Page 17

MP SELASA, 25 O K T O B E R

Ada persoalan kemasyarakatan, atau peristiwa maupun kegiatan di sekitar lingkungan Anda?

SMS atau Hubungi

0813 4006 9038

17

2 0 1 1 Budi Santoso

SITARO

Supit Aktif Gaet Investor PEMKAB terus berupaya menggaet investor untuk menanamkan modalnya di Sitaro. “Sejumlah investor sudah menyampaikan niatnya untuk ber-investasi di Sitaro,” kata Bupati Toni Supit belum lama Toni Supit ini. Menurutnya, tawaran investor ini jadi peluang mengelola potensi alam dan memajukan pembangunan Sitaro. “Membangun dan meningkatkan perekonomian tak hanya dilakukan dengan menggunakan dana Pemkab. Tapi harus melibatkan investor. Makanya tawaran investor akan kita sikapi serius,” ujar Supit.(jeg/tas)

DEKAB SITARO

Personil F-PDIP Turun Biaro PELAYANAN bagi rakyat terus dilakukan personil F-PDIP Dekab Sitaro. Komitmen kerakyatan itu siap dilakukan F-PDIP dan pengurus DPC PDI-P Sitaro, dengan mengunjungi warga Pulau Biaro. Ketua Dekab Sitaro Djipton Djipton Bogar Tamudia Bogar Tamudia mengatakan, tugas pelayanan warga ini akan dilakukan pekan depan. “Ini adalah wujud komitmen kerakyatan F-PDIP dan DPC PDI-P Sitaro bagi warga Biaro dan Sitaro,” ujar Tamudia. Sekretaris DPC PDIP Sitaro ini menambahkan, selain menyerap aspirasi warga, kunjungan kerja ini dilakukan dalam kaitan melakukan konsolidasi partai. Konsolidasi yang akan melibatkan PDI-P Sulut ini adalah wujud tanggung jawab dan pelayanan F-PDIP di Dekab dan pengurus PDI-P Sitaro ke warga. “Melayani warga, memperkuat basis dukungan PDI-P dan memantapkan kaderisasi jadi komitmen kami dalam tugas pelayanan ini,” ujar pria jebolan terbaik Lemhanas 2010 itu.(jeg/tas)

LAMBAT: Pembangunan Pelabuhan Ulu Siau lambat. Pemkab dan warga minta kontraktor mempercepat penyelesaian pembangunan fasilitas publik ini.

Pemkab Buka Peluang Investor MELONGUANE-Lahan perkebunan di Kabupaten Talaud sangat menjanjikan Komoditi Andalan di Kabupaten Talaud (lihat grafis). Wilayah daratan yang memiliki lahan perkebunan luas membuka Komoditi Potensi Luas Tanam Luas Panen Produksi peluang besar bagi petani dan investor mengelola perkebunan di Bumi Porodisa Kelapa 26.181 Ha 22.398,06 Ha 17.730,21 18.588,97 ini. “Kelapa, cengkih, pala dan abaka jadi Pala 12.650 Ha 5.185,75 Ha 3.014,09 3.553,48 komoditas unggulan perkebunan Talaud. Cengkih 8.500 Ha 3.553,48 Ha 2.152,40 898,16 Potensi pengembangannya sangat Kopi 58,65 Ha 24,10 Ha 22,40 2,27 menjanjikan,” kata Bupati Talaud Drs Constantine Ganggali MM yang Vanili 400,78 Ha 388,27 Ha 201,54 5,63 didampingi Sekkab Ir Djemi Gagola MSi, Kakao 500,65 Ha 150,00 Ha 200 5 MM, kemarin. Abaka 5.800 Ha 109,00 Ha 90,70 3.265,20 Dia mengakui, sumbangsih produksi Sumber: Pemkab Talaud kelapa dan pala asal Talaud di pasar nasional dan internasional sangat besar. “Talaud sebagai penyumbang 40 persen pala nasional,” ujar Ganggali yang diamini Gagola. Pengembangannya dilakukan dengan menciptakan produk minyak pala, bubuk pala, sirup tempurung, minyak goreng murni, nata de coco, pala dan kripik daging pala. Begitu juga, produk tepung kelapa dan serat sabut kelapa juga besar Kelapa untuk dijadikan minyak goreng, arang peluangnya dikembangkan. (jeg/tas)

APBD-P Akhirnya Dibahas Rabu, Dipastikan Tuntas Editor : Tenni Assa Peliput : Jemmy Gahansa

TAHUNA - Setelah sempat tertunda, akhirnya RAPBD Perubahan 2011 mulai dibahas Pemkab dan Dekab Sangihe. Pembahasan program pemerintah dan rakyat dilakukan, di ruang sidang kantor Dekab Sangihe, kemarin. Rapat paripurna yang dipimpin Ketua Dekab Sangihe Tonao Jangkobus dan Wakil Ketua Rizald Paul Makagansa itu diawali dengan penyampaian pengantar nota keuangan RAPBD-P 2011 oleh Plh Bupati Sangihe Ferdinan Wenas SH, MS, MM. “Banyak program pelayanan pemerintahan serta pembangunan yang harus diselesaikan secepatnya ditahun ini. Kami berharap seluruh pimpinan dan anggota Dekab Sangihe bisa mempercepat pembahasan RAPBD-P ini,” ujar Wenas. Sekwan Sangihe Drs Matheos Ambat menjelaskan, penyampaian nota pengantar

Ferdinan Wenas

langsung ditindaklanjuti Dekab dengan menyampaikan pandangan umum fraksi, tadi malam pukul 19.00 Wita. Besok pagi (hari ini, red) pukul 10.00 Wita dilanjutkan tambahan penjelasan ekse-kutif. Selanjutnya pukul 11.00 Wita rapat gabungan komisi. Rabu (26/11) pukul 14.00 Wita pengambilan putusan persetujuan Dekab . “Khusus konsultasi APBD-P dengan Pemprov Sulut akan menyesuaikan jadwal,” jelas Ambat.(*)

Pelantikan Bupati Sangihe Bakal Bergeser (29/10),” ujar sumber yang minta identitasnya dirahasiakan. Hal ini terjadi karena pengurusan surat keputusan (SK) Pelantikan di Depdagri masih berproses. “Pastinya kapan SK Pelantikan akan ditandatangani Mendagri dan dikirim ke Pemprov Sulut belum Jabes Gaghana HR Makagansa ada kejelasan. Begitu TAHUNA - Pelantikan Bupati juga surat pemberitahuan Pemprov Drs HR Makagansa MM dan Sulut ke Pemkab Sangihe untuk Wabup Jabes Gaghana SE ME bakal segera mempersiapkan acara bergeser. “Sebelumnya pelantikan pelantikan belum diterima,” ujar dijadwalkan Jumat (28/10) pekan sumber. ini, bakal bergeser hingga Sabtu Kabag Ortal Sangihe Drs Dokta

Pangandaheng mengatakan, hingga kini belum ada pemberitahuan penundaan pelantikan dari Pemprov Sulut. “Panitia dan Pemkab sudah siap melaksanakan acara ini. Undangan sudah siap diedarkan

dengan hari pelantikan Jumat (28/10),” ujar Pangandaheng. Kalau pun nantinya ada penundaan, Pemkab akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulut. “Kami minta Pemprov memberi kepastian

waktu jelas kapan pelantikan dilaksanakan. Jangan persiapan dan undangan sudah dicetak dan diedarkan dengan waktu hari Jumat (28/10) lantas kemudian ditunda,” tandasnya.(jeg/tas)

Mando Post  

Manado Target Pusat Gereja Setan di Asia

Advertisement