Page 1

REKANAN NGAKU TAK PUNYA UANG ○

7 KPU TAPUT LAPORKAN HASIL PILKADA KE KPU SUMUT

BACA DI HAL ○

9

BACA DI HAL ○

KAMIS 17 Oktober 2013 Edisi 89 „ Tahun X

(FOTO: GIDEON)

„ Rosdiana Sihombing ditemani anakanknya usai membuat laporan di Polsek Barus, Rabu (16/10).

TRAUMA DIANIAYA SUAMI

Istri Ajak Anak Nginap di Polsek TAPTENG- Trauma dianiaya suami, Rosdiana Sihombing (40) memilih menginap di Polsek Barus, Tapteng, Rabu (16/10). Dia takut pulang ke rumah karena sering dipukuli suaminya Marudut Sibagariang (39). Tak hanya itu, korban juga mengajak keempat anaknya tidur di polsek.

“Saya takut dan trauma pulang ke rumah, apalagi kalau suami saya ada di rumah. Saya khawatir suami saya bertindak kasar lagi sama saya. Anak-anak pun takut melihat bapaknya kalau sedang marah. Lebih baik kami menginap di kantor polisi

saja,” ujar Rosdiana usai melaporkan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialaminya, Rabu (16/10) sore.

„ Baca Istri Ajak....Hal 6

Prof DR HM Arif Nasution MA

Sosok Pemimpin Baru Ada pada Dahlan DIREKTUR Magister Studi Pembangunan Universitas Sumatera Utara (USU), Prof DR HM Arif Nasution MA menilai, sosok Dahlan Iskan merupakan satu sosok pemimpin baru di Indonesia, sehingga layak diberikan dukungan penuh.

„ Baca Sosok....Hal 6

(FOTO: FREDDY)

RAZIA: Petugas Satpol PP Tapteng saat melakukan razia salon sekaligus mengimbau untuk mengurus izin usaha mereka, Rabu (16/10).

Tegakkan Perda No 11 Tahun 2007 (FOTO: ANTARA/PARAMAYUDA)

„ Peserta tes CPNS Kementerian Kesehatan mengerjakan soal-soal ujian beberapa waktu lalu. Sementara honorer diminta tak remehkan tes CPNS.

Banyak Soal Menjebak

Honorer Diimbau Tak Remehkan Tes CPNS JAKARTA- Pelaksanaan ujian tulis atau tes kompetensi dasar (TKD) rekrutmen CPNS baru semakin dekat. Jadwal resmi yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) menyebutkan

TKD dilaksanakan pada 3 November mendatang. Menteri PAN-RB

„ Baca Honorer....Hal 6

Waspadai Calo CPNS (FOTO: DEFIZAL / RIAU POS)

„ Dahlan Iskan

SIBOLGA- Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengimbau kepada seluruh pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tidak mudah tergiur akan rayuan oknum tertentu maupun calo yang mengaku-ngaku bisa

mengurus kelulusan menjadi CPNS. “Moment seperti ini biasanya dimanfaatkan oknum atau calo yang sengaja mengambil

„ Baca Waspadai....Hal 6

Nenek Pemulung Sahati Kumpulkan Uang untuk Berkurban

Nabung Rp500 Selama 7 Tahun, Minta Diberi Kesehatan Biar Bisa Kerja Selain berhaji, Idul Adha menjadi momentum setiap umat muslim untuk menyisihkan hartanya buat berkurban. Kebanyakan ibadah itu dilakukan oleh orang yang berkecukupan. Namun, Sahati (68) tidak perlu menunggu kaya demi berkurban seekor kambing. MULVI MOHAMMAD NOOR,

SUKABUMI Melihat pekerjaan dan usianya, tidak ada yang menyangka bahwa Sahati, warga

„ Baca Nabung....Hal 7

USAHA SALON WAJIB URUS IZIN USAHA

TAPTENG- Menegakkan Perda No 11 Tahun 2007 tentang Retribusi dan Izin Usaha, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tapteng menggelar razia usaha salon di wilayah Kecamatan Pandan, Tapteng, Rabu (16/10).

„ Baca Usaha Salon....Hal 6

Berkas Dugaan Korupsi Rudolf Situmeang Dilimpahkan

Kasipidsus: Masih Kita Pelajari TAPTENG- Polres Tapteng kembali melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi tersangka Rudolf Situmeang, Rabu (16/10), setelah sebelumnya dikembalikan penyidik Kejaksaan. Sebanyak 12 item telah dilengkapi sesuai permintaan jaksa. “Sebelumnya berkas perkara dugaan korupsi tersangka Rudolf Situmeang ini telah kami ajukan ke Kejaksaan. Namun oleh jaksa menilai ada beberapa hal yang perlu dilakukan penyelidikan lebih dalam.

„ Baca Kasipidsus....Hal 7 (FOTO:IKBALZAELANI/ RADARSUKABUMI)

„ Nenek Sahati (68) memberi makan kambing kurbannya di Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi.

„ Baca Dikawal....Hal 6


RABU

16 OKTOBER 2013

Warga Batalyon 123 Salat Id Berjamaah DILANJUTKAN PENYEMBELIHAN 3 LEMBU SIDIMPUAN- Keluarga Besar Batalyon Infanteri 123/Rajawali melaksanakan Salat Idul Adha berjamaah di Lapangan Mako Yonif 123/Rajawali, Jalan Imam Bonjol Kota Psp, Selasa (15/10). Setelah itu dilanjutkan dengan penyembelihan tiga ekor lembu bersama seluruh prajurit. Kepada METRO, Selasa (15/10), Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 123/Rajawali Mayor Inf Uyat SIP mengatakan, peringatan Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriyah bagi seorang Prajurit memiliki makna relevansi dari pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS untuk menegakkan kedaulatan rakyat. “Prajuritintinyaharussiapuntukberkorbansesuaidengansumpah danjanjinyadariawaluntukmembelabangsadannegaraini,”ujarnya. Sesuai dengan kisah Nabi Ibrahim yang tercantum dalam Alquran yang mengorbankan -putranya Ismail AS yang sangat ia cintai, itulah yang seharusnya diteladani sebagai prajurit. “Jadi sebagi prajurit sejati, kita juga harus rela mengorbankan jiwa dan raga sekaligus demi kesatuan NKRI dari segala ancaman, baik dari luar negeri maupun dalam negeri sekalipun,” ucapnya. Uyat juga menjelaskan, mereka juga mempunyai pola operasi militer selain perang, yang di antaranya adalah siap membantu mengatasi berbagai macam kesulitan. Seperti bencana alam dan juga membantu tugas Polri untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. “Jadi selain perang, tugas-tugas kita juga banyak berhubungan dengan kegiatan sosial. Bahkan sampai dengan membantu Polri untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban pun kita siap,” terangnya. Pada kesempatan itu, Uyat juga menyampaikan, keluarga besar Batalyon Infanteri dapat berkurban dengan seluruh prajurit dan para anak yatim serta kaum dhuafa sekitar. “Alhamdulilah, ada tiga ekor sapi yang kita kurbankan. Semuanya akankitabagikankepadaparaprajuritdanparaanakyatimsertakaum dhuafa terdekat,” tutup Uyat. (mag01)

(FOTO ORYZA PASARIBU)

„ Danyon Infanteri 123/Rajawali Mayor Inf Uyat SIP (baju koko putih), saat melakukan pemotongan hewan kurban di Lapangan Mako Batalyon bersama para prajurit, Selasa (15/10).

IKATAN KELUARGA ALUMNI PELAJAR PADANGSIDIMPUAN

Dukung Pembentukan Sumatera Tenggara SIDIMPUAN- Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padangsidimpuan (Ikapada) sangat mendukung proses pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara di wilayah eks Tapanuli Selatan (Tapsel) yang mencakup 4 kabupaten dan 1 kota. Ketua Ikapada Ir Rusydi Nasution MM beberapa hari lalu mengatakan,Ikapadayangmerupakankumpulandarialumnipelajar Padangsidimpuan dan banyak di antaranya merupakan perantauan yang sukses, seperti Adnan Buyung Nasution, Damrin Nasution, Chaeruman Harahap dan lainnya, sangat mendukung, bahkan ikut terlibat langsung untuk mempercepat proses pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sutra) di wilayah Tabagsel pada tahun 2010 lalu. “Ikapada sudah terlibat dalam proses percepatan pembentukan provinsi Sutra ini tahun-tahun lalu dan sekarang juga akan terlibat untuk mendukung prosesnya, agar bisa secepatnya disahkan oleh DPR-RI, khususnya bagaimana kita mendukung dan mengawal prosesnya di Komisi II DPR-RI,” jelasnya. Salahsatulangkahyangdilakukanadalahmerangkulseluruhkepala daerah di Tabagsel untuk berkumpul bersama dan memusyawarahkannya, sehingga kata sepakat bisa diambil untuk sama-sama memperjuangkannya. “Kita sangat mendukung sekali. Makanya kita harapkan seluruh kepala daerah bisa satu kata dan sepakat, apalagi Komisi II DPR-RI sudah menyurati kepala daerah untuk menyiapkan kelengkapan adminsitrasinya. Bahkan anggaran sebesar Rp7 miliar juga sudah ditampung di masing-masing APBD 5 daerah, tentunya ada sinyal akan segera ada pembahasan lebih konkrit lagi di DPR-RI, khususnya Komisi II. Kita akan mengajak seluruh kepala daerah untuk kumpul bersama menyatukan ide dan pikiran bagaimana caranya agar Provinsi Sutra ini bisa segera terwujud,” katanya. Sementara itu Walikota Psp Andar Amin Harahap SSTP MSI mengapresiasikepedulianIkapadauntukikutterlibatlangsungdalam proses mengawal terbentuknya Provinsi Sutra ini. Dirinya berharap kedepannya akan semakin banyak peranan dan kontribusi yang bisa diberikan oleh Ikapada, demi tujuan kemajuan dan peningkatan pembangunan di wilayah Tabagsel. “Kita berharap seluruh daerah di Tabagsel dan Ikapada bisa saling mendukung untuk mengawal proses pembentukan Provinsi Sutra ini, demi kemajuan pembangunan di wilayah Tabagsel,” harapnya. (phn)

Diskusi Bersama Wali Kota SEBELUMNYA Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padangsidimpuan (Ikapada) Ir H Rusydi Nasution MM juga mengadakansilaturahmidenganWaliKotaPspAndarAminHarahap SSTP di rumah dinasnya, Senin (14/10). Dalam pertemuan tersebut, walikota mengatakan saat ini ia sedang serius untuk membangun Kota Psp menjadi kota yang maju dan sejahtera. Diakuinya, selama 12 Tahun ini, ia melihat Kota Psp masih dalam kondisi stagnan. Diketahui, Rusydi dan Andar Amin merupakan dua orang yang pernah sama-sama bertarung pada Pilkada Kota Psp. Namun saat itu keduanya terlihat santai bertukar pikiran dan membicarakan perkembangan dan perencanaan Kota Psp kedepannya. Dalam obrolan ringan tersebut, walikota mengatakan bahwa saat ini ia sedang serius membangun Kota Psp menjadi kota yang maju dan sejahtera. “Banyak sekali permasalahan yang harus saya benahi untuk menciptakan Kota Psp sebagai kota yang maju dan sejahtera. Saya akui untuk masalah tata ruang kota dan pembangunan, Insya Allah sedikit demi sedikit akan kita godok dan akan kita lakukan perubahan yang sebaiknya,” ucap walikota. Ia sangat berharap kepada seluruh pihak yang terkait, yaitu para SKPD dan Muspida yang ada, dapat bekerjasama dan saling berkordinasi untuk mewujudkan hal tersebut.(mag01)

(F: AMBUN PANJAITAN)

SERAHKAN- Ketua TP PKK menyerahkan piala juara I kepada tim bola voli putri SMAN 1 Tukka.

Tim Bola Voli Putri SMAN 1 Tukka Raih Juara I TAPTENG- Tim bola voli putri SMAN 1 Tukka akhirnya juara I setelah berhasil menumbangkan tim bola voli MAN Baru dengan skor 2-0 dalam putara final pertandingan bola voli putri antar pelajar tingkat SMA, Jumat (11/10). Pertandingan bola voli tersebut diselenggarakan Kanpora Tapteng, Sabtu (12/10). Kepala SMAN I Tukka Jaberelli

Situmeang mengucapkan terima kasih kepada pelatih selaku pembina siswa sehingga tim bola voli SMANImeraihjuaraIantarpelajar tingkat SMA. “Prestasi ini juga dapat mengharumkan nama baik SMAN 1 Tukka,” katanya. Jaberelli yakni tim bola voli putri SMAN I selalu meraih juara jika terus berlatih secara rutin dari pelatih.

“Untuk itu, saya berharap pertandingan bola voli berkesinambungan karena pertandingan ini bertujuan untuk menyalurkan bakatmerekadanmenjaringbibitbibit atlet bola voli,” katanya. Selain itu, ia juga mengharapkanpertandinganinidilaksanakan untuk meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan di kalangan pelajar, serta untuk menangkal

terjadinya penyalahgunaan narkoba dan penyakit masyarakat lainnya di kalangan para pelajar. Pelatih tim bola voli putri SMAN 1 Tukka Jasman menambahkan, keberhasilan para tim bola voli itu merupakan hasil dari sebuah ketekunan para siswa dalam berlatih demi satu tujuan meraih kemenangan.Takhanyaitu,disiplinatlet selama latihan dan motivasi dari

siswa sehingga tim bola voli putri meraih prestasi dalam pertandingan tersebut. Banyak lagi prestasiyangdiraihsiswaSMANIyakni juara ke III dalam perlombaan English Debate atas nama Ananda Van Gita Lumban Batu, Anita Putri Rukayah dan Ade Restu Rukayah dan juara III olimpiade Fisika oleh Feriyanto Lase serta meraih beasiswa. (aris)

Pasar Tradisional Berdana Rp1 Miliar D IBANGUN DI SUKA BANGUN TAPTENG- Geliat ekonomi di Kecamatan Suka Bangun, Tapteng akan semakin bertumbuh. Sebab sebentar lagi pasar tradisional bernilai Rp1 miliar di kecamatan itu diresmikan. “Sesuai rencana peresmian pasar tradisional itu akan dilakukan oleh Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang, mungkin bulan depan. Semoga pasar ini

bisa mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat di Suka Bangun ini khususnya,” kata Camat Suka Bangun S Hulu, Senin (14/10). Camat mengungkapkan pem-

bangunan pasar itu juga berkat dukungan penuh warga setempat Parlaungan Silaban yang menghibahkan sekitar 1 hektare tanahnya. Selain untuk pasar, Parlaungan juga menghibahkan tanahnya yang lain untuk pembangunan kantor polisi, kantor BRI, pembangunan kantor dan rumah

DIIMPIKAN SEJAK INDONESIA MERDEKA

Dua Desa Akhirnya Nikmati Listrik Negara TAPTENG- Sudah 68 tahun Indonesiamerdeka.BagiwargaDesa Sihapas dan Pulo Pakkat II, Kecamatan Suka Bangun, Tapteng, kurun waktu itu terasa berat. Sebab selama itu mereka hanya bisa bermimpi untuk menikmati listrik negara. Hingga akhirnya ‘buah kemerdekaan’ itu jadi kenyataan, karena dalam tahun ini jaringan PLN direncanakan masuk ke dua desa itu. Kepala PT PLN Persero Cabang Sibolga Amos Pasalli membenarkan program tersebut. “Yabenar, tapiyangmenanganinya PLN Wilayah Sumbagut. Nama programnya ‘Listrik Masuk Desa’. Tapi pelaksanaannya di bawah pengawasan PLN Cabang Padangsidimpuan (Psp), karena keduadesaitumasukwilayahkerja mereka,”kataAmoskepadawartawan, Senin (14/10). Meski oleh PLN Cabang Psp, namun Amos mengatakan secara

tak langsung PLN Cabang Sibolga juga turut berperan meloloskan program tersebut. Sebab, warga kedua desa itu sudah berulangkali menyampaikan usulannya ke pihaknya. Bahkan, aspirasi itu pernah disampaikan melalui aksi unjuk rasa damai ke Kantor PLN Cabang Sibolga. “Wargamengiradesamerekaitu masuk area kerja PLN Cabang Sibolga. Padahal sebenarnya wilayah kerja PLN Cabang Psp. Tapi permintaan dan aspirasinya tetap kami tampung dan kami teruskan ke Sumbagut,” tuturnya. Terpisah, Camat Suka Bangun S Hulu saat dihubungi, mengapresiasi program pemasangan jaringan listrik PLN ke dua desa jajarannya tersebut. “Dari informasi yang kami peroleh, tahun ini PLN akan membangun jaringan listrik di kecamatan kamidenganalokasibiayaberkisar Rp2,6miliar.Kalausayatidaksalah,

itusudahditenderkandanmaterial jaringannya juga sudah masuk,” tandas Hulu. Memang, adalah ironis di mana masih ada beberapa desa lagi di Tapteng yang belum dialiri listrik negara. Padahal di kabupaten itu ada dua unit pembangkit listrik berkapasitas besar yang menopang kebutuhan listrik di Sumut, yakni PLTA Sipansihaporas di Kecamatan Pandan dan PLTU Labuan Angin di Kecamatan Tapian Nauli. Sekedar untuk diketahui, Desa Sihapas dan Pulo Pakkat II berada tepat di perbatasan Tapteng dan Tapsel, atau berjarak sekira 60 km km dari Pandan, ibukota Kabupaten Tapteng. Kedua desa itu dihuni sekitar 300-an kepala keluarga. Dengan masuknya listrik negara, kehidupan masyarakat dan laju pembangunan di kedua desa itu diharapkan lebih baik. (mora)

dinas camat setempat. “Terima kasih untuk keluarga Parlaungan Silaban yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan pasar itu. Luar biasa, masyarakat ikut berperan besar untuk pembangunan. Kerja sama seperti ini jarang ditemui di daerah lain,” ungkap Camat.

Selain itu, hibah tanah untuk pembangunan sekolah juga diterima dari keluarga Arofena Lahagu-Br Gulo. Tanah itu direncanakan untuk pembangunan sekolah menengah kejuruan (SMK). “Direncanakan gedung SMK Suka Bangun itu dibangun tahun depan,” pungkasnya. (mora)

PD Muhammadiyah Akan Gelar Milad ke-104 PANDAN- Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Tapteng akan menggelar milad ke104 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Junjungan Lubis, Pandan, Sabtu (19/10). Acara ini akan dihadiri 1.000 warga Muhammadiyah dari seluruh cabang se-Tapteng, Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang dan menghadirkan penceramah dari anggota Komisi X DPR RI H Ibrahim Sakti Batubara. Wakil Ketua I PD Muhammadiyah Tapteng yang juga Humas Milad Muhammadiyah Rasidin Barasa mengatakan, persiapan untukkegiatanmiladke-104sudah matang, dan pada acara itu dirangkaikan pengumpulan dana dari para donatur dan simpatisan amal untuk pelunasan pertapakan gedung dakwah Muhammadiyah. “Segala keperluan pelaksanaan milad ke-104 sudah matang, bahkan persiapan pembukaan yang akan diundang Bupati Tapteng,” ujarnya. Untukitu,RasidinBarasameng-

(F:AMBUN PANJAITAN)

„ Rasidin Barasa MA Humas Milad Muhammadiyah ke-104 Tapteng. harapkan kepada seluruh warga Muhammadiyah baik cabang maupun ranting agar membantu pelaksanaan milad ini. “Milad ke-104 suskes merupakan kebanggaan kita bersama baik itu kemajuan dan perkembangan organisasi Muhammadiyah di daerah ini,” pungkasnya. (jait)

Dandim 0211/TT Berikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa

FOTO : AMBUN PANJAITAN,

„ Letkol Inf Indra Kurnia didampingi Ketua STAI -BU Pandan H Alpian Hutauruk ketika memberikan kuliah umum di STAI-BU Pandan.

PANDAN- Dandim 0211/TT Letkol Indra Kurnia memberikan kuliah umum kepada 250 mahasiswa STAI BU KH Zainul Arifin. Acara tersebut dihadiri Ketua STAI BU KH Zainul Arifin H Alpian Hutauruk dan digelar di Aula Kampus STAI BU Pandan, Sabtu (12/10). IndaKurniamengatakan,kuliah umum kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Bahriyatul Ulum (STAI-BU) KH Zainul Arifin Pandan memberikan topik yakni karakter bangsa. Di mana para mahasiswa saat ini harus mena-

namkan jiwa kebangsaan dan cinta tanah air. Termasuk kecintaan terhadap bangsa, Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Penting sekali bagi calon-calon sarjana dan pemimpin bangsa ke depan harus memiliki jiwa kesatria serta berkarakter,” katanya. Lebih jauh digambarkan, seorang mahasiswa harus mampu memberikan contoh dan panutan ditengah-tengahmasyarakat,apalagi saat ini kebangsaan masyarakat telah mengalami degradasi (penurunan).

“Untuk itu, saya berharap perlu memupuk dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap negara dan semangat nasionalisme terhadap mahasiswa khususnya mahasiswa STAI-BU KH Zainul Arifin Pandan,” tuturnya. Dalam kuliah umum, sejumlah mahasiswa mengajukan pertanyaan tentang segi ekonomi negara, politik luar negeri dan masalah-masalah hukum di negara Republik Indonesia. Acara tersebut dipandu Ketua STAI BU Pandan H Alpian Hutauruk. (jait)


4

KAMIS

17 Oktober 2013

PROYEK PERBAIKAN JALAN DI SIBOLGA

REKANAN NGAKU TAK PUNYA UANG SIBOLGA- Seorang rekanan kontraktor yang dipercaya mengerjakan proyek perbaikan salah satu ruas jalan di Kota Sibolga, Jubel Tambunan mengaku tak punya uang untuk mengerjakan proyek tersebut.

(FOTO:ISTIMEWA)

BERBAUR- Caleg Golkar untuk DPR RI Lamhot Sinaga (kemeja lengan panjang) berbaur bersama masyarakat Bottot, Kecamatan Sorkam, Tapteng, di sela-sela pemberian kurban, Selasa (15/10).

