Issuu on Google+

Pilihan Anda Yang Tepat

Vol.V No.137 7 May 2010

Gelar sarjana tak penting AHMAD Dhani ternyata tak mengganggap penting gelar sarjana. Ketiga anaknya dibebaskan akan melanjutkan sekolah atau tidak setelah lulus SMA.

Halaman 36

SEORANG buruh migran dalam aksi rally memperingati hari buruh internasional, Sabtu (1/5). Aksi rally digelar dari Victoria Park ke CGO.

Damai di HK, ricuh di Macau Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei

tral Government Office. Sejumlah tuntutan yang diangkat adalah penetapan PERINGATAN Hari Buruh 1 Mei dige- upah minimum HK$33 per jam dan juga lar di berbagai tempat di seluruh dunia, pemasukan pekerja sektor rumah tangSabtu (1/5) lalu. Dari Indonesia hingga ga –mayoritas di dalamnya adalah buke Hong Kong. Dari Istanbul hingga ruh migran- dalam Statutory Minimum ke Macau. Puluhan ribu buruh turun Wage atau Undang-ndang tentang Upah ke jalan di hari tersebut untuk menun- Minimum. tut kesempatan kerja yang lebih luas, Para BMI yang tergabung dalam dua kenaikan upah, dan kondisi kerja yang aliansi besar, masing-masing adalah lebih baik. Persatuan BMI Tolak Overcharging (PiSekitar 1000 buruh migran Indonesia lar) yang dimotori oleh Asosiasi Tenaga di Hong Kong bergabung dalam aksi Kerja Indonesia (ATKI) dan Aliansi rally yang diorganisir oleh Hong Kong Blacklist Agen & Majikan yang dimotori Confederation of Trade Union (HKCTU) oleh Indonesian Migrant Workers Union dari Victoria Park menuju kantor Cen- (IMWU), menggelar aksi di depan KJRI Oleh Santi

secara bergantian, sebelum bergabung dengan massa aksi yang menuju CGO. Tuntutan yang diangkat antara lain soal cabut larangan kontrak mandiri satu majikan, hapus praktik underpayment, pangkas biaya agen, cabut UU No.39/2004 tentang Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, dan ratifikasi Konvensi ILO tentang Pekerja Rumah Tangga. Massa aksi ke CGO meluas dengan bergabungnya komunitas buruh migran yang tergabung dalam Asian Domestic Workers Union (ADWU), Coalition for Migrant Rights (CMR), dan Asian Migrant Coordinating Body (AMCB),

Koalisi Organisasi TKI di Hong Kong (Kotkiho). Sebuah patung kertas Chief Executive Hong Kong Donald Tsang yang digambarkan sebagai drakula penghisap darah, diarak oleh massa HKCTU. Sementara para pekerja rumah tangga lokal juga turun ke jalan dengan membawa boneka bayi sebagai simbol kerja yang mereka lakukan. BMI yang tergabung dalam IMWU membawa keranda sebagai simbol kematian hak pekerja migran. Secara keseluruhan aksi di Hong Kong

PUBLISHED BY: HK PUBLICATIONS LTD. TEL: 2851 1766

41 orang luka...halaman 2

31% PRT asing di Macau tak tahu libur 1 Mei Masih banyak PRT asing di Macau yang tak tahu kalau 1 Mei menjadi hak libur mereka sesuai ketetapan aturan baru.

Halaman 8

Satu hari di bulan Mei Halaman 20-21


WARTA



41 orang luka akibat bentrok di Macau Dari halaman 1

BENTROK di Macau

berlangsung lancar dan damai. Hal sama juga terjadi di Indonesia. Ribuan buruh, petani, dan mahasiswa yang menggelar aksi peringatan di berbagai kota besar di Indonesia melakukan unjuk rasa dengan tertib. Ricuh justru terjadi di Macau. Sebanyak 41 orang mengalami luka-luka, termasu 2 orang jurnalis, gara-gara bentrokan yang terjadi antara pengunjuk rasa dan polisi. Bentrok terjadi saat polisi melarang pengunjuk rasa melewati jalur jalan tertentu.

Massa yang marah membuat bentrokan pun tak terhindarkan. Polisi menggunakan semprotan air dan gas air mata untuk membubarkan massa. Sementara massa mempersenjatai diri dengan batu dan botol. Macau Times daily melaporkan ada 1000 orang yang bergabung dalam aksi tersebut. Mereka mendesakkan tuntutan soal perlindungan kerja dan memprotes sikap keras pemerintah dalam menindak para pekerja tak berdokumen.

7 May 2010

200 jurnalis bertemu di HKU

HU Shuli di forum Konferensi Media Internasional, HKU, 26 April. Oleh Santi

LEBIH dari 200 jurnalis dari 30 negara dari kawasan Asia, Pasifik dan Amerika menggelar pertemuan di Hong Kong University antara 25-28 April lalu. Dalam pertemuan yang bertajuk International Media Conference ini, selain mendiskusikan tetang dinamika kawasan Asia Pasifik juga membicarakan soal sepak terjang China di pentas dunia. Jurnalis dari Indonesia juga menghadiri forum ini. Selain sebagai peserta, ada yang tampil sebagai pembicara, diantaranya Harry Bhaskara dari The Jakarta Post yang bicara tentang mandegnya demokrasi di Indonesia karena rezim Soeharto; Lin Neumann dari Jakarta Globe yang bicara tentang peran media berbahasa Inggris lokal di Asia; dan Andreas Harsono dari Human Rights Watch serta pendiri Pantau News Agency yang bicara tentang kondisi HAM di Indonesia. Konferensi Media Internasional ini

diselengarakan oleh Pusat Studi Jurnalisme dan media, University of Hong Kong dan East-West Center’s Asia Pacific Center for Journalists. Dalam konferensi ini hadir pula Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan dan jurnalis kawakan dari China Hu Shuli. Hu Shuli yang juga pendiri Caixin Media, menekankan bahwa pondasi dari etika jurnalistik yang baik tetap merupakan halpenting dalam industri media saat ini. Etika ini termasuk menjaga indepedensi dewan penasihat terhadap wilayah editorial. Sementara Pitsuwan mengutip dramawan America Arthur Miller yang mengatakan bahwa surat kabar yang baik adalah sebuah bangsa yang bicara untuk dirinya sendiri. Ia mengatakan ia ingin melihat lebih banyak reporter yang berpengetahuan yang bekerja di Asia. “Karena dunia ingin tahu Dan pastikan Asia Timur bicara untuk dirinya melaluia risetmu, laporanmu dan analisismu,� ujarnya.


7 May 2010

SUARA






SUARA

7 May 2010


7 May 2010

SUARA




WARTA



Penghentian kontrak mandiri tak sesuai UU Oleh Santi

DIHENTIKANNYA kontrak mandiri bagi buruh migran Indonesia yang ingin memperpanjang kontraknya dengan majikan yang sama menuai protes. Ratusan buruh migran yang tergabung dalam Persatuan BMI Tolak Overcharging (Pilar), Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI), dan Gabungan Migran Muslim Indonesia (Gammi) bahkan menyerukan protes ini dalam aksi mereka di depan KJRI, Sabtu (1/5) lalu bersamaan dengan peringatan Hari Buruh Internasional. Sementara Wakil Direktur Asian Migrant Centre, Lily Purba, menilai ketetapan baru tersebut secara otomatis batal demi hukum karena Undang-Undang No.39/2004 yang mengatur soal penempatan tenaga kerja Indonesia di luar negeri justru membuka peluang kontrak mandiri dengan majikan yang sama. “Aturan atau ketetapan yang lebih kecil (di bawah UU-red) mesti sesuai dengan aturan di atasnya. Kalau tidak ya cacat hukum dan secara otomatis batal demi hukum,” ujarnya saat dihubungi SUARA, Senin (3/5). Sementara Ketua ATKI Eni Lestari tegas mengatakan bahwa penerapan aturan itu sama saja dengan melang-

gar UU. Ia juga menyebut ketetapan itu ironis karena dibuat di Hong Kong yang aturan hukumnya tegas dan jelas. “Di sini kan ada Labour Department. Kenapa harus mengikuti kasus-kasus yang muncul (konflik BMI dan majikan-red). Itu mencari-cari pekerENI Lestari jaan namanya,” ujar Eni. Seperti diberitakan SUARA sebelumnya, salah satu alasan KJRI menghentikan kontrak mandiri adalah KJRI tak akan punya wewenang untuk memanggil majikan jika muncul kasus antara BMI dengan majikan. Sementara jika kontrak tersebut dilakukan melalui agen maka jika ada masalah antara BMI dan majikan maka KJRI bisa mendesakkan penyelesaian lewat agen karena KJRI punya wewenang untuk memanggil agen. Namun baik Lily maupun Eni berpendapat bahwa dalam penyelesaian kasus yang selama ini muncul pun, BMI tak merasakan keberpihakan KJRI ke mereka. “Di Kuwait bisa saja kekhawatiran itu (terkait kontrak mandiri-red) muncul. Tapi di Hong Kong, aturannya clear.

Lebih nyaman lapor ke Labour Department daripada ke KJRI,” ujar Eni. Sementara Lily berpendapat bahwa bisa saja kontrak mandiri tersebut dijadikan sebagai pilihan kalau KJRI tetap melihat ada sisi negative dari kontrak mandiri. “Tapi yang berhak mengambil pilihan itu adalah buruh migran. Apakah ia akan melakukan kontrak mandiri atau melalui agen,” ungkapnya. Seperti diberitakan SUARA sebelumnya, terhitung sejak Januari 2010, BMI sektor rumah tangga di Hong Kong tak bisa lagi mengurus kontrak mandiri. Pihak KJRI, menurut keterangan Konsul Konsuler Bambang Susanto, sudah mengirim kawat ke Jakarta untuk memberitahukan hal ini. Sebelumnya, lewat keputusan yang ditandatangani oleh Konjen Paiman Turnip, BMI di Hong Kong diberi kesempatan untuk melakukan kontrak mandiri dengan satu majikan. Aturan ini sebenarnya tak berbeda jauh dan merujuk pada pasal 56 dan 57 UU No.39/2004 yang memungkinkan kontrak mandiri dengan satu majiikan. Yang diinginkan BMI kemudian adalah memperluas kontrak mandiri untuk kontrak kerja beda majikan. Namun ternyata kontrak kerja satu majikan pun kini tetap harus melalui agen.

7 May 2010

“Agen tak berani ambil uang sebanyak dulu” Oleh Santi

DANIK (37), buruh migran asal Semarang, sudah bekerja hampir 10 tahun di majikannya sekarang. Dua kali ia dan majikannya memilih melakukan kontrak mandiri setelah agen meminta Danik membayar HK$3500 dan mengutip majikan HK$2500 hanya untuk perpanjangan kontrak. “Padahal saya meneruskan kontrak di majikan sama, agen tetap meminta bayar segitu,” kisah Danik kepada SUARA, Senin (3/5). Kejadian itu ia alami di tahun 2002 dan 2004. Danik mulai bekerja di Hong Kong tahun 2000. “Tahun 2006, saya dan majikan memutuskan untuk memilih kontrak mandiri,” ujar Danik. Namun kelengkapan syarat yang diminta untuk proses kontrak mandiri benar-benar membuat Danik dan majikannya pusing kepala. “Mulai surat keterangan orang tua, surat RT, kantor kelurahan, register ke PT yang lama, pengacara, trus apa lagi ya. Pusing pokoknya mbak. Sampai mau botak rasanya kepala,” kisahnya. “Apalagi semua itu kan pake duit. Surat medical saja tak boleh yang harganya (bayar-red) HK$150 kayak kalau kita ngurus ke agen itu, tapi harus yang lengkap dan bayar HK$850,” ungkapnya.

Belum lagi majikan disuruh datang ke KJRI dan diwawancarai untuk kepastian kontrak mandiri. “Kira-kira kalau ditotal biaya yang saya dan majikan keluarkan untuk kontrak mandiri sekitar HK$3000-an lah. Saya cuma keluar HK$ 200, sisanya majikan. Tapi ya itu tadi, ngurusnya sampai pusing,” ungkap Danik. Namun tahun 2008, Danik dan majikannya kembali menempuh jalur kontrak mandiri. Hingga kemudian di tengah jalan, majikan memutus kontrak untuk menyiasati bebas levy. Seperti diketahui per 1 Agustus 2008, pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa kontrak kerja yang ditandatangani per 1 Agustus 2008 hingga 31 Juli 2010 dibebaskan dari pembayaran levy. Kebijakan ini kemudian diperpanjang hinggga tahun 2015. Saat majikan kembali mengambil Danik untuk dipekerjakan, mereka memutuskan mengggunakan jasa agen. Dalam proses ini, majikan diminta membayar HK$2500, sementara Danik tak dipungut apa-apa. “Tapi banyak teman-teman lainnya dipungut 10% jika perpanjang kontrak,” ungkapnya. Namun dibanding kontrak mandiri yang pernah dijalaninya dulu, Danik mengaku bahwa proses melalui agen saat ini lebih mudah. “Agen juga tak berani lagi mengambil uang sebanyak dulu,” ujarnya.


