Issuu on Google+


2


S alam Editorial

A

da kabar gembira.....! Diawal Maret 2013 telah terbit majalah “komunikasi bisnis” yang mengusung tagline “The Heart of Makassar Metropolitan” yang hadir meramaikan media informasi yang sudah ada sebelumnya. Dalam terbitan edisi perdana ini, tim redaksi dan bisnis berusaha mencoba menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan para pembaca untuk memberikan nilai tambah dalam menjalankan aktivitasnya sehari hari. Kami tidak berjanji, tapi besar harapan kami banyak hal dapat anda dapatkan dalam majalah ini. Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi serta mendukung kami hingga bisa terbitnya majalah kebanggaan kita bersama ini. Secara umum, majalah ini kami harapkan bisa menjadi terobosan dan spirit baru ditengah bermunculannya berbagai majalah atau terbitan media sebelumnya. Sehingga dengan penyampaian informasi yang tersaji dapat memberikan manfaat, informasi dan tentunya inspirasi baru bagi para pembaca. Selain itu, profil enterpreneur, eksekutif dan tokoh inspiratif lainnya akan selalu dihadirkan dalam majalah ini, agar bisa memacu semangat persaingan yang sehat untuk bisa menggapai kesuksesan. Akhir kata, semoga dengan terbitnya majalah PMM ini, dapat menjadi sumber informasi bagi para pembaca sekaligus sebagai media komunikasi antar warga masyarakat dan pebisnis di daerah Sulawesi Selatan khususnya di Makassar. Selamat membaca.....!

CONTENTS ENTERPRENEUR Fatimah Kalla : Apoteker Yang Piawai Meracik Bisnis... (hal. 6)

EXECUTIVE Erwin Aksa : Bosowa Selalu Beradaptasi Dengan Perubahan... (hal. 8)

ULASAN Bandara Sultan Hasanuddin : Pintu Gerbang Yang Bikin Betah...(hal. 9) PT. PLN Sulselrabar : Optimis Pasokan Listrik 2013 Terpenuhi...(hal. 14) Malino oh Malino....(hal. 18) Fotografi ..(hal. 20) Pantai Losari Jadi Ikon Sulsel...(hal. 24) Industri Keuangan & Perbankan, Pilar Pertumbuhan Ekonomi...(hal. 28) Spa & Perawatan Kecantikan, Menjadi Gaya Hidup... (hal. 32)

ADVERTORIAL Royal Apartemen Makassar : Tantangan & Optimisme...(hal. 4) Multi Trading Pratama, Group : Kami Melayani Anda Membangun Indonesia...(hal. 16) Alfa Car Wash : Cara Mencuci Yang Praktis...(hal. 30) Aerotel Smile Makassar : Senyum Bukan Hanya Slogan, Tapi Dibuktikan...(hal. 34)

Hal. 6

Moh. Rusman

PANAKKUKANG

Hal. 16 Hal. 8

MAKASSAR METROPOLITAN

Pembina : Meike Bunadi | Pemimpin Umum/Perusahaan : Bang Mar | Pemimpin Redaksi : Moh. Rusman | Fotografer : Asrul Shany | Bisnis : Rafael | Marketing : Dede, Arief Budiman, A. Eka Pratiwi | Finance & Admin : Saumi Swandari | Layout & Design : www.imagistudio.com | Penerbit : CV. Artha Ajeg Agung | Alamat Redaksi/Iklan : Jl. Pengayoman Ruko Pasar Segar RB. 10 Lt. 2, Makassar Telp. 0411-5222360 | Email : redaksi.panakkukang@gmail.com & iklan.panakkukang@gmail. com | Bank : BNI 46 no. 1031358383 an. CV. Artha Ajeg Agung.

Hal. 4 Hal. 34

Hal. 18

3


4


5


Enterpreneur

Fatimah Kalla

S

iapa sangka sang nakhoda perusahaan multinasional Kalla Grup, Fatimah Kalla adalah seorang apoteker. “Surprise….juga. Saya kira tadinya bu Fatimah sarjana ekonomi, Saya baru tahu kalau dia seorang apoteker,” ujar Johny Darmawan, CEO PT Toyota Astra Motor (TAM) saat menghadiri puncak HUT ke-60 Kalla Group, di Trans Studio Makassar, 20 Oktober 2012. Memang, sejak Oktober 1999, kendali perusahaan Kalla Grup telah beralih dari Jusuf Kalla (JK) ke adiknya Fatimah Kalla sebagai Direktur Utama dan didampingi oleh Imelda Jusuf Kalla sebagai Direktur Keuangan. Di usia perusahaan yang telah menginjak usia ke-60 tahun itu, setidaknya family company ini telah berkembang pesat dengan divisi usaha utama meliputi otomotif dan pembiayaan, energi dan pembangkit listrik, divisi konstruksi dan properti, dan divisi pendidikan. Sampai kapan grup usaha ini ini akan bertahan? Tentu saja sangat tergantung dari “racikan” bisnis seorang nakhoda bernama Fatimah Kalla. “He..he… iya,banyak orang mengira saya ini sarjana ekonomi,” tutur isteri Pulu Niode ini tersenyum.

