Issuu on Google+

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Edisi 39/Oktober 2013

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Pemasangan Shelter Sepeda Kampus Dimulai Imbauan Pengajuan Pengelola Arsip Aktif Formasi Penerimaan CPNS ITS Tahun 2013 Ditambah


Pemasangan Shelter Sepeda Kampus Dimulai

Untuk mendukung program sepeda kampus Bike to Share yang bakal diterapkan di lingkungan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam waktu dekat ini, dibutuhkan adanya pemasangan shelter (tempat parkir) khusus untuk sepeda. Untuk itu pula, dikeluarkan izin untuk mulai dilakukan pekerjaan pemasangan shelter tersebut. Surat izin untuk melakukan pekerjaan pemasangan shelter sepeda ini didasarkan pada surat izin yang diterbitkan oleh Kepala Biro Pengelolaan Sarana Prasarana dan Perlengkapan (BPSPP) ITS nomor: 044748/IT2.9/RT.00/2013. Pemasangan shelter sepeda ini dilakukan di tujuh titik lokasi. Ketujuh lokasi tersebut antara lain di sebelah Pos I Satuan Keamanan Kampus (SKK), gedung Kantor Pusat Administrasi (KPA), gedung Kantin ITS, gedung UPT Asrama Mahasiswa, gedung UPT Perpustakaan, gedung UPMB, dan gedung UPT Bahasa dan Budaya ITS. Izin ini diberikan kepada petugas pelaksana lapangan – Rumah Derka sebagai pihak penyedia shelter sepeda ITS. Untuk pengerjaan pemasangan shelter sepeda ini nantinya juga diizinkan untuk penggunaan daya listrik secukupnya dari lokasi terdekat yang berkoordinasi dengan unit setempat. Diizinkan pula untuk meletakkan material shelter di sekitar lokasi, menempatkan peralatan pentingdi sekitar Pos I termasuk tenaga kerja dengan berkoordinasi dengan pihak SKK ITS, serta diharuskan menjaga kebersihan, ketertiban dan kesopanan selama pelaksanaan pekerjaan. Surat izin pelaksanaan pekerjaan pemasangan shelter sepeda ini berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2013 sampai tanggal 15 Oktober 2013. (*)


Imbauan Pengajuan Pengelola Arsip Aktif

sumber : website UPT Tata Usaha dan Kearsipan ITS

Saat ini, di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah melakukan pengangkatan para pengelola arsip aktif di setiap unit kerja yang ada tahun 2013 ini. Namun demikian, masih ada beberapa unit kerja di lingkungan ITS ini yang belum menyerahkan nama pegawai pengelola arsip. Pengengkatan para pengelola arsip aktif di setiap unit kerja yang ada tahun 2013 ini didasarkan pada terbitnya Surat Keputusan (SK) Rektor ITS nomor: 701/SK/R/2013. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tata Usaha dan Kearsipan ITS mengimbau kepada masing-masing pimpinan unit kerja untuk bisa mengirimkan kembali nama-nama Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai honorer pengelola arsip dari tiap unit kerja tersebut. Yakni dengan mengisikan pada kolom lampiran yang telah dikirimkan ke masing-masing unit kerja. Permohonan ini juga didasarkan adanya sejumlah pengajuan perubahan nama pengelola arsip dari beberapa unit kerja yang ada di lingkungan ITS. Permohonan informasi tentang nama pengelola arsip unit kerja tersebut dituangkan dalam surat dari Kepala UPT Tata Usaha dan Kearsipan nomor: 041893/IT2.33/KP.05.02/2013 tertanggal 23 September 2013. Diharapkan nama-nama pengelola arsip yang diajukan oleh masing-masing unit kerja tersebut dapat diterima selambat-lambatnya tanggal 11 Oktober 2013. Nantinya nama-nama yang telah dikirimkan tersebut akan diajukan kembali kepada Rektor ITS untuk diterbitkan kembali tentang Pengangkatan Pengelola Arsip Aktif pada unit kerja di lingkungan ITS. (*)


Formasi Penerimaan CPNS ITS Tahun 2013 Ditambah Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tahun 2013 yang telah dibuka pendaftarannya secara online mulai tanggal 23 September hingga 7 Oktober 2013, dilakukan penambahan jumlah formasi dari yang telah ditetapkan sebelumnya.

Air/Struktur dan Bangunan/Bangunan Transportasi/Geoteknik (Teknik Sipil FTSP), dosen Arsitektur (Aristektur FTSP), dosen Desain – Desain Komunikasi Visual/Desain Produk (Desain Produk Industri FTSP), dan dosen Perencanaan Wilayah Kota/Pengembangan Wilayah – GIS (Perencanaan Wilayah dan Kota FTSP).

