Issuu on Google+

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Edisi 34/Agustus 2013

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Tampilan Baru Website ITS Lebih Dinamis Bentuk Tim Review Dokumen Pendirian ITK Penertiban Kewajiban Penghuni Rumah Dinas Doktor Baru ITS


Tampilan Baru Website ITS Lebih Dinamis

ITS melakukan pembenahan tak hanya dalam hal administratif atau manajemen. Pembenahan lain yang cukup signifikan juga dilakukan saat ini adalah membuat tampilan baru pada website ITS. Soft launching tampilan baru situs ITS tersebut telah dilakukan belum lama ini, dan tampilannya kini tampak lebih modern dan dinamis. Soft launching ini merupakan langkah awal peremajaan situs ITS sebelumnya. Tampilan situs ITS diperbaiki untuk lebih merefleksikan landasan teknologi di ITS. Tampilan situs ITS yang baru ini juga memiliki beberapa ke u n g g u l a n . S e h i n g g a m e m b e r i k a n kemudahan bagi pembacanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Bahkan, untuk lebih menginternasionalisasi, website ini dirancang untuk pengguna berbahasa Indonesia dan Inggris. Hal ini karena semakin banyak permintaan mitra perguruan tinggi luar negeri yang ingin

mengetahui I T S lebih jauh, sehing ga dibutuhkan adanya informasi dalam bahasa Inggris. Selain itu, konten dari situs baru ini juga dibuat lebih padat dari sebelumnya. Berita yang tampil tak hanya berasal dari kru ITS Online. Namun juga mencakup seluruh produk dari ITS Media Center. Yakni meliputi ITS TV, Beranda, ITS Point, Y-ITS hingga e-Klipping dari berita luar juga bisa diakses di sini. Konsep integrated electronic media juga menjadi salah satu kelebihan dari situs baru ini. Fasilitas media video elektronik Youtube dan majalah elektronik Issuu.com terhubung pada fitur-fitur penting di website. Konsep rancangan multi-platform juga diterapkan, sehingga memungkinkan akses dari browser yang standar komputer (personal computer/PC) hingga dari berbagai gadget. (*)


Bentuk Tim Review Dokumen Pendirian ITK

Untuk lebih melancarkan proses persiapan pendirian Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang dipercayakan oleh pemerintah kepada Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, maka ITS pun melakukan pembentukan Tim Review Dokumen Pendirian Institut Teknologi Kalimantan. Pembentukan Tim Review ini ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Rektor ITS nomor: 212/SK/R/2013. Penerbitan SK ini pun mengacu pada sejumlah undang-undang dan peraturan yang telah ada, salah satunya adalah Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 059/P/2012 tentang penugasan ITS sebagai pelaksana pendirian Institut Teknologi yang diselenggarakan pemerintah di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Nantinya Tim Review Dokumen Pendirian ITK ini harus menjalankan sejumlah tugas yang telah ditentukan. Antara lain harus me-review dokumen Naskah Akademik, Rencana Induk Pengembangan, Statuta serta Organisasi dan Tatalaksana ITK. Selain itu, tim ini juga harus mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab. Dalam melaksanakan tugasnya, Tim Review Dokumen Pendirian ITK ini harus bertanggung jawab langsung kepada Rektor ITS. Segala biaya yang nantinya ditimbulkan dengan dibentuknya tim ini serta dalam pelaksanaan tugas tim akan dibebankan sepenuhnya pada dana DIPA ITS Tahun 2013. (*)


Penertiban Kewajiban Penghuni Rumah Dinas

Keberadaan rumah dinas milik negara terus mendapat sorotan, termasuk rumah dinas yang ada di lingkungan perguruan tinggi negeri (PTN) seperti di kampus ITS. Saat mengunjungi ITS beberapa waktu lalu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pun membeberkan dua temuan terkait rumah dinas di ITS. Menindaklanjuti temuan tersebut, ITS telah mengadakan rapat koordinasi dengan para penghuni rumah dinas di ITS. Dalam temuannya, BPK menyebutkan bahwa pengelolaan rumah dinas di ITS dinilai masih belum tertib. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya rumah dinas yang dijadikan usaha seperti kos, kontrakan, hingga toko. Saat melakukan survei, BPK menemukan 183 rumah yang beralih fungsi menjadi kos dan tujuh rumah menjadi kontrakan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Nomor 76 Tahun 2008, alih fungsi rumah dinas menjadi tempat usaha itu m e r u p a k a n p e l a n g g a ra n . Pa s a l 6 a y a t 6 menyebutkan adanya larangan untuk menyewakan sebagian atau seluruh bagian rumah negara tersebut.

Masalah alih fungsi yang ditemukan tersebut akan segera dibahas solusinya. Untuk penghuni rumah dinas yang baru, berdasarkan Surat Keterangan (SK) Rektor sudah jelas tertulis agar rumah dinas difungsikan selayaknya. Yakni dijadikan tempat tinggal pribadi, bukan untuk dialihkan ke orang lain atau dialih fungsikan dari tempat tinggal. Te m u a n B P K j u ga m e nye b u t ka n b a h w a pengenaan biaya sewa rumah dinas ITS tidak sesuai dengan ketentuan. Pendapatan sewa rumah dinas tahun anggaran 2011 dan 2012 terhitung defisit Rp 83,24 juta. Rupanya, hal ini d i s e b a b ka n ka re n a te rd a p at p e r b e d a a n perhitungan dan penggunaan uang sewa karena masih belum sesuai Keputusan Menteri Kimpraswil nomor: 373/KPTS/M/2001. Selain itu, memang masih belum seluruh penghuni rumah dinas tertib membayar, apalagi sesuai dengan biaya yang dibebankan. Usai rapat koordinasi, peserta langsung membayar kekurangan biaya sewa selama dua tahun terakhir yaitu 2011 dan 2012. Harapannya, kekurangan biaya sewa yang ditemukan oleh BPK bisa selesai secepatnya. (*)


DOKTOR BARU ITS 1. Dr Ir A A Ayu Oka Saraswati MT,

Jurusan Arsitektur, Judul Disertasi: Pamesuan Dalam Arsitektur Bali Suatu Kajian Teritori Arsitektur dengan (Peng-) Ungkapan Makna.

2. Dr Ir Indrabakti Sangalang MT,

Jurusan Arsitektur, Judul Disertasi: Keterikatan Pada Tempat untuk Hunian di Tepi Sungai. Referensi Suku Dayak Ngaju di Palangka Raya.

3. Dr Ir Mimi Arifin MT,

Jurusan Arsitektur, Judul Disertasi: Perubahan Ruang Hunian oleh Gaya Hidup dan Gender, Komunitas Ammatoa Kajang, Sulawesi Selatan.


Kegiatan Community and Technological (Commtech) Camp 2013

Antusiasme belajar membatik

Berfoto bersama di Tugu Pahlawan

Bersenam pagi bersama

Mengunjungi pameran hasil karya mahasiswa Desain Produk Industri ITS

Menaburkan bibit tanaman di dalam Green House di lokasi ITS Urban Farming.


Setelah peluncuran mobil formula Sapu Angin Speed, ITS kembali memperkenalkan Sapu Angin Surya yang merupakan generasi ke-4 mobil tenaga surya ITS Widya Wahana. Mobil ini disipakan untuk berlaga di ajang World S o l a r C h a l l e n ge 2 0 1 3 d i Australia, 6-13 Oktober 2013.


Beranda its edisi 34 2013