Issuu on Google+


Managing Director

Tutu Anung Wiryawan Vice Managing Directo

r

make your days

Melinda Liong Editor in Chief

Olivia Elena Hakim

Apa itu Sunday?

Creative Team

cintai, kan hal yang kamu Jika kamu melaku i hari rt pe se an terasa maka setiap hari ak lah hir la , ini i of os kan fil Minggu. Berdasar nan la bu ah free magazine Sunday! Kami adal ding Ga pa la Ke U di kawasan untuk pelajar SM n? ra Sa ? an Ikl ormasi? dan pulomas. Inf Kontak kami ya!

Marina Tjokro Budiman Manurung Graphic Design by

Scatto! Photography

and Design

Printing by

Borobudur PRINTING lah publikasi bul ana Majalah Sunday ada oleh:

na PT Banguntama Intigu J 24 k blo ur Tim a Ray Jl. Tarian 250 14 ing Kel apa Gad Telp: 4586 0389

n

h sunday FB Group  Majala hsunday la ja Twitter  @@ma GMAIL.COM Y@ DA UN HS Email  MAJALA m og NDAY.bl spot.co Blog  MAJALAH-SU

Editor's Note Ilustrasi oleh Marisa Seguin dan Rand Renfrow Courtesy of The Fox is Black

'There is no sincerer love than the love of food' George Bernard Shaw

Bulan ini, it's all about good food- dari ramen sampai red velvet, dari bubble tea sampai kopitiam. Tidak lupa kami juga 'asik' membongkar isi tas Vera MasterChef 2 :D We hope you enjoy reading it as much as we enjoy preparing this edition. Selamat menikmati Sunday XOXO Tim Sunday

4

sunday!


inbox Hi Sunday Sunday bagus loh ^.^ artikelnya unik-unik gituu...cuman gimana kirakira kalo ga pake plastik? Soalnya menurutku ga pake plastik juga gapapa. Tapi ga tau juga sih apa ada pertimbangan lain? Hehe Terus mungkin bisa dikasih kuis-kuis lucu gitu ci? Sama mungkin reviewreview kuliner? Hehehe :9 Elizabeth Budiani, SMAK 5 Penabur Kelapa Gading

Hi Elizabeth! Thanks a lot for the feedback! Mengenai pemakaian plastik memang maksudnya untuk menjaga kebersihan dan kesegaran majalah ^_^ Tapi kami akan evaluasi lagi tentunya, thanks atas masukannya ya Untuk kuis, kami akan mulai memasukkannya di edisi ini, sedangkan untuk kuliner... wah pas banget, kamu sedang memegang Sunday edisi all-about food! Happy reading, hope you like it!

Apakah kamu punya‌

? !

Pertanyaan, komentar, usulan untuk dimuat di Inbox? Info-info tentang acara sekolah atau komunitasmu untuk diumumin di Watchout? Koleksi atau hobi untuk untuk dipamer di Collection? Blog, karya seni, cerpen atau karya fotografi yang mau dipamer di Shortie? Ayo informasikan sama kami di majalahsunday@gmail.com, jangan lupa cantumkan Inbox/Watchout/Collection/ Shortie di judul email ya ;)

Pengen Majalah Sunday dikirim langsung ke rumahmu? Boleeeeh! Caranya gampang, cukup email kami ke majalahsunday@gmail. com dengan judul ‘LANGGANAN’. Pengganti ongkos kirim per edisi Rp 5.000 saja (untuk wilayah Kelapa Gading).


Arts

Arts


Seni rupa dan matematika bertubrukkan dalam satu karya unik. Rubik-kubisme!

Rubik-kubisme Sampai hari ini, nama aslinya tetap menjadi rahasia. Namun Invader telah menjadi salah satu seniman jalanan yang paling banyak dibicarakan di dunia. Semua berawal dari Paris, kota asalnya. Menjelang tahun 2000an, Invader mulai menempel kotak-kotak mosaik berbentuk karakter video game Atari jadul, Space Invader. Tidak ada yang pernah melihat sosok Invader beraksi, karyanya tahu-tahu muncul begitu saja di tempat publik. Invader juga selalu memasukkan dokumentasi karyanya di space-invaders.com, dilengkapi peta lokasi. Seiring berjalannya waktu, karya Invader makin berkembang. Tidak berhenti di karakter Space Invader, ia mulai menampilkan Mario Bros, Pac-Man Ghost bahkan hingga replika sejumlah lukisan populer dunia. Tidak berhenti di kotak

mosaik, ia mulai memakai kotak-kotak Rubik yang direkatkan dengan lem. Jumlah Rubik yang dipakai bervariasi dari puluhan hingga ratusan. Istilah seni gaya baru Rubikkubisme pun mulai terdengar dimana-mana. Hari ini, Invader telah menyerbu kota-kota di penjuru dunia dengan ribuan karyanya. Dari Tokyo, Perth, Melbourne, New York, London, Los Angeles, Sao Paulo, Miami, San Diego, Toronto, Bangkok, Kathmandu, Varanasi hingga Mombasa.

