Page 1

sunday!

1


2

sunday!


sunday!

1


Editor in Chief

Olivia Elena Hakim Creative Team

make your days

Mini Maharani Anindita Leny Margaretha ator Advertising Coordin g run nu ma n ima Bud (0813.842.86.415/ yahoo.com) Budiman_manurung@ Graphic Design by

and Scatto! Photography

Apa itu Shaulnyadngayka?mu cintai,

Design

Printing by

Borobudur 2 PRINTING lah publikasi bul ana

Majalah Sunday ada

AlamaT REDAKSI

blok Jl. Tarian Raya Timur Kel apa Gading 14250 Telp: 4586 0389

n

J 24

018

Nomor ISSN: 2337-8

an Jika kamu melakuk hari an terasa seperti ak ri ha p tia se maka ah irl lah i, kan filosofi in Minggu. Berdasar an lan bu e in az alah free mag Sunday! Kami ad di a ud m ak an k untu (tiap tanggal 10) pan ding, Sunter, Hara Ga a lap Ke n sa kawa mas. lo Pu wamangun dan Indah, Buaran, Ra bisa a ud m um , majalah ka Tim kami percaya dan sip go a ek an a harus ad an? tetap asyik tanpa Ikl i? as dalamnya. Inform selebriti asing di mi ya Saran? Kontak ka ay FB : Majalah sund unday hs la Twitter :@@maja AIL.COM GM Y@ DA UN Email : MAJALAHS m NDAY.blogspot.co Blog : MAJALAH-SU

Editor's Note Hello READERS! Tiga kalimat yang Mimin pengen ucapkan bulan ini‌ HAPPY SWEET 17th untuk Leny Margaretha, tim kreatif Sunday sekaligus murid SMA St Yakobus (^.^)/ GET WELL SOON untuk Sarah Shinta, pembaca setia Sunday dari SMAN 45 yang saat ini sedang berjuang melawan Soft Tissue Sarcoma. Be strong, girl! *huggg* THANK YOU untuk para guru dan OSIS yang sudah nongkrong bareng tim Sunday di acara Solidaritas OSIS Sunday 26 April lalu di MOI. Nantikan liputannya di edisi Juni ya!

un

2

sunday!

ad

i

t.c

-s majalah

w.

Ke

Su hab Lih nd isan at a sa y? j

om

ww

XOXO Tim Sunday

day.blogsp

o


inbox DAY RIDDLE

Jawara SUN 10 Hadiah Kebun Crispy Jawaban: 10 • Ahmad Triafandi SMPK Penabur

• Freddy Albert SMA Don Bosco 1

• Gavrila Kalonica SMAK Calvin

• Tiara Natalia Raintung SMA St Yakobus

• Fanny Zelline SMA Budhaya St Agustinus

• Bungsu Tomo Adi SMAN 72

• Yestrih Meyfin SMA St Lukas • Yuliana Tri Astuti SMAN 10 • Devilia Rokhmatin Setyoningrum SMAN 10 • Lea Ansella SMA St. Yakobus 5 Hadiah Aromatic 1001 – I Feel Good Jawaban: 40 • Rebut Yuni Ernawati Bimbel Peter

• Grace Marcellina SMA Budi Mulia

• Felicia Clairine

• Faiz Farhan Arane

SMA Marie Joseph

SMAN 75

• Denis Rukmawati

• Audrey SMAK Penabur Harapan Indah

SMAN 10

• Heny Prabowo

• Dwi Widi Astuti

SMAN 21

SMAN 10

2 Hadiah Bong Chandra School of Billionaires • Johanna Fiola SMAK Penabur Harapan Indah

• Arifah Nur Utami SMA Muhammadiyah 11

10 Hadiah English First Kelapa Gading Jawaban: George Alexander • Joy Henri Mangapul SMAK Mawar Saron

• Sion Halim SMAK Calvin

• Prita Permatadinata SMKN 48

• Nadya Hanjani SMA Don Bosco 2

• Catherine Sarib SMA Tunas Gading

• Maria Theodora Livinia SMA Marie Joseph

• Rahma Aramitha SMAN 45

10 Hadiah Fruppy Bedanya Terasa! Jawaban: tidak ada asap karena KRL • Ubaidillah Leonardo SMPIT Ar Rahman • Michael Ebenezer SMA Don Bosco 2 • Aldheani Suhendra SMA Marie Joseph • Indri Sarah Marenta Sianipar SMAN 10 • Rani Acchedya Nugraheni SMAN 21 • Nadia Priskila Angelin SMKN 33 • Natalia SMA Tunas Gading • Febby Wijaya SMA St Lukas • Monica Charisthea SMA Don Bosco 1 • Gilbert Alfons SMA St Lukas

Ilustrasi oleh Bonita Tasman

Apakah kamu punya…

? !

