Issuu on Google+

MALANG POST Korane Arek Malang

SELASA, 5 MARET 2013

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

Jawa Pos Group

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Demi Orang Asing,

Direktur RSSA Dicopot Gubernur Juga Ganti Wakil Direktur, Diisi Orang Pemprov SURABAYA–Harapan Pemprov Jatim menjadikan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, mendapatkan akreditasi pelayanan kesehatan internasional, membuat Gubernur Jatim ekstra kerja keras. Buktinya, dua petinggi rumah sakit milik Pemprov Jatim ini dimutasi dan diisi pejabat baru dari Sekretariat Pemprov di Surabaya.

Kedua pejabat itu adalah Dr dr Basuki Bambang, Direktur RSSA Malang, diganti dr Budi Rahayu MPH. Sebelumnya, Budi Rahayu adalah Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jatim. Sedang Basuki Bambang, kembali ke fungsional profesinya sebagai dokter spesialis yang dimilikinya. Kedua, jabatan Rahayu SH MSi sebagai

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSSA, digantikan oleh Drs Sjachul Ghulam MM, yang sebelumnya menjabat Kabag Agama di Biro Administrasi Kemasyarakatan Pemprov Jatim. Posisi Rahayu digeser ke Surabaya tepatnya menjadi Wakil Direktur Umum dan Keuangan RS Haji Surabaya. ‘’Harapan kami, peningkatan pelayanan ke-

sehatan terhadap masyarakat semakin baik. Perhatian Pak Gubernur terhadap bidang kesehatan sekarang ini memang lebih dipertajam,’’ tutur Saifullah Yusuf, Wagub Jatim usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Jatim, kemarin siang.

Baca Demi...hal.11

Pasar Blimbing Jadi 15 Lantai

KABAR IBU KOTA

Anas Beri Lima Nama ke Timwas Century JAKARTA - Anas Urbaningrum mendapatkan ‘kunjungan istimewa’dari beberapa anggota tim pengawas (timwas) century. Mereka berharap bisa mendapatkan informasi berharga dari mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu. Harapan timwas sebenarnya tidak terlalu berlebiAnas Urbaningrum han. Bukan sekedar menjadi anggota pansus angket century di tahun 2010 lalu, Anas juga saat itu duduk sebagai ketua Fraksi Partai Demokrat.

Baca Anas...hal.11

MALANG- Setelah sempat berlarut-larut, modernisasi Pasar Blimbing segera dimulai. Pembangunan pasar tradisional, Malang Trade Center (MTC) dan kondotel Borobudur setinggi 15 lantai segera dimulai. Pembangunan besarbesaran di area Pasar Blimbing mulai dilakukan setelah tempat penampungan sementara Pasar Blimbing dibangun di Stadion Blimbing. Pembangunan pasar relokasi pun hanya membutuhkan waktu satu hingga dua bulan mendatang. ”Setelah pembangunan tempat relokasi selesai, langsung dilanjutkan dengan relokasi pedagang,” jelas Dirut PT. Karya Indah Sukses (KIS), Litiansyah King, SE dihubungi kemarin usai rapat koordinasi dengan perwakilan pedagang Pasar Blimbing dan Pemkot Malang.

CATATAN BUDAYA

Sepenggal Kisah Di Desa Kapundungan

Baca Pasar Blimbing...hal.11

GUEST GESANK/MALANG POST

DISERBU : Calon mahasiswa Universitas Brawijaya ketika membutuhkan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN. Tahun ini, puluhan ribu calon mahasiswa, mendaftar ke UB.

Peminat SNMPTN Doyan ke UB

Enam Laga Arema Raup Rp 4,2 M

MALANG - Universitas Brawijaya (UB) masih menjadi favorit pendaftar pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013. Menurut Pembantu Rektor 1 UB, Prof Dr Bambang Suharto, pada koordinasi akhir pekan lalu, posisi UB berada pada urutan pertama jumlah peminat yang mendaftar melalui jalur SNMPTN.

MALANG – Aremania boleh berbangga dengan prestasi yang ditorehkannya, sebagai suporter pendukung Arema Indonesia di kancah kompetisi ISL. Hingga Maret 2013, Aremania menjadi suporter terbanyak. Rekornya 154,025 penonton dari enam laga home tim berjuluk Singo Edan itu. Data ini kembali menobatkan Aremania, sebagai suporter paling masif yang ada di Indonesia. Jumlah lebih dari 150 ribu penonton, di semua laga Arema itu, mengalahkan penonton klub-klub besar manapun di ISL.

Baca Enam...hal.11

‘’Pada rapat koordinasi beberapa waktu lalu, terlihat bahwa peminat ke UB paling tinggi. Tentu ini membanggakan bagi UB,’’ ungkapnya. Data per Kamis 27 Februari, terinci pendaftar yang memilih UB sebanyak 47.604 orang, Difinalisasi 38.329 dan yang direkomendasi sebanyak 27.094 dan pendaftar bidik misi sebanyak 3.697 orang.

Pendaftar yang direkomendasi, artinya sudah mendapatkan persetujuan dari kepala sekolah. Sebab pada jalur ini, sekolah harus lebih dulu menginput data dalam pangkalan data siswa sekolah (PDSS) dan baru kemudian siswa sendiri yang melakukan pendaftaran.

Baca Peminat...hal.11

BURSA MOBIL RAKYAT

Pertama dan Terbesar di Malang MALANG – Berencana mengganti mobil tetapi dana terbatas? Jika iya, tak perlu bingung. Tak ada salahnya Anda hunting mobil second di Bursa Mobil Rakyat. Bursa mobil pertama dan terbesar yang dipersembahkan oleh Malang Post dan Jawa Pos ini

akan digelar mulai 9 Februari hingga 12 Februari mendatang. Untuk kali pertama, ajang bursa mobil bekas ini akan dilangsungkan di lantai 3 area parkir @MX Mall.

Baca Pertama...hal.11

Catatan dari Java Jazz Festival di JI Expo Kemayoran Jakarta (1)

Diundang ke Ruang VIP, Malang Post Satu-satunya dari Jatim Selama tiga hari, awal Maret kemarin, Malang Post hadir di Jakarta International Djarum Super MLD Java Jazz. Sebagai satu-satunya media dari Jawa Timur yang diundang secara khusus, banyak catatan dari even internasional itu. Berikut catatan wartawan Malang Post, Bagus Ary Wicaksono.

SURYA ADI LESMANA FOR MALANG POST

TETENGER : Wartawan Malang Post berpose di depan wall of fame Jakarta International Djarum Super MLD Java Jazz 2013. www.malang-post.com

redaksi@malang-post.com

Saya sungguh beruntung mewakili Malang Post, untuk bisa hadir di Jakarta International Djarum Super MLD Java Jazz 2013, 1 - 3 Maret lalu. Terakhir saya liput ajang seperti ini, di Jak Jazz 2008. Selebihnya spesialis bencana. Seperti pesawat Hercules jatuh, gempa Padang serta Erupsi Merapi.

Apalagi, Malang Post menjadi satu-satunya media cetak lokal di Jawa Timur, yang diundang langsung oleh pihak Djarum. Sesuai catatan PT Prisma, sebuah perusahaan jasa konsultan PR ternama di Indonesia, untuk media lokal di Jawa yang ditangani langsung, hanya Malang Post (Jawa Pos Grup) dan Kedaulatan Rakyat (KR).

Media yang hadir, terlebih dulu wajib mengirim data diri lengkap beserta foto via email. Data kemudian direkam ke dalam computer. Kemudian id card diserahkan kepada wartawan, lengkap dengan barcode. Jadi ketika masuk areal Java Jazz di JIExpo Kemayoran, proses screening yang ketat dilakukan penyelenggara. ‘’Media yang kami undang, juga telah diseleksi sebelumnya. Kalau dari Jawa Timur, memang hanya Malang Post untuk media cetak. Tapi untuk radio ada Suara Surabaya (SS).

Baca Diundang...hal.11

Oleh: Drs. Peni Suparto, M. AP*

AROK adalah simbol perlawanan terhadap segala bentuk ketidakadilan. Dia merupakan representasi dari suara rakyat kecil Bumi Arema pada abad 13 masehi. Sejarah membuktikan, atas koalisinya dengan rakyat, serta didukung oleh banyak elemen, Arok memutus rantai kekuasaan Kertajaya yang mengganggu kehidupan rakyat Tumapel.

Baca Sepenggal...hal.11

Ngopi Bareng rengg DI DI ‘’Maaf, mungkin inilah untuk kali terakhir saya menggunakan kata ta ‘’Mengabdi di BUMN’’. Setelah ah ini saya ingin menghapuskan istilah stilah ‘’mengabdi’’ itu. Istilah ‘’menggabdi di BUMN’’ tidak lebih dari ri sebuah kemunafikan.’’

Arumi Bachsin

Siap Pensiun Ngartis ARUMI Bachsin sudah resmi dilamar sang kekasih, Emil Dardak, putra Wakil Menteri Pekerjaan Umum Ahmad Hermanto Dardak, Minggu (3/3). Meski baru berusia 19 tahun, Arumi mantap menikah. “Emang kenapa kalau nikah muda? Masalah buat lo! Nikah muda itu relatif ya, lebih ke pernikahan, enggak mengubah diri saya,” kata Arumi. Perihal prosesi lamaran yang baru dijalani, bintang film 18+, Not For Sale dan Hattrick ini cukup deg-degan karena takut terlihat tidak cantik. “Nervous banget karena aku malu ketemu keluarga besarku dan keluarga besar dia (Emil). Rasanya degdegan, karena takut kelihatan jelek,” ungkapnya.

Baca Siap...hal.11

EBES NGALAM

Boros Kartu Kana : Jare coach RD, pemain Arema boros kartu bes Ebes : Ancen ketoro lek niame rodok kasar, makane kanyab sing kenek kartu Kana : Lek niam keras iku lak cirine Arema a bes Ebes : Oyi entuk niam keras tapi kadit kasar. Lek niam kasar iku mesti nggarahi pemain lawan cedera, mesto onok sing rugi. Lawane rugi, tim ewed yo rugi. (***) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 2

KASUS PHK UD CIPTA INTI PRATAMA

Mediasi Terakhir, Jumlah Buruh Susut

DYAH AYU PITALOKA/MALANG POST

HASIL MEDIASI : Buruh perempuan menunjukkan hasil mediasi kedua.

MALANG – Mediasi kedua menjadi mediasi terakhir yang dilakukan antara buruh UD. Cipta Inti Pratama (CIP) Bandulan Sukun dengan kuasa hukum dari perusahaan, berlangsung kemarin. Dua pihak sepakat untuk tidak melanjutkan mediasi ke tahap terakhir, yaitu ketiga, karena sepakat tidak akan merubah sikap. Sementara pada mediasi kedua, jumlah buruh yang bertahan menyusut dari jumlah awal sebesar 46 buruh. “Laporan dari manajemen perusahaan ada sekitar 11 buruh yang sudah menandatangani perjanjian bersama dan menerima kompensasi. Jadi tersisa sekitar 35 buruh yang bertahan. Tapi data ini akan kami cek lagi dan

kami serahkan maksimal tiga hari ke depan pada Disnakertrans,” kata Kuasa Hukum pabrik garmen UD. CIP Arif Agus Nindito. Diungkapkan bahwa dalam mediasi kedua tersebut pihaknya bersikukuh untuk melakukan PHK sepihak dan melayani kemauan buruh jika ingin melanjutkan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) untuk mendapatkan putusan hukum yang tetap. Usai mediasi berlangsung pihaknya menyatakan tetap membuka kesempatan untuk berdialog dengan buruh menyikapi pertanyaan dari mediator yang dilakukan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Malang sebelum anjuran dikeluarkan. Namun dia

menutup kemungkinan untuk meningkatkan nilai kompensasi dari yang ditawarkan saat ini. Menariknya, pernyataan tentang susutnya buruh versi manajemen pabrik dibantah oleh buruh. Menurut mereka dari 46 buruh kini tersisa 37 buruh yang tetap berjuang meminta hak mereka. Sementara 9 buruh yang lain mundur dan memilih mengambil kompensasi sebesar Rp 10 juta dari perusahaan. “Data kami tersisa 37 orang. Nanti biar dicek kembali laporan dari perusahaanya. Sampai saat ini kami memilih untuk terus ke PHI,” kata Safril Marfadi, Presidium SBSI Malang Kucecwara. Dalam mediasi kedua buruh juga

tetap meminta kekurangan upah selama 2 tahun dan pesangon sesuai dengan aturan perburuhan. Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans Kota Malang Kasiyadi menyatakan pihaknya akan segera mengeluarkan anjuran yang diperkirakan akan keluar di minggu depan. Sesuai dengan kesepakatan pihaknya juga tidak akan melanjutkan mediasi yang ke tiga. “Anjuran paling tidak tanggal 10 atau 12 Maret. Setelah menerima maksimal 14 hari kedua pihak harus sudah menjawab menolak atau menerima anjuran. Jika tidak sepakat bisa mengajukan gugatan ke PHI,” katanya. (pit/nug)

WARGA RW 06 KELURAHAN TLOGOMAS

WCC

Makin Semangat, Pamerkan Kebun Bibit dan Buah

Setahun, Catat 111 Kasus Kekerasan

MALANG-RW 06 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru memberikan kejutan terhadap tim juri Lomba Kampung Bersinar (Bersih, Sehat, Indah, Asri dan Rapi) di penilaian tahap ketiga, Senin (4/3) siang kemarin. Peringkat kedua di penilaian tahap kedua dan peringkat pertama di penilaian tahap pertama tersebut memamerkan kebun bibit dan buah yang dikelolah oleh karang taruna setempat. Di dua tahap penilaian sebelumnya, kebun bibit dan buah seluas hampir 400 meter persegi ini sengaja disimpan dan belum ditunjukkan kepada tim juri. ‘’Kami memang sengaja menunjukkan kebun bibit dan buah ini di penilaian tahap ketiga. Kebun bibit dan buah ini dikelolah oleh karang taruna. Berbagai macam buah di tanam di kebun ini mulai kelengkeng, delima hitam, anggur, jeruk, jambu, dll,’’kata Ketua RW 06 Tlogomas Anang Sulistiyo yang didampingi Ketua Karang Taruna, Herfin Sasono. Menurut Anang pula, setiap batang pohon yang ditanam di kebun bibit dan buah ini dihargai Rp 2000. Hasil penjualan kebun bibit dan buah ini juga dibagi antara karang taruna dan yang merawatnya. ‘’Penjualannya hingga ke luar Jawa,’’tambah Herfin Sasono. Sementara itu, kebersihan dan penghijauan di wilayah ini banyak mengalami peningkatan. Hampir setiap rumah dipastikan terdapat tanaman hias yang diletakkan di polibek maupun di pot. Jarak tanaman pun semakin rapat sehingga tampak lebih hijau dan asri. Apalagi, ditambah tanaman pergola yang ada di setiap RT menjadikan wilayah ini makin asri dan teduh. Tanaman pergola tidak hanya markisa saja namun juga terdapat tanaman anggur.Di RW 06 Tlogomas ini juga terdapat sumur resapan yang berguna untuk mengatasi air jika terjadi hujan sehingga wilayah ini terbebas dari genangan air. Antusias warga pun patut diancungi jempol. Mulai ibu-ibu, karang taruna, PKK, Kader Lingkungan, perangkat RW hingga para manula, semangat menjadikan wilayahnya menjadi hijau dan bersih. Di penilaian tahap pertama lomba yang

digelar Pemkot Malang ini, RW 06 Tlogomas mengumpulkan nilai 8.360 dan menempati peringkat pertama. Di penilaian tahap kedua, posisinya merosot menempati posisi kedua dengan nilai 18.765. ‘’Kami optimis bisa menjadi yang nomor satu,’’ tambah Anang Sulistiyo.Anang juga mengaku, seluruh RT yang ada di wilayahnya diikutkan lomba dan seluruhnya ditunjukkan ke tim juri. Tim juri yang melakukan penilaian di RW 06 Tlogomas ini terdiri Djuwartiningsing (PKK Kota Malang), Evy Hendriarianti ST MMT (dosen ITN), Indra Murjiati (Bank Sampah Malang), Dwi Swandayani (tokoh masyarakat RW 03 Sukun/pemenang tahun lalu) dan Jon Soeparijono (Malang Post) yang dipimpin langsung oleh ketua tim juri Edy Sukiswo dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang. Dalam sambutannya, Edy Sukiswo berharap pembibitan tanaman keras yang ada

JON SOEPARIJONO/ MALANG POST

PETIK BUAH: Tim juri Lomba Kampung Bersinar di kebun bibit dan buah setelah memetik hasilnya.

di wilayah RW 06 Tlogomas ini tidak hanya dimanfaatkan di wilayah ini saja. Namun diharapkan bisa dimanfaatkan di RW-RW lain yang ada di Kota Malang. ‘’Dari segi kebersihan wilayah ini juga mengalami peningkatan dibandingkan di penilaian tahap kedua. Di P2 kurang baik, sekarang lebih baik,’’ kata Edy Sukiswo. Menurutnya pula BSM dan daur ulangnya juga perlu ditingkatkan lagi.

Bahkan Edy Sukiswo sempat memuji ibu-ibu yang sudah mengenakan pakaian daur ulang saat menyambut tim juri dengan lagu-lagu yang memberi semangat warganya menjadi hijau dan bersih. Di dua RW lainnya di wilayah Tlogomas yakni RW 02 dan 04 tidak banyak mengalami perkembangan. Begitupula RW 04 dan 09 Kelurahan Lowokwaru yang dinilai tim juri kelompok dua, juga tidak banyak mengalami perkembangan.(jon)

SEMANGAT: Warga RW 06 Tlogomas penuh semangat menjadikan wilayahnya bersih dan hijau.

MALANG– Women Crisis Centre (WCC) Dian Mutiara mencatat jumlah kekerasan dalam rumah tangga sepanjang tahun 2012 mencapai 49 kasus dilaporkan dengan datang langsung ke WCC. Sementara laporan lewat telepon, sms ataupun online mencapai 62 kasus. 6 diantara ratusan kasus tersebut dilaporkan oleh remaja berusia belasan tahun dan masuk dalam kategori kekerasan dalam hubungan pacaran atau dating violence. “Jumlah kekerasan yang masuk di tahun 2012 cukup tinggi.Bukan berarti sudah mewakili jumlah sebenarnya. karena yang diatas itu hanya puncaknya saja, seperti gunung es,” kata Sri Wahyuningsih, Direktur Sri Wahyuningsih WCC Dian Mutiara. Kepada Malang Post, ia menyatakan pemicu terbanyak terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dilandasi dengan motif ekonomi, disusul selingkuh dan juga adu mulut akibat ingkat janji. Sedangkan bentuk kekerasan muncul berupa kekerasan fisik dan juga kekerasan verbal sebagian besar dilakukan oleh laki-laki. “Kecuali pada pasangan sesama jenis dengan kelompok usia remaja, pelakunya sama-sama perempuan dipicu kecemburuan adanya pasangan lain,” bebernya. Untuk korban kekerasan fisik rata-rata sasaran kekerasan ada di areal wajah dan tubuh. Sementara kekerasan verbal lebih berdampak pada kejiwaan korban serta anak. “Fisik itu ada yang sampai dirawat inap di rumah sakit. Sedangan untuk verbal kami sediakan dua psikolog untuk membantu recovery secara psikis,” lanjutnya. Dari seluruh laporan tersebut sekitar 10 persen diantaranya berlanjut dengan jalur hukum dengan pendampingan hukum dari WCC. Sementara 90 persen tersisa berakhir dengan perdamaian ataupun konseling dengan pendampingan psikologis dari WCC. Pengajar Pasca Sarjana Universitas Brawijaya ini juga menemukan peningkatan laporan dari korban kekerasan dalam hubungan berpacaran. Di usia belasan dan jenjang hubungan yang sebatas pacaran banyak pasangan cenderung mulai melakukan kekerasan yang lebih dipicu oleh motif selingkuh atau cemburu. Kekerasan dalam berpacaran juga kerap muncul jika hubungan telah diwarnai dengan hubungan badan layaknya pasangan suami dan istri. “ isa dirunut, korban kekerasan dalam berpacaran ini juga memiliki pengalaman dengan kekerasan dalam rumah tangga, dari lingkungan terdekat, orang tua atau tetangganya. Tahun ini angkanya bertambah karena lebih mudahnya sistem pengaduan dilakukan. Salah satu cara mengikisnya adalah mulai menjauh dari pergaulan bebas,” bebernya lagi. (pit/nug) PENGUMUMAN LELANG KEDUA EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN

RUSUNAWA KEDUA SEGERA DIBANGUN

Prioritaskan Pasukan Kuning dan Pasukan Hijau MALANG – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang memprioritaskan 200 anggota pasukan kuning dan pasukan hijau berstatus PTT (Pegawai Tidak Tetap) untuk menghuni rusunawa kedua yang segera dibangun di Kota Malang. Kepala DKP Kota Malang Wasto menjelaskan pihaknya belum menerima kriteria fiks dari pihak DPU PPB terkait prioritas penghuni rusunawa tersebut. Namun data milik DPU PBB sebenarnya sudah disusun berdasarkan kebutuhan akan rumah tinggal dan besaran upah yang diberikan dalam satu bulan. “Kami prioritaskan PTT yang gajinya hanya Rp 700 ribu dan belum memiliki rumah tinggal permanen. Saat ini mereka ada yang tinggal di rumah orang tua, mertua atau kontrak,” lanjutnya kepada Malang Post kemarin. Ditambahkan bahwa kebutuhan akan hunian yang layak dan memenuhi standar kesehatan menurutnya sangat dibutuhkan oleh pasukan kuning dan pasukan hijau di tempatnya. Terpisah, Kabid Perumahan dan Tata Ruang Dinas PU, Perumahan dan Pengawasan Bangunan Kota Malang Ir.H. Ade Herawanto menyatakan pembangunan rusunawa sesuai ren-

rumit, serta spesifikasi bangunan yang lebih lapang membuat DPU ingin mencoba jalur Kementrian PU ini. “Rencananya hari Kamis mendatang akan ada verifikasi sekaligus survei lapangan dari tim satker rusunawa Direktorat Jenderal PU Cipta Karya. Tarif sewa juga sekalian kita bahas jika deal dengan mereka,” jelas Ade dalam electronic mail

Wasto cana awal masih dalam tahap daftar tunggu pembangunan multi years tahun 2013-2014 di Deputi Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat. Menyusul penyusunan DED (detail engineering desain) dan tender proyek diperkirakan akan berlangsung pada bulan Juni nanti. Namun melihat perkembangan pembangunan rusunawa yang sudah berjalan di Malang saat ini, pihak DPU PPB sedang menggodok kemungkinan untuk mendaftarkan rencana rusunawa bagi pasukan kuning dan pasukan hijau lewat Kementerian PU. Proses ini menurutnya tidak

(email) kepada Malang Post kemarin. Diungkapkan, Kementerian Perumahan Rakyat akan memakai DED berupa twin block bangunan 3 lantai dengan kapasitas 66 unit ukuran 24 meter persegi dengan lima ruangan terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi dan tempat jemuran. Sementara DED dari Kementerian PU berupa 1 twin

block dengan 5 lantai kapasitas 198 unit dendgan ukuran 24 meter persegi juga terdiri dari lima ruangan yang sama. Saat ini contoh rusunawa dari Kementerian PU bisa dilihat di Kelurahan Buring. “Lokasi rusunawa bagi pasukan kuning dan pasukan hijau yang akan disurvei ada di Jalan Bingkil Kelurahan Cipto Mulyo RW 4,”sebutnya. (pit/nug)

Menunjuk Pengumuman Lelang Pertama tanggal 18 Februari 2013 dan berdasarkan pasal 6 UU Hak Tanggungan No.4 Th. 1996, PT. BPR Dhana Lestari, Jalan A. Yani No.74 A, Kepanjen, Malang, akan melakukan pelelangan Eksekusi Hak Tanggungan sesuai Salinan Buku Tanah Hak Tanggungan Peringkat I (PERTAMA) yang dikeluarkan Kantor Pertanahan Kabupaten Malang, melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang/KPKNL Malang, terhadap Debitur : 1. Sdr. Ari Cahyono, Jl. Pahlawan Usman, RT/RW.02/02, Ds. Pakisaji Kec. Pakisaji,Kab. Malang. 1 ( satu ) bidang tanah berikut bangunan yang ada di atasnya dengan bukti kepemilikan SHM No. 00925/Ds. Pakisaji atas nama Nurvia Ernawati (11-11-1981), luas 100 M2, terletak di Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Harga Limit sebesar Rp 180.000.000,00 Uang Jaminan Lelang Rp. 36.000.000,00 2. Sdr Junaidi Abdilah, Jl. Kauman RT/RW.12/02, Desa Gondanglegi Kulon, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang. 1 ( satu ) bidang tanah berikut bangunan yang ada di atasnya dengan bukti kepemilikan SHM No. 407/ Talangsuko atas nama Saiful Arif, luas 157 M2, terletak di Desa Talangsuko, Kecamatan Turen, Kab. Malang. Harga Limit sebesar Rp 90.000.000,00 Uang Jaminan Lelang Rp. 18.000.000,00 Lelang akan dilaksanakan pada : Hari/tgl Lelang : Selasa / 19 Maret 2013 Pukul : 09.00 WIB Tempat Lelang : Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang Jl. S. Supriadi No. 157 Malang Syarat-syarat peserta lelang : 1. Peserta lelang wajib setor uang jaminan lelang tersebut diatas ke rekening Penampungan KPKNL.Malang pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang No. 144.000314.3978 paling lambat 1 (satu) hari sebelum lelang efektif diterima, dengan mencantumkan nama terang peserta lelang pada slip setoran. Penyetoran uang jaminan Lelang tidak diperkenankan melalui ATM. 2. Jika peserta lelang ditunjuk sebagai pemenang lelang, uang jaminan diperhitungkan sebagai pembayaran lelang, jika tidak menang, akan dikembalikan tanpa potongan. 3. Peserta Lelang yang ditunjuk sebagai Pemenang Lelang wajib melunasi kewajibannya dan dikenakan Bea Lelang Pembeli sebesar 2 % dari harga lelang paling lambat 3 (tiga) hari setelah pelaksanaan Lelang. ke Rekening Penampungan KPKNL Malang pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang No. 144.000314.3978. 4. Pelaksanaan lelang dilaksanakan dengan penawaran secara lisan. 5. Jika Pemenang Lelang tidak melunasi sisa pembayaran lelang sesuai ketentuan (wanprestasi) uang jaminan disetorkan Kas Negara sebagai penerimaan lain-lain. 6. Jika terjadi pembatalan lelang sesuai peraturan yang berlaku, pihak-pihak yang berkepentingan tidak dapat melakukan gugatan terhadap KPKNL Malang / PT. BPR Dhana Lestari Kepanjen Malang. 7. Informasi dapat diperoleh pada PT.BPR Dhana Lestari Kepanjen Malang atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang Malang, 05 Maret 2013 PT. BPR DHANA LESTARI Ttd Direktur Utama REDAKTUR : NUGROHO, LAYOUTER : RAHMA


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 3

BlackBerry Z10 Resmi Meluncur JAKARTA - BlackBerry resmi meluncurkan perangkat anyarnya berbasis BlackBerry10, BlackBerry Z10 di Indonesia. Perangkat cerdas ini dibanderol dengan harga Rp 6,9 juta, dan mulai dipasarkan pada 15 Maret 2013. BlackBerry menghelat acara peluncuran BlackBerry Z10 di Hotel Ritz-Carlton, kemarin siang. “Pengalaman BB10 sebagai true computing dan true multitasking,sangat memuaskan. Secara mudah, Anda dapat beraksi hanya dengan satu sapuan jari,” kata Managing Director BlackBerry untuk Asia Selatan, Hastings Singh, dalam sambutannya. “Akan hadir enam perangkat berbasis BlackBerry10 lagi, yang siap meramaikan pasar smartphone dunia,” tandas Singh. Dengan sistem operasi BlackBerry10, BlackBerry Z10 mengedepankan tampilan pengguna antar-muka (user interface) Flow yang memungkinkan pengguna mudah berganti aplikasi dan melakukan multitasking. Di Indonesia, BlackBerry Z10 telah didukung sejumlah aplikasi populer seperti Garuda Indonesia, 21 Cineplex, Bank Mandiri, Soccer Ticker, dan sebagainya, di samping WhatsApp, Skype, dan Twitter untuk keperluan media sosial. Untuk memuluskan peluncuran BlackBerry10 di Indonesia, BlackBerry menggandeng seluruh mitra operator berbasis GSM, termasuk Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Axis. Sementara untuk distribusi, BlackBerry masih setia dengan tiga mitranya, yakni

berdefinisi tinggi (HD). Untuk ruang penyimpanan data, BlackBerry Z10 menyediakan storage berkapasitas 16GB. Jika kurang, tidak seperti iPhone, ada slot microSD di sini, yang bisa memuat memori tambahan Anda hingga 32 GB. Di sisi konektivitas, terdapat akses LTE, Wi-Fi, a/b/g/n, Bluetooth 4.0, dan NFC.

WELCOME: Acara peluncuran BlackBerry Z10 di Jakarta, Senin (4/3). PT Teletama Artha Mandiri (TAM), PT Comtech Selular, dan PT Surya Citra Multimedia (SCM). Sejatinya, BlackBerry Z10 telah diluncurkan kali pertama di New York pada 31 Januari 2013 silam, bersamaan dengan perubahan nama Research In Motion (RIM) menjadi BlackBerry. Lalu, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang beruntung memasarkan perangkat BB10 berlayar sentuh penuh ini. Di Negeri Kerajaan itu, BlackBerry Z10 dibanderol Verizon dengan harga 199 poundsterling (setara Rp2,9 juta) plus kontrak selama dua tahun. Menyapa penggemarnya di Tanah Air, BlackBerry Z10 hadir dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Ponsel cerdas ini dibekali layar sentuh kapasitif WXGA berukuran 4,2 inci, dengan resolusi maksimal 1.280x768 piksel dan kerapatan piksel 356 ppi. Sedikit lebih tajam dari Samsung Galaxy S III. Prosesor Krait dual-core 1,5 GHz bekerja di balik layar untuk menjalankan OS terbaru BlackBerry. CPU ini dipadukan dengan memori RAM berkapasitas 2 GB, cukup besar melayani multitasking, sekaligus memainkan peran besar untuk pengalaman baru pengguna. BlackBerry juga menyematkan kamera berkemampuan sensor 8 MP, yang dilengkapi fitur TimeShift, perekam video Full-HD, dan port HDMI untuk mentransfer gambar ke perangkat

Indosat Siapkan Ribuan Stok HANDSET dengan platform OS BlackBerry 10 pertama itu juga akan dipasarkan secara bundling oleh Indosat yang bekerja sama dengan para mitra distributor resmi. “Rencananya besok (hari ini) Indosat akan buka formal pre-registration. Dari sana akan ketahuan minat pasar,” kata Director & Chief Marketing Officer Indosat, Erik Meijer seusai peluncuran BlackBerry 10 di Jakarta. Menurutnya, Indosat memang telah cukup lama menantikan kehadiran BlackBerry terbaru ini. Sebab, karakteristik handset ini cukup sesuai untuk jaringan Indosat karena mendukung U900 (UMTS/3G di frekuensi 900 MHz) dan Indosat Super Wifi (EAP-SIM authentification). “Ada ribuan stok yang disiapkan melalui distributor untuk launch awal. Ada warna hitam dan putih. Harganya sekitar Rp 7 juta,” pungkas Erik. Saat ini Indosat telah memiliki lebih dari dua juta pelanggan BlackBerry dari total 55,5 juta pelanggan yang diraihnya hingga akhir 2012 lalu. (vvn/dtc/nda)

CROSS G7T

Berkiblat pada N-Gage MALANG – Pesona Nokia N-Gage hingga saat ini ternyata belum juga pudar. Meskipun ponsel seri musik yang dikenalkan pabrikan asal Finlandia ini tidak lagi diproduksi, tapi faktanya ponsel secondnya masih banyak dicari. Fakta itulah yang dijadikan dasar oleh Cross untuk memproduksi G7T. Ya secara fisik desain G7T ini memang sangat mirip dengan Nokia NGage. Menggunakan layar 2.4 inch, dengan keypad berada di sisi kiri dan kanan layar, serta speaker phone berada di bagian samping ponsel. Ponsel ini betul-betul berkiblat pada pada Nokia N-Gage. “Desainnya sama tidak ada yang berbeda dengan Nokia N-Gage, termasuk port untuk kabel charger, dan head set sama persis dengan N-Gage,’’ kata Citra Dwantika Setiawan, Frontliner Karna Jaya Cell, Malang Plaza. Tapi begitu, Citra mengatakan jika tidak semuanya sama. Seiring perkembangan zaman, pihak Cross pun menambahkan beberapa teknologi baru dalam ponsel ini. Di antarannya layar sentuh. Tak heran jika seluruh menu atau aplikasi pada ponsel ini dapat dijalankan dengan hanya sentuhan jari. Untuk melakukan aktifitas pada layar, disarankan menggunakan pelindung layar agar tidak tergores. “Tidak seperti ponsel layar sentuh lainnya, teknologi layarnya masih standar. Itu sebabnya harus menggunakan pelindung layar, agar layar ponsel

IRA RAVIKA/MALANG POST

SERUPA: Cross G7T yang perwajahnnya menyerupai Nokia N-Gage. ini tidak mudah tergores,” kata Citra. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan TV analog. Menu TV tersebut jelas tidak akan ditemukan pada produk Nokia N-Gage. Yang artinya, pihak Cross sendiri berusaha untuk memberikan layanan ekstra pada para penggunanya. Dan dengan adanya TV tersebut, pengguna tidak perlu khawatir ketinggalan acara televisi kesayangan. “Ponsel ini juga dual on (GSM+GSM). Kalau Nokia NGage tentu saja hanya satu kartu,’’ tambah

Picstory Ingin Kuasai User BB10 JAKARTA - PicStory, aplikasi foto editor buatan anak bangsa yang tampil lebih segar di platform BlackBerry 10, optimistis bisa merengkuh sedikitnya 50 persen pasar pengguna lokal untuk handset dengan sistem operasi BlackBerry terbaru itu. “Kami optimistis kehadiran handset dengan platform OS terbaru BlackBerry ini bisa turut meningkatkan pengguna PicStory. Target kami meraih 50 persen pengguna BB10 di Indonesia,” kata Faizal Adiputra, Chief Operating Officer & Business Partner Risto Mobile selaku developer aplikasi PicStory, Senin (4/3). Seperti diketahui, siang ini BlackBerry akan meresmikan kehadiran BlackBerry 10 pertamanya di Indonesia. Handset pertama yang akan dihadirkan adalah BlackBerry Z10 yang bakal dibanderol sekitar Rp 7 juta.

