Page 1

Pearl

October 2013 - November 2013 Pearl Magazine | 18th Edition

Shaped by The Hands of God

Deliverance

Ministry

Hantu atau

Tuhan

Serba-Serbi Okultisme

Mengungkapkan Yang Tersembunyi

Ramalan & Ketaatan

When Kids Meet Occult Zodiac

Is It For Fun?

Occultism In Our Daily Life

Apakah Dunia Lain Ada?

� m s i t l u c “O

Recipe:

Makaroni Panggang


Dear friends, Edisi Majalah Pearl kali ini akan membahas tentang okultisme. Kami tahu ini sebenarnya topik yang cukup berat dan dalam untuk dibahas, namun kami yakin hal ini sangat perlu untuk dibahas supaya kita semua bisa berjaga-jaga dan tidak tertipu oleh tipu daya si iblis. Banyak hal di zaman sekarang ini yang sering kita tidak sadari, ternyata adalah akal-akalan si iblis yang ingin menyeret kita menjauh dari kebenaran Firman Tuhan. Don’t let it happen, girls! Lewat edisi ini, kami tim Majalah Pearl mau mengajak teman-teman untuk mengupas tipu daya si iblis, dan memperlengkapi teman-teman dengan kebenaran Firman Tuhan. Mari kita bersama-sama terus maju dalam iman dan pengetahuan yang benar akan Firman Tuhan.

Shinta Poulsen Features Editor

www.majalahpearl.com


Shinta

Features Editor

Foto bareng Louis

a, one of Pearl’s wr

iter

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


::

www.majalahpearl.com


In every

ISSUE:

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Editor in Chief

Viryani Kho Viryani lahir di Jakarta, 22 tahun lalu. Kerinduan terbesarnya adalah menjadi impactful woman, in her words, her action and her faith. To be a woman after God’s own heart. Dimana teman-teman dan orang sekitarnya bisa melihat bedanya wanita yang berdiam dalam Allah disaat menghadapi cobaan dan masalah hidup karena selalu ada pengharapan kekal. Ia senang belajar sesuatu yang berhubungan dengan art especially handmade or handcraft. To design and inspire others, so the name of the Lord can be lifted up higher and higher :)

Executive assistance

Marcella Flaorenzia Lahir di Jakarta pada tanggal 9 Maret 1986 dan lahir baru di usia 12 tahun. Telah menyelesaikan pendidikan S1 (Sarjana Theologi) pada tahun 2007 dan saat ini ia melayani sebagai seorang Youth Pastor di gereja JKI Galilea, Jakarta serta membuka sebuah tempat bimbingan belajar anak yang diberi nama “Little Candles”. Ia juga penulis buku R4J (Radical For Jesus), The Matter of Heart dan S.H.E (Single, Happy, Excellent).”

Creative Director

Eunike Santosa Lahir di Aachen 21 tahun yang lalu dan besar di kota pantai Makassar, Sebagai designer Allah, She is just a girl who want to make the world more beautiful according to His plan :) Sambil menjalani kehidupan sebagai mahasiswi design grafis, dia melayani di persekutuan kampus dan gereja sebagai pemain musik. I can combine both things I love which are to design and to serve my God ^^ www.majalahpearl.com


Public Relation

Stephanie Gunawan Stephanie lahir di Jakarta 26 tahun lalu, dan saat ini berdomisili di Jakarta. Stephanie terpanggil untuk melayani di bidang music dalam persekutuan gereja dan juga rindu melayani dalam bidang literature. Stephanie’s strongest desire is to have Jesus’ heart in her heart, to have His thoughts in her thoughts, and to have his speech on her lips. Saat ini, Ia menikmati hidup di bawah arahan Kristus untuk menjadi seorang pianis dan penulis yang lebih baik lagi karena Ia menyadari bahwa Jesus is her piano instructor and her writing inspiraton

Feature Editor

Shinta Poulsen + Grace Suryani Shinta lahir di Jakarta 30 tahun lalu. Shinta terpanggil dalam pelayanan misi dan telah melayani sejak tahun2002. Her greatest desire adalah memakai talentanya untuk melayani dan memuliakan Nama Tuhan, khususnya dalam bidang literature dan pendidikan. Grace lahir di Jakarta 27 tahun lalu. Memulai pelayanan di bidang literature tahun 2001 lewat Glorianet. Visi hidupnya adalah membangun generasi wanita Titus 2:3-5. Saat ini tinggal bersama suami tercinta di Singapore.

Vision

Membangun generasi wanita yang menjalankan fungsinya sebagai wanita sejati, berkarakter Kristus dan mau dibentuk menjadi indah di mata Bapa dan sesama.

Mission

Menyediakan bacaan rohani yang biblical dan practical dan sesuai dengan pergumulan generasi wanita Indonesia.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


The Designers Michelle Wirnata

Mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual ini lahir di Medan pada tahun 1991. Lahir baru pada tanggal 20 Desember 2008 dan sangat gemar menggambar manga.Kerinduannya adalah dapat memberkati banyak orang melalui gambar maupun desain yang dibuatnya.

Febe Soehardjo

Art, design and working with children are my passions. I was born and raised in Surabaya, tapi sekarang tinggal di California, US. Meskipun dilahirkan dan dibesarkan di keluarga Kristen, aku baru menerima Yesus secara pribadi tahun 2006.Banyak hal yang Tuhan ubahkan dalam hidupku. Aku yang dulu’nya buta akan kebenaran, udah Tuhan celikkan dengan FirmanNya. My life is His, and He is still writing on it :) www.majalahpearl.com


Julia Rosmawi

I love art. I have bachelor degree in visual communication from SwinburneUniversity. And currently living in Rockford (US). I feel extremely grateful that I could serve God and in the same time doing my passion.

Veri Eden

lahir di Binjai 25 tahun yang lalu. mulai serius mengenal Tuhan sekitar 3 tahun lalu sejak dibawa ke Oikos, Singapore. Season comes season goes, sekarang dalam tahap season pembentukan karakter, sedang mencari tau what my calling is and wants to glorify Him in everything that I do :)

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


The Contributors Alphaomega Pulcherima Rambang | Writer Biasa dipanggil “Mega”. Lahir di Jogja 27 tahun lalu dan sekarang bekerja di Kasongan, Kalimantan Tengah. Sejak bekerja melayani Tuhan di pemerintahan, punya kerinduan agar banyak anak Tuhan yang bekerja di bidang ini jadi dampak bagi bangsa kita, dan jadi Daniel/Yusuf/ Ester /Debora di masa kini, yang taat dengan Tuhan, punya integritas dan mengasihi bangsanya. Baginya tidak ada hal kecil dalam hidup waktu menyadari Tuhan Yesus hadir. Segala sesuatu adalah tentang Tuhan, ayat favoritnya Roma 11:36. Felisia (Devi) | Writer

Lahir di Jakarta 23 tahun yang lalu. Mottonya adalah Roma 11: 36 “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, oleh Dia , dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selamalamanya.” Punya kerinduan untuk melayani wanita lain, (karena kalo wanita tidak pulih itu, “bisa mematikan”) terutama para single supaya hidupnya bisa maksimal, berfungsi sejak single, punya pandangan yang benar tentang single, mengalami Tuhan lewat dalam keseharian mereka, hidupnya berubah dan jadi berkat buat orang lain.

Gideon | Writer Gideon atau lebih dikenal dengan G, adalah suami dari Nelly Handrianto. Mereka sama-sama melayani di IFGF GISI Singapore di bidang misi Asia Tenggara. Dia benar-benar mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus di tahun 2000. www.majalahpearl.com


Kezia Margaret | Writer

Lahir pada tahun 1990. Mempunyai passion yang besar di dunia education dan jurnalistik. Saat ini Kezia sedang menikmati perjalanan hidup bersama Tuhan menuju visi besar yang Tuhan sudah berikan. Suka menulis di http://kezioong.blogspot.com dan sungguh menyadari bahwa Jesus is my writing inspirator.

Glory Ekasari | Writer Alumni dari desain komunikasi visual Universitas Pelita Harapan, dan saat ini sedang menempuh pendidikan pascasarjana di salah satu sekolah theologia di Jakarta. Ia melayani Tuhan dalam bidang musik dan pemberitaan firman. Kerinduannya adalah supaya pembaca diberkati lewat artikel yang ia tulis dalam majalah ini. Pelayanan lain yang ditekuninya secara pribadi adalah blogging, dapat dibaca di http://gloryekasari.wordpress.com.

Louisa Hartono | Writer

Louisa lahir di Semarang 22 tahun lalu dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat pribadi pada saat berusia 18 tahun. Hal- hal yang paling banyak Tuhan ajarkan adalah mengenai hubungan percintaan yang kudus dan sesuai di mata Bapa, serta mengenai pentingnya untuk mengandalkan segala sesuatu padaNya. Kerinduannya adalah untuk melihat anak muda mempunyai hubungan percintaan yang seusia dengan Firman Allah dan bisa memakai masa lajang mereka secara maksimal. #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Mekar Andaryani Pradipta | Writer Akrab dipanggil Dita, lahir di Magelang, 26 tahun lalu. Kerinduannya yang terbesar adalah semakin mengenal dan mengalami Allah, serta terus diubahkan menjadi serupa Kristus. Baginya, orang yang sukses adalah orang yang mampu memenuhi panggilan/tujuan Tuhan bagi generasinya. Mimpinya adalah menulis buku puisi dan fiksi kristiani, genre yang jarang ditemui di Indonesia. Tulisan curhatnya bisa ditemukan di penaditanganbapa.blogspot.com. Megawati Widjaja | Editor

Lahir di Medan pada tanggal 22 Maret 1969, besar di Jakarta dan berdomisili di Singapore sejak Maret 2008. Menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat pribadi sejak SMA 1. Saat ini pelayanan sebagai pengurus di Komisi Wanita GPBB, dan anggota paduan suara. Berharap bisa membawa berkat bagi orang lain melalui peran sebagai ibu rumah tangga dan pelayan Tuhan dimanapun ditempatkan.

Nelly | Writer Lahir di Surabaya tahun 1978. Lahir baru tahun 2002, dan pernah melayani di sekolah minggu dan youth. Sekarang dia melayani di IFGF GISI Singapore, dan mengejar panggilannya dalam bidang misi. Tuhan juga memanggil dia untuk bersaksi, menulis lewat blog, article, seminar dll, untuk membagikan kesaksian hidupnya yang dulunya sangat gelap dan bagaimana Tuhan sudah restorasi total. www.majalahpearl.com


Tantri Muji Rahayu | Writer

Priskila Dewi Setyawan | Writer

Lahir pada tanggal 4 April 1990 dan alumni S1 Sastra Inggris dari UNS. Dia semakin berbuah dalam Kristus melalui komunitas Pemahaman Alkitab di Perkantas Surakarta. Tuhan memberi Priskila kerinduan untuk bersaksi dan menjadi berkat bagi banyak orang, baik secara langsung maupun melalui tulisan. Priskila suka menulis di Warungsatekamu dan YMI Blogging (RBC Ministries). Sharing Priskila juga dapat dibaca di priskiladewisetyawan. blogspot.com.

Lahir pada tanggal 2 Desember 1973. Ia memiliki kerinduan agar setiap wanita, baik single maupun yang sudah menikah, bisa mengetahui fungsi mereka dan memaksimalkan hidup mereka untuk didedikasikan kepada Tuhan dan masyarakat. Motto hidupnya adalah melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Yans P.D. Pattiwael | Writer Lahir tanggal 9 Agustus 1984. Kegiatannya saat ini adalah bekerja di sebuah LSM, dan terlibat dalam Pelayanan Anak di gereja lokal. Ia rindu menjadi wanita yang mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kekuatannya. Life is about God, demikian prinsip hidup yang senantiasa dikejarnya. Ia senang menulis, dan berharap hobinya ini dapat dipakai Tuhan untuk membangun tubuh Kristus.

Poppy Noviana | Writer

Poppy lahir di Jakarta, 24 tahun yang lalu. Berdomisili di Tangerang. Terpanggil untuk melayani di sebuah church community for children yaitu King’s Kid, Gereja Methodist Anugerah dan saat ini telah menyelesaikan s2 nya dalam bidang teknik tahun 2013. Menulis merupakan bagian penting dalam hidupnya, karena merupakan jalan baginya untuk menjadi dampak positive bagi sesama agar semua mengakui how great is our GOD! #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


WRITTEN BY

Felisia Devi

DIG Deeper DESIGNED BY

T

Michelle Wirnata

ema Pearl kali ini adalah Okultisme. Arti Okultisme sendiri (Wikipedia) adalah kepercayaan terhadap hal-hal supranatural. Berasal dari bahasa Latin occultus (rahasia) dan occulere (tersembunyi), yang merujuk kepada 'pengetahuan yang rahasia dan tersembunyi'. Tetapi Okultisme yang sebenarnya adalah bukanlah hanya sihir dan lebih tepatnya bukanlah supranatural, karena pada dasarnya Okultisme adalah ilmu yang alami. Okultisme adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan tersembunyi yang terdapat dalam alam semesta, pada diri dan lingkungan kita.

www.majalahpearl.com


Sebagai anak Tuhan kita percaya Tuhan yang memiliki dan mengontrol segala sesuatu di alam semesta ini. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, Tuhan pasti mengerti dan mengetahui segala sesuatu. Entah yang keliatan atau yang tidak keliatan, yang sudah kita mengerti atau yang belum kita mengerti. Tidak ada yang tersembunyi di hadapan-Nya. Dan apa yang perlu kita tahu, Tuhan sudah taruh dalam kebenaran firman Tuhan. Oleh sebab itu kita perlu mencari tahu, percaya pada kebenaran firman-Nya yang memerdekakan hidup kita. Serta

menjadikan kebenaran firman Tuhan dalam kehidupan kita sebagai landasan dan pegangan hidup. Biar apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, tidak menggoyahkan iman, tapi lewat kebenaran firman-Nya kita semakin percaya dan mengandalkan-Nya. Sehubungan dengan tema Pearl bulan Oktober kali ini kita akan sama-sama merenungkan firman Tuhan yang membuat kita semakin mengandalkan dan mengutamakan Tuhan dalam hidup kita. Bukan kita semakin takut dan gentar menghadapi kehidupan. #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


BibLE ReaD OKTOBER

1 MAZ 27

2

3

4

Aman dalam perlindungan Tuhan

Ditolong Allah

MAZ 57

YES 61:10 Tuhan menyertai

Kuat dalam kekuatan kuasa-Nya

5

6

7

8

MAZ 37:5

MAZ 62:6-8

Percaya kepada Tuhan setiap waktu

AM 30:5

Firman adalah murni

10

11

12

EF 6:11

Mempergunakan senjata perlengkapan Allah

9

2 SAM 22:3

Tuhan akan bertindak

EF 6:10

Tuhan tempat perlindungan

Tunduk pada Allah dan lawan iblis

YAK 4:7

1 PET 5:8-9

1 PET 1:18

13

14

15

16

1 YOH 4:4

ROM 8:15

1 KOR 2:12

Roh dari Allah

www.majalahpearl.com

Bukan menerima roh perbudakan

Memiliki iman yang teguh

Bukan roh dunia yang kita terima

Tuhan telah menebus hidupmu

2 TES 2:13

Diselamatkan dalam Roh


DiN G P l A N 17

1 YOH 3:24

18

AYUB 33:4

19

20

Allah mengaruniakan roh

Hidup karena roh Allah

Hidup dalam Roh

ROM 8:9

ROM 8:14

21

22

23

24

1KOR 2:11-14

1 KOR 3:16

2 KOR 3:17

Tuhan adalah Roh yang memberi kemerdekaan

YOH 14:27

Roh menyelidiki

Roh Allah diam dalamku

Apa yang Tuhan beri tidak seperti yang dunia beri

25

26

27

28

MAZ 34:7

1 YOH 3:19-24

YER 16:17

Malaikat Tuhan akan berjaga

Keyakinan di hadapan Allah

Allah mengetahui segala sesuatu

29

30

31

YER 17:7 Andalkan Tuhan

MAZ 95:3

Allah di atas segala allah

Dipimpin oleh Roh Allah

DAN 2:22

Terang dalam Tuhan

AM 3:5

Tidak bersandar pada pengertian sendiri

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


BibLE ReaD NOVEMBER

1

2

3

KEJ 6:13 – 7:24

KEJ 12:10-20

KEJ 21:1-7

Sara

Kelahiran Ishak

Penampakan Allah dihadapan Musa

5

6

7

8

KEL 7 – KEL 12

KEL 14:15-31

KEL 16:1-36

KEL 13:17-22

9

10

11

12

UL 29

BIL 22:21-35

YOS 6:1-27

YOS 10:7-15

Bileam

Jatuhnya tembok Yerikho

13

14

15

16

HAK 13:1-24

1 SAM 1:1-28

1 SAM 17:40-54

1 RAJ 17:7-24

Nuh

10 Tulah

Bangsa Israel dituntun di gurun tanpa kasut yang rusak

Lahirnya Simson www.majalahpearl.com

Bangsa Israel Laut yg Terbelah

Kelahiran Samuel

Roti Manna

Daud mengalahkan Goliat

4 KEL 3:1-6

Tiang Awan

Matahari yang tidak terbenam

Elia dan Janda Sarfat


DiN G P l A N 17

18

19

20

2 RAJ 2:1–18

2 RAJ 4:1-7

2 RAJ 6:8-23

AYUB 19

Kematian Elia

Minyak seorang janda

21

22

23

24

AYUB 42

ESTER 4 - 6

DAN 3:1-30

DAN 6:1-29

25

26

27

28

YES 37:36

LUK 1:5-25

LUK 1:26-38

KIS 5:17-20

29

30

KIS 12:1-19

KIS 9:1-19a

Ayub

Yesaya

Petrus

Ester

Zakharia Kelahiran Yohanes

Elisa

Sadrakh, Mesakh dan Abednego

Maria

Ayub

Daniel

Rasul-rasul dilepaskan dari penjara

Pertobatan Paulus

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Wo 14 Okt 2013, Senin

19 Okt 2013, Sabtu

16.00 - 18.30 WIB

09.00 - 12.00 WIB

Gereja Kristen Perjanjian baru Fajar Pengharapan

Gereja Kristen Kalam Kudus, Central Park

Griya Pengharapan, Jl. Pasirkoja 58, Bandung

APL Tower Lt.12, Suite 5-7, Central Park, Jakarta Barat

17 Okt 2013, KamiS

18 Okt 2013, Jumat

18 Okt 2013, Jumat

16.00 - 19.00 WIB

10.00 - 12.00 WIB

15.30 - 17.30 WIB

universitas Pelita Harapan

books & beyond bookstore

Kinokuniya bookstore

UPH Building, Gedung D, Lt.5 Ruang 501 Lippo Karawaci Tangerang

Building A UPH Lt.1 Lippo Karawaci Tangerang

SOGO Plaza Senayan Lt. 5 Jakarta


orth Mengulas topik dari buku karangan Alice Mathews Wanita

dan Wanita

yang Dibentuk Allah yang Dibimbing Yesus terbitan terbaru DHD Indonesia. *Harga Paket Berlaku Selama Acara Berlangsung

Kunjungi kami di www.dhdindonesia.com


Single

APAKAH

DUNIA

“Katanya di sana ada penunggunya loh, cewe rambut panjang bla bla…”

J

angan takut dan merinding disko duluan ya baca contoh pernyataan-pernyataan di atas, ini cuma contoh dan kita mau ungkap kebenarannya...

www.majalahpearl.com


Designed by Veri Eden

ada ?

