Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

SENIN, 3 JUNI 2013

Korane Arek Malang

Pembuktian

TOTAL Cristian Carasco Hasim Kipuw

Ngalam

Ebes Pemain Kesel Kana: Jadwale mepet, kanyab pemain Arema kesel bes

Ebes: Oyi jes, opo maneh Arema niam lawan tim sing abot koyok Persib Kana: Makane pelatih kudu pinter ngatur pemain cikno kadit tikas bes Ebes: Mesti a jes, coach mesti wis itreng kebutuhan tim karo pemain. Sak jane kadit masalah, mergo Arema duwe kanyab pemain sing kualitase roto-roto kipa.

Harga Eceran Rp. 3.500,-

MALANG – Jika komposisi pemain Arema Indonesia dibandingkan Persita Tangerang, bisa jadi bagai raksasa menghadapi kurcaci. Tuan rumah yang bertabur bintang, menghadapi tim yang mencoba terus merangkak naik ke posisi aman dari zona degradasi. Tetapi, jangan salah duga. Tim ‘kurcaci’ bernama Persita tak boleh dipandang enteng. Dua tim besar, sudah merasakan akibatnya. Persib Bandung, ditahan imbang 2-2. Padahal main di Stadion Siliwangi Bandung, meski tuan rumahnya Persita. Sesudah itu, Gresik United harus takluk di Stadion Tri Dharma Gresik. Tidak tanggung-tanggung, Persita menang 2-0. Padahal sepanjang laga, Gresik United terus menyerang. Karena itulah, laga yang bakal disiarkan TVOne, sore nanti mulai 15.30, tetap akan menjadi laga yang menarik. Terlebih, tuan rumah tidak mau jarak poinnya dengan Persipura, menjauh lagi. Justru Arema mendapat tantangan besar, bagaimana membongkar pertahanan gerendel, yang menjadi ciri khas Persita. Tim berjuluk Ben-

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

Offence vs Defence

teng Viola ini, benar-benar menjadi benteng kokoh saat berhadapan dengan tim-tim besar. Fakta itu disadari betul oleh Rahmad Darmawan (RD). Pelatih timnas U-23 ini tidak mau jumawa. Dia juga ogah meremehkan sang kurcaci yang sudah merontokkan dua tim besar ISL tersebut. ‘’Kita sudah lihat permainan Persita di dua pertandingan terakhir. Sepakbola yang rileks, tanpa tekanan dan nothing to lose. Itu modal kuat dari Persita,’’ ujar RD kepada Malang Post kemarin.

Baca Pembuktian...hal.11

‘’Saya punya prinsip semuanya sebaiknya mengalir saja seperti air. Hanya, kalau bisa, alirannya yang deras.’’

KABAR IBU KOTA

Gita Kalah Populer, Lebih Pilih Dahlan JAKARTA - Di tengah ekspektasi publik terhadap kinerja para menteri SBY, ternyata masih ada menteri yang berkinerja baik dan bahkan berpeluang bertarung di konvensi capres Partai Demokrat. Menurut Lembaga Survey Nasional (LSN) sebenarnya hanya dua menteri SBY yang berkinerja baik. Yakni Meneg BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Namun, Gita masih kalah dengan Dahlan Iskan. Menurut peneliti LSN, Dipta Pradipta, kepada responden yang berjumlah 1.230 di 33 provinsi, secara pertanyaan terbuka, publik banyak menyebut Dahlan Iskan dan Gita Wirjawan yang memiliki kinerja baik.

Baca Gita...hal.11

MALANG POST-KDS DRUMBAND

Di Balik Sukses Wayang Ruwatan Masal Malang Post MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

Diminati Turis, Dipuncaki Makan Bersama Nasi Tumpeng SEMARAK penyelenggaraan wayang ruwatan masal yang digelar Malang Post dan berakhir Minggu dini hari kemarin, diapresiasi positif berbagai pihak. Tidak saja dari jajaran Pemkot Malang, tapi juga turis manca negara yang secara khusus meluangkan waktu menyaksikan wayang ruwatan ini.

GUEST GESANG/MALANG POST

KAGUM : Marisa, turis dari Belanda, antusias mendokumentasikan pagelaran wayang ruwatan yang digelar Malang Post.

ANAK SANTRI: MB Bahana Suara Al Hayat PP Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang yang tampil memukau juri dan

Calon Wakil Walikota terpilih, H Sutiaji menyatakan sangat mengapresiasi Malang Post yang memprakarsai pagelaran wayang ruwatan dengan dalang Ki Supangi Wedhar Bawono SH dari Pakis Kabupaten Malang ini. Politisi PKB ini menilai, wayang kulit tak ubahnya media dakwah yang menjadi cerminan kehidupan umat manusia. “Wayang sendiri menjadi gambaran kehidupan kita bahwa ada sisi baik dan sisi bathil. Semuanya menjadi pelajaran berharga dan pedoman hidup.

MALANG – Bunjo Kadence merupakan new comer (pendatang baru) yang langsung menyabet juara umum Display klasemen SMA/Umum dalam gelaran Malang Post-KDS Display n Playpass Competition 2013 yang berakhir di GOR Ken Arok kemarin petang. Drum band kebanggaan SDN Bunulrejo 2 Malang itu mampu mengalahkan pesaing beratnya Gita Melosa Aletheia SDK Aletheia dan Gamma Mustika Nada SDN Kasin dengan skor 605.1.

Baca Diminati...hal.11

Baca New Comer...hal.11

New Comer, Bundo Kadence–The Usinger Juara Umum

Jawa Pos Group


SENIN, 3 JUNI 2013

Polda Bentuk Tim Ungkap PENEMBAKAN TITO KEI JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan pihaknya sudah membuat tim khusus untuk segera menuntaskan kasus penembakan oleh orang tak dikenal, yang menewaskan adik John Kei, yaitu Tito Kei, dan Ratim, di Bekasi, Jumat (31/5) lalu. Menurut Rikwanto, tim khusus itu berangotakan sejumlah personel Polda Metro Jaya. Mereka diserahi tugas untuk mengungkap pelaku dan motif pembunuhan Tito. “Ya kapolda sudah memerintahkan untuk membentuk tim khusus dan kasusnya sudah ditangani oleh Polda,” ujar Rikwanto, Minggu (2/6). Rikwanto menambahkan, tidak ada batas waktu bagi tim khusus ini untuk mengungkap kasus penembakan Tito. Tim ini akan bekerja 24 jam sehari sampai berhasil menangkap pelaku tersebut dan mengungkap motif penembakan. “Tidak ada batasan waktu, namun kami. diminta sesegera mungkin dapat mengungkap kasus ini. Hingga kini kami masih belum mengetahui apa motifnya,” tutur Rikwanto. Sementara itu, menanggapi keinginan terpidana kasus pembunuhan berencana John Refra Kei untuk melayat adiknya, Franciscus Refra alias Tito Kei, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin menyatakan syarat terpidana izin atau cuti karena kepentingan melayat hanya diberikan untuk keluarga yang masih satu garis lurus, yakni anak atau orang tua.

Meski memaparkan syarat tersebut, menurut Amir, wewenang untuk mengabulkan dan memberikan izin terhadap John Kei berada di MahkamahAgung. Ia sendiri juga menyatakan belum mengetahui secara pasti apakah MA sudah memberikan izin kepada terpidana yang ditahan di Rumah Tahanan Salemba tersebut. “Sesuai aturan, yang mutlak diberikan izin mana kala anak dan garis lurus dari dirinya,” kata Amir Syamsuddin. Selain perihal mengenai syarat pemberian izin dan cuti, menurut Amir, per-

soalan melayat ini juga terkait dengan situasi keamanan. Kepolisian RI diklaim akan memperhitungkan dengan cermat kemungkinan keamanan yang berpotensi terjadi jika izin tersebut diberikan. Jenazah Tito akan diterbangkan ke Ambon, Maluku, pada Minggu (2/6) malam. Jenazah tersebut akan dibawa ke Langgur, ibu kota Maluku Tenggara, dan dimakamkan di kampung halamannya di Desa Tutrean, Kecamatan Kei. Tito Kei tewas ditembak di bagian kepala, Jumat (31/5) sekitar pukul 20.00 WIB.

Penembakan terjadi di sebuah warung rokok yang berlokasi di Jalan Raya Titian Indah, RT 03 RW 11 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat tak jauh dari rumahnya. Selain Tio, pemilik warung bernama Ratim (70) juga tewas ditembak dibagian dada oleh pelaku. Pelaku diduga beraksi menggunakan senjata jenis FN. Para saksi tak mengenali wajah pelaku, karena pelaku mengenakan helm ketika melakukan aksinya. Untuk Ratim, ia diduga ditembak karena melihat wajah pelaku. (ozn/tmp/fia)

bisa ujuk-ujuk masuk, kecuali sidak oleh Kemenkum HAM,” terangnya. Lebih lanjut Margarito meminta agar Badan Kehormatan DPR agar turun tangan untuk mengusut kasus ini. Hal tersebut agar kejadian serupa tidak terulang kembali. “Saya kira ini melanggar etika, dan Dewan Kehormatan DPR tak perlu ragu untuk memanggil Priyo,” tukasnya. Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, mengaku kedatangannya ke Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, sebagai inspeksi mendadak (sidak) yang tidak resmi. “Saya kebetulan tadi kuliah di Ban-

dung, kemudian saya menengok (lapas) sebagai Wakil Ketua DPR RI. Ini semacam sidak, tapi enggak resmi,” kata Priyo saat keluar dari Lapas Sukamiskin, Sabtu 1 Juni Kemarin. Menurut Priyo, saat ‘sidak’ dirinya meminta Kapalas untuk dipertemukan dengan beberapa warga binaan. Bahkan dirinya sempat meminta Kalapas untuk menghadirkan lebih banyak warga binaan yang berasal dari Partai Golkar. Kalapas Sukamiskin, Giri Pubadi, mendapat teguran dari Wamenkumham, Denny Indriana. Nasehat tersebut adalah imbas dari kedatangan Priyo di luar jam

besuk yang telah ditentukan, yakni pada Senin-Kamis dan Sabtu, pukul 09.0011.30 WIB. Padahal, politikus Partai Golkar itu baru tiba di lapas sekira pukul 12.30 WIB dan keluar pukul 14.20 WIB. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, mengatakan Priyo sudah melewati jam besuk. Namun Kementerian Hukum dan HAM memastikan tidak ada peraturan yang dilanggar oleh politisi Partai Golkar itu. “Saya kira sudah dijelaskan itu semua, dia bertemu beberapa menit kemudian melebihi dari pada jadwal, jadi saya kira masih di dalam batasbatas toleransi,” pungkasnya. (ozn/fia)

Rasanya Dibui Di Sukamiskin Versi Bung Karno KAMAR nomor 01 Blok Timur Atas Penjara Sukamiskin, Kota Bandung, tampak berbeda dibanding ratusan kamar lain di penjara ini. Sebuah poster ukuran besar berwarna dasar hitam dengan warna tulisan cetak merah, putih, dan kuning berisi penjelasan terpasang di dinding luar sebelah kanan pintu kamar. Kamar yang tampak terawat ini pun tak berpenghuni dan tak boleh dihuni siapa pun. Sebagian besar material bangunan dan perabot di dalam kamar yang dulu konon bernomor 233 ini pun tak boleh diubah. Namun, kamar ini boleh dikunjungi sewaktu-waktu-tanpa menginap-oleh siapa pun, termasuk orang luar, asalkan seizin otoritas penjara. Ya, seperti terpampang pada poster di dinding luar itu, inilah kamar bekas Bung Karno atau Soekarno, Presiden Pertama RI saat ditahan pemerintah kolonial Hindia Belanda di awal 1930-an lalu. Seperti diketahui, Bapak Ideologi Pancasila ini dibui di Sukamiskin setelah divonis subversif terhadap pemerintah Hindia Belanda di Pengadilan Bandung (landraad) pada Agustus 1930. “Kalau ada yang mau menginap di situ, ya bisa saja asalkan seizin Kementerian Hukum dan HAM dan harganya pasti amat sangat mahal sekali,” ujar Kepala Penjara Sukamiskin, Giri Purbadi. Penjara Sukamiskin, yang kini disebut sebagai penjara khusus koruptor ini, sudah sejak era kolonial ditabalkan sebagai penjara para pelaku kriminal kerah putih dan para koruptor. Juga bui bagi mereka yang divonis mengancam kekuasaan Hindia Belanda, seperti Soekarno. Istilahnya, “Straft Gevangenis Voor Intelectuelen.” Bagaimana rasanya dibui di Sukamiskin di zaman kolonial dulu? Bung Karno menceritakan pengalamannya menghuni penjara ini dalam buku kumpulan tulisan, Di Bawah Bendera Revolusi. Dia berkisah lewat tulisan bertajuk “Keadaan Dipendjara Sukamiskin, Bandung” yang dia tulis di Sukamiskin, 17

LINTAS NASIONAL

ISTIMEWA

DILARANG: John Kei ingin melayat adiknya, namun ijin tersebut belum diturunkan hingga saat ini.

Wakil Ketua DPR Lecehkan Kemenkum HAM JAKARTA - Kedatangan Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, di luar jam besuk dinilai telah melecehkan Kementerian Hukum dan HAM. Hal tersebut lantaran politikus Partai Golkar ini tidak mentaati peraturan di LP Sukamiskin. “Ini jelas melecehkan Kemenkum HAM. Sekaliber Priyo tidak mungkin tidak tahu peraturan di Lp Sukamiskin,” kata Pengamat Hukum Margarito. Dia menambahkan tindakan yang dilakukan oleh Priyo akan menjadi ‘bumerang’. “Orang bisa mengunjungi narapidana, tapi ada aturannya. Tidak

2

Mei 1931. Bung Karno menuturkan, begitu jeblos ke Sukamiskin, ia diwajibkan mengganti pakaian dengan seragam penjara warna biru. “Rambutku dipotong hampir gundul, dimilimeter dalam bahasa Belandanya. Hampir segala apa yang saya bawa dari rumah tahanan (penjara Banceuy, Kota Bandung) semuanya diambil (petugas),” tulis dia. Selama di Sukamiskin, Soekarno menghuni kamar di ujung sebelah barat lantai 2 blok Timur itu yang disebutnya “bilik ketjil 1,5 x 2,5 M”. Setiap siang dia wajib bekerja di percetakan penjara kini posisinya di bangunan paling selatan kompleks penjara. “Saya mesti berbaris ke tempat..membuat kitab tulisan. Di sanalah saya meladeni satu dari mesin garis dan mesin potong yang besar-besar. Tiap hari saya kerjakan berpuluh-puluh rim kertas, memedat barang, memuat dan membongkarnya,” kata dia. Lantas, jika pekerjaan selesai, malam hari dia baru bisa istirahat, mandi, dan kembali ke kamar. “Mandi yang lamanya ditentukan enam menit. Makan, makan nasi merah dengan sambal yang sederhana,” kata Soekarno. Setelah itu, barulah dia bisa kembali ke kamar, melepas lelah. “Pukul sembilan (malam) cahaya (kamar) mesti digelapkan dengan tidak dapat disangkal lagi. Hari ini sudah bekerja dan besoknya bekerja keras lagi, saya mesti lekas tidur.” Di penjara Sukamiskin, Soekarno sempat merasa begitu tak berkutik. Kegiatan menulis , membaca, dan ‘berpikir’ nyaris macet. Memang di saat tertentu, setiap narapidana boleh berekreasi di dalam penjara, termasuk membaca. Namun, kata dia, buku yang tersedia di perpustakaan cuma buku tentang olahraga, perdagangan, dan kitab tentang agama. Adapun buku tentang masalah sosial dan sosiologi, juga koran, kata dia, tidak ada sama sekali. Memasukkan buku sendiri ke dalam penjara hanya diizinkan dengan pemeriksaan keras. Surat kabar dan media berkala langganan si Bung tak boleh

batasi, di Sukamiskin batas bertambah sempit lagi. “Segalanya di sini (Sukamiskin) dikerjakan dengan suruhan komando: makan, pulang-balik ke tempat kerja, makan, mandi, menghisap udara, keluar-masuk bilik kecil, semuanya dikerjakan seperti serdadu berbaris. Orang hukuman tak lain dari seekor ternak,” tulis Soekarno. (tmp/fia)

ISTIMEWA

KHUSUS: Nantinya, hanya kendaraan yang dilengkapi RFID yang diperbolehkan mengisi premium.

Kendaraan Tanpa RFID Dilarang Isi Premium JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dan PT Inti awal Juli 2013 sudah memulai memasang RFID (Radio Frequency Identification) disetiap kendaraan di DKI Jakarta. Target pemasangan ini seluruhnya selesai selama 3 bulan. “Juli kita mulai pemasangan RFID di DKI Jakarta, dimana tergetkan 3 bulan selesai seluruhnya termasuk masa sosialisasi,” ujar Vice President Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir. Setelah masa sosialisasi selama 3 bulan tersebut selesai, maka sistem monitoring dan pengawasan (SMP) di seluruh SPBU di Jakarta bisa diterapkan. “Artinya Oktober kendaraan yang tidak memiliki RFID di mulut tangki BBM kendaraanya tidak bisa dilayani untuk pembelian BBM subsidi,” ujar Ali. Menurut Ali, kendaraan yang tidak memiliki RFID dipersilahkan mengisi BBM non subsidi alias Pertamax atau produk BBM non subsidi sejenis. “Ya silahkan beli yang non subsidi saja,” ucap Ali. Selanjutnya akan ada aturan dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) terkait aturan kewajiban pemasangan RFID di setiap kendaraan bermotor. “Kita sedang tunggu aturan kewajiban pemasangan RFID di kendaraan dari BPH Migas,” tandasnya. Seperti diketahui PT Pertamina dan PT Inti sedang membangun sistem monitoring pengawasan (SMP) yang nantinya digunakan untuk memonitor dan mencatat setiap transaksi pembelian BBM subsidi. RFID sendiri akan dipasang di 100 juta kendaraan di Indonesia yang terdiri dari 11 juta mobil penumpang, 80 juta sepeda motor, 3 juta bus, 6 juta truk dan 5.027 SPBU di 33 provinsi. (dtc/fia)

Pengungsi Syiah Sampang Tuntut Hartanya PAMEKASAN - Tragedi pengusiran warga Syiah Sampang, Jawa Timur dari kampung halamannya di Desa Bluuran, Kecamatan Omben dan Desa Karang Gayam, Kecamatan Karang Penang, akhir Agustus 2012 lalu, masih menyimpan trauma. Mereka banyak kehilangan harta kekayaannya. Rumah mereka dibakar, ternak mereka dicuri, pertanian mereka dibabat habis dan kebebasan mereka dikekang. Oleh karena itu, 167 penganut Syiah yang saat ini tinggal di pengungsian di gedung tenis indoor menuntut kepada pemerintah, agar kekayaan mereka dikembalikan. Jamali (50), warga Syiah asal Desa Bluuran mengatakan, suratsurat tanahnya sudah hilang diambil orang yang tak bertanggung jawab, serta ada yang terbakar saat kejadian pengusiran pada Agustus 2012 lalu. “Sama sekali surat-surat tanah kami tidak ada. Pemerintah seharusnya membantu kami untuk mendapatkan surat-surat berharga itu kembali,” terangnya. Hal senada dikatakan Suprani (45), warga Desa Karang Gayam. Surat-surat tanahnya kini entah kemana. Saat kejadian pengusiran dulu, dirinya tidak sempat menyelamatkannya karena keburu dievakuasi oleh Brimob Polda Jawa Timur, menuju pengungsian. “Kami khawatir kalau surat-surat tanah kami tidak dipegang kami. Khawatir ada pengalihan kepemilikan dengan cara tidak sah,” kata Suprani.(fia)

ISTIMEWA

SUKAMISKIN: Penjara Sukamiskin yang kini dikhususkan untuk tahanan korupsi. Di sini, presiden pertama RI pernah menghuni di kamar bernomor 233. masuk dia terima. wat surat, sambil mengabari “Saya tak dapat belajar de- bahwa dia sudah dipindah dari ngan baik karena badan sudah penjara Banceuy ke Sukamispayah (setelah bekerja sehari- kin, Bung Karno mengatakan an). Otak seolah-olah dapat pe- kepada Inggit. nyakit kekurangan darah se“Kepada isteriku..dia boleh hingga tidak banyak yang dapat datang melihat dan berbicara diterima dan dipikirkan. Otakku dengan saya dua kali dalam merasa lekas benar penuh, lekas sebulan serta tidak boleh mempayah,” aku Bung Karno. bawa ‘oleh-oleh’ untukku. BeSoekarno merasa penjara Su- rapakah lamanya (membesuk), kamiskin lebih parah ketimbang cuma sepuluh menit,” kata dia. penjara Banceuy, tempat dia di- Lalu bagaimana? tahan saat masih menjalani per“Hanyalah ini: Sukamiskin sidangan di pengadilan. Di pen- ialah tak lebih dari suatu rumah jara Banceuy, dia masih bisa kurungan dan saya tak lebih dari mempelajari sejarah lewat buku orang hukuman, seorang madan surat kabar meskipun de- nusia yang mesti menyembah ngan syarat yang berat. larangan dan suruhan, manusia Tak cuma itu, untuk meneri- yang mesti melepas kemanusiama besuk dari istri tercinta, Ing- annya,” kata dia. Saat dibui di git Garnasih, pun dibatasi. Le- Banceuy, hidup sudah begitu di-

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : DJ AMIEL


SENIN, 3 JUNI 2013

Perkokoh Eksistensi di Segmen Rokok Mild, Gudang Garam Luncurkan GG Mild concept yang megah. Selain itu, upaya GG Mild memberikan pengalaman baru untuk kawula muda membuah hasil. Musium Rekor Indonesia (MURI) kembali memberikan penghargaan untuk kategori 3D Mapping panggung terbesar di Indonesia. MURI memberikan piagam atas rekor superlative, atas karya dan karsa pembuatan 3D mapping yang begitu luar biasa di panggung terbesar berukuran 12x40 meter. Sebelumnya, GiGsteria meraih penghargaan MURI untuk dua pertunjukan futuristik Immersive 3D Room dan Augmented Realty (Billboard) yang telah diterima di Kota Medan. “Penghargaan MURI ini memotivasi kami untuk terus berinovasi. Buat kami ini baru permulaan, nantikan kehadiran inovasi lainnya dari GG Mild,” lanjut Ruby. (fia)

3

BBM Naik, Harga Properti Naik JAKARTA - Pemerintah berencana menaikkan harga BBM subsidi. Bensin premium naik jadi Rp 6.500/liter dan solar jadi Rp 5.500/liter. Harga properti dipastikan bakal bergerak naik juga. Apa alasannya? “Harga properti pasti akan naik, pengaruhnya pasti naik karena bahan bangunan pun pasti akan naik, komponen pasti akan naik,” ungkap Direktur Keuangan Panghegar Group M. Sofyar. Ia mengungkapkan, dengan kenaikan harga BBM tersebut, maka ongkos transportasi akan terdorong naik. Hal ini akan berimbas pada kenaikan harga bahan bangunan seperti semen dan besi. Sehingga pihak pengembang mau tidak mau menaikkan harga unit propertinya sebesar 10-15 persen. “Kalau BBM naik berarti ada penyesuaian harga apartemen sebesar 10-15 persen. Karena komponennya yang terkait BBM seperti distribusi bahan bangunan, komponen besi dan semen itu akan naik. Contohnya apartemen seharga Rp 3 miliar itu akan naik 10 persen,” tuturnya. Selain itu, kenaikan harga BBM subsidi juga akan berdampak pada lamanya waktu penjualan. Karena konsumen akan berpikir ulang untuk membeli unit properti disebabkan kenaikan harga barang-barang lainnya. “Pasti ada efeknya, karena untuk konsumen karena untuk membeli kehidupan yang lain juga meningkat. Mungkin target penjualan, target penjualan kita biasanya satu tahun mungkin akan lebih panjang 3 bulan. Selain itu investasi berikutnya juga akan menuntut biaya yang lebih tinggi,” kata Sofyar. (dtc/fia)

GUEST GESANG / MALANG POST

PROMOTIF: Banner GG Mild di salah satu jalan protokol di Malang menandai kehadiran GG Mild di Industri Rokok Indonesia. JAKARTA - PT Gudang Garam Tbk semakin memperkokoh eksistensi di segmen rokok mild dengan meluncurkan produk baru “GG Mild”. Menurut Ruby Hermanto, Head of Light Mild Group Brand PT Gudang Garam Tbk., GG Mild merupakan produk yang didesain untuk memenuhi kebutuhan para pria modern yang trendy. Terkait dengan itu, GG Mild dikembangkan dengan teknologi moderen yang mengkombinasikan sensasi halus rokok mild dengan karakter kuat rokok berkualitas khas Gudang Garam. “GG Mild tampil sebagai rokok mild paling mutakhir dengan sentuhan kenikmatan khas

Gudang Garam, sehingga sesuai dengan karakter pria muda kontemporer,” ujar Ruby. Dia mengungkapkan, Gudang Garam meluncurkan GG Mild karena mempertimbangkan segmen rokok mild yang merupakan segmen rokok paling seksi dengan pertumbuhan pasar sebesar 11,2 persen sepanjang 2012. Lebih lanjut Ruby menuturkan, sebagai anggota baru keluarga Gudang Garam yang legendaris, GG Mild akan meneruskan citra Gudang Garam yang selalu menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sementara itu, serangkaian pertunjukan musik dan hiburan berbalut teknologi canggih per-

tama di Indonesia telah disajikan GiGsteria GG Mild di Sumatera khususnya Medan, Palembang, Pekanbaru dan Lampung. Tak lupa tawaran hadiah utama menyaksikan langsung aksi panggung band papan atas dunia, Linkin Park, Muse dan Metallica di Tokyo Summer Sonic Festival. “Melalui G-Hunter, GG Mild ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi kawula muda untuk memulai keseruan rangkaian acara GiGsteria, “ kata Reginald Event Manager PT Gudang Garam Tbk. Tak hanya permainan G Hunters, GiGsteria dalam perjalanannya menampilkan serangkaian hiburan dan pertunjukan

futuristik seperti, 3D Trick Art Exhibition, 3D Mapping serta Immersive 3D Room. “Kami ingin memanjakan Lampung dengan rangkaian aktivitas yang inovatif dan atraktif. Ini sesuai dengan karakter produk GG Mild yang inovatif dan atraktif,” kata Ruby. Pertunjukan fururistik lain yang disuguhkan GiGsteria adalah Graphic Ground, Gammosphere, Shocking Drama, Gladiator Game, dan pada malam puncak digelar konser musik band papan atas Tanah Air. Pertunjukan ini menyuguhkan panggung yang dilengkapi dengan 3D stage mapping, LED wall screen, dan lighting

BERJUANG: Siswa-siswi SMAN 1 Kepanjen yang mengikuti OSN SMA tingkat Propinsi bersama Kepala Sekolah Drs. H. Maskuri, guru-guru pendamping dari SMAN I Kepanjen dan Pembina OSN dari Diknas Kabupaten Malang.

SERIUS: Hartito Hargiasto, siswa SMAN I Kepanjen serius mengerjakan soal-soal OSN tingkat Propinsi mata pelajaran Fisika pada hari pertama OSN, Sabtu 1 Juni 2013.

SMAN 1 Kepanjen Kembali Raih Prestasi BERJASA: Kepala Sekolah bersama guru-guru pendamping OSN dari SMAN I Kepanjen.

PROSEDUR: Peserta mengikuti prosedur pengecekan yang dilakukan oleh panitia dari propinsi yang meliputi foto copy ijazah, surat keterangan sehat dari dokter, biodata pelajar, serta kartu pelajar asli dan foto copy.

SMAN 1 Kepanjen kembali menorehkan prestasi. Sebanyak delapan siswanya dipercaya mewakili Kabupaten Malang mengikuti OSN tingkat provinsi. Mereka berjuang untuk mendapatkan tiket ke tingkat nasional. FOTO DAN TEKS: GHULAM/MALANG POST

TEGANG: Peserta OSN SMA tingkat Propinsi Matematika dan Fisika tampak tegang.

DRS. H. MASKURI

CERMAT: Panitia pengawas OSN SMA tingkat Propinsi mata pelajaran Fisika.