“Sistem operasi BlackBerry 10 membuat kami sebagai pengembang bisa berkreasi lebih kreatif. Hasilnya, kinerja PicStory di BlackBerry 10 lebih segar dan mudah digunakan oleh pengguna,” Faizal yang ikut menyambut baik peluncuran BBZ10 ini. PicStory sebagai aplikasi foto editor original dan pertama untuk BlackBerry yang memanfaatkan fungsi jaringan sosial, katanya akan semakin memanjakan para penggunanya di platform BlackBerry 10. “Tak cuma sekadar menawarkan fungsi mengatur, mengedit, menambahkan bingkai, dan filter pada gambar, te tapi user interference-nya juga berbeda. Transisi atau perpindahan antar gambar lebih smooth. Uniknya juga kita bisa mengintip gambar teman dengan gambar milik kita tetap terbuka,” kata Faizal.(dtc/nda)

wanita berambut panjang ini. Dan yang paling membuat produk ini nantinya laku dipasaran adalah, ponsel ini dapat digunakan sebagai modem. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan camera digital dengan resolusi 1.3 Megapixel. Cukup kecil memang, tapi lumayan, bisa untuk mengabadikan berbagai momen yang ada. “ Yang pasti ponsel ini juga dapat dipakai sebagai mesin pemutar music digital seperti Nokia N-Gage,” katanya sembari men-

gatakan jaringan ponsel ini juga sama dengan Nokia N-Gage. Ponsel ini sendiri dibandrol dengan harga Rp 350 ribu. Setiap pembelian paket ponsel ini, piha Cross juga menyertakan memory card dengan kapasitas 4GB. “Dengan kapasitas tersebut, pengguna dapat menyimpan berbagai file, baik foto, video ataupun music, tanpa harus kehabisan memory pada internal ponsel,” tandas wanita berkulit putih ini. (vik/nda)

JADOEL

Desain Ketupat Elegan, Idola Kaum Hawa SIAPA yang tidak kenal dengan ponsel Nokia 7610? Ponsel lawas ini memiliki teknologi yang lebih canggih di kelasnya pada saat diluncurkan tahun 2004 lalu. Salah satunya adalah kamera yang sudah menggunakan ukuran megapiksel dengan 4 kali zoom. Sebelumnya, kamera yang digunakan pada ponsel ukurannya sebatas VGA. Ponsel dengan sistem operasi Symbian OS v7.0s, Series 60 v2.0 UI ini memiliki julukan sebagai ponsel elegan yang modis dan glamour dengan kombinasi warna pada casingnya. Desain sangat berbeda dengan mengandalkan bentuk ketupat ukuran 109x53x19 mm dengan berat 118 g. Layar pada ponsel ini sudah berwarna TFT 65k, dengan ukuran 2.4 inch 176 x 208 pixels. Ponsel ini juga dilengkapi dengan dengan fitur editing smart application. Fungsinya untuk mengedit video maupun gambar, sesuai dengan kemauan. Ditambah lagi dengan fitur movie director serta Photoshope, setiap gambar pada ponsel inipun hasilnya akan lebih bagus setelah melalui proses pengeditan. “Kali pertama dikenalkan tahun 2004 lalu, harga ponsel ini Rp 3,2 jutaan. Dan saat itu

IRA RAVIKA/MALANG POST

BERJAYA: Nokia 7610 ponsel jadul yang pernah Berjaya di masanya sangat laris manis. Banyak peminatnya, terutama wanita, karena desain ponsel ini sangat stylish, sekalgus feminin,’’ kata Hanif Sagita, pemilik konter Cahaya Cell, Malang Plaza pada Malang Post, kemarin. Memori internal pada ponsel ini juga cukup besar dibandingkan dengan memori ponsel pada kelasnya, yakni 64 MB. Kapasitas itu dapat ditambah dengan memori eksternal hingga 2 GB. Dengan memori eksternal yang disematkan tersebut, ponsel ini dapat me-

nyimpan ratusan lagu, gambar dan video. Seiring waktu pesona ponsel yang memiliki tiga varian warna ini memudar. Terbukti, produksi pada ponsel ini sudah dihentikan. Harga secondnya pun sangat jauh lebih murah dari harga kali pertama ponsel ini dikeluarkan. “Melihat kondisinya, kalau mulus masih bisa dijual dengan harga Rp 250 ribu. Tapi kalau kondisinya sudah tidak mulus harganya Rp 150 ribu,’’ tandas Hanif. (ira ravika/nda)

AXIS IRA RAVIKA/MALANG POST

BENEFIT: Axis meluncurkan berbagai promo untuk memberi benefit kepada pelanggan.

Bonus Kuota 5 MB Sepanjang Tahun MALANG – Upaya Axis untuk menarik pelanggan memang tidak diragukan. Setelah memproklamirkan diri bekerja sama dengan skype, Operator ini juga menggelar promo dalam jangka panjang. Yaitu memberikan kuota gratis sebesar 5 MB setiap minggu. Hal ini dikatakan oleh Gunawan Budi Harjo, IT SE Axis Malang, kemarin. Gunawan menyebutkan bonus kuota tersebut diberikan dengan syarat pelanggan mengisi pulsa setiap minggunya minimal Rp 5000. “Bonus pulsa itu seketika terkirim maksimal 2x24 jam, setelah pengisian pulsa dilakukan. Bonus tersebut bisa dapat digunakan oleh penerima setelah mendapat pemberitahuan dari operator,” kata Gunawan. Upaya pemberian pulsa ini tak lain untuk menarik hati pelanggan, sekaligus sebagai wujud pasti layanan Axis kepada masyarakat yang selama ini setia mengunakan Axis. “Untuk kecepatannya, tidak perlu diragukan, karena kecepatan internet axis hingga 7.2. Mbps,’’ tambah Gunawan. pelanggan juga akan merasa dimanjakan karena Axis tidak membatasai kuota dalam menjelajah internet. “Istilahnya File Used Packaket (FUP). Kalaupun FUP itu habis, pengguna tetap dapat melakukan browsing ataupun bersosial media, selama kartu Axis masih diaktifkan. Dan sistem tersebut belum dimiliki oleh operator lain, dimana jika kuota pada layanan internet habis, kartu tidak bisa digunakan berinternet lagi,” terangnya. Meski begitu, bukan berarti bonus kuota tersebut bisa digunakan sesuka hati. Menurut Gunawan, bonus ini juga seketika hangus jika tidak digunakan. Itu karena pihak Axis juga memberikan masa berlaku pada layanan ini. “Bonus kuota ini ada waktunya. Jika tidak digunakan hingga batas waktu berakhir maka sudah pasti bonus itu hangus,’’ kata Gunawan sambil mengatakan jika promo pembagian kuota gratis itu dilakukan hingga akhir Desember 2013 nanti. Selain memberikan bonus kuota 5 MB secara gratis, pihak Axis saat ini juga terus melakukan perbaikan jaringan. Tidak tanggung-tanggung, saat ini pihak Axis juga membangun BTS di mal-mal. Tujuannya jelas, yaitu agar sinyal ponsel terus tajam. “Selama ini kan tahu, kalau berada di lantai dasar sinyal ponsel akan hilang dengan seketika. Tapi dengan BTS yang kami pasang nanti, tidak akan ada sinyal hilang atau lemot. Semua pengguna Axis akan menemukan kelancaran pada ponselnya, meski berada di lantai dasar,” tandas Gunawan. (vik/nda)

LINTAS TEKNO

Perkawinan Instagram dengan Polaroid JAKARTA - Perkawinan antara Instagram dengan Polaroid diwujudkan dalam piranti berikut. Adalah Socialmatic yang memungkinkan pengguna untuk menikmati filter Instagram dalam sebuah kamera dan langsung mencetaknya. Socialmatic awalnya hanya berupa konsep untuk kamera digital berbasis Android dengan kemampuan serupa. Namun dengan rencana menggandeng nama Polaroid, agaknya konsep awal tersebut akan menjadi kenyataan. Dikutip dari TheVerge, Senin (4/2), Socialmatic dengan brand Polaroid ini akan menyambangi pasar dengan konektivitas 3G dan WiFi serta kapasitas penyimpanan 16GB. Sumber lain mengatakan, pengguna bisa mengaplikasikan filter Instagram, dan membagikannya ke Facebook atau aplikasi Instagram sendiri serta tentu saja, mencetaknya dalam kertas Polaroid. Belum diketahui informasi mengenai lensa dan sensornya. Dalam sebuah pernyataannya kepada TheVerge, Polaroid telah mengkonfirmasi kerjasama tersebut. (dtc/nda)

Facebook Bukan Simbol Gaul Lagi JAKARTA - Remaja yang menjadi tolak ukur generasi yang disebut gaul atau keren, sudah mulai meninggalkan Facebook. Setidaknya ini hasil survei yang dilakukan perusahaan aplikasi Albumatic. Albumatic sendiri adalah aplikasi album untuk jejaring sosial yang fokus diperuntukkan bagi pengguna Facebook di bawah 25 tahun. Pembuat aplikasi ini Adam Ludwin, sempat melakukan survei kecil-kecilan diantara remaja tersebut. “Hasilnya, mereka memberi saya respon khas remaja yang intinya ‘Kami bosan menggunakan Facebook’,” katanya seperti dikutip dari SF Gate, Senin (4/3). Hasil survei Ludwin semakin kuat dengan tulisan blog dari Branch CEO Facebook, Josh Miller yang menanyai adiknya yang masih berusia 15 tahun dan menemukan fakta bahwa adik dan temannya sudah tak jarang menggunakan Facebook. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di Instagram maupun Snapchat.Bahkan, lanjut Miller, adiknya tersebut sudah malas untuk mengakses jejaring sosial ini. Akankah nasib Facebook seperti situs jejaring sosial lainnya? (dtc/nda) REDAKTUR : ADINDA ZAENI, LAYOUTER : SLATEM


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 4

(Kode Area: 0341) NO INSTANSI / UNIT 1. Ω Ω Ω Ω Ω 2. Ω Ω 3. Ω Ω Ω Ω

Darurat a. Polisi b. Rumah Sakit Umum c. Ambulance d. Pemadam Kebakaran e. PMI Gangguan a. PLN b. PDAM Transportasi a. Taksi Citra b. Taksi Argo c. Taksi Mandala d. Taksi Bima

TELEPON 110, 366444 362101 118 364617 357111 326034, 326034 716900, 716901 404040 488888 474747 717171

NO INSTANSI / UNIT 4. Ω Ω Ω Ω Ω Ω Ω Ω Ω5. Ω Ω Ω Ω Ω

Informasi Layanan Umum a. Jasa Pos b. Jasa Telkom c. Tagihan Listrik d. Tagihan PDAM e. Tagihan Telepon f. Info Penunjukkan Waktu g. Informasi Umum h. Layanan Telkom Bandara, Terminal, Stasiun a. Bandara Abd. Saleh b. Terminal Arjosari c. Terminal Landungsari d. Terminal Hamid Rusdi Gadang e. Stasiun Kotabaru

TELEPON 161, 328161 286500 123 666600 109 103 108 147 791718 493826 560976 801640 362208

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

MEMAKAN BADAN JALAN: Sebuah mobil parkir di pinggir Jalan Semeru dengan posisi memakan hampir separuh badan jalan. Hal seperti ini bisa menyebabkan kemacetan dan sekaligus menyalahi aturan tentang parkir di pinggir jalan raya. Seharusnya pemerintah menyediakan tempat parkir yang layak seiring dengan jumlah kendaraan yang terus meningkat.

Pesan Moral Kepada (Calon) Kepala Sekolah AKAR masalah sebagian besar dari keterpurukan pendidikan di Indonesia bermula dari mentalitas penyelenggara negara dan salah satu diantaranya adalah prosedur pemilihan calon kepala sekolah. Dalam menentukan suatu kebijakan mereka (penentu kebijakan) lebih mengutamakan kepentingan diri dan kelompoknya daripada melindungi warga belajar. Problem yang seharusnya diurai, karena hasilnya dapat ditebak dengan mentalitas pemimpin yang lebih mencintai kekuasaan ketimbang kesukaan untuk mencintai warga belajar maka rusak pula tatanan proses pembelajaran. Belajar dari permasalahan umum di atas, dan kini mendera dinas pendidikan Kab. Malang, yang menjadi pemberitaan di media massa atas hasil temuan PP Otoda Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (UB) Malang bahwa pengangkatan kepala sekolah cacat prosedural. Dengan argumen yang disampaikan di antaranya: (1) peserta Diklat ada yang sudah menjadi kepala sekolah; (2) jumlah peserta melebihi kuota yang diinginkan; (3) tidak transparan dalam mengumumkan hasil seleksi awal; (4) adanya penggalangan dana (swadana) bagi peserta diklat kepala sekolah.

Karena banyaknya kejanggalan itulah tuk mencapai hasil yang diinginkan. prosedur pengangkatan kepala sekolah Kedua variabel pembeda itu sangat jelas di Kabupaten Malang dibatalkan, dan memberikan batasan antara aplikasi pemengulangi semua proses rekrutmen mimpin dengan aplikasi manajer. (Malang Post Kamis, 28/2/2013) Seorang pemimpin sejati menerapkan Isu tak sedap tersebut diperparah deketerampilan interpersonal, teknis dan ngan bumbu-bumbu lain, bahwa kini konseptual dalam kepemimpinannya, untuk menjadi seorang sedangkan manajer Kepala Sekolah disamcenderung hanya meping mumpuni, teramnerapkan keterampilan pil, juga harus mengeteknis dan konseptual luarkan kocek yang tesaja. Pemimpin berada bal bahkan hingga didi depan, sedang manaatas lima puluh juta rujer cenderung berlinpiah, sebuah ironi!. dung di balik orang Seharusnya, untuk yang dipimpinnya. menjadi seorang peAkan tetapi, kepemimpin mereka harus mimpinan kepala sekomemiliki visi dan misi lah tidak dapat dipanyang luas, memandang dang sebagai dikotomi kehidupan seperti huantara pemimpin dan tan, dan membentuk manajer saja. Interperorang-orang yang disonal skills yang menpimpinnya berdasarjadi ciri utama pembeSlamet Yuliono* kan komitmen dan visi danya, bukan sekadar bersama. Selain itu mereka juga harus bagaimana kepala sekolah melakukan berperan sebagai manajer dengan peran komunikasi secara interpersonal dengan peduli terhadap pembentukan proses orang yang dipimpinnya, tetapi juga dan struktur organisasi (memandang menyangkut bagaimana komunikasi kehidupan seperti sebatang pohon) unintrapersonal atau konsep diri yang dimiliki oleh sang kepala sekolah. Harapan ke Depan Dari konsep diri inilah awal tumbuhnya kecerdasan emosional seseorang. Dengan konsep diri pula sang kepala sekolah memilah, kapan ia harus bertindak sebagai pemimpin dan kapan pula harus bertindak sebagai manajer dalam mendewasakan orang yang dipimpin. Human being process atau keterampilan dalam proses memanusiakan manusia adalah keterampilan memberdayakan, mendorong, mengapresiasi, mensugesti, berempati, menumbuhkan dan mengembangkan kepercayaan warga sekolah. Banyak orang berkuasa dengan mental jelata; mereka tak kuasa melayani, hanya bisa dilayani. Bagi pemimpin bermental jelata, dahulukan kepentingan dirinya; kerja semaunya; pertontonkan kemewahan sebagai ukuran kesuksesan. Sekarang, dari manakah sumber kepemimpinan itu bisa diharapkan? Mereka dipimpin oleh uang, menghikmati uang, memikul uang, dan membumikan uang. Bila ini menjadi landasar berpikir, negera akan gagal melahirkan kepemim-

Oleh :

pinan yang dapat mengemban amanat hati nurani rakyat. Mereka lupa, bahwa pejabat publik dan salah satunya kepala sekolah bila ingin dikenang perlu benpondasi pada jangkar moral. Pilihan-pilihan kebijakan harus dijejakkan pada kesanggupan para pemimpin dalam mengorbankan kepentingan egosentrismenya, demi memuliakan nilai-nilai moral kenegaraan, yang menekankan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Percayalah bila landasar ini dipertahankan sekolah akan eksis dan mental juara akan selalu tertanam dalam diri mereka. Bahan Renungan Sebagai penutup tulisan, mari kita berpikir bahwa menjadi kepala sekolah itu seharusnya: (1) seharusnya memiliki harapan dan jiwa pembaharu. Kemasan cita-cita mulia pendidikan kita secara tidak langsung diserahkan kepada kepala sekolah. Optimisme orang tua yang terkondisikan pada kepercayaan menyekolahkan putera-puterinya pada sekolah tertentu tidak lain berupa fenomena menggantungkan cita-citanya pada kepala sekolah. Peserta didik dapat belajar dan membelajarkan dirinya hanya karena fasilitasi kepala sekolah. Seonggokan aturan dan kurikulum yang selanjutnya direalisasiakan oleh para pendidik sudah pasti atas koordinasi dan otokrasi dari kepala sekolah. Singkatnya, kepala sekolah merupakan tokoh sentral pendidikan; (2) Kedua, sekolah sebagai suatu komunitas pendidikan membutuhkan seorang figur pemimpin yang dapat mendayagunakan semua potensi yang ada dalam sekolah untuk suatu visi dan misi sekolah. Pada level ini, kepala sekolah sering dianggap satu atau identik, bahkan secara begitu saja dikatakan bahwa wajah sekolah ada pada kepala sekolahnya. Di sini tampak peranan kepala sekolah bukan hanya seorang akumulator yang mengumpulkan aneka ragam potensi penata usaha, guru, karyawan dan peserta didik; melainkan konseptor managerial yang bertanggungjawab pada kontribusi masing-masingnya demi efektivitas dan efiseiensi kelangsungan pendidikan.(*) *) Guru SMP Negeri 1 Turen peserta tes Calon Kepala Sekolah 2012

Stop, PNS Baru WALI KOTA Batu Eddy Rumpoko menegaskan, tahun ini Pemkot Batu tidak menambah PNS baru sehingga tidak perlu membuka pendaftaran seperti daerah lain. Saat ini di Pemkot Batu sudah memiliki 550 tenaga honorer, sedangkan PNS termasuk guru berjumlah 4.000 orang. Jumlah itu dianggap cukup untuk melayani sekitar 200 ribu penduduk Kota Wisata Batu. Paling tidak, tidak perlu lagi menambah tenaga baru yang ujung-ujungnya akan menambah beban anggaran Pemda. Kebijakan tidak menambah PNS baru itu dianggap strategis karena akan berdampak pada tingkat produktivitas pegawai. Selama ini pendafatran PNS baru dianggap sebagai ajang untuk berlomba menambah pegawai baru, meskipun sebenarnya pegawai yang ada sudah cukup. Analisis jabatan memang sudah dibuat, tapi biasanya tidak sesuai dengan kondisi yang riil, hanya dibuat untuk kebutuhan sesaat. Analisis jabatan di Pemkot Batu menunjukkan bahwa tidak perlu lagi tambah PNS dan itu yang jadi patokan bagi wali kota untuk tidak menambah PNS. Maklum, Pemkot Batu memiliki pengalaman pahit dalam masalah PNS yang bermasalah sehingga harus berhati-hati. Sebenarnya dalam masalah PNS itu bukan soal berapa jumlahnya, masing-masing instansi butuh berapa tenaga, tapi yang terpenting adalah bagaimana mendayagunakan tenaga yang ada. Sudah menjadi rahasia umum bila tingkat produktivitas PNS itu masih rendah, mereka tidak bekerja penuh sesuai dengan jam kerjanya. Sebagian PNS bekerja keras, tapi banyak yang hanya duduk-duduk, baca koran, ngobrol bahkan jalan-jalan untuk keperluan di luar dinas. Ironisnya, jumlah yang tidak produktif itu lebih banyak. Padahal, sistem reward PNS sudah baku, tidak disesuaikan dengan produktivitas atau volume kerjanya. Hal ini tentu berbeda dengan pegawai swasta yang pengukuran prestasi dan tunjangan yang diterima sesuai dengan pekerjaan yang sudah dinilai secara objektif. Berbeda dengan PNS, rajin atau tidak rajin, mereka tetap dibayar tiap bulan dan semakin lama masa kerjanya, gaji dan tunjangannya akan semakin besar. Justru saat masa kerjanya semakin tingkat kemalasan bekerja semakin tinggi, pekerjaan diserahkan kepada anak buahnya, karena PNS dengan masa kerja yang lama biasanya punya jabatan. Sebenarnya problem kepegawaian di Indonesia bukan soal kuantitasnya, tapi bagaimana meningkatkan kualitasnya. Ada pekerjaan yang seharusnya cukup dikerjakan oleh seorang PNS, tapi ternyata dikerjakan oleh pegawai satu kantor. Jangan heran bila ada PNS yang setiap hari pekerjaannya hanya mengliping berita koran atau pekerjaan remeh lainnya dan mereka tiap bulan mendapat gaji yang lumayan besar. Reformasi birokrasi yang pernah digaungkan pemerintah ternyata sampai saat ini belum ada hasilnya, masih terjadi inefisiensi pegawai. Dalam kondisi seperti itu, menarik apa yang dilakukan wali kota Batu untuk tidak membuka pendaftaran PNS baru. Bukan hanya karena jumlahnya sudah cukup, tapi ke depan harus dipikirkan alasan untuk mengefisienkan pegawai yang sudah ada. (redaksi@malang-post.com)

REDAKTUR : ANITA, LAYOUTER : DJ AMIEL


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 5

Hyundai

RIZAL FANANY / MALANG POST

DIRENOVASI: Suasana di delar Hyundai Gatra Perdanaputra. Dalam waktu dekat, showroom ini akan segera dipercantik.

Jerman Siap Investasi Rp 19 Triliun JAKARTA - Presiden SBY melakukan pertemuan dengan Direktur dari Ferrostaal GmbH Klaus Lesker, di Berlin, Jerman Senin (4/3). Ferrostaal berkomitmen membangun pabrik petrokimia senilai US$ 2 miliar atau kurang lebih Rp 19 triliun di Papua Barat. Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat dan Kepala BKPM Chatib Basri menyaksikan kesepakatan awal (Letter of Intent) terkait kerjasama untuk pembangunan proyek petrokimia-downstream di kawasan Papua Barat di Indonesia. Penandatanganan ini dilakukan oleh Klaus Lesker berserta Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto. Rencananya pada tahun 2019 akan mulai beroperasi kompleks instalasi petrokimia untuk menghasilkan metanol, propilen dan polipropilen dari gas bumi di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat dengan total investasi senilai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 19 triliun. Dalam proyek tersebut, Ferrostaal berperan sebagai developer dan investor. Selain itu, Ferrostaal akan menstrukturkan investasi yang direncanakan, baik oleh mitra investasi luar negeri maupun lokal dari Indonesia. Sesuai dengan kesepakatan itu pula, dalam bulan-bulan berikut akan diadakan pembagian pengadaan gas pada pokoknya dari sumber daya alam daerah serta pembagian lahan bangunan dalam satu kawasan industri di Teluk Bintuni yang direncanakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Klaus Lesker menyatakan, proyek ini berprospek menghasilkan keuntungan ekonomi yang besar untuk pasar Indonesia karena pertambahan nilai yang diraih di dalam negeri yang besar. “Pertama Indonesia akan mengurangi impornya dengan nilai sampai US$ 600 juta per tahun karena menggunakan produk akhir untuk pasar sendiri,” ujar Klaus dalam keterangan tertulis kemenperin, Senin (4/3) Selain itu kompleks instalasi ini, menurut Klaus dengan tekniknya yang terkembang mengakibatkan transfer teknologi dan menjamin adanya lowongan kerja yang berkelanjutan. “Kira-kira akan menyerap sekitar 3.000 karyawan, baik langsung maupun tidak langsung. Ini sama dengan kira-kira empat kali lipat dari lowongan kerja yang dihasilkan oleh produksi misalnya gas cair (LNG),” katanya. Harapannya, begitu Instalasi selesai dikerjakan, akan mampu menghasilkan kira-kira 400 ribu ton polipropilen per tahun.(net/fia)

SERIUSI SEGMEN

Premium MALANG – PT Gatra Perdanaputra, tahun ini memastikan untuk mengerucutkan posisi di segmen premium dengan line up kendaraan yang harganya minimal di Rp 200 juta ke atas. Langkah ini diambil sesuai dengan kebijakan principal Hyundai yang memang mengkhususkan diri di segmen mobil di atas Rp 200 juta. “Langkah ini sejatinya sudah dilakukan pada akhir tahun lalu. fokus di segmen premium sudah terlebih dahulu dilakukan di luar negeri,” terang Direktur Hyundai PT Gatra Perdanaputra, Reza Prabawa Wijaya. Reza mengungkapkan, saat ini jumlah tipe kendaraan Hyundai yang bermain diangka Rp 200 juta ke bawah semakin sedikit. Saat ini, hanya Grand Avega versi matic yang masih relative murah yaitu Rp 192 juta. “Lainnya di atas Rp 200 juta. Seperti Santa Fe yang dibandrol pada harga Rp 400 jutaan,” urai Reza. Untuk memantapkan fokus ke segmen premium, Reza mengatakan saat ini tahapan yang akan segera dilaksanakan adalah melakukan perbaikan showroom dan standarisasi berbagai lini, seperti pelayanan sales hingga service kendaraan.

Ia menambahkan, kendati bermain di segmen premium, namun Hyundai sendiri telah menyiapkan seri murah untuk persiapan tindak lanjut kebijakan pemerintah mengenai LCGC (Low Cost Green Car). “Hyundai sudah punya i15, yang kemungkinan akan dirilis tahun 2014 mendatang,” ungkap dia. Pria ramah ini mengungkapkan, di tahun ini, Hyundai Malang melalui PT Gatra Perdanaputra menargetkan penjualan Hyundai mencapai 90 hingga 100 unit. Grand Avega, digadang-gadang mampu menyumbangkan penjualan sebesar 70 hingga 80 persen. Untuk menggarap pasar kendaraan roda empat di Malang, Reza mengatakan Hyundai memiliki empat mobil unggulan yaitu Grand Avega, Santa Fe, Tucson, dan H1. Sejatinya masih ada satu kendaraan dari Hyundai, yaitu Soneta, namun khusus untuk pasar Malang, kendaraan jenis sedan tersebut dinilai belum terlalu pas untuk konsumen Malang. “Kalau untuk Santa Fe, saat ini penjualan mulai bagus. Setidaknya per bulan sudah bisa satu unit. Tahun ini khusus untuk Santa Fe ditargetkan bisa 15 hingga 18 unit dalam setahun,” imbuh dia. (fia)

Angkasa Pura Siap Perluas Lima Bandara JAKARTA - BUMN pengelola bandara yaitu PT Angkasa Pura I (AP I) akan menggelontorkan anggaran belanja modal atau investasi Rp 3,502 triliun di 2013. Dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan dan perluasan 5 bandara. Direktur Utama AP I, Tommy Sutomo menyampaikan, dana ini akan diambil dari pinjaman bank BUMN Rp 2 triliun, dan selebihnya dari dana internal perusahaan. Menurut Tommy, investasi ini akan digunakan antara lain untuk pengembangan terminal 2 bandara Juanda, Surabaya tahap 2 Rp 528 miliar. Kemudian pengembangan terminal di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin Rp 886 miliar. “Kita juga alokasikan dana untuk pengembangan gedung parkir Bandara Sepinggan (Balikpapan) Rp 150 miliar, perluasan terminal Ujung Pandang (Bandara Sultan Hasanuddin Makassar) Rp 938 miliar,” tutur Tomy di saat rapat dengan Komisi XI DPR yang diadakan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/3). Selain itu, AP I juga siap mengalokasikan Rp 1 triliun untuk pengembangan Bandara Ahmad Yani, Semarang. Pada kesempatan yang sama, tahun ini juga dilakukan proses penyelesaian proyek pengembangan Bandara Ngurah Rai, Bali dan El Tari, Kupang. “Kami tahun ini memang akan fokus ke pengembangan dan penyelesaian bandara-bandara yang sudah kita mulai kembangkan di tahun sebelumnya,” jelas Tommy. (dtc/fia)

ISTIMEWA

INVESTASI: Angkasa Pura menyiapkan investasi Rp 3,5 triliun untuk perluasan lima bandara udara di Indonesia.

Inflasi Malang Lebihi Prediksi

RIZAL FANANY / MALANG POST

SAYUR: Pedagang menaikkan harga sayur akibat panen yang terhambat karena cuaca yang kurang mendukung.

MALANG – Sesuai dengan prediksi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, inflasi sepanjang Februari masih diwarnai oleh kenaikan komiditas bahan pangan.–Hanya saja, angka inflasi di bulan kedua 2013 mencapai 0,88 persen, sedangkan laju inflasi year on year ( Februari 2013 Februari 2012 ) sebesar 6,04 persen. “Angka tersebut melebihi dari prediksi awal KPwBI yang berada dikisaran 5,49 persen hingga 5,59 persen,” jelas Manajer Unit Kajian Statistik dan Survey KPwBI Malang, Edy Kristianto. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, kenaikan kenaikan kelompok bahan makanan pada Februari mencapai 2,64 persen, sedangkan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar mencapai 0,63 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,43 persen, dan kelompok pendidikan,

rekreasi dan olahraga 0,26 persen. Kelompok bahan makanan pada bulan Februari 2013 mengalami inflasi 2,64 persen atau terjadi kenaikan angka indeks dari 172,30 pada Januari 2013 menjadi 176,85 pada Februari 2013. Dari 11 sub kelompok dalam kelompok bahan makanan , satu sub kelompok mengalami deflasi dan 10 sub mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi pada sub kelompok sayur-sayuran sebesar 11,10 persen diikuti sub kelompok bumbubumbuan 10,61 persen, dan sub kelompok buah-buahan 4,58 persen. Masih berdasarkan data, 10 komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya inflasi di Februari, adalah nasi, kelapa, wortel, tomat buah, tomat sayur, bawang putih, tarif listrik, bawang merah, angkutan udara, dan kepiting/rajungan. “Relatif tingginya curah hujan yang menganggu produksi menjadi pendorong

utama meningkatnya harga bahan makanan,” imbuh dia. Sedangkan 10 komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terjadinya deflasi , yakni emas perhiasan, cabe merah, tarip kereta api, daging ayam ras, tongkol, udang basah, kacang panjang, gurame, cumi-cumi, dan kol putih. Pada bulan Februari 2013 dari tujuh kota Indeks Harga Konsumen (IHK) Nasional di Jawa Timur, semua kota mengalami inflasi. Indeks kenaikan harga tertinggi terjadi di Surabaya sebesar 1,03 persen, Sumenep 1,00 persen, Jember sebesar 0,95 persen, Kediri 0,94 persen, Kota Malang 0,88 persen, Kota Probolinggo 0,86 persen, dan Kota Madiun 0,75 persen. Pada periode laporan ini, inflasi month to month (mtm) berdasarkan disagregasinya didominasi oleh kelompok volatile food 2,79 persen, kelompok administered price 0,49 persen, dan kelompok core inflation 0,34 persen. (fia)

Hotel Tugu Kembali Gelar Degustation Dinner Bersama Chef Internasional MALANG – Persaingan hotel memiliki pengalaman luas rapa tahun di Timur Tengah “Makanan tersebut akan membuat pelakunya harus dengan menghabiskan berta- sebagai executive chef di resort dipasangkan dengan wine yang melakukan langkah-langkah hun-tahun dengan bekerja di be- bintang 5 serta menjadi koki tepat yang dipilih oleh Sominovatif untuk mempertahankan berapa restoran-restoran terke- pribadi untuk keluarga kerajaan melier Sebastian,” imbuh dia. brand awareness. Salah satu muka di Eropa peraih berbagai Bahrain, Dubai dan ratu Norwegia. Acara yang berlangsung sejak langkah inovatif yang dilakukan penghargaan serta bergabung Pada Degustation Dinner pukul 19.00 WIB tersebut dimuHotel Tugu Malang melalui pula di perusahaan-perusahaan mendatang, Lucien telah lai dengan harga Rp 500 ribu Restoran Melati dan Ban Lam katering eksklusif. menyiapkan makan malam ++. Cres mengatakan, melihat Wine Shop and Bar adalah de“Termasuk yang menarik yang terdiri dari enam macam respon pada tahun lalu, ia cukup ngan kembali menyajikan Degus- adalah bekerja untuk Chef hidangan yang merupakan optimis acara degustation dintation Dinner untuk kali kedua. Alfons Schuhbeck, chef paling kreasinya yang paling istimewa, ner kali ini juga akan menDi Degustation Dinner kali ini, top di Jerman, peraih 2 bintang antara lain ‘Cappuccino of dapatkan respon yang positif. Melati dan Ban Lam Wine Shop Michelin Chef dengan 3 Topi Mushroom with smoked duck “Wine semakin dikenal dan and Bar menghadirkan guest dari Gault Milliau, dan Kaefer filets’, ‘a crab mousse tart with menjadi bagian dari gaya hidup chef asal Eropa, Lucien Pryssok Feinkost, yakni sebuah perusa- coriander and orange’ , ‘an masyarakat Malang. Ini juga pada 9 Maret mendatang. haan makanan katering terbaik Australian tenderloin roll in menjadi langkah dari Hotel Executive Assistant Hotel Jerman,” urai Cres. macademia crust with truffle Tugu untuk meningkatkan Tugu Malang, Crescentia Hari Setelah meninggalkan Eropa, glace’ and’‘a Fondant chocolate brand awareness tamu terhadap Vidyati menjelaskan chefdiLucien menghabiskan bebe- Post. cake with berries’. (fia)Hotel Tugu,” pungkas dia. (fia) PromosikanLucien Bisnis Anda halaman Shopping Malang Info fresh lebihorganic lanjut hubungi (081334855774)

GUEST GESANG / MALANG POST

WINE: 9 Maret mendatang, Hotel Tugu Malang akan kembali menggelar Degustation Dinner di Melati Resto dan Ban Lam Wine Shop and Bar.

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : REEP


6

SELASA, 5 MARET 2013

Hadapi UN? Keciiiilll! MALANG - SMAN 6 Malang mengajak siswanya untuk menyambut Ujian Nasional (UN) dengan senang hati. UN yang biasanya menjadi momok harus disambut dengan senyuman dan penuh percaya diri. Karena itulah Sabtu (2/3) lalu, SMAN 6 Malang menghadirkan trainer ESQ dalam rangkaian persiapan mental siswa menjelang UN 2013. Training motivasi itu digelar di Gedung Gajayana Kota Malang dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII serta orang tua siswa. “Ayo siapa yang berani berteriak UN Keciiiiiil,” ungkap motivator, Mohammad Rifa’i sambil mengajak siswa menjentikkan jari kelingkingnya. Rifa’i tak hanya menyuntikkan semangat positif kepada siswa yang akan menghadapi UN saja. Tapi juga mengingatkan para orang tua agar memberikan dukungan kepada anaknya. “Kalau anak kita pulang membawa nilai matematika hanya 10, orang tua jangan langsung marah, tapi beri

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

HARUS SENANG HATI: Suasana pelatihan ESQ kepada siswa SMAN 6 Malang yang digelar di Gedung Gajayana Kota Malang.

semangat positif. Bilang kepada anak kita “bagus kok nak, dulu ibu saja matematika dapat nilai 0”, ujarnya. Ia juga meningatkan agar semua pihak termasuk guru tidak menakut-nakuti siswa dengan kalimat Awas UN. Sebab selama ini kata awas biasanya diikuti dengan hal yang menakutkan seperti Awas Anjing Galak dan sebagainya. Suasana pembekalan yang berlangsung sekitar tiga jam itu pun berlangsung gayeng. Menurut Ketua Panitia, Samsul Islam, target kegiatan ini adalah mengajak siswa, orang tua dan guru agar menghadapi UN dengan tenang dan tidak tegang. “Kegiatan ini diharapkan membuat siswa percaya diri dan yang paling penting memunculkan semangat positif pada diri siswa SMAN 6 Malang,” ujarnya. Selain itu lanjut Samsul, menghadapi UN 2013 ini SMAN 6 Malang mengharap seluruh siswa bisa melaksanakan dengan jujur. Kegiatan pembekalan tersebut diikuti sekitar 270 siswa.’(oci/sir/eno)

SMK Wiyata Husada Sukses Gelar DAMPOS SERIUS: Salah seorang peserta lomba melukis pemandangan alam nampak serius mengoleskan kuasnya di atas kertas.

