Issuu on Google+

KAPA

JULI 2012 //www.kapaftui.com //

FTUI

ADAAPA DENGAN DUSUN4 KALANGAN?

W W W. K A PA F T U I . C O M

AIR KERUH JUNI 2012

DAN ALAT PENYARINGNYA

LEBIH DEKAT DENGAN PLAYBOOK OS2.0

KEADAAN AIR DI DUSUN 4 KALANGAN YANG KAPA LAKUKAN PROYEK DAN NON PROYEK


aPA ITU

BAGAIMANA

FTUI?

KALANGAN?

KAMUKA PARWATA

K

AMUKA PARWATA (KAPA) merupakan perhimpunan mahasiswa pecinta alam di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sebagai insan ciptaan Tuhan yang mempunyai kesadaran untuk mecintai alam dan isinya, selain menjelajahi alam, KAPA FTUI juga melakukan kegiatan lingkungan hidup.

M

usim Pengembaraan 2012 ‘Jelajah Sumatera’ kali ini diadakan sebagai salah satu bentuk rasa cinta KAPA kepada lingkungan hidup dan juga sebagai wujud dedikasi KAPA kepada masyarakat.

APA YANG SEDANG KAMI LAKUKAN? Kami berada di Dusun 4 Kalangan ini dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiatan Musim Pengembaraan. Musim Pengembaraan (MP) rutin dilakukan setiap tahunnya, akan tetapi yang berbeda di tahun ini dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertemakan Lingkungan Hidup.

KEADAAN AIR DI DUSUN 4 Sumber air yang ada di Dusun 4 Kalangan yaitu sumber air payau dan air tawar. Air tawar yang digunakan ada dua macam yaitu sumber air tawar keruh yang berada di daerah belakang MCK dan sumber air tawar jernih yang berada di ujung bagian dusun 4 kalangan. Berdasarkan hasil uji laboraturium yang telah kami lakukan, air keruh yang berada di daerah belakang MCK perlu dilakukan penyaringan atau filtrasi, karena nilai kekeruhan telah melebihi ambang batas yang diperbolehkan sebagai air bersih. Hasil Uji Laboraturium: • Warna 149 PtCo= TCU • Kekeruhan 188 NTU • TDS 251 mg/L Permenkes 492/Menkes/Per/IV/2010


APAYANG SAJA KEGIATAN BERLANGSUNG?

PROYEK A. Penggantian pompa air B. Penyaluran air dari sumur menuju MCK C. Penyaringan (filtrasi) air sumur yang keruh

NON- PROYEK A. Pencerdasan Anak bertemakan Lingkungan Hidup B. Sosialisasi perawatan proyek kepada warga

Penjelasan PROYEK Penggantian Pompa Pompa yang dimiliki warga merupakan pompa yang berbahan bakar bensin. Keadaan pompa tersebut tidak layak pakai karena rusak. Oleh karena itu harus diganti dengan pompa yang baru. Pompa baru menggunakan tenaga listrik yang berasal dari genset berbahan bakar bensin. Pengoperasian alat pompa Sebelum menyalakan genset pastikan bensin masih tersedia dalam tangki. Hidupkan genset Sambungkan colokan pompa ke stop kontak genset Hidupkan pompa air 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari atau jika air pada bak penampungan kurang dari 1/3 bagian

www.adverdreams.blogspot.com

Colokan ini ke stop kontak genset JUNI 2012

adverdreams

1


PERAWATAN POMPA

2

adverdreams

JUNI 2012

www.adverdreams.blogspot.com


penyaluran air dari sumur menuju mck

Untuk menyalurkan air sumur menuju MCK diperlukan instalasi perpipaan. Perpipaan ini membujur sepanjang Âą 200 meter. Di tengah jalur pipa tersebut akan ada bak penampungan sementara serta pompa air yang nantinya akan menyalurkan air ke toran. Sebelum menuju toran, air akan melewati suatu tempat untuk dilakukan klorinasi (menggunakan kaporit). Manfaat dari klorinasi ini adalah untuk membunuh kuman penyakit yang ada pada air. Bahaya yang dikhawatirkan dari proses ini dapat dihilangkan setelah melalui prose filtrasi.

