Issuu on Google+

HOTLINE :

www.malang-post.com redaksi@malang-post.com

Redaksi / Iklan / Sirkulasi: Jl. Sriwijaya 1-9 Telp. 340081 - 2

JUMAT, 3 JANUARI 2014

Harga Eceran Rp. 3.500,-

Korane Arek Malang

LPG HARGANYA

SELANGIT

FIRMAN MUHAMMAD/MALANG POST

MAHAL : Aktivitas pekerja di gudang distributor gas LPG 12 kg. Naiknya harga, membuat kemungkinan LPG 3 kg menjadi barang langka.

Tabung ‘Melon’ Terancam Langka MALANG - Dibanderol dari Rp 80 ribu menjadi Rp 117 ribu per awal Januari 2014, nyatanya kenaikan harga LPG 12 kg, melonjak drastis sampai Rp 130 ribu. Terhitung mulai Kamis (2/1) kemarin, agenagen LPG di Kota Malang, sudah mematok harga baru sesuai kesepakatan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas). Lonjakan harga yang cukup signifikan ini, dikhawatirkan berimbas kelangkaan LPG 3 kg alias LPG melon. Pasalnya, masyarakat akan ramai-ramai beralih ke LPG melon, yang harganya tak lebih dari Rp 15 ribu. Dengan asumsi pemakaian empat kali LPG melon sama dengan konsumsi LPG 12 kg, masyarakat hanya cukup merogoh kocek Rp 60 ribu. Kasus kelangkaan sendiri sudah mulai terjadi di daerah Merjosari, Kecamatan Lowokwaru. Dalam seminggu terakhir, kiriman LPG 3 kg mulai tersendat. Dari biasanya tiga kali seminggu, belakangan ini hanya ada satu kali pengiriman. Itupun jumlahnya dikurangi. ‘’Biasanya sekali datang mengirim 200 tabung. Kemarin cuma datang satu kali dan jumlahnya cuma 100 (tabung),’’ terang Hj Solikhah, pemilik toko pengecer LPG di Jalan Joyo Tambaksari. Menurut Solikhah, pihak agen mengaku kiriman tidak lancar karena penyaluran dari distributor memang terlambat. ‘’Kami tidak tahu alasannya. Yang jelas sampai sekarang belum lancar. Agen bilang distributornya agak telat,” tutur wanita 46 tahun itu. Selama ini tokonya mendapat kiriman LPG dari agen Sumber Rejeki.

Pemerintah Tak Berdaya JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, mempersilakan PT Pertamina (Persero), memutuskan untuk menaikkan harga LPG nonsubsidi kemasan 12 kg pada 2014. Alasannya, keputusan menaikkan itu ada pada Pertamina, sehingga pemerintah tak punya kewenangan melarang. Hatta mengatakan, penetapan harga LPG 12 Kg sepenuhnya merupakan kewenangan PT Pertamina, karena tidak ada subsidi pemerintah untuk produk gas ukuran tersebut. ‘’Memang corporate action, karena pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi harga itu, kecuali menyangkut subsidi. Kalau saya punya keinginan, tentu kita tahan. Jangan dulu,’’ kata Hatta di Jakarta, Kamis (2/1). Kenaikan yang dilakukan Pertamina ini, menyusul tingginya harga pokok LPG di pasar dan turunnya nilai tukar rupiah yang menyebabkan kerugian perusahaan semakin besar. Dengan konsumsi LPG non subsidi kemasan 12 kg selama 2013 yang mencapai 977 ribu ton, di sisi lain harga pokok perolehan LPG rata-rata meningkat menjadi USD 873, serta nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar, maka kerugian Pertamina sepanjang tahun ini diperkirakan mencapai lebih dari Rp 5,7 triliun. Kerugian tersebut timbul sebagai akibat dari harga jual LPG non subsidi 12 kg yang masih jauh di bawah harga pokok perolehan. Harga yang berlaku saat ini merupakan harga yang ditetapkan pada Oktober 2009 yaitu Rp 5.850/kg, sedangkan harga pokok perolehan kini telah mencapai Rp 10.785/kg.

Baca Pemerintah...Hal 7

Biaya Hidup di Malang

Rp 5 Juta Sebulan JAKARTA - Berapa biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di perkotaan? Jawabannya bisa dilihat dari data survei biaya hidup (SBH) yang baru saja dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin (2/1). Kepala BPS Suryamin mengatakan, BPS baru saja menyelesaikan survei biaya hidup di kota-kota di Indonesia. Hasilnya, Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup termahal. Adapun Banyuwangi menjadi kota dengan biaya hidup termurah. ‘’Secara nasional, rata-rata biaya hidup sebe- BIAYA HIDUP PERBULAN sar Rp 5,58 juta per bulan 1. Jakarta Rp. 7,5 juta per keluarga,’’ ujarnya di 2. Jayapura Rp. 6,93 juta Kantor BPS kemarin. Rp. 6,42 juta Suryamin menyebut, 3. Ternate survei biaya hidup ini di- 4. Depok Rp. 6,33 juta lakukan pada 82 kota den- 8. Surabaya Rp. 6,05 juta gan total sampel 136.080 Rp. 5,63 juta rumah tangga. Jakarta 15. Bandung Rp. 5,07 juta menjadi kota dengan bi- 24. Malang aya hidup tertinggi, yakni 26. Medan Rp. 5,01 juta Rp 7,5 juta per bulan den- 82. Banyuwangi Rp. 3,02 juta gan rata-rata jumlah anggota keluarga 4,1 orang. Adapun Banyuwangi dengan biaya hidup Rp 3,02 juta per bulan dengan rata-rata jumlah anggota keluarga 3,6 orang menjadi yang terendah. ‘’Biaya hidup di Jakarta memang paling mahal, tapi bukan berarti kota metropolitan lainnya juga masuk golongan termahal,’’ katanya. Data BPS menunjukkan, kota dengan biaya hidup termahal ke dua adalah Jayapura dengan Rp 6,93 juta per bulan untuk rata-rata 4,5 orang per keluarga. Posisi ke tiga adalah Ternate dengan Rp 6,42 juta untuk rata-rata 4,8 orang per keluarga. Disusul Depok di posisi ke empat dengan Rp 6,33 juta untuk rata-rata 4,1 orang per keluarga. Sementara itu, Surabaya yang merupakan kota terbesar ke dua di Indonesia, menduduki posisi ke delapan dengan biaya hidup Rp 6,05 juta per bulan untuk rata-rata 4,1 orang per keluarga.

Ebes

Target Juara Ping Papat

Ujian Terakhir Sebelum AFC Cup GUEST GESANK/MALANG POST

MALANG – Duet pelatih Arema Cronus Suharno-Joko ‘Gethuk’ Susilo bakal menghadapi ujian terpentingnya, untuk pembuktian kesiapan masuk di AFC Cup 2014. Senin (6/1), skuad asuhannya, Singo Edan, bakal menjamu tim level dunia asal Jerman, Hamburg SV di Stadion Kanjuruhan. Suharno menyebut, Hamburg SV adalah tim kelas wahid. ‘’Ini adalah ujian terakhir kita sebelum main di AFC Cup. Setelah ini, tidak ada pertandingan internasional lagi. Ujian terakhir, tentu saja paling berat. Hamburg SV tim kuat. Waktu lawan juara Liga Champion Bayern Muenchen, mereka cuma kalah 1-3. Itu bukti Hamburg SV bukan tim biasa,’’ tandas Suharno kepada Malang Post. Suharno tak berlebihan menilai Hamburg SV, sebagai tim terkuat yang dihadapi Arema selama pra musim kali ini. Sebelum lawan tim berjuluk Si Dinosaurus tersebut, Arema sudah menghadapi partai internasional lain. Mulai dari Loyola Meralco Sparks, Central Coast Mariners (CCM), DC United, Terengganu FA, Eintracht Frankfurt U-23, Army United Thailand dan PDRM Malaysia. Dari ketujuh laga internasional itu, Arema menorehkan rekor enam kali menang dan satu kali imbang lawan Terengganu FA. Tapi, bagi Suharno, hasil pra musim lawan tim luar negeri tersebut, tak lagi bisa dijadikan ukuran oleh tim pelatih.

DUET : Suharno dan Joko Susilo, akan memanfaatkan laga persahabatan internasional untuk persiapan AFC

Ebes : Juara pemanasan ancen penting jes, tapi sing paling penting juara ISL. Makane turnamen kudu digawe persiapan sing kipa. (***)

BANGSAL : Suasana perawatan pasien penghuni LP Lowokwaru.

‘’Orang yang diberi kepercayaan akan muncul rasa tanggung jawabnya.’’

PEMKOT BATU

Tiga Kendaraan Dinas Hilang BATU – Ironis. Mobil dinas milik Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Pemkot Batu, yang di parkir di halaman kantor Disparbud di Jalan Sultan Agung ini, hilang saat malam pergantian tahun baru. Parahnya, sang satpam atau penjaga tidak tahu menahu kronologis hilangnya mobil tersebut. Selain itu, hilangnya mobil jenis Kijang bernopol N 378 KP itu, sangat mengganjal, karena di halaman parkir, berderet beberapa mobil milik Disparbud dan sebagian milik Badan Pengelolaan Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT). Jika dibandingkan dengan mobil yang hilang, masih lebih bagus mobil lainnya. Hilangnya mobil tersebut, baru diketahui sekitar Kamis (2/1) pagi, lantas pegawai Disparbud melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian sektor Batu. Tak berselang lama, pihak kepolisian melakukan olah TKP dan sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan melakukan penyelidikan. Kasubag Umum Disparbud, Sugeng Riadi mengatakan, mobil dinas itu sekitar pukul 17.00 WIB sudah masuk garasi. Di parkir dengan mobil-mobil lain. Seperti pick up, Avanza, dan Elf. Pukul 21.00 WIB, penjaga datang dan dari keterangannya dia langsung tidur. ‘’Pukul 01.00 WIB, salah satu pegawai mengambil mobil jenis Xenia diparkiran itu yang sebelumnya numpang parkir, karena menghadiri acara tahun baru di Alun-alun.

hadapannya. Suasana di salah satu ruangan dalam blok rumah sakit itu, terasa ramah. Jauh dari kesan seramnya kehidupan penjara. Ayu, panggilan psikolog itu, tak sedang menginterogasi. Ia berpraktik psikolog untuk mengidentifikasi gangguan psikologi para napi yang baru mulai menjalani masa penahanan.

JAKARTA - Pemerintah memberlakukan aturan baru untuk aktivitas berkirim e-mail atau surat elektronik bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Mulai kemarin (2/1), seluruh PNS wajib menggunakan e-mail dengan domain @pnsmail.go.id. Aturan tersebut merupakan upaya mempercepat reformasi birokrasi dan antisipasi penyadapan. Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Presiden 81/2010. Aturan itu dipertegas dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) 6/2013. Menteri PAN-RB Azwar Abubakar meAzwar Abubakar ngatakan, saat ini seluruh instansi pemerintah pusat maupun daerah telah menggunakan perkembangan teknologi informasi untuk menunjang kinerja. ‘’Termasuk layanan e-mail,’’ katanya. Nah, masih banyak PNS yang menggunakan e-mail dengan domain nonpemerintah seperti Yahoo, Gmail, dan sejenisnya. Ketidaktertiban PNS dalam mengirim atau menerima e-mail melalui domain nonpemerintahan berpotensi disadap pihak lain. Padahal banyak dokumen kedinasan yang berkategori rahasia atau untuk diketahui terbatas. ‘’Kami ingin menata supaya PNS tertib dalam menjalankan roda birokrasi,’’ katanya.

Baca Blok...Hal 7

Baca E-mail...Hal 7

DIBAYANGI keterbatasan anggaran dan sarana, tak membuat pengelola Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Lowokwaru, memperlakukan napi secara tak manusiawi. Termasuk ketika merawat napi yang sedang sakit, di masa penahanan.

RIZAL FANANI/MALANG POST

NGOPI BARENG DAHLAN ISKAN

E-mail PNS Wajib Seragam

Blok Tahanan Jadi RS, Dua Dokter Layani Ribuan Napi

Kana : Opo maneh dadi tuan hamur zona Jowo 2

Baca 20 Saksi...Hal 7

SURAT ELEKTRONIK

Melihat Layanan Kesehatan di LP Lowokwaru

Ebes : Oyi, kepingin juara turnamen Inter Island Cup

MALANG - Kejaksaan Negeri Malang, tancap gas, memerangi korupsi pada tahun 2014 ini. Salah satunya, dugaan korupsi Rp 4 miliar atas pengadaan lahan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang di Kota Batu. Jumat hari ini, Kejaksaan bakal memeriksa 20 eks pemilik lahan UIN Maliki di Gedung Kejari. Kasus yang menimpa pengadaan lahan Fakultas Kedokteran UIN Maliki Malang ini, mendapat sorotan khusus. Sebab, jumlahnya dugaan korupsinya memang cukup besar, yakni Rp 4 miliar. Jumlah ini, berbeda dengan nilai dugaan korupsi yang diklaim oleh Mahasiswa HMI UIN Maliki dan MCW mencapai Rp 8 miliar. Sumber Malang Post menyebut, pada pengusutan selanjutnya, diperkirakan ada Munasim tersangka lain. Saat ini, Kejaksaan sudah menahan dua tersangka dari pihak Sekdes Tlekung Kota Batu, Nol Hadi dan Kaur Ekbang, Marwoto. Diperkirakan, pada pengusutan selanjutnya bakal mengungkap aktor intelektual dibalik aksi itu.

Baca Tiga Kendaraan...Hal 7

Baca Ujian...Hal 7

Kana : Tahun iki Arema ngincer juara ping papat bes

20 Saksi Dipanggil Kejari

Baca LPG...Hal 7

Baca Biaya...Hal 7

Ngalam

KORUPSI LAHAN UIN

Sebuah blok, di salah satu LP peninggalan Belanda itu, disulap jadi rumah sakit. Lengkap dengan standar pelayanan yang manusiawi pula. Karena sistem layanannya, LP yang dibangun tahun 1918 itu jadi rujukan LP lain di Jawa Timur. Seorang psikolog, Rr Ayu S Widyarini, MPsi, psikolog ramah, berdialog dengan enam napi yang duduk berjejer di-

Jawa Pos Group


JUMAT, 3 JANUARI 2014

DPRD Sepi, PNS Pemprov Ngantor Semua

2

LINTAS NASIONAL

Kapolri Besuk Anggota Densus 88 yang Ditembak Teroris

Gubernur Pimpin Rapat, SKPD Main HP SURABAYA-Libur tahun baru, mungkin belum cukup bagi anggota DPRD Jatim. Seperti pada Kamis (2/1) kemarin, satu dari 100 orang anggota DPRD masuk kantor pascalibur menyambut tahun baru 2014. Suasana ini bertambah sunyi saat memasuki ruang berjejer ketua dan para wakil ketua DPRD Jatim. Pintu masuk masing-masing ruangan terkunci rapat menjadi bukti penghuninya belum aktif bekerja. ‘’Mereka (anggota dewan) mungkin baru masuk Senin lusa. Karena agenda sidang pertama tahun 2014 dimulai 6 Januari nanti. Sekarang masih belum ada kegiatan,’’ ungkap salah satu staf di Gedung DPRD Jatim, Kamis (2/1) siang. Aktifitas anggota dewan memang sedang tidak fokus di Gedung DPRD. Kian dekatnya pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg), April mendatang, membuat mereka harus sering turun gunung, menemui konstituen di Dapilnya masing-masing. ‘’Itu sudah lama dilakukan. Mereka datang ke sini paling-paling kalau ada agenda sidang. Seperti Selasa lalu, mereka datang karena ada sidang.’Itu pun tidak banyak yang datang,’’ ungkapnya. Melihat kondisi ini, para PNS kesekretariatan DPRD Jatim memanfaatkan untuk karaoke. PNS yang secara struktural adalah PNS Pemprov Jatim ini menghibur diri sekalian mencoba ruang karaoke, yang baru saja disediakan Sekretariat Dewan. Jika DPRD Jatim sepi, tidak demikian di kantor Gubernuran. Hampir seluruh PNS dan petingginya ngantor seperti biasa. Libur tahun baru tidak mempengaruhi aktifitas mereka menunaikan tu-

BESUK: Kapolri menjenguk anggota Detasemen Khusus 88 yang tertembak teroris dalam aksi penggerebekan di Kampung Sawah, Ciputat, Tanggerang Selatan.

HARY SANTOSO/MALANG POST

RAKOR: Saat Gubernur Soekarwo menjelaskan RMJMD 2014, tampak Fattah Jasin asyik memainkan HP-nya. Padahal, saat itu yang dibahas soal UMKM yang menjadi tupoksinya. gasnya sebagai PNS. Kondisi ini terlihat saat apel pagi kali pertama tahun 2014 di halaman kantor Gubernuran. Apel yang dipimpin langsung Gubernur Soekarwo ini, halaman yang baru saja direnovasi tampak penuh. Para petinggi SKPD pun hampir semuanya hadir mendampingi Gubernur memimpin apel pagi. ‘’Pada tahun 2014 ini saya mengajak seluruh masyarakat bersama pemerintah membangun Jatim lebih baik lagi. Untuk sektor

yang sudah mencapai keberhasilan, harus dipertahankan,’’ kata Pakde Karwo di depan ratusan PNS dan Kepala SKPD Pemprov Jatim. Disebutkan Pakde, faktor stabilitas dan keamanan menjadi penentu keberhasilan meningkatnya perekonomian Jatim. Unsur TNI dan Polri ikut pula menjadi kunci penentunya. ‘’Apabila distribusi barang terganggu maka akan mempengaruhi harga menjadi naik. Karenanya butuh peran TNI dan

Polri dalam menjaga stabilitas keamanan wilayah,’’ tegasnya. Seperti biasa sama seperti di berbagai kegiatan lain, Pakde selalu menggambarkan soal perdagangan di Jatim. Dari 26 perwakilan dagang di Jatim, perdagangan antar provinsi 2013 mencapai Rp 900 triliun. ‘’Nilai barang yang masuk ke Jatim senilai besarnya Rp 400 triliun. Sementara barang keluar Jatim senilai Rp 500 triliun. Pola perdagangan ini sangat menguntungkan bagi Jatim,’’ katanya

dengan menyebut, tahun 2014 ini, Jatim mentargetkan bisa menguasai 50 persen pasar di Indonesia. Usai memimpin apel, Pakde Karwo langsung rapat membahas RPJMD Jatim 20142019. Rapat diikuti semua Kepala SKPD dan Kepala Biro. Sayangnya, ketika Pakde Karwo membahas soal UKM sebagai progam inti, justru Fattah Jassin, Kepala Dinas Koperasi Jatim malah syik main HP. (has/udi)

Kepala BNPT: Banyak Teroris Malaysia Lari ke Indonesia JAKARTA-Teroris di Indonesia seakan tak pernah habis. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Ansyaad Mbai menilai Indonesia terlalu lemah hadapi teroris yang mengakibatkan teroris Malaysia kabur ke Indonesia. “Banyak teroris Malaysia yang lari ke sini (Indonesia) karena kita lembek. Ini urusan kita semua,” kata Ansyaad di RS Polri, Jakarta, Kamis (2/1). Ansyaad mengatakan, teroris muda merupakan korban dari orang yang menyesatkan paham dan pikirannya. “Teroris yang ini korban penyesatan pikirannya, dia korban. Yang jahat yang menyesatkan,” tegasnya. Terkait Vihara sebagai target pengeboman, Ansyaad menjelaskan, tak ada pergeseran target bom oleh teroris. “Saya tidak bisa mengatakan itu pergeseran. Karena bagi mereka siapa saja yang tidak se-ide dengan mereka itu musuh. Ya memang polanya menyiapkan ‘pengantin’. Belum jelas, tapi mereka (terduga teroris Ciputat) sudah pergi (meninggal) tuh,” ujar Mbai. Menurut Ansyaad, tujuan para teroris tersebut adalah mengubah dan mendirikan konstitusi bangsa. “Mendirikan negara ini, konstitusi diubah. Ideologi semua diubah, itu kan sudah jelas itu, itu kan bukan isapan jempol. Mereka buat buku sendiri, mereka fatwakan sendiri, itu sudah jelaskan,” paparnya.

DENSUS 88: Pasukan Densus 88 yang melakukan penggerebekan teroris di Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Namun, dirinya tidak tahu kapan keenam jenazah teroris Ciputat tersebut dimakamkan. “Saya tidak tahu itu,” ungkapnya. Seperti diketahui, Densus telah mengakhiri perburuannya kepada teroris di Ciputat. Dari penggerebekan pada malam pergantian tahun lalu di rumah kontrakan daerah Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, kepolisian berhasil menewaskan 6 teroris. Sedangkan Mabes Polri mengakui, bahwa seharusnya penangkapan teroris di Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten tidak berujung pada kematian. Sebab aksi baku tembak yang dimulai pada Selasa (31/12) lalu Detasemen

Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri memutuskan untuk menembak mati para ke enam teroris tersebut. “Kepinginnya enggak meninggal ya. Kita tidak menginginkan pelaku kejahatan itu ditangkap dalam keadaan meninggal dunia. Ya memang kondisi di lapangan seperti itu, resikonya bisa polisi yang meninggal atau malah teroris yang meninggal,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, kemarin. Menurut Boy, kejahatan teroris seperti itu berbeda dengan kejahatan konvensional dan

polisi tak bisa disamaratakan dalam menanggulangi suatu kasus. “Jadi mereka kelompok yang memang melawan, jadi tidak seperti kejahatan konvensional. Mungkin bagi mereka mati itu salah satu tujuan jihad, mereka tidak ingin menyerah begitu saja. Konteksnya menguasai senjata api, kuasai bom. Tentunya dalam kondisi seperti ini bisa petugas yang beresiko, terkena serangan senjata yang mereka miliki,” ujarnya. Sementara itu, sejumlah warga mengalami trauma pasca penggerebekan teroris oleh Densus 88 di Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol

Pulang Sidang

Heru Pranoto menuturkan, warga yang mengalami trauma akan didata terlebih dahulu dan diberikan penyuluhan dalam proses penyembuhan. Dia menjelaskan, trauma yang dialami warga disebabkan karena mendengar suara tembakan maupun ledakan bom saat penggerebekan berlangsung. Berdasarkan data awal, terdapat 17 warga yang kini diperiksa oleh petugas untuk mengetahui mengalami trauma atau tidak. “Masih terus dilakukan pendataan sekarang ini jadi belum dapat dipastikan,” ujar Heru. Sebelumnya, kepolisian juga melakukan pendataan terhadap bangunan yang mengalami kerusakan pasca penggerebekan teroris oleh Densus 88. Dalam penggerebekan tersebut, terjadi baku tembak antara teroris dan polisi. Bahkan, adanya ledakan bom dari rumah kontrakan teroris.Baku tembak yang terjadi antara teroris dan kepolisian tersebut berlangsung dengan waktu yang cukup lama. Hingga akhirnya, enam teroris dipastikan tewas karena tertembak. Sebelumnya anggota Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggerebekan di rumah kontrakan di Jalan KH Dewantoro Gang H Hasan RT 04/07 Kampung Sawah, pada Selasa (31/12) malam hingga Rabu (1/1) dini hari. Polisi menemukan enam bom pipa, enam senjata api, lima buah golok, beberapa bahan kimia dan rangkaian elektronik yang diduga digunakan dalam perakitan bom. (jpnn/udi)

JAKARTA- Kapolri Jenderal Sutarman membesuk anggota Datasemen Khusus 88 Antiteror Polri yang tertembak saat melakukan penggerebekan terduga teroris di Kampung Sawah, Ciputat, Tanggerang Selatan, Rabu malam 31 Januari 2013. Anggota Densus itu tertembak di bagian paha kiri dan menembus hingga paha kanan. Saat ini, dia masih menjalani perawatan di rumah sakit swasta di Jakarta Selatan. “Ini adalah korban yang kena tembak saat baku tembak dengan Dayat (salah satu terduga teroris Ciputat),” kata Sutarman di ruangan perawatan anggota Densus tersebut, Kamis, 2 Januari 2013. Saat ini, peluru yang bersarang di paha kanan anggota Densus yang dirahasiakan namanya ini telah diangkat. Yang bersangkutan saat ini dalam masa perawatan. “Sekarang perawatan dulu hingga pulih,” ujar Sutarman. Kapolri Jenderal Pol Sutarman menegaskan, bahwa saat penggerebekan enam teroris di Kampung Sawah, Ciputat lalu sudah sesuai dengan standar operasional kepolisian. Bahkan dia menyebut bahwa penyerbuan teroris pun juga harus dilakukan dengan ramah. “Dalam SOP, kita juga harus ramah, termasuk memperlakukan teroris. Kemarin anggota kita sudah memperingatkan tiga sampai empat kali agar mereka keluar menyerahkan diri, anggota kita kan sudah kepung rumahnya. Tapi dari mereka sempat lempar bom rakitan keluar dan sempat meledak di sana,” kata Sutarman. Sementara itu, tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri telah mengambil sampel DNA dari anak Dayat alias Daeng, terduga teroris yang tewas dalam baku tembak dengan Densus 88. “DNA diambil dari anaknya oleh petugas,” kata Musdalifah, salah satu kerabat Dayat. Musdalifah mengatakan, keluarga berharap proses identifikasi Dayat cepat selesai. Saat ini, keluarga sudah menunggu untuk memakamkan Dayat. “Keluarga menolak diautopsi, kami ingin jenazah segera dikembalikan kepada keluarga untuk dimakamkan,” ujarnya. Dari pantauan, sejak pagi kemarin sudah ada empat orang yang diperkirakan anak dari terduga teroris yang datang ke RS Polri Kramatjati. Dari jumlah itu, tiga merupakan laki-laki dan satu orang adalah perempuan. Sementara itu, jenazah enam tersangka teroris ini akan dimakamkan di satu lokasi. “Dikubur, di Pondok Rangon. Secepatnya akan dikuburkan,” kata wanita lain yang merupakan kerabat terduga teroris. (jpnn/udi)

PENERBANGAN

Ferry Flight Tandai Garuda di Langit Banyuwangi BANYUWANGI- Penerbangan dengan pesawat ATR 72-600 dengan tajuk ‘Ferry Flight Garuda Indonesia Explore’ dari Jakarta menuju Bandara Blimbingsari, Banyuwangi Kamis (2/ 1/2014), menandai pembukaan rute penerbangan Maskapai Garuda di kota tersebut. Penerbangan ini diikuti Bupati Abdullah Azwar Anas dan Direktur Pemasaran Garuda Indonesia Erik Meijer. Artis Maudy Koesnaidi yang juga istri Erik juga ikut dalam penerbangan. Rencananya Garuda Indonesia akan membuka rute Surabaya-Banyuwangi mulai April 2014. “Ferry Flight ini menggunakan ATR jenis baru yang baru datang dua hari lalu dari pabriknya di Prancis. Ini dibawa ke Banyuwangi atas Abdullah Azwar Anas permintaan Pak Bupati,” kata Erik, dalam sambutannya di Bandara Blimbingsari. Terminal Bandara Blimbingsari mempunyai luas 240 meter persegi. Tahun ini akan dibangun terminal baru seluas 3.500 meter persegi. Panjang runway telah diperpanjang menjadi 1.800 meter. Tahun ini, tingkat ketebalan landasan akan ditingkatkan dari 12 PCN (pavement classification number) menjadi 17 PCN, sehingga bisa didarati pesawat Boeing 737-200. “Sebenarnya tadinya Banyuwangi belum bisa, karena landasannya belum cukup panjang. Tapi ketika hadir pesawat jenis ATR, kami bisa masuk,” ujar Erik. Garuda memilih Banyuwangi besarnya potensi kota tersebut. Dari sisi jumlah penduduk, Banyuwangi cukup besar. Ada potensi pasar di sana, termasuk jarak terdekat dengan bandara utama di kota lain. Penerbangan di Banyuwangi selalu padat. Bupati Anas mengatakan, tahun 2011, jumlah penumpang pesawat dari bandara Blimbingsari sekitar tujuh ribu orang. Tahun 2012 terjadi peningkatan menjadi 24 ribu dan tahun 2013 menjadi 44 ribu orang. “Rencananya akan disiapkan lima operator penerbangan, dengan target 250 ribu penumpang. Bandara akan dirancang untuk 250 ribu penumpang dengan anggaran Rp 44 miliar,” jelas Anas. (jpnn/bj/udi)

Tahanan Narkoba Selundupkan Sabu ke LP JAKARTA-Aksi Rachmat Hidayat (37) benar-benar berani, selepas dari persidangan di Jakarta Utara, tahanan Rutan Cipinang Kelas I ini nekat membawa masuk sabu ke dalam Rutan Kelas I Cipinang. Namun petugas pengamanan pintu masuk utama, Elham Suseno menemukan sabu tersebut di jahitan tas Rachmat. “Ada dua bungkus sabu yang diduga narkoba,” kata Karutan kelas I Cipinang, Agus Heryanto kepada wartawan di lokasi, Jakarta, Kamis (2/1). Dari keterangan Rachmat,

dirinya mendapat sabu tersebut dari teman yang dijumpai di persidangan Jakarta Utara. “Nitip dari teman. Janjian di sidang. Baru ini saya (masukin ke rutan),” ujar tahanan narkoba ini. Rachmat yang merupakan pecandu memang dari awal berniat memasukan ini ke rutan untuk dia konsumsi sendiri. “Saya beli satu bungkus Rp 1,3 juta,” jawab Rachmat yang membawa serta tas berisi makanan ke dalam rutan. Kasus narkoba tahanan Cipinang yang telah 8 kali bersidang ini ditangani Polsek

Jatinegara. Sedangkan asal sabu yang digunakan Rachmat masih dalam penyelidikan polisi. Tahanan Rutan Cipinang ini tak menyangka terancam mendapat hukuman lebih berat dari sebelumnya. Pasalnya Rachmat tertangkap membawa dua bungkus kecil sabu yang diselipkan ke dalam jahitan tas. “Dia membawa sabu itu setelah dari sidang di Jakarta Utara. Setelah digeledah oleh petugas pengamanan pintu utama ada semacam bekas jahitan ternyata ada 2 bungkus yang diduga narkoba dan sabu,” ujar Agus

Heryanto. Tak pelak proses hukum tahanan kasus narkoba ini semakin panjang. Pasalnya pihak rutan telah menindaklanjuti temuan sabu tersebut ke kepolisian. “Petugas sudah lapor ke Polsek Jatinegara. Tinggal akan ditindaklanjuti oleh jajaran Polsek Jatinegara,” tambah Agus yang baru beberapa saat menerima jabatan sebagai Karutan Kelas I Cipinang. Sementara itu, untuk penyelidikan, pihak Polsek Jatinegara tidak membawa Rachmat dari Rutan Cipinang. (jpnn/udi) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


JUMAT, 3 JANUARI 2014

Andromax G, Penerus Andromax C MALANG – Sebagai operator CDMA yang mengandalkan kualitas jarigan data, Smartfren cukup gencar menelurkan paketpaket bundling smartphone. Dan itu terbukti, dengan terciptanya produk Andromax G. Perangkat baru ini dikenalkan Smartfren pertengahan Desember lalu, namun kehadirannya di Malang baru ada sejak kemarin. Produk ini diyakini akan laris manis pada awal tahun ini. Bahkan posisinya akan secara otomatis menggeser Andromax C yang lebih dulu dikenalkan Smartfren kepada masyarakat. Regional Head Manager PT Semeru Telecom, distributor produk Smartfren, Agus Priyono menjelaskan, Andromax G merupakan perangkat mobile yang diciptakan untuk segmen menengah ke bawah. “Jika pertengahan tahun lalu kami mengenalkan, Andromax C sekarang kami mengenalkan Andromax G. Kelasnya sama, tapi spesifikasinya berbeda,’’ katanya kemarin. Agus menjelaskan, secara fisik Andromax C dan Andromax G sama-sama dibekali dengan layar jenis IPS 4 inci. Layar keduanya mendukung resolusi 480 x 800 piksel. Namun begitu tampilan layar Andromax G diyakini lebih tajam, lantaran dilengkapi dengan teknologi OCA dan didukung dengan 16 juta warna. Selain tampilan layar yang berbeda, dapur pacu keduanya juga berbeda. Agus menjelaskan, kinerja Andromax G ini diyakini lebih cepat. Itu karena Andromax G ini didukung dengan prosesor Qualcomm

3

PROTOTYPE

IRA RAVIKA/MALANG POST

DISEMPURNAKAN: Andromax G merupakan penerus Andromax C yang telah mengalami beberapa penyempurnaan.

Samsung Galaxy S5 Bakal Diperkuat RAM 8GB SAMSUNG Galaxy S5 diharapkan menjadi smartphone pertama yang diperkuat RAM 8GB. Perusahaan sendiri akan mengemas produk anyarnya itu dengan RAM berjenis DDR4 yang diklaim memiliki performa lebih tinggi daripada LPDDR3. Dijelaskan, memori generasi terbaru ini memberikan performa yang lebih tinggi namun dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah dari versi sebelumnya. Sehingga, jenis RAM DDR4 sangat ideal untuk mendukung perangkat yang menghadirkan resolusi 4K. “LPDDR4 DRAM akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan di pasar DRAM secara global,” kata Marketing Executive Samsung Young-Hyun Jun seperti disadur Digitalspy, Kamis (2/1/2014). LPDDR4 DRAM, klaim Samsung, menggunakan proses manufaktur 20 nanometer (nm) dan mengemas 1GB pada setiap single die. Adapun, Galaxy S5 dikabarkan mengusung layar 5 inci, prosesor versi 64-bit, kamera 16 megapiksel, dan baterai berkapasitas 4.000mAh. (ozn/fia)

Snapdragon Dual Core berkecepatan 1,2 GHz. Sementara untuk Andromax C, Smartfren memberikan dukungan prosesor Qualcomm MSM8625 Dual Core kecepatan 1GHz ARMv7. Sedangkan untuk kemampuan grafisnya, keduanya tidak berbeda. Yaitu sama-sama didukung dengan GPU Adreno 203 untuk grafisnya. Lantaran didukung dengan kinerja berbeda, operating sistem keduanya pun berbeda.

Andromax G didukung dengan operating sistem Android versi 4.2 Jelly Bean. Sedangkan Andromax C didukung dengan operating sistem Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich. “OS Android 4.0 pada Andromax C bisa diupgrade hingga Jelly Bean. Tidak perlu khawatir dengan kinerjanya, prosesor yang ditanam dengan dukungan RAM 512 masih mampu menjalankan semua aplikasi android Jelly

Bean dengan lancar alias tidak lelet,’’ tambah pria yang memiliki kantor di Jalan Bondowoso ini. Selain itu, Smartfren juga memberikan dukungan dua kamera pada Andromax G. Masing-masing 3.2 megapiksel untuk kamera utama dan 1.3 megapiksel untuk kamera keduanya. Sedangkan untuk Andromax C, Smartfren hanya melengkapinya dengan satu kamera utama saja, dengan

kekuatan lensa 2 megapiksel. “Untuk fitur dan spesifikasi lainnya, sama. Andromax G dan Andromax C sama-sama ponsel Dual ON CDMA+GSM. Keduanya juga mendukung A-GPS yang bisa digunakan pengguna sebagai alat penunjuk arah,’’ tandas Agus yang me ngatakan Andromax G dibanderol dengan harga Rp 949 ribu sedangkan Andromax C dibanderol dengan harga Rp 725 ribu.(vik/fia)

Redemption Booth Samsung Masih Layani Penukar Hadiah MALANG – Lebih dari 30 hari Promo Kejutan Kejutan Akhir Tahun Samsung Galaxy telah digelar. Namun begitu animo masyarakat masih cukup tinggi. Itu terbukti, sejak 31 Desember hingga kemarin, masih cukup banyak konsumen yang melakukan penukaran hadiah di redemption booth Samsung, Lantai III Malang Plaza. “Masih banyak. Rata-rata setiap hari masih ada 30-50 yang menukarkan hadiah,’’ kata Koordinator Redemption Booth Samsung, Ayok Nurdiyanto kepada Malang Post. Ayok menjelaskan, penukaran hadiah untuk promo ini akan dilayani hingga Minggu (5/1) mendatang, atau sesuai dengan masa promo. “Sampai saat ini belum ada info perpanjangan masa promo, artinya jika sesuai jadwal promo ini akan digelar hingga 5 Januari mendatang. Penukaran hadiah akan dilayani hingga pukul 20.00,’’ tambahnya sembari mengatakan, setiap pembelian ponsel Samsung konsumen berhak mendapatkan gratis tiga sampai empat hadiah. Yaitu boneka line, SD Card, Flip Cover, Line Xmas Sticker in App, dan game money Pokopang. “Promo ini menarik, karena dari penukaran hadiah justru paling banyak pembelian ponsel Samsung kelas menengah, seperti Samsung Galaxy Mega, Samsung Galaxy Tab 3, Galaxy

IRA RAVIKA / MALANG POST

MASIH BUKA: Redemption booth Samsung masih membuka layanan penukaran hadiah dari para pengguna gadget Samsung. S4 dan Galaxy Note 3. Sedangkan untuk kelas entry level, tidak banyak yang melakukan penukaran,’’ kata Ayok, yang mengatakan Samsung tidak hanya laris lantaran promo ini digelar, tapi karena Samsung mampu menyuguhkan gadget yang lain dari yang lain. Dan produk

Samsung betul-betul mampu mewakili semua segmen. “Sampai hari terakhir nanti jumlah user yang melakukan penukaran akan bertambah. Bahkan bisa lebih dari dua kali lipat,’’ urainya. Seperti yang pernah diberitakan sejak promo digelar 1 Desember lalu,

GADGET

Nokia Android di Cancel?

redeption booth Promo Akhir Tahun Samsung Galaxy tidak pernah sepi. Setiap hari rata-rata dibooth tersebut melayani 30 sampai 50 user yang melakukan penukaran hadiah. Dalam promo bertagline Waktunya MOVE ON ke Gadget Baru Samsung menyediakan gratis boneka line, SD Card, Flip Cover, Line Xmas Sticker in App, dan game money Pokopang, untuk pembelian ponsel atau tablet. Rinciannya pembelian Galaxy S4 dan Galaxy Note 3 konsumen mendapatkan hadiah langsung berupa flip cover, boneka line, Money Game Pokopang, dan Line Xmas Sticker. Pembelian Galaxy Mega 6.3 & 5.8 dan Note 3 gratis Micro SD, Boneka Line, Money Game Pokopang dan Xmas Stiker. Sedangkan untuk pembelian Galaxy Fame dan Galaxy Young, gratis Line Head Doll dan Xmas Stiker. Sementara itu beberapa outlet mengatakan promo ini membantu penjualan produk Samsung. Hampir rata-rata pihak outlet baik yang tradisional maupun yang modern mengaku mengalami peningkatan penjualan untuk produk Samsung. “Galaxy Mega baik yang versi 5.8 atau versi 6.3 paling laris sejak promo ini digelar,” kata Supervisor Global Teleshop Bobin Febriyawan kepada Malang Post kemarin.(vik/fia)

BEBERAPA waktu terakhir santer tersiar kabar mengenai detil dari perangkat Nokia yang dijalankan dengan sistem operasi Android. Namun, perusahaan asal Finlandia tersebut sejatinya sudah dibeli oleh Microsoft yang notabene sebagai produsen OS Windows Phone, lalu bagaimana jadinya dengan ponsel Nokia Android? Perusahaan piranti lunak asal Redmond itu sendiri terus mempromosikan sistem operasi besutannya pada vendor-vendor lain di luar Nokia. Sebut saja Samsung, HTC, Huawei, dan XOLO yang sudah dipersuasi oleh Microsoft agar mau menggunakan sistem operasi Windows Phone untuk perangkatnya. Bahkan, Microsoft juga terus mengkampanyekan ejekan untuk Google yang disebut Scroogled untuk menjatuhkan produk-produk Google. Namun Nokia sendiri, yang notabene perusahaan akuisisi Microsoft, malah membuat perangkat berbasis Android dari Google. Laporan dari Ubergizmo, Kamis (2/1/2014), mengatakan ada kemungkinan Nokia Android batal rilis dikarenakan kuasa Microsoft yang telah membelinya. Namun demikian, sebuah akun Twitter bernama @evleaks yang kerap membocorkan rahasia peluncuran produk baru membantah hal tersebut. Akun @evleaks menulis, “The reports of Normandy’s death have been greatly exaggerated.” Laporan tentang kematian Normandy terlalu dibesarbesarkan, begitu kata @evleaks. Memang hal ini bukanlah konfirmasi resmi yang bisa memastikan peluncuran Nokia Normandy benarbenar terjadi. Tapi track-record @evleaks sendiri patut diperhitungkan yang mana selalu terbukti benar dalam hal membocorkan informasi peluncuran suatu produk. Tapi hingga saat ini, Nokia sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun tentang keberadaan foto perangkat Nokia Android yang bocor di dunia maya.(ozn/fia)

LENOVO IDEAPAD YOGA 13

Laptop dan Tablet Dalam Satu Perangkat IRA RAVIKA/MALANG POST

TAK BERFUNGSI: Saat layar diputar, keyboard Ideapad Yoga 13 secara otomatis tak berfungsi.

MALANG – Lenovo menjadi salah brand baru di pasar smartphone yang langsung moncer di tahun 2013 lalu. Tak hanya populer di ponsel pintar, Lenovo juga masih bertaring di segmen komputasi. Salah satu produk andalan Lenovo yang cukup populer adalah IdeaPad Yoga 13. Pada varian ini, Lenovo mengusung konsep gadget 2 in 1. Sesuai dengan konsepnya, maka Ideapada Yoga memiliki dua fungsi dalan satu perangkat yaitu notebook dan tablet. Perangkat yang dikenalkan pada pertengahan tahun lalu ini dilengkapi engsel yang mampu berputar 360 derajat. “Engsel yang bisa diputar hingga 360 derajat, membuat perangkat ini memiliki banyak fungsi. Bisa menjadi notebook, atau bisa menjadi tablet. Fungsi keyboard seketika mati ketika layar diputar 360 derajat,’’ kata

Promotor Lenovo Yarendra Sunjaya. Saat berfungsi sebagai tablet, pengguna akan beraktifitas di atas layar 13 inci. Layar LCD yang ditanam menghadirkan sudut pandang cukup luas, ditambah dengan teknologi capasitive, pengguna tidak perlu repot menekan layar. Pengguna hanya perlu menempelkan jari, kemudian menggesernya baik ke kanan atau ke kiri sesuai keinginan. “Engselnya telah diuji hingga 25.000 kali, dan pihak Lenovo juga memberikan garansi hingga 2 tahun, untuk engsel tersebut. Secara fisik, Lenovo IdeaPad Yoga 13 ini memang cukup menarik. Tidak hanya hadir dengan multi mode, tapi fisiknya juga sangat keren. Mengusung layar 13 inci, tablet ini cukup tipis. Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki ketebalan hanya 16.9 mm.