REDAKTUR :SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : SITI


SENIN, 3 JUNI 2013

4

Seru Dilihat Banyak Orang (ANANDA AYU KHIRANA – SMAN 8 MALANG – MISS PHOTOGENIC)

“RASANYA seneng banget bisa menjadi bagian dalam acara kirab Drumband tahun ini. Senengnya juga karena bisa ketemu sama temen-temen Putri Kartini 2013 juga. Sempet telat dateng di acara ini sih, walaupun gitu tetep seneng banget. Karena masyarakat juga antusias sekali. Rute dari balaikota, lewat di depan stasiun sampai finish di Malang Post diliatin banyak orang, rasanya istimewa banget. Perasaannya selain seneng, ada malunya dikit sih. Karena telat itu tadi, begitu dateng keretanya udah jalan. Jadi naiknya udah mulai jalan. Ini adalah pengalaman pertamaku, meskipun telat tapi tetap menyenangkan.” (mg2/fia)

Rutenya Kurang Panjang (ZAHRAH EZA – SMKN 3 MALANG – PUTERI BERBAKAT)

“AWALNYA aku nggak pengen ikut karena ada ujian sekolah, tapi akhirnya ikut-ikut aja. Make up dan ganti baju di sekolah setelah ujian, dan untungnya waktunya masih sempat. Waktu di jalan pas kirab sanggulku sempet nyangkut di pohon. Karena aku berdiri paling atas, dan cukup tinggi. Jadi pas lewat, ada pohon yang nggak begitu tinggi sehingga sanggulku nyangkut. Walaupun begitu tetep nggak kalah seru. Rasanya pengen ikut acara kayak gini lagi. Tapi rutenya agak panjangan dikit, kan hari ini muternya nggak jauh jadi kurang puas lah. Selain itu supaya lebih lama lagi diliatin sama masyarakat kota Malang.”(mg2/fia)

FOTO:MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

SERU: Pemenang Putri Kartini 2013 mengikuti parade drumband KDS √ Malang Post dengan menaiki kereta yang dijalankan dengan tenaga manusia.

PARADE Putri Kartini 2013

SUPER SERU! MALANG - Para pemenang Putri Kartini 2013 Jumat (31/5) lalu memulai rangkaian tugas mereka sebagai duta remaja. Jumat lalu (31/5), para putri pilihan ini menjadi pembuka parade peserta kompetisi drumband yang digelar oleh KDS bekerjasama dengan Malang Post. Dengan mengendarai kereta, para pemenang Putri Kartini 2013 dengan semangat menyapa warga Kota Malang yang saat itu berkumpul demi menyaksikan parade para peserta kompetisi drumband yang berjumlah sekitar 90 tim. Start parade dimulai dari ikon Kota Malang, yaitu Balai Kota. Saat Wakil Walikota Malang, Bambang Priyo Utomo mengibarkan bendera start, kereta yang dinaiki Putri Kartini pun mulai berjalan pelan menyusuri rute parade. Di sepanjang jalan rute kirab, tidak segan mereka menyunggingkan senyum sebagai bentuk sapaan mereka terhadap warga Kota Malang. Selain itu juga mereka tidak sungkan untuk menyapa penonton dengan melambai-lambaikan tangan. Cuaa yang mendung membuat semangat para Putri Kartini tak ikut abu-abu. Hal itu terbukti pada saat akan memulai kirab mereka sangat antusias dan tidak memperdulikan cuaca siang itu. Bahkan Amelia Mardikawati, Miss Friendship dan Zahrah Eza, Puteri Berbakat terlihat ceria kendati harus berdiri di bagian kereta yang paling tinggi. “Aku senang sekali bisa menjadi bagian dalam even ini. Kapan lagi aku bisa nampang, keliling-keliling kota Malang dan bisa melambailambaikan tangan kayak Miss

Indonesia,” cerita Amel. Selain para gadis-gadis cantik ini, penonton juga tidak kalah antusias dengan mereka. Tidak sedikit para penonton mulai dari anak-anak hingga dewasa baik laki-laki maupun perempuan yang membalas lambaian tangan dari teman-teman Puteri Kartini.. Antusiasme para penonton ini juga terlihat dengan tidak mau kalahnya mereka dengan para fotografer. Mereka tidak sungkan untuk mengeluarkan ponsel mereka dan memotret para Putri Kartini yang siang itu tampil dengan dresscode kebaya modern. Iring-iringan yang diikuti oleh Runner Up I, ShellaAmalia, Runner Up II, Aura Kamila Anwar, The 5th Winner, Arum Bunga Difitri, Miss Beauty Skin, Jeanneth Angelina Lohonsedu, Miss Photogenic, Ananda Ayu Kirana, Miss Friendship, Amalia Mardikawati, dan Puteri Berbakat Zahrah Eza juga mengundang decak kagum dari para penonton. Bagaimana tidak mereka terlihat cantik dan anggun dengan menggunakan kebaya modern dan tampil dengan make up yang natural. Sehinggan membuat mereka mendapat banyak pujian dari para penonton. “Mereka memang bersemangat sekali untuk mengikuti acara ini. Tapi mereka masih terlihat malu-malu dan sedikit canggung, mungkin karena baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti ini,” tutur Shuvia Rahma, Redaktur Malang Post. Meskipun hanya 7 orang saja, tapi mereka tetap membuat kirab hari itu ramai. “Sebenernya aku berharap kita bersepuluh bisa hadir

semua. Meskipun kami bertujuh sudah membuat keadaan menyenangkan. Tapi kalau bisa lengkap akan semakin baik dan lebih menyenangkan lagi. Harusnya ada tiga orang lagi, Puteri Kartini Zaiimatul Ummah, The 4th Winner Dhia Naqqiya, dan Miss Favourite, Karina Fiterty. Sayangnya mereka ada ujian yang nggak bisa ditinggalin jadinya nggak bisa gabung sama kita. Semoga next time kalau ada acara mereka bisa bergabung lagi.” Tukas Shella. Tidak hanya sampai pada kirab saja, keseruan mereka berlanjut saat sudah sampai di garis finish. Mereka melanjutkannya dengan sesi foto di depan kantor Redaksi Malang Post. Mereka bertujuh foto bersama dengan beberapa peserta drumband. Tidak segan-segan mereka berpose seceria mungkin dengan para peserta. Bahkan mereka juga berfoto dengan menggunakan property drumband. Meskipun berat tapi mereka mengaku hal itu sangat menyenangkan. “Berat tadi pas bawa alatnya. Tapi seru banget, bisa ngerasain jadi personil drumband itu nggak mudah. Harus membawa beban berat sekaligus memainkan alat musiknya. Cara jalannya juga harus bareng, jadi aku rasa itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi perlombaan ini nggak diikuti oleh orang-orang yang sudah besar. Ada peserta yang masih SD dan sudah sangat lihai memainkan alat-alat berat ini. Kegiatan seperti ini positif ya, harus tetap dipertahankan dan harus tetap diadakan setiap tahunnya. Sukses untuk semuanya.” Pungkas Amel.(mg2/fia)

Nggak Nyangka Bisa Naik Kereta (SHELLA AMALIA – SMAN 5 MALANG – RUNNER UP)

“PERSIAPANKU untuk mengikuti kirab ini cukup ribet. Mulai dari memilih kebaya yang cocok sampai pasang bulu mata yang susah nempel karena posisinya nggak pas. Tapi semua itu terbayarkan waktu dateng ke Malang Post dan ketemu sama temen-temen Putri Kartini 2013. Terus pas udah mau berangkat dan ngeliat kendaraannya, aku nggak nyangka kalau kita nanti bakalan naik kereta. Dan rasanya aku bisa keren banget bisa duduk di kereta itu dan berkeliling di sebagian Kota Malang dan bertemu dengan masyarakat Malang. Aku sepertinya sedikit beruntung karena aku duduk, jadinya nggak capek. Serunya lagi pas aku lambai-lambai tangan, banyak anak kecil-kecil yang juga lambaikan tangan, jadi nggak ngerasa dikacangin.”(mg2/fia)

Berasa Tamu Penting (AMELIA MARDIKAWATI – SMAN 10 MALANG – PUTERI PERSAHABATAN)

“BERTEMU dengan masyarakat kota Malang yang sangat menyenangkan. Sebelum mulai kirab aku dan teman-teman Puteri Kartini juga sempet disuruh duduk di kursi undangan Balai Kota, jadi rasanya jadi tamu penting. Saat kirab dimulai banyak sekali masyarakat Kota Malang yang berteriak ‘Cantikcantik’ gitu, sedikit membuat GR. Menurutku acara seperti ini patut untuk dilaksanakan setiap tahun karena bisa menemukan bakat-bakat dan potensi baru.”(mg2/fia)

Everything is Awesome! (AURA KAMILA ANWAR – SMAN 10 MALANG – RUNNER UP I)

“UNFORGETABLE momment. Kapan lagi bisa terlibat dalam acara yang menyenangkan seperti ini. Kalau nggak ikut Puteri Kartini Malang Post mungkin aku juga nggak bisa seperti ini. Persiapan sebelum acara, bingung cari kebayanya. Tapi akhirnya terpecahkan. Dan aku bisa gabung dengan teman-temanku untuk memeriahkan acarra kirab sore ini. Aku sempet takut sih waktu kirabnya, karena posisiku berdiri jadi pas ngerem rasanya mau jatuh. Pas awalawal jadinya sempet tegang karena itu. But, everything is awesome!”(mg2/fia)

Bangga Diteriakin Cantik (JEANNETH ANGELINA L. – SMAN 7 MALANG – MISS BEAUTY SKIN)

PERTAMA: Parade menjadi pengalaman pertama yang mengesankan bagi para pemenang Putri Kartini 2013. Sambutan penonton yang antusias menjadi kebanggaan terse ndiri bagi para duta remaja ini. tersen

“MENARIK banget mengikuti acara kayak gini. Ini juga pengalamanku yang pertama, jadinya seneng banget. Apalagi waktu naik kereta kelilingkeliling diliat sama orang banyak dan diteriakin cantikcantik. Ada momen yang menegangkan juga pas naik kereta, soalnya ngeremnya mendadak dan rasanya hampir mau jatuh. Jadinya ya degdegan gitu. Tapi di balik semua itu aku bangga banget bisa ikut acara ini. Mudah-mudahan nggak cuma sekali deh. Soalnya jarang-jarang juga aku ada ikut acara seperti ini.”(mg2/fia) REDAKTUR : NUGROHO, LAYOUTER : SITI


SENIN, 3 JUNI 2013

5

BLACKBERRY

Promo Voucher Diperpanjang

RIZAL FANANY / MALANG POST

BERTAMBAH: Mesin ATM BNI berjajar di galeri yang berada di jl Basuki Rahmat. Tahun ini ada penambahan 37 titik ATM baru milik bank pemerintah tersebut.

Kabar BUMN

MALANG – Promo BlackBerry Curve 9220 (Davis) dan 9230 (Amstrong), gratis voucher Hypermart Rp 250 ribu terus berlanjut hingga Jumat (14/6) mendatang. BlackBerry sengaja memberikan waktu perpanjangan selama 25 hari untuk promo ini, tak lain untuk menjaring lebih banyak lagi pembeli dua produk best seller BlackBerry tersebut.– Perpanjangan tersbeut juga dibarengi dengan perubahan lokasi penukaran voucher dari yang awalnya di Malang Plaza, dipindahkan ke–Hypermart, Batu Town Square (Batos).– Promotor BlackBerry, Octavia Shanti mengaku sejak tahap pertama berakhir pada 19 Mei lalu penjualan Davis dan Amstrong cukup stangnan. Setidaknya, untuk masing-masing gerai di Malang Olympic Garden (MOG) mampu menjual dua unit dari kedua produk tersebut. “Sekarang promonya diperpanjang, cuma penukaran vouchernya ada di Batu, sehingga pembeli pun kami sarankan untuk menukarkan ke sana,’’ kata wanita yang memiliki wilayah tugas di MOG ini. Senada, Mega Mustika promotor BlackBerry yang memiliki wilayah tugas di Malang Town Square (Matos) juga mengatakan jika performa Davis dan Amstrong hingga saat ini belum dapat tergantikan. Kedua produk yang menyasar pasar menengah kebawah ini masih laris manis. Terlebih, promo gratis voucher pada dua produk ini juga masih berlangsung. “Tetap menjadi best seller di semua toko atau gerai yang menjual produk ini,’’ tandasnya. Koordinator event promo BlackBerry dengan voucher Hypermart atau foodmart Rp 250 ribu, Ali Mustofa saat dihubungi Malang Post mengatakan sekalipun tidak seramai sesi pertama, namun program promo ini menuai sukses. Dan itu terbukti, setiap hari lebih dari 25 user yang menukarkan kupon tersebut dengan voucher. “Setiap hari pasti ada, kalau dirata-rata 25 user lah,’’ tandas Ali yang mengatakan promo ini akan berakhir hingga 14 Juni mendatang, dengan persyaratan yang sama. (vik/fia)

BNI Siapkan ATM Drive Thru MOBIL DAN MOTOR MALANG – Bank BNI Malang tahun ini menginvestasikan Rp 2,5 miliar untuk memperbanyak jaringan ATM di wilayah Malang Raya. Dana investasi tersebut rencananya akan dipakai untuk membangun ATM drive thru untuk mobil dan sepeda motor. Pemimpin Cabang BNI Malang, Herastuty Sidikirana menjelaskan, dana tersebut juga akan digunakan untuk membuka payment point di wilayah Lawang, tepatnya di area RS Jiwa. Di payment point tersebut, masyarat bisa memanfaatkan untuk

transaksi penyetoran, pengambilan dan pembayaran tagihan-tagihan. “Di wilayah tersebut berpotensi untuk dibuka payment point, sebab di sana terdapat instansi-instansi, salah satunya adalah Poltekes,” terang Ety saat ditemui Malang Post di kantornya yang berada di kawasan Jl Basuki Rahmat. Ety menambahkan, dua ATM jenis drive thru tersebut merupakan bagian dari 37 unit ATM yang akan ditambahkan di tahun ini, secara keseluruhan ada 154 mesin penarikan otomatis yang akan

dioperasikan. Di area Malang nantinya akan ada di 37 titik. “Diantaranya ada di Kostrad, Karang Kates, Samsat Kepanjen, Meeting Point Telo Mart, dan di Pakis. Rp 2,5 miliar tersebut khusus untuk ATM drive thru dan payment point,” rinci dia. Penambahan ATM tersebut, lanjut Ety sejalan dengan kebutuhan transaksi masyarakat yang makin meningkat, seperti ATM drive thru untuk mobil dan motor. Keduanya dibangun karena kebutuhan masyarakat untuk melakukan

transaksi perbankan yang lebih cepat, praktis, dan efisien. “Nggak perlu turun dari kendaraan, nggak perlu bayar parkir juga,” ucap perempuan ramah berjilbab ini. Khusus untuk ATM drive thru mobil, BNI akan membuka di kawasan Soekarno Hatta. Kawasan sibuk ini dipilih karena mobilitas warganya yang tinggi dan berimbas pada tingginya transaksi keuangan. “Kalau untuk drive thru sepeda motor, kita masih mencari lokasi yang strategis,” imbuh Ety. (fia)

Pepsodent Perbanyak Varian Produk Gigi Sensitif MALANG – Bulan ini, Unilever segera memperkenalkan Pepsodent varian terbaru, yaitu Pepsodent Expert Protection. Varian ini melengkapi produk perawatan gigi sensitif milik Pepsodent yang sudah beredar terlebih dahulu diantaranya Sensitive Expert Gum Care dan Sensitive Expert Whitening. Drg. Ratu Mirah Afifah, Professional Relationship Manager Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk kepada Malang Post menjelaskan, saat ini Pepsodent memang tengah memperbanyak varian produk untuk gigi sensitif. “Kebutuhan konsumen terhadap gigi sensitive terus tumbuh. Dengan adanya produk pasta gigi untuk gigi sensitive, konsumen bisa memilih pasta gigi secara tepat,” terang Mirah usai pres conference School Program Sikat Gigi Sebelum Tidur beberapa waktu yang lalu. Pepsodent Expert Protection menurut Mirah memiliki kandungan yang lengkap yaitu microgranules, HAP Mineral Fluoride, Potassium Citrate, dan ZincCitrate yang dapat memberikan 8+2 Expert Actions, untuk perlindungan total

terlengkap. Mirah menuturkan, varian terbaru ini masih memiliki konsep yang sama dengan pendahulunya. Pepsodent Sensitive Expert Protection memiliki kemampuan, yaitu relieve, repair, dan prevent. Relieve, dibuat dengan kombinasi teknologi mutakhir HAP (Hydroxyapatite) mineral, yang mampu masuk ke dalam saluran dentin yang terbuka. “Selain itu juga ada potassium citrate yang membantu menghalangi rangsangan dari luar, masuk ke saraf gigi, sehingga dengan cepat mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif, hanya dalam 30 detik,” ungkap dia. Sedangkan repair, merupakan kombinasi dari HAP mineral sebagai sumber kalsium dan sodium monofluorophosphate, sebagai sumber flouride yang mampu membantu proses remineralisasi untuk menguatkan lapisan email gigi. Terakhir prevent, dimana kandungan zinc citratenya mampu mencegah radang gusi (gingivitis) dengan cara menghambat metabolisme bakteri pada plak, sehingga mengurangi risiko munculnya gigi sensitif di kemudian hari.

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

AKSI PEDULI: Kegiatan sosialisasi Sikat Gigi Sebelum Tidur dilaksanakan Pepsodent di SDN 1 Ngaglik 1 Batu, pekan lalu. Pepsodent Expert Protection hadir Perlindungan Gigi Berlubang masih dalam dua varian, yaitu Original dan paling tinggi hingga di atas 50 persen. Gentle White yang membantu gigi “Karena itu adalah produk Pepsodent tampak lebih putih alami. yang pertama, sehingga cukup melekat Mirah menuturkan, kendati Pepsodent di masyarakat. Selain itu, gigi berlubang menitikberatkan pengembangan produk juga masih menjadi permasalah yang pada pasta gigi untuk gigi sensitif, banyak ditemui di masyarakat Indonenamun ia mengakui, serapan Pepsodent sia,” ujar dokter cantik ini. (fia)

Hisa Production

Mudahkan Konsumen Bentuk Pencitraan di Masyarakat MALANG - Di era modern, kebutuhan manusia akan pencitraan semakin meningkat. Peluang ini pun ditangkap oleh masyarakat dengan mendirikan rumah produksi. Salah satunya, adalah Hisa Production. Rumah produksi yang digawangi oleh Hisa Al Ayyubi ini pun berkomitmen melayani berbagai kebutuhan manusia akan pencitraan, baik itu untuk pribadi atau perusahaan. “Untuk dapat mencapai tujuan pencitraan diri diperlukan media, dan sarana yang tepat. Iklan baik indoor maupun outdoor harus dibuat semenarik mungkin disesuaikan dengan target yang diharapkan,” ujarnya ditemui di kantornya, jalan Pulosari I Nomor 14, Blimbing, Kota Malang, kemarin. Pria berkepala plontos itu mengungkapkan, bentuk iklan akhirnya bermunculan menyesuaikan kebutuhan sebuah pencitraan. Mulai dari yang konvensional, misalnya iklan baris, banner sampai baliho, sedangkan di media elektronik ada radio ataupun televisi.

“Yang tengah populer sekarang, masyarakat memanfaatkan media sosial, baik di HP maupun internet,” terangnya. Selain beriklan, lanjut Hisa, ternyata urusan pencitraan juga memerlukan apa yang disebut dokumentasi. Kalau dahulu dokumentasi hanya dalam bentuk foto. Di era digital ini dokumentasi lebih baik lagi, yaitu dalam bentuk audio visual. Dalam bentuk audio visual dokumentasi akan lebih terasa hidup, dan lebih menarik. “Kami menangkap kebutuhan masyarakat tersebut sebagai peluang usaha yang bagus,” kata dia. Lebih lanjut, production house yang dirintisnya tersebut berupaya memberikan yang terbaik bagi customer. “Hasil dokumentasi kami yang berbentuk audio visual rasanya cukup kompetitif. Produk kami sesuai standar media radio dan telivisi. Apabila ditayangkan di suatu studio TV, sudah tidak perlu melakukan editing,” cetusnya. Selain production house dan kebutuhan dokumentasi, Hisa

Hisa Al Ayyubi ternyata juga menyasar bisnis event organizer. “Even organizer memang sangat berkaitan erat dengan bisnis yang saya rintis di atas. Untuk penyelenggaraan seminar, pameran, ataupun pelatihan, sudah sering kami lakukan. Dalam 3 bulan ini kami sudah melaksanakan berbagai even pelatihan. Misalnya, pembuatan website sukses mentransfer ilmu kepada para peserta yang notabene masih nol

di dunia internet. Ini dilakukan hanya dalam satu hari,” papar dia. Hisa juga mengaku telah sukses memberikan pelatihan motivasi bisnis kepada sekitar 600 santri di PP Nurul Jadid, Probolinggo, untuk menjadi entrepreneur di bidang IT. Selama sehari penuh para santri diberi motivasi dan pelatihan bagaimana menjadi pebisnis yang andal dan sukses. “Ternyata mereka sangat antusias. Ketertarikan para santri akan wirausaha terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Pelatihan kewirausahaan untuk para santri akan dilanjutkan lagi,” akunya. Hisa mengungkapkan, pihaknya juga memberikan pendidikan khusus pembentukan karakter Pengurus OSIS SMPN 16 Malang untuk menjadi pemimpin yang berani, tangguh dan berdisiplin tinggi dalam mengemban amanahnya. Dalam sehari penuh siswa digembleng dalam pelatihan ketangkasan, kecepatan berpikir dalam menyelesaikan masalah.

Dan tentu, kami juga memberikan materi tentang kepemimpinan,” pungkas dia. (sin/sir/fia)

IRA RAVIKA/MALANG POST

DIPERPANJANG: Blackberry Curve 9220 dan 9230 adalah dua produk BlackBerry yang masih menjadi primadona para gadgeter di Malang.

COOLPIX L310

Bodi Mini, Performa Maxi MALANG – Nikon terus menciptakan produk-produk mutakhirnya. Salah satu produk yang membuat mata terbelalak adalah Coolpix L310. Kamera jenis prosumer ini memiliki kemampuan yang membuat foto yang diabadikan tampak bagus. Itu lantaran pabrikan asal Jepang ini menanamkan berbagai teknologi mutakhir di dalamnya. Dewi Handayani, Marketing Gudang Camera, Dieng Plaza mengatakan Coolpix 310 ini dibekali dengan sensor CCD beresolusi 14.1 megapixel, yang memiliki kemampuan hingga 21X zoom. Cukup luar biasa, terlebih gambar yang terekam atau hasil jepretan tetap terlihat bersih. Soal kecepatan dalam mengambil gambar, pengguna tidak perlu meragukannya. Itu karena kamera ini dilengkapi dengan prosesor Image EXPEED C2, yang merupakan teknologi mutakhir untuk mempercepat dan memudahkan pengguna pada saat melakukan pengambilan gambar dalam kondisi apapun. “Lensa 25-525mm yang tertanam pada kamera ini memang bukan lensa biasa. Terlebih untuk merekam gambar video, kamera ini akan menghasilkan gambar kualitas HD 720p,’’ katanya. Dewi juga mengatakan kamera ini betul-betul dapat diandalkan untuk dapat menghasilkan foto-foto terbaik lantaran Nikon menambahkan 17 mode dan smart potrait dengan fitur blink proof, red eye fix serta skin softening. Selain itu Coolpix L310 ini juga dilengkapi dengan sensor shift VR atau pengurangan getaran yang dapat membantu mengurangi efek gerakan pada kamera “Adanya mode dan fitur tersebut gambar yang dihasilkan akan terlihat jernih dan tajam, tanpa menghilangkan kenaturalannya,’’ tambah Dewi, sembari mengatakan pengguna bisa melihat hasil jepretan maupun rekam video secara puas, lantaran Coolpix L310 ini dibekali dengan layar LCD seluar 3 inch. Dengan spesifikasi tersebut, sudah tentu kamera ini tidak hanya cocok sebagai senjata para photographer profesional. Penggunaan yang mudah, dengan banyak fitur yang ditanam pada kamera ini pun cocok sebagai teman para photographer pemula. Desain Coolpix L310 mengadopsi kamera DSLR. Hadir dengan warna hitam, membuat kamera ini terkesan sangat mewah. Selain itu pada bodi kamera Nikon Coolpix L310 tersedia sebuah rubberised hand grip dan juga sebuah alas atau pad dari bahan karet yang letaknya di belakang untuk pegangan jempol tangan. Dengan adanya karet yang menempel pada bodi kamera tersebut sangat memudahkan pengguna dalam memegang kamera. “Paling penting, selain model dan spesifikasinya yang menawan, kamera ini dibandrol dengan harga sangat murah. Untuk membeli kamera ini pengguna hanya membayar Rp 1.450.000 saja,’’ tandas wanita berjilbab ini. (vik/fia)

REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : DJ AMIEL


SENIN, 3 JUNI 2013

6

Peserta Atraktif, Senam Rampal Kian Semarak MALANG- Senam Rampal yang digelar Malang Post bersama Kodim 0833 berlangsung kian semarak dengan diikuti ribuan peserta, Minggu pagi kemarin. Keceriaan terpancar dari para senamers (julukan member senam) dan seluruh peserta senam mengikuti seluruh gerakan atraktif dari instruktur. Menggunakan dresscode putih biru, membuat suasana menjadi lebih berwarna dan ceria. Suasana semakin meriah, ketika Koordinator Senam Rampal, H Sudarno menyapa ribuan senamers maupun peserta yang tak sabar untuk menggoyangkan badannya. Selanjutnya, acara senam pun dimulai dengan naiknya tiga instuktur kesayangan yakni Sugeng Lonehab, Ellen Yuliana, Farida Ariyani, ke atas panggung.Tiga instruktur itu, langsung mengajak ribuan senamers dan

seluruh peserta senam untuk menggoyangkan badannya. Gerakan low maupun pemanasan, menjadi pembuka senam. Memasuki pertengahan, senamers dan seluruh peserta senam dibuat berkeringat. Lantaran instruktur, mulai menginjak gerakan yang aktraktif serta dengan tempo cepat. Gerakan dengan tempo cepat itu, tampaknya disukai oleh mayoritas senamers. “Ya gini dong, temponya cepat. Jadi cukup membuat saya dan senamers di sini berkeringat. Kalau kita keluar keringat kan, badannya jadi sehat,” ujar Dewi Aryani, salah satu senamers yang sudah satu tahun mengikuti Senam Rampal ini. Ditambah dengan goyang dangdut khas Sugeng Lonehab, para member diajak untuk lebih atraktif dalam melakukan setiap gerakan. “Ayo goyangannya mana?” teriak Sugeng

langsung disambut riuh rendah teriakan para peserta. Beberapa peserta juga langsung melakukan gerakan, yang tak kalah heboh dibandingkan dengan gerakan dari instruktur. Senam Rampal yang kian diminati warga se-Malang Raya terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, seluruh peserta diajak untuk melakukan gerakan pemanasan dan gerakan inti. Kemudian, pada sesi kedua atau terakhir, para senamers diajak melakukan gerakan pendinginan yang bisa membuat mereka rileks. Koordinator Senam Rampal H Sudarno menjelaskan pada edisi berikutnya, Senam Rampal akan berlangsung istimewa lantaran akan senam “Dahlan Style” yang berlangsung 132 titik di seluruh Indonesia.‘Untuk itu, di Lapangan Rampal juga disediakan big screen,‘‘ cetusnya. (big/nug)

MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST

SEMARAK : Senam Rampal berlangsung semarak Minggu pagi kemarin.

KOMUNITAS SEGO BUNGKUS

Gelar Pertunjukan Kolosal di Graha Cakra

TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

SIAP-SIAP: Kenaikan harga BBM yang diprediksi terjadi minggu ketiga Juni ini bakal membuat tarif angkutan seperti bus antar kota juga naik.

Pikirkan Penumpang, Tak Mau Buru-Buru Organda Antisipasi Kenaikan Harga BBM MALANG- Menilik sinyal yang mulai ditunjukkan pemerintah pusat, tidak menutuup kemungkinan kenaikan harga BBM bakal terjadi pada minggu ketiga bulan Juni ini. Kabarnya, kenaikan harga BBM tidak bisa diundur lebih lama lagi karena selain potensi penghematan yang akan makin tipis, pengundurran juga dikhawatirkan berbenturan dengan masa tahun ajaran baru dan bulan puasa yang berpotensi memicu inflasi. Kian santernya desas desus tersebut tak ayal membuat Organisasi Angkutan Darat (Organda) sigap merapatkan barisan. Jika memang kebijakan kenaikan harga BBM

benar-benar digedog, tak ada pilihan lain bagi para pengusaha jasa angkutan untuk menyesuaikan tarif baru. Bagaimanapun, mereka harus mengantisipasi pembengkakan biaya akibat naiknya harga bahan bakar. Rencananya dalam pekan ini Organda bakal menggelar pertemuan untuk membahas kebijakan terkait. Selagi menunggu keputusan resmi dari pemerintah, para pengusaha angkutan akan membicarakan segala kemungkinan penyesuaian tarif mengacu harga BBM terbaru. “Kami upayakan awal Juni ini melakukan pertemuan untuk membahas hal itu. Karena banyak hal yang harus disesuikan jika memang harga BBM benar-benar naik,” ungkap Sekretaris Organda Malang, Risky Nur Hamidinah. Pihak Organda sendiri menegaskan tak mau tarif baru yang mereka tetapkan

justru dianggap ‘mencekik’ konsumen. “Kalau boleh jujur ya kami sebetulnya tidak berharap ada kenaikan harga BBM. Tapi, juga harus siap menyesuaikan bila memang begitu (ada kenaikan). Harus dibahas detail agar tarif baru bisa dimaklumi penumpang,” lanjutnya saat dihubungi Malang Post, kemarin. Bila benar harga BBM subsidi dinaikkan sampai Rp 6500, diprediksi biaya operasional kendaraan umum bakal membengkak sekitar 30 hingga 35 persen. Dengan demikian, diperkirakan juga akan terjadi kenaikan tarif angkutan umum sebesar presentase tersebut. Padahal, sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menegaskan subsidi harus dikurangi untuk menjaga perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Presiden mengungkapkan bila tidak ada

TRAFFIC LIGHT SOLAR SELL TOMMY YUDA PAMUNGKAS//MALANG POST

INOVATIF: Nantinya, traffic light di sejumlah titik di Kota Malang bakal berteknologi solar sell.