6

Wanita yang memiliki sekitar 1.500-an karyawan ini yang dulunya dikenal piawai ‘meracik obat’ ini mengaku tidak memiliki resep khusus “racikan” bisnis dalam mengembangkan perusahaan yang dipimpinnya. “Di perusahaan Hadji Kalla ini seluruh karyawan adalah keluarga. Diluar gaji, tidak ada perbedaan antara pimpinan dan karyawan,” jelasnya. Agaknya, ‘racikan bisnis’ wanita penggemar traveling ini cukup mujarab. Buktinya, sejumlah kinerja dan prestasi telah diukir wanita yang juga dikenal ‘bertangan dingin’ ini. Misalnya, penjualan mobil Toyota di Sulawesi menyumbang 56,8% dari total penjualan di wilayah timur sebanyak 16.415 unit periode JanuariAgustus 2012. Dalam waktu empat tahun, Fatimah mampu mendongkrak penjualan dari rata-rata 5.000 unit menjadi sekitar 20.000 unit per tahun. Bahkan, hingga tahun ini, Fatimah terus agresif membangun gerai penjualan Toyota di KTI. Salah satunya, cabang di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan,yang diresmikan tepat HUT ke-60 Kalla Grup, 20 Oktober 2012. Selain itu, ungkap Fatimah, pihaknya berancang-ancang membangun tiga gerai lagi pada 2013 dengan investasi Rp 200 miliar. ***(Mohammad Rusman).

foto-foto : Angga ‘Independen’

Apoteker Yang Piawai Meracik Bisnis


7


Eksekutif

Erwin Aksa

BOSOWA Selalu Beradaptasi Dengan Perubahan

8

Setelah Batam, Bosowa juga garap pembangunan pabrik semen di Jawa Timur dan Banten untuk memenuhi pasar di pulau Jawa. Menurut Erwin, setelah beberapa tahun sempat mati suri, pasar semen dalam negeri tumbuh pesat. “Apalagi di kawasan Indonesia Timur, pertumbuhan industri semen jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan di Jawa, malah mungkin melebihi pertumbuhan nasional”, ungkapnya. Sebelumnya untuk mendanai investasi semen itu, Erwin telah mendorong Bosowa melangkah ke lantai bursa disamping juga melakukan

strategi partner. Selain semen, Erwin juga menggenjot divisi lain seperti otomotif, infrastruktur, properti dan financial services. Bagi Bosowa Group, bisnis otomotif memang sudah mendarah daging. Sejak terjun di ke bisnis ini pada 1973 dan mengageni penjualan mobil Datsun pada 1978, kiprah Bosowa terus berkibar. Saat ini Bosowa merupakan dealer Mitsubishi, Mercedes-Benz, Hyundai dan Proton di Makassar. “Bosowa harus bisa beradaptasi dengan perubahan agar bisa tetap eksis dalam persaingan bisnis,” kunci Erwin. (Moh. Rusman).

foto : dok. pribadi

P

ada 22 Februari 2013 perusahaan Bosowa Corporation genap berusia 40 tahun. Tentu saja tahun ini merupakan tahun yang membanggakan bagi grup perusahaan yang didirikan Aksa Mahmud tersebut. Betapa tidak, semua unit bisnis sukses melampaui target pendapatan. Upaya restrukturisasi yang dijalankannya CEO Bosowa Corporation, Erwin Aksa, mulai membuahkan hasil. “Berbagai rencana strategis Bosowa sedang berjalan. Divisi semen misalnya, mencatat kenaikan pendapatan hingga 25%. Keberhasilan merestrukturisasi utang, pembangunan pabrik semen unit 2 di Maros, pabrik semen di Cilegon, Banyuwangi dan Sorong memberi dampak yang sangat signifikan bagi pertumbuhan Bosowa di tahun-tahun mendatang,” ungkap Erwin Aksa yang resmi menjabat CEO Bosowa Corporation sejak 1997. Selain Maros yang merupakan basis produksi, Bosowa juga telah membangun pabrik semen di Batam. Tujuannya untuk memenuhi permintaan pasar dari Singapura, Kepulauan Riau, dan wilayah Sumatera lainnya.