“Belum ada uang kita untuk mengerjakan proyek itu,” sebut Jubel Tambunan, ketika dihubungi wartawan lewat sambungan telepon, Rabu (16/10). Disinggung soal uang muka yang telah dibayarkan kepada pihak rekanan, Jubel Tambunan mengungkapkan, dana tersebut tidaklah cukup untuk memulai pekerjaan. “Untuk membeli aspal saja tidak cukup. Tapi meski demikian, bulan ini juga proyek perbaikan jalan itu sudah selesai kita kerjakan,” ucap Jubel Tambunan seraya menambahkan saat ini pihaknya sudah membuat persiapan. Pernyataan yang disampaikan Jubel Tambunan selaku pihak rekanan pemenang tender itu sungguh ironis dan bertolak belakang dengan ungkapan Ketua Gapensi Sibolga Darman Piliang kepada wartawan beberapa hari lalu.

LAMHOT SINAGA

Berkurban di Kampung Akbar Tanjung TAPTENG- Calon Legislatif DPR RI Golkar Lamhot Sinaga menyerahkan bantuan kurban kepada masyarakat Barus dan Sorkam, Tapteng, Selasa (15/ 10). Kehadirannya di kampung halaman sesepuh Golkar Akbar Tanjung itu mendapat sambutan hangat warga. Lamhot memberikan kurban ke 8 lokasi, di antaranya ke Masjid Nurul Huda Desa Bottot, Kecamatan Sorkam. “Kami sangat berterimakasih kepada Pak Lamhot Sinaga yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Desa Bottot ini. Semoga apa yang

dicita-citakan direstui Allah SWT,” tutur tokoh masyarakat desa setempat Amrus Sinaga (53). Selain pemberian kurban, Caleg nomor urut 6 itu juga menyempatkan diri menyambangi warga muslim di Kecamatan Pandan, Sosorgadong, Barus, Andam Dewi, dan Tukka melalui pertemuan-pertemuan silaturahmi. Di kesempatan itu Lamhot mengungkapkan maksud dan tujuannya maju sebagai calon wakil rakyat mewakili Dapil ‹ ‹ Baca

Berkurban ...Hal 7

“Tidak ada alasan bagi rekanan untuk tidak melaksanakan pekerjaan, karena itu sudah menjadi tanggungjawab pekerjaan. Sebelum proses tender, rekanan dituntut sudah harus mengerti (memahami), mengetahui dan menyiapkan segala kondisi,” kata Darman. Artinya, sebut Darman, persoalan material ataupun persoalan modal kerja, bukan sebuah alasan. “Sebab, jauh sebelum proses tender, seorang rekanan profesional dituntut menyiapkan dan memperhitungkan segala keadaan dan kemungkinan, termasuk persiapan menghadapi risiko kerugian,” tegasnya. Terpisah, anggota DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori mengaku kaget mendengar jawaban atau statemen yang dilontarkan Jubel Tambunan, ‹ ‹ Baca

Ironis...Hal 7

WASPADAI PENINGKATAN DEBIT AIR Di Sibolga-Tapteng MEDAN-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan mengingatkan masyarakat Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sibolga dan Tapteng, untuk mewaspadai potensi meningkatnya debit air hingga akhir tahun 2013. Kabid Pelayanan Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta di Medan, Rabu (16/10) mengatakan,

peringatan itu disampaikan karena Sumut sedang memasuki puncak curah hujan kedua. Dengan keberadaan puncak curah hujan kedua sejak bulan Oktober tersebut, curah hujan semakin banyak sehingga berpeluang besar meningkatkan debit air. Selain dapat menimbulkan banjir, peningkatan debit air tersebut juga berpotensi menimbulkan longsor, terutama di daerah pebukitan dan lereng gunung. ‹ ‹ Baca

Waspadai ...Hal 7

(MILSON SILALAHI)

„ Salah satu panitia kurban sedang memotong daging. Dari keseluruhan hewan kurban yang dipotong di hari raya Idul Adha 1434 H tidak ada yang berasal dari Sinabang.

HATI KERBAU ASAL SINABANG

Rawan Dikonsumsi SIBOLGA-Warga Kota Sibolga diharapkan berhati-hati ketika mengonsumsi hati kerbau yang berasal dari daerah Sinabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Pasalnya, rata-rata hati kerbau asal Sinabang tersebut tidak

sehat dan mengandung cacing hati. “Kalau dagingnya (kerbau asal Sinabang) yang dikonsumsi, itu nggak ada masalah. Yang berbahaya itu hatinya,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Kelautan

Perikanan dan Peternakan (DKPP) Sibolga drh Iskandar, Rabu (16/10). Hal ini sekaitan dengan pelaksanaan kegiatan pemotongan hewan kurban di hari ‹ ‹ Baca

Rawan ...Hal 7

ALBAR BAGIKAN DAGING KURBAN KE ABANG BECAK

„ Massa membentang spanduk saat menggelar demo di kantor KPU Sumut

FMPDI-SU Demo KPU Sumut

Minta Gugurkan Komisioner KPU yang Tak Independen TAPTENG- Forum Mahasiswa Peduli Demokrasi Indonesia Sumatera Utara (FMPDI-SU) menggelar unjukrasa ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (9/10) lalu. Mereka meminta KPU Sumut tidak meloloskan calon komisoner KPU Kabupaten Tapteng yang dinilai tak independen Hal tersebut diutarakan koordinator aksi Suhada Situmorang. Dalam orasinya, Suhada membeberkan bahwa dari 10 calon komisioner KPU Tapteng yang diloloskan tim seleksi (Timsel), ada beberapa calon yang dinilai tidak independen dan bahkan sebagian

lagi memakai KTP ganda. Oleh karenanya, Suhada dan pengunjuk rasa lainnya meminta KPU Sumut agar tidak meloloskan nama-nama tersebut menjadi komisioner KPU Tapteng. “Jika nama-nama tersebut diloloskan, KPU Tapteng tidak akan bisa bekerja dengan baik dan independen,” tegas Suhada. Aspirasi massa FMPDI-SU ini diterima oleh Kasubag Teknis KPU Sumut Farida. Kepada pengunjukrasa, Farida mengatakan bahwa aspirasi tersebut akan disampaikan kepada Komisioner KPU Sumut setelah kembali dari Tapteng. (Gideon/nasa)

SIBOLGA- Memaknai Idul Adha 1434 H, untuk saling berbagi kepada yang berhak menerima dalam menjalankan perintah agama serta beramal hanya semata-mata karena Allah SWT, Albar Sikumbang bersama keluarga berkurban satu ekor kerbau dan dibagikan kepada abang becak. “Ini untuk yang kesekian kalinya saya dan keluarga melaksanakan ibadah kurban. Ini merupakan perintah agama bagi yang memiliki kemuda‹ ‹ Baca

Albar ...Hal 7

FOTO : ARIS

„ Albar Sikumbang berpeci hitam saat menyaksikan penyembelihan kerbau yang dikurbankannya kepada abang becak Sikumban, Rabu (16/10).

FOTO: AMBUN PANJAITAN

„ Novan Efendi Siregar bersama Kades Aek Gambir Parningotan Nadeak dan Ustadz Hasanudin Lubis menyerahkan daging kurban

Keluarga Besar Novan Efendi Siregar

Serahkan Hewan Kurban kepada Jamaah Masjid Miftanul Jannah LUMUT- Keluarga besar Novan Efendi Siregar pada hari raya Idul Adha kali ini mengurbankan satu ekor kerbau di Desa Aek Gambir, Kecamatan Lumut, Tapteng, Selasa (15/10). Daging kurban ini kemudian dibagikan kepada jamaah Masjid Miftanul Jannah dan warga muslim yang ada di desa tersebut. Hewan kurban yang diserahkan oleh Novan Efendi Siregar yang merupakan calon legislatif (caleg) nomor urut 4 dari Partai Hanura Dapil II Tapteng ini, diterima langsung ustadz Hasanudin Lubis didampingi Kepala Desa Aek Gambir Parsaulian Nadeak serta disaksikan masyarakat lainnya usai salat id Idul Adha. Novan Efendi Siregar di ha-

dapan masyarakat mengatakan, pemberian hewan kurban ini merupakan janjinya kepada masyarakat saat pertama kali mengunjungi Desa Aek Gambir. “Pada saat itu hati saya tergerak untuk berkurban kepada masyarakat Desa Aek Gambir. Karena saat itu masyarakat dapat menerima kehadiran saya dengan rasa kekeluargaan,” ujar Novan. Novan berharap, daging kurban tersebut kiranya diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. “Sebab hanya itulah yang dapat saya berikan kepada warga Desa Aek Gambir, dengan harapan tahun-tahun mendatang semua apa yang dicita-citakan dapat terkabul,” ‹ ‹ Baca

Serahkan ...Hal 7

Pemko Ingin Status Jalan Sudirman Dialihkan SIBOLGA- Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga sangat berharap pemerintah pusat menerima permintaan untuk pengalihan status Jalan Sudirman menjadi Jalan Nasional. “Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sibolga tidak tahan untuk membiayai jalan itu,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kota Sibolga Thamrin Hutagalung, Selasa (15/10) terkait kerusakan Jalan Sudirman. Menurut Thamrin, Pemko melalui Dinas PU Kota Sibolga telah melayangkan surat permohonan alih status Jalan Sudirman tersebut ke peme-

„ Salah satu sisi badan Jalan Sudirman yang ambruk pada tahun 2011 lalu tapi belum juga mendapatkan perbaikan.

rintah pusat melalui Kementerian PU cq Balai Pelaksana Jalan Nasional. Surat permohonan itu dilayangkan pada tahun 2012 lalu, namun realisasi dari surat Pemko Sibolga tersebut belum juga ada sampai saat ini. “Kita akan tetap menindaklanjuti surat itu, karena alih status itu sangat penting. Karena dengan demikian nantinya, APBD kita bisa fokus untuk penanganan jalan-jalan kota. Selain surat, Pemko Sibolga atas nama Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk juga telah menyampaikan permohonan itu secara lisan (langsung) kepada Gubernur

Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho dan anggota DPRDSU saat turun ke Kota Sibolga,” ungkapnya. Disinggung kenapa realisasinya bisa lama, Thamrin mengaku tidak tahu. Namun dia menilai, cepat lambatnya permintaan Pemko Sibolga tersebut tidak terlepas dari kondusifitas daerah. Untuk itu, dia sangat berharap agar kiranya dukungan dari masyarakat Kota Sibolga untuk senantiasa dapat selalu menjaga kondusifitas daerah. “Bila situasi kondusif, pembangunan terminal truk, per‹ ‹ Baca

Pemko ...Hal 7


6

KAMIS

17 Oktober 2013

Usaha Salon Wajib Urus Izin Usaha Sambungan Halaman 1 Dalam razia tersebut, Satpol PP menemukan 15 usaha salon yang tidak memiliki izin usaha. Sementara dua lagi, masa izinnya sudah berakhir. Razia ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar mengurus izin usaha ke Dinas Pariwisata. Sebab, sejumlah usaha salon yang berada di wilayah Pandan rata-rata tidak memiliki izin usaha. “Tujuan utama razia ini untuk menegakkan Perda. Satpol PP kita arahkan menggiring pengusaha untuk mengurus izin usaha mereka. Dengan begitu, hal ini bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujar Kabid Satpol PP M Asirin Lubis. Dalam razia kali ini, Satpol PP menemukan sekitar 17 salon tidak memiliki izin. Ke depan, bagi pengusaha yang membandel, pihaknya akan bertindak sesuai yang tercantum dalam perda

tersebut. “Dalam razia kali ini, kita mencoba memberikan pengertian dan penjelasan kepada para pengusaha akan pentingnya mengurus izin usaha. Kita arahkan mereka dan kita ajak untuk patuh peraturan. Namun bila tetap tak diindahkan juga, kita dari Satpol PP sebagai penegak perda akan bertindak,” pungkasnya. Diketahui, dalam razia yang dilaksanakan petugas Satpol PP, sejumlah usaha salon yang berada di sekitar Pandan diperiksa izinnya. Dalam razia itu, hanya ada dua usaha salon yang ditemukan memiliki izin dari Dinas Pariwisata, tetapi jangka waktunya sudah berakhir. “Meski begitu, usaha tanpa izin itu tidak langsung diberi tindakan atau sanksi, hanya sekadar imbauan dan peringatan. Hanya saja kita ingin para pengusaha itu segera mengurus izin usahanya ke Dinas Pariwisata sebelum kita bertindak,” imbaunya. (fred)

Istri Ajak Anak Nginap di Polsek Sambungan Halaman 1 Wanita yang tinggal di Kelurahan Padangmasiang, Kecamatan Barus ini mengaku, sehari-harinya berjualan kedai kresek yang hanya menjual kerupuk, permen atau jajanan ringan. Sementara suaminya buruh serabutan. Keduanya menikah sekitar 15 tahun lalu, dan kini telah memiliki 4 anak. Kepada METRO, Rosdiana menceritakan sejumlah aksi kekerasan yang pernah dialaminya. Diakuinya, awalnya keluarga tersebut adalah keluarga harmonis. “Awalnya kami termasuk keluarga harmonis. Anakanak tumbuh besar,” kata Rosdiana. Hingga pada tahun 2010 lalu, terjadi pertengkaran antara suami istri itu karena persoalan yang kurang jelas. Saat itulah suaminya mulai sering melakukan kekerasan. “Kekerasan itu berawal sejak 2010 lalu. Saat itu suami saya marah. Pelipis mata saya dipukul sampai memar. Kepala saya disiram bensin dengan maksud mau membakar saya hidup-hidup, tapi tidak jadi dibakar,” tutur Rosdiana. Lalu, Desember 2011, Rosdiana kembali dianiaya suaminya. Saat itu Rosdiana sempat minggat ke rumah orangtuanya di Medan. Namun dua bulan kemudian, suami dan anak sulungnya datang menjemputnya ke Medan dengan komitmen berdamai. Kedamaian itu rupanya tidak bertahan lama. Setelah melahirkan anak bungsu mereka, suaminya kembali

berulah. “Waktu itu saya dilempar dengan kayu, akibatnya 4 jahitan di pipi saya saat itu,” ujar Rosdiana yang mengaku masih mampu bersabar saat itu. Hingga puncaknya, Selasa (15/10)sekira pukul 15.00 WIB, keduanya kembali cekcok mulut. Sebabnya, suaminya ingin membeli mesin potong kayu, tapi Rosdiana mengaku belum memiliki uang. Apalagi dia hanya pedagang kresek kecil. Tetapi suaminya memaksa agar menjual kayu (bahan untuk membuat kosen) mereka. Tapi Rosdiana tidak setuju karena kayu itu akan digunakan untuk kosen rumah mereka kelak. “Suamiku mau menjual kayu bahan kosen pintu. Tapi saya tidak setuju. Karena kayu itu yang nantinya mau kami pakai untuk membangun rumah. Saat itu, saya sarankan meminjam uang dari tetangga, tapi dia tetap ngotot mau menjual kosen itu. Kami pun bertengkar. Bahkan kayu itu sempat aku tarik dan ditariknya juga. Kami tarik-tarikan kayu sampai suamiku menyundul wajahku dua kali. Wajahku jadi memar. Dia juga merusak ban becak yang sering saya pakai jualan di onan,” beber Rosdiana. Pertengkaran itu membuat kesabaran Rosdiana habis. Ia dan anak-anaknya kemudian melapor ke Polsek Barus. “Ulah suamiku itu tidak dapat ditoleransi lagi. Aku minta cerai dan dipulangkan ke orangtuaku. Saya mengadukannya karena saya tidak tahan lagi. Anak sudah besar, tak mungkin aku selalu jadi bulanbulanannya,” isaknya.

Menurutnya, pengaduannya, hal itu dilakukannya demi kebaikan keluarga mereka. Sebab, suaminya sudah pantas diproses secara hukum supaya jera. “Tidak tahan lagi saya. Biarlah diproses hukum, supaya jera dan kejadian serupa tidak terulang lagi,” tandasnya. Kapolsek Barus AKP Usman membenarkan laporan kasus KDRT yang dialami Rosdiana. Penyidik kini tengah memprosesnya dengan Pasal 44 ayat 1 UU RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang KDRT. “Laporan pengaduan korban kami terima. Penyidik menganjurkan supaya korban melakukan visum untuk melengkapi berkas pengaduan. Selanjutnya penyidik akan memintai keterangan korban dan saksi-saksi,” kata Kapolsek. Sementara itu, informasi yang diperoleh METRO dari sejumlah warga sekampung korban, suaminya tersebut telah kabur. Mungkin, suami korban kabur karena telah mengetahui istrinya mengadu ke polisi. “Sudah lari dia. Dia lari sewaktu kami pergi melapor ke sini. Uang dan ijazah anak-anaknya ikut dibawa lari,” kata Rosdiana. Menyikapi kaburnya terlapor, Kapolsek mengatakan, pihaknya akan mengejarnya jika nanti hasil pemeriksaan korban dan saksi-saksi mengarah kepada memenuhi unsur. “Sesuai hasil pemeriksaan nanti baru bisa kami simpulkan apakah itu memenuhi unsur pidana atau tidak. Kalau ya, pelaku akan diringkus,” pungkas Kapolsek. (Gideon)

Sosok Pemimpin Baru Ada pada Dahlan Sambungan Halaman 1 Sebagai seorang pengusaha yang baru bergabung di pemerintahan, Dahlan Iskan dianggapmampumengubahpola pikirsejumlahkaryawandiPTPLN Persero dan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perubahan yang tampak itu dilhat dari pola pelayanan, walau belum secara total tapi secara konsep dan sejumlah orang sudah mengalami perubahan seperti gerak cepat mengatasi krisis listrik diSumut.Kini,listrikdiSumutmulai membaik seiring adanya penyewaan tambahan genset, apakah benar caranya, terpenting saat ini rakyat butuh listrik tak padam. Selanjutnya, paparnya, Dahlan Iskan juga mampu membawa perusahaan BUMN yang sedang ‘sakit’ seperti PT Dirgantara Indonesia, saat ini sudah mulai bangkit dengan menjual pesawat ke Thailand dan Filipina. Inilah salah satu pertanda munculnya wajah baru BUMN yang terus mengalami perubahan. Arif menilai, apa yang dilakukan Dahlan Iskan saat ini sudah mulai membuat publik percaya dengan sosok pemimpin baru. Untuk mewujudkan kepercayaan itu berubah menjadi dukungan penuh, maka Dahlan Iskan harus menjadi orang jujur.

Seperti hasil survei salah satu media di Jakarta, paparnya, sebanyak 56 persen masyarakat membutuhkan pemimpin yang jujur. Jadi Dahlan Iskan harus mampu menjadi orang jujur, bukan karena mau pencitraan saja tampil sederhana, melainkan kinerjanya harus dibuktikan dengan karya nyata. Lebih lanjut, guru besar Fisipol USU itu meyakini, Dahlan Iskan bisa menjadi orang jujur karena secarapribadidirinyanaikmenjadi menteri bukan karena adanya struktur partai politik, melainkan dinilai karena kemampuan dan sosoknya sebagai seorang enterpreneur (pengusaha, red). Bahkan, Dahlan Iskan juga bukan seorang yang tiba-tiba terlahir kaya, melainkan semua tahapan kehidupan mulai terbawah tak memiliki sepatu saat sekolah hingga memiliki pabrik sepatu dan sejumlah pabrik-pabrik lainnya. “Secara pribadi, saya dukung penuh Dahlan Iskan jadi presiden dengan catatan wajib menjadi orang yang selalu jujur,” ujarnya. Arif menyatakan, terobosan yang dilakukan Dahlan Iskan layaknya diikuti oleh generasi muda, karena apa yang dibuatnya saat ini seperti melahirkan mobil listrik, sepedamotor listrik serta mendorong perakitan genset berkapasitas 400 MW. (ril/smg)

(FOTO: WILSON)

„ Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk meninjau pengambilan nomor peserta ujian CPNS.

