Issuu on Google+


SENIN

17 Juni 2013

HARI INI Gatot-Tengku Erry DILANTIK JAKARTA-Masa jabatan Gatot Pujo Nugroho sebagai Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), melanjutkan masa jabatan Syamsul Arifin di periode 2008-2013, sudah habis Minggu (16/6). Sementara, Gatot sebagai pemenang Pilgub Sumut 2013, baru akan dilantik hari ini, Senin (17/ 6) pukul 09.00 WIB. Gatot pun akan menjadi Gubsu ke-18. DirekturJenderalOtonomiDaerah(DirjenOtda) Kemendagri Djohermansyah Djohan, menjelaskan, untuk mengisi kekosongan tampuk pimpinan di Pemprov Sumut, maka Mendagri Gamawan Fauzi menunjuk Sekdaprov Sumut Nurdin Lubis, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubsu. Masa jabatan Nurdin sebagai Plh Gubsu ini terhitung sejak habisnya masa jabatan Gatot, hingga dilaksanakannya pelantikan Gatot-T.Erry Nuradi sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sumut periode 2013-2018. “Hari ini ditunjuk Pak Nurdin Lubis, Sekda, sebagai Plh selama sembilan jam, terhitung sejak pukul 00.00 hingga pukul 09.00, 17 Juni 2013,” terang Djohermansyah Djohan kepada koran ini di Jakarta, Minggu (16/6). Pria bergelar profesor itu memastikan, Gatot dilantik hari ini pukul 09.00 oleh Mendagri Gamawan Fauzi. Lebih lanjut, mantan Deputi Setwapres Bidang Politik itu menjelaskan, memang mestinya GatotErry dilantik Minggu, 16 Juni 2013. Ini sesuai dengan habisnya masa jabatan kepemimpinan Sumut periode 2008-2013. Hanya saja, dengan mempertimbangkan 16 Juni jatuh pada hari Minggu, maka pelantikan diundur sehari. “Karena hari Minggu kan banyak warga Sumut yang sedang beribadah, karena banyak juga yang Nasrani. Nah, berdasarkan kesepakatan DPRD dan gubernur, ya sudah tanggal 17 Juni saja biar bisadihadirisebanyakmungkinmasyarakat,”jelas Djohermansyah. Biasanya,dalamrangkaianacarapelantikandan pengambilan sumpah jabatan, Gamawan juga menyampaikanarahanataukatasambutan.(sam/*)

27 Juni Batas Akhir Sanggahan Warga Sambungan Halaman 1 Teknis KPU Siantar, kepada METRO, Minggu (16/ 6). Batara mengatakan, hingga kini, belum ada sanggahan masyarakat terhadap DCS, yang sampai ke KPU. Masih kata Batara, selain ke KPU Siantar, masyarakat juga boleh melapor ke Kantor Panwas Kota Pematangsiantar, berkantor di Jalan Adam Manik. Dia menjelaskan, dari laporan masyarakat tersebut, pihak KPU nantinya akan memanggil partai politik (parpol) yang bersangkutan untuk menyampaikan laporan masyarakat itu. KemudiankataBatara,KPUmelakukanverifikasi faktualkeinstansisesuaidenganmasalahapayang dilaporkan masyarakat. Salahsatu contoh jika yang dilaporkan masalah soal ijazah, maka pihak KPU akan menanyakan ke sekolah bersangkutan dan ke Dinas Pendidikan dan Pengajaran, untuk mencaritahukebenaranpermasalahan.“Jikahasil verifikasifaktual benar,KPU akanmelakukanrapat pleno untuk membahas langkah apa yang bakal dilakukan, apakah harus dicoret dari DCS atau tidak,” kata Batara. Kemudian, hasil rapat disampaikan kembali ke partai bersangkutan, jika dicoret (gugur) maka Partai diminta mengganti calon yang bakal dimajukandalamDCT,sesuaipersyaratanberlaku. Selain itu terhadap masyarakat yang dianggap salah atau tidak mencukupi alat bukti dalam menggugurkanDCS,Bataramenegaskan,tidakada sanksi diberikan kepada mereka (pelapor). “Kalau memang laporan masyarakat tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk mencoret DCS, kita tetap menghargaidenganmaksudtidakadasanksiyang diberikan KPU,” terangBatara. (eko/dro)

Wajah-wajah Baru, Rakyat Kian Apatis Sambungan Halaman 1 Menurut mayoritas warga, banyak para calon tak familiar dan tidak dikenal oleh masyarakat. Apatisme pada fungsi dan eksistensi DPRD kian melebar. Ketua Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Himapsi) Kecamatan Bandar Agus Siregar, Minggu (16/6), mengatakan, nama-nama calon legislatif (caleg) seperti tertera dalam daftar calon sementara (DCS) Anggota DPRD Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, tahun 2014, kebanyakan wajah baru dan kurang dekat dengan rakyat. “Memang, siapa saja kalau memenuhi syarat bisa maju sebagai caleg. Tetapi tidak semua bisa menjadi caleg sesungguhnya sebab mereka harus dekat dengan rakyat,” katanya. Dia mengatakan, faktor kedekatan dengan masyarakat merupakan salah satu kunci utama jika ingin mendapat simpati warga. Oleh sebab, para calon harus segera membangun komunikasi yang baik dengan warga. “Tapi harus dilakukan dengan cara-cara sportif bukan dengan memberikan sejumlah uang atau dengan mengumbar janji-janji palsu,” ujar Siregar. Henri PK Manurung SE, kepada METRO, mengatakan, kelemahan demokrasi di daerah adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengenali siapa-siapa calon legislatif (caleg) yang bakalmerekapilih.Masihbanyakmasyarakattidak mengenali caleg yang bakal dipilihnya. Akibatnya, kalau tidak salah pilih, masyarakat tidak memilih alias golput (golongan putih).

Untuk menjawab itu, Henri menyarankan bagi masyarakat yang ingin mengenali lebih jauh siapa caleg yang bakal dipilihnya supaya dapat mengakseskannya di internet. Mengakses lewat internet merupakan salah satu cara untuk mengenal lebih dekat sosok caleg yang bakal dipilih. Di samping itu, warga harus lebih sering membaca tulisan maupun pernyataan seorang caleg baik dalam media cetak dan media online. Sebabdaritulisanjugadapatmengetahuipolapikir seseorang. Terhadapparacaleg,diamenyarankan agar segera mendekatkan diri ke masyarakat dan memperbanyak intensitas tatap muka dengan warga. Kesempatan itu, kata dia dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apa persoalan dan kebutuhan masyarakat saat ini. “Kalau saya dia ditanya, saya mengingini agar kenaikan tarif air minum ditolak dan mengalokasikan pedagang yang tergusur,” katanya. Disinggung soal golput, Henri mengatakan, itu merupakan sikap apatisme warga dan itu akan terjadipadapemilihanlegislatif2014nanti.Namun dia berpendapat, jika masyarakat mengingini perubahan maka golput bukan sikap yang bijak. Masyarakat harus ikut memilih. Henri menjelaskan, salahsatu langkah perubahan adalah merubah metode pemilihan. Artinya bukan berpatokan kepada apa yang diberikan si calon melainkkan apa program yang diharapkan masyarakat dan ada pada jati diri si calon. “Sebab rusaknya pemerintahan itu diawali dari masyarakat itu sendiri. Sebab ketika ada penyuluhan tentang program, masyarakat seringkali berkata soal uang cair,” kritik Henri.

Dia menegaskan, jika hal ini terus belangsung, maka ekonomi masyarakat akan semakin terpuruk. Sebab iming-iming si calon untuk dapat memajukan perekonomian adalah lingkaran setan. Perekonomian tidak akan membaik kalau hanya di pundak anggota Dewan, seharusnya kemauan masyarakat dalam peningkatan kemajuan pembangunan juga sangat diperlukan, mulai dari lingkungan, kebersamaan masyarakat di lapangan pekerjaan dan kekompakan masyarakatdenganDPRDdalammemrogramkan sesuatu dari hasil peninjauan lapangan. Dari pengamatannya, ada beberapa caleg yang memanfaatkan bantuan sosial di lingkungan masyarakat. Tapi ketika masyarakat itu tidak memilih si oknum caleg tersebut, lalu bantuan sosial tersebut dihentikan. “Padahal kita ketahui bahwabantuansosialadalahprogrampemerintah yang memang harus dirasakan masyarakat,” ujar Henri sembari geleng-geleng kepala. Apatis Tak sedikit masyarakat apatis terhadap lembaga legislatif, terutama DPRD Kota Pematangsiantar. Lima tahun sekali pemilihan umum (pemilu) digelar secara konsisten namun tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Sama sekali tidak ada keberhasilan atau kesejahteraan bagi rakyat itu sendiri. Terkadang kata dia, masih perlukah lembaga DPRD?” kata Rocky Marbun, pemerhati pembangunan di Kota Pematangsiantar, Minggu (16/6). Menurut dia, lembaga DPRD Siantar memiliki peranan sangat strategis untuk menyukseskan pembangunan, namun yang terlihat anggota DPRD Siantar sama

sekali tidak memiliki peranan. MenurutRocky,halitutidakterlepasdaripraktik politik tidak sehat. Sebab dari amatannya, yang terjadi di lapangan selama ini, diketahui bukan partai yang mengajukan siapa calon, melainkan si calon legislatiflah yang membeli partai. Dalam hal ini, dia menganggap para calon tersebut masih membawa nafsunya menjadi anggota DPRD tanpa memiliki program-program yang diharapkan masyarakat. Lebih lanjut kata Rocky, selama ini, ada banyak persoalan-persoalan publik yang disuarakan ke lembaga DPRD Kota Pematangsiantar. Namun sama sekali tidak ada solusi riil yang berpihak kepada masyarakat. Para wakil rakyat hanya berjanji akan memperjuangkan, namun realisasinya nihil. Salahsatu contoh kecil adalah masalah upah buruh. Setiap tahun buruh melakukandemontrasitapitidakpernahadasolusi yang berpihak kepada buruh. Setelah melihat dinamika politik yang tidak sehat itu, Roki mengatakan, tak sedikit masyarakat yang apatis. Mereka beranggapan siapa pun yang bakal terpilih tidak akan dapat mengubah nasib mereka. Yang miskin tetap miskin, yang susah makin melarat. Ditanya apakah di antara caleg sebagaimana terteradalamdaftarcalonsementara(DCS)Legislatif, ada yang mampu melakukan perubahan di Kota Pematangsiantar, Rocky berpendapat belum ada. Ada pun caleg yang ia kenal justru mereka yang pernahterjeratkasuspidana.“JadibagaimanaSiantar ini bisa bersih, karena calon yang bakal maju saja masih‘kotor’,”ujarnya.(eko//bli/dro)

Surat Keterangan Pernah Dipenjara Sambungan Halaman 1 antaranya, yang bersangkutan telah selesai menjalani pidana penjara sampai dengan jadwal dimulainya waktu pendaftaran caleg, dalam waktu minimal lima tahun. Kemudian, masih kata Efendy, yang bersangkutan secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik sebagai mantan narapidana, melalui pengumuman di media massa. “Bacaleg juga harus menyertakan surat kepolisian yang menyatakan dia dipenjara satu kali dan tidak melakukan kejahatan berulang,” sebut Efendy. Lebih lanjut dia mengatakan, jika KPU tidak

mengetahui calon yang diajukan parpol pernah tersandung masalah hukum, maka pada saat Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif diumumkan, masyarakat bisa memberikan masukan. Kalau ternyata dilaporkan seorang bacaleg pernah menjalani hukuman pidana, maka calon tersebut dapat dituduh melakukan pemalsuan dokumen. “Pemalsuan dokumen itu bisa dipidana, karena formulir yang disiapkan KPU itu lengkap sekali. Termasuk bagi mantan napi yang mau jadi caleg,” terang Efendy. Sejauh ini kata Efendy, Polres Siantar sudah menyelidiki nama-nama caleg dari masingmasing partai yang masuk dalam Daftar Calon

Sementara (DCS) Legislaif 2014. Namun hingga saat ini belum ditemukan nama-nama yang sudah ditetapkan tersangka dalam satu kasus apapun. Selain itu, pihaknya juga masih mengembangkan penyelidikan terhadap nama-nama yang masih dalam status terlapor di jajaran polres. Jika nanti salahsatu diantara nama-nama yang lolos dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif, ternyata ada yang tersangkut kasus pidana maka akan tetap diproses sesuai hukum berlaku. “Siapapun itu, proses hukum tetap berjalan,” tegas Efendi. Pada kesempatan itu, dia menyampaikan,

pihaknya juga fokus terhadap kemungkinankemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca penetapan DCS tersebut. Dia berharap, seluruh partai pendukung, baik perorangan maupun independent agar bisa menahan diri dan tidak cepat terprovokasi terhadap hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas. Dia menegaskan, hal itu penting demi keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang atau pasca pemilihan nantinya. Ia juga menyampaikan, pihaknya tetap menampung pengaduanpengaduan masyarakat, kelompok atau lainnya terkait pemilihan umum nantinya. “Soal apapun itu, serahkan pada kami,” ujarnya. (dho/dro)

Rakyat Harus Cerdas Sambungan Halaman 1 Gerindra, kepada METRO, Minggu (16/6). Jantermengatakan,padapestaakbardemokrasi 2014 mendatang diharapkan, masyarakat dapat lebih cerdas untuk menuju perubahan bersama. “Kita berharap masyarakat dapat memilih yang terbaik dari yang terburuk dalam DCS tersebut,” katanya. Adanya harapan untuk melakukan perubahan dan pendidikan politik, kata Janter, sebagai motivasinya untuk kembali berkiprah di bursa kursi legislatif. “Pemilu 2014 yang menelan biaya sangat besar harus dapat menjadi titik harapan perubahan dan pembelajaran politik bersama. Masyarakat jangan lagi korbankan suaranya dengan imbalan uang Rp100 ribu atau dengan pemberian sesuatu barang tertentu,” tegasnya. Wakil Ketua II Partai Demokrat Siantar Ferry Sinamo mengatakan, ada petunjuk teknis (juknis)

dan petunjuk pelaksanaan (juklak) yang dilakukan dalam penjaringan DCS di Partai Demokrat. Dia menyebutkan, ada 70 orang yang mendaftar dan yang terpilih hanya 30 orang. “Selainmelakukanfitandpropertest,jugadilihat ketokohannya selama ini,” kata Sinamo. Kepada para caleg, dia berharap agar mendekatkan diri kepada masyarakat dengan menunjukkan politik santun dan beriman. Ditanya pendapatnya soal caleg yang pernah tersandung kasus hukum tapi masuk dalam DCS Anggota DPRD Kota Pematangsiantar, Sinamo menjawab diplomatis. Dia mengatakan, sepanjangtidakmelanggarundang-undang,maka siapa pun berhak ikut bertarung di bursa pemilu 2014 mendatang. “Kalau saya diminta untuk fokus mengurus Partai Demokrat Kota Pematang Siantar, dululah,” katanya merendah. Ditemui terpisah, Anggota DPRD Simalungun BernhardDamanikSEmengatakan,keinginannya

kembali bertarung di bursa legislatif 2014 adalah atas dorongan sejumlah masyarakat. Dia mengatakan, masih banyak hal yang harus dibenahi untuk menuju perubahan kedepan. Masyarakat harus cerdas menentukan pilihan dengan melihat kinerja selama ini. Dia juga sependapat bahwa pemilih harus cerdas dalam menentukan pilihannya. “Kalau masyarakat cerdas mententukan pilihan maka akan menghasilkan legislator berkualitas, jujur, bersih, dan berintegritas,” ujar Bernhard, caleg yang terdaftar dalam Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Simalungun, dari Partai Nasdem, itu singkat. Sementara James Hutasoit, salahseorang caleg yang namanya terpampang dalam DCS Anggota DPRDSimalungundariPartaiGolkar,mengatakan, pengalamannya di bidang pendidikan Simalungun membuatnya terpanggil untuk kembali melakukan perubahan dengan

memperbaiki sistem pendidikan. Menurut dia, pendidikanharusmenjadiperhatianutamauntuk mencerdaskan bangsa. Mengapa negara membuat anggaran pendidikan hingga 20 persen itu karena pentingnya pendidikan. Namun permasalahannya masih banyak mengalami kebocoran dan penyimpangan. “Jadi perlu tindakan untuk melakukan perubahan itu dan salahsatunya dengan memasuki lembaga legislatif,” ujar mantan Wakil Kepala Dinas Pendidikan Simalungun ini. Gurgur Simanjuntak, pemerhati sosial, justru pesimis. Dia tidak yakin lagi terhadap lembaga DPRDsebagaicorongaspirasimasyarakat.“Banyak persoalan rakyat tidak tuntas, Dewan hanya mementingkan diri sendiri dan kelompoknya sehinggamasyarakattidakpercayalagi.Olehsebab itu,masyarakatdituntutuntukcerdasmenghadapi Pemilu 2014,” ujar mantan anggota DPRD Simalungun tersebut singkat.(mag-05/dro)

Berharap Perubahan Sambungan Halaman 1 masyarakat yang terjebak dalam politik praktis. Ada uang, ada suara. Dia menekankan lebih baik memilih caleg yang benar-benar berkelakuan baik bukan karena uangnya. Sebab menurutnya, tidak

sedikit caleg hanya mengumbar janji semata dan tidak ada realisasi dari visi dan misinya. “Lebih bagus kita memilih caleg yang benarbenar kita kenal baik, bukan memilih karena uangnya,” ucapnya. Ditanya apakah mereka mengenali para calon legislatif yang saat ini masuk dalam daftar calon sementara (DCS), seorang rekan Hendri menimpali, mengaku kenal. Bahkan salahseorang di antaranya merupakan tetangganya sendiri.

Dia mengakui, jauh sebelum Daftar Calon Sementara (DCS) legislatif 2014 ditetapkan, ada banyak caleg yang sudah memperkenalkan diri. Beragam cara mereka lakukan, mulai dari menyerahkan bantuan perlengkapan olahraga hingga sekadar sosialisasi dari rumah ke rumah. Namun Ando Marpaung (32), juga warga Tiga Balata, mengaku sama sekali tidak mengenali caleg yang ada dari daerah pemilihannya. Namun jika ditanya, soal caleg yang ia bakal ia pilih,

Ando mengaku akan memilih caleg gaul. “Daripada alim tapi tingkahnya tidak terpuji,” katanya. Selama ini, kata dia, masyarakat sudah terlanjur terbuai janji-janji para legislator tapi yang terjadi masyarakat tetap saja susah. Pembangunan infrastruktur untuk sarana jalan, gedung untuk pendidikan dan kesehatan masih minim. Seringkali para wakil rakyat begitu duduk lupa terhadap masyarakat yang telah memberikan hak suaranya. (mag-10)

Diduga Dijual ke Pekanbaru Sambungan Halaman 1 Sudahseminggu,keberadaankorbantidak diketahui. Saini br Purba (40), ibu kandung korban, terpaksa mendatangi Polres Siantar, guna melaporkan kejadian itu, Sabtu (15/6). Kepadapolisi,Sainimenceritakan,kepergian AIyangseharusnyamasihdibangkukelasVII SMP itu, dikira berada di rumah temannya, karenasempatbertengkardengananaknya yanglainatausaudarakandungAI. Tapi karena tidak pulang-pulang, Saini akhirnya mendatangi langsung ke rumah tetanggaatautemanAI.Tapidiluardugaan, ternyata AI sudah berangkat ke Kota Pematangsiantar tanpa tujuan pasti. Menurut informasi teman sepermainan AI berinisial SS (16), AI sudah dipekerjakan sebagai pembantu di rumah salahseorang

Terdepan, Terbesar, dan Terbaik di Siantar- Simalungun

Anggota SPS No: 438/2003/02/A/2012 Penerbit : PT. Siantar Media Pers (Metro Siantar, Metro Tapanuli, Metro Asahan, Metro Tabagsel) Chairman: Rida K Liamsi Komisaris Utama: Makmur Kasim Komisaris: Khadafi Direktur Utama: Marganas Nainggolan Direktur: Maranatha Tobing PENGASUH Pemimpin Umum/Penjab/GM: Marganas Nainggolan Wakil PU/Pimpinan Perusahaan: Maranatha Tobing Pimred Metro Siantar: Pandapotan MT Siallagan Pimred Metro Tapanuli: Pandapotan MT Siallagan Pimred Metro Tabagsel: Muhiddin Hasibuan Pimred Metro Asahan: Eva Wahyuni Wapimred Metro Tapanuli: Daniel Simanjuntak Wakil Pimpinan Perusahaan Asahan: Darwin Purba Tim Ombudsman: Vincent Wijaya

Departemen Redaksi METRO SIANTAR Dewan Redaksi Group: Marganas Nainggolan (Ketua), Maranatha Tobing, Pandapotan MT Siallagan, Muhiddin Hasibuan, Eva Wahyuni, Daniel Simanjuntak, Leo Sihotang, Nasa Putramaylanda, Hermanto Sipayung, Nurjannah. Redaktur Pelaksana: Leonardus Sihotang, Yappy Chandro Purba Kordinator Liputan: Pala MD Silaban, Redaktur: Pholmer Saragih, Jhon Damanik, Plidewatna, Hezbi Rangkuty, Edi Saragih. Reporter: Tonggo Sibarani, Imelda Purba, Pra Evasi Haloho, Billy Andra Nasution, Eko Hendriawan, Dhev Fretes Bakkara (fotografher), Rano Kambo Hutasoit, Raymound Sitanggang, Darwis Damanik, Sawaluddin, Soetomo Samsu (Jakarta), Irwansyah (TanahJawa), Marihot Sinaga (Raya), Hardono Purba (Silau Kahean), Sendi Warto Purba (Saribudolok), Taman Haloho (Parapat). Sekretaris Redaksi: Yanti Nurhapni, Staf Redaksi: Ita Butar-butar METRO TAPANULI Pjs Redaktur Pelaksana: Nasa Putra Maylanda, Kordinator Liputan: -, Ass.Korlip (Taput): Horden Silalahi, Reporter: Marihot Simamora, Freddy Tobing, Masril Rambe (koresponden Barus), Horden Silalahi (Humbahas), Bernard Lumbangaol (Taput), Hengki Tobing (Taput), Hermanto Turnip (Tobasa). METRO TABAGSEL Redaktur Pelaksana: Nurjannah, Pjs Kordinator Liputan: Ikror Amin Lubis, Reporter: Parlindungan Pohan (Sidimpuan/Tapsel), Amran Pohan (Tapsel), Amran Pikal Siregar, (Palas), M Ridwan Lubis (Madina), Parningotan Aritonang.

warga Siantar berdarah Tiongha dan menetap di sekitar Kelurahan Simalungun, Siantar Selatan. Namun begitu dicek ke rumah tersebut, justru tidak ada jawaban yang pasti. Ibu korban kemudianmemutuskanmelaporkannyakePolres Siantar, Sabtu (15/6) sore. Selanjutnya oleh petugasSPKdipimpinIpdaPGultomlangsungcek TKP, dengan mendatangi kediaman pasangan suami-istri berdarah Tiongha itu di sekitaran Kelurahan Simalungun. Selanjutnya petugas mengamankan pasangan suami istri yang salahsatunya berinisial PHL (40) ke Mako Polres Siantar. Dari pengakuan PHL, keluarga korban mendapat jawaban bahwa AI sudahdiberangkatkankePekanbaru.Namunoleh pihak kepolisian menegaskan agar PHL harus menjemput AI sendiri ke Pekanbaru. PHL sendiri berjanji akan menjemput langsung AI dan bersedia bertanggungjawab bila nanti AI mengaku dipaksa ataupun diperlakukan tidak

METRO ASAHAN Redaktur Pelaksana: Hermanto Sipayung, Kordinator Liputan: Edwin Garingging, Reporter: Irvan Nasution (Kisaran), Susilowady (Kisaran), Jekson Siahaan (Batubara), Putra (Aek Kanopan),Anniko Rambe, Rizki Whardana (R Prapat), Mahra Harahap (Kota Pinang), Ishak Lubis (Tj Balai), Syawaluddin Tanjung (Pamingke). Dep. Perwajahan, Pracetak & Artistik Kadep Pracetak & Artistik: Ahmad Yasir, Kabag: Amiruddin Staf Pracetak:Salomo Malau, Jamaluddin Sinaga, Hedry Handoko, Jefree Putra, Andri Manullang, Handoko, Nazaruddin Ikhsan, Saddam Dasuha Mounting: Samuel Sihotang (Koord.), Hotland Doloksaribu, Amran Nainggolan, Nico HS, Kabag Teknisi, Maintenance & IT: Irwan Nainggolan, Online Website: Juanda Panjaitan DIVISI USAHA Departemen Umum/Adm/Keuangan Manager Adm/Keu/Umum: Dumaria, Kabag Accounting: Restioni Padang Departemen Sirkulasi / Pemasaran Manager Pemasaran: Jaberlison Saragih, Koordinator Pemasaran:Simson Winata Hutabarat Adm Pemasaran : Indarny Aritonang, Piutang Koran: Ester Ade Gultom, Staf Pengembangan: Jhon Tua Purba, Dedi Kurniawan, Kordinator Ekspedisi: Ardi Departemen Iklan Manager Iklan: Jamot S, Kabag Iklan: Holden Simanjuntak, Kord Iklan: Bambang Satria, Kord Adm. Iklan group: Hariyani Kartini, Staf Piutang Iklan: Tio Maria, Annisa (Medan), Staf Desaign:Reliston Purba, Togap Sinaga. Perwakilan Metro Tapanuli

senonoh. PHL juga bersedia dijerat pidana sesuai undang-undang berlaku. SebabmenurutpengakuanPHL,AIdiantaroleh oleh dua temannya sendiri dan mengaku hendak merantaudanmencaripekerjaankarenaorangtua tak mampu membayar biaya sekolah. Begitupun oleh petugas membuat perjanjian tertulis terkait tanggungjawab PHL untuk menjemput AI yang segera langsung ke Pekanbaru. “Mereka (PHL) berjanji akan menjemput langsung AI dan bertanggungjawab atas pengakuan AI nantinya,” katanya. Terkaithalitu,KasubbagHumasPolrestaSiantar AKP Efendi Tarigan mengaku masih mempelajari kasus itu dan belum bisa berkomentar banyak. Dugaan penjualan anak di bawah umur masih dikembangkan penyelidikannya menunggu pengakuan korban nantinya. “Kita masih menunggu hasil penjemputan korban dari Pekanbaru,” kata Efendi singkat. (dho/dro)

