Page 1

Penawaran Website PD Parkir Makassar Mantika Quantum Media Website Developer

BTN Minasa Upa, Blok A1 No 13, Makassar www.mantikamedia.com 1 Agustus 2012


Hak Cipta Š 2012 Mantika Quantum Media

Dokumen ini merupakan hak milik dan hak cipta dari Mantika Quantum Media. Materi dalam dokumen ini tidak diperkenankan untuk dibuka sebagian ataupun keseluruhan tanpa persetujuan tertulis dari Mantika Quantum Media. Tidak ada bagian dari “Proposal Website Development Mantika Quantum Media� yang diperkenankan untuk digandakan dalam bentuk apapun selain dari tujuan untuk mengevaluasi dokumen proposal Mantika Quantum Media, dan harus dapat dikembalikan berdasarkan permintaan. Dokumen ini disajikan untuk membantu PD. PARKIR MAKASSAR dalam menilai penawaran yang diajukan dan merupakan hal yang normal apabila kebutuhan yang diajukan kemungkinan berubah mengikuti perubahan usaha dan perubahan operasi. Mantika Quantum Media percaya bahwa proposal yang diajukan ini dapat menjawab kebutuhan pembangunan website PD. PARKIR MAKASSAR.


PENDAHULUAN Pada saat ini manajemen informasi cenderung kearah publikasi elektronis dan meninggalkan pelayanan secara analog (non elektronik). Kehadiran teknologi media online dapat meningkatkan exposure suatu produk atau perusahaan, dan dapat juga berperan sebagai Marketing Tools atau alat pemasaran suatu produk melalui dunia maya. Situs web yang efektif merupakan salah satu strategi yang harus dijalankan oleh organisasi atau perusahaan yang akan berpartisipasi melalui media online. Mengapa ? Peluang ini cukup luas setelah, hasil riset memperlihatkan bahwa pertumbuhan penggunaan Internet di Indonesia terus meningkat. Jika di tahun 2010 lalu rata-rata penetrasi penggunaan Internet di kota urban Indonesia masih 30-35 persen, di tahun 2011 ini ditemukan oleh MarkPlus Insight bahwa angkanya sudah di kisaran 40-45 persen. Hasil riset, yang dirilis oleh Majalah Marketeers ini, dilakukan oleh MarkPlus Insight terhadap 2161 pengguna Internet di Indonesia memberikan gambaran jelas mengenai tren penggunaan Internet di Indonesia. Angka pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia masih didominasi oleh anak muda dari kelompok umur 15-30 tahun. Di masing-masing kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight, sekitar 50 persen hingga 80 persen dari pengguna Internet merupakan kaum muda. Riset Netizen 2011 oleh MarkPlus Insight ini juga memberikan indikasi bahwa rata-rata pengguna Internet di Indonesia mengakses melalui smartphone dan notebook. Dari sekian hasil riset diatas, jelas menunjukkan partisipasi online sudah sangat dibutuhkan untuk membentuk sebuah opini masyarakat terhadap pencitraan personal, organisasi, perusahaan. Utamanya yang memiliki kepentingan besar terhadap publik. Partisipasi PD. PARKIR MAKASSAR dalam media online dipastikan akan meningkatkan services yang ditawarkan kepada konsumen, melaui penyampaian informasi lebih cepat dan akurat, promosi yang lebih terarah, sarana penyampaian feedback oleh konsumen, sarana membina relasi dengan supplier, dan meningkatkan brand awareness terhadap produk maupun citra PD. PARKIR MAKASSAR di mata publik itu sendiri. Selain itu direct competitor dan beberapa indirect competitor dari PD. PARKIR MAKASSAR sendiri juga sudah aktif menggunakan media online dan memiliki website masing-masing. Hal ini tentu dapat menjadi poin tersendiri bagi PD. PARKIR MAKASSAR untuk dapat berpartisipasi di dunia online.


1. RANCANGAN WEBSITE PD. PARKIR MAKASSAR Sejalan dengan tujuan kompetitif perusahaan, yang sejauh ini di ketahui bergerak dibidang property, maka website PD. PARKIR MAKASSAR idealnya berupa portal produk properti. Yang memuat tentang : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Identitas perusahaan. Layanan yang diberikan ke masyarakat. Berita seputar perusahaan. Informasi publik tentang layanan umum, tempat penting dan lain sebagainya. Kegiatan perusahaan seperti marketing events dan sebagainya. Album foto perusahaan. Kontak informasi.

Terkit hal tersebut diatas kami lampirkan usulan tema dan arsitektur website PD. PARKIR MAKASSAR, yang nantinya akan menjadi pola dan design website PD. PARKIR MAKASSAR. Sebagai referensi, website PD. PARKIR MAKASSAR dibangun menggunakan Engine Open Source. Penggunaan Joomla oleh kami sebab, Mantika Quantum Media merupakan salah satu perusahaan Web Development yang ikut serta dalam dalam pengembangan Open Source.