Pertanyaan, komentar, usulan untuk dimuat di Inbox?

Koleksi atau hobi untuk untuk dipamer di Collection?

Info-info tentang acara sekolah atau komunitasmu untuk diumumin di Watchout?

Blog, karya seni, cerpen atau karya fotografi orisinil yang mau dipamer di Shortie?

Ayo informasikan sama kami di majalahsunday@gmail.com. Jangan lupa cantumkan Inbox/Watchout/Collection/Shortie di judul email ya ;)

sunday!

3


ARTS

Bon, dari kapan loe suka gambar? Dari kecil, nurun bokap yang dulu juga suka gambar. Dan gue suka ikutin. Terus masuk kuliah DKV dan sekarang kerja di bidang desain grafis deh. Bedanya desain grafis sama ilustrasi? Desain grafis itu biasanya meliputi layout, branding (packaging, logo, dll). Kalo ilustrasi itu biasanya menggambar. Bedanya DKV dan desain grafis? Kalo gue di ITB, DKV dibagi lagi dalam 3 bidang: desain grafis, multimedia, advertising. Desain yang lo banget? Kebanyakan pasti menggabungkan ilustrasi dan teks. Medianya cat air.

Antara Panda, Becak dan Cat Air Regina Bonita Tasman membukakan kamarnya yang penuh panda untuk Sunday!

Pengalaman paling berkesan dalam dunia desain? Ada beberapa karya gue dipakai di bakeribakeri di Jepang dan Nepal. Eh ada juga pengalaman lain. Waktu kuliah, project seminar gue yang membahas soal lukisan di badan becak Indonesia pernah masuk dalam jurnal ilmiah Malaysia. Karya seni di becak itu unik loh, tiap daerah bisa punya stylenya sendiri. Pelukisnya justru rakyat yang tidak memiliki pendidikan formal desain, tapi mereka sudah mempraktikkan tipologi, komposisi, dll. Contoh lainnya lukisan yang ada di terpalnya warung pecel lele atau seafood tenda-an. Kalau dalam dunia ilmu, istilahnya itu ilmu vernakular. Planning ke depan sebagai desainer? Gue pengen buka galeri sendiri atau pameran. Pertanyaan terakhir‌kenapa sih lo suka panda? Hahahaha abis lucu, bulet-bulet gitu *Lihat karya Bonita di behance.net, search ‘Bonita Tasman’

4

sunday!


sunday!

5


LITE RATU RE

NERD

is the New Hot! Karakter cupu sekarang sudah nggak lagi jadi bulan-bulanan atau sekedar ‘pelengkap penderita’ dalam novel. Merekalah tokoh utamanya!

Diari Hara

oleh Nana Sitompul Hara harusnya jadi cowok keren- loh, dia kan masuk sekolah elite dan ortunya tajir! Tapi tetep aj Hara hanya cowok culun yang diam-diam hobi nulis diari dan diam-diam naksir Sissy, anak baru sekaligus jagoan matematika di kelasnya. Malangnya, nilai matematika Hara pas-pasan banget. Maka tokoh utama kita pun berjuang les matematika demi mendapatkan hati Sissy- apalagi saingannya Ramon, si ketua klub matematika itu sendiri! Sukseskah perjuangan Hara?

6

sunday!

Fangirl

oleh Rainbow Rowell Sesuai judulnya, Fangirl bercerita mengenai Cath, seorang gadis yang baru lulus SMU dan harus berjuang menyesuaikan diri dengan dunia kuliah. Cath adalah penggemar berat sebuah serial fantasi, sampai ia bela-belain koleksi merchandise-nya. Tapi yang jadi sorotan utama adalah, dia hobi banget bikin fanfiction aneh dari serial fantasi itu. Cath merasa menulis fanfiction ini membantu melalui segala persoalan hidup- masalahnya, saking anehnya tulisan Cath, dia gagal mata kuliah Menulis Fiksi! Apa yang terjadi dengan hidup Cath selanjutnya?


sunday!

7


DIY

OH CREPE! Doyan crepe? Kenapa nggak bikin sendiri dengan resep simple ala Sunday! Untuk 2-3 porsi

BAHAN

Coklat yang dipotong kecilkecil

Tepung terigu 75gr dan 1 sdm mentega yang dicairkan

Kocok telur dan susu sampai berbusa.

8

sunday!

