Issuu on Google+

MEDIA Semarang Online

www.mediasemarangonline.com

@mesemonline

iklan.mediasemarang@gmail.com

news & lifestyle

MINGGU II JUNI 2014 | Terbit 32 Halaman Redaksi (024) 3518359, Iklan & Pemasaran (024) 3512771 Faks (024) 3516531

Usaha Jitu di Bulan Puasa

06

Gumilang Febriansyah Wisudaranto

24

Berbisnis Sejak Masih Kuliah

Bola itu Seksi Cewek Suka

Sensasi Ikan Bakar Khas Makasar di Rumah Makan New Idaman

28


2

Piala Dunia, Ramadhan, dan Pilpres SELAMA Juni hingga Juli, bangsa Indonesia “disibukkan” oleh tiga agenda besar, namun ada benang merah di antara ketiganya. Ada kaitan atau saling menunjang walau berbeda makna. Ketiga kegiatan yang berjalan sebulan penuh itu adalah Piala Dunia ang berlangsung di Brasil, mulai 12 Juni hingga final 14 Juli, Pemilu Presiden 2014 yang kampanyenya sejak 4 Juni dan coblosannya 9 Juli, dan ketiga ialah bulan suci bagi umat Muslim, Bulan Puasa Ramadhan, yang mulai 28 atau 29 Juni hingga Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah pada 28 Juli. Ketiga kegiatan akbar tersebut merupakan aktivitas rutin. Pilpres lima tahunan, Piala Dunia empat tahunan dan Puasa Ramadhan setahun sekali. Bedanya hanya pada Piala Dunia,

Harga Iklan MeSEM Full Colour (FC) 1 halaman 1/2 halaman 1/4 halaman 1/8 halaman se- kartu nama Kuping Banner

Apa Kata Mereka

Rp. 6.000.000,Rp. 4.000.000,Rp. 2.250.000,Rp. 1.250.000,Rp. 250.000,Rp. 500.000,Rp. 1.500.000,-

Black White (BW) 1 halaman 1/2 halaman 1/4 halaman 1/8 halaman se- kartu nama Kuping Banner

di mana Indonesia hingga kini belum pernah berpartisipasi (pernah sekali zaman penjajahan dengan nama Hindia Belanda). Tentunya, selama Pilpres berlangsung diharapkan roh dari Piala Dunia maupun Ramadhan merasuk pada pesta demokrasi menentukan pemimpin Bangsa Indonesia lima tahun ke depan, yaitu diwarnai dan dijalankan dengan penuh sportivitas serta amanah. Setidaknya, Pilpres menjauhkan dari kampanye hitam, saling menjelekkan, fitnah, adu domba, bahkan SARA. Harus menjaga sportivitas selayaknya para pesepakbola dari 32 negara yang berebut supremasi di Brasil, serta “tepo seliro”, menahan diri dari tindakan terkutuk, menjauh dari segala larangan karena Ramadhan. Ada hikmahnya pilpres kali ini berbarengan dengan Piala Dunia dan

Rp. 4.500.000,Rp. 2.500.000,Rp. 1.500.000,Rp. 850.000,Rp. 100.000,Rp. 350.000,Rp. 1.000.000,-

- Harga belum termasuk Ppn 10 % - Harga di halaman utama (cover depan) tambah 100 % dari list harga - Harga di halaman belakang (cover belakang) tambah 50 % dari list harga - Free koran 5 eks sebagai bukti iklan setiap penayangan iklan

SEGERA PASANG IKLAN ANDA..! DAN DAPATKAN PAKET HARGA YANG MENARIK

024-3518359

iklan.mediasemarang@gmail.com

Ramadhan, setidaknya saat sahur bisa tepat waktu, karena Piala Dunia berlangsung di Tanah Air saat subuh hingga pagi hari (perbedaan 12 hingga 13 jam dengan Brasil). Dengan kondisi seperti itu, tentunya bisa meminimalkan “serangan fajar” dari tim sukses capres-cawapres yang merasa jagonya bakal kalah. Tim sukses disibukkan dengan pertandingan sepakbola yang sayang kalau dilewatkan, terus sahur untuk berpuasa. Kalau melakukan hal negatif tentu akan pikir-pikir, karena bisa menyebabkan puasa batal. Jadinya, kita berharap Piala Dunia dan Ramadhan maknanya mengiringi pemimpin Nusantara terpilih kelak, yakni benar-benar bersih, jujur dan amanah, tanpa noda, karena mereka terpilih dengan sportif dan religi.

Arief Firhanusa

Ingin foto dan komentar Anda tentang apapun berkaitan dengan Kota Semarang, kebijakan pemerintah, atau sekadar menumpahkan uneg-uneg dimuat MEDIA SEMARANG? Kirimkan komentar Anda maksimal tiga alinea, disertai foto santai ke Redaksi, Jalan Wahid Hasyim 125-127 (Kranggan) Semarang, atau via email: redaksi.mediasemarang@gmail.com

Lama nggak pulang ke Semarang . Eh dari Manchester disodori rekan yang jadi wartawan di media ini. Wah ada media yang ngubek-ubek kota Semarang. Kebetulan lama gak tahu perkembangan kota Semarang. Haha ha, lebih hafal rute jalan di negeri sono daripada kota Kelahiran tercinta. Banyak yang berubah kali ya? Zukni legowo, Ungaran – (Manchaester, Inggris)

Pas Ngampus Unika ada temen yang bawa tabloid ini. Mengupas Life style! jadi keinget teman yang pingin banget ngubah life style nya.. Kebiasaan buruk keseringan nongkrong buang-buang waktu dan brubah ke kegiatan positif, nah kapankapan kupas masalah ginian dan dijadiin artikel sekaligus kasih tips-tips mengubah kebiasaan buruk menjadi positif! Sukses! Julio Charies Ryan. Bendan Ngisor

Tabloid ini beda nggak sama tabloid Simpang Lima? Bukannya mbandingin tapi ada baiknya saling melengkapi.. litany dari kebutuhan pembacanya aja > agar referensi tentang kota ini makin banyak yang bisa didapat dari media-media lokal sini. Sisiel Lana, Srondol Semarang

Kampus ane jauh, di tembalang . brhubungane suka music .liput dong parade music kampus, atau acara-acara music di kampus-kampus khan asik tuh…!! Ega Vadia, Pasar Mranggen Demak

Sebagai pengemar kuliner , terutama Fara Quinn. Saya sering kesusahan nyari makanan khas semarang yang kian langka. Kaya pecel Semanggi khas Semarang. Roti Pisturi Kedelai. Kasih info yang jualan atau kasih tips cara buatnya. Thanks. Iva Pasha, Kranggan Semarang

Liat tabloid ini waktu mau kulakan semir rambut dan wig. Waduh makasih buat artikel tren rambut . Sering-sering kupas yang tengah menjadi tren gaya rambut, riasan dan yang sejenis. Infonya bisa nambahin usahaku makin maju. Juwita Chandra ,Kedung Pane

Jalan KH.Wahid Hasyim 125-127 Ruko A1 Floor (Kranggan) Semarang

news & lifestyle

Pendiri H Suwanto, SE, MM, Kukrit Suryo Wicaksono Pemimpin Umum Edria A Suwanto, MBA Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Sigid Purnomo,SH Dewan Redaksi Edria Andy Suwanto, Andreyanto K Herlambang, Sigid Purnomo, Arief Firhanusa Redaktur Pelaksana Arief Firhanusa Redaktur Mesker Marabidjala Staf Redaksi Hasta Mardi Setiawan, Rere Rosana Fotografer Caesar Sardono, Nungky Prahesti Artistik Mokhamad Fatoni, Muhammad Marzuki Pemimpin Perusahaan Andreyanto K Herlambang Iklan Wahyu Puji Widodo, Hendra Yoyok, Eric Harinsen Sirkulasi Masguntoro, Rendy Windiantoro, Fikri Maulana HRD/Legal Nico ABS Keuangan Desty Jadmikawati Produksi/IT/GA Alem Joko Pamungkas Umum Samaun Penerbit CV. Kartika Media Semesta Percetakan CV. Aneka Ilmu (Isi diluar tanggungjawab percetakan)

Wartawan MEDIA SEMARANG dibekali kartu tanda pengenal untuk setiap aktivitas jurnalistiknya, dan tidak diperbolehkan menerima pemberian dalam bentuk apapun.

Email: redaksi.mediasemarang@gmail.com


www.kliksiska.com

Telp: 024-70308001, 0878 3299 7001

Lihat stok langsung dari hp Anda Lihat omset langsung dari hp Anda Lihat laba rugi langsung dari hp Anda atau Android Ready

Dapatkan Upgrade Versi Terbaru “ GRATIS ” **

** SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU


4

Euforia Bola di Ruang Tamu Kita

Piala Dunia bukan hanya soal pameran kepandaian para pesepakbola menghadirkan permainan terbaik dan indah, melainkan juga soal citra negara penyelenggara di mata dunia pada ajang bergengsi empat tahunan itu.

D

engan hanya sekian jam tersisa sampai Piala Dunia 2014 yang kick off-nya disentakkan pada 13 Juni ini, negara tuan rumah Brasil tidak hanya memiliki masalah dengan infrastruktur olahraga yang belum sepenuhnya rampung, tetapi juga dengan citra. Untuk semua kompleksitas yang dihadapinya sebagai negara berkembang, dengan 200 juta orang hidup dalam keadaan sangat berbeda-beda, Brasil menemukan dirinya sering diidentikkan menjadi sebagai negara: sepak bola, karnaval, pantai, dan wanita. Citra Brasil melekat sebagai citra seksualitas yang menohok sekaligus kontradiktif. Adidas, misalnya, meluncurkan dua design T-shirt Piala Dunia yang menonjolkan sensualitas perempuan: kartun seorang gadis berbikini di pantai dan ilustrasi yang berfokus pada bentuk tubuh perempuan. Pihak Brasil merespon dengan marah. Adidas menarik T-shirt ini dari pasaran minggu lalu. Namun, ketika pemerintah Brasil mengecam seksiisme yang diabadikan Adidas, pada waktu yang bersamaan Brasil justru merayakan karnaval di jaringan TV utama, Globo, dengan menghadirkan penari samba perempuan telanjang sebagai muse-nya.

Magnet dan Filosofi Tetapi masyarakat kita tak peduli pada apa yang terjadi di Brasil sana. Piala Dunia 2014 adalah karnaval di ruang keluarga kita – bahkan barangkali bela-belain mengusung TV ke ruang tamu – yang penuh sesak dengan magnet pembelaan, primordialisme, pemujaan, hingga perjudian. Tak ayal, Indonesia yang timnasnya tak terangkum dalam perhelatan akbar tersebut pun ikut-ikutan menjilati tren. Sebuah kenikmatan semu, tapi apa boleh buat, sepak bola adalah syahwat tersendiri. Ada banyak filosofi yang bisa dikaitkan dalam kehidupan, salah satunya adalah filosofi dalam sepakbola. Dalam sepak bola ada yang dinamakan peluit awal pertandingan, peluit itu bisa diibaratkan dengan awal kehidupan kita di dunia ini dimana kita akan memulai pertandingan yang sesungguhnya. Lapangan sepakbola bisa adalah dunia tempat kita singgah ini, yang di dalamnya penuh atmosfer kehidupan, tekanan dari sekitar, dan tuntutan untuk mencapai sebuah misi yang terbaik. Dalam permainan sepakbola terdapat intrik-intrik dan strategi untuk mencapai kemenangan. Dalam kehidupan pun seperti itu, apa yang kita bisa lakukan untuk mencapai misi hidup kita yang menurut kita itu baik buat kita, kita akan melakukannya meski itu tidak bisa diterima oleh orang disekitar kita. Tapi itulah salah satu strategi kita untuk dapat bertahan hidup dalam dunia yang keras ini. Dalam sepak bola, pemain dituntut mampu menjalankan misi sesuai strategi yang diinstruksikan pelatih, untuk meraih kemenangan demi kemenangan, dan mencapai tahta juara. Dalam kehidupan pun seperti itu, kita dituntut oleh Tuhan untuk menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya sesuai amanah yang telah Ia

percayakan pada kita. Wasit dalam sepakbola bisa diibaratkan orang yang berwenang terhadap hukum-hukum di dalam sebuah institusi peradilan. Sedangkan peraturan-peraturan dalam sepakbola adalah hukum-hukum atau bisa disebut agama, karena dalam agama terdapat hukum-hukum yang harus dan yang tidak boleh kita lakukan. Dalam pertandingan apapun, termasuk sepakbola, tidak terlepas dari yang namanya pelanggaran. Dalam kehidupan pun begitu, kita tidak akan pernah terlepas dari kekhilafan untuk tidak melakukan apa yang tidak boleh kita lakukan. Kawan dan lawan dalam pertandingan sepakbola bisa diasumsikan sebagai partner dan saingan dalam mewujudkan misi kita menjadi kenyataan. Walhasil, kita tidak boleh meremehkan lawan, karena kita tidak tahu kekuatan yang mereka miliki. Mereka bisa saja dengan mudah mengalahkan kita dengan mudah jika kita menyepelekan mereka. Kemenangan dan mencetak gol, itulah misi utama dalam pertandingan sepak bola. Untuk dapat mencetak gol dan mendapatkan kemenangan, usaha apapun itu pasti akan kita lakukan meskipun sulit, meski harus bersusah payah. Dalam kehidupan, kita memerlukan usaha keras untuk mewujudkan misi kita. Terakhir, Waktu. Waktu dalam sebuah pertandingan itu sangat penting. Menyia-nyiakan sedetik saja waktu yang telah diberikan akan berakibat fatal. Kekalahan, adalah akibatnya jika kita menyia-nyiakan waktu yang tersedia untuk bermain-main, tidak serius dan menyepelekan pertandingan. Arief Firhanusa

MEDIA SEMARANG/DOK


5

Hampir separuh perempuan Indonesia suka sepak bola. Dengan demikian, sepak bola itu seksi. Mengapa dan bagaimana itu bisa terjadi?

