Page 1

2014 G

Laporan Kunjungan Industri Yogyakarta-Bali, 20-27 April 2014

Mardiana SMK Negeri 1 Depok 5/1/2014


KATA PENGANTAR Assalamualaikum WR.WB. Puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT atas segala anugerah- Nya yang telah dilimpahkan kepada penyusun, sehingga penyusun mampu menyelesaikan penyusunan laporan ini dengan lancar dan baik. Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi tugas dari guru pembimbing. Penyusun sepenuhnya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, serta masih banyak kekeliruan dan kesalahan. Oleh karena itu dengan tulus hati serta penuh pengharapan penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pihak manapun juga demi kesempurnaan penyusun lebih lanjut.Semoga tulisan yang sederhana yang disertai keterbatasan penulis, bermakna bagi pembaca demi tugas pelayanan terhadap sesama di dalam segala bentuk kehidupan, karena kita makhluk yang saling melengkapi dan membutuhkan.

1


Kata Pengantar .....................................................................................................

1

Daftar Isi ...............................................................................................................

2

BAB I Pendahuluan .............................................................................................

3

1.1 Latar Belakang ....................................................................................

3

1.2 Maksud dan Tujuan ............................................................................

3

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan .......................................................

3

BAB II Profil Kunjungan ........................................................................................

4

1. AKRB Yogyakarta ......................................................................................... 2. Pemkab Jembrana ......................................................................................

4 7

BAB III Penutup ..............................................................................................................

8

1.1 Kesimpulan .................................................................................................

8

1.2 Saran ...........................................................................................................

8

1.3 Lampiran .....................................................................................................

9

2


BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Kunjungan industri ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan untuk menjadi ajang pendorong motivasi bagi siswa agar lebih bisa meningkatkan prestasi belajarnya. Kunjungan industri ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi sekaligus pengetahuan siswa. Kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi kalangan siswa dan guru-guru yang lainnya. Agar para siswanya memperoleh pengetahuan yang lebih dan mempunyai motivasi untuk belajar dan bekerja dengan semaksimal mungkin dan agar mempunyai inspirasi untuk kehidupan yang akan datang.

1.2 Maksud dan Tujuan Maksud dan tujuan dari makalah ini adalah, untuk :  menambah pengetahuan dan wawasan siswa tentang dunia kerja di bidang Ilmu Teknologi dan Informasi.  Meningkatkan pemahaman siswa dengan Teknologi.  Menambah keberanian siswa dalam menyampaikan ide  Memberikan pengalaman baru yang dapat menunjang proses belajar siswa.

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Waktu pelaksanaan kunjungan industri ini adalah pada tanggal 20-27 April 2014 yang bertujuan ke Yogyakarta dan Bali. Kunjungan industri pertama :  21 April 2014 : AKRB Yogyakarta Jl.Rig Road Utara, Yogyakarta kampus STMIK AMIKOM.

3


Kunjungan Industri kedua : ďƒ˜ 23 April 2014 : PEMKAB Jembrana (SMKN 3 Negara)

4


BAB II PROFIL INDUSTRI 1. AKRB Yogyakarta Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) adalah perguruan tinggi yang dipercayai pemerintah berdasarkan SK. Dirjen Dikti No.3982/D/T/K-V/2010 dan telah terakreditasi BAN PT dengan SK. BAN PT No: 149/SK/BAN-PT/AK-XIII/VI/2013 untuk mencetak SDM siap kerja bidang komunikasi yang saat ini banyak dibutuhkan industri media dan kreatif. AKRB dikelola oleh menejemen AMIKOM Group yang memiliki 6 Perguruan Tinggi Swasta Unggulan, stasiun televisi RBTV, stasiun radio dan berbagai unit usaha lainnya yang dapat digunakan mahasiswa untuk tempat peraktek (magang). Pengalaman mengelola pendidikan tinggi dan didukung laboraturium praktek kerja inilah yang menjadikan AKRB lebih unggul dan terpercaya dalam mencetak ahli madya komunikasi bidang Broadcast. Program Studi yang terdapat di AKRB Yogyakarta adalah : 

Program Acara TV dan Radio

Film dan Sinetron

Multimedia

Dari program studi yang ada di AKRB, maka prospek karir yang akan didapat adalah sebagai penyiar TV/Radio, Produser, Reporter, Host, Media Planner, Script Writer, TV Graphic Designer, Sutradara, Cameramen, Editor Film/Video, Art Director, Audioman, Talent Casting, Talen (pemain), Jurnalis, PR, dll. Lulusan AKRB juga bisa membuka usaha, seperti : Video Shooting, Video Editing, Agen Periklanan, Production House, Konsultan Media Planner, dll. AKRB mempunyai beberapa keunggulan yang sangat menguntungkan, antara lain : 1) Manajemen berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan dan industri media. 2) Didukung industri media milik STMIK AMIKOM dan RB Group sebagai magang kerja. 5