“Karena tipis, perangkat ini juga tidak terlalu berat, hanya sekitar 1.54 kg saja. Sehingga saat pengguna memiliki mobilitas tinggi sama sekali tidak membebani,’’ kata Yendra. Selain itu secara fisik, Lenovo IdeaPad Yoga 13S ini juga hadir dengan warna ceria. Sehingga selain elegan, perangkat ini juga tetap terlihat gaul. Tidak hanya fisiknya saja yang oke, Yendra juga perangkat mampu bekerja keras. Itu karena karena Yoga 13S ini dibekali dengan sistem operasi Windows 8. “fleksibilitas tinggi antara bekerja dan bermain tanpa kompromi. Karena prosesor yang dibenamkan adalah generasi ketiga Intel Core i7 3517U,’’ tambahnya. Kekuatan prosesor itu dikombinasikan dengan memori DDR3 4GB, kapasitas simpan SSD 128 GB, dan kartu grafik Intel HD 4000. Pengguna pun

tidak perlu khawatir akan dayanya, karena perangkat ini dibekali dengan baterai yang bertahan hingga 8 jam. Sedangkan media penyimpanan data solid-state drive (SSD) 128GB “Sebetulnya perangkat ini hadir dua versi untuk prosesornya. Yaitu model prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7. Harganya selisih Rp 1 juta. Yaitu Rp 11,9 juta untuk IdeaPad Yoga 13S dengan prosesor Intel Core i5 dan Yoga 13S dengan prosesor Intel Core i7 dibanderol dengan harga Rp 12.9 juta,’’ urainya. Dia juga menjelaskan secara keseluruhan Lenovo IdeaPad Yoga 13S ini menggunakan speaker berlabel Dolby Home Theatre. Selain itu juga koneksivitasnya tersedia 2 port USB, HDMI, jack audio 3,5mm, serta konektivitas nirkabel Bluetooth dan WiFi. (vik/fia) REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


JUMAT, 3 JANUARI 2014

4

Info Penting! JADWAL PENERBANGAN MALANG - JAKARTA Maskapai Garuda Indonesia Garuda Indonesia Sriwijaya Air Sriwijaya Air Sriwijaya Air

berangkat

kedatangan

10:45 12:55 08:35 12:40 14:35

12:15 14:25 10:00 14:05 16:00

Nomor Telepon Maskapai Penerbangan Lion Air Garuda Sriwijaya Citilink

0341- 400680 0341- 419494 0341- 471777 0341- 405438

JADWAL KERETA API DARI STASIUN KOTA BARU MALANG: Kereta Api: Penataran Tujuan: Blitar Pemberangkatan : 04.25 WIB 07.28 WIB 10.40 WIB 13.48 WIB 19.00 WIB Kereta Api: Penataran Tujuan: Surabaya Pemberangkatan : 04.20 WIB 07.00 WIB 09.53 WIB

12.37 WIB 15.38 WIB 19.48 WIB

Pekalongan-Cirebon-Pasar Senen Jakarta Pemberangkatan : 14.50 WIB

Kereta Api: Malioboro Express Tujuan: Jogjakarta Pemberangkatan : 08.35 WIB

Kereta Api: Gajayana Tujuan: Jakarta Kota Pemberangkatan : 13.45 WIB

Kereta Api: Tawangalun Tujuan: Banyuwangi Pemberangkatan : 14:40 WIB

Kereta Api: Malabar Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 15.45 WIB

Kereta Api: Matarmaja Tujuan: Madiun – Solo Jebres-Semarang Poncol-Tegal-

Kereta Api: Senja Kediri Tujuan: Bandung Pemberangkatan : 13.25 WIB

JADWAL SIM KELILING KOTA MALANG Senin : Alun-alun Selasa : Universitas Widyagama Rabu : RM. Ringin Asri Kamis : Giant Sawojajar Jumat : Pos Polisi Mitra I KOTA BATU Minggu keempat Pukul: 17.00-20.00 WIB

Ipok

KABUPATEN MALANG Senin : Terminal Bus Dampit Selasa : Stadion Talok Turen Rabu : Dealer Honda Sekawan Motor Bululawang Kamis : Dealer Yamaha Gondanglegi Jumat : Stadion Kanjuruhan Sabtu : Stadion Kanjuruhan Minggu : Bend. Lahor Karangkates

Ngalam

RIZAL FANANY/ MALANG POST

SALAH LOKASI: Buanglah sampah pada tempatnya, tetapi kalimat tersebut kurang tepat jika ditujukan pada penempatan tong sampah di pertigaan Jalan Jakarta. Posisi tong sampah yang kurang strategis ditambah aktivitas kendaran yang sangat ramai, membuat tong tersebut hanya berfungsi sebagai pajangan di pinggir jalan. Kamis (2/1/14). Harusnya, tong sampah ditempatkan di lokasi yang banyak dilewati para pejalan kaki.

Menyoal Kinerja Para Penegak Hukum LEMBAGA penegak hukum di Indonesia kembali tercoreng. Hal ini diakibatkan oleh perilaku salah seorang kepala Kejaksaan Negeri Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, M. Subri SK. Subri ditangkap di sebuah hotel di Senggigi pada Sabtu (14/12) malam bersama seorang wanita berinisial LAR dari perusahaan swasta yang diduga sebagai pemberi suap bersama barang bukti berupa 164 lembar uang pecahan 100 dolar Amerika Serikat (AS) dan ratusan lembar rupiah dengan nilai Rp 23 juta. Kasus ini menambah angka keterlibatan penegak hukum dalam lingkaran kasus suap dan korupsi. Secara umum, Kejaksaan Republik Indonesia dapat dipahami sebagai lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara secara merdeka terutama pelaksanaan tugas dan kewenangan di bi-

dang penuntutan dan melaksanakan tugas dan kewenangan di bidang penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi dan Pelanggaran HAM berat serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang. Namun seiring tertangkapnya salah satu kepala kejaksaan yang tersangkut korupsi, tentu semakin menghilangkan kewibawaan lembaga penegak hukum. Lembaga yang seharusnya menjadi penyelamat negara kini justru orang-orangnya banyak terlibat korupsi. Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mukhtar setelah menerima suap pada kasus Pemilukada Lebak Banten. Kondisi ini tentu membuat kita (rakyat) samakin marah dan berang terhadap para

SUMBER KOMIK: LOADINGSTRIP.NASYAROBBY.COM

penegak hukum yang semakin hari semakin tidak koperatif. Jika penegak hukum sudah tidak lagi tidak taat dan patuh pada hukum, lalu bagaimana cara ia menegakkan hukum? Apakah hukum hanya berlaku pada rakyat? Tentu tidak demikian, untuk melakukan perubahan, harus dimulai dari diri sendiri. Begitu juga jika ingin menegakkan hukum harus dimulai dari penegak hukum. Keadilan Untuk Yang Kuat Fakta menunjukkan, bahwa beberapa tahun terakhir ini banyak putusan hakim yang menuai kontroversi dan protes dari rakyat. Sebab dalam putusannya, sering kali terjadi ketidak seimbangan antara kesalahan dan hukumannya. Salah satu contoh adalah kasus Prita Mulyasari dan kasus seorang pencuri sandal jepit dan semangka. Hakim, dalam memberikan putusan pada dua kasus ini sangat berbeda ketika ia memberikan putusan pada kasus Anggelina Sondakh sebelum akhirnya Mahkamah Agung menambah hukumannya melalui proses kasasi. Vonis yang diberikan pada pencuri sandal jepit ini sangat berat, sementara untuk para perampok negara (koruptor) cenderung ringan dalam memberikan vonis hukuman. Dengan banyaknya hakimhakim yang tidak koperatif dan tidak proporsional dalam memberikan putusan atau vonis hukuman pada koruptor mengindikasikan bahwa keadilan hanya bisa didapat oleh orang-orang kaya dan punya kuasa. Sementara rakyat kecil, walaupun hanya mencuri sandal japit dan semangka akan menjadi korban ketegasan hukum, sehingga ia bisa mendekam di penjara dalam kurun waktu yang lama. Hukum yang seharusnya menjadi panglima dalam menciptakan stabilitas sosial telah berubah menjadi komersial para penegak hukum. Keadilan yang semestinya diberikan secara proporsional kini telah menjadi milik orang yang berkuasa dan beruang. Keadilan bisa diperoleh tergantung sebesar apa uang yang diberikan kepada para penegak hukum. Padahal pancasila telah memberikan spirit keadilan tanpa melihat latar belakangnya.

Oleh : Mushafi Miftah (Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI dan Mahasiswa Magister Hukum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)

Artinya semua rakyat Indonesia berhak mendapat keadilan, yang salah di tempatkan pada yang salah, dan yang benar di tempatkan pada yang benar. Apa sebenarnya yang terjadi pada proses penegakan hukum di negeri ini? Kenapa ia seakan tumpul jika berhadapan dengan orang-orang punya ruang dan kuasa? Padahal, mereka ini adalah orang yang telah merampok uang negara. Jika benar kalau para penegak hukum telah melakukan transaksi atau tawar menawar dengan para pelanggar hukum atau ada intervensi dari pihak penguasa, maka para penegak hukum telah melanggar konsitusi yang mempunyai spirit keadilan. Keadilan yang tidak melihat latar belakang seseorang tapi sesuai dengan kadar kesalahanya. Selain telah melanggar konstitusi, mereka (penegak) ini telah menyalahi prinsip hukum equality before the law (prinsip yang menyatakan bahwa semua orang sama di mata hukum). Adanya persamaan kedudukan dalam hukum, diakui secara normatif dan dilaksanakan secara empirik oleh konstitusi. Dalam rangka prinsip persamaan ini, segala sikap dan tindakan diskriminatif dalam segala bentuk dan manifestasinya diakui sebagai sikap dan tindakan yang terlarang, kecuali tindakan-tindakan yang bersifat khusus. Artinya, tindakan diskriminatif dalam proses hukum bisa dilakukan apabila lebih banyak mafsadat daripada maslahat. Pertimbangan maslahat dan mafsadat harus menjadi tolok ukur dalam penetapan hukum. Akan tetapi jika putusan hakim itu didasarkan pada tendensi dan kepentingan-kepentingan tertentu, maka tindakan tersebut telah melawan hukum, dan harus ditindak. Secara teoritis, hukum dibuat untuk mengatur segala prilaku kriminal atau keperdataan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat. Prinsip atau asas hukum, sebagai sarana yang membuat hukum itu hidup, tumbuh dan berkembang serta menunjukan

kalau hukum itu bukan sekadar kosmos kaidah. Kekosongan atau kumpulan dari peraturan belaka, sebab asas hukum itu mengandung nilai-nilai dan tuntutan etis dan moral. Asas hukum tidak akan habis kekuatannya dengan melahirkan suatu peraturan hukum, melainkan tetap saja ada dan akan melahirkan suatu peraturan selanjutnya. Namun kewibawaan hukum telah dicederai oleh para penegak hukum sendiri. Sehingga hukum tidak lagi berwibawa di mata masyarakat. Hukum hanya menjadi “Macan ompong” yang tidak mempunyai taring untuk menerkam. Dengan banyak problematika hukum yang dilakukan oleh para penegak hukum, tentu kita, pemerintah sudah saatnya melakukan reformasi lembaga penegak hukum. Pemerintah harus melakukan koreksi terhadap kinerja para penegak hukum itu, jika ketemu melawan hukum harus segera diberhentikan dan diberangus agar tidak menjadi lebih besar. Sudah saatnya pemerintah mengevaluasi kinerja para penegak hukum. Dengan banyaknya para penegak hukum yang terlibat kasus kriminal seperti, korupsi, tindakan asusila, pelecehan seksual dan lain-lain menunjukkan jika para penegak hukum sudah tidak mempunyai integritas dan loyalitas. Komitmen dalam menegakkan hukum tidak mereka miliki. Pemerintah harus bahu membahu dalam mengawal kinerja para penegak hukum. Pemerintah tidak boleh segan-segan memberikan sanksi terhadap penegak hukum yang tidak koperatif terhadap profesinya. Sebab, penegakan hukum yang proporsional dan berkeadilan menjadi tolok ukur kesejahteraan suatu bangsa. Kesejahteraan suatu negara bisa dilihat dari penegakan hukumnya. Keadilan harus diberikan sepenuhnya kepada rakyat, yang salah ditempatkan pada yang salah dan yang benar tempatkan pada yang benar. Wallahu a’lam.

Jalan Tol Terhambat Lahan MESKIPUN banyak keberhasilan yang dicapai pemerintah selama tahun 2013, tapi ada pula kegagalannya. Salah satunya adalah terhambatnya pembangunan infrastruktur jalan, terutama jalan tol trans Jawa. Pemerintah berencana menghubungkan kota-kota besar di pulau Jawa dengan jalan tol untuk memperlancar mobilitas manusia dan barang. Jalan-jalan yang ada di pulau Jawa dinilai sudah terlalu padat sehingga bisa menghambat aktivitas perekonomian sehingga perlu dibangun jalan baru yang bebas hambatan. Tapi hambatan yang muncul dari pembangunan jalan tol itu adalah pembebasan tanah yang sangat berat. Diantara beberapa ruas jalan tol yang tersendat adalah Malang – Pandaan yang sampai sekarang masih belum tampak aktivitasnya. Hal ini terjadi karena pelaksana proyek mengalami kesulitan membebaskan lahan. Para pemilik lahan mematok harga lebih tinggi dibanding plafon harga yang sudah disiapkan proyek. Inilah hambatan terbesar pembangunan infrastruktur selama ini, meskipun sudah ada peraturan presiden soal penentuan harga tanah yang dipakai untuk pembangunan infrastruktur. Tapi rupanya aturan tersebut tidak mempan dan tidak bisa dilaksanakan di lapangan. Informasi pembangunan jalan biasanya bocor lebih dulu kepada masyarakat sebelum pembebasan dilakukan. Akibatnya, banyak spekulan yang memborong lahan rakyat yang akan dijadikan jalan dengan harga murah. Giliran lahan itu dijual kepada pihak proyek, pemilik baru mematok harga yang sangat tinggi untuk mengeruk keuntungan sangat besar. Tak jarang muncul permainan antara pihak pelaksana proyek dengan spekulan tanah untuk memainkan harga demi keuntungan mereka sendiri. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan, karena akan menghambat pembangunan yang dalam skala lebih luas mengganggu kegiatan masyarakat. Sayang, pemerintah tidak bisa berbuat banyak menghadapi masalah tersebut. Padahal, pemerintah bisa melakukan intervensi pembebasan lahan agar pembangunan jalan yang sangat penting itu tidak terhambat. Itulah yang terjadi. Pembangunan jalan tol Malang – Pandaan, saat ini pembebasan lahannya baru mencapai 12 persen setelah melalui proses yang sangat lama. Padahal, semakin lama harga tanah itu akan semakin mahal, pemilik tanah akan menaikkan harga karena nilai tanah yang terus meningkat. Kalau harga tanah terus naik, tentu investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan ini semakin membengkak. Kondisi inilah yang membuat tidak banyak investor tertarik membangun jalan tol, meskipun sebenarnya prospeknya sangat bagus. Selain prosesnya yang berbelit dan membutuhkan biaya tinggi, tingkat return investasinya menjadi lebih lama. Beruntung BUMN yang bergerak dalam bidang jalan masih berminat untuk membangun jalan tol baru meskipun harus menghadapi tantangan yang berat. Dalam kondisi seperti ini, pemerintah, mulai dari pusat sampai daerah bisa membantu dalam pembebasan lahan agar penyediaan infrastruktur bisa berjalan lancar. Kalau daerahnya dilewati jalan, pertumbuhannya akan semakin cepat dan dalam jangka panjang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (redaksi@malang-post.com)

REDAKTUR: SHUVIA RAHMA, LAYOUTER: SITI


SHOPPING

JUMAT, 3 JANUARI 2014

Hypermart

BOUTIQUE

Perabot Rumah Tangga Harga Spesial MALANG – Hingga pertengahan bulan ini, Hypermart bisa menjadi solusi bagi customer yang sedang membutuhkan beberapa perabot rumah tangga seperti kursi, rak sepatu hingga family containaer. Sebab, beberapa produk tersebut tersebut ditawarkan dengan harga terjangkau ketimbang biasanya. “Periodenya 2-14 Januari 2014. Menyambut tahun baru, dengan menawarkan beberapa peralatan rumah tangga lebih spesial,” ujar Divisi Manager Matos, Rajabuel Arief. Menurut Arief, penawaran harga spesial ini juga sebagai upaya clearance sebelum stok opname. Sehingga tidak heran jika harganya jauh lebih terjangkau daripada biasanya. Misalnya saja lemari kecil untuk anak, terdiri dari 2 tingkat, harganya mulai dari Rp 69,9 ribu. Padahal bila harga normal sebesar Rp 82,9 ribu. Untuk ukuran yang lebih besar, harganya menjadi Rp 94,9 ribu saja, dari harga Rp 119,9 ribu. “Pilihan warnanya juga menarik. Mulai dari biru, oranye, merah, hitam dan abu-abu. Ini untuk pilihan paling simpel yang berbahan fiber,” paparnya kepada Malang Post. Sementara bila memilih family container 3 rak, bandrolnya mulai dari Rp 247,5 ribu. Bahan yang ditawarkan dari plastik, serta dipadukan dengan gambar-gambar tokoh anak seperti Cinderela, Aladin atau Hello Kity. Pilihan perabot lain seperti rak sepatu Ziva dibandrol dengan harga Rp 35 ribu sampai dengan Rp 48 ribu. Lalu untuk kursi bulat Ibori bandrolnya Rp 44,9 ribu dari harga normal Rp 56,9 ribu.

SIRHAN / MALANG POST

BUKET BUNGA: Owner d’Luuk Erliena Kusumawati saat memberikan bunga kepada General Manager Hotel Regent, Suharman Lalu Rante

d’Luuk Ramaikan Pesta Akhir Tahun

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

MURAH: Family Container ditawarkan dengan harga spesial di periode promo tahun baru tanggal 2 hingga 14 Januari 2014.

Masih ada pilihan perabot lain seperti kaleng, sapu, ember, dan stock basket. Kaleng bertutup harganya kini mulai Rp 30 ribu untuk ukuran paling. Per-

abot ember mulai dari Rp 33,9 ribu dengan pilihan warna yang mencolok sehingga menggugah selera. “Pilihannya masih sangat banyak, ma-

sih ada kain pel, sapu, dan keset. Untuk keset anyaman harganya hanya Rp 6900 per pieces, bahkan beli 2 gratis 1,” pungkas Arief. (ley/fia)

Zainal Accessories

Fashion Streetstyle 2013

Tampil Klasik dengan Aksesoris Etnik

THANKS to Bloggers & Street Photographers, fashion semakin berwarna dengan kehadiran genre dan istilah-istilah baru. Siapapun kini bisa narsis sesuka hati dan menjadi sumber inspirasi lewat foto diri bergaya streetstyle. Streetstyle atau gaya jalanan memang baru populer lima tahun terakhir sejak fotografer blogger seperti The Sartorialist, Scott Schuman hingga Jak & Jil, Tommy Ton menghasilkan karya spektakuler langsung dari jalanan. Mereka memotret para fashionista yang berani mati dalam urusan gaya dan tak peduli akan cibiran orang yang meremehkan. Alhasil, kini mereka yang hobi berbusana bisa menjadi blogger dengan OOTD (outfit of the day) hingga selfie-mania (foto diri). Meskipun bergaya sesuka hati para pecinta streetstyle juga dipengaruhi tren runway dan mengadaptasinya menjadi lebih ringan. Berikut tren busana yang mendominasi, langsung dari panggung streetstyle dunia. 1. Bustier & Atas Bukan rompi atau sweater tanpa lengan, melainkan bustier atau korset yang dijadikan luaran. Ia kerap digunakan sebagai laipisan luar kemeja polos atau Tshirt dan dipadukan dengan skinny jeans. 2. Celana & Rok Celana ketat yang ditumpuk dengan rok pensil menjadi hits setelah Prada dan Marc Jacobs mempopulerkannya beberapa musim ke belakang. Seketika para pecinta mode menghadiri fashion week dengan gaya tersebut. Agar tidak terlihat aneh, harus ada keseimbangan antara siluet ketat dan longgar. 3. Belt Ganda Ide memakai dua ikat pinggang sekaligus mungkin terdengar radikal bagi kabanyakan orang. Namun jika belt yang dipakai memiliki satu kesamaan dan serasi dengan bentuk busana yang dipilih, ia terkesan seperti ikat pinggang lebar yang bernuansa retro chic. 4. Rok Maksi Untuk Sehari-hari Ingin menghidupkan fantasi seorang putri kerajaan? pakailah rok maksi lebar untuk gaya sehari-hari. Rok ini mungkin populer di kalangan hijabers namun saat dikenakan untuk padu padan baju biasa, baik sepotong T-shirt atau kemeja putih, terciptalah efek dramatis yang super stylish. 5. Metalik di Siang Hari Sentuhan metalik seperti emas dan perak lebih cocok digunakan untuk acara pesta di malam hari. Namun bukan fashion jika tidak bisa mendobrak aturan dan mengubahnya menjadi siap pakai di siang hari. Padanan kemeja atau kaos polos pun bisa jadi opsi menarik. (wlp/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

BANYAK: Beraneka ragam aksesoris etnik di Zainal Accecories bisa dipilih sesuai selera.

MALANG – Bila Anda merupakan pecinta fashion dan mempercayai aksesoris seperti gelang, kalung atau cincin bisa mempercantik tampilan Anda, cobalah mengunjungi pameran fashion di Malang Town Square (Matos). Di bagian Main Hall, Anda akan menemukan salah satu stand bernama Zainal Accessories, yang menawarkan berbagai macam aksesoris, baik yang etnik maupun casual yang fashionable. Aksesoris yang ditawarkan oleh tenant yang berasal dari

Jakarta ini berbahan tembaga, perak bakar, titanium dan rodium. Sehingga kesan klasik dan etnik langsung tampak, dan siap menggoda Anda. “Bahan aksesorisnya yang semakin menunjukkan rasa etnik dari daerah keraton. Bahanbahan tersebut juga memiliki tipe tersendiri,” beber Sales Zainal Accessories, Aris Hidayat. Misalnya saja dari bahan perak bakar. Sekalipun tampilannya terlihat besar dan seperti berat, begitu dikenakan, kesan berat tersebut langsung hilang. Bila

memilih bahan dari perak bakar, maka Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 50 ribu untuk pilihan cincin, Rp 110 ribu untuk pilihan gelang dan Rp 150 ribu jika Anda memilih kalung. Anda juga bisa memilih perpaduan bahan utama kalung menggunakan titanium dengan batu black onix. Harganya dibandrol mulai dari Rp 250 ribu, “Titanium ini bentuknya lebih terlihat mewah dan fashionable. Warnanya juga tidak mudah kusam,” bebernya kepada Malang Post. Bila Anda penyuka model etnik, pemilihan aksesoris dari bahan rodium menjadi solusi. Sebab, untuk bahan ini, kesan kusam akan semakin menunjukkan rasa aksesoris kuno, namun tetap tidak ketinggalan jaman. Selain itu, untuk mempercantik aksesoris, perpaduannya dengan batubatuan yang membuat aksesoris tampak berkilau. Selain gelang, kalung dan cincin, dipastikan Anda juga tertarik untuk memiliki salah satu koleksi brosnya. Apalagi, pada bagian bross sebagian besar bahan utamanya dari bahan perak bakar, sehingga kesan etniknya semakin kuat. Bandrol harganya relatif dalam jangkauan, mulai dari Rp 150 ribu. “Memang harganya mulai Rp 50 ribu, tetapi mempercantik penampilan. Bila tidak menyukai kesan etnik, aksesoris model casual juga cocok bagi semua kalangan,” urai Aris. (ley/fia)

Gendhis Masker Organik

Masker Wajah dari Ekstrak Buah dan Sayuran MALANG – Bila Anda tengah berkunjung ke MX Mall di akhir pekan ini, tidak ada salahnya untuk singgah di pameran persembahan dari Kreator Organizer. Salah satu stand, Vilovely Shop menawarkan Gendhis masker organik yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang tengah berburu masker wajah dari bahan alami. Sales Vilovely Shop, Titan Puspabiru menuturkan, masker Gendhis ini merupakan produksi industri rumah tangga di Gresik. “Baru saat ini ikut pameran di Malang, maskernya terdiri dari 4 pilihan bahan, yakni coklat, strawberry, green tea dan wortel,” tuturnya. Untuk pameran yang akan berakhir Minggu (5/1) lusa, Gendhis membawa masker berukuran 100 gram. Setiap pilihan bahan masker seharga Rp 25 ribu per pack ini memiliki keunggulan tersendiri, dan menyesuaikan kebutuhan wajah.

5

Misalnya Anda memilih masker strawberry, bisa menjadi solusi untuk kulit berjerawat. Selain itu berfungsi untuk menghilangkan flek hitam, mengatasi penuaan dini serta menghilangkan komedo. Cocok bagi Anda berkulit normal dan kering. Menurut Titan, bila ternyata tipe jerawat pada wajah sudah meradang, masker green tea menjadi pilihan yang tepat. Fungsi lainnya yakni menghaluskan kulit akibat jerawat, menghilangkan bekas jerawat serta mencerahkan wajah. “Namun tidak hanya 1 atau 2 kali pemakaian harus hilang, tentunya harus rutin,” ujarnya kepada Malang Post. Sementara itu bila kulit Anda termasuk kulit kering dan berpori-pori besar, masker carrot lemonade merupakan pilihan yang pas. Sebab fungsinya untuk melembabkan kulit serta mengecilkan pori-pori, selain

mencerahkan kulit, sama halnya semua jenis masker wajah. Untuk pilihan terakhir, yakni masker chocolate, cocok sebagai perawatan kulit wajah sekaligus relaksasi. “Selama pameran di sini pilihan strawberry dan green tea menjadi favorit,” beber Titan. Dia menyebutkan, pemakaian masker layaknya masker lain. Setelah serbuk masker sekitar 1 sendok teh dicampur air, Anda harus mengoleskannya di wajah dan menunggu kurang lebih 10 menit. Menurutnya, dalam 1 pack, bisa dikenakan sampai 20 pemakaian. “Dari beberapa pelanggan sih cocok sebelum menghabiskan 1 pack sudah terasa perubahannya,” pungkas dia. (ley/fia)

MALANG - d‘Luuk Boutique tak ingin ketinggalan merayakan pesta pergantian tahun. Selasa (31/1) di Hotel Regent’s Malang, d’Luuk memamerkan berbagai koleksi unggulannya di parade fashion akhir tahun. Acara tutup tahun yang di kemas dengan peragaan busana ini merupakan bagian dari kerjasama d’Luuk , Ivan Modelling School dan hotel Regent, dengan mengadakan peragaan busana tarian dan musik yang dikemas secara exlusive.yang diperuntukan bagi tamu hotel. “Kegiatan ini adalah bagian dari promo kami untuk mengenalkan produk yang ada di butik d’Luuk, dan kami bukan hanya menawarkan barang yang berkualitas dengan harga terjangkau tetapi kami juga mengutamakan edukasi tentang perawatan produk yang dibeli oleh konsumen,“ terang Owner d’Luuk Boutique, Erlina Kusumawati. Berbagai fashion item unggulan d’Luuk Boutique ditampilkan oleh para model sebagai pertunjukan bagi para tamu yang sedang bersantap malam. Ada tas, sepatu hingga jam tangan. “d,Luuk bukan hanya sekadar butik tempat untuk memenuhi kebutuhan,tapi d’ Luuk juga sarat akan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan kami juga menerapkan dalam aktivitas di butik yaitu keramahan guna menunjang perkembangan budaya fashion di kota Malang,’ jelas Erlina Kusumawati.(ian/sir/fia)

TANABANG JILBAB

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

ANEKA WARNA: Jilbab beraneka warna dan motif bisa dipilih di Tanabang Jilbab yang saat ini menggelar pameran di MOG.

Pilihan Hijab, Sesuai Selera dan Usia MALANG – Apakah Anda tengah berburu hijab untuk menunjang penampilan muslimah Anda? Cobalah melihat koleksi dari Tanabang Jilbab, yang kini tengah mengikuti pameran fashion dari Fortune Organizer yang berlangsung di Mall Olympic Garden (MOG) Malang. Berbagai macam koleksi hijab disiapkan, termasuk model terbaru pasmina anyaman. “Modelnya ada bermacam-macam. Seperti paris, pasmina kasmir, pasmina sifon, pasmina kusut dan pasminan anyamaman,” ujar Sales Tanabang Jilbab Malang, Prapti Sri Utami. Menurutnya, harga yang dipatok relatif terjangkau, mulai dari Rp 25 ribu. Selama pameran ini harganya masih sama, hanya untuk beberapa model harganya lebih murah. Maksimal, Anda cukup menyiapkan biaya Rp 50 ribu, untuk model hijab anyaman perpaduan beberapa warna. “Model terbaru ini model anyaman, harganya Rp 45 ribu untuk 1 warna. Sementara yang menjadi favorit merupakan pasmina kusut, harganya mulai dari Rp 35 ribu,” terang Prapti pada Malang Post. Dia melanjutkan, pilihan warna untuk model terbaru tersebut cocok untuk semua kalangan. Misalnya, bila Anda masih berusia remaja atau anak muda, warna mencolok bisa menjadi solusi. Sementara bila Anda sudah berusia dewasa, pilihan warna soft seperti biru tua, merah dan abu-abu. “Tipe customernya seperti itu, walaupun warna apapun sebenarnya cocok untuk usia berapapun, asalkan berani tampil percaya diri,” paparnya. Untuk motif yang lebih variatif, hijab dengan perpaduan blink-blink di beberapa sudut juga semakin mempercantik wanita yang mengenakannya. Aksesoris di bagian ujung hijab seperti rumbai-rumbai atau monte juga semakin melengkapi koleksi hijab dari Tanabang. “Terkadang, pilihan hijab dengan motif atau gambar, seperti polkadot atau bunga juga menjadi pilihan, walaupun lebih dominant yang polos,” pungkas dia. (ley/fia)

STENLY REHARDSON/ MALANG POST

ALAMI: Ekstrak buah dan sayuran dalam masker dijamin tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kecantikan wajah Anda. REDAKTUR : SHUVIA RAHMA, LAYOUTER : MOKA


POLITIKA

JUMAT, 3 JANUARI 2014

6

LINTAS POLITIKA

Dana Kampanye Parpol di Kota Malang NO. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

NAMA PARTAI PDI Perjuangan PPP Gerindra Partai Demokrat Hanura PAN PKS Partai Golkar PKPI Partai Nasdem PKB PBB

KPU Loloskan Caleg PKPI yang Terdaftar Ganda

JUMLAH DANA KAMPANYE Rp. 1.841.780.500,Rp. 1.382.100.000,Rp. 707.307.937,Rp. 533.177.250,Rp. 274.998.070,Rp. 250.119.800,Rp. 215.050.000,Rp. 194.357.000,Rp. 77.200.000,Rp. 62.875.000,Rp. 18.000.000,Rp. ƒƒ (nihil)

JAKARTA- Calon anggota legislatif dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Toni Arif Setiawan, bisa bernafas lega. Keinginannya maju sebagai caleg dalam Pemilu 2014 mendatang tetap kesampaian. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya meloloskan Toni setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan kelolosannya. “Rekomendasi Bawaslu sudah turun, yang dicoret DPR RI. Dia sebagai caleg Jatim I,” kata anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di kantornya, Gedung KPU, Jakarta, Kamis 2 Januari 2014. Toni terdaftar secara ganda. Selain tercatat sebagai caleg DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII Nomor 10, dia juga sekaligus menjadi Caleg DPRD Provinsi Jatim dari daerah pemilihan Jawa Timur I nomor urut 11. Keputusan tersebut sesuai dengan keinginan Toni seperti yang pernah disampaikan oleh anggota Tim Pencalegan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKPI, Uus Ali Husni. Menurut Uus, yang bersangkutan awalnya memang mengajukan ke tingkat DPR RI. Namun, setelah perbaikan dia membatalkan karena merasa kurang mampu. Uus melanjutkan, Toni sebenarnya sudah mengajukan pengunduran diri sebagai calon DPR RI. Namun, karena kesibukan, partainya tidak sempat mengurus administrasinya. “Berkasnya tidak ditarik. Padahal dia itu sudah mengundurkan diri. Baru ketahuan sekarang,” terangnya. (jpnn/udi)

Sumber data : KPU Kota Malang

Dana Kampanye PDI Perjuangan Terbesar PBB Nihil Dana MALANG-PDI Perjuangan Kota Malang tercatat sebagai parpol yang memiliki dana kampanye terbesar dalam laporan dana kampanye periode I. Jumlahnya mencapai Rp 1.841.780.500. Sedangkan PBB belum mengeluarkan anggaran sama sekali untuk pelaksanaan kampanye Pemilu Legislatif. Hal ini terungkap dalam laporan dana kampanye periode I

yang kemarin diumumkan oleh KPU Kota Malang. Laporan dana kampanye periode I terhitung mulai 8 Januari 2013 sampai 26 Desember yang dilaporkan pada 27 Desember 2013. Jika PDI Perjuangan berada diurutan pertama memiliki dana kampanye terbesar, PPP berada di urutan kedua. Yakni memiliki jumlah dana kampanye sebesar Rp 1.382.100.000. Setelah itu disusul oleh Partai Gerindra sebesar Rp 707.307.937 lalu Partai Demokrat sebanyak Rp 533.177.250. (selengkapnya lihat grafis)

Khusus PBB memang belum mengeluarkan dana untuk kampanye. Namun demikian tetap memberi laporan ke KPU. “PBB masih nihil pengeluaran, karena belum mengeluarkan dana untuk kampanye. Namun demikian tetap memberi laporan bahwa belum ada pengeluaran dana kampanye,” jelas Komisioner KPU Kota Malang, Rusmifahrizal. Ia mengatakan laporan dana kampanye yang diserahkan ke KPU berupa jumlah penerimaan dana dan penggunaannya. Penggunaan anggaran kam-

panye untuk pertemuan terbatas, penyebaran bahan kampanye kepada masyarakat umum dan pemasangan alat peraga di tempat umum. “Laporan dana kampanye itu sudah termasuk dengan dana kampanye caleg dari masing-masing partai politik. Laporan keuangan yang disampaikan ke KPU sesuai form yang disediakan,” jelas Rusmi. Semua penggunaan anggaran kegiatan kampanye wajib dilaporkan lengkap dengan bukti pengeluaran. Seperti kwitansi dan dokumen pendukung lainnya. Berkas laporan keuangan

tersebut kemudian diperiksa di KPU. “Setelah itu diaudit oleh Kantor Akuntan Publik. Jadi nantinya akan diperiksa oleh akuntan publik,” ujarnya. Laporan dana kampanye akan dilakukan lagi pada dua periode berikut. Periode II pada 2 Maret 2014, periode III pada 24 April 2014. “Tujuan diumumkan dana kampanye agar stakeholder pemilu, seperti masyarakat tahu tentang dana kampanye yang dimiliki partai politik peserta pemilu. Ini demi transparansi anggaran kampanye,” tuturnya. (van/udi)

Pakde Karwo Layak Capres 2014-2019 SURABAYA–Satu pandangan soal Soekarwo, kembali muncul dari pakar politik di Surabaya. Gubernur Jatim yang idenya banyak ditiru di tingkat nasional itu, dinilai cocok jika bersedia maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2014 – 2019. ‘’Kami yakin, masyarakat Jatim akan bangga kalau pemimpinnya bisa memimpin bangsa ini. Tidak ada masalah, meski baru terpilih sebagai gubernur lagi di Jatim,’’ ujar Suko Widodo, Pengamat Komunikasi Politik asal Universitas Airlangga Surabaya, kemarin. Disebutkan Suko, masyarakat Jatim tidak akan kecewa jika Pakde Karwo benar-benar maju di Pilpres 2014 mendatang. Artinya, kalau Pakde Karwo memilih ke pusat maka justru akan muncul rasa bangga warga Jatim atas prestasi pemim-

pinnya. ‘’Kecil, kemungkinan masyarakat akan kecewa. Bahkan malah sebaliknya dan lebih bangga karena muncul putra daerah Jatim sebagai pemimpin republik ini,’’ ujar Suko, yang juga dosen di Universitas Airlangga ini. Secara pribadi, lanjut Suko, dirinya menilai Pakde Karwo layak maju menjadi pemimpin negeri ini. Mantan Sekdaprov Jatim itu dinilainya memiliki banyak ide dan kreatifitas melalui pemikiran yang tepat. ‘’Sehingga sangat masuk akal jika Soekarwo menarik perhatian dan mendapat tempat tersendiri di mata masyarakat. Idenya riil dan bukan pencitraan belaka,’’ ujarnya. Di sisi lain, Suko yang juga Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengaku tidak

Pakde Karwo kaget dengan hasil penilaian guru besar Universitas Indonesia (UI). Mereka menempatkan Pakde Karwo sebagai salah satu dari 10 nama tokoh layak calon pemimpin nasional. Saat ada kesempatan presentasi di hadapan para guru besar dan publik akademisi UI, Soe-

karwo mampu menarik perhatian. Hasilnya gubernur terpilih Jatim ini lolos 10 besar dan rencananya diminta lagi memaparkan ide dan gagasannya pertengahan Januari ini. ‘’Presentasinya menarik dan inovatif. Salah satunya inovasi pengembangan ekonomi di Jatim, yakni perkembangan antarpulau atau disebut ekspor impor dalam negara. Langkah ini dinilai terobosan positif atas kebuntuan sistem perdagangan di negara kita,’’ katanya. Ditambahkan dia, Suko Widodo yang juga hadir dalam kesempatan di UI mengaku Pakde Karwo lebih baik dibandingkan tokoh-tokoh yang lain. ‘’Karena itu, masyarakat Jatim akan bangga kalau Pakde Karwo bersedia menjadi Capres 2014 ini,’’ pungkasnya.

Sementara itu dari data yang dihimpun menunjukkan, peluang Pakde Karwo menjadi Capres Partai Demokrat (PD) kemungkinan besar sangat kecil. Sebab, partai berlambang Mercy itu telah melakukan konvensi Capres 2014-2019 dan Pakde Karwo tidak ada didalamnya. Selain itu, Pakde Karwo sendiri sudah berulang kali menyebutkan kalau dirinya tidak akan maju sebagai Capres 20142019. Alasannya, dirinya tidak ingin mengecewakan 8 juta lebih warga Jatim yang sudah memilihnya. ‘’Secara etika politik, kurang bagus kalau saya maju di Pilpres 2014. Masih banyak pekerjaan rumah yang belum selesai di Jatim,’’ kata Pakde Karwo kepada MP usai refleksi kinerja tahun 2013 di Gedung Grahadi, kemarin.’(has/udi)

KPU Godok Zonasi Kampanye Rapat Umum JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menggodok aturan zonasi kampanye dalam Pemilu 2014. KPU menetapkan jadwal kampanye partai politik berlangsung selama 21 hari, yaitu dari 16 Maret 2014 hingga 5 April 2014. “Yang pasti, yang perlu dipersiapkan khusus adalah soal zonasi. Kan ada 21 hari, waktu proses kampanye. Baik dapil (daerah pemilihan), kabupaten atau provinsi harus dibagi zonanya,” kata anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di kantornya, Gedung KPU, Jakarta, Kamis 2 Januari 2014. Ferry menjelaskan, zonasi akan dibagi dalam 33 provinsi di seluruh Indonesia. Setiap partai akan mendapat jatah kampanye secara merata. Dia

mencontohkan, misalkan Partai Nasdem akan ditetapkan lokasi untuk berkampanye di provinsi atau daerah tertentu, kemudian PKB, Partai Golkar, PDIP, PKS, dan lainnya di provinsi lain atau tempat berbeda agar tidak terjadi bentrokan dalam kampanye. “Ini yang akan diatur khususnya dalam konteks rapat umum. Misalnya Jabar itu kebagian untuk hari pertama partai tertentu,” ujarnya. Mantan ketua KPU Provinsi Jawa Barat itu melanjutkan, KPU masih membahas dan mendesain aturan tersebut secara internal hingga menjelang hari kampanye tiba. Dia mengakui bahwa KPU belum membahas dengan partai. “Nanti pada waktunya kami

Ferry Kurnia Rizkiyansyah akan bahas dengan partai, kepolisian, Bawaslu. Karena, ini soal rapat umum yang 21 hari itu, sehingga seluruh partai kebagian di seluruh provinsi,”

terangnya. Ferry menambahkan, aturan zonasi tidak berlaku dalam kampanye di media cetak dan elektronik. KPU memperbolehkan partai-partai untuk beriklan sesuai dengan durasi, misalkan 30 detik. “Bayar saja pajak dan lain sebagainya. Tapi, yang perlu diatur itu rapat umum, supaya nanti tidak bentrok,” tuturnya. Sementara itu, KPU mengkhawatirkan lemahnya nilai tukar rupiah bisa mengganggu proses distribusi logistik Pemilu 2014, khususnya untuk wilayah pemilihan luar negeri. Karena itu, bisa saja anggaran distribusi logistik berubah. “Masuk akal kalau ada penyesuaian, misalnya tiket pesawat,” kata anggota KPU Ferry Kurnia Riz-

kiyansyah di kantornya, Gedung KPU, Jakarta, kemarin. Terkait kemungkinan berubahnya anggaran KPU, Ferry akan menyampaikan kepada otoritas anggaran, yaitu DPR dan pemerintah. Namun dia memastikan, untuk distribusi logistik di dalam negeri tidak akan terganggu. Mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Barat itu mengemukakan seluruh kebutuhan logistik diproduksi di Indonesia. Tidak ada yang menggunakan impor, misalnya kertas dan tinta, semua dari Indonesia, sehingga tidak terpengaruh pada nilai tukar. “Kecuali kalau kita beli barang elektronik mungkin agak melonjak. Pemikiran awam saya begitu. Pagu sekarang tetap aman,” ujarnya.(jpnn/udi)

BAWASLU

Awasi Proses Pengadaan Logistik Pemilu JAKARTA- Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Nelson Simanjuntak akan mengawasi proses pengadaan logistik Pemilu 2014. Pasalnya, pengadaan logistik Pemilu 2014 menyedot banyak anggaran negara. “Bawaslu akan awasi pengadaan dan pendistribusian seluruh perlengkapan pemungutan suara. Ini menjadi sangat penting untuk menghindari terulangnya masalah surat suara tertukar antardaerah pemilihan seperti Pemilu 2009,” ujar Nelson di Jakarta, Kamis (2/1/2014). Menurut Nelson, dalam pengawasan pengadaan logistik, Bawaslu masih menganalisis proses pengadaan yang saat ini masih berproses di KPU. Komisioner KPU, Arief Budiman di Jakarta, Kamis (17/10/ 2013), mengalokasikan dana hingga Rp 2,9 triliun untuk anggaran pengadaan barang logistik Pemilu 2014. Sebanyak Rp 844 miliar dari total anggaran tersebut digunakan oleh KPU di tingkat pusat, dan sisanya oleh KPU daerah. (jpnn/udi)

Hidayat Nurwahid Siap Diusung di Pilpres 2014 JAKARTA- Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nurwahid unggul dalam hasil Pemilihan Raya (Pemira) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai kandidat Capres 2014. Dia siap diusung di Pemilu 2014. Hasil ini menunjukkan bahwa Hidayat masih memiliki elektabilitas tinggi meski pernah kalah dalam Pilgub DKI Jakarta pada 2012 lalu. “Saya juga surprise karena kader-kader tahu saya dikalahkan di Pilgub DKI. Kader pasti tahu bahwa Pemira satu tahapan, dilanjutkan dengan dibawa ke Majelis Syuro,” ujar Hidayat di Jakarta, Kamis (2/1/2014). Dia mengatakan, hasil pemira ini cukup untuk menjawab semua kiritikan kepada dirinya yang menyebutkan peluangnya di 2014 sangat kecil Hidayat Nurwahid karena pernal kalah di Pilgub DKI Jakarta. “Saya ingin meluruskan bahwa, apa yang dikatakan pakar tidak benar. Artinya, para pakar yang memberikan pernyataan negatif bahwa kalah di Jakarta, artinya kalah ditingkat nasional ternyata dibantahkan di pemira itu,” imbuhnya. Hidayat menegaskan, kekalahannya di Pilgub DKI Jakarta pada wakti itu tidak bisa dijadikan ukuran untuk 2014. Pasalnya suara di Jakarta tidak menjadikan dasar seseorang akan kalah di tingkat nasional. “Menang di Jakarta, kalah, tidak otomatis menang di nasional. Di pemira saya kalah di Jakarta, tetapi di provinsi di luar Jawa saya menang,” tegasnya. Menurutnya, Jakarta merupakan satu dari 33 provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga kemenangan di Jakarta tidak mencerminkan akan menang secara nasional. Karena suara di Jakarta hanya 5 juta orang saja.”Ini bukan berarti saya ngotot dicalonkan. Tetapi, tidak seolah-seolah yang kalah di Jakarta, akan kalah juga di tingkat nasinal. Misalnya Jokowi, dia menang di Jakarta, tetapi setelah dia di Jabar Rieke kalah, di Bali juga kalah,” jelas mantan Presiden PKS ini. Sebelumnya, Hidayat Nurwahid unggul menjadi peringkat teratas dalam hasil Pemira internal PKS yang dilakukan 29 dan 30 November 2013. Dari hasil pemungutan suara yang diperoleh dari DPW PKS 33 Provinsi di Indonesia, Hidayat unggul dengan jumlah suara 50.567. Sementara posisi kedua ditempati Anis Mata dengan total 48.152 suara. “Urutan ketiga adalah Ahmad Heryawan (Aher) dengan total 46.014 suara. Tempat keempat diduduki Tifatul Sembiring yang memiliki jumlah suara 31714 suara. Dan di posisi kelima adalah Nur Mahmudi Ismail dengan total suara 20.429 suara,” kata Sekjen PKS yang juga Ketua Pemira PKS, Muhammad Taufik Ridho, di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (29/12/ 2013). (jpnn/udi)

Ribuan Logistik di Medan Hilang, KPU Tidak Tahu MEDAN-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengaku belum mendapat laporan ihwal hilangnya ribuan logistik Pemilu 2014 di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Husni menyarankan mereka untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian. “Melaporkan kejadian itu dan mudah-mudahan nanti tindakan dari pihak keamanan cepat untuk bisa menelusuri problemnya ada di mana. Mudah-mudahan barangnya bisa dapat,” kata Husni di kantornya, Gedung KPU, Jakarta, Kamis 2 Januari 2014.

