Page 1

Th

26 Maret 2003-26 Maret 2018

TAMPIL TERDEPAN

RABU, 11 JULI 2018

ECERAN: Rp 5.000,-

Art: rizky izzy

Oknum Petugas Rutan Ditangkap AGK: Pilkada Belum Selesai TERNATE – Calon petahana Pemilihan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (AGK), akhirnya angkat bicara terkait hasil pilgub kemarin. AGK yang sebelumnya sempat bungkam menuturkan, hingga kini pilkada Malut belum selesai. Pasalnya, masih ada tahapan sengketa perselisihan hasil pilkada (PHP) yang diajukan timnya ke Mahkamah Konstitusi (MK). ”Jadi belum selesai,” tuturnya saat ditemui di sela peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 di gedung Duafa Center, Selasa (10/7). Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera ini, pihaknya masih menunggu putusan MK. “Kan masih ada MK. Tunggu saja keputusan MK,” sambungnya. Meski pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kabupaten/ kota hingga provinsi menempatkan dirinya sebagai peraih suara terbanyak kedua, AGK bersikukuh belum menerima kemenangan lawannya Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai). Sebab masih ada sejumlah dugaan pelanggaran pemilu yang dilaporkan timnya ke MK.

Terlibat Narkoba, Kakanwil Tegaskan Pemecatan

Inggris gris vs Kroasia Stadion adion : Luzhniki Stadium, Moskow Live : K-Vision, Kamis (12/7) pukul 01.00 WIB

Duel Hidup Mati MOSKOW - Laga aga ini menjadi menarik, karena Kroasia dan Inggris belum pernah bentrok entrok di pentas Piala Dunia. Bisa dibayangkan, yangkan, betapa keduanya sangatt mengharapkan Terlebih, kemenangan. Ter rlebih ini duel rlebih, nal, Kamis (12/7) bergengsi: semifi final, dini hari nanti dii Luzhniki Stadium, Moskow. Moskow w. Hanya yang kemenangan yan ng bisa Kroasia membawa Kroas sia atau Inggris ke final. n Itu berarti, peluang peluaang memenanguntuk memenan ngkan Piala Dunia 2018 2 kian terbuka leba ar. Bagi lebar. Kroasia, ini meru upakan merupakan semifinal kedua. Mereka melakukannya p ertama kali pertama pada 1998, kala Piala P Dunia dihelat di Prancis s. Prancis.

NOFLI

TERNATE – Belum juga tuntas pengungkapan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Ternate, keterlibatan narkoba kembali mencoreng nama Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara. Kali ini, seorang petugas Rumah Tahanan Klas IIB Ternate dicokok petugas. Petugas berinisial KML itu ditangkap Senin (9/7) kemarin oleh Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Ternate. Informasi yang dikantongi Malut Post, KML telah diamankan di Mapolres Ternate beserta barang bukti. Kasat Narkoba Polres Ternate Iptu Paultri saat dikonfirmasi kemarin (10/7) membenarkan adanya penangkapan tersebut. Meski begitu, kepolisian mengaku belum bisa menjabarkan lebih detail lantaran kasus tersebut masih dikembangkan. “Iya, adanya penangkapan oknum petugas rutan dengan inisal KML. Tapi kasus itu masih terus kita kembangkan untuk mengetahui tersangka lain. Yang jelas kita amankan juga barang bukti narkotika sabu lengkap dengan alat isap,” ungkap Paultri.

HARRY H HA HAR ARR AR RY Y Kane Kan

Baca B aca DUEL... H.11 H.111

Baca AGK... H.8

Baca RUTAN... H.8

Info Haji

Unggul Set Piece, Inggris ke Final

Sidik Jari dan Biometrik Dilakukan di Embarkasi SOFIFI - Panitia haji bersama embarkasi Makassar terus membenahi pelayanan untuk memudahkan para jamaah. Salah satu kebijakan baru yang diambil adalah pengambilan sidik jari dan foto biometrik imigrasi yang selama ini dilakukan di bandara Arab Saudi, tahun ini sudah bisa dilakukan di asrama haji Makassar. Kebijakan ini disampaikan melalui rapat bersama panitia haji Maluku Utara dengan pihak embarkasi Makassar kemarin (10/7). “Jadi jamaah haji tidak lagi antre atau berdiri lamalama di bandara hanya untuk dilakukan foto dan sidik jari. Petugas embarkasi akan mengambil sidik jari dan foto di asrama, Baca EMBARKASI... H.8

Oknum Petugas Rutan Ditangkap Pasti penasaran rasanya jadi tahanan

Tukang Kuti AGK: Pilkada Belum Selesai Yaaah, namanya juga klaim. Apa saja boleh

ASGAR Saleh

WEMBLEY 21 November 2007, Inggris yang hanya butuh hasil seri untuk lolos ke Euro 2008 Austria-Swiss memulai laga dengan percaya diri. Lawannya adalah Kroasia. Negeri pecahan Yugoslavia ini bukan unggulan grup. Namun Wembley hari itu adalah tragedi. The Three Lions di luar dugaan ditumbangkan Luca Modric dkk. Gol Niko Kranjcar, Ivica Olic dan Mladen Petric hanya mampu dibalas gol Frank Lampard dan Peter Crouch. Inggris gagal berpartisipasi di Euro 2008. Kekalahan ini memang direvans dengan hasil yang sama di kualifikasi PD 2010. Kroasia dipecundangi 4-1 di kandang dan menang 5 -1 saat bermain di Wembley. Inggris lolos ke Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

Lahabato Gabung PKB, Siap Maju DPR RI

LUKA Modric

Itulah gambaran real pertemuan kedua tim sebelum bentrok dini hari nanti di Luzhniki Stadium Moskow. Bicara Russia 2018, Kroasia jadi tim yang 100 persen menang dalam lima laga sebelumnya. Skuad asuhan Zlatko Dalic ini bahkan menghancurkan Argentina 3 - 0 di penyisihan grup. Mereka sukses mencetak 9 gol dari delapan pencetak gol berbeda. Kunci kekuatan utama Kroasia ada pada duet La Liga, Ivan Rakitic (Barcelona) dan Luca Modric (Real Madrid). Sedangkan skuad asuhan Gareth Southgate juga tampil impresif. Dengan kekuatan pemain muda, Inggris sejauh ini stabil meski sempat kalah lawan Belgia di penyisihan grup. Kekalahan yang lebih dikarenakan alasan teknis agar mereka terhindar dari grup berat di babak knock out. Kekuatan utama Inggris sejauh ini adalah efektif memanfaatkan set piece. Dari 11 gol yang dibuat Hary Kane dkk, 8 gol berasal dari set piece. Bahkan Kane yang jadi top skor sementara dengan 6 gol belum pernah membuat gol dari open play.

LAHABATO FOR MALUT POST

BERGABUNG: Anggota DPD RI Abd. Rahman Lahabato (kanan) saat bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Senin (9/7)

TERNATE – Gebrakan besar diambil Hi. Abd. Rahman Lahabato dalam karier politiknya. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Maluku Utara ini memutuskan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tak hanya itu, Lahabato juga mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon legislatif untuk DPR RI dapil Malut. Lahabato menegaskan, keputusannya bergabung dengan partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu didorong oleh sejumlah alasan mendasar. Senator dua periode itu menjabarkan, alasan pertama ia menjadi politikus PKB adalah lantaran dirinya memiliki pandangan dan paham yang sama dengan ideologi partai tersebut.

Baca UNGGUL... H.11

Baca LAHABATO... H.8

Ketika “Musim” Bun Upas Turun di Dataran Tinggi Dieng

Petani Kentang Pasrah, Produsen Carica Panen Basah, mengeras, kering, kemudian mati. Begitulah nasib kebun kentang di Dataran Tinggi Dieng setiap bun upas turun. Meski begitu, bagi sebagian masyarakat setempat, bun upas memberikan berkah. Kedatangannya ditunggu-tunggu.

BUN UPAS: Kawasan Candi Arjuna di Dieng tertutup es, Sabtu (7/7). Hal itu dikarenakan suhu dingin yang melanda kawasan tersebut beberapa hari terakhir. Foto lain, petani kentang di Dataran Tinggi Dieng mencabuti kentang yang rontok akibat diterjang bun upas

Sahrul Yunizar, BanjarnegaraWonosobo

JUMAT (6/7) pagi itu seperti biasa Purwandi berikut perkakas bertaninya sudah bersiap berangkat. Selepas subuh, pria 52 tahun tersebut bergegas menuju kebun kentang miliknya. Hawa dingin menusuk tulang di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, pagi itu tak dihiraukannya. Kebun kentang tersebut terletak satu kompleks dengan Candi Arjuna di Dusun Karangsari, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasi itu hari-hari ini sedang diselimuti kabut tebal dan embun es yang oleh warga setempat disebut bun upas. Baca PETANI... H.11

SAHRUL YUNIZAR/JAWA POS

HOTLINE : REDAKSI : (0921) 3127055 • UMUM : (0921) 3127210 • IKLAN : (0921) 3128265 • FAXSIMILE : (0921) 3127205

DARNO/JPG

WEB-MAIL : www.malutpost.co.id • editor@malutpost.co.id

@MalutPost

Malut Post


HALTIM & HALTENG Art: Resayfa Rumra

RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 2

BELUM TUNTAS: PROYEK Dinas Keuangan Halmahera Tengah (Halteng) yang dikerjakan sejak tahun 2016, hingga kini belum selesai

DPRD BNN Malut “Rahasiakan” Hasil Tes Urine DPRD Haltim MABA- Hasil tes urine Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) belum diserahkan pihak BNN Malut. Sekretaris Dewan Haltim, H Muhclis Mustafa mengatakan, hasil tes urine wakil rakyat itu belum diserahkan dari BNN Malut dikarenakan sebagian anggota DPRD belum melakukan tes urine. “Jadi hasil tes urine itu biasanya dikeluarkan secara kolektif oleh BNN Malut. Kemungkinan masih menunggu beberapa anggota DPRD yang belum tes urine,” katanya. Sementara, anggota dewan yang belum tes urin saat ini masih sibuk dengan pemberkasan pendaftaran calon anggota DPRD untuk pemilihan umum 2019. Sehingga belum diketahui pasti kapan mereka mendatangi kantor BNN untuk jalani tes urine. “Tapi kemungkinan mereka sudah tes urine. Karena dari sekian persyaratan menjadi caleg 2019, salah satu adalah bebas narkoba. Itu berarti mereka harus tes urine di BNN,” kata Muchsin (ado/wat)

MALAS Pelayanan di Kantor Bupati Haltim Lumpuh MABA- Kantor Bupati Halmahera Timur (Haltim) dua pekan terakhir ini tampak sepi. Dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Hal ini disebabkan, Plt Bupati Muhdin Mabud dan Sekkab Haltim Ir Moh Abdu Nasar sudah sepekan meninggalkan kantor. Alpanya dua petinggi di Haltim ini memengaruhi tingkat kehadiran kepala dinas, kepala bagian, staf ahli hingga staf biasa di kantor. Lihat saja, pantaun wartawan koran ini di Sekretariat Daerah hanya terlihat beberapa staf dan petugas Cleaning Service. Ketidakhadiran petinggi Haltim ini membuat pelayanan publik di kantor bupati tidak jalan alias lumpuh. “Setiap kami datang berurusan selalu tidak berada di tempat, saya ada urusan di Bagian Umum dan Perlengakapan dan Sekda namun mereka selalu tidak ada di Kantor sebenarnya mereka lagi dimana?,” keluh salah satu warga Wasile Utara yang meminta tidak menyebut namanya. (ado/wat)

Dua Desa Siap Dimekarkan Lainnya Terhambat Data Penduduk dan KK Editor : Awat Halim Peliput : Wahyudin Madjid WEDA – Jumlah Desa di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) akan bertambah. Pasalnya, dua desa yakni Desa Gemia Kecamatan Patani Utara dan Fidi Jaya Kecamatan Weda telah memenuhi syarat untuk dimekarkan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Halteng Ridwan Basalem mengatakan, ada beberapa Desa yang mengajukan

pemekaran desa baru. Namun yang sudah memenuhi syarat pemekaran hanya dua Desa yakni Desa Gemia dan Fidi Jaya. “Desa yang sudah memenuhi syarat karena dilihat dari data jumlah penduduk Kepala Keluarga (KK) telah terpenuhi untuk dimekar,” kata Ridwan, Kemarin (10/7). Ridwan mengatakan, desa yang dinyatakan memenuhi syarat terse-

Pemkab Halteng Fokus Hotmix Jalan

but, selanjutnya akan dibahas oleh DPRD Kabupaten Halteng. “Pemekaran Desa itu adalah inisiatif dari DPRD Halteng sehingga akan dilakukan konsultasi oleh dua desa tersebut. Kami hanya menfasilitasi administrasi pemekaran saja,” ujarnya. Sementara Desa lainnya yang juga mengajukan pemekaran untuk menjadi dua desa diantaranya Desa Wairoro Indah dan Loleo Kecamatan Weda Selatan, serta Desa Tepeleo Kecamatan Patani Utara. Namun tiga Desa tersebut tidak memenuhi syarat untuk dimekarkannya. “Untuk desa pemekaran yang tidak penuhi syarat karena terkendala jumlah penduduk dan

KK yang belum cukup,” ujarnya. Menurutnya, dalam syarat Undang-undang menyebutkan bahwa persyaratan pemekaran desa tersebut harus memenuhi jumlah penduduk sebanyak 1.000 jiwa dan jumlah 200 KK. “Tapi kalau tidak memenuhi syarat tersebut maka desa tersebut tidak bisa dilakukan pemekaran,” ucapnya. Dengan adanya pemekaran desa tersebut dapat memperpendek rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan. “Yang jelas banyak keuntungan kalau desa ini dimekarkan baik dari segi pelayanan dan pembangunan desa,” ungkapnya. (wmj/wat)

Proyek Mega di Halteng 1.

Jalan Ja hotmix dari Desa Baka Jaya Kecamatan Patani sampai ke Desa Batu Dua D Kecmatan Patani Utara.

WEDA – Dua belas paket proyek Multi Years (MY) saat ini memasuki tahap lelang. Proyek multi year ini akan dikerjakan selama dua tahun. Pembiayaan proyek mega tersebut akan ditampung di APBD selama empat tahun anggaran. “Untuk MY ini dalam waktu dekat baru dilelang,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Halteng, Arif Djalaludin, Selasa (10/7). Arif menjelaskan, program MY yang akan dikerja diantaranya, pembangunan jalan hotmix dari Desa Baka Jaya Kecamatan Patani sampai

ke Desa Batu Dua Kecmatan Patani Utara. (lihat grafis. “Jadi ada 12 paket proyek MY. Sementara tahap persiapan untuk segera dilelang,” jelasnya. Dari paket proyek MY tersebut, pemerintah prioritas jalan hotmix. “Setiap jalan yang menghubungkan kecamatan semua akan di hotmix,” ujarnya. Dia berharap agar program pembangunan yang direncanakannya dapat didukung semua pihak demi kesejahteraan masyarakat Halteng. “Kita harap program MY ini bisa tercapai sesuai yang diharapkannya,” harapnya. (wmj).

Pemkab Gelar Rapat Koordinasi Persiapan HUT RI WEDA - Dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) 17 Augustus 2018. Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) menggelar rapat perdana bersama TNI dan Polres untuk mempersiapkan acara dan kegiatan. Rapat koordinasi persiapan HUT RI, yang dilaksanakan Selasa (10/7) di ruang Humas dan Protokoler Halteng, dihadiri Wakapolres Kompol Jasim Hoda, Danramil 1505-02/ Weda, Kapten Inf Hasan Lestaluhu, dan Kabag Humas dan

Protokoler Yusmar Ohorela. “Harapannya dengan dukungan dan partisipasi dari semua pihak HUT RI ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar,” ungkap Yusmar. Dia berharap, semua kegiatan yang akan dilakukannya harus berperan aktif dan saling berkoordinasi dengan baik, karena waktu persiapan untuk perayaan HUT Proklamasi tingga satu bulan saja. “Kita harap saling koordinasi sehingga pada hari H nanti tidak terjadi kendala di lapangan,” harapnya. (wmj)

2. Ja Jalan hotmix dari Desa Batu Dua sampai Desa Sakam Kecamatan Patani Timur. 3. Ja Jalan dari Sif sampai ke Desa Yendeleu Kecamatan Patani. 4. P Pembangunan perikanan terpadu di Desa Wailegi Kecamatan Patani. 5. P Pembangunan pasar di Desa Kipai Kecamatan Patani. 6. P Pembangunan pasar Fagogoru di Weda. 7. Pe Pembangunan lapangan stadion Fagogoru. 8. P Pembangunan wisata di Nusliko 9. P Pembangunan Pasar Banemo Kecamatan Patani Barat. 10. P Pembangunan pasar di Desa Batu Dua, Kecamatan Patani Utara

176 Calon Tenaga Kontrak Satpol PP Siap Ikut Seleksi Fisik WEDA - Tahapan seleksi berkas penerimaan tenaga kontrak Satuan Pamong Praja (Satpol PP) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) resmi diumumkan. Dari 188 orang yang mendaftar, hanya 176 orang yang dinyatakan lulus berkas sesuai hasil verifikasi oleh panitia penerimaan tenaga Satpol PP Pemkab Halteng. Sementara 22 orang dinyatakan tidak lulus karena faktor usia. “Untuk 22 orang ini tidak lulus karena batas umurnya sudah melewati 35 tahun,” kata Ketua Panitia M. Nur Taher, kemarin (10/7). Pelamar Satpol PP, kata dia, akan

dilanjutkan seleksi fisik pada Kamis (12/7). Untuk pria harus punya tinggi badan 160 cm, dan perempuan 155 cm. Selanjutnya akan dilakukan seleksi kesehatan dan latihan fisik yang akan dibimbing langsung TNI dan Polri. “Jadi, materi yang di dapat mengenai lari cepat, push up dan latihan fisik lainnya,” ujarnya. Seleksi fisik dianggap penting karena Satpol PP sebagai sekurity, membutuhkan fisik kuat. “Keinginan Bupati Edi Langkara, agar seleksi Satpol PP yang benar-benar tangguh, dan memiliki tanggung jawab atas tugas yang diberikannya,” ungkapnya. (wmj/wat)


TIDORE KEPULAUAN RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 3

Sultan Tidore Pembicara Sarasehan Nasional TIDORE - Sultan Tidore, H. Husain Sjah bertindak sebagai pembicara di sarasehan Nasional Maluku dan Maluku Utara, yang diselenggarakan dewan ketahanan Nasional (Wantanas) RI di Jakarta, Selasa (10/7). Kegitan nasional yang bertajuk merawat tradisi dalam kebinekaan ini dihadiri langsung Wakil Presiden RI Yusuf Kalla sebagai keynote speaker. Pada kesempatan itu Sultan Tidore yang ke 37 ini, tampil sebagai dengan mambawakan materi Menjaga Tradisi dan Merawat kebhinekaan. Ia mengulas secara detail sejarah nenek moyang orang MalukuMaluku Utara dalam mempertahankan tradisi bahkan merawat kebhinekaan. Kegiatan yang dihari para petinggi Wantanas dan para utusan perwakilan dari seluruh Indonesia ini, Sultan Tidore kembali memperkenalkan perjuangan para tokoh-tokoh Kesultanan di Moloku Kie Raha, yang berjuang mengusir penjajah di wilayah kekuasaan kesultanan demi menjaga tradisi dan martabat bangsa. Di hadapan para petinggi Wantanas, Sultan Tidore memberikan kiat dan trik merawat kebhinekaan dengan semangat persaudaraan, dengan mencotohkan Sultan Nuku, ketika hadir dengan sikap dan perilakunya. Sultan juga mengatakan Sultan Nuku sebagai tokoh sentral untuk menumpaskan penjajah di tanah Maluku-Maluku Utara. Bahkan semua orang saat itu menyerahkan wilayah-wilayah mereka

untuk diurus oleh Sultan Nuku karena mereka menganggap kehadiran sultan Nuku saat itu sebagai saudara. Dengan semangat kepercayaan, Sultan menambahkan orang di Gamrange, Seram bagian Timur bahkan sampai di Papua memberikan kepercayaan kepada Nuku untuk mengusir penjajah. Itulah semangat persaudaraan yang dibangun oleh Sultan Nuku yang diterapkan dalam sosial kemasyarakatan. Dengan tujuan menggapai cita-cita yang hakiki yakni terbebas dari penjajahan. Pada kesempatan itu juga Sultan Husain Sjah memperkenalkan perjuangan salah satu pahlawan Nasional di Afrika Selatan Imam Abdullah Qadi Abdusaalam yang berasal dari Tidore. “Dalam materi itu saya sampaikan perjuangan Sultan Nuku dan Bahkan Imam Abdullah Qadi Abdussalam saat ini menjadi inspirasi bagi semua masyarakat di Maluku Utara untuk menjaga dan merawat kebhinekaan itu, sehingga masih tetap terawat sampai sekarang,” katanya. Peserta sarasehan, kata Sultan Tidore bukan hanya dari Maluku dan Maluku Utara, melainkan dari luar Maluku, Maluku utara. Sebagaimana mereka ingin tahu bagaimana orang Maluku-maluku Utara mengatasi konfliknya dengan semangat persaudaraan. Dalam sarasehan Nasional ini, pemateri lainnya adalah para tokoh-tokoh dan pakar. (far/lex)

SARASEHAN: Suasana sarasehan nasional yang menghadirkan Sultan Husain Sjah sebagai pembicara

PEMBANGUNAN Bangun Pusat Jajanan Kuliner di Tugulufa TIDORE - Selain mulai membangun satu unit pasar rakyat dekat Pasar Los Sarimalaha, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) juga memanfaatkan kawasan reklamasi di Pantai Tugulufa untuk dibangun pusat jajanan kuliner. Ini dilakukan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Proyek yang melekat di dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) kota Tikep ini nantinya akan dibangun 14 unit pusat jajanan kuliner yang terdiri dari 24 unit kambar dengan alokasi anggaran sebesar Rp 1.811.300.000. di sekitar pusat jajanan kuliner itu juga akan dibangun boardwalk atau jalur jalan kaki sepanjang 200 meteri dengan alokasi anggaran sebesar Rp 688.056.000, yang dilengkapi dengan pagar boardwalk sepanjang 200 meter dengan alokasi anggaran sebesar Rp 315.483.000. Kepala Disbudpar Kota Tikep Yakub Husain mengatakan, proyek tersebut dibangun di atas spot III kawasan Tugulufa yang dijadikan kawasan ekonomi sesuai dengan penataan ruang di kota Tikep. Sementara di spot II kawasan Tugulufa yang sekarang dijadikan pusat kuliner, akan dikosongkan dan nantinya kawasan tersebut tetap menjadi kawasan ruang terbuka hijau (RTH). “Jadi beberapa warung kopi, dan warung makan akan dikosongkan setelah pembangunannya selesai dan resmi ditempati. Untuk kafe Elang dan sejumlah kafe akan tidak dikosongkan, namun hanya sejumlah warung makan dan kafe, yang tampak kumuh, yang akan dikosongkan,” katanya. Setelah pembangunan selesai, warungwarung kuliner dan kafe yang sudah akan dikosongkan itu, akan menjadi prioritas untuk menempati bangunan pusat kuliner yang sementara dibangun. “Jadi pembangunan ini, nantinya akan diresmikan pada 2019 nanti,” jelasnya.(far/lex)

Sembilan Nama Lulus Kriteria Pemkot Menunggu Rekomendasi KASN Editor : Irman Saleh Peliput : Fakhrudin abdullah

TIDORE - Panitia seleksi jabatan tinggi pratama resmi mengumumkan 9 nama peserta seleksi jabatan eselon II yang diusulkan untuk menempati posisi 3 jabatan eselon dua yang dilelang belum lama ini. Sembilan nama itu dinyatakan memenuhi kriteria untuk diusulkan ke komisi aparatur

sipil negara (KASN) untuk memberikan rekomendasi. Untuk jabatan Sekwan DPRD Kota Tikep, tiga nama yang diusulkan adalah Bahrun Elake, Rahmi Muhammad dan Syofyan Saraha, kemudian Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Abdurahim Achmad, Arsyad Naser dan Yunus Elake. Sedangkan pada posisi jabatan Inspektorat Daerah, diusulkan Abdul Halim Saraha, Arif Radjabessy dan Marwan Polisiri. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tikep Sura

Husain, Selasa (10/7). Ia mengungkapkan dari sekitar 14 peserta yang ikut seleksi bersaing menempati posisi 3 jabatan itu, hanya 9 nama saja yang lulus kriteria untuk diusulkan. Rencananya pekan depan akan dilakukan pelantikan terhadap 3 nama dari 9 nama yang diusulkan tersebut. “Tiga nama ini akan segara kita sampaikan ke ke Wali Kota untuk menentukan tiga nama setelah rekomendasi dari KASN keluar. Saat ini 9 nama yang diusulkan semuanya memiliki peluang,” terangnya.(far/lex)

SURA husain

El Bahar Bersiap Dilantik

MOCH El Bahar Conoras

TIDORE – Partai Demokrat akan melakukan pergantian antar waktu (PAW) terhadap salah satu anggotanya DPRD mereka di Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Dia adalah Abd Djalal Radjabessy. Ia harus diPAW lantaran diketahui sudah pindah partai. Demokrat menyiapkan Moch El Bahar Conoras sebagai pengganti Djalal di DPRD Tikep. Djalal diketahui telah pindah ke Partai Hanura. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Tikep, Ridwan M Yamin mengakui bahwa Djalal sudah pindah partai, sehingga pihaknya harus melakukan PAW. “Kami

sudah sampaikan ke DPD Demokrat Malut dan DPP Demokrat untuk memproses PAW ini. Sebenarnya kami tidak ingin memberhentikan Djalan di DPRD, tetapi karena yang bersangkutan sudah pindah partai, maka otomatis gugur dengan sendirinya,” jelasnya. Menurutnya, Demokrat sudah melaksanakan rapat pleno terbatas pada Minggu (8/7). Hasilnya, posisi Abd. Djalal Radjabessy di DPRD akan digantikan Moch. El Bahar Conoras yang merupakan suara terbanyak ketiga dari pertarungan legislatif pada 2014 lalu. Sementara peraih suara terbanyak kedua kata

Ridwan, juga gugur karena sudah pindah partai. Terpisah, Moch El Bahar Conoras yang juga saat ini terdaftar untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif di Pertai Demokrat di dapil III Kota Tikep menyatakan siap menggantikan posisi Abd, Djalal Radjabessy dari kursi DPRD Kota Tikep. Ia mengaku tetap siap mematuhi apapun keputusan partai yang dipimpin Sosilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. Sementara Abd. Djalal Radjabessy tidak merespon ketika dikonfirmasi terkaiat dengan rencana PAW tersebut.(far/ lex)


HALUT & HALSEL RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 4

Wabup Kroscek Realisasi DD di 11 Desa LABUHA – Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Selatan (Halsel) Iswan Hasjim, melakukan /check on the spot di 11 Desa di Halsel untuk memastikan pembangunan fisik yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2018. “ Desa yang saya kunjungi berada di dua Kecamatan yakni Kecamatan Botang Lomang dan Kecamatan Bacan. Di Kecamatan Botang Lomang, saya mengunjungi Desa Tanjung Obit, Prapakanda, Batutaga, Toin, Kampong Baru, Sawang Akar, Pasumbaos, dan Bajo. Sedangkan Kecamatan Bacan yang dikunjungi adalah Desa Belang Belang, Indomut dan Awanggo,” terang Iswan. Iswan mengatakan, setelah mengecek langsung di lapangan, ternyata pengelolaan DD berjalan dengan baik. “Tahap pertama DD tahun 2018 sebesar 20 persen dan pengelolaannya berjalan baik,” katanya. Meski begitu, Iswan berharap, seluruh kegiatan yang bersumber dari DD ini tidak fiktif. “ Kalau tidak fiktif maka pencairan tahap berikutnya bisa 40 persen,” terangnya. (sam/mpf)

PARPOL Wabup Iswan dan Robbi Saling Klaim LABUHA- Ketua DPC Hanura Halsel versi Robbi Sondak mengaku kepengurusannya sah berdasarkan edaran KPU Pusat yang mengakui kepengurusan DPP Hanura di bawah kepemimpinan Oesman Sapta dan Sekretaris Jenderal Herry Luntung Siregar.”Edaran KPU jelas, sehingga kepengurusan kami diakui untuk mendaftar di KPU Halsel,”jelas Robbi yang ditemui di kantor DPRD Halsel. Ditanya apakah sudah ada calon legislatif (Caleg) dari Hanura yang didaftarkan, kata dia, masih berkoordinasi dengan Ketua DPD Hanura Malut Basri Salama, untuk mendaftar serentak pada 13 Juli mendatang. “Pendaftaran serentak berdasarkan nomor urut dan kami akan mendaftar di KPU tanggal 13 mendatang,”jelasnya. Sedangkan ketua DPC Hanura Halsel versi  Iswan Hasjim juga mengaku kepengurusannya sah. “Kepengurusan kami yang  diakui sesuai edaran di pusat berdasarkan  SK. Jadi kami yang siapkan caleg mendaftar tanggal 13 Juli di KPU  Halsel,” tandas Iswan. (sam/mpf)

PERTANAHAN 495 Hektar Tanah Belum Bersertifikat TOBELO - Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Halmahera Utara (Halut) Said Bajak mengaku, telah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Halut untuk melakukan pengukuran tanah sekitar 495 hektar di kawasan Desa MKCM dan Kali Pitu yang menjadi tanah bekas milik Kolonial Belanda. “Tanah ini sudah puluhan tahun tidak bisa selesai, karena itu, harus diselesaikan sehingga statusnya jelas,” terangnya. Ia berjanji tahun ini status tanah yang berdekatan dengan kawasan pemerintah Halut itu segera disertifikatkan. Untuk lahan di lokasi di Kali Pitu yang belum bersertifikat, lanjut dia, kurang lebih 8 hektar yang saat ini sudah diperuntukan bagi TNI-AL. “8 Hektar difungsikan untuk TNI-AL,” tandas Said. (rid/mpf)

RICEK: Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Selatan (Halsel) Iswan Hasjim, saat turun di lapangan mengecek realisasi DD di sebelas Desa di Halsel.

Kursi Sekkab Halsel Kosong Bahrain: Plt Dipastikan Putra Daerah Editor : Fahruddin Udi Peliput: Samsir Hamajen LABUHA - Kursi Sekretris Kabupaten (Sekkab) Halmahera Selatan (Halsel) kosong. Pasalnya, Sekkab yang dijabat Helmi Surya Botutihe itu sudah berpinadah tugas ke Badan Pengawasan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi. Ini diakui Bupati Halsel Bahrain

Kasuba, Selasa (10/7). Kendati demikian, orang nomor 1 di Halsel itu belum membeberkan penggantinya. “ Yang pasti Plt Sekkab Halsel adalah putra daerah Halsel,” terang Bahrain. Sementara itu, informasi dihimpun Sekretaris DPRD Provinsi Malut Abubakar Abdullah menguat Sekkab Halsel. Disinggung soal perombakan kabinet apakah ada yang di-nonjobkan, kata dia, yang ada cuma rolling. Pejabat yang dirolling adalah Kepala Bapelitbangda Daud Djubedi digeser ke staf Ahli Bupati dan posisinya dijabat Ramli yang sebelumnya menjabat Sekretaris Bapelitbangda. Kepala Badan Penelitian Pengembangan

Kepegawaian Daerah (BPPKD) Halsel Abdillah kamarullah, bertukar tempat dengan Kepala Perpustakaan Daerah Marten Puka Puka. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dijabat Samsi Subur yang sebelumnya menjabat Kabid Aset BPKAD. Sedangkan Kabid Aset BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) dijabat Etosia Lajame yang sebelumnya Kabid Olahraga Disparpora Halsel dan Sekretaris BPMD Halsel  Dahrun Kasuba di-nonjobkan dari staf Korpri.”Iya saya sudah rolling pejabat, hanya tukar tempat tugas. Tidak ada yang nonjob,” katanya. (sam/mpf)

PT. NHM Lunasi Pajak Rp2,8 M TOBELO - Managemen PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) akhirnya menepati janjinya melunasi tunggakan pajak ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut). Kepala Bidang Pendapatan, Bagian Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Halut Andarias Panimba menagatan, pelunasan pajak oleh PT. NHM meliputi pelunasan tunggakan pajak penerangan jalan, pajak air bawah tanah dan pajak mineral bukan logam dan batuan tahun 2017/2018 yang tercatat Rp 2.8 miliar. “Pembayaran sudah masuk ke Rekening kas Daerah

Pemkab Halut,”kata Andarias Panimba. Menurutnya, untuk tahun 2018, pihak NHM belum menyampaikan data sehingga belum dilakukan perhitungan dan rekonsiliasi data. Selain itu, kata dia, untuk kontribusi pembangunan daerah dari PT. NHM juga belum terealisasi karenanya kita masih menunggu proses selanjutnya. “ Kita masih menunggu realisasi dari PT. NHM,” terangnya. PT. NHM, selalu melaksanakan kewajibannya membayar pajak ke daerah dengan kontribusi pajak terbesar untuk Halut.(rid/ mpf)

Wonderful Terancam Gagal

LOKASI Tambang PT. Nusa Halmahera Minerals

TOBELO- Wonderful Halmahera yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut)  di tahun 2018 terancam gagal. Pasalnya, program dan kegiatan Wonderful yang saat ini sudah dianggarkan melalui APBD tahun 2018 sebesar Rp. 800 juta yang melekat pada dinas teknis saat ini belum ada tanda-tanda progres kegiatan di lapangan. “Kami hanya menunggu arahan dari Bupati, kalau itu diperintahkan untuk segera dilaksanakan makan akan ditindak lanjuti,”ungkap Kepala Dinas Pariwisat Halut

Syahril Jurumudi, kemarin (10/7). Menurutnya, sejumlah wisata yang merupakan sumber PAD Kabupaten Halut, seperti tanjung Bongo, danau Galela serta Destinasi Wisata lainya akan dikelola untuk mendokrak PAD Halut. Salah satu yang menjadi fokus utama dalam agenda kegiatan Wonderful yang telah dianggarkan dalam APBD ini adalah kawasan wisata Tanjung Bongo, Kecamatan Galela. “Proses kegiatan ini butuh dukungan semua pihak, baik instansi teknis maupun masyarakat,”ujarnya.(rid/mpf)

Bahrain Sampaikan LKPJ 2017

PARIPURNA: Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba saat menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2017, Selasa (10/7).

LABUHA- Dewan Kabupaten (Dekab) Halsel menggelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Halsel tahun anggaran 2017. Paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Halsel Umar Hi Suleman. Bahrain dalam sambutannya menyatakan, tahun 2017, realisasi pendapatan sebesar Rp1.282.415.448.377 dari target sebesar Rp1.346.744.600.246 atau sebesar 95,22 persen. “ Ini mengalami peningkatan sebesar Rp 9,59 atau Rp 112.271.461.905 dibandingkan dengan pendapatan tahun 2016,” katanya. Sementara pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2017 ditargetkan Rp38.442.53.680 terealisasi Rp28.876.501.744 atau 75,12 persen. “Total realisasi pendapatan transfer 2017 sebesar Rp1.253.538.946.632 atau capai 95,81 persen dari target yang ditetapkan sebesar 1.308.302.546.566. Itu Artinya mengalami peningkatan pendapatan transfer sebanyak 9,48 persen,”terangnya. (sam/mpf)


HALMAHERA BARAT RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 5

Wakil Ketua DPRD Minta Bupati Evaluasi Kadikbud dan Kepsek Anggap Pihak Sekolah Belum Paham Permendikbud Editor : Jufri Duwila Peliput : Samsudin Chalil JAILOLO – Wakil Ketua DPRD Halmahera Barat (Halbar) Nikodemus H David geram dengan pernyataan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 5 Kecamatan Ibu Selatan Fadarsin Djodjobo yang menyatakan pungutan biaya sarana dan prasarana kepada siswa baru bukan pengutan liar. Nikodemus H David menilai bantahan Fadarsin mendanakan bahwa para Kepsek belum memahami Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018. Dalam Permendikbud tersbeut menyebutkan bah-

PILEG

MASIH SEPI: Hingga H-7, belum ada satu pun partai politik yang mengajukan bakal calegnya ke KPU Halbar. Kantor KPU tampak sepi dari peserta pemilu 2019, Selasa (10/7).

