Issuu on Google+


ari Redaksi Bulan Mei tidak terasa telah tiba, Dengan berbagai usaha yang telah dilakukan tim redaksi pada bulan april lalu. Belajar, Mengoptimalkan, menyusun dan sebagainya kiat diterapkan dikalangan redaksi agar terciptanya kualitas majalah yang lebih sempurna. Awal bulan telah tiba, Maka waktunya bagi tim redaksi kembali untuk menerbitkan buah pikiran, mengapresiasikan kemampuan dan kreatifitas untuk majalah ini. Tanpa kerja keras dan disiplin yang dilakukan tentunya tidak akan tercipta suatu majalah yang lebih baik dari edisi sebelumnya. Demikian juga bagi para pembaca setia Money & You, atas Saran dan Kritiknya kami ucapkan banyak Terima kasih. Berkat bantuan saran dan Kritik dari pembaca pula, kami ( Tim Redaksi ) dapat menerbitkan kembali majalah ini yang tiada lain adalah untuk memberi sedikit informasi dan edukasi seputar Bisnis, Perbankan dan Investasi dengan Peningkatan Kualitas di setiap Edisinya. Oleh karena itu demi kamajuan Majalah ini kami terima saran dan kritik anda yang langsung dapat anda kirimkan kepada tim redaksi. Kali ini yaitu pada bulan mei merupakan penerbitan majalah Money & You yang keempat ( E. 04 ) Yang tentunya masih sangat jauh dari tingkat kesempurnaan. Tetapi kami tetap sangat bersyukur karena masih tetap dapat menerbitkan majalah ini walaupun dengan sebatas kemampuan yang dimiliki. Dengan Topik Utama pada edisi ini adalah mengulas tentang Seberapa perlunya-kah ATM ( Automatic Teller Machine ) untuk kehidupan kita sehari-hari. Apa sebenarnya dari Fungsi ATM itu Sendiri dan bagaimana kita dapat menggunakannya dengan tepat. Untuk Tips Selengkapnya dapat anda baca pada Topik Utama yang telah kami Kemas hanya di Money & You Magazine. Selamat Membaca,...

Penanggung Jawab : Alex P. Chandra

Tim Redaksi Money & You Magz: Alex P. Chandra Pribadi Budiono Made Wenten B. Mark. Kom Lestari

Design & Layouting : Mark. Kom Lestari

Supported by : BPR Lestari

Alamat Redaksi : PT. BPR SRI ARTHA LESTARI Jl. Teuku Umar 110 Denpasar Telp. ( 0361 ) 246706 / Fax. ( 0361 ) 246705 E. marcomm@bprlestari.com W. www.moneynyoumagazine.com

Resensi Buku Gramedia Toko Buku .................................................................................. 02 Beautiful Mind Kita Adalah Patung ‘David’ yang mempesona .................................... 03 - 04 Advertisement Kurangi Biaya komunikasi anda, Segera ! .......................................... 05 - 08 Road to Wealth Asset and Liabilities .................................................................................... 09 Book of the Month Tidak ada Yang tidak Bisa ........................................................................... 10 Berita IT Tips Merawat Laptop ................................................................................... 11 Entrepreneurial Pendidikan Sebagai Peningkatan SDM ....................................................... 12 Topik Utama ATM Perlu atau Tidak ? ....................................................................... 13 - 15 Icon Mochtar Riady - Pelopor Perbankan Modern ...................................... 16 - 17 Karir Menemukan karir yang Tepat .............................................................. 18 - 19 Finance For Kids Ayo Menabung ..................................................................................... 20 - 21 Real Estate Layak Jual Layak Beli ................................................................................. 22 Investasi Pentingnya Target Investasi ................................................................. 23 - 24


H. 03

| Beautiful Mind - MadeWenten B

Membangun diri bukan hanya tentang hal menambahkan sesuatu, Tetapi juga mengurangi i Florence Italy, terdapat sebuah museum istimewa yang sengaja dibangun bagi sebuah patung David yang diciptakan oleh Michelangelo beberapa ratus tahun yang lalu yang barangkali adalah sebuah patung yang paling indah di dunia.

Dengan menatap batu lebih dekat lagi, dengan jelas Michelangelo dapat membayangkan patung David dan melihatnya di dalam batu tersebut secara keseluruhan. Dengan memahat dan memalu diperlukan dua tahun penuh baginya untuk bekerja menciptakan gambaran kasar patung dan dua tahun lagi untuk memoles dan menghaluskan sampai patung itu benar-benar siap. Michelangelo pada saat itu telah menjadi seorang pematung terkenal dan kabar bahwa dia sedang mengerjakan sebuah pesanan khusus dari keluarga Medicis telah menyebar ke seantero Italia. Ketika waktunya tiba untuk mempertontonkan patung tersebut kepada publik, ribuan orang datang dari seluruh Italia dan berkumpul di alun-alun kota. Ketika selubung yang menutupi patung dibuka, kerumunan massa yang berada di sana merasa kagum melihat kecantikan luar biasa patung hebat itu. Michelangelo dengan segera dikenal sebagai pematung terhebat pada zamannya. Ketika Michelangelo ditanya bagaimana dia dapat menciptakan sebuah mahakarya seperti itu, dia menjawab dengan mengatakan bahwa dia telah melihat David dengan lengkap dan sempurna pada batu pualam yang dia temukan. Yang dia lakukan adalah membuang apaapa yang bukan David. KITA ADALAH SEBUAH MAHAKARYA Saya tuliskan kembali cerita yang saya baca dari sebuah buku, sayangnya saya lupa judul buku serta nama authornya.

Cerita pembuatan David sangat menarik. Dahulu, Michelangelo diminta secara khusus oleh keluarga Medicis yang kaya raya dan terpandang di Italia untuk menciptakan sebuah patung yang akan diletakkan di alun-alun Kota Florence. Sebuah pesanan khusus dari keluarga Medicis bukan hanya sebuah kehormatan tapi juga tugas yang tidak dapat ditolak.

Ada bagian dari cerita itu yang selalu saya ingat karena memberikan kesan mendalam bagi saya. Bagian itu adalah jawaban bagaimana Michangelo bisa menciptakan mahakarya, “Saya telah melihat david, yang saya lakukan adalah membuang bagian-bagian yang bukan david�

Selama dua tahun penuh Michelangelo mencari sebongkah batu yang dapat dia pergunakan untuk menciptakan sebuah mahakarya bagi keluarga Medicis.

Seperti patung David, kita pun adalah sebuah mahakarya yang berpotensi untuk bersinar dan mempesona tetapi mungkin sedang tertutupi oleh pualampualam. Dan apabila kita ingin sinar kita terlihat dan memancar maka batu pualam yang menutupi kita harus dilepaskan.

Sampai akhirnya menemukan sebongkah besar pualam yang berasal dari pegunungan. Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 04

| Beautiful Mind - MadeWenten .B

PUALAM DALAM BENTUK PIKIRAN

Hampir lima tahun saya di Lestari, kalau disuruh memilih pendapat atau komentar yang paling berharga yang berpengaruh Ada beberapa jenis pualam yang biasanya paling sering terhadap kehidupan saya itu adalah sebuah kritik bukanlah pumenutupi kita. Pualam yang pertama berupa pikiran-pikiran jian. Walaupun kritik yang disampaikan itu begitu sederhana, sempit, pandangan sempit atau kekawatiran yang meng- begitu simple tapi setelah diikuti manfaatnya banyak sekali. hambat kita untuk bertindak dan berkarya. Komentar berharga yang diperingkat ke-dua pun itu sebuah “Bukanlah kaki yang membawa kita kemana ternyata adalah kekurangan yang disampaikan oleh rekan-rekan Bukanlah rintangan yang membatasi kita saya dalam sebuah permainan “Menulis kekurangan yang perlu Tetapi pikiran” di buang”. Saya mempunyai orang dekat yang sering menutupi dirin- KITA ADALAH DAVID, KITA JUGA MICHANGELOnya dengan pikiran “phisik saya tidak terlalu kuat”, “Saya NYA dari kecil memang tidak terlalu berani melakukan sesuatu” Saat membaca cerita David tersebut saya tersadar, mengemSaya juga punya teman yang sering menutupi dirinya den- bangkan diri bukanlah segalanya tentang menambahkan sesgan pualam yang berbentuk pikiran negatif seperti: “ saya uatu pada diri kita. Tetapi juga mengurangi, atau menghilangini adalah orang yang tidak dianggap”, “saya ini adalah kan sesuatu. orang yang tersisih”, “ I’m a loser”, Kalau sebuah patung perlu orang lain unYang bisa saya lakukan terhadap teman dekat dan orang tuk memahat, maka dekat saya tersebut adalah memberikan saran untuk meuntuk membangun lepaskan diri dari pualam dalam bentuk pikiran-pikiran diri yang menjadi seperti itu. pemahat adalah kita sendiri. Kita sendiri PUALAM DALAM BENTUK SIKAP patung David-nya kita juga MichangeJenis pualam kedua sering berupa sikap, attitude ataupun lo-nya. kebiasaaan-kebiasaan. Sering terjadi prestasi yang mempunyai sinar begitu kuat tertutup oleh pualam berupa sikap Kita yang memahat yang negatif. Sehingga sinar prestasi ini tertutup dan dikadiri untuk membuang lahkan oleh tebalnya pualam ini. bagian-bagian yang tidak perlu dari diri Pualam ini merupakan weak point atas sikap, kebiasaan kita. Sehingga sinar negatif kita. Kita akan sulit melihat kekurangan yang ada yang memancar tidak pada kita. Kita perlu orang lain untuk melihat kekurangan akan lebih terlihat. kita. Kita perlu orang lain untuk menunjukkan kepada kita, sikap-sikap seperti apa yang membuat sinar kita menjadi redup. Sikap-sikap seperti apa yang perlu kita buang. Jadi, selamat membuang bagian-bagian yang bukan David Teman kita Dani menyebutkan “kekurangan itu seperti pada diri anda! Selamat memahat diri! Selamat menjadi David (maaf) kotoran dibelakang telinga, hanya orang lain yang yang mempesona. melihatnya”

Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 09

| Road To Wealth - Alex P. Chandra Mobil dan motor yang kita pakai jelas-jelas merupakan liabilitites.