MEDIA SEMARANG/DOK

P

erempuan penyuka sepak bola terdiri dari beberapa jenis. Ada yang hanya sekadar kagum pada pemain (yang berimbas getol pula pada klub di mana si pemain idola bergabung), ada yang hanya suka menonton pertandingan sepakbolanya saja, dan memang ada yang benarbenar bisa bermain sepak bola. Fakta itulah yang membedakan antara ketiga kategori. “Perempuan yang hanya sekadar suka dengan pemain atau klubnya bahkan yang hanya suka menonton pertandingannya, tidak bias dibilang tomboy, karena mereka hanya sekadar suka dan tidak terjun langsung ke dalam permainan. Dan perempuan yang bisa atau hobi bisa dikatakan tomboy karena permainan sepak bola adalah permainan lelaki dan mereka memang terjun langsung ke dalam permainannya,” ujar budayawan dan pengamat sosial asal Semarang, Untung Surendro, kepada Media Semarang. Nah, di dasawarsa terakhir, sepak bola menjadi tontonan seksi lantaran mengundang perhatian para perempuan, bahkan mereka menjadi suporter fanatik di beragam ajang, termasuk Piala Dunia. Sampai ada ungkapan, cewek seksi itu banyak, tapi cewek paling seksi dari semua cewek di dunia ini adalah cewek yang suka sepak bola. Zaman sekarang, cowok tampaknya sudah bosan pada cewek-cewek yang memakai dress atau tank top. Banyak cowok di era milenium ini suka pada cewek yang memakai jersey bola. Nah, ingin tahu mengapa wanita penghobi sepakbola itu seksi? Ini dia alasannya. Anti-mainstream Cewek yang suka bola itu anti-mainstream. Bayangkan aja, di saat para perempuan suka belanja, gemar mengoleksi tas, boneka, sepatu atau cat kuku, cewek ini justru suka sepak bola. Bagaimana cowokcowok tak suka.

Lagipula, cewek yang suka bola itu mudah cara membahagiakannya. Tinggal diajak nobar saja langsung senang. Tak usah muluk-muluk diberi hal-hal yang romantis-romantis. Di nobar, atau di pertandingan yang digelar di Tanah Air, perempuan menjadi ikon penting dari keseluruhan orkestra sepak bola. Bukan hanya pemanis tribun, tetapi juga menjadi penyemangat para pemain di lapangan. Itu sebabnya suporter berjenis kelamin perempuan kini banyak bertebaran di stadion-stadion. Mereka menularkan virus feminitas yang implementasinya jiwa keibuan di deras dan kerasnya pertandingan sepakbola. Bisa Temani Cowok Nonton Bola Ini yang paling seksi dari perempuan yang suka bola, karena si cewek bisa menemani cowoknya nonton bola. Di saat cewek-cewek lain melarang cowoknya nonton bola, nah ini malah ikut nonton bola. Seksi, kan? Bisa Jadi Teman Diskusi Bukan sepak bola namanya kalau tak diomongkan. Dan bukan sepak bola kalau belum dikomentari. Hal g paling bahagia bagi cowok dan kaum pria pada umumnya adalah bisa mendiskusikan masalah bola dengan ceweknya. Obrolan yang pasti sangat menyenangkan. Ketika cowok bosan diskusi soal bola sama cowok, nah ini ada cewek yang asyik diajak diskusi soal bola. Diskusi seharian juga ayo kalau sama cewek. Lebih Pilih Nonton Bola daripada Boyband Ini juga yang bikin cewek penyuka bola itu seksi. Mereka lebih suka nonton bola daripada nonton konser boyband. Ketika cewek yang suka boyband teriak-teriak histeris karena melihat idolanya joget-joget, cewek penyuka bola justru lebih suka Ronaldo, Fabregas, Ramsey, Hazard menari-nari menggiring si kulit bundar di lapangan. Teriakannya Poin terakhir, yang bikin cewek penyuka bola itu seksi adalah teriakannya. Teriakannya itu kira-kira begini: “GOOOOOLLLL!!!” “YEAAAAHHH!! GOOOOLLL!!” “MASUUUUK! YEAAHHH MASUUUUK!” Seperti apa mimik muka mereka saat teriak-teriak macam itu? Silakan saja imajinasikan aja sendiri. Arief Firhanusa MEDIA SEMARANG/DOK


6 .......................................................................................

di

S

...................................................

.......

Usaha Jitu

Bulan Puasa

AAT bulan puasa dan waktu hari raya atau Lebaran daya beli masyarakat meningkat tajam. Permintaan akan kebutuhan pokok dan lainya juga melambung. Hal ini tentu menjadi suatu peluang bagi Anda yang mau berbisnis mencari penghasilan tambahan di bulan puasa atau waktu lebaran hari raya Idul Fitri. Nah, belajar kreatif kali ini bagikan beberapa peluang usaha saat puasa dan lebaran. Bisnis ini dianggap sebagai usaha yang cocok dan berpotensi besar untuk memperoleh banyak keuntungan di bulan puasa dan saat lebaran tiba.

Makanan Ta’zil Di bulan puasa permintaan akan makanan seperti ue basah dan aneka jajanan lainya seperti manisan, kacangkacangan yang sering disebut sebagai jajanan ta’zil akan meningkat. Makanan ta’zil hanya ada di bulan puasa dan biasanya para penjual membuat pasar kaget di sore hari menjelang buka puasa. Bisnis ini sangat potensial dan akan banyak mendatangkan keuntungan. Kue Kering Lebaran Selain bisnis makanan ta’zil bisnis kue kering untuk lebaran juga sangat bagus dan potensial sekali. kita dapat membuat beberapa kue kering seperti tart, nastar, kue kering brownis, kue lidah kucing, kuping gajah, coklat

keju, coklat kacang dan lainya. buatlah kue sesuai dengan keahlian Anda. Kalian juga bisa mengajak teman untuk join dalam bisnis ini. tawarkan ke beberapa toko atau Ibu-ibu rumah tangga akan kue Anda. beri kemasan yang menarik. Sesuaikan harga yang pas dengan kue Anda. Baju Lebaran Sudah menjadi budaya masyarakat bahwa setiap bulan puasa ramadhan atau saat lebaran Idul Fitri semua umat muslim selalu membeli baju atau pakain baru. Permintaan yang tinggi biasanya baju muslim. Macam-macam baju muslim dan perlengkapanya yang banyak permintaan yaitu baju koko pria, kebaya, baju muslim gamis, peci pria, jilbab, sajadah, sarung pria, tasbih dll) sobat bisa mencoba berjualan perlengkapan baju muslim tadi. Ini sangat besar peluangnya mendatangkan keuntunga. Ingat, Anda harus tetap memperhatikan model, kualitas dan harga. Rental Kendaraan Bermotor Selain peluang usaha yang disebutkan diatas, ada salah satu usaha yang juag berpotensi mendatangkan banyak keuntungan, yaitu rental kendaraan bermotor. Saat lebaran tiba semua orang pasti berkunjung ke tempat orang tua, saudara, kerabat dan famili, teman, dan sebagainya. Bagi yang tidak punya kendaraan pasti akan membutuhkanya. Nah, di momen seperti inilah kita tawarkan jasa sewa mobil atau motor keada mereka. Namun usaha ini membutuhkan banyak modal jika Anda membukanya sendiri. Namun jika Anda tidak punya modal Anda bisa menawarkan jasa kepada pengusaha rental yang sudah ada untuk memasarkan usahanya atau mencari penyewa. Anda akan mendapatkan tips auatu upah dari sana. Usaha PlayStation. Bisnis playstation juga merupakan potensi yang bagus di bulan puasa. Kebanyakan anak-anak muda atau remaja akan lebih suka berlama-lama main game untuk menghabiskan waktunya. Misalnya saat siang hari dan saat menjelang buka puasa. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan dari sana. Jadi bagi sobat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di bulan puasa dan saat lebaran. Silakan memilih peluang yang sesuai dengan bakat dan kemampuan. Ingat tidak ada jaminan bahwa Anda akan berhasil dalam usaha ini. namun jika Anda sungguh-sungguh, ulet, rajin, tekun dan sabar insyaallah akan berhasil. Arief Firhanusa

RANG/DOK

MEDIA SEMA


7

Income Lumayan Bisnis Kue Lebaran Menjelang perayaan Lebaran, banyak peluang usaha musiman yang dapat dijalankan. Salah satunya usaha kue kering.

B

IASANYA kue kering menjadi makanan favorit dan banyak dicari para konsumen pada saat perayaan hari raya seperti Lebaran. Tradisi makanan wajib yang biasa dihidangkan pada saat lebaran, selain ketupat opor biasanya juga dihidangkan berbagai macam kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, kue lidah kucing, serta aneka macam kue lainnya. Kebiasaan masyarakat tersebut menyebabkan permintaan akan kue kering mampu meningkat tajam, bahkan hingga 200% dari permintaan pasar pada harihari biasa. Tingginya permintaan pasar akan kue kering biasanya dijadikan sebagai peluang untuk meraih untung dari usaha musiman tersebut.

Konsumen Dengan tingginya permintaan konsumen akan kue kering menjelang lebaran, pelaku usaha kue kering tidak perlu susah – susah mencari konsumen. Karena hampir semua kalangan membutuhkan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuat kue kering. Sehingga mereka lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. Disamping konsumen rumahan, permintaan akan kue kering juga datang dari berbagai kantor yang menggunakan kue kering sebagai parsel untuk para karyawannya. Produk Walaupun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk

kue kering yang Anda produksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan seperti bahan pengawet, bahan pewarna serta bahan pemanis pilihlah bahan yang khusus untuk makanan. Sedangkan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan-bahan yang berkualitas, dan jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. Sehingga kue kering yang kita hasilkan aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan para konsumen. Selain kualitas produk, yang harus dipikirkan adalah kemasan produk yang menarik untuk menguatkan minat pada konsumen pada produk yang kita produksi. Karena biasanya hal pertama yang dilihat konsumen adalah tampilan luar atau kemasan produknya. Untuk mempercantik penampilan kue kering yang Anda pasarkan, dapat menggunakan berbagai macam bentuk toples kedap udara atau bisa juga menggunakan toples mika yang ditutup rapat dengan plester transparan. Untuk menambah nilai jual, Anda dapat menambahkan hiasan ataupun mencantumkan merek kue kering yang Anda produksi pada kemasan. Pemasaran Tawarkan produk kue kering yang Anda produksi pada rekan kantor ataupun tetangga sekitar rumah Anda. Biasanya mereka akan lebih senang jika ditawari dengan cara memesan, sehingga mereka tidak perlu tenaga dan waktu untuk mencari kue kering di supermarket ataupun toko-toko roti. Cara yang kedua yaitu tawarkan produk Anda ke tokotoko roti, supermarket, ataupun tempat jasa pembuatan parsel. Pada saat menjelang lebaran, banyak toko dan tempat pembuatan parsel yang menerima stock kue kering dalam jumlah yang cukup besar. Cara yang ketiga yaitu menggunakan brosur dan katalog untuk menawarkan produk Anda melalui para

agen, dengan memberikan imbalan tertentu untuk tiap penjualan. Cara yang keempat yaitu dengan menggunakan bantuan internet dalam memasarkan produk Anda. Sehingga dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas, hingga ke berbagai daerah. Gunakan merek pada produk Anda, sehingga dapat mengenalkan dan menanamkan citra produk kue kering yang Anda produksi pada pasar. Analisa Ekonomi Misal sekali produksi, menghasilkan 200 toples dengan harga jual @ Rp 30.000,00 Modal awal: Oven Rp 3.000.000,00 Mixer Rp 2.000.000,00 10 Loyang @ Rp 30.000,00 Rp 300.000,00 5 Baskom @ 20.000,00 Rp 100.000,00 Kompor gas 1 tungku Rp 200.000,00 Bahan baku Rp 2.000.000,00 Kemasan Rp 1.000.000,00+ Total Rp.8.600.000,00 Pengeluaran: Bahan baku Rp 2.000.000,00 Kemasan Rp 1.000.000,00 Tenaga kerja 2 orang Rp 1.000.000,00 Listrik Rp 100.000,00 Gas elpiji Rp 14.000,00 Transport Rp 150.000,00 Promosi Rp 150.000,00+ Total Rp 4.414.000,00 Omset / produksi: ( @ Rp 30.000,00 x 200 toples ) = Rp 6.000.000,00 Laba bersih / produksi: ( Rp 6.000.000,00 – Rp 4.414.000,00 ) = Rp 1.586.000,00

Arief Firhanusa

RANG/DOK

MEDIA SEMA

HOTEL / APARTEMEN

New Metro Hotel

024-3547 371

Quirin Hotel

024-3547 063

Elizabeth Hotel

024-8413 501

Royal Phoenix Hotel

024-8315 756

Semesta Hotel

024-3576 000

Pandanaran Hotel

024-8452 952

Surya Hotel

024-3562 000

Gajah Mada 100 Hotel

024-3515 416

Setiabudi Hotel

024-7470 538

Crowne Plaza Hotel

024-76579 111

Puri Garden Hotel

024-7606 606

Whiz Hotel

024-3566 999

Graha Agung Hotel

024-76744 108

Simpang 5 Residence

024-8311 590

Grand Candi Hotel

024-8416 222

Quest Semarang Hotel

024-3520 808

Alam Indah Hotel

024-7471 911

Hanoman Indah Hotel

024-7600 444

Srikandi Hotel

024-8311 969

Gumaya Tower Hotel

024-3551 999

Ciputra Hotel

024-8449 888

Tugu Indah Hotel

024-7600 421

Kesambi Hijau Hotel

024-8312 528

Srondol Indah Hotel

024-7472 277

Horison Hotel

024-8450 045

Siliwangi Hotel

024-3542 636

Belle View Hotel

024-8504 433

Merbabu Hotel

024-3547 491

Holiday Inn Express

024-8644 9222

Novotel Hotel

024-3563 000

Amaris Hotel

024-3588 558

Blambangan Hotel

024-3541 649

Pattimura Hotel

024-3551 343

MG Suites Maven

024-3300 1888

Patra Semarang Hotel

024-8414 141

Dalu Hotel

024-76740 077

Bukit Asri Hotel

024-7478 857

Pelangi Indah Hotel

024-3584 813

@Hom Hotel

024-8644 9000

Santika Premiere Hotel

024-8413 115

Grand Saraswati Hotel

024-8413 454

Bukit Permai Hotel

024-7472 704

Permata Hijau Hotel

024-8315 671

Oak Tree Emerald Hotel

024-850 9191

Dafam Hotel

024-3559 111

Hotel Muria

024-3513 622

Candi Baru Hotel

024-8315 272

Plampitan Hotel

024-3564 590

Best Western Star Hotel

024-8644 8888

Grasia Hotel

024-8444 777

Plaza Hotel

024-7473 188

Candi Indah Hotel

024-8312 912

Rahayu Hotel

024-3542 532

NEO Candi Hotel

024-850 9900

Ibis Hotel

024-33000 888

Pondok Serrata Hotel

024-7470 270

Djelita Hotel

024-3543 891

Rinjani Hotel

024-8443 232

City One Hotel

024-86 456 001


8

qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp

qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp qp

Dalam rangka ramah tamah dengan seluruh booker, baik corporate maupun travel agent, Pandanaran Hotel Semarang menggelar acara Pesona Semarang Corporate & Travel Agent Gathering, tepatnya pada hari Jumat, 6 Juni 2014.

