Page 1


PRAKATA PRESIDENT OF MMSA 2013/2014 Assalamualaikum Wr. Wb. MMSA (Muhammadiyah Medical Students’ Activities) adalah organisasi yang mewadahi mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY untuk beraktivitas dan mengembangkan diri. Prinsip yang dianut MMSA adalah non-Profit, non-Poltic dan berbasis aktivitas. MMSA telah berjalan selama 10 tahun dalam berkontribusi menyejahterakan bangsa, khususnya dalam bidang kesehatan. MMSA adalah salah satu afiliasi dari Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) yang merupakan jaringan dari International Federation of Medical Students’ Associations (IFMSA). Dengan kedudukan dan afiliasi yang dimiliki MMSA, maka Insya Allah kami akan siap menerima tantangan global di dunia kesehatan dan mengimplikasikannya di tatanan lokal. Think globally, act locally. MMSA memiliki ranah kerja yang cukup beragam untuk mencapai tujuan tersebut, kami memiliki 6 Standing Committees atau disebut SCO. Setiap SCO memiliki fokusnya masing – masing. Fokus tersebut diantaranya adalah Pendidikan Kedokteran, Kesehatan Publik, Kesehatan Reproduksi meliputi AIDS, Perdamaian dan HAM, Penelitian, dan Pertukaran Mahasiswa Kedokteran Internasional. Kami percaya bahwa dengan niat dan usaha maksimal yang kami lakukan, maka kami akan dapat mengabdi dengan kesungguhan kami untuk menyejahterakan khususnya di bidang kesehatan masyarakat. Niat mulia ini tentunya sangat membutuhkan peran serta tidak hanya dari internal organisasi kami, namun juga dukungan pihak eksternal yang bersinergi tentunya akan menguatkan kami dalam mencapai tujuan tersebut. Maka dengan semangat ini, kami mengajak seluruh pihak yang ingin berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang kesehatan bersama kami. Mari kita bahu – membahu membangun keadaan masyarakat yang lebih baik. Senyum mereka, bahagia kita. WassalamualaikumWr. Wb. Yogyakarta, Juli 2013 Salam Hangat,

Febryan Yovi Saputra President of MMSA 2013 – 2014


TESTIMONI

Dekan FKIK UMY dr. Ardi Pramono, Sp.An MMSA itu adalah organisasi yang inspiratif, global, dan tidak hanya berpusat di lokal saja namun juga di internasional. Hal ini membuktikan bahwa muslim bisa go to international dan mendunia. MMSA juga membawa nama baik UMY di dunia luar baik melalui kegiatan – kegiatannya maupun mahasiswanya sendiri.Harapan saya, MMSA bisa terus mempertahankan dan membangun kerjasama baik didalam maupun luar negeri.

President of CIMSA 2011/2012 Niko Kristianto CIMSA UMY (MMSA) adalah lokal aktif CIMSA di Yogyakarta.Selama beberapa tahun ini, CIMSA UMY telah menjadi lokal unggulan dengan berbagai project dan aktivitas yang tidak hanya kreatif dan menarik, tetapi juga berkonstribusi dalam perkembangan kesehatan di Yogyakarta.CIMSA UMY juga menjalin hubungan dan koordinasi yang baik dengan pihak dekanat dan organisasi lain di UMY. Dengan adanya CIMSA UMY diharapkan kesehatan masyarakat di Yogyakarta dapat berkembang dan harapan serta kualitas hidup masyarakat Yogyakarta juga akan terus meningkat.

President of CIMSA 2012/2013 Asri Kartika Putri MMSA kegiatannya inovativ, kreatif,unik, dan seru. Dengan jenis proker yang beragam, gebrakan proker – proker baru, inisiasi desa binaan, juga proker lintas SCO, MMSA bisa menghadirkan suasana yang hangat bagi para member, dan yang paling penting MMSA dapat memberikan impact bagi masyarakat melalui kegiatan tersebut. Semoga MMSA bisa semakin membuat terobosan – terobosan baru untuk memberikan yang terbaik bagi semua pihak.Keep shining local buddy.