Ulasan

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Pintu Gerbang yang Bikin Betah

T

ak salah kalau orang kerap menyebut bandara internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan sebagai pintu gerbang bagi daerah lainnya di kawasan timur indonesia (KTI). Pasalnya, hampir semua penerbangan yang menuju atau dari KTI melalui atau transit di bandara Sultan Hasanuddin. Karena posisinya yang stategis itulah makanya sejumlah maskapai telah menjadikan bandara ini sebagai ‘hub’ bagi semua rute penerbangannya

di KTI. Dari sisi jumlah penumpang, bandara ini mencatat adanya peningkatan peningkatan hingga 13 persen pada 2012 dibandingkan tahun sebelumnya. General Manager PT Angkasa Pura I Makassar, Rahman Syarie mengungkapkan pada 2011 jumlah penumpang mencapai 7,4 juta sementara pada 2012 mencapai 8,3 juta penumpang dan pada tahun 2013 ditargetkan 13 juta penumpang. “Oleh karena itu, kami sudah memikirkan untuk melakukan perluasan,

“Oleh karena itu, kami sudah memikirkan untuk melakukan perluasan, menyusul peningkatan jumlah penumpang tersebut,” ujarnya.

9


foto-foto: Asrul Shany

menyusul peningkatan jumlah penumpang tersebut,� ujarnya. Dari sisi pelayanan, bandara ini menerima penghargaan tertinggi dalam hal sektor Pelayanan Prima Jasa Transportasi Udara dari Kementerian Perhubungan pada Oktober 2012. Menurut Rachman, prestasi yang diraih pihaknya itu merupakan kali pertama. Sebelumnya Bandara Hasanuddin hanya meraih prestasi madya di tahun 2010. “Ini merupakan penghargaan tertinggi kategori bandara. Dan tugas kita adalah mempertahankan prestasi yang sudah kita lakukan,� kata Rachman. ***

10


11


Bursa

PESONA BAROMBONG INDAH Type : 36

GRAND AROEPALA HERTASNING Harga : 300Jt an

PESONA PRIMA GRIYA Type 45 Full Renovasi Harga 360 Jt Nego

RUKO GOWA RAYA SUDIANG Akses Gerbang Asrama Haji Harga : 750.000.000 Nego

Promo : 1. UMUM Cukup Rp.15.500.000 2. JAMSOSTEK Cukup Rp.1.500.000 3. Bebas Biaya KPR

VILLA PERMATA HARAPAN DG TATA Type : 70 Harga : 400 Jt an

KOMPLEKS TEMAS EMMY SAELAN Harga: 750 Jt

12

GRIYA MARINA ASRI GOWA Type : 38 Harga :100Jt an

MINASAUPA HERTASNING Harga: 290 Jt Nego

GREEN DUMAIS HERTASNING Type : 30 Harga : 100Jt an

GRIYA ALAM ASRI SUDIANG Type : 45 Promo : Banyak Kemudahan

TANJUNG ALYA REGENCY Type : 45 Take Over

MEGA COUNTRY VILLAGE BTP Type : 36 & 45 Promo : Bebas Biaya KPR


Bursa Dijual : Sebidang tanah terletak di jl. Pallangga Je’netallasa Gowa, Luas 10 x 15 m, harga Rp 40 juta, Nego. ​------------------------------------------------------Dijual : Sebidang tanah terletak di Jl. Hertasning, Luas 10 x 15 m, harga Rp 100 juta, nett .... ------------------------------------------------------Dijual : Sebidang tanah terletak di Jl. Monginsidi Baru, Luas 12 x 15 m Harga Rp 360 jt, nego ------------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah di Hartaco Indah 2 Lt Luas 10 x 15 m, harga Rp 375 jt, nego ------------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah di Mapala Ikip lengkap dengan perabotan. Luas 15 x 15 m, harga Rp 1,9 M, Nego.

Dijual : Sebuah rumah di Jl. Kemiri Pantai, 3 lt, Luas 3,5 x 18 m Harga Rp 700 jt, nego. ..... -----------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah di Perum IDI, Jl. Pettarani, 3 Lt lengkap dengan perabot, Luas 20 x 15 m, Harga Rp 3,7 M. -----------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah di Hartaco Indah semi permanen, luas 10 x 14 m harga Rp 200 jt, nego -----------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah di Rappocini 9 Luas 12 x 15 m, harga Rp 450 jt, nego -----------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah yang terletak di Tallasalapang Permai, harga Rp 300 jt, nego ........

