Issuu on Google+

Majalah MAN 1 (Model) Lubuklinggau; Aneka Story; Edisi pertama; April 2013

> > > > >

Lists

To : @Astor_Man

@Edisi_Pertama KEMENTERIAN AGAMA MA NEGERI 1 (MODEL) lubuklinggau http://www.man1lubuklinggau.com

593 479 437 184 579 184 Following

Tweets Tweets

Following

Followers Followers

Follow Follow


Aneka Story Mansa

http://www.man1lubuklinggau.com

Pelindung atau Penasehat Kepala Madrasah: Himarwan, M.Pd Wakamad Bid. Kurikulum : Suyatno, S.Pd Wakamad Bid. Penjamin mutu : Fatiyus Ardiyansyah, S.Ag Wakamad Bid. Humas :

Susunan Pengurus

Susunan Pengurus

Drs. Sutarja Wakamad Bid. Kesiswaan :

WELCOME

Taslim, M.Si Coordinator : Pembina Osis : Ali Imron, S.Pd Pembina redaksi astor : Hariani, S.Pd Pemimpin redaksi &Editor : Engga Fifitri Sekretaris : Septia Putri Arofi coordinator : Aziz Munajar Redaksi ‘’flp’’ Fahrin Risandini, Riski Septa, Afifah Rahma, Dyah Palupi, Annisa Fitriana, Latifah Istiqomah, Khoirunisa, Mayang, Dwi Rentisia, Selinda Kekaryaan dan arsip : , Selva Adila, Ulfah Sari, Karina, Aktika, Vera Aranti, Gustian, Diah Anggraini, Ria Meilani, Nurjanah, Al-Umrah, Ema Krisdayanti, Eva Kurnia, Elviana India Sinta Sari, Zalzalah. Advertising dan bisnis : Novita Sari,Metari, Veni Novianti, Isma Yeni, Meytedy, Wahyu Kurniadi. Address: Jalan Jenderal Sudirman No.02. RT 01 Kel. Kali Serayu Lubuklinggau. Account number : Email :anekastorymansa@yahoo.com Facebook : @astor mansa No tlp & hp :(0733)-322144

Susunan Pengurus

Drs. Mansyur Wakamad Bid. Sarana :

Susunan Pengurus

KEMENTERIAN AGAMA MA NEGERI 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU


Siswa berprestasi

3

4

6 -7 a yang Pa (TIDAK) Ad

ling Benar

20 21

20

0

8,9,1

17,18,19 22

s i l u n e M i s a v Moti

Games, inbox & kupon pelanggan

23,24


Pengantar Redaksi

EPISODE KEHIDUPAN

Aneka Story Mansa

Jika harapan tidak sesuai dengan kenyataan, berarti kita harus menyakini

-

ahli sedekah.

bahwa itulah takdir terbaik dari Allah. Sepanjang kita sudah berusaha

Episode kaya raya, jalani dengan

-

Episode miskin, jagalah diri kita

meluruskan niat dan menyempurnakan

dengan terus bekerja sebaik-

ikhtiar, tentu apapun yang kita peroleh

baiknya dan tidak meminta-minta

tidak akan sia-sia. Bukankah tidak

balas kasihan orang lain.

sedikit orang yang ikhtiarnya sangat luar

-

Episode dipuji, kita berusaha

biasa namun belum juga memperoleh

sekuat tenaga agar senantiasa

keberhasilan??

rendah hati.

Tugas kita hanya ada dua, luruskan niat

-

Episode dihina, bersyukurlah

dan sempurnakanlah ikhtiar. Betapapun

karena itu mungki pertolongan

luar biasanya kecintaan seseorang

Allah agar kita mau mengevaluasi

terhadap dunia, sadarilah bahwa semua

diri.

itu fana belaka. Kita tidak akan hidup

-

selamanya, ada kampung akhirat yang senantiasa menanti. Karena itu, sudah

“Jangansia-siakanwaktu”

IKHTIAR

Episode sehat, perbanyaklah ibadah.

-

Episode sakit, tingkatkan

sewajarnya bila setiap episode

kesabaran sebab bisa jadi itu

kehidupan kta jalani dengan penuh rasa

adalah lahan pengguran dosa.

sukur.

Kita harus senantiasa berhusnudzhan terhadap ketentuan Allah yang menimpa diri kita. Jika kita merasa banyak berbuat kekhilafan dan dosa, yakinlah bahwa ampunan Allah lebih besar daripada dosa-dosa yang kita perbuat.

Hidup adalah perjuangan, perjalanan adalah suatu pembelajaran. Semua kata – kata ini di kutip dari orang – orang terkenal dan telah sukses… Semoga kata – kata ini dapat memberikan semangat kepada kita untuk menjalani hidup ini… “SEMANGAT…”

Kita harus optimis bahwa Allah akan mengampuni kita. Dan tentu saja, kita juga harus optimis bahwa kita mampu terus memperbaiki diri. Justru sikap optimis itulah etika kita kepada Allah, sebab ketika kita diuji oleh Allah dengan aneka kesulitan justru supaya kita berpegang teguh kepada pertolongan Allah. Wallahua’lam. J

3


Profil Mansa

MAN 1 (Model) Lubuklinggau

GENCAR MENAMBAH FASILITAS Suasana Perpustakaan

Sekolah yang berlokasi di Jalan Kali

Visi dan misi sekolah

Serayu No. 02 RT 01 ini, fasilitas

“menyelenggarakan pendidikan

belajarnya nggak kalah deh dengan

berorientasi mutu, baik secara

sekolah lain. Udah gitu, pihak sekolah

keilmuan maupun secara moral dan

terus menambah fasilitas seperti,

sosial, sehingga mampu menyiapkan

penambahan infokus untuk setiap

dan mengembangkan sumber daya

kelasnya.

insani yang berkualitas di Bidang IMTAQ dan IPTEK,” So, nggak hanya fasilitas yang terus dibenahi, juga sumber daya manusia, terutama guru.

“kalau penambahan fasilitas tanpa diiringi keterampilan guru, kayaknya percuma. Kami juga lagi giat-giatnya memberi bimbingan kepada guru-guru “ pihak sekolah terus menambah

untuk menguasai bidang multimedia

berbagai fasilitas agar memudahkan

dan bahasa,” ujar Pak Himarwan,

murid dalam kegiatan belajar-

yang berharap targer meluluskan

mengajar,” kata Pak Himarwan, yang

siswa di tahun ajaran ini akan

memimpin MAN 1 (model) ini.

terwujud.

Selain itu, guru-gurunya nggak hanya memposisikan diri sebagai pengajar, tapi juga sebagai teman bahkan orang tua di sekolah. “ gurunya asyik pokoknya bikin kita belajarnya betah. O ya, nggak ada diskriminasi SARA di sini,” komen Engga, sisiwi kelas XII IPA.

Ngomongin prestasi, jangan ditanyakan lagi, jawaban udah pasti, bangga banget punya prestasi yang gemilau. Siswa-siswinya mempunyai bakat-bakat tersendiri sesuai bidangnya. Nggak hanya di akademik yang non akademik pun ikut meramaikan presta si sekolah. (Sumber: www.man1lubuklinggau.com)

4 Aneka story mansa

Edisi/1/november/2012


**FLP >> Agenda Mansa >> Aneka story Mansa >>

Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

MAN 1 (Model) Lubuklinggau Raih Gelar Juara Siswa Berprestasi

MAN 1 (model) Lubuklinggau Raih Gelar Juara I Lomba Kreasi Baris Berbaris

!

MAN 1 (Model) Lubuklinggau kembali menuai prestasi-prestasi yang di dapat kali ini melalui lomba siswa berprestasi di tingkat SMA/MA sekota Lubuklinggau yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau. Dalam kegiatan lomba tersebut MAN 1 (Model) Lubuklinggau mengutus dua orang siswa yaitu Megawati Fratiwi Kelas XI.IPA.1 (Bilingual) dan Asmara Asri yang juga kelas XI.IPA.1 (Bilingual). ! Asmara Asri & Megawati Dari kedua orang yang di kirim tersebut Megawati Fratiwi maraih Juara I untuk Siswi Berprestasi sedangkan Asmara Asri meraih Juara Harapan I sebagai Siswa Berprestasi. Pelaksanaan Lomba Siswa Berprestasi ini berlangsung tanggal 25-26 Maret 2013 yang lalu bertempat di SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Adapun test yang sajikan meliputi 3 materi tes yang disiapkan penyelenggara lomba yakni tes tertulis yang meliputi bidang studi Matematika, IPS Terpadu, Bahasa Inggris, IPA Terpadu dan Pkn, Kemudian Hasta Karya serta terakhir Pidato Bahasa Inggris. Kepala MAN 1 (Model) Lubuklinggau ketika dihubungi membenarkan adaya dua orang siswa MAN 1 (Model) Lubuklinggau yang mendapat juara dalam ajang Lomba Siswa Berprestasi. “Alhamdulillah, dua orang siswa yang kami kirim untuk mengikuti Lomba Siswa Berprestasi keduanya mendapat juara, Megawati Fratiwi sebagai Juara I siswi Berprestasi dan Asmara Asri sebagai Juara Harapan I”, ungkap Himarwan. (ddy).

Madrasah Aliyah Negeri 1 (Model) Lubuklinggau kembali menuai prestasi, kali ini di bidang non akademis dan yang berprestasi ini dari Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA). Paskibra MAN 1 (Model)LLG PASKIBRA MAN 1 (Model) Lubuklinggau merebut Juara I Lomba Kreasi Baris Berbaris Tahun 2013. dan berhak mendapatkan Piala tetap dan Piala Bergilir. Kegiatan Lomba Kreasi Baris Berbaris ini di selenggarakan oleh Pengurus Daerah Purna Paskibraka Indonesia Kota Lubuklinggau yang berlangsung pada tanggal 1 s.d. 3 Maret 2013. Bertempat di halaman Upacara Kantor Badan Pendidikan dan Latihan Kota Lubuklinggau. Selain Lomba Kreasi Baris Berbaris juga digelar Lomba Pengibar Bendera. Adapun pesera sebanyak 14 tim yang berasal dari SMA, SMK dan MA yang ada di kota Lubuklinggau. Pembina Paskibra MAN 1 (Model) MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU KEMBALI MERAIH PRESTASI DI Lubuklinggau, Cipta Tri Laksana, S.Pd., ketika dihubungi membenarkan adanya Prestasi dari STQ X Sebuah prestasi membanggakan kembali diraih siswa-siswi Madrasah Aliyah Paskibra. “Alhamdulillah dari Cabang Lomba Negeri 1 (Model) Lubuklinggau. Jika sebelumnya prestasi di bidang akademik, dalam Kreasi Baris Berbaris Paskibra MAN 1 (Model) Seleksi Tilawatil Qur'an (MTQ) Kota Lubuklinggau X, 11-17 Februari yang lalu. Siswa Lubuklinggau merebut Juara I”, ungkap Cipta. MAN 1 (Model) Lubuklinggau yang mewakili domisili tempat tinggal masing“Selain Sebagai Juara I Lomba Kreasi Baris masingmenunjukkan potensinya di bidang Keislaman. Berbaris, Paskibra MAN 1 (Model) Kepala MAN 1 (Model) Lubuklinggau, Himarwan, M.Pd didampingi Koordinator Pembinaan Peserta STQ MAN 1 (Model) Lubuklinggau, Yenni Agustina, Lubuklinggau juga merebut Juara Harapan III S.Ag menjelaskan, masing-masing siswa-siswi MAN 1 (Model) Lubuklinggau baik yang dari cabang Pengibar Bendera”, lanjutnya. berdomisili di Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Lubuklinggau Selatan II maupun Piala-piala yang didapat tersebut diserahkan Kecamatan Lubuklinggau Timur I maju dalam STQ X ini. Mereka yang maju sebagian besar berhasil membawa nama baik Kecamatan masing-masing, termasuk MAN 1 langsung oleh Pembina Paskibra MAN 1 (Model) (Model) Lubuklinggau sebagai tempat mereka ditempa tilawahnya, kaligrafi maupun Lubuklinggau, Cipta Tri Laksana, S.Pd., yang syarhil Qur'an. diterima oleh Kepala MAN 1 (Model) Berdasarkan data yang dikumpul Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Taslim, M.Si, mereka yang meraih Juara I diantaranya, cabang Tilawah Qur'an remaja putra atas Lubuklinggau, Himarwan, M.Pd., pada hari Senin nama Widi kelas XII IPS 1. Sementara prestasi Juara I Cabang Musabaqah Tilawatil (04/03/13) kemarin. (Ddy). Qur'an kategori remaja putri di raih Ratisah yang merupakan siswi kelas XII IPS 1, keduanya berhasil membawa piala dan souvenir penghargaan masing-masing Peserta STQ MAN 1 (model )LLG mendapatkan notebook dari panitia. “Kami sangat Selain itu, siswa-siswi juga ada yang meraih Juara II cabang Fahmil Quran bersyukur Tim-1 atas nama Ratna Dewi kelas XI IPA 2, Megawati Pratiwi Kelas XI IPA 1 dan minimal dengan Karnova Kelas X.1. Sedangkan Juara III cabang Fahmil Quran, diraih oleh Tim-2 atas prestasi ini, nama Miftahul Jannah Kelas XI IPA 1, Herda Kelas X.1. Khusus cabang Syahril Quran membuktikan MAN 1 atas nama Fauzal Akbar kelas XII IPS 1, Aci Lasvi Kelas XII IPA 1, Khana Adirana (Model) Lubuklinggau Kelas XII IPA 1 berhasil memboyong piala Juara III. Prestasi yang sama juga diraih pada yang telah berstatus cabang Khattil Quran golongan Hiasan Mushaf Putri atas nama Soleha kelas XI IPA 1. Akreditasi A bukan Juara III Qiroah Sabah atas nama Ustazah Iip Toipah. Cabang Tilawah Quran yang hanya mencetak diikuti Syahrul Qodir juga berhasil mengharumkan MAN 1 (Model) Lubuklinggau generasi yang dengan prestasi Juara III. berpotensi dibidang akademik dan Ilmu Yenni Agustina menjelaskan dibandingkan tahun 2012, ada peningkatan peraih Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) namun juga Iman prestasi di tahun 2013 ini. Dengan kuantitas siswa yang berprestasi lebih banyak dan dan Taqwa (IMTAQ),” lanjutnya. “Harapannya dengan yang aktif dalam ekstrakurikuler tilawah dan kaligrafi yang terus bertambah. adanya apresiasi dari sekolah dapat muncul bibit-bibit “Alhamdulillah, siswa siswi setiap jenjang baik kelas X, XI maupun kelas XII berperan baru di bidangnya,” pungkas Yenni. dalam STQ kemarin, mereka gigih berlatih sejak 12 Januari yang lalu. Regenerasi mereka nampak aktif. Setiap tahunnya meski ada yang lulus selalu ada pengganti dan semakin baik,” jelas Yenni.