“Ihhh merinding nih gue, ada setan lewat kayanya.�

Tentunya kalian sudah tidak asing dengan pernyataan-pernyataan di atas, apalagi budaya negara kita identik dengan hal mistik. Di beberapa stasiun TV juga ada yang menayangkan acara yang sengaja menelusuri tempat-tempat tertentu untuk membuktikan keberadaan makhluk dari dunia lain. Biasanya dengan uji nyali atau di setiap acara

http://www.fanpop.com/clubs/fantasy/images/31034951/title/mystical-places-wallpaper

A LAIN

Written by Felisia Devi

mendatangkan cenayang/paranormal yang akan memberitahukan keberadaan makhluk-makhluk itu. Dari hal-hal di atas mungkin timbul pertanyaan, apakah dunia para makhluk lain seperti kuntilanak, pocong, genderuwo, jin dan lainnya beneran ada?

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single Coba kita lihat dari kitab Kejadian, dimana Tuhan mulai menciptakan awal kehidupan dunia ini. Dari hari pertama sampai terakhir Tuhan menciptakan langit dan bumi, siang dan malam, cakrawala, laut dan daratan, tumbuh-tumbuhan, benda-benda langit, binatang-binatang, dan terakhir manusia yang serupa dan segambar dengan Allah. Tuhan tidak menciptakan makhluk bernama pocong, kuntilanak dan lainnya. Memang di kitab Kejadian tertulis ada ciptaan lain yang membuat manusia melanggar perintah Tuhan, yaitu iblis yang menjelma menjadi ular. Inilah yang iblis kerjakan dari dulu sampai sekarang, manipulasi dan kamuflase. Salah satu kerjaannya adalah dengan sengaja mengambil wujud menyeramkan yang disesuaikan dengan budaya setempat dengan tujuan membuat manusia takut.

Karena sejauh ini para makhluk yang berwujud itu hanya dapat ditemui di negara tertentu. Misalnya kuntilanak, pernah gak denger kalau orang di negara lain ketemu sama kuntilanak? So far aku gak pernah denger kalau di negara barat ketemu setan lokal Indonesia. Begitu juga dengan makhluk lain seperti drakula yang dikenal di negara barat, vampire yang hanya ada di negeri China, dan seterusnya. Mungkin ada alasan lain selain untuk membuat kita takut, karena katanya makhluk-makhluk itu adalah roh manusia yang meninggal dengan tidak wajar, lalu gentayangan dan menjadi roh penasaran. Atau bagaimana jika yang kita lihat adalah orang yang kita kenal yang sudah meninggal? Apa kebenarannya untuk para roh yang sudah meninggal? Apa benar mereka

“Jangan lupa bilang per kalau

nanti kalau e www.majalahpearl.com


bisa mengunjungi dan bisa kita lihat? Dalam kitab Ayub, disebutkan bahwa mereka yang sudah mati tidak akan kembali ke rumahnya, tidak dikenal lagi (Ayub 7:9-10). Sekali lagi, mengambil wujud manusia yang sudah meninggal adalah salah satu pekerjaan iblis dan masih banyak cara kerja lainnya untuk membuat kita takut dan tidak taat pada Allah.

sudah meninggal adalah salah satu pekerjaan iblis dan masih banyak cara kerja lainnya untuk membuat kita takut dan tidak taat pada Allah.

Dunia para makhluk yang menakutkan memang tidak ada, tetapi ada kehidupan lain yang memang tidak terlihat secara kasat mata yang mempengaruhi kehidupan kita. Yaitu dunia alam roh dimana Allah sendiri berada (Yoh 4:24) serta para malaikat-Nya. Dan dari dunia ini juga Mungkin ada alasan lain selain untuk iblis yang adalah malaikat yang membuat kita takut, karena katanya memberontak, sampai sekarang makhluk-makhluk itu adalah roh berusaha terus membuat manusia manusia yang meninggal dengan tidak ciptaan Allah yang segambar wajar, lalu gentayangan dan menjadi dengan-Nya, untuk lebih percaya roh penasaran. Atau bagaimana jika dengan manipulasi serta yang kita lihat adalah orang yang kita kebohongannya daripada apa kata kenal yang sudah meninggal? Apa Tuhan (kebenaran). kebenarannya untuk para roh yang sudah meninggal? Apa benar mereka bisa mengunjungi dan bisa kita lihat? Dalam kitab Ayub, disebutkan bahwa mereka yang sudah mati tidak akan kembali ke rumahnya, tidak dikenal lagi (Ayub 7:9-10). Sekali lagi, mengambil wujud manusia yang

rmisi atau numpang-numpang loh lagi lewat daerah yang sepi dan angker,

enggak bisa di gangguin.� #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single Sebenarnya kita tidak perlu takut karena strata iblis ini tidak lebih dari kita. Iblis adalah malaikat yang sebenarnya tidak punya kehendak, tapi dia memberontak Allah, mau menyamai Allah, oleh sebab itu Allah melemparnya ke bumi (Yes 14:12-15). Hanya kepada manusia Allah memberkati, memberi kuasa dan perintah untuk memenuhi, menaklukkan dan berkuasa atas makhluk lain yang ada di bumi. (Kej 1:28). Dan iblis mau membuat manusia ciptaan paling mulia atau tertinggi diantara ciptaan lainnya untuk mengikuti jejaknya yang memberontak dan tidak taat kepada Allah. Apapun pekerjaan roh yang kita temui atau yang sedang kita alami sebenarnya kita tidak perlu takut terhadapnya. Jika pekerjaan itu berhubungan dengan buah-buah roh yang disebutkan dalam Galatia 5:22- 23, berarti itu berasal dari Allah. Tetapi jika itu hanya menimbulkan ketakutan , kita bisa tolak apapun yang iblis berusaha kerjakan terhadap kita. Karena iblis sudah dikalahkan oleh Yesus di kayu salib.

FILIPI

2:10

“Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada dibawah bumi.� Mereka adalah pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap, roh-roh jahat yang harus kita lawan (Efesus 6:12) dalam kekuatan kuasa-Nya, bukan untuk kita hormati atau kita takuti. Tubuh kita juga terdiri dari roh dan karena kita adalah anak-anak Allah, Tuhan tempatkan roh yang ada di dalam kita, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia ini (1Yoh 4:4), jangan takut terhadap jenis roh apapun yang berusaha menakuti kita.

www.majalahpearl.com


1PETRUS 5:8-11 “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.”

EFESUS 6:18b “Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus.”

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


The image is courtesy of Febe Soehardjo.

Single

www.majalahpearl.com


Hantu

atau

Tuhan? Written by Poppy Noviana Designed by Febe Soehardjo

Beneran lo liat? Kaya apa bentuknya? Di mana liatnya? Terus.. terus.. (Cuplikan seseorang yang lagi penasaran tingkat tinggi). Kenapa lebih banyak orang (terutama anak muda) lebih penasaran untuk tahu mengenai hantu dibandingkan mengenai Tuhan? Ngga percaya? Cuplikan prolog di atas sering sekali terdengar tapi bukan untuk intro saat acara gosip aja loh, melainkan saat sekumpulan anak-anak remaja yang super excited membahas pengalaman mereka yang merasa bertemu yang namanya hantu. Mari kita ulas sedikit mengenai fenomena yang miris ini ...

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

Fenomena Zaman Pernah ngga terlintas di pikiran kita, kenapa ada chanel TV lokal maupun luar yang tertarik untuk menayangkan acara yang bertema pencarian makhluk halus (hantu) di tempat-tempat yang dinilai angker oleh beberapa kalangan masyarakat? Rasanya aneh bukan, melihat rekaman-rekaman proses beberapa orang (biasanya kalangan anak muda) yang dengan sengaja ditempatkan pada sebuah ruangan yang gelap dan terasa sunyi lalu membiarkan mereka merasakan kondisi tertentu.

www.majalahpearl.com


Hal ini artinya terdapat pangsa pasar penonton yang tertarik sama dunia-dunia makhluk halus yang terkesan menyeramkan. Nah.. untuk memuaskan rasa penasaran mereka maka acara pencarian makhluk itu diselenggarakan sehingga rating penonton yang tinggi bisa diperoleh dan ujung-ujungnya mendatangkan profit.. Jika kita memandang hal ini dari sudut pandang Tuhan kira-kira gimana yah perasaan Tuhan? Mirisnya mengetahui bahwa ada makhluk ciptaan Tuhan yang tidak memilih untuk mengenal Penciptanya. Mereka lebih tertarik untuk mencari tahu keberadaan hal–hal yang tidak mendatangkan kebaikan bagi dirinya bahkan pengenalan atas hal yang dilarang oleh Tuhan! Apakah dengan mengenal lebih dalam (sifat, karakter, bentuk dan pertemuan langsung) dengan hantu bisa menambah wawasan dan faedah dalam hidup kita? Kalau ada diantara kita yang merasa demikian, maka berhati-hatilah. Renungkan dan berdoalah agar Tuhan membuka pikiran dan melembutkan hatimu untuk sesuatu yang lebih berarti di dalam hidupmu. Mari kita ulas sedikit pengetahuan atas hal ini dari sudut pandang secara ilmiah.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single Penelitian Ilmiah Neutrino sering disebut partikel hantu karena dapat menembus tanah dan mengambang di udara. Ia dapat bergerak dari perut bumi ke atmosfer tanpa berinteraksi dengan partikel lainnya. Sifat inilah yang membuat neutrino sulit dideteksi. Tiga jenis neutrino yang dibedakan oleh para ilmuwan, yaitu muon, tau, dan elektron. Untuk mempelajarinya, para peneliti membuat neutrino jenis muon dalam mesin pendorong partikel di Fermi National Accelerator Laboratory (Fermilab), Illinois, AS. Hal ini merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang belum dapat dikonfirmasi kebenarannya.

Perintah Tuhan

“Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus Tuhan kita.� -2 Petrus 1:2

www.majalahpearl.com


Tahukah kamu.. bahwa kamu adalah pilihan Allah? Dia memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib dan karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia.

Pilihan ada di tanganmu, kebebasan sudah Tuhan berikan bagi kita untuk menetapkan apa yang perlu kita kenal, apa yang perlu kita lihat dan kita dengar! Semuanya sudah Tuhan ajarkan dan sediakan fasilitasnya (nafas kehidupan, panca indera, akal budi, dll) untuk itu jangan sia-siakan hidupmu dengan memilih hal yang tidak tepat dan membuat sikap hatimu, pola pikiranmu, dan apa yang prioritas dalam hidupmu, berisi hal yang tidak berfaedah. Pengenalan akan Tuhan itu membutuhkan hikmat, tenaga, dan pikiran loh‌ dalam firman-Nya, pada kitab Amsal, Tuhan berkata, “Jikalau engkau berseru kepada pengertian dan mengejarnya seperti harta terpendam‌â€?, jadi bukan hal yang mudah bahkan sangat serius. Ketahuilah bahwa kita ngga bisa hidup dengan cara ganda, maksudnya di satu sisi memilih untuk mencari tahu tentang hal gaib, percaya ramalan-ramalan dan pengenalan akan hantu. Tapi di sisi lain pergi ke gereja, saat teduh dan berdoa di setiap kesempatan. Look... Tuhan bukan pilihan, Dia yang telah memilih kita.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

Namun kita diberikan kebebasan untuk menuruti perintahNya atau menolak-Nya dengan memilih sifat okultisme itu terus menyesatkan kita atau sebatas wawasan dan bukan prioritas yang penting untuk dipelajari secara mendalam. Pilihlah cara hidup yang sesuai dengan apa yang Penciptamu rancang. Masak sih ada seorang ahli pembuat guci mahal yang rela hasil karyanya dibuat sebagai vas bunga yang ditempatkan di kebun belakang? Maksud contoh ini adalah masak sih Tuhan rela karya termulia-Nya mengenal iblis, padahal terlalu banyak hal dari Tuhan yang perlu kita pelajari dan kenal dengan sangat mendalam. Bahkan kita seharusnya terlalu sibuk untuk mengenal Tuhan dan diproses untuk menjadi apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita sampaisampai ga ada waktu memikirkan hal-hal tidak bernilai seperti fenomena yang kita baca di awal pembukaan.

Pilihlah cara hidup yang sesuai dengan apa yang Penciptamu rancang.

www.majalahpearl.com


Tuhan Yesus memerintahkan untuk hidup memiliki faedah dengan menuntut hikmat, memilih untuk prioritas yang benar dalam hidup untuk mendatangkan kepandaian. Lebih dari itu pengertian tentang takut akan Tuhan dan pengenalan akan Allah sebagai prioritas yang lebih dahulu. Bayangkan betapa sedih hati Tuhan jika makhluk yang diciptakan-Nya dengan sangat sempurna lebih memilih untuk mencari hal yang paling bertentangan dengan Tuhan yaitu iblis, dibandingkan mencari tahu dan mengenal lebih dalam siapa Penciptanya.

Maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan Tuhan dan mendapat pengenalan akan Allah. -Amsal 2:5 Bila kubuka mataku dan lihat wajah-Mu.. ku terkagum .. Bila kulihat hidupku dan karya tangan-Mu.. ku tersanjung.. Karena semua yang baik dalam hidupku, itulah karya-Mu Kau b’ri kesempatan yang baru.. dan ku ingin mengenal-Mu Tuhan.. Lebih dalam dari s’mua yang ku kenal.. Tiada kasih yang melebihi-Mu.. Ku ada untuk menjadi penyembah-Mu.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

ramalan ketaatan article Mega Rambang design Michelle Wirnata

www.majalahpearl.com


odiakmu apa, girls? Aku Capricorn lhooo... Ada yang Capricorn juga ngga? Katanya sih orang Capricorn itu cerdas, praktis, berpengetahuan dan sistematis. Hahaha, bener gak sih? Zaman SMP dulu aku seneng banget baca ramalan zodiak. Prinsip tak tertulis milikku, kalo ramalannya bagus, berarti bener. Kalo ngga mah, ya ngga usah dipercaya *prinsip mau enaknya doang* hahaha... Tapi, sebenarnya dari dulu secara logika udah ngga logis sih. Masa nasib dan keadaan 1/12 umat sedunia yang berzodiak serupa bisa sama? Gimana tuh rumusnya? Gileee... eksak banget ya aku, urusan beginian kok pake rumus. Tapi kalo mau jujur, emang gak masuk akal kan? Ya kan? Beberapa waktu lalu aku membaca sebuah novel berjudul PS. I Love You dan menemukan bagian yang rasanya bikin aku pengen ketawa. Gara-garanya masih tentang zodiak.

