Issuu on Google+


2

SABTU

22 Juni 2013

Tangan dan Kaki Diikat lalu Ditelanjangi Sambungan Halaman 1 Informasi dihimpun METRO ASAHAN (Grup METRO TAPANULI) di lokasi kejadian, kejadian berawalketikaMSigalingging(48)wargaDesaRawang Lama yang sedang bekerja di sawahnya melihat dua pria mmengendarai sepedamotor Yamaha Vixion melintasi di jalan umum desa itu. Kemudian, dua pria itu berhenti di dekat sepedamotor Honda Revo BK 6568 YAN miliknya. Selanjutnya, pria yang dibonceng turun lalu berusaha membawa kabur sepedamotor miliknya. Sadar bahwa dua pria hendak mencuri sepedamotornya, Galingging lalu beranjak dari sawah dan berusaha mencegat pria yang membawa sepedamotor miliknya, sembari berteriak maling hingga mengundang perhatian warga lainnya. Pelaku yang diketahui bernama Sofyan warga DusunIX,DesaMeranti,KecamatanMeranti,Asahan, karena dicegat M Galingging sempat memberikan perlawanan, hingga antara Sofyan dan Galingging sempat terjadi perkelahian. Sementara, Budi rekan Sofyan langsung tancap gas melarikan diri dari lokasi kejadian. Di lokasi kejadian, saat Sofyan dan Galingging berkelahi, warga semakin banyak datang, dan langsung membantu Galingging memukuli Sofyan hingga babak belur. “Sempat terjadi duel antara pelaku dengan pemilik sepedamotor. Baru, puluhan massa datang ikut menghakimi pelaku hingga kritis,” kata Kepala Pos Polisi Meranti Aiptu Samsul Rizal ketika mengamankan Sofyan dari amukan warga. Samsul melanjutkan, warga terpancing memukuli Sofyan karena kesal dengan sudah sering terjadi pencurian sepedamotor di daerah itu. Bahkan, setelah pelaku berhasil dilumpuhkan, warga menelenjanginya, kemudian kaki dan tangan diikat. Samsul mengakui, pihak kepilisian sempat kewalahan menghalau amukan puluhan massa yang semakin emosi. Namun berkat bantuan pemerintah desadantokohmasyarkat,emosiwargabisaderedam, kemudian pelaku langsung diamankan dan dibawa ke RSUD Kisaran untuk mendapatkan perawatan medis. Kapolres Asahan AKBP Budi Suherman ketika dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Fahrizal membenarkan peristiwa itu. Diamenyebutkan,pelakucuranmordipukuliwarga hingga babak belur ketika tertangkap tangan mencuri. “Beruntung, petugas cepat tiba di lokasi. Jika tidak, massa yang sudah tersulut emosi akan membakar hidup-hidup pelaku,” katanya. Dia menambahkan, Sofyan pelaku curanmor saat ini dirawat di rumah sakit dengan pengawalan ketat

dari pihaknya, sementara rekan Sofyan bernama Budi masih dalam pengejaran. Sofyan pelaku curanmor yang dipukuli warga, ketika ditemui di ruang inap RSUD Kisaran, mengaku dia tertangkap tangan oleh pemilik sepedamotor yang hendak dicurinya, lalu dipukuli oleh warga. Sofyan mengungkapkan, awalnya tidak ada niat dirinyamencurisepedamotor.Namunkarenamelihat kunci kontak lengket di sepedamotor yang parkir di pinggir jalan, makanya dia dan rekannya sepakat membawa kabur sepedamotor itu. “Nggak ada kian niatku mencuri itu, tapi karena kunci kontak lengket makanya kami berusaha membawa kabur,” akunya terbata-bata. Dia menceritakan, pada pagi hari dia pergi dari rumah permisi dari istrinya Sia (36) hendak pergi ke rumah famili di Desa Silou. Ditengahperjalanan,diabertemudenganrekannya Budi yang meminta ikut dengan dirinya. Selanjutnya, Budi mengambil alih kemudi sepedamotor, dan dia di boncengan. Tiba di lokasi, mereka melihat sepedamotor parkir dengan kunci kontak tetap lengket. Saat itu, Budi memberhentikan sepedamotor dan menyuruhnya mengambil sepedamotor itu. “Ambil Bang kreta itu,” kata Sofyan menirukan perintah Budi, Dia mengakui, mendapat perintah dari Budi, tanpa pikir panjang, dia langsung mendorong sepedamotor lalu menghidupkan mesin. Tetapi, baru 10 meter beranjak dari lokasi, pemilik sepedamotor langsung menghadangnya. “Aku sempat berusaha kabur, namun pemiliknya berhasil menangkapku. Kami sempat berkelahi, sebelum puluhan warga datang membantu pemilik sepedamotor itu,” sebut Sofyan. Biar Maling, Jangan Main Hakim Sendiri Sia, istri Sofyan pelaku curanmor yang nyaris tewas dihakimi warga, mengaku sedih atas peristiwa yang menimpa suaminya. Bahkan, Sia menyesalkan tindakan warga yang langsung memukuli suaminya. “Biar suamiku maling, tapi jangan main hakim sendiri,” katanya saat menemani Sofyan yang dirawat di rumah sakit. Sia mengakui, dia mengetahui suaminya dipukuli warga hingga nyaris tewas, setelah Kepala Desa RawangLamamemberitahubahwasuaminyadirawat di rumah sakit karena dipukuli warga akibat tertangkap tangan saat hendak mencuri sepedamotor. “Sebenarnya suamiku bukan maling, naas aja dia pergi bersama Budi. Paginya, dia pamit mau pergi ke rumah famili di Desa Silo. Eh tahunya, di jalan jumpa sama Budi dan dipukuli warga karena tertangkap tangan mencuri sepeda motor,” ujar Sia sembari menangis. (sus)

Honorer Tua Prioritas Diangkat jadi PNS Sambungan Halaman 1 (CPNS). Sekretaris Utama Kemenpan-RB Tasdik Kinanto menjelalaskan, kebijakan ini akan diberlakukan jika daritessesamahonorerK2yangjumlahnyasekitar600 ribu, ternyata nanti banyak yang lolos seleksi. “Seleksi tertulis honorer K2 dilaksanakan September mendatang. Nah, kita dahulukan yang sudah mendekati usia pensiun. Yang usia pensiunnya masih panjang diangkat tahun depan. Ini sebagai penghargaan kita kepada honorer,” ujar Tasdik Kinanto di kantornya, Jakarta, kemarin (21/6). Pria yang merangkap sebagai Plt Deputi SDM Aparatur Kemenpan-RB menjelaskan, kebijakan ini juga didasari pertimbangan kemanusiaan.

“Kalau yang tua ini tidak diangkat duluan kan kasihan,” ujarnya. Dijelaskan, dari 600 ribuan honorer K2 yang akan ikut tes, tersedia kuota 109 ribu untuk diangkat sebagai CPNS. Sedang dari jalur umum tersedia kursi 60 ribu. Jadi total tahun ini ada kuota 169 ribu CPNS baru. Tasdik menjelaskan, jika dari 600 ribu peserta tes honorer K2 ternyata yang lolos seleksi hanya 109 ribu atau kurang dari angka itu, maka semuanya akan diangkat langsung sebagai CPNS tahun ini. Jika lebih dari 109 ribu yang lolos, barulah disisir berdasar usia. Untuk yang masih muda baru akan diangkat sebagai CPNS tahun depan. Tapi tahun depan yang sudah lolos ini tak perlu ikut seleksi lagi. Tinggal menunggu SK pengangkatan sebagai CPNS. (sam)

Ingin Tambah Berat Badan Sambungan Halaman 1 Aktris Arumi Bachsin tinggal beberapa bulan lagi akan melaksanakan pernikahannya dengan sang kekasih Emil Dardak. Jelang hari bahagianya nanti, bintang film ’18++’ ini mengaku mempersiapkan banyak hal termasuk soal penampilannya. Arumi mengungkapkan dirinya ingin tampak sempurna ketika mengenakan gaun pengantin nanti. Maka kini, ia pun mulai membentuk tubuhnya lebih

berisi agar pas mengenakan gaun. “Pas nikah badanku ingin agak montok. Bagus kan tuh kalau pakai baju pengantin,” ujarnya saat ditemui dalam jumpa pers film ‘Kerasukan’ kembali tayang, di Gedung Pusat Perfilman Indonesia, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (21/6). Menikah muda tampaknya menjadi hal yang ia inginkan. Arumi pun menuturkan perasaannya semakin mantap menuju pelaminan bersama Emil. (int)

Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Tapanuli

Anggota SPS No.: 443/2004/02/A/2012 Penerbit : PT. Siantar Media Pers (Metro Siantar, Metro Tapanuli, Metro Asahan, Metro Tabagsel) Chairman : Komisaris Utama : Komisaris : Direktur Utama : Direktur : Pengasuh Pemimpin Umum/Penjab/GM : Wakil PU/Pimpinan Perusahaan : Pimred Metro Siantar : Pimred Metro Tapanuli : Pimred Metro Tabagsel : Pimred Metro Asahan : Wakil Pimpinan Metro Asahan : Wapimred Metro Tapanuli : Tim Ombudsman :

Rida K Liamsi Makmur Kasim Khadafi Marganas Nainggolan Maranatha Tobing Marganas Nainggolan Maranatha Tobing Pandapotan MT Siallagan Pandapotan MT Siallagan Muhiddin Hasibuan Eva Wahyuni Darwin Purba Daniel Simanjuntak Vincent Wijaya

SPBU Diserbu Pengendara Sambungan Halaman 1 terjual mencapai 18 ton (18.000) liter, sementara pada hari-hari sebelumnya, solar yang habis terjual dari pagi hingga SPBU tutup pukul 23.00 WIB hanya sekitar 10 ton (10.000 liter). Senada juga dengan permintaan premium. Di mana hingga pukul 18.00 WIB, permintaannya mengalami peningkatan tiga ton liter. Premium yang habis terjual mencapai 11 ton liter, sementara di hari-hari sebelumnya, bensin biasanya habis terjual sekitar delapan ton liter. “Kita menilai melonjaknya jumlah permintaaan ini akibat akan naiknya harga BBM,” terang Humas SPBU Taman Bunga Sibolga Gordon Simanjuntak saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/6). Gordon menerangkan, sesuai surat edaran yang diinstruksikan Pertamina, pihak SPBU harus tetap melayani konsumen hingga pukul 24.00 WIB, sebelum pemerintah menetapkan kenaikan harga BBM. Apabila ada SPBU yang kehabisan stok BBM sebelum pukul 24.00 WIB, maka mereka dipersilakan melaporkan ke posko satgas Pertamina. “Sampai saat ini stok kita masih aman. Premium masih ada sekitar delapan ton liter, dan solar masih tersisa sekitar 15 ton.

Namun tidak tertutup kemungkinan kita kekurangan stok dengan melihat situasi seperti ini,” katanya sembari memperlihatkan jumlah konsumen yang membludak mulai dari siang hari. Ditanya tanggapannya tentang membludaknya konsumen, Gordon mengaku akan tetap melayani selama masih ada stok. Namun mereka lebih berhati-hati untuk pembeli yang menggunakan jerigen. “Sampai saat ini kita menolak pembelian BBM dengan menggunakan jerigen bagi mereka yang tidak mempunyai izin. Hal itu kita lakukan untuk mengantisipasi adanya indikasi penimbunan menjelang kenaikan harga BBM ini,” terangnya. Membludaknya konsumen BBM ini juga terlihat di SPBU Kebun Jambu Sibolga. Di sekitar lokasi SPBU ini terlihat sejumlah pengendara mengantre. Bahkan jalanan pun jadi macet akibat kendaraan yang keluar masuk dan menunggu antrean di SPBU Kebun Jambu. Konsumen Berebut Sementara itu, para konsumen juga tidak ada segan-segannya berebut antrean. Sejumlah warga yang datang dengan membawa jerigen juga mengantre. Bahkan terlihat tumpukan jerigen yang dimuat di dalam mobil pick up yang rencanaya akan mengisi BBM. Namun, mereka tidak lagi

BLSM Langsung Cair Hari Ini Sambungan Halaman 1 warganya sudah menerima kartu perlindungan sosial (KPS) alias kartu kuning. “Pembagian hanya akan dilakukan di kota-kota yang sudah menerima kartu perlindungan sosial,” kata Sugihartatmo kemarin (21/6). Dia mengharapkan, warga di luar 14 kota yang belum menerima KPS tidak iri dengan pembagian BLSM tersebut. Sebab, pembagian KPS saat ini belum bisa dibagi secara merata di seluruh wilayah Indonesia. “Ini sudah mekanismenya,” ucapnya. Sugihartatmo juga mengingatkan agar warga tidak bersamaan saat mengambil jatah BLSM pada hari ini. Sebab, KPS yang menjadi syarat pencairan BLSM dapat digunakan hingga awal Desember 2013. Pada tahap awal, BLSM yang dicairkan untuk dua bulan, yakni sebesar Rp300 ribu. “Pemegang KPS bisa langsung mengambil di kantor pos terdekat,” katanya. Sedangkan untuk pembagian BLSM tahap kedua, pemerintah akan menugaskan PT Pos Indonesia untuk mengaturnya. Baik dalam hal

pengumumannya dan tata cara pembagiannya. “Pihak kantor pos akan membagikan secara langsung kepada pemegang KPS. Masyarakat juga dapat mengambil ke kantor pos. Bagi yang rumahnya jauh dari kantor pos, maka pihak kantor yang akan mendekat (mengantarkannya) sehingga diharapkan akan tepat sasaran,” tuturnya. Hari ini, sejumlah menteri dari beberapa jajaran kementerian secara langsung turun ke sejumlah kantor pos di sekitar Jakarta untuk memantau secara langsung pembagian BLSM ini. Sebelumnya, pemerintah resmi menaikkan harga BBM. Dalam pengumuman yang dibacakan oleh Menteri ESDM Jero Wacik, pemerintah menetapkan harga premium sebesar Rp6.500 dan solar Rp5.500 per liter. “Bensin Rp6.500 per liter, solar Rp5.500 per liter,” kata Jero saat mengumumkan kenaikan harga BBM di kantor Menko Pereekonomian, Jakarta, Jumat (21/6). Jero mengatakan harga baru bahan bakar minyak bersubsidi tersebut berlaku mulai Sabtu (22/6) pukul 00.00 WIB dan berlaku serentak di seluruh Indonesia. (mia/agm/jpnn)

diladeni karena tidak memiliki surat rekomendasi dari instansi terkait. “Biasanya kita dikasih ngisi dua jerigen. Sekarang tak dikasih lagi. Katanya sedang ketat peraturannya karena harga BBM akan naik. Padahal kami sangat perlu ini untuk keperluan bahan bakar bot pancing (kapal penangkap ikan ukuran sedang),” kata seorang pria yang tak diladeni mengisi jerigen yang ditemui di SPBU Taman Bunga. Pantauan METRO di SPBU Taman Bunga sekira pukul 17.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, puluhan bahkan seratusan sepedamotor dan mobil terlihat antre di SPBU tersebut. Bahkan, antreannya tidak habis-habis. Berdampak bagi Warga Adanya kenaikan harga BBM seperti bensin dari Rp4.500 per liter menjadi Rp6.500 dan solar dari Rp4.500 menjadi Rp5.500 per liter tentunya akan memberikan dampak besar bagi masyarakat. Hal ini dikatakan Wali Kota Syarfi Hutauruk, Kamis (20/6) di Gedung Nasional Sibolga. Menurut Syarfi, kenaikan harga BBM akan memberikan dampak terutama kebutuhan sembako yang dikonsumsi oleh masyarakat termasuk para PNS dan guru. (fred/son)

SPBU Dijaga Lima Aparat

Sambungan Halaman 1 perketat pengamanan di setiap SPBU dan menempatkan lima personel di setiap SPBU di Tapteng.Halinikitalakukanberdasarkaninstruksi pimpinanyangtujuannyamengantisipasiadanya kecurangan atau penimbunan BBM terkait adanya kenaikan harga BBM bersubsidi oleh pemerintah,” tutur Kapolres Tapteng AKBP Misnan melalui Kabag OPS Kompol SH Siregar kepadaMETRO,Jumat(21/6). Siregar menuturkan, polisi dan TNI yang menjagaSPBUtersebuttidakdilengkapidengan senjata api. Ini dikarenakan kondisi Tapteng sejauh ini masih kondusif dan aman. “Namun demikian,selainlimapersoneltersebut,mereka juga tetap dipantau sejumlah personel satuan Intelkam,” katanya. Siregar menambahkan, ada empat SPBU di wilayah hukum Polres Tapteng. Yakni SPBU di Barus, Badiri, Sibuluan, dan SPBU Tano Ponggol. Sementara itu penempatan personel untukmelakukanpenjagaandisetiapSPBUakan tetap dilakukan selama dinilai situasi belum kondusif. “Kita belum bisa pastikan kapan selesaipenjagaandiSPBUini.Namunyangpasti, penjagaan akan tetap kita lakukan selama situasi kita anggap belum kondusif,” pungkasnya. (fred)

Ganggu Proses Tender, Rekanan Dipolisikan Sambungan Halaman 1 Juni 2013. “Kami membuat laporan pengaduan karena oknum ML telah mengganggu proses tender. Saat itu, ML memaksa masuk dengan menerobos pintu ruang kepala dinas dan mengambil beberapa dokumen penting. Tindakan itu tidak dibenarkan karena itu hanya wewenang panitia,” beber Sri, usai membuat LP. Akibat perbuatan ML, masih Sri, pihaknya tidak nyaman untuk bekerja, bahkan terkendala. Gangguan saat proses tender, kata Sri sudah muncul sejak Rabu (19/6). Padahal sesuai tahapan tender, evaluasi sudah dapat dilakuan mulai Rabu-Jumat (19-21/6). “Kita seharusnya bisa lanjut ke tahap evaluasi, tapi kami tidak bisa lagi melaksanakannya, karena kami dipersulit,” tukasnya. Menurut Sri, jika ada rekanan merasa dirugikankarenaalasanprosespelelangantidak sesuai aturan, rekanan itu dapat melakukan penyanggahan pada saat masa sanggah. Bukannya bertindak sewenang-wenang dengan ‘mencuri’ dokumen pelelangan. “Sebelumnya kami sudah mendapat tekanan,dipaksauntukmerombakdaftarsimak yang menjadi lampiran berita acara, padahal itu tidak diperbolehkan oleh undang-undang,” pungkas Sri. Sementara itu, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang mendukung sikap melaporkan oknum rekanan yang mengganggu proses tender pemerintah itu. “Saya selaku Bupati Tapteng mendukung pengaduan itu,” kata Bonaran yang ikut hadir ke Polres Tapteng saat LP tersebut dilayangkan. Mantan pengacara di Jakarta itu menjelaskan, sesuai undang-undang yang berlaku, rekanan tersebut diduga telah melanggarPasal211,JuntoPasal212danJoPasal 335 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. “Laporan pengaduannya sudah diterima. Kami berharap penyidik Polres Tapteng segera bertindak. Sebab ada tahapan yang harus

Departemen Redaksi METRO TAPANULI Dewan Redaksi Group: Marganas Nainggolan (Ketua), Maranatha Tobing, Pandapotan MT Siallagan, Muhiddin Hasibuan, Eva Wahyuni, Daniel Simanjuntak, Leo Sihotang, Nasa Putramaylanda, Hermanto Sipayung, Nurjannah. Pjs Redaktur Pelaksana: Nasa Putra Maylanda, Redaktur: Pholmer Saragih, Jhon Damanik, Plidewatna, Hezbi Rangkuty, Edi Saragih Kordinator Liputan: Ridwan Tober Butarbutar, Ass. Korlip (Taput): Horden Silalahi, Reporter: Marihot Simamora, Freddy Tobing, Masril Rambe (koresponden Barus), Bernard Lumbangaol (Taput), Hengki Tobing (Taput), Hermanto Turnip (Tobasa) METRO SIANTAR Redaktur Pelaksana: Leonardus Sihotang, Yappy Chandro Purba, Kordinator Liputan: Pala MD Silaban, Reporter: Tonggo Sibarani, Imelda Purba, Pra Evasi Haloho, Billy Andra Nasution, Eko Hendriawan, Dhev Fretes Bakkara (Fotografher), Rano Kambo Hutasoit, Raymound Sitanggang, Darwis Damanik, Sawaluddin, Soetomo Samsu (Jakarta), Irwansyah (TanahJawa), Marihot Sinaga (Raya), Hardono Purba (Silau Kahean), Sendi Warto Purba (Saribudolok), Taman Haloho (Parapat) Sekretaris Redaksi: Yanti Nurhapni, Staf Redaksi : Ita Butar-butar METRO TABAGSEL Redaktur Pelaksana: Nurjannah, Pjs Kordinator Liputan: Ikror Amin Lubis, Reporter: Parlindungan Pohan (Sidimpuan/Tapsel), Amran Pohan (Tapsel), Amran Pikal Siregar, (Palas), M Ridwan Lubis (Madina), Parningotan Aritonang.

dikejar panitia tender. Kalau ini dibiarkan, tentunya sama saja dengan menghambat pelaksanaan pembangunan,” ucap Bonaran. Terpisah, rekanan ML menyangkal seluruh tuduhan tersebut. “Itu tidak benar,” ungkap ML saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/6). ML menuturkan, pada Rabu (19/6), dilakukan proses pemasukan penawaran yang diteruskan dengan pembukaan penawaran yang berakhir malam hari itu juga. Tapi, pembukaan penawaran tidak dapat dilangsungkanhinggarampungkarenapanitiabelum membagikan Berita Acara Pembukaan Penawaran (BAPP) kepada rekanan. “Pada Rabu (19/6) malam, salah seorang panitia menghubungi saya lewat telepon seluler. Dia mengundang kehadiran rekanan padakelanjutanprosestenderbesok(Kamis,20/ 6) jam 09.30 WIB. Saya kemudian datang. Tapi tunggu punya tunggu hingga pukul 10.30 WIB, lanjutan proses tender tak kunjung dilaksanakan panitia,” ungkapnya. Saat itu, dirinya menunggu di sebuah warung disampingkantordinastersebut.MLkemudian masuk ke dalam kantor dan bertemu dengan salahseorangpanitiabernamaSonnyNasution. “Saya bertanya kepada Sonny soal proses tender itu. Dijawab, kelanjutan proses tender hari itu tidak jadi,” tuturnya. Kemudian, sambung ML, dirinya masuk ke koridor kantor dan melihat gembok peti dokumen lelang. Kunci peti yang sebelumnya telah diserahkan kepada aparat keamanan itu, terlihat telah terbuka. Bahkan peti sempat mereka goyang-goyang dan terasa ringan. Diduga dokumen di dalamnya sudah tidak ada lagi. “Waktu itu saya lihat ketua panitia di dalam ruangannya. Saya lalu masuk dan mempertanyakanacarapadahariitu.Tapianeh, ketua panitia itu mengatakan bahwa acara telah berlangsung. Bahkan ketika saya tanya juga siapa rekanan yang hadir, dijawab tidak ada, sembari menyebut bahwa berkas telah diambil dandinilailaludiamankandiruangkepaladinas dengan disaksikan oleh pihak keamanan,”