Disebar 11 Titik, Perlu Dikaji Mendalam MALANG- Tak hanya berkonsentrasi mengurai problem kemacetan yang kian pelik, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang berencana terus melakukan terobosan dalam meningkatkan sarana penunjang lalu lintas di Kota Pendidikan ini. Salah satu wacana yang kini diseriusi Dishub adalah pemasangan traffic light bertenaga surya alias solar sell. Jika tak ada perubahan rencana, pemasangan lampu lalu lintas ramah lingkungan tersebut bakal disebar di 11 titik. Di antaranya di perempatan Jalan Galunggung, Jalan Gajayana, perempatan Jalan Veteran, Jalan Dieng dan beberapa lokasi lain yang hingga kini masih dikaji. Traffic light tersebut nantinya dilengkapi area traffic controlling system (ATC). Untuk pengadaan lampu lalu lintas ini, anggaran yang disiapkan pun tak main-main. Mengacu APBD 2013, dana yang disiapkan mencapai Rp 4,7 miliar. Karena sudah dialokasikan, kini pihak Dishub tinggal mematangkan perencanaan untuk selanjutnya segera merealisasikan. “Tinggal realisasi saja,” terang Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Dishub Kota Malang, Eko Budi Hartoyo. Dengan teknologi solar sell, traffic light tersebut juga dilengkapi dengan lampu model hybrid. Pencahayaannya semakin terang karena disupport baterai berdaya besar dan tahan lama. “Bisa bertahan sampai satu minggu. Jadi, misalkan saja selama satu minggu Kota Malang tidak disinari matahari, lampu traffic light bisa tetap menyala,” lanjutnya. Sekalipun begitu inovatif, namun Dishub agaknya masih perlu mengkaji wacana ini secara lebih mendalam. Mereka tentunya tak ingin dianggap gagal seperti halnya pemasangan paku jalan yang juga berteknologi solar sell. Baru dipasang tiga bulan, kini sudah banyak paku jalan yang copot dan hilang entah kemana. Banyak yang menuding Dishub begitu teledor dalam memasang alat pembatas jalan yang bisa menyala terang saat hari mulai gelap tersebut. Seharusnya pemasangan paku jalan sudah didesain sedemikian rupa agar aman dari pencurian. Entah itu dengan memperkuat penancapannya di aspal atau ada alat preventif penunjang. (tom/nug)

kenaikan harga BBM, subsidi total di APBN akan melonjak menjadi Rp 446,8 Triliun dengan subsidi BBM mencapai Rp 297,7 Triliun dan defisit akan menjadi Rp 353,6 Triliun atau 3,83 persen dari produk domestik bruto Indonesia. Sebagai gantinya, pemerintah telah menyiapkan program kompensasi atas kenaikan harga BBM. Selain Bantuan Langsung Sementara (BLSM) Rp 150 ribu per bulan untuk 15 juta kepala keluarga, pemerintah juga menyiapkan kompensasi pedesaan. Implementasi dana kompensasi untuk desa dan kelurahan miskin tersebut akan dilakukan selama 3 bulan setelah kenaikan harga BBM subsidi diberlakukan. Dengan asumsi kenaikan BBM pada Juni, maka Juli akan menjadi bulan persiapan dan mulai dikucurkan pada Agustus, September, dan Oktober. (tom/nug)

MALANG-Komunitas Sego Bungkus bakal menggelar pertunjukan kolosal berjudul Ironman Kepincut Ken Dedes. Acara tersebut bertujuan untuk amal bagi ribuan anak yatim piatu di Kota Malang. Pertunjukan seperti opera van java itu, bakal menampilkan pemain Arema Cristian Gonzales dan sejumlah artis ibukota. Dalam jumpa pers di Monopoly Cafe, kemarin, komunitas Sego Bungkus melaunching program tersebut. Mereka mendatangkan Gonzales Family, sekaligus melakukan penjualan tiket presale. Pertunjukan sendiri, sebenarnya baru digelar pada 5 Juli 2013 mendatang. “Penggagas acara ini ya komunitas sego bungkus yang sudah biasa sedekah jalanan, saweran kepada adik-adik yatim non panti,” tegas Diah Ayu founder sego bungkus. Pada bulan Ramadhan akan diadakan tablig akbar mengundang 2000 anak yatim. Makanya, dalam rangka mewujudkan hal itu, kemudian dibuatlah acara yang bersifat profit. Keuntungan sepenuhnya akan diberikan kepada anakanak yatim piatu.”Kita akan gelar pula buka puasa bersama, tarawih, sahur, selama bulan puasa, kita berikan terus kepada anak-anak yatim piatu,” imbuh Diah. Ironman kepincut Ken Dedes sendiri bakal dikemas parodi bak opera sabun. Acara itu akan menghadirkan ribuan anakanak yatim piatu. Sekaligus juga dibuka kesempatan beramal dengan membeli tiket pertunjukan.”Masyarakat malang haus acara seperti ini, kami kemas parodi yang sebelumnya belum pernah ada di kota ini, agar semua segmen masuk. acaranya nonton dan ketawa bareng,” katanya. Siapa saja artisnya, diantaranya adalah Gonzales yang bakal tampil sebagai Ironman. Kemudian Jojon, Vega, Gading Martin, Poppy,Amanda Gonzales, Wendy, Aming dan lain-lain. “Artisnya membayar dengan rate khusus, karena ini kegiatan amal,” tandasnya. Sementara itu, produksi pertunjukan itu diperkirakan menelan dana mencapai Rp 351 juta. Durasi pertunjukan mencapai 2,5 3 jam dengan target penonton 4000 orang.”Acara digelar di Graha Cakrawala yang memiliki kapasitas 5000-6000 orang,” ujar Andika selaku director. (ary/nug)

FINO YUDISTIRA/MALANG POST

AMAL : Keluarga Gonzales dalam jumpa pers bersama Tim Sego Bungkus di Monopoly Cafe, kemarin.

Dorong Kampung Miliki Ruang Terbuka Hijau MALANG-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkot Malang. mendorong kampung dan lingkungan agar memiliki ruang terbuka hijau (RTH). Saat ini, RTH publik di Kota Malang hanya 18 persen. Padahal, seharusnya Kota Malang memiliki RTH mencapai 20 persen dari luasan kota. Menurut Kabid Pertamanan Slamet Husnan, untuk itulah akan digeber proyek penambahan RTH. Sebelum proyek fisik digeber, DKP mengadakan proyek perencanaan taman median jalan. Proyek itu sempat gagal lelang karena tiada rekanan yang mampu memenuhi persyaratan.”Akan kita lakukan pengadaan baru dengan panitia yang baru,” tegas Slamet sapaan akrabnya. Proyek perencanaan sendiri dianggarkan Rp 99 juta, kini masih dalam proses lelang baru. Perencaan itu diharapkan bisa menjadi

acuan DKP dalam melanjutkan proyek fisiknya. DKP akan membangun taman median demi penambahan RTH.”Akan dibangun seperti taman median jalan yang telah ada, kita lanjutkan seperti Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Jagung Suprapto,” tegasnya. Dikatakan Slamet, Kota Malang hanya memiliki RTH publik dengan persentase 18 persen. Kemudian RTH privat sudah jauh diatas kewajiban 10 persen. Sebab, RTH privas milik perumahan sudah mencapai 12 persen.”Menambah luasan RTH berarti mengurangi polusi udara dan menambahkan keindahan tengah kota,” katanya. Pihaknya menganjurkan agar lingkungan sempit di tingkat RW dan RT membangun RTH. Sekecil apapun lahan yang ada, hendaknya dihias dengan sejumlah tanaman segar. Keberadaan taman-taman kecil di poskamling dan

sebagainya itu, bisa menjadi pasokan oksigen untuk Kota Malang.” Kampung sempit, yang memiliki fasilitas umum hendaknya juga membangun RTH, kita anjurkan setiap lingkungan memilikinya,” ujar dia. Adapun, untuk pembangunan RTH berupa taman median jalan, akan digeber tahun ini. Tentu saja, menunggu proyek perencaaan taman median jalan selesai dikerjakan. Total dana yang disiapkan sekitar Rp 2 miliar. Proyeksi taman median jalan adalah di kawasan Jalan Letjen Sutoyo, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Letjen S. Parman. Taman median yang jalan tergolong bagus, ada di depan gereja Kayu Tangan. Selain itu untuk taman yang cukup indah yakni di kawasan Fly Over Arjosari, “Taman Ken Dedes”. Keberadaan taman seperti itu dinilai bisa menyejukkan Kota Malang.(ary/nug)

GUEST GESANG/MALANG POST

ASRI : Taman Ken Dedes di kawasan Arjosari, ruang terbuka hijau (RTH) penting di Kecamatan Blimbing.

REDAKTUR : NUGROHO, LAYOUTER : SITI


SENIN, 3 JUNI 2013

MALANG MOBIL - MOTOR AVANZA G 2009 HITAM N MLG Ko ta Perum Graha Kencana Seltan I/ IIA Hub. 081333452767 BG-26/6 DIJUAL FERIO thn’98 AT Hijau Metalic Istw.75jt Hub: 08563682060 BG-27/6 DIJUAL Volvo 960 th’95 warna hitam Hub: 0818504563 BL-30/6 DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/6 DIJUAL mbl Toyota twin cim thn’88 Wrn Putih’Hub: 08123399874 .Pak Santo BL-30/6 AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 75571810811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12 JUAL cpt AVANZA 1500cc tipe S th 2010 full asuransi 145 jt Hub: 081805044449 BG-31/6 • SUZUKI • DIJUAL APV Arena GL’09 Biru Mtl All-Rish Tgn- 1 Ist 116jt Hub: 08125202345 BG-28/6 JUAL Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/5 DIJUAL Suzuki Amenity tahun 1990, barang mulus, mesin enak, AC dingin, veleg racing, pajak panjang, plat N kota harga 41juta nego. Hub: 0341-7326040/085746923919 BL-30/5 “PROMO SUZUKI DISCON SU PER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-30/6 GEBYAR Discon bombastis SZK, PU, APV, SX4 open indent Ertiga double blower & new Swift 9568253/081141959999 BG-28/6 •HONDA• DIJUAL Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 081937986494. Jl.Panji Suroso no.8E. BG-30/6 VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.0341-7020502/7750675 BG-21/6 • YAMAHA • PAKET Hemat DP800rb,ang 500-an hny di Yamaha Dinoyo Hub:7712177 BG-30/6

TANAH DJL rmh dan tnh 1370 m . kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081916492079/085755130040 BG-28/6 RUMAH DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirtasani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736 BG-29/6 DIJUAL rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/6 RUMAH mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085746571600 BG-11/6

RUMAH DIJUAL Rmh siap huni tipe 36 sdh renov 175 jt (nego) GPA DJ-28 Ngijo Krgploso Hub 081372332142 BL-4/6 DIJUAL RMH 4KM, 2 K.mandi, Tgkt, Fas. lengkap BMR Blok BB II/ No. 5 Tlp. 082143368179, 03417336219, HRG NEGO BG-1/6 DJL RMH 6x15M2 Lnt2 KM3 KT5 SHM PLN PDAM Hrg 125jt Jl. Kebon Agung Gg IV Hub P Yusup Hp. 085259056313 BG-14/6 JUAL rmh Jl. D. Paniai H4B28 Lt.72 tkt,4 kmr tdr,2km Hub: 081230905590/7799810 BG-27/6

KREDIT BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami solusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub.Amin 936.36.96 BG-30/6 BUTUH dana cepat plus terima gadai titipkan laptop/hp/kendaraan+BPKB Jl. Bendungan Sutami 33B Sumbersari Telp. 0341-9363696 BG-5/6 LOWONGAN SECURITY, SMU 20-33th, pria min.166/60 wnt min.156/46, tdk tattoo/tindik/kcmta srt lamaran & dtg ke PT. Jagaraga Jl.Opak 33 (area jl.Diponegoro)sby.plg lmbt 2 minggu lls training lgsg krj. Senin-jumat 08.00-16.00. pnmptan mlg & sekitarnya. UMK setmpat BL-3/6 DIBUTUHKAN S1 Arsitek / Sipil Kerja di Kupang NTT Hub: 082146778111 e-mail: P-Icng@yahoo.com BL-3/6 DCR ibu rangga pensiunan/PNS/ Pendidikan min. SMA/ income 500rb s/d 5jt/bln SMS Rini 085755 135500/0341-7716371 BG-17/6 DICARI untuk perekrutan pegawai pengrajin, seorang yg dipercaya oleh masyarakat lokal dan mempunyai banyak hubungan, Hub kami lewat e-mail: Romindolestari@ windowslive.com Lokasi kerja di Bali BL-29/6

BG-30/6

JUAL-BELI+TUKAR TAMBAH b a r a n g e l e k t r o n i k T V, L C D , DVD, kulkas dll Jl. S. Supriadi gang 6 No. 32 tlp: 7021089/ 085649861563 BG-29/6 BUTUH Ayam Ketawa, Pelung, Philipin. Telp.0341 9325632 Hub. Pak Sugeng 08179661385 di Tumpang BG-28/6 DICARI alat second. Perkantoran & mixer, Video, Peralatan Shooting Video. hub: 081803830045 BG-27/6

LOWONGAN

085755700059 Dicari Distributor Pantyliner, mencegah & membantu mengatasi keputihan,mioma,kista,kanker serviks dll.Peluang & Profit sangat besar.Hub 085755700059

KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOSHIBALENOVO-ASUS- Spesialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TONER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/5 O&J’S COMPUTER,rumah multimedia, melayani segala merk laptop,PC,CCTV,streaming,presentasi .melayani service laptop,computer&assesoris cepat,memuaskan & murah Hub. 0341558615 www.Odanje.com Jl. Galunggung 50 F BG-23/6 KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRINTER Printer : IP2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 558440-9634440 Hp. 085735 607111-0821 31475761 BG-23/6

ATOM clinic handphone service semua jenis HP, hardware dan software Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumbersari (depan kampus UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/6

085781227267 BTH 150 Pria/Wanita u/ staf kantor:ADM, RCP,KEU,HRD,SPV.Inc.2-5jt/bln+harian.Min Pddkn SMU/K-S1/ Pensiunan(Tanpa Tets,Lsg Keputusan Kerja). SMS Biodata ke 085781227267

085790814942 Anda ingin bisa bernyanyi dengan baik dan benar dan tidak fals,kami membuka pendaftaran privat vokal biaya perbulan 150 rbu pertemuan 4x,seminggu sekali durasi latihan 1 jam berminat Hubungi:Abednego Santoso Hp:085790814942.

PIJAT PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 03414333882 BG-24/6

RUPA-RUPA “HAMNA FACIAL” menggabungkan bahan2 alami&pijat ±30menit. Wajah cerah alami, peredaran darah lancar & bebas kerutan. Hanya 50rb. Te r a p i s t d a t a n g k e r u m a h . Hub:085755211006 BG-28/6 CV ABADI mlyni kuras WC & salrn buntu. tangki plng bsr 5000 Ltr buka 24 jam Hub. Jl. lombok/yulius usman Gg 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka

LOWONGAN

081615852383 Desain,bangun baru,renovasi kantor,rumah,klinik,furniture hub hariman 0816 1585 2383

TOUR & TRAVEL SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JURUSAN Melayani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl jurusan. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341-354117. Website: www. surya travel. com. BG-29/6 ME TRANS Tour Travel & Rent Car. Armada : New Avanza, New Xenia, Innova, Swift, Splash, Siroin dll. Wedding Car: Alphard, Mercy. Melayani: Bandara shuttle ( Malang – Juanda PP) , Tour Wisata, Study Tour, Paket Wisuda, Tiket online, Dll. Jl. Veteran No.2 Malang Tlp. 0341 – 583958 / 081233666664 BG-12/6

TOUR & TRAVEL DYNASTY Noer Tour And Travel. Paket wisata Jawa-Bali-Jakarta, carter-drop segala tujuan. MalangJuanda PP. penjualan tiket Pesawat dan KL. Jl. Raya Sengkaling Jetis 82. Telp. 0821328 58466/0341-468471 BG-28/6 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga termurah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341-322777. website: www. stasiun tiket .com BG-29/5 PUSAT penjualan tiket Chandra transport Jl. Ade irma Suryani (tongan) No 19 telp.0341 322580366863 malang BG-28/6 “BOROBUDUR TRANS” “Penjor” = mlg-dps PP “Buana”= mlg-blt, TL Agung Trenggalek PP “Surya”= mlg-jember PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/5 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 0341-2194639/ 081334614154 Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/5 WWW.AIRLANGGARENTCAR.COM (0341-716458/7056458-081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ juanda(PP), dgn driver pengalaman, sabar, tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/6 HARLIN Travel antar jemput Malang-Denpasar,carter,paket Telp 085793532977-(0341)8441677 BG-30/6 ANGKASA RENT CAR melayani sewa mbl: APV Arena, Xenia, Avanza, Kijang LGX, Mercy pengantin, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 0819318 71298 BG-31/6 KULINER DEPOT MANINJAU sedia masakan Jawa & madura mnrima psnn nasi Bungkus, rantang, kotak, kuning, tumpeng. Buka setiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Maninjau No. 91/ 711842 BG-31/6

COUNTER CARI Counter Tk furniture, SMU, Wnt. Max 25. Cerdas, ramah, Jujur. Dom Malang. Hub 7712177 BL-3/6

085785583513 Profesional Ojek melayani antar jmput kryawan pbrik,kntor,prtokoan,skolahan dll murah, cpat & tpat wktu ke smua 7-an Hub : Agus 087859050232 / 085785583513 03416691897 Dijual CPU 14inc (model lama) kndisi 75%, hidup, hrg 100rb. Hub. 03416691897

RUPA-RUPA MEGAWARNA digital print Jl. Candi Badut 2A (belakang kampus ABM) 0341 477698 terima se g mobil. BG-28/6 AERRO LAUNDRY spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I BG-26/6 PASANG parabola gratis indovision/ topytv/okvision di scpparabola rukokaranglomega kav.3 0341456222/456333 BG-26/6 (PRATAMA AHLI SEDOT WC) melayani sedot wc got buntu dll jl. Dirgantara VI B II no. 23 sawojajar mlng telp. 03417647878/ 7630312 hr libur tetap buka BG-26/6 ANDA BTH INTERIOR RMH, KNTR, HOTEL MLPTI: gorden, vitras, spending, wall paper, vertikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak meja, canopi tnpa di las (New Produk)Hub: GALERY GORDEN Jl. Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/6 SERVIS - KURSUS BERKAH JAYA AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/6

03419800400 jual bathtub, Springbed single, Shower tree, bg yg perlu sms.Harga berunding. Hub.081730901810. 08883351556 Bth PEMBANTU PRT 17-40th SD/SMP, jujur, RAJIN. Gaji600 makan3x, kamar sendiri SMS ke 03412138666 08563572255 Cari Baby Sitter Wanita Tidur Dlm yg berminat Hub : Perum Joyo Grand Dinoyo-Malang (08563572255) 08161979619 Dibut admin konsultan bisnis income bonus mnarik jenj karir mnarik pngalaman tdk diutamakn min smu/smk sdrajat lngsung diintrview hub 08161979619

IKLAN TEPA T LANG

GSUN G PAN GSAN G

BISNIS A PROPE NDA MOBIL, RTY, M LOWON OTOR, GAN

081555355535laundry daerah dinoyo. Syarat wanita, bisa shift malam, tdk mementingkan tkt pendidikan, jujur bertanggungKLANKAN

BISNIS

081333510806 Bermasalah dengan tinggi badan, berat badan?mata minus, mata silinder mau berkurang? hub 081 333 510 806 (Ima)

RUPA-RUPA

085785675700 Saya eddy, 1971. cari kerja apa saja. punya SIM A & C. klu ada tidur dlm dan penempatan di mana saja. bila ada call / sms di 082335244 787. secepatnya.

RUPA-RUPA 085785583513 Profesional Ojek melayani antar jmput kryawan pbrik,kntor,prtokoan,skolahan dll murah, cpat & tpat wktu ke smua 7-an Hub : Agus 087859050232 / 085785583513

08885520947 CARA cepat SUKSES d KAYA nggak pakai RIBET CUMA NABUNG/ SEDEKAH 100rb-10jtan d BAITUL MAAL RAKYAT INDONESIA MAKMUR sekarang lagi d buka d mlg sidoarjo BALAIDE 085645072098 SKRIPSI-Jasa pmbatan skripsi T.Mesin &elektro,ekonomi,IT,indstry dll, Konsultn ISO 9001:2000,jasa design msn, pembtan mesin & alat elektronika utk TA.

MOTOR

085815105910 Djual cpat: vario techno 2012 wrna putih-biru hrg 14 jt & mobil chevrolet spark 2003 wrna merah hrga 62 jt. Hub. P.oni 0811362001

PROPERTY 085649696538 rmh subsidi ags 600ribu dkat dgan alun2 kota malang um.5jt khusus jamsostek maupun bapertarum unit terbtas hub 0341-5490339

DANA KREDIT 085745754500 BUTUH dana/beli mbil bkas min 97 kami siap membntu dana,khusus mbil tgn ke 2,cpt,smua merk..hub 085745754500

RUPA-RUPA 085735177034 MANDALA PLASTIK&PAPER melayani penjualan kresek,sedotan,tisue harga grosir&eceran dan sales.alamat jl.dipomanggolo rt:1rw:7 tirtomoyo mendit.hub:0341-9428870 085790814942 Kami membuka pendaftaran bagai yang mau belajar tentang basic hip hop, dan dance hip hop,disini kami akan mengajarkan dance hip hop privata yang dun,menyenangkan dan tentunya menyehatkan badan. Berminat Hubungi: Abednego Hp:085790814942.tq. 085791002133 Karyawan YG mau didik di resto. Rajin,cekatan,tanggunjawab,min smp,max36th,sabar,mau kerja keras,ada mess.(Call/sms peng kerja)

DANA KREDIT 08885520947 NGGAK PUNYA e-KTP NGGAK USAH BINGUNG entrepreneur Kaya pasTi Pengusaha ANDA MAU BUKA USAHA SERBA 100 R.IBU untung BISA JUTAAN bahkan RATUSAN JUTA MAU TAHU ?

7


SENIN, 3 JUNI 2013

SMANDA Antiklimaks MALANG-Dewi Fortuna tak kunjung berpihak pada SMAN 2 Malang. Usai takluk dari SMAN 1 Blitar pada pertandingan pekan lalu, kemarin tim putra Smanda (sebutan SMAN 2) lagi-lagi tersungkur saat melakoni partai lanjutan DBL 2013 East Java Series-South Region. Dalam pertandingan jam ketiga yang berlangsung di GOR Pertamina UB, sore kemarin, mereka tumbang dengan skor 6-23 saat meladeni SMAN 1 Kedungwaru. Hasil yang diraih anak-anak Duack (julukan lain Smanda) tentu sangat jauh dari ekspektasi. Bermain di ‘kandang’ sendiri, Rivandi Ainul dkk justru tampil melempem. Sejak tip off, mereka nyaris tak memberi perlawanan berarti kepada lawan yang mengenakan jersey warna hitam. Dengan leluasa Smariduta (sebutan SMAN 1 Kedungwaru) mengobrakabrik defense Smanda lewat lesatan 10 poin sepanjang kuarter pembuka. Jangankan menjaringkan angka, anak-anak Duack malah kesulitan untuk sekadar lepas dari tekanan. Usai ketinggalan 0-10 di kuarter pertama, Smanda masih tertatih dengan skor tertinggal 2-13 di akhir kuarter kedua. Secara overall, kedua tim sejatinya tidak dalam performa terbaik. Meski banyak mengkonversi peluang, Smariduta terbukti juga gagal menjadikannya lumbung poin. Sepanjang dua kuarter terakhir, Aldo Mahendra dkk hanya mengkreasi 11 angka tambahan. Jumlah yang sama juga dihasilkan skuad Smanda yang mengenakan jersey warna putih. Namun itu tak cukup mereduksi gap 18 poin diantara kedua tim. Ditemui usai pertandingan, head

coach SMAN 2 Malang, Himadhi Aditya memuji performa tim lawan yang bermain lebih militan. Akibatnya, Theo Kristian dkk gagal mengembangkan permainan hingga bubaran. “Anak-anak sepertinya shock menghadapi lawan yang bermain bagus. Sejak awal mereka menerapkan pressing ketat. Semakin diperparah karena instruksi yang kami berikan kepada para pemain tidak bisa dijalankan dengan baik di lapangan,” tuturnya lirih. Sementara itu, SMAN 1 Blitar kembali menjadi mimpi buruk bagi tim asal Kota Malang. Setelah SMAN 2, kemarin giliran MAN Malang 3 yang menjadi korban tim putra asal Kota Patria tersebut. Berupaya memberi perlawanan alot, MAN 3 malah kewalahan meladeni agresifitas Jhevando Rafael dkk. Membuat lawan tak berkutik sejak kuarter awal, SMAN 1 Blitar akhirnya memungkasi perjuangan MAN 3 dengan skor akhir 45-21. Adalah tim putra SMKN 8 Malang yang kemarin sukses menyelamatkan muka tuan rumah. Tim asuhan Rahmat Hidayat berhasil memupus kiprah SMAN 1 Kauman Tulungagung setelah memenangkan laga dengan skor 3413. Aqil Ali dkk sudah leading jauh sejak kuarter pertama. Mereka konsisten mempertahankan gap hingga bubaran. (tom/jon)

Grant Hill

GUEST GESANG//MALANG POST

Putuskan Pensiun

Begitupula Divisi I akan digulirkan berikutnya, termasuk Divisi Utama. ‘’Formatnya tetap menggunakan promosi dan degradasi. Dua tim menempati posisi pertama dan kedua akan promosi ke Divisi II. Sedangkan dua tim menempati posisi sebelas dan dua belas, akan terdegradasi,’’ tambahnya. Selain itu, menurutnya tim yang menempati posisi ke tiga dan ke sepuluh, akan bertanding di babak play off. Posisi ketiga akan bertanding melawan posisi ke sepuluh Divisi II. Tim yang menempati posisi sepuluh akan bertanding dengan tim yang masuk daftar tunggu. Sebelum tampil di Kompetisi Divisi III telah dilakukan screening terlebih dahulu di Kantor Pengcab PSSI Kota Malang yang berada di kawasan Komplek Stadion Gajayana. Setelah

dilakukan screening, seluruh peserta mengikuti pertemuan teknik yang digelar Sabtu (1/6) di Kantor Pengcab PSSI Kota Malang. Dalam pertemuan teknik itu membahas aturan-aturan pertandingan selama kompetisi berlangsung. Tim-tim yang bertanding di Kompetisi Divisi III yakni PS Sumbersari Putra, PS Alap-alap, PS RBC Bintang Timur, PS Persedapin, PS MU Angkasa, PS Puma, PS Tunjungsekar, PS Putra Saga, PS Naga Mas, PS Boca Junior, PS AFA dan PS Porma. Dua tim masing-masing PS Sumbersari Putra dan PS Alap-alap merupakan tim degradasi dari Divisi II musim lalu. Sedangkan tim degradasi dari Divisi III musim lalu adalah PS STAIN dan PS Mitra Malang. Keduanya kini masuk tim tunggu bersama PS Ganesha, PS Kharisma Elang Muda dan PS Young Panzer. (jon)

Daftar Peserta Kompetisi Divisi III 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

PS Sumbersari Putra PS Alap-alap PS RBC Bintang Timur PS Persedapin PS MU-Angkasa PS Puma PS Tunjungsekar PS Putra Saga PS Naga Mas PS Boca Junior PS AFA PS PORMA

Tim Tunggu 1. 2. 3. 4. 5.