Jadi ceritanya, salah satu tokoh novel itu bekerja di sebuah majalah dan diundang oleh penulis rubrik zodiak di majalah itu untuk mengikuti sebuah pertemuan. Begitu dia datang ke pertemuan itu, yang ditanyakan adalah apa bintangnya. Tokoh itu memberitahukannya dan si penulis rubrik zodiak ini berkata, �Akhirnya lengkap, kita punya bintang X dalam tim ini�. Kemudian mereka membuat ramalan bintang untuk edisi baru majalah tersebut berdasarkan keadaan mereka yang bekerja di situ, sesuai perwakilan dari bintang yang ada di tim tersebut. Jadi, jika si Kiki yang berbintang Capricorn sedang sakit dan keuangannya baik, maka demikianlah ramalan untuk si Capricorn. Ckckck.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single Terdengar konyol ya? Memang konyol! Sejujurnya, ide ini agak mengejutkan buatku. Serius nih, rubrik ramalan bintang yang sering aku baca dulu ditulis dengan cara seperti ini? Hahaha... Kacauuu... Mungkin memang ada yang bilang, “Baca ramalan zodiak kan buat ‘having fun’ saja, gak percaya sepenuhnya kok. Jadi kan gak papa.” Yeahhh... orang memang boleh berpendapat, tapi ALKITAB mencatat apa yang disebut kebenaran, demikian: i antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalaAm api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu. (Ulangan 18:10-12) Nyata-nyata sudah dilarang tuh sama Tuhan buat menggantungkan hidup pada ramalan, buat apa lagi tanya soal jodoh, kesehatan, atau asmara pada tukang ramal atau majalah popular yang ngga jelas. Ini kekejian di mata Tuhan lho, girls... Masih mau melakukan kekejian ini?

www.majalahpearl.com


Pastinya bukan tanpa alasan Tuhan melarang hal-hal seperti ini. Larangan untuk percaya pada ramalan itu pasti ada sebabnya. Apakah itu? Cekidot!

Sebab bangsa-bangsa yang daerahnya akan kaududuki ini mendengarkan kepada peramal atau petenung, tetapi engkau ini tidak diizinkan TUHAN, Allahmu, melakukan yang demikian. (Ulangan 18:14)

Bangsa-bangsa yang dimaksud ini adalah bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Tuhan membuat perbedaan yang jelas antara mereka yang mengenal-Nya dan yang tidak mengenal-Nya. Mereka yang mengenal-Nya tidak perlu bertanya kepada peramal atau petenung, itu hanya dilakukan mereka yang tidak mengenal-Nya. Kita tahu pasti siapa sesungguhnya Pencipta dan Penulis Hidup kita. Kalau begitu, ngapain kita bertanya tentang hidup kita kepada Mama Loreng ato Eyang Dubur, aihhh... Ngga masuk akal!

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

Aku pernah membaca suatu buku yang bilang kalo iblis menggunakan peramal atau petenung untuk merusak hidup manusia. Dia menghancurkan hidup manusia melalui ramalan yang dibuatnya. Roh-roh peramal itu sebenarnya tidak mengetahui masa depan manusia, tidak seorangpun. Dia mungkin mengetahui masa lalu dan keadaan masa kini seseorang. Kemudian para peramal sering menceritakan keadaan pasiennya (orang yang diramal) tentang saat ini atau masa lalu untuk membuatnya terkesan. Kemudian,

www.majalahpearl.com

setelah pasien terkesan, muncullah kepercayaan kepada peramal itu sehingga ia mulai menanyakan masa depannya pada si peramal. Nah, di bagian ini lah kehidupan manusia mulai dirusak. Yang tahu masa depan kita hanya Tuhan, jadi apa yang dikatakan peramal ini pasti kebohongan. Ketika kita mulai mempercayai kebohongan itu, saat itulah kita membuka pintu untuk skenario iblis terjadi di hidup kita. Seorang kawan mamahku pernah berkonsultasi dengan paranormal yang cukup terkenal di Indonesia, dengan bayaran yang bikin geleng-geleng. Dia berkonsultasi masalah keluarganya dan mendapatkan saran untuk menceraikan suaminya. EDANNN!!! Saran apaan tuh? Aku cuma


mendengar sampai bagian itu saja sih, tapi awalnya memang mengesankan karena paranormal ini seperti tahu kehidupan kawan mamah ini secara detail. Tapi lihat sarannya? Sangat bertentangan dengan Firman Tuhan. Ini jelas-jelas tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Saat kita berpaling pada hal-hal di luar Allah, mengisi pikiran kita dengan ramalan (yang sudah pasti dusta), itu menjauhkan kita dari kebenaran, menjauhkan kita dari Allah. Awalnya hanya untuk “having fun”, iseng saja, tapi tanpa sadar itu akan mengisi pikiran kita, alam bawah sadar kita dipenuhi apa yang bukan dari Allah. Itu berbahaya. Lama-lama, kita semakin mengandalkan ramalan dan mulai menaruh percaya kepada ramalan. Kita tidak lagi bergantung kepada Allah.

Kalau kita menganggap “ramalan” ini hanya sekedar permainan atau lucu-lucuan, berarti kita tidak menganggap serius Firman Tuhan. Ini kekejian bagi Tuhan kok, masa kita tetap mau melakukannya. Apakah ketaatan pada Tuhan tidak berarti apa-apa bagi kita, sehingga kita mulai berpaling pada ramalan-ramalan yang kita bilang ‘just for having fun’? Terkadang kita gak perlu alasan untuk taat. Tapi saat kita benar-benar taat, kita akan memetik buah dari ketaatan kita.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

Btw, Tuhan itu tahu kok kerinduan kita untuk mengetahui masa depan. Bahkan, dia juga sangat rindu untuk memberitahukan hal-hal yang tidak kita ketahui. Ngga percaya? Yuk-yuk, kita lihat apa kata Firman Tuhan.

Engkau memberitahukan

kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa. (Mazmur 16:11)

A

ku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu. (Mazmur 32:8)

Berserulah kepada-Ku, maka

Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui. (Yeremia 33:3)

Tuhan bergaul karib dengan

orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. (Mazmur 25:14)

www.majalahpearl.com


Nah, sudah jelas kan? Di dalam Tuhan ada jawaban untuk setiap pertanyaan kita tentang kehidupan. Ketika kita butuh nasihat, ketika kita kebingungan, Tuhan menyediakan jawaban-Nya. Kalau kita intim dengan Tuhan dan berseru kepada-Nya, Tuhan tidak akan diam saja. Memang Tuhan kadang tidak memberitahukan masa depan kita secara gamblang, tapi justru dengan begitu kita bisa melatih iman percaya kita kepada Allah. Seru kan?

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

ZODIAC:

Is it Really for FUN? Written by: Louisa Veronica Hartono Designed by: Julia Rosmawi

www.majalahpearl.com


S

ejak zaman saya kecil sampe sekarang, banyak majalah, khususnya majalah wanita, yang memuat rubrik atau kolom tersendiri mengenai zodiac. Saya yakin para pembaca Pearl pasti tidak asing lagi dengan istilah ini. Karena tema bulan ini adalah tentang okultisme, maka muncul beberapa pertanyaan seputar zodiac: baca zodiac boleh gak sih? Bertentangan gak ya dengan Alkitab? Apa kata Alkitab tentang ini? Yuuuks mari kita mengupasnya :)

Asal Mula Zodiac

Menurut situs Wikipedia Bahasa Indonesia, yang sudah saya cross check dengan situs http://ephemeris.com/history/zodiac.html, kata “zodiac� berasal dari bahasa Yunani zoidiakos yang artinya lambang binatang. Ketika saya membaca lagi lebih lanjut, sebenernya gambar binatang ini merupakan imajinasi saja dari para astrolog dahulu yang suka melihat dan meneliti konstelasi bintang. (Heran juga sih saya, kok imajinasi mereka bisa sedemikian rupa sehingga membentuk rasi 12 zodiac yang kita kenal sekarang ya??).

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

Nah, sebenarnya apa maksud para ahli zaman dulu membagi (atau menciptakan) ke-12 zodiac ini? Para ahli dahulu (saya rasa setelah melalui pengamatan yang lama), mengetahui bahwa bumi mempunyai satelit, yaitu bulan, yang lama rotasinya dari bulan baru, bulan purnama, hingga bulan baru lagi adalah selama tiga puluh hari. Sedangkan lama revolusi bumi mengelilingi matahari adalah kurang lebih 360 hari. Perhitungan waktu ini penting untuk menentukan waktu yang tepat untuk bercocok tanam, untuk bisa mengetahui kapan musim/waktu yang tepat. Ada musim kemarau, musim hujan, musim dingin, musim untuk menanam, musim untuk menuai, dan lain-lain seperti yang ditulis di kitab Pengkotbah 3:1-12. Dari penghitungan masa atau periode terulangnya satu musim, orangorang kemudian dapat merumuskan yang namanya konsep tahun, bulan, www.majalahpearl.com

minggu, hari, jam, hingga ke menit dan detik. Cuma, kalo kita hanya mengenal hitungan waktu sampai di tahun aja kan pasti susah. Satu tahun itu lama booo... Karena itulah, saya rasa penciptaan dan pembagian kedua belas zodiac/rasi bintang itu pada mulanya dimaksudkan untuk membantu orang-orang mengenali konsep waktu (terutama dalam periode “bulan�) untuk menentukan musim menanam, menuai, mengumpulkan makanan, merayakan festival dan ritual-ritual, dan lain-lain. Zodiac ini ditentukan melalui perhitungan yang rumit, dengan terus memperhatikan secara cermat pergerakan dan posisi bintang terhadap dirinya sendiri (atau yang disebut sidereal day) serta posisi bintang terhadap matahari (tropical day). Gimana caranya? Sayang sekali saya bukanlah orang


yang mempunyai kapasitas untuk menjawab pertanyaan tersebut hehehe. So, silahkan bertanya kepada para astrolog :p Masyarakat yang menggunakan zodiac ini tidak hanya masyarakat di belahan barat (meliputi Yunani, Babilonia Kuno, dan kemudian, Romawi kuno saja), tetapi masyarakat di belahan bumi lainpun juga mengetahui perhitungan rasi bintang semacam ini. Misalnya, masyarakat Hindu di India berpatokan pada zodiac dan posisi bulan untuk merayakan festivalfestival mereka, tentunya dengan nama yang berbeda. Masyarakat Chinese juga mempunyai zodiac sendiri, atau yang biasa dikenal dengan ke-12 shio. Binatang dalam 12 shio ini juga berbeda dengan zodiac yang kita kenal. Kalo di zodiac, kita kan mengenal Aries (ram), Taurus (banteng), Gemini (orang kembar),

Cancer (kepiting), Leo (singa), Virgo (seorang gadis), Libra (timbangan), Scorpio (kalajengking), Sagitarius (si pemanah yang setengah manusia setengah kuda), Capricorn (kambing ), dan Pisces (ikan). Sedangkan di ke-12 shio atau Chinese Zodiac, secara berurutan kita mengenal tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, ayam, monyet, anjing, dan babi. Bahkan ke-12 shio sendiri ada ceritanya sendiri lo. Bukan hanya itu, bangsa China sendiri selain 12 shio juga mempunyai pengetahuan sendiri mengenai ketata-suryaan seperti 10 pilar langit, 12 cabang bumi, yin dan yang, feng shui, 5 unsur bumi (kayu, api, air, tanah, dan metal), dan lainlain. Halaah banyak banget ya! Dan ga cuma orang Chinese dan India guys, orang Jawa dengan ilmu kejawen dan kitab Primbon-nya yang terkenal juga tahu loh hal-hal beginian, walaupun dengan bentuk yang berbeda. Mereka mengenal apa itu istilan weton atau hari yang dianggap membawa #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single kesialan, keburukan, atau kebaikan dan keberuntungan. Misalnya, pasti pernah denger kan istilah, “Jangan suka keluyuran atau keluar rumah malem-malem di hari Jumat Kliwon…” “Kalau mau mantenan (menikah) itu paling bagus hari Senen Legi…” dan seterusnya.

Perkembangan Selanjutnya

Nah, dari sejarah singkat di atas, kita mengerti kenapa zodiac itu diciptakan, yaitu untuk mempermudah mengetahui dan menghitung waktu, sehingga orang-orang zaman dulu bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan baik untuk kelangsungan hidup mereka (yang notabene masih hidup dengan beternak dan bertani). Yang saya tidak habis pikir dan keheranan adalah, bagaimana bisa zodiac sekarang ini dipakai untuk meramal dan menentukan nasib orang-orang. Darimana asalnya dan mengapa itu bisa terjadi, saya gak tahu. Menurut saya, aneh bila nasib seseorang tergantung saat dia lahir di bulan apa, pada bintang apa yang sedang bersinar terang saat itu, dan lain-lain. Nasib yang suka dibahas biasanya mengenai percintaan (enteng jodoh atau gak), kehidupan seksual, keberuntungan dalam mencari uang (financial life), gampang punya anak atau gak, lama hidup di dunia ini, dan sebagainya. Anehnya lagi, daripada mencari Allah yang benar, sepertinya orang-orang lebih suka mencari tahu nasib mereka dengan bertanya pada paranormal dan dukun serta mempercayakan hidupnya pada ramalan bintang tersebut, padahal itu hanya tak lebih dari konfigurasi perhitungan sistem

www.majalahpearl.com


yang dibuat oleh manusia. Saya kira di zaman sekarang, orang seharusnya udah ga percaya lagi dengan yang namanya ramal-ramalan, termasuk percaya sama apa kata zodiac. Tapi ya kok nyatanya ada aja tuh‌ Bedanya, kalo dulu orang rame datang ke dukun, sekarang cara ini juga mempunyai bentuk modern-nya sendiri dengan dimuat di berbagai majalah, terutama majalah wanita. Saya ga heran kalau rubrik pertama yang langsung dibuka wanita begitu membeli majalah langganannya adalah rubrik zodiac untuk melihat bagaimana peruntungannya pada bulan/minggu itu.

‘Bahaya’ Membaca Zodiac

Kata bahaya dalam subjudul di atas saya berikan tanda kutip, karena kata ini berpotensi menimbulkan ambigu atau kesalahpahaman. Saya rasa, tidak ada salahnya bila kita tertarik atau ingin mendalami lebih jauh soal zodiac atau rasi bintang lainnya. Sebagai makhluk yang diciptakan sesuai citra dan gambar Allah (ceileee), wajar dong kalau kita memiliki rasa ingin tahu tersebut. Kita boleh menyelidiki zodiac sepanjang itu bermanfaat untuk pengetahuan. Tapi kalau sudah dipakai untuk menentukan nasib kita, bahkan kita menggantungkan hidup kita tergantung pada zodiac yang sedang in saat itu, waaah no comment deh‌ Saya mau sharing pengalaman saya sedikit. Dulu sebelum lahir baru dan kenal Tuhan Yesus, saya termasuk anak yang sukaaa sekali baca ramalan. Nama Yesus saya sering denger, tapi saya tidak tahu kalau Dia adalah Tuhan yang juga sekaligus the Author and the Creator of my life yang menentukan bukan hanya hidup dan mati saya tapi juga SEMUUUA aspek di dalamnya. So, dulu kan saya langganan majalah remaja tuh. Dan pasti ada rubrik zodiacnya dong hehe. Saya suka sekali membaca rubrik itu untuk mengetahui nasib saya di minggu dan bulan itu: keuangan, percintaan, karir, dll. Bahkan ketika saya pacaran pun, saya mencari tahu apakah saya dan pacar itu cocok atau enggak berdasarkan zodiac kami yang ada tabel berisikan 12 kolom dan 12 baris beserta kategorinya masing-masing (buset canggih betul sih

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single yang buat). Kalo pas itu ramalan berkata bahwa nasib saya baik, saya seneng. Tapi kalau nasib saya dibilang jelek atau sial, saya bawaannya jadi bete. Termasuk ketika saya jadian, cekcok, bahkan putus dengan pacar, saya sedikit banyak terpengaruh dengan zodiac yang saya baca. Selain zodiac western, saya juga sering mencocok-cocokkan saya dengan mantan pacar berdasarkan shio kami, huehehe. Ga logis banget ya kalau dipikir sekarang. Kemudian ketika saya lahir baru dan terima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saya bersyukur sekali kalau saya tidak mengalami kendala berarti untuk bisa lepas dari zodiac dan shio-shio-an. Saya mikir, aneh banget kalau mood saya selama seminggu ditentukan oleh apa yang saya baca di buku! Seiring dengan perjalanan dan pertumbuhan kehidupan rohani saya, saya menyadari bahwa hidup saya itu ditentukan dan dibentuk oleh Tuhan sendiri, Allah Yang Maha Kuasa. Dia mengenal saya bahkan sebelum hari-hari saya dibentuk (Mazmur 139), Dia yang mengetahui rancanganrancangan-Nya dalam hidup saya. Yang lebih hebat lagi, rancangan Tuhan dalam hidup saya itu bukan rancangan yang asal-asalan atau mencelakakan buat saya, melainkan rancangan yang memberikan hidup dan masa depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11). Hidup saya dijamin di tangan Tuhan, Tuhan yang pelihara saya jauh melebihi burung pipit di udara maupun bunga bakung di padang (Matius 6:28-32). Beda banget booo sama omongan zodiac di majalah, kartu tarot, ataupun segala bentuk ramalan lain!! Tuhan saya bukan tuhan yang mood-mood-an, yang minggu ini memiliki rencana baik buat saya, tapi karena saya nakal, terus tiba-tiba rencana-Nya diubah jadi jelek. Bulan ini saya bakal untung en hepi terus tapi www.majalahpearl.com


bulan depannya saya bakal ketiban sial. Waduh, kalo gitu ya hidup saya kok kayanya ga ada jaminan gitu. Tapi Praise The Lord... Tuhan kita bukanlah Tuhan yang moody!! Janji-Nya adalah YA dan AMIN. Tuhan kita tidak terbatas dan tidak dibatasi oleh batas waktu. Janji-Nya kekal dan bisa dipercaya. Mungkin kita bisa berdalih bahwa baca zodiac itu hanya untuk iseng-iseng saja, untuk have fun, dan kita ga akan senaif itu untuk percaya apa kata zodiac. Well, pertanyaannya, apakah benar begitu? Kalau misalnya kita baca zodiac dan kita mengalami persis seperti apa yang ditulis di situ, tidakkah pikiran kita akan terpengaruh dan mulai mempercayai zodiac itu? Sekali dua kali mungkin gapapa. But you know, curiosity can kill a cat‌ And it does not only kill a cat, it can kill us spiritually. Pelan-pelan, kita pasti nagih. Lha wong kalau kemarin kita bisa mengalami seperti kata zodiac di majalah, siapa tahu minggu ini atau minggu depan kita bisa mengalami hal itu lagi kan? Penasaran niiih... Terus buka lagi deh. Girls, hati-hatilah bukan saja dengan apa yang kita lihat dan dengar, tapi juga apa yang kita baca! Bacaan apapun bisa mempengaruhi alam bawah kita secara tidak sadar. Orang tidak hanya ditentukan dari pergaulan dan temantemannya juga, tapi juga dari apa yang ia baca. Apa yang kita baca akan menentukan apa yang kita tahu. Kalau kita banyak baca Alkitab, ya kita tahu banyak tentang Firman. Kalau kita banyak baca yang porno-porno, ya kita jadi expert juga disitu, hehehe. Mencari-cari apa kata zodiac bisa menjauhkan kita untuk bergantung sepenuhnya pada jaminan Allah dan firman-Nya di dalam Alkitab. Kita lebih banyak percaya sama kata zodiac dan segala bentuk ramal-ramalan lain daripada janji Tuhan atas hidup kita. #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single Apa Kata Alkitab tentang Ini?