A

CARA yang mengangkat tema Pesona Semarang ini, untuk mengingatkan kembali bahwa Pandanaran Hotel Semarang merupakan hotel bintang tiga di kota Semarang yang 100% persen Indonesia, karena mempertahankan konsep tradisional Semarang di berberapa tempat di dalam hotel. Hal ini semata-mata karena ingin memberikan kenyamanan bagi para tamu setia Pandanaran Hotel Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Pandanaran Hotel Semarang meluncurkan promo Booker Loyalty Program & Promo Buffet Buka Puasa, menyambut datangnya bulan Ramadhan. Promo Buffeet Buka Puasa (All U Can Eat) sendiri merupakan promo paket berbuka dengan harga Rp. 39.000,++ , dengan menu yang berbeda setiap harinya dan dapat dinikmati bersama teman, rekan kerja atau keluarga sampai dengan pukul 21.00 WIB selama bulan Ramadhan. Gathering yang dipandu oleh MC Rina Joe & Adit ini semakin semarak dengan performance antara lain traditional modern dance dari Amazone Dancer, Fire Dance dari Sky Fire Dancer dan accoustic band dari Blero Accoustic. Puncak acaranya saat karyawan Pandanaran Hotel Semarang Flash Dance Pokoke Joged dengan kostum khas Semarang, yang membuat ruang Pakoe Boewono Ballroom di lantai satu semakin semarak,� ujar Mytha Adelina, Marketing Manager Pandaran Hotel Semarang. (adv)

MEDIA SEMARANG/DOK


9

Coffeholic Gathering Di Hotel Dafam Semarang

Crowne Plaza Semarang Gelar Dim Sum Istimewa Crowne Plaza Semarang kembali menghadirkan aneka pilihan dim sum lebih dari 50 pilihan yang dapat dinikmati di hari Minggu atau di hari-hari libur mulai pukul 08:00 hingga 14:00 WIB. Dim Sum biasanya dinikmati dengan teh atau Yum Cha. Dim Sum diolah dari bahan terpilih dan disajikan secara “ala minute” ( dibuat pada saat memesan ) sehingga cita rasa dan kualitasnya terjaga. Dim sum ini dapat anda nikmati di Crystal Palace Chinese Restaurant di lantai 7 Crowrne Plaza Semarang. Crystal Palace menyediakan berbagai jenis pilihan dimsum favorit seperti Ha-Kau ( sejenis pangsit udang yang dikukus ), Siomay , Marinated Chicken Feet ( kaki ayam), Xia Long Bao ( jenis pangsit dengan kuah di dalamnya), aneka bubur, La Mien ( bakmi ala minute ), dan masih banyak lagi. Selain itu, acara makan dim sum anda akan semakin lengkap dengan berbagai pilihan hidangan penutup seperti pudding mangga, atau mixed fruit with sago (campuran aneka buah dengan sago). Pilihan Dim Sum ini dapat anda nikmati mulai dari Rp 12,000++ per porsinya. Ajaklah kolega, sanak saudara dan keluarga anda untuk menikmati berbagai sajian dim sum dari Crowne Plaza Semarang. Untuk informasi dan pemesanan anda dapat menghubungi (024) - 8657911 ext 7360 . Yoyok

Hotel Dafam Semarang bekerja sama dengan PT.Bahana Genta Viktory, pemegang merk Illy Coffee yang merupakan produk kopi terkemuka asal Italy, menghadirkan Eduardo Vastolo - Master Barista serta Arief Budiman – Barista Trainer & Quality Controller untuk mempresentasikan racikan kopi dipadu dengan alkohol. Acara bertema Coffeeholic Gathering itu dihadiri pada pecinta kopi berlangsung di Piccadilly Lounge & Bar di Hotel Dafam Semarang. Para tamu undangan yang umumnya pecinta kopi tersebut diberi kesempatan untuk mencicipi hasil racikan kopi dan alcohol oleh Master Barista, Eduardo Vastolo dan Barista Trainer & Quality Controller, Arif Budiman. Ada empat varian minuman yang dipresentasikan, yakni Amore, Mexicana,

Vodka Expresso dan Irish Coffe. Menurut Namira Fanessa, Public Relation Executive Hotel Dafam Semarang, acara tersebut dimaksudkan menambah pengetahuan pengetahuan masyarakat Semarang tentang racikan kopi, karena kopi dan alkohol tidak luput dari lifestyle (gaya hidup) dan ikon minuman favorit di Indonesia. Eduardo Vastolo - Master Barista juga menginformasikan bahwa mitos setelah minum kopi akan terganggu tidurnya adalah salah. Jika kopi, terutama espresso, di buat dengan benar. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi silahkan menghubungi +6224 – 3554111, atau lewat account Facebook Fanpage: Hotel Dafam Semarang dan Twitter: @dafamsemarang. Yoyok

Ibis Pillow Hunt Ramaikan HUT Kota Semarang Ibis Semarang Simpang Lima yang bernaung dibawah jaringan hotel internasional Accor mengajak sejumlah karyawan Hotel Ibis dan Hotel Ibis Budget untuk berpartisipasi meramaikan acara sepeda santai bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Minggu 25 Mei 2014 dalam rangkaian program Ibis Pillow Hunt. Ibis Pillow Hunt merupakan program khusu yang diluncurkan Accor untuk seluruh keluarga Ibis di Indonesia, Malaysia dan Singapura dalam rangkaian memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ada tiga pilihan jenis hotel Ibis diseluruh dunia yang

tergabung dalam Ibis Family atau keluarga Ibis yaitu Ibis Hotel dengan logo bantal warna merah, Ibis Styles dengan logo bantal warna hijau dan Ibis Budget dengan logo bantal warna biru. Di Semarang sendiri baru ada dua hotel dari ketiga jenis keluarga Ibis tersebut yaitu Ibis Hotel dengan logo bantal warna merah yang tepatnya di Jl. Gajah Mada no.172 Semarang tidak jauh dari Simpang Lima dan Ibis Budget dengan logo bantal warna biru di Jl. Kapten Piere Tendean Semarang. Dalam Ibis Pillow Hunt tersebut dibagikan brosur, souvenir dan balon Ibis kepada semua peserta, termasuk anak-anak dan dilanjutkan dengan foto bersama para karyawan Ibis Hotel dan Ibis Budget.

Batik Fashion Week 26-27 Juni Di Kota Lama Semarang Panitia Batik Fashion Week menyelenggarakan Pre Event Batik Fashion Week di Hotel Grand Candi Semarang, Sabtu, 7 Juni 2014. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian promosi Batik Fashion Week yang akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 Juni 2014 di Kota Lama Semarang. Kegiatan yang berkolaborasi dengan acara Pasar Senggol Hotel Grand Candi ini diisi dengan seminar dan workshop oleh Profesor Zahir dan juga beberapa komunitas di Kota Semarang. Pre Event Batik Fashion Week bertujuan menarik minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam Batik Fashion Week serta untuk meningkatkan minat dan apresiasi masyarakat secara umumnya terhadap batik. Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan selama Batik Fashion Week di Kota Lama Semarang tanggal 26-27 Juni 2014 meliputi Marketing Strategic, Kompetisi Jingle dan Kompetisi Fashion Design. Dalam Pre Event ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan hiburan seperti kuis dan games dengan hadiah hadiah menarik, penampilan dari beberapa band local dan fashion show Batik Jayakarta sebagai sponsor utama. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Batik Fashion Week, bisa menghubungi panitia Batik Fashion Week, yakni Zakaria 085725866855, Ivo 085727117542 dan Kiky 082136500553. Yoyok

Yoyok.

MEDIA SEMARANG/DOK


10 THE

CLASSIC DESIGN

FOR

COSMOPOLITAN

..............................................................................................................................

P

ERUMAHAN Villa Esperanza Semarang dengan tagline The Classic Design for Cosmopolitan Lifestyle ini terletak di Jalan Raya Ngaliyan Semarang, tepatnya bila dari arah kota Semarang menuju Boja adalah setelah perumahan Permata Puri dan sebelum Perumahan BSB Bukit Semarang Baru. Perumahan dengan perpaduan gaya klasik minimalis modern dan romawi ini ditawarkan dengan Harga mulai 400 Juta-an. Dengan mengusung tagline The Classic Design For Cosmopolitan, Villa Esperanza hadir dengan menawarkan sesuatu yang berbeda khusus untuk para pencari rumah

yang mengidamkan rumah dengan gaya klasik modern nan mewah. Karena bentuknya yang khas gaya bangunan model eropa, menjadikan sebuah prestise tersendiri bagi pemiliknya. Konsep rumah dengan desain mediterania tidak terlalu rumit namun memiliki tingkat elegan yang tinggi sehingga menjadikan sebuah kenyamanan untuk di huni. Sepintas lalu jika kita menengok sejarah rumah dengan konsep mediterania adalah rumah di kawasan pesisir di eropa yaitu mediteranian. Karena berada di sekitar pesisir secara tidak langsung mediteranian mendapat pengaruh dari berbagai desain dari sekitar

kawasan tersebut yaitu bangsa Romawi, orang-orang Asia kecil, orang-orang Timur Tengah serta ada nuansa pengaruh corak Afrika. Sehingga keunikan desain mediteranian secara garis besar pengaruh desain arsitektur bangsa Spanyol dan bangsa moor. Villa Esperanza The Classic Design for Cosmopolitan Lifestyle Lokasi Perumahan: Jl. Raya Ngaliyan KM 3 Kota Semarang Jawa Tengah 50189 Nomor Telepon: 024 70701172 – 76631100 Sigid

MEDIASEMARANG/DOK


11

RUANG PERJAMUAN MINIMALIS

R

UANG tamu merupakan ruang penting dalam penampungan, yang mana Anda menerima tamu untuk berbagai urusan. Sehingga kehadiran ruang tamu dalam arti penting sebagai partisi antara ruang tamu dengan ruang perjamuan. Ruang tamu harus menjadi ruang yang terpisah dengan kamar lain, meskipun hanya dengan ruang keluarga alangkah ide yang baik untuk mengisolasi kedua bagian perumahan sehingga Anda akan dapat memiliki privasi dengan keluarga ketika ada tamu . Merancang desain ruang tamu rumah minimalis tidak sulit . Anda hanya perlu memperhatikan konsep minimalis desain ruang tamu dalam men-download rumah minimalis Anda . Minimalis di sini dimaksudkan untuk menekankan fungsi elemen lebih dari sekedar interior dekoratif belaka . Tapi itu akan menjadi ide yang baik untuk menjaga elemen menggabungkan elemen estetika dan fungsional dalam desain ruang tamu Anda adalah minimalis .

Berikut adalah bagaimana merancang ruang tamu rumah minimalis Anda yang mungkin menjadi referensi Anda . Sofa Pemilihan sofa di ruang tamu memainkan peran penting dalam mengkonfirmasikan tema minimalis Anda . Jika Anda memiliki konsep minimalis tipe modern, maka Anda dapat menggunakan sofa busa di ruang tamu Anda . Namun, jika Anda menggunakan konsep minimalis tradisional etnik , Anda bisa menggunakan ruang tamu kursi kayu kursi atau bambu yang memiliki dipernish indah . Tegaskan tema living room desain rumah minimalis dengan bantuan interior ruang tamu Anda . Gunakan hanya cukup sofa , sofa berukuran sampai besar, menggunakan 2 sofa akan cukup . Tambahkan sebuah meja kecil di depan sofa Anda . Konsep ruang tamu minimalis cukup sederhana , yang hanya menegaskan fungsi ruang tamu sebagai tempat untuk

menjamu tamu . Cat Ruang Cat ruang di desain ruang tamu minimalis juga harus perhatikan. Sepadankan dengan warna cat sofa Anda untuk membuatnya lebih harmonis . Letak Properti Mungkin di antara Anda yang ingin menempatkan rak di ruang tamu Anda , bisa menjadi rak buku atau rak koleksi Anda lainnya . Harus pillih rak yang tidak terlalu besar , dengan banyak sekat bertingkat begitu banyak benda-benda yang bisa ditempatkan di sana . Jika Anda ingin menggunakan sebagai rak pembatas ruangan dengan ruang keluarga , memilih rak dengan ukuran yang lebih besar dan jenis rak rak terbuka tanpa papan penutup belakang . Anda dapat merancang ruang tamu minimalis dengan konsep minimalis sebenarnya . Sigid

........................................................................................................................