7 May 2010

SUARA




WARTA



7 May 2010

31% PRT asing di Macau tak tahu libur 1 Mei Hal ini terungkap dari survey Macau Migrants Right Network (MMRN) yang SEBANYAK 31 persen pekerja rumah melibatkan 240 responden di Macau, tangga asing di Macau tak tahu bahwa yakni 135 buruh migran asal Indonesia per 26 April, Macau menetapkan bahwa dan 105 buruh migran Filipina. SemuanPRT asing berhak memperoleh libur 1 ya adalah buruh migran sektor rumah Mei, bertepatan dengan peringatan hari tangga. buruh internasional. Meski begitu, seSementara terkait dengan aturan baru banyak 73 persen mengatakan mendap- yang menyebut bahwa per 26 April, atkan libur pada 1 Mei lalu. upah para pekerja wajib dibayarkan maOleh Santi

jikan melalui bank, sebanyak 69 persen mengaku paham dan sisanya mengatakan belum tahu. Sebanyak 55 persen mengatakan majikan sudah membuatkan rekening bank untuk mereka, dan sisanya 45 persen menyatakan belum dibuatkan. Sebanyak 41 persen juga mengatakan tinggal di luar atau live-out dan sisanya 59 persen tinggal bersama majikan (live-in). Dari mereka yang tinggal di luar ini, sebanyak 46 persen mengatakan tidak mendapatkan tunjangan tempat tinggal. Per 26 April, aturan baru bagi pekerja non-lokal mulai diterapkan di Macau. Di dalamnya termasuk penetapan libur 1 Mei bagi buruh migran sektor rumah tangga; larangan masuk selama 6 bulan bagi pekerja yang putus kontrak di tengah jalan dan hendak mengambil kontrak baru; serta pajak MOP200 untuk majikan yang mempekerjakan orang asing/bukan penduduk lokal. Tapi khusus soal pajak ini, majikan yang mempekerjakan PRT asing dibebaskan dari pajak. Dosen di Macao Polytechnic Institute, Cecilia Ho, dalam wawancara dengan SUARA beberapa waktu lalu mengatakan, aturan ini lahir untuk melindungi pekerja asing. Meskipun begitu, ia mengakui ada banyak lubang dalam implementasinya nanti. Ia juga mengkhawatirkan tentang larangan masuk atau periode menungu selama 6 bulan yang diatur dalam UU

SAN Malo, Macau. Di sini biasanya para BMI menghabiskan waktu libur. ini. “Bagi PRT asing, aturan ini akan membuat mereka menolerir ‘perlakuan buruk’ di lokasi kerja dibanding kehilangan kerja dan harus keluar Macau selama 6 bulan dan baru bisa kembali setelah mendapatkan majikan baru,� ungkapnya. Hal senada diuangkapkan oleh Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI) Macau, Indarti. Dalam beberapa kali kesempatan wawancara dengan SUARA, Indarti menyebut bahwa aturan larangan masuk 6 bulan ini akan membuat BMI menolerir kondisi kerja, apapun yang terjadi. Aturan soal periode menunggu selama 6 bulan ini menyebutkan, para pekerja

tidak akan diijinkan tinggal di Macau untuk waktu 6 bulan setelah kontrak kerja mereka berakhir, kecuali dalam beberapa kasus yang ditetapkan UU. Sementara Peduli Buruh Migran Indonesia (PBMI), sebuah organisasi BMI di Macau, seperti diberitakan Macau Daily Times baru-baru ini, mengatakan anggotanya kesulitan memahami Aturan Perburuhan tersebut dan berharap ada buklet berbahasa Indonesia yang bisa menjelaskan isi pokok dari aturan tersebut. Ketua PBMI, Cindry Purnasari, juga mengatakan bahwa larangan masuk 6 bulan tersebut benar-benar menjadi tekanan bagi para BMI.


7 May 2010

SUARA




FORUM

10

Menyikapi perbedaan pendapat

Untuk dilihat

dalam upaya mengurangi konflik dan mendapatkan kedamaian: Pertama, kita harus belajar bijak pada kelebihan dan kekurangan orang lain. Tidak setiap orang berbuat salah. Ada yang salah karena tidak tahu itu salah. Ada yang tahu salah tapi dia belum sanggup menghindar. Ada yang salah karena terpaksa. Ada yang salah karena memang sering membikin kesalahan. Kedua, kalau kita ingin mudah bergaul dengan orang lain kita harus senang mengingat kebaikan dan berani mengakui kelebihan orang lain. Misalnya seorang anak marah terhadap ibunya, cobalah untuk menuliskan kekurangan ibunya, setelah selesai cobalah untuk menuliskan kebaikannya. Dari sana anak akan mendapatkan bahwa sejak di dalam kandungan, ia sangat menyusahkan ibunya. Sembilan bulan di dalam perut ibu membuatnya sulit berdiri, sulit berbaring, berjalan berat, ketika melahirkan dia bersimbah darah dan kondisinya antara hidup dan mati. Ketika masih bayi, dia dijaga. Sepanjang hari dan sepanjang malam, ibu selalu menunggu. Jadi, semakin banyak kebaikan yang dia pikirkan, Insya Allah, akan membuat hatinya semakin lunak. Dan sebaliknya, semakin banyak keburukan yang dia

kumpulkan, maka semakin banyak dendam kusumat yang tertanam di hati. Ketiga, Kita harus mulai untuk melupakan jasa dan kebaikan diri sendiri. Sebab semakin kita ingin dihargai, semakin kita ingin dihormati, semakin kita ingin dipuji, maka akibatnya kita akan semakin sering sakit hati. Dengan demikian, lupakanlah keinginan-keinginan untuk dipuji, disanjung atau merasa paling berjasa. Allah itu Maha Melihat. Oleh sebab itu, marilah kita lupakan jasa-jasa kita. Tidak mengapa orang lain tidak ada yang tahu akan jasa dan kebaikan kita, yang penting Allah Maha Tahu apa yang kita lakukan. Keempat, Marilah kita sibukkan melihat kekurangan diri sendiri sebelum melihat kekurangan orang lain. Sehebat apapun perkataan kita, tidak akan ada harganya kalau kita tidak memperbaiki diri. Langkah perbaikan diri akan membawa kita menuju pribadi yang bisa disuritauladani. Bayangkan, jika setiap individu sibuk memperbaiki diri sendiri, Subhanallah!. Tentu akan tercipta tatanan keluarga, masyarakat dan negara. Semoga hari demi hari menjadi tahapan langkah kita menuju perbaikan diri.

dengan saya. kemudian majikan saya saya kepada polisi. Saya di Konsultasi melaporkan bawa ke kantor polisi untuk di tanyai. hukum Saya mengaku dan meminta maaf kepada majikan. Saya kemudian dikeluarkan dari kantor polisi dan sekarang tinggal di boarding house agent saya karena Oleh Tania Sim majikan telah memutuskan kontrak RUANG ini diasuh oleh Christian Action kerja saya. Kasus polisi saya sekarang Domestic Helpers and Migrant Work- masih dalam pemeriksaan, apa yang haers Programme, Room 1, G/F, no 2 Jordan rus saya lakukan Mbak dan bagaimana Road, Jordan, Kowloon, Hong Kong, Tel: dengan hak – hak saya? 27396193 Dari Santi

mendapatkan bantuan pengacara dan meminta supaya Hakim mengijinkan adik untuk di jadikan tahanan luar. Hakim akan mengundurkan sidang tetapi untuk menjadi tahanan luar adik harus memberikan alamat tempat tinggal yang jelas dan nama/ organisasi yang bersedia menjadi penanggung jawab adik. Adik bisa di kenakan tuduhan pencurian dan untuk menentukkan berat dan lamanya hukuman itu bukan dari jumlah besarnya uang tetapi pelanggaran ini menjadi berat karena adik di anggap telah melanggar kepercayaan dari majikan kepada adik. Adik harus menceritakan kepada pengacara tentang keadaan yang telah terjadi supaya pengacara bisa memberikan saran yang terbaik dan untuk meminta peringanan hukuman buat adik. Majikan juga harus membayar gajian adik sampai hari terakhir kerja, uang cuti tahunan, uang makan dan perjalanan, uang naik dan satu lembar tiket untuk pulang ke Indonesia.

Mimbar Rohani Anda Oleh H. Abdul Muhaemin

Editorial

Semangat May Day, semangat keadilan

PADA tanggal 1 May lalu, jutaan kaum buruh di seluruh dunia turun ke jalanjalan merayakan Hari Buruh Sedunia atau yang juga dikenal dengan sebutan May Day. Begitupun dengan ribuan buruh di Hong Kong, tentu saja termasuk ribuan buruh migran Indonesia (BMI), mereka melakukan really dari lapangan Victoria Park menuju Central Government Office di Central. Turut turunnya ribuan BMI dalam rally hari buruh ini, meski bukan pertama kali, tentu memberikan arti tersendiri. Salah satunya adalah bahwa mereka memahami posisi mereka sebagai buruh. Sebagai buruh migran yang terpaksa keluar dari Tanah Airnya karena tuntutan ekonomi. Mereka pun menyadari bahwa sebagai buruh migran, banyak hak mereka yang telah terampas selama ini. Mulai dari jam kerja yang tidak jelas, upah di bawah standar, biaya penempatan yang tinggi mencekik hingga ketentuan-ketentuan yang bersifat diskriminatif dari pemerintah.

Momentum hari buruh pun menjadi momen yang tepat untuk menyampaikan pesan bahwa buruh migran Indonesia (BMI) masih jauh dari kata sejahtera, pun diperlakukan dengan adil. Hanya itu? Tentu saja tidak! Hal yang juga tak kalah penting dari penyampaian pesan tersebut adalah bagaimana memahami semangat dari hari buruh itu sendiri. Semangat dari jutaan kaum buruh di dunia untuk merebut hak mereka, hak untuk diperlakukan dengan adil, mendapatkan upah yang adil dan bekerja dengan jam kerja yang adil. Semangat yang ada di balik hari buruh haruslah dipahami oleh semua pihak. Tidak saja oleh kaum buruh tapi juga para majikan dan pemerintah. Tanpa buruh yang bekerja, para majikan tak akan mampu menjalankan roda bisnis mereka dengan baik. Tanpa buruh yang bekerja, roda perekonomian negara juga tak akan jalan sempurna.

7 May 2010

SEKARANG ini kebanyakan kita terlalu banyak memikirkan orang lain supaya berubah menjadi baik sehingga tidak ada waktu untuk mengubah diri kita sendiri. Jika seorang ketua ingin bawahannya berubah, maka ketuanya yang harus berubah terlebih dahulu. Bagaimana mungkin memerintahkan anak buahnya hidup bersahaja kalau pimpinannya tidak bersahaja. Tidak pantas seseorang menyuruh orang lain berbuat baik sementara dia sendiri berbuat sebaliknya. Tidaklah etis seseorang yang melarang orang lain untuk melakukan sesuatu kemunkaran sementara dia sendiri menggemarinya. Perlu diingat bahwa orang yang disuruh itu memiliki mata, hati, telinga dan fikiran. Setiap orang yang berbeda antara perkataan dan perbuatannya cepat atau lambat pasti dia akan jatuh wibawanya. Ada 4 hal yang harus kita lakukan

Gara-gara uang $10, saya masuk penjara.

Mbak Tania, saya sudah bekerja dengan majikan saya selama 6 tahun. Saya tidak mempunyai masalah dengan pekerjaan saya dan hubungan dengan majikan juga baik – baik saja. Tetapi minggu lalu saya menghadapi masalah karena saya mengambil uang $10 dari kotak uang koin majikan karena waktu itu saya tidak mempunyai uang kecil. Majikan saya kemudian mengetahui saya telah mengambil uang itu dan sangat marah

Adik Santi yang terhormat, Saya juga ikut prihatin dengan permasalahan dari adik. Sekarang adik hanya bisa menunggu keputusan dari polisi apakah adik akan di bawa ke pengadilan atau tidak. Adik akan di kenakan tuduhan bahwa adik telah mencuri uang itu dari majikan dan kalau polisi membawa kasus adik ke pengadilan, adik bisa meminta kepada pengadilan untuk mengundurkan sidang supaya adik bisa

Tamat

Surat pembaca Setelah 1 Mei, semoga DEAR SUARA seneng deh bila kata hatiku ini dapat dimuat, hehehe. Tanggal 1 Mei hari para buruh “termasuk buruh devisa ini” semoga setelah satu Mei nanti hati para pemimpin negara terketuk dan terbuka bisa mendegar dan merasakan rintihan“mereka“ yang sampai detik ini terampas terampas haknya. Semoga mereka bisa membuktikan apa yang telah mereka ucapkan. Semoga KJRI bisa menjalankan tugas sebaik mungkin. Semoga teriakan “pahlawan Devisa” ini bisa dipahami dan dipenuhi..Semoga KJRI bisa bertindak dengan tegas terhadap siapa pun terutama agen-agen yang nakal. Semoga setelah 1 Mei nanti BMI bisa merasakan hasil kenerja para pemimpin negara. Sampai kapan BMI tertidas dan

terampas hak-hak mereka. Dalam hati ini bertanya kepada siapa kami mengadu bila teriakan kami tak didengar dan ditanggapi? Semoga setelah 1 Mei nanti semua BMI bisa merasakan manisnya perjuangan yang telah mereka lakukan dengan penuh keberanian dan kegigihan. Terima kasih SUARA moga tambah berbobot saja. Salam dariku pahlawan devisa.

tidak main-main. Sudah melalui berbagai pertimbangan dan studi. Tapi kenyataanya ketiak Surat Keputusannya nggak ada yang nggubris, nggak ada yang menjalankan hanya bilang ini pro kontra dan masih akan dibawa ke pusat. Lah terus yang dimaksud sudah melalui pertimbangan dan studi itu yang mana? Kok sekarang masih akan dibawa ke pusat lagi. Maria Nafik Terus nanti dibuat SK lagi terus nanti tidak dijalankan lagi, terus nanti dibilang pro Peerintah kok lucu kontra lagi, terus dibilang mau dibawa ke MEMBACA SUARA edisi April Mid, berita pusar lagi. Terus kapan keputusan finalnya? soal Surat Keputusan Biaya Penempatan, Terus kapan biaya agennya mau turun? kok saya malah jadi tertarwa. Menurut saya Tapi ya namanya juga pemerintah. Paling beritanya lucu. Apalagi kalau pas bagian tidak SUARA masih mau memberitakan yang keterangan dari Konsul Tenaga Kerja yang begini-begini, menarik buat selingan. Hebat baru yang intinya blablabla bahwa Surat SUARA yang punya selera humor tinggi. Keputusan yang dikeluarkan pemerintah itu S Priyono

SUARA kebanyakan iklan DEAR SUARA, gantian aku ngomentari kamu ya. Kamu itu loh kok tak perhatiin kebanyakan iklan. Masak hampir setiap halaman dipenuhi iklan semua. Lah bagian beritanya jadi disunat begitu kan susah. Masak kelihatannya saja korannya tebal banget tapi beritanya sedikit. Ya nggak sedikit-sedikit amat sih, tapi kan jadi beritanya pendek-pendek. Nggak apa-apa ding, daripada beritanya puanjang-puanjang, judulnya besar-besar tapi sebenarnya beritanya tidak penting sama sekali kayak koran yang lain itu. Tapi ya mbokya itu iklannya dikurangi sedikitlah, biar kita pembaca ini dapat berita lebih banyak lagi. Biar bisa dibaca berharihari begitu. Tidak sehari langsung habis. Linda, Yau Ma Tai

Fanani Santi

Editor Reporter

Nurul Qoiriah

Editorial Consultant

Joko Harjanto

Assistant Sales Manager

Corelene B. Cruz Jeneth P. Julve Nin Tang

Sales & Marketing Executive Advertising Coordinator Designer

Published by HK Publications Ltd. 31/F., Prosperity Millennia Plaza, 663 King’s Rd. North Point, Hong Kong Telp: 3416 3647, 2851 1766 Fax: 2858 8979 E-mail: news@hkpub.com Tsat Tsz Mui P.O. Box 60185

All rights reserved. No part of this publication may be reproduced without the written permission of the publisher. We wish to acknowledge the following news sources: Asian Migration News, Kompas, Suara Pembaruan, Tempo Interaktif, Sinar Harapan and South China Morning Post.