Dijual : Unit-unit rumah di Perum. Pesona barombong Indah, Promo untuk umum. Bebas biaya KPR. ------------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah 2 lt yang terletak di Jl. Sehati Luas 11 x 15 m, harga Rp 750 jt, nego ------------------------------------------------------Over Kredit: Sebuah rumah di Perum. Cita Alam Lestari, Gowa Type 36 sudut, Luas 8 x 12 m, harga Rp 130 jt. ------------------------------------------------------Dijual : Sebuah rumah yang terletak di Jl. Tupai belakang RS. Labuang Baji, Luas 13 x 1 m, harga Rp 1,85 m, nego ------------------------------------------------------Dijual : Sebidang tanah yang terletak di jl. Ratulangi, Luas 16 x 46 m, harga Rp 15 m, nego

13


Ulasan

PT PLN Sulselrabar (Sulsel,Sulbar dan Sultra)

Zulkifli Abdullah Puteh GM PLN Wilayah Sulselrabar

D

alam berbagai kesempatan General Manager PT PLN Sulselrabar (Sulsel, Sulbar dan Sultra) selalu menyatakan optimisnya. “PLN akan mampu memenuhi setiap kebutuhan daya listrik untuk usaha dan industri di Sulawesi Selatan,” tegasnya. Menurut pria asal ‘tanah rencong’ ini, sektor industri yang menjadi peno-

PLTA Bili-Bili

14

pang pertumbuhan ekonomi suatu daerah, pertumbuhannya sangat bergantung dengan ketersediaan daya listrik. “Makanya, kami selalu berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi dunia usaha dan industri,’ujarnya. Selain berupaya meningkatkan kapasitas daya dari unit-unit pembangkit listrik yang dimiliki, dalam dua tahun belakangan ini, lanjutnya, pihak PLN membuka pembelian daya listrik yang diupayakan pihak swasta. Dari 900 MW daya listrik PLN Sulselrabar saat ini, 300 MW merupakan pasokan yang dibeli dari pihak swasta. ‘’PLN akan terus memperluas jaringan mendorong pihak swasta berinvenstasi dalam bidang energi khususnya di Sulsel. Bisnis energi listrik ini sangat prospektif,” jelasnya. Apalagi dengan kapasitas pembangkit listrik yang dipunyai PLN Sulselrabar tercatat memiliki daya listrik 900 MW, dan jumlah tersebut lebih besar dari kebutuhan listrik Sulawesi

PLTA Bakaru

PLN akan terus memperluas jaringan mendorong pihak swasta berinvenstasi dalam bidang energi khususnya di Sulsel. Bisnis energi listrik ini sangat prospektif,” jelasnya. Selatan yang saat ini mencapai 764 MW. Memang diakui Zulkifli, pihaknya dalam tahun 2013 setidaknya harus menyediakan tambahan daya listrik 500 MW. Selain untuk memenuhi lebih 120 ribu pelanggan yang masih antre dalam ‘daftar tunggu’, juga permintaan daya listrik dari industri lainnya yang setiap saat bertambah di Sulawesi Selatan. “Jumlah permintaan daya listrik pada tahun 2013 mendatang kemungkinan akan lebih besar lagi dari prediksi tambahan 500 MW seiring pertumbuhan industri di daerah ini,” jelasnya. (*).

Foto-foto : istimewa

Foto : beritakotaonline

OPTIMIS PASOKAN LISTRIK 2013 TERPENUHI


15


MULTI TRADING PRATAMA, Group

KAMI MELAYANI ANDA MEMBANGUN INDONESIA

foto : dok. pribadi

2. Unit Bisnis Pemasaran & Terminal Aspal Curah (TAC) : Unit ini melakukan kegiatan pemasaran Aspal Curah / Drum ex Caltex di seluruh wilayah Indonesia. Hingga saat ini Multi Trading Pratama, group memiliki 10 lokasi penimbunan Aspal Curah di seluruh Indonesia, yaitu : • Pekanbaru, Riau • Palembang, Sumatera Selatan • Pulau Baai, Bengkulu • Ciwandan, Banten – Jawa Barat • Semarang, Jawa Tengah • Banyuwangi, Jawa Timur • Gresik, Jawa Timur • Makassar, Sulawesi Selatan • Panjang, Lampung • Padang, Sumatera Barat 3. Unit Transportasi : Di setiap lokasi tersebut terdapat mobil tangki khusus untuk mengangkut Aspal Curah ke lokasi konsumen. Direksi PT. Multi Trading Pratama