...............

...............

...............

MEDIASEMARANG/DOK


Pick Up Point

VIVI 0857 2603 7100 0822 2685 5348

PT. MITRA PRATAMA MOBILINDO AUTHORIZED DEALER HINO SEMARANG Komplek PRPP, Jl. Madukoro No.5-6 Semarang 50144, Jawa Tengah Telp. : + 62 24 7616500 Fax. : + 62 24 7601042


Banknya Orang Jawa Tengah

Menjalin Kemitraan Membangun Usaha yang Berkelanjutan Establishing Partnership Developing Sustainable Business


14

SEBENTAR LAGI !

SEMARANG PUNYA PASAR SENI Pemerintah Kota Semarang merancang Pasar Bulu sebagai lokasi wisata belanja bagi pelancong yang telah mengunjungi sejumlah tujuan wisata di kota itu. Gagasan itu muncul untuk menunjang potensi sejumlah daerah wisata yang lokasinya tak jauh dari Pasar Bulu.

P

asar Bulu dirancang sebagai pusat kuliner dan belanja. Ini untuk keseimbangan karena Pasar Bulu dekat dengan Lawang Sewu yang selama ini jadi tujuan wisata dan ikon Kota Semarang,» kata Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoko Sardjoko. Menurut Trijoko, Pasar Bulu yang berada di kawasan Tugu Muda akan menarik perhatian pelancong untuk membeli kerajinan khas ataupun berwisata kuliner. Selain dekat dengan Lawang Sewu, pasar yang telah ada sejak zaman kolonial itu juga tak jauh dari Museum Mandala Bhakti sehingga memudahkan para pelancong untuk menikmati liburan di Kota Semarang. Pasar yang dirancang oleh arsitek kenamaan Herman Thomas Karsten itu mulai direvitalisasi pada 2012. Namun proyek molor dari perkiraan, yang seharusnya selesai pada 2013. Pemerintah Kota Semarang telah mengalokasikan dana pembangunan Rp 4,7 miliar dan bantuan provinsi hingga Rp 9,5 miliar untuk membuat pasar lebih bersih dan tak menimbulkan kemacetan di sekitar Tugu Muda. «Saya yakin tahun ini (2014) bisa digunakan, dan ini akan bermanfaat bagi orang banyak,» katanya. Ekonom dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana, Eko Suseno, menyarankan pengunaan Pasar Bulu untuk wisata belanja harus dilengkapi dengan perencanaan secara khusus. «Yang penting adalah berbasis manajemen pola partisipasi publik,» kata Eko Suseno. Sigid di olah dari berbagai sumber

MEDIASEMARANG/DOK


15

i s a s n Se

Guci Tegal

..................................................................................................................................................................

l u d i K o r o R i a y N di

..............................................................................................................................................................

Bosan dipijat mbak-mbak atau mbah-mbah? Datanglah ke obyek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah!

I

MEDIASE

MARANG/

DOK

.........................................

Arief Firhanusa

................................................................................... ....................

NI bukan promosi gombal. Akhir pekan lalu, beruntunglah Media Semarang diajak Dinkominfo Jateng untuk press tour ke Tegal bersama sembilan awak media lain di Semarang, dengan tujuan utama obyek Guci. Setelah menginap di sebuah hotel yang penuh gelak tawa perempuan di Kecamatan Slawi — yang menerbitkan rasa penasaran kami para jurnalis untuk investigasi (pada bagian lain nanti akan saya ulas juga) — sampailah kami ke Guci, dengan perjalanan selama 45 menit di jalur terjal, meliuk-liuk, dan berbahaya bila licin akibat lumpur yang diseret hujan. Melewati gerbang utama, tampak Guci tak ubahnya obyek wisata pegunungan pada umumnya. Gunung Slamet tampak mengangkang di kejauhan, mengirim semilir bayu yang merasuki tulang. Kami merapatkan jaket saat turun dari mobil. Memasuki kantor pengelola, diterima Staf Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Guci Kastolani, wawancara sebentar dan seperlunya, kemudian kami bergegas ke titik wisata di bagian cekung pegunungan. Menuju pusat keramaian nun jauh di bawah sana untuk memburu sesuatu yang lain ketimbang obyek wisata sejenis, di kiri jalan ada jalur khusus kuda. Ketepak ketepok asing kaki-kaki kuda menyusupkan sensasi lain bagi telinga yang biasa mendengar desing mobil dan amuk majikan di kota besar. Harmoni ini dilengkapi sate kelinci di kanan jalan, berderet dengan ibu-ibu yang menjajakan wortel, kubis, camilan khas Tegal, dan logat “ngapak-ngapak� yang memercikkan senyum. Maka, tibalah kami di gapura terakhir, dengan latarbelakang air terjun tunggal yang volumenya tak seberapa besar dari ketinggian sekitar 15 meter. Dari sinilah saya mulai menyimpulkan bahwa obyek wisata ini didatangi untuk satu tujuan: berendam dan mandi air panas! Ya, terdapat beberapa kolam plus air yang mengucur dari pancuran di Guci ini. Salah satu yang fenomenal adalah kolam air panas 13 pancuran. Di sana begitu banyak orang mengantre untuk sekadar dipancuri air. Air yang konon bisa menyembuhkan segala bentuk penyakit kulit, mulai koreng, hingga panu. Di sungai yang merupakan jalur arus air terjun juga dijubeli pengunjung, mulai orangtua hingga balita. Mereka betah berlamalama tiduran di sela-sela bebatuan dengan pakaian lengkap, atau berbaju renang. Tak sabar ingin mencicipi sensasi, saya mencopoti baju dan celana, kemudian hanya bercelana kolor saja menuju salah satu pancuran 13. Awalnya saya kaget mendapati perubahan udara, tapi lambat laun saya rasakan getaran aneh dari guyuran air hangat itu. Air hangat yang konon bersumber dari gua di daerah kekuasaan dayang Nyai Roro Kidul bernama Rantensari ini seolah membalut saya dalam kemasan nyaman, seperti dipijat dengan lembut sepuluh jari-jari tangan. Saya tidak sedang berpenyakit kulit, namun air hangat tersebut seperti bekerja dari pori ke pori di sekujur tubuh saya. Ajaib, tapi nyata! Guci mulai dibuka untuk umum pada 1974, sebelum dipermak hingga layak dikunjungi orang sampai sekarang. Pada malam Jumat Kliwon banyak orang berendam untuk ngalap berkah. Konon pula, berendam di sana pukul 12 malam bakal dikabulkan permohonannya. Ada sejarah Islam yang melekat di obyek wisata ini, berkaitan dengan misi Walisongo menyebarkan agama Islam. Mau coba dipijat air panas milik orang dekat Nyai Roro Kidul? Datangi saja Guci!

......................................................


Gudeg Bu Dul The Heritage of Traditional Indonesian Food

QUEST HOTEL SEMARANG Alamat: Jl.Plampitan No 37 – 39 Semarang 50138 Nomor Telp: +62 24 3520808 Nomor Fax: +62 24 3581188 Email: semaranginfo@Quest-Hotels.com Reservasi Online, Website: www.Quest-Hotels.com

www.kampoengsemarang.com www.batikcraftcenter.com

Ruko Jati Raya C 6 Banyumanik - Semarang Telp. (024) 7471007 Mobile: 081 666 77 01

Jl. Raya Kaligawe Km.1 No.96 Semarang Phone. (024) 658 0074 (024) 658 0015 Fax. (024) 659 1815 Email. info@kampoengsemarang.com

Semakin mudah mendapatkan buku Yellow Pages dengan beragam cara, antara lain: • Telepon ke (021) 5000 57 • SMS ke 8108 * (khusus untuk pelanggan Telkomsel). • Download gratis via Digital Bookstore (Scoop, Wayang & Scania). • Ambil langsung di kantor MDMedia. *) Syarat dan ketentuan berlaku.


18

3

Televisi Paling Canggih di Kelasnya

Televisi layaknya hanya untuk menonton siaran televisi. Tapi dengan kecanggihan teknologi, kini televisi melebihi kapasitasnya sebagai alat untuk menonton siaran televisi saja.

T

ELEVISI bukan lagi kotak elektronika bergambar hidup yang dipasang di gardu ronda atau langitlangit rumahsakit, melainkan bisa untuk keperluan lainnya seperti memutar lagu dan video melalui alat penyimpan data, mengakses internet, dan sederet fitur canggih lainnya. Maka kemudian muncul sebuah istilah baru di dunia pertelevisian yaitu Smart TV. Banyak produsen televisi berlomba-lomba menghadirkan teknologi canggih di produk mereka. Televisi dengan bentul slim atau kita kenal dengan LCD TV, layar lebar, suara menggelegar adalah hal yang pertama ditawarkan oleh para produsen TV. Kemudian diberi lagi nilai plus sehingga akhirnya sulit membedakan mana TV, mana komputer, atau bahkan mungkin kita berpikir bahwa televisi sekarang adalah penjelmaan smartphone dalam bentuk raksasa. Tiga merk televisi paling canggih di kelasnya, inilah yang akan kita bahas pada tulisan ini. Mengapa hanya mengambil 3 merk saja, karena terlalu luas bila tidak menyajikan dalam satu kelas, sebab terdapat beberapa kelas dalam teknologi pertelevisian. Dan inilah daftarnya. 1. Samsung ES9000 Led TV Samsung adalah salah satu produsen televisi terbesar di dunia, Dari sekian banyak televisi Samsung canggih atau produk unggulan yang menjadi salah satu paling mereka unggulkan adalah ES9000 LED TV. Televisi ini memiliki layar dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, belum ultra HD. Namun demikian ada beberapa fitur yang tidak ada di produk pesaingnya. Misalnya televisi berdesain cantik ini dapat dikontrol dengan suara dan gerakan tangan. Melalui kamera depannya, televisi ini juga dapat mengenali wajah manusia. Samsung memastikan bahwa produknya ini

sebagai Smart TV, maka ditanamkan fitur-fitur diluar kapasitasnya sebagai televisi yaitu televisi ini bisa menjelajah internet dan bermain game. 2. Sharp Aquos 90-Inchi Led TV Merk lain yang tidak mau kalah dengan Samsung adalah Sharp. Sharp pun melahirkan televisi terbaiknya. Seperti ingin benar-benar melampaui samsung, sharp hadir dengan televisi terbesar di dunia yang siap dipasarkan, LC-90LE745U. Layarnya beresolusi full HD 1080 pixel dengan kemampuan tayangan 3 dimensi. Dengan layar super lebar tentu memberikan kepuasan tersendiri kepada pentonton. Fitur canggih lainyapun sama dengan Smart TV yang lain yaitu bisa mengakses internet dengan built in WiFi. Sama seperti Smart TV lainnya, ia dapat mengarungi dunia maya dan mendownload bermacam aplikasi. Namun sayang, bagi orang berkantong kempes televisi ini sangat tidak cocok. Sharp membandrol harga sekitar USD 11 ribu alias di atas Rp 100 juta. 3. LG84LM9600 Nah ini dia televisi paling canggih dari LG. Televisi ini

digadang-gadang sebagai televisi paling hebat dibanding televisi-televisi top lainnya. Saking canggihnya, harga televisi ini lebih mahal dari beberapa mobil baru. Berapa sih? Rp 200 juta! Namun bagi orang tajir, membeli TV ini tidak ada ruginya. Anda benar-benar akan dimanjakan oleh semua teknologi canggih di dalamnya. Resolusinya sudah mencapai 2160p. Ini empat kali lebih tinggi dibandingkan resolusi televisi full HD sehingga tampilan gambar sangat jernih. Seperti halnya televisi high end LG lainnya, televisi mahal ini juga punya fitur Smart TV. Misalnya bisa mengakses internet dan mendownload aplikasi. Di sektor kacamata, masih dipakai kacamata pasif Film Patterned Retarded (FPR). Kacamata ini diklaim punya keunggulan seperti tidak memerlukan baterai dan tidak membuat mata lelah. Nah itu adalah 3 merk televisi paling canggih di kelas orang-orang borju, alias berdompet sangat tebal. Arief Firhanusa


19

Bahaya Mengintai di Balik Alat Bantu ML

Alat bantu ‘ML’ sudah di gunakan selama bertahuntahun, banyak kelompok dan individu menegaskan bahwa mainan seks (sex toys) berbahaya. Benarkah ?

H

ANYA ada sedikit riset tentang penggunaan mainan seks. Namun, riset tersebut tidak menunjukkan bahwa mainan seks berbahaya bila digunakan dengan benar, bahkan jika sering digunakan dan dirawat dengan baik. Berikut adalah beberapa klaim paling populer tentang mainan seks yang dianggap berbahaya. Mencederai Penelitian yang menunjukkan bahwa luka bisa terjadi saat pasangan menggunakan mainan seks tergolong langka dan sebagian besar mengatakan tidak berbahaya. Cedera akibat mainan seks harus dibedakan dari luka akibat menggunakan sesuatu yang dimaksudkan untuk menggantikan fungsi mainan seks, seperti sikat gigi listrik, botol, dan sebagainya. Beracun Fokus pembicaraan teranyar seputar mainan seks adalah bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya, terutama penggunaan phthalates pada vibrator plastik lembut dan dildo. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa phthalates mempunyai efek beracun pada bayi (dan kebanyakan pada tikus), jadi sebaiknya hindari mainan seks berbahan phthalates, meski belum cukup bukti bahwa phthalates memiliki risiko langsung pada mainan seks. Menyebabkan Infeksi Jamur Sampai saat ini, tidak ada penelitian yang dipublikasikan untuk melihat dampak mainan seks terhadap infeksi jamur. Infeksi jamur memang sangat umum, dan masuk akal bila sebagian mainan seks yang digunakan dengan cara tertentu, dapat meningkatkan kemungkinan infeksi jamur, khususnya bagi seseorang yang sudah rentan terhadap keluhan tersebut. Pengaruh infeksi jamur akibat penggunaan mainan seks, termasuk iritasi terhadap gesekan, reaksi alergi, dan infeksi kandung kemih.