Waspadai Calo CPNS Sambungan Halaman 1 kesempatan, bergentayangan dengan modus meminta sejumlah uang dengan modus pelamar bisa lulus jadi CPNS,” ungkap Syarfi kepada METRO di sela-sela peninjauan pengambilan nomor ujian peserta CPNS di Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Sibolga, Rabu (16/10). Menurut dia, oknum atau calo itu, terkadang mengaku-ngaku orang dekat Wali Kota atau Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) atau keluarga dekat yang bertugas di Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Penerimaan CPNS tahun ini

berbedajauhdibandingkanproses penerimaan CPNS tahun sebelumnya. Salah satunya, pengawasan yang dilakukan sangat ketat dengan menggandeng sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM), Ombudsman, Perguruan Tinggi, Kepolisian, BadanInteligenNegara(BIN),serta BPKP sebagai koordinator pengawas,” terang Syarfi. Jamin Soal Ujian Tak Bocor Pada kesempatan itu, Syarfi juga mengatakan pembuat soal, pengganda soal dan penilai soal ujian CPNS, semuanya berbedabeda.Halituuntukmengantisipasi atau meminimalisir tingkat kebocoran soal. “Khusus di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), soal ujian CPNS

digandakan di Universitas Sumatera Utara (USU). Hal itu sebagaimana MoU yang ditandatangani bersama dengan Pemerintah Provsu dan 15 kabupaten/kota yang melaksanakan penerimaan CPNS,” ucapnya. Dana penggandaan soal, sambungnya, ditampung di APBD masing-masing kabupaten/kota yang disesuaikan dengan jumlah pelamar yang mengikuti ujian CPNS. “Dalam MoU bersama tersebut, USU menjamin soal ujian tidak bocor, kerahasiaannya juga dijamin. Karena soal-soal ujian CPNS tersebut adalah rahasia negara,” katanya. Syarfi menambahkan, hingga kini, Pemko belum tahu lembaga

apa atau Perguruan Tinggi (PT) mana yang ditunjuk melakukan pemeriksaan soal hasil ujian CPNS untuk Sibolga. “Kitabelumtahu,PTmanayang memeriksa hasil ujian,” sebutnya. Namun dia berharap, seluruh pelamar atau peserta ujian, belajar sungguh-sungguh dan dapat menguasai materi ujian. Sehingga saat mengikuti ujian, seluruh soal dapat terjawab dengan benar. “Ikuti saja proses penerimaan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” tandasnya. Sementara Sekretaris BKPP Sibolga M Hutabarat menguraikan, dari 70 formasi yang dibutuhkan, diperebutkan 2.293 orang. Ke-70 formasi tersebut

meliputi; tenaga guru 50 orang, Kesehatan 9 orang dan Teknik 11 orang. Sementara untuk tenaga Honorer Kategori dua (K2), jumlah peserta sebanyak 66 orang. “Tetapi yang ikut ujian hanya 65 orang. Karena 1 orang sudah meninggal,” ungkapnya seraya mengatakan,pengambilannomor ujian peserta digelar selama dua hari. Yakni, tanggal 16 Oktober khusus bagi tenaga guru, kemudian tanggal 17 Oktober untuk tenaga teknik dan kesehatan. “Pelayanan di kantor BKPP Sibolga tetap buka hingga seluruh pelamar atau calon peserta ujian CPNS selesai mengambil nomor ujian,” pungkasnya. (son/des)

Honorer Diimbau Tak Remehkan Tes CPNS Sambungan Halaman 1 Azwar Abubakar menuturkan, seluruh peserta ujian CPNS tidak boleh meremehkan soal yang akan diujikan. “Khususbagipelamarkelompoktenagahonorer kategori II juga diminta tidak meremehkan,” katanya. Azwar menuturkan, scoring atau penilaian hasil ujian pelamar honorer itu tetap dari soal ujian yang dikerjakan.Bukandarilamamerekamengabdisebagai tenaga honorer. “Kami berupaya benar-benar menyaring tenaga honorer kategori II berdasarkan kualitas kompetensinya,” ujar Azwar. Saat ini Kemen PAN-RB memperkirakan jumlah tenagahonorerkategoriIIdiseluruhinstansimencapai 500 ribu orang lebih. Tetapi untuk tahun ini, kuota pengangkatannya hanya sekitar sepertiganya atau 150 ribu formasi. Azwar berharap tenaga honorer harus mempersiapkan diri menghadapi ujian sejak dini. Dia mengatakan pengalaman tahun lalu banyak sekali soal-soal ujian yang mengecoh peserta ujian.

SehinggaparapesertaujianTKDmendapatkannilai di bawah ambang batas atau passing grade kelulusan. Materi ujian tulis TKD yang akan diujikan terdiri dari wawasan kebangsaan, intelegensia umum dan karakteristik pribadi. “Semua kategori soal ujian itu harus dipelajari,” katanya. Saat ini muncul tudingan bahwa pemerintah sengaja mempersulit pengangkatan tenaga honorer kategori II. Pengangkatan ini berbeda jauh dengan tenaga honorer kategori I yang diangkat langsung menjadiCPNStanpates.TetapiAzwarmenampiknya. Dia menyebut skema pengangkatan honorer kategori II dengan ujian tulis ini sudah seadil-adilnya. “Siapa yang berhak ya diangkat menjadi CPNS. Tetapi yang tidak, ya tidak diangkat,” katanya. Keputusan pengangkatan melalui ujian tulis itu diambil karena jumlah tenaga honorer kategori II sangat banyak. Kondisi itu terjadi karena instansi selama ini seenaknya merekrut pegawai tanpa melalui prosedur rekrutmen CPNS resmi. (wan/jpnn)

Dikawal Ketemu Pacar Sambungan Halaman 1 Hubungan asmara Nikita Willy dengan Diego Michiels menjadi perhatian khusus bagi sang bunda, Yora. Meski telah menganggap pemain bola naturalisasi itu bak anaknya sendiri, Yora tak henti mengingatkan Diego dan Nikita untuk berpacaran di jalur yang benar. “Saya selalu bilang sama Diego, saya titip Nikita. Bahwa mereka selalu disorot publik dan banyak

Menyuarakan Aspirasi Masyarakat Tapanuli

Anggota SPS No.: 443/2004/02/A/2012 Penerbit : PT. Siantar Media Pers (Metro Siantar, Metro Tapanuli, Metro Asahan, Metro Tabagsel) Chairman : Komisaris Utama : Komisaris : Direktur Utama : Direktur : Pengasuh Pemimpin Umum/Penjab/GM : Wakil PU/Pimpinan Perusahaan : Pimred Metro Siantar : Plt Pimred Metro Tapanuli : Pimred Metro Tabagsel : Pimred Metro Asahan : Wakil Pimpinan Metro Asahan : Tim Ombudsman :

Rida K Liamsi Makmur Kasim Khadafi Marganas Nainggolan Maranatha Tobing Marganas Nainggolan Maranatha Tobing Pandapotan MT Siallagan Daniel Simanjuntak Muhiddin Hasibuan Eva Wahyuni Darwin Purba Vincent Wijaya

Departemen Redaksi METRO TAPANULI Dewan Redaksi Group: Marganas Nainggolan (Ketua), Maranatha Tobing, Daniel Simanjuntak, Pandapotan MT Siallagan, Muhiddin Hasibuan, Eva Wahyuni, Leo Sihotang, Chandro Purba, Plidewatna Saragih, Hermanto Sipayung, Nurjannah. Pjs Redaktur Pelaksana: Plidewatna Saragih Redaktur: Nasa Putramaylanda, Pholmer Saragih, Jhon Damanik, , Syafruddin Yusuf, Pala Silaban Hezbi Rangkuty, Edi Saragih Asisten Redaktur: Imelda Purba. Kordinator Liputan: Ridwan Butar-butar, Ass. Korlip: Marihot Simamora Reporter: Freddy Tobing, Milson Silalahi, Aris Barasa, Juris Tanjung, Masril Rambe (koresponden Barus), Horden Silalahi(Humbahas), Bernard Lumbangaol (Taput), Hengki Tobing (Taput), Jantro Naibaho (Tobasa), Juandi Sihombing , Ambun Panjaitan (Koresponden Tapteng) METRO SIANTAR Redaktur Pelaksana: Leonardus Sihotang, Yappy Chandro Purba, Kordinator Liputan: Tonggo Sibarani, Reporter: Imelda Purba, Pra Evasi Haloho, Billy Andra Nasution, Eko Hendriawan, Dhev Fretes Bakkara (Fotografer), Rano Kambo Hutasoit, Darwis Damanik, Sawaluddin, Soetomo Samsu (Jakarta), Irwansyah (TanahJawa), Marihot Sinaga (Raya), Hardono Purba (Silau Kahean), Sendi Warto Purba (Saribudolok), Taman Haloho (Parapat) Sekretaris Redaksi: Yanti Nurhapni, Staf Redaksi : Ita Butar-butar METRO TABAGSEL Redaktur Pelaksana: Nurjannah, Pjs Kordinator Liputan: Ikror Amin Lubis, Reporter: Parlindungan Pohan (Sidimpuan/Tapsel), Amran Pohan (Tapsel), Amran Pikal Siregar,

(Palas), M Ridwan Lubis (Madina), Parningotan Aritonang. METRO ASAHAN Redaktur Pelaksana: Hermanto Sipayung, Kordinator Liputan: Edwin Garingging, Reporter: Irvan Nasution (Kisaran), Susilowady (Kisaran), Jekson Siahaan (Batubara), Putra (Aek Kanopan),Anniko Rambe, Rizki Whardana (R Prapat), Mahra Harahap (Kota Pinang), Ishak Lubis (Tj Balai), Syawaluddin Tanjung (Pamingke) Dep. Perwajahan, Pracetak & Artistik Kadep Pracetak & Artistik: Ahmad Yasir, Kabag: Amiruddin Staf Pracetak: Salomo Seven Malau, Jamaluddin Sinaga, Hedry Handoko, Jefree Putra, Andri Manullang, Handoko,Nazaruddin Ikhsan, Saddam Mounting: Samuel Sihotang (Koordinator), Hotland Doloksaribu, Amran Nainggolan, Nico HS, Kabag Teknisi Maintenance & IT: Irwan Nainggolan, Online Website: Juanda Panjaitan DIVISI USAHA Departemen Umum/Adm/Keuangan Manager Adm/Keu/Umum: Dumaria, Kabag Accounting: Restioni Padang Departemen Sirkulasi / Pemasaran Manager Pemasaran: Jaberlison Saragih, Koordinator Pemasaran:Simson Winata Hutabarat, Adm Pemasaran: Indarny Aritonang, Piutang Koran: Ester Ade Gultom, Staf Pengembangan: Jhon Tua Purba, Dedi Kurniawan, Kordinator Ekspedisi: Ardi Departemen Iklan Manager Iklan: Jamot S, Kabag Iklan: Holden Simanjuntak, Kord Iklan: Bambang Satria, Kord Adm. Iklan Group: Hariyani Kartini, Piutang Iklan: Tio Maria, Annisa

orang selama ini,” ujar Yora belum lama ini. Yora menyadari hubungan putri sulungnya dengan Diego memang semakin dekat. Untuk menghindari hubungan di antaranya di luar batas, sebagai ibu, ia pun tak jarang ‘mengawal’ Nikita kala menemui Diego bila ada waktu luang. “Kadang tante juga ngawal Niki juga, tapi nggak sering. Yang penting mereka sadar harus jalan di rel yang benar insya Allah selamat,” papar Yora. (dtc/int)

(Medan), Staf Desain: Reliston Purba, Togap Sinaga. Kepala Perwakilan Tapanuli : Ridwan Butar-butar, Koordinator Keuangan: Eriska Muham, Staf Piutang Koran/Iklan: Arfah Sari Hasibuan, Koordinator Pengembangan: Zulfiandi, Staf Pengembangan: Jack Simbolon (Taput), Tamy Sianturi (Tobasa) Perwakilan Metro Tabagsel Ka Perwakilan/Ka Biro Usaha: Edi Panjaitan, Kabag Pengembangan: Ahmad Suhaimi Lubis, Koordinator Keuangan: Kristina Hutabarat Perwakilan Metro Asahan Wakil Pimpinan Perusahaan: Darwin Purba, Kabag Pengembangan: Marshall Leo Siagian, Staf Pengembangan: Jemelister Sitorus, Koord.Keuangan: Revina Sihombing Kuasa Hukum: Binaris Situmorang SH Tarif Iklan : Hitam/Putih (B/W) Umum/Display Rp. 7.500/mm kolom, Iklan Keluarga Ucapan Selamat Rp. 3.500/mm kolom, Iklan Warna (Full Colour) Rp. 15.000/mm kolom. Harga iklan ditambah PPN 10%. Harga Eceran Rp2.000 (dalam kota). Rekening a/n: PT Siantar Media Pers Bank Mandiri Cab Pematangsiantar AC:1070003101831. Alamat Redaksi /Iklan/ Pemasaran Medan : Graha Pena Medan Jl Sisingamangaraja KM 8,5 No.134 Medan-Amplas. Telp (061) 7881661 (Hunting) Fax (061) 7881733 Alamat Redaksi /Iklan/ Pemasaran: Jl Sangnawaluh No.24 Komp Mega Land Siantar Telp:(0622) 7553511, Fax (0622) 7553501 Siantar. e-mail : metrosiantar@yahoo.com. Perwakilan Jakarta: Jln Raya Kebayoran Lama17 Jakarta Selatan Telp. (021)-5349205, 5349206, 5349115. Fax. (021)-53490522. Pencetak : PT Medan Graindo, Jl SM Raja KM 8,5 No.134 Medan. Telp (061) 7881661 (Hunting) Fax (061) 7881733

DALAM PELIPUTAN, WARTAWAN METRO TAPANULI SELALU DIBEKALI IDENTITAS DIRI DAN TIDAK DIBENARKAN MEMINTA SERTA MENERIMA APAPUN DARI NARASUMBER BILA ADA YANG MERASA DIRUGIKAN OLEH WARTAWAN METRO TAPANULI, DIMINTA UNTUK MELAPOR KE PIHAK BERWAJIB ATAU HUBUNGI 0631-24676


KAMIS

17 Oktober 2013

Rawan Dikonsumsi Sambungan Halaman 4 raya Idul Adha 1434H di Kota Sibolga pada 15 Oktober 2013 lalu. Namun Iskandar mengaku, pada kurban tersebut DKPP Sibolga tidak menemukan satupun hewan kurban kerbau asal Sinabang. “Semua hewan kurban yang disembelih kemarin mulai dari kerbau, sapi dan kambing sehat. Tidak ada satu ekorpun kerbau asal Sinabang yang menjadi hewan kurban di Sibolga,” ungkapnya. Hanya saja sebut Iskandar, pihaknya menemukan sekitar 5 persen dari total 266 ekor hewan yang dikurbankan di Kota Sibolga yang ternyata tidak cukup umur untuk dipotong. “Dari 5 persen ini, rata-rata itu kerbau dan sapi,” beber Iskandar yang mengaku sedang berada di Pulau Ungge belajar Transplantasi Terumbu Karang. Terkait kerbau asal Sinabang tersebut, menurut Iskandar, kondisi hatinya memang sangat berbeda dengan kerbau-kerbau asal daerah lain. Hati kerbau asal Sinabang ker-

ap ditemukan tidak sehat atau mengandung cacing hati. Itu tentunya sangat berbahaya dan dapatmenimbulkanmasalahkesehatan bila dikonsumsi. “Kenapa hati kerbau asal Sinabang ini berbeda dengan hati kerbau asal daerah lain seperti kerbau asal Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), itu tak lain karena pengaruh geografis daerah itu yang berawa,” tuturnya. Maka itu sambung Iskandar, hati kerbau asal Sinabang pada umumnya tidak sehat dan mengandung cacing dan larva hati. Bagi orang yang sudah tahu ciri-ciri hati kerbau termasuk sapi yang tidak sehat, umumnya akan membuang hatinya dan cukup mengonsumsi dagingnya saja. “Adapun ciri-ciri hati kerbau asal Sinabang yang tidak sehat itu atau secara umum diantaranya, warna hati yang berubah kekuning-kuningan, bila disayat seperti ada pasir di dalam hati dan kondisinya agak keras,” papar Iskandar. (son/nasa)

Berkurban di Kampung Akbar Tanjung Sambungan Halaman 4 Sumut II. Turut mendampingi dalam blusukan itu, sekretaris DPD II Golkar Tapteng Hendri Hutagalung dan pengurus kecamatan Julianus Simanungkalit, serta pengurus lainnya. Putra kelahiran Kecamatan Lintong Nihuta, Humbahas ini mengaku sangat terharu atas sambutan warga Tapteng. “Saya tidak mengira kalau seperti ini sambutan warga. Saya tidak mengira besarnya dukungan masyarakat. Padahal baru semalam teleponan dengan pengurus kecamatan untuk kegiatan ini,” kata Lamhot. Selama ‘petualangannya’ di Tapteng, Lamhot melihat masih banyak hal yang perlu dibenahi untuk masyarakat. Seperti di bidang pertanian dan infrastruk-

tur. Dirinya mengerti betul bagaimana kemampuan keuangan APBD untuk menyerap pembangunan. ”Tanpa dukungan yang besar dari APBN pusat itu sangat sulit, karena pembangunan untuk semua lini butuh triliun rupiah,” sebutnya. Lamhot berjanji membantu realisasi percepatan pembangunan Tapteng ke depan. Jika terpilih, Lamhot berjanji akan datang lagi dan sudah bisa menampung dan memperjuangan aspirasi masyarakat tersebut. ”Saya butuh komitmen, satu hati dan satu pikiran supaya rencana-rencana kita itu dapat tercapai. Saya sudah mengerti betul keadaan yang sebenarnya. Saya sudah mengerti betul bagaimana kehidupan maupun jeritan masyarakat itu. Saatnya kita berkomitmen,” pungkasnya. (mor/nasa)

Waspadai Peningkatan Debit Air Sambungan Halaman 4 “Kalau curah hujannya tinggi, otomatis debit air pun meningkat,” katanya. Menurut Hendra, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, curah hujan tersebut diprakirakan berpeluang terjadi pada sore, malam, hingga dini hari. Meski intensitasnya bervariasi, tetapi curah hujan lebat tersebut diprakirakan berpeluang besar turun di wilayah pantai barat Sumut seperti Kabupaten Tapanuli Tengah, Mandailing Natal, Kota Sibol-

ga dan beberapa daerah di Kepulauan Nias. Selain peningkatan debit air, BMKG juga mengingatkan masyarakat Sumut untuk mewaspadai adanya petir dan angin kencang ketika turun hujan. Dengan keberadaan puncak hujan dan beberapa gangguan cuaca yang terjadi, petir dan angin kencang tersebut berpeluang terjadi di Sumut. Sedangkan dari keberadaan suhu, cuaca di Sumut diprakirakan masih cukup panas. “Suhunya bisa mencapai 34 derajat celcius,” katanya. (ant/int)

REKANAN NGAKU TAK PUNYA UANG Sambungan Halaman 4 sebagai seorang rekanan kontraktor profesional kepada wartawan yang melakukan konfirmasi. “Kita berharap, Pemko Sibolga jangan memberikan pekerjaan kepada rekanan yang tidak punya modal dan tidak

memiliki kemampuan atau tidak siap melaksanakan pekerjaan,” ucap Jamil kepada METRO ketika dihubungi secara terpisah. Jamil yang juga Ketua Komisi III membidangi pembangunan itu menegaskan, statemen rekanan itu semakin menguatkan rencana pihaknya untuk me-

manggil Dinas Pekerjaan Umum (PU), juga rekanan pemenang serta perusahaannya. Pada kesempatan lain, Kadis PU Kota Sibolga Thamrin Hutagalung mengaku dirinya juga sudah menghubungi Jubel Tambunan selaku pihak rekanan yang memenangkan salah satu paket pekerjaan

ALBAR BAGIKAN DAGING KURBAN KE ABANG BECAK Sambungan Halaman 4 han dalam rezeki serta beribadah semata-mata hanya kepada Allah SWT,“ ungkap caleg dari Partai Hanura Dapil II Sibolga ini. Dikatakanya, menyembelih hewan kurban untuk diberikan kepada abang becak merupakan sebuah bentuk ucapan terimakasinya kepada para abang becak yang selama ini telah memberikan pengab-

dian kepadanya. “Saya melaksanakan kurban kepada para abang becak ini merupakan bentuk sebuah ucapan rasa terimakasi yang tulus dari dalam hati saya atas pengabdian yang selama ini diberikan para abang becak dalam memajukan becak Sikumbang,“ sebut Albar. Menurutnya, pelaksanaan kurban itu juga sebagai bentuk doa keselamatan kepada para abang becak dalam mencari

nafkah.“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kurban ini juga, para abang becak dapat terjauh dari segala mara bahaya dan dimudahkan rezekinya,” harap Albar Sikumbang. Dalam kesempatan yang penuh kebahagiaan itu Albar juga meminta dukungan dari abang becak dan masyarakat Kota Sibolga dalam memuluskan langkahnya dalam menuju Pemilu 2014 nanti. (aris/nasa)

Serahkan Hewan Kurban kepada Jamaah Masjid Miftanul Jannah Sambungan Halaman 4 harapnya. Sementara masyarakat Aek Gambir yang mendapat daging kurban tersebut sangat

berterima kasih kepada keluarga besar Novan Efendi Siregar. “Ini merupakan suatu berkah bagi kami warga Aek Gambir. Di mana sebanyak 153 kepala keluarga dapat menikmati

daging kurban ini. Semoga apa yang dicita-citakan Novan Efendi Siregar dikabulkan Allah SWT,” ujar Kades Aek Gambir Parsaulian Nadeak diamini warganya. (jait/nasa)

Pemko Ingin Status Jalan Sudirman Dialihkan Sambungan Halaman 4 gudangan dan uji petik kendaraan yang kita rencanakan di Km 3 Sibolga Julu dapat kita realisasikan secapatnya. Saya yakin, permohonan kita soal alih status Jalan Sudirman tersebut juga akan terealisasi secepatnya,” beber Thamrin penuh harap. Ketua Komisi III DPRD kota Sibolga Jamil Zeb Tumori yang dikonfirmasi terpisah mengaku bahwa dirinya secara pribadii juga sangat prihatin melihat kondisi Jalan Sudirman khususnya kerusakan yang terjadi di beberapa titik jalan tersebut. “Kita akui memang, Pemko Sibolga banyak mengeluarkan

anggaran untuk jalan itu mulai dari pembangunan badan jalan, dek penahanan badan jalan, parit dan lain sebagainya. Bahkan seluruhnya itu juga belum maksimal dan masih banyak yang harus dibenahi mulai dari perbaikan dek yang hancur, pembuatan parit dan lainnya. Jadi wajar saja kalau status jalan itu mau dialihkan demi memaksimalkan APBD Kota Sibolga,” ucapnya. Pihaknya dari Komisi III yang membidangi Dinas Pekerjaan Umum ungkap Jamil, akan mendukung upaya Pemko Sibolga tersebut dengan cara turut membantu menyurati pemerintah pusat serta pihak-pihak lainnya. “Karena kita juga berpikir,

Jalan Sudirman itu berada di lokasi tanah yang labil. Sehingga kerusakan demi kerusakan tidak dapat dihindarkan di sana dan tentunya akan menyedot anggaran yang tidak sedikit,” beber politisi muda dari Partai Golkar ini. Namun ungkap Jamil, sebelum pemerintah pusat merealisasikan itu, Pemko Sibolga diharapkan dapat selalu memperhatikan kondisi Jalan Sudirman tersebut. Karena, arus lalu-lintas jalan itu juga sudah lumayan tinggi dan tentunya sangat dibutuhkan ditambah distribusi masyarakat Kota Sibolga yang semakin banyak mengarah ke wilayah sepanjang Jalan Sudirman tersebut.(son/nasa)