Pendaftaran Caleg Masih Sepi JAILOLO - Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tinggal 7 hari lagi, namun hingga saat ini belum satupun Partai Politik (Parpol) mendaftarkan bakal calon legislatifnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU Halmahera Barat (Halbar). Pantauan koran ini kemarin (10/7), pendaftaran Bacaleg yang dibuka oleh KPU sejak 4 Juli lalu hingga Selasa (10/7) kemarin belum satupun Parpol datang mendaftar. Padahal waktu pendaftaran tinggal 7 hari lagi, karena pada 17 Juli mendatang pendaftaran sudah ditutup. “Hingga saat ini belum satupun Parpol yang mendaftarkan Bacaleg,” ungkap Komisioner KPU Halbar Iwan Hi Kader, kemarin (10/7). Menurut Iwan, sebelumnya KPU telah menyurat ke masing-masing Parpol peserta Pemilu untuk segera mendaftarkan para caleg, namun hingga H-7 ini. “Mungkin mereka tunggu sampai air sudah di leher baru mendaftar,” katanya.  Sementara itu, sesuai jadwal pendaftaran di hari terakhir pada 17 Juli nanti, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 wit hingga pukul 00.00 wit atau jam 12 malam. Itua rtinya waktunya sangat singkat. “Karena itu, kami berharap di sisa waktu yang ada, semua parpol sudah harus melakukan pendaftaran sehingga tidak terkesan terburu-buru dan tidak menumpuk pekerjaan,” ujarnya. (din/jfr) 

wa sekolah yang dibiayai atau menerima bantuan operasional sekolah (BOS) dilarang melakukan pemungutan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) kepada orang tua siswa. Dikatakan, dalam Permendikbud tersebut juga menyebutkan semua sekolah dilarang melakukan pungli dalam bentuk apapun terhadap siswa yang baru mendaftar. “Dilarang dalam bentuk apapun itu artinya sekolah tidak boleh melakukan pungutan, walaupun uang sarana. Karena semua biaya sudah dianggarkan dalam dana BOS,” tegas Nikodemus di ruang kerjanya, Selasa (10/7). Seharusnya pihak sekolah tidak boleh memaksakan orang tua untuk membayar uang sarana, karena itu sudah termasuk pungli. “Kalau ada pakaian batik, olahraga dan pramuka biarkan saja orang tua murid yang membeli, tidak perlu meminta orang tua kumpul uang. Kalau Kepsek

berdalil bahwa ada kesepakatan orang tua dan komite, maka Kamis (besok, red) kita panggil Dikbud untuk menunjukkan daftar hadir saat rapat kesepakatan antara pihak sekolah dan orang tua murid soal uang sarana,” tandasnya. Nikodemus juga menganggap uang sarana yang dibebankan oleh pihak sekolah kepada orang tua murid sebesar Rp 700 ribu terlalu tinggi. Karena jika dikalikan 40 siswa dengan jumlah baju batik per lusin di Tanah Abang yang harganya hanya Rp 200 ribu, maka baju yang dibutuhkan hanya empat lusin. Jadi, uang yang dibutuhkan paling sedikit hanya Rp 10 juta saja. “Kalau 40 siswa kali Rp 700 ribu, maka dana yang terkumpul Rp 28 juta. Pertanyaannya Rp 18 juta itu untuk apa, jadi tidak ada pembenaran apapun dan dalam bentuk apapun. Intinya, tidak boleh ada biaya untuk siswa baru. Saya minta Bupati evalu-

12 Mobdin Eks DPRD Jadi Kendaraan Operasional Dinas JAILOLO - Meskipun telah memenuhi syarat untuk dilakukan pemutihan, mobil dinas (Mobdin) yang ditarik oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dari DPRD Halmahera Barat (Halbar) belum dilelang. Pelaksana Tugas (Plt) BPKD Muhammad Marassabesy ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (10/7) menyatakan, ada 12 Mobdin yang telah ditarik dari

DPRD, dan semuanya saat ini telah dibagikan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai kendaraan operasional. “Belum dilelang. Jadi 12 mobdin ini sementara dijadikan kendaraan operasional,” ungkapnya. Ia menambahkan, 12 mobdin eks DPRD Halbar itu, tahun pengadaannya mulai dari 2006, 2007, 2011, 2015 dan 2016. Menurutnya, ada sebagian mobdin sudah

asi kinerja Kadikbud dan para Kepsek,” tegasnya. Sebelumnya, Kepsek SMP Negeri 5 Fadarsin Djodjobo membantah jika ada Pungutan Liar (Pungli) pada saat penerimaan siswa baru. Menurutnya, biaya pendaftaran sudah dianggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Biaya sarana NIKODEMUS H David itu untuk belanja pakaian olahraga, batik dan pramuka. Besarannya per siswa Rp 700 ribu,” sebutnya. (din/jfr)

memenuhi syarat untuk dilaleng karena usianya sudah mencapai 7 tahun .”Intinya kita belum lakukan

pemutihan, karena masih digunakan oleh SKPD sebagai kendaraan operasional,” jelasnya. (din/jfr)

DAFTAR PEMBAGIAN 12 MOBDIN EKS DPRD YANG DIJADIKAN KENDARAAN OPERASIONAL DINAS MEREK 1. Kijang Inova 2. Kijang Inova 3. Kijang Inova 4. Kijang Inova 5. Kijang Inova 6. Avanza 7. Avanza 8. Avanza 9. Avanza 10. Avanza 11. Avanza 12. Avanza

TAHUN BELI 2006 2006 2006 2007 2007 2011 2011 2011 2015 2015 2016 2016

DINAS Bagian Umum Dinas Perpustakaan Bagian Hukum RSUD RSUD Satpol PP BPKD Camat Loloda Hibah Kesultanan Jailolo Darmawanita Sekretariat Dewan Bagian Umum

KPK Gelar Sosialisasi Pengisian E-Filing di Halbar JAILOLO - Untuk lebih mengetahui berkelanjutan dalam kondisi yang lebih cara menyampaikan Laporan Harta ekstrim. Permasalahan korupsi yang Kekayaan Penyelenggara Negara (LHtidak tertangani dengan baik dapat meKPN), tim Komisi Pemberantasan Konyebabkan kehancuran ekonomi suatu rupsi (KPK) menggelar Sosialisasi dan negara,” ungkapnya saat menyampaikan Bimbingan Teknik (Bimtek) pengisian sambutan, kemarin. E-Filing pada aplikasi E-LHKPN.  Danny menambahkan pencegaSosialisasi dan Bimtek pengisian han korupsi menjadi program prioritas E-Filing pada aplikasi E-LHKPN yang pemerintah guna terciptanya sistem tata dipusatkan di ruang aula Baikole kelola pemerintahan yang baik. “Salah Lantai II Kantor Bupati, Selasa (10/7) satu bentuk pencegahan korupsi adalah itu, diikuti seluruh pejabat di lingkup dengan melaksanakan pelaporan LHKPemerintah Kabupaten (Pemkab) PN yang saat ini sedang dikampanyekan Halmahera Barat (Halbar) dan hadiri SOSIALISASI DAN BIMTEK: Bupati Danny Missy saat menyampaikan sambutan KPK,” katanya.  langsung Bupati Danny Missy, Sekkab Sosialisasi dan Bimbingan Teknik (Bimtek) pengisian E-Filing pada aplikasi Kewajiban melaporkan harta kekaySyahril Abdurajak, serta Assiten, Staf E-LHKPN di ruang aula Baikole Lantai II Kantor Bupati, Selasa (10/7). aan, lanjut Danny, diyakini memiliki perKhusus dan pimpinan SKPD.  anan penting sebagai media meningkatBupati Danny Missy saat membuka acara tersebut yang perlu mendapat perhatian serius. kan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara “Praktik korupsi tidak hanya membahayakan negara serta untuk mendukung tercapainya tujuan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada individu dan organisasi saja, juga dapat merugi- pemberantasan korupsi yang efektif. pihak KPK yang telah memilih Halbar untuk melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pengisian kan negara, melanggar hak asasi manusia (HAM), Pelaporan LHKP tidak hanya berfungsi dalam e-filling pada aplikasi e-LHKPN bagi penyelenggara mengancam stabilitas dan keamanan masyarakat, pencegahan dan penindakan, juga sebagai tolak ukur negara  di lingkungan Pemkab Halbar. Bagi Danny, melemahkan institusi, merusak nilai-nilai demokrasi penilaian kejujuran dan integritas penyelenggara korupsi saat ini menjadi suatu isu penting dan krusial dan keadilan, serta membahayakan pembangunan negara dalam penyelenggaraan administrasi pemerintah. “Oleh karena itu, lewat kegiatan sosialisasi LHKPN dari KPK ini, saya harapkan para peserta yakni dapat mengikuti dan menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mempelajari dengan jelas tata cara pengisian formulir LHKPN sehingga tidak terjadi kesalahan atau kekurangan dalam pelaporan,”ujarnya.  Sementata tim dari KPK yang juga Spesialis Direktorat PP LHKPN KPK Jeji Azizi menyatakan,  LHKPN merupakan salah satu cara pencegahan korupsi yang sedang dikampanyekan KPK, sehingga tujuan dari LHKPN ini adalah untuk membantu penyelenggara negara memenuhi kewajiban peraturan perundangundangan sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan harta kekayaannya dan untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna laporan harta kekayaan. Dalam LHKPN juga mencakup kejujuran dalam kepemilikan harta, termasuk pula asal-usul dari harta milik pejabat itu sendiri. “Sosialisasi ini juga sekaligus dilaksanakan bimbingan teknis aktivasi e-LHKPN bagi para pejabat wajib e-LHKPN di Pemerintah Halbar,” kata Aziz.  (din/jfr) 


MOROTAI & SULA RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 6

HUT Bhayangkara Jadi Momentum Refleksi Diri

IKRAM SALIM MALUT POST

TABUR BUNGA: Kegiatan tabur bunga di Pelabuhan Sanana. foto lain pemotongan tumpeng yang dilakukan kapolres Kepsul.

SANANA - Peringatan HUT Bhayangkara ke-70, berlangsung di halaman Mapolres Kepulauan Sula (Kepsul) kemarin (10/7). Sebetulnya HUT Bhayangkara jatuh pada 1 Juli, namun baru dirayakan kemarin karena bertepatan dengan pigub. Bupati Kepsul Hendrata Thes, menjadi inspektur upacara sekaligus memberikan sambutan. Pada kesempatan itu bupati mengatakan peringatan ini hendaknya bukan sekadar menjadi perayaan bias aaja, tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Dengan refleksi

dini, Polri bisa melihat lagi bukan hanya keberhasilan yang telah dicapai namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan,” tuturnya. Setelah upacara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolres AKBP Jan. I. W. Makatita yang diberikan kepada Iptu. Hi. M. Arfa dan anggota termuda Bripda Fahmi Tanaba. Acara dilanjutkan dengan tabur bunga di Pelabuhan Sanana. Hadir dalam peringatan ini Sekkab Safrin Gailea, Ketua DPRD Kepsul Ismail Sangaji, Wakil Ketua I Alexander Yosinade, Wakil Ketua II Julfi Umasugi, Danki Brimob Kompi III Iptu Mohtar Temu, Danramil 1509/04 Sanana Kapten Inf. Harbin Buamona, dan undangan lainnya. (ikh/onk)

Di Kepsul Satu Meninggal, Morotai Dua Orang PEMEKARAN

CJH Dua Kabupaten Siap Berangkat

Yakin Pemekaran Pulau Rao Sukses

Peliput : Ikram Salim dan Fitrah A Kadir Editor : Bukhari Kamaruddin

DARUBA-Komitmen Pemkab Pulau Morotai untuk memekarkan Pulau Rao menjadi kecamatan tersendiri terancam. Ini karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Sesuai PP Nomor 19 Tahun 2008 yang kemudian diubah menjadi PP Nomor 17 tahun 2018, mengisyaratkan pembentukan kecamatan wajib memenuhi persyaratan dasar yakni minimal 10 desa. Sementara Pulau Rao hanya memiliki lima desa, yakni Desa Posi Posi Rao, Leo Leo, Loumodoro, Saminyamau dan Desa Aru Burung. Saat dikonfirmasi, Kabag Hukum Setda Morotai Jamaludin mengatakan, pemkab masih memiliki peluang, menyangkut dengan pemekaran Pulau Rao. Pernyataan Jamaludin ini bukan tanpa alasan. Menurutnya sebagai pertimbangan, Morotai masuk sebagai wilayah perbatasan yang memiliki program prioritas berskala internasional. Salah satunya adalah program Kawasan Ekonomi Khusus (Khusus) dan pengembangan program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). “Selain itu, kita juga masuk sebagai wilayah pengembangan RTRW Nasional. Ini berdasarkan hasil konsultasi bersama biro hukum dan pemerintahan Pemprov, saat rancangan perda kita sampaikan ke pemprov sejak Mei lalu,” ungkapnya. Dengan pertimbangan ini, tiga aspek persyaratan baik syarat dasar, teknis maupun administrasi, dirinya yakin jika pulau Rao bisa dimekarkan. “Makanya, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Pulau Rao, agar tidak berkecil hati, sebab kita dari pemerintah, akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memekarkan pulau Rao,” pungkas Jamaludin. (aji/onk).

FITRAH A KADIR MALUT POST

DAFTAR: Bacaleg mengisi formulir sebelum menjalani tes urine di BNN Morotai kemarin.

Tes Urine, Bakal Caleg Padati BNN DARUBA- Salah satu persyaratan untuk maju dalam pemilihan legislatif (pileg) 2019 adalah bebas narkoba. Karena itu bakal caleg (bacaleg) DPRD Pulau Morotai rame-rame memeriksakan urine ke BNN Morotai. Kepala BNN Morotai, AKBP Ahmad Idris mengatakan, hingga kemarin sudah lebih dari 100 orang yang melakukan tes urine. “Tes urine ini tidak ada pungutan, semua gratis,” aku Ahmad. Hanya saja karena ada tesnya kurang, maka bacaleg diminta membelinya di

apotek. “Sampai saat ini (kemarin, red) tidak ada yang positif,” kata pria yang sebelumnya menjabat Kepala BNN Kota Tidore ini. Dia menambahkan hasil tes urine bisa diketahui hanya dalam waktu 10 menit saja. “Hasilnya bisa diketahui saat itu juga, tidak membutuhkan waktu lama. Dan semua jenis narkoba bisa terdeteksi dari alat ini,” tandas Ahmad, sembari mengakui jika pelayanan tes urine bagi bacaleg dilakukan hingga selesai. (aji/onk).

BANTAHAN Bantah Pansus Interpelasi tak Jalan SANANA - Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Ismail Kharie kembali menepis isu bahwa Pansus Interpelasi tidak berjalan lagi. Menurut Ismail, dirinya telah menerima draf materi interpelasi yang disampaikan Ketua Pansus Mahyudin Fokatea. “Saya mau bertemu dengan semua anggota hari ini (kemarin, red) sekaligus bahas soal Pansus LHP,” kata Ismail. Bahkan lanjut Ismail DPRD telah menyampaikan surat dan materi pansus kepada Bupati Hendrata Thes untuk menjawabnya. “Mungkin dalam waktu dua minggu baru ada agenda paripurna dengan bupati,” tuturnya. Disinggung soal adanya anggota pansus yang masuk angin, menurutnya itu tidak benar. “Itu tidak benar,” tegas Ismail. (ikh/onk)

SANANA - Calon Jamah Haji (CJH) asal Kepulauan Sula (Kepsul) dan Pulau Morotai siap berangkat ke tanah suci. Namun tidak semuanya bisa berangkat karena ada yang sudah meninggal dan ada yang sakit. Di Kepsul, 111 CJH akan bertolak ke Ternate Selasa (17/7) pekan depan dengan kapal laut. Menurut staf Bagian Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kepsul Anwar Abu, tercatat tiga CJH gagal berangkat karena meninggal dunia dan sakit. Namun diganti dengan orang lain, sehingga jumlahnya tetap 111 orang. CJK yang sakit adalah Basir Duwila dan Basri Upara, sedangkan yang meninggal dunia adalah Aisa Lumbesy, warga Desa warga Waitina, Kecamatan Mangoli Timur, yang wafat kurang lebih satu bulan lalu. Dia menambahkan yang berangkat dari Sanana hanya 109 orang, karena dua CJH akan bergabung di Makassar. “Ada dua jamaah kita yang pindah ke Makassar tapi tetap terhitung dari Kepsul, mereka akan bergabung di Makassar. Jadi yang akan bertolak dari Sula hanya 109 orang,” jelasnya, seraya mengatakan persiapan mereka sudah mencapai 100 persen. Tercatat CJH yang tergolong lanjut usia ada dua orang, yakni Muhammad Taher (84) dan Hamadin Fatgehapon (76). Dia menambahkan yang masuk daftar tunggu jumlahnya mencapai 1.000 orang. dengan perhitungan kuota sekarang, butuh 9 tahun untuk mem-

berangkatkan semuanya. Sementara itu di Pulau Morotai, 44 CJH akan dilepas Bupati Benny Laos Jumat (20/7) pekan depan. “Awalnya 46 orang, namun dua meninggal sehingga tersisa 44 orang,” kata Kasubag Keagamaan Bagian Kesra Setda Morotai Sahril Totona. Untuk CJH yang meninggal, secara teknis, akan diganti dan diberangkatkan pada tahun depan. “Soal teknisnya ada di Kantor Kemenag. Namun setahu saya, kalau ada yang berhalangan tetap (meninggal dunia, red) di bawah tanggal 15 Juni, administrasinya untuk penggantinya masih bisa diurus, namun kalau di atas tanggal 15 maka penggantinya harus menunggu hingga tahun depan,” jelasnya. CJH Morotai masuk kloter 9 bersama CJH Halmahera Timur dan Taliabu. Untuk akomodasi CJH, sesuai juknis menjadi tanggung jawab Pemkab Morotai dan Pemprov Malut. “Pembagiannya, 60 persen ditanggung Pemkab Morotai dan 40 persennya lagi ditanggung Pemprov,” ungkapnya. Dijelaskan Sahril, 60 persen akomodasi yang menjadi tanggungan pemkab, yakni menyangkut akomodasi pesawat udara dari Ternate Makassar dan sebaliknya, Makassar Ternate, biaya buruh bagasi hingga angkutan Sahara (koper bermuatan besar). “Tanggungan 60 persen ini di luar biaya tiket saat pelepasan dari Morotai menuju Ternate tanggal 20 nanti,” tandasnya . (ikh/aji/ onk).

Pembahasan Anggaran Sekolah Unggulan Alot DARUBA - Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) resmi menyampaikan dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2018 ke DPRD Pulau Morotai, kemarin (10/7). Namun DPRD menilai dokumen KUA-PPAS yang dimasukan pemkab datanya banyak yang kurang. Tidak ada rincian yang jelas menyangkut kegiatan yang diusulkan. Wakil Ketua II DPRD Morotai, Rasmin Fabanyo mengatakan, TPAD harus memasukan data terperinci atau RKA, seputar alokasi kegiatan yang dikerjakan. Misalnya untuk program pembangunan sekolah unggulan. “Kita sudah minta agar rinciannya segera

dimasukan juga, karena anggaran yang diajukan cukup besar mencapai Rp 5 miliar,” katanya. Dia juga mengakui jika permintaan RKA yang dimaksud, sempat dipertanyakan komisi terkait. Karena, pembahasan KUA-PPAS seharusnya melalui komisi. “Kita memang melewati satu tahapan mekanisme, dengan tidak lagi melakukan pembahasan melalui komisi,” aku Rasmin. Alasannya karena pembahasan KUA-PPAS perubahan tidak terlalu banyak angka yang mengalami pergeseran. Tidak sama dengan pembahasan KUA-PPAS APBD induk yang butuh waktu panjang. Kembali ke persoalan sekolah unggulan, Rasmin menjelaskan dalam APBD induk dianggarkan

Rp 5 miliar, untuk perubahan ditambah Rp 5 miliar sehingga totalnya mencapai Rp 10 miliar. Ini sudah termasuk pengadaan mobiler. Selain itu pembahasan pemberian hibah untuk Universitas Pasifik (Unipas) senilai Rp 2 miliar, juga berlangsung sengit. “Unipas maunya alokasi dalam bentuk hibah, namun hasil kajian pemerintah, jangan sampai ada temuan, makanya, alokasi hibah akan diberikan dalam bentuk beasiswa. Jadi Unipas hanya mempersiapkan data mahasiswanya saja,” jelas Rasmin. Selain itu, ada juga alokasi anggaran untuk TKD. Terpisah, kepala Bappeda, Abjan Sofyan, saat dikonfirmasi menjelaskan

untuk program sekolah unggulan dananya bersumber dari DAK. “DAK Itu kan dari pusat, jadi pembahasannya di pusat, makanya dalam penyampaian, kita hanya sampaikan gambaran umumnya saja, sebab rinciannya kita belum tahu,” jelasnya. Dia menuturkan sekolah unggulan akan dibuat bertaraf internasional. Tambahnya, ada sejumlah program prioritas yang menjadi fokus pemerintah, mulai dari kesehatan, listrik hingga pelayanan air bersih. Dalam KUA-PPAS Perubaha n n i l a i n ya d i ra n c a n g Rp 705.470.681.520 miliar. Untuk belanja langsung dirancang Rp 409.342.403.489 dan belanja tidak langsung Rp 320.809.358.516. (aji/ onk).


POLMAS

RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 7

Art: Resayfa Rumra

Kadikbud Minta Siswa Tidak Lulus Tes, Masuk SMA Swasta SOFIFI-Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadibud) Malut Imran Djabub meminta kepada orang tua siswa agar memasukan anaknya ke SMA Swasta jika tidak lulus tes di SMA Negeri. Penerapan kebijakan zonasi bertujuan untuk pemerataan antara sekolah negeri dan sekolah swasta. Jika sekolah negeri saja yang dituju maka sekolah swasta akan kekosongan siswa. Hal ini disampaikan Imran kepada Malut Post Selasa (10/7). Imran menyampaikan, meskipun diberlakukan zonasi tetapi sekolah negeri terutama sekolah unggulan seperti SMA Negeri 1 dan SMA Negeri

PILGUB Hasil Pilgub Malut Sudah Diserahkan ke KPU RI

2 tetap menggunakan sistim seleksi. Dengan begitu, siswa dari wilayah lain bisa masuk melalui jalur prestasi. Bagi siswa yang berada di sekitar sekolah Negeri yang tidak lulus tes, dapat masuk ke sekolah swasta seperti SMA Muhammadiyah dan SMA Islam. “Kalau tidak seperti itu, kasihan SMA Muhammadiyah dan SMA Islam tidak akan mendapatkan siswa,” terangnya. Imran juga menanggapi soal permintaan masyarakat di sekitar Kelurahan Tabona yang meminta agar pihak SMA Negeri 2 menambah kelas untuk bisa mengakomudir siswa di sekitar zona

SMA Negeri 2. Namun menurut, Imran untuk membuka satu ruang kelas itu tidak mudah. Ada persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi. Sebab harus menyesuaikan jumlah guru, jam mengajar dan hal-hal teknis lain. “Saya kira kepala sekolah sudah memahami aturan kebijakan ditambahnya ruangan kelas. Itu tidak mudah. Karena itu, bagi siswa yang tidak lulus seleksi, tidak perlu dipaksakan tapi dimasukan saja ke SMA swasta. Karena SMA swasta juga tidak kala mutunya dengan SMA Negeri,” tukasnya. (udy/ wat)

IMRAN Jakub

Terima Hasil Audit Dana Kampanye

SYAHRANI Somadayo

TERNATE - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara, Syahrani Somadayo mengakui, semua hasil Pilkada Malut, tingkat provinsi sudah secara resmi diserahkan ke KPU RI. “Semua dokumen hasil Pilkada Malut sudah kami serahkan ke KPU. Baik itu tahapan awal sampai hasil pleno rekapitulasi tingkat provinsi. Bahkan dokumen tuntutan saksi paslon nomor tiga (AGK-YA) juga sudah kami serahkan ke KPU RI,” akui Syahrani. Bahkan dokumen hasil pilkada Malut ini dibawah langsung Komisioner KPU RI, Virian Azis usai rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Maluku Utara tingkat provinsi di Sofifi, Sabtu (7/7). “Waktu rapat pleno itu dipantau langsung salah satu anggota KPU RI, pak Virian Azis. Jadi ketika selesai pleno semua dokumen itu langsung kami serahkan ke pak Virian untuk dibawah ke KPU RI. Selain itu juga kami sudah menyampaikan hasilnya melaui email,” jelasnya. Diketahui, pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Ahamad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai) ditetapkan sebagai pemilik suara terbanyak dalam kontestasi pilkada Malut yang digelar secara serentak, Rabu (27/6) lalu. Penetapan cagub dan cawagub andalan Partai Golkar dan PPP ini dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) dengan nomor: 39/PL.03-6Kpts/82/Prov/VII/2018 tentang penetapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara. Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara yang dipimpin langsung Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut), Syahrani Sumadayo ini diputuskan AHM-Rivai mengantongi 176.993 suara, Bur-Jadi 143.416 suara, AGK-Ya 169.123 suara dan MK-Maju 65.202 suara. Keputusan ini sekaligus memposisikan AHM-Rivai berada pada posisi teratas mengalahakan rival politiknya AGK-Ya pada urutan kedua dengan selisih 7.870 suara. (tr-01/wat).

DANA KAMPANYE: Penyampaian hasil audit LPPDK dari KAP kepada Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo, didampingi empat komisioner lainnya di Kantor KPU Malut Kemarin (10/7)

Buchari: Rata-rata Memenuhi Unsur Kepatutan Editor : Awat Halim Peliput : Rusdi Abdurahman TERNATE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malut secara resmi menerima hasil audit dana kampanye empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur malut dari tim auditor kantor akuntan Publik (KAP). Penyerahan Hasil Audit Dana Kampanye yang berlangsung di Kantor KPU Malut kemarin (10/7) diterima langsung

oleh Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo dan disaksikan empat komisioner lainnya. Ditemui di ruang kerjanya, Divisi hukum KPU Malut Buchari Mahmud mengatakan, KPU secara resmi telah menerima hasil audit dana kampanye. Penyerahan hasil audit dana kampanye ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 5 tahun 2017 tentang dana kampanye. Hasil audit tersebut rencananya akan diserahkan ke masing-masing tim empat Paslon pada hari ini.

“Rencana besok (hari ini, red) akan diserahkan ke masing-masing paslon,” katanya. Meski sudah diserahkan secara resmi, namun KPU belum menyampaikan hasil audit tersebut. “Kita belum bisa sampaikan. Masih ada perbaikan karena masih ada yang kurang. Nanti kita susun dulu secara baik baru dipublikasikan besok (hari ini),” katanya. Mekanisme laporan, lanjut Buchari dimulai dari Laporan Awal Kampanye (LAK), Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LSDK) dan Laporan Penerimaan dan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) sebelum diaudit, terlebih dulu disampaikan ke KPU. “Semua berjalan

sesuai dengan ketentuan hingga selesai audit,” tutur Buchari. Dijelaskan, tujuan audit dana kampanye ini agar mengetahui dana kampanye tersebut memenuhi unsur kepatutan atau tidak. Sebagaimana dalam ketentuan, sumbangan dana kampanye berasal dari perorangan maksimal Rp 75 juta, sedangkan sumbangan dari pihak perusahaan atau BUMN dan BUMD maksimal Rp 750 juta. Sementara batas maksimal dana kampanye hanya Rp 85 miliar. Namun, menurut Buchari, rata-rata anggaran kampanye empat Paslon di bawah batas maksimal Rp 85 miliar. “Rata-rata memenuhi unsur kepatutan,” tukasnya. (tr-01/wat)

Kakanwil Kemenag Malut Selenggarakan Ujian Dinas SOFIFI -Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara (Malut) H. Basir Abd.Rajak, S.Ag, MM, membuka kegiatan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) dan Ujian Dinas (Udin) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut Periode Oktober Tahun 2018, di Aula Kantor Kanwil Kemenag Malut Sofifi (10/7). Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari 10 sampai dengan 13 Juli 2018. Dalam Sambutannya, Basir mengatakan, UPKP dan Udin adalah syarat yang diperlukan bagi pegawai yang hendak pindah ruang dalam kepangkatan, baik dari golongan I ke golongan II, golongan II ke golongan III maupun golongan

KARIR: Plt Kepala Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara (Malut) H. Basir Abd.Rajak, S.Ag, MM menerima soal Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) dan Ujian Dinas (Udin)

III ke golongan IV serta bagi pegawai yang hendak naik pangkat penyesuaian terhadap ijazah terakhir. Menurut Basir, UPKP dan Ujian Dinas selain bertujuan memberikan ruang terhadap peningkatan karier, merupakan hak dari setiap pegawai yang telah melaksanakan kewajiban dengan baik serta memenuhi persyaratan, juga sekaligus sebagai evaluasi terhadap kompetensi pegawai. Untuk itu Basir berpesan kepada peserta UPKP dan Udin agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dalam rangka peningkatan karier. “Dengan sungguh-sungguh mengikuti ujian tersebut dan cermat dalam mengerjakan seluruh soal yang telah disediakan oleh penyelenggara. Plt meminta untuk terus meningkatkan kompetensi, baik kompetensi teknis maupun manejerial, serta mampu mengimplementasikan lima nilai budaya kerja yakni Integritas, profesionalitas, Inovasi, tanggung jawab dan keteladanan,” katanya. “Kondisi masyarakat yang membutuhkan layanan saat ini sangat dinamis. Ooleh karena itu ASN juga dituntut untuk terus berinovasi, untuk kepentingan peningkatan layanan sehingga masyarakat puas dengan pelayanan kita,” ujar Basir. Sementara itu Kasubag Kepegawaian Kanwil

Kemenag Maluku Utara, H. Ribano Habib S.Ag dalam laporannya menyampaikan kegiatan UPKP dan Ujian dilaksanakan di Malut dengan pertimbangan letak geografis dan kondisi alam. Untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan ini maka dibagi menjadi 4 zona. “Zona I mencakup Kanwil Kemenag, Kemenag Halbar, Haltim, Halteng, Kota Ternate dan Tidore. Zona II Kemenag Kab. Halsel, Zona III Kemenag Halut dan Morotai serta Zona IV Kemenag Sula dan Taliabu. Jumlah Peserta seluruhnya 169 orang terbagi dalam Zona I : 63 orang, Zona II : 59 orang, Zona III : 27 Orang dan Zona IV : 20 orang,” ujarnya. Menurut Ribano soal ujian UPKP kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu, dimana tahun lalu soal terdiri dari 5 komponen, sedangkan kali ini hanya 4 komponen yakni Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Kebijakan Pemerintah dan Pengetahuan Teknis, sedangkan soal Ujian Dinas tetap sama dengan tahun yang lalu. Untuk UPKP Tingkat III ditambah dengan tes kepribadian minat dan bakat serta pembuatan makalah untuk diseminarkan. Sedangkan penetapan hasil kelulusan UPKP Tk III menjadi tanggung jawab dan kewenangan panitia pusat, sedangkan UPKP Tk II kewenangan panitia daerah. (Hum/wat/pn)


SAMB ETALASE RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 8

Art: rizky izzy

...EMBARKASI Samb Hal. 1

menggunakan sistem online yang terkoneksi langsung dengan pihak imigran di bandara Madinah,” aku Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Amar Manaf. Amar mengaku, kebijakan ini diambil karena selama ini para jamaah mengalami kesulitan akibat harus antre lama di bandara setelah turun dari pesawat. Selain kebijakan layanan imigran, tahun ini juga ada kebijakan penambahan makan bagi jamaah, dimana pelayanan katering di Makkah tahun lalu sebanyak 25 kali ditingkatkan

...LAHABATO Samb Hal. 1

Menurutnya, PKB lahir dari spirit perubahan, sebagaimana yang ia pelajari selama berada di DPD RI. “Visi PKB diantaranya mewujudkan tatanan politik nasional yang demokratis, terbuka, bersih dan ber-akhlakul karimah. Terwujud pada praktik anggota DPR dari PKB maupun menteri-menteri yang ditugaskan oleh PKB dalam pemerintahan,” katanya kepada Malut Post, Selasa (10/7). Selain itu, wartawan senior ini menilai, PKB adalah partai yang sangat komitmen membela rakyat. “Saya bergabung JOIN dengan Partai Kebangkitan Bangsa, karena selama dua periode di DPD RI, saya perhatikan PKB adalah partai yang kuat memegang komitmen membela rakyat. Koalisi dalam pemerintahan pun selalu komitmen, baik di periode SBY maupun di periode Jokowi,” ungkapnya. Lahabato memandang, partai dengan nomor urut 1 ini berdiri pada akar tradisi yang kukuh. Hal ini sama seperti yang diajarkan oleh leluhur di Maluku Utara. Tak hanya itu, jiwa kepemimpinan Muhaimin adalah satu faktor penting bagi Lahabato jatuh cinta pada PKB. “PKB adalah partainya anak muda. Kepemimpinan anak muda itu ada di PKB, ketum-nya muda dan selalu riang gembira. Sosok Abdul Muhaimin Iskandar adalah faktor yang membuat saya jatuh cinta pada PKB dan memilih untuk JOIN berjuang bersama PKB. Selain muda, di antara pemimpin partai lain, Cak Imin ini orang baik, setia kawan, dan berani,” pujinya. Seperti yang divisikan PKB, sambung Lahabato, Cak Imin mempraktekkan politik terbuka, yakni dengan tegas mengatakan “saya layak dampingi Jokowi pada periode kedua JOIN 2019”. ”Tidak

menjadi 40 kali. Rinciannya, tiga kali makan sehari ditambah snack pagi. Di sisi lain, penempatan hotel jamaah haji di Madinah semuanya berada di wilayah Markaziah. Wilayah ini sangat dekat dengan Masjid Nabawi, dengan jarak paling jauh hanya 1 kilometer. Dengan begitu, pemerintah tidak lagi menyiapkan bus pengangkut. Sementara jamaah ketika di Makkah masih ada yg menempati hotel yang berjarak dengan Masjidil Haram di atas 1,5 kilometer. “Maka yang itu pemerintah masih menyiapkan bus untuk layanan jamaah haji selama 24 jam setiap hari,” sambung Amar. Jamaah haji Malut sendiri akan menempati hotel

di madinah yakni kelompok terbang 7 menempati Hotel Al Syarif Al Masi di Markaziah Junubiah, kloter 8 menempati Hotel Grand Mercure Al Madinah Markaziah Syamaliah dan kloter 9 menempati Hotel Faituz Sattah Markaziah Syamaliah. “Ketiga hotel di atas jaraknya dengan Masjid Nabawi sekitar 650 meter atau tidak cukup 1 kilometer,” terang Amar. Sementara ketika di Makkah, jamaah kloter 7 menempati Hotel Rose Garden Daerah Misfalah, lloter 8 menempati Hotel Manazil Al Hour dan Hotel WRS Abdurrajak Wa’dhudsin daerah Misfalah, serta kloter 9 menempati Hotel Al Ghazi Plaza daerah Raudhah.(udy/kai)

lagi dengan cara yang sembunyi tapi mau alias malu-malu mau seperti politisi lainnya. PKB dan Cak Imin yang selalu memperjuangkan kelompok minoritas itu fakta betapa cinta PKB terhadap NKRI,” tambahnya. Untuk itu, dia bertekad secara pribadi berkomitmen untuk menciptakan sejarah baru di Maluku Utara bagi PKB untuk Maju dan Menang. “Oleh karena itu hari ini (Senin, red) saya datang di DPP PKB untuk JOIN sebagai caleg DPR RI dapil Maluku Utara, dan alhamdulillah langsung bertemu dengan Ketum Cak Imin. Beliau memberikan arahan dan masukan. Begitu juga Ketua LPP PKB Pak Marwan Jafar,” jabarnya. Selama berdiskusi dengan Marwan Jafar, Lahabato mengaku mendapat banyak ilmu dan pengetahuan yang amat berharga bagi karier politiknya. Hal ini tak lepas dari kepiawaian Marwan selaku ahli strategi politik. ”Beliau ini ahli strategi. Saya lihat beliau berjibaku dalam pemenangan Jokowi-JK. Mudahmudahan dengan arahan dan bimbingan orang-orang hebat ini, dan tentunya doa dan dukungan masyarakat Maluku Utara, saya bisa dipercaya sebagai anggota DPR RI dari Maluku Utara,” tandasnya. Enggan Mundur Jika Lahabato baru bergabung dengan parpol, beberapa politikus di daerah justru menjadi “kutu loncat”, yakni pindah partai dengan berbagai pertimbangan. Sayangnya, ada anggota DPRD aktif yang tak siap di-PAW (pergantian antarwaktu) setelah berpindah partai. Padahal aturan jelas menegaskan, legislator yang pindah partai dan berniat maju lagi harus melampirkan surat pengunduran diri dari DPRD. Di Halmahera Selatan, dua caleg incumbent diketahui telah tukar partai untuk persiapan Pileg 2019. Mereka adalah Karnawi

Hasani dan Arsyad Sadik Sangaji. Karnawi merupakan legislator Partai Keadilan Sejahtera yang pindah ke Partai Perindo. Sementara Arsyad berasal dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), yang juga pindah ke Perindo. Karnawi mengakui, setelah dirinya pindah partai, DPD PKS Halsel langsung menyuratinya untuk menghadap. Meski begitu, ia masih enggan berkomentar soal kemungkinan mundur dari DPRD. ”Memang pindah partai untuk mendaftar caleg di KPU syaratnya mundur dari DPRD. Tetapi soal pergantian itu ranah partai. Saya masuk Perindo tapi sampai sekarang belum daftar ke KPU,” ungkapnya. Sedangkan Arsyad menuturkan dirinya terpaksa pindah partai lantaran di tubuh PKPI terdapat dualisme kepengurusan. Namun soal syarat undur diri, ia juga memilih bungkam. ”Soal saya mundur dari DPRD itu saya belum mau berkomentar,” katanya. Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halsel Darmin Hi Hasyim yang dikonfirmasi menegaskan, untuk pendaftaran caleg anggota DPRD yang pindah partai, salah satu syaratnya adalah mundur dari jabatan DPRD. “Syaratnya sudah jelas. Jika anggota DPRD caleg dengan partai lain, harus melampirkan surat pengunduran diri,” ujarnya. Sementara itu, anggota DPRD Halmahera Timur Ahmad Jaiz berbeda sikap dengan dua legislator Halsel. Ahmad yang pindah dari PKS ke Partai Demokrat mengaku siap di-PAW sebagai syarat nyaleg lagi. ”Keluar dari PKS sudah menjadi keputusan saya dan saya siap terima segala konsekuensi, termasuk PAW. Tapi sepanjang belum ada SK pemberhentian dari gubernur saya masih tetap laksanakan tugas-tugas selaku wakil rakyat,” pungkasnya.(tr-01/ adv/sam/ado/kai)