Sejauh ini, Husni menyebut bahwa pihaknya belum berencana mengambil tindakan untuk atisipasi. KPU akan memproses dan menghitung terlebih dahulu seberapa besar kekurangan logistik di Medan akibat peristiwa tersebut. Baru memetakan alternatif tindakan yang bisa diambil. “Kita akan lihat data persediaan barang sejenis di daerah yang berdekatan dengan tempat kejadian tersebut. Kemudian, mungkin ada pergerakan dari daerah tetangganya untuk mencukupi daerah yang kehilangan itu,” ujarnya.

“Kemudian yang berikutnya, langkah yang memungkinkan apabila misalnya tidak tercukupi juga maka bisa saja dilakukan pengadaan (lagi),” lanjutnya. Husni mengungkapkan, jika opsi yang dipilih adalah pengadaan lagi, bisa jadi KPU membutuhkan tambahan anggaran. Namun demikian, bisa juga tidak. Tergantung pada bagaimana hasil penghitungan yang mereka lakukan. “Kita kan belum ketahui berapa jumlah kebutuhannya,” ujarnya. Terkait upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak

terulang, mantan anggota KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu meminta bantuan kepada Polri. Dia menjelaskan bahwa KPU sudah menjalin kesepakatan dengan Polri satu tahun yang lalu untuk turut mengamankan Pemilu 2014.”Jadi tentu analisa keamanan ini lebih berkompeten dilakukan oleh pihak kepolisian. Kalau seandainya mereka menyatakan ada kebutuhan maka akan ada pergerakan aparat keamanan terutama polisi. Jika seandainya polisi tidak mencukupi maka ada cadangan pasukan dari

TNI,” paparnya. Seperti diketahui, ribuan bilik suara dan kotak suara yang akan digunakan untuk pemilu legislatif 2014 milik KPU kota Medan hilang. Logistik pemilu yang hilang itu pernah digunakan pada pemilihan Gubernur Sumatera Utara pada Maret 2013 lalu. Logistik pemilu yang hilang berupa bilik suara sebanyak 8.000 buah dan kotak suara sebanyak 9.000 kotak. Selama ini, logistik pemilu disimpan di gudang sewaan KPU Medan di kawasan Jalan Mustafa, Medan Timur. (jpnn/udi)

LOGISTIK: Kotak dan beberapa logistik Pemilu yang siap didistribusikan ke daerah. REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


SAMBUNGAN 20 Saksi Dipanggil Kejari ‘’Melengkapi petunjuk penuntut umum peneliti BP tahap satu, serta saksi BPN Kota Batu, terkait pengukuran dan pendaftaran hak atas tanah,’’ ujarnya. Pada 20 Desember lalu, Kejaksaan telah menahan Sekdes Tlekung Nol Hadi. Sekdes itu telah mengakui mendapatkan dana Rp 20 juta dari pengadaan tanah untuk UIN Maliki tersebut. Dari keterangan Nol Hadi nantinya, diduga juga mulai mengerucut ke arah pihak rektorat UIN. Kejaksaan sendiri, juga telah memeriksa sejumlah pejabat UIN. Termasuk mendatangkan mantan rektor UIN Maliki ke gedung Adhyaksa tersebut. Namun hingga kini, tersangka dari pihak rektorat juga belum mengerucut. Sementara itu, Taher Bugis, Unit Investigasi Malang Corruption Watch (MCW) meminta Kejari serius. Kejari harus segera menetapkan tersangka baru, apalagi MCW juga

sudah menyerahkan nama-nama pejabat UIN Maliki yang diduga terlibat kasus itu. ‘’Nama-nama pejabat UIN, yang dulu dikasihkan MCW dan HMI sebenarnya sudah cukup untuk menjelaskan posisi kasus ini,’’ tegas Taher. Akan tetapi, jika Kejaksaan masih kurang informasi, pihaknya siap memberikan kembali. Selain itu, MCW berharap, pemeriksaan 20 saksi tambahan juga akan mempercepat Kejari menuntaskan kasus ini. ‘’Kasus ini, sudah tiga tahun ditangani Kejari, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak tuntas pada awal 2014,’’ imbuhnya. Nantinya, publik yang bakal menilai keseriusan dari Kejari. Jika memang kejari serius, maka integritasnya bakal diakui publik. ‘’Disinilah publik akan menilai keseriusan dan integritas Kejari,’’ tandasnya. (ary/avi)

Tiga Kendaraan Dinas Hilang Sambungan dari Hal 1 Dia mengaku, tidak ada mobil jenis kijang yang terparkir,’’ kata Sugeng yang tak lain adalah pegawai yang mengendarai kendaraan tersebut. Menurutnya, kunci mobil masih tergantung di dalam kantor. Selain itu, posisi parkir yang agak sempit, kalau bukan orang yang sudah biasa, pasti kesulitan untuk mengeluarkannya. ‘’Posisi parkirnya tepat berada disamping kantor Disparbud, agak sempit. Sekarang sedang dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian,’’ ujarnya saat dikonfirmasi terpisah. Bukan hanya mobil milik Disparbud saja yang hilang, dalam waktu yang bersamaan, sepeda motor KLX nopol N 2574, tahun 2010, milik Kelurahan Sisir, juga hilang. Termasuk mobil dinas jenis Carry yang dikendari Bambang Dh Kabid Perdagangan Disperindagkop. ‘’Memang benar, dalam waktu bulan Desember ada laporan tiga kendaraan dinas hilang, dua mobil dan satu sepeda motor,’’ aku Edi

Setiawan Kasubid perlengkapan dan pendistribusian BPKAD. Ditambahkan, saat ini proses awal masih masuk ke Inspektorat. Nantinya akan dilimpahkan ke majelis tuntutan pembendaharaan dan ganti rugi Pemkot Batu. Sementara itu, M. Rizal Firdaus, Sekretaris Kelurahan Sisir membenarkan jika kendaraan jenis KLX itu hilang saat pergantian tahun baru. Kronologisnya, sekitar pukul 10.00 WIB, Rizal keluar rumah dan melakukan patroli keliling Sisir. Setelah itu, dia mampir ke rumah saudaranya. Kebetulan tidak jauh dari kediaman saudaranya ini ada warnet. ‘’Saya ke Warnet mencari referensi tentang UU masalah pertanahan, sampai pukul 03.00 WIB sepeda masih terparkir diluar dan masih banyak orang. Namun, pas saya ketiduran dan baru dibangunkan oleh penjaga warnet sekitar pukul 04.00 WIB, sepeda sudah tidak ada,’’ ungkapnya kepada Malang Post. Terpisah, Kapolsek Batu, AKP

Slamet Riadi membenarkan adanya mobil dinas yang hilang saat pergantian tahun baru. Pihaknya sudah melakukan olah TKP di kantor Disparbud. Hanya untuk sepeda motor milik Kelurahan Sisir, polisi belum mendapat laporan. ‘’Setelah mendapatkan laporan dari korban, lantas kami melakukan olah TKP. Sekarang masih dalam penyelidikan dan pengumpulan data,’’ jelas Slamet panggilan akrabnya. Disinggung apakah ada keterlibatan orang dalam tentang hilangnya mobil dinas? Slamet menjelaskan, sampai saat ini, pihaknya belum dapat menyimpulkan dan memutuskan apakah ada keterlibatan orang dalam. Akan tetapi, agar lebih jelas tunggu hasil pemeriksaan saksisaksi dan temuan di lapangan. ‘’Saya belum bisa menyimpulkan, anggota sedang mengumpulkan data-data, dalam waktu dekat pasti saya sampaikan hasilnya,’’ paparnya dengan ramah. (mik/avi)

E-mail PNS Wajib Seragam Sambungan dari Hal 1 Selain menggunakan domain @ pnsmail.go.id, Azwar mengatakan PNS bisa menggunakan domain yang disiapkan masing-masing instansi tempat bekerja. Misalnya, @kemdikbud.go.id, @ kemlu.go.id, dan sebagainya. Sejauh ini Kemen PAN-RB belum mendata jumlah PNS yang mendaftar menggunakan e-mail berdomain @pnsmail.go.id. Untuk memiliki e-mail dengan domain @pnsmail.go.id, PNS bisa mendaftar di www.pnsmail.go.id/ register. Selanjutnya mereka mengisi seluruh data yang dibutuhkan. Seperti Nomor Induk Pegawai (NIP), nama lengkap, dan instansi tempat bekerja. Fasilias dalam e-mail kedina-

san berdomain @pnsmail.go.id itu adalah kapasitas penyimpanan data hingga 1 Gigabyte (GB), bisa dikoneksikan dengan portal atau website instansi tempat berdinas, proteksi dari spam, virus, dan lainlainnya. Selain itu, domain @pnsmail.go.id bisa diakses melalui ponsel atau tablet. Penggunaan e-mail dengan domain khusus kedinasan diperkuat dalam Peraturan Pemerintah 82/2013. Peraturan itu mengatur tentang penyelenggaraan sistem transaksi elektronik. Khususnya yang mempertimbangkan aspek keamanan dari sisi penyediaannya. Praktisi IT dari Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Program Diploma Institut Pertanian Bo-

gor (IPB) Medhanita Dewi Renanti mengatakan, penggunaan domain kedinasan atau pemerintah memang bisa lebih save ketimbang domain umum. Tetapi, sebagai PNS, dia menyayangkan ketika server penyedia domain kedinasan itu penuh. Sehingga akses penyimpanan data hasil penerimaan email menjadi tersendat. Karena itu, Medha masih memanfaatkan e-mail umum. Dia berharap infrastruktur server diperkuat. Kemampuan server itu mutlak karena jumlah PNS yang mencapai 4,2 juta orang. Jika setiap PNS mendapatkan kuota 1 GB, berarti server yang disiapkan harus mempu menampung data sebanyak 4,2 juta GB. (wan/jpnn)

Blok Tahanan Jadi RS, Dua Dokter Layani Ribuan Napi Sambungan dari Hal 1 ‘’Saya sedang wawancara. Tujuannya untuk mengetahui apakah saat masuk, mereka memiliki gangguan atau tidak. Apakah punya kecenderungan psikologi atau tidak,’’ ucapnya ramah. ‘’Ya, untuk mengetahui tingkat kecemasan mereka,’’ sambung psikolog LP Lowokwaru ini melanjutkan obrolan. Itulah suasana di ruangan konseling. Situasi itu, hanyalah secuil potret blok yang disulap menjadi rumah sakit mini. Tak hanya ruangan konseling, blok tempat penanganan pertama napi yang sakit itu, terbilang lengkap untuk ukuran kehidupan yang diisolir. Klinik umum, laboratorium mini, poliklinik gigi, ruangan rawat inap, ruangan isolasi dan musala, melengkapi sarana layanan kesehatan tersebut. Terdapat juga ruangan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Tujuh petugas kesehatan, disiagakan di unit kerja yang bernaung di bawah Seksi Perawatan LP Klas I Lowokwaru. Dua diantaranya dokter, seorang psikolog, petugas laboratorium dan juga perawat. Standar pelayanan kesehatan, didesain lazimnya layanan di rumah sakit. Hanya saja, di LP memiliki standar tambahan. Yakni screening awal. Setiap napi yang baru masuk, wajib menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes kejiwaan. Tujuannya untuk mengidentifikasi kadar kesehatan dan penyakit yang diderita. Aktifitas layanan di rumah sakit tersebut terbilang maksimal. Pasien yang ditangani bukan sembarang penyakit. Pada pekan lalu terdapat 16 orang pengidap HIV/AIDS jadi pasien rumah sakit LP. Mereka adalah napi yang teridentifikasi HIV/AIDS saat sebelum menjalani masa hukuman. Terdapat pula lima pasien TBC. Pasien TBC ditempatkan di ruangan isolasi. Perawatan khusus pun diberikan oleh petugas. Sedangkan pengidap HIV/AIDS dirahasiakan identitasnya. Tujuannya agar tak dikucilkan. Namun, ada napi pengidap penyakit mematikan itu yang sudah open. Artinya, ia sudah terbuka dan mengaku sebagai

pengidap HIV/AIDS kepada sesama temannya. Dari pengidap HIV/AIDS yang telah open itulah, salah satu fungsi edukasi kesehatan berjalan. Ia menjalankan tugas mulia. Yakni memberi penyadaran kepada sesamanya, agar tak tertular HIV/AIDS. Dia pun mememberi edukasi kepada sesama napi pengidap HIV/AIDS agar menjalani pola hidup sehat. Dr Sri Wardani merupakan salah seorang dokter berdinas di LP Klas I Lowokwaru. Sri menceritakan tentang layanan kesehatan dan sede zret program kesehatan yang dimiliki tempatnya mengabdi. ‘’Disini ada program penanganan pengidap HIV/AIDS, TBMDR, IMS bekerjasama dengan Puskesmas Dinoyo. Untuk VCT kami bekerjasama dengan Puskesmas Kendalsari,’’ katanya. Alumnus FK Universitas Brawijaya ini mengatakan, unit layanan kesehatan LP Klas I Lowowkaru memang memiliki jejaring. Mulai dari sejumlah puskesmas, Dinas Kesehatan, RSSA, instasi penanganan penyakit lain. ‘’Jika mengharuskan penanganan lanjutan pasien, kami rujuk ke RSSA. Kami juga beri edukasi tentang kesehatan kepada warga binaan. Bahkan warga binaan yang akan keluar diberi pembekalan,’’ terang Sri. Bekerja sebagai dokter di hotel prodeo, tentu berbeda dengan dokter yang bertugas di rumah sakit pada umumnya. Butuh kesabaran dan loyalitas profesi yang sesungguhnya. ‘’Butuh kesabaran. Harus stand by 24 jam. Kalau dibutuhkan tengah malam, ya harus datang,’’ ucap Sri yang sudah empat tahun bertugas di LP Lowokwaru itu dengan senyum. Bayangkan saja, dua dokter yang bertugas di LP tersebut, harus siap melayani 1.887 warga binaan (jumlah tersebut berdasarkan data pekan lalu). Tugas itu tentu tidak ideal sebab LP Lowokwaru sebenarnya hanya berkapasitas 936 orang. Tak sekadar memberi tindakan medis, dokter juga harus bekerja esktra. Misalnya mendampingi dan

7

Kurikulum 2013

Sambungan dari Hal 1 Kepala Kejaksaan Negeri Malang, Munasim SH MH enggan berpolemik terlalu jauh. Pihaknya mengakui, kasus UIN Maliki ini memang dinilai prestisius. Sehingga menjadi tantangan Kejari untuk mengungkap hingga tuntas aktor di balik pengadaan lahan tersebut. ‘’Hari ini (kemarin, Red.) ada jaksa yang masih cuti, sehingga praktis tidak ada kegiatan pidana khusus. Namun besok (hari ini, Red.)) kita akan mulai lagi memeriksa pemilik lahan di Batu,’’ tegas Munasim kepada Malang Post, kemarin. Para pemilik lahan itu ,berjumlah 20 orang, yang telah menjual lahannya ke UIN Maliki. Mereka diperiksa untuk melengkapi petunjuk penuntun umum peneliti berkas perkara tahap I. Sekaligus juga untuk melengkapi saksi dari pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu beberapa waktu lalu.

JUMAT, 3 JANUARI 2014

mengingatkan napi yang sakit agar minum obat secara teratur hingga menyadarkan agar membiasakan pola hidup sehat. Para petugas tak hanya bekerja satu bidang pekerjaan saja. Mereka terbiasa rangkap fungsi. Mulai dari bertugas sebagai paramedic, penyuluh merangkap sopir ambulan hingga menjadi penjaga. Karena layanan maksimal dan dedikasi petugasnya, kini LP Klas I Lowokwaru menjadi jujugan atau tempat belajar LP lain di Jawa Timur. Bahkan LP Lowokwaru ikut mendongkrak penilaian penghargaan yang diraih oleh Kementerian Hukum dan HAM. ‘’Kami berusaha menjalankan tugas semaksimal mungkin. Bahkan menjadi multifungsi,’’ kata Kepala LP Klas I Lowokwaru, Drs Herry Wahyudiono, Bc.IP, SH, MH. Herry mengatakan, layanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Karena itu harus diperhatikan secara maksimal pula. Kendati dibayangi keterbatasan anggaran, petugasnya tetap bersemangat. ‘’Kami juga membangun jejaring yang kuat dengan instansi lain. Petugas juga diikutkan dalam pelatihan yang bersifat nasional,’’ terangnya. Agar layanan kesehatan lebih utuh, mantan Kelapa Lapas Narkotika Bandung ini mengatakan, pihaknya juga melibatkan keluarga napi dalam pelayanan kesehatan. Hingga kini semangat LP Lowokwaru memberi layanan kesehatan kepada napi tetap berkobar. Padahal anggaran kesehatan untuk warga binaan pada tahun anggaran 2014 menurun signifikan. Untuk diketahui anggaran kesehatan LP Lowokwaru dalam DIPA tahun ini hanya sebesar Rp 54 juta. Padahal pada tahun lalu, anggaran kesehatan sebesar Rp 150 juta. Sudah begitu mulai 1 Januari 2014, Jamkesmas khusus untuk napi sudah dihapus oleh Kementerian Kesehatan. ‘’Kami berusaha mencari solusi agar pelayanan tetap maksimal,’’ pungkas Herry bersemangat. (vandi van battu)

Dipaksa Diterapkan Jadi Amburadul JAKARTA - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengungkap, sejumlah fakta terkait implementasi kurikulum 2013. Fakta ini terungkap setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara tergesa-gesa tahun ajaran baru 2013 lalu. ‘’Ketidaksiapan dalam desain awal membuat banyak sisi penerapan Kurikulum 2013 bermasalah. Hal ini tercermin dari terpaksanya Kemdikbud menurunkan target implementasi, yang semula 30 persen dari total sekolah menjadi 2 persen (6.213 sekolah) saja,’’ kata Retno Listyarti saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/1). Masalah-masalah lain yang terjadi di antaranya minimnya sosialisasi mengenai konsep kurikulum baru,

buku diktat dan buku teks terlambat dicetak dan didistribusikan ke sekolahsekolah. Keterlambatan pengadaan buku berdampak tertundanya pelatihan guru karena buku itulah yang menjadi salah satu materi pelatihan. ‘’Pada tingkat implementasi, banyak guru bingung saat menerapkan kurikulum 2013 di kelas. Guru pendamping yang dijanjikan hadir di kelas-kelas, ternyata baru hadir pada November 2013. Molor 3 bulan,’’ sebutnya. Kemudian, terjadi kekurangan buku di sekolah sasaran yang ditunjuk. Bahkan ada sekolah sasaran yang sama sekali tidak mendapatkan buku kurikulum 2013 sampai november 2013, misalnya 3 sekolah dasar (SD) di wilayah Ciputat (Banten). Ada juga sebuah SMP di

Depok (Jawa Barat) yang menjadi sekolah sasaran hanya mendapatkan 8 buku mata pelajaran IPA. Padahal jumlah muridnya 100 orang. Di berbagai SMA di DKI Jakarta, yang merupakan sekolah sasaran, juga kekurangan buku dengan jumlah antara 40 – 80 buku untuk 3 mata pelajaran. Belum lagi sejumlah masalah terkait penilaian dan pengisian buku rapor. Hal itu terjadi karena adanya perubahan model penilaian, tapi perubahannya tidak diberikan pada saat pelatihan. Format rapor juga sangat terlambat diterima pihak sekolah. ‘’Akhirnya sejumlah sekolah sasaran di Jakarta memutuskan menunda pembagian rapor kelas X, seperti terjadi di SMAN 13, SMAN 41, SMAN 100,’’ tandas Retno. (fat/jpnn)

KPK Periksa Anas Pekan Depan JAKARTA - Ditengah kritik yang terus disuarakan pendukung Anas Urbaningrum, KPK berencana kembali memeriksa suami Athiyyah Laila itu. Rencananya, Anas akan dimintai keterangan pada pekan depan sebagai tersangka dugaan penerimaan gratifikasi proyek Hambalang. Belum ada keterangan pasti apakah pemeriksaan itu berujung pada penahanan. Jubir KPK Johan Budi S.P mengatakan kalau surat pemberitahuan

sudah dilayangkan pada Anas. Namun, dia tidak menjelaskan dengan rinci kapan tepatnya mantan Ketum Partai Demokrat itu harus menghadap penyidik. “Surat pemanggilan untuk AU memang sudah dilayangkan,” kata Johan. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto juga tidak membantah rencana pemeriksaan itu. Tetapi, tidak jauh berbeda dengan Jubir Johan Budi, dia juga tidak mengatakan kapan pastinya Anas diperiksa. Dia

hanya menyampaikan kalau Anas bakal dimintai keterangan pada pekan depan. Informasi yang diterima JPNN, kabarnya Anas dimintai keterangan pada Selasa (7/1) depan. Soal penahanan, belum bisa dipastikan. Tapi, Anas dipastikan siap kalau pemeriksaan itu harus membuatnya tidur dibalik jeruji besi. “Siap, silahkan saja diperiksa,” kata kuasa hukum Anas, Firman Wijaya. (dim/jpnn)

LPG Harganya Selangit Sambungan dari Hal 1 Di sisi lain, agen LPG Gading Mas di kawasan Kayutangan, mengaku tak ada masalah dengan pasokan LPG 3 kg. Setiap harinya, agen yang berkantor di Jalan Basuki Rahmad itu tetap memasok 1.120 tabung ke toko-toko pengecer dengan harga satuan agen Rp 13.500. ‘’Pasokan lancar, tidak ada masalah. Baik itu yang 3 kg maupun 12 kg. Memang banyak yang complain soal kenaikan harga LPG 12 kg. Jadi sebagian beralih ke 3 kg. Tapi permintaan yang 12 kg masih tinggi. Kami kirim 400 tabung setiap hari,’’ ungkap staf Gading Mas, Maret Tri Kusnandar. Kebutuhan LPG 3 kg di Malang Raya setiap harinya, berkisar 110 ribu tabung. Rinciannya, 25 persen untuk memenuhi permintaan di Kota Malang, 10 persen di Kota Batu dan 65 persen sisanya untuk Kabupaten Malang. Untuk menjaga stabilitas, 112 ribu tabung disiapkan setiap hari. Ketua Hiswana Migas Malang, Rizal Pahlevi memastikan pasokan LPG ‘melon’ aman. ‘’Kalau hari-hari tertentu, seperti hari besar memang stok dinaikkan sampai 117 ribu, untuk mengantisipasi tingginya permintaan. Tapi, sampai sekarang kebutuhan di Malang masih normal,’’ tandas-

nya, siang kemarin. Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang, Hadi Santoso, tak menampik kenaikan harga LPG 12 kg membuat konsumsi LPG 3 kg akan meningkat. Karenanya, Disperindag akan berkoordinasi dengan Hiswana Migas terkait kemungkinan penambahan stok, guna mencegah kelangkaan. Pasalnya, pihak Pemkot Malang hanya bertindak sebagai pengendali harga, bukan pengendali distribusi. ‘’Kami sudah mengirimkan staf untuk menanyakan apa bisa menambah kuota tabung LPG 3 kg. Biasanya, kalau ada kenaikan harga masyarakat panik dan daya beli meningkat,’’ timpal Soni, sapaan akrabnya. Soni pun menganggap, harga eceran tabung LPG melon saat ini masih dalam taraf wajar. ‘’Kami hanya berharap bisa mendapatkan data valid soal kuota dan peta distribusi LPG di Kota Malang. Supaya bisa memastikan stok kita aman atau tidak. Kami terus berkoordinasi dengan Hiswana Migas,’’ paparnya. Sementara itu, menanggapi kekhawatiran kenaikan harga LPG non

subsidi kemasan 12 kg, akan memicu migrasi konsumen ke LPG melon, Pertamina saat ini telah mengembangkan sistem monitoring penyaluran LPG 3 kg (SIMOL3K), yang diimplementasikan secara bertahap di seluruh Indonesia mulai Desember 2013. Selain SIMOL3K, upaya-upaya yang akan dilakukan antara lain, operasi pasar LPG 3 kg jika diperlukan serta menetapkan harga eceran di SPBU yg menjadi outlet LPG 12 Kg. ‘’Hal ini dimaksudkan agar SPBU bisa berperan menjadi barometer harga sebagai antisipasi jika pengecer menaikkan harga secara liar,’’ ungkap Assistant Manager External Marketing Operation Pertamina Region V, Heppy Wulansari. Dengan adanya sistem ini, Pertamina akan dapat memonitor penyaluran LPG 3 kg hingga level pangkalan berdasarkan alokasi daerahnya. ‘’Namun demikian, dukungan pemerintah tetap diharapkan melalui penerapan sistem distribusi tertutup LPG 3 kg serta penerbitan ketentuan yang membatasi jenis konsumen yang berhak untuk menggunakan LPG 3 kg,’’ paparnya kepada Malang Post. (tom/avi)

Pemerintah Tak Berdaya Sambungan dari Hal 1 Dengan kondisi ini, maka Pertamina selama ini telah ‘jual rugi’ dan menanggung selisihnya sehingga akumulasi nilai kerugian mencapai Rp 22 triliun dalam 6 tahun terakhir. Hatta mengaku memahami keputusan Pertamina karena alasan kerugian tersebut. ‘’BPK sudah menemukan

kerugian harga yang tidak sesuai dengan produksinya di bawah harga-harga pokoknya,’’ sambung Hatta. Atas rencana kenaikan itu, menurut Hatta, Pertamina hanya membuka jalur konsultasi dengan Pemerintah terkait waktu yang paling baik menaikkan LPG 12 Kg.

‘’Karena memang enggak perlu minta izin dulu, karena waktu itu sebaiknya cari waktu yang tepat. Sudah menjadi temuan BPK jadi kita tidak bisa mengintervensi perusahaan yang sudah ditetapkan dalam RUPS-nya. Per Januari mereka naikkan,’’ tandas Hatta. (flo/jpnn)

Biaya Hidup di Malang Rp 5 Juta Sebulan Sambungan dari Hal 1 Lalu Bandung di posisi ke-15 dengan Rp 5,63 juta untuk rata-rata 4,0 orang per keluarga. Sedang Medan menempati posisi ke-26 dengan biaya hidup Rp 5,01 juta per bulan untuk rata-rata 4,4 orang per keluarga. Adapun Malang yang merupakan kota besar di Jawa Timur ada di posisi 24 dengan Rp 5,07 juta per bulan untuk rata-rata 4,0 orang per keluarga. Dari sisi kelompok pengeluaran, lanjut Suryamin, belanja Perumahan, Air, Listrik, Gas, dan Bahan Bakar menjadi yang terbesar dengan porsi 25,37 persen. Selanjutnya, belanja Transportasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan 19,15 persen, lalu belanja Bahan Makanan

18,85 persen. ‘’Sedangkan belanja kesehatan porsinya paling kecil, hanya 4,73 persen,’’ sebutnya. Sementara itu, upaya pemerintah untuk mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan rupanya belum berhasil. Suryamin mengatakan, berdasar profil kemiskinan periode September 2013 yang kemarin dirilis BPS, jumlah penduduk miskin di Indonesia tercatat sebanyak 28,55 juta orang atau 11,47 persen dari total penduduk. ‘’Jumlah ini naik dibanding periode Maret 2013 yang sebanyak 28,07 juta atau 11,37 persen dari jumlah penduduk,’’ ujarnya. Menurut Suryamin, jumlah penduduk miskin tersebut banyak terdapat

di perdesaan yakni 17,92 juta orang. Adapun 10,63 juta penduduk miskin lainnya ada di perkotaan. ‘’Faktor utama yang mempengaruhi kenaikan jumlah penduduk miskin adalah makin mahalnya bahan pangan,’’ katanya. BPS mencatat, selama periode Maret - September 2013, berbagai komoditas pangan mengalami kenaikan harga seperti daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, dan beras. Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas lain akibat naiknya harga BBM pada Juni 2013. ‘’Kunci menekan angka kemiskinan adalah menjaga stabilitas harga bahan pangan. Sayangnya, tahun lalu hal itu sulit dijaga karena kenaikan harga BBM,’’ ucapnya. (owi/jpnn)

Ujian Terakhir Sebelum AFC Cup Sambungan dari Hal 1 Hamburg SV berada di level permainan yang berbeda. Mungkin, cuma CCM dan Eintracht Frankfurt U-23 saja yang mendekati level Hamburg SV. Mengingat, CCM adalah juara Australia, sementara Eintracht Frankfurt mewakili gaya permainan sepakbola Jerman. Suharno cukup mawas diri dan tahu perbedaan level permainan antara Hamburg SV dan Arema. ‘’Kita tahu diri. Lawan kita kali ini sangat berkelas. Tapi, itu malah bikin Arema termotivasi. Kita main selayaknya seorang penantang yang bermodalkan semangat juang tinggi. Kita tidak main untuk menyerah. Kita akan lawan tim Hamburg SV,’’ terang mantan asisten pelatih timnas tersebut. Secara teknis, Hamburg SV adalah tim yang unggul dari sisi teknik, strategi permainan dan postur tubuh.

Di bawah asuhan Bert van Marwijk, Rafael van der Vaart dkk memainkan sepakbola khas total football Belanda. Racikan Bert van Marwijk membawa Belanda, untuk kali pertama setelah 32 tahun tak pernah masuk final Piala Dunia. Postur tubuh para pemain Hamburg SV juga melebihi pemain Arema. Rata-rata tinggi badan pemain belakang di atas 190 cm. Sementara, striker Arema tidak ada yang setinggi itu. Begitu juga, gelandang Hamburg SV yang rata-rata sekitar 185 cm. Urusan tinggi badan bisa membawa perbedaan sangat mencolok dalam sebuah pertandingan sepakbola. Belum lagi, skuad Hamburg SV memiliki setidaknya dua pemain yang telah mengukir reputasi di kancah sepakbola Eropa. Rafael van der Vaart, adalah pemain timnas Belanda,

ikut membawa Oranje tembus final Piala Dunia 2010, sebelum dikalahkan Spanyol. Dia juga mantan pemain Real Madrid. Lalu, ada pula Johan Djourou, defender timnas Swiss yang ditemukan oleh Arsene Wenger, manajer Arsenal dan sempat membela The Gunners. Dua pemain itu jadi andalan di skuad Hamburg SV dan dibawa untuk menghadapi Arema pada 6 Januari 2014 nanti. Tapi, Arema bukannya kalah mental. Suharno menyebut bahwa para pemain Arema malah berebut untuk main lawan Hamburg SV. ‘’Semua termotivasi dan sangat ingin dimainkan lawan Hamburg SV. Mereka tidak takut, tapi malah berani menantang tim yang jelas-jelas lebih hebat, itu yang jadi senjata kita, keberanian dan keinginan memacu diri lebih lagi,’’ kata Suharno. (fin/avi) REDAKTUR : SUNAVIP RA INDRATA, LAYOUTER : MOKA


8

JUMAT, 3 JANUARI 2014

Mendampingi Dahlan Iskan Nikmati Liburan

FOTO-FOTO : GUEST GESANG/MALANG POST

DI setiap Dahlan Iskan dan keluarga menghabiskan liburan di Kota Batu serta Malang, tim Malang Post tak ketinggalan untuk selalu menyertai. Keinginan yang kuat untuk selalu mendampingi dan memberikan sumbangsih yang terbaik, tidak ubahnya menjadi pengabdian seorang anak setelah dewasa kepada kedua orangtuanya. Tidak salah, usai berlibur dan kembali ke aktifitas kerja masing-masing, Dahlan Iskan dan keluarga seringkali mengacungkan jempol kepada kami. Mungkin, apa yang kami lakukan tidak sebanding dengan apa yang sudah diberikan Dahlan Iskan untuk Malang Post. Namun itu lebih dari cukup untuk memacu Malang Post bekerja lebih keras, cerdas dan ikhlas. (*)

REDAKTUR: MARGA, LAYOUTER: OLIS


JUMAT, 3 JANUARI 2014

RONCE NGALAM

BANK SAMPAH DITULARKAN KE NEGARA ASEAN

MALANG – Keberhasilan Kota Malang mengelola sampah akan menjadi percon tohan di tingkat ASEAN. Pada pertemuan ASEAN di Surabaya pada Februari mendatang, Wali Kota Malang, H. Mochamad Anton akan menjadi nara sumber pengelolaan sampah yang ada di Kota Malang. Salah satu keberhasilan pengelolaan sampah dengan mendirikan Bank Sampah Malang (BSM) yang sudah memiliki nasabah mencapai 23 ribu orang. Sampai saat ini, BSM menjadi bank sampah terbaik tingkat nasional dan menjadi percontohan tingkat nasional pula. Keberhasilan mengelola bank sam pah ini yang akan disampaikan Abah Anton, sapaan wali kota di hadapan para petinggi negara-negara ASEAN. “Insya Allah pada Februari, kami diminta untuk nara sumber pengelolaan sampah pada pertemuan negara-negara ASEAN. Keberhasilan Pengelolaan sampah di TPA Supiturang dan BSM yang akan kami sampaikan,” kata Abah Anton kepada Malang Post, saat mengunjungi BSM kemarin. Dijelaskannya, BSM sudah diminta Kementrian Lingkungan Hidup untuk ikut membina bank-bank sampah yang ada di beberapa daerah. Kesuksesan BSM diharapkan dapat menular pada daerahdaerah lainnya. Setiap bulannya, penerimaan penjualan sampah mencapai kurang lebih Rp 150 juta, dengan keuntungan antara Rp 35 sampai Rp 45 juta. Sampai dengan saat ini, tercatat ada 23 ribu nasabah BSM yang terdiri antara lain, 304 unit BSM masyarakat, 175 unit BSM sekolah, 35 instansi, 520 unit BSM individu dan lainnya.

MUHAIMIN/MALANG POST

PEMILAHAN: Wali Kota Malang, H. Moch Anton melihat pengelolaan dan pemilahan sampah di Bank Sampah Malang (BSM), kemarin.

“Sampah yang terambil BSM setiap harinya mencapai 3 ton sampah. Jumlah rata-rata per hari mencapai Rp 5 juta. Sekarang terus dikembangkan dan dikelola secara profesional dengan berbagai jenis tabungan yang sesuai dengan minat masyarakat,” terangnya.

Meski setiap harinya sudah mencapai 3 ton sampah yang diangkut BSM, BSM masih kekurangan sampah, khususnya plastik bekas kemasan air minum. Permintaan plastik yang sudah dicacah cukup besar dari beberapa pabrik. Setiap pabrik membutuhkan

sekitar 2 ton plastik cacah. Tapi, BSM baru bisa mencukupi 1 ton plastik cacah. “Inikan sangat luar biasa. Sampah bisa menjadi uang besar. Beli sembako bayar sampah, pinjam uang bayar sampah, bayar listrik pakai sampah, ya hanya ada di BSM,” tambahnya. (aim)

Pendaki Semeru Capai 4.500 Orang MALANG - Jumlah pendaki di Gunung Semeru mulai 31 Desember hingga 2 Januari kemarin mencapai 4.500 orang. Para pendaki berangsur turun dan transit di Kota Malang lewat stasiun Kota Baru maupun terminal Arjosari. Rombongan para pendaki itu, ikut meramaikan arus balik liburan tahun baru dari Kota Malang. Kepala Balai Besar Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Ayu Dewi Utari mengatakan jumlah pengunjung Bromo dan Semeru pada 31 Desember mencapai 13 ribu orang. Sekitar 10 ribu orang berada di kawasan Bromo sedangkan 3000 orang di Gunung Semeru. Untuk pendakian tanggal 1 – 2 Januari di Semeru diperkirakan mencapai 1.500 orang. “Sudah mulai turun (kemarin, red), tanggal 4 – 5 Januari kita naik untuk untuk menyisir,” jelas Ayu sapaan akrabnya kepada Malang Post. Menurut Ayu, pada penyisiran nanti, pendaki akan diingatkan untuk pulang membawa sampah. Agar pada tanggal 6 Januari, Semeru betul-betul bersih

RIZAL FANANY/MALANG POST

RAMAI : Pendaki dari Gunung Semeru ikut meramaikan arus balik liburan tahun baru, kemarin.

dari pengunjung. Sebab, pada tanggal 6 Januari 2013, pendakian ke Semeru akan ditutup total. “Iya tanggal 6 Januari pendakian ke Semeru akan kita tutup total, biasanya sampai dengan

Maret dan April,” tegas perempuan berhijab ini. Penutupan ini, dilakukan TNBTS untuk mengembalikan ekosistem Se meru. Sebab ribuan orang sudah

menjejaki rumput dan alam di Semeru m sejak se Natal hingga tahun baru. Dengan ditutup selama beberapa bulan, di diha di rapk an ekosistem bisa kembali normal. no Sementara itu, rombongan pendaki terlihat memadati Stasiun Kota Baru te dan da Terminal Arjosari, kemarin. Kebanyakan adalah rombongan yang K hendak ke Jakarta setelah merayakan he tahun baru di Gunung Semeru. “Saya ta dari da Bekasi, iya ini mau naik matarmaja untuk pulang,” aku Rian salah satu un pendaki. pe Rian dan rekan-rekan lainnya menyewa mikrolet putih dari Tumpang. ny Mereka meletakkan tas carrier di atap M mikrolet untuk di bawa ke stasiun. m Pen Pe daki lainnya, yang tidak kebagian tiket tik memilih naik bus untuk pulang ke daerahnya. “Sejak beberapa hari lalu, memang ada saja pendaki yang memakai jasa bus,” ungkap Kepala UPTD Terminal Arjosari Hadi Supeno kepada Malang Post.(ary/lim)

Relokasi Pedagang Pasar Blimbing Terancam Molor MALANG - Target Dinas Pasar Kota Malang untuk relokasi pedagang Pasar Blimbing pada Januari ini, tampaknya sulit terwujud. Selain ganjalan persoalan pagar di Pasar Blimbing lama dengan warga, ada persoalan lain yang tak kalah penting. Yakni situasi lokasi relokasi pedagang di eks Stadion Blimbing yang masih kumuh akibat sisa banjir. Pantauan Malang Post di lokasi relokasi, situasi di dalam pasar memang masih kumuh. Hampir seluruh kawasan di dalam areal relokasi itu dipe nuhi lumpur sisa banjir. Kon di sinya semrawut dan jauh dari sempurna jika ditempati oleh pedagang Pasar Blimbing. Namun. di timur lokasi relokasi, Pemkot Malang telah mengaspal jalan, tersisa sekitar

RIZAL FANANY/ MALANG POST

KUMUH : Situasi di lokasi relokasi (eks Stadion Blimbing) Pasar Blimbing yang tampak kumuh akibat banjir kemarin.

100 meter. Kesibukan lainnya terlihat di depan pasar, yakni pembangunan gorong-gorong. Secara keseluruhan, lokasi di dalam pasar saja yang belum sempurna alias belum layak huni.

“Ya situasinya memang seperti itu, kalau hujan banjir datang dari sisi timur, akibat jalan lebih tinggi dari lantai pasar,” aku Koordinator Pedagang Pasar Blimbing Subardi kepada Malang Post.

memintar agar konSubardi memin disi itu supaya diperbaiki dulu oleh investor. Sambil menunggu urusan dengan warga Blimbing soal pagar selesai. Jika kondisi seperti itu dipaksakan, maka

pedagang tidak mau pindah. “Pedagang tidak mau segera menempati relokasi, karena situasi rawan banjir, tinggi stadion dan jalan masih tinggi jalan,” tegasnya. Menurut Subardi, cara menyiasati banjir itulah yang harus dipikirkan investor dan pemkot. Sesuai kesepakatn 10 juli yang harus deal adalah siteplan, infastruktur luar dan dalam selesai.