“Going into a city with tiles and cement and invading it; this is the most addictive game I have ever played.� -InvaderIntip karyanya di space-invaders.com.


Literature

From Online to Paper Di era media sosial, banyak buku bagus lahir dari dunia online. Inilah beberapa favorit Sunday!

Nguping Jakarta

Kuping Kiri dan Kuping Kanan "Gue tahu lo cantik, tapi lo boker juga ngeden kan!” Buku Nguping Jakarta berisi kumpulan perbincangan konyol, absurd, bodoh, kocak, gila yang terdengar di Jakarta. Buku ini lahir dari ngupingjakarta. blogspot.com, yang memberi kesempatan bagi siapapun untuk menyumbangkan ocehan konyol yang-sengaja atau tidak-ia dengar. Pengelola blog ini, dikenal dengan nama ‘Kuping Kiri’ dan ‘Kuping Kanan’ (nama asli: Rangga Sastrowardoyo dan Rey Saroso) terinspirasi dari website berkonsep serupa bernama overheardinnewyork.com.

8

sunday!

After Orchard

Margaretha Astaman “Di sinilah gue pertama kali mengetahui berapa nilai seorang manusia, mahalnya sebuah kegagalan, tapi juga manisnya kesempatan bagi mereka yang berhasil menjawab tantangan.” Kalau kamu punya rencana melanjutkan studi ke Singapura, bacalah buku ini. Kalau kamu tidak punya rencana ke sana… baca jugalah buku ini. Diangkat dari blog margarittta. multiply.com, After Orchard menceritakan berbagai pengalaman Margie selama kuliah di sana. Dari buku ini, kamu bisa dapet gambaran kehidupan kuliah yang sesungguhnya.

Cinta Tidak Harus Mati Henry Manampiring

“Karena sesungguhnya, kaum jomblo itu ternyata hanya manusia biasa, yang perlu dicintai, perlu dibina. Itu saja.” Ini buku yang membuat kamu tertawa, ternganga, dan (mungkin) meratapi nasib. Henry Manampiring dikenal sebagai pemilik akun @newsplatter, sekaligus panutan para galauers. Dalam buku ini, Om Piring memaparkan hasil Survei Jomblo Nasional dan Survei Gebet Nasional yang diadakan online. Om Piring dengan cetarr membahana membahas persoalan cinta dari sudut pandang statistik sampai ilmu psikologi.


sunday! edisi 0

9


FILM

Gone Gl bal!

Kalau kamu cukup jeli mengikuti pergosipan dunia film Indonesia saat ini, kamu pasti nyadar kalo lagi banyak aktor lokal ditarik ke proyek film luar negeri, bahkan Hollywood! Ya, Indonesia patut berbangga karena punya sederetan aktor dan aktris yang berkilau di perfilman internasional. Cek film-film berikut, yang bakal rilis pertengahan tahun ini.

FAST & FURIOUS 6

Joe Taslim yang tampil nggak kalah memukai dengan Iko Uwais di film The Raid ini mendapat peluang emas saat sutradara film aksi Hollywood, Justin Lin mendapuknya ikutan main di film teranyarnya, Fast & Furious 6 bareng Paul Walker, Vin Diesel, Dwayne “The Rock” Johnson. Kabarnya Joe dapat peran antagonis sebagai Jah, pembunuh berdarah dingin yang menggabungkan ilmu bela diri dengan parkour Ini bener-bener aksi yang harus diliat!

MAN OF TAI CHI

Satu lagi ‘alumni’ megahits The Raid yang karirnya makin membahana. Iko Uwais dilirik salah satu aktor terkeren Hollywood yang tengah mencoba kemampuannya sebagai sutradara, Keanu Reeves! Konon beliau tak bisa menahan kekagumannya melihat kemahiran bela diri Iko. Di film ini Iko akan duel panjang dengan Keanu, yang memerankan tokoh sentral bernama Tiger Hu Chen.

THE PHILOSOPHER

Meski pengambilan gambar dilakukan di Indonesia, film ini adalah murni proyek Hollywood. Alkisah, seorang guru filsafat menantang 20 murid seniornya berlomba untuk menentukan 10 diantara mereka yang akan mencapai tempat perlindungan bawah tanah jika terjadi perang nuklir. Film bergenre thriller ini dibintangi Cinta Laura dan Bonnie Wright, aktris pemeran Ginny Weasley dalam Harry Potter. Seru-seru ya ^.^ Nggak sabar ingin segera menyaksikan aktor aktris kita tampil bareng bintang kelas dunia? Oke sip, janjian dulu sama pacar, dan pelototin jadual rilis film-film tersebut. Yuuukkk!