Well, sekali lagi, saya berpendapat bahwa zodiac adalah ciptaan manusia dalam mengkonfigurasi dan mengkalkulasi waktu. Mengenai bentuk dan lambang zodiac sendiri, saya kira itu juga rekaan, karena sampai sekarang kalau pas langit cerah di malam hari dan saya melihat ke atas, saya ga ngerti gimana bintang-bintang yang ada itu bisa kelihatan seperti banteng, kepiting, ikan, dan lain-lain. Saya ga ngerti cara nariknya itu gimana. Bukankah orang bebas berekspresi bentuk bintang itu seperti apa ya? Njlimet dah… Nah, sekarang mari kita lihat apa kata Alkitab :)

1 2

Bumi dan langit diciptakan oleh Allah

Alkitab dengan sangat jelas dan tegas menyatakan bahwa bumi, langit, beserta segala isinya diciptakan oleh Allah (Kej 1). Kejadian 1 ayat 16 secara spesifik mengatakan, “Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang”.

Allah Kita adalah Allah Penguasa Alam Semesta

Guys, coba deh buka alkitab secara online di laptop kalian. Kemudian di kolom search, ketik kata “alam semesta”, atau “semesta alam”, maka kalian akan menemukan banyak sekali penggunaan kata tersebut yang disandingkan bersama Allah. Hal ini membuktikan bahwa Allah menciptakan bukan hanya bumi dan langit saja, tetapi juga seluruh sistem tata surya dan galaksi, Allah yang menciptakan semuanya itu (silahkan nonton videonya Francis Chan yang berjudul The Crazy Love di Youtube hehe).

3

Ibrani 11:3

“Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.”

Tiga poin di atas menunjukkan bahwa seluruh jagad raya ini dimiliki oleh Allah, termasuk rasi-rasi bintang yang karena kekreativan manusia bisa muncul zodiac dari situ. Nah, sekarang coba kita pikir, kalo Allah yang nyiptain bintang berikut segala konstelasinya itu, mungkin gak sih rasi-rasi bintang itu menetukan nasib sial baiknya kita? Kan ga logis :p Mari kita cermati lagi beberapa ayat berikut: www.majalahpearl.com


4

Di kitab Ayub – yang kita semua sudah kenal isinya tentang apa – saat Ayub mempertanyakan Allah mengapa Ia mengizinkan dirinya menderita begitu berat dan menantang Allah untuk menjawab, Allah tidak secara langsung menjawabnya. Sebaliknya, di pasal 40 dan 41, Allah justru mendemonstrasikan kekuasaannya di (lagi-lagi) alam semesta serta balik menantang Ayub dengan bertanya, di mana Ayub berada saat Allah membuat semuanya itu? di Ayub 9:9 dikatakan bahwa Allah “… menjadikan bintang Biduk, bintang Belantik, bintang Kartika, dan gugusan-gugusan bintang Ruang Selatan”.

5

Di kitab Mazmur, sang pemazmur berulang kali menyatakan decak kagumnya kepada keagungan dan kesemestaan Allah. Ia menyadari betapa kecil dan tidak berartinya dirinya di hadapan Allah, seperti tertuang di Mazmur 8:4-7,

“Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintangbintang yang Kautempatkan: apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya…” Ada hal menarik yang saya cermati dari ayat 7 di atas. Pemazmur mengatakan bahwa Tuhan membuat dia (manusia) berkuasa atas buatan tangan-Nya, segala-galanya telah diletakkan di bawah kakinya. Hal ini sesuai dengan perintah Allah kepada manusia di taman Eden untuk berkuasa atas seluruh ciptaan-Nya dan mengusahakan taman itu (Kej 2:15, 19-20). Kalau saya boleh tarik lebih jauh, hal ini juga meliputi kemampuan manusia untuk mengeksplorasi, menelaah, dan akhirnya membuat perhitungan waktu dari bintang-bintang yang ada di angkasa sehingga kita bisa mempunyai sistem waktu seperti sekarang. Cuma ya itu tadi, bahaya kalau menempatkan bintang-bintang tersebut sebagai dewa atau yang dituhankan.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Single

6

Allah kita adalah Allah yang pencemburu dan membenci segala bentuk berhala. Keluaran 34:13 mengatakan, “Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.” Nah, allah-allah lain yang dimaksud bukan saja berupa patung dewa-dewi lain, tetapi juga takhayul, primbon, dongeng nenek-nenek tua (1 Tim 4:7a), dan lain-lain. Dongeng yang dimaksud tentu bukan dongeng pengantar sebelum tidur, melainkan dongeng yang bertujuan untuk membuat kita takut dan percaya

www.majalahpearl.com

akan perkataannya, seolah-olah hidup kita ditentukan dari situ. Saya mencermati hal ini banyak sekali terjadi di kebudayaan Chinese yang penuh dengan petuah dan pantanganpantangan yang sering berpatokan dengan shio, garis tangan, feng shui, dan lain-lain. Kenapa Allah tidak ingin kita mempercayai hal-hal itu? Karena Dialah yang memiliki dan membentuk kita!! Bayangkan kalau kita punya anak, kita ingin anak kita lebih percaya pada apa kata kita sebagai ortunya yang sah, atau pada omongan orang lain? Kan nyesek banget kalo kita denger anak kita ngomong, “Aaah Mama boong, kata si om ini atau tante anu ga begini kok…”


7

Allah menjamin dan berjanji bahwa Dialah jaminan hidup kita, yang mengetahui rencanganrencangan-Nya atas hidup kita (Yeremia 29:11), dan mengetahui kita luar dalam (Mazmur 139). Kita adalah milik-Nya, kepunyaan-Nya, yang dikuduskan (1 Petrus 2:9) dan dipanggil untuk turut membangun kerajaan-Nya (Mat 18:18-20).

doing free sex. Saya tetap ke gereja dan melayani. Well, pendapat saya sih, yang kecil-kecil itu bisa menjadi bukit, hehe... Kalau sudah ikut Tuhan Yesus, Dia ingin agar kita sepenuhnya menguduskan dan memisahkan diri kita dari dunia, termasuk hal-hal jinak dan ga berbahaya seperti baca zodiac ini, hehe :D. So, be wise with what you read :)

Nah, dari uraian di atas, tampaknya sudah jelas mengapa membaca zodiac bisa membawa kita secara tidak sadar untuk menjauh dari Allah :) Mungkin kita bisa berdalih, aaah kan cuma baca zodiac doang. Saya ga bunuh, ga nge-drugs or

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


The image is courtesy of https://howtoparentateen.wordpress.com/2012/01/20/self-injury-in-teens/

Marriage

www.majalahpearl.com


Okultisme Dalam

Keluarga

Written by Tantri Designed by Febe Soehardjo

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Marriage Tantri (T): “Pah, tanggal pernikahan saya nanti di bulan Agustus.” Papa (P): “Jangan tentukan sendiri tangal dan bulan pernikahan. Karena tanggal pernikahan itu nggak sembarangan, kita harus hitung hari, tanggal dan bulan yang baik.” T : “Bukannya semua hari yang Tuhan ciptakan itu baik, Pah?” P: “Ah kamu jangan sok tau, ikuti kata orang tua karena kamu nggak ngerti.” Lalu ditentukanlah hari pernikahanku... Itulah sedikit percakapan beda pendapat yang terjadi sewaktu sedang mempersiapkan hari pernikahan saya. Akhirnya diputuskan hari dan tanggal yang baik menurut orang tuaku, supaya tidak terjadi keributan di pihak keluarga. Dan hari yang ditentukan itu ternyata tidak jatuh di hari Sabtu atau Minggu seperti yang saya inginkan, sehingga teman-temanku banyak yang tidak bisa hadir. Sepertinya hal seperti ini seringkali terjadi di keluargakeluarga yang masih menganut kepercayaan yang salah. Kita sering berhadapan dengan orang-orang yang lebih mempercayai hari baik ketimbang mempercayai bahwa Tuhan menciptakan semua hari itu baik. Firman Tuhan katakan bahwa semua yang diciptakan-Nya itu baik, termasuk hari Senin-Minggu adalah hari baik. Kita tidak perlu mencari ‘orang pintar’ untuk mencari tahu kapan sebaiknya kita melakukan acara ini dan itu, atau kapan sebaiknya kita melangsungkan pernikahan kita. Yang seharusnya lebih menjadi pertimbangan adalah apakah acara yang kita lakukan bisa dihadiri oleh orang-orang yang berkepentingan, apakah bentrok dengan jadwal yang lain dan sebagainya.

www.majalahpearl.com


The image is courtesy of http://www.weddingchristian.com/2012/12-weeks-are-you-crazy/

Akhirnya diputuskan hari dan tanggal yang baik menurut orang tuaku, supaya tidak terjadi keributan di pihak keluarga.

Terakhir saya mendengar cerita dari sepupu saya tentang tetangganya, seorang ibu berusia 35 tahun yang meninggal karena penyakit kaki bengkak dan dalam kondisi perut membesar. Kebetulan sebelum meninggal, saya sempat menjenguk si ibu ini. Dan yang bersangkutan sempat bercerita bahwa sakit yang dialami adalah karena diguna-guna dan bayi yang dalam kandungan, yang saat itu berusia 6 bulan, menghilang karena diambil yang punya. Jadi menurut cerita, ibu ini sudah memiliki seorang anak perempuan berusia 13 tahun, tapi dia sangat menginginkan untuk memiliki anak kedua dengan jenis kelamin laki-laki. Karena

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Marriage keinginan dia ini, si ibu sampai pergi ke ‘orang pintar’ untuk minta tolong bagaimana caranya supaya dia bisa hamil lagi. Lalu orang pintar itu mengambil janin dari perempuan lain yang sedang hamil untuk dimasukkan dalam kandungan ibu ini. Ketika saya mendengar cerita ini, saya menyesal tidak banyak mengobrol dengannya karena waktu yang terbatas. Dan ketika mengetahui bahwa ibu ini meninggal, hati saya tersentak, “Ya ampuunn, untuk memperoleh keturunan, kenapa kok menggunakan cara yang seperti itu? Kenapa dia nggak percaya kuasa Tuhan? Bahwa Tuhan yang berdaulat memberikan keturunan kepadanya. Tapi malah pergi ke ‘orang pintar’ yang melakukan cara curang seperti itu. Karena firman Tuhan katakan, “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!” Belum lama ini juga tetangga saya, yang mempunyai anak berusia 5 bulan lebih muda dari anak saya, bercerita bahwa kondisi anaknya saat ini belum bisa jalan, belum bisa bicara, rewel terus dan sakitsakitan terus karena diguna-guna oleh saingan bisnisnya. Ketika dia bercerita pada saya, saya berusaha untuk mendengar dan mencoba mengerti serta menempatkan diri pada posisinya. Belajar dengan simpatik mendengar keluh kesahnya, tentang bagaimana dia pergi ke ‘orang pintar’ (lagilagi orang pintar yang diandalkan). Tindakan yang

“Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan!” www.majalahpearl.com


dilakukan orang pintar yang didatangi adalah mengobati anaknya dan mengatakan bahwa dari kaki dan dengkul anaknya keluar banyak paku, itu yang membuat anaknya tidak bisa jalan padahal sudah berusia 2 tahun. Dan oleh orang pintar ini, dia disarankan untuk tidak membawa anaknya jalan-jalan ke danau (di perumahan kami ada danau yang cukup besar dijadikan tempat wisata). Orang pintar tersebut berkata bahwa sampai saat ini danau itu belum meminta korban, jadi hati-hati anak jangan dibawa ke sana apalagi menjelang maghrib. Dan setiap jam menjelang maghrib dia sudah harus berada di rumah dan di kamar supaya tidak dijadikan sasaran musuhnya lagi. Setelah beberapa kali saya mencoba mendengar dia, pada akhirnya dia bertanya pada saya, “Ibu percaya nggak ada guna-guna begitu?” Saya menjawab, “Saya percaya, tapi saya lebih percaya bahwa ada Tuhan yang di pihak saya yang menjaga dan melindungi saya.” Roma 8:31b katakan bahwa, “Jika Tuhan di pihak kita, siapakah yang dapat melawan kita?” Belakangan karena saya sering mendengar dan menemani dia, akhirnya dia terbuka pada saya bahwa dulu pada waktu anaknya berusia 1 tahun sempat masuk rumah sakit. Dokter katakan bahwa anak ini ada masalah dengan pencernaan dan harus diambil sample dari sumsum tulang belakang, diambil cairan otaknya, untuk mengetahui apa yang membuat anak ini bermasalah, karena setiap kali makan dan minum susu pasti muntah. Jadi kenyataannya anak ini bukan diguna-guna, tapi memang ada penyakit bawaan dari bayi.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Marriage Ternyata sekalipun saya tinggal di kota besar tapi saya banyak dikelilingi oleh orang yang percaya takhayul dan tidak lebih mengutamakan Tuhan. Belum lagi banyak orang yang berkata di daerah tempat saya tinggal ada tuyul, banyak keluarga yang kehilangan uang 100rb, 200rb sampai 2 jutaan. Padahal beberapa dari mereka katakan, “Rumah saya sudah saya pagari.� Saya tidak tau pasti dipagari dengan apa. Tapi ini semakin meneguhkan saya bahwa kalau bukan Tuhan yang menjagai kita, siapakah kita ini dan apa yang kita bisa perbuat. Saya tidak ada apa-apanya tanpa Tuhan. So... ini bukan waktunya untuk kita main-main dengan iman dan kepercayaan kita pada Tuhan, tapi ini waktunya untuk kita semakin mengenal Tuhan yang adalah kota benteng kita, tempat perlindungan kita, kubu pertahanan kita. Dia saja yang membuat kaki kita bisa masih tegak berdiri dan satu hal yang kita perlu adalah kita berdiri tegak di atas kebenaran dan firman Tuhan. Sering saya mendengar beberapa dari kerabat jauh saya yang belum kenal Tuhan, juga suka mencari kekayaan dengan cara mendatangi dukun atau orang pintar yang menurut mereka bisa

www.majalahpearl.com


“Jika Tuhan dipihak kita, siapakah yang dapat melawan kita?� -Roma 8:31b membuat mereka kaya, usahanya lancar dan sukses. Ada harga yang mereka harus bayar untuk apa yang mereka dapatkan dari dukun yang mereka cari, membayar dengan harga yang tidak murah, dan tidak jarang dari mereka harus mengorbankan anggota keluarga mereka sendiri. Mendengar kasus-kasus seperti ini membuat saya sedih, apalagi kalau ini berhubungan dengan keluarga/kerabat saya sekalipun itu kerabat jauh. Membuat saya berpikir bahwa saya memiliki banyak pekerjaan rumah untuk membawa berita kebebasan buat mereka untuk jangan lagi hidup di bawah pengaruh “orang pintar� tapi di dalam kedaulatan Tuhan. Karena Tuhan sanggup memberikan yang terbaik buat kita, anak yang di kasihi-Nya. Bayangkan Anak-Nya yang tunggal saja diberikan untuk menjadi Penebus dosa kita, apalagi yang dapat Dia tahan untuk kita? Semua yang terbaik akan diberikan untuk kita. Saya tidak takut akan apapun yang saya alami karena saya tahu ketika ada Allah di pihak saya, tidak ada yang dapat melawan saya, tidak itu kuasa jahat, tidak itu orang-orang yang punya maksud jahat terhadap saya atau apapun itu. Saya banyak belajar bahwa segala sesuatu di bawah langit ini tidak ada yang gratis, tapi harus ada tebusan dan bayaran yang mahal. Tapi di dalam Kristus, Dia sudah menanggung semuanya untuk kita.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Parenting