Keputusan penambahan formasi penerimaan CPNS di lingkungan ITS tahun 2013 ini berdasarkan surat keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 252 tahun 2013 tertanggal 30 September 2013 tentang penambahan formasi P N S Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2013.

Selain itu juga untuk dosen Teknik Geofisika (Teknik Geofisika FTSP), dosen Teknik Elektro – Sitem Tenaga/Teknik Fisika – Instrumentasi (Teknik Sistem Perkapalan FTK), dosen Computer Science and Information Engineering (Teknik Informatika FTIf), dosen Industrial Management (Sistem Informasi FTIf), dosen Manajemen/Manajemen Te k n o l o g i / E ko n o m i ( P r o g r a m M a g i s t e r Manajemen Teknologi).

Sebelumnya, ITS ditetapkan menerima formasi CPNS tahun 2013 ini sebanyak 43 orang untuk formasi dosen (tenaga pendidik) dan karyawan (tenaga kependidikan). Namun jumlah tersebut dirasa masih belum mencukupi kebutuhan yang ada. Untuk itu, dilakukan penambahan formasi lagi sebanyak 24 orang baik untuk formasi dosen maupun karyawan.

Sementara penambahan formasi karyawan antara lain untuk tenaga Analis Kerjasama dan Kemitraan dengan kualifikasi akademik dari Bahasa Ing gris/Sastra Ing gris (Rektorat), Analis Kepegawaian dari Teknik Informatika/Teknik Komputer/Sistem Informasi (Rektorat), Analis Hukum dan Tata Laksana dari Hukum (Rektorat), Pe re n c a n a d a r i Te k n i k S i p i l ( Re k to ra t ) , Pengadministrasi Kepegawaian dari Statistika (Rektorat), Verifikator dari Akuntansi (Rektorat), Pranata Laboratorium Pendidikan dari Lingkungan/Kesehatan Lingkungan/Sanitasi Lingkungan/Analis Medis (FMIPA), dan Pranata Komputer dari Manajemen Informatika/Teknologi Informasi (FTIf).

Penambahan formasi CPNS tersebut antara lain untuk dosen Fisika-Optik/Instrumentasi /Bumi (Fisika FMIPA), dosen Statistika ( S t a t i s t i k a F M I P A ) , d o s e n Te k n i k M e s i n / M a n u fa k t u r / D e s a i n / K o n v e r s i Energi/Metalurgi (Teknik Mesin FTI), dosen Teknik Elektro - Elektronika/Telekomunikasi Teknik Sistem Tenaga (Tenik Elektro FTI), dosen Teknik Industri/Manajemen Produksi (Teknik Industri FTI), dosen Teknik Material dan Metalurgi (Teknik Materaik dan Metalurgi F T I ), dosen Teknik Sipil – Bangunan

Semua ketentuan dan waktu pendaftaran masih tetap mengacu pada pengumuman ketua panitia nomor 039804/IT2.III/KP.01.00/2013 tanggal 16 September 2013 tentang penerimaan CPNS di lingkungan ITS tahun 2013. (*)


P ro s e s awa l p e m a s a n ga n shelter sepeda untuk program Bike to Share di kampus ITS.

shelter 1

Pe m a s a n ga n awa l s h e l te r sepeda masih ada di tiga titik, pertama di pos 1 pintu masuk ITS, kedua di samping gedung KPA, dan yang ketiga terletak di depan pintu masuk Asrama Mahasiswa.

shelter 2

shelter 3


ITS mengembangkan produk mekatronika berupa mesin perkakas berbasis CNC berbentuk teaching aid. Ditujukan untuk SMK, Politeknik, dan perguruan tinggi. Pusat pengembangan mekatronika ini dibangun di Gedung Pusat Robotika ITS.

ITS menggelar workshop bertajuk Audit Pengelolaan Keuangan yang diadakan oleh Badan Pengawas yang berlangsung selama empat hari.

Kolam di belakang SAC pada musim kemarau menjadi kering, tanaman air di atas kolam yang biasanya hijau jadi menguning dan terkesan kotor, karena air dalam kolam sudah makin mengering.

Paving yang berada di tikungan samping masjid Manarul Ilmi depan jurusan Arsitek ITS terlihat kurang rata menonjol, butuh penanganan lebih lanjut, karena dapat membahayakan pengendara sepeda motor yang lewat.


Beranda its edisi 39 2013