METRO ASAHAN Redaktur Pelaksana: Hermanto Sipayung, Kordinator Liputan: Edwin Garingging, Reporter: Irvan Nasution (Kisaran), Susilowady (Kisaran), Jekson Siahaan (Batubara), Putra (Aek Kanopan),Anniko Rambe, Rizki Whardana (R Prapat), Mahra Harahap (Kota Pinang), Ishak Lubis (Tj Balai), Syawaluddin Tanjung (Pamingke) Dep. Perwajahan, Pracetak & Artistik Kadep Pracetak & Artistik: Ahmad Yasir, Kabag: Amiruddin Staf Pracetak: Salomo Seven Malau, Jamaluddin Sinaga, Hedry Handoko, Jefree Putra, Andri Manullang, Handoko, Mounting: Samuel Sihotang (Koordinator), Hotland Doloksaribu, Amran Nainggolan, Nico HS, Kabag Teknisi Maintenance & IT: Irwan Nainggolan, Online Website: Juanda Panjaitan DIVISI USAHA Departemen Umum/Adm/Keuangan Manager Adm/Keu/Umum: Dumaria, Kabag Accounting: Restioni Padang Departemen Sirkulasi / Pemasaran Manager Pemasaran: Jaberlison Saragih, Koordinator Pemasaran:Simson Winata Hutabarat, Adm Pemasaran: Indarny Aritonang, Piutang Koran: Ester Ade Gultom, Staf Pengembangan: Jhon Tua Purba, Dedi Kurniawan, Kordinator Ekspedisi: Ardi Departemen Iklan Manager Iklan: Jamot S, Kabag Iklan: Holden Simanjuntak, Kord Iklan: Bambang Satria, Kord Adm. Iklan Group: Hariyani Kartini, Piutang Iklan: Tio Maria, Annisa (Medan), Staf Desain: Reliston Purba, Togap Sinaga.

ungkapnya. Selanjutnya, ML meminta agar seluruh berkas dipindahkan kembali ke dalam peti, karena proses tender harus dilaksanakan fair (adil, red). Sri selaku ketua panitia lantas mempersilakannya, dan seluruh dokumen dipindahkan kembali ke dalam peti. Peti dokumen selanjutnya digembok. ML lalu meminta agar Sri menyerahkan kunci peti itu ke pihak keamanan. “Jadi saya jelaskan, tidak ada tindakantindakan yang tidak menyenangkan. Dan itu (pemasukan dan penggembokan dokumen) adalah permintaan Sri. Apalagi, acara pembukaan dan pembacaan penawaran proyek tender yang belum ditutup dengan BAPP itu belum ada sampai sekarang, tapi disebutkan sudah dievaluasi,” ujarnya. ML balik menuding, panitia sepertinya telah melakukan pembohongan sistematik yang tentunya akan merugikan pihaknya (pengusaha) karena pada saat pembukaan penawaran, pihaknya sudah meminta agar BAPP panitia tertera dan sekaligus dibagikan. Tapi oleh panitia, BAPP masih difotokopi dan hasilnya ada keganjilan. “Perlu saya tegaskan juga, sehari setelah pembukaan penawaran itu, atau tepatnya pada tanggal 19 Juni, saya sudah layangkan surat permohonan bernomor 021/Ulang/CV.PJP/ VI/2012 tentang permohonan pengamanan dokumen kepada pihak kepolisian dan kepada panitia tentang pengulangan kembali,” ucapnya. Terkait persoalan ini, ML mengatakan akan mengadu balik ke kepolisian. “Namun saya belum tahu pasti, saya akan konsultasi dulu soal apa yang akan saya adukan. Apakahkerugianpribadibaikmentaldanmoril, atau dugaan penyimpangan proses tender,” tandasnya. Sementara itu, Kapolres Tapteng AKBP Misnan melalui Paur Subbag Pgs Humas Polres Tapteng A Siahaan membenarkan adanya laporan pengaduan dari panitia tender. “Laporan pengaduan sudah kami terima, dan pasti akan diproses,” tandasnya. (mora)

Perwakilan Metro Tapanuli Koordinator Keuangan: Eriska Muham, Staf Piutang Koran/Iklan: Arfah Sari Hasibuan, Koordinator Pengembangan: Zulfiandi, Staf Pengembangan: Tamy Sianturi (Tobasa) Perwakilan Metro Tabagsel Ka Perwakilan/Ka Biro Usaha: Edi Panjaitan, Kabag Pengembangan: Ahmad Suhaimi Lubis, Koordinator Keuangan: Kristina Hutabarat Perwakilan Metro Asahan Wakil Pimpinan Perusahaan: Darwin Purba, Kabag Pengembangan: Marshall Leo Siagian, Staf Pengembangan: Jemelister Sitorus, Koord.Keuangan: Revina Sihombing Kuasa Hukum: Binaris Situmorang SH Tarif Iklan : Hitam/Putih (B/W) Umum/Display Rp. 7.500/mm kolom, Iklan Keluarga Ucapan Selamat Rp. 3.500/mm kolom, Iklan Warna (Full Colour) Rp. 15.000/mm kolom. Harga iklan ditambah PPN 10%. Harga Eceran Rp2.000 (dalam kota). Rekening a/n: PT Siantar Media Pers Bank Mandiri Cab Pematangsiantar AC:1070003101831. Alamat Redaksi /Iklan/ Pemasaran Medan : Graha Pena Medan Jl Sisingamangaraja KM 8,5 No.134 Medan-Amplas. Telp (061) 7881661 (Hunting) Fax (061) 7881733 Alamat Redaksi /Iklan/ Pemasaran: Jl Sangnawaluh No.24 Komp Mega Land Siantar Telp:(0622) 7553511, Fax (0622) 7553501 Siantar. e-mail : metrosiantar@yahoo.com. Perwakilan Jakarta: Jln Raya Kebayoran Lama17 Jakarta Selatan Telp. (021)-5349205, 5349206, 5349115. Fax. (021)-53490522. Pencetak : PT Medan Graindo, Jl SM Raja KM 8,5 No.134 Medan. Telp (061) 7881661 (Hunting) Fax (061) 7881733

DALAM PELIPUTAN, WARTAWAN METRO TAPANULI SELALU DIBEKALI IDENTITAS DIRI DAN TIDAK DIBENARKAN MEMINTA SERTA MENERIMA APAPUN DARI NARASUMBER BILA ADA YANG MERASA DIRUGIKAN OLEH WARTAWAN METRO TAPANULI, DIMINTA UNTUK MELAPOR KE PIHAK BERWAJIB ATAU HUBUNGI 0631-24676


SABTU

22 Juni 2013

Peran FKUB Sangat Strategis MENCEGAH KONFLIK DI MASYARAKAT

(FOTO:METRO/MILSON SILALAHI)

BERLOMBA- Drs Syarfi Hutauruk memberikan pertanyaan kepada peserta lomba cerdas cermat kelompok sadar wisata dan kader pembangunan antar kelurahan se Kota Sibolga di Gedung PKK kota Sibolga.

SIBOLGA-Peran Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) sangat strategis dan harus dioptimalkan untuk menangkal dan mencegah terjadinya konflik di masyarakat. Selain agama, nilai-nilai budaya juga harus diperhatikan sebab keduanya berhubungan erat sebagai patokan bagi masyarakat untuk menjalankan perintah agama dan melestarikan kebudayaannya.

D Sibolga Layak Dijadikan DTW di Sumut SIBOLGA-Kota Sibolga sangat layak dan wajar dijadikan sebagai daerah tujuan wisata (DTW) di Indonesia khususnya di Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, Kota Sibolga memiliki pemandangan alam dan pantai yang indah yang mendukungnya menjadi DTW. Hal ini ditegaskan Walikota Sibolga, Drs Syarfi Hutauruk, Kamis (20/6) pada acara pembukaan lomba cerdas cermat kelompok sadar wisata dan kader pembangunan antar kelurahan se Kota Sibolgadi Gedung PKK kota Sibolga. Menurutnya, kegiatan ini merupakan sebuah terobosan yang cukup membanggakan dan memiliki makna ganda. Di satu sisi merupakan peran serta dalam mendukung kegiatan pariwisata dan

disisi lainnya memiliki makna terhadap pentingnya peran pariwisata mensejahterakan mereka. “Masyarakat sebagai salah satu stakeholder pembangunan memiliki peran strategis tidak saja sebagai penerima manfaat pengembangan, namun sekaligus menjadi pelaku yang mendorong keberhasilan pengembangan kepariwisataan,” kata Drs Syarfi Hutauruk. Ditambahkannya, sadar wisata didefenisikan sebagai konsep yang menjelaskan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya kondisi yang kondusif dan dinamis dalam rangka pengembangan kepariwisataan. Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pe-

muda dan Olahraga (BUDPARPORA) Kota Sibolga Tarmizi AP dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah dalam memeriahkan bulan bakti gotong-royong (BBGRM) ke-X Kota Sibolga tahun 2013, dan Hari kesatuan Gerak (HKG) ke-41 tahun 2013, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pembangunan dan pariwisata. “Tujuan lainnya adalah membentuk masyarakat yang memiliki kepedulian dan kesadaran yang tinggi terhadap pembangunan dan pariwisata di lingkungannya dan memupuk kreativitas masyarakat,” kata Tarmizi. Lomba cerdas cermat dilaksanakan satu hari 20 Juni 2013 di gedung PKK Sibolga, dengan dihadiri masing-masing

3 orang utusan dari 17 kelurahan di Kota Sibolga sehingga peserta sebanyak 51 orang dengan tiap utusan kelurahan terdiri Tiap utusan kelurahan,”katanya. Sedangkan tim juri kata Tamizi dari Dinas Budparpora, TP PKK Sibolga dan pengurus LPM Kota Sibolga. “Kepada juara I memeroileh piala dan hadiah uang sebesar Rp1,5 Juta, Juara III disamping tropy juga diberikan Rp1 juta, serta juara harapan I disamping piala juga diberikan Rp700.000. Turut hadir dakam kegiatan ini, walikota Sibolga Drs Syarfi Hutauruk, Kadis Budparpora Tarmizi AP, para pimpinan SKPD, asisten, para camat dan lurah se Kota sibolga, serta undangan lainnya. (SON/ mer)

emikian dikatakan Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk dalam sambutannya pada acara Sosialisasi dan dialog pemuka Agama, se-Kota Sibolga dengan Cendikiawan dan Tokoh Lintas Budaya di Aula Kantor Walikota Sibolga Rabu (19/6). Menurutnya, kerukunan umat beragama merupakan hubungan sesamaumatberagamayangdilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsadanbernegaradidalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Untuk menciptakan kerukunan umat beragama maka dibentuk FKUB. “FKUB merupakan forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangkamembangun,memelihara, dan memberdayakan umat

beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan, juga merupakan salah satu ujung tombak kerukunanantarumatberagama,” katanya Menurut Walikota, sosialisasi dan dialog yang dilaksanakan memiliki arti dan makna yang sangat penting selain untuk menumbuhkan, saling pengertian antarsesamaumatberagama,juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa guna menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, khususnya Kota Sibolga yang multi agama, suku, ras dan adat istiadat yang rawan akan terjadinya konflik sehingga tidak mudah terpancing oleh hal-hal yang menyebabkan konflik yang terjadi dalam masyarakat. “FKUBjugadiharapkanmerajut hubungan yang harmonis antar pemukaagamatokohmasyarakat, organisasi masyarakat (Ormas), organisasi agama, LSM, serta organisasi lainnya serta

menampung aspirasi yang berkaitan dengan keagamaan secara khusus dan segala sesuatu yang dianggap penting dalam upaya pencapayan kesejahteraan masyarakat Kota Sibolga secara umum,” kata Walikota Sibolga Drs Syarfi Hutauruk. Dikatakannya, budaya dan agama sangat erat hubungannya karena budaya tanpa agama itu kering, dan agama tanpa budaya itu beban. Selain itu ada juga hubungan lainnya, yaitu menjaga tatanan kehidupan, maksudnya hubungan agama dalam kehidupan jika dipadukan dengan budaya yang sudah dimiliki oleh bangsa, kita akan membentuk kehidupan yang harmonis bagi masyarakat, oleh karena itu dimanfaatkanlah sosialisasi dan dialog ini untuk saling bertanya, diskusi agar lebih memahami nilai-nilai kebudayaan karena kita ingin masyarakat Kota Sibolga yang aman, tenteram, saling berdampingan, hidup rukun dan damai. ujarnya Turut hadir dalam acara itu, Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk, Unsur Muspida Kota Sibolga, Ketua FKUB Kota Sibolga Drs Sarmadan Daulay, ParaPengurusFKUBKotaSibolga, para Cendikiawan, tokoh lintas budaya se-Kota Sibolga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, (SON/mer).

SAMBUTAN: Walikota Sibolga didampingi unsur Muspida Plus, Ketua FKUB Sibolga Drs. Sarmadan Daulay saat menyampaikan sambutannya pada acara Sosialisasi dan Dialog pemuka Agama se- Kota Sibolga di Aula Kantor Walikota Sibolga Rabu (19/6).


SABTU

22 JUNI 2013

Kelurahan Sarudik Gelar Jumat Bersih SARUDIK- Pegawai dan LPM Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik, Tapteng bersama personel Koramil Pandan, Polsek Pandan, OKP dan ormas, serta pelajar melaksanakan Jumat Bersih, Jumat (21/6) pagi. Gotong royong membersihkan halaman rumah ibadah, lingkungan pemukiman dan parit di jalan protokol. “Gerakan Jumat Bersih ini adalah kegiatan gotong royong rutin. Ini bagian dari upaya upaya menjaga kebersihan lingkungan. Mencegah timbulnya genangan air dan penyumbatan akibat tumpukan sampah, khususnya di dalam parit,” kata Lurah Sarudik Zulpadli Pasaribu di lokasi. Hadir juga Camat Sarudik Melky D Panggabean. Menurut lurah, beberapa pekan terakhir curah hujan cukup tinggi di Tapteng sekitarnya. Biasanya, cuaca tersebut berdapak kurang baik pada lingkungan. Seperti terjadi penyumbatan parit yang mengkibatkan timbulnya genangan air. “Kalau hujan, parit penuh dan air menggenang sampai ke badan jalan. Sistem drainase di

kawasan tersebut masih perlu pembenahan,” kata lurah. Senada, Ketua LPM Kelurahan Sarudik Pahala Sitanggang menuturkan, gerakan Jumat Bersih sudah menjadi salah satu kegiatan rutin mereka bersama pihak kelurahan. Sebab, LPM merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan sebagai mitra kerja pemerintah untuk mengelola, merencanakan dan melaksanakan pembangunan, dengan menggali swadaya gotong royong masyarakat. “Partisipasi aktif dari masyarakat sangat membantu. Personel TNI, Polri, OKP, ormas, dan pelajar kami libatkan. Giat ini akan semakin kami ditingkatkan secara berkesinambungan,” ujarnya. Gotong royong itu sendiri menggunakan peralatan seadanya, seperti cangkul, skop, garuk, mesin pemotong rumput dan sapu lidi. Kawasan yang dibersihkan halaman Masjid Nurul Hikmah, parit di depan kompleks perumahan Nauli Bisnis Center dan parit di depan Pabrik Getah Parombunan. (mora/mer)

FOTO:ISTIMEWA

JUMAT BERSIH- Personel Koramil Pandan bersama para pelajar membersihkan halaman Masjid Nurul Hikmah Kelurahan Sarudik, Jumat (21/6).

DAMPAK DARI KERUSAKAN JALAN

Pengunjung Danau Siais Berkurang TAPSEL- Kondisi kerusakan jalan diyakini menjadi faktor penyebab berkurangnya pengunjung di objek wisata Danau Siais belakangan ini. Meskisaatiniupayapembangunan telah tampak di jalan nasional tersebut, namun kesinambungan dan kelanjutannya masih sangat diharapkan, agar pengunjung dapat dengan mudah mencapai objek wisata alam Danau Siais di Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapsel tersebut. MenurutMasruroNasution(35) wargaKelurahanRianiate,Angkola Sangkunur, Minggu (16/6), kerusakan jalan itu jelas mengurangi pengunjung yang datang ke objek wisata itu. “Kerusakan jalan sudah sangat parah, sehingga pengunjung semakin berkurang. Ya, jauh berkuranglah!” katanya. Sebelumnya,sebutMasruro,pengunjung akan membludak, terutama di hari hari libur. Baik itu pengunjungyangmenumpangsepedamotormaupunkendaraanroda empat. Selain ke danau, rata rata pengunjung juga akan menyempatkandirimelihatkeberadaanikan jurung di depan Masjid Rianiate yang konon merupakan ikan

keramat. Sebab ikan-ikan itu tidak boleh diambil, apalgi dimakan. “Biasaramaiyangmengunjungi danau dan melihat ikan itu. Tapi akibat kerusakan jalan yang semakinparahbelakangan,pengunjung jauh berkurang,” sebutnya. Amatan METRO, kerusakan sebagian jalan nasional tersebut sudah sangat parah, terutama di tanjakan. Sehingga kendaraan yang melintas tampak kesulitan melaju akibat kerikil dan bebatuan yang berserakan di badan jalan. Bukan itu saja, penanganan saluran air di pinggir jalan juga sangat minim. Sehingga diyakini menjadi faktor penyebab utama kerusakan jalan. “Saluran air di pinggir jalan itu tidakberfungsi.Ketikahujan,airmengalirdibadanjalan,makanyacepat rusak jalan ini,” ujar Sukri dan Zia, wargayangmelintasdijalurtersebut. Dengan kondisi itu, perhatian pemerintahdalammelanjutkanpembangunanmengatasifasilitasjalandi wilayah itu sangat diharapkan. Hal itu agar objek wisata tetap dikunjungisekaligusjalannasionalBatangtoru-Natal menjadi lancar, sehingga memudahkan sarana tranportasidikeduawilayah.(ran) FOTO: AMRAN POHAN

TANJAKANKondisi salah satu tanjakan di jalan nasional BatangtoruNatal, tepatnya di Kelurahan Rianiate, Danau Siais.

FOTO:METRO/ ISTIMEWA

MEROSOTPetani pinang di SP 3 Kelurahan Bajamas, Sirandorung, Tapteng Katarina Sigalingging sedang membelah biji pinang yang produksinya merosot dalam dua bulan terakhir.

CUACA TAK MENENTU DI TAPTENG

Produksi Pinang, Kakao dan Getah Menurun

TAPTENG- Akibat cuaca yang tidak menentu, tiga bulan terakhir produksi kakao, pinang dan getah karet di Tapanuli Tengah (Tapteng) menurun. Keadaan ini membuat petani mengeluh pasalnya penghasilan merekapun akan berkurang.

Salah satu petani kakao dan pinang di SP 3 Kelurahan Bajamas Kecamatan Sirandorung, Katarina Sigalingging (42) mengaku, biasanya dalam sepekan dia mampu menghasilkan 40-50 kg biji pinang kering dengan harga jual ke pengumpul Rp4.000 per kg. Sedangkan biji kakao

kering sebanyak 20-25 kg dengan harga jual ke penampung Rp15.000 per kg. “Mungkin berkurangnya produksi pinang, kakao & getah karena cuaca yang tidak menentu. Biasanya pinang kering bisa kami dapat 40-50 kg dalam sepekan, tapi sekarang hanya 20-25 kg. Kalau harganya masih stabil Rp4.000 per kg. Sedangkan biji kakao kering biasanya 20-25 kg dan sekarang hanya 5-10 kg dan harganya masih tetap Rp15.000 per kg,” keluhnya. Keluhan serupa juga dituturkan petani kelapa sawit di Desa Pardomuan kecamatan yang sama Delsiman Burutu (35). Dari lahan seluar 1,5 ha miliknya, biasanya dapat menghasilkan 2-2,5 ton per dua pekan. Tapi belakangan ini hanya sekitar 1 ton saja. “Walau pun harga tandan sawit naik,

dari Rp700 per kg menjadi Rp800-Rp900, tapi karena hasil panen menurun, maka hasilnya tetap tidak seimbang antara pendapatan dan biaya produksi. Bulan lalu hasil panen 2 ton dengan harga jual Rp700, saya dapat memperoleh hasil Rp1,4 juta. Sekarang harga naik antara Rp100-Rp200 per kg, tapi hasil panen hanya 1 ton. Hasil penjualannya menjadi Rp900 ribu kan,” ungkapnya. Sementara nasib lebih buruk dialami petani getah karet. Seperti penuturan Goklin Limbong (47) warga Simpang Tiga Lae Bingke kecamatan yang sama ini. Di samping produksi menurun, harga jual juga merosot. Harga jual getah, kata Goklin, kini hanya Rp7.000 per kg, merosot dari Rp9.000. “Kami lebih parah, bukan hanya pro-

duksi menurun kalau musim hujan begini, tapi sekarang harga getah juga turun, dari Rp9.000 menjadi Rp7.000 per kg,” keluh ayah 4 anak itu. Terpisah, pengumpul pinang kering di Pasar Onan Kecamatan Manduamas Tapteng, Jamarlin Mahulae (53) mengakui, biasanya ia dapat mengumpul sekitar 400-500 kg pinang kering setiap minggu dari Kecamatan Manduamas dan Kecamatan Sirandorung. Tapi kini hanya sekitar 250-300 kg. “Penurunan itu sudah terjadi dalam dua bulan ini. Ini mungkin karena cuaca yang kurang mendukung. Akibatnya petani pinang kesulitan memanen dan mengeringkannya. Karena biasanya biji pinang yang telah dibelah itu harus dijemur dulu selama 3 hari,” ungkap Jamarlin. (mora/mer)

