Page 1

Issue 1 July 2012

PUSAT TECHNO & LIFESTYLE

TERAMAI - TERLENGKAP - TERMURAH

JUSUF KALLA AKAN TAMBAH INVESTASI KE SULUT MENGAPA

HUT KOTA MANADO HARUS 14 JULI ?

MARIE ELKA PANGESTU

Sulut Bisa

kalahkan bali k

Sima

9

PUSAT BELANJA PALING RECOMMENDED DI MANADO


2


3


4


publisher’s note

‘’Manado Jo !’’

K

RISIS ekonomi yang menghajar Eropa selang setahun terakhir kian menakutkan saja. Pasalnya, dampak krisis tersebut kian mengglobal bahkan efek dominonya paroh Mei 2012 lalu dilaporkan mulai terasa di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Kekhawatiran pun menyeruak di negeri ini: krismon akan terjadi lagi, niai rupiah anjlok, banyak perusahan tutup, pengangguran akan terus terjadi. Apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi bahkan bisa survive jika efek domino krisis ini terjadi? Belajar dari krisis moneter parah yang terjadi pada awal 1997 hingga 2000 lalu, teryata sektor pariwisata lah merupakan bidang usaha paling tepat untuk bertahan dari hantaman krisis. Langkah pemerintah memberdayakan minat setiap warga negeri ini untuk berlibur di dalam negeri

saja, merupakan opsi bijak sebagai solusi turunnya minat bepergian turis Eropa akibat dampak krisis yang dialami. Sulawesi Utara merupakan salah satu destinasi pariwisata andalan di utara Indonesia. Ibukota provinsinya, Manado, bahkan kini kian berkembang sebagai kota tujuan pelaksanaan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibitions) dunia. Tak itu saja, sebab pesona cantik kota Manado bahkan kian ramai dengan hadirnya beragam pusat perbelanjaan besar, hotel, restoran hingga berbagai lokasi leisure lainya. Jaka Priyatna, General Manager (GM) Hotel Aston Manado sahabat saya, dalam sebuah diskusi formal pariwisata belum lama ini, pernah mengusulkan perlunya market branding terhadap kota Manado mirip dengan sejumlah kota wisata dunia lainnya seperti Singapura yang dikenal dengan ‘’Amazing Singapore’’ atau Malaysia dengan ‘’Trully Asia’’ dan India dengan ‘’Incredible India’’. Oleh Jaka, diusulkan jargon tepat ‘’Manado Jo !’’, usulan Jaka tersebut bagi saya pas di hati dan mudah tertanam di benak siapapun pendatang yang akan ke Manado, apalagi ungkapan tersebut dikenal sebagai ‘’bahasa’’ lokal yang artinya ‘’Ayo Mari ke Manado!’’ Manado Jo adalah semangat di balik terbitnya majalah ‘’Manado Magazine’’ yang telah tiba di tangan Anda, pembaca yang budiman. Bahwa melalui penerbitan ‘’Madmagz’’ – singkatan penyebutan majalah ini, kami bertekat sepenuh hati akan ikut membangun dan memajukan pariwisata Sulawesi Utara sebagai potensi andalan dunia di utara Indonesia. Madmagz akan tiba di tangan Anda secara gratis ‘’Free Magazine’’, sebulan sekali. Semoga Anda berkenan.

Chief Executive Officer

ADVERTISE WITH US! adalah mitra yang tepat bagi dunia usaha dan organisasi maupun pribadi untuk mempromosikan produk dan jasa Anda karena dibaca oleh pembaca yang berkualitas. Dapatkan yang tersedia, GRATIS!!!

di pick up point

CONTACT US Phone: 0431 3822483 - 3852878 085240888868 - 085395651127 Email: manadomagazine@yahoo.com

5


what’s inside nobody knows manado better than we do

14

Heboh! Mantos Auto Contest 2012

Wings Air Kembali Layani Penerbangan ke Davao

JUSUF KALLA

16

Akan Tambah Investasi ke Sulut

Board of Commissioners Dino Gobel Reynaldo Carlo Thesman Janny Kopalit Founder Dino Gobel Michael Umbas Janny Kopalit

CEO Dino Gobel Managing Director Janny Kopalit Marketing & Advertising Manager Maureen Boengai

main topics

18 20

‘‘Ayo, ke Manado Jo !”

Mengapa Harus 14 Juli HUT Manado? 9 Pusat Belanja Paling Recommended di Manado!!! MARIE ELKA PANGESTU

22 26 29 30 38 44 6

Sulut Bisa Kalahkan Bali

Dokter Siloam Standby 24 Jam Diva Karaoke Keluarga

One Stop Entertainment

Art & Production Angky Roeroe Writers Alexander, Nadila Photographers Ronald Marcus, Sammy Mamoto IT Support Rocky Mandey Contributing Makassar: Wahyuni (081316619275) Legal Advisor Maureen Boengai Law & Partner Office Marina Plaza Blok C No. 16 Piere Tendean Boulevard Manado Sulawesi Utara - Indonesia Phone & Fax.: 0431- 3852878 - 3822483 Email: manadomagazine@yahoo.com Publisher Sulut Jadi Sejahtera Grup Digital Version http://issuu.com/manadomag/docs/issue_1 Event Organizer Hendrik Mantik

Hotel Guide Batu Nona Resort and Water Sport

Dirancang Moderen the Kampoeng Culture Resto

100% Manado Skali

Redaksi ManadoMAG menerima tulisan dari luar. Tulisan dan Surat Pembaca dikirim ke email redaksi disertai alamat, identitas dan kontak telepon yang jelas. ManadoMAG berhak mengedit namun tetap tidak keluar dari maksud tulisan dan juga berhak untuk tidak memuat tulisan dari luar. Dalam menjalankan tugas, wartawan ManadoMAG diperlengkapi dengan tanda pengenal dan wajib diperlihatkan kepada narasumber. DISCLAIMER ManadoMAG mencoba dengan segala upaya agar seluruh informasi dan iklan yang diterbitkan dalam majalah ini adalah akurat dan dapat dipercaya. ManadoMAG tidak bertanggungjawab atas informasi yang keliru dari konten iklan yang merupakan tanggungjawab dari pemasang/pemilik iklan.


breaking news Gubernur Sulut Lobi Investor ke Korsel TAK kenal lelah memajukan daerahnya, itulah keistimewaan Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang. Terbukti, berbagai berbagai upaya untuk memajukan daerah ini terus dilakukannya. Lihat saja, selain berupaya mengadakan iven-iven internasional, - SHS –sapaan akrabnya di masyarakat, juga terus berjuang mendatangkan investor ke daerah ini. Bahkan, pada Selasa 3 Juli lalu, SHS bertolak ke Korea Selatan. SHS tak hanya sendiri. SHS berangkat bersama tim dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang ada di pusat. Mereka diundang para pengusaha Korsel untuk mempresentasikan potensi Indonesia. ‘’Ini peluang yang sangat bagus. Sulut harus tangkap peluang ini. Indonesia diundang oleh KorSinyo Harry Sarundajang sel untuk memaparkan potensi Indonesia. Kalau hanya BKPM yang pergi, tentu mereka tidak akan memaparkan mendetail potensi yang ada di masing-masing provinsi. Karena itu Saya selaku Gubernur Sulut, harus manfaatkan kesempatan ini ikut dengan BKPM untuk memaparkan potensi Sulut,’’ ujar SHS sebagaimana dilansir manado post.(manadopost.co.id)

Dinas Pariwisata Manado Kualifikasi Pajak Hotel PARA pengelola hotel berbintang di Sulut harus siap-siap. Sebab, terkait besaran pajak kamar hotel di Kota Manado. Dinas Pariwisata akan melakukan kajian dengan melakukan kualifikasi terhadap kamar Hotel Berbintang dan Melati. “Yang jelas ke depan kita akan lakukan kajian dahalu. Agar supaya pajak hotel berbintang tidak sama dengan pajak hotel melati,” ujar Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot MaPeter Assa nado Peter Assa kepada wartawan di Manado belum lama ini. Hanya saja menurut Assa pihaknya akan melakukan kajian lebih mendalam terlebih dahulu agar tidak terjadi persoalan di kemudian hari.(alex)

Jamsostek Manado Siapkan Uang Muka Rumah Karyawan Swasta SUNGGUH membahagiakan! Ungkapan ini layak ditujukan kepada para karyawan swasta di daerah ini yang kerap kesulitan memperoleh fasilitas pemilikan rumah pribadi. Adalah PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Persero, selaku BUMN andalan pemerintah ini dipastikan akan siapkan dana Rp1,3 miliar, untuk pinjaman uang muka rumah bagi pekerja yang telah menjadi anggota Jamsostek di Sulawesi Utara Sulut. “Pembiayaan Rp1,3 miliar tersebut masuk dalam program Pinjaman Uang Muka Perumahan(PUMP) bagi pekerja, yang telah terdaftar sebagai peserta aktif Jamsostek,” kata Kepala PT Jamsostek Cabang Sulut, Arief Budiarto sebagaimana dilansir kantor berita Antara di Manado. Dia menjelaskan, pekerja yang bisa mendapatkan pembiayaan uang muka perumahan tersebut, yakni mereka yang aktif menjadi peserta paling kurang satu tahun, di perusahaan yang aktif membayar iuran kepesertaan untuk kurun waktu minimal satu tahun. (antarasulut.com)

DPK Tumbuh 32 Persen BNI Manado kian Membanggakan LUARBIASA capaian prestasi yang dilakukan Bank BNI Wilayah Manado (BNI WMO). Pasalnya, bertepatan perayaan HUT ke 66 BNI, sejumlah kemajuan membanggakan diperlihatkan BNI WMO. Sebut saja, diantaranya, capaian dana pihak ketiga (DPK) pada posisi kwartal kedua 2012 sukses bertumbuh hingga 32 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara, data yang diperoEmil Tandjung leh Manado Magazine menyebutkan, selama 2012, BNI WMO menargetkan DPK tumbuh 20,1 - 26,7 persen. Komposisi DPK BNI WMO mencapai sebesar 73 persen terdiri DPK perorangan melalui produk tabungan, giro personal dan deposito personal. “Kami akan terus melakukan perubahan dan pertumbuhan di segala lini, bersama negeri, mengawal pembangunan di berbagai sektor industri,” tegas Emil Ermindra Tandjung, CEO BNI WMO kepada wartawan. Sementara rangkaian perayaan HUT ke 66 BNI di Manado berlangsung meriah. “BNI akan selalu menjadi bagian dari kemajuan bangsa khususnya Sulawesi Utara tercinta,” kata Humas BNI WMO Daes Lariatmoko. (nadila)

Bunaken Jazz Festival 31 Agustus-2 September 2012 KABAR gembira bagi penggemar jazz di Sulut, termasuk Anda yang suka bepergian ke daerah ini. Even music jazz bertajuk Bunaken Jazz Festival, dipastikan akan digelar di Manado pada 31 Agustus hingga 2 September 2012, dengan menampilkan sejumlah artis jazz ternama. “Festival ini bernama Bunaken jazz festival dan nantinya akan melibatkan artis nasional,” kata Ketua Panitia Tommy Bernadus, di Manado, sebagaimana dilansir kantor berita Antara baru-baru ini. Bernadus mengatakan artis yang akan diundang panitia itu antara lain, Barry Likumahuwa Project (BLP), Funky Thumb yang akan tampil bersama dengan Tompi, Syaharani dengan grupnya ESQIEF, Yovie Widianto Fusion, Raisa, The Fingers, dan Monita Tahalea. Selain musisi jazz nasional, akan tampil juga musisi lokal dari Sulawesi Utara, seperti Kolintang Jazz. (antarasulut.com) Raisa

7


8


9


Tempat Belanja Terlengkap yang Paling Oke!

