Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

RABU, 5 FEBRUARI 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

Sidak RSUD, Abah Marah! Minta Didesain Ulang, Target 2015 Selesai MALANG – Pembangunan RSUD Kota Malang, tampaknya benar-benar bermasalah sejak awal. Bahkan ketika sudah hampir selesai, masalah itu pun semakin terlihat. Tak heran, Wali Kota Malang, HM Anton, kemarin benar-benar dibuat kecewa berat. Yakni ketika melihat RSUD Kota Malang, yang sudah menghabiskan dana Rp 20 miliar. Orang nomor satu di Pemkot Malang itu, hanya bisa geleng-geleng kepala, ketika inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD yang tengah dibangun di kawasan Bumiayu, Kedungkandang, Selasa (4/2) pagi, kemarin. Bayangan akan kemegahan rumah sakit daerah itu, mendadak sirna. Saking geregetannya, Abah Anton, sapaan akrabnya, sampai mengusulkan agar konsep bangunan rumah sakit di desain ulang. Menurutnya, ada sejumlah bangunan RSUD Bumiayu, yang tidak representative. Bahkan belum memenuhi standar kelayakan rumah sakit. ‘’Kita ingin anggaran yang sudah disiapkan pemerintah, benar-benar bermanfaat. Sementara yang sudah dibangun saat ini, masih banyak kekurangan. Saya berharap (bangunannya) didesain ulang,’’ terangnya kepada Malang Post, kemarin. Saat sidak ke RSUD, Abah banyak menemukan konsep bangunan yang tidak sesuai dengan bangunan yang harusnya ada di rumah sakit. Seperti, antar bangunan tidak ada koneksitas yang menjadi penghubung antara ruang UGD, kamar operasi, kamar rawat inap dan lainnya.

MUHAIMIN/MALANG POST

SIDAK : Abah Anton tampak kurang puas dengan desain RSUD. Di hadapan Kadis Kesehatan (berjilbab), dia meminta rumah sakit itu didesain ulang.

GRAFIS: TEM, REP/MP

GUNUNG KELUD WASPADA

Ratusan Anggota PMI ‘Siap Perang’ MALANG - Peningkatan status Gunung Kelud dari normal ke waspada (Level II), diikuti pembentukan tim reaksi cepat oleh PMI Kota Malang. PMI menyiagakan sekitar 167 personil untuk diperbantukan. Serta mengecek seluruh perlengkapan mitigasi bencana di markas PMI Kota Malang Jalan Buring, kemarin. Persiapan dari PMI Kota Malang itu sesuai dengan radiogram dari PMI Provinsi Jawa Timur. Jika terjadi peningkatan status Gunung Kelud ke level Siaga, maka tim reaksi cepat dari Malang akan didatangkan ke Kelud. Untuk itu provinsi meminta agar PMI Kota Malang menyiapkan personil dan peralatan. ‘’Gunung Kelud berada di wilayah Kediri-Blitar, maka tim reaksi cepat yang diminta pasti Malang. Untuk penyelamatan di gunung, kita siap alat dan personil,’’ tegas Kepala Seksi Pelayanan PMI Kota Malang Drs. Heri Suwarsono. Pihaknya menyiapkan sekitar 167 personil untuk penanganan situasi darurat Gunung Kelud. Terdiri dari tiga personil dokter, lima personil kompetensi perawat, 30 personil Satgana PMI, 50 personil USAR PMI dan 79 personil terlatih dari unsur KSR dan perguruan tinggi.

Baca Ratusan ...Hal 7

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN ‘’Mendengar kata rekayasa Tuhan? Apakah Tuhan punya hobi merekayasa? Saya lebih percaya, Tuhan akan konsisten dengan sunatullah-Nya.’’

The Strait Times Sebut Dahlan Mr Turnaround JAKARTA – Kiprah Dahlan Iskan, ternyata juga menarik media asing. Tak kurang-kurang dari The Strait Times, koran terbesar di Singapura, yang menulis sosok Menteri BUMN ini. Dibuka lewat kisah semasa Dahlan Iskan menjadi wartawan Majalah Tempo dan tengah meliput tenggelamnya Kapal Tampomas pada Januari 1981, The Strait Times, menurunkan artikel khusus pria yang dijuluki “Mr Turnaround” ini.

Baca The Strait...Hal 7

Baca Sidak...Hal 7

Ahmad Basarah: Antisipasi Bencana Jangan Pakai Manajemen Panik JAKARTA– Bencana yang terus mengancam Indonesia, tampaknya harus benar-benar disikapi pemerintah, secara maksimal dan bijak. Apalagi, nyaris setiap hari, selalu muncul bencana baru. Belum selesai masalah banjir di Jakarta, kemudian disusul Gunung Sinabung meletus, kini Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kediri dan Blitas, butuh perhatian khusus. Statusnya sudah waspada. Agar tidak jatuh korban jiwa, pemerintah tidak boleh lagi menggunakan manajemen panik. Harus ada standard operating Procedure (SOP) penanganan bencana. ‘’Jika SOP itu dijalankan, kemudian tidak menggunakan manajemen panik, pasti jumlah korban bisa ditekan. Bahkan jika mungkin, jangan ada korban jiwa. 15 korban Gunung Sinabung, harus benarbenar jadi perhatian khusus pemerintah,’’ ujar Drs Ahmad Basarah

Gonzales : Persik, Saya Tak Peduli!

Lihat saja di Pujon dan Ngantang. Seharusnya, pemerintah sudah harus cepat tanggap. Harus ada SOP yang dipahami oleh semua komponen, untuk melakukan tindakan cepat, dalam menangani bencana,’’

Persik Kediri, bisa di dipiMALANG NG G–P ik K di i tak t k akan k pernah h bi i sahkan dari Cristian Gonzales. Kendati bukan klub pertama yang dibelanya, ketika kali pertama tiba di Indonesia, Cristian ‘El Loco’ Gonzales, meraih nama besar kala berkostum Macan Putih. Memori lama era kebintangan, rupanya tidak membuat El Loco bersedu sedan.

Ahmad Basarah MH, anggota Komisi III DPR RI, kemarin. Menurut dia, sementara ini pemerintah cenderung menggunakan manajemen panik. Setiap ada bencana, seperti tidak siap untuk melakukan tindakan penanganan secara cepat. Pemerintah, kata caleg DPR RI dari Dapil Malang Raya ini, selalu terlihat panik, dalam menyikapi setiap bencana. Padahal, Indonesia

Baca Gonzales...Hal 7

yang berada dalam kawasan gunung berapi, setiap saat berada dalam ancaman letusan gunung. Belum lagi, banjir yang terus mengancam berbagai daerah. Tidak hanya di Jakarta, tapi juga di Semarang, Bondowoso dan beberapa wilayah lain. Termasuk di Malang Raya, juga sempat diterjang banjir yang mengakibatkan korban jiwa.

Baca Ahmad ...Hal 7

Ngalam

Ebes Kenceng Lawan Persik Kana : Mari nganem lawan Persijap, mene Arema ditantang Persik bes Ebes : Ketoke musuhe iki luwih abot jes Kana : Sak jane lek musuhe kadit masalah, sing masalah ndik Arema ewed Ebes : Oyi jes, soale lek ngelawan tim sing kadit imbang, kadang-kadang ngeremehno, opo maneh lek wis unggul disik. Kawan PErsik kudu tetep setel kenceng. (***)

Catatan Perjalanan ke Bangkok saat Kota Dikepung Demo (2)

Tetap Demo Meski Bangkok Shutdown Gagal Tingkat kebencian masyarakat Bangkok terhadap keluarga Thaksin tampaknya sudah tidak tertahan. Hanya satu yang mereka ingin, keluarga Thaksin tidak lagi menduduki jabatan sebagai pemimpin negara, baik di pemerintahan maupun parlemen. Selain Thaksin yang pernah menjadi PM Thailand dan adiknya Yingluck Shinawatra yang kini tengah berkuasa menjadi PM, beberapa anggota keluarga Shinawatra juga terjun ke dunia politik. Kesan yang muncul di mata masyarakat adalah, anggota keluarga ini korup sehingga harus segera diturunkan dari jabatannya. BAGI para pendemo, menurunkan Yingluck dari kursi PM adalah harga mati. Hal itu terbukti saat Yingluck menawarkan pemilu

yang dipercepat, komite reformasi demokrasi Thailand pimpinan Suthep Thangsuban atetap menolak.

Baca Tetap...Hal 7

KALSTAR AVIATION

Siapkan Tiket Murah

BUARI/MALANG POST

DI BANGKOK : Malang Post bersama Suthiporn Chirapanda, warga setempat yang aktif ikut demo

MALANG – Maskapai Kalstar Aviation, benar-benar memberikan promo harga tiket penerbangannya dari Malang ke beberapa wilayah di Kalimantan, dengan harga murah. Efektif mulai Selasa (4/2) kemarin, harga tiketnya hanya Rp 478 ribu untuk rute Malang-Balikpapan dan sebaliknya. Branch Manager Kalstar Aviation Malang, Samsu Riswanto menyebutkan, promo harga terbaru ini berlaku selama Februari. Sebelumnya, harga tiket untuk rute tersebut mulai dari Rp 599 ribu. ‘’Ternyata Kalstar masih ingin memberikan harga promosi yang memungkinkan bagi penumpang mencoba rute baru ini tanpa merasa berat diongkos,’’ sebutnya.

Baca Siapkan...Hal 7

Jawa Pos Group


RABU, 5 FEBRUARI 2014

2

Dua Kecamatan di Jombang Disapu Banjir

BANJIR: Lima desa di dua kecamatan di Jombang, terendam banjir hingga mencapai satu meter, Selasa dinihari, akibat meluapnya Sungai Gunting.

JOMBANG- Lima desa di dua kecamatan di Jombang, terendam banjir hingga mencapai satu meter, Selasa dinihari, 4 Februari 2014. Banjir di wilayah itu disebabkan meluapnya Sungai Gunting yang tak mampu menampung air setelah diguyur hujan selama empat jam lebih. Lima desa itu yakni, Desa Kademangan, Karobelah, Mancilan, Sawahan, Kecamatan Mojoagung, dan Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito. Dari lima desa itu, banjir terparah dialami Desa Kademangan. Di desa ini, bukan hanya jalan yang terendam. Puluhan rumah warga juga terendam. Akibatnya, banyak warga yang terpaksa mengungsi ke sanak saudara di desa lain. Sebagian lagi memilih mengungsi di kantor Desa Kademangan. Mereka khawatir, banjir semakin meninggi. Sebab, beberapa waktu lalu, di desanya sempat terendam banjir hingga dua meter. Warga akan kembali ke rumah jika air sudah surut. (jpnn/udi)

DISITA: Deretan mobil mewah milik Tubagus Chaeri Wardana yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi, kemarin.

KPK Geledah Rumah Ratu Atut di Bandung

Rumah Orangtua Ketua KPU Kerinci Dibakar JAMBI- Suasana keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Kerinci, Jambi, memanas, menyusul keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Sidang Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kerinci, yang menyatakan pasangan Adi Rosal-Zainal Abidin keluar sebagai pemenang sengketa Pemilu Kepala daerah (Pemilu Kada) Kabupaten Kerinci. Selain gelombang demo besar-besaran ke kantor KPU dan pendudukan Gedung DPRD Kerinci pada Minggu dan Senin (2/1-3/1), penolakan datang dari massa pendukung pasangan kandidat yang kalah, Murasman-Zubir Dahlan, juga nyaris menghanguskan rumah keluarga Ketua KPU Kerinci, akibat lemparan bom molotov, Selasa (4/2). Beruntung aksi tersebut cepat diketahui, sehingga kobaran api di rumah orangtua Ketua KPU Kerinci yang terletak di Desa Muarasemerah, Kecamatan Semurup berhasil dipadamkan masyarakat setempat. Atas kejadian yang mengancam keselamatan keluarganya tersebut, Ketua KPU Kerinci Afdhal sudah melaporkan ke pihak Polres setempat. Dia menduga, tindakan anarkistis yang menimpa rumah orangtuanya berkaitan dengan Pleno KPU yang dipimpinnya, Minggu (2/2), melaksanakan amanah keputusan MK yang menyatakan pemilu kada Kabupaten Kerinci dimenangkan pasangan Adi RozalZainal Abidin. (jpnn/udi)

Pencucian Uang Adik Ratu Atut, KPK Sita Lagi 5 Mobil BANDUNG- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di kediaman Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Selasa 4 Februari 2014. Penggeledahan dilakukan di kediaman Atut di daerah Bandung. “Penggeledahan dilakukan di rumah Ratu Atut Chosiyah di Suryalaya, Buah Batu Bandung,” ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi, kemarin. Menurut informasi, penyidik baru melakukan penggeledahan dari mulai sekitar pukul 17.30 WIB. Hingga malam pe nggeledahan masih terus ber-

langsung. Penggeledahan ini dilakukan terkait tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh adik Atut yakni Tubagus Chaery Wardana alias Wawan. “Ini terkait TPPU TCW,” ujar Johan. KPK terus menelusuri asetaset milik Wawan yang diduga terkait tindak pidana pencucian uang yang dilakukannya. Terakhir, pada Senin kemarin, KPK menyita 5 unit mobil mi lik Wawan dari PT Bali Pa sific Pragama di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Mobil tersebut antara lain Mitsubishi

Pajero B 1716 SJI, Honda CRV hitam B 1981 SJF dan 3 unit Toyota Innova hitam B 1514 NFX, warna abu-abu B 1786 NFX dan satu lagi berwarna hitam B 1795 NFM. Dengan demikian, total sudah ada 22 mobil berbagai merk milik Wawan yang telah disita KPK. Johan Budi SP mengatakan, penyidik pada Senin, 3 Februari 2014, menyita sejumlah aset milik adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu. Diantaranya tiga unit Kijang Innova, satu unit Mitsubishi Pajero Sport dan satu unit Honda CRV. “Penyitaan

dilakukan dari kantor PT BPP di kawasan Mega Kuningan,” kata Johan melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa 4 Februari 2014. PT Bali Pasific Pragama merupakan perusahaan milik Wawan. Akhir Januari 2014 lalu, penyidik KPK juga telah menyita sebanyak 17 mobil dan satu unit motor Harley Davidson milik Wawan. Lima unit mobil Wawan yang disita KPK, tergolong supercar, yakni Nissan GTR, Ferrari, Lamborghini, RollsRoyce, dan Bentley. Seperti diketahui, KPK men-

jerat pengusaha Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dengan kasus ba ru. Adik Gubernur Banten Atut Chosiyah tersebut di tetapkan sebagai ter sang ka kasus dugaan tin dak pidana pencucian uang (TPPU). Kasus tersebut merupakan hasil pengembangan penyidikan kasus dugaan korupsi yang menjerat Wawan sebelumnya, yakni dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Tangerang Selatan, pengadaan alkes di Pemerintah Provinsi Banten, dan dugaan suap sengketa pilkada di Lebak, Banten. (jpnn/udi)

Diterjang Puting Beliung, 71 Rumah Hancur

Komisi III Tak Setujui Tiga Calon Hakim Agung JAKARTA- Komisi III DPR RI tidak menyetujui 3 calon hakim agung yang diusulkan oleh Komisi Yudisial (KY) setelah dilakukan pemungutan suara. “Berdasarkan hasil voting, maka atas kesepakatan bahwa untuk disetujui harus 50 persen+1, maka ketiga calon hakim agung tidak mendapat persetujuan,” kata Ketua Komisi III DPR RI, Pieter Zulkifli saat membacakan hasil voting di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (4/2). Dari hasil voting Komisi III DPR RI terhadap calon hakim agung Suhardjono (3 suara setuju, 44 suara tidak setuju, 1 abstain). Maria Anna Samiyati (3 suara setuju, 44 suara tidak se tuju, 1 suara abstain) dan Sunarto (5 suara setuju 42 suara tidak setuju, 1 suara abstain). Anggota Komisi III DPR RI, Taslim menyatakan, dengan tidak disetujuinya ketiga calon hakim itu, diharapkan Komisi Yudisial (KY) bisa melakukan perbaikan dalam rekrutmen calon hakim agung. “Jadi kualitas calon hakim yang diusulkan dan dikirim ke Komisi III DPR

SELEKSI: Calon Hakim Agung Maria Anna Samiyati memaparkan visi misi saat uji kelayakan dan kepatutan Hakim Agung di hadapan Komisi III DPR.

di bawah standar. Karena itu KY harus benar-benar memilih calon hakim yang memiliki kualitas sehingga bisa disetujui,” kata Taslim. Disebutkan, tiga calon hakim yang sudah tidak disetujui itu pernah juga diajukan ke komisi III DPR RI sebagai calon hakim agung, tapi ditolak. “Ketidak setujuan Komisi III DPR RI adalah untuk memperbaiki kualitas hakim untuk yang akan datang,” kata politisi PAN itu.

Komisi Yudisial pasrah atas keputusan Komisi III DPR yang menolak tiga calon hakim agung yang diajukannya, yakni Suhardjono, Maria Anna Samiyati, dan Sunarto. “Itu hak DPR untuk setuju atau ngak setuju. Jadi ya, ngak masalah, KY akan buka pendaftaran lagi,” kata Komisioner KY Bi dang Rekrutmen Hakim Taufiqurrahman Syahuri di Jakarta, kemarin. Dengan ditolaknya semua

Kelola Dana Saksi, PDIP Tuntut Bawaslu Bubar JAKARTA- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menuntut pembubaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka menilai lembaga tersebut sudah bertindak melebihi wewenang karena mengelola dana saksi yang kontroversial. “Kalau begini terus, Fraksi PDIP akan membubarkan Bawaslu karena gagal dalam melaksanakan pengawasan pemilu,” kata politisi PDIP, Arief Wibowo, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa 4 Februari 2014. Wakil Ketua Komisi II itu mengatakan Fraksi PDIP siap melakukan voting untuk membatalkan dana saksi tersebut. Namun, karena jumlah mereka hanya delapan orang maka bisa dipastikan akan kalah. “Dana saksi itu bentuk lain dari politik uang. Ini semacam BLT, BLSM, dan bentuk pengkhianatan kepada rakyat,” ujarnya.

Arief menuturkan, saat gelar rapat mengenai dana saksi pada 15 Januari 2014, dia mengaku tidak hadir. Saat itu, yang hadir hanya tiga pimpinan Komisi II dan Kemendagri. Dia menduga kebijakan tersebut merupakan keinginan dari partai politik yang saat ini berkuasa, yang kemudian memanggil tiga pimpinan dan Bawaslu. ”Ini yang horny justru Bawaslu. Fraksi PDIP tidak setuju dengan dana saksi ini,” katanya. Sedangkan Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy, mengatakan pihaknya mendukung dana saksi pemilu dari partai politik dibiayai negara namun menolak bila disalurkan melalui partai politik. “Untuk antisipasi kekhawatiran korupsi, PPP menegaskan penolakannya akan pembiayaan saksi TPS oleh negara, bila dicairkan melalui parpol. Pencairan harus tetap

melalui Bawaslu dan diawasi penegak hukum yang memiliki apa ratus sampai tingkat TPS untuk mencegah adanya honorarium fiktif,” katanya, kemarin. Ia menambahkan, pihaknya mendukung adanya dana saksi dari partai politik dibiayai oleh negara karena sejumlah alasan. Menurut dia, kehadiran saksi akan lebih pasti sehingga lebih optimal dalam menghindari seng keta pemilu. Apalagi, sengketa pemilu di MK semakin meningkat yang menandakan adanya bias antara pemungutan dan hasil perhitungan. “Keberadaan dana saksi akan lebih memastikan kehadiran saksi sehingga tidak ada suara pemilih yang diselewengkan,” katanya. Ia menambahkan, sepanjang pemilu 2009, MK menerima sengketa hasil pemilu sebanyak 627 kasus yang berarti 627 kursi disengketakan baik DPR RI, provinsi maupun daerah. (jpnn/udi)

calon hakim yang diajukan, kata Taufiq, KY semakin banyak utang yang harus dipenuhi terkait permintaan Mahkamah Agung terhadap kebutuhan hakim agung. “Ya kami berutang enam hakim agung, ditambah dengan permintaan dari MA berapa,” kata Taufiq. Dia mengatakan, ketiga calon hakim agung yang diajukan itu sudah melalui ujian berat dan ketat di KY, karena tidak diuji oleh tujuh komisioner tetapi juga oleh para ahli, termasuk

mantan hakim agung. “Mereka sudah melewati uji kualitas, pemecahan kasus, pembuatan makalah tentang hakim progresif, mengumpulkan karya putusan. Jadi ketiganya sudah terbaik diantara 50 peserta,” ujar Taufiq. Selain itu, lanjutnya, ketiga calon juga menjalani wawancara terbuka. “Tiga ini yang terbaik, soal diwawancara DPR ti dak memuaskan, ya itu penilaian anggota DPR,” katanya. (jpnn/udi)

LUMAJANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mencatat sebanyak 71 rumah rusak diterjang puting beliung di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (3/2) malam. “Hari ini, petugas masih melakukan pendataan secara detail di masingmasing rumah yang rusak akibat terjangan puting beliung,” kata Kepala BPBD Lumajang, Rochani, Selasa. Menurut dia, hujan deras yang disertai angin puting beliung tersebut juga merusak 100 pohon sengon dan 150 pohon pepaya milik warga setempat, namun pohon pepaya tersebut sudah dipanen beberapa kali dan sudah waktunya untuk ditebang. “Pemkab Lumajang akan memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban angin puting beliung, namun pihaknya masih mendata kerusakan rumah warga baik rusak ringan, sedang, maupun rusak berat,” paparnya. (jpnn/udi)

PENGUMUMAN LELANG KEDUA EKSEKUSI PENGADILAN NEGERI MALANG Nomor: 88/Eks/2011/PN.Sby Nomor : 162/Pdt.G/1995/PN.Sby Menunjuk Pengumuman Lelang Pertama pada Selebaran/Tempel pada tanggal 21 Januari 2014 diumumkan pada khalayak ramai, bahwa Pengadilan Negeri Malang berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Malang tanggal 4 Juli 2013 No.88/Eks/2011/PN.Sby Jo.No.162/Pdt.G/1995/ PN.Sby, akan melakukan Pelelangan dimuka umum, melalui perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang (KPKNL), terhadap barang tidak bergerak berupa: 1. Sebidang tanah berikut bangunan yang berdiri diatasnya, terletak di Jalan Lembang No. 11 Malang. Nilai Limit Rp 340.000.000 (tiga ratus empat puluh juta rupiah) Uang Jaminan Lelang Rp 85.000.000,- (delapan puluh lima juta rupiah). 2. Sebidang Tanah berikut bangunan yang berdiri diatasnya, terletak di jalan Lembang No.16 Malang Nilai Limit Rp 690.500.000,- (enam ratus sembilan puluh juta lima ratus ribu rupiah) Uang Jaminan Lelang Rp 175.000.000,(seratus tujuh puluh lima juta rupiah). PELAKSANAAN LELANG: HARI : RABU TANGGAL : 19 PEBRUARI 2014. PUKUL : 09.00 WIB TEMPAT LELANG : Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang Jl. S.Supriadi No.157 Malang. Syarat-syarat lelang: 1. Obyek lelang dijual dengan kondisi apa adanya dan telah diketahui oleh calon Pembeli Lelang. 2. Peserta lelang wajib setor uang lelang sesuai tersebut diatas ke Rekening Penampungan Lelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang Nomor 144.000.314.3978 paling lambat 1 (satu) hari kerja efektif diterima sebelum pelaksanaan lelang. 3. Pada Slip setoran mencantumkan nama terang peserta lelang dan Nomor SHM/SHGB obyek lelang tersebut diatas. Nama Penyetor/Peserta sesuai KTP Penyetoran Uang Jaminan Lelang tidak boleh melalui ATM. 4. Peserta Lelang wajib melakukan penawaran lelang secara tertulis paling sedikit sama dengan Nilai Limit dalam Surat penawaran yang telah disediakan, jika tidak melakukan penawaran dikenakan sanksi tidak diperboleh mengikuti lelang selama 3 (tiga) bulan di Wilayah kantor KPKNL Malang. 5. Jika peserta lelang ditunjuk sebagai pemenang lelang, uang jaminan diperhitungkan sebagai pembayaran lelang, jika tidak menang, akan dikembalikan tanpa potongan. 6. Peserta lelang yang ditunjuk sebagai Pemenang lelang wajib melunasi kewajibannya dikenakan bea Lelang pembeli sebesar 2% dari harga lelang paling lambat 5 (lima) hari setelah pelaksanaan lelang ke Rekening Penampungan Lelang KPKNL Malang pada PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang No. 144.000.314.3978. 7. Jika pemenang lelang tidak melunasi sisa pembayaran lelang sesuai ketentuan (wanprestasi) uang jaminan disetorkan Kas Negara sebagai penerimaan lain2 dikenakan sanksi tidak diperbolehkan mengikuti lelang selama 6 (enam) bulan di seluruh wilayah Indonesia. PEMOHON LELANG TERMOHON LELANG

: Ir. PURWO LESMONO ADJI : DJOKO KARDONO,CS Malang, 5 Pebruari 2014 Panitera Pengadilan Negeri Malang H.SATRIO PRAYITNO,SH.MH. NIP. 19600223.198103.1002

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA RI. KANTOR WILAYAH JAWA TIMUR BALAI HARTA PENINGGALAN SURABAYA Jalan Raya Juanda Km 3-4, Sedati, Sidoarjo Telp. (031) 8690534 Fax. (031) 8690525 Website : http ://bhpsby.kemenkumham.go.id E-mail : bhpsby@gmail.com

PENGUMUMAN Nomor : W15.AHU.AHU.1.AH.06.08-63/21/I/13/14/Mlg Sehubungan adanya Penetapan Pengadilan Negeri Kepanjen Nomor:873/ Pdt.P/2013/PN.Kpj tanggal 09 Oktober 2013 yang berisi :

-

-

MENETAPKAN Mengabulkan permohonan para pemohon ; Menetapkan bahwa orang-orang bernama : 1. HAN KIAN HIEN. 2. HAN KIAN KWAT 3. LIEN SWIE LAN NIO. 4. HAN SWIE TIEN NIO 5. HAN LIEN NIO. 6. TIE LIANG NIO. adalah sebagai orang tidak hadir ( AFWEZIGHEID ). Memerintahkan kepada Pejabat Balai Harta Peninggalan untuk membela hak-hak dan mewakili kepentingan-kepentingan dari orang yang tidak hadir (AFWEZIGHEID ) tersebut guna mengurus harta kekayaan berupa : Tanah Negara bekas Rech Van Eigendom yang terletak di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang sebagaimana Verponding No. 4126 (sebagian) Meetbrief tanggal 20-01-1921 No. 7 seluas 3750 m2 atas nama : 1.Han Kian Hien. 2. Han Kian Kwat. 3. Lien Swie Lan Nio. 4. Han Swie Tien Nio. 5. Han Lien Nio. 6. Tie Liang Nio seluas : 641 m2 dengan batas-batas : 1. Utara : Jalan Kampung. 2. Timur : Tanah milik PJKA/PT. KAI. 3. Selatan : Jalan Kampung. 4. Barat : Jalan Kampung yang dikuasai para pemohon selama 28 tahun.

Kepada pihak-pihak yang merasa keberatan terhadap adanya Penetapan Pengadilan Negeri Kepanjen tersebut diatas agar segera mengajukan perlawanan ke Pengadilan Negeri Kepanjen dengan tembusan kepada Balai Harta Peninggalan Surabaya, selambat-lambatnya 14 (empat belas ) hari sejak tanggal pengumuman ini. Demikian pengumuman ini untuk diketahui khalayak ramai.

Sidoarjo , 04 Pebruari 2014 KETUA BALAI HARTA PENINGGALAN SURABAYA Ttd NURHENDRO PUTRANTO, SH.M.Hum NIP. 19620902 198903 1 001 REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: KURDI


RABU, 5 FEBRUARI 2014

DR.

PONSEL

T : Gan, mau tanya perbedaan yang mencolok antara Sony Xperia J dengan Xperia M apa ya? Iwan 08967846xxxx Kirimkan pertanyaan Anda seputar masalah ponsel maupun tablet melalui SMS ke 085645229999. Pertanyaan Anda akan dijawab oleh Teknisi Rolland Handphone Malang Plaza, Andik Siswanto di Rubrik Dr. Ponsel Malang Post

J: Secara desain kedua produk Sony ini memang nyaris tanpa perbedaan. Sama-sama mengusung layar 4 inci dengan resolusi 480 x 854 pixels, dan tingkat kepadatan wana 245 ppi. Keduanya juga mengusung kamera 5 megapiksel pada kamera utama, dan kamera VGA dibagian depan. Persamaan itulah yang kemudian banyak orang be-

ranggapan jika Xperia M merupakan regenerasi Xperia J yang sudah discontinue. Namun begitu, jika diteliti lebih dalam ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok. Pertama dimensinya. Xperia J memiliki dimensi 124.3 x 61.2 x 9.2 mm dengan berat 124 gram, sedangkan Xperia M memiliki dimensi 124 x 62 x 9.3 mm dengan berat 115 gram. Prosesor yang ditanam pada ponsel Xperia M juga lebih baru, yaitu jenis Qualcomm Snapdragon S4 Plus MSM8227CPU Dual-core dengan

kecepatan 1 GHz serta grafisnya menggunakan Krait GPU Adreno 305, dibandingkan Xperia J yang menggunakan prosesor Qualcomm MSM7227A Snapdragon, 1 GHz Cortex-A5, serta grafis GPU Adreno 200. RAM yang menjadi pendukung kinerja prosesor pun berbeda, yaitu 512 MB untuk Xperia J dan 1 GB untuk Xperia M. Termasuk Operating Sitemnya, Xperia M telah bekerja dengan OS Android 4.1 Jelly Bean, sedangkan Xperia J masih Android versi 4.0 Ice Cream Sanwich.

3

Selain itu koneksifitas Bluetooth yang tertanam pun berbeda. Xperia M dibekali dengan Bluetooth versi 4.0, yang diyakini lebih cepat melakukan transfer data dan irit daya. Sedangkan Xperia J hanya dibekali dengan Bluetooth versi 2.1. Terakhir adalah harganya, Xperia M dibanderol dengan harga Rp 2.550.000 untuk versi yang single SIM dan Rp 2.650.000 untuk versi dual SIM, sedangkan Xperia J dibanderol dengan harga Rp 1.950.000. Begitu adanya perbedaan antara Xperia J dengan Xperia M.

Samsung Galaxy Note 2 Masih Banyak Peminat MALANG – Nama Galaxy Note 2, memang tidak pernah lekang oleh zaman. Terbukti, ponsel besutan Samsung yang sudah tidak diproduksi ini masih banyak diminati. Konsumen tidak akan sungkan merogok kocek lebih dalam, untuk mendapatkan ponsel yang dikenalkan Samsung pada akhir 2012 lalu ini, baik dalam kondisi baru maupun kondisi second. Di Erafone Mall Olympic Garden (MOG) contohnya, minimal sehari ada satu konsumen yang datang untuk menanyakan ketersediaan unit ponsel dengan layar seluas 5.5 inci tersebut. Kondisi yang sama juga terjadi di Global Teleshop MOG dan Oke Shop MOG, rata-rata satu konsumen datang untuk menanyakan ponsel berprosesor quad core itu. “Sudah tidak di produksi, dan kami tidak memiliki stok. Dulu saat masih beredar, memang sangat laris,’’ terang Customer Service Global Teleshop, Silvy Novita kepada Malang Post. Sementara di toko-toko tradisional, kondisinya juga tidak jauh berbeda. Hampir setiap hari ada konsumen yang datang menanyakan ketersediaan unit Samsung Note 2 ini. Namun begitu, konsumen harus pulang dengan tangan hampa, lantaran ponsel dengan kamera utama 8 megapiksel tidak ada. Menurut Delly Wermina, sudah

IRA RAVIKA/MALANG POST

Tinggi: Kendati produk lama, namun Samsung Galaxy Note 2 tetap diincar oleh para pengguna smartphone.

lama Samsung Galaxy Note 2 tidak ada di tokonya. “Terakhir harganya Rp 5.5 juta disini. Tapi sekarang sudah tidak ada,’’ kata Delly. Sementara di toko modern, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 6.5 juta. Harga tersebut memang masih sangat tinggi untuk ukuran ponsel lawas. “Ponselnya memang cukup lama dikenalkan, tapi spesifikasinya sangat oke, ini yang membuat banyak orang berminat dengan Samsung Galaxy Note 2 ini,’’ urai Delly. Wanita ini pun menjelaskan detail kelebihan ponsel yang telah dilengkapi dengan koneksifitas NFC ini. Diantaranya adalah, ponsel ini telah mendukung jaringan 4G. Sekalipun sudah cukup banyak ponsel menggunakan jaringan 4G, namun Samsung mengklaim jika ponsel dengan layar seluas 5.5 inci ini bisa internetan dengan lebih cepat. “Jaringan 4G ini sangat memungkinkan pengguna bisa internetan dengan sangat cepat tanpa ada hambatan,’’ kata Delly Puspita Selain itu, ponsel ini juga mengusung port video output pada fisiknya. Port video output ini mampu menampilkan gambar dan video pada TV atau perangkat lain yang kompatible (MHL A/V link). Sekalipun memiliki layar yang luas, dengan jaringan 4G, tapi ponsel ini sangat irit baterai. Alasannya

jelas, kapasitas baterai yang ditanam adalah 3100 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan hingga 35 jam untuk bicara mode 2G dan 16 jam untuk mode 2G. Paling penting adalah, Samsung telah menanamkan prosesor Quad Core dengan kecepatan masingmasing 1,6 Ghz. Selain memiliki kecepatan berinternet, mesin tersebut juga mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan cepat. “Displaynya juga sangat menarik, lantaran perangkat ini sudah menggunakan layar dengan teknologi super AMOLED dengan resolusi yang tinggi pada 720 x 1280 p. Layar tersebut tidak hanya menampilkan kualitas warna yang tajam dan jernih, tapi juga sangat irit daya. Itu salah satu alasan baterai Note II ini sangat irit,’’ tambah Delly. Sementara untuk kameranya, Samsung membekali ponsel ini dengan lensa berresolusi 8 megapiksel, dengan teknologi auto focus dan LED Flash. Selain itu fitu Geotagging, touch focus, face and smile detection dan image stabilization juga ditanamkan, untuk memberikan kemudahan serta kreatifitas pengguna dalam mengambil foto. Sedangkan untuk merekam video, ponsel ini mampu melakukan perekaman video HD pada 1080p @ 30fps. “Sementara untuk kamera depannya

mendukung sensor 1.9 megapiksel,’’ tambah karyawan Cell-Cell Malang Plaza ini. Spesifikasi dan fitur lain yang ditanam pada ponsel ini adalah WiFi dengan fitur hotspot, yang memungkinkan pengguna berbagai koneksi internet dengan perangkat lainnya. Kemampuan menentukan lokasi pengguna yang lebih cepat dengan GPS, juga menjadi daya tarik tersendiri, serta dukungkan teknologi NFC yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui ponsel dengan perangkat komunikasi tanpa kabel lainnya Sementara Wifi yang cepat dengan 802.11 n yang mampu melakukan tranfer data hingga 150 mpbs. Pengguna juga bisa bebas memutar musik atau mendengarkan berita dari stasiun radio favorit. “Kapasitas penyimpanan internalnya 64 GB. Pengguna bisa menyimpan berbagai file data, foto, musik maupun video, tanpa khawatir kehabisan memori penyimpanan,’’ katanya. Dalam kondisi baru, Galaxy Note 2 dibandrol dengan harga Rp 5,5 juta, namun saat ini hanya tersedia produk second dengan kisaran harga Rp 4 juta hingga 4.5 juta. “Tergantung kondisinya, jika masih mulus penjualan second bisa mencapai Rp 4.7 juta,’’ tandasnya. (vik/fia)

Aksi Sosial, Decofresh Sumbang Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam

PENGURUS YAYASAN: Ustadz Abu Amat (paling kanan) memberikan sambutan.

KOMPAK: Kapten Supriyadi dan Ustadz Abu Amat pun ikut mengecat.

BERSYUKUR: Ustadz Abu Amat (kiri) saat menerima bantuan yang dilakukan oleh Danramil Pakis Kapten Supriyadi (tengah) dan Marketing Communication Indana Paint Very Fadlli (paling kanan).

SEBAGAI bentuk kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat, Indana Paint, produsen cat Decofresh memberikan bantuan cat tembok ke Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam di Desa Kedungrejo Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan kemarin di kantor Nurul Hikam oleh perwakilan dari Indana Paint, Very Fadlli, Danramil Pakis, Kapten Supriyadi. Ikut menyaksikan penyerahan tersebut, Kepala Desa Kedungrejo Imam Gozali. Bantuan diterima langsung oleh pengurus yayasan, Ustadz Abu Amat.

MENYATU DENGAN RAKYAT: Aksi pengecatan dinding oleh personel Koramil Pakis.

PEDULI: Very Fadlli mewakili Decofresh memberikan sambutan.

DUKUNG: Kepala Desa Kedungrejo Imam Gozali (kiri) ikut mengecat.

GUYUB: Makan siang bersama usai acara penyerahan bantuan.

BUTUH ULURAN TANGAN: Anak-anak penghuni Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam.

KHUSYUK: Anak-anak penghuni Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam saat berdoa. REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: REEP


RABU, 5 FEBRUARI 2014

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Mei, Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

PERAWATAN: Beberapa petugas dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang tengah memperbaiki pipa penyemprot kabut buatan (fogging) di Alun-alun Tugu, Malang. Pipa penyemprot kabut buatan tersebut menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Tugu.