“Jika seseorang ingin menjadi kaya maka yang harus dilakukannya adalah mengumpulkan asset. Sebagian orang ters- Tanah kosong yang kita beli, walauesat tidak menjadi kaya karena sepanjang hidupnya men- pun diperuntukkan sebagai alat gumpulkan liabilities yang dianggap asset� investasi, selama tanah itu tidak alah satu ‘breaktrough’ dari karya Robert T memberikan pemasukan riil, maka Kiyosaki adalah pendefinisian asset dan li- tidak kita kategorikan sebagai asset, melainkan tetap seabilities. Penjelasannya seputar asset dan bagai liabilities karena kita membayari pajak dan pemeliabilities saya anggap sangat fundamental. liharaannya.

Pembedaannya antara asset dan liabilities sangat sederhana namun selama ini tidak tidak terpikirkan oleh kita. Dengan memahami perbedaan antara asset dan liabilities versi Kiyosaki ini, seharusnya mengubah prilaku hidup kita dan memberikan jalan yang jelas dan sederhana tentang bagaimana caranya menjadi kaya. Robert mengatakan bahwa Asset adalah segala sesuatu yang menambah harta kita, sedangkan Liabilities adalah segala sesuatu yang membuat harta kita berkurang. Dan untuk seseorang menjadi kaya, yang perlu dilakukannya adalah mengumpulkan asset dan mengurangi liabilities-nya. Sederhana bukan? Jika kita menyimpan uang dalam deposito. Dan deposito itu setiap bulannya memberikan bunga, maka deposito tersebut merupakan asset. Ingat asset adalah segala sesuatu yang menambah harta kita. Jika kita membeli saham, dan saham tersebut memberikan deviden setiap tahunnya, maka saham tersebut merupakan asset. Jika kita membeli rumah/property dan rumah itu dikontrakan atau disewakan, maka rumah tersebut menambah harta kita, makanya disebut asset.

Jika kita memiliki sebuah bisnis dan bisnis itu setiap bulan atau setiap tahunnya memberikan laba, maka bisnis tersebut adalah asset. Jika kita membeli saham dan hanya untuk diperjualbelikan (trading), maka saham tadi bukanlah merupakan asset kita. Jika kita membeli rumah/property dan kemudian ditinggali sendiri, rumah tadi bukanlah asset, melainkan liabilities. Rumah tersebut bukannya memberikan pemasukan yang menambah harta kita, melainkan setiap bulannya rumah tersebut harus kita biayai, baik biaya listrik, perawatan, pajaknya dan lain sebagainya. Dengan demikian rumah yang kita tinggali bukanlah asset melainkan liabilities, karena ia mengurangi harta kita. Money & You Magazine

Menarik bukan bahwa cara pandangnya adalah apakah ‘harta’ kita memberikan penghasilan atau apakah ‘harta’ kita ternyata sumber pengeluaran. Perbedaan cara pandang yang terbesar adalah dengan menyikapi rumah tinggal kita. Selama ini kita selalu memandang rumah sebagai asset. Namun ternyata menurut Kiyosaki, selama rumah itu merupakan sumber pengeluaran maka ia bukanlah asset melainkan liabilities. Inilah sumber ketersesatan banyak orang (termasuk saya tadinya). Ketika seseorang menganggap rumah dan mobil adalah assetnya, dan kemudian ia membeli rumah yang lebih besar, mobil yang lebih mewah, ternyata kemudian ia tersesat dalam ‘road to wealth’. Ia bukannya semakin kaya melainkan semakin miskin. Ingat, untuk seseorang menjadi kaya, kumpulkan asset dan kurangi liabilities. Sejak mengerti konsep tadi, maka setiap kali saya mau belanja, saya bertanya dulu, yang saya beli ini asset ataukah liabilities. Enggak apa-apa sih membeli liabilities, asalkan kita lakukan dengan kesadaran. Jangan membeli liabilities yang kita anggap asset. Jadi ketika membeli liabilities hanya sudah sadar bahwa itu konsumtif dan untuk senang-senang saja. Dan dananya sudah dialokasikan sebelumnya. Liabilities hanya saya beli dari hasil usaha bersih saya. Bahkan Kiyosaki mengajarkan bahwa liabilities harus dibeli dari asset. Jadi kalau mau beli Ferrari, ia harus membeli dulu rumah atau property yang nilai sewanya bisa mencicil Ferrari. Demikian seterusnya. Dalam penjelasannya kemudian, Kiyokasi mengatakan ada tiga jenis asset yang bisa kita kuasai. Yaitu paper asset, seperti deposito, tabungan, dana pensiun, stock, reksadana dan yang sejenisnya. Jenis asset yang kedua adalah property, seperti misalnya rumah yang disewakan, kamar kost yang dikontrakkan, hotel dan villa yang dioperasikan. Asset yang ketiga adalah bisnis. Ketiga jenis asset tadi adalah target kita untuk kita kumpulkan sedikit demi sedikit, sehingga lama-lama menjadi bukit. E. 04 Mei ‘09


H. 10

| Book Of The Month - Pribadi Budiono

TIDAK ADA YANG TIDAK BISA

Dahlan Iskan (CEO Jawa Pos Group) ahlan Iskan sekarang menjabat sebagai CEO Jawa Pos Group yaitu sebuah jaringan media cetak yang tersebar di Indonesia, serta mengelola 12 Stasiun TV Lokal yang berlokasi di Surabaya, Makasar, Jogjakarta dan lain-lain. Selain menekuni usaha media, Dahlan Iskan dipercaya oleh Pemda Jatim untuk mengelola beberapa unit usaha yang semula merugi dan melalui sentuhan tangan dinginya usaha tersebut sangat berkembang sangat bagus. Disini Dahlan Iskan menuangkan bagaimana Karmaka Surjaudaja jatuh bangun dalam mengelola usahanya dengan bahasa yang sangat sederhana bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Sebagai pemilik Jawa Pos Group dan wartawan melalui tulisan-tulisan yang ringan, kita diajak untuk berinteraksi bagaimana Karmaka memulai bisnis dan mengembangkan usahanya serta bagaimana Karmaka menyiapkan penerusnya.

waktu yang pendek. Namun semua itu berkat perjuangan, semangat dan pemegang amanah sehingga segala krisis dan badai dilaluinya dengan baik. Karmaka merupakan tipe pemimpin yang mempunyai visi yang kuat dan jauh ke depan dalam mengembangan usahanya dan yang tidak kalah penting Karmaka contoh keberhasilan seorang pemimpin dalam menyiapkan dan melakukan regenarasi, terbukti regenerasi yang dia lakukan betul-betul berhasil. Karmaka sebagai contoh yang jarang ada, walaupun kondisi fisiknya berjuang melawan maut namun pikirannya masih memikirkan bagaimana perusahaan maupun keluarganya keluar dari badai.

