Page 1

Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program

Edisi 33/Agustus 2013

Media Diseminasi Kebijakan dan Prestasi

Dukung ITS Nyaman, Kompetisikan Eco Office Gelar Lomba Esai Lagi, Siapkan Hadapi Globalisasi Tekan Polusi dan Hemat Energi, Gagas Sepeda Kampus di ITS


Dukung ITS Nyaman, Kompetisikan Eco Office

ITS semakin bertekad untuk bisa menjadi kampus yang ramah lingkungan dan nyaman. Tak hanya nyaman di lingkungan luar ruangan, ITS juga berupaya menciptakan suasana nyaman di dalam ruangan atau kantor melalui penerapan program Eco Office. Lebih dari sekadar penerapan, program ini juga akan dikompetisikan di seluruh ruang kantor di lingkungan ITS. Fokus utama program Eco Office adalah kehidupan yang sehat dan nyaman, yang terangkum dalam budaya 5R. Yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Melalui program tersebut, kantor-kantor di ITS berpotensi lebih bersih, ramah, nyaman serta hemat energi. Karena itu, sudah selayaknya setiap kantor di ITS menerapkannya. Sebelumnya, progam Eco Office sudah disosialisasikan kepada para kepala subbagian jurusan dan unit di lingkungan ITS beberapa

waktu yang lalu. Dengan demikian, sistem ini diharapkan sudah siap untuk diterapkan. Untuk menambah intensif penerapannya, ITS menetapkan untuk memberi pula penghargaan bagi kantor eco terbaik. Tim juri khusus pun telah disiapkan oleh ITS. Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian utama tim juri. Namun yang paling penting adalah sistem ekonomis dan ekologis dari kantor tersebut. Sebagai parameternya, juri akan memantau sebanyak 60 objek tertentu di area kantor. Setiap kantor di ITS akan dikunjungi tim juri dan dievaluasi. Baik kantor di tingkat unit, jurusan hingga rektorat. Program Eco Office ini direncanakan akan berlanjut kegiatannya secara tahunan. Lingkungan ITS harus ada perubahan ke arah yang lebih baik tiap detiknya nantinya. (*)


Gelar Lomba Esai Lagi, Siapkan Hadapi Globalisasi Dalam rangka mempersiapkan ITS menghadapi ASEAN Economic Community 2015, ITS melalui I T S International Office ( I O ) kembali menyelenggarakan ITS IO Essay Competition 2013. Lomba menulis esai berbahasa Inggris dengan te m a I T S M e n g h a d a p i A S E A N Eco n o m i c Community (AEC) 2015 ini berhadiah study tour ke Singapura. Lomba ini dapat diikuti oleh mahasiswa dan karyawan I T S dengan tujuan untuk mempersiapkan ITS dalam menghadapi dunia yang lebih global sebagai world class university. Lomba ini merupakan ajang berekspresi bagi karyawan dan mahasiswa ITS dalam menuliskan ide dan impian mereka sebagai bagian dari ITS dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015. Secara khusus, di tahun 2013 ini lomba mengambil tema Preparing I T S for Asean Economic Community (AEC) 2015. Pemenang lomba ini akan mendapat hadiah berupa study tour ke Singapura dan pemenang favorit mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500.000. Peserta dapat menuliskan impian, harapan, masukan, kritik, komitmen, dan usulan program kerja riil bagi pencapaian visi ITS dalam bentuk esai berbahasa Inggris. Lomba ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga I T S akan pentingnya internasionalisasi dan memberikan masukan bagi langkah-langkah pencapaian internasionalisasi ke depan. Sebelum mengikuti lomba, peserta perlu mempelajari dan mengeksplorasi kebutuhan dan tantangan AEC 2015. Untuk itu ITS International Office (IO) akan melaksanakan beberapa workshop berkenaan dengan AEC 2015. Peserta diharapkan untuk aktif mengikuti workshop-workshop tersebut. Selanjutnya, esai yang ditulis diharapkan dapat memberikan opini dan masukan apa yang