10

sunday!

Cineklasik!

Trend terlibatnya aktor Indonesia di perfilman luar negeri ternyata bukan hal baru loh guys. Om Willy Dozan sudah malang melintang di perfilman laga Hongkong sejak tahun 1979, dapat penghargaan sebagai Best New Comer di International Movie Academy Award di Italia tahun 1980, dan lantas filmnya yang berjudul Kungfu From Beyond The Grave menjadi box office tahun 1982 di Hongkong.


Polaroid Bag

Vera Christiani Setiadi Profesi: Freelance designer

Kontestan Masterchef Indonesia 2 ini sudah lebih dari setahun belakangan tinggal di Kelapa Gading. Sunday mengulik isi tas sang pecinta kuliner. “Makan itu buat aku hobi, bukan rutinitas. Dan karena suka makan, aku jadi suka masak; dari SMP mulai masak sendiri. Setelah lulus kuliah aku langsung kerja di sebuah majalah kuliner.” “Makanan yang sempurna menurutku adalah makanan yang membuat orang itu hepi ketika memakannya. Buat apa makan fine dining yang mahal, tapi pas dimakan ngomel-ngomel.” “Aku lebih pilih bawa tas ukuran sedang. Aku nggak bisa bawa tas kecil karena barangnya banyak. Yang nggak boleh ketinggalan dompet, HP, permen. Bawa permennya dua, permen yang asem sama mint.” Follow her Twitter @veramc2! Foto: MT | teks: OLV

Apakah Vera pernah kapok masak setelah Masterchef 2? Cek obrolan kami di www.majalah-sunday.blogspot.com

Text : OLV | Photo : MT

sunday!

11


Trtuh or Dare

"Besarnya bisnis adalah gambaran besarnya diri lo"

Jess Prabawa Hudaya

The Prince of Waffle 12

sunday!


Kamu yang hobi main Diner Dash atau Cooking Mama pasti pernah berkhayal menjadi seorang restaurateur. Jess, pemilik Prince House dan Prince Waffle, berbagi pengalamannya membuka konsep kuliner di usia muda. Darimana sih datangnya ide jualan waffle? Satu kali gue nonton film punya adik, judulnya Coffee Prince. Ini film Korea tapi kok nggak cengeng, gue jadi suka. Suasana filmnya mengenai café, kayanya kok enak banget. Terus ada satu adegan dimana aktornya jualan waffle di jalanan. Akhirnya gue bergerak dan bikin Prince Waffle dulu. Istilahnya jualan waffle tapi konsepnya kaya jualan donat, take away. Orang kan memandang waffle selama ini cuma makan di tempat dan ukurannya besar. Terus, terus… gimana ceritanya bisa lanjut ke Prince House? Setelah Prince Waffle setahun berdiri, kebetulan memang ada tempat di Yulika Florist, yang punya nyokap gue. Terus ya kita coba konsep café. Awalnya gue nggak terlalu suka. Lo tahu kan kalo di Boulevard ini, dari 3 tahunan lalu, café nggak ada yang jalan. Dulu ada Sivali di pojok, tapi lantas tutup. Kelapa Gading lebih ke family food. Makanan yang penting murah dan enak. Akhirnya gue atasin dengan harga yang nggak terlalu

mahal. Kedua, gue juga buat Italian food yang lebih bermain di bumbu. Gue rada pede-nya karena apa yang gue jual terutama bukan Italian foodnya tapi waffle. Soalnya di Jakarta belum ada yang main waffle ukuran segini. Di Singapura aja masih jarang. Waffle pasarnya masih luas banget dan bisa jadi pengganti donat. Tantangannya apa sih menjadi seorang restaurateur? Intinya, gimana kita bisa bentuk tim. Tanpa tim yang kuat, berat dan gak akan bisa. Intinya di manusia. Kalo mesin kan tinggal beli dan jalan. Bagi-bagi dong tipsnya untuk menjadi seorang restaurateur yang sukses… :p Satu, carilah passion lo dimana. Jangan cari uang dulu. Kenapa? Kalo misalnya lo cari uang, saat lo kebentur masalah, lo akan stop karena lo ngerasa udah gak worth it, mending bisnis lain. Akibatnya lo melangkah terus dari awal. Lo ngulang terus. Kedua, fokus. Saat lo fokus di satu bidang, lama-kelamaan akan menghasilkan sesuatu juga. Kita ngomong statistik; probabilitas sukses akan lebih besar kalo lo fokus di satu bidang dulu sampai jalan. Kalo sudah gitu, lo mau ngelangkah ke bidang lain gak masalah. Ada nggak sih franchise dunia yang makanannya nggak fokus? KFC, Taco Bell, Subway… Ketiga harus kerja keras. Nggak bisa kita langsung booming. Orang yang