5

**FLP >> Agenda Mansa >> Aneka story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**


**FLP >>Serial Pembelajaran>> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 Lubuklinggau *

Nasihat Rohani

Mendidik dengan membiasakan. Dahulu konsep ini banyak digunakan para ulama dan salafushalih dalam mendidik diri dan anakanak mereka. Abdullah bin Mubarak rahimullah mengatakan, “ Sesungguhnya orang-orang shalih dahulu melakukan kebaikan secara spotanitas dan tidak disengaja. Sedangkan kebiasaan kita sekarang melakukan kebaikan dengan paksaan. Karennaya, kita harus memaksa jiwa untuk melakukan kebaikan, “ (Mukhtashar Minhaj Al Qashidin, 461) Faktor kebiasaan penting dalam membentuk pribadi seseoorang. Baik atau Buruk. Seorang yang terbiasa melakukan kebaikan, ia akan begitu mudah dan mungkin secara spontan melakukan kebaikan itu. Ia justu merasa tidak nyaman, bila kebaikan biasa dilakuknannya, tidak dilakukan. Sama juga dengan orang yang terbiasa melakukan keburukan, ia akan lebih mudah melakukan keburukan, dan sangat mungkin tidak merasakan lagi bahwa yang dilakukannya itu adalah keburukan. Saudaraku, Jiwa kita, ummumnya, tidak mudah melakukan ketaatan secara sukarela, melainkan setelah ditempa dengan pembinaan dan pelatihan, melaui pembiasaan.

6

Sampai kita merasakan ketaatan itu menjadi satu sikap yang ringan dilakukan. Ahmad bin Tsa'labah rahimaullah bercerita tentang sahabatnya Salim Al Khawas. Katanya, “Aku Mendengar Salim Al khawas mengatakan, “ Aku dahulu membaca Al Quran, tapi aku tak merasakan nikmat saat membacanya. Lalu aku berbisik kepada jiwaku, “Bacalah seolah engkau mendengarnya langsung dari Rasullulah saw.” Selanjutnya, aku sedikit merasakan kenikmatan dalam tilawah Al Quran dan aku katakana lagi pada jiwaku, “Bacalah seolah engkau mendengarnya langsung dari Malaikat Jibril saat menyampaikan Al Quran kepada Rasullulah saw.” Lalu bertambahlah lagi rasa nikmatku membaca Al AQuran. Kemudian aku katakan lagi pada jiwaku, “Bacalah Seolahengkau mendengarnya langsung dari Rasullah saw ketika berbicara padamu.” Maka, kenikmatan tilawah itupun bertambah lagi.” (Hilyatul auliyah, 8/279) Begitulah salah satu contoh bagaimana orangorang shalih generasi tabiin akhirnya meraih kenikmatan dalam melakukan ketaatan. Satu tahap demi satu tahap mereka berpindah hingga mencapai apa yang sangat ia inginkan. Mereka berusaha mencari celah untuk bisa memperbaiki kondisi dirinya, dengan memaksa jiwanya sendiri. Saudaraku,

Ucapkanlah Alhamdulillah. Bila kita sudah memiliki kebiasaan tertentu dalam ketaatan. Bersyukurlah pada Allah swt, bila kita sudah merasakan situasi yang kurang nyaman bila ketaatan itu kita tinggalkan. Merasa berat justru tatkala sedikit melakukan amal shalih. Merasa tak tenang justru saat berjarak dengan kebaika,n dan yang pasti, selain dari rahmat Allah swt, semua itu tidak kita miliki setelah kita memaksakan diri untuk melakukannya pada awalnya, dalam waktu yang tidak sebentar. Lalu, pertanyaan lain yang penting kita renungkan adalah, beapa banyak waktu yang kita lewati secara berulang-ulang tanpa ketaatan? Saudaraku, Generasi kita dahulu adalah generasi yang tak suka dengan keadaan tanpa beramal. Mereka melatih anak-anak mereka dengan sesuatu yang cenderung berat. Mereka didik anakanak mereka dengan kebiasaan yang baik. Abdullah bin Abdul Malik mengatakan, “Dahulu kami bersama ayah kami berada di sebuah perjalanan.


**FLP >>Serial Pembelajaran>> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 Lubuklinggau **

Nasihat Rohani

“ceritakanlah di hadapan kami nak.” Saudaraku Hasan al Bashri mengatakan, “kami belum

“Bertasbillah kepada Allah sampai kalian mencapai pohon yang disana .” Lalu kami pun Bertasbih hingga kami sampai ke pohon yang ditunjuk ayah. Dan jika terlihat pohon lainnya di sebuah lembah, ayah akan mengatakan lagi, “ Bertakbirlah kalian hingga kalian sampai ke pohon itu.” dan itupun sekarang kami praktikan kepada anka-anak kami.” (Az Zuhdu, Imam Ahmad, 279) Seperti itulah sampai akhirnya ucapan tasbih dan takbir menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan dari kehidupan mereka. Dalam kitab Az Zuhdu, disebutkan di antara orangorang shalih itu ada mengatakan, ”kami memaksakan diri melakukan sesuatu sampai kami terbiasa dengannya,”Wahai anak muda, saya sampaikan kepadamu semoga bermanfaat untukmu. Dahulu aku saat masih anak-anak pergi ke pasar. Dan ketika aku pulang aku memaksakan diriku untuk berzikir kepada Allah saw hingga aku mencapai tempat ini dan itu. lalu bila kau mencapai tempat itu, aku paksa diriku untuk berdzikir hingga ke tempat lainnya. Demikianlah, hingga akhirnya aku sampai ke rumah.” Saudaraku, Orang-orang shalih bahkan berpikir kreatif untuk membiasakn prilaku baik bagi orangorang sekitarnya. Diantara ide kreatif itu, dipraktikan oleh seoarng tabi'I yang bernama Zubaid Al Yami. Ia adalah seorang muzzin dan ingin membiasakan anak-anak di sekitar masjidnya untuk melakukan shalat berjamaah. Ia selalu megatakan, “Mari ke sini, shalatlah, nanti aku berikan minuman.” Dipanggil seperti itu, maka anka-anak kecil segera datang dan shalat di masjid, kemudian setelah selesai mengelilingi Zubaid. Ia ditanya, “Mengapa kau lakukan ini?” ia mengatakan, “ Tak ada artinya aku membelikan mereka minuman seharga lima dirham, tapi mereka akan terbiasa melakukan shalat.” (Az Zuhdu 5/3) Saudaraku,

terbiasa menyampaikan hal ini wahai Abu

Tak hanya latihan untuk shalat yang

Jangan jadikan kekurangan sebagai beban, itu

dipraktikan generasi shalih kita terdahulu.

hanya akan membuatmu sulit untuk berlari

Tapi bahkan latihan dalam menghadapi orang

mengejar impianmu.

lain. Ini penting, sebab tanpa dilatih tidak

Hidup hanya ada 2 sisi berbeda. Penderitaan

jarang anak-anak menjadi sosok yang nyaris

dan Kebahagiaan, namun dari situlah kita

tidak bisa bicara dan mengeluarkan kata-kata

menjadi kuat dan tegar.

saat berhadapan dengan banyak orang.

Bersyukur atas keberhasilan itu sudah biasa,

Lihatlah yang mengunjungi rumah saudaranya.

namun bersyukur atas kegagalan itu baru luar biasa Hidup itu membutuhkan perjuangan, karena

Ia mengatakan pada salah satu anak-anaknya,

Said,” Hasan al Bashri rahimahullah lalu mengatakan, “siapa diantara kita yang telah menyampaikan hal ini. Saya khawatir syaitan memanfaatkan kondisi ini. Dimana manusia akan meninggalkan sikap saling menasihati. Demi Allah, seandainya Allah tidak memerintahkan para ulama berbicara, niscaya mereka akan diam.” Saudaraku, Apa yang ada di benakmu saat ini? Terkadang kita selalu saja membicarakan kekurangan orang lain tanpa kita berfikir tuk membicarakan kekukaran kita sendiri Hidup ini pilihan. Apapun yg membuatmu sedih, tinggalkanlah, tanpa rasa takut akan hilangnya kebahagiaan di masa depan Jangan terlalu bergantung pada orang lain. faktanya kamu lebih kuat dari apa yang kamu pikirkan, hanya kamu tidak mempercayainya Berhenti menyesali apa yg telah terjadi. Kegagalan hanya sebuah pelajaran yang menghiasi perjalananmu menuju keberhasilan Harapan kosong jauh lebih menyakitkan daripada sebuah penolakan Angan bangga dengan apa yang kamu punya, tanpa kamu sadari Tuhan bisa mengambil itu semua dengan sekejap mata Jangan mengkritik karya orang sehingga membuat dirimu sendiri lupa berkarya! Jangan mau menjadi Katak yang hanya dalam tempurung, takut dan tidak mau menunjukan dirinya Ubahlah hidupmu, dari segala sesuatu yang buruk menjadi baik dan bermanfaat

gak ada satu hal pun yg bisa sukses tanpa sebuah perjuangan Hidup itu memang terkadang rumit, namun serumit apapun kehidupan ini tetap harus kita

Jangan jadi orang yang congkak. Pastikanlah bahwa kepala anda tidak lebih tinggi dari topi Anda. Secara tidak sadar, dengan kejujuran; kamu telah menyelamatkan dirimu sendiri Hidup itu pilihan, baik dan buruk. Ayo kita buat hari esok menjadi esok terbaik kita, dan kita kubur yang buruk sekarang Dalam duka pasti ada suka. Jangan menyerah karena dengan putus asa kita tidak lebih dari pecundang Kekurangan ialah kelebihan yang tertutupi. Tidak ada yang perlu ditutup, tetapi cukup membukanya Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik. Mutiara Hati Sumber kekuatan baru bukanlah uang yang berada dalam genggaman tangan beberapa orang, tapi informasi di tangan orang banyak. Takut akan kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu. Aku tak mengenalmu, tapi matamu tidak berbohong. Ikutilah jalan hatimu. Itu yang terbaik. Hargai yang kamu miliki, kamu akan memiliki lebih lagi. Jika fokus pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak cukup dalam hal apapun Gagal itu urusan nanti. Yang terpenting, kita berani untuk mencoba dan mencoba! Tidak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan, karena yang pasti akan ada pelajaran disetiap langkah yg kita tinggalkan. Orang yang sulit untuk maju biasanya adalah orang yang takut akan perubahan dan orang yang takut menentukan keputusan.Hidup adalah perjuangan, perjalanan adalah suatu pembelajaran. l Semoga kata kata ini dapat memberikan semangat kepada buat kita untuk menjalani hidup ini… “SEMANGAT…” (Forum Lingkar Pena-Mansa)

jalani, karna Tuhan pnya rencana dibalik semua ini

7


(TIDAK)