Bayview Foodcourt juga tempat yang nyaman untuk bersantai bersama teman maupun keluarga

10


11


event

USNS Mercy Kunjungi Sulut

U

nited State Navy Ship (USNS) Mercy sebagai kapal rumah sakit terbesar di dunia. Kapal yang mengangkut sekitar 1000 kru ini melakukan perjalanan selama seminggu dari Guam ke Manado, sulawesi Utara. Kapal ini selama dua minggu melakukan misi kemanusiaan di nyiur melambai. Media lokal mendapat kesempatan untuk melakukan tur singkat ke kapal ini. Sebelum naik ke kapal rumah sakit, semua yang naik mendapatkan pengarahan dari US Navy tentang prosedur selama di atas kapal. Dua perahu milik USNS Mercy dan helikopter Sea Hawk yang memiliki kapasitas 10 orang penumpang termasuk kru disediakan untuk mengangkut wartawan. Kapal ini akan bekerja selama 12 jam dari 16 jam kerja, sedangkan helikopter untuk mengangkut suplai obatobatan. Untuk kapal ini, mereka hanya menggunakan dua kapal dari 30 kapal yang dimiliki. Jika menggunakan helikopter maka penumpang akan turun di helipad yang berada di bagian atas kapal sedangkan jika menggunakan perahu penumpang akan naik lewat samping kanan kapal

ini. Lantai 01 dan 02, yang terletak paling atas digunakan untuk menyimpan obat obatan, laboratorium, dan sejenisnya. Pasien yang tidak bisa berjalan, untuk dapat menuju ruang administrasi dibawa melewati lift yang bisa menampung sekitar 20 orang dewasa. Selain lift ada lorong yang bisa menghubungkan mulai dari bagian atas kapal hingga ke bagian bawah kapal. Jika melewati lorong ini semua personil terlihat bergerak cepat. Begitu sampai di daerah M (main deck) pasien yang akan mengikuti operasi akan dicocokkan administrasinya yang ada dalam daftar pasien yang sudah discreening terlebih dahulu di darat. Dekat dengan bagian administrasi ini, ada yang namanya ruang gawat darurat yang memiliki kapasitas 50 tempat tidur. Di ruangan ini juga nantinya bisa dipilah ke bagian mana pasien akan dirawat. Di sini juga terletak 12 ruang operasi. Sayangnya saat kunjungan wartawan, ruang operasi sementara dipersiapkan jelang pelaksanaan operasi yang dilakukan selama 12 hari itu. Di bawahnya lagi tersusun lantai 2 hingga 5, yang digunakan sebagai bangsal para pasien. Mercy memiliki 250

tempat tidur, dan bisa ditambah hingga 1.000 jika diperlukan. Di dalam kapal itu ada 20 tempat tidur untuk perawatan pasca operasi, dan 80 dipan untuk perawatan intensif. Di sana ada poliklinik gigi dengan enam bilik pemeriksaan. Meski tak bisa masuk ke dalam ruangannya langsung, dijelaskan oleh Perwira Humasnya Maria Lohmeyer dinding kamar dari baja dicat putih, krem, atau hijau muda. Tak ada sofa mentereng atau televisi di ruang pasien. “Semua ruang berpenyejuk udara karena tak ada jendela,� kata Maria. Maria yang menjadi pemandu tur, menambahkan, semua pasien tinggal di dalam barak berukuran sekitar 200 meter persegi. Di dalamnya terdapat 20 tempat tidur bertingkat dua dipan 1x2 meter dengan kasur lateks berseprai putih. Pada sisi masing-masing dipan ada lampu baca, tangki oksigen, dan sebuah rak kecil dari besi. Untuk kamar rawat anak-anak, kata Maria, dirancang sedemikian rupa hingga menyerupai tempat bermain. “Hal ini dimaksudkan agar anak-anak meski dalam masa penyembuhan bisa menikmati hiburan. Ruang perawatan anak memiliki kapasitas 80 tempat tidur,� ujarnya. (alex)

Menkokesra Resmikan RS Siloam

M

enteri Koordinator Bidang Kesejahteran Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono meresmikan RS Siloam Jumat 1 Juni 2012. Rumah sakit bertaraf internasional ini, memiliki kapasitas 239 tempat tidur yang didukung oleh 70 dokter spesialis dan lebih 300 tenaga medis. (alex)

12


event

Vicky Lumentut

Tugas Berat

W

Menanti di Depan

alikota Manado Vicky Lumentut terpilih sebagai ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dalam Sidang Formatur Penyusunan Kepengurusan Dewan Pengurus Apeksi Periode 2012-2016. Vicky secara resmi mengantikan Edy Santana Putra, Walikota Palembang Ketua Apeksi 20082012. Vicky mengaku dalam sambutannya sadar akan beratnya tugas yang diembankan kepadanya. Menurutnya, jabatan yang diembannya merupakan sesuatu yang digunakan untuk kepentingan rakyat. “Hari ini tanggal 1 Juni Hari Lahir Pancasila. Jadi marilah kita bekerja sama untuk kebersatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya. Dalam wawancara, Vicky mengatakan ia akan mengusahakan adanya pertukaran pengalaman antar daerah. “Ini akan membantu perkembangan suatu kota. Kita bisa belajar dari daerah lain bagaimana mengelola suatu pemerintahan,” tuturnya. Ia berjanji juga akan berkomunikasi dengan pemerintah pusat segala hal yang berhubungan dengan APEKSI. “Ini akan menciptakan hubungan yang harmonis antara pemerintah pusat dan daerah,” katanya. Mengenai beberapa peraturan pusat yang membebani kota, ia juga akan mendiskusikan ini dengan temanteman walikotanya. Hasil diskusi ini kemudian akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “Misalnya pemberian bantuan untuk masyarakat sekarang sangat diawasi. Kami akan berdiskusi kemudian mengambil kesimpulan dan membawanya ke mendagri agar mendapat titik temu,” ungkapnya. Vicky juga menekankan soal kerja sama antar daerah. Ia juga mengutip perkataan Dirjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mengatakan anggota Apeksi harus siap menghadapi globalisasi. “Banyak pengaruh yang akan merusak akibat pasar bebas. Kita harus menyiapkan regulasi untuk mengantisipasi hal itu,” tandasnya.(*)

City Expo Indonesia

Spektakuler

K

ota Manado menjadi pusat pertemuan atau city house walikota-walikota se Indonesia belum lama ini. Kota yang dikenal sebagai ‘Land of Smiling People’ mampu membuat 58 peserta kagum dengan keindahan alam, kuliner, budaya, bahkan kerukunan daerah yang dipimpin Vicky Lumentut dan Harley Mangindaan ini. City Expo Indonesia merupakan pameran tahunan yang memiliki tujuan untuk mempromosikan dan mempublikasikan semua potensi-potensi kota-kota di Indonesia . City Expo Indonesia ini bagian dari kegiatan Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Kegiatan ini juga sebagai ajang promosi semua kelebihan daerah seperti investasi, pariwisata, budaya dan perdagangan. Acara pembukaan ini pertama kali dibuka dengan pawai atau parade yang menampilkan budaya dari 58 kota yang terdaftar sebagai peserta Indonesia City Expo. Parade mengambil rute dari depan pusat perbelanjaan Megamall sampai lapangan basket Megamas. Antusiasme masyarakat Manado sangat besar, terbukti ratusan warga menyemut di lokasi tempat acara ini berlangsung. Banyak warga yang mengabadikan momen spesial ini. Manado tampil sebagai peserta pertama dalam parade kali ini. Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Djouhari Kansil. “Kegiatan ini spektakuler,” kata Vicky Lumentut dalam sambutannya. Ia menambahkan sebagai kepala daerah bangga dengan pencapaian Kota Manado selama ini. “Saya berterima kasih kepada Apeksi atas kepercayaan kepada Manado untuk menggelar event nasional ini,” katanya yang langsung disambut tepuk tangan ratusan orang. Djouhari Kansil, Wakil Gubenrnur Sulut menyebut event ini sebagai kegiatan yang cerdas dan menjadi promosi sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia berkembang terus. “Ini merupakan bagian yang akan membuat negara kita maju dalam perekonomian dunia. Indonesia masih menduduki peringkat 16 dunia dalam pertumbuhan ekonomi,” katanya. (alex)

13


event

Peserta

MAC 2012

P

eserta dalam event Mantos Auto Contest (MAC) 2012 sebagai ajang otomotif paling bergengsi di Sulut diikuti juga peserta dari Jakarta. event tahun ini juga banyak diminati peserta jika dibandingkan dengan tahun lalu. Yono Akbar, General Manager Mantos menuturkan, antusias peserta even yang dilaksanakan dalam rangkaian memperingati HUT ke-6 Mantos tersebut patut diberi apresiasi. “Bila digrafiskan akan sangat jelas peningkatan jumlah pesertanya,” tutur Yono beberapa waktu lalu. Mantos juga membuka kesempatan lebih banyak lagi karena area pamer macam-macam mobil modifikasi telah bertambah dengan Mantos 2. Menariknya, kontes yang memperebutkan hadiah total Rp 40 juta tersebut akan diikuti juga oleh peserta dari Jakarta. Ia berharap, ke depan nantinya otomotif Sulut akan dikenal bukan hanya di Sulawesi tapi sampai ke tingkat nasional, dan tidak menutup kemungkinan hingga internasional. Untuk juri di kontes tersebut, kata Yono, diambil juri dari nasional yang sudah ahli dalam bidang tersebut. “Untuk menjaga obyektifitas penilaian,” ungkapnya. Sementara itu, Rafli Akusa, salah seorang peserta kategori the best killer look, terlihat begitu antusias. Bahkan, pemuda yang juga merupakan pemenang tahun lalu itu, berniat untuk mempertahankan kembali apa yang telah dia raih sebelumnya.“Semoga apa yang telah saya raih lalu akan kembali terulang,” tutur pria asal Dendengan Dalam itu. Dia juga berharap, iven itu akan tetap diadakan setiap tahun agar bakat pecinta otomotif akan selalu tersalurkan. “Lebih sering lebih baik,” usulnya. Event bergengsi ini terselenggara berkat kerja sama Mantos dengan Manado Post, disponsori oleh A-mild dan Jakarta Motor serta didukung sepenuhnya oleh Radar Manado, Memora 103,6 FM, OTOMOTIF, BNI, Meguiars (Teling Motor Manado), Telkomsel, Hotel Sedona, Grand Photo Studio, dan Nippon Auto Sport. (alex)

Ada dari Jakarta

PT

Wings Air Kembali Layani Penerbangan ke Davao

Lion/Wings Air akhirnya kembali melayani penerbangan rute Manadao-Davao PP. Kali ini, pihak Wings Air menggandeng PT Bumi Mas Tour & Travel. Penerbangan dilaksanakan setiap minggu pada hari Kamis. Penumpang dilayani dengan pesawat type ATR 72.500 dengan kapasitas penumpang 70 seat. Dengan kembalinya penerbangan Manado-Davao ini, diharapkan dapat menunjang sektor perekonomian terlebih khusus pariwisata kedua Negara. Apalagi, Kota Manado kini dicanangkan sebagai kota Ekowisata dan pintu gerbang Asia Pasifik bisa terwujud. Penerbangan dengan pesawat ATR 72.500 ini dari Samratulangi airport, mema-

14

kan waktu kurang lebih 90 menit. Tentu saja, dengan adanya penerbangan ini, menghemat waktu dan biaya. Anda berencana liburan ke Philipina? Segera hubungi PT. Bumi Mas Tour & Travel, JL. Lembong No.22 -Manado. Telp:0431-845245 untuk melakukan reservasi.(alex/hesty)


figure

‘’Manado Jo !’’ Sosok pria berdarah campuran Sunda-Thailand ini sungguh enerjik dan inovatif. Betapa tidak. Sejak dipercayakan mengelola Hotel Aston Manado, ‘’Kang Jaka’’ – sapaan akrabnya langsung menggebrak dengan berbagai program, baik itu internal peningkatan layanan berbagai fasilitas di hotelnya, maupun penciptaan branding di kalangan konsumen.

W

alhasil, kerja keras Jaka menempatkan Aston sebagai hotel papan atas dan teramai tingkat huniannya. Tak itu saja, sebab, di tangan dingin Jaka, Aston menciptakan diri sebagai hotel yang sungguh memanjakan pelanggannya baik menikmati fasilitas kamar nan mewah, restoran dengan aneka menu mencengangkan hingga sajian spa yang hmmm, nikmat. Terkait HUT ke 389 Kota Manado, tak banyak yang tahu kalau slogan ‘’Ka Manado Jo’’ yang mulai terkenal di sejumlah kalangan wisatawan domestik dan asing, justeru pertama diucapkan oleh Jaka dalam sebuah kongko-kongko wisata para pengelola perhotelan di Manado. ‘’Saya suka slogan Ka Manado Jo digunakan sebagai jargon kota. Sangat khas dan penuh semangat yang mencerminkan orang Manado yang enerjik dan

Jaka Priyatna GM Hotel Aston Manado

inovatif,’’ tegas Jaka yang memelopori gerakan penyelamatan penyu di Perairan Manado ini, karenanya, jangan heran jika satu ketika anda berkunjung ke Aston Manado, bertemu dengan seorang pria handsome dan murah senyum dan menyapa ramah Anda, itulah Jaka. Sang GM hebat dari Aston Manado.(nadila)

Bayar Pajak itu Ibadah Jabatan penting yang diembannya sebagai Kadispenda Manado tak membuat Bismark Lumentut takabur. Buktinya, penggemar makanan tinutuan ini malah tetap ramah kepada siapa saja. Bahkan terkait dengan tugasnya sebagai pemimpin Dispenda, Bismark malah terus merangkul para pengusaha di kota ini.