Buku “Tidak Ada yang Tidak Bisa merupakan biografi yang inspiratif yang ditulis oleh Dahlan Iskan (CEO Jawa Pos Group) dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Karmaka Surjaudaja yang lahir di Hokjan, Fujian 1934. Orang tuanya datang ke Indonesia sejak tahun 1935. Karmaka kecil diajak oleh ibunya untuk menyusul suaminya yang bekerja sebagai buruh tekstil di Bandung dengan mengarungi samudra ber hari-hari. Sejak kecil Karmaka sudah mengarungi kehidupan yang keras, Karmaka seharihari harus membantu orang tuanya untuk mencari nafkah sebagai buruh pabrik. Karmaka mempunyai cita-cita yang tinggi untuk dapat meneruskan sekolah di ITB, karena keterbatasan ekonomi Karmaka sebagai anak sulung, berkorban demi keluarga bahkan Ybs. Mendorong adiknya untuk melanjutkan pendidikaan universitas mengambil jurusan kedokteran dan Karmaka berkorban tidak melanjutkan sekolah namun giat bekerja untuk membiayai sekolah adikadiknya. Setiap hari Karmaka muda membanting tulang mencari nafkah. Setiap pagi bekerja guru olah raga, siang hari bekerja sebagai buruh pabrik tekstil dan malam hari masih bekerja dengan memberi les privat. Perjuangan hidupnya luar biasa seperti judul bukunya “Tidak Ada Yang Tidak Bisa�. Kemauan dan tekad Karmaka untuk bekerja keras dan maju patut kita tiru. Salah satu capaianya yang luarbiasa dan membuat Karmaka bangga yaitu melihat Bank NISP berhasil menjadi salah satu Sosok Karmaka memberikan pelajaran kepada siapa saja bank terkemuka di Indonesia saat ini. Mengapa? mengenai semangat kerja keras remaja yang tak kenal pu- Bank yang didirikan oleh mertuanya Lim Khe Tjie berkali-kali tus asa. Juga pemegang dan pelaksana amanah : amanah diantam badai yang membuat Bank tersebut terombang-amborang tua sebagai anak sulung dan amanah mertua menye- ing nyaris tenggelam. Melalui kelihaiannya dalam menghalamatkan Bank NISP secara mati-matian. dapi segala cobaan yang tidak pantang menyerah Bank tersebut bangkit, bangkit serta tumbuh dengan baik. Insting bisnisnya Karmaka juga contoh semangat berkorban yang luar biasa sangat kuat serta kemampuan yang luar biasa dalam memperuntuk keluarganya, adik-adiknya, karyawannya maupun siapkan generasi penerus yaitu Pramukti. Saat ini diusia 74 taperusahaannnya. Inilah contoh yang nyata betapa luar bias- hun, Karmaka merasa dengan bahagia karena bisa mengarungi anya Karmaka mengatasi tekanan yang luar biasa dan limit satu hidup dengan banyak melakukan kebaikan. Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 11 Walaupun dengan susah payah dalam menyelamatkan usahan- Dengan mengalami kejadian-kejadian yang dekat dengan ya yang diambang kehancuran, Karmaka masih bisa menmper- kematian, Karmaka mengakui kebesaran dan pertolongansiapkan anak-anaknya yang kelak akan dijadikan tumpuan nya. dalam melanjutkan bisnisnya. Karmaka dapat bertahan selama 30 tahun dengan dihingKehidupan yang dijalani Karmaka sangat mengharukan dan gapi bermacam-macam penyakit dari empudu pecah, transKarmaka sangat mempercayai kebesaran Tuhan. Dimana usaha plantasi liver, kedua ginjal yang satu dioperasi dan dibuang yang dikelola sering dihantam krisis yang luar biasa besarnya, karena menderita tumor cancer ganas dan tumor kankernya ternyata Karmaka bisa melaluinya dengan selamat walaupun menjalar ke kandung kemih serta selama tiga tahun sudah dengan tertatih-tatih. Krisispun berlalu, setelah kondisi tenang tujuh kali dioperasi untuk membuang 25 butir tumor kanker. tak lama kemudian krisis dan badai menerjang kembali dan he- Namun semuanya itu dapat diatasi dengan sukses walaupun batnya atau Karmaka lulus dalam mengatasi. Dalam mengatasi berkali-kali dianggap sudah tidak ada harapan lagi. Namun cobaan badai ini, mental Karmaka sangat diuji kesabarannya. Karmaka masih dapat bekerja penuh tiap hari masuk kanKarmaka beberapa kali menghadapi situasi atau kejadian yang tor. Ini semua berkat Kamaka memiliki karakter semangat dekat dengan kematian, percobaan pembunuhan dan kematian hidup dan keyakinan diri sangat kuat. Karmaka dan keluakibat bunuh diri serta nasih ada penyebab kematian lain yang arga adalah contoh sebuah perjuangan hidup. Karmaka dan dihadapi. Karmaka sudah divonis oleh dokter bahwa karmaka keluarga adalah cermin bagaimana harga diri, nama baik, tidak mungkin diselamatkan lagi karena Karmaka mengindap kepercayaan dan reputasi harus ditegakkan dan dipupuk penyakit liver yang mematikan, setelah sembuh dari sakit liver terus seumur hidup. Semoga biografi Karmaka yang ditulis yang mematikan. Lima tahun kemudian ada vonis mati lain Bapak Dahlan Iskan bisa memberikan inspiratif bagaimana lagi yaitu dokter menyatakan Karmaka mengalami gagal ginjal kita bertahan, bagaimana kita mengatasi masalah walaupun yang parah sampai Ybs. Koma dan salah satu ginjalnya diang- dalam kondisi tertekan berat. kat, semua orang mengira bahwa Ybs. Meninggal. Selamat membaca!

Sebagai aktifis intelektual,

pekerja 5. Tas pelindung laptop dari bahan dasar gabus berbalut kakantoran atau pelajar yang sering menggunakan laptop men- tun tipis yang halus bisa meredam panas saat dipakai kerja jadikan laptop sebagai barang yang sangat berguna sekali dalam waktu lama,daripadabersentuhan langsung pada dan menjadi suatu alat ketergantungan dalam menyelesaikan meja. pekerjaan atau tugas, namun laptop juga alat yang rentan terhadap bahaya kerusakan akibat cara penggunaan yang salah. 6. Laptop di Indonesia umumnya sudah 220 volt, tetapi Berikut ini adalah tips-tips dalam penggunaan dan perawatan untuk laptop keluaran Jepang atau ex Jepang masih 110 laptop agar tetap awet dan tidak bermasalah. volt,sediakan adaptor penurun tegangan. 1. Letakan laptop pada tempat yang mempunyai permukaan 7. Belilah laptop di toko terdekat di daerah Anda, sehingga datar atau rata,permukaan yang tidak rata akan mengaki- bila ada masalah atau kerusakan akan gampang dan cepat batkan posisi laptop miring dan saat menerima ketikan key- mengurusnya.karena itu simpan baik-baik kartu garansinboard akan mengakibatkan goncangan pada hardware di- ya. dalamnya. Dan dampak dalam waktu lama akan membuat kerusakan. 8. Untuk kecepatan akselerasi laptop Anda, Installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa bisa menghe2. Jauhkan dari air. biasanya sambil bekerja minum kopi atau mat memori dan hardisk anda. minuman yang diletakan dimeja tempat menaruh laptop, dampaknya pernah kejadian keyboard laptop tersiram kopi 9. Bila laptop Anda selalu berhubungan dengan internet, Anti dan akibatnya fatal, terjadi konsleting dan harus ganti moth- virus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate. erboard. 10.Istall Program perawatan untuk systemnya seperti Easy 3. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop dipang- cleaner dari Toniart yang gratis, untuk menghapus file-file kuan, dalam waktu lama radiasi laptop akan mengganggu sampah dan sisa-sisa registrasi saat meninstall program kesehatan reproduksi. atau uninstall program. 4. Laptop memang diciptakan untuk mobile, Jagalah selalu Semoga tips-tips diatas bisa membantu. agar terhindar dari goncangan. Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 12

| Entrepreneurial - Made Merti

PENDIDIKAN SEBAGAI PENINGKATAN SDM Mendirikan sekolah Berharap Dapat Lebih Meningkatkan Kualitas Sumber Daya manusia. endidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Tidak jauh dengan Ibu Made Merti, Mendirikan Sekolah Untuk anak – anak ( TK dan SD ) adalah jenis usaha yang dijalankannya. Dengan Mendirikan Sekolah, Beliau berharap agar dapat Meningkatkan Kualitas Sumber Daya manusia melalui pendidikan di Indonesia pada umumnya Yang dapat dimulai sejak dini yaitu untuk Generasi baru. Berikut merupakan hasil dialog Redaksi dengan Ibu Made Merti.

Dari tahun Berapa Ibu Mulai Pembangunan Sekolah tersebut ? Untuk Pembangunan Gedungnya kami Mulai dari tahun 2005 kemudian Operasionalnya kami mulai dari tahun 2006 bulan juni Untuk TK. Kami Juga Mengembangkannya lagi dengan mendirikan Sekolah Dasar ( SD ) Melihat dari banyaknya peminat Masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di TK yang saya dirikan. Selain itu juga karena saya menerima usulan dari orang tua Siswa TK, Muncul-lah Keinginan yang kuat untuk mendirikan Sekolah Dasar Tersebut. Di Daerah mana saja Sekolah yang telah ibu bangun ? Sementara masih di Daerah ini Saja Pak. Masih dua sekolah saja ( TK & SD ) yang awalnya dulu untuk SD – Nya masih Gabung Menjadi satu di TK. Kemudian karena Pendaftar pelajar TK yang Meningkat sampai dengan 97 orang, saya mendesak suami agar membantu untuk mendirikan Sekolah Dasar tersebut. Sudah ada Berapa Tenaga Pengajar yang Yang Telah di Pekerjakan ? Untuk Pengajarnya Kami Memperkerjakan sebanyak 8 Orang di TK sedangkan Untuk SD saat ini sudah ada 10 orang dan dengan beban pekerjaan adalah masing-masing di TK selama 30 jam dan sedangkan untuk di SD adalah bervariasi yang dengan guru kelasnya adalah 30 jam dan Ekskul-nya masing – masing ada 4 jam. Menurut Pandangan ibu, bagaimana Prospek kedepannya ?