When kids meet OC

www.majalahpearl.com

Image courtesy of: http://www.childpsych.co.za/wp-content/uploads/2013/01/kid-watching-tv.jpg


CCULT Written by: Nelly

Designed by: Julia Rosmawi

J

aman sekarang, hal-hal takhayul dianggap cool oleh anak kecil. Liat aja Harry Potter. Ngga cuma anak kecil yang suka, tapi tante-tante, ibu-ibu, sampai nenek-nenek. Memang anak gue, Aiden, masih umur 2,5 tahun, tapi gue dan suami sudah mulai menerapkan prinsip kebenaran sejak dini, termasuk soal takhayul. Mungkin topik ini agak kontroversial. Mungkin juga ada beberapa pembaca yang berpikir, “Wah, kalau seperti ini pandangan kita sebagai orang tua terlalu radikal dan ekstrim dong.� Tapi, sebagai orang tua, kita harus memperhatikan apa yang ditonton atau dipelajari oleh anak-anak. Kita perlu ingat kalau mereka masih tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang takhayul. Bagi mereka, semuanya riil karena daya imajinasi mereka kuat. #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Parenting

Ada banyak film anak yang memberi pesan bahwa dunia takhayul itu ok,, seru, keren. Ada yang namanya setan yang baik, contohnya Casper. Casper adalah setan imut, lucu, dan tidak bisa berbuat jahat. Bagaimana dengan Harry Potter? Pembaca tau kan ini sebenarnya penuh dengan sihir (witchcraft). Sihir itu keliatan sangat asik dan seru sekali kalo di Harry Potter, betul tidak? Nah, menurut kita sebagai anak Tuhan, apakah ada yang salah dengan prinsip ini? Apa kita boleh mengagumi sihir atau berteman dengan setan baik? Memang ini hanya sebuah film, tapi betapa banyak dari kita yang bisa terinspirasi oleh film atau buku? Apalagi anak-anak kecil yang pikirannya masih sangat mudah dibentuk oleh lingkungan, termasuk film yang mereka tonton. Di keluarga gue yang kecil ini, sampai sekarang aja gue masih ngga sreg kalo Aiden nonton hal-hal yang berbau setan/mistik, mau itu setan baik atau setan imut. Sebenernya, waktu gue nonton Sesame Street, gue ngerasa ngga sreg waktu ada Drakulanya. Kalo dipikir lebih dalam, di seri itu, ada unsur dimana Drakula diperkenalkan ke anak sebagai seseorang yang bisa diajak berteman. Well, I don’t want to introduce that thought to my kid. Dari umur dini, gue pengen dia mengerti bahwa kegelapan adalah kegelapan. Ngga ada namanya setan baik.

www.majalahpearl.com

Illustration courtesy of: Nerdy Scrappers Studio


Karena kita tinggal di luar negeri, di tempat kita tinggal sekarang juga ada yang namanya perayaan Halloween. Meskipun ngga seheboh di Amrik, gue tetep geleng kepala sama budaya ini. Budaya dimana anak-anak dress up jadi setan/ monster dan segala makhluk lain yang ngga jauh-jauh dari okultisme. Kemarin, gue baru pinjem DVD Thomas and Friends dari perpus. Dari beberapa cerita di dalamnya, eh salah satunya adalah tentang Halloween. I don’t exactly know what the story is about karena gue langsung skip. Gue kaget, lho kok ada Halloween. It’s a good reminder for us parents to check movies/books/toys yang kita kasih ke anak. Aiden sempet liat bentar tuh Halloween tanpa gue sadarin. Bagian yang Halloween itu baru dimulai kira-kira kurang dari satu menit, gue lagi di dapur dan tiba-tiba denger si Thomas bilang “ghooooosssttt!!!” langsung gue turbo keluar dapur buat liat TV. Eh beneran, di TV ternyata si Thomas lagi nutupin dirinya pake selimut putih dan nakutin yg laen, plus pake lagu yang agak serem gitu. Nah, gue sangat ngga setuju kalau hal-hal seperti ini ditunjukkan ke anak kecil, apalagi anak Tuhan. Gue langsung skip bagian itu dan bilang sorry sama Aiden karena gue dengan lalai kasih liat dia begituan. Gue ngelakuin itu karena prinsip yang dibagikan oleh film setan/mistik melenceng dari Firman. Kebanyakan film setan kan bikin takut yang nonton, nah, anak kecil digituin ya pasti gampang takut. Lalu,

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Parenting

mereka akan punya pemikiran kalo setan itu menakutkan dan pantas ditakutin karena bisa menyakiti mereka. Pokoknya serem deh setan itu. Bagian ini sangat bertentangan dengan Firman. Firman intinya udah bilang, “setan itu ada di bawah kaki kita, udah dilumpuhkan Yesus. Jadi, buat apa kita takut sama mereka.� So, gue mendingan ngajarin Aiden kalo roh kita lebih besar dari segala sesuatu di dunia ini, termasuk yang namanya setan. Aiden ngga perlu takut sama yang kayak gituan. Karena itulah gue ngga setuju anak kecil dikasih nonton film yang ada hantu yang nakut-nakutin, karena mereka masih ngga ngerti. Akibatnya, roh mereka bisa nangkap hal-hal yang salah. Roh mereka yang seharusnya adalah roh yang lebih dari pemenang justru jadi roh yang penakut. Misalnya aja, anak jadi takut masuk ruangan gelap karena dia pernah liat di TV kalau ruangan gelap itu ada hantunya. Bisa juga mereka jadi takut matiin lampu buat bobok atau takut ke kamar mandi sendiri. Itu kan semuanya kebanyakan pengaruh dari entertainment termasuk film, games, dan buku.

Bagaimana dengan film/buku yang menceritakan dunia gaib itu keren, kaya Harry Potter, Casper dan lain sebagainya? Nah, Firman Tuhan intinya bilang begini...

Ulangan 18:10-12

Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.

www.majalahpearl.com

Illustration courtesy of: Nerdy Scrappers Studio


Tuh kan, udah diwanti-wanti sama Tuhan kalau kita ngga boleh berurusan ama yang namanya magic, ramalan, mantera, dll. Mau white magic kek, pink magic kek, rainbow magic kek, pokoknya Tuhan ngga suka. Termasuk yang namanya ramalan, they are actually an insult to God. God Kenapa? Karena ramalan kan bukan dari Tuhan. Ramalan tentang jodoh, rumah, dan hari rejeki itu kekejian. Lha wong Tuhan udah tulis di Firman-Nya bahwa Firman-Nya adalah mutlak. Semua hari adalah selalu hari yang baik di mata Tuhan karena Dia yang menciptakan, and every day of our lives are recorded in His book. Mana ada hari yang kurang rejeki dan hari yang lebih rejeki di mata Tuhan? Ngebahas kaya beginian, pasti ada pertanyaan begini, “Anak gue bakalan kuper dong kalo ngga boleh nonton pilem atau maen games yang lagi nge-trend sekarang. Kayak Harry Potter gitu.� Menurut gue sih boleh aja dikasih nonton atau maen game-nya, nya, tapi itu tergantung masing-masing anak, terutama dalam hal kesiapan rohnya. Kalo seumur Aiden sih udah pasti belom siap. Kalo gue boleh usul, silakan kasih liat kalo anak sudah lebih gedean dan mereka mengerti apa

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Parenting

yang mereka tonton atau mainkan. Terus, kita sebagai orang tua harus mendampingi, kasih pengertian, jelaskan prinsip-prinsip Firman. Contohnya, ada film tentang Dragon, kita bisa kasih tau, dragon is not real... Kita kasih tau jelas yang mana yang nyata dan mana yang bikin-bikinan. Kita tekankan kalau yang di Alkitab itu riil. Tokoh-tokoh yang di Alkitab itulah yang nyata dan benar terjadi. Yang penting harus ditanam dulu prinsip Alkitabiah di dalam anak, jadi dia bisa tau yang mana yang harus disaring. Untuk itu kita sebagai orang tua harus rajin ngajarin anak tentang Firman Tuhan. Contohnya, anak Pastor gue masih umur 7 tahun waktu itu dan dia lagi liat banyak orang jalan di bawah jendela gereja. Dan tiba-tiba dia nanya gini, “Ma, orang-orang disana ada yang jahat ya kayak di filmfilm?” Pastor gue bilang, “Iya.” Lalu anak ini lanjut ngomong, “Mereka sebenarnya ngga jahat ya, Ma? Kita harus mendoakan mereka ya, Ma?” Nah loh, keren kan anak kecil udah punya pengertian seperti itu. Inilah maksudnya kita harus menanamkan prinsip-prinsip Alkitabiah yang kuat di dalam diri anak supaya mereka

dengan sendirinya bisa mengerti dan memberi respon yang benar. Baru kalo kita merasa anak kita sudah siap, boleh kita ekspose pelanpelan dengan entertainment yang mengandung hal-hal gaib, but still with our guidance of coz. Nah, penting banget kita saring game atau film yang ditonton anakanak kita. It’s a reminder for me too. Kalo perlu tonton dulu atau mainin dulu hiburan yang akan dikonsumsi anak supaya kita bisa seleksi. Gue liat tuh ada anak umur sembilan taon yang maen game shooting di iPad, dan so bloody, darah muncrat ke mana-mana, ada monster yang makan orang sampe darah muncrat gitu. Gue sih ngga sreg liatnya. Gue juga ngga mau Aiden maen begituan di umur segitu. So, it also depends on the conviction that the Holy Spirit gives you as their parents. Untuk itu, kita harus peka sama suara-Nya. Jadi orang tua emang kita perlu dilatih untuk bener-bener rajin denger-

www.majalahpearl.com

Illustration courtesy of: Nerdy Scrappers Studio


dengeran sama Dia. Bagaimanapun kita bukan orang tua yang sempurna, bisa aja kita kecolongan. Tapi gue percaya, saat kita peka sama Tuhan, pasti kita denger arahan-Nya: mana yang baik buat anak kita, mana yang ngga sesuai, dan mana yang belum waktunya. Gue tidak menentang game yang mengandung takhayul. Malah sebenarnya gue suka banget maen game hehehe. Gue fansnya Final Fantasy, kalo ada pembaca yang tau. Gue maen dari seri 7 sampe 10. Keren banget game-nya! (Sorry, intermezzo :p) Nah, gue tau ini semua takhayul. Gua juga tahu kalau selain Final Fantasy, masih banyak game yang ngajarin anak tentang hal-hal gaib. Dari gue sendiri sih, gue yang akan ngajarin Aiden maen game sealiran Final Fantasy ini. Gue yang akan ajarin dia gimana naik level, gimana upgrade

weapon hahaha. Nah, dengan begitu, gue kan juga bisa ajarin dia tentang Firman Tuhan. Gue juga bisa ajarin dia bahwa hal-hal itu semua sebenarnya ngga riil. Jadi, sangat dianjurkan kalau kita sebagai orang tua bisa terlibat dalam pengenalan anak pada hal-hal takhayul atau gaib. Kita seharusnya jadi pagar pertama yang menyaring segala bentuk hiburan yang dikonsumsi anak dan memilih mana yang bisa ditonton. Kita juga sebaiknya menyesuaikan porsinya sesuai kesiapan rohani anak dan menjelaskan kebenarannya sesuai Firman Tuhan. #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

MEMA

KECEMB TUH

Keluaran 34:14

“Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.”

Written by Mek Designed by

Tuhan adalah Allah yang cemburu, begitu kata Firman Tuhan. Mungkin awalnya kita heran dengan firman ini. Lho, bukannya di I Korintus 13:4 disebutkan kalau kasih itu tidak cemburu? Kalau begitu, apakah ini berarti Allah tidak mengasihi kita? Eits, tunggu dulu, Firman Allah itu tidak akan berkontradiksi dengan dirinya sendiri. Lha, terus gimana dong? Yuk, coba kita lihat terjemahan versi lain… Ternyata, pada versi GWV, frase ‘Allah yang cemburu’ di Keluaran 34:14 dituliskan ‘God who does not tolerate rivals’. Sementara itu, kata ‘cemburu’ pada I Korintus 13:4 berbicara tentang ‘envy’ atau perasaan iri hati, seperti yang dituliskan pada beberapa terjemahan seperti NKJV, BBE dan NET. Misalnya, kalau kita mengasihi mama kita, kita tidak akan iri melihat mama teman kita yang lebih kaya atau lebih cantik. So, girls, meskipun kedua ayat tadi sama-sama memakai kata cemburu, they actually speak about two different things ;) Lalu, kenapa sih Allah pake cemburu-cemburuan segala. Keluaran 34:14 menjelaskan hal ini.

www.majalahpearl.com


AHAMI

BURUAN HAN

kar A. Pradipta Veri Eden

“Karena kamu harus menyembah hanya Yahweh saja, bukan allah-allah lain, karena hanya Dialah Allah, yang menuntut kesetiaan dan pengabdian yang sepenuhnya.” (FAYH)

“Jangan menyembah ilah lain, sebab Aku TUHAN, adalah Allah yang tak mau disamakan dengan apa pun.” (BIS) That’s the reason, girls. Karena hanya Dialah Allah, the one and only God. Kita diciptakan oleh Allah dan untuk Allah. Dia Allah yang berhak menerima kesetiaan dan pengabdian yang penuh. Cemburu-Nya timbul untuk mempertahankan nama-Nya yang kudus (Yehezkiel 39:25).

Jika kita melihat seluruh ayat di Alkitab yang bicara tentang kecemburuan Allah, ternyata sebagian besar berkaitan dengan okultisme, terutama penyembahan berhala. Dalam Ulangan 32:16-17, dikatakan bahwa sakit hati Allah timbul karena umat-Nya menyembah allah asing, para dewa kekejian. Mereka mempersembahkan korban kepada roh-roh jahat yang bukan Allah, kepada allah yang tidak mereka kenal. Mazmur 27:58 juga mengatakan hal yang sama, hati Allah tersakiti ketika umat-Nya membangun bukit-bukit pengorbanan dan menyembah patung-patung. Jadi, siapa bilang okultisme adalah masalah kecil? Okultisme adalah kejahatan di mata Tuhan (I Raja-Raja 14:22). Bahkan, Tuhan menganggap okultisme sebagai kelakuan yang busuk (Ulangan 4:16). Okultisme adalah dosa dan dosa mendatangkan hukuman. Mau tahu apa yang Allah lakukan ketika Dia cemburu? #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

Yehezkiel 5:13 Aku akan melampiaskan murka-Ku kepada mereka, sehingga hati-Ku yang panas tenang kembali dan Aku merasa puas; dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN yang mengatakannya di dalam cemburu-Ku, tatkala Aku melampiaskan amarah-Ku kepada mereka. Wah, ternyata Firman Tuhan jelas mengatakan bahwa cemburu Tuhan membangkitkan murka-Nya. Kita semua pasti sudah tahu apa yang mungkin terjadi kalau Tuhan mulai murka. Allah dengan kuasa-Nya yang dahsyat itu sanggup melakukan apa saja. Siapa kita sehingga berani membangkitkan murka Allah? Girls, memang dalam Perjanjian Lama kita akan menemukan bahwa kecemburuan Allah itu seperti api yang menghanguskan (Mazmur 79:5), sesuatu yang menyeramkan. Tapi, Perjanjian Baru memberikan gambaran yang melengkapinya. Bicara tentang cemburunya Allah, Rasul Paulus menggambarkannya sebagai cemburu yang ilahi (II Korintus 11:2). You know what, kata cemburu yang ilahi ini, ditulis dengan berbagai istilah. Jika kita membaca ayat ini dalam berbagai versi, kita akan menemukan istilah:

Rindu

Perhatian

Cemas

Care

Protective

(BIS)

(FAYH)

(WBTC)

(The Message)

(NET)

Terjemahan Philips bahkan menyebut cemburu jenis ini sebagai

cemburu yang benar (the right sort of jealousy).

www.majalahpearl.com


Yehezkiel 16:42 Demikianlah Aku melampiaskan murka-Ku kepadamu sehingga cemburu-Ku kepadamu reda kembali; barulah Aku merasa tenang dan tidak sakit hati lagi.

Membaca gambaran Paulus tentang cemburu yang ilahi itu, kita bisa merasakan bahwa kecemburuan Allah adalah ekspresi kasih-Nya kepada kita. Dia cemburu karena Dia selalu ingin bersama kita. Dia cemburu karena Dia sangat memperhatikan kita. Cemburu-Nya adalah cemburu yang memberikan perlindungan. Dia tahu bahwa allah-allah lain tidak akan memperlakukan kita sebaik Dia. Mungkin awalnya mereka memberikan apa yang kita mau: kekayaan, popularitas, atau keamanan. Tapi, pada akhirnya mereka akan mulai mengambil apa yang kita miliki sebagai gantinya. Bandingkan dengan penebusan yang diberikan Kristus secara gratis, hanya karena anugerah semata. Bandingkan dengan janji-janji indah yang penggenapannya Ia jamin dengan kesetiaan-Nya. Ternyata, memahami cemburu Tuhan membuat kita semakin mengerti cinta-Nya. Juga membuat kita menyadari bahwa kita dicintai. Kalau seperti ini, masihkah kita terus menyakiti hati Allah dan membuat-Nya cemburu?