PS STAIN PS Mitra Malang PS Ganesha PS Kharisma Elang Muda PS Young Panzer

Kabupaten Malang Targetkan 50 Emas

RIZAL FANANY/MALANG POST

PEMBEKALAN: KONI Kabupaten mendatangkan atlet senior untuk memberi motivasi kepada atlet-atlet yang akan berlaga di PORPROV. (puslatcab) sejak awal Januari lalu. Sehingga sekarang ini kondisi atlet sudah bagus dan siap untuk berjuang di Porprov,” ujar Pak Is, sapaan akrab Ismaryono. Bupati Malang, Rendra Kresna, yang kemarin memberikan pembekalan kepada seluruh atlet, official dan manager di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang, mengatakan target masuk tiga besar harus bisa terpenuhi. Untuk itu, Rendra meminta kepada seluruh atlet, official dan

manager untuk bekerja keras dan bersama-sama mewujudkan target itu. “Kami yakin bahwa atlet-atlet Kabupaten Malang memiliki semangat yang luar biasa. Target untuk bisa mendapatkan 50 medali emas pasti bisa diraih. Kuncinya semuanya harus semangat, optimis dan sama-sama menyatukan tekad untuk mengejar harapan,” terang Rendra Kresna. Dalam pembekalannya, Rendra mengungkapkan anggaran untuk peningkatan prestasi olahraga memang sangat minim.

Dari total APBD sebesar Rp 2,5 Triliun, anggaran untuk olahraga tak sampai satu persen. Artinya anggaran untuk olahraga hanya sekitar Rp 12 Miliar saja. Namun dia menegaskan, minimnya anggaran tersebut bukanlah kendala untuk mengejar prestasi. Sebab dalam segi olahraga Kabupaten Malang, masih diperhitungkan oleh daerahdaerah lain. “Sebagai bukti adalah Kabupaten Malang masuk lima besar pada Porprov 2011 lalu. Dan tahun ini, prestasi harus bisa ditingkatkan lagi menjadi tiga besar,” paparnya. Terpisah Manager Tim Porprov Kabupaten Malang, Agus Bintoro, mengatakan pembekalan atlet ini, tujuannya adalah untuk memberikan spirit serta mental tanding yang kuat kepada para atlet sebelum bertolak ke Madiun. Selain dari Ketua KONI Kabupaten Malang dan Bupati Malang Rendra Kresna, pembelakan ini juga mendatangkan tiga motivator yang merupakan mantan-mantan atlet senior. “Sebelum berangkat ke Madiun, para atlet ini sudah melakukan TC berjenjang di masing-masing Cabor. Mereka ini semuanya sudah siap 100 persen untuk berangkat ke Madiun. Dan total atlet yang berangkat ada 301 atlet. Jika ditambah dengan official dan manager, totalnya 421,” kata Agus Bintoro.(agp/jon)

Ferrari Tolak Disamakan dengan Mercedes LONDON- Kasus percobaan ban yang dilakukan Mercedes sebelum balapan Formula 1 seri Monaco juga menyeret tim Ferrari. Tim Kuda Jingkrak tersebut disinyalir juga melakukan tes rahasia seperti yang dilakukan Mercedes. Meski begitu, Ferrari langsung me-

Pacers Paksa Heat Jalani Laga INDIANAPOLIS- Partai final wilayah timur benar-benar berlangsung sengit, keras dan sulit diprediksi. Siapa sangka Miami Heat yang berstatus juara bertahan harus ngos-ngosan menghadapi kuda hitam Indiana Polis. Heat yang memiliki banyak pemain berlabel bintang dipaksa menjalani laga do or die di game ketujuh. Itu terjadi setelah Heat dipermalukan Pacers dengan skor telak 71-91di game keenam yang dilangsungkan di Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Minggu WIB. Hasil itu membuat kedua tim kini berbagi agregat sama kuat dengan skor 3-3. Heat tentu tak akan menyangka jalan mereka melaju ke final negara bakal sangat terjal. Sebab, di atas kertas, mereka jauh lebih kuat dibanding Pacers. Heat pun diprediksi tak akan menemui kesulitan untuk menjungkalkan Pacers. Namun Pacers membuktikan diri sebagai kuda hitam. Bukan hanya jagoan di kandang, mereka juga sempat memetik kemenangan saat tandang. Mental para pemain Pacers benarbenar jempolan. Ketika sudah tertinggal dengan skor 2-3, Paul George dkk mampu menyamakan kedudukan. Di laga keenam tadi, Paul George dan Roy Hibbert menjadi mesin pendulang poin bagi Pacers. Total, kedua pemain tersebut menceploskan 52 poin atau lebih dari setengah dari angka yang dibukukan Pacers. Rinciannya, George mendulang 28 poin. Sementara Hibbert sukses mendulang 24 angka. Di kubu Heat, LeBron James menggila dengan raihan 29 poin, tujuh rebound dan enam assist. “Saya menaruh hormat yang besar pada permainan, kekompakan, kerjasama dan kemauan mereka untuk memenangkan pertandingan. Kami tidak bermain pada level terbaik. Namun, kami akan tampil lebih baik untuk memenangkan pertandingan di game ketujuh nanti,” terang pelatih Pacers Frank Vogel setelah pertandingan seperti dilansir Associated Press. (jos/jpnn/jon)

DUKA MALANG: SMAN 2 gagal membendung agresifitas SMAN 1 Kedungwaru dalam partai lanjutan DBL 2013 di GOR Pertamina UB, kemarin.

Pengcab PSSI Kota Malang

KEPANJEN - Anggaran khusus untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Malang sangat minim. Namun bukan berarti Kabupaten Malang, tak ingin mengejar prestasi dalam Pekan Olahragara Provinsi (Porprov) IV di Madiun pada 23 - 30 Juni nanti. Dalam even olahraga dua tahunan itu, Kabupaten Malang menargetkan masuk tiga besar. Artinya 50 medali emas harus bisa diraih atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga (Cabor). Target masuk tiga besar itu, sangat mungkin bisa diraih pasalnya dalam Porprov 2011 lalu, Kabupaten Malang berada diurutan lima besar. “Untuk Porprov tahun ini, target kami adalah masuk tiga besar. Raihan 50 medali emas harus kita dapatkan,” ungkap Ketua KONI Kabupaten Malang, Ismaryono. Menurutnya, Kabupaten Malang akan mengikutkan seluruh cabang olahraga (30 Cabor) yang akan dipertandingkan. Kecuali cabor ekspedisi, seperti anggar, karena tidak adanya atlet ataupun sarana dan prasana yang mendukung. Dari 30 cabor tersebut, sebanyak 301 atletnya akan bersaing dengan atlet-atlet dari daerah lain. Cabor seperti renang, selam, angkat besi, silat, gulat, kempo serta taekwondo, akan menjadi adnalan utama untuk bisa mendapatkan emas. “Persiapan atlet sudah kami lakukan sudah lama. Semua atlet sendiri juga sudah menjalani pusat latihan cabang

NBA

Do Or Die

Kompetisi Divisi III Mulai Bergulir MALANG-Pengcab PSSI Kota Malang memulai kompetisi yang digulir rutin setiap tahun. Kali ini, diawali Divisi III yang akan memulai pertandingan Senin (3/6) sore ini di Lapangan Tunjungsekar. Sebanyak 12 tim akan bertanding dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. ‘’Kita awali kompetisi Divisi III yang akan mulai bertanding besok sore (sore ini.Red). Untuk sementara kita konsentrasikan di Lapangan Tunjungsekar,’’ kata Sekretaris Umum Pengcab PSSI Kota Malang Haris Thofly kepada Malang Post, kemarin sore. Menurutnya, setelah mengawali kompetisi Divisi III, selanjutnya akan digelar Kompetisi Divisi II, Divisi I dan Divisi Utama. Diperkirakan jadwal kompetisi Divisi II akan digelar dua minggu setelah dimulainya Divisi III.

8

nyampakan bantahan. Mereka menganggap tes yang dilakukan di sirkuit Katalunya tak melanggar ketentuan. Sebab, mereka menggunakan mobil yang dipakai pada balapan musim 2011. Hal tersebut berbeda dengan apa yang dilakukan Mercedes. Saat uji

coba ban tersebut, Mercedes menggunakan mobil yang dipakai untuk balapan musim ini. Ferrari berpegangan pada peraturan FIA nomor 22 yang menyebutkan bahwa uji coba tak diijinkan menggunakan mobil yang dipakai musim ini atau musim sebelumnya.

Berdasarkan aturan tersebut, Ferrari menganggap bahwa apa yang mereka lakukan di Katalunya adalah sah. Apalagi, FIA juga tak melarang bagi setiap tim untuk melakukan uji coba ban asalkan menggunakan mobil yang sudah dipakai dua musim sebelumnya. (jos/jpnn/jon)

LOS ANGELES- NBA bakal kehilangan salah satu pemain besarnya musim mendatang. Small Forward Los Angeles Clippers, Grant Hill memutuskan pensiun setelah berjibaku di kompetisi paling elit di dunia tersebut selama 19 tahun. Pihak Clippers sudah mengumumkan keputusan Hill di situs resminya. “Saya sudah mempertimbangkan keputusan ini dalam beberapa waktu terakhir. Namun, saya sangat mencintai basket dan begitu menikmatinya,” terang pemain berusia 40 tahun tersebut seperti dilansir Associated Press, Minggu (2/6). Hill bukan nama sembarangan di NBA. Mantan pemain Orlando Magic tersebut sukses merengkuh banyak gelar individu selama karirnya. Pemain kelahiran 5 Oktober 1972 tersebut tujuh kali masuk All Star. Hill juga tiga kali mendapat gelar sportsmanship award. Gelar tersebut menunjukkan bahwa Hill, meski berstatus bintang, tetap bisa membumi dan begitu sportif di dalam lapangan. Kehebatan Hill tak hanya terjadi di level klub. Hill juga berprestasi di Timnas. Dia pernah membantu Timnas Amerika Serikat (AS) merebut emas di Olimpiade 1996. Semua gelar itulah yang membuat Hill layak disebut sebagai legenda di NBA. Musim ini, Hill tampil sebanyak 29 pertandingan bersama Clippers. Total, selama karrinya, Hill rata-rata mengumpulkan 16,7 poin, enam rebound, 4,1 assist dan1,2 steal. Keputusannya gantung sepatu langsung mendapat reaksi dari berbagai pihak. “Dia benar-benar seorang pemain yang sangat berkelas. Hill adalah seorang professional yang sesungguhnya,” terang Vice President Basketball Operations Clippers, Gary Sacks. (jos/jpnn/jon)

Grant Hill

Hankook Ogah Gantikan Pirelli di 2014 SEOUL- Ancaman Pirelli untuk cabut dari balapan Formula 1 musim mendatang membuat Hankook disebut-sebut bakal menjadi produsen ban yang baru. Namun, Hankook langsung membantah kabar tersebut. Pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) tersebut menganggap bahwa terjun di F1 belum menjadi prioritas. “Untuk musim 2014 sangat mustahil bagi kami untuk menggantikan Pirelli. Kalau Hankook ingin bergabung selama tiga, empat atau lima tahun dengan F1, kurangnya kesempatan untuk melakukan tes membuat hal tersebut menjadi tidak mungkin,” terang Ahli Mekanik Kompetisi, Michael Eckert seperti dilansir Autosport, Minggu (2/6). Perubahan regulasi yang akan dilakukan di F1 mulai musim mendatang juga menjadi salah satu keengganan Hankook. Eckert mengatakan, pihaknya membutuhkan banyak waktu untuk total terjun di F1. “Jika kami memulai tahun ini, kami membutuhkan waktu tiga tahun untuk menemukan ban yang tepat bagi F1. Kini regulasi sudah berubah. Mesin, sasis maupun aerodinamiknya. Tidak ada yang tahu mengenai mesin untuk 2014 mendatang,” ungkap Eckert. Eckert menambahkan, perubahan yang akan dilakukan di F1 musim mendatang memang masih penuh teka-teki. Dia bahkan yakin bahwa F1 tidak akan menggunakan ban dengan ukuran 13 inchi. “Bisa jadi 15 atau malah 17 inchi. Bahkan, untuk balapan lima tahun lagi, bisa saja akan menggunakan ban dengan ukuran 18 inchi,” jelas Eckert. Hankook disebut-sebut bakal menjadi pengganti Pirelli karena sudah terlibat sebagai penyedia ban untuk Formula 3. Pirelli dikabarkan akan out dari F1 karena belum juga mendapatkan pembaharuan kontrak. (jos/jpnn/jon) REDAKTUR : JONS, LAYOUTER : ABDEE


SENIN, 3 JUNI 2013

Catatan

9

Kembali kepada Pancasila

Eddy Rumpoko

(Wali Kota Batu) TIDAK banyak pihak yang melakukan peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni lalu. Kalau ada yang memperingati, jumlahnya hanya terbatas dan dalam skala yang kecil. Padahal, Pancasila adalah bagian yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Para pahlawan pendahulu kita berjuang keras untuk membentuk dasar negara melalui perdebatan panjang. Para tokoh pergerakan itu datang dari

berbagai latar belakang, suku dan agama, tapi mereka mampu mengesampingkan ego kelompoknya demi kepentingan negara Indonesia yang lebih besar. Kini, ketika bangsa Indonesia yang terancam disintegrasi, saya kira perlu kembali lagi kepada Pancasila, bukan hanya sebagai dasar negara tapi menjadi rujukan dalam mengambil setiap keputusan. Saya melihat gejala adanya upaya sistematis untuk menjauhkan masyarakat dari Pancasila, sehingga banyak yang tidak tahu tentang dasar negara tersebut. Masyarakat sengaja dijauhkan dari Pancasila, termasuk istilahnya. Tak heran bila banyak yang tidak hafal tentang Pancasila. Jangankan hafal sila-silanya, nama Pancasila saja banyak yang merasa asing. Bukan hanya masyarakat biasa, para tokoh masyarakat, politisi dan pejabat pun banyak yang tidak hafal sila-sila Pan-

casila. Dalam kondisi seperti sekarang ini, saya berkeyakinan Pancasila bisa menjadi solusi terhadap problem yang dihadapi bangsa ini asal semua pihak mau melaksanakan dasar negara itu secara konsekuen. Sila demi sila harus dipelajari dan dipahami dengan sungguh-sungguh untuk selanjutnya dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bidang hukum misalnya, keputusan harus didasarkan pada sila-sila yang ada dalam Pancasila. Meskipun sila-sila itu dibuat sejak zaman kemerdekaan, tapi saya menganggap sampai saat ini masih relevan untuk dijadikan landasan bertindak. Akibat mengabaikan Pancasila, dampak yang terjadi bisa kita lihat sekarang ini. Reformasi yang diharapkan mampu memberikan kehidupan yang lebih baik ketimbang Orde Baru, justru tidak mampu memecahkan masalah bangsa.

Bukan pemecahan, justru kondisi kita makin terpuruk. Indikasinya mudah, lihat saja kasus korupsi yang secara kuantitas dan kualitas terus mengalami peningkatan. Itu karena para pelaku korupsi tidak memahami dan mengamalkan Pancasila. Mereka mengabaikan Tuhan, kemanusiaan dan keadilan sehingga korupsi disebut sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. Bukan hanya pelaku, para penegak hukum juga tidak menjadikan Pancasila sebagai dasar mengambil kebijakan. Banyak yang menyebut di Indonesia banyak lembaga pengadilan tapi sangat sedikit bisa menjumpai keadilan. Itu karena pihak-pihak yang berhubungan dengan hukum sudah meninggalkan Pancasila sebagai salah satu pertimbangan mengambil keputusan. Pancasila memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa, bukan hanya dalam bidang hukum, tapi juga bidang yang lain. Se-

perti yang dikhawatirkan Ibu Megawati Sukarnoputri, upaya-upaya untuk menjauhkan Pancasila dari kehidupan berbangsa harus dihentikan. Semua komponen bangsa harus punya komitmen yang kuat untuk kembali kepada Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan seharihari. Pemerintah Orde Baru pernah melaksanakan Pancasila ini secara sistematis dan represif dengan mewajibkan masyarakat belajar Pancasila melalui P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Sebetulnya sistem ini bagus, tapi cara yang dilakukan dengan paksaan dan ancaman menjadi tidak efektif. Pancasila bukan menjadi dasar negara, tapi menjadi sesuatu yang menakutkan karena adanya ancaman bagi yang tidak memelajarinya dengan baik. Akibatnya, ketika pemerintah Orde Baru tumbang dan pemaksaan terhadap Pancasila sudah tidak ada, dasar

Target PBB Temas Rp 290 Juta BATU– Kelurahan Temas memiliki cara berbeda untuk menggeliatkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Batu. Cara yang ditempuh oleh pihak kelurahan adalah menggelar jalan sehat untuk warga di wilayah Kelurahan Temas, kemarin. “Setiap warga yang membayar PBB mendapatkan satu kupon jalan sehat. Mereka cukup antusias untuk melakukan pembayaran demi mengikuti jalan sehat. Apalagi setiap kupon yang ada berhak mengikuti undian dengan aneka hadiah,” ungkap Lurah Temas, Aries Setiawan kepada Malang Post, kemarin. Dia menjelaskan, Kelurahan Temas memiliki target Rp 290 juta untuk PBB dalam tahun 2013 ini. Target tersebut harus bisa tercapai oleh pembayaran pemilik lahan di Kelurahan Temas yang berjumlah ribuan orang tersebut. “Kalau saat ini, masih relatif kecil dari pemenuhan target. Makanya setelah adanya jalan sehat PBB ini, kami harapkan respons masyarakat semakin meningkat,” jelas dia. Jalan sehat PBB kemarin sendiri terasa istimewa karena dihadiri Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Selain itu Camat Batu, Arief As Sidiq juga menyertai ribuan warga yang mengikuti jalan sehat. Para pejabat dan warga melintasi jalan di wilayah Kelurahan Temas berkisar tiga kilometer. Mereka melintasi jalan perkampungan, persawahan hingga masuk ke kawasan desa wisata Temas. Merekapun sempat mengajak warga yang berada di perkampungan untuk segera melunasi PBB-nya. Setiap warga

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

BERANGKAT : Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memberangkatkan peserta jalan sehat PBB Kelurahan Temas, kemarin.

yang memiliki kupon berhak mendapatkan hadiah utama berupa seperangkat mebel. Sedangkan hadiah lain, mulai

TV, CD, Dispenser hingga aneka doorprice diberikan kepada peserta melalui undian. Warga juga mendapatkan

hiburan dari artis lokal Kota Batu di panggung hiburan yang berlokasi di Kantor Kelurahan Temas. (feb/mar/sir)

negara itu mulai ditinggalkan. Bukan hanya ditinggalkan, tapi ada upaya untuk menghapus sama sekali melalui berbagai cara. Saya sangat sedih karena ada pihak-pihak yang melakukan langkah tersebut, termasuk menghina dan mengolok-olok Pancasila. Kita harus memahami, tidak ada yang salah dalam Pancasila, karena dibuat dengan pertimbangan yang matang dan visi masa depan yang jauh. Tapi yang salah adalah rezim yang memaksakan Pancasila secara otoriter. Kini, ketika bangsa Indonesia menghadapi masalah yang pelik, Pancasila harus dijadikan rujukan terhadap berbagai permasalah yang terjadi. Sila-sila dalam Pancasila harus dipahami kemudian dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Saya yakin, kalau bangsa Indonesia melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen, bisa keluar dari berbagai permasalahan. (*)

SATPOL PP

Ingin Tambah Anggota Baru KOTA BATU– Satpol PP Kota Batu mengidamkan dapat melakukan penambahan ‘amunisi’ di tahun ini. Saat ini, satuan institusi penegak Peraturan Daerah (Perda) ini baru hanya mempunyai 63 anggota. Padahal jika berdasar aturan Permendagri, Satpol PP idealnya mempunyai 215 anggota demi memaksimalkan fungsinya. Karena itu, Satpol PP Kota Batu dibawah kendali sang komandan, Robiq Junianto sangat mengidamkan, pihaknya dapat melakukan penambahan anggota dalam waktu dekat. Kasatpol PP Kota Batu yang baru dilantik ini meminta kepada Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko agar kekuatan Satpol PP ditambah hingga menuju angka yang ideal. “Kami butuh tambahan antara 100 hingga 150 anggota, jumlah itu sudah oke. Ya, kami memiliki setingkat 1,5 SSK itu sudah cukup untuk berkegiatan, baik dalam hal pengamanan, penertiban serta pelaksanaan dan penegakan Perda,” terangnya. Mantan Kepala Humas dan Protokoler Kota Batu ini menyebut, untuk sistem rekruitmen anggota baru, bisa dijalankan dengan memaksimalkan sendiri keberadaan PNS di lingkup Pemkot Batu. Dikatakan Robiq, PNS yang bisa bergabung dengan Satpol PP adalah mereka yang tersebar di berbagai SKPD ini yang dipandang belum optimal mendapatkan tugas pekerjaan. Dia meminta dukungan penuh Pemda terkait hal ini, baik secara personil dan kuantitas demi melengkapi kekuatan Satpol PP. Pihaknya siap memberikan dasar dan wejangan demi menghasilkan seorang anggota Satpol PP yang berkualitas. Setidaknya, kata Robiq, hal itu dijalankan pihaknya dengan menggelar pendidikan bagi anggota Satpol PP yang berasal dari SKPD lainnya yang kemudian ditunjuk bergabung dengan Satpol PP. “Kami siap memberikan pendidikan. Karena pekerjaan di Satpol PP ini tidak bisa dikerjakan dengan pihak ketiga, namun swakola sendiri. Sebab nantinya harus turun sendiri berhadapan face to face dengan masyarakat, baik saat melakukan kegiatan preventif dan persuasive terhadap ketertiban rantibmas demi menegakkan Perda,” pungkasnya. (poy/mar)

MCW Desak Kejaksaan Usut PT BWR BATU– Aktivis Malang Coruption Watch (MCW) ikut mendesak aparat hukum melakukan Direktur dan Komisaris PT. Batu Wisata Resources (BWR). Apalagi pertanggungjawaban Direktur dan Komisaris yang belum jelas ikut menjadikan keuangan APBD Kota Batu dinyatakan BPK Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Aktivias MCW, Zainudin menggelar konferensi pers terkait kondisi PT BWR di Kusuma Agrowisata Kota Batu, kemarin. Menurutnya, komisaris harusnya melakukan pengawasan yang ketat terhadap penggunaan keuangan yang dilakukan oleh Direktur. Hanya saja selama ini komisaris terkesan tidak mau tahu dengan kondisi yang ada. Malahan, Komisaris juga tidak melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk meminta pertanggungjawaban direktur atas penggunaan keuangan daerah. RUPS setidaknya dilakukan tiga bulan sekali

DOK/MALANG POST

POJA : Pasar POJA bentukan PT. BWR ketika masih beroperasi beberapa tahun lalu.

sesuai dengan amanag Perda No 7 Tahun 2009 tentang PT BWR. “Yang perlu diusut, kemana larinya

uang Rp 2 miliar tersebut,” tegasnya. Dia juga menjelaskan, dugaan adanya tindak pidana korupsi melekat pada

kasus BWR karena keuangan yang tidak tahu lari kemana itu. Tindak pidana korupsi bukan delik aduan sehingga Kejaksaan dan Kepolisian bisa langsung menanganinya. “Kami juga mendesak BPK segera melalukan audit atas investigasinya selama ini,” tegas dia. MCW juga mengetahui melalui SK Wali Kota Batu Nomor : 180/47/KEP/ 422.012/2010 tentang pengangkatan Dewan Komisaris, ada tiga orang yang ditunjuk sebagai komisaris. Mereka adalah Zadiem Effisiensi (perwakilan Pemkot), Edy Antoro dan Luki Budiarti (pengusaha). Sebelumnya pernah diberitakan, anggota dewan mendesak Direktur PT BWR segera melakukan pertanggungjawaban keuangan kepada anggota DPRD. Hal itu untuk mengetahui kemana modal senilai Rp 2 miliar yang sudah diberikan melalui APBD 2010 lalu. (feb/mar)

FEBRI SETYAWAN/MALANG POST

BUTUH AMUNISI : Satpol PP Kota Batu melakukan razia seiring fungsinya sebagai penegak Perda.

IKC Vs Gempol Junior, Hanya Berakhir Imbang enam besar klasemen sementara BUMIAJI– Hasil imbang memungDivisi I. Sayang, keduanya justru kasi pertempuran dua tim papan gagal meraih kemenangan. tengah kompetisi Divisi I Pengcab IKC mampu unggul cepat atas PSSI Kota Batu yang sedang lawannya ketika pertanbertekad masuk ke dingan memasuki seenam besar klasemen. puluh menit. Adalah, Ya, dua tim tersebut Ikfandi, sang gelandang adalah Gempol Junior serang andalan IKC menjamu Iguana Kicyang mampu memakkers Club (IKC) saat simalkan kesalahan penbentrok di Lapangan jaga gawang dan barisan Arjuno, Desa Bumiaji, pertahanan lawannya. Kecamatan Bumiaji, Bola liar mampu ditesore kemarin. BertanPengcab Kota Batu ruskan dengan sedikit ding dalam waktu 2 x sentuhan dan bola pun 45 menit, Gempol Jr meluncur deras ke dalam gawang dan IKC hanya mampu berbagi yang sudah momplong tanpa kiper. angka menyusul hasil imbang 2-2 Alih-alih ingin menambah keung(1-1). Padahal, kedua tim ini sejagulan, gawang IKC justru kebotinya mengidamkan kemenangan bolan oleh Gempol Jr. Kali ini, gidemi membuka jalan merangsek ke liran Irfan F yang mengantarkan zona promosi ke Divisi Utama mutimnya menyamakan kedudukan 1sim depan. Yakni, wajib berada di

POY HERI PRISTIWANTO/MALANG POST

BRIEFING : Kedua tim IKC dan Gempol Junior sama-sama mendengarkan instruksi dari pelatihnya masing-masing.

1 lewat eksekusi penalty kick di menit 16. Hadiah penalty ini diberikan wasit Heru lantaran salah satu pemain belakang IKC diketahui

handball di dalam kota terlarang. Skor imbang ternyata bertahan hingga turun minum. Laga berjalan seru saat memasuki

babak kedua. Kedua tim yang saling bertekad mampu menggapai tiga angka, terus berusaha membongkar pertahanan

lawannya. Jual beli serangan pun terjadi. Dua gol tercipta dalam 45 menit kedua, masing-masing tim menciptakan satu gol tambahan. IKC mencetak gol lewat Arif K, sedangkan Gempol Jr memcetak gol lewat Ninjar. Match day ketujuh bagi kedua tim ini pun berakhir seri dan berbagi angka satu poin. Gempol Jr tetap berada di peringkat enam dan IKC berada di peringkat tujuh. Keduanya sama-sama mengoleksi sembilan poin. Mereka berselisih 10 poin dengan sang pemuncak klasemen sementara PS Ardika dengan 19 poin. Sementara itu, di hari yang sama, laga lanjutan kompetisi Divisi Utama, antara SPFC menjamu Kusuma berakhir imbang 1-1 di Lapangan Lemjiantek, Desa Pendem, Junrejo. (poy/mar)

REDAKTUR : MARGA, LAYOUTER : OLIS


10

SENIN, 3 JUNI 2013

Seluruh perangkat Desa Tunjungtirto menunjukkan keceriaannya saat sesi foto bersama dengan mantan dan Kades Tunjungtirto yang baru.

Menjabat lebih dari 15 tahun, Didik Gatot Subroto beberapa kali menitikkan air mata saat memberikan sambutan.

Didik Gatot Subroto secara resmi menyerahkan jabatannya sebagai Kades Tunjungtirto Hanik Dwi Martiya P. Disaksikan Plt Camat Singosari Darmaji, serah terima jabatan ini berlangsung sukses. Dalam sambutannya, Hanik berjanji melanjutkan program mantan kades yang sekaligus suaminya tersebut untuk mewujudkan Desa Tunjungtirto lebih maju. FOTO DAN TEKS: IRA RAVIKA/MALANG POST

Menjabat sebagai Kades Tunjungtirto, Hanik Dwi Martiya P berjanji melanjutkan berbagai program yang sudah berjalan, sekaligus membuat program baru.

Dihadapan Plt Camat Singosari, Didik dan Hanik menandatangani berkas serah terima jabatan Kades Tunjungtirto Singosari.

Tari Topeng Malangan menghibur para undangan saat serah terima jabatan Kades Tunjungtirto, Singosari kemarin.

Didik Gatot Subroto terharu saat menerima cinderamata dari warga.

Plt Camat Singosari Darmaji (kiri) dan para tokoh masyarakat Singosari menghadiri serah terima jabatan Kades Singosari kemarin.

Hanik Dwi Martiya P (Tengah paling depan) foto bersama perangkat dan warga Desa Tunjungtirto. Sesi terakhir acara serah terima jabatan Kades Tunjungtirto, Didik menyempatkan untuk foto bersama Hanik Dwi Martiya P dan warga.

Kepala sekolah SMK PGRI 2 Suprijana S.pd ketika memberikan sambutan pada acara Pisah kenang siswa-siswi SMK PGRI 2 di The Grand Palace Hotel.