sekarang ada di posisi atas itu berjuang bertahuntahun untuk bisa mencapai posisinya sekarang. Perkaya diri kita dengan baca buku atau ikut seminar. Ini sebenernya remeh temeh tapi penting. Sekolah itu intinya apa sih? Akumulasi pengalaman orang lain yang sudah disusun sedemikian rupa kan? Ya sama dengan baca buku. Pola pikir lo berkembang banget dibanding lingkungan lo. loncat banget. Last but not least… Besarnya bisnis adalah gambaran besarnya diri lo. Skala besarnya bisnis menggambarkan berapa besar diri lo. Jadi secara nggak langsung, waktu gue terjun untuk bangun bisnis, gue merasa makin berkembang dari segi mental, pola pikir, dan pengalaman.

BIODATA

Nama Lengkap: Jess Prabawa Hudaya TTL: Jakarta 25 Nov 1986 Sekolah: SMP Tarakanita 4, Don Bosco 2 SMA Don Bosco 2 William Angliss College IPMI Business School

Temukan lebih banyak obrolan seru Sunday dengan Jess di

www.majalah-sunday.blogspot.com

sunday!

13


Trending Topic

Stories behind Culinary Trends! Kelapa Gading identik dengan wisata makanan. Tak kurang dari 2000 rukan berbaris sepanjang 4 kilometer di Boulevard, dan kebanyakan menjual… makanan. Trend makanan di sini pun berganti-ganti. Nah di edisi kali ini, kru Sunday mau mengulik kisah unik yang tersembunyi di balik menu-menu yang lagi hits!

Bubble Tea

Tahun 1983, seorang pemilik rumah teh di Taiwan lagi pengen iseng ketika diminta menyajikan minuman untuk orang-orang yang sedang rapat di tempatnya. Bukannya menyajikan teh tarik seperti biasa, ia malah menambahkan bola-bola tapioka yang manis ke dalam. Keisengannya ternyata mendapat banyak pujian, sampai ia memasukkan ‘bubble tea’ itu ke dalam menu di rumah tehnya. Bubble tea mulai merebut perhatian dunia setelah ia ditayangan sebuah TV Jepang. Bahkan Juni 2012 lalu, McDonald’s Jerman dan Austria memutuskan untuk menjual ‘minuman Asia’ ini. Cicip dimana? Hophop Bubble Drink, Mall Kelapa Gading

14

sunday!

Red Velvet

Kue red velvet pertama konon muncul akibat perang dunia. Jatah bahan makanan dibatasi, sehingga para pembuat kue terpaksa harus memakai rebusan sayur bit untuk pewarna. Namun di New York, tahun 1959 lah ia mulai dikenal. Di hotel Waldorf-Astoria, seorang ibu mendapat hidangan red velvet cake. Kemudian saking sukanya, ia meminta resepnya. Di akhir kunjungan wanita itu baru sadar ternyata ia dikenai biaya $200. Gondok, ia pun menyebarkan resep itu melalui surat berantai ke semua temannya. Tak hanya ‘membocorkan’ rahasia red velvet, ia juga mempopulerkan kue ini. Cicip dimana? The Harvest, Jl. Boulevard Raya Blok TA 2/4


Kopitiam

Kopitiam pada dasarnya adalah kedai kopi tradisional, yang menunya berkisar kopi, teh tarik, telur setengah mateng dan roti panggang selai kaya. Konsep kopitiam paling awal muncul di Singapura tahun 1939, di daerah bernama Tan Keong Saik yang kala itu lebih dikenal sebagai tempat gangster mangkal. Kini kopitiam telah menyebar luas ke Malaysia dan Indonesia. Di Kelapa Gading tidak kurang dari 10 gerai kopitiam bertebaran. Pssst‌ tahukah kamu minuman Milo Dinosaurus yang biasa ada di kopitiam? Ternyata di Singapura ada juga istilah Milo Godzilla untuk minuman serupa yang bubuk Milo-nya lebih buanyak. Cicip dimana? Bong Kopitown Jl. Raya Boulevard blok PD1/5-6