GHULAM/MALANG POST

MALANG - Tidak hanya berkecimpung di bidang kesehatan, siswasiswi SMK Wiyata Husada Batu juga belajar berorganisasi dan mengembangkan diri di bidang sosial lainnya. Terbukti untuk kedua kalinya SWIDA (SMK Wiyata Husada) Batu mengadakan DAMPOS (Dies Natalies And Multi Talent Performance of SWIDA) T3 Ke-II 2013 yang digelas SabtuMinggu (2-3/3) lalu. Dalam agenda tahunan kali ini panitia berasal dari seluruh anggota OSIS SWIDA yang didampingi oleh para guru dan seluruh warga SWIDA. Sekolah yang ber-motto 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) ini mempunyai 3 jurusan yaitu keperawatan, farmasi, dan analis kesehatan. Meskipun masih berdiri 2 tahun silam akan tetapi sekolah telah memiliki kurang lebih 180 siswa-siswi yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas X dan kelas XI. Agenda kegiatan tersebut yaitu lomba-lomba yang diperuntukkan siswasiswi SMP Se-Malang Raya, Gerak Jalan, dan penutupannya akan dilaksanakan di GOR Ganesha. Perlombaan yang diadakan di antaranya lomba puisi, lomba lukis alam, lomba kaligrafi, lomba cerdas cermat, lomba basket ball, lomba volley ball, lomba adzan, audisi band, dance, dan lintas alam. Kegiatan ini cukup meriah karena telah terdaftar kurang lebih 175 anak yang menjadi peserta dalam perlombaan yang

bertempat di SWIDA ini. Karena memang cukup menarik hadiah yang ditawarkan untuk setiap perlombaan. Juara pertama mendapatkan uang pembinaan Rp 500 Ribu, kedua Rp. 300 Ribu dan ketiga Rp. 100 Ribu plus thropy dan sertifikat. dr. Triyanto Saudin selaku Ketua Yayasan Norma Wiyata Batu mengungkapkan “Kami mengadakan ke-

giatan ini bertujuan untuk memperkenalkan SMK Wiyata Husada (SWIDA) yang berdiri kurang lebih masih 2 tahun. Dan juga untuk para siswa SWIDA terutama seluruh anggota OSIS bisa mengadakan kegiatan sebagai wadah untuk pelatihan, sebagai generasi penerus dengan pengalaman atau bekal.” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Ifan Army Nur Firdaus mengatakan, untuk persiapan kegiatan ini, panitia telah mempersiapkan tiga bulan sebelumnya. “Untuk kendala mungkin hanya saat-saat ini hanya bertepatan dengan pra-UNAS dan UTS, jadi peserta yang ikut kurang maksimal.” pungkasnya.(ghu/sir/eno)

BULULAWANG - SMPN 2 Bululawang memiliki cara unik untuk mematangkan mental dan spiritual para siswanya menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Selain menggelar istighotsah juga menambah kegiatan baca surat Yasin bersama. Kegiatan baca Yasin bersama tersebut dilakukan secara rutin setiap Jumat pagi sebelum jam masuk sekolah di musala sekolah setempat. Kepala SMPN 2 Bululawang, Suwondo mengutarakan, kegiatan membaca surat Yasin tersebut dilakukan seluruh siswa kelas VII hingga kelas IX sebelum jam masuk sekolah. “Dengan membaca surat Yasin yang dipimpin guru agama, kami berharap siswa akan semakin dekat dengan allah. Terutamanya kelas XI yang akan menghadapi ujian akan matang secara spiritual menghadapi ujian,” tuturnya ditemui Malang Post siang kemarin. Selain pematangan spiritual dan mental dengan kegiatan membaca surat yasin, secara akademik jajaran guru juga melakukan persiapan yang matang dengan melakukan tambahan jam pelajaran sejak Oktober lalu. Ditambah lagi dengan kegiatan try out sekolah untuk mengukur dan melatih kesiapan siswa mengerjakan simulasi soal UN. Dengan adanya kegiatan tambahan jam pelajaran, para jajaran guru juga melakukan pengelompokan siswa berdasarkan hasil tambahan dan try out. Pembagian tersebut terbagi atas tiga yaitu high, midlle dan low. Pembagian akan memasukan siswa kedalam kelompok, sesuai dengan hasil tryout-nya. “Siswa akan masuk ke tiga kelompok. Bagi siswa yang masuk dalam kelompok low, maka akan lebih digenjot agar bisa menyamai siswa di kelas high,” tambahnya.(Mg2/eno)

Calon Dokter Tidak Lagi Praktek di RS Umum JAKARTA - Biaya kuliah Fakultas Kedokteran (FK) di kampus negeri dinilai masih mencekik. Untungnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil menemukan sejumlah penyebab tingginya biaya kuliah untuk menjadi dokter itu. Mereka berjanji menekan biaya kuliah di FK mulai tahun akademik 2013-2014 ini. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, setidaknya mereka telah menemukan dua faktor yang menyebabkan biaya kuliah calon dokter menjadi mahal. Yakni para calon dokter di wajibkan praktek di rumah sakit umum (RSU) pemkab, pemkot, pemprov, atau pusat. Selain itu, selama praktek para mahasiswa juga wajib menempel atau menjadi co-asisten dokter yang bukan pegawai PTN. “Jadi kita fokus untuk mengatasi dua persoalan itu. Jika berhasil, kita yakin biaya kuliah FK di PTN tidak semahal sekarang,” ujar menteri asal Surabaya itu. Nuh menuturkan pihaknya sudah tidak menganjurkan lagi setiap FK di PTN bekerjasama dengan RS umum untuk melaksanakan praktek pelayanan kesehatan. Model seperti ini menurut Nuh wajar jika ujungnya menimbulkan cost tanggungan mahasiswa yang mahal. “Kemendikbud atau PTN tidak bisa mengontrol tarif mahasiswa praktek di RS umum. Karena sudah berbeda institusi,” kata dia. Nuh juga mengatakan tarif atau biaya mahasiswa praktek yang dibebankan RS umum ke mahasiswa, tidak bisa dijamin akuntabilitasnya. “Kemendikbud kan tidak tahu, biaya praktek itu benar-benar masuk ke manajemen RS umum tempat praktek atau jangan-jangan masuk ke oknum pimpinan RS,” terang dia.(jpnn/eno)

Ratusan Siswa SD Ikuti Belasan Lomba

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

SEMANGAT BERLOMBA: Para peserta lomba dari 7 gugus SD Kecamatan Klojen saat mengikuti upacara pembukaan.

pertemuan tersebut setiap guru dapat memotivasi diri untuk lebih kreatif dan inovatif dal am mengembangkan pembelajaran di sekolah. “Perlu adanya inovasi dalam mengajar agar transformasi pendidikan yang dilakukan lebih efektif,” ungkapnya usai membuka cara.

Sementara itu Ketua Panitia acara Ratnaningsih,S.Pd menjelaskan terdapat 14 jenis kreatifitas yang dilombakan. Di antaranya lomba tiwisuda, bercerita, kreasi daur ulang, pidato bahasa jawa, pidato bahasa indonesia, cipta husada, melukis, cerita bergambar, menyanyi tunggal, cipta lagu, poster,

senam cerita dan cipta puisi. Sebanyak 167 siswa berkompetisi untuk menjadi siswa terbaik yang akan mengikuti lomba tingkat Kota Malang sebagai delegasi dari kecamatan. Selain itu menurut Kepala SDN Rampal Celaket 1 ini, setiap hasil dari perlombaan akan menjadi tolak ukur pelaksaan pendidikan di sekolah masing-masing. “Ini juga menjadi bahan untuk mengembangkan mutu pendidikan di sekolah,” jelasnya. Oleh karena itu tidak hanya siswa, perlombaan yang akan diproyeksikan ke tingkat Kota ini juga dimeriahkan dengan seleksi guru prestasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Seleksi yang akan dilakukan melalui empat tahap penilaian, yakni porto folio, Keguruan, presentasi PTK dan tes tulis. Untuk ini maka tiap sekolah mengirimkan guru terbaiknya sebagi delegasi dalm perlombaan.(imm/sir/eno)

SD Insan Amanah

MALANG - Festival Anak Muslim (FAM) 2013 SD Insan Amanah kembali digelar. Ratusan peserta yang terdiri dari siswa-siswi KB/TK se Malang Raya memadati halaman sekolah, Minggu (3/ 3) lalu. Festival tahunan ini digelar untuk menggali potensi dalam diri siswa mulai sejak dini melalui beragam kegiatan kreatif. Kepala SD Insan Amanah, Suhardini Nurhayati,M.Pd mengatakan FAM merupakan sebuah event yang menjadi media pengembang kreativitas siswa KB/TK. Menurutnya diperlukan sebuah upaya dalam mengembangkan bakat anak. Pasalnya kreativitas dan efektivitas anak dalam berprestasi sangat bergantung pada pengembangan bakat mereka sejak dini. Namun yang lebih esensial dalam konteks penyelenggaraan FAM kali ini SD Insan Amnah dapat menggali potensi yang ada dalam diri anak. Oleh sebab itu digelarnya festifal dapat menjadi media penyalur bakat bagi usia pra sekolah. “Kepercayaan masyarakat

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

Sampai Jumpa di FAM Tahun Depan!

SELAMAT YA!: Ketua Lembaga Insan Amanah Hamdan,SH foto bersama juara umum FAM 2013 dari TK Baipas didampingi kepala SD Insan Amanah, Suhardini Nurhayati,MM

sangatlah berarti bagi kami, sampai saat ini mereka selalu mendukung kegiatan FAM yang digelar tiap tahun,” ungkap Dini,sapaan akrab Suhardini Nurhayati. Ia menambahkan digelarnya FAM juga

menjadi ajang mempererat silaturrahmi antara SD Insan Amanah dengan beberapa lembaga TK se Malang Raya yang telah terjalin baik selama ini. Sementara itu, Ketua Pelaksana FAM

SD Insan Amanah, Ainul Yaqin, S.Si, S.Pd mengatakan FAM kali ini bebarbenar dijadikan momen spesial bagi anak-anak TK. Konsep perlombaan yang berbeda dari tahun sebelumnya membuat siswa termotivasi untuk berpartisipasi dalam FAM tahun ini. Di samping karena adanya penambahan jenis lomba yakni lomba menyanyi dan futsal, pemberian hadiah berupa piala dan doorprize hingga juara harapan 1, 2 dan 3 menjadikan acara tampak lebih meriah. “Ini merupakan sebuah apresiasi yang dapat kami berikan pada mereka yang ikut berpartisipasi,” ujarnya. Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Insan Amanah semakin menguatkan eksistensi lembaga yang berada di komplek Perum Griya Santa ini. Seperti tahun sebelumnya, secara teknis FAM ke-5 ini dibuka dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti seluruh keluarga besar SD Insan Amanah yang meliputi seluruh guru dan karyawan, siswa, wali siswa, dan masyarakat sekitar sekolah.(imm/eno)

Profesor di Singapura dan Malaysia Siap Bimbing Riset Antar Mahasiswa

IST/MALANG POST

SEMANGAT BARU: Rombongan mahasiswa pascasarjana jurusan PB Inggris berpose bersama saat kunjungan ke salah satu kampus di Malaysia.

IDHAM B SAKTI//MALANG POST

LATIHAN BELADIRI TAPAK SUCI: Sejumlah siswa SD Muhamadyah K H Mansyur menggelar latihan beladiri Tapak Suci di halaman masjid Arrohman Blimbing, kemarin. Kegiatan beladiri di sekolah itu menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi semua siswa.(mg2/eno)

UN Dihapus, SD ke SMP Seperti Naik Kelas MAGELANG - Rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SD didukung pandangan bahwa jenjang SD dan SMP merupakan satu kesatuan wajib belajar 9 tahun. Menteri pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan pandangan ini akhirnya memandang bahwa proses lulus dari kelas VI ke kelas VII layaknya kenaikan kelas saja. “Lulusan SD masuk SMP itu menjadi kelas VII, jadi seperti kenaikan kelas sesama satu jenjang namanya jenjang pendidikan dasar. Mereka ada yang memiliki pemikiran UN di SD itu sebaiknya ditiadakan karena ini menjadi satu paket sesama pendidikan dasar,” katanya di sela acara “Pergelaran Anak Negeri” di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, akhir pekan lalu. Nuh mengatakan UN untuk jenjang SD baru bisa dievaluasi untuk penyelenggaraan tahun depan. Namun, pada tahun ini, UN tetap akan digelar. Pasalnya, evaluasi UN merupakan bagian dari penerapan Kurikulum 2013 yang baru akan dilakukan pada pertengahan Juli mendatang. “UN 2013 besok tetap untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/ SMK seperti biasanya, hanya yang membedakan ada 20 variasi soal,” tuturnya. Menurut Nuh, UN tetap diperlukan untuk melihat hasil dari proses pendidikan yang telah dijalani. UN, lanjutnya, adalah output atau hasil sementara rapor adalah penilaian terhadap proses yang berlangsung sehari-hari. Nuh pun menjelaskan bahwa saat ini, kementerian tidak ingin mempertentangkan hal yang lebih penting antara proses dan hasil. Kementerian, katanya, terus mencari cara untuk memperkuat dua basis penilaian tersebut.(jpnn/eno)

MALANG- Mahasiswa Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PB Inggris) Universitas Islam Malang (Unisma) mengaku sangat terkesan dengan program kunjungan ke Kuala Lumpur (KL) dan Singapura pada 28-30 Januari lalu. Diungkapkan Sri Rahayu, salah seorang mahasiswa Pascasarjana PB Inggris Unisma yang mengikuti program tersebut, ada banyak pengalaman dan wawasan baru yang didapatkan dalam agenda tersebut. “Kebetulan ini adalah kunjungan pertama saya ke luar negeri, benar-benar bisa membuka wawasan dan bisa saya tularkan kepada siswa di kelas,” ungkapnya. Sri Rahayu adalah guru di SMP Islam 1 Batu. Awalnya ia mendapat info mengenai program tersebut dari jurusannya. Karena merasa program tersebut sangat bermanfaat, ia pun mendaftarkan diri. Kegiatan kunjungan luar negeri ini diikuti oleh 32 mahasiswa dan 7 dosen dari PB Inggris. Pelepasan rombongan dilakukan 19 Januari oleh rektor.

Di Malaysia kegiatan yang dilakukan adalah seminar bersama dengan International Islamic University of Malaysia (IIUM). Dengan materi seminar tentang education and globalization. Di Singapura, kunjungan dilaksanakan di Nanyang Technological University (NTU) dan National Institute of Education (NIE). Pasca Unisma dan Pasca NIE saling bertukar pengalaman, program serta materi bahan ajar. Diskusi yang digali adalah mengenai The Journey of Proffessional Learners. Dari kunjungan tersebut rencananya akan dikembangkan penelitian bersama antara mahasiswa dan dosen kedua universitas tersebut. “Kami bisa saling sharing bagaimana sistem pendidikan disana,” bebernya. Ia berharap program seperti ini bisa dilanjutkan pada tahun mendatang. Sehingga mahasiswa Pasca Unisma memiliki wawasan internasional dan berdaya saing. Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Rektor Unisma, Prof Dr Drs Surahmat M.Si. yaitu untuk meningkatkan kualitas maha-

siswa dari masing-masing universitas. Sehingga perlu dilaksanakan secara berkesinambungan. Pengalaman internasional yang didapatkan akan sangat penting untuk membuka wawasan internasional dari para warga kampus. Ke depan mahasiswa dan dosen Pascasarjana PB Inggris harus bisa mengaplikasikan serta menghasilkan banyak riset dan buku berskala internasional. Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Unisma, Dr Hj Mutmainah Mustofa M.Pd. Usai melakukan kunjungan, digelar workshop bertajuk “Arah baru Menuju Karya Tulis Internasional”. Hal ini dilakukan sebagai bentuk respon terhadap kebijakan Dikti yaitu SE Dikti nomor 152 tentang publikasi karya ilmiah berbasis penelitian. Mahasiswa S2 pun berlomba menulis di jurnal internasional. “PB Inggris menanggapi positif kebijakan baru Dikti ini, sebab membuka peluang untuk bisa menghasilkan karya di jurnal internasional,” bebernya. (oci/sir/eno)

Hasyim Muzadi: Banyak Guru yang Belum Jadi Guru MALANG- Pendidikan karakter yang didengungkan di dunia pendidikan masih sebatas pada tataran kelimuan, belum menyentuh pada rasa dan nurani. Hal ini diungkapkan Mantan Ketua Umum PB NU, KH Hasyim Muzadi dalam kuliah tamu di Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (UM). Pengasuh Pesma Al Hikam itu didapuk untuk berbicara tentang Membangun Keilmuan dan Guru Berkarakter dalam Perspektif Agama. “Banyak guru yang belum mendudukkan diri sebagai guru dan begitu pula siswanya,” ungkapnya. Karena itulah menurutnya karakter di Indonesia telah lama belum menunjukkan keberhasilan. Sehingga banyak orang pintar tapi belum benar, dan banyak orang hukum tapi tersandung masalah hukum. Menurutnya untuk membangun karakter bisa dilakukan melalui dua jalur, yaitu sosio humanistik dan keagamaan. Sosio humanistik dibangun melalui keberadaan pendidikan dan taman siswa, sementara keagamaan dibangun melalui pesantren. “Agar bisa melaksanakan pendidikan karakter dengan baik maka

BELUM MENYENTUH RASA: Hasyim Muzadi membeberkan segenap pemikirannya seputar pendidikan karakter yang hingga kini menurutnya belum menyentuh nurani.

guru harus menghayati ilmunya,” pungkasnya. Sementara itu Ketua Jurusan Fisika FMIPA UM, Dr Markus Diantoro M.Si

Anggaran Diblokir, PTN Talangi Beasiswa Miskin

Lomba Bina Kreativitas dan Seleksi Siswa Berprestasi Antar SD

MALANG - Lomba bina kreativitas dan seleksi siswa berprestasi antar SD tingkat kecamatan Klojen berlangsung semarak Sabtu (2/3) lalu. Kegiatan lomba dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Dra. Hj. Sri Wahyuningtyas,M.Si dengan melepaskan balon. Dalam kesempatan tersebut Yuyun sapaan akrab Sri Wahyuningtyas, mengatakan, digelarnya lomba tersebut merupakan salah satu langah dalam memberikan kesepatan kepada siswa untuk berekspresi dan menuangkan kreatifitasnya melalui sebuah event kompetisi. Persahabatan yang dibangun dalam pertemuan 7 gugus SD kecamatan Klojen ini diharapkan mampu menciptakan pendidikan yang konstruktif. Yuyun juga menambahkan, event lomba kreativitas hendaknya dijadikan ajang untuk meningkatkan kinerja sebagai seorang pendidik. Maka melalui

Pascasarjana Jurusan PB Inggris Unisma Go International

Tak Hanya Istighotsah, Juga Baca Surat Yasin

IST/MALANG POST

Training ESQ SMAN 6

7

JAKARTA – Masih diblokirnya anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menimbulkan masalah. Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud mendapat laporan bahwa banyak penerima beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidik misi) yang keleleran karena hak beasiswa mereka belum cair. “Laporan ini saya terima langsung dari masyarakat dan universitas,” kata Itjen Kemendikbud Haryono Umar Sabtu (3/3). Menurut dia, pengucuran bidik misi, idealnya, tidak boleh terputus. Sebab, ada sebagian dari unit cost bidik misi yang diberikan langsung kepada mahasiswa untuk biaya hidup sekitar Rp 500 Ribu per bulan. “Laporan yang masuk ke saya, ada mahasiswa bidik misi yang akhirnya bekerja sampingan untuk mencari biaya hidup,” ujar mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Haryono mengatakan, seluruh penerima beasiswa itu berasal dari keluarga miskin. Mereka benar-benar menggantungkan biaya hidup dari kucuran beasiswa tersebut. Untung, ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang berinisiatif menalangi uang beasiswa itu. “Utamanya untuk biaya hidup,” katanya. Haryono mengingatkan PTN supaya menyimpan dengan rapi setiap bukti penyaluran bidik misi yang mereka talangi. Dana talangan dari kampus untuk mahasiswa bidik misi masih bisa ditoleransi. Sebab, hal itu terkait dengan masalah kemanusiaan. Namun, untuk sektor lain, dia meminta PTN tidak menalangi dulu. Misalnya biaya pengembangan kampus dan proyekproyek fisik sejenisnya. Sejauh ini, hanya anggaran Itjen Kemendikbud yang sudah klir di Kemenkeu. Namun, karena baru dinyatakan klir Maret ini, anggaran untuk Januari dan Februari hangus. Salah satu yang hangus adalah anggaran untuk perjalanan dinas .(jpnn/eno)

menuturkan kuliah tamu dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen dan juga pimpinan fakultas. Tujuan utama kegiatan ini

adalah memotivasi pengembangan pembangunan karakter yang dicanangkan dalam dunia pendidikan.(oci/eno)

Polinema Siap Tampung Warga Sekitar Kampus MALANG - Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Tundung Subali Patma MT berharap bisa menampung warga sekitar kampus untuk studi di kampus yang dipimpinnya. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan ini akan terus dibangun oleh Polinema. “Memang tidak ada jalur khusus maupun kuota tertentu, yang penting kalau ada warga sekitar kampus memenuhi standar Polinema maka akan kami bantu,” ungkap Tundung ditemui disela acara bakti sosial dan donor darah dalam rangka Dies natalis ke 31 Polinema. Program bina lingkungan ini juga diwujudkan Polinema melalui kegiatan bakti sosial. Dalam kesempatan tersebut kemarin dibagikan sedikitnya 350 paket sembako kepada warga sekitar kampus. Sembako juga diberikan kepada janda dan pensiunan Polinema. Ketua Panitia Baksos dan Donor Darah, Basuki Rahmat mengungkapkan sembako yang diberikan kepada warga diharapkan semakin mendekatkan

REDAKTUR : ANITA DR, LAYOUTER : OLIS

Belum seluruhnya siswa melengkapi data dan mengambil formulir tersebut sehingga Akhmaloka menghibau kepada siswa dan sekolah yang akan merekomendasikan siswa untuk segera menyelesaikan pendaftarannya. “Kebanyakan sekolah di Bandung yang terkenal umumnya belum merekomendasikan,mungkin msh nunggu-nunggu tapi pastinya tidak tahu kenapa. Padahal hanya masalah kliking saja,” kata Akhmaloka yang juga Rektor ITB tersebut. Ia menyebutkan yang telah mendaftar SNMPTN secara online baru sekitar 300.000 orang siswa telah menyelesaikan proses pendaftaran. Kebanyakan peserta masih menunda pendaftaran termasuk mereka yang berasal dari sekolah unggulan di Bandung dan kota lainnya. Tahun ini proses seleksi SNMPTN atas dasar prestasi disekolah, bisa diliat dari raport, prestasi sekolah, juga prestasi lainnya seperti juara olimpiade

Unikan Loloskan Tiga Proposal PKM MALANG - Universitas Kanjuruhan (Unikan) sukes meloloskan tiga proposal program kreativitas mahasiswa (PKM) 2013. Meski jumlah proposal yang didanai DItjen Dikti ini menurun dari tahun lalu yang berhasil meloloskan empat proposal, namun Unikan optimis bisa mengantarkan satu tim ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). “Target kami bisa meloloskan satu proposal ke Pimnas, dan harapannya juga bisa meraih medali,” ungkap Kabag Kemahasiswaan Bidang Penalaran Unikan, Andi Nu Graha kepada Malang Post. Sebenarnya lanjut Andi, Unikan mengirimkan 11 proposal untuk dikompetisikan dalam ajang ini. Namun hanya tiga saja yang lolos pendanaan Dikti. Penurunan jumlah ini salah satunya karena adanya perubahan persyaratan pengiriman proposal PKM yang diberlakukan Dikti. Dimana seluruh materi proposal harus dikirim melalui softcopy dan diupload dalam web dikti. Pada tahun sebelumnya proposal dikirimkan dalam hardcopy dan softcopy namun tidak diupload dalam web dikti. “Tidak semua mahasiswa mahir dalam hal IT, walaupun dari pihak kampus sudah memfasilitasi,” bebernya. Karena itulah menurutnya tiga proposal yang sudah didanai itu akan disiapkan dengan baik. Tiga proposal yang terdiri dari 1 proposal PKM teknologi dan dua proposal PKM kewirausahaan. Tahapan yang akan dilakukan diantaranya membuat produk dan penyiapan visitasi Dikti. “Biasanya untuk visitasi dipusatkan di UB atau UMM, dan kami masih menunggu jadwalnya,” bebernya.(oci/eno)

UB Tidak Naikkan Biaya Kuliah IST/MALANG POST

PEDULI: Tundung Subali Patma menyerahkan bantuan sosial untuk warga sekitar kampus. Dalam kesempatan kemarin pula, ia mengaku siap menampung warga sekitar yang ingin kuliah di Polinema.

antara warga dan kampus Polinema. “Warga hanya mengganti biaya administrasi Rp 5 Ribu untuk mendapatkan paket sembako senilai Rp 80 Ribu,” bebernya. Dalam kegiatan kemarin juga dilaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Kota

Malang. Aksi kemanusiaan ini diikuti mahasiswa, karyawan dan juga dosen. Bahkan kemarin nampak hadir pula anggota senat dan alumni yang ikut menyumbangkan darahnya. Dalam kegiatan tersebut ditargetkan bisa menampung 100 kantong darah.(oci/eno)

300 Ribu Formulir SNMPTN Sudah Disebar BANDUNG- Panitia SNMPTN sudah menyebarkan sekitar 300 ribu formulir SNMPTN kepada peserta yang sudah mendaftar SNMPTN secara online. Saat ini sendiri jumlah pendaftar yang masuk ke panitia pusat SNMPT sudah sebanyak 551.903 siswa. Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan berdasarkan progress pendaftaran SNMPTN dalam Pangkalan data sekolah dan siswa(PPDS) ada lebih dari 1,7 juta siswa kelas XII yang telah didaftarkan pihak sekolahnya dan mengupload data siswa ke web SNMPTN. “Meski demikian, dari jumlah tersebut baru 30,80 persen atau 551.903 peserta yang telah mendaftarkan lanjutan. Pendaftaran yang dilakukan oleh siswa untuk memilih perguruan tinggi dan jurusan ini dimulai sejak 1 Februari-8 Maret 2013,” katanya dalam Konferensi Pers di Aula Barat Kampus ITB Jalan Ganesa, kemarin.

DOK/MALANG POST

ASRI: Sejumlah mahasiswa Unikan sedang diskusi di salah satu sudut taman kampus.

sains, seni, orlah raga dll. Tapi kata Akhmaloka yang diutamakan adalah nilai raport dan alumni sekolahnya.Dan yang tidak kalah penting adalahlah harus lulus UN. “Kami sudah merengking sekolah seluruh Indonesia, ada clustering, sekolah unggulan belum tentu juga diterima. Itu hanya kriteria umum, PTN juga punya kebebasan.Yang dilihat bukan hanya nilai absolut raport karena bisa didongkrak, kalau ada kecurangan sistem kami bisa melihat itu. Pengaduan-pengaduan juga akan kami perhatikan,”ujarnya. Bukan hanya itu, dari data sementara yang diperoleh panitia SNMPT menunjukan sekolah yang yang tidak boleh mengikuti SNMPTN jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari tahun lalu. Pelarangan ini diberlakukan karena sekolah tersebut terbukti kurang bagus tahun lalu, salah satunya melakukan kecurangan. “Kalau tahun lalu belasan

sekarang sekolah yang tidak boleh ikut SNMPTN antara 20-40 jumlahnya,” tuturnya. Dalam SNMPTN tidak semua sekolah di Indonesia mengikuti proses seleksi ini, dari 27.000 sekolah yang ada hanya sekitar 14.000 yang mendaftarkan siswanya. Hal ini dikarenakan SMK dan MA tidak mengikuti SNMPTN mereka lebih tertarik pada diploma. Berdasarkan data PDSS, Sumatera Barat menjadi provinsi yang paling banyak peserta yang telah mendaftar SNMPN. Dari total 64.638 siswa yang direkomendaikan sekolah, sebanyak 47,72%nya atau 30.848 siswa telah mendaftar. Sementara itu Provinsi Maluku mada di urutan terendah dengan angka pendaftarnya baru 16,20 persen atau 1.450 orang dari total 8.951 siswa yang direkomendasikan. Jawa Barat juga tidak jauh lebih baik karena angka pendaftarnya baru 28,99persen atau 71.073 orang dari total 245.145 siswa.(jpnn/eno)

MALANG - Universitas Brawijaya (UB) masih menunggu penetapan unit cost sebagai acuan untuk menetapkan besaran uang masuk bagi mahasiswa baru (Maba) 2013. Hanya saja sudah dipastikan bahwa biaya pendidikan tahun ini di UB tidak akan naik dibandingkan tahun lalu. “Unit cost memang belum ada ketetapan, tapi yang jelas tahun ini kami akan menghapuskan uang pangkal dan tidak menaikkan biaya studi dari tahun lalu,” ungkap Rektor UB, Prof Dr Ir Yogi Sugito dihubungi via ponselnya. Dengan demikian tahun ini perguruan tinggi negeri (PTN) harus menyiapkan diri menyambut uang kuliah tunggal (UKT). Bahkan di Jawa Timur telkah dilakukan pertemuan Pembantu Rektor II (PR II) PTN se Jawa Timur membahas penetapan UKT di gedung Rektorat UB lantai 8, Rabu (27/2). Pertemuan tersebut merupakan kelanjutan dari rapat Paguyuban Rektor se-Jatim yang diadakan di IAIN Sunan Ampel belum lama ini. besaran UKT tidak boleh di atas unit cost karena PTN bersifat nirlaba. Selain itu, Kemdikbud membantu pembiayaan PTN melalui Bantuan Operasional PTN (BOPTN). Djoko mengingatkan, kampus akan diberikan peringatan keras jika besaran UKT sampai melebihi unit cost yang ditentukan pemerintah. Jadi selisih antara UKT dan unit cost akan ditutupi menggunakan BOPTN. UKT mulai diterapkan di tahun akademik 2013-2014. UKT tersebut meliputi seluruh biaya yang dibebankan pada mahasiswa dan dibayarkan setiap semester seperti layaknya SPP. Di dalamnya sudah termasuk biaya seragam, praktikum, bahkan biaya wisuda. Yogi Sugito juga menjelaskan, UB akan menerapkan UKT dengan subsidi silang berdasar pertimbangan Instruksi Dirjen Dikti dan Amanat UU Dikti No. 12/2012. Dalam Instruksi Dirjen Dikti disebutkan bahwa untuk menyatukan berbagai macam pungutan kepada orang tua mahasiswa, seperti SPP, uang pangkal, uang ujian, dan lain-lain akan dijadikan satu yang disebut dengan UKT. Sedang dalam amanat UU Dikti No.12/2012 disebutkan pungutan biaya pendidikan kepada peserta didik harus berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua melalui subsidi silang. Sudah sejak 2007, UB menerapkan sistem SPP proporsional kepada mahasiswa. Dengan sistem tersebut, mahasiswa akan membayar uang kuliah berdasarkan kemampuan orang tua masing-masing. Sedangkan untuk pertimbangan besarnya UKT bagi mahasiswa didasarkan pada jenis pekerjaan dan profesi orang tua, pangkat atau golongan (untuk TNI dan PNS), rekening listrik dan air (asli), alamat tempat tinggal, jumlah saudara yang masih menjadi tanggungan orang tua, foto rumah, dan menandatangani surat pernyataan. Data tersebut diserahkan pada waktu daftar ulang. Sementara itu, PR II Warkum Sumitro, SH., MH., mengatakan pemberlakuan SPP proporsional akan berlaku selama mahasiswa menempuh perkuliahan. Apabila ada perubahan data dukung orang tua, seperti meninggal, pensiun, dan janda, besaran SPP akan disesuaikan.(oci/eno)


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 8

Dispenduk Capil Boyong Hakim PN ke Desa

Sidang Kolektif, Akte Kelahiran Langsung Jadi MALANG–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Malang melakukan terobosan dalam pengurusan akte kelahiran, khususnya yang terlambat. Untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Dispenduk bersama Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen menggelar sidang penetapan kolektif akte kelahiran di desa. Desa pertama yang mendapat kesempatan sidang penetapan akte kelahiran kolektif, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Desa yang jaraknya cukup jauh dari pusat ibukota Kabupaten Malang itu merasakan kali pertama kemudahan pengurusan akte kelahiran. Dua hakim PN Kepanjen Y Erstanto Windilelono SH dan Asgari Mandaladewa SH pun diboyong ke desa yang jaraknya mencapai lebih dari 70 kilometer dari Kepanjen, untuk menggelar sidang penetapan di balai desa. “Ini sebagai tindak lanjut MoU antara Pemkab Malang dengan PN Kepanjen untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Kalau biasanya sidang seperti ini hanya di kecamatan, kami menggelarnya di tingkat desa untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Malang Purnadi kepada Malang Post, kemarin. Permohonan akte kelahiran di Desa Pujiharjo cukup besar. Awalnya ada 322 orang yang

DISPENDUKCAPIL FOR MALANG POST

DEKATKAN LAYANAN : Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang Purnadi menyerahkan kutipan akte kelahiran kepada warga Desa Pujiharjo, usai ditetapkan dalam sidang kolektif dib alai desa. mengajukan permohonan. Tapi, setelah diseleksi administrasi hanya 150 pemohon yang lengkap berkasnya dan siap disidangkan. Dari 150 orang yang dijadwalkan mengikuti sidang, sampai pukul 15.00 WIB, ada dua orang batal mengikuti sidang. Satu orang karena ternyata bukan anak kandung dan satu orang karena nama orang tua sama, tapi nama anak berbeda. Dua persidangan digelar ditempat terpisah. Hakim PN

Kepanjen, Asgari Mandala Dewa SH, berada di ruang kerja milik Kades Pujiharjo. Sedang Ruang PKK, ditempati Hakim Y Erstanto Windiolelono SH. Dua ruang di balai desa itu disulap laksana tempat persidangan. Warga sempat gugup mengikuti sidang, tapi hakim meyakinkan tidak perlu takut dan gugup. Usai warga menghadap majelis hakim, seluruh berkas diserahkan ke tim Dispendukcapil. Selanjutnya, petugas

lantas mengeluarkan surat ketetapan dan akte kelahiran yang dimohon ratusan warga. “Asalkan semua syarat administrasi lengkap, sangat mudah untuk pengurusan akte kelahiran. Sidang selesai, berkas diserahkan, kutipan akte kelahiran sudah dapat diterima,” tambahnya. Warga pun gembira dengan pelayanan yang mendekatkan dengan warga. Warga yang berada di daerah terpencil itu

tidak harus jauh-jauh mengurus akte kelahiran. Semuanya berjalan dengan mudah dan langsung diterima kutipan aktenya. “Bahagia rasa hati ini. Pelayanan yang sangat mudah, cukup ke kantor desa pelayanan akte kelahiran sudah dapat dilakukan,” ujar salah seorang warga Pujiharjo yang gembira membawa pulang kutipan akte kelahiran putra pertamanya yang terlambat mengajukan permohonan akte. (aim)