Koordinator Keuangan: Eriska Muham, Staf Piutang Koran/Iklan: Arfah Sari Hasibuan, Koord. Pengembangan: Zulfiandi, Staf Pengembangan: Tamy Sianturi (Tobasa) Perwakilan Metro Tabagsel Ka Perwakilan/Ka Biro Usaha: Edi Panjaitan, Kabag Pengembangan: Ahmad Suhaimi Lubis, Koordinator Keuangan: Kristina Hutabarat Perwakilan Metro Asahan Wakil Pimpinan Perusahaan: Darwin Purba, Kabag Pengembangan: Marshall Leo Siagian, Staf Pengembangan: Jemelister Sitorus, Koord.Keuangan: Revina Sihombing Kuasa Hukum: Binaris Situmorang SH Tarif Iklan: Hitam/Putih (B/W) Umum/Display Rp. 7.500/mm kolom, Iklan Keluarga Ucapan Selamat Rp. 3.500/mm kolom, Iklan Warna (Full Colour) Rp. 15.000/mm kolom. Harga iklan ditambah PPN 10%. Harga Eceran Rp2.000 (dalam kota). Rekening a/n : PT Siantar Media Pers Bank Mandiri Cab Pematangsiantar AC:1070003101831. Alamat Redaksi /Iklan/ Pemasaran Medan : Graha Pena Medan Jl Sisingamangaraja KM 8,5 No.134 Medan-Amplas. Telp (061) 7881661 (Hunting) Fax (061) 7881733 Alamat Redaksi /Iklan/ Pemasaran: Jl Sangnawaluh No.24 Komp Mega Land Siantar Telp:(0622) 7553511, Fax (0622) 7553501 Siantar. e-mail : metrosiantar@yahoo.com. Perwakilan Jakarta: Jln Raya Kebayoran Lama17 Jakarta Selatan Telp. (021)-5349205, 5349206, 5349115. Fax. (021)-53490522. Pencetak : PT Medan Graindo, Jl SM Raja KM 8,5 No.134 Medan. Telp (061) 7881661 (Hunting) Fax (061) 7881733

DALAM PELIPUTAN, WARTAWAN METRO SIANTAR SELALU DIBEKALI IDENTITAS DIRI DAN TIDAK DIBENARKAN MEMINTA SERTA MENERIMA APAPUN DARI NARASUMBER BILA ADA YANG MERASA DIRUGIKAN OLEH WARTAWAN METRO SIANTAR, DIMINTA UNTUK MELAPOR KE PIHAK BERWAJIB ATAU HUBUNGI 0622-7553998


SENIN

17 Juni 2013

Tutup Tahun Diakonia, FMKI Tanam Pohon

Interaktif

Orang Katolik Jangan Merusak Lingkungan

Copet Merajalela di Pasar Horas

KAPOLRES Siantar terhormat, tolong berantas preman dan pencopet di Pasar Horas. Saat ini para pengunjung sangat resah karena aksi copet semakin merajalela. Terimakasih 085296896XXX

Bantuan Raksin di Buah Bolon Tonga Tidak Merata

SIANTAR- Menutup tahun diakonia dan menyambut tahun marturia, Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kota Siantar melaksanakan penanaman pohon di sepanjang Jalan Lingga Siantar, Sabtu (15/ 6) dan pemeriksaan kesehatan gratis, Minggu (16/5). RD Sabat Nababan dari Karitas Pengembangan Sosil Ekonomi (PSE) Keuskupan Agung Medan, dalam sambutannya sebelum melakukan penanaman pohon bersama FMKI, PMKRI, OMK dan jemaat Katolik yang hadir mengajak seluruh umat Katolik untuk membiasakan diri menjaga lingkungan serta menghindari terjadinya kerusakan yang mengakibatkan kerugian bersama. “Menanam pohon merupakan langkah awal untuk menjaga lingkungan, tentunya harus diiringi dengan perawatan. Sebagai Katolik, diharapkan tidak menjadi penyebab kerusakan lingkungan yang akan diwariskan kepada generasi selanjutnya,” kata RD Sabat Nababan. Pastor Sabat Nababan menambahkan, walau telah berusaha menjaga lingkungan dengan menanam pohon, hasilnya belum tentu sesuai yang diharapkan, tetapi diharapkan orang Katolik tidak bosanbosannya berbuat baik untuk sekitar. “Menanam pohon ini juga bagian untuk kesejahteraan umat, karena menyediakan sumber oksigen bagi manusia. Ini juga bagian dari pelayanan 50 tahun PSE Keuskupan Agung Medan,” kata Pastor Nababan. Sementara Ketua FMKI Kota Siantar Jonas Bosko Marbun mengatakan,

BUPATI Simalungun terhomat, tolong perhatikan penyaluran raskin di Buah Bolon Tonga. Pembagian raksin disana tidak merata. Warga miskin ada yang tidak mendapat raskin. Padahal ada satu kepala keluarga yang mendapat raskin dua karung. Warga menilai ini ulah gamot Buah Bolon Tonga. Terimakasih 082369365XXX

„ FMKI kota Pematangsiantar melakukan penananaman pohon di sekitar Jalan Lingga, Minggu (16/4). FMKI merupakan rumah bersama seluruh organisasi kemasyarakatan yang berbasis Katolik bersama Hirarki, bersatu untuk memperjuangkan kesejahteraan umat di segala bidang. “FMKI terbuka dan rumah bersama umat. Bersama Hirarki, FMKI akan melakukan serta memikirkan terobosan bagi mewujudkan

kesejahteraan umat. Penanaman pohon dan pemeriksaan kesehatan gratis merupakan langkah awal untuk itu,” kata Jonas Marbun. Dijelaskan Jonas Marbun, masih banyak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan umat dengan dukungan seluruh elemen Katolik dan dalam restu Hirarki.

Foto: DHEV

Sementara Robert Pangaribuan, salah satu anggota FMKI Kota Siantar yang menjabat Kepala Dinas Pertanian Kota Siantar menambahkan, FMKI secara nyata akan melaksanakan banyak kegiatan sosial dengan tujuan mensejahterakan umat Katolik dan lingkungan. (esa)


SENIN

17 JUNI 2013

Apa Kata Mereka “Tak ada satupun biodata caleg yang tersedia. Dengan perlakuan ini, tentu saja kita layak bertanya apa yang hendak dicapai KPU dengan pengumuman DCS Ini? Seriuskah KPU melayani partisipasi masyarakat, dan mengelola tahapan pemilu untuk lebih demkratis?�

Pancasila dan Gurita Ketidakadilan Sosial TANGGAL 1 Juni merupakan hari dimana Pancasila lahir sebagai falsafah negera kita, indonesia. Sebagai satu-satnya falsafah yang diakui oleh segenab lapisan bangsa, maka sudah seharusnya setiap warga negara ikut andil berperan aktif mengindahkan segala pesan yang terkandung didalamnya. OLEH : ABD HANNAN Anggota Tim Riset Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura

K Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti “PKS harus meninggalkan koalisi, tarik juga menterinya. Karena di koalisi itu ada kontrak koalisi. Jangan bermain di dua kaki. Ini menciptakan demokrasi tak terukur,� Pengamat Politik dari LIPI Siti Zuhro

arena dengan begitu eksistensi pancasila sebagai falsafah negera akan tetap berdiri kokoh, hidup mengakar mengalau perjalanan bangsa indonesia kedepan. Makna pancasila sebagai falsafah negara dalam kelahirannyapadahakikatnyaadalahsatuprodukfalsafahyangdidalamnyamemuatnilai-nilaibersifatfundamental,menjadisuatusumberdarisegalasumber hukum,cermindarikeseluruhanaspekdalamnegeri, menjadiwadahyangfleksibelbagifaham-fahampositif untuk berkembang, serta sebagai dasar ketentuan yangmenolakfaham-fahamyangbertentangansepertiAtheismedansegalabentukkekafirantakberagama,komunisme,kolonialisme,diktatorisme,kapitalis, dan lain-lainnya.Sebagaimana yang ditujukan dalamketetapanMPRNo.II/MPR/1979,selainsebagai dasarnegaraPancasilajugamerpakanjiwaseluruhrakyat Indonesia,sertajugapandanganhidupbangsaIndonesia. Arti pancasila sebagai jiwa berarti memiliki makna subtansiyangmempunyaiperansentralmenggerakkan bangsa-negara. Baik itu dalam hal birokrasi, ekonomi, interaksi sosial semua harus didasarkan pada sila yang lima. Sedangkan arti pancasila sebagai pandangan hidup menunjukkan,bahwapancasilayangdidalamnyamemuatnilai-nilaihumanisharusmampudiaktualisasikan

dalamsetiapkeseharian.Dijadikanbarometerberperilaku,bersikap,berinteraksidalammenjalinhidupberbangsadanbernegara. PancasiladanketidakadilansosialMelihatiperjalanan bangsa yang dewasa ini kian tambah carut marut merupakanpertanda,bahwanilai-nilaipancasilayang selama ini didengung-dengungkan ternyata masih belumcukupmampukitajiwaisecaramendalam. Jargon lima sila yang tertulis gagah ditengah dada Burung Garuda seakan tinggal simbol tak bermakna, sebatas dilihati dan dihafalkan, namun belum cukup mengakarmenyusupisendi-sendipolahidupkita. Betapatidak?konflikkesukuanhinggakeagamaan masih terus saja bergejolak, tak pelak berujung pada tindakbrutalhinggamenyebabkannyawaberjatuhan. Aksaiseparatis,kekerasan,betrokan,sertakriminalitas dalam bentuk yang beragam terus saja menghantui lapisanmasyrakat.Seakantakpernahhabis,konflikdan polarisasisosialramaimenyeruak. Fenomenasepertidemikiandinegeriinitakubahnya bom waktu yang siap meledak kapan pun dan dimanapunyangdimau.Lainhalnyadengankriminalitas danpolarisasisosial,lainpuladengankesenjangansosial. Kemiskinan, pengangguran, keterbatasan pangan, hinggapadaaksiperbudakansemakinmenambahcatatanhitamperjalananbangsaini.Pancasilayangdidalamnyamemuatjargonkeadilansosialbagiseluruhrakyatindonesiabagaikantongkosong. Rakyattetapsajadibiarkanhidupmelarat,sedangkanpara elitpejabatenak-enakanmenikmatiuangrakyat.pantassaja kesenjangansosialdinegeriinitetapsajajalanditempat.Isu kemiskinan yang berhasil ditekan hanya sebatas angka,sedangkanrealitasnyatetapsaja kemiskinanmenggurita.Jikamaujujur,subtansikeadilanyangdisebutkan dalam poin sila kelima sebenarnya

masihmengabur,samasekalibelumjelasdantaktentu arah.Keadilansosialdinegeriyang(katanya)demokratis ini tak ubahnya semboyan kunoyangsifatnya untunguntungan. Bukan merupakan satu jaminan pasti yang mutlakbisadimiliki,dinikmati,dandirasakan. Asumsi demikian semakin tambah nyata ketika kitamelihatisekiantontonanlucuyangsuburmenjamur menyertai ruang hidup para pemimpin dan elit politisi kita. Meski konsep keadilan tidak harus diartikan secara sama rata dalam posisi yang sama, namun tidaklah dapat dibenarkan jika dalam kenyataannya hidup seorang pejabat jauh mewah ketimbang hidup rakyat. Tidak bersahabat, dan acuh tarhadap persoalan kebangsaan. Dan lebih tidak dibenarkan lagi jika sampai hati mengerok hak rakyat. Pancasila dan merebaknya hukum rimbaPersolan lain yang semakin mangaburkan subtansi keadilan sosial pancasila adalah kian amburadulnyapenegakanhukum.Hukumyangsejatinyadiberlakukan secara berimbang dan bijak pada segenab lapisanmasyarakatternyatatidakberjalanlurus. Jauhbersebrangandengankonsepdasarsertajargonbesarnya.Istilahhukumyangtidakkenaltebang pilih tak lain hanyalah topeng semata. Peradilan independen yang lepas dari intervensi dan kekuasaan pihakmanapunsebataspadasimbol,sedangkansubtansikeadilanyanglantangdigemakantereduksioleh nilai-nilaimateridankekuasaan. Akibatnya, penegakan hukum dinegeri ini kerap dijadikan media politisasi mempertahankan status quo.Hukum rimba dinegeri ini nampak kental sekali mengidentitasDalam hukum rimba, posisi negera biasa diidentikkan dengan Hutan. Kehidupan di dalamnya sangat buas dan kejam, saling memangsa antara yang satu dan yang lainnya. Dunia rimba tidak mengenal istilah rukun dan damai. Kalapun ada itu hanya sebatas topeng belaka, dibaliknya ada maksud terselubung yang sulit dicerna pihak lawan.(*)

SIKAP KAMI

BBM Jadi Naik atau Tidak? ACAP kali pemerintah berbicara soal harga bahan bakar minyak (BBM). Namun, hingga kini belum ada langkah konkret. Kondisi itu membuat ketidakpastian iklim ekonomi di Tanah Air. Dampaknya, aksi spekulasi di pasar primer maupun sekunder merajalela. Jika ditilik, ribut-ribut soal kenaikan harga BBM sudah berlangsung sejak 2008. Saat itu harga minyak mentah dunia memang bergerak liar, bersamaan dengan krisis ekonomi di Amerika. Walhasil, ekonomi dunia pun berkontraksi. Namun sejak lima tahun silam hingga saat ini, belum ada sikap lanjutan terkait harga minyak mentah yang kian menggila demi menyelamatkan anggaran belanja. Kebijakan konservatif dengan memberikan subsidi BBM pun mulai mengkhawatirkan. Sebab, membuat APBN menjadi gembos. Kini wacana kenaikan harga BBM kembali santer. Namun, lagilagi pemerintah belum mau mengambil sikap. Imbasnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah langsung tumbang. Namun, dua hari ini ada dua sinyal yang kuat bahwa kebijakan BBM akan dicetuskan. Sinyal yang paling kuat diutarakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara Rabu 12 Juni lalu. Dia menyebut, akan menaikkan harga BBM bersubsidi dari Rp4.500 menjadi Rp6.500 per liter dari satu hingga dua hari mendatang. Sinyal selanjutnya adalah hasil keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang menaikkan BI Rate menjadi enam persen setelah 16 bulan tak berkutik di level 5,75 persen. Secara teoritis, naiknya BI Rate ini bisa meredam tingginya inflasi sebagai imbas dari naiknya harga BBM. (*)


SENIN,

METRO SIANTAR

17 JUNI 2013

HALAMAN

5

KOMISI PEMILIHAN UMUM

KOTA PEMATANGSIANTAR PENGUMUMAN NOMOR 03/KPU/VI/2013 DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD KOTA PEMATANGSIANTAR. PEMILIHAN UMUM TAHUN 2014 PARTAI NASDEM KOTA PEMATANGSIANTAR

1 NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 FERRI OJAK PARDEDE, M. Kom LK JL. MARIMBUN II NO.71, 2 ROSMAWANI PURBA PR JL. LINGGAR JATI NO.132 3 FRANS HERBERT SIAHAAN LK JL. PATTIMURA NO.28 4 ALAN BEAN NADEAK LK Jl. PENGAIRAN NO.79 5 ARTA MALAU PR JL. SENTOSA BAWAH NO 50 6 ALASAN OPPUSUNGGU SPd, MM LK JL. ERCIS NO.33 7 FERNANDO SITORUS LK JL. KISARAN II NO.19 8 ROSA RISTAULINA SITEPU PR JL.PATTIMURA NO.167 9 Ir. ASRON RISDUAN GIRSANG LK JL. PEMATANG RAYA NO 13 10 NURRATA SIANIPAR PR JL. DALIL TANI NO.35 11 ABNER SITORUS LK JL. SIANTAR TIMUR NO.59 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 OKTAVIANUS SITIO LK JL. SISINGAMANGARAJA NO.446 2 SARBUDIN PANJAITAN, S.H., M.H LK JL. NUSA INDAH NO.44 A 3 BENNY T SAULI PURBA, SE, SKom PR JL.RAGI PANE NO. 63 4 TONGAM PANGARIBUAN, SE LK JL. BAH LIAS KANAN NO.6 5 UNUNG SIMANJUNTAK, SH LK JL. BEO NO.15 6 GRACE CHRISTIANE PR JL. PRABU SILIWANGI NO.100 7 ANKA A SIREGAR RITONGA SE LK JL. SINGOSARI NO.10 8 HOTMAN PANDAPOTAN SITORUS LK JL. STADION NO.15 9 FLORENCE SITUMORANG PR JL. MERPATI NO.10 10 Ir. JAHARLO DAMANIK LK JL. BAH BIAK NO.10 11 ROSELINA SITEPU S KOM PR JL. MARIMBUN II NO.71 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 SUGIMIN LK JL. MEDAN SIMPANG KERANG 2 ANTONIUS BARUS LK JL. DESA INDAH NO.14 PERUM TOZAI 3 Dra. BENARITHA PURBA, M.Hum PR JL. KAVILERI NO.1 4 DAPOT P.M SAGALA, SH LK JL.VENUS NO.4 5 TUNGGUL SIAHAAN, SE LK JL. MARASI LORONG 1 NO.2 6 LINDA FARIDA SIMANJUNTAK PR JL. KAVELERI BELAKANG 7 FRENGKI BOY SARAGIH LK JL. R. SEMBIRING LORONG MARASI 8 RUTH ELISABETH SIPAYUNG PR JL. KAVILERI UJUNG 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

4

PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KOTA PEMATANGSIANTAR

NO. URUT

NAMA CALON JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 TIMBUL MARGANDA LINGGA, SH LK JL. GUNUNG SINABUNG UJUNG NO. 40 2 HENRI P. K. MANURUNG, SE LK JL. AHMAD YANI GG. SAROHA NO. 12 3 MARIANNA MANURUNG, A.Md PR JL. DALIL TANI NO. 51 4 TOGA T. R. PANJAITAN, SE LK JL. MANGGA NO. 60 5 IMRON TOGI SIREGAR LK JL. BAHKORA II MARIHAT I 6 ASNARIA MUNTHE, S.ST PR JL. PISANG NO. 60/66 7 MANANGKAS DANIEL SILALAHI LK JL. PARAPAT KM 4,5 8 AMRI SIMANJUNTAK, SE LK JL. FAREL PASARIBU 9 EVI ROSWITA PR JL. DALIL TANI NO 650 BLK 10 POLTAK SAUT MANUNTUN NAINGGOLAN LK JL. PDT.J. WISMAR SARAGIH 11 GINA PR JL. JEND. AHMAD YANI NO. 121 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 PARDAMEAN F. E. SIBARANI, SE LK JL. BALI NO. 6 B 2 VENTI HENDRA SITUNGKIR PR JL. BERINGIN NO. 26 3 DENNY BOYKE PANE, ST LK JL. PELITA I LOR. TOBA NO. 64 4 MUHAMMAD RIVAI SIREGAR LK JL. BOLA KAKI NO 36 5 MEYLIN K. G. MANURUNG, S.Kom PR JL. KEMIRI NO. 39 6 HOTMAN KAMALUDDIN MANIK LK JL SADUM 7 TOGAP TAMPUBOLON LK JL. PERGAULAN NO 5 8 HERU GUNADI LK JL. SUTOMO NO. 262 9 LIA DIANA NASUTION PR JL. SIAK GG. POKAT LK II 10 SAHMAN REJEKI SARAGIH LK JL. PATUAN ANGGI 11 Dra. CORRY, M. Si PR JL. SILIMAKUTA NO. 35-A 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 RUDEL SIPAYUNG, S.Pd LK JL. PERUMAHAN HANDAYANI NO 4 2 ARAPEN GINTING LK JL. SISINGAMANGARAJA NO 36 3 RIAHTA SETAWATI, S. PdI PR JL. MEDAN KM. 7 4 Ir. JALUDEN PURBA LK JL. GURILLA 5 RANTO DAMANIK, SH LK JL. TANGKI BAWAH 6 MASLIA LUBIS PR JL. NAGA HUTA BLOK 1 7 SIMON T.H. LINGGA LK JL. TANGKI BAWAH 8 Ir. NETTI SIPAYUNG PR JL. MUAL NAULI 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

PARTAI DEMOKRAT KOTA PEMATANGSIANTAR

7 NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN

KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 ELIAKIM SIMANJUNTAK, SE LK JL. SIATAS BARITA GG. TOGE NO. 10 2 MUTIARA SARAGI, SH PR JL. LINGGAR JATI NO. 50 3 RONALD DARWIN TAMPUBOLON LK JL. DALIL TANI I NO. 80 4 FERNANDO MAURITS SIAHAAN LK JL. NAULI SIANJUR 5 Ir. RUDOLF MOTANG HUTABARAT LK JL. PATTIMURA NO. 124 6 SABAR MARISI DAME SILALAHI, SE PR JL. KESATRIA UJUNG NO. 2A 7 OBERLIN LUMBAN TOBING, SH LK JL. PEMATANG RAYA N0 9 8 Ir. TONNY A. PARLINDUNGAN SITORUS LK JL. PAREL PASARIBU 9 ELLI RAJAGUKGUK PR JL. SIBOLGA NO. 30 BLK 10 HISAR SILALAHI LK JL. PARAPAT KM. 5 11 HERMINA SIJABAT PR JL. SUKA MULIA 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 MARULITUA HUTAPEA, SE LK JL. R S. BRAHMANA NO. 147 2 Ir. H. M. JONI LK JL. KH. AHMAD DAHLAN NO 5 3 Hj. ETIRIA ZAI, SH PR JL. MESJID NO. 05 4 TOGAR SITORUS, SE, MM LK JL. RELA KIRI NO. 65 5 RUDY WU, S.Pd LK JL. TANAH JAWA KOMP. NO. 17A 6 ARTINA LINDA PR JL. PULAU PANDAN NO. 16 7 dr. PETRUS YUSUF LK JL. MERDEKA NO 242 8 MHD. EFFENDY SIREGAR LK JL. ANGKOLA NO. 46 LK II 9 Dra. ERNITA PR JL. KASUARI NO. 11B 10 SARA SRIMAMANA SARAGIH, S. Psi PR JL. BEO NO. 9 11 ARIFIN BATUBARA, SH LK JL. DIPONEGORO, NO. IF 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 GUNDIAN LK JL. HANDAYANI NO. 12B 2 ASRIDA SITOHANG, AM.d PR JL. TANJUNG PINGGIR NO. 10 3 HORAS SILITONGA LK JL. R. SEMBIRING NO 6 4 Hj. FRIDA RIANI DAMANIK PR JL. SM. RAJA NO. 99 5 Drs. PARLUHUTAN GULTOM LK JL. KOMPI NO. 2 6 Drs. NANGGIP SEMBIRING LK JL. KAVELERI NO. 8 7 DONNA PITTA MUTIARA PURBA, A. Md PR JL. MELUR I BLOK A NO 24 8 NURMANSYAH, SE LK JL. TANGKI ATAS 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

PARTAI HATI NURANI RAKYAT KOTA PEMATANGSIANTAR

10

PARTAI KEBANGKITAN BANGSA KOTA PEMATANGSIANTAR

2 NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN

KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 BUDIMAN SARAGI LK JLN S. BARITA Gg. HAR. RUPINO 2 MARIO NATALINO SIRAIT, ST LK JLN WAMPU JAYA NO 1 3 SRI SURYA NINGSIH. S.Ag PR JLN MELANTON SIREGAR UJUNG 4 MALUDIN PURBA LK JLN NORUMONDA NO 64 5 ACHYAR RUBIAKTO LK JLN MESJID LINGK. I SILOMANGI 6 ANDARINA JULIANA PR JL. NIAS 7 Drs. ANTON JAMES SIREGAR LK JLN VIYATA YUDHA NO 118 8 TONANG SADARIAH SARAGIH PR JLN MUJAHIR NO.32 9 SITI RAMLAH AIRMAYUNI PR JLN PATIMURA UJUNG NO 278 C 10 DAINER GIRSANG LK JLN BAH BIAK NO. 67 11 OTTO MARULAM SIDABUTAR LK JLN KERTAS TIPIS NO 6 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 H. ABDUL GOPPAR NASUTION LK JLN. SRIWIJAYA NO 136 2 ARMANSYAH PASARIBU, S.SOS LK JLN. SERAM BAWAH Gg. SUNDA NO 53 3 ISNA ALIYAH PR JLN. PENYABUNGAN NO 7 4 ISMAIL ALFIAN LUBIS LK JLN. KASUARI NO 43 5 ANTON SYAHID NASUTION LK JLN. SILIMAKUTA NO 38 6 UMMY KALSUM, S. PdI PR HUTA MOHO III 7 ARIONDO SIAHAAN LK JLN D.I PANJAITAN NO 60 8 TAMALIN SINAGA LK JLN HULUBALANG Gg. DELIMA NO 132 9 NURAINI NASUTION PR JLN BOLA KAKI Gg. AMAL NO 45 10 TONI LK JLN PATUAN NAGARI NO 27 11 SUSANTI PR JLN VOLY ASRAMA MAHONI 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 HASANUDDIN NASUTION LK JLN.KASAD NO 4 2 ANDI LESMANA, SPdI LK JLN PISANG Gg DURIAN NO 10 3 ROSMALAYENI HASIBUAN PR JLN.TANGKI LOR XX Gg MADRASAH 4 Drs. H. ALI SAHBANA SIREGAR LK JLN SIBATU-BATU KOMPLEKS MASJID 5 MUHAMMAD NURDIN LK JL. JAWA Gg. KELAPA KUNING NO 18 6 MAISYARAH BATU BARA, S.Pd PR JLN JAMBU 4 NO 9 7 SUJOKO SYAPUTRA LK PONDOK SAYUR 8 DEDE APRIYANTI PURBA PR JL. NARUMONDA NO 64 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