Bikin Ketagihan Kecanduan mainan seks tidak lebih nyata dari kecanduan pada gambar porno di dunia maya (atau kecanduan seks pada umumnya). Kedengarannya menakutkan dan berbahaya, tetapi sebenarnya hal tersebut tidaklah selalu benar. Yang benar adalah jika Anda menggunakan mainan seks, Anda akan semakin mahir. Dan begitu Anda mahir orgasme dengan satu cara, di hampir semua kasus, Anda ingin menikmati orgasme dengan seribu cara lain. Kuncinya, Anda penasaran ingin mencoba. Bahaya untuk Seitivitas Sesual Mainan seks, khususnya vibrator, dapat menyebabkan mati rasa sementara, khususnya ketika alat tersebut cukup powerfull dan digunakan untuk jangka panjang. Namun, anggapan mati rasa kemudian menguap karena tidak ada bukti bahwa mainan seks menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan kerusakan sementara terhadap sensitivitas seksual. Arief Firhanusa


20

MEDIA SEMARANG/DOK

EVOLUSI TAS

Dari Kayu hingga Ransel Kapan sejarah tas bermula? Apakah Anda sadar bahwa tas yang sehari-hari Anda cangklong telah ada sejak zaman purba?

T

entunya tak ada yang tahu kapan pertama kali tas ditemukan. Maklum, selama ini kita menggunakan sesuatu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa membawa barang bawaan, yang dinamakan “tas” tadi, tanpa pernah diberi pelajaran sejarah kapan tas pertama ditemukan oleh manusia. Sejarah awal mula tas mungkin berawal pada jaman prasejarah. Saat itu tas masih menggunakan kulit dan kayu sebagai bahan dasar. Tas yang terbuat dari kulit dipergunakan untuk membawa bahan makanan, sedangkan yang terbuat dari kayu biasanya untuk membawa batu atau kayu potong. Baru pada abad ke-14 bahan yang digunakan untuk membuat tas mengalami pengembangan dari yang sebelumnya kulit dan kayu, menjadi kain, vinyl, dan kulit sintetis. Mengapa kulit sintetis digunakan untuk membuat tas, sebab bahan tersebut dapat menjadi alternatif pengganti kulit asli ketika bahan kulit asli sedang habis. Tas yang terbuat dari kertas juga digunakan orang Cina pada masa Dinasti Tang, mereka menggunakan tas itu untuk menyimpan benda halus seperti bubuk teh atau menyimpan benda ringan lainnya. Pada abad ke-14 ini pula tas digunakan untuk menyimpan benda berharga, seperti jam, kitab, dan perhiasan. Pada masa ini rata-rata tas memiliki tali

yang panjang serta digantungkan pada korset. Panjang tali tas pada masa itu disesuaikan pada gaya hidup pemakainya. Kaum perempuan pada abad itu menyukai gaya tali yang disebut “tasques” Sejarah Tas Abad Pertengahan Di Mesir orang-orang memakai tas pinggang kemanapun mereka pergi. Tas pinggang tersebut diikatkan kencang di pinggang mereka. Sulaman dan perhiasan yang ada pada tas tersebut, menunjukkan status sosial mereka, karenanya semakin sulit tas tersebut dibuat maka makin tinggi statusnya. Pada abad ke-15 muncul inovasi bernama “the seal bag”, yakni tas yang paling terkenal dan populer pada masa itu. Pada abad ke-16 handbag dibuat untuk keperluan sehari-hari. Handbag pada saat itu terbuat dari bahan kulit dengan tambahan kancing pengikat dibagian atasnya. Pada masa ini tas travel diciptakan lebih besar dari biasanya dan dipergunakan oleh para travel dalam posisi menyilang. Pada abad ke-17 perkembangan tas menjadi lebih bervariasi, model yang terkenal pada masa ini adalah tas kecil yang dibawa pada beragam kesempatan. Para wanita membuat sulaman tas yang sangat cantik dan unik, biasanya ini dikhususkan untuk pernikahan mereka. Sejarah Tas Handbag Pada abad ke-18 seiring dengan penemuan kereta uap dan perkembangan tren busana neo-classical, membuat tas tangan menjadi lebih berkembang bukan hanya sebagai pembawa barang tapi juga membawa aksesoris kecantikan bagi para wanita. Dalam abad

ini juga ditemukan koper yang digunakan untuk berpergian. Pada abad ke-19 penggunaan kata handbag mulai ditujukan pada tas yang dibawa dengan cara dijinjing dan biasanya dibawa oleh pria. Hal ini merupakan cikal bakal dan inspirasi untuk tas yang akhirnya populer dikalangan wanita. Tepatnya pada tahun 1920 yang menunjukkan revolusi tas dalam dunia fashion, dimana penggunaan tas tidak harus selalu sesuai dengan pakaian yang dipakai. Pada abad ini juga mulai dibentuk tas-tas rucksack militer yang dipergunakan untuk perang, tas ini dikhususkan bagi para tentara untuk membawa perlengkapannya ke medan perang. Unsur minimalis juga mulai masuk ke tren busana pada tahun 1940an, dimana hal ini berpengaruh terhadap handbag. Pada tahun 50-an muncul cikal bakal tas legenda seperti Hermes, Chanel, dan Louis Vuitton. Mereka-lah cikal bakal tas berukuran kecil yang dianggap sebagai lambang feminimitas. Mulai pada tahun 1960-an sampai sampai sekarang tas semakin ke gaya yang lebih anak muda, dan juga material yang dipakai menjadi lebih beragam. Seperti material denim yang dipakai oleh brand Lomberg. Tas Lomberg memakai bahan dry denim sehingga selain lebih kuat untuk material tas, juga dengan pemakaian dalam waktu lama membuat denim menjadi fading dan mengeluarkan corak asli sesuai pemakaian. Kedepannya industri tas baik di dunia maupun Indonesia akan semakin berkembang. Mari bersama memajukan industri tas Indonesia ke mancanegara! Arief Firhanusa


21

7 Tas Laptop Keren

untuk Wanita Karier

Madison Tote. Nuansa hitam perak ditampilkan dengan sempurna oleh Madison Tote. Tetapi tidak hanya itu, penampilannya yang langsing bagaikan wanita karier yang juga langsing menyiratkan wanita karier yang mungil dan lincah bergerak.

Bagaimana cara memilih tas laptop yang baik untuk wanita?

M

ungkin Anda bertanya, mengapa mesti bingung memilih tas laptop? Bukannya sama aja? Yang penting laptop bisa masuk, kan? Tidak sesederhana itu rupanya. Yang jelas wanita, apalagi jika Anda wanita karier, pasti punya warna sendiri sesuai selera untuk menyembunyikan komputer jinjing itu. Berikut ini tujuh tas ideal untuk Anda sebagai wanita karier, yang aman untuk menyelipkan laptop dari incaran maling, juga modis dan berkelas. Avion Laptop Bag. Tas laptop Avion menggabungkan fungsionalitas dan gaya, dan tentu saja tas laptop dengan nuansa feminin yang sangat kuat. Hal yang benar-benar menarik di sini adalah sentuhan-sentuhan kecil, misalnya zipper menarik dalam bentuk pembuat ‘P’ dan detail-detailnya benar-benar membuat tas ini cantik. Susan G. Komen Laptop Bag. Tas lapto yang kedua yaitu Susan G. Komen, jelas merupakan suatu

Lexie Barnes Echo 13 Bali Hai. Tas ini memiliki desain yang sangat asli dalam hal ini lebih mirip sebuah tas bahu besar, daripada casing laptop. Bahan tahan air dan kompartemen interior yang meyakinkan untuk melindungi laptop Anda, dan sistem dual penutup ritsleting memberikan tambahan kemudahan penggunaan. Dengan dua kantong luar ada banyak ruang untuk aksesoris, dan hal yang menarik tentang tas ini adalah bahwa ia hanya berbobot 1,3 kg, sehingga sangat ringan untuk dibawa.

Moonsus Allure 12”Computer Bag.

Allure Moonsus adalah sebuah tas laptop yang lebih mirip salah satu gaya tas yang lebih tua daripada standar tas laptop jaman ini. Ini akan menjadi pasangan yang sempurna jika Anda memiliki laptop ultra portabel, atau sebuah notebook input pena. Tas ini terbuat dari kain Jacquard, dengan trim dari kulit berbutir Eropa untuk menawarkan sedikit tambahan nilai chic. Laptop Anda akan dilindungi di lengan aman, dan ada banyak ruang ekstra untuk aksesoris, dan pada bobot 2 pound, 10 ons masih relatif ringan. Clava Laptop Tote. Pilihan akhir adalah tas laptop Clava. Tas ini menawarkan lebih daripada sekedar dari pandangan mata anda. Dapat menampung laptop yang lebih besar, tetapi masih memiliki ruang yang cukup untuk semua aksesori dan file Anda. Sebuah fitur yang bagus dari tas ini adalah sepenuhnya lengan removable yang menambahkan unsur perlindungan tambahan, bersama dengan interior yang sepenuhnya empuk. Mana yang Anda pilih? Arief Firhanusa

Sienna Messenger Style Laptop Bag. Sienna Messenger Style tas laptop Gaya dengan nuansa ‘girly’! Tas ini sangat kokoh, dan pasti sangat baik untuk melindungi laptop, tetapi juga terlihat sangat modis berkat brokat sutra bagian luar. Tali bahu empuk juga membuatnya nyaman untuk dibawa bahkan walaupun laptopnya agak berat. Secara keseluruhan ini adalah tas yang sangat stylish. MEDIA SEMARANG/DOK

MEDIA SEMARANG/DOK

tas laptop bagi perempuan, terlihat sangat feminin seperti yang terbuat dari suede merah muda, sehingga pasti akan membuat tambahan khusus untuk wanita agar dinamis bergerak. Tas ini aku suka karena tidak hanya tampak hebat dalam melindungi laptop Anda, tapi bagian lain yang menarik adalah penampilannya yang meyakinkan.


22

Setelah Lebaran nanti, dipastikan musim kawin tiba. Sudahkah Anda yang tengah menunggu momen spesial itu membayangkan bagaimana pelaminan Anda?

D

alam mempersiapkan acara pernikahan, banyak yang harus matang dipersiapkan, mulai dari menyusun kepanitiaan, memilih vendor wedding yang terbaik serta memilih tema wedding yang tak terlupakan. Namun ada beberapa hal pula yng harus dicermati terutama sajian dekorasi pernikahan serta dekorasi pelaminan. Tidak ada aturan yang pasti bahwa dekorasi pelaminan harus menggunakan bunga segar jadi carilah alternatif untuk mengkombinasikan dekorasi bunga segar dengan beberapa rangkaian bunga artificial atau bisa disiasati dengan mencari tema dekorasi pelaminan full gebyok atau minimalis tanpa menggunakan rangkaian bunga di pelaminan. Hal itu sah-sah saja didalam dekorasi pelamianan. Berikut beberapa tips dekorasi pelaminan yang diperuntukkan bagi Anda yang sedang mempersiapkan resepsi pernikahan. Jika memang harus menggunakan bunga segar diseluruh pelamianan bisa dengan menyesuaikan tema warna bunga serta jenis bunga yang sesuai sehingga pada saat dirangkai bunga tersebut terlihat anggun walaupun banyak menggunakan bunga jenis lokal. Siapkan tema dekorasi yang diinginkan dengan menyesuaikan karakter kedua mempelai dengan mengusung tema yang kuat dan tidak berkesan

asal-asalan sehingga tamu yang akan melihat dekorasi pelamiananpun akan berkesan dengan sajian dekorasinya. Temanya bisa tradisional, internasional, modern, garden, vintage ataupun custom seperti tema Indonesian Colonialsm, carnaval, safari, dan sebagainya. Jenis bunga saat ini sangat beragam, mulai dari yang impor, bunga lokal kualitas bagus, serta bunga lokal kualitas standart. Kalau memang harus menggunakan bunga Import siasati dengan mengkombinasikannya dengan bunga lokal agar tetap terlihat cantik. Hal penting lainnya yang mempengaruhi penggunaan bunga adalah style dari rangkaian itu sendiri, ada yang full dÊcor, dan ada juga yang memanfaatkan standing flower untuk dekorasi bunga di pelaminan seperti vas bunga besar yang diletakkan di belakang pengantin. Trend saat ini banyak orang yang ingin melangsungkan resepsi pernikahan dihari-hari penting seperti valentine’s day dan beberapa tanggal cantik seperti tanggal 10-112012 atau 12-12-2012 yang sudah berlalu. Tapi harus diingat bahwa dihari-hari tersebut kecendrerungan harga bunga menjadi sangat mahal karena banyaknya yang melangsungkan acara dan juga langkanya bunga di pasar bunga. Untuk itu disarankan untuk menghindari memesan bunga pada hari-hari tersebut.Tapi banyak juga yang tetap melangsungkan resepsi pada hari-hari tersebut karena acara wedding saat ini juga menjadi ajang bergengsi dikalangan orang-orang tertentu. Dalam satu paket dekorasi ada beberapa area yang harus didekor dan ada juga yang tidak perlu, untuk itu maksimalkan saja penggunaan bunga pada area tertentu seperti pelaminan, meja VIP, area catering, dan Foto Booth saja. Semua itu bisa disesuaikan dengan budget yang ada. Yang perlu diperhatikan juga adalah saat ini pengunaan gedung resepsi ada yang digunakan dua

kali dalam satu hari (babak 1 dan babak 2) ada baiknya anda mengetahui hal tersebut, melihat proses pergantian vendor-vendor yang ada jangan sampai menghambat acara resepsi anda, Jika acara resepsinya berlangsung di babak ke-2 usahakan bunga yang akan digunakan tetap segar,mekar dan harum dari mulainnya acara berlangsung sampai dengan selesai. Biasanya 1 atau 2 mingu sebelum hari H diadakan technical meeting atau rapat koordinasi calon pengantin, keluarga, panitia dan vendor weddingnya. Pastikan tema dekorasinya senada dengan dekorasi catering, baju pengantin serta music yang akan disajikan nantinya sehingga tema weddingnya menjadi satu kesatuan. Untuk sempurnanya dekorasi pelamian carilah reverensi dĂŠcor sebanyak-banyaknya dan pilih vendor dekorasi yang benar-benar professional yang siap membantu anda dari persiapan sampai dengan hari H dan jangan segan-segan untuk meminta perincian biaya, detail dekorasi serta layout dekorasi yang disesuaikan dengan layout gedung yang akan digunakan. Arief Firhanusa

MEDIA SEMARANG/DOK


23 Semoc (Semarang MOesang Community)

Pesona Mata Indah Mamalia Menjadikan anjing, kucing, atau ular sebagai hewan peliharaan mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika musang yang jadi kesayangan? Mamalia ini lah yang dipilih anggota Semarang Moesang Community (Semoc).