Lulus Diklat Tidak Jaminan Diangkat Kepsek MALANG– 191 orang calon kepala sekolah yang mengikuti Diklat calon kepala sekolah akhir bulan Februari sampai tiga bulan kedepan, tidak menjadi jaminan akan diangkat sebagai kepala sekolah. Diklat itu hanya salah satu syarat yang harus dipenuhi calon kepala sekolah. Soal pengangkatan sebagai kepala sekolah menjadi kewenangan bupati. Bupati Malang Rendra Kresna menegaskan, guru yang lulus mengikuti Diklat itu tidak mendapatkan jaminan akan langsung diangkat sebagai kepala sekolah. Bupati akan memberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah

dengan melihat penilaian lainnya, seperti hasil tes psikologi yang dimilikinya, apakah nilai kurang disarankan atau tidak disarankan, serta persyaratan lainnya. “Jadi saat ini mereka tidak langsung diangkat sebagai kepala sekolah. Mereka hanya mengikuti Diklat sebagai salah satu persyaratan calon kepala sekolah. Soal pengangkatan tetap menjadi kewenangan bupati,” kata Rendra kepada Malang Post, kemarin. Dijelaskannya, selama ini belum ada Diklat calon kepala sekolah. Saat ini baru digelar Diklat calon kepala sekolah. Karena itu, kepala sekolah yang

sudah menjabat sebelumnya dan belum mengikuti Diklat harus mengikuti Diklat itu. Ada beberapa kepala sekolah yang juga mengikuti Diklat itu. Calon kepala sekolah pun harus memenuhi syarat administrasi yang telah ditetapkan, mulai umur, kemampuan dan persyaratan administrasi lainnya. Seleksi administrasi itu pun harus dilengkapi para calon kepala sekolah. “Jadi pelaksanaan ini tidak ada yang salah. Semuanya masih sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ungkapnya. Soal sikap PP. Otoda yang mengkritisi pengangkatan kepala sekolah dan pelaksanaan

Diklat kepala sekolah yang dilakukan Dinas Pendidikan, orang nomer satu di Pemkab Malang itu tidak menyalahkan tinjauan yang dilakukan PP. Otoda. Menurutnya, tinjauan PP. Otoda tidak salah, pelaksanaan Diklat itu dapat dianggarkan dalam APBD. Hanya saja, Pemkab Malang tidak menganggarkan dalam APBD pelaksanaan Diklat itu. Karenanya, pelaksanaan Diklat itu dilakukan secara swadana dari para peserta Diklat. Diklat itu sangat dibutuhkan para guru calon kepala sekolah. Tidak hanya Diklat, di dalamnya juga ada tes psikologi yang harus diikuti

semua peseta. “Dalam APBD tidak ada anggaran untuk pelaksanaan Diklat. Karena itu tidak ada dalam APBD, maka dilakukan swadana dari para peserta Diklat dan itupun tidak salah,” tegasnya. Informasi yang dihimpun PP. Otoda, setiap peserta diwajibkan membayar Rp 2 juta untuk mengikuti Diklat calon kepala sekolah yang dilaksanakan selama tiga bulan. Seharusnya, dana Diklat itu dapat dianggarkan dalam APBD. Adanya kepala sekolah yang ikut Diklat pun menjadi sorotan PP. Otoda, padahal Diklat itu untuk calon kepala sekolah. (aim)

Pendopo Kabupaten ∆Kobong∆ MALANG–Halaman Pendopo Kabupaten Malang Senin (4/3) kemarin, tiba-tiba terjadi hiruk pikuk kendaraan pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran lengkap dengan empat armada mobil PMK langsung sibuk mengurai selang besar dari empat mobil PMK. Kobaran api yang membesar di halaman Pendopo dengan sigap langsung dipadamkan petugas. Itu merupakan gambaran simulasi pemadaman kebakaran yang digelar di halaman Pendopo Kabupaten Malang dalam rangka hari Pemadam Kebakaran Nasional. Simulasi itu sebagai bentuk kesiapsiagaan petugas PMK Kabupaten Malang dalam menangani bencana kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang. “Petugas kami selalu siap siaga untuk penanganan bencana kebakaran. Tahun 2012 lalu,

ada tambahan satu armada mobil PMK. Tahun ini, direncanakan akan ditambah lagi satu unit untuk memperkuat armada PMK di Kabupaten Malang,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang, Romdhoni kemarin. Untuk memudahkan jangkauan petugas PMK di wilayah Kabupaten Malang yang sangat luas, tahun ini rencananya akan dibagi dua, Malang utara dan Malang selatan. Markas PMK wilayah Malang utara akan berkedudukan di kantor Pendopo Kabupaten Malang yang ada saat ini, sedangkan untuk wilayah Malang selatan akan ditempatkan di perkantoran Block Office Kepanjen. Saat ini, PMK Kabupaten Malang memiliki empat armada PMK, lengkap dengan peralatan penanganannya. “Segera akan dibagi menjadi

dua wilayah. Armada juga akan semakin diperkuat,” terangnya. Untuk menanggulangi bencana kebakaran, PMK juga akan banyak memberikan pelatihan penanganan bencana kebakaran kepada masyarakat dan juga kelompok-kelompok masyarakat. Harapannya, kelompok masyarakat yang sudah terlatih akan dapat melakukan penanganan pertama agar bencana yang ditimbulkan tidak menimbulkan kerugian yang besar. Sehingga penanganan pertama dapat cepat dan tepat. “Dengan memperbanyak pelatihan kepada masyarakat akan semakin banyak kelompok masyarakat yang dapat melakukan penanganan pertama bencana. Sebelum petugas PMK datang, penanganan pertama yang ditangani masyarakat dapat cepat dan tepat,” tambah Bupati Malang Rendra Kresna

yang ikut menyaksikan simulasi pemadaman kebakaran di

halaman Pendopo Kabupaten Malang. (aim)

Katarina Belum Putuskan Masuk Gerindra BATU - Ketua DPC PNI Marheinisme, Katarina Dian akhirnya angkat bicara soal pencalegan melalui DPC Partai Gerindra. Dia membantah telah mendaftar caleg melalui partai tersebut. Itu karena dia belum memutuskan langkah politiknya, karena masih menunggu hasil gugatan di pengadilan terkait partainya yang dinyatakan tak lolos verifikasi oleh KPU. “ Sebentar lagi putusan pengadilan keluar. Jadi saya harus menunggu itu untuk melangkah,” tegas anggota DPRD Kota Batu ini. Menurutnya, dia sangat optimis gugatan yang ikut dilayangkan DPP PNI Marheinisme bisa menang. Kalau menang, berarti PNIM tetap layak menjadi peserta Pemilu 2014 nanti. Jika dia menjadi caleg lagi, berarti tetap melalui jalur PNIM. Katarina Dian Dijelaskan pula, kabar dia nyaleg lewat partai lain dikatakan baru sebatas rumor. Malahan dia juga dikabarkan masuk PDIP maupun Demokrat. “Saya tegaskan belum ada keputusan masuk partai lain. Semua itu masih rumor, karena masih menunggu hasil persidangan di Jakarta,” tambah Katrin, sapaan akrabnya. Menyoal ada aturan KPU yang menyebut anggota DPRD harus mundur jika daftar caleg dari partai lain, dia masih enggan mengomentari. Masalahnya, aturan juga belum disahkan dan dia sendiri masih fokus pada hasil PTUN di Jakarta. Ditambahkan, PNI M ikut andil bagian terhadap 18 partai yang mengajukan gugatan di Jakarta. Selama ini, pihaknya tetap komunikatif dengan pihak DPP. Dengan begitu setiap informasi yang ada dari DPP, dia pasti mengetahuinya. ‘’DPP juga belum memberikan perintah apa-apa terkait perkembangan. Kami jelas masih menunggu instruksi, karena menjadi bagian DPP,’’ tegasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, Katarina disebut-sebut mendaftar sebagai caleg melalui DPC Partai Gerindra. Pendaftaran tersebut juga disertai dengan pemberian berkas kepada tim seleksi. (feb/lyo)

Setelah Bintara, Giliran Perwira Tes Urine BATU – Anggota Polres Batu kembali menjalani tes urine, Senin (4/3). Tujuannya, untuk mengatahui apakah ada polisi pengguna narkoba ataukah tidak. Kapolres AKBP M Sumartono menegaskan, tidak akan melindungi anggota jika terdeteksi sebagai pengguna narkoba. ‘’Sebagai penegak hukum, semua anggota harus terbebas dari narkoba. Kalau ada yang terindikasi sebagai pengguna, jelas akan diproses karena dia menjadi teladan bagi masyarakat,’’ jelas AKBP Sumartono, kemarin. Ditambahkan, tes urine dilaksanakan terbuka dan dengan penjagaan ketat dari Pro Pam. Ketika masing-masing anggota masuk toilet untuk mengambil urine, Pro Pam sudah berjagajaga di luar ruangan. Dengan begitu, urine dipastikan tidak ada yang ditukar dengan orang lain. Dia yakin tidak ada anggotanya yang menggunakan narkoba. Hal ini bisa dilihat dari tanda-tanda fisik. ‘’Rata-rata warna urine adalah kuning bersih. Dampak apalagi penggunaan narkoba, butuh tiga bulan untuk menghilangkannya,’’ ujarnya. Jika memang ditemukan adanya zat yang mencurigakan, Polres dan BNN kota ini akan melakukan pendalaman. Hal itu dilakukan, untuk mengetahui zat yang terkandung dalam urine hasil tes para anggota. Untuk sementara, pihak Polres maupun BNN tidak menemukan anggota yang terindikasi menggunakan narkoba. Memang masih ada anggota yang belum melaksanakan tes, karena 10 orang sedang mendatangi TKP dan tiga personil izin sakit. Meski demikian, beberapa personil yang belum mengikuti tes urine ini, diwajibkan mengikuti tes urine lanjutan. Sebelumnya, Polres Batu juga menggelar tes urine dengan peserta khusus perwira. Bahkan kapolres juga dites urine-nya, hal ini dilakukan untuk mewujudkan program Mabes Polri Zero Narkoba di lingkungan Polres Batu. (feb/lyo)

BERJIBAKU : Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Malang berjibaku memadamkankan air yang berkobar di halaman Pendopo Kabupaten Malang. REDAKTUR : MUHAIMIN, LAYOUTER : KURDI


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 9

MALANG

KIOS

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

SERVIS - KURSUS

TOUR & TRAVEL

KULINER

MOBIL - MOTOR

DIJUAL kios di dalam pasar Klojen hub: 085755538358/085239669963 BG-2/4

SISTER BOUTIQUE menyediakan aneka busana wanita hijab , tas, etnik melayani online dan offline jl. Bendsigura-gura 25H malang 082143211999 pin BB 268B4D8F

TOKO BUTAPE jual kotak kue, kotak nasi dan perlengkapan resepsi pasar besar lantai dasar blok barat dan jl. Raya gadang selatan 43 telp 0341 327260 / 0341 803047 BG-9/3 UD CAMILAN oleh-oleh khas malang sedia aneka rasa kripik temped an buah aneka camilan oleholeh khas malang amplang khas samarinda hub:0341 340214 BG-19/2 PASANG parabola gratis indovision/ topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-5/3 ARIES FLORIST dan decoration menerima dan mengerjakan papan bunga ucapan dekorasi pelaminan jawa dan international pasar bunga malang hub.322692-7770177 BG-6/3 BM CELL bursa ACC HP dan jaket fander murah bhn dr Oscar – vorsit melayani partai & eceran . jl.kebalen wetan 1D 085756405000-03416405000 pin BB 29756CE3 BG-30/2 MONER spet, melayani spet mobil,poles body ,repair,dll jl. Getek sukorejo gondanglegi tlf. 08883030497 BG-1/3 (PRATAMA AHLI SEDOT WC) melayani sedot wc got buntu dll jl. Dirgantara VI B II no. 23 sawojajar mlng telp. 03417647878/ 7630312 hr libur tetap buka BG-26/2 SMARPHONE android ics 5 inc garansi 3thn trbq pocket processor I GHZ,dual sim 3,5G dual camera capacitive 5 point,tv tuner.GPS navigation free,2 battery kotakom malang Jl. Sumbrsari ruko 89 Hub.0341557520 BG-7/3 AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 03417077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-31/2 ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/ 726960 BG-26/2 CV ABADI mlyni kuras WC & salrn buntu. tangki plng bsr 5000 Ltr buka 24 jam Hub. Jl. lombok/yulius usman Gg 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-26/2

SEKOLAH Tata Rambut dan Kecantikan Rabel Japanese Style Jl. Pelita Trowulan Square Kav 16 Blimbing 0341 411221 , 0341 493075 BG-8/3 BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/2

STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat seIndonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com

KEDAI AL FINDA Sedia Es dengan lalapan, lontong, kikil, gado-gado, tahu telor, dll. Jalan maninjau selatan D1/D28 menerima pesanan hub: 0341-7028686

AIRLANGGA mbl mlg. Jl. Danau Toba Raya E1-27 (0341) 7557181081136 2010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www. kapanlagi.com BG-26/2

• SUZUKI • GEBYAR Discon bombastis SZK, PU, APV, SX4 open indent Ertiga double blower & new Swift 9568253/ 081141959999 BG-8/3 “PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 03417562297 BG-26/2

•DAIHATSU• PROMO DP ringan Cuma 20 jt,xenia, terios, luxio, sirion,grand max DP 17 jt proses cepat HUB. 082131930990 / 9572750 BG-26/2

•HONDA• JUAL mobil Honda Genio’94 warna putih full assesoris Hub.08125242 313/0341-9484520 harga 70 jt nego BG-22/3

LELANG LELANG bus cepat tahun 1991 dan 1994 100 juta Hub.0341-8682599/ 0341-2819639 BG-22/3

TANAH DIJUAL tnh LB 8m PJ 22m Karang widoro Dau Mlg pgr jln sebelum masuk perum harga nego hub: 0821 40355583/6500530 BG-26/2

RUMAH DIJUAL rumah + toko +warnet lokasi strategis usaha msh jln semua tinggal neruskan hub,0341-7802462/0878591 57874 BG-21/3 DIJUAL rmh LT.90 Jl. Danau Ranau I G2 BO6 Swjjr Mlg 2KT, PLN, PAM Hub: 712613Tnp Prt BG-27/3 JUAL CPT RMH & TOKO L10m, P27m/257m2 Jl. Gondowangi 75 kec wagir mlg hub 08133395665 550jt nego BL-26/2 DJL rumah dkt Jln Raya full keramik 5X10 Rp. 62jt (TP) 082142802128 BG-10/3 DIJUAL rmh Lt 160 Lb 120 Jl Raya Ledok Dowo 231 PKS MLG cck utk kntr/praktek dokter hub:08170358 4391 / 087804249424 BG-20/2

MEBEL MEBEL BS 18 kasur busa,bantal busa,guling busa perlengkapan tidur. Cabang jl kawi 7B klojen . hub Bpk. Agus BS 18 jl.bendungan sutami 18 no tlp. 0341 93113092 BG-3/4

LOWONGAN PERUSH perctkn di kaltim membutuhkan: design grafis, bisa corel draw, lam email ke: Lamaran_giantcenter@yahoo.co.id BL-6/3 DCR ibu rangga pensiunan/PNS/ Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755 135500/ 0341-7716371 BG-31/2

KEHILANGAN STNK STNK spd mtr Yamaha’09 N-5822LB Noka: MH314D0029K337306 Nosin: 14D337596 a/n: Karnadi d/a: Jl. Darsono Barat No. 19 RT.04 RW.10 Kel. Ngaglik Kec. Batu Kota Batu BL-6/3 STNK spd mtr Kansen’03 N-6297-CS Noka: MG4XCG1E3C1000774 Nosin: KZ150FMGE3000774 a/n: Syamsul Arifin d/a: Jl. Simp Sulfat Utara E-14 RT.06 RW.05 Kel. Pandanwangi Kec. Blimbing Kota Malang BL-6/3 STNK spd mtr Honda’08 N-3197-CS Noka: MH1JB81128K154563 Nosin: JB81E1152729 A/N: Bambang Pujiono, SH d/a: Raya Tlogomas VII/ 4 Kel. Tlogomas Kec. Lowokwaru Kota Malang BL-6/3

RUPA-RUPA ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumbersari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 Bonus langganan 1 bulan BG-4/4 MEGAWARNA digital ptint Jl. Candi Badut 2A (belakang kampus ABM) 0341 477698 terima segala macam cetak outdoor+cutting stiker, neonbox, baliho, spanduk+pasang + perijinan, branding mobil. BG-15/3 KONVEKSI sablon merchandise Tshirt,sweter,jacket kemeja polo-shirt kostum pin DLL.Jl. Gajayana 140-mlg deni :03419107177/081555673337 BG-23/3

BG-21/3 BUTUH dana cepat plus terima gadai titipkan laptop/hp/kendaraan + BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Telp: 0341 7359442 BG-5/4 AMIRAH SALON 7 wedding gallery melayani potong rambut, rebonding, colouring, facial, kursus kecantikan rambut, kulit,menjahit paket wisuda, tata rias pengantin.hub ibu sulis:MT Haryono 67A Dinoyo 085749641427 BG-13/3 ANDA membangun rumah? Butuh desain interior atau eksterior ? Hubungi : OSCAR telp : 0898033 9036/0341-9367507 BL-3/3 INOVA ADVERTISING solusi periklanan anda mengerjakan : brosur,poster,kemasan,spanduk,neon box,Dll melayani pemanjangan plus perijinan reklame jl Bend sutami 109 tlp 0341 705117-7344092 BG-13/3 ROCS BUSANA Jual aneka busana wanita ,anak ,kudung ,jilbab ,alroji ,import korea melayani online dan offline JL. Tawangmangu 29A malang .Telf. 08125216502 Pin BB 29538c5f BG-16/3 AISHA Islamic store grosir & eceran menyediakan perlengkapan & oleholeh haji/umroh mukena sarung sajadah jilbab lily pasmin jl.kalpataru no 57 Malang 480872/085233236565 pinBB2A4AD54B BG-14/3 SABAR toko sedia alat-alat listrik melayani grosir&eceran BG-14/3 AS 999 melayani: jasa sewa villa, paket wisata edukasi anak, paket outbound petik apel. Info hub:03419117893/085334097369 BG-26/2 BENGKEL terapi kebugaran bs menyem buhkan sakit punggung, pinggang, asam urat & penyakit dlm 081233235757 BG-26/2 RAYA DINOYO digital print menerima segala jenis cetakan indoor & outdor ukuran A5-A0H,mnerima fotocopy,album dll.kualitas dijamin .Telp. 0341-4573714 E-mail:dinoyo.digital @gmail.com. BG-10/3 KELUARGA multimedia (photo+video) photo shoting, transfer dan editing video jln. Gayajana 542 malang (0341)- 7365403 BG-9/3

TOUR & TRAVEL WWW.AIRLANGGARENTCAR.COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/2 TRAVEL MAJU TERANG Lumajang- Surabaya, lumajang- malang , malng- jember tiap hari . berangkat perum. Istana Dewandaru 18 telp. 0341 7716975-081 333 371 03. BG-19/3 TITIAN Mas Tour Travel Suma tera, Jawa, Bali, NTB mela yani: bus malam dan paket kilat jrsn MalangNTB hub: Jl. WR. Sup ratman Blok D Kav 5 Tlp: 0341 36177-336188, 705115 BG-8/3 PUSAT penjualan tiket Chandra transport Jl. Ade irma Suryani (tongan) no 19 telp.0341 322580366863 malang BG-17/3 ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel MlgJuanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/2 TRAVEL Maju Terang lumajangsurabaya, lumajang- malang , malang-jember tiap hari berngkat perum istana Dewandaru 18 telp 0341 7716975-081333371036 BG-17/3 TRAVEL Jaya Sakti malang soloyogya PP, malang -Madura PP jl. Ade irma Suryani no 56 A telp. 0341 340400 hp. 085233366671/ 081805053725 BG-19/3 OVJ TOUR & TRAVEL paket wisata jawa-bali-lombok persewaan bus pariwisata 1 zusu ELF rent car telp 08885541208/ 0341-347184 BG-4/3

BG-22/3

BG-26/2 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 Tiket Pesawat/Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-12/2 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JURUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com. BG-26/2 “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlgjember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-26/2

PIJAT MBAK EVI trima khusus pnggln pijat capek” dan trpy vilatitas. Call: 081 252749612 BG-26/2 “MILLENNIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel Hub.085774410568 no sms BG-13/3 MBAK WIKE trima khusus pnggln pijat capek dan terapi vilatitas. Call: 081 945390319 BG-26/2

KULINER WARUNG khas Surabaya menyediakan lontong balap soto ayam Surabaya juga menerima pesanan Hub. Jl lakda adi sucipto no. 408 tlp. 081554211260

KREDIT DPTKN dana & hadiah langsung dg jaminan BPKB mbl/mtr th’87 syarat mdh proses cp tangs hub: 0341 936 36 96 ksu subur jaya BG-26/2

KOMPUTER O&J’S COMPUTER,rumah multimedia, melayani segala merk laptop,PC,CCTV,streaming,presentasi .melayani service laptop,computer&assesoris cepat,memuaskan & murah Hub. 0341558615 www.Odanje.com Jl. Galunggung 50 F BG-23/3 KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-11/3 CENTRA COMPUTER –TOSHIBALENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba NB510 Dualcore 2,995rb, ASUS k43u= 3,395rb, Lenovo S110 dualcore 2,649rb Specialist pasang projector, CCTV, Alat kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/3

BG-30/2 DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/12 WARUNG ANDA Sedia Pangsit special Arema,nasi pecel campur .Terima pesanan Hubungi jalan andong 1 Tlp.0341-7088835 BG-22/3

LOWONGAN

LOWONGAN

LOWONGAN

PROPERTY

MOBIL DAN MOTOR

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

085649994319 Dbtuhkn segera 2 org admin utk perusahaan suplier&developer,min SMA , info lebih lanjut hub. Bu Anita 085649994319

159048941 DI BTHKN TKG OBRAS WNT SGR DTG KE SUKUN GG 9 RT 8 RW 4 DPN POM BENSIN KE TMR

085655500862 Dicari tnga penjual mkanan ringan dkwasan itn n uin.pria, min 17-40 thn, ada spda mtor, sim C, mau bljr n sopan, utk yg brmnat hub:085655500862 Rio

081334754567 Dijual rmh lokasi tngah kota (sblh utr kntr SIM kota) 1 KM, 3 KT, SHM, 900 watt, LT 17x6 m, harga 185jt nego lok JL. J.A Suprapto III/53B Malang Hub: 0341 7749949/081334754567

085815525352 Revo Dp 500, Beat Dp 1jt; syarat mudah n ags murah. Hub sgera 03419715009

03419760360 Rumah belanja sembako aneka beras & beras pandan wangi, telor ayam, bawang pth, gula merah, teh naga, gopek, 999, poci, gardoe layanan kirim hub:085234371608

0341-414591 RJS Digital printng jl.LA Sucipto 458 malang sebelah jembatan KalisariI.Sp Banner, Spanduk,dll.hari minggu tetap buka T.414591

087859377782 Membutuhkan tenaga unt cuci spd motor hub 087859377782, 081331918998, 0341-571724

081937895094 di bUtuhkan segera 2 orang admin di perusahaan suplier dan developer min SMP/SMA info lebih lanjut hubungi ANITA:081937995094

085755292014 lgsg kerja u/admin,hrd,spv,acc,gdg,trainer.inc 3-6jt/ bln.h: Afid(HRD)085755292014 p&w,17-60th (pensiun),sma/k/u/s1/s2/ d1/d2/d3,s3,kuliah&ibuRT bs Partim.

085781227267 BTH 150 Pria/Wanita u/ staf kantor:ADM, RCP,KEU,GUDANG,HRD,SPV.Inc.2-5jt/ bln+harian.Min Pddkn SMU/K-S1/ Pensiunan(Tanpa Tets,Lsg Keputusan Kerja). SMS Biodata ke 085781227267

08179621582 PENGEN KERJA TKW K LUAR NEGERI DENGAN PENGHASILAN PULUHAN JUTA RUPIAH. Hub. 08179621582 083842210571 Percetakan mencari banyak tenaga muda smk grafika, hub 083842210571 www.bungbungshop.com

IKLAN KOLOM TEPAT LES PRIVATE SENI RUPA Gambar Manusia & Patung - untuk persiapan kuliah seni rupa - untuk yang bertalenta kuat dan ingin menjadi profesional Artist www.djonibasrisculpture.com e-mailΩ: djonifineart@gmail.com 081 806 129 545 Jl. Teluk PBI blok 0I/ 21

085746959500Djual rmh (Bu) LT 125,km 1,Kt3,450 watt ajb, lokasi pandan landung Rt 18 Rw 4 kodya mlg (sebelah barat Pr gandum) Hrg 180Jt nego. hub : 085746 959500/085815155611. 085234351919 D jual ruko dg hrg apa adanya, ukr 6 x 8m 2lt cck utk tk pertanian ato sembko lksi d ds ngenep krgploso, hub.085.234.351.919

RUPA-RUPA 081615852383 Plafon/Partisi Gypsum Jayaboard. Mau pasang baru/Perbaiki yg lama. Hub 0816 1585 2383 085755671242 TERAPI ENERGY ILAHI , VCO plus mampu obati diabetes , asam urat , kencing manis , atau ke£uarga anda sakit bisa di sembuhkan secara alami tanpa Obat. . .MUSTOFA; rt 01/ rw 09 no 43. Rejoso-junrejo-BATU..03419305562- 085755671242

085608333287 /mau Usaha gratis;modal+peralatan di sediakan perusahaan,cukup sedia lahan 2x3m h u b . 0 8 1 336081168/085608333287

085646456534 Anda minat menjadi agen petis udang organik, SEHAT BERGIZI (tanpa formalin, tanpa bahan pengawet, no borax) hub. 085646456534

03419991164 cara mudah kaya dg memiliki emas antam. cukup depe 20%. sisa dicicil suka2. Hub: 087859748090

085733713324 Gemblengan ilmu Metafisika dan Penghusada. Penjelasan lengkap klik www.ilmumetafisika.com

085755659034 mau sehat bugar n tambah sexy?cukup 50rb. trm panggilan. hub.+6285755659034

081555617319 TAILOR NS Ahlinya jait segala macam pakaian pria & wanita. bisa ambil & antar hub 081805017719


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 10

8 View Regency Siap Dibangun MALANG – Gadang Nirwana Regency hadir dengan membawa daya tarik tersendiri bagi masyarakat Malang Raya. Kawasan hunian yang terletak di kota Malang sisi selatan ini laris manis terjual. PT Bunga Property tinggal menyisakan empat dari total 25 unit pada type 36. Sedangkan, satu type lainnya yakni type 40 berjumlah delapan unit seluruhnya terjual. Marketing PT Bunga Property, Nurlela menjelaskan, lokasi yang berada di area kota membuat akses jalan menjadi lebih mudah karena kawasan Gadang Nirwana Regency dekat dengan poros jalan utama yaitu jalan Kolonel Sugiono. ‘’Kami hadirkan dua type dan saat ini sisakan type 36 saja. Empat unit di type 36 ini dengan harga Rp 183,6 juta. Selain pembelian cash, kami juga melayani kredit dengan tenor 5, 10 dan 15 tahun. Berlaku program subsidi dengan bunga

GADANG: Maket perumahan Gadang Nirwana Regency yang dikembangkan PT Bunga Property. Pengembang ini berencana untuk membangun di sekitar bandara Abd Saleh bernama 8 View.

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

bank flat, dan uang muka Rp 35,72 juta,” terangnya kepada Malang Post, kemarin. Sukses mengembangkan Gadang Nir-

wana Regency, PT Bunga Property bersiap menghadirkan hunian baru yang dikembangkannya. Ya, adalah 8 View Regency yang berlokasi tak jauh

dari Bandara Abdul Rahman Saleh Pakis, Kabupaten Malang. Hunian yang akan dilaunching pada April mendatang hadir dengan tiga type, meliputi 50, 40 dan 36. Hanya saja, penjualan bersifat umum, tidak ada program subsidi. Type 50/119 dilepas dengan harga Rp 260,65 juta, Type 50/98 bandrolnya Rp 232,3 juta, Type 40/98 senilai Rp 212,3 juta dan Type 36/84 seharga Rp 185,4 juta. Untuk uang muka, Bunga Property juga memberikan kesempatan calon user memiliki lewat kredit dengan bandrol uang muka mulai dari 36 juta dengan tenor angsuran 5, 10 dan 15 tahun. ‘’8 View Regency memiliki 54 unit. Lokasi kami hanya semenit dari Bandara Abdul Rahman Saleh. Kami pakai one gate system, dan hunian kami dengan spesifikasi diantaranya rangka atap galvalum dan kusen kayu jati,” tambah Lela. (poy/fia)

The Grand Palace Hotel

Hadirkan Konsep Yunani Kuno di Kota Moderen MALANG – Kekokohan bangunan, mencoba disajikan oleh The Grand Palace Hotel Malang. Dengan konsep bangunan classic dan western sebagai panutan, hotel ini memperkuat kesan golongan eksekutif untuk menikmati jasanya. Kesan kuat langsung tersaji begitu memasuki area depan hotel yang terbangun di jalan Ade Irma Suryani 23 Malang tersebut. Layaknya bangunan di Eropa, megah dan mengagumkan. Begitu pula ketika memasuki area lobby hotel. Patung dewa Yunani kuno menyambut tepat di samping meja receptionist. Area lobby pun menyuguhkan beberapa penampilan mengesankan mulai dari lukian, relief dinding, dan lampu gantung yang jarang di temui di hotelhotel di Malang. “Sangat sulit ditemui ada hotel dengan konsep klasik yang kami anut. Gaya Eropa dipadu padankan dengan hal-hal berbau Yunani kuno mulai dari relief dan patung-patung,” kata Yetty Herawaty, Marketing Manajer The Grand Palace Hotel Malang. Kebanyakan hotel yang berdiri di Malang memang setipe dengan model minimalis dan modern. Sehingga hotel dengan konsep unik, dengan menonjolkan suatu unsur tertentu bisa menjadi nilai lebih suatu hotel untuk dipercaya tamu akan jasanya. Karena selain faktor kenyamanan, kelengkapan, room rates, konsep bangunan juga patut diperhitungkan. Apalagi tipe user berbeda-beda ketika memilih penginapan. “Banyak hotel dengan tipe bintang 3 seperti ini di Malang. Tapi kami berpikir positif, jika konsep bangunan di sini bisa menjadi item penentu. Selain kualitas service kepada setiap tamu pastinya,” ungkap Yetty kepada Malang Post. Hotel ini menyediakan 59 kamar dengan lima tipe yakni superior, deluxe, executive suite, dan president suite. Ter-

Alam Dieng Residence

Tawarkan Nuansa Alami MALANG – Nuansa alam masih menjadi salah satu faktor menarik bagi user untuk memilih sebuah hunian. Alam Dieng Residence, mencoba mengandalkan hal tersebut dalam menawarkan perumahannya kepada masyarakat di Kota Malang. Perumahan tersebut terbangun di jalan Pisang Candi, sekitar 500 meter ke selatan dari Unmer Malang.”Termasuk daerah Dieng, tempat yang tetap menjadi hunian favorit user. Dekat dengan kampus Unmer juga,” ujar Stefanus Fernando, Marketing Alam Dieng Residence. Stefanus menjelaskan, rata-rata user masih menganggap Dieng itu lokasi menarik dengan menawarkan view alam dan udara masih sejuk, khas kota Malang.”Dieng terkenal dengan kawasan eksklusif namun tetap kealamian terjaga. Dan itu menguntungkan bagi penjualan perumahan,” urai dia. Posisi perumahan sendiri berdekatan dengan aliran sungai dan area persawahan. Sehingga kesan alam tersaji bagi user yang mendambakan hunian tenang, asri seperti berada di desa. “Nuansa alam didapatkan dari suara aliran sungai, hembusan pepohonan dan view gunung Panderman,” tandas Stefanus. Perumahan sendiri sesuai site plannya menyediakan 98 kavling rumah dengan tiga tipe yakni 36, 42 dan 57. Hingga saat ini, telah terjual 28 kavling dan sudah mulai ditempati beberapa oleh user. “Beberapa user sudah mulai menempati hunian, dan proses pembangunan juga berlangsung untuk beberapa hunian lainnya. Tetapi untuk tipe 36 sudah sold out,” tambahnya. Harga yang ditawarkan untuk tipe 42 dengan luas tanah 100 yakni Rp 256 juta, sedangkan untuk tipe 57 dibandrol dengan harga Rp 333 juta.” Tergolong terjangkau untuk kawasan Dieng yang biasanya terkenal mahal,” pungkas dia. (mg5/fia)

Bursa Properti

BAGI Anda yang membutuhkan rumah, toko atau ingin menyewakan atau menjual property Anda baik rumah, toko, ruko, kos, gudang, dan sebagainya. Kami bisa membantu melalui pemberitaan singkat di Bursa Property. Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi 081334855774 (fia)

Rumah Dijual

RIZAL FANANY / MALANG POST

WESTERN: Bangunan dengan aksen pilar besar menyambut para tamu The Grand Place Hotel.

diri dari 4 lantai, dengan fasilitas tiga hall dengan nama Zeus, Athena dan Aprodhite. Ditambah continental restaurant berada di lantai dua. Tetap dengan nuansa classic yang kuat, tampak dari furniture serta ornament di dinding hotel. “Untuk kamar sendiri rata-rata di lantai 2, 3 dan 4. Dan tamu akan disuguhi sebuah halaman depan layaknya gazebo, untuk menikmati pemandangan air mancur di tengah-tengah hotel. Jadi dengan bentuk persegi, bagian tengah

dibuat kosong dan diberi kolam ikan dan beberapa tanaman, untuk menjaga kesegaran udara dan tekersan tampak alami,” urainya panjang lebar. Sedangkan di dalam kamar hotel sendiri, kesan luas disajikan. Semua tipe, memberikan kenyamanan bagi tamu. Tamu akan merasa berada di rumah sendiri, tetapi dengan perlengkapan berkelas seperti bed, meja, bouvet dan LED TV. Semakin menunjukkan keglamouran hotel ini, dan cocok untuk tamu eksekutif yang

ingin merasakan nikmatnya beristirahat. Pada event tertentu, pihak hotel juga memberikan sajian khusus kepada tamu dengan tambahan pemain musik instrument seperti Saxophone, piano dan biola. Jika beruntung menikmati fasilitas itu, kesan berada di Eropa semakin kental. “Event tertentu, kadang ada tambahan pemain musik instrument untuk menghibur tamu, seperti Natal, Tahun Baru atau jika tamu sudah memasuki masa puncak di musim liburan,” pungkasnya. (mg5/fia)

Kamar tidur :4 Kamar mandi :2 Luas tanah : 120m2 Luas bangunan : 230m2 Jumlah lantai :2 Harga : Rp 1 miliar (nego) Rumah minimalis di wilayah tenang, namun dekat ke keramaian Jl. sukarno hatta Malang. Bisa dijadikan rumah tinggal dan sangat prospek untuk dijadikan rumah kost atau rumah kontrakan. Bangunan rumah bisa dibilang baru, masih sangat kokoh. Furniture rumah masih baru semua, dan furniture berkelas bukan yang murahan. CP: 087850066677 (Muh Adam)

The Bandulan Hill

Pikat Calon Konsumen dengan Hadiah Motor Refolton. Menurut Meggy, sesuai site plan yang ada akan terbangun 63 rumah ditambah 11 ruko. Nantinya di dalam perumahan akan dilengkapi dengan fasiitas playground area dan musholla. “One gate system, kabel tanam, Wifi area dan CCTV di bagian depan dan belakang perumahan menambah fasilitas perumahan,” rinci dia. Saat ini, pembangunan dalam tahap pembuatan pagar tembok perumahan untuk mendukung fasilitas one gate dan keamanan. Di tahap pertama, akan ada

MALANG – Satu lagi hadir perumahan di kota Malang, berada di daerah Bandulan. Perumahan dengan nama The Bandulan Hill tersebut resmi dilaunching dan dipromosikan ke tengah masyarakat mulai awal Maret 2013 ini. Perumahan yang terbangun di Jalan Bandulan Barat tersebut hadir dalam tiga tipe yakni 30, 36 dan 45. Harga yang dipatok dari tipe sederhana dimulai Rp 193 juta. “Tipe paling bawah, dijual dengan harga Rp 193 juta. Hingga yang paling mewah Rp 325 juta,” kata Marketing The Bandulan Hill, Meggy

12 rumah yang akan dibangun. “Sejak Desember tahun lalu dimulai buldoser tanah untuk meratakan. Dan mulai awal bulan ini sudah tahap pembuatan pagar tembok mengelilingi perumahan. Karena sejauh ini sudah 12 kavling terpesan user,” tambahnya kepada Malang Post. Pengembang, yakni Woodland Property mulai mengintensifkan pembangunan, karena mulai pertengahan bulan nanti sudah ada user yang meminta untuk memulai pembangunan hunian. “User ada yang meminta

mulai dibangun huniannya Maret ini. Jadi nanti dikerjakan bersamaan dengan penyelesaian pagar tembok,” ujar Meggy. Untuk mempercepat penjualan unit, selama Maret ini pengembang merangsang konsumen dengan memberikan hadiah berupa 10 motor matic untuk pembeli pertama di bulan ini. “Asal sudah deal, dan surat-surat terpenuhi, sepeda Mio diberikan kepada sepuluh pembeli pertama. Tampaknya hal ini efektif membuat user mencari informasi tentang perumahan kepada tim marketing,” ungkapnya. (mg5/fia)

Tata Surya Regency

STENLY / MALANG POST

DI KOTA: Rumah di Tata Surya Regency membidik para konsumen berlatar belakang mahasiswa luar daerah.

berasal dari Batam atau Kalimantan, terkadang orang tua mereka mempunyai jadwal kunjungan pekerjaan ke Malang.