sebaiknya dipersiapkan oleh ITS secara umum, maupun Jurusan/Fakultas/Unit secara khusus untuk menyambut AEC 2015. Persyaratan karya tulis antara lain harus merupakan karya sendiri (orisinil), bukan jiplakan, bukan terjemahan dari karya orang lain, belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun, dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun dan di manapun. Peserta wajib mengisi dan menandatangani formulir pernyataan dengan meterai Rp 6.000. Karya berupa esai atau artikel dalam gaya bebas formal, tidak mengandung unsur SARA, dan sesuai dengan tema lomba. Karya diberi judul, ditulis dalam bahasa Inggris, dan diketik dengan MSWord (ukuran kertas A4, huruf Times New Roman 12, spasi 1,15) dengan jumlah kata antara 500 - 1000. Peserta lomba adalah mahasiswa ITS yang aktif (tidak sedang cuti) dan karyawan ITS (PNS, CPNS, Honorer, Outsourcing) dari semua Jurusan dan Unit di ITS dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) untuk mahasiswa dan Surat Pengantar Atasan (Ketua Jurusan/Ketua Unit) untuk karyawan dengan format terlampir. Pemenang ITS IO Essay Competition 2012 tidak d iperkenankan mengikuti lomba tahun 2013. Lomba bersifat individu dan bukan kelompok, satu orang hanya berhak mengajukan satu karya, karya yang dikirimkan harus memenuhi persyaratan karya yang telah ditetapkan, karya yang tidak memenuhi persyaratan karya akan didiskualifikasi dan tidak disertakan dalam penjurian. Adapun informasi lebih lengkap dan surat-surat yang dibutuhkan bisa di-download pada link http://io.its.ac.id/its-io-essay-competition-2013/. (*)


Tekan Polusi dan Hemat Energi, Gagas Sepeda Kampus di ITS Direncanakan untuk tahap awal, Sepeda Kampus hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru ITS. Sepeda kampus akan dipergunakan oleh mahasiswa menuju tempat yang diinginkan hanya di dalam lingkungan kampus. Misalnya, ke perpustakaan, jurusan, kantin, dan sebagainya. Maka perlu dipertimbangkan pengadaan tempat parkir sepeda di setiap gedung, khususnya yang sering dikunjungi oleh mahasiswa. Dengan mempertimbangkan kekuatan satuan pengamanan dan kemampuan dalam mengelola Sepeda Kampus, maka program pengadaan Sepeda Kampus ini akan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama akan dibangun tiga stasiun sepeda, yaitu di Asrama Mahasiswa, Pos I SKK, dan kantin pusat. Jumlah kendaraan yang melintas di area tersebut nantinya dikurangi dengan memindahkan tempat parkir kendaraan bermotor yang dipusatkan di depan kampus.

Dalam upaya ikut mendukung program pemerintah berupa kebijakan penggunaan energi bahan bakar y a n g b e r s i h b a g i l i n g k u n ga n h i d u p , I T S mencanangkan program Eco Campus. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggiatkan seluruh sivitas akademika untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi di lingkungan kampus. Dengan adanya program Sepeda Kampus ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di lingkungan kampus ITS. Untuk itu, diusulkan pula adanya pembangunan tempat parkir terpusat di pintu masuk ITS untuk kendaraan bermotor dan pembangunan jalur pedestrian dan pesepeda yang dapat dipergunakan di segala cuaca hingga ke jurusan dan laboratorium.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam program Sepeda Kampus adalah lajur/jalur sepeda terpisah (pada jalan utama ITS), lajur/jalur sepeda dapat menjangkau lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan bermotor, tidak dikenakan biaya sewa (free charge) bagi sivitas akademika ITS, sepeda selalu tersedia setiap saat (selama aktivitas perkuliahan waktu normal), hanya dipergunakan di dalam lingkungan kampus. Informasi terakhir untuk persiapan Sepeda Kampus di ITS, saat ini telah menerima bantuan sepeda dari Bank Mandiri sebanyak 100 unit, dengan jumlah rak sepeda sebanyak 10 set. Diharapkan jumlah sepeda maupun rak untuk parkir sepeda ini akan bertambah lagi jumlahnya. Karena ke depannya, juga direncanakan pengguna Sepeda Kampus ini tak hanya mahasiswa baru, melainkan juga seluruh sivitas akademika ITS. (*)


Menuju ITS Eco Campus

ITS Eco Urban Farming. Pada Minggu ke-7, green house sudah terbentuk, di bagian dalam akan mulai ditempatkan pupuk dan tanah yang kemudian akan dilakukan proses penanaman bibit.


Para mahasiswa baru ITS dengan tertib mengikuti Upacara Kemerdekaan 17 Agustus di halaman Perpustakaan ITS.

Workshop Hibah Kebijakan BKPKP untuk lebih mengenalkan sejumlah rencana kebijakan untuk kebaikan masa depan ITS.

Menindaklanjuti adanya wacana tentang sepeda kampus di ITS, Tim Eco Campus mengadakan rapat untuk memberikan solusi penerapannya ke depan.

Launching Mobil Formula “Sapu Angin Speed� ITS di halaman Rektorat ITS yang akan berlaga di ajang Student Formula Japan 2013 pada 3 -7 September 2013, sekaligus dilakukan test drive di hadapan undangan dan awak media.

Beranda its edisi 33 2013