CAMAT KUNJUNGI KORBAN ANGIN PUTING BELIUNG BAJAMAS

“Bersyukurlah, Karena Masih Diberikan Kehidupan” tumbangdanmenimparumahwarga.Bahkan SIRANDORUNG- Sehari dilantik, Camat perhelatanpestayangdiselenggarakanwarga Sirandorung Sehat Munthe langsung kalaitusempatkacauakibatterataknyarubuh mengunjungi warga Kelurahan Bajamas diterpa angin kencang. “Selain rumah Poltak yang terkena musibah angin puting beliung Sianipar,rumahwargaDesaSP2BajamasDolo pada Minggu (16/6) lalu. Camat memGulo juga rusak tertimpa pohon. Acara pesta berikan tawar sidingin (penghibur hati, red) warga bermarga Gajah di kelurahan ini dan yang diharapkan dapat memulihkan pesta sunatan anak dari marga Manullang di semangat keluarga itu. kompleks PT Nauli Sawit juga berantakan “Kejadian ini jangan kita ratapi, namun akibat tarataknya tumbang. Bahkan tetapdisyukurikarenakitamasihtetapdiberi pengunjung pesta itu sempat berhamburan kehidupan. Rumah yang rusak tertimpa menyelamatkan diri karena takut ditimpa pohon, atap yang berterbangan dapat tiang besi taratak,” kata Redin. diperbaiki kembali,” ungkap Camat Sehat SementaraMartinHasugianmengatakan, Munthe yang didampingi Sekcam Sahat di Desa Simpang Tiga Lae Bingke rumah seSimatupang, saat mengunjungi rumah orangjandaMinarSimatupangjugarusakterPoltakSianipar(44),salahsatukorban,warga timpa pohon rambutan yang tumbang. KorLinkungan VII kelurahan setempat. banlainnya,rumahseorangwargadiSimpang Selain kerusakan rumah, putri pasangan FOTO:ISTIMEWA Poltak Sianipar-Masdiana Sibarani, Bella PUTING BELIUNG- Camat Sirandorung Sehat Munthe (kanan) dan Sekcam Pesantren desa setempat. “Memang anginSianipar(6)jugamengalamishock.Karenaitu Sahat Simatupangsaat mengunjungi rumah Poltak Sianipar yang rusak nyasangatkencangwaktuitu.Banyakrumah yang rusak,” ujar mereka. (mora/mer) di kesempatan tersebut camat memberikan akibat tertimpa pohon kelapa sawit akibat angin puting beluing. tawarsidingin(penghiburhati,red) yang diharapkan dapat memulihkan semangat keluarga itu. Camat mengimbau agar warga jangan memelihara pepohonan yang besar yang tumbuh dekat dengan bangunan rumah. Hal itu untuk mencegah kejadian serupa DICARI SALES dan TEKNISI Freelance TV Satelit P. SIANTAR DAIHATSU BARU : Ready stock semua type terulang kembali. “Kalau mem- AuthorizedTOYOTA untuk bekerja di wilayah Taput, Tobasa, Sibolga, Toyota Dealer dgn Dp. 20Jtan (Xenia) Dp. 22Jtan (Terios) bahayakan sebaiknya ditebang, • All new Avanza ready !!! Dairi Pakpak Barat. Diutamakan yang berdomisili Dp. 13Jtan (Pick Up/Minibus) Pesan Veloz accesories full !!! di wilayah kerja masing-masing dan memiliki sekarang juga, data dijemput dan proses misalnya ada pohon besar yang •• Grand new innova ready !!!! sepeda motor. Yang serius Hubungi: CV DWITAMA leasing dibantu. Sariaman Marpaung, HP. terlalu dekat dengan rumah. • Yaris bonus paling lengkap dan full dis( 0823 6511 2119) 0852 7023 1310, Pin BB 297B2A40 count MENJUAL LANGSUNG & DICARI PENYALUR Karena perubahan cuaca sekar- • New Rush ready !!! Kami Agen daging Ayam, kualitas dan merk DIJUAL: Innova B.8367.GD maven David Maruhawa, HP 0813 9648 7188; ang ini sulit diprediksi,” imbaunya. Hub. terjamin. Tersedia ayam potong (ada tanpa tulang/ BK.1088.XV tahun 2006'warna biru metalik' 0831 9355 3180. PIN BB 26C3BF8D (Sales kulit), Ikan Patin Fillet, Nugget Ayam/Ikan & Harga 150juta' bisa nego. Mitshubishi maSementara staf kelurahan Executive). Data dijemput !!! proses cepat !!!. Bakso. Produk "SEGAR&BEKU". Proses ven tahun 2007' warna Hitam Harga 120juta NB: Harga Siantar = Harga Medan setempat Redin Marbun bersama Halal,Sehat & Bersih. Cocok utk: Pesta, R.Makan, bisa nego. Hub. 0852 6150 9688; 0813 PT. TRANS SUMATERA AGUNG Restoran, Hotel, Rumah Sakit, Katering,Kantin 7685 9855 Info Mobil Suzuki Baru Sekdes Simpang Tiga Lae Bingke • Carry Pick Up Dp.16 Jtan Angs 2 Jtan dll. Hub : 082164061353, 082161149777 TRADING FOREX: Jaminan profit perhari dapat • APV Pick Up Dp. 22 Jtan Angs 2 Jtan MartinHasugiankepadawartawan DIBUTUHKAN Operator Warnet: • Laki-laki/ 6% selama 100 hari (TANPA KERJA). Hub: • APV Arena GL Dp. 33 Jtan Angs 3 Jtan menuturkan, angin puting beliung • Ertiga perempuan; • Menguasai Komputer; • Bersedia PT. AMI ; Tel.021-41013414; Atau - SMS Dp. 40 Jtan Angs 3 Jtan Promosikan Usaha Anda disini: jaga pagi/ malam; Bagi yang berminat hubungi "PETUNJUK" ke Hp.0878 0171 0444 0857 Hubungi: PRANCIS SITOHANG, ST mengakibatkan sejumlah pohon HP. 0812 6035 4787, BBM: 29ED0041

6704 7770

HP. 0852 6229 6968

M E T R O

TAPANULI | T e l p : 0631 - 24676

MITSUBISHI BARU MURAH SuzukiProfit Katana tahun DIJUAL: RAHASIA FOREX dibayar tiap1998, hari


OPINI

4

SABTU

22 JUNI 2013

5

METRO TAPANULI

Apa Kata Mereka “Jika perekonomian Indonesia membaik, harga bahan bakar minyak bersubsidi bisa saja diturunkan pemerintah. Termasuk, jika hal itu terjadi jelang Pemilu,”

SIKAP KAMI

KTP Sepanjang Masa, Mengapa tidak? Menteri ESDM Jero Wacik

“Secara pribadi dan pimpinan DPR, saya mengetuk hati para pengusaha Sembako agar tidak memanfaatkan momentum kenaikan harga BBM sebagai ajang untuk menangguk keuntungan,”

Perempuan Memilih Perempuan TAK ada kenaikan BBM yang tidak ditandai oleh gejolak. Demonstrasi penolakan muncul di mana-ma-na.Tak jarang, demo berakhir dengan kekerasan fisik. Biaya sosial yang harus kita bayar sangat mahal. OLEH : INDAH ADI PUTRI DOSEN ILMU POLITIK, FISIP, UNIVERSITAS ANDALAS

Ketua DPR Marzuki Alie

“Jadi kalau boleh saya menyarankan kepada Presiden maupun PKS, sebaiknya tidak terjebak dalam cara sebagian artis yang ribut di media massa ketika mau cerai,”

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Dradjad Wibowo

Eitss, jangan panas dulu. Sebagaimana kita ketahui bersama tahun 2013 dan 2014 adalah tahun politik. Begitu banyak proses pergantian elit yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Pemilihan umum kepala daerah kabupaten dan kota, pemilihan legislator di tingkat lokal dan nasional, serta memilih pemimpin negara. Hiruk pikuk pergantian elit ditandai dengan bertebarannya baliho, spanduk, di media massa dan di berbagai sudut kota. Hanya beberapa yang berparas ayu (perempuan). Keputusan untuk pemenuhan kuota perempuan bagi partai ternyata berefek “ngeringeri sedap” oleh calon legislator sendiri. Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya mereka harus menyiapkan diri, memenuhi segala persyaratan administrasi diawal proses sampai kesiapan memegang amanah sebagai wakil rakyat maupun sebagai pemimpin daerah. Tentu saja kita mengapresiasi kader perempuan dari partai yang telah lama ber “tungkuslumus”, mengabdi kepada partainya, atau kaum perempuan yang sudah lama berjuang di ranah adu argumen untuk kepentingan publik, bahkan kaum perempuan yang sudah nyata berbuat melalui berbagai bidang untuk kepentingan umat. Sayangnya tokoh politik perempuan di Minangkabau sampai saat ini hanya bisa dihitung dengan jari (baca tokoh politik: orang yang memiliki jabatan publik/ke-kuasaan membuat kebijakan publik). Menarik melihat fenomena bagaimana para calon legislator perempuan direkrut oleh partaipartai, ter-utama partai baru. Tetapi fenomena yang cukup membuat heboh saat ini adalah berita bahwa adanya bakal calon legislatif (bacaleg) perempuan yang tidak memenuhi syarat administrasi sesuai peraturan yang ada.

Implikasi yang ditimbulkan dengan gagalnya pemenuhan syarat administrasi oleh bacaleg perempuan tersebut tidak hanya pada diri yang bersangkutan, tetapi juga kepada partainya. Fenomena ini seyogyanya membuka mata para pengurus partai selebar-lebarnya, bahwa betapa penting posisi perempuan saat ini dalam proses politik, dan perempuan pun seyogyanya menyadari bahwa keputusan untuk terjun ke dunia politik praktis adalah keputusan besar yang harus dipersiapkan jauh hari sebelum masa pencalonan datang. Mengutip apa yang dikatakan oleh Charlotte Whitton, “whatever women do they must do twice as well as men to be thought half as good. Luckily, this is not difficult” (apapun yang dilakukan oleh perempuan, mereka harus melakukannya dua kali lebih banyak dari apa yang dilakukan oleh laki-laki, tetapi beruntungnya, hal itu tidaklah sulit). Kutipan itu sesungguhnya gambaran, bahwa kaum perempuan memiliki kemampuan lebih untuk survive, jika diikuti dengan semangat tinggi untuk berjuang. Bahwa ketika kaum perempuan terjun dalam proses politik mereka harus dan tidak lagi dipandang dari segi “keperempuanannya”, tetapi yang seharusnya ditonjolkan adalah aspek kepemimpinan sebagai calon legislator maupun calon kepala daerah. Pemenuhan kuota 30% oleh partai sesungguhnya jalan lempang bagi perempuan untuk masuk dalam hirukpikuk dunia politik. Kesadaran bahwa dunia politik itu dekat dengan intrik juga mestinya sudah disadari sebagai tantangan yang harus ditaklukan. Perempuan memang berbeda dengan laki-laki dalam aspek fisik tentunya, selebihnya adalah sama. Hanya saja, keberbedaan dan kesamaan ini, masih saja dipahami oleh sedikit masyarakat,

terutama masyarakat yang terlibat politik aktif. Tetapi mengutip apa yang disampaikan oleh Tony Bernay (yang melakukan penelitian terhadap beberapa senator dan kepala/wakil kepala daerah di beberapa negara bagian di Amerika), justru tantangan terbesar bagi perempuan yang terjun ke dunia politik adalah dari dalam diri sendiri. Artinya, motivasi terbesar dari dalam diri akan sangat mempengaruhi sukses tidaknya perempuan sebagai politisi (disamping dukungan keluarga). Betapa tidak, mereka harus memiliki agresifitas diri yang tinggi yang kreatif, agresif untuk terlibat dalam kegiatan publik, mengeluarkan ide-ide baru, mengacuhkan isu-isu negatif, fokus dan terus berpikiran positif. Motivasi dalam diri ini akan besar jika berakar dari keinginan dan pemahaman yang sangat kuat, bahwa kekuasaan adalah kekuatan menyejahterakan orang lain. Pemahaman kekuasaan sebagai kekuatan untuk meyejahterakan orang lain inilah yang akan terus mempengaruhi semangat dalam melakukan proses politik, dan menentukan kesuksesan politisi perempuan. Lebih lanjut Bernay mengatakan, dunia politik juga akrab dengan propaganda, dan kaum perempuan yang sukses sebagai senator sudah mempersiapkan diri menghadapi hal-hal seperti ini. Bahwa jika propaganda dihadapi propaganda, tidak akan efektif. Yang harus dilakukan adalah berbuat, menunjukkan bukti nyata hasil kerja dari pemikiran mereka. Dan sekali lagi, itu dimulai dari orang-orang terdekat. Maka jika ada calon legislator perempuan yang sudah menunjukkan kerja nyata dalam masyarakat, tanpa banyak bicara, tidak ada alasan lagi bagi para pemilih untuk tidak mendukungnya. Karena sekali lagi, proses politik adalah tentang kematangan sang calon pemimpin, yang telah lama bertumbuh di tengah-tengah keluarga dan masyarakatnya. Lalu adakah calon legislator perempuan dengan karakter kepemimpinan yang kuat, sebagaimana harapan anda, penilaian saya serahkan sepenuhnya kepada anda sebagai pemilih. Selamat memilih pemimpin yang akan membuat kebijakan untuk anda lima tahun ke depan. (*)

BANYAK alasan untuk pulang kampung. Salah satunya foto KTP (kartu tanda penduduk). Sistem yang ada mewajibkan warga yang berhak memiliki KTP agar pulang kampung hanya untuk berpose di depan kamera demi mendapatkan kartu identitas tersebut. Ketika teknologi sudah sedemikian maju, rasanya ironis ketika masih saja ada proses pengambilan foto KTP seperti itu. Tidak hanya ribet bagi warga negara yang berniat mengurusnya, proyek penerbitan KTP juga mengeruk dana yang tidak sedikit. Belum lagi keharusan memperbarui ketika kartu identitas tersebut habis masa berlakunya. Sudah ribet, menghabiskan biaya pula. Sebagai contoh, program kartu tanda penduduk elektronik alias e-KTP yang digagas pemerintah telah menelan biaya Rp 5,7 triliun. Itu pun tidak seratus persen beres. Masih saja ada data penduduk yang dobel dan aneka problem lain. Belum lagi potensi kecurangan dan korupsi. Rencana penerapan KTP seumur hidup adalah solusi cerdas untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. KTP yang berlaku seumur hidup menjadi jawaban atas semua keruwetan dalam administrasi kependudukan di tanah air. Rakyat tidak perlu lagi berjibaku dengan antrean panjang dan ribetnya pengurusan KTP. Negara juga tidak lagi repot menjalankan program pembaruan KTP yang melelahkan. Program e-KTP yang ada sekarang sejatinya sudah cukup baik dalam hal kerapian data penduduk. Penggunaan rekam sidik jari dan iris mata membuat data seseorang menjadi lebih valid. Tidak bisa dipalsukan. Langkah selanjutnya adalah menjadikan e-KTP berlaku seumur hidup. Hal itu sesungguhnya bukan masalah besar. Sebab, datadata permanen tidak berubah. Nama, jenis kelamin, dan golongan darah seseorang tidak berubah sampai kapan pun. Data sidik jari dan iris mata juga tidak bisa dibohongi. Bagaimana kalau ada perubahan tempat tinggal, misalnya? Bukan masalah besar. Ada kesempatan merevisinya. Intinya, penerapan masa berlaku KTP menjadi seumur hidup bakal membuat semua proses administrasi kependudukan menjadi efisien. Tidak berbelitbelit. Kalau memang tidak ada perubahan data administrasi, KTP yang kita pegang bakal berlaku seumur hidup! Jangan lupa, pemberlakuan KTP seumur hidup bakal memangkas anggaran yang tidak sedikit. Kalkulasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, KTP seumur hidup membuat negara berhemat sampai Rp 4 triliun per tahun. Nominal yang tidak sedikit. Uang itu bisa dialokasikan untuk keperluan lain yang tidak kalah penting. Seperti proyek-proyek lain yang ada di negeri ini, penerbitan KTP juga menjadi salah satu sasaran korupsi. Nah, kalau KTP berlaku sepanjang masa, pihak-pihak yang berniat mengeruk untung dari proyek tersebut bakal gigit jari. (*)

T


SABTU

22 JUNI 2013

Peralatan Kedokteran Sumut Tidak Lengkap MEDAN- Kanker Payudara adalah kanker yang paling umum ditemukan diantara perempuan dan penyebabnya sampai saat ini belum juga diketahui. Meskipun begitu, masyarakat, khususnya wanita yang menjadi penyandang penyakit ini diharapkan untuk tidak panic atau takut. Karena kanker ini dapat dihidari jika sejak dini. Menghindari sejak dini adalah dengan meriksa sendiri tubuh, bila ada yang mengganjel di dalam tubuh khususnya di payudara untuk dapat memeriksakannya langsung ke dokter atau dengan alat deteksi yakni, mamografi. Namun sayang, pemerintah kabupaten/kota se Sumut dinilai tidak responsif terhadap kebutuhan alatalat kesehatan tersebut. Buktinya, selain kota Medan tidak ada alat mammografi atau pendeteksi kanker payudara di rumahs sakit di daerah. “Padahal, data Badan Kesehatan Dunia Globocan menyebutkan, empat dari sepuluh perempuan akan terdiagnosa kanker payudara selama mereka hidup,” kata Sekretaris Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) Medan dr Riahsyah Damanik, SpB (K) Onk dalam acara Unity Against Breast Cancer di Hope Clinic Bedah Tumor Jalan Stadion Medan, Kamis (20/6). Menurutnya, alat ini sangat diperlukan, karena akan digunakan untuk menemukan kasus kanker payudara pada stadium awal atau dini. “Jika ada benjolan di sekitar payudara khususnya untuk usia 45 ke atas atau sudah nikah, segeralah konsultasi ke dokter. Dan untuk memastikan benjolan itu apakah kanker ganas atau tidak, harus di skrinning dengan alat mammografi ini,” ujarnya. Diakuinya, harga alat mammografi itu cukup mahal, berkisar Rp1,1 milliar, sedangkan penggunaan alat ini sangat sedikit, mengingat jarang atau kesadaran perempuan sangat rendah untuk memeriksakan secara dini payudaranya. “Akibatnya, 90 persen penderita kanker payudara sudah datang pada stadium 3B atau menjelang 4,” katanya. Lanjutnya, saat ini alat mammografi sudah ada di 4 RS di medan diantaranya RS Columbia Asia, Murni Teguh, Klinik Hope dan Pramitha. “Memang aat itu sangat mahal yah, kemudi penggunaannyapun tidak banyak karena dia hanya sebagai alat untuk melihat saja dan usianya juga tertentu mulai dari usia 35 tahun. Tapi ini harus ada untuk upaya pengurangan jumlah kesakitan,” katanya. Tambahnya lagi, jika pasien kanker payudara mendapat perawatan medis pada stadium 1, maka tingkat keberhasilan pengobatannya mencapai 95 persen. “Datang pada stadium 2, tingkat keberhasilan mencapai 80 persen, stadium 3 tingkat keberhasilan hanya 30 persen. Sedangkan pada stadium 4 tingkat keberhasilan hanya 5 persen,” ujarnya. Sementara itu, Dokter Patologi Anatomi dr. Jamaluddin, SpPA mengatakan, dokter akan menentukan pengobatan yang terbaik untuk seorang pasien berdasarkan kanker payudara, stadium dan kondisi lainnya. “Ada dengan melakukan pembedahan, terapi, kemoterapi dan radiasi dan lainnya,” imbuhnya. Sedangkan Ketua PERABOI Medan dr. Humala Hutagalung, SpB (K) Onk berharap, masyarakat terutama kaum perempuan sadar untuk memeriksakan atau mengkonsultasikan ke dokter, jika ada benjolan pada payudara. “Jangan tunggu sampai kanker itu ganas, segeralah konsultasi ke dokter,” demikian Humala. (int)

Hanya 9 Pemda Terapkan Kurikulum Baru MEDAN - Tahun ajaran baru 20132014 tidak lama akan tiba, dimana pada tahun ajaran baru nanti hanya ada beberapa daerah di provinsi yang akan menerapkannya. Diantaranya hanya ada 9 kabupaten kota yang menerapkannya diantaranya Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Karo, Simalungan atau Batubara. Kesembilan Kabupaten/kota tersebut dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya ketersediaan guru, akreditasi, fasilitas dan waktu persiapan yang memadai. Hal ini disampaikan oleh Ketua Lembaga Panjamin Mutu Pendidikan Sumatera Utara (LPMP Sumut), Bambang Winarji ketika di hubungi Sumut Pos (grup koran ini_) melalui sambungan telephon, Kamis sore (20/6). “ Mengingat waktu yang sempit, jadi diputuskan hanya ada 9 Kabupaten/Kota yang ditunjuk untuk menerapkan kurikulul tematik terintegratif, sedangkan data pasti sekolahnya belum bisa ditetapkan karena masih sedang dalam proses,” katanya. Sedangkan untuk pelatihan kepala sekolah beserta guru akan dilakukan pada 10-15 Juli mendatang. Menurutnya saat ini yang diberikan pelatihan yakni instruktur nasional. Penerapan kurikulum baru hanya pada beberapa kelas diantaranya kelas I dan IV tingkat SD, kelas VII tingkat SMP serta kelas X tingkat SMA/MA/SMK. “ Sedangkan yang tidak menerapkan kurikulum baru, akan tetap memakai kurikulul yang sebelumnya hingga tahun ajaran 2014-2015 akan diterapkan pada semua kelas tingkat satuan pendidikan,” tuturny. Sekolah sasaran yang akan menerapkan kurikulum baru ini juga dapat membantu menularkan kepada sekolah lain yang berminat untuk mengimplementasikan programnya dalam tahun ini. Namun, jika tidak ingin masih bisa menunggu pelatihannya pada tahun depan. Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Parluhutan Hasibuan melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Prasekolah Dinas (Kabid PPD) Syahrial menjelaskan direncakan ada 20 SD dan 5 SMP yang akan menerapkan kurikulum baru di Kota Medan. “ Sekolah-sekolah mana saja yang akan menerapkannya masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kemdikbud. Karena datanya saat ini masih bisa berubah karena masih dalam tahapan verifikasi oleh pemerintah,” jelasnya. (dik)

(f:metro/ist)

MENGAJAR-Seorang guru SD sedang melaksanakan proses belajar mengajar di depan anak didiknya sesuai dengan kurikulum yang dikeluarkan Departemen Pendidikan RI.

Gubsu: Segerakan Usulan Pengunduran Diri Bacaleg LABUHANBATU-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho meminta semua Ketua DPRD Kabupaten/ Kota untuk segera menindaklanjuti usulan pengunduran diri anggota DPRD yang kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2014 mendatang. Dalam surat bernomor 170/4390 tanggal 21 Mei 2013 perihal pemberhentian anggota DPRD disebutkan, bagi anggota DPRD yang mengundurkan diri atau berpindah partai politik agar diproses segera sebagaimana diatur dalam pasal 102/109 PP Nomor 16 tahun 2010. Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Labuhanbatu H Fuad Siregar mengaku sudah menjalankan permintaan surat yang dilayangkan pihak Pemprovsu. “Sudah kita tindaklanjuti dan ada tiga orang yang sedang diproses pengunduran dirinya,” terang Fuad, Kamis (20/6). Sementara Ketua KPUD kabupaten setempat Hj Ira Wirtati menjawab Sumut Pos kemarin diruang kerjanya yang sudah Datang dari usulan partai dan kita minta usulkan, ali akbar, marisi dan hasanuddin, rudi hartono dan sutan ke kpud Ketua KPUD Kabupaten Labuhanbatu Hj Ira Wirtati

menjawab Sumut Pos kemarin menerangkan, terdapat 8 orang Bacaleg yang harus mengusulkan pengunduran diri serta 4 orang Kepala Desa (Kades). Dari semua itu masih berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS) karena masih ada belum menyerahkan surat pengunduran diri maupun SK pemberhentian. Saat ditanya apakah usulan pengunduran diri khususnya kepada Bacaleg yang berasal dari anggota DPRD tidak akan berpengaruh terhadap jumlah peserta sidang khususnya paripurna, Ira

menerangkan bahwa kondisi jumlah kourum diambil dari jumlah terakhir anggota dewan setempat. Hal itu menurut Ira berdasarkan surat Kemendagri nomor 170/ 2810/OTDA tanggal 23 April 2013. “Disana dijelaskan pengambilan keputusan yang membutuhkan kourum dihitung dari jumlah DPRD yang ada, artinya setelah diberhentikan yang mengundurkan diri walau belum ada penggantinya,” terangnya lagi. (jok)


SABTU

22 Juni 2013

Masuk Semi Final

Sambungan Halaman 8

“Sebab mereka bertanding demi nama baik Pandan junior dan Pemuda Pancasila Kecamatan Pandan. Dan kitapun berusaha sekuat tenaga mensupport anak-anak untuk dapat merebut juara I turnamen Kiyam ini meskipun jalan sendiri dan tetap dalam satu tekad harus menang. Itulah yang saya tanamkan kepada anak-anak,” tegasnya. Dia mengatakan, setiap mau

bertanding pihaknya memang kewalahan soal dana operasional, meskipun sebagian mayarakat Pandan ada juga yang memberikan bantuan dan itu juga menjadi spirit atau semangat buat mereka. “Dan mudah-mudahan hingga kini kita belum pernah kalah. Dan jika tim ini tampil sebagai juara I, kita akan berupaya memberikan bonus kepada para pemain di tim ini,” tandas pria yang juga menjabat Ketua PAC PP Kecamatan Pandan ini. (samuel)

KNPI dan Mahasiswa Siap Kawal Pembangunan Sambungan Halaman 8 juga dihadiri Asisten Pemerintahan Basar Sibarani, pihak Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora), Kesbang Linmas, KNPI, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta undangan lainnya. Selain kesepakatan di atas, para pemuda dan mahasiswa Sibolga siap untuk ikut mengawal pengaduan Wali Kota Syarfi Hutauruk ke dewan pers atas penghinaan yang dilakukan oleh salah satu media cetak. Dalam pertemuan tersebut juga disepakati bahwa Komisi III DPRD Sibolga akan mengupayakan lapangan kerja bekerja sama dengan STPS dan Mako Lanal Sibolga agar dapat mengunjungi peternakan Rabo di Tapian Nauli Tapteng sebagai studi banding bagi para pemuda di Sibolga. Ketua Komisi III DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori dalam pertemuan tersebut mengatakan, setelah Dinas Budparpora dan Kesbang Linmas memberikan paparannya tentang program kerja dan pendanaannya, dapat diketahui gambaran tentang program kepemudaan di Sibolga, dan Pemko yang sudah memberikan perhatian kepada para pemuda yang tergabung dalam KNPI, BEM dan para elemen pemuda lainnya. “Kiranya demo dan unjuk rasa di Sibolga tidak lagi menyalahi koridor yang ada. Karena peran serta pemuda di Sibolga sudah cukup aktif dengan segala kegiatannya,” kata Jamil. Untuk meningkatkan peran serta pemuda di Sibolga, Komisi III DPRD akan go to campus untuk menjaring pokok-pokok pikiran para pemuda dan mahasiswa untuk membangun Sibolga. Anggota DPRD Lijon Hutabalian mengharapkan perhatian Pemko kepada pemuda tidak hanya sebatas di organisasi saja, namun juga memberikan perhatian bagi para pemuda non organisasi.