...RUTAN Samb Hal. 1

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Malut, Nofli, saat dikonfirmasi juga membenarkan kejadian tersebut. Dia juga memastikan akan mengeluarkan sanksi tegas berupa pemecatan. Dalam kasus narkoba sendiri, lanjut Nofli, pihaknya secara terus menerus telah memberikan peringatan kepada seluruh petugas dan pegawai Kemenkumham yang ada di Malut untuk tidak terlibat dalam peredaran, baik langsung maupun tidak langsung. “Saya sudah sampaikan, jangankan menjadi pengedar, pemakai saja kalau tes urine dan kedapatan positif akan saya pecat,” tegasnya saat ditemui usai menghadiri puncak

...AGK Samb Hal. 1

”Masih ada MK sebagai penentu terakhir, sebab masih ada pelanggaran yang harus diadili,” tegasnya. Sayangnya, AGK yang berpasangan dengan M. Al Yasin Ali dalam pilgub kemarin enggan menjelaskan pelanggaran apa saja yang dimaksudkan. Dia menyatakan, telah menyerahkan urusan tersebut kepada kuasa hukum tim. “Kalau soal materi pengaduan, nanti sama kuasa hukum. Yang jelasnya besok (hari ini, red) gugatan sudah didaftarkan ke MK,” terangnya. AGK yang diusung PDI Perjuangan dan PKPI itu juga menyatakan, jika dalam gugatan nanti MK memutuskan dirinya kalah, maka ia tinggal menghabiskan masa jabatan yang tersisa 10 bulan. Selanjutnya, gubernur baru lah yang akan melanjutkan. ”Sebab jabatan politik adalah pilihan rakyat, bukan warisan yang harus dipertahankan. Untuk saat ini saya fokus kerja menghabiskan 10 bulan terakhir sebagai gubernur. Selanjutnya, kalau MK memutuskan kandidat lain, apa boleh buat, semua itu harus direlakan,” tandasnya. Terpisah, tim pemenangan (AHM-Rivai) optimis MK akan menolak gugatan AGK-YA). Optimisme tim paslon nomor 1 ini didasarkan pada materi gugatan yang menurut mereka kurang menyentuh substansi masalahnya. Meski begitu, AHM-Rivai tetap menghargai langkah hukum yang ditempuh AGK-YA. Mereka percaya soal ditolak atau diterimanya permohonan AGK-YA merupakan kewenangan MK. “Pada prinsipnya kami menghargai apa yang diupayakan oleh tim AGK-YA untuk mengadukan hasil rekapitulasi suara KPU Provinsi Maluku Utara. Soal ditolak tidaknya permohonan mereka itu adalah

perayaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Duafa Center kemarin. Dijelaskan Nofli, langkah yang akan diambil jika ada oknum yang terlibat dalam kasus narkoba sudah menjadi keputusan dan komitmen bersama dari pimpinan tertinggi, baik Presiden sampai ke Menteri hingga ke jajaran yang ada di daerah. Untuk itu, mereka tidak akan main-main dalam persoalan narkoba. Sepanjang 2018, sambungnya, sebanyak dua petugas Kemenkumham Malut ditangkap karena narkoba. Selain KML, sebelumnya polisi juga menangkap oknum pegawai lapas dengan jabatan kepala seksi. “Kalau memang ada yang terlibat, saya tidak melakukan perlindungan ke mereka. Bahkan saya juga menyerahkan

sepenuhnya ke proses hukum. Setelah itu barulah akan ditindaklanjuti oleh kami secara internal,” jabarnya. “Secara administrasi, mereka yang terlibat akan kami pecat, karena saya sudah bentuk tim untuk melakukan pemantauan.” Dia menambahkan, sesuai laporan yang diterima para oknum yang terlibat ini memiliki obat untuk menetralisasi narkoba. Sehingga untuk sementara pihaknya terus melakukan pemantauan maupun evaluasi. “Jadi informasi yang saya terima itu, ada obat yang mereka makan dan setengah jam saja sudah bisa hilang (efek narkobanya). Tapi ini masih sebatas info yang saya terima, makanya kita akan tindak lanjut,” tegasnya.(tr-04/kai)

hak dan kewenangan hakim MK,” kata Juru Bicara AHMRivai Syawaludin Damapolii, Senin (9/7). Bagi AHM-Rivai, materi gugatan tim AGK-YA kurang substansi. Apa yang mereka tuduhkan melalui sejumlah argumentasi hanya bersifat asumsi saja. “Makanya kami yakin, MK pasti menolak pokok gugatan atau materi sengketa mereka. Apalagi pesta demokrasi lima tahunan ini berlangsung aman, damai dan demokratis,” ucap Syawaludin. Dia justru menuding kebanyakan pelanggaran dilakukan oleh tim AGK-YA dibandingkan dengan mereka. “Justru dalam data yang kami himpun, kebanyakan pelanggaran Pilkada itu dilakukan oleh AGK-YA. Seperti intimidasi Bupati Halsel terhadap perangkat pemerintahannya, juga Wakil Wali Kota Tidore. Selain itu juga mereka ketangkap tangan saat mendistribusikan sembako, dan menggunakan fasilitas negara saat kampanye,” ungkapnya. Meski begitu, Syawaludin mengajak agar semua tim pendukung saling menghargai hasil dari proses demokrasi. “Marilah kita sama-sama menjaga buah dari hasil demokrasi damai yang diimpikan oleh publik saat ini,” imbuhnya. 29 Sengketa Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman menyatakan telah ada 29 permohonan PHP Pilkada 2018 yang diajukan MK. Para pemohon PHP tersebut adalah pasangan calon yang tidak terima dengan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU. Seluruh permohonan yang masuk tersebut sudah diberi nomor registrasi, namun belum diberikan nomor perkara. “Sampai pukul 16.00 WIB hari ini (kemarin, red), telah diajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP) ke Mahkamah Konstitusi sebanyak 29

permohonan,” ujar Arief dalam konferensi pers di kantor KPU, Jakarta, seperti dilansir cnn. com, Selasa (10/7). KPU kota yang menjadi pihak termohon di antaranya adalah KPU Tegal, Parepare, Gorontalo, Madiun, Cirebon, Padang Panjang, Subulussalam, Serang, Bau-Bau, Palembang, dan Bekasi. Sementara itu, KPU kabupaten yang menjadi pihak termohon yaitu Bangkalan, Bolaang Mongondow Utara, Biak Numfor, Banyuasin, Sinjai, Pulang Pisau, Rote Ndao, Cirebon, Manggarai Timur, Bantaeng, Puncak, Maluku Tenggara, Belitung, dan Tabalong. Jika dikalkulasikan, ada 25 KPU daerah yang menjadi pihak termohon dari total 29 permohonan. Meski begitu, Arief mengatakan hanya ada 8 daerah yang berpotensi melanjutkan rangkaian pilkada ke MK. Delapan daerah yang dimaksud adalah Provinsi Maluku Utara, Kota Cirebon, Kota Tegal, Kabupaten Sampang, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Deiyai, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan. Daerah-daerah itu, lanjut Arief, memiliki selisih suara 0,5-2 persen suara. Karenanya, MK berpotensi hanya akan menerima pengajuan sengketa atau PHP di delapan daerah tersebut. Berdasarkan Pasal 158 UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada, syarat pengajuan sengketah hasil pilkada adalah ada selisih suara 0,5 - 2 persen suara. “Bagi daerah yang bersengketa, maka penetapan [pemenang] dilakukan setelah ada putusan MK,” katanya. MK membuka pendaftaran permohonan sengketa hasil pilkada tiga hari setelah KPU menghelat rapat pleno rekapitulasi suara. Dengan demikian, pihak yang ingin mengajukan sengketa batas, Rabu (11/7) hari ini.(udy/tr-01/cnn/kai)

SMAIT Albina Sediakan Bus TERNATE –Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA sudah ditutup. Meski begitu, bagi sekolah yang jumlah peminatnya belum mencapai kuota masih membuka kesempatan bagi para lulusan SMP, salah satunya SMA Islam Terpadu (SMAIT) Albina yang membuka pendaftaran gelombang kedua yang akan dibuka hingga 15 Juli nanti. Untuk menarik minat masyarakat, sekolah tersebut menyediakan berbagai fasilitas dan program khusus pendukung bagi siswanya. Kepala Sekolah SMAIT Albina, Sarman Fokatea kepada Malut Post menjelaskan program yang akan diterapkan adalah pembebasan seluruh biaya pendidikan kepada siswa selama menjalankan studinya. ”Termasuk biaya masuk bagi calon siswa tidak mampu secara ekonomi, yatim atau yatim piatu serta siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik,” ungkapnya. Sementara untuk semua siswanya, sekolah juga

menyediakan fasilitas khusus. “Kami memberikan jaminan keunggulan untuk calon siswa yang masuk ke SMAIT Albina dengan menyediakan bus antar jemput,” jelasnya. Tidak itu saja, fasilitas lain yang akan didapat siswa adalah ruang kelas yang representatif, suasana belajar yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Sementara, untuk kurikulum yang diterapkan adalah perpaduan antara kurikulum konvensional Dikbud dengan Kementerian Agama, kurikulum Kekhasanaan Islam Terpadu, Jaminan Kualitas (Quality insurans),” jelasnya. Menurut Sarman, pihaknya konsen untuk menyiapkan generasi terbaik masa depan umat, bangsa dan negara yang siap menantang badai dalam percaturan global dan kompetetif sebagai bagian dari generasi Melenial dalam era Digital. “Kuota yang tersedia sebanyak 60 orang,” tuturnya. Sementara untuk persyaratannya, lanjut

Keluarga Besar Harian Pagi Malut Post

Mengucapkan selamat atas kelahiran putri kedua, dari pasangan angan

Mastu & Nurdiana D (Karyawan Malut Post)

Pada Hari/Tanggal, Selasa 10 Juli 2018, Di RSUD Dr. Chasan Boesoirie Ternate Semoga menjadi Anak yang Saleha, serta senantiasa berbakti pada Orang Tua, Agama dan Bangsa

SARMAN Fokatea

Sarman. Calon siswa siapkan berupaka photo kopi Rapor kelas VII dan IX, Ijasah/SKHUN atau Surat Keterangan Kelulusan dan Phas Photo 3 x 4 lembar dan berwarna. “Calon Siswa juga akan melewati tahapan seleksi, yang meliputi Kelengkapan Berkas, Tes Kemampuan Baca Al gur’an, Pengetahuan akademik dan wawancara,” pungkasnya. (mg-01/nty/pn).


MANCA SPORT RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 9

Dominasi Lima Musim Marquez Songsong MotoGP Jerman dengan Kepala Tegak MOTOGP 2018 memasuki seri kesembilan di akhir pekan. Ada MotoGP Jerman, tempat Marc Marquez mendominasi podium teratas selama lima musim terakhir. Dominasi Marquez dalam seri balapan yang dilangsungkan di Sachsenring itu bahkan bertambah jika menilik aksinya sebelum tampil di kelas MotoGP: ia juga berjaya tahun 2010 (125cc), dilanjutkan tahun 2011 dan 2012 (250cc). Artinya, termasuk kemenangan dalam MotoGP Jerman lima musim terakhir, Marquez sudah tidak pernah absen dari podium teratas balapan (seluruh kelas) di Sachsenring selama delapan musim berturut-turut. Marquez juga menyongsong MotoGP Jerman kali ini dengan kecenderungan positif usai berjaya dalam balapan sebelumnya di Assen. Sebelum itu rider Repsol Honda tersebut finis kedua di Catalunya, bangkit dari finis ke-16 di Mugello. Dari delapan balapan di MotoGP 2018, Marquez sudah mampu memenangi separuhnya. Hal itu pula yang membuatnya kini bertengger dengan cukup nyaman di posisi teratas klasemen, unggul 41 poin dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di posisi kedua. Rossi sendiri belum meraih kemenangan di MotoGP 2018 dan keberhasilannya berada di posisi kedua lebih dikarenakan konsistensi. Terkecuali di Argentina, The Doctor rutin finis lima besar sejauh ini.

Maverick Vinales, rekan setim Rossi, juga belum naik podium teratas di MotoGP 2018 walaupun ada di posisi ketiga klasemen berkat konsistensi meraih poin. Bedanya dengan Rossi, Vinales cuma dua kali finis lima besar (runnerup di Austin, ketiga di Assen). Jorge Lorenzo (Ducati) menjadi rider yang punya lebih dari satu kemenangan di MotoGP 2018, selain Marquez. Sementara itu Andrea Dovizioso (Ducati) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) masing-masing punya satu kemenangan. Dari nama-nama yang disebutkan di atas cuma Rossi yang sudah punya koleksi kemenangan di Jerman. Ia meraih empat kemenangan MotoGP (2002, 2005, 2006, 2009), dan masing-masing satu kali di 250cc (1999) dan 125cc (1997). Ini tak lepas dari dominasi Marquez di Sachsenring dalam beberapa musim terakhir. (dtc/yun)

MARC

MARQUEZ

Ronaldo Mendekat, Juve Dulang Pujian

TRANSFER PSG Bakal Pecahkan Rekor Transfer Coutinho JUARA Liga Prancis, PSG nampaknya ingin kembali membuat kehebohan di bursa transfer. PSG dikabarkan akan memecahkan rekor transfer dunia untuk mendatangkan Philippe Coutinho dari Barcelona. Tahun lalu, PSG membuat seluruh pecinta sepakbola terkejut. Mereka berhasil memecahkan rekor transfer dunia dengan mendatangkan Neymar dari Barcelona dengan mahar 222 Juta Euro. Tim yang berbasis di kota Paris ini kabarnya ingin belanja besar lagi di musim panas ini. Mereka ingin menambah amunisi mereka agar bisa bersaing di Liga Champions musim depan. Dilansir dari Mundo Deportivo, Les Parisien kabarnya sudah menemukan kandidat baru untuk skuat bertabur bintang mereka. PSG kabarnya akan mencoba mendatangkan Phillippe Coutinho. PSG sendiri kabarnya sudah cukup lama memantau aksi Coutinho. Ia sudah mengamati sang pemain saat ia masih membela Liverpool. Namun minat PSG terhadap sang pemain mulai hidup lagi di Piala Dunia 2018 ini. Coutinho tampil sangat baik bersama Timnas Brasil sehingga timnya bisa melaju ke babak perempat final. Performa apik Coutinho ini kabarnya menarik perhatian pelatih baru PSG, Thomas Tuchel. Mantan bos PSG kabarnya ingin Coutinho bergabung dengan timnya musim depan. Menurut laporan yang sama, PSG berniat untuk mendatangkan Coutinho sebagai langkah mencegah Neymar pergi dari tim mereka. Seperti yang sudah diketahui, Neymar banyak digosipkan akan pergi dari PSG di musim panas ini. Ia dikabarkan ingin pindah ke Real Madrid pada musim panas ini. Coutinho dan Neymar sendiri diketahui memiliki hubungan pertemanan yang baik. Alhasil kedatangan Coutinho diharapkan akan mencegah kepergian sang pemain. Menurut laporan yang sama PSG siap memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Coutinho. Mereka akan menggelontorkan uang sebesar 270 Juta Euro itu untuk memboyongnya dari Camp Nou. (dub/yun)

KEDEKATAN Juventus dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, membuat banyak pihak terkejut serta kagum dengan aktivitas transfernya. Salah satu sosok yang memberikan nilai plus kepada pergerakan Bianconeri adalah agen pemain Italia, Giuseppe Bozzo, Beberapa waktu lalu, Juventus mendapatkan pujian karena masih bisa konsisten mendapatkan pemain bintang tanpa merogoh kocek. Dimulai dari Andrea Pirlo pada tahun 2011 silam, dan kini mereka baru saja mendapatkan jasa gelandang Liverpool, Emre Can. Perhatian publik kembali tertuju pada tim yang berbasis kota Turin itu menyusul kedekatannya dengan Ronaldo. Tentu saja kabar ini mengejutkan banyak pihak, sebab tak ada yang menyangka bisa melihat pemain asal Portugal itu bisa bermain di Serie A. Kepindahan Ronaldo pun sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja. Menurut rumor yang beredar, pria berumur 33 tahun itu akan segera merampungkan proses transfernya pada hari Selasa nanti. Dan Bozzo pun secara khusus memberikan pujian kepada Juventus untuk ini.

CRISTIANO Ronaldo

“Ronaldo adalah bisnis yang bagus dan jauh dari kata logis, karena ini melibatkan seorang olahragawan yang memindahkan banyak uang di dunia,” ujar Bozzo kepada Tuttosport beberapa waktu lalu. “Juventus juga merupakan sebuah klub yang di mana semuanya bekerja dengan luar biasa, tapi mereka melewatkan langkah terakhir dari segi komersial,” lanjutnya. Baru-baru ini, Ronaldo mempersembahkan gelar Liga Champions yang ketiga berturut-turut untuk Real Madrid. Melihat prestasi itu, Bozzo pun yakin kehadiran eks pemain Manchester United itu bisa membuat Bianconeri meraih gelar tersebut. “Membeli Ronaldo akan mengurangi jarak antara mereka dan juga tim adidaya lainnya seperti Real Madrid dan Manchester United,” pungkasnya. Menurut laporan terakhir, Juventus telah menyediakan dana sebesar 120 juta euro untuk mendapatkan jasanya. Selain itu, mereka pun dikabarkan sudah menyiapkan kontrak sebesar 30 juta euro dengan durasi empat tahun. (bln/ yun)

Maguire Diklaim Sebagai Upgrade Lovren MANTAN kapten Liverpool Phil Thompon menyebut Harry Maguire merupakan upgrade bagi Dejan Lovren dan cocok berduet dengan Virgil Van Dijk. Maguire sukses mencuri perhatian publik saat ini. Hal itu tak lepas dari performanya yang apik bersama dengan timnas Inggris di Piala Dunia 2018 ini. Maguire menjadi benteng yang kokoh bagi The Three Lions. Ia membentuk kerjasama yang cukup padu bersama John Stones dan Kyle Walker. Ia juga menjadi ancaman bagi gawang lawan. Khususnya dalam situasi bola-bola mati berkat postur tubuhnya yang gempal dan tinggi menjulang. Thompson sangat terkesan dengan penampilan pemain Leicester City tersebut. Ia sebelumnya menyebut Maguire memiliki semua kriteria yang dibutuhkan untuk main di Liverpool. Sekarang ia menyebut bahwa Maguire lebih baik dari Dejan Lovren. Ia pun menganggap bek 25 tahun itu akan bisa jadi

partner serasi bagi Van Dijk. “Harry akan menjadi upgrade (pada Dejan Lovren). Ia seperti versi Inggris dari [Virgil] Van Dijk,” ucapnya pada Liverpool Echo. “Harry mungkin bahkan lebih fisik daripada Van Dijk yang merupakan nilai plus lainnya dan saya melihat mereka sebagai kombinasi yang hebat. Ia akan berikan kami kekokohan ekstra di sana,” cetusnya. “Itu akan menjadi pernyataan lain. Mereka akan menjadi kombinasi bek tengah kami untuk tahun-tahun mendatang,” klaim Thompson. Manchester United sedang aktif berburu pemain. Sejauh ini mereka sudah berhasil mendatangkan tiga pemain anyar. Sekarang Jose Mourinho tengah getol memburu pemain di sektor bek dan penyerang. Untuk pemain di lini belakang, Mourinho sebelumnya disebut mengincar bek Tottenham Toby Alderweireld. Akan tetapi usahanya gagal karena harg-

HARRY Maguire

anya kemahalan. Pada akhirnya Mourinho disebut akan berusaha mendatangkan Harry Maguire dari Leicester City. Akan tetapi United diprediksi akan kesulitan mendapatkan Maguire. Pasalnya Claude Puel, manajer Leicester, tidak berencana untuk melepas eks bek Hull City itu pada bursa transfer musim panas ini. (bln/yun)

SAMBUNGAN HAL. 12

...KEJUTAN Samb Hal. 12

Mandzukic pun menyadari kehebatan Pickford, juga tak segan memujinya. Tetapi dia percaya timnya bisa membuat Pickford kesulitan. Bahkan, dia berjanji Kroasia akan menjebol gawang Pickford. Pula, Mandzukic membongkar bahwa timnya terus memperhatikan permainan Pickford dalam beberapa laga terakhir. Dia percaya Pickford akan bersinar di masa depan. Tetapi saat ini, Kroasia akan menguji kekuatan Pickford. “Kami sudah melihat di beberapa pertandingan bahwa dia melakukan

semuanya dengan baik. Tetapi kami juga sudah membuktikan sepanjang turnamen ini bahwa seluruh pemain kami berbahaya,” kata Mandzukic di express. “Dia (Pickford) menunjukkan potensi hebat dan saya yakin dia punya masa depan cerah. Tetapi saya percaya salah satu dari kami akan menemukan cara untuk mengejutkan dia. Menyoal kondisi timnya, Mandzukic bersikeras seluruh pemain Kroasia sudah lebih dari siap mengalahkan Inggris. Memang sempat beredar kabar pemain Kroasia kelelahan dan tidak dalam kondisi terbaik setelah bermain 120 menit dan adu penalti di laga terakhir, tapi Mandzukic membantahnya.

“Semua pemain siap. Anda akan melihat itu di pertandingan. Kami sudah menunggu bertahun-tahun untuk melakukan sesuatu yang hebat bersama Kroasia,” katanya. “Kami sangat dekat dan kami akan memberikan seluruh kemampuan kami di lapangan untuk mencapai target kami,” tutup dia. Selain itu, bek timnas Kroasia, Dejan Lovren mengaku sudah tak sabar menghadapi Harry Kane, penyerang utama timnas Inggris. Pertandingan ini diperkirakan akan berjalan sengit, kedua tim adalah kuda hitam di Piala Dunia ini, tapi raihan semifinal tentu membuktikan kekuatan mereka. Kroasia dikenal dengan lini tengah paling kuat, sedangkan Inggris tersohor

dengan serangan cepatnya. Inggris juga memiliki Harry Kane, yang sementara ini masih memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018 dengan enam gol. Karenanya, Kroasia juga harus berhatihati menghadapi ancaman Kane, yang diprediksi tak akan mudah. Lovren mungkin sudah hafal betul gaya bermain Kane, keduanya sudah sering bertemu di Premier League. Lovren juga tak segan mengakui kekuatan Kane, tetapi dia berjanji akan membuat Kane kesulitan. “Dia (Kane) adalah salah satu penyerang terbaik di Premier League. Dia memang layak mendapat pujian yang dia dapatkan,” ujar Lovren di four-

fourtwo. “Namun saya suka menantang penyerang-penyerang seperti ini dan membuktikan pada semua orang bahwa saya adalah salah satu bek terbaik,” imbuh dia. Lebih lanjut, Lovren menyadari bahwa Inggris lebih dijagokan menjadi pemenang pertandingan tersebut. Tetapi dia percaya timnya bisa memberikan kejutan, karena Kroasia bermain tanpa beban. “Inggris adalah salah satu favorit juara Piala Dunia dan anda harus menghargai itu. Namun kami menikmati pertandingan melawan tim besar, seperti yang kami tampilkan saat melawan Argentina, dan kami bermain tanpa beban,” pungkasnya. (dre/yun)


LOKAL SPORT RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 10

Dapat Kesempatan Pimpin Laga Pembuka empatan untuk terus belajar dan meningkatkan pengalaman dan jam terbang mereka, terutama di tingkat lokal. Selain itu, masih bisa meningkatkan SDM melalui pelatihan dan kurus perwasitan secara nasional nanti. “Keduanya tetap menjadi tumpuan harapan untuk bertugas dalam semua jenjang kompetisi maupun turnamen dibawah pengawasan Asprov PSSI Malut,” kata Adam. Ketum Asprov PSSI Malut ini berharap tidak wasit yang tidak lolos tidak perlu berkecil hati. Masih banyak kesempatan yang akan didapat nanti. “Ini menjadi keberhasilan yang tertunda. Bukan suatu kegagalan. Mereka yang berhasil, saya ucapkan terima kasih telah membawa nama baik Asprov di tingkat nasional,” ucap Adam. Menurut Adam, peningkatan SDM wasit di Malut ini menjadi indikator kemajuan persepakbolaan di daerah. Sebab, dengan berkembangnya sepak bola juga harus didukung dengan perangkat yang berkualitas. Maka tentu akan melahirkan permainan yang berkualitas dan perkembangan sepak bola juga menjadi lebih baik. Asprov PSSI Malut memang terus berupaya untuk meningkatkan SMD wasit maupun perangkat pertandingan lainnya. “Ini juga bagian dari prioritas untuk wasit kita di Maluku Utara. Karena setiap pertandingan yang berkualitas harus didukung dengan SDM yang bagus. Ini upaya kita agar perkembangan sepak bola di Malut tersebut berkembang,” kata ketua umum Asprov PSSI Malut yang baru terpilih Maret lalu itu.

Wasit yang Dikirim Asprov Malut, 3 Lolos 2 Gagal TERNATE - Program peningkatan SDM perwasitan di Maluku Utara oleh Asprov PSSI Malut berdampak positif. Terhitung sudah ada tujuh wasit yang direkomendasikan Asprov PSSI Malut untuk meningkatkan SMD mereka di tingkat nasional. Sebelumnya, dua wasit yang dikirim, satu di antaranya adalah seorang perempuan. Selain mereka lolos seleksi, saat ini jasa mereka juga sudah dipakai untuk pertandingan. Pada laga pembukaan U-16, sore kemarin di lapangan Sawangan Bogor, salah satu wasit Malut, Faisal Abd Wahid dipercayakan memimpin pertandingan pembukaan antara Persela Lamongan versus Borneo Putera. Pada laga kemarin sore itu, dimenangkan Persela Lamongan dengan skor 2-1. Selain itu, dari lima wasit Liga 3 Nasional yang baru dikirim mengikuti seleksi kemarin, tiga di antaranya berhasil lolos. Mereka yang lolos yakni, Gilang Mizwar, Fransiskus dan Syarif Usman. Sedangkan dua orang belum berhasil lolos seleksi, yakni Ilham Idris dan Rizal Iskandar Alam. Menurut Ketua Umum Asprov PSSI Malut, Adam Marsaoly, dua wasit yang tidak berhasil lolos tersebut tidak kariernya sebagai hakim pertandingan seleksi. Namun, belum berhasil lolos untuk bertugas di tingkat nasional. Menurut Adam, kedua wasit tersebut masih punya banyak kes-

KEBANGGAAN: Faisal Abd Wahid, saat memimpin pertandingan perdana Liga U-16 kemarin, di lapangan Sawangan Bogor

Indra Siapkan Komposisi Terbaik di Semifinal SURABAYA - Pelatih Timn Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri tak mau main-main di babak semifinal Piala AFF U-19 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Delta, Kamis (12/7) besok malam nanti. Di laga tersebut, Indonesia aka akan berhadapan dengan Malaysia. menyiapk Indra akan menyiapkan komposisi terbaik agar target mengula mengulang kesuksesan ta di Piala AFF U-19 lima tahun silam bisa terwujud. Dan sedikit banyak, ia sudah punya gamb gambaran siapa saja yang layak d diberi tanggung jawab seb sebagai starter. “Em “Empat, lima pertandi tandingan di penyisih isihan grup, perta tandingan cukup b banyak alasan u untuk kita. Nanti s siapa yang akan INDRA Sjafri m menjadi sebelas

terbaik di semifinal nanti,” ungkap Indra. Indra sudah memberikan kesempatan kepada 22 pemainnya sepanjang babak penyisihan grup, di luar Egy Maulana Vikri yang belum bergabung. Sehingga sudah dirasa cukup untuk menilai siapa yang layak starter di semifinal. “Pasti kita tim pelatih punya catatan para pemain di setiap posisi,” tegas mantan pelatih Bali United ini. Dan, pada babak semifinal, kekuatan Indonesia dipastikan akan bertambah seiring kepulangan Egy Maulana Vikri dari Polandia. Egy kemungkinan bisa langsung menjalani persiapan sehari sebelum melawan Malaysia. Bahkan dalam sebuah wawancara dengan Indra baru-baru ini, Egy memang disiapkan untuk pertandingan semifinal. Mengingat ia baru akan tiba di Sidoarjo, Selasa (10/7) malam tadi. Sebelumnya, Indonesia dipastikan akan berBaca: INDRA... Hal 11

Gelar Kejuaraan untuk Pemanasan Atlet Asian Games JAKARTA - Ketua Bidang Perlombaan PB ISSI Parama Nugroho berharap hasil di Kejuaraan Nasional BMX 2018 bisa menjadi tolak ukur pembinaan atlet nasional di 2019. Kejuaraan yang digelar di Yogyakarta ini telah berakhir kemarin. Dia melihat, banyaknya atlet yang

turun di kelas challenge, membuat PB ISSI semringah. Sebab, dengan usia yang muda dan kemampuan yang menjanjikan, para pesepeda ini nantinya bisa menjadi generasi pelapis untuk para seniornya. “Sesuai misi PB ISSI, kejuaraan nasional adalah agenda tahunan

untuk merekrut bibit atlet nasional. Persaingan tahun ini sangat menarik dan harapan kami semakin banyak muncul bakat-bakat yang nantinya menjadi penerus atlet senior,” terangnya. Baca: ATLET... Hal 11

Baca: PIMPIN... Hal 11

Barito Ogah Remehkan Arema FC BARITO Putera ekstra waspada jelang menjamu Arema FC pada laga lanjutan kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak musim 2018. Laskar Antasari -julukan Barito Putera- menyebut lawan yang akan mereka hadapi ini bukan tim sembarangan. “Arema adalah tim besar. Mereka adalah tim dengan sejarah luar biasa,” Dalam ujar Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, Selasa (10/07). “Dalam ma berada di atas Barito semua aspek, menurut saya, ArePutera,” sambungnya. Menurut pelatih yang karib disapa Jacko ini, selain faktor sejarah, ada hal lain yang harus diwaspadai bung pelatih berusia 50 anak asuhnya. Arema, samlai menunjukkan ketahun tersebut, saat ini mudigdayaan mereka, usai sempat terseok-seok pada awal musim. “Saat ini, Arema berada dalam grafik meningkat, terutama sejak tuturnya. adanya pergantian pelatih,” Barito Putera akan menjamu Arema FC pada laga pekan ke-14 kompetisi Liga 1 musim 2018. Pertandingan ini akan dihelat di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu (11/7) sore ini Saat ini,

d i posisi kedua tim klasemen sementara terpaut jauh. Barito Putera berstatus sebagai pemuncak klasemen. Sementara, Arema FC berada di posisi ke-12. Jacksen mengaku posisii in ni kedua tim di klasemen sementara ini bukan merupakan ukuran yangg tepat untuk menakar kekuatan sesungguhnya dari kedua tim. Pelatih asal Baca: BARITO... Hal 11 RIZKY Pora


SAMBUNGAN RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 11

...MODRIC Samb Hal. 12 Pasalnya, pada 16 besar Piala Dunia 2018, mereka sudah membongkar rasa trauma mereka selama lebih dari satu dekade dalam soal adu penalti. Inggris mengalahkan Kolombia dengan skor tipis di adu penalti, yaitu 4-3, pada putaran 16 besar di Rusia itu setelah bermain 1-1 sepanjang 120 menit. Ini soal momen. Adapun Harry Kane dan kawan-kawan serta Luka Modric cs saat ini berada pada momen terbaiknya untuk menang. Pertaruhan probabilitasnya bisa sangat tipis dan mendekati prosentase 50-50. Karena itu, situasi yang terjadi saat di lapangan sangat menentukan. Sejarah kilas balik seperti soal adu penalti itu dan pertemuan mereka pada masa lalu bisa saja hanya sebagai sampiran. Pasalnya, situasi ketika Inggris mengalahkan Kroasia empat kali dalam tujuh pertemuan sebelumnya bisa sangat berbeda dengan sekarang. Pelatih Gareth Southgate yang meremajakan skuad dan visi tim Inggris sekarang baru dua tahun berkiprah di tim Three Lions ini. Demikian juga pelatih Zlatko Dalic di tim Kroasia. Ia baru sejak 2017 setelah menangani klub Al-Ann di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Southgate mengkreasi wajah baru tim Inggris dengan para pemain muda seperti Harry Kane, Dele Alli, John Stones, Jordan Pickford, Harry Maguire, dan kawan-kawan. Sedangkan Dalic merevitalisasi skuad Kroasia yang sebagian di antaranya sudah sangat berpengalaman di Piala Dunia, seperti kapten sekaligus inspirator tim, Luka Modric. Kunci dalam permainan terbuka pada laga semifinal ini adalah sejauh mana Modric cs bisa menangkal senjata andalan Inggris

...INGGRIS Samb Hal. 12 “Saat ini kami masih lapar untuk meraih hal yang lebih besar. Semoga saja kami bisa mewujudkan hal itu pada hari Rabu nanti dan kami sangat fokus pada pertandingan ini. Kami semua tahu bahwa kami akan menjalani malam-malam yang indah jika kami melaju jauh di turnamen ini. Kami menikmati setiap menit kami di turnamen ini, namun kami percaya bahwa ada lebih bnayak kegembiraan menanti jika kami mengikuti jalur yang kami tempuh saat ini,” tandasnya. Timnas Inggris akan memainkan semi final Piala Dunia pertama mereka dalam 28 tahun terakhir pada Kamis (12/7) dini hari nanti, di mana mereka akan menghadapi tim kuda hitam, Kroasia. Di sisi lain, masa-masa melatih di klub Premier League membuat Slaven Bilic punya rasa cinta terhadap Inggris. Tapi jelang laga semifinal Piala Dunia 2018 nanti, ia siap mengesampingkan rasa cintanya dan memberikan dukungan sepenuhnya pada Kroasia.Bilic bukan merupakan sosok yang asing di Inggris dan Premier League. Saat masih aktif sebagai pemain dulu, ia sempat bermain untuk Everton selama dua musim. Sedangkan kala menjadi pelatih, ia pernah menukangi West Ham United.

...MOURINHO Samb Hal. 12 Selanjutnya, di babak perempat final, mereka bertemu dengan lawan yang tergolong mudah, yakni Swedia. Dalam laga di Samara, Inggris tampil dominan. Kekuatan fisik pemain muda Tiga Singa berbicara banyak dalam laga tersebut. Harry Maguire dan rekan-rekan tampil beringas tanpa lelah. Tak cuma galak, Inggris juga kuat di semua lini. Buktinya, mereka dengan mudah merebut bola dari kaki Andreas Granqvist dan kawan-kawan. Ditambah lagi, penampilan apik Jordan Pickford di bawah mistar sukses menangkal terjangan bola lawan. Inilah generasi sepak bola Inggris hasil gemblengan Liga Primer, kompetisi paling ketat sejagat, yang mulai berputar sejak 1992. Gelandang Tiga Singa, Eric Dier, men-

...PIMPIN Samb Hal. 10 Adam menjelaskan program utama induk sepak bola di Maluku Utara ini adalah fokus pada dua hal penting, yakni pembinaan organisasi dan kalender PSSI. Menurut Adam, Maluku Utara harus memiliki wakil di persepakbolaan nasional. Karena itu, prioritas utama saat ini adalah memperbaiki organisasi di bawahnya di tingkat kabupaten/kota sesuai regulasi.

...INDRA Samb Hal. 10 berhadapan dengan Malaysia di babak semifinal Piala AFF U-19 2018. Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- berhasil keluar sebagai juara Grup B usai menaklukkan Myanmar di laga pamungkas. Malaysia keluar sebagai pemenang lewat sebiji gol Shivan Pillay Asokan pada menit 18. Sehingga mereka mampu mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan yang dilalui. Unggul tiga poin dari Myanmar yang keluar sebagai run-

...BARITO Samb Hal. 10 Brasil tersebut menilai hal ini tak lebih dari sekadar masalah keberuntungan. “Hal ini merupakan sebuah kebetulan yang terjadi pada awal kompetisi ini saja,” tandasnya. Jacksen menegaskan tak mau silau dengan kualitas individu pemain-pemain Arema, yang akan menjadi lawan anak asuhnya. “Kami belajar dari sejumlah hal yang terjadi pada Piala Dunia 2018 ini,” ujarnya. “Kami belajar dari kegagalan Neymar, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo,” sambungnya.