Selesai acara kepala SMK PGRI 2 Suprijana S.pd foto bersama dengan Dewan Guru, dan karyawan.

di The Grand Palace Hotel Sebanyak 156 siswa-siswi Kelas XII SMK PGRI 2 Kota Malang hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2013 mengikuti prosesi acara pisah kenang, dengan Kepala sekolah, guru, acara tersebut berlangsung sangat mengharukan. Hadir di acara tersebut kepala SMK PGRI 2 Suprijana S.pd, Ketua PPLP PGRI Kota Malang, Ketua Komite Sekolah, Drs. Sudarman, Bapak Ibu Guru SMK PGRI 2 dan Bapak Ibu orang tua wali murid Kelas XII SMK PGRI 2 Kota Malang. Wali murid saat menyaksikan pelepasan putra-putrinya oleh Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Bapak Sprijana S.pd.

Siswa berprestasi dengan nilai 10 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika, berfoto bersama Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Suprijana S.pd.

FOTO-FOTO DAN TEKS: ZAENAL MALANG POST

Kelompok paduan suara dari siswi SMK PGRI 2 menambah suasana menjadi penuh keceriaan di acara pisah kenang siswa Kelas XII.

Nampak seluruh Siswa-siswi Kelas XII SMK PGRI 2 bahagia saat mengikuti pisah kenang di The Grand Palace Hotel.

Kepsek SMK PGRI 2 Suprijana S.pd memberikan hadiah kepada siswi berprestasi Vaula Agustina sebagai Juara Umum di ajang lomba LKS se-jawa Bali.

Seluruh undangan dan orang tua siswa sangat antusias melihat film hasil karya dari siswa-siswi SMK PGRI 2 jurusan Multi Media.

REDAKTUR : GUEST, LAYOUTER : OLIS


SAMBUNGAN

SENIN, 3 JUNI 2013

11

New Comer, Bundo Kadence–The Usinger Juara Umum Sambungan dari Hal 1 Bukan itu saja, The Usingers SD Model Banyuwangi juga menjadi tim pendatang baru yang langsung menggebrak dengan skor 739.7. Ia berhasil menjadi juara umum klasemen SD mengalahkan pesaingnya, Gema Mita MI Tarbiyatul Athfal Sumurber Panceng Gresik, Gita Melosa Aletheia Jr SDK Aletheia, SDI Bani Hasyim, Gita PARGOSA SDN Parangargo 1 Wagir, D’Flame SDN Model Kota Malang. Yang istimewa, panitia juga memberikan juara umum favorit untuk Marching Band Bahana Suara Al Hayat PP Hayatul Islamiyah Kedungkandang Malang. Itu karena peserta lomba display klasemen MB/DC hanya satu peserta. Sehingga tidak mungkin mendapatkan piala bergilir walikota Malang. (berita juara display klasemen TK, juara playpass, juara maskot Malang Post dan daftar lengkap juara semua klasemen akan diterbitkan edisi hari Selasa, 4 Juni 2013) Budi Santoso SH penanggungjawab acara Malang Post-KDS Display n Playpass Competition VI 2013 mengatakan bangga dan salut atas suksesnya acara mulai Jumat hingga Minggu kemarin. Selain jumlah peserta yang semakin banyak, kualitas acara dan piala bergilir yang diperebutkan juga lebih banyak dan menarik. ‘’Semoga penyelenggaraan tahun depan lebih besar dan penuh inovasi lagi. Jumlah peserta juga bertambah lagi dan semakin berkualitas. Semakin banyak peserta semakin besar tingkat kompetisinya untuk

menjadi yang terbaik. Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada Malang Post, Polresta Malang, Ketua Umum PDBI Kota Malang, Dishub, DKP, BP2T serta pihak-pihak terkait yang membantu lancarnya acara ini. Semoga acara ini menjadi motifasi dan inspirasi bagi adik-adik untuk mengukir prestasi,’’ ungkap Ketua Harian PDBI Kota Malang ini. Damanhuri, SE Manajer Teknis menjelaskan, secara keseluruhan acara berlangsung sukses. Hanya ada satu peserta yang datang terlambat dan sudah didiskualifikasi. Namun kebijakan juri, peserta tersebut tetap diperbolehkan bermain di arena lomba. ‘’Keputusan ini sulit bagi juri. Soalnya mereka datang dari Sidoarjo. Karena itu, meski sudah didiskualifikasi, tapi peserta ini tetap diberikan kesempatan untuk tampil di lomba,’’ jelas Daman yang mulai hari ini sudah harus konsen untuk mempersiapkan Tim KDS Jr untuk mengikuti Kejurnas Hamengku Buwono Cup 20-24 Juni di Jogjakarta. ‘’Tapi secara keseluruhan, penyelenggaraan lomba sangat sukses. Lebih heboh dan atraktif dari tahun sebelumnya. Peserta dan pelatih tampak lebih all out dalam mengeksplore kemampuan masing-masing anak-anak didiknya dalam menampilkan materi lomba yang menarik. Semoga tahun depan, gelaran KDS Display n Playpass Competition VII 2014 lebih

dahsyat lagi,‘‘ tandasnya. Direktur Malang Post, Juniarno Djoko Purwanto yang menyempatkan hadir dan menonton langsung di tribun penonton beserta istri dan kedua putrinya mengaku kagum dengan penampilan peserta lomba. Karena itu pihaknya akan terus mensupport event ini di tahun mendatang. ‘‘Kegiatan ini sangat potensial untuk menumbuhkan minat dan bakat anak-anak, terutama siswa. Sebab kegiatan ini sangat positif dan sangat didukung orang tua. Selain olahraga, kegiatan ini juga melahirkan prestasi-prestasi yang bisa dibanggakan peserta,’’ jelasnya. Yang menarik, Pengasuh PP Hayatul Islamiyah Kedungkandang KH Irfan Aziz mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan olahraga dan seni ini. Baginya anak muda harus dikenalkan dengan seni. Sehingga mereka tidak mudah terpengaruh dengan kondisi zaman nanti saat dewasa. ‘’Ini kegiatan sangat positif. Apalagi kami yang berada di Pesantren. Kami sengaja memberikan kegiatan marching band ini agar mereka bisa mempelajari seni. Selain bekajar agama. Sebab dakwah tidak hanya dengan dalil saja, tapi juga syiar. Dan Marching Band bisa menyemarakkan acara pengajian dan dakwah. Dan yang lebih penting lagi, mereka tidak kehilangan masa mudanya dengan mengikuti kegiatan ini,’’ tandas kiai yang kemarin langsung menonton dan memberikan support kepada anak didiknya kepada Malang Post.(lim)

Pembuktian Total Offence vs Total Defence Sambungan dari Hal 1 Dengan sosok Giman Nurjaman yang mengusung filosofi sepakbola bertahan, tak heran bila Persita bakal bermain total defence atau pertahanan total menghadapi Arema. Tim dengan total defence, pasti mengandalkan counter attack cepat bila ada kesempatan mencuri peluang serta mencetak gol. Untuk memuluskan rencana total defence, Persita memiliki pemain mumpuni bernama Ade Jantra Lukmana. ‘’Ade pemain yang bagus sekali. Dia kan memang dipanggil timnas. Dia bermain bagus sejak awal kompetisi. Belum lagi kombinasinya dengan Kim Dong Chan dan Cristian Carasco, mereka tim berbahaya bila melakukan counter,’’ ungkap pelatih berlisensi A AFC itu. Tapi, menurut RD, tidak ada cara mengalahkan tim total defence, selain dengan total offence. Dengan pemain seperti Dendi Santoso yang intuitif dan cepat, serta duet Hasim Kipuw dan Benny Wahyudi di lini sayap, pelatih asal Metro Lampung itu tetap mempertahankan cara main, yakni menyerang total dan penguasaan bola. ‘’Tidak ada perubahan dalam cara bermain kita. Arema tetap menyerang dan menguasai bola. Tapi saya minta anak-anak untuk lebih sabar dan tidak lengah sedetikpun lawan Persita,’’ ujar RD.

Di atas kertas, duel raksasa Arema lawan kuda hitam Persita lebih menguntungkan Arema. Apalagi sebelumnya di kandang Persita, Arema unggul 1-0. Selain itu, dari empat pertemuan terakhir, Arema juga selalu menang dari Persita. Namun kali ini, tim yang ‘terusir’ dari Tangerang karena fatwa haram MUI, untuk sepakbola di Tangerang, justru datang dengan euphoria tinggi. Pelatih Giman Nurjaman, sedikit demi sedikit sukses menunjukkan perubahan dalam tim berjuluk Pendekar Cisadane itu. Empat pertandingan terakhirnya dilalui dengan rekor yang cukup impresif. Pelatih kelahiran 19 Juni 1974 itu mampu membawa tim paspasan seperti Persita untuk mencatatkan rekor satu kemenangan, dua imbang dan satu kalah. Dengan materi pemain yang tak terlalu istimewa, Giman sukses menjadikan Persita sebagai tim kuda hitam terkuat di putaran kedua musim ini. ‘’Pemain dan saya sendiri sedang optimis. Jangan mau kalah dengan nama besar Arema. Itu bisa kita buktikan. Di Bandung kita sukses, di Gresik kita juga sukses, karena itu menghadapi Arema kita sangat optimis. Besok (sore ini, Red.) kita harus memenangkan pertandingan,’’ ujar Giman kepada Malang Post usai uji lapangan di Stadion Kanjuruhan, pagi kemarin.

Ya, sang kuda hitam optimis bisa semakin melambung tinggi dan terbang di jagad persepakbolaan Indonesia. Sebab, dengan rekor dua pertandingan terakhir, Persita kini didapuk sebagai Giant Killer atau pembunuh raksasa. Bisa jadi, Arema bakal jadi korban berikutnya sang pembunuh raksasa. ‘’Paling jelek, kita tidak mau kehilangan poin, kita harus bisa menahan imbang Arema,’’ ujar mantan pemain Persma Manado itu. Giman paham benar, Arema adalah tim raksasa yang bakal menyerang membabibuta ke pertahanan Persita. Ia juga memahami, penguasaan bola mungkin akan jadi milik Arema sepenuhnya di pertandingan sore ini. Tapi, hal itu sudah diantisipasi oleh Giman. Pelatih yang saat aktif bermain dikenal sebagai wing back kanan yang superior itu siap meredam agresivitas Beto Goncalves dkk di hadapan puluhan ribu Aremania. ‘’Kita harus main sabar, yang penting pemain disiplin dalam menjaga posisi. Jangan mau kalah semangat dari Arema. Kita tidak waspadai satu pemain saja. Kita waspadai semua pemain, kita usahakan permainan Arema tidak berkembang saat lawan kita,’’ ujar mantan pemain Persipasi Bekasi itu. (fin/avi)

Gita Kalah Populer, Lebih Pilih Dahlan Sambungan dari Hal 1 ’’Dahlan unggul dibandingkan Gita menurut kami itu hal yang wajar karena sering diberitakan media dan memiliki jaringan media yang efektif dan kuat,’’ tegas Dipta Dia menambahkan, saat ini memang masyarakat membutuhkan figur yang servent leader, sederhana dan dekat dengan masyarakat. Lagi-lagi, Dahlan Iskan lebih dekat dengan masyarakat, ketimbang Gita. Oleh karenanya, kata Dipta, fakta ini semakin mempermulus jalan Dahlan untuk menjadi presiden di 2014 nanti. Kekurangan Dah-

lan, cuma satu yaitu tak memiliki partai sebagai kenderaan politik. Nah satu-satunya jalan bagi Dahlan adalah ikut konvensi sebagai kenderaan politik. Menurut Dipa, kenderaan politik yang paling memungkinkan dipakai adalah Demokrat. ’’Lagi pula Dahlan secara kekerabatan dengan istana sangat dekat, tinggal masukin CV,’’ demikian Dipta. Survei LSN tersebut, mengungkapkan terjadi kesenjangan yang cukup parah antara ekspektasi publik dengan sikap presiden dan para menteri.

’’Padahal publik mengharapkan pemerintah lebih fokus mengurus negara dan memperbaiki kinerja, namun hal itu tidak terjadi. Pemerintah dan para menteri sibuk dengan agenda-agenda politik partainya masing-masing,‘’ kata Dipa Pradipta. Dengan rendahnya kinerja pemerintah, menurut dia, Pemerintahan SBY telah kehilangan kredibilitas dimata publik. ‘’Inkonsistensi Presiden SBY dan sejumlah menteri di tahun politik ini membuat kredibilitas pemerintah semakin merosot,’’ pungkas Dipta. (Rakyat Merdeka)

Diminati Turis, Dipuncaki Makan Bersama Nasi Tumpeng Sambungan dari Hal 1 Kami bertekad melestarikan wayangan sebagai agenda rutin Pemerintah Kota Malang agar akar budaya bangsa tetap terjaga,” seru Ustad Sutiaji yang nampak antusias menyaksikan pagelaran wayang ini. Pernyataan Sutiaji tersebut diamini Kabag Humas Pemkot Malang Ir.H.Ade Herawanto,MT yang sejak awal turut mensuport kegiatan ini. Ade,sapaan akrabnya, menuturkan dirinya memang memikirkan beberapa ‘’terobosan’’ baru untuk tetap melestarikan pagelaran wayang kulit. Termasuk tidak tertutup kemungkinan ‘’dikolaborasikan’’ dengan pertunjukan musik dan sebagainya. Dengan demikian,generasi muda juga tetap tertarik untuk menyaksikan pertunjukan yang baru berakhir pada dini hari ini. ‘’Terpenting adalah seni budaya asli bangsa Indonesia dapat tetap lestari. Apalagi seni wayang sekarang semakin jarang dilakukan. Dulu wayang menjadi media dakwah- oleh para sunan, salah satunya Sunan Kalijogo. Semangat dari para pini sepuh inilah yang patut kita teladani,” tandas dedengkot band

d’Kross ini. Beberapa turis asing secara khusus juga mengapresiasi kegiatan yang menurut mereka sangat unik tersebut. Salah satunya adalah Marissa warga berkebangsaan Belanda yang Nampak antusias merekam seluruh rangkaian pertunjukan dengan kamera videonya. ‘’Luar biasa. Saya sangat senang mendapat kesempatan menyaksikan acara yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia ini,’’ ujar Marissa. Hal senada dinyatakan beberapa turis asing yang tidak beranjak dari tempat duduk mereka untuk menyaksikan satu persatu adegan dengan lakon ‘’Lahire Betoro Kolo’’ ini. ‘’Kami sangat menikmati pertunjukan ini.Apalagi baru kali ini kami menyaksikan secara langsung pagelaran wayang,’’ cetus Joseph Smith, mahasiswa asal Australia yang hadir bersama beberapa rekannya. Secara keseluruhan rangkaian pagelaran wayang berlangsung sukses. Para peserta ruwatan, sebagian tinggal diluar Malang Raya bahkan ada yang datang dari Kalimantan,menyatakan puas.

“Semoga ruwatan ini bisa menambah semangat kita semua untuk menjalani kehidupan yang makin nyaman dan dijauhkan dari segala bentuk mara bahaya maupun malapetaka,’’ cetus beberapa peserta. Setelah prosesi ruwatan dipimpin Ki Supangi Wedhar Bawono selesai sekitar pukul 24.00, maka para penonton ikut bersama-sama ‘’menyerbu’’ dan menikmati puluhan nasi tumpeng yang dibawa oleh peserta ruwatan. Suasana penuh keakraban dan kebersamaan benarbenar mewarnai kegiatan makan secara bersama-sama sebagai puncak acara. Beberapa saat kemudian, Ki Supangi kembali melanjutkan pagelaran wayang yang berakhir tepat pukul 04.00 Minggu dini hari kemarin dengan disaksikan ratusan penonton yang tak beranjak dari tempat duduk mereka hingga bubaran. ‘’Kami sangat berterima kasih kepada keluarga besar Malang Post yang selama ini terus peduli dalam upaya melestarikan budaya.Diantaranya dengan menggelar pagelaran wayang ruwatan seperti ini,’’ cetus Ki Supangi. (nugroho)

FIRMAN MUHAMMAD/MALANG POST

BAHAGIA : Orang tua siswa SMP menangis bahagia saat diumumkan putranya lulus. Tahun ajaran baru nanti, lulusan SMP bisa masuk SMA tanpa tes tulis.

Kemendikbud Minta Masuk SMA Tanpa Tes Tulis

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta nilai ujian nasional (UN) SMP/sederajat dijadikan acuan penerimaan siswa baru di jenjang SMA/ sederajat. Pengelola SMA diharapkan tidak perlu repot-repot lagi menjalankan ujian tulis untuk saringan masuk. Permintaan menghapus ujian tulis masuk SMA dan digantu seleksi hasil UN ini disampaikan langsung oleh Mendikbud Mohammad Nuh. “Kementerian terus meningkatkan objektivitas pelaksanaan UN, sehingga nilainya itu juga bisa dipercaya,” kata menteri asal Surabaya itu. Jika ada SMA yang masih menjalankan ujian tulis sebagai saringan masuk siswa baru, berarti tidak mempercayai nilai rapor dan melakukan pemborosan anggaran. Namun pihak

Kemendikbud tidak bisa berbuat tegas karena kebijakan pendidikan mulai dari jenjang SD hingga SMA diotonomikan ke pemda. Kemendikbud hanya sebatas menghimbau saja. Nuh mencontohkan jika pengelola SMA sudah bisa mencontoh sistem saringan masuk nasional yang dilakukan perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Untuk masuk PTN dari saringan nasional, calon mahasiswa sudah tidak perlu lagi repot-repot mengikuti ujian tulis. “Formulanya ketika output (akan lulus) menjalni tes tulis, maka input-nya (penerimaan jenjang berikutnya) tidak perlu tes tulis lagi,” kata mantan rektor ITS itu. Penghapusan sistem ujian tulis untuk masuk SMA ini juga membuat masyarat tidak bingung. Saat ini sistem seleksi masuk SMA berbedabeda di setiap daerah. Padahal bebera-

pa tahun lalu, sekolah-sekolah di daerah kompak hanya menggunakan nilai rapor sebagai saringan masuk. Nilai rapor para pelamar SMA di-ranking sedemikian rupa. Nama-nama siswa teratas dan sesuai dengan kuota siswa baru, langsung dinyatakan diterima tanpa melalui ujian tulis lagi. Sejumlah kalangan menilai jika ujian tulis masuk SMA dipakai untuk bargaining masing-masing pemda. Selain itu muncul dugaan juga jika seleksi ujian tulis ini merupakan proyek daerah yang anggarannya lumayan besar. Dalam praktenya ujian tulis ini rawan terjadi kongkalikong karena peserta tidak mengetahui secara langsung proses penilaian. Berbeda dengan sistem pemeringkatan nilai UN yang bisa dipampang dengan transparan. (wan/jpnn)

BPKB Segera Dicetak JAKARTA - Penantian pemilik kendaraan baru untuk bisa segera mendapatkan BPKB bakal segera usai. Lelang pengadaan material buku berharga itu sudah masuk masa penetapan pemenang. Begitu pula dengan pengadaan material STNK dan SIM yang dilakukan hampir bersamaan. Sedikitnya 20 perusahaan saat ini bersaing untuk mendapatkan tender pengadaan BPKB. Salah satunya adalah PT Pura Barutama, bagian dari Pura Group yang sempat disebut-sebut dalam sidang kasus Simulator SIM. Pura Group disebut oleh saksi Legimo menyetor uang ke Irjen Djoko Susilo lewat dirinya. Meski perusahaan tersebut kembali ikut lelang tahun ini, pihak Korlantas Mabes Polri menjamin lelang senilai Rp 251,3 miliar itu bersih. “Lelang

kami lakukan secara terbuka, full e-procurement. Publik bisa mengaksesnya di website www.lpse.polri. go.id,” terang Kabid Regident Korlantas Mabes Polri Kombespol Sam Budigusdian. Penetapan pemenang lelang bakal berlangsung sampai 11 Juni mendatang. Kemudian, penandatanganan kontrak akan dilakukan pada 20 Juni mendatang. Begitu mendapat kontrak, pemenang lelang harus memproduksi sebanyak-banyaknya BPKB dalam waktu singkat. “Pertengahan Juli kami akan mulai distribusi,” lanjut mantan Dirlantas Polda Jatim itu. Distribusi akan diprioritaskan pada daerah dengan kebutuhan paling mendesak dan paling awal mengeluarkan surat keterangan pengganti

BPKB sementara. Sebab, penerbitan BPKB bakal dilakukan urut kacang mulai nomor register paling awal. Sementara itu, lelang pengadaan material STNK mulai masuk masa evaluasi dokumen dan pembuktian kualifikasi. Ada Sembilan perusahaan yang mengikuti lelang tersebut. Penetapan pemenang baru dilakukan 12 Juni mendatang, dan penandatanganan kontrak proyek dengan nilai pagu Rp 296,7 miliar itu dilakukan 26 Juni. Di samping pengadaan material BPKB dan STNK, Korlantas juga tengah melelang tender pengadaan material SIM. tahap lelang proyek senilai Rp 225,6 miliar itu baru dimulai 27 Mei lalu dan diikuti 11 perusahaan. Penandatanganan kontrak akan dilakukan pada 4 Juli mendatang. (jpnn)

Cukup Preman dan Pengangguran yang Wajib Militer JAKARTA – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane, menilai Rancangan Undang-undang Komponen Cadangan boleh saja dibahas dan digolkan menjadi Undang-undang oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, ia mengingatkan, tidak otomatis pemerintah bisa mewajibkan latihan militer bagi warga sipil. “Sebab pembentukan komponen cadangan melalui kebijakan wajib militer (wamil) bisa dilakukan jika benar-benar sangat diperlukan negara,” katanya, Minggu (2/6). Ia mengungkapkan, ada dua alasan yang bisa membentuk komponen cadangan melalui wamil. Pertama,

jika ada ancaman luar negeri. Nah, menurut dia, saat ini kondisi Indonesia sangat stabil. “Tidak ada ancaman dari luar, tidak dalam keadaan darurat perang, dan tidak ada rencana melakukan agresi. Untuk itu rencana wamil patut dipertanyakan,” paparnya. Namun dia setuju jika wamil ditujukan untuk mengatasi pengangguran kaum muda dan premanisme jalanan. “Artinya, para penganguran dan preman jalanan masuk wamil dan kemudian ditempatkan di wilayah perbatasan yang memang tidak ada aparat TNI-Polrinya, seperti di Kalimantan dan Papua,” jelasnya.

Dia menyatakan menolak rencana pembentukan komponen cadangan oleh Kementerian Pertahanan yang akan melatih Pegawai Negeri Sipil dan swasta menembak. Menurutnya, langkah itu tidak tepat dan hanya akan menimbulkan ancaman baru di masyarakat. “Potensi penyalahgunaan akan lebih besar. Apalagi, jika pasukan cadangan itu anggota ormas atau digunakan untuk menjaga keamanan,” katanya. Selama ini, dia melanjutkan, pelatihan komponen keamanan adalah wewenang Kepolisian dan bukan Kementerian Pertahanan. “Dan itu sudah lama dilakukan Polri, dengan program satuan pengaman (satpam),” tuntasnya. (boy/jpnn)

Parpol Kumpulkan Dana Kampanye dengan Memeras JAKARTA - Ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Didik Supriyanto menyatakan, pembatasan dana kampanye harus secepatnya dilakukan. Alasannya, dengan tidak adanya aturan yang jelas maka dana kampanye partai sulit diawasi. “Pembatasan dana kampanye harus dimulai sekarang. Kalau tidak, ke depan tidak bisa dievaluasi lagi,” kata Didik di Jakarta, Minggu (2/6). Didik mengusulkan, pengaturan dana kampanye bisa dengan cara

sederhana, yakni mewajinkan bahwa transaksi pendanaan partai politik harus melalui rekening bank. Sehingga tercatat aliran dana dan besarannya. Menurut Didik, pendanaan partai politik selama ini hanya bersifat tunai yang tidak dapat diketahui darimana asal usul dan jumlah dananya. Karena itu, diperlukan aturan ketat supaya partai tidak berlomba-lomba mencari dana kampanye sebanyakbanyaknya, yang menyebabkan terjadinya praktik politik uang. “Kuncinya itu ada di parpol. Par-

pol selama ini menggunakan kampanye sebagai arena mengumpulkan uang haram. Dia menekan pengusaha, menekan ini, itu,” ujar Didik. Karena itu partai politik lanjut Didik, dari dulu tidak mau melakukan pembatasan dana kampanye. Sebab kalau dibatasi maka dia tidak bebas bergerak. Didik menilai, selama partai politik masih memanfaatkan kampanye untuk meraup duit haram sebesar-besarnya, selama itu pula tidak akan menghasilkan pemilu yang bagus. (gil/jpnn) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


SENIN, 3 JUNI 2013

12


SENIN, 3 JUNI 2013

13 3

RD

Janji

Spiderman Ancam ‘Jerat’ Singo

Tampil Beda MALANG–Perombakan dan rotasi dijanjikan oleh Rahmad Darmawan (RD) pelatih Arema Indonesia dalam formasi lawan Persita Tangerang, sore ini. Rotasi dilakukan karena kondisi tim yang kekurangan waktu recovery, sehingga harus mengganti beberapa pemain di tiga lini. Dendi bisa menggantikan Sunarto yang dipasang saat lawan Persib Bandung. Apalagi, winger asli Malang itu

Baca Spiderman... Hal.14

memang dikenal memiliki intuisi tinggi. Visi bermain yang didukung kemampuan passing kombinasi juga menjadi keunggulan Dendi. Sesuai kebijakan, rotasi Dendi mungkin saja main. Sementara itu, di lini belakang Singo Edan sudah pasti terjadi rotasi. Sebab, Thierry Gathuessi dipastikan tidak bisa main karena cedera dua minggu yang membelitnya. Baca RD... Hal.14

Tiket Ekonomi Kembali Normal MALANG–Kebijakan manajemen untuk menurunkan tiket pertandingan Arema Indonesia saat bukan laga big match disambut baik oleh Aremania. Lawan Persita sore ini, harga tiket ekonomi kembali seperti semula, yakni menjadi Rp 25 ribu. Hal ini ditegaskan oleh Media Officer Arema, Sudarmaji ketika dikonfirmasi kemarin. ”Atas permintaan nawaknawak, dan atas hasil rapat antara manajemen dan Are-

MALANG–Striker Persita Tangerang Cristian Carasco patut diwaspadai pemain-pemain belakang Arema Indonesia. Dikenal dengan selebrasi super unik memakai topeng Spiderman,

mania, kita putuskan saat bukan big match tiket ekonomi dihargai Rp 25 ribu,” Baca Tiket... Hal.14

GUEST GESANG/MALANG POST

TUGAS BERAT: Beny Wahyudi dkk memiliki tugas berat mengawal daerah pertahanan Arema Indonesia saat menghadapi Persita Tangerang, sore ini.

ANTUSIAS :Calon Wakil Walikota terpilih,H.Sutiaji dan Kabag Humas Pemkot Ir.H.Ade Herawanto bersama Direktur Malang Post H.Juniarno D.Purwanto.

TUAN RUMAH : Direktur Malang Post H.Juniarno D Purwanto memberikan sambutan.

DOA : Lantunan doa dibacakan menandai prosesi ruwatan.

SELAMAT DATANG : Calon Wakil Walikota terpilih, H.Sutiaji disambut Pemimpin Redaksi Malang Post Sunavip Ra Indrata.

LAHIRE BETORO KOLO :Usai ruwatan,Ki Supangi melanjutkan pagelaran wayang dengan lakon Lahire Betoro Kolo.

DARI BERBAGAI DAERAH : Para peserta ruwatan massal mengikuti rangkaian prosesi.

KHIDMAT : Ki Supangi Wedhar Bawono melakukan prosesi ruwatan. GUNUNGAN : H.Sutiaji menyerahkan gunungan kepada Purwanto yang meneruskannya kepada dalang Ki Supangi Wedhar Bawono.