Local Coordinator CIMSA UGM 2012/2013 Iqbal Fahmi MMSA itu adalah Local CIMSA yang unique karena MMSA mempunyai nama sendiri sebagai CIMSA yang berlatar belakang sesuai dengan nama institusinya yaitu Muhammadiyah. Selain itu, MMSA mempunyai banyak kegiatan yang kreatif, inovatif, dan sangat seru. Satu yang khas dari MMSA adalah acara tidak terduga, selalu memberikan sesuatu yang berbeda, baik dari segi packaging acaranya atau dari segi venue acaranya yang kadang memang belum terpikirkan oleh local lain. Dan itu membuat kita CIMSA UGM sangat senang dan tidak bosan ketika diundang untuk datang ke acara MMSA.

Bapak dan Ibu Dukuh Desa Sidorejo (Desa Binaan MDGs 2011/2012) Bapak & Ibu Dukuh Desa Sidorejo Bapak dan Ibu Suratman Kesan terhadap kegiatan-kegiatan MMSA UMY di desa Siderejo sangat baik. Dalam kegiatannya selama ini tidak mengecewakan. Kegiatan cukup bagus walaupun semangat warga kurang. Semangat warga yang kurang pun bisa dibangkitkan melalui kegiatan-kegiatan MMSA, misalanya Manajemen Laktasi. Pada kegiatan itu sudah 80% ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan itu. Sisanya mungkin hanya informasi yang kurang digembar-gemborkan saja. InsyaAllah tahun depan bisa lebih baik lagi. Terima kasih karena berkat kegiatannya warga disini sudah lebih sadar akan kebersihan dan kesehatan.


MMSA

Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA)adalah kegiatan mahasiswa fakultas di dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY yang bersifat non – profit,non – politik, dan nasionalis dengan semboyan ACTIVE yaitu Activity based, Continuity based, Technology based,International based,dan Accomodative based. MMSA mempunyai enam committee yang terbagi kedalam dua ranah kerja yaitu committee lapangan dan committee kantoran. Committee lapangan MMSA yang bertugas dalam pengabdian masyarakat terdiri dari Public Health (PHCO), Human Right and Peace(RPCO), dan Reproductive Health including AIDS (RACO). Committee kantoran MMSA yang bertugas dibidang pendidikan dan penelitian terdiri dari Research Exchange(RECO), Student Exchange(SECO), dan Medical Education (MECO). Selain memiliki ke-enam committee tersebut, MMSA jugamemiliki afiliasi secara langsung dengan Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) dalam jaringan nasional dan yang juga berafiliasi secara langsung terhubung dengan International Federation of Medical Students’ Assosiations (IFMSA) yang merupakan organisasi mahasiswakedokteran terbesar didunia.

SEJARAH MMSA Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA) berdiri pada tanggal 26 Desember 2002 di Yogyakarta. Kesulitan dalam birokrasi dan keinginan untuk mengoptimalkan potensi dalam berkegiatan sebagai mahasiswa kedokteran, menghasilkan sebuah ide dari sekelompok mahasiswa untuk membentuk wadah baru yang dapat menampung kreativitas mereka, sehingga dibentuklah suatu organisasi yang bernama Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA). Dalam pelaksanaan organisasinya,MMSA FKIK UMY yang merupakan organisasi mahasiswa kedokteran yang mewadahi berbagai aktivitas, khususnya di bidang pendidikan, pertukaran mahasiswa Internasional untuk profesi dan riset, kesehatan masyarakat, dan pengabdian masyarakat. MMSA ini juga kemudianbergabung di dalam keanggotaan Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) di tingkat Nasional, dan bergabung dengan jaringan Internasional melalui International Federation of Medical Students’ Association (IFMSA).


Visi

MMSA mampu menjadi pusat perhatian masyarakat agar dapat membentuk kesadaran dan perilaku sehat, dengan kesempurnaan projek-projek, kualitas kepribadian member dan official MMSA yang unggul dan islami, serta pengembangan organisasi melalui berbagai riset. MMSA akan menjadi sejarah di Nasional dan Internasional sebagai pejuang kesehatan dan lingkungan.

Misi Memfasilitasi mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam MMSA untuk meningkatkan kesehatan masyarakat

Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menumbuhkan kesadaran

masyarakat tentang penjagaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan kesiapan menghadapi musibah bencana

alam melalui

training,

seminar,

talkshow, event besar, kompetisi, riset, bakti sosial,

pemeriksaan kesehatan, pertukaran mahasiswa internasional, dan edukasi kepada semua lapisan masyarakat.