Rainbow Cake

Tahun 2010, Kaitlin Flannery mendapat kabar bahwa sahabat baiknya akan pindah ke kota lain. Di tengah kegundahan, ia menemukan hadiah perpisahan yang sempurna: kue yang dari luar tampak ‘normal’, namun penuh kejutan setelah dipotong. Sama seperti karakter sahabatnya ini. Lahirlah rainbow cake. Karena warna-warninya yang genit, dalam perkembangannya di Amerika rainbow cake menjadi kue favorit untuk pernikahan pasangan homo. Tahun 2012, popularitas rainbow cake meroket setelah sebuah bakeri di Denver menolak pesanan kue rainbow dari pasangan homo, dan kasusnya menjadi sensasi internet. Cicip dimana? Manon Chocolatier & Pattisier, Jl. Kelapa Nias Raya Blok GN/6 sunday! edisi 0

15


Trending Topic Macaroon

Rasanya nggak mungkin nonton Gossip Girl tanpa ngidam makan macaroon. Kue Perancis ini identik dengan kemewahan. Harganya mahal, karena ia merupakan salah satu camilan paling sulit dibuat. Adonannya mudah terbakar, kulit luarnya mudah pecah dan macaroon harus segera dimakan setelah jadi. Macaroon lahir di abad 16, oleh seorang rahib Perancis berselera humor lumayanbentuknya yang bulat terinspirasi dari pusar sang rahib. Meski asal usulnya bikin ilfil, Catherine de Medici membawa camilan ini ke istana Perancis dan dalam sekejap kaum ningrat tergila-gila pada pusar-eh, macaroon ini. Cicip dimana? Bakerzin, Mall Kelapa Gading 3

Ramen

Tahun 1910, ramen lahir dari tangan seorang koki Cina yang bekerja di kedai Jepang. Ia menggabungkan teknik pembuatan mi Cina dengan bumbu yang ada, lalu menamainya Shina Soba. Kala itu, Jepang sedang bernapsu untuk memperluas kekaisarannyamie menjadi simbol penguasaan Jepang atas budaya Cina. Ketika Jepang kalah di Perang Dunia 2, ia turun popularitasnya. Tahun 1958, seorang saudagar muncul dengan ide lain: ia membuat Shina Soba versi instan lantas menamainya Chikin Ramen! Chikin Ramen dengan segera laris manis menjadi makanan favorit dunia. Sebuah riset tahun 2005 menyatakan, setiap hari di dunia, 85.7 milyar porsi ramen dikonsumsi. Cicip dimana? Hakata Ikkousha, Jl. Raya Boulevard

Menurut kamu, makanan apa yang paling enak di Kelapa Gading? “Bakso Medan 99; kalo mie bakso biasa, yang ditonjolin itu mienya, tapi kalo dia lebih ke isiannya…khas Medan banget. Tempat memang sudah jadul, tapi porsi lumayan banyak. Harga agak mahal tapi worth it, lah.” -Vera Christiani Setiadi, kontestan Masterchef Indonesia 2“Wah sebenernya sih banyak banget makanan enak di Kelapa Gading. Tapi Top 3 yang paling suka bikin kangen itu: # Bumbu Den # Nasgor Merah Sari 21 # Bubur Ayam depan BCA Suka banget karena rasanya yang humble, otentik & Indonesia banget.” -Natasha . V. L - YummyTraveler.com-

16

sunday!


sunday!

17


Collection

Little Things

That She (does not actually)

Need! Priscille Stefanny suka segala sesuatu yang mini- apalagi miniatur kursi kuno! “Dari kecil, kalau nyari mainan gue pasti cari yang mini-mini. Boneka yang mini, rumah-rumahan juga maunya yang super kecil. Padahal punya mainan kecil-kecil itu berbahaya loh, salah-salah kebuang!� “Sampai sekarang setelah SMU, gue masih suka aja ama yang cilik-cilik begini. Tiap berapa tahun

18

sunday!

nyokap punya kebiasaan buang-buangin barang lama dan gue sukses mempertahankan miniature gue dari jeratan tong sampah. Nyokap pastinya ngomel, karena katanya gue udah nggak perlu lagi barang-barang ini. Mending disumbangin atau dikasih ke ponakan yang masih kecil. Tapi emang

yang namanya hobi susah dijelasin. Gue nggak pernah ngitung jumlah miniatur kursi yang gue punya, tapi kira-kira puluhan deh.� Text & photo by OLV

punya karya unik untuk pamer? Contact MajalahSunday @gmail. com


ah b m a n e Mau amng jajan u jadi r a j a l il bereneur? % samnbte e rimpu dapet komisi10 n dir

siapka

Kali-kali aje elu denger ada tetangga yang napsu banget pengen pasang iklan; ato bokap nyokap elo maksa pisan bisnisnya dikenal banyak orang; ato teman, kerabat, sodara elu ngancem supaya produknya dibeli orang; udeh... bocorin aja ke Sunday kami akan sebarkan ke 3.000 pembaca Sunday. Hafalin neh email & kontak Sunday: budiman_manurung@yahoo.com, 0813 8428 6415 sunday!