MERDU: Penampilan sinden kian menyemarakkan pagelaran wayang. REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


SENIN, 3 JUNI 2013

Tiket Ekonomi Kembali Normal 

ujar Sudarmaji kepada Malang Post kemarin. Keputusan ini demi mengakomodasi suara Aremania yang ingin pertandingan Arema selalu penuh. Termasuk saat laga lawan Persita yang sejatinya digelar di hari yang kurang menjual, yakni hari Senin. Meskipun digelar pada hari kerja, Sudarmaji yakin fanatisme Aremania bakal membuat Stadion Kanjuruhan penuh sore ini. Sebab, Aremania memproklamirkan diri sebagai suporter yang siap mendukung secara langsung dalam setiap pertandingan Arema. “Kita harapkan Aremania bisa datang ke Stadion Kanjuruhan saat lawan Persita. Dengan penurunan harga tiket, Aremania bisa lebih antusias lagi menyaksikan pertandingan lawan Persita,” ujar Sudarmaji. Dalam rapat di Stadion Kanjuruhan, Sabtu lalu, Aremania memang memprotes manajemen soal harga tiket yang naik tanpa ada rembugan

RD Janji Tampil Beda 

Sambungan dari Halaman 13

dan koordinasi dengan korwil. Urusan ini memang terselesaikan. Tetapi, ada satu lagi agenda yang belum mendapat titik terang hingga berita ini diturunkan. Yakni, permasalahan pengawasan loket stadion yang menjadi pusat pembelian tiket untuk Aremania yang tidak kebagian jatah korwil maupun ticket box. Sebab, dari kejadian yang sudahsudah, loket stadion tidak bisa memenuhi kebutuhan tiket dari Aremania. Karena, ada mafia tiket yang memainkan jumlah tiket dalam loket stadion. Misalnya, dalam pertandingan lawan Persib, tiket di loket harusnya menjual 5800 lembar. Namun, dari informasi yang dihimpun, jumlah tiket yang dijual di loket hanya 1410 lembar. Praktis, Aremania yang antre berjam-jam menjadi marah dan terpaksa membeli di oknum calo nakal yang jual tiket di atas batas wajar. Dalam waktu dekat, akan ada pertemuan untuk membahas masalah ini.(fin/jon)

14

Sambungan dari Halaman 13

“Di lini belakang ada Purwaka Yudhi dan Munhar yang bisa menggantikan posisi Thierry,” ungkap pelatih asal Metro Lampung tersebut. Melihat ketergantungan RD pada sosok Purwaka yang bermain cerdas dan bergaya flamboyan, bisa saja Munhar dipinggirkan lagi. Sementara, Victor Igbonefo susah digeser karena penampilannya cenderung stabil selama beberapa pertandingan terakhir. Apalagi, duetnya bersama Purwaka juga cukup apik saat lawan Persib. Di lini tengah, ada kemungkinan pelatih berlisensi A AFC tersebut melakukan rotasi. Sebab, publik pecinta Arema sudah menantikan kehadiran Edmar Garcia, playmaker Arema yang disiapkan untuk menyervis Alberto Goncalves, Christian Gonzales, Kayamba Gumbs hingga Dendi Santoso. ”Soal Edmar kita akan lihat kondisinya sampai besok. Kalau dia dipaksakan main dengan kondisi tidak seratus persen kan riskan juga,” ujar pelatih berusia 46 tahun ini. Namun, melihat kondisi lini tengah yang sering jadi bulan-bulanan tim lain, kehadiran Edmar yang kuat membawa bola dan memiliki visi menyerang bisa mengurangi kelemahan Arema. Apalagi, Persita diprediksi bermain dengan formasi 4-5-1, sistem permainan yang mengedepankan pertahanan dan mengamankan gawang. Sesekali, Persita melakukan serangan balik lewat pemain cepat seperti Kim Dong Chan dan Ade Jantra, untuk menyervis targetman Cristian Carasco.(fin/jon)

LATIHAN RINGAN: Pemain Arema Indonesia hanya latihan ringan jelang hadapi Persita.

GUEST GESANG/MALANG POST

Lebih Pentingkan

Recovery MALANG–Jelang menghadapi Persita Tangerang di Stadion Kanjuruhan, Senin (3/6) sore ini, Arema Indonesia benar-benar tidak mempersiapkan latihan teknis seperti strategi dan taktik. Dengan waktu jeda pertandingan yang sangat mepet, yakni hanya dua hari, Singo Edan tak punya waktu untuk latihan strategi secara maksimal. Dalam latihan di Stadion Gajayana, sore kemarin, Arema hanya memanasi mesin Sunarto dkk agar kondisi fisiknya tetap terjaga. pelatih Arema Rahmad Darmawan (RD) hanya memberi materi recovery untuk pemain yang sudah turun lawan Persib, Jumat lalu. “Latihan hanya recovery dan pemulihan kondisi,” ujar RD ketika dikonfirmasi. Bagi pelatih berpangkat kapten TNI-AL tersebut, pemulihan kondisi dengan jeda yang mepet lebih jadi prioritas, ketimbang memaksakan latihan taktik dan strategi yang membutuhkan game internal simulasi. Alih-alih menjalankan game internal, RD menyodorkan menu yang ringan. “Bagi saya, dengan waktu yang mepet seperti ini, recovery lebih penting daripada latihan. Karena, soal strategi anak-anak sudah paham. Mereka juga baru saja main hari Jumat lalu. Atmosfer pertandingannya masih dapat,” ungkap pelatih yang sukses mengawinkan gelar ISL di dua klub berbeda itu. Hanya pemain seperti Reza Mustofa, Edmar Garcia, Yericho Christiantoko, Yandi Sofyan, I Made Wardana, Ahmad Kurniawan hingga Dedi Kusnandar yang memantapkan latihan taktik dan

KLASEMEN ISL PAPAN ATAS 1. PERSIPURA 2. AREMA 3. SRIWIJAYA FC 4. PERSIB 5. MITRA KUKAR 6. BARITO PUTERA

22 22 21 21 21 22

16 14 13 12 12 11

6 3 3 5 3 4

0 5 5 4 6 7

50-8 43-18 36-29 45-27 36-32 38-28

54 45 42 41 39 37

PAPAN TENGAH 7. PERSISAM 8. PERSIRAM 9. PERSIBA 10. PERSIJA 11. PERSEPAM 12. PERSELA

22 22 22 22 22 21

7 6 6 7 6 6

8 9 7 4 7 6

6 7 9 11 9 9

26-27 29-26 23-28 24-30 23-34 29-29

29 27 25 25 25 24

PAPAN BAWAH 13. PERSIWA 14. GRESIK UNITED 15. PELITA BANDUNG

22 22 22

7 6 5

3 6 8

12 10 7

25-35 23-33 25-32

24 24 23

ZONA DEGRADASI 16. PERSITA 17. PERSIDAFON 18. PSPS

21 22 22

4 4 3

8 5 5

9 13 14

18-31 22-38 18-49

20 17 14

teknik. Sebab, di pertandingan sebelumnya para pemain itu tidak turun ke lapangan. Sementara itu, Persita menyempatkan latihan game internal di Stadion Kanjuruhan pagi kemarin. Dengan membawa 19 pemain, Giman Nurjaman, pelatih Persita, menyiapkan kondisi para pemainnya agar mampu main baik di pertandingan sore ini. “Kita sudah persiapan bagus, recovery yang sedikit mungkin pengaruh, tapi saya selalu bilang pada anak-anak untuk jaga kondisi. Saya juga tak memaksakan latihan berat, saya kombinasikan dengan fun session agar mental pemain tenang dan rileks,” tandas Giman.(fin/jon)

Spiderman Ancam ‘Jerat’ Singo 

Sambungan dari Halaman 13

pemain yang kemudian dijuluki Spiderman itu kini sedang mempersiapkan diri meladeni sore ini di Stadion Kanjuruhan. Meski tahu timnya kalah kualitas, sang labalaba tidak gentar. Bahkan, Carasco berjanji bakal menjebak sang singo dengan jerat-jerat jebakan Persita. “Kita siap lawan Arema, kita akan main seperti lawan Gresik, kita akan menjerat Arema dan memenangkan pertandingan,” ujar Carasco kepada Malang Post kemarin. Pemain asal Chili itu berjanji bakal memberikan hasil maksimal untuk suporter Persita, Benteng Viola. Minimal, Carasco menargetkan tim yang dibelanya bisa bermain seperti saat menang 0-2 lawan Gresik United. Dengan kondisi tim yang sedang baik, pemain berusia 34 tahun itu siap menuai poin di Kanjuruhan. “Mudah-mudahan kita dapat hasil bagus, tiga poin itu target, tapi satu poin pun juga tidak apaapa, karena kondisi tim ini sudah membaik,” ujar Carasco. Apalagi, diyakini pemain yang membela Per-

sita selama tiga musim tersebut bakal bermain sejak peluit babak pertama dibunyikan. Pada pertandingan sebelumnya, Carasco tidak maksimal karena cedera yang dialaminya. Tapi, sekarang pemain yang pernah membela Persipura Jayapura ini siap seratus persen untuk menunjukkan kapasitasnya. “Saat pertandingan lawan Bandung saya sudah sakit, lawan Gresik saya tidak main banyak agar tidak tambah parah. Sekarang saya sudah baik, besok siap main,” ujar Carasco. Pemain yang memiliki potongan rambut kuncir ini tidak menargetkan mencetak gol. Tetapi, menargetkan bisa meraup poin untuk Persita. ”Saya pikirkan Persita dulu, untuk tim dulu, saya tidak memikirkan target pribadi. Yang penting Persita main bagus, itu lebih penting,” ujarnya. Namun, andai bisa mencetak gol, Carasco siap menampilkan selebrasi ala Spiderman di Stadion Kanjuruhan. “Ya mudah-mudahan saja bisa cetak gol, tapi sekali lagi yang penting adalah Persita,” tutupnya.(fin/jon) REDAKTUR: JON, LAYOUTER: REEP


SENIN, 3 JUNI 2013

15

JADWAL SIM KELILING JADWAL KABUPATEN Senin (3/6) : Terminal Bus Dampit Selasa (4/6) : Stadion Talok Turen Rabu (5/6) : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis (6/6) : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat (7/6) : Stadion Kanjuruhan Sabtu (8/6) : Stadion Kanjuruhan Minggu (9/6) : Bendungan Lahor Karangkates

JADWAL KOTA Senin Selasa Rabu Kamis Jumat

: Alun-Alum : Universitas Widyagama : RM Ringin Asri : Giant Sawojajar : Pos Polisi Mitra 1

GUEST GESANG/MALANG POST

PARKIR TUMPUK: Area parkir yang berada di depan sekolah kawasan Alun-alun Bundar Kota Malang kian hari kian tidak teratur. penumpukan parkiran yang terjadi hingga dua baris ini sangat merugikan orang lain yang melintas di kawasan itu. Terlebih kendaraan yang melintas dari arah Jalan Suropati, harus berhati-hati saat belok ke arah Bundaran Tugu karena banyak mobil yang parkir sampai memakan badan jalan ini.

Ironis Politik Praktis MENYOAL Pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2014, tentu harus dikaji terlebih dahulu seberapa niat untuk melaksanakan acara suci tersebut. Usaha untuk menostalgiakan harus diberlakukan. Tentu dalam hal Pemilu yang tak seapik era lampau. Sebab, dewasa ini acara yang sakral tersebut justru ternodai dengan tindak amoral yang dilakukan secara berjamaah. Perlu disadarkan bahwa Indonesia merupakan negara pengusung demokrasi, yang sistem kepemerintahannya dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Namun, realitanya berkata lain. Banyak penyelewengan yang terjadi dengan dalih mengikuti perkembangan zaman. Dengan tanpa disadari ataupun sengaja meniadakan sistem demokrasi. Ironis, Pemilu yang merupakan rentetan ritual untuk menyaring dan memilah calon pemimpin, baik untuk Pilpres, Pilgup, Pulbup, ataupun Pildes sekalipun. Tak lain hanya untuk kemaslahatan bersama. Padahal hal tersebut diberlakukan di Indonesia semata-mata untuk menjalankan sistem yang diusung olehnya, yaitu negara berbasis demokrasi. Dengan bersistem demokrasi, lambat tahun realitanya memang mampu menggiring bangsa ke posisi yang lebih baik. Sebab, pemerintahan dijalankan secara transparan dan terbuka terhadap masyarakat. Terbukti dari segi ekonomi Indonesia, presentasinya telah naik secara signifikan. Di tahun 2012 saja,

dari segi manajemen perakyat, berganti menjadi sistem rekonomian SBY mamdari, oleh, dan untuk pemerintah pu menggaet tiga pengsendiri. Jadi, politik hanya berlaku hargaan nasional sekauntuknya, memanfaatkan keadaan ligus. memimpin tanpa memberi ruang Untuk hal kemiskinan gerak kepada rakyat pimpinannya. juga demikian, sedikit Banyak orang berkata, “Siapa demi sedikit problemadekat dia dapat”. Dengan demitika kemiskinan negeri kian unsur diskriminasi bermampu terminimalisir. langsung secara khidmat tanpa Berdasarkan data ada gangguan dari yang dirilis oleh pihak manapun. Oleh: Mahfudh Fauzi Badan Pusat Statistik, Sebab, mereka bertelah tercatat bahwa modal besar, yaitu Peraih beasiswa Monash Institute untuk IAIN Walisongo Semarang kemiskinan telah meharkat dan martabat dan Peneliti di Lembaga Studi Agama ngalami penurunan yang tinggi, serta dan Nasionalisme (LeSAN). sebesar 0,89 juta jabatan dan materi orang. Kalkulasi tersebut sesuai jumlah yang melimpah. orang miskin pada kurun bulan maret Karena itu, tidak jarang praktek pe2011 sebesar 30,02 juta orang, yang nyelewengan terjadi. Pemilu yang pada pada tahun 2012 telah mengalami dasarnya sebagai cerminan demokrasi, penurunan menjadi 29,13 juta orang. secara terstruktur nilai kesakralannya Oleh sebab itu, jika suatu negara mulai luntur. Sebut saja Money Politic menggunakan sistem demokrasi dan yang lambat tahun justru seakan mampu mengatur sedemikian rupa, membudaya, dan telah dianggap sebagai dengan penyesuaian karakter bangsa salah satu rukun pemilu. dan perkembangan zaman, sudah Sungguh ironis, praktek yang sepantasnya kemaslahatan hakiki akan dilakukan secara berjama’ah, dari pihak tercapai secara cuma-cuma. Hal ini penyalon berparadigma bahwa hal harus meniru persatuan dan kesatuan, tersebut merupakan bentuk berpoliserta jiwa korsa masyarakat yang sangat tiknya. Tak jauh berbeda dari pihak pekuat pada masa Indonesia lampau. milih, mereka berasumsi bahwa Money Mempertanyakan Demokrasi Negeri Politic semata-mata hanya sebagai Sesuai dengan realita di lapangan, jika bentuk sodaqoh atau syukuran dari si ditela’ah lebih mendalam, sistem penyalon. demokrasi negeri perlu dipertanyakan. Lebih parahnya lagi dari pihak Sistem yang semula dari, oleh dan untuk petugas pemilu, yang justru meman-

faatkan keadaan dengan menjadikan pemilu sebagai ladang memanen pundipundi harta. Dengan demikian, jangan heran jika potret kepemimpinannya buruk. Sebab, terpilih secara instan dan tanpa modal cukup. Dan inilah proses politik praktis. Oleh karena itu, Pemilu semakin pilu. Quo Vadis Politik Cantik Hakikat politik memang positif, walaupun tidak sedikit masyarakat yang mengkambing hitamkan bahwa politik itu munafik. Memang tepat Ustad Misbahul Ulum berasumsi bahwa politik itu baik. Bahkan menurut aktivis di Jerman untuk Indonesia Warsito Ellwein, bahwa politik bukan hanya baik namun indah dan cantik. Seperti halnya paras perempuan yang cantik dan anggun. Dengan demikian, praktek permainan politik harus dijalankan sebenarbenarnya, dimulai dari pemilu hingga masa jabatan berakhir. Harus diakui, memang politik negeri jauh dari hakikat aslinya. Bahkan Gus Mus pun bosan dengan kisruh politik negeri. Memang cukup ironis, mulai dari proses pemilihan, praktek kotor pun mewarnainya. Para ulama’, tokoh masyarakat, hingga para publik figur masyarakat mulai terjamah kotornya politik negeri. Dengan dalih memanfaatkan keadaan, para politisi dengan otak cerdik nan liciknya memegang orang sentral dalam suatu komunitas. Yang sangat disayangkan, dengan berbagai cara para publik figur pun terkontaminasi. Tanpa terkecuali ulama’, yang pada dasarnya dipundak terselip beban moral untuk menyelamatkan politik negeri yang kian menggelitik dan mencekik. Karena itu, pertanyaan salahkah ulama’ berpolitik? Perlu dikaji lebih mendalam jawabannya. Oleh sebab itu, sudah selayaknya pemimpin yang ideal adalah yang berkriteria kesatria, berjiwa kepemimpinan, nasionalis, religius, berwawasan kebangsaan, merakyat, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan produktif. Namun yang paling penting adalah niat dan kemauan untuk membawa perubahan bangsa. Yang perlu diperhatikan pula, tanpa menyinggung unsur SARA, Tua-muda, rakyat borjuis-proleta, jelata-artis, semua tak masalah asal bermodal cukup sesuai kriteria pemimpin ideal. Delegasi dari kaum selebriti pun tak masalah (Celebrity Activism). Walaupun sempat dicap hanya mengandalkan kepopularitasan dan ketenaran. Namun jika mampu memimpin dengan baik dan cantik, kenapa tidak? Walahu a’lam bi al-shawab.(*)

Wajib Militer bagi PNS PRO kontra soal PNS yang harus ikut wajib militer terus merebak. Dalam RUU Komonen Cadangan Negara yang kini tengah dibahas komisi I DPR RI dicantumkan kewajiban bagi PNS untuk ikut pendidikan militer. Wajib militer ini bagian dari kepedulian masyarakat dalam membela negara, karena bela negara bukan hanya kewajiban TNI tapi semua komponen masyarakat. Anggota FKB DPR RI Malik Haramain mengatakan semua warga negara wajib dalam kegiatan bela negara, untuk itu mereka harus mengikuti pendidikan wajib militer. Sebelumnya, banyak pihak yang tidak setuju dengan wajib militer terutama bagi PNS, karena dianggap sebagai militerisasi untuk memperkuat pengaruh militer dalam kehidupan sipil. Bahkan muncul kekhawatiran akan kembalinya TNI ke kancah politik seperti yang dilakukan di era Orde Baru. Kekhawatiran itu sesungguhnya beralasan, karena masyarakat memiliki pengalaman traumatik tentang peran TNI yang terlalu besar dalam kehidupan masyarakat, bukan hanya dalam bidang militer tapi juga merambah dalam bidang politik, sosial, bahkan ekonomi. Keterlibatan TNI yang besar itu dianggap mencederai demokratisasi karena membuat masyarakat takut mengeluarkan pendapat karena harus berhadapan dengan tentara sebagai pembela penguasa. Peran yang terlalu jauh dalam kehidupan itu akhirnya dipangkas habis di era reformasi dengan mengembalikan TNI ke barak dalam peran untuk pertahanan negara. Setelah lima belas tahun reformasi bergulir ada upayaupaya untuk mengembalikan ke kancah politik. Tapi sebenarnya anggapan itu terlalu berlebihan, karena tidak wajib militer bagi PNS itu bagian lain, sedangkan peran politik TNI - seperti pada era Orde Baru - itu bagian yang lain. Termasuk kekhawatiran militerisasi PNS sebenarnya agak berlebihan. Pendidikan militer bagi PNS bukan dimaksudkan untuk menjadikan PNS sebagai tentara, tapi mengadopsi sikap dan disiplin militer. Disiplin dan karakter yang kuat adalah bagian yang terpisahkan dari TNI dan akan berdampak bagus kalau dua kekuatan itu ditularkan kepada pihak lain, termasuk PNS, bahkan komponen masyarakat yang lain pun perlu mengadopsi kekuatan TNI tersebut. Sebaikan masyarakat tidak apriori dulu dengan rencana untuk memberikan pendidikan militer kepada PNS. Bukan menjadikan PNS sebagai komponen tentara, tapi menjadikan PNS memiliki karakter yang kuat dengan disiplin yang tinggi seperti tentara. Saat ini PNS dituntut mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Untuk bisa melakukan itu mereka harus memiliki disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. Hal ini bisa dimaklumi karena masyarakat sudah underestimate kepada PNS yang dianggap lemah dalam disiplin yang berdampak pada kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Ironisnya, selama ini tidak ada pendidikan khusus bagi PNS agar mereka bisa berdisiplin dalam menjalankan tugas. Sebelum diangkat menjadi PNS, mereka memang diberi pendidikan prajabatan, tapi itu lebih banyak masalah teknis pekerjaan dan kepegawaian. Pendidikan karakter dan disiplin masih sangat rendah, bahkan nyaris tidak ada. (redaksi@malang-post.com)

PEMBINA : Dahlan Iskan, KOMISARIS UTAMA : Indra Slamet Santoso, KOMISARIS : Hj Dewanti Rumpoko, DIREKTUR UTAMA : H Imawan Mashuri, DIREKTUR : H Juniarno D Purwanto

SIUPP No : 369/SK MENPEN/SIUPP/1998 Tanggal 17 Juli 1998 Penerbit : PT. Malang Pos Cemerlang Rekening BCA KCP Gatot Subroto no. 400.310.35 98 ALAMAT REDAKSI / SIRKULASI / IKLAN Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telepon (0341) 340081-2, Fax (0341-369503). BIRO BATU Jalan Diran 1B Telp : (0341) 592967 Batu. PERWAKILAN JAKARTA Gedung Graha Pena Lt VI, Jl. Kebayoran Lama No. 12, Telp/Faks 021-53699683 (Hendra)

General Manajer : H Sudarno Seman, Pemimpin Redaksi: Sunavip Ra Indrata, Senior Editor: H Husnun N Djuraid, Manajer Iklan: H Edi Iswanto, Manajer Pracetak: Yudi Armadioka, Manajer Umum dan Keuangan: Laily Junaida, Manajer Pemasaran : Buari Koordinator Liputan : Sri Nugroho,Sekretaris Sekretaris Redaksi : Noer Adinda Zaeni, Kompartemen : Sumarga Nurtantyo, Abdul Halim, Redaktur Pelaksana : Dewi Yuhana, Redaktur : Mahmudi Muchid, Samsuliono, Jon Soeparijono, Shuvia Rahma, Muhaimin Staf Redaksi : Lailatul Rosida, Bagus Ary Wicaksono, Hary Santoso, Febri Setyawan, Ira Ravika, Vandri Battu, Sigit Rokhmad, Poy Heri P, Agung Priyo, Tommy Yuda P, Yudistira Satya WW Redaktur Foto : Guest Gesang Fotografer : Muhammad Firman, Rizal Fanany, Information & Technologi : JI Junaedi (koordinator), Nyono Juari Pracetak: Slamet Prayitno (koordinator), Kurdiyanto, Susilo, Achmad Muzamil, Rahmawati Fatimah, Eko Abdi Hasyim, Arif Syaifurrahman, Siti Nurchasanah Iklan : H Iswanto, Ismadi, Rendiyantok Sapto P, Zainal Arifin, Imam Wahyudi Sirkulasi : Wiyono (koordinator), Sirhan Sahri, Ronny, Hendro, Moch Suadi, Lutfi, Yunindra, Pengembangan Usaha : Taufikur Rahman (koordinator), Sinyo Suwignyo Umum dan Keuangan : Syafiudin (koordinator), Huda,, Nur Towilir (Iklan), Reni SP (Sirkulasi), Siti Muzayanah, Sujono, Bambang TL. Wartawan Malang Post dilengkapi tanda pengenal dan tidak diperkenankan menerima atau meminta uang dan barang apa pun dari narasumber. Redaksi Menerima Artikel atau Opini. Panjang naskah artikel tidak lebih dari satu halaman dan tidak mengandung SARA. Kirim bersama Flash Disk/CD ke Malang Post, Jl Sriwijaya 1-9 Malang, Telp (0341) 340081-340082 atau lewat e-mail: redaksi@malang-post.com, Website : www.malang-post.com Tulisan atau foto dengan kode sirkulasi, advertorial dan society adalah iklan. REDAKTUR : ADINDA, LAYOUTER : ABDEE


16

SENIN, 3 JUNI 2013

SENIN, 3 JUNI 2013

17

BINTANG SEKOLAH

SMA Islam Malang

SMP Islam Sabilillah

Tertarik Pelajari Geguritan Jawa

Lengkapi Fasilitas Sekolah dengan Aula

Bikin Aksi Corat-coret Kelulusan jadi Lebih Asyik!

MALANG– Menemukan siswi yang pandai berbahasa jawa memang susah pada era sekarang. Moderenisasi yang kian menggeser kebudayaan lokal menjadi salah satu faktor utamanya. Namun tidak bagi siswi SMPN 3 Malang, Mirsa Ayu. Dia justru tertarik mempelajari geguritan jawa pada saat duduk di bangku kelas VII. Usia yang sangat muda untuk menekuni bidang keahlian tersebut. Berkat ketertarikannya yang besar itu, Mirsa berhasil mempersembahkan piala Juara II Sastra Jawa dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diselenggarakan beberapa pekan lalu. Rasa tertariknya ini muncul ketika Mirsa KURNIATUL HIDAYAH/MALANG POST secara tidak langsung PEDULI BUDAYA: Kemampuan mendengar temannya Mirsa Ayu dalam membawakan membawakan gegurigeguritan bahasa jawa tan bahasa Jawa. Meramembuatnya terpilih sebagai sa ada hal yan unik dan Juara II Sastra Jawa FLS2N berbeda, akhirnya dara tingkat Kota berambut panjang ini memutuskan untuk ikut belajar geguritan Jawa. “Lihat teman baca geguritan kok asik dan seru, akhirnya coba juga,” terangnya lantas tersenyum. Pada kompetisi tersebut, siswi kelas 8-3 ini memih salah satu geguritan yang sudah disediakan panitia yang berjudul Layang Kanggo Sendiri. “Sebenarnya ada empat pilihan, tapi yang aku paham cuma yang itu. Setidaknya paling mudah dipahami. Ceritanya tentang teroris yang mengaku beragama Islam dan melakukan kerusakan dengan menghancurkan bangunan dan lain-lain,” tuturnya kepada Malang Post. Tidak hanya memiliki bakat di geguritan Jawa, Mirsa lebih dulu terjun ke dunia sastra melalui pidato. Bahkan ia juga menyabet penghargaan lain seperti Juara I Pidato Bahasa Indonesia Bakat Minat 2013. Walaupun demikian, ada beberapa perbedaan mendasar yang membuatnya tak bisa menyamakan pidato dan geguritan Jawa. “Kalau geguritan lebih banyak diksinya, lebih kuat juga,” tandasnya. Tapi untuk pembawaannya sendiri, pidato lebih mudah. Hal ini karena pidato seperti mengajak berkomunikasi lawan bicara. “Pidato dibawakan dengan tenang dan santai. Kalau di awal kita bisa ambil nada yang pelan, baru setelah itu memainkan emosi dengan penekanan intonasi,” imbuhnya. Agar penampilannya maksimal ketika lomba, Mirsa menggunakan stopwatch pada saat latihan. Sehingga ia sudah memiliki perkiraan pidato yang ia buat akan selesai dalam jangka waktu berapa menit. Sementara itu, dukungan dari orang tua juga dirasa cukup besar. Sang kakek yang juga menggeluti dunia sastra nampaknya mewariskan darahnya kepada cuccu tercintanya. Tak terkecuali sang bunda yang juga senantiasa memberikan komentar serta masukan pada setiap penampilan ketika berlatih di rumah. “Kalau di rumah rasanya sudah kayak di perlombaan. Seluruh anggota keluarga berkumpul dan mendengarkan pidatoku. Setelah selesai mereka memberikan saran. Itu sangat membantuku untuk memperbaiki kekurangan sebelum tampil di depan juri,” tutupnya. (kur/nda)

MALANG - Sebagai upaya meningkatkan stabilitas pembelajaran yang efektif dan berkualitas SMA Islam Kota Malang terus melakukan pembenahan dan penambahan sarana prasarana sekolah dalam bidang infrastruktur khususnya. Jika pada bulan lalu penambahan WiFi hingga tujuh titik lokasi di sekolah telah selesai dilakukan, saat ini sekolah yang berada di jalan Kartini ini telah memiliki aula tersendiri sebagai tempat meeting dan beberapa aktifitas pembelajaran siswa. Sebelumnya kegiatan pertemuan dengan para wali siswa maupun kegiatan kreatifitas seperti pameran seni dan teater seringkali dilakukan dengan mengalihkan fungsi kelas. Namun sekarang kegiatankegiatan tersebut sudah dapat dilakukan di ruang auditorium baru sekolah. “Untuk sarana kelas kami rasa sudah mencukupi, kami mempunyai delapan kelas pararel di sini, yang belum ada adalah sarana non kelas seperti aula,” ujar Sularto, M.Pd, Kepala SMA Islam Kota Malang. Aula dengan ukuran 14x18 meter tersebut akan dimanfaatkan sekolah sebagai bengkel seni budaya. Sebagai lembaga Islam yang juga sangat mementing-

IMAM WAHYUDI/MALANG POST

HAMPIR FINISH: Gedung Aula SMA Islam yang baru tampak megah dilihat dari depan.

kan dunia sains SMAI juga berupaya menumbuhkembangkan bakat siswanya dalam bidang seni. Dengan demikian kreatifitas siswa SMA Islam yang dikenal kreatif dan inovatif itu akan terfasilitasi dengan aula tersebut sebagai ruang gerak tempat berkekspresi. Kebijakan ini dilakukan Sularto mengingat pelajaran seni budaya di kurikulum 2013 diarahkan pada seni gerak seperti drama dan tari yang membutuhkan tempat tersendiri. Maka dengan adanya sarana dalam pengembangan seni kreatifitas siswa SMA Islam,

SMK PGRI 2 Lepas 156 Siswa MALANG- Sekitar 156 siswa kelas XII SMK PGRI 2 Malang mengikuti proses pelepasan sebagai purna siswa di Hall The Grand Palace Hotel Malang, Sabtu (1/6) lalu. Acara pelepasan ini dilakukan oleh Kepala SMK PGRI 2 Malang, Suprijana, SPd. Kepada para undangan, dia menjelaskan hanya satu orang saja yang tidak dinyatakan lulus dalam tahun ini karena nilai ujian nasionalnya kurang dari 4,0. “Siswa yang tidak lulus bisa mengikuti ujian nasional paket C kejuruan tanggal 1 dan 2 Juli nanti,” tuturnya. Di sisi lain, Pri, pangilannya mengaku bangga bahwa salah satu siswanya, Vaula Agustina menjadi juara umum tingkat SMK dalam lomba LKS se-Jawa Bali. Salah satu cara meningkatkan angka kelulusan, diakui pria ini, memberikan tambahan pelajaran dan try out sebanyak enam kali dengan materi tiga kali soal dari Dinas Pendidikan dan soal lokal. Memasuki semester kedua, anakanak sudah dihadapkan dengan berbagai kegiatan ujian, mulai dari uji kompetensi keahlian sekolah dan nasional, ujian praktek agama dan olah raga. “SMK PGRI 2 Malang sebagai lembaga pendidikan menengah kejuruan memiliki sebuah impian yang dituangkan dalam visi sekolah yaitu mampu menjadi

ZAINAL ARIFIN/MALANG POST

FOTO BERSAMA : Seluruh siswa-siswi SMK PGRI 2 mengajak foto bersama dengan kepala sekolah dan guru.

lembaga pendidikan yang dapat membentuk siswa menjadi insan yang taqwa, santun, cerdas, siap kerja dan siap mandiri serta turut serta melestarikan lingkungan hidup,” sambung Pri. Namun, untuk mewujudkan tersebut, memerlukan kerjasama dari semua komponen yang ada. Mulai dari karyawan, tata usaha, guru, komite sekolah, orang tua, dan juga masyarakat dan dinas terkait. “Selain itu, juga menjalin kerjasama dengan usaha dan indus-

SMPK SANTA MARIA 2 MALANG

FOTO: IMAM WAHYUDI/MALANG POST

HIKMAD: Kepala SMPK Santa Maria 2, Sr Theresela saat memimpin acara pelulusan siswa kelas IX didampingi para waka dan guru.