Asisten I Pemerintahan Pemko Basar Sibarani mengajak seluruh elemen masyarakat terutama para pemuda dan mahasiswa untuk bersama-sama berjuang mewujudkan pembangunan di Sibolga. Kadis Budparpora Tarmizi melalui Kabid Pemuda Rudolf Butarbutar mengatakan hingga saat ini Budparpora telah memprogramkan kegiatan kepemudaan untuk tahun 2013. Yaitu pelatihan security, penilaian pemuda pelopor di Sibolga, sosialisasi organisasi kepemudaan serta kegiatan kepemudaan di bidang perlombaan prestasi. Sementara itu Kakan Kesbang Linmas Sibolga Januari Siregar dalam pertemuan itu mengatakan, ada dua hal menjadi peranan pemuda yaitu partisipasi aktif dan pasif. Sementara partisipasi pemuda ada dalam tiga hal yaitu, sumbangan pemikiran, sumbangan tenaga dan sumbangan dana. “Jika para pemuda tidak dapat bersikap aktif, hendaknya para pemuda tersebut juga bersikap pasif. Bantuan hibah, tidak dapat diberikan secara terus menerus dalam mendukung kegiatan pemuda, sebab sesuai aturan penerima hibah harus sudah dapat mandiri,” jelas Januari. Sedangkan A Zainal F dari BEM Alwasliyah menyambut baik kegiatan seperti ini. Dia berharap kiranya kegiatan seperti ini cakupannya diperbesar. “Kegiatan demo mungkin tidak dapat dihentikan. Walaupun ada akan dilakukan santun dan menjaga kekondusifan. Kami berharap agar peran pemuda dan mahasiswa di Sibolga lebih diperjelas dan diberikan perhatian yang lebih luas,” harapnya. Turut hadir dalam kegiatan ini, anggota Komisi III Henry Tamba, Heri Yon Marbun, sekretaris Budparpora Abd Hamid, Sekretaris KNPI Sibolga Ulianto Hutagalung serta perwakilan dari BEM STIE Alwasliyah, BEM STPS, BEM STIM Sibolga. (son/mer)

Perbaikan Jalan Mojopahit Rp14 Miliar Sambungan Halaman 8 Bahkan, katanya, sebagian badan jalan itu tidak memiliki drainase sehingga genangan air sering terjadi ketika hujan datang. “Sebelum pekerjaan mayor, kita akan melakukan pekerjaan minor, seperti perbaikan dan pembuatan drainase. Karena setelah kita lakukan rekayasa

lapangan, banyak kita temui tidak layak menjadi drainase,” ungkapnya. Thamrin menambahkan, dalam pengerjaan jalan di awali perbaikan jalan yang telah lama rusak parah. Nantinya akan dibagi dalam dua tahapan karena dalam pengerjaannya membutuhkan dana yang cukup besar. “Seluruh badan jalan belum

semua diperbaiki, tapi solusinya kita akan membagi dalam dua tahapan untuk pengerjaannya. Dalam tahap pertama, katanya, direncanakan dalam waktu dekat ini, dan untuk tahap kedua kita harapkan tahun depan (tahun 2014),” terangnya. Ia juga berharap agar masyarakat dapat mendukung dalam pengerjaan Jalan Mo-

Pegawai Perusahaan Dihimbau Pakaian Sopan kan barangnya melalui pegawai yang berpakaian minim bisa memicu pada pembatalan puasa. Dan bukan itu saja kita juga harus salaing menghargai bulan puasa yang merupakan bulan suci,” ungkap Ammar. Ditambahkan Ammar hal ini juga berkaitan dengan sopan santun masyarakat Kota Psp yang terkenal dengan dalihan Natolu, dan sesuai misi visi walikota untuk menciptakan Psp yang Sehat, Maju, dan Sejahtera. Hal ini juga dipertegas dalam menyambut bulan puasa ini kiranya seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menyerukan kebajikan baik itu terhadap diri sendiri ataupun bagi sesama. (tan/mer)

Sekda Imbau KORPRI Tak Bertindak Anarkis Sambungan Halaman 8 satu media cetak terbitan luar daerah ini dengan kata-kata yang sudah tidak sepantasnya sesuai kode etik jurnalis, sangat meresahkan hati. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh anggota KORPRI Sibolga agar tidak bereaksi secara anarkis dalam menyikapi pemberitaan itu,” kata M Sugeng, Kamis (20/6) di ruang Kantor Wali Kota Sibolga. Harapannya untuk tidak bertindak secara anarkis ini terutama dalam menyikapi pemberitaan yang dibuat oleh

salah satu media cetak terhadap Wali Kota Sibolga yang secara ex officio adalah Dewan Pembina Kepegawaian Sibolga. “Penghinaan yang dilakukan oleh media tersebut telah bernada provokasi. Boleh kita membenci seseorang, namun tidak patut apabila mengungkapkan kebencian itu dengan kata-kata yang sangat tidak manusiawi,” ujar Sugeng. Menurutnya, secara undang-undang pers dan kode etik jurnalis, media tersebut jelas tidak lagi menghargai adanya azas praduga tak ber-

salah yang telah memvonis Wali Kota Sibolga dengan pemberitaannya dalam wujud penghinaan. “Padahal proses hukum yang mengatakan bahwa wali kota bersalah hingga saat ini belum ada. Media tersebut sudah menghina dengan mengatakan sesuatu yang tidak manusiawi,” tukasnya. Oleh karena itu Sekda mengharap para PNS dan semua elemen di Sibolga untuk dapat bersikap tenang dan menahan diri serta tidak anarkis yang dapat mengganggu jalannya pembangunan di Kota Sibolga. (son)

Lubuk Larangan ‘Kita Bersama’ Kembali Tabur Benih Ikan Mas Sambungan Halaman 8 pengerjaannya atau penjagaannya sendiri tidak digaji, bahkan jika ada yang kurang masyarakat sepakat untuk menyumbang demi keberlangsungan lubuk larangan ini yang hasilnya untuk mesjid, ” sebut Muan. Sementara itu Lurah Aek Tampang Parhimpunan Lubis

berharap agar masyarakat lingkungan IX saling menjaga lubuk larangan, terkhusus pemuda yang berperan aktif keamanan di lingkungan. Dalam hal ini masyarakat jika kompak keberhasilan laubuk laranagn untuk kepentingan bersama ini pasti akan berhasil baik. Namun harus tetap saling menjaga. “Apalagi untuk

ang warga Jalan Mojopahit mengungkapkan, kondisi Jalan Mojopahit sudah selayaknya diperbaiki karena saat ini sudah rusak parah. “Kita sudah lama menginginkan jalan yang bagus. Selain memperlancar kegiatan kita, juga daerah ini pusat kegiatan ekonomi karena banyak tangkahan ikan,” tukasnya. (Samuel)

Buka Keterisoliran Lobu Tayas

SAMBUT BULAN RAMADHAN

SIDIMPUAN-Kepada pegawai dan karyawan perusahaan diimbau berpakaian sopan dalam menyambut bulan suci Ramadan bagi umat Muslim di Kota Padangsidimpuan (Psp). Hal ini dikatakan Ketua Karang Taruna Kota Psp Ammar Ghozali Lubis kepada METRO, Jumat (21/6) bahwa perusahaan yang biasa berpakaian minim agar menerapkan pegawainya berpakaian sopan. Yakni kepada pegawai kaum perempuan dengan membiasakan pakaian dibawah lutut. “Sebagai sesama muslim patutnya saling mengingatkan demi kemaslahatan bersama. sebab beberapa perusahaan yang menawar-

jopahit itu karena pengerjaannya akan memberikan sedikit gangguan terhadap aktivitas masyarakat. “Perbaikan Jalan Mojopahit itu pasti mengganggu aktivitas warga, dimana Jalan Mojopahit merupakan salah satu urat nadi perekonomian terutama dalam bidang perikanan di Sibolga,” jelas Thamrin. Terpisah, J Purba salah seor-

kemaslahatan bersama membangun Mesjid yang Mulia dilingkungan IX ini, dimana masih banyak kekurangan terutama pada MCK dan tempat Wudu’ yang belum memadai. Semoga pelepasan bibit ini mendapat berkah dan dapat bermanfaat pada apa yang kita niatkan nanti, dan semoga berhasil,” ujar Lurah. (tan/mer)

Sambungan Halaman 8 jembatan yang bersumber dari APBD Tapsel 2013 itu pada METRO mengatakan, pembangunan jembatan dengan panjang 16 meter akan menjadi awal membuka keterisoliran masyarakat Desa Lobu Tayas guna memperlancar arus lalu lintas dan memudahkan pengangkutan hasil bumi di wilayah itu. “Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat akan berdampak pada sosial kemasyarakatan dan ekonomi masyarakat di wilayah ini,” katanya. Dikatakannya, sejak terpilih menjadi Bupati tanggal 12 Agustus 2010 lalu, pemerataan pembangunan terus dilanjutkan dalam mengatasi keterisoliran telah menjadi program. “Pembukaaan wilayah terisoliran telah menjadi obsesi kami sejak memimpin Tapsel ini,” katanya. Sementara itu, Camat Aek Bilah Haris mengatakan jembatan yang berjarak sekitar 12

km dari Biru sebagai Ibu Kota Kecamatan Aek Bilah akan menjadi sarana perhubungan bagi 7 Dusun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Labuhan Batu tersebut. “Ada sekitar 600 jiwa masyarakat kita di wilayah itu dan dengan pembangunan jembatan ini akan meningkatkan kwalitas pertanian di wilayah itu,” katanya. Sementara itu, mewakili masyarakat Aek Bilah Pangolu Simanjuttak (55), mengungkapkan, terima kasih atas perhatian dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Tapsel dalam mengalokasikan dan pembangunan di wilayah Aek Bilah. “Kami sangat berterima kasih pada Pemerintah Kabupaten khususnya Bupati karena terus memperhatikan dan mengalokasikan dana pembangunan diwilayah kami ini. Pembangunan Jembatan Aek Sirare merupakan awal yang bagus untuk mentasi permasalah sarana pengangkutan hasil bumi di wilayah itu selama ini,”terangnya. (ran)

Perindo Bantu Pembangunan Mushola Sambungan Halaman 8 dan misi Perindo di bidang sosial yang selalu dengung-dengungkan. Sisi lain, pengurus Perindo datang ke Desa Simanosor untuk mendengar informasi keluhan-keluhan masyarakat di daerah tersebut. “Keluhan masyarakat tersebut akan kita tampung dan kita bawa ke pusat. Kita akan upayakan untuk membantu. Oleh karena itu, kita harapkan agar pemerintah daerah setempat dapat mendukung,” ucap Armyn. Sementara itu, Ketua Rescue DPW Perindo Sumut Grace RA Panggabean mengatakan, dua buah toa yang diberikan untuk persiapan bulan Ramadan dan untuk kepentingan masyarakat di desa tersebut serta pengumuman atau pemberitahuan lainnya. “Bantuan-bantuan yang kita berikan tersebut juga sebagai jembatan silaturahmi terhadap masyarakat di Desa Simanosor. Kami berharap agar masyarakat

tidak melihat dari jumlah bantuan yang diberikan. Tapi pemberian itu sebagai bentuk kepedulian kami kepada saudara-saudara kami yang sangat membutuhkan bantuan dan sebagai bukti bahwa kita saudara yang tidak bisa dipisahkan sebagai anak-anak bangsa,” tutur Grace RA Panggabean. Pada kesempatan itu, Kepala Desa Simanosor Darmansyah Sihombing mengucapkan terima kasih kepada Perindo atas bantuan yang telah diberikan untuk pembangunan mushola dan keperluan perangkat desa. “Kita mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perindo yang telah memberikanbantuanbaiksecaramoraldan juga bantuan berupa semen dan cat untuk pembangunan mushola serta toa untuk keperluan di desa ini. Toa tersebut diperuntukkan di desa, apabila ada pengumuman, toa tersebut dapat dipergunakan baik untuk kepentingan bulan puasa ini. (fred)

Para Siswa Fasih Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Sambungan Halaman 1 “Selamat datang!” Teriakan dalam bahasa Indonesia bersahut-sahutan itu menyapa Jawa Pos (grup METRO) yang akan memasuki gerbang SD Marlborough di Hathmont, negara bagian Victoria, Australia, Rabu (19/6). Lelah setelah menempuh perjalanan hampir dua jam dari pusat Kota Melbourne pun langsung luruh. Teriakan itu spontan dan dilakukan sambil berlarian,bermainayunan,atauditengah obrolan mereka. Tidak ada yang mengomando dan mengatur. Janji dengan Kepala Sekolah Angie O”Hare, rupanya, sudah diberitahukan para guru kepada murid-murid kelas 3 dan 4 yang sedang beristirahat. Tidak diduga murid-murid itu menyapa Jawa Pos dengan gembira. Tidak lama berselang, O”Hare yang ditemani seorang guru yang kemudian mengenalkan dirinya sebagai Kathy McVeigh menyambut Jawa Pos yang datang bersama enam peserta Senior Editor Forum. Dia menjelaskan, sejak September 2012, murid-murid di sekolahnya dikenalkan dengan bahasa Indonesia. “Pelajaran bahasa Indonesia diajarkan di semua kelas,” ujarnya dengan ramah. SD Marlborough memiliki 192 siswa yang terbagimulaikelaspersiapanhinggakelas 6. Sejak tahun lalu, bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa yang dipelajari selain bahasa Inggris. “Semula kami punya mata pelajaran bahasa asing lain seperti China dan Jerman. Namun, mata pelajaran itu sudah tidak diajarkan dan kini diganti bahasa Indonesia,” jelas O”Hare. Pemilihan bahasa Indonesia menjadi

matapelajaranyangmasukkurikulumitu melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya dukungan program Bridge (Building Relationship Through Intercultural Dialog and Growing Engagment) yang digagas the Australia-Indonesia Institute dan the Asia Education Foundation. Program Bridge memfasilitasi pendidikan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan guru dan siswa asal AustraliadanIndonesiatentangbudaya,bahasa, serta isu-isu terhangat di kedua negara. Tujuan lainnya adalah menghancurkan citra negatif yang masih ada. Jadi, kini siswa maupun guru tidak hanya membaca buku atau berdiskusi dalam kelas untuk belajar bahasa, seni, dan budaya,tapijugasalingmengunjungidan berinteraksi. Pertimbangan lain memilih bahasa Indonesia adalah permintaan orang tua murid. Dengan asal murid yang beragam terbanyak dari Indonesia, Malaysia, dan Brunei yang memiliki bahasa serumpun, bahasa Indonesia bisa diterima banyak wali murid. “Kamijugamempertimbangkanposisi Australia yang bertetangga dekat dengan Indonesia,” kata O”Hare. Banyaknya dukungan itu membuat upaya mengenalkan Indonesia tidak dilakukan setengah-setengah oleh pengurus dan staf pengajar SD Marlborough. Ruang perpustakaan, majalah dinding, hingga koleksi mainan sebagian besar bertema Indonesia. Sepasang wayang kulit, Arjuna dan Bima, menghiasi majalah dinding. Di perpustakaanterpajangbuku-bukucerita anak seperti Timun Mas, Sangkuriang, dan Malin Kundang. Sedangkan di tempat bermain terlihat papan bermain dakon (conglak) serta alat musik

angklung. Saat Jawa Pos berkunjung, para guru juga menunjukkan aktivitas komunikasi jarak jauh lewat internet dengan sebuah SD di Indonesia. SD Marlborough adalah sekolah terpilih di Negara Bagian Victoria yang akan menerima kunjungan sekaligus mengunjungi mitra sekolah di Indonesia.SedangkansekolahdiIndonesia yang menjadi mitra SD Marlborough adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cempaka Putih, Tangerang Selatan, Banten. Siang itu O”Hare ingin menunjukkan bagaimana keakraban para siswanya dengan teman-teman mereka di Indonesia. Siswa-siswi kelas IV dan V itu diajak ke perpustakaan. Melalui teknologi komunikasi video Skype, Melinda Douglas, salah seorang guru, memimpin percakapan video para murid dengan teman-temannya di MIN Cempaka Putih. “Hai,apakabar?”sapaMelindakepada duaguruMINCempakaPutih,BuSitidan Bu Feti, yang memimpin percakapan di Indonesia.“Hello,howareyou?Bismillah, bisa kita mulai?” balas mereka. “Oke, kita mulai,” balas Mel. Setelah berbasa-basi itu, satu per satu perwakilan kelas SD Marlborough maju ke depan laptop untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia. “Saya Matt, kelas IV, saya hobi bola basket,” ujar Matt Bryan, kapten sekolah (semacam ketua OSIS), mengawali perkenalan. Perkenalan Matt kemudian diikuti lima siswa lain yang mewakili kelas masing-masing. Selanjutnya, seperti yang sudah disiapkan dengan matang, anak-anak SD yang sebagian besar belum pernah menginjakkan kaki di Indonesia itu menyanyikan lagu kebangsaan Indone-

sia Raya. Lagu tersebut mereka pelajari dariBuSitidanBuFetiyangmengunjungi dan mengajar di SD Marlborough tahun lalu. Dari layar proyektor yang menunjukkan komunikasi lewat Skype, terlihat para murid MIN Cempaka Putih bertepuk tangan dengan meriah setelah lagu selesai dinyanyikan. Mereka ikut banggamenyaksikanlagukebangsaanIndonesia Raya dinyanyikan teman-teman mereka di Australia. Sebagai balasan, performance tarian tradisional dari Aceh dipersembahkan. Meskipun tak terlihat jelas di layar, para murid SD Marlborough menyimak denganbaikdanbertepuktanganmeriah setelah tarian itu selesai dibawakan. “Dengan teknologi internet, yang semulakamipikirtidakmungkinmenjadi mungkin,” terang O”Hare. Perbedaan bahasa, lingkungan, level ekonomi, bahkan agama tak menjadi persoalan jika kedua pihak berniat keras agar rasa persahabatan ditumbuhkan. O”Hare menceritakan, dalam beberapa sesi interaksi lewat Skype bersama, para murid membicarakan apa saja, mulai pengertianmenjadiseorangmuslim,taritarian, wayang kulit, hingga sepak bola. “Sayang, waktu kami terbatas sehingga tidak bisa menunjukkan semuanya,” ujarnya. Tak hanya berinteraksi dalam dunia maya, kedua sekolah pernah bersamasama terlibat dalam aksi sosial untuk membantu korban lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, tepatnya tahun lalu. Melinda menceritakan, semuanya berawal dari pelajaran tentang bencana. Pada2011murid-muridSDMarlborough mendapatvideotentangbencanalumpur di Sidoarjo. Saat mendapat partner MIN Cempaka

Putih setahun kemudian, terlontar ide untukmembantukorbanluapanlumpur di Porong, Sidoarjo, itu. “Banyak murid kami yang terharu saat di video disebutkan ada 75 ribu warga yang harus terusirdarirumah,anak-anakkehilangan sekolah, serta orang tua mereka kehilangan pekerjaan dan tempat bekerja,” ungkap Melinda. Kebetulan, dua guru SD Marlborough, MelindadanKathy,mendapatundangan untukikutprogramIndonesiaUncovered Bridge Study Tour. Pada program itu Melinda dan Kathy difasilitasi pergi ke Sidoarjo untuk menyaksikan langsung di lokasi bencana. “Ternyata situasinya lebih memprihatinkan dari yang terlihat di video. Kami melihat luapan lumpur yang sangat luas dengan suhu yang sangat panas,”ungkapMelinda.Apalagi,mereka juga bertemu dengan beberapa keluarga korban lumpur Lapindo yang kondisinya memprihatinkan. Setelah program tur selesai, Melinda dan Kathy merundingkan apa yang bisa merekaperbuatdengansisterschoolMIN Cempaka Putih. Di luar dugaan, meskipun belum melihat langsung, Bu Siti dan Bu Feti serta seluruh staf pengajar MIN Cempaka Putih bersemangat melakukan aksi amal bersama untuk korban lumpur Sidoarjo. SD Marlborough melakukan penggalangan dana melalui permainan chooklotto.Dalampermainantradisional Australia itu, para murid membuat bentuk kotak-kotak catur raksasa di halaman sekolah. Setiap murid kemudian berkampanye untuk menjual tiap-tiap kotak itu seharga 10 dolar Australia atau Rp91.500. Tanpa diduga, penggalangan dana itu berhasil. Dalam seminggu, 64 kotak catur

di halaman sekolah tersebut habis terjual. Uang yang terkumpul 640 dolar Australia (AUD). Sebagian dibelikan seekor ayam yang diberi nama RoadRunner. “RoadRunner kemudian dilepas di kotak-kota catur itu saat acara gathering donatur. Semua tegang untuk mengetahui di kotak mana si ayam akan membuang kotoran,” jelas Melinda tentang permainan tersebut. Setelah beberapa menit ditunggu, ternyata ayam membuang kotoran di kotak no 29 milik Barb, petugas kebersihan sekolah. “Dikurangi hadiah untuk Barb sebesar 100 AUD, kami mendapat donasi 540 AUD (sekitar Rp4.936.000),” jelas Melinda. Sedangkan para murid MIN Cempaka Putih mengadakan bazar selama tiga hari di sekolah. Mereka membuka stan makanan, alat tulis, juga aneka kerajinan yang ditawarkan kepada siswa lain. Ditambah hasil sumbangan dari keuntungan bazar MIN Cempaka Putih sebesar Rp13.600.000. Dengan demikian, donasi murid-murid SD yang terpisah negara, bahkan benua, untuk korban lumpur Lapindo itu sebesar Rp18.536.000. “Nilainya memang tidak besar dan pasti tidak mungkin mengatasi masalah di Sidoarjo. Namun, kami bangga karena kerja sama kami bermanfaat buat orang lain,” ujar O”Hare. O”Hare berharap pemerintah Australia dan Indonesia lebih sering mengadakan program kontak antara dua sekolah seperti yang mereka lakukan. “Bangga sekaligus terharu menyaksikan anak-anak berusaha mengatasi kendala bahasa dan budaya agar bisa cepat berbaur,” tutur O”Hare.(*/c11/ari)


SABTU

22 Juni 2013

FOTO:SAMUEL

„ Pengasuh tim sepakbola Bad Boys Pandan Junior Saprulin Siregar foto bersama para pemain sebelum melakukan pertandingan, Minggu (16/6) di Pandan.