KEDAULATAN DUSTA Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, namun informasi di tangan orang banyak”. (John Neisbith) Pernyataan futorolog kenamaan tersebut mengingatkan kita tentang strategis dan fundamentalnya kejujuran atau keterbukaan dalam memberikan dan mendistribusikan informasi. Semakin banyak informasi obyektif atau bermuatan kejujuran yang diperoleh masyarakat, maka masyarakat akan mendapatkan kekuatan hebat. Secara a contrario, kalau masyarakat dialinasikan dan dieliminasikan dari sumber informasi obyektif atau jujur, berarti masyarakat dibuatnya kehilangan keberdayaan. Kalau sampai masyarakat tidak berdaya atau kehilangan kekuatan fundamentalnya, berarti masyarakat ini tidak akan mampu atau kecil kemungkinannya bisa sukses mewujudkan mimpimimpi besarnya, diantaranya gagal meraih kesejahteraan hidup, terganjal mewujudkan demokratisasi, dan termarrjinalisasi supremasi hukumnya. Apa yang diingatkan Neisbith sejatinya dapat dijadikan sebagai “kritik radikal” terhadap setiap elemen negara yang masih gagap dalam mewujudkan amanat jabatan atau kekuasaannya, dan belum menunjukkan komitmennya secara cerdas dan maksimal dalam membangun masyarakat inklusif, beradab, cerdas, dan suka menegakkan keadilan. Umumnya kegagapan mudah terbaca lewat tanda-tanda masih lekatnya penyakit atau borok yang dipertahankannya, yang borok ini “menghe-

gemoni” kepribadian (kepalsuan). Oleh: elitnya. Hegemoni Cara seperti borok tidak berusaha itu sudah lama BAMBANG SATRIYA disembuhkan atau ”diwahyukan” oleh Guru Besar Stiekma dan didekonstruksinya, Nicollo Machiavelli Dosen Luar Biasa UIN pasalnya akibat dari lewat kalimat Malang Penulis Buku “kompilasi patologi” populer ”het doel ”Etika Birokrasi” ini, mereka mendapatheiling de middelen” kan keuntungan yang atau segala cara tidak sedikit. apapun boleh (halal) Pertimbangan komunitas elite kita, dilakukan, asalkan kepentingan terlebih yang sudah mengidap krisis (tujuan) bisa diraih. Kejujuran, dan ”kematian” jiwa kenegarawanan, k e m a n u s i a a n , k e a d i l a n , d a n lebih terfokus pada rumusan bahasa kebenaran harus dihalang-halangi bias yang diucapkan, sikap yang ditun- atau dimatikan supaya tidak menjadi jukkan, dan perilaku yang ditampilkan- serigala yang mengaum, sehingga nya bisa menjadi magnet yang men- segala bentuk penipuan (dusta) tetap datangkan keuntungan, sehingga tidak bisa tampil menjadi pemenangnya. sulit kemasan diri yang diagregasikan Kasus-kasus mega skandal korupsi pada publik lebih berpola pribadi yang jelas, di satu sisi memang banyak pecah (split personality). merugikan atau “memutilasi” hak”Pribadi pecah” tersebut mencer- hak publik (public rights), namun di minkan sosok manusia Indonesia sisi lain, besaran uang negara yang yang berstigma elitis, yang menyem- mengalir ke para koruptor, telah bunyikan kebenaran, mengamputasi menguntungkan sebagian elitis, yang kejujuran, mengimpotensikan keadilan, tidak sedikit diantaranya sebagai atau mengendapkan obyektifitas, atau pilar strategis, dan bahkan kekuatan dalam keseharian perilakunya, khusus- fundamental lembaga yudisial. Kasus nya yang berelasi dengan kepentingan mega skandal ini sebagai segmentasi fundamental bangsa seperti perlindun- agenda buram kehidupan bangsa, yang gan atau hak-hak publik, tidak ditun- semakin membenarkan kalau sejarah jukkan secara transpran dan obyektif. negeri ini lekat dengan ”kedaulatan Sosok seperti itu umumnya sibuk dusta”. menjadi oportunis di zona ”basah” Kasus Bank Century dan struktural atau giat menciptakan lobang- Hambalang, merupakan dua kasus lobang yang menguntungkannya, utama yang jadi ”baksil” serius meskipun demi memenuhi syahwat yang menantang keberanian KPK keserakahannya ini, hak-hak masyarakat untuk membongkarnya secara tuntas, dikorbankan atau ditumbalkannya, transparan, dan egaliter, pasalnya yang salah satu modusnya dengan dalam kasus ini dapat dibaca dan menciptakan wacana publik yang dinalar dengan bening, bahwa ada membingungkan, mengaburkan, atau informasi strategis dan fundamental menyebarkan informasi dengan bahasa yang sengaja sedang disembunyikan bias yang tentu saja mengandung dusta atau setidaknya di-chaos-kan dari ingatan publik oleh sekumpulan pemain elitis yang piawai. Di ranah ancaman chaos itu, Marthin Luther pernah mengingatkan ”hanya kaum bajinganlah yang bisa menuai keuntungan besar di tengah maraknya kekacauan. Di tangan bajingan ini, kegelapan bisa lebih berjaya akibat kejujuran dan keadilan yang tidak diupayakan maksimal untuk menjadi pemenangnya”. Atmosfir kehidupan kenegaraan akhirnya lebih diwarnai oleh “kompetisi” yang mengarah pada kemungkinan dan dugaan masih kuatnya budaya politik rekayasa yang bermodus ketidaktransparansian, ketidakjujuran, pembengkokan, dan bahkan barangkali pembusukan informasi (information decay). Pembusukan ini bisa saja menampilkan wajahnya dalam pelaksanaan sistem peradilan yang sarat kecurangan, keculasan, atau dusta. Tidak sedikit pemain elite yang

tidak ingin aibnya terbongkar atau menjadi komoditi informasi publik, sehingga mereka saling bergerilya untuk memanaskan atmosfir kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menguatkan stigma “Indonesia dusta”, termasuk peradilan berkedaulatan ”dusta”, dan bukan “Indonesia bisa” yang ditandai dengan praktik peradilan (action of justice) yang menjunjung tinggi harkat kemanusiaaan, keadaban, egalitarian, non-diskriminasi, praduga tak bersalah (presumption of innocence) dan kejujuran. Dusta senyatanya masih demikian hegemonik mencengkeram komunitas elite kita yang mengakibatkan masyarakat kesulitan atau mengidap kegagapan untuk memilah mana diantaranya yang benar-benar seirama antara kata dengan fakta. Masyarakat terus saja dibuatnya sebagai keranjang sampah yang dimuati oleh akselerasi pertarungan memperebutkan kepentingan yang bersifat anomalistik, yang petarungnya sangat arogan menghadirkan dan menguatkan gaya barbarian. Itu membuktikan, bahwa elemen strategis negeri ini belum berkeinginan kuat atau berobsesi agung untuk mengalahkakan akumulasi penyakit (racun) yang menjangkiti secara kronis anatomi kapal besar Indonesia, atau masih bersahabat dekat dan mengintegrasi dengan beragam penyakit, yang penyakit ini bisa dikapitalismekan dan dijadikan mesin yang mampu mendatangkan banyak keuntungan ekonomi, politik, dan kekuasaan. Bangsa yang menyukai penyakit semacam amoralitas dan kriminalisasi profesi atau profesi beraliran dan berasaskan dusta, maka hanya soal waktu kalau nantinya bangsa ini sampai pada degradasi citra dan masa depannya menjadi tuyang-tuyang, pasalnya dalam konstruksi bangsa demikian, diniscayakan akan sering terjadi pertarungan pengalihan wacana, pembusukan nilai (values decay), rekayasa informasi, hingga pembodohan dan pemobilisasian massa yang menguras energi, saling menghakimi dan membantai. Dus, ke depan, tampaknya yang mendapatkan pengakuan kedaulatan di negeri ini masihlah ”Indonesia dusta”, pasalnya komunitas elitnya masih belum berkeinginan bercerai dari penasbihan kepentingan gengsi struktural dan abus of power, kecuali jika sejak sekarang, mereka berusaha beras menghadirkan atmosfir baru untuk memenangkan kedaulatan informasi publik yang berbasis kejujuran, keterbukaan, dan steril dari kecenderungan pembusukan.

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

Hati-hati Lawan Persik AREMA membuat start mengesankan dalam kompetisi ISL tahun ini dengan mengalahkan tamunya Persijap Jepara 4 – 1. Setelah start yang bagus ini Arema harus mampu mempertahankan perfomancenya dalam pertandingan berikutnya yang tidak kalah beratnya. Kalau melihat kekuatan Persijap, tampaknya Arema belum bertemu dengan lawan yang seimbang, karena lawannya diperkuat mayoritas pemain muda yang minim pengalaman. Pemain asing yang dimiliki pun tidak mampu mengangkat penampilan tim. Bahkan hasil yang dicapai Arema, Senin malam kemarin, seharusnya bisa lebih besar lagi dan tidak perlu sampai kebobolan. Pengalaman pertama sangat berharga. Pelatih Suharno bisa menjadi bahan evaluasi terhadap penampilan anak asuhanya. Menghadapi tim sekelas Persijap, menang saja tidak cukup, tapi harus bisa menampilkan permainan yang konstan selama 2 x 45 menit. Kesan yang muncul adalah, ketika sudah unggul, para pemain Arema mulai mengendurkan tekanan dan lawan pun mulai menemukan permainannya. Persijap mampu mencuri satu gol saat pemain belakang Arema mulai kehilangan konsentrasi terutama dalam bertahan. Seharusnya itu tidak boleh terjadi pada sebuah tim sekelas Arema yang memiliki segudang pemain berkualitas. Kendurnya tekanan setelah unggul gol harus menjadi salah satu catatan penting dalam pertandingan berikutnya. Memang tidak ada kesan menganggap enteng lawan, tapi dengan memberi keleluasaan lawan bermanuver justru membahayakan gawang sendiri. Ini adalah kompetisi, tidak ada istilah belas kasihan, kalau ada kesempatan mencetak gol sebanyak-banyaknya, mengapa tidak dilakukan. Apalagi sistem kompetisi mencetak gol lebih banyak menjadi sangat penting, karena akan digunakan untuk meningkatkan selisih gol. Secara umum Arema sudah bermain sesuai dengan skenario yang diterapkan pelatih. Dengan materi pemain yang lengkap di semua lini, pelatih bisa memainkan beragam strategi disesuaikan dengan kemampuan lawan. Saat melawan Persijap, Arema tampil dengan kekuatan penuh menempatkan tiga striker asing yang semuanya dikenal haus gol diturunkan dan semuanya mencetak gol malam itu. Belum lagi dukungan gelandang dengan mobilitas tinggi baik dalam menyerang maupun bertahan. Di barisan pertahanan, keberadaan kiper Kurnia Meiga membuat para pemain di depannya merasa tenang. Memang Arema bisa memetik kemenangan perdana dengan relatif mudah, tapi itu bukan jaminan bisa dilakukan pada pertandingan kedua. Beruntung Arema masih bermain di kandang melawan Persik Kediri besok. Dilihat dari kekuatan tim, Persik lebih berat dibanding Persijap, apalagi pertandingan tersebut sarat emosi. Kedua tim memiliki catatan yang keras dalam setiap pertemuannya. Keduanya sudah lama tidak bertemu sejak Persik terlempar ke divisi utama dan baru musim ini kembali ke kasta kompetisi tertinggi. Bisa saja muncul ungkapan, kalau Persijap bisa dikalahkan, tentu Persik juga bisa dikalahkan karena Arema bermain di kandang. Tapi kali ini Arema harus ekstrahati-hati, karena lawan yang dihadapi bukan tim sembarangan. Tapi kalau punya kesempatan, tidak ada salahnya mencetak gol sebanyak-banyaknya. (redaksi@malang-post.com)

Menerima kiriman foto lucu, unik dan kejadian menarik lainnya di wilayah Malang Raya. File dikirim dalam format JPG ke redaksi@malang-post.com

REDAKTUR: ADINDA, LAYOUTER: SLATEM


KOMUNIKASI BISNIS

Pesan Kamar Cukup Buka Best Western to Go MALANG – Hotel berjaringan, Best Western semakin memudahkan calon tamunya dalam memesan kamar. Sejak 17 Januari lalu, hotel tersebut meluncurkan aplikasi mobile bernama Best Western to Go, sehingga memudahkan untuk membooking kamar yang terkoneksi dengan seluruh jaringan hotel tersebut di Indonesia, bahkan dunia. Best Western OJ Malang pun mencoba mengenalkan aplikasi tersebut dengan menggelar The Relaunch of Best Western Mobile Application, Selasa (4/2) kemarin. “Ini merupakan pengenalan kembali aplikasi yang sudah diterapkan sejak Januari lalu di jaringan Best Western seluruh Indonesia, dan sudah tiga tahun terakhir di seluruh dunia,” ujar Corporate Marketing Communication Best Western International ADO Indonesia, Andriana Hendrawati. Menurut dia, Best Western to Go ini merupakan aplikasi mobile populer yang memudahkan traveler, pebisnis hingga leisure untuk bertransaksi via mobile phone, seperti Android, iPad, iPhone dan Blackberry. Dalam aplikasi ini, tamu hotel bisa mencari hingga reservasi kamar Best Western di seluruh dunia, merencanakan perjalanan, hingga melihat reward point. “Khusus untuk di Indonesia, bisa menikmati diskon sebesar 10 persen di seluruh restoran Best Western Indonesia. Cukup dengan menunjukkan aplikasi yang sudah terpasang di handphonenya,” jelasnya. Sementara itu menurut General Manager BW OJ Malang, Agus Anom Suroto, aplikasi ini memudahkan wisatawan dalam bepergian. Tinggal reservasi sebelum berangkat, dan menunjukkannya ketika sudah sampai di 12 hotel Best Western yang ada di Indonesia, dan 4100 hotel di seluruh dunia. “Saat ini semua membutuhkan hal yang praktis, dan hampir semua orang menggunakan smartphone. Sehingga dengan aplikasi ini pasti jauh menguntungkan,” bebernya kepada Malang Post. Agus menuturkan, untuk BW OJ Malang menargetkan sumbangsih aplikasi ini mencapai 20 persen, dari jumlah okupansi per bulan. Misalnya saja dalam sebulan terisi 2500 kamar, maka 500 diantaranya tamu yang menggunakan Best Western to Go ini. “Setidaknya selama 2014 ini, sebagai perkenalan kami targetkan 20 persen. Jumlah yang sama juga berlaku untuk Best Western di seluruh Indonesia. Misalnya, dalam sehari terisi 100 kamar, 20 kamar harus pesanan dari aplikasi ini,” tegas dia. (ley/fia)

ORIENTAL: Tampilan Best Western OJ (BWOJ) Hotel saat perayaan Imlek. Tamu bisa memesan kamar BWOJ melalui aplikasi mobile yang bisa diinstal di ponsel. STENLY REHARDSON/ MALANG POST

Bahan Bakar dan Daging Ayam Sumbang Inflasi Malang

IRA RAVIKA/ MALANG POST

LCD: Jajaran produk LCD yang menjadi unggulan penjualan di Plaza Elektronik.

Penguatan Dolar Lemahkan Sales Produk Elektronik MALANG – Plaza Elektronik Malang menutup tahun 2013 lalu dengan pertumbuhan sales sebesar 15 persen. Hasil ini sesuai dengan target di awal tahun, dan untuk 2014 ini salesnya ditarget kembali meningkat hingga 20 persen “Tahun 2013 lalu target kami antara 15-20 persen untuk pertumbuhan penjualan. Namun pencapaiannya memang belum maksimal hingga angka 20 persen,” ujar Store Manager Plaza Elektronik Malang, Pao Sugiyanto. Menurutnya, pencapaian pertumbuhan yang belum maksimal tersebut salah satu faktornya adalah kenaikan barang elektronik yang terjadi di semester dua tahun 2013. Sehingga customer cenderung

menahan diri untuk berbelanja barang elektronik. Dari total sales, pendapatan semester dua kurang maksimal, padahal banyak momen besar pada masa tersebut. Misalnya saja Idul Fitri dan akhir tahun. “Biasanya saat momen tersebut merupakan peak season untuk penjualan barang elektronik. Secara prosentase selama 2013, sales semester satu dan dua masih seimbang,” terang dia kepada Malang Post. Pria yang kerap disapa Sugik ini menyampaikan, penjualan LED paling dominan menyumbangkan angka penjualan. Sekitar 40 persen dari LED yang ditawarkan mulai dari harga Rp 1,3 juta hingga Rp 40 juta. Sisanya, seperti lemari es dan mesin cuci.

Sugik menyampaikan, bila selama 2013, average penjualan mencapai Rp 250 juta. Angka tersebut meningkat hingga dua kali lipat ketika menjelang lebaran dan tahun baru. “Jelang Idul Fitri lalu salesnya mencapai Rp 470 juta, sementara akhir tahun sekitar Rp 340 jutaan,” imbuhnya. Sementara itu untuk tahun ini, Plaza Elektronik menargetkan pertumbuhan 20 persen dari total sales 2013. Menurut Sugik memang berat, bila melihat rekapitulasi penjualan di akhir tahun, ditambah tingginya intensitas hujan di awal tahun. “Tetapi tetap harus optimis, sekalipun tantangan seperti bencana alam mempengaruhi angka penjualan kami,” pungkasnya. (ley/fia)

MALANG – Kondisi curah hujan yang tinggi selama Januari serta banjir di beberapa wilayah menjadi salah satu faktor penyumbang inflasi sepanjang Januari 2014. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, pada januari 201 telah terjadi inflasi sebesar 0,76 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun sebesar 7,85 persen. Kasi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini menjelaskan, dari 8 kota Indek Harga Konsumen (IHK) di Jawa timur, tercatat semua kota mengalami inflasi. Malang termasuk aman karena tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah. “Inflasi tertinggi terjadi di Kediri, 1,28 persen, sedangkan yang terrendah di Banyuwangi yaitu 0,59 persen,” rinci Erny. Erny melanjutkan, inflasi tertinggi berasal dari kelompok bahan makanan, yaitu 1,67 persen, disusul kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 1,22 persen. Untuk kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,31 persen. “Kelompok sandang hanya 0,55 persen, sedangkan kesehatan 0,05 persen. Pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,08 persen dan transport sebesar 0,25 persen,” imbuhnya. Adapun 10 komoditas yang mengalami kenaikan harga paling besar adalah bahan bakar rumah tangga, daging ayam ras, telur ayam, sepeda motor, semen, rawon, mobil, tomat, sayur, selada, beras, papaya, dan emas perhiasan. “Kenaikan LPG 12 kg kendati sebentar, namun pengaruhnya juga terasa di angka inflasi,” tambah perempuan berjilbab ini. Kenaikan harga komoditas-komoditas tersebut diredam oleh penurunan harga dari bawang merah, udang basah, angkutan udara, jagung manis, pisang, daun bawang, kelapa, tauge, nangka muda, dan juga sawi hijau. “Tarif angkutan udara sudah mulai turun karena lewat masa peak season, sehingga maskapai-maskapai tidak lagi memberlakukan harga ambang atas,” katanya.(fia)

RABU, 5 FEBRUARI 2014

5

BUMN

Semen Indonesia Ekspansi Dua Pabrik JAKARTA - Perusahaan semen BUMN yaitu PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berencana untuk membangun 2 pabrik baru di tahun ini dengan total investasi Rp 7,5 triliun. Pabrik dibangun di Rembang, Jawa Tengah dan Padang, Sumatera Barat. Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, pembangunan pabrik semen baru ini direncanakan mulai dilakukan semester I-2014 ini. “Saat ini sudah mau jalan bangun 2 pabrik, yaitu di Rembang, Jateng dengan nilai investasi Rp 4 triliun dan selain itu juga di Padang, Sumbar dengan nilai investasi Rp 3,5 triliun,” kata Dwi dalam acara bedah buku ‘Road to Semen Indonesia’ di Balai Kartini, Jakarta (4/2/2014) Saat ini, kapasitas produksi Semen Indonesia mencapai 31 juta ton dan itu adalah yang paling tinggi di Indonesia. Sehingga Dwi menyatakan, Semen Indonesia adalah perusahaan semen nomor satu di Indonesia. “Sekarang Semen Indonesia peringkat nomor 1 di Indonesia. Meskipun sekarang sudah nomor 1, tapi Semen Indonesia nggak boleh berhenti mempertahankan posisi itu, tapi harus menyiapkan 5-8 tahun ke depan,” tutur Dwi.(dtc/fia)

ISTIMEWA

INVESTASI: Semen Indonesia tengah membangun dua pabrik senilai Rp 7,5 triliun untuk meningkatkan kapasitas produksi.

OJK Benahi GCG Emiten JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menggalakan program tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) khusus bagi perusahaan terbuka atau emiten melalui aturan GCG yang baru saja dirilis kemarin (4/2). Salah satu yang bakal diatur dalam penerapan GCG tersebut adalah peranan dewan komisaris dan direksi emiten yang aturannya ditargetkan selesai pada Desember 2014. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida mengatakan, peranan direksi dan komisaris merupakan satu dari lima sektor yang perlu diperbaiki untuk memperbaiki tata kelola perusahaan. “Salah satu rekomendasi aturan itu adalah peran dewan komisaris dan direksi emiten. Ini perlu diatur untuk memperbaiki tata kelola perusahaan,” kata Nurhaida di Hotel Sangri-La, Jakarta, Selasa (4/2/2014). Dari aturan tersebut, Nurhaida menyebutkan, ada sedikitnya 14 poin yang menjadi tanggung jawab dewan komisaris dan direksi emiten terhadap perusahaannya. Poin tersebut meliputi proses nominasi dan remunerasi bagi komisaris dan direktur, pengungkapan kualifikasi anggota dewan komisaris dan direksi, program orientasi bagi para anggota dewan komisaris dan direksi serta tugas-tugas fidusianya. Aturan ini juga sejalan dengan aturan yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu mengenai batasan maksimal masa jabatan dewan komisaris dan direksi independen emiten. Dalam aturan bursa yang diterbitkan pada 20 Januari 2014 melalui keputusan direksi Kep-00001/BEI/01-2014 yang berisi perubahan peraturan nomor I-A tentang pencatatan saham dan efek bersifat ekuitas selain saham yang diterbitkan oleh perusahaan tercatat disebutkan bahwa masa jabatan maksimal direktur dan komisaris independen adalah dua periode berturut-turut. Di tempat yang sama, Direktur Utama BEI Ito Warsito menyebutkan, aturan ini harus diikuti oleh setiap direktur dan komisaris di setiap perusahaan terbuka. “Aturan ini wajib dipenuhi dalam jangka waktu paling lambat enam bulan sejak keputusan diberlakukan,” ujar Ito. Menurut Ito, aturan ini sudah sesuai dan sudah diterapkan oleh beberapa emiten bursa terutama perusahaan BUMN. Ito mengaku, selama ini tidak ada keberatan dari pihak emiten soal aturan itu. “Emiten-emiten BUMN sudah banyak menerapkan ini. Mereka tidak ada yang keberatan. Makanya kita atur ini agar diterapkan ke semua emiten,” tandasnya. (dtc/fia)

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


RABU, 5 FEBRUARI 2014

Pantau Aktivitas Gunung

Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total Bupati Lumajang LUMAJANG- Bupati Lumajang, Sjahrazad Masdar dan Wabup As’at Malik bersama Muspida melakukan kunjungan ke Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro. Pasalnya, sejumlah gunung di Indonesia mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Sjahrazad Masdar mengatakan, pihaknya sangat berharap kerjasama antara petugas Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) senantiasa melaporkan aktivitas vulkanik semeru. Sehingga, an tisipasi bencana gunung Semeru segera dilakukan oleh Pemkab melalui BPBD. “Ya kita berharap kerja sama pos sawur, bila ada peningkatan aktivitas kegemapaan,” ujar Masdar. Bupati bersama Wabup serta Muspida menenggok langsung perekaman kegempaan Semeru melalui Seismograf manual dan Digital. Selain itu, melihat peta terdampak bencana letusan semeru. “Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa, jadi sangat dipantau.” ungkapnya. Sementara, Suparno, petugas PVMBG di Gunung Sawur menyampaikan, aktivitas vulkanik Semeru masih normal dengan status Waspada di level 2. Sehingga, bahaya kegempaan masih belum diantisipasi dampak bencananya. “Semeru masih normal meski statusnya Wa s p a d a , ” u n g k a p p r i a kelahiran Banyuwangi itu. Sementara itu, pendakian ke Gunung Semeru ditutup total oleh Taman Nasional B r o m o Te n g g e r S e m e r u

6

Keluarga Mantan Kades Dibantai, Satu Tewas, Tiga Kritis

DIRAWAT: Keluarga mantan Kades Kasengan, masing-masing Suhaimi, menantu, Mardiana, istri mantan Kades Busairi, dan Nurhayati menjalani perawatan intensif di RSD dr. H. Moh. Anwar Sumenep setelah dibacok keponakannya.

MEMANTAU: Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar menenggok langsung perekaman kegempaan Semeru melalui Seismograf manual man al dan Digital Digital, serta melihat peta terdampak bencana let letusan san Semer Semeru. (TNBTS). Pasalnya, intensitas hujan sangat tinggi, badai besar, pohon tumbang dan longsor di sejumlah titik jalur pendakian. Kepala TNBTS, Ayu Dwi Utari mengatakan, pendakian ditutup total hanya sampai di Pos Ranu Pane sejak Januari 2014.

Pasalnya, cuaca buruk kerap terjadi dan sangat berbahaya bagi pendaki. “Kita tidak ingin ada jatuh korban, cuaca tidak mendukung untuk pendakian,” ujarnya, Selasa (4/2/2014). Pantauan petugas TNBTS, pohon tumbang dan tanah

longsor terjadi di jalur pendakian Ranu Pane ke Ranu Kumbolo, Senduro-Ranu Pane dan Ranu Pane-Bromo. Hujan disertai angin terus berlangsung setiap sore dan malam di kawasan Semeru. “Di kawasan Hutan Senduro ke Ranu Pane sering

sekali pohon tumbang, petugas sering lakukan evakuasi,” ungkap Ayu. TNBTS akan terus me man tau para pengunjung yang masuk wilayahnya. Pasalnya, cuaca yang tak menentu sangat berbahaya bagi manusia. (jpnn/bj/udi)

SUMENEP- Warga Desa Kasengan, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Selasa (4/2/14) digegerkan dengan pembantaian yang menimpa keluarga Busairi (80), mantan Kepala Desa (Kades) setempat. Aksi sadis yang dilakukan oleh Kholilurrahman (17) yang masih keponakan korban itu hingga menewaskan Busairi. Sementara istri, anak, dan menantu korban, kritis akibat luka tusukan pisau pelaku. Informasi di lapangan, saat dini hari pelaku datang ke rumah Busairi. Tanpa sebab jelas, pelaku tiba-tiba mengamuk dan menyerang korban dengan pisau dapur. Akibatnya, korban langsung tewas tersungkur setelah pelaku menusuk kepalanya dengan pisau dapur. Melihat peristiwa itu, Suhaimi (50), menantu korban, langsung berlari bermaksud menolong korban. Namun malang, pelaku justru makin membabi buta menyerang dan menusuk Suhaimi. Akibatnya, Suhaimi luka parah di perutnya hingga ususnya terburai. Ulah sadis pelaku tidak berhenti sampai disitu. Pelaku juga menyerang Mardiana (65), istri Busairi, dan Nurhayati (48), istri Suhaimi yang berlari ke teras rumah. Pelaku menyerang dengan pisau dapur yang masih dipegangnya. Akibatnya, kedua wanita itu luka tusuk di paha, dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Daerah dr H. Moh. Anwar untuk mendapatkan perawatan. Wakapolres Sumenep, Komisaris Polisi Sujiono mengungkapkan, dengan dibantu warga setempat, pelaku akhirnya berhasil diamankan dan dibawa ke Polres Sumenep. “Kami belum tahu, apa motif penganiayaan itu, karena pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Sumenep,” ujarnya. Menurut beberapa warga, Kholilurrahman diduga mengalami gangguan jiwa gara-gara diputus pacarnya. Sekretaris Desa Kasengan, Samsul Huda, menjelaskan, pelaku merupakan keponakan Busairi. Pelaku yang tinggal di Mumbulsari, Jember, sekitar 4 hari lalu datang ke Sumenep bersama keluarganya. ”Ternyata dia mendapat telepon dari pacarnya kalau diputus. Langsung dia stress berat. Sebelumnya memang pelaku ini sudah mengalami gangguan jiwa. Kumat parah waktu diputus pacarnya itu,” ungkapnya. (jpnn/udi)

REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: KURDI


SAMBUNGAN The Strait Times Sebut Dahlan Mr Turnaround Sambungan dari Hal 1 Kata ‘Turnaround’ dengan tanda petiknya, secara bebas bisa diartikan sebagai ‘pria yang suka jalan ke mana-mana’, sesuai kebiasaan Dahlan yang kerap blusukan. Selain itu, istilah tersebut juga bisa diterjemahkan sebagai seorang yang bisa ‘menyulap’ keadaan buruk menjadi baik. Soal kemampuan ‘menyulap’ dari kondisi buruk menjadi baik, koran terbesar di Singapura itu kemudian memberikan ilustrasi bagaimana Dahlan membangkitkan koran Jawa Pos yang semula hampir mati dengan oplah enam ribu per hari, menjadi 150 ribu, hanya dalam waktu dua tahun. ‘’Dia dikenal sebagai seorang pekerja keras,’’ tulis The Strait Times, edisi 3 Februari kemarin. Artikel sepanjang 28 paragraf, dan diterbitkan di halaman Asia itu, pun diberi judul yang cukup provokatif dan menggelitik, untuk ukuran koran serius berusia satu abad. ‘’Can ‘Mr Turnaround turn around Democrat party?’’ atau kira-kira artinya, bisakah Dahlan membangkit-

kan kembali Partai Demokrat yang kini tengah terpuruk? setelah jatuh dihantam sejumlah kasus korupsi para kadernya. Dalam artikelnya, The Strait Times memang tidak secara gamblang memberi jawaban atas pertanyaan yang diajukannya sendiri. Koran beroplah 350 ribu per hari itu sekedar menulis sejarah singkat Dahlan, sejak dia menjadi reporter Majalah Tempo hingga kini menjadi peserta konvensi Partai Demokrat yang paling moncer. The Strait Times juga menyinggung kelakuan-kelakuan unik mantan bos PLN itu. Misalnya ketika membuka pintu tol hingga sorotan media Indonesia saat dia menjadi musuh utama dari DPR. Kisah ketika Dahlan harus menjalani transpalasi hati hingga ditunjuk sebagai bos PLN oleh Presiden SBY. Tidak lupa, Strait Times menggambarkan gaya busana Dahlan yang simple, kemeja panjang dilipat, celana gelap, dan sepatu sneackers.

Dahlan, oleh The Strait Times, dalam artikelnya hanya digambarkan sebagai sosok unik pekerja keras, yang sentuhan ‘ajaibnya’ bisa membuat banyak hal menjadi baik, dan kini menjadi kandidat terkuat pemenang konvensi Partai Demokrat. Partai yang kini tengah butuh sosok ‘baik’ untuk menghapus ‘luka’ akibat skandal korupsi beberapa kadernya yang sempat membuat citra partai penguasa itu terpuruk hebat. ‘’Deadline, kerja cepat, deadline, dua hal itu telah mengalir di dalam darah saya,’’ kata Dahlan soal filisofi kerjanya. Namun Dahlan juga mengatakan, ada perbedaan sangat besar saat dia bekerja di sektor swasta dengan saat dia menjadi pejabat negara. Terutama menyangkut persoalan birokrasinya. Dan untuk itulah, tulis The Strait Times di paragraf akhirnya, Dahlan berharap bisa menjadi salah satu kandidat presiden, untuk bisa memperbaiki Indonesia. (sultan yohana/jpnn)

Gonzales : Persik, Saya Tak Peduli! Sambungan dari Hal 1 Ia sudah lama melupakan Persik Kediri. Gonzales pun siap melawan mantan klub yang membesarkan namanya di Stadion Kanjuruhan, Kamis (6/2). ‘’Saya tidak peduli dengan klub selain Arema. Sekarang saya adalah pemain Arema. Tentu saja saya kerja keras untuk Arema,’’ terang Gonzales kepada Malang Post. Jika dijadikan starter oleh Suharno-Joko ‘Gethuk’ Susilo, Gonzales terhitung sudah tiga kali melawan Persik dalam kompetisi liga. Pertemuan pertama Gonzales melawan Persik terjadi pada 26 Januari 2010. El Loco saat itu sudah mengakhiri hukuman dari PSSI era Nurdin Halid dan berkostum Persib. Bermain di Bandung, Gonzales mencetak satu gol untuk Persib lawan Persik. Laga Persib-Persik saat itu berakhir 6-1. Pertemuan kedua Gonzales terjadi di home Persik pada 9 Februari 2010. Gonzales lagi-lagi bikin satu gol untuk kemenangan Persib atas Persik Kediri, tiga gol dibalas satu. Laga 9 Februari 2010 ini jadi per-

temuan terakhir Gonzales dengan mantan timnya tersebut. Sebab, Persik degradasi dan baru promosi lagi pada 2014. Sedangkan, Gonzales berpindah ke Persisam sebelum akhirnya berkostum Arema. Dalam pra musim, El Loco kembali dapat kesempatan bertemu Persik di Piala Gubernur 2013. Saat Arema menang tiga gol tanpa balas 20 Desember 2013, Gonzales juga lagi-lagi bikin satu gol. Dengan demikian, Gonzales selalu mencetak gol saat main lawan Persik. Tidak heran, bukan tanpa alasan bila akhirnya pemain incaran Alfred Riedl untuk timnas senior itu bakal kembali mencetak gol dalam laga di Stadion Kanjuruhan, Kamis besok. Bahkan, sejatinya, Gonzales sudah tidak sungkan-sungkan lagi untuk merontokkan gawang skuad asuhan Aris Budi Sulistyo itu di hadapan Aremania. Meskipun, Gonzales mengakui, dirinya punya teman baik di Persik. ‘’Saya hormati Persik. Saya banyak teman disana. Tapi

sekarang saya main untuk Arema,’’ tegasnya. Suami Eva Nurida Siregar ini menegaskan, tidak akan terlalu mengingat-ingat kejayaan masa lalunya bersama Persik. Sebab, saat ini ia ingin mencetak kejayaan baru bersama skuad pujaan Aremania. Ia pun berjanji bakal main ngotot saat menjamu Persik di Stadion Kanjuruhan. ‘’Siapapun lawan kita, kita mainnya tetap sama. Kerja keras dan disiplin. Kita main untuk kemenangan Arema. Saya pun cetak gol untuk Arema,’’ kata mantan penggawa timnas U-23 Uruguay tersebut. Ketika disinggung soal berapa target gol yang ingin dicetaknya lawan Persik, Gonzales tidak banyak komentar. Dia lebih mementingkan gol yang bawa kemenangan buat Arema. ‘’Saya tidak tahu mau bikin gol berapa. Insya Allah saya buat gol. Tapi yang jauh lebih penting adalah bikin gol yang bawa kemenangan buat Arema,’’ tutup bapak empat orang anak tersebut. (fin/avi)

Siapkan Tiket Murah Sambungan dari Hal 1 Menurut dia, sejak pertama terbang 30 Januari lalu, maskapai yang menggunakan pesawat Boeing 737500 ini sudah menawarkan harga yang murah. Bisa jadi, ini juga merupakan strategi untuk meningkatkan load factor (tingkat keterisian) di bulan pertama beroperasi dari Bandara Abd. Saleh Malang. ‘’Sebut saja harga promo, sehingga banyak calon penumpang semakin mengenal keberadaan Kalstar ini. Harga tiket ke Banjarmasin dan Berau yang connecting dari Malang juga terjangkau,’’ bebernya kepada Malang Post. Kalstar yang berangkat atau terbang dari Malang pukul 11.30 WIB ini mematok tiket Malang-Banjar-

masin sebesar Rp 752 ribu. Padahal bila normal harganya di kisaran Rp 1 juta. Harga ini sempat turun menjadi Rp 849 ribu berbarengan dengan harga promo ketika pertama kali terbang pekan lalu, dan ternyata manajemen pesawat yang berpusat di Serpong ini turut menurunkan patokan harga tiketnya pekan ini. Sementara itu untuk harga tiket ke Berau, Kalstar memasang harga mulai Rp 1,055 juta. Sama dengan dua tujuan lainnya dari Malang, harga berlaku hingga 28 Februari mendatang. ‘’Pesawatnya kan connecting ke Banjarmasin dan Berau. Untuk jam keberangkatan sama, hanya harganya berbeda. Tetapi dijamin masih murah,’’ imbuh Samsu.