Lulus 100 Persen, Beri Kejutan untuk Siswa MALANG - Acara pelepasan SMPK Santa Maria 2 Malang, Sabtu (1/6) sore lalu, berlangsung ‘dramatis’. Sebanyak 183 siswa kelas IX yang mengikuti acara tersebut dibuat berdebar-debar dengan konsep kegiatan yang mengusung tema ‘Pesona Tanah Airku’ itu. Para siswa yang memang tidak mengetahui lulus atau tidaknya itu terlebih dulu diikutkan pada beberapa acara seremonial hingga pengumuman kelulusan. Awalnya informasi lulusan diumumkan melalui layar proyektor yang menampilkan nomor ujian siswa yang dikategorikan tidak lulus secara animasi. Namun di’tengah proses penampilan, program tampilan menjadi error hingga jantung para calon lulusan saat itu dibuat samakin tidak karuan.’Akhirnya, MC menyerahkan pengumuman kelulusan pada kepala sekolah untuk disebutkan secara langsung. Tepat pukul 16.40 akhirnya diumumkan kelulusan siswa 100 persen yang disertai dengan nyala kembang api. Tak sedikit di antara mereka yang terharu gembira akan hasil ujian yang mereka terima dari wali kelas masing-masing saat itu. Kepala SMPK Santa Maria 2, Sr Theresela mengatakan kelulusan 100 persen siswa-siswinya tahun ini merupakan hasil dari sebuah perjuangan yang dilakukan mereka selama ini. “Kami bangga akan hasil kerja keras anak-anak selama ini. Ini juga berkat doa yang dilakukan mereka dan para guru hingga mereka lulus 100 persen. Apa yang diperoleh siswa-siswi kami saat ini tidak lepas dari anugerah Tuhan,” tukasnya. Tahun ini, nilai Ujian Nasional tertinggi dari siswa kelas IX SMPK Santa Maria 38,15 dengan 18 siswa

Sularto berharap akan tercipta potensi unggul yang terlahir karena minat dan bakat siswa terfasilitasi dengan baik. Menurutnya saat ini nilai seni sangat mahal dan mendapatkan apresiasi yang sangat positif dari publik. Dengan demikian potensi keterampilan seni yang didapat siswa di SMA Islam nantinya dapat menjadi nilai tambah bagi mereka setelah mereka lulus nantinya. Dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi lapangan kerja tersendiri yang menghasilkan income dalam kehidupan mereka, seperti yang sudah dialami para lulu-

san yang diantara mereka ada yang telah menekuni dunia percetakan dan kuliner hingga menjadi pengusaha muda yang sukses. “Kami nilai ini sangatlah penting, karena saat ini dunia industri dan kewirausahaan berkembang pesat di masyarakat,” sambungnya. Dijelaskannya, bangunan baru di lantai tiga yang kini dibangun tersebut nantinya tidak hanya untuk ruang aula, tapi juga digunakan untuk perluasan perpustakaan yang saat ini sudah tidak memadai. Jumlah siswa yang semakin banyak, menuntut sekolah untuk semakin melengkapi sarana di perpustakaan. Menurut Sularto, perpusatakaan merupakan pokok utama sebagai sarana penting untuk menunjang kelangkapan belajar yang manfaatnya dapat langsung dirasakan guru maupun siswa. “Sebagai jantung dalam lembaga pendidikan, harusnya memang perpustakaan dijadikan prioritas dalam melengkapi sarana di sekolah”katanya. Kini siswa-siswi SMA Islam pun akan semakin leluasa menikmati layanan perpustakaan yang memadai dengan bahan refrensi pendidikan yang juga semakin lengkap. (imm/nda)

sukses meraih nilai 10. Masing-masing dari pelajaran matematika sebanyak 16 siswa serta satu siswa pelajaran bahasa Inggris dan IPA. Theresela menjelaskan nilai-nilai tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi siswanya apalagi lebih dari sepuluh anak berhasil mendapatkan nilai 10. Namun ia juga berharap prestasi yang diperoleh siswa kelas IX ini dalam Ujian Nasional juga diimbangi dengan prestasi non akademik yang dalam hal ini berkaitan dengan budi pekerti. Menurutnya nilai karakter kepribadian merupakan pokok utama yang harus dimiliki oleh siswa, sebagai pondasi diri dalam hidup mereka. “Kami para guru hanya ikut mengukir dan mengisi sekelumit perjalanan hidup panjang mereka, serta mengambil bagian untuk memberikan yang terbaik,” jelasnya. Sebagai apresiasi sekolah pada siswa yang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembinaan karakter di sekolah khususnya dalam setahun terakhir, mereka mendapatkan piagam penghargaan yang diberikan sekolah di momen perpisahan. Selain itu yang juga mendapatkan piagam penghargaan adalah mereka yang meraih total nilai tertinggi dan nilai 10 dari satu atau lebih mata pelajaran yang diujikan. Theresela berharap aspek-aspek moral, spiritual, intelektual, ketangguhan dan daya juang sebagai lima kecerdasan yang selalu direalisasikan sekolah dapat diaktualisasikan sepenuhnya. “Mereka sudah punya pondasi yang kuat yang siap mendirikan bangunan di atasnya, sebuah bangunan diri yang kokoh, penuh nilai artistik dan minimalis,” pungkasnya. (imm/sir/nda)

tri, perguruan tinggi dan juga lembaga penyalur tenaga kerja, yang akan membantu menyalurkan siswa untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan keahliannya,” tegas dia. Kepada orang tua masingmasing wisudawan, dia mengaku bangga dengan para siswa yang bisa memberikan nilai arti kepada sekolah. “Perkenankanlah kami menghaturkan kembali putra-putri bapak atau ibu untuk dapat diantarkan mereka mengisi kehidupannya menja-

di lebih baik dari hari kemarin dan hari ini,” pungkasnya. Sementara itu, Humas SMK PGRI 2 Malang, R. Suhaimi mengatakan SMK PGRI 2 yang berada di Jalan Janti Barat Blok A Malang sudah langsung mulai membuka dan menerima pendaftaran siswa-siswi baru tahun ajaran 2013-2014, dengan jurusan tehnik komputer dan jaringan, jurusan akuntansi, jurusan multimedia, jurusan administrasi perkantoran, jurusan pemasaran, dengan fasilitas,

masuk pagi, hotspot, kantin, gedung sendiri, koperasi siswa, mini bank, lab mutimedia, lab komputer, dan akses internet, lab TKJ, perpustakaan, menyalurkan dana BOS untuk kegiatan ektra kurikuler meliputi seni baca tulis Al-Quran, PMR, pramuka, paskibra, karate, volly, basket, futsal, keputrian, seni tari, seni musik, “Untuk itu segera daftarkan putra – putri bapak atau ibu ke SMK PGRI 2 Jalan Janti Barat Blok A Malang,” tegasnya.(zan/mar)

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

POSITIF: Siswa SMP Islam Sabilillah mendapat wadah corat-coret kelulusan dengan cara yang lebih positif.

MALANG - Corat-coret usai kelulusan menjadi tradisi anak sekolah. Agar aksi corat-coret siswa menjadi positif, SMP Islam Sabilillah mewadahi dengan menyiapkan kain putih selebar empat meter. Tandatangan siswa di atas kain itu sekaligus sebagai bentuk komitmen alumni agar tidak melupakan kebiasaan baik yang dilakukan selama jadi siswa Sabilillah. “Ananda bisa meluapkan kegembiraannya dengan hal positif, dengan cara menuliskan pengalaman belajarnya dalam sebuah komitmen yang ditandangani bersama,” ungkap Kepala SMPIS, Ali

Afandy S.Pd M.Pd kepada Malang Post. Menurut Ali, seluruh siswa kelas 9 sebelumnya sudah membuat pernyataan berupa komitmen. Lalu komitmen tersebut disaring menjadi delapan komitmen besar. Pada intinya merupakan kesanggupan siswa untuk tidak lupa salat lima waktu, serta pembiasaan lainnya yang dilakukan di sekolah. ”Selepas dari SMP ananda akan berada di berbagai sekolah, komitmen ini menjadi janji agar mereka tetap melakukan pembiasaan yang sudah diajarkan,” ujarnya. Karakter pada siswa di SMPIS dita-

namkan melalui pembiasaan. Seperti penanaman akidah pagi yaitu kegiataan doa hingga salat sunnah, rutinan pembacaan diba’ dan lainnya. Implementasinya diharapkan anak selalu mematuhi nasehat orangtua. Komitmen yang dituliskan siswa tersebut menurut Ali akan dipasang di Aula sebagai bentuk kenang-kenangan. Prosesi pengumuman UN di SMPIS dilaksanakan di Masjid sekolah. Seluruh orangtua, guru dan siswa melakukan khataman Alquran sebelum acara. Kemudian dilaksanakan prosesi sungkem anak kepada orangtua. Sung-

SMAN 1 Kepanjen

TK DHARMAWANITA III KARANG BESUKI

Terjunkan 8 Siswa dalam OSN SMA Tingkat Provinsi MALANG - Siswa-siswi SMAN 1 Kepanjen kembali menjadi salah satu wakil Kabupaten Malang dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA tingkat Provinsi Jatim. Kegiatan yang digelar di Hotel Surya Indah Batu tersebut berlangsung sejak Sabtu (1/ 6) dan berakhir hari ini. Untuk OSN tingkat provinsi kali ini, SMAN 1 Kepanjen menerjunkan delapan siswa, yang terdiri dari tujuh putra dan satu putri. Mereka berlaga di tujuh mata pelajaran (mapel), yakni Sandra Logaritma pada mapel Matematika, Hartito Hargiasto mapel Fisika, Fickri Kurniangga mapel Kimia, Mohammad Reza Andriansyah mapel Komputer, Eka Nanda Trisnawan mapel Biologi, Achmad Zainur Rozzykin dan Bagas Adi Saputra mapel Astronomi serta Andrean Yoga Pratama mapel Ekonomi. Kepala SMAN 1 Kepanjen, Drs H Maskuri mengungkapkan sekolah sangat bangga dengan para siswa yang mampu menembus ajang Olimpiade Sains hingga tingkat provinsi. “Kami berharap, putra-putri kami bisa melaju ke tahap nasional yang mewakili Kabupaten Malang, bahkan sampai tahap Internasional yang mewakili Indonesia. Saya juga mengingatkan untuk seluruh siswa-siswi SMAN 1 Kepanjen khususnya, agar selalu berpacu untuk meningkatkan prestasi,” tuturnya dengan senyum bangga. Untuk persiapan, sekolah

FOTO SMAN 1 KEPANJEN

BERLAGA: Siswa-siswi SMAN 1 Kepanjen yang mengikuti OSN SMA tingkat provinsi bersama Kepala Sekolah Drs. H. Maskuri, guru-guru dan pembina OSN dari Diknas Kabupaten Malang.

yang mempunyai kurang lebih 1000 siswa tersebut sudah memiliki tim khusus pembina OSN. Mereka mulai melakukan rekruitment peserta OSN sejak Juli, awal tahun ajaran 2012 lalu. Siswa-siswi yang terpilih, mengikuti pembinaan selama 20 kali pertemuan. Setelah itu diadakan seleksi untuk mewakili SMAN 1 Kepanjen mengikuti OSN tingkat kabupaten. Selanjutnya para siswa-siswi yang berhasil mendapatkan peringkat 1,2 dan 3 dibina oleh tim pembina kabupaten guna mengikuti OSN tingkat Propinsi, seperti yang diadakan saat ini. Sementara itu, di hari pertama, kegiatan menguji mata pelajaran Fisika, Matematika dan Kimia. Hari kedua Komputer, Biologi dan Astronomi.

Di hari terakhir Ekonomi, Kebumian dan Geografi. Sebelum mengikuti ujian, semua peserta mengikuti prosedur pengecekan yang dilakukan oleh panitia dari provinsi yang meliputi fotocopy ijazah, surat keterangan sehat dari dokter, biodata pelajar, serta kartu pelajar asli dan fot copy. Selanjutnya para peserta yang di dampingi oleh pembina dari masingmasing sekolah chek-in hotel guna penyesuaian kondisi dan suasana sebelum esok harinya mengikuti OSN. Staff Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Saidi mengatakan tujuan digelar OSN ini adalah untuk mencari mutiara-mutiara

yang terpendam yang dimiliki Indonesia. “Kami mencari putra-putri Indonesia yang berasal dari Sabang Sampai Merauke, yang terdiri dari 33 Propinsi yang siap untuk berkompetisi di dunia Internasional. Jadi kita mau menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai generasi muda yang cerdas dan tangkas di bidang sains, khususnya di sembilan mata pelajaran yang diujikan tersebut,” ujarnya. Ada beberapa tahapan sebelum mengikuti OSN SMA tingkat Internasional yaitu OSN SMA tingkat Kabupaten, OSN SMA tingkat Provinsi, Olimpiade Sains Nasional SMA pusat dan selanjutnya yang terakhir Olimpiade Sains Internasional yang menjadi tu-

juan sebenarnya. Sangat menarik penghargaan yang ditawarkan oleh NKRI bagi peserta Olimpiade Sains yang lolos dan berhasil mendapatkan medali di tingkat Nasional dan Internasional. Untuk tingkat Nasional, para peserta mendapat beasiswa dan masuk tanpa tes di beberapa (PT) Perguruan Tinggi ternama di Indonesia antara lain : IPB (Institut Pertanian Bogor), UI (Universitas Indonesia), UGM (Universitas Gajah Mada), ITS (Institut Teknik Surabaya) dan ITB (Institut Pertanian Bogor). Sedangkan untuk peraih Medali tingkat Internasional mendapatkan beasiswa S1, S2 sampai S3 baik PT di Indonesia maupun luar negeri. (ghe/sir/nda)

SMAN 2 MALANG

SMPN 7 Malang

Prestasi Kian Moncer, Sekolah Apresiasi Siswa

Promosikan Malang ke Amerika

MALANG – Sejumlah 296 siswa SMAN 2 Malang mengikuti acara pelepasan siswa kelas XII yang dilaksanakan pada Sabtu (1/6) lalu. Mereka adalah anakanak kebanggaan sekolah yang berhasil mencetak prestasi gemilang semasa menjadi siswa. Mulai dari segi akademis dan non-akademis. Hal itulah yang membuat pihak sekolah merasa tak perlu berpikir panjang untuk memberikan penghargaan terakhir kepada seluruh siswa berprestasi pada momen penting tersebut. Siswa yang mendapatkan kehormatan untuk menerima reward tersebut ialah Ajeng Nawang yang merupakaan atlet nasional. Selama mengenyam pendidikan di sana, ia telah memberikan kontribusi kepada sekolah sebagai juara dalam bidang lompat jauh, lompat jungkit, serta lari estafet dalam O2SN Jawa Timur, Popda, hingga Kejurnas. Ada juga Fiktrialdy Putra Jihad yang mencetak gelar juara karate O2SN Jawa Timur, Adiesta Feby Dhavianti yang menyandang gelar Juara I Duta Brawijaya tingkat Nasional, serta Edo Ferdy Hermawan sebagai Juara II Catur tingkat ASEAN. Sementara itu, jumlah siswa SMAN 2 Malang yang diterima di perguruan tinggi tahun ini mengalami peningkatan. Total 64 anak diterima sebagai mahasiswa di Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malangm, dan Institut Pertanian Bogor. Namun, jumlah ini menurut Kepala SMAN 2 Malang, Drs. H. Budi Harsono belum bisa dijadikan patokan peningkatan prestasi siswa.

“Saya bangga kepada mereka yang telah berusaha untuk bisa masuk ke kampus impiannya. Jumlahnya yang meningkat dari tahun lalu bisa jadi karena berbagai faktor, salah satunya memang penambahan kuota yang dari pihak kampus sendiri,” tandasnya. Pria berkacamata ini juga berpesan jika nantinya mereka yang diterima melalui jalur undangan akan lebih memiliki tanggung jawab moral yang besar. Mereka harus bisa menjada nama baik almamater SMAN 2 Malang dalam segala hal, baik sikap maupun prestasi. “Kalau lulusannya baik dan bisa berprestasi di kampus, besar kemungkinan jika tahun berikutnya SMAN 2 Malang mendapatakan kesempatan yang lebih besar untuk bisa diterima di kampus tersebut,” terangnya kepada Malang Post. Selain itu, Budi juga mewanti-wanti agar pelajar yang berada di kelas bahasa tidak berkecil hati. Stigma bahwa kelas bahasa merupakan pilihan terakhir setelah IPA dan IPS berusaha dihapuskan dengan perolehan prestasi kelas Bahasa sekolah ini yang menduduki peringkat keempat se-Jawa Timur. “Saya juga memberikan motivasi kepada anak-anak bahasa agar tidak minder. Kalian sama-sama murid SMAN 2 Malang dan memiliki kesempatan untuk berprestasi yang sama besarnya. Sambutan yang dibawakan dalam empat bahasa ketika pelepasan ini pun juga sangat istimewa. Mereka bisa mendalami banyak bahasa,” pungkasnya. (kur/sir/nda) SMAN 2 MALANG FOR MALANG POST

PENGHARGAAN: Seluruh siswa berprestasi kelas XII mendapatkan penghargaan khusus yang diserahkan oleh Kepala SMAN 2 Malang, Drs. H. Budi Harsono yang didampingi oleh Waka Akademik, Laksmi Purnajanti, S.Pd., M.Pd.

MALANG - SMPN 7 Malang mendapat kunjungan tamu istimewa, warga negara Amerika, Ann Sullivan, Sabtu (1/6). Ann adalah anggota Friendship Force Whidbey Island Amerika yang sedang melakukan kunjungan pribadi ke Indonesia. Kedatangan Ann disambut antusias siswa dan para guru. Ann juga terkesan dengan keramahan dan potensi siswa di SMPN 7. “Saya sangat senang di Indonesia, keramahan ini luar biasa bagi saya,” ujar Ann. Sejak awal masuk sekolah di kawasan Buring itu, rombongan tamu sudah disambut dengan pasukan paskibra. Sejumlah tarian juga ditampilkan siswa serta guru. Tari topeng Malangan yang menjadi ikon Kota Malang disambut antusias oleh para tamu. Ann juga mendapat souvenir berupa topeng Malangan yang langsung ia pakai. Saat berkeliling sekolah, rombongan juga melihat kantin kejujuran. Di tempat itu Ann mencoba membeli jajanan kecil dan membayar sendiri melalui kotak uang yang ada disana. “Wow, saya senang bisa praktek membeli di kantin kejujuran,” ujarnya. Kunjungan Ann ke SMPN 7 ini adalah hasil dari pertukaran guru dan kepala sekolah dalam spesial program Friendship Force. Di mana sebelumnya Kepala SMPN 7, Hendro Guntur menjadi partisipannya. ”Kedatangan Ann ini, saya

kem dilakukan sebagai bentuk terima kasih anak kepada orangtua. SMPIS kembali meluluskan 100 persen siswanya dengan nilai rata-rata yang cukup baik yaitu 31,90. Nilai rata-rata ini menempatkan SMPIS menjadi salah satu sekolah dengan nilai rata-rata UN tertinggi diantara SMP swasta di Kota Malang. Prestasi siswa lainnya yaitu 11 siswa mendapat nilai 10 UN Matematika, dan 1 siswa mendapat nilai 10 UN Bahasa Inggris. Nilai tertinggi UN SMPIS diraih Puspa Hikmati Ramadani dengan nilai 38,05. (oci/sir/nda)

AMIR HAMZAH/MALANG POST

SEMANGAT: Anak-anak tampil selalu semangat dalam latihan ekskul menari.

Aktualisasikan Diri Anak Melalui Ekskul MALANG - Kegiatan ekskul di sekolah mengandung beragam manfaat. Di antaranya sebagai sarana untuk aktualisasi diri anak. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala TK Dharmawanita III Karang Besuki Lilis Wati S.Pd. “Anak di usia TK itu banyak gerak. Dari aktivitas banyak gerak tersebut kami aktualisasikan dalam kegiatan ekskul,” tuturnya pada Malang Post. Dia sengaja menyelenggarakan kegiatan ekskul di lembaganya semata-mata bukan bertujuan untuk meraih prestasi namun lebih mengutamakan agar anak dapat memilki keberanian dan tumbuh rasa percaya diri. Ada beragam kegiatan ekskul yang dilaksanakan dalam rangka untuk aktualisasi anak didik, di antaranya menari, mengaji, baca tulis hitung dan bahasa Inggris. Lilis melanjutkan, pembinaan ekskul menari pada hari Sabtu, mengaji dilaksanakan setiap hari, calistung setiap hari dan bahasa Inggris Senin hingga Kamis. Dalam pembiayaan operasional kegiatan ekskul, lembaga tidak mengenakan tambahan biaya kepada wali murid, karena untuk keseluruhan biaya sudah diincludkan dalam biaya SPP. “Ekskul yang ada gratis,” ujar Lilis. Pembinaannya dilakukan oleh guru. Dari pembinaan yang dilakukan secara insentif oleh guru, siswa siswi TK Dharmawanita III Karang Besuki mampu mencatat beberapa prestasi di antaranya juara dua lomba bercerita Islami dalam rangka Musabaqoh Maulidul Rasul, juara dua lomba menari pada acara Hari Anak Nasional tingkat gugus, lomba matematika juara harapan dua di STIBA tingkat Malang Raya. Tidak hanya siswanya yang mampu berprestasi, gurunya pun mampu berprestasi masuk 10 besar dalam lomba penulisan PTK guru TK dan SD se Kota Malang yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. Lilis berharap melalui penyelenggaraan kegiatan ekskul anak didik TK Dharmawanita III Karang Besuki mampu mengembangkan bakat minat dan rasa percaya diri. “Kami ingin seluruh kemampuan fisik dan motorik bisa diwujudkan dalam kegiatan ekskul,” tutupnya. (ham/nda)

PKMM UB

UB, LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

TERPILIH: Para waria yang mengikuti kegiatan PKMM UB. BERITA SMPN 7 MALANG

Kembalikan Jati Diri Waria

TAMU ISTIMEWA: Ann Sullivan saat berkunjung ke SMPN 7 Malang, Sabtu (1/6) lalu.

harap juga bermanfaat untuk menumbuhkan semangat dan wawasan siswa tentang negara Amerika, sekaligus mempromosikan Malang ke Amerika,” tutur Ketua Friendship Force Malang, Teja Ningtyas yang

ikut dalam rombongan. Hendro Guntur menjelaskan kunjungan ini diharapkan mempererat hubungan kerja sama antara Friendship Force Malang dengan Friendship Force internasional cabang Seatle dalam

bidang kebudayaan dan pendidikan. Kedatangan Ann adalah kunjungan balasan setelah sebelumnya kepala sekolah dan guru berkunjung ke Amerika dalam program change educator and principal.

“Harapannya adalah bisa memotivasi guru dan siswa untuk meningkatkan komunikasi dalam bahasa Inggris dan meningkatkan citra SMPN 7 menuju sekolah unggulan,” pungkas Guntur. (oci/sir/nda)

MALANG - Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM), tiga mahasiswa Dwi Fitria Aini (FISIP), Ahmad Ali Muhdi (FPIK), Mohammad Khoerul Askahfi (FIB) mengajak waria berubah menuju ke jati diri yang sebenarnya. Salah satu mahasiswa, Kahfi mengaku ide kegiatan tersebut bermula dari keprihatinan terhadap banyaknya kaum waria yang termarginalkan di masyarakat.”Masyarakat masih banyak yang belum bisa menerima keberadaan kaum waria. Oleh karena itu, kami bermaksud membuat sebuah program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengembalikan jati diri waria,” katanya. Dalam kegiatan tersebut, mereka mengadakan pelatihan ESQPower dan entrepreneur maskulin berbasis komunitas pada Ikatan Waria Malang. Pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) akan merevolusi psikis waria. Selain itu, untuk mengembangkan entrepreneurship para waria diadakan pula training entrepreneurship dengan pembekalan dari Trainer SurPlus, pengusaha muslim dan aparatur masyarakat. “Pelatihan entrepreneurship tersebut berfokus pada pelatihan budidaya ikan lele berbasis teknologi probiofish,” ujarnya. Dengan adanya peningkatan kecakapan entrepreneurship pada diri waria akan mampu mendorong perbaikan ekonomi waria yang selama ini menjadi alasan para waria bekerja di bidang prostitusi. Dan yang terakhir adalah dengan diadakannya perbaikan strata ekonomi waria, maka perbaikan psikis dan sosiologis waria menjadi lebih mudah sehingga memperbaiki problem sosial yang selama ini terjadi akibat maraknya komunitas waria. Selain mengadakan pelatihan, mereka juga melakukan seleksi bagi para waria yang benar-benar punya keinginan untuk berubah. “Bagi para waria yang terseleksi akan kami fasilitasi untuk mewujudkan usaha yang akan mereka rintis,” bebernya. Waria yang terpilih rancananya akan diikutsertakan ke dalam Gerakan Kewirausahaan Nasional. Dalam program tersebut pemerintah akan menyediakan Rp 25 juta per orang bagi 1.500 proposal yang diterima. Karena proposal pengabdian masyarakat yang diajukan oleh ketiga mahasiswa tersebut lolos pendanaan PKMM Dikti, mereka berniat untuk mengajukan ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2013. (oci/nda) REDAKTUR : ADINDA, LAYOUTER : RAHMA


SENIN, 3 JUNI 2013

Kecewa, Air PDAM Sehari Maksimal 30 Menit LAWANG - Warga di Jalan Kauman, Kelurahan/Kecamatan Lawang, mengaku kelimpungan mencari pasokan air bersih. Lantaran hampir satu bulan ini, air PDAM hanya mengalir selama 15 menit saja setiap harinya. Sisanya, aliran PDAM mampet tidak ada yang keluar dari kran air pasokan perusahaan milik daerah itu. Mulyono, warga setempat menjelaskan, mampetnya suplai air dari PDAM Kabupaten Malang ke wilayahnya membuat warga harus mencari pasokan air bersih dari sumber selain PDAM. Warga terpaksa harus mengambil air tandon yang lokasinya jauh sekitar 300 meter dari tempat tinggalnya. “Kalau air tandon antri maupun habis,

kami terpaksa menggunakan air sungai yang tak bersih. Kondisi seperti ini, sudah berlangsung salam satu bulan lebih,” keluh Mulyono kepada Malang Post, kemarin. Dijelaskannya, dia bersama warga lain harus mengantri terlebih dahulu sebelum mengambil air dan menampungnya ke dalam jerigen yang mereka bawa. Kondisi kelangkaan air seperti sekarang, membuat warga Kauman lainnya terheran-heran. Pasalnya, saat ini masih musim penghujan. “Mustahil bila terjadinya kelangkaan air. Karena belum masuk musim kemarau. Di sini juga masih diguyur hujan. Kondisi seperti ini, menurut saya ya aneh,” kata pria berusia 51 tahun itu.