Telur 1 butir

Susu cair putih 150ml

CARA

Ayak tepung terigu, campur ke dalam hasil kocokan telur dan susu, lalu masukkan mentega yang dicairkan

Panaskan wajan anti lengket dan tuang adonan dengan sendok sop kurang lebih 2-3 sendok, ratakan dengan cara memutar wajan. Setelah matang, taburkan coklat di atasnya sesuai selera

Hasil akhirnya akan jadi Crepe yang lembut, cocok banget dimakan sama es krim atau coklat.


SUNDAY SURVEY 3:Love and Hate GE E K

#1 Kesenian #2 Olahraga Mata pelajaran

yang paling

disukai Mata pelajaran

yang paling

t i d a k

#3 Matematika #4Bahasa Inggris #5 Komputer

kita lebih suka belajar bahasa asing daripada bahasa sendiri???

paradoks Matematika‌ ada yang suka, ada yang sebel!

disukai Bahasa Indonesia

#5 Sejarah #4

#1 Matematika #3 Kimia #2 Fisika

sunday!

9


TRE N DIN G TOP I C

G y

A P e a r

Lulus SMA, terus kuliah. Ini sudah jadi premis baku untuk mayoritas orang Indonesia. Apa yang terjadi kalau karena satu dan lain hal kamu nggak bisa langsung kuliah setelah lulus?

Apa itu Gap Year? Gap Year adalah sebuah ‘jeda’ satu tahun antara tahun kelulusan SMA dengan kuliah, yang sengaja diambil untuk melakukan aktivitas non-akademis atau untuk mempertimbangkan ulang pilihan hidup seseorang. Tradisi ini lahir di Inggris tahun 60an, kemudian menyebar ke sejumlah negara, salah satunya Amerika.

Indonesia tidak mengenal Gap Year, tapi dari jajak pendapat sederhana yang Sunday adakan, pada beberapa kasus, ada remaja mengambil jeda setahun setelah lulus kuliah dengan berbagai sebab- gagal lolos SPMB dan mau coba lagi tahun berikutnya, mau persiapan khusus sebelum kuliah ke luar atau mau kerja dulu biar bisa membiayai kuliah sendiri.

Things to Do During Gap Year Belajar Bahasa Asing Kamu berniat mengejar beasiswa ke luar negeri tapi belum sempat persiapan bahasa yang mendalam karena kemarinan fokus UN? Ada juga loh yang sengaja ambil ‘break’ setahun untuk mendalami bahasa asing.

Jadi Atlet Nah, yang kejadian seperti ini juga banyak. Kalau sebelumnya harus membagi waktu antara SMA dan pertandingan, sekarang ada waktu setahun full untuk fokus kejar medali.

10

sunday!

Berburu Beasiswa Mengurus berbagai berkas untuk kuliah di luar negeri memang nggak simpel, itu sebabnya banyak yang menggunakan bantuan jasa konsultan pendidikan. Dari tes TOEFL atau IELTS, sampai Motivational Letter… huah banyak banget yang kudu diurus! Nah untuk para pemburu beasiswa yang biasa mengurus berkasnya sendiri, mereka mengambil jeda waktu setelah kelulusan untuk membereskan semua keperluan.


Vocational Training Maksudnya, memperdalam skill khusus yang kamu miliki tapi kurang terasah selama SMA- seperti sekolah modelling, ambil kelas seni lukis, ikut seminar

saham intensif atau kursus makeup. Harapannya, tahun depan bisa kuliah sambil nyambi.

Kerja Sosial

Berkelana Nah, ini salah satu opsi paling populer. Eits, tapi ini bukan liburan loh! Biasanya yang dipilih sengaja tempat sangat asing, sangat eksotis atau sangat terpencil biar bisa merenungi tujuan hidup selanjutnya, sambil belajar budaya baru.

Ini juga opsi paling populer kedua. Banyak pemuda dari negara dengan tradisi Gap Year pergi selama setahun untuk jadi relawan sesuai bidang minat mereka- kesehatan, edukasi, kuliner, dll. Benua Afrika menjadi tujuan populer untuk keperluan ini

Gap Year Around the World >Gara-gara kondisi

keamanan dalam negeri yang tak stabil, sekolahsekolah elite di Venezuela justru sengaja mengirim muridnya untuk ke luar Venezuela setahun! Programnya beragam, dari kursus kepemimpinan, kerja magang, sampai jadi sukarelawan.

>Jepang memiliki

praktek perekrutan untuk para pelajar- semacam ‘perjodohan’ antara pelajar dengan sebuah pekerjaan yang dipandang cocok untuknya. Karena budaya ini, Jepang hampir nggak mengenal Gap Year. Mending kuliah, terus langsung kerja aja deh!