‘’S

aya tak mau Dispenda terkesan sebagai unit kerja atau kantor yang eksklusif dan menakutkan,’’ tegas Bismark. ‘’Saya ingin para pengusaha dan masyarakat malah akan semakin termotivasi dan menyadari bahwa membayar pajak itu adalah sebuah tugas penting bahkan ibadah,’’ kata pria sederhana pengagum kepemimpinan Walikota GSV Lumentut dan Wakil Walikota

Harley Mangindaan ini. Karena itu Bismark bertekat untuk mewujudkan tugasnya di bidang perpajakan sekaligus melindungi investor yang hendak datang di Manado. ‘’Silakan berinvestasi di Manado, tapi jangan lupa untuk selalu membayar pajak,’’ kata pejabat yang sempat memegang sejumlah jabatan strategis di Pemkot Manado ini.(nadila)

Bismark Lumentut, SE Kepala Dinas Pendapatan Daerah Manado

15


investment

Jusuf Kalla akan Tambah Investasi ke Sulut

Support Manado Magazine sebagai Media Info Investasi

M

antan Wakil Presiden RI yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla menyatakan optimismenya perkembangan Sulut ke depan sebagai daerah investasi potensial di Indonesia timur. ‘’Saya melihat provinsi Sulut ini sungguh luar biasa kemajuannya, saya kagum,’’ ungkap Jusuf Kalla saat bercakap dengan Manado Magazine di sela kunjungannya di Manado belum lama ini. Bahkan, kata Kalla, karena kekagumannya tersebut maka dia sekaligus merasa nyaman untuk terus menanamkan investasinya di Sulut. ‘’Karena itu ke depan nanti, saya tidak ragu untuk secepatkan merealisasikan penambahan investasi perusahan saya di sulut,’’ katanya mengangguk pasti. Di sisi lain, Kalla mengaku respek terhadap penerbitan perdana majalah Manado Magazine. ‘’Di daerah investasi potensial seperti Manado ini, harus ada majalah yang pro investasi. Karena itu

Jusuf Kalla menyempatkan diri menemui mantan Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar di Lapas Tuminting.

16

Managing Director ManadoMag, Janny Kopalit saat berdiskusi dengan Jusuf Kalla.

Manado Magazine saya minta bisa menjadi media informasi investasi tentang provinsi ini. Harus pro investasi. Selamat buat Manado Magazine ya,’’ tutur Kalla. Sementara dalam kunjungannya ke Manado, Jusuf Kalla juga sempat menemui mantan Walikota Tomohon Jefferson Rumajar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting. Kalla ketika itu tiba di Lapas Tuminting sekitar pukul 12.30 Wita. Jusuf Kalla yang mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna coklat, masuk lewat pintu gerbang utama Lapas Manado. Epe rupanya sudah menunggu kehadiran mantan ketua umum DPP Partai Golkar tersebut. Pertemuan berlangsung sekitar lima menit. Setelah itu Jusuf Kalla yang didampingi Ketua PMI Sulawesi Utara James Karinda langsung menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi. Sementara, kepada para kader PMI di Sulut, Jusuf Kala mengatakan PMI harus

siap, sedia dan komunikatif dalam situasi apapun. Ditambahkannya, tiap daerah dalam PMI harus saling membantu, semisalkannya saat Gunung Lokon pecah, banyak membutuhkan masker, maka daerah PMI di Jogja kelebihan masker maka dikirimlah masker tersebut. “Intinya komunikasi, saling melengkapi satu daerah dengan daerah lainnya,” ungkap Kalla yang menegaskan PMI tidak boleh terlambat dalam menangani bencana Diakuinya juga, pengadaan mobil ambulance banyak manfaat tapi juga banyak kekurangannya, menurutnya tidak juga efektif terlalu banyak mobil ambulance jika tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. “Kalau memang membutuhkan ambulance kita komunikasikan dengan daerah lain, untuk saling melengkapi, jika ada yang kurang di daerah lain kita tanggulangi milik daerah lain yang terdekat,” tandasnya.(alex/janni kopalit)


relax @mantos

B

ingung mencari tempat ngopi yang berkelas? Excelso di Manado Town Square Dua merupakan jawabannya. Cafe yang letaknya menghadap langsung Teluk Manado merupakan tempat hang out favorit semua kalangan di kota ini. Mendesain ruangan dengan interior yang moderen, Excelso adalah tempat yang nyaman bagi Anda dalam melepas kepenatan seusai beraktivitas. Selain itu cafe yang buka mulai dari jam 9 pagi ini menawarkan menu-menu andalan untuk menemani waktu bersantai Anda. Anda patut mencoba kopi Shython Brew Kalosi dari Tanah Toraja. Kopi yang masuk sebagai 10 besar langkah dunia ini di recommended Donald Reagan Zachawerus, Manager Excelso sebagai menu yang harus Anda cicipi. Selain ada juga menu yang tidak kalah menariknya seperti Avocado Coffe dan Karamel Jelly Frappio serta menu andalan lainnya. Harga disini sangat terjangkau. Penasaran? silakan datang ke Excelso Mantos Dua. (alex)

Excelso Mantos, Tempat Santai Berkelas

17


main topic

Bulan Juli tiba, usia kota Manado pun bertambah setahun. yah, tepatnya pada 14 Juli 2012 ini, yang merupakan hari puncak ulang tahun Manado, ibukota provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini akan berusia menjadi 389 tahun. Meminjam ungkapan lama ‘’Makin Tua, Makin Menjadi’’, demikian pula kiranya dengan Kota Manado yang semakin berkembang pesat. Terbukti, hanya dalam kurun waktu lima tahun terakhir saja, Manado mengalami perubahan fisik drastis.

18

K

awasan pantai di Jalan Piere Tendean yang akrab dengan sebutan ‘’Boulevard’’ malah kini kehadiran berbagai pusat perbelanjaan besar atau Mall; yakni Kawasan Bahu Mall, Manado Town Square, MTC (Mega Trade Center), Mega Mall dan kawasan rumah toko (ruko) di areal bisnis Mega Mas, IT Center, kawasan rumah toko (ruko) Marina. Bahkan, seiring dengan hadirnya berbagai swalayan besar kelas nasional Hypermart di Mantos dan MTC, pusat perbelanjaan serupa yang dimanej pengusaha lokal seperti Multi Mart dan Fresh Mart malah tak kalah. Multi Mart misalnya, langsung berekspansi dari gedung awal di kawasan Jalan Sam Ratulangi, menambah lokasi barunya di areal Mega Mas. Begitu juga dengan Fresh Mart yang berekspansi langsung dengan mendirikan cabang barunya di berbagai pusat pemukiman di Manado. Pertumbuhan pusat perbelanjaan pun dibarengi dengan hadirnya berbagai hotel dari kelas melati hingga bintang lima. Belum lagi hadirnya banyak restoran yang dimanej secara lokal maupun francise. Wow! Kota Manado sungguh menjadi kota belanja luar biasa! Walikota Manado DR GSV Lumentut berulangkali menyatakan optimismenya terhadap kemajuan pesat kota ini didukung penuh peran serta masyarakat yang tiada henti. ‘’Saya sungguh bahagia, masyarakat sangat mendukung dengan berbagai cara sehingga Manado tak hanya mampu berkembang pesat namun juga ikut mencatat prestasi,’’ kata Lumentut kepada wartawan usai menerima Piala Adipura belum lama ini. Terakhir, lanjut Lumentut, Manado bahkan semakin mengokohkan dirinya sebagai salah satu kota yang menjadi pusat penyelenggaraan berbagai iven dunia. Ya, terhadap pesatnya berbagai kemajuan kota ini, tak salah memang kalau Gubernur Sulut DR SH Sarundajang pun berulangkali mengingatkan seluruh masyarakat agar terus membenahi diri, memperbaiki kualitas SDM (sumber Daya Manusia) hingga infrastruktur sehingga setiap tamu asing datang ke Manado, bisa mengalami seperti di rumah sendiri. ‘’Kalau perlu, kita bikin masa tinggal mereka kalau selama ini tercatat hanya tiga dan empat hari, ayo kita bikin menjadi sepekan bahkan lebih,’’ ajak Sarundajang, gubernur yang ngotot melobi berbagai iven dunia bisa terlaksana di Manado selama ini. So? Bagi anda warga di luar Manado, jangan bosan-bosan untuk selalu berkunjung ke Manado. Mari, ayo, ke Manado Jo !!***

Mengapa Harus

14 Juli HUT Manado?

S

ejarah dunia mencatat, kecantikan alam dan masyarakat Manado telah lama dikenal. Adalah biologiwan asal Inggris terkenal bernama Alfred Walacea diketahui menulis dalam catatannya pada 1859 tentang Manado sebagai ‘’sorga indah berbukit dan bergunung di tepi pantai’’ saat berkunjung ke daerah ini. Berbagai dokumen pemerintah Belanda juga mencatat penggunaan nama Manado ternyata dimulai sejak tahun 1623. Bahkan, kota yang diperkirakan telah didiami sejak abad ke-16 itu, juga telah digunakan Belanda melalui kelompok dagangnya VOC, pada 1830 untuk menahan Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro. Mengutip data Kantor Berita Antara, nama “Manado” mulai digunakan pada tahun 1623 menggantikan nama “Pogidon” atau “Wenang”. Kata Manado sendiri berasal dari bahasa daerah


Minahasa yaitu Mana rou atau Mana dou yang dalam bahasa Indonesia berarti “di jauh�. Pada tahun itu juga, tanah Minahasa-Manado mulai dikenal dan populer di antara orang-orang Eropa dengan hasil buminya. Hal tersebut tercatat dalam dokumen-dokumen sejarah. Keberadaan kota Manado dimulai dari adanya besluit Gubernur Jenderal Hindia Belanda tanggal 1 Juli 1919. Dengan besluit itu, Gewest Manado ditetapkan sebagai Staatsgemeente yang kemudian dilengkapi dengan alatalatnya antara lain Dewan gemeente atau Gemeente Raad yang dikepalai oleh seorang Walikota (Burgemeester). Pada tahun 1951, Gemeente Manado menjadi Daerah Bagian Kota Manado dari Minahasa sesuai Surat Keputusan Gubernur Sulawesi tanggal 3 Mei 1951 Nomor 223. Tanggal 17 April 1951, terbentuklah Dewan Perwakilan Periode 1951-1953 berdasarkan Keputusan Gubernur Sulawesi Nomor 14. Pada 1953 Daerah Bagian Kota Manado berubah statusnya menjadi Daerah Kota Manado sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 42/1953 juncto Peraturan Pemerintah Nomor 15/1954. Tahun 1957, Manado menjadi Kotapraja sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957. Tahun 1959, Kotapraja Manado ditetapkan sebagai Daerah Tingkat II sesuai Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959. Tahun 1965, Kotapraja Manado berubah status menjadi Kotamadya Manado, yang dipimpin oleh Walikotamadya Manado KDH Tingkat II Manado sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965 yang disempurnakan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974. Hari jadi Kota Manado yang ditetapkan pada tanggal 14 Juli 1623, merupakan momentum yang mengemas tiga peristiwa bersejarah sekaligus yaitu tanggal 14 yang diambil dari peristiwa heroik yaitu peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946, dimana putra daerah ini bangkit dan menentang penjajahan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, kemudian bulan Juli yang diambil dari unsur yuridis yaitu bulan Juli 1919, yaitu munculnya Besluit Gubernur Jenderal tentang penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente dikeluarkan, dan tahun 1623 yang diambil dari unsur historis yaitu tahun dimana Kota

Manado sudah terkenal dengan wisata budaya, belanja dan kulinernya, namun keindahan kekayaan bawah laut Bunaken tetap menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan luar negeri maupun domestik untuk berkunjung ke daerah ini.

Manado dikenal dan digunakan dalam surat-surat resmi. Berdasarkan ketiga peristiwa penting tersebut, maka tanggal 14 Juli 1989, Kota Manado merayakan HUT-nya yang ke-367. Dan sejak saat itu hingga sekarang tanggal tersebut terus dirayakan oleh masyarakat dan pemerintah Kota Manado sebagai hari jadi Kota Manado. Kota ini juga pernah mengalami kerusakan berat karena peperangan yaitu ketika pada masa Perang Dunia II, dan ketika dibom kembali oleh TNI Angkatan Udara pada 1958 dalam upaya mengalahkan Permesta, sebuah gerakan pemberontakan yang menghendaki pemisahan dari Republik Indonesia.***

19


main topic

H

ari Ulang Tahun (HUT) ke-389 Kota Manado tercinta yang jatuh pada 14 Juli 2012 kali ini kian memperkokoh brand Manado antara lain sebagai ‘’Kota Belanja’’. Ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya berbagai pusat perbelanjaan (pusat belanja bagi warga yang menyajikan berbagai jenis kebutuhan baik primer maupun sekunder), di berbagai kawasan bisnis yang pesat pertumbuhannya. Manado Magazine menurunkan 9 pusat perbelanjaan paling recommended yang ada di ibukota provinsi Sulut ini!

1. Borobudur Paal 2

Berlokasi tepat di bundaran perempatan jalan Kelurahan Paal 2 Manado, pusat belanja ini paling strategis letaknya. Sebab, bagi anda yang datang dari arah Bandara Sam Ratulangi maupun Pusat Kota, akan dengan mudah menemukan gedung Pusat Perbelanjaan Borobudur yang

berdiri megah tepat di samping Monumen Patung Kuda di kawasan itu. Borobudur sendiri menyediakan berbagai aneka kebutuhan bagi warga maupun wisatawan ataupun pebisnis yang berada di Manado, khususnya yang melalui jalur Paal 2. Fasilitas gedung dua lantai akan menyambut Anda mulai dengan sajian berbagai kebutuhan rumah tangga dari sayur dan daging nan segar serta kebutuhan pendukung lainnya. So pasti, harga yang ditawarkan pun terjangkau.