9

PEMBERDAYAAN PEMUDA

Dispora Genjot Kewirausahaan MALANG - Tak sebatas memperhatikan aspek keolahragaan saja, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang bertekad menyeriusi pemberdayaan pemuda pemudi di tahun 2014 ini. Rencananya, Dispora bakal lebih menggenjot sektor kewirausahaan untuk mengoptimalkan potensi generasi penerus. Kepala Dispora Kota Malang, Subkhan, menyuarakan akan pentingnya pengembangan potensi pemuda melalui kegiatan wirausaha. “Sektor ini butuh peran serta Dispora juga. Bukan hanya dari Disperindag atau Dinkop dan UMKM saja. Potensi pe muda ini lah yang akan kami garap sebaik mungkin,” tuturnya kepada Malang Post. Dengan menggeluti wirausaha, anak muda diha rapkan bisa lebih pro duktif dan berdaya saing. Tentu saja untuk menekuni bidang yang satu ini, dibutuhkan pelatihan khusus dan modal yang tidak sedikit. Menyiasati keterbatasan anggaran, Dispora Kota Malang menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jawa Timur. Subkhan Subhkan optimis, sinergi kedua belah pihak akan efektif. n punya dampak nyata nan efektif “Kalau dari kita sendiri, fokusnya tentu lewat pelatihan saja. Jumlah pesertanya juga belum bisa banyak. Tapi, jika bekerjasama dengan BLK di Singosari, tentu bisa lebih banyak yang ikut dan pelatihannya lebih optimal,” lanjut mantan Camat Lowokwaru ini. Rencananya, pelatihan ini akan digeber pada triwulan kedua 2014. Hanya saja, Dispora sudah mulai mempersiapkan diri mulai sekarang. Para peserta pelatihan akan dijaring dari berbagai instansi kepemudaan. Tentu saja diutamakan mereka yang potensial atau anak putus sekolah. Harapannya, mereka punya media untuk mengenyam tambahan wawasan dan bekal pengetahuan kerja. Baca Dispora... Hal.10

KODEW

Aerobik Bikin Awet Muda DARA yang satu ini bernama lengkap Ratih Septia Afandi, kelahiran Malang 8 September. Dari tubuhnya yang ideal, sudah tampak bahwa Ratih hobi senam aerobik. Hobinya itu pula yang menjaga tubuhnya tetap ideal dan sedap dipandang mata. Gadis yang beralamat di Jl Klayatan 1/9 RT 3 RW 12 Sukun Malang itu sejak lama memiliki hobi aerobik. Senam itu tetap dia lakoni meskipun kini sudah kerja di Bank Mandiri Wahid Hasyim. Selain sibuk bekerja, hari Jumat dan Sabtu, Ratih juga kuliah di Universitas Widyagama Malang Fakultas Hukum Semester 3. “Hobi aerobik ini sudah saya jalani sejak lama, saya juga pernah jadi model catwalk mulai tahun 2005 sampai 2011,” ujarnya. Diakui Ratih memang pintar membagi waktu. Senin sampai Jumat dia bekerja di Bank Mandiri. Kemudian kuliahnya Jumat malam dan hari Sabtu, di sela rutinitas masih menyempatkan senam. “Aku kerja jam 07.00 WIB sampai jam 17.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat, senam biasanya pulang kerja Senin sama Rabu jam 18.00 WIB di ayoung atau di max,” katanya. Tubuhnya bisa tetap ideal karena dia juga rajin ikut olahraga bulutangkis. Biasanya Sabtu pagi jam 07.00 WIB ikut bulutangkis Bank Mandiri di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Baca Aerobik... Hal.10

Ratih Septia Afandi

Baca Relokasi... Hal.10 RIZAL FANANY/MALANG POST

REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


JUMAT, 3 JANUARI 2014

Rusunawa Buring I

10

PLN

TUNGGU VERIFIKASI, FEBRUARI SIAP HUNI MALANG - Nyaris tak ada kepastian pasca disosialisasikan awal Mei 2013 lalu, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Buring I tampaknya bakal bisa segera ditempati dalam waktu de kat. Asal prosesnya lancar, paling cepat rusun di kawasan Jembatan Kedungkandang itu sudah akan dihuni Februari mendatang. Saat ini, pihak UPT rusunawa tengah melakukan pendataan ulang bagi calon penghuni rusun berkapasitas 196 kepala keluarga (KK) itu. Tahap verifikasi ini menjadi bagian penting sebelum rusun mulai ditempati. “Kami data lagi calon penghuninya. Termasuk dilihat persyaratannya memenuhi atau tidak. Bisa jadi ada yang gugur atau mundur,” terang Kepala UPT Rusunawa Buring I, Syahroel Romadhon. Jika dalam proses verifikasi nanti ditemukan calon penghuni yang tidak me menuhi syarat atau menyatakan mundur dari daftar, pihak UPT mengaku tak repot mencari pengganti. “Kan ada 300 nama yang masuk daftar. Kalau ada yang gugur atau mundur, ya tinggal diganti dengan yang ada di waiting list,” ungkapnya kepada Malang Post. Satu-satunya kendala yang tersisa barangkali hanya soal payung hukum rusunawa saja. Hingga kini, Perwal khusus untuk program bantuan pemerintah ini belum diteken. Itulah yang menjadi alasan mengapa hingga kini rusun tersebut belum bisa ditinggali. “Tinggal tunggu Perwal turun saja. Kabarnya sudah di tangan Pak Wali (Wa likota Malang) dan menunggu ditandatangani,” lanjut Syahroel. Sedangkan pihak UPT sendiri tampaknya sudah tidak terlalu memikirkan

RIZAL FANANY/MALANG POST

GEBYAR: Pesta pergantian tahun di Kota Malang diwarnai pesta kembang api yang berlangsung semarak.

Surplus 2.000 Megawatt, Bebas Pemadaman

RIZAL FANANY//MALANG POST

SIAP DITEMPATI: Rusunawa Buring I baru akan dihuni bulan Februari mendatang.

pembuatan pagar. Medio September tahun lalu, mereka menyebut salah satu kekurangan yang perlu ditambahkan adalah pengadaan pagar belakang rusun. Hal ini bahkan sudah masuk dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) yang tengah digodok. Sayangnya, rencana ini urung direalisasikan karena anggaran yang disetujui sangat minim.

Dari kebutuhan dana sekitar Rp 700 juta, kucuran dana yang disiapkan Pemkot hanya sekitar Rp 200 juta. “Sebetulnya pagar ini kebutuhan urgent. Karena lokasi rusun kan di kawasan rawan. Di belakang langsung berbatasan dengan sungai. Lalu juga dekat dengan pemukiman warga Muharto,” imbuh staf DPU PPB ini. Rusunawa Buring sendiri terdiri dari

dua blok bangunan dengan total 196 unit rumah berukuran 24 meter persegi. Tiap satu blok lima lantai menghabiskan dana mencapai Rp 12,5 Miliar. Tiaptiap rumah sewa bertipe 24 dengan klasifikasi memiliki satu kamar tidur ukuran 4 x 6 meter, satu ruang tamu, satu kamar mandi, dapur dan ruang jemuran. (tom/lim)

Sampah Tahun Baru Melonjak 20 Ton MALANG - Meningkatnya volume sampah menjadi masalah yang hampir selalu terjadi pasca malam pergantian tahun. Berbagai event menyambut momen tahun baru memunculkan potensi keramaian di setiap tempat, akibatnya sampah menumpuk dimana-mana. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang mencatat peningkatan volume sampah Rabu (1/1) lalu mencapai 5 persen dari jumlah normal per hari. Dengan asumsi sampah Kota Malang sebanyak 400 ton per hari, berarti ada lonjakan 20 ton usai perayaan pergantian tahun 2013 ke 2014. Menurut Kepala DKP Kota Malang, Wasto, lonjakan tersebut masih dalam taraf normal. Jika dibandingkan peningkatan volume sampah setahun sebelumnya yang mencapai 10 persen, tentu angka tersebut tidak memprihatinkan. “Peningkatannya tidak terlalu signifikan. Kira-kira cuma 20 ton,” terangnya kepada Malang Post. Penumpukan sampah paling banyak terjadi di area pusat kota. Ini bisa di maklumi karena ragam kegiatan menyambut tahun baru jamak dilakukan di kawasan pusat kota. Mulai dari sekitaran Bundaran Tugu, Alun-Alun Merdeka, Stadion Gajayana hingga Jalan Ijen. “Utamanya tempattempat yang menjadi titik keramaian,” imbuhnya. Selain itu, kafe-kafe dan restoran

RIZAL FANANY/ MALANG POST

MENGGUNUNG : Pasca perayaan tahun baru, sampah naik sekitar 20 ton. Ini lebih kecil dibanding tahun 2013 lalu yang naik hingga 40 ton.

juga turut andil atas fenomena ‘gunung’ sampah pasca momen pergantian tahun. Tingginya animo pengunjung di tempattempat tersebut praktis berdampak pada lonjakan volume sampah rumah tangga mereka. Ini terjadi karena konsumsi makanan dan minuman ikut terkatrol di malam tahun baru. Beruntung, personel DKP cukup sigap mengatasi problematika sampah yang tak ubahnya jadi agenda tetap setiap 1 Januari. Pasukan kuning di tiap-tiap wilayah bereaksi cepat dalam menuntaskan tugasnya. “Belajar dari

pengalaman tahun-tahun sebelumnya, personel kami sangat siap,” timpal Wasto, siang kemarin. Karena itulah, pihak DKP tak sampai menerjunkan personel tambahan atau mengubah shift tugas guna menyiasati hal tersebut. Semua berjalan normal dan nyaris tak ada kendala sampai sampah dikirim ke TPA Supit Urang. “Pasukan jumlahnya normal, sesuai pe nempatan wilayah masing-masing. Semua ter-

tangani dengan baik,” baik, pungkasnya lugas.(tom/lim)

MALANG - Suasana pergantian tahun di Kota Malang, bebas dari pemadaman listrik dari PT PLN (Persero) Area pelayanan Malang. Hal itu dijelaskan oleh Manajer PT PLN (Persero) area pelayanan Malang, Agung Suharna, kemarin. Sebab, khusus untuk wilayah Jawa Timur, terdapat kelebihan daya mencapai 2.000 megawatt. Kata Agung, pemadaman yang ada di area Malang dan wilayah di luar Jawa amat berbeda. Di luar Jawa ada istilah byar pet, karena perbedaan pasokan listrik dan jumlah kebutuhan. Di luar Jawa kebutuhan listrik jauh lebih besar ketimbang pasokan listrik yang ada. “Sehingga pemadaman di Jawa dan Bali, khususnya area Malang, tak sama dengan di luar Jawa yang ada istilah byar pet,” tegasnya. Di Jawa Timur, khususnya ada surplus daya listrik sebesar 2 ribu megawatt. Hal itu juga yang mendasari tahun baru bebas dari gangguan pemadaman. Di sisi lain, pada tahun baru, kebanyakan industri sudah meliburkan diri. “Karena industri meliburkan diri maka tidak ada pemadaman,” imbuh dia. Jika di luar jawa, ada pemadaman bergilir untuk menyesuaikan dengan pasokan dan kebutuhan listrik. Sedangkan di Jawa, khususnya Jawa Timur dan area Malang hal itu tidak ada. Jika muncul pemadaman, itu terjadi karena adanya gangguan listrik di sejumlah titik. “Jika terjadi pemadaman di Malang itu terjadi karena gangguan, ini harus kita ketahui agar masyarakat juga ikut andil dalam mencegah hal ini terjadi,” tegasnya. Selain gangguan, biasanya juga terjadi pemeliharaan terencana dari pihak PLN. Untuk itu, masyarakat juga harus memahami istilah byar pet dengan pemadaman. Istilah byar pet tidak bisa disamakan di luar Jawa dengan di Jawa. “Byar pet tidak terjadi di kita, karena ada surplus 2.000 megawatt tadi, pemadaman yang ada karena dua hal, gangguan dan pekerjaan perawatan,” jelas dia. Pada perayaan tahun baru di Kota Malang diwarnai dengan pesta kembang api di depan balai kota Malang. Masyarakat antusias menyaksikan perayaan dalam suasana yang terang benderang bebas dari pemadaman.(ary/lim)

Dispora Genjot Kewirausahaan Sambungan dari Halaman 9

Selama ini, banyak sekali ke sempatan pelatihan kerja di berikan kepada para pelaku usaha profesional, baik itu usaha kecil maupun menengah. Adapun pela-

tihan kerja juga dirasakan siswa yang mengenyam pendidikan kejuruan. “Padahal banyak juga yang tidak bisa sekolah kejuruan tapi

punya potensi besar. Atau mereka yang ingin berwirausaha tapi tidak tahu caranya. Anak muda ini yang perlu kami jembatani,” pungkas Subhkan. (tom/lim)

Aerobik Bikin Awet Muda Sambungan dari Halaman 9

Namun dari seluruh olahraga itu, hanya aerobik yang paling digemari. “Aerobik itu cara praktis anak muda yang sibuk seperti aku untuk pilihan olahraga,” terangnya. Ratih menyebut bahwa aerobik itu senam yang keren. Selain bisa untuk anak muda, senam ini bisa juga untuk orang tua. Jika dimulai sejak muda, Ratih memastikan

bahwa aerobik bakal bikin orang awet muda. “Di aerobik kita bisa aerobik sampai tua, biar tetep awet muda , biar badan bagus, pernafasan lancar , tidak gampang ngantuk dan melatih daya ingat,” urainya. Daya tahan tubuh juga dipastikan bagus karena peredaran darah semakin lancar. Aerobik sekarang leb-

ih bervariasi ketimbang cara lama. Aerobik sekarang itu berkembang dan lebih modern. “Keren pokoknya, anak-anak muda juga banyak yang ikut. Sekarang senamnya lebih inovatif dan ada dancenya. Tidak seperti senam zaman dulu yang gerakannya monoton, sekarang gerakannya lebih atraktif dan gak bosenin,” tandasnya. (ary/lim)

Relokasi Pedagang Pasar Blimbing Terancam Molor Sambungan dari Halaman 9

Infrastruktur luar (jalan dan gorong-gorong) oleh pem kot dan infrastruktur dalam oleh investor. “Jalan sudah bagus, kalau itu selesai tinggal siteplan, kalau belum selesai ya kita belum mau pindah,” ujarnya. Relokasi itu, kata Subardi sampai sekarang terkatung. Sebab per masalahan sebenarnya masih banyak terutama banjir dan infrastuktur relokasi belum selesai.

Siteplan sendiri saat ini sudah mendekati deal, kecuali soal masalah dengan warga. “Warga meminta ditutup tembok, mintanya ada solusi bersama, kita masih rundingan, warga minta ditutup utara sampai selatan, pedagang rundingkan itu internal pedagang sendiri,” urainya. Dengan kondisi demikian, Subardi tak yakin relokasi bakal berlangsung Januari. Sebab situasi di lapangan

memang masih seperti itu.“Yang manusiawi saja, kalau di pasar baru situasinya seperti itu siapa nanti yang mau beli,” tandasnya. Sebelum Kepala Dinas Pasar Kota Malang Kusnadi menargetkan relokasi pada Januari. Persoalan yang pen ting tinggal polemik mengenai pagar sekeliling di pasar lama. Jika persoalan itu selesai, maka relokasi tinggal hitungan hari.(ary/lim) REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


JUMAT, 3 JANUARI 2014

Mengunjungi Sumatera karena Ekskul SANGAT sayang jika hanya jago di dalam kandang padahal masih banyak potensi yang bisa digali dalam menatap masa depan. Mengembangkan sayap dengan mengandalkan nilai akademik saja tidaklah cukup. Hal inilah yang dipaparkan oleh Argo Dwi Prasyananta siswa kelas XII SMK PGRI 3 Malang yang sedang sibuk di dunia broadcasting. Menurut Argo, hal yang sangat menakjubkan dan berbuah manis ketika dirinya dapat menginjakkan kaki ke tanah Sumatera berkat ekskul yang digelutinya sejak SMK. Bermodalkan semangat serta keoptimisan, ia dapat mengalahkan kandidat lain yang juga tidak kalah hebat. “Aku berangkat ke Sumatera karena waktu itu ada program dari sekolah yang menawarkan bagi siswa-siswinya untuk praktek kerja lapangan seperti magang gitu, tetapi di sana dibayar. Banyak banget dari sekolahku yang daftar, tetapi dari sekolahku sendiri yang diambil hanya 15 orang dan senangnya aku termasuk dari mereka hehe,” ujar Argo Selama menggeluti dunia broadcasting, Argo juga sering diterpa susah senang bersama tim ekskul. Namun, hasil kerja kerasnya dalam meluangkan waktu di sela kegiatan sekolah, akhirnya sempat dirasakan Argo saat melewati tes pemberangkatan magang ke Sumatera. “Dulu aku anaknya pendiem banget dan dari ekskul broadcasting kemampuanku mulai terasah karena sebenernya aku punya bakat ngomong. Waktu tes, aku sempat ditanya kelebihan yang aku miliki dan aku jawab aja sering jadi host buat acara-acara besar seperti LA & Djarum hehe,” ungkap cowok yang bersekolah di jurusan elektronika industri ini. Lewat ekskul juga, Argo merasa semakin pintar dalam memanajemen waktu, seperti halnya membuat agenda serta mengatur jadwal-jadwalnya yang padat. Argo juga lebih bisa konsisten dalam menghadapi sebuah permasalahan baik kinerja secara individu maupun tim. “Bukannya aku sok sibuk, tetapi buat bagi waktu itu ternyata nggak semudah yang aku bayangkan lho, antara waktu belajar, bersantai, kumpul bareng temen itu harus teragendakan dengan baik, dan itu semua tergantung bagaimana cara memanajemennya,” ungkap Argo Manfaat juga tidak bisa dirasakan dengan pola sim salabim, tetapi lebih kepada proses kesabaran, keuletan, serta kerja keras dalam menghadapi semua rintangan yang dihadapi. Jika ingin proses yang instan, menurut Argo, maka hasilnya juga akan instan dan tidak bertahan lama.(*/han)

Melepas Penat Lewat Ekskul

TEKS: CITA TERANISA/MALANG POST MODEL: CINDY CLARISSA / SMAK CORJESU FOTOGRAFER: TRIA ADHA/UMM

JAM pelajaran yang padat terkadang menjadi penjara yang membatasi diri. Karena itu, kegiatan ektrakurikuler menjadi pilihan saat minat menggebu tidak tersalurkan di dalam kelas. Lebih tepatnya, untuk mengasah dan menempa minat tersebut. Bukan tidak mungkin ketekunan mengikuti ekskul bisa berbuah prestasi membanggakan. Ekskul bisa menjadi sarana pengembangan diri menuju pencapaian-pencapaian positif di masa depan. Seperti disampaikan oleh Helmi Hidayat siswa kelas X MAN 1 Malang, ia merasa jika berbagai pengalaman juga bisa digali dengan mengikuti ekskul. Dari kegiatan yang menguras energi sampai hal menarik y a n g

Belajar Membentuk Karakter

tidak terlupakan pun acapkali dirasakannya. Lewat dunia ekskul, Helmi juga bisa kenal lebih banyak sosok yang memberi semangat baru dari rutinitasnya yang melelahkan. “Banyak manfaat yang aku rasakan, dimulai dari menata kepribadianku yang dulunya cepat pesimis, karena sering bertemu dengan sosok-sosok yang lebih semangat serta optimis, jadi energi positif mereka pun tertular padaku,” ujar Helmi. Cowok yang sedang aktif di dunia teater ini juga merasa nyam a n serta dapat menemukan keluarga baru s e telah sekian bulan meng-

geluti ekskul teater. Bagi Helmi, ekskul bukan sekadar tempat melepas penat namun juga bisa menjadikan ajang silaturahim untuk dirinya serta teman-temannya yang lain. Rasa nyaman untuk tetap bertahan dan mengharumkan nama ekskul teater juga dirasakan oleh Helmi. “Hal yang paling utama menurutku adalah rasa nyaman dalam proses pembelajaran, karena dari ekskul aku banyak mendapatkan pelajaran hidup tentang kesabaran, kerjasama, bagaimana untuk mengendalikan emosi, dan yang lainnya. Selain itu, aku juga merasa jadi sedikit berkurang sifat egoisku hehe,” ungkap Helmi Ia juga menambahkan, jika dengan mengikuti ekskul, hobi serta bakatnya lebih bisa terwadahi. “Aku nggak pernah merasa penat kalau urusan ekskul, buktinya aku bisa terus

menjuarai lomba teater yang ada, contohnya aja beberapa bulan lalu tim teaterku sempat menang di ajang festival teater di Universitas Negeri Malang sebagai runner up dua,” celetuk Helmi. Hal serupa juga diungkapkan oleh Karimatun Nisa’, siswi kelas IX MTSN 1 Malang yang sedang aktif dalam ekskul pramuka. Bagi Nisa’ ekskul bukan hanya sebagai tempat melepas penat, tetapi juga sebagai ajang aktualisasi pengembangan diri. ”Aku yang dulunya pemalu sejak ikut dan aktif di ekskul jadi lebih bisa bersosialisasi. Selain itu, aku juga banyak belajar tentang keorganisasian serta pembelajaran diri, semisal ada konflik batin nih sama temen di ekskul hehe,” ujar Nisa’.

Banyak manfaat yang Nisa’ rasakan setelah lama tergabung dalam ekskul pramuka. Ia bisa menambah banyak teman, pengalaman, serta pengetahuan, Nisa’ juga merasakan ekskul pramuka menjadi hiburan tersendiri di sela aktivitas sekolahnya yang padat. “Kalau anak pramuka itu pasti lebih dekat dengan alam, jadi lebih bisa membaur sama alam di beberapa kegiatannya dan menurutku itu sangat mengasikkan, apalagi kalau ditambah jelajah alam rasanya menantang dan seru banget,” ungkap Nisa’.(*/han)

Waspadai Jika Sudah Banyak Meminta Dispen

Riyandi Agung Saputro, S.Or – Guru Staf Kesiswaan & Koordinator Ekskul – SMK PGRI 3 Malang “LEWAT ekskul, siswa bisa belajar dalam membentuk karakter diri. Baik dari segi manajemen konflik, manajemen waktu, serta urusan keorganisasian. Menurut saya, ekskul juga bisa dijadikan sebagai ajang berkompetisi dalam mewadahi minat bakat siswa, karena mereka akan saling melihat anggota ekskul yang lain untuk terus berpacu dalam meraih prestasi non akademik. Saya anjurkan siswa untuk mengikuti ekskul yang memang benarbenar diminati. Bukan hanya karena cobacoba, ikut teman atau atas desakan orang tua. Mereka harus punya tujuan saat memilih ekskul, sehingga aktivitasnya di sana bisa dipertanggung jawabkan. Pesan saya kepada para pelahar, manfaatkanlah waktu kalian sebaik mungkin dalam proses pembelajaran saat ini. Hadirnya ekskul di sekolah bukanlah semata-mata menjadi beban, tetapi jadikan hal sebagai peluang dan pelengkap kebutuhan di sekolah, tumbuhkan rasa nyaman serta cinta jika sudah menggeluti satu ekskul, karena jika setengahsetengah mengerjakannya maka kalian akan menjadi orang yang setengah-setengah juga.(*/han)

11

D I balik sisi positif ekskul, ada hal-hal yang perlu diwaspadai jika kegiatan tersebut mengganggu jadwal sekolah. Ekskul memang kian digemari oleh para remaja, pasalnya mereka menemukan suasana baru guna merefresh semangat belajar di sekolah. Namun, perlu diwaspadaia juga jika ekskul membuat aktivitas belajar menjadi terbengkalai dengan banyak dispen atau bahkan absen, karena pada dasarnya pelajar memiliki tugas utama yaitu belajar. Semua ada prioritas dan alternatif agar ekskul dan akademik bisa berjalan dengan baik. Think smart!

Menambah Energi Positif Oktania Er Amurrita, SMPN 25 Malang “AKU lagi sibuk dengan ekskul musik karena memang dari ekskul ini aku bisa mendapatkan inspirasi baru dalam menyalurkan hobiku. Selain menambah energi positif, aku juga bisa mengasah kemampuan dalam bermain drum, gitar dan alat musik yang lain. Benerbener dari ekskul aku bisa mengurangi kejenuhan belajarku selama seharian penuh. Begitu bermanfaatnya ekskul untuk diikuti para remaja karena selain terhindar dari hal-hal yang negatif, lewat ekskul juga bisa membuat waktuku lebih bermanfaat.”(*/han)

Hal inilah yang dipaparkan oleh Ellen Fransiska siswi kelas X SMAN 4 Malang yang mengaku dirinya sangat berhati-hati dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Menurut Ellen, ekskul merupakan kebutuhan sekunder yang tidak wajib diikuti jika memang pelajar malah keteteran dalam memanajemen waktu belajar. Baiknya perlu dipertimbangkan kembali jika berniat untuk menggeluti sebuah ekstrakurikuler. “Aku sendiri pasti minta pendapat ortu, sekiranya ekskul tersebut memang baik untuk menunjang akademikku ya nggak masalah, tetapi semuanya butuh pertimbangan baik dari waktu, fisik atau yang lainnya. Karena ikut ekskul itu nggak hanya cari senengnya aja,” ujar Ellen. Ellen juga menambahkan jika ekskul yang banyak dispen juga perlu diwaspadai, pasalnya waktu serta proses belajar mengajar tentu akan terganggu.

Belajar Kompak dan Melepas Ego Isabela Yora Cristina, SMKN 2 Malang “AKU memiliki hobi bermain basket sejak SMP, itu sebabnya mengapa aku memilih ekskul basket yang kini menjadi pelengkap aktivitasku di luar sekolah. Menurutku, ekskul bisa menjadi tempat untuk melepas penat. Seperti halnya dalam bermain basket aku membutuhkan kesabaran, kekompakan, dan menghilangkan rasa ego yang tinggi.”(*/han)

Walaupun dengan alasan sering mengikuti lomba ini itu, dispen yang terlalu sering untuk alasan ekskul juga perlu diperhatikan secara serius. “Karena menurutku, tugas utama pelajar itu belajar jadi aku sendiri juga harus bisa memprioritaskan mana yang memang penting bagiku, apalagi itu sampai harus disuruh milih antara akademik sama ekskul. Jelas pilihanku ke urusan akademik,” ungkap Ellen. Hal serupa juga dipaparkan oleh Alyssa Ninda siswi kelas VIII SMPN 18 Malang yang sangat kewalahan dalam memanajemen waktu antara urusan akademik dan ekskul. “Awalnya sih pengen coba-coba ikut ekskul biar dibilang banyak kegiatan gitu, tetapi akhirnya aku ngerasa berat banget bagi waktu untuk ngerjain tugas sekolah sama kegiatan ekskul yang segunung hehe,” ujar Alyssa. Alyssa juga menambahkan jika mengikuti ekskul justru membuat dirinya men-

jadi semakin terbebani dengan berbagai tanggung jawab yang diberikan. Selain terbebani, Alyssa juga merasa ekskul memakan banyak waktunya untuk beristirahat ataupun bersantai bersama keluarga. “Aku pernah punya pengalaman, waktu itu keluargaku pergi ke Surabaya buat liburan, sedangkan aku malah disuruh ikut kemah di hutan bareng temen-temen ekskul. Mana hidup di sana sengsara banget, karena jauh dari mana-mana gitu. Akhirnya ekskul bukan jadi tempat melepas penat tetapi malah membuat beban mental hehe,” ungkap Alyssa. Setiap hal tentunya harus memprioritaskan segala hal dan menurut Alyssa, dirinya belum siap jika harus disibukkan dengan kegiatan yang bermacammacam di luar jam sekolah. Karena menurutnya, ekskul justru membuatnya semakin menambah lelah di luar jam sekolah. “Udah capek pikiran sama tugas sekolah, masak juga dibuat capek hati sama ekskul sih,” ujarnya.(*/han)

Self Safety dengan Karate Olivia Novita Sari, SMK PGRI 3 Malang “AKU sedang aktif di ekskul karate karena memang menurutku itu sangat penting. Selain buat menjaga diri, karate juga menjadi hiburan tersendiri bagiku karena teknik yang dipelajari bermacam-macam dan lumayan susah untuk dihafal, aku jadi semakin tertantang untuk bisa menguasai jurus-jurus yang diberikan. Awalnya ikut ekskul karate memang coba-coba dan keterusan karena merasa enjoy banget, baik dari teman-temanya dan pengajarnya.”(*/han)

REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


Foto

12

JUMAT, 3 JANUARI 2014

MA ALMAARIF SINGOSARI

MA ALMAARIF FOR MALANG MALANG POST

LATIHAN: Para siswa MA Almaarif saat berlatih nasyid di aula sekolahan kemarin.

Optimalkan Program Tahfidzul Quran MALANG - Mencetak generasi qurani merupakan tujuan utama dari setiap lembaga pendidikan khususnya yang berbasis agama Islam. Untuk itu Madrasah Aliyah (MA) Almaarif Singosari dalam beberapa tahun terakhir ini memfokuskan program Tahfidzul Quran, baik yang program akademik maupun melalui program ekstrakulikuler (ekskul). Kepala MAAlmaarif Singosari Drs Moh Mundzir Msi mengatakan Tahfidzul Quran merupakan salah satu program unggulan dan benar-benar dioptimalkan. Bentuk nyatanya yakni dua kali dalam sepekan siswa-siswi yang tergabung dalam kelompok ini dibimbing sebaik mungkin agar menjadi hafidz Alquran yang handal dan bermutu. Oleh karena itu agar pelaksanaan Tahfidzul Quran berjalan dengan baik serta sesuai harapan, diperlukan sebuah metode yang menyenangkan agar siswa tidak bosan dalam berlatih. “Menghafal Alquran itu sebenarnya tidaklah sulit. Asalkan para siswa mengerjakan dengan ketekunan dan keseriusan,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Selain itu, dia menambahkan, metode Tahfidzul Quran yang diberikan kepada para murid-murid di sekolah yang dipimpinnya selalu kreatif serta inovatif. Tujuannya yakni, agar mereka mampu menyerap ilmu dan teknik menghafal Alquran dengan baik. “Namun, jika ada kualitas dari membaca anak didik kurang bagus, maka mereka biasanya akan kesulitan memahaminya secara cepat. Maka dari itu kami mencoba memberikan metode yang menyenangkan dan tidak menekan pada mereka,” katanya. Dengan demikian para siswa yang diharapkan menjadi generasi Islam yang berkompeten, dapat antusias mengikuti program tahfidz sehingga mendukung terhadap agenda keislaman yang selama ini digalakkan madrasah. Aktifnya program Tahfidzul Quran nantinya dapat menjadi program unggulan MA Almaarif. “Kami berharap dengan bekal ilmu Alquran, lulusan siswa-siswi kami nantinya dapat memberikan pengaruh positif pada lingkungan masyarakat sekitar mareka. Bentuk nyatanya yakni dengan mengajarkan kembali pengamalan ilmu yang telah mereka peroleh, kepada masyarakat,” bebernya. Sementara untuk mendukung suksesnya program ini, selain murid-murid dibina sebagai program minat dan bakat, Tahfidzul Quran juga dijadikan program wajib yang diatur dalam kurikulum madrasah. “Nantinya pada ujian akhir, juga ada ujian menghafl Alquran. Ujian itu menjadi salah satu ketentuan lulus mereka,“ tutupnya. (big/nda)

SMPK SANTA MARIA 2

Wadahi Potensi Basket, Gelar Turnamen MALANG – Sukses menggelar Open House pertengahan bulan lalu, SMPK Santa Maria 2 Malang kini tengah bersiao menyelenggarakan Turnamen Basket. Ajang kompetisi penuh gengsi ini diperuntukkan bagi kalangan siswa SD/MI. Rencananya, kegiatan akan diselenggarakan mulai tanggal 22 Januari mendatang. Turnamen Basket yang digelar untuk sekolah di Malang Raya tersebut merupakan wadah menjaring potensi luar biasa para siswa di bidang non akademis, khususnya olahraga bola basket. Selama ini, SMPK Santa Maria 2 sangat peduli akan kemampuan non-akademis tanpa mengesampingkan bidang akademis yang juga sama-sama pentingnya. “Tujuan dari pendidikan yang kami selenggarakan adalah mengembangkan seluruh aspek kepribadian siswa, yang berkaitan dengan intelektual, emosional, sosial, dan spiritual” ujar Kepala SMPK Santa Maria 2, Sr. Theresella, SPM, S.Pd beberapa waktu lalu. Komitmen ini jugalah yang mendasari penyelenggaraan Open House yang terdiri dari berbagai ajang kegiatan di antaranya lomba menggambar, mewarna dan fashion show. Tak hanya itu, selama Open House berlangsung, SMPK Santa Maria 2 juga melangsungkan kegiatan sosial yang diwujudkan dalam bentuk donor darah dan cek kesehatan gratis. “Kegiatan sosial yang kami selenggarakan di dalam Open House mendapatkan respon yang sangat bagus dari masyarakat. Karena itulah, kami sangat bersyukur bisa ikut memberikan manfaat,” sambungnya. SMPK Santa Maria 2 sengaja menggelar kegiatan sosial agar menjadi ajang pendidikan bagi para siswa bahwa peduli terhadap orang lain merupakan sikap mulia yang harus dimiliki tiap orang. Berbagi kebahagiaan kepada orang lain dengan saling membantu merupakan kebahagian yang sebenarnya dalam hidup bersama di tengah masyarakat. Sementara itu, dalam bidang seni kreativitas, sekolah yang berada di Jalan Panderman ini tak diragukan. Segudang karya seni siswa telah dihasilkan sebagai bukti konkrit hasil keterampilan mereka yang telah dipelajari selama di sekolah. Saat itu puluhan karya seni berupa karya seni batik, seni lukis dan mading dipamerkan sebagai bagian dari aktivitas siswa di sekolah. Tak hanya itu, kebolehan siswa dalam dunia kesehatan seperti PMR juga didemonstrasikan dengan begitu baik. (imm/nda)

JUMAT, 3 JANUARI 2014

Tak Terbebani Nilai, Siswa SD Bisa Jadi Pemalas MALANG - Pemerintah menghapus ujian nasional untuk sekolah dasar, sekolah dasar luar biasa, dan madrasah ibtidaiyah mulai tahun 2014. Selain itu pada tahun ajaran baru ini tidak ada lagi murid sekolah dasar yang tinggal kelas. Dengan diberlakukannya kondisi ini, dikhawatirkan akan membuat siswa malas. Kepala SD Model Kota Malang, Bambang Tri Budi kepada Malang Post menuturkan dalam implementasi kurikulum 2013, penekanannya memang bukan pada hasil akhir namun lebih mengutamakan proses. Setiap siswa akan dinilai kemampuannya masing-masing dengan tidak membandingkan dengan teman sekelasnya. ”Dengan demikian otomatis memang setiap siswa akan melalui proses yang berbeda, ada yang cepat dan ada yang lambat. Tapi tidak ada yang tidak naik kelas,” ungkapnya. Murid yang belum memahami atau menguasai pelajaran tetap boleh naik kelas, tetapi harus mengulang pelajaran yang belum dikuasainya. Bentuk penilaian rapor sekolah dasar juga berubah, tidak lagi berisi angka-angka, tetapi berbentuk deskripsi untuk menilai sikap, keterampilan, dan pengeta-

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST

GAGASAN: Penghapusan UN dan kebijakan tak ada siswa tinggal kelas harus dilakukan adaptasi terlebih dahulu agar siswa tak malas belajar. huan siswa peserta didik. Ujian nasional itu, mulai tahun depan juga, tidak ada untuk sekolah dasar, sekolah dasar lagi murid sekolah dasar yang tinggal luar biasa, dan madrasah ibtidaiyah kelas. mulai tahun 2014 dihapuskan. Selain Model tersebut menurutnya memiliki

sisi negatif dan positif. Sisi negatifnya dikhawatirkan siswa menjadi malas belajar karena ia tak lagi terbebani dengan standar kompetensi minimal yang harus dicapai. Apalagi capaian nilainya nanti juga akan menjadi prasyarat mendaftar di jenjang SMP. ”Amanat kurikulum 2013 sangat bagus karena pendidikan tidak semata diukur dari mata pelajaran saja tapi juga aspek sosial, tapi tetap harus dilakukan pengawasan agar jadinya tidak merugikan siswa itu sendiri,” tegasnya. Terpisah Psikolog Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Dyah Karmiati M.Si mengungkapkan perubahan cara penilaian untuk siswa SD ini perlu ada masa transisi. Sebab sebelumnya masyarakat sudah terbiasa mendeskripsikan nilai dengan angka. Model penilaian ini sebenarnya mirip dengan penilaian di perguruan tinggi yang hanya mencantumkan huruf A, B, C dan D. ”Jika perlu digunakan saja penilaian angka dan deskriptif, sebab perlu ada sosialisasi detil mengenai konsep baru tersebut,” bebernya. Dengan model deksprisi, imbuhnya maka pendidikan akan memberikan penghargaan kepada proses yang ditempuh dan tidak hanya hasil akhir. (oci/nda)

SMAN 1 Singosari

Isi Liburan dengan Fotografi dan Modeling SINGOSARI - Masing-masing sekolahan mempunyai cara tersendiri untuk mengisi liburan panjang akhir semeseter sekaligus pergantian tahun. Salah satunya yang dilakukan SMAN 1 Singosari. Ide sekolah yang ada di Jalan Ki Hajar Dewantara No 1 Banjararum Singosari ini patut ditiru. Mengisi liburan sekolah, siswa SMAN 1 Singosari menggelar lomba foto dan modeling. Bertempat di halaman sekolah, para siswa yang tergabung dalam ekskul fotografi dengan sigap dan cekatan mengabadikan teman-temannya yang mengikuti modeling. Para model sekolah berlenggaklenggok luwes dengan mengenakan gaun cantik berwarnawarni, lengkap dengan dandanan yang eye catching. Segala gerak-gerik model sekolah ini tak lepas dari jepretan-jepretan kamera di berbagai sisi. Wa k i l K e p a l a ( Wa k a ) Hubungan Masayarakat (Humas) SMAN 1 Singosari Drs Muhammad Mahfud mengatakan hunting foto dan modelling merupakan kegiatan paling disukai siswanya. Terbukti, keduanya masuk dalam daftar ekskul terfavorit. “Sekolah kami membuka ekskul foto dan modeling. Peminat kedua ekskul ini sangat tinggi meski baru dibuka,” ujarnya kepada Malang Post kemarin. Dalam kesempatan liburan kali ini, para siswa sengaja menggelar kegiatan lomba fotografi dan model secara internal. Tujuannya, selain mengisi liburan dengan hal yang positif, juga sebagai wadah untuk mengasah kemampuan. “Kami tidak memaksa mereka masuk sekolah untuk mengikuti kegiatan ini. Mereka datang atas inisiatif mereka sendiri,” terangnya. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh para siswasiswinya tersebut merupakan langkah yang positif. Pihak sekolahan sendiri sangat mendukung kegiatan tersebut. Bentuk dukungan yang diberikan oleh sekolah di antaranya fasilitas terkait lomba foto dan

model tersebut, yakni berupa penyediaan tempat dan peralatan pendukung lainnya. “Sebelumnya kami sudah menyediakan beberapa lensa, kamera DSLR, dan termasuk instrukturnya. Namun, mereka ada juga yang membawa kamera sendiri,“ terang-

nya bangga dengan inisiatif para siswa. Ajang lomba ini digelar selama tiga hari. Kegiatan diselenggarakan dan dihandle sendiri oleh para siswa. “Selain mewadahi potensi di bidang

foto dan model, ajang ini juga menjadi ajang bagi siswa untuk melatih rasa tanggung

jawab. Sebab mereka juga didaulat untuk mengerjakan kegiatan tersebut. Dan terbukti, para siswa mampu menyelenggarakan kegiatan dengan sukses,“ tutupnya. (big/nda)

MISKI/MALANG POST

SERAGAM: Tampak Siswa SD dan SMP saat di halaman sekolah. Dalam waktu dekat mereka akan mendapatkan bantuan baju batik dari Disdikpora Kota Batu.

LINTAS PENDIDIKAN

PTN Dilibatkan Membuat Soal UN

IST/MALANG POST

PILIHAN: Kualitas Universitas Ma Chung semakin menjanjikan dengan pembukaan tiga prodi baru dalam waktu dekat.