7 May 2010

SUARA

11


12

WARTA

7 May 2010

Ferry Adamhar pindah tugas ke Kuwait pertengahan April lalu. “Saya akan menjalani fit & proper test dulu di JaMASA tugas Konsul Jenderal Ferry Ad- karta awal Mei,� ujarnya. amhar di Hong Kong akan segera beraDirektur Perlindungan WNI dan khir. Badan Hukum Indonesia, Departemen Pertengahan tahun ini, ia akan men- Luar Negeri, Teguh Wardoyo, akan jalani penempatan tugas baru sebagai menggantikan posisi Ferry sebagai KonDuta Besar RI untuk Kuwait. jen RI di Hong Kong. Kepastian ini disampaikan langsung Ferry sebelumnya juga menduduki oleh Ferry saat dikonfirmasi SUARA posisi sama dengan Teguh Wardoyo seOleh Santi

belum kemudian ditempatkan di Hong Kong pada tahun 2007. Dalam posisinya sebagai Direktur Perlindungan WNI dan BHI Deplu, Ferry pernah mencatat keberhasilan saat memulangkan Istiqomah dan Casingkem, dua BMI yang sempat disandera oleh gerilyawan Irak di tahun 2004. Saat menjabat sebagai Konjen Hong Kong, Ferry membuat teroboson lewat Welcoming Program di mana para BMI yang baru pertama kali datang ke Hong Kong diwajibkan datang ke KJRI untuk lapor diri dan menerima pembekalan dari pihak KJRI. Pembekalan ini termasuk soal adaptasi kerja, hukum kerja di Hong Kong, dan cara menyelesaikan masalah jika ada konflik dengan majikan. Pihak Labour Department Hong Kong kadang-kadang juga diundang untuk mengisi acara ini. Juga terobosan layanan satu atap untuk WNI atau Citizen Service yang merupakan program Kementerian Luar Negeri. Dua program tersebut telah mendapatkan sertifikasi mutu ISO 9000: 2001 pada tahun 2009. Namun selain catatan keberhasilan tersebut, kepemimpinan Ferry juga sempat diwarnai gelombang protes BMI gara-gara keluarnya surat bernomor 2258/IA/XII/2007 tentang tata cara perpindahan agen. Awalnya, surat itu dibuat untuk mendeteksi berapa banyak BMI yang menjadi korban praktik underpayment

FERRY Adamhar

TEGUH Wardoyo

sehingga KJRI sekaligus bisa melakukan tindakan terhadap agen yang melakukan praktik tersebut. Namun organisasi dan serikat BMI menilai surat ini akan menyulitkan mereka pindah agen. Setelah serangkaian dialog dan pertemuan dan juga demonstrasi yang digelar terus menerus, surat No. 2258/IA/ XII/2007 tersebut dibekukan. Calon pengganti Ferry, Teguh Wardoyo, dalam beberapa kali kesempatan wawancara dengan wartawan, menekankan soal perlindungan BMI di luar negeri. Keseriusan Teguh bakal diuji dalam penempatannya di Hong Kong nanti. Sebelum menjabat sebagai Direktur Perlindungan WNI dan BHI Deplu,

Teguh menjabat sebagai Kepala Protokol dan Konsuler KBRI Washington DC, Amerika Serikat selama empat tahun. Dalam salah satu kesempatan wawancara dengan wartawan, Teguh menilai bahwa Hong Kong, seperti halnya Singapura, cukup baik dalam memberikan perlindungan terhadap BMI. Kedua negara tersebut dinilai telah memiliki dasar hukum serta penegakan hukum yang cukup mengakomodir kepentingan para tenaga kerja asing. Namun, Teguh menekankan, perlunya pembenahan dasar hukum dan implementasi kebijakan penempatan dan perlindungan BMI dari dalam negeri. Tanpa adanya upaya benah diri di dalam negeri, maka permasalahan BMI di luar negeri akan terus muncul.


7 May 2010

SUARA

13

7 May 2010

SUARA

35

7 May 2010

SUARA

39


14

WARTA

7 May 2010

Besaran upah minimum masih diperdebatkan Peluang PRT masuk Statutory Minimum Wage kecil Oleh Santi

KONSULTASI publik tentang upah minimum yang berlangsung Senin (3/5) lalu antara para pekerja dengan majikan/pemilik perusahaan tetap belum mencapai kata sepakat tentang angka atau besaran upah minimum yang akan masuk dalam ketetapan Statutory Minimum Wage atau Undang-Undang tentang Upah Minimum. Lebih dari 500 usulan telah diterima oleh Komisi Upah Minimum Sementara (Provisional Minimum Wage Commission) dari individu, organisasi, dan berbagai organisasi. Kebanyakan memberi usulan besaran upah minimum adalah HK$33/jam seperti tuntutan yang disampaikan serikat buruh. Sementara lainnya mengusulkan angka HK$24/ jam seperti yang diusulkan oleh Liberal Party dan industri catering. Anggota legislative council dari Federation of Trade Unions (FTU), Ip Waiming mengatakan bahwa para pekerja restoran sekarang sudah mendapatkan antara HK$22-HK$24 per jam. “Itu tak cukup untuk menyokong kebutuhan dasar mereka. Jadi kami pikir tak ada ruang untuk kompromi,� ungkapnya seperti diberitakan The Standard. Sebelumnya, dalam pertemuan antarserikat buruh di Wan Chai 26 April lalu muncul usulan besaran upah minimum antara HK$33-HK$35 per jam. Sebanyak 270 orang perwakilan dari sekitar 180 serikat buruh di Hong Kong hadir dalam pertemuan tersebut, ter-

RUU tentang Upah Minimum hingga kini masih dibahas di Legco masuk dari serikat buruh migran sektor rumah tangga. Selain membahas soal besaran angka upah minimum yang masuk akal, pertemuan itu juga diwarnai harapan agar SMW juga melindungi buruh migran sektor rumah tangga. Seperti diketahui, keputusan akhir pemerintah saat memasukkan draft RUU tersebut ke parlemen adalah mengeluarkan PRT dari elemen yang masuk dalam proteksi SMW. Hal ini memicu gelombang protes dari organisasi dan serikat PRT asing karena mayoritas PRT di Hong Kong adalah komunitas migran. Pemerintah sendiri berharap pembahasan RUU di parlemen akan selesai sebelum Juli. Namun peluang PRT masuk dalam perlindungan SMW kecil. Terlebih

pertengahan Maret lalu, Labour Department melakukan pertemuan secara tertutup dengan perwakilan organisasi dan serikat buruh migran, serta sejumlah organisas nonpemerintah yang memiliki kepedulian terhadap buruh migran. Dalam pertemuan tersebut pihak Labour mengatakan akan melakukan review atau meninjau ulang Minimum Allowable Wage (MAW) dan food allowance atau tunjangan makan untuk PRT di Hong Kong. Kemungkinan upah –sesuai standar MAW- akan dinaikkan, tapi peluang PRT masuk SMW kecil. Sumber SUARA menyebut kenaikan tersebut, kalaupun dilakukan, akan bersamaan dengan keputusan atau selesainya pembahasan soal SMW di parlemen.


7 May 2010

SUARA

15


16

WARTA

7 May 2010

Surat dari Kampung Julia Perez bikin panas

Kang Mul DIK Srie di rantau, Kabarmu baik-baik selalu kan? Kami di kampung juga begitu. Tapi, ini suasana lagi panas. Ya, panas cuacanya, serasa di wajan penggorengan, juga panas oleh pro-kontra tentang seorang calon pemimpin di kabupaten tetangga kita. Ya, Dik, panas yang terakhir ini disulut oleh seorang perempuan yang dikenal dengan nama Julia Perez. Itu nama ngetopnya di panggung hiburan negeri kita, nama aslinya Yuli Rachmawati. Umur 30 tahun. Perez dari nama suaminya yang orang Perancis, tapi sekarang mereka sudah cerai. Nah, dia dicalonkan oleh sekitar 8 partai untuk menjadi calon wakil bupati Kabupaten Pacitan, daerah kelahiran Presiden SBY. Acara pemilihan kepala daerahnya terkabar Desember mendatang. Yang bikin panas karena dia artis “panas”. Hee..he, maksudku bikin panas-dingin kaum pria. Laaa gimana tidak. Dia jadi gadis model, dengan tampilan yang syur. Di film-film pun dia selalu kebagian peran menjadi penggoda pria. Terus belakangan dia jadi penyanyi dangdut. Lagunya yang ngetop berjudul “Belah Duren”, bisa ditafsirkan ngeres juga. Kalau dia nyanyi di panggung, waduuh, goyangnya benerbener bikin empot-empotan kita yang nonton. Perempuan “kayak gitu” mau jadi

pemimpin daerah? Begitulah orangorang yang menentang pencalonan dirinya. Kontan pencalonannya menyulut panas di Jakarta sampai kampung kita. Bahkan sampai-sampai Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengusulkan dibuat aturan yang akan melarang orang-orang yang “cacat moral” untuk menjadi calon pemimpin daerah.

“Kalau pendapatku, biarkan saja perempuan kayak Julia Perez mencalonkan diri,” kata Pakde Kimpul, saat kami ngobrol di gardu ronda. Kaget aku, kok Pakde yang dikenal kalem itu sampai ikut ngomong tentang Julia Perez. “Lho,

Pakde tahu dia?” aku bertanya. “Kamu jangan nyepelekan aku, Mul. Meskipun aku sudah tua tapi aku senang dengan lagu Belah Duren dia, waaah, bikin aku ingat masa awal dengan bojoku...haa..haa,” dia tertawa. Aku dan beberapa orang yang ada di gardu jadi ikut tertawa juga. “Pakde,” kata Samidi, teman seusiaku, “Kalo aku kenal Julia Perez dari nonton tipi. Waduuh, bener-bener bikin aku ser-seran melihat goyangnya. Apalagi gayanya kenes banget. Kalau dia nyalon untuk kabupaten kita, pasti aku mau nggendong dia ke mana-mana saat kampanye...hee...he.” “Kalau pendapatmu gimana, Mul?” tanya Samidi. “Pencalonannya harus digagalkan. Dia tidak layak. Alasanku, dia tak punya pengalaman politik, tidak pernah bergaul dengan para tokoh masyarakat. Lagi pula, dia artis yang cuma mengandalkan kebahenolan bodinya saja. Apa yang bisa diharapkan dari pemimpin macam itu?” jawabku serius. Jawabanku itu ternyata membuat suasana yang semula penuh tawa jadi berubah kaku. Orang-orang terdiam. “Tapi, Mul,” kata Pakde Kimpul memecah keheningan sesaat itu, “Di dalam kebahenolan tubuhnya, siapa tahu tersimpan niat tulus untuk mengabdi kepada rakyatnya. Penampilan bisa mengecoh, Mul. Lihat tuh lurah kita. Ke mana-mana ngomong moral, surga-neraka, tapi buktinya dia nyunat duit pembangunan sekolah, dan punya istri simpanan.” “Lagi pula Mul,” lanjut Pakde Kimpul, “dia seperti kita juga, punya hak yang sama untuk maju menjadi pemimpin.”