2. Fiesta Wanea

Berlokasi di kawasan bisnis dan perkotaan Kelurahan Wanea, menjadikan Fiesta sebagai pusat belanja strategis. Sebab, Fiesta menjadi salah satu pendukung kebutuhan masyarakat yang bermukim di antara Kecamatan Sario, Wanea dan Teling. Pun di sekitar Fiesta terdapat beberapa hotel seperti Sahid Kawanua Teling dan Gran Puri Manado. Memiliki fasilitas gedung 2 lantai, Fiesta merupakan pusat belanja yang menyajikan berbagai aneka kebutuhan dengan harga murah.

20

3. Fresh Mart Bahu Mall

Pusat belanja ini terletak tepat di paling ujung selatan Jalan Piere Tendean atau Boulevard Manado, tepatnya berada dalam kawasan Bahu Mall. Berlokasi tepat di antara ruas jalan Trans Sulawesi Bahu-Malalayang dan Boulevard, menjadikan Fresh Mart sangat strategis. Apalagi di seputaran pusat belanja ini terdapat banyak areal pemukiman penduduk, Kampus Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan sejumlah kawasan bisnis dan perkantoran yang mulai bermunculan di selatan kota. Fresh Mart yang memiliki fasilitas gedung 3 lantai ini, menawarkan berbagai aneka jualan, mulai dari kebutuhan sayuran, daging nan segar serta kebutuhan rumah tangga di lantai 1, hingga kebutuhan pendukung rumah tangga dan pribadi lainnya di lantai 2. Jangan lewatkan untuk mampir di lantai 3. Di sini, jualan aneka ragam pakaian pria, wanita baik dewasa, remaja maupun anak disajikan di sini. Satu hal menarik yang kian menjadikan Fresh Mart sebagai pusat belanja yang disukai warga dan wisatawan adalah selain jualannya segar dan berkualitas dan harga terjangkau serta kompetitif, pun Fresh Mart kerap memberlakukan marketing say hello yang membahagiakan konsumen, diantaranya mereka kerap mengingat tanggal lahir konsumennya dengan cara mengirimkan hadiah istimewa ataupun ucapan selamat melalui kiriman pesan sms ke handphone konsumen.

4. IT Center

Kehadiran pusat belanja yang mengkhususkan diri pada penjualan mayoritas kebutuhan IT (Informasi dan Teknologi) dengan berbagai aneka jenisnya ini, telah menjadikan IT

Center sebagai ikon bisnis baru di kawasan bisnis Boulevard. Tak itu saja, sebab dengan fasilitas gedung 7 lantai dan suasana belanja modern serta didukung sistem pengamanan yang membuat nyaman pengunjung, membuat IT Center menjadi salah satu pusat belanja gadget paling dituju warga kota maupun wisatawan atau warga luar Sulut yang sedang berada di daerah ini. Sebab, apa yang Anda butuhkan mulai dari aneka smart phohe, tablet, android, jam tangan, kamera dan lain sebagainya, semua ada di sini. Harganya pun gila gilaan. Seorang pengunjung dari Jakar-

ta bahkan pernah keheranan ketika menemukan harga Samsung Notes edisi terbaru di IT Center justru lebih murah sekian ratus ribu rupiah dibandingkan dengan harga jualan di sejumlah mall IT di Jakarta. IT Center juga didukung berbagai mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di lantai Up Ground (UG). Hotel Aryaduta Manado dan Rumah Sakit Internasional Siloam merupakan tetangga terdekat IT Center. Namun begitu, karena lokasinya tepat berada di Boulevard, memungkinkan IT Center dapat dijangkau dari arah mana saja.

5. Jumbo Swalayan

Boleh dikata, Jumbo merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Manado yang tetap eksis dan terus mendapat tempat istimewa di kala-


ngan konsumen kota ini. Terletak tepat di jantung kota Manado, Pasar 45, Jumbo mulai yang mulai beroperasi sejak paroh 1980-an ini, menyajikan berbagai kebutuhan warga. Seperti kebutuhan rumah tangga sayur, daging nan segar di lantai 1, hingga kebutuhan pendukung lainnya. Bahkan di lantai 1 juga Jumbo kian melengkapi dengan aneka kebutuhan listrik dan elektronik lainnya. Tak itu saja, sebab jika naik ke lantai 2, kita akan menemukan berbagai aneka kebutuhan rumah tangga dan tulis menulis bagi anak sekolah dan mahasiswa lengkap di sana. Harga yang ditawarkan pun tak kalah menarik.

6. Manado Town Square

Sebagai salah satu ikon belanja papan atas di Sulawesi Utara (Sulut), menjadikan Mantos sebagai pusat belanja terlengkap di Manado. Berlokasi di kawasan bisnis Boulevard, Mantos menyajikan berbagai aneka kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pendukung rumah tangga di Ace Hardware dan Informa yang berada di lantai 1. Begitu pula kebutuhan rumah tangga lengkap juga tersedia di Hypermart yang berada di Lantai 2. Berbagai butik baik untuk pria, wanita, dewasa, remaja dan anak, dari berbagai merk internasional terkenal, lengkap tersedia di lantai 1 dan 2 Mantos. Yang istimewa dari pusat belanja yang memiliki pemandangan cantik teluk Manado ini adalah paduan belanja sambil hang out. Terbukti, hadirnya berbagai restoran dan kafe yang berada di Mantos 1 dan 2 kian melengkapi kebutuhan pengunjung

untuk hang out di kawasan ini. Beberapa diantaranya adalah Kafe Bambu Express, Black Canyon, Restoran Qua Li, Bakso 77, Solaria, Warung Pojok, Kawan Baru, Solaria, JW, Dante, Excelso, Wisata Bahari, Pancake. Tersedia juga pusat jajanan makanan

di Mantos 1 dan 2 yang modern dan nyaman. Aneka mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tersedia khusus di bagian depan Mantos 1. Dukungan keamanan yang disediakan pengelola membuat suasana belanja di Mantos terasa nyaman. Aneka busana di Matahari Departement Store nan modern serta Sleeping Center sajian tempat tidur modern, sehat dan nyaman dari Comforta dan Spring Air tersedia di lantai 2 Mantos2.

7. Mega Mall

Pusat belanja satu ini sungguh megah dan merupakan ikon belanja modern dan diminati warga Sulut bahkan Indonesia Timur yang belakangan ini kian menjadikan Manado sebagai destinasi belanja mereka. Berlokasi di kawasan Bisnis Mega Mas dan

8. Multi Mart 1 dan 2

Pusat belanja Multi Mart merupakan pusat bisnis yang mengalami pertumbuhan pesat. Terbukti, berawal dengan dioperasikannya Multi Mart 1 yang berlokasi di pusat kota Manado, Jalan Sam Ratulangi, pusat belanja ini mengalami pertumbuhan pesat. Sajian aneka kebutuhan baik rumah tangga maupun kebutuhan lainnya seperti alat tulis dan aneka busana dan pakaian nan lengkap terdapat di empat lantai Multi Mart 1. Begitu pula di lantai atas menyediakan aneka jajanan makanan dan permainan anak. Walhasil, menyadari pertumbuhan pesat dan tingginya kebutuhan belanja di daerah ini menjadikan manajemen Multi Mart melakukan ekspansi dengan menghadirkan Multi Mart 2 yang berlokasi di kawasan bisnis Mega Mas yang terkenal itu. Bahkan, lokasi Multi Mart 2 ini lumayan strategis karena tepat berhadapan dengan Mega Mall. Multi Mart 2 menyajikan fasilitas gedung dua lantai yang tak kalah modern dengan Multi Mart 1. Sajian kebutuhan rumah tangga yang dikemas ala pasar modern sekelas Hypermart tersaji di sini.

9. Mega Trade Center memiliki fasilitas gedung 9 lantai, Mega Mall menyajikan berbagai aneka kebutuhan belanja. Mulai dari kebutuhan rumah tangga di Gelael Swalayan yang berada di lantai dasar hingga berbagai butik dan kebutuhan busana dan rumah tangga lainnya di areal belanja Matahari Departement Store, Tak itu saja, sebab bagi Anda yang ingin melepas penat sambil hang out, Mega Mall juga menyediakan fasilitas jajanan makanan di lantai atas yang menyediakan makanan modern ala Solaria ataupun Pizza Hut hingga sajian makanan dengan menu lokal. Di lantai 2 Mega Mall tersedia pula Kafe Excelso yang tepat sambil melepas penat usai belanja atau untuk temu bisnis dan relasi. Sedangkan di lantai dasar, Mega Mall menyediakan fasilitas spa dan perawatan kecantikan hingga berbagai aneka kebutuhan komputer dengan teknologi terbaru. Mega Mall sangat dekat jaraknya dengan semua hotel di kawasan bisnis Boulevard dan Jalan Sudirman.

Pusat belanja satu ini tidak saja lengkap dan modern, namun juga kebutuhan yang disajikan MTC sangat unik dan menarik. Sebab, MTC memiliki berbagai tenant yang menyajikan banyak kebutuhan busana perempuan, remaja dan anak putri. Menjadi pusat butik kian lengkap sejak MTC

kehadiran Matahari Departement Store yang sangat kompetitif harganya. Tak itu saja, sebab kebutuhan rumah tangga nan lengkap juga telah disediakan MTC melalui fasilitas jualan swalayan besar nan modern Hypermart. Wow, untuk anda yang ingin hang out atau melepas penat sekalian ketemu relasi, suasana nikmat di Black Canyon Restoran dan Solaria jangan dilewatkan. Sebab sambil santai di sini, Anda bisa menikmati pemandangan cantik laut di teluk Manado. *

21


intimate MARIE ELKA PANGESTU

Sulut Bisa Kalahkan Bali !

S

ulawesi Utara (Sulut) dapat diibaratkan sebagai mutiara yang mulai memperlihatkan kecemerlangannya. Beragam potensi kini mulai tergali dan perlahan namun pasti mulai memperlihatkan dampak yang cukup signifikan. Pariwisata dan juga aspek budaya, merupakan potensi yang belum sepenuhnya tergali. Sejauh mana potensi pariwisata Sulut dalam kaitan dengan prospeknya di masa mendatang? Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu percaya bahwa Sulut punya potensi untuk bisa sejajar dengan ikon pariwisata Indonesia, yakni Pulau Bali.

Berikut penuturan Marie Pangestu kepada wartawan yang dirangkum dari berbagai sumber.

T (Tanya): Seberapa besar sebenarnya potensi pariwisata di Sulawesi Utara? J (Jawab): Potensinya cukup besar. Bahkan jika semua pihak terkait serius mengembangkan dan menyiapkan potensi wisata secara maksimal, Sulut bisa berkembang lebih cepat dibanding Bali. Jika Bali membutuhkan waktu selama 20 tahun maka Sulawesi Utara hanya butuh lima tahun untuk menjadi daerah tujuan wisata besar. T: Selang beberapa tahun terakhir Sulut telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Bagaimana pemerintah melihat hal ini? J: Pemerintah tentu gembira jika banyak kawasan di Indonesia menjadi daerah tujuan wisata. Di Indonesia ada 15 daerah yang diidentifikasi menjadi daerah tujuan wisata. Sulawesi Utara termasuk dalam 15 daerah itu. 14 daerah lainnya yakni Sabang di Provinsi Aceh, Danau Toba di Sumatera Utara, Derawan di Riau, Toraja di Sulawesi Selatan, Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Tujuan wisata lainnya, Raja Ampat di Papua, Kota Tua Jakarta, Pangandaran di Jawa Barat, Borobudur di Jawa Tengah, Batur di Bali, Rinjani di Nusa Tenggara Barat, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur dan KomodoDanau Kelimutu di Flores. T: Sulut juga kini menjadi daerah tujuan MICE J: Iya. Selang beberapa tahun terakhir Sulut menjadi tujuan meeting, incentive, conference and exhibiton (MICE). Sulut, atau khususnya Manado termasuk dalam tujuan MICE. Daerah lainnya adalah Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakar-

22


ta, Bandung, Surabaya, Jogja, Solo, Bali, Lombok, Makassar dan Balikpapan.

soal kebersihan dan modernisasi fasilitas.

T: Secara spesifik, bagaimana Anda melihat potensi wisata di Sulut? Bisa berikan contohnya? J: Sulut memiliki sejumlah potensi yang unik. Misalnya potensi wisata kuliner. Ada beberapa lokasi di Sulut yang bisa dikembangkan menjadi pusat wisata kuliner. Kawasan pantai dan pemandangan dari gunung atau bukit juga cukup memukau. Misalnya lokasi pariwisata Bukit Temboan di Kota Tomohon.

T: Kalau kendala di darat yang cukup mengganggu apa saja? J: Permasalahan aksebilitas darat adalah keterbatasan kapasitas ruas jalan antar-destinasi pariwisata. Seperti yang bisa dilihat pada jalur darat ke Bogani Nani Wartabone, Kota Manado, Tomohon-Tondano, Bunaken dan BitungLembeh, Likupang dan Sangihe Talaud. Permasalahan lainnya, belum terintegrasinya jaringan aksebilitas dan modal angkutan transportasi, khususnya di titik hub untuk mendukung kemudahan pergerakan wisatawan antar-destinasi.