19


Music

Musisi Indonesia, Reputasi Dunia Coba sebut penyanyi Indonesia yang memiliki prestasi di luar negeri- pasti kebanyakan dari kita hanya ingat Anggun atau Agnezmo. Sunday sangat yakin nggak semua dari kalian ngeh dengan nama-nama berikut. But they’re definitely worth to watch!

S OL O

• Wisnu Witono Adhi

Ia adalah finalis 5 besar Norwegian Idol 2006 yang telah menelorkan beberapa hits, antara lain “Love Like That”. Lagunya sangat easy-listening dengan sedikit sentuhan RnB ala Chris Brown. Salah satu koreografi unik di klipnya adalah ketika Wisnu nge-dance di atas deretan bangku bioskop. Yang jelas, “Love Like That” menyenangkan untuk didengar menjelang-jelang weekend ^.^ Penasaran? Cari klipnya di Youtube!

• Jessica Mauboy

This gorgeous starlet is just captivating! Jessica Mauboy lahir dan besar di Darwin, namun ayahnya berasal dari Nusa Tenggara Timur sedangkan ibunya Aborigin. Jessica adalah runner up Australian Idol tahun 2006 dan sempat menjadi bintang tamu Indonesian Idol 2008 lalu. Di album keduanya, “Get ‘Em Girls”, ia bekerja dengan musisi dunia seperti Snoop Dogg, Jay Sean dan Ludacris. Di Australia, ia telah membintangi sejumlah film dan memiliki karir musik yang menjanjikan. Cek www.jessicamauboy.com.au

20

sunday!

BAND • Gugun Blues Shelter

Blues bukan jenis musik yang gampang dicerna pencinta musik di tanah air. Namun band beranggotakan Gugun, Jono dan Bowie berhasil mengakrabi telinga pencinta musik blues di Indonesia hingga mancanegara. Di Amerika dan Eropa mereka dikenal dengan nama Gugun Power Trio dan punya dua album internasional yang diproduksi di New York. Dua tahun lalu mereka pentas di Hyde Park bersama Bon Jovi, Rod Stewart dan The Killers.

• The S.I.G.I.T

Pernah dengar musisi Indonesia yang ngaku-ngaku go international karena konser di luar negeri (padahal yang nonton di sana orang-orang Indonesia juga?). Yang jelas itu bukan The S.I.G.I.T. Band yang dijuluki musik rock garasi ini berawal dari 4 sobat yang suka nongkrong bareng, kadang main kadang berantem. Lama-lama mereka nulis lagu dan setelah besar di Bandung, mereka mulai diundang tur di Amerika dan Australia, dapat kontrak rekaman dari label Aussie, dan hingga hari ini The S.I.G.I.T dikenal punya basis fans yang fanatik di Indonesia, Australia dan Amerika. Para fans ini menyebut dirinya The Insurgent Army. (Text: BM)


Indonesia.casasai.org Jl Kelapa cengkir barat XI 8, Filipino martial art, sabtu 16.00, terbuka untuk umum, fb: casasai indonesia 087 88 22 75 145

Temukan Sunday di: SMA Don Bosco 1 SMAN 45 SMA Marie Joseph SMA Mawar Saron SMA St. Peter SMKN 33 SMAN 72

Rumah Makaroni Macaroni, pastry, salad, pudding, snacks. specially home-made to order, delivery service available! contact us 085283461910 - 4505386 Bianca's Shoppe More than 500 fashion/accessories/bath and body works items available. www. facebook/biancashoppe or add BB Pin: 21648AD9, & 24AB7A7F. Bianca_Printing Create your own shirt! Price start from 60k to 95k, inc white shirt S to L. Visit us at Jl Kelapa Molek 7 Blok Q2/1-2. Twitter @bianca_printing

SMA Tunas Gading SMA Tunas Karya SMA Don Bosco II Global Sevilla School SMAN 21 SMA Mahatma Gading Raffles International Christian School SMAK 5 Penabur SMAI Al Azhar SMA St. Yakobus

Punya produk/jasa yang mau ditawarkan ke teman-teman sesama pelajar SMU? Hanya dengan Rp 50.000 kamu bisa memajang iklanmu di Student Market! Kontak Kak Budiman Manurung di budiman_manurung@yahoo.com atau 0813 842 86 415 ya Note: satu iklan = 140 karakter + 1 foto

Bong Kopitown sunday!