Nabung Rp500 Selama 7 Tahun, Minta Diberi Kesehatan Biar Bisa Kerja Sambungan Halaman 1 Kampung Kuta Lebak, RT 6 RW 5, Kelurahan Sriwidari, Kecamatan Gunung Puyuh, mampu menunaikan niatnya untuk berkurban. Hal tersebut memang beralasan. Mengingat, penghasilannya dari menjual plastik, botol, dan barangbarang bekas yang dikumpulkan tidak seberapa. “Paling banyak Rp 12 ribu per minggu. Kalau dapet-nya sedikit atau harganya turun, malah cuma Rp8 ribu,” ujar nenek yang akrab disapa Ceu Wati tersebut. Padahal, untuk berkurban, Sahati harus membeli kambing atau sapi. Usia hewan itu pun harus lebih dari setahun untuk kambing dan dua tahun untuk sapi. Di pasaran, harga dua jenis hewan tersebut minimal Rp1,5 juta hingga Rp5 juta. Awalnya, nenek bernama lengkap Sahati Wati tersebut tidak mengerti apa itu kurban. Sahati yang semasa mudanya tidak pernah mengenyam sekolah itu lantas bertanya-tanya kepada pemuka agama mengenai hukum kurban dan manfaatnya. Keterangan para kiai tersebut justru membuat niatnya semakin kuat dan ikhlas menyisihkan penghasilan demi melaksanakan kurban. “Meskipun pemulung, nenek juga pengin masuk surga dan punya kendaraan di akhirat nanti,” tutur nenek tidak bercucu tersebut. Untuk memenuhi cita-citanya itu, setiap pukul 06.00 Sahati berangkat dari rumah. Dengan baju kusam dan sandal jepit tipis, dia berjalan kaki

sekitar 10 kilometer menyusuri setiap sudut Jalan Sudirman di Sukabumi. Dia juga mampir ke bak-bak sampah dekat Terminal Sudirman dengan harapan menemukan botol, kardus, besi dan plastik bekas yang dibuang orang. Setiap hari tidak banyak barang bekas yang bisa dibawa pulang. Karena itu, Sahati harus mengumpulkannya lebih dulu selama seminggu sebelum menjualnya ke pengepul. “Orang lain sih dapet-nya banyak. Sebab, mereka ada yang pakai motor dan gerobak. Kadang-kadang sedih. Orang lain gerobaknya udah penuh, sedangkan saya cuma baru dapet satu atau dua buah,” ungkapnya lantas tersenyum. Hal tersebut, rupanya, tidak menyurutkan upaya Sahati. Nenek yang berpuluh-puluh tahun hidup sebatang kara itu terus berusaha keras agar bisa membeli hewan kurban yang sejak lama dicitacitakan. “Pokoknya saya pengin kurban. Karena itu, saya selalu sisihkan hasil keringat saya, meskipun cuma Rp500 atau Rp1.000 atau berapa saja. Baru beberapa bulan ini uang sering saya titipkan ke adiknya Bu RT,” jelasnya. Kerja keras Sahati menyisihkan penghasilan receh demi receh hingga tujuh tahun itu pun akhirnya membuahkan hasil. Pada Minggu (13/10) domba yang dia idamidamkan pun tiba di pekarangan rumahnya. Bahagia bercampur haru membuat bibir Sahati tidak hentihenti tersenyum, meskipun kadang matanya berkaca-kaca. Ribuan barang bekas yang menjadi

sumber penghasilannya bertahuntahun berhasil dia tukarkan dengan seekor domba hitam bercorak putih seharga Rp2 juta. “Alhamdulillah,” ucap syukur Sahati yang menjadi pemulung sejak 1987 itu. Para tetangga pun berdecak kagum. Misalnya, yang disampaikan Yeyet Suherti (45) ketua RT setempat. Dia menyatakan sempat meragukan impian Sahati saat mendengarnya lima tahun lalu. “Saya sempat bilang kepada dia, kurban itu cuma buat yang mampu. Tapi, dia tetap bersikukuh. Demi ibadah, katanya,” ungkapnya. Dia menambahkan, Sahati merupakan pekerja keras. “Kalau dipikir-pikir, mana mungkin bisa ngumpulin uang buat beli hewan kurban dengan penghasilan paling banyak Rp12 ribu seminggu? Tapi Ceu Wati membuktikan bahwa dirinya mampu,” tuturnya. Yeyet mengisahkan perjalanan Sahati sesuai yang didengar langsung dari sang nenek. Saat masih muda, Sahati tinggal di Kota Sukabumi bersama pamannya yang sudah lama meninggal. Setelah itu, dia hidup sendiri. Berpindah-pindah kontrakan hingga sempat tinggal di bangunan bekas bengkel. “Dulu dia tinggal di kontrakan dekat pinggiran Sungai Cibandung, lalu pindah ke bekas bengkel di depan rumahnya sekarang,” paparnya. Namun, pada 2006, bangunan bekas bengkel itu ambruk diterjang angin. Maklum, kondisinya memang sudah lapuk. “Bahkan, kepala Ceu Wati bocor waktu terkena genting yang jatuh saat bangunan tersebut ambruk. Setelah itu,

masyarakat membantu membuatkan rumah,” jelasnya. Saat ini Sahati tinggal di sebuah rumah kecil berukuran 2 x 3 meter yang terdiri atas satu ruangan saja. Rumah tersebut merupakan bantuan pemerintah dan masyarakat yang dibangun setelah rumah bekas bengkel roboh. Di dalam rumah tersebut, Sahati hidup sangat sederhana. Tidak ada meja dan kursi. Hanya ada kasur dan bantal lepek serta pakaian yang menggantung di tali yang menjuntai mulai ujung pintu depan hingga tembok bagian belakang. Selain itu, barang-barang bekas yang sudah ditata mempersempit ruangan rumah. Di ujung ruangan hanya ada panci-panci dan alat makan serta kompor minyak kecil yang sering digunakan memasak air dan menghangatkan makanan. “Ceu Wati jarang masak. Masyarakat sekitar kadang-kadang suka ngasih dia makanan,” ujar Yeyet. Pada masa tuanya saat ini, Sahati hidup tanpa keluarga. Setiap malam dia hanya ditemani redupnya sebuah bohlam berkekuatan 5 watt yang menerangi ruangan kecilnya. Terkadang dia pun ditemani si Oneng, kucing kesayangan kawannya, Ma’Ikah, yang meninggal enam bulan lalu. Setelah impiannya untuk berkurban terwujud, Sahati tidak memiliki banyak keinginan lagi. Dia hanya berharap selalu diberi kesehatan agar bisa bekerja. “Sing cageur we ameh bisa usaha (semoga selalu diberi kesehatan biar bisa kerja),” ujarnya. (*/c5/kim)

perbaikan jalan di Kota Sibolga yaitu perbaikan ruas Jalan R Suprapto Kota Sibolga. “Menurut pengakuan Jubel Tambunan kepada kita, pekerjaan perbaikan jalan yang dimenangkannya itu dikerjakan setelah Idul Adha 1434 H. Artinya, kita sudah mendapat kepastian, bahwa dalam minggu ini

juga ruas jalan tersebut sudah dikerjakan,” sebut Thamrin. Dia berharap sekaligus menegaskan kepada rekanan pemenang tender proyek perbaikan jalan lainnya segera melaksanakan pekerjaan, mengingat waktu pelaksanaan pekerjaan yang sudah semakin sempit. (fred/nasa)

Tujuh Kepala Daerah harus Berjuang Bentuk Sumteng SIDIMPUAN- Usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara di Komisi II DPR RI tidak akan berjalan maksimal jika kepala daerah tidak satu kata. Untuk itu, empat kabupaten dan satu kota di wilayah Tabagsel plus Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan harus bersatu memperjuangkan percepatan pembentukan provinsi ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara (PP Gemasu) Asmar Ismail Siregar, Rabu (16/10), meminta kerendahan hati seluruh kepala daerah untuk menyatukan persepsi dan bersama-sama mengawal proses pembahasannya di Komisi II DPR RI. “Perlu kebersamaan, karena awalnya juga usulan pembentukan provinsi baru ini berasal dari keinginan bersama. Jadi ketika sudah hampir jadi dan tinggal finish mari kita kawal bersama,” ajaknya. Kemudian, ia juga meminta agar ada tim khusus yang dibentuk untuk mengawal proses ini mengingat banyaknya lagi urusan kepala daerah, bahkan dua di antaranya akan melaksanakan pelantikan; Paluta dan Palas, sehingga kinerja pengawalan di Komisi II DPR RI diperlukan tim perwakilan dari masing-masingh daerah sehingga lebih maksimal. “Yang kita lihat saat ini tidak ada tim khusus perwakilan dari masing-masing daerah. Padahal tim ini sangat perlu untuk ikut terlibat aktif mengawal prosesnya di Komisi II DPRRI. Kita harapkan agar seluruh kepala daerah segera duduk bersama membentuk tim ini agar bisa segera bekerja mengawal prosesnya di Komisi II DPRRI,” sarannya. Ia juga mengajak seluruh elemen di Tabagsel dan juga Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan untuk memanfaatkan seluruh potensi yang ada untuk mendesak pemerintah pusat agar segera mewujudkan pembentukan Provinsi ini, terutama adanya satu kata kesepahaman dari seluruh kepala daerah, DPRD dan lainnya. “Seluruh pemangku kepentingan mari bersatu, bersama-sama kita dukung proses percepatan pembentukannya di pemerintah pusat agar jangan sampai ada kendala yang menyebabkan tersendatnya proses pembentukan provinsi ini,” ucapnya. Ia menegaskan, makna dari pemekaran bukan mencari kekuasaan atau memperlebar isu kedaerahan, tetapi tujuan utamanya adalah untuk mempercepat pembangunan dan mempermudah proses pemerintahan agar daerah yang dimekarkan menjadi makin maju. “Jadi sekarang yang perlu kita lakukan adalah bersatu saling mendukung untuk mempercepat proses pembentukan provinsi Sumatera Tenggara ini demi kemajuan daerah kita ini,” tuturnya. (phn)

Kasipidsus: Masih Kita Pelajari Sambungan Halaman 1 Di mana ada 12 item petunjuk jaksa untuk kelengkapan berkas. Semua petunjuktersebutsudahkitalengkapidan berkaskembalikamiajukankejaksa,”ujar Kapolres Tapteng AKBP Misnan melalui Kasat Reskrim AKP Denny Boy Panggabean didampingi Kanit Tipikor Aiptu S Sitorus yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/10). Dari 12 item yang sudah dilengkapi di antaranya, keterangansaksiahliterkaitdugaantanda tangan palsu pada dokumen pertanggungjawaban realisasi anggaran yangdidugadipalsukan.Halitudiketahui setelah penyidik memeriksa dan memintai keterangan saksi ahli dari Labfor Cabang Medan. “Berdasarkan hasil penyidikan yang kita lakukan, Rudolf Situmeang diduga melakukan korupsi dana hibah KONI Tapteng sebesar Rp400 juta dari APBD Tapteng tahun anggaran 2012. Dugaan korupsi itu dilakukan dengan mark-up dan fiktif dokumen pertanggungjawaban realisasi anggaran. Dugaan itu dikuatkan dengan hasil audit BPKP Provinsi yang menyatakanbahwadaritotaldanaRp400 juta, ada sekitar Rp180.250.000 yang tidak dapatdipertanggungjawabkantersangka sebagai kuasa pengguna anggaran,” bebernya. “Kemudian, dugaan mark-up dan fiktif realisasi anggaran itu dikuatkan dengan sejumlah kuitansi yang dibubuhi tanda tangan palsu. Tanda tangan kuitansi-kuitansi itulah yang kita periksakan ke labfor. Dan oleh tim labfor menyatakan bahwa tanda tangan dimaksud non identik,” terangnya. Dalam penyidikan sebelumnya juga, tambahnya, pihaknya telah melakukan kroscek kebenaran tanda tangan yang didugapalsu.Sebagianbesardarimereka yang tertera namanya sebagai penerima anggaran mengaku, tidak pernah

menerima uang dan menandatangani kuitansi dimaksud. “Yang kita temukan, dalam laporan pertanggungjawaban anggaran tersebut, ada sejumlah mata anggaran yang fiktif. Namun dibuatkan kuitansipenerimaanuangsertadibubuhi tanda tangan. Sementara saat kita tanyakan langsung kepada oknum yang namanya tertera dalam kuitansi, mereka menyangkal. Kemudian kita temukan mata anggaran yang kita duga mark-up. Hal ini sesuai keterangan sejumlah oknum yang menerima anggaran dana KONI itu. Jumlah yang tertera dalam laporan pertanggungjawaban yang dibuat oleh tersangka Rudolf lebih besar dari realisasinya,” bebernya. Selain keterangan saksi ahli dugaan tanda tangan palsu itu, sambungnya, petunjuk lainnya yang dimintakan jaksa yaknipemeriksaanhartakekayaanRudolf Situmeang, dan sejumlah pemeriksaan saksi-saksi lanjutan. “Kesemuanya itu sudah kita lakukan. Kami harapkan berkas perkara ini sudah lengkap dan diterima jaksa untuk disidangkan,” pungkasnya. Kajari Sibolga Kemal Sianipar melalui Kasipidsus AnwarKetarenketikadikonfirmasisecara terpisahmengakutelahmenerimaberkas kasus dugaan korupsi yang melibatkan Rudolf Situmeang. Hanya saja, hingga saat ini, pihaknya belum bisa memastikan apakah kasus ini sudahbisadiP21,karenamasihdipelajari. “Sebelumnya ada 12 item petunjuk yang kita sampaikan untuk dilengkapi polisi. Dan ke-12 item itu sudah dilengkapi. Namun belum bisa kita pastikan apakah sudah bisa P21 atau belum. Soalnya berkasnya masih akan dipelajaritim.Nantiakankamidiskusikan bersamatimapakahberkastersebuttelah lengkap atau masih ada kekurangan,” pungkasnya. (fred/des)


8

KAMIS

17 Oktober 2013

„ Wakil Bupati Tapteng Sukran J Tanjung memukul bedug pada acara pawai takbiran.

„ Wabup, Sekdakab Hendri S Lumbantobing bersama para SKPD melepas pawai takbiran.

Wakil Bupati Lepas Pawai Takbiran

„ Wabup Sukran J Tanjung menerima laporan kesiapan pelaksanaan pawai takbiran.

„ Wabup melambaikan tangan kepada para peserta pawai menggunakan mobil pick up.

„ Kabag Kesmas Yanti Nilasari Hasibuan hadir dalam acara pelepasan pawai takbiran.

„ Peserta pawai menggunakan truk untuk meramaikan acara pawai takbiran

„ Kakan Kemenag Tapteng Sarmadan Nur Siregar memukul bedug pertanda pawai takbiran dimulai.

„ Wabup Sukran J Tanjung melambaikan tangan kepada peserta pawai takbiran menggunakan sepedamotor.

„ Wabup, Sekdakab, Uspida, pimpinan SKPD Tapteng menunggu kedatangan pawai takbiran.

„ Uspida Tapteng hadir pada acara pelepasan pawai takbiran.

„ Sekdakab Hendri S Lumban Tobing memukul bedug dimulainya pawai takbiran.

„ Mobil hias takbiran semarakkan pawai takbiran.

„ Wabup Sukran J Tanjung disambut saat menghadiri pelepasan takbiran.

„ Wabup menyampaikan kata sambutan pada acara pawai takbiran.

Teks & foto: Aris Barasa & Humasy, Lokasi: Di depan Kantor Bupati Jalan Dr FL Tobing Pandan. Waktu: Senin (14/10) malam.


KAMIS

Edisi 91 „ Tahun X

17 Oktober 2013

KPU Taput Laporkan Hasil Pilkada KE KPU SUMUT, KPU RI DAN DKPP

TARUTUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput telah menyampaikan laporan hasil Pilkada Taput putaran pertama ke KPU Provinsi Sumut, KPU RI dan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Dalam penyampaian laporan tersebut, KPU Taput langsung mendatangi ketiga lembaga tersebut. Mereka lang-

„ Lamtagon Manalu

sung melaporkan dan menceritakan hasil pelaksanaan Pilkada Taput yang digelar Kamis (10/10) lalu, termasuk

konflik yang terjadi. Hal ini disampaikan Ketua KPU Taput Lamtagon Manalu saat dihubungi METRO melalui telepon seluler, Rabu (16/ 10). Menurutnya, saat ini pihaknya telah menyampaikan secara tertulis hasil penyelenggaraan pilkada ke KPU Sumut.

“Kita baru saja sampaikan hasil pilkada ke KPU Sumut. Saat ini juga kami sedang berada di Bandara Kuala Namu menuju Jakarta untuk menyampaikan hasil pilkada ke KPU RI dan DKPP selaku lembaga penyelenggara tingkat pusat,” ujar Lamtagon.

Selain itu, menurutnya, laporan tersebut juga menyampaikan hasil rapat pleno KPU Taput yang menyatakan pilkada dua putaran. Pasangan yang akan maju dalam pelaksanaan pilkada yang digelar kembali 11 Desember mendatang yakni pasangan nomor

urut 4 Saur LumbantobingManerep Manalu (SAURMA) dan pasangan nomor urut 5 Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir (NIKMAT). “Ya, kita sudah sampaikan hasil rapat pleno KPU

„) Baca KPU ...Hal 10

Jaksa Kembalikan Berkas Polres

Kades Tersangka Dugaan Korupsi Dilepas Masa Penahanan Habis

„ Salah seorang utusan Pdt Sondang Simanjuntak STh menyerahkan palu kepada Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP Pdt WTP Simarmata MA.

FOTO: Fando

Ephorus Buka Rapat Pendeta HKBP se-Dunia

Tak Perlu Hedonisme dalam Misionaris SIANTAR- Rapat Pendeta HKBP se-dunia, dibuka Ephorus sekalu Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP Pdt WTP Simarmata MA ditandai dengan

prosesi dari Menza FKIP HKBP Nommensen yang lebih dulu dibuka dengan doa. Ibadah pembukaan dipimpin Pdt Dr Tuhoni Telaumbanua

Pemekaran Pantai Barat Madina Akan Dibahas di Komite I DPD RI

pembaharuan, perdamaian dan pemberdayaan atau 3P. Di mana, dunia dalam pandangannya sudah jauh dari kedamaian. Jika strategi 3P dapat

berjalan baik, maka kehidupan masyarakat khususnya jemaat penuh dengan berkat.

„) Baca Tak Perlu ...Hal 10

FOTO: Bernad L Gaol

„ Panitia kurban menyusun daging kurban yang akan dibagikan kepada warga.

„) Baca PKM Tarutung ...Hal 10

Pejuang Protap Sambut Baik Rencana Pemekaran Sebelum Pemilu 2014 TAPUT- Tiga pejuang Provinsi Tapanuli (Protap) yang kini sudah bebas dari balik terali besi pasca tragedi Protap 3 Februari 2009, menyambut baik rencana pemekaran provinsi pecahan Sumut itu sebelum Pemilu 2014. Ketiga pejuang Protap itu, masing-masing Parles Sianturi, Juliandy Revico Sitompul dan Immanuel Nathanael Lumbantobing. “Kami menyambut baik apa

yang disampaikan Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kamaruddin kepada wartawan pada Kamis (10/10) lalu di Jakarta. Saat itu Kamaruddin menyatakan, pemekaran Protap menjadi prioritas dan dijadwalkan sebelum Pemilu April 2014,” ujar Parles Sianturi didampingi dua rekannya sesama pejuang Protap, Rabu (16/10). Masih menurut Parles, perjuangan untuk tercapainya

FOTO : HORDEN SILALAHI

„ Tiga pejuang Protap Parles Sianturi, Juliandy Revico Sitompul, Immanuel Nathanael Lumbantobing saat melakukan jumpa pers di Tarutung, Rabu (16/10).

Protap harus didukung semua pihak, khususnya masyarakat di kawasan Tapanuli. Sebab, kata dia, Protap sudah layak dari semua syarat ketentuan maupun potensi untuk dimekarkan. “Selain itu, pembangunan yang selama ini tertinggal di kawasan Tapanuli nantinya akan semakin cepat dikejar jika Protap terwujud,”

„) Baca Pejuang ...Hal 10

rena masa penahanan sudah habis yakni 120 hari dan tidak

„) Baca Kades ...Hal 10

9 Tewas 117 Luka-luka

PKM Tarutung Sembelih 6 Hewan Kurban TARUTUNG- Persatuan Kaum Muslim (PKM) Tarutung dan sekitarnya, menyembelih enam ekor hewan kurban, setelah pelaksanaan salat Idul Adha 1434 H, Selasa (15/10) di Mesjid Syuhada, Tarutung. Usai pemotongan hewan kurban tersebut, dagingnya dibagikan kepada 650 kepala keluarga (KK) di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Kecamatan Siatas Barita. Penyembelihan hewan kurban dihadiri Ketua PKM Tarutung Syarifuddin Siregar dan para pengurus serta warga setempat.