>Yaman memiliki

peraturan resmi yang mewajibkan semua lulusan SMA mengambil Gap Year sebelum kuliah. Lulusan pria biasanya

direkomendasikan untuk ikut wajib militer setahun, sementara yang wanita magang di sekolah atau rumah sakit.

>Di India, semua

remajanya mengenal tradisi Gap Yeartapi hampir nggak berasa karena mereka memanfaatkannya untuk belajar keras mempersiapkan ujian masuk berbagai universitas setempat yang dikenal ketat persaingannya.

Pangeran

W illiam

mengambil Gap Year setelah lulus dari SMA. Aktivitasnya selama setahun: pelatihan militer, kerja di peternakan, jadi sukarelawan di Afrika dan membantu mendirikan sebuah sekolah di Chile.

>Pemerintah Denmark

jengkel dengan para remaja yang justru memanfaatkan Gap Year untuk bersantai nggak jelas- kini para pelajar Denmark dikenakan penalti kalau menunda kuliah. Sebaliknya, mereka yang langsung kuliah, diberi bonus uang!

Terguncang oleh kematian ibunya, JK Rowling memutuskan menyepi ke Portugal setahun, dimana ia mengajar Bahasa Inggris sambil iseng membuat naskah yang kemudian menjadi Harry Potter.

sunday!

11


TRUTH OR DA RE

Margareta Astaman

The Art of Doing Nothing

Setelah berkarir di tiga perusahaan internasional dan meluncurkan enam buku‌ Sunday ingin bertanya: apa kabar Kak Margie sekarang?

Hey Kak Margie! Ngobrolin soal kuliah nih..di buku After Orchard Kak Margie cerita tentang pengalaman kuliah di Singapura. Nyesel nggak kuliah di sana? Di satu sisi, karena orang-orangnya inidividualis, bisa dibilang aku nggak ada teman kuliah yang dekat. Persahabatan di sana dijalin berdasarkan tugas yang sedang dikerjakan- kalau lagi kerja kelompok kita dekat, tapi setelah selesai ya bubar. Kedua, kuliah di sana jadualnya lumayan padat sehingga hal-hal di luar studi seperti seni atau hobi lain yang nggak ‘mendukung’ kelulusan sering dianggap buang

12

sunday!

waktu. Tapi di sisi lain pendidikan Singapura memberikan percepatan luar biasa. Aku nggak mungkin dapat kesempatan magang di luar negeri kalau nggak kuliah di sana. Bahkan anak baru yang belum pernah pegang kamera diberi kamera bagus. Dan karena Singapura adalah regional hub di Asia, kita bisa punya pengalaman kerja regional, bukan lokal. Jadi ada hal-hal yang aku dapatkan karena kuliah di sana, ada hal-hal yang tidak aku dapatkan karena kuliah di sana juga. Tapi, Kak Margie memutuskan kembali ke Indonesia? Ya, dengan pertimbangan dunia


media itu lebih berwarna dan lebih berkembang di Indonesia daripada di sana. Tapi semua tergantung nilai yang dipegang seseorang. Orang yang senang hidup rapi, aman, tenang dan disiplin mungkin lebih betah di sana. Aku orangnya lebih suka yang berantakan asal ramai, dikelilingin orang-orang seru dan punya hubungan berarti dengan mereka. Kalau begitu apa tips Kak Margie untuk yang mau kuliah ke Singapura? Kebanyakan orang Indonesia ke Singapura 4 hari 3 malam dan mainnya di Orchard aja. Pulang lewat Changi, bandaranya keren. Tapi saat kuliah nanti kamu kan nggak tinggal di Orchard atau Changi hahaha! Coba gali pengalaman orang yang pernah kuliah di sana dan coba juga menginap di Singapura tapi nggak sebagai turis. Kalau udah mantep gitu, seberat apapun nantinya, biar kudu tidur di lantai kek, pasti bisa dijalani. Singapura sendiri mengenal tradisi Gap Year nggak sih? Ada, tapi biasanya untuk mereka yang lulus kuliah, namanya Grad Trip, biasanya 2 minggu sampai 3 bulan, dimana anak muda Singapura pergi ke negara impian mereka atau ke tempat unik; keliling Indonesia misalnya. Kalau pun ke Amerika atau Eropa, mereka backpacking dan cari cara hidup yang nggak mainstream. Ada juga yang mengajar di Kalimantan, memotret realita kehidupan di Kalkuta atau kampanye anti penjualan ginjal di Filipina. Kak Margie sendiri dulu sempat ambil ‘break’ juga selama setahun kan? Ketika kelar kuliah 3 tahun, aku coba kerja tapi nggak mengikuti passion. Asal keren, dan gaji gede. Tiga hari pertama langsung nyesel. Waktu itu