ORGANIZATION STRUCTURE

Supervising Council

Excecutive Board

Suporting Devision

MECO

PHCO

RACO

RECO

RPCO

SECO


COMMITTEE OF MMSA

MMSA

Komite Kantoran

Komite Lapangan PHCO

MECO

RECO

RACO

SECO

RPCO


MECO (Medical Education Committee) MECO berdiri atas inisiatif kepedulian mahasiswa terhadap perkembangan pendidikan kedokteran Indonesia, perhatian terhadap mutu kualitas pendidikan, penerapan prinsip belajar sepanjang hayat, dan peningkatan partisipasi mahasiswa dalam pengembangan pendidikan terutama dalam menghadapi era globalisasi. Saat ini MECO menangani program pengembangan pendidikan kedokteran

Indonesia

dalam

menghadapi

persaingan kesehatan melalui berbagai program yang mencakup lingkup lokal, nasional, maupun internasional.Fokus menanggapi

situasi

MECO

MMSA

adalah

dan

kondisi

sistem

kedokteran baik di lokal, nasional, maupun internasional secara langsung dari mahasiswa. Beberapa project yang dijalankan oleh MECO untuk mengaplikasikan fokus kerjanya, antara lain: Anti remed, Krebs,dan Breakfast (yang merupakan project bersama PHCO dan RPCO).


PHCO (Public Health Committee) Alasan utama dibentuknya PHCO adalah keinginan yang kuat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam rangka tindakan pencegahan dan pembuatan kebijakan yang menyangkut masalah kesehatan. PHCO MMSA

bertujuan

untuk

mengembangkan

kemampuan,

bekerjasama, mengeksplorasi, dan berbagi ide untuk isu – isu yang terkait dengan bidang kesehatan masyarakat, kesehatan global, kebijakan tentang kesehatan, serta aktivitas yang berhubungan dengan edukasi dan promosi kesehatan. Fokus PHCO MMSA adalah mengetahui kebutuhan kesehatan masyarakat komunitas melalui edukasi dan penyuluhan.Dengan kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat diharapkan agar kejadian masalah kesehatan masyarakat seperti penyakit jantung, DM, kanker, alkoholisme, malaria, dan TB dapat menurun. Beberapa project yang dijalankan oleh PHCO untuk mengaplikasikan fokus kerjanya, antara lain: SPOT tensi, Breakfast,


RACO (Reproduction Health including AIDS Committee) SCORA dibentuk dengan latar belakang banyaknya orang di Indonesia yang hidup dengan HIV dan AIDS, Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah penderita AIDS yang tinggi dan tingkat kepedulian masyarakat yang rendah. Hal itu juga yang menjadi latarbelakang didirikannya RACO MMSA. Tujuan utama RACO adalah untuk menciptakan lingkungan masyarakat

yang

sadar

mengenai

kesehatan

reproduksi dan AIDS. Penyuluhan, edukasi, dan prevensi merupakan ujung tombak dari kegiatan RACO MMSA.

Beberapa project yang dijalankan oleh RACO untuk mengaplikasikan fokus kerjanya, antara lain: Androaids, saviour


RECO (Research Exchange Committee) Tujuan utama RECO MMSA adalah mengenalkan pentingnya penelitian bagi mahasiswa kedokteran dan mewadahi mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan ilmu di bidang kesehatan melalui penelitian – penelitian dalam lingkup nasional maupun internasional.

Promosi adalah fokus RECO MMSA saat ini, dimana diharapkan dengan adanya promosi akan semakin banyak mahasiswa kedokteran yang berminat untuk melakukan pertukaran pelajar berbasis penelitian serta pihak – pihak yang berkenan untuk memfasilitasi exchange berbasis research juga semakin banyak. Dengan begitu ilmu kedokteran akan semakin berkembang dan mengerti akan budaya negara lain . Beberapa project yang dijalankan oleh RECO untuk mengaplikasikan fokus kerjanya, antara lain: Krebs dan Intermedic


RPCO (Human Rights and Peace Committee) SCORP

dibentuk

karena

mencuatnya

masalah

kesehatan dan sosial para pengungsi.Oleh karena itu, tujuan utama dari SCORP atau RPCO MMSA adalah ikut membantu

menanggulangi

bencana

alam

dan

memperhatikan hak - hak asasi manusia serta mencegah konflik yang menyertai keduanya.Fokus RPCO MMSA adalah kampanye, penanganan bencana, dan pelatihan. Beberapa project yang dijalankan oleh RPCO untuk mengaplikasikan fokus kerjanya, antara lain: Breakfast


SECO (Student Exchange Committee) SECO adalah salah satu committee yang mengatur dan memfasilitasi masalah pertukaran pelajar mahasiswa kedokteran di Indonesia. Program pertukaran mahasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa kedokteran untuk bisa menambah wawasan

dan

ilmu

pengetahuan

serta

pengalaman di bidang kesehatan dan juga mengenal kebudayaan negara lain. Fokus utama

SECO

MMSA

adalah

promosi.