21


Watc Tunas Gading Performance

Kalau kamu berada di atrium Mall Artha Gading pada Sabtu, 15 Desember 2012 lalu, pasti merasakan banget meriahnya performance spesial Tunas Gading School. Dari sekitar jam 4 sore, para murid, orangtua dan pendukung acara telah memadati area, masing-masing menanti giliran tampil. Lagu-lagu Natal nan ceria pun terlantun dari atas panggung. Totally an enjoyable evening!

Cupcakes Charity

Apa hubungan antara cupcakes dan charity? Temukan jawabannya di #CCC Project dari Hello Cupcakes Company! Baru-baru ini mereka meluncurkan cupcakes berdesain unik karya Affi Assegaf, Andra Alodita, Diana Rikasari, Uchieta Pohan, Indra Bekti, Iwet Ramadhan, Ayu Dewi dan para ayah ASI @ID_AyahASI. Nggak cuma unyu, hasil penjualan cupcakes ini disumbangkan ke Blood For Life dan 3 Little Angels. Cari tahu infonya di hellocupcakescompany.com

22

sunday!

Edu Fair Time!

Tari Saman yang memukau dari murid SMAN 45 membuat pagi itu terasa berbeda. Di 7 Januari 2013, SMAN 45 mengadakan acara spesial yaitu edu fair untuk para murid kelas 12 yang sedang galau mencari kampus impian. Setelah seremoni pengguntingan pita, para murid berkeliling ke lebih dari 30 stand universitas dan sekolah tinggi yang tersedia. Sejumlah presentasi interaktif dari kampus yang hadir dan pertunjukkan di panggung hiburan membuat hari terasa makin cerah.

Tanpa Batas!

Hey ho hey ho! Sammy @notaslimboy sang komedian tahan banting akan tampil dalam pertunjukkan stand up special pada Sabtu, 16 Februari 2013 17:30 WIB di Icera Cafe Ruko Mall of Indonesia Kelapa Gading. Acara stand up bertajuk #TanpaBatas Chinatown ini juga akan menampilkan sejumlah comic lain. Cek informasinya di akun twitter @standup_jakut. Siap-siap ngakak!


chout Student Report!

Sharing and Serving in GOD

Itulah tema perayaaan ulang tahun Sekolah Marie Joseph yang ke-9, yang jatuh pada tanggal 12 Januari 2013. Tema itu sendiri mengandung 2 makna: “Sharing” memiliki makna yang berarti berbagi dan “Serving” memiliki makna yang berarti melayani. Jadi kesimpulannya kita sebagai siswa-siswi diajak untuk berbagi dan melayani dengan teman teman kita, saudara kita, keluarga kita maupun orang-orang di sekitar di bawah bimbingan Tuhan Yesus Kristus Rangkaian acara ulang tahun Sekolah Marie Joseph dimulai dari bulan November sampai Januari. Tanggal 23 November 2012, rangkaian acara resmi dibuka oleh kepala sekolah SMA Marie Joseph, Sr. Jeanne Marie KFS, M.Pd, maupun ketua panitia acara. Tanggal 15

Desember 2012, seluruh panitia, perwakilan guru serta siswa-siswa Marie Joseph mengunjungi panti werdha untuk mengadakan bakti sosial. Kemudian tanggal 10 Januari-nya, diadakan Misa Ucapan Syukur yang dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta. Nah, puncak dari seluruh kegiatan jatuh pada tanggal 12 Januari 2013 dengan berbagai macam lomba. Ada lomba band, melukis, mewarnai dan pengumuman juaranya. Selain ada bazar dan pensi, di HUT MJ yang ke-9 ini ada MJ’s CIA lho. Apa sih MJ’s CIA itu ?. MJ’s CIA itu adalah Marie Joseph’s Creativity Innovation’s Art. Di MJ’s CIA, sekolah Marie Joseph memperlihatkan hasil kreativitas murid-muridnya dari TK sampai SMA. Itu dia cerita seputar ulang tahun di sekolah Marie Joseph. Semoga kita bertemu lagi tahun depan dengan tema, acara serta lomba yang luar biasa. God bless you all… By: Alvin Adrianus XI IPA dan Novertasya Jessica, Kelas X SMU Marie Joseph


Sunday's Riddle

Tukang Bohong Satu pagi di sebuah SMA, dua orang murid dihukum karena sering berbohong. Evan dan Ivan, kedua murid itu, diminta oleh guru mereka untuk menyapu lorong sekolah. Sambil menjalankan hukuman, Evan dan Ivan mengobrol. Ternyata, Evan hobinya berbohong tiap Senin, Selasa dan Rabu sedangkan Ivan biasa bohong hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Evan berkata, “Kemarin gue abis bohong loh.” Ivan menyahut gak mau kalah, “Emang lo doang. Gue juga!” Hari apakah mereka dihukum?