Y

usuf Tyos, sarjana jebolan ekonomi ini memulai usahanya sendiri di tahun 2005. Bersama istrinya, Meikewati Bunadi, ia melirik potensi besar dalam bisnis impor Aspal mengingat produksi aspal dalam negeri masih belum memenuhi kebutuhan nasional. Dari sini ia mulai menekuni bisnis berkapital besar ini dengan menggunakan bendera yang disebut sebagai PT. Multi Trading Pratama, dimana dalam tujuh tahun perusahaan ini telah menjadi integrated supply chain yang mempekerjakan lebih dari 500 Karyawan. Rantai pelayanan terpadu itu dihitung sejak jalur pembelian di negara asal aspal, dimana ia membeli Aspal dari Singapura. Berton-ton aspal seharga milyaran rupiah itu kemudian didistribusikan melalui jalur distribusi yang terpercaya. Meski bergerak dari Makassar, supply terbesarnya justru berada di wilayah barat, terutama di pulau Jawa dan Sumatera. “Dulu saya tidak terpikir bisa terjun ke bisnis Aspal. Tapi, seperti banyak hal dalam hidup, kita akan dibesarkan oleh pengalaman. Di bisnis Aspal, saya banyak belajar dari teman-teman dan dari pengalaman saya sendiri,” ujar Yusuf yang juga akan merambah ke lahan bisnis minyak bumi olahan dalam waktu dekat ini. Fokus utama Multi Trading Pratama, Group adalah melayani dan memanjakan

16

konsumen dalam memenuhi kebutuhan Aspal dengan Grade 60/70. Ada beberapa bentuk Aspal yang disediakan yaitu : Aspal Curah, Aspal Drum dan Aspal Polybag. Multi Trading Pratama, Group menjamin kualitas Aspal yang diterima konsumen akan tetap baik karena seluruh

“Komitmen itu jangan dianggap remeh. Dari komitmenlah segala sesuatu dimulai. Dan, sekali komitmen dilanggar, akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan ke depannya.” (Yusuf Tyos). proses dari kilang Aspal Caltex / Chevron ditangani oleh tenaga profesional di bidangnya dan ketersediaan fasilitas kapal Tanker khusus, Tangki Timbun khusus dan Truk Tangki khusus yang sudah memenuhi Standar Internasional yang berlaku saat ini. Multi Trading Pratama, Group merupakan perusahaan holding yang bergerak di bidang perdagangan dan transportasi produk Aspal minyak secara global. Unit-unit bisnis yang tercakup dalam kegiatan tersebut adalah : 1. Unit Bisnis Perdagangan Aspal : Unit yang melakukan kegiatan perdagangan Aspal Curah di kawasan Asia Timur Jauh.

Apakah anda mengoperasikan instalasi hotmix, perusahaan pembangunan jalan raya, perusahaan kostruksi, instalasi emulsi aspal atau lembaga pemerintah ? Anda butuh mitra terpercaya yang secara konsisten dapat menghadirkan bahan berkualitas tinggi dan mengirimkan secara tepat waktu. Sejak 2005, mitra itu adalah Multi trading Pratama, Group Distributor Aspal Caltex di Indonesia. KAMI MELAYANI ANDA MEMBANGUN INDONESIA Dengan memilih Aspal Caltex, berarti anda memilih produk yang telah dipercaya selama lebih dari satu abad di seluruh dunia. Multi Trading Pratama, Group merupakan distributor resmi dari Aspal Caltex dan telah memasuki pasar Indonesia sejak tahun 2005 yang berawal dari Ciwandan, Jawa Barat dan menyebar ke seluruh Indonesia guna lebih meningkatkan kualitas pembangunan jalan Indonesia. KUALITAS KELAS DUNIA, PENGIRIMAN LOKAL Dengan memilih Multi Trading Pratama, Group berarti anda memilih mitra kerja yang berusaha melakukan pengiriman tepat waktu dengan ketersediaan Aspal yang siap pakai. Oleh karena itu, kami menata diri untuk menjadi perusahaan lokal dengan sumber daya dan komitmen untuk mempersembahkan produk kualitas terbaik kapanpun, dimanapun dan bagaimanapun anda membutuhkannya.


17


Ulasan

Malino oh Malino

M

ALINO “Puncak”nya Makassar, adalah salah satu tempat peristirahatan yang sangat menjanjikan bagi pebisnis, maupun pekerja yang hari-harinya dipenuhi dengan berbagai kesibukan yang penuh dengan tekanan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Orang-orang Jakarta, hampir setiap weekend selalu berduyun-duyun bersama keluarganya menghabiskan waktu weekend nya di Puncak. Selain hawanya yang dingin, bersih bebas polusi, di Puncak juga tersedia berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga untuk beraktivitas, dalam kebersamaan yang mengasyikkan. Orang-orang Jakarta yang tidak sedikit berada di Makassar sangat merindukan “Puncak” dan sangat berharap bahwa

18

MALINO bisa mengobati kerinduan mereka. Sayangnya lain “Puncak” lain MALINO, di MALINO masih belum banyak bahkan bisa dikatakan masih sangat kurang tersedianya fasilitas bagi keluarga untuk melakukan aktifitas bersama keluarga, yang selain untuk menikmati kebersamaan keluarga dalam rangka memelihara keluarga harmonis juga sekaligus untuk mengusir kejenuhan

serta stress yang terus menerus sepanjang hari-hari kerja. Selain infrasruktur yang memang sudah menjadi kewajiban pemerintah setempat untuk membangunnya, tentu sangat diperlukan partisipasi swasta untuk ikut serta berperan di dalam mengembangkan MALINO menjadi “Puncak” yang akan menjadi salah satu tempat tujuan liburan keluarga yang Favorit.


