Page 10

KOPITIAM

Kopitiam, Kedai Kopi Esensial. Kopitiam atau kopi tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional di Malaysia dan Singapura. Istilah kopitiam berasal dari gabungan kata kopi (bahasa Melayu) dan kata tiam yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien. Selain kopi, teh, atau Milo, makanan yang disediakan adalah beraneka ragam sajian sederhana, seperti telur rebus, roti bakar (french toast) dengan selai srikaya.

Kopitiam di Malaysia Kedai ngo hiang di sebuah kopitiam Malaysia Kopitiam terdapat di berbagai tempat di Malaysia. Istilah kopitiam di Malaysia berarti kedai kopi Cina yang lazimnya hanya menawarkan hidangan Cina-Malaysia.

Kopitiam tradisional ditiru oleh “kopitiam baru� yang sebenarnya adalah rumah makan siap saji bergaya kopitiam. Kopitiam modern dirancang sebagai pesaing kedai kopi internasional seperti Starbucks atau The Coffee Bean & Tea Leaf. Namun menawarkan kopi selera lokal dengan harga yang lebih murah. Selain roti bakar isi selai srikaya untuk sarapan, kopitiam modern juga menyediakan menu makan siang dan makan malam. Perintis kopitiam modern di Malaysia adalah Uncle Lim. Konsep kopitiam Uncle Lim diikuti oleh merek-merek kopitiam modern yang lain.

Kopitiam Singapura Kopitiam terdapat hampir di seluruh pelosok Singapura, mulai dari kawasan permukiman, kawasan perdagangan, hingga kawasan industri. Lokasinya sering di pusat daerah permukiman seperti lantai dasar apartemen atau ruko. Meja dan kursi untuk pembeli diletak

kan di bagian depan kopitiam yang terbuka, berdekatan dengan tempat orang lalu-lalang. Duduk berbagi meja dengan orang lain yang tidak dikenal adalah hal yang biasa, terutama selama jam-jam sibuk. Kopitiam dapat berupa sebuah kios makanan dan minuman yang dikelola seorang pedagang, namun sebagian dari kopitiam mengundang berbagai pedagang lain untuk membuka kios hingga lebih terlihat seperti sebuah pujasera. Berbeda dengan kopitiam di Malaysia yang umumnya dikelola oleh etnik Cina, kopitiam Singapura dikelola oleh pemilik yang berasal dari berbagai etnis di Singapura. Di sebuah kopi tiam, pemilik biasanya mengelola kedai minuman yang menjual kopi, teh, minuman ringan, dan berbagai hidangan sarapan seperti kaya toast dan telur rebus. Kedai-kedai lain disewakan ke pengusaha lainnya yang menjual berbagai makanan untuk memenuhi selera penduduk Singapura yang multietnik.

tugasmajalah 11140110111 C Melissa  

Universitas Multimedia Nusantara, final exam's assigment

tugasmajalah 11140110111 C Melissa  

Universitas Multimedia Nusantara, final exam's assigment