Kalau menurut saya tergantung pengelolaannya, Namun walaupun demikian, saya juga telah mengantisipasinya dengan meningkatkan mutu pendidikan supaya tetap mendapat perhatian dari masyarakat yang saya kembangkan melalui SDM tenaga pengajarnya, Meningkatkan pelayanan bukan hanya melalui anak didik saja tetapi juga melalui orang tua siswa dengan mencoba untuk memenuhi kebutuhan selama tidak bertentangan dengan proses program pengajaran tersebut untuk di TK. Selain itu saya juga telah mengadakan berbagai macam ajang promosi yaitu dengan mengadakan berbagai macam lomba. Tetapi kalau untuk di SD saya juga mengharapkan ada investor yang mungkin berminat untuk menyewa bangunan tersebut yang Dimana Ibu Mendapat Gagasan mendirikan akan digunakan setelah jam belajar – mengajar berlangsung. Dalam artian penyewaan gedung tersebut dapat mereka gunakan sebagai Sekolah ? tempat latihan, les dan sebagainya agar bangunan SD saya itu bisa Untuk Gagasan tersebut, karena saya melihat lebih produktif. Dengan demikian saya Rasa Prospek kedepannya peluang dari suami yang mempunyai modal dari akan lebih menjanjikan. hasil usaha, Kebetulan juga untuk saat ini saya YAYASAN WIRYA SEDANA berprofesi sebagai Guru ( tenaga pengajar ) Jadi saya rasa Mungkin tidak ada jenis usaha yang - TK. WIRYA KUMARA lain yang dapat saya jalankan selain bergerak Jl. Pratu Made Rambug, Gg Mertasari kedalam dunia pendidikan. Itulah Dasarnya Saya Mendirikan Sekolah. - SD. WIRYA SEDANA Jl. Pratu Made Rambug No. 66 Batubulan Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 13

| Topik Utama - Alex P. Chandra

apak/Ibu sekalian, dalam banyak pembicaraan Manager dari bank tersebut menawarkan dengan sesama teman di BPR, banyak mengemu- untuk meng-up-grade kartu saya dari karka bahwa BPR-BPR tidak berhasil mengembang- tu Gold menjadi Platinum. kan produk tabungannya. “Kalau Platinum nanti bisa transfer lebih “Susah mencari dana murah!”, demikian keluh kesah banyak, sampai 75 juta. Sedangkan kartu teman-teman (termasuk saya) yang mengelola BPR. Gold cuma boleh transfer via ATM 25 Tabungan diidentikan dengan dana murah karena bunga juta per-hari”, katanya. tabungan biasanya lebih murah dibandingkan dengan bunga deposito. “Biayanya?” Tanya saya “Yang platinum 20 ribu”. “Kita harus punya ATM agar bisa berhasil menjual Tabungan”, demikian kesimpulan dalam setiap diskusi Ternyata kartu platinum itu biaya administrasinya lebih mahal seputar persoalan mengembangkan produk tabungan. dibandingkan dengan kartu gold punya saya. Selisihnya 10 ribu. Yang gold 10 ribu sedangkan yang platinum 20 ribu rupiah. Seorang Pemimpin Kantor saya selalu menyarankan agar BPR Lestari juga mempunyai ATM, supaya calon nasa- Karena aktivitas ATM saya hanya untuk mengambil uang kebubah bisa dibujuknya untuk membuka rekening tabungan tuhan sehari-hari, bayar kartu kredit dan transfer sesekali, maka di Lestari. saya tidak membutuhkan limit transfer yang besar-besar amat. Jadi daripada bayar lebih mahal dan jarang dipergunakan juga, “Satu saja ATM buat show”, demikian katanya. maka saya memilih mempertahankan kartu gold saya saja. Bapak/Ibu sekalian, produk ATM menjadi identik dengan tabungan.Tabungan dan ATM menjadi sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan. Tidak mungkin ada tabungan yang berhasil jika tidak ada ATM-nya. Demikian yang berlaku di masyarakat sekarang ini.

Belum lama berselang sebuah artikel di Kompas mengatakan bahwa nasabah penabung kecil ‘dirugikan’ karena jumlah tabungannya di bank ternyata bukannya bertambah malahan berkurang.

Banyak orang awam yang sulit memahami mengapa nilai tabunBelum lama berselang, kartu ATM saya yang lama rusak. gan mereka tergerus. Saya ke bank tempat saya membuka rekening tabungan untuk memperbaiki kartu saya. Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 14

| Topik Utama - Alex P. Chandra

Yang mereka tahu, jika menabung uang akan bertambah Para pedagang yang menggunakan rekening giro ini sadar bahwa karena berbunga. Pemahaman ini telah terpatri sejak masa pengendapan saldonya tidak akan berbunga. sekolah dasar. Bank-pun secara transparan mengatakan bahwa rekening giro Seperti kata Titik Puspa “bang bing bung yok kita nabung, ini adalah jasa yang diberikan oleh bank kepada para nasabahtang ting tung, jangan dihitung, lama-lama kita nanti da- nya, untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Dan atas pat untung‌â€?. Ternyata lama-lama bukan dapat untung jasanya memberikan berbagai kemudahan ini bank akan mendamelainkan merugi. patkan pengendapan sejumlah dana yang ‘murah’. Ambil contoh jika saldo seorang penabung maksimal 5 juta, maka bunganya (berkisar 2%) setahun adalah 100,000. Dipotong pajak 20%, bunga bersih 80,000. Jika dipotong dengan biaya administrasi (semisal ATM gold yang saya miliki) 10ribu/bulan, setahun 120,000. Maka dalam setahun dananya minus 40 ribu!

Dan sampai saat itu, tidak terjadi salah kaprah. Semua pihak understand dengan posisi-nya masing-masing.

Sang pedagang memang memanfaatkan rekening giro ini untuk kemudahannya bertransaksi, tidak mengharapkan bunga. Nanti selisih uang hasil usahanya, jika mau di-pinakkan, harus dipindahkan ke rekening deposito yang memang diharapkan berbunJadi bagaimana sebaiknya? ATM diperlukan atau tidak ga tinggi. sih? Nah, sekarang yang terjadi adalah rekening tabungan digunakan Saya melihatnya begini. untuk bertransaksi. Bayar listrik, bayar kartu kredit, untuk belanja harian, pembayaran supplier, menerima payment dari pihak Tabungan yang sekarang ini dikenal luas oleh masyarakat, lain, dan sebagainya. yang ATM-nya dimana-mana, yang penarikannya kapan saja, sebenarnya bukanlah saving account dalam arti ses- Namanya masih tabungan, padahal kegiatannya adalah transakungguhnya. Bukanlah jenis rekening yang akan bertum- sional. buh karena penabungnya akan mendapatkan pendapatan bunga. Salah kaprah terjadi ketika masyarakat masih menganggapnya sebagai rekening tabungan, sehingga mereka mengharapkan Tanpa dikurangi biaya administrasipun sebenarnya tabungannya ber-anak. Sementara pihak bank sah-sah saja mempenabung sudah merugi karena pendapatan bunganya berikan bunga yang rendah karena toh sudah memberikan bandikurangi dengan inflasi setahun sudah negatif. yak fasilitas dan kemudahan. Jadi memang sebenarnya rekening yang dianggap ‘tabun- Bapak/Ibu sekalian, rekening tabungan yang sekarang ini popugan’ itu bukanlah diperuntukan untuk menabung ala Titik lar, dan identik dengan ATM-nya dan berbagai kemudahannya, Puspa tadi, yang ‘lama-lama kita pasti dapat untung‌â€? bukanlah jenis rekening yang digunakan untuk membuat simpanan kita bertambah banyak. Rekening tabungan yang sekaSaya menyebutnya rekening transaksi (transacsional ac- rang ini popular adalah sebenarnya extended version dari giro, count). yaitu rekening transaksional. Digunakan untuk bertransaksi, bukannya untuk dianak-pinakkan. Dahulu sebelum tabungan mewabah dengan ATM-nya, rekening transaksi yang kita kenal hanyalah giro. Giro Rekening tabungan (saving) menurut versi saya adalah jenis dipergunakan oleh para pedagang untuk menampung rekening yang peruntukkannya adalah agar bertambah jumlahomzet usahanya kemudian juga untuk digunakan sebagai nya, atau sebagai persediaan cash sewaktu-waktu, atau yang sarana membayar (dengan menggunakan cek dan bilyet ditujukan untuk menyediakan sejumlah dana di masa yang akan giro). Untuk rekening giro bank biasanya tidak memberi- datang untuk keperluan-keperluan tertentu. kan bunga. Kalaupun ada bunga jumlahnya kecil sekali (1-2% saja). Disebutnyapun bukan bunga melainkan jasa Rekening tabungan yang sesungguhnya tidak digunakan untuk giro. bertransaksi. Para pedagang menggunakan jenis rekening giro ini untuk kepentingan bisnisnya, menampung omzet usahanya, menerima pembayaran, dan melakukan pembayaran dengan mudah.