1Kor 10:22 “Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?�

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

OCCULT in Our

www.majalahpearl.com


TISM r Daily Life Written by: Yans P.D. Pattiwael

s

Designed by: Julia Rosmawi

antet, pesugihan, guna-guna, susuk‌ Cerita-cerita tentang ini selalu menarik buat saya. Walaupun agak ngeri, tapi saya selalu ingin dengar. Mungkin karena berkaitan dengan dunia roh, yang kasat mata, makanya jadi penasaran ;) Menarik melihat bagaimana mereka terlibat di dalamnya, hal apa yang mereka alami, lalu bagaimana mereka bisa bertobat. Yang saya liat, orang-orang yang terjun di sana adalah orangorang yang nekat. Mereka berani bayar harga, jalani beragam persyaratan dan pantangan walaupun aneh dan gak masuk akal. Karena itu tadi sih yah, berhubungan dengan dunia roh. Mandi kembang jam 12 malam, menari-nari di bawah bulan purnama, semedi dan puasa di gunung berharihari. Belum lagi soal tumbal yang harus mereka bayar. Isssh... saya dengernya aja uda ngeri! Tapi karena uda nekat itulah, apapun dijalani. Gak #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional peduli apakah itu dosa atau nggak. Menyakiti hati Tuhan atau nggak. Mungkin sih terpikir kalau itu dosa tapi tetap jalan terus. Dasarnya, karena mereka juga gak punya hubungan sama Tuhan yang dalam. Nah, kamu sendiri kalau menghadapi kebuntuan, kira-kira bisa gak yah terjerumus dalam lembah okultisme ini? Hmm, saya yakin sih sebagian besar dari kita pasti akan menjawab, “ENGGAK!!!” Tapi girls, sebenarnya okultisme banyak kali sudah masuk dalam kehidupan seseorang tanpa si orang tersebut menyadarinya. Loh kok bisa? Okultisme itu gak terbatas sama hal-hal yang kelihatannya “hitam”. Ia dibungkus sedemikian rupa, masuk dalam ranah kehidupan sehari-hari sehingga menjadi suatu hal yang normal/biasa. Tanpa sadar si orang tersebut ternyata uda terikat sama kuasa iblis. Kita gak mau dong sampai kejebak gitu? Makanya, yuk kita kenali betul si okultisme ini. Mulai dari asal katanya dulu yah. Bahasa Inggrisnya okultisme adalah “occult”, berasal dari bahasa latin “occultus” yang artinya tersembunyi, rahasia, disembunyikan, atau tidak diungkapkan. “Isme” sendiri artinya paham, ajaran atau doktrin. Jadi okultisme adalah paham/ajaran/doktrin tentang hal-hal yang tersembunyi, rahasia, disembunyikan atau tidak diungkapkan. Prinsipnya, orang yang melakukan prakek okultisme adalah mereka yang memiliki atau menaruh kepercayaan terhadap hal-hal yang sifatnya tersembunyi, yang gaib, yang di luar kebenaran Firman Tuhan.

www.majalahpearl.com


Langsung aja yaa.. Berikut ini adalah contoh dari praktek-praktek okultisme dalam kehidupan sehari-hari, yang seringkali dianggap hal yang “biasa�.

1

Tahayul

Kepercayaan terhadap angka. Ada orang-orang

yang sengaja menghindar untuk pakai angka tertentu, dan lebih memilih untuk pakai angka yang lain. Padahal semua angka sama aja toh? Gak ada yang namanya bawa sial atau bawa keberuntungan. Bicara soal angka ini, saya pernah menemukan suatu hal yang buat saya gak masuk akal. Sebuah gedung bertingkat yang saya datangi ternyata gak ada lantai 4 dan 13-nya. Dua nomor ini diskip. Saya heran juga waktu lihat itu. Gedungnya modern. Pasti dibuat juga oleh orang berpendidikan. Tapi ternyata masih percaya sama yang beginian.

Foto bertiga. Masih ada gak yang takut untuk foto ganjil

begini? Hehe.. Saya pernah punya pengalaman loh. Waktu itu saya uda berpose di depan kamera bareng dengan 2 teman. Nah, 1 orang ibu berusaha untuk atur posisi kami, kasih instruksi tapi gak jelas gitu. Ribet banget pokoknya. Kami baru mudeng belakangan kalau si ibu ini ternyata mau bilang supaya kami gak foto bertiga. Mitosnya, yang di tengah bakal meninggal. Wakakak, gak ada yang ngerti maksudnya, sampai ketika si ibu ini narik 1 orang lain untuk foto bareng kami :D

Kepercayaan seputar perempuan hamil. Orang hamil gak boleh menyakiti binatang/berkata-kata kasar. Ini sih bukan cuma harus dihindari sama orang hamil. Ya gak? Tapi nyatanya, sadar gak sadar, banyak loh perempuan yang (lebih) menjaga dirinya pada saat hamil. Menjaga sikap, menjaga perkataan karena takut

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional ketimpa balik ke bayinya. Sikap ini sih sama sekali gak sesuai dengan kebenaran. Kalau seseorang menjaga dirinya dengan dasar ketakutan-ketakutan yang macam ini, tentu jadinya sudah masuk ke dalam praktek okultisme.

Berat nama. Pernah dengar istilah ini? Ada kepercayaan

kalau anak yang sakit-sakitan bisa jadi penyebabnya karena keberatan nama. Nama anak tersebut harus diganti, biasanya dengan yang lebih simple. Misalnya, kalau sebelumnya anak ini punya nama “Christinson� maka harus diganti dengan yang lebih ringan menjadi “Anto�. Hmmm, kamu kenal orang tua yang pernah melakukan ini? Atau mungkin kamu termasuk dari mereka yang kecilnya dulu diganti nama juga?

Dilangkahi menikah. Ada loh kepercayaan kalau seorang adik mendahului kakak perempuannya menikah, nanti yang kakak perempuannya bisa jadi perawan tua. Hayo, ada gak yang takut untuk didahului menikah karena alasan ini? Hehe.. Masih banyak tahayul-tahayul lainnya. Kamu sendiri juga bisa sebutin apa-apa saja. Pertanyaannya, di antara yang kamu tahu itu ada nggak yang uda masuk dalam hidup kamu? Cara ceknya begini. Kita gak tahu asal usulnya dari mana, tapi takut untuk melanggarnya. Girls, waktu kita punya (sedikit aja) kekuatiran tentang itu, kita uda jadi penganut okultisme juga loh. Yuk, kita cek. Ada gak yah kekuatiran-kekuatiran macam ini di hidup kita?

www.majalahpearl.com


2

Spiritisme

Roh orang mati. Salah satu anggota keluargamu meninggal

lalu kamu merasa bahwa jiwanya “masih ada dan beraktivitas seperti biasa� sampai 40 hari ke depan. Ini adalah jenis okultisme lainnya yang dikemas iblis dengan rapi. Dan akhirnya, banyak juga aktivitas/tradisi yang biasa dilakukan menyangkut ini. Sampai-sampai, ada dari mereka yang percaya bahwa orang mati masih bisa berkomunikasi dengan cara-cara tertentu.

Pengobatan alternatif. Hati-hati juga dengan aktivitas yang satu ini. Kita perlu cek apakah pengobatan alternatif yang akan didatangi menggunakan kekuatan mistis atau murni pengobatan dengan teknik yang memang terpercaya. Salahsalah, kita bisa terjebak di sana.

3

Ramalan

Gimana sikap kamu waktu mau dibaca (baca=ramal) seseorang yang punya kemampuan untuk tahu bagaimana kepribadian kamu dan kehidupan kamu di masa depan? Tergiur gak? Ingat, okultisme adalah kepercayaan terhadap hal-hal yang rahasia/ disembunyikan/gaib. Kalau ingin tahu soal beginian, lebih baik datang ke Tuhan aja dan tanya langsung ke Dia.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

4

Jimat

“Wahh, saya mah gak punya jimat. Saya gak percaya sama gituan..”, ini mungkin statement kita kalau ditanya soal jimat. Nah, di bawah ini adalah contoh-contoh jimat dalam kehidupan sehari-hari:

Yang dipakaikan ke tubuh. Misalnya: baju, gesper, cincin, kalung. Bukan hanya karena diisi oleh kekuatan mistis maka benda itu disebut dengan jimat. Waktu kita merasa suatu barang dapat membawa keberuntungan/berkah/ semacamnya, itu juga disebut dengan jimat. Yang terdiri dari air. Misalnya: air yang diperoleh dari orang/suatu tempat, yang dipercaya memiliki kekuatan tertentu. Yang terbuat dari minyak. Misalnya: minyak yang diperoleh dari dukun, guru, atau bahkan bisa juga dari Pendeta, yang dianggap memiliki kekuatan/dapat diandalkan untuk menyembuhkan. Ada banyak lagi sebenarnya praktek okultisme yang masuk ke dalam kehidupan sehari-hari dan sudah cenderung dianggap biasa. Prinsipnya, kita harus peka. Jadikan firman sebagai standart kebenaran, maka kita pasti akan luput dari tipuan iblis yang satu ini. Dan yang paling penting juga adalah berani untuk berkata tidak. “Menghormati tradisi...” “Seru-seruan!” “Ikutin aja, gak ada ruginya kok!” Pembelaan-pembelaan macam ini harus dibuang. Waktu alarm uda bunyi (baca=Roh Kudus), belajar yuk untuk taat!

www.majalahpearl.com


“Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan,kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah.�

(Efesus 6:14-17)

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

MENGU

YAN

TERSEM

Written by G Designed by

Ketika kita mendengar kata “okultisme”, biasanya yang terbersit di pikiran adalah... setan. Reputasi itu bukan tanpa sebab, karena banyak orang yang terlibat dalam okultisme akhirnya memang benar-benar terjerat oleh setan. Aku masih ingat waktu aku kecil aku pernah membaca sebuah buku yang di halaman pendahuluannya terdapat kalimat, “Jika hendak membaca buku ini, berdoalah dahulu minta perlindungan darah Yesus dari kepala sampai kaki Anda, karena buku ini mengungkap pekerjaan Iblis.” Menyeramkan sekali. Namun sebenarnya tidak ada yang perlu kita takutkan. Istilah “okultisme” berasal dari bahasa Latin occultus, yang artinya pengetahuan tentang yang tersembunyi1, dan dengan demikian cakupan okultisme menjadi sangat luas. Antonim dari okultisme adalah

www.majalahpearl.com

pengetahuan tentang hal-hal yang dinyatakan, yaitu ilmu pengetahuan. Satanisme sendiri adalah salah satu cabang dari okultisme. Dalam dunia barat okultisme mengambil berbagai macam bentuk seperti sihir, alchemy (perpaduan sihir dengan ilmu pengetahuan), perdukunan (witchcraft), komunikasi dengan arwah, praktek paranormal, dan sebagainya. Beberapa praktisi kegiatan-kegiatan tersebut memang benar-benar melibatkan diri dengan setan, namun banyak juga yang tidak. Sekali lagi, praktek-praktek tersebut terjadi karena manusia memiliki kerinduan untuk memahami hal-hal yang tersembunyi, yang mereka tahu tidak dapat dijangkau dengan ilmu pengetahuan saja. 1) Sumber dari http://en.wikipedia.org/wiki/Occult, diakses pada 23 Agustus 2013.


UNGKAP

NG

MBUNYI

Glory Ekasari Veri Eden

Berbeda dengan dunia Barat yang mencampuradukkan ilmu pengetahuan dengan okultisme, dunia Timur adalah gudangnya superstitious (takhayul). Banyak orang di Asia, mungkin termasuk anggota keluarga kita—atau bahkan kita sendiri, percaya dengan segala sesuatu yang tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat. Asia sangat terpengaruh dengan animisme dan spiritualisme. Animisme adalah keyakinan bahwa benda-benda alam (batu, pohon, gua, dsb) memiliki roh di dalamnya yang harus dihormati oleh manusia supaya roh-roh itu tidak mengganggu manusia dan justru membantunya. Spiritualisme adalah

usaha komunikasi dengan arwah orang mati. Di Indonesia praktek animisme dan spiritualisme cukup banyak, namun bila kita pergi ke Asia Timur seperti Jepang, kita akan menemui lebih banyak lagi praktek perdukunan maupun pemanggil arwah secara terang-terangan. Ditambah lagi berbagai tabu dan aturan Feng Shui serta kearifan lokal yang tersebar di mana-mana. Berbagai adat dan ritual juga mengikuti praktek okultisme di Asia, terutama dalam hal kematian. Taiwan contohnya. Kematian yang natural bagi seseorang adalah kematian karena usia tua. Apabila seseorang meninggal karena bunuh diri, tenggelam, atau penyebab lain yang tidak wajar, upacara pembebasan arwah harus dilakukan baginya. Misalnya apabila seseorang meninggal karena gantung diri, seorang pendeta Tao akan

img src: http://etc.usf.edu/clipart/86500/86538/86538_spider-web-border.htm

Okultisme di Dunia Timur

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional pada umumnya terhadap pohon besar seperti pohon beringin, yang diyakini punya “penunggu”. Ini semua adalah bentuk okultisme dalam hidup sehari-hari.

diminta mengadakan upacara “melepaskan tali” (脫索, tuōsuǒ).2 National Geographic Channel pernah secara khusus menayangkan acara3 berisi kisah upacara kematian dan pemanggilan arwah di negara yang terkenal dengan kebiasaan para politisinya untuk berkonsultasi pada peramal ini.4 Di Indonesia sendiri berbagai takhayul masih santer kita temui dalam hidup sehari-hari. Suatu kali saudara saya merebus biji nangka setelah selesai makan buahnya. Ketika saya tanya untuk apa biji itu direbus, katanya, “Kalau langsung dibuang tanpa direbus, biji nangka bisa mengundang setan masuk ke rumah!” Lalu ada lagi kenalan saya yang lain, yang pergi ke dukun untuk mencari tahu siapa selingkuhan suaminya. Ada juga teman yang berkata bahwa orang tuanya sering bertengkar karena mereka beda usia enam tahun, sebuah tabu dalam tradisi orang Chinese. Belum lagi ketakutan orang Indonesia

Agama animisme di Indonesia juga masih eksis hingga saat ini. Kepercayaan alukta di Tana Toraja memiliki mitos penciptaan dunia oleh Puang Matua, dengan filosofi animis. Orang yang meninggal baru akan sempurna dan mencapai puya (dunia arwah) jika diritualkan melalui upacara kematian, dengan syarat dalam hidupnya manusia harus berguna bagi sesamanya dan bagi alam. Bila yang meninggal adalah bayi yang belum bisa berkontribusi bagi siapapun, bayi tersebut dikuburkan di dalam liang pohon hidup. Dengan demikian bayi itu melepaskan arwahnya ke dalam pohon dan mendukung kehidupan pohon itu, sehingga arwahnya kelak dapat terbebas.5 Mitos dan ritual seperti ini bukan hanya milik tanah Sulawesi, namun juga Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan pulau-pulau lain di negara kita.

?

kamu pocong? 2) Sumber dari http://taiwanpedia.culture.tw/en/content?ID=4463, diakses pada 23 Agustus 2013. 3) Acara tersebut adalah Spirit Talk yang diproduksi tahun 2005. http://natgeodigitalsignage.com/film/1422/spirit-talk 4) Sumber dari http://www.atimes.com/atimes/China/MI15Ad01.html, diakses pada 23 Agustus 2013. 5) Sumber dari KOMPAS 24 Agustus 2013.

www.majalahpearl.com


Bagaimana Paulus Menanggapi Berbagai Bentuk Okultisme Dalam Jemaat Pada zaman Perjanjian Baru, sebuah gerakan bernama Gnostikisme (gnosticism) merambah ke dalam gereja dan menjadi tantangan tersendiri bagi jemaat. Berbagai bentuk ajaran yang namanya berasal dari kata gnosis (artinya “pengetahuan”) ini memiliki tujuan yang sama, yaitu menemukan pengetahuan atau hikmat yang tersembunyi. Para penganutnya merasa bahwa dibalik ajaran kepercayaan pada waktu itu (termasuk Kekristenan) ada misteri yang dapat membuat mereka “naik tingkat” lebih jauh dibandingkan orang-orang lain yang menerima ajaran tersebut begitu saja. Berdasarkan konsep ini muncullah berbagai teori yang akhirnya dicap sebagai ajaran sesat dalam Kekristenan. Jemaat Galatia adalah salah satu contoh jemaat yang ditegur keras oleh Paulus karena ketakutan mereka terhadap berbagai mitos dan tabu yang disebarkan oleh para penyesat. Paulus menghardik mereka, “Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu?” (Gal 3:1). Ternyata orang-orang Galatia terpengaruh dengan tabu tentang hari baik (4:10) dan takut terhadap roh halus (4:8-9), dan percaya bahwa ada hal-hal yang harus mereka lakukan agar dapat diselamatkan (3:2-3), padahal mereka telah menerima Injil Kristus! Sebelum bicara tentang benar-salah, Paulus memarahi mereka karena perbuatan mereka itu bodoh.