Sedangkan selama enam hari beroperasi dari Malang ke Balikpapan, Samsu mengakui antusiasme penumpang lumayan tinggi. Ratarata penumpang lebih dari 50 persen. Bahkan di hari pertama lalu yang bertepatan dengan jelang liburan akhir pekan, keberangkatan dari Malang membawa 72 penumpang. Berlanjut di tiga hari berikutnya di kisaran 60 penumpang. Masih menurut dia, bila penumpang menginginkan penerbangan lainnya ke wilayah Kalimatan, bisa pula melalu Bandara Juanda Surabaya. Jam keberangkatan berturutturut pukul 09.25 WIB untuk tujuan Sampit, pukul 16.50 WIB tujuan Pontianak, dan pukul 08.55 WIB tujuan ke Pangkalanbun. (ley/avi)

Tetap Demo Meski Bangkok Shutdown Gagal Sambungan dari Hal 1 Pemilu dianggap sebagai muslihat Yingluck untuk mencari legitimasi bahwa posisinya bisa dipertanggung jawabkan. Ketika sebagian besar rakyat Thailand menggunakan hak suaranya Minggu (2/2) para pendemo tetap melakukan aksinya bahkan mereka minta masyarakat tidak datang ke TPS. Imbauan ini rupanya ampuh, terutama bagi sebagian besar warga Bangkok yang tetap enggan datang menggunakan hak suaranya. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya untuk bergabung dengan kelompok penentang pemerintah yang melakukan demo secara marathon yang kini sudah memasuki bulan keempat. Aksi demo di Racha Damneon Road yang tak jauh dari toko fashion Isetan dan Platinum Plaza, mal khusus fashion di Bangkok, dipadati oleh warga. Mereka terdiri dari warga Bangkok dan dari provinsi lain di Thailand. Di panggung utama, seperti biasa, diisi orasi dari berbagai tokoh penentang pemerintah. Setiap kali orator mengucap kata Thaksin atau Yingluck, pendemo menyambut dengan teriakan dan menyembunyikan peluit. Suasanya pun menjadi semakin meriah ketika tampil kelompok kesenian tradisional Thai yang terdiri dari anak-anak memainkan tari dan acrobat. Di bawah panggung, seorang tokoh waria Thailand pemenang pemilihan Miss AC/DC juga ikut bergabung bersama para pendemo. Bagi warga Bangkok, saat malam hari mereka pulang ke rumah, sedangkan yang tetap tinggal di tenda-tenda dan emperan toko umumnya masyarakat yang datang dari

wilayah Selatan seperti Pathani dan Hatchai. ‘’Setiap hari mereka tinggal di tenda, nanti kalau uangnya sudah habis, mereka pulang dan kembali lagi ke sini. Tapi secara umum kebutuhan pokok mereka seperti makan, minum dan tidur sudah terjamin,’’ kata Suthiporn Chirapanda warga Bangkok yang aktif ikut demo. Hari Minggu itu Suthiporn datang bersama rombongan sebuah perusahaan yang menyediakan makanan dan minuman bagi pendemo. Banyak kelompok masyarakat dan perusahaan yang menyediakan konsumsi bagi pendemo di berbagai lokasi. Bagi Suthiporn, mereka tetap pada tuntutannya untuk melakukan reformasi demokrasi di Thailand. Arti reformasi itu adalah turunnya Yingluck, bukan pemilu atau upaya yang lain. Hal itu terungkap dari berbagai poster yang mereka bawa : Reform before Election, Shutdown Bangkok, Restart Thailand, Stop Thaksin Eating Thailand, Thaksin is Father of Corruption dan tulisan lain yang umumnya bernada keras. Tapi ternyata tuntutan mereka masih belum membuahkan hasil meskipun aksi mereka sudah berlangsung tiga bulan lebih. Para pendemo memberi deadline kepada Yingluck untuk turun dari jabatannya 13 Januari lalu, kalau tidak mereka akan melumpuhkan Bangkok. Maka muncul istilah Bangkok Shut Down, Restart Thailand untuk menekan Yingluck agar segera turun, tapi sampai batas yang ditetapkan tuntutan mereka belum berhasil, adik Thaksin itu masih bercokol sebagai PM. Seperti yang diungkap Suthiporn, mereka akan terus

melakukan aksinya sampai pemerintahan Yingluck turun dari jabatannya, karena mereka yakin aksi tersebut didukung rakyat Thailand. Suthiporn adalah pendukung setia kelompok penentang pemerintah. Dari mundur dari pekerjaannya sebagai pegawai negeri di kementrian pertanian dan lebih memilih sebagai orang bebas. Ketika saya menyebut dari Indonesia, dia tampak antusias karena dia pernah bertugas di Indonesia, saat dilaksanakan proyek transmigrasi tahun 70-an. Dia pernah ke Bali, Yogyakarta dan proyek transmigrasi di Sulawesi Selatan. Selain dukungan dalam bentuk kehadiran dalam demo, masyarakat juga memberikan dukungan berupa makanan, minuman dan kebutuhan sehari-hari. Di ujung lokasi demo yang terletak di depan hotel Pratuwan yang menjadi satu dengan MBK Mal, diletakkan sebuah kotak amal. Siapa siaja bisa menyumbangkan uangnya untuk mendukung aksi menentang pemerintah. Dari dalam kotak transparan setinggi sekitar satu meter itu terlihat banyak uang Baht dedngan berbagai pecahan yang dimasukkan oleh para penyumbang. Seorang panitia menyebut, setidaknya 5 juta Baht atau sekitar Rp 190 juta setiap hari terkumpul dari kotak amal yang tersebar di berbagai lokasi. Uang tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari para pendemo. Aksi demo tersebut memang membutuhkan biaya besar, karena melibatkan banyak orang dengan berbagai atraksinya selama berbulan-bulan. Tidak jelas, kapan aksi ini akan berakhir. (husnun nd)

RABU, 5 FEBRUARI 2014

7

Rawan Bencana, SBY Salahkan Gunung Api JAKARTA - Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia belakangan ini, menjadi perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng), SBY menyempatkan mengunjungi SMPN1 Kuningan, Jabar. Dalam kesempatan tersebut, dia mengungkapkan bahwa Indonesia rawan terjadi bencana karena memiliki gunung berapi terbanyak di dunia. “Nomor dua baru Jepang, kemudian ada tiga lempeng tektonik yang mengelilingi Indonesia. Dan itu hampir setiap saat bertabrakan, bertubrukan. Lempeng tektonik, kalau tumbukannya vertikal, kekuatannya enam Skala Richter lebih kemungkinan terjadi tsunami. Kalau tidak ya gempa, gempa plus tsunami. Contohnya Aceh, Nias dan lainnya,” papar SBY di hadapan para siswa SMPN 1 Kuningan, kemarin (4/2). Karena itu, Presiden SBY pun men-

gajak seluruh lapisan masyarakat untuk siap menghadapi bencana dengan berbagai cara. Diantara dengan membangun sistem penanggulangan, memberikan pelatihan, meningkatkan kewaspadaan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya, agar bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi bencana. “Sekarang di seluruh dunia juga kembali datang bencana, ada banjir di banyak negara termasuk di Indonesia, kebakaran hutan dan juga badai salju. Jadi saljunya luar biasa dan yang meninggal juga banyak. Kebakaran yang meninggal juga ada, banjir yang meninggal juga ada. Jadi harus menguasai tentang kebencanaan mulai anak-anak yang bersekolah di SMP ini,”urainya. Mengakhiri kunjungannya, SBY memberikan sumbangan sebesar Rp 200 Juta. Sumbangan tersebut ditujukan untuk pengembangan fasilitas olahraga dan kesenian. “Anak-anak, kami semua senang

dengan seni yang dikembangkan di sekolah ini, dan kami juga senang karena ada lapangan basket karena olahraga dan kesenian itu penting disamping ilmu. Oleh karena itu saya akan bantu Rp 200 juta, Rp 100 juta untuk kesenian, dan Rp 100 juta untuk mengembangkan olahraga, tolong digunakan sebaik-baiknya. Terima kasih,” papar SBY. Dari Kuningan, Jabar, Presiden SBY menuju Pekalongan, Jateng menggunakan Kereta Luar Biasa melalui Stasiun Cirebon. Di sana, SBY beserta rombongan meninjau perbaikan Jalur Pantura Km 108 Pekalongan. Saat meninjau jalur Pantura di Pekalongan, Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono didampingi Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, Mendikbud M. Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan Gubernur JatengGanjar Pranowo. (ken/jpnn)

Sidak RSUD, Abah Marah! Sambungan dari Hal 1 Jalan masuk ke UGD pun, tidak ada yang khusus untuk kursi roda atau roda dorong untuk pasien yang hanya dapat terbaring. Jalan masuk UGD semuanya berbentuk trap. Tidak hanya itu, ruang operasi pun tidak sesuai dengan standarnya. Kamar operasi yang harusnya tertutup, masih ada jendela terbuka. Termasuk ada juga lubang angin di bagian depan kamar operasi. Standar lampu juga belum layak, begitu juga pintu masuk kamar operasi juga tidak sesuai dengan standar. Yang membuat anehnya lagi, gedung empat lantai yang menjadi ruang rawat inap, tidak ada jalur evakuasi. Hanya ada lift untuk naik dan turun antar lantai. ‘’Untungnya saya pernah operasi. Jadi tahu bagaimana kondisi ruang operasi. Tidak seperti ini (kamar operaasi RSUD, Red.). Antar ruang juga harus terkoneksitas. Kalau tidak ada koneksitas, bagaimana kalau ada pasien yang harus pindah ruang dan kondisi hujan. Masak harus pakai payung,’’ singgungnya. Karena itu, bendahara PC NU Kota Malang itu meminta desain ulang RSUD itu. Karena tidak mungkin harus membongkar bangunan yang sudah jadi, Abah meminta agar lahan kosong seluas 6000 meter persegi yang menjadi area perluasan RSUD, dapat dimaksimalkan bangunannya sesuai dengan standar bangunan rumah sakit. Hanya saja, bangunan yang ada tetap harus dikoreksi agar sesuai dengan standar rumah sakit. ‘’Desain ulangnya tanpa membongkar bangunan yang sudah jadi. Kalau yang sudah jadi, terus dibongkar, kan

sayang. Ini uang rakyat. Jadi didesain ulang di lahan yang akan dibangun,’’ imbuh walikota kelahiran 31 Desember 1965 itu. Ketua PITI itupun secara khusus, langsung memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Dr dr Asih Tri Rachmi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB), Jarot Edi Sulistyo, agar bersinergi merampungkan megaproyek bermasalah dan sampai menyita perhatian pihak kejaksaan tersebut. Saat ini, Pemkot bakal mengkalkulasi lagi anggaran yang dibutuhkan untuk mendesain ulang RSUD di dekat Pasar Induk Gadang tersebut. ‘’Kita juga punya tim yang kuat, terdiri dari para insinyur hebat. Ditambah lagi ada dewan riset. Jadi, proyek ini harus sukses. Kita ingin menganggarkan dengan efektif, supaya di 2015 nanti pembangunan RSUD ini tepat guna dan tidak salah lagi,’’ seru Abah. Proyek RSUD menjadi menggemparkan gara-gara dugaan penyelewengan anggaran yang terendus Malang Corruption Watch (MCW) dan kejaksaan. Kecurigaan berkembang setelah munculnya kejanggalan harga tanah setempat yang melebihi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Tak tanggung-tanggung, dugaan mark up pembelian lahan tambahan itu mencapai Rp 3,7 miliar. Harga tanah per meter yang sesuai NJOP Rp 1 juta, dibeli Pemkot Malang seharga Rp 1,7 juta permeter. Dengan total luas lahan 4.300 m2, Pemkot seharusnya tak merogoh kocek lebih dari Rp 3,4 milyar. Faktanya,

Pemkot malah menggelontorkan dana sampai Rp 7,1 M. Artinya, potensi mark up mencapai Rp 3,7 M. Luas lahan RSUD Bumiayu seluruhnya mencapai 12 ribu meter persegi. Rumah sakit itu diusulkan tipe C atau D. Pembangunannya menelan dana sebesar Rp 15 miliar dan Rp 7 miliar untuk pengadaan lahan tambahan. Sekalipun belum ada kepastian soal tambahan tenaga medis di RSUD, Dinkes Kota Malang terus melelang proyek perlengkapan. Mereka mengalokasikan dana sekitar Rp 2,7 miliar untuk perlengkapan di RSUD kawasan Kedungkandang tersebut. Yang dilelang antara lain proyek pengadaan dan pemasangan alat radiologi beserta perlengkapannya senilai Rp 1,2 miliar. Lelang itu dilanjutkan dengan proyek lain senilai Rp 1,5 miliar berupa alat laboratorium, mikroskop. Yang terbaru adalah pengadaan alat-alat kedokteran umum kegiatan pengadaan alat-alat kesehatan penyakit akibat rokok. Alokasi dana dalam proyek itu mencapai Rp 1,3 miliar diambilkan dari Dana Bagi Hasil Cukai (DBH). Digembar-gemborkan tuntas dibangun bulan Januari lalu, nyatanya proyek ini molor. Selain itu, Pemkot masih dituntut berpikir keras untuk menyiasati kebutuhan tenaga medis sekaligus merampungkan Perda agar RS bisa beroperasi tanpa masalah. Dibutuhkan sedikitnya 177 tenaga medis untuk kebutuhan di RSUD Kota Malang. Padahal, dalam formasi rekrutmen CPNS umum tahun ini, Kota Malang tak mendapat kuota untuk tenaga medis. (tom/avi)

Ratusan Anggota PMI ‘Siap Perang’ Sambungan dari Hal 1 ‘’Mereka merupakan personil pilihan yang telah mumpuni dan memiliki kemampuan penanganan bencana,’’ tegas rescuer lulusan pendidikan di Taiwan dan Jepang ini. Selain itu, PMI juga mempersiapkan mobil rescue, personal safety kacamata pelindung, masker N59, masker biasa dan dua jenis helm khusus. Bahkan jika dibutuhkan, pihaknya siap menurunkan Hagglunds (kendaraan segala medan) yang mirip dengan tank. Kendaraan ini saat ini berada di Gresik dan bisa digeser ke lokasi bencana manapun setiap saat. ‘’Seluruh peralatan yang diminta provinsi sudah kita siapkan, seiring meningkatnya status Gunung Kelud,’’ jelasnya. Untuk penanganan darurat di Gunung Kelud, PMI telah menyiapkan berbagai armada. Antara lain satu unit mobil rescue, dua unit ambulance emergency standart, satu unit truck. Serta Self container breathing aparatus, satu set peralatan mountenering, satu set generator 1000 watt, satu unit chain saw dan enam unit alat komunikasi. ‘’Seluruh alat kita cek hari ini (kemarin, Red.), termasuk ambulan yang memiliki fasilitas untuk pelonggar pernafasan, tabung oksigen lengkap, obatobat untuk penanganan sesak nafas,’’ urainya. Tak hanya untuk masa tanggap darurat, menurut Heri, PMI Kota Malang

juga siap untuk masa rehabilitasi. Sebelumnya pada bencana di Gunung Merapi, PMI masuk membantu pada tanggap darurat. Yang terbaru, tim dari PMI juga dilengkapi baju overall (tahan api) dengan harga mencapai Rp 2 juta/stel. ‘’PMI juga siap memberikan pelatihan kepada teman-teman wartawan terkait keselamatan kerja bencana termasuk emergency first kit, gratis, mengenai bagaimana bekerja dan meliput di bencana sangat diperlukan, kami siap,’’ katanya. Sementara itu, Stasiun Geofisika klas III Karangkates mengabarkan mengenai peningkatan status Gunung Kelud. Sesuai dengan rekomendasi dari Badan Geologi, maka kemudian status Gunung Kelud dinaikkan ke level II. Hal ini sesuai dengan parameter pengamatan kegempaan dan suhu air. ‘’Implikasi peningkatan status maka rekomendais wilayah dalam radius dua kilometer dari puncak harus steril,’’ ujar Philips B.M staff BMKG Karangkates kepada Malang Post. Kata Philips, mengenai gempa vulkanik, sampai saat ini masih dimonitoring. Yakni dilaksanakan oleh tim dai pusat vulkanologi mitigasi bencana dan geologi. Tim terus memonitoring aktifitas dari gunung yang berada di Blitar dan Kediri tersebut. Sesuai data dari Badan Geologi, pada 1 – 2 Februari, Gunung Kelud mengeluarkan gempa sebanyak 111 kali gem-

pa vulkanik dangkal (VB). Kemudian 30 kali gempa vulkanik dalam (VA) dan tiga kali gempa tektonik jauh (TJ). Penentuan lokasi sumber gempagempa vulkanik berada pada sekitar tubuh Gunung Kelud dengan kedalaman dua sampai delapan kilometer. Selain itu juga terjadi kenaikan suhu air panas, dengan peningkatan sebesar 5,5 oC. Badan Geologi juga sudah membagi Kawasan Rawan Bencana di Gunung Kelud dari KRB III hingga I. KRB III merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan, aliran lava, dan kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat dalam radius 2 km dari pusat erupsi. Kawasan Rawan Bencana II (KRB II) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat dalam radius 5 km dari pusat erupsi. Kawasan Rawan Bencana I (KRB I) merupakan kawasan yang berpotensi terlanda lahar hujan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar letusan dalam radius 10 km dari pusat erupsi. Di Kabupaten Malang sendiri terdapat dua kecamatan yang berhimpitan dengan Gunung Kelud. Yakni Kecamatan Ngantang serta Kecamatan Kasembon yang berada di Malang Barat. Beberapa desa di Kecamatan Ngantang berada di utara Gunung Kelud. (ary/avi)

Antisipasi Bencana, Jangan Pakai Manajemen Panik Sambungan dari Hal 1 ‘’Lihat saja di Pujon dan Ngantang. Seharusnya, pemerintah sudah harus cepat tanggap. Harus ada SOP yang dipahami oleh semua komponen, untuk melakukan tindakan cepat, dalam menangani bencanan,’’ imbuh Wasekjen PDIP ini. Selain harus memperbaiki kinerja dalam penanganan bencana, kata Ahmad Basarah, seharusnya pemerintah juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat. Khususnya di daerah-daerah berpotensi terkena bencana alam, agar siap dalam mengantisipasi dan mengatasi setiap bencana yang datang. ‘’Di Jepang, masyarakat sudah sangat siap. Baik mental maupun ketrampilan dalam menghadapi setiap bencana alam yang terjadi. Lihat saja,

bencana tsunami besar yang belum lama terjadi di Jepang, dapat mereka minimalisir korban materi dan jiwa. Termasuk tindakan pemulihan juga cepat,’’ lanjutnya. Itu semua bisa terjadi, kata mantan aktivis GMNI ini, karena kultur masyarakat Jepang, sudah terlatih dalam menghadapi setiap bencana yang datang. ‘’Karena pemerintahnya punya SOP yang jelas dalam menangani setiap bencana alam yang datang. Semua itu berimbas pada kesiapan masyarakatnya, untuk menghadapi bencana,’’ sebut Ahmad Basarah. Pria yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan ini juga menyoroti ancaman bahaya yang bisa saja muncul dari Gunung Kelud. Senyampang masih

belum terjadi, dia berharap pemerintah sudah tanggap, apa yang harus dilakukan. Utamanya berkaca pada letusan Gunung Sinabung. ‘’Memang bencana itu, bisa mengancam semua orang. Termasuk datangnya tidak bisa diduga. Tetapi jika sejak awal kita mempersiapkan diri, dampak negatif, bisa diminimalisir. Hanya saja, pemerintah tetap harus berada di garda terdepan. Jangan kalau sudah terjadi bencana, baru turun semua. Sepertinya kok paniknya didahulukan,’’ imbuh Ahmad Basarah. Dia yakin, jika SOP itu sudah dilakukan, masyarakat justru bisa diberdayakan untuk mengatasi setiap bencana yang muncul. Karena yang terkena dampak langsung, adalah masyarakat. (red/avi/jpnn) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


RABU, 5 FEBRUARI 2014

PEMILU

2014

8

PPATK Bebas Pantau Rekening Parpol dan Caleg JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengikat kerjasama dengan menandatangani nota kesepahaman, Selasa 4 Februari 2014. PPATK kini bisa lebih leluasa memantau rekening partai politik dan caleg peserta Pemilu 2014. “Kami bisa saja bekerja tanpa MoU, tapi akan butuh waktu lama dalam memperoleh informasi,” kata Kepala PPATK Muhammad Yusuf di Gedung KPU, Jakarta. Karena itu, PPATK merasa terbantu dengan nota kesepahaman tersebut. Yusuf mencontohkan,

DAFTAR CALEG: Perwakilan parpol mengecek daftar caleg yang akan diumumkan pada masyarakat secara terbuka.

PDIP Bantah

tanpa MoU, apabila ada laporan masyarakat terkait seorang caleg yang diduga menggunakan dana kampanye ilegal, PPATK akan kesulitan melakukan pelacakan. PPATK bahkan harus menyebar surat ke seluruh perbankan di Indonesia hanya untuk mengetahui nomor rekening caleg yang dilaporkan itu. “Nomor rekening sangat penting bagi PPATK. Begitu informasi valid, kerja kami terbantu,” ujar Yusuf. MoU dengan KPU juga memungkinkan PPATK menghubungi KPU jika menerima laporan tentang caleg bermasalah. Lewat KPU, PPATK langsung bisa

mendapat data mengenai nama, nomor telepon, tanggal lahir, sampai alamat caleg terkait. “Kami juga sekarang bisa mendapat informasi rekening pengurus inti partai politik,” kata Yusuf. PPATK tidak mungkin bekerja sendiri dalam memantau transaksi keuangan Pemilu 2014. PPATK butuh bantuan informasi dari penyelenggara pemilu dan media sehingga informasi yang mereka serahkan kepada penegak hukum bisa komprehensif. “Dengan MoU ini, kita bisa berhasil. Ada komitmen bersama mewujudkan pemilu jujur dan adil dengan orang-orang yang berintegritas. Pemilu tidak

berhenti pada seremonial belaka,” ujar Yusuf. Pada bagian lain, Ketua KPU, Husni Kamil Manik mengatakan, jika KPU tak akan menolak apabila Mahkamah Konstitusi (MK) memanggil mereka untuk menjelaskan tentang pelaksanaan pemilu secara serentak. Husni Kamil Manik menegaskan pihaknya akan memenuhi undangan MK tersebut. “Kalau MK mengundang KPU untuk menjelaskan tentang berbagai hal menyangkut penyelenggaraan pemilu 2014, KPU merasa itu suatu kehormatan dan KPU akan hadir,” kata Husni di Gedung KPU, Jakarta, kemarin. (jpnn/udi)

Lagi, Alat Peraga Kampanye Ditertibkan

Duetkan Jokowi-Puan JAKARTA- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo membantah isu yang berkembang dan menyebutkan bahwa partainya menduetkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Puan Maharani pada Pemilihan Presiden 2014. Menurut Tjahjo, sampai saat ini partainya belum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai calon presiden. “Belum ada keputusan apa-apa baik dari partai atau Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri). Kalau sudah, kan disampaikan dalam deklarasi,” kata Tjahjo, Selasa 4 Februari 2014. Partainya, kata Tjahjo, menunggu hasil pileg terlebih dahulu agar mengetahui berapa suara dukungan partai. Bahkan, Tjahjo membantah keras terkait isu yang telah beredar di media. “Yang melempar isu di berita online tentunya punya maksud politik yang tidak bertanggung jawab,” kata dia. (jpnn/udi) CAPRES: Megawati bersama Jokowi dan Puan.

MALANG- Panwaslu Kota Malang kembali menunjukan ketegasannya. Kemarin, lembaga pengawas pemilu itu bersama Satpol PP dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) menertibkan alat peraga kampanye parpol dan caleg. Operasi penertiban dilakukan serentak di lima kecamatan. Alat peraga kampanye berupa bendera parpol, baliho, banner dan spanduk caleg yang dipasang pada tempat yang tak dibolehkan diturunkan petugas. Ratusan alat peraga kampanye dari berbagai parpol dan caleg diamankan petugas. Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslu Kota Malang, Febry Chrisdanty memastikan operasi penertiban masih akan terus digelar jika masih terdapat alat peraga kampanye yang dipasang menyalahi ketentuan. “Operasi penertiban masih dilakukan. Saat ini kami evaluasi dulu lalu menentukan pelaksanaan operasi. Tentu berkoordinasi dengan Satpol PP dan DKP untuk operasi selanjutnya,” kata Febry. Ia mengimbau agar pengurus parpol melakukan sosialisasi tentang pemasangan alat peraga

kampanye kepada caleg yang diusung. Tujuannya agar semua pihak memahami dan tak lagi melanggar. “Kami berharap parpol bisa lebih aktif untuk mengkomunikasikan peraturanperaturan yang ada kepada calegnya masingmasing,” ujarnya. Febry berharap parpol dan caleg yang memasang alat peraga tak sesuai ketentuan menurunkan sendiri alat peraga kampanye. Apalagi Panwaslu sudah mengingatkan agar menurunkan sendiri alat peraga sebelum ditertibkan oleh Panwaslu. “Semakin banyak parpol yang menurunkan alat peraga kampanyenya sendiri justru akan lebih baik,” tambahnya. Untuk diketahui sebenarnya Panwaslu sudah berkali-kali melakukan penertiban alat peraga kampanye. Tujuannya untuk menegakan aturan juga menjadi peringatan bagi pengurus parpol. Selain itu Panwaslu juga sudah sering melakukan sosialisasi. Tujuannya agar pengurus semua parpol di kota pendidikan ini memahami dan tak lagi melakukan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye. (van/udi)

Sayed Muhammad Muliady SH

Semangat Kebersamaan Modal Utama Persatuan

SILATURAHMI: Sayed Muhammad Muliady SH silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan perangkat desa di Kota Batu untuk pererat kebersamaan dan perkokoh persatuan.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari dapil Malang Raya, Sayed Muhammad Muliady SH mengobarkan semangat kebersamaan disetiap nyambangi warga di Malang Raya. Anggota Komisi III DPR RI ini berprinsip, semangat kebersamaan adalah modal utama untuk menjaga persatuan. FOTO/TEKS : ISTIMEWA/VANDRI BATTU

KEBERSAMAAN: Sayed Muhammad Muliady ASPIRASI: Sayed Muhammad Muliady SH SH menjaga kebersamaan dengan warga berdialog sekaligus jaring aspirasi warga Kalipare Kabupaten Malang. di Kota Batu.

KOMPAK: Sayed Muhammad Muliady SH kompak bersama masyarakat Tumpang Kabupaten Malang.

DITERIMA: Sayed Muhammad Muliady SH mengunjungi warga Desa Petung Sewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.

MENYAPA: Sayed Muhammad Muliady SH menyapa warga Wagir Kabupaten Malang.

KADER: Sebagai kader PDI Perjuangan, Sayed Muhammad Muliady SH menjaga kebersamaan untuk kokohnya persatuan.

PEDULI BUDAYA: Sayed Muhammad Muliady SH berdialog dengan budayawan dan tokoh masyarakat. REDAKTUR: MAHMUDI, LAYOUTER: ABDI


RABU, 5 FEBRUARI 2014

RONCE NGALAM

9

RW 12 Bandungrejosari Tampil Mengejutkan Lomba Kampung Zero Waste MALANG-Hari kedua Lomba Kampung Zero Waste yang digelar Pemkot Malang, tim juri melakukan penilaian di tiga RW di wilayah Kecamatan Sukun dan Kecamatan Kedungkandang. Penilaian pertama dilakukan di RW 03 Sukun dilanjutkan ke RW 12 Kelurahan bandungrejosari. Terakhir di RW 04 Kelurahan Wonokoyo. Dari tiga peserta tersebut, RW 12 Kelurahan Bandungrejosari,

Kecamatan Sukun merupakan peserta dari KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Sedangkan RW 03 Sukun merupakan juara Lomba Kampung Bersinar dua tahun lalu. Sementara RW 04 Wonokoyo merupakan juara ketiga Kampung Bersinar tahun lalu. RW 12 Kelurahan Bandungrejosari meski peserta dari KRPL namun kondisinya sangat luar biasa. Wilayah yang terletak di Jalan Klayatan Gang II ini seperti kampung sayur-mayur. Di setiap tepi jalan ditanami sayur-sayuran seperti tomat, lombok, sawi, terong, kangkung dan lainnya.

Sayuran ini ditanam di polibek. Jumlahnya pun cukup banyak sehingga pemandangan di wilayah ini tampak hijau dan segar. Wilayah ini juga memiliki green house untuk pembibitan sayur-sayuran. ‘’Di wilayah RW 12 Bandungrejosari ini sudah banyak sayursayurannya dan sudah menghasilkan. Bahkan, sebagian hasil panen sayuran sudah dijual,’’ kata Ir Syamsul Arif, salah satu tim juri dari Dinas Pertanian Kota Malang. Di wilayah RW 12 ini juga memiliki kelompok tani yang bernama Melati II. Baca RW 12... Hal.10

KODEW

JON SOEPARIJONO/MALANG POST

HIJAU: Tim juri Lomba Kampung Zero Waste melakukan penilaian di wilayah RW 12 Kelurahan Bandungrejosari, Sukun, kemarin.

Angsuran Jangan Beratkan Pedagang Abah Anton Sobo Pasar Induk Gadang

FIRMAN/MALANG POST

SOBO PASAR : Wali Kota Malang, H. Moch Anton sobo Pasar Induk Gadang untuk mendengarkan aspirasi pedagang soal pembangunan PIG baru yang tengah dibangun.

Limbah Pabrik Kertas di Kepanjen

BLH Tunggu Hasil Lab PJT KEPANJEN – Badan Lingkungan Hidup (BLH) PJT (Perum Jasa Tirta, Red). Sedangkan untuk Kabupaten Malang bergerak cepat atas keluhan PH, limbah dari pabrik ini berada di standar baku warga atas keberadaan pabrik kertas PT Gaya Baru mutu, yakni di 6,5 PH,” terang Tridiyah kepada Malang Post, kemarin. Paperindo di Desa Panggungrejo, M Sembari menunggu hasil lab Kecamatan Ke panjen. Hingga dari PJT, kata Diyah-sapaan kemarin, BLH mengirimkan utusan da akrabnya, pihaknya terus melauntuk menelusuri kebenaran limak bah cair dari pabrik tersebut seperti ku kan penyisiran. Pihaknya pun akan melakukan tindakan yang dikeluhkan warga setempat. pu Hal ini dibenarkan Kepala Bate gas jika kemudian hasil lab me nyatakan limbah produksi dan Lingkungan Hidup (BLH) m Kabupaten Ma lang, Tridiyah Paperindo terbukti mengandung zat berbahaya. Disisi lain, BLH Maistuti. Hingga kemarin, pihakza juga mendapati jika peralatan nya masih menyisir ke lapangan ju produksi dari pabrik tersebut berdasar keluhan warga di tiga pr masih dalam masa trial alias perdesa yang mengaku terganggu m cobaan. ’’Ternyata masih trial, limbah pa brik. Meliputi, De sa co jadi harus memperbaharui izin. Panggungrejo dan De sa Manjad Peperindo juga harus menyusun gunrejo, masuk wilayah KecaPe Tridiyah Maistuti laporan UKL UPL, serta apakah ma tan Kepanjen, serta Du sun lap ada data perubahan produksi dan desain, atau Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak. ‘’Teman-teman sudah menyisir dan sampai ada perubahan apapun, sekaligus mengurus izin hari ini juga masih melakukan evaluasi ke ke lingkungan sekitarnya,” ucap Diyah. lapangan. Hasilnya kami kirim ke Laboratorium Baca BLH... Hal.10

Lebih Semarak dan Berkesan

Masjid Fathurrohman Arjosari Gelar Festival Sholawat Nabi PANITIA FOR MALANG POST

SELAMAT YA: Para juara Festival sholawat nabi ke-3 berfoto bersama Wawali Kota Malang Sutiaji.

MALANG-Festival sholawat nabi ke-3 tahun 2014 tingkat Kecamatan Blimbing Malang yang digelar hari Ahad (2/2) n di halaman parkir masjid Fathurrohman Arjosari berlangsung semarak. Bahkan lebih semarak dibanding tahun lalu karena diikuti oleh lebih banyak peserta yakni 28 grup dalam 4 kategori. Tingkat anak 10 grup, ibu-ibu 5 grup, remaja putri 3 grup dan dewasa putra 10 grup. Banyak pengunjung terharu dengan penampilan mereka. Bahkan terlihat ada beberapa yang meneteskan air mata karena tidak kuasa membendung getaran kalbu. Mereka asyik-masyuk dengan nada-nada merdu sholawat nabi. Secara keseluruhan festival sholawatan yang menjadi agenda tahunan tersebut, untuk pelaksanaan tahun ini terasa lebih berkesan. Di

samping karena jumlah pesertanya, pesertany juga karena antusiasme pengunjung yang hadir dan nuansa hiburan religinya. ”Alhamdulillah, semoga ini bisa sebagai wasilah peningkatan iman dan takwa, juga ukhuwah bagi kaum muslimin-muslimat khususnya di wilayah Blimbing Malang,” ungkap H Nurwachid selaku ketua panitia. Sementara itu, K.H Affandi, Rais Syuriah MWC Nahdlatul Ulama Blimbing dalam sambutannya saat membuka acara yang dimulai jam 07.30 tersebut berpesan agar budaya sholawatan berdampak signifikan pada 3D umat yakni disiplin waktu, disiplin ibadah dan disiplin belajar sehingga ke depan bisa diwujudkan generasi yang kian berkualitas. Baca Masjid... Hal.10

MALANG – Setelah memulai M ppembangunan Pasar Induk Gaddang (PIG) Malang pada awal bbulan Januari lalu, Wali Kota Malang, H. Moch Anton berM hharap pedagang dan investor ddapat menemui kesepakatan bbersama soal harga kios yang mulai dibangun ini. Pasalnya, m ppara pedagang masih keberatan ddengan harga jual kios yang dditetapkan investor, PT Patra Berkah Itqoni (PBI). B Untuk mendengarkan langsung kkeluhan pedagang, Selasa (4/2) kkemarin, orang nomer satu di Pemkot Malang itu menemui P ppada pedagang yang ada di PIG. Harapannya, bisa mendapatkan H aaspirasi dan informasi sebanyakbbanyaknya dari pedagang, terkait ppembangunan PIG baru yang ttengah dibangun investor. “Kemarin, perwakilan pedaggang menemui saya untuk menyampaikan aspirasi para pe-

dagang terkait pembangunan pasar. Informasinya, pedagang masih keberatan dengan harga jual kios yang mencapai Rp 9 juta per meternya. Pedagang minta harganya bisa dipertimbangkan lagi, karena berat bagi pedagang,” kata Abah Anton, sapaan akrab wali Kota Malang kepada Malang Post, kemarin. Pemkot Malang menurutnya, siap untuk menjadi mediator antara investor dengan para pedagang terkait permasalahan yang ada, termasuk soal harga kios yang masih dikeluhkan pedagang. Abah berharap investor dapat memberikan sistem pembayaran yang terjangkau bagi para pedagang. Dengan terjangkau dan tidak memberatkan para pedagang akan sangat membantu pedagang untuk memiliki kios di PIG baru nantinya. Baca Angsuran... Hal.10

Batasi Pembangunan Ruko KODEW sinam pemilik nama Citra Alvin Parasti, oleh rekan-rekannya, biasa disapa Citra. Lulusan S.1 Ikom Universitas Muhammadiyah Malang ini sekarang, bekerja di sebuah bank di Pandaan. “Kepengennya pindah memang bisa kembali ke Malang, agar dekat dengan keluarga,” ujarnya kepada Malang Post. Ia kemudian buru-buru menambahkan bahwa kondisi Malang saat ini sudah jauh berbeda dengan lima tahun lalu. Kemacetan ada dimana-mana dan mulai memiliki persoalan sosial lainnya. Yakni masalah klasik yang biasanya menimpa kota besar, banjir. “Saya kira perlu adanya danya pem pembatasan pembangunan an rumah toko (ruko),” katanyaa dengan nada tegas.Sebab b ruko yang kini bermunculan, culan, me nyebabkan kawasan wasan resapan menjadi berkurang. urang. Apalagi ruko yang muncul, uncul, sepertinya tidak diiikuti iikuti dengan pertimbangan gan mengenai amdal. Buktinya ada yang g berdiri diatas sungai serta kawasan sempadan yang ter la rang untuk bangunan.“Perlu dibatasi dan ditata ulang, kalau tidak tegas ya ber munculan seperti ini,” keluhnya. Baca Batasi... Hal.10 al.10

Citra Alvin Parasti


KOTA MALANG

Berharap Ada Revisi Perda Miras MALANG-Miras yang beredar bebas di minimarket dan bisa dibeli bocah SD menuai reaksi dari sejumlah kalangan. Salah satunya reaksi dari Dewan Perwakilan Anak (DPA) Kota Malang. DPA menyatakan begitu mudahnya pembelian miras di minimarket bakal berdampak langsung terhadap anak. Hal itu dijelaskan oleh pendamping DPA Kota Malang Zuhro Rosyidah kepada Malang Post. Menurut Zuhro, fenomena yang terjadi di Dinoyo, anak-anak SD membeli minuman keras merupakan dampak dari tayangan televisi yang tidak mendidik dan belum bisa disaring oleh anak-anak. “Tayangan itu kemudian mencoba ditiru dan dicoba karena sarananya ada,” tegasnya. Mengapa sarananya ada? Sebab swalayan dalam hal ini minimarket adalah penyedia kebutuhan yang bisa diakses. Sehingga mereka memanfaatkan keterbukaan sistem di minimarket untuk membeli miras, apalagi jika minimarket tidak membatasi pembelian minuman jenis itu. “Dampaknya begitu buruk, sekarang yang dibutuhkan adalah ketegasan dari pemerintah terkait perda tentang tata niaga miras seperti apa,” pintanya. Menurut dia, jika perda melegalkan peredaran tersebut di swalayan, maka harus direvisi. Menurut Rossy sapaan akrabnya, sejauh ini pihaknya tidak melihat manfaatnya untuk pertumbuhan dan perkembangan di Kota Malang. Bahkan secara umum juga tidak terlalu ada manfaatnya terutama untuk pembangunan Kota Malang. “Kalau di Kota Malang lebih baik dilarang, karena yang menginginkan miras hanya sebagian kecil, golongan tertentu, apalagi slogan Malang Ber-

Zuhro Rosyidah

martabat harus diperbaiki dan dikawal dari banyak aspek,” tandasnya. Di Kota Malang sendiri, peredaran miras diatur dalam Peraturan daerah (perda) Nomor 5 Tahun 2006 tentang pengawasan, pengendalian dan pelarangan penjualan minuman beralkohol. Pada Perda No 5 Tahun 2006 Pasal 15 bahwa pembeli miras wajib menunjukkan KTP atau tanda pengenal lain yang membuktikan usianya 21

tahun ke atas. “Jika terjadi di Dinoyo maka sepertinya pihak pengelola tak menerapkan ini,” aku Sekretaris Laskar Umat Islam Malang (LUIM) Eko Budi Cahyono. Eko meminta agar pemerintah tegas terhadap peredaran miras. Tempattempat tertentu yang dilarang oleh Perda hendaknya ditertibkan. Jika hal itu dibiarkan, dia yakin akan semakin banyak bocah SD membeli miras. “Te-

rutama Satpol PP harus bekerja ekstra keras untuk ini, sebab fungsinya kan menegakkan perda,” katanya. Sebelumnya, LUIM menyerahkan video bocah Sekolah Dasar tertangkap tangan hendak pesta minuman keras (miras) di Dinoyo. Dalam video ini, diketahui bocah SD itu membeli miras golongan A dari salah satu minimarket. Para bocah itu gagal berpesta miras setelah dicokok tim LUIM.(ary/han)

Tarekot Pindahkan Burung Kasuari ke Lawang MALANG- Sejumlah satwa di Taman Rekreasi Kota (Tarekot) mulai dibawa oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, kemarin. Ada burung Kasuari yang rencananya akan ditempatkan di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII di Lawang, Kabupaten Malang. Pemindahan satwa ini terkait rencana perubahan status Tarekot menjadi Badan Umum Milik Daerah (BUMD). Hanya saja pihak UPT belum siap, mengikuti Peraturan Menteri Kehutanan (PMK) Nomor : P.01/Menhut-II/2007 tentang Perubahan PMK Nomor : P.53/MenhutII/2006 tentang Lembaga Konservasi. “Sudah dipindahkan jam 15.00 tadi oleh BKSDA, informasinya dikirim ke Lawang,” ujar salah satu PNS yang ada di areal Tarekot, kemarin. Sebelum ini, Tarekot sudah beberapa kali menyerahkan satwa ke BKSDA. Seperti Siamang, Kera Sulawesi, Elang Jawa dan lima ekor Ki-

jang. Ada juga burung Kasuari yang dititipkan kepada Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Secara umum situasi taman rekreasi kota sendiri masih dalam tahap pembenahan. Rencananya lokasi itu juga akan dipermak kembali menjadi semakin bagus. Untuk itu, UPT Tarekot mendapatkan suntikan dana untuk perbaikan dan penambahan fasilitas. “Kita ajukan untuk jadi taman Aves melalui BKSDA, kemudian akan dijadikan taman bermain,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tarekot, Nur Azmi. Untuk taman bermain itu, Tarekot akan memakai eks kandang siamang. Taman bermain itu sudah dipersiapkan dana sebesar Rp 130 juta dari pemerintah. Harapannya nanti tetap menjadi taman rekreasi bagi masyarakat Kota Malang. “Kalau untuk satwa khusus burung sudah kita ajukan surat ke BKSDA pada pertengahan Januari,” tandasnya.(ary/han)

RW 12 Bandungrejosari Tampil Mengejutkan Sambungan dari Halaman 9

Beberapa program kelompok tani yang berdiri 10 Desember 2011 ini diantaranya meningkatkan hasil pertanian atau perkebunan. Selain itu juga mengembangkan budidaya perikanan. Sementara, kebersihan lingkungan sudah cukup bagus. Dranise yang juga menjadi salah satu indikator penilaian pun juga cukup bagus.Hanya saja, di RW 12 ini masih belum gabung Bank Sampah Malang (BSM). Namun warga setempat berjanji akan segera gabung BSM setelah disarankan tim juri. ‘’BSM harus segera ikut. Sekarang ini penilaian masih tahap pertama. Di penilaian tahap kedua nanti, kami harapkan sudah gabung dengan BSM,’’ tambah pria alumnus Fakultas Pertanian Universitas Negeri Jember (Unej) ini. Sementara itu di RW 03 Sukun kondisinya juga sangat bagus. Bahkan wilayah ini sudah mengkampanyekan Zero Waste kepada warganya. Di setiap RT sudah ada poster tentang zero waste.‘’Memang nama zero waste ini masih awam di tempat-tempat lain. Namun justru di RW 03 ini sudah melakukan sosialisasi tentang zero waste,’’ kata Ir Syamsul Arif. Menariknya, di RW 03 ini sebanyak 32 Kader Lingkungannya sudah menggunakan tas belanja berbahan ramah lingkungan. Hal ini untuk mengurangi penggunaan tas plastik. ‘’Penggunaan tas ramah lingkungan ini juga sudah kita sosialisasikan kepada masyarakat melalui pengajian maupun pertemuan-pertemuan,’’ kata Dwi Swandayani, salah satu tokoh penggerak lingkungan di RW 03 Sukun. Pengolahan sampah di RW yang sering dikunjungi tamu dari berbagai kota di tanah air ini sudah tidak diragukan lagi. Sampah basah diolah menjadi kompos dan sudah dimanfaatkan untuk masyarakat, bahkan sudah ada yang dijual. Begitupula sampah keringnya, sudah menghasilkan uang cukup banyak. ‘’Sampah kering ini dikelolah di masingmasing RT. Bahkan, warga rekreasi ke Goa China dari hasil jual sampah,’’ tambah Dwi Swandayani. Selain itu RW 03 ini memanfaatkan lahan makam China untuk pembibitan. Sebelumnya, tempat ini ditumbuhi tanaman liar dan tidak terawat. Oleh masyarakat, lokasi ini dibersihkan lalu digunakan pembibitan. Menurut Syamsul Arif, penghijauan di RW 03 ini sudah sangat bagus. Hanya saja, sebagian besar tanaman yang ditanam adalah tanaman hias. Untuk tanaman sayur-sayuran masih dalam tahap awal. Sementara itu wilayah RW 04 Wonokoyo kondisinya masih harus terus ditingkatkan lagi. Wilayah ini terkenal dengan green housenya. Hampir setiap RT terdapat green house. Hanya saja, saat tim juri melakukan penilaian ada green house yang sudah tidak terawat. Menurut informasi warga, green house ini sempat roboh dan dipasang kembali. Tim juri Lomba Kampung Zero Waste Rabu (5/2) hari ini akan melakukan penilaian terakhir. Penilaian akan dilakukan di tiga RW masing-masing RW 06 Rampal Claket, RW 13 Bunulrejo dan RW 18 Purwantoro. Tim juri yang melakukan penilaian di lomba yang pertama kali digelar ini terdiri dari Ir Syamsul Arif (Dinas Pertanian), Munadi S Sos (Kantor Ketahanan Pangan), Jon Soeparijono (Malang Post), Tri Umiyati SH (PKK Kota Malang) dan Roni Kuncoro SSTP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan). (jon/nug)

Sambungan dari Halaman 9

RIZAL FANANY/MALANG POST

DIPINDAH : Burung Kasuari termasuk satwa yang dipindahkan oleh BKSDA, kemarin.