Money & You Magazine

Karena tujuannya adalah agar jumlah uangnya bertambah maka salah satu parameter sebuah tabungan adalah berapa besar bunganya. Bunga yang didapatkannya harus mampu mengalahkan inflasi dan tidak menghasilkan saldo negatif jika dikenakan biaya adminstrasi. Untuk kepentingan ini, saya menyarankan rekening deposito. E. 04 Mei ‘09


H. 15

| Topik Utama - Alex P. Chandra

Karena tujuannya adalah untuk menyediakan cash sewaktu-waktu. Maka biasaya bunga tabungan bisa lebih kecil dibandingkan dengan deposito yang jatuh temponya sudah ditentukan. Bayangkan bank harus setiap saat menyediakan dana jika sewaktu-waktu dibutuhkan ditarik oleh penabung. Oleh karena sebagai kompensasi penyediaan dana ini, bank memberikan bunga tabungan yang lebih kecil dibandingkan dengan deposito. Nasabah harus rela mendapatkan bunga yang relatif lebih kecil karena memang tujuannya adalah sebagai cash reserve, bukan dipinakkan. Jika tujuannya adalah untuk menyediakan sejumlah dana di masa yang akan datang untuk keperluan-keperluan tertentu, misalnya keperluan anak sekolah, keperluan membeli rumah, keperluan upacara adat dan sebagainya, maka carilah rekening yang memberikan bunga kompetitif, dan menyediakan cara mencicil tabungan (instalment saving). Bapak/ibu sekalian, jangan salah tangkap bahwa saya anti ATM. Bukan sama sekali. Saya adalah pengguna ATM. Untuk keperluan kita, bank akan memberikan perhitungan seh- Dan saya merasa sangat terbantu oleh produk perbankan ingga kita bisa membuat perencanaan-perencanaan. yang canggih ini. Sekarang saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa ATM. Misalnya, jika kita menginginkan sejumlah dana sebesar 20 jt untuk keperluan si kecil masuk SMA, maka bank bisa memberikan Namun seyogyanya kita menyadari bahwa janganlah perencanaan berapa besar cicilan tabungan sebulannya (dengan mengharapkan tabungan kita bertambah jumlahnya di memperhitungkan bunganya) agar jika kelak si kecil masuk SMA rekening transaksional (yang sekarang disebut juga se(misalnya 5 tahun lagi), sejumlah dana 20 juta tersedia di rekening bagai tabungan). tabungan tersebut. Rekening transaksi kita gunakan untuk bertransaksi. Namun tentunya keberhasilan ‘perencanaan’ kita ini sangat tergantung seberapa disiplin kita melakukan ‘cicilan’. Dan jika yang kita inginkan adalah penyediaan sejumlah dana di masa yang akan datang, yang akan bisa kita perMenurut saya, rekening cicilan inilah yang paling tepat disebut se- gunakan untuk keperluan-keperluan tertentu, maka pilihbagai saving account. Karena kita bisa mencicil, dan tanpa terasa lah rekening tabungan yang bisa mencicil (installment tujuan-tujuan financial kita terpenuhi. Seperti kata lagu menabung saving), dan untuk jenis installment saving kita tidak tadi “lama-lama kita pasti dapat untung”. membutuhkan ATM. Saya senang mengumpulkan uang receh. Kembalian-kembalian supermarket saya taruh pada sebuah kotak, dan tanpa terasa berat, kotaknya sudah penuh. (Namun sekarang saya tidak tahu harus dikemanakan uang recehan tadi, karena bank menolak untuk menukarkannya..red). Sama seperti ketika kita mempunyai sebuah tujuan finansial yang kelihatannya berat, seperti menyekolahkan anak ke universitas, membeli mobil, membeli rumah, berliburan dan sebagainya. Ketika kita membiasakan diri mencicil tabungan kita (ingat bukan mencicil kredit), maka tanpa terasa kita bisa mencapainya.

Untuk para teman-teman BPR jangan berkecil hati jika tidak bisa menyediakan fasilitas ATM. Itu artinya kita hanya tidak bisa menyediakan rekening transaksional. Bagaimana kalau kita mengedukasi masyarakat untuk bisa membedakan jenis rekening mana yang dibutuhkannya. Rekening transaksi atau rekening investasi. Bapak/Ibu sekalian, jangan mengharapkan uang anda tumbuh di rekening transaksi, dan jangan meminta bertransaksi di rekening investasi. Harus dibedakan antara keduanya.

Dan untuk sebuah installment saving seperti di atas, yang tera- Untuk rekening transaksi silakan ke bank lain yang bankhir kita butuhkan adalah ATM card. Karena fungsi dari ATM card yak cabangnya, yang ATM-nya dimana-mana. Untuk adalah untuk melakukan penarikan. Sementara jika kita punya rekening investasi silakan menghubungi BPR Lestari… rencana di masa yang akan datang, yang perlu kita lakukan adalah menambah simpanan, bukan untuk menguranginya.

Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 16

| Icon - Mochtar Riady

Orang banyak mengenal Mochtar Riady sebagai seorang praktisi perbankan jempolan dan seorang konglomerat yang visioner, pandangannya yang jauh ke depan dan sarat dengan filosofi menjadi panutan banyak para pengusaha dan para pelaku pasar.

Pada tahun 1951 ia menikahi seorang wanita asal jember, oleh mertuanya, Riady diserahi tanggungjawab untuk mengurus sebuah toko kecil. Dalam tempo tiga tahun Riady telah dapat memajukan toko mertuanya tersebut menjadi yang terbesar di kota Jember. Cita-citanya yang sangat ingin menjadi seorang bankir membuatnya untuk memutuskan pergi ke Jakarta pada tahun 1954, walaupun saat itu dia tidak memiliki seorang kenalan pun di sana dan ditentang oleh keluarganya. Riady berprinsip bahwa jika sebuah pohon ditanam di dalam pot atau di dalam rumah tidak akan pernah tinggi, namun akan terjadi sebaliknya bila ditanam di sebuah lahan yang luas. Untuk mencari relasi, Riady bekerja di sebuah CV di jalan hayam wuruk selama enam bulan, kemudian ia bekerja pada seorang importer, di waktu bersamaan ia pun bekerjasama dengan temannya untuk berbisnis kapal kecil. Sampai saat itu,Riady masih sangat ingin menjadi seorang bankir, di setiap kali bertemu relasinya, ia selalu mengutarakan keinginannya itu. Suatu saat temannya mengabari dia jika ada sebuah bank yang lagi terkena masalah dan menawarinya untuk memperbaikinya, Riady tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut walau saat itu dia tidak punya pengalaman sekalipun. Riady berhasil meyakinkan Andi Gappa, pemilik Bank Kemakmuran yang bermasalah tersebut sehingga ia pun ditunjuk menjadi direktur di bank tersebut. Di hari pertama sebagai direktur, Riady sangat pusing melihat balance sheet, dia tidak bisa bagaimana cara membaca dan memahaminya, namun Riady pura-pura mengerti di depan pegawai akunting. Sepanjang malam dia mencoba belajar dan memahami balance sheet tersebut,namun sia sia, lalu dia meminta tolong temannya yang bekerja di Standar Chartered Bank untuk mengajarinya, tetapi masih saja tidak mengerti.

Lecture Resume - Mochtar Riady sudah bercita-cita

menjadi seorang bankir di usia 10 tahun. Ketertarikan Riady yang dilahirkan di Malang pada tanggal 12 mei 1929 ini disebabkan karena setiap hari ketika berangkat sekolah, dia selalu melewati sebuah gedung megah yang merupakan kantor dari Nederlandsche Handels Bank (NHB) dan melihat para pegawai bank yang berpakaian parlente dan kelihatan sibuk. Riady adalah anak seorang pedagang batik. Pada tahun 1947, Riady ditangkap oleh pemerintah Belanda dan di buang ke Nanking, Cina, di sana ia kemudian mengambil kuliah filosofi di University of Nanking . Namun, karena ada perang, Riady pergi ke Hongkong hingga tahun 1950 dan kemudian kembali ke Indonesia. Riady masih sangat ingin menjadi seorang bankir, namun ayahnya tidak mendukung karena profesi bankir menurut ayahnya hanya untuk orang kaya, sedangkan kondisi keluarga mereka saat itu sangat miskin. Money & You Magazine

Akhirnya dia berterus terang terhadap para pegawainya dan Pak Andi Gappa, tentu saja mereka cukup terkejut mendengarnya. Permintaan Riady pun untuk mulai bekerja dari awal disetujuinya, mulai dari bagian kliring, cash, dan checking account. Selama sebulan penuh Riady belajar dan akhirnya ia pun mengerti tentang proses pembukuan, dan setelah membayar seorang guru privat ia akhirnya mengerti apakah itu akuntansi. Maka mulailah dia menjual kepercayaan, hanya dalam setahun Bank Kemakmuran mengalami banyak perbaikan dan tumbuh pesat. Setelah cukup besar, pada tahun 1964, Riady pindah ke Bank Buana, kemudian di tahun 1971, dia pindah lagi ke Bank Panin yang merupakan gabungan dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia. Mochtar Riady hampir selalu sukses dalam mengembangkan sebuah bank, dia memiliki filosofi tersendiri yang ia sebut sebagai Lie Yi Lian Dje. Lie berarti ramah, Yi memiliki karakter yang baik, Lian adalah kejujuran sedangkan Dje adalah memiliki rasa malu. Visi dan pandangan Riady yang jauh ke depan seringkali membuat orang kagum, dia dapat dengan cepat membaca situasi pasar dan dengan segera pula menyikapinya. E. 04 Mei ‘09


H. 17

| Icon - Mochtar Riady

Salah satu contohnya ketika dia berhasil menyelamatkan Bank Buana tahun 1966. Saat itu Indonesia sedang mengalami masa krisis karena Indonesia berada pada masa perubahan ekonomi secara makro, ketika itu Riady sedang berkuliah malam di UI, disitu dia dikenalkan dengan beberapa pakar ekonomi seperti Emil Salim, Ali Wardhana,dkk. Riady segera sadar dan segera mengubah arah kebijakan Bank Buana.