Ada yang Paling Benar Karya: Aziz Munajar

Kebenaran hanyalah perkara tentang sedianya kita atau tidak, cerdas atau tidak diri kita menyerap semua sari-sari yang menyucur dari segala penjuru. Sedangkan kebenaran itu sendiri sudah datang dari suatu zat dan tidak pernah ada yang menyalahkan sampai pada suatu zaman dimana segala kebenaran secara brutal dilecehkan bahkan disalahkan oleh sesuatu, dan bukan oleh zat itu. *** Ramai orang berkumpul. Ada yang berlari-lari membawa air, berteriak kepada yang dekat, disudut lain beberapa mengayuh tenaga menimba air, sedang yang lain berdiri di pinggirannya memasang tatapan

Makin cepat saja gerakan mereka. Tidak perduli dengan air got yang berlumuran di tubuh. Bagi mereka, yang penting adalah api ini harus segera dikalahkan. Satu jam kemudian sebuah pertarungan api dan manusia berakhir. Api

tubuh kasihan itu. sama saja, banyak dari mereka terkejut. Bukan terkejut karena mereka

yang berlari tadi segera menyusuri sisa-sisa rangka yang sudah menghitam kelat

mengenal tubuh itu, namun terlebih karena mereka tidak menyangka jika tubuh itu harus

dan panas, karena mereka menangkap bau mutung daging.

menemui ajal dengan keadaan yang seperti itu. “Padahal orang ini selalu

Benar saja, mereka menemukan seonggok bentuk yang mirip mereka dalam keadaan hitam dan menyatu dengan abu, juga bau busuk yang mereka cari-cari tadi. Mereka tercengang sejenak merekam seluruh yang mereka lihat. Ada yang terkejut, ada

dalam?” Tanya seseorang paruh “Ada, mungkin sudah mutung!” Teriak seseorang yang

yang menangis, ada yang tersedu-sedu saja, ada yang langsung pergi karena tak sanggup melihat, ada juga yang

lain.

sibuk

8

sebuah rumah. Yang tadi berdiri di pinggiran ikut nimbrung melihat

musnah setelah dibantai habis oleh air sumur, air got, dan air DAMKAR. Lalu orang-orang

seperti sedang melihat sebuah penalty kick! “Ada orangnya tidak di baya.

menyebut-nyebut nama tuhan, namun beberapa dari mereka segera mengevakuasi tubuh gosong itu keluar dari puingpuing hitam yang tadinya adalah

berkata benar” Kata seseorang diantara kerumunan. “Ya, benar bagi kita” Sahut yang lain juga. Lalu datanglah suara yang menyegak kerumunan. “Orang ini adalah orang yang salah” Ketus seseorang itu, dia berpakaian putih. “Mengapa kau berkata demikian?” Tanya orang yang berlari-lari tadi.


“Karena dia meninggal dalam keadaan yang salah, jadi dia orang yang tidak benar” Jawab seseorang baju putih itu datar. Orang-orang yang lain hanya diam melihat dua orang berpakaian putih itu. mereka tidak mengerti dengan katakatanya barusan. Dan juga, siapalah mereka berdua itu? *** Sudah masuk satu pekan mereka (dua orang berpakaian putih itu) menetap disini. Tepatnya disebuah tempat yang disewakan. Rencananya, mereka akan melanjutkan apa yang telah mereka lakukan di tempat-

lalu duduk dimuka dua orang itu. ia bertanya; “Mengapa kau menghakiminya sebagai orang

“Maksudmu?” “ Ti d a k , a k u h a n y a menerima kebenaran itu dari

yang salah?” “Bukankah kau telah melihatnya? Dia mati dengan

benar”

cara yang salah” “Lalu bagaimana yang 'benarnya'?” Tapi bukannya menjawab. Salah satu orang berpakian putih itu justru berbalik-tanya pada seseorang itu. “Apakah kau adalah seorang fanatik ?” “Maksudmu?” “Apakah kau orang yang

tempat sebelumnya. Yakni memberitahu sebuah kebenaran.

termasuk golongan pencari

Mujurnya, peristiwa itu (peristiwa kebakaran satu

kebenaran?” “Tidak, aku hanya menerima kebenaran itu dari

minggu yang lalu) melicinkan cara mereka mengumumkan tentang berita kebenaran. Mereka memang selalu mengenakan pakaian serba putih, oleh karena itulah orangorang kampung mulai tertarik untuk berbicara dengan mereka.

orang-orang yang menurutku benar” “Maka kau adalah orang yang salah!” “Lalu bagaimana yang 'benarnya'?” Tapi bukannya

O tentu, karena mereka yang selalu berpakaian putih. Mula-mula hanya orang-

menjawab. Salah satu orang berpakian putih itu justru berbalik-tanya pada seseorang

orang yang berlari tadi. Ia

itu.

datang,

“Apakah kau adalah seorang fanatik ?”

orang-orang yang menurutku “Maka kau adalah orang yang salah!” Orang itu terhenyak. “Dengarlah, kedatangan kami disini untuk membantu kalian mencari kebenaran” Jelas salah seorang berpakian putih yang lain. Dan seseorang itu hanya mengangguk saja. Karena dia melihat orang berdua itu telah berkata benar, dan benar-benar benar menurut kebenaran hatinya. M a l a m - m a l a m selanjutnya, perlahan tapi pasti semakin banyak yang berdatangan ke tempat dua orang berpakian putih itu. kemudian mereka (orang-orang kampung itu) sepakat untuk memanggil orang berpakaian putih itu 'guru', dan mereka menganggap diri mereka adalah murid. Dua 'guru' itupun menyepakatinya. Oleh guru, para murid diberikan berita yang 'paling benar'. Selanjutnya, murid diberikan tugas untuk mencari murid-murid baru yang lainya. Muridpun menuruti. Semua murid

Aneka Story Mansa

Edisi/1/April/2013

9


berpencar mencari murid-

“Guru adalah yang paling benar”

ditinggalkan orang-orang

Tegas murid membela“Apakah

kampung yang dulu sempat

gurumu memakai sebuah kitab

menganggapnya seorang 'guru' . ia

mengabarkan berita yang paling

ketika menyampaikan berita

hanya berpesan kepada salah

benar” Rayu mereka pada yang

kepada kalian?” Tanya dia.

seorang murid bahwa masih ada

murid baru. “Ikutlah dengan kami, dia

lain. Hasilnya, mereka berhasil

“Iya. Ini kitabnya”

yang mahabenar, bukan yang

Dia melihat-lihat kitab si

paling benar.

mendapatkan murid-murid baru.

murid. Kitab si murid hampir sama

Lalu bertambah banyaklah murid

dengan kitabnya (kitabnya adalah

beberapa menit lewat. Tiba-tiba

guru. Barulah guru memberitahu

kumpulan beribu-ribu berita benar

saja kampung menjadi ribut.

kepada murid-muridnya bahwa

dengan bahasa dari negeri di

Murid-murid memasang pacu lari

orang yang benar adalah yang mati

tengah bumi). Akan tetapi, kitab

menuju rumah guru. Tapi mereka

dalam keadaan bercinta dengan

yang dimiliki si murid Nampak

terlambat. Kali ini mereka kalah

tuhan. Semua murid terkesima

keluar beberapa derajat isinya

dengan api. Api telah menelan dua

mendengarnya!

serta ajarannya (terlalu berlebihan).

guru mereka begitu sadisnya. Di

Namun dia tak mau mengatakan

akhir, mereka hanya menemukan

datanglah seseorang berpakaian

jika kitab itu salah karena dia

guru telah bersatu dengan abu

putih juga. Dia datang dengan

bukanlah orang yang benar. Ia

tempat tidurnya. Dan tragisnya,

sembunyi-bunyi. Dia melihat,

hanya membiarkan si murid

murid tidak menemukan baju putih

mendengar, serta menyimak

kembali pada gurunya. Celakanya,

guru! Sedang beberapa waktu

seluruh perkataan, tatapan serta

si murid melaporkan hal itu pada

kemudian (diwaktu fajar)

gerakan tangan guru. setelah

guru. Gurupun dengan lantang

seseorang berlari-lari menuju

selesai, dia kembali ketempatnya.

mnghakimi bahwa 'dia' adalah

murid-murid yang tengah

Di tempatnya, dia memutar ulang

orang yang salah. Dan dia, secara

menangis.

rekaman otaknya. Dia pun

dramatis dijauhi oleh orang-orang

“'Dia' juga mati!”

menyimpulkan jika dua orang

kampung.

Tidak ada yang

Namun suatu malam,

berpakaian putih itu memang

Satu bulan kemudian,

Tengah malam baru

memperhatikan orang itu.

benar, tapi bukan mereka yang

semua orang kampung menjadi

paling benar. Dia juga memutuskan

murid-murid guru, kecuali dia.

dengan tuhan! Saat itu dia mati!”

untuk membujuk murid-murid

Orang-orang kampung pun

Lanjutnya.

segera meninggalkan dua orang

menghadiahi guru dengan sebuah

berpakaian putih itu, meskipun

tempat tinggal yang amat bagus.

mereka benar.

Dia hanya bisa tersenyum melihat

“Janganlah kalian

murid berbondong-bondong ke

berlebihan dengan dua orang itu”

tempat guru setiap malamnya. Ia

Kata dia.

tidak bersedih walaupun ia harus

10

“Dia sedang bercinta

Semua berbalik menatap orang itu. Bercinta dengan tuhan? Oh.

***


Hari yang sangat indah. Sang fajar mulai menampakkan dirinya di ufuk timur menyinari semesta ini dengan cahayanya. Membangunkan seluruh makhluk yang sedang terbuai mimpi indah. Cericitburung mulai meramaikan awal kehidupan. Semerbak mawar kian menambah semangat untuk memulai hari ini. Namaku adalah Anita Syafira.

OLEH : ) Karisma (X.5 “ bapak mau kemana?” Selinda

“ bapak mau kepesantren Al-Huda, nak.” Jawab sibapak-bapak dengan raut muka yang melas. “ oh, Belum sampai bapak. Sebentar lagi. “ jawab Ana.

angkot dan menurunkan bapak-bapak yang berjenggot didepan

hampir sampai.” Kirrii….” Jawab kami berbareng.

pesantren Al-Huda.

memancar. Sutu hari aku dan Ana ingin sekali membeli jam

Cerita Remaja

penjual di sekelilingku. Mencari-cari jam beker

semua orang didalam angkot. Kami pun berjalan

penjual jam beker kodok. Huuhh…. Hari semakin

Sesampai dirumah aku langsung berbaring diatas

menyengat. Betapa susahnya mencari jam beker kodok.

ranjang berbulu.

“ sudahlah sahabatku. Jangan menangis. Lain waktu mungkin akan ketemu jam beker kodoknya.”

kulitku, aku putuskan untuk membelinya kepasar. Di sebuah angkot yang aku

Disepanjang perjalanan aku melamun memikirkan jam

kasihan melihat bapak tua itu. Ana pun berkata…

“ Astaghfirullah” ucap

kodok. Tapi malangnya, tak ada satu pun kutemukan

Akhirnya aku memutuskan untuk pulang kerumah.

rapi. Tapi ia tak tahu alamat yang hendak ia tuju. Ana

orang dekat kami.

menyusuri gang yang sempit dan terpisah di perempatan jalan.

bekker kodok. Dibawah terik matahari yang menyengat

tumpangi. Aku melihat ada seorang bapak-bapak yang sedang mengepang jenggotnya dengan sangat

Angkot itu langsung ngerem. Mengagetkan kami semua. Aku dan Ana menempel dipundak

Tak terasa kami pun sampai di pasar. Aku pun melirik-lirik

sangat baik dan ramah. Senyumannya begitu indah

masalah jam bekker lagi ya.” (aku hanya mengangguk kepala) Sudah jangan difirkan. Kita

suka memanggilku.

Aku mempunyai seorang sahabat namanya Ana. Dia

“ Jangan bohong. Pasti

“ kiri . . .” Ana menghentikan

Tapi sungguh membuat bingung. Teman-teman lebih

“ Anot.” (Huh…. Bagaikan langit dan bumi). Tahukah mereka betapa susah orang tuaku membuat nama untuk anak semata wayangnya ini.

jawabku terbatah-batah sembari mengusap muka.

beker yang tadi. “ aku heran sekian banyak pedagang dipasar tak ada satu pun penjual jam beker kodok.” Gumam hatiku menggerutu.

“ hellow. Sedang melamun ya neng?’’ Aneka Story Mansa “ eh… e..e..enggak.”