...ATLET Samb Hal. 10 Selain untuk menjaring bibit pesepeda muda, lanjut Nugroho, ajang kejurnas dan yang setingkat juga digencarkan. Ini sebagai bentuk pemanasan para atlet tuan rumah karena dekat dengan penyelenggaraan Asian Games 2018.

berupa eksekusi bola-bola mati. Pasalnya, dari 11 gol Inggris pada Piala Dunia 2018 ini, hanya tiga gol di antaranya yang berasal dari permainan terbuka yang sedang berjalan. “Kami melihat bagaimana bagusnya mereka dari situasi bola-bila mati,” kata Luka Modric. “Kami harus memperbaiki cara pertahanan kami mengantisipasi tendangan bola-bola mati,” ujarnya. Modric adalah pemain lini tengah Real Madrid yang mengenal betul gaya permainan rekan-rekannya di Inggris. Ia pernah lama bermain di Tottenham Hotspur. Modric adalah distributor bola, playmaker alias pengatur permainan, dan penendang yang baik. Ia mengingatkan pada mantan bintang Belanda, Wesley Sneijder. Inggris tidak punya pemain seperti Modric atau bahkan seperti Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, dan Marcelo Brozovic. Mereka semua bisa menjadi playmaker Kroasia. Tapi, gelandang bertahan dari Liverpool, Jordan Henderson, yang “biasa-biasa saja” bisa sangat berguna buat Southgate untuk merangkai jaringan kolekvititas timnya guna membendung serangan Modric cs. Selain itu, serangan-serangan langsung dari gaya direct football akan memungkinkan para pemain datang dari belakang dan mencetak gol seperti yang dilakukan John Stones dan Maguire. Demikian juga dari tusukan kilat di sayap yang dilakukan Jesse Lingard dan disambut dengan tandukan Dele Alli di gawang Panama. Inggris sekarang tidak punya pemain seperti Modric, Kevin De Bruyne, atau Paul Pogba. Tapi, kekuatan team-work mereka begitu dahsyat, sehingga sangat memungkinkan untuk menggulung Kroasia. Hal itu akan terjadi, jika Modric cs tidak hati-hati seperti Neymar cs dari Brasil yang jumawa ketika menghadapi Belgia. (net/yun) Berkat itu, ia mengaku memiliki rasa cinta yang dalam kepada Inggris. Tetapi, ia mengaku tidak akan tergoda dengan kecintaannya dan akan tetap mendukung negara kelahirannya, Kroasia, saat keduanya bertemu nanti. “Saya tidak bisa bohong dan mengatakan bahwa perasaan saya terbagi dua, bahkan memberikan dukungan 99 persen kepada Kroasia dan satu persen untuk Inggris,” ujar Biilic seperti yang dinukil dari Daily Mail. “Saya mencintai Inggris, tapi 100 persen ingin negara saya mencapai final pertamanya,” lanjutnya. Bilic pun percaya diri negaranya bisa mencuri kemenangan walaupun tidak diunggulkan oleh publik. Ia yakin, sebab menurutnya, Kroasia selalu bermain baik kala bertemu negara-negara besar. “Anda tahu, kami selalu menunjukkan bahwa kami bisa bermain baik melawan negara besar,” tambahnya. “Saat saya bermain, kami mengalahkan Jerman 3-0 di Piala Dunia 1998 (pada babak perempat final). Di Piala Eropa terakhir, kami mengalahkan Spanyol,” pungkasnya. Ucapan Bilic memang telah terbukti beberapa pekan lalu, di mana Kroasia berhasil mengalahkan salah satu kandidat juara, Argentina, di fase grup. Skuat asuhan Zlatko Dalic itu bahkan berhasil menang dengan skor telak 3-0. (bln/yun) gakui anggapan tersebut. Kesediaan tim-tim Inggris memakai jasa pemain muda lokal dalam beberapa tahun terakhir membuahkan hasil manis. “Kami mampu bermain dengan perilaku baik, komitmen, dan mental kuat,” kata pemain 24 tahun itu. Dier pun yakin skuad Inggris saat ini masih bisa berkembang lagi di luar Piala Dunia 2018. Menurut dia, timnya punya ambisi besar menggapai prestasi tertinggi. “Kami tak punya waktu memikirkan masa lalu. Kami hanya ingin berfokus melanjutkan tugas dan jadi yang terbaik,” kata dia. Pelatih Inggris, Gareth Southgate, juga yakin tim asuhannya masih bisa berkembang lebih bagus lagi. “Skuad ini bukan cuma punya kualitas dan mental kuat. Mereka juga pekerja keras. Sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti berbuah manis,” kata pelatih 47 tahun itu. (*) Kemudian, fokus pada kalendar PSSI. Yang terdekat, Asprov PSSI Malut akan disibukkan dengan tiga kompetisi PSSI yakni Piala Indonesia, Liga 3 dan Piala Soeratin. Harapan besar publik Maluku Utara tentu bisa memiliki wakil di persepakbolaan nasional. Nah, kesempatan tersebut bisa didapat melalui kompetisi Liga 3. Jika berhasil lolos maka, salah satu tim Maluku Utara bisa menjadi kontestan di Liga 2. Dan itu menjadi kesempatan yang baik untuk bisa menembus kasta tertinggi kompetisi tanah air, Liga 1. (mg-04/yun) ner up Grup B. Pertandingan antara Indonesia dan Malaysia ini akan menjadi duel klasik yang sangat ditunggu. Sebab kedua tim punya sejarah panjang dalam pentas sepak bola Asia Tenggara khususnya di level senior. “Bismillah” ucap Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri menanggapi pertemuan Indonesia dengan Malaysia. Sementara laga semifinal lainnya akan mempertemukan Thailand dengan Myanmar. Meski kalah dari Malaysia, Myanmar berhak lolos karena di laga yang berbeda, Timor Leste takluk kepada Kamboja. (bln/yun) Menurut Jacksen, dari ajang ini, mereka belajar bahwa sepakbola adalah permainan tim. Karenanya, pelatih berusia 50 tahun tersebut mengaku bahwa dalam pertandingan lawan Arema nanti, mereka tak akan mewaspadai satu-persatu pemain klub berlogo singa mengepal tersebut. “Kami selalu waspadai mereka secara tim,” tuturnya. Sementara itu, Jacksen menyebut, selain mewaspadai kolektivitas Arema, ada hal lain yang mereka waspadai jelang laga ini. Hal tersebut, sambung pelatih asal Brasil ini, adalah faktor di internal tim tersebut. “Kami harap, kami tidak terlalu percaya diri dalam pertandingan ini,” tandasnya. (bln/yun) Setelah Kejuaraan Nasional BMX, PB ISSI juga akan menggelar kejuaraan nasional nomor jalan raya di Bantul, pada 14-15 Juli, disusul dengan Kejuaraan Nasional Mountain Bike di Karang Tengah Bike Park, 17-22 Juli. Setelah itu, akan ada kejuaraan Nasional Track di Jakarta International Velodrome, 2428 Juli, dan ditutup dengan Kejuaraan Nasional Trial dan BMX Freestyle di BSD Xtreme Park pada 27-28 Juli. (jpnn/yun)

...PETANI Samb Hal. 1 Meski sudah terbiasa dengan kehadiran bun upas, Purwandi tetap tidak berharap tanaman kentangnya mati sia-sia. Tapi, apa daya, embun es ternyata telah menyelimuti kebunnya. “Waduh, mati semua...,” ujarnya kepada Jawa Pos sambil menunjuk kebun kentang di hadapannya. Kawasan Candi Arjuna merupakan salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng yang paling parah terdampak bun upas. Belasan hektare kebun kentang dipastikan gagal panen. Salah satunya milik Purwandi. Sekali panen, kebun Purwandi paling banyak menghasilkan 4 kuintal kentang. Meski tidak banyak, tetap saja gagal panen itu sangat merugikan keluarga Purwandi. Sebab, kentang merupakan salah satu komoditas pertanian yang diandalkan keluarga Purwandi untuk menyambung hidup. Walau tidak semua kentang yang kena “serangan” bun upas busuk, embun es itu tetap saja merepotkan para petani. Pasalnya, kehadiran bun upas tidak bisa diprediksi dan dihindari. “Setiap tahun pasti (bun upas) turun,” ucap Purwandi. Menurut dia, bun upas paling dahsyat biasanya turun dalam bulan Agustus. Selain berlangsung lama, volumenya banyak. Tidak hanya mematikan berhektare-hektare kebun kentang, juga tanaman lain, termasuk rumput-rumput. “Waktu turun Jumat (6/7), belum semua kena. Kalau parah, semuanya mati,” ucapnya. Untuk itu, Purwandi sudah memutuskan untuk tidak menanam kentang sampai Agustus nanti. Dia tidak ingin gagal panen lagi. Karena itu, sambil menunggu waktu yang pas, dia memilih bekerja serabutan. “Yang penting bisa makan,” ujarnya. Hal yang sama dialami Sri Rejeki. Perempuan 54 tahun tersebut tampak pasrah saat Jawa Pos menemuinya di kebun kentangnya. Satu per satu tanaman kentang dia cabuti. Sama dengan milik Purwandi, daun kentang yang ditanam Sri sudah kering. “Mati semua dimakan bun upas,” tuturnya. Meski kecewa lantaran kentang yang ditanam mati, dia tetap bersyu-

...DUEL Samb Hal. 1 Prancis pulalah yang menghentikan langkah mereka ke partai puncak. Sementara, Inggris, ini semifinal ketiga. Tahun 1966, di kandang sendiri, Tiga Singa bahkan melaju sampai ke final dan kemudian menjadi juara setelah mengalahkan Jerman Barat di Wembley. Lalu pada 1990. Sayang, saat itu Inggris tumbang di kaki Jerman Barat lewat drama adu penalti. Bila sejarah pertemuan dijadikan tolak ukur, Inggris lebih dijagokan. Setidaknya, di luar Piala Dunia, keduanya sudah bersua tujuh kali. Hasilnya, Inggris mengemas empat kemenangan. Kroasia hanya dua kali menang. Satu duel lagi berakhir imbang. Namun Inggris harus ekstra hatihati. Dari babak penyisihan grup hingga lolos ke semifinal, Kroasia yang kini ditukangi Zlatko Dalic tampil begitu memukau. Dalic menegaskan bahwa skuatnya saat ini berbeda dengan skuat sebelumnya. “Kami adalah tim yang kuat dan kami tidak takut kepada siapapun,” tandas Dalic, dilansir FIFA. Dalic pantas berbangga, sebab Kroasia dihuni pemain-pemain mumpuni di semua lini. Sosok Modric, Mandzukic, Kharamaric, Perisic, serta Ivan Karitic bukan tak mungkin akan menjadi batu sandungan bagi The Three Lions. Dalic tak menutup mata, Inggris begitu impresif. Pemain-pemain muda Inggris sama sekali tak canggung bermain di pentas terakbar yang tekanannya jelas jauh lebih berat ketimbang di liga. “Pemain muda mereka hebat-hebat. Tapi saya pastikan bahwa kami masih punya energi berlebih,” kata Dalic. Gareth Southgate, juru racik Inggris, mengaku siap menghadapi

...UNGGUL Samb Hal. 1 Southgate mengaku timnya selama persiapan jelang semifinal fokus pada set piece. Di sisi lain, kapten The Vatreni Luca Modric juga mengaku timnya berlatih khusus untuk antisipasi sepakbola set piece Inggris.Karena itu, partai semifinal kali ini, peluang terciptanya gol dari open play menjadi minim. Pertandingan akan berjalan dengan tempo tinggi tetapi duel ini berlangsung sangat ketat mengingat kualitas kedua tim nyaris sama. Yang membedakan mungkin faktor usia. Inggris kemungkinan tampil lebih segar karena “lebih mudah” menjinakkan Swedia. Sementara Kroasia dengan pemain lebih tua bermain 240 dalam enam hari terakhir. Mereka sukses menundukkan Denmark dan Russia lewat adu penalti. Dari sisi materi, Southgate jelas akan turun full team tanpa rotasi. Sang pahlawan Jordan Pickford tak tergantikan di bawah mistar. Trio center back juga masih milik Kyle Walker, Jhon Stones dan Harry Maguire. Selain solid bertahan, Stones dan Maguire juga telah masuk score sheet. Dengan formasi 3-5-2, posisi bek sayap juga masih jadi milik Kieren Trippier di kanan dan Ashley Young di kiri.Jordan Henderson tetap berperan sebagai Defensive Midfielder. Tiga gelandang serang akan diisi Jesse Lingard, Delle Ali dan Raheem Sterling. Dan tugas membuat gol ada di pundak kapten Hary Kane. Selama Russia 2018, sisi defensif Inggris lumayan bagus meski belum teruji di hadapan tim besar. Mereka juga produktif dalam set piece. Sedangkan kinerja Hendo juga stabil. Problem utama Inggris adalah ketergantungan pada Kane. Lingard baru

kur. Sebab, biasanya tanah perkebunan mereka bakal jauh lebih subur setelah diselimuti bun upas. “Hasil panennya bisa dua kali lipat dari biasanya,” kata Sri. Misalnya, untuk kebun yang biasanya menghasilkan satu kuintal setiap kali panen, setelah diselimuti bun upas, kelak panennya bisa jadi 2 kuintal. Para petani yakin, setelah menelan pahit lantaran bun upas menggagalkan panen, embun es itu juga akan melipatgandakan hasil pertanian mereka. Namun, menurut Kepala Balai Tanaman Sayur Kementerian Pertanian (Kementan) Catur Hermanto, tidak ada hubungan antara hasil panen musim berikutnya dan bun upas yang turun. Kalau toh ada peningkatan jumlah panenan, kata dia, sangat mungkin penyebabnya bukan bun upas. Melainkan, embun tersebut turun bersamaan dengan udara dingin yang bisa mematikan patogen penyebab penyakit tanaman kentang. “Berkurangnya inokulum patogen akan berpengaruh pada kesehatan tanaman di musim berikutnya,” terangnya ketika dihubungi Jawa Pos kemarin. “Karena lebih sehat, hasil taninya lebih baik,” imbuhnya. Petani kentang lainnya, Mujiono, punya keyakinan yang sama dengan Sri. Dia percaya bun upas akan melipatgandakan hasil panen kentang miliknya musim depan. “Kebun saya sekali panen 2 kuintal. Nanti bisa 4 kuintal,” ucap pria berumur 60 tahun itu. Bagi petani kentang di Dataran Tinggi Dieng, bun upas sebenarnya hal biasa dan sudah sering mereka alami. Hanya, baru-baru ini, turunnya bun upas itu ramai dibicarakan lantaran foto dan potongan videonya menyebar ke mana-mana lewat jagat maya. Banyak orang yang kaget lantaran embun di tanaman berubah menjadi es dan menyerupai salju di Dataran Tinggi Dieng. “Memang (bun upas) bisa digundukkan seperti salju. Tapi, itu biasa,” ucap Mujiono. Petani kentang di tempat yang berada di ketinggian 2.000 mdpl itu saban tahun menjumpai bun upas menyelimuti perkebunan mereka. “Tapi, nanti diganti lebih banyak karena tanahnya

jadi subur,” imbuhnya. Karena itu pula, masyarakat Dataran Tinggi Dieng sama sekali tidak terpengaruh. Mereka tetap sehat-sehat saja meski bun upas turun bersamaan dengan cuaca ekstrem yang terjadi hampir di seluruh Jawa. “Sudah biasa semua di sini,” tegas Mujiono. Akhir pekan lalu, Dataran Tinggi Dieng kebanjiran wisatawan. Sebagian wisatawan penasaran ingin mengetahui lebih jauh fenomena embun es yang melanda Dieng. Karena itu, kunjungan wisatawan tersebut dimanfaatkan warga untuk mengais rezeki tambahan. Misalnya, yang dilakukan Mujiono yang juga bekerja sebagai pemandu wisata di Candi Arjuna. “Bagi kami, kedatangan bun upas juga kami tunggu. Soalnya, juga menghasilkan tambahan rezeki,” tutur Mujiono. Selain positif bagi destinasi wisata, bun upas punya sisi baik bagi produsen manisan carica. Pepaya gunung yang tumbuh subur di Dataran Tinggi Dieng itu merupakan salah satu jenis tanaman yang tahan bun upas. Sedahsyat apa pun bun upas menerjang, carica yang sudah tumbuh besar tidak akan mati. Malah bisa jadi semakin subur akibat efek bun upas terhadap tanah. Chamdi, 50, salah seorang produsen manisan carica kenamaan di Dataran Tinggi Dieng, memastikan bahwa carica tidak terpengaruh bun upas. Sebaliknya, bun upas mendongkrak penjualan carica. Toko oleh-oleh miliknya di Desa Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, semakin ramai lantaran banyak wisatawan yang datang. “Sehari saya produksi seribu cup (manisan) carica,” ucapnya. Dulu pemilik merek Rumah Carica Murni Alami itu sempat bertani kentang seperti kebanyakan warga Dataran Tinggi Dieng lainnya. Namun, bisnisnya sulit berkembang. Nasib Chamdi berubah begitu mulai memproduksi manisan carica delapan tahun lalu. Kini manisan carica yang dia produksi banyak dicari wisatawan untuk oleh-oleh. Lantaran carica tahan serangan bun upas, Chamdi tidak takut saat embun es itu turun. Sebab, suplai carica tidak akan terganggu. “Carica kuat, ndak mati kena bun upas,” katanya.(jpc/ kai)

Kroasia. Duel di Luzhniki Stadium Moskow, Kamis, 12 Juli dini hari nanti, menurutnya, bakal berlangsung ketat. Soalnya, kedua tim sama-sama membidik kemenangan. “Kami bisa sampai ke tahap ini karena semua orang sudah bekerja keras di lapangan dan akan terus melakukannya,” kata Southgate. Southgate tentulah sedang memuji anak-anak asuhnya, Harry Kane dan kawan-kawan. Minim jam terbang Internasional tak membuat sebagian pemain muda Inggris mati gaya. Mereka justru tampil energik, lepas, bebas. Southgate sendiri sukses memahat sejarah. Dia mengikuti jejak dua pelatih legendaris Inggris lainnya, Alf Ramsey (1966) serta Bobby Robson (1990). Jika sekiranya Inggris lolos ke final dan kemudian memenangkan Piala Dunia di Rusia, maka Southgate bisa dipastikan banjir sanjungan setinggi langit. Tak ada yang mengira sebelumnya, Inggris dan Southgate bisa melangkah jauh. Maklum, dibandingkan tim-tim unggulan lainnya macam Jerman, Spanyol, Argentina, dan Brasil, Inggris tak begitu hebat dari segi materi pemain. Dan lagi pula, Southgate bukanlah pelatih jempolan dengan jam terbang tinggi.Tiga klub sudah dia arsiteki yakni Crystal Palace, Asdton Villa, dan Middlesbrough. Tak ada trofi yang dia menangkan. Selanjutnya dia dipercaya menukangi timnas U-21, dari 2013 hingga 2016. Banyak yang kaget terkait pencapaian Southgate, termasuk legenda Inggris, David Seaman. “Saya sama sekali tak mengira dia menjadi pelatih ketiga yang mampu membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia,” bilang Seaman, dikutip dari BT Sport. Di sisi lain, bek Timnas Inggris, John Stones sama sekali tak berniat melepaskan kesempatan membantu Inggris menjadi juara dunia setelah berpuasa selama 52 tahun. Dia ber-

janji akan memberikan semua kemampuannya untuk membantu Inggris mencapai final Piala Dunia 2018 Rusia dan menjadi juara.Stones selalu bermain di lima laga Inggris di Piala Dunia sejauh ini. Dia pun sudah mencetak gol, yang merupakan mimpinya sejak kecil. Karenanya dia berjanji memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, semifinal Piala Dunia bukanlah hal yang mudah diraih setiap saat. “Saat masih kecil, saya bermimpi bermain dan mencetak gol untuk Inggris dan bagaimana rasanya,” ucap Stones dinukil dari fourfourtwo. Pula, dia berjanji akan memberikan seluruh kemampuan yang dia pelajari di klub dan mencoba mengaplikasikannya di tim nasional. Stones percaya Inggris dihuni oleh banyak pemain hebat. “Saya sudah mencoba menyambut kesempatan ini, yang mungkin tak akan datang lagi pada saya. Jadi Saya berusaha memanfaatkan setiap kesempatan, membawa segala hal yang sudah saya pelajari di Man City dan karier saya,” tambahnya. Lebih lanjut, Stones menjamin setiap pemain Inggris saat ini merasa sanga bangga sudah mencapai semifinal. Dia pun tak sabar mengangkat trofi dengan kedua tangannya dan menikmati momen itu.“Kami merasa bangga ketika mengenakan jersey kebanggan itu dan saya akan meraihnya dengan kedua tangan, berlari bersamanya dan menikmatinya semaksimal mungkin,” tandas Stones. Inggris atau Kroasiakah yang akan mengamankan tiket ke partai puncak? Susah untuk dijawab, mengingat keduanya sama-sama punya kans. Terlebih di Piala Dunia kali ini, begitu banyak drama yang sudah tersuguh. Tim yang diunggulkan justru terjungkal. Hanya waktu yang bisa menjawab siapa pemenang Kroasia vs Inggris. Duel hidup mati. (net/bln/yun)

cetak satu gol sedangkan Sterling sejak dua tahun lalu mandul saat membela The Three Lions. Meski begitu, kecepatan dan determinasi Sterling jelas dibutuhkan Inggris untuk merusak lini belakang Kroasia yang bermain dengan dispilin tinggi. Satu satunya rotasi berdasarkan kebutuhan teknis yang mungkin dilakukan oleh Southgate adalah memperkuat aspek defensif lini tengah Inggris. Bisa saja Inggris bermain dengan duet DM ketika menambahkan Eric Dier atau Fabian Delp di tengah. Entah untuk mengantisipasi pergerakan Modric dan Rakitic atau saat mengamankan kemenangan seperti terlihat melawan Swedia. Tetapi pilihan ini riskan karena harus mengorbankan salah satu gelandang serang dan berpotensi menurunkan sisi ofensif. Di kubu Kroasia, pelatih Zlatko Dalic jelas berharap duet Modrc-Rakitic tampil dominan dan impresif seperti lima pertandingan sebelumnya. Jika Rakitic-Modric impresif maka gelandang Inggris akan fokus bertahan. Imbasnya adalah lini pertahanan tidak bekerja extra. Kiper utama Danijel Subasic plus empat bek sejajar yang dihuni Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida dan Ivan Strinic tetap jadi starter. Di tengah, posisi DM akan diisi Marcelo Brozovic. Gelandang Inter Milan ini punya chemistry sangat baik dengan kompatriotnya Ivan Perisic. Jika Brozovic tampil lugas maka kreasi Modric dan Rakitic jadi ancaman serius bagi Inggris. Belum lagi pergerakan Ante Rebic di kiri yang getol menusuk dan memberi ruang bagi Mario Mandzukic untuk mencetak gol. Meski produktifitasnya belum maksimal, namun Mandzukic punya banyak kelebihan. Dia tipikal striker yang kuat, punya kaki kiri dan kanan serta sundulan mematikan, tak kenal lelah membuka ruang dan selalu

meneror bek lawan. Pergerakan Mandzukic lah yang membuat Modric dan Rakitic selalu punya ruang dari second line. Menarik memang menunggu duel Mandzukic melawan Stones dan Maguire. Jika ada opsi untuk meningkatkan ofensifitas, maka memainkan Andrej Kramaric adalah solusi. Hal yang sama bisa dilakukan dengan memasukkan Mateo Kavocic untuk membendung dinamisasi Ali, Lingard atau Sterling. Saya kira baik Southgate maupun Dalic akan tampil dengan startinh eleven seperti biasanya. Mungkin ada kejutan perubahan strategi tetapi tidak dilakukan sejak kick off. Saya cenderung menduga keduanya akan mengubah formasi atau strategi saat interval bermain telah lebih dari dua puluh menit.Duel menarik lainnya akan terjadi head to head antara Lovren dan Kane. Lovren adalah bek andalan Liverpool yang mengklaim dirinya salah satu yang terbaik, tetapi dalam duel Primer Leaque musim lalu, Totenham Hotspur menang besar atas the Reds. Lovren berkontribusi dengan kesalahan sehingga bomber Spurs Hary Kane suksea mencetak dua gol. Kane dalam mode on untuk memutus siklus top skor PD dalam 36 tahun terakhir yang hanya cetak 6 gol. Kane juga harus menghapus mimpi buruk PD Italia 1990 saat Inggris punya Gary Lineker sebagai top skor tapi gagal ke final.Sepak bola di ujung major turnamen biasanya terfokus pada detail dan hal hal sederhana yang berpotensi mengubah hasil. Hal sederhana itu bukan lagi aspek taktikal atau tekhnis tetapi lebih pada hasrat untuk jadi pemenang. Sulit memprediksi hasil duel ini tetapi sepak bola butuh pemenang. Dalam kontestasi ini, saya lebih menjagokan The Three Lions melaju ke partai puncak Russia 2018. Inggris menang 2-1 atas Kroasia. (*)


Fifa World Cup

RUSSIA 2018 RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 12

Prediksi Mourinho, Inggris Kalahkan Kroasia INGGRIS akan berhadapan dengan Kroasia dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis dinihari. Ini jadi semifinal pertama Inggris sejak Piala Dunia 1990. Saat itu, mereka harus puas finis di peringkat keempat. Kini, peruntungan mereka bisa berbeda. Pelatih Manchester United Jose Mourinho, termasuk yang meyakini hal ini. “Inggris punya peluang emas lolos ke final, bahkan juara. Tak ada yang mustahil,” kata dia.

Pelatih 55 tahun itu bukan asal bicara manis lantaran mencari nafkah di Inggris. Mourinho punya alasan kuat kenapa ia menjagokan Inggris. Menurut dia, skuad pemain Inggris didominasi pemain muda dengan rata-rata usia 26 tahun. Muda saja tidaklah cukup. Menurut dia, Jesse Lingard dan kawan-kawan sudah kenyang akan pengalaman di kompetisi terketat di dunia, yakni Liga Primer Inggris, serta Liga Champions. Toh begitu, bekas pelatih Real Madrid itu mengingatkan skuad pemain jempolan saja bukan jaminan bisa tampil baik. Ada faktor lain, seperti

kekompakan tim dan keberuntungan. Soal keberuntungan, Inggris cukup teduh di bawah payung Dewi Fortuna. Mereka relatif mendapat lawan yang enteng sejak fase grup. Berada di Grup G, Inggris ditantang lawan tak sepadan, yakni Tunisia dan Kosta Rika. Mereka kalah oleh Belgia. Beranjak ke babak 16 besar, Inggris berduel melawan Kolombia yang punya kualitas pemain hampir sama kuat. Inggris lolos setelah imbang 1-1 dan unggul di babak tostosan. Baca: MOURINHO.. Hal 11

JOSE Mourinho

Inggris Belajar Banyak dari Euro

KICK OFF Buffon Yakin Neymar Akan an Terus Berkembang ikan BINTANG timnas Brasil, Neymar gagal membuktikan kualitasnya di Piala Dunia 2018 Rusia. Neymar hanya anya bisa membantu Brasil sampai di perempat final, dan harus tersingkir di hadapan Belgia. Pasca kegagalan tersebut, Neymar dihujani ymar terus dihu ujani j i kritik. Dia dianggap belum layak dianggap salah ianggap sebagai sa alah satu pemain terbaik. Terlebih, Neymar karena ymar diprotes kar rena selalu jatuh berlebihan saat dilanggar gar lawan. Meski banb yak pihak yang membela penampilan tetapi mpilan Neymar, te etapi jumlah kritik itu jauh lebih dominan. beberapa nan. Bahkan beber rapa analis sepak bola yakin Neymar tak akan pernah jadi pemain terbaik jika tak mau mengubah gubah sikap buruknya burukknya soal drama jatuh itu. Walaupun demikian, Gianluigi Buffon justru percaya perccaya kegagalan Neymar adalah hal baik, ik, yang menjadi mom tivasi untuk perjuangan Neymar ke depannya. Bu Buff uffon akan bermain bersama Neymar di PSG mulai mu musim usim depan. “Saya kira hal itu terjadi padaa semua orang, ya yakni akni mengalami momen sulit. Mula-mula mula dalam hidup dan dalam karier kami. Tetapi momen membuat n ini akan memb buat kami lebih kuat,” ujar Buffon di express. xpress. “Neymar bisa kembali ke Pariss dengan dendam m untuk menjuarai segalanya. Itu adalah dalah hal baik unun ntuknya dan klub,” lanjutnya. Menyoal keputusannya memilih milih PSG, Buffon percaya klub asal Paris itu memang ang pilihan tepat di akhir kariernya. Dia yakin kemampuannya mpuannya di bawah mistar gawang bisa membantu PSG SG mencapai ambisi mereka. “PSG adalah tim yang terus saya aya perhatikan dalam beberapa tahun terakhir karena saya penasaran. Saya terkejut melihat mereka gagal mencapai ncapai tujuan mereka. Tetapi tim memang membutuhkan an waktu, kami selalu butuh waktu untuk berkembang. g. Paris punya ambisi hebat dan terdapat progres yangg konstan,” tutup dia. (dre/yun)

Walau Cinta Inggris, Bilic Tetap Dukung Kroasia ZLATKO Dalic

GARETH Southgate

MO MOSKOW OS - Gelandang Timnas Inggris, Eric Dier membeberkan rahasia dibalik performa cemerlang mem me mb timnya di Piala Dunia 2018. Dier menegaskan bahwa kegagalan The Three Lions di Euro 2016 membuat kega ke gaga ga timnya semakin kuat di Piala Dunia 2018. Tiga Singa yang berstatus sebagai unggulan juara di Euro Eur 2016 kemarin tersingkir secara memalukan. Mereka Merek dikalahkan tim kuda hitam Islandia di babak 16 besar besa sehingga mereka panen hujatan seusai turnamen tersebut. te Dua tahun berselang, Inggris berkembang dengan pesat. Di bawah asuhan Gareth Southgate, The Three Lions sukses menembus partai semi final Piala Dunia s 2018 20 018 di d mana mereka menaklukan sejumlah tim kuat seperti sepert Kolombia dan Swedia. Dier mengakui bahwa performa apik timnya ini dikarenakan mereka tidak mau mengulangi kegagalan dika kare ren n di Euro 2016 silam. “Setelah pertandingan melawan Islandia, Island ndii kami tahu bahwa kami harus banyak berbenah,” ujar u Dier seperti yang dilansir Sportsmole. Dier mengakui kekalahan atas Islandia itu memacu timnya untuk berbenah sehingga mereka menjadi tim yang llebih baik lagi. “Pada saat itu kami merasakan kekecewaan yang teramat dalam dan kami tidak ingin kekec merasakan kegagalan itu lagi. Kami tahu bahwa kami mera bisa membalas itu semua di Piala Dunia, sehingga kami kam belajar banyak dari kesalahan kami.” “Saya rasa kami belum meraih kesuksesan “ apa-apa saat ini. Kesuksesan memang sulit untuk apa didefi did nisikan, namun di mata saya kami bertahan di turnamen ini masih belum bisa disebut kesukt sesan,” terangnya. Dier menegaskan bahwa timnya ses akan aka melakukan segala cara agar meraih lebih banyak kesuksesan di sisa dua pertandingan di ban Piala Pia Dunia ini.

GIANLUIGI Buffon

24 April 1996 Seri 0-0 (persahabatan) 20 Agustus 2003 Inggris menang 3-1 (persahabatan) 21 Juni 2004 Inggris menang 4-2 (Euro 2004) 11 Oktober 2006 Kroasia menang 2-0 (kualifikasi Euro 2008) 21 November 2007 Kroasia menang 3-2 (kualifikasi Euro 2008) 10 September 2008 Inggris menang 4-1 (kualifikasi Piala Dunia 2010) 9 September 2009 Inggris menang 5-1 (kualifikasi Piala Dunia 2010)

Prediksi Susunan Pemain INGGRIS : Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young, Raheem Sterling, Harry Kane KROASIA : Danijel Subasic, Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Josip Pivaric, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Mario Mandzukic

Baca: INGGRIS.. Hal 11

Modric Jadi Kunci Kroasia LUKA Modric

Head to head

Inggris Vs Kroasia

AKANKAH Inggris kalah lagi dalam adu penalti pada babak semifinal Piala Dunia 2018 melawan Kroasia, seperti yang mereka alami melawan Jerman Barat pada semifinal 1990? Hal itu merupakan salah satu kemungkinan yang bisa terjadi. Setelah bermain selama 120 menit dua kali, Kroasia mengalahkan Denmark pada 16 besar dan tuan rumah Rusia melalui adu penalti. Tapi, sebaliknya, Inggris juga berpeluang besar untuk menembus babak final Piala Dunia untuk pertama kali sejak 1966. Baca: MODRIC.. Hal 11

Mandzukic Siap Beri Kejutan Pada Pickford

MARIO Mandzukic

MOSKOW - Penyerang timnas Kroasia, Mario Mandzukic menyebut timnya sudah siap tampil maksimal menghadapi Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 Rusia, Kamis (12/7) dini hari nanti. Menurutnya, Kroasia sama sekali tak gentar terhadap kekuatan Inggris. Selain Harry Kane, Inggris juga memiliki kekuatan cukup tangguh di barisan pertahanan, khususnya penjaga gawang, yakni Jordan Pickford. Kiper Everton itu terus menjadi pahlawan Inggris dalam beberapa laga terakhir dengan penyelamatan gemilang yang dia tampilkan. Baca: KEJUTAN.. Hal 9


MAJANG POLIS RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 13

Wali Kota Jadi Irup Upacara Pembukaan TMMD di Hiri Harap Masyarakat Sukseskan TMMD TERNATE - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Kecamatan Pulau Hiri, kemarin (10/7). Sementara yang bertindak sebagai komandan upacara Lettu Inf. Abd. Hadji Talaohu. Upacara yang dipusatkan di lapangan sepak bola Kelurahan Faudu itu dihadiri oleh Forkompimda dan pimpinan SKPD di lingkup Pemkot

HAORNAS Presiden Akan Hadiri Perayaan Haornas di Ternate TERNATE - Puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang akan di gelar di Ternate. Rencananya kegiatan itu akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo. Hal ini disampaikan Asisten BURHAN Abdurahman Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah khusus olahraga, Teguh Raharjo di kantor wali kota, kemarin (10/7).

TMMD: Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman menjadi inspektur upacara (Irup) pada upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Kecamatan Pulau Hiri, kemarin.

Ternate. Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman dalam sambutannya mengatakan, TMMD merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI yang berupa program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, lembaga pemerintah, non departemen dan pemerintah daerah serta secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselarasi kegiatan pembangunan di daerah, khususnya di desa-desa yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena dampak bencana. Baca: TMMD.. Hal 16

BUCEK HUMAS FOR MALUT POST

Peminat Luar Zona Lampaui Kuota Coba Daftar di Luar Zona, Map Dikembalikan Editor : Sunarty Peliput : Arwani Jufri

Baca: HAORNAS.. Hal 16

PRESTASI Wali Kota Kembali Raih Penghargaan TERNATE – Prestasi gemilang kembali diukir Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman. Dijadwalkan, Kamis (12/7) besok, Wali Kota Ternate dua periode ini akan menerima penghargaan khusus, (spesial award) dari Badan M Syaiful Arsyad Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. Dari 40 nominasi yang ditetapkan, Baca: PENGHARGAAN.. Hal 16

FOLLOW UP Dekot Desak Evaluasi SKPD Pengelola PAD TERNATE – Rendahnya realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ternate yang hingga triwulan II baru mampu dicapai Rp 32,9 miliar atau 23,35 persen dari target sebesar Rp 141 miliar lebih, mendapat sorotan tajam DPRD. MERLISA Ketua DPRD Kota Ternate, Merlisa meminta, pemerintah lebih serius untuk mencapai target PAD yang telah ditetapkan, berbagai potensi PAD harus digali secara optimal. Baca: PAD.. Hal 16

HIZBULLAH MUJI MALUT POST

PENDAFTARAN ONLINE: Para calon siswa saat mendaftar secara online yang dibantu operator sekolah memasukkan datanya ke aplikasi PPDB

TERNATE – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Ternate telah dimulai. Pantauan MAlut Post, di hari pertama kemarin (10/7), sekolah pelaksana PPDB Online lebih ramai. Seperti di SMPN 2 Kota Ternate, calon siswa dan orangtuanya sudah memadati tempat pendaftaran sebelum dibuka pada jam 7 pagi. Sebelum mendaftar, panitia langsung memeriksa kelengkapan persyaratan yang harus dibawa, jika ada yang tidak lengkap langsung dikembalikan dan diminta melengkapinya. Di hari pertama, jumlah pendaftar sudah mencapai kuota yang ditetapkan, yaitu 288 siswa. Baca: KUOTA.. Hal 16

JUMLAH PENDAFTAR PPDB ONLINE TINGKAT SMP Sekolah SMPN 1 Kota Ternate SMPN 2 Kota Ternate SMPN 3 Kota Ternate SMPN 4 Kota Ternate SMPN 5 Kota Ternate SMPN 6 Kota Ternate SMPN 7 Kota Ternate

Kuota

Pendaftar

288 288 192 288 224 288 288

230 288 132 231 140 122 139

DPRD Setuju Wali Kota Rombak SKPD Merlisa: Banyak SKPD yang Kinerjanya tak Maksimal

TERNATE – Rencana Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman melakukan perombakan pimpinan SKPD mendapat dukungan DPRD Kota Ternate. Ketua DPRD Kota Ternate, Merlisa mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana evaluasi SKPD yang kinerjanya tidak maksimal tersebut. Penyegaran harus dilakukan agar ada peningkatan kinerja. Baca: SKPD.. Hal 16

Keterangan

Catatan :

Jalur prestasi 11, Luar zona 0 Jalur prestasi 0, Luar zona 0 Jalur prestasi 6, Luar zona 1 Jalur prestasi 0, Luar zona 30 Jalur prestasi 1, Luar zona 6 Jalur prestasi 2, Luar zona 9 Jalur prestasi 0, Luar zona 11

Pendaftar dari luar Zona (luar Kota Ternate) yang terdaftar di Panitia PPDB Dikbud Kota Ternate: 220 siswa Pendaftar Jalur Prestasi 16 siswa

KPK Bentuk KAD di Malut TERNATE – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk Komite Advokasi Daerah (KAD) di Provinsi Maluku Utara. Pembentukan komite ini untuk mengakselerasi pencegahan korupsi khususnya terkait bisnis. Salah satu caranya berkolaborasi dengan Pemda dan pengusaha untuk mencari solusi bersama

atas masalah yang dihadapi di dunia bisnis. Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Sujanarko, Senin (10/7) mengatakan, komite yang dibentuk ini berfungsi sebagai forum komunikasi dan advokasi antara regulator dan pelaku usaha. Baca: KAD.. Hal 16

Wali Kota Surati Gubernur Soal Rumdis TERNATE – Pimpinan Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Ternate diperintahkan untuk konsisten menyelesaikan rekomendaasi BPK. Pasalnya, hingga kini masih ada temuan yang belum ditindaklanjuti temuan lembaga auditor tersebut. Hal ini diakui Wali Kota Burhan Abdurahman. Untuk memantau perkembangannya, dia mengaku pekan ini akan mengumpulkan semua anak buahnya. “Ini kerja, jadi tidak ada yang namanya salah-salah atau bikin temuan. Jadi SKPD yang tidak serius akan dievaluasi dan dianggap gagal,”ungkapnya.