„ Ipda Krisnat Napitupulu

5 Bulan Operasi Mantab Praja Sihobuk Toba

Rayakan Idul Adha

MADINA-Komite 1 DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Pantai Barat Madina dan mendukung terbentuknya Kabupaten Pantai Barat Mandailing yang berpusat di Natal. Dan direncanakan, tanggal 21 Oktober, pemekaran kabupaten baru ini akan dibahas di Komite I DPD RI. Senator yang datang yakni Wakil Ketua Komite 1 DPD RI Drs H Abdurrahman MAP, kemudian DR Rahmadsyah, Budi Dofo senator asal Gorontalo, dan Siswono Yudhohusodo senator asal Jawa Timur. Hadir dalam kunjungan kerja itu Wabup

„) Baca Pemekaran ...Hal 10

(Ephorus BNKP) sebagai pengkotbah, Selasa (15/10). Dalam kotbahnya (Filipi 2:511), ditekankan bahwa zaman reformasi sangat diperlukan

TAPUT- Immer Tambunan (40), Kepala Desa Sigotom Julu, Kecamatan Pangaribuan, Taput yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana bantuan keuangan Pemrovsu dilepaskan. Pasalnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tarutung mengembalikan berkas tersangka ke Polres Taput untuk dilengkapi (P-19). Pengembalian berkas tersebut berasalan karena belum ada kerugian negara yang ditimbulkan akibat ulah kades tersebut. Sementara tersangka dilepas Kamis (25/9) lalu, ka-

„ AIPTU W Baringbing TARUTUNG- Sejak Juni hingga 16 Oktober atau lima bulan berjalannya Operasi Mantab Praja 2013, Polres Ta-

put mencatat sembilan orang meninggal dunia dan 117 orang luka-luka akibat 63 kecelakaan lalu lintas yang terjadi. “Ada sembilan korban tewas kecelakaan dalam Operasi Mantab Praja Sihobuk Toba di wilayah Taput,” kata Kasubag Humas Polres Taput AIPTU W Baringbing kepada METRO, Rabu (16/10). Selain itu Baringbing menjelaskan, juga terdapat 29 orang luka berat dan 88 luka ringan dengan jumlah kecelakaan sebanyak 63 kali. “Dari total jumlah kecelakaan tersebut, didominasi

„) Baca 9 Tewas ...Hal 10


KAMIS

17 Oktober 2013

PKM Tarutung Sembelih 6 Hewan Kurban Sambungan Halaman 9 Sekretaris PKM Tarutung Irwansyah Simajuntak mengatakan, hewan kurban yang disembelih terdiri dari lima ekor lembu dan satu ekor kerbau. Hewan kurban itu berasal dari warga PKM dan para donatur lainnya. Menurutnya, penyembelihan hewan kurban itu salah satu bukti bagian dari kemam-

puan untuk berbagi, sekaligus menjadi cermin ketakwaan dan keimanan. “Idul Adha yang disebut juga hari raya kurban dan hari raya haji merukapan cerminan ketakwaan dan keimanan, bagaimana kita patuh terhadap perintah Allah SWT untuk berkurban,” ucapnya. Selain menyembelih enam ekor hewan kurban, pihaknya

juga merangkai berbagai perayaan Idul Adha tersebut. Salah satunya, malam takbiran dengan berpawai mengambil start dari depan Sopo Partungkoan masuk Aek SiansimunSaitnihita menuju Hutagalung. Kemudian berputar ke Jalan Raja Johannes masuk ke Jalan DI Panjaitan menuju Jalan Ferdinan Lumbantobing dan kembali finish di depan Sopo

Partungkoan. Terpisah, Ketua PKM Tarutung menyebutkan, makna Idul Adha, sejatinya adalah semangat berkurban untuk sesama, gotong royong dan kepedulian sosial. “Hendaknya Idul Adha menjadi momentum bagi seluruh umat Islam, khususnya di Tarutung untuk terus meningkatkan makna dan semangat Idul Adha.

Di mana pengorbanan dalam bentuk semangat kebersamaan dan gotong royong untuk memajukan serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara umum,” ucapnya. Dia juga menjelaskan, kegiatan kurban dan pawai takbiran itu merupakan agenda tahunan untuk PKM Tarutung dalam rangka memeriahkan perayaan hari raya haji. (cr-01/mua)

Pejuang Protap Sambut Baik Rencana Pemekaran.. Sambungan Halaman 9 tandasnya. Sedangkan Juliandy Revico Sitompul mengatakan, perjuangan dan pengorbanan mereka tidak akan berhenti hingga Protap terwujud. “Kami sudah berjuang, kami sudah berkorban. Tapi kami tidak akan menyerah begitu saja sampai cita-cita masyarakat Tapanuli terwujud. Karena kami tahu, hanya dengan pemekaran Protap, ketertinggalan di kawasan Tapanuli dapat dikejar hingga mampu bersaing dengan provinsi lain yang sudah maju,” tandas Juliandy. Dia menyebut, agar semua masyarakat dan pemangku

kepentingan, juga bersatu untuk terus mendukung terwujudnya Protap. “Bersatu adalah kunci terwujudnya Protap. Siapa yang harus bersatu itu? Tentu masyarakat di kawasan Tapanuli dan seluruh pemangku kepentingan. Jika tidak, cita-cita terwujudnya Protap akan sulit terwujud dalam waktu dekat,” imbuhnya. Seperti diberitakan sebelumnya, dari 65 usulan pemekaran yang sudah dikaji Badan Legislasi (Baleg) DPR, terdapat 33 usulan yang masuk pembahasan gelombang pertama. Dua di antaranya Simalungun Hataran dan Protap. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komite I Dewan

Perwakilan Daerah (DPD) Kamaruddin. Seperti diketahui, dalam proses pembahasan pemekaran, DPD memang punya kewenangan ikut membahas sejak awal. “Dari 33 itu, yang paling banyak dari Papua dan Papua Barat yang totalnya 17 usulan pembentukan daerah otonom baru. Yang 16 dari daerah lain,” ujar Kamaruddin yang juga Ketua Panja Pemekaran DPD di Jakarta, Kamis (10/10). Dijelaskan, sisanya yang lain akan dibahas lagi dalam dua gelombang, yakni gelombang kedua dan ketiga. Untuk gelombang pertama, akan dibahas usai masa reses DPR akhir Oktober ini. Enam belas usul-

an pemekaran yang masuk gelombang pertama yang non Papua adalah calon Kota Tahuna (Sulut), Kota Muara Bungo (Jambi), calon Kabupaten Maumere (NTT), Sekayan Raya (Kalbar), Kepulauan Kundur (Kepri), Talaud Selatan (Sulut), Banua Landjak (Kalbar), Lombok Selatan (NTB), Simalungun Hataran (Sumut), Bogor Barat (Jabar), Sukabumi Utara (Jabar), Renah Indojati (Sumbar), Kikim Area (Sumsel) dan Panipi (Gorontalo). Dua lagi usulan pembentukan provinsi baru yakni Provinsi Sumbawa dan Protap. Dijelaskan, kriteria masuk ke gelombang pertama karena persyaratan pemekaran yang

ditentukan peraturan perundang-undangan sudah lengkap. Sementara sisanya yang akan dibahas di gelombang berikutnya karena persyaratan belum lengkap. “Yang tidak masuk pembahasan itu (gelombang pertama, red), ada syarat yang belum dilengkapi,” terangnya. Dia memperkirakan, untuk pembahasan usulan pemekaran yang masuk gelombang kedua dan ketiga, kemungkinan baru bisa dibahas oleh DPR periode 2014-2019. Pasalnya, untuk masa jabatan DPR yang sekarang tinggal beberapa bulan lagi, sebelum akhirnya masuk tahun sibuk jelang pemilu 2014. (hsl/mua)

Tak Perlu Hedonisme dalam Misionaris Sambungan Halaman 9 Karena itu, sikap hedonisme yang mengambil kesempatan dalam kesempitan layaknya ditinggalkan. Karena sejarah masuknya ke-kristenan di tanah Batak, berkat itu hadir melalui misionaris dengan roh pelayanannya. Namun roh pelayanan itu sudah mulai bergeser dari kehidupan pelayan. Untuk itu, seorang pelayan semestinya meneladani keteladanan Kristus dan menghilangkan rasa mementingkan diri sendiri. Pada keempatan itu, liturgi dibawakan Pdt Debora Sinaga MTh (Praeses HKBP Distrik VII Samosir) dan selama prosesi ibadah, turut diisi lagu pujian dari Paduan Suara Koinonia HKBP Siantar dan Paduan Suara Sola Fide HKBP Suprapto Jakarta. Selain liturgi, dalam ibadah

dibacakan juga Inmemoriam (peringatan akan anggota rapat pendeta dan keluarga yang sudah meninggal dunia). Sejak Agustus 2009 sampai 15 Oktober 2013, ada 50 pendeta meninggal dan sembilan istri pendeta meninggal. Inmemoriam itu dibacakan Kepala Biro Personalia Pdt Parinsan Simanungkalit STh. Jelang akhir ibadah, penyerahan palu sidang digelar. Utusan penyerahan palu disampaikan Pdt Sondang Simanjuntak STh MPd dan di akhiri dengan Koor Rapat Pendeta dengan judul: Gabe Pasupasu Tu Portibi on. “Begitulah kita menciptakan suasana sejuk guna menjalankan rapat ini hingga hasilnya memuaskan untuk kepentingan bersama,” kata Pdt Mori AP Sihombing MTh selaku Ketua Umum Panitia Rapat Pendeta HKBP.

Usai ibadah, masih kata Pdt Mori, agenda dilanjutkan dengan upacara nasional tepat pukul 11.00 WIB, dipimpin langsung Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA. Barulah sesi laporan ketua umum panitia sekaligus ucapan terima kasih atas kesediaan dekan dan civitas akademika FKIP Nommensen dan Ketua STT HKBP menjadi tuan dan nyonya rumah. Tak lupa bagi seluruh jemaat yang terbuka dan berkenan memberikan bantuannya bagi pelaksanaan rapat pendeta HKBP 2013. Dalam pidatonya, ephorus lebih menekankan bawah pendeta harus terus-menerus memperbaiki diri dan melakukan evaluasi guna menempa pribadi. Memiliki integritas, spritualitas yang tinggi dan etos kerja yang baik. Tulus dan giat dalam pekerjaan Tuhan.

Ada tahapan dan proses untuk menjadi pendeta yang dilalui dengan praktik pelayanan selama kurang lebih dua tahun. Dalam proses yang terus-menerus memperbaiki diri, perlu mengucap syukur, merendahkan hati, melawan keterpurukan dan ketidakadilan. Mau berdialog secara pribadi dan institusional, mencintai lingkungan hidup, memiliki jiwa oikumene. Memperhatikan anak sekolah minggu dan guru sekolah minggu dan yang terpenting adalah menghidupi Poda Tohonan . Seperti apa yang pernah disebutkan Johannes Warneck: ingkon tiruan do hamu di tonga ni ruas i, parangemi do hatorangan ni jamitami. (harus menjadi contoh kalian di tengah jemaat, sifat dan keluakuanmu yang menjadi penjelasan atas kotbahmu)

Hadir dalam acara itu, Kementerian Agama diwakili Ditjen Bimas Kristen Dr Saur Hasugian MTh, Gubernur Sumatera Utara diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pertahananan Aset Drs Robertson, mewakili Wali Kota Medan Dra H Simanjuntak, Wali Kota Siantar diwakili Sekda Donver Panggabean MS, mewakili Bupati Simalungun, Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon, Bishop GKPI, Bishop BNKP, Sekjen GKPS, Sekum PGI Pdt Gomar Gultom MTh, anggota DPR/DPD RI Trimedia Panjaitan SH, Dr Nurdin Tampubolon dan Dr Anton Sihombing, mewakili Kapolres Siantar Kompol D Aruan. Adapun peserta yang sudah hadir pada saat ini sejumlah 1.253 orang. Sementara 13 peserta izin berhalangan. (dho)

Pemekaran Pantai Barat Madina Akan Dibahas di Komite I DPD RI

Sambungan Halaman 9 Dahlan Hasan Nasution, Ketua DPRD Madina AS Imran Khaitami Daulay SH, tokoh masyarakat Drs H Ramli Lubis, Gozali Pulungan SH MM, Drs H Naharuddin Lubis, dan seluruh camat se-Pantai Barat, SKPD Pemkab Madina, dan ratusan masyarakat. “Pantai Barat Mandailing kaya akan potensi sumber daya alam dan juga kaya sumber daya manusia, dengan kondisi alam yang subur. Ada perkebunan sawit, kelapa, karet, kakao, dan potensi laut. Namun ironisnya, kondisi yang dimiliki sangat jauh dari apa yang ada. Kesenjangan pembangunan juga. Untuk itu kami dari tokoh masyarakat berharap sangat agar Pantai Barat Mandailing bisa dimekarkan dari Madina. Kami berharap dengan kedatangan para senator DPD RI bisa mewujudkan impian kami,” kata tokoh masyarakat Afni Tanjung. Dikatakan, salah satu pendiri RI adalah putra Pantai Barat Mandailing, yaitu Sutan Syahrir (Perdana Menteri I) dan ada banyak tokoh lainnya. Tokoh masyarakat Natal, H Ramli Lubis MM mengatakan, daerah pemekaran ini ada 6 kecamatan. Dia mengaku cukup terharu atas kedatangan DPD RI. “Kami cukup terharu atas

kedatangan bapak senator, karena perjalanan kemari cukup jauh dan melelahkan karena berada di ujung Sumut. Pantai Barat Mandailing ini sangat strategis untuk dimekarkan. Bahwa usul dan rencana pemekaran Pantai Barat Mandailing ini sudah ada sejak tahun 2002 hingga sekarang. Dukungan anggaran sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kabupaten, karena masa transisi ini masih membutuhkan bantuan dan dukungan dari kabupaten induk,” jelas Ramli Lubis yang juga Mantan Wakil Walikota Medan ini. Pasar Natal sangat memperihatinkan sekali. Sementara tokoh masyarakat sudah menghibahkan tanah seluas 3 hektare untuk pembangunan pasar Natal. Apalagi di pantai barat ini ada 18 perusahaan perkebunan. “Mari sama-sama berjuang agar apa yang kita cita-citakan bisa terwujud,” pesannya. Ketua DPRD Madina, AS Imran Khaitami Daulay SH mengatakan, pada prinsifnya DPRD Madina hanya menguatkan pemekaran daerah otonom baru yaitu pemekaran kabupaten Pantai Barat Mandailing. “Pemekaran daerah otonom baru kabupaten Pantai Barat Mandailing, kami menilai inilah salah satu solusi untuk mewujudkan percepatan pembangunan. Dan perlu kami sampaikan tidak ada satupun Fraksi di

(Foto Ridwan Lubis)

„ Anggota DPD RI Rahmadsyah mengenakan pakaian khas Mandailing Natal. DPRD Madina yang menolak atas pemekaran kabupaten baru ini. Ke depan kami ingin kegigihan yang ekstra lagi dari bapak-bapak DPD RI dan dukungan penuh dari semua tokoh masyarakat, terkait anggaran untuk masa dua tahun kabupaten baru. Kami yakin legislatif dan eksekutif kabupaten Madina tidak akan berpikir dua kali untuk itu. Mudah-mudahan ke depan ini bisa ditindaklanjuti secepatnya,” kata Imran Khaitami. Wakil Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution mengatakan, pemekaran salah satu solusi untuk mengatasi ketertinggalan Pantai Barat

Mandailing yang berkisar 15 desa lagi belum bisa dilalui kenderaan roda 4 dan hanya bisa dilalui roda 2. Itupun kalau musim hujan tidak akan bisa Dan masih ada sejumlah desa bangunan sekolahnya masih memperihatinkan. “Begitu juga dengan kondisi penerangan listrik. Kami ikut memohon kepada Bapak Komite DPD RI agar pemekaran ini bisa dipercepat. Mengenai pendanaan, jika sudah keluar undang-undang mengatur tentang pemekaran baru ini, saya dan ketua dewan sudah sepakat untuk itu. Kami ikhlas melepas dan membimbing Pantai Barat Mandailing. Berkaitan dengan

pasar, biaya yang kami dapat Rp5 miliar dari APBN itu terkendala atas musibah yang menimpa Bupati Madina. Kami mohon bantuan dari DPD RI untuk menggiring dana itu kembali,” jelasnya. Yang berkaitan dengan tanah transmigrasi akan dikembalikan. Dan perusahaan yang mengambil harta dan hak masyarakat akan dikembalikan. “Kami akan membantu pemekaran ini sedaya mampu kami agar secepatnya selesai,” ujarnya. Anggota DPD RI, DR Rahmadsyah mengatakan, kunjungan mereka adalah untuk meninjau langsung keberadaan calon kabupaten baru, Pantai Barat Mandailing, dan rencananya tanggal 21 Oktober akan dibahas di tingkat komite. “Lalu tanggal 24 akan dibahas di tingkat Pansus. Dan dalam bulan ini kalau bisa akan disyahkan. Mengenai potensi, kekayaan ini memang sangat potensial. Dan perlu kami sampaikan, tugas kami di komisi 1 DPD RI meliputi berkaitan dengan otonomi daerah, pembentukan dan pemekaran, hubungan pusat dengan daerah. Pemekaran ini bukan untuk jabatan, tetapi untuk kesejahteraan bersama dan mempercepat proses pembangunan. Mudah-mudahan niat baik dan tujuan kita dikabulkan Allah SWT,” pungkas Rahmadsyah.(wan)

KPU Taput Laporkan Hasil Pilkada Sambungan Halaman 9 kemarin, termasuk konflikkonflik yang terjadi saat pilkada. Hasilnya juga kita sampaikan tanpa ada yang dikurangi atau ditambahi,” terangnya. Saat ditanya apakah pihaknya sudah menyampaikan hasil pilkada tersebut kepada Bupati Taput dan DPRD setempat? Lamtagon menyebut-

kan, pihaknya masih menunggu ada tidaknya gugatan atas hasil pilkada itu. “Kami belum sampaikan hasilnya kepada Bupati Taput dan DPRD setempat, lantaran masih menunggu ada tidaknya gugatan atas hasil pilkada tersebut. Kalau ada gugatan hari ini, maka kita surati hasil pilkada ada gugatan. Jika tidak, maka hasilnya akan kita sampaikan,” tandasnya. (cr-01/mua)

9 Tewas, 117 Luka-luka Sambungan Halaman 9 korbannya pengendara sepedamotor. Sementara kerugian material diperkirakan mencapai Rp232.100.000,” ujarnya. Dia juga menyebutkan, dari jumlah lakalantas tersebut, paling banyak dikarenakan para pengguna jalan tidak mematuhi rambu rambu lalu lintas. Misalnya, kecepatan kendaraan tinggi, hilang konsentrasi, mengantuk dan pengendara sepedamotor tidak menggunakan pelindung kepala atau helm serta kurangnya kewaspadaan. Adapun rincian kejadian untuk Juni sebanyak 12 kali. Kecelakaan itu mengakibatkan dua orang meninggal dunia, tujuh luka berat, 10 luka ringan. Total kerugian material Rp27.600.000.

“Juli 16 kali kejadian, dua orang meninggal dunia, 11 luka berat dan 23 luka ringan. Kerugian material ditaksir Rp41.500.000. Kemudian Agustus, jumlah laka sebanyak 14 kali, tiga orang meninggal dunia, lima luka berat, 37 luka ringan dan kerugian material ditaksir Rp85.500.000,” ungkap Baringbing. Sedangkan untuk September, jumlah kejadian delapan kali, satu orang meninggal dunia, laima luka berat dan 10 luka ringan. Kerugian ditaksir mencapai Rp47.000.000. Selanjutnya Oktober, jumlah laka sebanyak tiga kali, satu orang meninggal dunia, satu orang luka berat dan delapan luka ringan dengan kerugian material sebesar Rp30.500.000. (cr01/mua)

Kades Tersangka Dugaan Korupsi Dilepas Sambungan Halaman 9 bisa diperpanjang kembali. Kanit Tipikor Polres Taput Ipda Krisnat Napitupulu kepada METRO saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (16/10) mengatakan, pelepasan Immer karena masa penahanannya tidak bisa diperpanjang lagi. Namun demikian, tidak berarti proses penyidikan akan berhenti begitu saja. ”Kita akan tetap melanjutkan proses penyidikan untuk melengkapi bukti-bukti adanya kerugian negara yang ditimbulkan Immer ataskasusini.Selanjutnyakitaakan melimpahkan berkasnya ke kejaksaan,” jelasnya. Menurut dia, mengenai pelepasanImmer,sesuaiperaturan,jika masa penahanan tidak bisa diperpanjang sementara berkas belum lengkap, maka seseorang harus dilepaskan demi hukum. Namun bukan berarti bebas karena penyidikan akan tetap berlanjut. Namun menurut Krisnat, dari berkas yang mereka limpahkan selamainiuntukkasuskadestersebut diyakini sudah lengkap. Dimana sudah ada pengakuan bendahara Desa Sigotom Julu. Dalam pemeriksaan tersebut bendahara menyatakan tidak pernah diberitahu oleh kades untuk menarik uang dari rekening desa untuk kemudian disimpan ke rekening pribadi kades tersebut. Selainitu,proyekuntukbantuan dana dari provinsi tersebut belum dikerjakan hingga tahun 2013. Padahal, katanya, sesuai dengan petunjuk teknis dana bantuan sebesar Rp50 juta itu harus dikerjakan pada TA 2012. ”Selain itu, dana sekitar Rp7,5 juta juga diduga digunakan istri kades untuk membeli seragam ibu PKK Desa Sigotom Julu. Padahal uang tersebut tidak sesuai dengan peruntukan bantuan yang diberikan. Dan kami juga sudah menyertakan keterangan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang menyatakan telahterjadikerugiannegaraakibat tindakanImmertersebut,”katanya. Terkait hal itu, Kasi Intel Kejari Tarutung Olan Pasaribu mengatakan, pihaknya dalam kasus Immerbersikapobjektif.Menurutnya, kejaksaan melihat masih ada halhal yang kurang dari berkas yang dilimpahkan oleh kepolisian. ”Dan sifatnya tidak perlu kita paparkan. Nanti bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu. Karenaketikaberkassudahsampai ditangankejaksaan,kitajugaharus dapatmempertanggungjawabkan

itu nanti sampai ke persidangan. Jangansampaikarenabuktikurang, maka bisa jadi bebas di persidangan nanti. Yang pasti kita tetap objektif dalam hal ini” terangnya. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Tipikor Polres Taput menetapkan Immer Tambunan, Kepala Desa Sigotom Julu, Kecamatan Pangaribuan, sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi bantuan dana Pemprovsu ke Desa SigotomJulusenilaiRp50juta,pada (30/5) lalu. Kanit Tipikor Polres Taput Ipda Krsinat Napitupulu menjelaskan, diduga dalam melakukan tindak pidana korupsi tersebut, Immer awalnya membuat proposal desa danmenyerahkannyakeBapemas Pemprovsu. Pada 17 Desember 2012, Desa Sigotom Julu, terpilih menjadi salah satu dari 38 desa di Taputmendapatkanbantuandana dari Pemprovsu sebesar Rp50 juta yang ditransfer ke rekening pemerintahan Desa Sigotom Julu. Berselang beberapa hari kemudian,Immerpunmengambiluang sebesar Rp50 juta tersebut tanpa sepengetahuansekretarisdesadan bendahara desa dan memindahkannya ke rekening pribadinya. “Namun hingga kini, dana bantuan provinsi itu tidak dimanfaatkan oleh Immer sebagaimana yang disebutkan dalam proposal Desa Sigotom Julu ke Bapemas Pemprovsuataumembuatlaporan akhir pelaksanaan kegiatan. Selain itu, kades juga tidak pernah melakukan sosialisasi di tingkat desa terkaitbantuanitudantidakpernah melakukan musyawarah perencanaan pembangunan desa untuk pemakaian dana bantuan provinsi itu. Namun dana itu justru hanya ditarikdarirekeningpemerintahan desa dan disimpan di rekening pribadi,” paparnya Sementara itu, kata Krisnat, dari hasil pemeriksaan penyidik, dari uang Rp50 juta tersebut, Immer menyimpan Rp40 juta ke rekening pribadinya di BRI unit Pangaribuan. Rp7,5 juta kepada istrinya selaku Ketua PKK dan Rp2,5 juta lainnya dipergunakan oleh Immer sebagai dana operasional. ”Memang dari bantuan tersebut, Rp7,5 juta peruntukannya untuk PKK sebagai uang simpanpinjam. Namun, MS, istri dari Kades Sigotom Julu selaku Ketua PKK Desa Sigotom Julu justru membeli baju untuk anggota PKK senilai Rp4 juta. Dan sisanya, Rp3,5 juta sudah diserahkan dan disita Polres Taput sebagai barang bukti,” paparnya.(cr-02/cr-01/ mua)