WARTA

7 May 2010

17

Ambulans khusus disiap- Korban rekayasa narkoba dibebaskan kan untuk jenazah BMI Oleh Lantip

Oleh Lantip

BALAI Penempatan, Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan menyiapkan ambulans. Ambulans tersebut khusus untuk mengangkut jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal NTB yang meninggal di luar negeri. ‘’Pengiriman paket jenazah TKI dari luar negeri ke NTB sering terjadi, bisa mencapai 10 orang per tahun,’’ kata Kepala BP3TKI Mataram, I Komang Subadra, kepada wartawan di Mataram, Senin (3/5). Komang mengatakan, dengan tersedinya mobil ambulans, pihak keluarga atau ahli waris tidak perlu repot menyewa ambulans jika ada keluarga yang ditimpa musibah atau meninggal di luar negeri. ‘’Selama ini mobil ambulans disediakan oleh perusahaan jasa TKI, jika TKI tersebut berangkat secara resmi. Tapi, kalau ilegal harus

disediakan sendiri oleh keluarga TKI,’’ katanya. Menurut Komang, kalau ambulans milik BP3TKI Mataram mulai beroperasi, tidak akan dikenakan biaya kepada keluarga. ‘’Ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama TKI,’’ katanya. Komang mengakui cukup banyak paket jenazah BMI asal NTB yang tujuan pengirimannya salah alamat. Hal ini disebabkan saat mereka berangkat ke luar negeri tidak melalui NTB, tetapi daerah lain seperti Jakarta dan Jawa Barat. ‘’TKI asal NTB tersebut terpaksa memakai identitas daerah lain, sehingga jika terjadi musibah atau meninggal, jenazahnya dikirim ke daerah lain. Namun setelah diteliti ternyata jenazah TKI tersebut dari NTB,’’ kata Komang. Ketua Komisi IV DPRD NTB, Patompo Adnan, mengatakan pengiriman paket jenazah BMI dari berbagai negara sudah dianggap biasa oleh warga di daerah ini, karena sudah terlalu sering.

CHAERUL Saleh Nasution (39), pemulung yang dituduh menyimpan ganja sebanyak 1,6 gram, divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (3/5/2010). Sidang diketuai Syarifuddin. Vonis itu dijatuhkan karena surat dakwaan dan tuntutan dibuat berdasarkan berkas penyidikan yang tidak sah. “Hakim memutuskan membebaskan

terdakwa dari segala jenis penahanan,” ucap Syarifuddin. Sebelumnya jaksa penuntut umum Rolland menuntut Chaerul dengan hukuman satu tahun penjara dikurangi masa tahanan dan denda Rp 3 juta subsider tiga bulan kurungan. Syarifuddin mengatakan, vonis tersebut dijatuhkan berdasar pada fakta hukum yang terkuak selama persidangan. Syraifuddin mencontohkan bahwa dalam persidangan 25 Januari 2010,

tiga saksi yang dihadirkan, yakni Hari Satria, Lasmen Tanjung, dan Wahyu, mengaku tidak pernah diperiksa dan dimintai keterangan terkait kasus Chaerul. Saat vonis dibacakan, Syarifuddin meminta Chaerul yang mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam itu berdiri. Chaerul pun berdiri dengan kepala menunduk. Setelah putusan dibacakan dan palu diketukkan, Chaerul langsung bersujud syukur.


18

WARTA

7 May 2010

Penembakan tiga WNI di Malaysia mulai diperiksa Oleh Lilis Herlina

MARKAS Besar Polis Diraja (Kepolisian) Malaysia di Bukit Aman, Kuala Lumpur, memeriksa ulang sebab kematian tiga WNI yang disebut sebagai perampok berbahaya. Mereka ditembak mati sejumlah polisi dari Balai Polis (Polsek) Damansara Damai di Kota Puteri, Negara Bagian Selangor, Selasa (16/3) dini hari. Jenazah ketiga WNI—Musdi (38), Abdul Sunu (39), dan Muchlis (25)—itu akhirnya diotopsi ulang di RS Bhayangkara, Surabaya, Rabu (7/4), sebelum dikebumikan. Atase Penerangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur Widyarka Ryananta yang dihubungi Minggu (2/5) menjelaskan, pemeriksaan ulang diputuskan setelah Duta Besar RI Da’i Bachtiar menemui Timbalan Kepala PDRM (setingkat Wakapolri) Tan Sri Ismail Omar. ”Mereka bertemu akhir pekan lalu untuk membahas serius persoalan kematian tiga WNI yang oleh versi PDRM disebut sebagai perampok. Sebaliknya, ada sepuluh WNI pekerja migran di Malaysia yang mengenal dan menjadi teman satu pekerjaan dengan ketiga orang yang dituduh sebagai perampok itu. Mereka bersedia memberikan kesaksian dan di lain pihak PDRM berjanji memberikan perlindungan,” ungkap Widyarka, seperti diberitakan Kompas. Dubes RI dalam pertemuan memberikan sejumlah dokumen penting terkait tewasnya ketiga WNI pekerja bangunan yang di dalam edaran pers PDRM yang

SEORANG BMI yang bekerja di perkebunan sawit di Malaysia. dilansir harian The New Straits Times (NST) disebut sebagai kawanan perampok yang sudah 19 kali menyamun. Kepala Polis Selangor Datuk Khalid Abu Bakar mengatakan dalam jumpa pers bahwa PDRM mengamankan sebuah senapan rakitan dan dua bilah parang dari ketiga WNI yang ditembak mati. ”PDRM dalam pertemuan itu men-

jamin keamanan para saksi dan akan menyelidiki lebih lanjut secara obyektif. Hasil penyelidikan akan disampaikan ke KBRI,” ujar Widyarka. Jika keterangan para saksi teman kerja ketiga WNI benar dan terbukti para korban tak ada sangkut paut dengan kejahatan, PDRM akan menindak polisi mereka sesuai ketentuan berlaku.


WARTA

7 May 2010

Cewek jatuh, terobos razia busana Oleh Lantip

SEORANG wanita pengendara sepeda motor yang coba menerobos razia busana muslim terjatuh. Insiden ini terjadi akibat ia coba menabrak seorang petugas Wilayatul Hisbah yang sedang melakukan razia di Jalan T Nyak Arief, Simpang Mesra, Banda Aceh, Selasa (4/5). Seperti yang kerap diberitakan, razia macam ini dilakukan dengan alasan

BMI Cilacap tewas SEORANG tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dikabarkan meninggal dunia. Fathurohman (24 tahun) akibat mengalami kecelakaan lalu lintas di Arab Saudi pada 26 April 2010 lalu. Kepala Seksi Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Cilacap, Sutiknyo, Selasa (4/5), membenarkan kabar tersebut. Namun hingga saat ini jenazah korban belum dipulangkan. “Kami telah menyarankan pihak keluarga untuk membuat surat kuasa kepada perusahaan penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) yang memberangkatkan korban, karena perusahaan tersebut tidak memiliki perwakilan di Cilacap,” katanya. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurus proses pemulangan jenazah Fathurohman. Menurut Sutiknyo, Disnakertrans Kabupaten Cilacap telah berupaya membantu keluarga korban dengan menghubungi PT Mutiara Bahari Alam Ria yang berkantor di Jakarta Pusat, (PPTKIS yang memberangkatkan Fathurohman, red).

menegakkan syariat Islam di Aceh. Mirip dengan razia kendaraan bermotor, para petugas biasanya menghentikan wanita yang membawa kendaraan. Biasanya pula wanita yang kedapatan tidak berpakaian sesuai dengan syariat akan diamankan untuk diberi nasihat terkait qanun atau Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2002 tentang Busana Muslim sebagai pelaksanaan syariat Islam di NAD. Pihak penegak syariat meyakini razia

19

macam ini mampu mengontrol perilaku warga, khususnya perempuan. Mereka wajib mengenakan jilbab dan tidak mengenakan pakaian ketat. Dalam kasus di atas, sepertinya si wanita takut ditangkap karena mengenakan celana jins yang “relatif” ketat meski ia telah memakai jilbab. Aceh Darussalam adalah satu-satunya wilayah Indonesia yang menerapkan hukum syariah. Seorang perempuan di Aceh diwajibkan mengenakan jilbab. SEOrang perempuan terjatuh dari sepeda motor saar razia busana.


Satu hari di bulan M 20

FEATURE

skipun tetap belum dijadikan hari libur nasional. Di Hong Kong, 1 Mei dirayakan oleh semua kelompok. Dipimpin baik oleh federasi serikat buruh yang dikenal dengan pemerintah maupun serikat buruh independen. Serikat dan organisasi buruh migran Indonesia juga turut serta. Sekitar 1000 BMI turut dalam aksi rally yang dari Victoria Park ke CGO di Central yang

7 May 2010

diorganisir oleh Hong Kong Confederation of Trade Union (HKCTU). Mereka mengusung berbagai tuntutan, dari soal upah hingga jam kerja; dari ratifikasi konvensi ILO hingga pencabutan UU No.39/2004. Para BMI ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, juga menggelar aksi di KJRI sebelum bergabung dalam rally ke CGO. Selain mengusung beragam poster tuntutan, bendera warna-warni organisasi,

dan yel-yel “Hidup Buruh!”, para BMI juga mengerahkan berbagai kreatifitas. Ada yang mencoreng moreng wajahnya, mengenakan pupur tebal, mamakai baju tradisional, memasang bakul plastik di kepala, membawa singkong dan jagung, hingga mengusung keranda. Satu hari di bulan Mei, kaum pekerja di seluruh dunia seakan memiliki kesadaran dan tujuan yang sama. Selamat Hari Buruh!

MASSA BMI dari IMWU dalam aksi di depan kantor KJRI, Sabtu (1/5) Amerika Serikat pada 1 Mei 1886. Kini, setiap 1 Mei, hari buruh diperin“Sebuah aksi internasional besar harus gati serentak, dari belahan bumi utara diorganisir pada satu hari tertentu di- hingga selatan, darai timur hingga ke mana semua negara dan kota-kota pada barat. Di Indonesia, peringatan 1 Mei waktu yang bersamaan, pada satu hari sebenarnya mulai diadakan pada tahun yang disepakati bersama, semua buruh 1920. Di bawah kepemimpinan Soekarmenuntut agar pemerintah secara legal no, 1 Mei bahkan ditetapkan sebagai mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari libur nasional. Namun sejak Soehari.” harto mengambil alih kepemimpinan PERNYATAAN itu dikeluarkan di Par- Indonesia pada tahun 1967, peringatan is, Prancis pada Juli 1889 dalam sebuah 1 Mei dilarang dan tak lagi dijadikan sekongres akbar kaum buruh, menindak- bagai hari libur nasional. Kini, di bawah lanjuti peristiwa ricuh dan tindakan pemerintahan baru, peringatan hari bubrutal polisi terhadap kaum buruduh di ruh tak lagi dilarang di Indonesia, me- SEORANG BMI di depan kantor KJRI. Bersama rekan-rekannya, ia mendesak pencabutan UU No.39/2004 Teks & Foto oleh Santi


Mei 7 May 2010

MASSA HKCTU membawa patung kertas “drakula” Donald Tsang

MASSA dari serikat buruh PRT lokal membawa boneka bayi

FEATURE MASSA BMI dari PILAR dan ATKI dalam aksi di depan KJRI dengan mengusung tuntutan kontrak mandiri.

21


22

WARTA

7 May 2010

Polisi pemerkosa BMI divonis 14 tahun penjara Oleh Lilis Herlina

POLISI Malaysia divonis 14 tahun penjara karena terbukti memperkosa dan mengancam seorang buruh migran perempuanIndonesia pada 21 Oktober 2007. Hakim pengadilan Seremban Ahmad Nasfy Yasin menolak permohonan terdakwa Mohd Khairul Nizam Abd Aziz (36) untuk meringankan hukuman. Bahkan, hakim menambah lagi masa hukuman dari 13 tahun penjara ditambah 12 kali cambuk, menjadi 14 tahun plus 12 kali cambuk, demikian kantor berita Bernama, Kamis (29/4). Dalam pengadilan terungkap, polisi

Malaysia itu minta uang dari korban sebesar 500 ringgit agar tidak ditangkap karena paspornya sudah habis masa berlakunya. Atas kesalahan pertama yang dilakukan oleh oknum polisi itu di sebuah toko China, Jalan Kuala Klawang, Seremban, Negeri Sembilan 21 Oktober 2007, hakim menjatuhkan hukuman penjara tiga tahun plus dua kali cambuk. Kesalahan kedua, polisi memperkosa BMI antara jam 12.30 - 13.00 di sebuah hotel Sri Klawang pada hari yang sama. Hakim Ahmad Nafsy menjatuhkan hukuman penjara 11 tahun plus lima kali cambuk atas kesalahan kedua itu. Kesalahan ketiga, polisi memperkosa

korban kedua kalinya antara jam 14.00 - 14.30 di tempat yang sama dan hari yang sama. Hakim menjatuhkan hukuman penjara 11 tahun ditambah lima kali cambuk. Hakim memerintahkan terdakwa menjalani hukuman secara serentak sehingga menjadi 14 tahun penjara ditambah 12 kali cambuk. Jaksa penuntut Wan Shaharudin meminta kepada hakim agar menolak permohonan keringanan hukuman kepada terdakwa karena sebagai polisi yang seharusnya menjaga keamanan dan keselamatan rakyat, malah sebaliknya melakukan ancaman dan memperkosa orang lemah.

Selamatkan bayi majikan, BMI tewas Oleh Lintang

PUJI Astutik, buruh migran Indonesia yang bekerja di Singapura, tewas setelah menyelamatkan bayi majikannya, yang baru berusia satu tahun. Insiden ini terjadi saat Puji hendak menyeberang di antara jalan Choa Chu Kang 52 dan Choa Chu Kang North 6, Singapura. Perempuan berusia 28 tahun tersebut hendak menyeberang jalan bersama dengan anak perempuan dari majikannya. Saat hendak menyeberang, anak dari majikannya tersebut hampir saja tertabrak bus SMRT. Tetapi anak tersebut berhasil selamat dari kecelakaan setelah Puji mendorongnya menjauhi bus. Malang bagi Puji, dirinya berhasil menye-

PARA BMI di depan kantor KBRI SIngapura. lamatkan anak majikannya tetapi dia sendiri berakhir terlindas oleh bus tersebut. Meski sempat dilarikan ke Rumah Sakit National Universitu, Puji akhirnya meninggal akibat luka yang dideritanya. Sementara anak dari majikannya

yang bernama Lam, hanya menderita luka ringan pada bagian lengan kiri. Demikian diberitakan The Straits Times, Senin (26/4/). Puji dikenal sebagai sosok yang ramah oleh tetangga tempat dia bekerja.


