Issuu on Google+

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Edisi 46/November 2013

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Bantuan Diklat Prajabatan CPNS ITS Tahun 2012 Periode III Jadwal Medical Check Up Diperpanjang ITS Bakal Tambah Gedung Asrama Mahasiswa PRESTASI ITS


Bantuan Diklat Prajabatan CPNS ITS Tahun 2012 Periode III

2012 ilustrasi oleh :Google

Setiap calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang baru akan dapat diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS) apabila telah memenuhi beberapa syarat tertentu. Salah satunya adalah bila CPNS tersebut telah dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan. Demikian pula yang diberlakukan bagi para CPNS di lingkungan ITS. Untuk itu, guna menunjang kelancaran kegiatan Diklat Prajabatan tersebut, maka ITS memandang perlu untuk memberikan bantuan pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan III bagi CPNS ITS formasi tahun 2012. Bantuan kali ini berlaku bagi para CPNS ITS formasi tahun 2012 untuk periode III. Ketetapan pemberian bantuan pelaksanaan Diklat Prajabatan bagi CPNS tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan (S K) Rektor I T S nomor: 054523/IT2/KP.04.00/2013 tertanggal 12 November 2013. Penerbitan SK Rektor ITS tersebut dengan memperhatikan adanya surat dari Kepala Pusat Pengembangan Tenaga Pendidikan (Pusbangtendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor: 575/J3.1/KP/2013 tertanggal 17 Juni 2013 dan nomor: 789/J3.1/KP/2013 tertanggal 19 Juni 2013. Dalam SK Rektor ITS tersebut diputuskan untuk memberikan bantuan pelaksanaan Diklat Prajabatan bagi CPNS ITS formasi tahun 2012. Yakni dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp 1.000.000 per orang. Segala bentuk biaya dan pengeluaran yang timbul dengan terbitnya surat keputusan ini akan dibebankan sepenuhnya pada dana DIPA BLU ITS tahun anggaran 2013. (*)


Jadwal Medical Check Up Diperpanjang

Tiap tahun Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberi kesempatan secara gratis kepada para pegawai negeri sipil (PNS), pegawai honorer nondosen (yang diangkat dengan SK Rektor) dan pejabat di lingkungan ITS yang telah memenuhi syarat untuk melaksanakan medical check up. Tak terkecuali tahun ini, yang didasarkan pada Surat Edaran Pembantu Rektor III ITS nomor: 053659/IT2.III/KP.04/2013. Medical check up ini diperuntukkan bagi PNS ITS dan pegawai honorer yang berusia minimal 45 tahun per tanggal 1 November 2013. Khusus bagi PNS ITS yang menjabat jabatan tertentu tidak dibatasi oleh usia. Pejabat tertentu yang dimaksud rektor, pembantu, dekan dan pembantu dekan, direktur dan asisten direktur, ketua dan sekretaris lembaga, kajur/kaprodi dan sekjur/sekprodi, kepala dan wakil kepala badan, kepala dan sekretaris pusat, anggota senat, anggota dewan pertimbangan, guru besar, kepala biro, kepala bagian, kepala subbagian, kepala UPT, kepala unit dan sekretaris unit, serta kepala satuan dan sekretaris satuan. Awalnya pelaksanaan medical check up tahun ini telah dijadwalkan pada 18-22 November dan 25-26 November 2013, yang dijadwalkan berdasarkan jurusan atau unit kerja yang ada di lingkungan ITS.

Namun dalam pelaksanaannya, masih ada beberapa pegawai yang belum melaksanakan medical check up hingga jadwal berakhir. Untuk itu, melalui Surat Edaran Pembantu Rektor III ITS nomor: 057928/IT2.III/KP.04/2013 disampaikan jadwal susulan untuk melaksanakan medical check up bagi yang belum. Yakni dijadwalkan pada 27-30 November dan 2-3 Desember 2013. Bila sebelumnya pada jadwal awal pelaksanaan medical check up di Medical Center ITS, untuk jadwal susuulan ini dilaksanakan di Laboratorium Parahita cabang Dharmawangsa sesuai jam kerja laboratorium. Karena itu, sehubungan dengan kepentingan laporan pertanggungjawaban kegiatan Medical Check Up ITS tahun 2013, maka medical check up setelah tanggal 3 Desember 2013 tidak dapat lagi dilayani. Apabila sampai dengan tanggal 28 November 2013 medical check up yang dilakukan di ITS tidak diambil, maka hasil tersebut bisa diambil di Bagian Pengelolaan SDM Biro SDMO ITS mulai tanggal 29 November – 10 Desember 2013. Bagi yang melakukan medical check up susulan di Laboratorium Parahita, maka hasil pemeriksaan dapat diambil di Bagian Pengelolaan SDM Biro SDMO ITS mulai tanggal 30 November 2013 sampai dengan 10 Desember 2013. (*)