*** Keesokan harinya Ana datang kerumahku “ assalamu’alaikum….” “wa”alaikum salam…. Oh Ana…. Masuk An….” Jawabku. “ begini aku ingin membuat sebuah pesta dihari ulang tahunmu tapi , aku malah ngerepotimu.” “ enggak kok. Aku senang jika melihat sahabatku senang.” “ ya. Terserah kamu aja.” “ oh ya giamana jika besok kita pergi ke toko. Lalu kita sewa alat-alat dekorasinya. Agar kita bisa memasangnya esok hari.

11


“ ide yang bagus. Ayokita berangkat.” Kami punberangkat ke toko untuk menyewa pelengkapandekorasi.

akupunterjatuh, tetapi berusaha untuk teriak. “ awas………..”

sahabat terbaik yang pernah aku kenal dalam hidupku. Akan kukenang kau dalam setiap hela nafasku.

Sore ini punbarangnyasampai dan banyak barang yang kami sewa supaya mengatur danmenata denganrapi dan indah. Untuk dekorasi disaat pesta ultahku nanti.

“ AaAaAaAa....” teriak Ana. Mobil itu terus berlalu tak menghiraukanorang yang ia tabrak. Akupun berlari menghampiri sahabatkuyang tergeletak di tengahjalan. Yang bercucuran darah tak berdaya. Aku pun berteriak….

Sebuah kemungkinan mungkin akan terjadi, mungkin saja nanti disaat

Bunga-bungadinding dipajang bersama lampu yang berwarna-warni. Berhiasan balon yang berisi sagudan tulisanHappy Birthday yang dipajang disana-sini. Sungguhindah danmenawan. Huuhh…capek juga (sambil mengipasngipas tubuhnya). “ Undanganbuat teman-temanbelum dibeli?” “ Ohiya akulupa. Aku beli ke toko depan duluya.” Akudan Ana membeli kartu undangan yang berlukis HelloKitty. Selesai membeli akulangsungmenulis nama teman-teman danmebagikannya. Aku pulang denganhati yang senang.

“ tidaaaakkk……..” ia telah merelakan nyawanya untukmenyelamatkanku. “ Allahtelah memanggil sahabatku. Kami telahmerancang acara ulang tahunku semingguyang lalu. Tetapi kenapa semua begitucepat. Akuingindisaat hari bahagiakuada sahabat yang aku sayang. Tapi,,” deraianair berjatuhanmenimpa dakumemecahsuasana. Aku menghubungi rumah. Dirumahada mobill pribadi ayahku. Dankami punsegera membawa Ana kerumahnya untuk segera dimakamkan. Dengan berat hati aku melepaskan kepergian Ana. ***

“ besok kita beli bajuuntuk acara ulang tahun kamu.” “ iya. Makasihkamusudahmau membantuakumembuat dekorasi dan yanglainnya.” “ itusudahmenjadi kewajibanku sebagai temanmu.” *** Sudah semakin mendekati hari ultahku. Hari ini jadwalnya aku membeli gaun ditemani Ani. Akupunmembeli gaun dengan seharga dua ratus riburupiah. Dalam perjalananaku dan Ana ingin menyebrang untuk pulang. Namun, dipertengahanjalan, ada mobil truk yang melintas dengan kencang dari samping kiriku. Tiba-tiba ada seseorang yang mendorongtubuhku kepinggir dan

12

PESTA telahjadi, dimalam yang kelam bintang bertaburandilangit. Namun, rembulantersenyum kecut. Banyaksekali tamu-tamu yang datang kepesta ulang tahunku. Aku hanya diam memandang bualn yang indah. Akudikagetkanoleh suara seseorang yangmemberi surat dan bingkisan. Akupun dengansegera membukanya.

nanti disaat kamu membaca surat ini, aku sudah tidakada didunia ini. Aku minta maaf kepadamu karena aku mempunyai “firasat” bahwa takdapat hadir diacara ulang tahunmu. Aku taktahu kenapa aku berbicara begini. Sesuatu yang mendorongku untuk menulis semua ini. Entah kenapa firasat ini begitu meyakinkan. Tapi aku yakin kita pasti bisa ketemu dikemudian hari. Disaat aku lahiir untukyang kedua kalinya. Sahabatku hari ini hari bahagiamu. Kamu jangan menangisi diriku. Jangan sesekali kau tumpahkan air mata untukku. Karena itu justru akan menyakitkanku. Jika memang kau masih bersedih, tolong kau hapuskesedihan itu karena aku akan selalu hadir disetiap tidurmu. Satu hal yang ingin kusampaikan . jangan pernah menyesali kejadian yang telah terjadi. Karena itu bukan kesalahan kita tapi takdir. Sahabtku jangan lagi kau bersedih. Tersenyumlah untukku. Ini jam bekker hadiah terakhirku untukmu.

Lubuklinggau, 8 Agustus 2012 Ass……. Selamat ulang tahun sahabatku… semoga panjang umur dan sehat selalu. Amin… Emm,, mungkin bagimu kado ini tak begitu mahal, tapi hanya ini yang bisa aku beri dihari ulang tahunmu . kau adalah

Aneka Story Mansa

Edisi 1/April/2013


Cara Mengatasi Kegalauan Saat ini sedang ngetrend istilah galau, banyak persepsi yang mengartikan galau. Namun, pada intinya kegalauan adalah perasaaan tidak nyaman karena kembimbangan atau kondisi hati yang kurang mantab dengan apa yang diputuskan atau apa yang dijalani saat ini. Nah, ketika galau melanda apa yang dapat kita laukan? Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan saat galau melanda, diantaranya adalah Cari penyebabnya Mencari sumber kegalauan merupakan hal yang penting karena dari situlah sumbernya. Ketika sudah tahu penyebabnya maka akan lebih mudah untuk mencari solusinya. Cobalah untuk merenungi apa yang menimbulkan kegalauan itu. Berfikir realistis…. Realita adalah apa yang benar-benar terjadi, saat mengalami kegalauan cobalah untuk berfifkir realistis. Karena semakin baik pemikiran solusi yang terbaik akan semakin mudah ditemukan. Hilangkan hayalan-hayalan yang meracuni pikiran, disitulah letak kegalauan. Karena yang diharapkan Sikembar jokowi tidak sesuai dengan harapan. Segera tentukan langkah…. Curhat dengan orang yang tepat…. Ketika sudah sudah dicari penyebabnya dan menerima berbagai masukkan maka segeralah untuk mengambil langkah yang terbaik agar kegalauan tersebut tidak berlarut-larut dan semakin menyiksa batin anda

Curhat dapat meringankan isi hati yang sedang mengganjal. Ketika semua sudah dicurahkan akan terasa plong. Namun, untuk curhat ini juga harus memperhatikan siapa yang diajak curhat. Jangan sampai justru menambah masalah. Ketika S egera lupakan kegalauan… . Ketika kegalauan anda sudah menemukan curhat pilihlah orang yang paham mengenai masalah yang menyebabkan solusinya maka segeralah untuk kegalauan itu sehingga akan memberikan melupakan kegalauan itu dengan solusi yang tepat. mengalihkan perhatian pada kegiatan atau kesibukan lain. Karena kegalauan Cara Mengatasi Galau Tingkat Tinggi – yang berlarut-larut tidak baik untuk Galau adalah ketika ketika merasakan pikiran kesehatan jiwa. yang bercampuk aduk. Ketika kita memilih Mudah-mudahan bermanfaat........ diantara 2 pilihan atau lebih, kita akan merasa bingung atau galau. Apalagi kalau masalah percintaan ? Waduh bisa sampe bunuh diri tuh (bagi orang yang tidak punya otak).

or Ada tips handal, jitu, dan

ala

st ua

g jah

Wa

Edisi 1/April/2013

keren menurut kamu,,, Jangan segan – segan kirim tipsmu Ke redaksi kita okeee…

Aneka Story Mansa

13


BULETIN Anak Rohis juga manusia. Punya hati, punya rasa. Juga, tentu punya rasa suka dan bisa jatuh cinta. Huhuy ! Justru kalo anak rohis nggak pernah bisa merasa jatuh cinta adalah kagak normal, atau jangan-jangan bukan makhluk hidup. Wacks! Ya iyalah, kalo masih merasa manusia sih ya pasti punya rasa cinta. Hewan aja punya kok. Selama m asih hidup. Tapi tentu manusia punya aturan dalam mengekspresikan cintanya. Ada syariat y ang harus ditaati. Kalo hewan nggak ada syariat yang harus merek a taati. Bener lho. Kalo manusia sih untuk mencintai m anusia lainnya harus jelas aturan mainnya. Kalo hewan? N ggak ada. Emang per nah dengar ada kambing jantan yang ter tarik dengan kambing betina terus mereka mengikatnya dengan khitbah untuk seterusnya menikah dan diramein dengan pesta ngundang tamu dan diiringi hiburan nasyid? Hihihi.. film kartun kaleee! Bro en Sis, k arena ak tivis Rohis (kerohanian Islam) juga punya rasa suka dan rasa cinta, pasti merek a pernah dong ngalamin yang namanya DDA alias debar-debar asmara. Meskipun dalam mengekspresikannya agak sedikit beda ama rem aja umumnya. Kalo rem aja umumnya langsung kenalan, terus janjian dan jadian deh dalam ik atan bernama pacaran. Kalo anak R ohis? Kalo untuk pacaran secara terang-

ASMARA Aktivis Rohis terangan k ayaknya jarang ada. Mungkin merek a malu. Tapi kalo yang dikamuflase dengan istilah “pacaran islami” kayakny a banyak deh. Ini juga sering dianggap sebagai pembenaran atas aktivitas yang dilakoninya. Halah! Ngaji doyan, pacaran ku at Nah lho, nggak salah nih ngasih subjudul? Hehehe... kamu jangan protes dulu dong. Banyak juga lho yang ngaji tapi pacarannya minta ampun kuatnya. Ini k husus berlaku buat yang ngajiny a cum a ikut-ikutan or emang nggak paham. Termasuk yang ngerasa udah tahu tentang hukum Islam, tapi nggak sampe paham dan cum a teori doang, sementara prak tiknya nol gede. So, cuma modal semangat aja, tanpa pengen paham lebih dalam. Kadang, ada juga lho yang emang nafsuny a lebih gede ketimbang nalarny a. Maaf ye bagi yang kesinggung. Itu tandany a dirimu m asih manusia. Ya iyalah, kalo monyet sih dihina am a dipuji tetep diem aja k agak ngarti, boro-boro tersinggung. Jadi, kalo masih tersinggung berbahagialah karena kam u masih m anusia. Pletak! Oya, gaya pacaran aktivis Rohis agak lain. Aw alnya sih ukhuwah, tapi kebablasan jadi demenen. Mulanya Cuma bergaul sesama pengurus pengajian, lam a-lam a muncul benih-benih cinta. Bersemi dalam dada dan melahirkan kerinduan.

Huhuy! Ati-ati, bisa gaswat! Sobat muda m uslim, jangan heran or jangan kaget, sebab siapa pun orangnya, termasuk anak ngaji, bisa tumbuh dalam dir inya rasa cinta, rasa sayang, juga pengen mem iliki begitu ngelihat lawan jenisny a. Ser-ser an aja dalam dada kalo kebetulan bertemu di masjid or di perpustakaan. Bergetaran dalam jiw a (apalagi kalo ditam bah naik bajaj, dijamin vibrasiny a lebih kuat tuh! Halah!). Pokoknya, seperti ada yang ber gejolak dalam hati. Tapi sulit untuk dilukisk an dengan kata-kata (cieee…). Pokoknya, bikin jantung ber detak dua kali lebih kenceng deh. But, itu wajar kok. Namanya juga manusia. Suer. Malah boleh jadi, kalo im an kamu nggak kuat-kuat amat, bisa-bisa kecemplung m elakoni aktivitas pacaran layakny a mereka yang m asih awam dengan ajaran Islam. Maklumlah sobat, kalo nafsu udah jadi jenderal, akal sehat jadi kerocony a. Celaka dua belas euy! Saat cinta m ulai bersemi Cinta itu ibaratjelangkung. Datang nggak dijemput, pulang pun nggak dianter. Suk a tiba-tiba aja datangny a. Udah gitu, nggak mengenal status lagi. Mau doi pelajar, guru, tokoh masyarakat, anak ngaji, ulama, dan bahkan kepala negar a. Cinta bak alan tumbuh di dada mereka. Kamu m asih inget kali ye kasusnya Bill Clinton dan Monica