Ma Chung Siapkan Pembukaan Prodi Langka MALANG - Universitas Ma Chung (UMC) menyiapkan pembukaan tiga program studi (prodi) baru. Masingmasing adalah Program Studi Desain Komunikasi Visual, Program Studi Kimia Pangan Fungsional dan Energi Terbarukan, dan Program Studi Farmasi. Menurut Marketing and Communication UMC, Ratna Kristina S.Sos, pengajuan pembukaan tiga prodi tersebut sudah dilakukan tahun lalu. ”Pengajuannya sudah satu tahun yang lalu, dan kami masih menunggu izin dari Dikti untuk membuka secara resmi tiga prodi tersebut,” ungkapnya. Di antara tiga prodi tersebut yang cukup langka adalah Prodi Studi Kimia

Pangan Fungsional dan Energi Terbarukan. Prodi ini akan sangat menunjang aktivitas penelitian di Ma Chung yang mengarah kepada energi terbarukan. Apalagi sebelumnya Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments yang ada di bawah Universitas Ma Chung berhasil terpilih sebagai lembaga penelitian yang dibina oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia menjadi Pusat Unggulan IPTEK Nasional. Hal ini merupakan wujud nyata komitmen Universitas Ma Chung menjadi universitas berbasis riset yang siap berkontribusi dan mempersembahkan hasil-hasil penelitiannya demi kema-

juan dan menjawab tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Hasil verifikasi dari tim Kemenristek RI menyatakan dukungan penuh diusulkannya MRCPP Universitas Ma Chung sebagai Pusat Unggulan Nasional di bidang Klorofil dan Karotenoid. Riset di bidang pigmen alami terutama Klorofil dan Krotenoid memiliki arti penting, tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk dunia. Dua zat warna alami yang tersedia paling banyak di muka bumi ini bisa menyumbangkan solusi untuk masalah kesehatan, pangan, serta energi alternatif yang dihadapi dunia di masa ini. Hanya, karena ada kebijakan moratorium atau penghentian sementara

pembukaan prodi baru sehingga kepastian pembukaan tiga prodi itu belum didapatkan. Namun UMC optimis bisa membuka pendaftaran pada tiga prodi tersebut pada tahun ini. ”Semoga saja tahun 2014 ini izinnya bisa turun,” harapnya. Ma Chung saat ini membuka tiga fakultas dengan tujuh program studi. Yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan prodi Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Bahasa dan Seni dengan prodi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Sains dan Teknologi dengan prodi Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. (oci/nda)

JAKARTA - Untuk kali pertama dalam sejarah penyelenggaraan Ujian nasional (UN), perguruan tinggi negeri (PTN) dilibatkan dalam pembuatan butir-butir soal ujian. Upaya ini dilakukan sebagai solusi kongkrit penggunaan hasil ujian untuk salah satu pertimbangan masuk kampus negeri. Tahun depan UN hanya dilaksanakan untuk jenjang SMP dan SMA sederajat. Selama ini pembuatan butir-butir soal ujian dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Tetapi mulai penyelenggaraan UN 2014 nanti, seluruh PTN yang tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) diikutkan untuk membuat butir soal UN. Keterlibatan PTN dalam pembuatan butir soal ujian itu dipaparkan langsung Mendikbud Mohammad Nuh. “Upaya ini kami lakukan supaya PTN benar-benar mantap menjadikan nilai UN sebagai bagian dari perhitungan masuk kuliah,” jelasnya di Jakarta kemarin. Nuh mengatakan keterlibatan PTN ini merupakan sistem yang lebih sederhana ketimbang informasi yang berkembang belakangan. Sebagaimana pernah diberitakan, pihak MRPTNI menuntut supaya grade atau tingkat kesulitan butir soal UN ditingkatkan. Tuntutan itu merupakan syarat dari PTN, karena nilai atau hasil UN dijadikan pertimbangan masuk kuliah. Pihak MRTPNI meminta supaya butir-butir soal UN tidak seluruhnya bersifat evaluatif seperti UN-UN sebelumnya. Tetapi MRPTNI meminta supaya dalam UN juga disisipkan butir soal yang bersifat prediktif. Butir soal yang bersifat prediktif ini standarnya seperti dalam ujian tulis masuk PTN. Nuh mengatakan pihaknya tidak mau repot dengan tuntutan MRPTNI itu. “Silahkan PTN ikut gabung dalam pembuatan butir-butir soal ujian,” katanya. Dia menampik jika butir soal ujian bersifat prediktif itu lebih sulit ketimbang yang bersifat evaluatif. Sampai kemarin Nuh masih merahasiakan komposisi soal ujian yang dibuat oleh panitia umum dan PTN. Menurut menteri asal Surabaya itu, jika komposisi soal ujian tadi dibocorkan bisa berpotensi mengganggu persiapan siswa dan guru menjelang UN. “Kerjakan saja soal UN seperti biasa. Karena saya juga tidak tahu (soal, red) mana yang buatan PTN dan mana yang buatan panitia UN,” jelas dia. Selain dilibatkan dalam pembuatan butir-butir soal ujian, Nuh mengatakan keterlibatan PTN menjelang dan setelah UN juga ditambah. Yakni mulai dari urusan penyiapan percetakan hingga pemindaian. Dia menegaskan tujuan dari melibatkan unsur PTN itu adalah, supaya nilai atau hasil UN benar-benar dipercaya. (wan/jpnn/nda)

Kampus dan Mahasiswa Sambut Kehadiran Program S2 Bidikmisi

BINAR GUMILANG / MALANG POST

CANTIK: Para siswa SMAN 1 Singosari yang kreatif mengisi liburan dengan lomba foto dan modeling di sekolah.

Seragam Batik SD dan SMP Kota Batu Belum Disalurkan BATU- Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kota Batu sampai saat ini belum menyalurkan seragam batik bagi siswa SD dan SMP. Padahal, pengadaan tersebut sudah selesai tahun 2013 lalu. Saat dikonfirmasi keterlambatan penyaluran bantuan tersebut, Sekretaris Disdikpora Kota Batu, Qomaruddin membenarkan hal itu. Menurutnya, saat ini seragam batik bagi siswa SD dan SMP sudah selesai pengadaannya, tinggal penyalurannya kepada masing-masing sekolah. ”Memang penyalurannya belum, karena saat ini panitia sedang melaku-

13

kan pendataan bersama bendahara. Jika pendataan selesai, maka penyaluran akan segera kita lakukan ke setiap sekolah,” kata Qomaruddin saat dihubungi Kamis (2/1) kemarin. Selain itu, kendala lain tertundanya penyaluran seragam batik adalah karena sejak tanggal 23 Desember lalu sekolah-sekolah sudah libur pasca UAS. Disdikpora Kota Batu sendiri tidak ada niatan untuk mengulur-ngulur pembagian seragam ini terhadap para siswa. “Ini murni sudah sesuai dengan prosedur dari BPKAD,” lanjutnya. Pria yang akrab disapa Qomar

itu menerangkan, nantinya untuk pendistribusian akan diserahkan langsung kepada kepala sekolah. Terlebih dahulu, para kasek akan diajak rapat pada Senin mendatang, sehingga saat siswa masuk sekolah, bisa langsung memakai seragam baru bantuan dari Pemerintah.”Senin semua Kasek akan dikumpulkan, dan dilanjut pembagian seragam ini,” terang Qomar kepada Malang Post. Lebih lanjut dia menerangkan, batik tersebut akan bermotif segala hal tentang potensi Kota Batu. Sedangkan seragam yang dibagikan itu berupa ba-

han untuk atasan. Untuk bawahannya, celana atau rok, disesuaikan dengan sekolah masing. Misalnya siswa SD disesuaikan dengan bawahan merah dan untuk SMP disesuaikan dengan bawahan warna biru. Data yang dihimpun Malang Post diambil dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Batu, bahwa pengadaan batik bagi siswa SD dan SMP tersebut dianggarkan sebesar Rp 1,68 Miliar. Rincinya, baju batik itu akan diberikan kepada puluhan ribu siswa, antara lain 19.407 siswa SD dan 9.347 siswa SMP. (mik/nda)

MALANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI merencanakan program S2 Bidikmisi sebagai keberlanjutan program S1 Bidikmisi. Rencana Mendikbud ini disambut baik oleh Perguruan Tinggi di Malang. Seperti diungkapkan Rektor UB, Prof. Dr. Yogi Sugito. Menurutnya program tersebut sangat bagus kalau bisa direalisasikan. ”UB siap mendukung program tersebut. Kalau memang ada S2 Bidikmisi itu sangat bagus sekali,” ungkap Yogi. Apalagi UB adalah salah satu perguruan tinggi yang menampung mahasiswa bidikmisi dalam jumlah yang cukup besar. Setiap tahun sedikitnya ada 1500 mahasiswa bidikmisi yang diterima UB per tahun. Jumlah mahasiswa baru UB tahun akademik 20122013 yang menerima beasiswa Bidik Misi sebanyak 1.575 orang. Tahun 2013 meningkat menjadi 1.700 mahasiswa dan masih ada kemungkinan bertambah lagi, karena dari jalur afirmasi masih belum dimasukkan. Hanya, karena jumlah pendaftar bidik misi yang terus meningkat, seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru juga diperketat agar tidak sampai salah sasaran. Bahkan tim juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima bidik misi tersebut serta melakukan pendekatan religi. Untuk program beasiswa ini pada 2013 lalu, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 1,64 triliun dan telah diberikan kepada 88.142

IST/MALANG POST

LANJUT: Lulusan S1 yang masuk dalam kelas ekonomi bawah bisa melanjutkan studi S2 dengan beasiswa bidikmisi yang sedang digodok oleh Kemendikbud. mahasiswa. Pada 2014, Kemdikbud kembali membuka kesempatan kuliah bagi 62 ribu calon mahasiswa miskin. Mendikbud menilai program ini efektif, bahkan prestasi penerima bidikmisi pun membanggakan. Sebab ada yang pencapaian IPK 3,96 dan ada juga meraih IPK 3,8. Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik. Program ini dimulai tahun 2010. Kebijakan ini

adalah usaha pemerintah dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi keluarga miskin. Selain untuk biaya pendidikan, mahasiswa dapat menggunakan dana bantuan bidikmisi untuk biaya hidup selama kuliah baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Besarnya berkisar Rp 6 juta per semester per mahasiswa. Pada tahun akademik 2013/2014, Kemdikbud menargetkan 150 ribu mahasiswa akan menerima bantuan tersebut.

Rencana Kemendikbud membuka kesempatan S2 bidikmisi ini pun mendapatkan sambutan dari mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi S1. Seperti diungkapkan Susila Argaleta Purnama, mahasiswa Psikologi UIN Maliki. Hanya ia berharap penyaluran bidikmisi S2 harus lebih tepat sasaran. ”Sesuai dengan nama Misi yang artinya miskin dan prestasi maka seharusnya yang menerima beasiswa itu adalah yang dari keluarga miskin,” ungkapnya. Apalagi lanjutnya jika penerima S2 Bidikmisi adalah mahasiswa program S1 Bidikmisi sehingga sudah ada rekam jejak asal siswa. Walaupun ia mengakui selama ini di lapangan banyak melihat temannya penerima bidikmisi tapi sebenarnya berasal dari keluarga kaya. Sayangnya lagi pihak kampus tidak melakukan kroscek dan kunjungan ke rumah siswa penerimanya. Arga, panggilan akrab Argaleta adalah mahasiswa semester 8 yang saat ini tinggal di sebuah panti asuhan di belakang kampusnya yaitu Pendidikan Anak Yatim Salman. Setelah lulus nanti ia ingin bekerja dan menabung untuk bisa melanjutkan studi S2 dan mengejar cita-citanya. Sambutan positif juga diungkapkan Evi Purwanti, penerima bidikmisi dari Universitas Negeri Malang (UM). Menurutnya keluarga tidak mampu yang bercitacita tinggi perlu mendapatkan perhatian pemerintah. Seperti dirinya yang ingin menjadi dosen sehingga perlu menempuh studi lanjut S2. (oci/nda)

M NUH UB

Digandeng Bappenas, Susun RPJMN MALANG - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggandeng Universitas Brawijaya untuk menyusun Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Dalam rilis Humas UB disebutkan penyusunan dilakukan dengan melibatkan dosen dari seluruh fakultas di Universitas Brawijaya dalam sebuah Focus Group Discussion (FGD) di Apple Room beberapa waktu lalu. “Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama Bappenas dengan perguruan tinggi yang diarahkan untuk menyiapkan masukan-masukan dari UB dalam penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM),” kata Staff Khusus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Dedi M Masykur Riyadi, IR. Ph.D. Lebih lanjut dikatakan Dedy bahwa para dosen diundang untuk memberikan masukan berdasarkan fakta dan perkembangan akademik. Masukan tersebut nantinya akan disusun dalam white paper yang akan dipublikasikan. Selain dipublikasikan, white paper tersebut juga akan dipresentasikan di seminar. ”Masukan-masukan dari perguruan tinggi yang sudah dipresentasikan akan menjadi materi bagi Bappenas untuk memberikan masukan bagi presiden,” katanya. Selain Universitas Brawijaya,Bappenas juga menggandeng lima perguruan tinggi, yaitu Universitas Airlangga, Universitas Hasanudin, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Surakarta (UNS), dan Universitas Padjajaran. (oci/nda)

Unisma Ikut Nikmati Panen Dosen MALANG - Universitas Islam (Unisma) Malang ikut menikmati panen dosen yang ada di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Ada tiga tenaga dosen yang akan mengisi kebutuhan tenaga pengajar di Unisma Malang selama enam bulan ke depan. Masing-masing dua orang dosen di Fakultas Peternakan dan satu orang di Jurusan Pendidikan Matematika FKIP. ”Kami sebenarnya mengajukan 13 dosen pada panen pertama beberapa waktu lalu, dan baru dapat tiga dosen pada panen dosen ke dua,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akdemik Unisma Malang, Dr. Badat Muwakhid kepada Malang Post.

REDAKTUR : NOER ADINDA ZAENI, LAYOUTER : DJ AMIEL

Secara nasional, lanjutnya ada 178 calon dosen tetap non PNS yang disebar ke 69 PTN dan PTS itu. Sebelumnya pada panen dosen pertama sebanyak 407 orang dan telah ditempatkan pada 28 PTN dan PTS. Calon dosen tersebut berasal dari lulusan Beasiswa Unggulan Dikti. Melalui program ini diharapkan sumber daya manusia unggul dapat tersebar dengan baik di berbagai pelosok wilayah Indonesia. Selain itu, hal ini dapat menjawab regenerasi tenaga pendidik profesional dalam upaya meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi. Ia menjelaskan dosen tersebut akan digaji oleh Ditjen Dikti

selama enam bulan pertama yang nilainya lebih kompetitif dibandingkan gaji PNS baru. Setelah enam bulan mengabdi, mereka akan mendapatkan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) beserta haknya yang melekat sesuai undang-undang yang berlaku. Sesuai janji pemerintah yang akan selalu melakukan upaya percepatan guna mengisi kekurangan dosen di Perguruan Tinggi. Pastinya calon dosen tersebut yang telah memenuhi syarat akademik. Menariknya lagi, dari tiga dosen yang ditempatkan di Unisma salah satunya adalah non muslim. Bagi Unisma hal itu tidak menjadi

masalah, karena perguruan tinggi ini terbuka bagi siapa saja selama keilmuannya memang unggul. ”Usai program ini kami berharap bisa diberikan dosen PNS, sebab hal itu akan sangat membantu bagi kampus ini,” ungkap Rektor Unisma, Prof. Dr. Surahmat M.Si. Jumlah PNS yang diperbantukan (DPK) di Unisma saat ini sebanyak 40 orang. Kebutuhan tenaga SDM dosen yang handal ini sangat tinggi di Unisma mengingat dinamika kampus yang luar biasa. Pada 2014 ini sejumlah program studi baru sudah siap dibuka dan tentunya membutuhkan banyak SDM handal. (oci/nda)

IST/MALANG POST

TAMBAH SDM: Unisma mendapat tambahan tiga dosen, dua dosen di Fakultas Peternakan dan satu orang di Jurusan Pendidikan Matematika FKIP.


JUMAT, 3 JANUARI 2014

14

Bumil Olahraga,

Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi BAGI ibu hamil, jika kondisi tubuh memang memungkinkan untuk melakukan kegiatan fisik maka ada baiknya rutin berolahraga. Sebab berdasar penelitian terbaru, olahraga teratur saat hamil bisa meningkatkan perkembangan otak bayi di kandungan. Menurut para ilmuwan, 20 menit latihan rutin tiga kali seminggu sudah cukup untuk membantu perkembangan otak bayi saat di dalam kandungan. Hasil studi tersebut dijelaskan para peneliti di kongres Neuroscience 2013 di San Diego, AS. “Ini adalah uji coba pertama secara acak yang mengukur

dampak langsung olahraga rutin selama kehamilan pada otak bayi. Pada masa lalu, wanita disarankan untuk banyak istirahat dan melakukan pekerjaan yang mudah,” kata Profesor Dave Ellemberg, pemimpin penelitian dari University of Montreal, Canada seperti dilansir laman The Vancouver Sun, Rabu (1/2). Sementara penulis studi lainnya, Profesor Daniel Curnier mengatakan, gaya hidup yang aktif bisa mempercepat pemulihan ibu setelah melahirkan, membuat kehamilan lebih nyaman, serta mengurangi risiko obesitas pada anak. “Olahraga

terbukti bermanfaat untuk otak orang dewasa. Kami mengetahui bahwa hal ini juga bisa bermanfaat bagi anak yang belum lahir melalui latihan fisik yang dilakukan ibunya,” kata pakar olahraga dan latihan fisik dari University of Montreal itu. Studi ini melibatkan para ibu hamil yang secara acak ditugaskan melakukan latihan rutin setidaknya 20 menit latihan kardiovaskular tiga kali seminggu. Memang, selama latihan secara intens, para wanita mengaku sering mengalami sedikit sesak napas. Sedangkan kelompok lainnya tidak berolahraga sama sekali. Selanjutnya, delapan sampai 12 hari setelah persalinan,

aktivitas otak si bayi pun diukur. Peneliti menggunakan 124 elektroda yang diletakkan di kepala bayi sampai anak itu tertidur di pangkuan ibunya. Lalu, mereka mengukur memori pendengaran melalui respons bawah sadar otak. “Hasilnya menunjukkan, bayi yang lahir dari ibu yang aktif secara fisik memiliki aktivasi otak lebih matang. Hal itu menunjukkan bahwa otak mereka berkembang lebih cepat,” kata salah satu peneliti, Elise Labonte-LeMoyne. (jpnn/han)

PILIHAN: Yoga menjadi banyak pilihan ibu hamil untuk berolahraga.

Tompi

Bumil juga Bisa Terkena Gangguan Makan

SERIUS: Gangguan makan adalah hal yang harus mendapat perhatian serius, apalagi bagi ibu hamil.

GANGGUAN makan atau eating disorder sering dikaitkan dengan gadis-gadis yang ingin mempertahankan berat badannya. Tapi jangan salah, ibu hamil juga bisa mengalami gangguan makan meskipun tengah berbadan dua. Studi terbaru yang diterbitkan dalam European Eating Disorders Review menemukan dari 700 lebih wanita hamil yang terlibat dalam studi, seperempatnya mengaku khawatir dengan berat dan bentuk badan mereka. Studi ini juga menemukan satu dari 12 wanita kehilangan kontrol makannya sampai dua kali seminggu. Sedangkan satu dari 14 wanita memenuhi kriteria gangguan makan pada tiga bulan pertama kehamilannya. Sementara itu, dua persen wanita secara rutin berpuasa, olahraga berlebihan, sengaja muntah, dan menggunakan obat pencahar untuk mencegah kenaikan berat badan. Oleh karenanya, tim dari UCL Institute of Child Care merekomendasikan agar wanita melakukan skrining gangguan makan saat melakukan pemeriksaan antenatal.

Gangguan makan saat hamil dialami salah satu perempuan dari Sydney bernama Jane Fulton (bukan nama sebenarnya). Jane sudah mengalami gangguan makan sejak usianya 15 tahun. Ia mengaku selama hamil merasa tersiksa karena takut bobotnya akan bertambah. Meskipun ia tahu kesehatan bayinya adalah yang terpenting, Jane tetap menghitung kalori asupannya dan tidak makan dua kali sehari. “Rasanya sulit saat tahu bobot saya bertambah ketika kontrol ke dokter kandungan karena sebelumnya berat badan saya tak sampai seperti itu. Saya merasa sangat tidak aman dan ingin segera menurunkan berat badan,” kata Jane. Berkat dukungan keluarga usai melahirkan, Jane meminta bantuan dokter untuk memonitor pola makannya. Sebab, Jane tidak ingin kesehatan bayinya terganggu akibat ia tidak mau makan. Ia juga melakukan konseling dan akhirnya Jane bisa pulih sepenuhnya dari gangguan makannya selama ini. “Saya setuju dengan Jane bahwa ketika wanita menga-

lami gangguan makan dan hamil carilah bantuan awal. Orang-orang kini lebih sadar bahwa gangguan makan adalah hal yang serius dan perlu dicari pengobatannya,” kata manajer komunikasi The Butterfly Foundation for Eating Disorders, Sarah Spence, seperti dilansir laman Essential Baby. Sementara itu, terapis di Body Matters Australasia, Jen Bradon mengatakan pasti perubahan tubuh selama hamil membuat wanita ingin segera mengembalikan bentuk tubuhnya. Tapi, dengan dukungan keluarga dan prinsip melindungi bayinya, wanita tidak perlu terlalu takut akan perubahan tubuhnya. “Pemikiran kita juga dimanipulasi oleh media yang menggambarkan tubuh selebriti sangat langsing usai melahirkan. Padahal, keinginan seperti itu bisa menimbulkan gangguan ekstrem seperti terhambatnya perkembangan anak, masalah jantung, dan saat hamil bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, kecacatan, bahkan kebutaan,” pungkas Jen.(jpnn/han)

GMB Luncurkan CD Kompilasi Bangkit Malangku MALANG-Bangkit Malangku, Bangkit Indonesiaku, demikian judul album kompilasi dari para finalis Festival Band Kajoetangan 4 tahun 2013 yang diluncurkan di Rumah Makan Ringin Asri 30 Desember lalu. Para juara yang tampil di panggung dengan lagu ciptaannya menghibur sekitar 150 undangan. Mereka adalah Dimensi 5 (Juara I, Kediri), Mystic (Juara II, Surabaya) dan Stafa (Juara III, Malang). Ketua Galeri Malang Benyanyi (GMB), Hengki Herwanto, yang punya gawe festival band tersebut mengatakan festiva band yang berlangsung bulan Juli silam diikuti oleh 69 band dari kota-kota di Jawa Timur dan satu band dari Yogyakarta. “Para musisi muda kota Malang perlu mencermati hal ini. Walaupun sebagian besar peserta berasal dari Malang Raya, hanya satu band dari Malang yang terpilih sebagai finalis. Empat band lainnya datang dari Surabaya (2 band), Kediri dan Yogyakarta. Itulah yang mengilhami kami untuk memberi judul Bangkit Malangku, Bangkit Indonesiaku dalam album kompilasi dari 10 group terbaik ini” ujarnya dalam release yang dikirmkan ke redaksi MALANG POST.. Launching album secara simbolis ditandai dengan penyerahan CD Kompilasi kepada ketiga juara oleh Pongki Pamungkas, ketua komunitas pecinta kajoetangan (kapeka ), Hengki Herwanto dan

GMB FOR MALANG POST

LADY ROCKER: Sylvia Saartje saat tampil di peluncuran CD Kompilasi Bangkit Malangku oleh GMB di RM Ringin Asri, (30/12) lalu. Sigit Hadinoto, musisi kota Malang yang turut melahirkan GMB. Selain 3 group di atas, group lainnya yang mengisi 12 lagu dalam CD ini adalah Dargombez (Surabaya), Ekspressi (Yogyakarta) dan 5 group Malang Raya lainnya, EQ, Five C Plus, Piganman, Finger Print dan Mr. Simple. “Penggandaan CD ini dilakukan di Lokananta, studio rekaman milik Pemerintah di Solo. Malam itu panitia juga menggalang kegiatan pengumpulan dana untuk Lokananta

yang disebut G 2000 yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Rp 2.000. Ini adalah upaya menghimpun sumbangan pembuatan cover untuk memelihara sekitar 20.000 piringan hitam tanpa cover yang tersimpan di lokananta. Seribu cover telah diberikan pada tahun lalu dan seribu berikutnya telah dipesan dan akan disampaikan pada awal tahun 2014 ini,” imbuh Hengki. Puncak acara yang berlangsung sampai pukul 23.00 WIB itu ditutup dengan penampilan Malang Le-

gendary Band yang beranggotakan Sigit Hadinoto, Hari Kotjo, Edi Mambo, Donny, Gendut, Gatot, Toing, Donny, Isman. Pemain lainnya adalah Edi Darome (Elpamas), Oyek (Ogle Eyes) dan Sylvia Saartje yang sering disebut sebagai Indonesian First Lady Rocker. Beberapa lagu yang dinyanykan Sylvia antara lain Imagine (John Lennon), Hongky Tong Woman (Rolling Stones) dan Story Book Children (Sandra & Andres), sebuah lagu lama yang populer pada tahun 1969. (sin/sir)

Suka Surabaya karena Kulinernya PADA malam pergantian tahun 2013-2014, Tompi memilih melewatkannya di Surabaya. Penyanyi yang juga dokter spesialis bedah plastik tersebut punya alasan sendiri memilih Surabaya di antara sekian tawaran manggung di berbagai kota. Ternyata, Tompi menjadikan beragamnya kuliner di Surabaya sebagai alasannya. “Ini sudah menjadi kota kedua bagi saya. Yang paling bikin betah memang makanannya. Saya suka semua masakan Surabaya,” papar laki-laki dengan nama asli Teuku Adifitrian itu. Menurut dia, hampir sebulan sekali dirinya ke Surabaya untuk show. Tompi sering diundang dalam acara pernikahan atau ulang tahun para ekspatriat. Bila sudah begitu, bisa dipastikan dia menikmati makanan favoritnya. “Turun dari airport, pasti langsung cari bebek, soto, atau rawon,” ujarnya lantas tertawa. Sebelum atau setelah show dan sebelum pulang ke Jakarta, Tompi selalu menyempatkan diri mencari masakan Surabaya. Misalnya, siang kemarin dirinya baru saja makan sup buntut di suatu rumah makan. “Makanan menjadi salah satu alasan saya sering ke sini,” tutur pemilik hit Menghujam Jantungku tersebut. (jpnn/han)

Amel Carla

Syuting Film, Kritis karena Kedinginan CUKUP lama publik tidak mendengar kabar artis cilik Amel Carla. Ternyata, Amel mengaku kesehatannya sempat kritis saat syuting film “Kau dan ACI (Aku Cinta Indonesia)” di kaki Gunung Merbabu dan Merapi. “Kondisi kesehatan saya sempat kritis dan mendapat perawatan serius. Bayangkan saja, suhu yang begitu dingin membuat aku tidak bisa ngapa-ngapain, yang ada selimutan terus supaya tidak kedinginan,” ujar Amel. Amel pun mengaku tidak mudah beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan yang tidak bersahabat itu. Dengan kondisi yang ekstrem, dia merasa terlibat dalam film Kau dan ACI itu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. “Jadi teringat terus masa-masa kritis saya saat itu. Alhamdulillah saya tidak mengalami gangguan kesehatan berlebihan,” ujar pemilik nama lengkap Amalia Nuril Aqmarina ini.

Kata Amel, syuting film bertemakan anak-anak itu berlokasi di kawasan Kopeng, Semarang, Jawa Tengah. Kawasan yang terletak di antara kaki Gunung Merbabu dan Merapi itu memiliki udara dingin. “Film ini bercerita mengenai pendidikan dan arti persahabatan. Buat saya film ini sangat dibutuhkan bagi semua pelajar di Indonesia, termasuk saya. Film ini juga menyadarkan kita untuk cinta Indonesia,” terang Amel. Film itu akan tayang di bioskop mulai 16 Januari 2014. Amel berperan sebagai Nanda, wanita bertubuh agak gemuk yang selalu bicara lugu. Nanda adalah sahabat Tiwi (Monica Setiawan), wanita berparas cantik namun kurang begitu cerdas. “Tapi saya berusaha memberinya semangat belajar. Film ini membuat motivasi saya untuk menekankan pentingnya pendidikan, memiliki ilmu dan arti persahabatan. Makanya saya berharap film ini ditonton oleh semua pelajar,” ujar Amel.(viv/han)

SEGERA TAYANG: Film terbaru Amel, Kau dan ACI akan segera tayang di bioskop Indonesia.

REDAKTUR: DEWI YUHANA, LAYOUTER: SITI


JUMAT, 3 JANUARI 2014

15

Rp 1 Miliar untuk Bangun Ruang Kelas BATU- Dalam waktu dekat, siswasiswi SMP Desa Sumberbrantas tidak perlu repot-repot lagi pergi ke sekolah dengan menempuh jarak sekitar 15 km. Desa yang kaya hasil pertanian sayuran ini mendapat kucuran anggaran Rp1 miliar dari Pemkot Batu, untuk membangun ruang kelas baru. Memang saat ini, di desa tersebut sudah berdiri SMPN 5. Namun karena banyaknya lulusan SD yang ingin melanjutkan ke jenjang SMP, mengakibatkan kapasitas SMPN 5 tidak mencukupi karena kurangnya ruang belajar. ” Bukan masalah jauh tidaknya, tetapi karena sulitnya transportasi dari

desa ke sekolah,” jelas Heli Suyanto, tokoh masyarakat Desa Sumberbrantas. Dia menyebutkan bahwa dengan adanya penambahan gedung sekolahan tersebut, diyakini dapat menampung siswa-siswa Desa Sumberbrantas dan sekitarnya. Sedangkan kondisi jalan menuju sekolah SMP yang terletak di Dusun Lemah Putih itu, sudah bagus atau telah diperbaiki. ”Bukan hanya gedung sekolahnya yang kurang, dari segi peralatan dan kebutuhan sekolah juga masih belum memadai. Bila nanti sudah dibangun ruang baru dan penambahan peralatan, niscaya banyak pelajar yang ingin sekolah ke sini ketimbang harus ke kota,”

papar pria yang juga menjabat Sekretaris Komisi A DPRD Kota Batu itu. Sebelumnya, SDN 2 Sumberbrantas juga akan dibangun dan sudah dianggarkan sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan sekolah baru. Penyebabnya sama, yakni terjadi overload siswa di sekolah. “Tahun 2014 dua sekolah (SD dan SMP) bakal dibangun lagi, hal ini menunjukkan bahwa kepedulian Pemkot terhadap masyarakat sangatlah tinggi,” papar Heli, panggilannya. Kepala SMPN 5 Kota Batu, Bambang Irawan membenarkan bahwa SMPN 5 bakal dibangun sebagai sekolah percontohan di Kota Batu. “Dulu ada wacana jika Dindik bakal menjadikan SMPN 5

sebagai sekolah percontohan,” katanya. Namun dia baru tahu jika sekolah tersebut, urung dibangun sebagai sekolah percontohan pada tahun 2014. Dia mengakui, sekolah yang dia pimpin itu memang sangat terbatas baik menyangkut ruang kelas, guru maupun ruang Kasek plus fasilitas laboratorium IT. Sekarang ini, yang sekolah di SMPN 5 bukan hanya warga dari Desa Sumberbrantas saja, melainkan juga ada yang dari Desa Tulungrejo. “Sekarang jumlah siswa di sekolah kami, sekitar 208 siswa dan jumlahnya sudah melebihi kapasitas karena kurang ruang kelas,” ungkapnya. (mik/lyo)

DOK/MALANG POST

TAMBAH: Tahun 2014, Pemkot Batu akan menambah ruang kelas SMPN 5 agar proses belajar mengajar menjadi lebih baik.

Tak Ada Keberanian Ikuti Lelang Lurah

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

CAR FREE DAY: Evan Dimas dan kawan-kawan bakal hadir dalam acara Car Free Day di Alun-Alun Kota Batu, Minggu (5/1) nanti.

Akhiri TC, Timnas U-19 Ikut CFD BATU– Kegiatan Car Free Day (CFD) di Alun-Alun Kota Batu, Minggu (5/1) nanti menjadi sangat spesial bagi warga kota apel ini maupun wisatawan. Evan Dimas dan official Timnas U-19 memastikan diri berbaur dengan peserta Car Free Day, menjelang hari-hari terakhir mereka melakukan training center (TC) di kota ini. CFD spesial tahun baru tersebut, merupakan persembahan Harian Pagi Malang Post, Pemkot Batu dan Pengcab PSSI Kota Batu. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan tim pelatih Timnas

U-19 yang masih berada di Kota Batu. Timnas mengatakan siap datang dalam kegiatan CFD di Alun-Alun Kota Batu, nanti,” ungkap Sekretaris Pengcab PSSI Kota Batu, Zainul Arifin kepada Malang Post, kemarin. Menurut Zinung, sapaan akrabnya, kedatangan timnas U-19 dipimpin langsung pelatih Indra Safrie. Sedangkan pemain-pemain yang sudah mengharumkan nama Indonesia, seperti Evan Dimas, Muklis Hadi Ningsyaifullah, Ilham Udin Armaiyn dan pemain-pemain lain juga sudah

siap datang. “Mereka akan melakukan senam aerobik bersama trio instruktur dan ribuan warga Kota Batu yang biasa menghadiri CFD,” tegasnya. Selain senam, Evan Dimas dan kawan-kawan juga siap mengikuti beberapa kegiatan CFD hingga selesai. Bahkan, mereka juga siap melakukan foto-foto jika pengunjung CFD ingin berfoto bersama. Seperti diketahui, CFD selalu dilakukan setiap minggu di Alun-Alun Kota Batu mulai pukul 06.00. Kegiatan CFD antara lain senam aerobik sekitar satu jam. Selain

itu peserta bisa memanfaat areal bebas kendaraan di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajahmada dengan jogging, sepak bola mini, skate board, bulutangkis dan masih banyak lagi. Sementara kedatangan timnas U-19 merupakan hari-hari terakhir mereka melakukan TC selama dua bulan di Kota Batu. Mulai 7 Januari, timnas U-19 bakal berpindah lokasi TC, yakni Jogjakarta. Timnas juga dijadwalkan melakoni gam internal di Stadion Brantas, Senin (6/1) pukul 19.00. (feb/lyo)

Gugatan

Tahun Baru, Seragam PNS Baru Sambungan dari Halaman 16

“Baru ada beberapa pegawai, yang sudah mengambil seragam itu. Kemungkinan Jumat besok (hari ini) atau paling lambat Senin depan banyak yang mengambil,” ujar dia. Dipaparkan Bambang, bantuan seragam itu, masuk dalam anggaran pengadaan tahun 2013. Sebelumnya, para pegawai juga sudah mendapatkan kain seragam Korpri, sedangkan pada tahun 2012 lalu dapat pembagian kain batik khas Kota Batu (bermotif taman Alun-alun). Dia mengakui bahwa untuk pengadaan paket seragam gres itu anggarannya sebesar Rp 899 juta. ”Untuk tahun 2013, mereka mendapatkan kain keky, sehingga mereka tidak usah repot-repot lagi membeli kain seragam dengan biaya sendiri,” terangnya. Selain itu, tahun ini pegawai juga bakal mendapatkan bantuan kain atau seragam Linmas.”Ya, nanti dalam tahun ini pegawai bakal kembali mendapatkan bantuan kain,” pungkasnya sambil membagikan seragam tersebut kepada pegawai. (mik/lyo)

Berbahan Daur Ulang Onderdil 3,6 Ton

Impian Abdul Majid Cs Kandas BATU– Harapan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Abdul Majid Cs agar dilakukan kembali pilkada ulang di kota ini, dikandaskan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN). Dalam amar putusannya, PTTUN menerima banding dari KPU Kota Batu tentang Keputusan PTUN Surabaya Nomor 166/G tahun 2013, yang saat itu mengabulkan gugatan untuk sebagian Abdul Majid Cs. Seperti diketahui, dua pasangan calon Wa l i K o t a d a n Supriyanto Wakil Wali Kota Batu, menggugat KPU Kota Batu ke PTUN Surabaya terkait Pilkada Kota Batu Yakni Abdul Majid bersama pasangannya, Kustomo dan pasangan calon Gunawan Wirutomo-Sundjojo serta Suyitno, calon Wakil Wali Kota bersama Suhadi, Keputusan yang digugat tersebut antara lain, SK Nomor 29 Tahun 2012 tentang Penetapan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, SK Nomor 30 Tahun 2012 tentang Penghitungan Suara, dan SK Nomor 31 Tahun 2012 tentang Penetapan Pemenang. Pilkada Kota Batu sendiri, dimenangkan oleh pasangan Eddy Rumpoko- Punjul Santoso. Anggota KPUD Kota Batu, Supriyanto membenarkan jika PTTUN mengabulkan banding atas Keputusan PTUN Surabaya Nomor 166/G tahun 2013. PTTUN yang memenangkan upaya banding KPU Kota Batu, itu dituangkan dalam putusan Nomor 159/B/2013 tanggal 18 November 2013. Sedangkan KPU kota apel inipun menerima salinan putusan dari PTTUN tertanggal 23 Desember lalu. “Dengan diterima banding kami oleh PTTUN, secara otomatis membatalkan Keputusan PTUN Surabaya No 166/G tahun 2013,” ungkapnya. Menurutnya, PTTUN mengadili sendiri dan menerima eksepsi dari tergugat atau pembanding. PTTUN juga menghukum terbanding atau penggugat atas nama Abdul Majid Cs, untuk membayar biaya perkara dalam kedua tingkat pengadilan, yang dalam tingkat banding ditetapkan Rp 250.000. (feb/lyo)

BATU- Nampaknya PNS di lingkungan Pemkot Batu, tidak punya keberanian mengikuti lelang jabatan Lurah Sisir. Faktanya, pendaftaran peserta lelang yang dibuka pada 27 sampai 31 Desember lalu, tak satupun ada yang mengikutinya. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu, terpaksa memperpanjang waktu pendaftaran hingga sampai 6 Januari atau hari Senin depan. Menurut Ketua BKD Kota Batu, Achmad Suparto, pihaknya kembali menambah waktu pendaftaran lelang jabatan Lurah Sisir, karena lima hari pendaftaran pertama tidak ada satupun peserta yang mendaftar. ”Ya kami tambah waktunya 5 hari lagi, dan kami harap kali ini ada yang mendaftar,” katanya kemarin. Dia mengatakan, surat dari panitia lelang Lurah sisir sudah diserahkan semua kepada masing-masing SKPD sebagai bentuk sosialisasi. Namun sampai saat ini, justru belum ada konfirmasi ataupun informasi dari SKPD-SKPD itu. ”Kami terus berkordinasi dengan SKPD-SKPD, agar dalam 5 hari kedepan ada yang mendaftar. Intinya memenuhi syarat,” sebutnya. Menurutnya, kalau sampai batas waktu pendaftaran tidak ada satupun pegawai yang mendaftarkan diri, pihaknya akan mengembalikan ke walikota yang notabene pemilik kewenangan mengangkat pejabat. Selain itu perlu diketahui, jika pegawai yang mendaftarkan diri nantinya tidak akan kehilangan posisi awalnya atau harus terlebih dahulu melepas statusnya sebagai PNS. ”Kalau mau mencalonkan diri sebagai Caleg, kan terlebih dahulu mundur dari jabatannya. Namun ini bukan di ranah politik, jadi pegawai tidak perlu mengundurkan diri dari statusnya, alias tidak ada prasyarat seperti itu dalam pengangkatan Lurah Sisir,” ingatnya. Praktis, untuk sementara kekosongan jabatan Lurah Sisir diisi oleh Sekretaris Kelurahan sebagai Plt. (mik/lyo)

Sambungan dari Halaman 16

MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST

PRIMADONA: Petik apel masih menjadi primadona dikalangan wisatawan saat merayakan pergantian tahun baru di Kota Batu

Ketika mengendarai motor itu, seolah-olah pengunjung dibonceng oleh hantu yang melaju terbang dengan bara api. “Kami harus mencari banyak referensi, untuk membuat karya ini. Browsing internet hingga mengumpulkan gambargambar, merupakan kegiatan sebelum menciptakan motor Ghost Rider,” ungkap Dedi. Dia mengaku cukup kesulitan mencari bahan-bahan, untuk membuat replika motor tersebut. Dia pun harus bolak balik ke pasar loak Comboran-Malang maupun ke Surabaya. Begitu barang yang diperlukan ditemukan, langsung diangkut menuju Kota Batu. “Untuk membuat motor Ghost Rider ini, kami membutuhkan sekitar 600 kilogram onderdil bekas. Semua itu kami beli dari Malang dan Surabaya,” tegas pemuda nyentrik ini. Selain menciptakan Ghost Rider, Dedi juga sudah membuat replika Hulk yang sudah berdiri di arena Museum Angkut. Tubuhnya juga terbuat dari onderdil-onderdil bekas dengan finishing cat. Tokoh yang dalam film itu digambarkan sangat tinggi dan besar dengan kekebalan tubuh luarbiasa itu, membutuhkan bahan-bahan cukup banyak. Yakni, tiga ton besi dalam bentuk onderdil motor dan mobil. Di Jatim Park Grup, Dedi juga bukan orag baru. Sebelum Museum Angkut berdiri, dia sudah menciptakan patung gajah yang bahanya terbuat dari TV-TV bekas, yang sekarang terpajang di Eco Green Park, wahana yang berdekatan dengan Jatim Park 2. (febri setyawan/samsuliono)

Petik Apel Masih Jadi Primadona Wisatawan BATU- Selama libur Hari Natal dan Tahun Baru, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, memprediksi sekitar 1 juta lebih wisatawan yang datang ke Kota Batu. Salah satu tujuan yang diminati pengunjung, tak lain desa wisata Kungkuk, Punten, Kecamatan Bumiaji. Selama libur panjang itu, mayoritas wisatawan lebih memilih mengisi waktu liburannya dengan mengunjungi berburu wisata petik apel dan home stay. “Mereka mayoritas memilih wisata tersebut dan di Kungkuk sendiri melebihi target pengunjung,” jelas Ketua Pengelola Wisata Kungkuk, Wito. Sedangkan wisata edukasi, adventure dan outbond yang dia kelola sedikit sekali peminatnya. Namun, tingginya kunjungan dan penggunaan home stay itu menunjukkan jika desa

wisata Kungkuk menjadi pilihan wisatawan dalam mengisi liburannya. Dia menilai, kedepan akan meminta bantuan Pemkot Batu untuk mempromosikan Wisata Kungkuk tersebut, agar aneka wahana dan sajian yang sudah dipersiapkan, laris dan digandrungi semua wisatawan. Selain suasana pedesaan yang asri dan sejuk, juga dilengkapi dengan berbagai aneka antraksi kebudayaan yang sudah dipersiapkan oleh masyarakat. “Rata-rata pengunjung dari luar kota, mereka ingin merasakan hidup di desa seperti apa dan ternyata mereka justru ketagihan,” ujarnya. Pihaknya sengaja tidak menaikkan tarif sewa, yakni dengan tarif Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per orang. Hal ini sebagai strategi untuk menarik kunjungan wisatawan,

ada yang sampai menginap dua sampai tiga malam dan pengunjung juga meminta masakan khas pedesaan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, Hj Mistin mengaku jika kunjungan wisatawan periode liburan panjang kemarin lebih dari 1 juta orang. Hal tersebut bisa dibuktikan dari data pihak kepolisian, yang mencatat bahwa selama operasi lilin 24 Desember sampai tanggal 1 Januari kota ini dipenuhi pengunjung. Rincinya, roda empat sebanyak 34.000 unit dan roda dua sebanyak 322.000 unit. Mistin mengaku, jika saat tahun baru dia bersama anggotanya melakukan survey mulai dari tempat wisata Selecta sampai pertigaan Dadaprejo terjadi kemacetan panjang. (mik/lyo)

GUEST GESANG/MALANG POST

REPLIKA: Hulk di Museum Angkut serta Movie Star, Kota Batu. REDAKTUR: SAMSULIYONO - SUMARGA NURTANTYO, LAYOUTER: DJ AMIEL


JUMAT, 3 JANUARI 2014

KOTA WISATA

BIRO BATU Jalan Diran 1 B, Batu Telp. 0341 - 592 967

16

Tahun Baru, Seragam PNS Baru Anggaran Rp 899 Juta dari APBD Tahun 2013

MISKI/MALANG POST

PAKET GRES: Pegawai Pemkot Batu mengambil paket seragam dinas.

BATU- Sebanyak 4.548 pegawai baik itu PNS maupun tenaga honorer yang bertugas di 40 SKPD Kota Batu, mendapatkan paket seragam dinas secara gratis. Rincinya, satu paket seragam itu berupa ikat pinggang, badge, dan kain. Tidak hanya itu, untuk ongkos jahitan pun disubsidi masing-masing sebesar Rp 50.000. “Warna kainnya keky (krem), untuk seluruh seragam pegawai di lingkungan Pemkot Batu,” ungkap Kabid Aset BPKAD, Bambang Supriyanto. Menurutnya, sejak kemarin paket seragam tersebut didistribusikan kepada pegawai. Dan pihaknya pun sudah konfirmasi ke setiap SKPD, untuk memberitahu pewainya agar segera mengambil paket seragam itu di bagian Aset Pemkot. Baca Tahun Baru... Hal.15

GUEST GESANG/MALANG POST

KREATIF: Motor Ghost Rider ditumpangi Dahlan Iskan dan Dedi Firgo.