WARTA

7 May 2010

Bentrok, 2 buruh tewas

Indonesia terjebak kirim PRT Jumhur, seperti diberitakan Antara, menyebutkan saat ini ada sekitar 2,5 juta orang tenaga kerja Indonesia yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga di luar negeri dan setiap bulan. Kepala BNP2TKI mengingatkan pekerja rumah tangga rentan dalam soal perlindungan karena sifat hubungannya dengan majikan adalah subyektif, tidak tersentuh dalam undang-undang

Oleh Lilis Herlina

DUA orang tewas dalam bentrokan yang melibatkan ratusan buruh di Simpang Pirlokal I Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Kamis malam. Kedua korban adalah Joni Tampubolon (32), warga jalan Lancang Kuning Baganbatu, dan Partolongan Tampubolon (42), warga jalan Lancang Kuning, Kecamatan Bagansinembah. Keduanya tewas dengan bersimbah darah akibat luka di bagian kepala karena sabetan senjata tajam. “Kedua korban tewas setelah sempat dilarikan ke rumah sakit di Rantau Prapat. Namun akibat luka yang parah, setelah sekitar 30 menit, akhirnya kedua korban meninggal dunia,” kata Kepala Polisi Resort (Kapolres) Rokan Hilir, AKBP Drs Bambang Sudarmaji SIK, Kamis (29/4). Dikatakan Kapolres, untuk mengusut kasus kematian kedua korban, pihaknya telah menyebarkan anggotannya dari Satuan Intel untuk mengorek informasi dari ratusan buruh yang terlibat bentrok serta masyarakat yang tinggal di seputaran lokasi kejadian. Sementara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres mengerahkan ratusan personel lainnya untuk berjaga di antara dua kubu yang terlibat bentrok.

JUMHUR Hidayat berharap suatu saat ada penghentian pengiriman PRT Oleh Lintang

KEPALA Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Moh Jumhur Hidayat menyatakan Indonesia terjebak dalam kondisi yang terus-menerus mengirim tenaga kerja pekerja rumah tangga ke luar negeri. “Sejak tahun 1970 masalah ini belum bisa diakhiri. Suatu saat pengiriman pembantu rumah tangga harus dihentikan,” kata Jumhur saat membuka dialog dengan berbagai organisasi kemasyarakatan keagamaan di Cisarua, Jawa Barat, Jumat. Dialog bertema “Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Penempatan dan

Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia” diselenggarakan sebagai sosialisasi program kerja BNP2TKI. Jumhur menegaskan pengiriman tenaga kerja pekerja rumah tangga ke luar negeri bisa saja dihentikan sekarang, tetapi pasti mengundang reaksi keras dari masyarakat, terutama mereka yang ingin bekerja di luar negeri “Bisa-bisa istana (presiden), kantor menteri, kantor saya, kantor dinas-dinas daerah selalu didemo oleh mereka yang ingin bekerja di luar negeri. Gaji pembantu rumah tangga di luar negeri mencapai jutaan sedangkan mencari uang ratusan ribu di kampung sendiri mustahil,” katanya menggambarkan.

23

ketenagakerjaan, sektor informal bukan formal, dan tertutup. “Hal itu rawan penyimpangan dan tak jarang menjadi korban kekerasan,” katanya. Jumhur menyatakan bahwa pemerintah suatu saat akan menghentikan tenaga kerja pekerja rumah tangga dengan memperbanyak pengiriman tenaga kerja sektor formal dan terampil.


24

WARTA

7 May 2010

RATUSAN polisi terlibat mengamankan kericuhan yang timbul dalam sebuah Pilkada di Sumatera Selatan.

TNI diminta tak ikut-ikut aktivitas politik pilkada TNI untuk tetap menjunjung tinggi netralitas TNI dalam Pemilu Pilkada dan PANGLIMA TNI Jenderal Djoko San- memerintahkan untuk mengantisipasi toso mengingatkan kepada seluruh gejolak sosial yang mungkin timbul di prajurit TNI di daerah khususnya untuk wilayahnya. “Sehubungan dengan akan tetap bersikap netral, dan tidak terlibat diselenggarakannya Pemilu Pilkada di kegiatan apapun dalam pilkada. beberapa daerah Propinsi, Kabupaten Panglima TNI mengeluarkan Surat dan Kota dalam waktu dekat sehingga Telegram (ST) kepada para Panglima suhu politik akan meningkat yang akan Komando Utama (Pangkotama) TNI di berpengaruh pada situasi kondisi sosial seluruh jajaran TNI yang tertuang dalam daerah,� ujar Panglima TNI dalam ketST Panglima TNI Nomor ST/256/2010 erangan pers, Jumat (30/4). tanggal 19 April 2010. Karena itu, seperti diberitakan Isi telegram tersebut, menekankan Vivanews.com, ia menginstruksikan kembali kepada Prajurit/PNS di jajaran seluruh jajarannya agar, pertama meOleh Lilis Herlina

medomani buku Netralitas TNI tahun 2008 dan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada bagi PNS TNI. Kedua, memonitor perkembangan kegiatan Pemilu Pilkada di daerah secara terus menerus guna mendeteksi dini dan mencegah dini terhadap pelanggaran anggota TNI dan adanya potensi konflik yang dapat berakibat terjadinya kerusuhan dan tindakan kekerasan di wilayah masingmasing. Ketiga, mengadakan koordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas serta melaporkan setiap perkembangan situasi/hal-hal menonjol pada kesempatan pertama.


WARTA

7 May 2010

Ongkos naik haji tahun 2010 bakal naik Oleh Lilis Herlina

ONGKOS haji untuk tahun 2010 ada kemungkinan naik karena biaya untuk pelaksanaannya lebih besar dari tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali dalam paparannya kepada Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat di gedung DPR kemarin. “Akan ada kenaikan US$ 133 karena ada peningkatan pelayanan pemondokan,” kata Suryadharma. Dalam paparannya, Suryadharma mengatakan pemerintah mengusulkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2010 yang dibebankan kepada jemaah haji sebesar US$ 3.577 dan Rp 100 ribu. Itu antara lain untuk biaya penerbangan Jakarta-Arab Saudi, ako-

modasi, konsumsi, transportasi, serta biaya hidup dan asuransi. “Rancangan BPIH tersebut kami usulkan dengan asumsi biaya penerbangan sama dengan tahun lalu,” kata Suryadharma. Harga tiket penerbangan tahun lalu sebesar rata-rata US$ 1.787 per anggota jemaah. Ketua Komisi VIII DPR H. Abdul Kadir akan membantu Kementerian Agama untuk mendorong penurunan BPIH 1431H/2010M. “Sesuai dengan misi Komisi VIII, kalau bisa turun, kenapa harus naik? Niat kita agar pelayanan haji lebih baik dan biaya bisa terjangkau,” kata Kadir. Menanggapi pernyataan ini, Menteri Agama mengatakan idealnya memang tidak ada kenaikan biaya haji. “Namun

asumsi dasar masih bisa berubah-ubah dan ini (pemaparan) masih berupa draf,” katanya, seperti diberitakan Tempo. Penurunan biaya haji, kata Suryadharma, tergantung harga avtur, tiket pesawat, dan nilai tukar rupiah. Untuk transportasi jemaah haji, pihaknya sampai saat ini belum menerima penawaran harga dari perusahaan penerbangan. Untuk ibadah haji khusus, pemerintah menetapkan biaya minimal sebesar US$ 6.500. Penyelenggaraannya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyelenggara ibadah haji khusus. Indonesia, menurut Suryadharma, akan meminta tambahan kuota sebanyak 24 ribu kepada Kerajaan Arab Saudi. Saat ini sudah terdata 211 ribu calon haji. Perinciannya, jemaah haji biasa 194

menerjangkan kawasan itu tiga tahun lalu. Karenanya, tiap sepekan sekali, PT KA biasanya melakukan pemantauan dan menambal amblesan rel dengan material batu. Selain ambles, rel kereta yang melalui kawasan porong khususnya di sekitar Desa Siring juga terancam genangan air. Apalagi, sejak kemarin luberan air telah menggenangi jalan raya porong dan hampir menenggelamkan rel kereta. Untuk mengantisipasinya, PT KA telah menerapkan semboyan 2B atau peringa-

tan kepada kereta untuk memperlambat laju maksimal 10 km/jam. “Jika kondisi terus memburuk, semboyan akan kita tingkatkan menjadi 2A atau maksimal perjalanan 5 km/jam,” tambah Herry, seperti diberitakan Tempo. Peningkatan semboyan 2A ini, menurut dia dilakukan jika rel benar-benar tergenang air atau lumpur hingga batas maksimal 30 cm diatas rel. “Kalau genangan diatas 30 cm diatas rel ya KA tidak boleh lagi lewat,” ungkapnya.

Lumpur Lapindo bikin ambles rel KA Oleh Lintang

SUBSIDENT (amblesan tanah) yang terjadi di sekitar luapan lumpur lapindo ternyata membuat rel kereta api yang melintang di kawasan itu ikut ambles. “Dari pantauan kami, kemarin rel ambles 0,8 sampai 2 cm,” kata Koordinator Humas PT KA Daerah Operasi VIII Surabaya, Harry C Winarno, kepada Tempo, Selasa (20/4). Amblesan seperti ini, menurut Herry sering terjadi sejak luberan lumpur

ribu orang, jemaah haji khusus 17 ribu orang. Anggota Komisi VIII dari Fraksi Demokrat, Muhammad Baghowi, secara terpisah mengatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2009 masih menyisakan berbagai masalah, baik soal transportasi, pemondokan, maupun katering. Menurut Baghowi, ada indikasi pem-

25

bengkakan anggaran, penyelewengan, inefisiensi, pembohongan publik, dan bahkan pelanggaran terhadap UndangUndang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Baghowi mendesak agar segera dilakukan audit investigasi khusus oleh BPK dan BPKP ihwal penggunaan dana penyelenggaraan haji tahun 2009.


26

BULLETIN

7 May 2010

Menggali makna sebuah kegagalan Oleh Ally Dalijo

MERAYAKAN milad pertama, Komunitas Kreatif Cinta Damai (KKCD) mengundang Hj. Lutfiah Sungkar dalam acara tausyiah dan konsultasi di Masjid Tsim Sha Tsui, Minggu (2/5). KKCD merupakan komunitas yang terbentuk secara tidak sengaja di dunia maya, yakni www.mivo,tv yang bermarkas di Jakarta. Adapun anggota KKCD merupakan migran/perantau Indonesia yang terse-

ACARA KKCD di Hong Kong bar di beberapa negara, baik berprofesi sebagai pekerja maupun yang berpro-

fesi sebagai pelajar. Selain menjalin tali silaturahim antar migran, KKCD nantinya juga berharap mampu meluruskan pandangan miring terhadap migran di suatu negara. “Selama ini kan banyak tuh pandangan miring tentang migran di Hong Kong, Jepang, Korea dan lainnya. Nah itu yang ingin kita luruskan, bahwa migran di sana memiliki juga kegiatan yang positif. Salah satu contohnya ya seperti pengajian ini,” kata Maqhia, ketua panitia pangajian KKCD.

Meraup ilmu selama bekerja di Hong Kong Oleh Ally Dalijo

DENGAN tema “Ilmu adalah cahaya, pelita hati lentera dalam kehidupan”, Forum Komunikasi Mu’minat Peduli Umat (FKMPU) mengadakan pengajian akbar di Masjid Tsim Sha Tsui, Minggu (25/4). Pengajian akbar ini diselenggarakankan dalam rangka mengenalkan Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Tazkiyatun Nisa’, Jogjakarta yang masih dalam tahap pembangunan. Hadir sebagai pembicara dalam pengajian akbar adalah 2 orang penanggung-jawab pembangunan Ponpes, yaitu Ust. Didik Purwodarsono (pimpinan Ponpes Putra Taghwinul Mubalighin, Jogjakarta) dan M. Fauzil Adhim (penulis buku bestseller Kado Pernikahan Untuk Istriku). Pengajian diikuti oleh lebih dari 800 peserta. Suasana pengajian yang

Ust Didik Purwodarsono saat memberikan ceramah di depan jamaah. berlangsung hampir sehari penuh itu menjadi cair dan tidak membosankan, karena pembicara Fauzil Adhim mampu memberikan sedikit humor segar. Dalam ceramahnya, penulis beberapa buku ini memberi pesan kepada BMI Hong Kong agar jangan malu meski berprofesi sebagai pekerja rumah tangga yang biasa disebut pembantu.

“Dimanapun anda bekerja, ambillah selalu ilmunya. Jangan segan-segan belajar. Wong belajar itu ndak harus di bangku sekolah kok,’ kata Fauzil Adhim dengan gaya yang membuat peserta pengajian sumringah. Menurutnya, justru dengan bekerja sebagai PRT di Hong Kong seharusnya bersyukur, karena bisa belajar berbagai macam hal.