Lewy nski? Hmm.. itu perselingkuhan yang mengguncang Gedung Putih beberapa tahun lalu. Geger seisi dunia. Awalnya, jelas rasa cinta. Meski akhirnya disalip oleh hawa nafsu. Hati-hati lho, anak ngaji juga bisa tergoda saat cinta mulai bersemi. Ehm..ehm .. (ditambah pura-pura batuk nih) k amu jadi sering tampil klimis kalo pergi ke sekolah or kampus. Dandanan jadi rapi jali. Pendek kata, pengen tampil beda dan sempurna di hadapan sang pujaan hati. Ser ing terjadi lho.Cinta lokasi sesama aktivis pengajian. Wajar euy, sebab cinta itu naluriah. Udah built-insaat manusia diciptakan oleh Allah S wt. Dalam salah satu firmanN ya disebutkan:”Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak,” (QS Ali Imraan [3]:14) Cuma masalahnya, saat cinta m ulai bersemi, jarang ada yang bisa bertahan dari godaannya yang k adang menggelapkan m ata dan hati seseorang. Jangan heran dong kalo sampe ada yang nek at pacaran. Wah, aktivis pengajian kok pacaran? Malu atuh! Kalo udah gitu, bisa nger usak predikat tuh. Bener. Sebab, serangan kepada orang yang dianggap tahu dan paham agama lebih kenceng. Jadi kalo ada aktivis pengajian (anak Rohis) yang pacaran, orang di sekililing mereka dengan sengit mengolok-

14 Aneka Story Mansa

Edisi/1/April/2013


BULETIN nih!). Bawaannya pengen ketemu dita rik lagi ke atas (ga ntung diri melu lu . Ini nggak sehat, Bro. kalee..). Teru s, bibirnya dipoles tebel-tebel. Bedakannya Perbua tan seperti itu bu kannya lipstik meredam gejolak, tapi a kan menor pula. Minyak wanginya? Bikin sekolam teler! (a pa memperparah su asana ha ti kita. ikan Pikira n dan konsentrasi kita m ala h hubungannya?) So, bu at para akhwat, jangan makin nggak karu an. Selain itu bukan mus ta hil kalo keb aikan yang tabarujj deh. Duh, kebaya ng banget

Jangan nekat berbua t maksiat. Kalo uda h kebelet, (emangnya bu ang

kita kerjakan jadi tidak ikhlas karena Allah. Misal, karena si doi jadi moderator di ac ara pengajian, eh kita bela-belain data ng karena pengen ngelia t si doi, bu kan u ntuk nyimak pengajiannya itu sendiri.

lu cunya kalo a ktivis pengajian tabarujj a lias tampil pol-pola n dengan mema merka n kec antika nnya. Allah S wt. berfirman: “...dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang -

mantap solusinya, kudu ada kerjasam a semu a pihak; individu , masyarakat dan juga negara . Hmm.. soal cinta j uga urusan negara ya? Yu p, negara wajib meredam dan memb eranta s faktor-faktor yang

Yu p, kurangi freku ensi pertemu an, apalagi kala u memang tidak perlu . Kalo sekadar u ntuk minjem buku ca ta tan, ngapain minjem pada si doi, ca ri aja teman lain yang bis a kita pinjam bukunya.

orang Jahiliya h yang da hu lu ” (QS al-Ahzab [33]: 33) K eempat, ku rangi berhub ungan. Mungkin ketemu langsu ng sih nggak, ta pi komu nikasi jalan teru s tuh. Mu lai dari sarana

selalu ngomporin masyarakat u ntuk berbuat yang negatif. Jadi, jangan sampe ukhuwah kita beru bah jadi demenan! Pokoknya , m alu atuh kalo ngajinya getol, tapi pacaran juga pu ool. C atetyo! [solihin:

Lagipula, kalo kamu nggak sabaran, khawatir ada panda nga n nega tif dari si doi. Bisa-bisa kamu dic ap sebagai ikhwa n agresif atau akhwat yang genit. Zwing...zwing.. gu bra k! Kedua, jangan

‘tradisional’ macam surat via pos, www.osolihin.wordpress.c om] sampe yang udah canggih macam via telepon, HP, da n ju ga internet.Wu ih, ketemu la ngsung emang jarang, tapi kirim SMS dan nelponnya ku at. Apala gi ka lo urusan c hatting, pake

‘menggodadenga n gaya bicara dan penampilan ya ng gimanaa.. gitu. Ja di jangan sa ling memberi perhatian. Bisa -b isa diterjemahkan lain lho. Ati-ati deh. Firman Allah Swt. (yang

ada jadwalnya segala. Udah gitu, kirim-kirim e-mail pula. Hmm... ja di tetep berhub ungan kan? Emang s ih bukan masuk kategori kha lwat. Tapi itu bikin su asana hati makin nggak

artinya ):”Jika kamu bertakwa, maka janganlah kamu terla lu lemah lemb ut (menguc apkan perka ta an), na nti orang-ora ng yang da lam hatinya ragu ingin kepadamu. Dan berkatalah dengan perkataa n yang

kondusif ka rena mikirin si dia aja. Nggak perc aya? D on’t be K elima, jaga hati. Ya, m eski sesama a ktivis Rohis, bis ikan setan tetap berlaku. Bahkan sa ngat b oleh jadi makin kuat kom porannya. Itu

baik. “ (QS. al-Ahzab [33 ]: 32 ) Ketiga, menu tu p au ra t. Nggak salah neh? Kalo aktivis ka n u dah ngeh soal itu Bang? tried! Jangan dicoba! Bener. Harus nya memang

sebab nya, ka lo hatimu pa nas terus karena panah as mara itu , dinginkan hati dengan banyak m enginga t Allah. Mengingat dosa -dosa yang uda h kita lakukan ketika sholat dan membaca

begitu. Tapi, banyak juga yang belum tahu bagaima na ca ra mengenakan busana sesu ai sya riat. Akhwatnya masih pake keru dung ga ul yang ‘cepa k’ abis! (kalo yang bener kan ‘gondrong’. Ma ksu dnya leb ar gitu lho.). Iya, keru dungnya

al-Qu ran. Firma n Allah Swt.: “Ingatlah, ha nya dengan menginga ti Allah hati menjadi tenang.” (QS arRa’du [13]: 28) O ke deh, kamu uda h punya modal sekarang. Hati-hatilah dalam bergaul dengan tema n satu

hajat?) s egera menikah saja kalo emang uda h mampu. Kalo belum mampu karena masih sekolah? Ba nyakin aktivitas berma nfaat dan seringlah berpuasa. Emang sih kalo pengen lebih

aja modis banget. Pa ke gaya dililit pengajian. Jaga diri, kesuc ian, dan ke belakang, dan untu ng aja nggak kehormatan kamu dan temanmu.

15 Aneka Story Mansa

Edisi 1/januari/2013


**FLP >>Cerpen Komedi>> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

ARMADA Pemilik Hatiku Di sekolah itu ada seorang murid yang terkenal kubu ( Singkatan dari kutu buku). Nama lengkapnya sih Ike Nurjanah (disingkat

Whaaa , , ,

IJAH). Ia adalah ketua geng “KOTEL” (kumpulan orang-orang teladan). Status Ijah memang masih pelajar. Namun, ia sudah memiliki pekerjaan sampingan, yaitu menjadi

Nuliss cerpen ???

Mahasiswi. Lhoh? Ia menjadi Mahasiswa di

Jangan bilang susah,

STTS (Sekolah Tinggi Tinggi Sekali) jurusan

sebelum kamu mencoba.

perkubuan. Ups salah! Perkebunan maksudnya.hehe,

Ada banyak bukti, bahwa

Di usianya yang 17 tahun, ia sudah menjadi

menulis cerpen itu

mahasiswa selama 18 tahun. Hah?

gampaang,

pelanggan. Obat itu memang dapat menyembuhkan panu, tapi efek samping dari obatnya adalah pusing, ngantuk, mata kunangkunang, mata kupu-kupu, pilek, muntah darah, diare, kanker, amnesia, gagal ginjal, stroke, gangguan kehamilan dan janin, dan juga kematian. Tetapi setelah dironsen nggak ada efek macam-macam kok diobat itu, keselahannya terletak pada bungkus plastic dari obat tersebut. Emm, ternyata plastic Bungkus ROKOK “gudang penyakit” capek dehh. Lanjut!! Hari-hari telah berlalu. Mentari

No Problem, mungkin belum saatnya kali ya, cinta datang memilih, seperti lagunya, IDP “jangan sedih” masih ada BLINK(sejuta rasa). Perasaan yang hanya terlukis di kertas, tak ingin seorang pun tahu, karena sampai kapan pun Ijah tak kan pernah bisa mengatakan kalau dia menyimpan rasa, gengsiii, cuy. Mungkin saat ini dia hanya bisa terdiam, memendam rasa, namun aku percaya suatu hari nanti seseorang akan datang memilih hatinya, “Armada, Buka hatimu!” “Saat ini kau lah pemilik hatiku” ijah menjerit dalam batin. Huaahhhhmm. “Ngantuk.”

bangets! Kirim coret-coretanmu ke Astor !!

Namun ia langsung berhenti karena diprotes

Mau coba ???

Bapaknya adalah seorang penjual obat panu.

Asal kamu

suka baca ,

suka menghayal, dan suka corat- coret diary, pasti bisa deh! (plus baca panduan menulis dari Astpr)

Kamu juga boleh mengirimkan puisi-puisimu ke Astor!! Jangan lupa, cantumkan nama ya!!

dengan setia menyinari bumi seperti kesetiaanku mencintainya. Cie. Pagi itu, Ijah bangun pagi-pagi-pagi sekali, seperti hari-hari yang lalu-lalu. Alarm di HP-

Tema :

nya berbunyi pukul 03.00 namun ia baru bisa

Boleh science fiction (cerpen ilmiah) horror, komedi, atau kisah inspiratif!! Jangan lupa, wajib menyertakan foto dan biodata singkat!

menjalani aktivitas secara normal pada pukul 06.00 (maksudnya pukul 06.00 di hari selanjutnya) karena waktunya digunakan untuk mematikan 4356 HP-nya yang berbunyi. Orang kaya.. Sepulang sekolah, Ijah bentangkan tubuh dan jari-jemari diatas busa kasur yang hampir kempes pepes. Huh, maklum, orang kaya lagi bangkrut.. bangkrut hati. Capek deh!!! Sejenak ia terbuai dalam lamunan, diambilnya laptop yang berjajar disamping kiri tangannya. Mulai membuka file lama yang tersimpan di memori, sebuah foto gerumbunan sahabat dengan background pepohonan, salah satu dari mereka adalah Armada. Lelaki yang telah membuat Ijah Cinta Buta yang sudah berlarut selama lima tahun. Cie..

Kirim ke: email: astormansa@yah oo.co.id Facebook: @Astor mansa

16 **FLP>>Cerpen Komedi>> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**


**FLP >> Serial: Puisi >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Terbakar Aku Karya: Engga Fifitri Disaat aku terluka olehnya aku sadar tak patut untuk ku menangisi. BUKAN! Aku memang bukan menangisi dirinya Aku menangisi ketidakadilan hati menangisi betapa bodohnya diri

Sujudku karya : Hariani, S.Pd Dengan sujudku kurela hidupku untukmu karena ku tau kau telah lelah denganku Dengan sujudku kulepaskan segala rinduku padamu karena ku tau kau bosan bersamaku Dengan sujudku Ku dapat melupakan lukaku karenaku tau ini yang kau mau dariku Dengan sujudku Kuukir semua kenangan darimu Karena ku tau hanya ini yang bisa membuatmu bahagia Meskipun berat bagiku untuk mengukir kembali Dengan sujudku Ku tau kau bahagia Dengan sesuatu yang kau simpan dariku Yang aku tidak tahu selama ini darimu

Sujud Pada Sang Maha Kasih

Kafir

Karya : Engga .F

-Karya : Aziz Munajar lama tak cetus nama-Mu sajadah terbentang kini sudah debu

Kini adalah ruang

panggilan maghrib yang sukarela kita masuki

hempaskan tubuh makin jauh

meski kita tahu

terhempas keras kenyerian di relung dada

kita tak pernah bisa kembali

semua hilang disalib kafir

ketika juba hitam menampakan diri Aku bergurau

hari ini pula kau kembali dipaksa

tak ada lagi waktu untuk bersuci

berhitung

sadarkah akan waktu yang terbuang sia-sia

sudah berapa sujud yang kau

berpeluk siang dan malam

wujud?

disaat malaikat masih bertoleran

berapa telimpuh yang kau tempuh?