T: Bagaimana dengan potensi wisata yang terkait dengan budaya? J: Sulut juga sangat kaya dengan potensi wisata yang terkait dengan budaya. Misalnya situs budaya Waruga. Yang saya lihat itu belum tergarap optimal. T: Kira-kira kendalanya apa? J: Kendala klasiknya adalah dana. Banyak situs budaya seperti Waruga yang selama ini belum tergarap dengan optimal akibat minimnya dana. Kami akan coba mempelajari situs budaya di sini untuk dikembangkan. Apa yang bisa, kita dukung. T: Apa yang harus dilakukan masyarakat Sulut terkait pengembangan pariwisata? J: Pemerintah daerah bersama seluruh elemen masyarakat harus mampu mempertahankan dan mengembangkan semua potensi pariwisata yang ada di daearah ini, agar bisa menarik kunjungan wisatawan lebih banyak dari biasanya. T: Terkait dengan kunjungan wisatawan mancanegara, kira-kira apa kendala yang dihadapi pariwisata Sulut? J: Jalur penerbangan langsung dari luar negeri ke Sulut menjadi kendala bagi kunjungan wisata ke wilayah ini. Beberapa negara yang menjadi sumber pasar potensial untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Sulut tidak punya penerbangan langsung. Hal ini merupakan salah satu masalah bagi pariwisata Sulut. Permasalahan angkutan udara lain, masih terbatasnya fasilitas di Bandara Sam Ratulangi Manado dan kualitasnya masih perlu ditingkatkan untuk mendukung kenyamanan penumpang sebagai bandara internasional terutama

T: Paket wisata apa saja yang bisa dioptimalkan Sulut? J: Untuk Sulut paket yang bisa dan sedang dikembangkan adalah program wisata untuk paket Mass Market, yang terdiri atas wisata bahari pantai Bunaken, wisata budaya etnik/tradisi Kawangkoan, wisata danau Tondano dan wisata agro Tomohon. Selain program umum tersebut, ada program yang dinamakan niche market atau minat khusus. Seperti wisata ekologi hutan dan gunung Tangkoko, Bogani, wisata budaya etnik/tradisi di Minahasa dan wisata bahari diving di Selat Lembeh. T: Hal mendesak apa yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat Sulut saat ini? J: Hal mendesak yang harus dikembangkan adalah kesiapan sumberdaya manusia yang berada di tujuan pariwisata prioritas di Sulut. Pengembangan sumberdaya manusia dapat dilakukan melalui pelatihan atau kerjasama-kerjasama dalam peningkatan kapasitas. Juga harus disiapkan beberapa rencana strategi untuk mengembangkan pariwisata di Sulut, yaitu ‘destination management organization, special interest tourism, cruise, MICE, marine spa and well being shopping and culinar, special economic zone tourism dan masterplan of accelaration and expansion of Indonesians economic’. Namun yang penting adalah prosesnya. Bali berproses sekitar 20 tahun untuk menjadi daerah tujuan wisata maju. Ini memang butuh upaya serius. Saya optimis, bila semua pihak serius mengembangkan diri, menyiapkan potensi-potensi dan menceritakan kepada negara-negara lain, Sulut akan berkembang lebih cepat, tidak seperti Bali. (*)

23


motoring

Picanto, Solusi Macet Manado

K

Spesifikasi mobil city car ini didukung oleh 1,0 liter yang mampu menghasilkan 82 hp dan torsi 94 Nm. Selain itu, spesifikasi Kia Picanto 2012 yang di dapat dari perusahaan mengatakan bahwa model baru tersedia dalam lima pintu dan tiga pintu dan dilengkapi dengan lampu LED daytime running, dan tombol start. Operation Manager Kalla Chrysler Sulawesi dan Kalimantan, Ariefyanto Arsjad kepada wartawan menuturkan perusahaannya optimistis mobil ini akan bersaing di Sulut. Menurutnya KIA di Manado hanya mengganti nama dan sudah termasuk perusahaan lama di kota ini. Selain itu juga Market Share mobil varian ini sudah mempunyai basisnya sendiri. Sambutan pencinta otomotif di kota ini pun sangat All New Picanto mobil paling kompetitif di City Car positif. Setiap bulannya raya, dan Makassar. Kemacetan selalu menjadi ta-rata 5 sampai 10 unit. Tersedia untuk perpersoalan utama yang selalu dihadapai mas- tama kalinya dengan pilihan lima pintu dan yarakatnya dari semua lapisan kelas. Belum tiga pintu, All New Kia Picanto sudah diatur lagi pertumbuhan mobil di ibukota Sulawesi untuk benar-benar mendefinisikan kembaUtara (sulut) ini setiap bulannya menunjuk- li posisinya sebagai salah satu mobil paling kan angka yang fantastis. Perusahaan otomo- kompetitif di City Car. Kondisi jalan yang tif pun berlomba menciptakan desain mobil macet sangat cocok untuk jenis kendaraan berkategori city car dan go green untuk men- Picanto. Mobil tersebut harganya sekitar Rp jadi solusi atasi kemacetan serta ramah ling- 150 juta. kungan. Di seluruh dunia, pembeli baru All New Di Manado perusahaan otomotif raksasa Picanto memiliki pilihan hingga empat variPT Kars Inti Amanah (KIA) ikut menghadir- an baru yang super-efisien mesin – tiga versi kan Mobil All New Picanto yang berkonsep 1-liter tiga-silinder mesin Kappa (bensin, flex city car yang bakal menjawab persoalan ke- dan bi-bahan bakar) dan satu 1,2-liter empatmacetan kota berpenduduk sekitar 600 ribu silinder bensin Kappa. Pilihan yang tepat orang ini. KIA Cabang Manado optimistis akan tergantung pada pasar individu. (alex) mobil keluaran terbaru ini akan bersaing dengan dealer-dealer otomotif terkemuka di kota ini dan membantu pemerintah dalam perang terhadap ‘macet’. emacetan saat ini telah menjadi masalah dan kondisi jalan Kota Manado yang macet setiap hari makin menunjukan kemiripan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Suraba-

24

Spesifikasi KIA All New Picanto Engine Type: Dual CVVT 1.2 L DOHC Displacement(cc): 1.248 cc Max.Output (ps/rpm): 87 / 6.000 Max.Torque (kg-m/rpm): 12.3 / 4.000 Transmission: 5 Speed MT & 4 Speed AT Steering: Rack & Pinion Power Steering: Electronic Power Steering w/ Tilting Breaks Front: Disc Rear: Drum Wheel: Alloy Wheel 165 / 60 R14 Suspension Front: Mc Pherson Strut w/ Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber Rear: Torsion Beam w/ Gas Shock Absorber Exterior Door Handle: Body Color Radiator Grille :Chrome Rear Spoiler: Optional Outside Mirror: Body Color w/ Electric Mirror Side Repeater Lamp: Standard High Mounted Stop Lamp: Standard Front Fog Lamp: Standard Interior Steering Wheel: 2 Spoke Instrument Panel: Silver Painted Odometer: Digital w/ Trip Computer Front & Rear Seat Head Rest: Up, Down Rear Seat 6:4 Split Back folding: Standard Material: Cloth Safety Front Safety Belt: 3 Point Rear Safety Belt: 3 Point (side), 2 Point (center) Central Door Lock: Standard Audio & Speaker Head Unit: Radio + CD + MP3 Speaker: 4 Main Speakers (Fr / Rr door) Media Connectivity: USB + AUX (iPod Ready) Comfort Power Outlet: Front Console + Cargo Power Window: Front & Rear Air Conditioner: Standard PT KIA juga memasarkan di Manado mobil unggulan Dodge, Jeep Wrangler dan Chrysler 300 C.


Tour de Molibagu 2012 M

CM-ManadoMagazine sukses gagas gowes sepeda jarak jauh “Tour de Molibagu” (Manado-Molibagu 400 km). Acara berlangsung Jumat (25/5) hingga Minggu (27/5). Ratusan peserta meramaikan iven pertama di Indonesia Timur ini. Sejumlah club seperti Jakarta Cycling Club (JCC), Jakarta Gowes dan ikut hadir utusan perwakilan resmi Indonesia Audax sebagai pemegang lisensi Audax Internasional, Bapak Ganden. Yang menarik, Bapak Ganden di

Para peserta touring sepeda Tour de Molibagu (Manado-Molibagu 400 km) dilepas Kadis Olahraga Pemprov Sulut Steven Liouw dan CEO/Founder Manado Magazine Dino Gobel, dari depan Kantor Walikota Manado.

Community

akhir acara tak hanya memuji Manado Cycling Mania (MCM) sebagai pelaksana yang sukses menggelar iven ini namun juga Manado direkom untuk melaksanakan Manado Audax 500 Km tahun 2013. Ketua Panpel, Ferry Palar yang juga Ketua Harian MCM dan para Wakil Ketua MCM: Revino Pepah dan Hanny Lumesar sepakat menyatakan siap mewujudkan Manado Audax 2013.(*)

Perwakilan peserta dari Jakarta Cycling Club (JCC), Manado Cycling Mania (MCM) dan Manager Area PT Cargill Indonesia Amurang Mr Lindung Samosir melakukan penanaman pohon penghijauan di areal PT Cargill.

Hari kedua, kabut pagi menyambut para peserta di trek Kotamobagu-Molibagu. Para peserta dari Jakarta Cycling Club (JCC), diantaranya Bapak Ganten selaku Representative Audax Indonesia bersorak gembira saat mereka tiba di finish etape hari pertama di Kotamobagu setelah hampir 200 km bersepeda.

Bupati Bolmong Selatan, Herson Majulu (topi merah) menyambut para peserta touring di pintu masuk kota Molibagu sembari bersepeda dengan para peserta.

Para peserta dan panitia ‘’Tour de Molibagu (Manado-Molibagu 400 km) 2012’’ foto bersama usai finish di Pantai Molibagu.

25


health care

Telah hadir di Sulut rumah sakit bertaraf internasional dengan tenaga paramedis yang handal dan didukung dengan peralatan medis teknologi terkini.

Siloam “Rumah sakit ini selalu lebih berfokus kepada pelayanan keselamatan pasien daripada pelayanan administrasi (keuangan)� Dr Anang Prayudi

26

hadir sebagai rumah sakit berkelas dan berkualitas di Sulawesi Utara (Sulut). Selama ini banyak warga yang Manado dan sekitarnya berobat ke luar derah seperti Jakarta dan Surabaya bahkan sampai ke negara Singapura atau Malaysia jika terkena penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Dengan hadirnya RS Siloam akhirnya menjawab kerinduan warga nyiur melambai untuk mendapatkan perawatan medis yang maksimal, berkualitas, dan biaya mudah. Jadi tidak perlu jauh-jauh terbang ke daerah lain. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, RS Siloam memberikan empat pilar. Keempat pilar pelayanan tersebut menjadi andalan bagi RS Siloam Group sejak pertama kali beroperasi di Indonesia ini. Menurut Direktur Strategi dan Pengembangan Siloam Group, Dr Anang Prayudi empat pilar yang memberikan pelayanan yang optimal yakni pertama harus mempunyai UGD yang operasional 24 jam dengan fasilitas yang baik, dan dokter tetap standby. Kedua setiap rumah sakit Siloam di seluruh Indonesia

Dokter Siloam

Standby 24 Jam

Rumah sakit yang dibangun dengan nilai US$40 Juta ini siap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Menko Kesra, Agung Laksono, para Pimpinan Lippo Grup dan para Kepala Daerah dalam rangkaian acara peresmian RS Siloam. (bawah)


Rapid Response Mobile Hospital RS Siloam siap 24 jam menangani korban kecelakaan lalu lintas atau keadaan emergency lainnya seperti serangan jantung, stroke, dll. Cukup hubungi 0431-8883911.

selalu dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih dan berkualitas tinggi untuk berupaya memberikan pelayanan nyaman kepada pasiennya. Ketiga, semua dokter-dokter RS Siloam Group diseluruh daerah saling mendukung dan berdiskusi tentang kasus penyakit yang dialami pasien. Yang terakhir atau keempat adalah dokter partnership problem, termasuk memperdayakan dokter‑dokter seperti melanjutkan sekolah‑sekolah atau menghadiri seminar‑seminar kesehatan di negara lain. Menurut Dr Anang Prayudi Empat pilar ini yang diimplementasikan atau diterapkan dalam upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Kami berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada warga Sulut,” pungkasnya. Selain keempat pilar yang menjadi andalan RS Siloam, tutur Dr Anang Prayudi rumah sakit ini selalu lebih berfokus kepada pelayanan keselamatan pasien daripada pelayanan administrasi (keuangan). Dalam sistem pelayanan, RS Siloam selalu menggunakan prinsip pelayanan dulu. Administrasi tetap menjadi prosedur tetapi tidak menjadi keharusan RS Siloam. Keselamatan pasien yang paling utama apalagi yang masuk emergency sekali. RS Siloam juga tidak memberlakukan perbedaan perlakuan terhadap pasien yang datang berobat di RS bertaraf internasional ini. Semua pasien yang datang berobat ke rumah sakit ini dipandang sama dan tidak ada pembedaan sama sekali. Dr Anang Prayudi menambahkan mereka tidak membeda‑bedakan pasien, kalau pasien masuk dalam progran pelayanan askes, jamkesmas, atau jamkesda. Misi RS Siloam bukan hanya mengenai profit namun juga membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan. (alex)