BULLETIN

7 May 2010

Murah, cepat, dan mudah Layanan mobile internet dari OWTEL

DUA orang BMI sedang berbelanja di OWTEL Shop Causeway Bay. langgan kartu OWTEL bisa menikmati fasilitas berinternet unlimited selama OWTEL, salah satu pendatang baru di 30 hari sepanjang ponsel mereka menbisnis layanan telepon untuk pasar In- dukung dengan biaya hanya HK$78. donesia, terus mempergencar promosi Untuk menjadi palanggan OWTEL pun mereka dengan menghadirkan layanan- juga sangat mudah, pelangan cukup layanan baru. Selain mengubah skema datang ke OWTEL Shop dan memilih biaya langganan yang semakin murah, skema berlangganan dari yang termuOWTEL juga meluncurkan layanan me- rah sebesar HK$28 hingga HK$168 per narik lainnya, mobile internet murah bulan. per 1 Mei lalu.. Takut pulsa membengkak karena terDengan fasilitas tersebut, seluruh pe- lampau sering berinternet? Tidak perlu Oleh Fanani

takut karena biaya sebesar HK78 tersebut sudah unlimited dan yang lebih penting lagi, OWTEL tidak menerapkan sistem kontrak untuk langganan internet ini. “Pelanggan bisa memulai dan berhenti kapan saja untuk fasilitas internet ini. Jadi ini sudah murah, cepat karena kita memakai fasilitas EDGE, dan juga gampang,� terang Assistant Operation Manager OWTEL Mobile Devy IP, Minggu (2/5). Devy yakin bahwa fasilitas internet yang ditawarkan perusahaanya ini akan sukses menuai banyak pelanggan. Salah satu alasannya karena layanan yang diberikannya memiliki beberapa kelebihan dibanding layanan internet lain yang sudah ada. Misalnya saja soal tidak diperlukannya kontrak untuk pemakainnya. Dari pengalaman SUARA menggunakan mobile internet OWTEL dengan ponsel keluar China, untuk membuka halaman depan facebook cukup dalam hitungan detik meski tentu saja tidak secepat di warnet.

Galeri

Sebanyak 150 jamaah dari 12 organisasi Islam berkumpul melakukan Khutmil Quran di Tin Hau pada Minggu (18/4).

kini BCA HK telah membuka cabang di Hung Hom., tepatnya di Shop 50, Whampoa 108 Shopping Arcade, di Man Tai Street No. 19-23.

27


28

BULLETIN

PrimeCredit beri penghargaan pemenang Indo Super Referral Sementara 18 pemenang lainnya mendapat hadih souvenir. SEBANYAK 21 pemenang diberi pengSetelah acara penghargaan, seluruh hargaan dan hadiah menarik dari pemenang (21 pemenang) diundang PrimeCredit dalam acara Indo Super makan siang di Regal Hotel, Causeway Referral Campaign yang diadakan mu- Bay. Para pemenang dapat menikmati lai 2 Oktober 2009 hingga 31 Januari jamuan makan siang bersama staff 2010 bertempat di PrimeCredit cabang PrimeCredit. Sebagai penghargaan pada Causeway Bay, pada Minggu 14 March seluruh konsumen, PrimeCredit akan 2010. Para pemenang yang beruntung selalu berusaha memberikan pelayantara lain, Yuli Astutik, Saniem, Kurti- anan yang baik, serta keuntungan bagi yah Senan masuk tiga pemenang yang pelanggan yang ikut menyebarkan niat mendapatkan Samsung TV LCD 22 inch. baik PrimeCredit

7 May 2010

Oleh Lens

PARA pemenang mejeng bersama hadiah yang mereja dapatkan dari PrimeCredit.

Lomba MTQ BRIngin

seharian itu, Titin Ma’rifah akhirnya berhasil menyabet juara pertama untuk UNTUK kali kedua BRIngin Remit- lomba MTQ disusul Nur Hidayah, dan tance mengadakan lomba Musabaqoh Siti Masitoh di tempat kedua dan ke tiga. Tilawatil Quran (MTQ) dan pidato khu- Sementara untuk lomba pidato, Munasus buruh migran Indonesia (BHMI) di waroh berhasil menyabet gelar pertama Hong Kong. Dari lebih 100 peserta yang diikuti Ismiatun, Siti Indayati di posisi mengikuti seleksi pada 4-11 April lalu, 12 ke dua dan ke tiga. Selain piala bergilir, peserta berhak mau ke babak final pada Bank BRI juga menyediakan Tabungan Minggu (18/4) di Masjid Kowloon. Mas- Haji senilai total Rp 15 juta untuk para ing-masing 6 peserta untuk lomba MTQ juara. Chief Representative Bank BRI dan 6 peserta untuk lomba pidato. Hong Kong, Bambang Istiyono menDalam lomba yang nyaris berlangsung gaku gembira dengan jalannya lomba. Oleh Fanani


DUNIA KITA

7 May 2010

Malu bertanya susah dicerna “Kok tadi tidak bertanya padaku kalau kau tak bisa menggoreng ikan? Sebelum digoreng kamu adoni dengan telur dan tepung, dipotong kotak-kotak jadi tidak lengket. Lain kali bertanya dulu dan aku ajari ya tak tik menggoreng ikan dan bla...bla...bla” simbok bicara dengan sabar. “Yes, Maam,” kata Lani lirih dan malu. Ini akibat malu bertanya. Bukan

Dunia kita dalam cerita BEGINI nih kalau jadi kungyan sok tahu dan tak mau bertanya ke majikan baru. Pepatah bilang lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Masih ingat nggak apa artinya? Mungkin bagi majikan satu dengan majikan yang lain akan berbeda cara memasak dan penyajiannya. Nah ini dia cerita dari teman kita si Lani. Adalah benar bahwa dia sudah bekerja di Hong Kong selama hampir 10 tahun. Dengan majikan yang selalu memberinya rekomendasi bahwa dia adalah good cooker alias pintar masak. Masakannya selalu enak. Kemudian karena suatu hal dia harus pindah majikan yang didapatnya dari agen di bilangan Causeway Bay sana. Setelah melewati masa interview yang melelahkan dia akhirnya mendapatkan majikan di Tseung Kwan O sana. Visa kerjanya belum selesai diproses oleh imigrasi tapi majikan barunya memintanya untuk segera bekerja karena dia memang sangat membutuhkan pembantu. Dengan syarat bahwa dia tidak boleh mengangkat telepon selama berada di rumah majikan baru, Lani bilang ‘ya’. Dua hari bekerja di sana dilaluinya

SUMPAH ini bukan gosong loh mbak, cuma memang hitam sih... tanpa masalah. Soal makan malam yang disiapkannya juga mendapat pujian karena enak. Hari ketiga, simbok berpesan agar Lani memasak fish fillet yang dicampur dengan corn soup kalengan. Lani bilang ‘yes’ dia bisa masak. Madam keluar dengan anak perempuan kecilnya untuk bermain dan Lani sibuk dengan acara memasak. Dulu baginya menggoreng ikan adalah hal yang paling mudah karena pakai teflon anti lengket. Lha dimajikan ini teflon adalah hal yang harus dihindari karena tidak sehat,

tidak organic dan bisa menyebabkan penyakit kanker. Tentu saja ini hal baru bagi Lani. So dengan pedenya dia memasak dengan cara menggoreng ikan di wajan yang diyakininya pasti akan membuat daging ikan itu lengket. Apa mau dikata wong tak ada teflon yang ada wajan berwarna hitam kelam. Betul, waktu simbok pulang dari playground didapatinya si kungyan sedang berkutat dengan wajan gosong penuh daging ikan yang kini berubah menjadi hitam.

29

malu bertanya sesat di jalan tapi malu bertanya susah dicerna. Apa yang mau dimakan wong ikannya gosong dan lengket di wajan semua. Untung majikan barunya sabar kalau judes kan bisa kena semprot. Lain kali bertanya lebih dulu ya mbak? Tina Weeska


30

DUNIA KITA

7 May 2010

Cinta nyonya bertepuk sebelah tangan Dunia kita dalam cerita BAGI yang pernah mengalami, cinta bertepuk sebelah tangan adalah hal yang memilukan. Seperti yang dialami majikan Siti, Nyonya Cheung. Cinta Nyonya Cheung pada putra satu-satunya dia dibuktikan dengan kerja banting tulang dari pagi hingga petang ternyata dibalas air tuba. Beginilah cuplikan kejadiannya. Seperti biasa, malam menjelang tidur, Nyonya Cheung membacakan dongeng untuk anaknya yang tidur sekamar dengan Siti. Setelah selesai, Nyonya Cheung menanyakan sesuatu kepada anaknya yang berujung ancaman kepada sang kungyan. “Caik, siapa yang paling kamu cintai? Mami atau Daddy?” tanya si nyonya lembut. Keluarlah jawaban dari bibir mungil anaknya yang baru berumur enam tahun. “Pertama Cece, kedua Daddy, Ketiga Mami.” Mendengar urutan pertama yang dia harapkan tapi justru ditempati Siti, darah nyonya langsung naik setinggitingginya. “Timkai’a?” suaranya ikut meninggi. “Cece tiap hari bermain denganku, ngantar aku sekolah, masak untukku, pokoknya aku sayang banget sama Cece,” jawabnya seraya menghambur ke pelukan Siti. “Tidak seperti Mami

NAH.. kalau yang ini sih pasti tidak lagi bertepuk sebelah tangan tapi “Ditepukin pakai sebelah tangan!”. Jadi lain kali pakai yang lebih banyak lagi ya Nak! yang cerewet, marah-marah tiap ngajari PR,” lanjutnya. “Tapi, Mami tiap hari cari uang buat kamu, Sailo,” Siti mencoba buka suara, rasa sungkan langsung menyergapnya. Wajah nyonya memerah karena amarah. “Aku kan nggak butuh uang, Cece. Mami juga nggak pernah ngasih aku uang kok,” jawab sailo polos. Siti semakin ketir-ketir mendengar gigi simbok gemeletuk. “Siti!” bentaknya menggelegar. “Mulai besok kamu jangan dekat-dekat sama

anakku. Kalau besok dia masih bilang sayang sama kamu, segera pergi dari rumahku.” “Hah?” Siti bingung tak mengerti. “Duhai babu, malang nian nasibmu,” ratapnya pilu dalam hati. “Daddy...!” panggil nyonya kepada suaminya, “Mulai besok kamu yang ngajari PR anakmu.” Nyonya bergegas masuk ke kamarnya. Duerrr. Suara pintu dibanting mengakhiri amarahnya malam itu. Etik Widya


7 May 2010

SUARA

31


32

JAGAD

7 May 2010

SIAPA MEREKA

Seorang guru politik bagi Soekarno H.O.S Tjokroaminoto (16 Agustus 1882 – 17 Desember 1934)

ANDAI Soekarno tak pernah kos di rumah Haji Oemar Said Tjokroamonito, mungkin sejarah tak akan pernah menyatatnya sebagai pemimpin bangsa. Beruntung, Soekarno sempat tinggal di kediaman Tjokroaminoto, yang kemudian dijadikannya sebagai guru. Dari tokoh itulah, Soekarno belajar banyak dan mendapat inspirasi. Tak cuma Soekarno yang berguru pada Tjokroaminoto, melainkan juga Abikusno, Semaun, Alimin, Musso, HA Agus Salim, Kartosuwirjo, Herman Kartowisastro, KH Mas Mansyur dan lain-lain. Dari sekitar 20 nama yang berguru kepadanya itu, Soekarno kelak menjadi tokoh PNI (Partai Nasional Indonesia), Abikusno Tjokrosujoso menjadi tokoh PSII (Partai Syarikat Islam Indonesia), sementara Semaun, Alimin dan Musso menjadi pemimpin PKI (Partai Komunis Indonesia), KH Mas Mansyur aktif di Muhammadiyah. Tak berlebihan jika Tjokro dijuluki “Guru Politik” para pemimpin bangsa. Dari tangannya, lahir murid-murid yang mengusung tiga aliran politik, yang hingga kini masih berpengaruh besar di Tanah Air: Nasionalisme, Islam, dan Sosialisme. Lahir di Bakur, sebuah desa di Madiun, pada 16 Agustus 1882, Tjokroaminoto sejatinya menyandang gelar Raden Mas. Namun, ia tidak pernah menyertakan embel-embel kebangsawanan pada namanya. Ayahnya, RM Tjokroamiseno, adalah wedana alias

asisten bupati. Sedangkan sang kakek, RM Adipati Tjokronegoro, pernah menjadi bupati Ponorogo. Neneknya juga seorang puteri agung Susuhunan II dari Kerajaan Surakarta. Begitu pula isterinya, Raden Ajeng Soeharsikin, yang berayahkan patih wakil bupati Ponorogo. Tjokroaminoto adalah alumni Opleiding School voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA) di Magelang. Karena termasuk kaum bangsawan, Tjokro bisa mengenyam pendidikan di sekolah Belanda yang menyetak pegawai-pegawai pemerintah kolonial itu. Lulus dari OSVIA, pada 1902, Tjokroaminoto bekerja sebagai juru tulis di kesatuan pegawai administratif bumiputera di Ngawi. Pada 1905 di Surabaya, Tjokroaminoto bekerja pada sebuah perusahaan dagang, sambil mengikuti kursus teknisi di sebuah sekolah malam. Setelah lulus, ia bekerja di pabrik gula Rogojampi pada 1907. Mula-mula sebagai magang masinis, kemudian menjadi teknisi, hingga ia memantapkan diri untuk berkiprah di kepengurusan Syarikat Islam (SI) pada 1912. Tak lama berselang, ia dipercaya memimpin SI cabang Surabaya. Itulah awal keterlibatan Tjokro di dunia pergerakan nasional. Kongres SI kedua di Yogyakarta pada 19-20 April 1914, melejitkan namanya sebagai Ketua CSI menggantikan Samanhoedi. Di tangan Tjokro, SI mewujud menjadi organisasi politik pertama terbesar di Nusantara. Pada 1914, anggota resminya mencapai 400.000 orang, sedangkan tahun 1916 terhitung 860.000 orang. Tahun 1917 sempat menurun menjadi 825.000 orang. Pada 1918 bahkan merosot lebih drastis lagi hingga pada kisaran 450.000 orang. Namun, setahun berikutnya, 1919, keanggotaan

SI melesat sampai 2,5 juta orang. Tjokro pernah pula memimpin aksi buruh, membuka ruang pengaduan untuk rakyat di rumah dan di kantornya, membela kepentingan kaum kromo (rakyat kecil) lewat pidato dan tulisannya di media pergerakan, serta memantik rasa kebangsaan Indonesia dengan menggencarkan gagasan soal pemerintahan sendiri untuk orang Indonesia atau zelfbestuur. Tjokro juga seorang jurnalis. Ia pernah memimpin suratkabar Oetoesan Hindia yang merupakan organ internal SI sekaligus sebagai pemilik usaha percetakan Setia Oesaha di Surabaya. Juga pernah terlibat dalam Bendera Islam bersama Agus Salim, Soekarno, Mr Sartono, Sjahbudin Latief, Mohammad Roem, AM Sangadji, serta aktivis Islam dan nasionalis lainnya. Fadjar Asia pun terbit sebagai suratkabar pembela rakyat berkat kerja kerasnya bersama Agus Salim dan Kartosoewirjo. Tjokroaminoto pun piawai menulis buku, di antaranya adalah dua buku yang diberi judul Tarich Agama Islam serta Islam dan Sosialisme. Ia juga menguasai bahasa Jawa, Belanda, Melayu, dan bahasa Inggris. Bahasa Jawa mengandung kelembutan dalam bentuk dan wujudnya, juga dalam pengucapannya. Namun, dalam kata-kata lembut itu, termuat maksud dan isi yang tajam, serta seringkali berupa kiasan atau sindirian yang tak kalah menohok, dan itulah yang sering dilakukan Tjokro untuk “menghabisi” lawan bicaranya. Tjokroaminoto meninggal pada 1934 dan dimakamkan di Pakuncen, Yogyakarta. Ia tak sempat menghirup udara kemerdekaan yang diperjuangkan oleh murid-muridnya, termasuk Soekarno, yang menjadi proklamator.


