Issuu on Google+

Michael 1401106951 External Analysis : the Impact of the Internet on the Macro Environment and on Industry Structure of E- Business Companies


Pengenalan Penemuan internet berdampak pada segala bidang kehidupan manusia tak terkecuali dengan lingkungan makro dan struktur industry dari suatu perusahaan e-business. Lingkungan makro adalah kondisi yang terjadi didalam perekonomian, termasuk didalamnya pendapatan perkapita, inflasi, kebijakan moneter, dan lain sebagainya.

Bina Nusantara University


Trend dalam lingkungan makro 1.Lingkungan politik dan hokum Lingkungan politik dan hukum berhubungan dengan masalah dalam tingkatan organisasi yang berbeda - Perpajakan telah menjadi masalah yang rumit dalam e-commerce - Internet selalu dikritik karena melanggar hak cipta - Pada tingkatan individu, kepada perusahaan mana yang harus diizinkan untuk menyusup kedalam kehidupan pribadi pengguna internet Bina Nusantara University

3


Trend dalam lingkungan makro(lanj.) 2. Lingkungan ekonomi Lingkungan ekonomi mengacu pada pengembangan ekonomi yang lebih luas didalam konteks suatu Negara, daerah atau global. Faktor yang penting adalah - Bunga dan nilai tukar -Perkembangan pasar saham -Pertumbuhan ekonomi


Trend dalam lingkungan makro(lanj.) 3.Lingkungan social Lingkungan social mempertimbangkan factor-factor seperti populasi, demografi, distribusi penghasilan Antara sector-sector yang berbeda dan perbedaan perilaku dalam bekerja dan waktu senggang. Kepentingan lain adalah pola penggunaan online, yang diukur dengan persentase dari populasi yang menggunakan email atau informasi jaringan atau transaksi pembelian.


Trend dalam lingkungan makro(lanj.) 4. Lingkungan alam

Dalam bidang lingkungan, pemerintahan di berbagai Negara,seperti spanyol dan britania telah menetapkan hukum daerah yang menyulitkan, bukan tidak mungkin, untuk para pengecer bahan pangan untuk mendirikan toko-toko hypermarket baru. Sehingga beberapa pengecer di Negara ini berpikir bawa penjualan secara online dapat dijadikan alternative yang memungkinkan untuk pertumbuhan bisnis


Trend dalam lingkungan makro(lanj.) 5. Lingkungan teknologi

Untuk e-business, lingkungan teknologi adalah kepentingan yang sangat signifikan. Selama awal-awal tahun dari internet, penggerak penting dari lingkungan teknologi adalah standar danbahasa seperti HTML, XML, TCP/IP. Infrastruktur jaringan juga memberikan perubahan secara dramatis dan perangkat penyimpanan yang memiliki teknologi tinggi.


Struktur industry dengan lima kekuatan kerangka kerja

1. Persaingaan industri

Persaingan industry terjadi saat perusahaan dalam suatu industry merasakan tekanan atau kesempatan untuk meningkatkan posisi pasarnya saat ini. Tingginya inensitas dari persaigan muncul karena beberapa faktro: a.Banyaknya jumlah competitor b.Tingginya biaya tetap yang menciptakan tekanan kuat untuk mengisi kapasitas. c.Tingginya relevansi strategis, persaingan meningkat ketika perusahaan memiliki saham strategis untuk sukses dalam industry.


Persaingan industry (lanj.) d. Sedikit perbedaan diantara produk, dimana kemudian menjadi komoditas. e. Tingkat pertumbuhan rendah dari industry. Pertumbuhan industry yang cepat dapat mengakomodasikan penyedia dalam jumlah yang banyak. f. Kapasitas yang berlebihan. Saat internet menjadi perangkat online untuk kepentingan komersial, nilai dari perusahaan yang dimulai dalam industry yang berbeda menggunakannya, yang berdampak pada kompetisi yang sangat intensif.


2. Hambatan untuk masuk a. Tinginya biaya tetap menghalangi banyak potensi pendatang karena mereka tidak memiliki mdal yang dibutuhkan atau kemauan untuk menginvestasikan uang mereka dalam jumlah yang besar dalam pasar yang beresiko b. Kepercayaan dan loyalitas merk sangat penting untuk akuisisi pelanggan. c. Kurva pembelajaran yang curam memungkinkan suatu perusahaan untuk mengurangi biaya strukut secara cepat atau menemukan jalan untuk menciptakan manfaat lebih untuk pelanggan. d. Biaya penggantian yang tinggi dan efek jaringan yang kuat membantu pemegang jabatan untuk menjaga pelanggannya bahkan jika pendatang baru menawarkan nilai yang lebih besar e. Perlindungan kekayaan intelektual yang kuat.


4. Kekuatan tawar menawar dari pembeli dan pemasok – Konsentrasi yang tinggi dari pembeli – Fragmentasi yang kuat dari pemasok – Tingkatan tinggi dari transparasi pasar yang memungkinkan pembeli dengan mudah membandingkan pemasok yang berbeda – Produk meningkat menjadi komoditas, berdampak sedikit atau tidak ada perbedaan antara penyedia. – Biaya penggantian rendah dan efek jaringan yang lemah.


Jaringan nilai, fokus pada aspek positif dari interkasi dan mencari untuk mengidentifikasi kesempatan untuk menciptakan nilai melalui kolaborasi. Pemain nya adalah : 1. Pelanggan 2. Pemasok 3. Kompetitor 4. Komplementor


Buyer/Recipient Consumer/peer/citizen

Sup plier / Prov ider

Co nsu mer /pe er/c itize n Bus ine ss

Go ver nm ent

Business

Government

C2C

C2B

C2G

B2C

B2B

B2G

G2C

G2B

G2G


Dua alasan mengapa segmentasi pasar berguna 1. Mendapatkan gambaran tentang preferensi pelanggan 2. Mendapatkan informasi tentang ukuran segmen potensial

Segmentasi pasar harus 1. Dapat diukur, menentukan daya beli nya 2. Substantial, cukup esar untuk membenarkan itu dialamtkan, tidak seperti booming internet 3. Terdiferensialkan, segmen harus eksklusif dan bereaksi secara berbeda 4. Dapat ditindaklanjuti mungkin utnuk meningkatkan penjualan dan pemasaran.


Lima kemungkinan utama untuk menargetkan pasar segmen 1. Konsentrasi segmen tunggal, contohnya Ducati 2. Spesifikasi selektif , perusahaan yang mengikuti spesialisasi selektif menargetkan pasar segmen yang berbeda dengan tipe produk yang berbeda. 3. Spesialisasi produk, fokus pada satu produk atau jasa. 4. Spesialisasi pasar, fokus pada satu pasar. 5. Cakupan pasar penuh, contohnya amazon.com.


Michael