27


28


hang out Diva Karaoke Keluarga

One Stop Entertainment S

umpek dengan tugas yang menumpuk di kantor atau lagi bosan dengan rutinitas sehari-hari? Itu tandanya, Anda harus meluangkan waktu sejenak, untuk memanjakan diri Anda. Tak perlu harus menunggu libur atau akhir pekan. Saat jam pulang kantor atau istirahat

secangkir kopi panas plus roti bakar, dijamin bisa menghilangkan kepenatan Anda. Lebih mantap lagi, Anda bisa berenang atau gym disini. “Diva Karaoke Keluarga ini bukan hanya tempat untuk bernyanyi saja. Tetapi kami memiliki pool, gym, café, lounge dan beberapa fasilitas lainnya,”ujar Ir Geoffrey Rumambi, Manager Diva Karaoke Keluarga. “Di Diva, kami menyiapkan one stop entertainment bagi keluarga. Bosan bernanyi, bisa berenang, gym atau menikmati wine, bahkan nongkrong di café kami. Dan kami yang pertama di Manado,” ucapnya. Untuk fasilitas karaoke sendiri, saat ini Diva memiliki Terdapat ruangan besar dan nyaman yang dapat 58 room yang terdiri digunakan untuk meeting. dari room small, memakan siang, kami rekomendasikan dium, deluxe, VIP dan VVIP. BagaiAnda untuk rehat sejenak di Diva Kamana? Ingin mengetahui bakat terraoke Keluarga (DKK). Disini, Anda pendam Anda lewat berkaraoke atau bisa mengeksplorasi bakat dengan mau berolahraga renang, gym atau bernyanyi bersama teman-teman atau sekadar menikmati senja Kota Manahanya sekadar untuk hang out medo? Kami merekomendasikan DKK nikmati indahnya pemandangan sore untuk Anda. Untuk HTM fasilitas di hari di lantai lima DKK. Ditemani atas start on Rp30.000. (hesty)

ility Fac ke:

1. Karao + - 58 room STIS!!! Rp90.000 + - PROMO BOOMBA gget, french fries, nu include chicken orang) teh botol (untuk 4 Kamis pukul s/d in Sen - Happy hour : 11.00-14.00 Wita fé Ca 2. 3. Lounge Wine

Kolam renang yang nyaman untuk berkumpul bersama teman-teman.

4. Cigarete Room 5. Swimming Pool: e welcome drink + Rp30.000++ includ roti bakar ng Pool: 6. Gym + Swimmi e welcome drink + lud inc + 0+ .00 40 Rp r roti baka 7. Ballroom Alamat: Jl Samratulangi No 201 Manado Tlp: 864-400 ; 8015-777

29


guide

NOVOTEL

H

otel, Resort dan Convention Center ini sangat terkenal di Manado karena sejak beroperasi beberapa tahun lalu, kerap menjadi pusat penyelenggaraan sejumlah iven dunia seperti World Ocean Conference dan CTI Summit hingga sejumlah iven internasional setahun terakhir. Berlokasi di kawasan bisnis baru di Manado: Mapanget, Novotel yang memiliki 176 kamar hotel itu dapat dijangkau hanya 15 menit dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, atau sekitar 30 menit berkendaraan dari pusat kota Manado. Memiliki fasilitas bisnis nan modern, termasuk convention center nya yang mampu menampung 2500 orang, Novotel menjadi salah satu resort terlengkap dan kebanggaan warga Sulut. Apalagi di kawasan ini juga menyediakan fasilitas lapangan golf serta pemukiman modern bernama Grand Kawanua. Tak salah jika berkunjung ke Manado, Anda menginap di hotel yang juga memiliki fasilitas lengkap kolam renang dan aneka hiburan buat keluarga ini.

Contact

SANTIKA

H

Tel : 0431- 818889 Fax : 0431- 818899 E-mail : info@novotelmanado.com

otel Santika Premiere Seaside Resort Manado terletak di daerah pantai yang indah menghadap ke Pulau Bunaken dan memiliki pemandangan laut yang menawan. Hotel Santika Premiere Seaside Resort Manado dapat dicapai dengan 30 menit berkendara dari pusat kota dan 40 menit

dari bandara. Hotel Santika Premiere Seaside Resort Manado menyediakan akomodasi terbaik untuk Anda yang akan menyelam ke Bunaken atau melewatkan liburan di Manado. ‘’Kami siap melayani dan memanjakan anda,’’ kata General Manager Hotel Santika Manado, Kissly Robinson Tulangow.

Contact

30

Telp : 0431- 8858222 Fax : 0431- 8858666 E-Mail : info@manadoresort.santika.com


31


guide

SWISS-BELHOTEL

B

erada di lokasi bisnis Jalan Jenderal Sudirman Manado, membuat hotel ini sungguh strategis karena memiliki akses yang mudah menuju pusat hiburan dan obyek wisata. Hanya tiga puluh menit dari Bandar Udara Sam Ratulangi, Swiss-Belhotel Maleosan Manado juga menyediakan ragam fasilitas sempurna untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis maupun wisatawan. Hotel memiliki 162 kamar dengan fasilitas terbaik, untuk memenuhi kebutuhan tamu. Setiap kamar di tata menggunakan furnitur terbaik dan dilengkapi dengan fasilitas pelengkap seperti sambungan telepon IDD, TV dengan saluran kabel internasional, akses internet, kotak penyimpanan pribadi, mini bar dan lain-lain. SwissBelhotel Maleosan Manado menawarkan berbagai pilihan menu untuk memenuhi selera

bersantap Anda, mulai dari menu Indonesia hingga internasional, atau segarkan diri Anda dengan aneka kreasi minuman di café dan lounge kami. Bagi para pelaku bisnis tersedia 10 ruang pertemuan yang masing-masing dilengkapi fasilitas terkini, dapat menampung hingga 1000 orang. Untuk menikmati saat bersantai, para tamu dapat berolah raga di pusat kebugaran, menceburkan diri dalam kolam renang, atau menikmati fasilitas dan perawatan spa. ‘’ke Manado? ayo ke Swissbel Hotel,’’ kata General Manager Hotel Swissbel Maleosan Manado, Suwarno dengan simpatik. Kunjungan Anda akan semakin berarti jika melepas penat dengan berkaraoke atau mendengarkan live musik di baseTel : 0431- 861 000 ment hotel berFax : 0431- 862 000 nama B-One.

Contact

M

GRAN CENTRAL Contact

Phone : 0431- 878888 Fax : 0431- 877999 E-Mail : info@grancentralmanado.com

32

emiliki fasilitas 65 kamar, Hotel Gran Central merupakan hotel bintang tiga sekaligus hotel bisnis strategis di kota Manado. berada di kawasan bisnis Jalan Jenderal Sudirman, hotel ini sekaligus akan membuat aktivitas bisnis dan kerja selama berada di Manado terasa nyaman. Pasalnya, hanya berkendaraan 10 hingga 15 menit saja, Anda sudah bisa berada di kawasan bisnis Boulevard Manado yang kesohor itu. Pun dari Bandara Sam Ratulangi hanya berjarak tempuh 30 menit saja. Gran Central juga menyediakan fasilitas lounge, restoran dan sejumlah lokasi meeting dan konferensi yang memadai. ‘’Selama Anda berada di Manado, kami siap melayani dengan moto kami Feels like home,’’ tutur General Manager Gran Central, Nolvy Daud.


guide

SINTESA PENINSULA

B

erbagai iven dunia dan nasional kerap menjadikan hotel bintang lima ini sebagai pusat penyelenggaraan. Bahkan, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan jajaran pejabat nasional sering menjadikan hotel ini sebagai tempat inap mereka. Berlokasi di kawasan bisnis Jalan Jenderal Sudirman, menjadikan Sintesa Peninsula se-bagai hotel bisnis paling tepat dihuni selama kunjungan Anda di Kota Manado. Dengan memiliki 150 kamar berbagai tipe dan fasilitas nan modern, membuat masa tinggal dan aktivitas bisnis maupun pribadi bersama keluarga akan semakin berarti.Sintesa Peninsula tak hanya menyediakan fasilitas kolam renang dan spa, namun juga memiliki ballroom untuk konferensi, seminar dan pertemuan lain. Ada juga fasilitas entertain bagi Anda berupa tempat berkaraoke dan live musik di areal khusus bernama Deluxe Karaoke and Live Music. ‘’Kami partner bisnis dan sahabat nyaman bagi pribadi dan keluarga Anda selama berkunjung ke Sulawesi Utara,’’ kata General Manager Sintesa Peninsula Hotel Manado Jonathan Mokalu.

Contact

TRAVELLO

Tel : 0431- 855008 Fax : 0431- 855101 Email : info@sintesapeninsulahotel.com

T

ravello Hotel merupakan hotel bintang tiga di Manado yang terkenal. berada di kawasan bisnis Manado, hotel ini kerap menjadi tempat hunian sekaligus aktivitas para wisatawan, pebisnis, pejabat baik lokal, nasional bahkan internasional. Sebagai hotel dengan fasilitas deluxe, harga yang ditawarkan Travello sangat kompetitif. Yang membuat hotel ini nyaman dihuni adalah layanan restoran yang luar biasa nikmat dengan menu sajiannya. ‘’Kami merupakan salah satu yang terbaik dalam layanan hotel di kota ini,’’ kata General Manager Travello, Stenly.

Contact

E-mail : info@travellohotelmanado.com Tlp : 0431- 855999 Fax : 0431- 844999

33


guide

ARYADUTA

B

erlokasi di Jalan Boulevard Manado atau tepatnya di tepi Teluk Manado menjadikan Hotel Aryaduta Manado sebagai hotel paling menarik untuk dihuni. Menghadapi Laut Sulawesi dan Gunung Klabat yang indah, Aryaduta Manado Hotel terletak tepat di pusat kota Manado. Hotel berjarak 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Sam Ratulangi. Kamar-kamar yang luas dan ber-AC ini dilengkapi dengan TV satelit, minibar, dan sofa. Kamar mandi en suite dilengkapi dengan shower air panas dan pengering rambut. Keistimewaan lain hotel ini adalah fasilitas hotel selain menyediakan sarana kolam renang, spa dan restoran baik in door maupun out door yang dikenal dengan sapaan ‘’The Beranda’’ ini, adalah Hotel Aryaduta menyatu dan memiliki akses pintu berhungan dengan Rumah Sakit Internasional Siloam yang baru beberapa bulan ini beroperasi di Manado. ‘’Belum ke Manado kalau belum menginap di Hotel Aryaduta,’’ kata General Manager Aryaduta Manado, I Wayan Sudana.

Contact

Telp : 0431- 85555 Fax : 0431- 868888 E-mail : info.manado@aryadutamanado.com

FORMOSA

H

otel yang satu ini memiliki lokasi yang sangat strategis karena berada tepat di tepi pantai yang menghadap ke laut Teluk Manado nan indah. Tak heran, dengan fasilitas 57 kamar nan mewah dengan berbagai sajian istimewa seperti lounge dan restoran, menjadikan hotel ini sebagai pusat bisnis bagi para pebisnis maupun wisatawan mancana negara dan nasional yang berkunjung ke Manado.Berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Sam Ratulangi dan 10 menit dari kawasan Bisnis Boulevard, menjadikan Formosa sebagai pilihan tepat hotel hunian di Manado. ‘’Memuaskan Anda, itu tekat kami,’’ kata General Manager Formosa Manado, Robby Johannes.

Contact Telp : 0431- 854555 Fax : 0431- 841933 E-mail : info@hotelformosa.co.id

34


guide

QUALITY

K

unjungan bisnis dan pribadi Anda akan semakin lengkap dan bermakna selama di Manado, jika menjadikan Hotel Quality sebagai pusatnya. Sebab, hotel yang berada di kawasan bisnis Boulevard ini tak saja memiliki berbagai fasilitas nan mewah, baik kamar, lounge maupun restoran dan meeting room. Lebih dari itu, selama berada di hotel ini, berbagai layanan istimewa seperti menu yang khas dan lezat serta layanan spa akan semakin membuat Anda terkesan. Pemandangan Teluk Manado nan indah dengan hamparan gugusan kepulauan Manado Tua, Bunaken dan Siladen serta lainnya akan terlihat begitu Anda check in dan berada di dalam kamar yang mewah. ‘’Kami akan selalu melayani dan membuat anda terkesan,’’ kata General Manager Quality Manado, Yorizal Pasambe.

Contact

Telp : 0431- 8883888 Fax : 0431- 8881111 E-mail : qltmnd@qualityhotelmanado.com

M Aston

enginap di Hotel Aston Manado merupakan sebuah pilihan tepat. Sebab, selama berada di hotel yang memiliki 105 kamar hunian ini, Anda tidak saja dijamu dengan suasana hotel dan kamar nan mewah, namun juga jamuan makanan dengan berbagai menu khas tradisional Indonesia hingga dunia. Tak heran, banyak dari para tamu yang pernah berkunjung ke hotel ini selalu mengambil keputusan untuk selalu balik lagi ke hotel ini dalam kunjungan ke Manado berikutnya. selain itu, Aston Manado juga menyediakan fasilitas meeting room, restoran dan spa yang luar biasa nikmat. ‘’Kami siap melayani Anda,’’ kata General Manager Aston Manado, Jaka Priyatna.