S

eeokor musang hitam, tampak santai bermain di pundak Rina. Sesekali, musang Lombok itu lincah berpindah tempat. Berjalan dari lengan kanan ke lengan kiri perempuan yang berbalut jaket kulit warna cokelat itu. Malam itu, akhir pekan lalu di depan kantor Dinas Sosial Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, tak hanya Rina yang asyik bermain-main dengan musang. Interaksi sama juga dilakukan belasan orang yang membawa musang berbagai jenis. Setiap malam Minggu, pecinta musang di Semarang kumpul di sana. Para pecinta musang di Kota Lunpia tergabung dalam Semoc. Meski cikal bakalnya sudah lama terbentuk, Semoc baru diresmikan Minggu, 19 Mei 2013 di Taman KB Semarang. “Kami kumpul-kumpul sudah lama, tapi resmi pakai nama Semoc baru kemarin Minggu itu. Sekalian meresmikan lambang komunitas juga,” kata Dwi, anggota TNI yang berdinas di Kodam IV Diponegoro, Kertua Semoc. Dwi menunjukkan siluet musang dengan latar belakang Tugu Muda yang menjadi logo Semoc. Kendati tidak mengenal struktur organisasi resmi, Dwi didaulat sebagai Tetua atau Kepala Suku Semoc. Dedengkot Semoc lain, Eko Junianto mengatakan, berdirinya Semoc bermula dari pertemuan empat orang pecinta musang dan tiga ekor musang. Awal 2011, dia dan Heru sering memosting gambar dan segala sesuatu tentang musang di facebook (FB) serta sosial media lainnya. Respon dari beberapa teman di dunia mayapun berdatangan. Mereka tertarik mengenal musang lebih jauh. “Sosisalisasi itu kami mulai dari sosial media,” kata pria berkacamata yang akrab disapa Juni ini. Namun, besarnya respon didunia maya tidak sebanding saat mereka diajak kopi darat (bertemu secara langsung). Saat pertemuan dijadwalkan di Car Free Day (CFD) suatu Minggu di Car Free Day di kawasan Simpanglima, hanya empat orang hadir. “Dari empat orang itu, hanya tiga yang punya musang,” lanjut warga Kebonharjo, Tanjung Mas, Semarang Utara itu. Meski begitu, dia tidak patah arang. Sosialisasi lewat media sosial tetap dilakukan. Kegigihannya pun berbuah manis. Kini, anggota Semoc mencapai lebih dari tiga puluh orang. Mereka rutin berkumpul tiap Sabtu malam (malam Minggu) di depan Kantor Dinas Sosial Jawa Tengah. Bahkan, saat Semoc diresmikan, mereka berhasil menghadirkan ratusan anggota Comunitas Pets Musang Indonesia (CPMI) dari berbagai penjuru Nusantara. Itu menjadi gathering CPMI pertama tingkat nasional. “Yang datang di antaranya dari Lampung, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, dan kotakota besar lainnya di Indonesia,” ucapnya bangga. Arief Firhanusa

MEDIA SEMARANG/DOK


24

Sinar mentari menembus awan tipis yang menggelaut di langit membuat suasana panas menjadi sedikit sejuk. Arus lalu lintas pagi itu di daerah Ngesrep, tidak terlalu ramai sehingga mempermudah Media Semarang bertandang ke kantor Gumilang Febriansyah Wisudaranto di Jl Prof Sudarto no. 101 Banyumanik.

P

ENGUSAHA muda kelahiran 19 Februari 1982 tersebut memulai usahanya di bidang property ketika masih menimba ilmu di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Bisnis property digeluti dari skala kecil. Misalnya, membeli tanah yang hanya cukup untuk membangun beberapa rumah. Setelah laku terjual ia membeli lagi dan seterusnya hingga berkembang menjadi usaha yang tergolong menengah. Bisnis property di Yogyakarta itu berlangsung hingga tahun 2007 saat Yogyakarta diguncang gempa. Beruntung, rumah yang dibangun baru type percontohan. Hanya pagar keliling lokasi perumahan yang rontok dihajar gempa. “Terakhir saya bangun 30 unit rumah type 70 ke atas untuk kelas menengah ke atas. Dan, sampai sekarang masih saya teruskan di lokasi baru lagi,” ujar Febri, sapaan akrab Gumilang Febriansyah Wisudaranto. Fabri menamatkan pendidikannya di UII tahun 2004 lalu kembali ke Semarang. Kemudian mempersunting Flora Melani. Mereka dikarunia dua orang anak laki-laki, yakni Farel Arkam Maulana dan Fabir Galang Ramadhan.

Jiwa bisnisnya tidak pudar sekembali di Semarang. Febri lalu membuka usaha Warung Internet (Warnet) di Jl Prof Sudarto alias Jl Ngesrep Timur V no. 101. Usaha Warnet itu digeluti selama tujuh tahun. Warnet kemudian ditutup. Sebagai gantinya, Fabri membuka Café di tempat yang sama hingga sekarang. “Cafenya itu sekarang sedang kita tata kembali agar lebih representatif dan menarik,” papar Febri. Febri pun masih menggeluti bisnis property. Tapi kali ini ia tidak membangun kawasan perumahan. Tapi bertindak sebagai kontraktor dan pengadaan barang. Dan, juga Mechanical Electrical (ME). Menurut Febri, merantau di Yogyakarta selama menimba ilmu di Universitas Islam Indonesia telah membentuk dirinya menjadi orang yang memiliki kepribadian dan kemandirian. Karena, selama di Yogyakarta bisa bergaul dan mengenal lebih banyak orang dengan kepribadian yang berbeda dari berbagai daerah di Indonesia. “Karena Yogyakarta merupakan kota pendidikan atau kota pelajar, sehingga kita bisa banyak belajar tentang perbedaan dan keaneragaman. Dari situlah kita menemukan kepribadian kita. Siapa kita sebenarnya. Itulah yang saya maksudkan tadi dengan pembentukan kepribadian dan kemandirian yang akan mendorong kita untuk terus maju dan melangkah dalam mengarungi kehidupan,” katanya Febri yang berhobi olahraga, khususnya sepakbola dan golf serta fitness itu mengaku bangga dengan apa yang ia lakukan sekarang. “Hal yang paling mengesankan selama kuliah di Yogyakarta adalah hidup dari hasil keringat sendiri. Dan, dari sanalah berbagai usaha kini saya geluti,” paparnya. Febri tidak hanya sibuk dengan berbagai bisnis yang digeluti. Tapi juga senang berorganisasi. Kini Febri tercatat sebagai Ketua I Bidang Organisasi Hipmi Jawa Tengah. Sementara di tingkat Kota Semarang, Febri giat sebagai pengurus KNPI, Ormas Pemuda Pancasila dan Ketua Karang Taruna. Mesker Md


25

Inilah Artis-artis Indonesia Terkaya Siapa artis idola Anda? Mungkin ia adalah seorang yang masuk dalam jajaran artis-artis terkaya Indonesia saat ini.

M

ENJADI artis memanglah tidak mudah, infotaiment mengintai dimana-mana, jadwal syuting yang padat dan belum lagi tawaran job disana sini yang mengharuskan seorang artis berepnampilan ekstra maupun memiliki fisik yang kuat. Dengan perjuangannya yang besar ini, tidak heran jika bayaran artis melebihi bayaran para pejabat maupun petinggi negara. Sekali tampil di acara on air maupun off air, artis papan atas bisa meraup bayaran hingga puluhan bahkan ratusan juta, belum lagi bisnis yang dijalankannya setiap bulan memberikan hasil yang melimpah. Jadi tidak heran jika para artis memiliki kekayaan yang tidak biasa. Dan berikut namanama artis yang disinyalir memiliki bayaran fantastis dengan kekayaan yang fantastis pula dibandingkan para artis lainnya. a. SULE Siapa tak kenal Sule? Artis dengan rambut pirang dan juga khas dengan gayanya yang sederhana sebagai komedian, pembawa acara, bintang iklan dan juga penyanyi ini memiliki kekayaan yang sungguh luar biasa. Jadwalnya yang padat dan hampir ada di setiap acara televisi ini, tidak mengherankan jika Sule seorang artis besar berhatikan sosial ini merupakan salah satu artis terkaya Indonesia. b. ANJASMARA Lain lagi dengan seorang lelaki tampan satu ini, suami dari artis cantik Dian Nitami ini meskipun akhir-akhir ini jarang terlihat di acara televisi ia tetap aktif dalam dunia bisnis dan sesekali masih menggeluti dunia keartisannya. Bisnisnya yang semakin berkembang, menjadikan Anjasamara artis terkaya Indonesia selanjutnya.

c. OLGA SYAHPUTRA Anak muda dengan segudang prestasi dalam dunia keartisan dan sebagai host salah satu acara televisi terdahsyat ini disinyalir menduduki kursi di jajaran artis terkaya Indonesia. Jadwalnya yang padat di hampir setiap stasiun televisi ini membuat Olga memiliki bayaran yang fantastis setiap kali penampilannya baik sebagai pemabawa acara, bintang tamu reality show, ataupun sebagai komedian. d. SYAHRINI Artis berparas cantik dengan segudang sensasi ini tidak mau kalah dengan artis-artis lain. Tampilannya yang setiap kali terlihat galmor dan menawan ini tentu sudah membuktikan bahwa ia seorang artis dengan bugdet tinggi dalam sekali manggung. Selain menjadi atis, ia juga menggeluti dunia bisnis keluarga dan pastinya kita tidak lagi heran jika ia merupakan salah satu artis terkaya Indonesia. e. TUKUL ARWANA Muka ndeso rejeki kutho, memanglah pepatah yang pas untuk artis dengan bakat komedian, pembawa acara dan bintang iklan satu ini. Mengawali karir dengan perjalanan yang berat, kini Tukul bisa menikmati usahanya karena ia termasuk artis terkaya dengan bayaran yang fantastis setiap kali acara. Selain dari dunia keartisan, bisnis properti telah dijalnkan beberapa tahun terakhir dan kini ia merambah bisnis kuliner bakso Tukul Arwana. Dari sebagian artis-artis terkaya Indonesia di atas, masih banyak lagi artis lain yang memiliki kekayaan fantastis. Selain dunia keartisan yang membuatnya kaya, banyak artis yang mulai merambah dunia bisnis bukan hanya di Jakarta tetapi juga di kota-kota wisata lain seperti Yogyakarta, Bandung dan Bali. Arief Firhanusa

10 Artis Termahal di Indonesia (hingga awal 2014) 1. Dude Harlino: 45-50 juta/episode 2. Tukul Arwana: 35-40 juta/show 3. Tantowi Yahya: 30-35 juta/show 4. Deddy Mizwar: 26-31 juta/episode 5. Naysilla Mirdad: 25-30 juta/episode 6. Marshanda: 25-28 juta/episode 7. Baim Wong: 25-27 juta/episode 8. Rosianna Silalahi: 25-27 juta/ episode 9. Shireen Sungkar: 20-25 juta/ episode 10.Teuku Wisnu: 20 juta/episode


FDA

PT. FAEDAH DARI ALAM Perum Perwira Jl. Diponegoro II No. 8A Banyumanik Semarang Asli Dari Sumber Mata Air Gunung Uangaran

PT. ASURANSI WAHANA TATA Jl. Suari No. 7 A - B - C Semarang (Supliyer Air Gunung Ungaran) No. Telfon Kantor : 024 - 70709247 Marketing : 024 - 70279299

Phone: +62 24 354 99 78 Fax: +62 24 354 9923

No. Telfon Kantor : 02470709247 Meneger: 08979330009


27 TEMPAT HIBURAN / KARAOKE / WISATA E-Plaza

(024) 845 2293

Babyface

(024) 76636555

Liquid

(024) 3584202

Inul Vista

(024) 352 1532

Live Karaoke

(024) 356 2058

Starquen

(024) 351 0626

Rendezvous

(024) 356 7788

Executive Club

(024) 841 0215

Family Fun

(024) 831 0163

Happy Puppy

(024) 831 6163

BELLA Lounge & Executive Karaoke

(024) 7479711

Water Blaster

(024) 850 0030

RUMAH MAKAN / CAFE / RESTO

Opak merupakan semacam krupuk yang sering disebut sermier dengan bahan dasar ketela dan tepung terigu, berbentuk bulat. Opak digunakan sebagai pengganti piring atau mangkuk dalam menyajikan bubur. Tekstur opak yang keras akan menjadi lunak ketika dia digunakan sebagai alas bubur.