-Karya: Aziz Munajar aku bergurau dalam air matamu bukan kaca-kaca pelangi hanya kaisan sakit hati yang terkapar dan tertutup kabut malam

beri kesempatan tuk menghirup lebih

berapa rukuk yang kau khusyuk?

banyak

berapa takbir yang kau syair

kenapa kau tak berbenah diri

segumpal duri mengganjaldi lekuk hati

menari di sajadah paling sunyi tanpa sujud pada sang maha kasih

17 **FLP >> Serial:Puisi >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**


**FLP >> Serial:Puisi >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Mode)l Lubuklinggau**

Merintik Gerimis Putih Salju Karya : Amun (Aziz Munajar) Merintik gerimis putih salju Di tepi sudut penantian -hatiku terkulai Mendesak penuh sedu dan sedan Air mata mengalir sampai ambang kesedihan Aku tak melihat senja menelusuk diantara sakura Mungkin karena musim salju belum juga ingin rehat Dan ketika duduk ini, Kuterlelap dalam memori : kita bermain salju, seperti kanak-kanak dulu. Persis diantara sakura-sakura ini. menyaksikan mentari di sudut langit hingga rupa tersapu warna jingga. Dan seluruh kenangan yang nanti (keyakinanku) kan mencair kemusim semi. Namun, sakura bergugur t'lah terkubur Sebelum semi menyerbu. Tahajud Sunyi karya: Eva Kurnia kuketuk pintu-Mu, biarkan jemariku mengusap gerai rambut-Mu, kau pun membuka tabir jiwa ini hingga hati bisa leluasa ku petik bunga hadiah untuk di surga malam ini aku pasrah dalam renta entah esok atau lusa jika aku, tak lagi kau sapa tenggelamkan diriku yang luka ini kelautan yang tak terukur dalamnya kan kubasuh segenap nikmat kesesatan.

P U I S I

Selagi Ada Waktu Karya: Vera (X.2) Selagi ada waktu Berusahalah memperbaiki diri Bila sudah tiada waktu Rasa kesal itu tiada berguna Selagi ada waktu Tuntutlah ilmu seluas dunia Bila sudah tiada waktu Kau akan merasakan umur itu pergi berlalu dengan sia-sia selagi ada waktu belajar dan pahamilah hakikat hidup

Ketidakberdayaan Karya: Zhala Zhadesna Septia Ningsih (X.5) sang surya muncul dengan cerahnya alam menyambutnya dengan gembira angin bertiup dengan mesra semua tak tahu kehendak yang maha kuasa mungkin semuanya musnah tak berbekas semuanya menjadi gelap bahkan kelam mereka tak mau tahu bahkan tak peduli apa yang terjadi mereka sibuk dengan aktivitas duniawi mencari harta benda hingga menjadi raja apakah mereka tahu? mereka akan terjebak dalam kegelapan tak ada lagi kecerahan sang surya tak ada lagi kegembiraan dan semilir angin semuanya gelap tidak ada setitik sinar di ruang mata bahkan tidak ada dengungan di telinga apa yang harus diperbuat? tangan yang tak bisa berpegang kaki yang tak bisa berjalan sedang mereka dalam tak berdaya tetapi... hanya hati dan jiwa yang akan menghadap Allah azza wa jalla meminta ampunan-Nya serta meminta petunjuk agar bisa melewati kegelapan dan memberi kan setitik sinar di ruang mata.

18 **FLP >> Serial:Puisi >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Mode)l Lubuklinggau**


**FLP >> Serial:Puisi >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Suasana Kuburan karya: Wahyu Firdaus senyap,tidak ada kata semua yang terlintas, semua tak dapat dipikirkan mengerikan, tegang, gelap........... satu kata terdengar, semua orang melihat satu nada terlintas, hancur semua ketenangan banyak orang.. tapi semua, seperti tak ada Ingatanku Karya: Agus Andriansyah teringatku kan keadaan.. keadaan yang selalu kunanti setiap saat ku menanti dan menunggu kan keadaan itu.. semua keadaan itu, suara-suara cengkramah suara-suara canda dan tawa suara-suara pekik dan hiruk-pikuk keadaan itu akankah hilang? hilang diterpa angin angin yang terus berhembus dengan kencangnya.. hembus nafasku untuk menghilangkan keadaan itu, keadaan sekolahku dulu sekolah tempat hidup ke-dua ku.

Pena di Lautan Sunyi -Karya : Engga Fifitri Hitam.. haruskahku berteman denganmu ? Gelap.. haruskah kau jadi sahabatku ? Bila sinar datang dan gelap memudar Serasa lemah tanpa bisa tegar Aku mendera sampai ke lubang terkecil Akankah kau tau arti semuanya? Kurasa tidak.. Begitu juga denganku Malam ini duka Bulan mengasingkan diri dari ratapan malam Kecewa . . . Tak bisa kurangkai lagi Hingga membentuk sampah yang berserakan Serpihan itu sulit untuk dirangkai kembali Andai hati bisa bicara Takkan ada sesak dalam rusuk padat . Lama terasa memang Memahami dalam alunan pembalut luka . Terasa seperti dalam lautan sunyi Dan inilah kehidupanku yang sebenarnya Sendiri, sepi, sunyi Hanya kisah dan kata yang terukir dengan pena Yang mampu menghibur jiwa yang tak sempurna Dan Berpisah Karya : Engga Fififtri cakra langit memutar tak Nampak celahdijari-jarinya atau pun ping harapan

P U I S I

untuk menyentuh ujung jaringa lubuk laut tak pernah tahu Mengulit Kenangan Karya : Riski Septa Efriani Kau permata impianku Sewaktu kita bersama dulu Tutur sapamu sudah berlalu Berlinanglah air mataku Kutaburi bunga mawar untukmu Kasih tercinta tinggal kenangan

kemana puing debu menuju angin masih berbisik berguguran lembaran lembaran daunan sepi satu per satu berguguran lapar haruskah berserakan diantara nyata tak terukir sebab diriku serupa ilalang dalam senja

19 **FLP >> Serial:Puisi >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**


**FLP >> Ulasan Mutiara Hati >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Serial Pembelajaran

Menulis puisi adalah persoalan hati nurani. Hati cenderung pada keindahan dan keindahan lebih banyaknya berurusan dengan dada daripada kepala, jiwa daripada badan, ruh daripada tubuh. Hati dapat mengecil, dapat membesar. Ia dapat menjadi kecil sekali hingga seperti titik, dan dapat menjadi besar sekali hingga sebesar angkasa. Hati dapat kita buat menjadi lapang, dapat kita buat pula menjadi sempit, hati dapat kita buat tunggal warna, dan dapat kita buat pula menjadi kaya warna. Menulis puisi dari hati adalah dengan menjadikan hati kita selapang tanah yang paling lapang, seluas tempat yang paling luas, sebesar angkasa raya. Hati kita menjadi tempat untuk menampung semua perasaan universal manusia. Puisi menjadi universal karena puisi berurusan dengan hati, bukan sematamata dengan kepala. Semua perasaan, emosi, yang muncul di dunia dan menjadi tenaga kreatif yang diterjemahkan alam raya sebagai perasaan manusia universal, pada hakikatnya adalah hati manusia sebagai individual. Jadi jika engkau memilih menjadi penyair, maka engkau menentukan pilihanmu itu, pada saat itu engkau adalah seorang pemilik hati individual yang mempersiapkan hatimu untuk menampung hati universal. Engkau riang bersama keriangan orang lain, orang kecewa bersama kekecewaan orang lain, engkau merasa seperti orang lain merasa. Begitu orang lain yang membaca sajaksajak engkau, apa yang dikatakn seorang filusuf bahwa “orang lain adalah neraka� tidak berlaku bagi penyair. Penyair yang abai pada orang lain tak mungkin bisa menjadi penyair, maka kemungkinannya untuk gagal menjadi penyair sangatlah besar.

Orang lainlah yang meminjamimu kata, meminjamimu perasaan mereka, meminjamimu hari mereka, dan sebaliknya engkau meminjamkan kata-katamu, perasaanmu, hatimu, kepada orang lain. Di dalam dan di luar puisi, engkau dan orang lain saling membutuhkan. Saling memberi. Itulah haikat puisi, dan itulah hakikat penyair. Ketika engkau menulis puisi, niatkan dalam diri engkau bahwa dengan puisi yang kau tulis, engkau sedang memberikan dirimu pada dunia, pada orang lain. Dan dunia yang membaca puisi, dan orang lain yang bersilaturahmi dengan puisimu. Akan menerima engkau sebagai sahabat. Selebihnya adalah estetika dan persoalan teknik-teknik penulisan. Ah, itu dapat dipelajari setiap orang yang ingin menulis puisi, sebab persoalan itu bukan hakikat melainkan syariat.

Hati tidak bisa bicara bila disakiti,, hati tidak bisa bicara bila dikhianati,, tidak bisa bicara bila disentuh,, karena hati sangat lembut dan tiada daya untuk meluahkan segala-galanya. Yang hakikat adalah hati, tempat puisi lahir, mencari dan menemukan dunianya sendiri. Tulisan ini sebagai penghantar sajak-sajak kawan-kawan kita yang mendapat kesempatan untuk tampil di rubric “Mutiara hati� kali ini. Salam (Forum Lingkar Pena /Mansa-serial/1)

U L A S A N

20 **FLP >> Ulasan Mutiara Hati >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

M U T I A R A


**FLP >>Tahukah Anta?? >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

ANTA . . .

· Sholat Mengurangi Berbagai Makan Babi Beresiko Sakit Jilbab Menyehatkan Kulit Kaum Penyakit Reumatik Wanita

·

o

berbagai jenis penyakit, seperti punggung bagian bawah(lower back pain), letak rahim yang miring (cervical misalignments) dan lainnya. Abdul Ahad dan Mehdi Hassan dalam artikel “Some Medical

diketahui daging Babi menyebabkan timbulnya o

berbagai penyakit. Daging Babi mengandung banyak sekali “uric acid”. Tubuh manusia mengeluarkan 90^ zat ini dengan bantuan ”buah pinggang”. Sementara itu, Babi hanya mengeluarkan

Aspects of Sholat” menyatakan bahwa posisi

2%, sisanya menjadi daging. Oleh sebab itu, Babi sering

sujud berpengaruh pada sendi intervertebral,

menderita sakit pada persendiannya. Maka, orang

mulut Rahim dan tulang belakang. Ketika seseorang

yang memakan daging Babi akan sering pula menderita

sujud, otot-otot aktif dalam berbagai derajat yang membantu peredaran

sakit pada persendian dan reumatik.

·

Sholat secara teratur bisa mengurangi

pada pembuluh balik,

o

Jilbab ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit kaum wanita. Hal ini diakui oleh aktris cantik Astrie ivo. Dalam buku karangan berjudul cantik sepanjang masa, dia mengakui bahwa disbanding laki-laki, kandungan melanin dalam tubuh perempuan lebih sedikit. Karena itu, tubuh perempuan lebih perlu dilindungi dari sengatan matahari. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian seorang pakar dermatologi asal Australia bahwa salah satu obat penyakit kanker kulit pada perempuan adalah jilbab.

Shalat dapat Melenturkan Urat dan terjadi pembijatan · Jilbab Ternyata Memotivasi o Gerakan sholat ternyata Saraf pada otot-otot ini. menyehatkan tubuh. Madyo Prestasi · Dengan Al-Quran Tekanan Daraho Mengenakan jilbab, bagi Wratsongko, MBA, dalam Ruqaya Al-Ghasara asal bukunya berjudul mukjizat Turun gerakan sholat, mengungkapkan bahwa gerakan sholat dapat melenturkan urat saraf dan mengaktifkan sistem keringat dari sistem pemanas tubuh. Selain itu juga membuka pintu oksigen ke otak; mengeluarkan muatan listrik negatif dari tubuh; membiasakan pembuluh udara halus di otak ; mendapatkan tekanan tinggi; serta membuka pembuluhdarah di bagian dalam tubuh atau arteri jantung.

o

A l-q ur an m em be rik an p en cerah an pad a pem b aca

Bahrai, tidak sekadar kewajiban. Ini terbukti pada

d an p end engar ny a (lih at QS . A l-I sra’:82 ). Allah ju ga

ajang Asian Game di Qatar 2006 lalu. Ia memperoleh

m e njan jikan p ahala be rlipat b agi y an g m em b aca dan m e nd engar kan ny a. Di sam p ing itu Al - Q ur an juga m e rup ak an ob at dan p en awar . Pen elitian D r. A hm ed E Q azi (d kk ) m e nu nju kk an b ahw a tek anan d arah y ang tin ggi m en ur un selam a m en den gar bacaan Al - Qu ran . Tr ansm isi suara d an v ibr asi d ari hu ru f-h ur uf AlQ ur an m en stim u lasi p erasaan ak an k ek uatan , k ete nan gan jiw a, k on se ntr asi p ikir an. K eagun gan d an lain-lain.

medali emas dalam olahraga lari 200 meter dengan kecepatan 23,19 detik. Yang membuat istimewa karena ternyata motivator utama yang membuat Ruqaya mampu memberikan hasil yang terbaik adalah jilbabnya. Ia merupakan satu-satunya pelari perempuan berjilbab yang mampu menunjukan prestasi istimewa di kejuaraan tingkat asia, meungkin juga dunia

21

**FLP >> Tahukah Anta >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Alquran mengharamkan daging Babi. Dewasa ini


**FLP >>Kiat-Kiat Menulis>> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Kiat-kiat menulis

Motivasi Menulis Bila Anda sedang membaca tulisan ini, Selamat! Sebab Anda adalah PENULIS YANG HEBAT! Tahukah Anda, pertanyaan apa yang paling sering diajukan oleh para penulis?