Perbaikan Jalan Mojopahit Rp14 Miliar SIBOLGA- Dana perbaikan Jalan Mojopahit, Sibolga sebesar Rp14 miliar. Dana perbaikan jalan ini untuk tahap pertama.

Bad Boys Pandan Junior

Masuk Semi Final

“Untuk itu, kepada masyarakat diharapkan dapat membantu dan mendukung kelancaran dalam pengerjaan perbaikan jalan tersebut,” kata Kepala Dinas PU Sibolga Thamrin Hutagalung kepada METRO, Jumat (21/6) di ruang kerjanya. Rencana perbaikan jalan itu, sebut Thamrin, sepanjang 3,5 kilometer. Sebelumnya terkendala dalam beberapa hal, namun sekarang sudah dapat diatasi dan perbaikannya akan segera dilaksanakan. “Sebelumnya memang ada masalah mengenai tender

Kejuaraan Lurah Hajoran TAPTENG-Tim sepakbola Bad Boys Pandan Junior akhirnya berhasil masuk semifinal kejuaraan sepakbola kaki ayam (kiyam) memperebutkan piala Lurah Hajoran, Kecamatan Pandan, Tapteng. Tim Asuhan Saprulin Siregar itu sebelumnya berhasil menekuk Tim dari Sijago-jago, Kecamatan Badiri dengan skor 3-0, Minggu (16/6). Saprulin Siregar kepada koran ini mengatakan, dirinya bangga dengan prestasi yang diciptakan anak-anak asuhannya tersebut hingga mampu masuk ke babak semifinal kejuaraan sepakbola kiyam yang dibagi dalam 6 pool itu. “Keberhasilan tim ini setelah 3 pemain kita menyarangkan bola ke gawang lawan yakni Dimas dengan nomor punggung 8 di babak pertama. Dan di babak kedua pemain bernama Rahmat dengan nomor punggung 7 dan Patur dengan nomor punggung 11,” bebernya. Dia mengatakan, seluruh pemain yang masih muda-muda itu selalu mendapat arahan serta latihan yang sungguhsungguh. ‹ ‹ Baca

Masuk ...Hal 7

Jembatan Aek Sirare

Buka Keterisoliran Lobu Tayas TAPSEL-Pemerintah Kabupaten Tapsel H Syahrul M Pasaribu terus mengupayakan pembangunan yang sulit dijangkau atau dilalui guna mengatasi keterisoliran dengan menerapkan pembangunan merata. Pada tahun 2013 ini, pemerintah Kabupaten Tapsel mengalokasikan dana sekitar Rp1,3 miliar untuk pembangunan jembatan Aek Sirare guna sebagai langkah awal membuka keterisoliran bagi 7 Dusun di Desa Lobu Tayas, Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapsel. Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu saat meninjau lokasi rencana pembangunan ‹ ‹ Baca

Buka ...Hal 7

Perbaikan ...Hal 7

(FOTO:DOK)

Terkait Penghinaan Terhadap Wali Kota

Sekda Imbau KORPRI Tak Bertindak Anarkis

(FOTO: FREDDY)

satu media cetak terhadap Wali Kota Syarfi Hutauruk. “Penghinaan yang dilakukan oleh salah ‹ ‹ Baca

Sekda ...Hal 7

„ M Sugeng

KNPI dan Mahasiswa Siap Kawal Pembangunan (AMRAN POHAN)

‹ ‹ Baca

JALAN RUSAK-Jalan Mojopahit tersebut bakal diperbaiki oleh Pemko Sibolga karena kondisi jalan tersebut telah lama mengalami kerusakan.

SIBOLGA- Sekda Sibolga M Sugeng yang juga Ketua Dewan Pembina Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sibolga sangat menyesalkan adanya penghinaan yang dilakukan oleh salah

„ Bupati Tapsel bersama Kabid Pengairan PU Tapsel M Yani Pohan meninjau lokasi pembangunan jembatan Aek Sirare di Aek Bilah.

karena dalam tender ini dilakukan secara Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), namun sekarang ini semuanya sudah deal dan kita akan segera mengerjakannya. Idealnya perbaikan jalan itu secepatnya, namun tidak bisa instan karena ada prosedur administrasi yang harus dijalankan,” ungkap Thamrin. Selain jalan, lanjut Thamrim, drainase jalan tersebut akan dibangun karena drainase Jalan Mojopahit selama ini tidak berfungsi secara maksimal.

SIBOLGA- Pemuda yang tergabung di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sibolga dan Badan Eksekutif Mahasiswa se-Sibolga sepakat untuk mengawal pembangunan di Kota Berbilang Kaum tersebut. Kesepakatan ini merupakan salah satu poin hasil rapat kerja (raker) di Komisi III DPRD Sibolga, Jumat (21/6). Raker Komisi III DPRD Sibolga dilaksanakan di ruang rapat DPRD yang membahas peranan pemuda dalam pembangunan Kota Sibolga. Raker

(FOTO:METRO/MILSON SILALAHI).

KNPI ...Hal 7

BERFOTO-Ketua Komisi III DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori foto bersama peserta rapat kerja tentang Peranan Pemuda di Kota Sibolga.

‹ ‹ Baca

SERAHKAN BANTUAN-Wakil ketua II DPP Perindo, Armyn Gultom didampingi Ketua Rescue DPW Perindo Sumut, menyerahkan bantuan untuk pembangunan Mushola di Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun, Tapteng, Jumat (21/6).

Perindo Bantu Pembangunan Mushola TAPTENG- Pesatuan Indonesia (Perindo) Sumut memberikan bantuan dua buah toa dan lima zak semen serta dua kaleng cat plus kuas untuk pembangunan mushola di Desa Simanosor, Kecamatan Sibabangun, Tapteng. Dalam pemberian bantuan sekaligus menampung aspirasi masyarakat daerah, Jumat (21/6). Bantuan untuk pembangu-

nan mushola diserahkan langsung oleh Wakil Ketua II Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perindo Armyn Gultom didampingi Ketua Rescue DPW Perindo Sumut. Armyn Gultom mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan melaksanakan visi ‹ ‹ Baca

Perindo ...Hal 7

Lubuk Larangan ‘Kita Bersama’ Kembali Tabur Benih Ikan Mas SIDIMPUAN- Lubuk Larangan ‘Kita Bersama’ Kelurahan Aek Tampang Lingkungan IX Kota Padangsidimpuan (Psp), Jumat (21/6) usai Salat Jumat kembali menaburkan benih ikan mas. Seperti sebelumnya penaburan benih ikan ke dalam sungai lubuk larangan kita Bersama sepanjang 1 ki-

lometer ini dihadiri Lurah Aek Tampang Parhimpunan Lubis, Drs Kompol Tongku Bosar Pane yang disaksikan Masyarakat Lingkungan IX. Ketua Lubuk Larangan ‘Kita Bersama’ Pardomuan Nasution didampingi Bendahara M Iqbal Nasution dan Sekretaris M Yusuf Hutagaol kepada METRO, Jumat (21/6) me-

ngatakan, panitia berencana penaburan benih akan berkesinambungan. Dan tidak terlepas dari kerja sama yang baik warga dan bantuanbantuan lainnya Muan panggilan Akrab Pardomuan menambahkan, pengaktifan kembali lubuk larangan ini setelah sekian lama fakum tidak difungsikan. Oleh

(F:METRO/PARNINGOTAN)

MENABUR BENIH-Lurah Aek Tampang Parhimpunan Lubis, Drs Kompol Tongku Bosar Pane yang disaksikan Masyarakat Lingkungan IX, menabur benih ikan di Lubuk Larangan ‘Kita Bersama’, Jumat (21/6). karena itu, sesuai kesepakatan masyarakat Lingkungan IX, kembali membuka lubuk larangan yang berada tepat di samping masjid. Tujuannya semata-mata untuk membangun Masjid Akbar Al-Ikhlas dan segala keperluan untuk

masjid. “Hal ini kita lakukan untuk pembangunan Masjid Akbar Al-Ikhlas di lingkungan kita seutuhnya. Dan bagi masyarakat yang terlibat ‹ ‹ Baca

Lubuk ...Hal 7


SABTU

Edisi 329 „ Tahun IX

22 Juni 2013

Petani Itu Dibunuh Abang Beradik FOTO: JANTRO NAIBAHO

TERSANGKA: Dua tersangka abang beradik Wotlas dan adiknya Jaya (dekat meja) saat diinterogasi Kapolres Tobasa AKBP Edy Haryadi, Jumat (21/6).

TOBASA- Tolopan Manurung atau Oppu Miduk (51), seorang petani yang ditemukan tewas di atas kretanya di Jalan Parik, Desa Dolok Nagodang, Kecamatan Uluan, Tobasa, Kamis (20/6), ternyata korban pembunuhan. Pelakunya kini sudah ditangkap yakni Wotlas alias Boi Sitorus (23) dan Jaya Sitorus (19). Keduanya merupakan abang beradik warga Desa Parik, Kecamatan Uluan, yang berseberangan dengan kam-

Rapat Paripurna LKPj 2012

Bupati & 14 Anggota DPRD Tak Hadir TARUTUNG- Bupati Taput Torang Lumbantobing dan 14 anggota DPRD tidak hadir dalam rapat paripurna pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan rencana peraturan daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2012, Jumat (21/6). Dari 35 anggota DPRD Taput, hanya 21 orang yang hadir. Sedangkan 14 orang lagi tidak hadir dengan berbagai

„) Baca Bupati ..Hal 10

FOTO: Bernad L Gaol

„ Banyak kursi anggota DPRD yang tidak ditempati pada rapat paripuna LKPj Bupati karena tidak hadir.

Hari Ini, Pekan di Tarutung

Pemerintah Diminta Awasi Harga Sembako TAPUT- Meskipun harga bahan bakar minyak (BBM) belum resmi dinaikkan oleh pemerintah pusat sebagaimana yang telah direncanakan, namun sejumlah kaum ibu mengeluh karena pedagang sudah mulai menaikkan harga sembako. J br Sitanggang, warga Desa Hutabarat, Tarutung kepada METRO, Jumat (21/6) mengaku, meski harga BBM belum naik, namun sudah ada harga sembako yang naik. “Padahal harga BBM saja belum resmi dinaikkan pemerintah, tapi sudah ada harga yang dinaikkan pedagang. Jangan-jangan setelah pemerintah resmi menaikkan harga BBM, harga kebutuhan akan semakin melambung tinggi,” katanya. Menurut dia, sebelumnya harga minyak goreng yang biasa dibeli seharga Rp12 ribu per kg, namun beberapa hari terakhir harganya naik menjadi Rp13 ribu per kg. Begitu juga dengan harga telur biasanya ditawarkan „) Baca Pemerintah ..Hal 10

DPRD Sesalkan Penebangan Hutan Reboisasi di Desa Banuaji TARUTUNG- Anggota DPRD Taput Alamsah Sihombing menyesalkan penebangan hutan reboisasi di Desa Banuaji, Kecamatan Adiankoting. Kondisi hutan yang ditebangi tersebut kini semakin gersang dan gundul. Hal ini disampaikan Alamsah usai meninjau lokasi penebangan hutan reboisasi di Desa Banuaji, Jumat (21/ 6). Hingga saat ini, mereka mengaku tidak mengetahui siapa yang melakukan penebangan itu. “Kita sangat menyesalkan tindakan

penebangan reboisasi. Kenapa bisa terjadi penebangan kayu reboisasi tanpa sepengetahuan pihak legislatif selaku mitra eksekutif,” terangnya usai mengikuti rapat paripurna pembahasan pembahasan nota pengantar bupati tentang LKPj 2012. Menurut dia, masalah penebangan ini perlu ditelusuri agar masyarakat dapat mengetahui yang sebenarnya. “Penebangan ini perlu ditelusuri.

„) Baca DPRD Sesalkan ...Hal 10

FOTO : Bernad L Gaol

„ Anggota DPRD Taput Alamsah Sihombing meninjau lokasi penebangan hutan reboisasi di lokasi Jalinsum menuju Sibolga.

pung korban. Kedua tersangka ditangkap bersamaan di rumah keluarga mereka di Saribu Dolok, Kabupaten Simalungun, Jumat (21/ 6) sekira pukul 04.30 WIB. Kapolres Tobasa AKBP Edy

Haryadi mengatakan, motif kedua pelaku membunuh korban karena sakit hati sering dimaki-maki korban. “Kedua pelaku membunuh korban karena sering dimakimaki oleh korban. Korban dibunuh dengan cara kepala korban diinjak-injak ke aspal hingga tewas,” ujarnya. Dia menerangkan, kedua pelaku yang berprofesi sebagai petani ini sudah berada di

warung tuak milik Oppu Maju sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan korban datang ke warung tuak itu sekitar pukul 19.30 WIB. Saat berada di warung, korban memaki-maki Wotlas dan Jaya. Kebetulan saat itu korban mulai mabuk karena pengaruh tuak yang ia minum. Mendapat maki-maki dari

„) Baca Petani ...Hal 10

Sawah Kering dan Retak TOBASA- Sejumlah petani di Desa Sianipar, Kecamatan Balige, Tobasa mengeluhkan musim kemarau dan angin kencang di daerahnya. Kondisi itu mengakibatkan tanaman padi yang memasuki masa berbuah mengalami keterlambatan. Rosianna, salah seorang petani di Desa Sianipar, Jumat (21/6) mengatakan, saat ini areal persawahan mereka menjadi kering karena musim kemarau. “Persawahan kering karena musim kemarau. Debit air semakin berkurang, sehingga tidak sanggup mengairi seluruh persawahan,”

„) Baca Sawah ...Hal 10

(Foto Hermanto turnip)

„ Tanaman padi mulai mengering dan tidak berbuah akibat musim kemarau disertai angin kencang.


SABTU

22 Juni 2013

Pemerintah Potensi Kecurangan Pemilu Diminta Awasi.. Berada di Tingkat Kelurahan Sambungan Halaman 9

Rp1.000 per butir, sekarang dijual Rp1.500 per butir. Gula putih biasanya dijual Rp12 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp13 ribu per kg. “Saya tidak tahu, apakah semua pedagang sudah menaikkan harga kebutuhan. Karena di tempat saya biasanya belanja, hampir seluruh harga kebutuhan merangkak naik. Apalagi hari (Sabtu) pekan di Tarutung, saya mau belanja dan melihat perbandingan harga di sana,” ungkap br Sitanggang. Dia berharap agar Pemkab Taput segera mengawasi dan melakukan operasi pasar untuk kenaikan harga sembako. Apalagi harga BBM saja belum naik, tapi harga kebutuhan sudah melambung. Terkait hal itu, anggota DRD Taput Charles Simanungkalit kepada METRO saat dihubungi melalaui telepon selulernya, Jumat (21/ 6) mengakui, adanya keresahan di kalangan ibu-ibu tentang harga sembako yang mulai meningkat, padahal harga BBM belum resmi dinaikkan. “Untuk itu, kita mengharapkan agar pemerintah mengawasi harga-harga di pasaran. Jangan sampai para pedagang nantinya akan mengikuti pedagang lainnya yang sudah menaikkan harga sembako,” katanya. Menurut Charles, sebaiknya operasi pasar segera dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok yang mulai naik. “Kalau pedagang masih membandal menaikkan harga, pemkab harus cerdas dengan melaksanakan pasar murah. Sehingga para ibu rumah tangga bisa terbantu,” paparnya. Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM Taput Binhot Aritonang belum memberikan keterangan resmi terkait hal tersebut. Pantauan METRO, di Pasar Tarutung, harga sembako masih normal seperti minggu sebelumnya. Kalaupun ada kenaikan, hanya sekitar Rp500 hingga Rp1.000. (Cr-02/mua)

DPRD Sesalkan Penebangan Hutan.. Sambungan Halaman 9 Kalaupun ada izin pemanfaatan kayu (IPK), apa benar sesuai dengan lokasi yang dihunjuk. Sebab sudah banyak pohon pinus yang ditebang. Informasinya, si pengusaha kayu itu ada mengantongi suatu izin dengan luas areal ratusan hektare,” terangnya. Alamsah menegaskan, pihaknya dari legislatif akan mempertanyakan keberadaan penebangan hutan reboisasi itu kepada dinas terkait. Mungkin saja sang toke kayu menunjukkan surat saktinya dari Kemenhut untuk melakukan penebangan ataupun ada dukungan dari Dinas Kehutanan Taput. “Kami dari DPRD Taput akan mempertanyakannya. Jangan ada lagi penebangan hutan yang merugikan lingkungan dan masyarakat, meski sudah mengantongi izin dari Kemenhut. Perlu ada kajian untuk keselamatan lingkungan” tegasnya. Sementara itu, Jafar Sidik Hutagalung, salah seorang warga yang mengklaim memiliki lahan seluas 54 hektare di kawasan itu mengaku sangat dirugikan dengan ulah oknum pengusaha kayu tersebut. “Penebangan itu berlangsung mulai pertengahan Mei kemarin. Kami berharap DPRD Taput dapat menelusuri/mengungkap hingga tuntas izin yang diakui pihak pengusaha kayu hingga mereka percaya diri menebangi pohon pinus itu. Sebab pengusaha kayu asal Tobasa itu, hingga kini belum pernah menunjukkan izin yang mereka klaim,” ujarnya. Jafar mengatakan, ia sudah pernah melaporkan kasus tersebut ke Mapolres Taput dan Dinas Kehutanan Taput, namun hingga kini tidak ada realisasinya. Selain itu, beberapa tahun lalu, seorang pria bermarga Sipahutar pernah mengklaim lahan mereka seluas 54 hektare itu adalah miliknya. Saat itu, Sipahutar menggugat ke Pengadilan Negeri (PN) Tarutung. Namun berdasarkan fakta di persidangan hingga putusan Mahkamah Agung (MA) gugatan Sipahutar ditolak. “Sudah jelas MA menyatakan bahwa tanah yang di atasnya tumbuh pohon pinus merupakan milik kami. Jadi, apa dasar pengusaha menebangi kayu pinus itu,” ujar Hutagalung seraya menunjukkan putusan MA tersebut. Sementara, Kepala Dinas Kehutanan Taput Alboin Siregar saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya menegaskan, penebangan kayu pinus milik negara di hutan reboisasi itu sudah berdasarkan prosedur. “Penebangannya sudah memiliki prosedur. Pengusahanya telah memiliki izin,” ujarnya singkat.(cr-01/mua)

JAKARTA- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengingatkan, tugas KPU kabupaten/ kota tidak terbatas hanya mengkoordinasikandanmengendalikantahapan penyelenggaraan pemilu yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).Namunharusdapatmelakukan supervisi, mengawasi serta mengendalikan tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Langkah ini penting, mengingat penyelenggarapemiluyangpermanen hanya sampai di tingkat kabupaten/ kota. Sementara di level kecamatan, desa/kelurahan dan Tempat PemungutanSuara(TPS)bersifatadhocatau sementara. “Jadi cara kerja mereka tentu tidak akansamadenganpenyelenggarayang profesional. Arahan dan bimbingan dari KPU kabupaten/kota diperlukan agar mereka menjadi profesional,” ujarnya di Jakarta, Kamis (20/6). Husni mengatakan hasil analisis pemilu 2004 memperlihatkan potensi kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu berada di tingkat kelurahan. Karena itu, pada pemilu 2009 rekapitulasi suara langsung dilakukan di

tingkat kecamatan. Sementara pada pemilu2014sesuaiUUNomor8Tahun 2012,rekapitulasisuarakembalidilakukan mulai dari tingkat desa/kelurahan. “Ini menjadi tugas kita untuk memastikan tidak ada lagi kecurangan di tingkat desa/kelurahan,” ujarnya. Husni juga meminta KPU kabupaten/kota menata cara kerja KPPS. Sebab ketelitian, kehati-hatian dan kecermatanpetugasdalammelakukan penghitungan dan pencatatan hasil perolehansuaramenjadipentinguntuk menentukankualitaspenyelenggaraan pemilu. “Dengan jumlah partai politik pesertapemiluyanglebihsedikit,hanya 12 parpol dan jumlah calon 100 persen dari jumlah kursi. Hal ini meringankan kerja KPPS dalam melakukan penghitungan dan pencatatan hasil pemilu di tingkat TPS. Harusnya hasil penghitungannya lebih akurat. Tinggal bagaimana tujuh KPPS itu melakukan pembagian kerja secara efektif. Ini yang harus ditata oleh KPU Kabupaten/ Kota,” ujarnya. Di sisi lain, pengaturan cara kerja KPPS ini juga penting, karena menurut Husni, ada kewajiban KPPS memberikansatueksemplarberitaacara pemungutan dan penghitungan

suarasertasertifikathasilpenghitungan suara kepada saksi peserta pemilu, pengawas pemilu lapangan, PPS dan PPK. “Kalau semua saksi peserta pemilu hadir berarti KPPS harus menyediakan 12 rangkap. Tiga rangkap lagi disediakan untuk panwaslap (Panitia Pengawas Lapangan), PPS dan PPK. Artinya ada 15 rangkap yang harus disediakan KPPS. Ini sangat mungkin dilakukan. Jadi semua pihak memiliki dokumen sah yang dapat dijadikan pembanding terhadap hasil perolehan suara yang ditetapkan KPU,” ujarnya. KPU, kataHusnijugaakanmenyiapkan alat kontrol untuk membanding hasil penghitungan suara di TPS dan rekap yang dilakukan di PPS dan PPK. Saat ini, kata Husni, KPU sedang menyusun peraturan KPU tentang pemungutandanpenghitungansuara. “Nanti akan kita usahakan bagaimana caranya sertifikat hasil penghitungan suara (C1) itu dapat langsung ditarik dari TPS ke KPU Kabupaten/ Kota. Misalnya, TPS dalam radius 1 kilometer dari KPU harus mengantar C1 ke KPU dalam waktu satu jam. Jadi dalam waktu 24 jam itu semua C1 sudah terkumpul di KPU kabupaten/ kota,” ujarnya. (gir)

Petani Itu Dibunuh Abang Beradik Sambungan Halaman 9 korban, Wotlas dan Jaya keluar dari warung tuak sekitar pukul 20.30 WIB untuk mengintai korban di tengah jalan. Sedangkan korban sendiri, masih berada di warung tuak itu hingga sekitar pukul 21.15 WIB. “Setelah korban tiba di jalan yang sepi, kedua tersangka yang sudah mengintai, langsung mencegat korban. Lalu menjatuhkan korban dari atas sepedamotornya. Kemudian menginjak-injak kepala korban ke aspal hingga berlumuran darah,” papar kapolres. Kasat Reskrim Polres Tobasa AKP Robert Sembiring menambahkan, setelah korban jatuh dari sepedamotornya, pelaku langsung memukuli korban di bagian kepala, dagu dan wajahnya. “Saat korban tergeletak di aspal itulah, kedua tersangka menginjakinjak kepala korban hingga pecah dan kehilangan nyawanya. Kedua pelaku mengetahui korban sudah tewas di tempat. Kemudian keduanya langsung ke rumah mereka untuk mengambil pakaian guna melarikan diri,” sebut Robert. Sementara itu, kedua pelaku Wotlas dan adiknya Jaya saat ditanyai METRO di Mapolres Tobasa mengakui perbuatan mereka. Wotlas me-

nyebutkan, ia dan adiknya membunuh korban sekitar pukul 22.00 WIB. “Kami membunuhnya berdua sekitar pukul 22.00 WIB, setelah kami cegat di tengah jalan. Kami memukulinya. Setelah tergeletak di aspal, kami menginjak-injak kepalanya sampai pecah. Setelah kami taHu dia tidak bernyawa lagi, kami pulang ke rumah dan segera berangkat ke Siantar melarikan diri,” akunya. Ia menambahkan, mereka nekat membunuh korban karena unsur sakit hati dimaki-maki korban saat sama-sama minum tuak di warung Oppu Maju. “Kami membunuhnya karena kami dimaki-maki,” ungkapnya. Saat ditanya ucapan makian yang dilontarkan korban, Wotlas enggan mengungkapkannya. Sementara itu, salah seorang perwakilan keluarga korban Riduan Sirait (45), saat dihubungi METRO melalui telepon selulernya mengatakan, keluarga korban berharap agar kedua pelaku dikenakan hukuman seberatberatnya. “Kami keluarga korban meminta kepada penegak hukum agar menjatuhkan hukuman seberat-beratnya kepada kedua pelaku sesuai hukum yang berlaku,” ujar Riduan. Riduan menyebutkan, almarhum Tolopan Manurung semasa hidup-

nya suka berteman dan suka membayar minuman temannya jika samasama minum. “Jadi, awalnya adu mulut dengan kedua pelaku itu karena Tolopan Manurung meminta kedua korban untuk menggeser kursi yang mereka duduki. Mungkin karena kedua pelaku tidak menggubris atau bagaimana terjadilah adu mulut,” imbuh Riduan yang mengaku mengetahui informasi itu dari salah satu warga yang menyaksikan adu mulut tersebut. Ia sendiri, bersama dengan keluarga almarhum lainnya, sudah meminta kepada anak-anak korban yang berada di perantauan agar tidak dendam dan melakukan perbuatan melanggar hukum terhadap keluarga pelaku. “Karena sudah ada jalur hukum yang menangani kedua pelaku, maka kita imbau anak-anak korban tidak dendam dan melakukan perbuatan melanggar hukum kepada keluarga pelaku,” papar Riduan. Kedua pelaku kini dijerat dengan pasal 338 KUHP, dengan ancaman hukum maksimal 15 tahun penjara. Sementara itu, jasad korban kini disemayamkan di rumah duka di Desa Dolok Nagodang, Kecamatan Uluan dan rencananya akan dikebumikan, Senin (24/6) di desa tersebut. (jantro/hsl/mua)

(FOTOHengki Tobing)

„ Anggota perguruan Beladiri Harimau Putih bertarung saat mengikuti ujian naik tingkat di Siarang-arang, Tarutung.