Sambungan dari Halaman 9

diantara mereka yang meminta foto langsung dengan Abah Anton dan hanya sekadar untuk melihat dari dekat sosok Abah Anton. “Abah Anton terima kasih sudah hadir di PIG, tolong aspirasi kami diperhatikan ya Abah,” ujar salah seorang pedagang sambil bersalaman dengan Abah Anton. Abah sudah berkomitmen untuk tetap

10

Batasi Pembangunan Ruko

Angsuran Jangan Beratkan Pedagang “Misalnya dengan angsuran selama 20 tahun sampai 25 tahun. Ini akan meringankan pedagang karena cicilannya akan sangat murah,” terangnya. Kehadiran Abah Anton di PIG disambut gembira para pedagang yang ada di PIG, khususnya di bagian bawang, sayuran dan buah-buahan. Mereka berebut menyalami orang nomer satu di Pemkot Malang. Tidak sedikit

RABU, 5 FEBRUARI 2014

berada di belakang para pedagang. Harapannya, pedagang mendapatkan solusi terbaik. Karena itu, dia langsung turun ke pasar untuk mengetahui aspirasi dari para pedagang. “Dengan begini saya langsung menerima banyak informasi dan aspirasi dari para pedagang,” jelasnya. Karena itu, usai bertemu dengan pe dagang, ketua PITI Malang raya

itu menemui investor di kantornya yang ada di sekitar PIG, untuk mendapatkan penjelasan terkait hal-hal yang dikeluhkan pedagang. “Harapan saya, sesuai dengan jadwalnya dapat terbangun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, yakni pada tahun 2015 mendatang. Tapi kalau bisa cepat selesai akan lebih baik,” tambahnya. (aim/nug)

Selain membatasi pendirian ruko, Citra mengusulkan agar memperbanyak taman kota. Keindahan Kota Malang pada masanya harus tetap dilestarikan. Dia mengingatkan bahwa Malang dulunya disebut sebagai Malang Kota Bunga. “Taman kota ini menjadi ikon penting sekaligus kawasan konservasi air dan resapan,” beber dia. Tak hanya peran pemerintah, situasi ini juga membutuhkan peran masyarakat. Dalam hal ini, warga kota juga harus bersikap kritis. Utamanya jika ada upaya pembangunan yang tidak mengindahkan aspek lingkungan.“Saya rindu Malang yang ijo royo-royo seperti dulu, Malang Kota Bunga,” tandas Citra.(ary/nug)

BLH Tunggu Hasil Lab PJT Sambungan dari Halaman 9

Wanita berhijab ini berharap, protes yang dilayangkan warga tiga desa ini benar adanya, bukan mengada-ada. ’’Mudah-mudahan aksi ini untuk kepentingan lingkungan, kalau ada latar belakang unsur atau aspek lain, jangan menjadikan lingkungan sebagai kambing hitam. Jika ada latar belakang lain, bisa dikoordinasikan sesuai bidang,“ pungkas Diyah. (poy/nug)

Masjid Fathurrohman Arjosari Gelar Festival Sholawat Nabi Sambungan dari Halaman 9

Hampir semua jajaran pengurus takmir masjid turut serta dalam seremonial pembukaannya. Terlihat mendampingi KH Afandi di atas panggung; HM Njototrisno, Ust. Muh Shodiqin, H Nurwachid, H Khusaeri, Sukarman dan Wagiono. Sementara H Ali Murtadho (ketua takmir) yang kondisi kesehatannya kurang fit tetap mengikutinya sambil duduk di kursi bersama Iswahyudi dan A. Mujianto. Ada empat catatan menarik dalam festival kali ini. Pertama karena ada kuis sholawat nabi bagi peserta non anak. Mes ki belum dimasukkan se ba gai kriteria penilaian, ta pi hal tersebut dipandang se bagai langkah maju bagi pemahaman isi sholawat. Ide ini masukan dari Dr KH Nurul Murtadho (dosen senior UM Malang) yang turut hadir dan membacakan doa saat upacara penutupan. Kedua karena ada tambahan pencerahan maulid bagi pengunjung. Tidak tanggungtanggung, disampaikan langsung oleh Prof Dr KH Ali Maschan Moesa Msi yang dengan gaya khasnya yang nyantai. Beliau bercerita tentang kisah dan fadhilah sholawat burdah, doa kepada orang tua dan filsafat pacul dan doran ajaran Sunan Kalijaga. Ketiga karena banyaknya pejabat dan tokoh masyarakat yang hadir. Termasuk Ustad

Sutiaji (Wakil Walikota Malang) yang turut menyampaikan mauidhah (nasehat-nasehat) bagi hadirin. Dan nampak meski panitia dan peserta semuanya tampak lelah karena seharian penuh mengikuti acara, tapi mereka tetap antusias menyimak tausiyah Bapak Wawali yang memang sumeh dan bersahaja itu. Juga nampak hadir dr Supranoto (Staf ahli di pemkot Malang), Imam Badar (Camat Blimbing), Hj. Lina Wardani dan Tri Umiati (Mewakili ke tua Tim Penggerak PKK Kota Malang), M. Syuhadak (Lurah Arjosari), Abah Thohir, Ust. Asep Hidayatullah (Rais Syuriah NU Arjosari) dan Ibnu Hajar (Ketua Tanfidziah NU Arjosari) serta beberapa caleg dapil Blimbing. Keempat adalah karena kualitas pesertanya. Hampir keseluruhan peserta semuanya bagus, terutama di kelompok tingkat dewasa putra sehingga dewan juri yang terdiri atas Abah H Nurhasyim Fatah (ketua), Ust. Suhaimi dan Ust. Sulaiman cukup hati-hati dalam menentukan juaranya. Lewat kriteria penjurian yang ketat akhirnya festival yang berhadiah total 8 juta tersebut memilih juara I di tingkat anak; Miftahul Jannah SMPN 14 Malang. Disusul TPQ Ya Syafi Arjosari (juara II) dan TPQ Nurul Ikhwan Arjosari (juara III).

Untuk kategori ibu-ibu terpilih grup Ar-Raudlah Pandanwangi (juara I Plus), Nurul Iman RW 3 Arjosari (juara I), Nailul Falach RW 1 Arjosari (juara II) dan Al-Hikmah RW 3 Arjosari (juara III). Kelompok remaja putri terpilih Miftahul Jannah SMPN 14 Malang (juara I), PP Sabilul Hidayah Arjosari (juara II) dan TPQ Ya Syafi Arjosari (juara III). Untuk kategori dewasa putra terpilih; juara I Plus (An-Nababa Pandanwangi), juara I (PP Sabilul Hidayah), juara II (As-Suruur RW 2 Arjosari) dan sebagai juara III-nya (AlMuhibbin Arjosari). Dengan demikian maka grup Miftahul Jannah SMPN 14 Malang tahun

ini keluar sebagai juara umum I yang berhak memboyong thropy bergilir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang dan PP Sabilul Hidayah sebagai juara umum II yang berhak memboyong piala tetap Lurah Arjosari. ”Dengan segala kekurangannya, panitia menghaturkan terima kasih kepada semua donatur, sponsor dan masyarakat yang turut berpartisipasi dengan iringan doa semoga dilimpahkan barokah atas mereka semua. Kami juga mohon maaf bilamana masih dijumpai kekurangankekurangannya terutama bagi para peserta,” tutup H Nurwachid. (adv)

PEMBUKAAN : KH Affandi, Rais Syuriah MWC Nahdlatul Ulama Blimbing memimpin doa saat pembukaan festival.

PANITIA FOR MALANG POST

REDAKTUR: DEWI, LAYOUTER: OLIS


KOTA MALANG

Dishub Tilang Sembilan Bus AKAP MALANG – Penertiban angkutan jalan umum, khususnya bus antar kota antar provinsi (AKAP) dilakukan Dinas Perhubungan Kota Malang. Selasa (4/2) kemarin sore, penertiban dilakukan di area ruang tunggu bus AKAP yang ada di Terminal Arjosari Malang. Hasilnya, ada sekitar sembilan bus AKAP yang terjaring operasi karena terbukti melanggar aturan. Bus AKAP yang terjaring operasi dari berbagai perusahaan otobus, baik yang berkantor pusat di Malang atau di luar Malang. Banyak pengemudi bus yang tidak mengira bakal ada penertiban aturan yang dilakukan petugas Dishub Kota Malang. “Mereka yang terbukti melanggar aturan perundangan yang ber laku, langsung kami tilang dan akan mengikuti sidang di PN Malang,” kata Kepala Dishub Kota Malang, Wahyu Setianto kepada Malang Post, kemarin. Operasi penertiban angkutan jalan sengaja dilakukan sore hari untuk men jangkau bus-bus AKAP yang banyak muncul mulai siang hingga malam hari di terminal Arjosari. Saat bus tiba di terminal, petugas Dishub langsung memeriksa kelengkapan surat seperti uji KIR dan izin trayek. Tidak hanya kelengkapan surat, petugas juga memeriksa kelaikan bus seperti rem tangan, gas buangan, ban dan lainnya. Hasilnya petugas menemukan beberapa pelanggaran, seperti ada surat izin

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

PERIKSA : Petugas Dinas Perhubungan Kota Malang memeriksa surat izin kendaraan angkutan jalan dan juga kelaikan kendaraan di Terminal Arjosari Malang.

trayek yang tidak sesuai dengan nomer bus yang dibawanya. Ada pula bus yang tidak laik karena kaca depannya pecah. “Kami ingin kendaraan angkutan jalan ini dapat memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan bagi pa ra penumpang. Kalau memang kendaraanya tidak layak jalan, lebih

baik dikandangkan sambil diperbaiki, begitu juga dengan kelengkapan suratsuratnya,” terang mantan Kadis Koperasi dan UMKM Kota Malang itu. Operasi kemarin dilakukan mendadak. Operasi penertiban itu akan terus dilakukan, tidak hanya kepada AKAP, tapi juga pada kendaraan angkutan jalan lain

yang ada di Kota Malang seperti bus AKDP, angkutan kota dan lainnya. “Kami sengaja menggelar secara mendadak. Operasi ini akan terus digelar dengan jadwal yang tidak pasti. Agar petugas kami dapat mengetahui tingkat ketertiban administrasi dan kepatuhannya terhadap aturan,” tegasnya. (aim)

Warga Ciptomulyo Tolak Pembentukan Forum MALANG- Selagi menunggu hasil uji laboratorium Jasa Tirta, yang kemungkinan baru dipublikasikan pekan depan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) juga menanti komitmen warga Ciptomulyo terhadap gagasan pembentukan Forum Masyarakat Ciptomulyo Peduli Lingkungan, untuk mengatasi masalah limbah di kawasan tempat tinggal mereka. Pembentukan forum khusus sebagai tim pengawas pengelolaan limbah di kawasan Ciptomulyo, menjadi salah satu opsi yang dimunculkan dalam hearing di Ruang Rapat Internal Gedung DPRD Kota Malang, 23 Januari lalu. Gagasan itu dikemukakan Kepala BLH Kota Malang, Nusul Nurcahyono, di hadapan para peserta hearing yang terdiri dari perwakilan warga, pengelola pabrik dan anggota dewan, menyikapi pencemaran lingkungan di wilayah Kelurahan Ciptomulyo. Nusul berpendapat, pembentukan forum ini tak ditunda-tunda. “Kami juga menunggu komitmen masyarakat terkait forum tersebut. Karena forum ini punya

kewenangan asistensi. Menjembatani antara warga, Pemkot Malang dan pengelola pabrik. Jadi, mau diapakan limbah ini, forum yang tahu,” bebernya saat ditemui Malang Post, Selasa (4/9) kemarin. Sekalipun belum mendapat hasil uji lab, pihak BLH sudah menegaskan bakal melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas di pabrik kulit PT Kasin dan PT Usaha Loka yang disebut-sebut sebagai biang pencemaran limbah, sehingga membuat lingkungan sekitarnya menjadi berbau tidak sedap. “Selama empat bulan ke depan, kami akan mengawasi kegiatan mereka (pabrik). Selain itu, ada usaha besi tua di kawasan sekitarnya juga akan kami awasi karena berpotensi mengkontaminasi air,” papar Nusul. Sedikitnya, tiga RW di Ciptomulyo terimbas pencemaran lingkungan akibat limbah pabrik. Mulai dari RW 01, RW 02 dan RW 05. Permintaan warga sebenarnya tidak muluk-muluk. Jika diklasifikasikan, maka ada dua poin penting yang mereka pinta. Yakni berharap pengelolaan limbah

dilakukan sesuai prosedur dan agar bau tak sedap tak lagi terjadi di kawasan tempat tinggal mereka. Sayangnya, niatan BLH kurang mendapat respon positif dari warga setempat. Mereka khawatir, pembentukan forum justru menjadi boomerang seperti beberapa tahun silam. “Kami tidak setuju adanya forum. Yang kami takutkan, akan terulang kembali seperti dulu. Dimana warga yang masuk forum akan diimingimingi bantuan oleh pabrik. Kami tidak mau seperti itu,” ungkap Fatchul Rosi, mewakili warga Ciptomulyo. Sebelumnya, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Arief Wahyudi, berharap warga tetap solid sehingga benar-benar ada solusi nyata. “Butuh waktu agar semua pihak tidak dirugikan. Perusahaan butuh proses berbenah agar masyarakat tidak terganggu bau lagi. Pembentukan forum harus melibatkan tokoh-tokoh masyarakat di kawasan Ciptomulyo. Jangan sampai untuk menyelesaikan masalah, malah bermasalah di internal,” tuturnya.

Sementara itu, pimpinan PT Kasin, Paul Zakaria tampak geram, ketika perusahaannya dituding sering ‘membungkam’ warga yang vokal dengan iming-iming bantuan materi ataupun jasa. Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya bahkan bersiap membantu membuatkan pos pantau di area sekitar. “Kami sungguh-sungguh tulus. Kenapa bisa muncul asumsi seperti itu. Selain itu, kalau perlu nanti kami akan siapkan posko untuk memantau. Siapapun boleh melihat proses di pabrik,” ujar pimpinan pabrik kulit yang berdiri sejak tahun 1951 dan mempekerjakan sekitar 60 pegawai itu. Rencana pengadaan pos pantau untuk forum pengawas juga diamini pihak PT Usaha Loka. Melalui perwakilannya, Agus Mujatim, perusahaan yang juga bergerak di bidang penyemakan kulit itu mengaku siap mengakomodasi transparasi produksi di sana. “Kami siap diawasi. Supaya masyarakat bisa melihat langsung bagaimana aktivitas pabrik kami,” tandasnya. (tom/han)

RABU, 5 FEBRUARI 2014

11

INFRASTRUKTUR AREAL PASAR GADANG

Rusak Parah, Berlubang Dua Meter MALANG-Kota Malang belum sepenuhnya terbebas dari jalan aspal yang rusak dan berlubang. Hal tersebut tampak dari kerusakan jalan yang terjadi di areal Pasar Gadang. Jalan di areal pasar yang tembus ke Terminal Hamid Rusdi, kondisinya rusak berat dan membahayakan. Lubang dengan diameter lebih dari dua meter merupakan hal yang bisa dijumpai di kawasan itu. Selain pan jang kedalaman lubang mencapai sekitar 15 cm. Akibatnya lubang tersebut menjadi kolam kecil dengan warna air yang coklat. “Ya kondisinya memang seperti yang anda lihat, memang seperti itu,” ujar pedagang bernama Supriyadi. Menurut pedagang lain, kondisi itu sudah lama terjadi dan belum mendapat perhatian. Bahkan, pedagang berinisiatif menutup lubang di jalan dengan kayu serta sampah agar tidak membuat pengguna jalan terjebak ketika melewatinya. “Sudah lama seperti ini, harapan kita bisa diperbaiki agar tidak menganggu,” kata salah satu pedagang. Saat hujan deras, sejumlah lubang di jalan tersebut tertutup genangan. Sehingga pengguna jalan terutama sepeda motor harus berhati-hati agar tak terperosok. Saat hujan reda, genangan tersisa dan menimbulkan kesan kumuh dari areal tersebut. “Sebenarnya sudah pernah diperbaiki, entah kenapa kok berlubang lagi,” aku Widodo salah satu penguna jalan. Jalan tersebut sebenarnya fungsinya cukup penting bagi masyarakat, sebagai jalur distribusi sayur mayur bagi para pedagang, juga sebagai jalan penghubung untuk kawasan timur Gadang dengan di barat sungai Brantas. “Karena jalur ini juga menjadi jalan pintas dan cepat untuk ke barat sungai, sangat vital,” tambah pria itu.(ary/han)

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

RUSAK BERAT : Jalan di utara Pasar Gadang ini kondisinya rusak berat dan memprihatinkan.

Pemkot Kebut Relokasi PKL Trunojoyo Murni Andalkan APBD, Dewan Mendukung MALANG- Walikota Malang, HM Anton, tak ingin proses relokasi pedagang kaki lima (PKL) di taman Jalan Trunojoyo berlangsung terlalu lama. Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu berharap penataan PKL ke taman di Jalan Sriwijaya, bisa dituntaskan sesegera mungkin. Ditargetkan, bulan April men-

datang, pemugaran taman Sriwijaya sudah beres sehingga bisa segera ditempati sedikitnya 40 PKL. Mereka akan menempati lokasi baru yang dulunya juga sempat menjadi kawasan pasar buku sepanjang 90 meter. “Saya berharap secepatnya (selesai). Kami sangat serius melakukan penataan ini, untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi salah satu ikon Kota Malang Bermartabat,” terangnya kepada Malang Post, Selasa (4/2) pagi. Dari rancangan anggaran awal sebesar Rp 200 juta, walikota 49 tahun itu menyebut dana yang

dibutuhkan untuk memugar taman Sriwijaya bisa saja menjadi dua kali lipatnya. Mengusung konsep ‘Kampung Arema’ yang bernuansa Malangan, konsep food court dipadu dengan booth souvenir dan merchandise khas Kota Malang bakal menjadi magnet utama kawasan tersebut. Karena itulah, Pemkot tak mainmain dengan gagasan yang satu ini. “Awalnya memang kita berharap bantuan CSR dari beberapa rekanan. Tapi, ternyata ada APBD untuk menyokong, kira-kira bisa sampai Rp 400 juta. Pemkot

Malang sangat serius menggarap kawasan ini,” lanjut Abah Anton, sapaan akrabnya. Menilik kawasan berjualan PKL Trunojoyo saat ini yang memakan lahan sepanjang 200 meter, tentu lokasi baru yang disiapkan Pemkot tidak bisa menampung seluruh pedagang. Namun, Kepala Dinas Pasar Kota Malang, Bambang Suharijadi, optimis para pedagang bisa menyiasati keterbatasan itu. Rencana relokasi PKL Trunojoyo rupanya diapresiasi positif oleh anggota dewan. Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Saiful Rusdi,

mengaku sudah mendengar wacana tersebut sejak jauh hari. “Kita juga sudah pernah diskusi dengan DKP dan Dinas Pasar beberapa waktu lalu. Intinya, bagaimana kita ingin benahi wajah Kota Malang, salah satunya area depan Stasiun Kotabaru agar tampak bagus,” ujarnya ketika dihubungi Malang Post, kemarin. Dengan konsep yang sudah dipaparkan Pemkot, Saiful tak menampik ide tersebut cukup brilian, tanpa harus mematikan sendi perekonomian wong cilik. “Sekaligus menata PKLnya supaya tetap berfungsi baik, tanpa mengurangi keindahan taman,

malah justru lebih menarik dan saling melengkapi. Itu semangat utamanya,” tandas pria yang juga Ketua PBSI Kota Malang itu. Sementara itu, rupanya belum banyak pedagang yang tahu mengenai rencana relokasi ini. Sebagian mengaku sudah mendengar kabar, namun belum tahu pasti kapan tepatnya relokasi dilakukan. “Sudah dengar. Katanya beberapa waktu lalu sudah ada pertemuan dengan Dinas Pasar. Tapi masih dimatangkan lagi jadinya bagaimana,” ujar Dana, salah satu PKL makanan di depan Taman Trunojoyo. (tom/han)

Rusunawa

Prioritaskan Warga DAS Brantas MALANG- Satu demi satu pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di wilayah administratif Pemkot Malang, terus dikebut. Salah satu tujuannya tak lain untuk menampung warga yang selama ini tinggal di daerah aliran sungai (DAS) Brantas. Menilik kerawanan lokasi dan potensi bahaya yang sewaktu-waktu mengancam keselamatan mereka, Pemkot bertekad menyiapkan hunian yang lebih layak. Tak tanggung-tanggung, niatan itu merupakan instruksi langsung dari Walikota Malang, HM Anton. “Rusunawa akan kita tawarkan kepada warga DAS Brantas. Mereka diprioritaskan karena tempat tinggalnya yang sekarang sangat mengkhawatirkan,” tutur pemilik kursi N1 itu. Demi merealisasikan wacana tersebut, walikota yang juga bendahara PCNU Kota Malang itu mengaku terus menjalin komunikasi intensif dengan pemerintah pusat. Seperti diketahui, proyek rusunawa merupakan program bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU). “Kami terus mengajukan permohonan ke pusat. Pemkot Malang sudah menentukan sejumlah lokasi strategis untuk pembangunannya,” tandasnya kepada Malang Post. Salah satunya adalah rusunawa Buring II yang berada di belakang SMPN 10, Jalan Mayjend Sungkono, Kedungkandang. Sekalipun rusunawa Buring I belum ditempati, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPU PPB) Kota Malang langsung bergerak cepat me-

TOMMY YUDA PAMUNGKAS// MALANG POST

MULAI DIGARAP: Tiang pancang pembangunan rusunawa Buring II sudah mulai ditegakkan di lokasi proyek.

realisasikan pembangunan rusun tahap II di sekitaran komplek GOR Ken Arok tersebut. Dari pengamatan Malang Post, Selasa (4/2) kemarin, sebanyak 27 tiang pancang sudah ditegakkan di lokasi proyek. Proyek Rusunawa Buring II yang membutuhkan anggaran mencapai Rp 13,7 miliar ini digarap oleh PT Mulia Prima Persada asal Jakarta. Lama pembangunan kurang lebih 180 hari. Bangunan twin block didirikan di area seluas 4.400 m2. Menanggapi instruksi langsung dari walikota, Kabid Perumahan dan Tata Ruang DPU PPB Kota Malang, Tedy Soemarna langsung tanggap. Insinyur lulusan Australia itu mengaku siap mengakomodir warga bantaran kali agar bisa menempati rusunawa bantuan pemerintah. “Akan kami data lagi. Tentunya ada skala prioritas, selain warga yang sudah masuk daftar tunggu,” terangnya kepada Malang Post. Bahkan untuk memenuhi banyaknya

kuota yang dibutuhkan, saat iini DPU PPB sudah ancang-ancang menetapkan lokasi di kawasan Tlogomas untuk segera dibangun menjadi rusunawa tahap III. “Sekarang sudah mulai dimatangkan rencana pembangunan rusunawa Tlogomas. Sudah kami ajukan ke pusat,” imbuhnya. Sedianya rusunawa ini akan dibangun dengan metode precast dengan sistem RB Con. Dengan metode yang tidak biasa tersebut, kekuatan struktur bangunan sangat dipertaruhkan. Karena yang diutamakan adalah kecepatan dan kebersihan dalam pelaksanaan konstruksi. Dengan konsep twin block, nantinya setiap block terdiri dari lima lantai dengan total hunian 96 unit, tiap unit hunian bertipe 24. Di masing-masing block yang nantinya disambungkan dengan jembatan penghubung juga dilengkapi dua unit hunian untuk warga difabel dan satu unit ruang pengelola. (tom/han) REDAKTUR: DEWI, LAYOUTER: OLIS


12

RABU, 5 FEBRUARI 2014

RABU, 5 FEBRUARI 2014

LAILI SALIMAH/MALANG POST

Tegakkan Pendidikan Karakter hingga Dunia Maya MALANG – Pendidikan karakter yang digagas Kurikulum 2013 mencakup semua aspek kehidupan siswa. Guru tidak hanya diharuskan untuk menjaga pergaulan mereka di sekolah, tapi juga harus memantaunya semaksimal mungkin saat siswa berada di rumah. Terkait hal itu, guru dapat bertanya kepada orangtua tentang bagaimana sikap mereka terhadap keluarga. Namun ada satu tempat yang kadang luput dari perhatian guru dan orangtua, yaitu dunia maya. Forum inilah yang saat ini tengah diincar oleh SMA Muhammadiyah 1 Malang. “Kami tidak ingin kecolongan. Semua siswa SMA Muhammadiyah 1 Malang pasti berjilbab, jadi kami tidak tahu, apa jilbab itu menjadi bagian darinya, atau hanya ada sebagai pelengkap seragam saja. Hal ini selalu kami pantau,” tutur Kepala SMA Muhammadiyah 1 Malang, Dra Hendrini Astuti, ke-

pada Malang Post. Demi melancarkan misi sekolah, Hendrini yang awalnya tidak menyukai jejaring sosialpun belajar keras bagaimana cara berinteraksi dengan media tersebut. Ia juga selalu mengimbau semua guru untuk ikut mengawasi siswa di jejaring sosial dengan menghubungkan pertemanan media masing-masing dengan milik siswa. Hasilnya, beberapa kali ia memergoki siswa memasang foto tanpa jilbab sebagai foto profil Facebook dan Twitternya. Lebih dari itu, hubungan siswa dengan lain jenis yang terlihat di jejaring sosial itu juga tak luput dari pengawasan sekolah. “Saat ini, tidak ada yang bisa bilang itu adalah privasi siswa. Sebab kami sudah bertekad untuk memperbaiki karakter siswa hingga menyeluruh. Semua yang kami lakukan tidak lain untuk kebaikan mereka dan kehormatan sebagai muslim dan muslimah,”

KB-TK PLUS CENDIKIA AGUNG

LAILI SALIMAH/MALANG POST

FUN: Bahasa Arab menjadi pondasi penting yang mendukung pembelajaran pokok lainnya yaitu materi agama karena itu KB-TK Plus Cendikia Agung memberikannya dengan cara fun.

Bahasa Arab Bersaing dengan Inggris MALANG – Bahasa Arab adalah bahasa Alquran dan bahasa para nabi dalam agama Islam. Dengan menguasai Bahasa Arab, memahami isi dan kandungan Alquran pun akan lebih mudah. Hal tersebut mendorong KB-TK Plus Cendikia Agung untuk membekali siswanya dengan kemampuan Bahasa Arab yang baik. Seperti yang dipaparkan oleh Kepala KB-TK Plus Cendikia Agung, Nur Azizah A.Ma.Pd, kepada Malang Post. Bahasa Arab, terang Azizah, tidak hanya menjadi muatan lokal atau ekskul di sekolah tersebut. Tapi, bahasa tertua di dunia ini menjadi bagian dari kurikulum intra yang diikuti oleh semua siswa. “Bahasa Arab di sekolah kami sudah tidak kalah saing dengan Bahasa Inggris. Siswa kami mengerti kosakata dasar bahasa ini,” ujar Azizah bangga. Azizah melanjutkan, Bahasa Arab menjadi pondasi penting yang mendukung pembelajaran pokok lainnya yaitu materi agama. Sebagai sekolah Islam, KB-TK Plus Cendikia Agung memiliki program menghafal Alquran bagi siswanya. Bagi siswa kelas A, minimal tujuh surah pendek alquran dan 10 doa sehari-hari harus dikuasai. Sedangkan untuk kelas B, siswa harus menguasai 15 surat pendek dan 15 doa sehari-hari. Seluruh bacaan tersebut tidak hanya dihafal, tapi juga difahami maknanya. “Dari sanalah kita merangsang siswa untuk belajar bahasa arab. Satu persatu makna kata dalam surah alquran kita kenalkan, lalu dijabarkan dan diingat oleh siswa meski kita tidak meminta mereka untuk menghafal,” terang Azizah. Selain menjelaskan arti, guru juga menghubungkan kata yang ada dalam surah itu dengan hal-hal yang disukai siswa. Azizah mencontohkan dengan surat Al-fiil yang artinya gajah. Surat Alquran yang menjadi favorit siswa ini menceritakan tentang pasukan gajah yang menyerang Makkah. Selanjutnya, guru menggambarkan tokoh gajah dengan suara, gambar, dan boneka agar menarik bagi siswa. “Jadi mereka ingat, fiil itu gajah. Demikian pula dengan cerita alquran lain seperti ankabut yang artinya laba-laba, baqarah yang artinya sapi betina, dan seterusnya. Saat ke kebun binatang, siswa melihat gajah dan berteriak, fiil. Ini membuat kami bangga,” tuturnya dengan raut puas. (ily/nda)

SANTUN: Tak hanya di rumah dan di sekolah, pendidikan karakter siswa SMA Muhammadiyah 1 Malang dilakukan hingga di dunia maya.

tutur Hendrini. Untuk siswa yang dinilai di luar batas, baik dari foto yang dipajang maupun kalimat yang mereka tulis, Hendrini tak sungkan untuk memanggil orangtua dan menunjukkan foto tersebut kepada orangtua. Ia mengatakan, orangtua kadang sa ngat sibuk dan hanya melihat aktivitas yang tampak dengan jelas tanpa tahu seluk beluk siswa di dunia maya. Kadang, orangtua tidak tahu bahwa pergaulan dunia maya bahkan lebih luas di banding pergaulan di dunia nyata sehingga pengawasannya juga harus ekstra. “Melihat kejahatan yang berawal di dunia maya, kami semakin membulatkan tekad untuk membentengi mereka dari hal itu,” lanjutnya. Hendrini berharap, dengan pemantauaan yang berkelanjutan dari semua pihak, kasus kejahatan seperti penculikan dan penipuan di dunia maya tidak terjadi lagi. (ily/nda)

Unikama Targetkan 100 Judul Proposal PKM MALANG - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menargetkan peningkatan prestasi bidang kemahasiswaan. Salah satunya bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang selama ini masih dipandang minim prestasi. Menurut Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unikama Drs Selamet Riyadi MM tahun sebelumnya jumlah proposal PKM yang lolos pendanaan Dikti sangat minim jumlahnya. Dan akan digenjot pada tahun ini dengan sejumlah program bagi mahasiswa. ”Dari 9000 mahasiswa kami hanya tujuh orang yang bisa didanai dalam program PKM Dikti, usulan proposalnya juga sangat minim, hanya 25 proposal,” ungkap Selamet saat ditemui Malang Post usai pelantikan pengurus organisasi kemahasiswaan (Ormawa) yang digelar di Kampus Unikama kemarin. Menurutnya tahun ini mahasiswa digenjot untuk menghasilkan 100 judul proposal sehingga semakin banyak yang akan didanai oleh Dikti. Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mencapai target tersebut. Target prestasi lainnya yang dicanangkan Unikama di bidang olahraga dan seni. Diharapkan dalam ajang pekan seni dan olahraga antar PGRI mendatang sejumlah

cabang olahraga dan seni bisa menunjukkan prestasinya. Senada dengan Selamet, Kabag Kemahasiswaan Unikama, Erik Teguh Prakoso menuturkan pihaknya sudah menyiapkan insentif bagi mahasiswa yang bisa mengirimkan proposal hingga didanai Dikti. Dalam setiap tahapan akan disiapkan reward khusus, mulai dari pengiriman, pendanaan hingga yang lolos Dikti. Semakin besar tingkatannya maka semakin besar pula reward yang akan diberikan. ”Selama ini program PKM belum disosialisasikan maksimal sehingga anggapannya hanya UKM penalaran saja yang boleh ikut, karena itu sosialisasi tahun ini kami lakukan di semua program studi,” bebernya. Sementara itu selama dua hari lalu, 31 Januari-1 Februari, seluruh dosen dan karyawan Unikama mengikuti kegiatan outbond di Trawas. Acara ini dilaksanakan untuk menjalin keakraban dan kebersamaan antara keluarga besar Unikama. Suasana berlangsung akrab dan penuh semangat dan optimisme untuk kebesaran Unikama di tahun mendatang. ”Kegiatan ini dilakukan supaya kerja lebih maksimal dan ada ikatan yang lebih erat antara para dosen dan karyawan,” pungkas Selamet. (oci/nda)

Shofwan: Mutasi Kasek Setelah UN MALANG - Sekda Kota Malang, M Shofwan menghimbau agar rencana mutasi kepala sekolah (Kasek) dipersiapkan dengan matang. Ia berharap mutasi ini bisa berkontribusi pada upaya perbaikan kualitas pendidikan di sekolahsekolah. “Perbedaan kualitas sekolah di Kota Malang ini jangan sampai terlalu mencolok, karena itu kasek yang punya inovasi bagus harus ikut mendorong sekolah yang belum bagus itu,” ungkap Shofwan ditemui di Kantor Dikbud Kota Malang saat menerima kunjungan guru Bahasa Indone-

sia dari Mojokerto kemarin. Menurut Shofwan setiap kasek punya kita sendiri untuk meningkatkan prestasinya. Melalui mutasi ini diharapkan inovasi tersebut bisa mengangkat sekolah yang masih belum berprestasi. Untuk itu perlu ada penilaian kinerja yang matang sehingga mutasi bisa memberikan dampak positif bagi sekolah. ”Silahkan untuk bisa diperbaiki jangan sampai ada sekolah yang stagnan,” kata dia. Terkait pelaksanaan mutasi, Shofwan juga berharap ada sosialisasi kepada para ke-

M Shofwan

pala sekolah terlebih dahulu. Sehingga setiap orang akan memahami tujuan dari mutasi yang selama ini belum berjalan dengan baik itu. Disinggung soal kapan pelaksanaan mutasi yang tepat, menurutnya karena saat ini sudah mendekati pelaksanaan Ujian Nasional (UN) maka idealnya dilakukan setelah ujian tersebut. Seperti diketahui Kepala Dikbud Dra Zubaidah MM berjanji untuk segera melakukan penataan kepala sekolah. Hal ini dilakukan menurutnya sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan ke-

budayaan (Permendikbud) nomor 28 tahun 2010. Yang menyebutkan bahwa setiap guru hanya boleh menjabat sebagai kepala sekolah selama dua periode, masing-masing empat tahun masa jabatan. Kasek bisa menambah masa jabatannya jika memenuhi syarat-syarat khusus. Mereka harus mempunyai kinerja yang sangat istimewa selama menjabat, termasuk memiliki prestasi khusus. Selain itu juga harus mau ditempatkan di sekolahsekolah yang akreditasinya lebih rendah dibandingkan sebelumnya. (oci/nda)

IST/MALANG POST

SELAMAT: Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian M.Si memberi selamat kepada mahasiswa usai pelantikan pengurus Ormawa.