aku menyadari ternyata sekolah lebih asyik daripada kerja hahaha. Akhirnya aku ambil satu mata kuliah tambahan, Bahasa Perancis. Sebenarnya nggak diambil juga nggak apa-apa. Satu tahun full; hanya satu mata kuliah! Tanpa sadar, masa itu menjadi semacam Gap Year-ku. Ngapain aja tuh? Bisa dibilang itu momen terbaik dalam hidupku! Selama setahun aku lakukan semua hal yang kumau- mulai menulis blog, foto-foto, gym, hunting sushi murah, nonton sampai jam 5 pagi, ngobrol ngalor-ngidul, ambil banyak kerja lepas, ikut kelas modelling, jadi presenter dan talent iklan. Pokoknya semua yang belum pernah dicoba! Dari sana aku mengenali apa yang kusuka dan apa yang tidak. Misalnya jadi presenter, memang gajinya lumayan tapi biaya perawatannya juga besar- harus beli parfum ini, baju itu. Kerjanya nggak beragam, temannya itu aja. Aku berhenti, tapi jadinya nggak penasaran lagi. Lalu aku sadar, aku suka nulis, nggak perduli dibayar atau nggak. Kak Margie sangat menghargai waktu luang ya? Menurutku, tanpa waktu luang, kerja keras kita nggak ada artinya. Sepanjang waktu kita belajar, tanpa waktu luang kapan kita bisa menghargai hasil dari usaha keras kita? Dulu waktu SMA aku jarang liburan yang bayar loh, selalu gratis! Aku pakai promo-promo untuk anak ranking satu- dari nginap di Bandung sampai makan-makan. *Margareta Astaman baru-baru ini meluncurkan buku berjudul Stalking Indonesia. Sekarang ia disibukkan dengan proyek online customized travel service yang melibatkan jaringan mahasiswa Indonesia di luar negeri, worteltravel.com.


P OLAROI D BA GS Michelle Putri Iskandar St. Peter School

Ballerina Girl

Balerina muda ini berbagi kecintaannya akan dunia tari. Tentunya, Sunday nggak melewatkan kesempatan mengintip isi tasnya! Aku pertama kali ikut kelas balet saat usia 5 tahun, dan lanjut sampai sekarang ketika sudah memasuki usia remaja. Sehari-hari aku disibukkan dengan berbagai aktivitas, dari rutinitas sekolah, ikut kelas biola, gym, sampai belajar gitar, tapi yang paling aku sukai tetaplah balet! Kalau ditanya apa yang membuat balet istimewa‌hmm, menurutku balet itu fun, menantang, sekaligus aktivitas sosial yang bagus. Salah satu kejadian paling tak terlupakan, aku pernah terjatuh di tengah panggung saat sedang pertunjukkan! Balet itu menyenangkan! Untuk temanteman yang mau mencoba balet, kunci suksesnya‌latihan yang banyak, beranikan diri kamu dan bersukacitalah saat kamu menari. Barang yang selalu aku bawa dalam tas adalah charger untuk ponsel. Biasanya aku juga membawa buku gambar, karena aku suka melukis. Tas andalan..untuk sekolah aku biasa pakai ransel, tapi di luar itu biasanya aku pilih tas selempang.

14

sunday!


sunday! 15


Watchout Mau ke mana setelah lulus SMU/K? Mau kuliah? Fakultas apa ya‌? Di dalam atau luar negeri? Saat ini dan di tahun mendatang ada pekerjaan yang sangat bagus yaitu pilot atau penerbang; dengan pendidikan yang singkat (sekitar 9 bulan), sudah bisa bekerja di maskapai dengan gaji sekitar 7x dari gaji lulusan S1 yang kuliahnya 4 tahun. Seiring bertambahnya jam terbang, maka pengalaman dan penghasilan juga meningkat. Pilot dengan pengalaman terbang sekitar 5 tahun, berpenghasilan sekitar Rp. 60 juta bahkan bisa lebih! Ditambah lagi, ada berbagai fasilitas kelas 1 dan kesempatan ke luar negeri tanpa perlu mengeluarkan biaya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengikuti pendidikan

di sekolah pilot yang bagus, profesional dan dapat dipercaya. Java International Flight School bekerjasama dengan Pan Am Flight Academy (sekolah penerbang terkemuka di Amerika). Silabus dan sistem pendidikan di Pan Am mempersiapkan siswanya menjadi pilot maskapai yang profesional dalam jangka waktu 35 minggu. Pendidikan yang akan didapat adalah PPL, Instrument Rating, CPL-Multi Engine dengan 252 jam terbang dan simulator. Untuk info lebih lanjut mengenai Java-Pan Am, kontak: Pak Santanu/Pak Endang di 2930 3600 atau klik www.javaflightschool.com atau www.panamacademy.com.