ITS Bakal Tambah Gedung Asrama Mahasiswa Tahun 2013 ini ITS kembali merencanakan untuk membangun gedung asrama mahasiswa yang baru. Pembangunan ini menyusul pembangunan dua gedung sebelumnya pada awal tahun lalu. Lantaran sembilan gedung yang terdiri dari lima asrama lama dan empat asrama baru, belum mampu menampung seluruh mahasiswa baru ITS yang jumlahnya mencapai 3.800 mahasiswa. Saat ini daya tampung asrama hanya sekitar 1.300 mahasiswa. Sehingga rencana ini perlu secepatnya terealisasi. Pembangunan gedung asrama ini direncanakan dibangun secara bertahap. Lokasinya berada di sebelah asrama yang sudah ada . Lima asrama yang baru akan dibangun dengan empat sayap setiap towernya. Sumber dana pembangunan tidak berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Melainkan, berasal dari hibah dari perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan sumbangan dari alumni. Sejauh ini, ITS sudah gencar mempresentasikan rencana pembangunan ini kepada perusahaan yang akan bekerja sama dengan ITS seperti PT Semen Indonesia. Tak hanya soal kebutuhan kamar semata, pembangunan asrama ini akan menjadi satu langkah ITS untuk membina softskill mahasiswa. Sesuai dengan rencana, gedung asrama nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal para mahasiswa baru (maba). Hal ini dianggap perlu lantaran ITS berkeinginan untuk melakukan pembinaan karakter yang sesuai dengan tata nilai ITS terhadap mahasiswa baru secara langsung. Mahasiswa lama yang tinggal di asrama akan digantikan dengan mahasiswa yang baru masuk. Sehingga asrama hanya akan dihuni oleh mahasiswa tahun pertama saja. Pembinaan karakter berupa penanaman tata nilai yang dimaksud antara lain kejujuran, amanah, kecerdasan yang kreatif dan memiliki integritas pribadi yang tinggi. Semuanya itu tidak terlepas dari aspek keseimbangan antara Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual. (*)

PRESTASI ITS Prof Ir Renanto MS PhD, dosen jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri (FTI) berhasil terpilih sebagai penerima penghargaan bergengsi Yen-Ping Shih Award tahun 2013. Yen-Ping Shih adalah seorang cendikia terkenal Taiwan yang mengabdikan dirinya pada bidang proses kontrol. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap perkembangan negara Taiwan, maka terbentuklah organisasi sosial bernama Yen-Ping Shih Foundation. Salah satu kegiatan tahunannya adalah memberikan penghargaan kepada seseorang yang dinilai berjasa kepada Taiwan. Tahun 2013, Yen-Ping Shih Foundation memberikan dua penghargaan kepada satu orang dari pihak industri dan satu orang lainnya dari pihak akademisi. Prof Renanto terpilih sebagai wakil dari akademisi yang mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Beliau telah merintis kerjasama ITS-Taiwan sejak tahun 2004, yang meliputi student exchange, Visiting researcher, joint supervision, dual degree, guest lecture, dan joint symposium.(*)


Presiden Kumamoto University, Isao Taniguchi DEng menjelaskan arti gambar pada sampul bukunya, yang erat kaitannya dengan kerjasama yang kuat antara Universitas Kumamoto dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Surabaya.

ITS menyelenggarakan medical check up atau pemeriksaan kesehatan bagi pegawai dan dosen di lingkungan ITS yang bertempat di Medikal Center ITS. Hal ini bertujuan untuk memantau perkembangan kesehatan para pegawai di ITS.

Acara Kewirausahaan (KWU) Fair 2013 ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan jiwa pengusaha dan juga sebagai sarana latihan untuk berjualan secara langsung.

ITS Membaca Roadshow diharapkan mampu membawa iklim membaca di kalangan sivitasITS di mana di dalamnya semua orang bisa meminjam buku-buku yang pantas dibaca dan memberi pengetahuan yang luas.


Beranda its edisi 46 2013