PARTAI GOLONGAN KARYA KOTA PEMATANGSIANTAR

5 NO. URUT

NAMA CALON JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 HENDRA P. H. PARDEDE, SE LK JL. IMAM BONJOL SK 13/19 2 H. MUHTAR EFFENDI TARIGAN, SH LK JL. M. SIREGAR NO 39 3 TIORIDA SINAGA PR JL. LAGU BOTI NO 26 4 Drs. SAMUEL SARAGIH LK JL. LINGGAR JATI NO 25 5 DENNY TORANG HAULIAN SIAHAAN SH LK JL. LAP. BOLA ATAS Gg. KOPI NO 8 6 BERNI TUA, S.P PR JL. SIMBOLON NO 10 7 MANATAP SILALAHI LK JL. M. SIREGAR Gg. NANGKA II UJUNG 8 PANCASILA SIBARANI LK JL. TARUTUNG NO 54 9 HALIMAH THUSAKDIAH TANJUNG, SE PR JL. M. SIREGAR Gg Ir NO 64 10 JON KENNEDI PURBA LK JL. KESATRIA LR. 24 NO 64 11 REPIANA HALOHO PR JL. P. RAYA NO 2 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 Hj. RINI SILALAHI, S.Si PR JL. SM RAJA NO 167 2 SYAIFUL AMIN LUBIS, ST LK JL. NUSA INDAH NO 26 A 3 JANNES HOTMARTAHAN SITORUS, AMd. LK JL. BAH BIAK KIRI NO 23 4 NAZLI JUWITA PANE PR JL. NAGUR NO 57 5 RAMLI SIHOTANG, SH LK JL. KABUKABU NO 59 6 MARLI SURYATAMA LK JL. SINGOSARI NO 6 7 SUHARJO P. ARITONANG, A. Md LK JL. BINTANG MARATUR NO 64 8 SOFIAN NUR LK JL. PENYABUNGAN NO 11 9 LOLITA MARIATI SIAHAAN PR HUTA EMPLASMEN 10 RITA ZAHARA PR JL. SRIWIJAYA NO 44 11 RUDI SAUT SIREGAR, SPd LK JL. MERANTI NO 89 F 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 MANGATAS MARULITUA SILALAHI, SE LK PER. RAMI INDAH BLOK A NO 10 2 PARDAMEAN SIHOMBING LK JL. DEMOKRASI 3 FATMAWATI PR JL. SIBATUBATU BLOK II 4 Drs. TANJUNG SIJABAT LK JL. SEJAHTERA NO 461/18 5 HELPIARO LAHAGU LK JL. PENERANG NO 13 6 YENI RAHMADANI PR JL. R. SEMBIRING 7 DAPOT NAKKOK SARAGI LK JL. MEDAN KM 7,5 NO 4 8 SABRITA SARAGIH PR JL. MUSYAWARAH NO 52 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

PARTAI AMANAT NASIONAL KOTA PEMATANGSIANTAR

8 NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN

KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 ZAINAL PURBA LK JL. LOBAK NO. 2 2 UMAR SILALAHI LK JL. CENDAWAN NO. 16 3 LAMRIA B. SIMANJUNTAK PR JL. SERIBU DOLOK No. 40 SIMP. 2 4 Drs. TOGA TAMBUNAN LK JL. KISARAN II NO. 113 5 Drs. MARISI JUJUR SIRAIT LK JL. DATARAN TINGGI NO. 12 6 ROSALIN DONNA SEMBIRING, SE. SPd PR JL. M SIREGAR Gg. MAROS No. 2 7 OLOAN MANIK LK JL. MANUNGGAL KARYA DESA BAHAIL 8 RADEN SINAGA LK JL. PEMATANG SK 01/79 9 LISNA WULAN LUBIS, S.PdI PR JL. M. SIREGAR NO. 319 B 10 MEGAWATI SARAGIH PR JL. PISANG GG. DURIAN NO. 90 11 EKO SUJATMIKO LK JL. M. SIREGAR NO. 131 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 YUSUF LK JL. BOLAKAKI NO. 3 2 Drs. OW. HERRY DARMAWAN LK JL. COKROAMINOTO No. 67 3 NURLELA SIKUMBANG, SH PR JL. DR. WAHIDIN NO. 24 4 YUSRAN LK JL. SILIMAKUTA No. 50 B 5 NASRUL LK JL. EMAS NO. 19 6 Hj. ERLINDA TRIANA ARIESTA SIRAIT PR JL. CEMPAKA NO. 16 7 DAVID CAVIN P. PAKPAHAN LK JL. BAH B. KANAN NO. 6 8 JUANDA PURBA, SH LK JL. RAJAMIN PURBA NO.109 9 NINAWATI PR JL. JAWA GG. S. BAWAH NO. 9 C 10 ROMY KOTO, SE LK JL. PENYABUNGAN NO 18 11 FETTY NOVRIDA PR JL. TERATAI NO. 1 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 RISMAN SILALAHI LK JL. SIATAS BARITA 2 JONS PELMAN PURBA LK JL. MEDAN KM. 7,5 3 FAUZIAH NUR LUBIS, SE PR JL. A. I. SURYANI NO. 70 4 M. RAMADHANSYAH S. MALIALA, ST LK KARANG SARI PERMAI 5 H. AULUL IMRAN, S.PdI LK JL. ALAMANDA NO. I BLOK D-3 6 RUTH EVANY MELINA MANULLANG, SH PR JL. SEKATA NO. 57 7 ST. TUMBUR P.R. SINAGA, SKM LK JL. BATALION NO. 10 8 ROMAULINA TAMBA PR JL. MANUNGGAL NO. 16 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

14

PARTAI BULAN BINTANG KOTA PEMATANGSIANTAR

NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN

KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 SIMON GIRSANG, BSc LK JL. SANGNAWALUH NO. 45 2 KENNEDY PARAPAT, SE LK JL. PARAPAT NO. 188NH 3 DONNA FEBRIANA SIDAURUK, SH PR JL. DALIL TANI II NO.10 4 Drs. BARINGIN ANTONY SIMAJUNTAK LK JL. WORTEL NO. 1 5 RONDA MULIA SARAGIH LK JL. PERWIRA NO. 56 6 YESIKA PRATIWI SIDABALOK PR JL. SANGNAWALUH KOMP. MEGALAND 7 SUMARDI DARMA SIMANJUNTAK LK JL. MELANTHON SIREGAR NO.157 8 PESTA NP. MANURUNG LK JL. KABANJAHE NO. 12 9 DEWI ASTIKA, Amd PR JL. TONGKOL NO.24B 10 Drs. JONNY SIREGAR LK JL. BAH KORA II MARIHAT II 11 NURSINTA SIANIPAR PR JL. PATTIMURA NO.220 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 Ir. SAUD HANAIKAN SIMANJUNTAK LK JL. MERAK NO.17 2 LUKMAN MAJID HASIBUAN LK JL. A.IRMA SURYANI GG.MAKSUM NO.20 3 NURJANNAH SAFARIDA PURBA,SPd PR JL. KASUARI NO. 15 4 DANIEL FERNANDO SIDAURUK, SH LK JL. DALIL TANI II NO.10A 5 KOBDIN MANURUNG LK JL. RAKUTTA SEMBIRING 6 MARIDA SIANIPAR PR JL. MUSYAWARAH NO. 101 7 MARZUKI LK JL. SERAM GG. SELAMAT 8 BURHANUDDIN LUBIS LK JL. SILIMAKUTA NO.50 9 SAKDIAH ISKANDAR PR JL. JORLANG HATARAN NO. 65B 10 AZMAN LK JL. MATARAM NO 17 11 DESY FRANSISKA NAINGGOLAN PR PERM. TOZAI NO. 177 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 LINDUNG NAINGGOLAN, S.Pd LK JL. JAWA GG. PULAU PANDAN NO.10 2 SITI HAWA PR JL. NAGA HUTA 3 Drs. MARDAN SARAGIH LK JL. MEDAN SIMPANG KERANG LK.II 4 DARWIN SEHATMAN SARAGIH, SE LK JL. PERINTIS NO.23 5 CHRISTIANI, AMd PR JL. PERINTIS NO.5 6 ANGGIAT SIMANJUNTAK LK JL. BAH TONGGURAN NO.107 7 ROSMAWATI HUTAURUK PR JL. S.M. RAJA BLK. NO.1 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 29 (DUA PULUH SEMBILAN) ORANG

NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN

KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 AHMAD RIFA’I SIAGIAN LK JL. LINGGA 49A 2 Hj. HABSAH PURNAMAWATI , SE PR JL. KASUARI 2B 3 SHOLIHA ,SH PR JL. PANYABUNGAN 7C 4 ROSHENNY SARAGIH PR JL. ZAITUN HT. 3 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 ZULKIFLI, SH LK JL. SURYA NO 5 2 EKA RIZKY LUBIS, S.PdI PR JL. SILIMAKUTA 38 3 ZULKIFLI SIMANJUNTAK, SE LK JL. SINGOSARI 59 4 Ir. ILHAMSYAH, MM LK JL. KASUARI NO 2B 5 FARIDA HANUM MANURUNG PR JL. RAJAWALI 82B 6 H. ARSIDI, SE LK JL. TOMBANG 5A 7 ARIANI ZEGA PR JL. MOJOPAHIT NO 12 A 8 Drs. M. RUM MAJID LK JL. SEI SILAU 66 9 MARWIYAH SITANGGANG PR JL. TAMBUN TIMUR 10 ZAINUL ABDILLAH SITUMORANG, S.Pd I LK JL. SINGOSARI 56 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 ARMANSYAH NASUTION S.Ag LK JL. TAMBUN TIMUR 2 AMIR MA’RUF TAMBUNAN S. Ag LK JL. KASUARI 2 3 Dra. SRI DAHLIA PR JL. SIBATU-BATU LINGK. I 4 SISWANTO, S.Pd LK JL. PADANG SIDEMPUAN 20 5 SUWANDI LK JL. PDT. J. WISMAR SARAGIH 6 ENDANG SUARTI PR JL. PDT. J. WISMAR SARAGIH 7 JUSNI MANIK LK JL. ASRAMA TNI-AD MARTOBA 8 SAINAM PR JL. T. TENGAH LINGK. I 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 22 (DUA PULUH DUA) ORANG

Ditetapkan di Pematangsiantar pada tanggal, 12 Juni 2013 Ketua, MANGASI TUA PURBA, SH

NAMA CALON

JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 FRANEDI, ST LK Jl. TONGKOL NO. 92 2 MUSLIM MANURUNG, A.Md.Ing LK JL. PISANG GG. POKAT NO. 11 3 RAKASEH, S.PdI PR JL. TONGKOL NO. 42 BLK 4 RUSDI AGUS LK JL. PATTIMURA GG. MUSHALLANO. 265 F 5 SURIADI LK DUSUN IV SILUMANGI 6 ZUBAIDAH NASUTION PR JL. PATTIMURA NO. 325 7 SABAR BUDIANTO LK JL. TONGKOL BLK. NO. 34 8 DINA INDRAWATI PARDEDE, S.HI PR JL. G. S. GG. SURYA NO. 2 9 HERDIYANTO, S.PdI LK JL. M. SIREGAR KM. 4 10 INDARMAWAN, S.PdI LK JL. MUJAHIR NO. 41 11 DINI DUMASARI, S.Pd PR JL. PIMPONG NO. 14 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 KISWANDI, S.Ag LK JL. SINGOSARI GG. SUMBER SARI 2 H. SAILANTO LK JL. LETJEN SUPRAPTO NO. 20 3 ETTY WAHYUNI, S.Pd PR JL. TANAH JAWA GG. BUNGA TANJUNG NO. 16 4 MUSLIH TAUFIQ, ST LK JL. BOLA KAKI GG. RUKUN 5 SUBARDAN LK JL. LANGKAT NO. 34 6 FATMA WINDA LUTH, S.Kom PR JL. ATLETIK NO. 15 7 BUNGKUS PARULIAN DAMANIK, S.Ag LK JL. MAWAR NO. 8 8 M. TIGOR HARAHAP LK JL. A. I. SURYANI NO. 63 9 JUWITA SORMIN PR JL. HULUBALANG GG. RUKAM NO. 9 10 MAYA SOPHA, S.Pd PR JL. MELATI UJUNG NO. 59 11 AMRIN SUHAYRI, SE LK JL. JAMBU Gg. RAMBE NO 3 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 IBNU HARBANI LK JL. NAGA TUJUH 2 ERNITA MANURUNG PR JL. VIYATA YUDHA TOZAI BARU B.13 3 H. PONIDI LK JL. VIYATA YUDHA KOM. PERUM KODAM NO. 38 4 WAHYUDI AWALUDDIN LK JL. TANGKI LORONG XX 5 AHMAD ASYHARI SARAGIH, SE LK JL. MEDAN KM. 3,5 6 RAFIQA DEWI, S.Kom PR JL. BRIGJEND RAJAMIN PURBA NO. 135 7 WARSIDI LK JL. TANJUNG PINGGIR 8 SABARIAH HARAHAP PR JL. SETIA NEGARA 1 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA KOTA PEMATANGSIANTAR

6 NO. URUT

NAMA CALON JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 NETTY SIANTURI, BBA PR JL. SAMOSIR I NO. 2, 2 BINARIS SITUMORANG, SH LK JL. M. SIREGAR, Gg. BARITO 3 RAJA PS. JANTER ARUAN, SH LK JL. KARANGTARUNA/ NEGERI BOSAR NO. 11 4 CHRISTINA PANJAITAN, SP PR HUTA V URUNG 02 KARANG BANGUN 5 Ir. OBERLIN MALAU MAP LK JL.SIMALUNGUNPERMAIIINO.12DOLOKMARLAWAN 6 Ir. OBED BARUS LK JL. M. SIREGAR No. 23 7 IIT SUWENI PR JL. SIDIKALANG NO. 13 8 Ir. BERLIN SITOMPUL LK JL. RAJAWALI NO. 55 A 9 FRANSISKUS SILALAHI, SH LK DUSUN TAMBUNAN, 10 DIANA BATUBARA PR JL. D.I PANJAITAN NO. 122 11 DEDI SUTEDI SITINDAON, ST LK JL. TENGGIRI, No. 15 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 RIAH BERKAT SUMBAYAK LK JL. LINGGARJATI NO. 108 2 HENRY DUNAND SINAGA, SP LK JL. UISGARA No. 6 3 MENTI SIREGAR, S.Hut PR JL. BAH BOLON KIRI NO. 26 4 SYAHMIR EFENDY DAULAY, SE LK JL. KENANGA 5 SIU JEN PR JL. COKROAMINOTO Gg. SEIKA NO. 38 6 TJAW KIM LK JL. A. I. SURYANI No. 47 E 7 ASRIANI SINAGA, SH PR JL. MERPATI NO. 6 8 DEDDY APRIANTO PURBA, SH LK JL. AHMAD YANI No. 418 9 TEO KIM HUA PR JL. PATIMURA No. 05 10 EDUWARD FH. PURBA, ST LK JL. R. SEMBIRING NO. 138 11 PERRY MARTUA SIHOTANG, ST LK JL. SM. RAJA, No 273 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 GREGORIUS MB. PURBA, SE LK JL. SISINGAMAGARAJA 2 ARMAN PASARIBU, SE LK JL. SERIBUDOLOK NO. 206 B 3 ARNI BUKTINA HUTABARAT PR JL. PDT. J. WISMAR SARAGIH 4 SURIANTO LK JL. TANGKI NO. 96 5 ELVI FLORA PURBA PR JL. SIBATU-BATU BLOK IX 6 MUHAMMAD RIZAL SIREGAR LK JL. MEDAN GG. BAJIGUR 7 HOTMAULINA MALAU PR JL. NAGAHUTA 8 Drs. JAN VIVERE VERICO SARAGIH LK JL. Pdt. J. WISMAR 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN KOTA PEMATANGSIANTAR

9 NO. URUT

NAMA CALON

JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON

DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 ABDUL RAHMAN SITANGGANG, S.SOS LK JL. ASAHAN HUTA II 2 JURIATI PR JL. TENGGIRI NO 15 3 SUKIATNO LK JL. PATTIMURA BAWAH 4 DEDEK SULAIMAN, S.PdI LK JL. BAKUNG NO 27 5 SYAHNURDIN, S.HI LK JL. SIDOMULYO 6 NURHAYANI SIMANJUNTAK PR JL. SEPAT NO 50 A 7 EVI NURUL HADINI SIAHAAN PR JL. LINGGA NO 51 8 DADANG FIANA LK JL. MELATI NO 74 9 KHAIRUNISAH PR JL. M. SIREGAR Gg. PB NO 8 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 ABBAS GANI PANE LK JL. P. ANGGI NO 75 2 JULIZAR LK JL. KASUARI NO 6 3 ENDANG SRI HAYATI PR JL. NAGUR NO 38 4 RIDWAN NAPITUPULU LK JL. ENGGANG NO 14 5 H. MHD. KINAHARDIN SIREGAR, S. Ag LK JL. HOS COKROAMINOTO NO 33 6 SANDY BRAMITA PR JL. NUSA INDAH NO 19 7 ZULFAN HASANUDDIN PANE LK JL. ADE I. SURYANI Gg. GAJAH MADA NO 69 8 MARIANI SURBAKTI PR JL. MANAMBIN NO 2 9 HAZRUL SYAHRIAL SIREGAR, S.HI LK JL. SINGOSARI NO 69 10 JAMALUDDIN HARAHAP, SH LK JL. TANAH JAWA NO 30 11 NURUL HASANAH PR JL. KESATRIA Gg. PEMBELA 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 HERI AGUS SIAHAAN, S.HI LK JL. MEDAN KM 4,5 2 ADNAN SUMARNO LK JL. NAGA HUTA BLOK I Gg. NADI 3 NUR INDRAYANI PR JL. MAWAR RAYA BLOK II NO 1 4 BOY PARADY PURBA, Sos.I LK JL. MELATI II NO 6 5 JUNAIDI LK JL. VIYATA YUDHA BTN BLOK I NO 10 6 RINI LESTARI, S.PdI PR JL. R. SEMBIRING LOR. XX 7 WARLIS PURBA PR JL. LANGKAT NO 44 8 MUCHTAR LK JL. TANJUNG PINGGIR 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 28 (DUA PULUH DELAPAN) ORANG

15 NO. URUT

NO. URUT

PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA PEMATANGSIANTAR

3

PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA KOTA PEMATANGSIANTAR

NAMA CALON JENIS KELAMIN KAB/KOTA/KEC. TEMPAT TINGGAL CALON DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 1 1 IRAWAN ATMADI SAPUTRA PURBA LK JLN FAREL PASARIBU GG.SUKUN NO 10 2 THIMOTEUS S.D.PANJAITAN, SE LK JLN. MANUNGGAL KARYA - PERUM NO. 10 3 TIANNA OKTAVIA SIREGAR PR JL. TOBA I NO 42 4 JUBEL RAFAFI PARNINGOTAN LK JLN. SUDIRMAN NO.11/23 5 TOMU NABABAN,SH LK JLN. GEREJA NO. 76 6 SRI MARIANI PR DUSUN SIABAL-ABAL 7 SARMAN DWIPA SIDABUTAR, S.Sos LK JLN. LAGUBOTI UJUNG NO.123 8 BERCIUS YANTO PURBA, S.Pd LK JLN. PRAPAT KM 65 9 NITA IDA SIREGAR PR JLN. BAYAM NO. 81 10 ROMAULINA TAMBUNAN PR JLN. TOBA II NO. 75 11 ROBERT PANGGABEAN LK JL. MUAL NAULI 1 NO 2 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 2 1 FRANS BUNGARAN SITANGGANG, SE LK JLN. PEMATANG SK 4 / 17 2 MASISION NAIBAHO, S.Pd LK JLN SISINGAMANGARAJA NO.151 3 JULIARTA SILITONGA PR JLN. DIPONEGORO NO.7 BLK 4 HARRISON TAMPUBOLON LK JLN. SILATURAHIM NO. 11 5 ROMENSYA LK JLN SINGOSARI GG SUMBER SARI 6 ZULFAH HANUM PR JLN. MERAK NO. 7 B 7 LULU CAREY GORGA PURBA LK JLN. SUDIRMAN NO. 11/23 8 ISKANDAR DOLOK SARIBU, SH LK JLN RAKUTTA SEMBIRING BRAHMANA NO.97 9 SITI RAMAYANI PR JLN. ADE IRMA NO.1 10 DEDE ISKANDAR LK JLN. SERAM BAWAH NO.27 11 DESRI CRISA NATALIA GULTOM PR JLN. DIPONEGORO GG. MEDAN AREA NO.21 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA DAERAH PEMILIHAN : PEMATANGSIANTAR 3 1 BONAR SARAGIH, SH LK JLN. HANDAYANI NO. 09 2 ROBBY TAMBUNAN, SH LK JLN. TROMPET I NO. 20 3 SRI RAMADANY PARDEDE, S. Pd PR JLN. KOMPI 27 4 JIMMY ELISON MASITO PURBA LK JLN. PISANG SITABAR 5 GOMGOM PARULIAN PANJAITAN LK JLN. MEDAN SIMPANG RAMI LINGK.II NO. 6 6 SISKA APRIANTY, S. PdI PR JLN. MEDAN SUMBER JAYA II 7 JEMMI NURMASNI PAKPAHAN PR JLN. MEDAN KM 4.5 8 MONA CRISTO PURBA LK JLN. PDT. J. WISMAR SARAGIH NO. 124 30 % KETERWAKILAN PEREMPUAN DAN MEMENUHI PENEMPATANNYA JUMLAH BAKAL CALON UNTUK SELURUH DAERAH PEMILIHAN SEBANYAK = 30 (TIGA PULUH) ORANG


SENIN, 17 JUNI 2013

METRO SIANTAR

HALAMAN

6

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIMALUNGUN PENGUMUMAN

DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD KABUPATEN SIMALUNGUN PEMILU 2014

1

PARTAI NASDEM

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 SARIADI SARAGIH, ST 2 ANDRE HANDIKA CHRISTIAN S. GARINGGING 3 NOVI ASNIKA DAMAYANTI 4 TUMPAK SILITONGA, S.Pd 5 SAIRUL AMRI PARLINDUNGAN SARAGIH 6 FRISKA JULIANA SUMBAYAK, S.Kom 7 BAKHTIAR EFENDI 8 MARPEN DARWIS SIREGAR 9 ENDANG YANTI, SE 10 JHONTER POLTAK SIMBOLON

L L P L L P L L P L

BANDAR SELAMAT JL. SITALASARI NO. 41 JL. KENANGA HUTA I PURBASARI JL. DURIAN RAYA PERUM BATU 6 HUTA 1 NAGA DOLOK JL. KAMPUNG JAWA HUTA V RAMBUNG MERAH JL. ASAHAN KM 16 HUTA V CINTA MAJU HUTA II SERAPUH JL. MAYJEND RICARDO GG DURIAN NO 59 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 JOKO RAHMADI, SE 2 Ir. PRIANTONO HADI WIBOWO 3 ERWITA DALIMUNTHE, SE 4 ZAINAL 5 NITA HASANAH 6 SULASTRI

L L P L P P

NAGA JAYA I JL. VETERAN NO. 23 HUTA BANDAR SELAMAT JL. AIR BERSIH HUTA I JL. KASIAVERA III NO 2 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 IRAWADI 2 SUPARTO 3 ZULFIDAWATY FAWZIYAH 4 MUDAHAMAN DAMANIK 5 GIMAN, SH 6 EVA RINANDA PUTRI 7 RAMSES PANJAITAN 8 JONDRO NAPITUPULU, SP 9 DONDA SRI REJEKI PASARIBU 10 TOLOPAN SITINJAK

L L P L L P L L P L

HUTA II BENDO HUTA V NAGORI BANDAR JAYA JL. SM RAJA NO 437 LINGKUNGAN I PEKAN HUTA V NAGA JAYA I JL. SISINGAMANGARAJA NO. 58 JL. MERDEKA 170 PERDAGANGAN III JL. KABANJAHE ATAS NO 4 JL. RAJAMIN PURBA SH NO 36 30. % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 IDA MASTARIA SARAGIH, SST 2 SAHAT SILALAHI 3 RAMANUDDIN PURBA 4 CERELLUS MARTINUS PURBA 5 YUSMAINI

P L L L P

MARUBUN I HUTA JAMBI HUTA RAYA TIMURAN JL. KOTA NOPAN NO 5A SIDOMULYO 50% Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 JIMMY SAFRI GULTOM, S.Pd 2 Ir. AMSON SIJABAT 3 EVA ERNAWATY SINAGA, ST 4 JOKTAN SITANGGANG 5 MIDEN SILALAHI 6 RUPINA MANIK, S.Pd 7 BERNHARD DAMANIK, SE 8 Ir. JALMEN SARAGIH 9 ICE ADELINA SILALAHI 10 DEDY BONARDO SARAGIH, SE

L L P L L P L L P L

BLOK X TIGA BALATA PANE TOBA JL. BESAR NO 266 SARIMATONDANG PARLUASAN TIGA BALATA MANIK RAMBUNG DOLOK SARIBU HUTA VIII KP KARO JL. GURU JASON SARAGIH NO. 17 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 JAN RISMEN SARAGIH, SH 2 OBER SARAGIH, SH 3 ELDINAR RADEARNI SITOPU 4 SENDI WARTO PURBA 5 BASTANTA PUTRA SIPAYUNG 6 DAME MARIA VALENTYNA SINAGA, A.Md 7 PETRUS CHRISTIAN SARAGIH 8 DESSY MARGARETH PANDIANGAN, S.Pd

L L P L L P L P

JL. SUTOMO NO. 14 JL. HANDAYANI GG BERSAMA JL. SUTOMO PURBA HINALANG JL. SARAN PADANG NO 20 JL. SUTOMO PANEI RAYA JL. JATI NO 1A 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 49 (Empat Puluh Sembilan) orang