7 May 2010

Antioksidan Oleh Judie

Apakah antioksidan itu? Antioksidan adalah molekul yang berkemampuan memperlambat ataupun mencegah oksidasi molekul lain. Oksidasi merupakan suatu reaksi kimia yang mentransfer electron dari satu zat ke oksidator. Reaksi oksidasi dapat menghasilkan radikal bebas dan memicu reaksi rantai, yang menyebabkan kerusakan sel tubuh. Antioksidan menghentikan reaksi berantai dengan melengkapi kekurangan electron yang dimiliki radikal bebas dan menghambat reaksi oksidasi lainnya, dengan sendirinya teroksidasi. Walaupun reaksi oksidasi sangat penting bagi kelangsungan kehidupan, ia juga dapat membahayakan. Makanya tumbuhan dan hewan memiliki berbagai jenis antioksidan dalam tubuhnya., seperti glutation, superoksida dismutase, dan peroksidase-peroksidase lainnya. Kandungan antioksidan yang rendah dapat menyebabkan stress dan merusak sel-sel tubuh. Singkat dan sederhana, Oksidan merupakan sebutan untuk zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan sel-sel yang tidak diperlukan tubuh, bahkan merusak tubuh. Antioksidan digunakan luas sebagai bahan kandungan suplemen makanan dengan harapan dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakitpenyakit, seperti kanker dan serangan sakit jantung koroner. Selain itu senyawa-senyawa antioksidan juga digunakan dalam bidang industri, misalnya sebagai pengawet makanan dan kosmetik, yang aman untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya kalau kandungan antioksi-

HEALTH & BEAUTY

dan dalam suplemen makanan berlebihan dan mengkonsumsinya juga berlebihan tidak bagus juga untuk tubuh, malah bisa membahayakan. Kandungan antioksidan dalam suplemen kesehatan Dr Smith yang diproduksi oleh perusahaan terbesar di New Zealand, yang dikerjakan oleh para ahli kimia yang berpengalaman sangat imbang dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan produknya yang natural dan asli, sangat aman dikonsumsi dari waktu ke waktu untuk mejaga kesehatan, dan dengan antioksidannya yang seimbang diharapkan dapat mencegah dan sekaligus

membunuh sel-sel kanker. Suplemen kesehatan Dr Smith juga aman untuk menjaga kesehatan jantung, bahkan dapat memperkuat kondisi jantung dan paru-paru. Dikuti dari healthwkipedia.

33


34

SELEBRITI

7 May 2010

Radja tak takut ditinggal penggemar Oleh Lintang

DUA personel Radja, Seno dan Indra memilih cabut dari grup band Radja. Kini, dalam grup band tersebut hanya tersisa Ian dan Moldy. Keduanya optimistis Radja tak akan ditinggal penggemar meski harus ganti personel. “Kita nggak takut ditinggal fans. Kenapa mesti takut. Kita akan berikan yang terbaik. Radja memberikan lagu yang bisa dinikmati,” kata Moldy saat ditemui di FX Plaza, Jakarta, Rabu (28/4). Meski kini tinggal berdua, Ian dan Moldy berjanji tak akan mengecewakan para penggemarnya. Mereka pun akan segera mencari personel baru untuk menggantikan posisi Indra dan Seno. Adik kakak ini rela melepas dua rekannya tersebut. “Radja tak pernah bubar. Radja akan tetap ada. Kita rela melepas Seno dan Indra. Kita memang sempat sedih tapi akhirnya kita bisa menerima,”

RADJA saat masih komplit. Kini hanya tersisa Ian dan Moldy. ucap Ian, seperti diberitakan Vivanews. com. Untuk mencari pengganti dua rekannya yang keluar, Ian dan Moldy memutuskan melakukan audisi agar segera mendapatkan tambahan personel.

Sejauh ini saat manggung mereka hanya berdua saja. Dan menurut keduanya itu tak mengganggu penampilan. “Semua biasa saja. Apapun yang terjadi Radja masih ada karena pecinta musik Radja masih ada,” ujarnya.

Agnes Monica jadi duta antitrafficking Oleh Lintang

PENYANYI Agnes Monica didaulat jadi duta antiperdagangan manusia oleh program Music Televisi yang bertajuk End Exploitation and Trafficking ( MTV EXIT). Di program tersebut, gadis berdarah Tionghoa ini akan tampil, antara lain bersama Superman Is Dead, di Surabaya akhir Mei dan J-Rock, Kotak, serta She di Jakarta, awal Juni nanti. “Kita kampanye bahaya perdagangan manusia di sana,”

tutur Agnes pada hari pengukuhannya di Jakarta Pusat, Senin (26/4). Tidak urung, Agnes sempat gelagapan dengan kepercayaan tersebut. Ia sampai merasa perlu dibantu dengan selembar kertas. “I’m shock. Saya tidak tahu harus ngomong apa,” akunya. Pasalnya, bagi Agnes, materi trafficking lumayan memeras otak. “Supaya lebih gampang, saya nulis-nulis dulu tadi,” terang Agnes. Agnes sudah punya program kampanye awas perdagangan AGNES Monica manusia. Selain mentas di konser.


36

SELEBRITI

7 May 2010

Maia: Artis maju pilkada aji mumpung puan dan memaksa maju, penyanyi Mia MAIA Estianty mengimbau agar rekanmenyayangkan hal nya sesama artis tidak menjadikan ajang itu. Kalau mereka pemilihan umum kepala daerah sebagai pintar dan punya naaji mumpung. Nama-nama seperti Rano sionalisme terhadap Karno, Dede Yusuf, Diky Chandra mebangsa, tak masalah mang telah membuktikan mampu MAIA mereka maju menggaet hati masyarakat dan akhirnya “Kalau mereka duduk menjadi wakil wali kota, wakil masuknya karena aji mumpung mendbupati atuapun wakil gubernur. ing tidak usah saja. Tapi kalau artis itu Namun, kalau tidak punya kemam- pintar dan punya nasionalisme terhadap Oleh Lintang

bangsanya ya tidak masalah,” ujar mantan stri Ahmad Dhani, di Yogyakarta, Kamis (29/4). Janda beranak tiga ini, seperti diberitakan Vivanews.com, juga menyatakan ada beberapa teman artis yang dinilai pintar-pintar meski tidak banyak. Yang kini maju kebanyakan aji mumpung. Meski demikian, lanjut dia karena yang dibutuhkan di Indonesia adalah pemimpin yang dipilih langsung maka yang dibutuhkan adalah sosok yang ngetop.

“SAYA besarkan anak tidak mementingkan prestasi. Itu tidak menunjukkan kepintaran,” ungkap Ahmad Dhani.

Tak pentingkan gelar sarjana untuk anak Oleh Lintang

MUSISI Ahmad Dhani kembali membuat pernyataan kontroversi. Kali ini, seputar jenjang akhir pendidikan yang harus diselesaikan tiga anaknya. Dhani mematok target Al, El, dan Dul menyelesaikan jenjang pendidikan, minimal sampai Sekolah Menengah Atas. Setelah itu, ia berniat membebaskan mereka membuat pilihan, stop atau lanjut ke perguruan tinggi. “Asal anakanak saya tidak berakhir jadi pegawai,” tutur mantan suami Maia Estianty itu di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (27/4) malam. Pria berusia 37 tahun itu tidak menganggap penting gelar akademik. Di matanya, sarjana atau bukan, yang terpenting Al, El, dan Dul harus bisa

berkreasi. “Seperi yang saya capai saat ini bukan didapat dari bangku sekolah atau kuliah. Saya belajar otodidak dari orang-orang besar, seperti pada bos-bos perusahaan,” jelas Dhani, seperti diberitakan Tempo. Sehingga, Dhani tidak terlalu risau dengan nilai sekolah yang diperoleh, seperti yang didapat Al pada Ujian Akhir Nasional, tahun kemarin. Al panggilan akrab Muhammad Al Ghazali dikabarkan sempat tidak lulus Sekolah Dasar, sebelum mengikuti ujian persamaan paket C. “Saya membesarkan anak itu tidak pentingkan prestasi. Itu tidak menunjukan kepintaran,” kilah bos Republik Cinta Management itu. Pria kelahiran Surabaya, 26 Mei ini lebih suka membiarkan anak-anaknya bebas mengeksplorasi minat dan bakat mereka.


7 May 2010

Janji berantas “markus”

SELEBRITI

Saipul Jamil siapkan tanggal nikah

tingkat pengawasan di internal institusi. Saking marahnya terhadap markus, ia WANDA Hamidah mengaku merasa tak menyia-nyiakan kesempatan unsenang dapat berjumpa langsung den- tuk mencurahkan emosinya. Namun, gan makelar kasus alias markus. Wanda emosi Wanda berubah dan hanya sebatak menyangka dengan profesi barunya tas kata-kata. Luapan emosinya malah SAIPUL Jamil sebagai politisi ternyata mampu “men- tercurahkan di atas kertas puisi berjudul guasai” sosok markus yang kini kerap Markus karya Johannes Sugianto. Wanmenghiasi layar televisi. da mengaku, tak kesulitan membacakan Sejak kasus penggelapan dana wajib puisi yang baru dipelajarinya tak lebih pajak Gayus Tambunan meledak, Wan- dari satu jam itu. “Senang, tapi tetap da tampak geram. Seolah, bagi mantan santai. Puisi yang saya bacakan lagi model era 90-an ini, profesi itu sebagai booming dan menyindir dengan sangat salah satu bentuk masih burukn- y a dalam dan mengena,” kata Wanda ketika tampil di acara Paguyuban Sastra “Seni mengajarkan Rabu Malam Reboan, di Warung Aprekita kejujuran,’ ujar siasi, Jakarta, Rabu (28/4) malam. Wanda Hamidah. Kepiawaian Wanda membacakan puisi bukan yang pertama kalinya. Bersama Paguyuban Reboan, Wanda mengaku sering diundang untuk membacakan karya-karya sastra. Baginya, seperti diberitakan Tempo, pengetahuan terhadap seni dapat mendekatkan diri kepada Tuhan. Sebab, Wanda berpendapat, karya seni dihasilkan berlandaskan kekuatan hati yang jujur. “Seni mengajarkan kita kejujuran. Sastrawan itu dalam membuat karya dari dalam hatinya. Itu penting dimiliki oleh politisi, didunia politik itu kan penuh dengan ketidakjujuran,” celetuk Wanda. Ke depan, Wanda berjanji akan memberantas markus. Oleh Lintang

37 mis (29/4) malam, seperti diberitakan Vivanews.com. SAIPUL Jamil mengaku telah menemuPerempuan yang kini sedang mengkan perempuan sesuai dengan idaman isi hati Ipul bernama Dewi Amanda. hatinya. Saipul menuturkan dirinya Ipul menuturkan bila kehadiran Dewi siap menuju ke pelaminan dengan pacar Amanda mewarnai hidupnya yang sepi barunya tersebut. Pria yang akrab disapa sejak bercerai dari mantan istrinya, Dewi Ipul ini juga telah mempersiapkan tang- Persik. Tak hanya itu, Ipul juga bilang gal pernikahannya. “Kayaknya nggak kekasih barunya itu membawa keberunjadi September, diundur jadinya bulan tungan untuknya. “Dia orangnya baik Januari. Tanggal idaman gue tanggal 11 dan pintar. Dia sabar menghadapi gue bulan 1 tahun 2011. Kalau nggak mele- dan dia juga membawa keberuntungan set, Insya Allah,” kata Saipul Jamil, Ka- buat diri gue,” ucapnya. Oleh Lintang


KEHIDUPAN

38 Zodiak

Ada persoalan yang harus segera diselesaikan sehubungan dengan masalah keluarga. Jangan merasa paling benar, cobalah pahami juga pendapat orang lain. Barangkali justru kamu akan mendapat pelajaran yang sangat berharga. Ingat tidak ada manusia yang sempurna.

Masalah pekerjaan memang kadang membuat pikiran bosan atau jenuh. Walau begitu jangan lantas pesimis dan menyerah. Luangkan waktu untuk sekadar refreshing seperti pergi ke tempat wisata atau kumpul bersama teman-teman yang lama tidak bertemu.

Keuangan: Normal Asmara: Ada masalah pelik Kesehatan: Tak ada masalah Hari baik: Sabtu Pekerjaan: Tetaplah dijalur kamu.