Dia menambahkan, air baru lancar ketika memasuki malam hari. Namun, waktunya tak lama, atau sekitar 15 menit saja. “Paling lama kalau malam hari, air lancar hanya 30 menit saja, kemudian mati. Kalau pagi hari hingga malam hari ya mampet alias tidak keluar airnya sama sekali,” terang pria paruh baya ini. Akibat kondisi seperti ini, warga kesulitan melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan air, seperti cuci pakaian, mandi, dan memasak air. “Saya heran, mengapa distrbusi air dari PDAM kok terhambat. Kejadian ini, ya sangat memngganggu aktifitas warga di sini,” tegasnya. Senada dengan itu Mulyono, Abdu-

llah, warga Jalan Kauman Kelurahan/Kecamatan Lawang lainnya, mempersoalkan mampetnya aliran air PDAM ke rumahnya. Padahal menurut dia, dirinya sudah memenuhi kewajiban sebagai pelanggan PDAM dengan membayar rekening air PDAM tepat waktu setiap bulannya. Dia mengeluhkan tidak ada kompensasi apapun dari PDAM terkait kelangkaan air ini. “Padahal jika ditelaah secara seksama, banyak waktu warga menjadi terbuang percuma, gara-gara air yang tidak mengalir ini. Soalnya, mereka harus lama mengantri dan bolak-balik mengambil air,” tukasnya. Kondisi seperti itu, diduga hampir terjadi di seluruh Kecamatan Lawang. (big/aim)

Polisi Tolak Laporan Warga PAKIS- Kasus pembongkaran warung yang dijadikan Balai RW 11, di Jalan Kapiworo, Dusun Jabon, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis semakin melebar. Kemarin, Ketua RW 11, Mulyono bersama 10 warga melaporkan Kepala Desa Mangliawan Subakir ke Polsek Pakis terkait aksi provokatifnya kepada warga. Seperti diberitakan sebelumnya, warga menuding Subakir telah memprovokasi warga RW 11 lainnya. Yakni dengan cara menggalang dukungan tanda tangan warga yang tak mengetahui permasalahan itu, agar warga setuju Balai RW 11 dibongkar. “Yang saya laporkan Subakir telah melakukan peghasutan kepada warga, untuk melawan hukum. Itu sesuai dengan tindak pidana pasal 160 KUHP, tentang penghasutan dengan lisan. Selain itu, kami juga melaporkannya tentang menyuruh melakukan kejahatan yang sesuai dengan pasal 56 KUHP,” bebernya kepada Malang Post kemarin. Dia menegaskan, laporan yang dilakukannya itu bukannya tanpa landasan yang kuat maupun tak mempunyai later belakang. Pasalnya, hasil investigasi yang dia lakukan, menemukan dua orang warga yang didatangi oleh orang suruhan Subakir, untuk melakukan tandatangan persetujuan balai RW dibong-

MUSYAWARAH : Kemarin, Ketua RW 11, Mulyono bersama, warga dan Kuasa melakukan musyawarah, usai laporannya di tolak Polsek Pakis.

BINAR GUMILANG / MALANG POST

kar. “Ini namanya menghasut warga, sesuai pasal 160 KUHP yang saya jelaskan tadi,” ucapnya lantang. Selain itu, Kades yang masa jabatannya telah habis itu, di duga melakukan penyuruhan untuk melakukan tindak kejahatan. Pasalnya, warga yang dimintai tandatangan tak diberi tembusan dan rata-rata mereka buta huruf. Namun, mereka harus menelan kekecawaan. Lantaran laporan yang diajukannya itu,

ditolak Polsek Pakis. “Ada kejahatan kok dibiarkan saja. Kami laporan, supaya polisi itu mencari kebenaran dan pembuktiannya, melalui penyelidikan yang dilakukan polisi. Ini kok malah laporan kami tak diterima,” keluhnya. Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Pakis, Aiptu Hariyani mengatakan laporan yang diajukan oleh Eddy dkk, tak mempunyai dasar hukum yang

kuat. Selain itu, laporan yang tersebut kata Hariyani, tak memiliki saksi maupun alat bukti yang kuat. Sehingga, membuat Polsek Pakis tak menerima maupun memproses laporan tersebut. “Laporan yang diajukan, tidak terkait dengan suatu kategori tindak pidana apapun. Selain itu, masalah tersebut sudah diselesaikan di tingkat desa. Jadi, mereka tak landasan maupun dasar hukum yang kuat dalam pelaporan tersebut,” tegasnya. (big/aim)

18

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

BINAR GUMILANG / MALANG POST

DISERBU : Salah satu kios toko pakaian seragam di Pasar Singosari, yang mulai diserbu oleh pembeli

Omset Seragam Sekolah Meningkat 150 Persen SINGOSARI- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru semakin dekat. Sejumlah toko maupun kios penjual seragam sekolah di Pasar Singosari mulai diburu orang tua. Penjual kebanjiran order pembelian maupun pembuatan seragam untuk TK, SD, SMP dan SMA. Aziz, 27 tahun, salah seorang penjual seragam di Pasar Singosari, mengaku sudah hampir dua bulan ini seragam sekolah yang dijualnya mulai dari tingkat SD sampai SMA laris manis. Saat ini omzet penjualan perharinya meningkat hingga 80 persen dibandingkan dengan hari biasanya. “Jika pada hari biasa penjualan seragam tidak lebih dari 20 pasang. Namun mendekati musim tahun ajaran baru ini, penjualannya rata-rata bisa mencapai 50 pasang setiap harinya Sebagian besar pembeli mencari seragam murid SD hingga SMP. Sementara, seragam SMAsementara ini belum begitu banyak,” ungkap Aziz, kepada Malang Post Tahun ini kata dia, harga seragam seragam sekolah memang mengalami kenaikan antara 5 persen hingga 10 persen. Pria asal Madura ini menyangkal jika kenaikan harga ini berkaitan dengan banyaknya permintaan seragam, seperti saat ini. Menurutnya, kenaikan harga ini disebabkan adanya kenaikan bahan baku. “Harga bahan bakunya memang naik, sehingga terpaksa harganya pun,” ucapnya. Ia memperkirakan omzet pakaian seragam sekolah akan terus meningkat sampai H-2 masuk sekolah tahun ajaran baru. Sebab, kata dia, seperti biasanya semakin banyak pembeli mendatangi Pasar Singosari, ketika mendekati hari perdana tahun ajaran baru. Karena itu, omzet penjualan sejak seminggu ini meningkat tajam dari biasanya hanya Rp 10 juta menjadi Rp 35 juta. “Saya berharap omset ini akan terus meningkat sampai mendekati masuk tahun ajaran baru,” ucapnya. Hal senada diungkapkan Caniago, pemilik toko pakian seragam sekolah lainnya, masih di Pasar Singosari. Dalam sepekan ini omzet penjualan pakian seragam sekolah SD, SMP dan SMA di tokonya meningkat 50 persen dari sebelumnya. Dalam sepekan ini omzet penjualan pakaian seragam di toko saya mencapai Rp 30 juta per hari atau meningkat 50 persen dari sebelumnya,” terangnya.(big/aim)

Putri Tukang Bangunan Raih Coumlaude

DISPLIN : Taruna Taruni SMKN 2 Turen selalu displin melaksanakan kegiatan belajar di sekolah yang menghasilkan banyak prestasi.

ADA yang membanggakan dengan prestasi yang diraih Nur Allela Habiba, ia berhasil meraih nilai 35.03. Rinciannya bahasa Indonesia 8.80, Bahasa Inggris 8.80, Matematika 9.00, komputer 8.43. Dia berhak mendapat coumlaude. Anak pasangan Slamet Budiono dan Tri Istuning Rahayu ini mengaku tidak menyangka bisa menjadi peraih nilai terbaik. Bahkan, Nur yang mengaku putra tukang bangunan ini, bersyukur dengan hasil belajarnya itu. ‘’Ini berkat doa

dan dukungan orang tua saya,’’ ujar wanita kelahiran 17 Desember 1995 yang berniat melanjutkan kuliah ke Universitas Brawijaya. Rasa bangga juga dirasakan Muhammad Zamroni. Lakilaki kelahiran 21 April 1995 putra penjual martabak keliling yakni Jiman dan Istikomah ini, bisa mengalahkan rekan-rekan lainnya. Yang lebih membanggakan, ia juga saat ini sudah bekerja di salah satu perusahaan pembuatan perhiasan emas di Sawojajar Malang. ‘’Melihat

kondisi keluarga kami seperti itu, maka saya semangat untuk giat belajar. Jangan mengecewakan orang tua saya,’’ ujar putra pertama dari dua saudara ini. Keberhasilan lain dialami Lita Indika Walidatus Sholichah. Perempuan kelahiran 26 September 1995 ini sukses lantaran bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar. ‘’Setiap hari saya membantu nenek menunggu tokonya. Jadi waktu luang saya manfaatkan belajar,’’ paparnya. (ds/sir/aim)

248 Taruna Taruni SMKN 2 Turen Wisuda Purnawiyata Banyak Direkrut Kerja Sebelum Wisuda TUREN – Ada yang membanggakan dalam prosesi wisuda Purnawiyata taruna taruni SMKN 2 Turen angkatan ke VIII hari ini, dari 248 taruna taruni , 58 diantaranya sudah direkrut perusahaan sebelum wisuda. Sekitar 33 siswa diterima di PTN dan PTS dengan jalur undangan. Sedangkan lainnya, ada yang menunggu proses rekrutmen perusahaan dan melanjutkan ke perguruan tinggi. ‘’Kami bersyukur bahwa taruna taruni sejak beberapa tahun lalu selalu lulus 100 persen. Lebih bersyukur lagi lantaran mereka mampu mengaplikasi ilmunya, berhasil direkrut kerja sebelum kelulusan. Harapan kami, taruna taruni lainnya ha-

rus siap untuk menciptakan pekerjaan dengan keterampilan yang telah dipelajari di sekolah,’’ papar Drs R Didik Indratno MW MM, Kepala SMKN 2 Turen, yang beberapa hari lagi akan pindah tugas di SMKN 1 Turen.’ Sedangkan untuk kepala SMKN 2 Turen akan dijabat Drs A. Maksum M.Pd yang sebelumnya sebagai Kepala SMKN 1 Pujon. Menurut Kepsek yang menjabat ketua MKKS SMK se Kabupaten Malang ini, kewajiban sekolah untuk mendidik taruna taruni sudah dilakukan dengan maksimal. Mulai dari pola pendidikan, kedisiplinan, akhlak, dalam membentuk karakter atau kepribadian. Bahkan usai kelulusan sekolah berusaha menghubungkan dengan mitra kerja SMKN 2 Turen agar bisa direkrut sebagai karyawan. Dengan begitu, apa yang dilakukan sekolah bisa dikatakana lebih dari cukup.

‘’Untuk itulah, agar taruna taruni menjaga dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Kalau jadi karyawan, jadilah karyawan yang baik dan professional. Jangan mengecewakan lembaga,’’paparnya. Namun demikian, Didik berharap ilmu tentang kelautan yang diberikan, bisa membuka jiwa wiraswasta untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Sebab, peluang di dunia ini sangat besar dan sudah memiliki pasar tersendiri. Ini peluang untuk mejadi juragan. Sementara itu, dalam prosesi upara taruna taruni, pelepasan tanda taruna taruni yang menempel dipundaknya akan dilepas oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang, Kolonel Laut (P) R. Joko Heriyanto. Dengan begitu, untuk pendidikan dan pengawasan akan diserahkan kepada orang tua masing-masing. (ds/sir/aim)

DAFTAR SISWA BERPRESTASI 10 BESAR No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Nama Siswa Nur Allela Habiba Doni Praskoro Muhammad Zamroni Lita Indika Walidatus Sholichah Lutfi Zainurroh Mawan Ardi Safendra Elyn Manako Randy Fahrudin Ardiansyah Christian Ade Wijaya Riko Andianto

Prog. Keahlian 2063 - TKJ 2063 - TKJ 2089 - Multimedia 2063 - TKJ 2063 - TKJ 5289 - Agribisnis Perikanan 2063 - TKJ 5049 - TPHP 2063 - TKJ 2063 - TKJ

TKJ : Teknik Komputer Dan Jaringan TPHP : Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

BI 8.80 7.80 9.60 8.40 8.40 8.80 9.20 8.40 9.20 9.60

B Ing 8.80 8.60 8.40 8.60 8.20 7.00 8.00 7.80 6.60 7.40

Mat 9.00 9.25 8.25 8.75 8.50 8.50 8.00 8.50 8.50 7.25

Komp 8.43 9.34 8.62 8.46 9.04 9.64 8.70 8.97 8.67 8.68

Jumlah 35.03 34.99 34.87 34.21 34.14 33.94 33.90 33.67 32.97 32.93

TERBAIK : Nur Allela Habiba, Muhammad Zamroni, Lita Indika Walidatus Sholichah menjadi tiga taruna-taruni terbaik SMKN 2 Turen lulusan tahun ini.

SMK Butuh Ruang Pamer OBSESI menarik dimiliki Drs R Didik Indratno MW MM. Ia yang sukses membesarkan SMKN 2 Turen ini mulai enam tahun lalu itu, berobsesi memiliki ruang pamer (show room) sekaligus pusat penjualan karya anak SMK Kabupaten Malang. Hasil yang dipamerkan mulai dari makanan olahan, camilan, ikan olahan, hasil karya ilmiah, souvenir, border, kerajinan dan lainnya. ‘’Sampai sekarang obsesi ini belum terwujud. Mudah-mudahan obsesi ini di dukung penuh oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Sebab, bisa mengangkat citra SMK se Kabupaten Malang,’’ ujarnya. Soal tempat, semula Didik ingin memiliki lokasi di sekitar Karanglo. Namun masalah itu hingga ini masih terkendala. Itu sebabnya, dalam waktu dekat, ia akan menyulap dan meminta dukungan dari semua jajaran SMKN 1 Turen yakni lokasi tempat kerja yang baru mendukung obsisinya itu. ‘’Semoga obsesi ini terwujud. Sebab, langkah ke depan, kami akan menciptakan pasar online yang melibatkan siswa siswi SMK,’’ pungkasnya. (ds/sir/aim)

Drs R Didik Indratno MW MM

REDAKTUR : NUGROHO, LAYOUTER : OLIS


SENIN, 3 JUNI 2013

OBRAK BALAPAN LIAR, Amankan 190 Sepeda Motor KEPANJEN – Aksi balapan liar yang digelar setiap Sabtu malam, di luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen ternyata tidak pernah kapok. Meski berulang kali dirazia, kemudian ditindak pidana ringan (tipiring), mereka tetap saja melakukan aktifitas yang membahayakan nyawa. Dini hari kemarin, dipimpin Kapolsek Kepanjen, Kompol Suyoto kembali membubarkan balapan liar tersebut. Dengan kekuatan 30 personil mulai dari Sabhara, Intel, Reskrim dan Lalu Lintas petugas langsung menapal kuda area balapan liar. Mengetahui kedatangan polisi, para pelaku balap liar ini langsung semburat. Mereka berusaha sembunyi dari kejaran polisi. Mulai dengan sembunyi di selokan bersama sepeda motor pretelannya, juga sembunyi di tengah kebun tebu. Namun usaha itu tetap tidak membuahkan hasil. Petugas berhasil menemukan sepeda motor milik para pembalap liar ini. “Ada 190 unit sepeda motor dengan kondisi pretelan yang berhasil kami amankan dalam giat razia itu. Sebagian besar, sepeda motor yang kami amankan itu adalah milik pembalap liar lama yang sebelumnya pernah kami amankan,” terang Kompol Suyoto. Ratusan sepeda motor yang terjaring razia, kemarin langsung diangkut ke Mapolsek Kepanjen. Sepeda motor itu boleh diambil asalkan bisa menunjukkan bukti STNK dan BKPB motor. Selain itu, saat diambil sepeda motor harus dalam kondisi lengkap. “Dan untuk pemilik, tetap kami wajibkan untuk ikut sidang tipiring di Pengadilan Negeri Kepanjen,” ujarnya.

AGUNG PRIYO/MALANG POST

HASIL OPERASI: Kendaraan sepeda motor milik pembalap liar yang terjaring razia balapan liar di Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Mantan Kabag Ops Polres Malang ini mengatakan, bahwa giat razia itu dilakukan setelah mendapat laporan dari masyarakat. Warga mengaku resah dengan ulah para pembalap liar. Sebab, selain suara knalpot yang sangat bising sehingga mengganggu ketenangan ber-

istirahat pada malam hari, aksi mereka juga sangat membahayakan pengguna jalan lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meminimalisir angka kriminalitas seperti curanmor, penjambretan, tindakan asusila, dan perjudian. Pembubaran

balapan liar itu juga untuk menghindari terbentuknya geng motor. Itu dilakukan wilayah Kepanjen, tetap aman. “Sekaligus kami juga ingin menghapus stigma negatif yang berkembang di masyarakat tentang aktifitas di sekitar Stadion Kanjuruhan,” tuturnya.(agp/aim)

Perlintasan KA Tanpa Palang Makan Korban KEPANJEN – Dua pelajar di salah satu SMP Swasta di Kepanjen, Sabtu malam lalu bernasib tragis. Keduanya meninggal dunia bersamaan, setelah sepeda motor Suzuki Satria FU N 2078 EU yang dikendarai mereka ditabrak kereta api (KA) Penataran saat melintas di perlintasan tanpa palang pintu di Dusun Dawuhan, Desa Jatirejoyoso, Kepanjen. Keduanya adalah Muhammad Sultan Indra Prayitno, 17 tahun, warga Jalan Sidodadi, Desa Ngadilangkung, Kepanjen dan Muhammad Rizky Setiawan, 17 tahun, warga Jalan Kramat, Dusun Mangir, Desa Mangunrejo, Kepanjen. Mereka meninggal dunia di lokasi kejadian, akibat luka serius di kepala. Setelah dievakuasi, jenazah mereka semalam langsung dibawa ke kamar mayat RSSA Malang. Sementara, kejadian kecelakaan sendiri saat itu langsung ditangani petugas Polsek Kepanjen. Diperoleh keterangan, sebelum terjadi kecelakaan keduanya ini berboncengan sepeda motor. Mereka baru saja jalan-jalan dari rumah temannya. Dan malam itu, mereka berniat pulang dengan melintas di lokasi kejadian dari arah barat ke timur. Kebetulan tak jauh dari sekitar perlintasan itu, ada warga yang sedang mempunyai hajat dengan menanggap orkes. Sehingga ketika ada kereta api yang mau melintas, kedua korban tidak mendengar karena tertutup suara musik dari sound system yang cukup keras. Akibatnya, begitu melintas dari arah selatan ke utara melaju kereta api dengan kecepatan tinggi. Karena tidak bisa dihindari, keduanya pun tertabrak dan terseret beberapa meter. Korban Rizky Setiawan, terseret hingga tujuh meter. Lalu korban Muhammad Sultan Indra Prayitno, terseret hingga 35 meter. Dan sepeda motor sendiri terseret hingga 100 meter. Mengetahui ada korban tertabrak, kereta api langsung berhenti. Kereta api itu langsung membawa jazad kedua korban ke Stasiun Kota Baru, yang selanjutnya dibawa ke kamar jenazah RSSA Malang. “Kami tidak tahu dari mana dan mau kemana. Kemungkinan dia (Rizki, red), dan temannya itu habis jalan-jalan,” ujar bibi Rizky Setiawan. Sementara itu, Zaenal, salah satu perangkat Desa Ngadilangkung, mengatakan bahwa korban Sultan, selama ini tidak tinggal bersama orangtuanya. “Dia ini tinggal dengan neneknya. Sedangkan orang tuanya tinggal di Ngajum,” tutur Zaenal.(agp/aim)

FIRMAN/MALANG POST

TERBAIK : Tampilan busana group drumband Gita Nada Al Rifa»ie dari SMA PP Modern Al Rifa»ie Gondanglegi menjadi the best costum dan the best colour guard

19

Didik “Serahkan”

JABATAN KADES ke Istrinya

SINGOSARI – Setelah 15 tahun menjabat sebagai Kades Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto kemarin secara resmi menyerahkan jabatannya kepada kades baru, yakni Hanik Dwi Martiya P. Serah terima jabatan itupun berlangsung haru, mengingat cukup lamanya Didik menjabat sebagai orang nomor satu di desa tersebut. Tidak sedikit dari para undangan yang hadir menitikkan air mata saat bapak dua anak ini berpamitan. Dalam sambutannya kemarin, Didik yang hadir menggunakan pakaian batik mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh undangan, sekaligus masyarakat Tunjungtirto. Dia mengatakan, kesuksesannya dalam menjabat sebagai kades ini luput dari peran serta seluruh masyarakat. “Setiap kegiatan yang ada selalu mendapat dukungan dari masyarakat, dan ini yang membuat seluruh program yang kami canangkan sukses,’’ kata Didik. Selama menjabat, Didik nyaris tidak memiliki cela. Hampir seluruh program yang dibuat selalu sukses. Baik itu proyek fisik, maupun pembinaan SDM baik internal maupun eksternal. “Bangunan fisik selama saya menjabat diantarannya pengaspalan jalan dengan material hot mix diseluruh jalan desa Tunjungtirto, pembangunan plengsengan dan jembatan dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk pengembangan dan pemberdayaan SDM juga sudah dilakukan termasuk diinternal perangkat desa. Artinya, kades yang baru hanya perlu mengembangkan,’’ katanya. Dijelaskannya, seluruh program yang sudah dibuatnya ini harus menjadi tolak ukur kades baru, untuk membawa Desa Tunjungtirto semakin maju. Setelah tidak lagi menjabat Kades, dia akan serius menjadi pengusaha. “Saya akan serius di usaha kontraktor dan kelistrikan,’’ kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Kontraktor Elektrikal Nasional (Apkenas) Jatim ini. Sementara Hanik Dwi Martiya P menyambutnya dengan positif. Kepada Malang Post Hanik yang merupakan istri dari Didik Gatot Subroto ini mengatakan jika dirinya siap meneruskan berbagai program yang ditinggal oleh suaminya. Terutama program pemberdayaan dan pengembangan SDM, serta lembaga sosial, guna menunjang kemandirian masyarakat. “Secara internal kami akan meningkatkan kapasitas SDM, karena aparat desa memiliki tanggung jawab dan labih profesional dalam mejalankan tugas, pokok serta fungsinya (Tupoksi),’’ katanya. Sementara untuk kelembagaan, dia akan terus berhubungan erat dengan BPD, LPMD, dan PNPM. Itu karena tiga kelembagaan ini memiliki fungsi penting dalam kemajuan pembangunan desa. Hanik juga berjanji, pihaknya akan mengemban tugas dengan baik. Sementara itu serah terima jabatan kemarin juga berlangsung sangat meriah. Selain pisah sambut, acara yang digelar di aula desa Tunjungtirto ini juga diisi dengan acar hiburan. Hampir seluruh dusun mengeluarkan pertunjukkan kasnya. Mulai dari tari-tarian, patrol dan lainnya. Acara yang digelar mulai pukul 09.00 ini juga dihadiri banyak masyarakat. Dan mereka semuanya sangat terhibur. Acara sertijab ini berakhir dengan pemberian cinderamata kepada Didik Gatot Subroto.(vik/aim)

Gita Nada Alrifa’ie Sabet Juara I Borong Banyak Prestasi MALANG – Usaha keras yang dilakukan group drumband Gita Nada Al Rifa’ie dari SMA Pondok Pesantren Modern Al Rifa’ie Gondanglegi tidak sia-sia. Tampil all out menghasilkan kepuasan dengan banyak meraih prestasi dalam lomba drumband dan marchingband yang digelar Malang post dan KDS akhir pekan kemarin. Dalam ajang lomba drumband dan marchingband terbesar di Jatim itu, Gita Nada Al Rifa’ie berhasil memboyong tropy juara I untuk kategori SMA non brass, dan juara satu untuk kategori maskot. Selain itu, juga terpilih sebagai the best costum dan the best colour guard. ‘’Alhamdulillah, kerja keras anakanak tidak sia-sia. Semoga, dieventevent yang lainnya juga demikian. Itulah kelebihan kami. Dalam event lomba apapun selalu tampil beda dan tampil maksimal. Prestasi ini mengulang dua tahun lalu yang juga juara I jawa Timur,’’ ujar pembina drumband Gita Nada Al Rifa’ie Rian Suediyanto,S.Pd, kemarin. Penampilan Gita Nada dalam event ini mengambil tema ‘’the fantastic consume made in Pondok Modern Al Rifa’ie’’. Sejak kirab Jumat lalu sudah mendapatkan sambutan meriah dari penonton. Bahkan,

permainan dan lagu lagu yang dinyanyikan sangat rancak dengan irama dan gerak seluruh personil yang terdiri dari 79 orang. Terdiri dari mascot 11 perseonil, musik 38 personil, guard 18 personil. Drumband dengan pelatih Fathullah S.Pd ini berhasil membius ribuan penonton yang berada di sepanjang rute kirab mulai dari Balai Kota Malang sampai kantor Malang Post. Banyak penonton yang terperangah dengan tampilan the fantastic costume of alrifai fashion yang terdiri dari 11 personil. Para mascot ini tampil dengan fashion dandanan nyentrik tetapi tidak meinggalkan ciri khas santrinya. Mulai Mengenakan hijab susun tiga, dengan ujungnya dikelabang. Bahkan, tampilan mascot tak kalah menarik. Ada yang tampil sebagai putri malam, performance tetap dengan atribut jubah namun wajah ditutup topeng, putri kupu kupu. Ada juga putri malam yang dihiasi juntaian bunga tebu. Ini melambangkan daerah asal yakni

Gondanglegi sebagai daerah penghasil tebu terbesar di Malang. Sementara itu, menurut Rian, kegiatan drumband di Pondok Modern Al Rifai merupakan salah satu icon dari kegiatan ekstra kurikuler. Selain drumband ada juga PMR, pramuka, menjahit, kaligrafi, debate competion, speech, terbang al-banjari, qiro’ah, bahasa arab, bahasa Inggris. Ada juga mengaji kitab kuning, arab pego, hadrah, jurnalistik dan parsel. (ds/sir/aim)

IRA RAVIKA/MALANG POST

SERTIJAB : Hanik Dwi Martiya P menerima ucapan selamat dari mantan Kades Tunjungtirto Didik Gatot Subroto kemarin

REDAKTUR : SRI NUGROHO, LAYOUTER : DJ AMIEL


20

SENIN, 3 JUNI 2013

Senam Rampal Dress Code Putih Biru,

Sambut Kemenangan Arema BERSERI: Instruktur Senam Rampal, Farida Aryani, dengan senyum cerianya memimpin senam pagi kemarin. MALANG - Senam aerobic yang digelar Malang Post-Kodim 0833 Kota Malang, yang rutin digelar tiap hari Minggu pagi kemarin semakin meriah. Sekitar 5.000 senamers kompak menggunakan dresscode warna putih biru, sebagai tanda merayakan kemenangan Arema atas Persib Bandung, di Kompetisi Indonesia Super League (ISL). FOTO: MUHAMMAD FIRMAN / MALANG POST TEKS: BINAR GUMILANG / MALANG POST

TAK INGIN KETINGGALAN : Salah satu bocah ini, juga tak ingin ketinggalan mengikuti Senam Rampal. KOMPAK: Ribuat senamers, kompak mengikuti gaya dari tiga instruktur kesayangan.

OTOT PAHA : Salah satu gerakan otot paha yang diberikan instruktur Senam Rampal

ATRAKTIF: Tiga instruktur Senam Rampal, Sugeng Lonehab, Ellen Yuliana, Farida Ariyani, semakin aktraktif memperagakan ANTUSIAS : Salah satu senamers ini, tampak antusias meniru gaya dari instruktur.

senam. HADIAH : Koordimator Senam Rampal, H Sudarno memberikan hadiah kepada salah seorang senamers.

FOTO-FOTO: MUHAMMAD FIRMAN/RIZAL FANANY/MALANG POST

SELAMAT Para Juara Malang Post KDS Drumband JAWARA Malang Post – KDS Display n Playpass Competition VI 2013 sudah diumumkan. Mulai juara umum Playpass klasemen SD,

SMP, SMA/Umum dan MB/DC. Juara umum Display klasemen TK, SD, SMP, SMA/Umum dan juara favorit MB/DC. Serta piala bergilir

Malang Post maskot Playpass klasemen SD, SMP, SMA/Umum dan MB/DC serta juara favorit Drum Majore (mayoret), juara favorit

Field Commander (Gitapati) dan Juara Favorit Tim yang semua dimenangkan TK Anak Saleh dan The Best Supporter 1 dan 2 yang direbut

TK Anak saleh dan BA Restu 1 Malang. Panitia yang bekerjasama dengan Malang Post pun puas karena acara sukses luar biasa.

LAYOUTER: REEP


Mp0306