“Apa maksudnya?” Begini: Otak kanan adalah otak yang penuh kreativitas, suka spontanitas, kebebasan sebebasbebasnya, dan tak peduli pada aturan apapun. Sementara otak kiri adalah otak yang suka menganalisis, berpikir, dan mempertimbangkan banyak hal. Nah, banyak orang yang sulit dalam menulis, bingung harus mulai dari mana, bahkan mandeg dalam menuangkan ide. Tahukah Anda apa sebabnya? Tak lain dan tak bukan karena mereka memulai menulis dengan otak kiri. Mereka menulis dengan penuh pertimbangan, penuh analisis, banyak berpikir, sehingga tulisan mereka tak jadi-jadi, bahkan kemungkinan besar belum mulai-mulai juga.

Yang lebih tragis, mereka telah mendapatkan (membaca atau mendengar) banyak TEORI DAN

KIAT PENULISAN. Teori-teori tersebut memenuhi otak kiri dan menghantui proses kreatif

Ya, betul! Pertanyaan-pertanyaan seputar ide tulisan, bagaimana caranya agar tidak mentok ketika menulis, bagaimana cara mengembangkan ide tulisan, dan seterusnya. Banyak penulis yang bingung ketika harus memulai menulis. “Apa yang pertama kali harus saya tulis?” Banyak pula yang sudah punya ribuan ide di kepala, tapi tetap bingung bagaimana harus menuangkannya ke dalam tulisan. Apakah Anda juga mengalami hal seperti itu? Saya yakin, setiap penulis PERNAH mengalaminya. Karena itulah, tulisan ini saya beri judul “Rahasia Terbesar Dunia Penulisan”. Sebab kiat yang akan disampaikan di sini, berhubungan erat dengan PERTANYAAN TERBESAR tadi. Bagaimana caranya agar kita lancar dalam menulis? Bagaimana caranya agar tidak mentok lagi?

mereka dalam menulis. Akibatnya, setiap kali mulai menulis, teori-teori tersebut terus-menerus menghantui mereka. Mereka pun semakin banyak berpikir, semakin banyak pertimbangan, semakin banyak analisis.

“Apakah tulisan yang saya buat ini sesuai dengan teori A? Apakah tulisan in tidak bertentangan dengan teori B? Apakah tulisan saya ini ada landasan teorinya?” Hm... ketahuilah sahabatku: Bila Anda mulai menulis dengan cara seperti itu, percayalah bahwa Anda tak akan pernah berhasil membuat satu tulisan pun! Karena itulah, Anda perlu menerapkan rahasia terbesar yang saya tulis di atas:

“Otak kanan dulu, baru otak kiri” Maksudnya: Mulailah menulis dengan penuh kebebasan. Jangan hiraukan teori apapun. Tuangkan semua ide Anda secara bebas, semau-mau Anda, sesuka-suka Anda. Jangan pikirkan apapun kecuali satu hal: “Pokoknya tulisan ini harus selesai!”

Nah, bila Anda mulai menulis dengan cara seperti itu, maka itu adalah langkah yang benar, karena yang pertama kali Anda gunakan adalah otak kanan Anda. Insya Allah, proses menulis Anda akan sangat lancar, tulisan Anda pun bisa selesai dalam waktu singkat. Setelah tulisan selesai, silahkan istirahatkan otak kanan Anda. Sekarang saatnya beralih ke otak kiri. Biarkan dia bekerja. Ingatlah seabreg teori dan kiat penulisan yang telah Anda dapatkan. Lalu mulailah berpikir: -O, paragraf dua ini sepertinya agah aneh, deh. -Kalimat yang ini kok tidak sesuai EYD? -Penggambaran karakter tokoh yang saya buat kok tidak sesuai dengan teori “kiat membangun karakter tokoh” yang baru kemarin saya baca? -Opini yang saya tulis kok terlalu lemah dan landasan teorinya kurang, ya? Apa perlu saya lengkapi lagi datanya? -Dan seterusnya dan seterusnya.

Nah, ketika sedang menggunakan otak kiri inilah Anda bebas mengedit dan merevisi tulisan Anda. Permaklah ia sehingga lebih bagus, lebih berkualitas. PANTANGAN TERBESAR: Jangan biarkan otak kiri Anda ikut nimbrung ketika otak kanan Anda masih sibuk bekerja. Dengan kata lain: Jangan mengedit atau merevisi tulisan Anda sebelum ia benar-benar selesai. Teruslah menulis sesuka Anda, dengan cara apapun yang Anda inginkan. Proses editing atau revisi baru boleh dikerjakan bila tulisan Anda sudah selesai. Bila Anda membiarkan otak kiri masuk ketika otak kanan sedang bekerja, percayalah bahwa itu akan menyebabkan proses penulisan Anda menjadi lambat, bahkan mungkin mandeg. Anda pun jadi bingung luar biasa. Kesimpulannya: Walau Anda memiliki banyak koleksi teori dan kiat penulisan, mohon agar menggunakannya secara tepat. Gunakan dia untuk otak kiri, bukan untuk otak kanan.

Percayalah! Otak kanan tidak membutuhkan teori apapun! Setiap kali mulai menulis, biasakanlah untuk menggunakan otak kanan Anda terlebih dahulu.

**FLP >> Kiat-Kiat Menulis>> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Aneka Story Mansa

**FLP >> Kiat-Kiat Menulis >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

r a s a d n e M g n li a P Plus Kiat

22


Cerpen Komedi Oleh: Engga Fifitri Mereka couple super duper buaeek dah.

Saat ini, aku memang

Ah, andai saat itu Ayu

terhempas,

XII IPA 1

Ting-Ting ngga k

seperti lirik

bawa

Alamat

KERISPATIH,

Palsu, mungkin kami

“terjatuh dan tak bisa

tak kan pernah kenal dengan Afgan. Kok

bangkit lagi”.

bisa begeto?

ARMADA

saat tau dunia indahku berlalu.ups!

Pemilik Hatiku Aku bukanlah

Gita Gutawa manusia SEMPURNA, aku tidak bisa menahan derai air

ceritanya begene sob, saat itu Ayu menyuruhku untuk mencari abang toyibnya yang menginap dirumah

mata! Seperti kata

temannya, katanya sih

NOAH, kini tinggal

WALI namanya. saat

separuh aku. Apa

itu Ayu rada-rada

kamu menyadarinya?

ingat dengan alamat

Ah, sudah pasti tidak. Dasar bodoh! Kenapa “Cinta Ini Harus Membunuhku”. Cinta memang buta tapi

Wali, dan tanpa ragu, kami pun langsung tancap gas menuju kompleks wali. Setibanya disana,

nenekku berpesan;

sontak seorang lelaki

“ jangan takut patah

menjawab,

hati, ndok. Karena

“AKU BUKAN BANG

mati satu akan tumbuh TOYIB . . . ” seribu. ” Ya, hanya nenek pahlawanku. Selain nenek, aku juga

“Oh, My god!

berkacamata jendela dan ala rambut durian, hehe, tapi lumayan genteng loh. Ups, ganteng maksud gw, hihi. Saat itu,ia

tahu loe, yu.” Namun,

adalah Afgan dan

satu menit selepas

ating (Ayu Ting-

itu, datanglah si afgan

Ting).

dengan pesona yang cukup cupu,

Aneka Story mansa

Di Kota itu terdapat sekolah berstandar harapan (disingkat SMASH). Slogan di

tapi sayang status ayu saat itu sudah punya pacar. “kenalkan, namaku Afganistan. Cukup panggil aku Afgan.” Dengan serentak kami langsung berjabat tangan.

pun resmi jadi

sahabat,mereka

jadi sedih. Ca’elaa…

Ayu, ciee..

alamat.” Dasar! Soto soto kambing, soto

diberi nama Kota suka

internasional, SMA 1

sejak saat itu kami

ayam, soto bebek,

sebuah Kota yang

nawarin bantuan pada

Ternyata kami salah

masih punya dua

Kini aku tinggal di

sahabat. Cukup

sekolah tersebut adalah,; “ dengan SENYUM dan SEMANGAT prestasi

YES ” . Sekolah itu sudah menjadi icon tersendiri bagi Kota suka jadi sedih, bahkan icon itu melebihi 7 icons. wah, cibi-cibi-cibi,” IS-TIMEWA!” “ ini Ciuz loh?!!

unikkkan ceritanya ,

Sekolah itu didirikan

ini ciuzz lohh. Ok,

oleh seorang DUDA

selepas Afgan kita

yang bernama

beralih lagi kecerita

HARLINO lebih

awal, sampai mana ya?

tepatnya

emm,,

MR.Duda Harlino .

Edisi 1/April/2013

23


Cerpen Komedi Di usianya yang 17

Pagi itu, IJAH bangun

Nggak sebatas itu

tahun, ia sudah

pagi-pagi-pagi sekali,

saja, perlombaan itu

menjadi mahasiswa

seperti hari-hari yang

juga dihibur dengan

selama 18 tahun.

lalu-lalu. Alarm di

kehadiran Justin

Hah?

HPnya berbunyi pukul

BIBIR. Ia adalah

Bapaknya adalah

03.00 namun ia baru

Alumni SMASH yang

seorang penjual obat

bisa menjalani

kini menjadi VOICE

panu. Namun ia

aktivitas secara

GO

langsung berhenti

normal pada pukul

internasional.hebat

karena diprotes

06.00 (maksudnya

kan? Kasih tepuk

pelanggan. Obat itu

pukul 06.00 di hari

sepuluh jari dong.

memang dapat

selanjutnya) karena

Trima kasih.

akhir2 ini ia

menyembuhkan panu,

waktunya digunakan

Dengan berakhirnya

dikabarkan akan

penutupan dari Justin

SYUTING di Hatimu.

tapi efek samping dari untuk mematikan 4356 obatnya adalah pusing, HPnya yang berbunyi.

Ciee….

ngantuk, mata kunang-

perlombaan hari itu,

Orang kaya…..

kunang, mata kupuDi sekolah itu ada

Aku dan rekan-rekan

kupu, pilek, muntah

Hari itu adalah tanggal

darah, diare, kanker,

17 Agustus 2012,

amnesia, gagal ginjal,

kalian tahu hari apa ?

masing-masing.

stroke, gangguan

yak!!! Betul!! Hari

Setibanya dirumah,

kehamilan dan janin,

Sabtu. Hari itu adalah

ku bentangkan tubuh

nurjanah (disingkat

dan juga kematian.

hari Sabtu. Namun

Tetapi setelah

dan jari-jemari diatas

IJAH). Ia adalah

hari itu bukan

dironsen nggak ada

busa kasur yang

ketua geng “KOTEL”

sekedar hari Sabtu

(kumpulan orang-orang

efek macam-macam

hampir kempes pepes.

biasa, kalian tahu??

teladan) bersama dua

kok diobat itu,

Yak!!! Benul (benar +

temannya,

keselahannya terletak betul) !!! pada bungkus plastic SMASH mengadakan dari obat tersebut. aneka perlombaan Emm, ternyata plastic yang salah satunya Bungkus ROKOK lomba MABUK (makan “gudang penyakit” berulang kerupuk). capek dehh. Siapa paling banyak

seorang murid yang terkenal kubu ( Singkatan dari kutu buku). Nama lengkapnya sih ike

Panu

(Partook dan

Nunung). Status Ijah memang masih pelajar. Namun, ia sudah memiliki pekerjaan sampingan, yaitu menjadi Mahasiswi. Lhoh? Ia menjadi Mahasiswa di

STTS

(Sekolah Tinggi Tinggi

24

bibir berakhir pula

Lanjut!! Hari-hari

menghabiskan kerupuk

telah berlalu. Mentari dlam waktu dengan setia menyinari “FIVE MUNITE”

Sekali) jurusan

bumi seperti

dialah juaranya.

perkubuan. Ups salah!

kesetiaanku

hayooo, siapa yang

Perkebunan

mencintainya. Cie.

mau daftar?

maksudnya.hehe,

Aneka Story Mansa

yang lain pun bergegas pulang ke habitat

Huh, maklum, orang kaya lagi bangkrut..

bangkrut hati. Capek deh!!! Sejenak aku terbuai dalam lamunan, kuambil laptop yang berjajar disamping kiri tanganku. Kupandangi sebuah foto gerumbunan sahabat dengan bageround taman sekolah.