KAMIS, 17 Oktober2013

HAMPIR semua orang pernah mengalami kecemasan. Baik karena masalah pekerjaan, problem keuangan, persoalan rumah tangga, atau yang lainnya. Sebuah penelitian baru pun mengungkap: 23 juta orang dewasa di Inggris mengalami gejala kecemasan sekali seminggu. Penelitian yang dipublikasikan oleh Nuffield Health itu juga menyatakan bahwa rasa cemas merupakan indikator awal kesehatan mental yang buruk. Demikian seperti dikutip femalefirst. Untuk mengatasinya, banyak dokter memberikan resep obat antidepresan. Sebanyak 46 persen respondenn mengatakan hal ini. Padahal obat antidepresan tidak akan membantu mengatasi depresi lebih baik, dibandingkan olahraga. Hanya 1 persen responden penelitian yang

TAK sedikit orang mengonsumsi daging kambing sebagai obat tekanan darahnya rendah atau hipotensi. Padahal tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai hal yang tak selalu bisa diselesaikan dengan konsumsi daging kambing. Disebut Dr. Ari farial Syam, ahli penyakit dalam, tekanan darah rendah bisa terjadi karena pendarahan, kurang minum, kelelahan atau kurang tidur. “Tensi yang rendah juga dapat disebabkan karena gangguan pada jantung, baik karena kelainan katup, serangan jantung, bahkan gagal jantung,” katanya. Menurut Ari, mereka yang menderita tekanan darah rendah dan langsung mengonsumsi daging kambing, umumnya tak pernah menelaah lebih jauh, mengapa tekanan darahnya menjadi rendah. Sementara, kalau tensi rendah disebabkan karena gangguan jantung, konsumsi

Bahan: 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang, potong-potong 1 bh mangga muda, serut daun pisang untuk membungkus lidi untuk menyemat Bumbu Halus: 10 bh cabai rawit 5 bh cabai merah 5 bh bawang merah 3 siung bawang putih 3 bh kemiri 1 bh tomat 2 cm kunyit 3 lbr daun jeruk, buang tulangnya 1 sdt garam ½ sdt gula pasir

daging kambing justru memperburuk keadaan. “Dampak langsung adalah sembelit, apalagi kalau Anda memiliki penyakit GERD (asam lambung berbalik arah ke atas), maka GERD akan bertambah parah. Belum lagi efek jangka panjang, berupa peningkatan kadar lemak dan kolesterol darah,” jelasnya. Ditambahkannya, daging kambing sama seperti daging merah lain yang mengandung lemak jenuh (LDL) tinggi.”Lemak jenuh itu banyak mengandung lemak jahat yang dapat menumpuk di dinding pembuluh darah.” Oleh karena itu, agar santapan daging kambing tak menganggu kesehatan, Ari meyarankan agar mengonsumsi dalam jumlah moderat. Imbangi pula dengan mengonsumsi buah dan sayur, untuk mengurangi efek samping yang tak diinginkan. (int)

Cara Membuat: 1. Cuci ikan tongkol, lalu sisihkan kepala dan durinya. 2. Aduk sebagian bumbu halus dan mangga muda serut hingga rata. 3. Ambil daun pisang, tambahkan campuran bumbu halus, sepotong ikan tongkol, dan tutupi bumbu halus. Semat dengan lidi. 4. Kukus pepes selama 20 menit, angkat, lalu panggang di atas bara api sampai harum. Sajikan.(int)

mengatakan bahwa dokter memberikan rekomendasi olahraga sebagai cara untuk mengurangi gejala depresi. Direktur medis dari Nuffield Health Dr Davina juga mengungkapkan bahwa aktivitas fisik jauh lebih berperan mengobati depresi. “Obat-obatan seperti antidepresan terkadang menjadi persinggahan pertama untuk mengobati kecemasan. Namun, orang akan merespon secara berbeda, bahkan memberikan efek samping yang berbahaya.” Meski demikian Dr Davina menambahkan, Anda tak perlu tiba-tiba melakukan banyak latihan olahraga untuk hasil signifikan. Mulai dari hal-hal kecil seperti berkebun atau aktivitas lainnya. Jika dilakukan secara teratur, hasilnya jauh lebih baik dibandingkan obat antidepresan.(int)

BIASANYA, kunjungan ke dokter hanya dilakukan ketika gigi sedang bermasalah. Padahal, banyak fakta kesehatan yang dapat diungkap dari kondisi gigi. Hal tersebut dideteksi melalui metodologi kuno yang disebut Toothology. Ilmu kuno ini menelaah warna, tekstur, dan keadaan umum gigi. Apa saja penyakit yang dbisa dideteksi melalui gigi? Sinusitis Jika nyeri akut dirasakan pada gigi geraham atas, waspadai penyakit sinusitis. Sinus maksilaris yang terletak di rahang atas, berada tepat di atas akar gigi geraham atas. Begitu dekatnya letak ujung akar gigi dan sinus. Sehingga jika terjadi masalah pada akar gigi atas, rongga sinus dapat terinfeksi. MulasMereka yang sering merasa mulas atau mengalami gangguan refluks asam lambung, enamel giginya terkikis. Enamel adalah pelindung gigi dari kerusakan. Kebiasaan makan yang tidak sehat, ataupun mengemil sebelum tidur, adalah faktor yang menyebabkan gangguan refluks asam. Melahirkan prematur Kehamilan menyebabkan perubahan hormon yang meningkatkan risiko kesehatan mulut. Misalnya Gingivitis yaitu radang gusi, ataupun Periodontitis, berupa infeksi gigi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang gigi. Wanita hamil yang memiliki masalah ini, dapat mengalami kelahiran prematur, dengan berat badan di bawah rata-rata. Stres Orang yang stres, cenderung menggeretakkan gigi tanpa sadar. Jangka panjangnya, gigi menjadi rata karena gesekan gigi atas dan bawah. Selain itu, kebiasaan tersebut juga menyebabkan nyeri rahang, otot pipi lelah, sakit kepala dan sakit telinga. Dilansir Times of India, selain gigi, mulut juga jadi jendela pembuka tanda-tanda penyakit. Di antaranya: Daya tahan tubuh lemah Sariawan terjadi karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Pada kasus yang sangat langka, sariawan juga menjadi sinyal peringatan kanker mulut atau kanker tenggorokan. Diabetes Xerostomia atau mulut kering, secara klinis merupakan tanda awal diabetes. Hal ini menyebabkan pembuluh darah dalam kelenjar ludah menebal, sehingga memperlambat aliran air liur dan penghapusan racun. (int)

gigi


12

KAMIS

17 Oktober 2013

Ada Kembang Kol WARNA-WARNI Ternyata tak hanya jagung yang bisa disilangkan hingga mendapatkan varietas dengan pipilan warna-warni. Di Inggris juga menghasilkan kembang kol dengan warna tak lazim. Sayuran itu punya warna mencolok seperti dicat. Petani di Peterborough menciptakan jenis kembang kol warna-warni agar orang mau makan sayuran. Kembang kol “Pelangi” ini dikembangkan selama bertahun-tahun oleh Andrew Burgess di pekarangan rumahnya. Ia mendapatkan kol mencolok yang aman dimakan ini dengan menyilangkan bibit kuno. Tak hanya menarik perhatian, kol ini juga diklaim jauh lebih sehat daripada yang biasa. Kol berwarna ungu, dinamai Grafitti, memiliki anti oksidan lebih tinggi. Sedangkan yang oranye memiliki kandungan karoten untuk kesehatan kulit dan yang hijau mirip dengan brokoli kaya vitamin C dan serat. Sayangnya, kembang kol ini masih belum dijual di

pasaran karena masih dikembangkan lagi. Namun Andrew sudah berencana memasarkannya semenarik mungkin untuk ke depannya, mungkin dengan wadah tas warna-warni juga. “Tahun depan kuharap kembang kol yang oranye dapat dijual di supermarket,” ucapnya. ”Ada banyak kandungan manfaat selain membuat makanan juga jadi tampak lebih menarik. Idenya memang untuk mengubah pandangan orang terhadap sayuran,” lanjut pria usia 48 tahun ini. “Tujuan utamaku menghasilkan sayuran yang membuat orang ingin terus memakannya. “ (int)

„ Roxy Greaves dan suaminya.

GALANG DANA

Wanita Gunduli Rambut di Hari Pernikahan Kebanyakan pengantin wanita berharap rambut mereka tampil sempurna saat hari pernikahannya. Namun tidak dengan Roxy Greaves. Wanita ini malah mencukur rambutnya hingga botak di hari pernikahannya. Wanita berusia 31 tahun ini meminta suaminya, Mick Falla, untuk mengambil pencukur dan mencukur rambutnya di depan para tamu. Hal nyentrik ini dilakukannya demi menggalang dana untuk Cancer Research. “Aku sangat yakin harus melakukannya di hari yang istimewa,” ungkap Greaves, seperti dilansir oleh Metro, Senin (14/10). Suaminya sendiri mendukung apa yang dilakukannya, namun dengan satu syarat bahwa dia harus

mencukur rambutnya setelah acara pengambilan sumpah pernikahan selesai dilakukan. “Mick mengatakan bahwa dia lebih suka aku berambut panjang. Namun aku terlihat cantik di matanya, bahkan tanpa rambut,” jelasnya. Greaves mengaku telah ingin mencukur rambutnya untuk menggalang dana sejak berusia 16 tahun. Namun tiba-tiba ide untuk melakukannya di hari pernikahan muncul begitu saja. Greaves mengaku sangat tersentuh dan peduli masalah kanker setelah kehilangan anggota keluarga yang memiliki kanker. Untuk aksinya tersebut, Roxy berhasil mengumpulkan uang sebesar 1.300 Poundsterling (atau sekitar Rp23,6 juta). (int)

Bercinta dengan 1.000 Knalpot Mobil Lelaki asal Amerika Serikat bernama Edward Smith mengaku telah berhubungan seks setidaknya dengan seribu mobil. Ini dilakoninya 48 tahun terakhir. Surat kabar the Huffington Post melaporkan, Rabu (16/ 10), perilaku ini dikenal dengan nama mechaphile. Ini istilah merujuk pada seseorang tertarik secara seksual dengan mobil, motor, pesawat, hingga kereta. Smith mengaku pernah jatuh cinta dengan helikopter di serial televisi airwolf. “Setiap lelaki melihat payudara perempuan dan bokong mereka, namun saya lebih melihat pada bagian depan dan belakang mobil itu seksi,” ujarnya. Jika masa muda dia sembarangan bercinta dengan pelbagai mobil, kini dia hanya melakukan hubungan seks dengan mobil merek Beetle Volkswagen dari Jerman dibelinya tiga

„ Edward Smith asal Amerika Serikat mengaku bercinta dengan seribu mobil. dekade lalu. Dia mengaku merasakan gairah kuat saat memegang mobil diberi nama Vanilla itu. “Jika sesuatu terjadi padanya, aku akan sangat

patah hati,” ujar Smith. Mechapilia alias punya ketertarikan seksual dengan mesin menurut Smith bukan hal baru dan langka. Dia mengklaim setidaknya 500

orang sejagat punya gejala seperti dia dan melakukan hubungan seks dengan mobil-mobil mereka. Dia mengaku mendapat kenikmatan saat menggesek-

gesekkan kelaminnya ke seluruh mobil termasuk knalpot. Smith berpikir dengan bercinta bersama mobil dia tidak menyakiti siapa pun. (int)

Orangtua Gugat Anak-anaknya Cetak Foto Tak Mau Merawat Pernikahan di Ladang Seorang pria asal Ohio memberikan pasangannya kado pernikahan yang tak biasa. Untuk merayakan ulang tahun pernikahan emasnya yang ke-50, pria ini membuat crop circle yang jika dilihat dari atas akan membentuk foto pernikahannya. “Dia melakukannya dengan anak-anak. Mereka merahasiakannya,” ungkap Marie Derthick, istrinya, seperti dilansir oleh ABC News, Selasa (15/10). Paul dan Marie Derthick telah lama membuat crop circle di ladang jagung mereka seluas 181 are. Tahun lalu mereka membuat bentuk wajah John Glenn. Namun Marie tetap merasa terkejut dengan ide romantis dari suaminya tersebut. “Aku sangat terkejut, karena mereka membuatnya dengan sangat baik, termasuk gereja tempat kami menikah dulu,” jelasnya.Marie mengaku bahwa ‘lukisan’ foto pernikahan d ladang jagungnya itu adalah yang menjadi favoritnya selama ini. Cetakan tersebut ternyata sangat mirip dengan foto pernikahan mereka. Uniknya, hanya dibutuhkan satu hari untuk membuat cetakan foto pernikahan tersebut di ladang jagung. (int)

Zhang Zefang, seorang wanita di China berusia 94 tahun ini menggugat anakanaknya sebab mereka tidak pernah peduli dengan dia. Sebuah pengadilan di Negeri Tirai Bambu itu akhirnya memerintahkan agar tiga anak Zefang harus membawa dirinya ke rumah mereka masing-masing selama empat bulan secara bergantian saban tahunnya, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Rabu (15/10). Sementara anaknya yang keempat diperintahkan untuk membayar uang sekitar Rp 100 ribu per bulannya buat Zefang. Selain itu, keempat anak-anaknya juga harus membagi biaya tagihan medisnya. Pemberian hukuman ini datang setelah perubahan undang-undang di China yang mulai diberlakukan pada Juli lalu, yang menyatakan bahwa para orang tua harus didukung secara emosional maupun keuan-

„ Zhang Zefang gan oleh anak-anak mereka. Ini artinya, setiap orang dapat diseret ke pengadilan jika tidak mengunjungi dan mendukung orang tua mereka. Zefang mengklaim bahwa dia sebetulnya tidak ingin menuntut ketiga putranya Zhou Mingde (71 tahun), Zhou Yinxi (68 tahun), dan Zhou Gangming (56 tahun), serta putrinya Zhou Yunhua (54). Namun, dia mengatakan dirinya tidak punya pilihan lain. Untuk sementara, Zefang tinggal dengan anak lakilakinya yang bungsu serta menantunya, Kuang Shiying.

“Saya tidak pernah berpikir apakah anak-anak saya nantinya akan mengurus saya ketika saya menjadi tua,” kata Zefang. “Saya hanya fokus pada merawat mereka saja.” Zefang, yang berasal dari Daerah Fusheng di Distrik Changshou, merupakan satu dari antara seribu lebih orang tua yang telah menggugat anak-anak mereka di China dalam 15 tahun terakhir. Ketika dia pergi ke pengadilan, dirinya diberitahu bahwa dia harus menuntut anakanaknya sehingga hukum dapat memaksa mereka untuk merawatnya. (int)

„ Foto pernikahan di ladang jagung.

„ Restoran milik Alexei Khodorovsky.

Restoran Hanya Mempekerjakan Orang Kembar Banyaknya restoran di Rusia membuat seorang pengusaha restoran memikirkan sebuah cara unik untuk menarik pelanggan. Jika biasanya pilihan menu atau konsep restoran diusung untuk menambah nilai jual restoran, Alexei Khodorovsky justru berpikir lain. Dilaporkan laman Web Orange, Selasa (15/10), untuk menarik pelanggan, Khodorovsky mengembangkan ide yang sangat unik. Ia hanya

mempekerjakan orang kembar untuk menjadi pelayan di restorannya. Restoran yang diberi nama The Twins Star ini hanya mempekerjakan saudara kembar identik untuk melayani para tamu. Mereka juga berpakaian sama saat bekerja. Jadi, pelanggan harus benar-benar ingat pada pelayan yang mana mereka memesan makanan. Konsep ini terbilang baru dan belum pernah didengar

sebelumnya. Khodorovsky menuturkan, ia mendapatkan ide unik ini dari sebuah film di tahun 1960-an. Di film itu diceritakan seorang gadis yang menyeberang ke dunia paralel. Di sana, ia menemukan kembarannya. Meskipun ide ini tidak memakan biaya besar, tapi Khodorovsky memiliki sebuah tantangan besar. Ia agak kesulitan mencari sejumlah pasangan kembar untuk bekerja di restorannya. (int)


KAMIS

17 Oktober 2013

HOROSKOP HARI INI Libra

(23September-22Oktober)

Pekerjaan: Permulaan atau langkah awal yang kurang baik mungkin akan terjadi pada Anda. Keuangan: Pertengahan bulan kondisi keuangan membaik Kesehatan: Jangan lupa minum susu tinggi kalsium Asmara: Lampu hijau untuk Anda.

Scorpio

(23Oktober–22November)

Pekerjaan: Tidak usah khawatir sama pekerjaan yang belum selesai Keuangan: Uang lagi seret rasanya jadi suntuk Kesehatan: Gejala rutin menjelang haid Asmara: Hati-hati dengan seseorang bermuka dua.

Sagitarius

(23November-20Desember)

Pekerjaan: Jalani semuanya sesuai naluri Anda. Maka sukses akan Anda dapatkan. Keuangan: Kondisi keuangan Anda lagi bersinar Kesehatan: Kurangi makan nasi, perbanyak minum jus.

Capricorn

(21Desember-19Januari)

Pekerjaan: Karena ketekunan dan keuletan Anda belakangan ini, Anda berhasil dalam rencana Keuangan: Jangan ikut ambil risiko, jika tidak mau rugi. Kesehatan: Kurangi makanan goreng-gorengan

Aquarius

ARTIS seksi Julia Perez mengaku pbercita-cita ingin menjadi seorang hakim. Dia pun tak segan meminta doa pada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Hal ini disampaikan wanita yang kerap disapa Jupe ini lewat cecuit di Twitter melalui akun @juliaperrez. Tweet ini berawal ketika Jupe melihat ada salah satu followers Mahfud yang meminta didoakan supaya lolos dalam menempuh ujian. Tak lama berselang, penyanyi ‘Belah Duren’ ini juga minta didoakan.

“@lidcorr: Prof, Jumat ini saya mau Ujian Te n g a h Semester Hukum

(20 Januari - 18 Februari)

Ingin Sekolah Lagi

19 Februari - 20 Maret

Sempat dihina Nikita Mirzani yang menyebutnya cuma lulusan SD, pedangdut Zaskia Shinta alias Zaskia Gotik berkeinginan untuk melanjutkan sekolah. Mantan tunangan Vicky Prasetyo itu berjanji akan mengejar pendidikan dari sekarang. Rencananya, pedangdut yang mulai dikenal berkat lagu Satu Jam Saja ini akan mengikuti program pendidikan non formal paket B atau setara dengan SMP dan paket C yang setara dengan SMA. “Neng mau

Pekerjaan: Anda harus merelakan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar Keuangan: Bukan saat yang tepat untuk beli-beli Kesehatan: Sakit kepala datang lagi

Aries

(21 Maret - 20 April)

Pekerjaan: Semangat Anda memperlancar semua pekerjaan Keuangan: Bersabarlah kalau rezeki Anda lagi seret Kesehatan: Kalau cuma gejala flu saja, perbanyak minum madu

Taurus

(21 April - 20 Mei)

Pekerjaan: Setelah semua terjadi, baru muncul kesimpulan positif Keuangan: Kurangi dahulu hasrat belanja Anda Kesehatan: Hindari cemilan dengan vetsin tinggi Asmara: Dunia serasa milik berdua.

Gemini

Popularitas Agnes Monica terus meroket seiring dengan dirilisnya single debut internasionalnya, Coke Bottle. Setidaknya hal tersebut terlihat pada jumlah followers Agnes di Twitter. Hingga berita ini, Twitter pelantun single Muda ini telah mencapai lebih dari

(21Juni-20Juli)

Pekerjaan: Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda memerlukan waktu lebih lama Keuangan: Anda tidak usah pusing-pusing. Kesehatan: Dehidrasi Asmara: Pesona orang lain jangan sampai membuat Anda tergoda

9 juta followers, tepatnya 9,007,930. Jumlah ini tampaknya bakal cepat bertambah seiring dengan gencarnya promo single baru tersebut. Agnes sendiri merupakan artis dengan jumlah followers Twitter terbanyak di Indonesia. Selain itu, ia memang memiliki fans militan dengan jumlah yang sangat melimpah. (int)

(21Juli-21Agustus)

Pekerjaan: Tugas-tugas jangan sekali-kali Anda anggap sepele Keuangan: Pikiran apa yang Anda inginkan. Kesehatan: Makanan berserat tinggi baik untuk membersihkan usus besar Anda, Asmara: Mulai rindu.