9 Anggota Perguruan Beladiri Harimau Putih Naik Sabuk TAPUT- Perguruan beladiri silat Harimau Putih cabang Taput melaksanakan ujian naik sabuk atau tingkat bagi sejumlah anggotanya. Peserta ujian naik tingkat digembleng selama tigahariberturut-turutdiSiarangarang, Tarutung. Setelah melalui proses ujian naik tingkat, akhirnya sembilan orang dari 50 anggota perguruan beladiriHarimauPutihlulusdannaiksabuk. Ramli Banjarnahor, pelatih di perguruanbeladiriHarimauPutih,Jumat(21/ 6) mengatakan, bentuk ujian yang dilakukan kepada para anggotanya yakni melakukan tarung bagi sesama pesertaujian.Merekaharusmenguasai sebuahjurusyangsebelumnyatelahditentukan. Bukan hanya itu saja, peserta ujian naik tingkat juga harus mampu menguasai tenaga dalam, sanggup memecahkanbotol,esbalok,batu-bata dan juga kikir. “Lokasi kegiatan di alam terbuka di daerah Siarangarang. Peserta tidur di

alam terbuka dengan hanya menggunakan camp. Tujuannya agar mental mereka terlatih dan menjadi manusia pemberani,” ungkapnya. Dia menjelaskan, sesuai namanya, ajaran-ajaran dari perguruan beladiri Harimau Putih hanya dipergunakan untuk membela diri dari seranganseranganorangjahat.Anggotanyatidak diajari untuk memanfaatkan kemampuannya untuk menyakiti sesama. “Pada dasarnya, beladiri ini untuk menjaga kesehata kita,” paparnya. Ramli mengatakan, sembilan anggota yang naik sabuk tersebut yakni Marsakti Hutabarat dari sabuk hitam menjadi sabuk kuning, Mario Sihotang dari sabuk hitam menjadi sabuk hitam striphitamsatu.FitraHutagalung,Hendra Marpaung, Rahmat Pasaribu, Valentino Hutagalung, Rikki Lumbantobing, Tulus Simorangkir, Irianto Hutabarat naik dari sabuk merah menjadi sabuk hitam. (Cr-02/mua)

Sawah Kering dan Retak Sambungan Halaman 9 ujarnya. Menurut dia, pada saat ini tanaman padi harusnya sudah memasuki masa berbuah, namun karena tidak ada air, akhirnya mengalami keterlambatan. Usia padinya saat ini sudah memasuki bulan kedua, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda batang padi berbuah. “Sudah sebulan lebih hujan tidak pernah turun, sehingga aliran irigasi dari hulu di Desa Aekbolon mengalami penurunan drastis. Kami sudah berupaya untuk mendapatkan air agar bisa teraliri hingga ke daerah ini, tetapi karena begitu banyaknya petani yang mengalami nasib serupa, akhirnya air irigasi tidak sanggup

menjangkau ke areal ini,” keluhnya. Kendala serupa juga disampaikan petani lainnya, Barita Panjaitan. Dia mengatakan, persawahan seluas 12 rante saat ini sudah kering dan retak akibat satu bulan tidak pernah dialiri air. Menurut dia, selama satu bulan berturut dia telah berupaya memasukkan air baik siang dan malam, namun hal itu tidak membuahkan hasil. “Hampir setiap malam saya tidur di sawah ini untuk menjaga air bisa mengalir di persawahan saya, tapi tidak juga menghasilkan. Tanaman padi saya sekarang sudah memasuki usia dua bulan, tapi belum ada pertanda padi akan berbuah,” ungkapnya.(cr-03)

Bupati & 14 Anggota DPRD Tak Hadir Sambungan Halaman 9 alasan. Bahkan, tiga orang diantaranya tanpa alasan sama sekali. Mereka yang tidak hadir yaitu Bangun Lumbantobing (Tolkit), Betty N Sidabutar, David PPH Hutabarat, Dapot Hutabarat, Johannes Sitohang, Jonni Lumbantobing, Mangisi Hasibuan, Reguel Simajuntak. Kemudian Renol Simajuntak, Tigor Lumbantoruan, Tiur Kalima Purba, Toman Balige Silitonga, Renol Tampubolon dan Lanser Sianturi. Sementara itu, Ketua DPRD Taput Fernando Simajuntak tetap memimpin rapat paripurna. Tidak hanya itu, meski bupati selaku orang nomor satu di Taput tidak hadir, Wakil Bupati Bangkit Parulian Silaban tetap membacakan nota pengantar pembahasan LKPj dan Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan ABBD Taput 2012. Sekretaris DPRD Taput Djanter Sinaga mengatakan, ketidakhadiran 14 anggota dewan itu kurang jelas diketahui. “Saya kurang tahu mengapa mereka tidak hadir. Tetapi, sebagian anggota dewan yang tidak hadir memberikan alasan mengapa tidak datang. Untuk lebih jelas, coba tanya juga kepada ketua DPRD,” ujarnya.

Menurut dia, dari 14 anggota DPRD yang tidak hadir, 11 orang diantaranya memberikan keterangan. Sehingga tidak bisa dikatakan, mereka semua bolos dalam rapat paripurna. Selain itu, tidak ada pengaruh atas ketidakhadiran mereka. “Tidak ada pengaruhnya walaupun mereka tidak hadir. Karena kalaupun dalam rapat mengambil keputusan melalui voting, jumlah anggota yang hadir dalam rapat itu sudah mencukupi kuota,” ucapnya. Akan Dibahas Secara Internal Terpisah, Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Taput Charles Simanungkalit mengatakan, masalah ketidakhadiran 14 anggota DPRD dalam paripurna itu akan dibahas di internal DPRD Taput. “Saya akan bicarakan dulu dengan Ketua BK DPRD Dorgis Hutagalung untuk selanjutnya disampaikan kepada pimpinan. Setelah itu akan dibicarakan sesuai kode etik di DPRD Taput,” ujarnya. Charles mengatakan, kalau ada pelanggaran kode etik anggota DPRD Taput, itu akan dibahas dengan pimpinan dewan secara internal. Sedangkan hukuman bagi anggota dewan yang melanggar kode etik, akan diberi teguran lisan atau tertulis sesuai

prosedur yang berlaku. Dia juga sangat menyayangkan ketidakhadiran anggat dewan tersebut. “Sangat kita sayangkan ketika para anggota dewan tidak dapat hadir secara keseluruhan mengikuti agenda resmi seperti ini. Dan selaku ketua BK, hal ini akan kita tindak lanjuti kepimpinan,” terangnya. Dia berharap agar kedepannya anggota DPRD dapat hadir mengikuti agenda paripurna. “Kita berharap untuk agenda paripurna berikutnya, seluruh anggota DPRD dapat hadir. Karena bagaimanapun, sidang itu sangat penting untuk dilaksanakan agar tidak menimbulkan preseden buruk bagi kinerja anggota DPRD ke depannya,” kata Charles. Pantauan METRO, sidang paripurna itu tampak begitu janggal, pasalnya kursi empuk yang disediakan untuk para wakil rakyat tersebut terlihat banyak yang kosong. Padahal agenda persidangan tersebut sudah dijadwalkan jauh hari untuk pertanggungjawaban

TERCECER Tercecer sebuah Sertifikat Hak Bangunan No. 9279, Desa kenangan, Kab. Deli Serdang, Luas: 99M, An. Ferbunga Aritonang. Tercecer di sekitar Tarutung. Bagi yang menemukan agar dapat mengembalikan dengan menghubungi: HP. 0813 7589 1415. Tidak akan dituntut, tapi akan diberikan hadiah sepantasnya.

TERCECER

Tercecer Surat Tanah An. Har Bondar, Jl. ST. Z. Tampubolon Lingkungan IV Kel. Aek Tolang Kec. Pandan, Kab. Tapteng. Tercecer di sekitaran Jl. ST. Z Tampubolon pada tanggal 11 juni 2013. Bagi yang menemukan mohon diantar ke Polsek Pandan atau kepada Datus Pasaribu. Tidak akan dituntut tapi diberi hadiah yang sepantasnya.

pelaksanaan APBD 2012. Selain itu jadwal sidang yang seyogianya berlangsung pada pukul 08.30 WIB, akhirnya molor menjadi pukul 10.00 WIB. Terpisah, salah seorang pengamat di Tarutung Mulia Sinaga mempertanyakan tanggung jawab moral anggota dewan. “Harusnya anggota dewan menyadari bahwa mereka adalah wakil rakyat yang harus mengutamakan kepentingan rakyat, bukan pribadi. Kalau mereka tidak hadir dalam agenda paripurna yang menyangkut kepentingan rakyat seperti paripurna LKPj ini sangat luar biasa. Berarti mereka tidak mengutamakan kepentingan rakyat,” ujarnya. (cr-01/ mua)


3

SABTU 22 Juni 2013

Kabut Asap Singapura Catat Rekor SINGAPURA-Indeks kabut asap di Singapura mencapai level kritis 400 pada Jumat (21/6) sehingga berpotensi mengancam nyawa orangorang yang menderita sakit dan lanjut usia. Demikian menurut sebuah situs pemantauan milik pemerintah negara itu. Rekor baru itu tercatat pada pukul 11.00 waktu setempat (atau 10.00 WIB) setelah terjadi peningkatan pesat pada Indeks Standar Polutan (Pollutant Standards Index/PSI), yang mengukur krisis kabut asap akibat kebakaran hutan di Indonesia. Para pejabat Indonesia dan Singapura telah mengadakan pembicaraan darurat mengenai cara memadamkan api di lahan-lahan pertanian dan perkebunan di Pulau Sumatera. Berdasarkan sejumlah pedoman yang diterbitkan Pemerintah Singapura, level PSI di atas 400 selama 24 jam “mungkin mengancam nyawa orang-orang sakit dan orang lanjut usia”. Dokter umum Philip Koh mengatakan, ia menyaksikan lonjakan sekitar 20 persen pasien dalam konsultasi pekan lalu dan memperkirakan bahwa sekitar 80 persen dari semua pasien itu menderita penyakit yang berhubungan dengan kabut asap. “Pasien saya mengatakan mereka khawatir tentang berapa lama ini akan berakhir dan berapa tinggi level yang akan terjadi. Sekarang ini sudah mencapai ketinggian 400, seberapa tinggi lagi itu akan terjadi?” katanya kepada AFP. Koh juga mengatakan bahwa banyak pasien yang kembali ke kliniknya untuk membeli masker karena pasokan di pengecer habis. “Persediaan kami di sini juga habis,” katanya. Jika indeks PSI di level 400 berlangsung selama 24 jam, pemerintah menyarankan semua anak, orangtua, dan orang yang menderita sakit untuk tinggal di dalam rumah, tutup semua jendela dan menghindari aktivitas fisik sebanyak mungkin. (kcm/int)

Polisi Nigeria Kembali Bongkar “Pabrik Bayi” LAGOS-Kepolisian Nigeria, Kamis (20/6), menggerebek sebuah rumah dan membebaskan 16 orang perempuan yang diduga dipaksa hamil dan nantinya bayi mereka akan dijual ke sindikat penjualan manusia atau untuk tujuan lain. Polisi menambahkan, telah menahan seorang pria yang diduga mengelola rumah “pabrik bayi” itu. Pria ini, lanjut polisi, dua tahun lalu pernah ditahan dengan tuduhan sama. “Dalam operasi yang dilakukan DSS (Departemen Dalam Negeri), ditemukan 16 perempuan hamil tua, berusia antara 17 hingga 37 tahun,” kata juru bicara kepolisian negara bagian Abia, Geofrey Ogbonna. Ogbonna menambahkan, penggerebekan terhadap Yayasan Cross di kota Aba, wilayah selatan Nigeria itu, digelar pada Selasa (18/6) dan seorang tersangka Hyacinth Ndudim Orikara ditahan. “Tersangka adalah pedagang manusia kambuhan. Dia mengaku sebagai seorang dokter. Saya bisa katakan orang ini ditahan pada Mei 2011 dan saat itu 32 orang gadis diselamatkan dari rumahnya,” ujar Ogbonna. Ogbonna menjelaskan, para perempuan yang diselamatkan polisi mengaku bahwa mereka ditawari untuk menjual bayi mereka seharga 200 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta, tergantung jenis kelamin bayi itu. Aparat keamanan Nigeria sudah beberapa kali mengungkap praktik “pabrik bayi” dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar lokasi kejahatan ini terletak di wilayah tenggara Nigeria. Bulan lalu, enam gadis hamil dibebaskan dari sebuah rumah di Enugu dan tiga orang yang diduga berencana menjual bayi keenam gadis itu ditahan. Penggerebekan di Enugu itu hanya berselang lima hari dari penggerebekan sebuah rumah di negara bagian Imo. Di sana, polisi membebaskan 17 perempuan hamil dan 11 anak-anak dari “pabrik bayi” di kota Umuaka. Para gadis hamil itu berusia antara 14-17 tahun dan mengaku dihamili seorang pria berusia 23 tahun yang sudah ditahan. Sayangnya, pemilik “pabrik bayi” kota Umuaka ini masih buron. (kcm/int)

(FOTO : MARKUS BUDIMAN/MANADO POST)

„ Menjelang kenaikan harga BBM, sejumlah SPBU di Manado mulai dipadati kendaraan bermotor. Tampak antrean di salah satu SPBU yang dijaga aparat kepolisian, Jumat (21/6) kemarin malam.

SBY dan PKS Jangan Selesaikan Konflik ala Artis

JAKARTA-Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera mengambil sikap terkait posisi PKS di koalisi. Menurutnya, kedua pihak tak perlu perang mulut sehingga menyerupai artis yang menghadapi konflik rumah tangga. “Sebaiknya tidak terjebak dalam cara sebagian artis yang ribut di media massa ketika mau cerai,” kata Drajad saat dihubungi pada Jumat (21/6). Drajad mengungkapkan, permasalahan PKS dengan koalisi menjadi semakin menggelitik karena seperti menjadi ajang perlombaan dizalimi. Tak pernah politisi di belahan dunia mana pun yang berpolitik seperti itu. Oleh karenanya, ia meminta kedua kubu yang berseberangan tak perlu lagi mengapitalisasi penzaliman. Baginya, bila sudah tak ada kecocokan, maka semua bisa dipermudah dengan mengadakan pertemuan, membahas, dan menyelesaikan secara baik-baik, serta menerima konsekuensinya. “Jadi sebaiknya hentikan ribut di

media massa, langsung bertindak saja. Faktanya antara Presiden dan PKS sudah tidak ada kecocokan. Saya sangat yakin cara ini lebih mendapatkan simpati masyarakat yang bosan dengan keributan antarelite politik,” ujarnya. Untuk diketahui, posisi PKS di koalisi semakin memanas. Ada suara yang meminta PKS hengkang dari koalisi lantaran menentang kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi. Di sisi lain, PKS dianggap inkonsisten karena tak tegas memosisikan dirinya. Berseberangan dengan pemerintah atas alasan membela kepentingan rakyat, tetapi tak berani keluar dari koalisi. Presiden SBY juga belum menggunakan hak prerogatifnya sebagai komandan koalisi, apakah akan mendepak atau tetap

mempertahankan posisi PKS di koalisi. Menteri PKS Tidak Punya Kuasa di Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) seolah-olah memisahkan diri dengan ketiga menterinya di Kabinet Indonesia Bersatu II. Gara-garanya tentu karena perbedaan sikap PKS dan para menteri terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Anggota Komisi XI dari Fraksi PKS, Ecky Awal Mucharram mengatakan, PKS selama ini memang selalu memisahkan tugas dan wewenang para kadernya di kabinet. Ecky menyebutkan sebagai segregation of duties and authorities. Dengan pemisahan ini, Ecky mengatakan, para menteri tak lagi memiliki pengaruh dalam menentukan arah kebijakan PKS. “Dari setiap pertemuan, para menteri tidak pernah sama sekali berpengaruh dalam menentukan kebijakan partai. Artinya, PKS sudah memutuskan bahwa menteri itu hanya mengurus eksekutif,

Jangan Pilih Caleg Tanpa Riwayat Hidup! JAKARTA- Pengamat pemilu dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Yus Fitriadi, meminta masyarakat tidak memilih calon anggota legislatif (caleg) yang menolak memublikasikan daftar riwayat hidup. Ketentuan publikasi daftar riwayat hidup sesuai dengan aturan KPU. “Jika seorang caleg merasa tidak

memiliki track record buruk, seharusnya mereka tidak perlu takut jika daftar riwayat hidupnya diketahui masyarakat banyak,” kata Yus di Jakarta, Jumat (21/6). Lebih lanjut, menurut Yus, sikap caleg seperti itu menunjukkan jika dirinya sebenarnya tidak ingin dipilih oleh masyarakat. “Seseorang harus menampilkan jati diri dan perfoma yang meyakinkan untuk menarik simpati konstituen,” sambung Yus.

Yus pun meminta KPU membeberkan caleg yang tidak ingin memublikasikan daftar riwayat hidupnya. Dengan demikian, kata Yus, masyarakat mengetahui caleg tersebut. Secara terpisah, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay belum mengetahui caleg yang keberatan daftar riwayat hidupnya diunggah. Proses pengunggahan masih berlangsung. “Jumlahnya dan siapa saja (yang tidak mau) saya belum tahu pastinya,” ujarnya. (kcm/int)

sedangkan PKS legislatif,” ucap Ecky dalam acara diskusi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jumat (21/6). Meski tak memiliki kuasa di internal partai, para menteri tetap bisa menyampaikan saran. “Mereka saran boleh saja, tapi tidak membuat

keputusan,” ucapnya. Hal ini berkaitan dengan pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dan juga anggota Majelis Syuro PKS yang kecewa atas sikap penolakan PKS terkait kenaikan harga BBM bersubsidi. (kcm/int)

E-KTP Seumur Hidup Mulai Terwujud JAKARTA-Rencana memberlakukan KTP elektronik (e-KTP) seumur hidup mulai terwujud. Komisi II DPR menerima usulan pemerintah untuk membahas Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan UU No 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan. Hal itu disampaikan perwakilan sembilan fraksi dalam Rapat Kerja Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Jakarta, Rabu (19/6). Masa berlaku KTP dalam RUU Administrasi Kependudukan diusulkan tidak lagi lima tahun, tetapi seumur hidup. Sebab, data seperti sidik jari dan iris mata tidak berubah. Perubahan hanya diperlukan jika ada perubahan status kependudukan warga. Revisi perundang-undangan ini juga berisi beberapa mekanisme pencatatan peristiwa kependudukan. Pembuatan akta kelahiran untuk bayi yang sudah berusia lebih dari 60 hari ataupun setahun tidak lagi

memerlukan penetapan pengadilan. Hal itu mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi pada 30 April lalu. Warga juga diwajibkan melaporkan kematian anggota keluarga kepada pemerintah daerah setempat. Menurut Gamawan, hal itu menghindarkan warga yang sudah meninggal tetap terdata masih hidup. Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo menambahkan, DPR mengusulkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil menjadi instansi vertikal Kementerian Dalam Negeri. Dengan demikian, pemeliharaan dan pengamanan data kependudukan bisa dilakukan dengan stelsel aktif pemerintah. Peran aktif pemerintah dalam melayani langsung ke rumah penduduk diperlukan jika warga belum melaporkan peristiwa kependudukan. Seusai rapat, Gamawan mengatakan, pembuatan KTP akan dibiayai APBN. Pencetakan KTP elektronik ke depan dilakukan di daerah. (kcm/int)

3 Kriteria Jamaah Haji Ditunda Keberangkatannya JAKARTA - Kementerian Agama mengategorikan jamaah yang ditunda keberangkatannya 2014. Hal itu berkaitan kebijakan Kerajaan Arab Saudi sedang melakukan renovasi pelataran Masjidil Haram.