Parent-Teacher Association SMAI Al-Azhar Harapan Indah Pada 14 April 2014 lalu, tampak kesibukan tak biasa di SMAI Al-Azhar Harapan Indah. Sejumlah ibu dari murid-murid SMA berkumpul dalam suasana santai dan hangat. Arisankah ini? Bukan! Inilah pertemuan PTA (ParentTeacher Association) SMAI Al-Azhar HI. Nggak hanya kumpul-kumpul dan bersilaturahmi, PTA ini punya banyak kegiatan seru, antara lain seminar parenting. Bahkan, dari perkumpulan ini, perwakilan SMA Al-Azhar HI telah sukses dikirim untuk studi ke Cina loh. Go, mommies!

16

sunday!


sunday! 17


Watchout Concert in the Mall

Mendadak konser! Beginilah judulnya kalau kamu sempat melewati balkon MKG 3 pada Sabtu-Minggu 29-30 Maret yang lalu. Sejumlah anak muda naik-turun panggung bergantian membawakan berbagai lagu, dengan pilihan alat musik mereka masing-masing: dari biola sampai piano! Inilah penampilan seru dari murid-murid SMI (Sanggar Musik Indah), Kelapa Gading. Tujuan dari acara ini adalah membangun komunitas musik yang disiplin, kreatif dan berani.

Saatnya Bagi-Bagi Hadiah! RI D DLE SPE CI AL 18

Aturan main: • Pilih salah satu riddle (satu nama untuk satu riddle ya) • Kirim jawaban via email majalahsunday@gmail.com atau DM Twitter @majalahsunday • Format: NAMA LENGKAP - SEKOLAH - KELAS – NO HP – EMAIL – JAWABAN (hanya pengirim dengan format benar yang akan dinilai) • Jawaban ditunggu maksimal 25 Mei 2014

sunday!

10 paket hadiah dari Puru Puru Ko

10 paket hadiah dari Aromatic 1001 – I Feel Good

Satu kali, seekor kucing terjatuh ke dalam lubang di hutan sedalam 12 meter. Ia bisa lompat sejauh 3 meternamun lantas jatuh 2 meter. Berapa kali ia harus melompat agar bisa keluar dari lubang itu?

Seorang dokter dan putranya pergi naik busway. Ia adalah anak kandung si dokter, tapi dokter itu bukan ayahnya. Siapakah dokter itu?


G

lobalisasi dan rasa nasionalisme adalah dua hal yang menjadi dilema bagi generasi muda Indonesia dewasa ini. Rasa nasionalisme generasi muda saat ini memang banyak tergerus oleh globalisasi dalam berbagai aspek, terutama kebudayaan. Generasi muda zaman ini juga terkesan pasif menanggapi permasalahan sosial yang terjadi disekitarnya. Berangkat dari keprihatinan tersebut, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya berinisiatif mencetuskan penyelenggaraan Indonesian Culture and Nationalism (ICN) 2014. Mengusung tema “Unleashing the Power of Plurality through the Youth”, ICN 2014 bertujuan untuk menggerakkan kembali semangat generasi muda untuk bersatu dan melakukan aksi perbaikan sosial yang nyata. ICN 2014 terbagi menjadi 3 bagian acara yakni ICN Conference, ICN Festival, serta Food Exhibition yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 – 31 Mei 2014 bertempat di Kampus Prasetiya Mulya BSD City.

ICN

Conference merupakan acara konferensi ‘Indonesia Mini’ yang akan dihadiri oleh 34 delegasi dari 34 provinsi di Indonesia, dimana setiap delegasi akan mempresentasikan satu proyek untuk menyelesaikan masalah sosial di daerah asal masingmasing. Lima proyek terbaik akan mendapatkan dukungan dana dengan total sebesar 50 juta rupiah untuk dapat direalisasikan. Para delegasi juga

berkesempatan untuk menampilkan budaya daerah mereka dalam “Culture Night” yang merupakan bagian dari ICN Conference.