3) Menerapkan konsep Link and Match. 4) Dosen berkualitas dari praktisi dan akademis. 5) Kurikulum terarah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. 6) Biaya terjangkau dan dapat diangsur. 7) Study Broadcast ke stasiun TV lokal, nasional dan Production House (PH) untuk study lapangan. 8) Kerjasama dengan perusahaan dan instansi untuk magang dan penyaluran kerja. 9) Beasiswa dari Yayasan, Pemerintah dan Swasta. 10) Praktek rill Produksi Acara TV Pelangi Yogya. Fasilitas yang tersedia di AKRB : 1) Studio TV dan Radio. 2) Lab. Audio Visual. 3) Lab.Editing. 4) Lab. Multimedia. 5) Fotografi. 6) Perpustakaan. 7) Ruangan ber-AC. 8) Free Hostpot. 9) Berbagai unit kegiatan mahasiswa. AKRB juga telah menciptakan sebuah film animasi yang berjudul Batle Of Surabaya dan The Legend Of Ajisaka. Batle Of Surabaya telah diakui oleh Disney dan telah siap tayang diboskop pada bulan November.

6


2. PEMKAB JEMBRANA dan SMK Negeri 3 Negara Pemkab Jembrana adalah tempat untuk menjalankan sistem pemerintahan dari Kabupaten Jembrana. Pemkab Jembarana terletak di Jl. Surapati No 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali. Telp. (0365) 41210 Fax: (0365) 41010. Munculnya nama Jembrana dan Negara hingga sekarang, memiliki arti tersendiri dari perspektif historis. Rupanya nama-nama yang diwarisi itu telah dipahatkan pada lembaran sejarah di Daerah Jembrana sejak digunakan sebagai nama Kraton (Puri ) yaitu Puri Gede / Agung Jembrana dan Puri Agung Negeri Negara. Oleh Karena Kraton atau Puri adalah pusat birokrasi pemerintahan kerajaan tradisional, maka dapat dikatakan bahwa Jembrana dan Negara merupakan Kraton-kraton (Puri) yang dibangun pada permulaan abad XVIII dan permulaan abad XIX adalah tipe kota-kota kerajaan yang bercorak Hinduistik. Jembrana sebagai sebuah kerajaan yang ikut mengisi lembaran sejarah delapan kerajaan (asta negara) di Bali. Sejak 1 Juli 1938, Daerah (Afdeling, regentschap) Jembrana dan juga daerah-daerah afdeling (Onderafdeling, regentschap) lainnya di Bali ditetapkan sebagai daerah-daerah swapraja (Zelfbestuurlandschapen) yang masing-masing dikepalai oleh Zelfbestuurder (Raja). Penggunaan nama Kabupaten Jembrana tetap digunakan hingga sekarang.

SMKN 3 Negara adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang terdapat di Kabupaten Jembrana. SMKN 3 Negara terletak di Kelurahan Tegalcangkring, Kec.Mendoya, Kab.Jembrana. Sekolah ini dibekali dengan program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM). Sarana dan prasarana di sekolah ini pun telah memadai. Masing-masing dari program keahlian memiliki ruangan Lab.komputer sendiri. Sekolah inipun memiliki 1 kolam renang yang dikhususkan untuk para siswanya praktek. Linkungannya pun sangat indah dengan dihiasi berbagai macam patung yang sudah menjadi ciri khas budaya Bali. Sekolah ini telah menggunakan sistem Online dalam menjalankan ulangan, guna mempermudah guru untuk menilainya. Sekolahnyapun luas dan mewah. Namun sayang, jaringan internet disana masih belum stabil.

7


BAB III

PENUTUP 1.1

Kesimpulan Kesimpulannya adalah, kunjungan industri ini dilaksanakan agar para murid yang mengikutinya mendapatkan wawassan yang lebih luas serta pengalaman yang sangat bermanfaat. Mengetahui tempat-tempat penting yang terdapat di Yogya maupun Bali. Mengetahui proses belajar mengajar yang terdapat di AKRB maupun di SMKN 3 Negara, dan membuat para murid menjadi lebih mandiri.

1.2

Saran Saran dari saya, agar dikunjungan industri selanjutnya jika sampai pada tempat tujuan pertama langsung Check In ke hotel dikarenakan kondisi siswa yang mungkin masih belum stabil. Jam makan pun harus teratur karena tidak sedikit siswa yang mempunyai penyakit Magh.

8


1.3

Lampiran ď ś AKRB Yogyakarta

Gedung AKRB Yogyakarta

Ruang perpustakaan AKRB Yogyakarta

9


Ruang aula AKRB (saat penyambutan)

Studio RBTV (stasiun Televisi yg dimiliki AKRB)

10


Studio RBTV

ď ś

PEMKAB JEMBRANA

Di aula Pemkab Jembrana (penyambutan dari wakil Gubernur Jembrana)

11


12

Laporan kunjungan industrii  
Advertisement