Jadi lebih memudahkan jika anaknya telah memiliki hunian sendiri,” terang Simon.

Kamar tidur Kamar mandi Garasi Luas tanah Luas bangunan Jumlah lantai Bangunan menghadap

:4 :3 :2 : 300 : 250 :2 : Barat Jalan Kenari 18 Sukun Permai 100 Meter Dari Jalan Besar S Supriadi Dekat Dengan Alun2 Malang, MOG Lebar Jalan 7 Meter Harga: RP 980 juta CP: 081334944498

Rumah Dijual

Lokasi Tengah Kota, Bidik Orang Tua Mahasiswa MALANG – Lokasi strategis menjadi magnet terbesar bagi konsumen perumahan. Hal itulah yang dimanfaatkan oleh Tata Surya Regency. Menawarkan perumahan di lokasi di Jalan Tata Surya Dinoyo, pengembang percaya penjualan perumahan tidak akan memakan waktu. Tipe yang diusung adalah tipe 57, dengan pilihan luas 106 dan 126. Harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 450 juta. “Memang terkesan mahal, tetapi ini kelebihan perumahan kami. Berada di lokasi startegis dan dekat dengan fasilitas umum seperti pasar Dinoyo dan kampus Unisma,” kata Simon Siregar, Marketing Tata Surya Regency. Bidikan utama dari perumahan yang hadir dengan 35 unit rumah tersebut adalah mahasiswa ataupun pendatang dari luar kota. Menurut Simon, jika dilihat dari user yang telanh menempati Tata Surya Regency adalah mahasiswa yang orang tuanya berada di Kalimantan dan Batam. “Yang mahasiswa rata-rata

Rumah Dijual

Orang tua yang anaknya tinggal di perumahan tersebut juga tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pengamanan. Wilayah Tata Surya terkenal nyaman, asri dan tenang. Didukung masyarakat sekitar yang menjaga nilai kesopanan dan agama yang tinggi. “Perumahan menggunakan one gate system, selain itu di sekitar wilayah ini berdiri kampus Islami seperti Unisma dan Unmuh Malang, juga terdapat beberapa masjid dan pesantren. Sekolah Islam juga berdiri, jadi orang tua memperhitungkan juga faktor moral tersebut,” tandas Simon. Apabila masa kuliah berakhir, hunian bisa dijual kembali dan dipastikan purna jualnya meningkat. Apalagi di sekitar wilayah tersebut merupakan salah satu lokasi padat keramaian. “Strategis apabila dinilai dari keadaan sekitar, user pasti diuntungkan. Sebentar lagi juga berdiri Mall Dinoyo,” ucapnya kepada Malang Post. (mg5/fia)

Kondisi Rumah Baru belum pernah ditempati, sudah renovasi untuk bagian belakang. Lokasi rumah hanya 50 m dari jalan raya dan sangat dekat dengan rencana akses tol MalangPandaan, Listrik 1300 W, Air Sumur Bor, Rangka Atap Galvalum, Kusen Pintu Aluminium Coklat Tua, Pagar Belakang dan Depan. Kamar Tidur ber-AC & Fan dan masih bisa ditambah diatas karena tangga cor sudah dibuat. Kamar Mandi sudah ada sarana untuk Air Panas ( Tabung LPG & Water Heater Optional atau tergantung negosiasi), Dapur luas. Tempat jemuran diatas beratap full kanopi sehingga tidak perlu repot kalau hujan. Kamar tidur :2 Kamar mandi :1 Garasi : ada carport Luas tanah : 111 m2 (8x13) Luas bangunan : 83 Jumlah lantai :1 Bangunan menghadap : Timur Harga: Rp 420 juta CP: 081252447447 REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : OLIS REDAKTUR : NUGROHO, LAYOUTER : OLIS


SAMBUNGAN

SELASA, 5 MARET 2013

Anas Beri Lima Nama ke Timwas Century

Pasar Blimbing Jadi 15 Lantai Sambungan dari Hal 1 Investor Pasar Blimbing itu memastikan, pembangunan tempat relokasi dimulai dalam waktu satu hingga dua hari ini. “Pembangunan tempat relokasi pun tak sulit karena hanya memindahkan rangka bangunan dari lokasi lama di Pandanwangi,” tuturnya. Disisi lain, PT. KIS juga mulai mematangkan lokasi pembangunan di area Pasar Blimbing. Ruko-ruko yang sebelumnya dipagari segera dibongkar. Kantor proyek pembangunan pun segera dibangun. King memastikan kebut pembangunan di area Pasar Blimbing. Pembangunan dimulai secara bersamaan. Yakni pasar tradisional, MTC yang terdiri dari empat lantai dan kondotel Borobudur. “Semuanya dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Butuh waktu 1,5 tahun sampai 2 tahun untuk menyelesaikan bangunan fisik,”

Sambungan dari Hal 1 jelasnya. Diakuinya, pengerjaan tahap awal difokuskan pada penataan sistem drainase. Tujuannya mengatasi banjir di kawasan sekitar Pasar Bllimbing dan mencegah genangan air ke rumah warga sekitar pasar. ”Drainase membutuhkan waktu, sedangkan kalau bangunan fisik bisa cepat selesai. Yang penting drainase sehingga tidak sampai terjadi banjir,” kata dia. Sementara itu, Ketua Koordinator Pedagang Pasar Blimbing, Subardi MR mengatakan, rapat koordinasi kemarin siang memutuskan bahwa pembangunan pasar segera dimulai. Relokasi pedagang menunggu pembangunan pasar sementara selesai. “Sudah ada kesepakatan, tidak ada persoalan lagi. Apa yang menjadi tuntutan pedagang sudah dipenuhi,” katanya. Sebelumnya, ketua tim juru runding Pemkot Malang, Bambang Priyo Utomo menjelaskan ten-

tang poin kesepakatan yang sudah ditandatangani. Yakni pemkot dan pedagang sepakat membangun Pasar Blimbing. Poin kesepakatan kedua yakni tidak ada biaya sepesersen pun yang ditarik dari pedagang. Poin kesepakatan ketiga yakni lantai 1 dan lantai 2 digunakan untuk pasar tradisional. Sedangkan lantai 3 digunakan untuk parkir. Jika nanti parkir di lantai 3 tak bisa menampung kendaraan maka akan dibangun lantai 4 dan lantai 5. Dalam kesepakatan tertulis tersebut, pihak pemkot dan pedagang sepakat bahwa konstruksi bangunan disiapkan untuk lima lantai. Namun pembangunan lantai 4 dan 5 disesuaikan dengan kondisi kebutuhan lahan parkir. Soal tempat relokasi pedagang Pasar Blimbing disepakati dipindahkan ke Stadion Blimbing. (van/avi)

Enam Laga Arema Raup Rp 4,2 M Sambungan dari Hal 1 Persib Bandung yang menempati posisi dua, tak bisa mencapai angka 100 ribu. Viking dan Bobotoh, suporter Persib hanya mampu mencatatkan rekor 87,617 penonton, selama kompetisi bergulir hingga Maret 2013. Persipura Jayapura, musuh bebuyutan Arema, hanya bisa mencatat 79,328 penonton. Sriwijaya FC yang dikenal dengan Singa Mania-nya mencatatkan rekor 74,695 suporter sepanjang kompetisi bergulir. Pun, Gresik United yang disokong Ultrasmania, menempati peringkat lima dengan angka penonton 69,415. Dari enam laga tersebut, Arema meraup pendapatan kotor Rp 4,2 miliar. Rata-rata pendapatan bersih per laga adalah Rp 720 juta. Korwil Aremania Jodipanesse, Mulyadi alias Mbah Gintul pun menyebut, sudah seharusnya Aremania selalu menempati posisi tertinggi dalam daftar jumlah penonton terbanyak ISL. ‘’Bukannya menyombong. Aremania suporter yang edan. Kem-

anapun tim berlaga, kami selalu ada. Fanatisme kami gila-gilaan. Apalagi kalau main di kandang, jumlah kita rata-rata tiap pertandingan tak pernah kurang dari angka 20 ribu,’’ ujar Mbah Gintul kepada Malang Post kemarin. Aremania yang membentuk korwil pertama Arema itu menyebut, jumlah ini akan terus menanjak, seiring dengan prestasi tim yang semakin baik. Jika Arema terus berada di trek yang benar, yakni jalur juara, maka Aremania akan terus membanjiri semua pertandingan tim berlogo singa itu. Bahkan, Mbah Gintul yakin, Stadion Kanjuruhan yang jadi kandang Kayamba Gumbs dkk, tak akan bisa memuat Aremania yang mengalir dari berbagai penjuru Indonesia. Seperti saat Arema menghadapi juara ISL musim lalu, Sriwijaya FC. Penonton membeludak hingga mencapai 40 ribu jiwa, sehingga pihak panpel harus membuka sentelban untuk ribuan suporter yang tak kebagian tempat duduk di tribun. Pertandingan Arema lawan SFC

sendiri menorehkan rekor lain. Laga yang digelar 24 Februari lalu itu merangsek ke puncak daftar 10 laga ISL dengan penonton terbanyak, tepatnya mencapai 40,002 suporter, memecahkan rekor Arema sendiri pada laga Arema vs Persiram Raja Ampat yang mencatatkan jumlah 29,591 penonton. Namun, capaian jumlah penonton Arema kontra SFC tersebut, belum mampu memecahkan rekor penonton terbanyak sepanjang masa milik Arema. Tepatnya, musim ISL 2009-2010 saat pertandingan Arema Indonesia vs Persema Malang, 10 Januari 2010. Kala itu, jumlah penonton mencapai 43,570 orang dengan keuntungan bersih Rp 1,3 miliar. Media Officer Arema, Sudarmadji pun melihat, rekor ini merupakan bukti bahwa Arema dan Aremania bakal mencetak rekor lebih banyak lagi. ‘’Ini baru pekan kesepuluh. Ke depan Aremania pasti buat rekor terus, sejalan dengan prestasi tim di ISL,’’ tutur Sudarmadji. (fin/avi)

Pertama dan Terbesar di Malang Sambungan dari Hal 1 Pemilihan lokasi tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, bursa mobil bekas ini melibatkan banyak peserta dengan jumlah mobil mencapai ratusan unit. “Lantai 3 area parkir @MX Mall merupakan lokasi yang tepat untuk menggelar bursa mobil bekas dengan skala besar. Di lokasi tersebut, kami dapat menampung mobil

hingga 150 unit. Para penjual maupun pembeli tentu lebih nyaman melakukan transaksi. Apalagi, lokasi parkirnya indoor, sehingga ketika hujan turun transaksi tidak akan terganggu,” ungkap Manager Marketing @MX Mall, Yenni Sampoerna pada Malang Post, kemarin. Selain menampung 150 mobil, Bursa Mobil Rakyat juga diikuti

oleh 20 showroom terbaik. Tak heran jika dalam acara ini pembeli tak hanya diiming-iming dengan harga murah, tetapi juga jaminan kualitas mobil second yang ditawarkan oleh showroom-showroom terbaik dan terpercaya di Jatim. Makin penasaran dengan bursa mobil terbesar di Malang? Siapkan diri Anda di akhir pekan ini! (nda)

Sepenggal Kisah Di Desa Kapundungan

Alkisah…. Bumi Tumapel tengah dilanda badai politik yang tidak menentu. Adalah Raja Kertajaya yang terkenal dengan panggilan Dandang Gendis, yang tengah menguasai sebagian besar daratan Jawa termasuk Tumapel Raya, terus menancapkan cakar kekuasaannya di Malang melalui anteknya yang bernama Tunggul Ametung. Tunggul Ametung merupakan jenis pemimpin yang korup dan tidak bisa memberikan apa-apa kepada rakyat kecuali menindas dan merampok harta-harta terbaik rakyat untuk dijadikan upeti bagi pimpinannya yaitu baginda Kertajaya yang duduk di pusat kekuasaan yang jauh di luar Tumapel. Dia berkuasa bukan atas dasar kepentingan rakyatnya melainkan atas petunjuk dan selera kekuasaan di atasnya. Keberadaan kaki tangan kekuasaan asing mendapatkan perlawanan dari arus besar rakyat Tumapel Raya.

Maka muncullah gerakan revolusi yang dipelopori oleh Ken Arok. Dia balas merampok harta upeti Tunggul Ametung untuk dibagikan lagi kepada rakyat. Kisah perampokan Arok di padang Karautan sungguh membuat Tunggul Ametung marah bukan buatan. Tengah malam telah lewat sudah, sampai waktu menjelang subuh, Akuwu memerintahkan penangkapan dengan mengerahkan punggawa-punggawa terbaik Tumapel dengan senjata yang lengkap. Arok harus dihabisi dan dihancurkan demi melanggengkan poros penindasan antara Tunggul Ametung – Kertajata. Kejar-mengejarpun terjadi, hingga pada suatu tempat di sebuah desa yang disebut desa Kapundungan Arok berhasil dikepung, sementara itu di depannya ada sungai lebar lagi dalam airnya. Arok yang terpojok dengan gesit memanjat sebuah pohon Tal tetapi tidak mungkin lolos karena telah dikepung oleh begitu banyak prajurit bersenjata lengkap. Arok terjebak dalam situasi yang sangat sulit. Di atas pohon, ketenangannya yang luar biasa atas segala situasi, Arok lalu berkonsentrasi, berdoa, “Wahai Dewata, berikanlah petunjuk padaku untuk menghadapi cobaan yang sulit ini, agar aku terus bisa bersatu dengan rakyat untuk melawan ketidakadilan.” Dalam keheningan konsentrasinya, Arok mendengar suara, “Wahai

Arok, ambillah pelepah daun Tal itu, pakailah sebagai sayapmu dan terbanglah…” Dengan sigap Arok langsung bertindak, setelah mengambil daun Tal diapun melompat ke arah seberang sungai, yang dikemudian hari dikenang dengan ilmu Garuda Ngalayang: sang Garuda yang terbang melintasi musuh-musuh rakyat. Hari menjelang pagi. Para pengepung di bawah pohon gelisah menanti dengan senjata terhunus, tiba-tiba dikejutkan oleh sebuah suara yang menggelegar penuh wibawa dari sebrang sungai. “Wahai antek-antek penindas, Arok ada di sini.” Semua memandang kaget ke arah datangnya suara. Semua pengepung terkesiap. Di sana Arok telah berdiri gagah seperti batu karang dengan kepala tegak menantang. Ketika mereka mengedipkan mata, Arok telah lenyap dari pandangan, hilang seperti ditelan bumi.... Arok, sosok yang misterius, telah lenyap. Dia pergi menyongsong masa depan bersama rakyat Tumapel dan meninggalkan rasa gentar bagi musuh-musuhnya yang masih bingung tak percaya. Sementara itu, sinar matahari mulai memancarkan cahayanya menerangi Bumi Tumapel yang dirindangi pepohonan lebat dan dihiasi bunga yang beraneka warna…… *Penulis adalah Peminat Budaya dan Walikota Malang.

Siap Pensiun Ngartis Sambungan dari Hal 1 Setelah menikah, Emil memiliki rencana untuk belajar lagi di luar negeri. Dia berencana melakukan penelitian di sana. Arumi pun akan mengikuti Emil. “Saya sih siap saja, kan sementara (di luar negerinya). Tawaran dia menarik. Saya juga bisa menambah pengalaman dan mempelajari kultur budaya berbeda,” kata Arumi. Sosok Emil dinilai olehnya sebagai sosok yang kebal, tahan banting. Arumi bilang, jarang ada orang yang betah bersamanya. “Itu penting lho. Dia malah berpikir itu wajar. Ya, mumpung dia khilaf,”

ucap Arumi. Lantas masalah jarak usia keduanya memang cukup jauh, sepuluh tahun. Tapi, hal itu tidak menjadi kendala untuk keduanya. Emil justru suka Arumi dengan segala sifat khasnya. Di matanya, Arumi adalah sosok yang periang. “Dia ini periang, (beda) tipis sama pecicilan ya. Dia memang begini orangnya. Bahkan, saya punya feeling sampai usia 40 tahun, dia akan tetap kayak begini,” timpal Emil seraya tertawa. Menurut ibunda Arumi, Maria Lilian Pesch, acara lamaran putrin-

“Pasti Anas pernah dibriefing Bu Sri Mulyani dan Pak Boediono sesuai kontruksi pembenaran opsi A (yang menyimpulkan tidak ada pelanggaran hukum dalam kasus century, red),” kata anggota timwas Hendrawan Supratikno usai bertemu Anas di kediaman, Jalan Teluk Semangka, Duren Sawit, Jakarta Timur, kemarin (4/3). Turut bergabung dalam rombongan, di antaranya Fahri Hamzah (FPKS), Sarifuddin Sudding (Fraksi Partai Hanura), Ahmad Yani (FPPP), dan Chandra Tirta Wijaya (FPAN). “Pertemuan berjalan relaks. Kami saling mengisi dan saling mengingatkan,” kata Hendrawan menceritakan proses pertemuan yang berjalan tertutup mulai pukul 10.00-12.30, itu. Menurut Hendrawan, kedatangan timwas sebenarnya lebih fokus ke soal aliran dana Century. Dia menegaskan dari sisi hukum, posisi kasus century sudah sangat terang benderang, yakni terjadi pelanggaran hukum dalam bailout Bank Century. Apalagi, KPK telah menetapkan dua mantan pejabat Bank Indonesia (BI), yakni Budi Mulya dan Siti Fadjrijah sebagai tersangka. “Tapi, dari segi aliran dana, audit forensik BPK dan penelusuran PPATK masih tidak bisa mengungkap itu,” sesal politisi PDIP, itu. Hendrawan menyampaikan ada lima nama yang disebut Anas mengetahui soal aliran dana Century. Tiga di antaranya merupakan nama baru, satu nama lama, dan satu orang yang lain sudah meninggal. Sayang, Hendrawan tidak mau membocorkan nama kelima orang itu.

“Konsentrasi pansus angket dulu kadang-kadang terlalu banyak. Makanya, terkadang ada hal-hal kecil yang luput,” ujarnya. Apakah timwas akan segera memanggil Anas ke DPR seperti dulu menghadirkan mantan Ketua KPK Antasari Azhar? Hendrawan menyampaikan timwas masih akan menganalisis tingkat kebaruan, relevansi, dan spesifikasi informasi yang disampaikan Anas. Dulu Antasari Azhar langsung dipanggil ke rapat timwas, karena memberikan informasi yang memenuhi ketiga kriteria tersebut. “Awalnya Antasari Azhar yang ikut rapat dengan Presiden SBY pada 9 Oktober 2008 mengira itu terkait bailout Bank Indover . Tapi, ketika di penjara baru tahu kalau yang di-bail out bukan Bank Indover, tapi Bank Century,” katanya. Tidak hanya soal konteks tempat dan waktu yang jelas, Presiden SBY juga sampai memberikan bantahan secara khusus. Dinamika ini mendorong timwas akhirnya memutuskan untuk memanggil Antasari Azhar. Sebaliknya, menurut Hendrawan, informasi yang diberikan Anas sifatnya belum spesifik. Karena itu, timwas masih akan mendiskusikan kembali apakah perlu mengundang Anas ke DPR atau tidak. Meski begitu, Hendrawan menegaskan sekecil apapun informasi yang diberikan Anas tetap bernilai penting dan berharga. “Kami ini memburu layang-layang,” katanya. Pertemuan timwas dengan Anas diakhiri dengan makan siang bersama. Menunya mulai ayam goreng,

ikan goreng, tahu, tempe, sampai sayur loder. “Ada kerupuk juga. Pokoknya menu rakyat. Aku sendiri tadi ambil sayur lodeh sama tahu tempe,” kata Hendrawan, lantas tertawa. Di Gedung KPK, Jubir Johan Budi tidak terlalu merespon langkah Timwas yang berinisiatif mendatangi Anas. Dia menegaskan kalau hingga kini KPK tidak memiliki kepentingan dengan Anas terkait Century. “KPK tidak ada rencana memanggil Anas terkait Century. Hanya untuk Hambalang,” tegasnya. Meski mantan Ketum PD itu disebut-sebut punya informasi terkait Century, Johan menyebut KPK tak “tergoda” begitu saja. Anas akan disamakan dengan masyarakat umum yang harus melapor terlebih dahulu. Begitu juga dengan Timwas, KPK akan menerima informasi itu kalau diberikan pada pihaknya. Apakah KPK terganggu dengan berbagai desakan dan polemik tentang penetapan Anas sebagai tersangka? Johan memastikan pihaknya tetap tenang. Dia mengakui, seolah-olah KPK menetapkan Anas tanpa dua alat buti yang cukup. Namun, semua itu tidak benar karena alat bukti sudah ditangan. “Mengenai yang bersangkutan terbukti bersalah atau tidak, KPK tidak bisa menentukan itu kecuali hakim,” terangnya. Oleh sebab itu, dia meminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu persidangan nanti. Dia memastikan kalau dalam tugasnya, KPK hanya bicara penegakan hukum bukan politik atau pesanan. (pri/dim)

Demi Orang Asing, Direktur RSSA Dicopot Sambungan dari Hal 1 Sementara itu dihubungi usai sertijab, dr Lalu, Direktur Penunjang Pelayanan RSSA Malang menyebutkan, kedua petinggi baru di RSSA Malang, memang memiliki tugas cukup berat. Keduanya harus mampu mengantarkan RSSA Malang mendapatkan akreditasi pelayanan kesehatan internasional. ‘’Tahun lalu, RS Dr Soetomo berusaha mengajukan akreditasi internasional, ternyata mundur. Karena untuk memenuhi akreditasi itu sangat berat dan persyaratannya cukup banyak,’’ kata Lalu dengan penyebab gagalnya RS Dr Soetomo meraih akreditasi internasional. Menurut dia, jika akreditasi interna-

sional diperoleh maka RSSA bisa dan berhak melayani pasien asing yang bertempat tinggal atau berkunjung ke Malang. Meski selama ini sudah dilakukan, tetapi akan lebih baik kalau sertifikasi pelayanan kesehatan internasional sudah dimiliki. ‘’Di Malang Raya ini banyak warga asingnya. Baik yang menetap atau hanya sekedar singgah. Kalau RSSA memiliki akreditasi internasional maka tidak ada keraguan bagi warga asing berobat ke RSSA,’’ tandasnya. Ditambahkan Lalu, guna mendapatkan akreditasi internasional yang diberikan Kementrian Kesehatan RI ini, fasilitas penunjang RSSA harus ber-

standar internasional. Dan hal itu telah dipenuhi RSSA secara bertahap. Sebagai contoh, RSSA telah membangun Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang dilengkapi laboratorium sentral, yang dibangun dengan biaya Rp 27 miliar. Sedang alat-alat medis canggih dan mahal didalamnya semua diperoleh dengan sistem Kerja Sama Operasi (KSO) dengan pihak ke tiga. ‘’Alat di laboratorium sentra itu ada yang nilainya Rp 40 miliar. Dengan harga sebesar itu, jelas manajemen RSSA tidak mungkin bisa memenuhinya. Sebagai badan layanan umum (BLU) daerah keuangan RSSA sangat terbatas. Belum lagi kita ini lembaga nirlaba,’’ pungkasnya. (has)

Peminat SNMPTN Doyan ke UB Sambungan dari Hal 1

Sambungan dari Hal 1 Arok juga meletakkan dasardasar integrasi tanah Jawa yang oleh keturunan ke-4 nya (Raden Wijaya) berhasil mendeklarasikan berdirinya Majapahit. Hanya kadang sejarah sangat tidak adil dengan mengatakan bahwa Arok yang ‘arek Malang’ ini hanyalah seorang berandalan dan perampok. Kita harus membela tokoh sejarah kita sebagai kebanggaan historis yang bernilai budaya.

11

ya itu sudah direncanakan sejak dua bulan yang lalu. Sementara itu, pernikahan mereka direncanakan akan dilaksanakan pada Agustus 2013. “Arumi sudah dewasa dan pantas untuk menikah. Arumi juga sudah siap mempunyai pasangan,” kata Maria, yang tak mempersoalkan umur anaknya yang baru menginjak 19 tahun. Maria juga menuturkan bahwa Arumi akan pergi ke Amerika Serikat untuk menemani Emil. Oleh karena itu, Arumi akan meninggalkan sementara industri hiburan Tanah Air. (mer/jpnn)

‘’Yang gagal mendapat rekomendasasi biasanya karena datanya yang belum lengkap,’’ ujarnya. Tingginya jumlah pendaftar yang memilih UB, menurut Bambang, karena UB memiliki 70 program studi pilihan. Selain itu, tahun lalu kuota beasiswa bidikmisi untuk yang tidak mampu di UB cukup tinggi. Kuotanya adalah yang terbanyak di Indonesia yaitu 1.500 penerima beasiswa bidikmisi. Tahun ini kuota bidikmisi UB belum diumumkan oleh Ditjen Dikti. Sayangnya kemarin data terbaru jumlah pendaftar UB belum bisa diakses. Sebab web SNMPTN susah dibuka. Maklum saja masa pendaftaran SNMPTN tinggal beberapa hari saja. Sementara itu secara nasional, jumlah sekolah yang mendaftar siswanya

mengikuti sementara itu di tingkat nasional. Pendaftar SNMPTN 2013 mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Pada tahun lalu jumlah sekolah yang mendaftar sebanyak 7.713. Tahun ini jumlah sekolah yang mendaftar mencapai di atas 13 ribu. Humas Panitia SNMPTN, Bambang Hermanto di Kemdikbud, mengatakan, kenaikan ini disebabkan kebijakan panitia SNMPTN, yang membebaskan pungutan uang pendaftaran. Selain itu, kata dia, juga karena tidak ada lagi batasan akreditasi sekolah yang mendaftar. Pertama karena gratis, kedua sekarang tidak ada lagi pembatasan. Siapapun bisa mendaftar tanpa takut rugi kehilangan uang. Seperti diketahui pada tahun lalu

ada batasan akreditasi sekolah yang boleh mendaftar SNMPTN. Batasannya yaitu sekolah berakreditasi A 50 persen, B (30 persen),C (15 persen), dan tidak terakreditasi 5 persen. Pendaftaran SNMPTN bagi siswa masih tersisa empat hari. Pendaftaran ditutup pada 8 Maret 2013. Mulai tahun ini, SNMPTN yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan.Selain SNMPTN, pola seleksi masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM). Ada 62 PTN terlibat SBMPTN termasuk IAIN Walisongo Semarang, tetapi tidak semua perguruan tinggi melakukan seleksi mandiri. (oci/avi)

Diundang ke Ruang VIP, Malang Post Satu-satunya dari Jatim Sambungan dari Hal 1 Sedangkan yang lain seperti Jawa Pos diwakili yang dari Jakarta,’’ ujar Lulu Wirdiawati, AE PT Prisma. Sejak hari pertama datang di Jakarta, PT Prisma memang telah menyiapkan seluruh fasilitas untuk Malang Post. Mulai penjemputan di bandara, serta transportasi ke seluruh sudut Jakarta. Saya selalu didampingi Lulu serta Bernadia Deviani (Nadia), Junior AE PT Prisma. ‘’Tanpa id card khusus ini, kita tidak bisa masuk ke JI Expo. Sesuai data yang dikirim, nanti ada screening barcode kemudian foto di layar komputer disesuaikan dengan wajah pembawa id card,’’ imbuh Nadia. Karena itulah, saya kemudian nekat memotong kumis dan jambang malam hari menjelang keberangkatan. Tujuannya, supaya wajah asli saya matching dengan foto yang ada di komputer. Lantaran jarang foto diri, saya memang kirim foto agak lama dengan wajah masih klimis. Sedangkan sekarang, sudah ada sedikit perubahan terutama di pipi yang agak chubby. Di Jakarta, saya dijemput driver, sebut saja Pak Hendra Nur. Pria ramah ini sangat sabar dan cekatan dalam bekerja. Pendek kata, even besar ini memang didukung oleh orang-orang professional di bidangnya. Saya satu kamar dengan fotografer KR, Surya Adi Lesmana, di lantai sembilan hotel bintang lima kawasan

Gunung Sahari Jakarta Pusat. Sejak sebulan, kami sudah dikirimi sejumlah formulir untuk perhelatan jazz terbesar di belahan bumi bagian selatan itu. Sekitar dua minggu menjelang hari H, fasilitas seperti tiket pesawat pulang pergi serta biaya akomodasi juga sudah terkirim. Asal tahu saja, sejumlah additional player musisi Jazz dari luar negeri seperti Jepang, juga menginap di hotel The Media Hotel and Tower. Sedangkan musisi besar lainnya, menginap di hotel Borobudur Jakarta. Ajang ini benar-benar luar biasa dan istimewa. Hotel tempat kami menginap, cukup dekat dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau JIEXpo. Sekitar 10 menit perjalanan. Setelah melewati screening maka sampailah saya di ajang Jazz terbesar ini. Ada 17 panggung besar disini, dalam kemasan indoor dan outdoor. Saya harus pandai memilih jadwal musisi Jazz. Sebab sehari ada lebih dari 60 penampilan. Even ini dimulai tanggal 1 – 3 Maret. Setiap hari digelar sejak sekitar pukul 16.00 sampai dengan 01.00 dinihari. Sepanjang hari, tak henti-henti pagelaran Jazz dari seluruh aliran digeber. Pihak penyelenggara, khususnya Djarum, telah mempersiapkan segalanya, untuk mempermudah para penonton. Fasilitas apa saja yang disiapkan Djarum, akan saya ceritakan di bagian kedua besok. Sebab, secara khusus

saya diundang di ruang VIP tempat pertunjukkan Craig David. Di tempat ini, penulis berbincang cukup lama dengan Roland Halim Brand Manager Djarum Super Mild. Namun yang patut dipuji dalam perhelatan ini, adalah langkah Djarum Super MLD untuk menggelar sejumlah konser tribute. Hari pertama adalah tribute to Utha Likumahua oleh sejumlah artis dan kelompok vocal ternama. Sebut saja Jamaica Café. Kemudian pada hari kedua adalah Tribute to Elfa Secioria yang disajikan bernuansa jazz modern oleh Netta, Monita, Jemima, dan Yassovi. Kejutan dalam konser ini adalah kehadiran Elfa’s Singer minus Agus Wisman. Mereka menjadi magnet tersendiri di Djarum Lounge. Kemudian pada hari terakhir adalah ‘Tribute to Ismail Marzuki’ sebagai pejuang dan tokoh seniman. Karya Ismail Marzuki seperti “Sepasang Mata Bola”, Sabda Alam, sampai Indonesia pusaka dinyanyikan apik oleh Ghea Idol dan Dendy Mike’s. Kemudian pada akhir acara National Promotion Djarum Sigit Diopsaputra menyerahkan bantuan kepada keluarga komposer nasional Ismail Marzuki di Djarum Lounge Jakarta International Djarum Super MLD Java Jazz 2013. Ini adalah langkah Djarum untuk memberikan penghargaan dan perhatian khusus kepada para seniman Indonesia. (Bagus Ary Wicaksono) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SELASA, 5 MARET 2013

38,5 %

HALAMAN 12

2,2 %

4,4 %

22,1 %

30,5 %

2,3 %

DADI Janjikan

Pendidikan

Murah

G POST n Edi Pudji Utami MAP- Ir Sofya ri He Hj Dra gan san Pa DI: tuk Post un PASANGAN DA diskusi di Kantor Malang Jarwoko (DADI) saat ber angun Kota Malang lima tahun kedepan. memb menyampaikan program tentu bersumber dari APBD kepada semua masyarakat Kota Malang. Terobosan lain MALANG- Diskusi redaksi kelurahan juga menjadi bagi- menggalang dana untuk biaya pendidikan juga menjadi agenMalang Post dengan calon wali an dari programnya. kota dan wawali Kota Malang Dalam diskusi yang ber- da pasangan DADI. Salah satu semakin menghangat. Kemarin langsung gayeng ini dihadiri contohnya yakni menggerakan sore, giliran pasangan Dra Hj juga tim sukses dan perwak- gerakan orang tua asuh dan Heri Pudji Utami MAP-Ir Sofy- ilan partai pengusung DADI. CSR untuk bantu membiayai an Edi Jarwoko (DADI). Pasan- Sedangkan dari Malang Post pendidikan masyarakat yang gan yang diusung PAN, Golkar diantaranya Pimred, Sunavip tak mampu. Anak-anak putus sekolah dan partai-partai non parlemen Ra Indrata dan GM Malang itu membeber gagasan konkrit Post, H. Sudarno. Bunda, sa- pun juga menjadi perhatian semembangun Kota Malang lima paan akrab Dra Hj Heri Pudji rius. Prinsipnya, tak akan ada tahun kedepan. Utami MAP memulai diskusi lagi anak-anak usia sekolah Pendidikan berkualitas dengan dengan mengulas sejumlah yang tak menikmati pendidibiaya terjangkau, layanan kese- program strategis yang ber- kan. Memajukan pendidikan, hatan, program mengatasi kaitan dengan kebutuhan tentu juga memajukan bidang kemacetan dan banjir, pember- masyarakat luas, yakni bidang kesehatan. Karena itulah, dayaan UMKM merupakan se- pendidikan, kesehatan dan DADI memiliki jargon, ‘Ayo Sekolah, Ojo Lali Senam’. bagian dari sederet gagasan yang kesejahteraan masyarakat. Dibidang kesehatan, Bunda diulas dalam diskusi, yang dimo“Kami akan meningkatkan deratori Redaktur Senior Malang pendidikan yang berkualitas den- dan Sofyan Edi Jarwoko pastiPost, H Husnun Djuraid. gan biaya yang terjangkau. kan meningkatkan status DADI juga mengungkap Dalam bidang pendidikan tentu puskesmas pembantu menjadi program 100 hari jika terpil- juga memperhatikan pendidikan puskesmas. Dan puskesmas ih dalam pemilihan wali kota yang berakhlak dan berkarakter,” menjadi puskesmas rawat inap. Untuk menjangkau masyarakat Malang, 23 Mei mendatang. paparnya. Keberlanjutan block grand Anggaran untuk pendidikan diberbagai kawasan, puskesmas GUEST GESANG/MALAN

keliling menjadi salah satu prioritas. “Kami’akan mewujudkan rumah sakit tanpa kelas, tanpa memperhatikan latar belakang dengan meningkatkan pelayanan, ketersediaan peralatan dan dokter serta tenaga medis lainnya,” jelasnya sembari menambahkan, juga melakukan upaya preventif dengan cara kampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat. Jurus atasi kemacetan juga sudah disiapkan. Salah satunya yakni menyiapkan angkutan massal yang murah dan penataan marka jalan hingga traffic light. “Manajemen transportasi juga menjadi perhatian serius. Dan ini akan kami lakukan,” tambah Sofyan Edi Jarwoko. Persoalan perkotaan lain yang harus ditangani yakni mengatasi banjir. Untuk mengatasi banjir inilah Bunda memastikan perlu ketegasan. Dia lantas mencontohkan perlunya ketegasan terhadap bangunan di badan sun-

gai yang tak ber-IMB. Begitu juga tindakan tegas diberikan kepada pemberi IMB terhadap bangunan di badan sungai. Bunda mengingatkan hal ini karena bangunan di sungai menyebabkan berkurangnya kapasitas sungai sehingga sebabkan banjir. “Perumahan menggunakan paving dan biopori untuk resapan air. Kesadaran warga tidak membuang sampah di saluran drainase juga sangat penting,” tutur ketua TP PKK Kota Malang ini. Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, sumur resapan merupakan salah satu cara untuk mengatasi banjir yang bisa dilakukan secara massal. Begitu juga dengan pembuatan biopori di rumah penduduk, bangunan kantor pemerintahan, swasta hingga perguruan tinggi. Lantas apa yang menjadi program 100 hari pertama? Bunda menegaskan, ia akan konsentrasi dalam pelayanan

pemerintahan dan urusan publik. Salah satu contohnya yakni menuntaskan pembuatan akte kelahiran anak-anak. “Akte kelahiran anak itu sangat penting. Karena saat anakanak sekolah membutuhkan akte kelahiran,” katanya. Karena itu lanjut Bunda, dia akan membuat call center untuk layanan pembuatan akte kelahiran. Pelayanan publik di kantorkantor pemerintahan juga harus konsisten dengan jam kerja. Khusus perizinan, Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, pentinyanya mempercepat proses perizinan. UMKM yang merupakan sendi perekonomian kerakyatan terus digerakan. Caranya dengan memberikan perhatian secara

konkret. Yakni berupa pembinaan dan membentuk wadah koperasi UMKM. “Promosi untuk mencintai produk Kota Malang juga terus digalakan. Karena promosi sangat penting,” papar Bunda. Pasangan DADI merupakan pasangan yang melanjutkan keberhasilan pembangunan pemerintahan saat ini. Program kebijakan block grant kelurahan tetap dilanjutkan. Namun jumlah bantuannya tidak disamaratakan seperti tahun-tahun sebelumnya yakni Rp 500 juta per kelurahan. “Kami menggagas menjadi proporsional. Karena luasan wilayah dan jumlah penduduk di setiap kelurahan tidak sama,” pungkas Bunda. (van/udi)

Pasangan Bunda Heri Pudji Utami dan Sofyan Edi Jarwoko

(DaDi) Diskusi di Kantor Malang Post PASANGAN calon wali kota Malang Bunda Heri Pudji Utami dan calon wakil wali kota Ir.Sofyan Edi Jarwoko atau lebih dikenal dengan sebutan pasangan DaDi,

SERIUS : Bunda dan Sofyan Edi Jarwoko berbincang serius.

mengikuti diskusi mengenai Pilkada Kota Malang di Kantor Malang Post, kemarin sore. Mereka menyampaikan visi dan misi mereka mengenai pendidikan,kesehatan,pelayanan masyarakat dan berbagai bidang lainnya. Kehadiran mereka didampingi para pengurus partai pengusung yang tergabung dalam Koalisi Malang Bersatu (KMB).