ICN

Festival merupakan acara puncak dari ICN 2014 yang terbuka untuk umum. ICN Festival terdiri dari dua rangkaian acara; Talkshow dan Performance. Talkshow yang bertemakan “pluralisme” akan dibawakan oleh beberapa pembicara ternama serta ahli di bidangnya. Perfomance akan dimeriahkan oleh musisi Indonesia, Endah ‘n Rhesa, serta berbagai tarian tradisional yang akan dibawakan oleh murid SMA serta mahasiswa. Disamping itu, ICN 2014 juga dilengkapi dengan Food Exhibition yang akan menghadirkan sejumlah makanan khas dari seluruh penjuru Indonesia. Dengan diadakannya rangkaian acara dalam ICN 2014, diharapkan kesadaran serta rasa nasionalisme generasi muda akan terbangun dengan lebih kuat. Berbagai pengetahuan akan masalah sosial serta sejarah kebangsaan, didukung dengan semakin luasnya jaringan antar generasi muda, akan menciptakan kesempatan bagi generasi muda untuk semakin berkontribusi mengadakan gerakan perubahan serta mempertahankan budaya Indonesia sebagai jati diri Bangsa. Sebagaimana Bung Karno pernah mengatakan "Ketika seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.”

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai ICN 2014, kunjungi www.icn-2014.com dan follow twitter dan instagram @ICN_2014!

sunday! 19


Jual Beli Piano, Cash & Kredit "NICE SOUND, GOOD PRICE", bonus gratis pendaftaran belajar musik dll. Klik: www.butikpiano.blogspot.com 0812.938.0852/ BB:23691ACB

Mau Jago Piano, Keyboard, Guitar, Biola, Drum, Vocal, Organ? Klik: www.sanggarmusikindah. blogspot.com. Info 4520.115/ 9964.3383.

Punya produk/jasa yang mau ditawarkan ke teman-teman sesama pelajar SMU? Hanya dengan Rp 50.000 kamu bisa memajang iklanmu di Student Market! Kontak Kak Budiman Manurung di budiman_manurung@yahoo.com atau 0813 842 86 415 ya Note: satu iklan = 140 karakter + 1 foto

Temukan Sunday di: Kelapa Gading SMKN 33 SMA 72 SMA 45 SMA Mahatma Gading SMA Tunas Gading SMA Saint Peters SMA Saint Marie Joseph SMA Santo Yakobus SMA Don Bosco 1 SMAI Al Azhar Kelapa Gading SMAK Raffles SMAK Mawar Saron SMAK 5 Penabur SMA Tunas Karya Uniprep Junior College

20

sunday!

Pulo Mas SMA Don Bosco 2 SMA Global Sevilla SMAN 21 Sunter SMA Jubilee SMA Santo Lukas Buaran-Duren Sawit SMKN 48 SMA Budhaya 2 Santo Agustinus SMA Muhammadiyah 23 SMAN 44


Amalia Huwaida, SMA Al-Azhar Harapan Indah

iTH I N K

Seandainya kamu diberi libur selama satu tahun… apa yang akan kamu lakukan? Main game, travelling, kumpul sama temen atau bantuin mama. Tempat travelling impianku ke Jepang atau London.

Beiby Gabriella, SMAK 5 Penabur

Kalo dikasi 1 tahun libur pasti gua bakal jalan-jalan ke tempattempat yang gua inginkan; ke luar negeri atau keliling Indonesia. Terus juga hangout bareng temen-temen.

Wahyu Sapdo, SMAN 44

Kalo saya sih pasti cari kegiatan yang bisa menghasilkan uang soalnya kalo libur setahun ya bete juga, ngak dapet uang jajan harian, bosan nggak ketemu teman dan gak bisa kemana-mana. Kalo ada kerjaan kan bisa keluar terus dan bisa dapet uang juga :D Vira Darmadi, SMA Don Bosco 2

Mungkin…keliling dunia

Kota Harapan Indah SMAK Penabur Harapan Indah SMA Santo Yoseph Menteng Metropolitan SMAK Saint John SMA John Paul’s School SMAI Al Azhar SMAN 10 SMA Galatia SMA Cinderamata Rawamangun SMA Labschool SMA Muhammadiyah 11 SMA Diponegoro Kelapa Gading – Resto, Toko Buku, Salon Bong Kopitown Sour Sally Viet Q-Cafe Oceanic Sunny Side Up Gading Walk

Frites Fries Gading Walk Bobabits Intermedia Success Stationary One Piece Hair Studio Kelapa Gading – Bimbel Bimbel Universal Bimbel Galileo Galilei Bimbel Key Plus Bimbel Genius Math Bimbel Quantum Bimbel Sahabat Bimbel Alfa Beta Bimbel Sinotif Bimbel Peter Sunter - Bimbel Bimbel Sinotif

sunday! 21


COLLE C TI ON S

Pemburu

Kaus Pe k e r j a a n y a n g m e n g h a r u s k a n n y a berkeliling kota-kota di Indonesia memunculkan hobi baru untuk Doy Dewanto.