Animisme adalah keyakinan bahwa benda benda alam (batu, pohon, gua, dsb) memiliki roh di dalamnya yang harus dihormati oleh manusia

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

Lalu apa yang menjadi “misteri” bagi orang-orang Kristen? Adakah “pemahaman yang lebih tinggi” di dalam Kekristenan? Paulus menjawab jemaat Galatia dengan sebuah pertanyaan retoris: “Bukankah Kristus Yesus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?” (3:1). Ya, kasih Allah kepada musuh-musuh-Nya, yaitu orang-orang berdosa, yang nyata melalui salib Yesus adalah misteri terbesar. Di dalam Dia, kita beroleh kemerdekaan dari dosa, hukuman, dan segala ketakutan, dan kita tidak akan pernah tahu mengapa Dia sedemikian mengasihi kita.

Jemaat lain yang ditegur oleh Paulus adalah jemaat Korintus, yang terkenal dengan kesukaan mereka terhadap hikmat (sophia). Bangsa Yunani sangat mengagungkan hikmat, dan sepertinya beberapa anggota jemaat Korintus merasa bahwa pemberitaan tentang Yesus Kristus terlalu sederhana. Paulus menegaskan kepada mereka, “Yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya” (I Kor. 2:7-8). Selanjutnya, ia menegaskan bahwa orang-orang yang memiliki Roh

“. . . rahasia yang tersembunyi dari abad ke tetapi yang sekarang dinyatakan kepad yaitu: Kristus ada di teng Kristus yang adalah penghara

www.majalahpearl.com


Allah memahami misteri itu, karena Roh Allah mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran Allah. Yang lebih hebat lagi, Roh Allah adalah janji-Nya kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Jadi, apabila rahasia ajaran-ajaran dunia bersifat eksklusif dan hanya bisa didapatkan orang-orang tertentu yang sungguh-sungguh mendalaminya—yang biasa disebut “orang pintar”—dan okultisme berkembang karena manusia ingin membongkar rahasia-rahasia itu, rahasia Kristus justru inklusif dan akan dinyatakan kepada semua orang yang memberi diri mereka bagi-Nya.Kepada

jemaat Efesus Paulus menegaskan lagi bahwa rahasia Allah adalah kasih dan panggilan-Nya bagi semua manusia dari semua ras dan bangsa; dan kita dapat merasakan haru dari hatinya ketika ia berkata, “Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah” (Ef. 3:18-19).

e abad dan dari turunan ke turunan, da orang-orang kudus-Nya. . . gah-tengah kamu, apan akan kemuliaan!” Kolose 1:25-27

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

Serba-Serbi

Okultism Written by: Priskila Dewi Setyawan Designed by: Julia Rosmawi

www.majalahpearl.com www www.majalahpearl. com

Vector courtesy of: http://www.shutterstock.com/pic-113087425/stock-vector-vintage-ghoulish-jack-o-laterns.html


me

Halo, saat ini aku ingin membagikan tentang

okultisme yang aku rangkum dari seminar okultisme dan sebuah siaran rohani di radio Immanuel Solo oleh Bapak Gunawan Sri Haryono...

Prinsip Penting

Allah tidak mau diduakan. Tuhan ingin kita setia. Dia mau orang percaya menyembah dan menyerahkan hidup hanya kepada-Nya. Ulangan 5:7 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Ulangan 5:8 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

DeďŹ nisi dan bentuk Okultisme Okultisme dapat didefinisikan sebagai hubungan dengan iblis dan penyembahan berhala dengan segala bentuknya.

1

Spiritisme

yaitu komunikasi dengan roh. Ayat yang menentang hal ini ada di dalam Imamat 19:31 dan Imamat 20:6.

Imamat 19:31 Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal; janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka; Akulah TUHAN, Allahmu.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional Imamat 20:6 Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah dengan bertanya kepada mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya. Di Indonesia, praktek seperti ini banyak dilakukan bahkan dalam bentuk upacara-upacara tradisional. Contohnya seperti upacara menyembah roh khusus penunggu di pantai/tempat-tempat lain, selamatan kematian, doa lewat perantaraan orang mati, panggil jailangkung/hantu, dan lain-lain.

2

Ramalan

yaitu praktek melihat masa lalu, masa kini dan masa depan dengan sumber di luar Tuhan. Hal tersebut dilarang oleh Firman Tuhan di Ulangan 18:14 Sebab bangsa-bangsa yang daerahnya akan kaududuki ini mendengarkan kepada peramal atau petenung, tetapi engkau ini tidak diizinkan TUHAN, Allahmu, melakukan yang demikian. Imamat 19:26 Janganlah kamu makan sesuatu yang darahnya masih ada. Janganlah kamu melakukan telaah atau ramalan.

3

Contoh: percaya pada zodiak, shio, ramalan garis tangan, dan lain-lain.

Ilmu kesaktian

misalnya kekuatan yang melampui kekuatan biasa yang didapatkan dengan membangkitkan kekuatan di dalam diri maupun dengan menggunakan mantra. Contoh: ilmu tenaga dalam dan kebatinan.

www.majalahpearl.com

Illustration courtesy of: Nerdy Scrappers Studio


4

Jimat

yaitu benda yang dipercaya punya kekuatan supranatural. Contoh: patung pelindung rumah, air suci, patung/gambar hewan/dewa yang disembah banyak orang di berbagai tempat/negara (leak, naga, dan lain-lain). Selain itu, ada jimat Kristen juga yaitu salib, roti dan anggur Perjamuan Kudus. Contoh: dengan membawa roti dan anggur Perjamuan Kudus buat disimpan di rumah supaya kamu sembuh/sukses, itu termasuk okultisme. Roti dan anggur itu hanya lambang tubuh dan darah pengorbanan Kristus yang kudus disalib, tidak perlu dispesialkan. Kalau minta apapun, mintalah pada Tuhan Yesus Kristus dan ikuti kehendak-Nya.

5 6

Takhayul

yaitu kepercayaan kepada hal-hal tertentu sebagai sesuatu yang berpengaruh sekalipun dasar ilmiahnya tidak jelas. Contoh: 13 dipercaya sebagai angka sial dan feng shui.

Kepercayaan dan upacara

Banyak kepercayaan dan upacara yang tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Ada berbagai kepercayaan sesat di dunia saat ini seperti teologi Mormon, Saksi Yehuwa, teologi modern, gereja setan dan lain-lain. Selain itu banyak juga kepercayaan yang bersumber pada tradisi, namun tidak sesuai dengan firman Tuhan, misalnya aliran-aliran kebatinan yang memercayai batin diri sendiri lebih daripada memercayai Tuhan.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

7

8 1

Okultisme dalam kekristenan

Praktek yang umum dalam kategori ini misalnya berpurapura mendapat karunia berbahasa roh (asal berbahasa roh), kata-kata iman (contohnya “aku akan kaya dan sembuh kalau aku percaya aku kaya dan sembuh� karena seharusnya kita tidak mengandalkan kata-kata dan keinginan diri sendiri yang menurut kita pasti akan terjadi, namun hanya mengandalkan Tuhan saja dan menyerahkan semua yang akan terjadi dalam kehendak Tuhan), ibadah palsu, dan doktrin yang salah.

Musik dan simbol sesat

Ada berbagai musik dan simbol sesat. Misalnya syair lagu dan simbol yang memuja setan/robot/diri sendiri sebagai raja yang berkuasa dan memberikan kenikmatan/kekayaan/ popularitas. Ada pula syair dan simbol yang merendahkan Kristus. Lalu lagu-lagu yang menekankan bahwa hedonisme seks bersama pacar/pelacur/minum alkohol/shopping itu lebih menyenangkan daripada beribadah pada Tuhan.

Bagaimana orang terlibat dalam okultisme? Melakukan hubungan langsung dengan kuasa gelap

Praktek ini sudah dilakukan bahkan sejak jaman Perjanjian Lama. Dalam Keluaran 20:4-5, bangsa Israel membuat patung dan menyembahnya. Dalam Ulangan 18:9-11, bangsa Israel juga mengorbankan anaknya ke dalam api, menjadi tukang tenung, peramal dan melakukan komunikasi dengan arwah. Semua hal itu adalah kekejian di mata Tuhan.

www.majalahpearl.com

2

Memiliki/menyimpan benda yg berkaitan dengan kuasa gelap

Ulangan 7:25-26 memperingatkan kita untuk tidak menyimpan patung berhala dan persembahan untuk berhala, melainkan memusnahkannya karena semua itu adalah kekejian bagi Tuhan.


3

Terlibat karena jalur keturunan leluhur

Dalam Keluaran 20:4-5 dijelaskan bahwa kutuk okultisme dapat diturunkan hingga keturunan ketiga dan keempat. Jadi kalau nenek moyang kita ikut serta dalam okultisme, kita dapat terkena kutuk okultisme juga meskipun kita tidak turut melakukan okultisme karena biasanya perjanjian okultisme itu melibatkan anak, cucu, cicit juga.

5

4

Serangan si jahat

Iblis dapat menyerang manusia dengan merasuki tubuh seseorang dan mengendalikan tubuh, jiwa, dan roh orang yang dirasukinya tersebut.

Media

Media saat ini dapat mendorong pada praktek pengidolaan atau kekaguman berlebihan terhadap sesama manusia. Teman-teman, hati-hati, jangan terlalu mengidolakan artis-artis K-Pop, J-Pop, ataupun artis-artis lain, melebihi kecintaan kita kepada Allah karena itu sama dengan penyembahan berhala. Selain itu, setiap ada lagu, simbol, acara televisi atau apapun itu, ada baiknya kita mengkaji dulu apakah hal itu sesat atau sesuai kebenaran firman Tuhan. Soalnya, banyak lagu-lagu sesat yang dibuat terselubung maknanya, supaya mereka yang menyanyikannya memuja Iblis tanpa sadar. Misalnya, lagu asing yang kita tidak pahami artinya dan kita nyanyikan karena menyukai nadanya padahal lirik lagu tersebut sebenarnya menghujat Tuhan atau memuja setan. Maka dari itu, sebelum menyanyikan suatu lagu, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa arti dari lagu tersebut.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

Akibat bagi orang yang terlibat okultisme? 1. Tidak mengalami perlindungan Allah, tidak aman (di rumah, di jalan, di kantor), contohnya sering kecelakaan, kemalingan dan lain-lain. 2. Memiliki masalah ekonomi seperti kegagalan beruntun: tidak bisa menabung namun malah terjerat hutang, uang yang dimiliki selalu habis karena banyak pengeluaran tidak terencana. 3. Menghadapi penyakit yg beruntun dalam keluarga. 4. Menghadapi masalah keluarga, contoh perselingkuhan, anakanak memberontak. 5. Menghadapi masalah rohani, hubungan dengan Allah terganggu, contoh: sulit berdoa, mengantuk kalau membaca firman atau mendengar khotbah, malas saat teduh, tidak tertarik dengan hal-hal rohani. 6. Gangguan emosi, depresi, kekacauan jiwa, misalnya mudah marah atau seks yang tidak bisa dikendalikan. 7. Memiliki masalah watak: keras kepala, dan lain-lain. 8. Melihat penampakan atau mendengar suara-suara aneh. 9. Tiba-tiba bisa kuat dan menguasai ilmu gaib tanpa belajar. 10. Kematian.

www.majalahpearl.com


Kunci Pelepasan: menyembah dan menyerahkan hidup sepenuhnya pada Yesus Kristus 1 Yohanes 3:8b Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.

Kolose 2:15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka. Ibadah dan usaha-usaha manusia tidak bisa membawa manusia pada keselamatan termasuk lepas dari iblis (hal ini dapat dilihat di Efesus 2:8-10 dan Yesaya 64:6). Tuhan Yesus menang atas penguasa dunia, iblis, dosa, dan juga maut. Hal ini dibuktikan melalui kebangkitan Kristus dari kematian dan Kristus juga berhasil mengusir iblis dalam orang yang kerasukan. Kristus yang sudah menang melawan segalanya pasti membawa kita juga menuju pada kemenangan bersama Dia. Kita memang tidak bisa menang sendiri. Hanya Kristus saja yang bisa menolong kita untuk bisa lepas dari belenggu apapun, termasuk okultisme.

Bagaimana mengalami pelepasan?

1

Harus diawali dengan kelahiran baru. Kalau belum percaya Kristus, berarti harus menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat secara pribadi, jadi hal ini tidak bisa diwakilkan melalui didoakan orang lain/Pendeta. Namun harus berdoa sendiri dengan iman. Caranya: > mengakui semua dosa secara detail dari masa lalu sampai sekarang dan sungguh-sungguh bertobat , contoh: aku pernah berbohong mengenai nilai pada ayah, lalu‌ (meyakini 1 Yoh 1:9), > mengakui Tuhan Yesus telah menyelamatkanku dari maut, dosa dan iblis sehingga aku pun bisa menang melawan apapun bersama-Nya (meyakini 1 Petrus 3: 18), > percaya dengan sungguh-sungguh dan mengundang Tuhan Yesus Kristus masuk dalam hati sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi serta menyerahkan diri seutuhnya pada Tuhan Yesus (meyakini Yohanes 1: 12), > setelah melakukan itu semua, percayalah kalau kita tidak bisa dipisahkan dari Bapa (meyakini Yoh 5:24). #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Devotional

2

Perlu ada kesadaran bahwa keterlibatan dengan okultisme adalah dosa sehingga perlu pengakuan secara khusus satu per satu bahwa semua itu adalah dosa. Mereka yang terlibat dengan okultisme perlu mengakui setiap celah yang diketahui dan minta kepekaan kepada Allah untuk bisa mengetahui keterlibatan dengan kuasa gelap khususnya kalau nenek moyang yang terlibat dan bukan diri sendiri.

3

4

Memutuskan hubungan dan perjanjian dengan kuasa gelap itu DALAM NAMA TUHAN YESUS.

Menolak akibat dan kutuk dari keterlibatan dengan kuasa gelap itu dan mengusir kuasa setan DALAM NAMA TUHAN YESUS.

www.majalahpearl.com

5

Pembakaran benda-benda dan pemutusan hubungan dengan setan. Untuk okultisme kasus rumit, terkadang perlu bantuan orang lain, butuh tim pelepasan, dan perlu waktu.


Akibat pelepasan itu sangat indah, teman-teman. Kita bisa berhubungan dengan Allah secara leluasa dan akrab karena tidak ada okultisme yang menghalangi, ada damai sejahtera dalam hati dan pikiran, kita juga dapat menikmati berkat-berkat Tuhan yang selama ini terhalang oleh kutuk. Selain itu, kita bisa mengejar pertumbuhan rohani dan watak, dan jadi berkat buat sesama kita. Dari sini aku belajar bahwa iblis memiliki berbagai strategi untuk menyebarkan ajarannya melalui artis, lagu, simbol, dan lain-lain, sampai banyak orang terikat dan menyembah setan padahal orang tersebut mungkin tidak memiliki pengetahuan tentang setan. Nah kenapa banyak di antara kita yang adalah mempelai dan anak Kristus malah tinggal diam terpaku membisu melihat dunia disesatkan tanpa bersaksi tentang Injil dan keselamatan dari Allah pada orang lain, baik yang percaya maupun yang belum percaya?! Banyak orang yang berpikir itu adalah tugas hamba Tuhan aja. Tapi itu semua adalah tugas semua orang yang diselamatkan oleh Kristus, bukan cuma sebagian saja. Tuhan telah mempercayakan tugas ini kepada kita dalam Amanat Agung-Nya. Jangan sampai kita menukar hidup kekal bersama Kristus dengan kesenangan sementara. Tetaplah mengutamakan Tuhan Yesus, percayakan hidup kita pada-Nya, dan semangat bersaksi tentang kebenaran-Nya.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism

Illustration courtesy of: Nerdy Scrappers Studio


Q and A

DELIVERAN

MINIST

Berikut adalah wawancara Majalah Pearl dengan Gi dengan G. Shalom kak G! :) Kak, saya dengar kak G p Kalau boleh, saya mau tanya beberapa hal nih...

P G

www.majalahpearl.com

Pertama, deliverance ministry itu mencakup apa saja?Dan, sejak kapan kak G melayani di bidang ini?

Ada sih dulu pelajarannya. Wah apa ya? Pelajarannya sih lupa. Gue cuma inget prakteknya aja. Tapi intinya adalah melayani orang-orang yang terikat oleh kuasa kegelapan. Gue melayani di bidang ini sejak mengalami perjumpaan dengan Tuhan secara pribadi di bulan Mei 2000.


NCE

TRY

ideon, suami dari Nelly atau yang lebih akrab disebut pelayanan di bagian deliverance ministry ya?