2

PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 SURIAWAN 2 ISKANDAR 3 SINTAULI DAMANIK, SPd 4 TUKIRAN 5 DERMANSON SILALAHI, SH 6 ASNAWATI PURBA

L L P L L P

Kec. GUNUNG MALIGAS Kec. GUNUNG MALIGAS Kec. SIANTAR SELATAN Kec. GUNUNG MALELA Kec. TAPIAN DOLOK Kec. TAPIAN DOLOK 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 MAMAN LESMANA 2 ODI SANDRIO SIPAYUNG 3 DIAN MAULINA 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 NURLELA 2 EGA YANA PUTRI 3 LINDA LASTUTI

P P P

Kec. SIANTAR Kec. PEMATANG BANDAR Kec. BANDAR 100 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 AGUS IRAWAN SINAGA 2 EKA MARINI SINAGA 3 REDI TUA SITIO 4 ROHANI SIAHAAN

L P L P

Kec. PANEI Kec. PANEI Kec. DOLOK PARDAMEAN Kec. JORLANG HATARAN 50 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 MIDUK JAYA TAMPUBOLON 2 MEY HENDIKA GIRSANG 3 ROSDELILA SINAGA

L L P

L L P

MARIHAT BARIS NAGORI BANDAR MASILAM DOLOK BATU NANGGAR

Kec. MEDAN JOHOR Kec.SILIMAKUTA Kec.RAYA 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 19 (Sembilan Belas) orang

3

PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 USMAYANTO 2 JUMALI 3 RAMADHAYANI SARAGIH 4 SUHAELI 5 SAFI'I 6 SITI CHORIAH 7 MAHDARIANI PANJAITAN

L L P L L P P

KEC. TAPIAN DOLOK , KAB. SIMALUNGUN KEC. GUNUNG MALELA, KAB. SIMALUNGUN KEC. GUNUNG MALELA, KAB. SIMALUNGUN KEC. SIANTAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. GUNUNG MALIGAS, KAB. SIMALUNGUN KEC. DOLOK BATU NANGGAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. SIANTAR, KAB. SIMALUNGUN 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 IKHWANUDDIN NASUTION 2 MARYUDI 3 ZAINAB TAMBUNAN 4 NURDI DARMA 5 MIFTA 6 NARSI, S.Pd.I 7 MINTA

L L P L L P P

KEC. BANDAR MASILAM, KAB. SIMALUNGUN KEC. BANDAR MASILAM KAB. SIMALUNGUN KEC DOLOK BATU NANGGAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. TAPIAN DOLOK, KAB. SIMALUNGUN KEC. PEMATANG BANDAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. DOLOK BATU NANGGAR KAB. SIMALUNGUN. KEC. PEMATANG BANDAR KAB. SIMALUNGUN 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 MARIONO, SH 2 MASDALENA SINAGA 3 MULIADI 4 HARIS EFENDI NASUTION 5 SUHENDRA 6 RIKA ANDRIANI 7 SUCIATI 8 ADNAN

L P L L L P P L

KEC. UJUNG PADANG KAB. SIMALUNGUN KEL. BANTAN KEC. SIANTAR BARAT KOTA PEMATANG SIANTAR KEC. BANDAR KAB. SIMALUNGUN KEC. TANJUNG TIRAM KAB. SIMALUNGUN KEC. HUTA BAYU RAJA KAB. SIMALUNGUN KEC. BOSAR MALIGAS KAB. SIMALUNGUN KEC. DOLOK BATU NANGGAR KAB. SIMALUNGUN KEC. BOSAR MALIGAS KAB. SIMALUNGUN 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 WARDIONO,S.Sy 2 MHD. NIZAR 3 RANI MIRANDA 4 SRI HARTATI 5 ELVIDA HANDAYANI RAMBE, S.Pd

L L P P P

KEC. TANAH JAWA, KAB. SIMALUNGUN KEC. JAWA MARAJA BAH JAMBI, KAB. SIMALUNGUN KEC. HATONDUHAN, .KAB. SIMALUNGUN KEC. J. M. BAH JAMBI, KAB. SIMALUNGUN KEC. MEDAN DENAI 60 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 IRWANSYAH SINAGA, S.Pd.I 2 ARI ISTININGRUM, S.Pd 3 ELIANTO 4 SLAMAT SURYADI 5 INGOT SAIRUN DAMANIK 6 NURLINA MANURUNG 7 SULARNO 8 TIUR SAWIDA MANALU

L P L L L P L P

KEC. SIANTAR BARAT, KOTA P. SIANTAR KEC. PAM. SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN KEC. JORLANG HATARAN KAB. SIMALUNGUN KEC. PAMATANG SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN KEC. PAMATANG SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN KEC. SIANTAR MARTOBA, KOTA PEMATANGSIANTAR KEC. GIRSANG SIPANGAN BOLON, KAB. SIMALUNGUN HKEC. PANOMBEIAN PANEI, KAB. SIMALUNGUN 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 JAMSARI 2 ANNISA ARYA DESTI PURBA, A.Md 3 ABDUS SALAM PURBA, S.Ag 4 MALAHAYATY TANJUNG S.Pd.I 5 SYAH MATUAH SINAGA

L P L P L

KEC. SILOU KAHEAN, KAB. SIMALUNGUN KEC. RAYA, KAB. SIMALUNGUN KEC. SILOU KAHEAN, KAB. SIMALUNGUN KEC. TAPIAN DOLOK, KAB. SIMALUNGUN KEC. RAYA, KAB. SIMALUNGUN 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 40 (Empat Puluh) orang

4

PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 ALBERT NAIBAHO, A.Md L 2 DEWI AYU HASTUTY, S.Sos P 3 Ir. JHON MANAT PURBA L 4 RICKSON HUTAGALUNG L 5 NGAINI P 6 RUSDI WIDRA LUMBANRAJA S.Sos L 7 MUHAMMAD SAFII, ST L 8 PANDAPOTAN HANS HUTABARAT ST L 9 FLORENSIA GINTING P 10 Ir. MAHA DHARMA SARAGIH L

KEC. SIANTAR KAB. SIMALUNGUN KEC. GUNUNG MALELA KAB. SIMALUNGUN KEC. SIANTAR KAB. SIMALUNGUN JL. BAYAM NO. 108/ 08 PEMATANG SIANTAR KEC. TAPIAN DOLOK KAB. SIMALUNGUN HUTA A MARGOMULYO KEC. GUNUNG MALELA KAB. SIMALUNGUN HUTA A MARGOMULYO KEC. GUNUNG MALELA KAB. SIMALUNGUN JL. RAJAWALI NO.71, SIPINGGOL-PINGGOL,KEC.SIANTAR BARAT JL. SARIBU DOLOK SARAN PADANG KEC. DOLOK SILAU KAB. SIMALUNGUN DUSUN NAGA TONGAH PEMATANG RAYA KEC RAYA, KAB. SIMALUNGUN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 ABU SOFYAN SIREGAR L 2 HERRY CHANDRA, ST L 3 MELVA RAME SINAGA P 4 DARMA DEDY SIMANJUNTAK L 5 ROSLINDA SARAGIH P 6 VIKTOR SIHOMBING, SH, MSi L 7 NURYESSI GUSMAN BUTAR – BUTAR P

NAG. BANDAR MASILAM, KEC. BANDAR MASILAM, KAB. SIMALUNGUN JL. ASAHAN, NAG. DOLOK MARLAWAN, SIANTAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. PEMATANG BANDAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. DOLOK BATU NANGGAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. DOLOK BATU NANGGAR, KAB. SIMALUNGUN HUTA I TALUN MADEAR, KEC. PEMATANG BANDAR, KAB. SIMALUNGUN PANOMBEAN BARU, KEC. BANDAR MASILAM, KAB. SIMALUNGUN 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 SURIYADI 2 SOFIAN MANURUNG, ST 3 WENNY NOVITA SARI 4 BAKTI SIRAIT 5 BUDIMAN SIRAIT 6 SARIJA ARUAN 7 BARLEN SIBORO 8 SUNARDI 9 WIWIK LENI BUTAR-BUTAR 10 GOLANG HARIANJA

L L P L L P L L P L

KEC. BOSAR MALIGAS, KAB. SIMALUNGUN KEC. HUTA BAYU RAJA, KAB. SIMALUNGUN ASPOL, JL. SANGNAWALUH SIANTAR TIMUR, KAB. SIMALUNGUN SIMP. PETE, NAG. SEI TOROP, KEC. BOSAR MALIGAS, KAB. SIMALUNGUN JL. GEREJA PERDAGANGAN, KEC. BANDAR, KAB. SIMALUNGUN EMPLASMEN GUNUNG BAYU, KEC. BOSAR MALIGAS, KAB. SIMALUNGUN JL. CENGKEH NO. 302, PERDAGANGAN III, KEC.BANDAR, KAB. SIMALUNGUN KASINDIR, KEC. JORLANG HATARAN, KAB. SIMALUNGUN HUTA IV PANOMBEAN BARU, KEC. BANDAR MASILAM, KAB. SIMALUNGUN JL.BESAR HUTA BAYU NO. 145, KEC. HUTA BAYU RAJA, KAB. SIMALUNGUN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 TRULY ANTHO SINAGA, SP. S.Pd 2 ERNI YUSNITA LUBIS 3 PARLUHUTAN TAMPUBOLON 4 RUDI SIAHAAN 5 SUNASTINI

L P L L P

JL. RAJAMIN PURBA NO. 72,KEC. SIANTAR SITALASARI, KOTA P. SIANTAR NAG. PARBALONGAN, KEC. TANAH JAWA, KAB. SIMALUNGUN BUNTU PALANG, BUNTU BAYU, KEC. HATONDUHAN, KAB. SIMALUNGUN JL. SISINGAMANGARAJA NO. 144, KEC. TANAH JAWA, KAB. SIMALUNGUN HUTA II NAGORI BAJA DOLOK, KEC. TANAH JAWA, KAB. SIMALUNGUN 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 TAMBA TUA GULTOM 2 SUBUR SUTARYO 3 Ir. ROSPITA SITORUS 4 ROBIN ROFINUS MARPAUNG, SE 5 NOVITA SYAHFITRI 6 MARGANDA A PUTRA PURBA SSos 7 BAREN AMBARITA, ST 8 DHARMA ULINA SITIO 9 ELVIS SIMANJUNTAK 10 Ir. HOTMAN PURBA

L L P L P L L P L L

JL. PARAPAT NO. 38 KEC. JORLANG HATARAN, KAB. SIMALUNGUN MANIK HATARAN, KEC. SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN KEC. SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN KEC. PANOMBEAN PANEI, KAB. SIMALUNGUN KEC. PAMATANG SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN KEC. SIANTAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. PEMATANG SIDAMANIK, KAB. SIMALUNGUN JL. MANGGIS III NO.11,DESA SITALASARI, KEC. SIANTAR JL. SINGA ATAS GIRSANG I KEC. GIRSANG SIPANGAN BOLON PERUMAHAN PONDOK NUSANTARA BLOK B 15, MEDAN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 Drs. ALEKSIUS GINTING 2 WARIDIN PURBA 3 DELIANA DAMANIK 4 SARMULIADIN SINAGA, ST 5 ANDERSON SINAGA 6 ROHULINA SARAGIH 7 TIMBUL OLOAN SARAGIH 8 RUMESDA SRY ERNI SINAGA

L L P L L P L P

JL. SARIBU DOLOK – SARAN PADANG, KEC. DOLOK SILAU AMBOROKAN PANE RAYA, KEC. RAYA KAHEAN, KAB. SIMALUNGUN KEC. SIANTAR, KAB. SIMALUNGUN KEC. HARANGGAOL HORISON, KAB. SIMALUNGUN KEC. SILIMAKUTA, KAB. SIMALUNGUN SARAN PUNEI, NAGORI TANI, KEC. SILAU KAHEAN, KAB. SIMALUNGUN JL. SUTOMO, SONDI RAYA, KEC. RAYA, KAB. SIMALUNGUN JL. SUTOMO, SONDI RAYA, KEC. RAYA, KAB. SIMALUNGUN 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 50 (Lima Puluh) orang

5

PARTAI GOLONGAN KARYA

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 Ir. MAKMUR DAMANIK 2 SUYITNO, SH 3 RAMA SINAGA 4 Ir. SAHAT PARDEDE 5 ALANDO SIMORANGKIR 6 OVRITA TANJUNG 7 EDI SUPRAPTO S.Sos.I 8 Dra. JULIANA GINTING 9 APRIMO SIBARANI, SE 10 SAHRUL NASUTION, ST

L L P L L P L P L L

Kec. Siantar, Jl. Bunga zaitun, P. Simalungun Kab. Simalungun Kecamatan Gunung Malela, Huta IV, Nagori Bandar Kecamatan Gunung Malela, Huta II, Dolok Malela Kec. Siantar Selatan, Jln. Toba I, No. 27, P. siantar Kec. Siantar, Jln. Manggis III No. 12, Perumnas Batu VI Kec. Siantar, Jln. Asahan Km. 4, Komp. Veteran P. Siantar Kec. Tapian Dolok, Jln. Anggrek Huta VI, Nag. Purbasari Kec. Siantar,Jln. Farel Pasaribu No. 5, Nag. Siantar Estate Kec. Siantar Selatan Jln. Toba II No. 173, Kel. Martimbang P. Siantar Kec. Gunung Maligas, Jln. Widodo, Huta IV, Nag. Karang Sari 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

PARTAI GOLONGAN KARYA DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 UMAR YANI, SE 2 HENDRO WINARNO, SH 3 RINAWATI SIMANJUNTAK 4 IRWANTO P, S.Sos 5 MAKMUR, SH 6 DHIAN HANDAYANI 7 SONIA, S.Pd

L L P L L P P

Kec. Pematang Bandar, Huta III Desa Kandangan Kab. Simalungun Kecamatan Bandar Huluan, Pasar III, Naga Jaya I Kab. Simalungun Kec. Pematang Bandar, Jln. Tuah Sawadim Damanik , Kab. Simalungun Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Huta III Bahung Huluan Kab. Simalungun Kec. Bandar Masilam, Nag. Bandar Masilam II Kab. Simalungun Kecamatan Bandar Huluan,Pasar III, Naga Jaya I Kab. Simalungun Kec. Dolok Batu Nanggar, Nagori Dolok Mainu Kab. Simalungun 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 BINTON TIDAON, S.Pd 2 H. SUYONO 3 SUPRAPTI 4 ESMAN, S.Ag 5 BENFRI SINAGA, A.Md 6 RUNTINA TURNIP 7 ELKANANDA SHAH, SE 8 Drs. LINDUNG SAMOSIR 9 TIKA IRWANA 10 ASTUTI

L L P L L P L L P P

Kecamatan Bandar, Jln. Merdeka, No. 125, Kel. Perdagangan Kecamatan Ujung Padang, Huta III Aek Ger Ger, Nagori Aek Gerger Kecamatan Bosar Maligas, Lingkungan VI Kulon, Nag. Bosar Maligas Kec. Bosar Maligas, Huta III Sidorejo Atas, Nagori Talun Saragih Kec. Huta Bayu Raja, Jln. Singamangaraja No. 59, Nag. Huta Bayu Kec. Bandar, Jln. Manggis Perumnas II, Kel. Perdagangan III Kec. Siantar Marihat, Jln. Lap. Bola Bawah No. 99/101, Kel. Perdamean Kecamatan Bandar,Jln. Gereja, No. 09, Kel. Perdagangan I Kecamatan Ujung Padang, Huta III Aek Ger Ger, Nag. Aek Ger Ger Kecamatan Bosar Maligas, Huta Emplasman, Nag. Gunung Bayu 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 SUGIARTO, SE 2 VIKTOR PARLUHUTAN SIBURIAN, S.Kom 3 SENI WARDANI, SE 4 SUPINAH 5 SAHAT TUA SIRAIT, SH

L L P P L

Kecamatan Tanah Jawa, Simpang Tangsi Balimbingan Kab. Simalungun Kec. Hatonduhan, Huta II Ujung Ban, Nagori Buttu Bayu Kab. Simalungun Kec. Tanah Jawa, Huta Hataran, Nagori Marubun Jaya Kab. Simalungun Kec. Tanah Jawa, Tetap Rejo, Nagori Totap Majawa Kab. Simalungun Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, Kab. Simalungun 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 TIMBUL JAYA SIBARANI, SH 2 PANTAS SITANGGANG 3 ROIDA NABABAN, SH, M,Hum 4 SARIALAM SARAGIH, SH 5 Drs. H.D. MARHASAK SILALAHI 6 SINTA SIREGAR 7 EFENDI SAMOSIR, SH 8 EVI YANTI MASLIANA SIANIPAR 9 NIARTI MANDASARI 10 Drs. JAMES HUTASOIT

L L P L L P L P P L

Kecamatan Dolok Panribuan Bandar Dolok Kab. Simalungun Kecamatan Panei, Nagori Panei Tongah Kab. Simalungun Kec. Jorlang Hataran, Kp. Pardomuan, Nag. Kasindir Kab. Simalungun Kec. Siantar Sitalasari, Jln. Patroli No. 31, Bah Kapul Kab. Simalungun Kec. Girsang Sipangan Bolon, Jln. Haranggaol, No. 94.Parapat Keca.Jorlang Hataran, Parluasan Tiga Balata, Kel. Tiga Balata Kec. Siantar, Jln. Tusam Raya No. 304/ 1, Kab. Simalungun Kecamatan Panei, Pulau Siborna Sosor Kab. Simalungun Kec. Panombeian Panei, Huta Sidorejo, Nag. Bosar Kab. Simalungun Kec. Siantar Selatan, Jln. Nias No. 34, Kel. Kristen, Pematangsiantar 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 Drs. HENDRY SEMBIRING 2 JAMEGAH SIPAYUNG 3 ROHANI GIRSANG 4 JOHI ALAM SARAGIH, SH 5 MAKNUR PURBA 6 ROSTINIM GIRSANG, S.Pd 7 JAYA RINSON SARAGIH 8 TIUR MALINA SARAGIH, S.Pd

L L P L L P L P

Kec. Siantar, Jln. Rambing rambing No. 38 Kab. Simalungun Kecamatan Silimakuta, Jln. Pasar No. 3, Seribu Dolok Kab. Simalungun Kec. Siantar Timur, Jln. Linggar Jati, No. 173, Kel. Merdeka P. Siantar Kec. Raya Kahean, Jl. Gr. Ferdinan No. 110, Sindar Raya Kab. Simalungun Kecamatan Raya, Urung Raya, Nagori Raya Bayu Kab. Simalungun Kecamatan Siantar Timur, Jln. Renville No. 55, Kel. Merdeka Kecamatan Silou Kahean, Sidiam – diam Kab. Simalungun Kecamatan Raya, Jln. Manjung, Kel. Pamatang Raya Kab. Simalungun 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 50 (Lima Puluh) orang

6

PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 PARDI PURBA L 2 BLANTON HAMONANGAN SINAGA L 3 SRY UNDIANY P 4 TAUFIQ AFFANDI, SH L 5 SABARDO ENRIKO BOGANOVA GIRSANG, SH L 6 ROSDIANA BUTAR-BUTAR P 7 MARTUA SIMAMORA L 8 SEPRI IJON M. SARAGIH, SH L 9 NURAIDAH DAMANIK, S.Ag P 10 NAHAM EDWARD SIJABAT L

HUTA BATU III/ KECAMATAN SIANTAR JL. ASAHAN KM 5/ KECAMATAN SIANTAR LARAS II/ SIANTAR HUTA I/ GUNUNG MALELA JL. SIMALUNGUN PERMAI/ SIANTAR JL. KASIAVERA/ SIANTAR JL. MEDAN KM 10/ TAPIAN DOLOK JL. MATA AIR BERSIH/ SIANTAR JL. RAYA SERAPUH/ GUNUNG MALELA JL. ASAHAN KM 6/ SIANTAR 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 FAO SAUT P. SINAGA 2 Drs. JOHNY MANURUNG, AK 3 SORAYA HANDAYANI 4 DOLLIN 5 SALMAINI, SE 6 ANGGIAT JENRI SIAHAAN, SE 7 LELY MARINCE M. AMBARITA, SE

L L P L P L P

JL. SISINGAMANGARAJA/ PEMATANG BANDAR HUTA EMPLASMEN/D.B.NANGGAR JL. KH DEWANTARA/ D.B.NANGGAR JL. SULTAN AGUNG/ D. B. NANGGAR BAH BAYU/ PEMATANG BANDAR JL. MARTINUS LUBIS/ D.B.NANGGAR JL. NOTES NO. 5/ MEDAN PETISAH 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 SASTRA JOYO SIRAIT, SH 2 BILMAR SAGALA, SE 3 RUSNAWATY PURBA, S.Ag 4 SISWOYO 5 TUMPAK MANIK 6 HERLINA SIAGIAN, S.Pd 7 SARLES GULTOM, SH, MH 8 BERNAT PANJAITAN 9 TRI HARTATI 10 JUMADI

L L P L L P L L P L

HUTA VI/ BOSAR MALIGAS JL. KARTINI NO 48/ BANDAR DURIAN BANGGAL/ RAYA KAHEAN HUTA VI TALUN TANJUNG/ UJUNG PADANG JL. ABDUL MUIS PERDAGANGAN/ BANDAR HUTA II AFD IV TINJOAN/ UJUNG PADANG ADIL MAKMUR/ BOSAR MALIGAS HUTA IV/ BANDAR MARIHAT BUTAR/ BOSAR MALIGAS EMPLASMEN/ BANDAR 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 MUHAMMAD ABU SOFYAN 2 EDI HARTONO 3 TETI FLORA HUTAPEA 4 THOMBAK ALFRED PARDAMEAN SIAGIAN 5 ELFI JULIANI SIRINGO-RINGO

L L P L P

HUTA III/ GUNUNG MALELA MARIHAT BAYU/ J.M.BAH JAMBI HUTA II CINTA RAKYAT/ TANAH JAWA HUTA V SUHI NAGODANG/ TANAH JAWA HUTA BATU VII/ J.M.B.JAMBI 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 JOHN MARUDUT TUAH SARAGIH 2 JHONY SINAGA, SH 3 MESIRYA SIRAIT, S.Pd 4 RAMADHAN SYAHPUTRA 5 INDRI ANGGRIANI 6 MANGAPUL SILALAHI, SH 7 ASHARI 8 BESAR BANJARNAHOR, SH 9 RIZKI ANDRIANI 10 LARIS PARAPAT

L L P L P L L L P L

PANEI TONGAH/ PANEI JL. SM.RAJA NO 24/ GIRSIP BOLON PANEI TONGAH/ PANEI HUTA PARGAMPULAN/ PANOMBEAN PANEI NAGORI BOSAR/ PANOMBEAN PANEI JL. MERDEKA NO 71/ GIRSIP BOLON JL. BANGUN/ SIANTAR BARAT BALATA II/ JORLANG HATARAN JL BANGAU NO 11/ SIANTAR BARAT MARIHAT DOLOK/ D.PANRIBUAN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 LISON D. SIPAYUNG 2 SANGAP SARAGIH 3 Dra. RESNAULI SARAGIH 4 Drs. DARMAYANSON PURBA 5 FENNY LIA SANTIKA TARIGAN, S.Kom 6 ALI UMRI PURBA 7 ERA PEGAWATI SARAGIH, SE 8 RALESMAN EDI

L L P L P L P L

BANDAR HINALANG/ PURBA PAMATANG II PURBA DOLOK/ PURBA SIMPANG GAJAPOKKI/ PURBA JL. KAYU MANIS/ MATRAMAN CINGKES/ DOLOK SILOU JL. BITTANG TIMUR/ SIANTAR UTARA BANGUN RAYA/ RAYA KAHEAN PANEI RAYA/ RAYA KAHEAN 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 50 (Lima Puluh) orang

7

PARTAI DEMOKRAT

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 JULIUS SILALAHI, ST 2 MEIANA RATNA JUITA SARAGIH 3 H. SULAIMAN SINAGA 4 St. JETRO SARAGIH, SE 5 SURYA BUDI 6 DEACY MARIA LUMBAN RAJA 7 ISKANDAR DAMANIK, SH 8 BENSON DAMANIK 9 IRMA SIHOMBING 10 ASMUDI SARAGIH

L P L L L P L L P L

SIANTAR-SIMALUNGUN SIANTAR-SIMALUNGUN SIANTAR-SIMALUNGUN RAYA KAHEAN-SIMALUNGUN GUNUNG MALELA - SIMALUNGUN PASANGGRAHAN JAKARTA SELATAN RAYA KAHEAN-SIMALUNGUN TAPIAN DOLOK - SIMALUNGUN TAPIAN DOLOK - SIMALUNGUN GUNUNG MALELA - SIMALUNGUN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 JUSUA BARUS, S.Ag, M.Pd 2 IRIANAN 3 ERNI YANI 4 AGUSTINUS SIAHAAN 5 JEIMI NIKCO SILALAHI 6 DEVI DIAN HARYANTI 7 ERNA SARI PURBA, SP

L L P L L P P

BANDAR MASILAM - SIMALUNGUN BANDAR MASILAM - SIMALUNGUN BOSAR MALIGAS - SIMALUNGUN BANDAR HULUAN - SIMALUNGUN DOLOK BATU NANGGAR - SIMALUNGUN BOSAR MALIGAS - SIMALUNGUN PEMATANG BANDAR - SIMALUNGUN 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 DODY HENDRARTO LUKMAN, BC. IP, SH 2 Dra. DENNI DARMAYANTI NAIBAHO 3 HERNANDO SINAGA,A.Md 4 GUNTUR LUMBANSIANTAR, SE 5 RALIMAN FEBBY P. PURBA,S.Sos 6 WARSIH 7 PARDOMUAN SITUMORANG, SH 8 ARMUNINGSIH, SH 9 HOTDEN TIMBUL MANIK 10 HISTONY SIJABAT, SP