Ini kerja, jadi tidak ada yang namanya salahsalah atau bikin temuan. Jadi SKPD yang tidak serius akan dievaluasi dan dianggap gagal BURHAN ABDURAHMAN Wali Kota Ternate

DOK. MALUT POST

RUMAH dinas Gubernur di Kalumpang

Baca: RUMDIS.. Hal 16


AROUND TERNATE RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 14

FOTO HIZBULLAH MUJI/MAUT POST

SEPI

Lantai dua pasar Percontohan yang terletak di Gamalama Ternate Tengah ini sudah lama sepi dari penjual dan pembeli, meski lapak jualan di pasar tersebut telah di tempati. Sebagian pedagang berharap, dinas terkait mencari solusi agar pembeli bisa datang dan berbelanja di pasar tersebut.

Warga Keluhkan Sulit Dapat Mita Samsul : Itu Tidak Benar Editor : Fahrul Marsaoly Peliput : Hasbi Konoras

TERNATE - Warga kelurahan Tanah Tinggi Barat RT/RW 01/02 mengeluhkan stok minyak tanah (mita) yang dijual di lingkungan itu. Pasalnya, sebagian minyak tanah yang dipasok ke pangkalan tidak dapat dinikmati warga. Salah satu warga yang enggan namanya dikorankan mengaku, penjualan minyak tanah di pangkalan tersebut tidak merata. Sebagian warga dapat membeli minyak tanah namun sebagiannya tidak. Ada dugaan sisa minyak yang tidak dijual ke

warga itu justru dijual ke luar seperti speed boot, tentu dengan harga yang lebih tinggi.” Kami menduga ini sudah berulang kali dilakukan,” bebernya kepada Malut Post, Selasa (10/7). Menurutnya, minyak tanah di pangkalan itu harusnya dijual ke warga bukan untuk ke pihak luar. Apa yang dilakukan pemilik pangkalan itu kata dia, membuat sebagian warga kesulitan memenuhi kebutuhan minyak tanah untuk keperluan memasak dan lain sebagainya. “Makanya kami merasa kesulitan minyak tanah,” tandasnya. Terkait keluhan itu, pemilik pangkalan minyak tanah, Samsul Ibrahim membantah bila dirinya menjual ke pihak lain sehingga ada warga yang

kesulitan memperoleh minyak tanah. Kata dia, setiap tanggal 3, pasokan minyak tanah sudah masuk ke pangkalan dan dia langsung menyampaikan pengumuman ke warga. Minyak tanah yang dijual itu harus sampai habis, karena tiga hari berikutnya atau pada tanggal 6, dia sudah harus menyetor uang minyak. “Bila terlambat menyetor, pasokan minyak tanah akan tidak normal setiap bulan berjalan,” terangnya. Dulu kata dia, jika minyak tanah tidak belum dijual habis, dia selalu menyetor menggunakan uang miliknya terlebih dahulu, namun saat ini karena sudah tidak punya uang, jadi minyak yang ada harus dijual sampai habis agar bisa menyetor.” Kalau minyak tanah stoknya masih ada meski su-

Minta Bersihkan, Ranting Pohon Menggantung di Kabel

BERBAHAYA : Ranting pohon yang tergantung di kabal pada ruas jalan depan kantor BNN dan DPRD Kota Ternate sangat membahayakan pengguna jalan.

TERNATE - Ranting pohon kering yang menggantung di kabel telepon pada jalan Tugu Maku Gawene dikeluhkan. Pasalnya, dikhawatirkan ranting pohon itu suatu saat bisa jatuh dan mengenai warga yang melintas. Pantauan Malut Post, pohon besar dan rindang yang berada di sekitar kantor BNNP Malut dan DPRD Kota Ternate itu beberapa cabang dan ranting pohon terlihat sudah mulai mengering dan tergantung di kabel telepon yang yang berada di samping jalan itu. Hal ini dikhawatirkan akan mengundang bahaya bagi pengguna jalan. Darwin, salah satu warga yang Ini sudah lama, s e d a n g tapi dibiarkan beberteduh gitu saja. Ini bisa di bawah p o h o n i t u menjadi ancaman m e n u t u r - bagi keselamatan kan, ranting pengendara dan dan cabang orang-orang di pohon yang bawahnya,” mulai mengering itu DARWIN harusnya Warga segera dibersihkan oleh dinas terkait. Jika dibiarkan khawatirnya akan mengancam keselamatan pengendara yang melintas di jalan tersebut. Menurutnya, kondisi itu sudah lama terjadi namun masih tetap dibiarkan. “Ini sudah lama, tapi dibiarkan begitu saja. Ini bisa menjadi ancaman bagi keselamatan pengendara dan orang-orang di bawahnya,” katanya, Selasa (10/7). Pemerintah Kota Ternate kata dia, harus memperhatikan kondisi ini, agar keberadaan pohon-pohon yang di pinggiran jalan tidak menjadi ancaman keselamatan pengendara dan warga lainnya. “Pemkot harus intens melakukan pengecekan dan pembersihan khususnya pohon-pohon besar di pinggir jalan, agar ranting yang kering itu bisa langsung ditebang,” pintanya. (cr-04/rul)

dah diatas tanggal 3 saya tetap menjual ke warga, tapi kalau stoknya sudah tidak, tentu tidak bisa lagi melayani pembelian,” tandasnya. Kata Samsul, di pangkalan-pangkalan lain, tiap warga hanya boleh membeli minyak tanah sebanyak 15 liter. Tapi di pangkalannya, dia memberikan toleransi, tiap warga bisa membeli hingga 30 liter. Itu dilakukan agar kebutuhan warga bisa terpenuhi.” Kadang jika stok mita sudah habis, namun ada warga yang benar-benar sangat membutuhkan minyak tanah, minyak pribadi saya di rumah juga saya kasi ke warga. Lalu masih kurang apalagi, jadi kalau ada warga yang merasa tidak dapat minyak tanah, tolong suruh mereka datang ke saya,” tukasnya. (cr-04/rul)

Jalan Rusak Sering Bawa Petaka

RUSAK : Jalan rusak di Bastiong, bahayakan pengguna jalan.

TERNATE - Kondisi jalan di lingkungan Falajawa II hingga jalan Raya Bastiong dikeluhkan. Pasalnya, di jalur terdapat lubang. Pantauan Malut Post, bahu jalan yang berada tepat di depan apotek Apia Farma itu terlihat berlubang. Lubang itu diduga dikarenakan dasar jalan yang sering tergerus banjir. Akibatnya, permukaan jalan terlihat menurun dan tidak rata. Lubang yang berdiameter sekitar 60 sentimeter dengan kedalam sekitar 20 sentimeter itu sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas. Junaidi, salah satu warga yang ditemui di lokasi menjelaskan, jalan itu sering tergenang banjir ketika hujan, lama kelamaan dasar jalan tergerus dan menyebabkan jalan berlubang. “Permukaan jalan tidak lagi rata,” katanya, Selasa (10/7). Menurutnya, kondisi permukaan

jalan yang tidak rata itu, sering menjadi penyebab kecelakaan bagi pengendara roda dua. Karena, dari kejauhan, tidak terlihat sedikitpun lubang di jalur arah selatan menuju utara, tapi jika sudah dekat baru bisa kelihatan.” Kalau tidak hati-hati, khususnya pengguna sepeda motor, ban motornya bisa masuk ke dalam lubang tersebut, karena dari jauh memang tidak kelihatan ada lubang,” jelasnya. Ia berharap, dinas terkait dapat segera membenahi jalan tersebut agar tidak menjadi ancaman bagi pengendara terutama roda dua. Apalagi di ruas jalan ini cukup padat dilewati kendaraan karena merupakan jalan utama “ Kami berharap ada perbaikan jalan ini, kalau tidak nanti akan terjadi kecelakaan, karena lubangnya cukup dalam,” harapnya. (cr-04/rul)


AKADEMIKA RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 15

Kuliah Filmologi Bersama Rizmada Azzahra M.Pd

Mengenal Prinsip Film, Jenis-Jenis Film dan Jabatan dalam Perfilman RIZMADA Azzahra M.Pd Dosen Sekaligus Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate

TOPIK yang dibahas di edisi kali ini tentang Prinsip Film, Jenis-Jenis Film, dan Jabatan Dalam Perfilman. Topik ini merupakan bagian dari mata kuliah Filmologi yang disampaikan Rizmada Azzahra M.Pd, dosen sekaligus Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate kepada mahasiswa semester VI. Berikut narasi mata kuliah yang disarikan secara bertutur oleh yang bersangkutan:

Prinsip Film Ada beberapa prinsip dalam sebuah film, yang pertama adalah: Komunikasi, Menumbuhkan imajinasi, Jalinan cerita yang utuh, dan Teknis yang memadai. Dalam film, komunikasi ini terjadi satu arah (one way Traffic) atau (komunikator-audience). Dari dua hal tersebut yang terpenting adalah metode atau cara penyampaian cerita yang harus menarik dan menimbulkan interest audience untuk mengikuti cerita hingga usai. Sebuah karya film terdiri dari integrasi jalinan cerita. Jalinan cerita terbentuk dari menyatunya peristiwa atau adegan/ scene. Adegan terdiri dari beberapa pengambilan sudut gambar. Sebuah film, harus membutuhkan teknis yang memadai agar menghasilkan kualitas yang bagus. Film yang tidak berkualitas, biasanya didasari oleh teknis yang tidak memadai. Hal teknis yang perlu diperhatikan yaitu:

Pencahayaan memadai, harus sedramatis mungkin pencahayaannya. Fokus kamera/fokus gambar agar pengambilan gambar tidak boleh blur atau buram. Pengambilan gambar juga harus terarah dan disesuaikan dengan skrip/skenario dan story board, kualitas suara juga baik. Jenis-jenis film Dalam pembuatan film, terdapat beberapa jenis film di antaranya: Film Action, adalah film yang menghadirkan banyak aksi laga dan pertarungan. Seperti adegan baku tembak, perang, ledakan, perkelahian, kejarkejaran, dll. Contoh film action yang terkenal seperti: Mission Impossible. Film Adventure, adalah Jenis film yang menitik beratkan pada sebuah alur petualangan yang sarat akan teka teki dan tantangan dalam berbagai adegan film. Contoh film adventure seperti Alexander (2004). Film Animation, adalah Jenis film kartun animasi dengan berbagai alur cerita. Dulu film genre seperti ini hanya dinikmati oleh anak-anak, namun seiiring berjalannya waktu, film dengan genre seperti ini banyak diminati oleh semua kalangan. Contoh film animation seperti: Toy Story Film Biography, adalah jenis film yang mengulas sejarah, karir atau perjalanan hidup seorang tokoh, ras dan kebudayaan ataupun kelompok. Contoh film biography seperti The Social Network ( 2010 ). Film Comedy, adalah jenis film yang sebagian besar/keseluruhan filmnya terdapat unsur comedy atau lelucon. Intinya film ini bertujuan untuk membuat orang tertawa. Contoh film comedy seperti 3 Idiots ( 2009 ). Film Crime, adalah jenis film yang menceritakan tentang kejahatan kriminal suatu orang ataupun suatu kelompok. Contoh film crime seperti The Godfather (1972). Film Documentary, adalah jenis film yang kejadiannya atau peristiwan nya di ambil secara

nyata. Jenis film ini sangat minim pemitnya. Contoh film documenter seperti We Are Legion, The Story of the Hacktivists (2012). Film Drama, adalah jenis film yang menghadirkan konflik tertentu, biasaanya bertemakan percintaan, kehidupan sosial, dll.  Contoh film drama seperti: Titanic (1997). Film Family, adalah jenis film yang sangat cocok di nonton bersama keluiarga dan mengandung pesan moral untuk keluarga. Contoh film family seperti Children of Heaven (1997). Film Fantasy, adalah jenis film yang karakter dan setting bersifat fantasy/khayalan. Intinya film jenis ini apa yang di tampilkan tidak ada di dunia nyata. Contoh film fantasy seperti: The Lord of the Rings. Film Noir, adalah sebuah istilah sinematik yang digunakan untuk menggambarkan gaya film Hollywood yang menampilkan drama-drama kriminal, khususnya yang menekankan keambiguan moral dan motivasi seksual. Contoh film noir seperti Sin City ( 2005). Film History, adalah film yang menceritakan kejadian/peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Contoh film history seperi Kingdom of Heaven (2005). Film Musicals, adalah film yang bertemakan musik. Biasaanya genre ini gabung dengan genre lain seperti Drama, Documentary, Romance, dll. Walaupun gabung dengan genre lain tema musik lebih di tonjolkan. Contohnya seperti Dreamgirls (2006). Film Mystery, adalah film yang mengandung unsur teka-teki atau penyelidikan. Genre film ini membuat penonton berfikir/menebak-nebak. Contohnya seperti Se7en (1995) Film Thriller, adalah film yang penuh aksi menegangkan, dan mendebarkan. Contohnya seperti Shutter Island (2010) Film War, adalah jenis film yang inti ceritanya tentang peperangan. Contoh seperti Saving Private Ryan (1998).

Target Reakreditasi Prodi dan Pengembangan Infrastruktur

MOH Muzni Harbelubun

TERNATE – Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate saat ini tengah berbenah, baik dari sisi akademik maupun sarana dan prasarana. Sejak berdiri pada tahun 2002 silam, Aikom Ternate sampai saat ini telah memiliki

dua program studi (Prodi), yakni Teknik Komputer dan Manajemen Informatika (MI). Sebagai perguruan tinggi yang terbilang baru di Maluku Utara (Malut), dari sisi infrastruktur masih kalah dibandingkan dengan per-

Siapkan Wadah Kerja Bagi Alumni TERNATE – Sebagai perguruan tinggi yang berbasis vokasi, Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate juga telah menyiapkan wadah kerja untuk para alumnusnya lewat kerjasama dengan instansi-

instansi pemerintahan, baik swasta maupun negeri yang ada di Maluku Utara (Malut). Sejauh ini, tawaran yang kerap masuk ke Aikom Ternate adalah perusahaan tambang seperti Weda Bay Nikel

guruan tinggi lainnya seperti Universitas Khairun (Unkhair) dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU). Namun dari sisi kualitas dosen maupun mahasiswanya, tentu tidak diragukan lagi. Ini dibuktikan dengan animo masyarakat untuk masuk di Aikom masih tinggi. Bahkan melebihi target mahasiswa baru setiap penerimaan tahun ajaran baru. ”Sampai saat ini animo masyarakat terhadap Aikom Ternate masih tinggi. Begitu kita buka pendaftaran mahasiswa baru, dari target yang kita tetapkan melebihi kuota,” kata Direktur Aikom, Moh Muzni Harbelubun, kemarin (10/7). Untuk itu, pada tahun ini pihaknya akan menargetkan pembangunan infrastruktur maupun rekareditasi dua prodi yang statusnya C menjadi B, juga ada penambahan Prodi Animasi dan Teknik Komputer untuk kelanjutan D-IV dan

Sistem Informasi. ”Alhamdulillah, Aikom Ternate sudah punya lahan sendiri. Untuk itu tahun ini kita akan memulai pembangunan gedung baru,” ujarnya. Untuk sumber daya manusi (SDM) tenaga pengajar di dua Prodi sudah terpenuhi. Di Prodi Teknik Komputer terdapat 12 orang tenaga pengajar, sementara untuk MI terdapat 16 orang tenaga pengajar dengan jenjang pendidikan strata dua (S2) dan menjadi dosen tetap di Aikom Ternate. Untuk pengembangan kapasitas tenaga pengajar juga saat ini sedang dilakukan. Tak tanggung-tanggung, sebanyak tiga orang tenaga pengajar disekolahkan untuk mengambil strata tiga (S3), sementara untuk S2 terdapat 12 orang. ”Sementara ini kita lagi memacu dengan target akreditasi B dan pembangunan gedung baru untuk pembenahan Aikom ke depan,” terangnya. (tr-03/jfr)

dan NHM. Instansi ini menyurat ke Aikom untuk meminta staf ahli tenaga dalam bidang IT yang kualifikasi pendidikan diploma. Selain itu, ada instansi vertikal seperti di Kemenkum-HAM. ”Kami punya alumni yang sudah kami siapkan untuk ke instansiinstansi tersebut. Alhamdulillah, banyak alumni kami yang sudah terserap,” kata Direktur Aikom Ternate Moh Muzni Harbelubun.

Menurutnya, kedepan kerjasama ini terus dijajaki pihaknya untuk mempermudah lapangan pekerjaan bagi para calon wisudawannya. Apalagi, lanjutnya, saat ini lapangan pekerjaan yang semakin sempit, maka kerjasama ini perlu dilakukan. Dirinya juga optimis bahwa mahasiswanya mempunyai kapasitas yang dapat bersaing dengan lulusan dari luar Aikom. (tr-03/jfr)

Pemimpin dan Keteladanan Diri PEMIMPIN dan keteladan diri adalah dua hal yang tak bisa dilepaspisahkan. Bahwa menjadi seorang pemimpin juga harus menjadi teladan bagi yang dipimpin. Untuk lebih jelas, berikut ulasan Abdul Muid Badrun sebagaiman dilansir Republik Online berikut: Buat apa pintar, tapi tak berani ambil keputusan. Buat apa pandai, tapi berkata benar di depan atasan saja tak berani lakukan. Buat apa kaya jika tak mau berbagi sesama. Buat apa punya rupa cantik dan ganteng jika tidak untuk mendekat kepada-Nya. Buat

apa punya jabatan jika tak bisa urus bawahan. Nurani kita entah di mana. Kalbu kita entah tersimpan di mana. Urat nadi keberanian kita seakan tak bendenyut lagi, ketika kezaliman dan kejahatan marak di negeri ini. Mengapa di negeri yang katanya beragama, tapi korupsinya makin menggila. Bahkan, kasus korupsi KTP-el dilakukan secara merata dan berjamaah. Terbukti sampai saat ini, masih berlangsung proses hukumnya dan melibatkan banyak sekali “orangorang penting” di negeri ini. Sungguh ironis hal itu bisa

terjadi di negeri yang notabenenya mayoritas Muslim. Kita sungguh menyesalkan dan kecewa dengan semua ini. Kok bisa ya, maling uang negara tetap saja bisa tersenyum gembira. Akal sehatnya di mana. Logika kewarasannya ada gak ya? Gambaran ironisme ini mengantarkan saya pada kesimpulan bahwa negeri ini sudah remuk luar dalam alias gegar otak plus kulit tubuhnya terkelupas di mana-mana. Kalau sudah begini, wajar kalau banyak yang meragukan masa depan Indonesia.

Ada peribahasa “nila setitik rusak susu sebelanga”. Saat ini telah berganti menjadi “nila sebelanga rusak semua sendi negara”. Tulisan ini tidak bermaksud mengutuk kegelapan. Namun, sebagai insightbahwa kita saat ini sudah berada di kegelapan demi kegelapan. Lilin penerang memang kita butuhkan. Tidak cukup hanya itu. Yang kita butuhkan sejatinya adalah pemimpin yang berani. Tidak saja hanya berani berkata, tapi berani membuktikan dan menghukum mati para koruptor.Mempermalukannya di depan umum. Semoga ini bukan mimpi atau ilusi. Tapi menjadi kenyataan agar negara ini bisa terbebas dari korupsi.

Film Western, adalah jenis film yang ala-ala koboy atau yang berkaitan dengan suku yang ada di Amerika. Contoh seperti Appaloosa (2008). Film Romance, adalah jenis film tentang kisah percintaan yang romantis. Contohnya seperti La La Land (2016) Film Sci-Fi atau  Science Fiction, adalah jenis film fantasi imajinasi pengetahuan khususnya yang bersifat exact yang dikembangkan untuk mendapatkan dasar pembuatan alur film yang menitikberatkan pada penelitian dan penemuanpenemuan teknologi. Contohnya seperti Interstellar (2014). Film Sport, adalah jenis film yang bertemakan Olahraga. Contohnya seperti Dodgeball A True Underdog Story (2004). Jabatan Dalam Perfilman Dalam pembuatan film, terdapat jabatan seperti Produser Eksekuti maupun Produser. Produser Eksekutif, merupakan seorang investor yang membiayai proyek film atau video yang diberikan kepada filmmaker (pembuat film) atau videoklipmaker. Produser, merupakan seseorang atau beberapa orang yang bertugas mengelola segala hal yang berhubungan dengan pembuatan film/video. Manajer Produksi, bertugas mengawasi aspek fisik produksi yang tidak berhubungan dengan proses kreatif sebuah film atau video. Manajer produksi mengawasi personil, teknologi, anggaran dan penjadwalan. Director/Sutradara, bertanggung jawab terhadap aspek kreatif film, termasuk konten dan mengendalikan alur plot, mengarahkan aktor, menyusun dan memilih lokasi dimana pelaksanaan shoting film, menentukan waktu dan isi dari soundtrack film. Itulah sedikit ulasan mengenai Prinsip Film, Jenis-Jenis Film, dan Jabatan Dalam Perfilman. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran untuk kita bersama. (tr-03/jfr)

Tambah Nilai UAS Lewat Pembuatan Film TERNATE– Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate dituntut untuk membuat film sebagai nilai tambahan dalam Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata kuliah Filmatologi. Berikut rangkuman yang disampaikan langsung Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unkhair, Rizmada Azzahra M.Pd: Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan ide cerita. Setiap kelas diwajibkan untuk satu buah film dengan beberapa model yang diterapakan seperti film horror. Dalam film horror dipilih lokasi yang seram seperti di Rumah Sakit (RS). ”Misalkan sudah dipilih film horror, maka satu kelas itu satu orang menuliskan satu kata untuk film horror. Barulah dirangkai jenisnya seperti apa, kemudian jalan ceritanya seperti apa,” kata Rizmada. Setelah menentukan ide cerita, selanjutnya membuat skenario. Dalam scenario ini yang pertama-pertama disusun adalah sinopsisnya. Setelah scenario barulah setting nya. ”Setting ini tidak dilakukan di luar dan hanya dilakukan di dalam kampus. Setelah setting barulah mengambil gambar di

Kita membutuhkan pemimpin teladan ketika negeri ini defisit keteladanan. Minimal keteladanan dari diri kita sendiri. Jika diri ini sudah baik, akan menyebar kebaikannya. Terus dan teruslah menyebar dan menebar. Dengan cara apa pun kebaikan harus terus dibudayakan dan ditegakkan. Jangan sampai kalah dengan kebatilan yang ujungnya akan hancur dan menghancurkan (QS al-Isra’: 81). Karena itu, dengan makin masifnya budaya kebaikan di masyarakat akan memberikan rasa malu dan enggan pada mereka yang berbuat sebaliknya.Karena pada prinsipnya kebaikan itu hanya pantas dibalas dengan kebai-

Misalkan sudah dipilih film horror, maka satu kelas itu satu orang menuliskan satu kata untuk film horror. Barulah dirangkai jenisnya seperti apa, kemudian jalan ceritanya seperti apa,” RIZMADA AZZAHRA lapangan. Dalam pengambilan gambar ini saya mengecek langsung,” ujarnya sembari mengatakan bahwa para mahasiswa ini mengambil gambar dengan menggunakan alat perekan seadanya, misalkan menggunakan handphone (HP) dan sebagainya. Setelah selesai semua tahapan pembuatan filmnya, sampai pada tahapan akhirnya yakni publikasi. Film yang telah dibuat para mahasiswa ini kemudian diupload di sosial media mereka masing-masing. setelah itu barulah kemudian dilihat respon dan komentarnya seperti apa. ”Nanti komentar dan respon dari orang-orang seperti apa, itulah menjadi penilaian saya,” tandasnya. (tr-03/jfr)

kan (QS ar-Rahman:60). Namun, jika keburukan dan kejahatan ini sudah terjadi di mana-mana dan menjadi biasa (budaya), yang berbuat baik pun akan dianggap manusia aneh dan malu ketika berbuat baik.Apakah ini yang akan kita wariskan untuk anak cucu kita nanti? Tentu tidak! Karena itulah, lewat tulisan pendek ini, mari bersamasama berikrar dan bertekad untuk menyalakan lilin kebenaran, mulai dari diri sendiri (keluarga), dari yang paling mudah dan saat ini juga. Ini harus menjadi gerakan umat Islam di Tanah Air secara masif.Sehingga, peradaban mulia dan agung itu segera kita rasakan bersama di lingkungan kita (QS Saba’: 15). (*)


SAMB MAJANG RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 16

...HAORNAS Samb Hal. 13

“Ini merupakan pertemuan yang sangat spesial, karena Kota Ternate ditunjuk oleh Menpora sebagai puncak perayaan Haornas. Rencananya nanti acara puncaknya akan dihadiri Presiden dan beberapa menteri, serta para atlet tingkat nasional,” ujarnya. Teguh berharap, selain pemerintah, masyarakat Kota Ternate juga harus ikut menyukseskan perayaan Haornas tersebut. Perayaan puncak perayaan Haornas lanjutnya, akan dikemas secara baik agar ada perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena itu, berbagai kesiapannya terus dipermatang, koordinasi dengan SKPD terkait juga rutin dilakukan. Perayaan Haornas di Ternate, sambungnya akan membawa nilai tambah tersendiri, sebab peringatan Haornas juga sekaligus dengan mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Ternate, selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.”Baik hotel maupun rumah makan, karena rencananya kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh 32 gubernur se Indonesia, serta beberapa kepala daerah kabupaten /kota,” terangnya. Dia mengatakan, rangkaian kegiatan Haornas sendiri sudah dilakukan sejak 13 mei lalu, dimana pada rangkaian tersebut sudah dilaksanakan sepeda nusantara yang mengelilingi 17 titik di 34 provinsi di Indonesia untuk mempromosikan

...PENGHARGAAN Samb Hal. 13

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate menjadi salah satu penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu terbaik wilayah timur setelah melalui survey yang dilakukan dengan sejumlah kriteria yang ditetapkan.” Spesial Award yang diterima Wali Kota Ternate ini sesuai surat yang ditandatangani oleh Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong tertanggal 3 Juli 2018,”kata Kabag Humas Setda Kota Ternate M. Syaiful Arsyad, kemarin (10/7). Menurut Syaiful, dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan perizinan dan non perizinan penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal (PTSPPM) tingkat provinsi, kabupaten dan kota, Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB), serta Kawasan Ekonomi Khusus di Tahun 2018 di seluruh Wilayah Indonesia. Beberapa waktu lalu, BKPM telah melakukan survei dan penilaian langsung atas penyelenggaraan PTSP-PM dengan berpedoman pada standar kualifikasi sebagaimana diatur dalam peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nomor 6 tahun 2011 tentang tata cara pelaksanaan, pembinaan dan pelaporan pelayanan terpadu satu pintu di bidang penanaman modal. “BKPM telah melaksanakan survei dan kualifikasi untuk pemeringkatan terhadap 565 instansi Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) provinsi kabupaten

...PAD Samb Hal. 13

“Kalau PAD tidak capai target, maka sudah tentu berdampak pada pembangunan,” kata Merlisa, kemarin (10/7). Politisi PDI P ini mengaku, memahami kendala yang dihadapi pemkot, akibat belum adanya kepastian payung hukum bagi sejumlah sektor PAD. Namun demikian, dirinya tetap menyayangkan kelemahan dari sisi tersebut. Sebab, saat penyusunan target PAD beberapa waktu lalu, pemerintah sendirilah yang mematok besaran perolehan PAD pertahunnya seperti itu.” Ini karena pemerintah tidak realistis dengan kenyataan di lapangan. Besaran target yang dipatok sejak awal tidak diiringi dukungan penyiapan peraturan yang jelas seperti peraturan daerah ataupun peraturan wali kota,” sesalnya. Srikandi DPRD ini mendorong, pemerintah harus secepatnya me-

wisata-wisata yang ada di Indonesia. Pada puncak Haornas nanti akan dirangkaikan dengan acara Pekan Olahraga Nasional (PON), Asean Games, serta Asean Para Games, yang rencananya di lakukan pembakaran obor di Ternate.”Jadi peringatan ini bukan hanya di Palembang saja, tapi di seluruh Indonesia, dan puncaknya nanti di Ternate,”tambahnya. Sembari berharap, adanya keterlibatan anakanak muda guna mempromosikan budaya yang ada di Ternate.” misalnya tari atau kegiatan lainnya,” tambahnya. Terpisah, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengaku sangat berterima kasih, ditunjukkannya Ternate sebagai tuan rumah perayaan puncak Haornas pada September mendatang. Hal itu menjadi satu kebanggaan bagi warga Kota Ternate, karena perayaannya akan memberikan dampak pada pendapatan masyarakat, baik hotel rumah makan dan lainnya.” Kegiatan ini juga sebagai ajang kampanye mari olahraga seluruh indonesia,” ujar wali kota. Karena kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Presiden, sejumlah menteri, Gubernur se Indonesia serta kepala daerah kabupaten/ kota, Burhan berharap, pelayanan di hotel dan rumah makan dapat ditingkatkan.”Jadi nanti SKPD terkait akan melakukan pengecekan dan memanggil seluruh pemilik penginapan dan hotel, guna membahas soal pelayanan,” pungkasnya. (cr-05/pn/rul) dan kota, yang dilaksanakan sejak bulan Maret 2018 lalu,”ujarnya. Dalam kegiatan kualifikasi pemeringkatan PTSP di Bidang Penanaman Modal yang telah selesai dilaksanakan itu meliputi penilaian mandiri (selfassessment), survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) uji pemaparan, uji petik (Observasi langsung ke lapangan, verifikasi dan validasi) oleh tim penilai yang melibatkan 11 Kementerian/lembaga terkait. Dalam penilaian tersebut, BKPM juga menggunakan pertimbangan penilaian (award) yang dilakukan oleh Kementerian/ lembaga lainnya kepada pemerintah daerah, serta memperhatikan berita dan informasi positif maupun negatif dari media cetak dan media elektronik terkait kredibiltas penyelenggaraan pelayanan publik. Menurutnya, untuk penilaian tahun 2018 terdapat 40 nominasi akan diberikan penghargaan dan secara khusus BKPM telah menetapkan 3 penyelenggara PTSP terbaik di wilayah timur, yang salah satunya adalah DPMPTSP Kota Ternate.” Ternate akan memperoleh penghargaan khusus, berdasarkan surat dari BKPM Nomor : 86/A.7/B.2/2018. Dalam surat itu diberitahukan DPMPTSP sebagai salah satu PTSP di Wilayah Timur Indonesia yang memperoleh Penghargaan Khusus dan akan diterima langsung oleh Walikota Ternate, sesuai undangan dari Kepala BKPM RI Nomor. 252/A.1/2018 tanggal 3 Juli 2018, yang bertempat di ruang nusantara kantor BKPM jalan Gatot Subroto nomor 44 Jakarta ,”pungkasnya. (cr-05/pn/rul) nyiapkan regulasi berkaitan dengan potensi-potensi pendapatan, DPRD, kata Merlisa siap untuk memfasilitasi hal tersebut. Selama ini sambungnya, lemahnya capaian PAD karena instansi pengelola PAD tidak diberikan ketegasan oleh wali kota. Harusnya, wali kota memberikan penegasan, bagi SKPD pengelola PAD yang tidak mencapai target akan dievaluasi.” Tujuan evaluasi tersebut agar, jika ada SKPD yang tidak mencapai target PAD dievaluasi,”tandasnya. Terpisah, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengakui, hingga triwulan II, PAD belum mencapai target, terutama dari sisi retribusi daerah. Tidak tercapainya target retribusi tersebut karena lemahnya SKPD terkait.”Banyak potensi namun tidak dimanfaatkan secara baik, misalnya parkiran, banyak yang tidak dikelola secara baik. Ini akan menjadi catatan dalam evaluasi SKPD pengelola PAD nantinya,” pungkas wali kota. (cr-05/ rul)

...KUOTA Samb Hal. 13

“Ini belum termasuk jalur prestasi dan luar zona yang belum ada peminatnya,” kata Kepala Sekolah SMPN 2, Isman Do Idris saat ditemui Malut Post. Dengan begitu, angka tersebut telah melewati kuota untuk zona (lingkungan sekolah) yang hanya diberikan kepada 245 siswa. Meski begitu, Isman mengaku tetap menerima pendaftaran hingga 12 Juli. Nantinya, sistem seleksi dilakukan secara langsung oleh sistem yang telah diprogramkan berdasarkan jumlah nilai tertinggi. Dengan begitu, yang lolos adalah nilai tertinggi bukan berdasarkan waktu mendaftar. Kepadatan juga terlihat di halaman SMPN 1 Kota Ternate. Hingga jam 12 siang, para siswa dan orang tua masih antre untuk memasukkan data ke dua operator sekolah yang sudah disiapkan. Di sekolah ini, masih saja ada siswa dari luar zona yang mendaftar namun tidak memenuhi syarat untuk jalur prestasi maupun jalur di luar zona karena di luar zona hanya untuk siswa dari luar Ternate. Sedikitnya ada 3 siswa yang dikembalikan berkasnya dan disarankan mendaftar di SMPN 7 yang tepat dengan tempat tinggalnya. Kepsek SMPN 1, Mustamin Hamzah mengaku langkah itu dilakukan karena komitmen terhadap aturan. Sementara pendaftar di sekolah ini di hari pertama sudah melampaui kuota, yaitu 230 siswa sedangkan kuotanya hanya 288.

...TMMD Samb Hal. 13

Lanjut wali kota program ini merupakan bagian dari komitmen TNI untuk ikut membangun bangsa secara sinergi dan berkesinambungan. “Kegiatan TMMD ini juga merupakan bukti kepedulian dari segenap unsur TNI dalam upaya memperteguh sikap dan tekad kemanunggalan TNI dengan rakyat,” jelas wali kota. Dalam kesempatan itu, wali kota dua periode menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta menyambut baik penetapan kecamatan Pulau Hiri sebagai lokasi pelaksanaan TMMD ke 102 tahun ini. “Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh perangkat daerah baik camat dan para lurah se kecamatan Pulau Hiri serta seluruh masyarakat Pulau Hiri untuk ikut mensukseskan pelaksanaan TMMD TNI, karena dengan pelaksanaan TMMD ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat terutama di kecamatan Pulau Hiri, karena ada kegiatan fisik maupun non

...SKPD Samb Hal. 13

Merlisa mencontohkan buruknya kinerja SKPD dapat dilihat pada beberapa hal salah satunya persoalan tender proyek. Hingga saat ini ada sejumlah SKPD yang belum menuntaskan proses tendernya. ” Kalau ini dibiarkan akan berakibat pekerjaan proyek tidak bisa tuntas diakhir tahun,” tandasnya.