KOMPAK : Bunda Heri Pudji Utami dan Ir.Sofyan Edi Jarwoko bersama Pemimpin Redaksi Malang Post Sunavip Ra Indrata dan Redaktur Senior H.Husnun N Djuraid didampingi para pengurus Koalisi Malang Bersatu (KMB).

FOTO-FOTO : GUEST GESANG/FIRMAN/MALANG POST

PAPARKAN VISI MISI : Bunda Heri Pudji Utami dan Sofyan Edi Jarwoko memaparkan program «»Ayo Sinau, Ayo Kerja»». KONSOLIDASI : Usai diskusi di Kantor Malang Post,pasangan DaDi dan timnya melakukan konsolidasi.

MENARIK : Suasana diskusi berlangsung hangat di ruang rapat Kantor Malang Post.

GAYENG : Diskusi dipandu Redaktur Senior H.Husnun N.Djuraid dan Pemimpin Redaksi Malang Post Sunavip Ra Indrata berlangsung gayeng.

KENANG-KENANGAN : Bunda Heri Pudji Utami dan Sofyan Edi Jarwoko menerima buku «Ikatlah Ilmu dengan Tulisan» dari H.Husnun N.Djuraid. REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : REEP


SELASA, 5 MARET 2013

13

Bawa Misi

Revans GUEST GESANG/MALANG POST

DENDAM: Arema Indonesia membawa misi balas dendam terhadap Persegres Gresik United untuk membalas kekalahannya.

KLASEMEN ISL SORE INI, AREMA BERANGKAT KE GRESIK MALANG–Selasa, (5/3) Sore ini, pasukan Arema Indonesia berangkat ke Gresik demi persiapan menghadapi Persegres Gresik United, Kamis (7/3) lusa. Agar maksimal, headcoach Rahmad Darmawan, pelatih kepala merangkap manajer tim Arema mengatur keberangkatan tim sore hari nanti, sehingga Rabu, besok pagi bisa langsung coba lapangan Tri Dharma, tempat digelarnya pertandingan derby Jatim itu. “Kita berangkat dari Malang besok sore (hari ini.red) setelah asar, supaya tim bisa istirahat di Gresik malam hari sebelum ujicoba lapangan Rabu pagi

di Stadion Tri Dharma,” ungkap RD kepada Malang Post kemarin. Rencananya, pelatih timnas U-23 SEA Games 2011 itu bakal membawa 19 pemain. Namun, RD belum bisa menyebutkan siapa saja punggawa Singo Edan yang diboyong ke Kota Pudak, julukan Gresik tersebut. Pemain yang ikut tur baru ketahuan usai latihan pagi ini di Stadion Gajayana. Biasanya, nama pemain dituliskan di mess Arema, usai latihan pagi sebelum berangkat. Namun, RD memaparkan alasan ia hanya membawa 19 pemain. “Kita habis lawan GU pulang dulu ke Malang. Karena jarak antara Gresik dan Malang cukup dekat, kita bisa kembali ke Malang dulu sebelum away lagi,” ujarnya.

1. 2. 3. 4. 5. 6.

PERSIPURA AREMA MITRA KUKAR PERSISAM SRIWIJAYA FC BARITO PUTERA

9 10 9 9 9 9

6 7 6 4 4 4

3 0 1 3 2 2

0 3 2 2 3 3

20-4 24-11 20-15 14-12 19-19 12-13

21 21 19 15 14 14

7. 8. 9. 10. 11. 12.

GRESIK UNITED PERSIWA PERSIB PERSIRAM PSPS PERSITA

10 9 8 9 9 10

4 4 3 2 2 2

1 1 3 4 4 4

5 4 2 3 3 4

13-16 12-14 16-12 9-11 6-8 8-12

13 13 12 10 10 10

13. 14. 15. 16.

PERSEPAM PELITA BANDUNG PERSIBA PERSIDAFON

8 9 9 9

3 2 2 2

1 3 3 2

4 4 4 5

11-18 11-15 8-13 11-14

10 9 9 8

8 8

2 2

2 1

5 5

11-17 11-12

8 7

17. PERSIJA 18. PERSELA

JADWAL PERTANDINGAN

Baca Bawa Misi... Hal.14 RABU 6-Mar-13 PERSELA v MITRA KUKAR PERSEPAM MU v PERSISAM

Aremania Buka Tur ke Gresik MALANG–Arema Indonesia akan segera melakoni partai away menghadapi tim yang sedang dilanda prahara, Gresik United, Kamis (7/3) mendatang. Target poin pun telah dipasang oleh manajemen dan tim pelatih dalam laga bertajuk Derby Jatim ini. Namun, demi mengamankan dukungan bagi tim pujaannya, Aremania rencananya bakal ngluruk ke Gresik memberikan dukungan kepada Kurnia Meiga Hermansyah dkk. Untuk mengkoordinasi tret tet tet, kali ini para korwil pun merencanakan Tur Aremania Gresik. Humas tur Gresik, Mulyadi alias Mbah Gintul menyebut, pendaftaran sudah dibuka setiap hari. Baca Aremania... Hal.14

KAMIS 7-Mar-13 GRESIK UNITED v AREMA SABTU 9-Mar-13 SRIWIJAYA FC v PERSIB

AR EMANIA

KOMENT

SMS KE NOMOR 3910

DUKUNG SINGO EDAN Arema Indonesia mulai melakoni kompetisi terbaik di negeri ini, Indonesia Super League (ISL) dengan persaingan cukup ketat. Sebagai Aremania yang ada di mana-mana namun tidak kemana-mana, berikan dukungan kepada tim Singo Edan. BIAYA RP 500 PER SMS UNTUK SEMUA OPERATOR

CARANYA: KETIK AREMA SPASI KOMENTAR

BUKTIKAN TIM BERTABUR BINTANG buktikan bahwa km klub yg tangguh,malu kl tim bertabur bintang jk hrs klh BY DAFFA-MASANEGA 6285608033295

AYO SEMANGAT bwt sam RIDHUAN ayo semangat,tunjukkan skillmu yg hebat,terjangan kakimu yg lincah,taktikmu yg merepotkan lwn.BANGKITLAH..BY DAFFAMASANEGA 6285608033295

Simulasikan Strategi Redam Gresik United MALANG – Arema Indonesia kian serius mematangkan strategi khusus jelang laga lawan Gresik United (GU), Kamis (7/3) mendatang. Dalam sesi latihan pagi di Stadion

Gajayana, pagi kemarin, headcoach Arema, Rahmad Darmawan (RD) menerapkan simulasi strategi untuk meredam Laskar Joko Samudro, julukan GU di kandangnya.

“Pagi ini (kemarin.Red) kita fokus latihan simulasi pertandingan melawan GU, kita siapkan situasi yang mungkin bakal dihadapi di pertandingan,” terang RD kepada Malang

Post usai memimpin sesi latihan. Demi menyukseskan simulasi, entrenador yang juga kapten TNI-AL itu membagi skuad jadi dua tim. Baca Simulasikan... Hal.14

GUEST GESANG/MALANG POST

PEMANASAN: pemain-pemain Arema latihan untuk meredam kekuatan Aldo Baretto dkk.

LAKSMI ARISTA VYANDA, PUTRI CEO AREMA RAYAKAN ULTAH

Dirayakan Pertama Kali, Ingin Kado Arema Juara KELUARGA CEO Arema Indonesia Iwan Budianto sedang berbahagia. Sang putri pertamanya, Laksmi Arista Vyanda merayakan hari ulangtahun ke-18, Minggu (3/3) malam lalu. Acara perayaan ultah Vyan, sapaan akrabnya digelar di Malibu Resto Jalan Pahlawan Trip dan dihadiri oleh segenap awak tim Singo Edan. Suasana cozy nan nyaman dari musik akustik mengiringi perayaan ulang tahun Laksmi Arista Vyanda. Di bawah rintik hujan yang sudah mengguyur Jalan Pahlawan Trip sejak sore hari, gadis berparas cantik ini menyambut para tamu yang hadir dengan wajah berbinar. Putri Ni Putu Evy Shinta Dewi ini terlihat bahagia bersama orang-orang terdekatnya. Bukan hanya ultah bersama kedua orangtuanya yang bikin Vyan cerah sepanjang malam. Segenap awak punggawa Arema Indonesia, menjadi tamu spesial di ultahnya tersebut.

FINO YUDISTIRA/ MALANG POST

PANJANG UMUR: Putri CEO Arema Indonesia Iwan Budianto merayakan ultahnya yang dihadiri seluruh punggawa Arema Indonesia. Headcoach Arema Indonesia, Rahmad Darmawan (RD) para asisten pelatih, hingga awak punggawa skuad kebanggaan Aremania itu juga hadir memenuhi Malibu Steak Resto. Vyan mengaku sangat berbahagia dalam ultahnya ini. “Saya senang sekali, semua tamu undangan datang, termasuk tim Arema,” terangnya kepada Malang Post. Kakak Laras Carissa Devinta terlebih gembira lagi, karena perayaan Minggu malam adalah

ultah pertamanya yang dirayakan bersama banyak orang selain keluarganya. Menurut Vyan, hingga ultahnya ke-18, baru kali ini ayahnya menggelar acara perayaan dengan mengundang tamu. “Ini pertama kalinya ultah dirayakan banyak orang, biasanya gak pernah dirayakan sama tamu, selalu internal keluarga aja. Ini juga pertama kalinya ultah dan dirayakan oleh pemain dan klub Arema Indonesia, tentu saja ini spesial banget buat saya,”

tegas siswi kelas XII SMAN 3 Malang itu. Dalam kehangatan suasana pesta itu, sang CEO diminta oleh para tamu untuk menyanyi buat sang buah hati. Merasa ingin memberi sesuatu yang spesial buat putrinya, Iwan pun menuruti keinginan tamu dan naik ke panggung. “Coba lagunya Im Yours Jason Mraz,” ucap Iwan. Lantunan lirik penyanyi dari Amerika Serikat itu pun lirih keluar dari mulut Iwan. Tak puas dengan satu lagu, eks ketua BLAI PSSI ini menambah tembang bagi Vyan. Lantunan lagu Hingga Akhir Waktu milik Nineball pun dinyanyikan oleh alumnus SMPN 6 Malang itu, serta lagu My Valentine. Mendengar lagu special dari sang ayah, wajah siswi jurusan IPS itu pun makin berbinar senang. “Semakin senang karena dinyanyikan lagu sama papa, meski agak agak fals tapi karena buat aku jadi ya tambah seneng,” ungkap Vyan terkekeh. Sejujurnya, dalam ultahnya kali ini, Baca Dirayakan... Hal.14 REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 14

Kejar Mimpi di All England JAKARTA-Perjuangan duta bulu tangkis Indonesia di kancah All England sudah diawali. Mulai hari ini (5/5) hingga Minggu (10/3) di National Indoor Arena Birmingham, harumnya nama Indonesia di olahraga bulu tepok itu ada pada pundak Sony Santoso dkk Merah Putih menurunkan 29 atlet di All England ini. Rinciannya tiga orang tunggal putra. Empat orang tunggal putri. Tiga pasang di ganda putra. Empat pasang di ganda putri. Serta empat pasangan di ganda campuran. Indonesia menggondol satu mahkota tahun lalu di All England. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir itu berhasil menaklukkan pasangan Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl 21-17,21-19 di partai puncak. Nah, melihat peta persaingan menuju juara All England tahun ini, nama Owi/Butet, panggilan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, layak dikedepankan. Ganda campuran rangking dua dunia itu menjalani persiapan khusus demi mempertahakan gelar juara. Setelah turun di super series premier Korea Terbuka dan hanya mencapai babak peempat final Januari lalu, keduanya absen di Malaysia Terbuka seminggu setelah Korea Terbuka. Di bawah Richard Mainaky mereka menggembleng diri. “Persiapan boleh dibilang lebih berat dibanding tahun lalu. Porsi latihan naik tiga kali lipat dibandingkan sebelumnya. Dalam sehari, kami bisa berlatih empat sampai lima kali,” kata Owi sebelum bertolak ke Inggris.(dra/jpnn/jon)

Bawa Misi Revans Sambungan dari Halaman 13

IRFAN ADITAMA/KALTIM POST

NASIONAL: Pemain asli Malang yang memperkuat Mitra Kukar Ahmad Bustomi kembali dipanggil timnas.

BTN Panggil 58 Nama ke Timnas JAKARTA-Setelah sempat simpang siur, wakil ketua Badan Tim Nasional (BTN) Harbiansyah akhirnya mengumumkan jadwal resmi pemusatan latihan TImnas. Mereka akan mulai berkumpul di Jakarta pada 7 Maret mendatang. 58 nama dipanggil untuk mengikuti seleksi jelang laga melawan Arab Saudi pada lanjutan pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015 grup C, 23 Maret mendatang. Harbiansyah menegaskan bahwa BTN telah melakukan rapat dan memastikan bahwa tak ada manajer di Timnas untuk saat ini. Luis Manuel Blanco yang ditunjuk sebagai pelatih nantinya akan menjabat sebagai manager coach. “Rapat bersama ketua BTN (Isran Noor), sudah memutuskan tak ada manajer. Pemain sudah harus di Jakarta pada 7 Maret,” ujarnya saat ditemui di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, kemarin (4/3). Dalam pemanggilan pemain, BTN juga menambah jumlah daftar pemain yang dipanggil. Jumlah ini fix dan dijamin tak akan ada

perubahan lagi. Dari 38 pemain yang awalnya dipanggil, BTN kali ini menambahkan 20 nama dari Indonesia Super League (ISL).

“Saya jamin mereka datang, karena surat pemanggilan itu ditandatangani BTN dan Sekjen PSSI. Jadi tidak ada

Pemain yang Dipanggil Timnas: Kiper: 1) Kurnia Meiga (Arema) 2) Syamsidar (Mitra Kukar) 3) I Made Wirawan (Persib) 4) Jandra Eka Putra (Semen Padang) 5) Endra Prasetya (Persebaya) 6) Denny Marcel (PSM) Bek 7) Hamka Hamzah (Mitra Kukar) 8) Ricardo Salampessy (Persipura) 9) Victor Igbonefo (Arema) 10) M Robby (Persisam) 11) Zulkifli Syukur (Mitra Kukar) 12) Ruben Sangadi (Persipura) 13) Supardi (Persib) 14) Hasyim Kipuw (Arema) 15) Abdurahman (Sriwijaya FC) 16) Novan Setya (Semen Padang) 17) Syaifullah (Semen Padang) 18) Aris Tuansyah (Semen Padang) 19) Suyatno (Pro Duta FC) 20) Nopendi (Persiba Bantul) 21) Faturrahman (Barito Putera) 22) Muhammad Roby (Persisam) 23) Syahrizal (Persija ISL) 24) Raphael Maitimo 25) Diego Michiels Tengah 26) Ahmad Bustomi (Mitra Kukar) 27) Immanuel Wanggai (Persipura) 28) Egi Melgiansyah (Arema)

MU VS REAL MADRID

Partai Hidup Mati MANCHESTER-Manchester United harus mewaspadai potensi serangan lini depan pemain Real Madrid pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim akan bertanding dalam laga hidup mati di Old Trafford, Rabu (6/3) dinihari (Ditayangkan SCTV, pkl 03.30 WITA). Setan merah - julukan Manchester United - memiliki satu keuntungan produktivitas di kandang lawan usai berhasil menahan imbang Madrid dengan skor 1-1 saat berduel dengan Madrid di Santiago Bernabeu pertengahan Februari lalu. Saat itu, United bahkan unggul lebih dulu berkat gol dari Danny Welbeck. Cristiano Ronaldo menghindarkan Los Blancos dari kekalahan berkat gol sundulan kepalanya. Dalam laga itu, Soccernet mencatat Madrid bisa mendominasi pertandingan. Los Merengues membukukan penguasaan bola sebesar 61 persen, juga sepakan ke gawang sebanyak 28 kali yang cuma delapan kali menemui bidang. Ketajaman lini serang Real Madrid membuat Manajer Sir Alex Ferguson mengingatkan kembali tentang kehebatan Cristiano Ronaldo. Fergie mengatakan bahwa mantan anak didiknya itu semakin berkembang seiring waktu.”Dia adalah pemain yang lebih hebat saat ini, karena dia semakin dewasa. Dia berada dalam puncak karier dan dia nyaris tak pernah cedera, tak pernah melewatkan pertandingan penting dan dia pasti akan berada dalam performa terbaiknya,” ujar Fergie. Namun pelatih legendaris ini tak mau mengungkapkan cara yang akan dipakainya untuk menghentikan Ronaldo. Ia memilih bercanda dalam menghadapi pertanyaan tentang cara mematikan Ronaldo.”Saya sudah menyiapkan rencana untuk menghentikannya dengan pedang. Rencana B adalah dengan memakai senapan mesin,’’ katanya. Berkaca pada pertandingan leg pertama itu juga, midfielder MU, Michael Carrick, menyatakan tim yang dibelanya tak bisa bermain menyerang total. “Kami tak bisa (menyerang total). Saya tidak berpikir kami akan melakukannya dan saya tidak berpikir mereka akan melakukannya. Hal itu sulit diprediksi bukan?” kata Carrick seperti dilansir Sky Sports. Madrid sendiri memang sedang on fire. Dua kemenangan atas Barcelona jadi persiapan terbaik yang bisa dipunya Madrid jelang laga di Liga Champions. “Jelas sekali kalau dalam lima hari terakhir, dengan kemenangan-kemenangan ini, membuat kami gembira. Tapi sepakbola punya keanehan-keanehan. Sekarang kami harus berlatih, mempersiapkan pertandingan dengan Manchester United seperti ini,” sahut asisten pelatih Madrid, Aitor Karanka di situs resmi klubnya.(ran/jpnn/jon)

29) Ian Louis Kabes (Persipura) 30) Zulham Zamrun (Mitra Kukar) 31) Bayu Gatra (Persisam) 32) M. Ridwan (Persib) 33) Firman Utina (Persib) 34) Boas Salossa (Persipura) 35) Eka Ramdani (PBR) 36) Arif Suyono (Mitra Kukar) 37) Nur Iskandar (Semen Padang) 38) Andik Vermansah (Persebaya) 39) Taufiq (Persebaya) 40) Faisal Amri (Pro Duta FC) 41) Dedi Hartono (Barito Putera) 42) Stefano Lilipaly (Almera City) 43) Toni Cussel 44) Oktovianus Maniani (Persipar) 45) Anggi (Persires Bali Devata) Penyerang 46) Greg Nwokolo (Arema) 47) Patrich Wanggai (Persipura) 48) Ferdinand Pahabol (Persipura) 49) Tantan (Sriwijaya) 50) Sergio Van Dijk (Persib) 51) Titus Bonai (Semen Padang) 52) Jajang Mulyana (Mitra Kukar) 53) Irfan Bachdim (Chonburi FC) 54) Mario Aibekop (PS Biak) 55) Husin Rahaningmas (Persemalra Tual) 56) Musafri (Perseman) 57) Toni Sucipto (Persib) 58) Ferdinand Sinaga (Persisam)

alasan bagi pemain untuk tidak datang,” tuturnya. Nantinya, para pemain akan melakoni pemusatan latihan sekaligus seleksi sampai 15 Maret sebelum BTN mengumumkan 23 nama yang akan dibawa untuk menghadapi Arab Saudi. Harbiansyah mengaku akan berkoordinasi dengan pengelola kompetisi untuk menyesuaikan jadwal dengan masa pemusatan latihan Timnas. Sementara itu, CEO PT Liga Indonesia (PT LI) Joko Driyono memastikan bahwa pihaknya akan meliburkan kompetisi ISL pada 18-25 Maret. Kebijakan itu diambil untuk memberikan waktu fokus ke Timnas dan klub tidak terbebani kala pemainnya harus ke Timns dan harus melakoni pertandingan. Namun, sampai kemarin PT LI belum bisa memastikan apakah nantinya laga pada medio 18-25 itu akan digeser di akhir musim atau tidak. “Kami ada dua opsi, apakah akan disisipkan di jadwal yang sudah ada atau digeser semua pda tanggal yang belum kami pastikan. Nanti itu kami rapat-

kan lagi,” tandasnya. Nah, melihat jadwal pemusatan latihan dari BTN yang dimulai pada 7 Maret, interval antara 7-17 Maret juga sedang dipertimbangkan oleh PT LI. Kompetisi tidak akan diliburkan, namun PT LI akan menjadwal ulang partai-partai tertentu yang pemainnya dipanggil ke Timnas. Di sisi lain, CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) Widjajanto belum memberikan penjelasan terkait pemanggilan ini. Saat dikonfirmasi, dia tidak memberikan jawaban dengan alasan sedang sibuk. Meski jadwal dimundurkan, ternyata pelatih Luis Blanco tetap menggelar latihan sore di lapangan C Timnas, Senayan, kemarin sore. Hanya tiga pemain yang terlihat melakoni latihan bersama Luis, yakni Mario Aibekop, Anggi, dan Husin Rahaningmas. “Saya mencoba untuk tetap latihan. Karena kondisi sepak bola seperti saat ini, kami hanya berharap pemain bisa segera berkumpul,” tandas Luis. (aam/jpnn/jon)

Persela Depak Gomez

GUEST GESANG/MALANG POST

DIPECAT: Pelatih Persela Lamongan Gomez de Oliveira akhirnya harus angkat kaki dari Lamongan.

LAMONGAN- Gomez de Oliveira akhirnya menjadi korban kedua pemecatan pelatih di ajang kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini. Menyusul pelatih Persegres Gresik Suharno, pelatih asal Brazil ini juga mengalami nasib yang sama. Sejak kemarin (4/3) pagi, mantan pelatih sukses di Persiwa itu secara resmi dinyatakan tidak lagi megarsiteki tim berjuluk Laskar Joko Tingkir. “Untuk sementara Gomez kita istirahatkan. Adapun untuk mengisi kekosongan pelatih manajemen memercayakan kepada Didik Ludianto dengan dibantu Ragiel Sudirman,” kata Asisten Manajer Persela, Yuhronur di Stadion Surajaya Lamongan. Tidak seperti biasanya Yuhronur yang jua menjabat Sekkab Pemkab Lamongan itu menghadiri latihan Gustavo Fabian Lopez dkk latihan. Sehingga, kedatangannya sempat membuat sejumlah pemain bertanya-tanya dan kaget. Tapi, setelah pria yang pernah menjabat Dirut Bank Daerah Lamongan (BDL) ini mengumumkan soal kepelatihan tim, semua pemain terlihat girang. Ini ditunjukkan dengan tepuk tangan lumayan panjang.

“Manajemen berharap dengan massa transisi ini semua kembali bersemangat dan tim menjadi lebih baik. Kita satu tim. Tingkatkan kembali komunikasi dengan tanpa melihat perbedaan pemain. Semua sama saja dengan satu tekat dan tujuan demi berkibarnya bendera Persela,” imbuhnya, menyemangati pemain. Sebelumnya, Yuhronur sempat menguraikan keberadaan Didik dan Ragiel. Selaku pelatih carateker, Didik disebutkan sebagai asisten pelatih yang pernah menimba ilmu kepada mantan pelatih Persela musim lalu, yaitu almarhum Miroslav Janu. Di bidang kepelatihan dia pernah mengantarkan Persela U-21 sebagai juara nasional. Lebih penting lagi, suara kebanyakan pemain mengaku menerima Didik dengan senang hati. Lewat “kekusaan” Didik dengan pengalaman seperti itu, Gustavo dkk diharapkan mendapat sentuhan dan polesan kepelatihan minimal berbau Janu. Setidaknya terkait dengan peningkatan fisik pemain yang sementara ini masih dinilai kurang. Janu, saat itu dikenal sebagai pelatih disiplin dan ahli membentuk fisik pemain menjadi tangguh dan kuat di lapangan. Untuk Ragiel, dia juga mencatat banyak pengalaman di dunia sepak bola nasional. Dia pernah menjadi asisten pelatih di Persela selama hampir 10 tahun. Mulai pelatih Mustaqim, Riono Asnan, Widodo C Putro hingga Subangkit dan M. Basri. Ragiel musim lalu juga sukses mengantarkan Persela U-21 sebagai juara nasional. Disinggung sampai kapan masa transisi kepelatihan Persela dan siapa pelatih calon pengganti? Yuhronur kemarin merahasiakannya. Dipastikan sejumlah nama diakui sudah tercatat sebagai referensi. “Kita fokus untuk pertandingan melawan Mitra Kukar dulu. Kalau kita cari pelatih baru, tentu tidak dalam waktu mendesak seperti ini. Karena pelatih baru butuh adaptasi. Doakan saja dengan situasi baru kondisi tim kembali solid dan lebih kompak,” tandas Yuhronur. Diketahui, sebelumnya Gomez dituntut mundur karena gagal membawa prestasi Persela lebih baik. Catatan prestasi sementara, Persela bertanding delapan kali hanya menang dua kali. Lima kali kalah dan sisanya imbang. Celakanya, kekalahan tim kebanggaan warga Lamongan ini salah satunya terjadi di kandang sendiri. Hasilnya, Persela sementara ini menduduki juru kunci klasemen sementara ISL. Prestasi terburuk sepanjang sejarah.(idi/jpnn/ko/jon)

Jarak antara away lawan GU dan calon lawan berikutnya, Persib Bandung cukup jauh, yakni sembilan hari, tanding hari Sabtu (16/3). Praktis, pulang ke Malang usai pertandingan lawan Gresik akan menguntungkan Arema. Setidaknya dalam urusan operasional tim yang selalu memakan banyak dana tiap laga away-nya. Recovery dan persiapan lawan Persib juga bisa dilakukan selama kurang lebih satu minggu di Malang. Bertandang ke Gresik bukanlah hal yang asing bagi RD. Sebelum ISL bergulir, pelatih asal Metro Lampung itu sempat memboyong anak asuhnya bertandang ke kandang tim pujaan Ultrasmania, suporter GU itu. November 2012 lalu, Arema pernah bertanding melawan GU di Tri Dharma, dan dipaksa menyerah 0-2 oleh Aldo Barreto dkk. Kini, dengan semangat yang baru dan tim yang lebih solid, keberangkatan sore ini ke Gresik membawa misi revans kala ujicoba tahun kemarin. Tapi, ada satu sosok yang kemungkinan besar tak bisa ikut dalam tur Gresik. Muhammad Ridhuan, winger idola Aremania itu sedang ada di Singapura untuk menyelesaikan visanya. “Ridhuan baru pulang Selasa sore, dia melewatkan latihan Minggu, Senin dan Selasa pagi, besar kemungkinan kita akan istirahatkan dia dulu,” tegas RD.(fin/jon)

Aremania Buka Tur ke Gresik Sambungan dari Halaman 13

“Untuk daftar tur Gresik yang rombongan, bisa ke City of Arema Jalan Trunojoyo, bisa cari Sam Rofi. Ada juga pendaftaran di Ruko Stadion Kanjuruhan, bisa cari Sam Awang,” jelas Mulyadi kepada Malang Post kemarin. Dua tempat ini bisa menjadi jujugan bagi Aremania yang ingin ikut dalam rombongan menuju Stadion Tri Dharma. Tujuannya, yakni agar tim berjuluk Singo Edan tak kekurangan sokongan moral dari Aremania. Mulyadi menyebut, untuk ikut dalam tur tret tet tet ini, Aremania cukup membayar Rp 75 ribu. “Itu sudah dapat fasilitas bus AC dan tiket masuk ke Stadion Tri Dharma. Kita sudah koordinasi dengan panpel Gresik sehingga bisa dapat tiket untuk masuk,” terang pencetus sekaligus pendiri korwil pertama Aremania, Jodipanesse tersebut. Kehadiran Aremania di Stadion Tri Dharma, kata Mulyadi mutlak diperlukan tim berlogo singa itu. Pasalnya, tugas merebut poin penuh bukanlah perkara mudah. Meskipun GU sedang dilanda masalah internal usai memecat pelatih Suharno, tim berjuluk Laskar Joko Samudro itu bukanlah lawan mudah bagi Arema. Apalagi, ada sosok Ultrasmania, suporter fanatik GU yang siap memberikan dukungan kepada Agus Indra dkk. “Kita akan birukan kandang lawan. Ultrasmania saudara kita, tapi kita dukung tim masing-masing. Jangan sampai Arema kekurangan dukungan di Gresik,” terang korwil kelahiran 1952 yang telah berusia kepala enam itu. Keberangkatan tur Gresik ini rencananya, Kamis 7 Maret 2013 pukul 07.00 WIB.(fin/jon)

Simulasikan Strategi Redam Gresik United Sambungan dari Halaman 13

Kelompok pertama memakai baju abu-abu adalah Victor Igbonefo, Purwaka Yudi, Thierry Gathuessi, Benny Wahyudi, Dedi Kusnandar, Egi Melgiansyah, Kayamba Gumbs, Dendi Santoso, Beto Goncalves dan Christian Gonzales. Sementara, tim yang memakai rompi kuning berisi Hasyim Kipuw, Gilang Ginarsa, Munhar, Johan Ahmad Farizi, I Gede Sukadana, Joko Sasongko, Reza Mustofa, Yandi Sofyan, Irsyad Maulana dan Qischil Gandrum Minny. “Saya sedang menilai komposisi, siapa yang akan diturunkan dan pas dengan strategi, akan jadi gambaran saya. Tapi, strategi ini baru bisa benar-benar matang dalam dua sesi latihan sebelum bertanding Kamis nanti untuk tambah keyakinan saya,” papar pelatih berusia 46 tahun ini. Selama latihan, kedua tim saling serang dan menunjukkan determinasi. Beberapa pemain yang berada di pinggir lapangan, seperti Hendro Siswanto (akumulasi), Yericho Christiantoko, Sunarto dan Greg Nwokolo melahap materi dari pelatih fisik dan fisioterapis tim. Melihat barisan pemain GU, khususnya lini penyerang yang tajam, tactician berusia 46 tahun ini menyiapkan latihan khusus. “Saya terus tekankan latihan antisipasi free kick dan corner kick, karena itu salah satu keunggulan GU,” tegas RD. Usai latihan, hari ini rencananya Arema melakukan latihan terakhir di Malang sebelum berangkat ke Gresik, besok sore.(fin/jon)

Dirayakan Pertama Kali, Ingin Kado Arema Juara Sambungan dari Halaman 13

penghobi fotografi itu sama sekali tak berharap dapat hadiah apapun. Bagi Vyan, yang penting kebersamaan dengan Arema bisa terasa di ultahnya. Kalaupun diminta berharap, gadis yang menargetkan kuliah jurusan Desain Komunikasi di Lasalle College Of Arts, Singapura itu hanya meminta Arema sanggup merengkuh gelar juara ISL lagi. Ultahnya di Malibu Resto hanya untuk undangan khusus tim Arema beserta kolega sang ayah. Rencananya, Vyan bakal mengadakan perayaan lagi, kali ini khusus untuk teman-teman sekolahnya. “Nanti adakan lagi, tapi kali ini sama temen-temen,” tutup gadis yang biasa turun ke lapangan untuk memotret Arema kala berlaga di home, bersama fotografer media yang lain itu. (fino yudistira/jon) REDAKTUR : JONS, LAYOUTER : SLATEM


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 15

RIZAL FANANY/MALANG POST

Persema Tak Gentar Hadapi Persebaya MALANG - Persema mengusung misi nothing to lose jelang bentrok Persebaya 1927, Rabu (6/3) besok. Meski berstatus tuan rumah, skuad berjuluk Bledek Biru justru tak difavoritkan dalam big match bertitel derby Jatim tersebut. Menilik materi skuad asuhan Slave Radovski, tak heran bila banyak yang menilai Persema bakal kesulitan menjungkalkan Bajul Ijo (julukan Persebaya) sekalipun bermain di Stadion Gajayana. Komposisi kedua tim musim ini ibarat bumi dan langit. Persema tidak diperkuat satupun pemain asing, justru dihuni mayoritas penggawa berusia kurang dari 23 tahun. Sebaliknya, calon lawan memiliki materi yang lebih mentereng. Nama-nama seperti Endra Prasetya, Mat Halil, Erol FX Iba, Taufik hingga Andik Vermansyah jelas sudah tak asing bagi pecinta sepakbola nasional. Tak cukup dengan sederet bintang ternama, Bajul Ijo asuhan Ibnu Grahan masih disokong kuartet legiun impor meliputi Goran Ganchev, Mario Kerlovic, Alain Nkong dan Fernando Soler. Persema yang mengandalkan penggawa lokal mau tak mau dituntut kerja keras untuk menjinakkan tamu asal Kota Pahlawan. Belum lagi, Laskar Ken Arok (julukan lain Persema) bakal tampil timpang karena absennya Leonard Tupamahu dan Pandi Widiarto akibat akumulasi kartu kuning. Padahal keduanya memiliki peran sentral dalam tim. Leo merupakan benteng di sektor pertahanan, sedangkan Pandi yang telah mengoleksi dua gol adalah kreator lini tengah tim pujaan Ngalamania. Kondisi tersebut nyatanya tak membuat Persema gentar. Head coach Slave Radovski berharap anak asuhnya bisa tampil lepas di hadapan publik sendiri. “Kami akan maksimal saat menghadapi Persebaya. Harus nothing to lose. Tidak ada target muluk-muluk, yang penting main 100 persen dulu,” serunya penuh percaya diri. Allenatore asal Makedonia itu tak memungkiri timpangnya materi pemain kedua tim. Namun hal itu dianggapnya bukan halangan berarti bagi Persema untuk memetik poin penuh. “Tim muda kami memang tak sebanding dengan skuad Persebaya yang dihuni banyak pemain berpengalaman. Tapi, kami akan beri perlawanan sengit di lapangan,” tukasnya kepada Malang Post. Saat ini, Slave tengah sibuk meramu komposisi ideal untuk meredam keganasan Bajul Ijo yang belum pernah kalah di dua laga awal musim ini. Utamanya mencari pemain yang paling tepat mensubstitusi peran Leo di jantung pertahanan dan Pandi di second line. Sore kemarin, mantan pelatih FC Skendija itu coba mengutak-atik strategi dalam sesi latihan di Lapangan Dirgantara Abdulrahman Saleh, Pakis. (tom/lim)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

OPTIMIS: Persema saat meladeni Bontang FC di Stadion Gajayana. Besok sore, Laskar Bledek Biru akan ditantang Persebaya

LPIS Putuskan Arema Kalah WO MALANG - Arema tampaknya tak

bisa berkelit lagi dari keputusan kalah Walk Out (WO) akibat mangkir bertanding menghadapi tuan rumah Semen Padang, 27 Februari lalu. Bila sebelumnya LPIS masih bersikap permisif dengan menyebut laga tersebut ditunda, operator kompetisi Indonesian Premier League (IPL) tersebut akhirnya merevisi kebijakannya. Dari pantauan Malang Post, sejak kemarin website resmi IPL, www.ligaprima.co.id mencantumkan laga Semen Padang kontra Arema berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tuan rumah. Dalam daftar klasemen sementara, juga bisa dilihat Arema menempati posisi 15 dari 16 kontestan. Singo Edan tercatat dua kali bermain, dua kali kalah dengan kemasukan lima gol. Asumsinya, kekalahan pertama diderita klub berlogo kepala singa dari Semen Padang dan kekalahan kedua saat tumbang dua gol tanpa balas kala menantang tuan rumah Pro Duta FC, Sabtu (2/3) lalu. Meski belum ada pemberitahuan resmi, bisa diartikan LPIS telah memutuskan Arema kalah WO karena menolak bertanding di Stadion H Agus Salim.