B

ubur yang digunakan untuk bubur opak tidaklah berbeda dengan bubur lainnya, terbuat dari beras dan santan ditambah daun salam untuk memberikan aroma yang sedap. Ketika Anda berada di Bandungan tentunya akan menemukan perbedaan dalam penyajian bubur, yaitu dengan ditambahkan opak sebagai tempatnya. Di Bandungan bubur menjadi layaknya menu sarapan, selain pecel gendar. Ketika Anda berjalan-jalan dipagi hari, maka akan dengan mudah menemukan bubur opak Bu Susanti di Bandungan.

Harga yang murah sekaligus dapat digunakanuntuk pengganjal perut yang lapar menjadi alasan mengapa banyak orang berdatangan menikmatinya di pagi hari. Hanya dengan harga tujuh ribu rupiah hingga lima belas ribu rupiah tergantung menu yang dipesan, makaAnda bisa menikmati sedapnya bubur aLa Bandungan ini. Bubur opak biasanya dipadukan dengan lauk bakwan goreng atau tahu goreng, Anda pun bisa memilih sendiri sebagai pelengkap lauk yang disukai, seperti sayur lodeh, sayur kikil, sayur terik,

sambel goreng telor, pecel, srundeng, ayam goreng, opor dan tidak ketinggalan sambel pecel sebagai penambah rasa pedas. Untuk anak kecil bubur opak sering ditambahkan kincho, yaitu semacam kuah kental yang terbuat dari gula aren yang berwarna coklat. Menu ini biasanya digunakan oleh anak kecil sebagai menu sarapan. Bubur opak Bu Susanti dapat Anda nikmati saat pagi hari,arah Pasar Bandungan sebelum Pasar Kembang mulai pukul 02.00 WIB sampai jam 07.00 WIB. Sebagai pelanggan tetap bubur opak adalah para wisatawandan para pedagang sayuran. Para wisatawan yang kebetulan sedang berlibur di Bandungan, karena ingin mengetahui ciri khas daerah itu menyempatkan diri untuk menikmati sarapan pagi bubur opak. Para pedagang sayuran yang sudah berkegiatan pada dini hari untuk berjualan sayur di Kabupaten Semarang sebelum berangkat berjualan mereka biasanya sarapan bubur opak karena harga yang terjangkau dan rasa yang nikmat.

Gudeg Bu Dul

(024) 7471007

Viavo

(024) 354 8333

Pizza Hut

(024) 8411 868

My Kopi-O

(024) 850 9660

Warung Leko

(024) 355 0066

D’Cost

(024) 351 1116

Papa Ron’s Pizza

(024) 865 79059

Ayam Gepuk

(024) 845 6357

Kampung Laut

(024) 761 7289

Ikan Bakar Cianjur

(024) 850 3399

Warkop TUN-JANG

(024) 7658 0308

Lombok Idjo

(024) 356 6821

Super Penyet

(024) 355 2613

Kampoeng Semarang

(024) 658 0015

Gama Candi

(024) 850 1616

SALON / KLINIK KECANTIKAN / SPA Semesta Beauty Clinic

(024) 356 2081

Natasha Skin Care

(024) 8507747

Griya Cantik Tiara

(024) 7066 6677

Stefanie Health & Skin Care

(024) 702 77027

Shangri-la Salon

(024) 354 0505

Ketika mengkonsumsi bubur opak Anda juga dapat menggunakan tepian dari bubur opak sebagai sendok.Bahkan saat bubur sudah habis bukan berarti harus membuang opaknya, tetapi Anda bisa melipatnya sehingga opaknya bisa dimakan layaknya crepes. Jangan sungkan untuk meminta tambahan sambel pecel supaya rasa opak Anda semakin nikmat. Jika Anda berkunjung ke Bandungan di pagi hari.Tidak ada salahnya Anda mencoba sarapan dengan bubur opak Bu Susanti, karena harganya yangmurah, khas, unik, enak, dan kenyang untuk melengkapi wisata kuliner Anda di Bandungan. Selamat mencoba. Rhemha, Dedy,Nico,Nova,Sarmono dan Firman/ Mahasiswa USM Semarang

MEDIA SEMARANG/DOK


28

Sensasi Ikan Bakar Khas Makassar Di Rumah Makan

Idaman

New

Anda pecinta ikan bakar ala Makassar? Anda tidak perlu terbang ke Makassar, Sulawesi Selatan. Tapi cukup mampir di Rumah Makan New Idaman di Jl Permata Hijau Blok AA No. 2 Semarang Utara. Karena, rumah makan ini merupakan rumah makan spesialis ikan baker khas Makassar.

R

UMAH Makan New Idaman memang merupakan rumah makan khusus makanan laut dengan menu utama Ikan Bakar Khas Makassar. Berbagai jenis menu ikan bakar bisa dijumpai di rumah makan yang setiap hari buka mulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Selain itu, rumah makan ini juga menyediakan berbagai jenis ikan, baik hasil tangkapan nelayan Semarang maupun yang didatangkan khusus dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sebut saja Ikan Lodi. Ikan ini didatangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ikan ini lebih enak kalau dibakar. Begitu juga Ikan Kerapu, Ikan Malas, Ikan Jelawat, Ikan Kaneke. Sama halnya dengan Ikan Lodi, Ikan Kerapu Macan, Ikan Jelawat, Ikan Kaneke dan Ikan Malas lebih enak dan gurih kalau dibakar. Cara memasak atau membakar ikan-ikan tersebut pun tidak asal bakar. Tapi mengadopsi cara membakar ikan ala Makassar yang bisa dijumpai antara lain di Pantai Losari, Makassar. Rumah Makan New Idaman menawarkan ikan baker ala Makassar dengan berbagai jenis sambal yang bisa menambah rasa nikmat. Jenis sambal yang ditawarkan antara lain sambal mentah yang baru diulek saat dipesan, seperti sambal terasi dan sambal tomat. Kemudian sambal cobek yang sudah digoreng. Ada juga sambal kacang yang bisa dinikmati bersama otak-otak ikan tenggiri. Selain ikan baker, Rumah Makan New Idaman juga menyediakan menu ikan goreng dan steam. Misalnya, Ikan Kerapu Macan, selain dibakar, ada juga yang digoreng dan disteam. Bahkan, ada sup ikan kerapu. Begitu juga Ikan Lodi yang didatangkan dari Makassar, selain dibakar, juga digoreng. Serta Ikan Papakulu, juga selain dibakar ada juga yang digoreng. Ikan Malas

FREE TA’JIL SELAMA BULAN RAMADHAN,

khusus disteam dan Ikan Jelawat khusus untuk dibakar. Rumah Makanan New Idaman sangat cocok untuk keluarga atau bersama rekan bisnis atau bersama rekan komunitas untuk merayakan ulang tahun atau arisan dan sejenisnya. Bahkan untuk berbuka puasa bersama, karena semua menu di rumah makan tersebut halal. Fasilitas ruangan yang mampu menampung hingga 80 orang dan ada juga ruangan khusus untuk keluarga dan para perokok, sangat cocok untuk semua kegiatan tersebut. Kualitas pelayanan dan kualitas menu makanan merupakan prioritas pengelola Rumah Makan New Idaman. Artinya, penikmat makanan laut alias seafood bisa memuaskan seleranya dengan kualitas makanan yang prima dengan rasa sensasi yang menggoyang lidah. Bisnis kuliner atau rumah makan, konon tak akan terguncang krisis ekonomi seklipun. Tapi bisnis ini akan bangkrut bila kualitas pelayanan dan kualitas makanan diabaikan. Dan, pemilik serta pengelola Rumah Makan New Idaman memahami betul masalah tersebut. Bagi mereka, kualitas dan kreatifitas merupakan kunci keberhasilan bisnis kuliner atau rumah makan.

Contoh konkrit dari upaya menjadi kualitas makanan tersebut adalah kondisi ikan yang ditawarkan dalam menu. Hampir semua ikan yang ditawarkan dalam menu merupakan ikan hidup yang dilepas dalam kolam penampungan. Ikan-ikan itu baru akan ditangkap bila ada pesanan. Karena, pemilik dan pengelola Rumah Makan New Idaman tahu betul bahwa Ikan yang masih hidup dan ditampung di kolam penampungan berbeda kualitas dan rasa dibandingkan ikan yang disimpan dalam lemari pendingin. Inilah komitmen pengelola Rumah Makan Idaman untuk menjadi kualitas makanan atau menu agar tidak mengecewakan penikmat makanan laut. Anda ingin bukti, janganlah segan mapir di Rumah Makan New Idaman dan nikmatilah ikan segar yang masih menggelempar saat akan digoreng atau dibakar.

JAM BUKA PUKUL : 11.00 - 16.00 WIB, 18.00 - 22.00 WIB

Mesker Md


29

Bisnis Café di Kota Semarang belakangan ini tumbuh bak jamur dimusim penghujan. Karenanya, dibutuhkan kreatifitas untuk memenangkan persaiangan ayang semakin ketat. Kualitas menu yang ditawarkan dan kualitas pelayanan serta fasilitas yang disediakan merupakan bidang yang memerlukan perhatian serius untuk memenangkan persaiangan tersebut.

I

COS Café atau Indonesian Coffeeshop, misalnya, merupakan salah satu coffeshop yang masih bertahap dan eksis di tengah ketatnya persaiangan bisnis coffeshop di Kota Semarang. Café yang terletak di Jl Ngesrep Timur V No. 58B merupakan coffeshop yang hadir dengan konsep coffeshop yang menjangkau semua kalangan, baik dari segi harga, jenis menu dan juga kualitas tempat atau fasilitas. Café yang didirikan tanggal 29 Maret 2009 tersebut memiliki dua lantai, yakni lantai satu berkapasitas 50 pengunjung dan lantai dua berkapasitas 40 pengunjung. Ada juga fasilitas free Wi-fi. Salah satu cirri khas café ini ada studio radio yang dapat didengarkan melalui www. icosradiocafe.com atau melalui aplikasi NUX. Dengan fasilitas yang disediakan tersebut, Icos Café cocok untuk dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan atap rapat. Tapi bisa juga untuk arisan keluarga, misalnya. Café ini mulai buka pukul 12.00 WIB dan tutup pukul 01.00 WIB dinihari.

“Kami siap memberikan apelayanan terbaik. Karena, Café kami ini memang sering digunakan untuk rapatrapat atau pertemuan dengan peserta tidak lebih dari 50 rang,” ujar Habib Akbar, Manager Operasional Icos Café. Bagi para pecinta kopi, Icos Café cocok untuk berburu kopi. Menu yang ditawarkan pun beragam, seperti Kopi Luwak, Kopi Timor, Kopi Kalosi Toraja, Kopi Arabica, Kopi Robusta, Espereso dan Espereso Machiato. Mereka yang tidak Ciffeholic (menyengangi kopi), tersedia minuman lain seperti Icos Sanrise dan aneka jus. Ada juga makanan seperti aneka Sandwich dan Additional Food seperti Spice Chicken, Chicken Mozarela dan berbagai aneka makanan dari pisang, seperti Bannana Warp Chocolate dan Bannana Wrap Choese. Dari segi harga, Icos Café tergolong tidak mahal. Karena, masih bisa dijumpai menu minuman atau makanan di bawah RP 20.000/ porsi. Karenanya, Icos Café terbuka untuk semua kalangan, mulai dari keluarga, mahasiswa sampai pebisnis. Ruangan di lantai satu cukup luas dengan latar belakang pigura biji kopi dan temaran lampu yang eksotik bisa menambah romatisme ngopi bersama pacar atau kolega atau pun dengan keluarga. Walau terletak di tepi jalan utama menuju Universitas Diponegoro di Tembalang, suara berisik knalpot sepeda motor dan mobil yang lalu lalang teredam dengan baik sehingga tidak mengganggu. Icos Café yang terletak di tepi sebelah kanan jalan dari arah Patung Kuda menuju Kampus Undip menjanjikan ketenangan dan romantisme tersendiri bagi mereka yang sedang kasmaran. Ingin bukti, berkunjunglah ke Icos Café. Tidak perlu khawatir, kantong anda tidak akan terkuras, harga setiap menu yang ditawarkan masih terjangkau. Mesker Md