...KAD Samb Hal. 13

Dalam forum ini, kedua belah pihak dapat menyampaikan dan menyelesaikan bersama kendala yang dihadapi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang ber-integritas. Lanjut Sujanarko, KPK berupaya mengajak Pemda dan pengusaha swasta duduk bersama mencari solusi terhadap 4 permasalahan utama di Malut. Dari hasil Fokus Group Discussion yang dilakukan KPK bersama Gapensi, Apindo, Gapeksindo, Kadin Malut, dan Akademisi dari Universitas Khairun, ditemukan empat masalah utama yakni mengenai keterlambatan atau kegagalan pembayaran pada pekerjaan konstruksi yang sudah diserahterimakan. Rekomendasi akan hal ini menurut peserta FGD perlu adanya kontrak yang seimbang antara penyedia dan pengguna. Selain itu, dengan buruknya implementasi regulasi dan standar pelayanan perizinan Minerba, yang direkomen-

...RUMDIS Samb Hal. 13

Diantara temuan yang menjadi perhatian Wali kota adalah aset kendaraan, pengalihan SMA/SMK ke Provinsi serta

“ Jalur prestasi 11 orang tapi jalur luar zonasi belum ada,” tambahnya seraya mengaku penerimaan akan tetap dibuka hingga 12 Juli nanti. Sementara untuk SMPN 6 Kota Ternate, pendaftarnya baru 122 siswa ini termasuk 9 siswa dari luar zona zonasi luar dan 2 dari jalur prestasi. “Kalau prestasi semua dari Olimpiade Sains Nasional ( OSN),”kata Kepsek, M Ahda Sillia. Pendaftar yang belum memenuhi kuorta juga ada di SMPN 5 Kota Ternate,yaitu baru 140 pendaftar dari kuota yang disiapkan sebanyak 244. Kepsek, Abdullah Pelupessy mengungkapkan dari pendaftar itu, 1 dari jalur prestasi 6 siswa dari luar zona. “Luar Zona ini rata-rata dari Halmahera,” katanya. Sedangkan jalur prestasi, siswanya pernah mewakili Malut di tingkat Nasional, karena itu Abdullah mengaku bangga meski hanya satu orang. “saya berdoa bisa dapat ssiwa berprestasi, akhirnya dapat,”pungkasnya. Di SMPN 3 juga belum capai kuota. Peminat di hari pertama baru 132 siswa, Di dalamnya ada 6 siswa dari jalur prestasi dan 1 dari luar zonasi. Kepsek Mansur Yusuf berharap, di hari kedua dan ketiga nanti pendaftarnya akan bertambah sehingga kuota yang ditargetkan bisa terpenuhi. Sementara itu di SMPN 4 Kota Ternate, pendaftar dari luar zona sebanyak 30 pendaftar. Dilihat dari pembagian kuota khusus ini maka sudah melampaui angka yang ditetapkan. Yaitu, 5 persen atau hanya 14 orang dari kuota seluruhnya yaitu

288. Sementara total pendaftar baru 231 siswa dan untuk jalur prestasi belum ada peminatnya. Di SMPN 7 Kota Ternate, hingga pukul 15. 00 WIT, para siswa dan orangtua masih terlihat antre memasukkan datanya ke operator sekolah. Seperti, di SMPN 1 masih saja ada orangtua yang tetap mendaftar di sekolah yang bukan termasuk zonanya. Sementara untuk jumlah pendaftar, sudah mencapai 139 siswa, diantaranya ada 11 siswa dari luar zona sedangkan untuk jalur prestasi masih kosong. Minimnya peminat justru terlihat di sekolah pelaksana PPDB manual, seperti di SMPN 13 Kota Ternate. Pendaftar di hari pertama baru 49 siswa. Ketua Panitia PPDB, Said Salasa berharap peminatnya akan bertambah selama masa pendaftaran dibuka. “Hari ini (kemarin,red) masih sunyi, mungkin besok (hari ini) baru ada,” katanya. Sementara terkait dengan peminat dari luar daerah (luar zona), Ketua Panitia PPDB Dikbud Kota Ternate, Iksan Husen mengaku, berdasarkan peminat yang telah mendaftar pada pra PPDB, sebanyak 220 siswa sedangkan untuk jalur prestasi hanya 16 siswa. Khusus untuk jalur dari luar daerah ini, jika dibandingkan dengan kuota yang tersedia di tujuh sekolah pelaksana PPDB online maka jumlahnya telah melampaui kuota yang ditetapkan. Sebab, total kursi yang disediakan untuk siswa dari luar sekolah di tujuah sekolah tersebut hanya 115. (mg-01/ nty)

fisik yang akan dilaksanakan,” tandas wali kota. Wali kota juga memberikan apresiasi kepada para pimpinan TNI beserta seluruh prajurit TNI, perangkat daerah, camat dan para lurah, yang telah terlibat dalam pelaksanaan TMMD 102 di Pulau Hiri. “Saya berharap semua lapisan masyarakat dapat mendukung pelaksanaan TMMD ini sehingga dapat berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana,” harap wali kota. Sementara Pasiter Jany CH. P dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan TMMD sesuai dengan surat telegram Danrem 152 Babullah nomor ST/4/2018 tanggal 2 Februari 2018 tentang perintah agar merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD 102, dan program kerja Kodim 1501 Ternate TA 2018 bidang teritorial khusus bhakti TNI. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 30 hari terhitung mulai 10 Juli hingga 10 Agustus 2018 yang bertempat di kelurahan Faudu, Tomajiko, Dorariisa, Tafraka, Togolobe dan Mado. “Personil yang dilibatkan sebanyak

150 orang yang terdiri dari Angkatan Darat, diantara Kodim 1501 64 orang, Yonif 732 Banau 45 orang, Balak Korem 152 Babullah 13 orang, Angkatan Laut 5 orang, Polri 10 orang dan Pemda 13 orang,” jelasnya. Kegiatan itu memiliki sasaran, terutama kegiatan fisik diantaranya pembuatan pagar kuburan di kelurahan Faudu dengan panjang 54 meter dan tinggi 1,5 meter. Pagar Masjid Kelurahan Dorari Isa 38 meter dan tinggi 1,5 meter, pembuatan pagar kuburan umum di kelurahan Faudu sepanjang 63 meter dan tinggi 1,5 meter. Pembuatan talud penahan tanah di kelurahan Tafraka sepanjang 100 meter tinggi 2,5 meter, pembuatan talud penahan tanah di Mado dengan panjang 15 meter dan tinggi 2,5 meter. Pembuatan pagar masjid An Nur di Togolobe dengan panjang 41 meter dan tinggi 1,5 meter. Serta kegiatan non fisik yang melibatkan sejumlah stakeholder di Pemkot Ternate. “Dukungan anggaran yang digunakan berasal dari Pemkot Ternate sebesar Rp 800 juta,” pungkasnya. (cr-05/adv/ rul)

Politisi PDI P ini menambahkan, hal lain yang menjadi catatan untuk dilakukan evaluasi SKPD yakni persoalan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Masih ada SKPD pengelola PAD yang tidak serius dalam menggenjot PAD. ” Belum lagi di sektor pendidikan dan kesehatan yang terlihat masih banyak masalah. DPRD menyerahkan ke wali kota sejauh mana penilaian wali kota terhadap kinerja kepala SKPD,

namun yang jelasnya harus dilakukan evaluasi,”tambahnya. Merlisa berharap rencana evaluasi atau perombakan SKPD ini, tidak hanya gertakan. Namun, harus benar-benar dilaksanakan karena banyak SKPD yang hingga kini kinerjanya tidak maksimal. ”Kami harap evaluasi ini harus dilakukan agar ke depan kinerja SKPD bisa lebih baik lagi,” tutup srikandi DPRD ini. (cr-05/rul)

dasikan agar adanya peningkatan kapasitas dalam pelayanan perizinan oleh aparatur sipil negara. Mengenai biaya ekonomi tinggi dalam biaya jasa bongkar muat di pelabuhan. Rekomendasi terkait permasalahan ketiga ini perlunya adanya transparansi tarif jasa bongkar muat. “Kami harap ini bisa jadi aksi pencegahan yang efektif dan memberi solusi langsung ke masalah yang ada,” harap Sujanarko. Sujanarko menuturkan, pembentukan Komite Advokasi daerah antikorupsi yang digagas KPK, tidak hanya dibentuk di tingkat daerah, tetapi juga tingkat nasional. Di tingkat nasional, Komite ini bernama Komite Advokasi Nasional Antikorupsi. Sebagai permulaan pada tahun 2017 ini ada lima sektor yang digarap di tingkat nasional yaitu minyak dan gas, pangan, infrastruktur, kesehatan, dan kehutanan. Di tingkat nasional, Komite Advokasi ini dibentuk pada sektor - sektor strategis yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas dengan melibatkan asosiasi usaha dan kementerian terkait.

Sementara di tingkat daerah, komite ini dibentuk berdasarkan geografis dengan melibatkan Kadin dan regulator daerah. ”Selain di Malut, pada tahun 2018 ini KPK menargetkan 26 provinsi lainnya untuk membentuk Komite Advokasi,” tambahnya. Meski begitu, Sujanarko menambahkan gagasan pembentukan kedua komite ini berasal dari pengalaman KPK, 80 persen penindakan yang ditangani KPK melibatkan para pelaku usaha dan sektor publik pemerintah. Umumnya modus yang dilakukan berupa pemberian hadiah atau gratifikasi dan tindak pidana suap dalam rangka mempengaruhi kebijakan penyelenggara negara, seperti dalam proyek. Berdasarkan data KPK, hingga Desember 2017, pihak swasta tercatat sebagai pelaku tindak pidana korupsi terbanyak yaitu sejumlah 144 orang, atau kepala daerah sejumlah 89 orang. Kasus pertama dengan tersangka korporasi yang ditangani KPK ialah PT DGI dalam hal proyek pembangunan. (cr-05/rul)

rumah dinas Gubernur di Kelurahan Kalumpang. Pengalihan aset SMA/ SMK penting karena nantinya akan berpengaruh terhadap opini BPK. Sementara untuk rumah dinas Gubernur, Burhan mengaku itu sudah

menjadi milik Pemkot sehingga dirinya atas nama Pemkot Ternate akan menyurat ke Gubernur. “Bukan ambil alih lagi tapi itu sudah aset pemkot, jadi nanti rumdisnya akan dipakai Pemkot,”pungkasnya. (cr-05/nty).


HUKUM & KRIMINAL RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 17

Komitmen Polda Diragukan Kadir Bubu: Publik Butuh Pembuktian Editor : Irman Saleh

TERNATE – Pernyataan Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendry Badar bahwa pihaknya masih memiliki komitmen dalam pemberantasan kasus tindak pidana korupsi, ditanggapi datar saja oleh Ketua Pusat Konsultasi Bantuan Hukum (PKBH) Universitas Khairun (Unkhair), Abdul Kadir Bubu. Presidium Komunitas Jarod ini bahkan meragukan komitmen Polda. Keraguannya itu berdasarkan kinerja

Polda dalam mengusut kasus tindak pidana korupsi. Setiap pergantian Kapolda, kata abdul Kadir Bubu, pasti ada pernyataan terkait dengan komitmen pemberantasan korupsi dari Polda. Sayangnya, hingga Kapolda selesai menjabat, tidak ada satu pun kasus dugaan korupsi yang diusut tuntas. Menurutnya, Polda Malut hampir tidak memiliki prestasi dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Polda hanya mampu mengusut kasus dugaan korupsi anggaran Masjid Raya dan dugaan korupsi Bandara Bobong yang diduga melibatkan Gubernur Malut terpilih Ahmad Hidayat Mus (AHM). Meski berhasil mengusut dugaan kasus tersebut hingga melimpahkan tahap dua ke kejaksaan, pihak terdakwa malah dibebaskan di pengadilan. Lihat

saja, AHM yang berstatus terdakwa kasus dugaan korupsi anggaran Masjid Raya Sanana, justru dinyatakan bebas oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Ternate. AHM juga memenangkan Praperadilan ketika ditetapkan tersangka oleh penyidik Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Malut. “Karena AHM menang praperadilan, makanya KPK ambil alih dan memproses hingga tetap AHM tersangka kasus Bandara Bobong. Sedangkan kasus Masjid Raya, AHM bebas dan sementara ini JPU menunggu putusan Kasasi di Mahkamah Agung (MA). Berdasarkan fakta-fakta itu, tentu menjadi wajar kalau publik tidak percaya dengan Polda. Sebagai akademisi saya tidak percaya dengan komitmen Kapolda Malut yang

sekarang terkait dengan komitmen pemberantasan korupsi,” tegas Abdul Kadir Bubu. Ia menyarankan Kapolda membuktikan komitmennya, jika ingin dipercaya publik. Betapa tidak, masalah korupsi begitu sensitif di Malut, sehingga publik memiliki persepsi baik atau buruk ke lembaga mana yang serius atau tidak serius mengusut korupsi. “Masih banyak berkas kasus dugaan korupsi yang sementara ini menumpuk di Polda, jadi saya minta Kapolda tunjukan komitmennya, jangan hanya sebatas janji. Kalau memang benarbenar komitmen, silakan proses hukum beberapa kasus dugaan korupsi yang diduga libatkan pejabat daerah dan pimpinan SKPD aktif,” tambahnya mengakhiri.(lex)

ABDUL Kadir Bubu

BNNP Beri Penghargaan ke Malut Post TERNATE – Sebagai media terkemuka di Maluku Utara (Malut), Malut Post tentu punya kontribusi terhadap perkembangan pembangunan di daerah ini. Salah satu bukti adalah aktif dalam pemberitaan Pencegahan Pemberatan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Atas kontribusinya memberikan pencerahan terhadap generasi muda mengenai dengan bahaya narkoba, Malut Post diberi penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Malut. Bertepatan dengan puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2018 kemarin (10/7), Kepala BNNP Malut Brigjen (Pol) Dr Benny Gunawan memberikan penghargaan kepada Malut Post sebagai salah satu media massa yang berkontribusi terhadap pembangunan karakter anak bangsa dengan memberi pemahaman terhadap bahaya narkoba lewat pemberitaan. Penghargaan itu diberikan Kepala BNNP yang diserahkan langsung Gubernur Abd Gani Kasuba bertempat di gedung duafa center, kemarin. Selain Malut Post sebagai salah satu dari sekian media cetak yang ada di Malut yang aktif dalam pemberitaan P4GN, BNNP juga memberikan penghargaan kepada salah satu media online yang juga aktif dalam pemberitaan. ”Saya ucapkan terima kasih kepada komponen masyarakat maupun instansi terkait lainnya yang telah berkontribusi terhadap sosialisasi P4GN, dan juga kepada media yang telah memberitakan bahaya peredaran narkoba ini,” ujarnya Brigjen Benny Gunawan berterima kasih. (tr-03/lex)

PENGHARGAAN: Gubernur Abdul Gani Kasuba menyerahkan penghargaan kepada wartawan Malut Post, Mahfud H Husen

PENYIDIKAN Coblos Dua Kali, Kades Yayasan Ditahan DARUBA – Polres Kabupaten Pulau Morotai mulai menujukkan taringnya dalam penegakan hukum. Kemarin (10/7), pihaknya menahan Kepala Desa (Kades) Yayasan, Fadli Dano Mas’ud. Kades Yayasan terjerat hukum lantaran diduga mencoblos dua kali di dua tempat pemungutan suara (TPS) yang berbeda pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Rabu (27/6) lalu. Sebelum ditahan, ia lebih dulu diperiksa selama satu jam, dimulai pukul 14.00. Kades Yayasan awalnya tidak menggubris panggilan Gakumdu. Akibat sikapnya yang tidak taat hukum, Gakumdu menyerahkan kasus itu ke Polres. Kapolres Morotai, AKBP Mikail P. Sitanggang membenarkan adanya penahanan terhadap Kades Yayasan. Kasat Reskrim, Iptu M. Iqbal menambahkan, setelah ditahan, selama 14 hari berkas tersangka lengkapi berkasnya kemudian dilakukan penyerahan tahap dua ke kejaksaan. Pihaknya berupaya untuk mempercepat proses penyerahan tahap II ke Kejari. “Nanti kita lihat, karena bisa jadi sebelum 14 hari sudah bisa menyerahkan berkas dan tersangka,” jelas Kasat Reskrim. Seperti diketahui sebelumnya, Fadli ditetapkan tersangka dalam kasus tindak pidana pemilu akibat melakukan pencoblosan double, di dua TPS yang berbeda, saat pencoblosan Pilgub 27 Juni lalu. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Fadli dijerat dengan pasal 178 A Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilgub, Pilwako dan pemilihan bupati, dengan ancaman kurungan maksimal 72 bulan atau 6 tahun penjara dan denda maksimal Rp 72 juta. (aji/lex)

Kapolda: AKP S Sudah Pasti Dipecat

Brigjen (Pol) M Naufal Yahya

T E R N AT E – K a polda Malut Brigjen (Pol) M Naufal Yahya angkat bicara terkait dengan sikap mantan Kasat Reskrim Polres Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) AKP S yang diketahui menukarkan sabu-sabu (SS) dengan Gula Pasir. Kapolda menegaskan, oknum perwira polisi itu sudah pasti dipecat atau diberhentikan tidak dengan hormat (PTDH). Pasalnya, tingkah AKP S dianggap mencederai institusi Polri. Tidak hanya AKP S, menurut Kapolda, masih ada beberapa anggota polisi lain yang juga terancam dipecat lanta-

ran terlibat kasus narkoba. Nama-nama mereka sudah direkomendasikan untuk di-PTDH. “Kalau mau main-main dengan narkoba, saya pecat,” tegasnya. Jenderal bintang satu itu mengatakan, meski AKP S dan beberapa anggota sudah pasti dipecat, proses hukumnya tetap sesuai dengan prosedur. “Jadi harus jalani sidang kode etik. Wakapolda akan ajukan nama-nama polisi yang akan dipecat, barulah saya setujui. Karena masih dalam proses sidang, maka nama-nama itu belum diserahkan secara resmi,” katanya. (tr-04/lex)

TNI Gadungan Ditangkap di Bacan TERNATE – Seorang pria bernama Humaedi (36) diamankan anggota TNI AL yang bertugas di Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Selasa (10/7). Warga asal Lombok itu terpaksa ditahan lantaran mengaku sebagai anggota TNI AL untuk menipu dan memeras sejumlah korban. “Pelaku ini melakukan penipuan dan pencemaran nama baik TNI AL. Perbuatannya telah merugikan korban atas nama Junaidy Rasyd

Penyidik Siap Proses Wawali Tikep TERNATE – Setelah menerima laporan Arifin Djafar selaku korban kasus penganiayaan pada Senin (9/7), kemarin (10/7) Polda Malut angkat bicara. Pihak Polda berjanji akan menindaklanjuti laporan Arifin yang juga mantan Wakil Wali Kota Ternate itu sesuai dengan prosedur yang berlaku. Melalui Kabid Humas Polda, AKBP Hendry Badar, Polda kelihatannya mengambil sikap diplomatis menanggapi pertanyaan wartawan seputar laporan kasus penganiayaan tersebut. Bukan tidak mungkin karena pelaku dari kasus penganiayaan dan tindakan tidak menyenangkan ini adalah Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Muhammad Sinen yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P

(30) suku Bacan alamat Amasing Kota Barat,” ungkap Pasi Intel Lanal Ternate, Kapten Laut (P) Ventje Rein Lalaria. Menurut Vantje, tersangka sudah berhasil menipu salah satu korban di Sorong belum lama ini dan mendapat bayaran hingga Rp 250 juta. Ceritanya, tersangka lebih dulu menjanjikan para korban bahwa akan meloloskan mereka sebagai pegawai negeri sipil (PNS) melalui honorer kategori dua (K2), tetapi dengan syarat uang Rp 250 juta. Korban mengaku sanggup menyiapkan uang Rp 250 juta dan diberikannya ke tersangka. Ironisnya, saat beraksi, tersangka mencatut nama TNI AL untuk meyakinkan korban. Hal tersebut, kata Vantje sangat

Malut. Sebagaimana diketahui, Arifin Djafar yang bertindak sebagai saksi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut Ahmad Hidayat Mus (AHM)-Rivai Umar (AHMRivai), didorong hingga jatuh dari kursi oleh Muhammad Sinen disela-sela pleno rekapitulasi di KPU Provinsi pada Sabtu (7/7) lalu. AKBP Hendry Badar mengatakan, laporan Arifin Djafar sudah diregistrasi dan dilanjutkan ke penyidik Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) untuk melakukan penyelidikan. Kata dia, Polda tetap siap mengusut kasus tersebut berdasarkan aturan yang berlaku. “Agar publik tahu, kami tidak akan diamkan kasus ini. Saya yakin penyidik bekerja secara profesional, jadi jangan ragukan kami,” ujarnya.(tr-04/lex)

GADUNGAN: Tersangka ketika ditangkap dan ditahan

merugikan nama baik TNI AL. “Tersangka mengaku sebagai anggota TNI AL yang memiliki orang dalam di Jakarta, untuk meyakinkan korban. Ini sangat merugikan nama baik TNI AL,” tegas Vantje. Vantje mengaku, tersangka pernah bekerja sebagai honorer di Lantamal XIV Sorong sejak tahun 2014 hingga 2017. Namun, atas kejadian itu, tersangka berhenti bekerja sebagai honorer di Lantamal XIV Sorong, hingga akhirnya tertangkap di Bacan, Halmahera Selatan. “Penangkapan ini berdasarkan laporan dari korban. Maka diadakan penangkapan oleh tim Posal Bacan. Tersangka sekarang diamankan di Posal Bacan,” tutup Vantje. (cr-04/lex)


OPINI

RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 18

Art: Resayfa Rumra

SIKAP PILGUB DAN KETELADANAN ELIT PEMILIHIHAN Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara telah selesai. KPU telah menetapkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Ahmad Hidayat Mus (AHM) dan Rivai Umar sebagai peraih suara terbanyak. Penetapan pemenang pilgub periode 2018-2023 ini melalui rapat pleno yang berlangsung di Sofifi, Sabtu (7/7) pekan kemarin. Ternyata hasil pilihan rakyat itu belum sepenuhnya diterima oleh paslon nomor urut 3 AGK-YA. Dengan alasan, terdapat sejumlah kecurangan di beberapa daerah, diantaranya Kepulauan Sula. Ya, satusatunya jalan untuk membuktikan dugaan pelanggaran tersebut adalah gugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, kondisi Maluku Utara saat ini bukan soal gugat menggugat hasil pilgub di MK (itu hanya permainan mereka yang haus kekuasan). Tetapi, kenyataannya yang menjadi masalah adalah elit politik kita yang belum bisa menunjukkan sikap keteladanan. Elit kita sepertinya belum siap kalah dalam sebuah pertarungan, mereka hanya ingin menang dan menang. Kesucian pakta integritas siap menang siap kalah yang didesign mewah telah dinodai dengan aksi-aksi protes hingga gugatan ke MK. Maluku Utara membutuhkan elit politik yang berjiwa besar, menjadi teladan bagi rakyatnya, menciptakan situasi menjadi sejuk di tengah hiruk pikuk di tingkat grass root. Bukan sebaliknya, menjadi aktor (sutradara) dalam membangun dinamika yang tidak sehat, apalagi membentuk kelompok-kelompok radikal yang siap mati demi “kekuasaan”. Kita masih butuh belajar banyak dari politisi di luar Maluku Utara, misalnya di daerah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa daerah lain yang saling ikhlas ketika dalam posisi kalah. Kita mengharapkan, suatu ketika dinamika politik kita lebih sehat dan berkualitas. Dengan metoda yang baik dan keteladanan elit yang dominan akan melahirkan pemimpin berkualitas. Semoga.(*)

‘Gaya Beli’ Dalam Daya Beli PADA juni 2018, Badan Pusat Statistik mencatat Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,59 persen, dan inflasi tahunan (yoy) sebesar 3,12 persen. Meski terjadi inflasi, opini tentang menurunnya daya beli masyarakat yang tengah ramai beberapa bulan terakhir, terus mencuat. Hal ini kerap didukung kabar gulung tikarnya konter-konter perusahaan ritel di Indonesia. Namun tidak sedikit pula yang menganggap, keadaan ini sebagai efek shifting atau pergeseran ‘gaya beli’ konsumen, dari konvensional menjadi online. Daya Beli dan Inflasi Beberapa pihak kerap kali menghubungkan inflasi yang rendah dengan turunnya daya beli. Namun sesungguhnya interpretasi sedemikan langsung adalah keliru. Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto, pada konferensi pers 2 Juli 2018 yang lalu mengemukakan, Inflasi tahunan pada Juni 2018 yang terjaga dan dibawah target inflasi yang sebesar 3,5 persen, merupakan akibat dari terjaganya harga pangan yang didukung berbagai pihak. Di sisi lain, para ekonom menyebut bahwa menurunnya daya beli masyarakat, dapat dilihat dari menurunnya inflasi inti yang terjadi. Namun perlu dipahami bersama, Inflasi inti yang memang merupakan gambaran keadaan ekonomi antara supply dan demand, tidak bisa diinterpretasikan sendiri tanpa melihat komponen inflasi lainnya, yaitu inflasi volatile (dipengaruhi bahan makanan) dan inflasi administered price (dipengaruhi kebijakan harga pemerintah). Jika memang daya beli menurun,

Aspirasi Pembaca

Khairiyah Rizkiyah, SST Fungsional Statistisi pada Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Utara

seharusnya juga ditandai dengan menurunnya inflasi di komponen lain, karena harga selayaknya akan menyesuaikan permintaan. Permintaan yang menurun, akan menggiring harga ikut turun. Namun pada Juni 2018, inflasi tetap ada dan cenderung meningkat sesuai prediksi, karena bertepatan dengan hari raya Lebaran. Pada Juni 2018, inflasi nasional terbesar terjadi pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1,5 persen. Sedangkan kelompok bahan makanan menyusul dengan inflasi sebesar 0,88 persen. ‘Gaya Beli ‘ Online Dahulu, konsumsi masyarakat akan terpusat pada toko, pasar, atau pusat perbelanjaan yang ada di sekitar daerah tempat tinggal. Namun seiring perkembangan teknologi komunikasi, kini berbagai lapisan masyarakat mampu mengakses informasi tentang berbagai macam produk, bahkan produk yang mereka tidak pernah tahu keberadaannya

sebelumnya. Beberapa pelaku ekonomi memanfaatkan tren ini dengan membangun platform perdagangan online (e–commerce) yang menyediakan berbagai macam barang kebutuhan masyarakat. Mulai dari gadget, pakaian, hingga bahan makanan. Sebut saja Tokopedia atau Lazada sebagai contohnya. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menyebut pertumbuhan bisnis e-commerce pada lebaran 2018 mencapai 190 persen secara tahunan (Tempo. co, 2018). Mirza melanjutkan, hal ini menunjukkan adanya data-data ekonomi yang tidak terekam, dan adanya shifting di bidang ritel. Hal ini juga didukung data pertumbuhan jasa pengiriman, yang stabil tumbuh stabil 30 persen setiap tahunnya, dan disumbang sebanyak 80 persen oleh pengiriman barang ritel. Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto menyebut, belum ada arahan PBB mengenai pemantauan statistik harga perdagangan online. Ini mengakibatkan belum dapat dilakukannya langkah lebih lanjut, semisal menangkap pengaruh e-commerce pada inflasi. Menurutnya, hal seperti ini membutuhkan standar, dan pemeriksaan keakuratan oleh lembaga internasional (liputan6, 2018), selayaknya setiap statistik penyelenggaraan negara. Meski demikian, BPS mencoba mulai mengkaji fenomena shifting ini melalui pengolahan statistik transaksi e-commerce, dengan menggandeng BI dan Indonesia E-Commerce Association (IDEA) . Sebanyak 20 CEO e-commerce telah ikut menyampaikan data transaksinya, na-

mun belum sepenuhnya lengkap. Hal ini dikarenakan kebutuhan format data dari BPS yang cukup rigid, sementara pencatatan data tiap pelaku e-commerce berbeda-beda. ‘Gaya Beli’ Malut Perubahan ‘gaya beli’ juga tidak luput terjadi di Malut. Sebagian besar pelaku usaha di Malut yang melibatkan e-commerce, menjalankan perannya sebaga reseller. Mereka mendatangkan barang dari Pulau Jawa dan sekitarnya ke Ternate secara online untuk kemudian dijual kembali. Cara penjualannya pun bervariasi, mulai dari penjualan secara langsung ke konsumen by order, ataupun melalui media sosial. Konsumen yang ditargetkan pun tidak hanya di Kota Ternate, melainkan di seluruh kabupaten/kota di Malut. Inflasi di Malut pada Juni 2018 menunjukkan angka sebesar 1,71 persen, dominan disumbang kelompok bahan makanan sebesar 5,90 persen, disusul kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 2,27 persen. Melihat fakta ini, rasa-rasanya isu penurunan daya beli masyarakat bisa jadi hanyalah sekedar isu. Karena terbukti masyarakat tetap melakukan konsumsi, hanya saja dengan gaya yang berbeda. Fenomena shifting ini memang masih harus dikaji lebih lanjut, pun hubungannya dengan inflasi. Namun demikian, fakta bahwa e-commerce yang terus meningkat juga harus kita akui memiliki pengaruh. Hal ini diharapkan mampu kita tangkap ke depannya, sehingga gambaran perekonomian dapat terjelaskan secara utuh dan bukan cuma disusun atas isu.(*)

Redaksi menerima kiriman opini serta surat pembaca anda. Ketik dua spasi pada kertas HVS dan kirimkan ke alamat redaksi Jl. Hasan Esa, Takoma. Telp. (0921) 3127055 atau melalui Email: birocenter@ yahoo.com.sg, Sertai foto copy kartu pengenal anda. Tulisan maksimal 2 page dengan poin huruf 12. disertai dengan foto Penulis beresolusi baik. Redaksi juga menerima kiriman SMS. Anda dapat mengirimkan permasalahan pembangunan di sekitar anda melalui nomor : 081356722755. Jika tulisan anda melebihi page yang ditetapkan, maka redaksi berhak mengedit/menyesuaikan.

Kegaduhan Demokrasi Digital

O m Faduli

TELEPON PENTING

Polda Malut (Pelayanan)

3126110

(0921) Polda Malut (Pelayanan)

Polres(0921) Ternate3126110 (Pelayanan)

3121110

Polres(0921) Ternate (Pelayanan)

(0921) 3121110 UGD RSUD Ternate UGD RSUD Ternate (0921) 3124118

(0921) 3124118 Pemadam Kebakaran Pemadam Kebakaran

(0921)

3124113

(0921) 3124113 PLN Ternate (Gangguan) PLN Ternate (Gangguan)

3121272 3121272 PDAM (Gangguan) (0921) 3123294 PDAM (Gangguan) (0921) 3123294 Telkom 108 Telkom Informasi Informasi 108 (0921) (0921)

Bandara Babullah

3121797 - 3123508 PT. PELNI (0921) 3124434

(0921)

Driver (online)

081 340 001945 081 340 440331 Pengaduan Pelanggan PLN

081 143 0040 Kantor SAR Ternate (Emergency)

0921 - 3120069 Malut Post ALAMAT REDAKSI : Jalan Hasan Esa, Takoma - Ternate, Telp (0921) 3127055, Fax (0921) 3127205 E-mail:editor@malutpost.co.id - iklan@malutpost.co.id

PEMBINA : Dahlan Iskan KOMISARIS UTAMA: Imawan Mashuri KOMISARIS : Suhendro Boroma DIREKTUR UTAMA : M. Tauhid Arief DIREKTUR : Urief Hassan DEWAN REDAKSI : Ketua: Ismit Alkatiri , Anggota: Muhammad Syadri, M. Ikhsan Ali, Faisal Djalaluddin, COORPORATE LAWYER : Andi Syarifuddin, SH. MH

PADA tanggal 29 Juli, malam hari, dunia cyber (Facebook), tibatiba dihebohkan dengan postinganpostingan yang datang dari berbagai akun, terutama di beranda grup MALUKU UTARA MEMILIH 2018-2023, maupun lewat status-status pribadi. Di sisa waktu injury time yang sangat menegangkan itu, muncul informasi dan postingan yang sama, yakni retasnya situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) di-hacker saat di penghujung perhitungan Real Count (hitungan cepat) Pilkada serentak berbasis formulir C1 milik KPUD Maluku Utara (Malut). Salah satu akun bernama Imam Saruma, pukul 15.46 WIT hari itu, mengupload status di dinding facebook grup MALUKU UTARA MEMILIH 2018-2023: “Data portal dalam permainan oknum tertentu, AGK-YA pemenang sesungguhnya”. Sedangkan pendukung Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 AHMRivai tak mau kalah, akun resmi dengan nama Syawaludin Domopolii, lewat status pribadinya pukul 19.58 WIT megatakan: “Ada yang menghacker Portal KPUD dan menggantikan datanya, (statusnya diupload bersamaan dengan foto data AGK yang mengungguli AHM), inilah hasil hacker yang memenangkan AGK, stop bikin gaduh kah. Legowo itu lebih baik.” Ketua Kawan AHM Malut juga menuangkan status yang senada, lewat akun facebooknya bernama Muhammad Ali Boy Anwar, pukul 20.44 WIT, menandaskan: “Hacker C1 gagal, sekarang pindah hacker Portal KPUD, padahal sumber data di Portal itu dari C1, Golojo me se kira lagi.” Di hari itu, postingan demi postingan mengalir deras, saling klaim kemenangan, tuduh-menuduh siapa gerangan yang meretas data tersebut. Para wargnet Malut seolah dibuat bingung melihat kedua tim sukses dan pendukung Paslon: Ahmad Hidayat Mus – Rivai Umar (AHM-Rivai) dan Abdul Gani Kasuba – Ali Yasin Ali (AGK-YA) yang tiada henti-henti saling menuduh. Sementara pada malam itu, lewat situs resmi KPUD Malut, warganet telah mengatahui suara masuk berkisar 99,49 persen atau 2.126 dari 2.137 TPS. Alhasil, aksi peretasan tersebut mempengaruhi hasil perhitungan

Richard Ibrahim Anggota Independensia dan Ketua HMI Komisariat FISIP

cepat sementara yang dilakukan oleh KPUD Malut, di mana hasil sebelumnya AHM-Rivai berada di posisi pertama dengan perolehan suara 176.016 (31,94 persen) mendadak turun menjadi 29.84 persen dari 164.457 suara. Sedangkan CagubCawagub nomor urut 3 naik menjadi 32.42 persen dari hasil sebelumnya, yaitu 30,38 persen dari total 143.151 suara. Malam itu pun tak lepas dari sorotan media online. Beberapa media yang menayangkannya, sebut saja brindonews, Lintastimur.com, gamalamanews.com dan beberapa lainnya menampilkan berita yang sama. Walaupun Ketua KPU Malut beserta Bawaslu telah menghimbau agar masyarakat tenang dan menjaga suasana, tetap saja hujatan, saling menuduh, mengalir deras di media sosial. Inilah potret politik digital kita. Sebuah fenomena politik di era digital yang masih terbilang baru bagi daerah Malut. Baru kali ini, masyarakat Malut bisa mengakses hasil perolehan Cagub-Cawagub melalui situs dan dapat dibagikan pada dinding-dinding di facebook tanpa menunggu media cetak yang memberitakannya. Tapi menuai perhelatan, bahkan berdebat kusir dan meninggalkan citra buruk. Situasi seperti ini membenarkan pendapat Barber (dalam Wilhelf: 2003) seorang tokoh teknologi informasi yang beraliran Dystopian. Ia melihat komunikasi politik di ruang cyber adalah sesuatu yang abstrak, tak berbentuk dan anonim sehingga mudah terjadi penyimpangan. Fenomena politik digital tak hanya

menyeruak usai masyarakat menyalurkan hak pilihnya. Jauh-jauh sebelumnya, masing-masing tim sukses, keempat paslon telah membuat akun-akun resmi di Facebook. Baik akun biasa, halaman sampai dengan grup. Akun tersebut menjadi media kampanye, menyebarkan isu dan menyampaikan pesan-pesan politis. Kita bisa dapati akun milik paslon nomor 1 Ahmad Hidayat Mus – Rivai Umar (AHM-Rivai) berbentuk halaman dengan nama AHM-RIVAI, tanggal 14 Februari melayankan status guna mendekati warganet dengan pendekatan status persuasif, AHM menumpangi Bentor (becak motor) hendak menuju Kantor KPUD Malut di Sofifi. Sedangkan tim Paslon nomor 2 Burhan Abdurahman – Ishak Jamaludin (Bur-Jadi) menuangkan pesan-pesan kampanye serupa. Misalnya dengan nama akun resmi Relawan Bur-Jadi memuat status pada tanggal 9 Mei, dengan nada pertanyaan, “Mengapa harus memilih Bur-Jadi? bahwa sosok Bur-Jadi adalah perpaduan antara birokrat dan akademisi yang menjadi modal besar bagi Bur-Jadi untuk menjawab isu strategi Malut,” jawaban tegas di beranda facebook itu. Dari sini dapat dilihat bahwa mesti sang Paslon belum sempat menyampaikan visi-misi secara terbuka, bertatap muka dengan masyarakat, warganet sudah megetahui motif-motif kandidat dalam bursa pencalonan. Suatu perkembangan informasi yang sangat signifikan dari perkembangan politik Malut hari ini. Sedangkan Paslon nomor 3, Abdul Gani Kasuba – Ali Yasin Ali (AGK-YA) dan Paslon nomor 4 Muhammad Kasuba – Majid Husen (MK-Maju) tak mau kalah bersaing. Akun resminya pun bisa ditemui dengan nama; AgkYa Lanjutkan. Sedangkan SAHABAT MK-MAJU akun milik paslon nomo 4. Berbeda dengan Pilgub tahun 2013 di Malut, kali ini semua Paslon telah menggunakan akun resmi di Facebook sebagai media kampanye. Dari sinilah berlaku pendekatan kaum Neo-futuris. Sala satu dari tiga pendekatan dalam menganalis perkembangan teknologi-informasi. Pendekatan Neo-futuris menerima hal-hal baru, teknologi-teknologi dengan kecepatan tinggi dianggap sebagai kekuatan-kekuatan sosial