RIZAL FANANY/MALANG POST

BELUM TAHU: Manajemen Arema belum mengetahui kalau LPIS memutuskan Arema kalah WO saat tidak hadir di Padang 27 Februari lalu. Disinggung mengenai hal ini, Manangetok palu kekalahan bagi Singo jer Arema, Haris Fambudy justru meEdan. Pasalnya, setahu manajemen ngaku tidak tahu kalau LPIS telah mehingga menuntaskan away ke Medan

kemarin, laga kontra Semen Padang masih diputuskan ditunda. “Waduh, tidak tahu ya. Di website LPIS tertulis partai tunda Semen Padang vs Arema,” terangnya kepada Malang Post. Manajemen sendiri bersikukuh masih akan menunggu keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. “Kami bersabar saja menunggu keputusan Komdis. Kemungkinan Komdis pasti mendengarkan keluhan kami kenapa tidak datang ke Semen Padang,” beber manajer yang hobi otomotif ini. Sebelumnya, klub berlogo kepala singa telah menyampaikan keberatannya kepada penyelenggara liga bila harus tetap berangkat ke Padang. Pasalnya, petinggi LPIS baru memberi kepastian H-2 sebelum pertandingan. Bahkan legalitas klub yang dinakodai direktur Winarso baru diturunkan beberapa hari sebelumnya. Dengan waktu yang sangat mepet, Haris menilai tak masuk akal bila timnya tetap bertanding. Apalagi pertandingan tersebut adalah kelas kompetisi kasta tertinggi di tanah air, bukan laga eksibisi. Manajemen juga membandingkan saat Persiba Bantul batal bertanding di Malang tidak dikenai hukuman WO seperti Arema. (tom/lim)

FOKUS FISIK: Skuad Arema terus digenjot latihan pasca kekalahan melawan Pro Duta Sabtu (2/3) lalu

Tanpa TC, Gembleng Fisik Pemain MALANG - Lemahnya fisik pemain dianggap sebagai biang kekalahan Arema saat menantang Pro Duta FC di Stadion Baharoeddin Siregar, Sabtu (2/3) lalu. Menghadapi tim yang notabene lebih siap menyongsong kompetisi, skuadra Singo Edan tampil antiklimaks. Jangankan efektif meredam agresifitas tuan rumah, Tomi Jaelani dkk lebih sibuk mengatur ‘nafas’ masing-masing untuk bisa bertahan sepanjang 90 menit. Kelemahan itulah yang bakal dibenahi oleh head coach Abdurahman Gurning selagi tim memiliki masa rehat cukup panjang. Klub berlogo kepala singa dijadwalkan baru bertanding kembali 28 Maret mendatang, dengan menjamu Persiraja Banda Aceh di Stadion Gajayana. “Fokus kita sekarang adalah menggenjot fisik pemain,” seru Gurning kepada Malang Post. Tanpa banyak buang waktu, rencananya mulai besok Gurning sudah akan menggembleng pasukannya dengan program fisik. Sepanjang pekan ini, Jaya Teguh Angga dkk bakal melahap menu yang cukup mengurus tenaga demi memperbaiki kualitas ketahanan dan kebugaran mereka saat melakoni pertandingan. Nantinya program penggemblengan fisik ini menyatu dengan sesi latihan rutin. Gurning menyebut prosentasi latihan fisik mencapai 70 persen. Artinya, tidak ada agenda pemusatan latihan alias training center (TC), seperti banyak dilakukan klub profesional selagi ada jeda pertandingan cukup panjang. “Latihan nanti sudah seperti TC. Jadi tidak perlu program keluar. Untuk minggu pertama ini 70 persen fisik, 30 persen untuk pemantapan teknik dan taktik,” beber pelatih asal Medan itu. Untuk melihat perkembangan hasil latihan, tim bakal dijajal dalam laga ujicoba yang diagendakan pada akhir pekan. “Mungkin Sabtu kita ujicoba. Pilih lawan lemah dulu. Sekadar untuk mengukur sejauh mana perkembangan anak-anak,” tukas tactician kelahiran Kisaran, 15 Januari 1958 tersebut. Meski terkesan berat, Gurning mengaku bakal menyiasati program latihan agar pemain juga tidak terlalu kepayahan. “Saya sudah usulkan untuk menambah vitamin untuk pemain. Selain itu program latihan juga disiasati jadi empat hari latihan dengan sehari rest (istirahat). Kita atur saja agar hasilnya maksimal,” urai mantan penggawa Timnas era 1980’an itu.(tom/lim)

Derby Jatim, Panpel Naikkan Harga Tiket MALANG - Bentrok Persema kontra Persebaya 1927 dalam lanjutan Indonesian Premier League (IPL) 2013, Rabu (6/3) besok diprediksi bakal ‘panas’. Pertemuan dua tim asal Jatim itu dianggap memiliki prestis tersendiri. Menilik sejarah pertemuannya, rivalitas Bledek Biru dan Bajul Ijo (julukan Persebaya) bahkan sudah dimulai sejak masa kompetisi Perserikatan. Tak heran bila pertandingan besok diyakini bakal menyedot animo penonton dalam jumlah besar. Menilik prediksi tersebut, pihak panpel juga telah menyiapkan strategi mujarab. Rencananya, Panpel Persema bakal menaikkan harga tiket pertandingan khusus untuk laga derby Jatim ini. Rencana kenaikan harga ini telah dikomunikasikan oleh panpel dan manajemen. Hal itu dibenarkan oleh Ketua Panpel Persema, Dito Arief. “Ada kenaikan harga khusus untuk pertandingan besok saja. Ini sesuai permintaan dari pihak manajemen. Jadi sudah disepakati bersama,” terangnya kepada Malang Post. Nantinya, harga tiket ekonomi yang saat laga kontra Bontang FC, Sabtu (2/3) lalu dibanderol Rp 15 ribu naik menjadi Rp 20 ribu. Sedangkan tiket VIP dari Rp 35 ribu naik menjadi Rp 40 ribu. Untuk tiket VVIP tampaknya tak ada perubahan harga, tetap Rp 50 ribu. “Dua kategori tiket itu yang naik,” imbuh pria yang juga Asisten Manajer Persema itu. Dengan kebijakan tersebut, apakah manajemen tak khawatir jumlah penonton justru menyusut? “Pada dasarnya, untuk pertandingan home di Stadion Gajayana Persema belum terlalu menargetkan pendapatan dari tiket. Namun, kami ingin membiasakan saja konsep penyesuaian harga tiket dengan kualitas pertandingannya,” tukas Dito. Untuk jumlah tiket yang akan digelontorkan saat big match besok, bisa jadi akan ada penambahan. Namun, untuk tahap awal Panpel Persema masih berpikir mencetak 5000 tiket. Dengan rincian 3200 tiket untuk tribun ekonomi, 1000 tiket VIP, 500 tiket VVIP dan sisanya bersifat komplemen.(tom/lim)

HARGA TIKET Ekonomi VIP VVIP

Rp 15 ribu jadi Rp 20 ribu Rp 35 ribu jadi Rp 40 ribu tetap Rp 50 ribu

The Young Guns, Orbitkan Pemain Muda atau Efisiensi Bujet SEMPAT diragukan bisa ambil bagian dalam gelaran Indonesian Premier League (IPL) 2013, dua tim wakil Malang akhirnya benar-benar terjun di kompetisi kasta tertinggi geberan PSSI tersebut. Meski dengan komposisi skuad yang boleh dikata «apa adanya», keberanian Arema dan Persema berpartisipasi tetap layak diacungi jempol. Lemahnya kondisi finansial bisa disiasati manajemen dengan merekrut pemain kelas dua. Tak banyak nama beken yang didatangkan, namun setidaknya cukup untuk membentuk tim yang masuk klasifikasi layak bersaing di kompetisi strata utama. Pilihan pun dijatuhkan pada penggawa muda hasil gemblengan ‘akademi’ lokal Dari kubu Singo Edan, tercatat tiga pemain Arema U-21 dipromosikan ke tim utama. Meliputi Andre Lesmana, Galih Rajasa dan Muhammad Kholil. Saat ini Andre menapaki usia 23 tahun, sementara Kholil dan Galih baru berumur 21 tahun. Galih bahkan sudah mencatat debutnya

di level profesional karena tampil sebagai starter saat Singo Edan menantang tuan rumah Pro Duta FC, Sabtu (2/3) lalu. Manajemen Arema mengaku siap mengembalikan kejayaan klub berlogo kepala singa yang sepanjang sejarahnya selalu sukses melahirkan talenta hebat di pentas sepakbola nasional. “Kami ingin kembali ke khitah Arema, yang selalu percaya diri dengan pemain binaannya. Salah satu niatan kami musim ini adalah memunculkan pemain muda menjadi bintang,” seru Manajer Arema, Haris Fambudy.

Persema lebih ‘frontal lagi’. Dari daftar 26 pemain yang didaftarkan ke LPIS, 17 di antaranya kelahiran di bawah tahun 1990. Artinya, hampir 75 persen penggawa Bledek Biru masih belum berumur 23 tahun. Mayoritas pemain muda ini adalah jebolan kompetisi internal Persema, sehingga harus melakukan proses alih status untuk menjadi penggawa skuad senior. Menariknya, pemain muda ini tak sekadar menjadi pelengkap di skuad asuhan Slave Radovski. Tactician asal Makedonia itu justru memberi kesempatan mereka bermain sejak menit awal. Sebut saja

Didiek Ariyanto, Nehemia Marthen, Panyang akan menggembleng mereka,” urai di Widiarto dan rising star Joko Prayitno Slave tanpa keraguan. yang menjadi stater Manajemen Arema kala Persema meludan Persema boleh saja mat Bontang FC mencoba optimis, nadengan skor telak 4mun mereka juga tak 1, akhir pekan lalu. bisa mengelak ketika Pandi mencetak dihadapkan pada prosebiji gol, sedangkan blem finansial. Hal ituJoko dilabeli predikat lah yang membuat keman of the match sedua kubu harus berhitelah mengkreasi tiga tung cermat dalam meassist di pertandingan lakukan belanja pematersebut. “Musim lain. Sedikit saja meleset lu, banyak yang medan over bujet, bisaragukan Joko. Tapi, bisa lebih banyak lagi saya tetap berkeyaki‘aset’ yang harus dinan bahwa dia mekorbankan. “Dana memiliki potensi istimemang terbatas. tapi, kawa. Hal itulah yang mi terus berusaha mendia buktikan saat ini. cari sponsor,” kata HaTOMMY YUDA PAMUNGKAS Begitu pula untuk peris Fambudy. main muda kami Padahal, head coach yang lain. Saya optiSingo Edan, Abdurahmis mereka akan terus berkembang man Gurning sudah ngebet didatangkan seiring banyaknya kesempatan bermain pemain baru. Kekalahan dua gol tanpa bayang mereka peroleh. Kompetisi inilah las dari Pro Duta FC sudah cukup meng-

ilustrasikan betapa Arema membutuhkan suntikan amunisi berkelas. “Jujur, kami memang butuh tambahan pemain baru berkualitas. Mulai dari sektor belakang, tengah dan depan. Semoga bisa didatangkan dalam waktu dekat,” ujar Gurning kepada Malang Post. Harapan senada juga dihembuskan kubu Bledek Biru. Andai memungkinkan, Persema bakal mengontrak Guy Bertrand Ngon Mamoun untuk menambal komposisi saat ini. “Berat kalau kami tidak gunakan tenaga pemain asing. Tapi, lebih berat lagi kalau harus memaksakan pakai pemain asing. Jadi, diupayakan bisa kontrak satu atau dua pemain asing saja,” lanjut Manajer Persema, Patrick Theo Tarigan. Layak dinantikan, bagaimana kiprah The Young Guns Arema dan Persema di IPL musim ini. Yang pasti, mereka akan membuat kejutan. Hanya saja, kejutan apa yang akan diberikan bagi publik Malang? Hasil babak belur di akhir musim, atau catatan mengesankan yang justru melambungkan kejayaan Singo Edan dan Bledek Biru di kompetisi nasional. Kita tunggu saja. (*)

REDAKTUR : ABDUL HALIM, LAYOUTER : DJ AMIEL


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 16

MALANG BREAKIN

Kembalikan Kejayaan B-Boy BAGI Anda yang masa mudanya di tahun 1980an hingga 1990-an awal tentu sangat mengenal breakdance. Gaya tari yang berasal dari Amerika dan identik dengan musik hip-hop ini memang berkembang pesat di dua dekade tersebut. Sayangnya, setelah era 1990-an, pamor gaya tari ini mulai menurun. Kini, breakdance kembali bangkit. Terbukti semakin banyak bermunculan para B-Boy (breakdancer). Bahkan di Malang, muncul sebuah komunitas yang menaungi para B-Boy, yakni Malang Breakin. Komunitas Malang Breakin saat ini menaungi sedikitnya 15 kelompok B-Boy yang ada di Malang Raya. Meski dari berbagai kelompok B-Boy, namun komunitas ini selalu kompak. Terbukti ajang latihan bareng yang digelar oleh Malang Breakin setiap hari Senin, Rabu dan Jumat sore tak pernah sepi. “Setelah sempat mati suri selama beberapa tahun, Malang Breakin akhirnya bisa bangkit. Selama satu tahun belakangan ini kami bahkan semakin kompak karena seminggu tiga kali melakukan latihan bareng di GOR Pertamina UB,” beber Koordinator Malang Breakin’,

Andhang Sayidhimas pada Malang Post. Geliat B-Boy di Malang sebenarnya mulai terlihat ramai di tahun 2000-an. Tepatnya di tahun 2002, muncul komunitas B-Boy yang menamakan dirinya Malang Hip-Hop Community (MH2C). Sayangnya komunitas ini kurang dikenal public karena masyarakat lebih mengenalnya sebagai sekumpulan anak-anak rapper (MC). B-Boy MH2C saat itu digawangi oleh Den Juko dan Alm Yogi. Di tahun 2003, saat gencar-gencarnya kompetisi permainan mesin Dance Dance Revolution (DDR), Malang menjadi salah satu barometernya. Berbagai ajang kompetisi DDR digelar di Malang dengan peserta dari berbagai daerah. Dari ajang inilah, anak-anak DDR akhirnya mulai mengenal B-Boy yang berasal dari luar kota yang kemudian dibawa ke Malang. “Saat itu keberedaan B-Boy di Malang dipelopori oleh Lupi, Zier-zie, Sonne Sondrex, TamTam, Kiky (B-Girl), Ipunk, Sunny dan temanteman lainnya,” sambung Andhang. Sekumpulan anak muda ini kemudian membuat komunitas bernama Malang Breakerz Community (MBC) yang bermarkas di pusat keramaian seperti Malang Plaza, Ramayana dan Sari-

nah. Sejak saat itu, mulai banyak bermunculan generasi-generasi baru B-Boy dan ajang battle yang juga diikuti oleh B-Boy dari luar kota. “Di tahun 2004, banyak bermunculan Crew BBoy seperti Breakerz Family, The Duckz, GeToBe Squad, No Limit, BreakBal, Saturday Project, FootLose, Luxor, Neo Breakerz dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangannya, banyak terjadi perombangkan dari beberapa Crew BBoy dan mengalami pasang surut,” sambung alumni Unmer Malang ini. Di tahun 2007-2009, komunitas ini mengalami mati suri. Banyak B-Boy yang tidak aktif lagi. Hanya ada sepuluh orang yang tetap mempertahankan keberadaan Malang Breakin. Beruntung saja, keberadaan sepuluh orang ini dapat membuat Malang Breakin bisa bangkit kembali. Hingga di tahun 2012 lalu, bisa menumbuhkan Crew B-Boy baru. “Malang Breakin berdiri sebagai wadah para Crew B-Boy di Malang Raya. Kami di sini tidak menggurui atau mengatur mereka. Tidak ada ketua atau pemimpin di komunitas ini. Hanya sebatas mengkoordinir agar bisa terus berkembang dan tidak kembali mati seperti beberapa tahun lalu,” tegas Andhang. (nda)

Gather Up untuk Eratkan Persahabatan ANGGOTA komunitas Malang Breakin sangat kompak berkat latihan yang rutin mereka ikuti setiap Senin, Rabu dan Jumat sore. Di sini menjadi ajang bagi para B-Boy untuk berbagi ilmu dan gaya ngedance baru kepada kawan-kawannya. “Saat berkumpul dan latihan bareng inilah kami bisa semakin mendekatkan diri. Tak peduli hujan deras, kalau sudah waktunya jam latihan, temanteman pasti datang agar bisa semakin memperkuat keberadaan B-Boy di Malang,” terang Andhang Sayidhimas, kemarin. Di luar jadwal latihan bersama, Malang Breakin juga memiliki agenda bulanan yang diberi nama Malang Breakin Gather Up. Even ini merupakan ajang kumpul bareng, battle sekaligus chypers, yakni sesi untuk menampilkan freestyle. Andhang mengaku ajang ini selain sebagai wadah unjuk gigi, juga untuk mempererat hubungan antar B-Boy. “Apalagi di setiap even Malang Breakin Gather Up banyak B-Boy dari luar kota yang ikut. Kami bisa menjalin persahabatan dengan mereka agar semakin kuat,” sambung instruktur dance ini menambahkan. Gelaran Malang Breakin Gather Up sendiri dilangsungkan di tempat berpindah-pindah. Malang Breakin tidak merangkul sponsor tertentu untuk melangsungkan agenda rutin tersebut karena tidak bersifat komersil dan mereka sengaja ingin menjalankannya secara underground. “Kalaupun ada hadiah dari battle yang kami gelar,

Break, Break, Breakdance! Breakdance adalah tarian yang termasuk dalam empat unsure hip-hop. Tiga unsure lainnya adalah DJ, Rapper dan gravity. Dalam breakdance terdapat gerakan basic, yakni Top Rock, Foot Work, Frezze, dan Power Move.

Top Rock adalah gaya yang bertumpu pada gerakan kaki yang menari-nari, biasanya top rock dilakukan untuk menambah fondasi dari tarian tersebut, Top Rock juga harus mengikuti rythem atau ritme dari lagu yang dimainkan DJ, sehingga B-Boy tidak boleh membuat ritme sendiri, karena dapat mengurangi penilaian jika melakukan battle.

Foot Work hampir sama dengan top rock, tetapi foot work biasa dilakukan dengan tubuh di bawah. Contoh beberapa gerakan foot work: Helicopter, 3 step, 6 step, sweep, dll. Dalam foot work B-Boy harus mengikuti ritme dari lagu yang dimainkan.

Frezze adalah gaya yang dipakai di akhir maupun di tengah–tengah tarian. Frezze merupakan gerakan yang sangat membutuhkan kekuatan fisik. Jika fisik tidak terlalu kuat, frezze yang dilakukan hanya sebentar, berkisar 1-3 detik dan teknik yang dilakukan tingkat mudah atau rendah. Contoh gerakan frezze: baby frezze, chair, air baby, dll. Di sini breaker’s tidak harus mengikuti ritme dari musik, tetapi jika breaker’s ingin melakukan frezze harus disertai waktu yang tepat agar terlihat lebih baik atau menambah nilai di dalam battle.

SERU: Battle yang dilakukan dalan Malang Breakin Gather Up Volume 12. biasanya didapatkan dari uang pendaftaran peserta,” ungkap alumni SMK Tunas Bangsa Malang itu. Bulan Maret ini, ajang Malang Breakin Gather Up sudah memasuki volume 12. Artinya, even ini sudah digelar selama satu tahun penuh. Untuk merayakan perjalanan Malang Breakin Gather Up selama satu tahun, komunitas menggelar even

yang lebih besar dibandingkan biasanya. “Khusus penyelenggaraan volume 12, kami sengaja menggelar acara yang lebih besar. Secara khusus kami juga mengundang B-Boy di luar kota untuk meramaikan acara. Kami ingin membuktikan jika B-Boy di Malang Raya saat ini sudah berdiri semakin kuat,” tambah Andhang. (nda)

FOTO-FOTO: RIZAL FANANY/IST/MALANG POST

BANGKIT: Para B-Boy yang tergabung dalam Malang Breakin bertekad untuk mengembalikan kejayaan genre dance ini.

Power Moves adalah tarian yang melibatkan kekuatan tubuh dan kelenturan tubuh. Biasanya power moves dan frezze yang membuat orang tertarik dalam breakdance, karena gaya–gayanya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Power Moves tidak harus mengikuti ritme musik tetapi jika bisa mengikuti mungkin bisa menambah nilai dalam battle. Contoh power moves: 1990’s, 2000’s, windmill, turtle, flare, headspin, handspin, dll.

Breakdance mulai menunjukan geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman tersebut. Sebuah musik Hip-hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat. Ini yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Selain sebagai DJ yang menciptakan sebuah musik yang sangat pas untuk breakdance, Koll Herc juga termasuk salah satu senior di dunia musik Hip-hop, yang pada saat itu rela menjadikan tempat tinggalnya sebagai markas untuk komunitas ini.

Michael Jackson adalah orang yang mendorong pertumbuhan Breakdance. Jacko mulai memperkenalkan robot dance atau gerakan yang menyerupai robot pada lagulagu yang dibawakannya pada tahun 1974 di penampilan perdananya di televisi. Selain itu, di setiap penampilannya Jacko juga selalu membawakan berbagai macam gerakan yang cukup melegenda, salah satunya ialah moon-walk.

Perkembangan jenis tarian yang satu ini pun sangat pesat, bahkan beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 1980 2an, breakdance sudah menjadi seperti fashion di Amerika. Hampir di setiap malam di beberapa bagian kota terdapat beberapa komunitas yang saling menunjukan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini, walau tidak sedikit yang berujung pada keributan.

Gerakan Ekstrem, Anggota Didominasi Kaum Adam

EKSTRA: Anggota Malang Breakin kebanyakan laki-laki karena membutuhkan keberanian ekstra

MALANG Breakin beranggotakan 15 B-Boy yang berada di Malang Raya. Angka ini masih memungkinkan terus bertambah mengingat tren breakdance terus berkembang. Apalagi, Malang Breakin selalu membuka tangan lebar-lebar, khususnya kepada pendatang baru. Andhang Sayidhimas mengatakan, untuk menjadi anggota Malang Breakin, tak ada persyaratan yang sulit. Semua memiliki kesempatan yang sama. Bagi pemula, bisa mendekatkan diri dengan kelompok B-Boy yang sebelumnya sudah tercatat sebagai anggota Malang Breakin. “Kalau memang berminat gabung dengan Malang Breakin, langsung saja mendekat dengan salah satu tim B-Boy. Latihan bareng hingga ikut battle competition. Kami senang jika ada orang baru yang ingin ikut memajukan perkembangan B-Boy di Malang,” beber Andhang. Saat ini, komunitas Malang Breakin memang didominasi oleh kaum adam. Namun tak berarti tidak ada anggota perempuan yang tergabung di dalamn-

ya. Hanya segelintir anggota perempuan yang ikut karena breakin sendiri merupakan seni tari yang cukup ekstrem. “Anggota perempuan sedikit karena banyak gerakan-gerakan di breakin yang ekstrem. Seperti head spin, hand stand maupun flexible move. Dibutuhkan keberanian ekstra untuk bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut,” lanjutnya. Soal usia, lagi-lagi Andhang mengaku jika Malang Breakin tidak memberlakukan batasan, baik itu minimal maupun maksimal. Bahkan ada anak SD yang sudah menjadi B-Boy dan tercatat di bawah naungan Malang Breakin. Hanya, kebanyakan yang bergabung dengan komunitas ini anak kuliah. “Anak usia lima tahun sebenarnya sudah bisa jadi B-Boy dan bergabung dengan kami. Tapi selama ini masih belum ada. Sedangkan untuk usia maksimal, sebenarnya kami tidak membatasi. Namun saat ini, anggota yang senior usianya tak lebih dari 30 tahun. Kalaupun sudah berusia lebih dari 30 tahun, tetapi masih kuat breakin, kenapa tidak?” kata Andhang. (nda)

Setelah sempat menjadi “sampah” di beberapa tempat umum tersebut, akhirnya breakdance mulai menunjukan kelasnya. Pada akhir tahun 1980, mulai banyak kompetis breakdance yang resmi bermunculan dan Battle Of The Year merupakan salah satu kompetisi yang sangat berkelas. Kehadiran kompetisi ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya yang seara tidak langsung mengangkat kelas jenis tarian ini.

Walaupun breakdance dimulai oleh anak muda di gang jalanan, Sekarang budaya breakdance menjadi sebuah disiplin yang baru di antara penari dan atlet. Budaya breakdance sekarang bebas dipelajari oleh ras, jenis kelamin, umur berapa saja dan diterima secara mendunia. (net/nda)

REDAKTUR : ADINDA, LAYOUTER : RAHMA


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 17

RIZAL

JAY SHEN YE: Altar Jay Shen Ye (Cai Shen Ye) di ruangan ke tiga dari pintu masuk

Lusa, Ibadah Jay Shen Ye KELENTENG Eng An Kiong akan melakukan peribadatan pada yang mulia Jay Shen Ye pada Kamis lusa (7/3/13). Peribadatan yang sekaligus dilakukan untuk menutup akhir bulan di bulan satu (Imlek) ini juga dilangsungkan untuk memohon rizki dengan cara yang baik. Ruangan Jay Shen Ye (Cai Shen Ye) ada di baris ketiga dari pintu masuk Klenteng Eng An Kiong. Ruangan tersebut berisi meja altar dari batu marmer warna cokelat dan sebuah Gam atau rumah rupang dengan ukuran yang besar. Panjangnya sekitar 3 meter dengan bentuk menyerupai rumah lengkap

dengan genteng yang semuanya berasal dari ukiran kayu jati. Tempat lilin dan sebuah kereta tandu untuk Dewa Jay Shen Ye ada di masing-masing pojok ruangan bagian samping altar. Sebuah tempat dupa terlihat mengepul dengan sejumlah hio kecil tertancap dan menyala pagi kemarin. “Ibada Jay Shen Ye akan dilakukan sekitar jam 10.00 diawali dengan sembahyang kepada Tuhan YME di altar utama kemudian ke ruangan ini,” jelas Bunsu Anton Tryono, Rohaniwan Klenteng Eng An Kiong. Acara peribadatan tersebut sekaligus menjadi penutup ibadah di bulan 1 Imlek. Diharapkan dengan melakukan peribadatan di hadapan Jay

NAGA: Ukiran sepasang naga yang selalu mengapit dewa ataupun pintu. Shen Ye, seluruh umat klenteng akan mendapatkan rezeki lewat jalan yang benar dan berkah. “Setiap bulan selalu ada beberapa hari yang digunakan untuk beribadah bersa-

ma-sama. Sebab untuk ibadah setiap hari bisa dilakukan sendiri di rumah masing-masing,” jelasnya. Ruangan Jay Shen Ye yang ada di baris ketiga setelah ruangan

Kong Hu Cu dan Dewa Kesehatan Guang Cek Cuen Wan atau Kok Tik Cung On memiliki makna simbolis sendiri. Ruangan Kong Hu Cu yang mengajarkan cara untuk hidup di dunia kemudian dilanjutkan dengan Dewa Kesehatan yang dibutuhkan sebagai modal hidup di dunia, baru dilanjut ruangan Jay Shen Ye, Dewa rezeki yang memberitahukan cara mencari rezeki dengan jalan yang halal dan haram. “ Ruangan dan dewa disusun dengan makna sesuai simbolisnya. Ada jalan hidup yang kemudian membutuhkan sehat untuk mendapatkan rejeki yang sehat. Ini sudah dibangun sejak pendahulu saya ada di Eng An Kiong,” katanya seraya menambahkan dirinya mulai aktif di kelenteng sejak tahun 1970an. (pit/han)

RUPANG: Jay Shen Ye diwakili dengan 6 rupang yang berbeda

Ajarkan Cara Mencari Rezeki yang Benar JAY Shen Ye adalah Dewa rezeki yang dilambangkan dengan enam rupang dalam berbagai bentuk. Rupang pertama melambangkan seorang pelajar yang membawa untaian kertas berisi ilmu pengetahuan, rupang kedua menggambarkan seorang pria yang sukses berumah tangga dengan anak yang menggelayut manja di kakinya, rupang ketiga menggambarkan seorang pengusaha yang sukses di berbagai bidang, rupang ke empat adalah sosok kakek tua yang sedang tertawa gembira dengan seorang anak kecil bermain di kakinya sementara rupang kelima adalah sosok yang sehat dengan membawa tongkat kebesaran pertanda sukses dalam hal rohani. Sementara rupang keenam digambarkan dengan rupang yang berukuran jauh lebih besar dibanding rupang lainnya. Rupang tersebut berdiri di atas seekor macan dengan membawa setumpuk uang emas di tangan kiri. Sementara bagian dada tergambar sosok wajah yang bengis dan menyeramkan. “Rupang itu adalah simbol orang yang sukses duniawi namun memilih jalan yang salah. Dia harus kejam, berani dan raja tega. Jadi ada wajah seram di bagian dada dan naik harimau,” kata Bunsu Anton Tryono, Rohaniwan Klenteng Eng An Kiong. Sedangkan lima rupang lain yang berdiri berderet di bagian depan rupang besar tersebut memiliki makna filosofis kesuksesan yang didapat dengan cara yang baik juga akan membawa kekayaan di dunia dan akhir yang baik di kehidupan berikutnya. “Untuk bisa kaya dan sukses dengan cara yang benar dimulai dengan menjadi pelajar yang sukses, disusul dengan berkeluarga dan bertanggung jawab terhadap keluarga. Kemudian sukses dalam karir sampai sukses menjadi kakek yang bahagia. Rupang kelima adalah kesuksesan di kehidupan setelah dunia. Itu adalah tahapan kesuksesan yang diraih dengan jalan yang benar,” bebernya. Seluruh rupang di altar Jay Shen Ye tersebut berdiri berjajar dalam Gam atau rumah rupang yang besar. Di altar ini seluruh pengunjung klenteng Tri Dharma bisa belajar tentang cara yang benar dan salah dalam meraih kesuksesan lewat simbol-simbol yang ada. Dewa Jay Shen Ye juga ada di Malang karena mengikuti kultur masyarakat Malang yang dinilai sangat sesuai dengan Jay Shen Ye yang mengagungkan nilai kekeluargaan. “Rupangnya selalu terlihat menyertakan anak-anak yang bermain di kakinya. Itu artinya kesuksesan dan kebahagiaan duniawi tidak bisa jauh dari kebahagiaan dalam keluarga. Yang terpenting adalah mengatur kelurga yang baik sehingga bisa membawa sukses dunia dan kehidupan nanti,” jelasnya. (pit/han)

KABUL JUMALI, PEMBUAT ORNAMEN DI KLENTENG ENG AN KIONG

DYAH AYU PITALOKA

NAGA: Pahatan naga di salah satu pintu rumah Kabul Jumali. Naga di klenteng, menurut Jumali, memiliki hidung yang lebih pendek ketimbang naga versi pewayangan.