L P L L L P L P L L

BOSAR MALIGAS - SIMALUNGUN BANDAR - SIMALUNGUN HUTA BAYU RAJA - SIMALUNGUN BANDAR - SIMALUNGUN BANDAR - SIMALUNGUN BANDAR - SIMALUNGUN UJUNG PADANG - SIMALUNGUN BOSAR MALIGAS - SIMALUNGUN BANDAR - SIMALUNGUN BOSAR MALIGAS - SIMALUNGUN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 DADANG PRAMONO, SP 2 PARLINDUNGAN MANALU, A.Md 3 LIANA SINAGA 4 OSNIDA SEMBIRING 5 JUMAIDI MATONDANG, SE

L L P P L

TANAH JAWA - SIMALUNGUN JAWA MARAJA BAH JAMBI - SIMALUNGUN TANAH JAWA - SIMALUNGUN TANAH JAWA - SIMALUNGUN TANAH JAWA - SIMALUNGUN 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 MANSUR PURBA, SE 2 BETTY RODEARNI SINAGA 3 WALPIDEN TAMPUBOLON, ST 4 OLOAN PINTOR SIPAYUNG, SE 5 TAGOR SIAHAAN, SH 6 NURMELINA SINAGA, BA 7 ATAS PANDAPOTAN SIBORO, SH 8 ANI SWARNI 9 EDI MULIANSON PURBA, S.TP 10 DENI PAISAL

L P L L L P L P L L

GIRSANG SIPANGAN BOLON - SIMALUNGUN RAYA - SIMALUNGUN PANOMBEAN PANEI - SIMALUNGUN SIDAMANIK - SIMALUNGUN SIDAMANIK - SIMALUNGUN PANOMBEAN PANEI - SIMALUNGUN SIANTAR MARIMBUN - PEMATANGSIANTAR SIDAMANIK - SIMALUNGUN PANEI - SIMALUNGUN PAMATANG SIDAMANIK - SIMALUNGUN 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 BALKER HALOHO 2 Drs. JOHALIM PURBA 3 LISBET ROTUAHNI SARAGIH 4 ELIAS BARUS 5 RAJORMAN SINAGA 6 RIANA SARAGIH 7 JARUSDIN SINAGA 8 JULIATI STEFANA SINAGA, SS

L L P L L P L P

PURBA - SIMALUNGUN SILOU KAHEAN - SIMALUNGUN RAYA - SIMALUNGUN DOLOK SILOU - SIMALUNGUN RAYA - SIMALUNGUN RSILIMAKUTA - SIMALUNGUN PAMATANG SILIMAHUTA - SIMALUNGUN RAYA - SIMALUNGUN 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 50 (Lima Puluh) orang

8

PARTAI AMANAT NASIONAL

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 EDI CANDRA DAMANIK, SE 2 SUMARNO 3 Dra. ERNI ERNAWATI 4 ALI HAMDANI 5 LIZA AZLINA PILIANG 6 BURHANUDDIN SINAGA 7 HARMAN PURBA 8 HUMUNTAL RAJAGUKGUK 9 SABARIYAH, S.Ag

L L P L P L L L P

SIMALUNGUN/PEMATANG BANDAR SIMALUNGUN/ GUNUNG MALELA SIMALUNGUN/GUNUNG MALELA SIMALUNGUN/TAPIAN DOLOK SIMALUNGUN/SIANTAR PEMATANG SIANTAR PEMATANG SIANTAR SIMALUNGUN/ GUNUNG MALELA SIMALUNGUN/ GUNUNG MALELA 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 SALBIN DAMANIK, SH 2 HASUNA DAMANIK 3 DADE NOVIANDRI 4 ZULFAN, S.Pd 5 SUSILAWATI 6 LUKMAN HAKIM DAMANIK 7 RIKA ERINA SITI SARAGIH

L L P L P L P

SIMALUNGUN/ PEMATANG BANDAR SIMALUNGUN/ PEMATANG BANDAR SIMALUNGUN/ BANDAR MASILAM SIMALUNGUN/ D.B.NANGGAR SIMALUNGUN/D.B.NANGGAR SIMALUNGUN/PEMATANG BANDAR SIMALUNGUN/PEMATANG BANDAR 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 EDY SUMANTO, A.Md 2 ABUDI SARAGIH 3 SAMINI 4 ALKAUSAR SARAGIH 5 RISWANTI 6 YANTO 7 KURNIAWAN SYAHPUTRA 8 NURAISYAH DAMANIK 9 ILHAM MALIKI

L L P L P L L P L

SIMALUNGUN/BANDAR SIMALUNGUN/BANDAR SIMALUNGUN/ BOSAR MALIGAS SIMALUNGUN/ HUTA BAYU RAJA SIMALUNGUN/HUTA BAYU RAJA SIMALUNGUN/BANDAR SIMALUNGUN/BANDAR SIMALUNGUN/HUTA BAYU RAJA SIMALUNGUN/ UJUNG PADANG 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 WASTER MANURUNG 2 SAMIRIN 3 TRI VIRA AYU WULANDARI 4 ALAMSYAH PUTRA SARAGIH 5 DEWI ASTUTI

L L P L P

SIMALUNGUN/ HATONDUHAN SIMALUNGUN/TANAH JAWA SIMALUNGUN/ JAWA MARAJA BAHJAMBI SIMALUNGUN/ JAWA MARAJA BAHJAMBI SIMALUNGUN/TANAH JAWA 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 EVI DESIANTI 2 ALIPAH PRATAMA 3 NAJARUDDIN DAMANIK 4 MUHAMMAD ILHAM LUBIS 5 RAMLAN 6 SANJU MARUSAHA JUSTINUS SIDABUTAR

P P L L L L

SIMALUNGUN/ PAMATANG SIDAMANIK SIMALUNGUN/PANEI SIMALUNGUN/ PAMATANG SIDAMANIK SIMALUNGUN/ DOLOK BATU NANGGAR SIMALUNGUN/ JORLANG HATARAN SIMALUNGUN/ SIDAMANIK 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

PARTAI AMANAT NASIONAL DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 JULIATI SINAGA 2 ROBINSON DAMANIK 3 NARI MANUDDIN SARAGIH 4 VANI YUSNITA FLORES SARAGIH

SIMALUNGUN/PURBA SIMALUNGUN/ SILAU KAHEAN SIMALUNGUN/ RAYA KAHEAN SIMALUNGUN/PURBA 50 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 40 (Empat Puluh) orang

9

P L L P

PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 PARDI NASUTION 2 SETIAWAN NASUTION 3 IRAMA DAMANIK 4 ABDAL 5 SURIANTO 6 MAULIDA SIALLAGAN 7 SUHADI, SH 8 MUHAMMAD YAHFIN YAHYA, A.Md 9 JUMINAH

L L P L L P L L P

SIANTAR TAPIAN DOLOK GUNUNG MALIGAS GUNUNG MALELA GUNUNG MALIGAS GUNUNG MALELA GUNUNG MALELA SIANTAR GUNUNG MALELA 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 RAHMATULLAH, A.Md 2 SUKIMIN 3 SURYA HERAWATI 4 BAMBANG SRI BANGUN DAMANIK 5 ADIANTO PASARIBU 6 UMMY AULIA LUBIS, S.PdI 7 ERVINA NASUTION, S.Pd

L L P L L P P

DOLOK BATU NANGGAR PEMATANG BANDAR BANDAR MASILAM BANDAR MASILAM DOLOK BATU NANGGAR BANDAR HULUAN PEMATANG BANDAR 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 MASITAH 2 HENDRA SUKMANA SINAGA, S.Kom 3 SAHRUL EFENDI, SE 4 TUANSIR SARAGIH 5 RIKA MAYA PUSPIKA, S.PdI 6 SYAHRIJAL, SH 7 SANTOSO SINAGA 8 MARYANI, S.Pdi 9 HUKBAN SITORUS, SH 10 IMRAN

P L L L P L L P L L

UJUNG PADANG BANDAR UJUNG PADANG UJUNG PADANG BANDAR BANDAR BOSAR MALIGAS BANDAR UJUNG PADANG UJUNG PADANG 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 MISNIARTI 2 Ir. SITI AISYAH 3 SURGIANTO 4 FERU PRAMAKA DAMANIK 5 RUSMAWATI, S.Pd.I

P P L L P

TANAH JAWA JAWA MARAJA BAH JAMBI TANAH JAWA GUNUNG MALELA TANAH JAWA 60 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 ARDI, S.Sos 2 JUHUM DAMANIK, S.Ag 3 MEGAWATI SITINDAON 4 M. TAU AMAN WAHID, S.Pd.I 5 WIRA AHADI, A.Md 6 NUR AINI SITIO 7 FRISKA NOVELITA SIMATUPANG

L L P L L P P

SIANTAR BARAT SIANTAR DOLOK PANRIBUAN PAMATANG SIDAMANIK PEMATANG BANDAR PANEI PANEI 42 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 GUKMAN SINAGA, SH 2 RADIAMAN DAMANIK 3 SRINI KAYANTI SARAGIH, S.Pd.I 4 AHMAD LATIP 5 SYAMSUL PURBA 6 RASIDAH SARAGIH

L L P L L P

SIANTAR BARAT SIANTAR DOLOK PANRIBUAN PAMATANG SIDAMANIK PEMATANG BANDAR PANEI 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 44 (Empat Puluh Empat) orang

10

PARTAI HATI NURANI RAKYAT

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 Ir. ASPAN EFENDI NAINGGOLAN, MM 2 NAJARUDDIN 3 HOTMALA DEWI HARAHAP 4 PIUS JOHANSON SIMARMATA 5 SYAHRUL GINTING SUKA 6 SUKARMI 7 TUMBUR NAINGGOLAN 8 SHERLY SILVIA SAMOSIR 9 HOT PARULIAN PURBA 10 GUNES SITUMORANG

L L P L L P L P L L

Jl. Komp. Menteng Indah Blok A.1 No. 23 Jl. Huta IV Siramah Desa/kel Dolok Kahean Kec. Tapian dolok Jl. Singosari Des/Kel . Martoba Kec. Siantar Utara P. Siantar Jl. ASAHAN KM. V NO. 293 Jl. Huta II Nagori Marihat Bukit Kec. Gunung Malela Jl. Emplasmen , Desa/Kel Dolok Hulu Kec. Tapian Dolok Jl. Asahan Km.13 Kec. SIANTAR Kab. Simalungun Sinaman II Desa/Kel. Pematang Sidamanik Kec. P. Sidamanik Jl. H.Ulakma Sinaga Kec. SIANTAR Kab. Simalungun JL. ASAHAN Km.VI DESA SEJAHTERA KEC. SIANTAR 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 SUDARTO 2 WATI 3 FITRIA IRMAWATI 4 WASIS WANTO 5 OSKAR SIAGIAN 6 SURYA EFENDI DAMANIK

L P P L L L

Jl. GEREJA Desa/Kel. PURWODADI Kec. P. BANDAR Jl.Huta IV Siramah Desa Dolok Kahean Kec.Dolok Kahean Jl. Huta IV / Desa Purwosari Kec. Pematang Bandar Jl. Nagahuta Gg. Damai No.4 Kel. Setia Negara Jl.Kerasaan Kelurahan Kerasaan I Kec.Pematang Bandar Huta II Emplasmen Dolok Kel. Dolok Tenera Kec. Dolok Batu Nanggar 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 RUSLAN ABDUL GANI SINAGA 2 ESRON SIMBOLON 3 NURIATI SARAGIH 4 JOHNSON SITUMEANG, S.Pd 5 SUPANDI 6 TITIN PRIHATIN SINAGA, S.Pd 7 SAPPE PARDOMUAN HUTAHAEAN 8 TUMBUR PARLUHUTAN PANJAITAN, SP 9 YULIA MANDASARI 10 WIPARTO

L L P L L P L L P L

Jl. H. Basir Saragih Huta VIII Kec.Siantar Kab. Simalungun Huta Notaris Desa/Kel.Dusun Pengkolan Kec.Bosar Maligas Huta II Kel.Nagori Bandar Kec.Bandar, Kab,Simalungun Jl.Rajamin Purba No. 59 Desa Perdagangan I Kec. Bandar Huta II Desa. Sugarang Bayu Kec.Bandar HUTA V DESA MARIHAT BANDAR Kec. BANDAR Huta I, Nagori Bandar Kec. Bandar Kab. SIMALUNGUN HUTA V HUTA NOTARIS JL. SISINGAMANGARAJA 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 MUCHSIN 2 Drs. R. SUDIRMAN SIMANJUNTAK 3 MERTILINA TARIGAN 4 ROSMILA 5 SUNARYO

L L P P L

Jl. Singosari, Gg. Sumber sari RT. 003/RW. 009 Bantan Kec. Siantar Barat Hatunduhan Desa Saribu Asih Kec. Hatonduhan Kab. SIMALUNGUN Jl. Huta III Tanjung Pasir, Desa/Kel. Tanjung Pasir Kec. Tanah Jawa Jl. Singosari, Kec. Siantar Barat Kota. P. Siantar Huta Jambi Kelurahan Mariah Jambi Kec. Jawa Maraja Bah Jambi 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 DAVID SIMBOLON 2 AFRIEDY SARAGIH, ST 3 LISNAWATI SIRAIT 4 DUNGDUNG MANIK 5 JOONS F. SARAGIH 6 ASNA ALFRIDA SINAGA 7 DARWIN SIMANJUNTAK 8 MARTHA LENA SIMANUNGKALIT 9 MAY NORA SIAHAAN 10 GOLKAR PONTIUS TINAMBUNAN

L L P L L P L P P L

Sinaman II Desa/Kel. Pematang Sidamanik Kec. Pematang Sidamanik Jl. Pdt. Wismar Saragih Kel. Tanjung Pinggir Kec. Siantar Martoba PaneiTonga RT/RW.1 Desa / Kel. PaneiTonga Kec. Panei Kab. SIMALUNGUN Jl. Patuan Nagari No. 33 Balige Kec.Balige Kab.Toba Samosir jl. Besar Tigaras Desa Sibuntuon Dolok Pardamean Jl. Musyawarah Simpang HKI No. 120 Panei Tongah Simpang Pane Kec.Panombeian Pane Kab. Simalungun Jl. Bah Sampuran Kec.Bah Sampuran Kab. Simalungun Jln. Betok I No.218 Kel.Kayuringin Jaya Kec. Bekasi Selatan Kota Bekasi Sibuntuon Kel. Sibuntuon Kec. Dolok Pardamean Kab. Simalungun 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 HERDIN ZULKIFLI SARAGIH 2 DARWIS SIPAYUNG 3 RUSPINA HALOHO 4 JOAN BERLIN DAMANIK 5 SARMEDI SIPAYUNG 6 ROSPITA SARAGIH 7 JHON HASMAN DAMANIK 8 SANNY HORNELIDA PURBA

L L P L L P L P

Jl. Panduman Desa Panduman Kec. Raya Kahean Rakut Besi Nagori Siboras Kel. Siboras Kec. Pamatang Silimahuta Kampung Baru Kel. Tigarunggu Kec. Purba Jl. Jahe-V No.9 P. Simalingkar Kel. Mangga Kec. Medan Tuntungan Sinar Baru Kel. Sinar Baru Kec. Silimakuta Mardosniuhur, Kel. Tigarunggu Kec. Purba, Kab. Simalungun Jl. Sutomo Bawah Saribudolok Kel.Saribudolok Kec. Silimakuta Kab. Simalungun Nagori Dolok Kel. Negeri Dolok Kec. Silou Kahean Kab. Simalungun 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 49 (Empat Puluh Sembilan) orang

14

PARTAI BULAN BINTANG

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 Ir. AMSAR SARAGIH, MM 2 BUONO 3 SUPEBRI ANITA 4 LUQMANUDDIN, S. Kom 5 HINDUN TAMBUNAN 6 RIPI DANI

L L P L P L

JL. JIBANG DAMANIK NO. 208/ GUNUNG MALELA HUTA I BUKIT MARAJA/GUNUNG MALELA HUTA V BANDAR JAMBU/TAPIAN DOLOK JL. SINGOSARI GG MELATI. NO 21/ SIANTAR BARAT JL. TERATAI I HUTA IV/ SIANTAR JL. TERAMPIL HUTA I/ GUNUNG MALIGAS 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 MUHAMMAD ARSYAD TAMBUNAN 2 ZULAIHA TAMBUNAN 3 SYAMSIWENDI RAMBE

L P L

JL. BUNGA ZAITUN HUTA 3/ SIANTAR JL. MALUKU NO 7/ SIANTAR BARAT JL. BANDAR/ PEMATANG BANDAR 33 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 SUPIANTO 2 NURHABIBI HASIBUAN 3 KHOIRUNNISA, SE

L P P

HUTA II KAMPUNG LALANG/ UJUNG PADANG HUTA II TIMBAAN/ BANDAR PLASMEN MAYANG SARI/ BOSAR MALIGAS 66 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 12 (Dua Belas) orang

15

PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 1 1 RAJISTEN SITORUS, SH, MM 2 NURASIA JAMIL 3 SUKIRWAN 4 MARSHAL SARAGIH, SP 5 ARINI PARDEDE, SH 6 SUGITO 7 JHONI DARMA HUTABARAT 8 RITAWATI 9 SALAM SAWALI 10 RUDIARMAN PURBA, S.Pd

L P L L P L L P L L

Jln. Mata Air Bersih No.5 Desa P. Simalungun Kec. Siantar Kab. Simalungun JL. Asahan KM. V, Huta III Desa Pantoan Maju Kec. Siantar Kab. Simalungun JL. Simp. Sinaksak No.95 Desa Sinaksak Kec. Tapian Dolok Kab. Simalungun Huta Vi Jl. Dolok Ulu Purbasari Desa Purbasari Kec. Tapian Dolok Jln. Handayani Komp. Kec Siantar Sitalasari Kota P. siantar Siantar Estate Desa Nagur Usang Kec. Tapian Dolok Kab. Simalungun Jln. Cempaka Atas Rambung Merah Kec. Siantar Kab.Simalungun Jln. Anjangsana Huta II Kec. Gunung Maligas Kab. Simalungun "Jl. Kasiavera 1 No.14 Desa Lestari Indah Kec. Siantar Jln. Tower No. 02 Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 2 1 ELEKTA SITORUS 2 DUMA SARI SITOMPUL, SH 3 TARLI MANURUNG, SE 4 MARIANI

L P L P

Pekan Kerasaan I Kec. Pematang Bandar Kab. Simalungun Huta II Desa Mariah Bandar Kec. Pematang Bandar Kab. Simalungun Jln. Musa Sinaga N0.115 Gg. Girsang RT/RW.021/- Kec. Siantar Huta III Desa Talun Madear Kec. P. Bandar Kab. Simalungun 50 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 3 1 TUMPAK ARUAN, SH 2 Drs. MARJAN TAHI BOLTOK SITORUS 3 SUSANTI 4 PARLINDUNGAN TAN, SH 5 Drs. CELCIUS TAMPUBOLON 6 MONIKA SINURAT 7 APRIELLA ERAWATI SITEPU 8 ERIK NIKSON SIHOMBING

L L P L L P P L

Jl. SM.Raja NH. Gg Kayu Manis Kec. Siantar Marimbun Kota P. Siantar Jl.Pangaribuan atas No.15 Kel. Aek Nauli Kec. Siantar Selatan Huta I JL. Penas Desa Marihat Bandar Kec. Bandar Kab. Simalungun Huta II Desa Mariah Bandar Kec. Pematang Bandar Kab. Simalungun JL. Pembangunan Baru No.44 kelurahan Sitirejo II Kec. Medan Amplas Jl. S.M RAJA NH Kec. Siantar Marimbun Kab. Simalungun JL. Tusam Raya No.282 Kec. Siantar Kabupaten Simalungun Huta Lumban Lintong Desa Mariah Hombang Kec. Hutabayu Raja 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 4 1 AS ARY SIREGAR 2 BONA ULI RAJAGUKGUK 3 ENDANG JULIARTI PARDEDE 4 JULI WATI 5 ANTONIUS PANGIHUTAN SITORUS

L L P P L

Huta I Nagori Bangun Kec. Gunung Malela Kab. Simalungun Huta III Buntu Bayu Kec. Hatonduhan Kab. Simalungun Emplasmen Bahjambi PTPN IV Kec. Jawa Maraja Kab. Simalungun JL. Rajamin Purba,SH P. Simalungun Kec. Siantar Kabupaten Simalungun JL. Marimbun I No.16 Kecamatan Siantar Selatan Kota P. Siantar 40 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 5 1 FIRMA SIAHAAN 2 SAHAT SILITONGA 3 MAY DELHI TURNIP 4 PIKTOR HISAR MARULI TUA DAMANIK, SH 5 MANOTAR AMBARITA 6 LUSI SETIAWAN SIAHAAN 7 KAMARUDDIN 8 TUMORA OLOAN SIMBOLON 9 MARINA SILVIA SARAGIH 10 JIFREDDY DAMANIK

L L P L L P L L P L

Jln. Besar Panei Tongah No. 223 Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun Huta Bayu Desa Huta Bayu Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun Simpang Raya Dasma Kec. Panei Kabupaten Simalungun Jl.Karet.I.No. 422 Kec. Siantar Kab. Simalungun Sihaporas Bolon Kab. Simalungun Kec. Pamatang Sidamanik Panei Tongah Desa Panei Tongah Kec. Panei Kab. Simalungun Birong Ulu Manriah Kec. Sidamanik Kab. Simalungun Desa Sarimatondang Kec. Sidamanik Kab. Simalungun Jl. Kasiavera 1 No.14 Kec. Siantar Kab. Simalungun Manik Tomok Kec. P.Sidamanik Kab. Simalungun 30 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya

DAERAH PEMILIHAN : SIMALUNGUN 6 1 Drs. RIKANSON JUTARMADI PURBA 2 Dr. BIRMA SARAGIH, S.Pd 3 GUSTRIANTI 4 Drs. CHARLES SIPAYUNG 5 TIANUR LINGGA 6 JERRY BENLY PURBA 7 ADE FARNAN SARAGIH, ST 8 NURIDIAH SIPAYUNG

L L P L P L L P

JL.Renville No.71 Kec. Siantar Timur Kota Pematangsiantar JL. PDT. A. Wilmar Saragih Kec. Silimakuta Kab. Simalungun Jln. Renville No.71 Kec. Siantar Timur P. Siantar JL. Handayani Ujung No.5 Kec. Siantar Sitalasari P. siantar Jl. Sudirman no. 34 Kec. Raya Bandar Kab. Simalungun Perumahan Sibatu-batu Indah Blok D No. 15 Kec. Siantar Sitalasari Jl. Abadi, Komp. Perum Regency Setia Budi Permai D No. 2 Medan Sunggal JL. Sudirman No. 40 Kec. Silimakuta Kab. Simalungun 37 % Keterwakilan Perempuan dan Memenuhi Penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 45 (Empat Puluh Lima) orang


SENIN

17 Juni 2013

HONDA SPACY RAIB Sambungan Halaman 1 Hatonduhan, Simalungun ini mengaku, datang ke Kota Siantar hanya untuk potong rambut. Setelah itu dia berencana ke rumah saudaranya di Kecamatan Siantar Barat. Tapi naas, setelah selesai potong rambut di Pangkas Indah dan hendak pergi, sepedamotor Honda Spacy BK 6159 TAI miliknya sudah tidak ada di lokasi parkir, persis di halaman Pangkas Indah. Selanjutnya dia menanyai beberapa orang yang berada di sekitar lokasi. Namun hasilnya nihil. Namun ada seorang warga menyebut bahwa ada seorang laki-laki dan sempat menegur korban saat rambutnya masih dipotong membawa sepedamotor tersebut. namun war-

Curi Besi

ga ini tampak ragu-ragu memberikan kesaksian. “Kalau tidak salah ya, tapi cari taulah,” kata pria tersebut pada korban. Korban juga mengaku bahwa kunci kontak sepedamotor yang sudah diangsur selama 24 bulan itu ternyata melekat di sepedamotor. “Iya pak, aku lalai. Kunci kontak itu tertinggal di kretaku itu,” kata korban yang merupakan buruh di perkebunan sawit di lokasi tempat tinggalnya. Kasubag Humas Polres Siantar AKP Efendy Tarigan menegaskan, pihaknya tetap berupaya, namun tidak menjanjikan. Setelah menerima laporan itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pos-pos di sekitar perbatasan Kota Siantar. (dho)

Polisi ‘Panen’ Ganja di Lahan 1 Ha Sambungan Halaman 1 ladang ganja tersebut, Minggu (16/ 6) pagi. Informasi dihimpun POSMETRO BINJAI (Grup METRO), kedua yang berhasil diamankan, yakni Sapon (29) dan Hendra (22) warga Desa Doladari, Dusun Panco Warno, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat. Kini barang bukti dan tersangka dibawa ke Polres Langkat UNTUK diniterogasi. Sebelum mengamankan barang bukti dan tersangka, dengan menggunakan trail, puluhan personel Polres Langkat terus menelusuri jalan setapak. Dengan mengambil rute melalui Dusun Duren, Desa Panco Warno, Kabupaten Langkat, puluhan petugas menelusuri jalan setapak yang terjal. Sesekali sepedamotor para personel terperosok dan menerobos sungai-sungai kecil serta hutan. Setelah menempuh perjalan selama dua jam, petugas akhirnya menemukan ladang yang dimaksud. Tampak pohon ganja yang tingginya hampir rata-rata 2 meter tumbuh dengan suburnya di daerah perbukitan bukit barisan ini. Petugas langsung melakukan pembersihan dengan mencabuti poho-pohon tersebut. Tidak hanya di perbukitan seluas 1 hektare ini. Petugas juga menelusuri setiap bukit di sana untuk mencari ladang lainya. Bahkan beberapa anggota masih disiagakan di wilayah perbukitan itu untuk menemukan ladang lainya. Sementara beberapa pohon ganja dan dua yang diduga pemilik ladang dibawa ke Polsek Kuala dan selanjutnya dibawa ke Polres Langkat. Kapolres Langkat AKBP Erick Bhismo mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan kasus ini. Karena ada dugaan kuat masih ada

lagi ladang ganja yang tersembunyi. “Hal itu dapat kita lihat dengan bebasnya para tersangka menanam pohon ganja dan banyaknya areal yang tidak tersentuh oleh tangan manusia sehingga sangat berpotensi untuk para pelaku kejahatan menanami pohon tersebut,” tegas Erick. Kecupan Perpisahan Sang Ayah Sesaat kedua tersangka dan barang bukti digiring ke Polsek Kuala, sekitar pukul 13.00 WIB, tampak seorang wanita muda menggendong seorang bayi serta menuntun kedua anak di kanan dan kirinya berusia 2 tahun memasuki pelataran kantor polisi. Wanita berparas ayu ini duduk di kursi tamu Polsek Kuala. Matanya terlihat berkaca-kaca. Dia adalah Lela (25), istri dari Sapon (29), salah seorang pelaku penanam daun ganja. Ia tampak seperti menahan air mata yang sudah tergenang di kedua kelopak matanya. Namun hal itu tidak tertahan lagi ketika sang suami dalam pengawalan ketat kepolisian dan diborgol lalu dimasukan ke dalam mobil. Terlebih ketika kedua anaknya yang berada di sampingnya bertanya. “Kemana ayah dibawa Ma?” tanya bocah tersebut. Dengan berlinang air mata, dirinya menjawab, “Bapak merantau sebentar, kita tunggu di rumah aja ya,” sahut wanita berambut sebahu ini sembari menghapus air matanya. Sebelum dimasukkan ke dalam mobil, Sapon sempat menghampiri sang istri dan anaknya. Dia berpesan agar sang istri menjaga baik-baik anaknya. Tak lupa dirinya mengecup kening dan pipi sang istri serta ketiga anaknya yang masih kecil. “Yang sabar, ini semua cobaan. Tolong jaga anak-anak kita,” pintanya diiringi kucuran air mata yang jatuh membasahi pipinya. (bam)

Kernet Truk Dihajar Massa, Nyaris Dibakar KISARAN- Tertangkap tangan mencuri besi, Wahyudi (20), yang selama ini bekerja sebagai kernet truk, babak-belur dikeroyok warga. Aksi warga Dusun IV Desa Tanjung Alam Kecamatan Air Batu itu dilakukannya di gudang motor milik Akuang, Jalan M Yamin Kisaran, Sabtu (15/6) sekitar pukul 21.00 WIB. Sementara rekannya, Iwa (23) berhasil kabur. Menurut warga, tersangka nyaris dibakar hidup-hidup. Informasi dihimpun, kejadian itu berawal ketika warga curiga dengan

adanya dua pria tidak dikenal berboncengan sepedamotor Yamaha Vega tanpa plat nomor polisi. Apalagi, sepedamotor tersebut berhenti persis di samping gudang motor milik Akuang. Sementara penjaga gudang, Zainal, diketahui sedang keluar. Menurut warga, satu dari dua pria tersebut masuk ke gudang. Sedangkan yang satu lagi tetap berada di atas sepedamotor. Tidak berselang lama, pria yang masuk ke gudang keluar sambil memikul besi.