Virgo

yang berkualitas deh,” kata pelantun Ajari Aku Tuhan itu. Zaskia pun enggan membahas masa lalunya dengan Vicky Prasetyo yang merupakan bekas tunangannya itu. Dia memilih memberikan yang terbaik bagi penggemarnya. “Walau hati sedang murung, kecewa, sedih, jangan sampai terlihat sedih. Harus tetap ceria. Apapun itu, masyarakat bukan mau melihat kemurungan kita,” ucap wanita yang sempat berpolemik dengan De Mocca karena nama goyangannya itu. Saat ini, dia mengaku sedang fokus menapak masa depan yang lebih baik. Lagipula, dia mengaku sudah melupakan masa lalunya bersama Vicky. (dew/jpnn)

Sentuh 9 Juta Followers di Twitter!

Pekerjaan: Melihat segala kemungkinan yang ada, sepertinya Anda harus lebih berhati-hati. Keuangan: Tergantung cara Anda mengaturnya. Kesehatan: Air putih lebih baik dari air soda

Leo

ambil sekolah paket B terus paket C. Secepatnya, Insya Allah,” ujarnya ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, belum lama ini. Pemilik goyang itik itu ia ingin menjadi wanita yang lebih baik lagi. Untuk itu, dia sama sekali tak segan-segan mengikuti program pendidikan nonformal tersebut. “Mau jadi perempuan yang lebih baik,” tambah wanita kelahiran Bekasi, 27 April 1990 itu. Tak hanya itu, pemilik nama asli Surkianih itu juga berencana membekali diri dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris. Dia sadar, bahasa asing menjadi salah satu kebutuhan di jaman sekarang. “Aku juga mau kursus bahasa Inggris, biar jadi wanita yang lebih baik lagi. Pokoknya Neng mau jadi orang

Agnes Monica

(21 Mei - 20 Juni)

Cancer

citanya itu. Dia bahkan bertanya balik apakah Jupe mengambil kuliah jurusan hukum. “Emang Jupe mahasiswa hukum? Jangan buru-buru ingin jadi hakim, nanti ketangkap, siap mental dulu,” saran Ketua KAHMI ini. Jupe lantas membalas pertanyaan yang dilontarkan Mahfud sembari meyakinkan bahwa dia sudah siap mental. “UBK prof. kalau modal jujur aja pasti ketangkep ya prof? Kalau masalah mental udah tahan banting prof,” timpalnya. (chi/jpnn)

Zaskia Gotik

Pekerjaan: Jangan Anda sampai terpengaruh oleh sejumlah pikiran pesimistis dari orang-orang di sekitar. Keuangan: Hal-hal yang kurang perlu masih bisa menunggu

Pisces

Adm Negara. Doakan ya prof,” begitu tweet salah satu followers Mahfud, Selasa (15/10) malam. Tak lama berselang Mahfud membalas, “@mohmahfudmd: Belajarlah, Insyaallah lulus dengan bagus, amie,”. Melihat tweet balasan ini, Jupe lantas ikut nimbrung ditweet tersebut. “RT Doain jupe juga ya prof..biar jadi hakim RT @mohmahfudmd: Belajarlah, Insyaallah lulus dengan bagus, amin,”. Namun bukannya langsung mendoakan, Mahfud justru meminta Jupe supaya memikirkan ulang cita-

Nikita Mirzani

(23 Agustus-22 September)

Pekerjaan: Mulai merasakan hari-hari yang terasa membosankan. Anda harus melakukan sesuatu. Keuangan: Akhirnya datang juga uang yang Anda tunggu. Kesehatan: Pegal di area pundak Anda..Asmara: Kalau dia pasif, giliran Anda untuk jadi aktif.

Ayu Ting Ting

Ingin Jenis Kelamin Anak Jadi Kejutan Ayu Ting Ting tengah hamil. Namun, ia enggan melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui jenis kelamin sang jabang bayi. Rupanya Ayu ingin jenis kelamin anak pertamanya menjadi kejutan. “Belumlah, saya juga enggak mau tahu dulu jenis kelaminnya biar keluarnya surprise,” ucap Ayu saat ditemui di rumahnya, Depok, Jawa Barat. Yang pasti, Ayu mengaku siap jika kelak harus membesarkan anaknya seorang diri. Seperti diketahui, Henry Baskoro Hendarso (Enji), suami Ayu tak jelas keberadaannya. Bahkan pasangan ini dikabarkan sudah pisah ranjang. “Iyalah namanya jadi ibu harus siap mandiri ya. Masa iya minta tolong sama orang,” kata Ayu. Ayu pun merasakan perubahan sejak hamil. (int)

Putri Una

Jadi DJ, Merasa Tak Perlu Seksi Dunia malam tidak pernah lepas dari tampilan wanita seksi dan menggoda, apalagi untuk seorang disc jockey (DJ). Namun, DJ Una mampu menepis anggapan tersebut. Wanita yang namanya terkenal melalui acara musik pagi Dahsyat itu mengatakan, menjadi seorang DJ wanita tidak harus seksi. Dia memastikan, memiliki karakter sendiri yang berbeda dengan lainnya. “Kalau aku enggak harus seksi, aku punya karakter sendiri,” ujar DJ Una saat dijumpai di studio 4 RCTI, Jakarta, Rabu (16/10). Di mata pemilik nama asli Putri Una Astari itu, keseksian tidak menjamin seorang DJ bisa sukses dan eksis di dunia hiburan. Dia menilai, karakter tetap menjadi faktor utamanya. “Aku menunjukkan karakter aku saja, j a d i enggak harus seksi atau gimana,” tutup dia. (int)

Tiap Pagi Siapkan Kopi Setelah lima hari resmi menjadi seorang istri, Nikita Mirzani mengaku kebahagiaannya semakin bertambah. Pasalnya, pernikahan tersebut merupakan cita-citanya. “Yang pasti senang dan bahagia ya, karena sekarang sudah tidak sendiri lagi. Ini kan cita-cita lama aku, sekalian mewujudkan keinginan mama aku untuk bisa menikah lagi,” kata Nikita saat dihubungi melalui telepon, Selasa (15/10). Nikita merasa sangat beruntung bisa dinikahi oleh pria berkebangsaan Selandia Baru itu. Apalagi, dirinya tidak merasa menerima banyak tuntutan dari Sajad Ukra. “Untungnya suami aku enggak banyak nuntut. Tapi kalau bangun pagi memang sudah biasa. Cuma kalau pagi itu, suami aku minta disiapkan kopi sama buah, paling cuma itu saja. Jadi dia itu orangnya enggak terlalu yang bagaimanabagaimana,” tutupnya. (int)

Yang pasti senang dan bahagia ya, karena sekarang sudah tidak sendiri lagi. Ini kan citacita lama aku, sekalian mewujudkan keinginan mama aku untuk bisa menikah lagi.”

T


14

KAMIS

17 Oktober 2013

Daniel Pedrosa

Mau Enjoy di Phillip Island MOTOGP- Kemenangan di Malaysia membuat Dani Pedrosa berada dalam kepercayaan diri tinggi. Tapi karena peluang jadi juara dunia sudah sangat kecil, dia cuma mau enjoy saat seri berikutnya digelar di Phillip Island. Setelah menjalani 10 balapan tanpan sekalipun jadi juara, Pedrosa akhirnya menjejak lagi podium teratas di MotoGP Malaysia, akhir pekan lalu. Poin maksimal dari Sirkuit Sepang tak mengubah posisinya di klasemen sementara, di urutan tiga dengan koleksi poin berjumlah 244. Dengan hanya ada tiga balapan tersisa di musim ini, peluang Pedrosa jadi juara dunia sudah hampir dipastikan tertutup. Tapi karena tengah dalam momentum bagus usai menang di Sepang, Pedrosa bisa saja melanjutkan kemenangan itu di Australia, Jepang dan Valencia. “Balapan berikutnya di Sirkuit Phillip Island. Saya berharap bisa menuntaskan tiga balapan terakhir dengan hasil yang solid,” sahut Pedrosa seperti diberitakan AS. Tapi rider 28 tahun itu juga tak mau memasang target muluk. Pedrosa menyebut dirinya ingin bersenang-senang dan menikmati balapan tersisa, termasuk di Australia. “Sirkuitnya menyenangkan dan saya juga ingin mencoba aspal baru di sana. Saya meraih hasil berbeda di masa lalu, tapi saya ingin meningkatkannya lagi dan menikmati lintasannya,” lanjut dia.(int)

Wladimir Klitschko

„ Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Tertarik Hadapi Wilder

s e i r e S r e p u Denmark S s u l u M a n a y i Tontowi/Lil

2013. Ganda Denmark Super Series en am rn tu di kil wa a babak kedua. n du terakhir yang lolos ke nesia hanya meloloska sia do In ne do SIn KI kil NG wa TA di LU nja BU mad/Liliyana Natsir me campuran Tontowi Ah

BERTANDING di Odense Sport Park, Rabu (16/10), ganda campuran Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth mendapatkan tiket ke babak kedua. Pasangan kakakadik ini mendapatkan tiket ke babak kedua setelah memulangkan ganda tuan rumah Niclas Nohr/ Sara Thygesen 21-11 21-16

Tontowi/Liliyana menjadi wakil kedua Indonesia yang lolos di hari pertama ini. Pasangan terbaik Merah Putih ini memastikan melangkah ke babak kedua setelah menumbangkan Liu Cheng/Bao Yixin 21-18 21-15. Sementara itu, tiga ganda campuran lainnya tidak berdaya dan

langsung angkat koper di babak pertama. Diawali kekalahan yang dialami Riky Widianto/Puspita Richi Dili atas pasangan tuan rumah Mads Pieler Kolding/Kamilla Rytter Juhl 21-11 21-16. Kemudian hasil mengecewakan juga didapat pasangan Praveen Jordan/Vita Marissa.

Pasangan yang juara di Indonesia Open Grand Prix Gold itu harus mengakui keunggulan Chris Adcock/Gabrielle White 21-18 21-18. GandacampuranGideonMarkus Fernaldi/RizkiAmeliaPradiptagagal lewatihadanganbabakpertama.Lewat duel sengit, pasangan muda Indonesiainiharusmengakuikeunggu-

lan Johannes Schoettler/Johanna Goliszewski21-1917-2121-18 Muhamad Rijal/Debby Susanto jugagugurdibabakpertama.Pasanganyangdiunggulkandiposisienam initidakmampumeladenipasangan tuanrumahAndersKristiansen/Julie Houmann.Rijal/Debbykandasdenganskor21-1521-15.(int)

Lewis Hamilton:

Mercedes Sudah Habis! FORMULA ONE- Pembalap Formula 1 (F1) untuk tim Mercedes, Lewis Hamilton menga-

takan kalau timnya tak akan meraih kemenangan pada empat balapan terakhir di sisa musim ini. Menurutnya, Red Bull bersama Sebastian Vettel akan terus dominan dan melahap semua balapan sisa musim. Pada musim ini, duo Mercedes sebenarnya memberi kejutan lewat kecepatan yang mereka torehkan pada setiap kualifikasi, namun

saat balapan mereka kerap loyo. Hamilton hanya meraih satu kemenangan yaitu pada GP Hungaria lalu, sedangkan rekannya Nico Rosberg dua kali finis terdepan, yaitu pada GP Monaco dan GP Inggris. “Tidak. Kami telah berhenti mengembangkan mobil dan Red Bull jauh berada di depan. Itu (meraihkemenangandisisamusim ini) tak akan terjadi. Tapi, kami bisa meraup sejumlah poin, dan saya rasa kami bisa meraih podium,” ujarHamilton,sebagaimanadilansir Autosport, Rabu (16/10). Hamilton juga berkomentar tentang peluang Sebastian Vettel memenangi seluruh balapan sisa musim ini, meskipun gelar juara dunia

„ Lewis Hamilton sudah bisa dipastikan pada balapan di GP India, 27 Oktober mendatang. Dia yakin akan hal itu akan diwujudkan oleh Vettel, melihat kecepatan dan konsistensi yang diraih oleh pembalap asal Jerman yang telah mengoleksi tiga titel itu dalam beberapa balapan terakhir.

“Jika dia tak memiliki masalah daya tahan, sangat mungkin (kalau dia akan mampu melakukannya). Saya berani bertaruh untuk itu. Kenapa tidak? Dia sedang berjalan (menuju itu),” tutup pembalap yang menjadi juara dunia F1 2008 bersama McLaren tersebut.(int)

TINJU- Mungkin lantaran sudahkesulitancarilawanlagi untuk dua pertarungan wajib berikutnya,WladimirKlitschko menolehkan sorotan pada sparring partner-nya sendiri, Deontay Wilder. JawarakelasberatversiIBF, IBO, WBA dan WBO itu mengaku tertarik untuk menghadapi Wilder di pertarungan resmi dengan petinju yang punyarekor29kalikemenangan KO tanpa sekalipun pernah kalah itu. Ya, Wilder sedianya adalah rekan latih tanding Wladimir, setidaknya saat adik kandung Vitali Klitschko itu akan menghadapi Mariusz Wach, November tahun lalu. Wladimir mengaku terkesan walau mengingat peringkat Wilder masih belum cukup untuk bisa menantangnya. “Ada petinju hebat yang namanya Deontay Wilder...saya pikir, pertarungan melawan dia akan sangat menarik,”paparpetinjuUkraina berjuluk Dr. Steelhammer tersebut. “Akan tetapi masalahnya, dia belum punya peringkat yang cukup tinggi untuk bisa bertarung dengan saya,” lanjutnya, sebagaimana disitat BoxingNews24, Selasa (15/ 10). Wilder saat ini paling tinggi, baru mencapai peringkat tiga versi WBC. Sementara yang terendah, Wilder baru bisa mendaki ranking 12 di IBF. Adapun di WBO, Wilder menempati peringkat lima dan satu peringkat di bawahnya pada versi WBA. Kemungkinan besar, andai Wladimir ingin merealisasikan pertemuannya dengan Wilder, setidaknya Wladimir mesti menunggu satu atau dua pertarungan Wilder. Saat ini, Wladimir sendiri sudah punya jadwal laga wajib kontra mempertahankan gelar IBF-nya, kontra Kubrat Pulev, tahun depan.(int)

C

LeBron James

Akur dengan Michael Jordan NBA- Forward Miami Heat, LeBron James mengaku bahwa memiliki hubungan yang baik dengan legenda NBA, Michael Jordan. Bahkan, James menyebutkan bahwa Jordan adalah pemain hebat sepanjang masa. Sempat beredar kabar bahwa James mempunyai hubungan yang tidak baik dengan Jordan. Namun, James menepis kabar

„ LeBron James

itu dan mengaku bahwa hubungannya dengan Jordan baik-baik saja. “Saya rasa kami berdua sibuk. Jelas, saya sibuk. Michael Jordan juga memiliki banyak kegiatan. Saya sudah bertemu dengan Jordan beberapa kali. Saya juga datang saat dia (Jordan) merayakan ulang tahun ke-50. Saya hadir karena saya menghormati dia (Jordan). Saya juga banyak berbicara dengannya,” ujar James seperti dikutip Espn. James juga mengatakan bahwa dirinya akan terus memanfaatkan segala kemampuannya untuk menjadi lebih baik lagi. Pebasket 28 tahun itu juga mempunyai tujuan untuk menjadi pemain hebat sepanjang masa. “Tujuan saya adalah untuk menjadi pemain terbaik sepanjang masa dan itu berarti saya harus memaksimalkan semua yang saya miliki. Saya juga merasa jika mampu memaksimalkan penampilan saya, maka saya akan mendapatkan hasil yang maksimal,”sambung James.(int)

Yao Ming

Buka Sekolah Basket di China

„ Daniel Pedrosa

LEGENDA basket China, Yao Ming baru-baru ini mengumumkan akan membuka sekolah basket di China, Beijing. Hal itu memang tidak terlepas dari kepedulian Yao untuk perkembangan basket di Negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia itu. NBA Yao School sendiri akan memberikan kesempatan kepada anak-anak muda China berlatih basket pada Februari 2014. Pelatihan sendiri akan terfokus pada progam kebugaran, kerja sama, kepemimpinan dan komunikasi. Sekolah ini menerima anak-anak yang

berusia maksimal 16 tahun. Lahirnya sekolah basket ini juga berkat kerja sama dari berbagai pihak. Perwakilan NBA yang datang langsung pun mengisyaratkan bahwa NBA mendukung penuh rencana mantan pemain Houston Rockets itu. Dalam jumpa media yang dilakukan di MasterCard, Beijing hadir Komisaris NBA, David Stern,Wakil Komisaris NBA Adam Silver dan CEO NBA China David Shoemaker. “Ini selalu menjadi mimpi saya untuk memberikan dampak positif kepada para pemuda melalui olahraga,”ujar Yao seperti dilansir NBA.com.

“Penggemar basket di China lebih bergairah dan bersemangat untuk ikut dalam pelatihan basket dengan standard NBA ini. Saya berharap kerja sama dengan NBA memang untuk kepentingan basket. Saya juga senang untuk memperpanjang kemitraan dengan NBA dan menunjukkan komitmen untuk kemajuan para pemuda,” lanjut Yao. Setali tiga uang, Komisaris NBA pun merespon positif atas rencana Yao. Stern mengatakan bahwa Yao selalu siap untuk kegiatan-kegiatan yang bisa membuat olahraga basket semakin berkembang.(int)

„ Wladimir Klitschko

Casey Stoner

Akan Dikukuhkan Jadi Legenda MOTOGP- Setahun setelah memutuskan pensiun, Casey Stoner akan dapat penghargaan bergengsi dari MotoGP. Dia bakal menjadi pebalap ke-20 yang diberi gelarMotoGP Legend. Stoner sudah dinominasikan untuk meraih penghargaan tersebut usai dia menjalani balapan terakhir di MotoGP Valencia pada musim 2012 lalu. Stoner memutuskan pensiun di usia 27 tahun, setelah memenangi dua gelar juara dunia bersama Ducati (2007) dan Honda (2011). Dikutip dari MCN, otoritas MotoGP sudah memastikan kalauStonerbakarmenerima status MotoGP Legend tersebut saat digelar MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (20/10/2013) akhirpekanini.Diaakanmenjadi orang Australia ketiga yang dapat penghargaan serupa setelah Mick Doohan dan Wayne Gardner. “Terakhir kali saya melihat Casey adalah saat di Valencia di atas podium dan saya bertanya padanya apakah kami bisa menominasikan dirinya sebagai MotoGP Legend dan dia bilang itu akan menjadi kehormatan besar,” sahut CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. di MCN “Saya menaruh banyak hormat padanya dan dia telah menjadi salah satu rider terbaik di MotoGP. (int)

C


15

KAMIS 17 Oktober 2013 HASIL PERTANDINGAN

Group A Serbia

5-1

Macedonia

Belgia

1-1

Wales

Skotlandia

2-0

Kroasia

Bulgaria

0–1

Republik Ceko

Denmark

6–0

Malta

Italia

2–2

Armenia

Swedia

3–5

Jerman

Kep Faroe

0–3

Austria

Irlandia

3–1

Kazakhstan

Group B

Group C

Group D Hongaria

2–0

Andorra

Romania

2–0

Estonia

Turki

0–2

Belanda

Group E Norwegia

1–1

Iceland

Swiss

1–0

Slovenia

JAKARTA- Swiss, Belgia serta empat negara dari Benua Amerika dipastikan akan jadi tim unggulan di Piala Dunia 2014. Dua tim kuat, Inggris dan Italia, gagal masuk daftar unggulan.