P G

Apakah ada persiapan khusus bagi yang terpanggil melayani di bidang ini? Misalnya kalau pelayanan di bidang musik, ada pelatihan vokal dan keyboard sebelum melayani ibadah. Apakah deliverance ministry juga ada persiapan pelatihan seperti itu? Setiap anak-anak Tuhan sebetulnya mampu untuk melakukan deliverance ministry. Sebetulnya tidak ada panggilan khusus karena Firman Tuhan mengatakan di Yohanes 1:12, “Tetapi semua orang yang menerima-Nya, diberi-Nya kuasa (dunamis = kuasa Roh Kudus) supaya menjadi anak-anak Allah.� Jadi orang-orang yang sudah menjadi anak Allah diberikan otoritas untuk mengambil semua daerah kekuasaan Iblis.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Q and A

P G

P G P G

Apakah orang yang melayani di bidang deliverance ministry, pasti punya karunia penglihatan? Terutama karunia penglihatan untuk melihat roh-roh jahat? Belom tentu. Karena setiap anak Tuhan diberi karunia Roh Kudus yang namanya karunia membedakan roh, cuma masalahnya karunia ini tidak diaktifkan. Jadi pada prinsipnya, setiap anak Tuhan harus mengaktifkan semua karunia Roh Kudus di dalam rohnya, termasuk karunia membedakan roh. Tetapi ada orang-orang yang punya karunia penglihatan secara khusus, ketika mereka mengalami perjumpaan dengan Tuhan secara pribadi.

Kalau orang sudah mengaku Kristen, apakah masih bisa kerasukan setan? Tidak. Tapi Kristen itu maksudnya Kristen yang mana dulu. Orang-orang yang benar-benar mengalami Tuhan dan rohnya diperbaharui, dia ga bisa kerasukan setan.

Pernahkah kak G melayani orang yang belum percaya Yesus yang kerasukan? Setelah pelepasan, apakah orang yang belum percaya tersebut mau menerima Yesus sebagai Juru Selamatnya? Pernah. Ada yang menerima Yesus, ada juga yang tidak.

www.majalahpearl.com


P G

Apa yang membuat orang bisa kerasukan? Dia bergaul dengan kuasa gelap/kuasa dosa. Dia mengijinkan hidupnya dipakai oleh kuasa gelap/kuasa dosa. Roh manusianya belom diperbaharui/belom lahir baru karena rohnya masih berdosa/najis. Kalau dia secara sengaja mengundang iblis masuk dalam tubuh, jiwa, rohnya. Kalau dia mengijinkan celah di dalam jiwa (pikiran, keinginan, perasaan) dan rohnya.

http://www.anchorhealingtc.com/the-healing-room/deliverance/

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Q and A

P G

Di Indonesia kan banyak tuh kepercayaan-kepercayaan terhadap dedemit, genderuwo, sundel bolong, kuntilanak, tuyul, dan lain-lain, apakah itu benar-benar ada? Sebenarnya mereka manifestasi dari iblis atau bukan, kak? Ya, itu manifestasi iblis di muka bumi. Firman Tuhan mengatakan, iblis bisa menyerupai apa pun di bumi tetapi prinsip Firman Tuhan, iblis yang seperti ini adalah iblis level rendah, yang sebenarnya tidak mempunyai kuasa apa pun. Berbeda dengan iblis yang menyerupai malaikat. Itu lebih berbahaya karena iblis ini bekerja di antara orang-orang percaya. Wah ini lebih gawat bok! Makanya ada Efesus 6 ayat 12, “ada pemerintah, ada penguasa, penghulu dunia yang gelap dan roh-roh jahat di udara.�

www.majalahpearl.com


P G

Apakah kak G bersedia membagikan cara untuk membantu orang yang kerasukan? Bukan hanya pada healing ministry, tapi saat kita lagi jalan sama teman atau melihat ada orang yang tiba-tiba kerasukan, apakah ada yang bisa kami lakukan untuk membantu orang tersebut. Jangan sampai kami malah diejek oleh roh jahat seperti kisah anak-anak Skewa (Kis 19:13-20). :) Bersedia sih, tapi ga bisa panjang-panjang ya. Pada dasarnya, prinsip Firman Tuhan, ketika Yesus mati, Dia mematahkan kuasa dosa. Ketika Yesus bangkit, Dia bermanifestasi di dalam orang-orang yang percaya lewat kuasa kebangkitan-Nya. That’s why orang yang percaya tidak mengalami kematian. Ketika dia mati secara tubuh, rohnya dibangkitkan. Ketika Yesus naik ke surga, Dia rebut daerah kekuasaan iblis, jadi dunia ini sudah dimiliki oleh Yesus. Tetapi tugas kita adalah merebut dan mendeklarasikan Yesus di setiap tempat yang dikuasai iblis. Ini prinsipnya. Jadi kita harus mengerti benar-benar prinsip Firman Tuhan karena sebelum kita melayani, syarat-syaratnya adalah: Efesus 6:10 - Akhirnya, hendaklah kamu kuat dalam Tuhan. Karena Tuhan itu kuat, Dia mau kita kuat setiap hari dan berdiri teguh di dalam kekuatan kuasa Tuhan.

A B

Manusia roh kita harus diperbaharui dari hari ke hari (Efesus 4:23), dan masih banyak lagi yang harus dipelajari. Tapi dua ini yang paling penting sebelum kita melayani. Karena kalo dibahas satu-satu, ga bakalan selesai ini wawancara.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Q and A

P G P G P G

Jika seseorang sudah pernah sekali pelepasan, apakah perlu pelepasan lagi? Mengapa? Kalo seseorang sudah dilayani pelepasan secara benar, berikutnya dia ga perlu dilayani pelepasan lagi. Bagian dia adalah tidak mengijinkan iblis kembali datang, dengan cara: lahir baru, menerima Yesus sebagai Juru Selamat dan Tuhan di hidupnya, dipenuhi Roh Kudus, dan mendeklarasikan Firman Tuhan setiap hari, maka dia ga perlu diadakan pelayanan pelepasan lagi.

Apakah kak G bisa memberikan saran buku-buku yang baik untuk dibaca mengenai deliverance ministry? Buku memang baik untuk dibaca tapi selanjutnya harus pewahyuan dari Tuhan sendiri. Jadi buku yang terbaik adalah Firman Tuhan sendiri alias Alkitab. Karena sekarang sudah terlalu banyak buku yang membuat kita bisa mengandalkan pengetahuan kita lewat buku daripada pewahyuan akan Firman Tuhan. Karena sebelum kita pelayanan pelepasan, kita melayani seorang Pribadi dulu yang namanya Yesus baru Dia bisa memberikan setiap pewahyuan untuk kita melayani pelepasan.

Adakah pesan-pesan khusus dari kak G untuk para pembaca majalah Pearl? Pesannya... ga ada karena istrinya ini yang ngetik udah ngantuk. Haha... joking (sorry, intermezzo dari Nelly, my wife). Pesannya, dekat dengan Tuhan/Firman Tuhan, dipenuhi Roh Kudus setiap hari. Kenali anugrah yang bekerja di dalam kita. Kenali dan alami kuasa salib Kristus, kuasa kebangkitan dan mandat kuasa dan otoritas yang sudah diberikan oleh Yesus setiap hari. Seberapa dalam kedalaman kita bersama Yesus, menentukan seberapa jauh kita bertindak dan mengaktifkan Firman Tuhan. Have a blessed journey with God.

www.majalahpearl.com


http://www.rejoicenow.nl/page/deliverance-ministry-heresy-exposed

Oke kak, terima kasih untuk waktu dan kesempatan berbincang-bincang dengan kak G. Semoga pelayanan kak G semakin diperluas dan semakin dipakai Tuhan untuk menjadi berkat bagi orang banyak. Tuhan Yesus memberkati.

*** #018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Q and A

N

ama saya Nancy. Saya tidak mengerti mengenai beberapa hal yang saya baca di Alkitab dan saya punya beberapa pertanyan mengenai Roh Kudus serta orang yang kerasukan roh jahat.

1 2

Setelah saya membaca Alkitab yang membahas tentang Roh Kudus di Efesus 4:30, "Jangan mendukakan Roh Kudus..." dan di Markus 3:29, "Tetapi apabila seseorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya..." Itu maksudnya berbicara kepada orang yang menolak Tuhan ato orang yang setengah hati ato luke warm ato bagaimana yah? Trus kenapa menghujat Roh Kudus tidak mendapat ampun, tapi kalo sama Tuhan sendiri gpp? Bukankah Tuhan itu penuh belas kasih dan panjang sabar (grace)? Mengenai orang yang kerasukan roh jahat, berhubung dengan dunia modern seperti sekarang ini... Apakah masih ada orang yang kerasukan setan seperti yang Alkitab jelaskan? Apakah kerasukan roh jahat itu bisa terjadi juga pada orang Kristen? Apakah orang-orang yang tertekan jiwanya seperti schizo ato seperti orang yang kelainan jiwa bisa dikategorikan seperti itu? Trus bagaimana caranya membantu orang tersebut?

www.majalahpearl.com


H

alo Nancy! Terima kasih ya sudah mengirim pertanyaan ke Majalah Pearl. Untuk menjawab pertanyaan pertama, sebenarnya kedua ayat tersebut disampaikan kepada dua forum yang berbeda. Di Efesus 4, Rasul Paulus sedang berbicara kepada jemaat di Efesus. Saat itu, kondisi jemaat Efesus adalah orang-orang yang baru percaya pada Kristus dan belum memahami benar tentang Roh Kudus. Sementara di Markus 3, Tuhan Yesus sedang berbicara kepada orang banyak yang berkerumun yang ingin mendengar perkataan Yesus. Jadi, kedua kalimat tersebut disampaikan pada zaman yang berbeda dan ditujukan untuk orang-orang yang berbeda. Sebaiknya kita membaca Alkitab secara keseluruhan dan tidak mengambil sepotong ayat saja. Allah yang nature-nya adalah kasih, memang penuh belas kasih dan panjang sabar, namun bukan berarti kita boleh menghujat Roh Kudus.

Yang kedua, orang Kristen masih bisa dibagi dua, Nancy. Orang Kristen yang sudah lahir baru atau yang hanya mengaku Kristen namun belum mengalami lahir baru? Jika orang tersebut sudah lahir baru, rohnya sudah menjadi milik Kristus. Kristus akan menjagai roh orang tersebut sehingga ia tidak akan bisa kerasukan roh jahat. Tetapi jika orang tersebut belum mengalami lahir baru (walaupun ia mengaku bahwa ia seorang Kristen yang taat dan saleh), orang tersebut bisa saja kerasukan roh jahat. Orang-orang yang schizo atau kelainan jiwa sebenarnya belum tentu kerasukan roh jahat. Seringkali, roh jahat mengganggu pikiran orang tersebut, namun tidak merasuki rohnya. Jadi, pikiran dan roh seseorang adalah dua hal yang berbeda. Kita bisa membantu orang tersebut dengan mengajaknya berbincang-bincang dan menanamkan firman Tuhan lebih dalam ke diri orang tersebut. Seringkali orang ini pikirannya lemah, belum mempunyai konsep diri yang sesuai gambar dan citra Allah sehingga bisa diganggu oleh iblis. Kita juga bisa mendoakannya agar ia dipenuhi Roh Kudus supaya di dalam hatinya, kerinduan untuk mengenal Kristus meluap-luap dan ia semakin erat dan intim dengan Kristus. Begitulah Nancy jawaban atas kedua pertanyaan kamu di atas. Semoga bisa dipahami dengan baik. Tuhan Yesus memberkati.

A

-GAnswered by Gideon

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Recipe

The image is courtesy of Marcella Flaorenzia www.majalahpearl.com


Written by Marcella Flaorenzia Designed by Febe Soehardjo

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Recipe Waktu diminta untuk masukin artikel resep ke majalah Pearl edisi kali ini, aku bingung mau pilih resep yang mana ya?! Haha... But akhirnya aku inget satu resep yang saat ini lagi jadi Popular Post nomor 1 di blog aku :) Resep makaroni panggang ini memang udah beberapa kali aku coba and mantep rasanya! Apalagi kalo makannya pake saos sambel Belibis... wuiihh... maknyuss!! (loh koq jadi promosi ya :p) Ok langsung aja yah, ini dia resepnya...

Bahan: 1 bungkus makaroni (225 gr) 50 gr mentega 50 gr bawang bombay 50 gr tepung terigu 500 cc susu 1/2 kaleng corned beef 125 gr keju parut/parmesan 100 gr daging asap potong korek api (aku ganti pake daging maling/ham) 1 sdt garam 1/2 sdt pala halus 1/2 sdt merica halus 3 butir telur dikocok sebentar

www.majalahpearl.com


The image is courtesy of Marcella Flaorenzia

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Recipe Cara membuat:

1 2 3 4 5 6 7 8

Didihkan air dengan sedikit garam, rebus makaroni sampai matang. Tiriskan, siram dengan air dingin dan beri sedikit mentega supaya tidak saling melekat. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai layu, masukkan tepung terigu aduk rata. Tuangi susu, didihkan sambil diaduk hingga licin. Masukkan corned beef, 100 gr keju parut, daging asap (maling/ham) dan makaroni, aduk rata. Bubuhkan garam, pala, dan merica, aduk dan angkat dari api. Masukkan telur campur rata. Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi margarin. Ratakan, taburi dengan sisa keju parut (aku taburin Parsley juga). Panggang dalam oven panas bersuhu 180째C selama 35 menit hingga permukaan makaroni kuning kecokelatan.

Selamat Mencoba!! www.majalahpearl.com


The image is courtesy of Marcella Flaorenzia

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


Book Review

www.majalahpearl.com


Kalau mendengar nama penulis dari buku ini, pasti yang teringat adalah pendeta yang kocak. Tak salah lagi, sama seperti buku-buku Daud Tony yang lainnya (Dunia Santet, Dunia Mantra, Dunia Ramal, dll), buku ini pun dibahas dengan gaya bahasa pak Daud yang kocak, lucu dan membuat saya banyak tertawa. Tapi itu tidak melepaskan saya dari pesan utama buku ini. Di dalamnya beliau pertama-tama mengajak kita untuk kembali berharap dan percaya kepada Tuhan. Bukan hanya kepada janji-janji-Nya atau mujizat-mujizat-Nya ataupun nubuat-nubuat-Nya. Dia mengatakan betapa salahnya orang Kristen yang hanya mengejar nubuat Allah namun bukan Allah sendiri, iblis sangat senang melihatnya. Dia pun mengulas kembali bagaimana kita sebagai seorang Kristen yang sudah selamat dan percaya kepada Kristus, kita diberi

kuasa sebagai anak-anak Allah untuk melawan iblis. Dengan perlengkapan senjata Allah yang dijelaskan di Efesus 6:10-13, kita tidak perlu takut untuk melawan serangan-serangan iblis/setan. Sebab kita punya Allah yang hidup dan oleh sebab itu, setan dapat dikalahkan. Buku ini juga mengajak kita kembali kepada Tuhan yang hidup. Karena kita sebagai manusia adalah lemah, kita butuh Tuhan. Manusia suka menganggap bahwa dirinya mampu untuk bisa melawan dunia, menolak Tuhan yang sedang memanggil. Pak Daud menegur kembali bahwa kita sangat membutuhkan Tuhan, tanpa Allah kita ini tak berdaya, diserang iblis bisa jatuh. Hanya Tuhan saja yang bisa membuat kita menang dalam peperangan rohani melawan sang iblis.

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


How to get

Connected Yuk Ikutan aktif di Majalah Pearl

1. Kirim surat pendek berisi saran, kritik, ide atau encouragement (tidak lebih dari 10 kalimat) untuk redaksi pearl. Suratmu ini nantinya akan dimuat di rubrik “suratpembaca.” 2. Kirim kesaksianmu untuk dimuat di rubric “kesaksian.” Khusus untuk rubric kesaksian ini kami memberikan tema khusus yang berbeda di setiap edisi. 3. Have some questions? Kirimkan pertanyaanmu yang akan dijawab oleh beberapa anggota tim redaksi pearl.

Mari saksikan kebaikan Tuhan dalam hidupmu :) kami mengundang teman-teman untuk mengirimkan kesaksian dengan tema “Proverbs31” Sejak menerima Tuhan, apakah adahal-hal baru (karakter, kebiasaan hidup) yang Tuhan tanamkan dalam hidupmu? Apa perubahan terbesar yang kamu alami sejak menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat yang kekal? Layangkan kesaksianmu ke majalahpearl@gmail.com (kesaksian tidak lebih dari 1halaman kertas A4 please, Thanks!)

www.majalahpearl.com


We are Looking for:

&

Graphic designer

Website designer

Please help us spread the news :) Currently we are looking graphic designer and website who are willing to use their talents, their time, and their creativity to serve the Lord. So if you are the person or you have any friends who love designing, please introduce this! Please send your sample of artworks to majalahpearl@gmail. com. And please kindly CC to viryani.kho@majalahpearl.com. Each designer will design about two or three article maximum. One article is about 2spread of A4. Which means the total you will be designing is approximately 4-6spread of A4 with the maximum time period 1week. And the website designer will help us to maintain our website :) Let’s inspire others through your design :) And Pearl magazine is free online magazine; we work willingly for God not for the money. To God be the glory :D

Find us on Facebook http://www.facebook.com/ majalahpearl

#018 (Oct 2013- Nov 2013) | Ocultism


1 Petrus 5:8

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Majalah Pearl 018  

Majalah Pearl is a free online Christian magazine for Indonesian women

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you