Issuu on Google+

Buletin Mahasiswa Islam Material, Senin, 27 Februari 2012

Assalamu’alaikum Alhamdulillah bro sis, sobat seiman, bulletin MIM hadir kembali di tahun 2012 ini. Semogabisa membawa informasi yang bermanfaat untuk kita semua, menambah ilmu dan menebalkan dinding-dinding iman kita. Rasulullah SAW yang melihat kita dari surga Firdaus-Nya, mendoakan kita yang tak kenal letih untuk belajar. Semogakelak kita semua dikumpulkan bersama baginda Rasul Berat Meninggalkan Maksiat? dan para keluarga serta sahabat. FYI, edisi kali ini kami menyajikan informasi tentang 4 bahaya kurang tidur dan beratnya meninggalkan maksiat. Semoga Allah SWTmenjelaskan bahwa setan dan bala tentaranya selalu berusaha bermanfaat! :D memalingkan manusia dari mengingat Allah, sehingga manusia kadang mudah dikelambui hawa nafsu dan maksiyat. Dalam Al Qur an Surat 17:64 Allah berfirman : "Dan hasutlah siapa yang kamu sanggupi diantara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukan yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah pada


mereka, dan tidak ada yang dijanjikan setan kepada mereka melainkan tipu daya belaka."

Semogacatatan kecil ini bisa memotivasi kita untuk senantiasa beramal shalih dan meninggalkan maksiyat, meskipun itu berat namun kita harus berusaha menghalaunya. Syurga itu indah namun tidak murah untuk mendapatkannya. Meninggalakan maksiyat akan memberikan banyak manfaat bagi hati yaitu diri orang tersebut menjadi mulia dan penjagaan terhadap kehormatan dikalangan manusia, terjaganya harta dan harta tersebut sebagai tiang kemaslakhatan umat dunia akhirat, dan kecintaan terhadap makhlukNya. Baiknya badan, tenangnya badan dan kuatnya hati sehingga merasa nikmat, dadanya terasa lapang, merasa aman dari kefasikan dan kefajiran(orang yang suka berbuat dosa), menjunjung jiwa dari berbagai kehinaan, cahaya terjaganya hati yang mana maksiyat akan memadamkan hati sehingga hati tidak melihat kebenaran kecuali atas izin Allah.

manusia akan menjauhinya, manusia akan berlomba membantu kebutuhannya. Banyak manusia akan memberikan cinta kepadanya(banyak teman), tidak ada rasa takut mati, akan senang kedatangannya kepada Rabbnya(kembali kepada Rabbnya).

Meninggalkan maksiat akan menjadikan dalam hatinya terhadap dunia bukan hal yang sangat penting tetapi merupakan pengantar kepada akherat. Urusan akherat merupakan perkara besar. Meninggalkan maksiyat dapat merasakan manisnya ketaatan(iman), menggembirakan malaikat pencatat baik dan mendoakan dia setiap waktu. Meninggalkan maksiyat selalu bertambah keimanannnya, tercapai kecintaannya terhadap Allah, senang taubat kepada Allah.

Padaorang yang telah mati meninggalkan maksiyat maka malaikat menyambut dengan kabar gembira dari Rabbnya yaitu jannah. Dikala manusia Meninggalkan maksiyat akan memudahkan mendapatkan rizki yang datang merasa panas di hari kiamat, tenggelam dalam keringatnya mereka orang dari arah yang tidak disangka-sangka, akan dipermudah dari hal yang sukar yg yang meninggalkan maksiyat di bawah naungan 窶連rsy Allah SWT. dirasa oleh ahul fusaq dan akan mudah berbuat taat baginya. Meninggalkan maksiyat akan mudah mendapatkan ilmu dan pujian yang baik dikalangan manusia, dan banyak doa baik baginya & menjaga dirinya.

4 Bahaya Kurang Tidur

Kemanisan yang mana kemanisan pada mukanya, dan pemberian dilemparkan kepadanya. Meninggalkan maksiat akan tertolong jika disakiti atau didzalimi. Kurang Tidur dan Darah Tinggi Akan cepat terkabul doanya oleh Allah, akan hilang rasa takut antara dirinya Data dari hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007-2008 dan Allah, malaikat akan dekat dengannya, syetan dan jin dalam bentuk menunjukkan bahwa angka kejadian hipertensi atau penyakit darah tinggi di Indonesia telah mencapai 31,7%dari total penduduk dewasa.Salah satu penyebabnya, mungkin berkaitan dengan waktu tidur yang semakin berkurang.


Mereka yang terbiasa tidur kurang dari 7-8 jam setiap malamnya ternyata memiliki risiko penyakit darah tinggi yang lebih besar. Peningkatan risiko ini terutama dialami oleh mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam1. Tekanan darah dan denyut jantung dipengaruhi oleh jam biologis tubuh. Tekanan darah seseorang akan menurun sebanyak 10-20%saat tidur, dan akan Kurang Tidur dan Diabetes Diabetes atau penyakit kencing manis merupakan penyakit yang ditandai meningkat kembli saat bangun. Waktu tidur yang tidak mencukupi akan menyebabkan tekanan darah rata-rata sepanjang hari meningkat, yang dapat dengan tingginya kadar gula dalam darah. Bahayanya, diabetes erat dengan berbagai jenis komplikasi seperti gangguan penglihatan dan penyakit jantung. Selain pola hidup yang kurang sehat, pola tidur yang kurang tepat pun dapat meningkatkan risiko diabetes. Kurang tidur diketahui berkaitan dengan terganggunya kerja pankreas yang terlibat dalam metabolisme gula di dalam tubuh. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, para ahli menyimpulkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 5-6 jam atau lebih dari 8 jam setiap malam ternyata memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi, hingga 2-3 kali lipat. Kurang Tidur, Stres, dan Performa Tidur malam yang tidak mencukupi juga diketahui berkaitan dengan lebih tingginya kadar hormon cortisol yang mempengaruhi tingkat stress. Kurang tidur berkaitan dengan mood atau suasana hati yang lebih buruk dan penurunan fungsi kognitif. Performa Anda pun bisa menjadi kurang optimal.

berkaitan dengan penyakit darah tinggi jika terjadi dalam jangka waktu panjang.

Kurang Tidur dan Berat Badan Ternyata, waktu tidur juga berkaitan dengan berat badan. Penelitian menujukkan bahwa mereka yang sering kurang tidur lebih rentan gemuk dan memiliki berat badan yang lebih tinggi. Hal ini diketahui berhubungan dengan perubahan pola makan yang berhubungan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin. Hormon ghrelin dapat memicu rasa lapar sehingga mendorong untuk makan lebih banyak dan berat badan pun naik.

Info Seputar MIM Alhamdulillah bro sis, pengurus MIM sudah berganti untuk generasi 2012. Siapa aja ya skuad kita? Berikut skuad pengurus MIM 2012: Ketua: Akhmad ’09 | Sekjen: Awan ’09 | Koor.Pendidikan: Haroki ’10 | Koor.Ta’lim: Aep ’10 | Koor.Infokom: Untung ’10 | Koor.Sistem: Banggas’10 | Fathimah, Tio, Alvin, Dita, Uti, Namira, Faris, Zaka, Uge, Darma, Dendy, Ihsan.


Ada kritik, saran, pertanyaan? Atau ada artikel Islami menarik? Hubungi: Untung ’10 (085793164858)


Buletin MIM bulan Februari