Group F Azerbaijan

1–1

Rusia

Israel

1–1

Irlandia Utara

Portugal

3–0

Luksemburg

Yunani

2–0

Liechtenstein

Lithuania

0–1

Bosnia

Latvia

2–2

Slowakia

Inggris

2–0

Polandia

San Marino

0–8

Ukraina

Montenegro

2–5

Moldova

S

Group G

Group H

Group I Prancis

3–0

Finlandia

Spanyol

2–0

Georgia

Uruguay

3–2

Argentina

Paraguay

1–2

Kolombia

Cili

2–1

Ekuador

Peru

1–1

Bolivia

Jamaika

2–2

Honduras

Panama

2–3

AS

Kosta Rika

2–1

Meksiko

Zona Conmebol

Zona Concacaf

KLASEMEN PRA PIALA DUNIA 2014 GRUP A P

M M

S

K

1 Belgia

26

10 8

2

0

GM GK 18- 4

2 Kroasia

17

10 5

2

3

12- 9 18-11

3 Serbia

14

10 4

2

4

4 Skotlandia

11

10 3

2

5

8-12

5 Wales

10

10 3

1

6

9 -20

6 Macedonia

7

10 2

1

7

7-16

GRUP B 1 Italia

22

10 6

4

0

19-9

2 Denmark

16

10 4

4

2

17-12

3 Rep Ceko

15

10 4

3

3

13-9

4 Bulgaria

13

10 3

4

3

14-9

5 Armenia

13

10 4

1

5

12-13

6 Malta

3

10 1

0

9

5-28 36 -10

GRUP C 1 Jerman

28

10 9

1

0

2 Swedia

20

10 6

2

2

19-14

3 Austria

17

10 5

2

3

20 -10

4 Irlandia

14

10 4

2

4

16 -17

5 Kazakhstan

5

10 1

2

7

6-21

6 Faroe

1

10 0

1

9

4-29

1 Belanda

28

10 9

1

0

34 -5

2 Romania

19

10 6

1

3

19-12

3 Hongaria

17

10 5

2

3

21-20

4 Turki

16

10 5

1

4

16 -9

5 Estonia

7

10 2

1

7

6 -20

6 Andorra

0

10 0

0

10

0-30

GRUP D

Prandelli: Belum Punya Skuad Inti PELATIH Italia, Cesare Prandelli, punya banyak pertimbangan sebelum memutuskan skuad yang akan dia bawa ke Piala Dunia 2014. Pertimbangan tersebut tak melulu menyangkut masalah teknis saja. Italia mengakhiri babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 dengan hasil mengecewakan. Menghadapi Armenia di kandang sendiri, Rabu (16/ 10) dinihari, Gli Azzurri cuma bermain seri 2-2. Italia kini punya waktu sekitar delapan bulan untuk mempersiapkan diri sebelum tampil di putaran final Piala Dunia di Brasil. Waktu tersebut akan dipakai Prandelli untuk menyeleksi para pemain. “Kami belum punya skuad final untuk Piala

Dunia,” jelas Prandelli di Football Italia. “Masih ada beberapa bulan di mana saya harus mengevaluasi, menilai, dan bercermin bukan hanya pada hal teknis, tapi juga bagaimana mereka bereaksi terhadap kemunduran psikologis dan seperti apa karakter mereka,” sambungnya. “Kami semua tahu bahwa pada level internasional, siapa pun yang mengombinasikan teknik dengan kekuatan bisa melaju jauh, sementara kalau cuma teknik tidak cukup. Saya harus memberikan lebih banyak kesempatan kepada mereka-mereka yang punya kekuatan fisik dan stamina,” terang mantan pelatih Fiorentina ini. (dc/int)

GRUP E 1 Swiss

24

10 7

3

0

17 -6

2 Iceland

17

10 5

2

3

17-15

3 Slovenia

15

10 5

0

5

14 -11

4 Norwegia

12

10 3

3

4

10-13

5 Albania

11

10 3

2

5

9-11

6 Siprus

5

10 1

2

7

4-15

22

10 7

1

2

20 -5

GRUP F 1 Rusia 2 Portugal

21

10 6

3

1

20-9

3 Israel

14

10 3

5

2

19-14

4 Azerbaijan

9

10 1

6

3

7 -11

5 Irlandia Utara 7

10 1

4

5

9 -17

6 Luksemburg

10 1

3

6

7 -26 30 -6

6

GRUP G 1 Bosnia

25

10 8

1

1

2 Yunani

25

10 8

1

1

12-4

3 Slowakia

13

10 3

4

3

11-10

4 Lithuania

11

10 3

2

5

9 -11

5 Latvia

8

10 2

2

6

10-20

6 Liechtenstein 2

10 0

2

8

4-25 31 -4

GRUP H 1 Inggris

22

10 6

4

0

2 Ukraina

21

10 6

3

1

28-4

3 Montenegro

15

10 4

3

3

18-17

4 Polandia

13

10 3

4

3

18-12

5 Moldova

11

10 3

2

5

12-17

6 San Marino

0

10 0

0

10

1-54

GRUP I 1 Spanyol

20

8

6

2

0

14 -3

2 Prancis

17

8

5

2

1

15-6

3Finlandia

9

8

2

3

3

5-9

4Georgia

5

8

1

2

5

3-10

5 Belarus

4

8

1

1

6

7-16

ZONA CONMEBOL 1 Argentina

32

16 9

5

2

35-15

2 Kolombia

30

16 9

3

4

27-13

3 Cili

28

16 9

1

6

29-25

4 Ekuador

25

16 7

4

5

20-16

5 Uruguay

25

16 7

4

5

25-25

6 Venezuela

20

16 5

5

6

14-20

7 Peru

15

16 4

3

9

17-26

8 Bolivia

12

16 2

6

8

17-30

9 Paraguay

12

16 3

3

10

17-31

ZONA CONCACAF 1 AS

22

10 7

1

2

15 -8

2 Kosta Rika

18

10 5

3

2

13-7

3 Honduras

15

10 4

3

3

13-12

4 Meksiko

11

10 2

5

3

7-9

5 Panama

8

10 1

5

4

10 -14

6 Jamaika

5

10 0

5

5

5 -13

ejak 2010 lalu FIFA me nerapkan aturan ber beda untuk menentukan tim yang jadi unggulan Piala Dunia. Delapan tim yang dipasang sebagai unggulan di masing-masing grup adalah mereka yang bertengger di tujuh posisi teratas ranking FIFA pada Oktober terakhir sebelum Piala Dunia dimulai. Satu tim lainnya adalah si tuan rumah. Untuk Piala Dunia 2014, beberapa tim sudah dipastikan jadi unggulan. Mereka adalah Brasil (tuan rumah), Spanyol, Argentina, Jerman , Kolombia, Belgia, Swiss dan Uruguay (jika lolos play-off). Andai Uruguay gagal lolos play-off, maka tempat terakhir tim unggulan akan menjadi milik Belanda. Berdasar rangking terakhir FIFA (September 2013), Italia sebenarnya berada di posisi empat. Namun Gli Azzurri dipastikan terlempar keluar delapan besar saat rangking terbaru Oktober dirilis pada Kamis (17/10) besok. Kondisi berkebalikan terjadi pada Swiss, meski kini berada di urutan 14, Swiss dipastikan masuk delapan besar besok. Selain Italia, tim kuat lain yang gagal jadi unggulan adalah Inggris. The Three Lions saat ini menduduki posisi 17 rangking FIFA. Meski meraih kemenangan di dua

pertandingan terakhir atas Montenegro dan Polandia, poin Steven Gerarrd dkk tak akan cukup untuk melonjak naik masuk delapan besar. Secara resmi FIFA memang baru akan merilis ranking bulan Oktober pada Kamis (hari ini). Namun hasil-hasil pertandingan internasional dalam satu bulan terakhir sudah dapat digunakan untuk menghitung posisi masing-masing negara tersebut. Menjadi unggulan membuat tim berpeluang mendapat undian lebih ringan di fase grup. Dengan kondisi tidak menjadi unggulan, Inggris dan Italia bisa saja bergabung dengan Spanyol, Argentina, Jerman atau Brasil dan membuka potensi lahirnya ‘grup neraka’. Drawing Piala Dunia 2014 baru akan digelar Desember mendatang di Bahia, Brasil. Delapan tim unggulan masuk dalam Pot A dan akan dibagi ke dalam delapan grup berbeda (A-H). Sementara 24 tim lainnya dimasukkan dalam tiga pot yang dibedakan menurut wilayah konfederasi. Tim-tim asal Asia, Amerika Utara dan Oseania akan berada di Pot 2. Sementara Pot 3 diisi wakil-wakil Afrika dan Pot 4 ditempati tim-tim Eropa. Demikian diberitakan Soccernet. (dc/int)

RANGKING FIFA (SEPTEMBER 2013) 1. Spain 1514 2. Argentina 1263 3. Germany 1261 4. Italy 1199

5. Colombia 1180 6. Belgium 1159 7. Uruguay 1126 8. Brazil 1067 9. Belanda 1058

TIM UNGGULAN PIALA DUNIA 2014

1.Spanyol 2.Brasil 3.Jerman 4.Argentina

TIM YANG SUDAH LOLOS PD 2014 Tuan rumah : Brasil AFC : Jepang, Australia, Iran, dan Korea Selatan UEFA :Belanda, Italia, Belgia, Swiss, Jerman, Rusia, Bosnia-Herzegovina, Inggris, dan Spanyol. CONMEBOL: Argentina, Kolombia, Chile, dan Ekuador CONCACAF: Amerika Serikat, Kosta Rika, dan Honduras

5.Belgia 6.Swiss 7.Kolombia 8.Uruguay/Belanda.

Peserta play-off UEFA: Kroasia, Swedia, Rumania, Islandia, Portugal, Yunani, Ukraina, dan Prancis Play-off AFC vs CONMEBOL: Yordania vs Uruguay Play-off CONCACAF vs OFC: Meksiko vs Selandia Baru

Hodgson: Inggris Bisa Berprestasi KELOLOSAN Inggris ke Piala Dunia 2014 sudah menumbuhkan optimisme tinggi dalam diri pelatih mereka, Roy Hodgson, yang percaya bahwa The Three Lions bisa berbicara banyak di Brasil tahun depan. Kepastian Inggris mendapatkan tiket ke putaran final adalah usai mengalahkan Polandia 2-0 di laga terakhir Grup H. Inggris dengan 22 poin dari sembilan laga berhak jadi juara grup di atas Ukraina. Ini untuk kelima kalinya secara beruntun Inggris menembus babak utama Piala Dunia setelah kegagalan mereka tampil terakhir kali di Amerika Serikat 1994. Namun, seperti yang sudah-sudah, tampilnya Inggris di pentas sepakbola dunia itu diiringi keraguan. Keraguan itu lagi-lagi soal bagaimana peluang Inggris memenangi lagi trofi yang baru sekali direbut tahun 1966 itu? Karena selama ini ‘Tim Tiga Singa’ kerap jeblok di turnamen-turnamen besar yang membuat mereka selalu mendapat julukan ‘Tim Pesakitan’. Di Brasil pun Inggris boleh dibilang tak begitu diunggulkan karena favorit

juara masihlah tim-tim seperti Spanyol, Brasil, Jerman, Argentina, dan Belanda. Apalagi dalam pengundian yang akan dilakukan 6 Desember mendatang, posisi Inggris tidaklah menguntungkan. Tak termasuk dalam pot unggulan, Inggris kemungkinan akan bertemu tim-tim yang disebut di atas pada fase grup. Belum lagi Steven Gerrard dkk harus bisa melewati hadangan tim-tim lain di babak grup yang tentu tak kalah sulitnya. Tapi Hodgson enggan pesimistis dan merasa Inggris pun peluang menjuarai turnamen itu meskipun kansnya tak sebesar negara-negara unggulan lainnya. Baginya pengalaman kedua melatih di Piala Dunia — sebelumnya 1994 bersama Swiss — akan jadi motivasi mengingat pria 64 tahun itu kali ini menangani timnasnya sendiri. “Jika Anda ingin memenang lotere, maka belilah tiket lotere itu, dan kami punya itu,” ujar Hodgson seperti dilansir Telegraph. “Itu adalah pencapaian yang luar biasa. Tapi aku adalah orang Inggris. Sebagai orang Inggris, ini sedikit berbeda. Ini berarti banyak untuk kami.” (dc/int)

Cavani-Suarez Bikin Gol

Uruguay Klaim Tiket Play-off MONTEVIDEO- Edinson Cavani dan Luis Suarez masing-masing menyumbang satu gol ketika Uruguay mengalahkan tamu mereka, Argentina, pada laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Latin. Pada pertandingan yang dihelat di Stadion Centenario, Montevideo, Rabu (16/10) pagi, Argentina tampil relatif lebih dominan. Soccernet mencatat, ‘Tim Tango’ memenangi penguasaan bola hingga 68 persen. Erik Lamela dkk juga mencatat lebih banyak shot on target, yakni 6 berbanding dengan 4. Kendati demikian, Uruguay unggul lebih dulu ketika laga baru berjalan enam menit lewat Cristian Rodriguez. Berawal dari sebuah tendangan bebas dari sisi kanan, bola jatuh di kaki Rodriguez yang tidak terkawal di tiang jauh. Dia pun langsung melepaskan tendangan kaki kiri yang cukup keras dan kiper Sergio Romero tak mampu menghalaunya. Argentina lantas menyamakan kedudukan pada menit ke-15 lewat Maxi Rodriguez. Gol berawal dari umpan Rodrigo Palacio di sisi kiri yang diarahkan kepada Augusto Fernandez di dalam kotak penalti. Bola berhasil dihalau bek Uruguay, tapi bola malah jatuh di kaki Maxi yang lantas menceploskan bola lewat sepakan kaki kirinya. Suarez kemudian membawa Uruguay unggul menjadi 2-1 pada menit ke-34 lewat tendangan penalti. Penalti tersebut diberikan setelah Suarez dilanggar oleh Sebastian Dominguez di dalam boks. Tendangan Suarez sempat diblok

SELEBRASI - Pemain Uruguay berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Argentina.

SUSUNANPEMAIN U R U G U AY: Muslera, Lugano, Godin, Fucile, Pereira, Rodriguez, Stuani (Gimenez 89), Perez (Ramirez 45), Arevalo, Suarez, Cavani. ARGENTINA: Romero, Campagnaro, Dominguez, F. Fernandez, Basanta, Biglia, A. Fernandez (Icardi 82), Banega (Somoza 68), Maxi, Lamela (Sosa 76), Palacio.

oleh Romero, tetapi bola tetap masuk ke dalam gawang. Namun, sebelum babak pertama berakhir, tepatnya pada menit ke41, Argentina kembali menyamakan kedudukan lewat Maxi. Umpan dari Ever Banega yang berdiri di

sisi kiri diterima oleh Maxi di sisi kanan. Setelah menusuk ke dalam kotak penalti, Maxi kemudian melepaskan tendangan kaki kiri dan kiper Fernando Muslera tidak bereaksi untuk menghalaunya. 2-2. Gol kemenangan Uruguay ter-

cipta tak lama setelah babak kedua dimulai, tepatnya pada menit ke49. Gol tersebut tercipta dengan diawali oleh sebuah serangan dari sisi tengah, bola diberikan kepada Suarez yang bergerak melebar ke sisi kiri. Cavani, yang melihat ruang

kosong di bagian tengah pertahanan Uruguay, pun berlari masuk. Melihat Cavani tak terkawal, Suarez lantas memberikan operan kepada rekannya itu. Dengan tenang, Cavani pun menaklukkan Romero. Uruguay unggul 3-2 dan bertahan sampai pertandingan selesai. Uruguay duduk di posisi lima klasemen zona Amerika Latin dengan nilai 25 dan mengklaim satu tiket play-off untuk lolos ke Piala Dunia tahun depan. Mereka akan menghadapi wakil AFC, Yordania, pada 13 dan 20 November mendatang untuk mendapatkan satu tiket ke Brasil. Sementara Argentina mengakhiri babak kualifikasi ini dengan status pemuncak klasemen zona Amerika Latin dengan nilai 32. (int)


KAMIS 17 OKTOBER 2013

Polri Netral di Pilkada

(foto: HORDEN SILALAHI)

SIAGA BRIMOB: Kapolres Taput AKBP Verdy Kalele memantau apel siaga Brimob pada simulasi pengamanan anggota KPU Taput di Gedung Sopo Partungkoan, sehari menjelang penetapan dan pengumuman perolehan suara delapan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Tapanuli Utara.

JAKARTA- Usulan penghapusan kewenangan Mahkamah Konstitusi (MK) menangani sengketa pemilukada serta penolakan MA kembali menangani sengketa Pemilukada membuat wacana penghapusan pemilukada langsung mencuat. Sejumlah pihak menilai pengembalian pemilihan kepala daerah ke DPRD juga berimbas pada potensi kerusuhan horizontal akibat bentrokan massa pendukung calon-calon yang berlaga. MabesPolrimengakuipemilihankepaladaerah melaluipilkadalangsungmemanglebihrawandari sisi keamanan. Ini disebabkan pemilukada langsung prosesnya melibatkan masyarakat luas sebagai pemilih. “Tentunya pilkada langsung memiliki potensi kerawanan yang lebih jika dibanding pemilihan melalui DPRD,” terang Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar, Selasa malam (15/10). Meskidemikian,BoymenegaskanPolrimenolak untukmemilihkepaladaerahpilkadadipilihDPRD atau pemilukada langsung. Polri hanya

menjelaskan realita yang dihadapi aparat di daerah selama mengamankan jalannya pilkada. “Sikap polri terhadap pilkada netral. Polri sama sekali tidak ikut campur dalam urusan pilkada kecuali mengamankannya,” tegas mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya itu. Penegasan Polri tersebut sesuai dengan hasil Musyawarah Nasional-Konferensi Besar Nahdlatul Ulama di Cirebon yang menyatakan pemilukada langsung mendatangkan kerusakan lebih besar dibandingkan mendatangkan kebaikan. Salah satu akibatnya, Nahdlatul Ulama menilai pemilukada langsung membuat masyarakat terpecah belah akibat konflik horizontal maupun kerusuhan sosial. “Kerusuhan tidak hanya karena tidak siap calonnya kalah, tetapi juga akibat kecurangan massif salah satu calon, sementara calon lain tidak bisa apa-apa. Karena itu, PKB mendukung rekomendasi Munas dan Konferensi Besar NU di Cirebon,” kata Ketua Fraksi PKB Marwan Ja”far kemarin. (byu/jpnn)

Besok, Pasangan BADIA Gugat Pilkada Taput ke MK TAPUT- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara nomor urut 3, Bangkit P Silaban dan David PPH Hutabarat, memastikan akan memasukkan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi (MK) paling lambat besok, Jumat (18/10). Pasangan peraih suara terbanyak ketiga itu yakin gugatan mereka akan dikabulkan majelis hakim di MK. “Kepastian rencana mengajukan gugatan kami keMKpalinglambatJumat(18/10).Karenamemang waktu untuk mengajukan gugatannya hanya tiga hari setelah pengumuman hasil perolehan suara delapan pasangan calon bupati/wakil bupati oleh KomisiPemilihanUmum(KPU)Taput,Selasa(15/ 10),” ujar calon Bupati Taput Bangkit P Silaban, Rabu (16/10) ketika dihubungi via telepon selulernya. Dia menyebut, kemungkinan gugatan mereka bergabung dengan pasangan nomor urut 2, Ratna Ester Lumbantobing/Refer Harianja, dan

pasangan nomor urut 6, Banjir Simanjuntak/ Maruhum Situmeang cukup besar. “Namun, walaupun gugatan nantinya tidak jadi satu register, mungkin sidangnya sekaligus disatukan di MK. Itu semua tergantung pihak MK,” sebut Bangkit. Dijelaskan, bahwa pihaknya akan fokus untuk menggugat Pilkada Taput pasca keputusan DKPP dan KPU Sumut. Di mana seharusnya, sesuai dengan keputusan DKPP yang meloloskan pasangan nomor urut 8, St Pinondang Simanjuntak/Ampuan Situmeang,

pihak KPU Sumut tidak melakukan peninjauan ulang dukungan ganda partai politik yang akhirnya melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. “Bagaimanamungkin dalam pilkada bisa syarat dukungan partai itu ganda ke tiga pasangan calon. Itu jelas sudah melanggar undang-undang. Jadi, kita akan fokus pada masalah itu. Karena sebelum pemungutan suara dan pada saat kampanye pun hal itu sudah kita kritik. Bahkan sebagai bentuk penolakan, kami sudah mengajukan gugatan ke DKPP dan PTUN,” tandasnya. Bangkit Silaban sendiri mengaku sangat yakin gugatan mereka akan dikabulkan oleh MK. “Berdasarkan fakta dan bukti-bukti yang jelas sudah diketahui banyak pihak, kami sangat yakin gugatan kami akan dikabulkan oleh MK,” katanya. Pun demikian, sebelum ada putusan MK,

„ H Maratua Siregar didampingi Wakil Sekjen DPP PAN Gusrizal ST memberikan kata sambutan.

Bangkit mengimbau kepada seluruh tim sukses dan pendukungnya agar tetap menahan diri dari tindakan-tindakan yang melanggar hukum. “Kepada seluruh tim dan pendukung BADIA, saya imbau agar tenang dan tidak membuat tindakan yang tidak terpuji hingga dapat menimbulkan kericuhan di masyarakat. Mari kita tunggu hasil putusan dari MK,” imbaunya. Banjir Simanjuntak: KamiAkanMenggugatkeMK Calon Bupati Taput Banjir Simanjuntak menyatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan gugatan bersama dengan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Taput lainnya ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait proses Pilkada Taput. Banjir yang usai mengikuti acara penetapan perolehan suara Pilkada Taput di Gedung Sopo Partungkoan, menyatakan alasan disampaikannya gugatan tersebut adalah tidak

dilaksanakannya peninjauan kembali keputusan KPU Taput secara cepat dan tepat oleh KPU Sumut yang mengambil sementara proses Pilkada Taput sesuai putusan DKPP. “Ada delapan pasangan calon yang maju di Pilkada Taput ini. Jadi kita tidak tahu mana sebenarnya yang diusung oleh partai sejak Pinondang-Ampuan masuk menjadi pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Taput,” katanya. Dia menuturkan,sebelumnyajugatimBanjirMa telahmenyampaikansuratkeberatankepadaKPU Pusat dan Bawaslu serta menggugat ke PTUN. Namun,lanjutnya,meskipuntelahmenyampaikan surat keberatan, proses Pilkada Taput tetap dilanjutkan dan bahkan hingga melakukan pemungutan suara. “Kalau ditanya mengapa kita tetap ikut, karena kalaukitatidakikut,yatentunyajugasalah.Namun jadinya dengan hasilnya seperti ini, kita akan melakukangugatankeMK,”tandasnya.(hsl/cr-02)

„ H Maratua Siregar didampingi H Norman caleg dapil I dan H Pan Pasaribu memberikan santunan kepada anak yatim.

DPD PAN Tapteng Bersama Gusrizal Berkurban

„ H Maratua Siregar melihat kondisi sapi kurban yang akan dipotong panitia.

„H Norman bersama Waris Ananta dan Saddam Husein Pasaribu sibuk memotong-motong daging kurban.

„ HM Maratua Siregar dan Gusrizal ST serta seluruh caleg mendengarkan pembacaan tahtim dan tahtil.

„ Panitia kurban bekerja sama memperbaiki posisi hewan kurban sebelum disembelih.

„ Para anak Yatim bersama Ketua Simpatik DPD PAN Tapteng Andut foto bersama.

„ParacalegPANIkrarDinataSihombing, HNorman, HSyahbudin Nasution dan Waris Ananta sedang santai sebelum acara.

„ Rumah PAN Tapteng yang dilengkapi satu unit mobil ambulan.

„ Sekjen DPD PAN Tapteng Hariman Tanjung bersama Ketua POK PAN Yusuf Ali Bahri Tambunan Waris Ananta dan Saddam Husein Pasaribu..

Teks & Foto : Anna Maria Rosa Panggabean. Lokasi : Kelurahan Kalangan , Halaman Kantor DPD PAN Tapteng, Rabu (16/10).

17 kamis 10 2013 metro tapanuli