Foto-foto : Asrul

Foto-foto : Asrul Shany

19


Ulasan

FOTOGRAFI Teks & Foto oleh Asrul Shany

Contoh foto Landscape yang diambil dengan teknik Slow Speed.

F

otografi, kata ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Hampir di setiap bidang fotografi selalu ikut ambil bagian. Berbeda dengan fotografi jaman dahulu yang hanya identik dengan foto ukuran 3 x 4, foto pernikahan, foto jurnalistik, dan foto keluarga para kong-lomerat. Kini fotografi telah merambah sampai ke setiap sektor aktifitas manusia dengan berbagai kelebihan dan manfaatnya. Iklan, film, dokumentasi, pre-wedding, wedding, dan berbagai jasa pemotretan lainnya yang bisa kita temukan di studio foto yang semakin banyak. Teknik pemotretan saat ini juga semakin berkembang, lihat saja berbagai macam foto unik dan luar biasa dengan menggunakan teknik foto terbaru dan pasti dengan dukungan peralatan foto yang semakin canggih dan beraneka ragam. Hobi akan fotografi kini juga semakin mudah dengan adanya berbagai informasi yang bisa kita temukan di buku, majalah, internet, atau dengan bergabung ke  komunitas fotografi. Memang ada yang bi-

20

lang fotografi adalah hobi yang “mahal” dan memang itu kenyataannya. Berapa harga kamera DSLR sekarang? Yang paling murah saja, harus menabung dulu untuk bisa membelinya. Apalagi kamera

Seorang fotografer selalu dekat dengan kameranya, jeli melihat moment, dan tanggap akan suatu peristiwa. professional, namanya saja kamera pro, yang beli juga orang pro (jago motretfotografi komersil). Tapi tetap saja hobi ini punya kelas tersendiri di masyarakat kita. “Kepuasan” adalah kata yang sering kita dengar jika bertanya pada para pehobi mot-ret ini mengapa menyukai fotografi?. Adalah sesuatu yang sulit untuk digambarkan, pera-saan bangga, puas, fantastis, ketika seorang fotografer berhasil men-

dapatkan foto yang luar biasa, foto yang “wah”, inilah inti dari fotografi. Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk bisa merasakan kepuasan tersebut? Secara garis bersar hal terpenting dan yang pertama kita butuhkan adalah “semangat”. Fotografi adalah suatu proses. Untuk bisa mendapatkan foto yang luar biasa tidak dengan hanya memiliki kamera bagus dan peralatan canggih. Dengan semangat kita akan berusaha untuk bisa memaanfaatkan moment, mencari lokasi motret yang bagus, dan terus berusaha tanpa putus asa demi sebuah foto luar biasa. “ketekunan” adalah hal wajib yang dimiliki seorang fotografer professional dan bagi yang ingin mendapatkan foto luar biasa. Tim Laman, seorang fotografer dari National Geographic membutuhkan waktu dua bulan dan harus bergelantungan di atas pohon untuk mendapatkan satu foto yang “luar biasa”. Seorang fotografer selalu dekat dengan kameranya, jeli melihat moment, dan tanggap akan suatu peristiwa. Dengan kamera yang selalu stand by di samping,


Contoh foto dengan kompoisisi Point of Interest (POI).

Terkadang sebuah foto juga tampil lebih menarik jika ditampilkan dengan komposisi Black White.

Foto Lifestyle Fotografi Lifestyle Foto Human Interest

dia tidak akan kehilangan momen bagus, dia tidak akan mengeluh lagi “kenapa tadi saya tidak bawa kamera? Padahal ada moment bagus disini” maka “perlatan” adalah modal anda untuk memulai hobi ini. Peralatan tanpa pengetahuan menggunakannya bagaikan mobil tanpa supirnya. Sebagus dan secanggih apapun kameranya, tapi jika tidak bisa mengoperasikannya, tak akan ada satu hasil foto yang “luar biasa” dari kamera tersebut, tak akan ada kepuasan saat memotret, karena apa yang kita bayangkan tidak akan tergambarkan dengan kamera yang kita gunakan, hanya karena tidak tahu bagaimana caranya. Anda suka memotret? Sudah puaskah anda dengan hasil jepretan dari kamera anda? Pernahkah anda mendapatkan foto yang menurut anda “luar biasa”? seberapa semagatkah anda? Seberapa tekunkah anda? Mari kita belajar fotografi… persiapkan semangat anda, pegang teguh ketekunan anda, dan jepret; rasakan sensasi indahnya fotografi di setiap jepretan kamera anda. (***Penulis adalah fotografer di Mar Pro Photo Studio)