Berdasarkan Permen No 62 Tahun 2013, tentang kriteria penudaan keberangkataan jemaah haji yang telah lunas Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH). Terdapat 3 kriteria terhadap jamaah haji ditunda keberangkatannya baik jamaah haji reguler maupun jamaah haji khusus. Berikut kriteria itu: Berusia 75 tahun atau lebih, memiliki keterbatasan kemampuan fisik sehingga memerlukan alat bantu, seperti kursi roda, tongkat dan sebagainya dan memiliki nomor urut terakhir hingga memenuhi pengurangan kuota yang ditentukan oleh provinsi atau Kabupaten/ Kota. “Jamaah haji tertunda, akan diprioritaskan keberangkatan 2014,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Anggito Abimanyu dalam konferensi pers keputusan Kemenag pembatasan sementara jamaah haji Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jl Raya Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (21/6). Anggito mengatakan penundaan berdasarkan kriteria tersebut dikarenakan kebijakan Kerajaan Arab Saudi yang sedang merenovasi Masjidil Haram. “Serta demi keselamatan jamaah Indonesia karena untuk lokasi thawaf yang hanya bisa digunakan lantai dasar dekat Kabah,” tuturnya. Selain ketiga kriteria yang telah diputuskan dalam Permen No 62 Tahun 2013 tersebut. Anggito mengatakan tahun ini pemerintah juga menunda bagi jemaah haji yang telah melakukan dua kali untuk tahun ini. (kcm/int)


5

12

SABTU

22 Juni 2013

Bobol Rumah Mertua Brimob

29 Kg Ganja dari Aceh Gagal Masuk Sumut

Untuk Biaya Persalinan SIMALUNGUN- Demi persiapan biaya persalinan istri, Mangatur Sinaga (38) nekat mencuri di rumah mertua salah seorang personel Brimob. Namun aksinya ini berhasil diketahui hingga akhirnya dia diringkus di perempatan traffic light Jalan Medan-Sisingamangaraja, Jumat (21/6) sekira pukul 16.30 WIB. Informasi dihimpun METRO, sebelum ditangkap, sekira pukul 10.30 WIB, pria yang merupakan warga Jalan Karyawan, belakang eks kantor bupati, Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar ini masuk ke rumah Agus Hutagalung (60) mertua Bripka Gandi Siburian yang tinggal di Jalan Pasar Batu, Gang Sosial, Nagori Rambung Merah, melalui jendela belakan yang ditutupi dengan seng. Kemudian membuka satu per satu kaca nako, jendela tersebut. Saat kejadian, pemilik rumah sedang pergi ke Pasar Horas sehingga Mangatur dengan leluasa mengacak-acak ruangang mulai dari ruang depan sampai ke kamar. Pukul 11.00 WIB, Bripka Gandi mendapat telepon dari mertuanya meminta mengambil sesuatu yang ketinggalan di rumah. Saat itu Bripka Gandi menyuruh istrinya Friska br Hutagalung mengambil apa yang diminta mertuanya. Begitu sampai di rumah orangtuanya, Friska terkejut melihat isi rumah sudah berantakan. Friska selanjutnya memberitahukan kondisi rumah ayahnya, Agus Hutagalung dan adiknya, Fredi Hutagalung, yang saat itu sedang sibuk memilih pakaian pernikahannya dengan Kristin, gadis asal Jambi. Rencananya, Fredi dan Kristin akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. Friska kemudian mengecek isi rumah dan ternyata sejumlah perhiasan dan uang sudah raib,

termasuk uang dan perhiasan yang dibawa Fredi dan Kristin dari Jambi yang ditaruh dalam koper. Tak terima dengan kejadian itu, Agus Hutagalung melapor ke Polsek Bangun, ditemani keluarga lainnya. Usai membuat laporan pengaduan, Fredi kembali melacak pelaku. Begitu ketemu dengan Mangatur di persimpangan lampu merah Jalan Medan, dia pun menaruh curiga. Kecurigaan itu timbul karena sekitar 4 bulan lalu Mangatur pernah mencuri perhiasan sepasang anting-anting di rumah tersebut. Namun saat itu tidak dilaporkan karena mereka menganggap pencurian tersebut tidak terlalu besar. Fredi langsung menghubungi iparnya, Bripka Gandi. Saat digeledah, ternyata tas yang dibawa Mangatur berisi perhiasan dan uang. Saat mencoba melarikan diri. massa yang ada di sekitar lokai langsung menyemut kemudian menghajar pelaku. Beruntung Gandi langsung melerai massa. Barang-barang yang dicuri pelaku, antara lain uang pecahan Rp10 ribu sebanyak Rp620 ribu, pecahan Rp5 ribu sebanyak Rp320 ribu, pecahan Rp1.000 satu lembar. Perhiasan yang dicuri, 2 pasang kerabu, 1 buah cicin, 1 buah gelang, 1 buah kalung beserta mainannya, 1 buah dompet tempat emas, 2 buah dompet kosong warnah hitam, 2 buah charger Hp dan 2 buah headset. Kapolsek Bangun AKP Hitler Sihombing ketika dikonfirmasi membenarkan sudah menerima tersangka pembongkaran rumah atas nama Mangatur Sinaga. Sementara tersangka sudah diamankan di rumah tahanan (RTP) Mapolsek Bangun untuk proses lebih lanjut. “Juru parkir Pasar Horas tangga besi Jalan Sutomo itu sudah kita amankan,” ujarnya. (eko)

Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara berhasil menggagalkan pengiriman ganja kering sebanyak 29 paket (1 kg per paket) asal Aceh menuju Medan di Pos Lantas Bukit Satu Tangkahan Durian, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Jumat (21/6) sekira pukul 03.30 WIB.

Foto Bayu

„ Kedua tersangka (tengah) pengiriman ganja kering yang diamankan oleh pihak BNN SU di Jalan Halat Medan.

UANG SALES DICURI DI PARKIRAN TEBINGTINGGI- Uang milik sales PT SNS Garuda Food Cabang Kota Tebingtinggi sebesar Rp5,8 juta yang diletakkan di dalam mobil box BK 8733 MN dicuri maling ketika sedang parkir di Jalan Thamrin Kota Tebingtinggi, Jumat (21/ 6) sekitar pukul 11.15 WIB. Dalam laporannya kepada polisi, sales bernama Dedy Siswanto (28), warga Jalan KF Tandean Kota Tebingtinggi bersama kondekturnya, Debby

Seorang pria asal India membangun sebuah monumen cinta seperti Taj Mahal di kebun miliknya untuk mendiang istrinya yang telah meninggal pada 2011 silam. Faizul Hasan Kadari membangun sebuah bangunan yang menyerupai Taj Mahal di desa Bulandshahr, India. Bangunan megah ini dibuat untuk menghormati kematian istrinya Tajammuli Begum pada Desember 2011. Pria berusia 77 tahun ini membangun monumen ini setinggi 15 meter di lahan perkebunan miliknya. ”Saya tidak pernah punya anak dan istri, kalau saya mati saya tidak punya siapa-siapa. Jadi bangunan ini untuk mengingat nama saya dan istri saya untuk selamanya,’ ungkap Faizul.

Novrayana (22), seperti biasanya, setiap harinya mereka memasukan pesanan jajanan ke sejumlah toko di Kota Tebingtinggi dan hasil uang penjualan barang dagangan senilai Rp5,8 juta kemudian dimasukan ke dalam plastik hitam dan disimpan di dalam mobil box. “Saat mengambil barang jajanan pertama uang masih ada. Tetapi yang kedua, hendak mengambil barang jajanan lagi,

uang tersebut hilang dan pintu mobil box rusak akibat dibuka paksa,” papar Deby ketika membuat pengaduan ke Mapolres Tebingtinggi. Kasubbag Humas Polres Tebingtinggi AKP Ngemat Surbakti membenarkan kejadian pencurian milik sales sebesar Rp5,8 juta. Selanjutnya pihak kepolisan masih melakukan oleh tempat kejadian perkara. “Pelaku masih dalam lidik petugas,” jelas Ngemat. (ian)

Demikian dikutip dari Orange, Jumat (21/6). ”Hari itu saya berjanji pada istri saya bahwa akan membuat kuburan dengan namanya begitu besar di seluruh dunia agar semua orang mengingat kita selamanya,” tambahnya. Faizul telah menghabiskan uang

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, 29 kg ganja yang dibungkus dengan lakban kuning ini dibawa melalui Biruen, Aceh tujuan Medan yang memang telah dibuntuti oleh petugas sejak dari Kabupaten Langkat menggunakan mobil Avanza Hitam BK 1170 RJ oleh Fitriadi alias Fit (24) dan Iskandar alias Kandar (22), keduanya merupakan warga Dusun Tunong, Kelurahan Pulo Reudop, Kecamatan Jangka Aceh dan berprofesi sebagai petani. Penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari warga dan petugas BNN SU yang sudah bekerja sama dengan BNN Langkat sudah seminggu belakangan memantau peredaran ganja ini. Dini hari tadi, kedua pelaku tak dapat lagi mengelak setelah dirazia dan diperiksa di dalam mobil terdapat 29 bungkusan ganja yang disimpan di bagian dash board dan bagian bodi kanan kiri mobil. Rencananya ganja asal Matang Kabupaten Biruen yang dimiliki tersangka berinisial I ini akan dikirim ke Medan dengan penerima berinisial A di salah satu gudang bus di kawasan Pondok Kelapa. Masing-masing tersangka mengaku kalau mendapatkan uang sebesar Rp1,2 juta per orang untuk mengirimkan ganja tersebut. Sementara Kepala BNN SU Kombes Pol Rudi Tranggono mengatakan, pihaknya telah

sebesar 10.500 poundsterling atau sekira Rp161 juta untuk membangun monumen tersebut. Namun, saat ini Faizul kehabisan uang dan dia mungkin tidak akan dapat menyelesaikan proyek ambisiusnya itu ”Saya mulai membangun pada Februari 2012. Saya bekerja untuk membangun ini dengan bekerja selama delapan jam sehari termasuk satu jam untuk makan siang. Tapi, September lalu saya harus berhenti karena saya kehabisan uang untuk membayar orang untuk membantu saya bekerja,” ujar Faizul. (int)

„ Ular piton membuka pintu.

Ular Piton

Buka Pintu Sendiri „ Kadari dan Monumen Cintanya

Ayah Mabuk Berat

Anak 7 Tahun Disuruh Kemudikan Mobil Perilaku seorang pria Australia ini tidak pantas ditiru. Bayangkan, dia meminta anak lakilakinya mengemudikan mobil karena dirinya mabuk berat. Insiden ini terjadi pada Jumat (21/6) di kawasan Gold Coast Australia. Polisi yang sedang berpatroli menghentikan

sebuah mobil yang melaju tanpa menyalakan lampu depannya pada pukul 03.00 dini hari. Setelah dihentikan, betapa terkejutnya polisi setelah melihat pengemudi mobil tersebut adalah seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun. Sementara, di kursi penumpang seorang pria tergeletak tak berdaya akibat mabuk. ”Seorang pria telah didakwa melakukan pelanggaran aturan

bekerja sama dengan BNN daerah di 7 kabupaten dan kota dalam pemberantasan peredaran narkoba. “Kita (BNN SU) sudah bekerja sama dengan pihak BNN kabupaten dan kota dan telah memantau Langkat, yang merupakan wilayah yang berbatasan dengan Aceh. Sementara untuk sabu-sabu kita memantau dari Aceh, Tanjung Balai dan kawasan pesisir pantai,” ujarnya saat di kantor BNN SU di Jalan Halat, Kecamatan Medan Area, Jumat (21/6). Dia berharap kepada masyarakat agar memberikan bantuan informasi akan adanya peredaran-peredaran narkoba di masing-masing wilayahnya. “Kita berharap kepada warga agar mau menjadi sumber informasi dalam pemberantasan narkoba ini,” tambahnya. Lebih lanjut, kedua pelaku akan dikenakan undang-undang tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika sesuai pasal 111 ayat 2 dan 115 ayat 2, UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman ancaman penjara minimal 5 tahun. Untuk penyelidikan sementara, pihak BNN SU akan bekerja sama dengan Polresta Medan untuk menitipkan sementara kedua tersangka beserta barang buktinya, yakni 29 bungkus ganja dan mobil Avanza hitam BK 1170 RJ yang digunakan para tersangka. (Bay)

lalu lintas serius, setelah patroli polisi menghentikan mobil yang dikemudikan bocah tujuh tahun di Surfers Paradise,” demikian keterangan polisi. Pria berusia 41 tahun itu didakwa melakukan tindakan berbahaya dengan kendaraan bermotor. Selain itu, dia juga didakwa karena mengonsumsi alkohol berlebihan. Sementara itu, si bocah kini berada dalam perawatan pihak

keluarganya. ”Saya hanya bisa menggelengkan kepala dan sangat terkejut mengetahui kegilaan ini,” kata Menteri Transportasi Negara Bagian Queensland, Scott Emerson, kepada ABC. ”Saya sudah berulang kali menyampaikan betapa buruknya jumlah korban akibat kecelakaan lalu lintas kita,” lanjut Emerson. Penasihan keamanan

mengemudi dari Royal Automobile Club Queensland, Joel Tucker, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur tak ada korban dalam insiden itu. ”Anak-anak seusia itu belum memiliki kapabilitas mental atau fisik untuk mengendarai mobil dengan aman,” kata Tucker. ”Sangat memprihatinkan mengetahui seorang bocah dipaksa mengemudikan sebuah mobil,” Tucker menegaskan. (int)

Sebuah video seekor ular piton raksasa yang mampu membuka pintu sendiri menjadi heboh di internet. kejadian itu sontak membuat semua orang terkejut dan semakin waspada terhadap ular. Seperti diberitakan Metro, Kamis (20/6), ular piton berwarna kuning ini cukup menakutkan, pasalnya ia mampu membuka sendiri pintu yang sedang tertutup rapat dengan menegakkan tubuhnya. Dalam video ini memperlihatkan ular piton bernama Julius ini yang sedang bosan terperangkap dalam ruangan yang gelap. Ia menyalakan lampu dan membuka pintu dengan menegakkan sebagian tubuhnya. Akhirnya ia terbebas dari ruangan tersebut. Video yang berdurasi 13 detik ini diambil pada pukul 1 dini hari waktu setempat. Video aksi Julius ini diunggah tiga tahun silam oleh sang pemilik di situs Vimeo dengan akun Jenner. (int)


SABTU

22 Juni 2013

HOROSKOP HARI INI Gemini

(21 Mei - 20 Juni)

Karir: Persoalan besar bukan berarti tak ada jalan pemecahannya, asalkan diri Anda selalu tekun dan ulet dalam berusaha. Asmara: Jangan cemas, itu hanya gertak sambalnya untuk menguji

Cancer

(21 Juni- 20 Juli)

Karir: Omongan dari orang lain yang tampak meremehkan itu sebaiknya diterima saja dengan senyum dan jadikan itu cambuk untuk bisa berbuat yang lebih baik lagi.

Leo

(21 Juli-21 Agustus)

Karir: Omongan sumbang yang Anda dengar sebaiknya didiamkan saja, percuma jika ditanggapi. Asmara: Tak perlu cemas dan berpikiran yang aneh-aneh karena segalanya masih bisa diatasi dengan penuh kesabaran.

Virgo

(23 September - 22 Oktober)

Karir: Bila ada masalah sebaiknya diselesaikan dengan penuh ketenangan. Tidak perlu panik ataupun berkecil hati. Asmara: Jangan cemas karena ini sifatnya hanya sementara saja. Yang terpenting segala ucapan perlu dijaga (23 Agustus-22 September)

Penyanyi dan model cantik Aura Kasih, mengaku akan menaikkan honor manggungnya apabila pemerintah jadi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Itu dilakukan untuk mengimbangi naiknya harga kebutuhan hidup.

Libra

.Karir: Cobalah untuk lebih independen dalam membuat keputusan sehingga tak diombang-ambingkan oleh berbagai kepentingan. Asmara: Bersikaplah bijaksana terutama dalam menyikapi segala keinginannya. Jangan sampai menyinggung hatinya. (23 Oktober – 22 November)

Scorpio

Karir: Janganlah sekali-kali meremehkan walaupun itu persoalan kecil. Asmara: Jagalah suasana yang sudah harmonis ini. Jika ada topik pembicaraan yang bisa merusak suasana ada baiknya disimpan dulu.

Sagitarius

( 23 November - 20 Desember)

Karir: Hindari perasaan ragu yang tak ada untungnya itu. Asmara: Hubungan dengannya memang lagi baik, hanya saja terkadang mulut usil muncul dari teman Anda.

Capricorn

(21 Desember -19 Januari)

Karir: Jangan pedulikan omongan orang jika Anda tak ingin kesulitan sendiri nantinya. Asmara: Tak perlu gampang tersinggung bila dicela sebab itu merupakan spirit untuk lebih baik. (20 Januari - 18 Februari)

Aquarius

“Kalau BBM naik honor mesti dinaikin lagi sih,” ujar Aura Kasih di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (21/ 6). Pelantun lagu “Mari Bercinta” itu mengaku tidak akan mengganti mobilnya menjadi lebih irit sebagai pendukung pekerjaannya. Menurutnya, mobilnya saat ini sudah sangat standar. “Segala sesuatunya harus seimbang saja. Aku juga enggak berencana untuk ganti mobil,” paparnya. Menurutnya, kalangan yang paling merasakan dampak kenaikan BBM adalah masyarakat golongan menengah ke bawah. Apalagi kenaikkan BBM tidak dibarengi dengan naiknya Upah Minimum

Regional (UMR). “Sebenarnya aku enggak gitu ngerti kenapa BBM naik, kalau memang bbm naik dan UMR naik itu seimbang gitu. Tapi kalau BBM naik tapi gaji sama UMR segitu saja kayaknya kurang pas,” ujarnya menambahkan. Saat ditanya soal harga bahan pokok yang ikut naik, mojang asal Bandung, Jawa Barat itu dengan santai menjawabnya. “Mungkin kalau yang itu mau puasa kali, bahan pokok dan BBM naik karena mereka juga ngejar banget. Itu sudah tradisi dari dulu, udah pasti naik,” imbuhnya. (abu/jpnn)

Karir: Nama baik harus dijaga, karir sedapat mungkin terus ditingkatkan, paling tidak dipertahankan. Asmara: Masalah Anda berdua selesaikan sendiri. Tak perlu menyertakan pihak ketiga.

Pisces

19 Februari - 20 Maret

Karir: Tetaplah tenang dalam menyikapi semua permasalahan agar imej mereka kepada Anda akan tetap positif. Asmara: Tak usah lagi ribut-ribut soal cinta sebab apa sih artinya sebuah cinta jika tanpa adanya pengorbanan?

Aries

(21 Maret - 20 April)

Karir: Jangan abaikan saran yang datang sekalipun Anda kurang bisa menerima saran tersebut. Asmara: Jangan biarkan emosi merasuki hati Anda berdua.

Taurus

(21 April - 20 Mei)

Karir: Inti permasalahan saat ini dapat diselesaikan dengan sikap Anda yang tegas dan penuh keyakinan diri. Asmara: Serahkan pada Yang Di Atas kalauAnda sudah merasa tidak mampu untuk menemukan jalan keluarnya.

Pedangdut Zaskia Shinta atau Zaskia Gotik punya doa khusus yang akan dipanjatkan selama menjalankan ibadah umroh, pada 27 Juni besok. Perempuan pemilik goyangan itik ini menyampaikan niatnya lebih banyak berdoa urusan minta jodoh. “Semoga pulang umroh nanti dapat jodoh ya. Dapet jodoh yang baik. Bisa nerima Eneng dengan segala kekurangan dan kelebihan,” ungkap Zaskia Shinta di Studio 6 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (21/6). Zaskia berangkat umroh bersama keluarganya. Dia juga memohon doa agar

keluarganya diberi kesehatan. “Nanti doa buat keluarga juga biar dikasih kesehatan dan panjang umur,” lanjutnya. Karena harus mempersiapkan banyak hal, Zaskia pun telah meliburkan diri dari jadwal manggung sejak 24 Juni, tiga hari sebelum keberangkatannya. “Tanggal 24 sudah off. Soalnya harus kumpul sama keluarga dan banyak persiapannya juga,” pungkasnya. (kpl/int)

Tyo Nugros Bjah Ex The Fly

Tersangka Narkoba

Mantan drummer Dewa 19, Tyo Nugros akui jika dirinya sudah membentuk dua kelompok band belum lama ini. Band tersebut kini tengah mempersiapkan rekaman barunya. “Sudah bentuk dua band baru. Kini band itu sedang mempersiapkan pembuatan album,” kata Tyo Nugros saat menghadiri Indonesia Drummer di Space Resto, Kemang, Jakarta Selatan, kemarin. Tyo mengaku, dua grup band yang dibentuknya itu bernama Elektron45, dan Kontrakarna. Keduanya diakui dia sudah cukup lama dibangun dan siap tampil di publik. “Lumayan band ini sudah cukup lama aku bentuk dengan teman-teman,” katanya. Lantas hubungan dengan kelompok band lamanya, Dewa 19, Tyo menjelaskan masih sangat dekat. Belum lama ini, mereka sering bertemu dalam acara reunian.”Hubungan kami baik dan selalu kordinasi di Dewa 19,” ucapnya. Belum lama ini kata Tyo, sejumlah personil Dewa 19, mengadakan acara temu kangen. Salah satunya acara tersebut digelar di daerah Medan, Sumatera Utara. “Sudah sering kita tampil, main bareng. Terakhir kami kumpul di Medan,” jelasnya. Dan sebentar lagi, kata Tyo juga kembali mengadakan reunian band lamanya Dewa 19. Tyo menjelaskan, sekitar tanggal 29 Juni, akan digelar di daerah Jogyakarta, Jawa Tengah.”Kami masih terus menggelar temu kangen di personil Dewa 19,” ucapnya. Pria berkulit putih ini juga mengaku, jika dirinya masih berstatus lajang. Dirinya masih fokus dengan grup band nya yang kini masih dalam proses pengembangan.”Kebetulan saya masih jomblo,” jelasnya. Kini dengan kemajuan musik Indonesia, Tyo berharap, sejumlah peralatan musik juga bisa ikut mendukung. Salah satunya, peralatan panggung yang harus dimiliki industri lokal. “Selama ini merek luar mendominasi kebutuhan musik, kenapa tidak lokal yang mendominasi,” tandasnya.(dny/jpnn)

Badan Narkotika Nasional kembali lagi menangkap seorang publik figur yang kedapatan menggunakan narkoba. Rabu (19/6) sekitar pukul 23.45 WIB, di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, berkat laporan masyarakat tentang adanya tindakan melanggar hukum, pihak BNN pun langsung melakukan penggerebekan. Adalah Muhammad Hamzah atau Bjah mantan vokalis band The Fly yang tertangkap oleh pihak berwajib bersama enam orang temannya. “Hasil yang kami peroleh, mengamankan tujuh orang, empat di antaranya adalah wanita dan tiga pria. Adapun barang bukti yang sementara dapat kami amankan, serbuk kristal yang diduga narkotika jenis A seberat 0,3 gram, 14 butir tablet Happy Five atau H5, 1,5 butir tablet yang diduga ekstasi berwarna hijau. Satu unit alat pengguna sabu atau bong,” jelas Brigadir Jendral Polisi. Drs. Arman Depari Dirtipid Narkoba, Bareskrim Polri saat gelar perkara di BNN, Jakarta Timur, kemarin. Dalam gelar perkara tersebut, pihak kepolisian menetapkan ketiga pria yang diciduk termasuk

Nadya Mulya

Sidak Kantin Presenter Nadya Mulya pernah sidak ke kantin, sekolah tempat anaknya menuntut ilmu, untuk memastikan higienitas makanan yang dijual di sana. “Saat mau mendaftarkan anak ke sekolah, hal pertama yang menjadi perhatian saya adalah keadaan kantin sekolahnya. Makanya saya sempat melakukan sidak,” kata Nadya usai membawakan acara Kantin Higienis bersama Sunlight di Hotel Le Meridien Jakarta, kemarin. Nadya mengatakan, sangat memperhatikan higienitas dan kandungan gizi pada menu di kantin sekolah anaknya, demi menjaga kesehatan si buah hati. “Saya merasa harus memastikan secara langsung seperti apa keadaan kantin di sana, apalagi kantin sudah seperti dapur kedua bagi anak-anak kita,” kata ibu dua anak tersebut kepada Antara.