Warga yang curiga langsung menghampiri keduanya. “Satu orang langsung kabur, sedangkan satu orang lagi berhasil ditahan bersama kendaraannya. Karena berbelit-belit saat ditanyai, warga emosi dan langsung menghajarnya. Kemudian diserahkan ke Polres Asahan,” beber Dion (31) pemuda yang mengaku ikut mengamankan tersangka. Selain menghajar tersangka, warga sempat menghancurkan sepedamotor yang digunakan untuk mengangkut besi yang diambil dari gudang. “Masih beruntung amuk warga dapat dikendalikan oleh pemuka masyarakat. Kalau tidak, pelaku nyaris dibakar hidup-hidup,” tambah Dion. Wahyudi ketika diwawancara membenarkan dirinya sempat

menjadi bulan-bulanan warga karena tertangkap tangan mencuri besi di gudang motor. “Kami berdua, namun Iwa berhasil kabur saat ditangkap, sehingga aku saja yang diamuk warga,” kata Wahyudi sambil memegang wajahnya yang bonyok, sembari mengaku sehari-hari ia bekerja sebagai kernet truk. Kapolres Asahan AKBP Budi Suherman melalui Kasat Reskrim AKP Fahrizal didampingi Kanit Tipikor Iptu Rahmadani membenarkan kejadian itu. “Benar, tersangka Wahyudi yang mencuri besi di gudang motor milik Akuang sempat dihajar massa sebelum diserahkan ke Polres Asahan. Tersangka sudah diamankan dan pemilik gudang motor sudah membuat laporan,” terang Ramadani. (sus)

Siswa SMK GKPS Hantam Trotoar Sambungan Halaman 1 tepatnya di Simpang Makam Pahlawan, sepedamotor bebek Yamaha Vega yang dikendarai siswa SMK GKPS 2 Jalan Tambun Raya Pematangsiantar ini hilang kendali hingga sepedamotornya menabrak pembatas jalan. Mastur pun terbentur ke trotoar hingga tidak sadarkan diri. Sementara Febri langsung menghubungi Andre

Purba (21) yang merupakan pemilik sepedamotor Yamaha Vega. Berselang beberapa menit, Andre tiba di lokasi. Melihat kondisi Mastur yang tidak sadarkan diri, Andre melarikan Mastur ke Rumah Sakit Vita Insani. Sementara Febri langsung menyelamatkan sepedamotor agar tidak berurusan dengan pihak kepolisian. Akibat kejadian tersebut Mastur tidak sadarkan diri dan mengalami luka gugus pada bagian dada dan le-

bam pada bagian wajah serta kepala. Salah seorang perawat rumah sakit mengatakan, saat dilakukan pemeriksaan, dari mulut korban tercium aroma minuman keras, diduga korban sudah terpengaruh minuman keras sebelum terjadi kecelakaan tersebut. Karena kondisi Mastur masih lemah, maka disarankan agar dirawat di Ruang ICU. Sayangnya ruang ICU di Rumah Sakit Vita In-

sani penuh, maka pihak rumah sakit merujuk korban untuk dirawat di ICU RS Tiara. Andre mengatakan tidak menyangka kalau akhirnya begini kejadiannya. Dia memberikan sepedamotornya karena memang Mastur sudah bisa meminjamnya. Hingga korban dirujuk ke Rumah Sakit Tiara, tidak ada petugas kepolisian yang menangani kasus tersebut. (mag-10)

Calon Siswa SMKN 1 Tabrak Warga Tionghoa Sambungan Halaman 1 yang mereka kendarai menabrak sepedamotor Hartono (46), seorang warga Tionghoa, Minggu (15/6) sekira pukul 00.00 WIB. Informasi dihimpun, kejadian barawal ketika Reza bersama Ragil baru saja menemui temannya yang berada di sekitaran Kelurahan Tomuan. Karena malam mulai larut, kedua anak baru gede ini berniat kembali ke rumah mereka di Dusun Marihat Mahanda, Nagori Silampuyang, Kecamatan Siantar. Sepedamotor Supra yang mereka kendarai melaju dengan kecepatan

sedang. Mendadak dari arah Jalan Dr Wahidin datang sepedamotor Honda Legenda BK 4631 TI yang dikendarai Hartono (46) hendak menyeberang jalan. Karena sepedamotor Hartono tibatiba muncul, Reza yang saat itu mengendarai sepedamotor gugup hingga kendaraannya tidak terkendali. Tabrakanpun tidak terelakkan. Hartono, warga jalan Surabaya, Kelurahan Proklamasi, Siantar Barat, tertabrak hingga terpelanting hingga beberapa meter dari sepedamotornya. Sementara, Reza, yang telah mendaftar ke SMKN 1 Pematangsiantar ini terpelating ke depan hingga kepalanya

membentur aspal. Sementara Ragil hanya terjatuh dan mengalami luka gugus pada tangan kanannya. Petugas Laka Polresta Siantar yang saat itu sedang piket mendapatkan informasi segera terjun ke lokasi. Ragil mengatakan, setelah terjadi tabrakan, dia langsung berdiri membantu Reza. Karena kondisi Reza cukup parah, maka Ragil memberanikan diri meminjam sepedamotor warga yang melihat kejadian tersebut untuk menemui teman sekampungnya yang nongkrong di sekitaran Taman Bunga dengan maksud meminta bantuan. Berselang beberapa menit, Ragil bersama teman-temannya tiba di

lokasi dan membawa Reza ke Rumah Sakit Vita Insani. Sementara Hartono dibawa oleh warga yang melihat kejadian tersebut. Akibat kejadian tersebut, Hartono mengalami patah tulang betis dan mengalami luka gugus pada tangan dan kakinya.SementaraRezamengalamiluka pada begian kepala, wajah, luka gugus pada dada, tangan dan kaki. Kasat Lantas Polresta Siantar AKP Rosmawati br Simbolon membenarkan kejadian tersebut dan pihaknya sudah mengamankan kedua kendaraan. Hingga kini pihaknya masih memeriksa saksi-saksi guna untuk penyelidikan. (mag-10)

TIGA EKOR BABI SELAMAT Sambungan Halaman 1 terjadi saat kebanyakan warga sedang mengikuti kebaktian gereja, Minggu (16/6) sekitar pukul 09.00 WIB. Bermula ketika kepulan asap tebal tiba-tiba muncul dari belakang rumah Siahaan, lalu salah seorang wanita, P br Siahaan yang sedang berbelanja berteriak. “Kebakaran, kebakaran!! Tolooong…,” teriak wanita ini. Atas teriakannya itu, warga langsung berhamburan datang. Boru Siahaan menambahkan, andai saja tidak cepat diambil tindakan, rumah N Siahaan yang juga saudara kandungnya sudah ludes dilalap si jago merah. Pasalnya, saat itu api sudah merambat ke bagian atap rumah.

Sementara warga yang kebanyakan supir angkot yang kebetulan mangkal di warung atau sekitar 30 meter dari lokasi langsung mengambil tindakan. Mereka memadamkan api dengan cara sederhana, hanya mengandalkan air dari bak kamar mandi pemilik rumah. “Orang itu (para supir) memadamkan api, aku langsung mendobrak pintu depan rumah untuk menyelamatkan barang-barang,” kata boru Siahaan lagi. Sementara Talpas Siahaan (40), Mandor Siantar Bus yang menyaksikan peristiwa kebakaran itu bahkan mengatakan bahwa selama 30 menit api bisa dipadamkan berkat usaha rekan-rekan seprofesinya. “Bah! Kalau saja warga sini tak memabantu kami, habislah rumah

bapauda-ku itu. Makasilah untuk warga dan kawan-kawan di sini,” kata Talpas. Mereka juga menyayangkan pemadam kebakaran Pemko Siantar yang terlambat datang. Pemadam datang setelah api sudah benarbenar padam. Bahkan nomor darurat kebakaran, 113, tidak aktif hingga sempat membuat warga kelabakan. “Tolonglah diperhatikan nomor darurat itu. Bagaimana bisa cepat menanggapi informasi kebakaran kalau pesawat telepon saja tak aktif,” kata Talpas yang juga Ketua Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Soksi Siantar Marihat. Pemilik rumah, N Siahaan meyakini api berasal dari bara sisa pembakaran untuk memasak air

putih dan makanan ternak yang tepat berada di dalam kandang. Diduga bara tersebut membakar tanggul jagung yang sengaja dibakar untuk membantu pembakaran. Karena kandang terbuat dari papan dan triplek, api cepat merambat. “Terima kasih sama warga di sini, termasuk supir angkot yang dekat rumahku ini. Tanpa mereka, rumahku ini pasti habis,” katanya. Sementara tiga ekor babi miliknya berhasil selamat. Sementara hampir 80 persen kandang tersebut sudah habis terbakar, namunhewan ternaknyaberhasil selamat. “Kita sudah tangani kebakaran itu dan tidak ada korban jiwa,” kata Kasubag Humas Polres Siantar AKP Efendi Tarigan yang dikonfirmasi. (dho)

Sambungan Halaman Satu Buah yang Tidak Hanya Berputar di Wacana Sambungan Halaman 1 bang, Jawa Barat. Bersama mereka saya ingin menyaksikan sendiri bagaimana realisasi program kebun buah tropik yang dicanangkan tahun lalu. Ternyata saya diminta memanen pisang baranang. “Lho, sudah panen?” tanya saya. Ternyata memang sudah panen. Tahun ini nanti sudah menghasilkan 700 ton. Begitu cepatnya. Saya sungguh senang karena ide bikin kebun buah tropik tidak hanya berhenti di wacana. Benar-benar sudah dilaksanakan. PTPN VIII sudah menanam 1.200 ha. Dan masih terus bertambah luasnya. Maka, di Subang itu kita melihat pohon pisang berjajar di sela-sela pohon karet yang masih kecil. Jarak antartanaman karet itu enam meter. Sejak dulu tanah sela selebar enam meter itu dibiarkan mubazir ditumbuhi rumput. Tanah kosong itulah yang kini ditanami pisang. Setelah panen lima kali kebun pisangnya berakhir. Pada saat itu pohon karetnya sudah tinggi. Kebetulan, pisang yang sudah panen lima kali sudah tidak baik diteruskan. Kualitas anak pisang yang ke-6 sudah tidak baik. Tiap tahun PTPN VIII menanam pohon karet ribuan hektare. Berarti selalu ada lahan ribuan hektare yang bisa ditanami pisang setiap tahun. Jenis pisang yang ditanam ini adalah cavendis dan baranang, hasil penemuan Prof Dr Ir Sobir dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Dr Sobir juga bergabung dengan kami di Subang kemarin. Dialah yang memprovokasi saya untuk menanam pisang baranang besar-besaran. “Kalau Indonesia impor buah apel atau anggur saya masih bisa maklum,” ujar Dr Sobir. “Tapi, kalau sudah impor

pisang, benar-benar keterlaluan,” katanya. “Sebentar lagi impor pisang harus diharamkan,” tambah Dr Sobir. Tidak hanya pisang. PTPN VIII juga menanam pepaya calina besar-besaran. Dan ternyata juga sudah panen. PTPN VIII memang memiliki 114 ribu hektare lahan di seluruh Jabar. Pepaya calina itu juga penemuan Dr Sobir dan tim IPB. Di samping panen pisang, Minggu pagi itu saya diminta menanam pepaya calina di sela-sela tanaman karet yang baru berumur satu bulan. Pokoknya, tidak ada hari yang tidak menanam pisang, pepaya, manggis, durian, dan alpukat. “Kita juga malu, durian saja impor,” kata Dr Sobir. Berbeda dengan program sapi-sawit, kebijakan baru BUMN ini sama sekali tidak menjadi beban bagi PTPN VIII. “Ini momentum yang sangat menguntungkan kami,” ujar Ir Dadi Sunardi, direktur utama PTPN VIII. “Dulu kebun karet baru menghasilkan setelah enam tahun. Sekarang sudah ada uang masuk pada bulan ke-8,” tambahnya. “Dulu sela-sela pohon karet itu memakan biaya untuk pengaturan rumputnya. Kini sela-sela karet itu menghasilkan,” katanya lagi. Meski saya hanya mengharuskan menanam buah tropik di Jabar, Dirut PTPN XII Jawa Timur Ir Irwan Basri punya inisiatif sendiri. Irwan ingin menjemput bola. Irwan juga sudah menanam buah tropik di Banyuwangi. Pisangnya yang sudah 700 ha juga sudah panen. Bahkan, PTPN XII juga menanam buah macadamia yang enak itu. Saya memang sempat terkesan dengan macadamia di Thailand. Kini saya bisa tidak hanya memuji Thailand. Kita juga mulai menghasilkan macadamia sendiri seluas 170 ha.

Tentu saya memuji langkah proaktif PTPN XII di Banyuwangi itu. Sebenarnya PTPN XII hanya diwajibkan mengembangkan dua hal: menanam sorgum besar-besaran dan membangun pabrik gula baru yang serbamodern dan seratus persen made in Indonesia. Ternyata PTPN XII sudah menanam sorgum seluas 1.500 hektare dan siap panen. Info ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan penulis artikel di sebuah harian di Jakarta yang mengira soal sorgum baru mutermuter sebagai wacana. Yang juga siap panen adalah sorgum di Atambua, NTT. Luasnya 200 hektare. Ini merupakan uji coba untuk tanaman sorgum milik rakyat dengan tujuan multiguna. Tepung atau biji sorgumnya untuk makanan pokok rakyat. Batangnya untuk menghasilkan etanol. Ampasnya untuk makanan ternak. Etanol akan dipakai sebagai pengganti minyak tanah untuk masak. Penduduk di pedalaman NTT selalu kesulitan minyak tanah sehingga pilihan lain adalah sama buruknya: menebang pohon. PT Batan Teknologi (yang akan berganti nama menjadi PT Industri Nuklir Indonesia) adalah penanggung jawab proyek sorgum di NTT ini. Benih unggulnya memang dilahirkan melalui proses nuklir. Untuk memproses hasil panen sorgum itu Batantekno segera mendidik puluhan anak SMK Atambua untuk membuat mesin sederhana pembuat etanol. Mereka akan dididik di Jakarta mulai akhir bulan ini. Begitu masa pendidikan itu selesai, sorgumnya siap dipanen. “Anak-anak SMK itu mampu membuat dan mengoperasikan mesin pembuat etanol,” ujar Dr Yudiutomo Imardjoko, Dirut PT Batantekno.

“Anak-anak SMK itu juga akan membuat kompor etanol dan membuat mesin pengolah biji sorgum,” ujar Dr Yudiutomo, ahli nuklir lulusan UGM dan Amerika itu. Kalau proyek sorgum 200 hektare ini berhasil, segera dimulai proyek-proyek “sorgum 200 ha” lainnya di seluruh Atambua dan kabupaten sekitarnya. Paket 200 hektaran sudah disesuaikan dengan skala ekonomi yang tepat untuk kepentingan kehidupan satu desa di sana. Pertamina dan Askes sudah siap mengucurkan dana CSR untuk membantu daerah yang sangat miskin itu. Tentu saya juga ke Wonogiri. Belajar dari Bupati Wonogiri Danar Rahmanto untuk programnya yang unik: singkong. Hampir seluruh penduduk Wonogiri menanam singkong di tegalan atau pekarangan rumah mereka. Tapi, singkongnya ya itu-itu saja. Sejak zaman baheula sampai zaman Jokowi ini. Dua minggu lalu saya ke Wonogiri untuk melihat yang lain: singkong gajah. Inilah singkong yang akan dimasalkan di seluruh Wonogiri. Saya diizinkan mencabut batang singkong di pekarangan rumah penduduk. Beratnya hanya 1,5 kg. Pohonnya kecil dan tangkai daunnya hanya tujuh buah. Tiap daun juga hanya berjari lima. Tahun ini bupati akan membagikan lima juta bibit singkong gajah. Kebun percontohan seluas lima hektare sudah membuktikan hasilnya. Saya masuk ke kebun singkong gajah itu: tingginya melebihi tubuh saya. Satu batang singkong memiliki 20 tangkat. Tiap tangkai daunnya berjari sembilan. Mestinya ini juga bisa disebut singkong NU yang berbintang sembilan. Saya tidak kuat mencabutnya. Beberapa petani membantu menyingkapkan tanah. Setelah dicabut tiga orang,

terlihatlah singkongnya memang besar-besar dan panjang-panjang. Beratnya 12 kg! Kandungan tapiokanya pun mencapai 30 persen. Ini sangat berbeda dengan singkong tradisional Wonogiri yang rendemennya hanya 16 persen. Pembudidayaan bibit baru ini sama artinya dengan meningkatkan pendapatan warga Wonogiri empat kali lipat. Wonogiri memang akan tetap dikenal sebagai Kabupaten Singkong, namun bukan lagi singkong yang kurus dengan hasil yang hanya 1,5 kg per batang. Saya mengajak para Dirut pabrik pupuk BUMN, termasuk Dirut Holding Company PT Pupuk Indonesia Arifin Tasrif. Saya minta program itu didukung dengan penyediaan pupuk yang cocok untuk singkong. Tahun lalu saya juga minta pabrik pupuk BUMN membantu kesulitan petani tembakau di Jember. Mereka harus membeli pupuk dari Eropa yang mahal. Kini BUMN sudah memproduksi pupuk untuk tembakau. Tentu menemukan pupuk untuk singkong lebih mendesak. Setidaknya bisa ikut meringankan program bupati Wonogiri yang kini lagi pusing dengan urusan politik. Bupati lagi diinterpelasi DPRD-nya. Penyebabnya: jumlah penduduk Wonogiri turun 200.000 jiwa, menjadi tinggal kira-kira 800.000 jiwa. Lantaran jumlah penduduknya tidak lagi mencapai satu juta jiwa, harus ada pengurangan jumlah anggota DPRD. Menurut UU, kabupaten yang penduduknya lebih dari satu juta anggota DPRDnya 50 orang. Kurang satu juta hanya 45 orang. Nah, bupati Wonogiri dianggap sebagai penyebab berkurangnya jumlah anggota DPRD di sana. Berkurangnya jumlah anggota DPRD rupanya tidak memuaskan, meski jumlah produksi singkongnya akan bertambah. (*)

Minta Lahan di Luar HGU Dilepas Sambungan Halaman 1 Pematangsiantar, agar dilakukan pengukuran ulang lahan. Nah, jika nanti terbukti PTPN IV bersalah menggunakan lahan yang diklaim oleh rakyat sebagai milik mereka, Rianto mengatakan, selaku perwakilan Komnas HAM, dia tidak hanya turutberjuanguntukmengambillahanitukembali namun juga akan melaporkan pihak PTPN IV dan Pemko Siantar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dengan tuduhan penyerobotan tanah dan anggaran pajak yang selama ini tidak jelas arahnya.

“Jika terbukti, ini sudah sangat lama dipergunakan danpajakjugadiketahuitelahberjalan.Namun,jika pajak berjalan berarti tidak tepat masuk ke kas negara melalui pemerintah daerah. Ini harus ditindaklanjutihinggakeakar-akarnya,”ujarRianto, di hadapan ratusan massa yang berkumpul sejak Sabtu (15/6) lalu. Dalam pertemuan itu, Rianto juga mengajak masyarakat untuk berdiskusi dan menyampaikan keluhannya selama berjuang mengambil kembali lahan yang mereka klaim bukan milik PTPN IV. Sejumlahmasyarakatmengakuselaludihantuirasa

takut terutama ketika melihat tulisan KUHP 551 yang tertancap di perkebunan. “Siapa yang bertanggungjawab jika kami nanti diapa-apain sama orang perkebunan atau pihak kepolisian,” ujar salahseorang ibu. Menanggapi keluhan masyarakat itu, Rianto berjanji pihak Komnas HAM akan melakukan pendampingan. Menurut dia, plang yang memampangkan KUHP 551, itu hanya menakutnakuti.“Jikaadapolisiyangmenangkapmasyarakat yang masuk ke areal perkebanunan, berarti polisi itu tidak paham peraturan. Sebab, sudah sangat

jelasdiketahuibahwaPTPNIVhanyamenumpang atau menyewa lahan. Bukan memiliki,” tegasnya. Usai mendengar penjelasan Wakil Komnas Rianto Fachrozi, masyarakat kembali menempati tendatenda tempat mereka menginap sejak Sabtu lalu. SekjenSETASIMarihotGultom,kepadaMETRO mengatakan, kedatangan wakil Komnas HAM merupakan titik terang awal dari harapan masyarakat selama ini. Dengan kedatangan Komnas HAM, Marihot mengatakan bahwa hal yang selama ini mereka perjuangkan merupakan halyangbenar.“KomnasHAMsudahmendukung

dan mau melakukan pendampingan meminta kepada pihak PTPN IV Kebun Marihat dan pemerintah melepaskan tanah tersebut,” ujarnya. Diberitakan sebelumnya, ratusan warga yang tergabung dalam Serikat Tani Indonesia (SETASI) melakukan unjuk rasa di Tugu Pahlawan, Jalan Parapat,perbatasanSiantardanSimalungun,Sabtu (15/6).MerekamemrotesPTPNIVKebunMarihat yang menyatakan lahan yang mereka tempati sebagai milik PTPN IV. (mag-08)


8

METRO SIANTAR

SENIN

17 Juni 2013

foto:sawal

Siswa SMK GKPS Hantam Trotoar

foto:sawal

„ Ragil saat berada di ruang „ Reza saat berada di ruang ICU RSVI, Sabtu (15/6). ICU RSVI, Sabtu (15/6).

MULUT BAU ALKOHOL

Calon Siswa SMKN 1 Tabrak Warga Tionghoa SIANTAR- Naas yang dialami Ragil (16) dan Reza Syahputra (15). Saat melintas di Jalan Sutomo, tepatnya di Sim-

pang Jalan Dr Wahidin, sepedamotor Supra BK 2461 TI

„) Baca Calon .. Hal 7

Dari Hatonduhan ke Siantar Hanya Untuk Pangkas

HONDA SPACY RAIB SIANTAR- Apes dialami Agus Safriza (40). Jauh-jauh datang dari Hatonduhan ke Pematangsiantar hanya untuk pangkas rambut, ternyata Honda Spacy miliknya raib dari depan lokasi tempat dia berpangkas, Minggu (16/6) siang. Warga Nabolak Baru, Nagori Buntu Turunan, Kecamatan „) Baca Honda .. Hal 7

„ Mastur saat berada di IGD RSVI, Minggu (16/6).

foto:sawal

Polisi ‘Panen’ Ganja di Lahan 1 Ha LANGKAT- Pihak kepolisian menemukan lahan seluas 1 hektare yang ditanami pohon ganja. Selain mengamankan 28 pohon ganja sebagai barang bukti, pihak kepolisian Polres Langkat juga mengamankan dua orang yang diduga pemilik

„ Agus Safriza

„) Baca Polisi ....Hal 7 Foto Bambang

„ Polisi saat mencabuti tanaman ganja di ladang seluas 1 hektare.

SIANTAR- Mastur Saragih (17) warga Hinalang, Kecamatan Silimakuta, Simalungun, harus dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Tiara Pematangsiantar. Diduga karena mabuk, sepedamotor yang dia kendarai menabrak trotoar pembatas di Jalan Ahmad Yani, Minggu (16/6) sekira pukl 01.00 WIB.