Selamat memutar otak! Kalau kamu sudah berhasil mendapatkan jawabannya, kirim via message ke Twitter @ majalahsunday atau email ke majalahsunday@gmail.com. Pemenang yang beruntung akan mendapatkan mug yang desainnya ‘kamu banget’ dan nggak ada kembarannya!

Why on e s i t r Adve

Iklan di sunday! pasti dibaca karena kami free magazine alias no retur!

Iklan tepat sasaran, distribusi ke SMU-SMU di Kelapa Gading Harga bersaing, mulai dari 500rb (bahkan iklan baris kami 50rb saja!) Lebih menghemat dana, waktu dan tenaga daripada membuat brosur sendiri

Jadi..kenapa harus repot-repot mencetak dan mendistribusikan iklan Anda sendiri, jika kami bisa melakukannya untuk Anda? Contact: Budiman Manurung 0813 842 86415 budiman_manurung@yahoo.com

24

sunday!


DIY

Chocolate Cupcake Let's design the best cupcakes for this Valentine! Febrina Kirana alias Kak Fey dari Buperi Bakery berbagi tips mendesain chocolate cupcake yang nggak hanya mudah, tapi juga keren untuk vakentine!

# Untuk tambahan yang unyu, print ikonikon valentine di atas karton lalu tempelkan di sedotan kecil. Tusuk di atas cuocakes

# Siapkan cupcake polos untuk dihias

# Kamu juga bisa mengikatkan pita di cup untuk sentuhan akhir yang manis

# Masukkan butter cream (kamu bisa dapatkan yang sudah jadi di toko bahan kue seperti Titan depan MOI atau Bluebell di Nias Raya) ke dalam plastik segitiga dan spuit.

Intip karya Kak Fey di Facebook Bu Peri Bakery atau follow @buperibakery!

# Perlahan, cocolkan butter cream tersebut di atas cupcakes, mulai dari pinggir lalu ke tengah

Dapatkan resep chocolate cupcakes dari Kak Fey di www.majalah-sunday.blogspot.com

# Taburkan ornamental topping, yang bisa dibeli di toko bahan kue. sunday!

25


Shortie

SAYONARA GADISKU Malam ini aku hanya sendiri, di kamarku sendiri. Jam masih menunjukkan pukul 21.00, belum terlalu malam memang. Tapi ini adalah kotaku, di mana hampir semua aktifitas sudah mulai sepi dari pukul 20.00. Mataku nanar memandang keluar, menembusi kaca-kaca gelap jendela kamarku. Dari dalam aku leluasa melihat keluar, tak seperti mereka di luar sana yang tak bisa sedikitpun melihatku. Seperti kisah-kisah spionase. Dari sinilah bermula spionase hatiku. Aku sudah tak ingat kapan tepatnya ada tetangga baru di seberang rumahku, persis berhadap-hadapan. Kejadian terlalu biasa yang tak perlu terekam di pikiran belia seusiaku. Tapi gadis itu? Kenapa dia melintas begitu saja di depan mataku? “Akh.., sudahlah,” bisikku dalam hati, ”nanti juga akan hilang dengan sendirinya.” Sejurus kemudian yang kutahu, mataku tak henti-henti mencari-cari sosok gadis itu. Jarum jam telah bergeser 30 menit dari pukul 21.00. Aku masih terus terpaku di depan jendela kamarku, tak membuat gerakan seincipun. “Tiga tahun sudah

engkau menghiasi hatiku, gadis,” bisikku,”tiga tahun yang membuatku mengerti tentang cinta.” Aku sedikit tersentak menyadari tetesan hangat yang mengenai tanganku. Cepat kuseka mataku yang masih sembab. Baru saja aku bertemu gadisku, sebelum mematung di kamarku yang bisu. “Aku akan pergi besok ke Jakarta. Aku melanjutkan sekolah di sana. Kau harus merelakan aku, merelakan cinta kita berhenti sampai di sini saja,” bibirku bergetar hebat mengatakannya. Tapi aku harus kuat, termasuk saat butir-butir bening air matanya terus menetes, membasahi bajuku. Entah berapa lama sampai tangisnya perlahan reda. Aku masih berdiri di kamarku yang sepi. Sepi yang kian menggigit kesendirianku. Sepi yang tak akan pernah bisa kubagikan lagi, pada gadisku. Aku tak seperti jarum jam di atas kepalaku, yang setia berputar, menandai waktu. (Harapan Indah, 22 Januari 2013, 03.02 WIB) Text by BM



Sunday Magazine #2