Diharapkan dengan adanya promosi ini akan banyak mahasiswa yang berminat mengikuti program pertukaran mahasiswa serta semakin banyak pihak – pihak yang ikut memfasilitasi program ini. Beberapa project yang dijalankan oleh SECO untuk mengaplikasikan fokus kerjanya, antara lain: Medsco dan Intermedic


KEGIATAN MMSA DI NASIONAL DAN INTERNASIONAL National Meeting CIMSA 1. October Meeting October Meeting atau OM ini adalah meeting tahunan CIMSA yang pertama setelah regenarasi. OM ini adalah pertemuan dan perkenalan para new National Officer dengan para new Official Local. OM ini dilaksanakan di beberapa lokal CIMSA yang terpilih sebagai tuan rumah dan di meeting ini biasanya MMSA mengirimkan full team Official dan juga semua National Committee dan beberapa member yang total keseluruhannya bisa lebih dari 20 delegasi meeting. Selain perkenalan, salah satu agenda OM lalu adalah Grand Lecturer mengenai isu - isu mengenai dunia kesehatan yang diisi dari Lecturer ternama baik lokal maupun internasional, tidak hanya itu saja,Bapak Ali Ghufron (wamenkes) juga hadir dan mengenalkan mengenai Sistem Kesehatan Nasional seperti contohnya pada October Meeting tahun 2011. 2. NLS (National Leadership Summit) NLS juga dilaksanakan di lokal CIMSA yang terpilih sebagai tuan rumah. Pada NLS ini MMSA tetap mengirimkan beberapa delegasi yang terdiri dari member baik baru ataupun lama, official, dan National Committee yang bisa mencapai 36 orang. NLS sebenarnya ditujukan untuk new member CIMSA karena NLS sendiri contentnya adalah training – training untuk mengasah kemampuan, menambah wawasan,dan pengetauhuan tentang keorganisasian dan juga tentang skills yang bermanfaat. Untuk tahun 2013 grand lecturer untuk NLS mengangkat tema mengenai SJSN (Sistem Jaminan Kesehatan National) yang baru akan mulai direalisasikan tahun 2014 mendatang di Indonesia. 3. May Meeting May Meeting atau MM untuk tempat pelaksanaannya sama yaitu di lokal CIMSA yang terpilih menjadi tuan rumah. May meeting ini adalah meeting tahunan CIMSA yang terakhir yang diselenggarakan untuk kaderisasi (pergantian National Officer CIMSA). Meeting ini biasanya menjadi meeting terseru karena pada saat meeting hak suara kita yang akan menentukan kemajuan dan kejayaan CIMSA selanjutnya.


INTERNATIONAL MEETING CIMSA – IFMSA 1. General Assembly General Assembly (GA) dilaksanakan dua kali dalam satu tahun yaitupada bulan Maret dan Agustus.GA ini diadakan untuk membahas isu – isu terkait dengan kesehatan global dan juga training mengenai kepemimpinan dan keorganisasian. 2. Asia Pacific Regional Meeting Asia Pacific Regional Meeting (APRM) ini dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, APRM ini sama seperti GA namun skalanya hanya se Asia-Pacific.


BIG EVENTs OF MMSA ITMSS International Tropical Medicine Summer School (ITMSS) merupakan program unggulan MMSA sejak tahun 2005 hingga sekarang.MMSA sudah melaksanakan program ini bertahuntahun secara aktif. Program ini fokus pada penyakit-penyakit tropis seperti malaria, TB dan DHF. Program ini terbagi menjadi dua penggolongan besar yaitu edukasi dan non edukasi. Edukasi pelaksanaan ITMSS terdiri dari kegiatan perkuliahan, skills lab, praktikum dan tutorial. Ada juga Community Work berupa praktek langsung di masyarakat umum untuk berlatih menganamnesis dan memeriksa secara langsung pasien terkait, Clinical Visit berupa kunjungan kerumah sakit penyakit endemis yang terkait untuk mencari kasus secara real, dan Focus Group Discussion berupa diskusi akbar mengenai kasus penyakit endemis yang ditemukan peserta diclinical visit sebelumnya. Tidak lupa ujian akhir untuk bulebule tersebut berupa; Multiple Choice Question (MCQ) dan OSCE. Selama tiga minggu peserta belajar tentang DHF pada minggu pertama dan clinical visit ke rumah sakit. Minggu kedua, peserta belajar tentang malaria, dan clinical visit ke puskesmas. Sedangkan pada minggu ketiga, peserta belajar tentang TB dan clinical visit ke Balai Besar Kesehatan. Untuk Non Edukasi, kami mengadakan welcoming party, farewell party, international night, dance training, cooking class,danmusic class. Tidak lupa sosial program yang kami sediakan berupa kunjungan ke Keraton