Bahkan Nadya menjalin kedekatan personal dengan pemilik kantin sekolah agar dapat lebih mengawasi makanan anak-anaknya. “Saya punya kontak pemilik kantin di BBM saya, jadi saya bisa pesan menu makanan tertentu pada si pemilik kantin,” katanya. Nadya berharap para ibu juga melakukan hal yang sama dengan yang dilakukannya untuk menjaga kesehatan putra-putrinya. “Saya harap lebih banyak ibu yang sadar dengan pentingnya menjaga asupan konsumsi anak-anak. Kita kalau perlu juga memberi pengertian pada anakanak agar tidak jajan sembarangan karena rasanya susah kalau harus meminta pedagang berjualan makanan sehat sesuai standar kita,” katanya.(kpl/ int)

Bjah sebagai tersangka. “Saat ini masih dilakukan pemeriksaan dan pengembangan intensif terhada para tersangka, khususnya tiga lelaki yang sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Atas nama MH alias BJ, kemudian yang kedua MW, ketiga adalah NHM alias NH. Sedangkan empat wanita yang bersama mereka masih dijadikan saksi. Karena tiga wanita tersebut dari luar diskotk dibawa ke dalam (diskotik), dan satu wanita mami,” papar Brigadir Jendral Polisi. Drs. Arman. Dari hasil tes urine yang dilakukan pihak berwajib, Bjah dan dua teman lainnya dinyatakan positif menggunakan zat amphetamine.(kpl/ int)


14

SABTU

22 Juni 2013

Usain Bolt

Tembus Semifinal Kualifikasi PELARI tercepat di dunia, Usain Bolt dengan mudah lolos ke babak semifinal kualifikasi untuk kejuaraan dunia 100 meter. Babak kualifikasi ini berlangsung di Kingston, Jamaika. Bolt memulai pertandingan dengan baik dan mengontrol balapan sejak memasuki 40 meter, sebelum akhirnya menyentuh garis finis dengan catatan waktu 10.00 detik. Sementara itu Asafa Powell, yang sebelumnya tidak bisa tampil sepanjang musim karena cedera hamstring, juga lolos ke babak semifinal. Powell akan menjadi penantang Bolt setelah mencatat waktu terbaik kedua, 10.02 detik di nomor 100 meter. “Sangat senang bisa menyelesaikan balapan perdana di tahun ini. Ini sangat mudah sekali,” kata Powell, yang baru mengikuti ajang balap lari perdananya kepada Reuters, Jumat (21/6). Selain Bolt dan Powell, pelari top asal Jamaika lainnya yang mengikuti kualifikasi untuk kejuaraan dunia tahun di Moskow kali ini adalah Kemar Bailey-Cole yang berhasil finis di urutan ketiga dengan catatan waktu 10.11 detik. Juara dunia Yohan Blake tidak mengikuti kualifikasi untuk kejuaraan dunia 100 meter di

Singapura Open Superseries

Ganda Campuran Pastikan 1 Tiket Final Ganda campuran Indonesia dipastikan memiliki satu pasang wakil di final Singapura Open 2013. Lolosnya Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir ke semifinal menjamin hal tersebut.

Moskow nanti. Pasalnya, Blake sudah mendapatkan jatah wildcard untuk langsung berlaga di kejuaraan yang akan be rlangsung 10-18 Agustus mendatang itu. (int)

Tontowi/Liliyana, yang unggulan tiga, melaju usai memenangi partai perempatfinal lawan Chris Adcock/ Gabrielle White di Singapore Indoor Stadium, Jumat (21/6). Owi/Butet—sapaan Tontowi/ Liliyana—cuma butuh 28 menit untuk mencatatkan kemenangan 21-14 dan 217 atas lawannya tersebut setelah mendominasi permainan. Di semifinal, Owi/Butet akan menantang pasangan Indonesia, Praveen Jordan/Vita Marissa. Dengan demikian maka Owi/Butet bakal menghadapi rekan senegaranya dalam sebuah duel ‘Merah Putih’ di babak empat besar, membuat satu tiket final ganda campuran dipastikan jadi milik pasangan Indonesia. Di sektor ganda putri, Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta berhasil menyungkurkan unggulan tiga Ma Jin/Jinhua Tang dengan 21-19, 18-21, dan 24-22 dalam partai ketat yang berjalan 1 jam 17 menit. Pia/Rizki pun

tiba di semifinal. Hasil itu membuat Indonesia masih menyisakan dua wakilnya di babak empat besar ganda putri. Selain Pia/ Rizki, sebelumnya juga ada Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii yang sudah lebih dulu lolos. 4 Wakil Lainnya juga Lolos Semifinal Juara Indonesia Open 2013 lalu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, maju ke semifinal Singapura Open 2013 setelah melewati hadangan unggulan dua Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

Di Singapore Indoor Stadium, Jumat (21/6), Ahsan/Hendra membutuhkan waktu 33 menit untuk mengamankan tiket semifinal berkat kemenangan 21-15 dan 23-21 atas Endo/Hayakawa. Pada babak empat besar, Ahsan/Hendra akan berjumpa dengan pasangan unggulan lima Cai Yung/Fung Haifeng atau Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Beberapa saat sebelumnya, Lindaweni Fanetri harus bermain nyaris satu jam, tepatnya 58 menit, untuk bisa menyingkirkan unggulan dua Saina Nehwal 17-21, 21-13, dan 21-13. Linda mampu memberi perlawanan cukup alot di awal set pertama, meski akhirnya harus kalah. Ia bangkit di set kedua dan cukup mendominasi Saina, yang tak lagi bisa mengejarnya setelah berimbang pada kedudukan 4-4. Di set ketiga, Linda juga kembali tampil prima. Setelah berimbang 3-3, ia terus meninggalkan perolehan angka lawan yang mengandaskannya di babak awal Indonesia Open 2013 lalu itu. Di babak semifinal, Linda “dikeroyok” pemain China karena tiga semifinalis lainnya adalah pemain dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Dan, Tommy Sugiarto masih menjaga peluang tunggal putra Indonesia berjaya di Singapura Open 2013. Tommy mengalahkan Rajiv Ouseph dan lolos ke semifinal.

C

Dalam pertandingan perempatdfinal di Singapore Indoor Stadium, Jumat (21/ 6), Tommy yang di babak sebelumnya menyingkirkan unggulan delapan Wang Zhengming butuh 42 menit untuk mengatasi Ouseph dengan kemenangan 21-19 dan 21-18. Di set pertama, Tommy mendapat perlawanan cukup alot dari Ouseph meski akhirnya tak lagi terkejar usai berimbang dalam kedudukan 10-10. Di set kedua, Tommy terus-terusan mengungguli perolehan angka lawannya. Ouseph sempat bangkit dan menyamakan kedudukan pada skor 1818, tetapi Tommy tetap tidak terbendung. Hasil itu membuat Tommy kini menanti siapa lawan yang akan ia hadpi di semifinal, yakni antara unggulan enam Nguyen Tien Minh atau Marc Zwiebler yang menyisihkannya di semifinal Indonesia Open lalu. Di partai lain, ganda putri Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii memastikan satu tempat di semifinal usai mengalahkan unggulan delapan Jung Kyung Eun/Kim Ha Na dengan 21-12 dan 22-20 dalam waktu 39 menit. Di semifinal, Nitya/Greysia akan berhadapan dengan unggulan lima Tian Qing/Zhao Yunlei atau pasangan kualifikasi Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda.(int)

Irina Shayk

Resah Dibayangi Penguntit IRINA SHAYK pacar dari mega bintang Cristiano Ronaldo sedang tidak tenang, pasalnya ia merasa terus diikuti oleh seorang penguntit. Bahkan model cantik asal Rusia itu memutuskan untuk melapor kepada polisi, ia mengaku diikuti oleh seseorang dan mencoba memasuki salah satu flatnya di New

York. Irina juga mengatakan bahwa dalam dua tahun belakangan ini ia sering mendapatkan kiriman barang dari orang tak dikenal, mulai dari bunga, hadiah atau benda-benda lainnya. Tukang lenggak-lenggok catwalk berusia 27 tahun itu akhirnya

melapor ke pihak yang berwajib setelah khawatir keselamatannya terancam. Di masa lalu model-model terkenal macam Claudia Schiffer, Tyra Banks atau Bridget Hall juga pernah dikuntit para ‘stalker’ dan biasanya selalu berujung pada kejadian yang tak menyenangkan.(int)

Novak Djokovic

Misi Balas Dendam PETENISputranomor satu dunia, Novak Djokovic bertekad u n t u k membalas dendam di Wimbledon, setelah kekalahan menyakitkan di semifinal French Open dari Rafael Nadal. Djokovic kalah dalam dari petenis asal Spanyol itu dalam pertarungan thriller yang berlangsung lima set. Setelah itu, Nadal pun melangkah ke final dan memastikan gelar Rolan Garros kedelapan usai menundukkan David Ferrer di final. Tapi, Djokovic sekarang menuju ke turnamen Grand Slam favoritnya, Wimbledon, dan dia tertarik untuk tetap mempertahankan posisinyadiperingkat teratas. Petenis asal Serbia itu mengaku sangat termotivasi untuk bisa memenangkan

gelar Wimbledon yang telah lama dia impikan. “Yang menghibur saat ini adalah bahwa saya akan tampil di Wimbledon, dan tidak ada motivasi yang lebih besar daripada bermain di turnamen paling bergengsi di dunia dalam olahraga kami,” jelas Djokovic, seperti dilansir Independent, Jumat (21/6). “Ini adalah yang saya selalu impikan untuk dimenangkan, dan itu adalah puncak dari karier saya. Saya suka bermain di Wimbledon. Rumput adalah permukaan yang paling khusus dalam olahragakami,”kataTheDjoker(julukanDjokovic). Petenisberusia26tahuniniberharapdirinyabisa bangkit dari kekalahan di French Open. Dia juga mengaku sudah melupakan kekalahan tersebut, dan ingin melanjutkan hidup dengan meraih gelar sebanyak-banyaknya. “Mudah-mudahan saya bisa bangkit kembali usai dikalahkan Nadal di Paris. Itu adalah salah satu pertandingan paling mendebarkan dalam karier saya. Hidup terus berjalan dan dan itu tidak akan menjadi kekalahan yang pertama atau terakhir,” tuturnya. “Saya dikalahkan dia (Nadal) di Paris tiga atau empat kali sebelum ini. Kalah adalah kerugian dan tentu saja menyakitkan. (int)

Mark Webber

Belum Putuskan Masa Depannya MARK WEBBER masih belum bisa menentukan masa depannya bersama Red Bull di musim depan. Pembalap asal Jerman ini mengaku masih butuh waktu guna mengambil keputusan soal kontraknya tersebut. Pembalap berusia 36 tahun itu memang dikabarkan akan pensiun di akhir musim nanti. Tak hanya itu, ia juga dikabarkan akan hengkang dari tim yang dibelanya sejak 2007 tersebut karena kurang harmonisnya hubungan Webber dengan rekan setimnya, Sebastian Vettel. Spekulasi pun berkembang hingga memunculkan nama Kimi Raikkonen sebagai suksesornya di Red Bull nanti. Melihat kondisi tersebut, dirinya mengaku tak merasa terancam dan siap memberikan yang terbaik sepanjang musim ini. “Keputusan ada di tangan saya. Tentunya saya harus tetap tampil bagus, kalau tidak, banyak orang yang menginginkan kursi saya karena Red Bull adalah tim yang menarik,” ujar Webber seperti dilansir Autosport. Webber juga menegaskan masih memiliki hubungan yang cukup baik dengan bos Red Bull, Dietrich Mateschitz. “Hubungan saya dengan Dietrich Mateschitz cukup baik,” katanya. Meski begitu, dirinya untuk saat ini tak ingin cepat-cepat dalam mengambil

C keputusan soal masa depannya. “Saya harus membuat keputusan besar, tapi tidak untuk

saat ini. Saya masih membutuhkan waktu,” pungkasnya. (int)


15

15

SABTU 22 Juni 2013

SPANYOL 10

0 TAHITI

PECAH REKOR Pesta gol! Itulah dua kata yang patut menggambarkan hasil fixture kedua Grup B Piala Konfederasi antara Spanyol kontra Tahiti. Spanyol yang berstatuskan juara dunia tak hanya sukses menang, namun juga mengukir rekor baru dengan skor gila-gilaan, 10-0.

S

ebelumnya sepanjang Piala Konfederasi digelar, margin angka kemenangan terbe sar di pegang tuan rumah Brasil. Tim berjuluk Seleção itu mencatatkan kemenangan dengan selisih enam gol saat menang 6-0 atas Australia pada edisi 1997, serta dua tahun berikutnya kala unggul 8-2 atas Arab Saudi. Kini rekor itu dipecahkan Spanyol dini hari tadi dengan margin 10 gol. Namun angka yang didapat Spanyol tetaplah tiga poin. Total, Spanyol sudah mengumpulkan enam poin dan otomatis memegang satu tiket semifinal. Senin depan, status juara grup baru akan diperebutkan antara Spanyol dengan Uruguay atau Nigeria yang baru akan berlaga beberapa saat lagi. Spanyol tak membuang waktu banyak untuk memimpin dengan dimulainya gol dari Fernando Torres. La Furia Roja kemudian memperbesar keunggulan di menit ke-31 dari David Silva. Dua menit berselang, Torres membukukan gol keduanya. Villa juga tak ingin ketinggalan menyusul Torres pada menit ke-39. Papan skor berubah lagi setelah Villa memanfaatkan assist David Silva. Skor mutlak 4-0 pun bertahan hingga jeda. Tahiti benar-benar “habis” diberi pelajaran sang juara dunia. Baru empat menit babak kedua berjalan, Villa menorehkan gol ketiga alias hattrick-nya. Fiesta gol tim Matador belum terhenti sampai di situ. Gol keenam Spanyol lahir lagi dari Torres. Ya, bomber berjuluk El Niño itu pun mencetak hattrick-nya di menit ke-57 dengan

memaksimalkan umpan pendek Villa. Villa bisa jadi akan mendulang man of the match dini hari ini. Pemain yang beberapa waktu lalu cedera berat ini pun melahirkan hattrick, alias gol ketiganya. Papan skor bergolak lagi, 7-0 dengan memanfaatkan blunder Roche di bawah mistar Toa Aito – julukan Tahiti, pada menit ke64. Seantero Maracaña tak henti-hentinya bersorak menyambut hujan gol Spanyol. Lagi, gawang Tahiti robek untuk kedelapan kalinya. Kali ini pelakonnya Juan Mata dua menit berselang. Perlawanan dari Tahiti? So far tim besutan Eddy Etaeta itu hanya jadi ‘samsak’ sepanjang laga. Angka 9-0 untuk Spanyol pun tercipta di menit ke-78. Pelakunya Torres yang juga mencetak empat gol. Torres dengan mudahnya lepas dari kawalan bek-bek Tahiti dan kembali mempecundangi Roche. Segenap publik Maracaña akhirnya dipuaskan dengan angka yang mereka tunggu-tunggu. Ya, skor 10-0 akhirnya tercipta ke-89 lewat kaki Silva. Finally, derita Tahiti pun berakhir tatkala wasit Djamel Haimoudi asal Aljazair meniup peluit panjang. Skor 10-0 membuat Spanyol mencetak rekor baru sebagai tim dengan kemenangan terbesar sepanjang sejarah Piala Konfederasi. (int)

Indosiar, SCTV dan Nexmedia

Siarkan Premier League BARCLAYS Premier League atau Liga Inggris musim mendatang akan disiarkan di Indosiar, SCTV dan Nexmedia. Beberapa pertandingan seperti FA Cup dan One Capital Cup juga akan ditayangkan. ”Ini suatu kehormatan bagi kami untuk menjadi ofisial broadcaster BPL. Hal ini memang membutuhkan perjalanan yang berliku untuk menayangkan BPL,” ujar

Sutanto Hartono perwakilan SCTV saat jumpa media di SCTV tower, Jumat (21/6). ”Kami akan menayangkan 76 pertandingan BPL, FA Cup semifinal dan final, One Capital semifinal dan final di Indosiar, SCTV dan Nexmedia,” lanjut Tanto. Hadir juga dalam jumpa media Darius Sinathriya yang akan menjadi presenter BPL dan komentator Binder Singh.

Messi Disidang 17 September

”Semoga tayangan ini akan menghibur para pencinta sepakbola Inggris,” ujar Darius. ”Hal ini merupakan momentum yang baik, karena Indonesia sendiri akan kedatangan banyak klub Eropa dan tayangantayangan BPL sekaligus bisa meningkatkan euforia para pecinta sepakbola,” ujar Binder Singh salah satu komentator BPL. (int)

KASUS penggelapan pajak yang dituduhkan kepada Lionel Messi memasuki babak baru. Bersama sang ayah, Jorge Horacio Messi Perez, Messi akan menjalani sidang pertamanya di Pengadilan Gava pada 17 September 2013. AS menulis hakim akhirnya mengabulkan permohonan dari jaksa penuntut umum guna menggelar kasus ini di pengadilan. Seperti diketahui, Messi dan ayahnya ditengarai telah menggelapkan pajak image rights antara 2007-2009 sebesar 4 juta euro. Juga belum diketahui apakah persidangan ini akan bentrok dengan jadwal pertandingan Messiah mengingat kasus tersebut digelar pada Selasa yang biasanya dilangsungkan partai Liga Champions. Jaksa penuntut menekankan bahwa ayah Messi adalah otak di balik kasus ini. Image right Messi sendiri berasal dari para sponsornya seperti Banco Sabaddell, Danone, Adidas, Pepsi Cola, Telefónica dan Kuwait Food Company. Jika terbukti bersalah, pemain 25 tahun ini terancam hukuman maksimal enam tahun penjara. Dalam Facebooknya, Messi sudah membantah tuduhan ini. (int)

6 Klub Incar Pemain Muda City PEMAIN muda Manchester City, Abdisalam Ibrahim tengah jadi incaran sejumlah klub Premier League. Tercatat enam klub menyatakan siap menampung gelandang 22 tahun tersebut. Ibrahim merupakan pemain akademi City yang mulai bergabung sejak 2007 dan promosi ke tim senior pada 2010. Namun, punggawa Timnas U-23 kelahiran Somalia itu lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman. Dalam dua musim terakhir, gelandang enerjik tersebut menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di klub Norwegia, Stromsgodset IF. Di akhir musim lalu, masa pinjamannya berakhir dan Ibrahim harus kembali ke City. Namun, peluangnya untuk bermain di skuad City musim depan sepertinya bakal sulit

„ Abdisalam Ibrahim

Sneijder Tolak Mourinho JOSÉ Mourinho masih “lapar” mencari rekrutan anyar andal untuk mengisi skuad Chelsea dan dikabarkan, Mou – sapaan akrab Mourinho memasukkan nama Wesley Sneijder ke dalam daftar belanja. Jika itu terjadi maka keduanya akan bereuni layaknya semasa di Inter Milan dulu. Namun sepertinya bayangan itu akan sulit terjadi. Pasalnya Sneijder melalui agennya, Soren Lerby, menolak minat The Blues lantaran mengaku masih bahagia bersama Galatasaray. Usai melalui masa-masa sulit di Inter musim lalu, Sneijder kerasan di Turki dan belum punya pikiran untuk hengkang musim depan. “Persoalannya sudah jelas. Wesley sangat bahagia di Galatasaray dan dia akan terus melanjutkan kariernya di sana musim depan,” terang Lerby, sebagaimana disadur CaughtOffside, Jumat (21/6). Kendati sudah menyiratkan penolakan, rayuan untuk

merespon ketertarikan Chelsea datang dari koets (pelatih) tim nasional (timnas) Belanda, Louis van Gaal. Selain mengaku punya hubungan baik dengan Mou, Van Gaal ingin Sneijder berangkat ke Premier League agar mudah dimonitor demi kepentingan De Oranje. “Akan lebih mudah bagi saya untuk mengikuti progresnya jika dia mau pindah ke Chelsea. Saya bisa berangkat ke Chelsea dalam waktu satu jam dari Belanda dan Mourinho adalah teman dekat saya,” ujar Van Gaal. (int)

terealisasi. Pasalnya, lini tengah The Eastland sudah penuh sesak dengan gelandang top macam, Javi Garcia, Jack Rodwell, Yaya Toure, James Milner dan Gareth Barry. Tak ingin hanya jadi penghangat bangku cadangan, atau kembali menjalani masa pinjaman, Ibrahim meminta kepada pelatih anyar City, Manuel Pellegrini untuk melepasnya secara permanen. Kontrak Ibrahim masih menyisakan satu musim. Keinginan Ibrahim hengkang langsung disambut sejumlah klub Inggris. Menurut laporan Daily Star, Everton, Crystal Palace, Fulham, Hull City, Swansea City dan Sunderland menyatakan siap merekrut Ibrahim yang menurut transfermarket bernilai 1 juta pounds. (int)


SABTU 22 Juni 2013 BRAZIL

ITALIA

TV One Minggu 23 Juni Pukul 01:00 WIB

Laga ini menghadapkan dua tim raksasa Eropa dan Amerika Latin sehingga kedua kesebelasan pasti akan berusaha mengeluarkan semua strategi dan kemampuan untuk mengalahkan lawan.

L

aga ini juga menjadi pertandingan yang sudah di nanti-nanti oleh rivals. Italia maupun Brasil akan mengusung misi terbaiknya di pertandingan ini untuk menjadi juara grup. Namun performa tim nasional Brasil ternyata belum memuaskan pelatih Luiz Felipe Scolari. Dia mengaku Selecao masih suka kehilangan konsentrasi di tengah pertandingan. Di tengah pujian atas performa ciamik juara dunia lima kali di turnamen kali ini, ternyata Brasil masih menyimpan kelemahan berupa kurang konsentrasi. Setelah tampil nyaris tanpa celah ketika membantai

Jepang 3-0 di partai pembuka, kelemahan ini tampak ketika mengalahkan Meksiko 2-0 dalam laga kedua Grup B pada Kamis (20/6) dinihari WIB kemarin. Unggul cepat melalui gol Neymar di menit kesembilan, Brasil justru balik ditekan Meksiko. Beruntung striker pengganti Jo

memastikan kemenangan lewat golnya di akhir laga. “Kami mengalami kesulitan di pertandingan ini. Awalnya kami mengontrol laga tapi tibatiba mereka mengambil alihnya dari kami. Hampir 20 menit, kami benar-benar menghilang,” kata Scolari seperti dikutip Soccerway. “Pada suatu titik, kami masih kurang konsentrasi dan harus memperbaiki hal tersebut,”

tegas Scolari. Sementara skuad timnas Italia dipastikan kehilangan dua pemain kuncinya di lini tengah, yaitu Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi. Kedua pemain tersebut absen dengan alasan yang berbeda, Pirlo harus absen akibat cedera otot yang dialaminya saat Azzurri menaklukkan Jepang dengan skor 4-3 pada Kamis (20/6) lalu. Sementara itu, De Rossi harus absen 1 pertandingan akibat akumulasi kartu setelah pada dua pertandingan sebelumnya (melawan Meksiko dan Jepang) dirinya mendapatkan kartu kuning. Melihat catatan di 5

pertandingan dari kedua negara, Italia mampu menghasilkan 3 kemenangan dan berhasil menahan 2 imbang, sedangkan Brasil selalu menjadi unggulan di setiap laganya. Brasil memecahkan rekor terbaiknya dengan memperoleh 3 kemenangan berturut-turut dan juga mampu memberikan 2 imbang. Saat ini Italia berada di peringkat ke-8 dengan perolehan 1097 poin, sedangkan Brasil berada di peringkat ke-22 dengan memperoleh 872 poin, saat ini jauh tertinggal dengan Italia. (int)

HEAD TO HEAD ITALIA VS BRAZIL

22 Mar 2013 21 Jun 2009 11 Feb 2009

Italia 2 - Brasil 2 Italia 0 - Brasil 3 Brasil 2 - Italia 0 5 PERTANDINGAN TERAKHIR ITALIA:

20 Jun 2013 17 Jun 2013 12 Jun 2013 08 Jun 2013 01 Jun 2013

Italia 4 - Jepang 3 Meksiko 1 - Italia 2 Italia 2 - Haiti 2 Republik Ceko 0 - Italia 0 Italia 4 - San Marino 0 5 PERTANDINGAN TERAKHIR BRAZIL:

20 Jun 2013 16 Jun 2013 10 Jun 2013 03 Jun 2013 25 Apr 2013

Brasil 2 - Meksiko 0 Brasil 3 - Jepang 0 Brasil 3 - Prancis 0 Brasil 2 - Inggris 2 Brasil 2 - Cili 2


22 sabtu 06 2013 tapanuli