Contact

Telp : 0431- 8888989 Fax : 0431- 870555 E-mail : info@astonmanado.com

35


guide

GRAN PURI

H

otel ini merupakan pilihan tepat selama bisnis dan kunjungan pribadi anda. Pasalnya, Gran Puri dikenal sebagai hotel bisnis dan leisure yang memiliki 152 kamar dan terletak di pusat kota Manado bagian selatan. dengan layanan internasional, hotel yang ber-

ada dekat dengan Stadion Olahraga Klabat Manado ini memiliki berbagai keistimewaan kamar dan interior nan mewah. fasilitas kolam renang dan spa yang nyaman didukung sepenuhnya layanan lounge dan restoran yang menyajikan berbagai menu lezat, kian menjadikan kunjungan Anda sungguh berkesan. Bagi anda yang membutuhkan privasi dalam diskusi bisnis, hotel ini juga menyediakan sarana bisnis center yang eksklusif. ‘’membuat anda nyaman selama di Manado, itu keutamaan bagi kami sesuai slogan hotel ini Experince your stay,’’ kata General Manager Gran Puri Manado Januar Sitorus.

Contact

SEDONA

B

erlokasi di daerah Tateli, Minahasa, atau sekitar 30 menit dari Kota Manado, Hotel Sedona terletak tepat di pantai dengan laguna yang indah, dengan property seluas 24 hektar Hotel Sedona Manado adalah resor terbesar dan terbaik di Manado. Hotel Sedona Manado hanya 45 menit berkendara dari bandara internasional dan hanya 30 menit perjalanan dengan perahu ke Bunaken dan Siladen. Hotel Sedona Manado menawarkan berbagai fasilitas dan layanan seperti salon dan spa, kolam renang, pusat kebugaran, restoran dan bar, ruang pertemuan, Yoga, golf pitch & putt, voli pantai, kanoe, snorkeling, scuba diving, ruang bisnis, Hot-Spot WIFI, brankas, layanan binatu, layanan pengasuh anak, layanan valet, dan layanan shuttle ke kota.

Contact

36

Telp : 0431- 822 888 Fax : 0431- 858 892 E-mail : hotel@granpuri.com

Telp : 0431- 825888 E-mail : info@sedona-manado.com


guide

SUTAN RAJA

H

otel ini berada di kawasan Minahasa Utara, atau berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Manado dan 30 menit pula dari Bandara Sam Ratulangi Manado. Memiliki fasilitas ball room untuk 5 ribu orang dan fasilitas 115 kamar, lounge serta meeting room nyaman, membuat Sutan Raja merupakan hotel bisnis dan tempat liburan paling menarik untuk dituju selama berkunjung di Manado. Apalagi fasilitas kolam renangnya yang dirancang unik, membuat Anda dan keluarga akan merasa nyaman.

Contact Telp: 0431- 818888 E-mail: info@sutanrajamanado.com

SAHID KAWANUA & SAHID MANADO

S

ahid Group, sebagai operator hotel internasional terkemuka di Indonesia juga telah mengoperasikan dua hotel di kota Manado, yakni, Hotel Sahid Kawanua yang berlokasi tepat di pusat kota, tepatnya di Pasar 45 dan Hotel Sahid Teling yang berada di kawasan Teling Atas, Ma-

nado. Kedua hotel memiliki pola sajian khas dengan keramahtamahan pelayanan dan kenyamanan fasilitas kamarnya. Keistimewaan lain, kedua hotel tersebut memiliki fasilitas kolam renang sekaligus lounge yang akan akan menjamin nyaman dan istimewanya pertemuan keluarga, relasi atau bisnis Anda. ‘’Kami siap melayani Anda yang berkunjung ke hotel kami,’’ kata General Manager Hotel Sahid Group di Manado, Sunardi.

37


new destination

Batu Nona Resort and Water Sport

Dirancang Moderen

K

Fransisca Magdalena Tuwaidan

38

eindahan wisata alam Batu Nona Resort and Water Sport di Kema 3, Kabupaten Minahasa Utara sangat layak untuk para wisatawan. Kawasan yang dibangun keke Minut Fransisca Magdalena Tuwaidan (FMT) sangat tepat dijadikan tempat rekreasi bagi wisatawan seantero dunia. Batu Nona selain indah memiliki keunikan alam dan fasilitas yang ditawarkan. ‘’ Kami siap memberikan sesuatu yang lain kepada turis asing dan lokal,’’ kata Etha sapaan akrabnya kepada ManadoMag beberapa waktu lalu. Sejak dibangun pertengahan tahun lalu, Batu Nona resort and water sport sudah banyak dikunjungi orang-orang penting di Nyiur Melambai, yaitu Kajati Sulut I Ketut Arthana SH MH, Sekprov Sulut Ir Siswa Rachmat Mokodongan, Mantan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Carlo Brix Tewu, Anggota DPR RI Olly Dondokambey SE, Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA, Walikota Manado GSV Lumentut, Walikota Tomohon Jimmy Eman, Ketua Pengda IOF Sulut Ivan Sarundajang, dan pejabat Sulut maupun Minut. Menariknya bukan hanya itu, tamu Asean Tourism Forum (ATF) dari Korea dan Jepang sudah pernah menginjakkan kaki dan merasakan keindahan pantai Batu Nona. “Batu Nona resort and water sport ingin dijadikan sebagai objek wisata di Minut yang mendunia,” ujar Tuwaidan, investor lokal yang serius mengembangkan pariwisata daerah. Fasilitas di Batu Nona, dirancang dengan konsep wisata modern, yang menyamai Bali. Memiliki kolam renang berombak, olahraga laut seperti jetsky, bananaboat, donatboat, speedboat, paraseling, dan katamaran. Tak sampai disitu, Batu Nona memiliki tempat pertemuan di tengah pantai, cottage dengan privasi sekelas president suite, café, karaoke dan mini market yang siap melayani semua kebutuhan pengunjung. “Semua fasilitas sedang dibangun dan dipastikan dalam waktu dekat ini semua sudah selesai untuk dinikmati wisatawan mancanegara maupun domestik,” ucap FMT, yang getol menjadikan Minut sebagai daerah tujuan wisata. Perbaikan akses jalan ke lokasi Batu Nona resort and water sport, sementara diseriusi Pemprov Sulut dan Pemkab Minut, sehingga kawasan ini benar-benar menjanjikan dan tidak kalah bersaing dengan objek wisata lain. “Pemprov akan membantu perbaikan jalan sebagai pintu masuk ke Batu Nona resort and water sport, dan keberadaan objek wisata ini sudah membantu pengembangan pariwisata Sulut,” kata Sekprov Sulut Ir Siswa Rahmat Mokodongan, belum lama ini. Bahkan setiap publik figur yang mengunjungi Batu Nona merasa tertarik dan menyatakan lokasi wisata ini sudah menjadi ikon Sulut. Menuju Minut sebagai daerah tujuan wisata, Batu Nona resort and water sport bisa menjadi penunjang dan srikandi pemiliknya akan konsisten mengembangkan itu. “Prinsipnya sebagai anak daerah, sudah selayaknya memajukan Minut dan melalui konsep pariwisata ini, diharapkan dapat memberikan multiplayer effect bagi perkembangan Bumi Tumatenden ini,” beber Etha, sapaan akrab FMT.(*)


women stuff

di Miracle Aesthetic Clinic

M

iracle Aesthetic Clinic semakin yakin akan kehadirannya sebagai klinik berkelas dan terpercaya khususnya di Kota Manado. Klinik ini hadir lewat pendekatan berbeda, dengan memahami customer sesuai keunikan masing-masing. Miracle Aesthetic Clinic didukung dengan dokter, perawat, staf yang sangat kompeten karena learning process yang berkelanjutan, teknologi terkini, dan pengalaman panjang sebagai pelopor di bidang aestetik membuat klinik kecantikan ini makin diakui oleh pelanggannya mampu memberikan solusi dan pelayanan sesuai kebutuhan mereka. Ada beraneka ragam perawatan di tempat dr Eklendro Senduk ini semisal saja cream programme, skin peeling, diamond peel plus, botox cosmetic dan masih banyak lagi. Dr Eklendro Senduk, Aesthetic Consultant Miracle Clinic menuturkan memang secara umum klinik ini untuk kalangan menengah ke atas. Miracle Aesthetic Clinic hadir di kota ini sejak Mei 2011 lalu. “Sebelumnya kami hadir di beberapa kota besar di Indonesia,” ucap pria asli Tondano Minahasa ini. Diutarakannya latar belakang perusahaannya membuka klinik di ibukota Sulawesi Utara ini lantaran banyak warga di kota Manado banyak menghabiskan perawatan wajahnya di Jakarta atau Surabaya. “Inilah kemudian di pikirkan oleh perusahaan kenapa tidak dibuka di Manado,” katanya. Selain Medical Treatments klinik ini juga tersedia Aesthetic Treatments diantaranya facial treatment, neck treatment, dan body treatment (spa, firming). “Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” katanya. Bagi pelanggan yang ingin merasakan servis di klinik Bagi Anda yang mengalami masalah kulit seperti keini harus membuat janji dengan pihak Miracle. Datanglainan pigmentasi dan menginginkan terapi peremajaan nya juga harus 15 menit sebelum janjian, kata dr Eklenkulit silakan datang ke tempat ini. Dokter pengalaman Midro. Miracle Aesthetic Clinic berlokasi di jalan Bethesda racle akan melakukan MD Laser. nomor 25, Ranotana, Sario. Selain itu cabangnya di IndoDikatakan Eklendro, MD Laser merupakan alat laser nesia seperti di Bali, Makassar, Balikpapan, Yogyakarta, C6 generasi terbaru. “Sehingga laser dapat menembus ke dan kota lainnya dengan kantor induk di Surabaya. (alex) lapisan kulit paling dalam dan inti dengan kekuatan op-

Remajakan Kulit dengan MD Laser

timal dan kecepatan tinggi, mengurangi risiko kerusakan kelainan kulit di area yang diterapi,” katanya. Beberapa masalah yang bisa diatasi MD laser yakni tahi lalat, tanda lahir kehitaman dan merah, tato warna merah, kemudian biru kehitaman dan hitam. Terapi ini juga bisa mengurangi penampakan kerutan-kerutan halus sekitar mata, poru-pori besar dan jaringan parut akibat jerawat. Selain MD Laser ada juga ELOS atau teknologi yang menggabungkan energi dinar dengan energi lsitrik. “ELOS bisa bermanfaat untuk kerutkerut halus, pelebaran pembuluh darah, penuaan akibat sinar matahari,” katanya. “Jadilah bagian dari ribuan pelanggan yang telah merasakan solusi dan pelayanan terbaik dari kami. Tunggu apa lagi,” pungkasnya menutup perbincangan. (alex)

Medical Treatments Cream programme, Skin peeling, Diamond peel plus, Electrocauter, Botox cosmetic, Dermal filler, dll

Aesthetic Treatments Facial treatments, Neck treatments, Body treatments, Eye treatments, dll

39


electronic & gadget

S

peedUp meluncurkan Pad Pro, tablet 7 inci yang diklaim tercepat dibandingkan device lainnya karena didukung koneksi HSPA+ yang memungkinkan tablet mendownload dengan kecepatan 14.4 Mbps dan mengupload dengan kecepatan hingga 5.76 Mbps. Mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 1,4 Ghz serta sistem multitasking dari Android sehingga memungkinkan pengguna melakukan semua aktivitas secara bersamaan. Juga dilengkapi koneksi HDMU yang memanjakan para penggunanya untuk menikmati speedUp Pad Pro melalui layar televisi. Rahmad Widjaja Sakti, Product dan Marketing Director PT MLW Telecom menyatakan produk dilengkapi dual camera system. Kamera 0.3 MP pada bagian depan memungkinkan penggunanya untuk videocall dengan kamera 3MP di bagian belakang. “Produk dilengkapi dengan software pengolah foto terintegrasi dalam sistem operasi android terbaru sehingga pengguna dapat mengambil foto berkualitas tinggi, mengedit dan menambahkan efek fotografi langsung dari speedUp,� paparnya saat pengenalan produk di Jakarta, beberapa waktu lalu. Speed Up Pad Pro hadir dengan warna putih yang membalut performa dan kecanggihan teknologi dalam nuansa yang elegan dan fashionable menjadi performa penggunanya secara maksimal. Produk juga menawarkan One Stop Entertaiment khususnya bagi pencinta musik. Dengan studio music dari Studio9 yang terinstall di SpeedUp Pad Pro cukup Rp 10 ribu per bulan, pengguna bisa menikmati 500 ribu content musik original baik artis lokal maupun manca negara dan pengguna juga dapat fasilitas gratis. Harga normal untuk produk ini adalah Rp 2,999 juta. Khusus untuk di acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) mulai tanggal 30 Juni 2012 bisa memperoleh dengan harga spesial Rp 2,3 juta dengan bundling dengan paket internet unlimited TelkomselFlash dengan bonus 4 bulan unlimited. (alex)