Inilah cikal bakal Grup Lippo. Saat ini Group Lippo memiliki lima cabang bisnis yakni : 1. Jasa keuangan : perbankan, reksadana, asuransi, manajemen asset,sekuritas

2. Properti dan urban development : kota satelit terpadu, perumahan, kondominium, pusat hiburan dan perbePertama, dia menurunkan suku bunga dari 20 % menjadi 12 lanjaan, perkantoran dan kawasan industri. %, padahal pada waktu itu semua bank beramai-ramai menaikkan suku bunganya. Karena suku bunga yang rendah 3. Pembangunan infrastruktur seperti pembangkit tenaga tersebut maka para nasabah yang memiliki kredit yang belum listrik, produksi gas, distribusi, pembangunan jalan lunas segera membayar kewajibannya. Sedangkan para usaraya, pembangunan sarana air bersih, dan prasarana hawan yang akan meminjam diberi syarat ketat khususnya komunikasi. dalam hal jaminan, namun karena bunga yang ditawarkan Bank Buana sangat rendah dibanding yang lain maka banyak 4. Bidang industri yang meliputi industri komponen eledebitur yang masuk dan tak ragu untuk memberikan jamiktronik, komponen otomotif, industri semen, porsenan. Dengan cara itu Bank Buana menjadi sehat padahal pada len, batu bara dan gas bumi. Melalui Lippo Industries, waktu itu banyak klien dan bank yang bangkrut. Dengan grup ini juga aktif memproduksi komponen elektonik otomatis orang mengenal siapa Mochtar Riady. seperti kulkas dan AC merk Mitsubishi. Sedangkan komponen otomotif perusahaan yang dipimpin MoMochtar Riady yang lahir di Malang, Jawa Timur 12 Mei chtar ini sukses memproduksi kabel persneling. 1929 adalah pendiri Grup Lippo, sebuah grup yang memiliki lebih dari 50 anak perusahaan. Jumlah seluruh karyawannya 5. Bidang industri yang meliputi industri komponen diperkirakan lebih dari 50 ribu orang. Aktivitas perusahaanelektronik, komponen otomotif, industri semen, nya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga hadir di kawasan porselen, batu bara dan gas bumi. Melalui Lippo InAsia Pasifik, terutama di Hong Kong, Guang Zhou, Fujian, dustries, grup ini juga aktif memproduksi komponen dan Shanghai. elektronik seperti kulkas dan AC merk Mitsubishi. Sedangkan komponen otomotif perusahaan yang Sejarah Grup Lippo bermula ketika Mochtar Riady yang dipimpin Mochtar ini sukses memproduksi kabel memiliki nama Tionghoa, Lie Mo Tie membeli sebagian sapersneling. ham di Bank Perniagaan Indonesia milik Haji Hasyim Ning pada 1981. Waktu dibeli, aset bank milik keluarga Hasyim telah merosot menjadi hanya sekitar Rp 16,3 miliar. Mochtar sendiri pada waktu itu tengah menduduki posisi penting di Nama Bank Central Asia, bank yang didirikan oleh keluarga Liem Dr. Mochtar Riady (Lie Mo Tie) Sioe Liong. Ia bergabung dengan BCA pada 1975 dengan Lahir meninggalkan Bank Panin. Malang, Jawa Timur, 12 Mei 1929 Jabatan Di BCA Mochtar mendapatkan share sebesar 17,5 persen sa- Pendiri Grup Lippo dan Universitas Pelita Harapan ham dan menjadi orang kepercayaan Liem Sioe Liong. Aset Pendidikan BCA ketika Mochtar bergabung hanya Rp 12,8 miliar. Mo= The Eastern College, Chung Yang University, Nanchtar baru keluar dari BCA pada akhir 1990 dan ketika itu king, RRC aset bank tersebut sudah di atas Rp 5 triliun. = Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia = Doctor of Laws dari Golden Gate University, San Bergabung dengan Hasyim Ning membuat ia bersemangat. Francisco, Amerika Serikat Pada 1987, setelah ia bergabung, aset Bank Perniagaan In- Hobi donesia melonjak naik lebih dari 1.500 persen menjadi Rp Baca Buku (al buku Peter Drucker dan Prof Freeman) 257,73 miliar. Kegiatan lain: - Pembicara tamu di Universitas Harvard pertengaHal ini membuat kagum kalangan perbankan nasional. Ia han 1984 pun dijuluki sebagai The Magic Man of Bank Marketing. - Wali Amanah Universitas Indonesia Dua tahun kemudian, pada 1989, bank ini melakukan merger dengan Bank Umum Asia dan semenjak saat itu lahirlah Lip- Sumber : http://entrepreneur-university.com pobank. Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 18

| Karir - Tips Sukses Meniti Karir

BER - KARIR dengan jabatan Sebagai MANAJER pakah saat ini anda sudah menemukan karir yang tepat? Untuk mengetahui itu anda harus menguji karir anda saat ini dengan dua pertanyaan: 1. Apakah imbalan akan berdasarkan unjuk kerja? Dengan perkataan lain, apabila anda melakukan pekerjaan yang hebat, apakah akan mendapat imbalan yang hebat pula? 2. Apakah pekerjaan berkembang sementara kemampuan anda berkembang? Jika anda sedang mencari kerja, tanyakan pada diri anda “Apakah saya akan menjadi orang yang lebih berharga dalam 6 bulan, 1 tahun, atau 3 tahun mendatang?” Kalau jawabannya “Tidak”, maka jangan ambil pekerjaan itu. Jika anda sedang berpikir untuk melepaskan suatu pekerjaan, tanyakan pada diri anda : “Apakah saya telah mempelajari suatu yang berguna dari pekerjaan saya sekarang?” Kalau jawabannya “Tidak”, maka segeralah keluar dari pekerjaan itu secepat mungkin.

Termasuk Type manakah Anda ? 16 Type Manajer .... arakter dapat memengaruhi kepribadian, kehidupan dan suasana dimana seseorang bekerja. ESFJ, ISTJ, ENFP dan INTJ ..... ? Apakah yang dimaksud dengan singkatan-singkatan huruf tersebut? Inisial-inisial misterius ini bukanlah lambang dari suatu aliran kepercayaan, tetapi keempat huruf yang tergabung menjadi satu ini adalah singkatan dari teori tipe-tipe manusia yang bersifat psikologis. Kombinasi huruf-huruf yang mengungkapkan kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang itu, pertama kali dibahas oleh seorang psikolog Swiss, Carl Jung, pada tahun 1921. Kemudian digunakan serta dikembangkan dalam sebuah kursus, oleh sebuah tim yang terdiri dari ibu dan anak, Katherine Briggs dan Isabel Briggs Myers, setelah Perang Dunia ke II di Amerika Serikat. Secara lahiriah, setiap orang mempunyai kecenderungan untuk bersifat extrovert atau introvert, sensing atau intuitive, thinking atau feeling serta perceiving atau judging. Extrovert berorientasi pada sifat-sifat lahiriah seseorang, sedang introvert berasal dari dalam yang menyangkut ide dan perasaan. Sifat sensing condong merinci seluk beluk suatu hal. Sementara intuitive membahas suatu hal secara garis besar. Seorang pemikir ( a thinker) biasanya memutuskan hal-hal dengan logis dan objektif, seorang perasa (a feeler) memutuskan suatu hal dengan subjektif. Tipe perceiving cenderung untuk bertindak fleksibel dan mencari informasi yang lebih banyak, sedangkan tipe judging menginginkan sesuatu berjalan berdasarkan pertimbangan. Dalam kursus yang telah berjalan selama 20 tahun, Briggs dan Myers mengembangkan suatu test preferensi yang menunjukkan kepribadian individu. Tes ini tidak mengukur intelegensi, motivasi, kedewasaan, atau kesehatan mental seorang manajer. Teori dari kursus ini membagi manusia menjadi 16 Tipe Kepribadian yang berbeda, sesuai dengan 4 dimensi yang telah ditentukan. Setiap tes MBTI - Myers Briggs Type Indicator, petunjuk tipe Myers Briggs mempunyai 100 pertanyaan tentang apa dan bagaimana yang dirasakan, serta yang akan dilakukan oleh seseorang dalam situasi tertentu. Contohnya, dalam sebuah acara perkenalan, apakah seseorang sering terlebih dahulu memperkenalkan dirinya atau menunggu untuk diperkenalkan.

Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 19 Karena sifat extrovert cenderung untuk memperkenalkan ESTJ : Extrovert, Sensing, Thinking, Judging ; Tipe ESTJ dirinya terlebih dahulu, sedangkan introvert condong untuk mempunyai sifat praktis, realistis dan tidak suka berkhayal. diperkenalkan. Manajer bertipe ESTJ tidak tertarik pada hal-hal yang tidak berguna, senang berorganisasi dan melakukan segala aktiviApakah seorang manajer mempunyai suatu tugas yang ber- tas. variasi, atau suatu tugas yang monoton/rutin? Sebab tipe judging condong menerima tugas yang bervariasi dan tipe perceiv- ESFJ : Extrovert, Sensing, Feeling, Judging ; Tipe ESFJ ing cenderung pada tugas rutin. Apakah seorang manajer lebih mempunyai sifat ramah, suka bicara, teliti, dan memimpin. suka bekerja sama dengan seseorang yang ramah dan bert- Dalam melakukan pekerjaannya, manajer bertipe ESFJ ini erus terang? Tipe feeling senang pada karyawan yang ramah memerlukan keharmonisan dan dukungan semangat. Ia terdan tipe thinking lebih suka kepada karyawan yang berterus tarik pada pemikiran yang abstrak. terang. Dari penyelidikan tes MBTI dinyatakan 60% manajer pada umumnya adalah pemikir. INFJ : Introvert, Intuitive, Feeling, Judging ; Tipe INFJ ini mempunyai sifat sering memaksa, teliti, sering ikut campur Menurut penerbit buku test MBTI - Consulting Psychologist dan tekun. Tipe ini adalah tipe manajer yang tekun bekerja Press di Palo Arto, California, 1,5 juta masyarakat di Amerika dan terkenal dengan buah pikirannya yang cemerlang. Serikat mengikuti tes MBTI. Tes ini sangat populer di Amerika Serikat. Peserta dari tes ini bukan hanya perusahaan-perusa- INTJ : Introvert, Intuitive, Thinking, Judging ; Tipe INTJ haan seperti Allied-Signal, Apple, AT&T, Citicorp, Exxon, dan mempunyai sifat ragu-ragu, kritis, bebas dan keras kepala. lain sebagainya, tetapi juga digunakan di rumah sakit, angka- Tipe manajer ini dapat menyalurkan ide, dan pikirannya tan bersenjata Amerika Serikat dan bahkan gereja. yang cemerlang dalam pekerjaannya. Ke 16 Tipe Kepribadian Manajer tersebut ialah :

INFP : Introvert, Intuitive, Feeling, Perceiving ; Tipe INFP mempunyai sifat senang mempelajari sesuatu yang baru, ISTJ : Introvert, Sensing, Thinking, Judging ; Tipe ISTJ mem- ramah dan mudah dipercaya. Tipe ini mengungkapkan manpunyai sifat serius, tenang, penuh konsentrasi dan logis. Se- ajer tersebut senang bekerja. orang manajer yang bertipe ISTJ bertanggung jawab penuh dalam pekerjaannya dan segala tugasnya dikerjakan dengan INTP : Introvert, Intuitive, Thinking, Perceiving ; Tipe INTP praktis berdasarkan fakta yang ada. mempunyai sifat tenang, pendiam dan apatis. Tipe ini ialah tipe manajer yang senang melakukan tugasnya berdasarkan ISFJ : Introvert, Sensing, Feeling, Judging ; Tipe ISFJ mem- teori. punyai sifat tenang, ramah, bertanggung jawab, teliti, setia dan baik budi. Tipe ISFJ mengungkapkan seorang manajer yang ENFP : Extrovert, Intuitive, Feeling, Perceiving ; Tipe tekun bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. ENFP bersifat antusias, bersemangat tinggi, banyak akal dan imajinatif. Seorang manajer yang mampu melakukan ISTP : Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving ; Tipe ISTP semua tugas yang diberikan kepadanya. Ia dapat membantu mempunyai sifat tenang, pendiam dan analitis. Manajer ber- memecahkan problem perusahaan. tipe ISTP merupakan manajer yang melaksanakan tugasnya dengan serius dan teliti. ENTP : Extrovert, Intuitive, Thinking, Perceiving ; Tipe ENTP ini bersifat cepat dan banyak akal. Tipe ini adalah ISFP : Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving ; Tipe ISFP tipe manajer yang senang berdebat dan mengabaikan tugas mempunyai sifat malu, sangat ramah, sensitive dan rendah yang dianggapnya rutin. hati. Manajer bertipe ISFP adalah pekerja yang setia, tidak suka berdebat dan sering mengerjakan tugasnya dengan rileks. ENFJ : Extrovert, Intuitive, Feeling, Judging : Tipe ini bersifat ramah, populer, dan sensitif terhadap pujian maupun ESTP : Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving ; Tipe ESTP kritik. Tipe manajer ini adalah tipe seseorang yang mau mempunyai sifat tidak tergesa-gesa, penerima dan tidak sen- mendengarkan pendapat dan merasakan kesulitan orang sitif. Tipe ini mengungkapkan seorang manajer yang tidak lain. “ngoyo� dalam pekerjaan. ENTJ : Extrovert, Intuitive, Thinking, Judging ; Tipe ini ESFP : Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving ; Tipe ESFP bersifat ramah, berterus terang, tegas dan berjiwa pemimpin. mempunyai sifat ramah, tidak suka repot, humoris, dan mudah Ini adalah tipe seorang manajer yang menghargai suatu alaberadaptasi. Tipe ini menyatakan seorang manajer yang lebih san yang tepat dan masuk akal. Pemecah masalah. mengutamakan kenyataan daripada teori dalam pekerjaannya. Semoga Bermanfaat ! Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 20

| Finance For Kids - Sammy “Samantha” Chandra

Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 21

| Finance For Kids - Sammy “Samantha” Chandra

Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 22

| Real Estate - Enny Harini

Pengembang yang Kreatif, Pengembang yang Produktif ow…sudah bulan Mei…! Tanpa terasa semester pertama tahun 2009 tinggal satu bulan lagi. Mungkin ada pertanyaan ke diri sendiri ketika kita merenung rentang waktu yang telah berjalan…. ….apa yang telah saya kerjakan dalam 5 bulan ini…? ….berapa banyak hasil yang telah saya dapatkan…? Ketika pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul, akan ada pertanyaan lanjutan atau bahkan penyesalan….

Seorang developer yang cermat, akan selalu memperhatikan prinsip-prinsip pokok kelayakan proyek yang dikembangkan, yaitu : 1. Tempat/lokasi (Place) Lokasi merupakan bagian pertama yang harus diperhatikan yang akan menentukan langkah-langkah berikutnya.. Pengembang yang sejati akan selalu memperhatikan lokasi mana yang dapat dikembangkan ENNY HARINI dengan mengamati arus masuknya orang- PRINCIPAL LJ HOOKER - KUTA orang ke suatu tempat. Area ini akan dapat dikembangkan menjadi area residensial. Sedangkan dengan mengamati arus keluarnya orang-orang ke suatu tujuan, maka area sepanjang jalur tujuan dapat dikembangkan sebagai area komersial Ketika sudah menemukan lokasi yang layak secara keuangan, hukum, segmen pasar, dan produk yang akan diciptakan, maka segeralah membuat keputusan.

….duh, coba dulu saya beli, khan sekarang udah untung…. ….ah, itu bukan rejeki saya kok…. ….yang bener aja, nggak mungkin itu akan terja- 2. Produk (Product) di…. Ketika telah memilih lokasi berdasarkan suatu study kelayakan, Pertanyaan-pertanyaan tersebut menandakan kita se- maka dilanjutkan dengan pengembangan konsep untuk produk yang dang aktif mencari jalan keluar atas hal-hal yang se- saleable. Dasar dari membangun produk yang layak jual adalah dendang kita pikirkan berdasarkan tingkat intelektualitas gan selalu mempelajari perilaku konsumen yaitu mengetahui kebudan emosionalitas kita. Sehingga bisa memberikan so- tuhan konsumen saat ini, baik dari segi design maupun harga beli, lusi yang berdampak negatif atau pun positif. Nega- untuk dijadikan harapan ke depan. Sehingga akan muncul konsep tif bila kita banyak mencela keadaan dan orang lain. dengan produk yang layak jual layak beli. Positif bila kita dapat menyikapi dengan syukur dan antusias untuk melakukan perubahan dengan kaidah- Kalau kita perhatikan di lapangan, produk yang dibangun berdasarkan suatu konsep, umumnya akan lebih menarik bagi satu segmen kaidah yang baik dan benar. pasar. Hal ini mempermudah pengembang untuk menyaring pangsa Dalam dua edisi sebelumnya kita telah mengulas ten- pasar yang akan berpengaruh terhadap kecepatan penjualan. Kreatang dua generasi dalam memilih dan mengoptimalkan tivitas pengembang sangat penting dalam menerjemahkan keinginan investasi di bidang property. Sudahkah para pembaca pasar sehingga akan berkelanjutan dengan produk-produk lainnya memikirkan untuk mempertimbangkan dan akhirnya yang visionary dan saleable. Ditambah dengan memiliki prinsip membuat keputusan? Bilamana belum, saya yakin menjual dengan hati dan kualitas, maka kesuksesan jangka panjang bahwa pertanyaan-pertanyaan di atas akan muncul akan selalu ada. atau sudah muncul sebelum edisi ini diterbitkan. Kita tetap harus berpikir positif agar dapat membuat kepu- 3. Harga (Price) tusan yang terbaik untuk kondisi kita saat ini. Harga yang dimaksud tidak hanya menyangkut harga jual namun Nah, dalam edisi ini, kita akan membahas kelayakan juga perhitungan terhadap harga pokok penjualan yang didasari suatu property yang sedang dikembangkan oleh de- oleh biaya-biaya yang telah diperhitungkan, seperti harga pembelian veloper (pengembang). Dalam pengamatan, banyak lahan, harga material (baik membangun sendiri atau pun menggusekali orang yang ingin menjadi developer karena nakan jasa kontraktor), biaya pengurusan ijin, dan biaya-biaya lain terdengar sangat menggiurkan dari segi keuntungan. yang timbul. Baik yang skala kecil maupun skala besar. Sehingga banyak yang latah tanpa memperhitungkan segi ke- Perhitungan cash flow yang cermat dengan selalu memperhatikan layakan produk yang dijual, sehingga sering timbul rentang waktu dalam proses pemasaran dan pembangunan, sangatproyek yang misplace dan tidak saleable. Akhirnya lah penting agar tidak menghambat proses-proses yang harus dilemuncul proyek terbengkalai yang sangat mengganggu wati. Ketidakcermatan akan menimbulkan pembangunan yang tidak sesuai progress, keluhan yang berkelanjutan baik dari konsumen pemandangan dan kerharmonisan lingkungan. maupun supplier. Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09