Rumit, Selesaikan Gam dan Tandu Kereta dalam Lima Tahun JIKA masuk ke dalam Kelenteng Eng An Kiong siapapun akan menangkap kesan yang mendalam tentang berbagai perlatan ibadah serta dekorasi hias ruangan yang penuh dengan ukiran, baik di dinding sampai di altar, meja dan juga rumah rupang. Ukiran yang rumit dan tumpang tindih satu dengan yang lain juga terlihat jelas di kereta tandu sejumlah dewa di klenteng. Malang Post berkesempatan untuk berbincang langsung dengan pengukirnya. Namanya Kabul Jumali, kakek dengan 4 cucu ini tinggal di RT 11 RW 4 Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Usia yang menginjak 58 menampakkan uban putih bertolak belakang dengan warna rambut asli dan kulitnya yang legam. Kabul yang sejak muda telah bekerja menjadi tukang kayu di mebel sebelah rumahnya mendapatkan kesempatan untuk mengisi sebagian besar altar dan ornamen hias di Kelenteng Eng An Kiong sejak tahun 1970an.” Waktu itu saya sering dipanggil kerja di klenteng. Tugas pertama saya adalah membuat papan nama dari dewa-dewa yang ada di klenteng,” bebernya. Karena kemauannya yang keras dan tidak mudah menyerah, Kabul kemudian ditantang untuk membuat Gam atau rumah rupang untuk seluruh rupang yang ada di klenteng. Altar lama yang telah digunakan sejak klenteng pertama berdiri sekitar tahun 1825 saat itu telah keropos dan lapuk karena dimakan usia. Detil ukiran yang rumit dengan menonjolkan karakter hewan seperti ikan, burung hong dan naga menurutnya berbeda dibandingkan ukiran Jepara yang sering dikerjakannya. “Saat itu saya terus berkonsultasi dengan Ko Lok, sekarang beliau sudah meninggal. Dia yang memandu saya membuat berbagai gam sampai

tandu khusus untuk dewa. Saya juga mencontoh relief dan ukiran lama yang sudah ada di klenteng,” katanya. Ukiran Jepara, menurutnya lebih banyak bermain dengan motif sulur bunga dan tumbuhtumbuhan. Sementara ukiran asal China lebih berani bermain warna dan lebih berani dalam detil dan rumit. Karyanya bisa dilihat mulai dari altar utama, yaitu altar Tuhan YME dan dewa bumi Hok Tek Ceng Sin dan berlanjut ke 11 altar yang lain. Seluruh gam dan papan nama adalah hasil karyanya. Sejumlah ornamen lain seperti kipas berukuran besar di samping altar utama juga adalah hasil karyanya yang disempurnakan dengan rekan lainnya. Khusus untuk gam dan kereta tandu diselesaikan dalam waktu sekitar 5 tahun. “Waktu itu gaji saya dari Rp 3000 sampai Rp 50 ribu sehari. Yang paling susah adalah menyelesaikan kereta tandu. Tiga buah kereta bisa saya selesaikan sekitar 1,5 tahun,” imbuhnya. Kini Kabul masih menyalurkan kemampuan ukir dan pahatnya dengan membuat caplo’an atau gagang cemeti milik jaran kepang yang terkadang dipesan pedagang di Wendit. Selain itu dia juga menjadi agen LPG melon di rumahnya yang sejuk di Sekarpuro. Pahatan naga, burung hong dan ikan terlihat digunakan untuk pintu salah satu kamar dibagian halaman rumahnya. Penyuka wayang ini memiliki kesan mendalam tentang sosok naga. Dia adalah salah satu penggemar tokoh Antaboga, naga dalam kisah pewayangan Mahabarata. Menurutnya, naga sendiri adalah inti dari kehidupan di dunia itu sendiri, “ nogo, onok ndek rogo, jadi apapun yang kita alami dan dapatkan di dunia ini semuanya tergantung dari perbuatan kita sendiri,” ujarnya. (dyah ayu pitaloka/han) REDAKTUR : DEWI YUHANA, LAYOUTER : RAHMA


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 18

Minum Air Es Usai Olahraga Tak Bikin Jantungan

SIAP BONGKAR: Tim Pengawas Century DPR, setelah mengunjungi Anas Urbaningrum mengaku siap mengusut empat nama baru yang dianggap mengetahui banyak tentang skandal bailout Century yang didapat dari Anas.

Anas Banyak Ungkap Informasi Century JAKARTA–Tim Pengawas Century DPR, Senin 4 Maret 2013, mengunjungi mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di kediamannya di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Anggota Timwas menyebut kedatangan mereka itu tak sia-sia. Fahri Hamzah, salah satu anggota Timwas yang ikut bertandang ke rumah Anas, mengatakan banyak informasi seputar skandal Century yang didapat dari Anas. Menurutnya, posisi Anas sebagai mantan Ketum Demokrat, mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, sekaligus mantan anggota Panitia Khusus Hak Angket Century DPR, memang membuatnya banyak tahu soal kasus Century. “Beliau

sangat konsen dengan kasus Century ini, dan ingin kasusnya dibuka hingga tuntas karena beliau juga ikut mengambil keputusan saat masih di Pansus Angket Century. Beliau juga bersedia kalau suatu hari diundang Timwas,” kata Fahri di rumah Anas, kemarin. Meskipun demikian, kata politisi PKS itu, saat ini Anas lebih berkonsentrasi kepada persoalan hukum dan politik yang membelitnya. Fahri mengatakan, Anas ingin kasus Century bisa tutup buku pada tahun 2013. “Beliau mewanti-wanti, pokoknya tahun ini (beres). Minimal harus tuntas sebelum pergantian anggota DPR,” ujar Fahri. Dengan demikian, sebelum

Pemilu 2014, Anas mengharapkan skandal yang merugikan keuangan negara Rp6,7 triliun itu sudah rampung. Sayangnya, meskipun Anas banyak bicara hal baru soal Century, namun Timwas menolak mengungkapkannya ke publik karena masih bersifat rahasia dan perlu diverifikasi untuk menegaskan kebenarannya. Selain Fahri, anggota Timwas Century lain yang ikut mendatangi Anas adalah Ahmad Yani dari Fraksi PPP, Hendrawan Supratikno dari Fraksi PDI Perjuangan, Syarifuddin Suding dari Fraksi Hanura, dan Chandra Tirta Wijaya dari Fraksi PAN. Dalam pertemuan itu, Timwas Century juga mendapatkan empat nama baru yang diang-

Choel Sudah Kembalikan Uang US$550 Ribu

gap mengetahui banyak tentang skandal bailout yang menelan uang negara sebesar Rp6,7 triliun itu. “Nama-nama itu sangat relevan, tapi spesifiknya kami masih menuggu bukti,” kata anggota Timwas Century, Hendrawan Supratikno, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Namun, Hendrawan tidak bersedia menyebutkan keempat nama tersebut. Selain mendapat informasi mengenai namanama baru dari Anas, tambah Hendrawan, Timwas juga menemukan beberapa fakta yang terlewat. Selama ini, kata dia, fakta itu tidak dianggap penting, namun setelah melihat dengan cara pandang yang berbeda, fakta itu menjadi penting. “Contoh faktanya yang se-

derhana soal pertanyaan apakah Presiden memperoleh informasi yang terus menerus mengenai audit, ini harus dikaji lagi,” tambah Hendrawan. Untuk itulah, Timwas kemungkinan akan kembali mengunjungi Anas untuk memperdalam keterangan yang didapat kali ini. Bila perlu, Timwas akan memanggil Anas ke DPR. “Dalam posisi apapun Anas akan memberikan kontribusi yang baik. Saya anggap ini bagian dari kontribusi Mas Anas,” ujarnya. Lantas, apakah keterangan Anas ini didukung dengan bukti-bukti? “Saya kejar, saya harus minta. Dia (Anas) bilang sedang dikumpulkan,” kata Hendrawan. (jpnn/udi)

Pengamanan Perbatasan Nunukan-Sabah Disiagakan

DIPERIKSA: CEO FOX Indonesia, Andi Zulkarnain Mallarangeng (Choel Mallarangeng) di KPK seusai menjalani pemeriksaan. JAKARTA- Chief Executive Officer Fox Indonesia, Andi Zulkarnaen Mallarangeng, yang akrab disapa Choel Mallarangeng telah mengembalikan sejumlah uang yang diterimanya dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek Hambalang, Deddy Kusdinar. Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP, membenarkan adanya pengembalian uang dari Choel Mallarangeng ke penyidik KPK. Johan menyatakan uang tersebut sudah dikembalikan pada 25 Februari 2013. “Ada sekitar US$550 ribu, dalam bentuk tunai,” kata Johan Budi SP di gedung KPK, Jakarta, Senin, 4 Maret 2013. Uang tersebut, katanya, kini telah diserahkan ke bendahara KPK untuk sementara disita demi kepentingan penyidikan kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) di Hambalang. “Uang itu statusnya dalam sitaan KPK,” tambah Johan. Kemarin, Choel kembali menjalani pemeriksaan kasus Hambalang. Pemeriksaan adik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng itu cukup singkat, mulai pukul 10.00 hingga 14.00 wib. KPK memeriksa Choel hanya satu materi, yaitu mengenai pengembalian uang yang diperoleh dari rekanan proyek Hambalang. (jpnn/udi)

SIAGA: Para personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia Markas Besar TNI dalam upacara pemberangkatan ke medan tugas. Mereka berasal dari Batalion Infantri 621/Manuntung. NUNUKAN- Mengantisipasi perkembangan keamanan di Negara Bagian Sabah, Malaysia, yang memanas, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia Markas Besar TNI meningkatkan penjagaan di Nunukan, Kalimantan Timur. Saat ini, yang berlaku sebagai satuan tugas itu adalah Batalion Infantri 407/ Padmakusuma. Peningkatan pengamanan itu untuk mencegah pemasukan kelompok bersenjata Kesultanan Sulu Selatan dari Filipina Selatan, yang berseteru dengan polisi Malaysia di sana. Komandan Batalion Infantri 407/Padmakusuma, Mayor

Infantri Ari Aryanto, di Nunukan, Senin kemarin, menegaskan, “Karena Sabah berbatasan langsung dengan Nunukan, maka kami selaku yang dipercayakan menjaga pos-pos perbatasan tetap siaga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.” Menurut dia, dari 29 pos perbatasan yang berada dalam penjagaannya, terdapat 23 pos yang letaknya berbatasan langsung dengan Sabah Malaysia. “Kami sudah perintahkan kepada anggota yang berjaga di pos-pos yang berbatasan antara Nunukan dengan Sabah agar memperketat penjagaan keluar-masuk sese-

orang,” ujar Aryanto. Ia mengakui konflik Sabah ini tidak tertutup kemungkinan bisa melebar kemana-mana hingga memasuki wilayah Indonesia melalui Kabupaten Nunukan. “Dua hari lalu sempat mendapatkan informasi kelompok bersenjata Filipina mulai merapat ke wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia untuk menyerang tentara Malaysia yang menjaga pos perbatasan,” tuturnya. Pos perbatasan yang dianggap rawan menjadi jalan masuk adalah di Pulau Sebatik dan Sei Menggaris karena di wilayah ini banyak jalur-jalur tikus yang bisa dilewati mereka. (jpnn/udi)

AKTIVITAS olahraga menyebabkan tubuh berkeringat sehingga cairan dalam tubuh berkurang atau dehidrasi. Minum bisa mengatasi masalah dehidrasi. Biasanya beberapa orang memilih minum air es usai berolahraga, karena rasanya yang segar. Lalu ada asumsi yang berkembang bahwa minum air es usai berolahraga bisa menimbulkan penyakit jantung. Benarkah pendapat tersebut? Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Dr dr Afriwardi, SpKO,MA menegaskan, belum ada satu pun kepustakaan ilmiah yang membuktikan bahwa meminum air es setelah berolahraga menimbulkan penyakit jantung. Karena itu, cerita yang berkembang di masyarakat tersebut belum bisa dibuktikan secara medis. Menurutnya, minum setelah berolahraga memang diharuskan untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi pada tubuh. Untuk mengembalikan status dehidrasi seusai berolahraga, Afriwardi menyarankan, “minumlah minuman bersuhu dingin dengan konsentrasi gula rendah, serta ditambah sedikit garam. Jadi seperti kita membuat larutan oralit saat membantu orang diare.” Jika pilihannya meminum jus buah, itu bisa saja dilakukan setelah berolahraga. Hanya saja, jus buah yang diminum harus dalam konsentrasi rendah, artinya jus yang tidak pekat atau kental. Lalu bagaimana dengan minuman kaleng yang disebut-sebut mengandung ion, apakah baik dikonsumsi setelah olahraga? “Penggunaan minuman kaleng semacam itu boleh saja, asalkan jangan berlebihan,” tambahnya. Ahli Kesehatan di bidang Kedokteran Olahraga ini merekomendasikan hanya cukup minum satu kaleng setelah olah raga. Sebab, jika penggunaan terlalu banyak justru bisa menimbulkan rasa mual. Tentu pada akhirnya tidak baik bagi kesehatan. Mengenai jumlah liter yang perlu diminum setelah bertanding, kebutuhan masing-masing orang tidak sama. Hal itu sangat tergantung kepada intensitas dan lamanya berolahraga. Walau begitu, tentu bisa dihitung kebutuhannya. Untuk menghitung kebutuhan air minum setelah berolahraga, idealnya dengan menghitung berat badan sebelum dan sesudah berolahraga, terutama jika olah tubuhnya berat. “Selisih berat badan merupakan jumlah cairan yang hilang dan perlu diganti,” paparnya. Untuk mengukur apakah minuman yang kita konsumsi sudah cukup mengganti hilangnya cairan dalam tubuh, caranya mudah saja. Ukurannya bukan nikmat atau tidak air yang diminum, melainkan rasa haus. Afriwardi menegaskan ketika rasa haus hilang setelah ada minuman yang masuk ke dalam tubuh, itu bisa dijadikan tanda untuk menilai kecukupan minum bagi seseorang. Biasanya, dalam kurun waktu dua hingga tiga jam setelah berolahraga akan muncul rasa ingin buang air kecil. (jpnn/udi)

DPR Dukung KPK Ungkap Skandal SIM JAKARTA- Anggota Komisi III DPR, Ahmad Yani mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tiga politikus Senayan yang disebut-sebut terlibat dalam kasus korupsi Simulator SIM di Korlantas Mabes Polri. “Kita mendukung KPK untuk panggil semua pihak, termasuk orang yang disebut Nazar dalam kasus Simulator,” kata Yani, di Kediaman Anas Urbaningrum, Jakarta Timur, Senin (4/3/2013). Namun demikian, Yani mengaku tidak mengetahui dugaan keterlibaatan ketiga rekannya itu. Anggota DPR yang dimaksud adalah Bambang Soesatyo (Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar), Aziz Syamsudin (Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Golkar), Herman Herri (Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP). “Saya tidak tahu terlibat atau tidak. Saya tidak tahu soal itu, kita dukung KPK mengungkap,” teBambang Soesatyo gas politikus PPP itu. Diberitakan sebelumnya, penyidik KPK bakal menelusuri dugaan keterlibatan sejumlah anggota Komisi III DPR dalam kasus simulator SIM pasca memeriksa empat politikus Senayan pada proyek sebesar Rp196,8 miliar itu beberapa hari lalu. Empat politikus yang diperiksa adalah Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Azis Syamsuddin, Bambang Soesatyo (anggota komisi III/Golkar), dan anggota DPR Fraksi PDIP Herman Heri, dan mantan Ketua Komisi III dari Fraksi Demokrat, Benny K Harman. “Tentu semua keterangan mereka akan divalidasi, apakah bernilai benar atau tidak. Maksudnya apakah didukung bukti-bukti atau tidak,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP, kemarin. (jpnn/udi)

Usut Kasus Hambalang, BPK Periksa 10 Anggota DPR JAKARTA- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sedang memproses audit tahap kedua atas proyek multiyears di Hambalang, Bogor. Untuk audit ini, BPK me-

minta keterangan lebih dari 10 anggota DPR. “Kami menelusuri dan meminta konfirmasi dari anggota-anggota DPR, khususnya yang menyangkut proyek HamHAMBALANG: Proyek pembangunan pusat pendidikan latihan dan sekolah olah raga nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor senilai Rp2,5 triliun.

balang. Ini sudah jalan,” kata anggota BPK Ali Masykur Musa, seusai peluncuran biografi Mahfud MD, Terus Mengalir, di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin, 4 Maret 2013. Ali mengungkapkan ada dua fokus dalam audit tahap dua proyek Hambalang. Pertama, semua proyek yang belum tertampung dalam sampling pemeriksaan pertama. Kedua, soal berapa kerugian negara berikutnya. “Termasuk pengambilan kebijakan multiyears itu juga kami teliti karena pengambilan keputusan di DPR juga menjadi data, baik data politik atau data anggaran,” ungkap dia. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 19

Berangkat Sekolah Terjungkal ke Jurang

AGUNG PRIYO/BINAR GUMILANG/MALANG POST

LUKA : Sariani menunjukkan luka dan memperagakan cara pelaku merampas kalungnya dan (foto bawah) tempat Fua»di menjadi korban perampokan.

Jambret Kian Nekat MALANG – Kemarin pagi, kawanan penjahat jalanan kembali bikin ulah. Sariani, 42 tahun, warga Jalan Angka Wijaya, Dusun Bunton, Desa Sidorahayu, Wagir yang menjadi sasarannya.–––Kalung emas milik ibu dua anak itu, dirampas dua penjambret saat berada di depan SMPN 17 Malang, Jalan Raya Pelabuhan Tanjung Priok, Kelurahan Bakalan Malang. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp 2 juta. “Selain merampas kalung, mereka juga memukul saya dengan gagang (pegangan) celurit yang dibawanya, sampai dahi saya ini memar,” ungkap Sariani. Sembari menunjukkan luka memar di dahinya, Sariani menceritakan bahwa peristiwa jambret tersebut terjadi sekitar pukul 08.35. Saat itu, dia sedang mengantarkan Umi Masfufah, 13 tahun, anaknya berangkat sekolah dengan berboncengan motor Honda Supra, N 5216 E. “Anak saya kelas I di SMPN 17 itu. Kebetulan tadi (kemarin) masuk siang,” ujarnya. Semula saat perjalanan dari rumahnya menuju ke sekolah, sama sekali tidak ada kecurigaan kalau diikuti oleh pelaku. Korban baru sadar kalau dirinya diincar oleh penjahat, ketika berhenti di depan SMPN 17 Malang. Saat itu tiba-tiba korban didekati oleh dua pelaku yang berboncengan motor. Satu pelaku yang dibonceng langsung turun dan menghampirinya. Dari belakang tangan pelaku langsung merampas kalung yang dipakai oleh korban. Sariani sendiri sempat berusaha mempertahankan kalungnya, namun karena kepalanya dipukul, dia akhirnya melepaskan. Pelaku sendiri setelah berhasil mendapatkan barang jarahan, langsung kabur ke arah timur. Warga di sekitar lokasi kejadian, sebetulnya sempat berusaha mengejar setelah mendengar teriakan korban. Tetapi warga tidak berdaya karena diancam dengan celurit oleh pelaku. “Umi juga sempat mau dibacok karena menarik jaket pelaku. Untung saja tidak sampai kena,”pungkasnya.

FEBRY SETYAWAN/MALANG POST

EVAKUASI : Warga dan polisi berusaha mengevakuasi motor yang masuk jurang. BATU- Sebuah motor dan pengendaranya, terjungkal ke jurang di Jalan Patimura, Kota Batu, kemarin. Korban yakni

Miftahul, 16 tahun, warga Perum Puri Savira Mojorejo, Junrejo, Kota Batu. Dia langsung syok karena peristiwa

tersebut. Motor yang dikendarainya, Honda Revo, N 4290 LO juga rusak cukup parah. Informasi yang dihimpun, korban merupakan siswa MAN II Malang Kota Batu saat itu sedang mengendarai motor sendirian. Setiba di lokasi tepatnya depan MAN, dia berusaha menghindari mobil yang sedang berhenti. Dia lantas membanting stir motor ke kiri. Fatalnya, dia tidak menyadari ada lubang menjorok dekat jalan raya sehingga Miftahul dan motornya terperosok masuk jurang sekitar tujuh meter. Korban terkulai lemas sembari menahan sakit, persis di samping motornya. Polisi dan warga sekitar pun cepat memberikan pertolongan, tetapi karena korban masih syok proses evakuasi korban pun harus menunggu kesadarannya pulih. Evakuasinya pun, harus melewati jalan melingkar atau mencari kedalaman jurang yang tidak terlalu terjal. “Korban masih bisa berjalan, meski sempoyongan. Namun dia butuh waktu karena masih syok,” tegas salah satu warga Jalan Patimura. Sedangkan evakuasi motornya, membutuhkan waktu lebih lama. Sebelumnya, motor diikat menggunakan tampar dan ditarik secara manual. Saat motor berada di tengah jurang, tali tiba-tiba terputus. Motor itu baru bisa ditarik menggunakan mobil evakuator milik Satlantas Polres Batu. (feb/lyo)

Kepala Dicelurit AKSI jambret juga terjadi di wilayah hukum Polres Malang. Fua’di, 34 tahun, warga Jalan Cokroaminoto, Desa/Kecamatan Wajak, kemarin pagi merelakan uang Rp 3 juta miliknya dibawa kabur dua penjahat yang beraksi di gang depan rumahnya. Tidak hanya itu, wajahnya juga luka karena dibacok para pelaku. Kapolsek Wajak, AKP Sardikan SE. SH mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan intensif terhadap pelakunya. “Korban melapor bila pagi itu dia pulang belanja berjalan kaki sendirian dari Pasar Wajak. Sampai di depan gang rumahnya, dia dicegat dua laki-laki naik motor Suzuki Satria FU,” terangnya. Salah seorang dari pelaku turun dan menyuruhnya untuk menyerahkan tasnya. Fua’di tentu saja tak menyerahkan tasnya begitu saja. Dia lantas melawan, sehingga membuat pelaku yang bersenjatakan celurit membacok keningnya. Bacokan itu, membuat korban terkapar. Pelaku pun merampas tas korban, dan kabur menggunakan sepeda motornya. Warga sekitar yang mendengar kejadian ini, Fu’adi ke RSSA Malang, untuk mendapatkan perawatan. (agp/big/mar)

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

BUKA : Salah satu penghuni rumah kos menunjukkan lemari yang dibongkar.

Maling Bobol Kontrakan Mahasiswi UB LOWOKWARU– Perumahan padat penduduk, Griyashanta semakin tak aman. Minggu (3/3) malam, mahasiswi Universitas Brawijaya (UB), Dyah Irasari, 21 tahun mengaku rumah kontrakannya di Perum Griyashanta Blok G/206 Malang diacak-acak pencuri. Dyah baru menyadari kontrakannya telah dibobol saat pulang dari liburan akhir pekan di rumahnya, Surabaya. Mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB itu menceritakan, ia pulang ke Malang karena hari ini harus kuliah. “Saya baru pulang dari Surabaya malam sekitar pukul 21.00. Saya lihat gerbang pagar depan kok sudah terbuka. Padahal waktu ke Surabaya hari Sabtunya, rumah saya gembok. Saat saya mau masuk garasi, saya lihat pintu rumah sudah dijebol,” ujarnya. Dia lantas melihat, pintu rumah kontrakannya dibuka dengan paksa. Kusen pintu rusak. Melihat pintu rusak, mahasiswi berkulit putih itu panik. Benar saja, begitu memasuki rumah, Dyah semakin syok ketika melihat dua pintu kamar dalam telah terbuka. Lemari dan laci meja telah diobrak-abrik oleh maling. Dyah mengaku kehilangan uang sebesar Rp 500.000, dua ponsel dan satu modem internet. Anehnya, katanya, kamera, emas, laptop, kunci untuk motor yang terparkir di garasi rumah kontrakannya tak diambil. “Aneh. Padahal itu saya taruhnya di

tempat terbuka, kok gak diambil,” ujar dia bertanya-tanya. Kontan saja, begitu tahu rumahnya disatroni garong, mahasiswi yang kini menginjak semester 6 itu langsung berteriak maling. Dua satpam kompleks yang mendengar teriakan ini pun mendatangi rumah kontrakan yang juga dihuni oleh dua mahasiswi lain itu. Dua orang satpam yang mendatangi kontrakannya menyebut bahwa sudah ada pembobolan di blok belakang. Nadia Swastika, salah satu mahasiswi yang menemani Dyah di kontrakan menyebut, satpam bilang bahwa pembobolan dua rumah sudah terjadi sejak siang hari. Yang disayangkan, sikap satpam dianggapnya kurang simpatik dan terkesan membiarkan adanya pembobolan di ketiga rumah tersebut. Dua satpam malah memarahi penghuni kontrakan ini karena tidak memberi laporan bahwa rumah akan ditinggal kosong. “Saya tak tahu namanya dua satpam itu, tapi kok saya malah dimarahi rumah saya dibobol maling. Satpam kan tugasnya menjaga kompleks ini, kalau ada pembobolan harusnya segera lapor polisi atau pengelola Griyashanta. Tapi kok terkesan membiarkan,” tegasnya. Padahal, pos satpam terletak pada tempat yang terlihat dari rumah kontrakan blok G 206 itu. (fin/mar)

BINAR GUMILANG/ MALANG POST

DIGIRING: Bakri digiring ke ruang pemeriksaan.

Kakek Cabul Dibekuk PAKISAJI- Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Itulah kiranya ungkapan yang pantas disematkan kepada Bakri, kakek berusia 71 tahun, warga Desa Karangpandan, Pakisaji. Dia melakukan tindakan asusila, terhadap YM, bocah tetangganya yang masih berusia lima tahun. Akibat perbuatan bejatnya itu, dia saat ini diamankan di Mapolres Malang. Kini, kasus pencabulan tersebut ditangani oleh penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA). “Tersangka saat ini masih diperiksa secara intensif oleh penyidik UPPA Polres Malang,” ungkap Humas Polres Malang, Ipda Sholeh Mas’udi. Dia menjelaskan, modus perbuatan cabul yang dilakukan pelaku, saat korban datang ke toko kelontong milik pelaku, yang tepat di depan sekolah korban. Saat itulah, korban YM dicabuli. Aksi ini terungkap setelah orang tua korban mengetahui jika anaknya menangis sepulang dari toko milik pelaku. “Modusnya, korban datang ke toko untuk membeli jajan saat istirahat sekolah. Saat di toko inilah, pelaku justru berbuat tindak pidana asusila,” terang Mas’udi. Dia menambahkan, menurut pengakuan tersangka di hadapan penyidik yang memeriksanya, selama ini total sebanyak empat anak yang telah dicabulinya.’”Dari laporan, baru satu korbannya, yakni YM ini. Kalau menurut pengakuan tersangka, sudah melakukan pencabulan sebanyak empat anak,” bebernya. Hanya saja, petugas belum melakukan penahanan terhadap kakek mesum ini. Penyidik masih menunggu hasil pemeriksaan dokter kesehatan Polres Malang, apakah kondisi kesehatan tersangka layak atau tidak untuk dilakukan penahanan. “Tersangka dijerat dengan Pasal 82 UU No 23 Tahun 2002, tentang perlindungan anak. Ancamannya kurungan penjara maksimal 15 tahun,” pungkas dia. (big/mar)

Pulang Kerja Dikeroyok MALANG– Anisa Fiyantika, 19 tahun, akhir pekan lalu mengadu ke petugas Polsekta Sukun. Warga Jalan Kolonel Sugiono III Malang ini, mengaku telah menjadi korban pengeroyokan yang dilakukan oleh ibu anak, warga Jalan Kolonel Sugiono VIII Malang. Yakni MJ, 49 tahun, dan anaknya FT serta AN. Akibat pengeroyokan tersebut, korban menderita luka memar di kepala, luka lecet lengan dan paha akibat dicakar pelaku. Sementara kasus pengeroyokan itu sendiri, kini masih dalam tahap penyelidikan petugas Reskrim Polsekta Sukun. “Laporannya memang ada, kini kami masih menyelidikinya dan memeriksa saksi-saksi,” ungkap Kapolsekta Sukun, Kompol Lukman Cahyono. Diperoleh keterangan, aksi pengeroyokan yang dialami Anisa ini sebenarnya terjadi 28 Februari lalu sekitar pukul 20.00 di depan rumah pelaku. Kejadian itu, menurut penuturan korban saat laporan bermula ketika korban curhat kepada temannya bernama Ayu, kalau FT, anak MJ telah merebut kekasihnya. Entah dari mana FT ini tahu, namun FT yang tidak terima dituduh telah merebut kekasih korban ini, lantas mengadu kepada orangtuanya. Awalnya, korban hanya diteror melalui SMS saja. Namun karena tidak puas dengan meneror, MJ lalu mengajak anak-anaknya untuk memberi pelajaran korban. Puncaknya, Kamis (28/2) malam ketika korban pulang dari kerja, tiba-tiba dihadang oleh MJ dan anak-anaknya. MJ lalu menuduh korban dengan mengatai kata-kata kotor hingga terlibat cek-cok mulut. Dan disaat cek-cok mulut itulah, MJ dan anak-anaknya lalu memukuli dengan mengeroyok korban. (agp/mar)

Tak Pakai SS, Badan Tersiksa KROMENGAN- Pernah dihukum karena mengkonsumsi narkoba, belum membuat Ahmad Rifa’i alias Pahong, warga Desa Jatikerto, Kromengan, jera. Faktanya, pria berusia 44 tahun ini, kemarin kembali tertangkap karena mengulangi kasus yang pernah menimpanya dulu. Akibat perbuatannya itu, bapak dua ini harus kembali mendekam di tahanan Mapolres Malang. “Dari tangan tersangka, petugas Satreskoba Polres Malang mengamankan barang bukti berupa satu alat bong, satu toples yang berisi bekas SS, satu alat pembakar SS, dan satu HP,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Sholeh Mas’udi. Menurutnya, petugas berhasil mengamankan tersangka, atas pengembangan salah seorang pengedar yang sudah tertangkap terlebih dahulu. Berbekal informasi itu, petugas mengintai gerak-gerik pria ini selama satu pekan. Setelah kemarin dia diketahui menggunakan SS, beberapa petugas pun menggerebek di rumahnya kemarin. “Tahun 2006 lalu, saya ditangkap polisi dan dihukum selama 1,5 tahun penjara karena konsumsi. Lalu saya keluar di awal tahun 2008. Dipertengahan tahun 2008, saya ditangkap lagi mengonsumsi SS dan keluar dari penjara, awal tahun 2011 lalu,” beber Pahong tanpa ada rasa penyesesalan sedikit pun. Tersangka yang mempunyai dua anak ini menjelaskan, kalau dia tak pakai SS selama satu bulan saja, badannya akan terasa panas. “Saya pakai SS, satu bulan ratarata dua kali. Kalau tak punya uang ya tidak pakai. Saat tidak pakai itulah, badan saya tersiksa karena terasa panas. Ya namanya ketagihan mau gimana lagi,” ujarnya. (big/mar)

Maling Serbu Dua Kantor SKPD Pemkot Batu BATU – Ibarat sekali dayung, dua pulau terlampaui. Itulah yang terjadi pada dua kantor SKPD Pemkot Batu. Dalam waktu bersamaan, pencuri dengan mudah mengobrak abrik Kantor Dinas Pendidikan plus Kantor Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD, yang posisinya berhadap-hadapan di Jalan Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Batu. Ironisnya, kasus pencurian itu terjadi ketika pelaku pencurian brankas berisi uang di Kantor DPRD Kota Batu, yang notabene berdekatan dengan markas polisi tak kunjung terungkap. Dengan begitu, tunggakan pengungkapan aparat kepolisian bertambah lagi. Sementara

Kantor Dinas Pendidikan, selama ini sudah tiga kali disatroni pencuri. Namun pencurian kedua jauh sebelumnya, dan peristiwa ketiga yang diperkirakan terjadi Sabtu malam lalu, pelaku tak berhasil menyikat uang lantaran sejak kasus pencurian uang gaji guru dan karyawan beberapa tahun lalu, kantor tersebut sudah tidak menyimpan lagi uang dengan jumlah cukup banyak di dalam brankas, karena tersimpan di bank kendati di kantor tersebut juga ada brankas besar. Diperkirakan karena gagal memperolah barang berharga, gerombolan penjahat beralih menjarah di Kantor BKD. Dari

kantor ini, pelaku menyikat uang tunai Rp 45 juta dari brankas ruangan Sub Bag Keuangan yang mereka rusak. Kasus tersebut baru diketahui pihak BKD, pada Minggu petang. Hingga kemarin, polisi gabungan dari Polsek dan Polres Batu, masih terus melakukan olah TKP. ”Saya mendapatkan laporan dari penjaga, Minggu sore. Setelah itu kejadian saya laporkan ke Pak Wali dan petugas kepolisian,” ungkap Abu Sufyan, Kepala BKD Kota Batu. Hebatnya, pelaku yang menyatroni Kantor BKD menggunakan tangga dan terkesan mengetahui betul seluk belum kantor tersebut. Mereka lang-

sung menuju ruang Sub Bagian Keuangan, dan masuknya pun persis dekat posisi brankas. Kaburnya pun melalui rute sama, bahkan tangga yang digunakan memanjat hingga kemarin masih berdiri di posisinya. Uang yang tersimpan di dalam brankas, dikemas dalam amplop bertuliskan Bank Jatim. Hanya diambil uangnya, amplopamplopnya ditinggal. M Furqan, Sekretaris BKD mengatakan bahwa uang Rp 45 juta itu merupakan sisa gaji pegawai, yang belum diambil. Uang itu juga belum disetor ke bank ditambah uang hasil iuran koperasi. “Memang masih ada beberapa uang pegawai, yang

belum diambil. Jadi bagian keuangan menyimpan uang tersebut di brankas. Sebagian uang tersebut, juga uang potongan gaji karyawan untuk angsuran di bank,” tambahnya. Di kantor Dinas Pendidikan, pelaku masuk dari belakang. Pencuri merusak kabel berduri di belakang kantor, lalu dilanjutkan merusak jendela. Beberapa berkas sudah diacak-acak. Pelaku juga berusaha menjebol brankas, namun tidak berhasil. (feb/lyo) FEBRY SETYAWAN/MALANG POST

JEBOL : Brankas Sub Bagian Keuangan BKD Kota Batu kosong setelah uang dikuras pencuri. REDAKTUR : MARGA, LAYOUTER : REEP


SELASA, 5 MARET 2013

HALAMAN 20

Untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, Dispenduk bersama Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen menggelar sidang penetapan kolektif akte kelahiran di desa. Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo mendapat kesempatan pertama sidang kolektif. Dua hakim PN Kepanjen Y Erstanto Windilelono SH dan Asgari Mandaladewa SH pun diboyong ke desa yang jaraknya mencapai lebih dari 70 kilometer dari Kepanjen, untuk menggelar sidang penetapan di balai desa. Sebanyak 150 orang pemohon usai sidang langsung mendapatkan kutipan akte kelahiran putra-putrinya. Cukup hanya 10 menit sudah dapat membawa pulang kutipan akte kelahiran.

SIDANG : Warga langsung berhadapan dengan hakim untuk sidang penetapan akte kelahiran. Proses sidang hanya sekitar lima menit saja.

BAHAGIA : Warga Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo bahagia setelah menerima kutipan akte nikah dari Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Malang Purnadi, usai sidang penetapan di Balai Desa Pujiharjo.

Inovasi Pelayanan Dispenduk Capil Kabupaten Malang

SABAR MENUNGGU : Warga dengan sabar menunggu di Pendopo Balai Desa Pujiharjo, menunggu panggilan giliran sidang penetapan yang digelar PN Kepanjen di Balai Desa Pujiharjo.

FOTO IST TEKS : MUHAIMIN/MALANG POST

PERIKSA BERKAS : Hakim PN Kepanjen memeriksa berkas permohonan penetapan akte kelahiran warga Desa Pujiharjo.

DISUMPAH : Saksi yang dihadirkan dalam sidang penetapan akte kelahiran diambil sumpahnya sebelum memberikan kesaksian di hadapan hakim.

DISERAHKAN : Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Malang Purnadi menyerahkan kutipan akte kelahiran yang langsung jadi kepada warga Desa Pujiharjo.

SELAMAT : Perwakilan PN Kepanjen ikut menyerahkan kutipan akte kelahiran kepada warga Desa Pujiharjo.


Mp0503 2013