Keuangan: Ada tambahan Asmara: Mesti pengertian Kesehatan: Kurang menggembirakan Hari baik: Rabu Pekerjaan: Jangan paksakan diri jika tak mampu.

Sampai lenyap di tikungan an mendadak saja terngiang....

7 Perlu hati-hati dalam waktu dekat akan ada masalah yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Makanya kamu mesti jaga sikap dalam bergaul, lebih sabar dan rendah hati. Hindari berdebat yang tidak perlu lebih baik mengalah. Percayalah Tuhan Maha Adil.

Ada tawaran menarik dari kolegamu. Pertimbangkan dengan matang sebelum ambil keputusan. Jika kamu ragu lebih baik ditunda dulu. Saat ini kamu sedang membutuhkan dana besar untuk keluarga. Jaga emosi kamu jika ada yang kurang berkenan di hati.

Keuangan: Hindari utang Asmara: Jangan bikin ulah Kesehatan: Jaga stamina Hari baik: Selasa Pekerjaan: Hindari masalah di lingkungan kerja.

Keuangan: Ekstra hemat Asmara: Gangguan pihak ketiga Kesehatan: Waspadai penyakit lama Hari baik: Selasa Pekerjaan: Jangan ragu jika ada kesempatan

Jangan plin-plan, itu menandakan kamu tidak bisa dipercaya karena kelemahan kamu ini. Hati-hati petemuan dengan teman lama bisa jadi merugikan diri kamu sendiri. Bagi yang sudah berumah tangga mengalami sedikit gangguan dalam kehidupan rumah tangga.

Kerjakan semua tugas dengan sungguh-sungguh, sebisa mungkin hindari masalah yang tidak perlu. Meski kondisi kurang mendukung, tidak perlu selalu mengeluh apalagi putus asa. Yakinlah bahwa semua akan kembali normal jika kamu benar-benar serius. Serahkan sumua pada Tuhan.

Keuangan: Hati-hati penipuan Asmara: Yang wajar saja Kesehatan: Cukup prima Hari baik: Kamis Pekerjaan: Tentukan arah dan tujuan.

Keuangan: Banyak pengeluaran Asmara: Jangan sepelekan masalah Kesehatan: Perlu istirahat cukup Hari baik: Sabtu Pekerjaan: Bakal ada masalah ditempat kerja.

Kelihatannya hidupmu terlalu monoton, kurang berwarna sehingga kamu merasa kesepian dan bosan. Lebih baik buka diri dalam pergaulan. Kamu pasti akan mendapatkan sesuatu yang berbeda dan tidak monoton sehingga akan bersemangat menjalani kehidupan kamu.

Bakal ada masalah di tempat kerja jika tidak berhatihati. Lebih baik hindari masalah dengan orang lain daripada kamu terjebak dalam masalah. Jangan bersikap arogan dan memaksakan diri. Hindari selalu berpikir negatif kepada orang lain yang belum tentu kebenarannya.

Keuangan: Mesti bersabar Asmara: Segera bicarakan jika ada masalah Kesehatan: Waspadai cuaca kurang bersahabat Hari baik: Minggu Pekerjaan: Tingkatkan waktu untuk bersosialisasi.

Keuangan: Kurangi keborosanmu Asmara: Cukup menyenangkan Kesehatan: Gangguan perut Hari baik: Sabtu Pekerjaan: Hati-hati posisi kamu sedang lemah.

Jangan mengungkit masalah yang sudah berlalu bisa-bisa malah timbul masalah baru. Perkembangan karier cukup meningkat dengan cepat, namun jangan sampai melukai hati orang lain. Hubungan dengan keluarga ada sedikit masalah yang kurang harmonis.

Bekerjalah secara terencana dan lebih fokus. kamu perlu mengatur kembali jadwal kerja yang lebih jelas sehingga tidak terjadi lagi masalah. Ikuti saja aturan yang ada jangan coba untuk melawan. Sebaiknya kamu bertindak lebih selektif dalam menerima tawaran baru.

Keuangan: Jangan terjebak utang Asmara: Ada masalah Kesehatan: Konsumsi suplemen Hari baik: Jumat Pekerjaan: Jangan memperkeruh keadaan.

Keuangan: Lumayan lancar Asmara: Meski ada yang mengalah Kesehatan: Waspadai gangguan pinggang Hari baik: kamis Pekerjaan: Tidak ada masalah berarti.

Seiring dengan waktu, karier kamu juga semakin baik. Namun begitu jangan lantas bersikap angkuh dan memandang rendah orang lain. Yang penting selesaikan tugas kamu dengan baik. Kesabaran dan ketekunan adalah kunci mencapai sukses. Jadi jangan cepat berputus asa.

Jerih payah kamu selama ini mulai menunjukkan hasil. Peruntungan juga sedang bagus, meski begitu jangan lupa untuk tetap mempertahankan kinerja kamu. Jangan mudah terbuai atas keberhasilan yang telah kamu capai. Mempertahankan lebih sulih daripada mendapatkan.

Keuangan: menabung untuk hari depan Asmara: Segera tentukan pilihan Kesehatan: Hindari keluar malam Hari baik: Senin Pekerjaan: Mulai ada titik terang.

Keuangan: Ada pemasukan lebih Asmara: Banyak pilihan malah bingung Kesehatan: Gangguan sakit pinggang Hari baik: Sabtu Pekerjaan: Jika direncanakan segera direalisasikan.

Nomor-nomor Penting KJRI : Christian Action-DMW : Kotkiho : Islamic Union :

2890 4421 2739 6193 2576 4563 2893 5704 2838 1514

Bantuan Darurat : 999 Polisi : 2525 7717 / 2527 7177 Rumah Sakit : 2300 6555 Imigrasi HK : 2824 6111 Labour Dept : 2852 3535

Notice to advertisers Advertisers are responsible for the content and accuracy of their advertisements. SUARA will not be liable for inaccurate advertising and/or legal disputes involving third parties.

7 May 2010

Jula-juli Cinta Mini

Cerbung Massakerah Tosin

LANGIT tersaput mendung berduyun. Begitupun hati Mini karena pikiran yang terayun-ayun bingung. Di halaman, gegas langkahnya terhenti. Mandheg greg karena judheg. Kata Rukhin benar belaka, ”Gak sakno ambek anak-anakmu ta ya’opo?” Karena gelisah karena marah, Mini lupa, dia bukan hanya istri Kardi melainkan juga ibu bagi dua anak mereka. Ibu! Ah, benarkah aku ini ibu, jika hanya karena geger dengan suami, mudah saja pergi tanpa pamit lari tanpa permisi? Ibu! Benarkah aku ini ibu, jika tak memberikan kehangatan sayap bagi anak-anak ayam yang bertahun kehilangan induk dan sabar menunggu untuk kembali bertemu? Ibu! Benarkah aku ini ibu, jika tak mampu menahan sakit demi anak, demi keluarga, demi segala yang baik-baik? Mini terpaku karena gugatan-gugatan itu. Apalagi hanya sedetik dua kemudian, karena malam pernikahan yang indah memang tak akan pernah lekang, kidungan Cak Ipin tentang urip bebray-

Wong bebojoan ngono gak kanggo sedino rong dino mulo usahakno dadi sampek tuwo ayok sing rukun koyok mimi lan mintuno supoyo diconto barek anak putu kito… Mini tersentak karena sentuhan di punggung. Dia menoleh. Rukhin tersenyum, berusaha tersenyum, meski wajahnya juga teramat mendung. ”Takterno ta?” tanya Rukhin. Mini menggeleng. *****

Dheg! Kardi terlalu kaget untuk bisa menjawab. Dalam hitungan detik... KARDI yang ragu termangu di pasar, tak ingin menambah rusuh hati. Dia putuskan menekan tombol ”tolak”. Tapi tak lama, hapenya kembali berderik dan bergetar. Dari dia lagi! Seperti tak ingin ada yang tahu, bahkan angin lewat pun jangan, terburu-buru dia tekan tombol ”tolak” itu. Terburu-buru pula dia masukkan hape ke dalam saku. Tiga menitan kemudian, berderik dan bergetar tapi tak lama. Hanya sms. Dia lagi? Atau Mini? Ternyata... Dia! Dia yang bukan Mini bukan Rukhin. Kardi membaca pesan itu dengan hati yang makin rusuh: ” Wah, mentang-mentang istri pulang, terus habis manis sepah dibuang. Ojok ngono po’o, Rek...” Kardi segera menulis sms balasan tapi segera pula menghapus, menulis, menghapus, menulis lagi, menghapus lagi. Khawatir benar dia. Khawatir jawa-

bannya tak melerai tapi malah membuat yang kirim sms marah lalu nekat ke rumah. Oooo.... Membayangkan saja dia tak sanggup, apalagi menghadapi pertengkaran yang bakal mempermalukan seluruh keluarga. Maka dia biarkan sms itu menggantung tanpa jawaban seperti mendung yang terus menggelantung tanpa turun hujan. Tapi, inilah persoalan Kardi kini, tetap termangu tak jelas di sekitar pasar, kembali jalan tak tentu arah atau pulang dan bertemu Mini yang pastilah pasti bertanya lagi. Yang paling nalar tentu saja segera pulang. Apa kata tetangga, apa kata sanak saudara, jika mereka tahu apa yang terjadi? ”Wong lanang gak tanggung jawab! Cengeng! Pengecut!” Kardi berkidik. Seumur hidup belum pernah dia mendapat cercaan semacam itu dari siapa pun. Rekor tak boleh pecah, tak boleh tumbang. Dia stater motor, memutar arah, menuju rumah. ”Cak! Cak Kardi!” Kardi urung ngegas, mengembalikan posisi gigi motor ke nol, menoleh ke belakang, dan melihat seraut wajah yang sangat dia kenal. Fakih, tetangga ujung kampung yang setiap hari ke pasar untuk menawarkan burung atau ayam jago peliharaan itu, menghampiri dan bertanya dengan nada menyelidik,”Sampean nok kene wis suwe ta? Kit jam piro?” ”Setengah wolu be’e...” ”Oooo...” ”Opo’o?” ”Gak, gak popo. Cumak pas ape budhal nang pasar, awak iki wero Ning Mini nggowo tas koper nok ngarep oma, ambek Ning Rukhin. Bojone sampean ape lungo nang endi?” Dheg! Kardi terlalu kaget untuk bisa menjawab. Dalam hitungan detik, seperti robot yang tergerak secara otomatis, dia injak tuas gigi motor, masuk satu, dan werrrr....!!! Giliran Fakih yang kaget terlongong terbengong, menatap punggung Kardi sampai lenyap di tikungan dekat toko kelontong... (Bersambung)

Kamus ketawa-ketiwi Tolong Pegangan yang Erat Udin mengantarkan neneknya berobat ke dokter, naik sepeda motor. Udin: Ayo Nek, naik boncengan, jangan lupa pengangan yang erat ya. Nenek: Iya, ini juga nenek sudah pegangan erat kok. Udin: Jangan lupa pengangannya yang erat ya, Nek! (kata Udin lagi mengingatkan) Nenek: Iya, Nenek sudah pegangan yang erat, cerewet amat. Udin: Ok, kalau begitu kita berangkat ya, Nek. Udin lalu mulai menarik gas motornya. Tiba-tiba terdengar benda jatuh. BRUAAAAKKKK!!! Udin kaget, lalu menoleh ke belakang, ternyata si nenek terjatuh dari motor. Udin: Lho kok bisa jatuh sih, Nek? Nenek nggak pengangan ya? Nenek: Nenek malah pegangan erat kok! Udin: Memangnya Nenek pengangan di mana? Nenek: Di pagar rumah. Harga otak cewek vs cowok Di sebuah rumah sakit, beberapa orang tampak berkumpul di ruang tunggu menunggu keluarganya yang sakit. Tak berapa lama kemudian dokter datang. Sambil menarik napas panjang si dokter berkata, “Satu-satunya jalan agar ia tetap hidup adalah dengan transplantasi otak. Agak beresiko dan Anda harus membeli otaknya sendiri.” Semua kerabat terdiam dan setelah beberapa saat, seseorang bertanya, “Berapa harga otaknya?”

murah karena sebenarnya otak wanita biasanya telah sering dipakai sementara otak pria biasanya jarang dipakai jadi masih dalam kondisi bagus. Sumur keramat Sepasang suami istri datang ke sebuah sumur keramat untuk meminta berkah. Pertama, si suami melemparkan kembang ke dalamnya dan komat-kamit membacakan doa dan keinginannya. Kemudian giliran istrinya yang akan memanjatkan keinginan. Si istri terlalu dalam menunduk sehingga jatuh ke dalam sumur dan mati tenggelam. “Wow, terkabul! Benar-benar sumur keramat,” kata si suami berseru.

Si dokter menjawab, “5.000 dolar untuk otak lelaki dan 2.000 dolar untuk otak perempuan.” Situasi berubah jadi sedikit canggung. Para pria menahan tawa, dan mencoba untuk tidak menatap mata para wanita. Karena tak mampu menahan rasa penasaran, salah seorang pria bertanya, “Mengapa otak laki-laki lebih mahal?” Si dokter tersenyum bijak dan berkata, “Ya karena kita harus menghargai kualitas barang. Kami harus menghargai otak wanita lebih

Es rumput laut Terlalu hausnya, budi segera berhenti ketika melihat seorang penjual es. Budi: Bang, jual es apa Bang? Penjual es: Es rumput laut Mas... Budi: Beli satu gelas dong Bang... Penjual es: OK, ini Mas.. esnya.. Budi: (Sambil memuntahkan minumannya.) Howeek... Minuman apaan ini Bang? Penjual es: Ya es rumput laut Mas Budi: Hah... tapi kok rasanya kayak begini? Penjual es : Iya Mas, rumputnya saya ambil dari lapangan sebelah tapi airnya asli dari laut loh Mas.


40

SUARA

7 May 2010


SUARA May 2010 Main