Informasi dihimpun, kejadian tersebut berawal ketika Mastur bersama Febri (17) warga Jalan Perwira Kelurahan Siopat Suhu, Sinatar Timur. Mereka melaju dari arah pusat kota hendak menuju Jalan Renvile, Kelurahan Merdeka, Siantar Timur, yang merupakan tempat kos Mastur. Namun saat melaju di jalan Ahmad Yani,

„) Baca Siswa SMK .... Hal 7

Kandang Ternak Terbakar

TIGA EKOR BABI SELAMAT SIANTAR- Sisa bara api untuk memasak di rumah milik N Siahaan (49), warga Jalan Farel Pasaribu, Kelurahan Suka Makmur, Siantar Marihat, kembali berkobar dan membakar kandang ternak miliknya. Tak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. bahkan tiga ekor babi milik korban berhasil diselamatkan. Informasi dihimpun METRO di lokasi, peritiwa itu

„) Baca Tiga ....Hal 7

Foto Fandho

„ Kandang Ternak milik Siahaan yang terbakar dan nyaris menghanguskan kediamannya


SENIN

17 Juni 2013

Kepala SD Sorba Dolok

Pungli Orangtua Murid RAYA KAHEAN- Kepala SD No 096114, Sorba Dolok Raflen W Saragih, dinilai telah melakukan pungutan liar (pungli) kepada para orangtua siswa. Dia mengutip uang sebesar Rp85.000 kepada 115 orangtua murid untuk membangun beronjong.

20 Juni KKR Oikumene di Lapangan Adam Malik SIANTAR- Dalam rangka Hari Doa Sedunia (World prayer assembly), panitia Kasih Melanda Sumatera, menggelar Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR), Kamis (20/6) di Lapangan H Adam Malik, Kecama-

tan Siantar Barat. Masyarakat Siantar-Simalungun diundang untuk hadir dalam acara tersebut. “KKR ini merupakan tindak ‹ ‹ Baca

20 Juni ..Hal 10

Ephorus HKBP dan Praeses EKvW Rev Jerman

Berkunjung ke Masjid Raya Taqwa Parapat PARAPAT- Usai melakukan Minggu (16/6), Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata bersama Praeses Gereja EKvW Rev Jerman Annette Kurschus, ber-

kunjung ke Masjid Raya Taqwa Parapat, Jalan SM Raja, Kelurahan Parapat Kecamatan ‹ ‹ Baca

Berkunjung..Hal 10

FOTO: TAMAN

JOHALIM Purba saat melakukan pertemuan dengan warga Kecamatan Raya Kahean.

Bangun Jalan di Empat Nagori Johalim Purba Bantu Rp40 Juta RAYA KAHEAN- Keperdulian Johalim Purba terhadap kepentingan rakyat kecil pantas diacungkan jempol. Anggota

DPRD Simalungun ini kerap mendatangi masyarakat bertanya dan melihat langsung apa yang warga butuhkan. Walau

disibukkan dengan jadwal yang padat, Sabtu (15/6), Johalim ‹ ‹ Baca

Ketua ...Hal 10

Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata bersama Praeses Gereja EKvW Rev Jerman Annette Kurschus, berkunjung ke Masjid Raya Taqwa Parapat

PS Embun Pagi

Gagal Kalahkan PSMS Old Crack SIMALUNGUN- Kesebelasan PS Embun Pagi Siantar, harus mengakui ketangguhan tim Old Crack PSMS Medan pada pertandingan yang berlangsung di Lapangan TS Mardjan Saragih Kodim 0207/Simalungun, Jalan Asahan Km VII, Simalungun, Minggu (16/6). Pada pertandingan persahabatan itu, PS ‹ ‹ Baca

Gagal ...Hal 10


SENIN

17 Juni 2013

20 Juni KKR Oikumene di Lapangan Adam Malik Sambungan Halaman 9 lanjut dari Kasih Melanda Indonesia yang pernah dilaksanakan di Jakarta. Ketika itu Indonesia dipercayakan sebagai tuan rumah melaksanakan Kasih Melanda Indonesia, kemudian tergerak hingga terlaksana ke daerahdaerah,” ujar Pdt Asbond Manurung selaku humas panitia kepada METRO, Minggu (16/6). Asbond yang juga sebagai pimpinan umum Tabloid My Home mengatakan, KKR akan dilaksanakan pada 20 Juni mendatang di Lapangan Adam Malik dengan pembicara Pdt DR Jacob Nahuway MA, Pdt DR MH Siburian MMin, Pdt DR MD Wakkary, Pdt DR Abraham Park DD (Korea), Hotman Sitompul SH MH dan Hashim Djojohadikusomo yang merupakan abang Prabowo Subianto. “Sehari sebelum ke acara KKR, kita juga mengadakan seminar sehari yang akan digelar pada 19 Juni di Aula Lantai IV Siantar Plaza Jalan Merdeka. Masing-masing pembicara akan membawa agendanya sesuai kompetensinya. Semisalnya Hotman Sitompul yang akan membawa topik gereja dan hukum,” paparnya. Asbond menambahkan, panitia mengajak masyarakat se-Sumatera Utara secara umum dan masyarakat

Siantar-Simalungun secara khusus, untuk hadir dalam acara seminar dan KKR. Menurutnya, dengan mengikuti seminar dan KKR kita akan semakin mengetahui kasih dan kuasa Tuhan Yesus yang akan mengubah dan menggerakkan hidup kita semakin sungguh-sungguh dalam mengikut Tuhan. “Panitia mendaulatkan acara akan dibuka oleh Walikota Siantar Hulman Sitorus SE, Dandim 0207 Simalungun dan Danrem,” katanya. “Demikian berharganya umat Tuhan di Mata Tuhan, sehingga kita harus merespon kegiatan tersebut dengan sukacita dengan kehadiran kita pada acara tersebut,” ucapnya. Sebagai panitia dari Jakarta, papar Asbond, antara lain Pdt Monang Gultom MTh, Pdt Hotmian Siregar, Pdt Timothy Situmorang STh, Pdt Julfikar Nainggolan STh, Pdt.Manahan Hutabarat dan Pdt Lexson Sirait. Sedangkan panitia lokal diantaranya, Pdt Riando Napitupulu, Pdt Esron Situmorang STh, Pdt S Simbolon, Pdt DR SM Tampubolon, Pdt Horas Sianturi STh, Pdt Drs CH Aruan, Pdt Asbond Salomo Manurung STh MMin, Pdt Yosua Simatupang, Pdt Kartono Pasaribu, Pdt Henra Lamia STh, St Miduk Panjaitan SH MHum dan beberapa para istri-istri pendeta. (mag-10)

masih sempat mengunjungi daerah terpencil di Nagori Sorba Dolok, Kecamatan Raya Kahean. Kedatangan anggota dewan yang dikenal ramah ini disambut antusias masyarakat di 4 nagori bertetangga, yaitu Nagori Sorba dolok, Banjaran, Bah Tonang dan Sambosar Raya. Di Sorba dolok, Johalim sangat prihatin melihat kondisi jalan dari Bah Tonang menuju Sorba Dolok. Menurut dia, perlu usaha maksimal untuk meminta kepada Kadis PU Simalungun agar segera mengcurkan dana untuk mengaspal jalan di sana. Apalagi jalan itu termasuk prioritas Musrembang Kecamatan Raya Kahean Tahun 2012, sehingga tidak ada alasan bagi Pemkab Simalungun menunda pengaspalan jalan itu. Pada kesempatan itu, Johalim Purba mengajak masyarakat bergotongroyong untuk membersihkan pinggiran dan parit jalan sebagai bentuk kepedulian. Johalim sendiri menyumbang Rp40 juta yang diserahkan kepada pangulu disaksikan warga untuk biaya menyewa alat berat. Warga sangat berterima kasih kepada Johalim. Sebab, dengan diper-

Sambungan Halaman 9 Informasi dihimpun METRO, ada dugaan kongkalikong antara Kasek dengan komite sekolah. Sebab, pengutipan uang sebesar Rp85.000 untuk memasang beronjong di tanah longsor kira kita 200 meter dari sekolah, langsung disetujui komite sekolah. Ketua komite sekolah tersebut berinisial ND (54), dinilai menyetujui pengutipan karena anaknya tak lagi sekolah di sana. Menurut orangtua

baikinya jalan itu masyarakat Bah Tonang dan Sorba Dolok yang hendak ke Sindar Raya tidak perlu lagi melintasi Serdang Bedagei yang jaraknya 3 kali lebih jauh. Di rumah tokoh masyarakat, Johalom juga mengadakan sesi tanya jawab dengan susasana penuh keakrapan. Tokoh masyarakat Sorba Dolok St Jannur Saragih mengatakan, Sorba Dolok adalah huta (kampung) tertua di Raya Kahean, dan di sana dulunya ada partuanon (kerajaan) yaitu Tuan Sorba Dolok. “Jadi memang kampung kami ini adalah kampung yang dilupakan oleh pemkab,” jelasnya dengan wajah kecewa karena sejak Indonesia merdeka, kampung mereka belum pernah tersentuh pembangunan jalan oleh pemerintah. “Kami telah bosan dengan janji janji, jadi yang kami inginkan bukti nyata yang diberikan oleh Pemkab Simalumgun,” katanya penuh harapan. Pangulu Sorba Dolok Kanodin Damanik, mengucapkan terima kasih kepada Johalim Purba, karena masih ada anggota dewan yang peduli terhadap keluhan masyarakat di desa terpencil. Dia mengharapkan, dengan berkunjungnya Johalim Purba, perbaikan jalan ini cepat terealisasi. (son)

murid, hal ini jelas melanggar tata cara menjadi ketua komite sekolah. “Kami merasa dirugikan. Sekolah ini adalah aset negara, kenapa biaya pembuatan beronjong dibebankan kepada orangtua siswa,” aku orangtua siswa kepada METRO. Sementara Kasek SD Sorba Dolok Raflen Saragih kepada METRO, Sabtu (15/6) di kediamannya mengatakan, pemungutan yang mereka lakukan sudah seruai dengan prosedur. “Itu sesuai prosedur,” katanya singkat

dan langsung berlalu. Sementara, UPTD Disdik Raya Kahean Suherman Koto mengatakan, pihaknya sama sekali tidak mengetahui hal itu. Padahal menurut pengakuan Raflen Saragih, pengutipan diketahui UPTD, sehingga muncul dugaan kongkalikong untuk memuluskan pengutipan yang sangat memberatkan orangtua siswa. Anggota DPRD Simalungun Komisi IV Truly Anto Sinaga, sangat terkejut setelah mendengar kasus itu. Dia ber-

PSMS: Pemain Old Track PSMS foto bersama dengan pemain Embun Pagi di Stadion TS Mardjan Saragih.

Embun Pagi dipaksa menyerah dengan skor 3 - 4. Sebelumnya, PS Embun Pagi berhasil unggul terlebih dulu di menit kedua. Gol dicetak Suhariono yang merupakan mantan pemain Harimau Tapanuli, setelah menerima umpan dari Nasir. Pemain berusia 38 tahun ini menjadi orang pertama yang membobol gawang tim mantan para pemain PSMS Medan tersebut. Dalam pertandingan yang berlangsung cepat, PS Embun Pagi membobol gawang Old Crack PSMS Medan untuk kedua kalinya di menit 17. Kali

ini gol dicetak oleh Agus Barus setelah mendapat umpan dari Suhariono. Dengan skor 2 - 0, ternyata tak menyurutkan semangat dari pemain Old Crack PSMS Medan. Mantan pemain PSMS Medan ini berhasil mencetak satu gol oleh Irwansyah Sinaga, sehingga skor berubah menjadi 2-1. Ternyata gol itu semakin memacu semangat para pemain Old Crack PSMS Medan. Ini terbukti di menit ke 35 skor berubah menjadi 2 - 2, setelah pemain Old Crack PSMS Medan Selamet Riyadi sukses mencetak gol penyeimbang di menit ke 35. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap tidak berubah.

Memasuki babak kedua, dengan menerapkan pola menyerang, PS Embun Pagi kembali unggul atas Old Crack PSMS Medan. Pada menit ke 69, Gembira sukses merobek gawang Old Crack PSMS Medan, sehingga skor menjadi 3-2. Namun berselang semenit kemudian, Old Crack PSMS Medan berhasil mencetak gol dan berubah skor menjadi 3-3. Gol ini dicetak Suriadi pada menit ke 70. Saling serang ditunjukkan oleh kedua tim, namun PS Embun Pagi harus menyerah dari Old Crack PSMS Medan dengan skor 3-4. Ini setelah pemain Old Crack PSMS Medan, Irwan-

PT. TRANS SUMATERA AGUNG Info Mobil Suzuki Baru • Carry Pick Up Dp.16 Jtan Angs • APV Pick Up Dp. 22 Jtan Angs • APV Arena GL Dp. 33 Jtan Angs • Ertiga Dp. 40 Jtan Angs Hubungi: PRANCIS SITOHANG, ST HP. 0812 6035 4787, BBM: 29ED0041

2 2 3 3

Jtan Jtan Jtan Jtan

T O Y O T A P R O M O: Dapatkan Hadiah Langsung tanpa diundi setiap pembelian Mobil TOYOTA Khusus Februari. Grand Prize "1 unit Honda Beat" dan hadiah lainnya: Kulkas, LCD 32", Mesin cuci, BlackBerry, dll. Ready Stock; Avanza, Veloz, Rush, Innova, Fortuner. Cash & Credit, Data dijemput, Proses Cepat. Penawaran terbaik. Ayo Buruuan..!! Hub: Ricky A. Manik (Sales Executive); HP. 0812 6505 3191 - 0853 7199 9499

CASH & CREDIT: Rumah type 36/78 genteng roof, gipsum keramik, 2 kmt Jl. Laucimba R. Merah. Hub: Alboin Sidabalok di No.T e l p . 0 8 1 3 7 6 1 2 2 4 4 5 ; 0 8 1 2 6 2 0 7 6 3 1 ; ( 0 6 2 2 ) 7070442 CASH & CREDIT TANAH: 5 x 25 m, 5 x 20 m cocok untuk memelihara hurje. Jl. Laucimba Rambung Merah Hub: Alboin Sidabalok di Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar CASH & CREDIT: Menyediakan rumah dan tanah kavling sesuai tipe dengan yang anda inginkan dan stok yang tersedia. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar

DIJUAL KIJANG Kapsul LGX 1800cc thn 2003, Silver metalic, Hub: 0812 7693 881. Alamat: Jl. SM Raja No. 85 P.Siantar (samping Bea Cukai)

CASH & CREDIT: Rumah tipe 56/112 genteng roof, gypsum, keramik, 2 Kmt Jl. Melanthon Siregar Gg Barito Blok 6, blk SMA Budi Mulia. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442

syah Sinaga mencetak gol keduanya di menit ke 80. Panitia pelaksana pertandingan persahabatan, Agus Barus yang saat itu didampingi Samsudin Harahap menuturkan, pemain PSMS Old Crack yang hadir bermaterikan bintang-bintang PSMS pada zamannya, seperti Iwan Karokaro, Edu Juanda, Sugiar, Coly Misrun, Slamet Riyadi dan Suryadi bersama mantan bintang PSMS lainnya. Pertandingan persahabatan itu dimaksudkan untuk membangkitkan gairah persepakbolaan di Siantar-Simalungun, yang belakangan ini dinilai ‘mati suri’. Pertandingan, kata dia, juga dimaksudkan agar minat warga Siantar-Simalungun terhadap sepakbola semakin tinggi, sehingga kejayaan Persesi seperti masa lampau bisa terwujud kembali. “Belakangan ini persepakbolaan di Siantar-Simalungun seakan mati suri. Untuk membangkitkannya, kita sengaja mengundang para mantan pemain PSMS di era tahun 80 dan 90-an,” ujar Agus. Sedangkan Samsudin Harahap menuturkan, melalui pertandingan ini ia berharap agar pemerintah daerah setempat lebih peduli dan mau membangkitkan kembali persepakbolaan di Siantar-Simalungun. Caranya dengan mengalokasikan anggaran untuk pertandingan-pertandingan sepakbola sejak usia dini. (leo)

Berkunjung ke Masjid Raya Taqwa Parapat Sambungan Halaman 9 Girsang Sipangan Bolon, pukul 14.00 WIB. Kedatangan Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata bersama Praeses Gereja EKvW Rev Jerman Annette Kurschus dan DR Erickh Muller ke Masjid Raya Parapat, disambut baik Sekjend M Rizal Siregar dan pengurus Masjid Raya Taqwa lainnya. Kedatangan mereka ke Masjid Raya Taqwa Parapat bertujuan menjalin silahturahmi antar umat beragama dan mengajak masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumatera Utara, supaya hidup rukun bersama dengan umat lain. Pantauan METRO, awalnya

Praeses EKvW Rev Jerman berkunjung ke Gereja HKBP Parapat, Jalan Bukit Barisan Kelurahan Parapat dan melakukan kebaktian di HKBP Parapat itu. Sebelum kebaktian, tampak Praeses EKvW Rev Jerman Annette Kurschus disambut baik oleh Ehporus HKBP Pdt WTP Simarmata dan istri Boru Purba serta Jemaat HKBP Se Distrik V Sumatera Timur. Sebelum acara kebaktian, panitia, praeses dan jemaat mengkalungkan bunga kepada Praeses Annette Kurschus dan Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Ompu Boru br Purba. Dalam dikegiatan ini, Ephorus HKBP juga mendapatkan cendera mata sebuah kalung salib dari panitia, pengurus gereja dan

jemaat HKBP Parapat. Pada acara kebaktian, khotbah dibawakan Praeses EKvW Rev Jerman Annette Kurschus dengan berbahasa Jerman yang diartikan ke Bahasa Indonsia oleh Paragenda, yakni Ephorus HKBP Pdt ETP Simarmata MA, dengan thema khotbah Zusammenleben mit anderen (Hidup bersama dengan umat lain), 2 kor 5 : 20. Usai kebaktian dari gereja HKBP Parapat, Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA bersama Praeses EKvW Rev Jerman Annette Kurschus dan rombongannya, yakni anggota DPRD Simalungun, yang juga ketua panitia pelaksana kegiatan Mansur Purba SE, Camat Girsang Drs Ojahan Nainggolan, Kapolsek Parapat Ronald

Hotli Tarihoran

CAPELLA PEMATANGSIANTAR • All New Xenia Angsuran 1,1 jt • Terios Angsuran 1,9 jt • Luxio Diskon menarik • Pick up Dp 12 jt an • Mini Bus Dp 15 % • Ayla 80-110 jt hub. SONNY SEMBIRING, HP 0812 6471890; 0811 6114 455 Proses cepat data dijemput. Menyediakan TEST DRIVE!!

janji akan menyelidiki kasus itu. “Bila penting akan melaporkan hal ini kepada jaksa, karena hal ini jelas melanggar aturan pendidikan dasar dengan sekolah gratis,” jelasnya. Sementara Plt Kadis Pendidikan Parsaulian Sinaga mengatakan, pihaknya akan segera memanggil kepala sekolah untuk dimintai keterangan. “Bila penting, kepala sekolah ini dimutasi untuk memberi efek jera yang mencoba bermain-main dengan aturan,” jelasnya singkat. (son)

Gagal Kalahkan PSMS Old Crack

Sambungan Halaman 9

Bangun Jalan di Empat Nagori Johalim Purba Bantu Rp40 Juta Sambungan Halaman 9

Pungli Orangtua Murid

CASH & CREDIT: Rumah tipe 45/96 genteng roof, gypsum, keramik, 2 Kmt, Jl. Durian, Lap. Bola Atas. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 761224 45; 0 8 1 2 6 2 0 7 6 3 1 ; ( 0 6 2 2 ) 7 0 7 0 4 4 2 P. S i a n t a r C A S H & C R E D I T: R m h t y p e 7 0 / 11 2 g e n t e n g r o o f , gipsum krmik, 3 kmt Jl. Melanthon Siregar Gg. Barito Blok 6 blkng SMA Budi Mulia. Hub: Alboin Sidabalok; Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar CASH & CREDIT: Rumah type 45/104 genteng roof, gipsum keramik, 2 kmt Jl. Laucimba R. Merah. Hub: Alboin Sidabalok di N o .T e l p . 0 8 1 3 7 6 1 2 2 4 4 5 ; 08126207631; (0622) 7070442 CASH & CREDIT: 5x20 m, 10x20 m, 15x20 m, 20x20 m Jl. Pdt. J Wismar Saragih Gg. Karsim Blok 4-7, 800 M dari kantor Pusat GKPS dan Akbid Florensia Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar CASH & CREDIT: Rumah tipe 36/102 genteng roof, gypsum, keramik, 2 Kmt Jl. Melanthon Siregar Gg Barito Blok 6, blk SMA Budi Mulia. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0 8 1 3 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 CASH & CREDIT: Rumah type 45/104 genteng roof, gipsum keramik, 2 kmt Jl. Kampung Baru R. Merah. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar

Sensasi Goyang Siantar

Ut FM

94.5

GROUP BOSS FM

Mhz

** Menyuguhkan lagu-lagu Dangdut dan Daerah **

On-Air : 05.30 - 18.00 : Lagu Dangdut & India On-Air : 18.00 - 24.00 : Lagu Daerah

Kantor & Studio : Jl. A Yani No. 2-4 Pematangsiantar Sumut Telp Kantor : 0622 - 75 500 55 Fax: 7550968 Telp Studio : 0622 - 7551799; SMS 0821 6356 3000

Website : www.bossfmsiantar.com Email : dut_fm@yahoo.co.id

CASH & CREDIT: Rumah type 36/120 genteng roof, gypsum, keramik, 2 kmt Jl. Pdt. J Wismar Saragih Gg. Karsim Blok 4-7 800 M dari ktr pusat GKPS & Akbid Florensia Hub: Alboin Sidabalok - 0813 76122445; 08126207631; 7070442 P. Siantar CASH & CREDIT: Rumah type 36/78 genteng roof, gipsum keramik, 2 kmt Jl. Kampung Baru R. Merah. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar CASH & CREDIT: Rumah tipe 56/104 genteng roof, gypsum, keramik, 2 Kmt Jl. Laucimba R. Merah. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar. CASH & CREDIT: 1.908 M2 cocok untuk gudang /usaha. Jl. H Ulakman Sinaga, depan Gereja Khatolik, Rambung Merah Hub: Alboin Sidabalok di No. Telp. 0813 7612 2445; 0812 6207 631; (0622) 7070442 P. Siantar

CASH & CREDIT: 10 x 21,8 m 20 x 22 m jt. Jl. Melanthon Siregar Gg. Barito Blok 6 Belakang SMA Budi Mulia Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar CASH & CREDIT: Rumah tipe 56/120 genteng roof, gypsum, keramik, 2 Kmt Jl. Pdt Wismar Saragih Gg Karsim Blok 4-7, 800m dari kantor pusat GKPS dan Akbid Florensia. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442.

• 082367128155

CASH & CREDIT: Rumah type 45/104 genteng roof, gipsum keramik, 2 kmt Jl. M. Siregar Gg. Barito Blok 6 belakang SMA Budi Mulia. Hub: Alboin Sidabalok di N o .T e l p . 0 8 1 3 7 6 1 2 2 4 4 5 ; 0 8 1 2 6 2 0 7 6 3 1 ; ( 0 6 2 2 ) 7070442; P. Siantar CASH & CREDIT: Rumah tipe 70/200 genteng roof, gypsum, keramik, 3 Kmt Jl.Pdt Wismar Saragih Gg Karsim Blok B 4-7, 800m dari ktr pusat GKPS& Akbid Abdi Florensi. Hub: Alboin Sidabalok di No.Telp. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442. CASH & CREDIT: Rumah type 45/120 genteng roof, gypsum, keramik, 2 kmt Jl. Pdt. J Wismar Saragih Gg. Karsim Blok 4-7, 800 M dari Kantor pusat GKPS & Akbid Florensia Hub: Alboin Sidabalok, HP. 0813 76122445; 08126207631; (0622) 7070442 P. Siantar LOWONGAN KERJA: Khusus Gadis/Janda, Usia 17-40 thn, sbg: K ASUH, Gaji bersih 700rb-900rb/bln. BABY SITTER, gaji bersih 800rb-1,3jt/bln. P.JOMPO, gaji bersih 900rb-1,4jt/bln. MEDIS, gaji bersih 1jt-1,5jt/bln. Syarat: KTP, IJAZAH. Hub: YAYASAN MAREL; 0823 6565 6932 - 0813 9664 5507 YAYASAN MAHAGA SEJAHTERA: membutuhkan tenaga kerja wanita usia 15 s.d 40 tahun untuk bekerja sebagai baby sister, perawat pribadi / orang tua. syarat: KTP, ijazah, gaji mulai 800 rb s.d 1.300.000 / bulan, bersih. hub. Yayasan Mahaga Perumahan Graha Harmoni, Jl. H Ulakma Sinaga, Pinus Blok F No. 5 Rambung Merah P. Siantar HP 0812 6548 9615; 0813 7515 1742

FC Sipayung SH SIK, berkunjung ke Masjid Raya Taqwa Parapat menjalin silahturahmi. Kedatangan rombongan disambut baik oleh para pengurus Masjid, di antaranya Sekjend Ustad M Rizal Siregar. Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA mengatakan, warga Parapat harus berbangga hati. Sebab Parapat ini banyak mengingatkan sejarah terhadap dunia, asia, khususnya Indonesia sendiri, seperti peresmian pengurus Dewan Gereja Asia dan pengasingan Soekarno lokasinya di Parapat ini. “Di sini juga Ephorus Simarmata menerima kenangan-kenangan kalung salib,” ucap WTP Simarmata MA dengan rasa senang menerima kalung Salib pemberian jemaatnya di Parapat. (th) YAYASAN BELLA: Menerima tenaga kerja khusus wanita, baik gadis/ janda dengan usia 17 s/d 45 tahun. untuk dilatih & di pekerjakan sebagai perawat jompo/orang tua sakit, baby sister syarat: ijasah asli, KTP/kartu keluarga gaji berkisar Rp. 1.000.000 S/D 1.700.000 /bulan lamaran diantar langsung ke Jl. Medan KM 3.5 Depan Rumah Sakit Horas Insani Hp. 081396355444; 0878 9257 8000. Menerima setiap hari BUTUH PEMBIAYAAN CEPAT SEPEDA MOTOR ANDA ??? Hubungi Kami: Jan: 081264654300; Dapot: 0 8 1 3 9 7 3 5 8 0 6 1; Z a k a :0 8 1 3 7 0 2 0 6 3 5 2 ; Z u l h a m : 0 8 5 2 7566 6735; Proses CEPAT, Data Kami Jemput. Telah tercecer satu lembar Surat Tanah An. Ibnu Sampurno (30), alamat Jalan Handayani Kel. Setia Negara Kec. Siantar Sitalasari. Hak Milik No. 4725. Tercecer di sekitaran Jalan Besar Tanah Jawa, pada Bulan Mei 2013. Bagi yang menemukan harap hubungi ke nomor HP. 0821 6028 2211. HABONARON DO BONA BIRO JASA SIMALUNGUN PUTRA Mengurus Surat-surat, Stnk, Sim, Pasport, Speksi, Penasehat Hukum-Pengacara. Jl. Merdeka No.166 Telp. (0622) 26836 – 27712. P. Siantar “Atas Kepercayaan Anda Kami Berbuat & Berbakti” XAMTHONE ANTI OKSIDAN SANGAT TINGGI SEHINGGA MAMPU MENGATASI ASMA, TBC, DIABET, ASAM URAT, KANKER, SAKIT JANTUNG, HIV, AWET MUDA, UTK KESUBURAN WANITA PRIA. PESAN DI 0813 9674 4566. www.xamthone.com/09434326 RAHASIA FOREX Profit dibayar tiap hari via bank anda (perharinya 5 Juta selama 100 hari). Info? www.monexel.com/SMS"BERMINAT" HP. 0813 7928 5333 PT INDAH CARGO Cababang Pematangsiantar: Melayani pengiriman Paket antar Provinsi, Seluruh Indonesia. Hubungi: 0852 6220 7172


SENIN

17 Juni 2013

Ketua KTNA : Manfaatkan Lahan Pekarangan

FOTO: IST

FOTO BERSAMA- Keluarga besar 0216 GM FKPPI Siantar Poto bersama Walikota dan pejabat lainya usai aksi penanaman pohon.