Penyaringan (filtrasi) air sumur keruh Zeolite Manganese green sand

Karbon aktif Pasir Silika

Air yang berasal dari toran akan dilakukan proses filtrasi/ penyaringan dengan alat yang disebut filter. Filter ini terdiri atas beberapa lapisan media, diantaranya:

Fungsi Lapisan: -Zeolite: Meningkatkan kadar oksigen pada air, menetralkan pH air. -Manganese green sand: Mengurangi zat besi dan mangan dalam air. -Karbon aktif : Menghilangkan klorin bebas dan senyawa oragnik yang menyebabkan bau rasa, dan warna dalam air. Menjernihkan air. -Pasir silika: Menyaring kekeruhan yang diakibatkan oleh pasir, lumpur, endapan dan partikel dalam air. www.adverdreams.blogspot.com

JUNI 2012

adverdreams

3


PENGOPERASIAN ALAT filtrasi 1 3

Jika akan dilakukan filtrasi, buka stop keran yang menghubungkan toran dengan filter terlebih dahulu.

2

Pengoperasian filter harus memperhatikan banyaknya air yang ditampung pada toran. Air

pada toran sekurang-kurangnya terisi 1/3 bagian sehingga nantinya tidak akan mengganggu jalannya proses filtrasi.

Ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan, yaitu

1. Pembersihan filter /Back Wash: dilakukan untuk membersihkan media filter agar terbebas dari lumpur/ kotoran. Back wash dilakukan rutin 1 minggu sekali.

2. Fast Rinse:

Air hasil filtrasi menuju bak penampungan

dilakukan setelah back wash. Apabila air yang keluar dari proses ini masih keruh maka dilakukan back wash kembali dan dilanjutkan fast rinse.

3. Filter: dilakukan untuk mendapatkan air bersih yang telah melalui proses penyaringan.

4 penggantian media Stop keran ditutup

apabila akan dilakukannya

filtrasi.

4

adverdreams

JUNI 2012

Air masuk, berasal dari toran

Air buangan

5 6

Media filtrasi diganti 1 tahun sekali, atau jika telah dilakukan back wash berkali- kali namun air yang dihasilkan masih keruh maka media dalam filter sudah jenuh dan harus diganti.

Jika akan dilakukan penggantian media filter, maka media tersebut sebelumnya harus di cuci dengan air bersih dan di jemur hingga kering. www.adverdreams.blogspot.com


PENGOPERASIAN GENSET 1

Isi tanki genset dengan bensin (kapasitas maksimal 15 liter), terdapat indikator volume bensin pada bagian atas genset.

2

Isi tanki oli dengan oli motor atau oli mobil.

3

Pastikan katup keran bensin terbuka (putar ke arah on)

4

Nyalakan genset dengan cara memutar kunci searah jarum jam atau dengan menarik tali starter.

5

Saat pertama kali mesin menyala, geser cuk ke arah on. Apabila genset sudah beroperasi stabil, kembalikan cuk ke posisi semula.

www.adverdreams.blogspot.com

PERAWATAN GENSET 1 2

Ganti oli sebulan sekali Apabila genset tidak bisa menyala: Periksa indikator bensin. Apabila bensin habis, isi tanki dengan bensin. Periksa katup keran bensin. Pastikan dalam kondisi terbuka (posisi on). Apabila genset tidak bisa dinyalakan dengan memutar kunci, ganti aki (gunakan aki 12 volt) atau nyalakan secara manual dengan menarik tali starter.

JUNI 2012

adverdreams

5


MUSIM PENGEMBARAAN

KAPA lingkungan hidup

6 - 9 juli 2012 dusun 4 kalangan lampung

KAMUKA PARWATA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA www.kapaftui.com


Booklet Materi LH MPKAPAFTUI 2012