Bolak Balik Comboran Jadilah Hulk dan Motor Ghost Rider

Berbahan Daur Ulang Onderdil 3,6 Ton Film Ghost Rider, mengilhami membuat motor yang ada pada film AustraliaAmerika yang dibuat sekitar tahun 2007 lalu. Motor gede berbalut kobaran api yang ditunggangi aktor Nicholas Cage, terpajang di obyek wisata terbaru Kota Batu, Museum Angkut zona Movie Star. Motor yang dilengkapi tengkorak besi itu, memang hanya replika dari kendaraan sang lakon Ghost Rider.

Pembuatannya tak lain, Dedi Firgo sekaligus sang inspirator. Uniknya, motor tersebut dirangkai dari onderdil motor dan mobil bekas atau daur ulang. Karya Dedi ini, sempat menarik perhatian Menteri BUMN Dahlan Iskan saat berkunjung ke Museum Angkut, Rabu (1/1) lalu. Meski belum sempurna 100 persen, namun motor Ghost Rider sudah persis yang digambarkan dalam film tersebut.

d’Luuk bukan hanya sekadar butik bisnis untuk transaksi jual beli guna memenuhi segala kebutuhan keluarga. Namun lebih dari itu, d’Luuk merupakan butik yang sarat dengan misi kepedulian sosial, lingkungan dan menerapkan keramahan dalam pelayanan. Ini sebagai bentuk pengembangan budaya fashion di Kota Malang.

Rodanya terbuat dari kumpulan rantai, sedangkan mesin didesain dari matahari kanvas kopling mobil ditambah aneka shock. Motor itu, juga dilengkapi seorang penumpang yang hanya terlihat tengkoraknya. Penumpang diibaratkan ghost (hantu) dalam film yang ditulis oleh Mark Steven Johnson ini. Pengunjung juga bisa mengendarai di belakang penumpang aslinya. Baca Berbahan... Hal.15

PIMPINAN: Owner d’Luuk Erliena Kusumawati saat foto bersama dengan GM Hotel Regent Suharman Lalu Ranted dan para pendukung acara

FOTO-FOTO DAN TEKS: SIRHAN SAHRI/ADV/MALANG POST

KOMPAK: Erliena Kusumawati bersama crew d’Luuk saat merayakan pergatian tahun

STYLISH: Seorang model pria dengan koleksi tas dari d’Luuk

DICARI: Stand d’Luuk hadir di Hotel Regent

CANTIK: Salah satu produk d’Luuk yang dibawakan oleh model

RAMAH: Owner d’Luuk Erliena Kusumawati saat di stand bersama dengan ikon dan crewnya.

ELEGAN: Salah satu model wanita membawakan hasil produk d’Luuk

UNJUK PRODUK: Para model dari Ivan Modelling saat memamerkan produk d’Luuk REDAKTUR: SAMSULIYONO - ABDUL HALIM , LAYOUTER: DJ AMIEL


17

JUMAT, 3 JANUARI 2014

SEMARAK : Bupati Malang, H. Rendra Kresna bersama para pejabat merayakan malam pergantian tahun 2014 di Pendopo Kepanjen, Block Office dengan meriah.

2014 Real Action Madep Manteb

Percepat Pembangunan INFRASTRUKTUR Selamat Tahun Baru 2014! Pemkab Malang langsung tancap gas dalam menyambut tahun baru 2014. Rangkaian kerja terkait memaksimalkan program pembangunan desa siap digeber di sepanjang tahun ini. Bupati Malang H Rendra Kresna menegaskan, jika tidak banyak perubahan fokus pembangunan untuk tahun ini dengan tahun 2013. Pembangunan tidak hanya dititik-beratkan pada satu bidang, melainkan menyeluruh. Orang nomor satu di Kabupaten Malang menerangkan, lantaran wilayah Kabupaten Malang didominasi wilayah pedesaan, maka pembangunan akan ditekankan pada upaya percepatan

pembangunan infrastruktur untuk memacu Perkembangan sektor Pertanian. Disisi lain, langkah ini juga akan mendongkrak bidang industri, perdagangan dan pariwisata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dan daya saing daerah. ‘’Pembangunan di tahun 2014, tidak ada perubahan dibanding 2013, fokusnya tetap sama, karena Kabupaten Malang ini wilayahnya pedesaan, jadi pembangunan itu lebih difokuskan pada apa yang dibutuhkan pedesaan. Jadi, apa saja yang berkaitan dengan program pendukungan pembangunan di pedesaan,’’ terang Rendra kepada Malang Post di Pendopo Agung

Kabupaten Malang, Jalan KH Agus Salim Kota Malang, kemarin. Karenanya, pemerintah akan mengoptimalkan daya dan hasil guna rencana kerja demi mewujudkan visi Madep Manteb (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing. Khusus peningkatan desa juga bermuara pada pencapaian Produktif yang dimaknai dengan semakin meningkatnya kualitas kinerja masyarakat sebagai pilar utama peningkatan perekonomian daerah. Serta, Maju yang dimaknai semakin meningkatnya kualitas SDM dan hasilhasil pembangunan yang ditandai dengan semakin meningkatnya indeks

pembangunan manusia. Selain itu, kata Rendra, hal ini juga dapat mewujudkan masyarakat pedesaan yang mandiri. Pada visi Mandiri dimaknai diantaranya dengan kemandirian pengelolaan daerah yang mengutamakan kemampuan daerah dalam rangka mengelola potensi SDA dan buatan yang di dukung kemampuan SDM, energi, infrastruktur, dan pelayanan publik. ‘’Pembangunan pendukung sektor pertanian di pedesaan itu misalnya dengan membangunkan irigasi, jalan desa, jalan usaha tani, jembatan dan sebagainya. Sehingga saat ini, infrastruktur mendukung pertanian,” tambah Rendra. (poy/aim)

FOTO: HUMAS FOR MALANG POST

Dihibur Srimulat dan Stand up Comedy PERAYAAN malam tahun baru 2014, yang diadakan di Pendopo Block Office Kepanjen, berlangsung sederhana. Meski hanya ditandai dengan tiup terompet dan pesta kembang api yang dipimpin Bupati Malang H Rendra Kresna, tetapi penyambutan pergantian tahun tersebut sangat berkesan. Karena perayaan tahun baru itu, selain masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-1253 Kabupaten Malang, sekaligus mengawali penggunaan Pendopo Block Office Kepanjen untuk perayaan tahun baru. Tepat pukul 00.00 Rendra meniupkan terompet yang kemudian diikuti oleh undangan yang hadir. Usai meniup terompet, dilanjutkan dengan pesta kembang api di belakang kantor Block Office. Cahaya dari kembang api itupun, langsung membuat langit yang sebelumnya gelap menjadi terang. Perayaan tahun baru 2014, juga dibuat sangat special. Karena selain digelar grand final lomba grup vocal Madep

Manteb, disela-sela acara penyambutan tahun masehi Pemerintah Kabupaten Malang juga mendatangkan komunitas stand up comedy dari Malang. Kedatangan para comic ini, cukup membuat Rendra Kresna dan tamu undangan terpingkalpingkal. Belum lagi dengan datangnya grup lawak Srimulat, yang diwakili oleh Tessy, Polo dan Beta. Ketiganya ini, cukup mengocak perut penonton. Gaya serta tutur kata yang dibawakan ketiganya, membuat penonton terus tertawa. “Ketiga tokoh dalam Srimulat tersebut sengaja didatangkan untuk menghibur,” ujar Kabag Humas Pemkab Malang, M Hidayat. Sebelum para finalis dan grup lawak Srimulat tampil, acara yang dimulai sejak pukul 19.00, terlebih dahulu diawali dengan penampilan Tim Penggerak PKK yang dipimpin oleh Hj Jajuk Rendra Kresna. Kemudian dilanjutkan penampilan sang pencipta lagu, Genuine Band yang notabene adalah vokal grup asli lagu Madep Manteb. Bung Rendra sapaan

HIBURAN : Tampilan artis srimulat menghibur masyarakat Kepanjen, saat malam pergantian tahun. akrab Rendra Kresna, dalam sambutannya memberikan refleksi 2013 dan harapan baru di tahun 2014. Dia meminta kepada seluruh SKPD, untuk lebih meningkatkan pelayanan public kepada masyarakat. “Selamat menyambut Tahun Baru 2014. Semoga di tahun baru yang akan datang, seluruhnya mendapat keberkahan dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Selain itu ke depan Pemkab Malang juga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kabupaten Malang,” tutur Rendra.(agp/aim)

PERCEPATAN : Pembangunan infrastruktur yang terus dikebut Pemkab Malang untuk mempercepat pembangunannya.

Latihan Mandiri, Singosari Jadi Juara Malam perayaan datangnya tahun baru 2014 yang digelar Pemkab Malang, di Pendopo Baru, Kabupaten Malang ditandai dengan puncak gebyar Grand Final Lomba Vocal Grup Madep Manteb. Adalah Kecamatan Singosari yang menyandang predikat sebagai jawara lomba yang diikuti 77 grup dari SKPD dan BUMD serta kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. Vocal grup Singosari tampil penuh

percaya diri (PD) dengan hanya beramunisikan tujuh orang. Mereka sengaja tidak menyertakan supporter di setiap penampilannya sejak memasuki babak penyisihan pada 11-12 Desember 2013, lalu. Para personil memandang dengan kehadiran supporter khawatir justru mengganggu konsentrasi tampil di atas panggung. Baca Latihan... Hal.18 REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: SLATEM


JUMAT, 3 januari 2014

18

Pakarti Protes

Penebangan Pohon di WWP MALANG – Aksi tebang pohon besar yang dilakukan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang, di Wendit Water Park (WWP) beberapa waktu lalu, mendapat aksi protes dari sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam dalam Pelestarian Keanekaragaman Hayati Indonesia (Pakarti). Mereka menuntut Perhutani untuk stop menebangi pohon yang ada di WWP. Koordinator aksi yang juga sekaligus Ketua Yayasan Pakarti, Teguh Prie Jatmono S.Hut mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap penebangan dua pohon yang diduga jenis Jati dan Sengon. Bahkan foto pemotongan pohon tersebut, sudah tersebar di berbagai sosial media. “Apapun alasannya, tidak dibenarkan kedua pohon itu ditebang. Termasuk alasannya karena membahayakan pengunjung,” ujar Teguh Prie Jatmono kepada Malang Post Kamis (2/1) kemarin.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang, PDAM Kabupaten Malang dan juga Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Malang. “Kalau tidak ada izin dan permintaan, kami tentunya juga tidak berani menebang,” imbuhnya. Meski begitu, pihaknya menegaskan akan menghentingkan penebangan pohon. Dalam pertemuan itu disepakati, Pakarti membuat prasasti atau papan pemberitahuan yang melarang ada penebangan pohon di tempat tersebut. Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat melakukan reboisasi di tempat yang sama. “Nantinya pohon yang rapuh tidak akan ditebang. Melainkan hanya dipangkas, agar tidak membahayakan para pengunjung. Sedangkan terkait dengan reboisasi, akan kami bicarakan lebih lanjut. Termasuk tentunya menggandeng instansi yang terkait,” tutupnya. (big/aim)

Binar Gumilang / Malang Post

DISKUSI : Yayasan Prakarti memprotes Perum Perhutani KPH Malang yang melakukan penebangan pohon Jati di Wendit kemarin. Menurutnya, usaha pemotongan pohon di kawasan Wendit rentan merusak lingkungan. Diantaranya erosi yang berpotensi mengotori sumber air yang ada di kolam Wendit, serta kerusakan ekosistem berupa hilangnya habitat kera yang ada di tempat tersebut. “Jika hal itu terjadi, tentunya tidak baik bagi keseimbangan lingkungan. Nantinya juga bakal menurunkan pamor tempat wisata Wendit itu sendiri,” tegasnya lantang.

Sementara itu Administrasi Perum Perhutani KPH Malang Arief Herlambang membantah bahwa dua pohon yang ditebang itu berjenis Jati dan Sengon. “Kedua pohon yang ditebang itu berjenis Wuluh dan Beringin. Kedua pohon itu sebelumnya ditebang karena sudah rapuh dan membahayakan pengunjung,” ujarnya. Penebangan kedua pohon tersebut atas permintaan dari pengelola WWP,

Malang Air Mendarat Darurat di Lanud PAKIS – Bandara Abdulrachman Saleh, akhir tahun kemarin terjadi kepanikan. Pesawat Malang Air 7710 yang membawa 102 penumpang dari Jakarta, harus mendarat darurat. Roda pendaratan belakang sebelah kanan terkunci, bagian kabin mulai mengeluarkan asap. Pesawat pun meminta pendaratan darurat di runway 35. Mengetahui kondisi darurat seperti itu, Air Traffic Control (ATC) langsung mengkomunikasn kepada Komandan Lanud Abd Saleh, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Bandara, Kasi Kam (Keamanan) dan Kespen UPT, mengenai pendaratan darurat. Dengan dipandu petugas ATC, pesawat dapat mendarat darurat. Pertolongan cepat pun langsung dilakukan unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PK-PPK) yang langsung menuju ke lokasi pendaratan pesawat. Seluruh personil dan perlengkapan di Lanud turut dikerahkan untuk mengantisipasi terjadinya korban. Pemandangan itulah yang ditampilkan dalam simulasi Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD), di Bandara Abdulrachman Saleh-Malang, menjelang tutup tahun kemarin. Berbagai langkah cepat, evakuasi dan penanganan pesawat hingga penumpang, dilakukan dengan sangat sigap dan cepat. “Latihan tersebut dimaksudkan untuk menguji kehandalan dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilibatkan dalam penanggulangan keadaan darurat. Simulasi itu, dimaksudkan pula untuk mengecek peralatan dan perlengkapan sebagai proses pembelajaran kepada personel. Intinya, agar selalu siap siaga dalam menjalankan

Pasar Mulai Ditempati, Sisakan Satu Blok TUMPANG – Pasar Tumpang hasil revitalisasi yang dilakukan Pemkab Malang mulai dibuka kembali. Setelah satu tahun lebih dilakukan pembangunan, pada akhir tahun kemarin, para pedagang yang sudah mendapatkan nomer undian sudah kembali pindah dan membuka kiosnya. Dari tiga blok pengelompokan pedagang yang ada, kini hanya menyisakan satu blok yang akan dibangun pada tahun ini. Pembangunannya menggunakan dana APBD Kabupaten Malang. “Usai dilakukan pengundian sekitar seminggu sebelum tutup tahun, seketika itu pedagang langsung dipersilahkan untuk menempati sesuai dengan hasil atau nomor undian yang didapat. Jadi, sejak itu pula pedagang langsung pindah,” kata Panitia Pembangunan Pasar, Beni Kiswanto kepada Malang Post, kemarin. (sit/aim)

Latihan Mandiri, Singosari Jadi Juara Sambungan dari Halaman 17 SIGIT ROKHMAD/MALANG POST

SIMULASI: Suasana penanganan dan penanggulangan keadaan darurat pesawat penumpang yang mendarat darurat di Bandara Abdulrachman Saleh. tugasnya di lapangan,” kata Kepala Pentak Lanud Abd Saleh, Letkol Sus Sutrino. Dalam latihan PKD itu, sebanyak 150 personil anggota gabungan dilibatkan. Mereka diantaranya dari unit PKPPK, POM TNI AU Lanud Abd Saleh, maskapai dan beberapa pihak lain.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Abd Saleh, Kolonel Pnb Zulfahmi, yang turut menyaksikan latihan itu menambahkan, latihan itu dimaksudkan untuk menyempurnakan sistem penanggulangan keadaan darurat (airport emergency plan) di Bandara Abdulrachman Saleh. Mengingat, da-

lam penanggulangan keadaan darurat, diperlukan koordinasi yang baik. “Pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk menekan angka korban jiwa hingga menghindari korban. Makanya, perlu kesigapan, kesiapan dan saling mendukung satu dengan lain,” terangnya. (sit/aim)

Bagi Dua Pos, Tambah Satu Mobil Damkar

Firman Muhammad/Malang Post

UNIT BARU : Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Malang melakukan pengecekan kesiapan mobil Damkar baru.

MALANG – Tingkat kejadian kebakaran di wilayah Kabupaten Malang di sepanjang tahun 2013 ternyata cukup tinggi. Total 30 jumlah peristiwa atau kejadian kebakaran seperti yang terdata pada UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang. Puluhan kasus tersebut terjadi pada industri dan pemukiman warga. Evaluasi dilakukan UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang di sepanjang tahun lalu. Diantaranya, tim pemadam kebakaran turun tangan memaksimalkan dan menggiatkan program sosialisasi penanganan pertama atas terjadinya kebakaran kepada masyarakat. ‘’Kami harus sesering mungkin memberikan sosialisasi kepada masyarakat, atas pengetahuan tata cara penanganan

pertama musibah kebakaran. Misal, jika tidak ada air jumlah besar, bisa dengan menggunakan karung goni dan kain tebal basah dengan menutup ke kobaran api untuk memadamkannya,” terang Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang, Nurul Kusnaeni kepada Malang Post, kemarin. Dengan harapan, kata Nurul, tingkat atau jumlah kebakaran di wilayah Kabupaten setiap tahunnya mampu terus menurun. Langkah itu sudah mulai berbuah hasil di sepanjang tahun 2013 lantaran peristiwa kebakaran selama setahun itu cenderung mengalami penurunan dibandingkan total kasus yang terjadi di sepanjang tahun 2011 dan 2012 yakni sama-sama diangka 31 kejadian kebakaran.(poy/aim)

Dengan kepercayaan yang tinggi itulah justru membuat para personil tampil kompak dan merangkai harmonisasi yang memukau. Mereka pun mampu mengantarkan dirinya menjadi yang terbaik. Camat Singosari, Mumuk Hadi Martono menyebut, grupnya bersiap diri hanya dalam waktu tiga pekan. Mereka merangkai sendiri koreografi saat bernyanyi, tanpa memanggil sosok koreografer, seperti yang dilakukan oleh sejumlah grup vokal pesaingnya. Diakuinya, para personil yang berasal dari staf kelurahan, kecamatan dan guru ini begitu rajin dan penuh semangat berlatih di Pendopo Kecamatan Singosari selama merangkai persiapan. ‘’Tidak pakai undang koreografer, kami latihan secara mandiri selama persiapan ikuti lomba. Bersyukur sekali bisa memenangi lomba vocal grup Madep Manteb. Prinsip kami, inilah bentuk kreasi kami dalam ikut mensosialisasikan program Madep Manteb lewat seni dan budaya, dengan kreasi yang kami susun,” terang Mumuk kepada Malang Post. Kecamatan Singosari menyisihkan sembilan grup vokal terbaik yang lolos ke babak 10 besar. Bupati Malang H Rendra Kresna ikut menyaksikan penampilan para finalis. Panitia menunjuk tiga dewan juri terdiri dari Anang Brontoseno (Ketua Tim Juri), Sabar Susilo dan Musa Wicanarko. Seperti halnya di babak penyisihan, 10 grup finalis berkwajiban menyanyikan dua lagu meliputi lagu wajib dan pilihan. Lagu wajib yakni berjudul Madep Manteb. Sedangkan, lagu pilihan meliputi lagu berjudul Mirasantika, Kata Pujangga, Kereta Malam, Sudahlah Aku Pergi, Cintaku, Simponi Yang Indah. Enam grup terbaik diputuskan menjadi jawara. Selain Kecamatan Singosari sebagai juara I, di juara II diraih PDAM Kabupaten Malang dan juara III: Kecamatan Tirtoyudo. Kemudian, juara harapan I diraih Kesbanglinmas, Harapan II: Disdukcapil yang pada tahun lalu sebagai sang juara I, dan Harapan III: Kecamatan Jabung. Sementara, untuk penghargaan atau predikat Supporter Terheboh diboyong Kecamatan Tirtoyudo. ‘’Pelaksanaan lomba secara keseluruhan berjalan lancar mulai dari babak penyisihan dan grand final di malam tahun baru 2014 lalu. Seluruh peserta mampu tampil dengan sangat baik, kompak dan menarik,” aku Ketua Pelaksana Lomba Vocal Grup Madep Manteb, Priadi Waskito. (poy/aim)

REDAKTUR: MUHAIMIN, LAYOUTER: ABDEE


RELIGI

JUMAT, 3 JANUARI 2014

19

Dasamuka Pembawa Racun dan Fitnah “Hai orang-orang yang beriman mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu perbuat. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan”. Al-Qur·n surat ash-shaff ayat 2 – 3. Ketika mengupas ayat tersebut, Sayyid Qutub dalam fi zhilal al-Qur·n, mengutip sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud dari Abdullah bin Amir bin Rabi·h. Abdullah bin Amir bin Rabi·h berkisah, ketika beliau masih kecil, rumahnya pernah dikunjungi oleh Nabi Muhammad SAW dan saat itu beliau sedang bermain. Tibatiba beliau dipanggil oleh ibunya untuk diberi sesuatu. Nabi kemudian bertanya kepada ibu Abdullah bin Amir bin Rabi·h, “Apa yang ingin engkau berikan?”. Ibunya menjawab, “kurma ya Rasul.” Lalu Nabi bersabda: “Bila kamu tidak melakukannya maka pasti ditulis atasmu sebagai dusta.” Berkata yang tidak diperbuat, sebagaimana perbuatan yang

tidak sejalan dengan perkataan, merupakan tindakan dusta atau kidzb. Dusta merupakan bagian dari nifak (baca kemunafikan), bahkan dalam banyak hal dusta bukan saja menjadi bagian dari nifak tapi sudah menjadi satu dengan nifak. Seperti kasus pernikahan yang menimpa artis Asmirandah dan Jonas Rivanno yang dibatalkan. Pernikahan tersebut dibatalkan karena Jonas Rivanno telah membuat kebohongan dengan mengaku telah muallaf hanya untuk bisa menikah dengan Asmirandah, akan tetapi setelah pernikahan terjadi dia mengaku tidak pernah muallaf. Tindakan kebohongan yang dilakukan oleh Jonas bukan hanya sekedar bohong, tapi juga nifak atau munafik. Dalam dusta dan nifak terkandung pengingkaran akan kebenaran, apa yang serba baik di bibir ternyata berbeda bak bumi dan langit dalam ranah tindakan. Nampak serba indah dalam tampilan serta pernyataan, dalam kenyataannya banyak yang berantakan bahkan tidak menunjukkan keteladanan yang

utama (baca uswatun hasanah). Sifat dusta atau nifak dalam kehidupan kita sehari-hari biasa disebut dengan bermuka dua atau yang lebih ekstrem lagi disebut dengan dasamuka (bemuka sepuluh atau banyak). Lain di bibir, lain di hati, lain pula di tindakan. Bermuka serba manis akan tetapi yang keluar dari tindakannya bak racun pembawa masalah dan fitnah. Orang yang bermuka dua (baca pembohong dan munafik) dalam rangkaian kehidupan acap kali memunculkan banyak ironi, bukan hanya kata yang tidak sejalan dengan tindakan akan tetapi banyak tindakan yang di perbuatnya bertentangan dengan kebenaran, kebaikan dan kepatutan. Akhirnya dampak dari itu semua adalah selain akan menjadi bahan cibiran masyarakat, dirinya akan kehilangan kepercayaan diri dan kehilangan motivasi hidup. Di negera kita tercinta ini, perilaku kata yang tak sejalan tidak jarang dilakukan oleh mereka yang sepatutnya dan seharusnya menjadi uswatun

Oleh : Akhmad Fakhrur Rouzi hasanah. Di depan khalayak umum dengan asesori serba berlabel agama, berlabel kemanusiaan, berlabel pendidikan dan label-label lainnya akan tetapi sikap dan tindakannya menyalahi ajaran agama, menyalahi etika kemanusiaan, menciderai pendidikan dan lain sebagainya. Politik membawabawa agama, akan tetapi tidak sungkan dalam berpolitik main

uang dan upeti. Agama seakan hanya baju luar saja, yang tidak mencerahkan perilaku. Jika ruang kehidupan umat sehari-hari disuguhi dan dipenuhi dengan berbagai perilaku ironi dari tokoh yang berwibawa, maka jangan salahkan manakala kondisi negeri ini tak kunjung mentas dari lilitan banyak masalah bahkan semakin parah saja masalah tersebut. Karena para pelaku pemegang amanah tidak lagi menunjukkan sikap yang uswatun hasanah, maka orang awam akan mengikuti laku-lampah para pemimpin dan tokoh yang ada dihadapannya. Sehingga tepat rasanya pepatah guru kencing berdiri, anak murid kencing berlari untuk menggambarkan kondisi para tokoh dan pemimpin kita. Adagium ikan busuk mulai dari kepala juga bisa menggambarkan bagaimana kondisi rakyat Indonesia yang kehilangan kepercayaan terhadap pemimpin atau tokohnya. Sehingga tidak salah bila rakyat sering membuat hukum sendiri untuk menye-

Penjelasan Mengenai Rebo Wekasan BULAN Shafar adalah bulan kedua dalam penanggalan hijriyah. Sebagaimana bulan lainnya, ia merupakan bulan dari bulan-bulan Allah yang tidak memiliki kehendak dan berjalan sesuai dengan apa yang Allah ciptakan untuknya. Masyarakat jahiliyah kuno, termasuk bangsa Arab, sering mengatakan bahwa bulan Shafar adalah bulan sial. Tasa’um (anggapan sial) ini telah terkenal pada umat jahiliyah dan sisa-sisanya masih ada di kalangkan muslimin hingga saat ini. Abu Hurairah berkata, bersabda Rasulullah: “Tidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga tidak ada kesialan pada bulan Shafar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa.” (H.R.Imam al-Bukhari dan Muslim). Ungkapan hadits laa ‘adwaa’ atau tidak ada penularan penyakit itu, bermaksud meluruskan keyakinan golongan jahiliyah, karena pada masa itu mereka berkeyakinan bahwa penyakit itu dapat menular dengan sendirinya, tanpa bersandar pada ketentuan dari takdir Allah. Sakit atau sehat, musibah atau selamat, semua kembali kepada kehendak Allah. Penularan hanyalah sebuah sarana berjalannya takdir Allah. Namun, walaupun keseluruhannya kembali kepada Allah, bukan semata-mata sebab penularan, manusia tetap diwajibkan untuk ikhtiar dan berusaha agar terhindar dari segala musibah. Dalam kesempatan yang lain Rasulullah bersabda: “Janganlah onta yang sakit didatangkan pada onta yang sehat”. Maksud hadits laa thiyaarota atau tidak diperbolehkan meramalkan adanya hal-hal buruk adalah bahwa sandaran tawakkal manusia itu hanya kepada Allah, bukan terhadap makhluk atau ramalan. Karena hanyalah Allah yang menentukan baik dan buruk, selamat atau sial, kaya atau miskin. Dus, zaman atau masa tidak ada sangkut pautnya dengan pengaruh dan takdir Allah. Ia sama seperti waktu- waktu yang lain, ada takdir buruk dan takdir baik. Empat hal sebagaimana dinyatakan dalam hadits di atas itulah yang ditiadakan oleh Rasulullah dan ini menunjukkan akan wajibnya bertawakal kepada Allah, memiliki tekad yang benar, agar orang yang kecewa tidak melemah di hadapkan pada perkara-perkara tersebut. Bila seorang muslim pikirannya disibukkan dengan perkaraperkara tersebut, maka tidak terlepas dari dua keadaan. Pertama: menuruti perasaan sialnya itu dengan mendahulukan atau meresponsnya, maka ketika itu dia telah menggantungkan perbuatannya dengan sesuatu yang tidak ada hakikatnya. Kedua: tidak menuruti perasaan

REBO WEKASAN: Tradisi upacara Rebo Wekasan dikalangan masyarakat Jawa, namun ada banyak versi yang mengklaim kemunculannya, lantaran masing-masing daerah berbeda-beda dalam mempraktekannya. Rebo Wekasan atau yang dikenal juga dengan istilah rebo pungkasan adalah Rabu terakhir di bulan Safar. sial itu dengan melanjutkan aktivitasnya dan tidak memedulikan, tetapi dalam hatinya membayang perasaan gundah atau waswas. Meskipun ini lebih ringan dari yang pertama, tetapi seharusnya tidak menuruti perasaan itu sama sekali dan hendaknya bersandar hanya kepada Allah. Penolakan akan ke empat hal tersebut bukanlah menolak keberadaannya, karena kenyataanya hal itu memang ada. Sebenarnya yang ditolak adalah pengaruhnya. Allah-lah yang memberi pengaruh. Selama sebabnya adalah sesuatu yang dimaklumi, maka sebab itu adalah benar. Tapi bila sebabnya adalah sesuatu yang hanya ilusi, maka sebab tersebut salah. Muktamar NU yang ketiga, menjawab pertanyaan “Bolehkah berkeyakinan terhadap hari naas, misalnya hari ketiga atau hari keempat pada tiap-tiap bulan, sebagaimana tercantum dalam kitab Lathaiful Akbar” memilih pendapat yang tidak mempercayai hari naas dengan mengutip pandangan Syekh Ibnu Hajar al-Haitamy dalam Al-Fatawa al-Haditsiyah berikut ini: “Barangsiapa bertanya tentang hari sial dan sebagainya untuk diikuti bukan untuk ditinggalkan dan memilih apa yang harus dikerjakan serta mengetahui keburukannya, semua itu merupakan perilaku orang Yahudi dan bukan petunjuk orang Islam yang bertawakal kepada Sang Maha Penciptanya, tidak berdasarkan hitung-hitungan dan terhadap Tuhannya selalu bertawakal. Dan apa yang dikutip tentang hari-hari nestapa dari sahabat Ali kw. Adalah batil dan dusta serta tidak ada dasarnya sama sekali, maka berhati-hatilah dari semua itu” (Ahkamul Fuqaha’, 2010: 54).

Indikasi Kesialan dalam Quran dan Hadits Mungkin ada pertanyaan, bagaimana dengan firman Allah Ta’ala, yang artinya: ’’Kaum’‘ Aad pun mendustakan (pula). Maka alangkah dahsyatnya azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku, Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang sangat kencang pada hari nahas yang terus menerus. yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok korma yang tumbang” (Q.S alQamar (54:18-20). Imam al-Bagawi dalam tafsir Ma’alim al-Tanzil menceritakan, bahwa kejadian itu (fi yawmi nahsin mustammir) tepat pada hari Rabu terakhir bulan Shafar. Orang Jawa pada umumnya menyebut Rabu itu dengan istilah Rabu Wekasan. Pada bulan ini, Rabu Wekasan bulan Shofar terjadi pada 1 Januari 2014 lalu. Hemat penulis, penafsiran ini hanya menunjukkan bahwa kejadian itu bertepatan dengan Rabu pada Shafar dan tidak menunjukkan bahwa hari itu adalah kesialan yang terus menerus. Istilah hari naas yang terus menerus atau yawmi nahsin mustammir juga terdapat dalam hadis nabi. Tersebut dalam Faidh al-Qadir, juz 1, hal. 45, Rasulullah bersabda, “Akhiru Arbi’ai fi al-syahri yawmu nahsin mustammir (Rabu terakhir setiap bulan adalah hari sial terus).” Hadits ini lahirnya bertentangan dengan hadits sahih riwayat Imam al-Bukhari sebagaimana disebut di atas. Jika dikompromikan pun maknanya adalah bahwa kesialan yang terus menerus itu hanya berlaku bagi yang mempercayai. Bukankah hari-hari itu pada dasarnya netral, mengandung kemungkinan baik dan jelek

sesuai dengan ikhtiar perilaku manusia dan ditakdirkan Allah. Bagaimana dengan pandangan Abdul Hamid Quds dalam kitabnya Kanzun Najah WasSurur Fi Fadhail Al-Azminah wash-Shuhur (penulis sendiri terus terang belum mengetahui dan meneliti kebenaran nama dan kitab ini, bahkan dalam beberapa tulisan kitab ini disebut dengan Kanzun Najah Was-Suraar Fi Fadhail AlAzmina Wash-Shuhaar dan Kanju al-Najah wa al-Surur fi al-Adiyati al-Lati Tasrohu alSudur) yang menjelaskan: banyak para Wali Allah yang mempunyai pengetahuan spiritual yang tinggi mengatakan bahwa pada setiap tahun, Allah menurunkan 320.000 macam bala bencana ke bumi dan semua itu pertama kali terjadi pada hari Rabu terakhir di bulan Shafar. Sebab itu hari tersebut menjadi hari yang terberat di sepanjang tahun. Maka barangsiapa yang melakukan salat 4 rakaat (nawafil, sunnah), di mana setiap rakaat setelah alFatihah dibaca surat al-Kautsar 17 kali lalu surat al-Ikhlash 5 kali, surat al-Falaq dan surat an-Naas masing-masing sekali; lalu setelah salam membaca do’a, maka Allah dengan kemurahan-Nya akan menjaga orang yang bersangkutan dari semua bala bencana yang turun di hari itu sampai sempurna setahun. Mengenai amalan-amalan tersebut, mengutip KH. Abdul Kholik Mustaqim, Pengasuh Pesantren al-Wardiyah Tambakberas Jombang, para ulama yang menolak adanya bulan sial dan hari nahas Rebo Wekasan berpendapat (dikutip dengan penyesuaian): Pertama, tidak ada nash hadits khusus untuk akhir Rabu bulan Shofar, yang ada hanya

nash hadits dla’if yang menjelaskan bahwa setiap hari Rabu terakhir dari setiap bulan adalah hari naas atau sial yang terus menerus, dan hadits dla’if ini tidak bisa dibuat pijakan kepercayaan. Kedua, tidak ada anjuran ibadah khusus dari syara’. Ada anjuran dari sebagian ulama’ tasawwuf namun landasannya belum bisa dikategorikan hujjah secara syar’i. Ketiga, tidak boleh, kecuali hanya sebatas salat hajat lidaf’ilbala’almakhuf (untuk menolak balak yang dihawatirkan) atau nafilah mutlaqoh (salat sunah mutlak) sebagaimana diperbolehkan oleh Syara’, karena hikmahnya adalah agar kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Mengutip pandangan Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, KH Miftakhul Akhyar tentang hadits kesialan terus menerus pada Rabu terakhir tiap bulan, dinyatakan: “Naas yang dimaksud adalah bagi mereka yang meyakininya, bagi yang mempercayainya, tetapi bagi orang-orang yang beriman meyakini bahwa setiap waktu, hari, bulan, tahun ada manfaat dan ada mafsadah, ada guna dan ada madharatnya. Hari bisa bermanfaat bagi seseorang, tetapi juga bisa juga naas bagi orang lain. Artinya hadits ini jangan dianggap sebagai suatu pedoman, bahwa setiap Rabu akhir bulan adalah hari naas yang harus kita hindari. Karena ternyata pada hari itu, ada yang beruntung, ada juga yang buntung. Tinggal kita berikhtiar meyakini, bahwa semua itu adalah anugerah Allah.” Wallahu ‘A’lam. (Penulis Yusuf Suharto, Ketua Aswaja NU Center Jombang, Kontributor NU Online)

lesaikan masalah-masalah yang muncul di kalangan masyarakat. Itulah bahaya dan dampak buruk dari nifak. Nifak menurut Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy adalah tidak berterus terang melahirkan apa yang dipandang benar, lawan dari amanah dan ikhlas. Nifak adalah saudara kandung dusta. Disebut saudara kandung karena keduanya menuju pada visi dan tujuan yang satu, yakni mengubah hakikat yang sebenarnya. Ingat firman Allah dalam surat an-Nisa’ ayat 145, Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. dan kamu sekalikali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. Kita lihat bagaimana ancaman Allah bagi orang yang gemar berbuat nifak, dan dusta termasuk didalamnya. Yaitu Allah akan menempatkan orang-orang yang nifak dan pendusta di neraka yang paling bawah. Mari kita jaga diri kita, terutama lisan kita dari nifak dan dusta, agar kita terhindar

dari siksa Allah tersebut. Islam menuntut satunya ucapan dan tindakan. Marilah kita jadikan firman Allah dalam surat ashShaff ayat 2-3 diatas sebagai self awarness (peringatan dari dalam diri sendiri) kita, sehingga dengan selalu mengingat firman Allah tersebut kita akan takut untuk berbuat yang tidak sesuai dengan perkataan kita, kita akan selalu terjaga dari sifat dusta dan nifak. Akhirnya marilah kita renungkan sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Iman seorang hamba tidaklah lurus sehingga lurus hatinya, dan tidaklah lurus hati seorang hamba sehingga lurus lisannya. Jadikan lisan kita lurus dengan selalu berkata jujur dan amanah dan jadikan lisan kita jujur dengan selalu senada seirama dalam perkataan dan perbuatan kita. Wallahu a’lam bish-shawab. *)Penulis adalah Guru SMP ‘Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang anaskamiil2817@gmail.com / www.alrhazes.blogspot.com

KAJIAN FIKIH

Mau Bercerai Terhalang Suami TANYA: Ada seorang laki-laki yang sudah menikah, dan ia suka ringan tangan terhadap istrinya. Setelah diselidiki ternyata si suami mempunyai WIL (wanita idaman lain). Suatu ketika si istri sudah tidak tahan menghadapi ulah suaminya. Istrinya pulang ke rumah orang tuanya, sembari minta cerai kepada suaminya. Namun si suami tidak mengabulkan permintaan istrinya. Sudah hampir dua bulan mereka pisah rumah. Anaknya yang 2 tahun dan 5 bulan diasuh si istri, dengan tanggungan nafkah anak dari suaminya, sedangkan nafkah istri tidak diberi. Perlu diketahui, mereka awal menikah tidak melalui KUA, hanya mengundang tokoh agama setempat. Si istri berharap sekali, ada proses perceraian yang sah. Mohon nasehatnya. JAWAB: Saudariku yang di rahmati Allah swt. Dalam proses pernikahan dan perceraian perlu diperhatikan pertimbangan secara hukum Islam dan hukum negara. Secara hukum agama, pastilah terkait masalah syarat, rukun dan sunnah yang telah ditetapkan dalam Alquran, Sunnah Nabi dan ketetapan ulama fiqh. Perceraian dalam Islam bisa dilakukan dari pihak suami (talaq) dan juga gugatan dari istri (khulu). Talaq adalah ungkapan perceraian yang keluar dari pihak suami kepada istrinya, setelah talaq diputuskan maka akan berlaku masa iddah bagi istri (tidak boleh ada akad ijab qobul pernikahan) selama 3 bulan, karena istri masih menjadi hak suami untuk rujuk kembali, seperti dalam Alquran surat at-talaq : ayat 4. Adapun hak istri selama masa iddah dari suaminya adalah hak rujuk (kembali menjadi istri tanpa mengulang ijab qobul), hak tinggal di rumah suami (tidak boleh diusir), hak nafkah untuk hidup. Karena pada masa iddah istri yang tertalaq tetap menjadi milik suami untuk rujuk menjadi suami istri kembali, seperti dalam surat Albaqoroh : 228. Ungkapan rujuk semasa iddah ini bisa dengan lisan suami secara langsung atau dengan ungkapan tubuh kemesraan kepada istrinya (cumbu dan kemesraan). Namun jika sudah melewati masa iddah, maka istri sudah menjadi wanita lain yang bisa dinikahi oleh pria manapun yang ingin menikahinya. Dengan demikian rujuk setelah lewat masa iddah harus mengulang ijab qobul dan mahar baru dalam pernikahannya. Sedangkan dari pihak Istri namanya khulu’, dan harus melewati proses pengadilan dari awal pengaduan hingga keputusan finalnya. Adapun secara hukum negara, akan ada proses talaq/cerai jika secara UU negara diakui terlebih dahulu pernikahan yang sah (ada buku nikah). Seperti halnya anak akan mendapat akte kelahiran jika dipenuhi persyaratannya, yaitu buku nikah kedua orang tuanya. Maka, pada kasus ibu bisa jadi secara hukum negara akan melalui proses persidangan terlebih dahulu. Saran kami, kuatkan kesabaran dan ektra pengorbanan kembali menjadi istri untuk suami, setelah itu penuhi kewajiban sebagai warga negara untuk tercatat dalam UU negara dengan mendapatkan buku nikah, agar kemudian hari haknya sebagai isteri dan anak akan dilindungi secara hukum Islam dan hukum negara. Bisa pula meminta bantuan kepada para tokoh dan ustadz, khususnya yang telah menjadi saksi pernikahan, untuk memberikan nasihat kepada sang suami agar menunaikan kewajibannya dan memenuhi hak isterinya. Wallahu a’lam. (syariah_online)

Membaca Rabbighfirli Sesudah Fatihah Imam TANYA: Bolehkah kita menambahkan kalimat robigfirli waliwalidaya sebelum membaca amin setelah waladdolin dalam surat Alfatihah dalam bacaan salat? JAWAB: Sebenarnya membaca doa seperti Rabbighfirli wa liwalidayya... sangat baik dan dianjurkan kalau dilakukan pada waktu dan cara yang tepat. Namun kalau dibaca sesudah imam membaca surat Alfatihah dan sebelum membaca Amin, hal ini menjadi bermasalah. Yaitu dengan melihat sejumlah alasan berikut: Pertama, salat yang kita lakukan harus sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Nabi saw. Beliau bersabda, “Salatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku salat.” (HR al-Bukhari). Tidak boleh menambah atau mengarang-ngarang sendiri. Mulai dari Takbiratul Ihram hingga salam, kita harus merujuk pada salat yang beliau ajarkan. Dalam hal ini tidak ada dalil atau riwayat yang menegaskan bahwa Rasul saw mengucap Rabbighfir li wa liwalidayya sesudah membaca Fatihah dan sebelum amin. Kedua, dalam hadits disebutkan, “Jika imam mengucap waladhdholliin ucapkan “amin.” (HR al-Bukhari) Ini menunjukkan bahwa yang disunnahkan sesudah imam selesai Alfatihah adalah langsung mengucap amin. Bahkan jika ucapan amin makmum bertepatan dengan amin yang diucapkan oleh malaikat, dosa-dosanya yang terdahulu diampuni oleh Allah SwT sebagaimana disebutkan dalam riwayat sahih lainnya. Ketiga, amin yang diucapkan oleh makmum dibaca untuk meminta kepada Allah agar doa yang dibaca oleh imam dalam surat al-Fatihah dikabulkan. Sebab, dalam Alfatihah imam berdoa, “Ihdinna ash-shiratal mustaqim...” yang artinya, tunjukkan kami ke jalan yang lurus. Maka, imam merespon sesudah itu dengan mengatakan amin yang bermakna “Kabulkan ya Allah!” Ini jawaban dan respon yang tepat yang Rasul saw ajarkan. Namun kalau yang dibaca Rabbighfir li.. dst menjadi tidak tepat. Semoga Allah mengampuni kesalahan kita dan menuntun kita ke jalan yang benar. Amin. Wallahu a’lam. (syariah_online) REDAKTUR : MAHMUDI, LAYOUTER : KURDI


ANDA punya aktifitas harian, mingguan, bulanan yang layak diketahui publik? Mulai dari arisan, PKK, karang taruna, reuni, ulang tahun, seminar, diskusi, peresmian, pengajian, pernikahan, selamatan, yasinan, tahlil, kematian, kelahiran dan masih banyak kegiatan lainnya. Ingin di muat di Harian Malang Post, ketik informasinya dan kirim: ke No HP : 081 5555 0098 / 0857 9119 1887 atau kirim email ke: redaksi@malang-post.com. Jangan lupa, sebutkan nama, alamat serta kegiatannya.