SMS Pembaca

PEMIMPIN REDAKSI / PENANGGUNG JAWAB : Faisal Djalaluddin WAKIL PEMIMPIN REDAKSI : Ika Fuji Rahayu KOORDINATOR LIPUTAN : Fahrul Marsaoly, Muhammad Nur Husen KOORDINATOR KREATORIAL : Ako La Owi KOORDINATOR BIRO JPG : Jufri Duwila REDAKTUR : Faisal Djalaluddin, Ako La Owi, Bukhari Kamaruddin, Awat Halim, Muhammad Nur Husen, Sunarti, Irman Saleh, Ika Fuji Rahayu, Jufri Duwila, Fahrul Marsaoly, Haiyun Umamit, Abdullah Dahlan Conoras (Nonaktif), PENGEMBANG ANAK PERUSAHAAN : Dahlan Malagapi, Purwanto Ngatmo REPORTER : Rusdi Abdurahman, Hasbi Konoras, Abd. Yahya Abdullah, Suhardiman Suherman BIRO WASHINGTON : Maydi Pakasi BIRO TIDORE : Fahrudin Abdullah

BIRO HALUT : Ridwan Arif BIRO HALTENG : Wahyudin Madjid BIRO HALBAR : Samsudin Chalil BIRO MOROTAI : Fitrah A. Kadir BIRO HALSEL : Samsir Hamajen BIRO HALTIM : Muhamad Kabir BIRO KEPSUL : Ikram Salim FOTOGRAFER : Erwin Syam OPERATOR JPNN : Taher Marsaoly SEKRETARIS REDAKSI :Ari Sunarti MANAGER ARTISTIK & PERWAJAHAN : M. Ikhsan Ali DESAIN GRAFIS : Budi Santoso, STAFF : Ademus Alani, Muhammad Rizky, Mastu

Wartawan Malut Post dilengkapi tanda pengenal dalam menjalankan tugas jurnalistik. Apabila ada keraguan terhadap identitas wartawan di lapangan, silakan menghubungi Sekretaris Redaksi 0821-9552-8546a

dan meletakan dasar kerja untuk masa depan dengan penuh harapan (Wilhelf: 2003). Kini kita melihat satu Paslon saja memiliki berbagai akun. Akun digunakan sebagai instrument berkampanye. Menata Komunikasi Politik Digital Derasnya arus komunikasi di era digital terasa sampai hari ini (5/7/2018), hasil Pilgub Malut masih menuai perhelatan dan perdebatan walaupun seluruh kabupaten/kota telah melakukan pleno pada Rabu (4/7/2018), tapi postingan hasil peraih suara terbanyak masih terdapat dua versi saling klaim kemenangan, yakni dari Paslon nomor 1 dan Paslon nomor 2. Debat saling guncir di kolom komentar mewarnai dinamika politik digital Malut. Alhasil membawa citra buruk dari manusiamasnusia Malut dalam menghadapi perkembangan teknologi-informasi. Walapun di satu sisi, kita tengah dipermudah oleh situs-situs resmi, misalnya hasil hitungan cepat yang dilakukan oleh KPUD Malut, tapi masih saja membawa perdebatan. Demi menjaga keharmonisan sosail, menurut F. Budi Hardiman dalam tulisan (Kompas: 1/3/2018) harus perlu adanya penataan komunikasi di ruang-runag cyber. Karena kebiadaban baru di ruang digital adalah kekacauan komunikasi, maka hal yang mesti ditata: Pertama, Yurisdifikasi interaksi digital, yakni legislasi Undang-Undang yang makin rinci. Kedua, moralisasi ruang digital, yakni menyusun etika komunikasi digital. Agar pengirim pesan hendaknya memperlakukan penerima pesan seperti ia ingin diperlakukan. Dari sini asas-asas etika seperti keadilan, kehendak baik dan respek kepada person juga dirinci. Dengan demikian, politik tetap dijadikan sebagai instrumen untuk mencapai masyarakat yang lebih baik, sebagaimana yang ditegaskan oleh Peter Merkl: “Politik dalam bentuk yang paling baik adalah usaha mencapai suatu tatanan sosial yang baik dan berkeadilan.” (Budiardjo: 2015). Dengan harapan agar politik di era digital memiliki manfaat-manfaat praksis yang kita dapat gunakan tanpa harus melawan nilai-nilai kemanusiaan.(*)

MANAJER UMUM/KEUANGAN : Mila Ariani STAFF : Rugaya Hamaya, Azis Dali MANAJER PERSONALIA : Deddy Dano Dasim MANAJER PEMASARAN : Rustam La Ode Nuru STAFF : Leli Mahmud, Selly Jaya Sari, Ruslan Amaturi MANAJER IKLAN : Jalal Husen, STAFF : Firdha R Barakati, Imelda DESAIN IKLAN : M. Ikhsan Yusuf MANAGER PERCETAKAN : Jan Gimon STAFF : Febryanto, Hamid Radjab, Ijal, Junaidi PENERBIT: PT. Ternate Cemerlang PEMASANGAN IKLAN: Hitam Putih (BW): Rp 30.000/mmk. Warna (FC): Rp 40.000/mmk. HARGA ECERAN: Rp 5.000/Eks HARGA LANGGANAN: Rp 120.000/bulan


KABAR RANTAU RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 19

Tukang Bentor di Gorontalo Habisi Nyawa Isterinya Dengan Pisau GORONTALO – Warga Kelurahan Ipilo, Kota Timur, Kota Gorontalo dibuat gempar dengan kasus pembunuhan seorang wanita, yang ditemukan tergeletak bersimbah darah di lorong dekat Hotel Citra, tepatnya di jalan Merdeka, Kelurahan Ipilo, Kota Gorontalo. Ahad petang, sekitar pukul 18.10 wita. Belakangan diketahui, perempuan korban penikaman itu bernama Pian Taha (28) warga Jl Farid Liputo, Kelurahan Tenda Kota Gorontalo, sementara pelaku penikaman adalah suaminya sendiri yaitu HH alias Herdi (38). Herdi merupakawn warga Kelurahan Moodu, Kota Gorontalo. Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, kronologis kejadian bermula saat pasangan suami istri ini dalam dua pekan terakhir tidak lagi serumah. Awalnya mereka tinggal bersama di rumah keluarga Pian Taha di Jl Farid Liputo, Kota Gorontalo. Tapi dalam beberapa pekan terakhir, terjadi prahara yang membuat rumah tangga kedunya tak akur. HH alais Herdi mencurigai istrinya memiliki pria idaman lain. Rumah tangga keduanya pun sering ribut. HH kemudian meninggalkan istrinya dan membawa dua anak mereka yang berumur 11 tahun dan 9 tahun ke kediaman orang tuanya di Kelurahan Moodu, Kota Gorontalo. Pian sebagai orang ibu tidak terima bagitu saja, buah hatinya dibawa suaminya. Ia kemudian terus memita HH alias Herdi untuk memgembalikan anak-anaknya. Puncaknya, Ahad (8/7) kemarin.

ILUSTRASI Pembunuhan

Sekira pukul 18.10 Wita, Pian menghubungi Herdi agar mengantar anaknya di rumah mereka. Tapi permintaan Pian tak digubris Herdi. Ia meminta istrinya itu untuk untuk mengambil sendiri anak mereka di Kelurahan Moodu. Pian pun menolak. Sebaliknya, Pian meminta agar Herdi bertemunya di lorong dekat Hotel Citra, tepatnya di jalan Merdeka, Kelurahan Ipilo, Kota Gorontalo. Permintaan Pian disahuti Herdi. Hanya saja, Herdi yang sudah menikahi Pian lebih kurang 12 tahun itu, diduga memiliki niat lain. Sebelum bertemu ibu dari dua anaknya itu, Herdi sudah menyiapkan barang tajam terlebih dahulu, termasuk mengkonsumsi minuman keras (Miras). Tak berapa lama usai janjian bertemu, Herdi

tiba di lokasi. Disitu sudah ada Pian. Terjadi adu mulut diantara kedua pasangan suami istri ini. Herdi yang diduga emosi dan dalam pengaruh Miras, tiba-tiba mengeluarkan sebuah pisau besi putih yang ia siapkan sebelumnya. Tanpa berpikir panjang, Herdi menancapkan pisau itu ke perut istirinya hingga luka tusuk yang cukup dalam. Pian nyaris terkapar. Sambil memegang perutnya yang berlumuran darah, ibu dua anak ini berusaha minta tolong dan melawan. Tapi di lorong sempit itu ia tak bisa berbuat banyak. Apalagi Herdi masih belum puas menganiaya isitrinya, usai menancapkan pisau di perut, abang bentor ini kemudian menusukkan pisau besih putih itu ke bagian dada istrinya. Dua tusukan itu, membuat Pian seketika terkapar. Herdi yang mengetahui istrinya tak lagi berdaya,

meninggalkanya begitu saja di gang sempit itu. Ia langsung menumpangi bentor ke rumah orang tuanya di Kelurahan Moodu. Sementara itu di lokasi kejadian, warga yang melihat sosok wanita terkapar di tengah gang, langsung menolongnya dan membawa Pian ke RS Multazam, Kota Gorontalo. Saat itu kondisi Pian sangat kritis. Sayang hanya beberapa saat mendapat perawatan medis, nyawa ibu muda ini tak dapat terselamatkan. Menurut informasi kepolisian, Herdi ketika tiba di rumah orang tuanya, langsung menyampaikam jika ia baru saja membunuh istrinya. Ketika itu, ia meminta orang rumah agar menghubungi polisi dan mengantarnya ke kantor Polisi untuk menyerahkan diri. Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Yan Budi Jaya,SIK,MM melalui Kasat Reskrim AKP Handy Senonugroho,SIK menjelaskan, dari hasil pemeriksaan sementara, diduga pelaku sakit hati terhadap korban karena diduga korban selingkuh dan membuat rumah tangga mereka rusak. ìPerkara ini masih sementara kami dalami. Pelaku diduga sudah merencanakan pembunuhan ini dan pelaku juga sudah dalam keadaan mabuk ketika melakukan aksinya,î pungkasnya. Pihak polisi sendiri masih belum bisa melakukan pemeriksaan mendalam kepada pelaku sebab dalam pengaruh Miras. Sementara itu, pihak kelauarga korban hingga tadi malam masih enggan menanggapi kasus ini. (Hargo.com/Lid)

Jabatan Sekda, Direbut Delapan Kandidat BANJIR Konawe Tetapkan Siaga Satu

Ilustrasi Banjir (ANTARA FOTO)

KENDARI - Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah mengeluarkan kebijakan dengan menetapkan siaga satu banjir dan meminta masyarakat waspada banjit. Hal tersebut disampaikan Tasman Taewa PJ Bupati Konawe saat ditemui KendariKendari pos di Unaha Dikatakan PJ, pemerintah telah menetapkan status siaga satu terhadap banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Konawe sejak beberapa hari ini, PJ menjelaskan, banjir yang terjadi sejak 26 Juni 2018 hingga saat ini telah mengakibatkan sekitar 1.000 kepala keluarga di Kecamatan Bondoala terkena dampak musibah tersebut. “Jumlah tersebut belum termasuk di beberapa kecamatan lain yang terdampak banjir,” katanya. Pj melanjutkan, dengan status siaga satu tersebut maka pihaknya sudah mengirim surat pada pemerintah pusat, melalui institusi terkait, untuk meminta bantuan terutama kebutuhan yang mendesak bagi masyarakat yang terkena dampak banjir. “Kami telah menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang terkena musibah banjir didelapan desa yang ada di Kecamatan Bondoala. Kita fokus ke bantuan sembako dulu karena ini yang paling utama,” ujarnya. Untuk bantuan lain seperti selimut, kata dia, dibantu dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara. Menurut Tasman, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog Konawe agar beras bencana yang ada di Konawe segera disalurkan untuk para korban banjir. (Antaranewssultra/Lid)

GAJI 13 Pemkab Wakatobi Siapkan Rp 12,8 M Bayar Gaji 13 KENDARI — Anggaran untuk membayar gaji 13 aparatur sipil negara (ASN) telah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Rencananya, pembayaran gaji tambahan tersebut akan mulai dicairkan bulan Juli . Nurbahtiar, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Wakatobi menjelaskan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi sudah menyiapkan anggaran hingga Rp 12,8 miliar dan Instansi tersebut telah siap melakukan pencairan jika sudah ada permintaan dari masing-masing satuan kerja.“Anggarannya sudah ada dan siap dicairkan. Tinggal tunggu permintaan saja,” Jelas Nurbahtiar. Nurbahtiar menambahkan, untuk proses pencairan tidak akan mengalami kendala jika segala persyaratan yang dibutuhkan telah dipenuhi. “Beberapa instansi sudah ada yang mengajukan permintaan,” tambahnya.Kendati tak ada batasan waktu untuk proses pencairan, namun pihaknya berharap pengajuan dilakukan secepatnya. “Tergantung kesiapan instansi terkait saja. Kalau kita (BPKAD) sangat siap,” Tutup Nurbahtiar. (Kendaripos/Lid)

Kandidat Tidak hanya Datang dari Lingkup Pemprov Gorontalo GORONTALO – Seleksi Calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo terus bergulir. Hasil seleksi administrasi menetapkan delapan kandidat yang berhak mengikuti tes asessment alias tes kompetensi, yang akan dilangsungkan di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Manado, Sulawesi Utara Delapan kandidat tersebut tidak hanya berasal dari jajaran Pemprov Gorontalo, tapi juga dari luar Pemprov, seperti unsur akademisi, pejabat kementerian. Delapan kandidat itu masingmasing Yosef P. Koton, Syukri J. Botutihe, Ishak Ntoma, Budiyanto Sidiki, Mohamad Z.S. Nadjamudin, Darda Daraba, Muh.Jamal Nganro, serta Ani N. Hasan. Persaingan untuk menduduki kursi jabatan Sekdaprov Gorontalo dari kedelapan kandidat dipastikan berlangsung ketat. Apalagi jika melihat kompetensi yang dimiliki masing-masing kandidat. Semua kandidat memiliki pengalaman dan track record panjang dalam dunia birokrasi. Yosef Koton, misalnya. Sebelum menduduki jabatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, ia pernah duduk sebagai Widyaiswara Madya pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Aparatur Daerah (BKPAD) Provinsi Gorontalo, Doktor Administrasi Publik Universitas Negeri Makassar (UNM) itu pernah menduduki sederetan jabatan strategis. Seperti Kasubid Analisa dan Evaluasi Bappeda Provinsi Gorontalo maupun Kepala Sub Bagian Program Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Penanggulangan Kemiskinan (BPMD-PK) Provinsi Gorontalo. Demikian pula Syukri J. Botutihe, yang juga memiliki pengalaman panjang dalam dunia birokrasi. Mengawali karir di lingkungan Pemkot Gorontalo, Camat Kota Utara hingga menduduki Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango. Nama Syukri Botutihe cukup familiar di lingkungan Pemprov Gorontalo. Sejumlah posisi strategis pernah diembannya. Seperti Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E),

Atas: Yosef P. Koton, Syukri J. Botutihe, Ishak Ntoma,dan Budiyanto Sidiki Bawah: Mohamad Z.S. Nadjamudin, Darda Daraba, Muh.Jamal Nganro dan Ani N. Hasan

Kepala Dinas Perhubungan dan saat ini sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo. Kandidat Ishak Ntoma juga termasuk familiar di kalangan birokrasi Pemprov. Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango, Ishak Ntoma juga pernah menduduki jabatan Kepala BPMD-PK Provinsi Gorontalo. Perjalanan karir Ishak Ntoma juga cukup cemerlang. Itu ditandai dengan sejumlah jabatan yang pernah disandangnya baik di lingkungan Pemprov Gorontalo maupun Pemkab Bone Bolango. Nama Budiyanto Sidiki juga tak kalah pamor. Bahkan, Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo ini disebut-sebut sebagai kandidat kuat Sekda Provinsi Gorontalo. Pengalaman panjang meniti karir di lingkungan Pemkot Gorontalo, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta Pemprov Gorontalo menjadi garansi kualitas yang dimiliki. Mohamad Z.S Nadjamudin turut menjadi kandidat Sekdaprov yang diperhitungkan. Sederetan jabatan yang pernah diembannya menjadi pembuktian kompetensi yang dimiliki. Seperti Camat Kota Barat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Gorontalo, Kepala Kesbangpol Kota Gorontalo, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Gorontalo, Asisten Pemerintahan Setda Kota Gorontalo, hingga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo. Berikut nama Darda Daraba juga menjadi salah satu figur yang turut berpeluang mengisi

Bulog Rencana Jual Beras Renceng di Manado MANADO - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) berencana dalam waktu dekat akan menjual beras renceng (paket ukuran kecil) di Kota Manado dan sekitarnya pada semester II tahun 2018 ini. Eko Pranoto, Kepala Perum Bulog Drive Sulut kepada Manadopost Online menjelaskan, yang dimaksud beras Renceng itu adalah Beras dengan ukuran 200 gram dan diberi nama beras kita, nantinya dibandrol dengan harga Rp.2500, beras dengan kemasan Sachet kecil ini merupakan terobosan baru dari Peum Bulog untuk pengembangan bisnis perusahaan. “saat ini tipe beras kemasan kecil itu, penjualannya sudah dilakukan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan, NTB dan beberapa kota lainnya, nah untuk Sulawesi Utara dan Gorontalo kami baru akan memasarkan di semester dua pada 2018 ini, dan itu sudah diagendakan.” jelas Eko Pranoto. Eko melanjutkan, upaya memproduksi beras kemasan “sachet” dengan merek “Beraskita” tersebut untuk memberikan pilihan bagi konsumen dari sisi harga dan volume beras yang ingin dimasak dan sesuai rencana produksi beras keasan ini akan dilakukan dalam waktu dekat dan tinggal menunggu kedatangan mesin yang bisa mengemas beras kemasan kecil tersebut.

SEM Tirajoh

Pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan instansi terkait untuk lebih memperluas jangkauan pemasaran hingga ke seluruh kabupaten/kota di Sulut. Penjualan juga akan dilakukan di berbagai gerai, mulai dari pasar modern hingga warung berskala kecil di tingkat perkampungan. “Kami juga akan memanfaatkan Rumah Pangan Kita (RPK) untuk memasarkan beras `sachet` tersebut,” jelasnya.(Antaranewssulut/Lid)

kursi Sekda Provinsi Gorontalo. Pernah berkiprah di Pemkab Pohuwato, Darda Daraba meniti karir di Kementerian PU. Darda Daraba sempat menahkodai PU Provinsi Gorontalo. Dan kemudian kembali ke Kementerian PU. Figur kandidat Sekdaprov Muh.Jamal Nganro juga memiliki kompetensi yang mumpuni. Meniti karir di lingkungan Kementerian Perhubungan dan terus menanjak hingga menjabat Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo. Selain itu sederetan pendidikan latihan menempatkan Jamal Nganro sebagai salah satu birokrasi Pemprov Gorontalo yang berpengalaman. Sementara itu sosok Ani N Hasan membuat peta persaingan Sekdaprov makin sengit. Pengalaman panjang di dunia akademisi, membuat kompetensi Ketua Persatuan Guru Indonesia (PGRI) Provinsi Gorontalo itu tak diragukan lagi. Hari ini kedelapan kandidat akan mengikuti asesmen pada kantor regional BKN di Manado. Jika dinyatakan lolos asesment pada 18 Juli nanti, para kandidat harus menyampaikan makalah. Pengumuman akhir seleksi calon ‘panglima PNS’ akan disampaikan 25 Juli mendatang. Seperti diketahui Pemerintah Provinsi Gorontalo membentuk tim seleksi Sekda Provinsi pasca Prof Winarni Monoarfa tidak lagi menduduki jabatan Sekda Provinsi. Tim seleksi terdiri dari lima orang. Tiga dari Kementerian, masing-masing Kemenpan-RB, Kemendagri dan Sekretariat Negara (Setneg), dan dua orang akademisi dari UNG,”ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ridwan Yasin. (Hargo.co.id/Lid)

Minut Bedah 255 Rumah MANADO—Ini Kabar gembira bagi warga Minahasa Utara (Minut). Pasalnya, Pertengahan 2018 ini, Pemkab Minut lewat Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) akan membedah sekitar 255 rumah milik warga yang kurang mampu. Kepal Dinas Perkim Drs Sem Tirayoh kepada Manadopost online mengatakan, sesuai kuota anggaran yang ada, pihaknya akan membedah 255 rumah yang masuk pada bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang semuanya tersebar di 10 kecamatan se-Minut, dikatakan Sem Tirayoh, rumah yang akan mendapat bantuan itu merupakan rumah warga yang tak layak huni dan pemilik rumah juga hidup dengan keterbatasan ekonomi, selain itu lahan tempat rumahnya berdiri harus milik sendiri bukan milik orang lain. ”Jika bukan tanahnya, Ia tidak mendapatkan bantuan

karena salah satu persyaratan itu harus memiliki tanah dan rumahnya tidak layak. Jadi pemilik yang akan dibantu bisa menunjukan sertifikat atau surat dari Hukum Tua dan Camat,” tukasnya. Lanjutnya, alokasi anggaran ini berasal dari APBN murni dan bukan Dana Alokasi Khusus (DAK). Jadi untuk pemilihan peserta itu langsung dari tim pengendalian kemiskinan nasional. “Dinas Perkim Minut hanya menjadi tim verifikasi. Dan setiap rumah, akan mendapat bantuan sekira Rp 17 juta,” Terang Sem Tirayoh. Sementara itu, Kumtua Desa Kaima Meydi Reppy Kumaseh mengatakan, sangat bersyukur karena warganya bisa mendapatkan bantuan. “Kiranya kuota bantuan ini bisa bertambah. Karena masih banyak warga yang m e mbu t u h k a n b a nt u a n ini,” tutupnya. (Manadopost/Lid)


JURNALISME WARGA RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 20

Art: Resayfa Rumra

RUBRIK JURNALISME WARGA Malut Post menambah rubrik ‘Jurna- lisme Warga’. Rubrik ini membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat mengi- rimkan berita dan informasi seputar peristiwa atau kegiatan sosial kemasyarakatan yang terjadi di desa-desa atau kelurahan masing-masing. Berita yang dikirim warga disertai gambar (foto) dan tidak bersifat menyerang orang atau kelompok serta tidak menyinggung suku, agama ras dan antargolongan (SARA)

Berita dapat dikirim ke: WhatsApp : 0853-9830-9581 Twiter: @Malut Post FB: Jurnalisme Warga Email: birocenter@yahoo.com.sg Atau diantar langsung ke Kantor SKH Malut Post Jl MS Djahir, Takoma.

Fasilitas Umum Bukan Tempat Material LEWAT pemberitahuan ini, kami warga Ternate merasa terganggu dengan material pasir yang diletakkan di badan jalan kawasan reklamasi tapak I lingkungan Soa Sio Pante, tolong pemilik material pasir, jangan merasa jalan itu milik peribadi, tapi tolong pikirkan pengendara yang lewat diaera tersebut kalau ditaruh hanya sementara dan ditempatkan hanya di bibir jalan, masih kami bisa mengerti karena itu untuk membangun, tetapi material pasir yang diletakkan di jalan raya sudah masuk hingga setengah badan jalan, kemudian tidak ada tanda pemberi-

tahuan agar pengendara berhati hati, ingat itu jalan umum bukan milik peribadi parahnya kami telah berulang kali nyaris celaka saat melewati kawasan ini pada malam hari, jarak pandang terbatas ditambah material pasir yang tidak ada tanda pemberitahuan hingga saat melintas beberapa kali nyaris masuk ke tumpukan pasir itu kami juga meminta kepada pihak terkait untuk menindak kebiasaan buruk ini.(*) Pengirim Hasan Warga Kota Ternate

MENGANGGU : Material pasir yang sengaja di letakkan di jalan raya mengganggu akses lalulintas

Butuh Perhatian Pemkab BANYAKNYA jalan berlubang ditambah lagi sebagian besar lampu penerangan jalan yang sudah tidak menyalah, rupanya sudah banyak dikeluhkan masyarakat. Suhartono Sutedjo misalnya, salah salah satu warga Desa Gamsungi ini, mengeluhkan sejumlah ruas jalan yang sudah mulai rusak terutama di wilayahwilayah tertentu seperti di depan RM. Ta’zuka hingga di depan Panti Sosial Rumah Sejahtera,

selain itu tidak sedikit juga jalanjalan di kawasan pertokoan yang sudah semestinya diperbaiki. Ini sudah harus menjadi perhatian instansi terkait mengingat di beberapa kawasan tersebut selain jalan sudah mulai rusak, juga kurangnya penerangan, sehingga kerap terjadi kecelakaan, tuturnya”, kemarin Nanang Halamury, warga lainnya juga senada, dia bahkan sempat menyinggung beberapa anggaran yang tercatat di dalam

situs ULP Halut, dimana ada beberapa item proyek yang sudah dimenangkan para kontraktor tpi hingga memasuki semester ke-II, belum terlihat pekerjaannya. Untuk itu dia meminta pemerintah melalui dinas terkait agar lebih maksimal melakukan pengawasan atas proyek-proyek tersebut, timpal dia”.(*) PENGIRIM Rifli warga Tobelo

TERANCAM : Rumah warga yang sengaja dibangun melewati barangka.

Kurang Diawasi MESKI SUDAH ada aturan tentang larangan membangun hingga melewati batas badan barangka (kali mati), namun yang terjadi saat ini banyak rumah warga dibangun melewati ketentuan tersebut, selain karena keterbatasan lahan milik warga, kebiasaan yang sudah menjamur di Kota Ternate ini, alasannya karena kurangnya pengawasan dari pihak terkait hingga membuat warga dengan leluasa membangun rumah baik permanen dan semi permanen dengan melewati batas barangka hal itu bisa dilihat di kawasan

barangka (jembatan) perbatasan BTN dan Tanah Masjid, kemudian di (jembatan) tembusan pasar Bastiong, Siko Pantai serta sejumlah barangka lain yang kurang diawasi hingga warga nekat membangun rumah lewati batas, jika hal ini dibiarkan terus menerus tanpa ada penegasan dari Pemerintah maka kedepan barangka bisa saja dijadikan lahan alternatif untuk membangun rumah.(*) Pengirim Asrul Warga Ternate

RUSAK : Salah satu ruas jalan di dalam kota Tobelo yang sudah layak diperbaiki

TMMD Ke-102 Di Pulau Hiri Resmi Dibuka

TMMD : Wali Kota didampingi Dandim 1501 dan Kapolres Ternate saat meninjau lokasi pelaksanaan TMMD

KEGIATAN TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 Kodim 1501/Ternate yang dilaksanakan di Pulau Hiri resmi dibuka, upacara pembukaan dilaksanakan di Lapangan Desa Faudu Kec. Pulau Hiri Kota Ternate. Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, S.H., M.M., bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara serta turut dihadiri oleh, Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarto, S.H., M.M., M.Tr (Han), Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.Ik, Wakasat Brimob AKBP Jafar Sadik, Kasiter Korem 152/Bbl Mayor Inf Laode M Sabarudin, Dandenpom Lanal Mayor Laut (PM) Hanis Aldian, Kabalak Rem 152/Bbl, Para

Camat, Lurah dan tokoh masyarakat Pulau hiri serta diikuti oleh pasukan upacara gabungan 1 SST Korsik Ajenrem 152/Bbl, 2 SST Makodim 1501/Ternate, 2 SST Yonif RK 732/B, 1 SSR Polsek P. Hiri, 2 SST Masyarakat. dalam sambutannya Walikota Ternate menyampaikan bahwa TMMD ini merupakan bukti kepedulian dari segenap unsur penting dalam upaya dan tekad, untuk itu Saya mewakili masyarakat kota ternate saya sangat berterima kasih dan apresiasi serta menyambut baik penetapan kecamatan pulau Hiri sebagai lokasi pelaksanaan TMMD ke 102 tahun 2018. Untuk itu pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh perangkat daerah serta masyarakat pulau

Hiri untuk ikut mensukseskan pelaksanaan pelayanan TMMD ke 102 ini. selain itu pelaksanaan TMMD ini sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat terutama di kecamatan pulau hiri dimana aasarannya bentuk perubahan fisik maupun non fisik. Kegiatan diakhiri dengan Walikota Ternate didampingi Dandim 1501/Ternate beserta unsur forkopimda Kota Ternate mengunjungi stand-stand yang ditampilkan serta meninjau sasaran fisik dalam pelaksanaan TMMD ke-102 ini. (Penrem 152) Download all attachments as a zip file.(*) Pengirim Penrem 152 Babullah


SELEBRITA RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 21

Avengers 4 Diproduksi Lebih Cepat JAKARTA -Avengers 4 dijadwalkan rilis Mei 2019 mendatang. Namun produksi sekuel ‘Infinity War’ ini dikabarkan berjalan lebih cepat dari yang dijadwalkan. Baru-baru ini Marvel mengonfirmasi jalannya produksi film tersebut yang telah selesai melakukan pengambilan gambar. “Kami baru saja melakukan proses penyuntingan. Sutradara Russo Bersaudara itu telah

Ucapkan HBD, KD Lupa Usia Aurel

KD dan Aurel. (KUMPARAN)

JAKARTA – Perasaan bahagia kini tengah menyelimuti Aurel Hermansyah. Pasalnya, dara yang akrab disapa Loli itu tengah memperingati hari ulang tahunnya yang ke-20. Di hari spesial ini berbagai ucapan serta doa dipanjatkan orang-orang terdekatnya, tak terkecuali sang bunda, Krisdayanti. Akan tetapi, ternyata wanita yang akrab disapa KD ini salah menyebut usia sang putri. Melalui akun Instagram pribadi, istri Raul Lemos itu mengunggah potret kebersamaan dengan putri sulung hasil pernikahannya dengan Anang Hermansyah. Dalam foto tersebut keduanya terlihat begitu cantik. Selain itu, wanita asal Batu, Malang ini pun mengunggah foto masa kecil putri kesayangannya. Melengkapi unggahannya, ibu 4 anak ini menuliskan sebuah keterangan untuk foto tersebut. Ucapan dan doa pun dipanjatkan oleh KD untuk putri sulungnya. “Dia terlihat memiliki kulit kecokelatan sekarang dan ya dia cantik. Hari ini dia 21 tahun. Semoga Kakak mendapatkan semua yang terbaik @ aurelie.hermansyah #cancerians #firstdaughter #blessed,” tulis KD di unggahan Instagramnya dengan Bahasa Inggris, Selasa (10/7/2018). Unggahan tersebut pun seketika direspons oleh Aurel. Merasa ada yang salah dengan ucapan sang bunda, Aurel pun langsung membetulkan melalui kolom komentar. “Terima kasih Mimiiii, terima kasih doanya. Tapi aku 20 tahun serkarang,” balas Aurel dalam kolom komentar. Menelusuri unggahan KD, kini pelantun lagu Menghitung Hari itu sudah mengubah tulisannya yang keliru menuliskan usia Aurel. Seakan tak ingin diperdebatkan, KD menutup kolom komentarnya. Kabar ini juga dibagikan ulang oleh sebuah akun gosip di Instagram. Sebuah tangkapan layar yang memperihatkan unggahan KD dan komentar Aurel ditunjukkan oleh akun tersebut. Unggahan itu pun tuai berbagai reaksi dari para warganet. Tak sedikit yang menyayangkan komentar Aurel di unggahan sang bunda yang terkesan menjatuhkan. Namun, ada juga warganet yang memaklumi kekhilafan KD. Mengingat kini, adik Yuni Shara itu memiliki banyak anak. Terlepas dari itu semua, hari ini merupakan momen spesial bagi Aurel. Di usia 20 tahun ini, Aurel pastinya semakin lebih dewasa dan sudah memasuki fase kehidupan selanjutnya. (Okz.com/Lid)

bekerja, kami berkumpul di ruang editing dalam beberapa minggu terakhir ini. Dengan jadwal rilis filmnya yang masih jauh, aku rasa ini berjalan lebih cepat dari biasanya,” ujar Kevin Feige CEO Marvel Studios seperti dikutip ScreenRant. Sejauh ini proses pengambilan gambar untuk adegan-adegan penting telah dilakukan secara keseluruhan. Feige menyebut, proses

yang sama juga berjalan pada ‘Captain Marvel’. “Kami akan merilis ‘Captain Marvel’ di bulan Mei dan kami telah melakukan produksi. Senang melakukannya secara bersamaan,” urai Feige memaparkan proyek ‘Captain Marvel’. Masih ada waktu bagi studio tersebut untuk melakukan penyempurnaan. ‘Avengers 4’ menjadi proyek film yang disebut bakal lebih

besar. Dari deretan superhero yang menghilang di ‘Infinity War’, sekuel ini akan membawa sejumlah superhero baru lainnya. Di antaranya Captain Marvel, ada pula Ant-Man dan The Wasp yang menjadi deretan superhero di fase empat Marvel Cinematic Universe. ‘Avengers 4’ rilis dalam hitungan sepuluh bulan lagi di Mei 2019. (Dtc.com/Lid)

Iqbal Tak Ingin Terjebak Dengan Dilan 1990 JAKARTA - Film ‘Dilan 1990’ terbilang sukses dalam menopang karier berakting Iqbaal Ramadhan. Meski begitu, menganggap dirinya masih pendatang baru dan masih muda, Iqbaal Ramadhan merasa tak ingin cepat puas bagi kelangsungan karier beraktingnya saat ini. “Gue merasa, gue masih muda untuk bisa step of stone untuk dibilang gue adalah seorang aktor gitu, jadi buat gue, gue ini masih eksplore dan kebetulan gue selalu dapet aja kesempatankesempatan untuk bisa berakting untuk karakter yang menantang,” paparnya bijak saat berbincang dengan detikHOT belum lama ini. Iqbaal Ramadhan saat p e m o t re t a n C e l e b o f T h e Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah “Untuk tokoh-tokoh yang menantang gitu so gue syukurin aja sih apa yang bisa gue lakuin, apa yang gue bisa eksplorin gue bakal lakuin sih,” tambahnya. Karakter Dilan memang be-

IQBAL Ramadhan

gitu melekat pada sosok Iqbaal Ramadhan saat dirinya beradu akting dengan Vanesha Prescilla. Film ‘Dilan 1990’ yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq, kisah Dilan di layar lebar memang begitu menggelitik dengan gombalan-gombalannya yang khas di tahun 1990. Melekatnya karakter Dilan pada dirinya, Iqbaal merasa sebutan tersebut merupakan sebuah jebakan manis baginya yang bakal memerankan karakter-karakter lain di film berikutnya. “Oh iya dong justru sekarang

ini orang-orang sudah manggil gue Dilan, kaya mungkin image CJR itu udah nggak ada lagi, orang sudah memanggil gue itu Dilan, melekatnya di situ justru ini jadi satu apa yah, kaya semacam sweet trap buat gue yah,” urainya. “Itu kaya jebakan yang manis buat gue. Ketika gue di eluelukan jadi seorang Dilan gue takut kalau gue bakal terperangkap dalam karakter Dilan ini, di karakter-karakter berikutnya atau mungkin dalam kehidupan gue sehari-hari itu yang membuat gue nggak kepengin,”

Kotak Siapkan Album Baru

jelasnya lagi. Iqbaal yang kini tengah melakukan proses syuting film terbarunya ‘Bumi Manusia’ garapan sutradara Hanung Bramantyo, ia ingin sekali mengeksplor karakter yang diperankan nanti. Mantan penyanyi cilik itu berkaca dari sosok aktor Johnny Depp yang ia idolakan. Iqbaal Ramadhan saat p e m o t re t a n C e l e b o f T h e Month Iqbaal Ramadhan saat pemotretan Celeb of The Month Foto: Asep Syaifullah “Karena gue pengin selalu eksplor dan gue pengen punya karakter-karakter yang kuat seperti Johnny Depp, ya untuk Jack Sparrow itu yang bagus ya dia nah gue juga pengen kaya gitu,” jelasnya. “Jadi kaya pengen punya karakter-karakter yang berbeda-berbeda, punya marketnya sendiri, punya strenght sendiri dan mempunyai weakness sendiri jadi gue pengen selalu eksplor. Gue pengen selalu belajar dan gue nggak pengen terpaku dalam satu karakter,” pungkasnya.(Dtc. com/Lid)

Ayu Ting Ting Bakal Jadi Isteri Raffi Ahmad di Film Terbarunya

BAND Kotak

JAKARTA - Band Kotak rupanya tengah disibukan dengan persiapan single teranyarnya. Ini pun bakal menjadi single keduanya bila dapat terealisasi. Sebagai bocoran, single ini akan lebih energik dari lagu-lagu sebelumnya. Hal itu langsung disampaikan oleh sang gitaris, Cella saat dijumpai beberapa waktu lalu dikawasan Grogol, Jakarta Barat. “(Kesibukannya) kita siap-siap mau keluarin single kedua. Dimana lagu itu benar-benar untuk sesuatu yang memang lebih semangat, energik,” kata Cella. Usut punya usut, tidak hanya single baru, sang basist yakni Chua juga membeberkan bahwa akan ada konser yang disiapkan oleh Tantri cs. Lebih tepatnya, konser ini akan terjadi pada akhirnya bulan mendatang. “Kotak kayak dulu lagi, terus kita juga mau ngadain in the max konser. Akhir bulan ini ada indikasi the max konser itu,” timpal Chua. Sementara itu, band yang ter-

bentuk pada 2004 ini juga diketahui tengah mencari seorang musisi untuk mengisi plot keyboardist. Dimana keyboardist ini dibutuhkan untuk kegiatan mereka dalam panggung off air musik dan juga mengeksplorer musik mereka. “S e b e n a r n y a l e b i h p e n g e n eksplore aja untuk off air-nya, karena yang sudah-sudah kan kita pernah dengan musik-musik keyboard,” tambah Tantri. Selain itu dengan adanya kehadiran pemain keyboardist, Cella menambahkan lebih membutuhkan sebuah suara yang membuat musik Kotak lebih berbeda. Ini pun menjadi langkah Kotak untuk menambah warna musik rock di Tanah Air. “Kita lebih pengen membutuhkan sound sound synthesizer gitu. Enggak hanya sound piano dan string aja, tapi kita butuh pemain keyboard yang menguasai sound synthesizer. Jadi kita pengen membawa nuansa baru rock synthesizer kayak elektronik campur,” tutup Cella.(Okz.com/Lid)