2. ARSITEKTUR WEBSITE PD. PARKIR MAKASSAR Berikut ini sekilas tentang menu yang ada dalam website PD. PARKIR MAKASSAR 1. HOME : Dihalaman ini akan ditampilkan beberapa informasi terbaru, penting dan ringkas seputar PD. Parkir. Pada halaman depan juga akan ditampilkan intro layanan perusahaan, sambutan direksi, modul press release terbaru, modul informasi umum, informasi corporate event terbaru. 2. PROFILE : Pada halaman ini akan ditampilkan informasi seputar perusahaan meliputi, sejarah, dasar hukum dan direksi. 3. SERVICE : Pada halaman ini akan ditampilkan daftar layanan perusahaan. 4. PRESS RELEASE : Halaman ini spesifik menampilkan daftar berita perusahaan. 5. PUBLIC INFO : tentang layanan umum, tempat penting dan lain sebagainya. 6. CORPORATE EVENTS : Daftar kegiatan perusahaan meliputi marketing promo, RUPS dan sebagainya. 7. GALLERY : Album foto perusahaan. 8. CONTACT US : Form kontak untuk menghubungi perusahaan.


3. FITUR WEBSITE PD. PARKIR MAKASSAR Agar website lebih interaktif, website ini akan dilengkapi beberapa fitur pendukung. Seperti : • •

Facebook Fan Page. Tweeter Feeds.

Fitur tersebut dianggap penting untuk mendukung layanan perusahaan diantaranya social marketing dan Search Engine Optimize – SEO.

4. KOMPONEN KEBUTUHAN WEBSITE PD. PARKIR MAKASSAR Komponen website tidak terlepas dari kebutuhan hosting dan domain. Hosting adalah tempat dimana scripts web disimpan. Agar dapat diakses oleh seluruh pengguna website diseluruh dunia. Sementara domain merupakan alamat yang akan mengarahkan pengguna internet dapat menuju lokasi scripts web disimpan. Serta dapat dilihat halaman perhalaman. Penempatan Hosting yang kami tawarkan dengan spesifikasi yang sebagai berikut: • • • • • • • •

Cpanel Web Email, POP3 Email, Mailling list, Forward Email Subdomain FTP/Secure FTP dan file manager Pemrograman PHP, WAP, SSI, CGI Web Statistik Backup dan proteksi web dan banyak lagi

Kapasitas yang kami tawarkan adalah 2,5 GB/Tahun, dengan montly transfer sebesar Sementara Domain, kami tawarkan adalah 1 tahun dengan nama domain “co.id”. Sehingga alamat situs menjadi “www.pdparkirmakassar.co.id”. Dengan ketentuan PD. PARKIR MAKASSAR bersedia memenuhi syarat pendaftaran domain ke Kementerian Informasi Dan Komunikasi sebagai berikut : • • • •

KTP/SIM/Paspor (masih berlaku) SIUP/TDP/ (Akta Notaris cover dan Hal 1 ) Kepemilikan Merk (bila ada) Surat kuasa pemesanan dan pengelolaan kepada Direktur IT/Development Mantika Quantum Media Slamet Wiryawan Razak.


Alternatif lain jika Kementarien Komunikasi Dan Informasi menolak persyaratan tersebut karena adanya perubahan aturan semenjak proposal ini dikirimkan, maka kami mengajukan penawaran menggunakan domain “com”. Sehingga alamat situs menjadi “www.pdparkirmakassar.com”.

5. WAKTU PENGERJAAN WEBSITE PD. PARKIR MAKASSAR Pengerjaan web ini direncanakan berlansung selama 2 pekan sejak resmi di mulai atau kontrak pesanan dilakukan. Asumsi yang ada adalah bahan telah tersedia. Rencana 2 pekan tersebut kami perkirakan setelah dimasukkannya kesulitan-kesulitan yang tak terduga seperti keterlambatan pendaftaran domain dan sebagainya, jika tidak ada kesulitan-kesulitan yang kita perkirakan sebelumnya web bisa selesai sebelum waktu tersebut berlalu. Berikut ini adalah bagan/tabel waktu pengerjaan :

Kegiatan

Waktu

Perancangan

1 Hari

Web Design

1 Hari

Scripting/Development/Costumize

4 Hari

Hostin/Domain Order

3 Hari

Upload

1 Hari

Testing

3 Hari

Perbaikan

3 Hari

waktu tersebut bisa saja lebih cepat dari waktu perikraan.


6. BIAYA WEBSITE PD. PARKIR MAKASSAR Dari seluruh penjelasan tersebut diatas, maka harga yang tawarkan kami rincikan sebagai berikut : Komponen Biaya

Nominal

Hosting (Data Storage) Domain Web Design Scripting Perawatan Pelatihan Total

Rp 450,000 Rp 150,000 Rp 750,000 Rp 1.000,000 Rp 650,000 Rp 400,000 Rp 3.500.000

Total Rp 3.500.000 Biaya tersebut diatas sudah termasuk pajak Pph,PPN dan Pajak Jasa. Untuk penambahan fitur diluar penawaran menu dan fitur pendukung, kami kenakan biaya sekitar Rp 150.000 peritem. Sementara mekanisme pembayaran yang kami ajukan yakni terbagi atas dua termin. Yakni terimin pertama sebagai tanda jadi pemesanan dan kedua pelunasan. Ketentuan hak dan kewajiban pelanggan terhadap kami dan client selanjutnya akan diatur dalam perjanjian kerjasama. Demikian uraian tentang penawaran kami. Kami harap proposal ini bisa memberi menjadi pertimbangan Bapak/Ibu untuk menjadikan kami sebagai mitra. Serta dapat membantu Bapak/Ibu dalam memberikan layanan kepada perusahaan dan client.

Makassar, 1 Agustus 2012

SLAMET WIRYAWAN RAZAK IT / Web Developer

E-Paper MQM  

ini epaper mqm

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you