JUMAT, 3 JANUARI 2014

20

SEMINAR

SEMINAR

EVENT

EVENT

HIBURAN

PAMERAN

Pembangunan Jembatan Tol di Atas Laut

Konferensi Internasional Halal-Toyyib di Widyaloka Convention Hall UB

Jadi Astronot Tapi Aku Kesasar di Malang

Workshop Yoga Therapy

Nidji Stetsa Specta Show 2014

Malang OOTD 2014

Himpunan Mahasiswa Sipil Polinema menggelar Seminar Nasional Pembangunan Jembatan Tol Di Atas Laut pada 5 Januari 2014. Pemateri adalah Ir Akhmad Tito Karim M.M Direktur PT Jasamarga Bali dan Ir Nyoman Sujaya.

Seminar Sewindu Prodi Farmasi UMM Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang dalam 1 windu pendidikan Farmasi di UMM mengadakan Seminar Internasional dengan tema “New Development of Pharmaceutical Care in Pharmacogenetic and Pharmacogenomic Approach ”. Seminar ini akan dilaksanakan pada Hari / Tanggal Sabtu, 19 April 2014. Tempat di Theater Dome Universitas Muhammadiah Malang. Pendaftaran via registration form dikirim ke email icpcumm@gmail.com.com dan ditutup pada tanggal 24 Maret 2014. (Panitia tidak menerima pendaftaran on the spot).

INTERNATIONAL Conference on HalalThoyyib Industry Research akan dihelat di Widyaloka Convention Hall Universitas Brawijaya, pada (18-21/2/14). Konferensi ini akan dilaksanakan dengan sejumlah agenda di antaranya presentasi poster, kuliah tamu, workshop sertifikasi halal dan pameran industri Halal-Thoyyib.

Malang Subpop kembali menghadirkan acara yang bertajuk “Aku Ingin Jadi Astronot Tapi Aku Kesasar Di Malang”. Acara ini akan digelar pada Sabtu, 4 Januari 2014 mulai pukul 19.00 WIB. Bertempat di Houtenhand, Jl. Basuki Rahmat 56A Malang. Harga Tiket Masuk : Rp 20.000 (ticket by beer). Akan ada penamplan dari: Lights Out, The Wild Hangover, The Pronks, Reveur, Hawk dan The Evening Wolves. Jangan lupa datang ya!

Yoga Terapi dengan berbagai gerakan yoga yang memberi efek terapi secara langsung, dalam mengatasi permasalahan atau keluhan anda seharihari. Serta dapatkan teknik menerapi diri sendiri. Dengan mengikuti Workshop Yoga Therapy yang akan dilaksanakan pada: Sabtu, 18 Januari 2014 mulai pukul 08.30 – 11.30 WIB di Energik Power Yoga, Jl. Candi Kidal 26 Malang. Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: (0341) 7010695, (0341) 737706 dan 081217553893

LOMBA Barito Vaganza 7 SMK Putra Indonesia Malang menggelar Barito Vaganza 7 dengan tema ‘Inspiring Seventastic for Golden Generation‘ untuk siswa SMP/MTs se Malang Raya pada 1215 Februari 2014.Adapun kegiatan meliputi, Lomba Karya Inoasi Remaja, Lomba Profesor Junior, English Speech Contest, English Olimpiade, Lomba Jurnalis Fotografi, Contemporer Traditional Dance Competition, Etnic Futuristic Fashion Festival, bazaar dan pentas seni.

STMIK-STIE Asia Gelar Cosplay Competition

Hari Amal Bhakti Kemenag RI

Cosplay Competition dipersembahkan oleh STMIK-STIE Asia Malang. Hari/Tgl: Minggu, 12 Januari 2014. Lokasi: Kampus Pusat Asia, Jl. Soekarno Hatta, Malang. Syaratnya: Peserta solo atau group max. 5 orang, Tidak membawa senjata tajam atau senjata api, Membawa backsound dan properti sendiri dan Registrasi Rp 25.000. Untuk info lebih lanjut Nawak bisa hubungi: Kak Fathur di nomor (089) 703 363 51

Kantor Kementrian Agama Kab.Malang menggelar peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Aga ma RI ke 68 dengan agenda ke giatan meliputi: Bakti Sosial santunan Anak Yatim di Kantor Kemenag Kabupaten Malang 3 Januari 2014, dan upacara bendera Peringatan HAB Kemenag RI ke 68 3 di Kantor Kemenag Kab. Malang 3 Januari 2014.

SMAN 4 Malang menghadirkan Nidji dalam Stetsa Specta Show 2014 pada hari Sabtu 4 Januari 2014 di Graha Cakrawala UM. Harga tiket pre sale 25 ribu, sedangkan tiket OTS Rp 35 ribu. Open gate pukul 13.00 WIB. Closed gate 20.00 WIB.

@MX Mall menggelar Malang OOTD 2014 untuk beri kesempatan pengusaha online lokal Malang di bidang fashion, memamerkan produknya. Acara digelar mulai tanggal 28 Februari 2014 hingga 1 Maret 2014. Harga stand per hari adalah Rp 200 ribu. Info lanjutan hubungi Dyandra 085730394468.

Stand up Comedian Ernest Prakasa ILLUCINATI Malang menghadirkan stand up comedian Ernest Prakasa pada 3 Januari 2014 di Aula BAU UMM. Acara dimulai pukul 19.00 WIB. Pre Sale tiket Rp 35 ribu, OTS Rp 50 ribu.

KEAGAMAAN Bustanul Qiro’ah

Pameran Batik, Hijab dan Asesoris

Kegiatan Bustanul Qiro’ah di Masjid Ahmad Yani, setiap Rabu pukul 15.30-17.00 WIB. Jadwal setiap hari Senin dan Kamis.

Pameran Batik, Hijab dan Asesoris dari Fortune Organizer berlangsung di Atrium MOG Malang hingga 5 Januari 2014.

7 HAL MENYENANGKAN BIKIN BADAN LEBIH SEHAT BANYAK cara dilakukan orang untuk memiliki tubuh yang lebih sehat sepanjang hari. Mulai dari rajin olahraga, mengatur pola makan, istirahat cukup, sampai menghindari stres. Selain cara-cara tersebut, ada beberapa hal tak terduga yang sebenarnya sering Anda lakukan sehari-hari namun tak disadarai bahwa kegiatan ini juga bisa membuat Anda lebih sehat. Inilah kegiatan tak terduga yang bisa membuat Anda lebih sehat, seperti dikutip dari news.com.au, Kamis (2/1/2014):

4. Nostalgia Memikirkan kembali masa-masa indah ketika Anda dihadapkan dengan masalah hidup saat ini bisa membantu melawan rasa kesepian dan cemas. Sebab, hiburan secara psikologis ini adalah cara mudah untuk mengatasi stres. “Pengalaman yang berharga dan menyenangkan bisa meyakinkan bahwa kita adalah orang-orang yang memiliki kehidupan bermakna,” kata psikolog Clay Routledge dari North Dakota State University.

1. Bermain video games Ini bukanlah ‘mitos’ buatan remaja di perkotaan karena bermain video games telah terbukti bisa membantu kemampuan dan mempertajam pikiran orangorang lanjut usia. Sebuah permainan yang dirancang khusus bernama neuro Racer dimainkan oleh peserta studi berusia 60 sampai 85 tahun selama satu bulan. Permainan ini berupa kegiatan mengemudi dengan mengidentifikasi tanda-tanda. Selama satu bulan peserta memainkan neoru racer, ditemukan bahwa keterampilan kognitifnya meningkat. Bahkan, mainan ini membantu meningkatkan memori jangka pendek dan fokus jangka panjang.

5. Parasetamol Selain mengobati sakit kepala, obat ini juga bisa digunakan untuk membantu Anda tetap tenang dan mengurangi rasa cemas. Peneliti di University of British Columbia menemukan bahwa bahan utama obat ini, acetaminophen, bisa membuat peserta penelitian mengurangi rasa tertekan dan khawatirnya ketika diberi pertanyaan yang menakutkan.

2. Bernyanyi berkelompok Menurut peneliti di Swedia, menyanyi berkelompok bisa menambah rasa persatuan dan harmonisasi hati. Peneliti memantau denyut jantung penyanyi paduan suara dan melihat bagaimana denyut nadinya naik dan turun secara serempak seiring tempo musik. Pernapasan yang terkendali saat bernyanyi berkelompok juga memiliki efek yang sama seperti latihan pernapasan dalam yoga.

6. Membaca cerita fiksi Psikolog di New York menemukan bahwa membaca cerita fiksi bisa membuat orang lebih baik dan berempati. Sebuah studi melibatkan dua kelompok peserta yaitu yang membaca kutipan dari fiksi sastra dan kelompok lainnya yang membaca artikel non fiksi. Emosi mereka pun diukur melalui ekspresi wajahnya.“Mereka yang membaca fiksi sastra dinilai memiliki emosi yang lebih tinggi karena fiksi membawa pembaca ke dalam kehidupan lain yang memaksa mereka merekonstruksi suatu karakter yang membawanya lebih dalam ke situasi sosial yang nyata,” papar penulis studi Emanuele Castano

3. Pesimisme Menjadi orang yang pesimistis bisa membuat hidup lebih lama. Peneliti di Jerman meminta 40.000 orang berusia 18-96 tahun menilai seberapa bahagia mereka dalam waktu lima tahun ke depan. Peneliti menemukan orang yang terlalu berlebihan berharap akan kesejahteraannya, sepuluh persen lebih tinggi mengalami kematian atau cacat selama penelitian. “Pesimistis tentang masa depan bisa mendorong orang untuk hidup lebih hati-hati, memperhatikan kesehatan, serta waspada dalam mengambil tindakan,” kata psikolog Freider Lang.

7. Tabir surya Peneliti di Australia mengatakan bahwa penggunaan tabir surya setiap hari bisa memperlambat penuaan kulit, mencegah keriput, dan membuat kulit lebih muda. Partisipan penelitian menggunakan tabir surya SPF 15 ke kepala, leher, lengan, dan tangan setiap pagi selama 4,5 tahun.Hasilnya, mereka memiliki 24 persen lebih sedikit tanda-tanda penuaan. Sebab, seperti diketahui, penggunaan tabir surya bisa mencegah paparan sinar UV dari matahari yang bisa merusak kolagen, membuat penampilan kulit lebih gemuk dan mengalami penuaan.(jpnn/lim)

POJOK CEMOT Cerita

Motivasi

Keseimbangan Hidup

SEMINAR

EVENT EVEN NT NT

EVENT

EVENT

Seminar Hacker

Grand Wedding Exhibition

Seminar Hacker dipersembahkan oleh HM IT Universitas Widyagama Malang, dijamin seru abis. Hari/Tgl: Sabtu, 4 Januari 2014, Pukul: 10.00 s/d 16.00 WIB, Lokasi: Ruang Auditorium Kampus 3 Universitas Widyagama Malang, Di acara ini akan di bawakan oleh pemateri: KOLAM (Komunitas Linux Malang) dan Malang CYBER CREW. HTM: RP 15.000. Info lebih lanjut Nawak bisa hubungi: Ratna (085) 749 596 139 dan Affan (083) 4888 6007

Datang yuk ke acara Grand Wedding Exhibition 2014 persembahan dari Goldy Entrprize “Pameran Pernikahan Tradisional dan Internasional”. Kamis – Minggu, tanggal 27 – 30 Maret 2014 yang berlokasi di Malang Olympic Garden (MOG) mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Grand Prize: Cincin Kawin Berlian (tiap event). Info: Sinang Kurniawan di 081 334 050 777 atau (0341) 777 5678

Hijabers Gelar The Gold Quality Of Muslimah

Desain Komunikasi UNM Gelar Posko Visual

Bridge Academic Expert Kupas Tuntas Au Pair Bridge Academic Expert menggelar seminar ‘’Kupas Tuntas Au Pair ke Jerman’’, pada Minggu, 2 Februari 2014 di Dimsum Soe Café & Resto Jalan Ijen 79 Malang. Peserta dibatasi hanya 50 orang.

SBSQUAD Cover Dance Concert SBSquad Entertainment proudly presents: SBSQUAD COVER DANCE CONCERT “Show your love, passion, and hardwork”. Minggu, 09 Maret 2014 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang. CP TIKET: Tiffani – 085735563282.

Halo para nawak hijabers Malang. Gabung yuk dalam acara The Gold Quality Of Muslimah. Dengan serangkaian acara : Talk Show “The Gold Quality Of Muslimah”. Guest star 1: Puteri Hasanah Karunia (presenter, vokalis, NASH, ex fashion editor, model, blogger). Guest star 2: Sari Lestari (owner Rabbani Malang, Malang Islamic Boutique dan Mulia Salon n Spa). Selain itu ada Hijab demo, Hijab of the day competition (tema: Retro), Cooking demo, Games dan Stand up comedy. Acara akan digelar pada Minggu, 5 Januari 2014 mulai pukul 10.00 WIB di Maharaja MX Mall Malang. Harga Tiket Masuk : Rp 20.000 (free Zoya)Info lebih lanjut, nawak dapat hubungi: Yaya 081336032793 dan Siska 085755550908

Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang menggelar Posko Visual. Kegiatan pameran karya seni desain bertema ‘We Dare, We Care, We Share‘ ini meliputi acara pameran karya, seminar dan workshop serta lomba dan musik.

UMM Gelar Pekan Amal Psikologi Departemen Kesejahteraan Sosial UMM mempersembahkan Pekan Amal Psikologi (PAP) UMM. Acara dimulai 23 Oktober sampai 5 Maret 2014. Menerima bantuan soal berupa buku, uang, pakaian dll.

Dikisahkan, suatu hari ada seorang anak muda yang tengah menanjak karirnya tapi merasa hidupnya tidak bahagia. Istrinya sering mengomel karena merasa keluarga tidak lagi mendapat waktu dan perhatian yang cukup dari si suami. Orang tua dan keluarga besar, bahkan menganggapnya sombong dan tidak lagi peduli kepada keluarga besar. Tuntutan pekerjaan membuatnya kehilangan waktu untuk keluarga, teman-teman lama, bahkan saat merenung bagi dirinya sendiri. Hingga suatu hari, karena ada masalah, si pemuda harus mendatangi salah seorang petinggi perusahaan di rumahnya. Setibanya di sana, dia sempat terpukau saat melewati taman yang tertata rapi dan begitu indah. “Hai anak muda. Tunggulah di dalam. Masih ada beberapa hal yang harus Bapak selesaikan,” seru tuan rumah. Bukannya masuk, si pemuda menghampiri dan bertanya, “Maaf, Pak. Bagaimana Bapak bisa merawat taman yang begitu indah sambil tetap bekerja dan bisa membuat keputusan-keputusan hebat di perusahaan kita?” Tanpa mengalihkan perhatian dari pekerjaan yang sedang dikerjakan, si bapak menjawab ramah, “Anak muda, mau lihat keindahan yang lain? Kamu boleh kelilingi rumah ini. Tetapi, sambil berkeliling, bawalah mangkok susu ini. Jangan tumpah ya. Setelah itu kembalilah kemari”. Dengan sedikit heran, namun senang hati, diikutinya perintah itu. Tak lama kemudian, dia kembali dengan lega karena mangkok susu tidak tumpah sedikit pun. Si bapak bertanya, “Anak muda. Kamu sudah lihat koleksi batu-batuanku? Atau bertemu dengan burung kesayanganku?” Sambil tersipu malu, si pemuda menjawab, “Maaf Pak, saya belum melihat apa pun karena konsentrasi saya pada mangkok susu ini. Baiklah, saya akan pergi melihatnya.” Saat kembali lagi dari mengelilingi rumah, dengan nada gembira dan kagum dia berkata, “Rumah Bapak sungguh indah sekali, asri, dan nyaman.” tanpa diminta, dia menceritakan apa saja yang telah dilihatnya. Si Bapak mendengar sambil tersenyum puas sambil mata tuanya melirik susu di dalam mangkok yang hampir habis. Menyadari lirikan si bapak ke arah mangkoknya, si pemuda berkata, “Maaf Pak, keasyikan menikmati indahnya rumah Bapak, susunya tumpah semua”. “Hahaha! Anak muda. Apa yang kita pelajari hari ini? Jika susu di mangkok itu utuh, maka rumahku yang indah tidak tampak olehmu. Jika rumahku terlihat indah di matamu, maka susunya tumpah semua. Sama seperti itulah kehidupan, harus seimbang. Seimbang menjaga agar susu tidak tumpah sekaligus rumah ini juga indah di matamu. Seimbang membagi waktu untuk pekerjaan dan keluarga. Semua kembali ke kita, bagaimana membagi dan memanfaatkannya. Jika kita mampu menyeimbangkan dengan bijak, maka pasti kehidupan kita akan harmonis”. Seketika itu si pemuda tersenyum gembira, “Terima kasih, Pak. Tidak diduga saya telah menemukan jawaban kegelisahan saya selama ini. Sekarang saya tahu, kenapa orang-orang menjuluki Bapak sebagai orang yang bijak dan baik hati”. Sumber: andriewongso.com REDAKTUR: HALIM, LAYOUTER: OLIS


21

MALANG POST

jumat, 3 JANUARI 2014 MALANG

• SUZUKI •

RUMAH

stnk

RUPA-RUPA

RUPA-RUPA

MOBIL - MOTOR

Carry’01 Adi Putro hitam met,ori harga 60 jt hub 9176717-322791

DIJUAL CPT rmh type 36, 2 kmr tdr, 1 km mnd, 1 dpr, LT 123m². Perum Asrikaton Indah Pakis MLG hrg 185 jt NEGO tlp 792663/ 082230748341

stnk s p d m t r h o n d a N C 11BF1CB/AT D’13 N-2569-II noka : MH1JFE112DK086679 nosin : JFE1E10855828 a/n : alif maulana ramadhan d/a : dsn madyorenggo rt.02/06 talok-turen-malang

Toko Iyan Toys Jual segala macam Boneka,Grosir/eceran, Terima pesanan ,Terbuat dari bahan rasfur,felfoa,isi dakron. JL Raya Puntodewo VIII No.2 Polean (0341)5400669/ 081931892298

AERRO Laundry spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll siap dtg ketempat anda 24 jam non stop hari lbr ttp bka mlyani hotel, kantor, & perumahan Juga mlyni laundry kiloan hub. 0341-7077 376/736 7077/ 085646604841 ruko sulfat boulevard kav. I

PT BFI Finance (0343475400) penawaran atas unit : L300PU BOX,2008, APV GE 1.5,2007, KIA PICANTO,2010. L300PU BOX,2011, L300 DS MINIBUS, 2006, Panther PU,2003, moi cw,2010 smash 2007, accord s86,2000, revo abs,2010 BL-4/1

OBRAL Macam2 meja/Buffet Olympic/jati baru diskon 50% + terop 4 set (6x6 & 3x6) + m.cuci/kulkas (rusak) 40unit. Jl. Ki Ageng Gribig L-15. Hub (0341) 7627432 BG-14/12

karya jaya motor jual beli dan tukar tambah speda motor bekas berkualitas ki ageng gribig 3B/Dpn makam sekarpuro (0341)7756919, 081 333888919 BG-13/12

Pro mobil proses cepat dp + bunga rgn : odysseys ’01, wish ‘04, future gx’06, Hyundai, arya ’02, kijang sgx ’97, kijang g’94, carry ’93, innova ’05 Jl.Tumenggung Suryo 120 03415435431 BG-12/12

H.ACCORD,“88“ N-kota Hijau muda baru 30jt jl.S.tuban gg.1/16 D malang hub:085259056313 BG-9/12

Honda revo absolute um800 angsr 300rb an kondisi ok, brg terbatas hub.081231774417-7728007 BG-19/12

AIRLANGGA mbl mlg Jl. Danau Toba Raya E 1-27 (0341) 7557181-0811362010. Jual Beli Tukar Tambah mobil bekas Cash & Kredit www.kapanlagi.com BG-29/12

isuzu Dijual mobil panter HiGrade 1995 warna biru Bu hub.081253743162 BL-21/12

Daihatsu JUAL Cpt Espass. Th 97 wrn mrh, VR,Tape,Kond. Siap pakai,N. Kab. Hrg 45jt Nego Hub.0341-9187273 BG-23/12

BIG SALE “XENIA DP 18jt, Terios 20jt, GM PU , MB 16jt, LUXIO 23jt, HUB. 082131930990/9572750 BG-6/12

JUAL CHARADE CLASY’94 HITAM FULL HG 42 JT Siap Pakai Hub. 085732310559 / 085815481695 BL-28/12

MITSUBISHI gEBYAR Diskon akhir thn: Mitsubishi Pajero, outlander, mirage, cash back s/d 25Jt. Free: KF, Sidevisor dll. 5186696 / 081235146235 BG-5/1

DIJUAL cpt mbl Mitsubishi L300 Ctitzen th86 Indonesia Jaya Istimewa, N Kab, Hrg 42,5jt Hub: 081333452872 BG-30/12

TOYOTA Jual kijang Krista diesel 01 Perum Bumi Asri THP.2 L22 Hub: 0818303347

BL-8/ 12

Dijual Suzuki futura station drv 2001 original inpomobil Rp. 50jt (0341)4422551 (L) perum bumiasri blok Q no.8 sengkaling BL-17/ 12

dijual Suzuki Futura Station DRV 2001 Original Indomobil Rp 50 Jt (0341) 4422551 (L) Perum Bumi Asri Blok Q No.8 Sengkaling. BL-22/ 12

“PROMO SUZUKI DISCON SUPER BESAR” APV, Swift, Sx 4, Pick Up, DP & Angsran termurah Hub. 0341-7562297 BG-31/ 12

Jual Suzuki Esteem 1.3 Th 96 Plat L a/n sndri Merah Metalik hrg 46 jt nego 081390454277 BL-30/12

•HONDA• Abs revo’10 dp 500rb Ang 357x36, Satria FU,07 dp 2jt Angsuran 487x36 Telp.(0341)7567854, 7366556, 7392710 BG-1/1

Honda Accord 88 kota cat baru hijau muda ariasi pwstr 32jt Hub.085259056313 BL-24/12

DIJUAL Hnda Accord VTiL exlu­ sive 2000 Velg Rac R16 Ban Baru 105jt (nego) biru tua met, cat trwat kaki2 br gnti (bkl hnda) Jok Kulit Honda asli, Hub 087853231009, 0341 3725275 (Batu) BL-27/12

Dijual H.MAESTRO’92 PGMFI Istimewa 43JT Nego Tipis U/ ONH Hub.085790978974 Pajak Masih Lama Mlg Asli. BG-20/12

Dijual Honda Accord.Thn’85 Warna Merah, N.Kota, Ac, Power Window, Power Staring, Interior Ori, Central Lock, Alarm, Harga 28Jt. Hub: 0819­37986494. Jl.Pan­ji Su­roso no.8E. BG-30/12

VARIASI MOBIL ALRM 275rb, central lock 200rb, kaca film 200rb, DVD/USB/MP3 775rb, audio 1,2 jt, cover jok 575rb, Jl. Veteran 17 / Hub.03417020502/7750675 BG-21/12

TANAH Dijual Cpt, Tnh Lbh kurang 450meter, Hrga. 600rb/mtr, Jl.Memberamo III Malang persis selatan makam bunul Ngujil, Hub. 085718534174 BL-22/12

jual cpt tanah ada bangunanya dkt campus baik utk kos Lt ± 175 m Lb. ± 42,5 m dlm gang tlp 085235085068 BG-18/12

J.Tnh Sawojajar Gg 21 (dkt terusan sulfat dan sawojajar mas) Ls.139 m2 SHM. 185 jt Nego hub.0341-724435 /081233081622 BG-18/12

BG-28/1

Jual kijang SSX 1.8 bensin 03 Perum Bumi Asri THP.2 L22 Hub. 087852429547 BG-28/1

Dijual toyota Grand Extra 95 Biru audio Tv 78 jt nego Hub.03417375040 BG-24/12

Dijual:Toyota Avanza Hitam G,Plat: N km: 18000an,hrg: 156 jt Hub.081373902929/0818729188 BG-23/12

Jual Kijang,94,bi­r u,Ac,Tp,­ Pa­jak br,Asli N.Harga nego.Hub. Jl.Bayam Asabri Bumiayu Indah C 14,T.085645078877/751569 BG-30/11

dijual terios thn 2007 wrn hitam hub:7780727, 082143503013 BG-21/12

• SUZUKI • Gratis!!! Konsultasi kredit/tunai.Mobil baru Suzuki Hub: Hadi 2374008/ 085239073708 BG-5/1

Promo wagon r dp.22jt ertiga dp 44jt pick up dp 14jt hub:9568253/082141959999 BG-24/12

Karimun wagon r super um 20 jtan angs 1 jt-an full ac, irit, aman, nyaman buktikan 0341-3199515

TOKO

BG-31/ 1

RUKO 2lt Rp. 775jt 4x17m oro2 ombo depan soto. Ruko 2lt 5x15 Rp. 1.300jt Simp Sukarno Hatta Depan Poltek (0341) 8447272 BG-5/1

DI JUAL RMH JL.Raya Losari no.349 Singosari Shm Luas 317 m2 Hub 0818373576 (Achmad) BG-22/1

jual rmh lb 5,5x17 m2 lt 700 m2 shm jambon pakis kembar pakis hub: 0341-7014426 BL-15/12

Puri cempaka putih kawasan pemkot pnddkn dpn terminal hamid rusdi tipe baru UM 9jt (jamsostek) hub. 754055, 7025005, 081945155552 BG-6/1

Djl Rumah SHM L 130 m2, listrik 300 w 2 km tdr, ada hlamdepan, Jl Ronggolawe II/55 Singosari Hub: 0341-7390008 BG-26/12

Dijual rmh murah lt:72m lb:72m Genengan Pakisaji, rt01 rw09 Hub Rodiyah 7568026 BG-19/12

Djl rmh perum BMR Blok BA SHM + IMB T.36 3KT, Renov Full fasilitas lgkp tingkat hrg nego hub: 0341 9089500 / 085235170784 BG-17/12

DijuaL Rumah+toko L126m² SHM Jl.Raya Pakis Lok. Strategis dkt Pom bensin & sekolah cocok utk usaha Hub.087859444129 BL-18/12

DI JUAL RMH JL.ACALIPA NO 1 KEDAWUNG SHM TNH 299/250 KM 7 SIAP UNT KOS2AN HRG 1,5 M NEGO HUB.087788564762 BL-25/12

Jual rumah Jl.Anggrek blok A11 kepanjen 1 km dr pasar kepanjen,1 km dr pasar sumedang luas 85 hub.08819922112 nego BL-16/112

Dikontrakkan Perum Type 27 Renovasi + perabotan, lokasi belakang BNS, nego. Hub. 081334512426. Perum Puri Indah triple O Blok K3 No.25 Beji-Batu BG-2/12

Djl rmh dan tnh 1370 m2. kyai Tambak Deres. Sby. Hub. 081­916­ 492079/085755130040 BG-31/12

DIJUAL Rumah tipe 47. Luas tanah 105 m2. Alamat Perum Tirta­ sani Blok M2 no.6. Karangploso Malang Hub: 082139529736

KONTRAKAN

BG-23/12

KOST DIKONTRAKAN “PERUM TIRTASANI” PELANGI BLOK M2 NO.6 Lt. 105M2 TIPE 47 KARANGPLOSO MIN.3THN HUB. 082139529736 BG-7/12

VILLA BU Villa Batu ,baru mnls 190 m2 Hg.550 jt Nego 081916571873

JUAL Rumah Usaha strategis luas tanah 400m2, lebar depan 12m SHM. Jl. Alumunium 11A Malang, 081945399899/ 03415412993

BL-4/1

LOWONGAN Dcri krywn/krywti maks 25 th single min sma/smk MOG GF 6769 malang hub 08125285112 BL-7/1

DANA TUNAI K redit ta n p a j a m i n a n dan asuransi dibawah 10jt, 1 hari cair hub : 08785970816 / 085231698907 BG-21/1

BUTUH Dana cepat + trm Gadai titipkan Laptop/HP/Kendaraan+ BPKB Jl.Bendungan Sutami 33B Sumbersari Tlp. 0341-7359448 BG-4/1

Dana tunai bunga 0,77 %/bln jaminan bpkb mobil PT BPF Jl.Kahuripan 5 tlp 0341-7066110 BG-24/12

BUTUH biaya sekolah,reno rumah/ modal usaha. Kami so­lusinya. Jaminan BPKB mtr/mbl & SHM bisa TO hub. tlp. 9363696 BG-07/12

Bth dana cpt? Prs mdh,syrt proposal perkebunan, prop erty, pertambangan dll. SDAI jkt, Aryo 081210058489, dena 089651511978 BG-31/12

BIMBEL BIMBEL OTAK KANAN dijamin sukses sehat, kaya bahagia jl. Keben 2A 15 sukun 03419427474 bonus langganan BG-3/12

Super game MOG GF 67-69 melayani penjualan segala macam mesin dan accessories grosir dan eceran 08125285112 BL-4/2

FM SALON SPA promo 2014 hair cut p/w 25rb, colouring mlai 50rb, smoothing mlaii 150rb, buka jm 9 pg- 9 mlm JL.sarangan 1c/ JL.mayjen panjaitan 9if malang . 08123384948 BG-29/1

Rumah mrh yg lain 200jt, kami 120jt T.36/61 lks.Bandulan bonus TV-LCD tlp. 08180501147/085­ 746571600 BG-11/12

Dijual rmh Prum Mas Bumi Indah Blok F30D Jedong Mlg shm : kt2 km 1 L : 12 m2. Hub : 081555838552 (P. Antok). Hrg : 135jt, nego BG-8/12

Kehilangan stnk Sntk spd mtr SUZUKI’11 N-3604 -G noka:MH8CF4EBAAJ247720 nosin:F495ID246794 a/n AINUR ROFIQ d/a JL. RAYA KLAMPOK 164 RT.01 RW.02 DS. KLAMPOK KEC. SINGOSARI KAB. MALANG BL-4/1

Stnk spd mtr YAMAHAJUPITER Z ’10 N-2070-AZ noka: MH331B092AJ328019 nosin: NB328008 a/n MATSUKI d/a JL. SYARIF ALQODRI IV /30 MALANG BL-4/1

Stnk spd mtr honda blade’11 N-2042-CY noka : MH1JBH118BK107478 nosin : JBH1E1103848 a/n : rizky wijaya d/a : jl bantaran 1C/6 rt.02/01 kel.tulusrejo kec. lowokwaru kota mlg

BG-18/01

Tiara Gordyn terima pemesanan/ pemasangan segala gordyn, partisi gypsum, list gypung, diskon 10-15%. d/a Jl. Hamid rusdi Ruko kompi ongmor kuv.9 bunul. (0341)5477900/087859490782 BG-11/01

Anda bth interior rmh, kntr, hotel mlpti: gorden, vitras, spen­d ing, wall paper, ver­t ikal & horisontal Blind, karpet, kasa nyamuk, taplak me­ja, canopi tnpa di las (New Pro­d uk) H u b : G A L E R Y G O R ­D E N J l . Ranugrati 33/sawo jajar 6358 666/726960 BG-26/12

Kursus sulap “Master” 10 trik dan alat”nya 200 ribu hub:081381516060 BG-6/1

CV. abadi mlyani kuras WC & sluran buntu tangki plg bsr 5000 liter buka 24 jam Hub. Jl. Lombok / Yulius Usman Gg. 3/216 Mlg Tlp. (0341) 329517, hari libur tetap buka BG-07/12

Nia Massage kebugaran dgn pelayanan ramah and sopan. Khusus panggilan ke Hotel Hub.081335039157 BG-17/12

Rental komputer SIDQI melayani print cetak foto dll. Jl.Kelud No. 45 depan Kapolsek Klojen Hub: Abd.Wahid 085931021522 “MURAH BERKUALITAS” BG-17/12

“SAQINAH COLLECTION” Melayani pemesanan jaket, kaos, training, kostum olahraga (basket, volley, sepak bola, futsal, bersepeda,dll) Jl. Bela Negara tuko taman niaga rampal k.V1 no hp: 081233130971 (0341)9374077 (0341)7474006 BL-17/12

SURYA MANDIRI GORDYN. Sedia sgl mcm Gordyn, Vitrage, Vertikal Blind.Horizontal Blind,accesories dll.Anda tlp kami dtg Jl.Ry.Pakis Tlp. 03418696529,085855989910 BG-23/12

RUPA-RUPA

Belle natural soap sabun organik tanpa bhn kimia , detergent untuk mencerahkan & menyehatkan kulit (0341)566313/www. facebook.com/ BelleNaturalSoap/ 081555626161

BL-13/12

RUMAH

STNK mbl DAIHATSU pick box’12 N-8561-AT noka: MHKP3CA1JCK031643 nosin:DDE9059 a/n ELIAS HERMONO d/a Buru 11 Rt.03 Rw.01 Kel.Kasin Klojen Kota Malang

BG-29/12

BG-18/12

DIKONTRAKKAN 1.Ruko tingkat cocok buat usaha Jl.Puntodewo no.3 Mlg lt.204m² lb: 230m² 2.Rumah lt.234m² Jl.Permadi no.12 Mlg hub. segera Ivan: 087884510184, Agus: 0341320358 / 082139500516

BL-4/1

Dijual rmh Bandulan atas T.36 hrg:120jt anda ajak pembeli kami beri komisi 5jt. Hub: 0818050 1147081945334462 BG-11/12

DIJUAL : RMH + TOKO 7 ×18m SHM JL.RY SUMBER PASIR – PAKIS DKT.POM BENSIN 350 JT. HUB. 087859444129

BL-4/1

Stnk spd mtr YAMAHA’11 N-2863 -CU noka:MH32D30CAJ355662 nosin:28B2355793 a/n RATNA UTAMI .MM,DRA d/a Jl.Mergan Kelurahan E-J/1 Malang

BG-27/1

JAPANNESE STYLE DJ Salon & Spa Jl.Danau Kerinci F9C Kav.27 (Rko Pasar Sawojajar) Telp. 0341710605/085855159139. Menerima pembayaran debit/visa/master card. Cab. Jl.Kertoraharjo no.86. Dinoyo Malang BG-25/1

Public speaking workshop 25/01/14: utk komunikasi yg efektif & percaya diri: Reg sbelum 15 Jan: 250rb, 081805108666 pin. 2A4F72F2, recostainstitute.com @recosta_inst BG-23/1

Al-qur’an digital : cara praktis belajar membaca al-qur’an, dapat digunakan kapanpun dan dimanapun jl.kembang kertas 15c Rt6 Rw4 jatimulyo lowokwaru . 081805131258/bapak totok BG-20/1

Queen aesthetic promo faciail + cream pagi + cream malam hanya 100rb, faciai acne + cream acne + sunblock hanya 135 rb, paket whitening 6x Rp 595rb (0341) 557688 jl.bukit barisan 1 kav 7 malang

K ursus p i a n o p r i v a t g u r u sabar, telaten, profesional, berpengalaman. Serius Hub 081937787292 BG-19/12

Ash a f a B o d y m i s t A r o m a t erapi ada 18 aroma. Hrga grosir Jl. Kyai Tamin I/9 Hub. 081933011366/ 083114210902/ BB.332FF78D BG-13/12

Jasa pembuatan rombo­ng fran­­chise, both, stan pa­­me­ran, interior, kicten set,pagar,canopy DLL Hrg 1 juutaan hub.0341-280­1809/081216550509 (Cr marketing) BG-4/12

SEGERA! Prminiaga ce, trampil, kreatif, lmrn &CV&Rmh kado jl.gajayana 107A mlg. BL-29/12

WWW.RDV MALANG.COM TE­ RIMA JASA RANCANG & BA­NGUN EXTERIOR-INTERIOR HUB.0817535712/0341-7744022 BG-6/12

PRAYOGO AHLI SEDOT WC GOT BUNTU & mslh lain mengenai saluran pmbuangn limbah Rmh tangga Hub. Jl. Kebonsari 7 Telp. (0341) 802826 . 9443937 BG-6/12

ATOM clinic handphone service se­­mua jenis HP, hardware dan soft­­­ware Jl. Bendungan Sutami No. 6 Sumber sari (depan kam­ pus ­UMM II) telp: 0341 579998 Pin: 268BD5B7 BG-30/12

(PRATAMA AHLI SEDOT WC ) melayani sedot wc got buntu dll. Jl. Dirgantara VI B XI no.23 sawojajar mlg tlp.0341-7647878/7630312 hr libur tetep buka. BG-19/12

DICARI alat second. Perkan toran & mixer, Video, Per alatan Shooting Video. hub: 081803830045

BG-20/1

BG-31/12

Pasang parabola gratis indo­ vision/topytv/okvision di scppa­ rabola rukokaranglomega kav.3 0341­4 56222­/ 456333

Pesta ertiga gratis LCD 7” ertiga dan hadiah lainya untuk pembelian bulan ini . DP 40 jt-an hub 03417716179/081330191784

DIJUAL Rumah SHM L 130 m², listrik 1300W 2 km tdr, 1 km md. Dapur luas, ada hal depan, Hrg 300 jt Jl. Ronggolawe II/55 RT.05 RW.03 SINGOSARI.hub. 03417390008

BG-16/12

Stnk spd mtr honda’11 N-2055JZ noka : MH1JB9120BK531395 nosin : JB91E2524849 a/n : imam prayitno d/a : DSN jajar jl perusahaan 50, rt.001 rw.0010 ds.tunjungtirto kec.singosari kab. malang

BG-31/ 1

S of a / springbed a n d a kotor, HBG THATA LAUNDRY. Spesialis cuci sofa, springbed, kursi kantor, karpet permanen, gordyn, jok mobil, obras karpet dll. Siap datang ke tempat anda 24 jam nonstop. Hari libur buka. (0341)2822506, 9537306, 085645478106, BB:32714960. Jl teluk bayur no.61 mlg

BL-4/1

BG-20/1

BG-24/12

Dijual ESCUDO 2004 plat N rp 100 jt hub 0341 4444002 jl.Candi Brahu 18 mlg BG-23/12

MP JUAL MP-Jual :jasa LES private Bhs Ing siap UAS UNAS utk SMP SMA SMK- general Eng utk Mhsswa,kary dan Umum. juga Terima MC utk berbagai acara. telp/sms: BRITISHUSA English 081 334 505154 MP-Jual : jasa pasang plafon/ partisi gipsum, instalasi listrik hub 081615852383 MP-Jual : Cpt Kmpor sntuh,AC prtble,Sndok brlpis emas,Alt msak sprti Magic Jar untk msak syur Hub: 081938381193/083856827649atau 0341 5187762 Mp-Jual: ES CINCAU GREEN bs buat OBAT sglh penyakit( darah tinggi,bs membunuh sel kanker dll...) terbuat dr bhn ala-

BG-3/ 2

mi, jln BONDOWOSO(dkt UM) mlng TERIMA PESANAN call 085790833379 MP-JUAL : rumah minimalis+perabotan baru (springbed,kompor gas, m.cuci, kulkas,sofa, lemari) di pesona buring raya f3/21, SHM, K. tidur 2,K. mandi,dapur,listrik,air,full keramik, harga 150jt.hub. 085785768453 MP-JUAL: JASA RENTAL MOBIL AVANZA, XENIA DLL PER-HARI 125 RIBU HUB. 0341-9183779 KARANGPLOSO MP-JUAL: JASA PEMBUATAN BOTH, ROMBONG FRANCHISE, STAND PAMERAN DLL H. PERUM. GRIYA SAMPOERNA SEJAHTERA JL. RAYA KASIN 170 AMPELDENTO KARANGPLOSO TELP. 0341-9183779

BL-4/1

MP-Cari MP-Cari : Daihatsu charade kondisi bagus, hub 081803809200 saya tgu M P - C A R I ; R U M A H K O NTRAKAN YG BISA DIBAYAR PER BULAN.MIN 3 THN.HUB; 081333103019. MP - Cari pegawai putri penampilan menarik untuk jaga toko matos pendidikan min smp blm menikah umur max 20 th hub : sony music school jl gunung raung 8 malang +6282335224884 MP-CARI : Tenaga laki2 serabutan, punya motor, sim C, jujur, rapi, lulusan SMA/SMP, max 25th, tahu daerah malang raya, gaji 750rb/bln. Telp/sms ke 0816554143.