FOTO IST

TERIMA KASIH: Wakil Rektor 1 Unisma Dr Masykuri Bakri M.Si menyerahkan cinderamata kepada Bupati Sampang Fannan Hasib.

120 MAHASISWA UNISMA KKN PPM DI SAMPANG

Ingatkan Warga Catat Pernikahan di KUA MALANG - Sebanyak 120 mahasiswa Universitas Islam (Unisma) Malang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Madura. Selama satu bulan, mahasiswa yang disebar di empat desa itu diharapkan memberikan warna bagi penduduk desa terutama dalam bidang kesehatan, ekonomi hukum dan lainnya. Di bidang hukum misalnya mahasiswa punya tugas penting untuk menyosialisasikan tentang UU perkawinan yang banyak tidak dipahami dengan baik. ”Menurut informasi Bapak Bupati, penduduk di empat desa yang jadi lokasi KKN banyak yang melakukan nikah tanpa mencatatkan di KUA, hal ini akan menjadi salah satu tugas mahasiswa dalam rangka penyadaran hukum pada masyarakat,” ungkap Wakil Rektor Bidang Publikasi dan Kerjasama Unisma, Dr. H Masykuri Bakri M.Si kepada Malang Post. Doktor Ilmu Administrasi Negara dan Kebijakan Publik ini mengaku optimis, mahasiswa terutama dari jurusan Ilmu Hukum bisa menyampaikan hal tersebut

LAILI SALIMAH/MALANG POST

PENCERAHAN: Siswa SMKN 2 Malang berkesempatan untuk ‘kulakan’ motivasi dari motivator Politeknik Kota Malang (Poltekom). Salah satu siswa, Widya Agustina, mengaku pernah tidak tidur dan belajar semalam suntuk setelah salah satu temannya membicarakan pemberitaan media tentang siswa yang gagal mengikuti UN tahun lalu. Dengan materi

motivasi yang disampaikan oleh Syarifudin tersebut, saat ini ia bertekad untuk menghilangkan pikiran negatif di sekelilingnya. “Gagal karena dimakan ketakutan lebih memalukan daripada gagal setelah berusaha. Setelah

TEAMWORK: Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian M.Si memberikan sambutan dalam pembukaan outbond dosen dan karyawan Unikama (berdiri). Didampingi Dr Endi Sarwoko MM (kanan), dan Ketua Yayasan Unikama Drs H Sudja’i.

dimotivasi, kami sepakat untuk saling mendukung, saling memberi motivasi, dan mengompori untuk belajar tanpa ancaman kegagalan,” tandas gadis berambut panjang tersebut seraya tersenyum cerah. (ily/nda)

KEPALA KB-BA RESTU 1 MALANG, DRA SITI ASIYAH

Berhenti Jadi Jurnalis, Betah Mengajar Anak Usia Dini Dra Siti Asiyah, Kepala KB-BA Restu 1 Malang, tidah pernah membayangkan masa depannya sebagai guru TK. Sejak kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, ia aktif di berbagai organisasi kepenulisan dan giat menulis untuk media-media kampus. Sesuai potensi dan minatnya di dunia tulis-menulis, selulusnya dari UIN Maliki, wanita kelahiran 1969 ini mencoba melamar di salah satu koran harian lokal di Surabaya, Karyadharma. Selama beberapa bulan pada tahun 1994, ia pun menjadi kuli tinta di Koran yang merupakan anak perusahaan Jawa Pos tersebut.

LAILI SALIMAH/MALANG POST

BETAH: Dra Siti Asiyah, Kepala KB-BA Restu 1 Malang, mantan jurnalis yang betah menjadi guru.

“Tapi akhirnya saya di sini, di dunia pendidikan anak usia emas, dan betah bertahan hingga sekarang,” tutur Yayah, sapaan akrab wanita ramah ini. Yayah memutuskan untuk berhenti dari profesinya sebagai jurnalis karena keterbatasannya untuk memenuhi mobilitas media yang tinggi. Masa transisi dari jurnalis menjadi seorang guru PAUD, dikatakan Yayah penuh per-

gulatan batin. Sebab, meski harus menjadi guru pun, Yayah menargetkan dirinya minimal mengajar SMP, bukan SD apalagi PAUD. Akan tetapi, kegundahannya mendadak sirna saat seorang siswa menceritakan pertengkaran orangtuanya dengan mimik muka sedih. Saat itu, ia bertekad untuk menjadi orangtua bagi mereka, khususnya siswa yang sering mengalami hal-hal tidak

menyenangkan di rumah. “Ternyata, semua yang ada di sini sangat polos, lugu, tulus tanpa tendensi apapun. Setelah hiruk pikuk di kota sebesar Surabaya, kembali ke Malang dan bermain bersama anakanak seperti kembali menjadi anak-anak lagi,” tutur wanita berjilbab yang sedang menempuh pendidikan S2 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut. Meski saat ini sudah asyik di dunia pendidikan, Yayah mengaku belum meninggalkan dunia tulis. Tulisannya masih sering terbit di media kampus maupun mading sekolah. Menurutnya, untuk menulis, seseorang tidak perlu menjadikannya profesi, tapi harus menjadikannya hobi. “Yang harus diingat, apapun

profesi kita, bagaimanapun orang menilainya, selama itu baik dan bermanfaat, tekunilah dengan sungguh-sungguh,” imbuhnya. Dengan kegigihannya di dunia pendidikan, Yayah kini menempati posisi tertinggi di KB-BA Restu dan meningkatkan prestasinya sebagai sekolah unggul. Selama satu semester ini saja, KB-BA Restu meraup lebih dari 50 piala bergengsi seperti juara umum lomba Forum Aksiora Kota Malang, juara umum lomba PAI Kota Malang, juara umum Gebyar Maulid di SDI Surya Buana, dan puluhan prestasi membanggakan lainnya. “Semua yang diawali dengan kesungguhan, akan membuahkan hasil yang memuaskan,” tuturnya seraya tersenyum. (laili salimah/nda)

Sampang, dan Camat Camplong. Rombongan tiba sekitar pukul 13.00 WIB. Dari Unisma Malang dipimpin Wakil Rektor 1 didampingi ketua LPPM dan sekretaris ditambah dosen pendamping lapangan. Dosen yang dipilih adalah yang berasal dari Madura dengan tujuan agar bisa menjembatani komunikasi mahasiswa dengan masyarakat setempat. Suasana penerimaan mahasiswa berlangsung menyenangkan dan hangat. Kehadiran mahasiswa Unisma seakan menjadi spirit untuk pembangunan masyarakat di Kabupaten Sampang. Sebab tidak hanya nilai akademik saja yang diusung mahasiswa tapi juga nilainilai Islami yang kental sehingga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. ”Bahkan Bapak Bupati yang juga alumni Unisma juga memberikan tips bagaimana menyapa orang di Madura, ini menunjukkan sambutan hangat yang diterima mahasiswa kami disana sampai-sampai mahasiswa dikawal sampai lokasi KKN,” pungkasnya. Empat desa sebagai lokasi KKN mahasiswa di Camplong meliputi Desa Banjar Takeka, Desa Madupat, Desa Batu Karang dan Desa Anggresek. (oci/nda)

Komitmen Hadirkan Layanan Pendidikan Tinggi Berkualitas

Jelang Ujian, Ramai-ramai ‘Kulakan’ Motivasi kondisi psikologis siswa cenderung labil. Tak jarang, tanpa sadar sebagian siswa menambah kekhawatiran siswa lain. Bahkan, jam belajar siswa yang bertambah pun bisa menjadi sumber ketakutan. Untuk itu, menurut Syarifudin, sebaiknya siswa menambah jam belajar murni sebagai persiapan yang dilakukan dengan penuh optimisme, bukan karena takut yang berlebihan untuk menghadapi UN. Sehingga, mereka tidak perlu terbayang-bayang tentang kegagalan. “Motivasi itu tidak murah. Bukan cuma dari segi finansial, tapi juga langka karena tak semua orang dapat memberi motivasi dengan takaran yang pas. Maunya menyemangati agar lebih giat belajar, malah disertai ancaman bernada ‘kalau’, ‘andai’, dan sejenisnya yang diikuti kalimat negative. Itu malah fatal,” jelas pria yang kelakar dan gaya khasnya membuat siswa betah berlama-lama duduk di ruangan tersebut.

dengan baik kepada masyarakat. Jika perlu menurutnya Unisma akan menggelar nikah masal agar masyarakat tercatatkan pernikahannya secara sah di KUA. Selain itu bidang kesehatan dan juga pendidikan juga akan menjadi program utama mahasiswa KKN di Sampang. Di bidang ekonomi, peningkatan produktivitas hasil pertanian akan digarap oleh mahasiswa. Di bidang lingkungan hidup juga akan diprogramkan penanaman 10 ribu pohon untuk menghijaukan Sampang. Selain itu rencananya Unisma juga akan menindaklanjuti dengan program penelitian dan pengembangan yang didanai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. ”Ke depan berbagai kerjasama juga akan siap dilaksanakan di Kabupaten Sampang termasuk rencana sosialisasi kurikulum 2013 kepada guru,” ujar salah satu trainer nasional kurikulum 2013 ini. Pemberangkatan mahasiswa KKN dilaksanakan Senin (3/2/14) lalu. Rombongan diterima bupati Sampang Fannan Hasib dan istri, asisten bupati, sekertaris daerah (Sekda), kepala dinas di Kabupaten

UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

SMKN 2 MALANG

MALANG – Tak perlu kaget jika saat keluar dari ruangan seusai mendapat motivasi, raut wajah peserta terlihat lebih cerah. Sebab, motivasi memang ampuh untuk semua orang, tak hanya siswa, tapi juga oleh orang-orang professional mulai dari karyawan hingga direktur perusahaan. Hal tersebut disampaikan oleh Syarifudin, motivator dari Politeknik Kota Malang (Poltekom) Selasa (4/2) kemarin, di SMKN 2 Malang. Siang itu, ratusan siswa kelas XII SMKN 2 Malang mendapat kesempatan untuk beramai-ramai ‘kulakan’motivasi gratis sebagai persiapan mereka mengikuti Ujian Nasional (UN). “Menyadari pentingnya motivasi, terlebih lagi di saat-saat yang melelahkan seperti ketika kita menyambut UN ini, kita harus saling memotivasi antar teman. Bukan malah mengendorkan semangat dan menjatuhkan,” tutur Syarifudin di hadapan siswa. Menjelang UN, ujar Syarifudin,

13

SUPPORT: Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian M.Si membubuhkan tandatangan didampingi AMANAT: Ketua BEM Unikama yang baru terpilih Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Drs Selamet Riyadi MM. siap menjalankan tugas.

KEBERSAMAAN: Seluruh dosen dan karyawan Unikama berfoto bersama di sela kegiatan outbond.

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : SITI

Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar dua kegiatan di awal Februari 2014 ini. Pada 31 Januari-1 Februari lalu digelar outbond bagi dosen dan karyawan Unikama di Trawas. Sementara pada Senin (3/2/14), digelar pelantikan pengurus organisasi kemahasiswaan (Ormawa). Dua kegiatan ini menunjukkan komitmen Unikama untuk menghadirkan layanan pendidikan tinggi berkualitas. FOTO-FOTO HUMAS UNIKAMA FOR MALANG POST

KOMPAK: Ajang membangun kekompakan antara dosen dan karyawan Unikama.

LEADER: Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian M.Si (kanan) dan Dr Endi Sarwoko MM (kiri).

KONSENTRASI: Sesi indoor dalam kegiatan outbond yang diikuti seluruh dosen dan karyawan Unikama.

HEBAT: Ketua BEM Unikama periode lama menyerahkan kepengurusan kepada Ketua BEM Unikama yang baru.


RABU, 5 FEBRUARI 2014

Makin Selfie Makin Asyik P E R N A H K A H S o b a t M - Te e n s mengabadikan foto diri sendiri menggunakan kamera poket atau perangkat mobile lainnya? Berbicara tentang selfie pastinya sangat identik dengan narsisme. Selfie merupakan kegemaran seseorang mengabadikan fotonya dengan cara mengambil sendiri melalui ponsel atau gadget lainnya dengan berbagai pose yang kemudian diunggah ke jejaring sosial, seperti facebook atau instagram. Seperti pengakuan Tiara Ayu Ristanti, siswi SMK Negeri 2 yang sangat senang jepret sana- sini. Tidak jarang juga ia melakukan selfi e ini bersama teman-temannya yang juga sesama narsis. Hanya dengan menggunakan gadget seperti handphone dan kamera, ia merasa puas dan senang setelah berfoto. Dalam beberapa menit saja Tiara bisa menghasilkan lebih dari 25 jepretan dengan ekspresi yang berbeda-beda. “Aku termasuk orang yang narsis dan suka banget foto-foto sendiri. Seneng

aja,” katanya. Segala macam ekspresi wajah telah ia aplikasikan saat ber-selfie ria. Mulai dari senyum biasa hingga ekspresi yang teramat alay seperti monyongin bibir, menjulurkan lidah, angle atas, dan lainnya. “Semua ekspresi dan pose udah aku cobain. Monyongin bibir dan pipi digembungin itu pose yang paling alay,” aku cewek yang memiliki tinggi 164 cm ini. Banyak tempat yang sudah menjadi saksi bisu pose-pose selfie Tiara. Kamar, kelas, tempat makan, hingga kamar mandi. Tapi dari sekian banyak tempat, kamar dan kelas adalah tempat favoritnya. “Biasanya foto di kamar, sekolah bahkan di kelas juga aku suka foto-foto gitu,” terangnya. Kegiatan selfie ini dilakukan Tiara saat merasa boring, banyak waktu luang dan untuk sekadar iseng. Pastinya tidak berhenti pada kenarsisannya berfoto saja, gadis yang hobi menyanyi ini pun memiliki beberapa social network untuk

melengkapi hobinya. “Ada beberapa jejaring sosial yang aku punya. Ada Instagram, Whats App, Twitter dan Facebook. Biasanya aku suka ganti-ganti profil picture di Whats App,” ujar pemilik senyum manis ini. Tiara bahkan memiliki artis idola untuk inspirasinya dalam ber-selfie. Ia sering melihat pose-pose selfie di Instagram milik Pevita Pearce dan Audy Marisa. Menurutnya gaya mereka memang menjurus ke selfie namun tetap asyik untuk ditiru. Tidak kalah narsis dengan Tiara, Rizal Kurniawan, siswa SMA Negeri 1 Kejayan ini juga sering mengabadikan setiap momen yang ia lewati. Selain untuk memuaskan hati, juga untuk menambah koleksi foto. Rizal ternyata memiliki pose andalan. “Dari mulai senyum, manyun, laugh dan kadang juga ekspresi sok cakep gitu,” ucapnya polos. Ia pun termasuk lelaki yang sering mengunggah fotonya ke jejaring sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Camera360 yang notabene sedang nge-trend saat ini pun tidak ketinggalan untuk menunjang kualitas foto-fotonya. Ditambah aplikasi Photoshop dan Photo Studio yang digunakan untuk mengedit hasil jepretan. Ternyata cowok bertubuh kurus ini tidak hanya menghabiskan satu atau dua jepretan saja untuk setiap momen, tetapi bisa mencapai belasan hingga puluhan. “Kalau hasilnya bagus dan seperti apa yang diinginkan, bisa sampai 20 lah,” katanya tanpa malu-malu. Menurut Rizal, selfie memiliki dampak positif dan negatif. Baginya foto-foto di albumnya yang terlihat jelek akan sangat memalukan jika ketahuan teman-temannya. Itu merupakan dampak negatif yang ia takutkan. Sedangkan menurutnya begitu banyak dampak positif yang didapat akibat selfie ini. “Positifnya banyak, kalau habis foto, nanti hasilnya bisa dilihat-lihat, dishare ke teman-teman, menghibur diri dan ngisi waktu kosong juga,” jawabnya semangat. (mg4/fia)

14

Akibat dari Perkembangan Teknologi Drs. M. Slamet, M. M, SMK Negeri 2 “SAYA lihat sering sekali itu anak-anak yang narsis di sekolah ini. Biasanya yang hobi narsis itu anak-anak yang mengikuti ekskul fotografi. Mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih dibanding anak lain. Bermacam-macam pose yang dilakukan. Di beranda Facebook saya banyak sekali siswa-siswi yang mengupload fotonya. Ya kalau dilakukan waktu jam istirahat sih monggo. Tapi kalau sudah di kelas saat jam pelajaran, ya handphone dinonaktifkan. Jika ketahuan sedang foto-foto di kelas, tentu gadgetnya kita tahan selama 6 bulan. “Fenomena seperti ini akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat, didukung dengan adanya internet, ditambah juga faktor lingkungan,” katanya. (mg3/ mg4/fia)

TEKS: DEWI KESUMA NINGTYAS (UB – SASTRA JEPANG) MADE INDAH KUSUMADEWI (UB – SASTRA JEPANG) MODEL: DHIA NAQQIYA (SMAN 1) FOTOGRAFER: RIZAL FANANY / MALANG POST

Eksis dengan Prestasi SELFIE menjadi kata yang paling penting, karena sering digunakan para pengguna sosial media. Meskipun sebenarnya, aktivitas mengabadikan potret diri itu sudah ada sebelum era fotografi digital. Perkembangan teknologi membuat selfie menjadi tumbuh pesat. Fenomena ini memang sudah semakin diminati oleh para remaja, tetapi ternyata tidak semuanya suka ber-selfie ria lho. Bagi beberapa remaja selfie itu hanya ajang narsis, walaupun pelakunya sendiri sangat menikmatinya. Hal ini yang dipaparkan oleh Abiel Cahya Nugraha, Siswa SMAN 8 Malang, ia lebih suka foto bareng teman-teman dari pada berfoto sendiri. Kalau lagi nongkrong kadang Abiel bersama temannya mengambil foto dengan kamera. Biasanya cowok kelas XII IPA ini, akan share foto koleksinya di path. “Dulu SMP suka foto diri sendiri, tapi mulai SMA udah jarang banget,” aku Abiel. Cowok yang hobi futsal ini mengaku aneh melihat teman-temannya suka upload foto. baginya kegiatan itu normal dilakukan oleh cewek, namun tidak oleh cowok karena akan memberi kesan centil. “Biasa saja sih kalau yang narsis itu cewek, tapi kalau cowok yang suka share foto di sosial media buatku ilfeel dan jijik. Apalagi orangnya

suka foto di depan kaca, dari atas, dari samping, kelihatan endel banget.” ujar Abiel. Hal serupa juga dipaparkan oleh Salim Jail, Siswa SMKN 2 Malang, tidak suka foto diri sendiri karena ia merasa malu dan kurang PD. Menurut Salim orang yang selfie itu adalah tipe orang yang PD, suka pamer, centil, alay, suka eksis dan suka update. Mereka suka berpose berlebihan seperti ala Cherry Belle, menjulurkan lidah, merem, dan lain-lain. Kemungkinan tujuan mereka untuk lebih eksis dan lebih mengeksplorasi dirinya. “Aku sendiri memang pernah foto-foto, tapi jarang banget dan nggak langsung di unggah,” aku Salim Cowok pecinta makanan khas Indonesia ini, menyatakan orang yang selfie kelebihannya hanya terkenal di sosial media saja, tetapi kalau mereka mulai berlebihan membuat orang yang mengenalnya menjadi bosan dan risih, akibatnya mereka akan

mendapatkan ejekan. “Terkenal karena prestasi dong, bukan karena suka narsis,” tambah Salim. Berbeda dengan Stellaanita Kusuma Devi siswi SMAN 7 Malang, dia mengaku bukan seorang selfie, karena tidak suka alay dan narsis. Stella berfoto hanya pada saat moment yang memang harus diabadikan. “Kadang-kadang aku foto dengan teman dan saudaraku saja, dan hanya untuk koleksi pribadi. Tetapi kalau ada foto yang hasilnya bagus aku jadikan foto profil ku, sedangkan yang jelek aku hapus saja,” ungkap Stella Gadis yang hobinya bermain piano ini, sering melihat teman-temannya suka berfoto di sekolah, terutama di dalam kelas. Setelah mereka puas mengambil berbagai pose, secepatnya langsung diunggah ke sosial media. “Seru lihatnya apalagi kalau yang suka selfie itu cantik dan ganteng, tapi kalau keseringan semua orang pasti jadi terganggu dan risih, anaknya lebih terlihat caper atau narsis banget. Mendingan selfie pas ada event atau mengabadikan moment saat liburan dengan keluarga, jadi tidak tiap kali harus selfie” ujar Stella. (mg3/fia)

Selfie Bikin Risih

Biar Selalu Diinget Ananda Ayunindia, SMP Negeri 12 Malang “AKU suka foto-foto di sekolah pakai ponsel. setelah itu aku upload ke Facebook. Foto diambil dari bawah dengan ekspresi monyongin bibir, kadang juga pose ala-ala orang Jepang yang tangannya melambangkan kedamaian. Aku pribadi punya tujuan narsis biar teman-teman yang udah lama nggak ketemu aku itu bisa terus inget wajahku dengan melihat foto-fotoku di jejaring sosial.” (mg4/fia)

Jangan Tiap Hari Naufal Kusuma Prasetya, SMK Negeri 2 “SELFIE itu nggak penting. Aku sih males ya foto-foto narsis kayak gitu. Apalagi sampai upload foto makanan atau kadang barang yang baru dibeli di Facebook dan Instagram. Menurutku itu malah menjurus ke pamer. Mending kalau narsis jangan tiap hari deh, nanti yang liat bosen.” (mg4/fia)

Suka Gaya Melet Danny Martia Rini, SMPN 12 Malang “AKU suka banget foto-foto. Sekali foto bisa sampai 25 kali, tapi ekspresinya berbeda. Tiap minggu aku pasti sempat aja buat narsis. Gaya yang paling aku suka itu sambil melet gitu. Biasanya sih foto pakai kamera HP, habis foto langsung aku edit pakai Photoshop di laptop kakakku, terus share ke Facebook. Ada sih teman-teman yang nggak suka dan ngejek, mungkin karena sering upload foto juga, tapi kan yang penting koleksi fotoku bisa bertambah.” (mg3/fia)

Reza Eka Handiansyah, SMAN 8 Malang “ AKU lebih suka foto sama teman-teman kalau momennya pas, tempat favorit ya di pantai dan tempat wisata yang lain. Orang yang selfie itu alay, narsis, dan kurang kerjaan, sukanya foto dengan gaya sok imut. Mereka sih bangga suka upload di twitter, tapi kita yang risih. Kalau pacarku sendiri yang selfie nggak apa-apa sih hehehe. Biasanya orang yang suka selfie, dalam kenyataanya memang orang yang suka eksis dan cerewet.” (mg3/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


rabu, 5 februari 2014

15

Tolak Ikutan Demo The Rayja Resort

Febri Setyawan/Malang Post

PERTEMUAN: Perwakilan warga Desa Bulukerto dan Pandanrejo Kecamatan Bumiaji dalam pertemuan di Ruang Panderman, Selasa kemarin. BATU – Sebuah fakta muncul, bahwa ternyata tidak semua warga di sekitar Sumber Air Gemulo, Kecamatan Bumiaji, yang menolak pembangunan The Rayja Resort. Hal itu dibuktikan dengan respon beberapa perwakilan warga setempat, yang Selasa kemarin mendatangi Pemkot Batu. Mereka menginginkan Pemkot tidak mencabut IMB hotel berlokasi di Desa Bulukerto,

Kecamatan Bumiaji itu. Ada 13 orang yang datang ke Pemkot Batu, antara lain H Sular Adenan yang merupakan perwakilan warga Dusun Gintung. Jumain, perwakilan Dusun Gemulo, Bonawi dari Dusun Cangar, Desa Bulukerto. Dan Sumardi, warga Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Mereka diterima oleh Wakil Wali

Kota Batu, Punjul Santoso di Ruang Panderman Pemkot. Merekapun langsung menyampaikan aspirasi terkait polemik yang terjadi mempersoalkan Sumber Air Gemulo, yang berujung unjuk rasa belum lama ini. ‘’Tidak semua warga Desa Bulukerto menolak pembangunan The Rayja, apalagi melakukan demo. Kesan selama ini yang berkembang, begitu ada ramai-rama demo pasti warga Bulukerto. Padahal tidak semua melakukan itu,’’ ungkap Sular, salah satu perwakilan warga. Lantas, pihaknya meminta Pemkot tidak mencabut IMB yang sudah diterbitkan agar pihak pengembang tetap memiliki hak membangun sebelum ada pencabutan. Masalah IMB, warga juga pernah diminati keterangan sebagai saksi di persidangan PN Malang, karena pihak pemrakarsa menggugat warga yang melakukan demo. ‘’Kami juga sudah dimintai keterangan di persidangan PN Kota Malang, dan tidak ada proses yang menyimpang terkait penerbitan IMB. Kalau sekarang mau dicabut, ya harus melalui proses gugatan ke PTUN. Bila memang PTUN nanti membatalkan IMB, ya Pemkot harus mencabut,’’ katanya. Sementara Jumain mengungkapkan, The Rayja lokasinya masih agak jauh dari Sumber Gemulo. Bangunan yang lebih dekat dengan sumber

itu, justru jumlahnya lebih banyak. Namun mengapa hanya The Rayja dengan lokasi lebih jauh, kata dia, malah dijadikan masalah. Dia pun mengaku tidak memiliki hubungan apa-apa, dengan pengembang The Rayja. Dan yang dia ungkapkan, semata –mata hanya demi masa depan warga ke depan lantaran dengan pembangunan itu bisa membawa kemajuan Bulukerto, terutama untuk lapangan kerja. Apalagi pihak pengembang sudah komitmen mengambil tenaga kerja 60 persen dari wilayah sekitar. ‘’Kami hanya berfikir untuk anak cucu. Kalau mereka harus nganggur khan kasihan, karena itu dibutuhkan lapangan kerja. Kalau lapangan kerja tersedia di Batu, anak cucu tidak perlu merantau kemana-mana untuk mendapatkan pekerjaan,’’ tandasnya. Tidak hanya dua orang itu, Sumardi juga ikut angkat bicara dalam pertemuan dengan Wawali, beberapa Kepala SKPD serta petugas kepolisian dari Polsek dan Polres Batu itu. Dia menyayangkan ketika pipa Hippam menuju desanya dirusak oleh pihakpihak tertentu, lantaran pihaknya tidak bisa ikut berdemo. ‘’Saya adalah pengurus Hippam, dan saya tidak menuduh siapa-siapa yang merusak pipa Hipam. Bisa saja ada penyusup dari luar, yang sengaja mengadu domba dengan merusak pipa itu,’’ tegasnya. (feb/lyo)

Remunerasi Belum Bisa Diwujudkan Anggaran Terbatas, Banyak Pegawai Belum Disiplin BATU – Harapan PNS Kota Batu untuk mendapatkan remunerasi (tunjangan lebih) tahun ini, belum bisa terwujud meski UU Aparatur Sipil Negara (ASN) telah disahkan. Pemkot masih belum siap merealisasikan tunjangan lebih, karena belum dianggarkan dalam APBD tahun 2014. Asisten II (Bidang Administrasi Umum) Pemkot Batu, Chairul Sjarief Tartila menjelaskan, remunerasi belum bisa direalisasikan karena jumlah APBD tidak cukup untuk membayarnya. Kemungkinan baru bisa diberikan kepada pegawai pada tahun 2015 nanti. ‘’Tahun ini, remunerasi belum bisa diberikan karena anggaran yang terbatas,’’ ungkap Chairul Sjarief Tartila kepada Malang Post, kemarin. Menurutnya, jumlah pegawai cukup banyak, yakni sekitar 4.300 PNS sehingga menambah kesulitan Pemkot untuk memberikan bayaran lebih. Alokasi APBD Kota Batu sendiri, 60 persen untuk pelayanan publik dan 40 persen untuk gaji PNS dengan APBD tahun tahun ini senilai Rp 711 miliar. Jika Pemkot harus membayarkan remuenrasi, anggaran untuk pejabat eselon I dan II adalah Rp 25 juta sampai Rp 30 juta per orang sebulan. Sedangkan golongan III-A, pegawai bisa mendapatkan gaji antara Rp 7 juta hingga Rp 8 juta setiap bulanya. ‘’Bisa dibayangkan kalau gaji sebesar itu, untuk membayar pegawai sekitar 4 ribu orang, sudah berapa jumlahnya. Pa-

Febri Setyawan/Malang Post

HARUS BERSABAR: PNS Kota Batu, tahun ini belum bisa mendapatkan remunerasi berdasarkan UU ASN.

dahal APBD kita hanya sekitar Rp 700 miliar yang sudah barang tentu tidak akan mendukupi saat ini,’’ kata dia. Banyak syarat pegawai untuk mendapatkan remunreasi. Antara lain, rajin masuk kerja alias tidak pernah izin. Jika tidak masuk seperti sakit atau cuti, maka dipotong gaji. Untuk melihat ketepatan kehadiran, Pemkot juga harus menyiapkan peralatan khusus yang saat ini belum tersedia.

Perangkat tersebut bisa berupa sidik jari, yang diperlukan untuk mengetahui masuk dan jam pulang pegawai. Pemkot sebenarnya sudah memiliki alat itu, namun saat ini masih belum bisa berfungsi optimal. Dengan alat tersebut, pegawai bisa tercatat dengan baik, kapan dia datang sekaligus jam pulangnya. Menurutnya, ada sanksi bagi PNS yang tidak masuk dengan jumlah 25 persen dari jadwal kerja. Jika target

masuk tersebut tidak terpenuhi, maka hukuman disiplin bisa dijatuhkan kepada pegawai. Sanksi itu antara lain, penurunan pangkat satu tingkat selama tiga tahun. ‘’Cara itu tentu akan meningkatkan kinerja. Saat ini berdasarkan laporan SKPD-SKPD, angka tidak masuk masing-masing pegawai masih cukup tinggi,’’ kata mantan Inspektorat Kota Batu ini. (feb/lyo)

Tripod Bantu Kecepatan Evakuasi BATU- Seorang pria berteriak minta tolong, lantaran kondisinya sedang terperangkap di dalam sumur dengan kedalaman 10 meter. Petugas PMK Kota Batu pun berdatangan, untuk mengevakuasi. Dengan cekatan, pria-pria bertubuh tegap berbalut seragam biru itu, mampu memberi pertolongan cepat hanya dalam hitungan menit. Apalagi dalam proses penyelamatan itu, petugas menggunakan perlengkapan terbaru berupa rescue tripod. Nafas korban pun sempat megap-megap, lantaran dimungkinkan selama di dalam sumur dia kekurangan oksigen. Petugas pun memberi bantuan pernafasan. Itulah simulasi latihan vertical rescue. Walaupun sekedar latihan, namun proses evakuasi korban yang terjebak di dalam sumur itu bisa dibilang sukses. Pasalnya selain mampu bergerak cepat dan cekatan, petugas PMK Kota Batu juga terbantu oleh alat tripod (tiga kaki), yang secara khusus untuk menolong korban seperti itu. Sedangkan proses penyelamatan di sumur dan lubang yang

PMK for Malang Post

PENYELAMATAN: Kepala UPT PMK Kota Batu, Santoso Wardoyo ketika melatih anggotanya mengevakuasi korban di dalam sumur menggu­ nakan tripod.

mengandung gas beracun, petugas penyelamat dilengkapi SCBA ( Self Contain Breathing Apparatus ) agar tidak sampai menghisap gas mematikan tersebut. Peralatan tripod, juga mampu mengangkat beban sampai 300 Kg, karena alat ini juga dilengkapi semacam katrol untuk mengangkat maupun menurunkan penyelamat serta mengangkat korban. Kepala UPTD PMK Kota

Batu, Santoso Wardoyo mengatakan, latihan vertical rescue itu untuk mencoba alat baru yang dimiliki PMK kota ini. Karena, tripod rescue ini efektif untuk mengevakuasi korban di lubang yang dalam sekalipun, seperti sumur misalnya. ” Dulu kami pernah menyelamatkan korban yang terjebak dalam sumur, tapi karena belum ada alat seperti ini maka proses evakuasi memakan waktu lama

sehingga bisa membahayakan penyelamat mauun korban itu sendiri,”papar Santoso, sapaan akrabnya. Menurutnya, sejauh ini di wilayah Malang raya, hanya PMK Kota Batu yang memiliki alat tersebut. Sebelum perlengkapan itu digunakan, terlebih dahulu anggota dilatih agar paham dan mengerti fungsi alat yang pengadaannya menggunakan APBD tahun 2013 ini,

walaupun jumlah tripod yang dimiliki PMK masih satu unit. Pria yang pernah menjadi anggota Satpol PP itu menambahkan, alat tersebut sangat dibutuhkan dengan kondisi geografis kota sejuk ini. Sehingga baru tahun ini pengadaannya bisa terealisasi.”Memang setiap alat baru yang dimiliki PMK, lebih dulu dites agar diketahui kelemahan maupun kelebihannya agar bisa digunakan secara efektif,”sebutnya. Dia menambahkan, hingga saat ini peralatan yang dimiliki PMK masih kurang dari estándar, atau ada beberapa peralatan yang sampai sekarang belum dimiliki seperti, cutter, spreader, larkin, SCBA, SCUBA dan lainnya. Sebelumnya, PMK sudah memilik alat portable floating puma yang sudah berulangkali didemontrasikan.”Dulu saat kami mendapatkan alat tersebut, juga ditunjukkan di Alunalun di hadapan Forkompinda, agar semua masyarakat paham akan kegunaan dan mengetahui fungsi dan kelebihan alatnya,”tambah bapak dua orang anak itu. (mik/lyo)

Febri Setyawan/Malang Post

TENDER: Proyek PJU seperti ini, pengadaannya segera ditenderkan melalui LPSE.

Dianggarkan Rp 2 Miliar, PJU Juga Masuk Kampung BATU – Tahun ini anggaran pembuatan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Batu, dialokasikan Rp 2 miliar. Sebagian besar anggaran itu akan tersedot untuk pembangunan PJU di jalur lingkar barat (Jalibar), karena kondisinya yang sudah mendesak. ‘’Anggaran PJU cukup besar, yakni Rp 2 miliar. Namun anggaran tersebut bukan hanya untuk Jalibar, tetapi untuk seluruh Kota Batu meski sebagian besar penerangan Jalibar,’’ ungkap Arief Setiawan, Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batu. Menurutnya, PJU-PJU tersebut akan segera dilelang melalui LPSE. Harapnya, proses lelang cepat selesai sehingga akan terpilih rekanan yang mumpuni untuk menggarap pengadaan PJU itu. Dengan begitu PJU akan segera terpasang dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Sedangkan untuk daerah lain, kata dia, PJU dilakukan cukup merata pada desa-desa dan kelurahan di wilayah kota ini. Kebanyakan, PJU dipasang hingga sampai jalan alternatif maupun areal perkampungan dengan tujuan tidak ada jalur alternatif yang gelap di malam hari. Dia menambahkan, target pelaksanaan pengadaan PJU sudah dimulai Maret nanti. Karena itu Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, sekarang ini lagi ngebut untuk persiapan pelaksanaan lelang. ‘’Pokoknya mulai Maret sudah harus mulai pelaksanaan PJU,’’ tegas mantan Asisten I Pemkot Batu ini. Dari pantauan Malang Post, saat ini masih banyak jalur alternatif tidak dilengkapi fasilitas PJU. Hal itu membuat jalur tersebut sangat gelap pada malam hari, sehingga pengendara motor atau mobil enggan menggunakan jalur alternatif pada malam hari. ‘’Kalau ada PJU, tentu pengendara akan mudah melalui jalur alternatif pada malam hari. Minimal jalur tersebut sudah bisa digunakan saat jalan utama di Kota Batu, sangat padat atau terjadi kemacetan panjang. Kondisi macet biasanya terjadi pada weekend atau hari-hari besar,’’ pungkas Arief, kemarin. (feb/lyo)

Try Out Sesi Pertama, Mat-Inggris Masih Jadi Momok Sambungan dari Halaman 16

Pertama, diberi pembahasan materi penunjang. Kedua, kisi-kisi UN dan terakhir pembahasan soal dengan sistem tutor sebaya yang didampingi guru pamong.”Polanya seperti itu, tetapi intensitas setiap kelompok berbeda, mulai yang siap maupun kelompok yang kurang siap,”jelas Samsul. Hasil try out kedua nanti, dijadikan data lanjutan dan pengambilan sikap apa saja yang harus dilakukan oleh sekolah. Artinnya, hasil try out dianalisis terlebih dahulu, sehingga bisa saja siswa yang masuk dikategori kurang siap malah bisa melejit ke kelompok siap, atau sebaliknya. “Sesuai saran dari Dinas Pendidikan, bila tetap tidak ada perubahan berarti pola pembelajaran dan pemberian materi oleh sekolah harus dievaluasi,”tambahnya. Dalam bimbingan belajar, pelaksanaannya pun sudah atas persetujuan walimurid dan Dinas pendidikan. Sehingga, visi sekolah, Dindik dan walimurid untuk meraih hasil terbaik juga sudah komplit. (mik/lyo)

Cetak Buku Panduan Kesehatan Sambungan dari Halaman 16

RESPON BPJS Menyangkut program pokok Dinkes tahun ini, menurut Endang adalah membantu mensosialisasikan program BPJS. Sebab di tahun 2019 nanti, seluruh masyarakat Indonesia sudah bergabung dan menggunakan BPJS. Ditambah program lain seperti pemberdayaan masyarakat tetap menjadi prioritas di tahun ini. Hingga minggu kemarin, terhitung masih ada sekitar 300 orang warga kota ini yang mendaftar BPJS ditambah anggota Jamkesmas, Askes, Jamsostek dan lainnya.” Sehingga akumulasinya dari 200 ribu warga Kota Batu, terhitung sudah ada 71 ribu warga yang tergabung dalam program BPJS ini,”urainya. Kepala Bagian Operasional BPJS Kota Batu, Frisca Prasetyo mengaku, sejak awal Januari pihaknya bersama Dinkes terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar nantinya dapat bergabung dalam program kesehatan itu. Pras sapaan akrabnya menerangkan, memang ada beberapa desa atau masyarakat yang belum paham tentang program BPJS. Sehingga dalam waktu dekat, bakal dilangsungkan sosialisasi lanjutan.”Kemarin kami menerima surat dari pihak Kantor Kecamatan Bumiaji, untuk melakukan sosialisasi. Hal ini kami sambut positif, karena pihak Pemerintah turut membantu mensosialisasikannya,”terang bapak dua orang anak itu.(mik/lyo) REDAKTUR: FEBRI, LAYOUTER: ABDEE


RABU, 5 FEBRUARI 2014

KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

16

Try Out Sesi Pertama, Matematika-Inggris Masih Jadi Momok BATU- Mata pelajaran (Mapel) Matematika dan Bahasa Inggris, nampaknya masih jadi momok siswa Kelas III (9) SMP di Kota Batu dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) nanti. Realita itu terlihat dari hasil try out sesi pertama di SMPN 1 dan SMPN 2 Kota Batu, akhir tahun lalu. Lantas, untuk mengenjot kekurangan itu pihak SMPN 1 pun mulai mengelompokan siswa dari 225 siswa yang mengikuti try out tersebut. Yakni Kelompok A (sangat siap), Kelompok B (siap) dan Kelompok (kurang siap).