Yogya,

Pantai

Sundak,

Borobudur,

Cangkringan, Ketep-pass, Rafting Sungai Elo, HS Silver, Kampung Budaya Tembi dan Kampung Batik, dll.


MELODICAL Melodical, alias Melody of Medical adalah sebuah event baru dari MMSA yang akan menjadi puncak dari seluruh kegiatan MMSA selama satu tahun kepengurusannya. Berupa sebuah konser musik yang dipersembahkan untuk khalayak umum, terutama teman-teman penikmat music tanah air, Melodical berangkat dari keinginan untuk mempromosikan sekaligus meningkatkan eksistensi MMSA UMY sebagai pioneer dan agent of change terutama dalam bidang kesehatan. MELODICAL, yang merupakan salah satu brand events MMSA, mengusung nilainilai kesehatan dan sosial sebagai perwujudan bakti MMSA dalam perjuanganuntuk menyejahterakan Indonesia. Dalam pelaksanaannya, MELODICAL terdiri dari beberapa rangkaian acara, diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Photo Exhibition Photo exhibition merupakan konten dari acara konser MELODICAL yang menampilkan foto-foto terbaik dari project dan kegiatan MMSA selama tahun kepengurusan 2012-2013. 2. Festival Berupa stand-stand yang terdiri dari stand sponsorship dan stand MMSA. Stand sponsorship diisi sesuai dengan MOU yang sudah disepakati antara pihak MELODICAL dan pihak sponsorship. Stand MMSA diisi oleh projectproject MMSA, yang berupa pemeriksaan dan edukasi kesehatan. Stand dibuka sebelum open gate, sehingga penonton dapat menunggu sambil berkunjung ke stand-stand yang tersedia. 3. Kegiatan bersama anak autis Sesuai dengan tema yang kami angkat, "Autism within Society" kami melakukan kegiatan bersama anak autis merupakan suatu bentuk nyata wujud kepedulian kami terhadap anak-anak dengan autisme. Kegiatan ini berupa kunjungan ke yayasan autis dan menghasilkan suatu bentuk karya seni. Karya yang dihasilkan nantinya akan diajukan untuk pemecahan rekor MURI.


MMSA for MDGs Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000, yang dihadiri oleh 189 negara termasuk Indonesia, menghasilkan delapan buah sasaran pembangunan yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015 di seluruh belahan dunia. Delapan buah sasaran pembangunan ini dirangkum dalam suatu “Deklarasi Milenium� yang untuk selanjutnya lazim disebut sebagai Millennium Development Goals (MDGs). MDGs memiliki delapan buah target yang terangkum dalam poin-poin. Kedelapan target tersebut adalah : 1. Memberantas kemiskinan dan kelaparan, 2. Mencapai pendidikan dasar secara universal, 3. Mendukung adanya persaman jender dan pemberdayaan perempuan, 4. Mengurangi tingkat kematian anak, 5. Meningkatkan kesehatan ibu, 6. Perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainnya, 7. Menjamin daya dukung lingkungan hidup, 8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. Pencapaian sasaran MDGs menjadi salah satu prioritas utama bangsa Indonesia. Pencapaian tujuan dan target tersebut bukanlah semata-mata tugas pemerintah tetapi merupakan tugas seluruh komponen bangsa termasuk mahasiswa kedokteran, dan masyarakat luas. Oleh karena itu, kami mahasiswa kedokteran Indonesia yang tergabung dalam Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA ), menyelenggarakan kegiatan MMSA for MDGs : MDGs poin 4 & 5, We Care, We Share yang berlangsung dari bulan November 2012 sampai April 2013. Melalui kegiatan ini, kami mengajak semua orang untuk memberikan kontribusinya dalam mengentaskan permasalahan masyarakat Indonesia dengan mencapai tujuan dan target MDGs melalui program sosialisasi dan pembuatan project yg erat kaitannya dengan MDGs.