Foto Macro

21


22


23


Ulasan

Pantai Losari Jadi

Ikon Sulsel ‘City of Makassar’ demikian tulisan di tengah anjungan kawasan pantai losari di Makassar. Memang, saat ini telah mengubah ‘wajah’ nya dan kini pun menjelma menjadi salah satu ikon bagi Sulawesi Selatan. Alasannya, karena bibir pantainya menjadi tempat wisata dan ruang terbuka untuk publik dengan fasilitas yang lengkap. Dulunya, sepanjang Pantai Losari dipenuhi dengan pedagang kaki lima yang menjual aneka makanan, terutama khas Makassar, yang dike-

24

nal dengan pisang epe’ dan lainnya. Namun setelah direvitalisasi, Pantai Losari kini menjadi ruang terbuka yang berdiri di atas bibir pantai. Hasil revitalisasi ini membuat warga kota maupun para pengunjung yang bertandang ke Makassar bisa menikmati indahnya laut sambil menunggu sunset. Selain keindahan pantai, juga terdapat fasilitas beberapa anjungan, patung-patung mini dan masjid terapung. Silahkan menikmati dan berfoto ria......!


Foto-foto : Asrul Shany

Namun setelah direvitalisasi, Pantai Losari kini menjadi ruang terbuka yang berdiri di atas bibir pantai.

25


26


27


Ulasan

INDUSTRI KEUANGAN & PERBANKAN PILAR PERTUMBUHAN EKONOMI

28

Foto-foto : Asrul Shany

M

akassar sebagai pintu gerbang Indonesia timur yang berkembang sangat pesat dituntut untuk terus meningkatkan dukungan infrastrukturnya. Baik itu infrastruktur yang berbentuk fisik seperti pembangunan jalan raya, pengadaan listrik yang cukup, pengadaan air bersih, dan masih banyak lagi, juga infrastruktur di dalam bentuk dukungan dalam industri keuangan dan perbankan untuk mampu menyangga bahkan mendorong pertumbuhan perekonomiannya. Dan hal ini sudah diwujudkan oleh para pelaku dibidang Industri Keuangan dan Perbankan. Tengok saja, hampir semua Bank-bank berskala Nasional memiliki Kantor Wilayah di Makassar untuk melayani Indonesia Timur. Lembaga-lembaga keuangan non Bank pun demikian juga. Bank Daerah Juga tidak mau kalah, semua berpacu untuk mendukung perekonomian Kota Makassar pada khususnya dan Indonesia Timur pada umumnya.


29


ALFA Car Wash

Cara Mencuci Mobil Yang Praktis Tehnologi Water Treatment

Dengan mesin ini maka mobil di semprot dengan air secara otomatis, secara merata, dengan kekuatan semprot yang tinggi sehingga kotoran-kotoran sampai di bagian bawah mobil dapat terlepas secara merata dalam waktu yang sangat singkat.

2. Penyabunan dengan menggunakan snow berkwalitas tinggi sehingga membuat warna cat mobil kembali seperti semula. 3. Pembilasan dengan cara penyemprotan secara otomatis dan merata untuk membersihkan sisa-sisa snow dan kotoran. 4. Proses pengeringan sebagai finishing, menggunakan semprotan angin berkekuatan tinggi sehingga dapat mengeringkan sisa-sisa air sampai ke celah-celah mobil. 5. Setelah itu petugas akan merapikan kembali barang-barang yang ada di dalam mobil kembali seperti semula. 6. Yang terakhir, supervisor akan melakukan pengontrolan untuk memastikan bahwa pekerjaan telah selesai dan memuaskan.

Proses yang cepat

Tempat yang Lapang

Tehnologi ini sangat ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan limbah serta tidak banyak menyedot air tanah karena air bekas cucian di tampung dan diolah (treatment) kembali menjadi air bersih yang kemudian dapat dipergunakan kembali untuk mencuci.

Mesin mutakhir dengan Water Pressure berkekuatan tinggi

Mencuci mobil di Alfa Car wash tidak memerlukan waktu berjam-jam, karena begitu datang, langsung di tangani melalui proses : 1. Penyemprotan secara otomatis dan merata

30

Di Alfa Car wash tempatnya cukup lapang sehingga mudah untuk manuver bagi mobil-mobil yang dicuci, dengan demikian alur kendaraan bisa lancar tidak menimbulkan kemacetan dan penumpukan.