H. 23 Hal ini juga akan berpengaruh dalam memperhitungkan nilai jual yang optimal dan diminati pasar. Seringkali hal ini diabaikan khususnya buat pemula sehingga terkadang muncul pernyataan “saya nggak untung kok….” atau “ kok, harganya menjadi tinggi sekali…” Sehingga dengan kecermatan tidak akan membangun proyek yang tersisihkan karena salah perhitungan. Harga jual yang memiliki future value akan selalu menarik bagi konsumen dan akan dinilai sebagai proyek yang layak untuk dijadikan investasi. Hal ini akan membangun reputasi yang baik bagi pengembang untuk proyek berikut. 4. Orang (People) Kepercayaan konsumen, sebagai pangsa pasar yang tepat untuk proyek yang sedang digarap, kepada pengembang adalah sangat penting karena merupakan investasi jangka panjang. Oleh sebab itu, pengembang sebagai salah satu people, harus selalu menjaga produk yang dijual dari segi kelayakan hukum, harga, dan kualitas. Dengan didampingi seorang notaris dan pejabat pembuat akta tanah yang cerdas dan arsitek serta kontraktor yang memperhatikan kualitas, maka langkah tersebut akan memberikan signal keberhasilan. Ditambah dengan tenaga pemasar yang andal, maka lengkap sudah kunci untuk membuka pintu kesuksesan menjadi seorang developer yang kreatif dan produktif …..

arget. Kata ini begitu populer dalam kegiatan bisnis, terutama bagi mereka yang menggeluti dunia pemasaran (marketing). Di akhir tahun, biasanya kalangan dunia usaha sudah mereview terhadap hasil usaha selama tahun berjalan dan menetapkan target untuk tahun berikutnya. Target menjadi orientasi bagi seluruh komponen perusahaan untuk mewujudkannya. Artinya, setiap karyawan dipacu untuk bekerja sedemikian rupa agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Dunia investasi-pun tidak lepas dari target semacam itu. Dan memang sebaiknya target semacam itu tidak hanya dipraktekkan di level perusahaan atau fund manager. Di tingkat perorangan ada target yang menjadi acuan. Setiap orang yang akan melakukan investasi akan lebih baik jika juga menetapkan target investasi. Ini penting. Tanpa adanya target yang ingin dicapai maka tidak akan ada upaya serius dan maksimal untuk mengembangkan dana yang dimiliki. Target investasi dalam hal ini sederhana: berapa persen pertumbuhan dana yang ingin dicapai investor dalam setahun, 10%, 20%, 30% atau berapa ?

Selamat menentukan pilihan menjadi pengembang yang sukses…!!!!! --------------------------------------------------------------------TIPS OF THE MONTH - team work is better than being alone in thinking of successful - be honest to your team work - nourish a growing together concept in team - willing to learn and share important information among team - do a regular donation to visit a place that your team work can share with others ( orphanage, old folks home, etc)

PERTOKOAN SUNSET INDAH I, JL. SUNSET BOULEVARD 89 KAV 6 KUTA 80361 Telp. ( 0361 ) 767615 ljhookerkuta@dps.centrin.net.id | enny_harini@yahoo.com

Money & You Magazine

Tentu saja penentuan target seperti itu juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan investasi di sekitarnya. Misalnya, bagaimana kondisi ekonomi makro dan bagaimana kondisi ekonomi internasional? Apakah kondisi ekonomi makro maupun global cukup mendukung dengan target yang sudah ditentukan? Dengan kata lain, target sebuah investasi tidak dibuat asal-asalan, tetapi dibuat berdasarkan perhitungan dan pertimbanganpertimbangan rasional. E. 04 Mei ‘09


H. 24 Jika pasar sedang lemah, ekonomi makro sedang mengalami penurunan dan ekonomi internasional juga kurang mendukung maka sangat tidak rasional jika target investasi dipatok terlalu tinggi. Sebaliknya jika kondisi ekonomi stabil, bahkan tumbuh lebih baik, ekonomi global juga berjalan stabil, tidak ada gonjang-ganjing yang bisa menggoyahkan pasar maka target investasi bisa disusun lebih baik. Untuk situasi saat ini misalnya, dimana banyak analis yang menyebut bahwa perekonomian global masih rentan sampai 2010 dan dampaknya masih akan terasa pada ekonomi dalam negeri, maka jika target investasi dipatok dengan angka optimistik - 30% misalnya -- terkesan kurang relevan. Dalam konteks ini, agar lebih relevan, target investasi dibuat konservatif. Berapa target konservatif itu, sangat tergantung dari asumsi yang dipergunakan oleh investor. Berapapun target yang ditetapkan, yang jelas penetapan target investasi ini akan melahirkan sebuah strategi investasi, satu cara atau tehnik untuk mencapai target yang ditetapkan tadi. Jika di pertengahan jalan misalnya, ternyata sulit sekali untuk mencapai target maka strategi investasinya bisa diubah dengan strategi baru yang dianggap bisa memenuhi target. Strategi itu menyangkut bagaimana menyusun portofolio investasi untuk keperluan satu tahun ke depan. Jika investasi di saham, maka investor bisa mengalokasikan berapa persen dana yang dipakai untuk strategi buy and hold dan berapa banyak yang dipergunakan untuk trading day to day. Investor juga bisa menyusun sahamsaham mana saja yang layak dibeli untuk ditahan, dan saham mana yang pantas untuk perdagangan harian. Dengan begitu, kegiatan investasi dilakukan lebih terencana. Ada skenario-skenario yang disusun sejak awal, sehingga setiap muncul permasalahan selalu ada jalan keluar yang bisa dilakukan. Sama halnya dengan Target investasi Tabungan... Melalui menabung kita bisa menentukan target yang kita mau. Yang dimaksud dengan target disini adalah bagaimana caranya agar kita dapat mengumpulkan dana atau uang untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya untuk membeli motor, mobil, rumah, biaya pendidikan dan sebagainya. Untuk itu, dengan menabung merupakan salah satu jalan untuk mencapai target investasi keuangan kita yang mungkin akan kita gunakan pada saatnya nanti.

Dari segi manapun, untuk pencapaian suatu target membutuhkan suatu kedisiplinan bagi kita. Seperti halnya Menabung, kedisiplinan kita benar-benar dituntut untuk mencapai target tersebut. Ada kemauan pasti ada jalan yang mesti kita tempuh dan adapula hasil yang akan kita nikmati! Pencapaian target melalui tabungan sebaiknya dilakukan diluar rumah atau dengan menabungkan uang anda di Bank. Dengan demikian Tujuan target anda akan lebih mudah tercapai karena menabung di Bank akan lebih aman dan tentunya anda akan mendapatkan selisih bunga dari tabungan anda tersebut, tanpa terasa pencapaian target anda akan dibantu dari penghasilan bunga tabungan anda. Dibandingkan dengan menyimpan uang dirumah baik melalui celengan ataupun dengan menyimpan uang anda di lemari, bantal dan lainnya, akan sangat memudahkan anda untuk mengambil uang simpanan anda tersebut. Dan jika demikian terus berkelanjutan, Kapan Target anda akan tercapai....? Namun walaupun demikian ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda menabungkan uang anda di bank. Salah satunya adalah jangan sampai salah memilih produk tabungan. sebaiknya terlebih dahulu anda harus mengerti jenis Produk yang akan anda gunakan tersebut. Menabung di bank memang menguntungkan karena anda akan mendapat keuntungan bunga, Namun jika anda salah memilih produk Tabungan justru sebaliknya, uang anda akan tergerus menurun bukannya menjadi banyak namun bisa – bisa akan habis. Seperti halnya Tabungan dengan biaya Administrasi bulanan, Tabungan dengan kemudahan kartu ATM – nya. Jika tabungan investasi anda atau Tabungan untuk pencapaian target anda dengan mudahnya dapat anda Tarik setiap saat apa bedanya dengan anda menyimpan uang anda tersebut di bawah bantal. Dijamin, Target anda tidak akan terpenuhi ! Atur dan rencanakanlah matang – matang Target Investasi anda, Kedisiplinan disertai dengan pemilihan produk yang tepat akan sangat membantu anda untuk mencapai Target Investasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Money & You Magazine

E. 04 Mei ‘09



Money & You magazine Edisi 04 ( may )