Kepala Sekolah SMPN 1 Batu, Barokah Santoso mengatakan, pelaksanaan try out sudah sesuai prosedur dan panduan dari Dinas Pendidikan. Memang try out pertama masih difokuskan pada pengelompokan siswa, dengan tujuan melihat kesiapan anak didik menjelang UN. “Dari empat mata pelajaran yang diujikan, ternyata siswa-siswa berhasil mendapat nilai standart, selanjutnya tinggal memoles lagi,”ungkap Barokah, kemarin. Dia mengakui, dari empat Mapel yang dilatihkan dalam try out itu ada dua pelajaran yang dinilai masih lemah dan

kurang nilainya. Yakni, Bahasa Inggris dan Matematika. Karena itu, dengan cara pengelompokan nantinya siswa yang masuk kategori C (kurang siap) akan lebih diberikan penekanan detail ketimbang siswa yang berkategori A dan B. Sedangkan pelaksanaan try out sesi kedua, akan dilangsungkan 10 Februari nanti, disusul try out resmi dari Dinas Pendidikan sekitar Maret mendatang.”Sebelum try out, seluruh siswa diberikan bimbingan pelajaran seminggunya 4 kali, baik itu sesi pertama maupun menjelang try out sesi dua,”paparnya.

Toh begitu, pria berkacamata ini tetap optimis siswa-siswanya bakal berhasil melalui UN nanti. Itulah motivasi untuk menyemangati siswanya, selain memberikan bimbingan belajar rutin. “Siswasiswa mempunyai keinginan lulus semua, sehingga mereka rela mengikuti semua hal yang diberikan sekolah, baik itu siswa yang berkapasitas menguasai pelajaran maupun sebaliknya,”terangnya. Hal sama juga diungkapkan Kasek SMPN 2 Kota Batu, Samsul Hidayat. Dia mengutarakan, pola pembelajaran yang diberikan kepada siswa saat ini ada tiga pola. Baca Try Out.. Hal.15

FEBRI SETYAWAN/ MALANG POST

SIDAK: Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memimpin sidak Jalibar, kemarin.

Jalan Lingkar Sudah Bisa Digunakan BATU - Jalur Lingkar Barat (Jalibar) Kota Batu, akhirnya siap digunakan. Kesimpulan itu setelah Pemkot melakukan sidak, Selasa (4/2) untuk memastikan apakah proyek prestisius yang didanai APBD tahun 2013 itu sudah bisa dibuka ataukah belum. Sidak kemarin, dilakukan oleh Wakil Wali Kota, Punjul Santoso, Kajari Batu, Meran SH dan pihak Polres Batu diawali meninjau jalur dari Dadaprejo, Kecamatan Junrejo. “ ITu karena Jalibar dimulai dari Dadaprejo. Selama ini yang terekpos, justru Jalibar dimulai dari Desa Tlekung menuju depan Kusuma Agrowisata,” ungkap Punjul Santoso, kemarin. Dari Dadaprejo, rombongan sidak menuju Simpang Lima Junrejo, Desa Tlekung berlanjut sampai wilayah Kelurahan Ngaglik tepatnya depan Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu. Semua sisi dilihat, untuk bisa memastikan Jalibar benar-benar siap digunakan apa belum.

Jalan di Dadaprejo hingga simpang lima Junrejo, misalnya, telah tuntas diaspal hotmik sehingga kondisinya mulus. Sedangkan jalan di sekitar Desa Junrejo hingga Tlekung, memang banyak mengelupas namun jalan tersebut tidak masuk hitungan karena proyek lama. Sedangkan dari sisi Desa Tlekung, masih ada jalan yang sempit karena kondisi asli jalan dan belum tersentuh pembangunan yang panjangnya sekitar 60 meter dari Jalan Raya Tlekung-Oro-Oro Ombo. “Jalan masuk sepanjang 60 meter tersebut, memang belum tersentuh pembangunan karena anggaran tidak cukup, dalam tahun ini akan dilanjutkan,” ungkap Lunjup, sapaan akrabnya. Sedangkan sekitar dua kilometer masih berupa lapen. Jalan tersebut sengaja dibiarkan dalam bentuk lapen, karena untuk pemadatan sebelum dilakukan finishing dengan aspal hotmik. Sedangkan jalan sekitar lima

kilometer, telah tuntas dengan finishing hotmik.”Kalau yang sebelah sini sudah bagus, dengan kondisi aspal hotmik,”tambahnya. Dia pun melihat tujuh jembatan yang dilalui Jalibar, sudah selesai total sehingga bisa digunakan. Ada pula drainase menuju jembatan, mengalami sedikit kerusakan. Namun hal itu bukan masalah berarti, lantaran drainase rusak akibat hujan lebat dan kondisinya pun sedang dalam perawatan. Himpun, Kepala Dinas PU Pengairan dan Bina Marga juga membenarkan kesiapan penggunaan Jalibar. Dia mempersilakan pihak Dinas Perhubungan maupun Satlantas Polres Batu, untuk mengalihkan arus lalu lintas ke Jalibar jika jalur utama macet atau padat. “ Sekarang pun sudah bisa dilalui kendaraan. Bila jalan utama memang padat, silakan jalur dibelokkan melalui Jalibar ini,” pungkas Himpun. (feb/lyo)

FEBRI SETYAWAN/ MALANG POST

SIAP: Anak-anak SMP yang harus mempersiapkan ujian nasional dalam waktu dekat.

Cetak Buku Panduan Kesehatan BATU-Mulai tahun ini, Dinas Kesehatan Kota Batu merubah format penyuluhan kesehatan dengan cara mencetak buku panduan kesehatan yang nantinya diberikan kepada masyarakat. Pola baru ini dinilai lebih efektif baik itu dari segi tenaga, maupun financial. Selain itu, setEndang Triningsih iap Senin Puskesmas pembantu ju juga rutin melakukan penyuluhan dengan segala topik kesehatan kepada pasien maupun pengun pengunjung Puskesmas. Dinkes pun berencana mela melakukan penyuluhan lewat media elektronik, yang dikemas dalam dialog seputar kesehatan. ”Ternyata stra strategi ini, lebih efektif dan efisien dalam memberik memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat,”jela masyarakat,”jelas Kepala Dinkes Kota Batu, dr Endang Trinings Triningsih, Senin (3/2). Menurutnya, buku pegangan tentang kesehatan untuk m masyarakat itu nantinya dicetak sekitar 1000 eks eksemplar, dengan anggaran Rp10 jjuta. M ki terbilang b Meski sedikit, namun dia yakin buku pegangan tersebut bisa menjadi panduan kesehatan. Sehingga, masyarakat paham dan mengerti seperti apa mengatasi kesehatannya, mulai dari menjaga kondisi tubuh hingga langkah selanjutnya. ”Karena ini pertama, jadi buku tersebut untuk sementara kami berikan kepada perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum. Pasalnya, sasaran utamanya anak sekolah, kalau ditaruh di Posyandu siapa yang akan baca, malah tidak terawat,”ujarnya. Baca Cetak.. Hal.15

REDAKTUR: FEBRI, LAYOUTER: ABDEE


RABU, 5 FEBRUARI 2014

AREMA CR NUS

The PO W IS OU ER RS

17

Tak Takut Kehilangan Starter MALANG – Recovery Arema Cronus tidak akan sempurna jelang laga kedua di Indonesia Super League 2014, Kamis (6/2) besok malam menghadapi Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan. Singo Edan dikhawatirkan dalam kondisi fisik kurang prima. Sebab, Ahmad Bustomi dkk

hanya punya waktu jeda dua hari saja usai laga lawan Persijap Jepara, Senin (3/2) lalu. Namun demikian, kondisi ini tidak membuat tim pelatih Arema khawatir. Pelatih Arema Cronus Suharno menyebut bahwa pemainnya sudah sering menghadapi kondisi seperti ini

di pra musim. “Pemain sudah sering menghadapi kondisi seperti ini di pra musim. Bahkan lebih parah lagi. Karena itu, anak-anak tidak terlalu terkejut dan bisa mengatur ritme mereka sendiri,” terang Suharno. Perlu diketahui, Arema sudah menghadapi Menpora Cup, Trofeo

Persija, Piala Gubernur dan Inter Island Cup yang tidak memberi cukup waktu untuk istirahat jeda pertandingan. Karena telah terbiasa, tim pelatih yakin Arema bisa kembali pulih meskipun tidak seratus persen. Apalagi, tim pelatih sudah mengakali kelelahan para pemain yang

turun dengan jacuzzi malam hari, usai pertandingan lawan Persijap Jepara. Hal ini, membantu recovery 11 pemain yang turun penuh tanggal 3 Februari 2014 nanti. Selain itu, Suharno juga menyebut Arema tidak akan takut kehilangan 11 pemain starter. Sebab, sejatinya para pemain yang

Persik Misi Ulang di Tri Dharma MALANG – Persik Kediri datang ke Malang dengan penuh percaya diri jelang laga berat lawan Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Kamis (6/2) besok malam. Pasalnya, satu poin yang dicuri dari kandang Gresik United, mengangkat moral tim berjuluk Macan Putih itu. Asisten pelatih Persik, Aris Budi Sulistyo menyebut hasil imbang di Gresik bisa menjadi modal yang baik untuk menghadapi Arema. “Hasil imbang memang sesuai target awal tim. Kita punya ambisi dapat satu poin di Gresik. Kita akan ulangi lagi di laga Arema,” terang Aris. Kepercayaan diri skuad pujaan Persikmania itu memang dibutuhkan demi mengatasi gempuran Arema. Laga perdana Singo Edan yang begitu impresif tentu saja sangat menjadi perhatian khusus tim pelatih Persik untuk meracik strategi. Kendati demikian, berkaca pada pertandingan pertama di

DAFTAR PEMAIN PERSIK YANG DIBOYONG Usman Pribadi O Khusnul Yuli O Asep Budi O Michael Ndubuisi O Anwarudin O Tamsil Sijaya O Jefri Dwi O Rendi Irawan O Ngon Mamoun O Rendy Saputra O

ISL 2014, Aris optimis bisa mengulang hasil sama. Sebab, skuad asuhannya mampu menjalankan instruksi dengan baik saat lawan Gresik United. “Saya puas melihat anak-anak bermain lawan Gresik United. Mereka, khususnya Rendi Irawan, bisa menerapkan instruksi pelatih selama pertandingan. Mereka tenang dan mau main bola-bola pendek, kita harap ini bisa jadi modal bagus lawan Arema,” terang Aris.

P Jean Paul Boumsong P Teddy Heri P Sofyan Efendi P Saiful Indra Cahya P Asep Berlian P Harianto P Faris P Qischil Gandrum P Dimas Galih

Sayangnya, pertemuan terakhir dengan Arema tidak begitu menguntungkan Persik. Mereka dibantai tiga gol tanpa balas oleh Arema dalam gelaran Piala Gubernur 2013. Tiga gol itu dicetak oleh Cristian Gonzales, Irsyad Maulana dan Samsul Arif. Namun, Persik yang dulu bukanlah yang sekarang. Tim ini sudah menghadirkan beberapa pemain asing yang punya kualitas. Ngon Mamoun, mantan pemain Gresik United musim lalu,

Cadangan Latihan Normal KEPANJEN - Arema Cronus melanjutkan latihan jelang pertandingan kedua ISL 2014. Sore kemarin, Singo Edan melahap latihan di Stadion Gajayana. Duet SuharnoJoko “Gethuk” Susilo menggabungkan dua materi yang berbeda dalam satu sesi untuk mengefisiensikan jeda kompetisi yang mepet. Asisten pelatih Arema, I Made Pasek Wijaya menerangkan, selain tidak memberi libur pada pemain,

tim pelatih juga menggelar latihan recovery untuk pemain yang turun sebagai starter lawan Arema. “Untuk pemain yang turun starter, langsung diberi latihan recovery,” terang Made Pasek. Pemain seperti Cristian Gonzales, Alberto Goncalves, Samsul Arif, Gustavo Lopes, Ahmad Bustomi, Dendi Santoso, Johan Ahmad Farizi, Benny Wahyudi, Victor Igbonefo, Thierry Gathuessi dan

Kurnia Meiga Hermansyah tidak perlu melahap materi yang berat. Sementara para pemain lain seperti Irsyad Maulana, Sunarto, Juan Revi Auriqto, Purwaka Yudhi, Munhar, Gilang Ginarsa, Yericho Cristiantoko, Ahmad Kurniawan, I Made Wardana, I Gede Sukadana hingga Utam Rusdiana tetap melahap sesi latihan normal di bawah pengawasan tim pelatih. Baca Cadangan... Hal.18

tidak main pun, sangat layak masuk starter. Irsyad Maulana belum main penuh lawan Persijap. Begitu juga, Juan Revi Auriqto, Sunarto, Hendro Siswanto, I Gede Sukadana, Purwaka Yudhi, Munhar hingga I Made Wardana. Baca Tak... Hal.18 HASIL PERTANDINGAN SELASA (4/2) Persiram v Persiba Balikpapan

merapat kee Persik Kediri iri untuk satu musim ke depan. Pemain yang ng berposisi sebagaii gelandang adi inspirator itu bakal jadi serangan Persik. ersik. u, daya gedor Persik Selain itu, bah dengan kehadiran juga bertambah Jean Paul Boumsong. Bomber empal itu membawa bertubuh gempal Persebaya promosi ke ISL 2014. Lalu, ada juga uga sederet pemain muda yang berbahaya, mulai dari Rendi Irawan, an, serta pemain senior seperti Tamsil msil Sijaya yang bikin gol saat menahan nahan imbang Gresik United 1-1 di Stadion Tri Dharma. Persik yang ng membawa 19 pemain dalam m dua tur Jawa Timur itu, sudah tiba ba di Malang sore kemarin, dan menginap di Montana 2 Soekarno Hatta. Rencananya, pagi ini (5/2), 2), Qischil Gandrum Minny dkk bakal melakukan uji lapangan di Stadion Kanjuruhan. (fin/jon)

0-0

JADWAL PERTANDINGAN RABU (5/2) Semen Padang v Barito Putera Persib v Persita Perseru v Persela Persebaya v Putra Samarinda

GRUP BARAT AREMA CRONUS PELITA BANDUNG PERSIJA PERSIB PERSIK GRESIK UNITED BARITO PUTERA SRIWIJAYA FC PERSITA PERSIJAP SEMEN PADANG

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0

1 1 1 1 0 0 0 0 0 0 0

0 0 0 0 1 1 0 0 0 0 0

0 0 0 0 0 0 1 1 1 1 0

4-1 2-0 2-1 1-0 1-1 1-1 1-2 0-1 0-2 1-4 0-0

3 3 3 3 1 1 0 0 0 0 0

0 0 0 2 1 1 1 1 0 0 0

0 0 0 0 0 0 0 0 1 1 1

4-1 3-0 2-1 1-1 1-1 1-1 1-1 1-1 1-2 0-3 1-4

3 3 3 2 1 1 1 1 0 0 0

GRUP TIMUR

Aris Budi Sulistyo

PERSERU PERSIPURA PERSEBAYA PERSIBA BALIKPAPAN PERSIBA BANTUL PERSISAM PSM MAKASSAR PERSIRAM MITRA KUKAR PERSELA PERSEPAM

1 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1

1 1 1 0 0 0 0 0 0 0 0

Kumpulkan Rp 4 Juta Untuk Banjir Jakarta MALANG – Selama tiga hari, Aremania, The Jakmania, LA Mania hingga Ultras Gresik menggelar aksi sosial galang dana untuk korban banjir Jakarta. Pagi kemarin, para suporter mendatangi Kantor Arema Jalan Kertanegara untuk mempublikasikan jumlah total uang yang terkumpul selama tiga hari aksi di depan Stasiun Kota Baru. Koordinator Jak Jatim, Ferry Ferdiansyah mengungkapkan, dari aksi selama tiga hari, empat kelompok suporter itu berhasil mengumpulkan uang sejumlah Rp 4 juta. “Dari aksi galang dana tiga hari di depan stasiun, kita bisa kumpulkan Rp 4 juta,” terang Ferry kepada Malang Post kemarin. Bersama empat elemen suporter klub Indonesia, Ferry secara transparan menghitung total dana yang dikumpulkan untuk korban banjir Jakarta di kantor Arema Jalan Kertanegara. Setelah menghitung dan menjumlah uang, Ferry bersama keempat elemen suporter Indonesia, menyetorkan uang tersebut ke Bank Mandiri. “Kita setorkan uang hasil penggalangan dana sejumlah Rp 4

BERSATU : Aremania, The Jakmania, LA Mania dan Ultras Gresik kumpulkan Rp 4 juta dari aksi galang dana tiga hari, untuk korban banjir Jakarta. juta ke rekening Sekretariat The Jakmania di Lebak Bulus Jakarta. Di sana, sudah ada Bang Larico Ranggamone yang bakal mengelola dana untuk disalurkan sebagai bantuan korban banjir Jakarta,” tandas pria yang menikahi Aremanita ini. Ferry berharap, aksi Aremania,

The Jakmania, LA Mania dan Ultras Gresik ini bisa menginspirasi kelompok suporter Indonesia yang lain untuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini. Sebab, sudah saatnya suporter tak hanya antusias mendukung tim pujaannya. Tetapi, bisa juga memberi sumbangsih nyata bagi pemulihan bangsa.(fin/jon) REDAKTUR: JON'S, LAYOUTER: REEP


AREMA CRONUS

Persib akan Pesta Gol BANDUNG - Persita Tangerang mungkin masih mengingat ganasnya Persib Bandung ketika di Inter Island Cup (IIC) 2014, pertengahan bulan lalu. Ketika itu, tuan rumah mempermalukan Persita dengan skor cukup telak, 7-1. Kekalahan yang mungkin paling telak dalam sejarah klub berjuluk Pendekar Cisadane itu Nah, kali ini keduanya kembali bertemu dalam pertandingan kedua di Indonesia Super League (ISL) 2014. Di tempat yang sama, stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, tapi di waktu berbeda. Memori kelam itu pun kembali mencuat dan berpeluang terulang dalam laga sore nanti. Hanya, skor tenis itu harus berhadapan dengan kondisi yang dihadapi Maung Bandung sekarang ini. Serangan belum maksimal, lini depan pun cenderung mandul. Berbeda dengan saat tampil di IIC lalu. Berkaca dari laga pertama melawan Sriwijaya FC lalu, sebiji gol kemenangan pun baru bisa diambil dari titik putih. Persib sendiri tidak mau menganggap catatan apik pertemuannya dengan Persita itu sebagai satu patokan kembali menang besar. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh pelatih Persib, Jajang Nurjaman. “Kami tidak mau berpikir satu, dua, tiga, atau bahkan empat gol

RAMDHANI/RADAR BANDUNG

AMBISI: Striker Persib Ferdinand Sinaga dkk akan pesta gol saat menghadapi laga keduanya melawan Persita nanti sore. kemenangan ke jala gawang Persita. Yang kami pikirkan sekarang hanyalah bagaimana mengamankan tiga poin di kandang sendiri,” ujarnya kepada Jawa Pos, kemarin (4/2). Ucapan pelatih yang akrab disapa Janur tersebut sepertinya cukup realistis. Pasalnya, tim yang diarsitekinya kali ini tengah bermasalah di lini penyerangannya. Belum ada satu pun di antara para pemain bertipikal menyerang di Persib yang menunjukkan

seringainya sebagai bomber haul gol. Pun demikian dengan “balik kucing”nya Coulibally Djibril. Pemain berkewarganegaraan Mali itu pun belum bisa diturunkan Janur. Kemungkinan dia baru akan dipasang pada laga ketiga, menghadapi Persijap di Jepara (9/2). “Untuk besok (hari ini, Red) komposisi tetap seperti pada pertandingan lawan Sriwijaya kemarin. Tidak ada perubahan,” cetusnya. Mantan pemain Persib ini menggaris

bawahi performa Persita, sekalipun pada laga sebelumnya bisa ditekuk klub Bandung lainnya, Pelita Bandung Raya (PBR) 0-2 (1/2). Menurutnya, Persita sudah banyak kemajuan dibandingkan ketika dihancurkan Persib di IIC lalu. Salah satunya dari sisi kolektivitas permainannya. Makanya, tidak sedikit pun Persib menganggap remeh kejutan yang disiapkan Arcan Iurie dalam laga nanti. “Bagaimana pun juga Persita lawan yang berat. Mungkin yang tampak sekarang tim itu baru saja kalah, namun potensi mengejutkan tetap ada di dalam strategi bermainnya. Itu yang harus kami waspadai,” imbuhnya. Sebagai tim tamu, Persita pun datang ke laga ini dengan sikap realistis. Selain baru saja menelan kekalahan, komposisi Luis Edmundo dkk tidak dalam kondisi 100 persen. Tiga pemain pilarnya masih dalam pemulihan cedera, antara lain Ledi Utomo, Mukti Ali Raja, dan bomber andalannya Cristian Carassco. Pelatih berkebangsaan Moldova itu pun mentok hanya berani mematok satu poin dari lawatan keduanya di Kota Kembang ini. “Jujur saja, kami tahu antara Persib dan Persita ini beda level. Kami realistis dengan pertandingan ini. Seri saja sudah sangat bagus bagi kami,” pungkasnya. (ren/tri/jpnn/jon)

RABU, 5 FEBRUARI 2014

18

Tak Takut Kehilangan Starter J

Sambungan dari Halaman 17

“Semua pemain Arema layak starter, kalau tidak bisa pakai yang 11 pemain saat lawan Persijap pun, kita masih punya pemain lain yang menunggu dan bernafsu untuk dimainkan. Untuk awal musim ini, kita tidak kekurangan pemain yang bugar,” terang pelatih domisili Sengkaling itu. Hal ini sekaligus mengisyaratkan bakal ada rotasi dalam laga kedua Arema di ISL 2014 lawan Persik Kediri. Bisa jadi, para pemain yang tidak turun di laga lawan Persijap, bakal dijadikan starter oleh Gethuk saat menjamu Macan Putih, besok malam.(fin/jon)

Cadangan Latihan Normal J

Sambungan dari Halaman 17

Hal ini dilakukan untuk mengakali recovery. “Yang tidak main diberi latihan biasa. Tapi, perlu diketahui bahwa 11 pemain ini tetap ditunggu hingga H-1 soal kondisi fisiknya. Jika memang membaik, mereka bisa dimainkan lagi. Tidak semuanya, pasti ada beberapa perubahan,” tutur legenda sepakbola Indonesia itu. Sore ini, Arema kembali bakal melahap sesi latihan maintenance permainan dan kondisi untuk laga lawan Persik besok malam. “Kalau H-1, kita latihan maintenance dan penjagaan kondisi saja, latihannya fokus untuk pertandingan,” tutup Made Pasek.(fin/jon)

SELEBRASI: Pemain Perseru Serui Oktovianus Maniani saat melakukan selebrasi golnya kegawang Persepam Madura. Sore nanti mereka akan menghadapi Persela.

CHARLIE.LOPULUA/INDOPOS

Lagi Perseru!

FARID FANDI/JPNN

BUTUH DUKUNGAN: Bonek dibutuhkan pelatih Rahmad Darmawan untuk memotivasi pemainnya saat menghadapi Persisam sore ini.

Rahmad Darmawan Minta Dukungan Bonek SURABAYA - Banyak pemain bintang yang saat ini berkostum Persebaya Surabaya yang berkompetisi di Indonesia Super League (ISL). Ya, saat ini ada sederet nama pemain yang berstatus sebagai penggawa timnas Indonesia, seperti Greg Nwokolo, Alfin Tuasalamony, Hasyim Kipuw, M Ilham, Manahati Lestusen, Dedi Kusnandar, serta Fandi Eko Utomo yang dikontrak oleh Persebaya. Sayang, segudang pemain yang memiliki kualitas di atas rata-rata itu belum bisa menjadi magnet untuk bonek “julukan suporter Persebaya”untuk memberikan dukungan secara langsung kepada mereka saat sedang bertanding. Rahmad Darmawan, pelatih Persebaya pun sadar akan hal tersebut.

“Karena kami tahu posisi suporter selama ini dikenal sebagai pemain ke 12 dari sebuah tim. Mereka tak memang tak bermain di lapangan, tapi kehadirannya sangat memberikan kontribusi bagi tim. Jadi, rasanya kurang sreg kalau tanpa mereka (bonek, Red) yang hadir secara langsung untuk mendukung kami dari atas tribun,” ucap Rahmad, kemarin (4/2). Dengan begitu, pelatih yang berhasil mengantarkan Indonesia meraih medali perak cabang olahraga sepak bdi SEA Games 2013 itu berharap untuk para pecinta sepak bola yang berada di Surabaya bisa datang mendukung mereka secara langsung saat melawan Putra Samarinda dalam laga lanjutan ISL di Stadion Gelora Bung Tomo

Surabaya, sore nanti. “Sebab, tim yang kami bela saat ini adalah tim asal Surabaya. Jadi, sudah seharusnya semua masyarakat Surabaya yang suka dengan sepak bola datang dan memberikan dukungan kepada kami secara langsung. Karena, tim ini dibentuk untuk menghibur masyarakat Surabaya,” tegasnya. Memang, selama ini, tim yang pernah diperkuat oleh seluruh pemain Persikubar Kutai Barat di Divisi Utama pada 2010 lalu itu selalu sepi penonton setiap kali bertanding. Kondisi tersebut masih saja terjadi, meski mereka sudah naik kasta ke ISL. Buktinya, saat menjamu Mitra Kukar, Sabtu (1/2) lalu, sebagian besar tribun masih terlihat melompong.

Terlepas dari itu, RD “sapaan akrab Rahmad Darmawan”menyebutkan bahwa, kecuali Dedi Kusnandar, semua pasukannya sedang berada dalam kondisi siap tempur. Itu berarti kekuatan yang diturunkan Persebaya nanti tidak jauh berbeda dengan apa yang mereka gunakan saat menjamu Mitra Kukar dua empat hari lalu. Sementara itu, Mundari Karya, pelatih Pusam mengatakan bahwa mereka hanya punya modal berani saat menantang Persebaya yang memiliki sederet pemain timnas Indonesia itu. “Kami harus berani fight dalam laga ini,” kata Mundari. “Kami juga sudah siapkan beberapa strategi baru, termasuk melakukan rotasi,” ucap Mundari. (dik/jpnn/jon)

Timnas U-19 Giliran Hadapi Persiba JOGJAKARTA - Kemenangan dengan catatan sudah menjadi hasil pertama dari uji coba timnas U-19, Senin lalu (3/2). Sebagai upaya untuk semakin memantapkan performa penggawanya, dari sisi kelemahan itu pun harusnya semakin diperbaiki. Terutama ketika menjalani laga kedua Tur Nusantara menghadapi Persiba Bantul, malam nanti. Pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Jogjakarta tersebut akan menjadi pembuktian evaluasi pelatih Indra Sjafri. Termasuk dalam memperbaiki kelemahan Evan

Dimas Darmono dkk. (disiarkan SCTV pukul 20.00 WIB). Indra menyebut sudah banyak menggaris bawahi beberapa kelemahan yang jadi persoalan dalam timnya. “Dan semua itu sudah masuk di dalam evaluasi tim pelatih. Nah, di sisi tindak lanjut setelah evaluasi itu, kami berharap besok jangan diulangi lagi (kesalahan itu, Red),” ujarnya, kemarin (4/2). Dalam kemenangan atas PSS Sleman, permainan timnas Garuda Jaya memang masih dominan. Tapi, hasil akhir tidak bisa menjadi patokan permainan mereka

akademi arema MALANG – Ikutnya Akademi Arema dalam Danone Cup 2014 tidak mempengaruhi latihan rutin di masing-masing rayon. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Akademi Arema Rayon Kota, Doni Suherman ketika dikonfirmasi mengenai perkembangan siswa Akademi

sudah seperti keinginan pelatih. Sebaliknya, Indra menganggap banyak kekurangan dalam komposisi pemainnya, baik dari sisi defense ataupun offense-nya. Ada dua aspek permainan timnas U-19 yang menjadi perhatian utamanya. Pertama, koordinasi pertahanan dalam mengantisipasi set piece tim lawan. Terbukti gol PSS berawal dari set piece yang berujung kurang konsentrasinya pertahanan timnas U-19. Kedua, akurasi passing yang sering tidak tepat pada sasaran. Perbaikan sudah dia lakukan ketika melakukan lati-

han di lapangan sepakbola UNY, Jogjakarta, sore kemarin. Setelah melakukan perbaikan itu, sekalipun tidak berani menjanjikan penampilan yang sempurna, Indra me nargetkan peningkatan dalam performa anak asuhnya. “Minimal dari sisi permainan anak-anak bisa mereduksi kesalahannya kemarin, itu saja,” cetusnya. Sebagai lawannya, Persiba tidak mau hanya sekedar menjadi samsak uji coba bagi Garuda Jaya. Lebih dari itu, skuad asuhan Sajuri Syahid itu berkoar bakal memberikan pressure tinggi, lebih

dari yang diberikan PSS sebelumnya. Sekalipun, dalam laga nanti mereka tidak akan bermain dengan full pemain seniornya. Sebaliknya, perpaduan antara skuad dominan dari Persiba U-21-lah yang akan mereka andalkan. Menurut Sajuri, tekanan besar perlu diberikan kepada timnas U-19 selama masa uji coba seperti saat ini. “Bukan seperti pada laga sebelumnya yang cenderung masih longgar tekanannya. Pada laga besok (malam nanti, Red) saya sudah meminta anak-anak pressure ketat timnas U-19,” tandasnya. (ren/nes/jpnn/jon)

JAYAPURA - Sang pemuncak klasemen wilayah timur Perseru Serui bertekad untuk meraih poin dalam menghadapi Persela Lamongan di Stadion Mandala, sore ini. Pelatih Perseru Serui Robby Maruanaya kepada wartawan mengungkapkan timnya akan bermain dengan penuh spirit untuk meraih kemenangan. Bermain di kandang wajib hukumnya meraih poin, dan akan berusaha sekuat tenaga bisa mencuri poin di kandang lawan. “Sesuai dengan amanat dari manajemen bahwa tim ini jangan sampai numpang lewat di ISL, jadi poin demi poin sangat penting di kompetisi ini. Dan kondisi pemain dalam keadaan yang baik, saya sangat suka karena pemain telah memiliki dan merasa sangat memiliki tim ini. Itu yang membuat saya optimis sekali mampu melewati pertandingan ini dengan hasil yang baik,” kata Robby Maruanaya. Bagi mantan pemain timnas itu, pemain harus siap dalam setiap pertandingan yang di jalani baik kandang maupun kandang. Hal itu tentunya dengan motivasi yang tinggi yang diberikan oleh manajemen dan jajaran pelatih. Sayang, dalam latihan pagi kemarin, bintang Perseru Serui Oktovianus Maniani tidak hadir dalam sesi uji coba lapangan. Ketidakhadiran Okto ini membuat pelatih Perseru kecewa. “Saya sedikit kecewa dengan Oktovianus Maniani karena tidak datang ke latihan pagi ini. Prinsip saya sebagai pelatih lebih suka memiliki pemain yang disiplin, bukan pemain dengan nama besarnya. Dan saya akan serahkan ke manajemen pemain yang satu ini,” tegasnya. Baginya, ulah seperti ini akan merusak sistem padahal sistem tersebut baru dibangun. Satu batu kalau tidak disusun benar, pasti bangunan akan roboh. “Saya selalu mengatakan kepada pemain supaya jangan sombong, karena kata Tuhan paling membenci kepada orang yang sombong. Jangan sombong, hasil apapun harus semakin merendahkan diri,” ujarnya. Sementara itu, pelatih kepala Persela Edward Tjong setelah memberikan program latihan kepada anak asuhnya di Stadion Mandala, kemarin. “Kita harus bermain lebih baik lagi saat menghadapi Persipura kalau ingin melaju terus ke babak 8 besar,” katanya. Mantan Pemain Arseto Solo ini tak mau timnya pulang dari Papua tidak meraih poin. Karena akan jauh lebih berat mengejar tim lain. Apalagi saat ini ada dua wilayah. “ Paling tidak harus dapat poin kami masih ada waktu empat hari untuk mempersiapkan tim kami melawan Perseru,” katanya. Mantan pelatih Persis Solo itu juga menambahkan bahwa dirinya sangat mengantisipasi pergerekan pemain sayap yang dimiliki Perseru Serui karena sangat cepat dan semuanya masih muda.(yud/wen/jpnn/jon)

Danone Cup Tak Pengaruhi Latihan di Rayon

Arema. “Tidak ada pengaruh negatif,” tegasnya. Ia menambahkan, siswa yang terpilih untuk memperkuat tim Akademi Arema dalam ajang Danone Cup sudah dipilih oleh pelatihnya yang sudah bertanggungjawab atas perkembangan siswanya.

“Untuk siswa lain tetap berlatih seperti biasa di rayon,” tandas Doni. Akademi Arema Rayon Kota ini merupakan rayon yang paling banyak menyumbang pemain dalam tim yang turun di Danone Cup 2014. Sebanyak 15 siswa terse-

bar di beberapa tim, yakni Akademi Arema Biru, Akademi Arema Merah, Akademi Arema Kuning, dan Akademi Arema Oranye. Sayang, dari keempat tim yang turun itu hanya satu tum yang tersisa. Tinggal Akademi Arema Biru yang lolos menuju

48 besar dan akan kembali bertanding pada 8 Februari 2014 mendatang di Stadion Gajayana. Sementara itu, senada dengan Doni, Pelatih Akademi Arema Rayon Kepanjen, Derry Krisyanto menuturkan latihan di Akademi Arema Rayon

Kepanjen masih tetap berjalan seperti biasanya. “Walaupun ada siswa yang ikut Danone Cup, siswa lain tetap latihan seperti biasa. Jadi tidak ada libur,” kata Derry, sapaan akrabnya. Meski tidak sebanyak siswa Akademi Arema Rayon Kota,

Derry menyebut ada siswanya yang juga memperkuat tim Akademi Arema dalam Danone Cup 2014. “Tentu ada pengalaman lain setelah ikut Danone Cup. Latihan di rayon juga bisa diterapkan disana,” pungkas Derry. (rul/jon) REDAKTUR: JON'S, LAYOUTER: REEP


RABU, 5 FEBRUARI 2014

19

Juan Mata Beberkan

Alasan Pilih No 8

RIZAL FANANY / MALANG POST

LATIHAN: Para atlet sepatu roda terus melakukan latihan untuk menghadapi Piala Gubernur Jabar.

MILS Patok Dua Emas di Piala Gubernur Jabar MALANG-Dengan NG-Dengan komposisi atlet yang g memadahi, Malang In Line Skate kate (MILS) mematok target duaa medali emas di Piala Gubernur nur Jawa Barat 2014 mendatang. Pada even yang dihelat di Bandung pada 14-16 Februari itu, sebanyak 12 atlet sepatu roda siap diberangkatkan dengan harapan membawa pulang dua emas itu. Lebih lanjut, Pelatih MILS Yu h a r t o n o m e n g u n g k a p kan 12 atlet sepatu roda ini terdiri dari enam putri dan enam putra. “Dari jumlah itu ada tiga at-

let yang bisa diandalkan untuk memenuhi target ini,” ujarnya kepada Malang Post. Ketiga nama yang disebutsebut memiliki potensi potensi menggapai target itu di antaranya adalah Delfa Amalia Putri, Aninda Riska, dan Yosi Aditya Nugraha. “Mereka andalan MILS,” kata Yuhartono dengan penuh percaya diri. Dia yakin ketiga atlet sepatu roda ini bisa mendapat emas melebihi target yang ditetapkan. Pasalnya, pengalaman mumpuni juga telah dimiliki oleh ketiga atlet ini.

