di sisa kompetisi, lalu sukses jadi runner up, itu bisa membuktikan bahwa tidak ada settingan,” ungkap pengusaha travel tersebut. Sejatinya, manajemen Arema tidak terlalu termakan oleh

isu Mitra Kukar disetting jadi runner up. Sebaliknya, Ruddy malah khawatir terhadap kiprah Persipura Jayapura yang sudah jadi juara ISL, di sisa kompetisi. Dengan masih menyisakan empat pertandingan, Persipura bisa saja melakukan apapun, termasuk terus mengalah di sisa kompetisi. Jika hal ini terjadi, maka Arema bisa terganjal dari posisi runner up. Ada satu tim yang bakal diuntungkan

andai Persipura nakal dan menurunkan tensi kompetitifnya, yakni Persib Bandung. “Justru saya khawatir dengan Persipura. Saya berharap Persipura menunjukkan mentalnya sebagai juara sejati. Dengan mengambil semua poin homenya, termasuk saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Mandala,” tegas Ruddy. Kemungkinan tim berjuluk Mutiara Hitam itu untuk me-

ngalah dari Persib tetap terbuka. Sebab, dari sisi klasemen dan poin, hanya Persib dan Mitra Kukar yang bisa menggeser Arema. Persib saat ini memiliki poin 56 dari 29 laga. Jika Persib secara ajaib menang di kandang Persipura, maka mimpi Arema untuk menjadi runner up di sisa kompetisi terasa semakin berat. Apalagi, ada pertandingan lawan Persidafon Dafonsoro yang juga

harus dilalui oleh Persib. Dengan kondisi Persidafon yang hampir pasti degradasi, kemungkinan Persib untuk menang di Sentani, kandang Persidafon sangat besar. Namun demikian, manajemen tak mau ambil pusing dengan hal tersebut. Baca Awas... Hal.19

H.M. Tri Wediyanto Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim, Dhuafa dan Relasi

BERI SAMBUTAN: Drs. H.M Tri Wediyanto ketika memberikan sambutan kepada setiap undangan yang hadir dalam acara buka puasa bersama.

GUYUB: Drs. H.M Tri Wediyanto foto bersama dengan perwakilan undangan yang mendapatkan tali asih

SIRAMAN ROHANI: Tausiyah diberikan oleh RM. KH. Ahmad Mujazid kepada setiap undangan sebelum berbuka puasa.

SERIUS: Sungguh-sungguh mendengarkan tausiyah yang disampaikan dalam acara.

WAKIL Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Jawa Timur, Drs. H.M. Tri Wediyanto, M.Si yang juga Direktur developer PT. Kharisma Karangploso buka puasa bersama warga, anak yatim dan juga relasi Jumat (2/8) lalu di kediamannya di Jalan Sawo No. 12 Perum Permata Jingga. Bersama 300 undangan yang hadir, Tri Wediyanto berbagi kebahagiaan untuk mempererat kebersamaan, selain itu juga membagikan tali asih kepada beberapa pihak seperti panti asuhan, anak yatim, pasukan kuning dan juga satpam.

TUNGGU TAMU: Ketika menunggu setiap undangan berdatangan, Drs. H.M Tri Wediyanto duduk di samping KH. Ahmad Mujazid.

HIBURAN SHALAWAT: Grup Shalawat Seroja merdu menyanyikan lagu yang meneduhkan hati.

SERAHKAN BINGKISAN: Drs. H.M Tri Wediyanto memberikan tali asih kepada beberapa perwakilan undangan, sebagai wujud ungkapan syukur dan kewajiban membagikan sebagian miliknya kepada yang membutuhkan.

BERBAGI: Bersama sang istri, Drs. H.M Tri Wediyanto memberikan sejumlah uang dan bingkisan kepada anak panti asuhan.

MARI BERBUKA: Undangan tampak memilih menu untuk santapan buka puasa. REDAKTUR: JON, LAYOUTER: REEP


Mp0508