31


Ulasan

SPA & PERAWATAN KECANTIKAN MENJADI GAYA HIDUP

32

diluar rumah. Hal inilah yang membuat industri Spa dan Salon Kecantikan menjadi marak, untuk memenuhi “kebutuhan masyarakat” tersebut. Sehingga, kalau dahulu Spa dan perawatan kecantikan adalah “barang

mewah” maka sekarang sudah tidak lagi. Sekarang sudah bisa didapatkan dimana mana, dan bahkan yang kecil belum tentu kalah kwalitas pelayanannya dengan yang besar. Untuk mengetahuinya....tentu harus dicoba.

Foto-foto : Istimewa

S

ebagaimana terjadi di semua kota-kota besar, industri Spa dan Salon Kecantikan juga menjamur di Kota Makassar. Dari yang kelas atas sampai yang kelas bawah. Hampir semua menawarkan layanan yang sama atau mirip-mirip antara satu gerai dengan gerai yang lain. Bagi para pengusaha dan para eksekutif, Spa dan perawatan kecantikan sudah merupakan tuntutan atau kebutuhan. Kebutuhan untuk tetap memelihara kebugaran dan kecantikan, baik kulit, wajah, rambut dan bahkan seluruh bagian tubuhnya, agar tetap bugar, bersih, cantik dan tetap percaya diri dalam penampilan. Akhirnya, Spa dan perawatan kecantikan menjadi “gaya hidup” bagi para “aktivis” di kota-kota besar. Tidak pelak lagi, gaya hidup ini diikuti oleh hampir seluruh lapisan masyarakat yg dalam kesehariannya melakukan banyak aktivitas


33


Aerotel Smile Hotel Makassar

Senyum Bukan Hanya Slogan, Tapi Dibuktikan

D

i jajaran manajemen Aerotel Smile Hotel Makassar, senyum itu diperlakukan sedikit berbeda. Senyum diwajibkan kepada karyawan bukan hanya sebagai strategi untuk menggaet pelanggan. Sesuai dengan nama hotel ini, tapi dibuktikan. Dengan begitu, diharapkan para tamu bisa nyaman dan betah berada di hotel yang berlokasi di Jl.Muchtar Lutfi atau di bibir pantai Losari Makassar yang menjadi ikon wisata ibukota provinsi Sulawesi Selatan. “Senyum bukan hanya nama hotel kami atau sekedar slogan yang sering di dengarkan. Tapi bagi kami senyum itu harus dibuktikan oleh seluruh karyawan,” ujar General Manager Aerotel Smile, Ervan Suwandi. Para karyawan,

lanjut Ervan, senantiasa berusaha mengakrabkan diri dengan para tamu. “Kami ciptakan suasana kekeluargaan

“Senyum bukan hanya nama hotel kami atau sekedar slogan yang sering didengarkan. Tapi bagi kami senyum itu harus dibuktikan oleh seluruh karyawan” antara tamu dan karyawan. Sebagian besar tamu di sini bisa dibilang semua diketahui namanya,” jelasnya. Hotel bintang tiga premium ber-

lantai 15 yang merupakan milik PT. Investama Mega Bakti (IMB) Group dan dikelola oleh Aerowisata Hotels & Resorts ini memiliki 150 kamar. Sinergi bisnis yang dibangun bersama Aerowisata, tidak hanya pada hotel. Kedua perusahaan ini, juga bekerja sama mengelola Baji Gau Hotel di Jl. Baji Gau Makassar. Dengan beroperasinya Aerotel Smile Hotel, maka kemampuan Kota Makassar untuk menggelar event-event berskala nasional dan internasional akan semakin kuat. Terkadang kalau ada event besar jumlah kamar tidak mencukupi. Dengan kehadiran hotel ini diharapkan dapat mengatasi kendala ketersediaan jumlah kamar hotel bintang tiga premium.

ERVAN SUWANDI, MBA

GENERAL MANAGER AEROTEL SMILE MAKASSAR & BAJIGAU HOTEL

--------------------------------------------------------------------Lahir di Surabaya 41 tahun yang lalu, Ervan telah menamatkan pendidikan MBA nya dan dia mulai sejak awal karirnya di pehotelan. Dia memulai karir dari bawah dan terus naik hingga dicapainya posisinya sekarang sebagai General Manager yg membuatnya bangga. Karir perhotelannya dirintis lewat pengalaman panjangnya bekerja dib erbagai Hotel di Jakarta, Jawa Timur dan Bali dan sekarang dia siap berkembang bersama Aerotel Smile Makassar & Bajigau Hotel.

34


35


36


Majalah Panakukkang Edisi 01 | Maret 2013