30

n

n

MEDIASEMARANG/DOK

Infrastruktur Jalan Kota Semarang

wilayah selatan yang meliputi Kecamatan Gunungpati dan Mijen. Serta wilayah barat yang meliputi Kecamatan Tugu dan Ngaliyan. Pemilahan wilayah yang maju dan kurang maju berdasarkan kondisi infrastruktur jalan tersebut terlihat jelas dari perkembangan permukiman penduduk dan tingkat kepadatan atau kemacetan arus lalu lintas. Di wilayah selatan, misalnya, dimana tersedia jalan tol Srondol-Jatingaleh-Krapyak serta Jalan Tol Lingkar Timur, kemacetan arus lalu lintas hampir terjadi setiap pagi Sementara dilihat dari konstruksi pembangunan jalan, dan sore hari di daerah Jatingaleh, terutama dari Bukit Gombel sampai depan Pasar Jatingaleh hingga traffic light semua jalan nasional dan jalan provinsi merupakan jalan Kaliwiru. Ruas jalan sekitar 1,5 kilometer tersebut selalu beraspal atau sudah diaspal. Sementara dari 2.691 padat dan macet oleh mobil pribadi dan sepeda motor. kilometer jalan lokal, hanya 338 kilometer yang sudah diaspal. Sisanya, 123 kilometer masih berupa jalan Sementara di wilayah barat, kepadatan dan kemacetan kerikil, 215 kilometer masih berupa jalan tanah dan 2.015 arus lalu lintas hampir terjadi setiap pagi dan sore hari di kilometer lagi tidak dirinci kondisinya. ruas jalan dari Krapyak sampai Bunderan Kalibanteng dan Jl Siliwangi. Sekarang sudah dibangun flyover Bunderan Itu berarti, sedikitnya 2.353 kilometer jalan di Kalibanteng, tapi kepadatan dan kemacetan masih terjadi. Kota Semarang dalam keadaan rusak, baik rusak Karena, tingginya arus kendaraan berat dari arah barat sedang maupun rusak parah. Kondisi akan semakin yang masuk Kota Semarang, karena ruas jalan tersebut memprihatinkan di musim penghujan saat banjir mengenangi sebagian wilayah Kota Semarang, baik banjir merupakan jalur utama dan tidak ada jalan alternatif yang bisa mengurai kepadatan arus lalu lintas. karena hujan lebat maupun karena rob. Karena itu, Pemkot Semarang seyogyanya segera Kondisi itu jelas sangat memprihatinkan. Karena, memperbaiki 2.353 kilometer jalan yang belum beraspal, perkembangan Kota Semarang terkesan berjalan baik berupa pengaspalan maupun pelebaran. Dengan di tempat, yakni hanya di wilayah yang kondisi infrastruktur jalan yang baik, para investor tidak akan ragu infrastrukturnya tergolong bagus, seperti wilayah selatan menanamkan investasinya di Kota Semarang. yang meliputi KecamatanTembalang, Banyumanik, Candi Sari, Gajah Mungkur dan Semarang Selatan. Sebut saja wilayah Kecamatan Tembalang dan Banyumanik sebagai contoh. Kedua wilayah itu kini Kemudian wilayah timur yang meliputi Kecamatan tumbuh pesat pembangunan kompleks perumahan yang Pedurungan, Gayamsari, Semarang Timur dan Genuk. digalakkan para pengembang, baik kompleks perumahan Serta wilayah utara meliputi Kecamatan Semarang Tengah dan Semarang Utara. Dan, wilayah barat hanyalah dengan tipe rumah sederhana maupun rumah untuk kalangan menengah ke atas. Rumah yang dibangun mulai Kecamatan Semarang Barat, dari harga di bawah Rp 200 juta per unit sampai di atas Sementara wilayah yang kondisi infrastruktur jalannya Rp 500 juta per unit. Mesker Md kurang memadai sehingga kurang berkembang adalah

Memprihatinkan .............................................................................. Kota Semarang kini mulai dihadapkan pada masalah yang serius, tidak hanya berupa kemacetan lalu lintas yang mulai merambah. Tapi juga pembangunan infrastruktur, khususnya infrastruktur jalan yang masih jauh dari memadai.

B

ERDASARKAN data Badan Pusat Statistik Kota Semarang, dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2008-2012) pertumbuhan panjang jalan di Kota Semarang yang mulai berkembang menjadi Kota Metropolitan itu nol persen. Kota berpenduduk hampir 1,6 juta jiwa itu hanya memiliki jalan sepanjang 2.786,24 kilometer. Itu pun hanya 45,05 persen atau 1.255,24 kilometer dalam keadaan baik, 32,48 persen atau 905 kilometer dalam keadaan sedang dan 23,47 persen atau 626 kilometer dalam keadaan rusak. Apabila dilihat dari kewenangan pengelolaan jalan, maka dari 2.786,24 kilometer jalan tersebut, 68,12 kilometer merupakan jalan nasional dan 27,12 kilometer merupakan jalan provinsi. Sedang sisanya, 2.691 kilometer merupakan jalan local atau jalan yang dibangun dan dikelola Pemerintah Kota Semarang.


31

nnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

Plat Nomor Asli Sudah Datang, Tinggal Didistribusikan

nnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn Masyarakat yang membeli sepeda motor atau mobil baru dan belum dapat plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), tidak perlu resah atau khawatir. Karena, material plat nomor atau TNKB sudah didrop dari Mabes Polri dan tinggal didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

MEDIASEMARANG/DOK

D

ALAM kurun waktu sejak September 2013, Polri kekurangan material plat nomor atau TNKB dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). STNK kemudian bisa diatasi, sementara TNKB hingga sekarang belum teratasi. Akibatnya, masyarakat yang membeli sepeda motor atau mobil baru yang belum diberi Plat Nomor atau TNKB menjadi resah, karena takut ditilang. Mereka resah, karena umumnya menggunakan Plat Nomor Aspal (asli tapi palsu). Nomor kendaraan sesuai dengan yang tertera di STNK, tapi plat nomornya palsu karena beli di pinggir jalan agar mereka bisa menggunakan kendaraan ayang baru dibeli tersebut. Sekarang, masyarakat tidak perlu lagi resah. Karena, menurut Joko Setiono, Kasubdit Min Regident (Administrasi Register dan Identifikasi) Ditlantas Polda Jateng, material plat nomor atau TNKB sudah didrop dari Mabes Polri. “Sudah ada dan segera didistribusikan kepada masyarakat,” ujar AKBP Joko Setiono melalui SMS ketika menjawab pertanyaan Media Semarang tentang masalah material plat nomor tersebut, Rabu (11/6-2014). Berdasarkan catatan Media Semarang, kebutuhan plat nomor di Kota Semarang akan dipnuhi secara bertahap. Akan dimulai dari pembelian sepeda motor dan mobil baru periode September dan Oktober 2013 dan seterusnya sampai terpenuhi antrian yang masih panjang itu. Kelangkaan atau ketidak tersediaan material plat nomor atau TNKB tersebut terjadi sejak September 2013. Selain permintaan masyarakat meningkat akibat meningkatnya pembelian sepeda motor dan mobil baru, juga karena ketersendatan proses lelang pengadaan material plat nomor atau TNKB di Mabes Polri. Kelangkaan tersebut tidak hanya terjadi pada material pelat nomor kendaraan, tapi juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), baik sepeda motor maupun mobil. Hanya belakangan, kebutuhan STNK bisa dipenuhi, terutama mulai Desember 2013. Ny Sri Setyowati, misalnya, yang membeli Yamaha Mio GT Desember 2013 langsung mendapat STNK. Sementara plat nomor kendaraan tersebut sampai sekarang belum diperoleh. Dealer Yamaha beralasan, material plat nomor belum tersedia. Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Windro Akbar menambahkan, telah mendapat instruksi mengenai penindakan kendaraan tak berplat nomor yang sedang menunggu material agar diberi teguran tertulis. “Penindakan di lapangan tidak tilang, hanya teguran tertulis saja untuk yang belum mendapat pelat nomor,” katanya. Mesker Md

TAKSI Blue Bird

(024) 670 1234

Centris

(024) 672 3772

Kosti

(024) 761 3333

New Atlas

(024) 659 1717

Puri Kencana

(024) 670 5050

Express

(024) 746 2555

Surabaya

(024) 831 3131

Pandu

(024) 659 1234

Astria

(024) 7460940

PO.BUS / TOUR & TRAVEL Tamarind

(024) 70112679

Joglo Semar

(024) 70 8000 54

Nusantara Tour

(024) 844 2888

Trans Jaya

(024) 358 1122

Kartika Tour

(024) 354 4689

Cipaganti

(024) 70 500 000

PO. Coyo

(024) 760 4184

PO. Nusantara

(024) 352 0524

PO. Pahala Kencana

(024) 354 2210

PO. Shantika

(024) 761 2414

PO. Safari Dharma Raya

(024) 352 2222

PO. Sindoro Satria Mas

(024) 762 6102


Mengenal Siklus Pakai dan Bayar Listrik

Dapatkan Informasi lebih lanjut mengenai program PLN dengan menghubungi PLN 123

www.pln.co.id

Email: pln123@pln.co.id

• Pada penggunaan listrik konvensional, pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu dan membayar tagihannya pada bulan berikutnya. Untuk mengetahui pemakaian listrik pelanggan, PLN menggunakan jasa petugas Catat Meter (CATER). • Pada tanggal yang sama, setiap satu bulan sekali secara periodik, petugas CATER akan mencatat posisi angka stand meter listrik di rumah pelanggan. Hasil pencatatan angka stand meter akan di kurangi dengan hasil pencatatan periode bulan yang lalu, dari selisih yang didapat akan diketahui banyaknya penggunaan listrik (kWh) oleh pelanggan. • Setelah data pencatatan meter di peroleh, data tersebut akan diproses untuk mendapatkan besaran tagihan listrik secara menyeluruh. Adapun unsur tagihan listrik adalah sebagai berikut : • Biaya beban ( untuk daya 450 VA dan 900 VA) • Biaya Energi Minimum ( untuk daya 1300 VA ke atas) • Biaya pemakaian kWh • Pajak Penerangan Jalan Untuk pembayaran melalui loket pembayaran (PPOB) dikenakan biaya administrasi yang besarnya ditentukan oleh Bank. • Di wilayah kerja PLN Jawa Tengah dan DIY, pembayaran tagihan listrik dilayani mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya. Apabila pelanggan terlambat membayar tagihan rekening listrik sampai batas akhir periode pembayarannya, maka PLN berhak memutus sementara aliran listrik pelanggan dengan cara melakukan penyegelan atas Alat Pembatas dan Pengukur (APP, yakni MCB dan kWh meter) tanpa perlu memberi peringatan terlebih dahulu. • Atas keterlambatan ini, pelanggan dikenakan Biaya Keterlambatan yang pertama (BK1). Selanjutnya jika pelanggan belum melunasi tunggakannya hingga masuk bulan berikutnya, pelanggan akan dikenakan Biaya Keterlambatan kedua (BK2) • Besarnya Biaya Keterlambatan (BK) Pembayaran Rekening Listrik No

Batas Daya

1 2 3 4 5

450 VA 900 VA 1.300 VA 2.200 VA 3.500 VA s.d 5.500 VA

Biaya Keterlambatan (Rp/Bulan) 3.000 3.000 5.000 10.000 50.000

6

6.600 VA s.d 14.000 VA

3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp. 75.000)

7

Diatas 14.000 VA

3% dari tagihan rekening listrik (minimum Rp. 100.000)

PLN

• Jika sampai memasuki 60 hari dari tanggal pemutusan sementara, pelangan masih juga belum membayar rekening listriknya, maka PLN berhak melakukan tindakan bongkar rampung atas semua instalasi PLN (APP dan Saluran Masuk Pelayanan (kabel listrik mulai dari tiang sampai dengan kWh meter)) dengan memberikan Surat Pemberitahuan Pelaksanaan Pemutusan Rampung sambungan Tenaga Listrik. • Apabila pelanggan ingin meminta penyambungan kembali sambungan listriknya setelah bongkar rampung tersebut, maka pelanggan harus melunasi semua tagihan listrik beserta Biaya Keterlambatannya terlebih dahulu, kemudian mendaftar Pasang Baru kembali dan membayar Biaya Penyambungan Pasang baru. Semua ketentuan ini sudah tertuang di Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) yang telah di tandatangani oleh Pelanggan dan PLN. • Keterlambatan dalam membayar rekening listrik menyebabkan tunggakan rekening listrik. Tunggakan rekening listrik adalah jumlah kewajiban terutang yang disebabkan karena ketidakmampuan pelanggan membayar tagihan listriknya sesuai dengan jadwal. • Untuk menyikapi hal ini, PLN kemudian melakukan program “TUS-BUNG” alias PEMUTUSAN-PENYAMBUNGAN. Program ini merupakan program rutin PLN untuk menurunkan angka tunggakan. Program ini dilaksanakan secara berkelanjutan di wilayah kerja PLN Jawa Tengah dan DIY, dengan sasaran pelanggan yang terlambat bayar/menunggak pembayaran rekening listrik minimal 1 (satu) bulan keatas. • Untuk menghindari ketidaknyamanan ini, kami menghimbau agar pelanggan selalu membayar tagihan rekening listriknya sesuai dengan periode bayar yang telah disediakan. Adapun alternatif lain yang ditawarkan oleh PLN adalah menjadi pelanggan listrik Prabayar, dimana kendali penggunaan listrik di rumah pelanggan sepenuhnya berada di tangan pelanggan. Artinya, setiap pelanggan bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Untuk bermigrasi dari listrik paskabayar ke listrik prabayar, pelanggan tidak dikenakan biaya apapun alias GRATIS. • Dapatkan Informasi lebih lanjut mengenai program PLN dengan menghubungi PLN123, tekan 123 pada pesawat telepon atau (024) 123 jika menggunakan telepon seluler. Selain itu pelanggan juga dapat mengakses website PLN www. pln.co.id • Sedangkan untuk memudahkan anda dalam Pasang Baru (PB), Perubahan Daya (PD) dan Penerangan Sementara (PS), Pelanggan dapat mengirim email ke: pln123@pln.co.id atau mengakses website PLN http://www.pln.co.id/pbpd/ Permohonan PB/PD maupun PS juga dapat dilakukan melalui PLN123. (adv)

PANGKAS LISTRIK 17.00 - 22.00

DISTRIBUSI JAWA TENGAH DAN D.I. YOGYAKARTA Jl. Teuku Umar No. 47 Semarang Telp./Fax. : 8411991 (Hunting), 8412288 Websites : www.pln.co.id

Saya Matikan Dua Lampu Sudah Cukup Membantu @pln_123

PLN 123

pln123@pln.co.id

(kode area) 123

083 88888 123


MEDIA SEMARANG