"Awalnya iseng, sama sekali nggak ada rencana untuk mengoleksi kaus-kaus khas berbagai daerah Indonesia seperti sekarang. Tapi sejak nemu kaus unik di Manado, jadi terbiasa untuk berburu kaus tiap kali penugasan ke luar kota tiba. Kaus yang aku koleksi tidak berkerah dan harus mencerminkan ke-khas-an daerahnya. Semua kaus ini nggak pernah aku pakai, hanya disimpan saja di rumah. Jumlahnya lumayan banyak tapi nggak pernah aku hitung. Hobi ini seru ya, tapi sampai sekarang aku belum ketemu orang lain yang punya minat serupa. Paling yang bikin bete itu kalau toko kaus yang dicari sudah tutup karena kesorean. Kata orang, ngapain sih bela-belain cari kaus sampai repot, pesan online juga bisa. Tapi sensasinya beda loh!"


S H ORTI E

HUJAN Tik.Tik.Tik. Hujan. Alfred menatap langit dengan dahi berkerut. Masih sekitar 10 menit jalan kaki dari perempatan menuju sekolahnya. Ada ujian penting di jam pertama, dan ia tak mau berdebat tentang jam tutup pagar dengan satpam sekolah yang annoying. Hujan menderas. Dingin. Basah. Alfred melindungi tasnya. Hujan. Ia benci sekali. Benci sebenci-bencinya. Seperti biasa sosok-sosok kecil mulai berkeliaran membawa payung besar. Anak-anak yang tidak sekolah dan tidak bersandal. Berlari hujan-hujanan sambil menawarkan jasa payung. “Payung, Kaka? Payungnya?” Sosok kecil itu santai dan basah kuyup. Kausnya melekat di tubuh. “Iya, sini!” Alfred meraih payung besar itu dan bergegas melesat menembus trotoar yang licin. Alfred benci hujan dan takut terlambat. Kenapa takut dia juga tidak tahu. Alfred melirik sosok kecil di sampingnya dan menggeser payung untuk berbagi dengannya, tetapi dengan senyum ia menolak. “Hujan, Dek.” “Iya tahu, Kaka. Nggak apa.” “Sini payungan saja. Sekolah saya masih di ujung jalan ini.” Ia tertawa, menampakkan geligi yang tak rapi pada pagi. “Ah, Kaka. Selama hujan itu masih air, bukan batu, saya mah santai aje.” “Nggak takut sakit?”

24

sunday!

Ia hanya membuka tangannya yang mungil dan menatap tetesan hujan yang berkumpul di sana. Ia membiarkan pertanyaan Alfred tak terjawab sesaat sebelum berkata “Nggak, nggak takut.” “Nggak pernah sakit karena hujanhujanan?” “Tidak, Kaka. Kaka ini takut sekali sama hujan ya?” “Heh? Ngg, ah, nggaklah. Cuma malas basah.” “Waktu kecil nggak pernah main air hujan?” “Hahaha...ya, itu dulu. Tapi-“ Pikiran Alfred melayang pada kenangan puluhan tahun lalu. Hujan adalah satu hal yang dinanti-nanti oleh Alfred kecil. Main air di halaman rumah. Lalu dimarahi mama. Seiring berjalannya waktu, hujan menjadi makin tidak menyenangkan. Hujan membuat orangtuanya marah-marah karena ada atap bocor. Hujan membuat keluarganya repot karena banjir. Hujan pernah membuat acara piknik keluarganya batal. Batal sampai tiga kali karena selalu hujan. Sekarang, setelah SMU, Alfred makin benci sama hujan karena jalanan jadi macet. Ah, apa bagusnya hujan. Alfred melirik orang di sampingnya yang tampak santai. Lalu tanpa bisa ia mengerti, Alfred merasa sedih. Sedih untuk dirinya sendiri. Gedung sekolahnya telah di depan mata. Alfred mendesah sambil merogoh selembar uang dari kantung celana. “Makasih, ya Dik.” Alfred melihatnya menjauh dengan langkah-langkah kecil, sekecil tubuhnya. (by: OLV)


sunday!

25


26

sunday!


Majalah Sunday Mei 2014  

Free Magazine for Teens Kelapa Gading - Sunter - Pulomas - Rawamangun - Harapan Indah - Buaran For more fun visit www.majalah-sunday.blo...

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you