Bentuk kegiatan MMSA for MDGs yaitu sebagai berikut : 

Pre survey dilakukan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan poin MDGs di lokal CIMSA.

Data bisa didapatkan dari pihak yang berkaitan dengan MDGs seperti dinkes kota,

puskesmas, LSM, dan lain-lain. Dari hasil pre survey lokal menentukan poin MDGs mana yang akan dijadikan fokus proyek 

Perancangan proyek sinkronisasi hasil survey dengan bentuk proyek; penentuan indikator keberhasilan dan target proyek yang ingin dicapai.

Pelaksanaan proyek di masing-masing lokal

Evaluasi proyek menilai proses yang dilakukan dari perencanaan hingga pelaksanaan proyek

Follow up melalui post survey untuk menilai hasil dari proyek yang dilakukan terhadap sasaran proyek


AFFILIATIONS OF MMSA CIMSA OVERVIEW Center for Indonesian Medical Students’Activities (CIMSA) atau disebut juga Pusat Aktivitas Mahasiswa Kedokteran Indonesia merupakan organisasi nirlaba, dan non pemerintah , bersifat independen, nasionalis, inklusif, non politik, dan non partisan yang berbasis aktivitas. CIMSA memiliki 17 lokal aktif yang tersebar di berbagai universitas di Indonesia dan termasuk salah satu anggota dari International Federation of Medical Students’ Association (IFMSA), yaitu organisasi mahasiswa kedokteran terbesar di dunia.

IFMSA OVERVIEW International Federation of Medical Students’ Association (IFMSA) adalah organisasi non pemerintah yang mewakili asosiasi mahasiswa kedokteran. Asosiasi ini didirikan pada Mei 1951 dan saat ini mempertahankan 102 Anggota Organisasi Nasional dari 95 negara di enam benua. "Our mission is to offer future physicians a comprehensive introduction to global health issues. Through our programming and opportunities, we develop culturally sensitive students of medicine, intent on influencing the trans-national inequalities that shape the health of our planet." Kegiatan utama dari IFMSA adalah siswa pertukaran dan proyek yang berbeda. Sekitar 10000 mahasiswa kedokteran setiap tahun berpartisipasi dalam pertukaran internasional mahasiswa kedokteran, baik profesional dan akademik (penelitian). IFMSA mengatur proyek, program, seminar dan lokakarya pada bidang kesehatan masyarakat, pendidikan kedokteran, kesehatan reproduksi dan hak asasi manusia dan perdamaian.


ACHIEVEMENTS 1. International Tropical Medicine Summer School pertama di Indonesia 2. Konser Thalassemia pertama di CIMSA dan untuk kedokteran pertama di UMY 3. Host Oktober Meeting 2010 4. Delegasi International meeting CIMSA, APRM 2010 di Bangkok Thailand 5. Delegasi International meeting CIMSA, GA March Meeting 2010 di Thailand 6. Delegasi International meeting CIMSA, GA August Meeting 2010 di Montreal Canada 7. Delegasi International meeting CIMSA, GA March Meeting 2011 di Jakarta Indonesia 8. Delegasi International meeting CIMSA, GA August Meeting 2011 di Copenhagen Denmark 9. Delegasi International meeting CIMSA, APRM 2012 di Penang Malaysia 10. Best SCOPE local 2009 / 2010 11. Best Lokal CIMSA NLS 2010/ 2011 12. Best SCOPE local 2010 / 2011 13. Winner of SCORE poster competition 2011/2012 14. Best HROD periode 1 2011/2012 atas nama Dyah Nuriisa 15. Best SCORE new comer MM Semarang 2010/ 2011 atas nama Azzam Hizburrahman 16. Masuk dalam nominasi Indonesia MDGs Award 2012/2013 17. Best LEO untuk SECO atas nama Giri Soeseno NLS 2012 Yogyakarta 18. Outgo- ers terbanyak di tahun 2013 19. Berhasil memecahkan REKOR MURI 22.000 Puzzle Pita Autism 06 juli 2013 Project terbaik CIMSA MM 2013 RIAU atas nama project “MELODICAL�


Organization Profile  
Advertisement