Terakhir ketiganya membawa pulang emas dari Piala Menpora 2013 di Semarang pada bulan Desember 2013 lalu. Meski hanya memasang target dua medali emas. Pihaknya tetap berharap para atlet yang dibawa ke Kota Kembang ini bisa meraih hasil melebihi target tersebut. ‘’Kami pasang target dua emas agar anak-anak termotivasi mendapat lebih. Kami khawatir anak-anak gagal bila targetnya terlalu banyak, jadi cukup saya targetkan dua emas. Kalau lebih ya lebih bagus,”

terang Yuhartono. Untuk even tingkat nasional itu, ada beberapa daerah yang dianggap sebagai pesaing kuat kuat. Menurutnya Menurutnya, MILS mewaspadai atlet sepatu roda asal Bandung dan Semarang. “Pesepatu roda asal Bandung menjadi ancaman karena tuan rumah. Tuan rumah pasti ingin menjadi juara umum dalam kejuaraan ini. Sedangkan pesepatu roda asal Semarang pernah dijajal MILS dalam Piala Menpora 2013 lalu,” tandasnya. Ditambahkan, persiapan

anak asuhnya sudah mencapai 80 persen. Terlebih mengenai teknik dan fisik, ia memastikan persiapan sudah tuntas selama menjalani latihan di Malang Malang. Latihan itu dilakukan secara rutin di lintasan menuju Bandara Abdurrahman Saleh, Kabupaten Malang dan lintasan Veledrom. “Sebelum keberangkatan nanti yang perlu digenjot hanya fisik agar tidak terjadi penurunan peforma,” lanjutnya. Rencananya, MILS akan berangkat dari Malang pada 9 Februari 2014 mendatang. (rul/jon)

MANCHESTER-Juan Mata membeberkan alasannya mengenakan jersey No 8 di Manchester United. Gelandang yang baru diboyong dari Chelsea ini mengaku sangat menyukai angka 8 yang dianggapnya sangat cantik. Awalnya, banyak kalangan yang sangat yakin Juan Mata akan mengenakan nomor keramat di MU, No 7. Maklum jersey dengan nomor ini selalu dikenakan pemain yang dianggap bintang di Old Trafford. Nomor keramat ini selalu dikenakan pemain yang akhirnya sukses menjadi legenda di MU. Jersey No 7 sempat mengibarkan nama George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham dan Cristiano Ronaldo. Angka keramat ini menganggur setelah Antonio Valencia merasa ‘tak kuat’ menyandang status bintang. Sebelum Valencia, Michael Owen juga sempat mengenakan nomor ini, namun juga gagal. Mata dianggap sebagai sosok ideal untuk mewarisi angka keramat MU ini. Namun di luar dugaan Mata justru memilih nomor 8 yang ironinya, membuat beberapa pemain di MU bernasib “sial”. Sebelumnya, jersey No 8 MU dikenakan Anderson yang kini justru dipinjamkan ke Fiorentina. Sebelum Anderson, No 8 juga sempat dikenakan Wayne Rooney sebelum akhirnya memilih nomor 10. Nomor ini juga sempat dikenakan Nicky Butt dan Paul Ince saat masih memperkuat MU. “Banyak yang bertanya kepada saya mengenai keputusan saya memilih nomor 8 di jersey saya,” kata Mata di blognya seperti dilansir Tribal. “Saya rasa ini angka yang cantik dan penting. Saya harap ini akan memberikan keberuntungan kepada saya,” lanjut pemain yang sukses memecahkan rekor transfer MU dengan nilai transfer mencapai 37,1 juta pounds ini. Namun, Mata dengan detail menjelaskan alasannya memilih nomor 8. “Secara kebetulan, itu menjadi hari ke delapan setelah saya meneken kontrak bersama MU. Hari yang sangat intens dan emosional.” Dalam kesempatan itu, gelandang mungil Spanyol ini juga mengaku sangat kerasan berada di rumah barunya, Old Trafford. “Saya sangat nyaman di lapangan bersama rekan setim saya,” tegas Mata. (vvn/jon)

Juan Mata

Gulat Target Dua Emas Popda MALANG-Jelang bergulirnya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2014, beberapa cabang olahraga (cabor) mulai melakukan persiapan dan tengah mematok target tersendiri. Tak terkecuali dengan cabor gulat. Ketua Umum Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kota Malang, Wahyudi menyatakan telah mematok target dua medali emas untuk gelaran Popda 2014 yang rencananya digelar di Blitar pada bulan Juli mendatang. Untuk menggapai target tersebut, pihaknya tengah lama melakukan persiapan. Latihan secara intensif sudah dilakukan sejak bulan Oktober 2013 lalu. Sebanyak 15 atlet mengikuti latihan yang sengaja dilakukan sebagai proyeksi Popda itu. Dari 15 atlet itu, Wahyudi mengungkapkan belum tentu semuanya akan dibawa ke Blitar untuk mengikuti Popda. “Kita sekarang siapkan itu, untuk kuota yang terpilih nanti Dispora yang menentukan jumlahnya,” ujarnya kepada Malang Post. Latihan intensif itu digelat sehari dua kali mulai Senin hingga Jumat. Aula SMAN 7 Malang, di kawasan Cengger Ayam digunakan sebagai venue latihan sore. Sedangkan untuk latihan di pagi hari, pihaknya menggunakan arena latihan Basecamp Gulat

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

KERAS: Atlet PGSI Kota Malang secara rutin melakukan latihan keras untuk menggapai target yang dipatok. Malang, di Pakisaji. Target yang dipatok ini menurut Wahyudi ditetapkan bukan secara asal-asalan. Ia optimis mampu mencapai target itu karena ada beberapa nama yang menurutnya mampu untuk membawa pulang dua

Jose Mourinho

medali emas.”Yang paling berpeluang Supriyono dan Aifia Kurniawati,” kata Wahyudi. Supriyono sendiri bertanding di kelas 74 kg gaya grego putra. Sedangkan atlet asal SMPN 20 Malang, Aifia Kurniawati, turun di 56 kg gaya bebas putri.

Kedua atlet ini menjadi harapan bagi PGSI Kota Malang untuk meraih prestasi sesuai dengan target. “Kalau bisa ya ada atlet lain yang dapat medali sehingga bisa melebihi target,” tambah Wahyudi.

Pada Popda sebelumnya yang digelar di Surabaya, kontingen gulat Kota Malang berhasil membawa pulang satu emas, dua perak, tiga perunggu. Satu-satunya medali emas yang disabet itu disumbangkan oleh Dela Maharani. “Dia sekarang sudah lewat usianya, jadi tidak bisa mengikuti Popda lagi. Dia kita fokuskan ke Porprov,” tandas Wahyudi. Tahun ini, ia berharap Kota Malang bisa melebihi prestasi pada Popda sebelumnnya. Akan tetapi ia menyebut, Kota Surabaya masih dipandang sebagai pesaing terberat sehingga patut diwaspadai. Untuk lawan dari wilayah lain, Wahyudi menegaskan tidak pernah memandang remeh, karena ia menganggap kekuatan di beberapa wilayah saat ini sudah merata. Ditanya mengenai kendala dalam melakukan persiapan, Wahyudi menyatakan tidak ada kendala yang berarti. “Kondisi atlet siap. Secara skill, teknik, dan mental semuanya sudah siap. Meski dari Dispora belum ada koordinasi, akan tetapi terlepas dari itu semua kita tetap lakukan persiapan. Secara umum, kendala kita hanya ada di anggaran dana dan sarana yang menyangkut alat-alat latihan,” pungkasnya. (rul/jon)

Mourinho Sebut Chelsea Hanya Kuda Pacu Ingusan MANCHESTER-Jose Mourinho kembali “bernyanyi” menyusul kemenangan penting Chelsea atas Manchester City. Alih-alih semakin pede dengan pasukannya, Mourinho justru menyebut timnya sebagai kuda pacu ingusan yang menantang dua kuda pacu raksasa. Persaingan di pentas Premier League musim ini tampaknya akan menjadi adu kekuatan tiga kuda pacu. Sang pemuncak klasemen, Arsenal, akan mendapat intimidasi dari Manchester City dan Chelsea. Chelsea dan ManCity terpaut dua poin dari Arsenal. Namun Mourinho menganggap timnya bukan kandidat kuat.

Hal itu diungkapkan The Special One usai The Blues menekuk The Citizens 1-0 di Etihad Stadium, dini hari tadi. Mourinho berdalih skuad The Blues saat ini baru matang di musim depan. “Untuk pra-musim depan, saya dan pemain saya akan lebih matang, solid dan akan menjadi kandidat untuk juara liga. Musim ini mengenai evolusi. Perebutan gelar musim ini menjadi milik dua kuda kuat dan seekor kuda kecil. Kuda kecil yang masih butuh susu dan belajar untuk melompat,” kata Mourinho dilansir Daily Mail. Tentu saja komentar Mourinho bisa menjadi sebuah mind games yang biasa dimaikan

pria asal Portugal ini. Pasalnya, selain dihuni pemainpemain matang macam John Terry, Ashley Cole, Petr Cech, Fernando Torres dan Frank Lampard, Chelsea sebenarnya juga telah mendatangkan pemain-pemain berkelas ke Stamford Bridge. Willian, Nemanja Matic, Mohamed Salah, Andre Schurrle dan Marco van Ginkel menjadi amunisi tambahan Mourinho setelah melepas Juan Mata dan Kevin de Bruyne. Deretan pemain berkelas ini yang tentu membuat lontaran Mourinho tentu layak sebagai manipulasi pikiran yang coba dilakukan Mourinho. (vvn/jon)

JELANG NBL SERI III DI SOLO

Pelita Jaya Melawan Cedera JAKARTA-Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta punya tantangan besar dalam upayanya mempertahankan posisinya di papan atas Speedy NBL Indonesia 2013-2014 ini. Bukan dari sisi perlawanan klub-klub rivalnya, melainkan dari sisi kebugaran para penggawanya selama musim ini. Dalam dua seri pertama saja, satu demi satu pemain Pelita Jaya berjatuhan. Mulai dari kapten tim sekaligus small forward Andy “Batam” Poedjakesuma dan Daniel Timothy Wenas yang masih dibekap cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Lalu, point guard Kelly Purwanto pun hingga seri II di Jakarta bulan lalu masih harus duduk di bangku penonton. Praktis, klub pemegang juara dua tahun beruntun Speedy NBL Indonesia Presesason Tournament itu bakal berkekuatan minim. Terutama untuk menjalani Seri III di Sritex Arena, Solo, 8-16 Februari nanti. Hanya 12 pemain yang bisa dimanfaatkan pelatih Nathaniel Canson. Jumlah itu termasuk Kelly dan shooting forward Hendru Ramli. Pemain yang namanya terakhir disebutkan pun bahkan baru sembuh dari sakit demam berdarah. Jika memang diperlukan, Hendru bisa saja dipaksakan untuk bermain. “Kalau peluang Hendru main pasti masih bisa. Hanya, kondisinya belum 100 persen karena baru sembuh,” ujar asisten pelatih Pelita Jaya, Johannis Winar, kemarin (4/2). Menurutnya, problem krusial seperti ini seakan sudah mengikuti klubnya sejak seri I di Malang, Nopember silam. Untungnya, sekalipun tidak berkekuatan lengkap, mereka masih mampu tetap mempertahankan permainan terbaiknya. Namun, di Seri II lalu sedikit kelihatan bagaimana efek cedera itu. Salah satunya ketika Pelita Jaya mampu ditekuk Satria Muda Britama Jakarta. Sinyal waspada tentu harus dihadapi tim pelatih Pelita Jaya. Mengingat perjalanan mereka menuju Championship Series di Jogjakarta 7-15 Juni mendatang masih panjang. Jika tidak, maka bersiap saja menerima kekalahan berikutnya di empat seri terakhir. Untuk sementara ini, Pelita Jaya hanya berharap komposisi 12 pemain yang ada ini tetap dapat dimaksimalkan. Potensi cedera kembali menghampiri anak asuhnya pun tetap terbuka. “Satu kekhawatiran kami adalah jika sampai ada yang sakit pas di Solo nanti. Otomatis akan berkurang lagi roster kami,” ungkap Ahang, sapaan akrabnya. Sekalipun sejauh ini masih aman di papan atas, Ahang tidak memungkiri jika timnya timpang di dua seri pertama. Dampak paling signifikan dari tereduksinya komposisi ini adalah cedera yang dialami Batam. Sebab, menurutnya, sosok pemain yang berusia 32 tahun itu sangat dibutuhkan tim. (ren/jpnn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: KURDI


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

RABU, 5 FEBRUARI 2014

20

SEMINAR

SEMINAR

LOMBA

EVENT

EVENT

EVENT

Seminar Nasional dan Workshop

Ikuti Kelas Pajak

SMK Putra Indonesia Gelar Barito Vaganza 7

Learn and Play Photography Exhibition

Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014

Magnetic Public Speaking Training

Bagi pecinta dan penggiat fotografi Indonesia, yang ingin menambah wawasan mengenai fotografi gabung saja dalam acara “Learn and Play Photography Exhibition” yang bertemakan 7 kurikulum dasar pembelajaran fotografi yang dimiliki oleh Warkop Malang.

Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Ma Chung menggelar Accounting Challenge ’Trading Competition’ 2014. Acara digelar pada 3-4 April 2014 dan diikuti 100 mahasiswa (50 tim) dari Universitas se Jawa Timur. Acara diawali dengan workshop yang menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya.

Ikuti Seminar Nasional bertajuk “Biologi untuk Kesejahteraan Manusia dan Lingkungan”. Pembicara Dr. Bambang Triono, MM. (Founder Inspiring Moslem Enterpreneur) dan Workshop Green preneur pemateri Rina Novani, MM. (dosen STIKES Malang) oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Biologi “Semut merah” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2014 pukul 08.30 – 13.00 WIB bertempat di Auditorium Fakultas Sains dan Teknologi lantai 4 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Peserta adalah guruguru, dosen, mahasiswa dan khalayak umum (akademisi maupun aktivis). Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Contact Person: 085730435342 (Fitria N. Mutmainah) atau 082383598379 (Tri Angga Deni I.) atau bisa buka website: http://hmjbio-semutmerah.com/

National Leadership Summit 2014 National Leadership Summit 2014 tingkat nasional digelar pada 6-9 Februari 2014 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Peserta 250 Mahasiswa Fakultas Kedokteran anggota CIMSA (Center for Indonesia Medical Students Activities) se Indonesia. Tema tahun ini ‘Community Development Implementation: Medical Student Role in Improving Meternal and Child Health’.

Cara mudah dan cepat menyampaikan SPT Tahunan PPh OP! Bebas antrian dan hemat waktu ! Ikuti Kelas Pajak: Ayo Ngisi Bareng SPT Tahunan PPh OP dan Penyampaian SPT Tahuna PPh OP secara e-Filling pada tanggal 5, 6, 11 dan 13 Februari 2014 di KPP Pratama Malang Selatan, Jalan Merdeka Utara No.3 Malang. Pendaftaran dan informasi hubungi Sdri. Elly / Dinik no telp. 0341-361971, 356234. Pendaftraran tidak dipungut biaya apapun.

National Cat Show 2014 National Cat Show 2014 digelar oleh Malang Cat Lovers di Plaza Araya, Hari/ Tgl: Minggu, 9 Feb. 2014 Pukul: 09.00 s/d 17.00 WIB. Kategori: 1. Persian. Kitten (3-8 bulan) dan Adult (8 bulan keatas). 2. Mix Breed Longhair. Kitten (3-8 bulan) dan Adult (8 bulan keatas). 3. Shorthair. Kitten (3-8 bulan) dan Adult (8 bulan keatas). 4. Other Breed. (Maine Coon, Bengai, dll). Persayaratannya: Kucing sehat, Sudah tervaksin (membawa buku vaksin) dan Kucing tidak dalam kondisi hamil, birahi dan menyusui. Biaya Pendaftaran: Rp 75.000,- untuk info lebih lanjut Nawak bisa hubungi: Twitter – @MalangCatLover. CP Steve – 0858 1534 3235 dan CP Putri – 0852 5777 4343

Romance Valentine: Dance 2014 Anda suka dance atau ada yang punya grup dance tidak? Jika ada, mari ikut dan segera daftarkan grup anda untuk mengikuti acara ini. Hari/Tgl: 23 Februari 2014, Pukul: 09.00 s/d 16.00 WIB Lokasi: Jawa Timur Park 1. Syaratnya: biaya pendaftaran: Rp 200.000,(Per-tim max. 8 orang, sudah termasuk tiket masuk untuk bermain di Jatim Park). Kompetisi dance ini terbuka untuk umum dan batas minimal umur adalah 10 – 25 tahun. Hadiah untuk pemenang ada lah: Uang tunai, Trophy, Sertifikat dan Merchandise. Peserta terbatas! Informasi dan pendaftaran bisa hubungi: Jawa timur Park 1 Jl. Kartika no.2 Kota Batu Telepon: (0341) 597777(Ext. 725, 706, 707) Fax: (0341) 598888

SMK Putra Indonesia Malang menggelar Barito Vaganza 7 dengan tema ‘Inspiring Seventastic for Golden Generation‘ untuk siswa SMP/MTs se Malang Raya pada 12-15 Februari 2014. Adapun kegiatan meli puti, Lomba Karya Inoasi Remaja, Lomba Profesor Junior, English Speech Contest, English Olimpiade, Lomba Jurnalis Fotografi, Contemporer Traditional Dance Competition, Etnic Futuristic Fashion Festival, bazaar dan pentas seni.

Kota Dalam Taman Sayembara Desain Ide Hijau untuk Semua “Kota Dalam Taman” merupakan sayembara yang digelar khusus untuk mahasiswa jurusan Arsitektur, Interior, Lansekap, PWK, atau Desain Produk. Pendaftaran dibuka mulai 20 Januari 2014 – 17 Februari 2014 dengan biaya pendaftaran Rp 50.000,- TOR dapat diunduh di kotadalamtaman. wordpress.com. Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: Sona : 087 852 729 121, Ana : 089 788 575 64, Blog ~ kotadalamtaman.wordpress.com dan Twitter ~ @openarch2014

STIKI Basketball League 2014 ST STIKI Basketball League 2014 digelar pada 8 Februari – 1 Maret 2014 di pa Sp Sporthall STIKI. Kegiatan yang didukung Ma Malang Post ini terbagi dalam kelompok pu putra, putrid dan dance. TM akan dil dilakukan pada 1 Maret 2014 di STIKI. Inf Info hubungi Sekretariat UKM BYTE ST STIKI 0341-564006.

EVENT Konferensi International Halal-Toyyib

Malam Penobatan Duta Brawijaya 2014

INTERNATIONAL Conference on Halal-Thoyyib Industry Research akan di he lat di Widyaloka Convention Hall Uni versitas Brawijaya, 18-21 Feb 2014. Konferensi ini akan dilaksanakan dengan sejumlah agenda di antaranya presentasi poster, kuliah tamu, workshop sertifikasi halal dan pameran industri Halal-Thoyyib.

Datang ke GOR Pertamina Universitas Brawijaya Malang untuk meyaksikan secara langsung “Malam Penobatan Duta Brawijaya 2014 pada Sabtu, 8 Februari 2014 mulai pukul 18.00 WIB. Tiket masuk Free!!! Akan ada penampilan dari Marcell Siahaan serta Density Indonesia Band dan Unitantri UB. Info lebih lanjut di Twitter @dutabrawijaya

Nboej!Bjs!Qbobt!Cfsfgfl! Ofhbujg!cbhj!Lftfibubo MANDI memang bisa membuat tubuh kembali segar. Karena beberapa sebab, beberapa orang ada yang memilih mandi menggunakan air panas dan hangat. Meski aman karena saat mandi Anda jadi tak kedinginan, mandi dengan air panas bisa memberi efek negatif bagi tubuh. Dua profesional medis, dr Heather WooleryLlyod, co-founder Specific Beauty Skincare dan dr Heidi Waldorf, direktur laser and cosmetic dermatology di Mount Sinai Medical Center berbagi tentang efek negatif mandi dengan air panas seperti dilansir Blistree, Selasa (4/2/2014): 1. Anda jadi suka panas, beruap, dan berlama-lama. Mandi air panas memang terasa aman dan bisa memberi kenyamanan di tubuh. Tapi, tanpa disadari hal itu justru merusak kulit Anda karena air panas bisa mencuri minyak alami yang ada pada tubuh dan memperburuk masalah kulit seperti eksim, kulit kering, dan gatal-gatal. “Jika sudah terbiasa menggunakan air panas, jangan langsung beralih ke air dingin. Coba gunakan air hangat dulu karena mandi dengan air dingin juga tidak terlalu berefek baik pada kulit kecuali Anda orang yang mudah gerah, air dingin bisa membantu menutup pembuluh yang melebar karena panas,” jelas dr Waldorf. 2. Anda jadi suka gelembung busa Sabun dengan banyak busa mengandung bahan yang disebut surfaktan dan jika digunakan dengan air panas akan mengikat dan menghilangkan minyak alami dari kulit. Menurut dr Woolery-Llyod, banyak pasien yang mengeluh kulitnya bersisik setelah memakai sabun dengan kandungan busa tinggi. Oleh karena itu, ia merekomendasikan produk sabun yang bisa memberi sedikit

protein pada kulit sehingga lebih terhidrasi. Ia menambahkan menggunakan sabun yang tak berbusa tidak akan membuat kulit kotor. “Kecuali, Anda memiliki kebutuhan spesifik. Tidak ada alasan untuk memakai sabun antibakteri berbentuk batangan atau cair setiap hari,” kata dr Waldorf. 3. Anda tidak bisa membilas sisi kiri atau kanan Hal itu justru membuat kulit bersisik Anda makin parah. Kecuali jika menggunakan pembersih lembut yang dirancang khusus untuk tidak dibilas sepenuhnya karena mengandung pelembab tambahan. Jika kulit bersisik dan kering tapi Anda tetap melanjutkan mandi dengan air panas, kemungkinan kulit Anda akan teriritasi dan makin kering. 4. Anda melakukan pengeringan wajah berlebih Biasanya, Anda menggunakan pembersih wajah setelah mandi. Nah, dengan sebelumnya Anda sudah membasuh wajah dengan air panas padahal apa pun yang digunakan setelah mandi lebih cepat terserap, maka yang terjadi adalah iritasi pada wajah. Hal terpenting adalah setelah mandi jika ingin menggunakan krim atau pembersih wajah, pilihlah yang bisa menghidrasi kulit. 5. Kulit jadi tergesek terlalu keras Ketika mengeringkan tubuh, pada dasarnya Anda menggosok sisi kasar velcro pada daging sehingga membuat kulit kering lebih buruk lagi. Para dokter menyarankan setelah mandi air panas, tepuk-tepuk saja bagian tubuh untuk mengeringkannya. Setelah itu, gunakan krim pelembab untuk tangan, kaki, dan bagian tubuh lain yang memiliki kulit kering.(jpnn/lim)

Acara digelar di Anjungan Ken Arok – Perpustakaan Kota Malang. Pembukaan acara dilaksanakan pada 5 Februari 2014 pukul 10.00 WIB Pameran digelar pada 5 – 7 Februari 2014 pukul 10.00 – 19.00 WIB Sarasehan pada 7 Februari 2014 mulai pukul 13.00 WIB.Bersama Mbak Eny Erawati, Kurator “Learn and Play Photography Exhibition” beserta dengan para peserta pameran.

Lomba Foto “My Lovely Gadget” Februari adalah bulannya cinta. Nah, dalam rangka menyambut hari kasih sayang http://www.melon.co.id/ akan mengadakan lomba yang bertajuk Lomba Foto “My Lovely Gadget”. Ekspresikanlah sekreatif mungkin seberapa cinta kalian dengan gadget nawak. Uups .. jangan lupa, karena acara ini merupakan acara dari MelOn untuk para MelOners. Jadi, di setiap foto nawak harus ada hal yang berhubungan dengan MelOnnya. Contohnya : Foto nawak saat asyik mendengarkan lagu pake MelOn For Android atau Blackberry. Info lebih lanjut bisa lihat di http://www.melon.co.id/ event/ongoing/detail.do?eventId=861

Unity For Difference Band anda ber Genre SKA dan ingin tampil mari daftarkan band anda diacara UNITY FOR DIFFERENCE. Jumlah Pendaftaran Band: 10 Band, Biaya pendaftaran: Rp 80.000. Yang juga akan Tampil: Rude D”Ska, Strike Ball, Still Again, Mahijah, Screamsick99, Hollyshit, Angel Of Danger (Blitar), Slowlyman, Whiska Not Whiskey, Chiken Kids, Tropiskanaslim, Singa HC, Tarink, Monkey Rude. Harga Tiket: Presale Rp 10.000 dan On Venue Rp 15.000. Pada tanggal 9 Februari 2014 dan untuk informasi tempat menyusul. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi 0819 4511 1085

Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2014 Ikuti Pemilihan Duta Wisata Kangmas Nimas Kota Batu 2014 “Bring Our City As Shining Batu” dengan persyaratan : - Pria/wanita - Usia 16-24 tahun - Berdomisili Malang Raya - Biaya pendaftaran Rp 50.000 - Pendaftaran dibuka mulai 15 Januari – 15 Februari 2014 bertempat di : Pusat Informasi Pariwisata (Gedung Strawberry) Alun-alun Kota Batu Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Batu Jl. Sultan Agung 7B Batu Penyisihan akan dilakukan pada Minggu, 16 Februari 2014 mulai pukul 08.00 WIB di Gedung Bina Praja Pemkot Batu. Semifinal dilakukan pada Sabtu, 22 Februari 2014 mulai pukul 16.00 WIB di Main Hall Lippo Plaza Batu. Grandfinal dilakukan pada Sabtu, 15 Maret 2014.Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: Dhea 085954304666, Rachma 081333107067, kangnibatu.blogspot.com, shining-batu. com dan @kangnibatu.

Magnetic Public Speaking Trai nning persembahan dari ReCosta Institute. Dalam acara ini peserta akan men dapatkan 5 rahasia berbicara yang akan membuat nilai pembicara menjadi jauh lebih mahal dan membuat banyak orang terkesan setiap kali berbicara. Mau tahu rahasianya?? Ayoo gabung dalam acara ini yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2014. Berlokasi di BigBurger Soekarno Hatta lantai 3, Malang. Biaya masuk : Rp 250.000,- (sebelum 15 Januari 2014) dan Rp 350.000,- (setelah 15 Januari 2014). Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi : Telepon ~ 0341-7071099, HP ~ 081805108666, Pin BB ~ 2A4F72F2 dan Twitter ~ @ReCosta_inst

PAMERAN Malang OOTD 2014 @MX Mall menggelar Malang OOTD 2014 untuk beri kesempatan pengusaha online lokal Malang di bidang fashion, memamerkan produknya. Acara digelar mulai tanggal 28 Februari 2014 hingga 1 Maret 2014. Harga stand per hari adalah Rp 200 ribu. Info lanjutan hubungi Dyandra 085730394468.

Malang Wedding Expo VIP Group menggelar Malang Wedding Expo 2014 di Atria Hotel & Conference Malang, 14-16 Maret 2014. Selama acara berlangsung aka nada acara pendukung, seperti fashion show, make up show, model hunt of the year, accoustic live, wedding talk show dengan bintang tamu pasangan selebritis yang baru menikah.

Grand Wedding Exhibition Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Kamis – Minggu, tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Grand Prize: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Pekan Amal Psikologi Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014.

Pameran Lukisan Pameran lukisan dari 13 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya di gedung Dewan Kesenian Malang Jalan Mojopahit 3 Malang. Info: Anthony Wibowo sekjen dewan kesenian malang 0817388709.

POJOK CEMOT C e r i t a

M o t i v a s i

Howard Schultz,

Kisah Secangkir Kopi yang Mendunia APA yang akan Anda lakukan jika ide Anda ditolak dan dilecehkan-bahkan dianggap gila-oleh 217 orang dari 242 yang diajak bicara? Menyerah? Atau malah makin bergairah? Jika pilihan terakhir ini yang Anda lakukan, barangkali suatu saat, sebuah impian membuat bisnis kelas dunia bisa jadi milik Anda. Yah, itulah kisah nyata yang dialami oleh Howard Schultz, orang yang dianggap paling berjasa dalam membesarkan kedai kopi Starbucks. “Secangkir kopi satu setengah dolar? Gila! Siapa yang mau? Ya ampun, apakah Anda kira ini akan berhasil? Orang-orang Amerika tidak akan pernah mengeluarkan satu setengah dolar untuk kopi,” itulah sedikit dari sekian banyak cacian yang diterima Howard, saat menelurkan ide untuk mengubah konsep penjualan Starbucks. Dalam buku otobiografinya yang ditulis bersama dengan Dori Jones Yang- Pour Your Heart Into It; Bagaimana Starbucks Membangun Sebuah Perusahaan Secangkir Demi Secangkir-Howard menceritakan bagaimana ia merintis “cangkir demi cangkir” dan menjadikan Starbucks sebagai kedai kopi dengan jaringan terbesar di seluruh dunia. Awalnya, Howard Schultz adalah seorang general manager di sebuah perusahaan bernama Hammarplast. Suatu kali, ia datang ke Starbucks yang pada awalnya hanyalah toko kecil pengecer biji-biji kopi yang sudah disangrai. Toko ini dimiliki oleh duo Jerry Baldwin dan Gordon Bowker sebagai pendiri awal Starbucks. Duo tersebut memang dikenal sangat getol mempelajari tentang kopi yang berkualitas. Melihat kegairahan mereka tentang kopi, Howard pun memutuskan bergabung dengan Starbucks, yang kala itu baru berusia 10 tahun. Ia pun segera bisa dekat dengan Jerry Baldwin. Sayang, hal itu kurang berlaku dengan Gordon Bowker dan Steve, seorang investor Starbucks baru. Meski begitu, Howard tetap berusaha beradaptasi dan mencoba mengenalkan berbagai ide pembaruan untuk membesarkan Starbucks. Suatu ketika, Howard Schultz datang dengan ide cemerlang. Ia mendesak Jerry untuk mengubah Starbucks menjadi bar espresso dengan gaya Italia. Setelah perdebatan dan pertengkaran yang panjang, keduanya menemui jalan buntu. Jerry menolak karena meskipun idenya bagus, Starbucks sedang terjerumus dalam utang sehingga tidak akan mampu membiayai perubahan. Howard pun lantas bertekad mendirikan perusahaan sendiri. Belajar dari Starbucks, ia tidak mau berutang dan memilih berjuang mencari investor. Dan, pilihan inilah yang kemudian membuatnya harus

bekerja ekstra keras. Ditolak dan direndahkan menjadi bagian keseharian yang harus dihadapinya. Tekad itu terwujud dan bahkan dengan uang yang terkumpul dari usahanya, ia berhasil membeli Starbucks dari pendirinya. Namun, kerja keras itu tak berhenti dengan terbelinya Starbucks. Saat terjadi akuisisi, ia mendapati banyak karyawan yang curiga dan memandang sinis perubahan yang dibawanya. Tetapi, dengan sistem kekeluargaan, ia merangkul karyawan dan bahkan memberikan opsi saham sehingga sense of belonging karyawan makin tinggi. Kini, dibantu dengan CEO yang diperbantukannya, Orin C Smith, Howard berhasil mengembangkan Starbucks hingga puluhan ribu cabang di seluruh dunia. Ia juga menekankan layanan dengan kera mahan pada konsumen, dan di sisi lain, memperlakukan karyawan sebagai keluarga. Dengan cara itu, Howard terus berekspansi hingga terus menjadi kedai kopi terbesar. Howard Schultz adalah gambaran kegigihan seseorang dalam mewujudkan ide. Meski diremehkan pada awalnya, Howard tetap bertahan dan akhirnya membuktikan bahwa dengan tindakan nyata, semua ide bisa menjadi nyata. Kepedulian yang ditunjukkan dengan “memanusiakan” semua karyawannya juga telah membuatnya makin disegani sehingga mampu terus memperbesar usahanya. Sumber: andriewongso.com

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


IKLAN BARIS MALANG POST

21

rabu, 5 februari 2014

PASANG IKLAN TEPAT

Iklan Baris: Rp 20.000,-/baris (minimal 2 baris), Iklan Dagang/ Umum: (Warna) Rp 44.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 33.000,-/mmk, Halaman 1: Rp 80.000,-/mmk Iklan duka cita/ Sosial: (Warna) Rp 25.000,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, Iklan Halaman 1 & Kreatif : Tambah 100%, Advertorial: (Warna) Rp 27.500,-/mmk, (Hitam putih) Rp 20.000,-/mmk, tambah PPn 10%

MALANG

TANAH

RUMAH

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

PIJAT

MOBIL - MOTOR

DIJUAL tanah belakang block office Kota Batu, view bagus luas tanah 320m harga 150jt nego. Hub: 081233221617

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok.Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129

AREMA TRANSPORT Sewa mobil + sopir murah di Malang,Tujuan wisata Surabaya , bromo , injen dll. Armada : Xenia,Avanza,Innova,Elf dll.082140434845/081252330175

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­ding, wall paper, ver­tikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­duk)Hub: GALERY GOR­DEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960

Trima PIJAT urat dan pijat capek diutamakan tamu hotel. khusus terima panggilan. hub. 089625477202

MOGE Ducati Monster 696 Spt baru hub. Stanly (0341) 345000 Jl. Bs. Riyadi 45/1-2 Malang

BG-17/2

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313

BG-9/2

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/2

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/2

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/3

Daihatsu DAIHATSU IMLEK, xenia 14.5 jtan, terios 20 jtan, luxio 23 jtan, ayla 16 jtan info : bunga tlp 081259363775 BG-2/3

Di jual cpt pickup zebra’03 istimewa hub. 364087/ 323756/ 089687822911 (pajak baru) BG-8/2

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/3

MITSUBISHI gEBYAR Diskon akhir thn: Mitsubishi Pajero, outlander, mirage, cash back s/d 25Jt. Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/2

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/2

TOYOTA Jual kijang Krista diesel 01 Perum Bumi Asri THP.2 L22 Hub: 0818303347

BG-28/1

Jual kijang SSX 1.8 bensin 03 Perum Bumi Asri THP.2 L22 Hub. 087852429547

BG-28/1

Dijual toyota Grand Extra 95 Biru audio Tv 78 jt nego Hub.03417375040

BG-24/1

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188

BG-23/1

Jual Kijang,94,bi­r u,Ac,Tp,­ Pa­jak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/1

dijual terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013

BG-21/1

BL-5/2

BU JUAL pekarangan 210m2, Jamin cocok utk kos2 an Jl. Raya Candi 2, Rp. 1,35jt/m nego 085234101429 (Galunggung arah Klaseman)

BG-3/ 2

Dijual Cpt, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174 BL-22/1

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/1

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341724435 /081233081622 BG-18/1

TOKO DIJUAL 2 bedak (gandeng). Nego ukuran 3x5 m di pasar Gadang lama. Hub. 0341 2959744/ 085 859 344 480 BG-12/2

DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

BG-18/1

KONTRAKAN DISEWAKAN Ruko Luas 6x22 m2 bangunan 6x10m2 lokasi strategis untuk berbagai usaha. Jln. Raa Gadang 487/ 16 bangunan baru, cat bersih, kamar mndi ok, harga nego. Hub: 081335211625/ 08125588695 BL-5/2

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341-320358 / 082139500516 BG-23/1

Dijual Rumah Jl. Danau Sentani Utara IV Blok H3L1 Lt.107 m2 Full Bangunan, SHM, 3 km, 1km mndi, garasi, dapur Hrga 350jt. Hub. 0817000 8053/ 0341-513535/ 085785238700 BG-3/ 3

DIJUAL rmh lt 60 m² jln.ikan gurame perum little Kyoto B-6 mlg. Hub 08155097508 & 081330015318 BG-2/ 3

JUAL RUMAH murah Jl. Kebon Apel 3D No.25 Prm Asrikaton Indah Lt 120m2 2KM, 1KM MND, GRS, LIST 1300 BLG LT2, Full bgn. HUb:085755542396/ Budi.

Suzuki Katana 6x Th 95 warna biru metalix orisinil body kaleng,Pjak baru hrg 58 Jt Nego HUB 085815043505

JUAL RUMAH daerah Kedawung. LT 187 m2 , LB 220m2, tingkat, SHM. Jl lebar ada garasi. Hub. Bu Jemmy Jl.Alumunium 11A . 081 945 399 899

Promo wagon r dp. 22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub: 9568253/082141959999

BG-3/ 2

BG-19/2

BG-24/1

Karimun wagon r super um 20 jtan angs 1 jt-an full ac, irit, aman, nyaman buktikan 03413199515 BG-24/12

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784

BG-16/1

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297

BG-31/ 1

Gratis!!! Konsultasi kredit/tunai.Mobil baru Suzuki Hub: Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/1

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/1

•HONDA•

Djual cpt rmh full bgn LB 72 m²,4KT,1KM,dapur Jl. Diponegoro I/95 Lwg 70jt nego Hub: 085855111766/03419890500 BG-28/2

Dijual rumah perum Tirtasari Blok M2 N6 Tipe 47 LT 105 m² hrg 325 jt bs nego Karangploso Malang Hub:082139529736

BG-17/2

DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 0341-7390008 BG-31/ 1

G ri y a L andungsari d e k a t terminal & kampus T36/72, 200jt 082232787980/ 085785950550/ 7082972 BG-3/ 2

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341 BG-31/ 1

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/1

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-24/3

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/3

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­ 37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E.

BG-30/3

MP JUAL MP-Jual : Foto Copy Digital Kualitas Laser Harga Murah Layanan Antar Jemput Dokumen 085649881818 Mp-jual:sepeda ontel lawas,brng msih bgus,bermint hub pk kurdi:081945188467 Mp-Jual: JASA ” PIJAT TRADISIONAL” KHUSUS PANGGILAN Hub; Bpk. Pujianto. HP 085791441703. ’Hari - RABU - libur’ Mp-jual : jasa pijat malang 083848891172

BL-25/1

Jual rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego BL-16/112

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu

BG-2/1

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/1

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/1

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/1

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­746571600

BG-11/1

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

Kehilangan stnk S tnk m b l T o y o t a / C o r o l l a 1600’93 B-888-MY noka: MHF53AEA1090422 nosin: 4AK421305 a/n Drs. Miyanto d/a Pagelaran Rt.07/03 Lubang Buaya Jaktim BL-6/2

STNK spd mtr Yamaha/5 TL Mio’08 N-2352-CR noka: MH35TL2068K004111 nosin: 5TL1003575 a/n Hetty Isnaini d/a JL. Simp Ranu Grati Selatan 1 RT/RW 4/6 Kel. Sawojajar Kec. Kedungkandang Kota Malang BL-6/2

RUMAH

BL-1/ 2

• SUZUKI •

BL-18/1

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762

J RMHBR minimalis type36 Lt 96 Karangduren hrg 155 Jt Hub: 081805134967/ 081333711860 BG-26/2

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad)

BG-22/2

Djl Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008

BG-26/2

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026

BG-19/1

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784

BG-17/1

MP-JUAL : telur puyuh fresh asli blitar hub 085259295415. Melayani grosir dan eceran MP-Jual : Aneka Keris kuno dari berbagai jaman, silahkan dipilih sendiri sesuai selera Hub.082140514246

S tnk m b l T o y o t a / C o r o l l a 1600’93 B-888-MY noka: MHF53AEA1090422 nosin: 4AK421305 a/n Drs.Miyanto d/a Pagelaran Rt.07/03 Lubang Buaya Jaktim BL-5/2

PEMBERITAHUAN Pemberitahuan di harapkan kedatangannya ke Kantor MPM Finance Malang Bpk Tomuray Matulesi almt Puri Cempaka Putih IX-14 Rt 03/Rw 06 Arjowinangun Malang untuk menyelesaikan kewajibannya berdasarkan kontrak No.812201101722 paling lambat 2 hari setelah pemberitahuan ini BL-5/2

LOWONGAN Dbth sales, motoris u/ P.rokok min SMU kode ATK Hub.Atik Jl. Hayam Wuruk 3 Gondanglegi RT 03 RW 01 Tlp. 085749521355 BL-6/2

Dibutuhkan Segera ! Teknik lapangan (L) & marketing (L/P) min SMA umur max 29 th. PT> CAHAYA MAS WAHANA GRIYA Jl. S. Supriadi 8C Malang ( 0341) 365052, 082141272304 (Yudha) BL-10/2

Dcr jaga stan mkn malam/co/ce/ single/kend sendiri/jujur/disiplin/ Hub 7318588 BL-5/2

Dbth Sales,Motoris u/ P.Rokok min SMU kode ATK

BG-26/2

DCR ibu rumah tangga pensiunan/PNS/Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755135500/0341-7716371 BG-19/2

Dibutuhkan karyawan l/p max 25 th. Komunikasi oke, penempatan Jatim, ada jenjang karir, gaji+komisi oke. Kirim ke:HRD Atlantic Jl.Bukit Barisan 16 Mlg BG-7/2

DANA TUNAI Butuh dana cepat+trm gadai titipkan laptop/HP/kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Subersari Tlp 0341-7359448 BG-5/3

Tutup Kartu kredit/ KTA hanya bayar 30% lunas 100%. Hub. Tinah 081291312529 BL-5/2

BIMBEL Bimbel online fokus A = fokus nilai 100 pasti meraih juara di kelasnya. Dibuka juga peluang distributor. (0341) 8854848

BG-8/2

RUPA-RUPA PENGOBATAN HERBAL Tanpa Operasi.Lemah sahwat,wasirkanker/tumor-myom-kista-k.manis-k.rahim-k.p.dara-k.usus-klenjar hernia,katarak,mines & gurah dll.7575622,085233179393,Klinik Cing Cia.Jl Raya Sengkaling Gg Sido ye No.8 BG-5/3

MP-CARI: kos pasutri daerah malang hub 089674309235) Mp-cari : 2 org tenaga kasir (wanita), dan 2org pegawai toko (laki2), untuk minimarket. Hub/ sms ke 0816554143.