GM FKPPI Siantar Aksi Tanam Pohon

Tingkatkan Kepedulian Hijaukan Lingkungan SIANTAR- Walikota Siantar Hulman Sitorus mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kegiatan aksi penanaman pohon yang dilakukan semua kelompok masyarakat. Program pemerintah ini harus diikuti organisasi kepemudaan lainnya serta masyarakat umumnya. “Menanam pohon sangat baik dilakukan yang sifatnya untuk kepentingan semua. Saya menganjurkan kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar kita,” katanya. Hulman menginformasikan, dia memiliki bibit pohon Sirsak sebanyak 10.000 batang untuk ditanami bersama. “Khususnya bagi masyarakat yang mau menyediakan lokasi penaman

pohon untuk 50 batang saja, saya bersedia ikut melakukan aksi penaman pohon Sirsak bersama masyarakat,” janjinya. Hal ini dikatakan Hulman Sitorus saat membuka acara tanam pohon yang dilakukan Keluarga besar Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI dan POLRI (GM FKPPI) Kota Siantar, Jumat (14/6) lalu. Aksi menanam pohon bersa-

ma Walikota Siantar, Ketua PEPABRI, Kodim 0207 Simalungun, Danramil Siantar Barat, Waka Polresta Siantar dan Lurah Siantar Proklamasi ini merupakan kepedulian organisasi ini terhadap kelestarian lingkungan. Lokasi penanaman pohon di lingkungan Kantor Graha Swadek PC 0216 GM FKPPI Jalan WR. Supratman No 2A Pematangsiantar. Kegiatan digelar dalam rangkaian kegiatan menjelang pelantikan PC 0216 GM FKPPI pada 27 Juni 2013 mendatang yang nantinya akan dihadiri Ketua PD II GM FKPPI Sumut dan Ketua Umum GM FKPPI Pusat.

Ketua panitia Helpiaro Lahagu, Minggu (16/6) mengatakan, aksi penanaman pohon ini digelar sebagai rangkaian kegiatan menjelang pelantikan PC 0216 GM FKPPI yang baru. Jumlah pohon yang kami tanam 180 batang yang terdiri dari tiga jenis yaitu, pohon mahoni, meranti dan ingul. “Kegiatan ini akan dilanjutkan penanaman pohon sirsak pada hari Jumat 21 Juni mendatang yang lokasinya masih akan dirapatkan. Dan perlu diketahui, kegiatan ini sengaja kami lakukan sebagai bentuk kepedulian dari Keluarga Besar GM FKPPI Kota Siantar yang merasa turut berperan dalam

mendukung program Pemko Pematangsiantar,” kata Helpiaro yang juga bacaleg Partai Golkar dari Dapil 3 Siantar ini. Sebelum pelaksanaan penanam pohon, terlebih dahulu keluarga besar PC 0216 GM FKPPI serta undangan berdoa bersama yang bertujuan, agar nantinya pohon yang ditanam diberkati Tuhan Yang Maha Kuasa. “Harapan ke depan, agar pohon yang ditanam dapat tumbuh segar dan subur sehingga lingkungan Kantor Graha Swadek akan tampak lebih hijau dan bermanfaat,” kata ketua panitia Helpiaro Lahagu (mer)

SIANTAR-Untuk mengurangi ketergantungan ke pasar, pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman cabai dan papaya. Demikian disampaikan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA ) Siantar Ir Henry Dunan Pardede, MM ketika membagi bibit cabai, pepaya California dan kompos kepada warga di Kelurahan Bah Sorma dan Kelurahan Bah Kapul Kota Pematangsiantar di halaman Kantor Lurah Bah Kapul Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Siantar, Jumat (14/6). “Dengan memanfaatkan lahan pekarangan warga akan dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari dalam konsumsi bahan dapur seperti cabai dll dapat teratasi,” ujarnya. Hal ini juga, katanya, bisa meningkatkan perekonomian warga. Selain itu, terhindari harga cabai yang melambung. “Kita tak perlu ikut panik membeli ke pasar, sebab kebutuhan komoditas ini sudah terpenuhi dari perkarangan rumah,” tambahanya. Untuk itu, katanya, penyerahan cabai dan papaya serta sosialisasi dilakukan bukan karena kepentingan politik, namun menyambut kebijakan pemerintah sesuai dengan UU No13 Thn 2010 tentang hortikultura dan pembatasan import hortikultura yang salah satunya adalah komoditi pepaya. “Pepaya California ini, memiliki tingkat kemanisan sampai 14 brix dan memiliki aroma yang menarik sehingga sangat

diminati konsumen,” ujranya. Hendry Dunan Pardede mengharapkan supaya jangan membiarkan lahan pekarangan tidak produktif. Dan hal itu juga sangat mendukung program peningkatan ekonomi masyarakat. Misalnya gonjang ganjing harga BBM yang membuat harga kebutuhan pokok merangkak naik. Sebelum menyerahkan Henry Dunan Pareded menegaskan bantuan bibit dan pupuk organik ini diberikan dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan dan diharapkan akan menngkatkan pendapatan petani Kota Pematangsiantar. “Pepaya California ini, akan dapat diproduksi untuk dapat dimakan meningkatkan kesehatan serta bisa juga dijual untuk mendapatkan keuntungan, jadi jelas meningkatkan ekonomi warga,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Siantar melalui Kabid Penyuluhan yang turut hadir menyambut baik kegiatan ini mengingat KTNA sebagai wadah petani dalam mendapatkan penyuluhan bagi warga, jadi kegiatan ini sangatlah positif KTNA ini. Kabit Penyuluhan Badan ketahanan pangan sementara Lurah Bah Kapul Bahrum Damanik, S Sos didampingi Lurah Bah Sorma Halim Abadi, SSos.i mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada KTNA Kota siantar yang peduli terhadap petani.(nik)

FOTO: IST

MENYERAHKAN BIBIT- Ketua KTNA Kota Pematangsiantar Ir Henry Dunan Pardede, MM menyerahkan bibit cabai, pepaya California dan kompos kepada warga.


IKLAN INFO

SENIN 17 JUNI 2013

12

METRO SIANTAR

LOWONGAN KERJA PT. Prudential Agency membuka lowongan kerja untuk menjadi Agen Asuransi Prudential. Tidak terikat waktu (Free Lance), dan hanya bagi orang yang ingin sukses dan ingin berpenghasilan uang besar. Dengan syarat: • Pria/Wanita usia 20 - 45 thn, punya KTP dan masih berlaku. • Mempunyai relasi yang luas • Bersedia mengikuti ujianAAJI, Anda akan mendapatkan: • Komisi selama 5 thn per nasabah • Bonus Tambahan Rp.1 juta • Jalan jalan Gratis kedalam/Luar negeri • Jenjang karir yang bergengsi

Segera hub. 0812

6354 0888

Prudential Manager

Smart Computer Jln. Merdeka No 80 ( 0622-7072808 Fax.0622-7346080 E_mail : computer_smart@hotmai.com

HOT PROMO !!!

TERCECER

Tercecer sebuah DOMPET berisi suratsurat penting di seputaran Jalan Medan. Di dalam dompet terdapat STNK Sepedamotor Honda Revo BK 2071 WAA, KTP dan SIM atas nama K Nainggolan. KTP atas nama R br Tanjung. Bagi siapa yang menemukan agar dapat mengembalikan ke alamat: Perumahan Anugrah Samping RS Horas Insani, atau Hubungi HP: 0813 6136 8490 Tidak akan dituntut, tapi akan diberikan imbalan sepantasnya.

DISEW AK AN/DIK ONTRAKK AN DISEWAK AKAN/DIK AN/DIKONTRAKK ONTRAKKAN • Paviliun

• Kamar Kost Fasiltas : * Ruang AC * TV * Kamar Mandi Dalam * AC * Tempat Tidur * Kaca Rias, DLL Alamat: Jalan Sitalasari No.7 (Belakang Kantor Bupati Lama) Hub: 0812-6530-3070

TERIMA K OST KOST • Khusus Wanita/ Berumah Tangga • Fasilitas: - Tempat Tidur - Lemari - Lokasi strategis & nyaman No. Telp. yang dihubungi: 0812 6393 4560 Jl. Seram Atas No. 10 Depan RS Suaka Insan • Harga Terjangkau • Air, Listrik disediakan

T E R C E C E R Telah tercecer 1 buah GPS Garmin, Warna hitam. Hilang disekitaran Pematangsiantar - Tanah Jawa. Bagi yang menemukan agar dapat mengembalikan dengan menghubungi HP: 0813 7569 8779 Tidak akan dituntut, tapi diberikan imbalan sepantasnya


SENIN

17 Juni 2013

Ully Artha

Meninggal Dunia Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Kabar duka datang dari bintang senior Ully Artha. Ully artha dikabarkan meninggal di rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. “Innalillahiwainnailaihiraajiun RIP mama Ully Artha.” Tweet @kikifarrel, beberapa waktu lalu. Ungkapan belasungkawa lainnya, juga datang dari aktor Ponco Buwono, yang sempat beradu akting dengan wanita usia 59 tahun itu. “Turut berduka cita yg sebesar2 nya dgn meninggalnya Mama Ully Artha yg menjadi Ibu saya dalam film pertama kl saya TURANGGA th 89!”@poconbuwono. Ully mengawali karier sebagai pemain drama di TVRI tahun 1970-an. Setelah itu, Ully juga pernah menjajal dunia model dan catwalk, namun Ully tetap setia dengan seni peran. Dengan gelar ‘Miss Teenager Metropolitan’ (1970), membuatnya diincar oleh produser Tati & Son untuk bermain dalam film Tjisadane (1971). Beberapa kali Ully berhasil mendapat nominasi dalam ajang FFI antara lain Pengemis dan Tukang Becak (1979), Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986), dan Potret (1991).(kpl/int)

Asmirandah-Jonas Rivano

Jalinan cinta Asmirandah dengan Jonas Rivano tampaknya segera berujung ke pelaminan. Hal itu disampaikan oleh gadis yang akrab disapa Andah itu ketika menghadiri resepsi pernikahan Ricky Harun dan Herfiza Noviyanti di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat, kemarin.

M

enghadiri resepsi ditemani oleh Jonas, Andah mengaku bercita-cita segera mengikuti jejak Ricky Harun dan Herfiza Noviyanti. “Kalau angan-angan sih... Aku bilang semua orang, manusia (pasti) mau menikah, apalagi perempuan. Bener kan? Jadi kalau dibilang cita-cita pasti ada, Insya Allah segera ya. Doakan saja,” ujar Andah.

Kedua orangtua mereka pun sudah memberikan restu untuk hubungan yang mereka jalin. “Orangtua sih dukung, support kita berdua jalanin hubungan ini,” kata Jonas. Kalau sudah begitu, apalagi yang ditungguAndah dan Jonas? “Yang ditunggu momen dan waktunya saja. Pada saat waktu tepat dan momen tepat, pasti kok,” pungkasAndah. (kpl/int)


15 14

SABTU

15 Juni 2013

Taufik Pamitan kepada Publik Istora

Korban Berjatuhan di Catalunya BARCELONAPebalap YamahaJorgeLorenzomengulang sukses tahun lalu dengan memenangi MotoGP Catalunya. Lorenzo tampil dominan di sepanjang balapan dan juara setelah mengungguli Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Awalnya Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa bersaing ketat setelah lampu hijau menyala tapi Lorenzo berhasil merebut posisi terdepandiikutiPedrosa.Marquez menyodok dari posisi enam ke posisi tiga disusul Crutchlow dan Rossi. Sial buat Alvaro Bautista. Ketika akan menyalip Rossi, Bautista justru jatuh dan terseret sampai gravel. Rider Spanyol itupun out. Posisi belum berubah sampai lap kelima.Lorenzomasihmemimpin

diikuti Pedrosa, Marquez, Crutchlow dan Rossi. Bradl dan Hayden sengit bertarung untuk posisi lima. Malang buat Crutchlow. Ada di posisi keempat, pebalap Inggris harus out setelah crash ditikungan. Nasih serupa dialami oleh pebalap Ducati Nicky Hayden yang out setelah jatuh di tikungan 10. Dua pebalap lainnya turut out. Mereka adalah Michael Laverty dan Andrea Iannone. Posisi hingga lap ke10: Lorenzo, Pedrosa, Marquez sedangkan Rossi lebih jauh jaraknya daripada jarak posisi tiga besar. Di lap ke-15, Lorenzo masih mempertahankan posisinya dengan Pedrosa yang menguntit dengan jarak tak kurang dari 0,3 detik, diikuti Marquez. Rossi dan Bradilmasih‘terpisah’darigruptiga

besar.Satulagipebalapyangcrash. Dia adalah Hector Barbera di tikungan 10 dan motornya pun nyasar ke gravel. Sementara di papan tengah, Bradley Smith ada di posisi ketujuh di belakang Andrea Dovizioso. Lorenzo berhasil terhindar dari tekanan Pedrosa di lap ke-20 setelah jarak kedua pebalap semakin jauh dengan mencapai satu detik. Kini, justru Pedrosa yangmendapattekanantinggidari Marquez. Marquez berkali-kali hampir menyalip Pedrosa saat berada di tikungan. Namun hingga lap ke-22 usahanya belum membuahkan hasil. Sementara itu, Lorenzo semakinnyamandidepandengan jarak 1,8 detik dari rival terdekatnya.(dtc/int)

JAKARTA-SebelumfinalDjarum Indonesia Open Super Series Premier 2013 dimulai, sebuah acara seremoniperpisahanTaufikHidayat digelar. Taufik telah berpamitan kepadapublikIstoraSenayan. Taufik secara resmi pensiun beberapa hari yang lalu. Legenda bulutangkisIndonesiaitumenandai akhir kariernya sebagai pemain profesional dengan kekalahan di babak pertama Djarum Indonesia OpenSuperSeriesPremier2013.Dia dikalahkan pemain India, Sai Praneeth B. Hari Minggu (16/6) kemarin,pihakpanitiamenyiapkan sebuahacarakhususuntukmelepas Taufik.Dalamkesempatanini,Taufik diberi kesempatan untuk berpamitan kepada pecinta bulutangkisditanahair. “Setelah25tahunsayaberkarierdi duniabulutangkis,17tahunsebagai pemainprofesionaldilevelnasional dan internasional, mungkin ini waktu yang tepat bagi saya untuk memutuskanpensiun,”ujarTaufik, yang hari ini memakai kaus putih berbalutjaketmerah. “Terimakasihuntukfansbadminton yang mendukung saya selama ini,” kata peraih medali emas

OlimpiadeAthena2004ini. “Ini momen yang sangat emosional buat saya. Saya tak tahu harusbicaraapalagi,tapiterimakasih banyakuntuksemuadukungandan support-nya selama ini,” ujarnya denganmataberkaca-kaca.Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PBSI Gita Wirjawan juga mengucapkanterimakasihnyaatas kontribusiluarbiasayangdiberikan Taufik untuk dunia bulutangkis Indonesia. “AtasnamakeluargaPBSI danseluruhrakyatIndonesia,kami berterima kasih atas dedikasi dan kontribusi Taufik Hidayat. Tak ada yangnamanyamantanjuara.Once a champion always a champion,” ujarGita.(int)


15

SENIN 17 Juni 2013

TAHITI

NIGERIA

Live TvOne, Selasa (18/6) Pukul 02:00 WIB Estádio Mineirao

Beda Kelas

Datang ke Brasil sebagai jawara zona Oceania setelah Australia bergabung dengan Asia, menempatkan Tahiti lolos ke ajang empat tahunan ini.

DUA kemenangan melawan New Caledonia serta Solomon Island tentunya menjadi modal untuk tidak menjadi bulan-bulanan tim kuat Eropa seperti Spanyol, Uruguay, termasuk Nigeria. Tahiti akan menghadapi Nigeria dalam gelaran Piala Konferasi 2013

di Brazil. Partai pertama bagi kedua tim ini akan berlangsung di Estadio Mineirao. Walau belum pernah bertemu sebelumnya, namun keduanya berjanji akan menyajikan permainan yang menarik dan indah untuk ditonton. Kemenangan 1-0 atas Kaledonia Baru di final OFC Nations Cup Juni lalu membuat Tahiti masuk Piala Konfederasi sebagai underdog utama. Sejak mengambil alih tim nasional Tahiti pada 2010, pelatih Eddy Etaeta bekerja tanpa lelah untuk mengubah skuad amatir menjadi unit internasional yang layak diperhitungkan. Meski gagal

lolos ke Piala Dunia 2014, Etaeta telah tetap bekerja untuk kemajuan tim yang mengundang pujian dari pendukung mereka. Dalam banyak hal, berpartisipasi dalam Piala Konfederasi adalah puncak dari kerja keras mantan pemain internasional Tahiti ini. Tahiti secara konsisten diatur dalam formasi 4-4-2. Selama rezim Etaeta, mereka sedikit menyimpang dari sistem. Dimana ia lebih melakukan pendekatan yang defensif terhadap lawan. Kekuatan terbesar mereka selama ini adalah pertahanan. Tak menutup kemungkinan mereka akan menggunakan formasi 4-5-1 dan

mencoba menguasai bola di daerah belakang. Beberapa pemain inti mereka, seperti Marama Vahirua, terbilang handal. Pemain berusia 33 tahun itu telah banyak menghabiskan waktu dengan bermain di sayap. Vahirua juga memiliki banyak pengalaman di Eropa atau Perancis lebih tepatnya membela The Nancy dan kemudian bermain untuk Panthrakikos FC Yunani. Dalam 359 penampilan klub, dia membukukan 76 gol. Selain itu ada Steevy Chong Hue yang bisa menjadi pemimpin barisan. Meski baru berusia 23 tahun, ia memiliki energi dan bisa berubah menjadi posisi di lapangan. Dengan 11 gol dalam 22 pertandingan untuk negaranya, Steevy merupakan finisher mumpuni. Bagi Tahiti, yang sebagian besar skuadnya merupakan pemain amatir setiap grup adalah neraka. Dengan berada satu grup bersama Spanyol, Uruguay dan Nigeria, resiko jadi bulan-bulanan terbuka lebar. Bukan tidak mungkin ketiga tim yang lain akan menjadikan Tahiti lumbung gol. Sadar tim yang akan dihadapi jauh di

atas mereka, Tahiti tidak mau berambisi atau bermimpi terlalu tinggi. Tahiti cukup beruntung, tim yang mereka hadapi pertama hanya Nigeria. Setelah menghadapi Nigeria, Tahiti punya "kesempatan istimewa" melawan Spanyol di stadion legendaris Maracana, Rio De Janiero. Menghadapi Spanyol, Tahiti Edy Etaeta dalam sebuah wawancara mengatakan mereka hanya ingin membobol gawang Spanyol, tidak lebih dari itu. Untuk urusan skuad Edy Etaeta mengkombinasikan para pemain amatir dengan para pemain lulusan Piala Dunia U20 2009 Mesir. Marama Vahirua (Nancy Prancis), satu-satunya pemain Tahiti yang berlaga di Eropa bakal memimpin rekannyarekannya menghadapi serbuan tim besar macam Spanyol dan Uruguay. Jika melihat reputasi, materi pemain dan mental serta jam terbang, jelas Nigeria berada di atas kertas dan lebih diunggulkan untuk menang dalam pertandingan ini. Nigeria yang mewakili Zona Afrika setelah berhasil menjadi juara Piala Afrika 2013 awal tahun lalu akan menjadi lawan yang tangguh bagi Tahiti.int)

RALAT Terdapat kesalahan teknis pada berita berjudul Pembuktian Juara Sejati Edisi Minggu 16 Juni 2013, tertulis ulasan Leo Sihotang. Yang benar adalah berita dimaksud merupakan olahan dari berbagai sumber. Demikian kami perbaiki. -Redaksi-

PRAKIRAAN PEMAIN TAHITI: (4-5-1) Xavier Samin, Vincent Simon, Teheivarii Ludivion, Nicolas Vallar, Stephane Faatiarau, Jonathan Tehau, Lorenzo Tehau, Heimano Bourebare, Henri Caroine, Samuel Hnanyine, Marama Vahirua NIGERIA: (4-3-3) Enyeama, Echiejile, Omeruo, Oboabona, Kwambe, Mikel, Ogu, Onazi, Mbah, Ideye, Moses).

PERTANDINGAN TERAKHIR TAHITI 26 Mar 2013 New Caledonia 1 – Tahiti 0 WCQ 23 Mar 2013 Tahiti 2 – Solomon Islands 0 WCQ 16 Okt 2012 Selandia Baru 3 – Tahiti 0 WCQ 13 Okt 2012 Tahiti 0 – Selandia Baru 2 WCQ 26 Sep 2012 New Caledonia 0 – Tahiti 1 UJI

„ Victor Moses Bursa Metro Tahiti 1 ¼ : 0 Nigeria

PERTANDINGAN TERAKHIR NIGERIA 13 Jun 2013 Namibia 1 – Nigeria 1 WCQ 5 Jun 2013 Kenya 0 – Nigeria 1 WCQ 1 Jun 2013 Meksiko 2 – Nigeria 2 UJI 23 Mar 2013 Nigeria 1 – Kenya 1 WCQ 11 Feb 2013 Nigeria 1 – Burkina Faso 0 ACN


16

SENIN

17 Juni 2013

„ Ketua Panitia Pelaksana Mansur Purba SE. „ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA bersama Praeses Annette Kurschus melambaikan kepada „ Penandatanganan Prasasti Persahabatan Praeses Annette Kurschus dari Jerman Jemaat HKBP dari podium Gereja HKBP Parapat. oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA.

Kunjungan Preases Annette Kurschurs Dari Jerman Ke Parapat

Banyak Agama, Indonesia Tetap Rukun „ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata sambut Paesese Gereja EKvW Rev Jerman Annette Rurschus dan rekannya DR Ulrich Moller.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Annette Kurschus disambut tortor sombah oleh Siswa SMAN 1 Parapat.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA bersama Praeses Annette Kurschus menemui para Jemaat HKBP.

„ Ketua Panitia Mansur Purba SE bersama Praeses Annette Kurschus dan rekannya masuk dan melihat-lihat ruangan Masjid Raya Taqwa.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Annette Kurschus menanam pohon durian di halaman Gereja HKBP.

„ Rombongan Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Annette Kurschus memasuki halaman Gereja HKBP Parapat.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA memberikan kenang-kenangan Hasapi dan suling kepada Praeses Annette Kurschus.

„ Ompu Boru br Purba menyematkan sebuah ikat kepala kepada Praeses Annette Kurschus.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Paeses Annette Kurschus dikalungi bunga untuk memimpin pelayanan ibadah.

„ Kebaktian dipimpin Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simamata dan Praeses Annette Kuschus tampak tenang dan Hikmah.

„ Pendeta dan Praeses Gereja HKBP Parapat foto bersama Ompui Ephorus HKBP Pdt WTPSimarmata MA dan Praeses Annette Kurschus usai melakukan kebaktian.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Annette Kurschus foto bersama Pengurus Masjid Raya Taqwa Parapat Ustad M Rizal Siregar.

„ Para pelayan Tuhan di Gereja HKBP Parapat ikut menyemarakkan kunjungan Praeses Annette Kurschus ke Gereja HKBP Parapat.

„ Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Annette Kurschus berjoget Ria bersama penari dari Pulao Samosir.

„ Vokal Group yang dibawakan putra-puta Parapat menghibur Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Annette Kurschus.

„ Kapolsek Parapat AKP Ronald FC Sipayung SH SIK bersama Ketua Panitia Acara Mansur Purba SE hendak bersantap siang.

„ DR JR Saragih diwakili Kepala Bapedda Wilson Manihuruk bersama Camat Girsang Sipangan Bolon Drs Ojahan Nainggolan.

Foto dan teks : Taman Haloho

Lokasi : Gereja HKBP Parapat Jalan Bukit Barisan, Parapat Girsang Sipangan Bolon

Hari dan Tanggal : Minggu, 16 Juni 2013.


17 senin 06 2013 siantar