BG-26/12

Berkah Jaya AC, service AC mobil/split, kulkas, m-cuci, wtr heater, dll. 03415334555 / 5430 345 Jl. Cengger Ayam 30A BG-26/12

MP-CARI : TUKANG POTONG KONVEKSI BERPENGALAMAN. SGR HUB 03417587018 MP cari : krywti u jaga counter dimsum di bandulan mlg, min smp, supel, hub &0818533332 MP-Cari : distributor es drop cari penjual keliling dng box melody,min smp,pny spd mtr,komisi 100%+uang bensin,hub:082330697789 MP-cari : sopir colt dsl sim b1& pegawai wanita toko bs tidur dlm bs plg & pegawai pria bagian krm2 hub jl.sersan harun 62 mlg telp 9690275. MP - Cari : Banyak Tenaga Kerja. dicari org yg mau jd agen pulsa setengah harga. Bisa dijalankan dirmh/diluar rmh. Minat hub Vina 085646334272

MP-Cari : Ibu rmh tangga/pensiunan/PNS/mahasiswa usia min 18 th, income 500rb s/d 3 jt/bln. Sms 081945945444

BG-26/12

PIJAT Pijat tuna netra numani melayani p/w. Rp25 Rb / 1,5 jam , fasilitas mandi air hangat . terima panggilan JL.Ki ageng gribig no2 (dpan pgsd kampus 2/ex s60) 03417442111 BG-29/1

Apa anda membutuhkan jasa body Spa, pijat capek2, terapi vitalitas silahkan call saya mbak Evi di no. 081252749612 maaf khusus terima panggilan saja ok tunggu call anda makasih BG-07/12

“MILENIUM MASSAGE” dgn tenaga wanita muda professional khusus panggilan ke hotel hub: 085774410568 no sms BG-29/12

pengobatan PENGOBATAN alternative pijat refleksi mngobati sgala sgala mcm pnyakit, stroke, darah tinggi, kanker dll Jl. Kbnsari 2 skun (dpn Gg. salak) T. 0341­4333882 BG-24/12

KULINER Depot Maninjau sedia ma­sa­ kan Jawa & madura mnrima p­s­nn nasi Bung­­kus, rantang, ko­tak, ku­ ning, tum­peng. Buka se­tiap hari mulai 05.30. Jl. Danau Ma­nin­­jau No. 91/ 711842 BG-31/12 Aqiqah (Darul Aqiqah) mulai Rp 800rb+masak. Sate 225 tsk+gulai 65 prs. Nasi box mulai Rp 7000. (0341) 2383862/081333910016. Alam buring inside2 A4. Belakang gor ken arok BG-19/01 TOUR & TRAVEL J D tr a v e l m e l a y a n i r u t e malang-paciran-tuban pp. malang-gresik-lamongan pp .telp 081339820028/03414337446 BG-29/1 Sora travel jl ters danau kerinci 2C-4 Air port shuttle juanda mlgsby pp mlg-perak pp carter-tour wisata-rent car+driver 753236/08 2333711779/081333322779 BG-28/1 BMS RENT CARS karimun estilo/xenia 100 Rb APV 125Rb avansa/luxio 150Rb ELF 475Rb HUB : 03417748248/2149988/081333373338 BG-30/12 “YONO TRANS” Mlg-Sby-Prk PP. Bondowoso 1B Mlg 03412194639/ 081334614154 .Tiket Pesawat/ Laut, Tour Wisata, Rent Car BG-30/12 Pattaya Travel melayani Malang Mojokerto PP Bali crhistmas & New year Rp.4.000.000 (2 malam, Hotel Bintang) Telp. 085331316502, 082231177720 BG-11/01

MALANG POST Korane Arek Malang

www.malang-post.com

TOUR & TRAVEL Maju mapan trans MalangJuanda PP, Armada Tytinnova. trm pemesanan tiket pesawat, bisa pesan online, 24 jam Jl. Mayjend Wiyono no.1H. 081233565758/ 087859995758/085549505758/ (0341)575758 BG-11/01 Wisataasia.com melayanai tour murah ke Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, cina, bromo, semeru, kawah ijen. (0341)403800 / 081233272929 BG-21/1 “BOROBUDUR TRANS” “Pen­­jor” = mlg-dps PP “Bu­ana”= mlg-blt, TL Agung Tre­­n­gg­­alek PP “Surya”= mlg-jem­­­ber PP346966/ 359155/ 7751155 BG-30/12 ANGKASA RENT CAR me­l a­ yani sewa mbl: APV Arena, Xe­ nia, Avan­z a, Kijang LGX, Mercy pe­n gan­t in, Grand max, Grand Livina. Travel Mlg-Juanda/ Perak/ Srbya. Carter sgl jursn. telp/Hp: 0341-7324064/ 081 55373516/ 081­9 318 71298 BG-31/12 SURYA TOUR & TRAVEL PUSAT NYA TRAVEL SGL JU­R USAN Me­layani Bis mlm, Pswt, Kapal laut, Carter mbl, pkt ke sgl juru­san. Jl. Trunojoyo 10 E telp. 0341354117. Web­s ite: www. su­r ya travel. com. BG-29/11 www.airlanggarentcar. com (0341-716458/7056458081838 6458) menyewakan mobil pngan tin, tamu VIP dan travel mlg-sby/ju­a n­d a(PP), dgn driver peng­alaman, sabar,tepat waktu, & tdk merokok, Alphard, Velfire, Camry, Mercy, Altis, Fortuner, Innova, Avanza, Xenia, Dll. Jl. Danau Toba E1-27 Mlg Hotline: 081 730 1000 BG-26/12 STASIUN TIKET. Solusi Penjual tiket transportasi dengan harga ter­murah dan pengiriman paket kilat se-Indonesia. Hub: Jl. Tru nojoyo 46 F-1 Malang. Telp 0341322777. web­site: www. stasiun tiket .com BG-29/12 KOMPUTER CENTRA COMPUTER –TOS­ HIBA-LENOVO-ASUS- Spe­sialist Store Toshiba N at kasir, Finger Print paling murah kualitas ter jamin..!!! ISI TO­NER Mulai 55rb, bisa Infus GRATIS, Ambil antar service. Hub. Jl. Panjaitan 111 Mlg telp. 576593- 9037898 BG-31/11 KOMPUTER PUSAT GROSIR & SERVICE LAPTOP &PRIN­ TER Printer : ip2770 Lkp infuse 459rb, Mp287 Lkp infus 659rb, T13= 615rb, BISA INFUS GRATIS Lap top : Acer AOD270 Dualcore 2,5jt-an, Compaq CQ43 3,4jt-an disini semua plg MURAH dan plg berkualitas, CEEK..!! Hub : Jl. Galunggung No.91Mlg Telp. 5584409634440 Hp. 085­735 607111-0821 31475761 BG-23/11


JUMAT, 3 JANUARI 2014

JUAN MATA

SIR ALEX FERGUSON

Pensiun, Tetap Kaya Raya LONDON- Sir Alex Ferguson ternyata sangat menikmati masa pensiunnya. Mantan manajer Manchester United masih terus meraup banyak uang dari berbagai macam kegiatannya selepas dari sepak bola. Awalnya Fergie-sapaan akrab Ferguson ragu apakah bisa hidup jauh dari sepak bola, dunia yang sudah digelutinya selama 39 tahun terakhir. “Saya dilatih untuk terus dalam iklim yang kompetitif. Saya takut, jika lepas, tubuh saya tidak siap,” ujar Fergie kepada Daily Mail. Nyatanya, Fergie yang berusia 72 tahun itu masih punya energi yang sama seperti saat dia aktif sebagai manajer. Apalagi, pria asal Skotlandia itu

masih kaya-raya. Pundi-pundi uangnya terus mengalir. Hasil penjualan autobiografinya fantastis. Dalam sepekan buku Fergie terjual 115, 547 buah, menghasilkan GBP 1,4 juta (Rp 28,1 miliar). Itu adalah rekor penjualan baru di Inggris sejak 1999. Total, uang hasil penjualan buku berjudul Alex Ferguson, My Autobiography mencapai GBP 30,7 juta (Rp 617,9 miliar). Selain itu, Fergie juga mendapatkan uang dari ceramah motivasinya. Tarifnya, GBP 100 ribu (Rp 2,01 miliar) untuk sekali seminar di Timur Tengah. Yang jelas, Fergie sama makmurnya seperti saat menerima gaji GBP 7,6 juta (Rp 152,9 miliar) dari United musim lalu. (nur/bas/jpnn/jon)

Wenger: Arsenal Dewasa dan Cerdas LONDON - Pelatih Arsenal, Arsene Wenger tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya ketika anak asuhnya menekuk Cardiff City dua gol tanpa balas di Emirates Stadium, Rabu (1/1) kemarin. Menurut Wenger, kemenangan tersebut menjadi bukti ketangguhan mental yang dimiliki Theo Walcott dkk. Pasalnya, Walcott dkk dianggap memiliki sikap pantang menyerah. Itu terlihat dari dua gol kemenangan Arsenal yang baru datang pada menit akhir pertandingan. “Kami memang harus sabar menghadapi tim bagus seperti Cardiff. Mereka bermain dengan sangat hebat. Cardiff layak mendapat apresiasi. Mereka hanya kurang beruntung ketika kalah di akhir pertandingan,” terang Wenger di laman BBC, Kamis (2/1).

Nah, Wenger meminta anak asuhnya terus menjaga sikap pantang menyerah tersebut. Bukan hanya di laga kandang, tetapi juga di partai away. Wenger optimistis sikap tersebut akan membantu Arsenal meraih gelar musim ini. Saat ini, Arsenal masih bertengger di pucuk klasemen sementara dengan koleksi 45 angka, satu poin lebih banyak dari Manchester City. Dengan sisa laga yang bakal semakin sengit, Walcott dkk tentu dituntut memiliki kekuatan mental nan tangguh. “Saya pikir kami dewasa dan cerdas. Mungkin itu adalah buah dari banyaknya pertandingan yang kami jalani. Jika kami bisa menjaga ritme ini, kami akan berada di posisi yang sangat bagus,” tegas Wenger. (jos/jpnn/jon)

Berakhirnya

Era Mata LONDON-Musim Juan Mata bersama Chelsea tampaknya akan berakhir. Manajer The Blues Jose Mourinho mengindikasikan bahwa Mata bisa pergi dari Stamford Bridge. Mou sebal dengan sikap gelandang asal Spanyol tersebut ketika Chelsea bertandang ke St. Mary, kandang Southampton (1/1). Gelandang berusia 25 tahun tersebut terlihat kesal dan mengabaikan Mourinho ketika diganti pada menit ke-53. Mata marah ketika berjalan keluar lapangan. Setelah itu, dia menumpahkan kegalauannya dengan memukul kursi bangku cadangan. Keputusan Mou untuk mengganti Mata terbukti jitu. Oscar yang masuk untuk menempati posisi Mata menjadi aktor kunci Chelsea. Dua assist dan satu gol Oscar membantu Chelsea menang 3-0. Mata adalah salah satu pujaan fans Chelsea. Dalam dua musim beruntun, dia ditabalkan sebagai pemain terbaik klub milik Roman Abramovich itu.

Season lalu, pemilik 32 caps untuk tim nasional Spanyol tersebut masuk dalam Tim Terbaik Asosiasi Pemain Profesional Premier League alias PFA Team Of The Year. Tetapi di mata Mou”panggilan Jose Mourinho semua itu tidak ada artinya. Mata sekarang sudah menuju pintu keluar paska insiden St. Mary. Mou memberikan sinyal kuat. “Saya tidak ingin dia keluar. Itu opini dan harapan saya. Namun pintu saya selalu terbuka,” ucap Mou kepada Guardian. “Pintu klub ini juga terbuka. Jadi, ketika pemain yang bersangkutan ingin berbicara, kami menunggu. Namun jika Anda bertanya apakah saya ingin menjualnya, saya jawab tidak,” imbuh pria asal Setubal, Portugal itu dengan diplomatis. Mou mengaku tidak melihat reaksi kemarahan Mata paska diganti. “Saya tidak melihat Mata frustrasi. Sebab hasilnya, kami memenangi laga ini. Dia juga ikut gembira,” tandasnya. (nur/jpnn/jon)

Fabregas: Saat Kembali, Messi akan Seperti Banteng BARCELONA-Usai absen beberapa pekan karena cedera, penyerang Barcelona, Lionel Messi diprediksi akan kembali bermain pada laga lanjutan La Liga melawan Elche, Minggu 5 Januari 2014 malam WIB. Gelandang Blaugrana, Cesc Fabregas, menilai Messi akan “menyeruduk” layaknya banteng. Hingga pekan ke-17 La Liga musim ini, Messi baru bermain 11 kali dan mencetak delapan gol. Di Liga Champions baru bermain tiga kali, dan Copa del Rey sama sekali tak bermain. Selebihnya, pengoleksi empat trofi Ballon d’Or itu harus menepi karena otot hamstringnya robek. Messi sendiri kini sudah mendarat di Barcelona, pada

Cesc Fabregas Rabu 1 Januari 2014, setelah menuntaskan masa pemulihan di Argentina. Pada latihan tim yang akan dihelat Kamis, waktu setempat, pemain berusia 26 tahun tersebut diperkirakan sudah bergabung. “(Saat mengalami cedera), dia benar-benar membutuhkan isitirahat secara fisik, karena dia sudah menderita akibat ini dan tak ada pilihan selain ber-

henti bermain,” kata Fabregas, sebagaimana dilansir Iol Sport, Kamis 2 Januari 2014. “Dia empat sampai lima kali cedera beruntun pada otot yang biasa dia gerakkan saat berakselerasi. Apapun yang terjadi, dia harus berhenti, dan saat dia kembali dia akan seperti banteng,” lanjut mantan kapten Arsenal yang juga rekan Messi saat masih di La Masia itu. Barcelona sendiri kini masih berada di puncak klasemen sementera La Liga dengan poin 46, hasil dari 15 kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan. Kendati demikian, mereka belum aman karena Atletico Madrid membuntuti di posisi 2, dan hanya kalah selisih gol. (ren/vvn/jon)

22

LIGA ITALIA

Tantangan Juventus TURIN - Juventus belum akan tergusur dari posisinya di puncak klasemen sementara Serie A 2013-2014 saat menyelesaikan giornata 18. Usai giornata 17, mereka masih unggul lima poin dari peringkat kedua yang dihuni AS Roma. Jadi, sudah bisa dipastikan mereka menduduki capolista sepanjang enam pekan beruntun. Juve bakal mendapatkan tantangan langsung dari Roma besok dinihari WIB. Seandainya kalah, Juve masih unggul dua poin dari Giallorossi (julukan Roma). Hasil lain, justru membuat Juve kian meninggalkan para pesaingnya. La Vecchia Signora-julukan Juve sudah berada di puncak menyusul hasil di giornata 13. Mereka kian tak terbendung setelah tak terkalahkan di lima laga terakhir. Bahkan, Gianluigo Buffon dkk sudah mencatatkan rekor selalu menang dalam sembilan laga terakhir di Serie A. Selisih lima poin sebelum paro musim dianggap kubu Roma sebagai sinyal bahaya dalam persaingan. Roma tak boleh kehilangan angka lagi untuk menjaga jarak. Misi paling awal adalah menyulitkan Juve dalam pertemuan langsung mereka di Juventus Stadium. “Kami harus fokus untuk menujukkan performa terbaik, karena (selisih) lima poin adalah jarak yang jauh dan kami tak bisa membiarkannya jadi lebih jauh,” ungkap Morgan De Sanctis, penjaga gawang utama Roma seperti dikutip Roma Channel. Sejauh ini, Roma sebenarnya tampil di luar ekspektasi sebelum musim berjalan. Mereka tak terkalahkan hingga pekan ke-17. Bahkan, sepuluh pekan perdana musim ini mereka lalui dengan 30 poin alias selalu menang. “Fakta bahwa kami tak terkalahkan dan hanya berada di posisi kedua, sedikit mengejutkan. Tapi, kami akan datang ke Turin untuk menyulitkan mereka. Kami dalam kondisi yang baik. Memang tak mudah bagi kami, tapi tak mudah pula bagi mereka,” jamin De Sanctis. Hal serupa diungkapkan gelandang Miralem Pjanic. Dia mengakui, Juve tim kuat yang pantas selalu berada dalam favorit sebagai scudetto. Tapi, Roma datang dengan harapan besar, bukan ketakutan. “Juventus adalah tim yang sangat kuat. Tapi kami tidak takut pada mereka. Kami tahu kami sejajar dengan lawan mana pun di liga, tapi kami harus berada dalam permainan terbaik untuk mengalahkan Juve,” ujar Pjanic seperti dikutip Football Italia. Hanya saja, kubu Juve sudah mengambil ancang-ancang untuk berlari kian kencang di 2014. Pelatih Juventus Antonio Conte tak hanya membidik gelar Serie A. Dia mengaku optimistis bisa meraih treble winner musim ini. Jika mampu, maka Conte akan menjadi pelatih pertama dalam sejarah Juventus yang bisa meraih tiga gelar dalam semusim. Tiga gelar yang diincar Conte adalah trofi Serie A, Coppa Italia, dan Europa League. Khusus untuk Europa League, Juve harus mengikuti ajang tersebut setelah tersingkir dari ajang Liga Champions. Motivasi kian tinggi, karena final akan dilangsungkan di Juve Stadium. “Musim ini kami masih ingin memenangi semuanya. Ada kesempatan untuk memenangi scudetto tiga kali beruntun, yang juga akan dibarengi juara Coppa Italia. Jika kami memenangi Coppa Italia, itu akan menjadi rekor karena untuk pertama kalinya ada klub yang menjuarainya sebanyak 10 kali,” tegas Conte. (ady/jpnn/jon)

LIGA SPANYOL

Pique Minta Madrid Pasrah Terima Superior Barca BARCELONA - Dalam lima musim terakhir, La Liga benarbenar dikuasai Barcelona. Sejak musim 2008, Barcelona berhasil merengkuh empat gelar La Liga. Sementara, Real Madrid yang merupakan seteru abadi Barcelona hanya kebagian satu gelar pada musim 2011. Selain itu, Blaugrana, julukan Barcelona juga dua kali merengkuh trofi Liga Champions. Sedangkan Madrid harus terus puasa sejak kali terakhir menjadi juara pada musim 2002 silam. Hal itulah yang membuat Barcelona bisa menepuk dada di depan Madrid. Bek Gerard Pique bahkan meminta Los Blancos, julukan Madrid ikhlas dengan periode emas yang tengah dialami Azulgrana, julukan lain Barcelona. “Sukses Barcelona membuat Madrid frustasi. Situasi menjadi sangat sulit bagi Madrid karena Barcelona memenangkan banyak gelar juara,” terang Pique dalam wawancara dengan Sport, Kamis (2/1). Bagi bek timnas Spanyol tersebut, sukses yang diraih Barcelona dalam beberapa musim terakhir merupakan sebuah siklus. Pada awal 2000 lalu, Barcelona tak ubahnya pecundang di depan Los Blancos. “Mereka harus menerima situasi ini. Terkadang Anda menang, namun kadang tim lain yang menang. Sepakbola adalah tentang siklus. Kini, siklus itu ada di Barcelona,” tegas mantan penggawa Manchester United tersebut. (jos/jpnn/jon)

GERARD PIQUE

Tolak Tawaran dari Barca, Bek Chelsea Pilih Bertahan BARCELONA-Barcelona kembali mengajukan penawaran resmi kepada Chelsea untuk menggaet David Luiz. Penawaran Barcelona untuk bek tengah asal Brasil itu datang sebelum Natal. Namun, Luiz memilih untuk bertahan di Stamford Bridge ketimbang hengkang

ke Camp Nou. Saat ini, dia masih ingin berseragam The Blues dan membawa mereka menjuarai Premier League. “Telah ada tawaran resmi (dari Barcelona), tapi saya memutuskan untuk menetap di Chelsea,” kata Luiz, sebagaimana dilansir Gazeta Esportiva,

Kamis 2 Januari 2014. Barcelona sejak bursa transfer musim panas lalu memang membutuhkan tambahan pemain di lini belakang, khususnya bek tengah. Hal itu tak terlepas dari Carles Puyol yang makin termakan usia, sedangkan Javier Mascherano posisi aslinya bukan sebagai bek

tengah. Luiz dan bek Borussia Dortmund, Matt Hummels, santer diberitakan menjadi incaran Blaugrana. Chelsea sebelumnya sempat berniat untuk melepas Luiz, namun kedatangan Jose Mourinho membuat klub asal London barat itu berubah pikiran. Pelatih asal

Portugal tersebut menilai Luiz sebagai aset berharga bagi lini belakang The Blues. “Dia adalah pemain berharga kami. Kami senang dia kembali mendapatkan momentumnya ketika kami membutuhkan dia dan John Terry di pertahanan,” jelas Mourinho. (one/vvn/jon) REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: SLATEM


AREMA CRONUS

Getol Promosi Hadapi Hamburg

MALANG–Panpel Arema Cronus menghadapi tantangan baru di awal tahun 2014. Laga antara Singo Edan lawan Hamburg SV dipastikan akan berlangsung seru. Panpel tak ingin terlulang lagi rekor laga home terakhir saat lawan Terengganu FA. Saat itu Stadion Kanjuruhan, sepi penonton. Mengerikan, karena Arema hanya didukung penonton sekitar 6000 orang saja, saat menghadapi tim asal Malaysia. Padahal, saat menjamu Terengganu FA pada 26 Desember 2013 itu, tidak ada siaran televisi alias tidak live. Namun, tetap saja jumlah penonton sedikit. Tak heran, panpel sudah mempersiapkan strategi demi mengangkat

jumlah penonton saat lawan Hamburg SV. Ketua Panpel Arema Abdul Haris menyebut bahwa Aremania sudah diberi sosialisasi terkait pertandingan lawan Hamburg SV. Kantong-kantong korwil pun telah dikoordinasi untuk mengangkat jumlah suporter saat lawan Hamburg SV. “Kita sudah datangi kantong korwil di Ampelgading, Tirtoyudo hingga Sawojajar, kita juga sudah sosialisasikan kepada korwil-korwil untuk membantu Arema saat melawan Hamburg SV di Stadion Kanjuruhan, Senin 6 Januari 2014,” tutur Haris kepada Malang Post kemarin. Tak hanya berkomunikasi dengan

Aremania, panpel juga sudah menyiapkan spanduk reklame untuk disebar di seluruh Malang Raya. Tujuannya, agar masyarakat Malang bisa menyaksikan sendiri bagaimana Arema menghadapi tim asal Jerman di Stadion Kanjuruhan. “Kita sudah siapkan 30 spanduk untuk dipasang di setiap sudut jalan Malang Raya. Kami mulai pasang besok (hari ini),” tegas Haris. Kepala UPTD Stadion Kanjuruhan ini juga menerangkan, panpel sudah berkoordinasi dengan pihak pengamanan dan bakal mengerahkan 300 personil. Jumlah tersebut bisa meningkat atau

Guest gesang/malang post

PENUHI KANJURUHAN: Aremania dipastikan akan memenuhi Stadion Kanjuruhan saat laga melawan Hamburg

menurun sesuai kebutuhan di lapangan. Tapi, Haris menyebut bahwa urusan keamanan tidak jadi masalah di Stadion Kanjuruhan. Mengingat, Aremania diyakini ikut mengamankan jalannya pertandingan dan tak akan ada insiden apapun yang bisa mencemari nama Malang. “Kalau ada penyusup, pasti sudah ditanggulangi sendiri dengan hukum Aremania di stadion,” terangnya. Harga tiket sendiri masih sama dengan pertandingan lawan Terengganu FA. Tiket ekonomi dibanderol Rp 25 ribu, tiket VIP dihargai Rp 100 ribu dan tiket VVIP dipatok Rp 150 ribu.(fin/jon)

Persebaya Batal Tuan Rumah JAKARTA-PT Liga Indonesia (PT LI) memastikan memindah tuan rumah grup Zona Jawa 3 Interisland Cup (IIC) 2014 ke kandang Persik Kediri, Stadion Brawijaya. Itu seiring tidak bisa digunakannya Gelora Bung Tomo (GBT), kandang Persebaya ISL, saat ditunjuk sebagai tuan rumah oleh PT LI. Menurut CEO PT LI Joko Driyono, penunjukan Stadion Brawijaya dan Persik sejatinya sudah direncanakan dari lama. Sebab, untuk zona 3, opsi tuan rumah ada memang antara Persebaya dan Persik. “Karena home Persiba Bantul (Stadion Sultan Agung. Red) digunakan untuk turnamen Internasional. Maka kami siapkan Persebaya dan Persik. Karena Persebaya tidak bisa, kami otomatis tunjuk Persik,” katanya saat ditemui di kantor PT LI , kemarin (2/1). Mengapa Persik, bukan Persegres Gresik yang secara stadion lebih baik? Menurut Joko, itu untuk memberikan kepastian bahwa Persik benar-benar siap dari sisi infrastruktur dan panpel untuk tampil di Indonesia Super League (ISL) musim depan. Joko menyebut, Persik memang menjadi tim yang dimo-

nitoring PT LI untuk kesiapan stadion yang masih kurang di sisi penerangan dan kualitas rumput lapangan. Dengan penunjukan itu, sekaligus menjadi pendampingan PT LI untuk Persik agar persiapan menuju ISL semakin baik. “Kita ingin memastikan Persik well prepare untuk ISL. Memang masih kurang di penerangan, untuk rumput sudah ada perbaikan. Penerangan tidak bisa cepat karena pengiriman lampu butuh waktu,” terangnya. Selain itu, panpel Persik juga telah menegaskan kesiapan mereka untuk menjadi tuan rumah. Karena sebagai anggota baru ISL, Kediri dinilai lebih layak untuk dicoba daripada Persegres yang memiliki stadion Petrokimia, Gresik. “Anggota baru lebih kami utamakan, pemilihan Persiba, Persebaya, ataupun Persik, bukan Persegres karena pertimbangannya test case anggota baru ISL,” tuturnya. Sementara itu, terkait adanya kabar beberapa klub ISL yang menjadi peserta IIC ingin mengundurkan diri, Joko menyebut itu bergantung ke klub. Hanya, dia menegaskan, bahwa IIC ini menjadi penegasan kesiapan klub.

Riedl Puji Boaz Solossa JAKARTA- Alfred Riedl sangat optimis bisa mengangkat prestasi timnas Indonesia. Pelatih yang menggantikan Jacksen F Tiago itu menilai, kualitas pemain yang dimilikinya sekarang lebih baik ketimbang tahun 2010. “Banyak wajah baru dalam tim. Sekarang individu tim ini lebih bertelenta dibanding tahun 2010,” kata Alfred Riedl dalam situs resmi FIFA. Salah satu pemain yang Alfred Riedl diyakini bisa membawa prestasi adalah Boaz Solossa. Kapten Persipura Jayapura itu dinilai Riedl sebagai pemain yang punya talenta paling tinggi di Timnas Indonesia. “Dia pemain yang paling bertalenta. Tapi saya akan tetap memantau bakat pemain-pemain lain,” ungkap Riedl. Dalam beberapa pertandingan terakhir, Boaz Solossa selalu dijadikan kapten. Kepercayaan itu dibayar Boaz dengan dua golnya selama membela timnas di tahun 2013. Alfred Riedl juga menilai Indonesia sebagai negara yang sangat potensial untuk berkembang sepakbolanya. Hal itu terlihat dari melimpahnya talenta pesepakbola muda berbakat di Indonesia. “Saya sangat yakin sepakbola Indonesia akan berkembang karena negeri ini punya banyak talenta muda yang belum digali,” kata Alfred Riedl di situs resmi FIFA. Hanya saja, untuk mampu menembus dominasi raksasa Asia seperti Jepang, PSSI harus bersabar mengasah kemampuan pemain muda. Untuk itu, PSSI wajib memiliki rencana jangka untuk membangun sepakbola dari usia muda. “Pendapat saya tentang negara-negara di Asia Tenggara, mereka harus bersabar,” ujarnya. (abu/jpnn/jon)

jumat, 3 januari 2014

23

Arema Timur,

Persebaya Barat? JAKARTA-Pembagian grup peserta Indonesia Super League (ISL) 2014 akan diputuskan dalam rapat Pleno yang digelar nanti malam di Jakarta. Mereka memastikan, penggeseran wilayah hanya berlaku untuk klub dari Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Kalimantan. “Masih besok kami Pleno (hari ini, Red) Ada opsi, Kalimantan ke barat, Jateng ke timur. Jatim bisa dibagi rata. Yang pasti, tidak mungkin kami menggeser klub Sumatera, Jawa barat dan DKI Jakarta ke Timur atau sebaliknya, klub dari Papua dan Sulawesi ke Barat,” ujar Sekjen PSSI Joko Driyono, kemarin. Dengan opsi tersebut, maka dipastikan duel panas Persib Bandung dan Persija Jakarta akan tersaji karena masih berada dalam satu grup yang sama, yakni di wilayah barat. Menurut Joko, dalam pembagian grup ISL ini menegaskan tidak ada pertimbangan pembagian grup menurut gesekan supporter. Sejauh ini, pekerjaan rumah yang akan diputuskan dalam rapat Pleno nanti malam, adalah bagaimana memisahkan klub Jatim ke wilayah barat atau timur, demikian juga klub Kalimantan. Pertimbangan utama yang diambil, adalah melihat sejarah pembagian wilayah selama ini, dan efisiensi serta koempetitifnya kompetisi ISL di masing-masing wilayah. “Pembagian grup harus menunjukkan perimbangan wilayah barat dan wilayah timur,” tegas lelaki asal Ngawi itu. Mengenai keluhan bahwa berada di wilayah Timur bagi klub Jatim atau Jateng membutuhkan biaya yang lebih besar, Joko menampik. Bagi dia, harus dipertimbangkan bahwa dari tiga klub Papua, satu klub berkandang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, yakni Persiram Raja Ampat karena stadion mereka, sedang diperbaiki. Sementara itu, untuk tim yang akan bertandang ke Papua, melawan Persipura Jayapura ataupun Perseru Serui tidak akan megeluarkan biaya ekstra untuk transport. Pasalnya, Perseru akan berkandang di Stadion Mandala, Jayapura kandang Persipura, karena stadionnya juga tidak layak menggelar ISL. “Itu juga harus diperhitungkan kalau melihat dari sisi biaya. Belum lagi PSM (Makassar), selama beberapa bulan ke depan juga main di Gelora Bung Tomo (GBT), karena stadionnya renovasi,” papar Joko. Dalam sejarahnya, memang klub Jatim yang sering berada satu grup dengan klub Kalimantan adalah Persik Kediri dan Persela Lamongan. Menilik sejarah, Joko juga tak menampik jika nantinya hanya dua klub jatim yang ke wilayah Timur dan empat lainnya di wilayah barat. Nah, dengan satu kandangnya, Persebaya dan PSM Makassar, bisa jadi klub kota pahlawan itu berada di wilayah Timur. Itu pun untuk membagi kekuatan untuk kompetitifnya kompetisi, dengan Arema Cronous tetap di wilayah timur. Bisa juga sebaliknya. (aam/jon)

Perkiraan Pembagian Grup (Hanya Perkiraan dengan Beberapa Kemungkinan)

Wilayah Barat 1. Semen Padang 2. Sriwijaya FC 3. Persita Tanggerang 4. Persija Jakarta 5. Persib Bandung 6. Pelita Bandung Raya 7. Persiba Bantul 8. Persebaya Surabaya 9. Persela Lamongan 10. Persisam Putra Samarinda 11. Persiba Balikpapan Wilayah Timur 1. Persijap Jepara 2. Persik Kediri 3. Persepam MU 4. Arema Cronous 5. Persegres Gresik 6. Mitra Kukar 7. Barito Putera 8. PSM Makassar 9. Persipura Jayapura 10. Persiram Raja Ampat 11. Perseru Serui Farid fandi/jpnn

PINDAH: Asisten Pelatih Persebaya Hendro Kartiko saat memimpin latihan timnya. Selain menjadi ajang uji coba pra kompetisi, IIC juga bisa menjadi ukuran akhir sejauh mana kesiapan klub tampil di ISL. Untuk tim ruan rumah,

menjadi ukuran sejauh mana kesiapan mereka menjadi tuan rumah untuk kompetisi mendatang. “IIC menjadi parameter ke-

pentasan. Kalau mereka ikut IIC, itu jelas menunjukkan mereka pantas untuk tampil di ISL,” tegas lelaki asal Ngawi tersebut. (aam/jpnn/jon)

RD Akui Lini Tengah Sudah Teratasi SURABAYA - Rahmad Darmawan pelatih Persebaya Surabaya yang berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) optimistis tim besutannya bisa keluar dari sejumlah kelemahan. Terutama lini tengah yang selama ini menjadi pekerjaan rumah bagi tim yang bermarkas di Menanggal, Surabaya itu. Nah, salah satu yang membuat RD -sapaan akrab Rahmad Darmawan-ini begitu percaya diri, setelah bergabungnya empat penggawa Timnas U-23, Fandi Eko Utomo, Dedi Kusnandar, Manahati Lestusen dan Alfin Tuasalamony yang mulai bergabung dengan latihan Persebaya ISL di Lapangan Nanggala, Menanggal, Surabaya, sore kemarin (2/1). “Karena mereka berempat sejatinya adalah pemain tengah, dan sejatinya kualitas mereka untuk mengatur jalannya pertandingan sudah terbukti saat berada di timnas. Dan, saya berharap, pengalaman mereka di timnas bisa segera ditularkan ke dalam tim,” kata RD setelah memimpin latihan

Persebaya ISL. Pria yang juga mantan pelatih Arema Cronus, Sriwijaya FC dan Persipura ini lantas mencontohkan Manahati Lestusen yang sejak awal memiliki spesialis sebagai gelandang serang. “Namun, karena saat di timnas kami kekurangan pemain belakang, maka dia (Manahati, Red) saya tugaskan sebagai bek tengah,” jelas RD yang juga pelatih timnas U-23 saat di SEA Games Myanmar itu. Sebagaimana diketahui, tim promosi ISL ini memang memiliki kelemahan di sektor tengah. Kondisi tersebut yang membuat mereka tak mampu mengembangkan permainan saat tampil melawan Arema Cronus di final turnamen pra musim Piala Gubernur Jatim 2013 lalu. Persebaya ISL pun akhirnya dipermulukan 0-1 oleh Arema Cronus. Nah, RD berharap empat pemainnya dari Timnas U-23 ini sudah bisa segera beradaptasi dengan tim agar bisa menemukan peak performa mereka saat

Persebaya ISL tampil di Inter Island Cup 2014 pertengahan Januari nanti. “Karena, untuk menjadi starter mereka harus bersaing dengan pemain lain,” jelas RD. Sementara itu, Fandi Eko Utomo mengaku bersyukur bisa berkostum Persebaya ISL. Sebab, harapan dia sejak kecil adalah bisa membela tim asal kota kelahirannya, Surabaya. “Cita-cita saya sejak dulu adalah berkostum Persebaya, dan Alhamdulillah sudah bisa terwujudkan,” ucap anak dari Yusuf Ekodono itu. (dik/jpnn/jon) Zona Jawa 3 Persik Kediri Persebaya ISL Persiba Bantul Persegres Gresik Stadion Brawijaya Kediri Kapasitas : 20 Ribu penonton

Unggul Recovery Sambungan dari Halaman 24

”Yang jelas di dunia ini tidak ada yang bisa abadi. Tidak ada tim yang tidak bisa dikalahkan. Semua bisa terjadi di atas lapangan. Apalagi, sepakbola itu pertandingan yang adil. Pertandingan dimulai, posisi kita sama, yakni 0-0,” tutup Ruddy.(fin/jon)

Cimot Jadi Kapten Karena Pengalaman Sambungan dari Halaman 24

Jika Bustomi tak bisa turun ke lapangan, maka KMH, Victor dan El Loco yang menjadi pengemban ban kapten. Ruddy menyebut, Cimot diyakini bisa menjadi sosok kapten yang baik untuk Arema musim ini. ”Dia harus bisa memberi contoh baik bagi pemain lain, baik di dalam dan di luar lapangan. Saya rasa, dia mampu memikul tugas ini. Secara mental dia sudah matang dan siap, soal pengalaman juga sudah banyak,” tutup Ruddy.(fin/jon)

Gandeng Nivea, Jajal E-Board LCD Electric Sambungan dari Halaman 24

kita sudah komunikasikan dengan panpel terkait LCD eboard itu,” tegas Fuad. Alumnus universitas luar negeri ini menyebut, Nivea tertarik menjadi sponsor Arema karena mendapat rekomendasi dari Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia. “Kita dapat bantuan dari kedutaan besar Jerman untuk Indonesia, sehingga Nivea mau bantu kita,” terang Fuad.(fin/jon)

SMS Sambungan dari Halaman 24 Nama yang Baik Nama arema yang baik adalah AREMA INDONESIA CRONUS. Dr ibunda Arema Malang 082140350842 Yang Ditakuti Lawanmu Salam satu jiwa, 8,9,10,11 kamulah singone arema yang ditakuti lawan lawanmu nanti pada musim depan. Jhoni ASMAL’s 083834897188 REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


AREMA CR NU S

JUMAT, 3 JANUARI 2014

Unggul Recovery inap di “Mereka menginap MALANG–Manajemen Arema Crou tang-nus tidak silau dengan nama besar Jakarta hari Minggu pemain-pemain Hamburg SV, Bert gal 5 Januari, dan baru angVan Marwijk atau Rafael Van der ke Malang pada tangVaart. Meskipun secara teknis Singo gal 6 Januari, atau hari pertandinEdan kalah kelas, gan lawan manajemen tetap meArema, inilah nilai skuad asuhan celah buat kita,” Suharno-Joko “Gethterang Ruddy. uk” Susilo masih Kita tetap punya Pengusaha travel ini bisa menang lawan kesempatan. menyebut, energi HamSi Dinosaurus, juluHamburg SV waktu burg SV bakal dikuras oleh kan Hamburg SV. General Manager istirahatnya sangat perjalanan dari Jerman ke Jakarta, lalu lanjut ke Arema, Ruddy Widodo mepet” Malang. mengungkapkan, AreSaat tiba di Stadion ma memiliki sedikit Ruddy Widodo Kanjuruhan, Ruddy memcelah yang memberi General Manager Arema prediksi bahwa stamina, kemungkinan untuk kebugaran serta fisik Jomengimbangi bahkan han Djourou dkk tidak mengalahkan Hamakan maksimal. Para pemain Hamburg burg SV. “Kita tetap punya kesempatan. Ham- SV sudah pasti jetlag. Belum lagi, para burg SV waktu istirahatnya sangat pemain Hamburg SV diprediksi bakal mepet,” terang Ruddy kepada Malang dikejutkan oleh kondisi rumput Stadion Kanjuruhan yang alami, dan bukan Post kemarin. Dari keterangan Ruddy, kedatangan sintetis seperti di Jerman. Hal ini disebut jadi keuntungan tersendHamburg SV di Indonesia memang terkesan cuma selingan. Rafael Van der iri buat Arema. Eintracht Frankfurt U-23 Vaart dkk dijadwalkan tiba hari Minggu sudah pernah mengalaminya keterkejutan 5 Januari 2014. Hari itu, Hamburg SV kondisi rumput Indonesia, saat dibekuk bakal menggelar press conference di Arema dengan skor 3-2. “Mereka datang Jakarta terkait kunjungan selingannya siang hari di Malang, lalu transit sebentar di Hotel Santika, dan lanjut ke Stadion ke Indonesia.

The PO W IS OU ER RS

24

GUEST GESANG/MALANG POST

DIUNTUNGKAN: Kapten Arema Cronus Ahmad Bustomi diuntungkan recovery saat menghadapi Hamburg, Senin mendatang.

Kanjuruhan untuk bertanding lawan Arema,” terang Ruddy. Optimisme ini yang bakal menyeimbangkan posisi antara Arema dan Hamburg SV. Boleh saja tim Bundesliga ini unggul dalam hal teknis dan strategi. Tapi, Arema memiliki keunggulan sebagai tuan rumah, sekaligus penguasaan kondisi rumput lapangan Stadion Kanjuruhan. Belum lagi, Ruddy menyebut bahwa tim Arema memiliki waktu istirahat yang lebih dari cukup, ketimbang Hamburg SV. Ahmad Bustomi dkk malah begitu bergairah menantikan pertandingan lawan Hamburg SV. Kondisi inilah yang membuat Ruddy optimis Arema memiliki peluang mengimbangi bahkan mengalahkan tim yang pernah diperkuat legenda dunia Franz Beckenbauer pada tahun 1980-an ini. Baca Unggul... Hal.23

Cimot Jadi Kapten Karena Pengalaman MALANG – Ahmad Bustomi sudah lama digadang-gadang sebagai calon kapten Arema Cronus. Ia sebenarnya sudah dilirik jadi sosok kapten Singo Edan, saat masih dibesut oleh Robert Alberts pada 2009-2010. Namun, ia urung jadi kapten, karena masih kalah aura dari sosok Pierre Njanka dan Noh ’Along’ Alamsyah. Sekarang, Bustomi sudah mencapai usia keemasan pemain sepakbola. Ia juga telah memiliki senioritas yang diakui oleh rekan satu timnya di Arema. Pengalaman sudah didapatkannya saat bermain untuk Mitra Kukar. Ketangguhan telah didapatkannya saat bermain bagi timnas

senior asuhan Jacksen F Thiago. Tidak ada lagi alasan bagi manajemen untuk tidak mengakui aura Bustomi telah berubah, dibandingkan saat bermain bagi Arema era 2009-2010. General Manager Arema, Ruddy Widodo menyebut, Bustomi dipilih sebagai kapten karena senioritasnya, serta aura yang dimilikinya sebagai pesepakbola berciri khas Malangan. ”Bustomi sudah jadi pesepakbola yang punya ciri khas Malangan. Dia memahami hal itu. Meskipun dia sempat ke Mitra Kukar, tapi dia sekarang kembali dengan lebih siap secara mental dan pengalaman, un-

tuk mengemban ban kapten,” tandas Ruddy ketika dikonfirmasi. Selain karena dianggap representatif untuk sepakbola Malangan, Cimot sapaan akrabnya, sekarang lebih terlihat berwibawa. Pemain yang berdomisili di Karangploso tersebut tak kalah berwibawa di lapangan, dibandingkan striker senior Cristian Gonzales atau defender kawakan Victor Igbonefo. Tak heran, ia jadi kapten pertama Arema, baru Kurnia Meiga Hermansyah, Victor Igbonefo, menyusul terakhir Cristian Gonzales. Baca Cimot... Hal.23

MODAL JUARA ISL Raihan TREBLE WINNER sebagai modal juara ISL musim depan. Semangat terus AREMA CRONUS. Selamat ultah untuk ABG (Alberto Beto Goncalves), tunjukkan Goll”mu utk kami aremania/aremanita di bumi nusantara 097759774100 Baca SMS... Hal.23

Gandeng Nivea, Jajal E-Board LCD Electric Bahkan, Nivea bakal menemani Arema sejak pra musim. Kabarnya, logo Nivea sudah bisa dipampang di hadapan Aremania, saat menjamu

Hamburg SV di Stadion Kanjuruhan 6 Januari 2014 nanti, sekaligus menjajal e-board LCD electric yang belum pernah digunakan oleh klub

sepakbola di Indonesia. “Barangnya sudah ada di Jakarta dan dikirim ke Malang tanggal 3 Januari juga, Baca Gandeng... Hal.23

Fuad Ardiansyah MALANG – Teka-teki soal siapakah sponsor baru Arema Cronus terjawab sudah. Awal tahun baru, membawa berkah bagi Singo Edan. Hari ini, Jumat 3 Januari 2014, Arema bakal menandatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan asal Jerman, Beiersdorf yang menjadi produsen produk perawatan wajah terkemuka, Nivea. Hal ini dibenarkan oleh Manager Bisnis dan Marketing Arema, Fuad Ardiansyah. Namun, Fuad masih malu-malu dan belum mau secara terangterangan menyebut Nivea dan Beiersdorf. ”Ya perusahaannya inisial B, produknya N, produk perawatan wajah,” terang Fuad kepada Malang Post. Kehadiran sponsor baru ini tentu saja jadi kabar gembira. Divisi Marketing dan Bisnis Arema selama ini memang terus berusaha menghadirkan sponsor-sponsor baru yang signifikan untuk kebutuhan finansial klub secara keseluruhan. Sebelumnya, Divisi Marketing dan Bisnis Arema sudah menghadirkan e-board electric LCD, seperti yang sudah digunakan di kompetisi elit Eropa. Sampai saat ini, Fuad masih belum mau bicara banyak soal berapa nilai kontrak kerjasama sponsor Nivea di Arema. “Ya yang pasti mereka ada kontribusi untuk Arema, soal nilainya janganlah, yang pasti tanggal 3 (hari ini.Red) ada MoU dengan Nivea,” tutur pria berkacamata ini. REDAKTUR: JONS, LAYOUTER: ABDEE


Mp0301