MP-Cari

MP-CARI : 10 orang tenaga penjualan kayu jabon. Butuh cepat, bisa part time/full time. Hub. 085336547073 atau 0341-2544333.

MP-Cari: pria usia maks 25 th, niat kerja untuk jaga angkringan sego kucing di sawojajar, jam kerja 17.00-23.00, minat hub nmr ini

MP-CARI : 5 Marketing yg berpengalaman, utk memasarkan produk Internet Banking...Ada gaji pokok, insentif & bonus...hubungi via SMS di : 085.755.310.871 (bp Arief)

BG-24/2

N aik / turun b e r a t b a d a n sehat tanpa obat&aman hub: 083834516260 BG-23/2

Gudang Peta ADVENTURE melayani rent. trail, jeep, car, land rover, paket sunrice bromo, jelajah hutan, gunung, pantai, udara. Jl.Urip Sumoharjo 55 Rampal. 8690171. BG-10/2

INSTALASI CC TV ONLINE rekam & pantau 24 jam via hp/laptop. Garansi 3 thn! rechnoMax Enginering. (0341)7071099/081805108666 ruko soekarno hatta indah E5 BG-9/2

MUNYUMUNYU terima pesanan T-shirt, polo T-shirt, houdy, jumper, kemeja, jaket. Jl sumbersari Gg 3 No.226C. 082132630151 (munyumunyu_dsg@yahoo.com) BG-9/2

jual beli+tukar tambah barang elektronik : t, dvd led, kulkas dll. Jl. S. Supriadi 6/32 tlp: 7021089/085649861563 BG-5/2

Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2

FM SALON SPA promo 2014 hair cut p/w 25rb, colouring mlai 50rb, smoothing mlaii 150rb, buka jm 9 pg- 9 mlm JL.sarangan 1c/JL.mayjen panjaitan 9if malang . 08123384948

BG-26/12

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka

BG-07/12

Rental komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal,dll) Jl. Bela Negara ruko taman niaga rampal K.V1 Tlp: (0341) 9374077 (0341)7474006, 081233130971

BG-5/2

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 0341-8696529,085855989910 BG-23/12

Ashafa Bodymist Aromaterapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D

BG-13/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg.

BG-14/2

PIJAT Relaksasi + lulur “BRAM” tenaga cowok untuk cewek/ cowok pasutri ramah, sopan. Khusus panggilan no. sms call: 081217717965 . Dijamin fresh. BG-13/2

Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/2

KULINER AYAM GORENG ROKER Special Krutung Gurih & Sedap Manis. Mulai Rp.8500 s/d Rp.12500. Jl. Danau Bratan & Jl. Simp. Sulfat Utara Malang. Telp.710812-413511 BG-22/2

JUAL AYAM PRESTO siap goreng + ati + ampela. Harga Rp 40 ribu, beli 5 ekor disc. 10% .Hub.Mister penyet resto Jln. Terusan Dieng 49B Malang. 0341-575402 BG-20/2

Warung ayam & bebek pak usman melayani pesanan nasi kotak, paket, tumpeng. Harga terjangkau. Jl. Embong Anyar Jetis Sengkaling Malang. (0341) 7374251/ 082141703091 BG-8/2

KURNIA CATERING melayani rantang harian nasi kotak, tumpeng, aqiqah, paket pernikahan jl. simpang sulfat utr VII kav.9 mlg.7044407,085790951701 bb27C8C458 BG-3/2

BG-6/12

Depot Maninjau sedia ma­sa­ kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937

“Milenium Massage” dgn tenaga wanita muda profesional khusus panggilan ke hotel Hub 085774410568 no sms

BG-25/1

ATOM clinic handphone service se­­ mua jenis HP, hardware dan soft­­­ware Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kam­pus ­UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7

PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882

Redline understeel menerima perbaikan & rekondisi shock breaker, ceper tnp ptg per, tie road, ball joint dll. Jl Danau Jonge H4 e/30 Sawojajar. 083890284888/ 9510798

BG-30/12

BG-24/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka.

TOUR & TRAVEL JAGUAR TRANS Jl Ter Danau Kerinci 2C-4. Air Port Shuttle Juanda Mlg-Sby PP, Mlg-Perak PP. CarterTour Wisata -Rent Car Tdriver 7532 36/082333711779/081333322779

BG-29/1

Belle natural soap sabun organik tanpa bhn kimia , detergent untuk mencerahkan & menyehatkan kulit (0341)566313/www. facebook.com/ BelleNaturalSoap/ 081555626161 BG-27/1

JAPANNESE STYLE DJ Salon & Spa Jl.Danau Kerinci F9C Kav.27 (Rko Pasar Sawojajar) Telp. 0341710605/ 085855159139. Menerima pembayaran debit/visa/master card. Cab. Jl.Kertoraharjo no.86. Dinoyo Malang

BG-8/2

Kursus sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub: 081381516060 BG-6/2

BL-29/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022

BG-6/12

BG-19/12

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-31/12

JUAL Program toko & akutansi Rp 300.000,-. Telp 0341-9000144. www.jualprogramtoko.com. Jl Tondano Dalam 11 A2-B6 Sawojajar Malang

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A

BG-18/2

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/2

Sofa/springbed anda kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg BG-20/2

GRATIS!!! Konsultasi kredit/tunai pickup & colt diesel MITSUBISHI unit ready stock DP dan angsuran termurah Hub:0341 9621752/08213930043 BG-17/2

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron. JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298 BG-18/2

BG-26/12

BG-26/12

pengobatan

BG-7/2

BG-28/2

TOUR & TRAVEL BMS RENT CARS karimun estilo/ xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/ luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 03417748248/2149988/081333373338

BG-30/12

Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp.4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12

“BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/12 ANGKASA RENT CAR me­la­yani sewa mbl: APV Arena, Xe­nia, Avan­ za, Kijang LGX, Mercy pe­ngan­tin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9318 71298 BG-31/12 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­R USAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Web­site: www. su­rya travel. com. BG-29/11 www.airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlgsby/ju­an­da(PP), dgn driver peng­ alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/12 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­ murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/12 KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOS­HIBALENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­ NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/1 MASTER PRINT Tinta super premium solusi tinta printer anda bukan tinta lokal, tahan air, tahan sinar ultraviolet, tidak mengendap, secerah warna aslinya. bIsa dicampur tinta lain tidak buntu catride, ganti tinta anda. “SAATNYA BERHEMAT” Dapatkan di toko langganan anda. BG-14/2


RABU, 5 FEBRUARI 2014

22

Komunitas Amal (KOMA) INDONESIA

Berbagi Itu Mudah, Berbagi Itu Indah RASA kepedulian mereka tumbuh dari tempat nongkrong. Biaya ngopi disisihkan untuk disalurkan kepada sesama yang belum beruntung. Dari tempat nongkrong itupula terbentuk Komunitas Amal (KOMA) INDONESIA. Kini Koma Indonesia telah menjadi saluran kepedulian. Dengan moto ‘We care, we give’ dan ‘Berbagi itu mudah, berbagi itu indah’, KOMA INDONESIA melakukan kebaikan secara nyata. Berawal dari seringnya bersantai di tempat nongkrong, muncullah gagasan tentang berbagi kepedulian secara nyata. Kala itu berawal dari beberapa anak muda. Mereka jenuh dengan rutinitas suasana nongkrong. ”Dari sering nongkrong itu lama-lama jenuh dengan rutinitas. Akhirnya sepakat, sisihkan uang yang biasa digunakan saat nongkrong untuk disalurkan kepada sesama yang membutuhkan,” kata Ariz Remiyandelan Ketua KOMA INDONESIA. “Awalnya kami juga berpikir, uang buat nongkrong selalu ada. Ya ada budget untuk nongkrong. Sementara di sekitar kita masih banyak yang membutuhkan kepedulian,” sambung Fahmi Sagran, wakil ketua KOMA INDONESIA. Saat itulah mereka mulai bersepakat untuk berbagi kepedulian kepada sesama yang membutuhkan uluran tangan. Berbagai kegiatan sosial pun mulai dilakukan sejak Februari 2012. Pada 23 Agustus 2012, mereka resmi

BANTUAN: KOMA INDONESIA menyerahkan bantuan bencana alam untuk korban banjir bandang di Sitiarjo beberapa waktu lalu. menggunaka nama KOMA INDONESIA lengkap dengan struktur organisasi. Sengaja memilih nama KOMA karena padat makna. “Nama Koma itu selain singkatan Komunitas Amal, juga secara filosofis tanda koma

sebagai penghubung. Artinya di sini menjadi penghubung donatur dengan sesama yang membutuhkan,” terang Ariz. Komunitas yang bersekretariat di PBI Blok P1 No 19 Kota Malang ini telah memiliki kantor cabang di

beberapa kota. Selain di Kota Malang, juga di Kabupaten Malang dan Denpasar. Kendati bermarkas di Kota Malang, namun anggotanya tersebar di berbagai kawasan. Di antaranya di wilayah Malang Raya, Su-

matera Utara, Kalimantan Timur, Jakarta dan kawasan lain. “Jumlah anggota di Kota Malang dan Kabupten Malang sekitar 30 orang. Sedangkan kalau ditambah dengan anggota yang tersebar di luar

Malang sekitar 50 orang,” jelas Ariz. Anggotanya berasal dari berbagai latar belakang. Mulai mahasiswa, pebisnis sampai profesional muda. Sistem keanggotaan terbuka asalkan berniat tulus dan ikhlas mem-

bantu sesama. Selain sistem anggota, KOMA INDONESIA juga memiliki donatur. Disebut donatur karena mereka memberikan sumbangan kepada sesama yang dititipkan melalui KOMA INDONESIA. Titipan sumbangan yang diterima dari donatur pun beragam. Mulai dari uang, pakaian layak pakai hingga paket sembako. Pendanaan semua kegiatan komunitas ini berasal dari anggota dan donatur. Para anggotanya memberi sumbangan minimal Rp 30 ribu per bulan. Asumsinya satu hari menyisihkan Rp 1.000 kepada sesama yang membutuhkan. Untuk menjadi anggota KOMA INDONESIA tidaklah sulit. Cukup menghubungi pengurus lalu bisa bergabung. Syaratnya peduli kepada sesama yang belum beruntung dan ikhlas tak mempedulikan apakah berkelebihan atau pas-pasan. Sedangkan aktifitasnya sudah terjadwal. Yakni pertemuan rutin diadakan pada pekan kedua setiap bulan. Agenda pertemuannya membahas kegiatan penyaluran bantuan sekaligus menghitung jumlah sumbangan. Penyaluran bantuan dilakukan pada minggu keempat dalam bulan. “Untuk menentukan tempat atau sasaran penyaluran bantuan, kita cari info sebelumnya agar mengetahui dimana saja yang bisa dibantu,” kata Ariz. Informasi tentang KOMA INDONESIA bisa diakases melalui FB yakni di KOMA Indonesia dan twitter di @ Koma_Indonesia. (van/lim)

Punya Anak Asuh, Beri Beasiswa Yatim Berprestasi

BUTUH PERHATIAN: KOMA INDONESIA menyerahkan bantuan kepada penderita hydrosefalus di Tajinan Kabupaten Malang.

Transparan Kelola dan Salurkan Bantuan KOMA INDONESIA sadar betul bahwa semua donasi yang dititipkan untuk disalurkan kepada sesama yang membutuhkan harus dipertanggunjawabkan. Transparansi penyaluran bantuan dari donatur dan anggota sangat diutamakan. Karena itu, komunitas ini memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang sangat transparan. “Laporan pertanggungjawaban disampaikan melalui broadcast di BBM, facebook hingga email pribadi donatur. Jumlah bantuan yang diterima, jumlah bantuan yang disalurkan dan siapa saja penerima bantuan dan tempat penyaluran bantuan dilaporkan,” kata Ariz Remiyandelan. Tidak hanya itu saja, KOMA INDONESIA juga memiliki mekanisme lain untuk transparansi penyaluran bantuan. Biasanya donatur diajak serta saat penyaluran bantuan kepada warga tak mampu. Rencananya KOMA INDONESIA membuat jurnal untuk melaporkan semua kegiatan dan penyaluran bantuan. Ini untuk semakin memperkuat transparansi. Karena mengutamakan transparansi, KOMA INDONESIA mendapat kepercayaan. Donatur datang dari berbagai kalangan. Bantuan bisa ditransfer melalaui nomor rekening khusus milik KOMA INDONESIA. Mereka mempercayakan kepedulian melalui komunitas ini. Apalagi komunitas tersebut dikelola oleh orang-orang yang dipercaya lantaran memiliki latar belakang yang baik, masih muda, jujur dan profesional muda.(van/lim)

KOMA INDONESIA menyalurkan bantuan kepada panti asuhan dan warga yang belum beruntung. Tak hanya di Malang Raya saja, namun bantuan sudah disalurkan hingga ke Blitar dan Kediri. Selain itu difokuskan juga kepada kaum dhuafa di kawasan perkampungan yang jarang tersentuh. Untuk menentukan penerima bantuan, pengurus KOMA INDONESIA biasanya mencari informasi sebanyak mungkin. Selain itu juga mendapat referensi sendiri. Setelah itu menyalurkan bantuan yang tepat sasaran. Kini KOMA INDONESIA juga memiliki anak asuh. Jumlahnya sebanyak lima orang anak yatim berprestasi. Tiga di antaranya di Malang yakni dua siswa SMP dan seorang SMA. Mereka mendapat bantuan berupa beasiswa, uang jajan dan bantuan alat tulis pada setiap tahun ajaran baru. Bantuan yang sama juga diberikan

kepada dua siswa di Bali. Yakni SMA dan SMA. Prinsip pemberian beasiswa yakni anak yatim dan berprestasi. Kini, KOMA INDONESIA masih membuka kesempatan untuk memberikan bantuan beasiswa kepada siswa yatim berprestasi. Mereka juga bersinergi dengan berbagai pihak lain untuk membantu sesama. Belum lama ini membagi nasi bungkus kepada warga tak mampu bersama Komunitas Berbagi Nasi. Sinergi dengan Prodesa juga pernah dijalin. Mereka membagi bibit tanaman produktif kepada sesama di Poncokusumo. Jumlahnya pun tak sedikit. Yakni mencapai 5.000 bibit tanaman produktif. “Target kami setahun ingin memperluas cabang dan donatur dan sasaran penyaluran bantuan. Agar semakin bisa bermanfaat bagi sesama,” kata Ariz. (van/lim)

PEDULI PENDIDIKAN: Kegiatan pembagian alat tulis kepada siswa di Tumpang dan bibit tanaman produktif kepada wali murid.

KEPEDULIAN: Pemberian santunan kepada panti asuhan Al Khaf Jabung Kabupaten Malang.

Tak Harus Menunggu Kaya dan Sukses MEREKA terbilang orang sibuk. Punya urusan bisnis dan aktifitas lain yang menyedot waktu. Namun tak ada halangan untuk berbuat kebaikan. Aktifitas di KOMA INDONESIA menjadi salah satu pilihan untuk berbuat kebaikan secara nyata. Fahmi Sagran sebenarnya cukup sibuk. Ia bisnis di bidang tour and travel. Namun Fahmi antusias di komunitas ini. Ia bahkan termasuk salah satu penggagas sekaligus wakil ketua KOMA INDONESIA. “Berbagi itu menurut saya ibadah. Peduli sesama itu adalah aksi nyata,” kata Fahmi. Menurut pria 24 tahun ini, menyisihkan sebagian pendapatan untuk sesama sangat penting. Bahkan menjadi sikap hidupnya. Dengan beraktifitas di KOMA INDONESIA, warga Araya ini bisa berbagi kepedulian secara nyata. Begitu juga dialami Lia An-

jaini. Ia bergabung diawal kiprah KOMA INDONESIA. Prinsipnya sederhana. “Daripada uang buat nongkrong atau yang tak berguna, lebih baik disisihkan buat yang tak mampu. Setidaknya, kumpul-kumpul dengan teman yang bermanfaat kepada orang banyak,” kata Lia. Ia pernah punya kesan tersendiri dan bahkan sangat tersentuh. Yaitu ketika berkunjung ke SD Poncokusumo yang siswanya hanya 25 orang. “Sekolahnya seperti tak terurus. Kenapa mereka tidak dapat pendidikan yang layak,” ucap Sekretaris KOMA INDONESIA ini. Ariz Remiyandelan juga punya pendapat tersendiri. Menurut dia, masih banyak sesama yang membutuhkan perhatian. Dan berbagi kepedulian tak harus menunggu saat menjadi orang sukses dan kaya raya. “Kapan pun bisa berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” ujarnya. (van/lim)

SANTUNAN: Penyerahan santunan kepada panti asuhan Al Khaf Jabung Kabupaten Malang. PEDULI: KOMA INDONESIA bersinergi dengan Prodesa Poncokusumo memberi bantuan sembako kepada warga jompo dan anak yatim piatu serta sepatu sekolah untuk siswa SDN Pajaran 1 Poncokusumo.

SEMBAKO: KOMA INDONESIA menyerahkan bantuan sembako kepada panti asuhan Al Hidayah Lawang.

SINERGI: KOMA INDONESIA bersinergi dengan Prodesa di Poncokusumo memberikan bantuan sembako kepada lansia, beasiswa untuk anak yatim dan sepatu sekolah untuk SDN Pajaran 1 Poncokusumo REDAKTUR: ABDUL HALIM, LAYOUTER: REEP


RABU, 5 FEBRUARI 2014

Jadi Tersangka, Anggota Dewan Diperiksa Delapan Jam KEPANJEN- Sugiyanto atau akrab di sapa Sugik, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Malang, kemarin memenuhi panggilan penyidikan. Bersama adiknya, Sumadi, yang sama-sama diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan pengeroyokan, mendatangi ruang penyidikan Mapolres Malang sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya diminta keterangan secara terpisah untuk menghindari perhatian wartawan. Jika Sumadi di periksa penyidik di ruang Unit III, maka Sugik diruang tertutup Gakumdu (pengaduan) atau sisi ruangan kasus keduanya ditangani. Cukup tertutupnya proses pemeriksaan keduanya, pun

berlaku saat keduanya yang sekitar pukul 12.00 hingga 13.00 diberikan waktu jeda untuk istirahat. Kesempatan itu, tidak dimanfaatkan keduanya untuk keluar dari ruang penyidikan. Namun, keduanya lebih memilih untuk tetap di ruangan masing-masing. “Jam istirahat ya diberikan. Tapi ya itu, mereka tetap di dalam,” kata Kasatreskrim Polres Malang, AKP M Aldy Sulaeman. Hingga pemeriksaan sekitar pukul 15.00 atau lima jam, sayangnya tidak ada kepastian mengenai status penahanan keduanya. Apakah langsung dilakukan penahanan, ataukah hanya dikenakan tahanan luar hingga menunggu berkas men-

Sugiyanto jadi P-21. Kapolres Malang, AKBP Adi Deriyan Jayamarta, dikonfirmasi terpisah menjelaskan bahwa ditahan atau tidaknya tersangka, menjadi kewenangan penuh dari penyidik. Termasuk, dalam pemeriksaan keduanya yang sudah berstatus tersangka. “Penyidik nanti yang menentukan. Yang jelas, ada pertimbangan objektif dan subjektif

yang nantinya menjadi acuan penyidik untuk melakukan penahanan. Secara objektif, memang yang bersangkutan melakukan perbuatan yang diadukan. Tetapi ketika yang subjektif seperti yang bersangkutan tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti, mengulangi perbuatan atau kooperatif selama proses pemeriksaan, maka bisa saja tidak ditahan,” terang Adi. Lantas, bagaimana jika sempat mangkir karena tugas?, Adi mengatakan, jika alasan jelas dan itu memang dilakukan, ya tidak apa-apa. Yang menjadi masalah, ketika alasan yang disampaikan saat dilakukan pemanggilan tidak benar. Hingga sekitar pukul 17.35,

baru diinformasikan jika pemeriksaan terhadap keduanya telah rampung. Hanya saja, apakah terhadap keduanya ditahan atau tidak, belum juga ada kejelasan. Sebaliknya, Sugik seorang diri sempat keluar sebentar dari ruang penyidikan. “Saya masih belum dapat laporan. Nanti saya beritahu kalau ada laporan hasil pemeriksaan mereka,” tambah Kapolres Malang berselang satu jam usai pemeriksaan rampung. Sebagaimana diberitakan, kakak-adik tersebut dilaporkan Untung atas dugaan pengeroyokan yang berlangsung pada Oktober 2013 lalu. Kejadian tersebut, berlangsung di sebuah warung Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. (sit/aim)

20 Hektar Sawah Gagal Panen MALANG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, belum dapat memastikan secara rinci total luas lahan perswahan yang mengalami puso atau gagal panen akibat terjangan banjir serta tanah longsor di Kcamatan Ngantang dan Kecamatan Pujon. pemerintah masih menunggu keseluruhan laporan lahan yang rusak dari lokasi kejadian. “Laporan awal yang kami terimama, baru terdapat 20 hektar sawah yang dipastikan gagal panen akibat bencana banjir tersebut,“ ujar Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Malang, Ir Ajunuddin kepada Malang Post kemarin. Dijelaskannya, sekitar 20 hektar lahan yang rusak tersebut, berasal dari Desa Bendosari Kecamatan Pujon. Jumlah lahan yang rusak, kemungkinan besar akan semakin bertambah. Karena saat ini, pihaknya sedang menunggu laporan dari Desa Sukomu-

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

GAGAL PANEN : Persawahan di Kecamatan Pujon yang terendam air, dipastikan gagal panen tahun ini. lyo Kecamatan Pujon, dan beberapa desa di Kecamatan Ngantang. “Bila nantinya data sudah masuk semua, kemudian akan kami kategorikan. Yakni mulai kategori rusak ringan, rusak sedang dan rusak parah,” kata pria yang juga menjabat se-

bagai Sekretaris Forki Kota Malang ini. Lahan yang rusak parah, pihaknya berjanji akan memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk organik, untuk ditanam kembali. Sebelum memberikan bantuan dan benih, nantinya Distanbun Kabupaten Malang

akan berkomunikasi dengan Badan Meteorologi dan Geofisikia (BMG). Tujuannya yakni, untuk mengetahui perkiraan cuaca yang terjadi di Kabupaten Malang, khususnya yang terletak di Kecamatan Ngantang dan Kecamatan Pujon. “Kalau hujan lebat masih

sangat berpotensi terjadi, kami menghimbau kepada para petani untuk menunda penanaman kembali. Hal itu untuk menghindari potensi bencana banjir yang sewaktu-waktu terjadi lagi, yang akan merusak lahan mereka,“ bebernya. Selain lahan yang rusak, pihaknya juga menerima laporan bahwa terdapat 200 batang pipa saluran air pertanian yang turut serta rusak akibat bencana banjir tersebut. Pipa yang rusak tersebut berasal dari Desa Bendosari dan Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon. Jumlah pipa saluran air pertanian yang rusak, juga diperkirakan bertambah banyak. Pihaknya juga sudah mendapatkan laporan, terdapat aliran irigasi tani dan jalan tani yang ikut rusak. “Tentunya kami terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan SKPD lainnya, untuk menyalurkan bantuan. Karena tidak mungkin seluruh bantuan terkait pertanian, dibebankan kepada kami,“ tutupnya. (big/aim)

23

Pembangunan Pagar Belum Kantongi IMB Sambungan dari Halaman 24

Dijelaskannya, setiap proyek pembangunan harus mempunyai perizinan, utamanya izin terhadap warga sekitar. Hal itu juga berlaku pada proyek pembangunan pagar tersebut. Meski yang dibangun hanya sebuah pagar, ditegaskannya pemilik lahan maupun pelaksana proyek tersebut mutlak harus mengantongi IMB. “Sebelum mendirikan bangunan, harusnya izin terlebih dahulu kepada tetangga kiri, kanan, depan dan belakang sekitar tempat yang akan dibangun. Minimal, bisa izin melalu kantor desa setempat,“ kata pria yang pernah menjabat sebagai kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang tersebut. Menurutnya, selain wajib mengantongi izin, dalam pembangunannya harus memperhatikan estetika lingkungan dan mematuhi rencana tata ruang dan wilayah (RTRW). “Bila tidak ingin ada masalah kedepannya, seharusnya sejak jauh hari sebelum proyek pembangunan dimulai, perizinan harus dilengkapi,“ kata dia. Sementara itu Kepala Desa Kalisongo Siswanto SPd mengatakan, sulit mempertemukan antara warga dengan pemilik lahan, Charles untuk melakukan mediasi. Menurutnya, berulangkali pihaknya memfasilitasi pertemuan, Charles tidak datang. Pertemuan terakhir, diadakan Senin (3/2) Charles juga tidak datang. “Kata juru bicara Kastadji, Charles sedang keluar kota. Malahan pertemuan sebelumnya, Charles hanya mengirimkan pengacaranya,“ kata dia. Meski begitu, pihaknya akan terus berusaha mempertemukan Charles dengan warga. Tujuannya agar permasalahan tersebut, dapat secepatnya terselesaikan. (big/aim)

Rest Area Donowarih Disuntik Rp 5 Miliar Sambungan dari Halaman 24

Seiring dengan mulai berjalannya proyek pembangunan tahap kedua, pihaknya juga juga akan melakukan evaluasi kinerja PT Cipta Aneka Solusi selaku pelaksana proyek pembangunan rest area dan pasar wisata Desa Donowarih. “Evaluasi kinerja termasuk perkembangan proyek tersebut, juga kami lakukan. Tujuannya untuk mengtahui kekurangan dan kendala yang terjadi selama proses pengerjaan berlangsung,” bebernya. Selain itu, pihaknya juga intens berkomunikasi dengan instasi terkait seperti Dinas Pariwisata, Disperindagsar, serta Dinas Koperasi dan UMKM, untuk pelengkapan sarana prsana maupun fasilitas penunjang rest area dan pasar wisata tersebut. “Seluruh dinas terkait, bersinergi untuk memanfaatkan rest area dan pasar wisata tersebut. Namun, pengelolaanya tetap diserahkan kepada Pemerintah Desa Donowarih,“ tutupnya. (big/aim)

Decofresh Serahkan Bantuan Cat ke Panti Asuhan MALANG-Aksi kepedulian sosial bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk memberikan bantuan cat. Inilah yang dilakukan oleh Indana Paint, produsen cat Decofresh. Pagi kemarin, tim Indana Paint memberikan bantuan cat ke Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Bantuan langsung diterima oleh pengelola yayasan, Ustad Abu Amat. Acara penyerahan tersebut dilakukan tim Decofresh bersama Koramil Pakis dan Kepala Desa Kedungrejo, Imam Gozali . Very Fadlli, mewakili Steven Sugiharto, manajemen Decofresh mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kegiatan CSR dari Indana Paint.

“Kegiatan bakti sosial ini sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu. Ini memasuki tahun yang ketiga. Nah, Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam ini adalah tujuan kegiatan yang pertama pada tahun yang ketiga ini. Dengan adanya bantuan cat, kami berharap suasana di Nurul Hikam ini bisa lebih segar dan anak-anak bisa lebih bergembira dalam melalui hari-hari mereka,” ujar Very. Marketing Communication Indana Paint itu menambahkan, dalam kegiatan bakti sosial tersebut, pihaknya memberikan bantuan cat kepada yayasan yatim piatu, pondok pesantren, dan sekolah. “Tidak menutup kemungkinan, kami memberikan bantuan kepada warga yang memang kondisinya perlu dibantu. Untuk itu, kami

Bupati Usulkan Larangan Kasbon di Warung Sambungan dari Halaman 24

Dalam hal ini, orang nomor satu di Kabupaten Malang ini menyebut, pemilik tokotoko kecil yang berdiri di wilayah desa bisa dilatih dan dibina di bidang pengelolaan usaha. Hal ini salah satunya untuk menghapuskan budaya ’kasbon’ yang biasa terjadi dalam kegiatan jual beli di toko-toko kecil. Rendra juga mengusulkan ke dewan agar

hal ini juga dimasukkan atau perubahan pasal pada Perda no 3 tahun 2013. ‘’Memang masih belum masuk dalam raperda. Menurut saya, perubahan perda ini harus dipercepat, salah satu pasal saja. Saya berharap, jenis barang yang dijual toko modern ini tidak sampai mematikan toko-toko tradisional,” tambah Rendra. (poy/aim)

SINYO SUWIGNYO/ MALANG POST

PEDULI: Penyerahan bantuan cat ke Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam, di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, kemarin. bekerjasama dengan Koramil dan pemerintah setempat berkaitan dengan data warga layak diberikan bantuan,” imbuhnya. Sementara itu, Kapten Supriyadi mengatakan, kegiatan sosial bersama Indana Paint tersebut merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari Undang-undang

TNI No. 34 Tahun 2004. “Ini merupakan kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Kegiatan OMSP, salah satunya, adalah bergabung dengan rakyat dalam kegiatan bakti sosial, termasuk, misalnya terjadi bencana alam. Bersama rakyat TNI akan menjadi kuat,” kata Danramil

Pakis tersebut. Terpisah, Ustad Abu Amat, pengurus Yayasan Yatim Piatu Nurul Hikam menyatakan ungkapan terima kasih kepada Koramil Pakis dan Indana Paint. “Terima kasih kepada Koramil Pakis, Indana Paint dan Pemerintah Desa Kedungrejo yang sudah memberikan bantuan kepada yayasan Nurul Hikam. Semoga, dengan ini, anak-anak bisa lebih berbahagia menatap masa depan,” ujar pengurus yayasan yatim piatu yang dihuni oleh sekitar 36 anak tersebut. usai melakukan prosesi serah terima bantuan, acara dilanjutkan dengan pengecatan dinding yang dilakukan oleh personel Koramil Pakis dibantu oleh awak yayasan Nurul Hikam serta beberapa perangkat Desa Kedungrejo. (sin/aim)

Jelang Kampanye, Parpol di Dewan Mulai Panas Sambungan dari Halaman 24

yang bodynya sudah ditempeli logo partai. ’’Padahal, pembangunan infrastruktur seperti perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan itu semua dibiayai dana APBD. Praktik di lapangan, bahan material justru ada yang diangkut angkutan berlogo parpol tertentu sehingga menimbulkan

image di masyarakat, bahwa pembangunan tersebut dilakukan atau dibiayai oleh parpol,” terangnya. Oleh karena itu, seluruh fraksi mengajak mengajak satu sama lain dari parpol untuk melakukan pengawasan dan perhatian serius. Dalam satu contoh fakta itu, ditegaskannya pembangunan infrastruktur

tersebut bukan dibiayai parpol. Hanya saja, tidak disebutkan partai mana yang melakukan aksi itu. ’’Kita ketahui bersama bahwa di tahun 2014 adalah tahun politik, kami mengingatkan kepada PNS adapat bersifat netral dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres,” pungkas Gatot. (poy/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


24

RABU, 5 FEBRUARI 2014

Bupati Usulkan Larangan Kasbon DI WARUNG MALANG – Pemkab Malang akan berupaya terus melindungi pasar tradisional. Bupati Malang H Rendra Kresna mengisyaratkan, pemerintah akan konsisten menerapkan Perda No 3 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional. Harapannya, pasar tradisional akan terlindungi dari ancaman pasar modern waralaba yang kini tumbuh semakin menjamur. Lebih dari 223 toko modern waralaba atau minimarket berdiri hingga masuk ke dalam kampung di wilayah 33 kecamatan se Kabupaten Malang. Walhasil, hal ini mempengaruhi pendapatan pedagang pasar tradisional. Sedangkan, dalam perda ini, dibahas tentang perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional, khususnya jarak antara pasar tradisional dengan toko modern. ‘’Jarak harus diperhatikan, selain juga mengklasifikasikan. Waralaba ini juga berkwajiban ikut mendisplay produk UMKM. Selain itu, pemilik juga berkwajiban membina pelaku UMKM,” terang Rendra kepada wartawan usai mengikuti Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, siang kemarin. Baca Bupati... Hal.23

HUMAS FOR MALANG POST

PEDULI : Bupati Malang H Rendra Kresna memberikan tali asih di awal kegiatan pengajian Maulid Nabi di Pendopo Baru Kepanjen, kemarin.

Maulid Nabi, BAZ Santuni Duafa KEPANJEN – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 Hijriah, Pemkab Malang menggelar pengajian umum yang digelar di Pendopo baru Kabupaten Malang, Kepanjen, Selasa (4/2) siang kemarin. Pengajian yang diikuti kurang lebih seribu orang ini dibuka langsung Bupati Malang H Rendra Kresna. Sedangkan, penceramah yakni KH. Kholili dengan memberikan siraman rohani.

Meski tergolong terlambat, namun tidak mengurangi kehikdmatan jamaah yang didominasi karyawan di jajaran Pemkab Malang itu, untuk mengikuti kegiatan pengajian. Acara ini diadakan untuk semakin memantapkan nilai agama serta nasionalisme masyarakat dengan meneladani Rasulullah. Dalam kesempatan ini, Rendra juga secara simbolis memberikan bingkisan paket sembako

dar Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Malang kepada 165 kaum duafa. ’’Kegiatan ini untuk mengenang kelahiran Rasullulah huna dijadikan suri tauladan dan tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Serta, sebagai sarana pembinaan mental spiritual bagi karyawan dan karyawati Pemkab Malang yang Agamis,” terang Rendra didampingi Kepala Bagian Ad-

Rest Area Donowarih Disuntik Rp 5 Miliar

BINAR GUMILANG / MALANG POST

TAHAP DUA : Pembangunan proyek resta area dan pasar wisata Desa Donowarih sudah memasuki tahap kedua. KARANGPLOSO- Proyek pembangunan rest area dan pasar wisata di Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, memasuki tahapan kedua. Diharapkan sebelum akhir tahun nanti, pembangunan yang menelan dana sekitar Rp 9 miliar lebih dari APBD Kabupaten Malang tersebut bisa difungsikan. Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Malang Ir Romdhoni mengatakan, untuk pembangunan tahap kedua ini dibutuhkan dana sekitar Rp 5 miliar. “Dananya sudah dialokasikan melalui ABPD Kabupaten Malang tahun Anggaran (TA) 2014,“ ujarnya saat dihubungi Malang Post kemarin. Lantaran proyek tersebut dianggarkan melalui alokasi APBD 2014, sehingga pembangunan tahap kedua dilaksanakan sepanjang tahun 2014 ini. Namun, kata Romdhoni, alangkah baiknya bila proyek pembangunan tersebut dapat terselesaikan sebelum akhir tahun mendatang. “Rencananya, hanya ada dua tahapan proyek pembangunan. Agar proyek tersebut tidak berlarut-larut, serta bisa sesegara mungkin untuk difungsikan,” jelasnya. Keberadaan rest area dan pasar wisata tersebut, nantinya bakal mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Malang dari sektor pariwisata. Karena letaknya sangat strategis, berada di jalur menuju

Kota Batu, yang biasanya banyak dilewati oleh kendaraan wisatawan dari luar daerah. “Wisatawan yang ingin berkunjung ke Batu, bisa beristirahat di rest

area ini. Bisa juga memaksimalkan rest area ini, agar mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kota Batu.” urainya. Baca Rest... Hal.23

mintrasi Kemasyarakatan dan Pembinaan Mental Kabupaten Malang, Nur Hasyim, kemarin. Terpisah, Nur Hasyim mengatakan, peserta pengajian ini terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pimpinan dan anggota DPRD, para kepala SKPD, para Kepala Bagian, Camat, Sekcam, Kasi Kesos, Kepala KUA, Lurah/ Kepala Desa se Kecamatan Kepanjen, Pimpinan Ormas

Islam, Organisasi Wanita, Mahasiswa dan para karyawan/karyawati Pemkab dan Kementrian Agama. ’’Pengajian ini program kerja Bagian Adminitrasi Kemasyarakatan dan Pembinaan Mental tahun 2014, dalam peringatan hari-hari besar keagamaan sebagaimana yang tertuang dalam DPA tahun 2014,” ucap Nur Hasyim. (poy/aim)

Jelang Kampanye, Parpol di Dewan Mulai Panas KEPANJEN – Enam fraksi di DPRD Kabupaten Malang melalui forum Sidang Paripurna mengajak seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu bersikap fair play, saat mengisi masa kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), tahun ini. Salah satunya, partai-partai tidak sampai ’memanfaatkan’ kegiatan-kegiatan yang sumber pembiayaannya dibiayai dana APBD. Hal ini disampaikan Gatot Surojo, juru bicara fraksi pada Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, siang kemarin. Dalam pandangan umum anggota, dia mengaku,

pihaknya mendapati sejumlah fakta di lapangan. Misal, beberapa partai memanfaatkan kegiatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan di sejumlah daerah di Kabupaten Malang. Partai bersangkutan ’kampanye’ lewat truk pengakut bahan material Baca Jelang... Hal.23

BINAR GUMILANG / MALANG POST

LOKASI : Lokasi pembangunan pagar yang dipersoalkan warga, terancam disegel.

Pembangunan Pagar Belum Kantongi IMB DAU- Proyek pembangunan pagar di sebidang tanah kosong di Dusun Sumberejo RT 6 RW 1 Desa Kalisongo, Kecamatan Dau yang dipersoalkan warga sekitar, terancam disegel. Pembangunan itu belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) dari Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Malang. Kepala BPPT Kabupaten Malang Ir Djaka Ritamtama MM menghimbau, kepada pemilik lahan agar segera mengurus seluruh perizinannya. “Kalau tidak segera mengurus perizinannya, bisa saja disegel oleh Satpol PP. Apalagi, penyegelan atas permintaan mayoritas masyarakat sekitar,“ ujarnya kepada Malang Post kemarin. Baca Pembangunan... Hal.23

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


Mp0502