AYU Ting Ting dan Raffi Ahmad. (MEDIA.IYA.COM)

JAKARTA - Kedekatan Ayu Ting-Ting dan Raffi Ahmad kembali mencuat ke permukaan. Kali ini pelantun lagu Sambalado tersebut dikabarkan bakal menjadi istri Raffi dalam film terbarunya. Rumor ini mulai ramai diperbincangkan di dunia maya setelah sebuah akun gosip menunjukkan komen seorang warganet yang mengatakan Ayu dan Raffi akan tampil bersama. “@ayutingting92 & @raffinagita1717 berperan sebagai pasangan suami istri @rapictures.movie,” tulis satu akun yang ditutup namanya itu. Sebuah film bergenre horor dengan judul Arwah Tumbal Nyai kabarnya siap diproduksi oleh RA Pictures. Dengan

mengambil target penonton usia 18 tahun ke atas, film ini juga akan mengajak Dewi Perssik dan Zaskia Gotik sebagai pemain. Sayangnya Ayu belum mau memberikan konfirmasi terkait kabar ini. Saat ditemui di Kawasan Mampang, Jakarta Selatan, ibu satu anak ini enggan memberikan jawaban. “Aduh...aduh...aduh..,” jawab Ayu sambil bergegas memasuki mobilnya. Film Arwah Tumbal Nyai akan menjadi film kedua Ayu bersama RA Pictures. Saat libur Lebaran kemarin, RA Pictures juga sempat merilis film dengan pemain utama Ayu dan Boy Williams yang berjudul Dimsum Martabak. (Okz.com/Lid)


EKONOMI BISNIS RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 22

PERBANKAN Bank Lakukan Penyesuaian JAKARTA - Tertekannya rupiah, membuat Bank Indonesia (BI) menaikan bunga acuan sebesar 100 basis poin (bps) menjadi 5,25 persen, Juni lalu. Kondisi ini membuat pihak perbankan akan melakukan penyesuaian. Direktur Utama PT Bank Mayapada Internasional Tbk (Bank Mayapada) Hariyono Tjahjarijadi menjelaskan, akibat kenaikan bunga acuan, maka bank juga akan menaikkan bunga deposito. “Sejak sebulan terakhir total kenaikan bunga acuan sudah 100 bps, jadi terpaksa suku bunga deposito harus disesuaikan karena pasarnya bergerak seiring dengan kenaikan bunga tersebut,” kata Hariyono, seperti dilansir dari detikfinance. Menurut Haryono penyesuaian bunga kredit dilakukan seiring dengan meningkatnya bunga deposito untuk mengurangi biaya dana. Dia menambahkan kenaikan bunga kredit akan terjadi sekitar satu hingga dua bulan ini. “Memang kondisinya memerlukan penyesuaian bunga, baik kredit maupun bunga dana. Ya kira-kira ada penyesuaian sekitar 50 basis poin sampai 75 basis poin,” ujarnya. BI merilis data uang beredar periode Mei. Dari data tersebut suku bunga kredit perbankan tercatat masih 11,06 persen atau turun 4 basis poin dari bulan sebelumnya. Perkembangan suku bunga sampai dengan Mei 2018 tercatat masih melanjutkan dampak penurunan suku bunga kebijakan BI yang dilakukan beberapa bulan lalu. Dampak peningkatan suku bunga kebijakan BI terhadap suku bunga kredit dan simpanan berjangka masih terbatas. (dtc/onk)

DPK Perbankan Syariah Melambat Pembiayaan Tumbuh 42,59 persen Peliput : Suryani S. Tawari Editor : Bukhari Kamaruddin

TERNATE - Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan syariah di Maluku Utara (Malut) triwulan pertama 2018 sebesar 9,50 persen (yoy). Ini sesuai data yang dirilis Bank Indonesia (BI) Malut. Kondisi tersebut menunju-

kan pertumbuhannya melambat dibandingkan dengan triwulan empat 2017 yang tercatat 16,07 persen (yoy). Namun demikian, peningkatan terjadi pada simpanan jenis giro yang naik dari sebelumnya sebesar 0,56 persen (yoy) menjadi positif 4,63 persen (yoy). Sementara itu, deposito syariah mengalami kinerja yang menurun secara signifikan dari 32,37 persen (yoy) menjadi 5,43 persen (yoy). Untuk tabungan syariah tumbuh melambat dari triwulan sebelumnya sebesar 12,71 persen (yoy) menjadi 12,22

persen (yoy). Dari sisi pembiayaan perbankan syariah triwulan I 2018, menunjukan perbaikan kinerja. Penyaluran pembiayaan oleh bank syariah di Maluku Utara pada triwulan I 2018 tercatat sebesar Rp 318,878 miliar, tumbuh sebesar 43,62 persen (yoy), dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 42,59 persen (yoy). Perbaikan kinerja dialami oleh pembiayaan untuk konsumsi syariah yang tercatat tumbuh mencapai Rp 89,685 miliar atau tumbuh 54,33 persen (yoy). Meskipun mengalami pertumbuhan, konsumsi pada triwulan ini

Pendapatan Pedagang Tas Turun

KINERJA Kinerja Saham BTN Baik JAKARTA - Pengamat pasar modal Haryajid Ramelan menilai secara fundamental kinerja saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tak perlu diragukan. Menurutnya, saham yang tahun lalu sempat mengalami kenaikan lebih dari 100 persen ini termasuk saham yang masih menjadi skala prioritas pegangan investor institusi, seperti dana pensiun dan manajer investasi. “Masih sangat menarik, termasuk tentunya kinerja fundamental dari BTN,” kata Haryajid. Kondisi BTN saat ini kata dia, sangat diuntungkan dengan relaksasi aturan loan to value (LTV) yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) ditambah adanya skema baru dari fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) atau KPR bersubsidi. Skema barunya yakni KPR FLPP dananya 75 persen dari pemerintah dan 25 persen dari PT Sarana Multi Financial (SMF). “Ini tentu menguntungkan BTN dari sisi bisnis sehingga penyaluran KPR akan meningkat,” imbuhnya. Upaya perseroan lainnya, lanjut Haryajid, yakni dengan menggenjot dana murah sehingga cost of fund jadi murah dan bisa membuat bunga kredit BTN tidak naik. Dengan strategi yang dilakukan manajeman tersebut, seharusnya saham BTN bisa kembali menguat ke level wajarnya. “Dengan penurunan saham BTN karena faktor global seharusnya menjadi peluang bagi investor kembali mengoleksi untuk investasi jangka panjang. Terpisah, Direktur Keuangan & Treasury BTN Iman Nugroho Soeko mengatakan, kenaikan harga saham perseroan pada perdagangan saham Senin (9/7) lalu merupakan bentuk kepercayaan investor terhadap kinerja perusahaan. “Kami akan berusaha keras agar kinerja keuangan hingga akhir tahun ini mencapai target. Kami optimistis pertumbuhan bisnis bisa mencapai 20 persen,” jelas Iman. Menurutnya, untuk mencapai target bisnis tersebut, BTN akan melakukan efisiensi pada biaya operasional, peningkatan dana pihak ketiga (DPK) berbiaya rendah sehingga NIM terjaga dan pencapaian target fee based income. “Jadi tidak perlu khawatir mengenai bisnis BTN yang kami bisa lakukan adalah membukukan kinerja yang sesuai dengan target dan itu baru akan dilihat investor atau masyarakat setelah laporan keuangan Juni, September dan Desember nanti keluar,” paparnya.(jpnn/onk)

OTOMOTIF Yamaha Xmax 250 Dijual Online Rp 57,8 juta JAKARTA - Baru saja dirilis warna baru, Yamaha Indonesia mengumumkan skuter matik (Skutik) bongsor Xmax 250 warna baru sudah bisa dipesan online, dengan kenaikan harga menjadi Rp 57,8 juta on the road Jakarta. “Order online XMAX selalu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Kami melayani pemesanan ini secara nasional. Bulan ini (Juli) kami membukanya lagi dan istimewanya karena tersedia unit warna baru Xmax yang sangat menarik dan dinantikan konsumen,” ungkap Hiroshi Setogawa, Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Pemesanan online bisa dilakukan melalui www.yamahamotoronline.co.id. Konsumen bisa memesannya sendiri atau datang ke premium dealer Yamaha yang akan dibantu untuk order online. Keempat warna baru Xmax tersebut meliputi Matte Black, Matte Red, Matte Silver dan Matte Blue.(jpnn/onk)

masih lebih rendah dari triwulan sebelumnya 58,00 persen (yoy). Hal ini sebagai dampak berakhirnya musim liburan akhir tahun, dan peningkatan laju inflasi pada triwulan berjalan. Sementara itu, pembiayaan untuk tabungan syariah mengalami perlambatan pertumbuhan sebesar 12,22 persen (yoy), lebih rendah dari triwulan sebelumnya sebesar 12,71 persen (yoy). Dengan perkembangan tersebut, pada triwulan I 2018, FDR perbankan syariah Maluku Utara tercatat sebesar 65,06 persen. (mg-02/onk)

SURYANI/MALUT POST

SEPI: Kondisi salah satu toko yang menjual berbagai macam tas di kawasan Pasar Gamalama Ternate kemarin

YLKI Ingatkan Konsumen Soal Kredit Online JAKARTA - Perusahaan fintech Rupiah Plus belakangan ramai diperbincangkan di dunia maya. Perusahaan aplikasi ini disinyalir bisa mengakses nomor kontak di telepon genggam nasabahnya untuk kemudian melakukan konfirmasi penagihan. Terkait dengan hal itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam melakukan pinjaman dari perusahaan fintech berbasis aplikasi. Ke t u a Pe n g u r u s Ha rian YLKI Tulus Abadi mengatakan sejak Januari 2018, hingga saat ini pihaknya telah menerima lebih dari 50 pengaduan kredit online. Kebanyakan dari keluhan yang disampaikan adalah dari mulai dari cara menagih, hingga sistem perhitungan bunga dan denda yang tidak jelas. “Bentuk penagihan yang sering dilakukan adalah den-

gan cara mengancam hingga menagih lewat orang yang nomor handphone-nya ada di daftar kontak di seluler milik konsumen,” tuturnya, seperti dilansir dari detikfinance. Tulus menambahkan, berdasarkan pengamatannya banyak dari pelaku kredit online yang diadukan belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menurutnya hal ini tentu sangat berisiko bagi para peminjam. “Jika pemberi pinjaman online tidak terdaftar di OJK maka dia tidak dinaungi oleh OJK dan aturan terkait pinjam meminjam secara online tersebut,” tambahnya. Namun, jika pihak kredit online yang sudah terdaftar terbukti melakukan pelanggaran yang merugikan konsumen, YLKI berharap OJK mengambil tindakan tegas dengan membatalkan proses perizinannya. “Maraknya cara penagihan kredit online yang dilakukan dengan menghubungi nomor kontak yang

ada di handphone konsumen sebagai penerima pinjaman, adalah tindakan yang tidak pantas dan diduga kuat menyalahgunakan data pribadi,” tegasnya. YLKI juga menilai dengan sistem validasi online maka risikonya sangat tinggi bagi perusahaan kredit online. Meski begitu diharapkan para perusahaan kredit online dalam melakukan penagihan merujuk pada cara menagih yang diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/17/ DASP. “Atas masalah ini YLKI meminta OJK, Kominfo maupun Bareskrim Mabes POLRI untuk segera mengantisipasi hal ini agar tidak banyak konsumen yang menjadi korban. Juga bertindak tegas pada penyelenggara yang menyalahgunakan data pribadi konsumen. OJK seharusnya melakukan edukasi kepada konsumen terkait prinsip kehati-hatian pada data pribadinya,” tutur Tulus.(dtc/ onk)

TERNATE - Pendapatan pedagang tas di Ternate tidak seperti dulu. Saat ini pendapatan mereka turun tajam. Menurut Eli, pedagang tas di kawasan Pasar Gamalama, penjualan tas mereka turun karena saat ini banyak warga yang memilih membeli tas secara online. Selain ini, banyak bermunculan pedagang tas sehingga persaingan makin ketat. “Ini mempengaruhi pendapatan kami,” katanya. Dia mengaku sebelumnya dalam sehari pendapatan mereka bervariasi antara Rp 2 juta - Rp 3 juta, saat ini turun menjadi Rp 300 ribu - Rp 500 ribu. Selain itu harga tas dalam tiga bulan terakhir ini naik. Penyebabnya karena kenaikan ongkos kirim. Dulu ongkos kirim per koli (karung) Rp 700 ribu, saat ini menjadi Rp 850 ribu. Karena itu harga tas yang dulunya Rp 100 ribu, naik 20 persen menjadi Rp 120 ribu. Tas impor naik dari Rp 350 ribu menjadi Rp 400 ribu - Rp 500 ribu. Dia menambahkan momentum tahun ajaran baru kali ini tidak mempengaruhi penjualan tas sekolah. Dua tahun lalu saat tahun ajaran baru warga antre membeli tas sekolah, saat ini sepi. Pedagang lainnya Ismail menambahkan, harga tas yang dijualnya tergantung ukuran, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. “Tahun ini lesu, banyak pedagang yang hanya tidur-tiduran di toko karena tidak ada pembeli,” pungkasnya. (mg-02/onk)

Sarinah: SKM Tidak Mengandung Padatan Susu TERNATE - Susu kental manis bukan produk susu kental manis (SKM) seperti susu formula/ bubuk. Hal ini ditegaskan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Malut, Sarinah. Menurutnya, SKM merupakan produk susu pelengkap sajian, bukan susu untuk pemenuhan gizi. “Peredarannya tidak dihentikan namun hanya mengubah pola pikir masyarakat jika susu kental manis sebagai pemenuhan gizi terutama untuk anak-anak padahal susu kental manis hanya pelengkap sajian saja,” tuturnya. Dia menjelaskan ada empat larangan dari BPOM untuk label susu kental manis. Label yang dilarang menampilkan anak-anak berusia dibawah 5 tahun dalam bentuk apa pun, dan memakai visualisasi bahwa produksi susu kental manis setara dengan produk susu lain. Dikutip dari detiknews, Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan, susu kental manis merupakan produk yang mengandung susu yang diperuntukkan sebagai pelengkap sajian, bukan produk susu yang digunakan pemenuhan kebutuhan gizi, terutama untuk bayi dan pengganti ASI. Nutrisi yang terkandung dalam susu kental manis tidak memenuhi kandungan nutrisi susu untuk asupan kebutuhan gizi. (mg-02/dtc/onk)

Optimis Penerimaan Negara Capai Target

DOK/MALUT POST

RAMAI: Aktivitas di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ternate

JAKARTA - Meskipun di tengah kondisi keuangan negara yang belum terlalu baik, namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis penerimaan tahun 2018 mencapai target Bahkan dia yakin penerimaan kelebihan Rp 8 triliun dari yang ditetapkan dalam APBN 2018. “Pendapatan negara dengan kalkulasi yang kita hadapi sekarang, dengan kurs di semester II dan lain-lain kita lihat akan 100 persen atau ada Rp 8 triliun lebih tinggi,” kata Sri Mulyani di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (10/7/). Dia mengaku rasa optimistis tersebut datang usai melihat hasil kinerja semester I-2018.

Adapun target penerimaannya sebesar Rp 1.894,7 triliun. Jumlah ini berasal dari penerimaan perpajakan Rp 1.618,1 triliun, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Rp 275,4 triliun dan hibah Rp 1,2 triliun. Wanita yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan bahwa penerimaan negara yang bakal menjadi Rp 1.902,7 triliun atau lebih Rp 8 triliun berasal dari kombinasi sektor perpajakan dan PNBP. “Berasal dari kombinasi PNBP dan pajak. Nanti kalian akan mengganggu elemen surprise dari laporan semester saya,” tuturnya seperti dikutip dari detikfinance.(dtc/onk)


RAGAM

RABU, 11 JULI 2018 Malut Post HALAMAN 23

Art: Resayfa Rumra

Resep

INSTRUKSI

Bahan-bahan

Nasi Merah Liwet rice cooker

Cuci beras, cuci ikan teri, iris tipis bawang merah dan putih Tumis semua bahan kecuali ikan teri. Tumis smp agak layu dan aroma harumnya keluar.. Tambahkan air.. Masukan kedalam beras yg sdh dcuci di rice cooker. Banyaknya air sama spt kita mau masak nasi spt biasanya ya.. Tambahkan ikan teri, aduk biar nyampur. Masukan dlm rice cooker lalu tekan tombol cook smp nasi matang..

2 cup beras merah 150 gr teri medan 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 batang sereh geprek 6 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk sesuai selera Cabe rawit jablay 2 sdm mentega blue band u menumis 700 ml air Kaldu jamur

Yoga Jari Bikin Kuat dan Rileks

JARANG ada orang yang memerhatikan kondisi jari kakinya. Kalau pun ada, biasanya mereka lebih mengutamakan aspek penampilan seperti melakukan pedicure dan manicure atau nail art. Padahal, kondisi kesehatan jari kaki seharusnya juga mendapatkan perhatian. Seperti yang diketahui, saat kaki digunakan untuk berjalan maka akan ada tekanan hingga 3 kali lipat untuk menopang berat badan. Otomatis jari kaki ikut berperan dalam fungsi tersebut. Selain itu, kadang

ada orang yang memakai sepatu kekecilan sehingga memberikan tekanan pada jari kaki. Tekanan itu dapat membawa masalah pada jari kaki. Oleh karenanya, diperlukan cara-cara tertentu untuk menjaga kondisi jari kaki. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membiarkan kaki telanjang atau istilahnya nyeker. Saat memakai sepatu, otot-otot kecil, tendon, dan ligamen pada jari kaki menjadi lebih lemah. Dengan mejari-jari nyeker, jari jari kaki bisa ‘bernapas’ bernapas

dengan lega. Selain bertelanjang kaki, bisa juga dilakukan latihan toega yaitu yoga untuk jari-jari kaki. Lakukan latihan ini 2 kali sehari selama lima menit. Cara ini dapat meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, dan kekuatan jari kaki. Hal yang perlu dipersiapkan hanya tidak memakai alas kaki dan melakukan gerakan 15-30 detik. M e l a n s i r M i r r o r, S e n i n (9/7/2018), inilah beberapa gerakan toega:

Push-up Dorong jempol ke lantai dan angkat keempat jari kaki ke atas. Jaga

agar telapak kaki tetap menyentuh lantai. Lakukan gerakan mengangkat jari-jari kaki dari lantai sambil

menekan jempol kaki hingga 30 detik.

Toega (Mirror) Gerakan selanjutnya adalah tekuk jempol kaki ke arah dalam

dengan posisi tumit agak naik, seolah-olah terlihat jempol seperti terpotong. Gerakan ini mungkin

sedikit tidak nyaman. Jadi pilihlah permukaan yang lembut seperti di atas karpet.

Toe-bra Pastikan kaki sudah menapak dengan benar di permukaan. Kemudian

tekuklah jari-jari kaki selain jempol ke arah dalam. Kemudian dalam posisi rileks, dorong jempol kaki ke

lantai berulang kali dalam gerakan berdenyut . Biarkan tubuh berayun ke depan dan ke belakang dengan pelan.

Heel-sit Pada gerakan ini, ambil posisi berlutut dengan jari kaki sep-

erti berjinjit namun bokong seperti hendak menyentuh telapak. Goyangkan tubuh ke depan dan

belakang selama melakukan gerakan ini.

Heel Salutation (Mirror) Gerakan ini hampir sama dengan

heel-sit. Namun bedanya pada gerakan ini posisi badan tegak lurus

ketika berlutut. Kemudian Goyangkan tubuh ke depan dan belakang.

Bersimpuh Ambil posisi duduk bersimpuh di mana kaki dilipat dan posisi duduk

bokong di atas betis. Pastikan posisi telapak kaki bagian depan menempel di permukaan lantai. Ini ber-

tujuan meregangkan pergelangan kaki.(Okz.com/Lid)

Sumber COOKPAD

Kamu Takut Terbang? Simak Empat Tips ini JAKARTA  Berdasarkan data dari The National Institute of Mental Health, takut terbang atau aviophobia, adalah fobia yang paling sering ditemukan pada orang Amerika. Prevalensinya diperkirakan dari 2,5 persen sampai 6,5 persen dari populasi Amerika Serikat. Lebih banyak lagi orang yang takut terbang meskipun tidak sampai disebut dengan fobia. Jadi, kenapa masih banyak orang yang takut terbang ya? Padahal jika dibandingkan pada zaman dahulu, frekuensi bepergian dengan pesawat terbang semakin meningkat dan sudah banyak data yang menunjukkan bahwa terbang merupakan cara bepergian yang aman. “Kebanyakan penyebabnya adalah mereka tidak memiliki kontrol terhadap situasi. Ketika pintu pesawat tertutup,

mereka di dalam pesawat. Merasa terperangkap dan tidak dapat keluar dari situasi tersebut. Saya kira itulah yang membuat kebanyakan orang takut,” jelas Todd Farchione, pemimpin dari Program Intensif Untuk Gangguan Panik dan Fobia Spesifik Universitas Boston, dikutip dari TimeHealth. Ketakutan akan ketinggian atau kecelakaan, atau tidak mengerti cara penerbangan bekerja, juga menjadi salah satu alasan. Terbang adalah kegiatan yang mengerikan bagi beberapa orang, karena mereka tau begitu kecemasan atau ketakutan datang, mereka tidak dapat melakukan apa-apa. Mereka merasa hidup mereka tergantung pada pilotnya. Pernah merasakan hal-hal di atas? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika merasa takut terbang:

1. Alihkan perhatian Banyak yang mencoba mengusir rasa takut dengan berpegangan erat pada kursi, memperhatikan pramugari, atau menganalisis setiap turbulensi. Ternyata, menurut Farchione, kegiatan tersebut justru mendukung ketakutanmu. Secara tidak langsung, sikap ini memberi sugesti bahwa keadaannya berbahaya, padahal tidak. Lebih baik, lakukan apapun untuk mengalihkan perhatianmu. Baca majalah, tonton film, dengarkan musik, atau ngobrol dengan orang di sebelahmu. Bahkan tersenyum juga dapat merubah reaksi emosional. 2. Jangan konsumsi obat penenang Kalau kamu jarang terbang, mungkin mengonsumsi obat penenang sebelum penerbangan tidak masalah. Tapi jika kamu sering berpergian dengan pesawat dan selalu mengonsumsi obat penenang atau obat tidur untuk menghindari merasakan terbang, kamu hanya memperburuk keadaan. Menurut Farchione, banyak yang men-

gonsumsi obat tidur atau obat penenang, bahkan alkohol, karena mereka merasa tidak mampu merasakan perasaan takut di dalam pesawat. Bukannya, membuat lebih baik, mereka hanya akan merasa lebih takut pada penerbangan berikutnya. 3. Tanya dirimu sendiri Orang-orang dengan aviophobia biasanya mengalami kecemasan terhadap penerbangannya. Jika itu terjadi, tanyakan pada dirimu sendiri apa yang kamu takuti dan apa yang kira-kira akan terjadi pada penerbangan itu. Farchione mengatakan kalau pertanyaan itu dapat membantu kamu sadar kalau tidak ada yang harus ditakuti, atau paling tidak kamu tau sumber dari rasa takutmu. 4. Temui ahli Cara-cara di atas mungkin bisa bekerja pada orang-orang yang takut terbang non-klinis atau aviophobia ringan, tetapi bagi orang-orang yang menderita fobia yang parah harus mendapat penanganan profesional.(Dtc.com/Lid)

Susu Kental Manis Jangan Dikonsumsi Setiap Hari

DI balik rasanya yang lezat, susu kental manis tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Ini karena kandungannya yang lebih banyak gula dan lemak dibandingkan protein sehingga bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti diabetes. Sayangnya, selama ini masyarakat menilai susu kental manis baik dikonsumsi setiap hari. Bahkan, banyak di antaranya yang memberikan susu jenis ini kepada balita. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari menekankan, susu kental manis sama sekali tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari, apalagi untuk balita. Susu kental manis juga bukan untuk memenuhi nutrisi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, balita harus memperhatikan kecukupan gizi. ‘’Kalau anak

banyak (konsumsi) gula, nanti akan kurang makan makanan yang lain, padahal dia butuh (selain gula) protein. Ini yang kita hindari,’’ kata Kirana. Masyarakat, khususnya orangtua, diminta untuk lebih memahami bahwa susu kental manis bukan susu yang harus dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak gula dan lemak. Sementara yang dibutuhkan anak adalah susu yang mengandung banyak protein. ‘’SKM (susu kental manis) bisa dikonsumsi untuk makanan yang sifatnya tidak pokok. Jadi, untuk kecukupan gizinya, diusahakan mengurangi konsumsi SKM. SKM hanya dikonsumsi sebagai pelengkap makanan seperti topping dan tidak dikonsumsi secara sering,’’ Tutupnya. (Okz.com/Lid)


RABU, 11 JULI 2018

Malut Post TAMPIL TERDEPAN

HALAMAN 24

(JawaPos.com)

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan peta politik akan chaos saat Prabowo dan Jokowi mengemumkan cawapresnya.

Diego Zapatero

Tertarik dengan Cerita Rakyat Panji CERITA rakyat Panji yang dahulu populer di tanah Jawa tak banyak yang tertarik untuk mengangkatnya di masa kini. Seorang fotografer asal Spanyol Diego Zapatero justru tertarik dan terinspirasi untuk mengangkat adegan wayang topeng yang ada dalam cerita rakyat Panji. Lewat pameran tunggal fotografer Diego Zapatero yang berjudul ‘The Last Breath of the Prince’, ia menampilkan 18 hasil jepretan. Pria yang pernah tinggal di Yogyakarta itu memajang 18 karya fotografi dan ilustrasi untuk 11 foto, panel, dan topeng. Ditemui di sela-sela pembukaan, Diego merasa heran mengapa banyak masyarakat Indonesia yang tertarik menonton Ramayana, Mahabharata, maupun kesenian wayang lainnya tapi tidak dengan cerita rakyat Panji. “Kenapa mau nonton tarian Ramayana dan Mahabarata tapi kok bisa tidak populer dengan Panji? Saya sendiri sangat suka dengan topeng dan juga suka dengan tari. Apalagi kalau ada cerita sejarahnya,” ujar Diego yang fasih berbahasa Indonesia ditemui di Gedung C, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018). Pada 2010, ia mendapat beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk belajar seni fotografi di ISI Yogyakarta. Sepanjang melakukan eksplorasi mengenai kesenian Indonesia, berbekal pengetahuan dari temannya yang seorang antropolog ia mulai mendalami mengenai cerita rakyat Panji. Di Gunung Kidul dan Bantul, ia mengajak hampir 80 orang untuk terlibat di dalamnya. Diego mereka ulang pertunjukan cerita Panji ke dalam beberapa adegan. Ada penari dan koreografer yang memeragakan lalu dipotretnya dengan teknik fotografi lawas. “Referensi saya fotografer yang ada di arsip KITLV. Fotografer pertama dari Indoneska dan riset universitas lain dari Leiden,” lanjutnya seperti dilansir. Cerita rakyat Panji berasal dari Jawa di abad ke-13 dan menceritakan tentang Raden Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji. Kisah Panji adalah cinta dan petualangan keduanya. Pada 30 Oktober 2017, cerita rakyat Panji masuk dalam daftar UNESCO Memory of the World. (dth/mpf)

SBY Pastikan Peta Politik Pilpres Berubah JAKARTA- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku sampai saat ini dirinya masih mematangkan pilihan politiknya terkait Pilpres 2019. Presiden dua periode itu juga tidak ingin terburu-buru, karena situasi akan berubah saat Jokowi dan Prabowo

mengumumkan caewapresnya. “Semuanya masih mungkin dan sekarang sedang kita matangkan,” ujar SBY di kediamannya Jalan Mega Kuningan, Jakarta, seperti dilansir jawapost.com, Selasa (10/7). SBY juga menduga, peta politik akan berubah dengan cepat saat

Jokowi dan juga Prabowo Subianto mengumumkan cawapresnya. Sehingga itu yang sangat ditunggu oleh semua pihak. Bahkan, pengumuman cawapres dari dua tokoh tersebut bisa membuat peta dukungan koalisi berubah. “Tentu akan mengumbah keadaan, disaat nanti baik Pak Jokowi atau Pak Prabowo mengumumkan siapa cawapresnya,” katanya. Lebih lanjut, Demokrat juga menegaskan, internal partainya masih melakukan pemetaan situasi politik yang ada. Termasuk apabila Jokowi dan juga Prabowo mengumum-

kan cawapresnya di menit-menit terakhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kami sudah memetakan semuanya, kami sudah memikirkan beberapa opsi,” ungkapnya. Walaupun nanti situasi atau kondisinya sedang chaos di jelang-jelang akhir pendaftaran, SBY memastikan Partai Demokrat tidak akan terganggu dengan situasi tersebut dan tetap akan bersikap di Pilpres 2019. “Insya Allah Demokrat akan bisa menetapkan pilihannya yang kami pandang paling tepat,” pungkasnya. (JPC/mpf)

Prabowo, Gatot dan Anies Lawan Kuat Jokowi Hasil Survei LSI JAKARTA- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan tiga nama tokoh berpeluang menjadi calon presiden (capres) penantang petahana Joko Widodo. Ketiga nama tersebut adalah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Dari nama-nama tersebut, pasangan Prabowo-Gatot paling banyak didukung responden yaitu sebesar 35,6 persen,” kata Direktur LSI Denny JA Adjie Al-Farabi pada konferensi pers di kantornya, seperti dilansir cnn.com, Selasa (10/7). Disusul pasangan Prabowo-Anies 19,6 persen, Prabowo-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 12,3 persen, dan Prabowo-Ahmad Heryawan (Aher) 10,2 persen. Survei LSI Denny JA digelar 28 Juni-5 Juli 2018 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Metode survei adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error kurang lebih 2,9 persen. Survei dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia Adjie menambahkan jika Gatot Nurmantyo maju sebagai capres, responden menilai cawapres yang bisa membuat Gatot menjadi lawan berat Jokowi adalah Anies. “Dari nama-nama pasangan yang diuji dalam survei, pasangan Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan adalah pasangan yang paling banyak didukung,” kata Adjie. Dukungan kepada pasangan Gatot-Anies sebesar 31,8 persen. Lebih besar dibandingkan dukungan terhadap Gatot-AHY yang mencapai

Prabowo Subianto

Gatot Nurmantyo

21,5 persen atau Gatot-Aher yang dukungannya mencapai 13,3 persen. Sedangkan AHY yang merupakan Ketua Kogasma Partai Demokrat dinilai responden, akan menjadi cawapres ideal untuk mendampingi Anies. “Survei kami menunjukan bahwa pasangan Anies-AHY adalah pasangan yang paling banyak didukung. Dukungan pasangan Anies-AHY mencapai 33,4 persen,” kata Adjie. Kemudian, disusul pasangan Anies-Aher 27,4 persen, dan Anies-Cak Imin sebesar 23,4 persen. “Lawan tangguh Jokowi, Prabowo-Gatot, Gatot-Anies, Anies-AHY,” kata Adjie. Sementara, survei LSI menunjukkan cawapres terkuat Jokowi mengerucut pada lima nama yaitu Airlangga Hartarto, Tito Karnavian, Mahfud MD, Moeldoko dan Sri Mulyani. Namun, LSI menilai sesugguhnya Jusuf Kalla adalah cawapres paling diunggulkan untuk

Anies Baswedan

Jokowi. Dukungan publik terhadap JK sebagai cawapres masih kuat. Namun ada aturan yang interpretatif yang melarang wapres dua periode. Karena itu, LSI Denny JA untuk sementara waktu, tidak memasukKan JK dalam survei maupun panel ahli. Sebelumnya, pada Mei 2018, Indikator merilis survei calon presiden dan wakil presiden. Menurut survei Indikator, bila head to head, Jokowi akan meraih suara 60,6 persen, dan Prabowo Subianto 29 persen, sedangkan 10,4 persen belum menjawab. Sebelumnya pada Maret 2018, Political Communication (Polcomm) Institute juga telah merilis hasil elektabilitas calon presiden. Hasil survei Polcomm Institute menunjukkan Joko Widodo masih mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yakni 49,08 persen berbanding 29,67 persen. (cnn/mpf)

Peluang Duet Prabowo-AHY Kecil JAKARTA- Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto merespons kabar mengenai Partai Demokrat (PD) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang tengah menggodok duet Prabowo Subianto-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju pada pilpres 2019 mendatang. Menurut Yandri, peluang terciptanya duet ketua umum Partai Gerindra dan Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) PD itu sangat kecil. “Saya kira peluangnya kecil itu ya. Peluangnya kecil Prabowo-AHY,” ungkap Yandri di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dilansir jpnn.com, Selasa (10/7). Wakil ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu mengatakan salah satu alasan kecil kemungkinan duet itu tercipta karena keduanya sama-sama berlatar belakang militer. Bahkan, kata dia, chemistry antara partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Partai Gerindra kurang. “Untuk chemistry antara Demokrat dan Gerindra mungkin agak kurang. Tapi, kalau PAN dengan Gerindra insyaallah sangat bagus,” ungkap Yandri. Lebih lanjut, Yandri mengatakan ada juga internal PAN yang ingin mengusung Prabowo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Bang Zul. Bahkan, Yandri menegaskan jika hari ini disepakati, maka besok PAN siap deklarasi duet PrabowoZulkifli. “Kalau Gerindra oke pasangannya Bang Zul, oke, besok deklarasi. PAN siap dari jauh hari,” katanya.

Yandri juga mengatakan kalau di luar Prabowo-Zulkifli misalnya duet Prabowo dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, PAN juga siap. Bahkan, jika Anies berduet dengan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo atau sebaliknya Gatot-Anies, PAN juga siap mendeklarasikannya. “Intinya dari empat nama ini yang insyaallah akan mengerucut di format koalisi. Tinggal siapa yang disepakati,” ujarnya. Dia mengatakan beberapa hari ini dilakukan pertemuan intensif untuk mempermak koalisi yang disetujui dan siapa capres dan cawapresnya. “Kalau misalnya PAN-Gerindra sepakat mengusung Bang Zul, saya kira PKS insyaallah akan ikut,” katanya. 000 Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Riza Patria mengatakan, sudah tidak zamannya lagi menggunakan dikotomi latar belakang dalam menentukan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Hal ini diungkap Riza menanggapi wacana duet Prabowo Subianto-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang sama-sama berlatar belakang militer. “Ya sekarang ini sekarang kalau soal dikotomi sudah hilang, tidak ada lagi Jawa-luar Jawa, pria-perempuan, militer-militer. Bahkan, mau militerpolisi, dan polisi-militer juga boleh,” kata Riza di gedung parlemen, Jakarta, Selasa (10/7). Riza mengatakan, silakan saja sekarang ini menentukan pasangan tanpa

melihat latar belakang lagi. Apalagi, ujar dia, masyarakat sekarang ini sudah semakin cerdas, teliti dan tahu figur yang bagus. “Jadi silakan saja,” tegas wakil ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), itu. Menurut Riza, tidak masalah jika Partai Demokrat mendorong AHY sebagai cawapres. Sebab, ujar Riza, semua partai pasti pengin mendorong kadernya. Misalnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendorong sembilan nama, Partai Amanat Nasional empat tokoh, dan Partai Demokrat dengan AHY. “Jadi semua ini memang berproses. Saya kira alamiah saja, tidak ada yang luar biasa,” jelasnya. Yang pasti, jelas dia, Partai Gerindra akan membangun koalisi dengan yang sudah dekat seperti PKS dan PAN. “Alhamdulillah sekarang ini semakin kuat dengan Partai Demokrat. Jadi kami mudah-mudahan hampir pasti dengan partai ini,” katanya. Dia berharap semoga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar ?juga bergabung bersama koalisi, serta partai-partai nonparlemen seperti Partai Bulan Bintang (PBB) dan lain-lainnya. Dia menegaskan capres yang akan diusung hanya Prabowo. Soal nama Anies Baswedan, kata dia, memang salah satu cawapres yang potensial dan tengah dipertimbangkan. Selain itu, ada pula nama AHY, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan lainnya juga dipertimbangkan. (jpnn/mpf)

Oknum Petugas Rutan Ditangkap  
Oknum Petugas Rutan Ditangkap  
Advertisement