Page 1

BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN A. Kesimpulan Keseluruhan tahapan dalam penelitian dimulai dari pembuatan proposal penelitian, tinjauan pustaka, penyusunan instrumen penelitian yang dilanjutkan dengan uji coba dan penyempurnaan instrumen penelitian, pengumpulan data sampai dengan analisis data, akhirnya penelitian membuat kesimpulan sebagai berikut. Pertama terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa SMA antara siswa yang mendapatkan metode pembelajaran sosiodrama dan siswa yang mendapatkan metode pembelajaran konvensional. Kedua terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kecerdasan emosional yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar sejarah. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih baik hasil belajarnya bila diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah lebih baik hasil belajarnya bila diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Ketiga terbukti bahwa siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi bila diberikan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sosiodrama

hasil

belajar

sejarahnya

pembelajaran konvensional. 93

lebih

baik

dari

pada

metode


94

Keempat

dapat dibuktikan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan

emosional rendah bila diberikan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran konvensional hasil belajar sejarahnya lebih baik dari pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah yang diberikan metode pembelajaran sosiodrama.

B. Implikasi Berdasarkan

penelitian

yang

telah

dilakukan,

bahwa

metode

pembelajaran merupakan faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa SMA. Ketepatan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan emosional akan dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kesimpulan dari impikasi penelitian ini adalah : Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sejarah antara siswa yang mendapat metode pembelajaran sosiodrama dan konvensional. Kedua, metode pembelajaran baik sosiodrama dan konvensional serta kecerdasan emosional tinggi dan rendah dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa SMA. Ketiga,

metode

pembelajaran

sosiodrama

dengan

kecerdasan

emosional tinggi dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa SMA.


95

Keempat, metode pembelajaran konvensional dengan kecerdasan emosional rendah dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa SMA.

C. Saran Pertama, kiranya guru sejarah SMA dapat menggunakan metode pembelajaran

sosiodrama

dalam

pembelajaran

sehingga

dapat

meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Kedua, dalam menerapkan metode pembelajaran hendaknya guru memperhatikan

kecerdasan

emosional

siswanya

dengan

mengetahui

kecerdasan emosional siswa, guru dapat memilih metode pembelajaran mana yang dapat mengakomodir kecerdasan emosional siswa baik tinggi maupun rendah, sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Ketiga, apabila guru mendapatkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sebaiknya menggunakan metode pembelajaran sosiodrama sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik. Keempat, apabila guru mendapatkan bahwa siswanya memiliki kecerdasan emosional rendah, dapat menggunakan metode pembelajaran konvensional untuk memperoleh hasil belajar sejarah yang lebih baik.

Bab 5(revisi)  

kesimpulan implikasi saran

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you