Edisi 1/April/2013


Cara Cerdas Pilih Universitas Oleh : Fahrin Risandini (XII IPA 1) Mau nerusin kemana? Kalau ditanya mau nerusin kemana setelah lulus SMA/MA kita sering berfikir seperti ini “Di mana pun boleh, asal dapat universitas dulu!.” ini adalah keputusan tanpa pemikiran yang matang dan patut dihentikan. Setelah masuk universitas, banyak keluhan seperti “universitas ini tidak begitu baik!”,“Tidak sesuai dengan minat dan bakat saya !”, . akibatnya banyak yang setengah hati dalam belajar bahkan sampai pada kegagalan hanya karena gegabah dalam memilih universitas. Sebelum mulai memilih Perguruan Tinggi (disingkat PT aja ya biar mudah), terlebih dahulu pertimbangan yang matang dengan memperhatikan poin-poin berikut ini.

Nggak Cukup Minat

Cek Minat Mu Sebelum memilih PT ada baiknya kamu

Mungkin sekarang kita udah ada sederet

tahu dulu apa minat kita. Kenapa? Supaya

pilihan PT yang kita suka, tapi jika hanya

kita nggak mengalami nyesel karena

rasa suka saja tanpa memikirkan bakat

ketidakcocokan dengan bidang studi yang

gawat itu, hal yang perlu diperhatikan

kita ambil. Memang sih jika pilihan kita

adalah mata pelajaran apa saja yang di

kandas di tengah jalan, masalah untung

pelajari, nah, disinilah bakat mulai

rugi mah tergantung pada individu itu

memainkan peran. Perkecil pilihan jurusan

sendiri. Tapi pemikiran seperti itu telah

kuliah yang tidak sesuai dengan bakat kita,

memakan banyak korban para calon

Kunci memilih PT pertama, pilih jurusan

mahasiswa beberapa tahun belakangan ini.

yang kita minati kedua sesuaikan jurusan

So, Berpikir sebelum bertindak adalah hal tepat yang kamu perlu kerjakan. Sesusah apapun pelajarannya tapi karena senang kita jadi enjoy aja ngelakoninya, ya nggak?. Satu hal lagi orang lain bahkan orang tuamu boleh memberikan masukan tentang Perguruan Tinggi yang akan kamu pilih, tapi perlu dicatat keputusan final ada

yang kita minati dengan bakat kita yang kita miliki. Bakat tanpa minat itu konyol . Minat tanpa bakat itu lebih konyol lagi. Kalau kita jago gambar tapi lemah dalam Fisika lebih baik pilih Seni Desain daripada Arsitektur. Kalau kamu memilih PT hanya karena disana universitas yang bergensi

ditangan kita sendiri karena nanti yang

pastikan kamu pikir ulang dua, tiga kali

akan menjalani proses belajar di

karena diluar sana ada jutaan Sekolah

universitas ya kita sendiri

Menengah Atas juga berlomba mendapatkannya.

Aneka Story Mansa

Edisi/1/April/2013

25


Jangan sampai kuliahmu

akademik dengan jenjang sarjana yang

hanya menyandang gelar mahasiswa alias

lebih pada penguasaan ilmu pengetahuan

sekedar formalitas. Pikirkan apa PT itu

pendidikan akademik harus ditempuh

sesuai dengan bakat yang kamu punya . ok? Faktor Biaya Kalau kita telah punya pilihan yang pas

sekitar delapan semester (4 tahun) sedangkan professional umumnya hanya enam semester (3 tahun). Cari tau juga

juga telah sesuai dengan minat dan potensi

tentang fasilitas yang dimiliki , dosennya,

kita . sekarang kita pikirkan faktor penting

apakah ada beasiswa, pengurangan

yang harus diperhitungkan selanjutnya.

ataupun penghapusan biaya disana?

BIAYA, ini bukan hal yang bisa dianggap remeh loh kuliah di Perguruan Tinggi banyak melibatkan komponen biaya. Baru masuk ikut tes saja sudah ada uang

Akreditasi Program Studi Pertimbangakan faktor akreditasi yang

pendaftaran terkecuali kalau kamu di

diberikan pada masing-masing program

terima di jalur undangan. Setelah diterima

studi khususnya untuk pada perguruan

kamu pun harus membayar, uang SKS

tinggi swasta status ini menentukan

(sistem kredit semester) uang kuliah pokok, uang praktikum. Terlebih lagi jika tidak ada asrama atau mess kuliah maka

kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan ujian dan mengeluarkan

kita harus memikirkan biaya sewa

ijazah

apartemen , biaya hidup, dan juga biaya

Jika semua telah dipertimbangkan, maka

transportasi . ini belum termasuk untuk

kita telah setengah perjalanan. Masalah

proses belajar nya sendiri seperti uang

berhasil tidaknya kita di program studi

untuk buku, uang foto kopi dan sebagainya Lamanya Kuliah

yang kita pilih itu tergantung setelah kita

Setelah ada pilihan Perguruan Tinggi

selesai kuliah nanti, yang penting jangan

ditangan, maka mulailah mencari

sampai kandas ditengah perjalanan hanya

informasi tentang Universitas itu. Berapa

karena pemikiran kita yang kurang

lamakah kuliah. Kalau di Indonesia

matang. Yang penting tetap

pendidikannya di bagi 2 jalur jalur

semangat dan pantang menyerah ya

professional dengan jenjang diploma yang

(Sumber: klinik pustaka)

hanya menyelenggarakan program studi di bidang tertentu dan lebih menekankan

26 pada praktek kerja yang kedua pendidikan

Aneka Story Mansa Edisi/1/April/2013


Tanpa membedah isi Hatimu pun, aku tahu Kamu mencintaiku

MAHASISWA

Aku tak mengerti Kenapa sentuhanmu Bisa menyentrum kalbuku

Gombal

E L E K T R O

Mencintaimu bagaikan diare, Tak dapat ditahan lagi.

Loe Kira ????

HARI GINI, MASIH MIKIR CARA DIATAS, MEMPAN !!!

Ini baru yang namanya -UJIAN

Nikmatnya Ujian

Kalo ujiannya kayak begini.

ASTOR

Gombalan Mahasiswa Terjayus Sering-sering nonton televisi belakangan ini. Entah kenapa jadi pengen bikin komik tentang gombalan mahasiswa. Nah, berikut ini adalah gombalan mahasiswa terjayus menurut ane. Langsung liat aja gambarnya dibawah sini !

Akhir Bulan Menurut Pakar Teori Dunia Anak Kost

By : Engga sie balla-balla

Serba Kebalik

Pakar teori dunia kost Mengatakan : Akhir bulan adalah Dimana keadaan benda Terletak dengan kemiringan 180° (baca : kebalik)

Sampo mulai Kebalik

Yakin masih bisa nyontek?

ILUSTRASI

Komik Mini

masih relevan kah gombalin cewek di era digital seperti ini ?

Sekokoh-kokohnya pondasi Tiang pancang, lebih kokoh Cintaku padamu

Trus, Gw Harus Bilang, wow gitu

K E D O K T E R A N

Pake diisi aer Lagi, trus dikocok Ampe gada sisa ..

KECAP Mulai Kebalik

Ampe kantong Celana pun ngikut Dibalik … Ngarep nemu Gocengan ..

Buat beli mie ama Kerupuk ..

# ngeness !

bener apa bener gan ilustrasi di atas…

27


8

4

4

8

9

7

Ayo kita main kutakkatik angka, cara main yaittu, yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukan angkaangka yang tertera di daftar ke dalam kotak berikut. Cek juga ketangkasan kamu menyelesaikan puzzle dengan menghitung waktu menyelesaikannya. Enjoy

Cantumkan nama dan kelas ya

Kirimkan jawabanmu ke pos inbox kita

**FLP >>Games >> Aneka Story Mansa >> Edisi 1/April-2013 >> MAN 1 (Model) Lubuklinggau**

Games Puzzle Angka Kamus Bahasa GauL!!!

KUIS SUDOKU

Ayo,, Bermain kuis Sudoku! Jangan kuatir kamu ngak perlu memeras otak dengan menghitung angka , yang diperlukan hanyalah kecermatan dan ketelitian kamu memilih kombinasi angka dari 1-9 lalu memasukkannya kedalam kolom. Hati-hati ya, kalau salah pilih angka bisa-bisa Sudoku kamu jadi

berantakan!!!

3 A ngka 039 215 561 057 999 160 814 222 676 155

4 Angka 1919 6397 7079

5 Angka 6 Angka 032421 00918 033526 39393 171946 86687 300239 26562 370304 07880 463941 59170 421967 63937 451799 69234 637564 73011 844897 21045

68786 67766 33533 30209 60060 71818 95371 66966 94747 43217 67076

Spekat..! walaupun awalnya 'kita-kita' mikir kalo belajar bahasa gaul itu ‘gak penting, tapi Adab pergaulan menuntut 'kite' buat ikutan uPdate sama bahasa yang sekarang lagi opening happening pening sesuai sikon. Sok atuh, ikutan Apresiasi kata disini. Humba humbahe, tentu pedas makan cabe, humba humbahe, Anak katrok gak ngerti bahasa kite... HayoO siapa tuh yang katrok??? hihiih

Kayak gini neh SMS= Suka saMa Suka sodokur= sodara Titi kamal= hati2 kalau malam balon= bakal calon bekibolang= belok kiri boleh brownis= brondong manies cemat= cewe matre cemen= gak ada nyali CDMA= cape deh males ah cileduk= cinta lewat dukun Dedi dores= dengan dirinya doa restu ember= Emang Bener (benar/setuju) Gorda : gorila darat (khusus buat orang yang mukanya jelek banget!!)

28


KUPON

1. INBOX

Tim Kreatif menerbitkan ASTOR special full color, kupas tuntas,, tas,,tas secara intens dan bisa baca sampe puas,, was,, was,, gak banting harga loh ? makanya buruan jangan sampe ketinggalan,, buat yang minat pesen dulu ya, tinggal hubungi bendahara kelas atau ketik REG spasi nama spasi kelas kirim ke 081996242525 Sory banget soalnya dicetak hanya dengan jumlah terbatas, makanya buruan daftar

Ass, Astor Aku boleh nanya, kan?? Kira2 aku boleh kirim2 saran & kritikan nggak, ya? Untuk siapa aja gitu. Itu aja. Thanks. Salam manis dari asmara. # wss. Ok. Salamnya di terima. 1. ?? Soal kritik nggak usa takut, kirim aja kritikanmu ke pos inbox kita, semua kritikan akan kita tampung. Bagi kritikan yang layak dimuat, akan di terbitkan.

Tapi, satu saran dari ASTOR untuk kalian semua, berkritik harus sesuai dengan kaidah bahasa, ok. Entar kami di lain edisi bakal kami tambah rubric cara berkritik yang baik dan benar.

Nama : kelas :

Announcement Bagi sahabat majalah Astor, games berhadiah pada edisi 1 kali ini akan mendapatka special give dari Tim Kreatif ASTOR, Yaitu. 1. Gratis 1 buah SPECIAL GIVE dr tim ASTOR 2. Gratis 2 buah kupon undian So, bagi kalian yang ingin mendapatkan special give itu caranya gampang kok ! 1. Ikut gabung sebagai pelanggan setia kami dengan membeli 1 buah ASTOR 2. Isi biodata nama, kelas, dan no telpon/HP di formulir astor

3. Serahkan jawaban games beserta kupon undian melalui Pos Inbox Mansa paling lambat 25 januari 2012

Hai, aku kasanah cahyani. Salam sahabat dari aku, ya. Makasih. O, iya. Aku mau kirim-kirim salam dong, buat sahabat-sahabatku Khususnya untuk anak-anak XII ipa 2. Dan untuk kelas XII yang lainnya, sukses selalu, ya. Trima kasih. J

Hai juga, cahya. Ok. Semangat ya untuk seluruh kelas XII, jangan pada bosen untuk buka baca buku, ok!!

Aneka Story Mansa

Ass, sahabat astor . . . Namaku nisa. aku ada pertanyaan nih untuk astor, Menurut astor, MAN 1 kira-kira bisa maj nggak, ya?? Itu aja. Thanks.wss Thanks juga ya nisa. Hmm, astor mau Tanya balik nih, emangnya MAN 1 mau dimajuin kemana lagi, neng ?? Entar pakweknya ngamuk loh . . !! heheh Menurut astor sih, ya pasti bisa dong! Sekarang ini MAN 1 sedang gencar-gencarnya menambah fasilitas dari situ udah terlihat kalau MAN 1 mempunyai tekad yang tinggi untuk maju. Namun sekolah yang maju juga harus diiringi dengan keterampilan guru dan juga siswanya. J

Edisi 1/April/2013

29


Majalah Edisi I MAN 1 Llg