40

HEBOHK

AN MAN ADO SpeedUp Klaim Pad Pro Sebagai

Tablet 7 Inch Tercepat

Spesifikasi SpeedUp Pad Pro Dimensi 199.5 mm x 199mm x 10.5mm Operating System Android 4.0 Ice Cream Sandwich Memori 512 MB (RAM) Plus 4 GB (Internal Storage) Processor 1,4 GHz SnapDragon Qualcomm External Storage Free 4 GB micro SD (up to 32 GB) Function Keys Power, Volume


Spirit Sepakbola T ahun 2012 membawa nuansa yang berbeda dibandingkan dengan tahun yang lalu bagi para penggemar sepak bola, penyebabnya adalah piala Eropa 2012 yang berputar di dua tempat Ukraina dan Polandia. Harus diakui bahwa sepakbola merupakan olahraga yang paling di gemari di seluruh dunia dengan jumlah penggemar mencapai 3,5 miliar orang. Dan untuk piala Eropa ini saja terdapat 150 juta pasang mata yang akan menonton setiap pertandingannya. Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) tersenyum bahagia karena akan mendapatkan keuntungan sebesar US$1.6 miliar (Rp 15 triliun) dari hasil siaran turnamen Piala Eropa 2012. Tidak mengherankan jika para pemain sepakbola menjadi idola seantero penduduk dunia. Setiap perilaku dan tindak tanduk dari para pemain akan di copy paste oleh para penggemar. Dari dandanan, potongan rambut hingga gaya hidup. Poin terpenting dari spirit sepakbola rasanya tidak bisa untuk kita lupakan dan sewajarnya jika Anda menggemari sepakbola, maka Anda juga berusaha untuk menjiwai spirit sepak bola untuk kesuksesan anda. Ada empat spirit sepakbola yang terpenting :

1. Fair play Memiliki mentalitas yang dapat menerima kekalahan dan tidak BEJ (Blame/menyalahkan, Excuse/beralasan dan Justify/pembenaran diri). Bertanggung jawablah atas hasil yang Anda peroleh tanpa menyalahkan orang lain, beralasan dan melakukan pembenaran diri sehingga Anda bisa belajar dari ketidak berhasilan Anda dan dari belajar itulah maka improvement akan tercipta 2. Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah hasil Seorang pemain akan menghabiskan waktunya setiap hari selama berjam-jam untuk sekedar menendang bola, dribbling, passing, tackling dan juga di tambah dengan diet ketat dan gaya hidup yang teratur menjadi harga mati yang harus dibayar, jika ia ingin sukses dibidang se-

pak bola. Kesuksesan ada harganya dan Anda harus “membayarnya� dengan disiplin, pengorbanan waktu, tenaga dan juga pikiran. Tidak pernah ada seorang pemain sepakbola terkenal yang malas untuk latihan, hidup tidak teratur dan disiplin yang kurang. 3. Selesaikan apa yang anda mulai Selama pluit dari wasit belum berbunyi, maka kesempatan untuk memperoleh kemenangan selalu tetap terbuka. Dan seringkali masa-masa injury time adalah waktu yang paling menentukan dan bisa mengubah hasil pertandingan. Pemain sepakbola akan terus ngotot untuk bermain, fight dan mencurahkan segenap tenaga hingga waktu waktu yang ditentukan berakhir. Hal yang sama harusnya kita lakukan saat mengejar impian kita. Teruslah melangkah maju dan tidak menyerah selama masih anda kesempatan yang diberikan oleh Sang Pencipta.

inspiration

Ongky Hojanto Penulis buku best seller Financial Revolution in Action Inspirator Sukses no.1 Indonesia www.inspiratorsukses.com www.ongkyhojanto.com Twitter @ongkyhojanto HP 0815 900 4876

4. Tidak ada sukses dan gagal yang abadi Tim yang menjadi juara hanya akan merayakan keberhasilan mereka beberapa hari, kemudian setelah itu, kembali latihan untuk mengejar gelar yang lain atau hanya sekedar untuk mempertahankan apa yang telah mereka menangkan. Karena mereka tahu, bahwa tidak ada kesuksesan yang abadi dan juga tidak ada kegagalan yang kekal. Apabila hari ini anda belum berhasil, tetap optimis. Karena hari esok masih ada dan jika Anda hari ini berhasil rayakanlah untuk beberapa saat dan kemudian bersiap lagi untuk menggapai sukses yang berikutnya. (*)

41


sport

Sehat di My Futsal

O

lahraga futsal makin digandrungi semua kalangan di Kota Manado. Olahraga yang sering disebut sebagai sepakbola mini ini sudah seperti menjadi gaya hidup perkeja kantoran, mahasiswa, anak sekolah, sampai pebisnis, dan karyawan pemerintah. Satu venue futsal yang menjadi referensi pas bagi Anda untuk menguras keringat bersama kolega yakni di My Futsal Kawasan Megamas Manado. Sejak hadir, My futsal menjadi tempat hang out primadona warga Manado. Setiap hari tempat ini ramai dengan pencinta olahraga sepakbola. Maka tidak heran jika Anda yang ingin mem-booking tempat atau lapangan di My Futsal harus dari jauh-jauh hari, lantaran sudah ada yang memesan tempat jika Anda datang pada hari itu juga. Di My Futsal terdiri dari delapan lapangan. Rumput sintetisnya seperti rumput konvensional di stadion-stadion sepakbola moderen. Lapangannya terpelihara dengan baik. Fasilitas untuk berbilas usai Anda bermain sepakbola pun tersedia dengan baik. Sudah banyak kompetisi futsal

42

yang digelar di tenpat ini, semisal My Futzal U-23 League serta event dari kantor-kantor swasta dan pemerintah. buka itu saja, D’Masiv grup musik papan atas nasional tercatat pernah bermain di lapangan My Futsal. Suasana bermain di tempat ini memang sangat asyik dan membuat siapa saya akan ketagihan datang lagi ke tempat ini. My Futsal terletak di kawasan bisnis Megamas Manado. Kawasan ini memang sejak kehadirannya sudah dikenal sebagai pusat hiburan belanja dan hang out primadona bagi warga Sulawesi Utara. Setiap minggu manajemen mengadakan promo bermain bagi Anda terutama siswa dan mahasiswa dengan cukup menunjukan kartu pelajar. Kalau anda haus seusai berolahraga, di My Futsal tersedia beraneka macam minuman dingin yang akan menyegarkan kembali mood Anda. Selain menyediakan lapangan futsal, di tempat hang out populer di Kota Manado ini juga ikut menyediakan sebanyak empat lapangan bulu tangkis. Anda cukup menyediakan raket dan shuttlecock, maka tinggal menikmati enaknya bermain bersama kerabat atau rekan bisnis Anda. (alex)


map

Mar

ina P laza

Zero Point

A 1

(e) 2 3 4 5

7 E

D

6

B

Mega Mall Mega Mas Mega Trade Center

I

Manado Town Square

(a) F C

J

J 12 8 9

H 11

(d)

G

Bahu Mall

10 (c)

Hotel: 1. Sahid Kawanua 2. Aston 3. Sintesa Peninsula 4. Gran Central 5. Travello 6. Swiss-Belhotel

(b)

7. Aryaduta 8. Quality 9. Formosa 10. Gran Puri 11. Sahid Manado 12. Dragon

Other: A. Chinese Temple B. Mayor’s Office C. Governor’s Office D. Museum E. Siloam Hospital F. Teling Hospital

G. Ratumbuysang Hospital H. Advent Hospital I. Pancaran Kasih Hospital J. Sports Ground K. Immigration

Police: (a) Poltabes Manado (b) Polsek Wanea (c) Polsek Malalayang (d) Polda Sulut (e) Polsek Wenang

43


100% 100%

culinary

Manado Skali

Unik, Anda dapat melihat kembali peralatan dapur yang akan membangkitkan kenangan masa tempo doeloe.

Menu Andalan

D

engan interior bergaya tempo dulu serta menu makanan kampung, restaurant The Kampoeng milik Alexander July Chang langsung mendapat tempat dihati para pecinta kuliner di daerah ini. Bata atau tela ekspos di dinding yang dipadukan dengan atap daun katu serta ornament-ornament tahun 50-an, membuat para pecin-

Nasi Tus-tus Rp 35.000/porsi Nasi Sambal Cobe Rp 30.000/porsi Saguer Bulu Rp 15.000/bulu Kue Traditional Rp 1.500/buah

NA

SI S

44

AM

ta kuliner merasa nyaman untuk berlama-lama di sini. Untuk sekadar bernostalgia, Anda bisa melihat lampu tempel, lampu petromaks, termos es lilin, rantang batik, sampai jajanan tempo dulu seperti permen rokok dan wafer superman. “Konsep resto ini sebenarnya culture resto dengan menampilkan 100% Manado skali,�ucap Alex sang pemilik. Menu andalan di resto ini tentu saja masakan Minahasa yang dija-

BA

NA

LC

SI T

OB

EK

US

-TU

S


min 100% halal. Seperti Nasi Tus-tus yang disajikan dalam belanga batu panas. Di dalam belanga batu yang panas ini, sudah tersaji Nasi Tus-tus bersama abon ikan cakalang saos. Hmmm yummy‌ Menariknya lagi, di resto yang berada di koridor lantai satu Manado Town Square (Mantos) ini menggunakan piring blek (kaleng) bercorak bunga sebagai wadah untuk makan. Biar lebih maknyos, menikmati Nasi Tus-tus ada baiknya Anda tidak menggunakan sendok dan garpu. Tetapi memakai tangan, hmm... benar-benar serasa berada di kampoeng halaman. Sebagai pelengkap Nasi Tus-tus, nikmati minuman khas Suku Minahasa yakni saguer. Minuman ini berasal dari pohon enau. Rasanya yang manisasam dijamin akan menambah selera makan Anda. Anda pun bisa menikmati aneka kue khas orang Manado. Seperti Onde-onde, Panada, Lalampa, Cucur dan Nasi Jaha. “Sudut kue-kue tradisional ini juga menjadi salah satu andalan kami. Jajanan kue selalu diserbu pembeli biasanya saat pagi sebagai teman untuk minum kopi atau teh panas,â€? timpal Lenny Suparti, Manager The Kampoeng.(*)

Alamat:

Manado Town Square (Mantos 1) Jl Piere Tendean Boulevard Manado

45


voyage

Ke Makassar?

So Pasti Nginap di Hotel Clarion Agnes Monica Meriahkan HUT ke-6 Clarion

‘’P

retty’’ -sapaan akrab gadis Kawanua berparas cantik yang sudah dua tahun bekerja di hotel terbesar di Indonesia Timur ini mengungkapkan pula kalau sentuhan Clarion paling cocok untuk selera warga Kawanua (Sulut) yang mengutamakan hotel bercita lux. ‘’Makanya, untuk saudara-saudaraku di Sulawesi Utara yang akan berkunjung ke Makassar? So pasti nginapnya harus di Clarion,’’ tuturnya dengan mata mendelik indah. Kelebihan lain dari Clarion, tutur Pretty adalah selalu memanjakan tamu dan masyarakat Makassar dengan berbagai iven menarik. Ya, mulai dari nonton bareng Piala Eropa yang baru lewat hingga manggungnya artis ibukota Agnes Monica pada Jumat 29 Juni lalu. Agnes tampil di D’Liquid Café hotel mewah ini. Menurut Pretty, kehadiran Agnes Monica untuk menghibur tamu D’Liquid Café, sekaligus menutup seluruh kegiatan yang dilakukan para staf hotel dalam rangka menyambut ulang tahun ke enam hotel tersebut. “Karena sebelumnya, sejak awal Juni kami sudah melakukan berbagai kegiatan. Seperti, kegiatan bakti sosial dan donor darah yang digabungkan dengan HUT Bhayangkara ke 66 tahun ini,” ujar Pretty. Selain melakukan berbagai kegiatan eksternal, pihaknya juga mempersiapkan beberapa kegiatan internal antar departement. Dimana telah digelar beberapa pertandingan yang diikuti oleh seluruh staf hotel seperti, pertandingan catur, bulutangkis, karaoke, futsal, hingga dance Poco-poco.(wahyunie)

46

Nama Hotel Clarion begitu identik dengan kemegahan nama Kota Makassar sebagai pusat bisnis dan investasi di Indonesia Timur. Ya, betapa tidak. Hotel bintang lima yang memiliki total 588 kamar ini selalu menawarkan kenyamanan nan mewah di setiap fasilitas layanan yang dimilikinya. Mulai dari kamar dengan berbagai type, lounge, restoran dan berbagai fasilitas lainnya. ‘’Berada di Clarion Makassar serasa kegiatan Anda baik bersama keluarga, kerja atau bisnis akan semakin nyaman dan berarti,’’ kata Manager Marketing Communication (Marcom) Grand Clarion Hotel Makassar Pretty Tumakaka.

Pretty Tumakaka


47


48

Edisi Perdana ManadoMag  

Free Magazine

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you